Issuu on Google+

CYAN YELLOW MAGENTA KEY

14 MEI 2012 SUBUH : 04:54 DZUHUR : 12:11 ASHAR : 15:35 MAGHRIB : 18:16 ISYA : 19:28

Rp2000 (Pekanbaru) Rp3000 (Luar Kota)

Harian Vokal Santun Mengkritisi, Cerdas Menyikapi

SENIN

14 MEI 2012 23 JUMADIL AKHIR 1433 H EDISI 663/TAHUN III Harga Langganan

Rp50.000/bulan Luar Kot ota+ a+O a+ Ong ngk kos Kirim

Email: harianvokal@gmail.com

24 Halaman (3 SESI)

Dramatis, City Juara

LONDON(VOKAL)-Dramatis! Kata-kata inilah yang mengambarkan perjuangan Manchester City untuk merengkuh gelar juara Premiership musim ini. Sempat tertinggal 1-2, The Citizen berhasil mengejar sekaligus unggul dan mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 3-2 atas Queen Park Rangers (QPR), di Etihad, Minggu (13/5). Sukses tersebut mengantarkan City meraih gelar pertamanya sejak 44 tahun terakhir. Poin City dengan Manchester United yang bersamaan meraih kemenangan 1-0 atas Sunderland sama, yakni 68, tapi pasukan Roberto Mancini ini unggul selisih gol. City yang bermain di depan publiknya sendiri langsung berusaha mengendalikan permainan. Sebuah usaha dari Yaya Toure nyaris membuahkan hasil, seandainya bola tembakannya tidak melebar pada menit ke-6. Lima menit kemudian usaha Samir Nasri juga kembali nihil. Gelandang asal Prancis itu terlihat terburu-buru dalam melepaskan tembakan sehingga bola melayang tinggi di atas mistar.

INT

PARA pemain dan suporter Manchester City meluapkan kegembiraannya setelah dipastikan menjuarai Liga Inggris tahun ini, usai mengalahkan Queens Park Rangers 3-2 di stadion Etihad, Manchester, Minggu (13/5) malam.

Bersambung...Hal 7

Spekulasi Jatuhnya Sukhoi Marak Cakap Bebas

OLEH: YUSKO

Menuai Badai

Pada masa rezim Orde Baru sangat banyak judul buku yang dilarang beredar, dengan berbagai alasan. Tidak jarang, alasan yang dikemukakan penguasa Orde Baru untuk

Bersambung...Hal 7

Dewi Gita

Fresh Looking

SOSOK Dewi Gita tak hanya terkenal dengan keindahan suaranya. Dewi pun dikenal sebagai penyanyi yang eksis juga di dunia tari. Istri vokalis band Gigi,

n Pilot Diduga Uji Kecanggihan Teknologi n ATC Bandara Soeta Merasa Disudutkan JAKARTA(VOKAL)-Di tengah kerja keras tim SAR untuk segera menemukan seluruh jasad korban, berbagai spekulasi tentang kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet-100 di Gunung Salak, Bogor, Rabu (9/5) silam, juga makin marak. Selain faktor cuaca, dugaan pembajakan, kesalahan manusia, faktor teknis pesawat, juga mencuat dugaan manuver pilot asal Rusia di sekitar Gunung Salak yang terlalu berani. Sumber wartawan di lokasi evakuasi Sukhoi, Minggu (13/5), di antaranya menduga, pilot pesawat, Alexandr Yablontsev minta turun

INT

TIM gabungan melakukan evakuasi jenazah korban pesawat Sukhoi SuperJet 100 di Gunung Salak, Jawa Barat, Minggu (13/5). Medan yang terjal serta cuaca yang tidak menentu menjadi kendala melakukan evakuasi para korban.

