Page 4

Berita Utama

A2 Polhut Aceh Tamiang Tertangkap Di Wisma P.Brandan P.BRANDAN (Waspada): Ratusan warga Pangkalanbrandan, Kab.Langkat, Minggu (23/6), men-sweeping salah satu wisma di Jl. Sutomo yang diduga kerab dijadikan tempat maksiat. Dalam aksi itu, warga mengamankan seorang anggota Polisi Kehutanan (Polhut) Dinas Kehutanan Aceh Tamiang bersama pasangannya. Petugas Polhut berinisial, Al, bersama wanita pasangannya, SW, warga Minuran, Kualasimpang, Aceh Tamiang dan seorang wanita, He, tak berkutik ketika massa melakukan sweeping memboyong mereka ke Mapolsek Pangkalnbrandan. Pantauan Waspada, aksi sweeping ini berlangsung secara spontan ketika warga mendapat informasi ada lima pasangan diduga bukan mukhrim memasuki wisma. Menerima informasi ini, sejumlah tokoh masyarakat bersama warga langsung bergerak melakukan aksi. Saat massa turun, beberapa wanita yang berada di wisma tersebut berusaha kabur untuk menghindari penangkapan. Warga memeriksa sejumlah kamar sudah dalam keadaan kosong, namun ketika dua ruang kamar lainnya hendak digeledah, pemilik wisma melarangnya. Di dalam satu kamar, warga menemukan lima pasang sepatu wanita, parfum, perlengkapan kosmetik, bra, handuk tergantung di dinding dalam ruangan kamar mandi. Sejauh ini tidak diketahui siapa pemilik barang tersebut. Kapolsek P.Brandan, AKP Zulkarnain Lubus melalui Kanit Reskrim Iptu Iswanto mengatakan, anggota Polhut bersama pasangannya masih menjalani proses pemeriksaan. (a02)

Mayat Terbakar Bernama Basuni LUBUKPAKAM (Waspada): Polisi menemukan identitas t mayat laki-laki yang tewas dibakar di kebun sawit akhir pekan lalu. Korban diketahui warga Dusun Purwo Sari, Desa Sidodadi, Kec. Beringin,Kab.Deliserdang. Kapolsek Beringin AKP L. Manurung menyebutkan, nama korban diketahui melalui kertas rekening listrik di dompet korban. “Dari rekening listrik itu kita ketahui namanya, Basuni, 56, warga Dusun Purwo Sari Desa Sidodadi atau dekat dengan Sekolah Jaya Krama Beringin,” kata Manurung kepada wartawan di Mapolres Deliserang, Minggu (23/6). Selain itu, uajr Kapolsek, pihaknya menemukan uang kertas senilai delapan ratus ribu rupiah dan berbagai identitas lainnya di dalam dompet korban. “Ya kita cek ternyata benar dia (Basuni) warga Sidodadi dan malam Minggu langsung kita hubungi keluarganya,” kata Manurung dan menambahkan, dalam kasus ini pihaknya sudah memeriksa 12 saksi, yakni teman dan tetangga korban termasuk dua anak laki-laki korban Adi dan Iswanto. Kasat Reskrim AKP Erwin Syahputra Manik menyebutkan pihaknya mencurigai pembunuh korban adalah salah satu keluarga korban. “Makanya kita kumpulkan semua barang bukti di rumah korban, soal mengarah ke salah-satu anak korban yang diduga menjadi pelaku, saya belum bisa memastikannya kita tunggu saja ya, karena para saksi termasuk anak laki-laki dari korban masih kami periksa di Mapolsek Beringin,” sebut Erwin. (m16/c02/a07)

Presiden:... Tiga Strategi Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif yang ditunjuk Presiden sebagai pemegang kendali penanganan bencana asap Riau, di Lanud TNI AU Rusmin Nurjadi, Pekanbaru, kemarin, memimpin gelar pasukan operasi penanggulangan asap di lapangan. Apel diikuti 500 personil dari TNI, Polri, manggala agni, pemadam kebakaran, BPBD dan relawan. Kepala BNPB mengatakan penanggulangan bencana asap dilakukan dengan 3 strateg, yaitu penegakan hukum, pemadaman kebakaran di darat dan dari udara, serta sosialisasi secara menyeluruh. “Berdasarkan pantauan citra satelit Terra MODIS NASA pada 21 Juni , kebakaran lahan dan hutan masih berlangsung di sekitar Kab. Rokan Hilir dan Kota Dumai yang asapnya ke arah timur. Sedangkan kebakaran di Kab. Pelalawan dan Indragiri Hilir asapnya mengarah ke tenggara,” kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB.

