Page 1

CYAN YELLOW MAGENTA KEY

9 APRIL 2012 SUBUH : 04:57 DZUHUR : 12:18 ASHAR : 15:30 MAGHRIB : 18:21 ISYA : 19:31

Rp2000 (Pekanbaru) Rp3000 (Luar Kota) 24 Halaman

Harian Vokal

Harga Langganan

Rp50.000/bulan Luar Kot ota+ a+O Ong ngk kos Kirim

Ditembaki OPM, Trigana Tabrak Rumah

JAKARTA (VOKAL)-Kelompok separatis bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) menembaki pesawat Trigana Air jenis Twin Otter DHC 6300 PK-YRF saat mendarat di Bandara Mulia, Puncak Jaya, Papua, Minggu (8/4) sekitar pukul 08.30 WIT. Pesawat hilang kendali dan

Bersambung...Hal 7 Trigana Air jenis Twin Otter DHC 6300 PK-YRF n Pilot Bebi Astek, Copilot Willy, Mekanik Didik. n

New

JAKARTA (VOKAL)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku sudah menemukan keterlibatan pihak-pihak lain dalam kasus suap penambahan dana pembangunan venue cabang olahraga menembak PON XVIII Riau tahun 2012, berdasarkan hasil penyitaan sejumlah dokumen-dokumen dari DPRD Riau dan Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Riau pada Rabu (4/4) dan Kamis (5/4) kemarin.

n

Awalnya penyidik KPK datang ke Pekanbaru 12 orang. Kamis pulang 4 orang, sekarang tinggal 8 orang.

n

Tempat penginapan berpindah-pindah setiap malam. Datang pertama nginap di Hotel Aston, malam berikutnya di Hotel Mutiara Merdeka, Hotel Premiere, Sabtu malam tetap nginap di Hotel Premiere.

n

Sabtu malam usai pemeriksaan tersangka, penyidik KPK makan di Pujasera, baru pulang jam 02.00 WIB Minggu dinihari.

Riau Air Kembali ke 'Taksi Udara'

Pengalihan Isu

HANYA berselang sehari pada pekan silam, Provinsi Riau dihebohkan dua kejadian menarik. Pertama, inspeksi mendadak (sidak) Wakil Menteri Hukum dan Ham (Wamenkumham) Denny Indrayana bersama sejumlah pejabat Badan Narkotika Nasional (BNN) ke Lapas Pekanbaru untuk mengungkap jaringan kasus pencucian uang dari hasil peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang (Narkoba) pada Senin (2/4) dinihari. Kedua, sehari kemudian, Selasa (3/4), tanpa diduga

Bersambung...Hal 7

Fresh Looking

n Tangkap Bandar Narkoba di Lapas

BNN Tak Terhalang MoU 5 Langkah Berantas Berantas Narkoba di Lapas Lapas n Rotasi rutin setiap tiga bulan, pin-

dahkan bandar narkoba ke lapas lain lapas supaya tak jadi raja kecil dalam lapas.

n Pasang alat pengacak sinyal di

dalam kawasan lapas agar para pengedar tak dapat menggunakan telepon seluler atau internet dalam menjalankan bisnisnya.

n Lakukan penggerebekan rutin se-

tiap bulan.

n Copot Kalapas yang lapasnya ada

peredaran narkoba. Hukum seberat-beratnya sipir yang berkolusi dengan bandar narkoba.

n Segera eksekusi napi narkoba

yang sudah divonis mati agar menimbulkan efek jera bandar lainnya.

PEKANBARU (VOKAL)-Pemprov Riau bersikukuh tetap akan mempertahankan keberadaan Riau Air ke depan. Langkah-langkah untuk membangun kembali perusahaan penerbangan daerah itu terus dipersiapkan. Konsep 'taksi udara' yang dulu disebut-sebut pernah berhasil akan menjadi rencana langkah Riau Air selanjutnya.

Bersambung...Hal 7

M FAISAL Aswan dan Eka Dharma Putra (belakang) keluar ruang penyidikan pukul 23.00 WIB, Sabtu (7/4).

OLEH: H YUSKO

07.35 WIT: Pesawat terbang dari Nabire dengan 5 penumpang n 08.30 WIT: Ditembaki lebih 5 orang kelompok OPM sesaat sebelum mendarat di landasan Bandara Mulia. Tangki pesawat berlubang, ban kena tembakan. Pesawat hilang kendali dan menabrak bangunan di sekitar bandara. n Hingga pukul 12.00 WIT masih terjadi baku tembak. Evakuasi terkendala. n Pukul 14.00 WIT pilot dan copilot berhasil dievakuasi ke Jayapura. l Kelompok OPM melarikan diri ke hutan di atas gunung sekitar bandara dan dikejar aparat gabungan TNI dan Polri. n

Tewas: Leiron Kogoya (wartawan Harian Papua Pos Nabire, 35 tahun), luka tembak di leher. Luka : 1. Pako Korwa (anak-anak, 4 tahun), terkena serpihan di jari tangan kiri 2. Yanti Korwa (IRT, 30 tahun), terkena serpihan di lengan kanan 3. Beby Astek (kapten pilot, 40 tahun), terkena serpihan di mata kaki kiri 4. Willy Resubun (copilot, 30 tahun), terkena serpihan di jari tangan kanan.

Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo, Minggu (8/4) malam, mengatakan, keterlibatan pihak lain itu saat ini sedang didalami penyidik. Mulai hari ini (Senin, 9/ 4), satu per satu pihak-pihak yang terlibat itu akan mulai dimintai keterangan. "Kita belum bisa mengatakan apakah gubernur, seluruh anggota DPRD dan panitia PON-nya terlibat. Tetapi kalau mereka diperlukan keterangannya tentu akan dipanggil sebagai saksi.

M DUNIR dan Rahmad Syahputra (baju kaos belakang) keluar ruang penyidikan pukul 21.20 WIB, Sabtu (7/4).

Kronologis:

Data Korban:

LAPORAN: TIM LIPUTAN HARIAN VOKAL

ANDIKA

Email: harianvokal@gmail.com website: www.harianvokal.com

n Korban Tewas Wartawan, 4 Terluka

n Empat Tersangka dan Saksi Diperiksa Hari Ini n KPK: Tak Ada Intervensi s Hot

Nova Eliza

9 April 2012 17 JUMADIL AWAL 1433 H EDISI 633/TAHUN III

Santun Mengkritisi, Cerdas Menyikapi

KPK Kantongi Calon Tersangka Baru

Cakap Bebas

SENIN

AMIR SYAMSUDDIN

JAKARTA (VOKAL)-Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin memastikan, tanpa nota kesepahaman (MoU) dengan Kemenkum HAM, Badan Narkotika Nasional (BNN) bisa melakukan

Bersambung...Hal 7

Bersambung...Hal 7

Vs

PSPS

PSMS

Beban Berat Tanpa Dzumafo PEKANBARU (VOKAL)-Dzumafo Effendi Herman tak bisa dilepaskan dari PSPS Pekanbaru. Hampir setiap kemenangan yang diraih Askar Bertuah selalu lahir dari buah kemampuannya. Bahkan, striker asal Kamerun ini juga berperan penting kembalinya PSPS ke Indonesia Super League (ISL), setelah sebelumnya sempat tercampak ke Divisi Utama.

Bersambung...Hal 7 DEDY Gusmawan (kanan) dibayangi pemain PSMS Alejandro Pena saat bentrok di Stadion Teladan Medan, akhir Maret lalu. Ketika itu PSPS menyerah 1-3.

Sumber: Usulan Indonesia Police Watch (IPW)

n Kejurda Karate FORKI VI 2012 Ditutup Tadi Malam

Bersambung...Hal 7

n Harian Vokal di Hati Anda!!! Penanggung Jawab/Redaktur: IDRUS YAMIN

CYAN YELLOW MAGENTA KEY

Pekanbaru Tetap Juara Umum

ANDIKA

LAMA tak muncul di layar kaca, Nova Eliza ternyata memiliki kesibukan yang cukup menyita waktunya. Ia kini jadi seorang instruktur pilates. Dan hasilnya, ia kini

KETUA Umum Pengda FORKI Dumai H Yusrizal Koto memasangkan medali kepada juara kata beregu senior Kejurda Karate FORKI VI di GOR Tribuana, tadi malam.

n Iklan : Harmen Fadly 0812 7575 1116

PEKANBARU (VOKAL)-Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate FORKI VI tahun 2012 resmi ditutup Minggu (8/4) di GOR Tribuana, Jalan Diponegoro, Pekanbaru. Kota Pekanbaru berhasil mempertahankan gelar juara umum yang diperolehnya pada Kejurda tahun lalu. Pekanbaru berhasil mengumpulkan 16 medali emas, 10 medali perak dan 22 medali perunggu.

Bersambung...Hal 7

I ndeks....

w BPN Terbitkan Sertifikat di Badan Jalan................................Hal 5 w Dana Pembangunan 6 Rumdis Jaksa Diduga Di-mark up...Hal 12 w DPRD Minta Disdik Kota Bertanggung Jawab..............Hal 15

n Langganan Koran : Irwansyah 081378342374 Perwajahan: ZULQIFLI


2

HARIAN VOKAL

SENIN

NASIONAL

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

LINTAS Polsek Sita 1.225 Pil Ekstasi

JAKARTA-Berawal dari penangkapan Komar (30), tukang ojek yang dibekuk polisi karena mengedarkan sabu, polisi berhasil menangkap bandar besar lainnya. Hasilnya, 1.225 butir ekstasi dan 140 gram sabu disita polisi. “Kita tangkap Bandarnya si Komar, di kawasan Gambir, Jakarta Pusat tadi malam,” kata Kanit Reskrim, Polsek Sawah Besar AKP Ary Susanto, saat dikonfirmasi, Minggu (8/4). Diketahui, bandar tersebut bernama Adi Arya (32). Tersangka, lanjut Ary, merupakan residivis kasus narkoba, dan baru keluar 3 bulan silam dari LP Cipinang. “Dia residivis kasus kepemilikan sabu juga. Baru bebas 3 bulan lalu,” sambung Ary. Selain menyita ekstasi, polisi juga berhasil menyita 2 paket sabu kristal dengan berat lebih dari 140 gram. Menurutnya, total barang bukti dari tersangka berkisar Rp 500 juta. “Berdasarkan keterangan, barang tersebut berasal dari bandar besar lainnya, masih kita cari pelakunya,” ujarnya. Akibat perbuatannya, Komar dan Arya dikenakan pasal 114 UU Narkotika, dengan ancaman penjara diatas 15 tahun. Kedua tersangka kini mendekam di balik jeruji besi Polsek Sawah Besar. (dtc,hab)

Tabrakan Renggut 9 Jiwa

JEMBER-Kecelakaan maut di Jalan Raya Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (8/4), merenggut sembilan jiwa. Empat di antaranya meninggal dunia seketika di lokasi kejadian. “Lima korban yang mengalami luka berat sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah (RSD) dr Soebandi Jember, namun nyawa mereka tidak tertolong akibat benturan yang cukup keras,” kata Kasat Lantas Polres Jember, AKP Wiwit Adi Satria, tadi malam. Sebuah minibus Mitsubishi L-300 bernomor polisi P 2269 U dan berpenumpang 13 orang warga Kabupaten Pamekasan, Madura, menabrak sebuah truk gandeng bernomor polisi AG 8146 US. Truk itu bermuatan kayu dan melaju dari arah Surabaya menuju Jember di Jalan Raya Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. (ant,hab)

“RUU Konflik Sosial Khianati Reformasi”

JAKARTA-Rancangan Undang-Undang Penanganan Konflik Sosial (RUU PKS) yang dirumuskan pemerintah dan DPR, dinilai berpotensi mencelakai reformasi. Direktur Program Imparsial Al Araf mengatakan, RUU PKS ini hampir sama dengan RUU Penanggulangan Keadaan Bahaya (RUU PKB) yang pembahasannya mendapat perlawanan hingga berujung pada kematian seorang mahasiswa. Insiden itu kemudian dinamakan Tragedi Semanggi 1999. Mahasiswa menolak RUU PKB yang dianggap memberi kekuasaan militer untuk mengambil kendali pemerintahan atas nama keamanan dan keselamatan negara. “Apabila parlemen mengesahkan RUU (PKS) ini, bentuk penghiatan terhadap gerakan mahasiwa, penghianatan gerakan reformasi, hampir sama masalahnya dengan RUU PKB yang menyebabkan korban jiwa,” kata Al Araf dalam diskusi bertajuk ‘Sesat pikir RUU Penanggulangan Konflik Sosial’ di Jakarta, Minggu (8/4/2012). Salah satu poin RUU PKS itu berisikan aturan melibatkan kekuatan militer dalam menghadapi hal-hal yang dianggap konflik sosial. Menurut Al Araf, definisi konflik sosial dalam RUU PKS tersebut masih terlalu luas. “Demo mahasiswa nantinya bisa dikategorikan konflik sosial,” ujarnya. Dengan definisi konflik sosial yang luas ini, lanjut Al Araf, pelibatan kekuatan militer seolah kembali ke era Orde Baru. “Menghadapkan militer dengan masyarakat, ini harus ditolak, karena banyak nyawa meninggal di tahun 1998. Sangat amat berbahaya sekali RUU ini,” ujar Al Araf. RUU ini mengandung pasal menyatakan bahwa kepala daerah memiliki kewenangan untuk meminta pengerahan dan penggunaan TNI melalui Forum koordinasi pimpinan daerah dalam menangani konflik sosial di wilayahnya. Al Araf juga memandang pemberian kewenangan kepada kepala daerah untuk bisa mengerahkan TNI dalam penanganan konflik sosial merupakan bentuk pengambilalihan kewenangan Presiden. (dtc,tnr,hab)

Penanggung Jawab/Redaktur: HASAN BASRIL

INT

KAMPANYE RUMAH HARIMAU-Aktivis Greenpeace memakai kostum Harimau saat kampanye dan sosialisasi penyelamatan hutan dan harimau Sumatera di Jalan Sudirman, Jakarta, Minggu (8/4). Aksi tersebut untuk membangun kepedulian masyarakat mengenai penyelamatan hutan dan harimau sumatera.

r Tiga Menteri PKS Bakal Tersingkir

SBY Segera Rombak Kabinet JAKARTA-Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Ahmad Mubarok, mengungkapkan, Presiden SBY saat ini sedang mencari pengganti sejumlah menteri, termasuk tiga menteri dari PKS. “Tidak hanya tiga menteri dari gab Koalisi, maka PKS akan kehiPKS saja yang diganti, ada beber- langan kursi menterinya tersebut. Seperti diketahui apa menteri juga PKS mendudukkan yang mungkin akan tiga menterinya di segera diganti,” kata Kabinet Indonesia Ahmad Mubarok, Bersatu jilid II. KetiMinggu (8/4). ganya, yaitu Tifatul Ditanya, alasan Sembiring (MenkoSBY belum juga berminfo), Suswono bicara mengenai na(Menteri Pertanian), sib PKS, MObarok, dan Salim Segaf Al menjelaskan, politik Jufri (Menteri sosial). SBY seperti politik Bukan di Setgab Jawa yang tidak graAHMAD MUBAROK Ketua Umum Parsak-grusuk dalam membuat keputusan. “Semua tai Golkar Aburizal Bakrie, mendipikirkan secara matang. Untuk jelaskan keputusan mengenai mencari pengganti menteri juga nasib anggota koalisi seharusnya disampaikan oleh pemerintah, seperti itu,” katanya. Ditegaskan Mubarok, sebe- bukan oleh Sekretariat Gabunnarnya PKS tak perlu menunggu gan. “Pemerintah bisa Presiden SBY berbicara karena semuanya atau Wakil Presiden dan Menkosudah jelas. “Setgab sudah ko- polhukam,” kata Aburizal di Solo, mpak, kalau PKS itu sudah resmi Minggu. Menurut pria yang kerap disadikeluarkan, hanya saja Pak SBY tidak bicara pada Pers,” katanya. pa Ical itu, kontrak koalisi ditandaBeredar kabar, SBY mengulur tangani oleh partai bersangkutan waktu untuk berbicara karena se- dengan pemerintah. Jadi, jika ada dang mencari pengganti tiga men- permasalahan pelanggaran kesepteri asal PKS. Bila keluar dari Set- akatan, maka disampaikan pemer-

intah. “Kontrak koalisi setiap partai hanya dengan pemerintah. Jadi yang mengumumkan bukan partai atau wakil Setgab,” ujarnya. Hasil rapat Setgab di Cikeas, Selasa malam 3 April 2012, menyatakan sikap PKS yang menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak dalam paripurna DPR akhir Maret lalu, telah melanggar kode etik koalisi. PKS terancam didepak dari koalisi setelah mengambil sikap itu. Kesepakatan itu diambil dalam pertemuan para ketua umum partai koalisi dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas. “Sangat melanggar,” kata Sekretaris Setgab, Syarif Hasan, di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Syarif mengungkapkan, bahasan utama dalam pertemuan di kediaman SBY malam ini adalah masalah kontrak koalisi. “Kami membahas masalah kontraknya saja, kontrak koalisi,” ujar Syarif. Tetap di Koalisi Sementara Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaaq mengatakan partainya masih ingin berada di dalam koalisi pemerintahan. Keinginan itu sebagai pertanggungjawaban PKS kepada publik. “Jadi rasa tanggung jawab kepada publik bisa mngalahkan sega-

11 Pemda Kuras 70% APBD Gaji Pegawai JAKARTA-Forum Indonesia Untuk Transparansi Aggaran (Fitra) mencatat terdapat 11 pemeritah kabupaten/kota di Indonesia yang 70% anggarannya hanya habis untuk gaji pegawai. Kota Langsa di NAD menempati urutan teratas pemerintah terboros dalam hal belanja pegawai yaitu sekitar 76,7%. Berikut ini 11 dearah (kabupaten/kota) terboros dengan anggaran belanja pegawai di atas 70% (dari Ringkasan APBD 2012); (1) Kota Langsa-NAD = 76,7%, (2) Kab Kuningan-Jawa Barat = 74,0%, (3) Kota Ambon-Maluku = 73,4%, (4) Kab Ngawi-Jawa Timur = 73,0%, (5) Kab Bantul-DIY = 71,9%, (6) Kab Bireuen-NAD = 71,8%, (7) Kab Klaten-Jawa Tengah = 71,6%, (8) Kab Aceh Barat-NAD = 70,9%, (9) Kota Gorontalo-Gorontalo = 70,3%, (10) Kab Karanganyar-

Jawa Tengah = 70,1% dan (11) Kota Padang Sidempuan-Sumatera Utara = 70,0% Secara umum Sekretariat Nasional Fitra mencatat ada 291 daerah yang menghabiskan anggaran untuk belanja pegawai lebih dari 50%. Ironisnya, jumlah ini meningkat signifikan sebesar 135% dibanding tahun 2011 yang hanya 124 daerah. PemdaPemda ini terancam dalam jurang kebangkrutan. “Hal ini tidak bisa dibiarkan bila tidak ingin kepentingan masyarakat luas dikorbankan terus menerus karena sisa anggaran yang tersedia untuk belanja program kegiatan hanya 9-14%,” kata Kepala Divisi Pengembangan Jaringan Hadi Prayitno dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/4). Menurutnya, penyebab ke-

bangkrutan ini adalah karena adanya penetapan yang dilakukan pemerintah terkait kenaikan gaji pegawai secara berkala sejak tahun 2007 sampai 2011 di angka 5-15% ditambah dengan adanya gaji ke-13. Kedua dikarenakan adanya penyerapan PNS baru secara terus menerus tanpa mempertimbangkan kapasitas keuangan daerah. Yang terakhir karena melonjaknya jumlah organisasi di kab/ kota yang menambah beban terhadap anggaran daerah. Untuk itu, lanjut Hadi, Fitra mendorong untuk segera diberlakukan perubahan kebijakan untuk penghematan anggaran Pemda dan juga memperbaiki kinerjanya yang dinilai tidak dapat melayani publik dengan baik. (dtc,hab)

la perasaan dan suasana hati,” kata Luthfi Hasan di Kantor DPP PKS, Jakarta, Sabtu. Menurut dia, rasa tanggung jawab kepada publik inilah yang memberi ketenangan bagi PKS meski digoyang isu akan dikeluarkan dari koalisi. “Kalau bukan rasa tanggung jawab kepada publik, sudah barang tentu suasana ini akan memengaruhi pikiran. Tapi karena kita berbasis rasa tanggung jawab, maka suasana hati bisa kita kalahkan.” Luthfi pun meminta kaderkadernya yang duduk dalam kabinet Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk tetap tenang. Mereka diminta tetap bekerja secara profesional. “Kami laksanakan semua yang ditugaskan kepada kami. Menteri-menteri kami sudah kami pesankan untuk tetap bekerja secara profesional,” tutur Luthfi. “Kami lakukan semua yang harus kami lakukan.” Untungkan PKS Analis Politik dari Charta Politica Arya Fernandes, mengatakan, digantungnya nasib PKS oleh Pre-

siden SBY justru menguntungkan posisi PKS. Sebab jika SBY dengan tegas mengeluarkan PKS dari koalisi, akan timbul gelombang dukungan kepada PKS. “Sikap SBY menggantung PKS dan tidak mengajak PKS dalam rapat koordinasi, saya kira adalah cara untuk mempengaruhi level psikologi politik PKS. SBY secara tidak langsung ingin menekan PKS untuk mengundurkan diri,” ujarnya, Minggu. Menurutnya, sikap apapun yang nantinya diambil SBY akan menimbulkan dampak tersendiri. Sehingga SBY harus mengukuhkan kembali apa sikap yang akan diambil nanti. “Karena kalau SBY memecat PKS, akan terjadi gelombang dukungan terhadap PKS, dan itu tentu tidak menguntungkan bagi Demokrat. Itu yang ditakutkan oleh SBY,” jelasnya. Untuk itu, Arya menyarankan kepada PKS untuk tidak terpancing segala manuver-manuver politik yang dikeluarkan oleh elitelit Setgab tentang nasib PKS di koalisi. (dtc,tnr,ilc,hab)

Disiapkan Rp600 M untuk UN MAKASSAR-Menteri Pendidi- sederajat. “Dengan anggaran ini, kan dan Kebudayaan (Men- setiap anak dibiayai sekitar Rp50 ribu. Anggaran itu dikbud) Muhamsudah didiskusimad Nuh mengakan dengan Komitakan, anggaran si X DPR RI. Sudah yang disiapkan unada hitung-hituntuk pelaksanaan gannya,” katanya. Ujian Nasional Mantan Rektor (UN) sekitar Rp60ITS itu berharap 0 miliar. semua siswa “A n g g a r a n yang mengikuti yang kami siapUN yang akan kan untuk proses diselenggarakan Ujian Nasional ini MUHAMMAD NUH pada pertengasekitar Rp600 miliar dan anggaran itu untuk han April hingga Mei itu, dapat semua komponen UN,” ujarnya mengerjakan soal dengan baik dan tidak berlaku curang. di Makassar, Sabtu (7/4). Ia juga berharap pelakIa mengatakan, anggaran sebesar itu bukan hanya un- sanaan UN setiap tahunnya tuk kertas ujian dan jawaban, bisa ditingkatkan dengan tetapi juga untuk mencetak soal, menggunakan rumusan “tiga biaya pengawas, koreks, dan tepat” (3-T). Tiga ketepatan lainnya. Anggaran itu untuk yang dimaksud adalah ketemembiayai puluhan juta anak patan dalam distribusi soal sekolah yang akan melaksana- agar tidak tertukar, tepat wakkan proses UN dan anak didik tu, dan tepat dalam jumlah dari SD, SMP, hingga SMA dan soal. (ant,hab)

Perwajahan: ISKANDAR


INTERNASIONAL SENIN

3

HARIAN VOKAL

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

LINTAS r Basmi Kelompok Militan

Mesir Kerahkan Pasukan ke Sinai

130 Tentara Pakistan Terkubur Salju

ISLAMABAD (VOKAL)-Salju longsor mengubur lebih dari 100 tentara Pakistan di dekat glasier Siachen di perbatasan Pakistan-India, Sabtu (7/ 4). Demikian pernyataan para pejabat kepada kantor berita NBC News. Beberapa kanal televisi Pakistan sebelumnya melaporkan sekitar 150 orang tentara tertimpa salju. "Sekitar pukul tujuh pagi ini longsor itu telah menimpa sebuah markas militer. Lebih dari 100 tentara dan personel terjebak," ujar juru bicara militer Pakistan, Mayor Jendral Athar Abbas, seperti dilaporkan Reuters. Tim penyelamat bergegas ke lokasi kejadian. Di antara regu penyelamat yang dikerahkan antara lain pasukan dari markas lain, anjing-anjing pelacak, dan dan beberapa helikopter. Seorang pejabat keamanan kepada The Associated Press menyebutkan salju menimbun sebuah markas batalion di distrik Gayari pada pukul 6 waktu setempat. Siachen adalah bagian utara Kashmir. Mayoritas muslim Kashmir adalah jantung pertikaian antara India-Pakistan dan menyebabkan dua dari tiga perang mereka sejak kemerdekaan dari Inggris pada 1947.(ok/sad)

Pemerintah Malawi Meninggal Dunia BAMAKO (VOKAL)- Pemerintah Malawi akhirnya mengkonfirmasi kabar kematian Presiden Bingu wa Mutharika dan mengumumkan masa berkabung bagi negara itu yang akan berlangsung selama 10 hari ke depan. "Presiden Bingu wa Mutharika meninggal dunia pada Kamis 5 Maret lalu setelah mengalami serangan jantung," demikian pernyataan singkat yang diberikan Pemerintahan Malawi seperti dikutip Associated Press Sabtu, (7/4). Setelah dikonfirmasinya kabar ini, maka menurut konstitusi negara itu Wakil Presiden Joyce Banda akan mengambil alih kekuasaan. Namun belum ada kepastian mengenai hal ini. Selama masa kepemimpinannya Mutharika dituding berlaku otoriter dan bertanggung jawab atas sejumlah kasus pelanggaran hak asasi manusia. Mutharika pun diketahui tidak memiliki hubungan yang harmonis dengan Wakil Presiden Joyce Banda. (ok/sad)

Penanggung Jawab/Redaktur: SAADUDDIN

INT

KAIRO (VOKAL)-Mesir mengerahkan aparat keamanannya untuk membasmi kelompok militan yang mensabotase pipa gas dan melancarkan serangan roket ke wilayah Israel, Eilat. Komanan pasukan Mesir Jendral Salah al Masri mengumumkan, operasi pengamanan ini ditujukan untuk meningkatkan keamanan di wilayah Sinai dan melindungi pipa gas. Masri mengerahkan 150 polisi Mesir ke wilayah tersebut, termasuk pasukan khusus dan unit perangnya. Israel juga mengizinkan Mesir mengirim tujuh batalion ke Semenanjung Sinai, meski pengerahan pasukan itu merupakan hal yang dilarang dalam perjanjian damai Israel dan Mesir. Demikian seperti diberitakan Haaretz, Minggu (8/4). Meski demikian, kekhawatiran atas pengerahan pasukan Negeri Piramida sempat muncul. Israel memprediksikan akan adanya ketegangan yang muncul antara Mesir dan warga suku Badui di Sinai. Pada Kamis lalu, roket meluncur dari Sinai ke resor Israel yang terletak di Kota Eilat. Kecaman-kecaman pun muncul pascainsiden tersebut. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bahkan mengatakan Semenanjung Sinai sudah berubah menjadi basis peluncur roket. Negeri Yahudi itu bersumpah akan menghancurkan siapapun yang mengancam keamanan negaranya. (bbc/rts/ok/sad)

KAKI PALSU - Seorang bocah Afghanistan penyandang cacat menunggu perawatan di rumah sakit ICRC bagi korban perang di Pusat Ortopedi Badan Internasional Palang Merah di Jalalabad, Sabtu (7/4). ICRC menyediakan kaki palsu bagi ratusan penyandang cacat di Afghanistan yang kebanyakan merupakan korban perang.

r Balas Serangan

Palestina Tembak 2 Roket Israel YERUSALEM (VOKAL)- Pejuang Palestina berhasil menembakkan dua roket dari Jalur Gaza dan menghantam Israel selatan pada Minggu (8/4) pagi. Penembakan roket itu merupakan serangan balasan atas penembakan pesawat tak berawak Israel di Jalur Gaza, Sabtu (7/4) malam. Meski begitu tidak ada korban jiwa atau kerusakan atas peluncuran roket Palestina ini. "Roket jauh dari pemukiman Yahudi dan jatuh

di tanah terbuka. Tidak ada yang terluka dan tidak ada kerusakan properti," kata juru bicara polisi Israel, Luba Samri kepada AFP.

Pesawat tak berawak Israel seringkali menjadi ulah dalam serangkaian serangan terhadap pejuang Palestina. Pada serangan pesawat tak berawak Israel kali ini, militer Israel berkilah sedang patroli mencari penembak roket ke Israel. "Pesawat telah berhasil menggagalkan peluncuran roket di Jalur Gaza selatan," seorang juru

DAMASKUS (VOKAL)-Suriah mengatakan, menjelang batas waktu PBB, pasukannya tidak akan ditarik dari kota-kota yang dilanda demonstrasi, kecuali ada jaminan tertulis. Ketika batas waktu Selasa mendekat , kementerian luar negeri mengaku tidak mendapat jaminan bahwa kelompok oposisi juga akan meletakkan senjata mereka. "Mengatakan bahwa Suriah akan menarik pasukannya dari kota-kota pada 10 April tidak akurat, Kofi Annan belum menye-

rahkan jaminan tertulis mengenai persetujuan 'kelompok-kelompok teroris bersenjata' untuk menghentikan semua kekerasan," katanya. Kamis lalu Dewan Keamanan PBB resmi menyetujui batas waktu penarikan pasukan Suriah dan senjata-senjata berat dari kota-kota, tetapi Damaskus mengatakan "aksi teroris" meningkat sejak perjanjian disepakati dengan Annan utusan PBB dan Liga Arab itu. "Tuan Annan tidak menyampaikan jaminan-jaminan tertulis

dari pemerintah-pemerintah Qatar, Arab Saudi dan Turki mengenai penghentian bantuaan dana mereka kepada kelompok-kelompok teroris," kata kementerian itu. AnnanmenyerukanpenarikantentaraSuriahdanmenghentikanseluruh pertempuran 48 jam kemudian. Pada Sabtu saja setidaknya 40 warga sipil tewas "akibat serangan di kota Latama," provinsi Hama, kata Observatorium Hak Asasi Manusia Suriah yang berpangkalan di London. (ant/sad)

Suriah Tolak Tarik Pasukan

bicara militer kepada AFP. Padahal serangan pesawat tak berawak Israel tersebut menciderai dua warga Palestina pengendara sepeda motor bukan peluncur roket seperti yang dituduhkan. Bulan lalu, serangkaian serangan udara dari pesawat tak berawak Israel dan salvo roket milik Palestina, terlibat dalam serangan balasan di kedua belah pihak. Namun serangan balasan dari Israel telah menewaskan kepala Komite Perlawanan Rakyat, Zuhair al-Qaisi yang berbasis di Gaza. Tewasnya al-Qaisi ini kemudian mendorong kelompok-kelompok pejuang Palestina lain kembali menembakkan roket mereka ke wilayah Israel. Sedangkan pesawat tempur Israel melakukan puluhan serangan udara, menewaskan 25 orang, di antaranya 14 anggota Jihad Islam. Indonesia Kirim 15 Relawan Kepedulian masyarakat Indonesia terhadap pembebasan Tanah Palestina dari penjajahan Zionis Israel terus menggema. Setelah sukses memberangkatkan se-

banyak 60 relawan, pada akhir Maret lalu. Kali ini, Minggu (8/4), Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al-Quds Palestina, dan Komite Eropa untuk Pembebasan Blokade, bersama Asia Pasific for Palestine dan Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP), dengan misi yang sama, kembali menggelar pelepasan untuk memberangkatkan 15 relawan perdamaian ke Jalur Gaza-Palestina. Para relawan ini akan melakukan aksi damai di Gaza Palestina, bersama para aktivis dan National Goverment Organization (NGO) perdamaian dari seluruh dunia lainnya dalam agenda 'Syaddul Rihal Untuk Palestina Merdeka'. "Ini juga sebagai wujud kampanye dan informasi kepada masyarakat luas, agar masalah Palestina ini, terus tumbuh dan diperhatikan," menurut Kordinator Lapangan Relawan, Heri Effendi, di Balairung Budi Utomo, Hotel Bumi Wiyata Kota Depok, Minggu (8/4). (bbc,rp/sad)

r Berdialog dengan Pemberontak Karen

Suu Kyi Janji Selesaikan Masalah Etnis YANGON (VOKAL)-Pimpinan oposisi Myanmar Aung San Suu Kyi bertemu dengan kelompok pemberontak etnis minoritas Karen. Suu Kyi mengadakan pembicaraan selama dua jam dengan delegasi dari Uni Nasional Karen (KNU) di Yangon, Myanmar, dan menjanjikan penghapusan organisasi terlarang di Myanmar. Pemimpin Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) tersebut, menyebut pertemuan itu sebagai peristiwa penting dalam mendorong rekonsiliasi nasional. "Tujuan NLD kesatuan de-

mokratis sejati, kita percaya semua etnis harus dimasukkan dalam proses ini bersama," kata Suu Kyi seperti diberitakan AFP, Minggu (8/4). Myanmar menyebut kelompok pemberontak Karen, di mana pemimpinnya saat ini berada di Thailand sebagai kelompok yang ilegal. Pembicaraan Suu Kyi ini dilakukan setelah delegasi KNU bertemu dengan Presiden Thein Sein untuk pertama kalinya. Pada pertemuan itu, Suu Kyi mengatakan akan menggunakan kedudukannya sebagai ang-

gota parlemen untuk membantu menyelesaikan masalah etnis. Suu Kyi menambahkan, akan lebih baik jika tidak ada organisasi terlarang di Myanmar. Seperti diketahui, pasukan bersenjata pemberontak Karen telah melancarkan pemberontakan paling lama di Myanmar. Kelompok tersebut memerangi pemerintah sejak 1949 di dekat perbatasan Thailand. Etnis Karen merupakan salah satu etnis dari 135 kelompok etnis di Myanmar. Populasi etnis Karen sekitar tujuh persen dari jumlah keseluruhan penduduk Myanmar.

Sementara itu, dalam pemilihan sela yang digelar Minggu (1/4) lalu, partai NLD mengklaim memenangi nyaris semua kursi dari 44 kursi parlemen yang diperebutkan. Ini merupakan kali pertama bagi NLD untuk mengikuti pemilihan di Myanmar sejak tahun 1990 karena

memboikot pemilihan umum pada tahun 2010. Pemilihan sela ini diamati seksama oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa. Sebabnya, pemilihan ini dianggap sebagai salah satu bukti lebih lanjut dari janji pemerintah Myanmar untuk menempuh reformasi politik. (dtc/sad)

Perwajahan: ABDA


4

SENIN

HARIAN VOKAL

Oleh

RAPAT pimpinan partai politik yang tergabung dalam Sekretariat Gabungan (Setgab) dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/4) malam lalu, sepakat menyatakan, bahwa sikap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam sidang paripurna DPR akhir Maret lalu, telah melanggar kode etik Koalisi. Akibatnya, PKS pun terancam didepak dari Koalisi. Namun anehnya, hingga kini SBY belum juga menegaskan mengeluarkan PKS dari Koalisi. Buktinya, tiga menteri yang berasal dari PKS, yakni Tifatul Sembiring (Menteri Komunikasi dan Informasi), Suswono (Menteri Pertanian) dan Salim Segaf Al Jufri (Menteri Sosial), masih bercokol di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Padahal, sejumlah politikus dari partai yang tergabung dalam Koalisi sudah gencar mengeluarkan komentar yang arahnya mendesak SBY segera mencampakkan PKS dari Koalisi dan memaksa PKS memutuskan mundur dari Koalisi. Muncul pertanyaan, kenapa SBY belum juga mencopot tiga menteri PKS dari kabinetnya? Berbagai jawaban spekulatif pun sudah dimunculkan berbagai kalangan. Ada yang menilai, SBY masih membutuhkan keberadaan PKS di Koalisi untuk mengamankan kepentingan politiknya menjelang berakhirnya masa kekuasaannya tahun 2014 mendatang. Ada pula yang menilai, SBY sengaja 'menggantung' nasib PKS dengan harapan PKS akan mundur sendiri dari Koalisi, sehingga tidak muncul kesan SBY dan Setgab menzalimi PKS. Sebab, kesan terzalimi ini diyakini SBY akan memberikan keuntungan politik kepada PKS dalam menghadapi Pemilihan Umum tahun 2014 nanti. Namun ada pula yang menduga SBY sedang mencarikan nama-nama yang tepat untuk menggantikan posisi 3 menteri PKS di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Kita tidak bisa memastikan, sampai kapan SBY akan 'menggantung' nasib PKS di Koalisi, dibuang atau tetap dipertahankannya. Sebelum ini SBY memang sering lamban mengambil keputusan tentang permasalahan yang menjadi perhatian publik. SBY terkesan sengaja membiarkannya berlarut-larut terlebih dulu, bahkan menunggu hingga publik menjadi sangat marah, barulah SBY menegaskan sikapnya. Sehingga tidak perlu heran bila SBY juga akan 'menggantung' nasib PKS ini dalam waktu cukup lama. Siapa yang diuntungkan dengan langkah SBY 'menggantung' nasib PKS ini? Jelas PKS. Dengan demikian, terkait penolakannya terhadap keinginan pemerintah menaikkan harga BBM, ada dua keuntungan politik yang didapatkan PKS. Pertama, dengan menolak kenaikan harga BBM, PKS berhasil mencuri simpati rakyat sehingga memperbaiki citranya menjelang Pemilu 2014. Kedua, PKS terkesan dizalimi SBY dan Setgab, yang tentunya juga bisa melahirkan simpati dari rakyat. Sehingga pantaslah SBY bingung memutuskan nasib PKS di Koalisi, sebab apa pun keputusannya, PKS tetap mendapatkan keuntungan politik.**

P ojok   Sindir -Pedagang Plaza Sukaramai Lihat Penampakan Makhluk Halus +Mungkin nak beli baju juge... -Motor PNS Polri Diduga Dirampas Debt Collector +Debt Collector memang tak pandang PNS atau tidak...

Yuni Kuswidarti

ADAKAH yang masih ingat pelajaran SMP dulu? Terutama pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan atau yang saat ini lebih dikenal dengan nama Hukum Kewarganegaraan. Jika tidak ingat, coba buka kembali bukunya. Ini penting, terkait maraknya sejumlah masyarakat yang sejak Maret lalu hingga sekarang berkoar-koar meminta keinginannya dituruti pemerintah. Keputusan pemerintah menaikkan harga BBM memunculkan berbagai reaksi dari masyarakat. Sebagian besar masyarakat yang awalnya memilih apatis, kini ikut menyibukkan diri. Mulai dari sekedar mengomentari, mengkritik, menghujat melalui media, atau yang hampir setiap hari kita saksikan di layar kaca, beberapa aksi demonstrasi mahasiswa, buruh, dan masyarakat dengan mengatasnamakan rakyat. Demonstrasi sebenarnya bukti bahwa Indonesia menganut sistem pemerintahan demokratis. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia demokrasi adalah bentuk pemerintahan yg seluruh rakyatnya turut serta memerintah dengan perantaraan wakilnya; pemerintahan rakyat; gagasan atau pandangan hidup yg mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yg sama bagi semua warga negara. Salah satu ciri negara yang demokratis adalah adanya kemerdekaan mengemukakan pendapat bagi masyarakatnya. Kebebasan yang dimaksud di sini tentu saja bukan kebebasan yang dapat dilakukan masyarakat secara mutlak, namun sebuah kebebasan yang tidak merugikan pihak-pihak lain, dengan kata lain kebebasan yang bertanggung jawab. Dalam UU No. 9 Pasal 1 Tahun 1998, disebutkan bahwa kemerdekaan menyampaikan pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan, dan

sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku. Jika kita rajin menonton televisi, maka pasti kita tahu bahwa akhir-akhir ini mahasiswa menjadi aktor dan aktris baru di dunia pertelevisian Indonesia. Mereka beraksi, ditonton, didengar, dicegah dan dilawan oleh berbagai masyarakat, polisi, politisi, aparat pemerintah. Misi mereka sama, yaitu ingin mengemukakan pendapat kepada pemerintah untuk tidak menaikkan harga BBM, atau mengungkapkan kekecewaan mereka atas pemerintahan presiden yang gagal memimpin bangsa, atau bahkan menginginkan presiden mundur dari jabatannya. Jika tadi kita bilang bahwa kebebasan mengemukakan pendapat adalah hak bagi setiap masyarakat, maka demontrasi juga merupakan hak mereka. Demonstrasi sah dan perlu dilakukan. Negara pun membolehkan masyarakatnya berdemonstrasi. Tertulis dalam UU No. 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum. Pengertian di muka umum adalah di hadapan orang banyak atau orang lain, termasuk tempat yang dapat didatangi dan.atau dilihat setiap orang. Mengemukakan pendapat di muka umum berarti menyampaikan pendapat di hadapan orang banyak atau orang lain, termasuk tempat yang dapat didatangi dan/

atau dilihat setiap orang. Jangan buru-buru! Sebelum berdemonstrasi, mari kita buka lagi buku Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sudah kita pelajari saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Sebagai seorang mahasiswa atau masyarakat terdidik yang sudah menamatkan SMP, semestinya kita menerapkan apa yang telah kita pelajari mengenai kemerdekaan mengemukakan pendapat bagi setiap warga negara/masyarakat. Ada bagian yang kita lupakan tanpa kita sadari, mungkin karena kita terlalu terbawa emosi, atau sudah merasa menjadi bagian masyarakat yang mempunyai intelektual tinggi, atau menganggap remeh karena sudah terbiasa mengemukakan pendapat di depan banyak orang. Padahal bagian itu merupakan bagian yang penting. Dalam Standar Isi PKN SMP kelas VII Semester 2 terdapat dua Kompetensi Dasar (KD) yang rasanya harus kita resapi sekali lagi, yaitu 4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab; dan 4.3 Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab. Dalam KD pertama yang diajarkan mengenai pentingnya mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab adalah untuk memberikan hak asasi, perlindungan hukum, mewujudkan iklim yang kondusif bagi berkembangnya partisipasi dan kreativitas setiap warga negara, serta menempatkan tanggung jawab sosial kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, tanpa mengabaikan kepentin-

Oleh

Indra Tranggono

I

RONIS. Aksi perlawanan kaum mahasiswa, buruh dan elemen masyarakat lainnya atas kebijakan rezim SBY menaikkan harga BBM, akhirnya justru kandas di tangan wakil rakyat. Dalam sidang paripurna, mayoritas anggota DPR memutuskan UU APBN 2012 dengan penambahan ayat (6a). Bunyi ayat itu memungkinkan pemerintah ‘menaikkan atau menurunkan harga BBM jika ada fluktuasi harga minyak dunia sebesar 15 persen selama enam bulan’. Narasi ayat itu sekilas terasa manis tapi sejatinya pahit bagi rakyat. Pemerintah memang tidak akan menaikkan harga BBM per 1 April 2012. Namun, jika keadaan memaksa, maka pemerintah punya legitimasi untuk menaikkan harga BBM. Dengan ayat itu, dalam jangka panjang, DPR secara sadar dan bersiasat telah membuka gerbang penderitaan rakyat.

