Page 18

Sumatera Utara

WASPADA Selasa 16 Juli 2013

B3

Rp7,7 M Bangun Parit Kabanjahe-Tigapanah KABANJAHE (Waspada): Parit tergerus air dan mengancam keselamatan lalulintas dan bangunan rumah warga di jalan negara Kabanjahe -Tigapanah diperbaiki dengan anggaran Rp7,7 miliar dengan konstruksi besi beton. Parit jalan yang berada dekat SPBUdandekatLaudahKabanja-

he tersebut sudah lama rusak akibattergerusarusairhujanyang

DPRD Segera Sahkan 4 Perda KABANJAHE(Waspada): DPRD Karo bertekad segera mensahkan empat peraturan daerah (Perda) yakni Perda dolomite, sumur bor, reklame dan tower. Kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (12/7), Ketua DPRD Karo EfendiSinukabanSEdidampingiWakilKetuaDPRDKaro Ferianta Purba, SE menyampaikan, pihaknya senantiasa berupaya segera mensahkan keempat Perda tersebut. “Bagaimana Perda tersebut bisa selesai, sebelumnya saat diadakan rapat pembahasan para anggota tidak qorum. Dan itu bukan hanya sekali. Ada dua agenda rapat yang tidak qorum. Setelah itu pada saat pembahasan selanjutnya saat kami mengundang pihak eksekutif agar dapat menghadirkan PT Tirta Sibayakindo, pihak perusahaan tersebut tidak hadir,” ujar Efendi. Hal senada juga disampaikanWakil Ketua DPRD Karo Ferianta Purba. Menurutnya, sampai saat ini pihaknya berusaha mempercepat dan menjadwalkan kembali pembahasan Perda dimaksud. (c10)

IT Wasda Poldasu Kunjungi Polres Karo KABANJAHE (Waspada): Untuk mendongkrak kinerja Polres Tanah Karo, Inspektorat Pengawasan dan Pengendalian Daerah (IT Wasda) Polda Sumut segera mengunjungi Polres Tanah Karo. Kapolres Tanah Karo AKBP Marcelino Sampouw SH Sik MT melalui Kabag Humas AKP Sayuti Malik SH menjelaskan pada Waspada, Senin (15/7), mengingat tugas dan tanggung jawab Polri bertambah berat dan kompleks, pastinya ada kekurangan dan kelemahan dalam menjalankan tugas dan fungsi di instansi kepolisian Polres Tanah Karo. Untuk itu IT Wasda tahap dua dilakukan Polda Sumut mengacu kepada undang-undang Polri tentang pengawasan dan pengendalian kinerja Polres di setiap daerah. Mengingat kompleksitas permasalahan di tengah masyarakat kita, menuntut Polri harus sigap, cepat, teliti dan terampil dalam menjalankan tugas, terlebih sekarang ini pelaku tindak kejahatan merupakan orang cukup terampil dalam melakukan aksi. (c10)

berasal dari Kota Kabanjahe menuju sungai Laudah. Kondisi parit tersebut sudah sangat parah dengan dinding dan dasar parit yang sudah tergerus sehingga menimbulkan lobang besar muat sebuah bus di dalamnya. Parit yang tergerus tersebut juga mengakibatkan tebing jalan menjadi longsor dan mengancam keselamatan sejumlah bangunan rumah penduduk dan juga mengancam badan jalan terancam putus. Sebenarnya parit jalan tersebut sudah beberapa kali diperbaiki dengan konstruksi beton. Tetapi bangunan tersebut tidak

pernah berlangsung lama karena tidak sampai setahun sudah rusak diterjang derasnya arus air apabila terjadi hujan deras di Kota Kabanjahe. Dalam T.A 2013 ini pemerintahmelaluikementerianpekerjaan umum direktorat jenderal bina marga balai besar pelaksanaan jalannasionalISatkerpelaksanaan jalan nasional wil I Sumatera Utara, melakukan pembenahan jalan nasional Kabanjahe-Merek Kab. Karo, termasuk memperbaiki parit di jalan menjelang jembatan Laudah Kabanjahe. Parit tersebut dibangun dengan konstruksi besi beton.