Ada-ada Saja... terbilang nekat ini terjadi pada Jumat (21/6), melibatkan dua orang pria bersenjata yang menyerbu masuk ke penjara Geneva pada siang bolong dan menjarah sejumlah uang. Kepolisian Geneva mengatakan, kedua tersangka menggunakan penutup kepala warna hitam dan membawa senjata api. Mereka menggondol sejumlah uang yang tak disebutkan jumlahnya dari penjara itu. Setelah berhasil merampok penjara, kedua tersangka kemudian kabur menggunakan sepedamotor dan diperkirakan melarikan diri ke perbatasan dekat Perancis. Pihak berwenang di Swiss akhirnya menghubungi para penegak hukum di Prancis untuk membantu membekuk para tersangka. Polisi Prancis gagal melacak para bandit dan hanya berhasil menemukan sepedamotor yang digunakan para pelaku.

Jawaban Problem Catur, TTS Dan Sudoku Dari Halaman Sport.

Pembangunan...

Jawaban Problem Catur: 1.Gxf7+, Rh6. 2. BxKh4+, Kh5. 3. BxK+, Rg7. 4. MxM+mat. Jawaban TTS: TTS Topik

Dalam insiden perampokan ini tidak ada yang terluka, namun sejumlah pekerja penjara mengalami trauma, Kepolisian Geneva menambahkan. (emr/rzl)

Umum Serba “Ting”

meter. Tol Medan Kualanamu ini akan terdiri dari empat intercharge, empat underpass, tujuh topperpas dan tiga pintu tol. Sedangkan untuk ruas Medan-Kualanamu akan dibangun sepanjang 17,8 kilometer. Bi a y a k o n s t r u k s i t o l dianggarkan sebesar Rp 1,347 triliun. Sebanyak 90 persen di antaranya merupakan pinjaman luar negeri dari China melalui Bank Exim China dan 10 persen sisanya dari anggaran pendapatan dan belanja Negara. (m11/t)

Mereka...

Jawaban Sudoku: 7 9 6 5 4 2 1 8 3

5 1 4 8 3 6 2 7 9

2 8 3 9 7 1 4 6 5

1 6 2 7 8 9 5 3 4

3 7 5 6 1 4 8 9 2

9 4 8 2 5 3 6 1 7

4 2 7 3 6 8 9 5 1

8 3 9 1 2 5 7 4 6

6 5 1 4 9 7 3 2 8

pengobatan medis akibat ketiadaan biaya. Untuk tetap bertahan hidup di sisa umurnya yang sudah senja, pria renta yang akrab disapa Kek Husen itu hanya berharap belas kasih orang. Ketika Waspada mengunjungi kediamannya, Sabtu (22/ 6) petang, kakek berdarah campuran China dan Jawa itu berusaha bangkit dari tempat pembaringan. Meski kondisi fisiknya terlihat sangat lemah, ia masih memiliki sisa semangat untuk diajak ngobrol. Air matanya tanpak mengalir di atas permukaan kulit pipanya yang keriput. Ia merasa sedih ketika mengetahui namanya tidak ada tercatat di dalam daftar penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) dari pemerintah sebagai konpensasi kenaikan harga BBM. “Sakit sekali rasanya orang papa seperti kakek ini tidak diperhatikan pemerintah. Kakek merasa seperti dising-