I ndeks......

w Dishut Rohil Tangani Perambahan Bakau .................hal 13 w Dewan Minta Prioritaskan Guru Honor ................................hal 15

n Harian Vokal di Hati Anda, Klik: www.harianvokal.com CYAN YELLOW MAGENTA KEY

Bersambung...Hal 7

SEJUMLAH pendaki dan tim SAR yang ikut dalam pencarian pesawat Sukhoi di Gunung Salak mempunyai pengalaman cerita magis. Mulai dari melanggar larangan memetik bunga hingga mimpi bersenggama dengan perempuan cantik.

w Wako Dinilai Lecehkan Surat Mendagri .......................................hal 9

Penanggung Jawab/Redaktur: HASAN BASRIL

"Selain pilot dan kopilot, dalam kabin juga ada navigator, yang mengetahui jalur perjalanan udara, termasuk ada apa saja di sana seperti BTS, gunung dan lainnya," kata dia. Semua keputusan, apakah harus turun dari ketinggian, apakah harus menghindari gunung, harus dilakukan musyawarah mereka bertiga.

Perempuan Cantik di Gunung Salak

w Asykar Bertuah Kalah Lagi ......hal 7

Bersambung...Hal 7

karena ingin melakukan manuver untuk menunjukkan kelebihan SSJ-100. Soal cuaca buruk, dia menambahkan, itu semestinya terdeteksi dalam radar.

LAPORAN: YUSMAN, GUSWANDI/JAKARTA -

Seorang yang tergabung dalam sebuah regu pada tim yang pertama kali diterjunkan ke Gunung Salak menceritakan pengalamannya saat berada pada ketinggian 1.700 kaki, pos terakhir tak jauh dari titik koordinat

Bersambung...Hal 7

Ngaku Setor Sisa Anggaran Proyek ke KPPN Rp19 M

Dirut RSUD AA Dituding Bohong PEKANBARU(VOKAL)-Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad (AA) Pekanbaru dra Yulwiriati Moesa dituding membohongi publik terkait pengakuannya telah menyetorkan disa anggaran proyek pembangunan gedung be- YULWIRIATI MOESA dah sentral lima lantai di areal RSUD AA, senilai Rp19 miliar, kepada Kantor Pelayanan dan Perbendaharaan Negara (KPPN). Tudingan tersebut dilontarkan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Kontraktor Indonesia (Aksi) Syakirman, Minggu (13/5). Dijelaskan Syakirman, pada Jumat (11/5), pihaknya menemui pimpinan KPPN Pekanbaru, mempertanyakan pengakuan Dirut RSUD AA Yulwiriati yang telah menyetorkan sisa anggaran proyek gedung bedah sentral lima lantai.

Bersambung...Hal 7

KPK Segera Tahan Lukman Abbas n Sudah Cukup Bukti PEKANBARU(VOKAL)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera menahan mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Riau (Kadispora) Riau Lukman Abbas dan anggota DPRD Riau TAY, pasca

ditetapkan sebagai tersangka Selasa (8/5) lalu. Juru Bicara KPK Johan Budi, mengatakan,

Bersambung...Hal 7

n Iklan : Harmen Fadly 0812 7575 1116

LUKMAN Abbas

n Langganan Koran : Irwansyah 081378342374 Perwajahan: IDRIS MUCHNI


2

HARIAN VOKAL

LINTAS Ratusan Kendaraan Dinas Raib PALU (VOKAL) - Tidak kurang 243 unit kendaraan dinas sepeda motor milik Pemerintah Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, tidak diketahui keberadaannya hingga saat ini. Nilai kendaraan dinas tersebut miliaran rupiah. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Sulawesi Tengah yang mengungkap raibnya ratusan kendaraan dinas ini akibat konflik Poso yang terjadi 12 tahun lalu. “Bila dirupiahkan mencapai Rp 7,3 miliar," ujar Ketua BPK Perwakilan Sulteng, Sumardi Sumardi, Minggu (13/4). Ia mengatakan selain tidak diketahui keberadaannya juga terdapat 66 unit kendaraan bermotor senilai Rp1,49 miliar masih dikuasai pihak lain seperti mantan pejabat yang sudah pensiun di daerah itu. Meski banyak yang tidak jelas asetnya, Badan Pemeriksa menyebut laporan keuangan Kabupaten Poso pada 2011 masih dalam opini wajar dengan pengecualian (WDP). “Sama seperti tahun lalu, tapi sudah banyak mengalami kemajuan dalam upaya memperbaiki tata kelola keuangan daerah,” kata Sumardi. Menurut dia, pemerintah Kabupaten Poso masih perlu melakukan pembenahan kembali atas laporan keuangannya karena laporan tahun ini belum bisa diyakini kewajaran penyajiannya, terutama penyajian asetnya. Selain kendaraan dinas, Badan Pemeriksa juga mendapati aset sebesar Rp 421,87 miliar milik pemerintah daerah belum selesai diinventarisasi dan divalidasi dokumennya. Aset tersebut tersebar di 21 instansi atau satuan kerja perangkat daerah (SKPD).(tco/rid)