Rumah Dibongkar, Emas Dicuri SIDIKALANG (Waspada): Rumah milik Joni, 29, di Jalan Empat Lima Sidikalang, Dairi, dibongkar maling, Senin (15/7) sekirapukul03.00, mengkibatkan barang berharga berupa emas empat mayam, uang tunai, STNK dan BPKB lewong. Korban, Joni saat membuat pengaduan di ruang Sentra PelayananKepolisian(SPK)Polres Dairi, kemarin, mengatakan, barang berharga tersebut mencapai puluhan juta rupiah, yang

sebelumnya disimpan di dalam lemari. Dikatakan, Joni bersama istri dananak-anaknyasedangberada di warung kopi miliknya kompleks RSU Sidikalang. “Biasanya kami pulang ke rumah setelah pembelisepi.Tetapisampaipukul 02.00,warungmasihramai.Pukul 06.00, saya pulang ke rumah bersama anak-anak mau sekolah. Kulihat pintu depan sudah rusak dan semua isi lemari sudah berantakan,” katanya.

Salak Sidimpuan Laris Manis PEMATANGSIANTAR (Waspada): Salah satu jenis buah diminati masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan saat ini adalah salak. Dari banyak jenis salak, salak asal Padangsidimpuan yang populer disebut salak Sidimpuan, di Pematangsiantar larismanis. Bahrem Siregar, 48, salahseorang pedagang buah salak Sidimpuan yang membuka dagangannya di Jalan Merdeka Pematangsiantar, Minggu (14/7) mengakui, sejak puasa Ramadhan pertama lalu, dia sudah beberapa kali memesan pasokan salak dari Padangsidimpuan, karena jualannya ternyata habis diminati masyarakat. Menurutnya, masyarakat menjadikan buah salak Sidimpuan yang rasanya manis itu sebagai makanan penutup setelah selesai makan, baik setelah berbuka puasa,maupun setelah makan sahur. Harga buah salak Sidimpuan yang dijual pedagangterdiri dari beberapa bagian yang dibagi menurut ukurannya dan harganya mulai dari Rp15 ribu sampai Rp30 ribu per kilogram. (crap)

Balitbang Punya Tugas Penting PEMATANGSIANTAR (Waspada): Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) memiliki tugas dan fungsi penting dalam penyelenggaraan pemerintahan, baik di tingkat kementerian, provinsi sampai tingkat kabupaten/kota. Wali Kota Pematangsiantar Hulman Sitorus,SEmenyatakanitusaatmembukabimbinganteknispemantapan kemampuanSDMaparaturLitbangdanmembahaskualitasSDMaparaturpemerintahandiSimalungunRoom SapadiaHotel,JalanDiponegoro, baru-baru ini. Sesuai Permendagri nomor 20 tahun 2011 tentang pedoman penelitian dan pengembangan, sebutWali Kota, Balitbang kabupaten/ kota memiliki tugas pokok dan fungsi menyelenggarakan penelitian, pengembangan,pengkajian,penerapan,perekayasaan,pengoperasian serta administrasi dan manajemen Litbang di bidang penyelenggaraan Pemda dan diatur lebih lanjut dengan Perwal Pematangsiantar nomor 29 Tahun 2011 tentang tugas dan fungsi lembaga teknis daerah di Pematangsiantar. (a30)

Puas Hypermart Ada Di P. Siantar PEMATANGSIANTAR (Waspada): Wali Kota Hulman Sitorus, SE menyatakan puas dan merasa sangat bahagia, karena Hypermart sudah ada di Kota Pematangsiantar dan mengharapkan ditambah dua lagi di jalan masuk dari Kabupaten Asahan dan Tapanuli. Wali Kota menyatakan kepuasannya saat membuka secara resmi Hypermart Siantar City Square di komplek Siantarmas Residence, Simpang Rami, Jalan Medan, Kel. Naga Pitu, Kec. Siantar Martoba, Jumat (12/7) dengan menggunting pita dan didampingi Ketua DPRD Marulitua Hutapea, SE, Kapolres AKBP Albert TB Sianipar, S.Ik, MH, mewakili Dandim dan lainnya. Wali Kota berharap agar ditambah dua lagi Hypermart di Pematangsiantar sudah pernah dibicarakan dengan pengelola Hypermart, namun terbentur dengan masalah lahan. “Di Pematangsiantar, lahan memang sudah mahal.” (a30)

Dua unit sepedamotor yang sebelumnya menghadap pintu belakang sudah putar haluan menghadap pintu depan. “Mungkin sepedamotor tidak dapat dilarikan karena kunci mesin sedang kukantongi. Kami sudah lama membuka usaha warung kopi di kompleks RSU Sidikalang, selalu pulang ke rumah. Tetapi sekali ini, kami pulang ke rumah sudah pagi karena pembeli ramai,” sebutnya. (a20)