WASPADA Senin 24 Juni 2013

Malaysia Umumkan Keadaan Darurat Hari Ini Sekolah Diliburkan PETALING JAYA, Malaysia (Waspada): Semua sekolah di Kuala Lumpur dan Selangor akan diliburkan hari ini (Senin 24/6) pada saat situasi kabut asap makin memburuk Minggu pukul 05:00 sore. Menteri Lingkungan dan Sumber Daya Alam G. Palanivel mengatakan Menteri Pendidikan II Idris Jusoh akan mengambil langkah lebih lanjut jika perlu guna menghindari para murid dari dampak kuat kabut asap. Palanivel mengatakan situasi kabut asap telah memburuk ketika Minggu pukul 05:00 sore dan sekolah-sekolah telah diperintahkan untuk ditutup karena alasan kesehatan. Dia menganjurkan para orangtua agar menjaga anakanak mereka agar tetap berada di dalam rumah dan jika mereka perlu keluar, pakailah masker. Dua daerah di bagian selatan Johor Minggu mengumumkan keadaan darurat akibat kabut asap yang makin tebal di sana. Menurut Palanivel, saat ini kondisi udara di dua distrik, Muar dan Ledang, telah mencapai angka 750. Secara teori apabila angka polusi di Malaysia telah mencapai angka 300, maka itu dikategorikan bahaya. Kantor berita Reuters, Minggu 22 Juni 2013, melansir keadaan darurat itu

dari akun Facebook milik sang Menteri. Dia menulis dalam akunnya: “Perdana Menteri Najib Razak telah menyetujui untuk mengumumkan keadaan darurat di Muar dan Ledang dengan segera,”. Namun saat coba dikonfirmasi mengenai pengumuman itu, baik Palanivel maupun kantor PM Najib tidak dapat dihubungi. Sementara jurubicara di Johor, mengatakan sedang menunggu perintah dari Dewan Keaman Nasional mengenai pengumuman keadaan darurat ini. Dia juga meminta warga untuk berada di dalam rumah sementara waktu. Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya telah menyebut ada delapan perusahaan Indonesia yang dituduh bertanggung jawab terhadap pembakaran lahan kelapa sawit di Pulau Sumatera. Dua di antaranya merupakan perusahaan yang berbasis di Malaysia dan Singapura, yaitu Sime Darby dan Wilmar Group. Bahkan Ketua Satuan Tugas Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD+), Kuntoro Mangkusubroto Jumat kemarin ikut menyebut dua nama perusahaan lainnya yang juga berbasis di Singapura: Asia Pacific Re-

sources International (APRIL) dan Sinar Mas Agro Resources and Technology (SMART). “Kami akan mengambil tindakan hukum terhadap siapa pun pelaku pembakaran hutan, baik itu perusahaan dari Indonesia, Malaysia atau Singapura. Mereka semua akan diproses secara hukum,” ujar Kambuaya. Di bawah UU yang berlaku di Indonesia, apabila terbukti sebuah perusahaan atau individu melakukan tindak ilegal pembakaran lahan hutan, maka akan dikenakan denda hingga Rp5 miliar dan hukuman penjara 10 tahun. Namun Kementerian Kehutanan yang memimpin proses investigasi memperingatkan untk tidak terlalu cepat menuduh dan menyimpulkan pelaku. “Kami harus berhati-hati terhadap tindakan hukum apa pun. Sebelum tindakan hukum diambil, kami perlu mencari tahu apa yang sesungguhnya terjadi, dan mengapa bisa terjadi kebakaran. Bisa saja ini terjadi karena kelalaian,” ujat Sekjen Kemenhut, Hadi Daryanto. Sementara perwakilan perusahaan Sime Darby, kompak mengatakan tidak ada titik api di lahan milik mereka di Indonesia, malah menuduh kebakaran disebabkan masyarakat sekitar lahan mereka. (tst/thestar/m10)

Menag...

