Issuu on Google+

Rp 35.000,-

The Voice of Business Travel & Tourism Industry issue 1, 2009

Insert: Potensi Pariwisata Banten ICA & Chef Table: Promoting Tourism Through Cuisines Tanakita: Berkemah Dengan Nuansa Hotel

Premiere Issue !!

Adakah Harapan Bagi Pariwisata di Tahun 2009?


News | Dalam Negeri

Tidak ada NPWP, bayar Fiskal Rp2,5 juta

Balapan Jalan Raya Pertama A1GP Gagal Digelar

JAKARTA – Bagi mereka yang tidak mempunyai nomor pokok wajib pajak (NPWP), diwajibkan untuk membayar fiskal Rp2,5 juta setiap kali bepergian ke luar negeri naik pesawat terbang dan Rp1 juta jika naik kapal laut.

JAKARTA – Masyarakat Indonesia khususnya para pencinta olah raga otomotif tampaknya masih harus bersabar untuk menyaksikan sajian spektakuler berupa balapan jalan raya pertama di negeri ini.

S

edangkan bagi mereka yang mempunyai NPWP, tidak perlu membayar sepeserpun alias bebas fiskal. Ketentuan tersebut berlaku sejak 1 Januari 2009. Sebelumnya tarif fiskal adalah Rp1 juta untuk bepergian naik pesawat terbang dan Rp500.000 naik kapal laut. Ada tiga kategori penerima bebas fiskal, yaitu langsung, bebas dengan NPWP dan bebas dengan Surat Keterangan Bebas Fiskal Luar Negeri (SKBFLN). Yang termasuk kategori penerima bebas fiskal langsung adalah orang pribadi berusia di bawah 21 tahun, WNI yang bertempat tinggal tetap di luar negeri dan memiliki dokumen resmi sebagai penduduk asing, tenaga kerja Indonesia (TKI), jemaah haji, pejabat dari perwakilan organisasi internasional, dan pejabat perwakilan diplomatik dan pejabat lain dari negara asing. Untuk bebas dengan NPWP adalah orang pribadi yang mempunyai NPWP, termasuk anggota keluarga yang masih menjadi tanggungan sepenuhnya. Sedangkan kategori bebas dengan SKBFLN termasuk diantaranya mahasiswa dari negara asing, tenaga kerja WNA, dan penyandang cacat atau orang sakit yang berobat keluar negeri atas biaya sosial termasuk seorang pendamping. Sejumlah kalangan mengkhawatirkan kebijakan ini akan berimbas negatif pada pariwisata dalam negeri. Wisatawan nusantara dikhawatirkan lebih memilih untuk berwisata keluar negeri, apalagi didukung tersedianya tiket pesawat murah. “Wisatawan domestik bisa saja lebih memilih melancong ke Singapura atau Malaysia daripada ke Bali atau Lombok, karena biayanya relatif sama,” kata Diyak Mulahela, direktur Lembaga Pengembangan Informasi Pariwisata. Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya akan menggelar kampanye ‘kenali negerimu dan cintai negerimu’. Dengan demikian, masyarakat bisa lebih menyadari betapa nusantara ini memiliki kekayaan alam dan budaya yang tiada tandingannya, tambahnya.

A

1GP Lippo Village (sebelumnya bernama Lippo Karawaci) yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 6-8 Februari 2009 batal digelar karena sirkuit tersebut gagal memperoleh lisensi dari FIA (Federasi Otomobil International). FIA tidak dapat mengeluarkan lisensi karena beberapa aspek dari pembangunan trek gagal memenuhi batas waktu yang telah ditentukan. Akibatnya sirkuit yang dijadwalkan akan menjadi tuan rumah seri kelima dari musim 2008/2009, yang juga merupakan musim keempat ini, dicoret dari kalender penyelenggaraan. “Jelas hal ini merupakan kabar yang mengecewakan. Tetapi untuk alasan keamanan, A1GP tidak dapat dilangsungkan di sirkuit yang belum menerima lisensi dari FIA sehingga kita tidak memiliki pilihan lain selain membatalkan rencana untuk menggelar A1GP di Indonesia,” kata A1GP CEO Pete da Silva dalam situs resmi A1GP. Namun pencinta olah raga balap tanah air tidak perlu kecewa karena walaupun dicoret dari agenda musim keempat, pihak A1GP Internasional akan mempertimbangkan sirkuit ini sebagai tuan rumah pada musim kelima. Sirkuit ini sendiri telah mengikat kontrak dengan A1GP International setidaknya untuk lima tahun ke depan. Nantinya dengan adanya sirkuit ini, Indonesia memiliki trek jalanan yang berskala internasional seperti Surfers Paradise, Durban, Valencia, Monaco, Melbourne dan Singapura. Mantan ketua KONI Agum Gumelar yang juga Commisioner PT Lippo Karawaci Tbk mengatakan bahwa investasi signifikan yang dikeluarkan untuk balapan dan pembangunan sirkuit ini akan memberi manfaat tersendiri bagi bangsa Indonesia di kemudian hari. Ia menambahkan terlepas dari publisitas yang baik mengenai Indonesia, seperti yang terlihat di kota-kota lain dengan sirkuit jalananan mereka, balapan semacam ini akan membawa dampak positif bagi bisnis dilihat dari kedatangan pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Sirkuit Lippo Village sendiri dirancang oleh Herman Tilke, arsitek terkenal asal Jerman yang juga mendesain sirkuit Sepang, Bahrain dan Turkey Autodrome. Sirkuit ini adalah trek searah jarum jam sepanjang 3,2km dengan 12 tikungan. Trek ini juga memiliki lintasan yang penuh tantangan dan bisa mengakomodir kecepatan rata-rata 176km/j hingga kecepatan tertinggi lebih dari 300km/j. Sirkuit jalan raya temporer ini juga dilengkapi dengan fasilitas menara kontrol, public grandstand, gedung pameran, jalur pit, ruang pelayanan dan pusat pelayanan media.

| Februari 2009

3


News | Luar Negeri

Pariwisata sebagai ‘penyembuh’ resesi JAKARTA – Dalam konferensinya di Guilin, China, Badan Pariwisata Dunia dibawah Perserikatan Bangsa-bangsa (UNWTO) menyimpullkan bahwa pariwisata bisa menjadi faktor kunci untuk mengeluarkan dunia dari keterpurukan finansial.

K

onferensi yang diselenggarakan akhir tahun lalu tersebut dihadiri oleh 100 ahli di bidang pariwisata dari 25 negara. Para ahli menilai bahwa selain bisa ‘menyembuhkan’ krisis global, pariwisata juga merupakan bagian vital dalam berperan menumbuhkan ‘ekonomi hijau’ di masa depan. Akibat krisis, wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Asia dan Pasifik area tahun 2008 mengalami kenaikan hanya sekitar 3% saja. Bandingkan dengan tahun 2007 yang pertumbuhannya sebesar 10.5%. Sedangkan untuk tahun 2009, UNWTO memperkirakan kenaikan kurang dari 2%. Di balik gambaran suram tersebut, pariwisata dinilai mempunyai potensi yang sangat kuat sebagai ‘penyembuh’ krisis ekonomi. Pariwisata dapat berkontribusi lebih banyak dalam ekonomi karena di dalamnya tercakup sektor lain seperti perdagangan, komunikasi dan gaya hidup, kata Geoffrey Lipman, asisten sekretaris jenderal UNWTO. “Sektor ini bisa menjadi salah satu penyumbang terbesar devisa negara dan semakin meningkat perannya dalam rencana pembangunan,” tambahnya. Untuk membantu anggotanya melalui krisis ekonomi, UNWTO telah membentuk Komite Pemberdayaan Pariwisata. Tugasnya melakukan analisa terhadap situasi ekonomi saat ini dan efeknya terhadap pariwisata, termasuk di dalamnya menerima dan memberi informasi pasar, mengidentifikasi cara terbaik dalam mengatasi krisis dan membantu merumuskan pendekatan sektoral yang lebih fokus.

4

Februari 2009 |

Macau, China, bermaksud membuka kantor perwakilan pemerintah untuk pariwisata di Indonesia. Ditunjang adanya penerbangan langsung Jakarta-Macau oleh Viva Macau lima kali seminggu diharapkan lalu lintas wisatawan semakin meningkat.

Pulau Komodo terpilih mewakili Indonesia JAKARTA – Hasil putaran pertama pemilihan 7 keajaiban alam baru (New 7 Wonders of Nature), Pulau Komodo lolos mewakili Indonesia dalam putaran kedua, berikut segitiga terumbu karang (Coral Triangle) yang berada di wilayah Indonesia, Malaysia, Papua New Guinea, Solomon dan Timor Leste.

S

ebanyak 441 tempat wisata di 222 negara yang dianggap sebagai keajaiban alam telah diajukan sebagai nominasi. Dalam putaran pertama, 261 nomine lolos memasuki putaran kedua. Setiap negara diwakili oleh satu tempat wisata yang Hadiah lomba berarti 222; selebihnya merupakan tempat wisata multinafoto bawah laut tional (berada di wilayah beberapa negara). Wakatobi 2009 dinaikkan men“Kami mengucapkan selamat kepada Pulau Komodo jadi US$40.000. yang telah terpilih mewakili Indonesia dan semoga bisa Lomba dibuka Januari sampai lolos dalam putaran selanjutnya. Untuk nomine yang tidak dengan Nololos, tidak perlu khawatir karena keikutsertaan mereka vember 2009. Tahun 2008, dalam pemilihan ini saja sudah meningkatkan kepopuleran hadiahnya mereka di tingkat international,” kata Tia Viering, kepala US$20.000 komunikasi dari New7Wonders. dimenangkan oleh fotografer Dalam putaran pertama, Pulau Komodo bersaing dari Indonesia, dengan Danau Toba, Danau Sentani, Gunung Krakatau dan Australia, Inggris, Amerika Gunung Bromo yang akhirnya tereliminasi. Putaran kedua dan Spanyol. dimulai tanggal 7 Januari dan berakhir 7 Juli 2009 untuk mendapatkan 77 peringkat teratas. Di putaran pertama, Pulau Komodo sempat menduduki urutan ke 13. Panitia yang terdiri dari para ahli kemudian akan menyeleksi 21 finalis dari 77 peringkat teratas tersebut, yang akan diumumkan 21 Juli. Pada saat itu juga pemilihan untuk putaran ketiga dimulai, yang akan berlangsung selama dua tahun. Tujuh finalis teratas akan menjadi pemenangnya, yang akan diumumkan di pertengahan 2011. Lebih dari satu milyar suara diharapkan akan masuk dalam ajang pemilihan kali ini. Pemilihan 7 keajaiban alam baru ini dilakukan secara online di situs www. new7wonders.com. Bagi Anda yang punya perhatian dengan kekayaan alam Indonesia, tak ada salahnya menggunakan hak pilih Anda untuk mendukung Pulau Komodo agar lolos dalam putaran selanjutnya. Tahun lalu New7Wonders telah melakukan pemilihan untuk kategori buatan manusia (New 7 Wonders of the World) dan Borobudur tersingkir dari statusnya sebagai 7 keajaiban dunia.


11 Tren Wisata 2009 dan Strategi Indonesia

Travel Talk

16 Harapan Pariwisata Indonesia di Tahun 2009 18 UU APP, Bukan untuk Mematikan Industri Pariwisata

Transportasi

20 Jadwal Penerbangan, Kapal, dan Kereta Api Executive 23 Feature: Berspa Ria di Udara

Transportasi—News:

24 Garuda Operasikan A330 24 Undang-Undang Penerbangan dan Larangan Terbang 25 BBM Kembali Turun, Angkutan Diharapkan Ikut Turun 25 PT KAI Akan Buka Rute Bandung-Cirebon via Cikampek 26 Merpati Buka Rute JakartaSampit 26 SIA Beri Kejutan Kepada Penumpang Kesejuta A380

Travel Biz

28 MICE, Bisnis yang Menjanjikan 32 Menarik Wisatawan Melalui Travex 2009

Profil

34 Chef Hendri Syamsul Ingin Mematahkan Ungkapan Pembeli Adalah Raja

Trip

36 Menikmati Wisata Safari di Kruger National Park

Hobi & Komunitas

38 Jakarta Ocean Dive: “Diving Itu Tidak Mahal”

Hotel & Resto:

40 Pulau Umang 44 TanaKita, Sensasi Berkemah dengan Nuansa Hotel 46 SIP Wine Bar, Tempat Sip untuk Wine Lovers 48 Lokananta, Where Guest is a Friend

Foto: Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten—view dari dalam pesawat, by Yuyun A. D.

contents

8 Dari Kami 5 Content 9 Tanya Redaksi Headline

| Februari 2009

5


50 Sawarna: Menuju ‘Balinya Banten’ 53 Napak Tilas, Pesona Banten yang Tak Berujung 58 Memanjakan Wisatawan dengan Beraneka Buah Tangan 60 Memacu Adrenalin di Sungai Ciberang 62 One Stop Service di Griya Anyer 63 Hotel Direstory

Snapshot

66 Depbudpar Berikan Penghargaan pada Malam Apresiasi VIY 2008 67 Chef Table 7 & 8 68 Merahnya Tahun Baru Imlek 69 Kontes Wisata Virtual ke Singapura

TechnoFile

Foto: Kerbau, by Yuyun A. D. Lokasi: Pandeglang, Banten

70 Meningkatkan Daya Saing Pariwisata dengan Jaringan Serat Optik

6

Februari 2009 |

Etalase

72 Berbagai macam produk terbaru untuk kemudahan perjalanan pariwisata Anda: NEC VERSA E6310, Xonix MP3 USB Watch, Oakley Thump MP3 Player Sunglasses, Transcend JetFlash 220, Huawei E220, NeoTitanX WM-N800

Calendar of Event

74 TravelWan Calendar of Event Februari-Maret 2009

English Section Headline

76 Indonesian Tourism in Anticipating Economic Downturn 2009

Tourism in Brief

78 Transportation in News 79 Sawarna Aims to Become ‘The Bali of Banten’ 79 Contests You Don’t Want to Miss

contents

TravelWan Insert


DariKami

T

Travelwan Team Editor-in-chief

urunnya harga bahan bakar minyak (BBM) sedikit banyak melegakan nafas di tengah sesaknya krisis ekonomi global yang melanda dunia. Sayangnya turunnya harga BBM tersebut tidak segera diikuti oleh turunnya tarif transportasi. Jika kenaikan harga BBM selalu segera diikuti kenaikan tarif transportasi dan hargaharga barang, tidak demikian halnya dengan penurunan harga. Dengan berbagai alasan, biasanya harga suku cadang yang tinggi akibat tingginya nilai dolar, sektor transportasi terus berusaha mengulur waktu untuk menurunkan tarif, walau beberapa angkutan sudah menurunkannya atas inisiatif sendiri. Akibatnya harga barang, termasuk kebutuhan pokok, masih relatif tinggi. Desakan masyarakat diharapkan mampu mendorong pengusaha berbagai moda transportasi untuk menurunkan tarif dalam waktu dekat. Transportasi yang murah tentu akan menggairahkan perekonomian secara umum, termasuk industri pariwisata. Walau wisata sudah jadi kebutuhan kebanyakan masyarakat, tapi tetap saja masih merupakan kebutuhan sekunder. Jika masyarakat belum bisa memenuhi kebutuhan primernya, tentu akan sulit untuk memenuhi kebutuhan sekunder. Sementara jumlah penduduk Indonesia yang sekitar 230 juta sudah pasti merupakan pasar yang amat potensial untuk digarap. Kehadiran TravelWan kami harapkan dapat berperan aktif dalam menggerakkan dan menggairahkan industri pariwisata di tanah air; selayaknya lokomotif, yang ketika bergerak tidak saja menggerakkan gerbong-gerbong di belakangnya, tapi juga kereta api di depannya.

Inggit Agustina Editor

Okto Berbudi Reporter

Dessy Riyanti E-mail Redaksi: redaksi@travelwan.com

Optimisme di Tengah

Krisis Global

Cover Photo by: Yuyun A. D. Art Direction by: Jennifer & A. A. Kresna Location: Pulau Umang Hotel & Resort, Banten This page, Photo: Tambak di Kecamatan Sumur, Banten by Yuyun A. D.

8

Februari 2009 |

Creative

Jennifer T. D. Wanardi photography

A. A. Kresna Photo Contributors

Yuyun A. Dewi, Jakarta Ocean Dive Community Dinas Pariwisata Banten Business development

Ching Ching HP: +62.816.721.507 Marketing Manager

Sigit Wahyu HP: +62.816.130.2267 E-mail: info@travelwan.com Area Representatives Jawa Tengah (Central Java):

Ika (marketing & Circulation) HP: +62.853.2800.1959 Bali & Sekitarnya:

Inggit Agustina, Editor-in-Chief

Windry (marketing & Circulation) HP: +62.812.395.6682 E-mail: info@travelwan.com

(Photo source by A. A. Kresna, Illustrated by Jennifer T. D. W)

Travelwan diterbitkan oleh / Travelwan is published by

Media PT. Wanardi Media Emporium Pluit Karang Permai III, N9 Selatan, No. 56 Jakarta 14450, Indonesia Tel/Fax. +62.21.667.8261 Email: info@travelwan.com website: www.travelwan.com


The Mountain by Yuyun A. D. Lokasi: Gunung Krakatau, Banten

special first issue congratulatory messages

tanyaredaksi S

M

akin banyak majalah yang mengupas pariwisata Indonesia, makin bagus tentu. Soalnya pariwisata Indonesia memang harus lebih sering disorot biar lebih maju lagi. Pemerintah juga nantinya jadi lebih perhatian, memperbaiki jalan dan akses lain ke tempat pariwisata, yang akhirnya masyarakat luas juga yang akan menikmati kan? Jadi, bravo deh buat TravelWan. Maju terus, pantang menyerah!!

elamat atas terbitnya majalah TravelWan. Mudah-mudahan dengan terbitnya majalah ini, tempat pariwisata di Banjarmasin khususnya Pulau Kembang yang saat ini kurang terurus dan kurang terjaga kebersihannya dapat lebih ditata dan dikembangkan oleh pemerintah daerah. Heri Prasetyo Jl. Lambung Mangkurat, Banjarmasin

Djoko Wahono Tropodo, Sidoarjo—Jawa Timur

S

elamat ya atas peluncuran majalah TravelWan. Semoga TravelWan dapat mengangkat dunia pariwisata Indonesia sehingga menjadi semakin baik lagi.   Caroline, Accounting Manager Serpong

S

elamat atas terbitnya TravelWan. Kami menantikan artikel-artikel pariwisata yang fresh dan tidak cuma membahas tempat-tempat terkenal, tetapi juga tempattempat eksotis yang jarang di expose, tentunya yang juga disertai foto-foto yang menarik.  Firman, IT Support Jakarta

Hendri Syamsul, Ketua Indonesian Chef Association (ICA) DKI Jakarta

Kirimkan surat Anda ke redaksi TravelWan!

A

nda memiliki pertanyaan ataupun komentar seputar dunia pariwisata, ataupun hal-hal mengenai TravelWan? Kirimkan komentar & pertanyaan Anda ke email kami di: redaksi@travelwan.com beserta nama lengkap, alamat & nomor telepon. Akan ada hadiah menarik tiap bulannya bagi surat pembaca yang terpilih oleh redaksi kami. Bagi yang memiliki pertanyaan seputar iklan ataupun prospek kerjasama lain, Anda bisa kirim email ke info@travelwan.com. Kami tunggu komentar Anda!

| Februari 2009

9


'tre-ffel-w達n'

Konsep Berasal dari kata-kata seperti 'hartawan', 'jutawan', ataupun 'karyawan' yang intinya menunjuk kepada si pelaku atau orang yang bersangkutan.

Bahasa Kombinasi antara Bahasa Inggris 'travel' yang berarti wisata atau perjalanan dengan bahasa Indonesia 'wan' yang berarti si pelaku, menunjukkan kepada siapa target audience majalah TravelWan ini: para pelaku bisnis dan industri di bidang pariwisata, dinas pariwisata pemerintah daerah, dan para wisatawan, terutama di Indonesia.

Arti lain Kata 'wan' di dalam Bahasa Mandarin juga berarti sepuluh ribu (10.000) atau kelipatan-nya. Contohnya: 'i bai wan'/'i pai wan' yang berarti seratus kali sepuluh ribu, atau satu juta. Konsep kata 'wan' kami ambil untuk menunjukkan besar & banyaknya potensi wisata Indonesia yang terdiri dari 17.508 pulau, negara kepulauan (archipelago) terbesar di dunia menurut CIA World Factbook [source: wikipedia.org].


Headline

Tren Wisata 2009 &

Strategi Indonesia Sejumlah ahli memperkirakan krisis keuangan global akan terus berlanjut di tahun 2009. Kalaupun tidak separah 2008, dampaknya dipastikan masih akan terasa, termasuk terhadap industri pariwisata. Pemerintah Indonesia, bersama-sama dengan pemangku kepentingan pariwisata lainnya, telah merumuskan strategi untuk menghadapi hal ini.

B

adan Pariwisata Dunia dibawah Perserikatan Bangsa-bangsa (UNWTO/ United Nations Wold Travel Organization) meramalkan bahwa di tahun 2009 pertumbuhan pariwisata akan di bawah 2% akibat krisis keuangan global. Krisis ini akan mempengaruhi perilaku wisatawan dunia yang jumlahnya diperkirakan mencapai 900-an juta. Masa tinggal dan belanja turis diperkirakan akan menurun. “Karena itulah kami mentargetkan pencapaian yang hampir sama dengan tahun 2008, yaitu sebanyak 6,5 juta wisatawan mancanegara untuk target optimis, 6,4 juta untuk target moderat dan 6,25 juta untuk

| Februari 2009

11


Headline

Spot News Indonesia akan menjadi tuan rumah (host) pada Lotus Festival 2009 yang akan berlangsung di Echo Park Lake, Los Angeles, Amerika Serikat, Juli mendatang. Departemen Kebudayaan dan Pariwisata mengalokasikan Rp289 milyar dari Rp1,1 triliun anggarannya untuk promosi pariwisata di tahun 2009. “Anggaran itu naik 10% dari tahun 2008,” kata Dirjen Depbudpar Sapta Nirwandar.

target pesimis,” kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik beberapa waktu lalu. Dalam laporan akhir tahun 2008, Jero Wacik mengatakan bahwa akibat krisis, untuk jumlah wisatawan mancanegara tahun itu mencapai 6,43 juta atau meleset sedikit dari target sebanyak 7 (tujuh) juta. “Walau target tahun 2009 flat, bukan berarti lalu kita bisa santai. Kita harus tetap bekerja keras untuk mencapainya mengingat persaingan dengan negara lain akan semakin ketat,” katanya. Untuk perolehan devisa tahun 2008, angkanya lebih baik dari yang ditargetkan yaitu US$7,55 miliar. “Ini merupakan rekor baru setelah tahun 1996 yang mencapai US$6,2 miliar,” kata Jero Wacik yang menambahkan bahwa sejak menempati posisinya sebagai menteri Kebudayaan dan Pariwisata tahun 2004, ia mempunyai obsesi untuk memecahkan rekor pencapaian

12 Februari 2009 |

devisa di tahun 1996 tersebut. “Waku mencanangkan Visit Indonesia Year 2008, kami memperkirakan rata-rata belanja wisatawan mancanegara akan berkisar di angka US$1.000 per orang per kunjungan. Ternyata belanja mereka mencapai US$1.170 per orang per kunjungan.” Untuk tahun 2009, Jero Wacik memperkirakan belanja wisatawan mancanegara akan menurun, tapi diharapkan tidak lebih rendah dari US$ 1.000. Untuk itu berbagai usaha telah dan akan terus diupayakan untuk menarik minat wisatawan mancanegara. “Kami meneruskan program Visit Indonesia Year (VIY) yang dijalankan tahun lalu dan di tahun 2009 ini sub temanya adalah wisata bahari dan MICE (meeting, incentive, convention and exhibition). Fokus perhatian akan diarahkan kepada dua bidang tersebut, akan tetapi bukan berarti tujuan wisata lainnya

diabaikan,” kata menteri. Wisata bahari dan MICE dipilih karena kedua sektor tersebut diperkirakan tidak terlalu terpengaruh oleh krisis dan juga selama ini terbukti tidak terlalu rentan terhadap isu keamanan. Sejumlah program telah dicanangkan untuk mendukung VIY 2009, diantaranya pengembangan Pelabuhan Benoa di Sulawesi sebagai Turn Around Cruise Port. Sejumlah pelabuhan lain juga sedang dikaji untuk mengetahui kelayakannya untuk dikembangkan sebagai cruise port, sebagai pendukung pengembangan wisata kapal pesiar di Indonesia. Perhelatan international World Ocean Conference (WOC) yang akan diselenggarakan di Manado tanggal 11-15 Mei 2009 juga diharapkan akan mampu mendongkrak kunjungan wisata bahari sekaligus MICE. Program lainnya adalah Arung Sejarah Bahari yang tahun lalu diadakan untuk menapaktilasi pelayaran


“Kami meneruskan program Visit Indonesia Year (VIY) yang dijalankan tahun lalu dan di tahun 2009 ini sub temanya adalah wisata bahari dan MICE (meeting, incentive, convention and exhibition). Fokus perhatian akan diarahkan kepada dua bidang tersebut, akan tetapi bukan berarti tujuan wisata lainnya diabaikan,” kata menteri. perdagangan rempah-rempah di masa lalu di kawasan kepulauan Maluku Utara. Rute yang ditempuh adalah Ternate-Bacan-Tidore-Jalilolo. Acara tahunan Turnamen Mancing International dan Darwin-Ambon Yacht Race diharapkan juga bisa mendukung VIY 2009. Selain itu, kegiatan pelestarian dan investarisasi benda cagar budaya bawah air telah dan akan terus dilakukan, diantaranya di perairan Cirebon, Heliputan dan Teluk Sumpat. Berbagai seminar dan pameran untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap benda cagar budaya bawah air telah dan akan terus dilakukan. Pengembangan daerah-daerah wisata bahari seperti Gorontalo di Sulawesi Utara, Kepulauan Wakatobi di Sulawesi Selatan dan Kepulauan Seribu di DKI Jakarta juga telah dilaksanakan. Untuk

strategi pemasaran, Sapta Nirwandar, Direktur Jenderal Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, mengatakan bahwa program pemasaran akan difokuskan pada pasar short dan medium-haul serta tetap memelihara pasar-pasar dengan direct flight. “Pasar wisatawan mancanegara akan bergeser. Untuk Indonesia, pasar Australia diharapkan akan mengalami pertumbuhan tertinggi. Mereka yang biasanya berlibur ke tempat yang jauh seperti Eropa, diharapkan akan mengalihkan tujuan wisata mereka ke Indonesia,” kata Sapta. Ia menambahkan walau kemungkinan masa tinggal turis Australia lebih pendek, akan tetapi jumlahnya diperkirakan bisa naik sampai 58%. Pasar potensial lainnya adalah Rusia, Jepang, Korea Selatan, China, Singapura, Malaysia, Eropa, Taiwan, India, Amerika Serikat, Filipina, dan Timur Tengah.

Agar pemasaran lebih efektif dan efisien, Sapta mengatakan bahwa metodenya akan digeser dari pendekatan vertikal menuju pendekatan horizontal. “Pendekatan horizontal dilakukan dengan cara mendekati komunitas untuk membuat kesaksian tentang destinasi dan produk pariwisata Indonesia. Kesaksian bisa dilakukan dari mulut ke mulut dan atau memanfaatkan sarana teknologi informasi internet.” Mengingat sangat terbatasnya dana promosi (Rp230 miliar, dibandingkan dengan Malaysia US$1.000), aktivitas pemasaran akan dilalukan selektif, sesuai dengan target pasar yang akan disasar. “Kita akan lebih menggunakan push strategi dengan mengklasifikasi karakter wisatawan, kemudian menggunakan sarana yang tepat untuk media promosi.” Selain wisatawan mancanegara, wisatawan dalam negeri juga akan digenjot. Tahun 2008, jumlah wisatawan nusantara mencapai (bersambung ke halaman berikutnya...)

