Page 14

Medan Metropolitan

B2

WASPADA Senin 31 Maret 2014

Tiga Rumah Terbakar Waspada/Anum

PENGURUS dan anggota Forum Silaturahmi Pensiunan Kemenag melakukan pertemuan, di kantor Kemenag Medan Jln. Sei Batu Gingging.

Forum Silaturahmi Pensiunan Kemenag Bahas Pendidikan Agama Dan Moral MEDAN (Waspada) : Pertemuan Forum Silaturahmi Pensiunan Kementerian Agama Kota Medan, di kantor Kemenag Jln. Sei Batu Gingging Medan, Sabtu (29/3), berlangsung lancar. Tampil sebagai pembicara mantan Kakanwil Kemenagsu Drs H Syariful Mahya Bandar MAP. Dia memaparkan pendidikan agama dan moral sangat penting bagi bangsa Indonesia sakarang ini. Karena etika, moral, dan akhlak di tengah bangsa sekarang ini sedang goyang. “Kekawatiran kita terhadap bangsa terkait melemahnya etika, moral dan akhlak sekarang ini, harus kita bendung,” katanya. Menurut dia, Kemenag sekarang ini terus mendapat sorotan, terkait dengan korupsi. Kemenag selalu dikorbankan secara sistem, sehingga ada wacana Kemenag akan hilang dari permukaan bumi Indonesia. Padahal, ujar Syariful, pendidikan agama dan moral sangat penting bagi bangsa Indonesia sekarang ini. Menswastakan pelaksanaan ibadah haji dan pendidikan satu atap, salah satu wacana yang dicuatkan untuk mengecilkan citra Kemenag sekarang ini. Kata dia, menswastakan ibadah haji akan terjadi pelencengan bisnis, karena permintaan menunaikan ibadah haji cukup tinggi sekarang ini. “Pendidikan satu atap dan ibadah haji dikelola swasta akan terjadi pelencengan besar-besaran,” sebutnya. Syariful mengimbau pensiunan Kemenag untuk tidak membiarkan susana ini terjadi. “Sebagai pensiunan kita wajib menegakkan citra Kemenag di tengah masyarakat,” tuturnya. Dia menyarankan melalui pertemuan sekarang ini dirancang melakukan pertemuan silaturahmi dalam waktu tertentu dengan tujuan menyatukan kebersamaan menegakkan citra Kemenag. “Potensi pensiuan ini harus ditingkatkan untuk mengawal umat dari etika, moral, dan akhlak,”katanya Kegiatan dihadiri Ketua Persaudaraan Pensiunan Kemenag Kota Medan Drs H Sarakal Ahmady Siregar didampinggi sekretaris Drs H Rosyad Haharap, serta puluhan anggota lainnya. (m37)

MEDAN (Waspada): Diduga akibat korsleting, tiga rumah semi permanen yang berada di Jln. Kapten Muslim, Kec. Medan Helvetia, ludes terbakar, Minggu (30/3) sekira pukul 18.35 Wib. Meski tidak ada korban, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Informasi yang diperoleh di lokasi kebakaran, pertama kali terlihat api muncul dari grosir milik marga Saragih. Selanjutnya, kobaran api yang membesar terus merembet ke rumah lainnya milik marga Simbolon dan satu rumah kontrakan yang

dihuni Shanti. Saat api berkobar, terdengar beberapa kali suara ledakan. Ledakan tersebut diduga dari tabung gas elpiji. “Kulihat tadi ada asap dari rumah sebelah, rumah itu kosong penghuninya pergi semua,” kata T Simbolon yang juga rumahnya ikut terbakar. Melihat asap tebal, Simbolon langsung mengabarkan kepada warga lainnya. Tapi, api dengan cepat menyambar rumah lainnya. “Satu lagi rumah kontrakan yang dihuni Shanti,” sebutnya. Sejumlah warga yang melihat kobaran api berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Akhirnya, belasan mo-

bil pemadam kebakaran yang turun ke lokasi dapat menjinakkan api. “Memang tidak ada korban, tapi lihatlah habis semua barang-barang tidak ada yang tersisa,” ujarnya. Petugas Polsek Medan Helvetia segera mengamankan lokasi kebakaran sekaligus memasang garis polisi (police-line) guna melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab pasti kebakaran itu. Akibat kebakaran tersebut, arus lalulintas di ruas Jln. Kapten Muslim mengalami kemacatan. Petugas terpaksa mengalihkan arus kendaraan umum ke Jln. Pembangunan dan Jln. Bom. (h04)