Surat Pembaca

berubah. Namun saya yakin masih banyak anak-anak Riau bernasib seperti saya kecil dulu. Karena itulah, saya mengetuk hati para pembaca, untuk menyumbangkan buku-buku yang tak terpakai lagi, ke perpustakaan atau tempattempat pengumpulan buku lainnya. Tentu tidak salah pula bila bisa menyalurkannya secara langsung kepada yang pantas menerimanya. Saya kira ini akan lebih bermanfaat bagi diri kita dan orang lain. Buku yang selama ini berdebu dan terbiar pun, kini dapat dibaca dan dipetik hikmahnya oleh yang lebih berhak. Semoga ini menjadi amal jariyah bagi kita semua. Ahmad Sanusi Bangkinang

Sangat sulit pemerintah menahan laju kenaikan BBM akibat tekanan kekuatan ekonomi asing (baca: penyesuaian terhadap pasar dunia). Meredam Gejolak Ayat (6a) juga tampak dipaksakan untuk meraih minimal dua kepentingan. Pertama, meredam gejolak masyarakat yang gigih melakukan demonstrasi di berbagai kota. DPR dan pemerintah seolah-olah ‘mendengarkan’ aspirasi rakyat (untuk sementara tidak menaikkan harga BBM sampai enam bulan ke depan), namun sejatinya mereka tetap kukuh pada pendiriannya: BBM harus naik! Ayat 6a tak lebih dari pil ekstasi politik yang membuat ‘kegirangan’ sesaat namun membuat menderita sepanjang hayat. Jika harga BBM akhirnya naik pada saat yang ditentukan, partai pendukung pemerintah pun masih bisa meraih keuntungan

melalui kebijakan karitatif bantuan langsung tunai sementara (BLTS). Pertama keuntungan politik berupa ‘balasan jasa baik’ dari rakyat yang mendapatkan BLTS berupa dukungan dalam Pemilu 2014. Kedua, dalam tradisi korupsi yang kuat, BLTS itu tidak tertutup kemungkinan terjadinya penyimpangan, yang hasilnya bisa dikapitalisasi untuk berbagai tujuan, antara lain biaya politik kampanye Pemilu 2014. Dugaan ini sangat wajar mengemuka jika kita menengok sejarah bahwa pemilu selalu menyisakan korupsi besar di negeri ini, pada era reformasi. Sebut saja kasus Bank Century pasca Pemilu 2009. Kedua, parpol-parpol koalisi pendukung pemerintah (Demokrat, Golkar, PPP, PKB, dan PAN) ingin mendapatkan simpati publik demi meraih dukungan dalam Pemilu 2014. Seolah-olah mereka ingin mengatakan , “Wahai, rakyatku lihatlah kami telah berjuang untuk tidak menaikkan harga

PRESIDEN SBY berencana mencanangkan gerakan penghematan nasional pasca ‘gagal’ dinaikkannya harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada 1 April 2012 lalu . Gerakan hemat ini untuk menyelamatkan anggaran negara yang konon terancam bangkrut akibat membengkaknya anggaran subsidi BBM. Seperti diketahui, berdasarkan kesepakatan antara pemerintah dan DPR apabila BBM tidak naik maka subsidi BBM mencapai Rp178 triliun. Jika harga minyak dunia terus naik maka anggaran untuk subsidi BBM juga bakal terus melonjak. Sebelumnya presiden telah mengeluarkan 5 kebijakan nasional yang berisi pertama pengamanan APBN-P 2012 karena tidak ada kenaikan harga BBM.

Kedua, peningkatan penerimaan negara yang masih dimungkinkan seperti dari sektor pertambangan.Ketiga, gerakan penghematan energi secara total. Keempat , penggunaan gas domestik yang bertujuan di antaranya menghemat konsumsi BBM untuk pembangkit listrik serta kebijakan yang kelima yaitu peningkatan investasi dalam negeri. Namun rencana pencanangan gerakan hemat presiden di atas nampaknya bakal memperoleh respon yang negative dari rakyatnya. Karena gerakan hemat tersebut lebih dimaknai sebagai jargon politik belaka yang tak punya makna apa-apa selain keinginan menaikkan popularitas pemerintah di mata rakyatnya. Pemerintah sebelum ini juga gencar mengampanyekan ger-

Wakil Pemimpin Redaksi Hasan Basril Pemimpin Perusahaan Hj. Bety Marlina

Perwajahan/Pracetak: Pepen Prengky (Kepala), Andixer, Iskandar Zulkarnain, Abda Wiza, Rinto Armiko, Zulqifli, Alib Destiyono.

Tun Akhyar

Wakil Pemimpin Perusahaan Gerri Nasri Penanggung Jawab/Redaktur:FITRI MAYANI

tertib, tanpa anarkis! ’Tanggung jawab’, satu kata terakhir dalam KD yang terkesan hilang ini perlu kita cari, kemudian kita masukkan lagi ke dalam hati dan pikiran kita. Sehingga tak akan terjadi lagi demonstrasidemonstrasi yang anarkis, dan merugikan berberapa pihak. Dampak dari arti ’tanggung jawab’ yang terlupakan atau dilupakan ini, rupanya sangat menyedihkan. Beberapa kali demonstrasi anarkis yang dilakukan mahasiswa berujung dengan merusak pagar DPR, merusak fasilitas umum, menutup atau memblokir jalan raya dengan membakar ban atau mobil dinas, menyiramkan air keras atau cairan kimia, mencoret-coret dinding umum dan aspal dengan kata-kata yang tidak pantas, dan masih banyak lagi. Mungkin selain lupa dengan tanggung jawab, mahasiswa atau demonstran lupa mempertimbangkan konsekuensi dari tindak anarkis yang telah mereka lakukan. Dengan membakar kantor

BBM, karena itu tetap dukunglah kami dalam pemilu nanti!” Dengan cara itu, parpol-parpol koalisi mendapat dua keuntungan sekaligus (a) citra baik di mata rakyat dan (b) tetap membela kepentingan pemerintah. Melalui standar ganda, parpol-parpol koalisi itu menunjukkan bahwa mereka hanya ingin mencari selamat; suatu sikap oportunistis yang menggunakan kepentingan publik dan kepentingan pemerintah sebagai topeng. Di balik topeng-topeng itu mereka meraup kepentingan bagi diri sendiri. Menelikung Akal Sehat Melalui kecanggihan politik dan manipulasi sematik (makna) dalam narasi-narasi legislasi, mereka memperalat konstitusi demi menelikung akal sehat publik. Mereka melakukan pengaburan makna (seolah-olah harga BBM tidak naik) melalui pemelintiran logika undang-undang (pemerintah dimungkinkan menaikkan harga BBM pada saat-

Apa yang Nak Dihemat Lagi?

Dewan Redaksi: H Yusrizal Koto, Tun Akhyar, Hasan Basril, Yurnaldi, Hj. Bety Marlina, Gerri Nasri. Ombusdmen: H. Aji Dheri. Redaktur Pelaksana: Idrus Yamin. Koordinator Liputan: Ridwan Alkalam. Redaktur: Bakhtaruddin, Delfi Indra, Zukri Subayang, Marzuli Adi, Akmal Kutianyir, Budi Suseno, Fitri Mayani, Saaduddin Badra. Reporter: Andika, Dairul Riyadi, Adek Hernita, Ryan Yutri Varios, Zulfikri, Indra Jaya, Ibnu Hasan, Devi Surindra, Abdul Mutholib, Mokhtiar, Zulkifli. Sekretaris Redaksi: Desi Arsianti, Yanti. Biro Daerah: Dumai: Parno Sali (Kepala), Yusrhel, Vernando. Pelalawan: Pandapotan Marpaung (Kepala), Giona Puga, Farikhin. Siak: Zulfahmi (Kepala), Soleman. Bengkalis: Andrias (Kepala). Indragiri Hilir: Mulyadi (Kepala), Muhamad Faisal. Indragiri Hulu: Prasetia (Kepala), Obrin B. Rokan Hilir: Asbinsyah Pasaribu (Kepala). Rokan Hulu: Paber Siahaan (Kepala), Maulana Ishaq. Kampar: Apriyaldi (Kepala), Rispondi. Kuantan Singingi: Dodi Kuswandi (Kepala), Reflizar. Meranti: Sawaluddin (Kepala) . Jakarta: Syafruddin AL (Kepala), Surya Irawan.

Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab

gan perorangan atau kelompok. Sedangkan salah satu aktualisasi yang dapat diterapkan di KD kedua adalah berdemonstrasi dengan

polisi, mobil dinas, atau merusak fasilitas umum, bukankah itu justru menambah pengeluaran negara untuk menormalkan lagi fasilitas yang ada? Dengan begitu tidak menutup kemungkinan pemerintah justru lebih banyak mempunyai alasan untuk menaikkan harga BBM. Dari sikap anarkis dan kriminalitas yang dilakukan demonstran, dapat berujung pada bentrok dengan aparat keamanan yang memang bertugas mengamankan keadaan negara. Dan dari situ bisa kita lihat berapa orang korban yang terluka? Setelah menguasai lagi bagaimana mengemukakan pendapat dengan bebas dan bertanggung jawab, barulah boleh kita mulai berdemonstrasi. Keluarkan gagasan, ide, atau kritikan kita pada pemerintah. Itu adalah hak kita sebagai warga negara pemerintahan demokratis. Namun, jangan sampai melupakan kewajiban dan tanggung jawab kita sebagai warga negara dalam melaksanakan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab di muka umum yang sudah ditulis dalam UU No. 9 Pasal 6 Tahun 1998, yaitu, (1) menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain; (2) menghormati aturanaturan moral yang diakui umum; (3) menaati hukum dan ketentuan peraturan perundangundangan yang berlaku; (4) menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum; dan (5) menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

Penulis adalah Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang (UM)

’Ayat BBM’, Pil Ekstasi Politik

Sumbangkanlah Bukumu

Pemimpin Umum H Yusrizal Koto

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

Buka Lagi Buku PKN SMP Sebelum Demo

TAJUK SBY 'Menggantung', PKS Malah Untung

TENTU kita di rumah memiliki banyak buku. Entah itu buku pelajaran, kuliah, novel, umum dan sebagainya. Terkadang, buku-buku itu tak terawat dengan baik sehingga lapuk, berjamur lalu akhirnya hancur. Terkadang, kita juga menemukan lembar-lembar buku dijadikan pembungkus cabe di pasar. Ini memang kenyataannya. Sungguh ironis kondisi ini dengan mereka yang berada di pelosok dan kekurangan bahan bacaan. Saya sendiri merasakan, di masa kecil dulu, saat baru saja bisa mengeja satu dua kata, sudah tak sabar ingin melahap semua yang bisa dibaca, termasuk di sobekan koran pembungkus ikan asin. Apalah daya, nak membeli buku, duit tak ada, orangtua pun hidup susah. Kini zaman telah

OPINI

akan hidup hemat tetapi terbukti gerakan itu tak memberikan hasil apa-apa. Bagaimanapun, sebuah ajakan tentunya harus diawali dengan pemberian contoh oleh penganjurnya, termasuk contoh dari pejabat negara dan orangorang di sekitar presiden. Sudahkah kita melihat gaya hidup hemat itu? Yang terlihat justru pamer kekayaan para pejabat dan wakil-wakil rakyat kita. Mobil - mobil mewah sampai studi banding antah berantah ke negara-negara jauh. Presiden SBY sendiri saja tercatat sudah 2 kali minta gajinya dinaikkan, presiden juga bakal memiliki pesawat kepresidenan super mewah seharga Rp535 miliar yang dibeli menggunakan utang dari luar negeri. Nah! Bicara soal hemat, sebe-

nya tiba). Tujuannya adalah menghegemoni pikiran dan kesadaran publik agar tetap dalam rel kepatuhan seperti yang diinginkan. Lolosnya UU APBN plus ayat 6a, merupakan kekalahan rakyat atas wakil-wakilnya di parlemen. Lawan yang dihadapi rakyat bukan hanya rezim yang tidak prorakyat, melainkan juga para wakil rakyat yang telah tercerabut dari nilai-nilai kerakyatan (keadilan dan kesejahteraan). Rakyat Indonesia yang melihat sidang paripurna DPR itu pasti sedih. Dalam forum terhormat itu, sama sekali tidak tercermin spirit keprihatinan atas penderitaan rakyat, kecuali beberapa parpol yang gigih membela kepentingan rakyat. Di luar forum itu, kaum mahasiswa, buruh dan berbagai elemen masyarakat berdarah-darah berjuang, sementara mayoritas wakil rakyat justru cengengesan dalam parlemen!

Penulis adalah Budayawan

Kolom Kami

Budi Suseno Redaktur Harian Vokal narnya tanpa ada perintah, tanpa ada komando, kebanyakan rakyat di lapisan bawah sudah sejak lama melakukannya. Ya, hemat bagi rakyat kecil menjadi satu-satunya langkah bijaksana agar bisa tetap ‘survive’ di tengah makin kerasnya hidup dan kesulitan ekonomi. Lalu apa yang nak dihemat lagi?

Iklan: Harmen Fadly (Manajer), Zulkifli (Staf Iklan), Soeparto HAR (Kepala Biro Iklan Jakarta) Edriwan (Koordinator Dumai-Duri), Dewi Susanti (Adm. Iklan), Sartana (Desain). Produksi: Feri Irawan, Prima Aldino, Hendra P, Marco MW, Suheri S, Suardi CS, Rudi A, Ilham M, Roy F, Alimi Wahid, Surya Darma. Sirkulasi: Nasruddin Syahri (Manajer), Irwansyah (Koordinator), Herianto, Fajriah (Adm. Sirkulasi). Keuangan : Gusnety. Umum: Mufzi Boy. TI: Sudarmawan (Kepala), Bayu. Penasihat Hukum: Syamsul Rakan Chaniago SH,MH, Rudy P Tampubolon SH, Drs Mishar MSi, Zainal Abidin SH, Hasrizal. Litbang: Febry Sy. Alamat Redaksi: Jalan Durian No.16F Telp 0761 - 863466 Kota Pekanbaru. Kantor Dumai: Gedung YUBE Grup Jalan Cempedak No. 88 Dumai Telp 0765 - 439013. Percetakan: Jalan Palas Mekar Umban Sari No.9A Rumbai-Pekanbaru. Kantor Biro Redaksi Jakarta: Gedung IJW Lt.3 Jalan Proklamasi No.91 Jakarta Pusat 10320, Telp-Fax: 021 314 9874 Kantor Biro Iklan Jakarta: Gedung Maya Indah Jalan Kramat Raya No.3 G Jakarta Pusat Penerbit/Percetakan: PT. INTI VOKAL MEDIA. Tarif Iklan:Bisnis/Produk Rp9.000/mm kolom (BW) Rp15.000/mm kolom(FC); Sosial/Duka Cita/Ucapan Selamat : Rp8.000/mm kolom (BW) Rp10.000/mm kolom (FC); Iklan Baris : Rp15.000/baris (minimal 3 baris).

Redaksi Harian Pagi Vokal menerima tulisan, artikel, dari pembaca yang berisi usulan, saran dan kritikan yang membangun. Redaksi tidak memuat tulisan yang berisi hasutan, fitnah dan mengandung unsur SARA. Kirimkan tulisan anda melalui email: harianvokal@gmail.com atau antarkan langsung ke Kantor Redaksi Harian Pagi Vokal Jalan Durian No.16F Pekanbaru dan Gedung YUBE GROUP Jalan Cempedak No 88 Dumai. Perwajahan: PEPEN PRENGKY


HUKUM dan KRIMINAL SENIN

5

HARIAN VOKAL

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

LINTAS Gadis ABG Tenggelam di Dam PT Panca Eka BANGKINANG (VOKAL) - Ita Purnama Sari (16) tahun seorang pelajar warga Jalan Seroja, Gang Pinang, Pasar Kodim Pekanbaru tenggelam pada saat mandi bersama temannya Rara di sebuah Dam milik PT Panca Eka (PE) dikawasan Muara Fajar, Sabtu (7/4). Kendati nama tempat kejadian perkara (TKP) adalah Muara Fajar, namun, secara hukum TKP tersebut masuk wilayah Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar. Infromasi yang berhasil dirangkum menyebutkan, peristiwa ini berawal ketika Ita dan temannya Rara mandi-mandi di Dam milik PT PE. Ketika tengah asyk mandi, tiba-tiba Rara melihat korban tenggelam dan tak munculmuncul. Rara kemudian berteriak minta tolong. Mendengar teriakan tersebut warga yang berada di lokasi mendatangi dan berusaha mencari korban. Warga kemudian mencari korban dengan cara menyelam, namun, tak membuahkan hasil. Kapolres Kampar, AKBP Trio Santoso melalui Kasubbag Humas Polres Kampar, Iptu Marzuki AS, saat dikonfrimasi Minggu (8/4) mengatakan bahwa peristiwa itu terjadi pada Sabtu (7/4/) di perbatasan wilayah hukum Polsek Rumbai Muara Fajar dengan wilayah hukum Polsek Tapunghilir. " Korban sampai saat ini belum ditemukan dan warga sekitar sudah membantu mencari dengan cara menyelam namun belum berhasil menemukan korban," ucapnya. ‘ Pencarian masih terus dilakukan dan sudah berkoordinasi dengan Basarnas Provinsi Riau. Kapolsek Tapung Hilir AKP Barzawi bersama anggota masih di TKP untuk membantu dan memantau pencarian korban,"pungkasnya. (rtc/rud)

BPN Terbitkan Sertifikat di Badan Jalan PEKANBARU (VOKAL) - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pekanbaru menerbitkan sertifikat tanah dengan sertifikat hak milik nomor 2065 atas nama Renawatie Setiawan di badan Jalan Tambang II menuju Jalan Siak II, Kelurahan Labuh Baru Barat, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru. Bahkan, Jalan Siak II tersebut kini ditutup Renawatie sehingga tidak bisa dilalui warga. LAPORAN: ZUKRI SUBAYANG/ PEKANBARU Rusdi, salah seorang warga yang memiliki tanah di daerah tersebut merasa kesal dengan ulah Renawati. Sebab, jalan yang dahulunya bisa dilalui kini ditutup Renawati dengan memancangkan kayu. Parahnya, jalan tersebut kini dibangun kolam agar warga semakin sulit melaluinya. “Saya kira, otak pelaku semua tindakan tersebut adalah pengacara

Renawatie,” katanya, Minggu (8/ 3). Rusdi mengatakan, sesuai dengan hasil rapat mediasi tanggal 15 Januari 2011 lalu yang dihadiri seluruh pihak terkait, telah disimpulkan bahwa jalan yang terletak diatas tanah milik Renawatie Setiawan sudah ada sejak tahun 1980 silam. Lebar jalan tersebut berukuran 8 meter dan telah dimanfaatkan masyarakat selama ini. “Kita telah lakukan rapat mediasi yang dihadiri seluruh pihak terkait.

Dan dalam mediasi itu disimpulkan bahwa jalan itu sudah ada sejak tahun 1980-an,” jelasnya. Rusdi menambahkan, dalam melakukan mediasi selama ini Renawatie tidak pernah menghadirinya dan hanya diwakilkan pengacaranya saja. Hal ini tentunya membuat mediasi tidak lebih efektif, sebab pemilik sertifikat tersebut adalah Renawatie. “Kita sangat sesalkan sikap Renawatie yang tidak pernah hadir dalam rapat mediasi. Sepertinya tidak ada itikad baik darinya untuk menyelesaikan masalah ini,” ujarnya. Berdasarkan surat dari Kantor BPN Pekanbaru nomor 2138/ 600.14.71/XII/2011 tanggal 28 Desember 2011 lalu menyebutkan, tanah milik Renawatie dengan sertifikat hak milik nomor

2065 dengan alas hak surat keterangan ganti rugi (SKGR) dengan nomor register 592.2/33/II/ 2005 tanggal 5 Februari 2005 berada diatas Jalan Tambang II yang merupakan jalan keluar menuju Jalan Siak II. Surat tersebut telah ditandatangani Kepala BPN Pekanbaru yang saat itu dijabat Husaini, SH, M.Kn. Pengurus LSM Pemantau Kinerja Aparatur Pemerintah Pusat dan Daerah (PKA-PPD), Taufik Hidayat yang juga hadir dalam mediasi tersebut mengatakan, dengan terbitnya sertifikat hak milik tanah atas nama Renawatie menunjukkan buruknya kinerja dari BPN Pekanbaru. Seharusnya jalan yang sudah ada sejak tahun 1980 itu tidak diperjualbelikan, apalagi sampai terbit sertifikatnya. “BPN perlu mengkaji ulang

lagi sertifikat atas nama Renawatie tersebut. Kan sudah jelas bahwa tanah itu jalan, jadi apalagi yang dipertahankan Renawatie,” katanya. Taufik menambahkan, hasil dari mediasi yang dihadiri Camat Payung Sekaki dan unsur Upika tersebut sudah cukup kuat membuktikan bahwa tanah tersebut adalah jalan. Bahkan, dalam rapat mediasi tersebut perwakilan BPN Pekanbaru juga menyatakan tanah itu adalah jalan. “Hasil mediasi menyimpulkan itu jalan, dan itu disepakati dengan menandatangani surat pernyataan bersama. Jadi apalagi yang dipertahankman Renawatie,” katanya. Sementara itu, Renawatie yang coba dikonfirmasi melalui sambungan selulernya tidak menjawab hingga berita ini dilansir.(***)

Diduga Angkut Barang Illegal

Polda Geledah KLM Cahaya Alai SIAK (VOKAL) - Masyarakat Desa Kayu Ara, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak bertanya-tanya saat melihat KLM Cahaya Alai bersandar diperairan sungai. Diduga kapal tersebut mengangkut barang-barang asal Malaysia diantaranya beras, dan sarden, Kamis (5/4). Ternyata kapal tersebut tengah diperiksa polisi dari jajaran Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Riau. Setelah dilakukan proses pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen kapal ternyata kapal tersebut antar pulau dan barang bawaan, yang mana diketahui bahwa beras seberat 1,5 ton tersebut dibeli di Tanjung Balai, Kepulauan Riau (Kepri) dan dibawa ke Kabupaten Siak untuk dipasarkan. Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Kennedy ketika dikonfrimasi, Jumat (6/4) membenarkan adanya proses pemeriksaan dokumen kapal bermerk KLM Cahaya Alai yang diduga membawa barang illegal. Setelah diperiksa kapal tersebut memiliki dokumen dan barang-barang bawaan dibawa dari Tanjung Balai menuju Siak. "Awalnya kita mendapatkan informasi bahwa akan ada masuk kapal yang diduga membawa barang-barang illegal, atas informasi tersebut tim kita turun ke lapangan dan langsung memeriksa kapal yang telah bersandar disana. Setelah diperiksa kapal tersebut kita lepas," terang Kombes Pol Kennedy. (rtc/rud)

RUDI

SITA DOKUMEN-Penyidik KPK mengangkut dokumen yang disita dari DPRD Riau beberapa hari lalu.

Penanggung Jawab/Redaktur:BAKHTARUDDIN

PENYIDIK Polresta Pekanbaru menginterogasi pasangan mesum yang tertangkap dalam razia di Hotel Holiday, Jalan Kuantan Raya, Sabtu (7/4) ANDIKA

Polres Razia Hotel Holiday dan Wisma SMR PEKANBARU (VOKAL) - Razia penyakit masyarakat (pekat) kembali digelar oleh Polresta Pekanbaru. Kali ini sasarannya Hotel Holiday dan wisma SMR, Jalan Kuantan Raya, Sabtu (7/4) sekitar pukul 10.00 WIB. Sebanyak 5 pasangan muda mudi yang diduga pasangan mesum diamankan polisi dan digelandang ke Polresta. Hanya saja ke 10 pasangan ini tidak ditahan, mereka hanya didata dan kemudian disarankan untuk menikah

sesuai dengan agama masingmasing. Kapolresta Pekanbaru, Kombes Adang Ginanjar melalui Kasat Reskrim AKP Arif Fajar menjelaskan, sasaran awal razia sebenarnya narkoba, senjata api, senjata tajam dan identitas warga. langkah ini untuk menciptakan rasa aman bagi warga Kota Pekanbaru. Namun, ketika target disasaran yang ditemukan pasangan tanpa surat nikah. Arief Fajar menegaskan, razia

serupa akan terus dilakukan, sehingga tidak ada peluang bagi pelanggar hukum untuk berbuat di Pekanbaru. "Dalam razia kita mengamankan 10 orang atau 5 pasangan mesum dikamar hotel. Karena saat dilakukan pemeriksaan, pelaku tidak bisa memperlihatkan kelengkapan surat suratnya," kata Arif malam itu. Pantauan Harian Vokal di Mapolresta, lima pasang muda mudi yang tertangka di dalam kamar hotel itu hanya bisa ter-

tunduk saat petugas mendata identitas dan menanyakan status lainnya. Selain mendata pelaku mesum ini, polisi juga akan menindak lanjuti penyelidikan dan pengembangan kasus ini ke RT dan RW tempat dimana pel-

aku tinggal. "Mereka didata, selanjutnya kita akan menindak lanjuti ke RT dan RW pelaku untuk melakukan penyelidikkan dan pengembangan terhadap pelaku,"terang Arif. (Ind)

n Cicilan Dibayar

Debt collector PT SM Diduga Merampas Motor PNS Polri PEKANBARU (VOKAL) - Suwarman (63) warga Jalan Suka Menanti Pekanbaru yang bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) Polri di jajaran Polresta Pekanbaru betul-betul dibuat malu oleh Arif (30) yang mengaku debt collector PT Sinar Mas Finance (SMF) saat melintas di Jalan Serayu, Pekanbaru, Sabtu (7/4) sekitar pukul 12.00 WIB. Apa pasal. Karena secara tiba-tiba korban yang tengah mengendarai Beat BM 2330 JE dipepet sehingga korban terjatuh. Tak hanya sampai disitu, pelaku juga merampas seepda motor korban. Alasan pelaku kepada kor-

ban, karena korban menungga pembayarn leasing dengan jaminan sepeda motor Beat tersebut. Padahal, korban sudah membayar kreditnya dua hari sebelumnya. Tak senang diperlakukan demikian, korban kemudian mendatangi PT SMF dan menanyakan tentang tunggakan dengan jaminan sepeda motor Beat sebagaimana alasan Arief. Setelah semua kejadian di jelaskan termasuk tentang ansuran kredit korban, pihak PT SMF akhirnya meminta maaf kepada korban. "Saat berjalan pelaku menarik saya seperti perampok. Padahal saya telah membayar

dua hari sebelumnya angsuran tersebut sesuai kwitansi pembayaran," kata Suwarman. Akan tetapi, korban tidak begitu saja memaafkan tindakkan Arief debt collector PT SMF tersebut. Siang itu juga korban melaporkan kasus tersebut ke Polresta Pekanbaru. Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar melalui Kasat Reskrim. AKP Arif Fajar membenarkan adanya laporan perbuatan tidak menyenangkan serta perampasan yang dilakukan debt collector tersebut. "Laporan itu ada masuk. Saat ini kasus tersebut sedang dalam penyelidikkan dan pengembangan," kata Arif. (Ind)

Perwajahan: ALIB


6

SENIN

HARIAN VOKAL

EKONOMI

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

Harga TBS Umur Tanaman

Lama (Rp/Kg)

Baru (Rp/Kg)

3Tahun 4Tahun 5Tahun 6Tahun 7Tahun 8Tahun 9Tahun >=10 Thn

Rp1.242,94 Rp1.388,86 Rp1.486,55 Rp1.529,48 Rp1.588,10 Rp1.637,55 Rp1.689,64 Rp1.737,17

Rp1.331,07 Rp1.487,42 Rp1.592,08 Rp1.637,98 Rp1.700,78 Rp1753,74 Rp1.809,47 Rp1.860,41

BRI TRANSFER LOUNGE Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Toni Soetirto (kiri) dan Direktur Jaringan dan Layanan BRI Suprajarto (kanan) berbincang dengan Direktur Marketing dan Operasional PT Angkasa Pura Solusi Maulidin Wahid Honre (tengah) saat pembukaan BRI Transfer Lounge di terminal 2E/F Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, Kamis (5/4) lalu. BRI Transfer Lounge menyediakan layanan imigrasi, check in counter, baggage handlking, business center, food and beverages, meeting room, dan merupakan satu-satunya fasilitas lounge dengan area domestik dan area internasional yang dapat dinikmati oleh nasabah BRI Prioritas dan Platinum.

Sumber : Disbun Riau

KURS Mata Uang USD AUD EUR HKD JPY KRW MYR SGD

Jual 9,191.00 9,598.16 12,265.39 1,183.57 11,220.85 8.18 3,019.38 7,351.04

Beli 9,099.00 9,496.63 12,138.98 1,171.65 11,105.82 8.09 2,986.22 7,271.64

Sumber : Bank Indonesia

Order Vario Techno Tembus 75 Ribu Unit

JAKARTA (VOKAL) - Permintaan sepeda motor matik (skutik) Honda Vario Techno 125 PGM-FI telah menembus angka 75 ribu unit meski peluncurannya pada awal Maret 2012. Deputy General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya melalui keterangan pers yang diterima ANTARA, Minggu, menjelaskan besarnya animo masyarakat itu menggambarkan adanya keinginan masyarakat terhadap skutik kelas atas yang memiliki performa tinggi dan hemat bahan bakar. Selama bulan Maret, kata dia, AHM baru mampu mendistribusikan Honda Vario Techno 125 PGM-FI sebanyak 45.014 unit dari total 75.000 unit SPK (surat pemesanan kendaraan). "Kami mohon maaf jika saat ini belum mampu memenuhi seluruh pesanan konsumen, dan kami sangat berterima kasih atas kesabarannya menunggu untuk dapat membawa pulang Honda Vario Techno 125 PGM-FI ini," ujarnya AHM memasarkan model ini dengan harga (on the road Jakarta) Rp15,9 juta untuk varian combi brake system dan Rp15,1 juta untuk standar. (ant/bos)

Mandala Tekan Biaya Operasional

JAKARTA (VOKAL) - Pemilik baru maskapai Mandala Airlines, Sandiaga Uno menuturkan, perusahaan penerbangan itu tidak menggunakan BBM subsidi. "Pasti ada dampaknya (kenaikan BBM). Tapi kalau avtur untuk Mandala sih tidak disubsidi, yang berdampak itu kepada masyarakat yang tentunya mereka akan mungkin mengurangi bugdet untuk travel," ungkap Sandi kala ditemui dalam acara Berlari untuk Berbagi (BuB), Driving Range, Senayan, Jakarta, Minggu (8/4). Namun dengan adanya hal ini, dirinya yakin dapat menjalankan bisnis dan menghidupkan kembali maskapai penerbangan yang sempat ditutup karena bangkrut tersebut karena mempunyai rencana bisnis yang baik. "Tapi saya yakin kalau misalnya kita bisnis plan yang baik, fokus dalam mengembalikan kepercayaan pelanggan semuanya akan berjalan lancar," paparnya. Adapun untuk mengantisipasi dampak kenaikan BBM, Sandi pun berusaha akan menekan biaya operasional agar tidak menggaunggu kinerja daripada Mandala sendiri. "Ya sesuatu yang tidak bisa kita kontrol seperti harga BBM, kita antisipasi adalah bagaimana menekan cost atau biaya," pungkasnya. (okz/bos)

Penanggung jawab/redaktur: BUDI SUSENO

INT

r Interkoneksi Jaringan Listrik Jawa-Bali-Sumatera

PLN Tender Proyek Rp20T JAKARTA (VOKAL) - PT PLN (Persero) segera tender proyek interkoneksi jaringan sistem kelistrikan Jawa-Bali dan Sumatera yang sekarang masih terpisah, direncanakan akan saling terhubung dalam satu jaringan interkoneksi. PLN tengah mengembangkan proyek interkoneksi Sumatera-Jawa melalui sistem transmisi kelistrikan yang disebut teknologi Tegangan Tinggi Arus Searah (High Voltage Direct Current/HVDC). Manajer Senior Komunikasi Korporat, Bambang Dwiyanto mengatakan April 2012 ini PLN akan mulai menawarkan tender pembangunan proyek interkoneksi

Sumatera - Jawa kepada para kontraktor yang berpengalaman mengerjakan proyekproyek kelistrikan. Proyek dengan nilai investasi diperkirakan sekitar Rp20 triliun ini direncanakan mulai dibangun pada tahun 2013 dan ditargetkan beroperasi pada tahun 2017. "Dengan proyek ini maka ke depan akan dimungkinkan untuk menyalurkan energi listrik

dari sejumlah pembangkit yang ada di Sumatera Selatan ke Jawa maupun dari pembangkit di Jawa ke Sumatera untuk memenuhi kebutuhan listrik di Sumatera maupun Jawa-Bali. Sistim interkoneksi yang akan dibangun, dirancang untuk mampu menyalurkan daya sebesar 3.000 MW dari Sumatera ke Jawa-Bali maupun sebaliknya," kata Bambang dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/4). Dikatakan Bambang, seperti diketahui, saat ini PLN sedang merintis pembangunan PLTU Mulut Tambang batubara berkalori rendah dengan kapasitas total 3.000 MW di kawasan pertambangan batubara Sumatera

PT RAPP Ciptakan Energi Listrik dari Lignin Kayu JAKARTA (VOKAL) -Industri pulp dan kertas PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) di Pelalawan, Riau, menghemat penggunaan energi fosil dengan memanfaatkan lignin dari limbah produksi menjadi sumber bahan bakar untuk menjalankan mesin pabrik dan penerangan di wilayah tersebut. "Lignin kayu yang diproses menjadi lindi hitam (heavy black liquor) mampu mensubstitusi penggunaan bahan bakar fosil dalam proses produksi kertas dan bubur kertas sampai 87 persen, kata Manajer Lingkungan PT RAPP, Edward Wahab, pada talk show Penghematan Energi di Jakarta, Ahad (8/3). Penggunaan lindi hitam dari proses produksi pulp tidak saja menekan biaya produksi di tengah melambungnya harga minyak dan batu bara yang semakin tinggi, kata Edward pada acara yang digelar dalam Indogreen Forestry Expo 2012, tetapi juga

mampu menghasilkan energi listrik yang dinikmati masyarakat di kota Pangkalan Kerinci dan sekitarnya. "Delapan puluh persen listrik di Pangkalan Kerici berasal dari RAPP, sisanya dipenuhi dari PLN. Tahun 2011 dari 91,4 persen black liqour mampu produksi energi 500 MW, dengan pemakaian sekitar 350 MW. Tapi kita bukan ingin menojolkan sebagai penghasil energi listrik, itu untuk pemenuhan kebutuhan sendiri, sisanya untuk CSR ke masyarakat," katanya. Pasokan sebagian energi listrik melalui PLN kepada masyarakat ini merupakan bagian dari komitmen Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan, katanya. Yang lebih penting, menurut dia, penggunaan energi alternatif ini membuat pabrik kertas dan bubur kertas mampu beroperasi secara lebih hijau (go green) karena energi tersebut

dapat diperbarui untuk menghasilkan energi hingga tidak ada lagi limbah tersisa. “Emisi karbon yang dihasilkan pabrik dari penggunaan lignin yang sudah diproses ini jauh lebih kecil dari pada menggunakan bahan bakar minyak dan batu bara. Intinya perusahaan mencoba untuk mengurangi penggunaan energi fosil sebagai bahan bakar pembangkit energi,” kata Edward. Di sisi lain, perusahaan juga ingin menunjukan komitmen terhadap pengembangan energi yang terbarukan seperti penggunaan methanol sebagai bahan bakar di proses lime killn , tegas Edward. Dia menjelaskan inti dari penerapan teknologi energi terbarukan ini adalah pada upayaupaya perusahaaan untuk menerapkan kebijakan ‘prolingkungan’ melalui peningkatan penggunaan energi terbarukan. (san)

Selatan. "Sedangkan di Jawa juga tengah dibangun pembangkit dalam program Fast Track Program (FTP) – 1 serta pembangkit swasta berupa PLTU batubara dengan kapasitas di atas 10.000 MW yang akan memperkuat sistem Jawa," katanya. Menurut skala ekonomi, sistem kelistrikan dengan pembangkit dan beban yang makin besar akan lebih efisien. Oleh karenanya penggabungan sistem kelistrikan di Jawa-Bali dengan kapasitas terpasang lebih dari 30.000 MW dengan sistem kelistrikan Sumatera dengan beban sekitar 5.000 MW akan berakibat pada peningkatan efektivitas

penggunaan energi murah dengan skala ekonomi yang lebih efisien. "Nilai investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan sistem interkoneksi kelistrikan Sumatera - Jawa ini diperkirakan mencapai sekitar Rp20 triliun dan sumber dana pembangunan proyek sebagian besar berasal dari Loan JICA (Japan International Cooperation Agency) dan dana pendamping dari anggaran PLN. Dalam kegiatan enjiniring dan supervisi konstruksi PLN dibantu konsultan konsorsium Newjec Inc, J-Power, Connusa Energindo dan Kwarsa Hexagon," ungkap Bambang.(dtc/bos)

BBM Tak Naik, Rp205 T dari Minyak Ludes

JAKARTA (VOKAL) - Akibat gagalnya pemerintah menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 1 April 2012 lalu, membuat pemerintah harus ekstra hemat untuk menyehatkan APBN-P 2012. Menurut Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Widjajono Partowidagdo, dampak BBM tidak naik tahun ini maka pendapatan negara di sektor minyak sekitar Rp205 triliun ludes alias habis. "Kalau BBM tidak naik tahun ini, pendapatan negara dari sektor minyak, sekitar Rp205 triliun ludes, dan itu sebagian besar hanya untuk mensubsidi BBM dimana sebagian besar dinikmati yang bukan haknya menerima subsidi BBM," kata Widjajono, Minggu (8//4). Bahkan tidak hanya ludes, pemerintah harus nombok Rp33 triliun lagi untuk menutupi besarnya anggaran subsidi BBM. Berdasarkan kesepakatan antara pemerintah dan DPR apabila BBM tidak naik maka

subsidi BBM mencapai Rp178 triliun. "Namun apabila harga BBM diasumsikan naik Rp1.500 per liter atau menjadi Rp6.000 per liter dan dengan subsidi listrik mencapai Rp60 triliun, hal ini pun tetap mengakibatkan seluruh pendapatan pemerintah dari minyak hampir habis atau hanya tersisa Rp8 triliun," ungkapnya. Dikatakan Widjajono, Produksi minyak Indonesia saat ini berdasarkan asumsi APBN-P 2012 sebesar 930 barel per hari (bph), dengan harga minyak atau Indonesia Crude Price (ICP) US$ 105 per barel dan dengan asumsi kurs Rp9.000 per dolar. "Hasil pendapatan minyak yang didapatkan pemerintah sebesar 60% x 930.000 bph x 365 hari x US$ 105 per barel x Rp 9.000 per dolar hasilnya sekitar Rp205 triliun. dengan subsidi BBM dengan asumsi harga naik Rp1.500 per liter Rp137 triliun dan kalau tidak naiksubsidinya Rp178 triliun," jelas Widjajono. (dtc/bos)