Tahun

Jumlah wisman (juta)

Devisa (milyar US$)

1997

5,1

5,3

1998

4,6

4,3

1999

4,7

4,7

2000

5,0

5,7

2001

5,1

5,1

2002

5,0

4,3

2003

4,4

4,04

2004

5,3

4,8

2005

5,0

4,5

2006

4,8

4,4

2007

5,5

5,3

2008

6,4

7,5

| Februari 2009 13


Headline

Sebagai negara kepulauan dengan 17.504 pulau, mestinya Indonesia merupakan tempat tujuan wisata bahari yang tak tertandingi. Nyatanya, jumlah wisatawan mancanegara yang datang untuk berwisata bahari hanya 10%-15% saja. Mengapa demikian dan apa yang perlu diperbaiki, berikut penuturan Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Wisata Bahari (Gahawisri) Didien Junaedy kepada TravelWan. Pemerintah telah menetapkan wisata bahari dan MICE sebagai tema Visit Indonesia Year 2009. Bagaimana kesiapan Gahawisri dalam mendukung program pemerintah tersebut? Program tersebut memang harus didukung kesiapan komponen wisata bahari itu sendiri. Siap itu dari segi produk, sumber daya manusia (SDM), infrastruktur, pemasaran tentunya, dll. Di situ Gahawisri bekerjasama dengan seluruh kabupaten bahari di seluruh Indonesia dalam mengembangkan produk. Banyak hal dari wisata bahari yang harus kita asah. Contohnya wisata bahari mengenai diving. Kita harus membuat diving map yang lengkap dengan segala kriterianya. Kemudian kita harus menyediakan infrastruktur baik dengan pemerintah maupun dengan investor mengenai akomodasi walaupun tempat itu terpencil. Itu harus disediakan selama di situ ada daya tarik wisata. Kemudian kita harus menyiapkan misalnya bisnis yacht atau wisata kapal layar. Ini pun sedang disusun sekarang. Sudah ada tim Pokja (kelompok kerja) termasuk saya menjadi tim Pokja untuk mengatur wisata yacht ini. Karena selama ini yacht dianggap barang ekspor-impor mewah, padahal sebenarnya tidak begitu. Yang paling penting

14 Februari 2009 |

sebenarnya kemudahan akses. Ketersediaan lapangan terbang dan pesawat untuk akses lewat udara, kemudian infrastruktur laut, seperti dermaga yang memadai, beserta armada angkutan dari pulau ke pulau. Nah itu harus kita siapkan. Inilah salah satu yang paling penting mengenai kesiapan pariwisata bahari. Sebenarnya kalau kita katakan siap, belum siap 100%, tapi kalau pemerintah sudah ada good political will seperti itu, berarti pemerintah sudah siap untuk memperbaiki dan kemudian memasarkannya.

Selama ini daerah mana saja yang menjadi primadona wisata bahari? Banyak, saya ambil primadona dunia dulu. Di dunia ini Indonesia menjadi primadona. Mengapa? Salah satunya yang penting adalah wisata bahari Indonesia termasuk dalam enam negara dalam segitiga karang dunia. Yang terbanyak Indonesia, di antara lima negara lainnya. Kemudian Indonesia didukung oleh seni budaya pulau-pulau pesisir. Jadi Indonesia bisa menjadi satu destinasi yang penting bagi orang bahari. Area Indonesia 70%-nya adalah bahari dan 70% diantaranya adalah pulau-pulau kecil.

Sejauh ini seberapa bagus kunjungan dari wisatawan bahari?

Saya anggap, karena recording-nya belum jelas betul, share dari wisata bahari adalah 10%-15% dari international arrivals. Walaupun itu sedikit, kalau 10% dari 6 juta cuma 600.000, tetapi spending wisata bahari hampir dua kali lipat dari wisata biasa. Karena harganya lebih mahal.

Bagaimana proyeksi ke depan dari wisata bahari? Proyeksi ke depan mengenai sharenya dalam dua tiga tahun mendatang harus bisa mencapai 25%-30%. Dalam dua sampai tiga tahun dengan promosi dan perbaikan infrastruktur dan lain-lain kita mengharapkan 25%-30% dari international arrivals berasal dari wisata bahari.

Kendala-kendala apa yang selama ini dihadapi pelaku industri wisata bahari? Sumber daya manusia di daerah-daerah masih menjadi kendala. Kemudian infrastruktur dan dana promosi juga masih menjadi kendala. Infrastruktur termasuk aksesibilitas. Contohnya tempat-tempat favorit seperti Wakatobi dan Raja Ampat yang belum punya akses yang memadai. Untungnya di Wakatobi sekarang sedang dibangun bandara yang mudah-mudahan akan selesai dalam beberapa bulan ini.

Bagaimana dengan persaingan negara tetangga yang mempunyai pariwisata bahari mirip dengan kita? Saya tidak takut. Tidak ada yang lebih baik daripada kita. Hanya saja mereka kecil, makanya gampang mengurusnya. Tetapi jika dari sekarang kita mulai menata, berarti harus lebih baik ke depannya.

Biasanya alasan yang dikemukakan adalah kecilnya modal untuk pengembangan dan promosi. Bagaimana mengatasi hal ini? Oleh sebab itu kami dari Gahawisri sebagai motivator terus membina kerjasama dengan daerah-daerah bahari dalam pengembangan secara sinergi, secara cluster. Sehingga modal sedikit digabungkan menjadi satu, akan menjadi besar dan kemudian kita arahkan. Siapa yang akan pergi ke mana dalam promosi, kemudian bentuk bahan promosinya, kualitasnya harus sesuai dengan permintaan dunia. Dengan kebersamaan, dengan adanya sinergi kami yakin wisata bahari akan mencapai satu tujuan yang baik.

Bagaimana pengaruh krisis global dalam wisata bahari? Pasti pengaruhnya ada, tetapi tidak akan besar karena seperti sebuah kebutuhan, wisata bahari Indonesia itu sesuatu yang unik, yang tidak bisa digantikan. Kalau dianalogikan dengan makanan, kalau sekarang tidak bisa beli roti, mereka lebih baik puasa dulu daripada beli singkong misalnya.


Wisata bahari di Indonesia itu paling menarik dibandingkan dengan tempat lain di dunia ini. Kalau sudah direncanakan, pasti mereka akan datang. Tetapi jangan lupa juga, wisata bahari di daerah itu kan jadi lebih murah karena mereka punya dollar. Walaupun di dunia dollar sedang sulit sekarang, tetapi begitu sampai di Indonesia, dollarnya menjadi tinggi karena rupiahnya rendah. Bayangkan saja dulu Rp 9.000 sekarang menjadi Rp 11.000 itu kan berarti lebih bagus.

Dengan adanya pemilu sendiri akan terdapat pengaruh atau tidak? Kalau itu saya pesan khusus kepada para politikus. Supaya menyadari bahwa politik bukan hanya satu-satunya tujuan untuk kemakmuran negara ini. Kemakmuran atau ekonomi masyarakat harus dibangun sedemikian rupa karena sektor ini langsung diserap oleh masyarakat.

Benarkah wisata bahari dikatakan sebagai wisata yang tidak terlalu rentan terhadap isu keamanan? Keamanan adalah faktor utama. Cuma kalau hingar-bingar ada demo di kota-kota besar itu tidak akan terpengaruh karena tempatnya kan umumnya di tempat terpencil. Katakanlah sekarang saya ada resort di kepulauan Seribu, di Jakarta ada demo tiap hari. Pulau seribu tidak ada masalah karena dari airport bisa langsung ke kepulauan Seribu. Akan tetapi keamanan secara umum bahwa di Indonesia itu harus aman dari teroris, pembajakan dan lain-lain, itu adalah yang dibutuhkan oleh wisata bahari.

Sejauh ini bagaimana ketertarikan investor untuk mengembangkan wisata bahari? Sebenarnya cukup tinggi, cuma kesiapan daerah masih rendah, paling sekitar 10-15%. Karena

untuk menarik investor harus ada kejelasan. Katakanlah investor itu mau bangun hotel. Perlu kepastian hukum dalam kepemilikan tanahnya, apakah berlaku hak-hak ulayat yang diakomodir dalam undangundang dan yang lainnya. Jangan sampai jadi masalah di kemudian hari. Oleh sebab itu salah satu saran dari kami sebagai motivator kepada pemerintah daerah adalah mereka siapkan dulu tanahnya, kalau perlu jadi milik pemerintah dulu. Nanti pemerintah dengan investor baru bicara.

Seberapa potensial pengembangan wisata bahari sebagai salah satu sumber penghasilan negara? Saya mengatakan bahwa wisata bahari terbentuk di pulaupulau kecil. Di pulau-pulau kecil itu masyarakatnya begitu miskin, dengan adanya nanti wisata bahari pasti impact-nya akan cukup besar terhadap kesejahteraan masyarakat setempat. Karena wisata bahari dibangun berbasis masyarakat dan berbasis lingkungan, konservasi. Tidak ada wisata bahari dibangun di suatu tempat tanpa keterlibatan masyarakat. Jadi begitu besar implikasi positifnya atau efek gandanya pada masyarakat.

Usulan kepada pemerintah untuk lebih meningkatkan wisata bahari? Memberikan fasilitas-fasilitas atau kemudahan-kemudahan dalam rangka pengembangan, kemudian memenuhi kewajibannya dalam membangun dan menata infrastruktur di daerahdaerah. Kepada otoritas keuangan, yaitu Departemen Keuangan supaya bisa membebaskan segala pungutan atau bea-bea masuk untuk peralatan bahari, misalnya bea masuk untuk kapal-kapal menengah dan ukuran menengah yang kecil.

(...sambungan dari halaman sebelumnya)

223 juta perjalanan dengan total belanja mencapai Rp107,1 trilliun. Dengan kampanye “Kenali dan Cintai Negerimu” akan bisa mendongkrak jumlah wisatawan nusantara di tahun 2009 ke angka 226 juta. “Kami mendorong pelaku industri pariwisata untuk membuat paket-paket untuk anak-anak dan remaja. Karena mereka pasti akan membawa orangtua dan atau teman-teman mereka,” kata Sapta.

Bebas visa dan visa on arrival Usaha lain untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara adalah dengan menyediakan fasilitas bebas visa dan visa on arrival (VoA). “Kami sudah mengajukan tambahan negara untuk memperoleh Bebas Visa Kunjungan Singkat (BVKS) untuk 10 negara yaitu Jepang, Australia, Korsel, China, Inggris, Jerman, Prancis, Belanda, Rusia dan India. Dephuk dan HAM (Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia) sedang menggodognya,” kata Jero Wacik. Sedangkan untuk VoA, di tahun 2008, pemerintah telah menambahkan 11 negara yang mendapat fasilitas VoA yaitu Aljazair, Tunisia, Rumania, Lithuania, Panama, Libya, Latvia, Cheko, Slovakia, Fiji dan Slovenia. Sebelumnya 52 negara telah mendapatkan fasilitas VoA sehingga jumlah negara yang mendapat fasilitas tersebut menjadi 63. “Kita menyediakan empat loket VoA di Bandara Soekarno-Hatta dan 20 loket di Bandara Ngurah Rai. Mestinya jumlah loket itu sudah cukup. Kalau terlihat ada antrian panjang, itu biasanya hanya pada saat selisih waktu kedatangan antara pesawat satu dan lainnya terlalu pendek,” kata Jero Wacik, yang mencoba menjelaskan kenapa terkadang masih terlihat antrian panjang di loket VoA. Pemerintah juga telah membuka fasilitas VoA di Entikong dan Bandara Sepadio, Kalimantan Barat. “Dengan fasilitas tersebut diharapkan lebih banyak lagi wisatawan yang datang dari Sabah dan Serawak,” tambah menteri. Ia juga telah mengusulkan perpanjangan jangka waktu visa yang semula 30 hari menjadi 90 hari bagi pemegang BVKS dan VKSK. Kordinasi dengan instansi terkait sedang dilakukan, katanya.

| Februari 2009 15


TravelTalk Banyak orang tahu bahwa sektor pariwisata di Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk menjadi sumber devisa negara. Sayangnya lebih banyak lagi yang tak tahu harus berbuat apa untuk memaksimalkan potensi tersebut. Para pelaku bisnis pariwisata masih memiliki ketergantungan tinggi terhadap pemerintah. Mereka berharap pemerintah bisa menyiapkan pola tinggal landas pariwisata Indonesia yang lebih baik dan terarah.

Harapan Pariwisata Indonesia di Tahun 2009

A

nggaran promosi yang minim (Rp230 milyar dibandingkan US$100.000 atau Rp1 triliun yang dianggarkan Malaysia) seringkali dijadikan alasan lambatnya pertumbuhan industri pariwisata Indonesia. Hal ini diperburuk dengan isu negatif tentang keamanan, bencana alam, dan yang terbaru Undang-Undang Pornografi. Lalu apakah kita mesti berdiam diri? Tentu saja tidak. Kalau mau jujur, sebenarnya sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan pariwisata. Hasil yang lamban menunjukkan kurang terarahnya upaya-upaya tersebut sehingga skala prioritas menjadi kurang tepat. Belum lagi kendala otonomi daerah, yang membuat pemerintah pusat mau tak mau harus menggunakan pendekatan persuasif dan pendekatan ini relatif lebih lamban dalam pelaksanaan dibandingkan perintah langsung. Walau begitu, sejumlah daerah telah menunjukkan keseriusan mereka dalam memajukan sektor

16 Februari 2009 |

pariwisata di wilayahnya. Sebut saja Wakatobi di Sulawesi Tenggara, yang gigih memelihara dan gencar mempromosikan kekayaan terumbu karangnya. Lampung yang berusaha mengembangkan wisata budaya disamping konservasi gajah WayKambas andalannya, dan beberapa daerah lainnya.


Apalagi pemerintah telah mencanangkan kebijakan-kebijakan dengan agenda utama mempertahankan daya beli masyarakat; diantaranya kebijakan insentif untuk menggerakkan sektor riil, menaikkan gaji pegawai negeri sipil tahun 2009 dan bantuan tunai langsung. Jika keluhan yang sering terdengar, yaitu perbedaan perlakuan terhadap wisnus dari wisman, bisa dihilangkan bukan tidak mungkin target pemerintah untuk mencapai 225 juta perjalanan di tahun 2009 akan jauh terlampaui. Secara keseluruhan, memang masih banyak PR (pekerjaan rumah) yang harus dikerjakan untuk membuat pariwisata kita berkembang, tak kalah dengan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Akan tetapi dengan semangat gotong royong dari semua pihak, anggaran minim tak akan lagi menjadi halangan untuk maju.

Yang sering dipertanyakan dalam kesiapan daerah menjadi tujuan pariwisata adalah kemudahan akses, kualitas jalan dan sarana transportasi, kenyamanan dalam hal ketersediaan akomodasi, penginapan dan makanan yang diinginkan. Dan yang tak kalah penting, kesiapan masyarakat setempat dalam menyambut wisatawan sehingga mereka tidak kapok datang ke sana.

Foto: Matahari terbit di Pulau Umang Resort Hotel, Banten by: Yuyun A. D.

Yang sering dipertanyakan dalam kesiapan daerah menjadi tujuan pariwisata adalah kemudahan akses, yang termasuk di dalamnya kualitas jalan menuju ke sana dan sarana transportasi. Kemudian kenyamanan dalam hal ketersediaan akomodasi, terutama kemudahan dalam mendapatkan penginapan dan makanan yang diinginkan. Dan yang tak kalah penting, kesiapan masyarakat setempat dalam menyambut wisatawan sehingga mereka tidak kapok datang ke sana. Salah satu hal yang sering luput dari perhatian adalah ‘budaya aji mumpung’. Ketika banyak wisatawan datang, penginapan, jasa transportasi dan penyedia makanan menaikkan harga semena-mena. Pada saat itu, para wisatawan mau membayar karena tak punya pilihan

lain. Akan tetapi hal seperti itu akan membuat mereka kapok dan tak mau datang lagi. Belum lagi kalau mereka cerita ke calon wisatawan lain, tentu akan sangat merugikan dalam jangka panjang. Karena itu perlu ada upaya kongkrit untuk menghilangkan ‘budaya aji mumpung’ tersebut. Salah satunya dengan menetapkan batas atas dan bawah, terutama untuk tarif penginapan dan jasa transportasi. Tentu penetapan tersebut harus ditunjang dengan sanksi tegas bagi yang melanggar dan kemudahan melaporkan pelanggaran. Dengan bayang-bayang krisis ekonomi, di tahun 2009 ini pelaku pariwisata Indonesia perlu bekerja lebih keras lagi, bahkan hanya untuk mempertahankan perolehan di tahun 2008 yang mencapai 6.4 juta wisatawan mancanegara (wisman) dengan pemasukan devisa US$7,5 milyar atau sekitar Rp80 triliun. Karena itu tak ada salahnya untuk menggali pasar domestik mengingat besarnya potensi. Tahun 2008 tercatat 223 juta perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) dengan total belanja Rp107,1 triliun.

| Februari 2009 17


TravelTalk

UU APP Bukan untuk Mematikan Industri Pariwisata Industri pariwisata merupakan sektor yang memberi harapan besar bagi pengembangan ekonomi di banyak negara, termasuk Indonesia. Pemerintah pun, melalui Departemen Kebudayaan dan Pariwisata telah menyiapkan beberapa program untuk meningkatkan daya saing di industri pariwisata nasional. Tapi alih-alih semangat pemerintah ingin menggenjot pariwisata, belakangan malah banyak yang pesimis setelah diberlakukannya UU APP (Undang-Undang Anti Pornografi dan Pornoaksi)

S

ektor pariwisata memang memegang peranan penting dalam menyumbang devisa Negara. Dalam sebuah acara belum lama ini Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan, bahwa sektor pariwisata tahun 2008 mencatat dua rekor baru yaitu jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan perolehan devisa. Jumlah wisman ke Indonesia hingga akhir 2008 mencapai 6.433.507 orang, naik 16,85% dibanding tahun 2007 yang sebanyak 5,5 juta orang. Saat yang sama, sisi penerimaan devisa pariwisata pada 2008 juga mencapai rekor sekitar US$7,65 milyar, lebih tinggi dari pencapaian tertinggi tahun 2000 senilai US$5,74 milyar. Bahkan untuk tahun 2009, Depbudpar telah menargetkan jumlah wisman sekitar 6,5 juta orang. Tapi apakah benar angka tersebut dapat terwujud? Rasanya memang tidak mudah, apalagi jika dikaitkan dengan diberlakukannya UU APP, bahkan sejumlah kalangan merasa pesimis kalau pariwisata nasional kita melesat naik jika UU APP ini diberlakukan. Tapi lagi-lagi pertanyaanya

18 Februari 2009 |

Ketelanjangan di pinggir pantai yang biasa diperlihatkan para turis yang berjemur sama sekali tak dimaksudkan untuk berporno ria. adalah, apakah benar pemberlakuan UU APP ini akan berdampak pada menurunnya angka wisatawan? Arus globalisasi yang awalnya mengalir dari dunia Barat diakui

secara tidak langsung mengandung segi-segi negatif, meskipun tetap ada dampak positifnya. Misalnya segi negatif dari unsur-unsur budaya Barat yang tidak sesuai dengan budaya


Keberadaan UU justru diyakini mampu memicu kreativitas masyarakat lokal untuk mendongkrak pariwisata, misalnya dengan memunculkan ciri khusus daerah sebagai atraksi utama. Masyarakat juga tidak perlu takut karena industri pariwisata yang murni adalah tidak pernah menjual pornografi atau porno aksi. kita sebagai bangsa Timur adalah pergaulan bebas antara lelaki dan perempuan, tempat-tempat hiburan yang mengeksploitasi erotisme, sexual live show, dan sebagainya. Diakui atau tidak, hal itu memang sudah membanjiri kota-kota besar di Indonesia. Semakin maraknya kegiatan yang mengeksploitasi pornografi dan pornoaksi tidak dibarengi oleh peraturan yang memadai. Fakta inilah yang mendorong munculnya gagasan untuk menyusun UU APP. Ide menyusun UU APP adalah untuk meningkatkan efektivitas dalam memberantas pornografi dan pornoaksi. Meskipun ketika UU APP ini akan digelontorkan, reaksi penolakan muncul dari berbagai kota, seperti Solo, Yogyakarta, beberapa kota di Papua, Bali, dan sejumlah kota lainnya umumnya beralasan bahwa pengesahan UU ini akan menjadi ancaman serius bagi keanekaragaman budaya di Indonesia, juga kebebasan ekspresi seni. Sementara di seberang lain, tak sedikit pula komponen masyarakat yang mendukung disahkannya UU ini demi menyelamatkan moral bangsa dari bahaya pornografi yang kian mencemaskan, bahkan telah menjadi industri. Sebenarnya seperti yang samasama kita ketahui, esensi dari UU APP adalah untuk lebih memperbaiki tatanan moral yang ada dan sebaiknya harus disikapi secara bijak dan arif. Pihak-pihak yang berkepentingan hendaknya melihat secara jernih masalah ini sehingga tidak berlarutlarut bahkan sampai berbuntut pada

aspek pariwisata dan budaya yang kini menjadi aset Bangsa Indonesia, artinya perdebatan jangan sampai mengganggu eksistensi pariwisata sebagai pemasok devisa. Karena bagaimanapun, keberadaan UU APP yang dibuat pemerintah tidak semata-mata untuk menghambat perkembangan industri pariwisata. Keberadaan UU justru diyakini mampu memicu kreativitas masyarakat lokal untuk mendongkrak pariwisata, misalnya dengan memunculkan ciri khusus daerah sebagai atraksi utama. Masyarakat juga tidak perlu takut karena industri pariwisata yang murni adalah tidak pernah menjual pornografi atau porno aksi. Salah satu daerah yang hingga kini masih merasa keberatan dengan lahirnya UU APP adalah Bali, yang sebenarnya menyumbangkan devisi terbesar dari sektor pariwisata. Apa yang ditakutkan oleh masyarakat Bali memang cukup beralasan, karena pasca bom Bali pariwisata Pulau Dewata ini sempat mengalami masamasa yang sulit. Tatkala mulai membaik, keberadaan UU APP ditengarai bisa menghambat perkembangan pariwisata yang ada. Alasannya, larangan berbusana minim sebagaimana diatur dalam UU APP akan membuat para wisatawan enggan berjemur lagi di pantai-pantai Bali. Bahkan Kepala Dinas Pariwisata Derah Bali, Gede Nurjaya seperti yang dikutip dari Bali Pos mengatakan, Bali termasuk yang merasa ‘’terganggu’’ dengan UU APP. Secara substansial, ia setuju dengan larangan pertunjukan yang berbau porno.

Misalnya tarian telanjang (streaptease) di tempat-tempat hiburan atau tempat lainnya. Juga larangan publikasi foto-foto atau gambargambar porno, baik di majalah, koran, televisi dan internet. Tapi mengenai materi pelarangan, antara lain mengeksploitasi ketelanjangan tubuh orang dewasa, seperti penjelasan pasal 4: di mana bagian tubuh tertentu yang sensual antara lain alat kelamin, paha, pinggul, pantat, pusar dan payudara perempuan, baik terlihat sebagian atau seluruhnya. Ini yang tidak jelas batasannya, khususnya bagi turis yang berwisata ke Bali atau destinasi lain. Karena ketelanjangan di pinggir pantai yang biasa diperlihatkan para turis yang berjemur sama sekali tak dimaksudkan untuk berporno ria. Artinya, jangan sampai batasan atau definisi porno itu berimplikasi bagi dunia pariwisata. Karena itu perlu diuraikan secara jelas apa yang dimaksud dengan istilah-istilah batasan pornografi dan pornoaksi tersebut. Sehingga ada kejelasan tentang terminologi untuk menghindarkan penyalahgunaan atau penyimpangan dalam pemahaman dan penerapan UU APP itu nantinya. Dengan begitu masyarakat yang selama ini juga gamang dengan adanya UU APP tidak perlu takut lagi, begitu juga pelaku pariwisata karena UU ini memang dibuat bukan untuk mematikan industri pariwisata.

| Februari 2009 19


Transportasi | Schedule

Jadwal Kereta Api Kereta

Dari

Tujuan

Jam

Kereta

Dari

Tujuan

Jam

Argo Lawu

Solo

Jakarta

08.57

Lodaya

Yogyakarta

Solo

15.24

Argo Lawu

Jakarta

Solo

02.46

Prameks 2

Yogyakarta

Solo

06.50

Argo Dwipangga

Solo

Jakarta

20.47

Prameks 4

Yogyakarta

Solo

09.45

Yogyakarta

Solo

13.00

Argo Dwipangga

Jakarta

Solo

14.56

Prameks 6

Taksaka II

Yogyakarta

Jakarta

10.00

Prameks 8

Yogyakarta

Solo

16.10

Taksaka Pagi

Jakarta

Yogyakarta

15.35

Prameks 10

Yogyakarta

Solo

18.52

Jakarta

Yogyakarta

04.46

Taksaka I

Yogyakarta

Jakarta

20.00

Senja Utama Yogya

Taksaka Malam

Jakarta

Yogyakarta

03.49

Sancaka Pagi

Surabaya

Yogyakarta

13.05

Fajar Utama Yogya

Yogyakarta

Jakarta

08.00

Fajar Utama Yogya

Jakarta

Yogyakarta

14.00

Senja Utama Yogya

Yogyakarta

Jakarta

18.30

Sancaka Sore

Surabaya

Yogyakarta

20.53

Senja Utama Solo

Solo

Jakarta

18.51

Prameks 1

Solo

Yogyakarta

06.41

Solo

Yogyakarta

09.26

Jayabaya Selatan

Surabaya

Jakarta

20.19

Prameks 3

Bima

Surabaya

Jakarta

21.40

Prameks 5

Solo

Yogyakarta

12.45

Gajayana

Malang

Jakarta

22.46

Prameks 7

Solo

Yogyakarta

15.43

Solo

Yogyakarta

18.35

Argo Wilis

Surabaya

Bandung

12.09

Prameks 9

Lodaya

Solo

Bandung

21.17

Logawa

Jember

Purwokerto

15.21

Yogyakarta

Jakarta

17.00

Mutiara Selatan

Surabaya

Bandung

22.27

Progo

Turangga

Surabaya

Bandung

23.34

Bengawan

Solo

Jakarta

18.38

Sancaka II

Yogyakarta

Surabaya

07.15

Gaya Baru Malam

Surabaya

Jakarta

20.06

Surabaya

Bandung

12.15

Argo Wilis

Bandung

Surabaya

13.51

Pasundan

Sancaka I

Yogyakarta

Surabaya

16.00

Kahuripan

Kediri

Bandung

22.08

Bandung

Kediri

03.35

Jayabaya Selatan

Jakarta

Surabaya

22.20

Kahuripan

Gajayana

Jakarta

Malang

00.35

Sri Tj.

Yogyakarta

Banyuwangi

07.30

Mutiara Selatan

Bandung

Surabaya

01.04

Logawa

Purwokerto

Jember

09.22

Bandung

Surabaya

14.24

Bima

Jakarta

Surabaya

01.16

Pasundan

Turangga

Bandung

Surabaya

01.31

Gaya Baru Malam

Jakarta

Surabaya

21.44

Senja Utama Solo

Jakarta

Solo

04.12

Progo

Jakarta

Yogyakarta

06.20

Senja Utama Solo

Yogyakarta

Solo

04.17

Bengawan

Jakarta

Solo

05.30

Lodaya

Bandung

Solo

15.19

Sri Tj.