Ical Akan 'Taklukkan' Sesepuh Golkar JAKARTA (VOKAL) - Setelah berhasil meredam kisruh pencalonan yang dikritik Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Akbar Tandjung, Aburizal Bakrie akan "menaklukkan" tokoh senior lainnya. Ical akan bertemu dengan sesepuh Golkar pada 9 Juni 2012. Permintaan silahturahmi khusus ini disampaikan langsung oleh Ical ke Wakil Ketum Golkar Fadel Muhammad. "Iya ada pertemuan, akan saya atur atas penugasan dari Ketum," kata Fadel kepada detikcom, Sabtu (12/5). Rencananya pertemuan akan digelar di kediaman BJ Habibie di Kuningan, Jakarta Selatan pada hari Sabtu, 9 Juni 2012. Sesepuh Golkar yang akan hadir adalah Jusuf Kalla, Akbar Tandjung, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Ginandjar Kartasasmita. "Acara ini menarik. Semua tokoh-tokoh senior akan berkumpul," sebut Fadel. Seperti diketahui, pencalonan Ical tinggal menunggu ketuk palu dalam Rapimnas III akhir Juni di Bogor, Jawa Barat. Rapimnas ini mengukuhkan Ical sebagai capres 2014. Dukungan terhadap pencalonan Ical sudah diajukan pengurus 33 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I.(dtc/rid)

Penanggung Jawab/Redaktur: HASAN BASRIL

SENIN

NASIONAL

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

8.100 Pekerja Bakal Dapat Jamsostek LHK JAKARTA (VOKAL) - Sebanyak 8.100 orang pekerja informal dipastikan menerima subsidi iuran program Jaminan Sosial Tenaga Kerja Luar Hubungan Kerja (LHK). Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar, mengatakan bantuan subsidi iuran Jamsostek bagi tenaga kerja informal atau pekerja LHK ini meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK). hit, nelayan, tukang “Subsidi iuran pangkas rambut, petprogram Jamsostek ani, supir, penambak, dimaksudkan sepeternak, buruh dan bagai stimulan keburuh bongkar muat. pada tenaga kerja Jumlah pekerja LHK agar tertarik informal yang mendan mau menjadi jadi peserta program peserta jaminan soJamsostek LHK masial tenaga kerja, sih sedikit, sehingga kata Muhaimin daperlu untuk ditinglam keterangan persnya di Jakarta, MUHAIMIN ISKANDAR katkan jumlah kepesertaannya. BerdaMinggu (13/5). Anggaran yang disediakan sarkan data Kemenakertrans dan untuk program ini sebesar PT Jamsostek, hingga akhir bulan Rp2,8 miliar. Rencananya akan Desember 2011, pesertanya baru diberikan kepada pekerja infor- mencapai 679.338 peserta (2,14 mal yang tersebar di wilayah persen) dari jumlah pekerja LHK Banda Aceh, Bengkulu, Bogor, di Indonesia yang jumlahnya seCirebon, Jambi, Medan, Palu, kitar 31, 7 juta orang. Untuk menjamin subsidi Pontianak dan Surabaya. Sebanyak 8.100 orang pekerja iuran jamsostek diterima oleh tersebut memiliki jenis pekerjaan para pekerja LHK yang bedi hampir semua bidang peker- nar-benar membutuhkan, jaan baik sektor jasa atau sektor pihak Kemnakertrans telah riil antara lain tukang bangunan, membentuk tim pendataan, tukang becak, ojek, bengkel bor- tim seleksi dan tim validasi dir, tukang las, mekanik, penja- data.(rpo/rid)

ANTARA

WARGA MISKIN - Sejumlah warga pulang mencari sisa gabah di sawah yang baru dipanen di Desa Dhompo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Minggu (13/5). Warga miskin tersebut tidak mempunyai kemampuan berproduksi maupun daya beli terhadap pangan sehingga setiap harinya harus berburu dan mengais rezeki sisa-sisa gabah di sawah-sawah yang baru dipanen.