Perwajahan: ALIB


7

SAMBUNGAN SENIN

HARIAN VOKAL

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433

KPK .............................................................................................Sambungan Hal 1 Pengalihan...............................................Sambungan Hal 1 PENYIDIKNYA masih belum memberi tahu siapa saksi-saksi yang akan diperiksa," kata Johan Budi kepada Harian Vokal, Minggu (8/4). Informasi yang dikumpulkan Harian Vokal tadi malam, penyidik KPK sudah mengantar surat panggilan kepada delapan orang karyawan PT Pembangunan Perumahan (Persero) ke rumahnya masing-masing. Kadispora Lukman Abbas juga mendapat surat panggilan untuk datang memberikan keterangan kepada penyidik KPK hari ini. Pada Rabu besok juga akan ada saksi yang dipanggil, namun belum diketahui saksi tersebut dari kalangan mana, apakah dari anggota DPRD Riau, staf Dispora, staf PT PP atau pihak lainnya. KPK sendiri hingga kemarin masih mengabaikan tuntutan beberapa kalangan di Riau agar pemeriksaan tersangka kasus suap proyek venue cabang olahraga menembak PON XVIII Riau tahun 2012 dipindahkan ke Jakarta. KPK menyatakan tetap akan melakukan penyidikan di Pekanbaru untuk mempermudah penyidikan. "Meskipun ditahan dan diperiksa di Riau, keempat tersangka itu tidak akan bisa diintervensi pihak lain karena berada dalam pengawasan KPK. Siapa yang mau intervensi, tidak ada yang intervensi," tegas Johan Budi. Johan Budi menyatakan, empat tersangka, masing-masing M Faisal Aswan, Moh Dunir, Eka Dharma Putra dan Rahmad Syaputra, tetap ditahan di tahanan Polda Riau dan menjadi tahanan KPK. Hal itu dilakukan karena kejadian perkaranya di Riau, dan lebih memudahkan penyidikan jika dilakukan juga di Riau. "Kasusnya ada di Riau, semua pemeriksaan akan dilakukan di Polda Riau, baik tersangka maupun saksi-saksi. Itu juga kita lakukan saat KPK melakukan penahanan Walikota Semarang. Dia diperiksa dan ditahan di Polda Jateng, tidak dibawa ke Jakarta," kata Johan. Diperiksa 13 Jam

Sementara itu, Sabtu (7/4) kemarin, penyidik KPK melanjutkan pemeriksaan terhadap empat tersangka kasus suap proyek venue menembak PON XVIII di Riau di ruang Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Riau. Pemeriksaan yang berlangsung 13 jam mulai pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB itu tetap dilakukan secara tertutup. Pengamatan di lokasi penyidikan, tersangka M Dunir dari Fraksi PKB DPRD Riau dan Rahmad Syahputra staf PT Pembangunan Perumahan (Persero) diperiksa hingga pukul 20.00 WIB. Mereka keluar sekitar pukul 21.00 WIB dengan pengawalan penyidik KPK menuju mobil Kijang Innova BM 1694 QP dan langsung membawanya ke Polda Riau. Sementara M Faisal Aswan dari Fraksi Golkar DPRD Riau dan Eka Dharma Putera, Kasi di Dispora Riau, baru meninggalkan ruangan pemeriksaan pukul 23.00 WIB dan langsung kembali ke tahanan Polda Riau. Penyidik KPK yang menggiring tersangka ke luar ruang penyidikan enggan memberikan komentar. Dapat Kunjungan Pada pemeriksaan Sabtu kemarin, tersangka M Faisal Aswan mendapat kunjungan dari kuasa hukumnya Sam Daeng Rani, SH dan Ida Yulita Susanti, SH. Sedangkan tersangka Eka Dharma Putra dikunjungi Kabag Biro Hukum Sekdaprov Riau Sudarman SH. Namun para kuasa hukum tersangka ini tidak bisa berbuat banyak untuk mendampingi kliennya, karena pemeriksaan tertutup. Sam Daeng Rani yang datang pukul 15.00 WIB kepada Harian Vokal mengatakan, kedatangannya untuk mendampingi kliennya Faisal Aswan. "Saya datang sejak pukul 10.00 WIB pagi, tapi saya tak bisa masuk ke dalam ruangan tempat Faisal Aswan diperiksa," ujar Sam Daeng. Pemeriksaan kliennya, kali ini, ungkap Sam Daeng, perkaranya dipisah-pisah, namun masih terkait kasus yang dituduhkan. Dis-

ebutkannya, Faisal bersama tiga tersangka lainnya diperiksa sebagai saksi untuk menjerat tersangka lainnya yang perannya berbeda-beda. Pantauan dan informasi yang dihimpun Harian Vokal di lapangan, dalam pemeriksaan yang diketahui berlangsung hingga Sabtu malam itu, belum ada saksi-saksi yang datang untuk diperiksa. Diketahui juga kalau surat penahanan Faisal selama 20 hari bernomor LKTPK-04/KPK/ 04/2012 tanggal 3 April 2012. Surat itu sudah disampaikan kepada keluarganya. Sam Daeng mengakui penangkapan Faisal Aswan sudah sesuai prosedur dan tidak dipermasalahkan. Sementara kuasa hukum tersangka Eka Dharma Putra yang hadir saat itu mengatakan, kedatangannya ternyata masih belum bisa untuk mendampingi kliennya. Dirinya juga dilarang penyidik KPK masuk ke dalam ruang penyidikan. "Barangkali kalau saksi diperiksa gak perlu didampingi, lagi pula klien diperiksa terkait kasus lain," jelas Sudarman. Selaindikunjungikuasahukum, pemeriksaan tersangka Faisal Aswan juga mendapat kunjungan Martunis, teman Faisal semasa sekolahdiSMA.Sahabatyangmengaku sudah seperti keluarga ini datang dari Bagan Batu, Rokan Hilir (Rohil) pukul 16.40 WIB dengan mobil Kijang Nopol BM 1746 AZ. Martunis mengaku kaget Faisal Aswan turut ditahan menjadi tersangka oleh KPK. Menurutnya, tidak mungkin sahabat karibnya itu terlibat, karena dia mengetahui watak dan karakter Faisal sejak dulu. Meski demikian, kedatangan Martunistidakmembuahkanhasil untuk memberikan dukungan moril kepada sahabatnya itu karena KPK tidak mengizinkannya untuk bertemu. "Tidak bisa Pak, saat ini pemeriksaan sedang berlangsung oleh KPK, pengacara saja juga tidak diperbolehkan masuk," kata Martunis kecewa setelah menunggu setengah jam. Tak hanya itu, Faisal Aswan

saat itu juga dikunjungi beberapa politisi Partai Golkar Pekanbaru, seperti Roni Amril, Wahyudiyanto, Muhammadun, Bendahara Partai Golkar Pekanbaru Sahril, Wakil Ketua DPRD Pekanbaru dan Ernawati anggota DPRD Pekanbaru. "Saya sangat sedih melihat kondisi Faisal dan kasus yang menimpanya saat ini," ujar Sahril sesaat menjenguk dan bertemu Faisal setelah shalat Magrib di Mushalla Dirreskrimsus Polda Riau. Sahril yang datang untuk memberikan dukungan itu mengaku sangat tahu sifat rekannya Faisal Aswan. Dia dan rekan-rekannya yakin Faisal Aswan tidak ikut terlibat kasus dugaan penyuapan itu. "Saya tahu benar dan tahu persis siapa Faisal," ungkap Sahril. Bertemu di Kantin Di sela-sela pemeriksaan tersebut, tersangka Faisal Aswan bersama kuasa hukumnya Sam Daeng Rani dan beberapa orang lainnya ternyata terpantau sedang berbincang serius di kantin di belakang Dirreskrimsus Polda Riau sekitar pukul 19.30 WIB. Saat bersamaan juga terlihat seorang perempuan berjilbab memakai rok berwarna merah yang diduga isteri Eka turut hadir di kantin itu. Namun wanita cantik berjilbab itu terlihat ketakutan ketika dihampiri Harian Vokal dan menghindar sembari menutupi wajahnya dengan jilbab yang dikenakannya. Hal yang sama juga diikuti rekan-rekan lainnya di kantin itu. Tersangka Rahmad Syahputra staf PT PP (Persero) juga mendapat kunjungan dari seorang perempuan yang mengaku istrinya yang baru datang dari Medan. Perempuan yang datang dengan mobil Innova itu terlihat bergegas turun dari mobil dan langsung bertanya kepada petugas piket. "Apa pemeriksaan Bapak Eka sudah selesai apa belum Pak," tanya perempuan itu kepada petugas piket. (san,zkf,and)

BNN .............................................................................................Sambungan Hal 1 PENINDAKAN di penjara. BNN memiliki kewenangan penuh. "Tanpa MoU sekalipun BNN tetap punya kewenangan penuh melakukan upaya penindakan kapan dan di mana pun, termasuk di rutan dan lapas," kata Amir dalam pernyataannya, Minggu (8/4). Amir menilai, keliru kalau pembekuan sementara MoU seakan menjadi penghalang atas kewenangab BNN tersebut. "Saya sebagai penggagas awal MoU bersama dengan Kepala BNN sebenarnya mengharapkan hasil yang maksimal dari kehadiran MoU itu," jelasnya. Namun memang, tentu saja perlu adanya sikap saling percaya dan saling menghargai saat melakukan penindakan di lapas. "Kalau pejabat di lingkungan Kementerian Hukum diragukan apalagi tidak dipercaya, tentun-

ya tidak perlu ada MoU. Toh masing-masing dapat saja melakukan tugasnya masingmasing," jelasnya. Terpisah, Juru Bicara BNN Kombes Sumirat juga mengatakan, tanpa MoU dengan Kemenkum dan HAM, pihaknya tetap bisa inspeksi mendadak ke lembaga pemasyarakatan. “Kami bekerja di bawah undang-undang. Tak ada masalah tanpa MoU, kami tetap bisa inspeksi ke seluruh wilayah, termasuk lapas,” tegas Sumirat, Sabtu (7/4). Kemenkum dan BNN meneken MoU kerjasama pemberantasan narkoba 4 bulan lalu. Menyusul insiden penggerebekan Wamenkum HAM Denny Indrayana dan tim Tindak Kejar BNN di Lapas Pekanbaru awal pekan lalu, Kemenkum membekukan sementara MoU itu. Setelah diadakan 'penyempur-

naan', MoU akan diaktifkan dalam waktu dekat. Belum Dengar Sementara di Pekanbaru, Kakanwil Kemenkum dan HAM Riau Djoni Muhammad mengaku belum mendengar dan tidak tahu soal adanya pengakuan salah seorang napi bernama JT tentang adanya sejumlah petugas Lapas Kelas IIA Pekanbaru yang berlarian dan menyembunyikan handphone kepada warga binaan pemsyarakatan (WBP) saat Wamenkum HAM Denny Indrayana dan tim BNN sidak ke Lapas Pekanbaru, Senin (2/4) dinihari lalu. "Tentang pengakuan yang disampaikan JT dengan BNN di Jakarta itu, saya belum dengar. Saya saat ini belum bisa wawancara tentang pengakuan JT. Tunggu sajalah Tim Pencari Fakta (TPF) datang dan bekerja," tulis Djoni

dalam pesan singkatnya kepada Harian Vokal, Minggu (8/4). Untuk diketahui, JT, salah satu napi Lapas Pekanbaru yang diangkut tim BNN dan Wamenkum HAM ke Jakarta, membuat kesaksian detik-detik kedatangan sidak rombongan Wamenkum HAM dan petugas BNN. Menurut JT, saat rombongan Denny Indrayana datang, sejumlah sipir lapas sempat berlarian ke dalam blok penjara. Para sipir meminta napi menyembunyikan telepon genggam mereka. "Waktu Denny Indrayana datang, para sipir pada lari ketakutan masuk blok dan ngomong ke napi Denny datang. Makanya mereka menyimpan handphone di kamar masing-masing," katanya. Namun, JT mengaku tidak mengetahui insiden Denny Indrayana menampar sipir Lapas Pekanbaru. (dtc,tci,zkf,rus)

Riau .............................................................................................Sambungan Hal 1 HAL ini dikatakan Asisten II Sekdaprov Riau Emrizal Pakis yang dihubungi Harian Vokal, Minggu (8/4). Namun usaha itu sepenuhnya kewenangan tim penyelamat Riau Air yang dipimpin Komisaris Utama Riau Air yang juga Sekdaprov Riau Wan Syamsir Yus. Konsep 'taksi udara' itu, jelas Emrizal, fokus menerbangi ruterute jarak pendek antarpulau. Seperti Pekanbaru-Natuna, Pekanbaru-Batam, termasuk pulau-pulau di Indonesia lainnya. Bahkan dengan konsep ini, Riau Air dulu sudah menjelajah beberapa pulau di Indonesia bagian timur. Menurut Emrizal, harapan tetap mempertahankan Riau Air sebenarnya sudah menjadi hara-

pan bersama seluruh pemegang saham, termasuk Gubri HM Rusli Zainal. Hal ini juga sesuai dengan hasil rapat para tim penyelamat yang digelar pekan lalu. "Kita tetap mengharapkan dipertahankan. Riau Air ini kan mundur sejak adanya program pengoperasian pesawat besar jenis RJ 100 itu, dengan rute padat. Karena itu kemungkinan kita kembali padakonsepawal,dengan'taksiair' seperti dulu," kata Emrizal. Emrizal yakin, dengan konsep 'taksi air' ke depan, penerbangan plat merah ini akan kembali menikmati kejayaanya, apalagi persaingan bisnis penerbangan di jalur ini masih minim. Keuntungan lainnya, Riau Air sudah dikenal masyarakat, terutama masyarakat di jalur-jalur yang

dulu pernah dilewati. Sebelum mewujudkannya, akan ada perbaikan secara menyeluruh baik di sisi manajerial maupun keuangan. Dua faktor ini sangat vital. "Kalau jalur pendek, kan kompetitifnya masih rendah. Tapi kalau kota-kota besar kita harus bersaing dengan penerbangan yang sudah lama eksis," ujarnya. Disinggung soal perizinan yang sudah berakhir 7 April 2012 (Sabtu kemarin, red), termasuk langkah pemerintah untuk menghadirkan 10 pesawat, 5 di antaranya milik sendiri sebagaimana disyaratkan Kemenhub RI, menurut Emrizal, untuk perizinan sedang ada upaya untuk memperpanjangnya. Langkah itu dengan memberikan keyaki-

nan kepada Kemenhub dengan niat serius manajemen Riau Air untuk kembali mengoperasikan pesawatnya. Jikamemangtakbisa,tentuakan diajukan perizinan baru dengan menyodorkan kembali proposal bisnisdanskedulyangjelas.Sedangkan syarat 10 pesawat, menurut Emrizal, tak harus dipenuhi asalkan ada upaya serius untuk memenuhinya. Inilah sekarang fokus tim penyelamat tersebut. Saya kira, kalau memang kita mampu meyakinkan Kemenhub, dengan proposal bisnis jelas tak ada masalah. Meski hari ini pesawat kita baru 2 atau 3, tapi kalau kita mampu menggaransi misalnya tahun ini ada 4, tahun besok nyusul lagi, kan bisa saja," ungkap Emrizal. (mok)

Pekanbaru..................................................................................Sambungan Hal 1 POSISI runner up diraih Pengcab FORKI Kampar dengan torehan 12 medali emas, 14 medali perak dan 16 medali perunggu. Dalam Kejurda kali ini, 11 Pengcab FORKI, kecuali Kabupaten Meranti yang tidak mengirimkan kontingennya, saling memberikan kontribusi dalam raihan medali. Ketua Umum FORKI Riau H Dheni Kurnia mengatakan, Kejurda tahunan FORKI seperti ini akan terus digelar mengingat olahraga ini sudah mulai menjamur di kalangan masyarakat umum. "Kita akan gilir masingmasing kabupaten untuk menjadi tuan rumah karena semua telah memiliki pengcab masingmasing," papar Dheni. Sementara Ketua Umum FORKI Dumai H Yusrizal Koto yang ikut menyerahkan medali kepada karateka pemenang pada acara penutupan tadi malam menyatakan, sangat mendukung program lanjutan yang terus

dibuat FORKI Riau ini. Menurut Yusrizal Koto, dengan ditunjuknya masing-masing pengcab menjadi tuan rumah pertandingan, secara otomatis juga akan mengajak masyarakat untuk mencintai dan lebih mengenal olahraga karate ini. "Jika kita ditunjuk tentu akan siap karena menjadi tuan rumah seperti Pengcab Pekanbaru jelas suatu kehormatan tersendiri bagi kita," kata Pemimpin Umum Harian Vokal ini. Dumai 2 Perunggu Dalam Kejurda Karate FORKI VI ini, kontingen Kota Dumai berhasil membawa pulang 2 medali perunggu yang diraih Stani Sulaus di kelas + 40 kg dan Syafnila di kelas -59. Sebelumnya, Pengda FORKI Dumai yang menerjunkan 39 karateka di Kejurda VI yang berlangsung 6-8 April 2012 di GOR Tribuana, Jalan Dipenogoro, Pekanbaru ini, mematok target minimal lima emas.

"Memang persaingan di Kejurda tahun ini cukup berat, tapi lima emas optimis bisa kita raih," terang Ketua Umum Pengcab FORKI Dumai H Yusrizal Koto saat menghadiri acara pembukaan, Jumat (6/4) kemarin. Targetlimaemasinidibebankan kepada beberapa karate terbaik Dumai, yakni Putri Diana, Dwi Putri,Karlinuntukskuadputri.SementaraFredly,AntondanYantoadalah andalan skuad putra Dumai. Tak sekedar fokus ke target saja, Kejurda ini menurut H Yusko juga sebagai ajang uji coba serta memantau kekuatan seluruh tim yang berlaga. "Fokus skuad memang menjadi yang terbaik, tetapi evaluasi dan sekaligus uji coba kekuatan adalah menjadi acuan kita juga," tuturnya. Saat ditanyakan apakah Dumai siap jika ditunjuk menjadi tuan rumah Kejurda FORKI tahun depan, Yusko menyatakan siap. "Kita tentu siap karena semuanya juga akan mendapat gi-

liran," terang Yusko. Soal target ke depan, Yusko memberikan target yang cukup memungkinkan bagi para karatekanya, yakni target masuk Pelatnas. "Kita juga targetkan karateka kita bisa masuk dalam skuad Riau memperebutkan piala Mendagri nantinya," harap Yusko. Hal senada juga diungkapkan Pelatih Kepala Karate Dumai Robinson Roni. Dia siap jika FORKI Dumai terpilih menjadi tuan rumah Kejurda FORKI VII. "Kita sangat menginginkannya karena menjadi tuan rumah adalah sesuatu yang membuat kita bersiap ke arah yang matang lagi," terang Robinson. Seperti diketahui, Piala Mendagri yang dilaksanakan tiap tahun akan dilaksanakan Mei 2012 mendatang. Inilah target yang akan dicapai FORKI Dumai setelah melakukan persiapan yang terbilang cukup lama untuk bisa tampil bagus pada Kejurda FORKI tahun ini. (yan)

Luncurkan..................................................................................Sambungan Hal 1 MEMILIKI lekukan tubuh yang sangat seksi. Pilates memang menjadi salah satu olah tubuh yang semakin diminati masyarakat. Selain bisa meningkatkan fleksibilitas tulang belakang, ternyata pilates juga dinilai ampuh menurunkan berat badan. Saking cintanya dengan Penanggung Jawab/Redaktur: IDRUS YAMIN

olah tubuh yang dikembangkan oleh Joseph Pilates ini, Nova bahkan sudah membuat DVD pilates berjudul How I Loose 20 Kilos With Pilates. "Sebenarnya sudah setahun yang lalu ingin meluncurkan DVD ini, tapi baru kesampaian sekarang. DVD ini untuk men-

jawab beragam pertanyaan masyarakat, pilates itu apa, fungsinya, dan bagaimana gerakannya," ujar Nova saat ditemui dalam acara Fun With Your Heels di Jakarta, Minggu (8/4). Nova mengaku sudah berlatih pilates sejak dirinya hamil. Nova

ingin tetap memiliki bentuk tubuh yang ideal. "Waktu hamil aku naik 20 kilogram. Setelah melahirkan, harus menyusui dan posisi menyusui itu kan membuat badan kita agak bungkuk gitu. Nah, pilates ini membantu supaya tubuh kembali ideal." (vnc,rus)

SEJUMLAH anggota DPRD Provinsi Riau ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) usai sidang paripurna di Gedung Dewan. Beberapa di antaranya tertangkap tangan bersama ratusan juta rupiah yang diduga uang 'pelicin' untuk pengesahan anggaran pembangunan sarana Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII, September nanti. Dalam sidak Wamenkumham itu, tiga napi dan seorang petugas sipir penjara kemudian digiring ke Jakarta karena diduga terlibat bisnis pencucian uang hasil bisnis narkoba di rutan tersebut. Sedangkan dari kasus penggrebekan oleh KPK, dua anggota dewan bersama seorang staf Dispora dan staf kontraktor PT PP ditetapkan sebagai tersangka. Berbeda dengan penggrebekan oleh KPK di DPRD Riau yang hingga saat ini masih terus bergulir dengan pemeriksaan dan pengembangan kasus, justru dalam kejadian sidak Wamenkumham belakangan bergeser dari substansi persoalan. Cerita tentang ditemukannya napi yang menjadi bandar narkoba di Lapas Pekanbaru serta dugaan keterlibatan sipir penjara dalam bisnis haram itu berganti dengan isu "main hakim" oleh Wamenkumham. Media-media massa, sadar atau tidak sadar, telah dibelokkan dari isu lapas sebagai sarang narkoba atau lapas jadi tempat pengendali peredaran narkoba ke cerita tentang kekerasan yang dilakukan Wamenkumham Denny Indrayana terhadap

petugas penjara saat memaksa masuk ke 'Hotel Prodeo" itu. Sudah hampir sepekan setelah drama dinihari itu isu-isu yang mencuat hanya seputar kecaman terhadap main tangan Pak Wamen. Sama sekali tak terdengar kabar apa saja yang informasi yang diperoleh tim penyidik baik dari BNN maupun Kementrian Hukum dan HAM dari tiga napi yang diduga menjadi otak peredaran narkoba di Lapas Pekanbaru. Ini memang kejadian mengejutkan dan sangat memprihatinkan. Terlepas benar atau tidak aksi main pukul yang dilakukan Wamen terhadap sipir penjara yang terlambat membukakan pintu gerbang lapas, semestinya fokus utama adalah pada pengembangan kasus peredaran narkoba dan pencucian uang hasil bisnis haram itu. Sama seperti pernyataan ataupun analisa sejumlah pihak, saya juga menduga lebih berkibarnya di media massa tentang isu penamparan sipir ketimbang keterlibatan napi dan petugas lapas dalam peredaran narkoba, bisa jadi ini bagian dari pengalihan isu. Siapa sutradaranya, bukan tidak mungkin adalah para bandar narkoba itu sendiri lewat konspirasi dengan pihak-pihak lainnya. Selain sudah menjadi rahasia umum soal berubah fungsinya lapas dari tempat pembinaan para pelaku kejahatan menjadi arena pengendalian berbagai tindak kejahatan di luar penjara, selama ini negeri kita memang paling jago dengan trik-trik pengalihan isu. Itu te-

lah berlangsung sejak berpuluh tahun silam, terutama sejak Orde Baru silam. Di era Orde Baru misalnya, ketika mulai muncul isu-isu terkait penggoyangan terhadap kekuasaannya, Presiden Soeharto justru secara tiba-tiba pernah mengeluarkan kecamannya terhadap lagu-lagu cengeng yang dinilainya bisa melemahkan semangat masyarakat. Kecaman itu langsung disambut media massa dengan beragam analisa dan komentar pemberitaan yang kemudian perlahan-lahan menggeser isu utama tentang kekuasaannya yang tanpa batas. Saat inipun sebenarnya politik pengalihan isu juga terus terjadi. Ketika sorotan masyarakat tertuju pada kasus korupsi sejumlah petinggi partai penguasa, tiba-tiba mencuat rencana kenaikan BBM. Praktis, perhatian publik akan lebih tertuju pada isu terbaru soal BBM itu. Aksi-aksi penangkapan teroris juga seringkali dituding sebagai bagian dari pengalihan perhatian publik karena seringkali terjadi di saat mencuat isu-isu hangat terkait persoalan hukum dan politik di negeri ini. Karena itu, sudah sepatutnya semua pihak, termasuk masyarakat umum dan juga kalangan pers, untuk tidak terbuai oleh kejutan-kejutan kejadian yang muncul sesaat. Tetaplah untuk fokus terhadap persoalan yang substansial dan mendasar. Jangan sampai hal-hal kecil menenggelamkan fakta utama, seperti peredaran narkoba di lapas Pekanbaru itu. ***

Ditembaki .................................................Sambungan Hal 1 MENABRAK rumah di sekitar bandara. Satu orang tewas, 4 lainnya luka-luka. Seorang staf Trigana Air yang enggan namanya disebut, Minggu, menyatakan, akibat penembakan 5 orang lebih kelompok OPM itu menyebabkan tangki pesawat berlubang. Beruntung pesawat tidak meledak, meski sempat menabrak bangunan di sekitar bandara. Informasi lainnya menyebutkan, akibat ban pesawat terkena tembakan, pesawat kemudian hilang kendali dan ke luar landasan sehingga menabrak gudang milik MAF yang ada di sekitar bandara. Menurut staf Trigana Air, pesawat terbang dari Nabire beberapa menit sebelum mendarat di Bandara Mulia pukul 08.30 WIT. Pesawat mengangkut lima penumpang, dipiloti Bebi Astek dengan copilot Willy Resubun, serta mekanik Didik. Melalui pesan pendek dari telepon selulernya, Kasubdis Perhubungan Udara Mimika John Rettob mengatakan, akibat peristiwa itu, Bandara Mulia ditutup. “Pesawat sempat melakukan hardlanding, ditembak di emergency door. Kemudian pesawat menabrak gudang,” ujar John. Juru Bicara Polda Papua AKBP Yohanes ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian itu. “Pesawat Trigana Air ditembaki saat mendarat di Bandara Mulia Puncak Jaya. Pilot panik dan tidak bisa mengendalikan pesawat sehingga keluar dari landasan pacu dan menabrak bangunan,” kata Yohanes. Setelah beraksi, kelompok bersenjata itu kemudian melarikan diri ke dalam hutan di sekitar bandara. “Aparat gabungan TNI dan Polri masih mengejar para pelaku yang lari ke atas gunung di sekitar bandara,” ujar Yohanes. Yohanes menambahkan, saat ini anggota Polres Puncak Jaya masih melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Bandara Mulia, dan belum mengetahui motif penembakan. Sementara pasukan Brimob yang di-BKO di Polres Puncak Jaya dibantu TNI dari Batalyon 753 AVT Nabire masih mengejar pelaku. Pengejaran difokuskan ke atas gunung di sekitar bandara. "Kami melakukan pengejaran

bersama pasukan gabungan TNI dan Polri," tambah Kabiro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen M Taufik, Minggu. Menurutnya, Polri belum bisa memastikan apakah penembakan itu dilakukan Organisasi Papua Merdeka (OPM). "Sejauh ini kami belum bisa memastikan apakah mereka OPM atau tidak, dan kami menduga mereka adalah sekelompok orang yang tidak dikenal," ujarnya. Sempat Terkendala Pesawat Trigana Air lainnya yang hendak mengevakuasi pilot, co pilot dan teknisinya, sempat dikabarkan tidak berani mendarat di Bandara Mulia. Pesawat hanya terbang di atas bandara, karena kondisi di bandara belum kondusif karena kelompok bersenjata hingga pukul 12.00 WIT masih terlibat saling tembak dengan pasukan keamanan. “Pilot dan seluruh penumpang sudah dikeluarkan dari pesawat, tetapi belum bisa dievakuasi,” kata Kasubdis Perhubungan Udara Mimika John Rettob. John menjelaskan, pesawat bantuan dari Timika sudah diterbangkan ke Wamena. “Semua proses evakuasi akan dilakukan dari Wamena. Jika situasi sudah memungkinkan, kami akan berangkat ke Mulia,” ujar John. Meski sempat tertunda beberapa lama, akhirnya pilot dan co pilot pesawat Trigana Air berhasil juga dievakuasi dari Bandara Mulia sekitar pukul 14.00 WIT. Mereka selanjutnya dibawa ke Jayapura. Manajer Trigana Air Bustomi menjelaskan, evakuasi dilakukan dengan pesawat Trigana Air lainnya jenis Twin Otter. "Pilot dan co pilot masing-masing bernama Beby Astek dan Willy Resubun sudah berhasil dievakuasi, dan tiba di Bandara Sentani sekitar pukul 3.20 WIT dan kemudian dilarikan ke RS Dian Harapan Waena Jayapura, untuk mendapat perawatan intensif," kata Bustomi di Jayapura. Menurutnya, kondisi pilot dan co pilot tidak terlalu parah, hanya terkena serpihan. Tapi jika kondisinya memburuk, akan diterbangkan ke Jakarta. "Kami hentikan sementara aktivitas penerbangan ke Mulia menunggu situasi benar-benar kondusif," ucapnya.

Ia juga berharap aparat keamanan lebih memperketat pengamanan di Bandara Mulia agar kejadian serupa tidak terulang kembali. "Kami sangat mengharapkan pengamanan di Mulia lebih ditingkatkan agar kami bisa tetap eksis melayani penerbangan ke sana terutama dalam mengangkut logistik bahan makanan untuk warga Puncak Jaya," ujarnya. Mengenai kondisi pesawat yang menabrak bangunan gudang di sekitar bandara, kata dia, timnya nanti masih akan melakukan pengecekan. "Nanti akan kami kirim teknisi ke sana untuk memeriksa kondisi pesawat," ujarnya. Pulang Kampung Korban tewas akibat penembakan pesawat Trigana Air, kemarin, adalah Letoge Kogoya, seorang wartawan Harian Papua Pos Nabire. Pemimpin Umum Harian Papua Pos Nabire Angel Bertha Sinaga mengatakan, jasad Leiron Kogoya sudah diambil pihak keluarga. "Sekarang jenazah sudah disemayamkan di rumah keluarga di Kota Mulia," kata Angel. Menurutnya, Leiron Kogoya sehari-harinya bertugas di Nabire dan sudah setahun lebih menjadi wartawan Papua Pos Nabire. Dia berangkat ke Mulia untuk mengunjungi keluarganya. "Ia bertugas di Nabire, dan tadi mau pulang kampung," ucapnya. Akibat kondisi keamanan yang kerap terganggu di Puncak Jaya, Papua Pos Nabire berkemungkinan akan menarik wartawannya yang bertugas di sana. "Mungkin kamiakantarikwartawanyangada di sana, kalau kondisi keamanan terus terganggu," ujarnya. Menko Politik Hukum dan HAM Djoko Suyanto meminta pelaku penembakan pesawat Trigana Air ditangkap dan dihentikan. "Pelaku tindakan kekerasan dan teror kepada masyarakat sipil dan jasa penerbangan yang melayani kebutuhan masyarakat pedalaman seperti ini harus dihentikan," ujarnya. Djoko berharap upaya-upaya damai dan prioritas pembangunan di Bumi Papua tidak dikotori aksi-aksi tidak bertanggung jawab. Terlebih sampai memakan korban jiwa hingga pelayanan kebutuhan masyarakat. (vnc,tci,rus)

Beban .......................................................Sambungan Hal 1 SETELAH sebelumnya sempat tercampak ke Divisi Utama. Senin (9/4) sore ini, PSPS Pekanbaru akan menjamu PSMS Medan pada laga pembuka putaran kedua lanjutan ISL musim 2011/2012 di Stadion Sport Centre Kuansing. Untuk pertama kalinya sejak bergabung pada musim 2007/2008, PSPS harus tampil tanpa Dzumafo Effendi Herman yang memilih hengkang ke Arema Malang. Meski demikian, pasukan Mundari Karya ini tetap bertekad meraih kemenangan. Sanggupkah PSPS meraih kemenangan, sekaligus membalas kekalahan 1-3 di putaran pertama tanpa striker yang sudah lima musim membela Pasukan Biru ini? Melihat posisi kedua tim ini, sebenarnya peluang PSPS untuk meraih kemenangan cukup terbuka. Hanya saja, dengan kondisi tim yang sedang compangcamping ini, tampaknya tiga poin sangat sulit didapat. Setelah ditinggal pergi Dzumafo dan Park Chul Hyung yang pindah ke Persela, beberapa pemain inti PSPS juga cedera. Pemain tengah PSPS asal Republik Togo Ali Khaddafi dipastikan absen. Duet Fajar Handika ini tak bisa tampil karena menda-

pat kartu kuning dalam dua laga terakhir putaran pertama akhir Maret lalu melawan PSMS Medan dan PSAP Sigli. Mengandalkan penyerang lokal seperti Zainal Arif dan Isnaini, manajemen PSPS tetap mematok hasil maksimal. Absennya Ali Khaddafi yang selama ini berduet dengan Fajar Handika menjaga keseimbangan lini tengah juga dikesampingkan. Kemenangan di kandang harga mati yang harus diwujudkan. 2 Legiun Asing Dengan skuad yang terkesan compang-camping pada laga pembuka putaran kedua ISL ini, PSPS memang harus mengedepankan sikap optimis. Beruntung di saat-saat kritis tersebut, manajemen PSPS mampu mendatangkan dua legiun asing, yakni Joo Ki Hwan dan Ireneo Roberto Acosta Collante yang akan diproyeksikan mengisi bek tengah dan penyerang. "Keduanya akan kita daftarkan ke BLI besok (hari ini, red). Kalau memang kondisi fisiknya memungkinkan, pelatih pasti akan memainkannya," tegas Boy. Hal senada juga dikatakan pelatih Mundari Karya. Kata Mundary, secara umum PSPS siap mengamankan tiga poin di

kandang. Saat ini PSPS Pekanbaru berada di peringkat 13 klasemen sementara kompetisi ISL dengan 20 poin, hasil dari 17 kali main, enam kali menang, dua kali seri dan sembilan kali kalah. Torehan tiga angka sangat penting artinya untuk mengatrol posisi PSPS ke peringkat sembilan, menggeser Persiba Balikpapan. Pada laga sore ini, Mundari Karya diperkirakan akan mempercayakan empat pemain lokal PSPS di lini belakang, yakni Danil Junaidi, Dedi Gusmawan, Ambrizal dan Aguscima. Posisi gelandang bertahan akan diisi Fajar Handika didampingi Ade Suhendra, dua gelandang sayap akan diisi April Hadi dan Patrice Nzekou, sedangkan striker akan diisi Zainal Arif dan M Isnaini. Sementara itu, tim Ayam Kinantan PSMS yang tiba di Pekanbaru, Minggu (8/4) dan langsung bertolak ke Kuansing memboyong 19 pemain. Pada laga kontra PSPS sore ini, PSMS besutan Suharto AD dipastikan tidak akan diperkuat pemain tengahnya Anton Samba yang terkena hukuman akumulasi kartu. (yan) Perwajahan: ANDIXER


CMYK

8

SENIN 9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

INT

HARIAN VOKAL

Seluler

PERTUMBUHAN PELANGGAN SELULER-Seorang pria menggunakan teleponnya di salah satu toko di kawasan perbelanjaan di Depok, Jawa Barat, Jumat (6/4). Data Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) menunjukkan jumlah pelanggan seluler di Indonesia tahun 2011 mencapai lebih 240 juta pelanggan naik 60 juta pelanggan dibanding tahun 2010.

Telkom Raih Dua Penghargaan Internasional Penghargaan diberikan oleh Majalah Corporate Governance Asia yang berkedudukan di Hong Kong dalam ajang “2nd Asian Excellence Recognition Award 2012” di Hong Kong, pada 30 Maret 2012. Menurut Head of Corporate Communication and Affair Telkom Eddy Kurnia, penghargaan bertaraf internasional ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri yang menunjukkan keberhasilan Telkom dalam menerapkan Good Corporate Governance (GCG). “Penghargaan dari Majalah

Corporate Governance Asia menunjukkan bahwa implementasi GCG di tengah-tengah iklim bisnis yang sangat kompetitif mendapatkan perhatian dan apresiasi dari publik,” kata Eddy dalam rilis yang diterima okezone, Minggu (8/4). Ditambahkan Eddy, sebagai perusahaan yang sebagian sahamnya milik publik, Telkom dituntut memiliki pengelolaan investor berstandar internasional yang menjamin keterbukaan dan transparansi kepada pemegang saham. Sehingga terbentuk kepercayaan dan

dukungan kepada perusahaan dalam mengembangkan bisnis. Predikat terbaik di Indonesia diberikan berdasarkan survey yang dilakukan media berbasis di Hong Kong itu kepada sekitar 11.000 korporasi dari 14 negara Asia selama kurun waktu MaretSeptember 2011. Kriteria yang menjadi penilaian mencakup aksi-aksi korporasi perusahaan dan kinerja perusahaan dalam satu tahun terakhir. Penghargaan The Best Investor Relations Professional diberikan kepada Agus Murdiyatno selaku VP Investor Relations Telkom . Hal ini menunjukkan bahwa manajemen Investor Relations Telkom menjadi yang terbaik dan menyisihkan sekitar 40 korporasi domestik yang hampir seluruhnya berstatus perusahaan terbuka. (okz/bos)

JAKARTA (VOKAL) - Samsung Electronics memperkirakan laba untuk tiga bulan pertama tahun ini akan meningkat hampir dua kali lipat. Kenaikan laba ini seiring dengan penjualan smartphone yang terus tumbuh. Perusahaan mengharapkan keuntungan operasional 5.8 triliun Won atau sekitar US$5,1 miliar untuk periode ini. Keberhasilan berbagai Samsung

Galaxy menjadikan Samsung menjadi pembuat smartphone paling laris di dunia. Para analis mengatakan bahwa perusahaan telah mendapat manfaat dari penjagaan margin yang sehat, meskipun persaingan tumbuh."Ada kejutan besar dalam laba dan pendapatan, yang menunjukkan margin laba yang diharapkan lebih kuat dari divisi handset berkat penjualan

yang kuat dari model high-end seperti Galaxy S dan Galaxy Note," kata Choi D- Yeon dari LIG Invesment and Securities. "Margin handset diperkirakan telah menduduki 20 persen dan keuntungan dari divisi ini juga mencapai puncak 4 triliun Won," lanjutnya. Perusahaan akan merilis laporan pendapatan pada 27 April nanti. (bos)

JAKARTA (VOKAL) - PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meraih dua penghargaan internasional sekaligus. Kedua penghargaan tersebut adalah The Best Environmental Responsibility dan The Best Investor Relations Professional.

Samsung Harapkan Peningkatan Laba

Penanggung Jawab: BUDI SUSENO

Perwajahan : ZULQIFLI


CMYK

9 SENIN

HARIAN VOKAL

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

8.594 RTS Dumai Terima Raskin DUMAI(VOKAL)-Sebanyak 8.594 rumah tangga sasaran (RTS) di Kota Dumai sudah menerima beras miskin (raskin) dari pemerintah setempat untuk triwulan pertama periode Januari–Maret 2012. Raskin disalurkan melalui Dinas Sosial Kota Dumai dengan cara membagikan ke masing-masing kelurahan yang ada di kota itu. LAPORAN: YUSRHEL/ DUMAI

YUSRHEL

WAKIL Walikota Dumai, H Agus Widayat didampingi Joni Marzainur mewakili Ketua GM FKPPI Riau memukul gong pertanda Muscab keVII GM FKPPI 0407 Kota Dumai tahun 2012 dibuka, Sabtu (7/4) di Ballroom Hotel Comfort Dumai.

GM FKPPI Dumai Gelar Muscab DUMAI(VOKAL)-Generasi Muda (GM) Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri (FKPP) 0407 Kota Dumai, Sabtu (7/4) mengelar Musyawarah Cabang (Muscab) ke VII tahun 2012. Muscab GM FKPPI 0407 Kota Dumai ke-VII ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Comfort Dumai dan secara resmi dibuka Wakil Walikota Dumai H Agus Widayat. Pembukaan Muscab ini turut dihadiri Setdako Dumai Said Mustafa, Dandim 0303 Dumai diwakilli Koramil Dumai Kota Hasan Ibrahim, perwakilan Polresta Dumai, Ketua Komisi C DPRD Riau Ilyas Labay, Ketua Pengurus GM FKPPI Riau diwakili Joni Marzainur, serta undangan terkait lainnya. Muscab ke VII ini dikuti tujuh Rayon GM FKPPI 0407 se- Kota Dumai. Ketua GM FKPPI 0407 Kota Dumai masa bhakti 20082012, H Khairul Kamal ST, dalam sambutannya mengatakan, Muscab VII GM FKPPI 0407 ini merupakan kewajiban konstitusi GM FKPPI TNI-POLRI yang harus dilaksanakan dalam rangka konsolidasi organisasi dan konsolidasi anggota. Mengingat masa jabatan Pengcab GM FKPPI 0407 Kota Dumai masa bhakti 2008-2012 telah berakhir, maka perlu dilakukan Muscab kembali untuk memilih dan menetapkan pengurus baru masa bhakti 2012-2016, serta menyusun program kerja GM FKPPI untuk masa berikutnya.