Banyuwangi

Yogyakarta

19.57

Jadwal Penerbangan Maskapai

Tujuan

Jadwal (WIB) Brk

Air Asia

Jakarta – Bali

Keterangan

Maskapai

Tujuan

Dtg

Jadwal (WIB) Brk

11.15

Batavia Air

Jakarta – Bali

16.10

Jakarta – Blkpapan

08:05

Air Asia

Jakarta – Bali

16.10

Batavia Air

Air Asia

Jakarta – Blkpapan

06:40

Batavia Air

Jakarta – Blkpapan

14.10

Jakarta – BnjrMasin

08:05

Air Asia

Jakarta – Batam

07.15

Batavia Air

Air Asia

Jakarta – Batam

11:25

Batavia Air

Jakarta – BnjrMasin

18:00

06.00

Batavia Air

Jakarta – Batam

07.15

Jakarta – Batam

08:15

Air Asia

Jakarta – Medan

Air Asia

Jakarta – Medan

10:45

Batavia Air

Air Asia

Jakarta – Padang

06.35

Batavia Air

Jakarta – Bengkulu

09.00

11:30

Batavia Air

Jakarta – Biak

05:15

Jakarta – Denpasar

16:05

Air Asia

Jakarta – Padang

Air Asia

Jakarta – Surabaya

06.50

Batavia Air

Air Asia

Jakarta – Surabaya

11.15

Batavia Air

Jakarta – Denpasar

20.15

Jakarta – Jambi

10:00

Jakarta – Jambi

15:45

Batavia Air

Jakarta – Tj. Pandan

06:35

Batavia Air

Batavia Air

Jakarta – Ambon

06.45

Batavia Air

20 Februari 2009 |

Dtg

Keterangan


Batavia Air

Jakarta – Jayapura

05:15

Lion Air

Jakarta – Denpasar

16:10

Batavia Air

Jakarta – Jogja

18.15

Lion Air

Jakarta – Jogjakarta

17:05

Batavia Air

Jakarta – Kupang

14:50

Lion Air

Jakarta – Yogyakarta

12:40

Batavia Air

Jakarta – Makasar

05.15

Lion Air

Jakarta – Kendari

05:30

Batavia Air

Jakarta – Medan

07:00

Lion Air

Jakarta – Makassar

05:30

Batavia Air

Jakarta – Padang

10.45

Lion Air

Jakarta – Makassar

08:15

Batavia Air

Jakarta – Semarang

07:00

Lion Air

Jakarta – Manado

06:00

Citilink Garuda Indonesia

Jakarta – Blkpapan

06:20

13:10

Transit Surabaya

Lion Air

Jakarta – Medan

08:15

Citilink Garuda Indonesia

Jakarta – BnjrMasin

10:30

14:20

Transit Surabaya

Lion Air

Jakarta – Surabaya

08:45

Mandala Airlines

Jakarta – Ambon

07:00

Jakarta – Blkpapan

07:20

Citilink Garuda Indonesia

Jakarta – Denpasar

17:20

20:00

Jumat, Sabtu, Minggu

Mandala Airlines Mandala Airlines

Jakarta – Blkpapan

09:05

Citilink Garuda Indonesia

Jakarta – Mataram

10:30

16:20

Transit Surabaya

Mandala Airlines

Jakarta – BnjrMasin

10:40

Citilink Garuda Indonesia

Jakarta – Pontianak

06:30

07:55

Mandala Airlines

Jakarta – Batam

08:30

Mandala Airlines

Jakarta – Batam

14:45

Citilink Garuda Indonesia

Jakarta – Surabaya

06:20

07:40

Mandala Airlines

Jakarta – Denpasar

10:15

Garuda Indonesia

Jakarta – Blkpapan

18:40

21:45

Mandala Airlines

Jakarta – Jambi

07:00

Garuda Indonesia

Jakarta – Banda Aceh

17:30

20:10

Mandala Airlines

Jakarta – Yogyakarta

07:20

Garuda Indonesia

Jakarta – BnjrMasin

13:20

15:55

Mandala Airlines

Jakarta – Makassar

07:00

Garuda Indonesia

Jakarta – Batam

13:00

14:30

Mandala Airlines

Jakarta – Makassar

12:40

Garuda Indonesia

Jakarta – Denpasar

11:40

14:20

Mandala Airlines

Jakarta – Medan

07:00

Garuda Indonesia

Jakarta – Denpasar

13:00

15:40

Mandala Airlines

Jakarta – Padang

12:25

Garuda Indonesia

Jakarta – Jayapura

21:20

06:40

Mandala Airlines

Jakarta – Padang

14:40

Garuda Indonesia

Jakarta – Yogyakarta

13:35

14:35

Mandala Airlines

Jakarta – Pekanbaru

18:05

Garuda Indonesia

Jakarta – Yogyakarta

16:00

17:00

Mandala Airlines

Jakarta – Semarang

06:50

Garuda Indonesia

Jakarta – Medan

10:30

12:35

Mandala Airlines

Jakarta – Surabaya

10:15

Garuda Indonesia

Jakarta – Medan

13:00

15:05

Sriwijaya Air

BnjrMasin – Surabaya

15:25

Garuda Indonesia

Jakarta – Padang

14:40

16:10

Sriwijaya Air

Jakarta – Blkpapan

08:10

Garuda Indonesia

Jakarta – Pakanbaru

14:50

16:20

Sriwijaya Air

Jakarta - Banda Aceh

08.10

Garuda Indonesia

Jakarta – Pakanbaru

14:50

16:20

Sriwijaya Air

Jakarta – BnjrMasin

09.50

Garuda Indonesia

Jakarta – Semarang

14:35

15:35

Sriwijaya Air

Jakarta – Batam

08:40

Garuda Indonesia

Jakarta – Solo

16:10

17:15

Sriwijaya Air

Jakarta – Jambi

07:00

Garuda Indonesia

Jakarta – Surabaya

11:00

13:15

Sriwijaya Air

Jakarta – Lampung

10.05

Kartika Airlines

Jakarta – Blkpapan

05:50

Sriwijaya Air

Jakarta – Lampung

17.20

Kartika Airlines

Jakarta – Batam

11:10

Sriwijaya Air

Jakarta – Makassar

14:45

Kartika Airlines

Jakarta – Denpasar

15:10

Sriwijaya Air

Jakarta – Malang

09.30

Kartika Airlines

Jakarta – Surabaya

15:10

Sriwijaya Air

Jakarta – Medan

08.10

Kartika Airlines

Jakarta – Tarakan

05:50

Sriwijaya Air

Jakarta – Padang

13.25

Lion Air

Jakarta – Gorontalo

05:30

Sriwijaya Air

Jakarta – Semarang

07.10

Lion Air

Jakarta – Ambon

05:30

Wings Air

Jakarta – Blkpapan

12:35

Lion Air

Jakarta – Blkpapan

07:00

Wings Air

Jakarta – BnjrMasin

19.00

Lion Air

Jakarta – Blkpapan

13:15

Wings Air

Jakarta – Bengkulu

15.30

Lion Air

Jakarta – Banda Aceh

07:30

Wings Air

Jakarta – Denpasar

11.25

Lion Air

Jakarta – BnjrMasin

09:05

Wings Air

Jakarta – Medan

07.00

Lion Air

Jakarta – BnjrMasin

12:05

Wings Air

Jakarta – Padang

08.05

Lion Air

Jakarta – Batam

10:25

Wings Air

Jakarta – Surabaya

11.25

Lion Air

Jakarta – Batam

12:05

Wings Air

Jakarta – Yogyakarta

07:00

Lion Air

Jakarta – Denpasar

10:50

nonstop

*Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah. Cek dengan maskapai penerbangan / kereta api sebelum mengadakan perjalanan.

| Februari 2009 21


Transportasi | Schedule

Jadwal Kapal Penumpang PELNI Embarkasi Jakarta Bulan Februari 2009 Nama Kapal

Tanggal

Jam

Tujuan

DOBONSOLO

6, 20

22.00

Kijang (Bintan)

CIREMAI LAMBELU

14, 28

22.00

Kijang (Bintan)

3, 17

16.00

Surabaya-Makassar-Bau Bau-Ambon-Banda-Tual-Kaimana-Fak Fak

10, 24

12.00

Kijang (Bintan)

13, 27

16.00

Surabaya-Makassar-Bau Bau-Ambon Namea-Bitung-Ternate

LAWIT KELUD

12, 26

09.00

Padang-Sibolga

4, 18

06.00

Tg.Pandan (Belitung)-Pontianak

6, 13, 20, 27

10.00

Batam-Tg.Balai-Belawan

SIRIMAU

2, 16

19.00

Blinyu (Bangka)-Kijang (Bintan)

LEUSER

7, 21

20.00

Tg.Pandan (Belitung)-Pontianak

LABOBAR

14, 28

16.00

Surabaya-Makassar-Sorong-Manokwari-Nabire-Jayapura

BUKIT RAYA

12, 26

14.00

Blinyu-Kijang- Letung-Tarempa-Natuna-Midai-Serasan-Pontianak-Surabaya

LEUSER

7, 21

17.00

Tg.Pandan(Belitung)-Pontianak

Masukkan jadwal perusahaan transportasi Anda ke dalam rubrik ini!

I

ngin meng-update list Transportasi—Schedule kami? Atau Anda ingin memasukkan jadwal keberangkatan dari perusahaan transportasi anda disini? Jika Anda bergerak di bidang transportasi (penerbangan, kapal laut, bus, kereta api, ataupun penjemputan travel terbatas), anda bisa memasukkan jadwal keberangkatan kendaraan Anda di rubrik Transportasi—Schedule ini. Kirimkan informasi lengkap ke redaksi kami di email: redaksi@travelwan.com. Dengan harga yang kompetitif, Anda juga bisa memasukkan logo perusahaan transportasi anda ke dalam list ini untuk more exposure. Untuk informasi kerjasama lebih lanjut, hubungi Ching Ching di: (021) 667.8261 atau email kami di: info@travelwan.com.

Selamat atas terbitnya majalah TravelWan edisi perdana. Semoga TravelWan dapat lebih mengangkat dunia pariwisata kuliner Indonesia. Dapatkan diskon 10%* dari Lo Soto Mie Sukabumi Kelapa Gading, Jakarta bagi pembaca TravelWan dengan membawa majalah ini. *Promosi ini berlaku selama bulan Februari-Maret 2009.

22 Februari 2009 |


Airline&Transportation | Feature

Ber-Spa Ria di Udara

Penerbangan non-stop yang panjang tentu melelahkan. Alangkah nikmatnya jika kita bisa ber-spa ria di tengah perjalanan, sehingga saat turun pesawat badan kembali segar seperti saat kita naik. Emirates Airline menawarkan fasilitas ini untuk penerbangan dari Dubai ke London sejak Desember lalu serta ke Sydney dan Auckland mulai bulan Februari ini.

P

esawat A380 yang berkabin ganda memang sangat besar, tapi menurut Tim Clark, Presiden Emirates Airline, pesawat ini menghasilkan bunyi setengah lebih rendah dari pesawat jumbo 747 dan hemat bahan bakar sampai 20%. “Kami bangga dapat memberikan kenyamanan sempurna kepada penumpang. Inovasi utama di dalam pesawat kami, Onboard Shower Spas dan Onboard Lounge, telah terbukti diminati oleh para penumpang,” kata Clark. Emirates mengoperasikan pesawat A380 dengan konfigurasi 489 tempat duduk. Dengan demikian kapasitas meningkat 40% dibandingkan dengan armada Boeing 777 yang digunakan sebelumnya.  Terbagi dalam dua tingkat, bagian atas dipergunakan untuk penumpang Premium Class. Di bagian depan, penumpang kelas satu dapat bersantai di salah satu dari 14 tempat

duduk yang dapat direbahkan dan dilengkapi dengan alat pemijat di Suite pribadi. Kabin atas ini juga dilengkapi dengan pintu, meja kerja, dan bar kecil yang dapat dikendalikan secara elektronik, serta berbagai layanan hiburan dalam penerbangan. Pesawat ini juga menyediakan dua buah Onboard Shower Spa – di dalam kabin kelas satu, termasuk lantai yang dihangatkan, kursi dengan bahan kulit, dan perlengkapan mandi dari merek spa premium Emirates, Timeless Spa. Penumpang kelas bisnis dapat menikmati generasi terbaru tempat duduk yang canggih, didesain untuk memastikan seluruh 76 kursi mempunyai jalur di antara tempat duduk. Meja yang didesain secara pintar yang akan tetap pada tempatnya, dan

tempat duduk yang secara mudah dapat diubah menjadi tempat tidur. Para penumpang kelas satu dan kelas bisnis juga dapat memanfaatkan Onboard Lounge, berlokasi di bagian belakang dek atas. Ruang tunggu ini didesain untuk membuat para penumpang merasa seperti berada di klub eksekutif milik mereka sendiri. Lounge ini menawarkan tempat duduk serta bar dengan banyak pilihan minuman dan makanan kecil. Area bersosialisasi lainnya di kelas satu, yang juga dilengkapi dengan fasilitas minuman, berlokasi di bagian depan dek atas. Para penumpang yang duduk di 399 kursi kelas ekonomi akan melihat dinding yang lebih lurus dibandingkan dengan dinding cekung biasanya di seluruh kabin, sehingga membuat kesan ruang yang lebih luas, ditingkatkan dengan kursi yang lebih banyak dan jarak antar kursi yang lebih lebar. Emirates telah mengoperasikan tiga pesawat A380. Selain London, dua pesawat A380 yang diterima di bulan Agustus dan Oktober telah dipakai untuk melayani rute Dubai-New York. Emirates telah memesan 58 pesawat Airbus superjumbo tersebut. “Dengan kinerja yang ramah lingkungan, armada Emirates A380 akan memberi kontribusi yang besar bagi usaha bandar udara tujuan untuk mengurangi tingkat keseluruhan emisinya,” kata Clark.  Penumpang akan mempunyai alasan lebih banyak untuk terbang dengan Emirates setelah dibukanya Terminal 3 Emirates di Dubai. Fasilitas terbaik yang dipersembahkan untuk penumpang Emirates ini dibangun dengan sangat indah yang mungkin akan membuat mereka berpikir terminal baru ini lebih indah daripada tempat tujuan mereka pergi.

| Februari 2009 23


Transportasi | News

Garuda operasikan Airbus A330

UU Penerbangan dan Larangan Terbang

JAKARTA – Antisipasi peningkatan penumpang di rute Jakarta-Medan, Garuda Indonesia per 1 Januari 2009 mengoperasikan pesawat berbadan lebar Airbus A330 dan Boeing 737-800 NG.

K

edua pesawat baru tersebut diharapkan mampu mengakomodasi kenaikan penumpang yang diperkirakan mencapai 10%-15% dalam triwulan pertama. Kenaikan jumlah penumpang diperkirakan terjadi selama liburan Natal dan Tahun Baru, hari besar keagamaan bagi masyarakat Tionghoa yakni Tahun Baru Imlek dan perayaan Cheng Beng, serta musim kampanye partai politik menjelang pemilu April 2009. General Manager Garuda Indonesia Cabang Medan Muchwendi Harahap di Medan, Garuda sengaja tidak melakukan penambahan jadwal penerbangan, melainkan mengganti pesawat dengan kapasitas yang lebih besar. Sebelumnya untuk melayani rute Jakarta-Medan dengan frekuensi sembilan kali per hari, Garuda menggunakan pesawat jenis Boeing 737-300/400 dengan kapasitas 110 dan 134 penumpang. Sedangkan pesawat Airbus A330 memiliki kapasitas 293 tempat duduk, 42 diantaranya kelas bisnis, sementara Boeing 737-800 NG memiliki kapasitas 156 tempat duduk, 12 diantaranya kelas bisnis. Menurut Sales Manager Garuda Indonesia Cabang Medan, Suyatno, menjelang Natal dan Tahun Baru penerbangan dari Jakarta ke Medan berada dalam kondisi peak season dengan tingkat isian penumpang (load factor) mencapai 100% pada setiap penerbangan. ”Untuk arus penumpang yang berangkat ke Jakarta rata-rata mencapai 80%, namun khusus untuk tanggal 3, 4 dan 5 Januari 2009 penerbangan rute Medan-Jakarta terisi penuh untuk setiap penerbangan.” Garuda juga telah membuka kembali rute penerbangan langsung Brisbane-Denpasar mulai 14 Desember 2008 dengan menggunakan pesawat Airbus 330 untuk tiga kali penerbangan pulang/pergi dalam seminggu. Rute ini sebe-lumnya ditutup sejak Januari 2007. Untuk tahap-tahap awal Garuda melayani penerbangan tiga kali seminggu dari Brisbane ke Denpasar yakni Selasa, Jumat dan Minggu. Diharapkan jumlah wisatawan Australia akan meningkat dibanding pada tahun 2007 yang tercatat 314.432 orang. Dewasa ini Garuda Indonesia memiliki 49 unit pesawat untuk melayani penerbangan domestik dan internasional mulai dari jenis Boeing 737-300/400/500 dan 737-800NG, kemudian Airbus 330 dan Boeing 747-400.

24 Februari 2009 |

JAKARTA – Maret 2009, dalam regular meeting-nya, Komisi Eropa diharapkan akan mencabut larangan terbang bagi pesawat Indonesia ke wilayahnya setelah disahkannya Undang-undang Penerbangan Desember lalu.

K

etika Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengesahkan undang-undang tersebut, yang 70% dari isinya mengenai keselamatan penerbangan, Uni Eropa menyambutnya dengan memberikan pernyataan positif. “Ini merupakan kemajuan yang signifikan dalam keselamatan penerbangan di Indonesia. Komisi Eropa akan segera mendiskusikan implementasi UU baru itu dalam dialog reguler dengan pemerintah Indonesia,” ujar pernyataan tertulis tersebut. Sejak Juni 2007, Uni Eropa melarang seluruh maskapai penerbangan Indonesia terbang di wilayah udara Eropa, menyusul serangkaian kecelakaan pesawat terbang yang terjadi di Indonesia. Menurut Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal, UU Penerbangan baru tersebut mengadopsi Cape Town Convention, terdiri dari 24 bab dan 466 pasal. “Lima rancangan peraturan pemerintah dan peraturan pelaksanaan lainnya tengah kami persiapkan demi terwujudnya penyelenggaraan penerbangan yang memenuhi standar keselamatan international,” katanya. Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) juga menyambut baik lahirnya UU Penerbangan tersebut, dengan menyatakan bahwa maskapai Indonesia akan menjadi lebih dipercaya di luar negeri termasuk dalam hal mendapatkan leasing (sewa guna) pesawat. Jusman Syafii Djamal mengatakan bahwa setidaknya 18 temuan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) terjawab sudah dalam UU Penerbangan baru. “Karena itu mestinya tidak ada lagi alasan untuk tetap melanjutkan larangan terbang.” UU itu juga mengatur batas minimal jumlah pesawat yang dioperasikan sebuah maskapai penerbangan, yaitu lima milik sendiri dan lima sewa. Bagi maskapai yang sudah beroperasi dan jumlah pesawat yang dioperasikan kurang dari itu, disarankan untuk menggabungkan usaha mereka (merger). Dari 17 maskapai berjadwal, hanya ada satu atau dua maskapai yang diketahui mengoperasikan armada di bawah 10.


KAI Akan Buka Rute Bandung-Cirebon via Cikampek

BBM Kembali Turun, Angkutan Diharapkan Ikut Turun

JAKARTA – Penggemar kereta akan mendapatkan satu lagi rute baru, yaitu Bandung-Cirebon via Cikampek. Rute baru ini rencananya akan melintasi Stasiun Cikampek dengan konsep segi tiga Cirebon - Cikampek Bandung dan sebaliknya.

JAKARTA – Pemerintah untuk yang ketiga kalinya memutuskan untuk menurunkan harga premium dan solar yang mulai berlaku pada tanggal 15 Januari 2009.

K

ereta api (KA) rute baru ini menurut Kepala Humas PTKA Daop II Bandung, Bambang S. Prasetyo, diperkirakan mulai beroperasi Februari ini. “Sudah masuk pembahasan, mudah-mudahan terlaksana,” katanya. Pembukaan rute ini akan menambah alternatif pilihan bagi para penumpang karena sebelumnya PT KAI telah mengoperasikan KA Harina jurusan BandungSemarang yang juga melalui jalur tersebut. Rute baru yang rencananya akan dilayani oleh satu set KA dengan rangkaian eksekutif dan bisnis ini, kemungkinan besar akan dioperasikan pada siang hari. Hal ini berbeda dengan KA Harina yang beroperasi pada malam hari sehingga kurang diminati oleh penumpang jalur Bandung-Cirebon. “Jadi kedua kereta ini punya segmen pasar sendirisendiri,” kata Bambang, yang menambahkan bahwa ia optimis jalur baru tersebut akan mendapat sambutan yang baik. Untuk harga tiket, PT KAI masih belum ada ketentuan. Saat ini kebanyakan orang yang bepergian di pagi dan siang hari dari Bandung ke Cirebon dan sebaliknya hanya punya satu alternatif angkutan yaitu bus. Dengan pembukaan jalur kereta baru ini, masyarakat akan mempunyai pilihan lain.

Snapshot Luar Negeri Stasiun kereta Monorail moderen di pusat kota di Russia Foto: Alexander Fediachov (sxc.hu)

P

engumuman yang disampaikan oleh Presiden Bambang Yudhoyono seusai sidang kabinet terbatas pada tanggal 12 Januari itu, menetapkan penurunan harga premium dari Rp 5.000 menjadi Rp 4.500 dan Solar dari Rp 4.800 menjadi Rp 4.500. Dengan demikikan sejak 1 Desember 2008 telah terjadi penurunan premium sebesar 25% sedangkan solar sebanyak 18,2%. Pada 1 Desember 2008 terjadi penurunan harga premium yang pertama kali dari Rp 6.000 menjadi Rp 5.500. Penyesuaian kedua terjadi pada tanggal 15 Desember 2008 dimana harga premium diturunkan dari Rp 5.500 menjadi Rp 5.000 dan solar dari Rp 5.500 menjadi Rp 4.800. Presiden juga menambahkan penurunan harga BBM diikuti dengan penurunan tarif angkutan terutama tarif yang diputuskan oleh pemerintah pusat sekitar 10%. Walaupun presiden berharap terdapat penurunan tarif angkutan sekitar 10% tetapi pada kenyataannya hal tersebut agak sulit dilakukan karena berbagai alasan. Dirjen Perkeretaapian Dephub Wendy Aritenang mengutarakan bahwa penurunan tarif sebesar 5% untuk kelas ekonomi hampir bisa dipastikan, sementara untuk sampai 10% masih dikaji. Selama ini pemerintah memang mengatur tarif untuk kelas ekonomi sementara ketentuan tarif batas atas dan bawah diberlakukan untuk kelas bisnis dan eksekutif. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Sunaryo mengungkapkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut belum merevisi tarif angkutan laut karena terdapat pihak yang saling terkait dalam pengambilan keputusan penurunan harga. Menurutnya masyarakat sebagai pengguna jasa angkutan laut menginginkan peningkatan pelayanan dan tarif yang terjangkau sementara pengusaha perkapalan memiliki pertimbangan bisnis. Sementara Organisasi Angkutan Darat (Organda) memperkirakan dapat terjadi penurunan tarif sebesar 5% akibat dampak penyesuaian harga BBM yang baru. Hal ini karena tarif transportasi tidak hanya ditentukan oleh harga BBM, tetapi juga terdapat komponen yang lain termasuk harga suku cadang mobil. Menurut presiden, untuk penetapan tarif angkutan, menjadi kewenangan pemerintah daerah (pemda). Namun presiden juga berharap pemda melakukan jumlah nilai penurunan tarif yang sama sehingga dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

| Februari 2009 25


Transportasi | News

Merpati buka rute Jakarta-Sampit JAKARTA – Mulai 7 Januari 2009 masyarakat yang ingin bepergian dari Jakarta ke Kalimantan Tengah (Kal-teng) atau sebaliknya dapat menikmati layanan dari Maskapai penerbangan Merpati Nusantara yang membuka rute baru dari Jakarta menuju Sampit.

S

ebanyak empat kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Senin, Rabu, Kamis dan Sabtu, maskapai ini akan melayani rute penerbangan tersebut. Pembukaan jalur ini merupakan lanjutan kerja sama operasi (KSO) antara PT Merpati Nusantara Airlines (PT MNA) dan Kabupaten Kotawaringin Timur yang telah terjalin sejak tahun 2007. Sebelumnya bentuk kerja yang ada berupa layanan rute penerbangan dari Sampit menuju Surabaya. Untuk melayani rute penerbangan tersebut, maskapai ini menggunakan pesawat jenis Fokker-100 berkapasitas 100 orang Pesawat itu serupa dengan yang juga digunakan untuk

penerbangan KSO Denpasar menuju Bima. Melalui pembukaan rute ini, Merpati menerapkan strategi baru dengan berfokus melakukan penetrasi pasar di kawasan tengah dan timur Indonesia. Menurut General Manajer Merpati Nusantara Airlines Region Surabaya Irvan Harijanto kawasan tersebut sangat potensioal untuk digarap perusahaan jasa penerbangan karena aktivitas bisnisnya, terutama kegiatan manufaktur dan pertambangan. Ia juga menambahkan bahwa Sampit adalah kota dengan perkembangan ekonomi yang cukup signifikan. Rute baru ini diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat yang membutuhkan pelayanan di jalur

tersebut. “Rute ini memang sudah menjadi harapan masyarakat sejak lama,” kata Bupati Kotim M. Wahyudi. Ia mengungkapkan dengan dibukanya rute ini secara regular akan membantu usaha peningkatan perekonomian di Kotim. “Kelancaran transportasi merupakan salah satu kunci untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta membuka peluang penanaman investasi dari para investor luar di Kotim,” ujarnya. Presiden Direktur PT MNA Bambang Bakti mengatakan pihaknya sangat berterimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan Pemkab Kotim. Ia berharap kerjasama tersebut dapat terus dipertahankan bahkan bila perlu bisa lebih ditingkatkan.

SIA berikan pelayanan istimewa bagi penumpang kesejuta A380 JAKARTA – Siapa yang tidak ingin menaiki pesawat super-jumbo sambil mendapatkan pelayanan istimewa baik sebelum maupun selama penerbangan? Itulah yang akan anda dapatkan jika anda menjadi penumpang kesejuta dari Airbus A380 milik Singapore Airlines (SIA).

K

urang dari empat bulan setelah perayaan satu tahun penerbangan komersial perdananya, maskapai ini bersiap-siap untuk menerbangkan penumpang kesejuta dari A380 pada bulan Februari 2009. Maskapai ini telah menyiapkan berbagai kejutan & hadiah-hadiah yang menarik bagi penumpang kesejuta mereka yang pertama. Penumpang kesejuta yang beruntung akan disambut sewaktu check-in dan

26 Februari 2009 |

mendapatkan paket-paket spesial. Selain mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama penerbangan, penumpang tersebut juga akan memperoleh hadiah pada saat ia sampai di tempat tujuan. Hadiah itu termasuk menginap selama tiga malam di hotel mewah dan transportasi menuju hotel dengan menggunakan limousine. Ia juga dapat merasakan nikmatnya mencicipi makanan di restoran terbaik selain berbagai hadiah lain yang dapat dibawa pulang. Untuk merayakan peristiwa spesial tersebut, semua pelanggan di tiga kelas dalam penerbangan dengan penumpang kesejuta itu juga dapat menikmati champagne dan mendapatkan hadiah khusus yang telah disiapkan SIA.

“Kami sangat berbahagia karena dapat menerbangkan penumpang kesejuta dalam waktu kurang dari satu setengah tahun setelah penerbangan perdana. Hal tersebut menunjukkan kepopuleran A380 Singapore Airlines di mata para pelanggan,” kata wakil eksekutif presiden pemasaran dan wilayah SIA Huang Cheng Eng. Saat ini maskapai tersebut telah memiliki tujuh pesawat dalam armada mereka, yang terbang setiap hari dari Singapura menuju Sydney dan Singapura menuju Tokyo. Sementara penerbangan dari Singapura menuju London dilayani dua kali setiap hati. Sejak pertama kali penerbangan ini diluncurkan, A380 telah mencatat lebih dari 20.000 jam terbang pada lebih dari 2.000 penerbangan komersial.