Suami Nikah Massal, AJI Ingatkan Etika Liputan Sukhoi Istri PNS Mengamuk KENDARI(VOKAL)-Kendari Siti Hanura mengamuk di pelataran Swissbell Hotel Kendari. Perempuan itu tak terima karena suaminya, Wisman Edi, ikut dalam pernikahan massal yang digelar hotel tersebut. Siti datang bersama keluarganya dari Kabupaten Muna, Minggu (143/5/2012). Mereka bersitegang dengan petugas nikah massal dari Kementerian Agama Kota Kendari. Begitu mengetahui surat nikah yang bakal diterbitkan atas nama suaminya, Siti geram. Ia langsung mengamuk. "Saya ini masih istrinya dan belum pernah bercerai," katanya. Humas Kementerian Agama Kota Kendari, M. Rifai, menjelaskan, pihaknya tidak mengetahui Wisman Edi masih memiliki istri yang sah dan buku nikah tersebut akan dibatalkan. "Wisman Edi mendaftarkan diri dengan menggunakan KTP

Kota Kendari. Kami baru mengetahui hal ini dari Siti Hanura yang mengaku sebagai istri sah Wisman Edi. Kalau hal itu benar adanya, maka buku nikah yang diperuntukan kepada saudara Wisman Edi SE batal diterbitkan," papar M. Rifai. Sementara itu, ketua panitia nikah massal dari pihak Swissbell Hotel, Muh Syarifuddin, mengatakan, peserta nikah massal berjumlah 60 pasangan yang berasal dari keluarga pra-sejahtera. Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan pihak kecamatan Kendari Barat. "Peserta mendaftarkan diri lewat kantor kecamatan. Kami hanya menyiapkan tempat dan menghadirkan petugas pernikahan saja," jelasnya. Informasi yang didapatkan detikcom, Wisman Edi adalah salah satu PNS dari Kabupaten Muna.(dtc/rid)

BANDARLAMPUNG (VOKAL) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia mengingatkan agar pemberitaan dan peliputan masif tragedi Sukhoi oleh media massa dan para jurnalis mematuhi kode etik jurnalistik. "AJI Indonesia mengimbau rekan-rekan jurnalis peliput dan kantor media yang menayangkan pemberitaan itu, agar senantiasa berpedoman kepada kode etik jurnalistik, pedoman pemberitaan media online, dan standar perilaku penyiaran yang berlaku," kata Ketua Umum AJI Indonesia Eko Maryadi dalam siaran persnya, Minggu (13/5). Dalam siaran pers yang juga ditandatangani Kepala Divisi Etik

Profesi Dandy Koswara itu, AJI menyayangkan model peliputan sensasional yang mengekploitasi korban. Eksploitasi itu di antaranya menayangkan berulang-ulang kondisi korban, mengeksploitasi kesedihan, menampilkan foto korban secara berlebihan, histeria keluarga korban, dan membuat berita spekulatif-konspiratif yang ditengarai telah dilakukan beberapa media massa. AJI mengajak media massa mempertimbangkan perasaan keluarga korban dalam melakukan pelaporan jurnalistik. "Mereka yang sedang berduka adalah bagian dari publik yang memiliki hak untuk mendapat-

kan informasi secara proporsional, tidak semata sebagai objek berita," tegas Eko. Para pemimpin redaksi media massa hendaknya mempertimbangkan aspek peliputan berperspektif korban sebagai tanggung jawab moral jurnalistik profesional dan beretika. AJI mengkritik media massa yang menjual produk jurnalistik dari tangisan dan penderitaan korban, apakah lewat oplah, page view, atau rating. AJI mendorong Dewan Pers dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk aktif mengawasi pemberitaan cenderung provokatif dan melanggar kode etik jurnalistik.(atc/rid)