Jalan Di Bahtobu Diperbaiki SERBELAWAN (Waspada): Dinas Binamarga melakukan

pengaspalan jalan (Lapen) Huta INagoriBahtobu,Kec.DolokBatu

Gerak Cepat BPN Simalungun SIMALUNGUN (Waspada): Tahun ini Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Ka. Simalungun menargetkan gerak percepatan penyelesaian penerbitan hak-hak atas tanah milik masyarakat di daerahnya. Untuk target tersebut, seluruh elemen yang ada di kantor tersebut telah diarahkan dan bersepakat untuk saling bersinergis, bekerjasama dan bekerja keras. Menurut Kepala Kantor BPN Kabupaten Simalungun, Asli Dakhi, yang baru satu minggu terakhir ini ditugaskan di Simalungun menggantikan Kepala Kantor sebelumnya, Badrussalim yang ditugaskan ke kantor wilayah BPN mengaku sudah mengajak seluruh stafnya untuk bekerja keras. “Saya sudah sampaikan kepada staf-staf (BPN), agar semua dapat bekerja sama dan bekerja keras,” katanya kepada Waspada di ruang kerjanya, Kamis (11/7). (c16/crap)

Berdasarkan plank proyek yang dipasang di simpang tiga “Moga Jaya”, nama pekerjaan adalah rekonstruksi peningkatan struktur jalan batas KabanjaheMerek, dengan nilai kontrak Rp7.785.264.999 dan jangka pelaksanaan 240 hari kalender dengan penyedia jasa PT Dian Perkasa dengan konsultan PT Citra Diecona. Selain proyek rekonstruksi peningkatan struktur jalan Kabanjahe-Merek,dalamTA.2013 ini pemerintah juga melaksanakan pelebaran jalan KabanjaheMerek 1 dengan nilai pekerjaan Rp14.742.899.987. (c09)

Waspada/Alibey

PERBAIKAN jalan di Desa Bahtobu, Kec. Dolok Batu Nanggar, Kab. Simalungun, 80 persen rampung.

Nanggar, Kab. Simalungun. Jalan yang diaspal 3.100 x 3 meter dikabarkan merupakan pelapisan jalan terpanjang seluruh nagori. Biasanya, bila ada pelapisan jalan nagori di Simalungun paling-paling panjangnya 800 meter. Kepala Nagori Bahtobu Sumarni yang dikonfirmasi Waspada, kemarin, mengungkapkan, jalan ini sudah 80 persen rampung. Dia mengungkapkan, selama dia menjabat kepala nagori, dia bertekad mengejar ketertinggalan dialami nagorinya dari sisi pembangunan. Diabersyukur,karenabanyak bantuan, termasuk bantuan dari teman-teman lamanya, yang memberi jalan dan peluang agar pembangunan semakin digerakkan di desa dipimpin Kades perempuan itu. (c07)

Kejari G. Sitoli Selidiki Pengadaan Alkes GUNUNGSITOLI (Waspada): Kejaksaan Negeri Gunungsitoli sedang melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (alkes) pada Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli tahun anggaran 2012. Namun, Kejari Gunungsitoli mengakui kesulitan mendapatkan tenaga ahli di Kepulauan Niasuntukmembantupemeriksaanalatkesehatan (Alkes) tersebut dan hal ini berdampak pada terkendalanya proses penyelidikan kasus dugaan korupsi pengadaan Alkes yang telah dilaporkan. Hal itu dijelaskan Kepala Kejaksaan Negeri GunungsitolimelaluiKasiIntelijen,RabaniHalawa, SH, MH baru-baru ini menanggapi desakan delegasi GMNI yang melakukan aksi unjukrasa mendesak sejumlah kasus dugaan korupsi yang telah dilaporkan segera dituntaskan.