TravelBiz

MICE, Bisnis yang Menjanjikan

M

ICE memang bisnis yang menjanjikan, kendati begitu bisnis atau usaha jasa MICE di Indonesia memang belum banyak dikenal masyarakat, termasuk oleh kalangan pelaku bisnis pariwisata itu sendiri. Namun seiring dengan berjalannya waktu kini bisnis MICE mulai memperlihatkan taringnya, hal ini terbukti dengan tingginya antusias pengunjung dalam setiap ajang MICE yang digelar. Seperti diketahui, MICE adalah dunia usaha dari berbagai aktivitas seperti pariwisata, perdagangan, perindustrian dan sebagainya, yang tujuan akhirnya adalah mampu merangsang perkembangan aktivitas pelaku ekonomi nasional dan

28 Februari 2009 |

Meningkatnya kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia belakangan ini, secara tidak langsung telah mendorong bisnis MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) kembali bergairah. Hal ini ditandai dengan maraknya sejumlah kegiatan konvensi bertaraf internasional yang digelar, dan meningkatnya bisnis MICE yang secara tidak lansung berdampak pada pendapatan di bidang pariwisata. internasional melalui dunia promosi barang dan jasa. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang sekitar 230 juta jiwa, tentu ini bisa menjadi pasar domestik yang menjanjikan. Apalagi jika ditopang dengan konsep MICE yang menarik, tentu akan berpengaruh ke pasar internasional.

Dibandingkan dengan segmen lain, MICE memang menawarkan keuntungan yang luar biasa jika dikelola dengan baik. Bahkan bisa dikatakan inilah sejatinya yang menjadi manifestasi dari sebuah industri pariwisata yang berkualitas. “Pengunjung MICE memang tidak


Sementara secara global, pendapatan industri MICE mencapai kurang lebih US$280 miliar. Itu artinya, dengan potensi sebesar itu, tidak mengherankan jika banyak negara telah menjadikan industri MICE sebagai salah satu penggerak roda perekonomiannya.

Jakarta Motor Show

terlalu banyak tapi mereka telah memberikan hasil yang besar. Artinya, jika dibandingkan satu orang pengunjung MICE itu setara dengan 7 orang wisatawan yang datang hanya sekedar untuk jalan-jalan saja,” papar Herman Wiriadipoera, CEO PT Napindo Media Ashatama, sebuah perusahaan yang beberapa kali sukses menggelar beberapa exhibition bertaraf internasional. Selain itu, jasa MICE ini juga bisa menjadi sarana promosi barang dan jasa serta hiburan yang dapat menjadi titik awal mendorong para pihak untuk menjadi lebih berani dan berjuang terus memajukan taraf kehidupan ekonomi semua lapisan masyarakat. Itu sebabnya keterlibatan berbagai pihak untuk bisnis ini baik dari pemerintah pusat, daerah bahkan masyarakat

luas sangat penting dalam mengembangkan kemajuan bisnis ini. Herman mengatakan, Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang besar untuk menjadikan bisnis ini sebagai sebuah daya tarik yang sama seperti yang dilakukan oleh negara-negara lain. Sayangnya bisnis ini belum digarap secara sungguhsungguh, atau setengah hati. Misalnya, lemahnya promosi ke luar, dukungan yang lemah dari regulator hingga belum ada aturan main yang baku untuk para pemain di bisnis MICE. Padahal dalam hal kemampuan menyelenggarakan kegiatan MICE bertaraf internasional, kemampuan kita tidak perlu diragukan. Hal ini telah dibuktikan oleh Herman dengan suksesnya beberapa exhibition bertaraf internasional yang pernah ia lakukan seperti Indo Deffence, Ido Livestock, Indo Telcom dan beberapa event besar lain yang berhasil menyedot pengunjung dari mancanegara. Dan untuk event-event tersebut ia melakukan promosi sendiri, karena memang sulit mencari dukungan dari pemerintah Itu sebabnya, ia berharap ada kerjasama yang baik antara pemerintah dengan pelaku MICE sehingga dapat menempatkan kembali posisi Indonesia dalam peta MICE internasional. “Mempromosikan Indonesia sebagai destinasi MICE itu tugas pemerintah, sedangkan melakukan penawaran agar Indonesia jadi tuan rumah konferensi atau pameran internasional adalah tugas swasta jadi kita bisa berbagi peran dengan jelas,” sambungnya. Dalam mewujudkan hal tersebut, atas usulan Indonesia Congress and Convention Association (INCCA), pemerintah lewat Departemen Kebudayaan dan Pariwisata telah menetapkan MICE sebagai tema Visit Indonesia Year 2009 bersama dengan wisata bahari. Ketua INCCA, Iqbal Allan Abdullah, mengatakan bahwa INCCA telah memberi

masukan kepada pemerintah tentang event-event MICE yang disesuaikan dengan kondisi di 10 destinasi MICE Indonesia yang telah ditetapkan oleh pemerintah yaitu Jakarta, Bali, Batam, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Padang, Makassar, Manado, dan Bandung. Ini memang penting apalagi jika dikaitkan dengan kenyataan di beberapa negara maju bahwa industri MICE sangat berperan dalam menyumbang pendapatan negara. Tidak hanya dalam hal pajak, perekrutan tenaga kerja  dan peningkatan daya jual, tetapi juga menumbuhkan iklim bisnis baik sektor usaha kecil, menengah maupun besar. Hal tersebut juga diakui oleh Herman. Industri MICE memang memiliki banyak dampak positif bagi perekonomian, bukan hanya untuk sektor pariwisata saja. “Jika industri ini bisa mendatangkan banyak wisman, otomatis akan menggerakkan perekonomian. Industri ini memberi multiplier

Herman Wiriadipoera, CEO PT Napindo Media Ashatama

| Februari 2009 29


TravelBiz

effects ke sektor-sektor lain, seperti perhotelan, pengrajin, biro perjalanan, restoran, jasa kurir, hingga industri media.” Tahun lalu, industri ini berhasil mendatangkan wisman sebesar 40% dari total jumlah keseluruhan wisman. Itu, kata dia, setara dengan pendapatan sebesar US$2 milyar. “Tahun ini, pendapatan dari industri MICE diperkirakan mengalami peningkatan sebesar 40%,” tuturnya. Sementara secara global, pendapatan industri MICE mencapai kurang lebih US$280 miliar. Itu artinya, dengan potensi sebesar itu, tidak mengherankan jika banyak negara telah menjadikan industri

MICE sebagai salah satu penggerak roda perekonomiannya. Alasan itu yang akhirnya membuat Menteri Kebudaya dan Pariwisata, Jero Wacik dalam sebuah kesempatan mengatakan, akan mendorong industri jasa MICE di tanah air ini agar lebih fokus dalam penggarapannya. Agar dapat bersaing pemerintah telah dan akan terus meningkatkan baik pada segi keamanan, infrastruktur, international quality of service, cultural & historical heritage dan tourist attractions. Harapannya industri MICE di Indonesia ke depan tidak lagi menduduki peringkat ke-5 di kawasan Asia Tenggara.

Industri MICE memang memiliki banyak dampak positif bagi perekonomian, bukan hanya untuk sektor pariwisata saja. “Jika industri ini bisa mendatangkan banyak wisman, otomatis akan menggerakkan perekonomian. Industri ini memberi multiplier effects ke sektor-sektor lain, seperti perhotelan, pengrajin, biro perjalanan, restoran, jasa kurir, hingga industri media.”

Fasilitas Membangun bisnis MICE yang bertaraf internasional memang diperlukan perencanaan yang matang. Beberapa fasilitas yang secara tidak langsung dapat menunjang industri MICE tetap diperlukan antara lain ketersediaan fasilitas airport yang didukung dengan peralatan modern dan up-to-date dengan sistem keimigrasian yang lancar, efisien dan terbuka. Selain itu, pendukung berupa kondisi jalan di seputar lokasi konferensi yang nyaman dan aman, termasuk saat pengunjung melakukan travelling time di antara atraksi dan venue utama. Sementara untuk keperluan komunikasi, hendaknya disediakan peralatan yang canggih. Hal ini mengingat peserta MICE umumnya adalah dari kelompok profesional menengah ke atas yang sangat memperhatikan tren teknologi komunikasi terbaru. Oleh karena itu industri MICE juga harus ditunjang dengan fasilitas yang canggih, semisal IDD, internet dengan kecepatan tinggi, akses untuk telepon seluler, area hot spot untuk akses internet simultaneous interpretation, dan sebagainya. Fasilitasfasilitas ini yang merupakan kebutuhan standar bagi bisnis MICE. 

Jakarta Motor Show

30 Februari 2009 |


TravelBiz

Menarik Wisatawan Melalui Travex 2009 Ajang tahunan Travel Exchange (Travex) 2009 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam dari tanggal 10 sampai 12 Januari, kembali digelar untuk menarik wisatawan berkunjung ke wilayah ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

K

egiatan yang masih merupakan bagian dari ASEAN Tourism Forum (ATF) ini adalah ajang pertemuan antara pelaku usaha jasa pariwisata termasuk di dalamnya hotel, biro perjalanan dan maskapai penerbangan dengan para pembeli dari seluruh ASEAN dan internasional. Ajang ini berhasil menarik lebih dari 500 pelaku bisnis pariwisata internasional yang tersebar dalam 550 pavilon. “Angka tersebut jauh lebih tinggi dari jumlah yang diharapkan,� kata Kepala Deputi Departemen Pemasaran yang berada dibawah Badan Pariwisata Vietnam Nguyen Thi Thanh Huong. Indonesia melalui Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) membawa 80 pelaku usaha jasa pariwisata dan menempati satu paviliun di atas lahan 90 meter persegi yang terletak di Hall D. Direktur Jenderal Pemasaran Depbudpar Sapta Nirwandar mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu ajang pertemuan pelaku pariwisata yang dilakukan pemerintah dalam tahun ini untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Ia mengutarakan lewat ajang ini,

32 Februari 2009 |

Indonesia optimis mampu meningkatkan 10-15 % wisatawan dari dalam negara ASEAN. Ia berharap melalui paket-paket pariwisata yang ditawarkan, nilai transaksi yang diperoleh minimal berjumlah US$360.000 atau meningkat dari transaksi Travex tahun sebelumnya. Kedepannya, ASEAN memang masih menjadi target utama pemasaran pariwisata Indonesia. Kebijakan ini didasarkan pada potensi nyata dari wisatawan ASEAN. Jumlah wisatawan ASEAN yang berkunjung ke Indonesia pada tahun 2007 berjumlah 2,3 juta dan pada tahun 2008 meningkat menjadi 2,5 juta. Pada tahun 2008, di ASEAN terdapat lebih dari 54 juta kunjungan wisatawan dimana angka tersebut meningkat 7% dari tahun sebelumnya. Para menteri pariwisata ASEAN menggambarkan pertumbuhan itu sebagai hasil yang menggembirakan terlebih dengan adanya dampak krisis keuangan global dan ketidakstabilan politik di beberapa negara anggota ASEAN. Untuk lebih mendorong minat wisatawan ASEAN dalam berwisata, para menteri pariwisata ASEAN yang melakukan

pertemuan dalam ATF sepakat untuk memberikan insentif. Bentuk dari insentif itu berupa keringanan harga untuk tarif hotel, rumah makan dan transportasi. Selama dua tahun, dari 2008 sampai 2009, wisatawan ASEAN dapat menikmati insentif yang besarnya masih dalam taraf pembahasan. Tujuan pemberian insentif ini adalah agar terjadi pertumbuhan pariwisata di wilayah ASEAN dalam mengantisipasi dampak krisis ekonomi global yang tentunya juga berpengaruh bagi sektor pariwisata. Menurut Sapta, melalui Travex diperkirakan terdapat 500 perusahaan jasa yang potensial sebagai pembeli dengan harapan total transaksi yang bisa diperoleh mencapai US$360.000. Target itu bisa dicapai dengan asumsi setiap pelaku usaha pariwisata Indonesia yang terlibat dalam ajang ini mendapatkan US$45.000, sehingga jika dikalikan 80 maka akan tercapai angka US$360.000. “Tahun lalu angkanya lebih kecil. Ini menunjukkan Indonesia masih sangat potensial,� ujarnya. Ia menjelaskan tahun ini terjadi peningkatan pembeli karena pada tahun sebelumnya jumlah pembeli hanya berkisar 300 perusahaan jasa pariwisata. General Manager Inna Putri Bali IB Wirajaya yang juga mengikuti ajang ini mengungkapkan bahwa adanya kesepakatan untuk memberikan insentif bagi wisatawan ASEAN agak sulit untuk dilakukan karena ia menilai tarif hotel dan restoran di Indonesia saat ini sudah cukup kompetitif. Namun ia tetap optimis bisa meningkatkan kunjungan wisatawan meskipun adanya krisis keuangan dunia diramalkan berdampak pada menurunnya jumlah wisatawan. Menurutnya ajang seperti ini merupakan salah satu forum yang bermanfaat bagi negara-negara ASEAN untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman. Ia berpendapat penurunan angka kunjungan wisatawan dapat diantisipasi dengan pemberian nilai tambah oleh pelaku jasa pariwisata. Misalnya dengan memberikan satu hari gratis menginap jika wisatawan tersebut menetap selama empat hari.


Indonesian Art Competition

"I

ndonesia tidak kalah dari negara lain," itulah kalimat yang mungkin sering kita dengar kemanapun kita pergi. Indonesia sebagai satu bangsa dan satu negara memiliki kekayaan yang sangatlah luas - begitu pula dalam hal arts & culture-nya.

Bagi Anda yang bergerak di bidang seni, baik itu di bidang desain, fotografi, ilustrasi, ataupun yang masih kuliah, ini kesempatan untuk Anda membuktikan dan memperlihatkan kepada dunia bahwa Indonesia juga memiliki standard yang tinggi dalam segi seni & budaya dengan cara ikut serta dalam TravelWan Indonesian Art Competition ini. Perlihatkan pada mereka yang di luar sana kalau bangsa kita tidak hanya bisa meniru. Caranya mudah! Fotokopi & isi formulir dibawah ini, lalu kirimkan dengan digital file karya foto, ilustrasi, ataupun desain-mu dengan Tema: Pariwisata Indonesia dalam bentuk CD (art file: min. resolution: 300dpi, min. size: A4), selambat-lambatnya 31 Maret 2009 ke: TravelWan Indonesian Art Competition Redaksi TravelWan Pluit Karang Permai III, N9S No.56, Jakarta 14450, Indonesia.

Hasil karya 10 finalis pilihan redaksi akan dimuat di dalam majalah TravelWan, dimana posisi 3 teratas akan dimuat sebagai cover depan majalah TravelWan bulan Mei, Juni, dan Juli 2009. Bagi para pemenang & finalis yang memiliki website/online portfolio, kami juga akan mencantumkan alamat website mereka secara cuma-cuma sebagai promosi diri di dalam majalah ini.

Nama

: (Miss/Mr./Mrs.)

No. KTP/SIM/Paspor

:

Telepon

:

Email

:

Alamat

:

Pemenang utama akan mendapatkan voucher menginap di Pulau Umang Resort Hotel, Banten sebesar � 2.500.000,- + 1 year free subscription majalah TravelWan. Para finalis juga akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi freelance contributors untuk majalah TravelWan. Kompetisi ini hanya dibuka bagi warga negara Indonesia (Indonesian citizens) dan Indonesian permanent residents. Kompetisi ini berakhir pada tanggal 31 Maret 2009—para pemenang akan diumumkan di dalam majalah TravelWan edisi Mei & Juni 2009. Kami tunggu karya Anda!

Kode Pos/Post Code : HP

:

Tgl. Lahir

:

Pekerjaan

:

Nama Sekolah / Universitas (untuk yang masih kuliah) : Website (Online Portfolio)

:

| Februari 2009 33


Prof

Lokananta team (dari kiri ke kanan): Chef Dedi Fadjar, Pastry chef Chef Hendri Syamsul, F&B manager, Konsultan F&B Lokananta, Assistant General Manager Oranye Concept Lounge & Ketua ICA-DKI Chef Prayudi, Junior Sous Chef

Hendri Syamsul:

Ingin Mematahkan Ungkapan Pembeli adalah Raja 34 Februari 2009 |


Menggeluti dunia masak memasak secara profesional sejak 1998, membuka mata Hendri Syamsul betapa banyak yang perlu dibenahi dalam dunia chef di Indonesia. Jiwa mudanya yang penuh dengan ide-ide segar mengantarkannya ke kursi ketua Indonesian Chef Association (ICA) cabang DKI Jakarta. Berikut pandangannya tentang berbagai hal berkaitan dengan dunia yang digelutinya, seperti yang dituturkannya kepada TravelWan.

S

Tentang Pelanggan (Customer)

aya ingin sekali mematahkan ungkapan bahwa ‘pembeli itu raja’. Karena apa, yang namanya raja, segala permintaannya mesti dituruti. Nah, jika permintaannya ternyata di luar kemampuan kita, ini bisa menjadi bumerang buat kita. Selain itu, ungkapan ini juga menimbulkan ketidakadilan. Ketika pelanggan bicara benar nilainya jadi plus 10, tapi jika ia bicara tidak benar, nilanya hanya berkurang satu. Ini kan tidak fair. Menurut saya, hubungan yang paling baik dengan pelanggan adalah lewat ungkapan ‘guest is a friend’. Hubungan seperti ini lebih tak terpatahkan.

Tentang Juru Masak (Chef) Seorang chef dikatakan hebat jika ia bisa menciptakan masakan yang rasanya ‘nyampe’ ke tamu sehingga pelanggan rela antri untuk menikmati hidangannya. Mereka juga mesti tak pernah berhenti berkarya menciptakan menu-menu baru tanpa harus takut akan di-copy. Saya yakin setiap chef punya karakter sendiri-sendiri yang akan tercermin pada masakannya. Umumnya orang berpendapat bahwa juru masak bisa dibilang chef kalau ia bekerja di hotel berbintang lima. Padahal tukang pecel lele, kalau saya bilang itu chef, bahkan lebih hebat dari yang bekerja di hotel bintang lima. Karena ia mengerjakan semuanya sendiri, mulai dari quality control, cost control, service sampai marketingnya. Kalau chef di hotel kan tidak.

Tentang Employer dan Karir Saya selalu berusaha memberikan sesuatu kepada employer, bahkan jika saya harus meninggalkan mereka. Menyadur ucapan John F. Kennedy, saya selalu menerapkan prinsip seperti ini: Jangan tanya apa yg owner bisa berikan, tapi berikan dulu ke owner yang terbaik. Semangat bekerja juga

tidak sebagai worker, tetapi berfikir menjadi seorang pebisnis. Saya memulai karir sebagai waiter for banquet di Sheraton Bandung tahun 1997, kemudian di Sheraton Bandara sebagai part-timer, lalu sebagai cook Geulis Bandung, membantu mendirikan restoran di Subang, sebagai demi-chef di Empire Grill, menjadi chef dan F&B manager Temuku Café sampai membuka dua cabang, dan tahun 2003 sampai sekarang menjadi F&B manager di Lokananta sekaligus konsultan dan sebagai assistant general manager Oranye Concept Lounge sejak 2008. Yang saya suka dari owner Lokananta ini, Chandrahadi Junarto, orangnya amat peduli dengan pendidikan. Ia menyadari bahwa banyak orang pintar yang tidak punya ijazah dan rajin bekerja, sebaliknya banyak pula orang-orang berijazah tinggi yang tidak bisa bekerja. Karena itu perekrutan di sini umumnya tidak melihat ijazah. Mereka yang ingin terus belajar diakomodasi dan diberi fasilitas oleh pihak restoran. Satu hal lagi yang mesti diterapkan di sini, yaitu mengedepankan teamwork dan menyingkirkan egoisme dan idealisme pribadi.

Tentang Indonesian Chef Association (ICA) Awalnya saya tidak mau ketika banyak teman meminta saya untuk menjadi ketua asosiasi ini. Saya tidak mau dikenal karena jabatan, juga waktu itu banyak saya dengar suara-suara miring tentang asosiasi. Setelah akhirnya saya terima jabatan, baru saya sadar bahwa sebenarnya semua asosiasi itu baik, bisa menjadi jelek jika kejelekan pribadi dibawa-bawa ke asosiasi. Program saya yang pertama adalah mengikis praktek-praktek seperti ini, tapi tentu butuh waktu tidak bisa seperti membalikkan telapak tangan. Misi dan visi organisasi ini sebenarnya sangat bagus, menasionalkan dan membanggakan chef lokal. Beberapa asosiasi

sejenis telah melebur ke dalam ICA. Harapan kami, ICA bisa mewakili Indonesia di ajang chef international. Program selanjutnya adalah memperkuat pondasi, lewat chef table dan seminar-seminar. Juga acara dengan anak-anak yatim piatu, supaya kita tidak selalu melihat ke atas, tapi juga ke bawah. ICA dimulai tahun 2007 dan saya akan memegang jabatan dari 2008 sampai 2012. ICA mempunyai cabang di Jakarta, Batam, Bali, Makassar, Manado, Papua, Lombok, Yogyakarta, Surabaya, dan Bandung. Di Palembang dan Banten sedang sosialisasi. ICA pusat ada di Bali. ICA Jakarta mempunyai tagline ‘Establishing Tourism Through Indonesian Cuisines’, mudah-mudahan nantinya bisa dijadikan tagline ICA National. Anggota ICA ada ribuan, tidak hanya chef, tapi juga pecinta kuliner dan pemilik restoran. Bagi yang ingin mendaftar menjadi anggota bisa kirim email ke ica_dkijakarta@yahoo.com.

Tentang Indonesia Negara kita ini kaya sekali akan rempah-rempah, mestinya kita bisa memperkaya menu masakan kita, bukannya malah meniru-niru western style yang menurut saya tasteless. Yang penting jangan berhenti mencoba dan belajar. Tempat wisata di Indonesia juga tidak kalah dengan negara tetangga. Yang saya lihat, kesalahan terletak pada penempatan orang-orang yang tidak sesuai pada posisi yang menentukan kebijakan di pariwisata. Kita juga cenderung tidak menghargai masyarakat sendiri, padahal kalau bisa ‘menggarap’ 230 juta masyarakat Indonesia, itu pasar yang sangat besar untuk pariwisata kita.

| Februari 2009 35


Trip

Menikmati Wisata Safari di Kruger National Park Bagi pencinta wisata safari, Afrika adalah surganya. Dengan cukup leluasa pengunjung bisa mengamati kehidupan binatang liar di habitat asli mereka. Berikut penuturan Reese Kaplan kepada TravelWan tentang pengalamannya menjelajah Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan, mengamati kehidupan binatang liar plus mencicipi dagingnya.

S

etelah perjalanan udara selama 19,5 jam dari New Jersey, Amerika, ke Johanesburg, Afrika Selatan, wajar kalau saya dan seorang teman berharap bisa istirahat dengan cukup begitu tiba di penginapan. Nyatanya pesta menyambut hari raya Natal diselenggarakan semalam suntuk di sana. Saya sama sekali tidak menentang pesta, tapi jika terlalu gaduh, tentu mengganggu tamu yang ingin beristirahat seperti saya saat itu. Belum lagi paginya sarapan jadi terlambat karena staf dapur masih pusing akibat mabuk-mabukan semalam. Untung sarapannya cukup enak, walau menunya lebih sederhana dari yang seharusnya.

36 Februari 2009 |

Masih dalam kondisi mengantuk, kami berangkat ke Taman Nasional Kruger. Untungnya hanya kami berdua dalam rombongan kami, yang dipandu oleh Alfie. Padahal rombongan safari lainnya bisa sampai 16 orang. Oleh agen perjalanan di New Jersey kami diberitahu bahwa kami akan menginap di kabin dengan pendingin ruangan. Karena itu kami merasa kecewa saat kami memasuki area perkemahan (campsite) yang terdiri dari tenda-tenda besar. Tenda yang kami

tempati berisi dua tempat tidur dari kayu, kipas angin dan lemari es kecil. Untuk kamar mandi dan toilet berada di bangunan terpisah yang digunakan bersama. Sebenarnya tenda itu cukup nyaman karena dilengkapi dengan pintu yang bisa dikunci dan teras kecil. Hanya saja kami berharap agen perjalanan mengatakan sejujurnya dari awal. Perkemahan dikelilingi oleh pagar pendek yang dialiri listrik dan pintu gerbang yang ditutup setelah pukul 6.30 malam, demi keamanan karena pada jam itu pemangsa seperti singa, hyena, harimau dan anjing liar biasanya mulai berkeliaran mencari mangsa. Sesi pertama safari dimulai siang menjelang sore. Binatang pertama yang kami jumpai adalah sekelompok impala, yang masih bersaudara dengan rusa. Binatang ini populasinya paling banyak di Kruger. Lalu kami bertemu dengan beberapa jerapah


yang berdiri di tengah jalan yang dibuat untuk kendaraan safari. Mereka dengan tenang melanjutkan acara makan sore walau mobil kami semakin mendekat. Alfie menerangkan bagaimana membedakan jerapah jantan dan betina dari tonjolan semacam tanduk di kepala mereka. Binatang lain yang kami jumpai kemudian diantaranya kudu yang dagingnya bisa dijumpai di restoran di kota, serta monyet yang berbulu seperti beludru berwarna kebiruan dan babon dengan bulunya yang berwarna kemerahan. Ketika kami mendengar seseorang dari rombongan lain berteriak ada badak, saya tak menyangka kalau ia bisa sebesar itu. Tak heran jika ia bisa dengan mudah membalikkan sebuah mobil. Lalu kami lihat bola-bola kotoran yang tampak menggelinding sendiri. Setelah diamati lebih dekat ternyata bola-bola sebesar bola tenis itu didorong oleh kumbang yang akan menggunakannya untuk meletakkan telur mereka. Bola-bola kotoran tersebut akan memberikan kehangatan dan nutrisi buat anak-anak mereka. Kami kembali ke kemah sesaat sebelum pintu gerbang ditutup. Kami menikmati makan malam berupa steak, lengkap dengan jagung dan sayuran

tidak menggunakannya. Kudanil itu terkejut dan berlari dengan cepat, masuk ke dalam kubangan. Walau dikelola sebagai tempat kunjungan wisata, pengelola Taman Nasional Kruger tidak menyediakan air minum atau makanan untuk binatang-binatang yang hidup di dalamnya. Mereka bisa bertahan hidup atau mati sepenuhnya alami, tanpa campur tangan manusia. Karena itulah ketika ada seekor ular piton yang sedang melilit seekor impala sampai menemui ajalnya, sebagian pengunjung tak tega untuk melihatnya. Taman juga menyediakan tempat istirahat dimana pengunjung bisa minum jus buah-buahan tropis ditemani berbagai macam burung berbulu indah dan bersuara merdu. Ketika berada di rest area, saya melihat seekor monyet yang lucu. Saya berusaha memotretnya, tapi kelincahannya membuat saya frustrasi. Ketika mencoba menghilangkan frustrasi dengan membuang muka ke kanan, saya amat terkejut mendapati seekor gajah yang sangat besar lewat beberapa meter dari tempat saya jongkok. Orang pasti berpikir binatang seberat empat ton seperti itu, tentunya

Taman Nasional Kruger tidak menyediakan air minum atau makanan untuk binatang-binatang yang hidup di dalamnya. Mereka bisa bertahan hidup atau mati sepenuhnya alami, tanpa campur tangan manusia. lain, serta bir dan anggur. Pagi sebelum matahari terbit, kami mulai lagi perjalanan safari yang merupakan rute menuju ke campsite kedua. Binatang pertama yang kami jumpai adalah kudanil yang sedang merumput di dekat kubangan. Binatang ini sebenarnya pemalu, akan tetapi ia bisa sangat agresif kalau merasa ada pengganggu di area kekuasaannya. Jika Anda bertemu kudanil saat ia keluar dari kubangannya, ia akan menghindar atau kembali masuk ke kubangan. Akan tetapi jika ada orang yang berada di antara kudanil dan kubangannya, ia akan berlari dan menyerang orang tersebut karena dianggap sebagai ancaman. Meskipun badannya besar, kudanil bisa berlari sangat cepat. Saya bisa melihatnya ketika ada pengunjung yang memotret menggunakan lampu kilat, meski sebelumnya telah diperingatkan untuk

akan terdengar langkah kedatangannya. Nyatanya tidak. Di campsite ke dua, yang bernama Skukuza, barulah kami mendapatkan apa yang dijanjikan agen perjalanan kami di New Jersey. Kabin berupa bangunan permanen beratap bulat dengan ruangan ber-AC dan kamar mandi di dalam. Tapi entah kenapa, ternyata kami lebih nyaman dengan tenda, terasa lebih natural. Seperti di campsite sebelumnya, di sini juga terdapat toko yang menjual berbagai suvenir khas Afrika. Kali ini kami menemukan buku yang kami cari, berisi binatang-binatang yang menghuni Kruger. Toko tersebut juga menjual daging berbagai binatang yang dikeringkan. Saya penasaran dengan daging gajah dan mencobanya. Ternyata rasanya sangat aneh dan melekat cukup lama di lidah. Wuih!! Hari berikutnya kami menuju campsite ke tiga, Tamboti. Akomodasi kembali

White Rhino (Badak Putih)

Zebra

Lion (Singa)

Leopard (Macan tutul)

Kudu

berupa kemah. Tidak ada toko di sini dan lebih sedikit orang yang menginap, menjadikan suasana lebih tenang dan nyaman. Dalam perjalanan safari berikutnya barulah kami bisa menyaksikan adegan yang selama ini hanya dapat saya saksikan di televisi. Seekor cheetah berusaha mendapatkan mangsa dengan mengejar sekelompok impala yang lari tunggang langgang menyelamatkan nyawa. Walau cheetah tersebut gagal mendapatkan mangsanya, pemandangan tersebut merupakan hadiah Natal terindah yang pernah saya dapatkan.

| Februari 2009 37


Hotel&Restaurant | Advertorial

Pulau Umang Resort Hotel,

‘The Beauty of Nature… Beyond Your Imagination’ Trend global ‘back to nature’ merupakan gaya hidup yang paling banyak diminati oleh masyarakat kota besar saat ini sebagai sarana rekreasi yang menyehatkan dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup. Rekreasi ‘back to nature’ mempunyai kelebihan karena selain menyehatkan juga menyadarkan manusia bahwa kelestarian lingkungan harus terus dijaga agar ada keseimbangan didalam kehidupan manusia.