Perwajahan: ZULQIFLI


INTERNASIONAL SENIN

3

HARIAN VOKAL

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

LINTAS Myanmar Minta Jutaan Pengungsi Pulang

YANGON(VOKAL)-Presiden Myanmar Thein Sein mendesak jutaan pengungsi Myanmar yang kini hidup di negara lain, untuk kembali ke Tanah Air. Kembali warga pengungsi dapat membantu memuluskan jalan reformasi. Ketika pemerintahan junta militer berkuasa di Myanmar, jutaan pekerja ahli negara tersebut kabur mencari tempat yang aman. Kini Presiden Thein meminta kembali pulang, untuk membantu membangun Myanmar mengingat negaranya kekurangan tenaga profesional. Presiden Thein pun menjanjikan bantuan kepada setiap warga yang mengungsi dalam membangun bisnis, di negara yang kaya akan sumber daya alam tersebut. Myanmar pun sepertinya tengah bersiap untuk menghadapi booming ekonomi, menyusul reformasi yang tengah berlangsung. Banyak pengungsi Myanmar dikabarkan memang berminat untuk kembali ke Myanmar setelah reformasi yang mengejutkan dilakukan oleh Pemerintahan Thein Sein. Sebagian besar dari mereka yang tinggal di luar wilayah Myanmar ini, berhasil membangun karir yang sukses. (ok/sad)

Badai di China Renggut 40 Jiwa CHINA(VOKAL)-Sekitar 40 orang dilaporkan tewas akibat hujan badai di bagian barat laut Cina. Kantor berita pemerintah Xinhua mengatakan sekitar 18 orang masih hilang setelah badai yang terjadi pada Kamis di Provinsi Gansu. Xinhua memberitakan sekitar 350.000 orang mengalami dam-

pak badai tersebut, dan sekitar 30.000 orang diantaranya men-

gungsi dari rumah mereka. Tim penyelamat mengatakan telah mencapai lokasi bencana di Kabupaten Minxian. Pejabat lokal setempat mengatakan banyak jalan yang ditutup, rumah-rumah dan lahan

pertanian hancur akibat hujan badai. Hujan lebat yang terjadi sekitar satu jam di sejumlah tempat. Sekitar 2.000 petugas dan 800 personil militer diterjunkan ke lokasi bencana dan mengirimkan

bantuan bagi para korban seperti selimut, dan bahan-bahan bantuan untuk daerah yang terdampak bencana. Minxian merupakan daerah pegunungan dengan jumlah penduduk sekitar 450.000 orang. (bbc/rts/dtc/sad)

Dubes Bulgaria Lolos dari Penculikan

SANAA(VOKAL)-Duta Besar Bulgaria untuk Yaman lolos dari upaya penculikan oleh orang-orang bertopeng yang menembaki mobilnya di Sanaa, Sabtu (12/5), kata seorang diplomat Barat. Dubes Bulgaria itu mengalami luka ringan akibat serangan itu. “Dia sedang bersama istrinya ketika diserang. Tiga pria bersenjata berupaya untuk menculik dia dari mobilnya. Ketika ia menolak dan mengusir mereka, mereka melepaskan tembakan ke kendaraannya. Matanya terluka akibat pecahan kaca,” kata diplomat itu. Duta besar Bulgaria dan istrinya melarikan diri dengan berlari ke pusat perbelanjaan terdekat, kata saksi. Pasukan keamanan Yaman tiba tak lama setelah itu. Diplomat Barat itu mengatakan bahwa duta besar Bulgaria bepergian tanpa disertai pengawal. “Kami tidak tahu apakah mereka orang-orang suku yang hanya melihat pelat mobil diplomatiknya atau gerilyawan Al Qaeda yang telah merencanakan menculiknya untuk tebusan,” kata diplomat itu. Penculikan orang asing dan orang Yaman biasa terjadi di negara Jazirah Arab yang miskin itu, di mana sandera sering digunakan oleh suku yang tidak puas untuk menekan tuntutan pada pihak berwenang. Namun sandera sering dibebaskan tanpa cedera. (bbc/ ok/sad)