agar kuota Haji Indonesia pada 2014 ditambah 20 persen dari kuota dasar yang ditetapkan sebesar 211.000 calon jamaah. Bila kompensasi dalam bentuk kuota tambahan bisa diperoleh pada tahun depan menjadi 120 persen, menurut Zubaidi, makaantreanjamaahdiharapkan tidak semakin panjang akibat pengurangan kuota tahun ini. “Memperjuangankan (penambahan) kuota haji untuk tahun-tahun berikutnya juga sangat penting agar dapat meminimalkan dampak pengurangan kuota haji tahun ini,” tegas Zubaidi seraya menambahkan itulah sebabnya Menag berangkat ke Saudi, meski

pengurangan 20 persen sudah final. Zubaidi juga membenarkan Menag telah bertolak ke tanah suci, pada Minggu, sekitar pukul 11.50 WIB. Menurut Zubaidi, misi rombongan Menteri Agama ke Saudi adalah menyampaikan surat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Raja Abdullah, serta membicarakan dampak pengurangan kuota. “Sesuai surat Menteri Haji, pengurangan kuota jamaah haji sebesar 20 persen itu memang sudahfinal,sehinggamisiMenteri Agama ke Saudi untuk membahas dampak dari pemotongan kuota,” terang Zubaidi.

Kehabisan masker PM Lee Hsien Loong menenangkan warga karena cemas kekurangan masker Minggu, dan mengatakan pada warga di Ang Mo Kio, bahwa cadangan masker masih cukup untuk seluruh warga Singapura. Seruannya tenang disampaikan pada saat Indeks Standar Polusi Udara (PSI) berada dalam keadaan ‘moderat’ setelah pekan lalu sempat memecah rekor polusi udara terburuk. Dua hari setelah kebanyakan warga Singapura terkena dampak kabut asap tebal tidak dapat membeli masker N95 di sejumlah farmasi karena stok habis, maka PM Lee menggunakan peluang itu untuk mengingatkan kembali warga, tidak ada bahaya kekurangan masker di sana. Kementerian Kesehatan memasok sembilan juta masker yang saat ini didistribusikan di seluruh Singapura, terutama bagi mereka yang membutuhkan dan warga jompo serta para pekerja yang bertugas sehari penuh. Sementara itu, LSM lingkungan, Greenpeace, mengakui perusahaan Singapura dan Malaysia terlibat pembakaran hutan di Sumatera. Titik-titik api yang muncul kebanyakan terletak di wilayah konsesi perusahaan asal kedua negara itu. “Citra satelit dari NASA menunjukkan ratusan titik api di wilayah konsesi milik perusahaan Indonesia, Singapura

dan Malaysia,” satu pernyataan yang dikeluarkan Greenpeace. Pemerintah Indonesia menyatakan sudah menemukan delapan perusahaan yang terlibat pembakaran hutan, sedangkan 14 perusahaan lainnya masih dalam penyelidikan. Saat ini perusahaan asing yang terbukti melakukan pembakaran baru dari Malaysia. Sementara itu, Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mamkusubroto di Jakarta mengatakan Singapura yang mengeluhkan kabut asap ‘kiriman’ dari Indonesia akibat kebakaran hutan di Riau, harus ikut bertanggung jawab atas kebakaran hutan tersebut. Kuntoro yang juga ketua Satuan Tugas Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation (REDD) itu mengatakan, 80 persen dari kebakaran hutan Riau terjadi di lahan perkebunan dan pertanian yang dimiliki sejumlah perusahaan, termasuk perusahaan asal Singapura. “Beberapa perusahaan (yang melakukan pembakaran lahan) itu punya kantor pusat di Singapura. Jadi kebakaran ini perlu diselesaikan dengan baik (oleh kedua negara),” ujar mantan Menteri Pertambangan dan Energi itu. Tidak hanya merugikan Singapura, perusahaan Singapura itu menurut Kuntoro, harus bertanggung jawab terhadap masyarakat sekitar di Riau dan Sumatera yang terdampak