40 Februari 2009 |

D

engan konsep ‘The Beauty of Nature…Beyond Your Imagination’, PULAU UMANG RESORT HOTEL menghadirkan sebuah resort bernuansa alam yang dirancang sedemikian rupa sehingga sentuhan bangunan dan keindahan alam sekitarnya memberikan kemewahan dan kenyamanan tersendiri. Mereka yang datang akan merasakan seperti berada disuatu tempat tersembunyi yang jauh dari hingarbingar perkotaan. Merupakan tempat yang ideal untuk beristirahat dan memberi refreshing bagi yang jenuh dengan rutinitas kehidupan metropolitan. PULAU UMANG RESORT HOTEL


Jika berkunjung ke tempat ini, PULAU UMANG RESORT HOTEL menawarkan kepada setiap pengunjung berbagai kegiatan alam bebas seperti mengunjungi, Bukit Legon The Outbound Adventure yang Berada diatas bukit dengan pemandangan laut bebas yang spektakuler. Tempat ini merupakan area outbound yang lengkap untuk penyelenggarakan aktivitas ‘back to nature’, dengan kombinasi tracking ke bukit, rakit di sungai dan saung tradisional. Didukung oleh sekelompok pecinta alam yang kreatif

dan professional di bidang pengembangan sumber daya manusia dengan petualangan di alam bebas. Selain itu ada juga kegiatan Pulau Umang Summer Camp, sebuah kegiatan yang akan dipandu oleh team professional, dengan menawarkan program outing yang dirancang khusus untuk anak-anak dalam rangka mengenal potensi dan kelebihan dirinya sekaligus mengenal lingkungan dan alam sekitarnya. Tak hanya itu, PULAU UMANG RESORT HOTEL juga memiliki

Pelangi di sore hari menjelang sunset

Pulau Umang tampak malam hari

terletak 183 km dari Jakarta dan ditempuh selama kurang lebih 4 jam perjalanan dengan kendaraan, kemudian perjalanan dilanjutkan menyeberang dengan kapal hanya sekitar 5 menit. Dari kejauhan sudah terlihat dan terasa suasana panorama alam yang asri nan mempesona dengan pemandangan perbukitan di Pulau Jawa, PULAU UMANG RESORT HOTEL saat ini memiliki 60 kamar bernuansa natural yang semuanya terletak di tepi pantai dengan fasilitas layaknya hotel berbintang seperti leisure spa, swimming pool, kids pool, jacuzzi, ‘Sunrise Café’ yang menyuguhkan makanan lokal maupun internasional, tenis meja dan aktivitas olah raga air.

Pantai yang bersih & permukaan air laut yang jernih

| Februari 2009 41


Hotel&Restaurant | Advertorial

aktivitas senam pagi

Para wisatawan dapat melihat ikan-ikan berenang di bawah dek penyambutan Pulau Umang

program-program lain yang bisa Anda pilih seperti Hill adventures, river trip, kids outdoor activities dan banyak lagi. Dengan lokasi, fasilitas dan kegiatan yang menarik. Menginap di PULAU UMANG RESORT HOTEL memang memberikan manfaat yang luar biasa karena resort ini merupakan tempat yang tepat untuk melakukan refreshment. Dengan point of view keindahan alam yang luar biasa ditambah dengan area snorkeling spot yang sangat indah, akan menciptakan rasa nyaman dan bahagia yang membuat Anda akan merasa betul-

betul fresh dan menyatu dengan alam. Apalagi jika mengikuti program ‘training by heart’, atau mengelola ‘ruang pikir’ yang dipandu oleh Christian PB Halim, Insight Consulting, yaitu sebuah kegiatan yang memanfaatkan kekuatan ‘ruang hati’ karena sering lupa digunakan orang, akan memberi hasil berlipat ganda yang akan membuat pikiran Anda kembali fresh dan segar. Dengan berbagai fasilitas yang ada, PULAU UMANG RESORT HOTEL menjadi salah satu pilihan utama untuk berlibur maupun untuk mengadakan acara meeting,

PULAU UMANG RESORT HOTEL mempunyai beberapa faktor yang dapat memberikan kenyamanan para wisatawannya dalam berlibur, yaitu :

1. Lokasi Pulau Umang terletak di teluk yang terlindung aman dari gelombang yang berasal dari laut lepas, karena terbendung: • Sebelah utara oleh Tanjung Lesung • Sebelah selatan oleh Ujung Kulon • Sebelah barat oleh Pulau Panaitan • Sehingga gelombang disekitar Pulau Umang tidak terlalu besar (hampir seperti danau) • Lokasi bukit Tangkil Sari berada di ketinggian 75 meter diatas permukaan laut, 750 meter dari pantai • Lokasi bukit Ciparahu berada di ketinggian 40 meter diatas permukaan laut, 350 meter dari pantai • Lokasi bukit Legon berada di ketinggian 35 meter diatas permukaan laut, 350 meter dari pantai 2. Jarak Pulau Umang dengan Pulau Jawa (Main Land) hanya sekitar 1 mil (dapat ditempuh dengan shuttle boat dalam waktu 5 – 10 menit) 3. Seluruh bangunan resort & room dibangun dengan

42 Februari 2009 |

Kabin Spa

Swimming pool by the lobby

company gathering, outbound team building, pelatihan, pre-wedding foto, wedding party, honeymoon, maupun kegiatan lainnya sekaligus menikmati suasana alam bebas yang menyegarkan.

desain anti gempa (berupa rumah panggung dengan struktur tiang-tiang beton dan atap ringan) 4. Sampai dengan saat ini kami bersyukur bahwa Pulau Umang aman dari gempa, termasuk ketika terjadi gempa di Lampung & tsunami di Pangandaran beberapa waktu yang lalu, sama sekali tidak berdampak ataupun terasa di Pulau Umang 5. Di informasikan pula bahwa Pulau Umang telah menjalin komunikasi intens dengan BMG setiap saat dan kami juga memiliki prosedur “Safety Regulation” termasuk “System Emergency Evakuasi” yang dikuasai oleh seluruh staff & karyawan kami. Sales & Marketing office Jakarta

Barcelona Square E9 / RK53, Nusa Loka Sektor 14, BSD City, Tangerang Telp: (021) 5315 3008 HP.: 0856 7160 999 Fax: (021) 5315 7299 E-mail: promotion@pulau-umang.com marketing@pulau-umang.com umanglovers@yahoogroups.com http://groups.yahoo.com/group/umanglovers Website : www.pulau-umang.com


location: Grand Indonesia, Jakarta

your one-stop solution for photography

A2Kphoto Corporate Aerial Events Food Contact: +62 815 892 3820

client: Erha Clinic

client: En Dining

Human Interest Product Sports Travel

Wedding Pre-Wedding Architecture, etc


Hotel&Restaurant

TanaKita, Sensasi Berkemah Dengan Nuansa Hotel

Gaya hidup kembali ke alam kini menjadi tren masyarakat perkotaan seiring adanya kebutuhan untuk berpaling sejenak dari rutinitas dan hiruk pikuknya metropolitan. Aktivitas luar ruangan seperti berkemah (camping) dapat menjadi pilihan untuk bersantai dengan menikmati keindahan pemandangan alam dan menghirup udara yang sejuk.

K

egiatan berkemah yang dahulu dianggap merepotkan karena harus membawa perlengkapan seperti tenda atau kantung tidur, sekarang bukan lagi menjadi masalah. Berdiri pada tahun 2005, TanaKita five star camp menawarkan suasana berkemah dengan fasilitas layaknya sebuah hotel lengkap dengan kamar mandi dan toilet yang bersih dan nyaman. Anda yang tertarik untuk berkemah tetapi tidak mau repot, hanya perlu membawa obat-obatan dan perlengkapan pribadi untuk kemudian menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan di sini. TanaKita Representative Fahrizal Iskandar menjelaskan bahwa keunikan dari tempat ini yaitu berkemah dengan model lifestyle dalam arti nuansa camping atau kegiatan out door tidak hilang. Sementara fasilitas yang selama ini menjadi keluhan

44 Februari 2009 |

orang berkemah diminimalisir misalnya dengan disediakannya kasur sebagai tempat tidur. Kasur yang terdapat di sini adalah kasur busa dan untuk menambah kenyamanan tidur disediakan pula bantal. “Untuk mencegah supaya tidak lembab, tenda memang sengaja dipasang tidak menempel langsung ke tanah tetapi dipasang di atas palet. Di bawah kasur terdapat matras sedangkan sebagai pengganti selimut, kita menyediakan sleeping bag,” ujar Fahrizal. Berlokasi di Situgunung, Sukabumi, area perkemahan yang dikelola oleh Rakata Adventure ini menempati lokasi seluas 2 ha yang terbagi dalam lima area. Di blok depan yang merupakan jalan masuk terdapat highrope complex yaitu sebuah tempat yang diperuntukkan sebagai lokasi permainan di ketinggian seperti Flying Fox dan juga dapur. “Permainan di ketinggian ini berseri yaitu ada sekitar lima sampai enam

Suasana perkemahan di waktu malam

permainan yang harus diselesaikan oleh para peserta,” katanya. Berdekatan dengan area highrope terdapat toilet dan areal perkemahan blok atas yang disebut juga blok elang. Karena berlokasi di daerah pegunungan yang tentunya tidak rata, tempat berkemah ini terbagi dalam tiga blok yaitu blok atas, blok tengah dan blok bawah. Kapasitas perkemahan ini dapat menampung maksimal 150 orang. Namun menurut Fahrizal, untuk jumlah idealnya sekitar 70 orang, artinya tenda yang dipasang tidak terlalu berhimpitan. “Blok tengah merupakan favorit pelanggan karena pemandangannya yang dianggap lebih bagus. Sementara bagi mereka yang menginginkan suasana yang lebih tenang menyukai blok bawah,” tambahnya. Untuk berkemah pelanggan akan mendapatkan tenda dengan kapasitas kamar satu, empat sampai enam orang. Mereka


tidak dapat memilih tenda karena tempatnya telah disesuaikan oleh TanaKita. Setiap tenda disediakan perlengkapan standar seperti tiga buah colokan, tempat sampah dan rak untuk menggantung handuk. “Perkemahan ini tiap bulannya dikunjungi sekitar 300 sampai 400 orang sehingga setiap minggunya selalu penuh,” imbuhnya. Fahrizal menambahkan bahwa pelanggan di sini rata-rata adalah perusahaan dan keluarga. Mereka biasanya menginap selama dua malam. Untuk bulan-bulan yang bukan merupakan masa libur sekolah, akhir minggu khusus diperuntukkan bagi perusahaan. “Untuk tahun ini kami berencana membuka program khusus untuk anak-anak. Mudahmudahan rencana tersebut dapat terlaksana,” tambahnya. Ia menjelaskan untuk membuat program yang bekerjasama dengan sekolah agak sulit karena bicara mengenai pendidikan harus sesuai dengan kurikulum sekolah. “Tetapi kami juga pernah mengadakan program untuk anak-anak yang bekerjasama dengan sekolah, seperti yang kami lakukan dengan sekolah Cikal di TB. Simatupang,” katanya. Perkemahan ini juga menawarkan beberapa jenis tenda bagi pelanggannya yaitu tipe standar berisi enam orang, tipe standar berisi empat orang, tipe deluxe, tipe VIP dan VVIP. Harga yang ditawarkan bervariasi dari Rp290.000 per orang untuk tipe standar berisi enam orang

sampai yang termahal tipe VVIP seharga Rp870.000 untuk satu malamnya. Harga ini hanya untuk akomodasi artinya jika pelanggan ingin menikmati fasilitas lain seperti permainan atau makan, mereka harus membayar biaya tambahan. Saat ini TanaKita memiliki dua bangunan kamar mandi. Bangunan kamar mandi lama berada di blok atas yang terdiri dari lima kamar mandi shower dengan fasilitas air panas, lima toilet dan tempat cuci tangan. Karena masing-masing untuk pria dan wanita maka semuanya berjumlah 20 pintu. Kamar mandi yang baru, dibangun di blok bawah, masing-masing terdiri dari tiga kamar mandi shower dan dua toilet. Walaupun sebagian besar toilet yang ada merupakan toilet duduk tetapi di sini juga disediakan satu toilet jongkok di tiap kamarnya. Selain berkemah, pelanggan juga bisa melakukan kegiatan menarik lainnya seperti melihat pemandangan desa, menikmati air terjun Sawer, melihat-lihat pemandangan danau Situgunung, memerah susu sapi ataupun trekking di seputar punggung area perkemahan. Untuk menghabiskan malam, pelanggan juga bisa menikmati api unggun sambil mendengarkan sajian live music yang ditampilkan secara akustik atau full band. Kegiatan ini tentunya

dapat dinikmati dengan biaya tambahan. Fahrizal menegaskan walaupun tempat ini menyediakan jasa akomodasi tetapi tempat ini bukanlah hotel. Hal ini untuk mencegah pandangan yang salah dari pelanggan yang dapat mengakibatkan ketidakpuasan mereka. Menurutnya sebagai

tempat berkemah yang mewah, tempat ini juga harus bisa memberikan pelayanan seperti layaknya di sebuah hotel. “Ini pembuktian yang harus kita berikan ke pelanggan,” katanya.

| Februari 2009 45


Hotel&Restaurant

SIP Wine Bar & Restaurant

Tempat “sip” bagi Wine Society Dari namanya pasti Anda sudah menduga bila tempat ini memang didedikasikan bagi wine lovers. SIP Wine Bar & Restaurant yang terletak di kawasan Seminyak Bali baru-baru ini membuka pintunya bagi para penggemar wine dan masakan khas Perancis.

46 Februari 2009 |

B

ar yang diperuntukan bagi wine lovers ini bisa dimanfaatkan buat meeting dengan rekan maupun klien sambil rileks dan mencicipi hidangan khas Perancis. Dengan cozy ambience yang ditawarkan SIP Wine Bar & Restaurant, tempat ini dapat menjadi salah satu alternatif saat Anda berada di Pulau Dewata. Seperti yang dijelaskan oleh Christian Vanneque, pemilik SIP, bar ini menawarkan 3 kategori wine, khusus untuk membantu para penggemar wine, baik yang masih pemula maupun para pakar. Kategori easy-going-wines memperkenalkan wine yang menarik dengan harga yang terjangkau dari Rp70.000 per gelas hingga Rp350.000 per botol. “Sementara untuk kategori The Sommelier’s Corner, lebih mengarah

ke wine yang dihasilkan oleh para pemilik kebun anggur, seperti Chateaux dari Bordeaux yang saat ini agak sulit dicari dari New World,” ujar Christian sumringah. Untuk kategori Wine Climax, lanjutnya, memberikan pilihan yang sangat unik dari koleksi-koleksi wine yang tidak mudah didapatkan dari Old & New World termasuk Magnums. “Saat ini koleksi wine dari SIP Bar mengapai 135 jenis dengan harga yang dipatok Rp350.000 untuk Chateau Petrus 1993”. Sajian makanan khas Perancis olahan dari Excutive Chef, Patrick Chauchereau yang memiliki segudang pengalaman, bertanggung jawab atas kualitas masakan dapur SIP. Disediakan pula sajian ala brasserie Perancis seperti Escargot in Garlic Butter, home made pates, Puy letil Salad, Salmon Aspic dan salah


Tampak depan SIP Wine Bar yang terletak di Jalan Raya Seminyak, Kuta, Bali (Kiri)

satu keunggulannya Terrine of Foie Gras Maison. Sedangkan hidangan utama diantaranya Sauteed Frog Legs, Tete de Veau Ravigotte, Sauteed Calf’s Kidney’s dan Calf’s Liver, Hachis Parmentier, Steak Tartar, Duck Breast from Barbarie, Grilled Australian rib Eye Steak dan Black Pepper Steak dengan rasa fenomenal. Pada umumnya harga hidangan utama berkisar dibawah Rp100.000. “SIP Wine Bar buka setiap hari mulai dari jam 12 hingga 23.30 kecuali hari Minggu untuk lunch, tutup. Tempat ini bukan hanya

diperuntukan bagi komunitas wine saja, tetapi juga terbuka bagi kalangan publik yang mencari tempat hang-out yang unik,” kata Christian mantap.

| Februari 2009 47


Hotel&Restaurant

Makanan spesial karya Lokananta Team (Searah jarum jam dari kiri atas): Ribs Soup, Cappuccino, Chocolate mousse, Buntut Goreng Lokananta, Ribs with Red wine Sauce, & Triple saussage with mayo cheese

Lokananta, Where Guest is a Friend

D

iambil dari Bahasa Sansekerta, Lokananta mempunyai arti tempat peristirahatan para dewa. Tamu-tamu boleh santai seperti layaknya dewa-dewi dan merasa Lokananta bak rumah sendiri. Itulah konsep restoran yang terletak di Jalan Panglima Polim ini. “Seorang dewa bukanlah raja karena raja biasanya selfish, sedangkan dewa bisa membina hubungan pertemanan yang lebih tak terpatahkan,” kata Hendri Syamsul,

48 Februari 2009 |

manager F&B dan konsultan Lokananta. Kenyamanan suasana takkan lengkap tanpa hidangan yang pas. Di Lokananta, Anda bisa menikmati sop buntut goreng yang khas Lokananta, Nasi Goreng Gila, Calamari Chicken Steak, dan Gunbound. “Namanya sengaja kami ambil seperti nama games dan terbukti, seperti games yang bikin addict, minuman ini banyak dicari tamu. Banyak yang mencoba meniru menu-menu kami, tapi rasanya tak akan pernah sama,” kata Hendri.

Sengaja tidak membidik pasar tertentu, pengunjung Lokananta toh sepertinya bisa dikelompokkan dalam beberapa grup. Di siang hari banyak dikunjungi eksekutif muda untuk makan siang bersama atau dengan clients sambil browsing internet, karena memang di restoran ini tersedia free wi-fi. Di akhir pekan, Lokananta menjadi tempat hang-out bagi anak-anak muda. Soal harga, meminjam istilah Hendri, “Rp50.000 udah kenyang. Ini tidak mahal, melihat kualitas dan kuantitas makanan yang kami sajikan. Apalagi proses masaknya juga alami. Untuk grill, kita pakai arang batok kelapa yang membuat makanan jadi lebih gurih.”


Insert

e r u at en e F al Bant i c Spe pinsi Pro

Potensi Bisnis:

Sawarna, Menuju 'Balinya Banten' Destinasi:

Dari Pantai Anyer Sampai Sungai Ciberang Oleh-Oleh:

Sate Bandeng, Fosil Kayu dan Kerajinan Akar Mahoni Dining:

'One-Stop Service' di Griya Anyer

Menuju 'Balinya Banten'

| Februari 2009 49


TravelWanInsert

Desa Sawarna mempunyai hampir segalanya untuk menjadi tempat tujuan wisata favorit. Penduduk yang ramah dengan tradisi Islami yang kuat, pantai yang indah, flora dan fauna yang cukup beragam, jalan beraspal yang mulus serta lokasi geografisnya yang pegunungan membuat pemandangan ke arah pantai menjadi amat mengagumkan.

Sawarna

Menuju ‘Balinya Banten’

K

etika TravelWan berkunjung ke desa ini, kesan pertama yang tampak adalah alamnya yang asri dan udara yang sejuk. Tak banyak kendaraan yang masuk sampai ke desa (padahal hari itu hari Sabtu) karena memang jaraknya cukup jauh dari gerbang selamat datang. Mereka umumnya berhenti di pantai yang dekat dengan gerbang, padahal garis pantai yang masuk ke dalam jauh lebih bagus. Garis pantai ini dinamai Ciantir dan Tanjung Layar. “Memang untuk menuju ke Ciantir tidak mudah karena ada sungai lebar dan dalam yang memisahkan pantai dan daratan.

50 Februari 2009 |

Hanya ada jembatan gantung untuk menuju ke sana. Tidak banyak orang yang merasa nyaman untuk menyeberanginya. Itulah sebabnya kami ingin sekali membangun jembatan permanen untuk menggantikan jembatan gantung tersebut,” kata Erwin Komarasukma, Kepala Desa Sawarna. Menurutnya, begitu jembatan permanen selesai dibangun, Sawarna akan berkembang menjadi tempat wisata pantai yang bisa menjadi kebanggaan bagi Banten. “Sayangnya sampai sekarang belum ada kepastian kapan jembatan permanen tersebut bisa dibangun karena terbentur dana.” Biaya untuk membangun jembatan permanen sepanjang 60 meter tersebut diperkirakan

berkisar antara Rp1,5 sampai Rp2 milyar. “Kami juga telah membuat master plan untuk pengembangan wisata pantai tersebut setelah jembatan dibangun,” lanjut Erwin. Pemerintah daerah telah menyiapkan lahan seluas 16 ha yang dialokasikan untuk pembangunan komplek wisata pantai tanpa merusak lingkungan dan keindahannya. Di lahan ini nanti bisa dibangun komplek pertokoan di mana suvenir dan kerajinan tangan penduduk setempat dipasarkan, penginapan mulai dari rumah


nelayan yang juga berfungsi sebagai homestay sampai villa air, resort dan hotel, waterpark, restoran dan lain-lain. Setelah komplek dibangun, bukan berarti lalu masuk ke pantai tersebut harus bayar. “Tidak; karena pantai itu milik masyarakat Sawarna. Kalau harus bayar, berarti penduduk Sawarna harus bayar juga. Kami ingin seperti Bali, dimana setiap orang bebas untuk menikmati pantai, tapi pemerintah daerah dapat

pemasukan dan penduduk setempat pun bisa meningkatkan kesejahteraan mereka,” kata Erwin. Awalnya, menurut kepala desa tersebut, ada yang keberatan karena takut pengaruh asing terhadap penduduk setempat. “Setelah melakukan berbagai berdialog, kini kami sepakat dan siap untuk menyambut segala jenis wisatawan. Belajar dari Bali, kami telah membentengi diri dengan tradisi dan norma-norma yang diterapkan

Bagi yang tertarik untuk berinvestasi di sini, ada baiknya untuk mulai membeli tanah sekarang ketika harganya masih relatif sangat murah. Per meter persegi berkisar antara Rp10.000Rp60.000, tergantung lokasinya. Harga tersebut kemungkinan besar akan meroket ketika jembatan permanen jadi dibangun.

sejak usia dini.” Dengan demikian, para wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi yang berbasis tradisi, penganan khas lokal dan kerajinan tangan yang juga khas Sawarna. Desa seluas 4.200 ha ini berpenduduk 5.860 kepala keluarga. Pantai di Sawarna, terutama Tanjung Layar dan Ciantir, amat disukai turis asing untuk surfing karena ombaknya sangat bagus terutama di bulan Mei-Oktober. Saat ini kebanyakan turis asing datang dari Pelabuhan Ratu dengan menaiki pesawat ringan. “Mereka langsung balik lagi ke Pelabuhan Ratu setelah selesai, akibatnya tidak ada pemasukan buat kami. Dengan dibangunnya jembatan permanen dan fasilitas penginapan, diharapkan turis tersebut akan membelanjakan uang

Kawasan Wisata Serang Utara Kawasan Wisata Tangerang Utara

Pantai Sawarna

Kawasan Wisata Pantai Barat Serang-Cilegon

Kawasan Wisata Kota Tangerang

Kawasan Wisata Ciomas

Factsheet 1 Desa Sawarna

Kawasan Wisata Pantai Barat Pandeglang

Mata pencaharian penduduk: Petani, nelayan dan pengrajin kayu.

Kawasan Wisata Tigaraksa Kawasan Wisata Kota Pandeglang

Kawasan Wisata Pantai Sumur

Hasil bumi: Padi, kelapa, palawija, kayu jati dan mahoni, batubara, dan ikan. Aktifitas wisata: Surfing, canoeing, caving, photo hunting, pertunjukan budaya.

Kawasan Wisata Banten Kepulauan

Kawasan Wisata Leuwidantar

Kawasan Wisata Kota Serang

Kawasan Wisata Tangerang Selatan

Kawasan Wisata Rangkasbitung

Kawasan Wisata Lebak Tengah

Kawasan Wisata Pantai Selatan Lebak

Kawasan Wisata Ujung Kulon

Kawasan Wisata Sawarna

| Februari 2009 51


TravelWanInsert

apa bentuk pengembangannya. Pemda propinsi berfungsi memberikan dukungan infrastruktur seperti jalan, listrik, dan pelatihan-pelatihan untuk pelaku pariwisata, misalnya tour guide dan hospitality,” kata Teddy Rukman, Kepala Pemasaran Dinas Pariwisata Propinsi Banten. Teddy menambahkan peran penting lain yang diemban pemda propinsi adalah promosi. Selain mengikuti acara di luar daerah ataupun di luar negeri, berbagai acara digelar untuk mempromosikan keanekaragaman produk wisata di Banten. Acara yang setiap tahun

Selain pantai, Sawarna juga mempunyai 23 gua yang indah dan unik. Sebagian gua berada di gunung, selebihnya di pantai. Di desa ini juga terdapat makam John Louis Van Gogh, salah satu keturunan pelukis Belanda terkenal Vincent Van Gogh. Factsheet 2 Desa Sawarna Transportasi: Bus: Cimone-Bayah 6.00 pagi Bus: Jakarta Serang, sambung Elf ke Bayah/ Malimping Bus: Jakarta– Rangkasbitung, sambung Elf ke Bayah Bus: Jakarta– Pelabuhan Ratu, sambung Elf ke Bayah Ke Sawarna: sambung naik ojek. Kondisi jalan: Beraspal mulus, naik turun, berkelok-kelok, dan agak sempit untuk dua jalur. Akomodasi: Semua rumah penduduk di Desa Sawarna; bisa minta disediakan makan. * Tidak semua rumah mempunyai toilet. Sebagian penduduk masih menggunakan sungai sebagai tempat mandi dan aktivitas ke belakang.