Tewas Mengapung Di Sungai Denai MEDAN (Waspada): Sejumlah warga yang bermukim di pinggiran Sungai Denai, heboh dengan ditemukannya nek Laminem, 90, warga Jln. Menteng Raya, Kel. Binjai, Kec. Medan Denai, tewas mengapung di sungai tersebut, Minggu (30/3) siang. Informasi yang diperoleh di kepolisian, siang itu seorang warga yang sedang duduk-duduk di Jln. Raya Menteng Gang Ria, persis di pinggiran Sungai Denai, tiba-tiba melihat sesosok mayat mengapung di pinggiran sungai. Setelah tubuh mayat diperiksa, akhirnya diketahui mayat tersebut adalah Nek Laminem, warga yang bermukim tak jauh dari pinggiran sungai. Penemuan mayat tersebut membuat warga memadati jembatan Sungai Denai untuk menyaksikan penemuan mayat tersebut. “Pertama kali yang tahu ada seorang pria yang sedang duduk santai pinggiran sungai. Setelah melihat ada mayat, abang itu melaporkannya kepada warga sekitar,” ujar Ayu, 28, tetangga korban. Beberapa warga lantas mengevakuasi jasad korban, dan menutupnya dengan menggunakan spanduk kain. Tak lama setelah kejadian, tim identifikasi dari Polresta Medan turun ke lapangan untuk mengecek kondisi mayat. Belum diketahui secara pasti kenapa korban bisa terjerembab ke dalam sungai. Cucu korban bernama Irianto, 16, menuturkan, beberapa hari sebelumnya neneknya sempat mengeluh sakit. “Nenek lagi sakit bang. Kebetulan demam,” sebutnya. Kata dia, pagi hari keluarga masih melihat sang nenek tertidur di dalam kamar. “Pagi tadi mamakku sempat ngasih makan nenek. Katanya dia enggak selera,” ujarnya. Tak lama diberi makan, sang nenek pergi keluar rumah. “Kami kira mau ke rumah saudara, rupanya udah kayak gini kejadiannya,” kata Irianto. Kapolsek Medan Area Kompol Rama Samtama Putera ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kematian korban. “Tim kita sudah turun ke lapangan. Namun masih kita selidiki apa penyebabnya. Namun, setelah diperiksa tadi, sepertinya tidak ada tanda-tanda penganiayaan,” tuturnya. (h04)