kabut asap itu. Singapura sebagai negara tetangga yang paling terdampak asap kabut kebakaran hutan Riau telah mengajukan protes resmi ke Indonesia. Pemerintah RI pun mempersilakan Singapura untuk membantu menangani kebakaran hutan di Riau. “Kalau Malaysia dan Singapura ingin ikut memadamkan lahan gambut yang terbakar itu, silakan,” ujar Menhut. Namun pemerintah Indonesia mengatakan tak akan meminta maaf kepada Singapura atas kabut asap yang menyelimuti negeri itu. “Tidak ada permintaan maaf. Singapura tahu langkah-langkah yang telah ditempuh Indonesia untuk bisa mengatasi asap itu. Singapura pun tahu, Indonesialah yang paling ingin masalah ini selesai,” kata Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa. Indeks kabut asap di Singapura mencapai rekor tertinggi Jumat, yakni menyentuh level 401. Level ‘amat berbahaya’ ini bisa mengancam jiwa para lanjut usia dan mereka yang sedang sakit. Sabtu pagi, indeks kabut asap turun ke level 300 dan kemudian terus turun ke level “sedang” yakni level 85 pada Sabtu sore waktu setempat. Usaha pemadaman Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Minggu, tim gabungan untuk memadamkan api di Riau kembali bekerja. (tst/dc/vn/ thestar/m10)

kirkan dan tidak dianggap sebagai layaknya rakyat Indonesia,” kata lelaki jompo tamatan pendidikan Falk School pada zaman penjajahan Belanda itu. Mantan pejuang melawan penjajahan Jepang itu mengungkapkan, ia tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bukan hanya BLSM ia tak terdaftar, tapi Husen mengaku, dia juga tak tercatat sebagai penerima manfaat beras miskin (Raskin) termasuk kartu Jamkesmas juga tidak diberikan pemerintah. “Saya ini seperti rakyat terbuang yang dianggap seperti tak berharga. Apa pun bentuk bantuan dari pemerintah, saya tidak pernah diperhatikan. Padahal, mungkin saya bukan hanya orang tersusah di lingkungan ini, tapi di Indoensia,” ungkapnya seraya berharap perhatian Bupati Langkat, Ngogesa Sitepu. Tidak hanya Husen yang terabaikan, tapi masih banyak lagi rakyat jelata yang tergolong fakir luput dari perhatian

pemerintah, seperti halnya, Naemah, 86, seorang guru pengajian Al-quran di Besitang. Nenek dari puluhan cucu ini boleh dikatakan sebagai sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Bagaimana tidak, sejak usia 12 tahun hingga sekarang, ia berperan aktif mencerdaskan anak bangsa, khususnya dalam mengjar membaca kitabullah. Nasib yang dialami, Naemah, tak jauh beda dengan Husen dan rakyat miskin lainnya. Nama perempuan tiga zaman ini juga tidak tercatat dalam daftar warga penerima BLSM yang diserahkan petugas PT Pos, Syafrizal Gea, kepada Ka. Lingkungan IX, Sugito. Naemah tidak mau banyak berkomentar kenapa dia tidak mendapatkan bantuan uang BLSM sebesar Rp150 ribu per bulan dari pemerintah sebagai konpensasi dari kenaikan harga BBM, bahkan namanya tak tercatat sebagai warga penerima. Meskipun tanpa protes, tapi perempuan berdarah Melayu ini tak dapat menyem-bu-

nyikan ekspresi kekecewaannya terhadap penguasa. “Yah, kalau tidak terdaftar sebagai penerima BLSM mau bilang apa,” ujarnya. Karut marut masalah pendataan mengindikasikan buruknya sistem atau manajemen lembaga BPS. Pernyataan Wakil Presiden, Budiono, dalam wawancara eksklusif dengan salah satu televisi swasta baru-baru ini, data warga miskin penerima BLSM tidak ada masalah ternyata berbanding terbalik dengan fakta di lapangan. Mereka boleh dibilang adalah rakyat yang terbuang. Warga miskin berharap, pemerintah membuka mata untuk melihat kehidupan rakyat secara riil. Negera jangan mengabaikan nasib warganya yang hidup melarat, apalagi dampak kenaikan harga BBM membuat hidup rakyat miskin akan bertambah menderita, sementara yang menikimati minyak bersubsi umumnya orang kaya. * Asrirrais

telah mengirim surat bahwa pemotongan kuota haji sebesar 20 persen sudah final. Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Zubaidi merinci Kemenag memiliki tiga opsi yakni pertama meminta agar visa untuk calon jamaah haji non kuota yang biasanya dialokasikan oleh Pemerintah Saudi, bisa dimasukkan ke dalam kuota. Kedua, meminta kompensasi atas potensi kerugian Pemerintah Indonesia akibat adanya kebijakan pemotongan ini yang mencapai Rp800 miliar.Serta, opsi ketiga yakni meminta

Kabut...