Ketua Pengurus GM FKPPI Riau diwakili Joni Marzainur mengatakan, musyawarah cabang merupakan amanah organisasi yang tertuang dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga yang harus dilaksanakan. “Melalui musyawarah ini, mudah-mudahan dapat memilih figur pimpinan yang dapat mengayomi seluruh anggota keluarga besar GM FKPPI Kota Dumai,” kata Marzainur. Wakil Walikota Dumai, H Agus Widayat pada kesempatan itu menyampaikan, sangat menyambut gembira atas terlaksananya kegiatan Muscab VII GM FKPPI 0407 Kota Dumai ini. Hal ini merupakan momen penting dalam tubuh organisasi sebagai perwujudan tercapainya tujuan organisasi GM FKPPI 0407 di masa akan datang. “Peran aktif pemuda sangat dibutuhkan dalam rangka memacu gerak langkah pembangunan Kota Dumai dalam rangka mewujudkan visidan misi sehingga sesuai dengan harapan kita bersama,” ujar Agus Widayat. Agus Widayat berharap, Musyawarah Cabang VII GM FKPPI 0407 Kota Dumai dapat menghasilkan keputusan yang sangat berarti bagi eksistensi organisasi di masa mendatang serta memberi kesempatan kepada kader muda organisasi GM FKPPI di Kota Dumai untuk berpartisifasi aktif dan sumbang sarannya berupa ide-ide cemerlang agar Kota Dumai ke depan lebih maju di segala bidang

sebagaimana yang diharapkan bersama. “Manfaatkanlah Muscab kali ini untuk lebih memberdayakan sumber daya organisasi dalam menunjang tujuan utama organisasi kita ini,” pesan Agus Widayat. Kepada pengurus baru yang terpilih nanti, diharap-

kan mampu membawa GM FKPPI 0407 Kota Dumai ke arah yang lebih baik, dengan meningkatkan kekompakan dan solidaritas di antara anggota. Sehingga bisa membangun jaringan kaderisasi yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa khususnya di Kota Dumai. (ysl)

Khairul Kamal Kembali Nahkodai GM FKPPI

Dengan terpilihnya kemDUMAI(VOKAL)-Usai terpilih secara akmalasi, H Khai- bali sebagai Ketua GM FKPPI 0407 Kota Dumai rul Kamal, ST kemperiode 2012-2016, bali nahkodai GM H Khairul Kamal, FKPPI 0407 Kota mengajak kepada Dumai periode 20segenap anggota 12-2016 melalui dan para kader GM musyawarah caFKPPI 0407 Kota bang ke-VII GM FKDumai untuk tetap PPI, Sabtu (7/4) di bersatu dan berganHotel Ballroom Hodeng tangan serta tel Comfort Dumai. “Saya sangat KHAIRUL KAMAL bahu membahu agar organisasi yabersyukur dan berterima kasih yang setinggi- ng dipimpinnya ini dapat bertingginya kepada seluruh jalan dengan baik. Selain itu, anggota serta kader GM FK- semua kader agar tetap berPPI 0407 Kota Dumai yang satu serta mempererat pertelah memberikan keper- saudaraan baik sesama FKPPI cayaan kepada saya untuk maupun dengan masyarakat kedua kalinya memimpin GM Dumai lainnya. GM FKPPI Dumai, samFKPPI 0407 Kota Dumai. Semoga kepercayaan yang telah bung Khairul, juga siap mendiamanatkan kepada saya ini, dukung dan menyukseskan dapat saya jalankan dengan program serta visi dan misi sebaik-baik mungkin seba- Pemerintah Kota Dumai. gaimana harapan para ang- “Semoga apa yang menjadi gota dan kader GM FKPPI harapan kita bersama dapat 0407 semuanya,” ungkapnya, terwujud dengan baik,” pungkasnya. (ysl) Minggu (8/4) usai terpilih.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Dumai, Pazwir, S.Sos melalui Kabid Bidang Pengentasan Kemiskinan, Asrizal kepada Harian Vokal, Sabtu akhir pekan lalu. Ia mengatakan. pendistribusian raskin triwulan pertama sudah dialokasikan ke masingmasing kelurahan akhir Maret kemarin. Menurut Asrizal, penerima manfaat raskin Kota Dumai sebanyak 8.594 RTS sesuai dari hasil pendataan BPS. Dijelaskan Asrizal, 8.594 RTS akan mendapatkan jatah raskin selama satu tahun yang dibagikan setiap triwulan hingga triwulan keempat, dan setiap

bulan masing-masing RTS mendapat raskin sebanyak 15 kg, dari total 8.594 RTS yang menjadi beban APBD Kota Dumai sebanyak 643 RTS dan sisanya sebanyak 7.951 RTS menjadi beban nasional yang biayanya bersumber dari APBN. “Dan untuk triwulan pertama ini, setiap RTS mendapatkan raskin sebanyak 45 kg,” jelasnya. Asrizal menyebutkan pendistribusian raskin triwulan pertama berjalan lancar tanpa ada hambatan. Selain untuk mengentaskan kemiskinan, program ini juga untuk mengimbangi harga beras di pasaran agar tidak terjadi lonjakan harga. Ia juga menjelaskan bahwa pihaknya kini sedang menyi-

Banjir Genangi Kota Dumai

“Walikota Jangan Hanya Berceloteh” DUMAI(VOKAL)-Banjir ROB beberapa hari ini, telah merendam pemukiman warga Jalan Siak, Kelurahan Buluh Kasap, Dumai Timur. Warga sangat menyesalkan dengan janji-janji Walikota Dumai yang tidak kunjung pasti. “Walikota H Khairul Anwar hanya bisa berceloteh saja untuk mengatasi banjir ini,” ujar Udin, salah seorang warga Jalan Sungai Siak, Kelurahan Buluh Kasap, Dumai Timur dengan kesal melihat barang-barang berharga miliknya habis terendam banjir ROB sehingga nyaris tak bisa tidur kalau sudah banjir tiba. Hal ini juga dirasakan kaum ibu rumah tangga, mereka sibuk mengemasi peralatan dapur yang terendam air asin. Sehingga para ibu rumah tangga ini berinisiatif beramai-ramai untuk mengadukan nasib mereka kepada Walikota H Khairul Anwar supaya dapat sesegera mungkin menyelesaikan persoalan banjir ini. Wulan (40) merasa kesal terhadap kinerja Walikota yang selama ini tak memihak kepada warga masyarakat, khususnya warga Sungai Siak, Kelurahan Buluh Kasap. Padahal Walikota Dumai Khairul Anwar banyak dipilih oleh warga Kelurahan Buluh Kasap. “Kami merasa

“Kami merasa kesal terhadap Kahirul Anwar yang telah mungkir janji, katanya ia siap memperjuangkan nasib warga Buluh Kasap, ternyata hanya omong kosong,” WULAN

Warga Kelurahan Buluh Kasap

kesal terhadap Kahirul Anwar yang telah mungkir janji, katanya ia siap memperjuangkan nasib warga Buluh Kasap, ternyata hanya omong kosong,” ujar Wulan. Pantauan Harian Vokal, Minggu (8/4) banjir tidak saja melanda warga kelurahan Buluh Kasap, tetapi juga warga Kelurahan Rimba Sekampung, Kelurahan Simpang Tetap Darus Ikhsan (STDI) serta kelurahan lainnya juga mengalami nasib yang sama. Genangan banjir ROB yang mengenangi pemukiman warga tersebut membuat warga sibuk setiap harinya membersihkan sisa-sisa banjir yang di dalam rumah mereka. (ysl)

apkan rencana pembagian raskin untuk triwulan kedua periode April-Juni. Namun menurutnya, pendistribusian raskin triwulan kedua pihaknya masih menunggu data dari BPS, mengingat adanya rencana perubahan data RTS. “Setelah perubahan data itu kita terima, kita akan langsung mendistribusikan, mengingat raskin sudah tersedia di gudang Bulog,” paparnya Asrizal mengaku hingga kini belum menerima data resmi dari BPS pusat terkait penerima RTS terbaru. Diakuinya juga bahwa pendistribusian raskin triwulan pertama masih menggunakan data lama yakni sebanyak 8.594 RTS. “643 RTS biayanya dibebankan melalui APBD dan sisanya sebanyak 7.951 RTS menjadi beban nasional yang biayanya bersumber dari APBN. Dan menurut informasi, BPS Pusat sedang melakukan pendataan ulang. Hingga saat ini kita masih menunggu, apakah terjadi pengurangan RTS atau penambahan kita belum tau pasti,” pungkas Asrizal. (***)

Rumah Faisal Dilalap Jago Merah DUMAI(VOKAL)-Rumah milik Faisal, warga Jalan Al-Hijrah RT 07 Kelurahaan telukbinjai, Kecamatan Dumai Timur, Dumai, Sabtu (7/4) sore rata dengan tanah akibat dilalap si jago merah. Cuaca cerah dan angin kencang yang berembus sore itu, membuat kobaran api cepat melalap rumah Faisal yang terbuat dari serba kayu tersebut. Walaupun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun seisi rumah termasuk pakaian hangus terbakar. “Tak ada barang yang bisa diselamatkan, yang tersisa hanya pakaian di badan,” ujar Can, seorang saksi mata di TKP. Menurut keterangan yang berhasil dihimpun menyebutkan, sore itu Faisal sedang tidak di rumah, sedangkan isterinya sedang asyik melayani pembeli di warung yang ada di samping rumahnya. Tiba-tiba muncul titik api menimbulkan asap tebal dari dekat kulkas di sebelah sudut kiri rumahnya. Melihat kepulan asap dari rumah Faisal tersebut, warga yang ada di sekitarnya berhamburan hendak membantu menyiram titik api dengan peralatan seadanya. Sangat disayangkan, niat baik warga hendak membantu tidak berhasil. Bangunan rumah Faisal yang terbuat dari serba kayu, ditambah pula hembusan angin kencang membuat kobaran api semakin membesar dan menghanguskan seisi rumah. Untung saja mobil pemadam kebakaran milik Pemko Dumai tiba di tempat sebelum api sempat merambat ke rumah lainnya. Walaupun ada dinding rumah warga lain yang berdempetan dengan rumah Faisal sempat berasap hendak terbakar, namun masih sempat terselamatkan. “Kalau mobil pemadam kebakaran terlambat sedikit saja, rumah di sebelahnya juga akan terbakar,” ungkap warga yang menyaksikan kejadian tersebut. (ysl)

Aspukat Tolak Pemindahan Kantor UKM SMS Anda ke

0812 767 1661

085355448xxx Pak Satpol PP dan Kadishut tolong tertibkan usaha walet, karena waktu-waktu tertentu sangat menganggu warga terutama waktu salat Jumat di sekitar Jalan Sukajadi. Bila bapak-bapak tidak mampu menertibkan, kami akan langsung laporkan masalah tersebut pada Pak Walikota.

Pemadam Kebakaran Kodim 0303 PLN Polresta RS Bayangkara RSUD Dumai RS Pertamina Dumai

38208 31303 37123 31007 36942 38367 439200

Penanggung Jawab/Redaktur: AKMAL KUTIANYIR

DUMAI(VOKAL)-Pengurus Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) yang tergabung dalam Asosiasi Pengelola UEK-SP se-Kota Dumai (Aspukat), menolak dan keberatan dengan adanya rencana Pemerintah Kota Dumai yang akan memindahkan Kantor Dinas UKM Koperasi dan Pemberdayaan Masyarakat, yang ada di Jalan HR Soebrantas, konon akan dipindahkan di Perkantoran Pemko Dumai Jalan Perwira, Kecamatan Bukit Kapur. Keberatan ini langsung disampaikan Ketua Aspukat, Ilyas, SE kepada Harian Vokal, akhir pekan lalu. Dikatakan Ilyas, pihaknya keberatan pemindahan kantor tersebut karena nantinya justru akan menyulitkan dan menjadi kendala bagi sebagian pengurus UEK-SP untuk menghadiri rapat evaluasi rutin bulanan. “Kantor yang ada sekarang

di eks Kantor Walikota sudah sangat pas tempatnya, berada di tengah-tengah wilayah Dumai. Jadi cukup bisa dijangkau oleh semua sisi wilayah Dumai, dan kalau kantor ini dipindahkan ke Kecamatan Bukit Kapur yang berada di salah satu sisi pinggir kecamatan, jelas bagi sebagian pengelola akan kesulitan untuk menjangkaunya. Padahal kami dari Aspukat mengadakan pertemuan evaluasi rutin di kantor UKM tersebut,” kata Ilyas beralasan. Selain itu, katanya, kepindahan kantor UKM nantinya, diprediksi bisa menyulitkan dinas tersebut dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. “Kalau alasan pemindahan kantor itu dari Pemko Dumai katanya tempat Kantor UKM sekarang ini akan diganti dengan instansi lain untuk pelayanan. Padahal,

DOK

WAKIL Walikota Dumai Agus Widayat pada salah satu acara UEK-SP, beberapa waktu lalu.

UKM ini juga untuk pelayanan, tolong kepada pengambil kebijakan rencana

pemindahan kantor tersebut untuk dipertimbangkan, sehingga kami dari UEK SP

tetap bisa menjalankan rutinitas kami sebagaimana sebelumnya,” pinta Ilyas. (rno) Perwajahan: ISKANDAR


10

SENIN

HARIAN VOKAL

LINTAS “Pers Harus Sinergi dengan Pemkab”

SIAK(VOKAL)-Asisten Administrasi Umum H Jamaluddin mewakili Bupati Siak H Syamsuar, menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2012 di Bagan Siapi-api, Kabupaten Rokan Hilir, Rabu dan Kamis (4-5/4) lalu. Peringatan HPN 2012 ini mengusung tema Pers Merdeka, Rakyat Bersuara. Berkaitan dengan HPN dan HUT PWI tahun 2012 ini, dirinya mengharapkan pers bisa memberikan kontribusi besar bagi pemerintah khususnya insan pers yang ada di Negeri Istana (julukan Kabupaten Siak, red). “Pers merupakan pilar ke empat dalam penyelenggaraan demokrasi. Dengan diadakannya kegiatan ini, semoga pers yang profesional terus tercipta,” harapnya. Dalam perbincangan dengan wartawan asal Siak, dirinya menyebutkan bahwa tema yang diusung harus benar-benar dimaknai oleh para rekan-rekan pers sebagai sebuah kebebasan yang tidak kebablasan, namun tetap merujuk kepada kode etik jurnalistik/wartawan seperti yang telah digariskan. “Saat ini sudah sepatutnya punggawa pers di daerah bersinergi mendukung pembangunan daerah. Dengan keterlibatan pers, informasi pembangunan yang dilakukan pemerintah bisa diketahui secara utuh oleh masyarakat luas,” tuturnya. Turut hadir Ketua PWI Pusat Margiono dalam acara puncak HPN di gedung LAMR Rohil Batu Enam yang juga dihadiri Bupati Rohil Annas Maamun selaku tuan rumah, seluruh kepala daerah seRiau atau yang mewakili, Dewan Kehormatan PWI Pusat Tarman Azam, mantan Gubri Saleh Djasit, tokoh masyarakat, insan pers se-Riau dan undangan lainnya. Sementara itu, Ketua PWI Pusat Margiono dalam sambutannya mengatakan, momen HPN harus dimaknai oleh seluruh awak pers dengan merujuk kepada nilai patriotik para pendahulu yang telah meletakkan dasar kebangkitan pers, sehingga menjadi salah satu pilar dalam perjuangan dan mengisi kemerdekaan RI. Perhelatan HPN, ditegaskannya adalah perhelatan seluruh insan pers Indonesia tanpa membedakan media ataupun organisasi yang bersangkutan dan bertujuan untuk lebih memantapkan profesionalisme para “kuli tinta” di belantara media, demi terwujudnya transparansi informasi yang berimbang dan berwawasan. (zul)

Dewan Tinjau Rig PT SPE di Zamrud

SIAK(VOKAL)-Anggota DPRD Siak meninjau langsung peralatan Rig PT Siak Pertambangan dan Energi (SPE), salah satu BUMD Kabupaten Siak yang sedang dioperasikan di ladang minyak BOB PT BSP-Pertamina Hulu, tepatnya di areal SE Beruk, Zamrud, Kecamatan Dayun, Sabtu (7/4). Peninjauan Rig PT SPE tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Siak Zulfi Mursal bersama H Syahrul dan Masri serta anggota Dewan lainnya, di antaranya Suyud, Harvianto, M Nur Azmal, Imail Amir, dan Robi Cahyadi. Sedangkan dari perusahaan dihadiri Direktur Utama PT SPE Agus Siswandi, Operasional Manajer Helmi Ahmad, dan HRD NGA Rajiman. Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Siak Zulfi Mursal mengatakan, kunjungan kerja ini untuk mengecek secara langsung operasional rig PT SPE di Zamrud yang notabene adalah milik perusahaan daerah yang perlu diperhatikan secara serius. Karena jika Rig itu dapat beroperasi secara maksimal, tentu dapat memberikan pendapatan bagi daerah. “Kita sengaja meninjau langsung ke lapangan guna mengetahui pengelolaan Rig PT SPE, karena itu adalah milik kita. Ternyata kondisinya cukup baik dan bagus. Dalam operasinya juga didukung oleh tenaga kerja yang berpengalaman,” ujarnya. Kata Zulfi, dengan kondisi Rig baik dan bagus, diharapkan Rig PT SPE dapat dipertimbangkan dalam proses-proses tender di BOB. Saat ini BOB sedang melakukan pelelangan, di mana PT SPE juga ikut untuk mendapatkan pekerjaan di BOB. “Kita minta BOB utamakan perusahaan daerah untuk bekerja di ladang, bukan memenangkan perusahaan lain. BOB merupakan badan operasi milik daerah, dan seharusnya perusahaan daerah yang harus dimanfaatkan untuk menggelola Rignya di lapangan,” harapnya. (hlr/mza)

Polres Siak

: 0764-20110

Polsek Sungai Apit

: 0766-51050

Polsek Minas

: 0761-993444

Polsek Perawang

: 0761-91448

Koramil Sungai Apit

: 0766-51061

Koramil Minas

: 0761-508033

Koramil Perawang

: 0761-92919

Rumah Sakit Siak

: 0764-20011

r Minta Pemkab Segera Bagikan Kebun

Ratusan Warga Patok Kebun Sawit Rakyat SIAK(VOKAL)-Ratusan warga Desa Rawang Air Putih dan Desa Merempan Hilir, Kecamatan Siak, melakukan pematokan di lahan seluas 500 hektar kebun kelapa sawit rakyat program Pemkab Siak yang mulai dibangun pada tahun 2005 lalu. Warga berbuat demikian, karena lahan yang sudah dijanjikan tidak kunjung dibagikan. Tokoh masyarakat Merempan Hilir H Itan (61) mengaku warga sudah cukup sabar menanti proses pembagian lahan tersebut. Namun alih-alih disegerakan,

justru terjadi pengalihan calon penerima calon lahan (CPCL) sekitar 40 KK dari Desa Rawang Air Putih, digantikan orang lain yang tidak mereka kenal.

“Sesuai SK Bupati Siak, dikatakan bahwa kebun di desa ini diperuntukkan bagi 204 orang CPCL warga Desa Rawang Air Putih dan Merempan Hilir, tapi dikemudian hari justru masuk 80 nama lain yang bukan dari dua desa ini, sehingga sebanyak 40 KK warga tempatan tidak dapat,” bebernya. Parahnya lagi, sambung H Itan, kini setelah kebun tersebut sudah menuai hasil (panen, red), pihaknya juga tidak mendapat-

rempan Hilir tersebut. Berdasarkan pantauan wartawan di lapangan, aksi ratusan warga yang datang ke lokasi menggunakan sepeda motor masing-masing ini mendapat kawalan dari Kepolisian Sektor Siak dan Satpol PP. Ratusan warga langsung masuk ke lokasi kebun untuk melakukan pematokan, sementara beberapa di antaranya termasuk H Itan, menunggu di posko gerbang kebun. (hlr/mza)

HUMAS

Wabup Buka MTQ Sungai Apit SUNGAIAPIT(VOKAL)-Wakil Bupati Siak H Alfedri membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-11 Kecamatan Sungai Apit yang diadakan di Desa Teluk Batil, Sabtu (7/4) malam. Penyelenggaraan MTQ Sungai Apit bisa dikatakan pelaksanaan termegah di Kabupaten Siak, baik kemegahan panggung maupun ramainya masyarakat yang menyaksikan. Alfedri secara khusus memberikan apresiasi kepada warga kecamatan khususnya warga Desa Teluk Batil yang sangat antusias menyaksikan pelaksanaan MTQ ini. Selain disaranai bangunan astaka yang megah, ribuan warga dari kecamatan bergelar Seribu Qari tersebut juga membuat acara pembukaan berlangsung meriah. “Saya sangat senang melihat pengunjung yang sangat banyak seperti MTQ tingkat Kabupaten Siak saja,” kata Alfedri dalam sambutannya disambut tepuk tangan hadirin. Dalam kesempatan itu, Alfedri juga menjelaskan bahwa 7 dari 15 qari dari Siak yang mengikuti training center (TC), juga mewakili Provinsi Riau pada MTQ tingkat Nasional. Salutnya lagi, 3 di antaranya berasal dari Kecamatan Sungai Apit. “Kalau murni kita juara satu, Inhu dan Pekanbaru banyak mendatangkan qari impor. Tetapi itulah yang terjadi, kita berbahagia meraih peringkat ketiga. Diharapkan ditingkat keca-

matan juga perlu terus dilakukan pelatihan dan pendidikan Al Quran yang terus berjalan dan intens,” katanya disambut riuh suara warga. Lebih jauh dikatakannya, penyelenggaraan MTQ ini hendaknya dapat menuntun umat Islam dalam meniti gemerlap hidup di dunia ini. Al Quran bukan hanya mengajarkan iman dan taqwa, tetapi juga sejarah, keteladanan, dan amal mulia yang bisa menentramkan hati. “Beberapa hari lalu kita telah dikejutkan gempa. Kita harus hati-hati dan mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan, dengan menjadikan Al Quran sebagai pedoman kehidupan dan tolak ukur dalam menghadapi berbagai persoalan. Nabi telah menunjukkan teladan tersebut di kota Madinah dengan segala permasalahan yang dihadapi umat Islam,” tuntun Wabup. Jaring Bakat Sementara itu, Ketua DPRD Siak Zulfi Mursal juga dalam sambutannya menjelaskan, secara tak disadari penyelenggaraan MTQ Sungai Apit merupakan yang ke-11 kalinya digelar. Dan yang paling membaggakan lagi, Kabupaten Siak hampir memperebutkan tiga kali juara umum berturut-turut di tingkat kabupaten. Dengan gairah yang ada dalam rangka menyambut MTQ, diharapkan bisa melahirkan

qari-qari terbaik, khususnya untuk menghadapi MTQ tingkat Kabupaten Siak yang diadakan bulan Juli di Kecamatan Kerinci Kanan. MTQ diharapkan menjadi motivasi untuk dapat berkreasi dan berprestasi untuk tampil lebih baik. “Tidak hanya membaca saja dan melantunkan Al Quran dengan merdu, tetapi meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Mudah-mudahan Kecamatan Sungai Apit bisa meraih prestasi seperti yang telah diperoleh ditingkat provinsi dan nasional,” harap Ketua DPRD Siak ini. Ketua Panitia Pelaksana MTQ Sungai Apit Syamsir mengatakan, MTQ Kecamatan Sungai Apit di Desa Teluk Batil diadakan dengan tujuan utama untuk meningkatkan mutu baca Al Quran, menyiarkan agama Islam dan menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup. Selain itu, untuk menjaring bakat qari dan qariah yang akan mewakili Sungai Apit di MTQ tingkat Kabupaten mendatang. “MTQ kota Seribu Qari memperlombakan enam cabang. Kemudian peserta pawai taaruf sebanyak 185 orang utusan desa dan 38 sekolah se-Kecamatan Sungai Apit. Terimakasih kepada seluruh masyarakat desa, dalam waktu singkat bisa mempersiapkan segala sesuatunya dan tak lupa pula ucapan terimakasih kepada pihak panitia yang telah mendukung,” ungkap Syamsir. (zul)

Kantor Pos dan Giro

: 0764-20347

Informasi

: 0764-20108

Telkom

: 0764-20000

HUMAS

: 0764-20073

BUKA MTQ - Wakil Bupati Siak (2 dari kiri) menekan tombol sirene tanda di bukanya MTQ X Kecamatan Tualang di Desa Pinang Sebatang Timur, Kamis (5/4).

Penanggung Jawab/Redaktur: MARZULI ADI

kan bagian seperti yang telah dijanjikan. Seolah-olah tidak mendapat hak untuk mengelolanya. Dijelaskannya, setahun belakangan ini kebun sawit rakyat yang berlokasi di Rawang Air Putih tersebut, telah dikelola oleh koperasi yang menurutnya telah menghasilkan 113 ton tandan buah segar (TBS) /bulan setara dengan Rp417 juta/tahun. Namun demikian, warga CPCL tidak pernah mendapat bagi hasilnya,” sesal mantan Ketua LKMD Men-

WAKIL Bupati Siak Alfedri (tengah) menekan tombol sirene tanda dibukanya pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Sungai Apit yang dilaksanakan di Desa Teluk Batil, Sabtu (7/4) malam.

Pemadam Kebakaran : 0764-322113

PLN

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

Beli BBM Berjerigen Harus Ada Rekom TUALANG(VOKAL)-Maraknya penimbunan dan minimnya pasokan di Kecamatan Tualang, masyarakat umum tidak dibenarkan membeli bahan bakar minyak (BBM) dengan menggunakan jeregen terkecuali bagi masyarakat yang memiliki usaha industri rumahan atau untuk genset desa, dengan syarat menunjukkan rekomendasi dari kepala desa atau dari Disperindag Siak. “Boleh beli dengan membawa jerigen, tapi bagi masyarakat yang memiliki industri rumahan atau untuk mesin genset desa yang mendapatkan rekomendasi dari kepala desa. Jumlah pembelian juga dibatasi, di atas 20 liter rekomendasinya langsung dari Disperindag Siak,” ungkap Plh Camat Tualang Zalik Efendi, Sabtu (7/4). Rekomendasi yang diberikan, lanjut camat, diberikan oleh pihak desa karena kepala desa/lurah lebih mengetahui masyarakatnya yang mempunyai industri rumahan daripada pihak kecamatan. Dengan demikian, usaha warga tetap berjalan dengan lancar,

tidak terganggu dengan kesulitan mendapatkan bahan bakar. “Namun masyarakat juga tidak bisa membeli bahan bakar setiap hari, dan harus digunakan sesuai kebutuhan. Tujuannya untuk mengantisipasi penimbunan yang bisa saja dilakukan warga yang mendapatkan rekomendasi dari desa,” tegasnya. Zalik Efendi menjelaskan, pengawasan terhadap kebutuhan bahan bakar harus dilakukan oleh masing-masing desa, sehingga penggunaan bahan bakar bagi pemilik usaha sesuai peruntukannya. Sementara itu, Kepala Desa Maredan Barat H Al Jupri menyatakan bahwa pihaknya memberikan rekomendasi pembelian menggunakan jerigen kepada warganya yang memiliki usaha sendiri. “Untuk Desa Maredan Barat ada 6 warga yang kita berikan rekomendasi menggunakan jerigen seperti untuk usaha industri rumahan, namun ketentuan batas beli telah ditetapkan, masyarakat tidak bisa sesuka hati membeli BBM,” paparnya. (hlr/mza)

Gas Siak Diminati Swasta SIAK(VOKAL)-Dua perusahaan swasta PT Bali Graha Surya (BGS) dan PT Surya Power Energi (SPE), membuka kran kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Siak dalam mengatasi kekurangan pasokan daya listrik di daerah tersebut. Sebelumnya, PT PLN Wilayah Riau dan Kepulauan Riau telah menemukan cadangan gas Petro Selat untuk dijadikan pembangkit listrik di Siak. Menurut Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Pemkab Siak Yusrianto, ke dua perusahaan itu bersedia memanfaatkan potensi gas untuk sumber daya listrik. Mereka Bahkan mendukung  program pemerintah mengenai kebijakan konversi BBM ke bahan bakar gas, termasuk dimanfaatkan untuk kepentingan umum seperti kendaraan umum. “BGH bersama mitra perusahaannya PT Surya Power Energi (SPE) menyanggupi biaya pembangunannya ditanggung oleh investor dan meyakini akan memberikan keuntungan bagi Pemkab,” kata Yusrianto kepada wartawan akhir pekan lalu. Salah satu pola kerjasama yang

ditawarkan dengan menjalin suatu kerja sama dengan BUMD Siak. Diperkirakan dari keuntungan elektrikalnya saja ada sekitar Rp400 juta untuk setoran PAD Siak. Selain itu, akan memberikan keuntungan bagi Pemkab yang dapat mengurangi penganguran seiring dengan masuknya para inves­tor dan kemudian berperan dalam penambahan pendapatan asli daer­ah. “Dengan daya listrik yang sudah terpenuhi nantinya, otomatis akan banyak investor yang akan menanamkan ivestasinya di Siak,” terang dia. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah dapat mengurangi pengangguran dan tentunya memberikan penambahan pendapatan asli daerah Siak. Saat ini Siak masih kekurangan sumber daya kelistrikan, baik untuk kepentingan masyarakat maupun pemerintah. “Adapun keinginan perusahaanperusahaan yang bergerak di bidang gas untuk mengelola gas dijadikan pembangkit listrik juga harus didukung. Namun kepada siapa pengelolaan gas ini diserahkan, Sekda mengakui hal itu belum bisa ditetapkan,” sebutnya. (rtd/mza) Perwajahan: ISKANDAR


SENIN

11

HARIAN VOKAL

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

LINTAS Pegawai Harus Maksimalkan Jam Kerja PASIRPENGARAIAN (VOKAL)- Para pegawai Pemkab Rokan Hulu (Rohul), diharapkan tetap bisa memaksimalkan waktu bekerja, untuk memberikan pelayanan ke masyarakat. Jangan karena telat waktu, pelayanan terabaikan. Mereka diingatkan untuk bisa efektif bekerja mulai pukul 07.30-11.00, karena setelah itu dilaksanakan salat berjamaah Zuhur. Demikian pula setelah itu, waktu yang ada dimanfaatkan semaksimal mungkin hingga masuk Ashar. “Jangan karena diinstruksikan salat berjamaah, pegawai menjadikannya alasan pekerjaannya terhambat,” jelas Bupati Rokan Hulu H Achmad, belum lama ini. Menurutnya, pegawai harus bisa menyesuaikan jadwal bekerja dengan waktu yang ada, sehingga tidak ada alasan menghambat efektivitas kerja mereka. “Saya harapkan seluruh pegawai bersunguh-sungguh dalam melaksanakan tugasnya. Agar visi misi Rohul menjadi kabupaten terbaik di Provinsi Riau tahun 2016 mendatang bisa tercapai. Ini tentunya tidak bisa dilakukan hanya oleh Bupati, tetapi peran semua pihaklah yang mewujudkannya,” ujarnya. (ber)

Bupati Perintahkan Kades dan Camat Buat Kotak Pengaduan

PASIRPENGARAIAN (VOKAL)- Demi mengetahui perkembangan dan pelayanan kepala desa (kades) dan camat terhadap warganya, mereka diinstruksikan membuat kotak pengaduan yang ditempatkan di kantor desa dan kantor camat. Kunci kotaknya dipegang oleh kades dan camat. Instruksi itu disampaikan Bupati Rokan Hulu H. Achmad kepada Vokal, belum lama ini, di Hotel Sapadia, Pasirpengaraian. Dijelaskannya, untuk memajukan suatu desa dan kecamatan, diperlukan pelayanan yang baik kepada masyarakatnya. Untuk

mengetahui apa saja yang menjadi kendala di wilayahnya, bisa dilihat dari kotak pengaduan yang sudah disediakan itu. “Kalau kita ingin mengetahui apakah warga senang terhadap pelayanan di desa dan di kecamatan, buatlah kotak suara. Ini

LAPORAN:

PABER SIAHAAN/ ROHUL

merupakan langkah untuk memajukan desa dan kecamatan, khususnya di bidang pelayanan kepada masyarakat,” jelas Bupati. Bupati menambahkan, dengan adanya kritikan yang disampaikan masyarakat terhadap pelayanan di desa dan kecamatan, ke depan bisa langsung diperbaiki. Karena tujuan utama pemerintah adalah menjadikan Rohul kabupaten terbaik di Provinsi Riau. “Seluruh kades dan camat ha-

membuat terobosan rus menjadi teladan baru untuk membadi wilayahnya dan ngun wilayahnya, disenangi masyaratanpa mengharapkat luas. Jika masyakan bantuan anggarakat desa senang ran dana desa (ADD). terhadap kepemimPasalnya, dana ADD pinan kita, sudah bisa saja peruntutentu pembangunan kannya dicabut. di desa dan kecama“Kalau diberikan tan berkembang cepelayaan yang baik, pat. Masyarakat pun H. ACHMAD masyarakat pasti mau berpartisipasi mempercepat pembangunan,” mau berpartisipasi membangun desa dan kecamatannya, karena terang Achmad. Untuk itu, lanjut Bupati, ka- masyarakat sudah merasakandes dan camat harus dapat nya,” terangnya. (***)

Tak Terawat, Mobdis Akan Ditarik PASIRPENGARAIAN (VOKAL)- Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Achmad kembali menegaskan akan menarik mobil dinas (mobdin) jabatan eselon II dan III yang tidak dirawat secara baik. Sewaktu-waktu akan dilakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap mobdin di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Penegasan tersebut disampaikan Bupati saat memimpin apel pagi bersama seluruh pegawai di jajaran Pemkab Rohul, beberapa waktu lalau di halaman kantor Bupati Rohul. “Ke depannya, kita akan lakukan sidak melihat mobdis pejabat di masing-masing SKPD. Apakah terawat, atau hanya dipakai oleh pejabat. Bila itu terjadi, maka kita akan tarik mobdis tersebut. Silakan pejabat bersangkutan naik kendaraan pribadi atau jalan pergi ngantor. Karena kita menginginkan, aset daerah termasuk mobdin, terjaga dengan baik, karena merupakan kebutuhan untuk mendukung aktivitas bekerja para pejabat,” tegasnya. Bupati juga berharap, para pejabat merawatnya secara baik, karena mobdis yang digunakan pejabat, notabenenya mobil masyarakat, sehingga harus diperlakukan dengan baik, dalam mendukung kinerja pejabat. Yang lebih penting, perawatan mobdis jangan menunggu uang dinas keluar, karena mesin kendaraan ada batas waktu ketahanannya. (ber)

PABER

SISTEM BARCODE-Bupati Rokan Hulu H Achmad didamping Kadiskes dan Dirut RSUD saat meluncurkan program kartu berobat sistem barcode, di RSUD Pasirpengaraian, baru-baru ini.

Minat Masyarakat Beternak Sapi Sangat Tinggi Hijaukan Negeri Seribu Suluk Iklan ini dipersembahkan oleh:

PASIRPENGARAIAN (VOKAL)- Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Rokan Hulu Marjoko, menyampaikan, bahwa animo masyarakat Rohul untuk beternak sapi gaduhan sangat tinggi. Itu terlihat dari 10 proposal permohonan sapi yang masuk sejak 2011 lalu. Demikian dikatakan Marjoko, belum lama ini. Dari 160 proposal itu, semuanya belum dapat direalisasikan, karena anggaran cukup terbatas. “Kita harapkan, Pemerintah Provinsi Riau dan Pusat dapat mengalokasikan anggaran yang lebih besar pada masa yang akan datang, untuk program pengembangan sapi di Rohul,” harapnya. Ditambahkan Kadis, kepada para kelompok ternak yang belum mendapatkannya, diminta untuk bersabar, karena Pemkab juga menginginkan Rohul dapat menjadi lumbung ternak sapi di Provins Riau.

Diterangkannya, jumlah sapi di Rohul saat ini lebih kurang 30.013 ekor dan kerbau lebih kurang 1.000 ekor. Dari jumlah tersebut, sapi milik Pemkab Rokan Hulu sebanyak 1.919 ekor, termasuk yang sudah didistribusikan kepada masyarakat melalui kelompok ternak. Sedangkan sapi gaduhan (sapi yang akan dikawainkan red), sepanjang 2011 lalu berjumlah sebanyak 283 ekor. Target sapi gaduhan tahun 2011 adalah 355 ekor, yang sudah direalisasikan dan didistribusikan kepada kelompok ternak sebanyak 283 ekor. Sisanya sebanyak 72 ekor, ditambah 8 ekor pengganti sapi mati. Sehingga jumlahnya menjadi 80 ekor. “Saat ini masih dalam perjalanan. Jumlah sapi milik pemerintah tersebut terdiri dari sapi atas pengadaan melalui APBD I (propinsi) 383 ekor dan melalui APBD II (kabupaten) 1.536 ekor,” terangnya.

Lebih jauh dipaparkannya, untuk mendapatkan sapi gaduhan, masyarakat harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan Dinas Perikanan dan Peternakan, yakni dengan membentuk kelompok ternak, kemudian mengajukan proposal kepada Pemkab Rohul melalui Dinas Perikanan dan Peternakan. Setelah itu dilakukan seleksi administrasi dan cek ke lapangan oleh petugas dari dinas tersebut menyangkut potensi wilayah, kesiapan kelompok,dan lain sebagainya. “Spek sapi gaduhan di antaranya merupakan jenis sapi bali, ukuran tinggi 100-102 cm dan usia 1 -1,5 tahun. Namun perlu dimaklumi, bahwa sapi bukanlah barang pabrikan yang bisa dilakukan dengan ukuran yang pasti. Jadi ada kalanya sapi gaduhan yang didatangkan ukurannya lebih tinggi dari spek, namun ada juga lebih pendek, yang pengadaannya dilakukan melalui tender,” jelasnya. (ber)

n Cegah Penyimpangan Sekretariat Daerah

: 0769-341009

Sekretariat DPRD

: 0769-311341

Pengadilan Negeri Rengat : 0769-341059 Pengadilan Agama Rengat : 0769-341102 Kejaksaan Negeri Rengat : 0769-341271 PDAM

: 0769-21634

Kantor Satpol PP

: 0769-341137

Kodim 0302 Inhu

: 0769-21035

Polres Inhu

: 0769-21110

Polsek Peranap

: 0769-561110

Polsek Lirik

: 0769-41033

Polsek Pasir Penyu

: 0769-41110

RSU Indrasari Rengat

: 0769-341066

Penanggung jawab/redaktur: FITRI MAYANI

“Tingkatkan Perhatian kepada Anak” mendesak, karena angka PASIRPENGARAIAN (VOperceraian dan broken home KAL)-Meningkatkan percukup tinggi. hatian kepada anak adalah Berdasarkan hasil penelipekerjaan rumah (PR) berat tian, lanjutnya, angka peryang harus dilakukan orceraian dan broken home angtua setiap hari, agar adalah salah satu penyebab anak-anak dapat hidup utama terjadinya kenakalan dalam kontrol orangtua. remaja, terjerumusnya “Kalau tak ada perhatian, anak-anak pada narkoba anak-anak akan terinfeksi dan penyakit masyarakat dekadensi moral, hubungan lainnya. seks bebas, terjangkit HIV/ Kedua, perlunya keteAIDS, narkoba dan penyakit AHMAD SUPARDI ladanana orangtua, sehingmasyarakat lainnya. Jika terga anak-anak hidup dan menemukan jadi, maka ke depan akan lahir generasi contoh di lingkungan terdekatnya. Peryang rusak, tidak bermoral dan tanpa lu diketahui, bahwa lingkungan sangat harapan. Padahal anak-naka masa kini berperan dalam pembentukan sikap merupakan aset terbesar umat dan dan karekter anak. bangsa dimasa-masa mendatang,” jelas “Sebenarnya, pembangunan karakter Kepala Kakan Kemenag Rohul H Ahmad bangsa yang telah menjadi isu nasional Supardi, kepada Harian Vokal, barusaat ini, harus dimulai dari keluarga atau baru ini di ruang kerjanya. rumah tanggga,” jelasnya. Untuk meningkatkan perhatian pada Untuk itu, menerapkan pendidikan anak, diperlukan langkah-langkah seriagama dalam keluarga dengan menerus dan strategis, yaitu antara lain pemapkan, Gerakan Masyarakat Magrib benahan pada institusi rumah tangga mengaji (GM3), sangat efektif untuk dengan membentuk keluarga sakinah. membina karakter anak. Ini menurut Ahmad Supardi sangat

“Mari mengaji bersama dan mematikan televisi bersam pula. Karena televisi merupakan setan terbesar yang sering melalaikan kita. Dengan melaksanakan semua ini, diharapkan akan lahir generasi berkualitas, yang menjadi harapan bangsa dan pemimpin bangsa di masa yang datang,” harap Supardi. (ber)

Diduga Depresi, ABG Tewas Tergantung PASIR PENGARAIAN (VOKAL)- Nurhidayah (140, ditemukan tewas tergantung tak bernyawa di pintu kamarnya di Dusun Bukit Senyum, Desa Tambusai Timur, Kecamatan Tambusai, Jumat (6/4) pagi. Menurut kakek korban Riswandi (60), dirinya menemukan jenazah sang cucu pertama kali pada pukul 10 pagi. Ia mengaku sangat terkejut, karena setengah jam sebelumnya ia masih sempat berkomunikasi dengan korban. Seminggu sebelum kejadian, korban diakui terlihat aneh, karena menunjukkan perilaku yang tidak biasanya. Nurhidayati juga sering bertanya tentang kejelasan ayah kandungnya serta senang mendengarkan lagu tentang pencarian jati diri. ”Baru sekarang menjadi pemikiran saya, ternyata kalau orang akan berpisah dengan kita untuk selamanya itu, kadang beberapa hari sebelumnya sudah menampakkan perilaku anehnya. Saya kaget dengan kepergiannya dengaan gantung diri kayak begini,” ungkap Riswandi berurai air mata. Kapolres Rohul melalui Kaposek Tambusai Jamaludin, mengatakan, dari hasil pemeriksaan tubuh korban di tempat kejadian perkara, sama sekali tidak ditemukan luka mencurigakan yang mengarahkan kematian korban akibat pembunuhan. “Tim identifikasi hanya menemukan luka jeratan yang diduga berasal dari selendang yang digunakan korban untuk mengakiri hidupnya,” katanya. Kejadian tersebut membuat warga sekitar gempar dan berbondong-bondong datang ke rumah duka guna melihat kejadian tersebut secara langsung. (ber)

PABER

PEREKAMAN E-KTP-Wakil Bupati Rokan Hulu H Hafith Syukri (2 dari kanan) didampingi Kadis Cataan Sipil Yusmar, meninjau proses perekaman e-KTP di Kecamatan Bonai Darussalam, baru-baru ini.