MPI Timbun Jalan Rusak MEDAN (Waspada): Dewan Pimpinan Cabang Masyarakat Pancasila Indonesia (DPC MPI) Batangkuis menggelar bakti sosial gotong royong dengan menimbun jalan rusak di Jln. Batangkuis, Deliserdang, Minggu (30/3). Kegiatan bakti sosial gotong royong yang merupakan agenda tetap DPC MPI Batangkuis dihadiri Wakil Sekretaris DPK MPI DeliserdangWA Nasution, Ketua OKK DPK MPI Deliserdang Arpan Batubara, Komandan Khusus (Kosus) DPK MPI Deliserdang Sunardi (Adi Madu), Ketua Bidang OKK Edi Pramana, Majelis Putri DPK MPI Deliserdang Yusraini, dan Kanit Shabara Polsek Batangkuis Ipda Pendi. Ketua DPC MPI Batangkuis Aswin Shah mengatakan, bakti sosial gotong royong ini adalah bentuk keprihatinan MPI dengan kondisi jalan yang rusak parah di Jln. Batangkuis. “Di mana kerusakan jalan itu sudah berlangsung lebih kurang dua tahun. Tapi tidak ada tanda-tanda mau diperbaiki oleh instansi terkait setempat. Sehingga dengan keinginan serta hati nurani MPI menimbun jalan rusak tersebut,” kata Aswin didampingi Sekretaris T Inggariadi dan Wahyu serta pengurus lain. Menurut dia, penimbunan jalan rusak tersebut dimulai dari Simpang Jati Kembar sampai ke Masjid Nurul Iman. “Diperkirakan ada sekitar 3 Km jalan rusak yang kami timbun,” ujarnya. Aswin menjelaskan, MPI tetap berkomitmen termasuk turut serta dalam stabilisasi keamanan di lingkungan sekitarnya di Batangkuis, dengan membentuk pola kemitraan dengan Muspika Batangkuis. Sementara Kosus DPN MPI Suriono (Ateng) usai kegiatan gotong royong meminta kepada Pemkab Deliserdang segera memperbaiki jalan rusak di Jln. Batangkuis karena penimbunan ini sifatnya hanya sementara saja. “Permintaan segera diperbaiki jalan ini disebabkan sudah banyak korban akibat kondisi jalan yang berlobang,” tuturnya. (cwan)

Waspada/Ist

PENGURUS DPC MPI Batangkuis, DPK MPI Deliserdang, serta dari Kosus DPN MPI Suriono foto bersama usai gotong royong menimbun jalan rusak di Jln. Batangkuis, Deliserdang, Minggu (30/3).

Waspada/Ist

KETUA Cabang I Aceh Sepakat Medan Area H Fadli Usman SE (kanan) beserta para pengurus cabang I foto bersama usai dilantik Ketua DPP Aceh Sepakat Sumut.

Waspada/Rizky Rayanda

PEMUKIMAN warga di sepanjang jalur hijau rel kereta api terus bertambah sepertinya tidak dapat terbendung lagi.Warga tersebut sepertinya tidak memperdulikan keselamatan mereka terancam. Terlihat sejumlah anak berjalan di rel kereta api Jln. Rajawali I Mandala Medan, Minggu (30/3), dengan latar belakang pemukiman warga yang memanfaatkan jalur hijau rel kereta api.

Sergai Juara Lomba Media Tradisional Sumut MEDAN (Waspada): Grup Cermin Theater Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) juara pertama Lomba Pementasan Media Tradisional Kabupaten dan Kota Tingkat Provinsi Sumut yang digelar Dinas Kominfo Sumut, di Hotel Dharma Deli, Kamis (27/3). Kabupaten Sergai akan mewakili Sumut ke lomba tingkat regional setelah melalui penilaian yang cukup ketat oleh dewan juri diketuai DR Ir Hj Hidayati MSi yang juga Kepala Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumut dan juga Ketua Forum Komunikasi Media Tradisional Sumut dengan anggota dewan juri Burhan Syarif dan M Raudah Jambak SPd. Turut dihadiri Kepala Dinas Kominfo Sumut Drs H Jumsadi Damanik SH, MHum. Sedangkan Grup Deli Company Kabupaten Deliserdang dan Grup Pemetra Kota Medan menduduki juara II dan III. Juara harapan I, II dan III masing-masing dari Kabupaten Langkat, Pakpak Bharat dan Kota Tebingtinggi. Sekdaprovsu H Nurdin Lubis SH, MM dalam sambutannya mengemukakan kegiatan ini memiliki makna penting sebagai wujud perhatian pemerintah provinsi dalam pembinaan dan pemberdayaan media tradisional dalam pembangunan daerah. “Saat ini dan di masa-masa mendatang, kita akan terus dihadapkan pada tantangan dalam mengembangkan penyampaian informasi dan membangun komunikasi dengan masyarakat,” ujarnya. Korelasinya dengan tanggungjawab pemerintah dalam peningkatan akses informasi kepada masyarakat, katanya, Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Layanan Publik dan khusus Undang Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik secara

