Page 1

URIPTO WIDJAJA TENTANG PAHOA Uripto Widjaja yang lahir di Belinyu, Pulau Bangka, Sumatera Selatan, tanggal 2 Juni 1924, memiliki kenangan khusus terhadap PAHOA almamaternya. Hal ini disampaikan pada tanggal 23 April 2008 via email.

Benar PAHOA adalah almamater saya, sekolah PAHOA berada di bawah organisasi perantau Tionghoa di Batavia (Patavia), Tiong Hoa Hwee Koan, letaknya di Jalan Patekoan, Jakarta Utara. Nama PAHOA diambil dari sekolah Tiong Hoa Hwee Koan di Patekoan, Batavia. Patekoan adalah bahasa Tionghoa Hokian 8 guci teh. Saat itu PAHOA mempunyai Sekolah Dasar, 9 kelas SMP, 5 kelas SMA reguler dan 5 kelas SMA commercial. SD nya engga tahu berapa kelas. Ada Sekolah Dasar sore yang bebas uang sekolah, pengajarnya volunteers dari siswa-siswa pagi. Sekolah PAHOA adalah sekolah top dan favorit.


Lulusan SMA reguler lebih terarah untuk meneruskan ke univesitas atau jadi guru, lulusan SMA commercial terbanyak langsung kerja dan sangat mudah mendapatkan kerja karena mutunya memang top! Saya dan teman-teman bangga sekolah di PAHOA, satu-satunya sekolah non sekolah Belanda yang menjadi anggota school bond di Batavia, mungkin di seluruh Nederlandsch Indie (Indonesia).


Ikut bertanding dalam kompetisi sepak bola dan olah raga lainnya, ikut jamboree padvinderij (Pramuka). Pokoknya oleh pemerintah kolonial Belanda PAHOA terpandang dan diakui sebagi sekolah top, kelas wahid! Tidak dianggap sepi! Tidak heran jika alumni PAHOA mempunyai obsesi dan ambisi membangun kembali sekolah PAHOA. Hasil kerja keras mereka sekarang sudah berwujud bangunan sekolah PAHOA di Gading Serpong.! Dengan tekad dan komitmen yang sebulat itu pasti usaha ini akan berhasil. Tuhan berkati usaha adik-adik alumni PAHOA. Salam sejahtera dari Uwidjaja.


Pada hari Sabtu, tanggal 26 Juli 2003 buku biografi Uripto Widjaja dengan judul "INSPIRASI DARI SEORANG URIPTO WIDJAJA" diluncurkan. E-book bisa dibaca pada alamat: http://issuu.com/bg440507/docs/bagian1 Pada 16 Maret 2008 Uripto Widjaja mendapat penghargaan dari Sekolah Terpadu PAHOA di Gading Serpong, Tangerang, videonya dapat dilihat pada alamat: http://pahoa.multiply.com/video/item/2 Uripto Widjaja pernah naik sepeda dari Serang ke PAHOA di Patekoan sejauh 91 km. Untuk nostalgia, pada hari Minggu, tanggal 20 Juli 2008, sebelum acara Open House PAHOA, Uripto Widjaja pada usia 84 tahun, naik sepeda kembali dan tidak puas dengan satu putaran sektor 1B Gading Serpong. Videonya bisa dilihat pada: http://www.youtube.com/watch?v=a9pCTh7g7DI Bambang Gunawan, 12 Januari 2011

uripto-widjaja-tentang-pahoa  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you