Perwajahan: ZULQIFLI


12

SENIN

HARIAN VOKAL

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

LINTAS KMP Swarna Putri Beroperasi

BENGKALIS (VOKAL)-Dengan beroperasinya Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Swarna Putri dengan tujuan Sungai PakningBengkalis, dipastikan KMP Mulia Nusantara dalam waktu dekat akan dikembalikan. "Alhamdulillah, setelah izin operasi disetujui Pak Bupati dan kelengkapan dokumen kapal pun telah dicek Adpel Bengkalis, KMP Swarna Putri tersebut telah beroperasi. Dan hari ini (kemari, red) merupakan hari kedua KMP milik PT Jembatan Maritim tersebut melayani jasa penyeberangan," jelas Kepala UPTD Roro Airputih Bengkalis, Wan Hasan kepada wartawan, Minggu (8/4). Hasan menjelaskan, dengan beropasinya KMP Swarna Putri milik PT Jembatan Maritim diharapkan mampu memberikan suasana baru dengan mengutamakan pelayanan jasa penyeberangan. Ia menilai KMP Swarna Putri tersebut sangat bagus dan besar. "Dengan beroperasinya KMP Swarna Putri itu, KMP Mulia Nusantara dalam waktu dekat ini akan dikembalikan," katanya. Terkait terjadinya pergantian KMP tersebut, Hasan mengaku karena banyaknya keluhan dari masyarakat terhadap kondisi KMP Mulia Nusantara, dan banyak pula permintaan agar KMP Mulia Nusantara diganti. "Akibat banyaknya keluhan dari pengguna jasa, maka kapal tersebut kita minta kepada pihak pengelola untuk diganti dengan kapal yang lebih layak dan nyaman,"pungkas Hasan. Dengan keberadaan KMP Swarna Putri ini, Hasan berharap bisa memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna jasa, selain ruang penumpang yang nyaman juga bisa menampung kendaran lebih banyak dari kapal sebelumnya.(ias)

Kadin Taja Sosialisasi ULP

BENGKALIS (VOKAL)-Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bengkalis akan menggelar sosialisasi dan dialog interaktif sehari dengan tema kesiapan Unit Layanan Pengadaan (ULP) dalam pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Bengkalis tahun 2012. Kegiatan ini rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh di Hotel Pantai Marina, hari ini, Senin (9/4). Ketua Panitia Pelaksana, Narno mengatakan, sebagai pembicara atau narasumber dalam kegiatan nantinya adalah Ketua Unit Layanan Pelelangan Kabupaten Bengkalis, Aulia dan Kepala Bagian Pengelolaan Data Elektronik Setdakab Bengkalis, H Fachruddin R Nur. "Alhamdulillah, Pak Bupati telah menyatakan kesediannya untuk membuka kegiatan ini. Begitu juga dengan para nara sumber. Kita harap kegiatan ini berjalan sukses," ujar Narno, Minggu (8/4). Ditambahkan Narno, kegiatan ini murni inisiatif dari Kadin Bengkalis bersama asosiasi yang ada di Kabupaten Bengkalis dalam membantu Pemkab Bengkalis menyosialisasikan ULP kepada rekanan. Sebab, saat ini masih banyaknya rekanan yang masih awam tentang ULP dan juga sejauh mana kesiapan Pemkab Bengkal is dalam melaksanakan sistem lelang satu pintu yang baru diberlakukan mulai tahun ini. "Kadin mengundang semua asosiasi dan rekanan untuk mengikuti kegiatan ini. Mudahan-mudahan acara ini berlangsung sukses dan bermanfaat," ujar Narno.(ias)

NET

TINJAU KANTOR LURAH - Wakil Bupati Bengkalis, H Suayatno (kanan) didampingi Lurah Duri Barat (kiri) saat meninjau Kantor Lurah Duri Barat sementara, baru-baru ini.

TINJAU PEMBANGUNAN JALAN Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh (3 kanan) meninjau proyek pembangunan Jalan Binai, Desa Temiang, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, barubaru ini. NET

n Meski Terbengkalai, Bobot Pekerjaan Ditermenkan 100%

Dana Pembangunan 6 Rumdis Jaksa Diduga Di-Mark Up BENGKALIS (VOKAL)-Dana proyek pembangunan 6 unit rumah dinas (rumdis) di Kejari Bengkalis diduga di-mark up (penggelembungan). Sebab, bobot pekerjaan yang baru selesai 80 persen telah ditermenkan 100 persen. LAPORAN:

ANDRIAS/BENGKALIS Salah seorang sumber yang tidak mau namanya ditulis mengatakan, penghitungan nilai bobot pekerjaan proyek di Jalan Pertanian tersebut baru berkisar 80 persen. Tetapi oknum pejabat yang berwewenang seperti PPTK, KPA di Dinas Cipta Karya Bengkalis ditelah mentermenkan 100 persen kepada PT Nisa Wira Sa-

pia selaku pelaksana. "Saya sudah konsultasi dengan Kepala Dinas (Kadis) Cipta Karya Bengkalis. Saat itu, dia mengaku kecolongan dengan anak buahnya. Karena saat menandatangani proses termen dan pencairan dana, Kadis percaya begitu saja kepada PPTK yang menangani proyek tersebut," kata sumber tersebut. Menurutnya, meskipun rumah dinas tersebut diperuntu-

kan untuk jaksa, tetapi jika ada idikasi merugikan negara harus diproses sesuai hukum yang berlaku sehingga keuangan negara dan masyarakat tidak dirugikan. "6 unit rumdis untuk jaksa itu menggunakan APBD Bengkalis tahun 2011 sebesar Rp1.062.666.000. Saya menilai PPTK dan KPA sangat nekat mentermenkan 100 persen kepada rekanan, padahal rumdis itu masih terbengkalai," katanya. Di tempat terpisah, PPTK proyek, Agus Syukri ketika dikonfirmasi mengaku kalau secara administrasi pihaknya telah mentermenkan proyek tersebut 100 persen, dan dana telah masuk 100 persen ke rekening rekanan.

Pembangunan Pelabuhan Batu Panjang Dibiayai APBN

BENGKALIS (VOKAL)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis telah menghibahkan tanah seluas 3.000 M2 untuk pembangunan akses jalan dan pelabuhan di Kecamatan Rupat. Jika pembangunan tahap pertama telah menghabiskan anggaran sebesar Rp19 miliar, pembangunan tahap kedua akan dilanjutkan dengan anggaran sebesar Rp25 miliar melalui APBN. Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis, Elfian Ramli melalui Kabid Laut, Indra Buana kepada wartawan, Minggu (8/4) mengatakan, selain menghibahkan tanah untuk pembangunan jalan tersebut, Pemkab juga akan menganggarkan pembangunannya pada tahun ini. "Sarana pendukung pembangunan itu telah ditinjau pihak Kementerian Perhubungan RI. Artinya, tahun ini pembagunan pelabuhan yang menggunakan dana APBN itu kemba-

li dilanjutkan," kata Indra. Dijelaskan Indra, pengembangan pelabuhan pada tahap pertama dengan anggaran Rp 19 miliar itu telah menyelesaikan pekerjaan pengerukan, prestel pelabuhan atau reklamasi pantai. "Jika dilihat prestel pelabuhan itu dari sisi darat hanya sedikit, sebatas pemancangan saja," ujar Indra. Sedangkan untuk pekerjaan pengembangan pelabuhan itu, tambah indra, selain dilakukan secara bertahap, pihak Pemkab Bengkalis telah mengajukan anggaran tambahan untuk kelanjutan pelabuhannya. "Pekerjaan tersebut dilakukan secara bertahap. Pemkab Bengkalis telah mengusulkan kembali untuk kelanjutan pekerjaan tersebut di tahun 2013 dari dana APBN sebesar Rp 25 miliar. Pekerjaan yang menggunakan anggaran APBN itu juga direncanakan selesai pada tahun 2014 mendatang," tutur Indra. Indra juga menuturkan

bahwa untuk pekerjaan pembangunan pelabuhan di Kecamatan Rupat tersebut sudah dilakukan proses lelangnya. Artinya, untuk sisi daratnya pemerintah daerah yang akan membangun akses jalan dan perkantoran, sedangkan untuk lautnya secara keseluruhan dibiayai dengan anggaran APBN. Selain itu, Pemkab Bengkalis terus menggesa agar pembangunan pelabuhan itu secepatnya memiliki izin Badan Usaha Pelabuhan (BUP) dari Menteri Perhubungan RI. Langkah itu dinilai sangat penting, sebab hal yang paling utama dalam membangun pelabuhan adalah harus memiliki izin BUP. Sementara Peraturan Daerah (Perda) tentang BUP tersebut telah dibahas. "Artinya, Perda itu sendiri drafnya telah kita masukan ke Bagian Hukum Setdakab, dan akan ditindaklanjuti dan dibahas di DPRD untuk dijadikan Perda," pungkas Indra.(ias)

Tetapi, katanya, pencairan tidak dilakukan 100 persen. "Dana itu hanya pemindahan ke buku rekening rekanan saja, tapi tidak jadi akan kita dicairkan 100 persen begitu saja. Pekerjaan bobot 83 persen itu tetap akan ditermenkan 83 persen juga," jelas Agus. Agus memastikan bahwa sisa anggaran dari bobot yang dikerjakan tidak akan disentuh. Ia yakin dana yang belebih tersebut akan dikembalikan ke kas daerah. "Memang dana itu saat ini masih utuh direkeningnya rekanan. Waktu termen memang terjadi kesalahan administrasi, bukan maksud kami melakukan kolusi atau persekongkolan dengan rekanan membayarkan termen 100 persen," kata Agus. Selain itu, lanjut Agus, secara administrasi pembayaran pekerjaan untuk tahap pertama

baru sekitar Rp600 juta. "Pembangunan rumah itu sudah hampir selesai, dan listrik sudah masuk. Yang tersisa hanya pemasangan keramik dan plafon sedikit lagi. Kita hanya mentermenkan secara administrasi 100 persen, karena waktu pekerjaan yang tersisa pasca tender hanya 56 hari. Artinya pekerjaan baru dimulai pertengahan November 2011 lalu," lanjut Agus. Saat ditanya alasan mengapa pekerjaan tersebut ditermenkan 100 persen, Agus berkilah kalau persoalan tersebut silahkan tanyakan langsung kepada Kadis Cipta Karya. Karena untuk merubah administrasi pencairan harus koordinasi dengan kadis dahulu. "Kalau untuk merubah administrasi pencairan, kita akan tanya lagi kepada kadis, seperti apa solusinya," tukasnya.***

n Pasca Izin RAL Dicabut

Bupati Berharap Segera Dilakukan RUPS BENGKALIS (VOKAL)-Pasca pencabutan izin Riau Airlines (RAL) oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Bupati Bengkalis Bengkalis H Herliyan Saleh berharap agar RUPS secepatnya dilakukan agar persoalan tersebut tidak berlarut. "Memang sesuai aturan RUPS itu baru bisa dilakukan 6 bulan sekali atau sekitar bulan sampai Juli mendatang. Tapi mengingat kondisi saat ini, kita harap perlu dilakukan RUPS sesegera mungkin," ujar Herliyan, akhir pekan lalu. Dikatakannya, untuk membangun sebuah perusahaan tentu harus berdasarkan keinginan bersama. Untuk itu para pemegang saham perlu duduk semeja guna membahas langkahlangkah terbaik apa yang akan diambil selanjutnya.

Diharapkan dengan digelarnya RUPS nanti, tidak hanya bisa menjawab apa yang diinginkan para pemegang saham serta langkah terbaik apa yang akan diambil ke depan, tapi juga bisa menjelaskan kondisi yang terjadi kepada masyarakat. Sebelumnya, Ketua DPRD Bengkalis, Jamal Abdillah meminta Pemkab Bengkalis segera menindaklanjuti terkait pencabutan izin operasional PT RAL. Hal itu penting untuk memastikan langkah yang akan diambil mengingat Pemkab Bengkalis meruapakan salah satu kabupaten yang ikut menanamkan saham. "Yang paling penting adalah pencabutan izin ini sifatnya sementara atau permanen. Kalau permanen tentu harus ada kejelasan mengenai laporan keuangannya," ujar Jamal.(hrc/zki)

n Masjid Bahrul Ulum Terbengkalai Kantor Bupati

:

0766-21258

Sekretariat DPRD

:

0766-7008003

Polres

:

0766-23390

Polsek

:

0766-21110

Puskesmas

:

0766-21330

Kantor Pos

:

0766-21015

Kejaksaan Negeri

:

0766-21122

Pengadilan Negeri

:

0766-21031

RSUD

:

0766-21066

PLN

:

0766-21777

Kesbang & Infokom

:

0766-21057

Penanggung Jawab/Redaktur: ZUKRI SUBAYANG

DPRD Minta Aparat Hukum Memproses BENGKALIS (VOKAL)-Proyek tanggungjawab. Karena hal ini terjadi akibat kelalapembangunan Masian dari pihak merejid Bahrul Ulum, ka. Secara pribadi Dusun Sukajadi, saya tegaskan seleDesa Bandar Jaya, saikan secara huKecamatan Siak Kekum saja," ujar Acil, Kabupaten Bengnom Suroto kepada kalis terbengkalai. wartawan, Minggu Menanggapi hal itu, (8/4). anggota DPRD BengPolitisi Partai Dekalis, Anom Suroto mokrat ini menememinta agar apargaskan, sebelum at penegak hukum permasalahan ini segera menelusuri ANOM SUROTO muncul, ia menpenyebab permagaku telah menegaskan agar salahan tersebut. "Menurut saya, KPA dan PP- jangan sampai terjadi permaTK proyek tersebut harus ber- salahan terkait pengerjaan ru-

mah ibadah tersebut. Sebab pembangunan masjid yang menggunakan APBD Bengkalis tahun 2011 itu, merupakan satusatunya sentral tempat ibadah masyarakat di Desa Bandar Jaya tersebut. "Secara pribadi kita juga telah menyampaikan kepada Bupati Bengkalis agar menyelesaikan pembangunan masjid itu. Namun, entah kenapa hingga muncul keluhan dari masyarakat masjid itu tidak juga diselesaikan," kata Anom. Sebelumnya, Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Bandar Jaya, Pujiono mengaku priha-

tin dengan kondisi bangunan Masjid Bahrul Ulum yang masih terbengkalai tersebut. Selain kondisi bangunan yang tidak selesai dikerjakan, masyarakat juga merasa was-was dan khawatir untuk melakukan ibadah di masjid tersebut. Sebab, beberapa item bangunan bisa roboh dan mengancam keselamatan warga. "Proyek tersebut ditinggal pergi rekanan. Kubah masjid tidak dipasang, seng multiruof pun sepertinya dikerjakan asalasalan, sehingga banyak yang berterbangan karena tidak dipaku," katanya.

Kepala Inspektorat Bengkalis, Mukhlis ketika dimintai tanggapannya melalui Sekretaris Inspektorat, Hendrik Dwiyatmoko terkait terbengkalainya pembangunan masjid tersebut mengaku kaget dengan hal itu. Ia mengaku belum mengetahui hal itu. Namun jika benar terjadi, KPA dan PPTK proyek tersebut tergolong nekat sehingga masjid itu masih terbengkalai. "Kita akan lakukan penyelidikan terhadap adanya indikasi tersebut. Tolong ya, kirimkan nama KPA dan PPTK pekerjaan Masjid Bahrul Ulum itu," ujar Hendrik.(ias) Perwajahan: ALIB


ROKAN HILIR SENIN

13

HARIAN VOKAL

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

LINTAS Kemenag Seleksi 120 Santri Pasukan Pospeda 2012 BAGANSIAPIAPI (VOKAL) - Kepala Wilayah Kementerian Agama RI, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menyeleksi santriwan/wati calon pasukan dalam ajang Pekan Olahraga dan seni Pondok Pesantren (Pospeda) ) yang akan diselenggarakan pertengahan Mei mendatang di Pekanbaru. Kakanwil Kemenag Rohil, H Agustiar melalui ketua panitia seleksi dan penanggung jawab Pospeda Rohil, H Sakholan Khalil. "Saat ini kita tengah melakukan proses penyeleksian terhadap para pelajar yang umumnya tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah itu," ungkap H Sakholan. Seleksi dilakukan selama tiga hari yang dimulai Jumat (6/4) hingga Minggu (8/4) (kemarin). Selama tiga hari panitia menyeleksi santri dari 20 pondok pesantren se-Rohil untuk mencari 120 santri yang layak untuk ikut Pospeda pada 14 Mei mendatang. 120 orang atlit Pospeda Rohil itu akan didampingi 25 orang offisial dan pelatih. Tim seleksi dan penilai melibatkan peran ustad dan ustadzah pondok pesantren. Ajang dua tahunan ini, jelas Sakolan, merupakan kerjasama dengan pihak Disdikpora Pekanbaru. Pospeda bernilai positif karena dapat menggali potensi, bakat dan minat anak pondok, sehingga mereka dapat tampil ke pentas nasional. Dalam Pospeda Rohil akan mengikuti cabang olahraga atletik, bola volly, sepakbola, pencak silat, takraw, bulutangkis, catur, tenis meja, sedang cabang seni pidato tiga bahasa, puisisasi Quran, lomba cipta puisi islami, isi kandungan Quran, fotografi islami dan kaligrafi. Di sisi lain Pospeda juga sebagai ajang silaturahmi antar pondok se-Riau. Tahun ini, merupakan pengiriman terbesar dibandingkan sebelumnya karena Rohil mengukuti seluruh cabang. "Kita berharap agar para santri nantinya mampu menunjukkan kemampuan terbaik dan mengibarkan nama harum Rohil ditingkat Riau," harap Sakholan. (bin)

Polres Tarik Personel dari SPBU

Siaga Satu Berakhir

UJUNGTANJUNG (VOKAL) - Status siaga satu pengamanan Stasiun Pengisihan Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berakhir, Kamis (5/4) sekitar pukul 00.00 WIB. Bersamaan dengan berakhirnya status siaga satu itu pihak Polres Rohil menarik seluruh personil yang selama ini mengamankan seluruh SPBU yang ada di Rohil, Minggu (8/4).

"Penarikan personil ditiap SPBU yang ada di Rohil sesuai perintah Kapolda karena situasi pasca rencana kenaikan BBM kemarin, saat ini dinilai sudah kondusif," ujar Kapolres Rohil, AKBP

LAPORAN:

ASBINSYAH/BAGANSIAPIAPI

Auliansyah Lubis kepada Harian Vokal. Penarikan dilakukan karena pemerintah pusat sudah sepakat menunda kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi selama enam bulan ke depan serta tidak adanya lagi rencana aksi unjuk rasa yang dilakukan para penentang kenaikan BBM. "Karena kondisi

saat ini sudah aman dan terkendali dan sudah tidak ada lagi aksi unjuk rasa kenaikan BBM maka semua personil pasukan yang mengamankan seluruh obyek vital termasuk di SPBU-SPBU kami tarik," terang Kapolres. Meski demikian, Kapolres menyebutkan pihaknya tetap melakukan patroli lapangan secara rutin demi menjaga kondusifitas dan antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. "Aparat tetap berpatroli secara

rutin meskipun Polri maupun TNI tidak berjaga demi menjaga kondisi wilayah Kabupaten Rohil yang aman dan terkendali," tegas Auliansyah. Pantuan Harian Vokal di SPBU di Simpang Batang, SPBU Ujung Tanjung dan SPBU di Rimba Melintang Kabupaten Rohil berjalan normal. Personil polisi seminggu belakangan setiap hari menjaga SPBU, sudah tidak ada. Selain itu, antrian panjang kenderaan di SPBU juga tak terjadi. (***)

n Sosialisasikan Program

Tim Penggerak PKK Rohil Turun ke Rantau Kopar RANTAUKOPAR (VOKAL) - Wakil Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Hj Wan Mardiana Suyatno beserta rombongan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Rantau Kopar, Rohil. Dalam kunker ini dibahasa masalah pembinaan administrasi PKK Kecamatan Rantau Kopar serta menyampaikan program kerja (Pokja) di daerah yang sudah menjadi agenda nasional yang setiap tahun diperlombakan. Hadir dalam acara tersebut Camat Rantau Kopar, M Nasir, Datuk Penghulu Sungai Rangau, April Manri dan isteri, Penghulu Bagan Cempedak, Zulyunsep dan isteri, Penghulu Sekapas, Syarkoni dan isteri, Datuk Penghulu Rantau Kopar, Mulyadi, Kepala UPTD Kecamatan Rantau Kopar, Samsuri dan tokoh masyarakat lainnya. Ketua tim PKK Kecamatan Rantau Kopar, Agustina kepada wartawan, Sabtu (7/4) menjelaskan, kunjungan kerja dari Wakil Ketua tim penggerak PKK Rohil beserta rombongan ke Rantau Kopar dalam rangka penilaian administrasi dan pembinaan yang dapat menambah dan meningkatkan mutu PKK yang dipimpinnya. "Kami sangat bersyukur dengan kedatangan tim penggerak PKK Kabupaten. Dengan kedatangan rombongan, kita dapat belajar seperti terkait administrasi dan mengenai kegiatan-kegiatan lain," tutur Agustina. Ia juga menjelaskan, untuk enam bulan ke depan tim PKK Ratau Kopar akan segera melengkapi administrasi yang dibuat melalui bimbingan Tim PKK kabupaten, seperti koperasi PKK. "Dalam waktu dekat ini, saya sebagai ketua PKK Rantau Kopar secepatnya mengadakan rapat kerja dan mendirikan Koperasi PKK di kecamatan kita ini." ungkap Agustina. Di samping itu, Agustina juga menghimbau kepada seluruh pengurus agar lebih meningkat kinerja dalam menyiapkan administrasi PKK dan menjalankan program yang telah disiapkan sebelum turun ke desa-desa untuk mensosialisaikan kelengkapan administrasi anggota PKK dan sosialisasi program lainnya. Sementara itu Wakil ketua Tim PKK Rohil, Hj Wan Mardiana Suyatno menyatakan,dalam rangka penilaian administrasi dan pembinaan PKK, ia beserta tim penggerak PKK Rohil akan melakukan kunjungan ke kecamatan-kecamatan yang ada di Rohil. Ini sebagai tindak lanjut dari hasil rapat kerja daerah yang dilaksanakan pada Desember 2011 lalu. Menurut Wan Mardiana, dari hasil rapat kerja itu telah dirumuskan agar semua program yang sudah dibuat agar disosialisaikan kepada tim penggerak PKK tingkat kecamatan agar nantinya dapat dilanjutkan secara berjenjang ke tim penggerak PKK kelurahan maupun kepenghuluan. (bin)

Sekretariat DPRD

0767 - 24567

Ambulance

0767 - 21040

Pemadam Kebakaran

0767 - 21130

Polsek Bangko

0767 - 21110

Kantor Kec. Bangko

0767 - 21010

Dinas Kesehatan

0767 - 24381

Penanggung Jawab/Redaktur: BAKHTARUDDIN

BIN

TINGGAL KENANGAN - Gedung DPRD Kabupaten Rokan Hilir yang berada di tengah Kota Bagansiapiapi bakal tinggal kenangan. Sebab saat ini Pemkab Rohil tengah menyiapkan Gedung DPRD yang baru di kawasan perkantoran Batu Enam.

n Mohon Keadilan

n Bantuan Mabes Polri

Diduga Diserobot, IRT Bersikukuh Pertahankan Tanahnya BAGANSIAPIAPI (VOKAL) - Juliana Aria Tampubolon (43) ibu rumah tangga (IRT) warga Jalan Angin Mamiri, RT 001 Desa Bagan Jawa Pesisir, Kecamatan Bangko merasa heran mengetahui dirinya dilaporkan Kepenghuluan Bagan Jawa oleh Jas dalam kasus dugaan penyerobotan tanah. Pasalnya, surat kepemilikan tanah milik Juliana lebih tua dari surat tanah yang dimiliki oleh Jas. "Ini surat tanah saya, lihat tahun suratnya siapa yang sebenarnya menyerobot. Justru tanah saya yang diserobot dan diambil oleh Jas dan dia pula yang melaporkan saya kepada Pak penghulu," ungkap Juliana yang ditemui, Sabtu (7/4). Dituturkan Juliana, tanah berukuran 200 x 34 meter yang dimilikinya itu dibeli oleh almarhum suaminya dari Burhanuddin pada 20 Maret 2001 silam. Sepanjang 17 meter tanah itu sudah diambil untuk jalan. Hal ini direlakan Juliana. Namun, yang menjadi masalah adalah pada bagian ujung tanah miliknya 24 x 34 meter yang diduga diserobot oleh Jas. Namun, sampai saat ini belum ada penyelesaian oleh Penghulu Bagan Jawa Pesisir, Taufik

Basirun. "Atas dasar apa dia (Jas) melaporkan saya ke penghulu. Kalau hak saya diambil, saya siap kemanapun bahkan ke pengadilan saya juga sudah siap," jelas Juliana. Belum lagi sengketa dengan Jas selesai, muncul lagi pertengkaran lain. Kali ini antara Juliana dengan Penghulu Bagan Jawa Pesisir, Taufik Basirun. Persoalan ini muncul ketika Juliana menanami lahan sepanjang 17 meter untuk jalan tersebut dengan sayur. Agar tidak diganggu binatang ternak lahan yang sudah ditanami sayur itu dipagar dengan kayu. Perang Mulut Melihat lahan bakal jalan ditanami sayur dan dipagar memancing kemarahan Taufik Basirun yang meninjau lokasi. Senin (2/4) lalu Ia memerintahkan Juliana agar pencabutan pagar itu kembali. Sebaliknya, Juliana mengaku memanfaatkan lahan 17 meter itu hanya sementara, ketika pemerintah akan membangun jalan ia akan membongkar pagar itu kembali. "Kami tidak mau membongkar pagar karena kami masih butuh untuk menanam sayuran. Lagi pula dalam waktu dekat jalan

itu belum tentu dibangun, apalagi tidak sampai mengganggu orang berjalan. Masih ada sisa tanah di bagian pinggir khusus untuk orang berjalan saya sediakan. Sayapun tahu aturan, jika nanti sudah akan dibangun, saya tidak akan tanami lagi dan pagar akan saya bongkar sendiri," papar Juliana. Tapi, alasan Juliana tak dapat diterima Taufik Basirun, ia justru semakin kesal dan memaki anak Juliana bernama Hartana (15) yang kebetulan ada di lokasi. Perang mulut antara Taufik Basirun dengan Hartana itu pun pecah. Diduga terlalu emosi sampai-sampai ucapan Taufik Basirun tak lagi terkontrol. Ia sempat mengeluarkan kata yang tak pantas. Namun, Hartana yang masih duduk di bangku SMA itu bukanya mundur. Ia justru meladeni dan balik memaki dengan kata-kata yang juga tak pantas. Bahkan perang mulut itupun hampir berujung baku pukul, namun, sebelum keduanya terlibat adu pisik salah seorang staf penghulu yang kebetulan ikut ke lokasi langsung melerai. Hingga saat ini sengketa tanah tersebut belum ada penyelesaian dari Penghulu Bagan Jawa Pesisir. (bin)

BIN

KOSONG- Sejumlah los di Pasar Datuk Rubiah, Kota Bagansiapiapi banyak yang kosong, karena pasar tersebut sepi pengunjung. Hal ini terjadi karena para pedagang lebih banyak berdagang trotoar Jalan Pahlawan Ujung.

Polres Rohil Diuji Coba Kapal Patroli

BAGANSIAPIAPI (VOKAL) - Polres Rokan Hilir (Rohil) mendapat bantuan kapal patroli tipe C2 dari Markas Besar Kepolisian Indonesia (Mabes Polri). Sabtu (7/4) pihak Polres Rohil melakukan uji coba terhadap kapal bantaun itu meliputi kecepatan, kekuatan mesin dan tingkat kestabilan kapal tersebut di laut. Ikut dalam uji coba itu Kapolres Rohil, AKBP Auliansyah Lubis didampingi Kasat Polair, AKP Khairul Amin, Kapolsek Bangko, AKP Irmadison dan sejumlah personel polisi lainnya. Diharapkan kehadiran kapal patroli bantuan Mabes ini dapat meningkatkan pengawasan dalam menjaga perairan serta gugusan pulau lainnya yang ada di Rohil dan sekitarnya dari ancaman keutuhan bangsa maupun tindaka kejahatan lainnya seperti penyelundupan barangbarang illegal. "Garis pantai Rohil berhadapan dengan Selat Malaka. Selat Malaka merupakan salah satu selat dengan arus lalu lintas laut internasional terpadat menjadi pintu masuk ideal bagi peredaran narkoba dan barang-barang selundupan (illegal). Oleh sebab itu pengawasan lebih ditingkatkan dalam penjagaan laut pesisir pantai kita," kata Auliansyah Lubis usai melakukan uji coba kapal patroli tersebut di Pelabuhan Nelayan Bagansiapiapi, Sabtu kemarin. Pada kesempatan itu Kasat Polair, AKP Khairul Amin menambahkan, kapal tipe C2 baru tiba sepuluh hari yang lalu dan akan diawaki oleh 10 personil anggota Polres Rohil, untuk mengawasi laut pesisir pantai serta untuk pengamanan pulau-pulau terluar di wilayah zone ekonomi eksklusif (ZEE) Rohil. Saat uji coba itu kapal itu dapat dipacu dengan berkecepatan rata-rata 22 knot. “Bantuan ini akan kita pergunakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka pengamanan pulau terluar di wilayah Rokan Hilir dan sekitarnya,”pungkas Khairul Amin. (bin)

BIN

POLRES Rohil melakukan uji coba kapal bantuan dari Mabes Polri, Sabtu (7/4). Perwajahan: ZULQIFLI


14

KEPULAUAN MERANTI SENIN

HARIAN VOKAL

09 April 2012/17 Jumadil Awal 1433

LINTAS RAPI Meranti Dikukuhkan 1 Mei SELATPANJANG (VOKAL) –Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Kabupaten Kepulauan Meranti akan segera dikukuhkan pada 1 Mei mendatang. Kehadiran RAPI di Kabupaten Kepulauan Meranti diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya  kepada masyarakat Kepulauan Meranti. Hal tersebut diungkapkan Ketua RAPI Kabupaten Kepulauan Meranti H Arifuddin kepada Vokal, kemarin di Selatpanjang. Menurutnya, RAPI merupakan sebuah organisasi yang bersifat sosial informasi, dimana RAPI selalu menyampaikan informasi yang benar, akurat dan terpercaya kepada masyarakat. “Insya Allah dalam waktu dekat ini akan dilakukan pengukuhan pengurus RAPI Kabupaten Kepulauan Meranti oleh Ketua Pengurus RAPI  Provinsi Riau. Pengukuhan pengurus RAPI Kepulauan Meranti yang beranggotakan 30 orang itu rencananya akan dihadiri beberapa pejabat di Meranti,” kata Arifuddin. Dikatakannya, secara umum RAPI sama dengan beberapa organisasi  lainnya. Hanya saja RAPI bergerak di bidang informasi. Penyampaian informasi itu nantinya lebih dominan dilakukan pada waktu petang dan malam hari dengan frekwensi 143.480.0 MH / posko JZ 04  Oskar Eko Wiski (OE). “Setelah pengurus RAPI Kepulauan Meranti ini dikukuhkan, ke depannya kita akan ikut  berperan dan berpartisipasi pada setiap  kegiatan pemda. Dalam MTQ tingkat kabupaten mendatang, insya Allah RAPI Kabupaten Kepulauan Meranti akan ikut berperan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat,” pungkasnya.(swl)

Pedagang Diminta Jaga Kebersihan Pasar SELATPANJANG(VOKAL)-Untuk menambah gairah masyarakat mengunjungi pasar, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Masrul Kasmy mengimbau seluruh pedagang yang berjualan di pasar agar menjaga kebersihan. Upaya ini juga untuk mendukung berbagai terobosan yang telah dilakukan pemerintah terkait investasi dan perdagangan. “Kita berharap para pedagang senantiasa menjaga kebersihan pasar, sehingga menambah gairah pembeli untuk berbelanja di berbagai pasar yang telah kita bangun. Kami selaku pemerintah daerah akan senantiasa berupaya membuat terobosan-terobosan berkaitan dengan investasi dan pedagangan,” imbau Masrul di hadapan puluhan pegadang pasar saat meresmikan pemakaian pasar tradisional Sukaramai di Belitung, baru-baru ini. Dengan posisi Kepulauan Meranti yang berada di perlintasan perdagangan internasional, katanya, maka perlu dilakukan berbagai upaya di bidang perdagangan, sehingga Kepulauan Meranti bisa berkembang. “Dengan demikian kita tidak membuang peluang yang ada. Peluang tersebut seharus mampu dapat kita manfaatkan secara optimal,” kata Masrul. Lebih jauh masrul mengungkapkan, dalam upaya menekan keterisoliran akses perekonomian dan daya jual masyarakat, pada pertengahan tahun ini Pemkab akan membangun Pasar Modern Percontohan di kawasan Tanjung Harapan Selatpanjang, dengan dana berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perdagangan RI tahun anggaran 2012. Menurutnya, semua proses mengenai hal itu sedang berjalan. “Insya Allah pada tahun ini juga dengan dana awal Rp15 miliar Pemkab Meranti akan memulai pembangunan pasar moderndi lokasi tersebut. Dengan adanya pembangunan beberapa pasar di daerah kita ini, hendaknya para pedagang senantiasa dapat menjaga kebersihan dan ketertiban pasar, serta menjadi pedagang yang jujur dalam menjalankan perniagaan,” harap Masrul. (swl)

PELABUHAN-Pelabuhan Feri Tanjung Harapan Selatpanjang merupakan akses utama kedatangan dan keberangkatan kapal feri dari Selatpanjang ke beberapa daerah lainnya.

NET

r Amankan Wilayah dari Abrasi

BPPD Meranti Usulkan Dana ke Pusat Rp2,8 T SELATPANJANG (VOKAL)–Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Kepulauan Meranti menargetkan pada tahun 2013 mendatang Meranti bisa mendapatkan anggaran dari Pusat sebesar Rp2,8 triliun. Dengan demikian diharapkan upaya menjaga wilayah yang berbatasan dengan negara tetangga bisa dimaksimalkan. LAPORAN:

SYAWAL / KEPULAUAN MERANTI

Kepala BPPD Kepulauan Meranti Asyarifuddin melalui Sekretarisnya Efialdi kepada wartawan, Minggu (8/4), mengatakan, pengusulan anggaran melebihi besaran APBD Kepulauan Meranti itu diperuntukkan untuk menjaga sejumlah pulau di Kabupaten

Kepulauan Meranti, dimana setiap tahunnya luas wilayah pulaunya terus berkurang akibat terkikis gelombang Selat Malaka yang terus menghantam bibir pantai. Beberapa pulau yang berhadapan langsung dengan laut Selat Malaka itu selalu mengalami abrasi yang luar biasa. “Untuk tahun 2013 nanti kita mengajukan anggaran sebesar

Rp2,8 triliun ke Pusat. Sebagian anggaran itu akan digunakan untuk membangun batu pemecah ombak di sejumlah pulau guna menahan kuatnya gelombang Selat Malaka yang terkenal ganas itu. Sehingga daerah kita lebih aman dari abrasi,” ungkap Efialdi. Menurutnya, sejumlah Pulau di Meranti yang berhadapan langsung dengan Selat Malaka adalah Pulau Rangsang, Pulau Padang, serta beberapa pulau lainnya. Ganasnya abrasi itu, tambahnya, akan mampu ditekan dengan upaya tanggap yang serius. Jika tidak, sejumlah pulau tersebut semakin lama akan makin mengecil. Diperkirakan, tiap tahunnya seluas 5 meter

NET

PENANGKARAN WALET-Penangkaran sarang burung walet merupakan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kepulauan Meranti. Tampak beberapa bangunan rumah penangkaran sarang burung walet di Sungai Gayung, Pulau Rangsang.

r Terkait Rencana Pengajuan APBD-P

TAPD Harus Bergerak Cepat SELATPANJANG (VOKAL)– Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir mengharapkan pengusulan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) tahun 2012 ini dapat dilakukan segera. Oleh karena itu Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) diminta bergerak cepat, sehingga apa yang menjadi target pemkab dapat tercapai . “Kita menargetkan tahun ini pengusulan APBD-P bisa dilakukan lebih cepat dari tahun lalu. Sehingga berbagai kekurangan dari program dalam APBD

murni bisa di usulkan kembali pada APBD-P ini,” katanya saat dihubungi Vokal, Minggu (8/4) di Selatpanjang. Dijelaskan Irwan, dengan mempercepat pengusulan APBD-P maka program pembangunan bisa dilakukan dengan baik dan maksimal. Dengan begitu Kabupaten Kepulauan Meranti akan mampu menjalankan berbagai program tanpa hambatan keuangan. Untuk mengejar target, Irwan meminta TAPD harus mampu merealisasikannya dengan me-

nyusun anggaran untuk diusulkan dalam APBD-P. Artinya, mulai dari saat ini TAPD harus bekerja keras. “TAPD harus bekerja keras kembali untuk menyusun APBD-P untuk diusulkan dan disahkan DPRD lewat paripurna. Kita mau ini secepatnya direalisasikan dengan tanpa menemukan hambatan. Paling tidak bulan Juni mendatang sudah bisa diajukan untuk disahkan dewan dan diparipurnakan,” pungkas Irwan. (swl)

sampai 15 meter bibir pantai Pulau Rangsang dan Pulau Padang amblas ke laut akibat abrasi itu. “Melalui badan inilah kita akan berupaya menjemput berbagai program untuk mengamankan wilayah kita, baik dari abrasi maupun dari ancaman lainnya, termasuk melakukan pengawasan di perbatasan laut wilayah kita dengan Malaysia,” sebut Efialdi. Saat ini, lanjutnya, salah satu kebutuhan prioritas di DPPD Kepulauan Meranti adalah pengadaan kapal penga-

was. Melalui anggaran Rp2,8 triliun itu pihaknya juga telah mengajukan dan memperjuangkan pengadaan kapal pengawas pada tahun 2013 mendatang. “Kalau bicara prioritas, yang kita butuhkan untuk operasional adalah kapal pengawas, kemudian kantor garda perbatasan. Semuanya telah kita usulkan untuk dipenuhi Pemerintah Pusat pada tahun depan. Mudah-mudahan semua usulan kita yang saat ini terus kita kawal itu bisa dipenuhi,” harap Efialdi.(***)