Rabani mengakui pihaknya telah menerima laporan pengaduan masyarakat terkait kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli tahun anggaran 2012 yang diduga tidak sesuai spek dan sebagian merupakan peralatan bekas. Namun akibat tidak adanya tenaga ahli di Pulau Nias untuk menjadi pemeriksa alat kesehatan tersebut menjadi kendala terlambatnya penuntasan kasus dugaan korupsi tersebut. Rabani berjanji akan berusaha menuntaskan kasus tersebut, dan dalam waktu dekat mendatangkan tenaga ahli untuk memeriksa Alkes tersebut dari luar Pulau Nias, agar Kejaksaan dapat memastikan apakah Alkes yang disuplai rekanan dalam kondisi baru atau memang bekas. (a25)

MUI Binjai Bahas Hadist Bermasalah BINJAI (Waspada): Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Binjai, DR. HM Jamil, MA, Minggu(14/7)dikantorMUI,Jalan Olahraga membuka pelaksanaan Muzakarah MUI. DR HM Jamil, MA mengemukakan muzakarah diselenggarakan MUI Binjai setiap minggu selama Ramadhan diharapkan menambah ilmu pengetahuan dan saling memberi informasi tentang keagamaan guna menambahpengetahuankepada ulama,ustaddanmasyarakat.Selain muzakarah, MUI juga akan mengadakan Safari Ramadhan di 15 masjid/musholla di kota Binjai. Muzakarah pertama Ramadhan1434H,dihadirkanpenceramahProf.Dr.H.NawirYuslem,MA, gurubesarIlmuHadisdanDirektur pascasarjanaIAINSumateraUtara, menyampaikan tentang hadis bermasalahberkaitanibadahpuasa dan bulan Ramadhan. Prof. Dr. H. Nawir Yuslem, MA menyebutkan, banyak aktivitas dan usaha dilakukan untuk mengetahui suatu hadist itu selamat dari kekeliruan, atau cacat. Namun ada beberapa amalan

oleh umat Islam, terutama doa ketika memasuki bulan rajab. Setelah diteliti ternyata hadistnya bermasalah dari segi sanadnya. Menurut Nawir, sanad adalah dasar pertama dan utama untuk diterima suatu hadist. Nawir Yuslem mengemukakan banyak doa yang dipergunakan umat Islam, yang sanad hadisnya daif. Doa itu bagus, dan beberapa istilah juga bayak digunakan,memberimotivasikepada

umat. Namun doa atau kegiatan itu jangan disebutkan hadist, jika tidak diketahui sanadnya. Prof. Dr. H. Nawir Yuslem, MA yang juga Direktur Pasca sarjana IAIN Sumut, mengingatkan ulama dan ustad, memberi ceramah dan penjelasan yang benar, jangan sebutkan hadist, jika bukan hadist yang sahih. Sehingga umat juga dapat mengetahui secara positif, mana hadist dan mana hadis palsu.(a04)

Elly Tjan Kepala BI P. Siantar PEMATANGSIANTAR (Waspada): Elly Tjan yang sebelumnya Deputi, diangkat menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kota Pematangsiantar, menggantikan Agus Budiono yang mendapat tugas baru sebagai Analis Sumber Daya Senior Departemen SDM BI Pusat. Serah terima jabatan Kepala Perwakilan BI itu dilaksanakan di hadapan Kepala Perwakilan BI Wilayah IX Hari Utomo di ruang Serbaguna BI, Jalan H. Adam Malik, Pematangsiantar, Jumat (12/7). Hadir saat itu Wali Kota Hulman Sitorus, SE, Ketua DPRD Simalungun Binton Tindaon, S.Pd, mewakili Kapolres, Dandim dan Uspida lainnya, Dirut PDAM Tirtauli Badri Kalimantan, SE, MM, para pemimpin bank BUMN dan swasta, para pimpinan perusahaan lainnya, tokoh agama dan lainnya. Hari Utomo berpesan kepada Elly Tjan agar semakin meningkatkan peran BI dalam memberikan kontribusi kepada kemajuan perekonomian di Pematangsiantar dan dalam pengendalian laju inflasi. (a30)

Pasir Putih Parbaba Ibarat Balinya Samosir SAMOSIR (Waspada): Keindahan panorama alam Danau Toba di lokasi objek wisata Pasir Putih Parbaba, Kec. Pangururan, Kab. Samosir ibarat Pulau Balinya Samosir, sehingga pengunjung bisa menikmati liburan sekolah dengan mengesankan. Pantauan Waspada, Sabtu (13/7), parawisatawanlokalmaupun asing memadati lokasi daerah tujuan wisata (DTW) Pasir

Putih Parbaba. Di Pasir Putih tersedia sepeda air yang bisa disewa Rp30.000-Rp50.000 per jam disamping menyediakan sewa sampan besar. Di samping itu, untuk makanan dan minuman, juga tersedia dengan harga terjangkau. Salah seorang pengunjung pasir putih Rudi Nainggolan bersama rekan-rekannya dari