52 Februari 2009 |

mereka di sini,” kata Erwin. Saat ini memang ada yang mau menginap di rumah-rumah penduduk desa, tapi tidak banyak, lanjutnya. Bagi yang tertarik untuk berinvestasi di sini, ada baiknya untuk mulai membeli tanah sekarang ketika harganya masih relatif sangat murah. Per meter persegi berkisar antara Rp10.000-Rp60.000, tergantung lokasinya. Harga tersebut kemungkinan besar akan meroket ketika jembatan permanen jadi dibangun. Menurut Erwin, sejumlah orang dari Jakarta, Bogor dan Sukabumi telah memiliki sebidang tanah di Sawarna. “Mereka sudah membeli tanah di sini tapi sepertinya untuk pemanfaatannya masih menunggu perkembangan lebih lanjut tentang realisasi master plan tersebut.” Selain pantai, Sawarna juga mempunyai 23 gua yang indah dan unik. Sebagian gua berada di gunung, selebihnya di pantai. Flora dan faunanya juga cukup beragam. Jangan heran jika Anda melihat seekor induk monyet yang sedang bermain dengan anaknya

di jalan raya. Sayangnya, binatang di sini masih tergolong ‘pemalu’. Mereka akan segera lari masuk hutan begitu didekati, jadi susah untuk memotretnya. Di desa ini juga terdapat makam John Louis Van Gogh, salah satu keturunan pelukis Belanda terkenal Vincent Van Gogh. Sawarna hanyalah satu dari 18 area wisata yang masuk dalam program pengembangan pemerintah daerah (pemda) propinsi Banten. Daerah lainnya adalah Rangkasbitung, Tiga Raksa, Lebak Tengah, Pantai Selatan Lebak, Tangerang Selatan, Kota Serang, Banten Kepulauan, Kota Tangerang, Tangerang Utara, Serang Utara, Pantai Barat SerangCilegon, Ciomas, Pantai Barat Pandeglang, Pantai Sumur, dan Ujung Kulon. “Meski masuk dalam program pengembangan pemda propinsi, tapi pemerintah daerah masingmasing mempunyai kewenangan penuh untuk menentukan seperti Kondisi jalan yang berkelok-kelok di Desa Sawarna

diadakan meliputi Gebyar Wisata Banten di bulan Oktober, Wisata Krakatau, Seren Taun dan Pemilihan Kang Nong. “Di Banten, sektor pariwisata menempati urutan kedua dalam menyumbang pendapatan asli daerah,” katanya. Ia menambahkan bahwa di tahun 2009 jumlah turis asing yang datang diperkirakan mencapai 100.000, tidak jauh beda dengan perolehan tahun 2008.


[ Destinasi ] Sejauh mata memandang, terlihat hamparan padi menguning. Sesekali muncul semburat cahaya kemerahan terobosan sinar sang mentari dari balik awan. Mata terasa begitu teduh ketika melihat deretan pohon-pohon kelapa berdiri tegak, seolah menjadi batas tegas saat menikmati keindahan pantai dengan barisan pegunungan yang ada di kawasan Banten.

Napak Tilas

Pesona Banten yang Tak Berujung

B

anten memang memiliki objek wisata yang cukup lengkap. Mulai dari objek wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata budaya. Sepertinya idiom ‘Tuhan menciptakan Banten saat sedang tersenyum’ tak salah, karena daerah ini memang memiliki segudang potensi wisata yang dapat dinikmati dan tak berujung. Banten yang terletak delapan derajat di selatan garis katulistiwa, membuat kawasan ini beriklim tropis dengan dua musim yaitu hujan dan kemarau, dengan suhu udara rata-rata 28 derajat Celcius menjadikan alam Banten memiliki dua perpaduan yang apik yaitu, bagian Selatan Banten yang memiliki daerah berbukit landai dan bagian Utara yang merupakan daerah dataran rendah dengan pantai-pantainya yang indah. Kondisi geografis Banten yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat serta pintu gerbang lintas laut penghubung Pulau Sumatera dan Jawa menjadi salah satu faktor yang membuat pariwisata di kawasan ini tak pernah sepi pengunjung, terlebih berbagai aksesibilitas bagi para wisatawan sangat dimudahkan sehingga bisa menjangkau tempat-tempat destinasi yang ada.

| Februari 2009 53


TravelWanInsert

[ Destinasi ] Pantai Anyer

M

enikmati keindahan alam Banten memang membawa kita ke suatu destinasi dalam bingkaian suguhan alam yang menantang jiwa petualangan. Dan untuk menyusuri keindahan alam yang ada, jika melalui Jakarta dapat dimulai dari kawasan yang terdekat yaitu Pantai Anyer. Pantai yang terkenal sejak tahun 1980-an dan terkenal sebagai salah satu dari Seven Wonders of Banten (Tujuh Keajaiban Banten) lokasinya tidak terlalu jauh dari Jakarta. Dengan jarak sekitar 160 kilometer, perjalanan dari Jakarta bisa ditempuh sekitar dua jam menggunakan kendaran bermotor. Sedangkan dari Kota Serang, ibu kota Provinsi Banten, Pantai Anyer berjarak sekitar 35 kilometer. Di pantai ini Anda dapat menikmati panorama laut biru berlatar kaki langit yang juga biru. Hamparan pasir pantainya yang luas dan bersih menjadikan kawasan ini nyaman digunakan untuk melakukan kegiatan berenang, selancar atau menyelam. Menjelang sore hari, Anda bisa bersantai di bibir pantai sambil menikmati tenggelamnya matahari, yang temani oleh burung-burung laut yang terbang rendah dan sesekali menyambar ikan di sepanjang pantai, semua seakan mengukuhkan betapa indahnya kawasan ini. Bila bosan berada di tepi pantai, Anda juga bisa menikmati keelokan panorama Pantai Anyer dari atas mercusuar peninggalam jaman Belanda yang terdapat di kawasan tersebut.

Pantai Carita

S

etelah puas Anda bisa melanjutkan perjalanan ke obyek lain yang tak kalah indah yaitu Pantai Carita yang terletak di pesisir Selat Sunda. Kawasan ini merupakan destinasi wisata terkenal di Provinsi Banten. Letaknya yang strategis, karena berada di tepi jalan raya Carita-Labuan, memudahkan wisatawan untuk mengaksesnya. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta membuat pantai ini begitu populer, sehingga banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara, terutama pada akhir pekan dan hari-hari libur lainnya. Kawasan pantai yang terletak di

54 Februari 2009 |

Menjelang sore hari, Anda bisa bersantai di bibir pantai sambil menikmati tenggelamnya matahari, yang temani oleh burung-burung laut yang terbang rendah dan sesekali menyambar ikan di sepanjang pantai, semua seakan mengukuhkan betapa indahnya kawasan ini. Tanjung Carita ini memadukan hamparan pasir putih yang landai dengan hijau tetumbuhan khas pantai. Tidak terlalu jauh dari pantai terdapat Sungai Cikembang dan Sungai Cimeti yang berair jernih dan tampak serasi dengan hijau perbukitan yang menjadi latarnya. Pasir putihnya yang landai sangat mendukung aktivitas wisatawan, seperti berjemur dan berolahraga. Bagi Anda yang ingin memacu adrenaline, pantai sepanjang 3 kilometer ini juga menyediakan berbagai permainan yang menantang, seperti selancar, jet ski, speed boat atau banana boat. Tak jauh dari pantai, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti diving atau snorkeling di kawasan taman laut. Anda akan berdecak

kagum melihat aneka jenis ikan hias dan biota laut yang ada. Tentu semua ini dapat menimbulkan sensasi yang sulit dilupakan.

Wisata Ujung Kulon

B

ila masih penasaran dengan pesona pantai Barat, perjalanan bisa Anda lanjutkan hingga ke Ujung Kulon. Ada dua pilihan tujuan, yakni kawasan wisata Tanjung Lesung atau Pulau Umang di Ujung Kulon. Di lokasi itu, tempat matahari terbenam terasa semakin dekat. Untuk menuju Tanjung Lesung dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari kawasan Carita. Perjalanan menyusuri jalan negara dari Carita, Labuan, Panimbang, Citeureup lalu tiba di Tanjung Lesung. Hamparan lautan biru menjadi


[ Destinasi ] dinikmati selama perjalanan menuju ke pulau yang masuk dalam kawasan wisata Ujung Kulon tersebut. Di Pulau ini Anda bisa menginap atau sekedar berkeliling untuk menikmati pemandangan laut, gunung, hutan, dan bukit. Kalau waktu Anda masih cukup lama, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Taman Nasional Ujung Kulon, yang merupakan kawasan pelestarian alam terpenting di Indonesia. Yah, Ujung Kulon memang memiliki keanekaragaman hayati baik flora maupun fauna dan berabagai tipe vegetasi serta merupakan perwakilan ekosistem hutan hujan tropis dataran rendah yang tersisa dan terluas. Kondisi ini merupakan habitat yang ideal bagi kelangsungan hidup satwa langka seperti Badak bercula satu, banteng dan beberapa jenis burung, selain monyet, rusa dan lainnya.

pemandangan di sepanjang jalan menuju Tanjung Lesung. Laut serasa semakin dekat ketika memasuki daerah Citeureup, bahkan kabarnya kalau musim pasang tiba, ombak akan menghempas hingga ke jalan raya. Jika ingin berlibur di Tanjung Lesung, ada dua pilihan tempat untuk menginap. Di rumah-rumah penduduk yang dibuat homestay, atau menginap di resort dengan fasilitas yang tidak kalah dengan hotel berbintang di Jakarta. Di sini Anda tidak hanya menikmati pemandangan laut lepas tapi juga bisa melihat dari dekat lokasi konservasi terumbu karang di tengah laut. Tak jauh dari Tanjung Lesung atau 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan, Anda akan sampai di Kecamatan Sumur. Di kawasan ini akan terlihat sebuah pulau kecil berpasir putih dengan jejeran gazebo-gazebo kecil yang tertata apik dan indah. Itulah Pulau Umang, sebuah pulau seluas 5 hektar yang disulap menjadi tempat peristirahatan mewah. Untuk mencapai tempat ini membutuhkan waktu lebih kurang 10-15 menit dengan menggunakan perahu kecil, dari Sumur. Banyak pesona yang dapat

Gunung Krakatau

D

estinasi ini merupakan panorama Gunung yang masih aktif, karena letaknya yang di kelilingi lautan, aktifitas wisata bahari termasuk olah raga air seperti diving, snorkling dan lain-lain menjadi salah satu aktifitas yang ditawarkan kawasan ini. Akibat ledakan dasyat pada tahun 1883 telah mengubah seluruh habitat sehingga di sini dapat disaksikan awal mulanya kehidupan hewan dan tumbuh-tumbuhan. Secara geografis, kawasan ini masuk dalam daerah otonom Lampung, namun aksesibilitas lebih mudah dijangkau dari Provinsi Banten. Dan jika Anda ingin

melihat dari dekat keindahan gunung ini, bisa dilakukan dengan menyewa perahu baik dari Pantai Anyer, Carita maupun Tanjung Lesung. Dengan segenap pesona dan misteri alamnya yang sedemikian rupa, cukup alasan kiranya mengapa kawasan Gunung Krakatau dan sekitarnya senantiasa mengundang minat orang untuk berkunjung ke sana, baik para wisatawan yang hanya sekadar untuk bertamasya atau mencari inspirasi maupun kalangan ilmuwan yang datang dalam rangka penelitian. Apalagi ketika hari merangkak senja, eksotisme kawasan Gunung Krakatau kian kentara. Wisatawan akan terkagum-kagum melihat pesona matahari tenggelam dari punggung gunung ini, wisatawan dapat melihat keindahan Selat Sunda, Teluk Lampung yang indah, pesona pantai barat

Banten, lalu-lalang kapal penyeberangan Merak-Bakauheni yang selalu ramai, dan kerlap-kerlip bagan nelayan dari kejauhan.

Banten Lama

S

elain terkenal dengan obyek wisata pantai dan pegunungan, Provinsi Banten juga memiliki potensi wisata lain yang mempunyai nilai sejarah, yaitu objek wisata Banten Lama. Letaknya tidak jauh dari Kota Serang atau kurang lebih satu jam perjalanan, pesona kawasan ini tak lepas dari cerita kejayaan dan kemakmuran rakyat Banten pada masa lalu dan sisa-sisa kemajuan tersebut dapat dijumpai di beberapa kawasan ini. Sayangnya, bangunan-

| Februari 2009 55


TravelWanInsert

[ Destinasi ]

bangunan bersejarah peninggalan Belanda dan Kerajaan Islam Banten abad XVI-XVIII ini tidak terawat dengan baik. Memasuki kawasan Baten Lama akan terasa sangat kental nuansa releginya. Anda bisa mulai tur dengan langsung menuju ke Masjid Agung melalui jalan atau gang kecil. Sisi kiri dan kanan gang ini dipenuhi oleh para pedagang yang menawarkan berbagai souvenir khas Banten. Setiba di masjid, Anda akan menjumpai sebuah menara yang tinggi kurang lebih 15 meter, cobalah untuk menaiki menara karena dari atas akan terlihat pemandangan yang cukup indah. Anda bisa melihat masjid secara utuh atau menyaksikan Keraton Surosowan dengan tembok (benteng) yang mengelilinginya. Areal benteng tersebut sekitar tiga hektar. berbeda dengan benteng-benteng Eropa, di atas benteng tidak terdapat kupel atau bastion. Tetapi justru dibuat tiangtiang tinggi tempat prajurit mengamati keadaan di luar benteng. Pada masa Sultan Maulana Yusuf, putera Maulana

56 Februari 2009 |

Hasanuddin, benteng diperkuat dengan batu karang dan batu merah. Di sekeliling benteng digali parit-parit. Sementara di dalam istana dibangun kolam mandi dan sisa bangunan itu masih bisa terlihat. Hanya saja bentuknya tidak lagi indah karena situs ini memang kurang terawat.

Rawa Dano

T

empat lain yang bisa Anda kunjungi saat berplesir ke kawasan Banten adalah Rawa Dano yang terletak di Kampung Bojong, Desa Kaduagung Kecamatan Gunungsari. Tempat yang satu ini sebelumnya memang sudah dikenal banyak orang sebagai tempat beristirahat. Bahkan Dinas Pariwisata Kabupaten Serang menjadikan Rawa Dano sebagai salah satu objek wisata pemandangan. Pesona yang dimiliki Rawa Dano berupa danau yang berada di kaki bukit atau pegunungan. Jika matahari bersinar terang, akan tampak rawa di kejauhan. Hamparan air yang tampak menghijau, di sekitarnya tumbuh beraneka jenis tumbuhan air. Tetapi pada sore hari atau kala sinar matahari mulai berkurang, yang

tampak hanyalah hamparan kabut putih menutupi danau tersebut. Meski tak bisa melihat apa-apa, selain hamparan kabut yang mirip gumpalan kapas, namun kesejukan membuat kita betah berlama-lama di sini. Rawa Dano terletak di Kabupaten Serang, dan dapat ditempuh melalui Serang-Anyer-CinangkaPadarincang-Rawadano dengan jarak tempuh sekitar 50 km.

Wisata Lembah Hijau

B

agi Anda yang menyukai aktivitas luar, seperti outbond, Banten juga memiliki tempat yang tidak


[ Destinasi ] Pada sore hari atau kala sinar matahari mulai berkurang, yang tampak hanyalah hamparan kabut putih menutupi danau tersebut. Meski tak bisa melihat apa-apa, selain hamparan kabut yang mirip gumpalan kapas, namun kesejukan membuat kita betah berlama-lama di sini. [Rawa Dano]

esona wisata Banten ternyata terus membentang hingga ke arah Selatan, dengan berbagai keasrian yang dimiliki. Sebenarnya sepanjang pantai Malimping hingga Sawarna dapat menjadi ruh baru dalam menjaring wisatawan domestik maupun internasional. Untuk mencapai kawasan yang berada di Kota kecamatan di ujung selatan Propinsi Banten, Anda bisa memulai perjalanan dari Serang menuju Labuan dan

berbagai keindahan yang menyejukkan mata, barisan pegunungan, hamparan sawah yang luas akan menemani perjalanan Anda. Satu lagi, Anda tak perlu takut kesasar karena Pemerintah Kota Banten telah memberikan petunjuk arah di setiap persimpangan. Daerah pertama yang akan Anda jumpai adalah pantai Malimping, bongkahan karang dengan ditambah airnya yang jernih akan menjadi pemandangan yang mengasyikkan. Apalagi saat air surut Anda akan melihat tumbuhan dan hewan laut yang tertinggal. Keasrian pantai ini memang masih terjaga, mungkin karena belum banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Jalan-jalan menyusuri pinggir pantai akan menjadi kegiatan yang menarik. Kalau Anda hobi fotografi, tentu banyak obyek yang menarik untuk difoto. Jika Anda ingin melanjutkan, kurang lebih satu jam perjalanan dengan kendaraan, Anda akan tiba di Pantai Bayah, salah satu pantai yang masih perawan dan memiliki daya tarik tersendiri. Kelebihan pantai ini adalah ombaknya cukup besar dan hempasannya bisa terdengar hingga

meneruskannya hingga ke Malimping. Jarak tempuh yang dibutuhkan untuk sampai ke kawasan ini kurang lebih sekitar 6 jam, rasa penat dalam perjalanan pasti terasa. Namun tidak perlu kuatir karena selama perjalanan Anda akan disuguhi

jauh. Selain itu pantai ini memiliki hamparan batu karang dan kerikil hitam. Jika belum terlalu sore perjalanan bisa Anda lanjutkan untuk mengunjungi Pantai Ciantir di Desa Sawarna yang jaraknya tidak terlalu jauh.

2 jam dengan menggunakan kendaaraan.

Malimping sampai Sawarna

P

kalah menarik. Berada di balik rentetan hotel yang berdiri di sepanjang jalur wisata Anyer, terdapat wisata alternatif yang mengedepankan konsep keasrian alam dengan menu utama berupa games atau permainan. Wisata outbond ini dinamakan Wisata Lembah Hijau (WLH). Di tempat ini Anda sudah tidak lagi mendengar desir suara ombak, tak ada hotel, yang ada hanya cabin-cabin kecil untuk bermalam dengan bangunan berdinding bata merah. Area WLH ini terbagi dalam tiga arena. Arena satu berisi arena fun games, lapangan dan penginapan. Turun ke arena dua, terdapat sawah, dan kolam dengan saung-saung kecil. Dan di area tiga, terdapat arena flying fox. Dan untuk mencapai tempat ini tidak terlalu sulit dari Pantai Anyer, hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar

| Februari 2009 57


TravelWanInsert

[ Destinasi ] Puas menikmati tempat-tempat wisata di kawasan Banten, jangan lupa untuk mampir ke sentrasentra industri kecil dan kerajinan yang ada. Banyak jenis makanan dan barang unik khas Banten yang dijual dan sangat menarik untuk dijadikan buah tangan. Wisata Budaya

P

Masyarakat Badui merupakan suku asli Banten yang masih menjaga tradisi. Setiap bulan April sampai Mei, daerah Badui tertutup untuk orang luar yang hendak berkunjung karena saat itu sedang dilaksanakan Upacara Adat Kawalu, semacam perayaan hari raya besar keagamaan.

58 Februari 2009 |

otensi yang tak kalah menarik saat Anda berkunjung ka kawasan Banten adalah mengenal sisi lain kehidupan masyarakat Banten yang masih memegang teguh adat dan budayanya. Salah satunya adalah sebuah tempat yang tenang dan jauh dari hiruk-pikuk kehidupan perkotaan. Namanya Kawasan Suku Badui, yang letaknya tepat di Desa Kanekes, sekitar 1,5 jam dari Rangkas Bitung, Kabupaten Lebak. Untuk menuju ke sana, Anda bisa melalui jalan Kabupaten Lebak sampai Leuwidamar, dilanjutkan dengan melalui jalan setapak sejauh 10 km dari Kampung Ciboleger, Desa Cibungur. Masyarakat Badui merupakan suku asli Banten yang masih menjaga tradisi. Setiap bulan April sampai Mei, daerah Badui tertutup untuk orang luar yang hendak berkunjung karena saat itu sedang dilaksanakan Upacara Adat Kawalu, semacam perayaan hari raya besar keagamaan. Suku Badui terdiri atas dua bagian yaitu Badui Dalam dan Badui Luar. Pemandangan alam yang indah dan dijaga secara tradisional tentu akan mengajarkan bagaimana seharusnya kita bersinergi dengan lingkungan. Keindahan panorama Banten yang tersebar di 4 Kabupaten dan 4 Kota (Serang, Tangerang, Pandeglang, Lebak), memang memiliki keanekaragaman. Rasanya tak cukup waktu jika harus menapaki setiap keindahan yang ada, tapi biarkan keindahan itu menjadi sebuah kerinduan yang akan membuat Anda kembali untuk merasakan lagi keindahan alam Banten.


[ Oleh-Oleh ]

U

ntuk mendapatkan kerajinan khas daerah Banten, Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke sentra industri yang ada, karena selain jauh tentu juga akan menghabiskan waktu perjalanan Anda. Itu sebabnya pemerintah kota Banten, melalui Dewan Kerajinan Nasional menyediakan satu buah gerai yang isinya sengaja digunakan untuk menampung seluruh jenis hasil kerajinan Banten. Gerai dua lantai yang berada di Kota Serang ini tepatnya berada di Jln Ahmad Yani 165C. Berbagai kerajinan khas Banten bisa dijumpai di sini. Anda bisa membeli batik khas Banten yang memiliki 12 corak khas sesuai dengan sejarah batik tersebut, atau kerajinan batu fosil kayu Sajira yang

sudah mendunia. Konon batu-batu tersebut berasal dari pepohonan yang sudah berusia ratusan tahun. Selain itu ada juga berbagai kerjaninan anyaman Baduy yang banyak diburu oleh wisatawan lokal. Selain kerajinan, Banten juga memiliki berbagai makanan khas yang unik, dan dapat dengan mudah dijumpai hampir di setiap pinggir jalan. Beberapa jenis makanan khas Banten antara lain, emping dan keceprek melinjo yang terbuat dari buah melinjo berkualitas. Selain itu ada juga Sate Bandeng yang merupakan makanan khas andalan daerah Serang. Penganan ini memiliki kelebihan dibanding sajian ikan lainnya, sehingga akan selalu mengundang pembeli untuk tidak melewatkan sajian ini

yang terbuat dari kerbau, sapi atau ikan.

Kerajinan Akar Mahoni Pak Subra

B

agi penggemar mebel antik, meja dan kursi dari akar pohon mahoni karya H. Mochamad Subra bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang mengesankan. Akar kayu berusia puluhan tahun disulap menjadi meja dan kursi yang unik, sehingga jangan heran jika terasa berat, walau kursinya tampak kecil. Jika Anda tidak membawa kendaraan, bisa dikirim ke alamat. Sayangnya ongkos kirim relatif mahal, yaitu Rp500.000. Kalau tidak membeli banyak, tentu jadi berat di

Memanjakan Wisatawan dengan Beraneka Buah Tangan baik disantap langsung ataupun sebagai buah tangan dari Kota Serang. Hanya saja ada penjual yang mencampurnya dengan telur sehingga rasa bandengnya jadi tidak terasa. Sate ini dibuat dengan cara mengeluarkan daging bandeng, menghaluskannya dan mencampurnya dengan bumbu, memasukkannya kembali kedalam kulit ikan bandengnya, melumurinya dengan bumbu lagi, baru dibakar. Nasi sumsum atau orang Banten menyebutnya Pais Gurih merupakan masakan khas Banten yang lezat. Penganan ini merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dibakar di atas bara api. Yang membuat nasi bakar ini gurih adalah sum-sum sapi yang dimasukkan bersama nasi ditambah aneka bumbu, diantaranya daun salam, daun sereh, cabai dan beberapa bumbu lain. Selain itu, masih ada satu lagi makanan khas Kota Serang yang juga sangat terkenal yaitu dendeng Kaujon. Berbeda dengan dendeng-dendeng lainnya, dendeng yang namanya diambil dari salah satu nama jalan ‘Kaujon’ ini memang memiliki rasa yang istimewa karena dibumbui berdasarkan resep yang sudah turun menurun puluhan tahun. Dendeng terdiri dari tiga pilihan,

ongkos. Karena terbuat dari akar, bentuk dan ukuran kursi dan meja menjadi tidak ada yang sama. Setiap produk mempunyai keuinikan sendiri. Lokasi bengkel kerajinan, menyatu dengan tempat display-nya yang sederhana, terletak di Jl. Saketi-Malingping Km 12, Bojong, Pandeglang. Produknya dijual mulai dari Rp100.000 sampai dengan Rp15 juta. Kerajinan ini telah digeluti Pak Subra selama 19 tahun dan produknya tidak saja tersebar di berbagai kota di Indonesia, tapi juga mancanegara seperti Jepang, Korea Selatan, Belanda, Selandia Baru dan lain-lain. Sayang, kegiatan ekspor tersebut harus melalui tangan kedua. “Sebenarnya saya ingin mengekspor sendiri, tapi terbentur modal. Belum lagi kalau tidak bisa memenuhi pesanan tepat waktu, terutama kalau musim hujan begini,” kata Pak Subra. Ketiadaan oven, membuat pengeringan kayu sepenuhnya tergantung kepada matahari. “Kayu harus kering benar, Kalau tidak, hasilnya tidak bagus,” tambahnya. Ia berharap ada investor yang mau membantu dengan membelikannya oven manual yang harganya sekitar Rp70 juta. “Bahan bakar arang batok kelapa berlimpah di sini.

| Februari 2009 59


TravelWanInsert

[ Aktivitas ]

Memacu Andrenalin di

Sungai Ciberang Berperahu karet menyusuri sungai yang berarus deras, menghindari bebatuan kali yang besar-besar dan mengatasi rintangan beberapa jeram dalam, dan sesekali jatuh ke air, tentu merupakan pengalaman fantastis yang sangat berkesan. Nah, semua itu dapat Anda rasakan ketika mengarungi sungai Ciberang di Kabupaten Lebak, Propinsi Banten; sebuah sungai yang diberdayakan sebagai sarana olahraga arung jeram atau yang lebih dikenal dengan sebutan rafting.

B

agi wisatawan pencari kenikmatan adrenalin alias pecinta olahraga pacu jantung, sungai Ciberang adalah tempat yang tepat. Karakteristik jeram yang menantang dan layak diarungi berbalut dengan panorama alam. Sungai Ciberang memang memiliki nuansa pemandangan alam yang indah. Di tepi sungai ini, terdapat pepohonan yang beraneka

60 Februari 2009 |

ragam, tebing-tebing yang unik, dan berbagai macam bentuk bebatuan. Selain itu, di sekitar sungai juga terdapat area persawahan dan perkebunan yang menghijau. Semua pemandangan itu merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Di samping keindahan pemandangan alamnya, aliran air Sungai Ciberang yang kencang juga

cocok untuk tempat olah raga arum jeram. Air sungai bersumber dari Pegunungan Halimun, Propinsi Banten, sehingga airnya masih tampak jernih dan menyegarkan. Menurut Teddy Rukman, Kepala Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Banten, rafting di sungai ini start point-nya ada di Kampung Muara, Desa Banjar Sari, Kecamatan Lebakgendong,


Di samping keindahan pemandangan alamnya, aliran air Sungai Ciberang yang kencang juga cocok untuk tempat olah raga arum jeram

Akomodasi

S dan berakhir di Kampung Leui Bujal, Kecamatan Cipanas. Salah satu keistimewaannya adalah, medan yang ada di sungai ini masih alami dan sangat bervariasi; ada tebing-tebing yang menjorok ke sungai, dam-dam yang curam, dan bebatuan yang menghadang. Banyaknya rintangan yang terdapat di sepanjang sungai tentu akan memberikan tantangan tersendiri.

ungai Ciberang yang memiliki lebar 40 hingga 50 m dengan kedalaman sekitar 1-20m ini, memiliki trek yang terbagi menjadi tiga jeram dengan jarak 10 Km, 14 Km dan 15 KM. Namun sebenarnya masih ada jeram yang lebih jauh dan menantang, tapi jeram ini khusus diperuntukkan bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman. Sejak dibuka tahun 2007, wisata arum jeram yang dikelola olah FAJI cabang Banten ini telah banyak menarik minat wisatawan, baik lokal maupun yang internasional.