SKPD Diminta Lengkapi Berkas Lelang SELATPANJANG(VOKAL)– Wakil Bupati Kepulauan Meranti Masrul Kasmy menegaskan agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) segera melengkapi berkas yang belum disiapkan untuk melakukan lelang proyek. Diantara berkas yang belum dipersiapkan banyak SKPD adalah kerangka acuan kerja (KAK), spek teknis, serta gambar dan harga perkiraan sendiri (HPS). Jika semua sudah lengkap, pekan depan seluruh SKPD diminta segera melakukan pelelangan. Hal tersebut disampaikan Masrul dalam rapat evaluasi pembangunan APBD 2012 di ruang rapat kantor Bupati Kepulauan Meranti barubaru ini. Dalam kesempatan itu Masrul menegaskan, dalam pekan kedua bulan April ini tidak ada lagi alasan bagi SKPD untuk tidak memenuhi dan menyiapkan berkas-berkas tersebut. Menurut Masrul, hal tersebut sangat penting dalam proses pembangunan kedepan, sehingga proses pembangunan Kepulauan Meranti tahun ini menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. “Dalam penyerapan anggaran tahun 2011 lalu hanya sekitar 70 persen lebih yang terserap dalam pembangu-

nan daerah, sehingga Kepulauan Meranti hanya berada pada peringkat 9 di Riau. Hal ini tidak boleh terulang lagi. Karena itu, pada rapat evaluasi pekan kedua nanti tidak ada alasan apapun dari SKPD,” tegasnya. Masrul juga meminta seluruh SKPD menyiapkan time schedule pelaksanaan masing-masig kegiatan, mulai dari proses perncanaan sampai proses lelang, bahkan hingga pelaksanaan kegiatan. Masing-masing kepala SKPD juga diminta menetapkan target realisasinya. “Hingga saat ini, berdasar laporan yang kita terima, baru Dinas PU dan Disperindagkop UKM yang sudah mulai melaksanakan lelang, sementara yang lain belum sama sekali,” ujarnya. Dalam rapat evaluasi tersebut Masrul juga melakukan absensi terhadap SKPD. Berdasar data Ekbang, ternyata masih banyak ditemukan SKPD yang belum membentuk dan mengajukan SK pelaksana pelelangan, mulai dari Surat Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran (SK KPA), Surat Keputusan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (SK PPTK), Panitia Lelang, SK PPHP, SK Bendahara dan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA). (swl)

r Cegah Masuknya Narkoba

Pengawasan Pintu Masuk ke Meranti Harus Diperketat SELATPANJANG(VOKAL)- Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir meminta instansi terkait lebih memperketat pengawasan di pintu-pintu masuk Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal ini dilakukan menyusul maraknya ditemukan aksi penyeludupan narkotika melalui daerah yang berhadapan langsung dengan Negara tetangga Malaysia ini. “Kita sangat mengharapkan instansi terkait memperketat Penanggung Jawab/Redaktur: DELFI INDRA

pengawasan untuk mencegah berbagai kemungkinan masuknya jaringan narkotika ke Kabupaten Kepulauan Meranti. Karena sejak dari dulu hingga kini wilayah kita sangat rentan dan menjadi sasaran lalu lintas untuk memasukkan barang haram itu,” ungkap Irwan belum lama ini. Dikatakannya, kondisi geografis wilayah Kabupaten termuda di Riau ini dinilai sangat

berpeluang besar menjadi jalur masuknya narkotika ke wilayah RI. Apalagi Kepulauan Meranti berbatasan langsung dengan provinsi tetangga, Kepulauan Riau, dan sejumlah Negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Dari beberapa kali kejadian yang telah diungkap pihak Bea dan Cukai, tambahnya, upaya penyeludupan narkotika seperti sabu-sabu dan ekstasi itu berat-

nya mencapai beberapa kilogram. Hal ini menjadi catatan penting yang perlu disikapi serius oleh seluruh pihak terkait di daerah ini. “Kejadian penangkapan itulah yang menjadi alasan kita untuk lebih memperketat pengawasan di setiap pintu masuk ke wilayah Kepulauan Meranti, terutama di Kota Selatpanjang,” kata Irwan. Atas pengungkapan penye-

lundupan narkotika ke Selatpanjang yang sudah beberapa kali dilakukan pihak Bea Cukai, Irwan menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kinerja jajaran instansi dibawah Kementerian Keuangan RI tersebut. Namun Irwan berharap kinerja baik itu lebih ditingkatkan lagi, sehingga mampu memutus jaringan peredaran narkotika di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.(hlc/del) Perwajahan: ANDIXER


15

PEKANBARU SENIN

HARIAN VOKAL

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

LINTAS Pemko Evaluasi Izin Tempat Hiburan

PEKANBARU (VOKAL)-Pemerintah Kota Pekanbaru akan melakukan evaluasi seluruh izin tempat usaha yang telah diberikan kepada sejumlah pengelola tempat hiburan yang beroperasi di Pekanbaru. Pasalnya, hingga 2012 ini, banyak pengelola tempat hiburan yang menyalahi ketentuan perizinan dengan mengalihkan izin hiburan yang diberikan sebagai arena perjudian seperti yang marak terjadi di sejumlah mall yang ada di Pekanbaru. Pelaksana tugas (Plt) Badan Pelaksanaan Terpadu (BPT) Kota Pekanbaru, Dorman Johan, barubaru ini mengatakan, bagi tempat hiburan yang beroperasi menyalahi ketentuan perizinan yang diberikan, BPT terlebih dahulu akan memberikan teguran agar para pengelola bisa menyesuaikan dengan izin yang dikeluarkan. Namun, apabila para pengelola tidak mengindahkan teguran yang diberikan, BPT mengaku akan langsung melakukan pencabutan hingga penutupan tempat hiburan yang bersangkutan. "Izin tempat hiburan itu tentu ada, cuma peruntukannya itu yang sering melanggar ketentuan. Jadi kita akan evaluasi nantinya, kalau ketentuannya tidak sesuai dengan izin yang diberikan, tentu akan kita tegur dan tindak sesuai ketentuan yang berlaku, itu otomatis," tegas mantan Plt Sekdako Pekanbaru ini. Ditambahkan Dorman, razia dan penangkapan di sejumlah tempat hiburan tidak bisa dijadikan patokan bagi Pemko Pekanbaru untuk langsung memberikan sanksi sebelum adanya bukti nyata yang didapatkan Pemko Pekanbaru. "Sekarang saya belum tahu, tapi kalau berdasarkan pemeriksaan kepolisian melanggar aturan dan meminta kita (Pemko, red) untuk tutup ya akan kita tutup, bahkan kita akan lakukan pencabutan izinnya, pasti itu," jelas Dorman. (abd)

Enam Kelurahan Akan Terima Dana UEK-SP

PEKANBARU (VOKAL)-Sebanyak enam kelurahan yang ada di Kota Pekanbaru pada 2012 ini, akan menerima dana program Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) sebesar Rp3 miliar yang telah dianggarakan melalui APBD 2012 Pemko Pekanbaru dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Demikian diungkapkan Kepala Kantor Badan Pemberdayaan Perempuan Masyarakat dan Keluarga Berencana (BPPMKB) Kota Pekanbaru, Zakaria, kepada Harian Vokal baru-baru ini. Dikatakannya, enam kelurahan yang akan mendapatkan dana program UEK-SP itu untuk saat ini masih dalam tahap penyeleksian oleh Pemko Pekanbaru. "Kelurahan mana saja belum ditentukan, yang jelas akan kita utamakan kelurahan yang memang dari segi perekonomian masyarakatnya sangat membutuhkan dana UEK-SP itu. Masing-masing kelurahan nantinya akan mendapat dana sebesar Rp500 juta. Dari total dana program UEK-SP sebesar Rp3 miliar itu, Rp1,5 miliar akan ditanggung Pemprov Riau," jelas Zakaria. Disebutkan Zakaria, berdasarkan laporan petugas UEK-SP dari 38 kelurahan yang sudah mendapatkan dana program UEK-SP itu, dana yang pada 2005 silam hanya sebesar Rp17 miliar, hingga akhir Desember 2011 lalu, dana itu menunjukkan perkembangan yang sangat signifikan hingga telah mencapai Rp71 miliar dengan tingkat pengembalian sekitar 96 persen. "Pengembalian 96 persen telah menggungguli daerah kabupaten/kota seRiau yang juga telah menerapkan program UEKSP ini," ujar Zakaria. (abd)

Foto Makhluk Halus Hebohkan Pedagang

PEKANBARU(VOKAL)-Para pedagang di Plaza Sukaramai Pekanbaru dihebohkan foto makluk halus yang terekam di salah satu hendphone karyawan plaza itu benama Mery. Mery penuh keheranan saat melihat bayangan hitam menyerupai seorang perempuan memakai jilbab bewarna hitam. Lalu foto makhluk halus itu, dikrimkannya kepada teman-temannya sesama penjaga toko. Peristiwa itu terjadi, Sabtu (7/4) sekitar pukul 12.00 WIB. Awalnya, kata Mery, ia tidak respon dengan bayangan hitam di belakangnya. Setelah diperlihatkan ke teman-teman sesama karyawan, baru Mery merasa ada keganjilan dengan foto yang baru di ambilnya. "Karena pembeli tidak ada, saya berfoto foto sendiri dalam toko. Saat melihat hasilnya, saya keheranan dan memperlihatkan kepada kawan kawan di sini," kata Mery kepada wartawan. Haji Pinno, seorang pedagang lantai dasar mengaku, ketika dia merenovasi tokonya dimalam hari beberapa bulan lalu, ia juga pernah melihat bayangan hitam besar melintas di dekat tokonya. Dan akhirnya renovasi malam itu dihentikan dan dilanjutkan siag hari. "Kami juga pernah nampak saat merenovasi toko. Saat itu, kami bekerja bersama tukang di sini," aku Pinno saat melihat foto di hendpone Mery. Hal senada juga diakui seorang security Anto. Informasi yang diterima, bahwa di Plaza Sukaramai Pekanbaru itu setiap tahun dilakukan sesajian, tapi tahun ini sesajian tersebut belum dilakukan. Ketika Vokal minta tanggapan Pengelola Plaza Sukaramai Suryanto terkait penampakkan makhluk halus itu melalui hubungan telepon tidak diangkat bersangkutan, begitu juga saat di SMS, tidak dibalas. (ind)

IND

FOTO makhluk halus ini, sempat menghebohkan pedagang di Plaza Sukaramai, Pekanbaru, Sabtu (7/4). Penanggung Jawab/Redaktur: AKMAL KUTIANYIR

ANDIKA

SANTAI DI TAMAN - Warga Pekanbaru tengah menikmati masa liburan untuk bersantai di Taman Kota di Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Minggu (8/4).

r Soal Try Out UN SMP Banyak Kesalahan

DPRD Minta Disdik Bertanggung Jawab PEKANBARU (VOKAL)- Sekretaris Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Ade Hartati minta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru bertanggung jawab terhadap try out UN yang dinilai membingungkan siswa yang ikut pra ujian nasional tersebut, sebab terjadi banyak kesalahan di soal dan nomor urut soal. LAPORAN:

ZULFIKRI / PEKANBARU

Informasi yang diterima Vokal dari beberapa peserta try out tingkat SMP yang telah diselenggarakan Dinas Pendidikan Pekanbaru beberapa waktu lalu, ternyata bukan memberikan tambahan ilmu bagi siswa SMP itu sendiri, melainkan membuat siswa menjadi bingung untuk menghadapi Ujian Nasional (UN) nantinya. Disamping itu, diduga try out hanya dijadikan ajang proyek belaka oleh oknum-oknum yang in-

gin memperkaya diri mereka. Dalam lembaran jawaban yang dibagikan kepada siswa/i yang mengikuti try out, ternyata terdapat beberapa kesalahan dalam percetakan, seperti pada waktu menuliskan nama siswa, huruf P tidak ada sehingga diganti dengan melingkari huruf O dan juga nomor soal yang akan diisikan pada kolom tidak ada, misalnya soal pada nomor 31 A, namun saat diisikan kepada lembaran jawaban, ternyata nomor 31 tidak ada sehingga dipindah menjadi nomor 32.

Makanya, Ade Hartati dari Ko- persoalan seperti ini tidak akan misi III yang membidangi pendid- terjadi. Mestinya sebelum lembaran soal dan ikan, meminta Dijawaban dibagikan nas Pendidikan kepada siswa try Pekanbaru berout, Dinas Pendidtanggung jawab ikan harus melakudan mengulang kan kroscek terlekembali try out bih dahulu dengan yang sudah dilakpihak percetakan. sanakan, karena Untuk itu, kita akan jika kondisi ini bemenelusuri lebih nar terjadi, maka dalam apakah prodapat membinguses tender lembangkan para siswa ran try out sudah dalam mengikuti sesuai dengan atuUN mendatang. ran yang belaku," Ade juga menADE HARTATI sebut Ade. yatakan bahwa Disambung Ade, seharusnya dalam program try out tersebut, Komisi III DPRD tidak pernah di- Dinas Pendidikan dalam melakberitahu Dinas Pendidikan bah- sanakan try out mesti mengacu wa mereka akan melakukan try kepada protab yang telah ditetaout baik tingkat SMA maupun SMP. "Jika ada koordinasi, maka

r Menuju Kota Metropolitan Madani 2021

r Ganti Rugi Lahan Yos Sudarso Masih Terkendala

Dewan Desak Pemko Bayarkan "Kita tahu bahwa harga tanah PEKANBARU (VOKAL)- Sekretaris Komisi I DPRD Kota Pekanbaru, setiap tahunnya terus terjadi peningkatan, hal ini tenKamaruzaman metunya harus menjadi minta Pemerintah bahan pertimbangan Kota Pekanbaru agar bagi pemerintah segera menyelesaidalam menetapkan kan ganti rugi lahan harga ganti rugi lahmasyarakat yang teran. Disamping itu, kena pelebaran Jalan mestinya dapat menYos Sudarso, Rumjadi acuan bagi pebai, Pekanbaru. merintah dalam "Kita minta Pemmelakukan komuniko Pekanbaru supaya kasi lebih lanjut unsesegera mungkin metuk mencapai keseplakukan proses ganti KAMARUZAMAN akatan antara pemerrugi terhadap lahan warga yang terkena pelebaran Jalan intah dan masyarakat," sebut KaYos Sudarso," tegas Kamaruzaman, maruzaman. Disamping itu, sambung KaMinggu (8/4) kemarin. Persoalan ganti rugi, kata Ka- maruzaman, masyarakat juga maruzaman, memang selalu men- harus dapat memahami kondisi jadi masalah, sebab warga biasan- dari keuangan pemerintah dalam ya merasa ganti rugi lahan mere- proses ganti rugi. "Pemerintah ka tidak sebanding dengan nilai dalam hal melakukan ganti rugi yang seharusnya mereka terima, lahan tentu tidak dapat menyesementara Pemko Pekanbaru san- suaikan dengan NJOP (Nilai Jual gat sangat6 terbatas dengan ang- Objek Pajak). Untuk itu, masyagaran, sehingga menjadi dilema rakat juga harus memberikan kelonggaran tersebut kepada pemeryang semestinya ada solusinya.

pkan Kementrian Pendidikan Nasional, apakah dalam mengisi lembaran jawaban dibulatkan, disilang, atau dipetakkan dan juga soal yang diberikan kepada siswa merupakan kisi-kisi dari Ujian Nasional yang akan diujikan, jika ini tidak sesuai maka kuat dugaan bahwa Dinas Pendidikan Pekanbaru hanya mengejar proyek belaka. "Mestinya Dinas Pendidikan jangan hanya sekedar mengejar proyek belaka, sebab kita tahu bahwa untuk membuat soal try out tersebut membutuhkan biaya yang cukup besar," pungkas Ade sambil mengatakan bahwa ia menerima informasi bahwa tidak semua siswa diikut sertakan dalam try out tersebut. (***)

intah, sebab yang akan diganti rugi oleh pemerintah tersebut untuk kepentingan masyarakat umum," tutur Kamaruzaman. Kesimpulannya menurut Kamaruzaman, bahwa jika pemerintah tidak memiliki kesanggupan untuk melakukan proses ganti rugi sesuai dengan NJOP yang ada saat ini, maka pemerintah harus memperhatikan bahwa ganti rugi kepada masyarakat tersebut jangan terlalu jauh dibawah NJOP "Jika pemerintah saat ini hanya mewacanakan ganti rugi sebesar Rp300-700 ribu per meternya, sedangkan NJOP di Jalan Yos Sudarso saat ini Rp 1,2 juta permeter, maka pemerintah harus mencari titik tengahnya. Untuk menetapkan titik tengah harganya maka pemerintah dan masyarakat harus duduk satu meja untuk menyelesaikannya," sebut Kamaruzaman sambil mengatakan bila sudah ada kesepakatan, agar pemerintah segera membayar ganti rugi dan berharap supaya tidak terjadi Kimar Sarah yang kedua. (fik)

Wako Ajak Masyarakat Dukung Program Pembangunan PEKANBARU (VOKAL)- Walikota Pekanbaru, Firdaus MT, mengajak seluruh lapisan masyarakat Kota Pekanbaru untuk bisa memberikan dukungan dan semangat atas semua program pembangunan baik yang sudah diterapkan maupun yang masih dalam pembahasan demi terwujudnya Kota Metropolitan yang Madani pada 2021 mendatang. "Semua itu tidak akan terwujud hanya oleh Firdaus-Ayat saja. Pembangunan itu baru terwujud apabila ada dukungan semua pihak. Jadi untuk itu, kami sangat membutuhkan dukungan terutama dari seluruh masyarakat Pekanbaru," pinta Firdaus MT, Minggu (8/4). Dikatakan Firdaus, masyarakat sejahtera merupakan salah satu tujuan kehidupan masyarakat Kota Pekanbaru pada dekade 20 tahun ke depan. Dalam kondisi ini, dicita-citakan masyarakat akan dapat hidup di lingkungan yang relatif aman, bebas dari rasa takut dan serba kecukupan lahir

batin secara seimbang dan selaras, baik material maupun spiritual yang didukung dengan terpenuhinya kualitas gizi, kesehatan, kebersihan dan lingkungan. "Jadi, mari sama-sama kita bangun kota yang sangat kita cintai ini," harap Firdaus. Sementara untuk menjaga keamanan, lanjut Firdaus, Pemko Pekanbaru sangat mengharapkan peran aktif para tokoh agama yang ada di Kota Pekanbaru agar terus memberikan arahan-arahan kepada umatnya untuk terus menjaga kekompakan dan kebersamaan. Karena menurut Firdaus, peran apara ulama dan tokoh agama lainnya sangat menentukan kemajuan terutama dalam mewujudkan visi-misi yang telah dicanangkan pemerintah. "Apa yang sudah terjalin dengan baik selama ini, harus bisa kita pertahankan secara berkelanjutan. Jadi keamanan adalah faktor yang sangat penting untuk terus kita jaga," tutup Firdaus. (abd)

"Bila tak Mampu, Dirut PDAM Lebih Baik Mundur" PERUSAHAAN Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak yang semestinya menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tapi tidak begitu kenyataannya. Justru, Aanggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru yang 'dihisapnya' untuk operasional perusahaan daerah yang kini mendapat sorotan tajam dari berbagai kalangan, termasuk para wakil rakyat. Ketua Banleg DPRD Pekanbaru, Zaidir Albaiza misalnya, Minggu (8/4) mengaku sangat kecewa dengan kinerja yang ditunjukkan PDAM Tirta Siak, sebab PDAM sampai saat ini belum dapat memberikan pelayanan terbaik mereka kepada masyarakat sehingga masyarakat juga enggan berlanggaran air bersih, padahal APBD Pekanbaru sudah habis tersedot untuk membiayai

operasional mereka. "Kita sudah jenuh mendengar keluhan masyarakat tentang pelayanan PDAM Tirta Siak seperti pasokan air yang macet sampai berhari-hari, kualitas air yang sangat jelek, air yang kuning dan berkarat. Ini merupakan bentuk dari ketidaksiapan PDAM dalam menjawab permasalahan yang terjadi di masyarakat, sedangkan APBD Pekan-

baru sudah miliaran rupiah yang dikucurkan tapi hasilnya tidak ada," jelas Zaidir. Zaidir juga menyinggung bahwa sampai saat ini PDAM belum juga mampu untuk memberikan PAD bagi Kota Pekanbaru, meski pergatnian Dirut PDAM sudah beberapa kali dilakukan."Jangankan untuk memberikan kontribusi kepada PAD Pekanbaru, untuk membayar gaji karyawan mereka sendiri PDAM sudah tidak mampu," ungkap Zaidir. Dengan kondisi ini, Zaidir meminta kesadaran dari Dirut PDAM untuk mengundurkan diri sebagai pimpinan jika sudah merasa tidak mampu dalam mengelola perusahaan daerah ini. "Dirut

PDAM kalau memang sudah tidak mampu untuk mengelola perusahaan ini, maka lebih baik meminta mundur saja, mengapa harus bertahan juga kalau toh hanya untuk menguras APBD Pekanbaru, sebab APBD Pekanbaru ini bukan hanya untuk PDAM saja," kesal Zaidir Zaidir juga berharap kepada Walikota Pekanbaru untuk menjadikan PDAM sebagai prioritas dari Firdaus MT dalam memberikan air bersih kepada masyarakat Pekanbaru. "Pemko seharusnya menjadikan PDAM, sebagai salah satu PAD utama di Kota Pekanbaru ini," pungkas Zaidir. (zulfikri) ZAIDIR ALBAIZA Perwajahan: ABDA


CMYK

16

HARIAN VOKAL

Penanggung Jawab/Redaktur: RIDWAN ALKALAM

SENIN 9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

Perwajahan: ANDIXER


CMYK

Kick Off

SENIN 09 April 2012/18 Jumadil Awal 1433 H

Real Zaragoza 1

Vs

Penanggung jawab/redaktur: SAADUDDIN BADRA

HARIAN VOKAL

4 Barcelona

ZARAGOZA(VOKAL)-Barcelona benar-benar tampil mempesona musim ini. Meski gelar juara La Liga belum menjadi milik mereka, namun El Barca sudah mencatat sejumlah rekor. Setelah sebagai tim pertama yang lolos ke lima semi final Liga Champions secara beruntun sejak formulanya di mulai 1992/93, El Barca kembali mencetak rekor ketika menaklukan Real Zaragoza 4-1, Minggu (7/4). Tambahan empat gol itu membuat mereka sudah mencetak 161 gol di semua ajang yang mereka ikuti pada musim ini. Rinciannya: 90 gol di La Liga, 33 di Liga Champions, 23 di Copa del Rey, 8 di Piala Dunia Antarklub, 5 di Piala Super Spanyol, dan 2 di Piala Super Eropa. Jumlah 161 gol itu adalah rekor baru dalam sejarah Barca. Sebelumnya, jumlah gol terbanyak yang bisa dibuat anak-anak Catalan dalam semusim adalah 158 buah, yakni pada musim 2008/2009. Hingga sekarang, Barca telah menjalani 54 laga pada musim 2011/2012. Artinya, mereka rata-rata mencetak 2,98 gol per pertandingan.

17

Dengan musim yang belum berakhir di mana Barca masih menyisakan tujuh laga di La Liga, (minimal) dua laga di Liga Champions, dan satu laga final Copa del Rey, tentunya pasukan Pep Guardiola masih sangat bisa menambah pundi-pundi gol mereka. Jadi pantas jika El Barca dijuluki super rekor. Tidak saja itu, Lionel Messi juga kembali mencetak rekor. Sepasang golnya ke gawang Real Zaragoza malam kemarin menghantarkan bintang Barca ini mengemas 60 gol musim ini, sebuah kisaran jumlah yang kali terakhir ditembus oleh der Bomber, Gerd Mueller. Tambahan dua gol tersebut bikin torehan gol Messi di La Liga Primera kini jadi 38 gol. Selain itu, ia juga menggenapkan total 60 gol di seluruh kompetisi resmi Barca musim ini. Penyerang legendaris asal Jerman, Gerd Mueller, adalah pemain terakhir yang bisa menembus kisaran "kepala enam" tersebut dalam satu musim. Ia me lakukannya pada musim 1972-73 untuk Bayern Mu nich dengan 67 gol. Tampil tanpa tiga gelandang andalannya Xavi Rodriguez, Andres Iniesta, dan Sergio Busquets, Barcelona memang

menguasai jalannya pertandingan. Meski demikian, mereka sempat ketar-ketir ketika meladani serangang balik tim tuan rumah yang sangat efektif. Pada menit ke-24, Zaragoza mendapat hadiah penalti setelah Victor Valdes mengganjal salah satu pemain Zaragoza. Namun, eksekusi yang dilakukan David Miranda masih bisa diselamatkan sang penjaga gawang. Kesalahan sang pemain langsung dibayar lunas pada menit ke-30. Berawal dari akselerasi cepatnya, tendangan keras kaki kanan Miranda tidak dapat ditahan Valdes. Zaragoza memimpin 1-0. Setelah gol tersebut, Barcelona langsung memborbardir lini belakang tim tuan rumah. Tak sia-sia, berselang enam menit dari gol Zaragoza, Carles Puyol berhasil mengoyak gawang Zaragoza memanfaatkan blunder penjaga gawang, Roberto Jimenez. Selang tiga menit kemudian, giliran Lionel Messi membobol gawang Jimenez lewat tendangan keras kaki kirinya. El Barca berbalik unggul 2-1. Jelang babak pertama usai, Zaragoza harus tampil dengan 10 pemain saat bek mereka Abraham Minero terkena kartu kuning kedua akibat mengganjal Alexis Sanchez. Babak pertama berakhir dengan skor 2-1. Hanya bermain dengan 10 orang membuat Zaragoza hanya fokus dalam bertahan sepanjang babak kedua. El Barca terlihat sangat nyaman mengontrol bola dan beberapa kali membuat peluang. Gol tambahan El Barca tercipta pada menit ke-85, lewat titik putih. Messi berhasil mengeksekusinya dengan sempurna. Pesta Barcelona ditutup pada menit ke-92. Berawal dari umpan matang Messi, Pedro Rodriguez dengan mudah menceploskan bola ke gawang Zaragoza. Pertandinganpun berakhir dengan skor 4-1 Hasil ini membuat Barcelona hanya terpaut tiga poin dari saingan utamanya Real Madrid yang masih memimpin di klasemen sementara. El Real sendiri sampai berita ini naik cetak baru bertanding melawan tamunya Valencia.(bbc/rts/bbs/sad)

Perwajahan: ANDIXER


SPORT

18

HARIAN VOKAL

SENIN 9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

LINTAS PerbakinOptimisRaih 6 Emas di PON XVIII

PEKANBARU(VOKAL)-Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Berburu dan Menembak Indonesia (Perbakin) Riau kembali mengutarakan target enam emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 mendatang. Target tersebut kembali ditekankan setelah penembak-penembak Riau berhasil membukukan catatan enam emas pada Kejuaraan Menembak antar Klub yang diselenggarakan di Jakarta pada 26 Maret hingga 1 April 2012 lalu. Hasil enam emas, satu perak dan tiga perunggu memberikan harapan besar kepada Perbakin Riau untuk terealisasi dengan jumlah yang sama pada PON mendatang. Demikian dipaparkan oleh Pelatih Menembak Riau, Albert Tambunan, akhir pekan lalu. Enam medali emas di kejuaran antar klub ini dipersembahkan Bary Agustini dari nomor air pistol putri, Safrin Sihombing dari air pistol putra, tim air pistol putra (Safrin Sihombing, Sholeh, Saro Zawato Zai) dan tim free pistol putra (Sholeh, Dwi Priyo, Saro Zawato Zai), Anang Julianto dari standard pistol putra dan Erlinawati Ch di rifle prone putri. Sedangkan medali perak disumbangkan Sholeh di nomor air pistol putra. Sementara, tiga perunggu diraih oleh Sholeh di free pistol putra, Totok Trimartanto di rapid pistol putra dan Aulia Wiradi di nomor air pistol youth. “Semua bisa saja berubah. Tetapi target enam emas sudah sejak lama kita gaungkan. Mudah-mudahan tetap pada jalurnya, dan Riau akan menoreh hasil yang maksimal,” tekad Albert. (yan)

ANDIKA

GAGAL LOLOS - Karateka Dumai Karlin (kiri) mendaratkan pukukan ke muka karateka Deni Rusman dari Bengkalis pada kelas senior 76 kg pada Kejuaraan Daerah Karate di GOR Tribuana, Minggu (8/4). Sayang ia gagal lolos ke babak selanjutnya setelah dikalahkan Rusman.

Palermo

Serena Lolos ke Partai Puncak

CHARLESTON(VOKAL)-Serena Williams sukses menghancurkan juara US Open Samantha Stosur 6-1, 6-1 untuk menembus final WTA Family Circle Cup. Di final, Serena akan menghadapi petenis tidak terkenal asal Rep. Ceska, Lucie Safarova. Serena hanya membutuhkan waktu 59 menit untuk menyingkirkan unggulan kedua asal Australia itu pada semifinal yang digelar di Family Circle Tennis Center, Sabtu (7/4) waktu setempat. Bekas petenis nomor 1 dunia itu menyebut kemenangannya ini sebagai salah satu kemenangan terbaik sepanjang kariernya. Kemengan Serena ini juga sekaligus pembalasan atas kekalahannya di US Open September 2011 lalu dari Stosur “Saya harus katakan, ini mungkin salah satu pertandingan terbaik yang pernah saya lakukan sepanjang karier saya,” tegas Serena seperti dikutip dari Sky Sports, Minggu (8/4). Stosur yang di perempat final menyingkirkan sang kakak, Venus Williams memang benar-benar tidak berkutik di hadapan Serena. Serena yang merupakan pemilik dari 13 gelar grand slam ini mamatahkan lima servis lawan dan mencatat 29 winner atas Stosur. Di final ajang yang berhadiah total USD 1 juta (Rp9 miliar), Serena akan menghadapi Safarova yang di semifinal mengalahkan petenis asal Slovenia, Polona Hercog dengan telak 6-0, 6-0. (ok/sad)

Piala Davis

Indonesia Kalahkan Thailand

JAKARTA(VOKAL)-Indonesia akhirnya bisa mengungguli tim kuat Thailand, 3-2, setelah tunggal terakhir Indonesia, Wisnu Adi Nugroho, menjadi pembunuh raksasa. Petenis tunggal putra itu membungkam Kittipong Wachiramanowong, 7-6, 6-4, 6-2, di Senayan Jakarta, Minggu petang ini. Kemenangan ini membuat peluang Indonesia lolos ke Grup I Piala Davis Asia/Oceania tetap terbuka. Lawan Indonesia untuk mendapatkan tiket tersebut kemungkinan kuat adalah Filipina. Wisnu yang merupakan pemain junior yang baru pindah kelas ke senior, mengejutkan Kittipong dengan pengembalian bola-bolanya yang sering diluar dugaan. Petenis Indonesia itupun sangat rajin mengejar bola sehingga membuat frustasi lawan. Kemenangan pada set pertama menjadi kunci karena setelah itu kepercayaan diri Wisnu semakin besar sehingga dia bisa bermain lepas tetapi tetap apik. Kittipong mengaku terkejut dengan permainan lawannya, sehingga kemudian menjadi gugup dan membuat banyak kesalahan. (kc/sad) Penanggung Jawab/Redaktur:SAADUDIN BADRA

Juventus

Singgasana Milik Nyonya Tua PALERMO-Setelah sempat tersingkir dari pimpinan klasemen sementara beberapa waktu terakhir, Juventus akhirnya kembali berada di singgasaran capolista. Tahta ini menjadi milik si Nyonta Tua setelah sukses meraih kemenangan atas tuan rumah Palermo 2-0 di Stadion Renzo Barbera, Minggu (8/3).

WTA Family Circle Cup

0-2

Keberhasilan tim Hitam Putih ini tidak terlepas dari kegagalan AC Milan meraih kemenangan atas Fiorentina. I Rossoneri dipaksa menyerah oleh tamunya Si Unggu dengan skor 1-2. Selain itu, kemenangan ini juga memperpanjang rekor I Bianconerri tak terkalahkan sampai laga ke-31. “Kami tahu bahwa kami harus menang malam ini untuk terus mendekati Milan, kemudian untungnya Amauri mencetak gol dan membuat segalanya lebih mudah untuk kami,” seru Leonardo Bonucci di Football Italia. “Kami menang dan melompati

Rossonerri, jadi sekarang kami tidak ingin melepaskannya. Kami akan siap bermain pada haru Rabu (versus Lazio-red) untuk mempertahankan posisi teratas,” seru dia. Sadar kemenangan akan membawa mereka ke puncak, Juventus langsung tampil menekan sejak awal. Meski begitu, beberapa peluang emas yang diciptakan kerap kandas di depan gawang I Rosanero. Setidaknya ada empat peluang emas yang diciptakan skuad asuhan Antonio Conte ini. Namun, hingga turun minum skor

kacamata tetap bertahan. Memasuki babak kedua, Juventus coba berbenah. Variasi serangan mereka lebih hidup. Hingga kebuntuan pun pecah pada menit ke-56, melalui tandukan kepala Leonardo Bonucci usai memaksimalkan umpan Andrea Pirlo. Pada menit ke-67, Juventus melakukan pergantian pemain. Alessandro Matri dimasukkan menggantikan Mirko Vucinic. Perubahan itu langsung membuahkan hasil hanya dua menit berselang. Melalui kerja sama dengan Matri, Fabio Quagliarella menendang bola dengan kaki kiri yang bersarang di pojok gawang Emiliano Viviano. Tertinggal dua gol membuat Palermo mulai berani meningkatkan tekanan. Josip Ilicic dimasukkan guna menambah daya gedor tuan rumah. Namun, ke-

Tanpa Kobe, Lakers Terjungkal di Tangan Suns PHOENIX (VOKAL)-Untuk pertama kalinya dalam dua musim terakhir, Los Angeles Lakers tidak diperkuat Kobe Bryant. Hasilnya, Lakers terpaksa menelan kekalahan dari Phoenix Suns 105-125. Kobe tampil dalam 82 pertandingan reguler musim lalu dan memperkuat Lakers di semua 56 laga musim ini. Namun, cedera tulang kering pada kaki kirinya kala melawan New Orleans pekan lalu mamaksa Kobe mesti mengakhiri catatan tampilnya di 138 partai berturut-turut. “Ketika Kobe tidak bermain, otomatis Andrew (Bynum) dan saya mengambil lebih banyak tembakan dari biasanya,” kata forward Lakers Pau Gasol seperti dikutip dari ESPN, Minggu (8/4).

Gasol memang sukses mengambil alih peran Kobe dengan menjadi pencetak angka terbanyak di laga tersebut, yakni 30 poin plus 13 rebound. Center Lakers Andrew Bynum juga tampil impresif dengan double-double 23 poin dan 18 rebound. Namun, sayang penampilan gemilang keduanya belum cukup membantu Lakers terhindar dari kekalahan. Ironisnya, penyebab kekalahan Lakers adalah mantan shooting guard Lakers yang kini memperkuat Suns Shannon Brown. Brown membukukan 24 angka dan menjadi pengumpul angka terbanyak bagi Suns. Point guard andalan Suns Steve Nash menambah dengan 13 angka dan 11 assist. Total, ada tujuh pemain Suns

yang berhasil mencetak angka double digit termasuk tiga pemain dari bench. Pada kuarter pertama laga yang berlangsung di US Airways Center, Lakers sebenarnya unggul terlebih dahulu dengan 32-24 berkat cemerlangnya penampilan Gasol dan Bynum. Namun, di tiga kuarter berikutnya Lakers selalu tertinggal dalam pengumpulan angka yakni 57-62 di kuarter kedua, 83-99 di kuarter ketiga, dan 105-125 di kuarter terakhir. Meski kalah, Lakers masih menempati peringkat ketiga Wilayah Barat dengan 35-22, sementara Suns terpaku di urutan kesembilan dengan 2927 atau tertinggal satu kemenangan dari Denver Nuggets di zona playoff. (ok/sad)

buntuan kerap menghampiri mereka sepanjang babak kedua. Alhasil, keunggulan 2-0 yang diraih Juventus mampu bertahan hingga laga usai. Hasil yang membawa I Bianconeri kembali merebut takhta klasemen Serie-A dengan tujuh laga sisa. Usai pertandingan pelatih Juventus, Antonio Conte mengaku puas dengan hasil yang diraih anak asuhnya. Apalagi, sebelumnya saingan utamanya, AC Milan gagal meraih kemenangan setelah ditaklukan Fiorentina. Menurut pelatih Antonio Conte, timnya memang lebih suka berada di posisi terdepan. “Bermain saat berada di puncak klasemen akan lebih baik. Saya ber-

pengalaman soal itu sebagai manajer, bahkan di Seri B. Namun, saya selalu memilih berada di depan karena Anda akan mengendalikan nasib Anda sendiri,” ucap Conte di situs resmi klub. Agar tak tergusur dari tempatnya sekarang, Juve dia minta untuk tak kehilangan fokus hingga musim berakhir. “Kami telah berhasil mengambil keuntungan dari dua hasil tak maksimal Milan, tapi masih ada tujuh laga tersisa dan kami punya jadwal yang lebih sulit,” ujar Conte. “Saya pikir Milan adalah klub yang luar biasa, namun kondisinya sekarang sedikit berbeda. Meski begitu, kami harus tetap fokus dan agresif sampai akhir,” tegasnya. (bbc/rts/bbs/sad)

Pelatih Baru TI Riau

Program Awal Pengenalan Karakteristik Atlet PEKANBARU(VOKAL)-Pelatih baru taekwondo Riau yang didatangkan dari Korea Selatan, Park Hyeong U telah telah melatih skuad Pelatda PON Riau sejak kedatangannya di Pekanbaru. Program pertama yang ia lakukan adalah mengenal karakter masingmasing anak didiknya. Semua kegiatan yang dia berikan kepada para atlet tak lepas dari pemilahan karakter masingmasing atlet tersebut. Demikian dipaparkan Ketua Harian Taekwondo Indonesia (TI) Riau, A Tambi, Minggu (8/4). Tami menjelaskan, semua aspek merupakan tahap penilaian bagi Park. “Park menunjukkan kedekatannya dengan atlet. Tetapi hal itu akan menjadi tolak ukur baginya mana atlet yang benarbenar bisa menjadi seorang taekwondoin,” terangnya. Baik dalam latihan, kegiatan sehari-hari lainnya, berkumpul

hingga bernyanyi bersama-sama merupakan acuan bagi Park untuk menilai masing-masing mereka (atlet, red). Hanya saja dijelaskan Tambi, kemungkinan juga akan ada atlet yang terjebak jika tidak bisa hatihati dengan beberapa program yang dianggap santai bagi beberapa atlet. “Itu memang salah satu programnya. Tetapi jika tidak hatihati, bagi yang sudah mengarah ke titik yagn kutang layak, akan menjadi catatan tersendiri baginya,” tambah Tambi seraya menyebutkan Park akan melatih skuad Riau hingga tahun depan. Tetapi yang sedikit menarik adalah dimana Park tidak hanya bisa pada nomor poomsae, tetapi juga pada nomor kyurugi. “Hal ini yang sedikit banyaknya bisa memberikan pengalaman tersendiri untuk seluruh atlet pada dua nomor tersebut,” tutup Tambi. (yan)

Australian Open GP Gold 2012

Kido/Hendra Selamatkan Muka Indonesia SYDNEY(VOKAL)-Markis Kido/ Hendra Setiawan berhasil menyelamatkan muka Indonesia di Australia Open Grand Prix Gold 2012. Ganda putra ini berhasil menjadi juara setelah di final mengalahkan pasangan asal Taiwan Fang Chieh Min/Lee Mu Sheng 21-16, 21-15, Minggu (8/4). Pasangan peraih medali emas Olimpiade 2008 ini hanya butuh waktu selama 30 menit untuk menundukkan lawannya yang ditempatkan sebagai unggulan ketiga itu. Kido/Hendra merupakan satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di Australia Open. Di set pertama laga yang berlangsung di Sydney Convention and Exhebition Centre , Kido/ Hendra tampil menyerang sejak awal. Smash-smash dari Kido/ Hendra sukses membuat lawannya kocar-kacir. Unggulan keenam ini langsung unggul 6-3 dan terus unggul 14-9, 17-12 tanpa bisa terkejar Fang/ Lee. Permainan net dan smessmes keras dari Kido/Hendra membuat mereka berhasil mere-

but set pertama dengan 21-16. Pada set berikutnya, Kido/ Hendra tak mengendurkan serangan dan langsung tancap gas dengan 11-3. Meski Fang/Lee sempat memperkecil menjadi 16-13, tetapi hanya sampai di situ saja perlawanan mereka sebelum akhirnya takluk 21-15. Kemenangan ini menjadi modal berharga menjelang Olimpiade London 2012 karena pasangan Kido/Hendra hingga saat ini masih menempati peringkat ke12. Olimpiade sendiri hanya menyediakan tiket bagi delapan pasangan teratas. Selain Australia Open, dua turnamen lain yang menyediakan poin bagi London 2012 adalah Badminton Asia Championship dan India Open Super Series. “Kemenangan ini sangat berarti buat kami, karena ini adalah gelar juara pertama di tahun ini,” kata Hendra usai kemenangannya seperti dikuitp oleh situs resmi PBSI. “Kami tidak menyangka akan menang begitu mudah dalam

MARKIS Kido dan Hendra Setiawan meraih gelar pertamanya pada tahun 2012.

dua gim langsung, awalnya kami pikir akan sulit menghadapi Fang/Lee,” imbuh Kido. China Sabet Tiga Gelar China menunjukkan dominasinya di turnamen Australia GP Gold. Dari lima nomor, China merebut tiga gelar lewat nomor tunggal putra, tunggal putri, dan ganda putri. Chen Jin yang merupakan ung-

gulan pertama di nomor tunggal putra mengalahkan pebulutangkis Vietnam, Tien Minh Nguyen, 2111 dan 21-12. Di nomor tunggal putri, Li Han jadi yang terbaik usai menundukkan Youn Joo Bae dua gim langsung, 21-13 dan 21-14. Di sektor ganda putri, Ying Luo/Yu Luo harus melewati pertarungan tiga gim sebelum memastikan gelar juara. Mereka

mengalahkan pasangan Taiwan, Wen Hsing Cheng/Yu Chin Chien 12-21, 21-18, 21-17. Satu gelar berhasil direbut oleh Taiwan di nomor ganda campuran. Unggulan dua, Hung Ling Chen/Wen Hsing Cheng menang tiga gim dari pasangan Malaysia, Peng Soon Chan/Liu Ying Goh 22-20, 12-21, 23-21. (bbc/rts/bbs/sad) Perwajahan: ISKANDAR


SENIN SABTU

19

HARIAN HARIAN VOKAL VOKAL

9 April 2012/17 24 Maret 2012/1Jumadil JumadilAwal Awal1433 1433HH

LINTAS Jalinsel Rusak Parah RENGAT(VOKAL)-Tingginya curah hujan sejak sepekan terakhir membuat Jalan Lintas Selatan (Jalinsel) yang menghubungkan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan Kuantan Singingi (Kuansing) kembali mengalami kerusakan yang cukup parah pada sejumlah titik. Kerusakan yang terparah terjadi di Desa Pejangki sepanjang 30 meter, Pematang Jentik 15 meter, Aur Cina 60 meter serta di Desa Kilan sekitar 20 meter. Pada empat titik tersebut, kerusakan Jalinsel cukup parah dan sulit dilalui kendaraan. “Jalan kaki saja kita susah karena lumpur akan menempel di kaki, apalagi menggunakan kendaraan,” ujar Joko, warga setempat. Kerusakan pada empat titik di Jalinsel tersebut sebenarnya sudah lama terjadi. Masyarakat sudah berupaya melakukan penimbunan semampunya, namun saat curah hujan meningkat, kerusakan parah kembali terjadi. Sementara itu, Camat Batang Cenaku, Suhardi ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa kerusakan Jalinsel kembali terjadi pada empat titik tersebut sehingga sangat sulit dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. “Semenjak curah hujan meningkat, kerusakan Jalinsel pada empat titik tersebut kembali terjadi. Meskipun kerusakan pada tiap titiknya tidak terlalu panjang, namun tingkat kerusakanya cukup parah,” ucapnya.(rtc/zki)