tegas mengamanatkan kepada seluruh badan publik untuk mewujudkan keadilan dalam akses informasi kepada seluruh warga negara. Menurut Sekda, meskipun secara faktual dengan memperhatikan kondisi Sumatera Utara hal itu tidaklah mudah untuk diwujudkan mengingat secara tofografi Sumut terbagi atas tiga kawasan yaitu kawasan dataran tinggi, kawasan pantai barat, dan kawasan pantai timur, di mana akses informasi terutama melalui media elektronik maupun cetak cukup sulit untuk dapat dinikmati seluruh warga Sumatera Utara, khususnya yang berada di pelosok pedesaan, namun upaya harus terus dilakukan secara sungguh-sungguh. Memperhatikan kondisi Sumatera Utara, termasuk aspek sosio-kulturalnya, tentunya pemerintah provinsi memandang penting keterlibatan media tradisional yang dapat dimanfaatkan perannya sebagai media penyebar informasi pembangunan. Mengingat akar sosiologisnya, tentu media tradisional akan lebih dapat memberikan daya tarik tersendiri dalam penyebaran informasi. Disamping untuk menjaga eksistensi budaya lokal ditengah perkembangan seni budaya kontemporer, juga dapat mengisi kekosongan spot penyiaran yang dilakukan media nasional serta merangsang partisipasi melalui penyebaran informasi dan inovasi. Tema lomba ini, kata Sekdaprovsu, yaitu “Dengan Hari Jadi Ke-66 Mari Kita Satukan Tekad Kobarkan Semangat Untuk Sumatera Utara Bangkit Dan Berdayasaing Menuju Masyarakat Sejahtera” adalah sangat relevan dengan visi Pemprovsu yaitu “Menjadi Provinsi yang Berdayasaing Menuju Sumatera Utara Sejahtera”.(m28)

Fadli Usman Pimpin Aceh Sepakat Cabang I MEDAN (Wspada): Ketua Umum DPP Aceh Sepakat Sumatera Utara HM Husni Mustafa SE, melantik H Fadli Usman SE, menjadi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) I Aceh Sepakat Medan Area, di Meunasah Aceh Jln. Medan Area Selatan, Sabtu (29/3) malam. “Pelantikan Ketua dan jajaran pengurus Cabang I Aceh Sepakat, hasil musyawarah cabang (Muscab) 16 Maret 2014,” kata Ketua Panitia Pelaksana Drs T Asbi Hasan. Acara diawali pembacaan surat keputusan (SK) pelantikan serta pengangkatan pengurus cabang I yang dibacakan HT Munthadar mewakili Sekretaris Umum DPP Aceh Sepakat Sumut HT. Bahrumsyah SH. HM Husni Mustafa mengimbau jajaran Cabang I Aceh Sepakat yang merupakan cabang bersejarah, dimana di tempat itu cikal bakal lahirnya Aceh Sepakat Sumut, agar pengurusnya ke depan dapat bekerja keras membantu kepentingan anggota. “Ini organisasi sosial kemasyarakatan, kepentingan dan kesejahteraan anggota menjadi

faktor utama,” kata Husni dihadapan pengurus DPP Aceh Sepakat dan Dewan Musapat (DM) Aceh Sepakat Sumut antara lain H Faisal Pawang Leman SE, Ak, Abdullah Amin, Ir H Natsir Amin MM, H Irvan Mutyara SE, Drs H Ramzie Tharfie, serta pengurus Cabang III Drs H Hanafiah Sufi dan Ketua Cabang 27 H Nago Syamaun dan lainnya. Pada kesempatan itu hadir juga pengurus DPP Ikwasu Hj Ratna Djoeli, Dra Hj Nurbalqis, Ketua Ikwasu Cabang Medan Area Cut Herniwati Asbi dan pengurus lainnya. Sekaligus penyerahan memori tugas dari Ketua lama Drs H Kamaruddin Harun MM, kepada Fadli Usman SE. Acara dimeriahkan selawat badar oleh anak-anak yatim Panti Asuhan Darul Aitam dan senadung istifar dilantunkan Ketua Ikwasu Medan Area Cut Herniwati bersama dua sahabatnya. Berkaitan pelantikan keluarga besar Cabang I Aceh Sepakat juga mengadakan peringatan dan kenduri Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H, Minggu (30/3).