Medan mengatakan, sebaiknya khusus hari Sabtu dan Minggu diadakanhiburanmusiksehingga menambah kesan tidak terlupakan di Pasir Putih. Salah seorang pedagang marga Manihuruk mengatakan, selama bulan puasa sedikit terjadi penurunanpengunjung.Namun, dia optimis, pengunjung justru membludak saat hari raya Idul Fitri. (c11)

Perabot Berbahan Kayu Jati PEMATANGSIANTAR (Waspada): Pengusaha toko perabotan rumah tangga di Kota Pematangsiantar saat ini sudah memajangkan perabot rumah tangga berbahan kayu jati di tokonya untuk dipersiapkan menghada pi lebaran. “Tahun ini masyarakat kembali meminati perabot-perabot berbahan kayu jati, jadi kami sudah persiapkan,” kata Hermanto,65, pengusaha toko perabot di jalan Sutomo Pematangsiantar,Minggu (14/7) kepada Waspada. Perabotan rumah tangga seperti lemari, buffet dan kursi berbahan kayu jati, sudah masuk dari Pulau Jawa bebera pa hari yang lalu, sebut dia. “Perabotan bahan kayu jati selama ini juga didatangkan dari pulau Jawa, karena kayu jati dari sana lebih baik dibanding kayu jati dari Sumatera,” ungkap Hermanto sambil memperlihatkan sebuah kursi sofa berukiran indah. “Harga kursi seperti ini Rp3.500.000 per buah,” lanjutnya. (c16)

Waspada/Basita Bukit

PARIT yang tergerus di Jalan Kabanjahe-Tigapanah dibangun dengan konstruksi besi beton.

Waspada/Edison Samosir

LOKASI Pasir Putih Parbaba yang sangat indah dan dipadati pengunjung dari dalam dan luar kota.

Waspada/Abdul Khalik

ALAT berat escavator mengeruk badan sungai Bahilang di samping Masjid Syuhada.

Alur Sei Bahilang Dikeruk Lagi TEBINGTINGGI (Waspada): Setelah satu tahun tertunda, sungai Bahilang kotaTebingtinggi dikeruk lagi oleh Dinas Pekerjaan Umum. Pengerukan dilaksanakan di sekitar Kel. Pasar Baru, Kec. T. Tinggi Kota, mengerahkan satu unit escavator. Bersamaan dengan kegiatan itu, akan dilaksanakan rehabilitasi jembatan Jalan Iskandar Muda, usai lebaran 1434 H. Pantauan Jumat (12/7), pengerukan sudah dilaksanakan sejak beberapa hari belakangan oleh Bidang Pengairan Dinas PU. Kedalaman badan sungai yang dikeruk sekira dua meter dengan panjang 30 meter, menyambung kerukan tahun sebelumnya berada di hilir sungai antara jembatan Jalan Pattimura dan jembatan Jalan Iskandar Muda. Sebelumnya, pengerukan badan sungai Bahilang akan dilanjutkan rehabilitasi jembatan. Namun masyarakat di sekitar lokasi jembatan, yaknipedagangkakilimadiJalanJawadanjamaah Masjid Syuhada menolak. Mereka menulis surat keWali KotaTebingtinggi serta mengirim utusan, minta pembangunan jembatan ditunda hingga selesai lebaran. Pihak Dinas PU kemudian hanya mengeruk badan sungai, sedangkan rehabilitasi total jembatan dilaksanakan usai lebaran. Pengerukan badan sungai Bahilang mendatangkan keuntungan bagi pemulung barang bekas. Sejumlah koin mata uang zaman Hindia