Menuju ke lokasi wisata sungai ini tidak terlalu sulit, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, perjalanan dapat dimulai dari Terminal Bogor. Dari Terminal Bogor, pengunjung naik angkot jurusan Bogor-Jasinga atau Bogor-Rangkas Bitung. Sedangkan bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta, dapat menempuh perjalanan lewat Balaraja dengan jarak tempuh sekitar 100 km atau melalui Serang lewat Rangkas Bitung dengan jarak perjalanan sekitar 80 km. Untuk memasuki obyek wisata Sungai Ciberang, pengunjung tidak dipungut biaya. Namun, bagi mereka yang berminat untuk menyusuri keindahan sungai dengan berarum jeram, pengunjung dikenakan biaya Rp 185.000 per orang dan harga itu sudah termasuk makan, softdrink, snack dan asuransi. Sebagai pelengkap obyek wisata, di kawasan ini juga terdapat penginapan, warung makan, dan area bermain untuk anak-anak.

| Februari 2009 61


TravelWanInsert

[ Akomodasi ]

‘One Stop Service’ di Griya Anyer

Bagi pengunjung Anyer yang ingin merasakan suasana berbeda saat makan siang, Griya Anyer menawarkan masakan khas dari hasil laut sambil lesehan di saung (pondok bambu). Selain makanan, Anda juga bisa menikmati spa dan pijat traditional sesudah atau sebelum makan.

D

engan konsep menyatu dengan alam, Anda akan disambut hijaunya rerumputan di mana saung-saung berdiri. Satu saung bisa dipakai untuk enam sampai delapan orang. Diantara saungsaung terdapat pohon-pohon kelapa. Jadi jika Anda memesan kelapa muda, buahnya akan diambilkan langsung dari pohon, fresh from the tree. Selain pohon kelapa, di antara saung-saung juga terdapat arena bermain untuk anak-anak. Meski saung-saung terletak agak jauh dari dapur, jangan khwatir pelayan restoran tidak memperhatikan Anda saat ingin pesan makanan. Setiap saung dilengkapi dengan kentongan. Anda tinggal memukulnya untuk memanggil waitress/waiter. Jika Anda lebih suka masakan Jepang, di Griya Anyer juga tersedia restoran Jepang Midori Sushi lengkap dengan tatami-nya. Restoran ini mempunyai kapasitas 50 orang. Secara keseluruhan, jika Anda ingin mengadakan acara seperti reuni

62 Februari 2009 |

atau pertemuan keluarga, Griya Anyer yang luarnya 16.000 meter persegi ini bisa menampung 400 orang. Konsep menyatu dengan alam juga

Jika Anda lebih suka masakan Jepang, di Griya Anyer juga tersedia restoran Jepang Midori Sushi lengkap dengan tatami-nya dengan kapasitas 50 orang. Untuk acara seperti reuni atau pertemuan keluarga, Griya Anyer yang luasnya 16.000 meter persegi ini bisa menampung 400 orang. Dari atas ke bawah: makanan yang tersedia di Midori Sushi (kiri & kanan-atas; kelapa muda; kentongan waiter/waitress; Tempat mandi terbuka; area sauna Griya Anyer


[ Akomodasi - Hotel Directory ]

U

ntuk kenyamanan perjalanan bisnis & pariwisata anda, TravelWan menampilkan Hotel Directory List untuk setiap daerah yang kami kemas di dalam rubrik TravelwanInsert berikut ini. List ini nantinya akan tersedia di dalam website kami: www.travelwan.com pada bulan-bulan mendatang. Bagi Anda yang ingin meng-update list ini, kirim informasi hotel anda ke email kami di info@travelwan.com.

KABUPATEN PANDEGLANG

Setting restoran Midori Sushi

terlihat dari wastafel yang berbentuk kerang dan batu-batu serta kerang-kerang kecil yang menempel di tembok, terutama di area untuk spa, pijat tradisional dan sauna. Tempat mandinya pun terbuka di atas dan air mengalir dari sebatang bambu. Jika hujan dan Anda tak menyukai air hujan, Anda bisa beralih ke area beratap dengan shower modern untuk mandi. Selain tempat pijat tradisional berkapasitas lima orang untuk wanita dan delapan orang untuk pria, Griya Anyer juga menyediakan vila. “Vila kami saat ini baru ada dua dengan kapasitas untuk menampung empat orang,� kata Ida, penanggung jawab Griya Anyer.

1. Adria Marina Hotel

Jl. Raya Carita

+62253 801525

2. Carita Baka-baka Hotel

Jl. Raya Carita

+62253 801126

3. Citra Ayu Hotel

Jl. Perintis Kemerdekaan Labuan

+62253 801229

4. Caringin Hotel

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 801388

5. Catra Ayu Hotel

Jl. Perintis Kemrdekaan Labuan

+62253 801229

6. Hegar Prima Hotel

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 801125

7. Krakatau Side Hotel

Jl. Raya Carita Km 8 Labuan

+62253 801018

8. Karang Sari Hotel

Jl. Raya Carita Km 2

+62253 201977

9. Krakatau Hotel

Jl. Raya Carita Km 8

+62253 803027

10. Krakatau Surf Hotel

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 803819, 803851

11. Lagundi Cottage

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 801130

12. Luccia Cottage

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 81328, 8011261

13. Condominium Lippo Carita

Jl. Raya Carita Km 9 Labuan

+62253 802400, 801919

14. Losmen Sunset View

Jl. Raya Carita Km 14 Labuan

+62253 801075

15. Marina Cottage

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 801077

16. Mutiara Carita Cottage**

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 80106971, 801756

17.Paranti Hotel

Jl. Mayor Widagdo No.3

+62253 201176

18. Panisan Hotel

Jl. Raya Carita KM 10 Carita

+62253 802818, 801072

19. Pondok Mario

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 801856

20. Pondok desian

Jl. Raya Labuan

+62253 801322

21. Pesanggrahan Perhutani

Jl Raya Carita KM 16 Labuan

+62253 801324

22. Pulau Umang Resort & Spa

Jl. Sumur Panimbang Labuan

+62253 803351

23. Rakata Hotel

Jl. Raya Carita KM 9 Labuan

+62253 801171

24. sejahtera Hotel

Jl. Letnan Bonang No.1

+62253 201175

25. Surya Surf Indah Hotel

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 801075

26. Selat Sunda Hotel

Jl. Raya Carita KM.12 Labuan

+62253 801814

27. Saung Nini Aki

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 801722

28. Wira Carita Hotel

Jl. Raya Carita KM. 9

+62253 801116, 801338, -39, -36

29. Carita Asri

Jl. Raya Carita KM.7

+62253 802147

30. Guna Shanghyang*

Jl. Raya Carita Labuan

+62253 801285

31. Hotel Pramesthi

Jl. Raya Pantai Carita KM.10 Labuan

+62253 804477, 880592

32. Hotel Kharisma Beach Resort

Jl. Raya panimbang Labuan

+62253 802308-9, 802316

33. Kalicaa-Tanjung Lesung Beach

Jl. Panimbang-Pandeglang Banten

+62253 881771

34. Hotel Ciputih Beach and Resort Hotel Ujung Kulon

Jl. Kecamatan Sumur Pandeglang

+62253 8305878, 086811010512 = Hotel berbintang

Bersambung ke halaman berikutnya / More hotels on the next page...

| Februari 2009 63


TravelWanInsert

[ Akomodasi - Hotel Directory ]

= Hotel berbintang

KABUPATEN TANGERANG

KOTA SERANG

1. Wisma Hikmat

JL. RE. Marthadinata Ciputat Tangerang

+6221 7491451

2. Hotel Tanjung Kat

Jl. Rya Tanjung Kait Mwuk Tangerang

+6221 7401524

3. Pondok Wisma Situ Gintung

Komp. Rm. Ayam Panggang Situ Gintung, Tangerang

+6221 5524959

4. Merdeka Hotel

Jl. Merdeka 142 Tangerang

+6221 7560562

5. Puspitek

Jl. Puspitek Desa Setu Serpong

+6221 7560212

KOTA TANGERANG 1. Istana Nelayan Hotel***

Jl.Gatot Subroto Km.5 No. 21

+6221 5565437755654378

1. Hotel Le Dian ****

Jl. Jend. Sudirman No. 88

+62254 229888

2. Mahadria Hotel*

Jl. Ki Mas Jong No. 12

+62254 200527

3. Wisata Baru Hotel

Jl. Maulana yusuf No. 16

+62254 200770, 200447

4. Abadi Hotel *

Jl. Jend. Sudirman No. 36

+62254 200641

5. Royal srikandi Hotel

Jl. S.A. Tirtayasa No. 104

+62254 211057

6. Hotel taman sari

Jl. S.A. Tirtayasa No. 122

+62254 204184

KABUPATEN LEBAK 1. Arya Perdana Hotel

Jl. Raya CibarenoBayah

+62252 401013

Jl. Raya Malimping

+62252 508311

2. Fm 3 Transit Hotel***

Jl. MH.Tamrin, Cikokol

+6221 55316635573437

2. Bagedur Hotel 3. Empang Hotel

Jl. H. Mansur No. 20

+62252 203503

3. Sheraton Bandara*****

Bandara Soekarno Hatta

+6221 5597777

4. Hikmat Hotel

Jl. Raya Malimping

+62252 5080208

4. Imperial Arya Duta*****

Jl. Jend. Sudirman Lippo Karawaci

+6221 802345

5. Hotel Permata Bandara

Jl. Husein Sastranegara, Benda

+6221 5407308

5. Kharisma Jujuluk Hotel

Jl. Raya Jujuluk

+62252 201125

6. Hotel Bandara Jakarta**

Jl.Syek Maulana Yusuf No63.

+6221 55790224

6. Ksatria Hotel

Jl. Ksatria No. 5

+62252 201208

7. Menanti Hotel

Jl. Raya Malimping

+62252 48087

7. Elia Bandara Hotel

Jl. Husein Sastra Negara,Benda

+6221 5550970

8. Hotel Bandara Jakarta**

8. Pada Asih Hotel

Jl. Raya Bayah Malimping

Jl. H.Jurumudi Km.2.5 Benda Kota

+6221 5400960

+62252 401620, 410301

9. Pondok Badegur

Jl. Raya Binuangeun Malimping

+62252 508013, 508043

10. Rahayu Hotel

Jl. Raya Malimping

+62252 805128

11. Sejahtera Hotel

Jl. Raya Bayah Malimping

+62252 508034

Jl. Raya Bayah Malimping

+62252 508040, 508041

KABUPATEN SERANG 1. Anyer Cottage***

Jl. Raya Karang Bolong Anyer

+62254 601292

2. Bukit Pasau Resort *

Jl. Raya Anyer Labuan Km.149

+62254 650089

12. Talanca Hotel

3. Bandulu Beach Resort

Jl. Raya Bandulu Anyer

+62254 601879

13. Wijaya Hotel

Jl. KI. Maklum No. 31

+62252 201291

4. Lalita Cottage

Jl. Raya Labuan Cinangka Km.142,5 Anyer

+62254 650171

14. Wisma Bangkit

Jl. Hardiwinangun

+62252 201005

5. Jaya Karta Hotel***

Jl. Raya Karang Bolong Km.17/135 Anyer

+62254 601781, 601782

KOTA CILEGON

6. Marina Villa

Jl.Raya Cikoneng Km.21 Anyer

+62254 601585, 601588, -89, -91

1. Cilegon city Hotel**

Jl. Raya KH. Yasin Beji No.19

+62254 393325

Jl. Jombahn Wetan no.80

+62254 391962

7. Mambruk Hotel ****

Jl. Raya Karang Bolong, Anyer

+62254 601602, 601723

2. Cilegon Hotel 3. Ferry Merak Hotel***

Jl. Raya Pelabuhan merak no.30

8. Nuansa Bali Beach Hotel**

+62254 572082, 571530

Jl. Anyer Cikoneng

+62254 602236

4. Gondang Hotel

Jl. SA Tirtyasa No.118

9. Patra Anyer Beach Hotel**

Jl. Karang Bolong Bendulu Anyer

+62254 602700, 600126, 600677

+62254 391787, 395450

5. Kalyana Mitta Hotel

Jl. Raya Cilegon No.50

10. Pondok Shangyang Indah Resort

+62254 391951, 391851

Jl. Raya Cikoneng Anyer

+62254 604835, 601910

6. Merak Beach Hotel**

Jl. Raya Merak

+62254 571015, 571448

11. Pondok lalita Cottage

Jl. Raya Labuan Cinangka Km.142,5 Anyer

+62254 650171

7. Merpati Hotel**

Jl. Raya Merak Km 119

12. Puri Retno Cottage1

Jl. Raya Karang Bolong Cinangka

+62254 650192

+62254 571234, 571687

13. Puri Retno Cottage 2

Jl. Raya Anyer Labuang Cinangka Km.149 Anyer

+62254 650201, 650194

8. Enasa Hotel

Jl. Geram Raya

+62254 537614, 9146111

14. Pesona Krakatau Hotel

Jl. Raya Karang Bolong Km,144 Anyer

9. Pulorida Cottage**

Jl. Raya Suralaya Merak

+62254 571250

+62254 651333

Jl. Raya KH Yasin Beji, No.4

+62254 396807, 396809

15. Pisita Anyer Resort

Jl. Raya Anyer Km.129 Cikoneng

+62254 601224, 601633, -34, -52

10. Permata Krakatau Hotel** 11. Regent Hotel

Jl. Raya Serang No. 34

16. Ryugu Beach Resort

Jl. Raya Karang Bolong, Anyer

+62254 601280

+62254 392107, 391555

17. Shangyang Indah Resort

Jl. Raya Sirih Km.124 Anyer

+62254 601292

12. Sari Kuring Hotel

Jl. Raya Serang No. 3

+62254 388444, 389444

18. Siyoni Sea Side Cottage

Jl. Raya Karang Bolong Cinangka

+62254 601896

13.Mangku Putra Hotel & Resort

Jl. RE. Martadinata Km.118 Merak

+62254 574119

19. Sol Elite Marbela****

Jl. Raya Karang Bolong Km.133,5 Anyer

+62254 602345 602346

14. Sukma Hotel

Jl. Raya Serang No.34

+62254 391268, 392470

20. Sindang Maya Hotel

Jl. Raya Cinangka Serang

+62254 600078

15. Surabaya Ismi Hotel

Jl. Raya Merak 59

+62254 571126

21. Tambang Ayam Cottage

16. Violeta Hotel

Jl. Raya Pulorida

+62254 571647

Jl. Raya Anyer Cikoneng

+62254 602288

22. The Banten Beach Resort

Jl. Raya Sirih Km.15 Anyer

+62254 600982 600979

23. Villa Baduy

Jl. Raya Cikoneng Anyer

+62254 601500

24. Pondok Layang**

Jl. Anyer Bandalu

+62254 601660

25. Marina Anyer

Jl. Raya Karang Bolong Km.139 Anyer

+62254 600115

26. Hotel Prima Group

Jl. Raya Pasauran Km.150 Cinangka

+62254 650053

64 Februari 2009 |

I

ngin supaya hotel Anda lebih terlihat? Dengan harga yang sangat kompetitif, Anda bisa memasukkan logo & detail foto dari hotel Anda di halaman TravelwanInsert: Akomodasi - Hotel Directory List. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Ching Ching di: (021) 667.8261 atau email kami di: info@travelwan.com.


SnapShot

Depbudpar berikan penghargaan pada malam apresiasi VIY 2008

D

epartemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) memberikan penghargaan kepada para pihak yang telah ikut membantu menyukseskan program Visit Indonesia Year 2008 pada acara Malam Apresiasi VIY 2008 yang berlangsung pada tanggal 23 Desember. Bertempat di Balairung Sapta Pesona, sebanyak 52 penghargaan, yang terbagi dalam empat kategori yaitu maskapai penerbangan, asosiasi pelaku bisnis pariwisata, industri/ perorangan dan media, secara simbolis diberikan kepada 13 penerima. Para penerima penghargaan antara lain Garuda Indonesia, Singapore Airlines dan Air Asia yang mewakili pihak penerbangan sementara Santika Asia dan PT. Tigo Balai Indah (Sumbar) mewakili pihak asosiasi. Untuk kategori media apresiasi diberikan antara lain kepada Metro TV, TTG Asia dan TVRI sementara dari kategori industri/ perorangan yang mewakili beberapa bidang diberikan kepada Hermawan Kertajaya, Supadma Rudana, American Express, Dwiki Dharmawan dan EL JHON Indonesia. Menbudpar Jero Wacik mengatakan pada awalnya banyak pihak yang merasa pesimis sewaktu akan dicanangkannya VIY 2008. “Ada yang berkata bahwa program tersebut terlambat dan ada pula yang

66 Februari 2009 |

mengatakan bahwa persiapannya sangat mepet. Namun setelah program tersebut berjalan VIY 2008 dinilai berhasil,� kata Jero Wacik. Ia menambahkan karena itu sudah sepantasnya Depbudpar memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pihak yang berpartisipasi dalam membangkitkan industri pariwisata saat ini dan diharapkan memberi kontribusi ke depan. Depbudpar menetapkan bahwa pada tahun 2008 target optimis jumlah wisatawan mancanegara (wisman) adalah 7 juta, sedangkan target moderat 6,5 juta dan target minimumnya adalah 6 juta. Berdasarkan perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS) hingga akhir 2008 jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia sebanyak 6,433 juta. Jumlah tersebut naik sekitar 16,85 persen dibandingkan tahun 2007 sebanyak 5,5 juta orang. Sedangkan dari sisi penerimaan devisa, tahun 2008 pariwisata menghasilkan sekitar US$7,5 milyar. Mantan Menbudpar Joop Ave yang ikut memberikan sambutan dalam acara tersebut

juga menyampaikan penilaian terhadap program VIY 2008. Penilaian tersebut dilakukan bersama tiga mantan Menbudpar yaitu Marzuki Usman, Abdul Latif dan I Gede Ardhika. “Jika seperti dalam rapor target tujuh juta itu dianggap angka sepuluh maka dengan jumlah wisman 6,4 juta nilainya adalah 8,5. Namun karena tahun 2008 demikian sulit dengan harga minyak yang melambung maka berdasarkan penilaian mantan empat menteri rapor untuk tahun 2008 adalah 9 plus,� kata Joop. Ia menambahkan jangan hanya melihat angka wisatawan tetapi lihat juga jumlah pekerja yang terlibat di dalamnya. Menurutnya industri pariwisata merupakan sektor yang secara tidak langsung paling banyak menyerap tenaga kerja sehingga dibutuhkan kerjasama berbagai pihak untuk memajukan pariwisata Indonesia. Dalam acara itu juga ditandatangani naskah kesepahaman (MOU) untuk promosi pariwisata antara Depbudpar dengan TVRI dan Metro TV.


Foto: A. A. Kresna

SnapShot

Suasana di tempat perbelanjaan pancoran (China Town Jakarta) menjelang Imlek 2009

Merahnya Imlek: Mendatangkan Optimisme Seperti tahun-tahun sebelumnya, Imlek selalu identik dengan warna merah. Beberapa minggu menjelang jatuhnya Tahun Baru Imlek tanggal 26 Januari 2009 (Tahun Kerbau), hampir semua pertokoan, mal dan hotel menghias diri bernuansa merah. Warna merah dipercaya bisa mengusir roh jahat selain juga mendatangkan rasa gembira dan optimisme yang akan berlanjut sampai akhir tahun.

P

erayaan Imlek biasanya dimulai dengan menghias rumah dengan pernak-pernik yang umumnya berwarna merah, misalnya lampion, kucing hoki, bonsai sakura yang digantungi angpau, dan bunga-bunga plastik seperti teratai dan lavender. Tak lupa hio dan lilin juga ikut menyemerakkan suasana. Ketika malam tahun baru tiba, acara makan malam bersama digelar dengan hidangan khas tahun baru Imlek. Menu yang harus ada adalah mie yang panjang dan tidak boleh dipotong, yang melambangkan umur panjang dan rejeki yang tak pernah putus. Selain itu, hidangan yang biasanya harus ada adalah ikan utuh yang melambangkan kemakmuran, ayam utuh yang melambangkan kesempurnaan, babi, dan jeruk berwarna oranye yang melambangkan keberuntungan. Kue Nian Gao

68 Februari 2009 |

atau Kue Keranjang merupakan penganan wajib juga dalam merayakan Imlek. Kue-kue lain yang umumnya juga ada diantaranya su pau, siun tau, kue mangkok, dan kue ku. Kue-kue ini umumnya disebut sebagai kue persembahan karena dipersembahkan kepada para leluhur yang dipercaya telah meletakkan dasar-dasar kesejahteraan dan kemakmuran bagi generasi berikutnya. Angpao, yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan kepada yang memberi dan yang diberi, dibagikan kepada anak-anak dan anggota keluarga yang belum menikah. Isinya berupa uang kertas dengan nilai yang berbedabeda, tapi umumnya tidak mengandung angka 4 karena lafal angka ini sama dengan kematian. Sebaliknya angka 8 sangat dianjurkan. Jadi bisa ditebak kalau kebanyakan angpao di Indonesia akan berisi Rp8.000. Terkadang angpau juga diisi beras dan teh

Dari atas ke bawah: Kue Nian Gao (kue keranjang), panganan wajib dalam Imlek; Sembahyang untuk minta berkat di klenteng; Pembakaran Hio pada lilin yang melambangkan keinginan akan masa depan yang cerah.

untuk melambangkan kemakmuran. Sehari menjelang Imlek, vihara umumnya dibanjiri pengunjung sejak pagi untuk melakukan berbagai ritual sembahyang. Perayaan Imlek tak akan lengkap tanpa pertunjukan barongsai. Di Jakarta, pertunjukan barongsai dapat dijumpai di mal-mal dan pusat-pusat pertokoan, seperti di Senayan City dan Grand Indonesia. Bahkan di Riau diadakan Festival Barongsai, sedangkan di Surabaya, barongsai dijadikan kejuaraan memperebutkan ITC Cup 2009.


SnapShot

Kontes Wisata Virtual ke Singapura

Illustrasi: stock.xchng

Y

Pemenang kontes wisata sebelumnya

ang perlu Anda lakukan hanya membuka situs www.your-singapore-experience.sg, jelajahi Singapura melalui wisata virtual, ikuti kuisnya dan menangkan kontesnya. Kontes yang dibuka sampai 5 April 2009 ini hanya berlaku untuk individu yang bukan warga negara Singapura dan bukan penduduk tetap Singapura, yang tinggal di luar Singapura. Perjalanan gratis lima hari empat malam akan disesuaikan dengan minat pemenang. Misalnya pemenang kontes pertama dari Indonesia, Willy Lesmana, yang memilih untuk berwisata ke Museum, Night Safari, Botany Garden dan bertemu dengan Khairudin Saharom, seorang arsitek yang juga presenter TV, serta Larry Medina yang lahir di Amerika dan istrinya yang dari Indonesia tapi telah menjadi warga negara Singapura. “Ketika kami mengunjungi National Museum, kami belajar mengenai sejarah Singapura dan bagaimana Negara ini tumbuh menjadi kota modern. Singapura bisa jadi Negara yang kecil, tapi sangat inovatif. Ini hal yang luar biasa,� kata Willy barbagi kesan. Setiap pemenang boleh mengajak seorang kawan/pasangan dan berhak menikmati berbagai aspek pengalaman tinggal, belajar, bekerja dan bermain di Singapura. Seluruh biaya akomodasi, transport dan makan akan ditanggung oleh panitia penyelenggara. Kontes ini bertujuan memperdalam kesan para wisatawan yang bukan penduduk Singapura terhadap negara tersebut, yang lebih dari sekedar atraksi bagi turis, sekaligus membuka mata mereka terhadap dinamika perubahan budaya, situasi dan kondisi serta modernisasi Singapura.

berinteraksi dengan anak-anak Secondary School Lokal Yong Tau Fu, salah satu makanan spesial Singapura yang biasanya tersedia di Food Court Foto: your-singapore-experience.sg

Foto: your-singapore-experience.sg

Liburan gratis selama lima hari empat malam tentu menjadi impian setiap orang. Itulah yang ditawarkan oleh Singapura lewat kontes ‘Your Singapore Experience’ yang tahun ini merupakan kedua kalinya diadakan.

| Februari 2009 69


Technof le

Meningkatkan Daya Saing Pariwisata dengan Jaringan Serat Optik Kata cyber memang memiliki konotasi yang sarat akan teknologi, sehingga tak heran jika ada yang menyebut cyber estate secara mudah dapat diartikan bahwa kawasan tersebut pasti didukung oleh teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang andal. Pemerintah memang tengah berupaya untuk mengembangkan TIK sebagai smart infrastructure dalam dunia bisnis, industri, pendidikan maupun wisata, sehingga keberadaan smart infrastructure nantinya dapat meningkatkan daya saing daerah.

I

nternet merupakan hasil penggabungan antara teknologi komunikasi dan teknologi informasi. Dengan teknologi komunikasi, kita dapat mengumpulkan dan memproses ataupun bertukar informasi dengan individu lain. Melalui teknologi informasi kita juga

70 Februari 2009 |

dapat mengolah atau menyebarkan informasi yang dikombinasikan antara komputer dengan teknologi komunikasi. Dari sinilah, maka internet dikatakan suatu hasil penggabungan antara teknologi komunikasi dan teknologi informasi. Karena dengan adanya internet, kita dapat memper-

oleh informasi secara cepat, baik dari dalam maupun luar negeri. Di era sekarang ini sebuah kota atau juga negara tidak boleh lengah terhadap perkembangan dan kemajuan teknologi, khususnya dunia telekomunikasi. Teknologi informasi telah menjadi bagian dari perkembangan berbagai kota di banyak belahan dunia. Dan sudah tentu bila tidak peka, bukan tidak mungkin sebuah kawasan yang dibangun dengan investasi besar namun pada akhirnya tetap tidak memiliki nilai jual karena tidak memiliki infrastruktur telekomunikasi yang baik. Artinya, infrastruktur TIK yang meliputi City Area Network (CAN) sebagai wahana komunikasi terpadu


Fiber optic tidak cuma mampu menggelar komunikasi antar gedung, kota, atau blok tetapi media ini juga sudah sejak lama dipercaya untuk menghubungkan benua-benua dan pulau-pulau di dunia ini. dalam bentuk voice, video dan data sangatlah penting bagi performa sebuah kawasan. Dalam mewujudkan hal tersebut memang diperlukan perencanan yang matang sehingga mimpi untuk membuat sebuah kawasan cyber yang terpadu benar-benar dapat terwujud. Implementasi smart infrastructure dalam konteks kota cyber, jelas membutuhkan infrastruktur, perangkat lunak, serta sumber daya manusia yang berkualitas. Misalnya, negara Singapura yang telah berhasil membangun sebuah kawasan yang terintegrasi secara penuh dengan telematika. Di negara kota ini lebih dari 90 persen rumah tangga telah terkoneksi dengan akses internet pita lebar dengan menggunakan fiber optik. Atau proyek Cyber Jaya di Malaysia yang telah dipersiapkan dengan kemampuan akses data sebesar 2,5 - 10 Gbps.

optik yang akan menjangkau seluruh pulau Sumatra hingga terintegerasi dengan Indonesia bagian timur merupakan ide yang sangat strategis baik dilihat dari segi perekonomian, perindustrian, pendidikan, akses, bahkan pariwisata. Dengan terwujudnya jaringan fiber optik yang baik, tentu akses bertukar informasi untuk seluruh wilayah di Indonesia semakin cepat dan yang tak kalah penting adalah dapat tarif bandwith yang dapat ditekan, alias masyarakat dapat menggunakan teknologi internet dengan harga murah namun dengan kecepatan akses yang tinggi. Kehadiran Palapa Ring diproyeksikan untuk merangsang pertumbuhan dari aplikasi elektronik yang sudah mulai berkembang saat ini. Mulai dari yang menggunakan IP-base seperti e-government, e-portal, e-finance, e-procurement, e-learning, yang terintegrasi secara nasional, sampai dengan telepon pedesaan. Sehingga diproyeksikan bahwa setiap daerah yang selama ini belum dapat menikmati pesatnya perkembangan industri telekomunikasi dan informatika akan segera terjangkau oleh program Palapa Ring ini, termasuk di dalamnya industri pariwisata.