Para pengurus yang dilantik antara lain Ketua H Fadhli Usman SE, Wakil Ketua Drs H Diauddin MBs, Husni Isa SE, dan H Taufik Hamidi SE. Sekretaris Drs Hasanuddin Husin, Wakil Sekretaris Ir H Abdullah Dadeh, Ir Lukman Husen, dan Sarwani A Gani Sarong. Bendahara Amri Ajie dan H Darlis Saleh BBA. Serta beberapa seksi yakni seksi dana dan usaha, seksi organisasi dan kelembagaan, seksi agama dan dakwah, seksi adat dan kebudayaan, seksi kesejahteraan sosial, seksi perlengkapan/asset. Sedangkan Pengurus Dewan Pertimbangan (DP) Cabang I Ketua Drs H Kamaruddin Harun MM, Wakil ketua Drs T Asbi Hasan, HM Daud Ibrahim, Sekretaris HT Ismail Gadeng, dan anggota H Ishak Madjid, Prof DR Muchtar Kasim MPd, H Muhammadin Angkasah Lc, Drs H Zulkarnaen Ibrahim MAP, Drs HM Ramli Ibrahim, HM Yahya Ali, H Ramli Daud, Teuku Abdullah, H Teuku M. Jamil, H Abd. Jalil Sarong, H Ismail Abdullah, H Syamaun Ahmad, H Jamaluddin Ahmad, dan HM. Yusuf Idris. (m32)

Pencuri Sepedamotor Ditangkap MEDAN (Waspada): Petugas Reskrim Polsek Delitua bersama warga menangkap pencuri sepedamotor berininisial HP, 24, setelah kepergok melakukan aksinya di Jln. Karya Selamat Ujung, Kel. Pangkalan Mansur, Kec. Medan Johor. Menurut informasi, Jumat (28/3), awalnya korban Deny Prayatna, 31, warga Jln. Karya Selamat Ujung, sekira pukul 02:00 memarkirkan sepadamotornya jenisYamahaVega warna hitam BK 2569 CQ di depan rumahnya. Selanjutnya, korban masuk ke dalam rumahnya, namun tak berselang lama dari dalam rumah dia melihat seorang pria mendorong sepedamotor miliknya. Spontan korban berteriak maling sehingga mengundang perhatian warga sekitar. Pelaku berusaha melarikan diri dengan meninggalkan sepedamotor korban.Warga mengejar pelaku, sedangkan sebagian lain warga melaporkan informasi tersebut ke Polsek Delitua. Petugas Unit Reskrim Polsek Delitua yang sedang berpatroli langsung turun ke lokasi dan bersama warga menangkap tersangka HP, warga Jln. Eka Warni Gang Eka Baru, Medan Johor, yang bersembunyi di balik ru-

mah warga. Kepada petugas, tersangka HP mengaku telah merencanakan pencurian tersebut dengan temannya berinisial I (buron). Saat digeledah petugas dari saku tersangka ditemukan lima kunci leter T yang digunakan untuk mencuri sepedamotor. Sementara itu, Kapolsek Delitua Kompol Wahyudi SIK, melalui Kanit Reskrim Iptu Martualesi Sitepu saat dikonfirmasi mengatakan, tersangka HP sedang diperiksa untuk dilakukan pengembangan guna membongkar jaringan pencurian sepedamotor tersebut. “Dari tersangka HP, kita mengamankan satu unit sepedamotor milik korban, lima kunci leter T, dan satu tas sandang hitam sebagai barang bukti,” ujar Sitepu. Ditangkap Warga Sebelumnya, satu dari pencuri sepedamotor ditangkap warga di Jln. Bakti Lorong Azizah, Kel. Tegal Sari III, Kec. Medan Area, Kamis (27/3) sekira pukul02:00.TersangkaberinisialMR, 29, warga Jln. Denai Gang Morning Lorong Sedar, Kel. Tegal Sari III, Kec. Medan Area, dijebloskan ke dalam sel Polsek Medan Area. Informasi yang diperoleh di kepolisian, dinihari itu tersangka MR bersama dua lagi temannya