Uni Eropa Bebaskan Kapal Iran di Somalia

SOMALIA(VOKAL)-Kapal angkatan laut Uni Eropa menyelamatkan satu kapal penangkap ikan milik Iran di lepas pantai Somalia. Para perompak kerap menggunakan curian tersebut sebagai sebagai “kapal utama” untuk membajak kapal lainnya. Demikian diinformasikan Pasukan Angkatan Laut UE seperti dilansir mediaindonesia.com, Sabtu (12/5). Sebanyak 17 anak buah kapal Iran berhasil diselamatkan. Pasukan juga sempat bertemu dengan sebelas orang yang diduga kuat sebagai bajak laut yang kerap berbuat onar. “Pembajakan berlangsung sepuluh hari lalu. Kapal sering digunakan untuk melakukan serangan terhadap kapal-kapal niaga,” kata salah satu anggota pasukan UE. Para perompak rupanya lebih senang menggunakan kapal berukuran kecil karena sulit dilacak. Mereka juga membawa beberapa sampan kecil untuk menyimpan senjata. (mt/sad)

Penanggung Jawab/Redaktur: SAADUDDIN

INT

SEJUMLAH mobil yang diparkirnya disebuah gedung hanya tinggal kerangka akibat bom yang meledak di selatan Damaskus, Kamis (10/5) lalu. Kejadian ini menewaskan sedikitnya 55 orang dan ratus mengalami luka-luka.

r Serangan Bom Kembar

Suriah Tuduh AS Sebagai Aktor DAMASKUS(VOKAL)-Sebanyak 55 orang tewas akibat dua ledakan bom yang terjadi selatan Damaskus, Kamis (10/5). Suriah menuduh Amerika Serikat dan negara-negara barat sebagai aktor dibalik serangan tersebut. “Suriah menilai AS dan sekutunya yang menggunakan dalih memerangi terorisme untuk berperang kini membentuk aliansi

dengan para teroris yang telah menghadapi Suriah”, ungkap Menteri Informasi Suriah Adnan Hasan Mahmoud, Minggu (13/5). “Serangan ini merupakan eskalasi teroris dengan menggunakan jebakan mobil dengan berton-ton bahan peledak untuk menargetkan warga Suriah. Ini merupakan kelanjutan dari taktik teroris berdarah yang digunakan

antara kelompok bersenjata dan Al Qaeda bersama dengan negaranegara barat yang mendukung mereka dengan persenjataan dan finansial,” katanya. Pihak oposisi membantah terlibat dalam serangan dan berpendapat bahwa pemerintahlah yang berada di belakang serangan bom tersebut. Sementara negara-negara ba-

JENEWA(VOKAL)-Dewan hak asasi manusia PBB di Jenewa bulan depan akan membicarakan kemungkinan diberikannya jaminan asuransi atau kompensasi bagi para korban terorisme. Jika disetujui, maka pemberian kompensasi ini akan menjadi hukum internasional baru yang harus dipatuhi seluruh negara anggota PBB. Diberitakan The Guardian, rencana pemberian kompensasi sebagai hukum internasional didasarkan pada laporan Ben Emmerson, pelapor khusus PBB untuk urusan pemberantasan terorisme dan hak asasi manusia. Selain disampaikan di rapat dewan HAM PBB di Swiss pada 20 Juni, laporan Emerson juga akan dibacakan di sidang umum PBB di New York pada 28 Juni mendatang. Laporan Emmerson dibuat

menyusul penderitaan Will Pike, 31, korban terorisme di Mumbai, India, 2008 silam. Pike yang cacat akibat serangan tersebut mengaku tidak mendapatkan bantuan finansial apapun dari pemerintah. Laporan Pike diikuti oleh laporan korban teror lainnya di Bali, Turki, dan Mesir. Korban terorisme di Inggris bisa mengajukan kompensasi melalui Otoritas Kompensasi Luka akibat Kriminal. Bayarannya antara 1.000 pound sterling hingga 500.000 pound sterling. Namun, prosesnya dianggap bertele-tele dan terlalu lama. Asuransi Jiwa Dalam laporannya nanti di PBB, Emerson mendesak perusahaan asuransi di negara-negara anggota PBB untuk memasukkan “serangan terorisme” sebagai bagian pengajuan polis asuransi