Hari Ini, Pasar Rakyat Kota Rengat Diresmikan

RENGAT (VOKAL)-Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Yopi Arianto dijadwalkan akan meresmikan Pasar Rakyat Kota Rengat, hari ini, Senin (8/4). Saat ini persiapan peresmian pasar tersebut telah digesa agar pelaksanaan nantinya berjalan sesuai rencana. “Besok (hari ini, red), Bupati Yopi dijadwalkan akan meresmikan Pasar Rakyat Kota Rengat. Segala bentuk persiapan telah dilakukan,” kata Asisten II Setdakab Inhu H Junaidi Rahmat, pekan lalu. Dikatakannya, empat alat berat telah dikerahkan untuk membersihkan puing-puing bangunan dan sampah yang ada di seputaran bangunan Pasar Rakyat Kota Rengat tersebut. Selain itu,

sejumlah drainase yang ada di lokasi pasar juga sudah dibersihkan. “Empat alat berat kita turunkan untuk membersihkan lokasi. Kita harap saat peresmian nanti, lokasi pasar sudah bersih dari tumpukan sampah,” katanya. Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Inhu, H Asmara HK mengatakan, dana pembersihan drenaise di sekitar Pasar Rakyat Kota Rengat telah dianggarkan melalui APBD Inhu

LAPORAN: OBRIN/INHU

tahun anggaran 2012 ini. Sementara untuk tindak lanjut perbaiki drenaise, badan jalan dan pekarangan di sekitar bangunan pasar akan diprogramkan nantinya. “Saat ini masih ada yang perlu dibenahi di sepuratan lokasi pasar, seperti drainase dan jalan. Hal ini perlu dibenahi agar pasar nantinya tertata rapi dan bersih sehingga Kota Rengat ke depannya lebih bersih lagi,” katanya. Kios Jangan Diperjualbelikan Kepala Dinas Perindustrain Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagpas) Inhu, Il-

iyanto mengimbau kepada para pedagang untuk tidak memperjualbelikan kios kepada pedagang lainnya. Sebab, jika kedapatan akan dilakukan tindakan tegas dan berurusan dengan hukum Kalau nanti ada pedagang yang ditemukan menjual kios kepada orang lain, kita akan serahkan kepada aparat penegak hukum. Dan usai pengundian ini pedagang akan kita cek kembali untuk memastikan hal itu,” tukasnya. Selain itu, katanya, jika pedagang ditemukan menyewakan tempat kepada orang lain diancam akan dicabut namanya dari daftar yang ada dan akan digantikan orang lain. Sebab, masih

banyak para pedagang yang membutuhkan tempat untuk berjualan di pasar ini. “Pedagang bukan hanya terdata saja, tapi secara administrasi juga dinotariskan agar ada kekuatan hukumnya,” jelasnya. Untuk itu diimbau kepada seluruh pedagang yang sudah terdata agar segera menempati kios, sebab pihaknya akan terus melakukan pengecekan di lapangan. Jika ditemukan ada kios yang tidak ditempati akan diusulkan agar digantikan pedagang lainnya. “Kalau keluhan mengenai kondisi bangunan, itu bukan urusan Disperindagpas. Karena kita hanya menertibkan proses pemindahan pedagang saja,” ungkapnya.***

30 Pedagang Ikut Pengundian Kios RENGAT (VOKAL)-Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Disperindagpas) Kabupaten Indrgiri Hulu (Inhu) melakukan pengundian terhadap 30 pedagang yang ingin mendapatkan tempat berjualan atau kios di PasarRakyat Kota Rengat, Sabtu (7/4). “Pengundian ini merupakan tahap ketiga yang diikuti 30 pedagang, yang dilakukan secara transparan,” jelas Kepala Disperindagpas Inhu, Iliyanto didampingi Kabid Pengelolaan Pasar, Srimuliani. Dikatakannya, pengundian yang diikuti 30 pedagang ini merupakan lanjutan dari pengundian yang sebelumnya juga sudah pernah dilakukan. Pada pengundian sebelumnya telah dicatat jumlah pedagang yang terdata Disperindagpas sebanyak 906 pedagang. Seluruh tempat pedagang di sekitar Terminal Gerbang Sari Rengat sudah dibongkar dan dibersihkan menjelang peresmian Pasar Rakyat Rengat. Illyanto menambahkan, penjadwalan pengundian pedagang yang belum mendapatkan tempat atau yang tidak dapat hadir akan dijadwalkan kembali. Untuk itu diimbau kepada para pedagang untuk dapat hadir saat dilakukan pengundian tempat atau kios yang dilakukan Disperindagpas Inhu. “Kita akan lakukan pengundian lagi nantinya, sebab kita telah komit untuk tetap melayani masyarakat,” ucap Iliyanto.(obr)

Pemkab Serahkan Aset ke Kuansing RENGAT (VOKAL)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) menyerahkan aset yang saat ini ada di Kuansing kepada pemerintah setempat. Aset yang diserahkan tersebut berupa tanah dan fasilitas PDAM. Hal itu dikatakan Kabag Pengelolaan Aset Inhu, Winaldi di Pematangreba, baru-baru ini. “Aset yang diserahkan kepada Pemkab Kuansing berupa tanah dan fasilitas PDAM yang ada di Kuansing,” ujarnya. Menurutnya, aset yang diserahkan sebanyak 34 persil tanah yang terdiri dari 20 persil tanah yang sudah bersertifikat dan 14 persil tanah yang masih SKGR. Dimana saat ini diatas tanah tersebut berdiri bangunan sekolah dan perumahan. “Ini penyerahan aset tanah tambahan dari 88 persil tanah aset yang sebelumnya sudah diserahterimakan,” tandasnya. Selain itu, juga diserahkan instalasi pengolahan air minum milik PDAM Inhu, berupa fasilitas pengolahan dan distribusi air dengan nilai sebesar Rp2,7 miliar, yang saat ini beroperasi melayani pelanggan di 5 kecamatan yang ada di Kuansing. “Setelah 11 tahun Kuansing berpisah dari Inhu, baru saat ini aset PDAM yang ada di Kuansing diserahkan. Dimana selama ini aset tersebut masih masuk dalam neraca PDAM Inhu, belum bisa dikeluarkan akibat belum adanya serah terima,” sebut Dirut PDAM Inhu, Hafis.(ptr/zki)

Sekretariat DPRD Polres Polsek Ujungbatu Polsek Kunto Darussalam Pemadam Kebakaran Kantor Bappeda Kajari Pasirpengaraian Pengadilan Negeri Kantor Pos Pasirpengaraian Rumah Sakit Umum Daerah Bank Riau Pasirpengaraian BRI Pasirpengaraian Bank Mandiri Ujungbatu PLN Ranting Pasirpengaraian

: 0762-91460 : 0762-91110 : 0762-61110 : 0762-62515 : 0852713373707 : 0762-91530 : 0762-91226 : 0762-91677 : 0762-91221 : 0762-91777 : 0762-91260 : 0762-91161 : 0762-61147 : 0762-91260

Penanggung Jawab/Redaktur: ZUKRI SUBAYANG

HUMAS

HADIRI PELANTIKAN IPSI – Bupati Indragiri Hulu (Inhu), Yopi Arianto (2 kiri) didampingi Wakil Bupati Inhu, Harman Harmaini (kiri) menghadiri pelantikan pengurus IPSI Inhu, beberapa waktu lalu.

n Tak Lulus K2

Honorer Ajukan Surat Keberatan

RENGAT (VOKAL)-Tenaga honorer yang tidak lulus dalam kategori II (K2) di Indragiri Hulu (Inhu) mengajukan surat keberatan dengan mendatangi Kantor Dinas Pendidikkan Inhu untuk mempertanyakan terkait ketidaklulusan mereka. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat Inhu, H Asriyan saat dikonfirmasi, Minggu (8/4) menyatakan bahwa verifikasi mengenai tenaga honorer K2 dilakukan Pemerintah Pusat. Sedangkan pihaknya hanya menempel pengumuman siapa saja yang lulus. “Pengumuman tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah uji publik terhadap yang lulus K2 maupun yang tidak. Bagi yang tidak lulus silahkan masukkan surat keberatan, nanti kita akan lakukan peengecekan data yang dimasukkan sebelumnya, apakah memang datanya

lengkap atau tidak,” jelas Asriyan. Kalau dari pengecekan data yang dilakukan ternyata data yang tidak lulus K2 lengkap dan memenuhi syarat, Asriyan berjanji akan mengusulkan kembali ke Pemerintah Pusat. Sedangkan menyangkut apa hasilnya nanti semuanya juga merupakan keputusan dari Pemerintah Pusat. “Batas akhir mengenai adanya keberatan atas ketidaklulusan K2 yakni Selasa (10/4) mendatang. Semua berkas yang sudah dimasukkan oleh tenaga honorer yang memasukkan surat keberatan akan ditelusuri,” jelasnya. Menyangkut dengan tidak adanya kelulusan honorer Kategori I (K I) pada hal sebelumnya ada tenaga honorer yang ttercecer dalam data base belasan orang Asriyan mengatakan tidak mengetahuinya. “Saya belum bisa menjawab

mengenai KI yang tidak ada di Inhu, mungkin saja akibat berkas yang tidak lengkap. Sehingga tidak ada KI yang lulus dari verifikasi yang dilaksanakan di Jakarta,” jelas Asriyan. Sesuai Surat Edaran Men PAN-RB Nomor 03 Tahun 2012, dan ditindaklanjuti surat edaran Bupati Inhu nomor 800/BKD/III/2012/175 tanggal 30 Maret 2012, tenaga honorer kategori II diberi kesempatan untuk mengisi formulir dan melengkapi administrasi lainya, hingga batas akhir penyerahan pada 10 April 2012 kepada BKD dan Diklat Kab Inhu melalui bidang perencanaan dan pengembangan pegawai, BKD dan Diklat Inhu hanya memeriksa kelengkapan administrasi dari 859 tenaga honorer kategori dua yang diserahkan Kepala Kantor Regional XII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Riau,Kepri.(hrc/zki)

Disnaker Akan Data Ulang Naker RENGAT (VOKAL)-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) berencana akan mendata ulang jumlah tenaga kerja (naker) yang ada di Inhu. Sebab, data tahun 2011 lalu belum bisa

dipastikan apakah sesuai dengan jumlah naker yang ada saat ini. “Pendataan ini kita lakukan untuk memastikan jumlah naker yang ada di Inhu saat ini. Kan belum pasti jumlah tahun lalu sama dengan tahun ini,” jelas

DOK

RUSAK - Jalan Lintas Timur persisnya di Kecamatan Pematang Reba mengalami rusak parah. Warga berharap agar pemerintah segera memperbaiki kondisi tersebut.

Kasi Produktivitas dan Penampungan Tenaga Kerja Disnakertrans Inhu, Bentur Sinaga, Minggu (8/4). Dikatakannya, jumlah perusahaan yang terdata Disnakertrans Inhu pada tahun 2011 lalu mencapai 400 perusahaan. Namun, apakah perusahaan tersebut hingga kini masih beroperasi belum bisa dipastikan. “Jadi kita akan data kembali jumlah naker yang ada di Inhu,” katanya Selain itu, katanya, berdasarkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja No.07/ Men/IV/2008 tentang Penempatan Tenaga Kerja/Buruh, bagi warga yang mendaftarkan diri sebagai pencari kerja wajib memiliki kartu kuning yang bisa diambil di Kantor Disnakertrans. “Saat ini pengurusan kanrtu kuning telah berpindah ke Disnaker, sebab sebelumnya melalui Kantor Badan Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMD dan PPT),” jelasnya. Kepada perusahaan yang hendak mempekerjakan tenaga kerjadiimbau untuk mengurus kartu kuning melalui Disnakertrans Inhu. Sebab, dengan mengurus kartu kuning tersebut tenaga kerja itu akan terdaftar di Disnakertrans Inhu.(frs)

Investor Kelola Bandara Japura LIRIK (VOKAL)-Untuk membangun dan mengembangkan Bandara Udara Japura Rengat yang terletak di Desa Sidomuliyo, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diperlukan kerja sama dengan pihak pemerintah maupun swasta. Kepala UPT Bandara Japura, Ambar Suryoko mengatakan, Bandara Japura ini dapat dijadikan sarana bagi para investor yang ada di Inhu dalam mempermudah akses perjalanan. Dengan demikian akan berdampak positif bagi ekonomi masyarakat dan daerah, begiti juga dengan perindustrian yang ada. Dijelaskannya, kurangnya aktivitas di Bandara Japura Rengat ini dikarenakan minimnya kerja sama anatara pihak pemerintah dengan pihak swasta. “Dulu kita sudah coba membuka jalur penerbangan Batam-Rengat dan Pekanbaru-Rengat, tapi tidak bertahan lama. Karena minimnya pengguna jasa penerbangan yang digunakan masyuarakat,” katanya. Akan tetapi, jika seluruh perusahaan besar yang ada di Inhu seperti PT TPP, UBEP,Medco Energi, tambang batubara dan lain sebagainya menggunakan jasa penerbangan dari Bandara Japura ini, dirinya yakin bandara ini akan maju dan berkembang dengan pesat. Sebab, Bandara Japura ini merupakan aset Inhu yang sangat berharga. “Betapa menyesalnya kita jika bandara ini tidak berjalan lagi. Karena itu saya harap agar seluruh pihak dapat bersama-sama manggunakan pesawat dari Bandara Japura ini,” imbuhnya. Dijelaskannya, pihak Bandara Japura siap menyediakan pesawat dan menambah rute penerbangan seperti Batam, Pekanbaru, Jambi dan Jakarta. Asalkan kerja sama yang dijalin tersebut bisa dijamin. “Saya harap pemerintah dan investor bekerjasama, seperti PT Riau Bara Harum yang selalu menggunakan landasan Bandara Japura ini,” katanya. Seperti diketahui, Bandara Japura ini dahulunya dikenal sebagai pelabuhan pesawat terbang, namun setelah perusahan minyak PT Stanvac Indonesia masuk ke Inhu, bandara dipindahkan ke Desa Sidomuliyo, Kecamatan Lirik, dan dikelolah oleh perusahaan minyak tersebut dengan menggunakan pesawat tipe (DC-3). Dengan adanya Bandara Japura tersebut, pemerintah mengambil alih dan mengganti nama menjadi Bandara Udara Rengat. Tepat sekitar tahun 1954 bandara udara tersebut diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia Direktorat Jenderal Perhubungan Udara hingga sekarang.(rol/zki) Perwajahan: ZULQIFLI


20

SENIN

HARIAN VOKAL

PELALAWAN 9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

Siswa Diminta Persiapkan Diri Hadapi UN PANGKALAN KERINCI (VOKAL) –Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat yang akan digelar pada tanggal 16-19 April serta UN tingkat SMP sederajat pada tanggal 23-26 April mendatang, seluruh siswa yang akan mengikuti UN tersebut diimbau untuk mempersiapkan diri. Mereka diminta untuk fokus serta memperbanyak jam belajar di rumah. Imbauan itu disampaikan Asisten II Setdakab Pelalawan Tengku Robin Sismet di Pangkalan Kerinci, Sabtu (7/4).

Selain mengimbau siswa untuk mempersiapkan diri, Tengku Robin juga mengimbau seluruh lapisan masyarakat, khususnya

LAPORAN:

FARIKHIN/ PELALAWAN

yang memiliki anak yang akan mengikuti UN, agar selalu mengawasi anak-anaknya. “Dengan adanya pengawasan yang maksimal kita harapkan prestasi akademik atau hasil UN siswa-siswi di daerah ini akan memuaskan,” katanya. Dikatakan Robin, untuk menghadapi UN yang sebentar lagi dilaksanakan secara serentak

di seluruh Indonesia, para siswa harus memperbanyak jam belajar di rumah. Untuk itu dibutuhkan peran serta masyarakat, terutama peran orangtua untuk melakukan pengawasan terhadap anak-anak mereka. Dengan adanya persiapan maksimal dalam menghadapi UN, katanya, kemungkinan besar hasil UN akan lebih memuaskan. Artinya, prestasi serta tingkat kelulusan siswa-siswi di Kabupaten Pelalawan secara kese-

kesiapan para siswa semakin matang, sehingga mereka mampu menjawab sepuruh soal UN. “Minimal dengan seringnya sekolah mengadakan try out, maka para siswa semakin mengerti serta memahami soal-soal dalam UN. Jika siswa banyak mengerjakan soal-soal latihan, maka pada saat menghadapi soal UN para siswa akan mampu menyelesaikannya, karena sudah terbiasa menyelesaikan soal try out ” pungkasnya. (***)

n Akan Jadi Pembicara Workshop MP3EI

LINTAS Asisten II Buka Pensi SMK 1 PANGKALAN KERINCI (VOKAL) – Bupati Pelalawan HM Harris diwakili Asisten II Setdakab Pelalawan Tengku Robin Sismet membuka Pentas Seni (Pensi) OSIS SMKN 1 Pangkalan Kerinci, Sabtu (7/4) di halaman SMKN 1 Pangkalan Kerinci. Dalam sambutannya Tengku Robin Sismet menyatakan dukungan Pemkab Pelalawan terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, berbagai nilai positif dapat ditarik lewat Pensi yang banyak menampilkan kreativitas siswa tersebut. “Selain menggali kreativitas siswa, kegiatan ini juga merupakan sarana untuk menjalin silaturahmi antar para siswa, guru dan orangtua murid,” katanya. Oleh karena itu Tengku Robin mengharapkan OSIS SMKN 1 Pangkalan Kerinci secara berkesinambungan terus melaksanakan kegiatan tersebut, sehingga menjadi agenda rutin SMKN 1 Pangkalan Kerinci. “Kegiatan ini dapat mengalihkan para siswa dari berbagai hal negatif. Karena itu Pensi ini harus didukung semua pihak,” tandasnya. Sebelumya, Plh Kepala Sekolah SMKN 1 Pangkalan Kerinci Syafi’i menerangkan, kegiatan Pensi yang pertama kali digelar OSIS SMKN 1 Pangkalan Kerinci itu akan diikuti seluruh SMK/ SMA se-Kabupaten Pelalawan serta beberapa SMA dari Kabupaten Siak. “Dalam kegiatan ini ada tiga cabang yang dilombakan, yakni band, lomba dancer dan fashion show yang akan diikuti seluruh SMK dan SMA se-Kabupaten Pelalawan dan beberapa SMA dari Kabupaten Siak,” terangnya, seraya menyebutkan setiap cabang lomba akan diikuti 18 kelompok. (fkh)

luruhan juga akan meningkat. “Jika sudah dipersiapkan dengan maksimal dan serius, maka hasil UN diharapkan akan memuaskan,” harapnya. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan MD Rizal melalui Sekretarisnya H Abu Bakar saat dikonfirmasi Vokal terkait hal ini mengatakan, salah satu bentuk persiapan menghadapi UN, pihaknya telah menghimbau seluruh sekolah untuk menggelar try out. Hal itu dimaksudkan agar

Kedatangan 3 Menteri Dipercepat

NET

TERLANJUR NAIK-Meski harga BBM tidak jadi dinaikkan, namun beberapa harga kebutuhan pokok di Pelalawan sudah terlanjur naik. Tampak salah seorang pedagang kebutuhan pokok di pasar tradisional Pangkalan Kerinci tengah menata dagangannya.

PANGKALAN KERINCI (VOKAL) – Kedatangan tiga menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II ke Kabupaten Pelalawan yang semula direncanakan hari Rabu (11/4), dipercepat menjadi Selasa (10/4). Ketiga menteri yang masingmasing adalah Menteri Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Riset dan Teknologi H Gusti M Hatta dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Maria Elka Pangestu itu mendatangi Pelalawan sebagai pembicara workshop implementasi program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangun an Ekonomi Indonesia (MP3EI). Menurut Kabag Humas Setdakab Pelalawan Tengku Nahar di Pangkalan Kerinci, Minggu (8/4), selain ketiga menteri, acara tersebut juga akan dihadiri para gubernur, bupati dan walikota se-Sumatera. “Juga akan hadir Kepala BPPT Pusat Marzan Azis Iskandar,” katanya. Marzan Azis direncanakan akan tiba di Kabupaten Pelalawan pada Senin (9/4) hari ini. Kedatangannya lebih cepat sehari sebelum acara workshop MP3EI dengan tema ‘Penguatan Sistem Inovasi untuk Mendukung Industri Hilir Kelapa Sawit dalam Rangka Implementasi MP3EI Koridor Ekonomi Sumatra’ itu karena Marzan dijadwalkan akan meninjau Kecamatan Langgam terkait pendirian kota kawasan teknopolitan di kecamatan tersebut. “Jadi, pada hari Selasa (10/4) itu kegiatan work shop akan dibuka dengan acara seremonial di Gedung Daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci. Kemudian malamnya dilanjutkan dengan acara jamuan makan malam bersama,” ucapnya, sembari menyebutkan acara ramah tamah

akan dilaksanakan di hotel kawasan PT RAPP. Kemudian pada hari Rabu (11/4) acara difokuskan dengan talk show para gubernur dan Kepala LPNK Ristek dengan tema ‘Membangun Pilar 3’, yakni SDM dan iptek di Koridor Sumatera. Acara akan berlangsung dari pagi sampai sore hari. “Pada hari Kamisnya (12/4) baru para peserta akan dibagi menjadi empat komisi. Komisi pertama akan membahas program MP3EI Koridor Ekonomi Sumatra, komisi dua akan membahas Teknopolitan Kelapa Sawit, komisi tiga akan membahas Pengembangan Industri Hilir Kelapa Sawit. Kemudian komisi empat akan membicarakan soal Technopreunership Pemuda. Acara dijadwalkan akan berlangsung hingga masuknya penutupan,” bebernya. Tujuan diadakannnya kegiatan tersebut, imbuhnya, untuk membangun komunikasi, koordinasi dan sinergi antar daerah, daerah dengan pusat dan pusat dengan pusat dalam upaya mengakselerasi terbangunnya kisah sukses di daerah-daerah, dengan menggunakan platform sistem inovasi untuk mendukung teknopolitan industri hilir kelapa sawit. “Selain itu untuk menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan di kalangan pemuda dan mahasiswa, khususnya di koridor Sumatera,” katanya. Sasaran kegiatan itu untuk menjaring saran dan masukan dari stake holders dalam penguatan sistem inovasi untuk mendukung teknopolitan industri hilir kelapa sawit dalam rangka implementasi program MP3I koridor Sumatera, serta pengenalan wirausaha untuk pemuda dan mahasiswa dalam bentuk techno preunership pemuda. (fkh)

INDRAGIRI HILIR

Perdes Bente 1/2011 Diduga Kangkangi UU 28/2009 TEMBILAHAN (VOKAL)-Peraturan Desa (Perdes) Bente Nomor 1 Tahun 2011, tentang pembayaran retribusi pemakaian kanal, diduga kuat telah mengangkangi Undang-undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah. Sebelumnya, Komisi II DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) bersama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Inhil serta pihak Kecamatan Mandah telah menggelar rapat dengar pendapat (hearing) untuk membahas hal ini. Hasilnya, pihak-pihak tersebut sepakat bah-

wa retribusi di Desa Bente dihentikan. Kendati sudah dibatalkan, berdasarkan pantauan di lapangan, setiap kendaraan umum seperti speedboat tetap saja harus membayar retribusi sebesar Rp5.000 setiap kali melintas di perairan Saka Jalan, Desa Bente, Kecamatan

LAPORAN:

AMRULLAH SAYUTI/ INHIL

Mandah. Menurut pengakuan awak speed boat, retribusi tersebut dibayar mereka hanya 1 kali dalam satu trip. “Sekali jalan kita harus membayar Rp5.000 untuk tujuan Tembilahan,” ujar salah seorang kenek speed boat kepada Vokal, barubaru ini. Sedangkan dari Tembilahan menuju Sungai Gutung, Kecamatan Kateman, menurut dia lagi, pihaknya tidak dikenakan bayaran.

Sebab, pembayaran retribusi itu khusus untuk kendaraan yang akan menuju Tembilahan. Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Infokom Dishubkominfo) Inhil TM Syaifullah saat dikonformasi mengatakan, permasalahan itu bukan lagi wewenang pihaknya. Sebab, pada Agustus 2011 silam Dishubkominfo sudah melayangkan surat yang intinya menegaskan bahwa Dishubkominfo tidak lagi melakukan pungutan retribusi dalam bentuk apapun, khususnya pemakaian kanal. “Kan dalam rapat beberapa hari

lalu semua sudah jelas. Bahwa kita, DPRD, serta Pemerintah Kecamatan Mandah sepakat untuk menghentikan pungutan retribusi di sana. Tapi kalau hal itu masih terjadi, bukan menjadi tanggung jawab kami lagi,” tegasnya. Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Komisi II DPRD Inhil Herwanissitas. Bahkan menurutnya, jika hal tersebut masih terjadi, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dan berencana untuk turun langsung ke lapangan. “Mengingat hari ini hari libur, kita juga belum dapat berkoor-

LINTAS

Jalan Yos Sudarso Memprihatinkan

Komisi II Sosialisasikan Perda CSR

TEMBILAHAN (VOKAL) – Komisi II DPRD Indragiri Hilir (Inhil) saat ini tengah gencar mensosilisasikan Peraturan Daerah (Perda) tentang coorporate social responsibility (CSR) ke beberapa perusahaan di Negeri Seribu Jembatan itu. Sosialisasi itu bertujuan agar penyaluran CSR dapat berjalan sesuai harapan masyarakat. Sekretaris Komisi II DPRD Inhil Herwanissitas mengatakan, pihaknya tidak henti-henti memberikan pemahaman dan masukan ke berbagai perusahaan agar benar-benar memberikan atapun menyalurkan program CSR tepat sasaran. “Kita juga sudah sampaikan kepada pihak PT Multi Gambut Indonesia agar menjalankan CSR dengan baik. Sebab selama ini banyak CSR perusahaan tidak terencana dengan baik dan lebih bersifat sporadis,” ungkapnya baru-baru ini di Tembilahan. Ke depan, lanjut Sitas, pengelolaan CSR harus jelas, apakah dikelola oleh pihak pemerintah daerah atau oleh pihak perusahaan itu sendiri. “ Atau sama-sama dikelola kedua belah pihak dengan melibatkan pihak independen,” tutur politisi PKB ini. Jika Perda CSR ini tidak dikelola secara baik, katanya, akan berdampak pada penyaluran di lapangan. Perusahaan lebih diberikan celah untuk mengurangi angka CSR sebagaimana yang sudah ditetapkan bersama. Sebab, dari 100 persen program CSR yang dilaporkan selama ini, kenyataannya realisasi di lapangan hanya sekitar 25 persen saja. ‘’Karena dari itu harus ada ketentuan berapa total bantuan perusahaan melalui CSR ke depannya, serta akan ada laporan pertanggungjawaban oleh tim yang ditunjuk sebagai pengelola dana CSR. Artinya, setiap bantuan perusahaan semua menjadi jelas dan terarah,” pungkasnya. (am) Penanggung Jawab/Redaktur: DELFI INDRA

dinasi lebih jauh. Jadi kita minta waktu hingga Senin (9/4) mendatang. Kami akan turun melihat apa sebenarnya yang terjadi di sana,” katanya Minggu (8/4). Santer terdengar, akibat masih berjalannya retribusi itu telah menimbulkan keresahan bagi masyarakat yang melintas. Bahkan, sesekali petugas nekat melempari kendaraan yang sengaja tidak membayar retribusi ketika melitas di kanal Saka Jalan. Hingga berita ini diturunkan, Camat Mandah M Nazar belum berhasil dihubungi. (***)

SEBAGIAN badan Jalan Yos Sudarso terban ke Sungai Kateman. Kondisi ini sangat membahayakan keselamatan para pengguna jalan.

RTC

TEMBILAHAN (VOKAL)- Kondisi Jalan Yos Sudarso Sungai Guntung, Kelurahan Taga Raja, Kecamatan Kateman, yang menghubungkan pelabuhan HK dan pusat kota saat ini kondisinya cukup memprihatinkan. Sebagian badan jalan sudah terban ke laut, sehingga membahayakan keselamatan para pengguna jalan. Akses tersebut merupakan jalur vital satusatunya warga Guntung menuju dari dan ke pelabuhan HK. Jika kondisi air laut dalam keadaan pasang besar, jalan tersebut tidak bisa dilintasi karena digenangi air setinggi 3050 centi meter. Warga yang akan menuju pelabuhan HK atau sebaliknya terpaksa menggunakan speet boat. Menurut warga, kerusakan jalan tersebut sudah berlangsung lama, namun belum mendapat perbaikan dari pihak berwenang. Mereka berharap pemerintah segera memperbaikinya, sebelum jatuh korban jiwa. “Kondisi jalan ini sudah sangat parah, padahal jalan ini akses penting. Kalau jalan ini terputus akan sangat menghambat aktivitas transportasi warga,” kata Zumri, salah seorang warga setempat, belum lama ini. Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Kateman Nawawi membenarkan kerusakan Jalan Yos Sudarso itu. Namun begitu, katanya, pada tahun 2012 ini jalan tersebut sudah mulai diperbaiki oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dengan panjang mencapai 100 meter. “Karena itu merupakan bencana, maka perbaikanya langsung ditangani oleh BPBD. Mudah-mudahan semua sesuai rencana dan harapan masyarakat,” harap Nawawi akhir pekan lalu. (am) Perwajahan: RINTO HARMIKO


21

KUANSING - KAMPAR SENIN

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

LINTAS Yopi Kembalikan Aset Kuansing

TELUK KUANTAN(VOKAL )-Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu secara resmi menyerahkan kepemilikan aset Pemkab Inhu yang ada di Kuansing. Penandatanganan dokumen serah terima aset tersebut dilakukan dua Kepala Daerah H Sukarmis dan Yopi Arianto, Sabtu (7/4) di lapangan Limuno, Teluk Kuantan, Kuansing Turut disaksikan oleh masing-masing Ketua DPRD Kuansing Muslim dan Ketua DPRD Inhu Arif Ramli, para asisten Bidang Pemerintahan, Kapolres, serta Dandim. Acara serah terima aset itu berlangsung cukup sederhana, mulai dengan acara jamuan makan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB. Berdasarkan konfirmasi Bagian Umum Setda Kuansing Hendra kepada Harian Vokal seperti yang diberitakan sebelumnya, ada sekitar 900 item aset berupa gedung, bangunan sekolah, kantor, kendaraan bermotor, aset bergerak dan tidak bergerak yang secara administrasi selama ini masih menjadi milik Pemkab Inhu, yang akan diserahkan kepada Pemkab Kuansing. “Dengan ditandantanganinya serah terima aset ini, maka 900 item aset tersebut sah menjadi milik Pemkab Kuansing,” tegas Yopi disambut tepuk tangan para undangan serta jabat tangan dengan Bupati Sukarmis. Bupati Sukarmis dalam pemaparannya, cukup bersyukur dan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Indragiri Hulu yang telah mengembalikkan aset Daerah Kuansing yang selama ini, ada di Inhu. “Selanjutnya saya akan jamu para tamu kita di Desa Jaya, dalam acara Melayur Jalur. Di sana akan kita tampilkan suguhan seni tari daerah dan hidangan khas daerah Kopah, serta randai,” ujar Sukarmis sambil mengajak semua hadirin. (dod)

21 TP PKK Kecamatan Dibantu Rp210 Juta

BANGKINANG(VOKAL)-Ketua TP PKK Kabupaten Kampar, Hj Eva Yuliana Jefry Noer secara simbolis menyerahkan dana bantuan untuk pembinaan dan biaya operasional bagi TP PKK di 21 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar dengan total bantuan sebesar Rp210 juta yang diterima secara simbolis oleh TP PKK Kecamatan Tapung, Tambang, dan Kampar Kiri di aula Kantor PKK Kabupaten Kampar, Minggu (8/4). “Bantuan operasional masing-masing Rp10 juta ini untuk pembinaan dan biaya operasional 21 TP PKK kecamatan di Kabupaten Kampar. Tujuannya agar PKK di tingkat kecamatan lebih aktif dan proaktif dalam menjalankan 10 program pokok PKK di wilayah kerja masingmasing,” kata Eva Yuliana didampingi Sekretaris PKK Radiah Emdas. Dalam kesempatan itu, TP PKK Kabupaten Kampar mempersiapkan serangkaian acara untuk melaksanakan acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Kampar tahun 2012 yang akan dilaksanakan pada 24 April mendatang, dimulai 17 April dengan acara seminar, lomba masakan non beras mengandung gizi sempurna. Kemudian 23 April dilaksanakan kegiatan lomba pidato tanpa teks bagi Ketua TP PKK Kecamatan. “Serangkaian acara itu melibatkan seluruh pengurus TP PKK Kecamatan yang akan dilaksanakan di halaman Kantor TP PKK Kabupaten Kampar,” demikian diterangkan Radiah Emdas. Pada pertemuan itu, masing-masing Ketua TP PKK Kecamatan menyampaikan berbagai persoalan dan kendala yang ditemui dalam menggugah kesadaran untuk mengembangkan PKK masing-masing bagi pengurus, di antaranya Ketua TP PKK Kecamatan masih ada yang tidak tinggal di wilayah kerjanya masing-masing, karena ada kesibukan tugas dan tanggung jawab sebagai PNS. Menanggapi persoalan itu, Eva mengimbau semua Ketua PKK Kecamatan agar mematuhi instruksi Bupati Kampar agar semua pimpinan wilayah tinggal di wilayah kerja masing-masing mengikuti kerja suami selaku camat. “Jika memang tidak bisa, paling tidak sebulan sekali ada pertemuan untuk pembinaan terhadap PKK masing-masing,” pintanya. (rol/mza)

HARIAN VOKAL

r Pelatihan Pengelola Waserda Sembako Pedesaan

Peserta Bisa Pinjam Modal Rp20 Juta SIAKHULU(VOKAL)-Peserta pelatihan pengelolaan warung serba ada (waserda) program Pemerintah Kabupaten Kampar yang diikuti 175 peserta, salah satu tujuannya adalah untuk menekan harga sembako yang selama ini dikeluhkan warga di pedesaan. Usai mengikuti pelatihan, para peserta bisa mengajukan pinjaman Kredit Usaha rakyat (KUR) ke Bank Riau-Kepri Cabang Bangkinang minimal Rp20 juta. LAPORAN: APRIYALDI/KAMPAR

Demikian dikatakan Bupati Kampar H Jefry Noer, dalam penutupan pelatihan pengelolaan warung serba ada (waserda) sembilan bahan pokok yang sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu, di Perkampungan Wisata Tiga Dara, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Sabtu (6/4). Dalam sambutannya, Jefry mengatakan setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta bisa mengajukan pinjaman Kredit Usaha rakyat (KUR) ke Bank Riau-Kepri Cabang Bangkinang minimal Rp20 juta, tentunya bagi yang memenuhi persayaratan. Ia berharap agar seluruh peserta pelatihan plus pembina dan pihak terkait mengerti maksud dan tujuan diadakannya pelatihan ini. Sebab, bila tidak tahu makna dan tujuannya, ibarat berjalan di dalam hutan atau berjalan ditengah malam yang gelap gulita. “Keberadaan waserda di desadesa di Kabupaten Kampar sangat membantu masyarakat memperoleh sembako di pedesaan. Pelatihan ini diadakan sebagai upaya mensejahterakan sekaligus memberikan ilmu kepada masyarakat Kampar tentang cara berdagang yang benar,” terang Jefry. Dengan adanya waserda sembako murah di seluruh desa di Kabupaten Kampar, diharapkan harga sembako di pedesaan, bisa sama dengan di perkotaan yang pada kenyataannya selama ini jauh lebih murah. Bupati menjelaskan, dari data-data yang dikumpulkan saat melakukan kunjungan ke desa-desa, ternyata perbedaaan harga di desa dan di kota hampir mencapai 30 persen. “Hasil pengecekan saya, ternyata ada tujuh mata rantai yang harus dilalui sembako atau bahan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat yakni pertama dari industri atau pabrik, distributor pusat, distributor daerah, agen, sub agen, sub-sub agen, dan sales kampas ke pedagang atau ke kedai-kedai pedesaan. Setiap mata rantai, minimal mengambil keuntungan sekitar 3-5 persen. Itulah yang menyebabkan harga jadi lebih mahal,” papar Jefry Noer. Program Pemkab Ia menambahkan, dengan keberadaan waserda sembako murah di pedesaan yang ada di Kabupaten Kampar, maka jalur distribusi sembako tersebut akan dipangkas minimal menjadi tiga mata rantai, yakni dari pabrikan ke distributor daerah dan selanjutnya ke masyarakat pedesaan. “Keberadaan waserda sembako murah di pedesaan ini adalah program saya yang sekaligus menjadi program Pemkab Kampar,” tegasnya. Bupati Kampar H Jefry Noer

mengharapkan agar menyadari sepenuhnya bahwa dana permodalan untuk pengelolaan waserda ini bukan berupa dana bergulir yang disediakan Pemkab Kampar, tetapi dana dari Pemerintah Pusat melalui program dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang saat ini telah tersedia di Bank Riau Kepri Cabang Bangkinang. “Untuk mendapatkannya, perlu adanya jaminan atau angunan yang akan disita bila menunggak, dan belum semua peserta pelatihan dipastikan mendapatkan kredit dana KUR, sebab layak tak layaknya menerima dana KUR ditentukan oleh pihak Bank yang berkompeten,” paparnya. Pada kesempatan yang sama Pimpinan Bank Riau Kepri Cabang Bangkinang Fajar Restu, juga memaparkan secara singkat bahwa KUR adalah program Pemerintah Pusat yang diperuntukkan bagi petani dan pedagang dengan suku bunga 14 persen yang bersifat menurun hingga 7 persen berdasarkan sisa pinjaman. “Persyaratan KUR meliputi adanya KTP, KK, pakai jaminan dan minimal nilai jaminan atau agunan sama dengan nilai total pinjaman dan untuk tahap awal minimal besar pinjaman sebesar Rp20 juta,” terangnya. Permohonan KUR dapat diajukan di kantor Bank Riau Kepri Cabang Bangkinang atau melalui kantor cabang pembantu yang ada di Lipat Kain, Kualu, Air Tiris, Suram, dan di Plamboyan yang sedianya akan di buka pada bulan ini juga. (***)

DODI

BANTUAN SOSIAL - Sekretaris Daerah Kuansing Muharman (kiri) menyerahkan bantuan sosial kepada peserta pelatihan tenaga kerja siap pakai, pemilik bengkel sepeda motor Ikhlas, beberapa waktu lalu di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kuansing, usai mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Dinas Sosial.

r Hadiri Melayur Jalur Desa Jaya

Sukarmis Sumbang Rp10 Juta dan Yopi Rp20 Juta TELUKKUANTAN(VOKAL)-Ribuan warga Desa Jaya, Kenegerian Kopah, Kabupaten Kuansing, turun ke pusat keramaian di acara Melayur Jalur, Sabtu (7/4) malam. Gelar acara budaya tahunan masyarakat Desa Jaya akhir pekan itu, terasa begitu istimewa karena dihadiri Bupati Inhu Yopi Ariyanto dan Bupati Kuansing Sukarmis. Pada acara Melayur Jalur ini, disajikan pegelaran seni tari dan Randai Kopah hingga tengah malam. Kepala Desa Jaya Erdison di hadapan para tamu istimewa dari dua Pemerintah Kabupaten dan masyarakat dalam sambutannya mengatakan, sebuah kebanggaan bagi masyarakat Desa Jaya, karena untuk pertama kalinya Melayur Jalur dihadiri dua bupati. “Kehadiran ke dua Bupati ini merupakan sebuah penghargaan dan kehormatan bagi warga Desa Jaya. Ini untuk pertama kalinya dan sejarah bagi Desa Jaya,” ujarnya bangga. Pada malam Melayur Jalur ke-9 Desa Jaya, para pejabat penting dari dua kabupaten ini juga memberikan bantuan untuk Jalur warga Desa Jaya tersebut. Kehadiran dua sosok pemimpin kharismatik, dari ranah Indragiri ini, ternyata sanggup menghadirkan ribuan bahkan mendekati tiga ribuan massa. Menurut Amrizal, warga Kopah, ada tiga ribuan warga yang hadir malam itu. Bantuan yang diberikan kepada masyarakat untuk melayur jalur di Desa Kopah cukup membanggakan, hampir sekitar seratus juta. “Atas sumbangan para donatur

malam itu, kami hanya bisa mengucapkan syukur dan terima kasih,” terang Amrizal. Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto menyumbangkan dana sebesar Rp20 juta dan dua ekor kerbau pada acara melayur Jalur Desa Kopah Jaya, Kecamatan Kuantan Singingi, Sabtu (6/4) malam. Tak mau kalah dengan Yopi, Bupati Sukarmis juga memberikan bantuan Rp10 juta, Wakil Bupati H Zulkifli Rp 5 juta, Sekdakab Kuansing H Muharman Rp 5 juta, Ketua DPRD Muslim Rp2 juta, Kapolres Kuansing yang diwakili Kabag Ops Polres Kuansing Kompol Yanuardi Rp1 juta. “Malam ini secara langsung saya berikan bantuan bagi Jalur Desa Jaya sebesar Rp 20 juta kontan. Semoga bermanfaat bagi warga masyarakat,” kata Yopi yang malam itu tampil energik dengan baju kaos lengan panjang warna gelap dan setelan celana jeans biru muda, usai acara serah terima asset di gedung serba guna, Lapangan Limuno, Teluk Kuantan. Hadir pada acara itu Ketua DPRD Inhu Arif Ramli, Wakil Bupati Inhu H Harman Harmaini masing-masing berserta ibu, para asisten di lingkungan Pemkab Inhu, kepala dinas dan badan, camat, lurah dan kepala sekolah. Sumbangan untuk pembuatan Jalur Desa Jaya itu juga mendapat dukungan dari rombongan pejabat setingkat kepala badan dan kepala dinas, camat dan kepala desa, serta kepala sekolah dari dua Daerah. Mereka juga turut memberikan donasi atau sumbangan pada acara itu. (dod)