Waspada/Ismanto Ismail

Mengantisipasi dari amukan massa, penghuni rumah kos dinaikan ke dalam truk untuk dibawa ke Mapolsek Percut Seituan, Minggu (23/6) dinihari.

Rumah Kos... pihak Muspika membiarkan saja. Puncaknya, Sabtu malam, seratusan warga mengamuk dan menyerang ruko tersebut dengan cara melempari batu. Melihat ada amuk massa, para penghuni kos bersembunyi di kamar masing-masing dengan mengunci pintu dari dalam. Namun, massa terlihat makin beringas dan menerobos masuk dan merusak praktek dokter di lantai I.Saat itu, Dr. R Tobing sempat kena pukulan massa. Kapolsek Percut Seituan Kompol Erinal bersama Kanit Reskrim AKP Faidir dan personelnya yang turun ke lokasi untuk melakukan pengamanan, tak luput dari sasaran batu. Saat itu, satu batu melayang mengenai kepala AKP Faidir yang mencoba menenangkan situasi. Dalam kondisi berdarah-darah, Faidir dilarikan ke rumah sakit

Dishub... mengubah Jl. Raden Saleh Medan menjadi dua arah mulai Senin (24/6). Ruas jalan tersebut dibuat satu jalur melawan arus (Contra Flow) dari Lapangan Merdeka hingga Jl. Imam Bonjol. “Satu arah berlawanan dari Lapangan Merdeka menuju Jl. Imam Bojol dibuat untuk jalur peserta APEC itu. Satu jalur lagi, khusus untuk pengendara umum. Perubahan ini mulai besok (hari ini-red),” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Renward Parapat kepada Waspada, Minggu (24/6). Dijelaskannya, perubahan jalur lalu lintas di Jl. Raden Saleh ini hanya akan berlangsung selama APEC. Setelah itu, arus lalulintas di jalan itu

Besok,... “Jalur prestasi akademik baru selesai kita laksanakan, dan yang lulus melalui jalur ini sebanyak 1.040 peserta dari 2.572 kursi yang disediakan, artinya hampir 50% kuota telah terisi,” tegasnya. Sedangkan jalur ujian tertulis, lanjutnya, akan dilaksanakan besok untuk memperebutkan sisanya. Jika melalui jalur ini kuota juga belum terpenuhi, maka IAIN SU kemungkinan akan membuka jalur seleksi mandiri. Mengenai persiapan ujian Ketua Panitia Prof Dr Hasan Asari Nasution,MA mengatakan sebanyak 114 ruangan yang ada di IAIN-SU siap dipakai untuk SPMB PTAIN 2013 besok, dengan jumlah pengawas yang disiapkan

Survei:... (10,75 persen). Selanjutnya, Menteri ESDM Jero Wacik (1,79 persen), menteri lainnya (3,58 persen) dan responden yan tidak menjawab 25,45 persen. Dalam survei ditemukan mayoritas publik atau 49,45 persen menilai Partai Demokrat (PD) paling berjasa dalam mendorong penerapan BLSM, sedangkan partai lainnya hanyak 16,73 persen dan tidak menjawab 33,82 persen.

Al Bayan... mengatakan: Tidak mungkin para Nabi menyembunyikan ayat-ayat dari Allah, tidak mungkin mereka berkhianat, sebab hal tersebut berlawanan dengan amanah yang telah diserahkan Allah kepadanya. Para Nabi tidak pernah takut dan kecut sehingga tidak menyampaikan amanah. Apapaun risikonya, para Nabi tetap menyampaikan amanah Allah, meski kadang-kadang teguran tentang dirinya. Misalnya Nabi Muhammad SAW pernah bermuka masam dan berpaling ketika seorang buta datang (Abdullah bin Ummi Maktum) menghadapnya. Nabi sedikit tidak senang, sebab dia punya tamu penting, yakni tokoh-tokoh kafir Quraisy yang juga datang kepadanya. Akibatnya Nabi langsung mendapat teguran dari Allah sebagaimana diabadikan dalam Alquran: “Dia