jiwa. Selain itu, Emmerson mendesak perusahaan asuransi untuk juga memberikan tanggungan medis bagi mereka yang terluka atau terbunuh akibat serangan teroris saat berlibur. Emerson juga mengatakan, negara anggota PBB harus memberikan bantuan yang diperlukan bagi korban terorisme, termasuk kompensasi dan rehabilitasi Jika laporan Emmerson ini diterima, maka seluruh anggota PBB harus menggunakan standar hukum internasional baru terkait perlakuan terhadap korban teror. Negara anggota PBB juga harus sepakat bahwa terorisme adalah pelanggaran terhadap HAM para korbannya. Maka, negara secara langsung ataupun tidak langsung harus terlibat dalam menjamin kesejahteraan para korban. (bbc/ rts/sad)

rat, Turki dan negara Teluk Arab telah secara terbuka menyatakan dukungannya kepada oposisi Suriah. Banyak aktivis dan pejuang yang mengatakan negara-negara Teluk menyalurkan dana dan senjata untuk para pemberontak lewat pihak swasta. Al-Nusra Bertanggug Jawab Sebuah kelompok militan di Suriah bernama al-Nusra mengaku bertanggung jawab atas dua ledakan bom ini. Pengakuan ini dirilis lewat video yang diunggah

ke internet. Video ini dinarasikan oleh seorang pria yang suaranya disamarkan. Di dalamnya tidak terdapat bukti bahwa kelompok inilah yang mengeksekusi serangan yang disebut pemerintah Suriah sebagai serangan bom bunuh diri ini. Dalam narasinya, pria itu mengatakan bahwa ledakan bom itu merupakan respon atas serangan pasukan keamanan pemerintah di kota-koa pemberontak. (bbc/rts/ bbs/sad)

Tiga Negara Tolak Korban Teroris Bakal Dapat Kompensasi Ujicoba Nuklir Korut BEIJING-Rencana Korea Utara untuk melakukan uji coba nuklir ketiganya mendapat penolakan. Tiga negara tetangganya, China, Jepang dan Korea Selatan dengan terang-terangan tidak menerima uji coba tersebut. “Tiga negara setuju bahwa kami tidak akan menerima uji coba nuklir lebih lanjut atau provokasi selanjutnya oleh Korea Utara,” kata Lee Myung-Bak, Presiden Korea Selatan, kepada wartawan setelah pertemuan di Beijing, Minggu (13/5). Lee pada Minggu bertemu dengan Perdana Menteri China Wen Jiabao dan Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda untuk pertemuan puncak sehari. Program nuklir dan roket Korea Utara diperkirakan menjadi agenda tinggi mereka. Kekhawatiran uji nuklir ketiga Korea Utara telah berkem-

bang setelah peluncuran roket Pyongyang gagal bulan lalu. Amerika Serikat serta sekutusekutunya mengatakan sebagai uji coba peluru kendali balistik terselubung yang dilarang berdasarkan resolusi PBB. “Selanjutnya kami harus mencegah provokasi dari Korea Utara di masa depan dan memperkuat kerja sama antara tiga negara dalam hal ini,” kata Noda. Wen memperingatkan sebelumnya bahwa wilayah ini menghadapi banyak faktor tidak stabil. “Berbagai pihak perlu menggunakan kebijaksanaan mereka, menjaga dengan sabar, dan menampilkan sikap kesetiakawanan secara lebih luas sehingga meredakan konfrontasi dan kembali ke jalur yang benar melalui dialog dan perundingan,” kata Wen. (bbc/rts/ant/sad)