Belanda banyak diketemukan. Waspada, mendapat sejumlah koin mata uang Hindia Belanda. Ada koin bertarikh 1897 dan 1899. Ada pula koin berbahan dasar tembaga bertarikh 1909, 1912, 1930, 1936 dan 1945. Koin-koin itu diperoleh pemulung dari pengerukan badan sungai Bahilang. Bahkan, beberapa pemulung mengabarkan ada yang mendapat samurai, terompet serta pistol dan peluru yang selama ini mengendap di kedalaman sungai Bahilang. “Ada juga yang membelinya untuk koleksi,” ujar Sopian, pemulung. Kabid Pengairan Dinas PU MuhammadYusuf, mengatakan pengerukan badan sungai Bahilang melanjutkan proses pengerukan tahun sebelumnya. Diharapkan, dengan pengerukan sepanjang hilir sungai, intensitas banjir yang selama ini melanda perkampungan sekitar sungai bisa teratasi. Kadis PU Ir. Muhammad Nurdin, mengatakan rehabilitasi jembatan Iskandar Muda dilaksanakan untuk meremajakan jembatan di inti kota yang umurnya sudah sangat tua. Jembatan Jalan Iskandar Muda, kata Nurdin, diperkirakan sudah berumur lebih satu abad. Selama ini baru sekali direhabilitasi, yakni sekira 1993. Pembangunan itu mengorbankan empat tembok di sisi jembatan yang diperkirakan seusia dengan digunakannya jembatan itu.(a09)

Pria Renta Harapkan BLSM INDRAPURA (Waspada): Sejak digulirkannya BantuanLangsungSementaraMasyarakat(BLSM) terkait kenaikan harga BBM oleh Pemerintah kepada masyarakat miskin, banyak data yang tumpang tindih. Banyak warga miskin yang semestinya mendapat BLSM ternyata tidak sedikit yang luput dari pendataan BPS. Ironisnya, warga yang jauh lebih layak, banyak yang menerima kartu berwarga kuning, sebagai pertanda mereka berhak menerima BLSM untuk dicairkan di kantor POS yang ada di Kab. Batubara. Hal ini terjadi pada Amersyah (Wak Amer), 58, warga Dusun III DesaTanah Merah, Kec. Airputih, Kab. Batubara. Dalam kehidupan Wak Amer, apapun namanya bantuan pemerintah seperti Beras Miskin (Raskin,), bantuan sosial, begitu juga BLSM belum pernah sekalipun diterima pria yang hidup sebatang kara ini. Kepada wartawan Amer mengatakan, di usia senjanyaini,yangnamanyabantuandaripemerintah belum pernah sekalipun dicicipinya. “Saya tidak pernah tahu yang namanya bantuan. Saya hidup sebatangkara,untukmencarisesuapnasisayabekerja mengambil upahan, kadang ada tetangga mau hajatan,sayadisuruhmenjagaparkirsepedamotor, kadang-kadangmencariupahanmencarirumput makananternakkambing,pokoknyaapayangdisuruh warga saya kerjakan,” ujarnya enteng. Menurutnya, hidup ini untuk apa terlalu dipikirkan, ia tidak pernah terpikir ada bantuan dari dari pemerintah, sebab dia tidak pernah tahu kapan bantuan pemerintah itu turun ke desanya. Tapi begitupun dia sangat menginginkan sekali dapat merasakan bantuan BLSM yang sekarang

tengah hingar bingar jadi pembicaraan. “Kalau pemerintah tahu tentang kehidupan saya, mungkin pejabat di tingkat desa, maupun pejabat kecamatan pasti mereka terenyuh melihat kehidupan saya ini. Coba fikir saya tidak mempunyai rumah, apalagi harta benda lain,” ujar Amer lagi. (c05)

300 Petani Jeruk Dapat Alat Pengendali Hama Lalat Buah TANAH KARO (Waspada): Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Karo meyerahkan bantuan ME block ( methyl eugenol) atau alat pengendali hama lalat buah kepada 300 petani jeruk dari tujuh desa di Kec. Daulat Rakyat, Kamis (11/7). Penyerahan ME block dilakukan Kadis Pertanian dan Perkebunan Agustoni Tarigan, SP didamping Kabid Produksi Munarta Ginting SP yang diterima Camat Daulat Rakyat Ramlan Ginting S. Sos, selaku perwakilan petani jeruk Kec. Daulat Rakyat dari tujuh desa yakni Desa Daulat Rakyat, Melas, Sugihen, Ujung Sampun, Bukit, Sampun dan Kubu Colia Diamengungkapkanrasabahagiadanbangga kepada Pemkab Karo atas nama Dinas Pertanian danPerkebunanyangtelah memberikanbantuan berupa alat pengendali hama lalat buah ke masyarakatpetanijerukKec.DaulatRakyat. Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kab. Karo mengungkapkan, Pemkab Karo mengalokasikan Rp3,6 miliar membantu masyarakat petani jeruk Karo menanggulangi hama lalat buah. (c10)

Waspada,selasa 16 juli 2013