terdekat untuk mendapat pearwatan. Menghadapi massa yang makin brtutal, Polsek Percut Seituan minta bantuan Polresta Medan. Beberapa menit kemudian, Waka Polresta Medan AKBP Yusuf Kondawantri Naibaho, SIK, SH, Kanit Idik II Sat Narkoba AKP Azuar, SH, MH, Kasat Sabhara Kompol Tris Lesmana Zeviansyah, SIK, SH, MH bersama puluhan personelnya tiba lokasi melakukan pengamanan hingga suasana kondusif. Kasat Sabhara Polresta Medan Kompol Tris Lesmana Zeviansyah, SIK, SH, MH mengimbau massa jangan melakukan anarkis. Polisi juga mengevakuasi para penghuni kos dan dokter menggunakan truk Sat Sabhara Polresta Medan menuju Mapolsek Percut Seituan, untuk menghindari amuk massa. Mereka juga dimintai keterangan.

Kapolresta Medan AKBP Nico Afinta Karokaro, SIK, SH, MH melalui Wakapolres AKBP Yusuf Kondawantri Naibaho, SIK, SH mengatakan, tindakan massa menjurus anarkis dapat diatasi berkat kecepatan personel Sabhara Polresta Medan. Kapolsek Percut Seituan Kompol Erinal mengatakan, pihaknya belum ada menerima laporan bahwa ruko tersebut dijadikan lokasi kos-kosan. Sedangkan, Kanit Reskrim AKP Faidir mengatakan, korban Dr. R. Tobing sudah membuat laporan ke polisi karena ruang prakteknya hancur.Massa diduga menjarah handphone danbarang lainnya milik dokter tersebut. Secaraterpisah,KeplingIKel. Banten Timur, Kec. Medan Tembung Muli Herlina Br. Lubis mengatakan, dokter R. Tobing sudah lama buka praktek di tempat itu.‘’Tapi keberadaan kos-kosan belum ada dilaporkan ke kami,” ungkap Kepling. (m36)

kembali menjadi satu arah. Perubahan juga hanya mulai pukul 11:30 hingga pukul 13:30 setiap hari selama penyelenggaran konferensi internasional itu. Diubahnya Jl. Raden Saleh menjadi dua arah untuk membantu kelancaran para duta negara peserta APEC. SOM III APEC dipusatkan di Santika Dyandra Jl. Maulana Lubis. Sedangkan, pertemuan-pertemuan akan dilakukan di Hotel JW Marriot Jl. Putri Hijau, Hotel Grand Aston Jl. Balai Kota dan Hotel Arya Duta Jl. Maulana Lubis. “Jadi ketika peserta ingin kembali di Hotel Santika, mereka tidak perlu lagi memutar dari Lapangan Merdeka, cukup melalui Jl. Raden Saleh menuju Jl. Imam Bonjol dan belok ke Jl. Pengadilan tempat

Hotel Santika,” kata Renward dan menambahkan, pihaknya berusaha maksimal agar arus lalulintas tidak mengalami kemacatan. Kasat Lantas Polresta Medan, Budi Hendrawan ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya siap menurunkan sekitar 60 personel polisi lalulintas untuk mengamankan arus lalulintas selama penyelenggaraan APEC. Petugas ini akan ditempatkan di sejumlah jalan raya yang dilalui peserta APEC ini. Para petugas Satlantas akan melakukan kerjasama dengan petugas Dinas Perhu-bungan Kota Medan. Juga melakukan kerjasama dengan Satlantas Polres Tanah Karo dan Simalungun, karena peserta APEC dijadwalkan akan berkunjung ke sana. (m50/m39)

sebanyak 228 orang. Dari 2.265 peserta mendaftar sebanyak 1,630 peserta memilih IPS, 618 peserta memilih IPC dan 17 peserta memilih IPA. Lebih lanjut, Prof Hasan Asari menjelaskan untuk SPMB PTAIN 2013 ini peserta y a n g m e m i l i h Fa k u l t a s Tarbiyah sebanyak 1.250 orang dengan prodi yang paling banyak dipilih yakni Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 411 peserta, disusul Fakultas Syariah sebanyak 829 orang dengan prodi yang paling banyak dipilih Ekonomi Islam sebanyak 548 peserta, kemudian disusul Fakultas Dakwah dan Fakultas Ushuluddin masing-masing 58 dan 29 peserta. Sementara Koordinator Ujian Tulis Prof Dr Lahmuddin Lubis, M.Ed