P L A Z A F U R N I TURE

Menyediakan berbagai sofa, lemari makan, perlengkapan kamar, meja belajar, dan perabotan rumah tangga lainnya. Dengan kualitas terbaik. Alamat : Jl. B. Kemulyaan No. 83 Dumai Telp : 0765 7000 233

DUNIA DIGITAL Computer & Electronik Equipment Hubungi : Jl. Hasanuddin / Ombak Telp. (0765) 439997 / 439978 Dumai TANAKA ELECTRONIC

Menjual : Berbagai Macam Perlengkapan Elektronik Audio Video Jl. Diponegoro/Sukajadi No. 124 Telp. (0765) 36571 Dumai

Penanggung jawab/Redaktur: MARZULI ADI

JAMU SEHAT PRIA

ICHA SALON & KARAOKE Gunting, cuci, kriting, cat rambut, creambat, bonding, smoting, masker, toning, facial. Juga menerima kursus salon Alamat: Jl. Hasanuddin/Ombak Dumai

Kapsul “Urat Madu” Obat Kuat & Tahan Lama. Depkes 053348661. Aneka Sablon Jl. Nangka 2 Dumai Harga Perdus Rp.100rb. 1 Sachet 2 Kapsul Rp.20rb. Hub: 0852 78766357

KEDAI KOPI SULI Menyediakan : -Mie Hok Kien -Mie Kangkung Belacan -Mie Ayam/Pangsit -Mie Pangsit Goreng -Lo Mie/Fumi/Siram/Goreng -Bubur Ayam Hongkong -Nasi Capcai -Nasi Goreng Sea Food -Cap Cai Goreng/Kuah -Kwetiau Siram Sea Food Pesan Antar Jl. Belimbing No. 100 D Pekanbaru Telp. 0761 7755 662

PACIFIK AUDIO

Menjual : Accesoris Mobil, Variasi, Audio, Kaca Film, Jok Mobil, Salon Luar & Dalam, AC Mobil dll Alamat: Jl. Diponegoro/Sukajadi No.92 Dumai - Riau

Perwajahan : PEPEN PRENGKY


22

SENIN

HARIAN VOKAL

EDUKASI

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

Hasil UN Jangan Dipaksakan Lulus 100%

LINTAS

Beasiswa Kajian Agama dan Budaya di UGM JAKARTA - Mahasiswa yang tertarik mendalami bidang agama dan kajian budaya bisa mendaftar untuk program beasiswa dari Center for Religious and Cross-cultural Studies (CRCS) Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) ini. Beasiswa program S-2 tersebut akan diberikan selama dua tahun dan diperuntukkan bagi para sarjana dengan nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75. Jika ingin melamar, calon peserta juga harus memiliki nilai TOEFL internasional maupun institusional minimal 475, nilai tes potensi akademik (TPA) minimal 500, dan tentunya lulus seleksi wawancara. Peminat bisa mengirimkan aplikasi ke kantor CRCS serta Direktorat Akademik dan Administrasi (DAA) Kantor Pusat UGM Lt. 1 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281. Aplikasi ditunggu hingga 10 Mei 2012. (okz/bos)

Beasiswa Fullbright untuk Para Dosen

JAKARTA (VOKAL) - Setiap tahun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) memberikan beasiswa kepada para dosen di Tanah Air. Salah satu skema beasiswa untuk dosen baik magang maupun tetap tersebut adalah beasiswa Fullbright. Tidak hanya dosen di perguruan tinggi negeri (PTN), dosen-dosen di kampus swasta juga bisa mendaftar program beasiswa ini. Persyaratan untuk ikut program ini antara lain memiliki gelar sarjana (S-1) dengan nilai IPK minimal 3,00 (skala 4), memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dengan bukti sertifikat TOEFL institutional minimal 550 atau IELTS minimal 6,0 atau IBT minimal 79/80. Perlu diingat, nilai prediksi TOEFL tidak akan diterima. Penerimaan aplikasi paling lambat sebelum 15 April 2012. Penjelasan spesifik tentang beasiswa ini bisa kamu buka di laman http://beasiswa.dikti.go.id atau http://www.aminef.or.id.(okz/bos)

MAKASSAR (VOKAL) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh menegaskan, semua pihak hendaknya tidak memaksakan memperoleh hasil Ujian Nasional (UN) lulus 100 Menurutnya, UN akan lebih baik jika dilaksanakan jujur dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Sudah menjadi rahasia umum, sebagai hajat tahunan, UN seringkali dijadikan "alat" untuk mencerminkan prestasi politik. Khususnya politik pemerintah di daerah (Pemda). "Memasang target boleh saja, tapi jangan dipaksa lulus 100 persen. Jangan sampai Pemda menghalalkan segala cara, dan UN harus dilaksanakan sesuai dengan aturan agar kualitasnya bisa dipertanggungjawabkan," kata Nuh di Makassar, Minggu (8/4). Berkaca dari tahun lalu, hasil kelulusan UN telah mencapai di atas 95 persen. Baginya, hasil itu merupakan prestasi bersama dan tidak perlu dipaksakan mencapai hasil 100 persen. "Saat ini target kelulusan bukan yang utama, karena hasilnya sudah cukup baik. Biarkan pelaksanaan UN berjalan alami," ujarnya. Pernyataan serupa juga dilontarkan Pembantu Rektor I Universitas Haluoleo (Purek I Unhalu), La Sara. Ditemui sehari sebelumnya di Unhalu, Kendari, La Sara mengatakan, target 100 persen untuk kelulusan UN merupakan anca-

man bagi kredibilitas UN. Menurutnya, target 100 persen yang dipasang akan memicu Pemda melakukan intervensi pada pelaksanaan dan hasil UN tersebut. Ia beralasan, hasil kelulusan UN sering digunakan sebagai prestasi pemerintahan. Jika tidak tercapai, maka akan berdampak pada perolehan suara di pemilihan selanjutnya. Sekaligus di dalamnya ada ancaman dimutasikannya guru-guru yang dinilai tidak berhasil meluluskan siswanya di suatu sekolah. "Jangan usahakan siswa lulus 100 persen. Itu jelas intervensi. Semua sekolah selama masih ada di bawah kepala daerah pasti akan sulit independen. Kita bicara peningkatan mutu, tapi ada orang yang terancam hidupnya," kata La Sara. (kcm/bos)

INT

PETA RAKSASA-Sejumlah anak belajar dengan peta raksasa dalam Car Free Day di Solo, Jateng, Minggu (8/4). Pembelajaran dengan peta tersebut bertujuan guna mengenalkan tentang ilmu bumi kepada masyarakat terutama anak-anak.

9 Provinsi Lebih Cepat Salurkan BOS MAKASSAR (VOKAL) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh mengatakan, ada sembilan provinsi yang berinisiatif menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) triwulan II tahun 2012 sebelum waktu yang dijadwalkan. Menurutnya, ini sebuah langkah strategis yang positif. Mengingat, jadwal penyaluran BOS triwulan II baru akan dimulai pada 9-16 April. "Sembilan provinsi telah mencairkan BOS pendidikan dasar triwulan II. Itu membahagiakan, karena disalurkan lebih cepat dari waktunya," kata

Nuh, Minggu (8/4), saat ditemui di Makassar. Ia menjelaskan, penyaluran dana BOS boleh lebih cepat disalurkan dari waktu yang dijadwalkan. Baginya, tiap-tiap provinsi diperkenankan mencari dana talangan untuk melakukan itu. Baik melalui bank daerah, maupun menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. "Karena BOS ini pasti turun, itu boleh dan sangat bagus. Saya tidak ingat semuanya, tapi diantaranya itu Jawa Timur, DI Yogyakarta, Kepulauan Riau, Sumatera Barat dan lainnya," ujar Nuh. Untuk itu, kata Nuh, sembilan provinsi tersebut akan mendapat penghargaan dari

pemerintah. Rencananya, penghargaan itu akan diberikan dalam bentuk piagam dan program rehabilitasi (ringan, sedang), program peningkatan kualitas guru, sampai pembangunan unit sekolah baru. "Tentu harus ada penghargaan, agar memotivasi yang lain," ungkapnya. Sebagai informasi, penyaluran BOS tahun ini diserahkan langsung ke sekolah melalui rekening provinsi. Berdasarkan pengalaman, BOS triwulan I memiliki hasil yang sangat baik karena pengawasannya dilakukan pemerintah secara online bekerja sama dengan pihak bank. (kcm/bos)

Fapet IPB Rancang S1-S2 5 Tahun

BOGOR (VOKAL) - Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor merancang kurikulum pendidikan untuk program strata 1 dan strata 2 dapat diselesaikan dalam kurun waktu lima tahun. "Sehingga dalam waktu lima tahun itu, mahasiswa bisa menyelesaikan sarjana (S1) dan magister (S2," kata Dekan Fakultas Peternakan Institut

Pertanian Bogor (Fapet-IPB) Dr Luki Abdullah di Bogor, Jawa Barat, Sabtu. Ia menjelaskan bahwa rencana tersebut juga telah disampaikannya pada reuni Himpunan Alumni Peternakan Fapet IPB yang populer dijuluki "Hunter" akhir Maret 2012. Menurut dia, pihaknya berupaya untuk menurunkan usia kiprah lulusan Fapet IPB, agar

lebih muda terjun ke masyarakat. "Ini untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang berharap alumni Fapet IPB bisa segera mengabdi ke masyarakat dengan kualitas yang cukup. Selama ini ada anggapan pendidikan sarjana Fapet belum cukup siap matang mengabdi masyarakat," katanya. Dikemukakannya bahwa kurikulum tersebut sedang di-

diskusikan dan diharapkan menjadi terobosan baru dunia pendidikan tinggi pertanian. Pihaknya menyambut baik kegiatan reuni alumni, karena ikut membantu mempromosikan Fapet IPB di berbagai kesempatan. "Dengan begitu, maka Fapet IPB banyak terdengar dan memiliki jejaring sosial yang luas di tengah masyarakat," katanya. (ant/bos)

n Dibuat dari Arang Sekam dan Tepung Tapioka

'Pelet' Unila Bisa Hemat BBM Hingga 34% MESKI pemerintah batal menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), bukan berarti BBM bebas dikonsumsi seenaknya. Penghematan tetap harus dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya dengan menggunakan alat penghemat BBM buatan mahasiswa Teknik Mesin Universitas Lampung (Unila) melalui ajang Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian (PKM-P) ini. Adalah Rakhmat Afrizal, M Tito R, Prima Kumbara, dan Di-

Penanggung Jawab/Redaktur: BUDI SUSENO

mas Rilham yang menginisiasi "Pelet Penghemat Bahan Bakar". Dengan dibantu dosen pembimbing Heri Wardono, empat sekawan ini meneliti dan mempersiapkan inovasinya selama empat bulan. Pelet buatan Rakhmat dkk ini dibuat dengan bahan yang

mudah ditemukan, yakni sekam padi yang dikarbonisasi sehingga menjadi arang. Kemudian, arang tersebut ditumbuk menjadi bubuk arang. Tahap selanjutnya adalah mencampurkan bubuk arang dengan aquades dan tepung tapioka. Adonan yang sudah jadi kemudian dicetak pada pipa silinder berdiameter 10 mm. Selanjutnya, pelet yang sudah kemudian dibuatkan bingkai dan dipasang di filter kendaraan. Pelet inilah yang

berfungsi menyaring nitrogen dan uap air pada proses pembakaran di ruang bakar kendaraan dan diklaim memiliki umur pakai hingga 500 kilometer (km). Demikian seperti dinukil dari situs Unila, Sabtu (7/4). Tidak hanya menghemat penggunaan bahan bakar hingga 34 persen, uji emisi menunjukkan, pelet ini mampu mereduksi gas polutan CO hingga 30 persen dan HC hingga 52 persen. (okz/bos)

Perwajahan: ZULQIFLI


ANDALAS SENIN

23

HARIAN VOKAL

9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

LINTAS Bukittinggi Waspadai DBD

BUKITINGGI(VOKAL)-Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatra Barat menggencarkan pengasapan di pemukiman padat penduduk guna mencegah penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di kota itu. "Penyakit DBD telah mewabah di kota ini. Rata-rata setiap kelurahan di tiga kecamatan telah diserang penyakit tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi Syofia Dasmauli di Bukittinggi, Sabtu (7/4). Menurut dia, pengasapan terakhir kali dilakukan di asrama Kodim 0304 Belakang Balok, yang terdapat beberapa orang dinyatakan positif DBD. Pengasapan kemungkinan akan sering dilakukan untuk membunuh nyamuk dewasa. "Namun demikian, Dinkes berharap warga menjaga kebersihan lingkungan dengan membudayakan 3M," kata dia. Dia menyebutkan, jumlah penderita DBD terus bertambah dari 11 orang menjadi 30 orang dalam dua bulan terakhir. "Hampir tiap hari ada laporan penderita DBD di Bukittinggi, namun tidak ada korban jiwa," kata Syofia. Tahun lalu penderita DBD hanya di satu daerah. Meski sekarang penderita DBD sudah tersebar, Dinkes belum menetapkan kasus ini sebagai kejadian luar biasa (KLB). (mic/mal)

700 Kubik Kayu Curian Ditemukan di Sungai

MUARA BULIAN(VOKAL)-Tim patroli Hutan Restorasi Ekosistem Harapan serta Polisi Hutan Dinas Kehutanan dan anggota Kepolisian Resor Kabupaten Batanghari, Jambi mendapati 500 hingga 700 meter kubik kayu curian dalam Sungai Jerat, wilayah Hutan Restorasi Harapan, Kabupaten Batanghari, Jambi, Sabtu (8/4). Seluruh kayu diduga akan dialirkan ke kawasan pengolahan kayu di hilir sungai. Deputi Tim Patroli Hutan Restorasi Harapan, Kasadi mengatakan, timnya mendapati kayu curian itu saat membuka akses patroli. "Kami kaget melihat kayu-kayu sangat besar dalam sungai," ujarnya. Pihaknya langsung menelusuri jalur distribusi kayu dan memutus jembatan di Sungai Lalan, agar pelaku tidak bisa mengangkut kayu. "Namun kami tidak menemukan pelakunya. Kami perkirakan mereka sudah lari saat mengetahui kehadiran kami," lanjutnya. Kepala Seksi Pengendalian Bencana Kawasan Hutan Dinas Kehutanan Batanghari, Israwardi mengatakan pihaknya berjaga untuk menemukan pelaku. Seluruh kayu disita dan akan dilelang untuk menjadi kas negara. (mic/mal)

Nias Minta Dukungan Sumut Jadi Provinsi

MEDAN(VOKAL)-Panitia Pembentukan Provinsi Nias meminta dukungan Provinsi Sumatera Utara agar dapat menjadi pertimbangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menyetujuinya. Ketua Panitia Pembentukan Provinsi Nias Fati Baso Mandrofa menyampaikan harapan itu ketika bertemu dengan Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho di Medan, Sabtu (7/4). Menurut Fati, pembentukan Provinsi Nias tersebut merupakan keinginan dan aspirasi masyarakat Kepulauan Nias untuk semakin meningkatkan pembangunan di daerah itu. Lima kepala daerah di Kepulauan Nias yang terdiri empat kabupaten satu kota juga sependapat tentang pembentukan provinsi di pulau tersebut, termasuk dari lembaga legislatif setempat. "Aspirasi masyarakat Nias itu akan sia-sia jika Pemprov Sumut tidak menyetujuinya. Untuk itu, kami sengaja datang untuk meminta dukungan," katanya didampingi sejumlah anggota DPRD Sumut asal Nias seperti Suasana Dachi, Restu Sarumaha, Sudirman Halawa, dan Analisman Zhaluku. Menanggapi harapan itu, Pelaksana Tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho mengatakan, pihaknya telah menyampaikan proses pemekaran itu sejak disetujui dan direkomendasikan DPRD Sumut. Melalui rapat paripurna pada 9 Mei 2011, DPRD Sumut juga merekomendasikan pembentukan Provinsi Tapanuli dan Provinsi Sumatra Tenggara. (mic/mal)

INT

PARA calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pilkada Provinsi Aceh, Senin (9/4), hari ini.

r Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota

Warga Aceh Mencoblos Hari Ini BANDA ACEH(VOKAL)- Hari ini, Senin (9/4), akan berlangsung pemilihan kepala daerah Provinsi Aceh serta pemilihan kepala daerah kabupaten kota yang ada di provinsi tersebut. Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, menegaskan semua logistik untuk pilkada sudah didistribusikan ke kabupaten dan kota. "Dengan terdistribusinya logistik, kami sangat yakin menghadapi hari pemilihan tanggal 9 April. Apalagi, persiapan pilkada ini relatif panjang, yaitu 14 bulan. Dengan begitu, kemungkinan partisipasi masyarakat akan tinggi," kata Ketua KIP Aceh, Pondoh Salam, Sabtu (7/4) di Banda Aceh. Merujuk pada Pemilu 2009, partisipasi politik di Aceh relatif besar. Pada pemilu legislatif saat itu tingkat partisipasi mencapai 76

persen, sedangkan pada pemilihan presiden mencapai 74 persen. Kondisi serupa diyakini juga akan terjadi pada Pilkada 2012 ini. Semetara itu, Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) mengirimkan tim untuk memantau pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) di Aceh. Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim, Minggu (8/4), mengatakan, pemantau dari Komnas

HAM dibagi menjadi 4 tim yang disebar di 10 kabupaten dan kota. Tim pertama diterjunkan di Banda Aceh dan Aceh Besar, tim kedua di Sigli, Lhokseumawe, Bireuen, dan Aceh Utara, tim ketiga di Bener Meriah dan Takengon, serta tim keempat di Aceh Jaya dan Aceh Barat. Dalam pemantauan ini, Komnas HAM hanya akan memfokuskan pada aksesibilitas masyarakat Aceh dalam menggunakan hak pilihnya serta perlindungan atas penggunaan hak pilihnya itu oleh KIP maupun aparat keamanan, kata Ifdhal. Intimidasi, teror, ketegangan politik, hingga kekerasan yang banyak terjadi di Aceh menjelang pelaksanaan Pilkada 2012 menjadi

Seorang Siswi Meninggal Saat Lomba Dancer Yamaha KARIMUN(VOKAL)-Seorang siswa SMAN 1 Karimun, Felly Laksmita Densi (17), meninggal dan rekannya Dian Nurziana (16), pingsan usai manggung dalam lomba "modern dance" yang diselenggarakan dealer sepeda motor Yamaha, Sabtu (7/4) malam. "Korban ada dua orang, satu meninggal dan satunya lagi pingsan dan nyawanya berhasil diselamatkan," kata Kepala Kepolisian Sektor Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Kompol Hari Purnomo yang ditemui di Puskesmas Tanjung Balai Karimun usai kejadian. Hari Purnomo mengatakan Felly meninggal dunia setelah manggung dalam finalis lomba modern dance yang diadakan untuk memeriahkan peluncuran sepeda motor Yamaha Mio Fino di Panggung Rakyat Sri Kemuning yang berlokasi di Jalan Lingkar, Tanjung Balai Karimun. "Korban sempat mendapatkan pertolongan seadanya oleh pa-

nitia. Selanjutnya korban dilarikan ke puskesmas namun diduga korban meninggal dalam perjalanan," katanya. Sedangkan Dian Nurziana yang beralamat di Kelurahan Baran Meral jatuh pingsan dan masih menjalani perawatan di ruang rawat inap puskesmas. Dian mendapatkan pernafasan bantuan melalui tabung oksigen untuk membantu korban yang sesak nafas setelah pingsan. Ia mengatakan, penyebab pastinya belum diketahui. Namun kemungkinan besar korban meninggal maupun yang pingsan akibat kelelahan. "Tadi siang mereka sudah manggung sekali, pada malam ini mereka manggung lagi sehingga korban kelelahan. Kami juga mendapat informasi bahwa korban Felly sedang sakit demam, kondisi udara dengan kadar karbondioksida lebih tinggi dibandingkan oksigen turut mempengaruhi kondisi tubuh yang kelelahan," tuturnya.

Meski demikian, lanjut Kapolsek, pihaknya masih akan mendalami penyebab kematian korban dengan memeriksa para saksi, termasuk penyelenggara lomba. "Kami akan periksa semua saksi, baik rekan korban maupun panitia lomba. Selain itu, kami juga masih menunggu visum dari dokter yang diperkirakan baru akan keluar besok atau lusa," katanya menambahkan. Ibu korban Dian Nurziana menuturkan, anaknya mengikuti lomba bersama Felly dan tiga rekan lainnya dalam tim dancer Harajuku sejak Sabtu siang. "Mungkin kelelahan, apalagi tadi dia tidak sempat makan," ucapnya mendampingi Dian di ruang rawat inap puskesmas. Manajer dealer Yamaha Tanjung Balai Karimun Sutrisno enggan memberikan keterangan ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan. "Sama Kapolsek saja, tadi sudah saya sampaikan semuanya," ucap Sutrisno. (mic/mal)

latar belakang Komnas HAM untuk ikut memantau pelaksanaan pemungutan suara di Aceh. Sehari menjelang pelaksanaan Pilkada di Aceh, proses pendistribusian logistik memasuki tahap akhir. Semua logistik untuk pilkada dipastikan sudah berada di tempat aman di semua lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS). Termasuk pendistribusian logistik oleh KIP Kabupaten Aceh Besar ke wilayan kepualauan. Minggu (8/ 4), sejak pagi petugas terlihat tengah mendistribusikan logistik untuk Kecamatan Pulau Aceh. "Distribusi ke Kecamatan Pulau Aceh memang selalu dilakukan sehari sebelum pecoblosan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang terkait dengan ke-

Pasaman Fasilitasi UKM Dapat Pinjaman Lunak SIMPANG AMPEK(VOKAL) Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memfasilitasi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berkembang di daerah itu memperoleh pinjaman tanpa agunan ke BRI. Camat Pasaman Edison Zalmi, Minggu (8/4), mengatakan, pinjaman itu maksimal Rp25 juta dengan bunga 6 persen dalam jangka satu tahun. "Program itu kita namakan dengan Kredit Kemitraan Bina Lingkungan bekerja sama dengan BRI Cabang Simpang Ampek. Dengan adanya kredit tanpa boroh akan bisa membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya," katanya. Dia menjelaskan, kerja sama antara kecamatan dengan BRI untuk memberikan kredit lunak kepada UKM merupakan yang pertama di Pasaman Barat. Unsur kepercayaan membuat pihak bank bersedia bekerja sama dalam rangka membantu warga yang memiliki usaha untuk berkem-

KESEHATAN / KECANTIKAN / PIJAT / LULUR

ELEKTRONIK

SERVICE

PERCETAKAN

PEMBIAYAAN

Hughes Antena Februari Ceria, Sekarang Pasang Indovision, TopTV & Yes TV Cuma 60 Rb. Hub : 0852 6580 8932/62921 (bs luar kota & No. sms)

Service Panggilan Mesin Cuci, Kulkas, Frezeer, TV, Amplifier, stabilizer, Sound system, kipas angin, instalasi listri dll. Hub : 0812 7518 6233, Bergaransi

Okervision PKU (group MNC) Skr psg hanya 150 rb, free iuran 1 bln+paket sport&chanel KTV (Chanel Korea) 2 bln, pasti dpt liga Inggris dan EURO 2012. Ayo buruan Hub : 0853.5531.6249. bs psg luarkota

Sentosa Jaya Teknik, Cuci AC Rumah dan Kantor Rp. 40.000/Unit, Bongkar Pasang dan Perbaikan Langsung siap ditempat, juga melayani Tambah Freon, Hub : 0812 6821 3336/ 0761-3063335

PLTHN Sablon & Printing, Daftar Sgr Utk Dilatih Sbg Tenaga Sablon & Printing,Peserta Min SMP, Byr Pelatihan 500 Rb. Lm Pelatihan Lebih Kurang 1 Minggu,Min 10 Org, Syrat : Fhotocopy KTP, Ijzah. Hub : 0812 754 4924

Bank ANZ Pekanbaru, Kredit Tnpa Agunan, Syrt Mdh, Bunga Ringan, Ckup FC KTP, FC Krt Kredit,FC Billing & Cover BK Tabungan, Lmit Krt 3 X Pencairan. Nilai Pencairan 4 Jt sd 200 Jt. Hub : 0852 7144 8965 (Nita)

SUI Message, Anda Ingin Rileks & Bugar Kami Siap Untuk Anda, Melayani Panggilan & Hotel, Silahkan Call Ke 0853 6446 2702

Telkom Vision Mau langganan Telkom Vision?? Utk tempat Tinggal, hotel, wisma kantor dll. Hub : PT Citra Moraland Tlp : 0761 33934 HP. 0813 7802 2471. 0852 6493 9663, Nikmati tonton Kls dunia

Aries Teknis Service, Ditempat Bongkar Pasang AC, kulkas, Mesin Cuci, Dispenser, Kompor Gas, TV, Dll. Hub. 0761-7620133 / 0813 7173 6031Bergaransi, Melayani Luar Kota

Anda Butuh Uang, Cukup Dg BPKB Mobil/Motor, Pencairan Besar, Bisa Take Over, Mobil Anda Di Asuransikan. Hub : Aldi 0852 7173 6335/0852 689 6612

Ibu Sri Urut Sehat, Tradisional, Anda Ingin Rileks, Pijat Refleksi, Luluran dan Pemijatan, Turun Perut, Salah Urut, Dll Hub : Ibu Sri HP : 0852 6592 2247 / 0853 7600 7436. Antar Alamat

Butuh Dana Cepat, Cukup Jaminan BPKB Motor/Mobil Anda, Motor Th 2002, Mobil Th 1990, Proses Cepat dan Bisa Bantu Take Over Baik Mobil/ Motor, Hub : Herman 0852 1066 5860

Melur Jaya, Melayani Urut Tradisional, Shiatsu, Thai, Dll. Alamat Jl. Melur Bawah No. 19 H & Arengka 1 (Komp. Taman Malibu Blok C-1), Hub : 0813 6568 6749 & 0813 7046 6883

Penambahan Modal Usaha, Sahabat Soempurna Sistem Syariah, Biaya Ringan Bisa Take Over, Jaminan Berupa SKGR, SHM, BPKB, Plafon 5-500 Jt, Syarat Berlaku Hub : Mahlil 0852 1366 4240

Hellen Massage, Menerima Panggilan Hotel, Semua Treatmen, Tradisional Massage, Thaikombo Massage, Tenaga Profesional Buka 24 Jam. Hub : 0821 6912 9918

PT. Aha Multi Scane Jl. Soekarno Hatta Ruko Damai Langgeng Blok B 29 pku, jual & service jembatan timbangan/ Timbangan truck semua merk, kapasitas mulai 20 Ton s/d 100 Ton 0821 7336 9988 / 0761-61077 Ahli Service & Instalasi CCTV Online Pabx (jar, telepon) jar computer/Wireless Servis laptop, Komputer, Kwalitas dan harga ok, bergaransi Layanan Panggilan hub :0812 6638 2800 Elektro Teknik Servis Tukar tambah, pmasangan & pemeliharaan, baru & bekas AC, Spilit/windows, mesin cuci, kulkas, TV. Dispenser, kipas angin, Kompor gas dll hub : 0821 7232 9343 Jl. Srikandi No. 20 Pekanbaru

Inayah Elektronik, Rental AC, Blower Utk Berbagai Acara, Service AC, Pasang Baru, Mesin Cuci, Kulkas, Stabilizer, Jual Beli Second dan Baru, Hub : 0812 7662 319 / 0852 7865 9636 Berkah AC, Menerima Pasang AC, Service AC, Kulkas, Mesin Cuci, Bongkar Pasang AC, Dll, Hub : 0821 7438 6977 / 0761-7708193 CV Riau Jaya Service, AC, TV, Mesin Cuci, Dispenser, Kulkas. Hub : 0761-7086113 / 0813 7885 3641 Melayani Kontrak/Luar Kota Jaya Service, Ditempat, Bongkar Pasang, AC, Kulkas, Mesin Cuci, TV, Hub : 0761- 4851640 / 0813 6547 7080

Penanggung jawab/redaktur: AKMAL KUTIANYIR

Raja Kartu Nama, Hrg Mulai 100 Rb/ 6 Kotak, Juga Melayani Cetak Brosur, Bon 85 Rb/Rim, Pulpen 3500/Pcs, Jam Dinding 30 Rb/Pcs, Dll : 0813 7849 0050

SEDOT WC / SUMUR BOR

Ahli Mampet, Specialis WC Mampet,

Sedot WC, Sedot Tinja, Saluran Air Mampet,Wastafel Bathub, Dll. Tanpa Bongkar & Tanpa Bahan Kimia, Bergaransi. Hub : 0761-7709422 / 0813 7115 5556

Raja Mampet, Mengatasi WC Mampet, Saluran Air, Bathtub, Cuci Piring,Sedot Tinja Dll, Bergaransi hub : 07614801744/0813 6540 2539 Jasa Mobil Tinja, Spesialis Sedot Tinja, Sedot WC, Wc mampet, Saluran Air Mampet,Westafel, Tanpa Bongkar Tanpa Kimia, Bergaransi Hub : 0761766 7321, 082172941118 Mobil Tinja, Sedot TPM, Mengerjakan Sedot WC dan Saluran Air Yg Tersumbat Tanpa Dibongkar, Bisa Kontrak dan Harian, Bisa Dalam dan Luar Kota, Hub : 0812 754 7635 / 0761-7621273 Mobil Tinja, Sedot WC, WC Tersumbat, Saluran Air Yg Ter-sumbat. Tanpa Di Bongkar. Hub : 0812 7650 812/0761481 2882/0813 7879 1979

Pinjam Dana, Modal Usaha, Syarat : BPKB, Sertifikat Tanah. Hub : Vika : 0812 1503 9917, Harto : 0853 6306 7955

PROPERTI / RUKO DIJUAL / TANAH

Anda Butuh Dana Cepat, Cukup Jaminkan BPKB Mobil/ Motor Anda, Proses Cepat 1 Hari Langsung Cair, Data-Data Anda Bisa Di Jemput/ Diantar Ke Kantor Kami. Bagi yg Berminat Hub : 0813 7194 5978

Dijual Ruko, 4 Pintu di Jl. Lobak, Smpng Ardath Depan Bintang Cendikia/Jl. PGRI. Progress SHM, Terjual 2 Unit, Sisa 2 Unit. Hub : 0812 7571 9719, 0853 6568 7000

Butuh Dana Cepat, Cukup Jaminkan BPKB Motor Anda, Proses Cepat Bagi yg Berminat Hub : 0761 - 861156 HP. 0852 7208 1133 / 0812 7632 738 Beli motor anda dgn harga tinggi

curangan," jelas Thabran, Camat Kecamatan Pulau Aceh. Untuk mendistribusikan logistik pemilukada, pihak KPPS menggunakan perahu motor, karena untuk menuju Pulau Aceh harus menggunakan jalur laut. "Semua proses berjalan lancar dan dipastikan masyarakat di Pulau Aceh akan bisa melakukan pencoblosan sesuai dengan jadwalnya," ujar Thabran. Ketua Perencanaan Program Keuangan dan Logistik KIP Robby Syah Putra menjelaskan sejak Kamis (5/4) lalu, semua logistik Pemilukada sudah tersebar di kabupaten/kota termasuk di Simeulue. "Logistik saat ini sudah berada di dekat TPS," ujarnya. (mic/kps/mal)

Dijual Ruko, 6 Pintu di Jl. T.Bey. Simpng 3, Tiang Pancang Beton, 2 ½ Lt, Progress : Parkir Luas SHM, Terjual 4 Unit, Sisa 2 Unit. Hub : 0812 7571 9719, 0853 6568 7000

Dijual, 1 Unit Ruko 1 Lantai Lngkap Dg Usaha Bengkel & Sku Cdang, Lokasi Strategis, Jl. Bukit Barisan/ Kapau Sari, Lt 5 x31, LB 5x20, SHM IMB, Hrg 385 Jt Nego di Tmpat, Hub : 08127688223 Dijual Ruko, 2 Lt, di Komp Paninsula, Jl. Nangka dkt SKA, Kos aktif, full keramik, tambah bangunan Di blk, listrik 2200 watt. Hub : 0761-7004878 Dijual Cepat, Ruko Dlm Komp Nangka 2 Lt, 3 Unit, Hrg Nego dan Rumah 2 Lt di Villa Bunga Raya LB 100 LT 128. Hub : 0853 5571 8181/ 9841001 Ruko Dikontrakan, 2 Unit Ruko 3 Lantai Komplek Pertokoan Metropolitan City Giant. Yg Berminat Hub : 0817 6757 907/0812 7567 6640 Dijual Rumah: Terletak JLN.SULTAN

SYARIF HASYIM NO.29, RT.01 RW.01 KELURAHAN KAMPUNG DALAM, SIAK SRI INDRAPURA, NO.HP.081282503422 DAN NO HP.085271949471 HARGA NEGO.(Lokasi Strategis)

Dijual Rumah, Jl. Gunung Agung No. 4 Pintu Angin Pku. LT/LB : 600 M/250 M. SHM. Lok : Sangat Strategis, Tengah Kota, Siap Huni..Hrg 1,4 M..Nego Hub : 0812 7640 092/0812 6895 1160 Dijual Rumah, Renovasi Lb 100, Lt 150 KT3, KM 2 Dapur Kitchen Set & Wastafel Full Trali, Listrik 1300 Smur Bor, Paving Blok, Full Krmk, Lok Perum Griya Insan Makmur, Blok A4, 220 Jt. Hub : 081275800736 Dijual Cepat, Rumah Baru Model Minimalis, Sngat Strategis di Jl. Cipta Sari No. 7 A, SHM, IMB Lengkap,

bang dengan memberikan bantuan modal. Bagi UKM yang ingin mengajukan pinjaman ke BRI, kata dia, harus memperoleh rekomendasi dari Camat Pasaman agar warga yang mengajukan pinjaman benarbenar memiliki usaha dan berkemauan untuk berkembang. Sebelum memberikan rekomendasi, pihak kecamatan menyurvei usaha yang diajukan. "Tanpa rekomendasi dari camat, UKM tersebut tidak bisa mengajukan pinjaman ke BRI. Mengenai angsuran kreditnya dihitung per bulan berdasarkan hitungan bunga dan pokok," jelasnya. Menurut dia, pinjaman maksimal Rp25 juta tanpa agunan dengan bunga 6 persen setahun ini, sangat membantu dan merupakan salah satu peluang bagi UKM untuk berkembang. Dia menambahkan, jika usahanya maju dan butuh dana lebih dari Rp25 juta, pemilik UKM akan diarahkan ke Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 9 persen per tahun. (mic/mal)

PBB Lunas 2011. Dekat dg Kantor DPRD TK 1. Hrg Rp. 700 Jt Hub : 0811 756 674 Perum Vila Fajar Indah I Jl. Fajar Blok C/15. SHM LB/LT 84/150M2 3 KT, 2 KM Listrik 1300 watt. siap huni lokasi strategis 260 jt Hubungi: 0811909843 Dijual Rumah, Tipe 52 Jl. Suka Karya, 500 M Dr Jl. Subrantas Perum Malay Asri 2 Blok A, No. 1 di Belakang Ruko. Hrg 250 Jt Nego. Peminat Hub : 0831 8795 4759/0853 5634 9458 Dijual, Rumah 2 Unit Jl. Sail Type 77/281 M2 dan Type 70/250 M2. Lantai Full Keramik, Pagar Keliling, Halaman Luas. Hub : Pilar Properti 0761-7785876, 0812 6811 5007 Dijual, Tanah Perumahan 46 x 36 Ada Perumahan Pagar Keliling di Jl. Tanjung Jaya Ujung/Jl. Kandis Ujung Harapan Raya. Hub : Bpk Anto 0812 681 7723 Dijual Tanah, Dekat Villla Sakinah/ Belakang Lembaga Luas Tanah 448 M2 SHM Harga 150 Jt Nego. Ukuran P27 x L 18 Hub : 0853 7495 3800/ 0853 6486 1975 Dijual Tanah, 20 x 30 Dg Rumah Type 36 di Jl. Purwodadi Ujung, Samping Acik Ponsel Panam. Hub : 0812 751 6494 Dijual Tanah, Luas 5900 M, SHM, Lok Strategis di Tepi Jl. Besar Yos Sudarso Rumbai Tnh Keras & Datar, Bs Masuk Truk Container, Cocok Utk Prumahan, Gudang Kantor, Hrg 350 Rb/M, Nego Hub : 0812 758 6040 Perwajahan: ABDA


CMYK

Galery

24

HARIAN VOKAL

SENIN 9 April 2012/17 Jumadil Awal 1433 H

BUPATI Rokan Hilir H Annas Maamun menyerahkan piagam penghargaan kepada Ketua PWI Riau H Dheni Kurnia.

PERHELATAN Hari Pers Nasional (HPN) sekaligus peringatan HUT ke-66 PWI tingkat Provinsi Riau di Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rohil, diisi dengan berbagai acara seperti gerak jalan santai, donor darah dan peresmian Balai Wartawan. Gerak jalan santai sepanjang 7 km itu diikuti Bupati Rohil H Annas Maamun, Wakil Bupati H Suyatno, Sekdakab Rohil H Wan Amir Firdaus,

Kabag Humas Rohil Firdaus, Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, Kapolres Rohil AKBP Auliansyah, Kajari Bagansiapiapi Moh Zaenudin, Ketua

PWI Riau H Dheni Kurnia, Dewan Kehormatan PWI Pusat H Tarman Azam, Ketua HPN Riau Eddy Ahmad RM, tokoh masyarakat Riau H Saleh Djasit, Ketua PWI Perwakilan seRiau, pimpinan redaksi media seRiau, kepala dinas, badan, kantor dan tokoh masyarakat lainnya. Acara puncak HPN 2012 digelar malam harinya sekaligus malam re-

sepsi di Balai Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Rokan Hilir di kawasan Batu Enam. Eddy Ahmad RM dalam sambutanya menyebutkan Bupati Rokan Hilir Annas Maamun layak mendapatkan Pin Emas PWI atas jasanya bagi perkembangan pers daerah. Hal senada disampaikan Ketua PWI Pusat Margiono.

Tiga tokoh Riau mendapatkan PWI RiauAwardmalamitu,yakniSalehDjasit dan Asparaini Rasyad selaku pendiri harian ternama se-Sumatera (Riau Pos, 1990)sertawartawanseniorTaufikIkram Djamil, sebagai penulis terbaik skala nasionaldanlokalsertaeksismelakukankritik sosial lewat berbagai karya. Naskah dan foto: ASBINSYAH PASARIBU

BUPATI Rokan Hilir H Annas Maamun menyerahkan piagam penghargaan kepada Ketua PWI Pusat Margiono.

TARMAN Azam memberikan kata sambutan sebelum pelepasan peserta gerak jalan sehat.

BUPATI Rokan Hilir H Annas Maamun menerima reward Pin Emas PWI BUPATI Rokan Hilir H Annas Maamun memberikan kata samdari Ketua PWI Pusat Margiono. butan sesaat sebelum melepas peserta gerak jalan sehat.

BUPATI Rokan Hilir H Annas Maamun melepas peserta lomba jalan WAKIL Bupati Rokan Hilir H Suyatno (topi merah) bersama sehat. masyarakat Rohil mengikuti gerak jalan sehat.

KETUA Tim PKK Rohil Hj Latifah Hanum didampingi Hj Dahniar memotong pita peresmian Balai Wartawan Rohil.

BUPATI Rokan Hilir H Annas Maamun (2 dari kanan) dan Ketua PWI BUPATI Rokan Hilir H Annas Maamun menyerahkan hadiah sepe- SALAH seorang peserta donor darah yang digelar dalam rangkaian Riau H Dheni Kurnia, menandatangani prasasti Balai Wartawan, dis- da motor kepada pemenang gerak jalan santai. kegiataan HPN. aksikan Ketua DPRD Rokan Hilir H Nasrudin Hasan dan Dewan Kehormatan Pers Tarman Azam (kanan).

Penanggung Jawab/Redaktur: FITRI MAYANI

Perwajahan: ABDA

Harian Vokal edisi 09 April 2012  

Santun Mengkritisi, Cerdas Menyikapi

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you