Fiber optic

Untuk Indonesia, konsep pembangunan cyber city memang sedang dalam tahap master plan, program palapa ring yang didengungkan pemerintah yaitu perancangan komponen sistem jaringan serat

Seperti diketahui, media fiber optik memang memiliki banyak kelebihan, terutama dari segi performa dan ketahanannya menghantarkan data. Media ini tampaknya masih menjadi media yang terbaik saat ini dalam media komunikasi. Kelebihan yang dimiliki media ini memang membuat komunikasi data menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Maka

dari itulah, media ini menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan komunikasi yang berkualitas. Media ini tidak cuma mampu menggelar komunikasi antar gedung, kota, atau blok tetapi media ini juga sudah sejak lama dipercaya untuk menghubungkan benua-benua dan pulau-pulau di dunia ini. Fiber optik juga telah lama dipercaya untuk menjadi media komunikasi inti (backbone) dari Internet di seluruh dunia. Untuk menghubungkan jaringan di negara satu dengan negara seberangnya, atau benua satu dengan benua lainnya, fiber optik telah cukup lama berperan dalam komunikasi dunia ini. Tingginya permintaan bandwith memang harus dibarengi dengan tingginya kecepatan pengiriman informasi. Untuk menjawab kebutuhan bandwith yang terus meningkat, dibutuhkan solusi yang tepat. Salah satunya adalah tersedianya jaringan fiber optik yang mumpuni. Jaringan FO merupakan kabel yang mentrasmisikan cahaya (optik). Berbeda dengan jenis kabel coper (tembaga), kabel FO membawa sinyal ekeltrik dan mengubah sinyal dalam bentuk bit yang diterimanya menjadi bentuk cahaya. Dengan kondisi tersebut memang selayaknya saat ini pemerintah mulai memikirkan pengembangan infrastruktur berbasis TI pada setiap pembangunan gedung, hotel, sekolah ataupun tempat wisata yang akan dikembangkan. Karenan nantinya, akses internet sebagai turunan TI menjadi bagian dari pengembangan infrastruktur keduanya. Dengan begitu, terbentuklah jendela dunia yang membuat masyarakat tidak terkungkung lagi, kendati jarang atau tidak pernah berpergian ke mancanegara.

| Februari 2009 71


Digital MP3 Player Sunglasses

J NEC VERSA E6310, Bukan sekedar Notebook

T

ak sekedar Notebook “cantik�. Tapi juga salah satu Notebook pertama di dunia yang menggunakan tekhnologi Santa Rosa dari intel, prosesor intel core 2 Duo terbaru. Fasilitas Graphics card nVidia GeForce GO 8600 dan HDMI AV interface-nya dapat menjadi pusat multimedia bergerak yang berkualitas. Layar 14,1 inchi yang terang bertekhnologi super shine view, fitur modern seperti DVD Super Multi Drive, webcam

2.0 mega pixel built-in dengan tombol skype, dan dual microphone melengkapinya. Yang menarik, casing depan notebook ini terbuat dari plastik bertekstur seperti kulit, sehinnga anti gores dan anti selip, serta aman dipakai saat dibawa tanpa tas. Produk nomor wahid dari Jepang ini memiliki berat standar 2,49 kg saat dipasangi baterai lithium Ion. Windows vista yang disertakannya pun versi premium. Sungguh unit yang oke untuk memenuhi kebutuhan Anda.

ika Anda suka mendengarkan musik sambil berolah raga di luar ruangan, jalan santai atau sambil berjemur di pantai maka tak lengkap rasanya kalau belum memiliki Oakley Thump MP3 Sunglasses, kacamata yang juga dapat menyimpan dan memutar lagu. Untuk memutar lagu, kacamata ini tidak perlu menggunakan kabel earphone lagi karena ‘creative zen’ yang ada padanya sudah cukup menghasilkan suara yang berkualitas. Anda bisa tetap melakukan aktivitas sambil mengenakan kaca mata berlapis anti UV yang berpenampilan sporty dan tahan guncangan ini Oakley Thump MP3 Sunglasses bisa Anda gunakan saat bekerja atau melakukan kegiatan sehari-hari di luar rumah tanpa perlu membawa mp3 player secara terpisah lagi. Kaca mata ini menawarkan tujuh warna berbeda yang tersedia, jadi Anda tinggal memilih warna mana yang Anda sukai.

Xonix MP3 USB Watch

P

ernahkah Anda dihinggapi rasa bosan saat menunggu di bandara atau antrian panjang di busway dan kereta? Tentu tidak mengenakkan. Tapi kalau menunggu sambil ditemani oleh alunan lagu-lagu favorit kesayangan Anda, tentu hal yang membosankan akan berubah menjadi menyenangkan. Itulah keunggulan jam tangan hi-tech multifungsi 4in1 yang diberi nama Xonix MP3 USB Watch, yang bisa juga berfungsi sebagai MP3 player, voice recorder, dan USB flash disk. Sangat menarik bukan? Dengan kapasitas memory mulai dari 256 MB, 512 MB, hingga 1 GB, untuk memainkan lagu, merekam, atau menyimpan

72 Februari 2009 |

data bisa dilakukan oleh jam tangan Xonix ini. Jam ini dilengkapi baterai rechargeable lithium polymer dan sanggup memainkan lagu hingga 8 jam non-stop dengan waktu charging hanya dua jam saja. Produk ini juga dilengkapi dengan mikrofon sensitif yang mampu merekam selama 16 jam untuk kapasitas 256 MB, 32 jam untuk kapasitas 512 MB, dan 72 jam untuk 1 GB. Untuk memenuhi selera pasar, produk ini tersedia dalam dua model

yaitu model sport dengan rantai sintetis dan model eksekutif dengan rantai metal bercorak perak dan keemasan. Untuk penggunaan, jam multifungi ini sangat cocok untuk para pengusaha, wartawan/reporter, dosen, mahasiswa, dokter atau bagi Anda yang menyukai hobi traveling tentu gadget ini bisa menjadi teman menyenangkan dalam perjalanan Anda.


F

aktor keamanan atau privacy data merupakan hal yang diutamakan, apalagi jika data tersebut sangat penting. Transcend JetFlash 220 Fingerprint USB Flash Disk Drive adalah salah satu produk Flash Disk yang dapat menjaga privacy data Anda karena password tidak bersifat konvensional tapi menggunakan sidik jari Anda sebagai kunci. Hanya dengan menggesekkan jari kita pada sensor Jetflash 210, maka terbukalah akses kita untuk melihat file, folder, document, photo, music atau e-work yang sudah kita identifikasikan dengan proteksi sidik jari kita. Selain terhindar dari lupa password keuntungan lainnya mudah untuk mengaksesnya karena sidik jari yang dipakai untuk memproteksinya. Produk Transcend Fingerprint USB Flash Disk Drive - TS1GJF210 ini tersedia dalam beberapa kapasitas memory yang ditandai kode warna lensanya seperti 1 GB (orange), 2GB (blue), 4GB (Royal Blue), 8GB (Ruby Red).

Ponsel Jam Tangan

S

emakin lama, ponsel menjadi kian praktis saja. Kini, perangkat bergerak itu tak perlu lagi ditenteng-tenteng atau dikantongi dalam saku. Dengan NeoTitanX WM-N800 yang berbentuk jam tangan, fungsi sebuah ponsel lagi-lagi bisa dinikmati. Perangkat yang terpasang pada pergelangan tangan ini memang diciptakan sebagai kombinasi jam dan ponsel. NeoTitanX WM-N800 memberi kemudahan dalam menerima atau melakukan panggilan. Bisa menggunakan perangkat headset yang ditancapkan pada slot ponsel, headset Bluetooth atau langsung berinteraksi dengan jam ponsel seperti menelepon biasa. Dari segi interaksi, NeoTitan X WM-N800 menawarkan layar sentuh fungsional untuk navigasi. Bentuknya relatif mungil layaknya sebuah jam, tapi fitur dan kemampuan NeoTitanX WM-800 sebagai sebuah ponsel cukup dahsyat. Bagaimana tidak, berbagai fungsi seperti kamera perekam, pemutar musik, speakerphone, kapasitas memori besar hingga konektifitas GPRS tertancap pada jam ponsel tersebut.

Etalase TravelWan

Fingerprint USB Flash Drive

Huawei E220, Si Mungil dengan Kecepatan Tinggi

U

kurannya sangat minim dan terkesan imut, namun kecanggihannya jangan diragukan. Itulah modem 3,5 G (generasi 3,5) Huawei E220 yang kerap ditempelkan di punggung laptop. Alat canggih ini memang cocok buat Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan kerap bersurfing internet di setiap saat. Teknologi 3,5 G atau HSDPA (High Speed Down Link Packet Access) merupakan media tercepat untuk melakukan akses internet di Indonesia. Huawei memang bukan merek yang besar untuk media modem, tapi ketangguhannya jangan diremahkan. Kecepatan maksimal 3,5 G hingga 3,6 magabit per detik atau jauh lebih cepat ketimbang 3G. Hebatnya lagi modem ini mudah di install karena software bawaannya sangat compatible dengan windows XP, Macintosh maupun linux. Modem mungil ini berkoneksi dengan USB dan model kartu PCMCIA, seperti modem yang lain. Tapi keunggulannya, modem ini selain dapat dikoneksikan ke laptop juga bisa untuk PC di rumah. Tertarik untuk memilikinya?

| Februari 2009 73


CalendarofEvent Panorama Fotografi Prancis Masa Kini

Storioni Trio

Thaipusam Hindu Festival

Ceramah Indonesian Heritage Society

4 Feb 2009 Erasmus Huis, Jakarta

23 Jan - 7 Feb 2009 CCF Salemba, Jakarta

8 Feb 2009 Batu Caves, Selayang Selangor, Malaysia

10 - 24 Feb 2009 Erasmus Huis, Jakarta

Pementasan TERORIS (8:00PM) 25 Feb 2009 Japan Foundation, Jakarta

Konser Fun-TRAX-Tic 1 Mar 2009

Paris Van Java Mall, Bandung

Malaysia Flora Festival 2009 1 Mar 2009—31 May 2009 Kuala Lumpur, Malaysia

Upcoming Events Pemutaran Film Chichi To Kuraseba/Wajah Jizo

International Agriculture Expo 2009 (AGRINEX)

The 24th ASEAN Barred Ground Dove Festival

Thai Elephant Week

5 Mar 2009 Hall Japan Foundation, Jakarta

7 - 8 Mar 2008 Khwan Mueang Park, Mueang District, Yala

74 Februari 2009 |

12 - 15 Mar 2009 Exhibition Hall A, Jakarta Convention Center

13 March 2009 Thai Elephant Conservation Center, Lampang, Thailand


February 2009 Chiang Mai Flower Festival 2009

TravelWan Calendar Facts

6 - 8 Feb 2009 Nong Buak Hat Park, Chiang Mai

Simfoni Parahyangan (10:00AM - 6:00PM)

Tanggal: 9 Februari -18 Februari 2009, Sabtu, Minggu dan Hari Besar tutup Tempat: Japan Foundation Keterangan: Studio Lukis Bale Seni Barli, akan mengadakan acara pameran melukis yang akan dirangkai dengan workshop melukis di atas kaca, melukis di atas gerabah, serta membuat batik ikat celup.

Grand Wedding Expo 2009 20 - 22 Feb 2009

Assembly Hall 1,2,3, Jakarta Convention Center

Japan Festival 2009 “Japan Van Java” 21 - 22 Feb 2009 (09.00-22.00 WIB) Lapangan Gasibu Bandung

Kegiatan pariwisata yang diadakan di bulan Februari dalam Visit Kalsel 2009: a. Festival Burung Berkicau di Jembatan Barito

b. Lomba Jukung Tradisional di Lok Baintan Kab. Banjar c. Upacara Adat Babalian Tandik di Goa Temuluang Kabupaten Kotabaru

The North Face River Kwai Trophy 2009

26 Feb 2009 - 1 Mar 2009 All Rooms, Jakarta Convention Center

28 Feb 2009 Saiyok district, Kanchanaburi, Thailand

Java Jazz Festival 2009 6 - 8 Mar 2009 Jakarta Convention Center

The Indonesia International Auto Parts, Accessories & Equip Exhibition (INAPA) 2009 19 - 22 Mar 2009 Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta

King’s Cup Elephant Polo Tournament 23 - 30 Mar 2009 Anantara Golden Triangle Resort, Chiang Rai

Deep Indonesia 2009

27 Mar 2009 - 29 Mar 2009 Exhibition Hall A + B, Jakarta Convention Center

Be more visible to the readers!

P

ublicise your event here! Anda punya acara/event yang mau ditaruh di dalam rubrik CALENDARofEVENT TravelWan? Kirimkan informasi lengkap mengenai acara Anda ke email kami di: redaksi@ travelwan.com. Dengan harga kompetitif, Anda juga bisa include logo perusahaan atau detail foto lainnya di halaman ini. Untuk informasi kerjasama, pemasangan iklan dan lainnya, hubungi: Ching Ching (021) 667.8261 atau email kami di: info@travelwan.com

Photo & illustration Sources: sxc.hu, A. A. Kresna

FOCUS, Mega Bazaar Computer & JAVE

| Februari 2009 75


English Section

Indonesian Tourism in Anticipating Economic Downturn in 2009 The global economic crisis is expected to continue in 2009, affecting almost all sectors including tourism industry. United Nations World Tourism Organization (UNWTO) has predicted that global travelers would grow less than 2% in 2009.

A

nticipating the bleak prospect, Indonesia targeted the number of foreign tourist arrivals at least as many as the 2008 achievement at 6.4 million. “Even maintaining the 2008 achievement would be not easy. We have to keep working hard to achieve it,” said Tourism and Cultures Minister Jero Wacik during a press conference on his ministry’s annual report on tourism. In his report, the minister said that the number of 6.4 million foreign tourist arrivals in 2008 was actually breaking the record since 1996. Foreign tourists’ spending also broke the record from less than US$1,000 before to US$1,170 per person. “Totaled spendings of foreign tourists in 2008 is US$7,55 million, thanks to the

76 Februari 2009 |

Visit Indonesia Year 2008 program,” Jero Wacik added. Considering the success of the Visit Indonesia Year 2008, the minister decided to continue the program into Visit Indonesia Year 2009 with the theme of MICE (meetings, incentives, conventions, and exhibitions) dan Marine Tourism. According to the minister, MICE and marine tourism industry were proved to be crisis resistant. “Besides, the spending of foreign tourists in MICE usually twice or more the spending of regular tourists. The upcoming legislative and presidential elections would also a big potential income for MICE sector.” Meantime Didien Junaedy, secretary general of Indonesian Marine Tourism Association (Gahawisri), said that marine tourism

travelers usually would not change their interest to the other object. “Indonesia is very rich when it comes to the marine tourism sites and they’re also unique. Like food, it’s irreplaceable. The travelers would opt to fast rather than change the menu.” He further said that by putting the marine tourism into the Visit Indonesia Year 2009 program, the number of foreign travelers for marine tourism would increase significantly. “I don’t know the exact number of foreign travelers for marine tourism, I assume it’s between 10-15% of the totaled foreign tourist arrivals. The VIY 2009 program is expected to be able to increase it to 25-30%.” Many things still needed to be done to support the program, especially the accessibility of the marine tourism sites, Junaedy


“Indonesia is very rich when it comes to the marine tourism sites and they’re also unique. Like food, it’s irreplaceable. The travelers would opt to fast rather than change the menu.” —Didien Junaedy, secretary general of Indonesian Marine Tourism Association (Gahawisri)

said. He added that some beautiful sites had bad infrastructures or even did not have sufficient facilities for transportations. “Marine tourism sites are mostly located in the remote small islands. We need to build docks, if not airports as well as providing the fleet to reach the place comfortably. Thank God, Wakatobi’s airport is almost finished now.” Wakatobi is a part of the World’s Coral Triangle, located in the southeast of Sulawesi. The underwater flora and fauna were claimed to number more than 70% of the totaled species. Junaedy also said that through Gahawisri, he would propose to the

government to scrap the status of yachts as luxury goods. “We need the yachts to improve the marine tourism industry, but importing them with such a high import duty would be economically impossible.” Junaedy mentioned that Gahawisri would totally support the government’s program in developing marine tourism industry. “I see a good political will from the government to be more focused on the promotion of the marine tourism sites.” For the 2009 budget, the Tourism and Cultures Ministry has allocated Rp280 billion for promotion. “As the amount is still far from ideal, we must use it wisely,” said Sapta Nirwanda, the ministry’s director general of marketing. He added that the promotion media would also be tightly selected. “We’ll learn the target markets’ behaviours to determine the most effective medium to promote our tourism sites. We’ll also seek some other approaches to promote.” One of the approaches, according to him, was by cooperating with the communities. “The statements made by the communities’ members proved effective in affecting the public opinion on tourism

sites. Either they put the statements in the internet, or just by word of mouth.” Various communities relating to tourism activties has been flourishing in this country. They name themselves backpackers, diving and snorkeling communities, hiking and mountain climbers, even the ones who specialize their tourism activities in museums. Nirwanda also called on the tourism industry to anticipate the foreign tourist arrivals downturn by focusing their target market to short stay. “It is expeted that the number of long-stay travelers will decline sharply. Creating various packages for children and teenagers will also help significantly as children will bring their parents while teenagers will bring their friends.” Another effort made by the government to increase the foreign tourist arrivals is the addition of 11 countries entitled for visa on arrival (VoA) to 63. “We have four VoA service areas in Soekarno-Hatta, up to 20 in Ngurah Rai, Bali, and one in Entikong, Kalimantan. I think the number is enough. If sometimes we see long lines, it’s because the arrivals of their planes are too close to each other,” said Jero Wacik.

An empty Departure Hall at Soekarno-Hatta International Airport in Cengkareng in 2008.

| Februari 2009 77


Tourism in Brief

Transportation in News

For Those who’re interested in food can join Chef Table organized by Indonesian Chef Association (ICA). To participate in the monthly event, you only have to pay Rp100,000. In return, you will get custom-made, high-quality food, sometimes complete with cooking demonstrations, while broadening your network and knowledge. To register, simply send an email to ica_dkijakarta@yahoo.com. ICA was established in 2007 with the main agenda to raise and standardize Indonesian chef qualifications nationally as well as regionally in a bid to wider their opportunity to get a job in neighboring countries.

Emirates cuts its economy class ticket by 20% for flights to Dubai and other cities in Europe by making the reservation in Indonesia. The offer is valid until March 31, 2009.

You want to camp, but don’t want to bother bringing camping gears with you? TanaKita provides a campsite with a facility like a hotel. Located in Situgunung, Sukabumi, the campsite has permanent building for shower and toilet. The tent is furnished with mattress as a bed and sleeping bag as a blanket. During camping, you can also have a meeting as TanaKita also provides the facilities for presentations and other necessities for meetings. MICE businesses are expected to grow by 40% in 2009 despite the global economic crisis, according to Herman Wiriadipoera, Chief Executive Officers of PT Napindo Media Ashatama. The exhibition organizer has successfully held various expos such as the most recent Indo Defense, Indo Water, Indo Security, Indo Livestock, Indo Firex, and Indo Aerospace to name a few. Some of the expos will also be organized in 2009. Komodo Island has been voted to represent Indonesia in the New 7 Wonder of Natures first round selection. The second round voting will be held until July 7, 2009 when the committee will select 22 of the 77 top voted tourism objects around the world. To participate in the voting, you can visit www.new7wonders.com. Banten province has various tourism destinations, from beaches like Anyer, Carita, Tanjung Lesung, Pulau Umang, and Pantai Sumur; nature parks such as Ujung Kulon and Pulau Burung, mountainous view of Rawadano, Ciberang River for rafting, to religious and prehistoric site of Banten Lama and closed cultural society of Badui. Traveling would be not complete without souvenirs. In this province, you can get 12 kinds of Banten batik motifs, wood fossils, Badui handicrafts, hand-made artistic ashtray, chairs or table from the root of mahanoy tree, and for the food lovers, especially the sweet ones, you can have milkfish satay and dendeng (sun dried seasoned fish, water buffalo meat or beef). The Jakarta Ocean Dive (JODi) community wants to campaign that “diving is not expensive.” It’s active member Franciscus Lim encourages people to learn how to dive and join the community to experience the beauty of underwater scenery. JODi provides a basic training in diving with relatively low fare, Rp2,000,000. If this sounds attractive to you, send email to franciscus@gmail.com.

78 Februari 2009 |

In April 2009, Sriwijaya Air is planning to add its scheduled flight from Jakarta to Singapore to twice a day from the current once a day schedule. The additional flight will have business class, while the current one is economy only. Toto Nursatyo, Sriwijaya Air’s commercial director, said that the route kept growing despite the economic crisis. He added that the Jakarta-Singapore route hopefully would lead to the opening of the other routes in South Asia and Australia. Qantas Airways started to operate the JakartaSydney flight mid January, using A330-300. Promo tickets are offered, starting from US$330 for the flights to Australia as well as New Zealand. Garuda Indonesia launched online booking facility recently to complete its E-Travel program. Garuda also cut the fuel surcharge by 12.5% starting mid January. The Indonesian flag carrier has also planned to open 18 new routes for domestic flights. After the House of Representatives passed the new law on transportation by the end of 2008, the European Union is expected to lift the flight ban on Indonesian aircrafts. EU delegates met with President Susilo Bambang Yudhoyono recently and said that the ban might be scrapped in March or June 2009. Merpati Nusantara Airline has opened a new route of Jakarta-Sampit (Central Kalimantan). As the new route is a join operation with the local government of east Kotawaringin, the logo of the Kotawaringin is put on the plane. For those who like to travel by train, the stateowned train company PT KAI will operate executive and business classes train serving Bandung-Cirebon via Cikampek. The new route will be opened in February.


English Section

T

he Sawarna Village, noted for its pristine beach with good waves for surfing, is now preparing to become ‘The Bali of Banten’. “We have drawn a master plan in which an integrated tourism complex will be built. The people in the village have prepared to welcome any kinds of tourists while preserving our own culture, just like the Balinese,” said Erwin Komarasukma, the village head. He further said that the local government has allocated a 16 hectare land for the purpose. In the tourism complex, there will be a water park, cottages, retailing complex where the Sawarna people can sell their handicrafts, restaurants, fishermen home stay complexes and so on. “The master plan has been getting positive responses, but unfortunately we are stumbled on the funding of the permanent bridge construction. Without it, the master plan will be just a plan,” Komarasukma said, adding that the 60-meter bridge would cost around Rp2 billion. “It should be the provincial government’s decision to take, but it seems not in the near future.” Currently Sawarna keeps receiving tourist visits everyday, domestically as well

as internationally. They can spend the night at the villagers’ homes with very reasonable price. To go to the beach, about 65km in length, people have to pass through the wooden hanging bridge as the land and the beach is separated by a wide and deep river. For those who have no courage to go through it, they opt to fly using paragliding or light aircraft. “Most of the foreign tourists do it that way. They fly from Pelabuhan Ratu and return there later; no spending for the local people. By building the integrated tourism complex, the tourists is hoped to stay and spend their money here.

However, the beach will be kept free for access, no entry charge whatsoever for anyone,” Komarasukma said. Sawarna village is flanked by a mountain and the sea, with breathtaking view of the beach, viewed from the winding-roller coaster well-asphalted road. Due to its geographical conditions, it’s no wonder if the village is also enriched by unique Flora & Fauna and natural caves. For those who are interested to invest in Sawarna, it’s better to start buying a piece of land now when the price is still relatively very cheap, between Rp10,000Rp60,000 per square meter.

Contests You Don’t Want to Miss

I

f you are non-Singaporeans and nonSingapore Permanent Residents residing abroad, you have a special opportunity to win a five day-four night trip to Singapore that is customized to suit your areas of interest. Apart from a complete, all-rounded experience of the lifestyle and culture of Singapore, winners of the Contest will also get to meet with up to two prominent Singapore personalities in specific areas of their choice during their stay. Each winner is entitled to bring a

partner and will get to experience various aspects of living, studying, working and playing in Singapore. Accommodation, transport and meals according to the customized itinerary will also be covered by the organizer. Held by the government of Singapore, the contest is open until April 5, 2009. What you have to do is to write & send your essay on Singapore. For more details about this competition, visit: www.your-singapore-experience.sg Another contest is for the photographers, either amateur or pro. The

local government of Wakatobi, Southeast Sulawesi, is organizing the underwater photography competition with the object of the photos of the rich and beautiful coral reef in the Wakatobi’s waters. The totaled prizes of the annual competition for 2009 is US$40,000. The contest is now open until November 2009. The 2008 competition, with the prizes totaled US$20,000 were won by 13 winners from various countries. No less than 65 participants from nine countries took part in the 2008 contest.

| Februari 2009 79


subscribe now! Get

30%

off a 2-year subscription

Subscribe to us for 2 years and get 30%* off the normal price you will get from bookstores or regular newsstands and delivery straight to your door each month. For a 1-year subscription to TravelWan, get 25% off the normal price. YES! Please send me the following subscription (tick

on the corresponding box):

Indonesia only: TravelWan

SAVE

Jabodetabek & Bandung

Kota Lain Jawa & Bali / Other Cities (Java & Bali) + delivery fee

Luar Pulau Jawa/ Outside Java & Bali + delivery fee

1 year (12 issues)

25% off

. 315.000,-

. 495.000,-

. 735.000,-

2 years (24 issues)

30% off

. 588.000,-

. 948.000,-

. 1.428.000,-

Nama/Name

: (Miss/Mr./Mrs.)

Telepon/Phone

:

Email

:

Alamat/Address

:

Kode Pos/Post Code : HP/Mobile Phone

:

Tgl. Lahir/Date of Birth

:

Perusahaan/Company

:

Posisi/Position

:

Company Website

:

PAYMENT METHOD: Transfer to PT. Wanardi Media Emporium, Bank Mandiri KCP Muara Karang Dalam, Account No# 115-00-0588850-0. Fax this form & your proof of payment to TravelWan Subscription at +62-21 662 0282. You will receive your first issue within 4-6 weeks. CARA PEMBAYARAN: Transfer ke PT. Wanardi Media Emporium, Bank Mandiri KCP Muara Karang Dalam, Account No# 115-00-0588850-0. Fax formulir ini dengan bukti pembayaran ke TravelWan Subscription at +62-21 662 0282. Anda akan mendapatkan majalah pertama Anda dalam waktu 4-6 minggu. *this promotion is valid only until 31 May 2009

80 Februari 2009 |



TravelWan 1st edition