mencuri sepedamotor milik Bakmal, 63, warga Jln. Bromo Lorong Azizah. Aksi pencurian tersebut sudah direncanakan oleh korban bersama kedua temannya. Ketiga tersangka mendatangi rumah korban dan melihat sepedamotor yang diparkir di halaman. MR mengawasi lokasi, sedangkan dua temannya melompat pagar dan masuk ke halaman rumah, lalu merusak gembok pagar dan langsung membukanya. Selanjutnya, kedua tersangka merusak kunci kontak sepedamotor dan langsung menghidupkan mesinnya. Aksi tersangka dipergoki anak korban yang saat itu mengintip dari jendela. Anak korban langsung membangunkan orangtuanya Bakhmal yang spontan berteriak maling. Kedua pelaku langsung kabur, sedangkan MR ditangkap warga yang saat itu telah mengepungnya. Kanit Reskrim Polsek Medan Area Iptu Agus Sobarnapraja ketika dikonfirmasi menjelaskan, pihaknya saat ini masih mengembangkan kasus tersebut.“Identitas 2 tersangka sudah kita kantongi, dan petugas masih melakukan pengejaran terhadap mereka yang kabur,” sebutnya. (m40/h04)

Waspada/Amir Syarifuddin

SEKDAPROVSU H Nurdin Lubis didampingi Kadis Kominfo Sumut H Jumsadi Damanik, dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Hj Hidayati, memukul gendang pada pembukaan Lomba Pementasan Media Tradisioal Kabupaten dan Kota tingkat Sumut.

Pengurus BKM Ar Rahman Bantu Aisyah Dan Ayahnya MEDAN ( Waspada): Sebagai wujud kepedulian terhadap kaum yang kurang mampu, Pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Ar Rahman Jln. Prof HMYamin, Kel. Sei Kera Hulu, Kec. Medan Perjuangan, memberikan bantuan dana kepada M Nawawi Pulungan dan putrinya Aisyah di RSU Dr Pirngadi Medan. “Bantuan tersebut sebagai bentuk kepedulian pengurus BKM Ar Rahman terhadap sesama umat Islam yang perlu mendapatkan bantuan, apalagi Nawawi dan putrinya sempat hidup sengsara di sekitar areal masjid di kota ini,” ujar Mangpapa Lubis kepada Waspada, Rabu (26/

3), usai memberikan bantuan. Mangpapa Lubis mengharapkan kepedulian para pengurus BKM terhadap kondisi sosial warga yang berada di sekitarnya. BKM juga diharapkan memiliki kepedulian yang besar kepada umat, karena keberadaan masjid menja-di milik seluruh umat Islam dan cukup banyak dana umat yang masuk melalui infak, sumbangan sukarela, dan lain sebagainya. “Dengan begitu fungsi masjid memiliki aspek so-sial kemasyarakatan, ter-u-tama melalui bantuan ke-pada umat yang sedang membutuhkan bantuan,” sebutnya. (h04)

Waspada/Andi Aria Tirtayasa

KETUA BKM Ar Rahman Mangpapa Lubis bersama bendahara Syahrial Effendi Nasution dan Briptu Syafrizal Lubis menjenguk M Nawawi dan putrinya Aisyah di RS Dr Pirngadi Medan.

Waspada,senin 31 maret 2014  
Waspada,senin 31 maret 2014