mengatakan materi yang diujikan pada SPMB PTAIN tahun 2013 ini meliputi test potensi akademik, tes bidang studi dasar, dan tes wawasan keislaman akan dilaksanakan pada hari pertama besok Selasa(25/6), sedangkan hari kedua(26/6) meliputi Tes Bidang Studi IPA dan IPS. Kasubbag Humas IAIN Sumatera Utara Abdul Jousef Sitepu,S.Ag menambahkan untuk pengumumam hasil ujian tertulis SPMB PTAIN tahun 2013 diumumkan Sabtu 20 Juli 2013. Untuk mengetahui nama-nama yang lulus, peserta dapat melihat di papan pengumuman yang disediakan panitia, atau melalui media massa dan situs/laman resmi www.spmbptain.ac.id. (m49)

Adjie mengatakan, terhadap pertanyaan anda setuju atau tidak, jika harga BBM bersubsi dinaikkan, maka ditemukan 79,21 persen responden menyatakan tidak setuju, hanya 19,10 persen yang setuju dan sisanya 1,69 persen tidak menjawab. “Penolakan kenaikan harga BBM oleh responden cukup tingi yaitu pada survei LSI Agustus 2005 (82,3 persen), Mei 2008 (75,1 persen), Maret 2012 (86,6 persen) dan Juni 2013 (79,21 persen),” katanya.

Adjie menambahkan, survei LSI menyimpulkan tiga prediksi politik soal BBM, yaitu pertama, terjadi dukungan terhadap BLSM dari partaipartai koalisi pemerintah, kemudian kedua, par tai oposisi tidak secara terbuka menyerang program BLSM. Ketiga, PKS tetap memainkan peran ganda, yaitu meski bagian dari koalisi pemerintah, PKS menyatakan menolak kenaikkan harga BBM dan mendukung program BLSM.

(Muhammad) bermuka masam dan perpaling, karena telah datang seorang buta kepadanya. Tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa), atau dia ingin mendapatkan pengajaran, lalu pengajaran itu memberi manfaat kepadanya.”(QS .Abbasa:.1—4). Nabi tetap menyampaikan ayat itu kepada umat. Mungkin kalau manusia biasa, teguran dari atasan disembunyikan saja karena merasa malu dengan anak buahnya. Dalam surah AlAnfal, Nabi juga mendapat teguran dari Allah karena Nabi Muhammad mengambil tebusan dari tawanan perang. “Tidak patut bagi seorang Nabi mempunyai tawanan sebelum ia dapat dilumpuhkan musuhnya di muka bumi.(QS. Al-Anfal:67). Rasulullah menyampaikan apa saja yang diterima dari Allah kepada umatnya. Umat Islam harus memelihara juga sifat Amanah ini. Raja Ali Haji dari

Pulau Penyengat berkata: Barang siapa menjaga amanah, hatinya lega tak ada susah/ Barang siapa menyembunyikan amanah, wajahnya murung, hatinya resah. Prof Dr Hamka menambahkan; Jika anda dipercaya untuk mengurus masjid, menghitung dana sumbangan, anda harus jujur. Begitu juga kalau anda bekerja pada orang lain, amanahamanah yang dititipkan kepada anda harus dilaksanakan. Saudaraku Ikhwatu fillah!. Mari kita menjaga amanah sebaik-baiknya. Kita ikuti sifat para rasul agar kita mendapat syafaatnya kelak. Jangan sekalikali korupsi, sebab para pemakan hasil korupsi termasuk orang-orang yang tidak amanah. Ingat, setiap satu suap yang masuk dalam mulut kelaurga anda, Allah akan bertanya: Dari mana harta itu engkau dapatkan, dengan cara apa engkau mendapatkkannya?

Waspada, senin 24 juni 2013 revisi