Perwajahan: ISKANDAR


4

OPINI

SENIN 14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

HARIAN VOKAL

Konversi BBM ke BBG Minim Aksi

TAJUK

Spekulasi yang Kontra Produktif INILAH realita di negeri yang bernama Republik Indonesia. Ketika sebuah peristiwa besar terjadi, semua orang tiba-tiba bisa merasa jadi pahlawan, hebat dan pintar. Tak jarang muncul pakar dadakan untuk semua lini kehidupan dengan beragam argumentasi yang kadangkala justru sudah di luar konteks yang patut untuk ditanggapi. Ketika demam sepakbola terjadi, sebutlah Piala Dunia, semua orang tiba-tiba saja bisa mengklaim diri sebagai pakar dan pengamat yang dengan enteng melontarkan berbagai prediksi hingga asumsi soal kehebatan dan kelemahan seorang pemain maupun sebuah tim yang bertanding. Begitulah yang sering terjadi dan kita ikuti baik di pemberitaan televisi maupun suratkabar. Tak terkecuali ketika sebuah musibah, sebuah tragedi kecelakaan pesawat komersial asal Rusia, Sukhoi Superjet 100 (SSJ-100), terjadi di Gunung Salak, Jawa Barat, pertengahan pekan silam. Di tengah upaya matimatian para relawan, tim SAR dan tim evakuasi untuk mencari dan menyelamatkan para korban, justru yang lebih mencuat di tengah-tengah masyarakat adalah spekulasi kontraproduktif di balik tabrakan pesawat tersebut dengan tebing Gunung Salak. Belum lagi ada kejelasan di mana lokasi jatuhnya pesawat naas yang membawa 46 penumpang dan sebagian besar adalah WNI yang diajak oleh produsen maskapai tersebut untuk menikmati kecanggihan dan kenyaman Sukhoi, justru yang lebih ramai mencuat adalah rumor, isu dan spekulasi. Mulai dari dugaan adanya aksi terorisme di atas pesawat seperti Serangan 11 September 2001 di AS hingga persaingan bisnis produsen pesawat komersial dan ketidakprofesional pilot Sukhoi. Siapapun takkan bisa menduga penyebab terjadinya sebuah musibah, termasuk kecelakaan pesawat seperti yang menimpa Sukhoi. Apakah karena faktor alam, human error ataupun faktor teknis pesawat, tentu nanti akan terjawab seiring dengan temuan kotak hitam pesawat serta hasil investigasi yang dilakukan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Indonesia. Jika selama proses evakuasi ditemukan halhal yang di luar kelaziman, sebutlah tentang mengapa pilot Sukhoi sampai meminta turun dari 10.000 kaki ke ketinggian 6.000 kaki, padahal saat bersamaan pesawat diduga berada di atas Gunung Salak yang berketinggian 7.200 dpl (di atas permukaan laut), itu tidaklah akan bisa memvonis adanya kejadian luar biasa di atas pesawat sehingga mereka memutuskan untuk turun lebih rendah. Begitu pula dengan spekulasi manuver berani yang dilakukan pilot Sukhoi yang minta turun ke ketinggian 6.000 kaki karena ingin melakukan manuver untuk menunjukkan kelebihan SSJ-100 berupa sistem naik otomatis, itu juga sepatutnya dinilai sebagai hal yang tak masuk akal. Sebab, yang dibawa sang pilot bukanlah pesawat tempur yang lebih ringan dan ramping ketimbang superjet 100 tersebut. Di atas pesawat juga bukan hanya satu atau dua orang saja, tetapi puluhan nyawa manusia. Berspekulasi di luar kemungkinan yang sesungguhnya terjadi, menurut hemat kita, hanya akan menambah kesedihan dan kepedihan hati para keluarga korban tragedi Sukhoi serta sangat kontraproduktif. Alangkah lebih baik jika pihak-pihak yang merasa paham dengan dunia penerbangan, lebih fokus memberikan perhatian terhadap langkah-langkah penyelamatan dan evakuasi yang lebih pas terhadap korban kecelakaan pesawat. Mungkin perlu dicermati tentang sistem evakuasi dan kecepatannya, hingga penggunaan teknologi yang lebih canggih terhadap medan sulit seperti di Gunung Salak. Itu lebih baik, karena siapa tahu masih ada nyawa yang bisa diselamatkan, mengingat setiap kali terjadi musibah kecelakaan pesawat, khususnya di negeri ini, hampir nyaris tak ada korban yang selamat dan diselamatkan hidupnya. ***

P ojok   Sindir - DPRD Pekanbaru Minta Prioritaskan Guru Honor + Ingat...! itu aspirasi rakyat - Hutan Bukit Barisan di Rohul Gundul Dijarah + Giliran berikutnya, bukit yang dijarah

RENCANA pengembangan energi alternatif sudah lama didengungkan. Namun, aksi nyata pengembangan energi terbarukan (renewable energy) tersebut, hingga kini tidak menunjukkan kemajuan berarti. Penggunaan bahan bakar gas (BBG) maupun bahan bakar nabati (BBN), seperti biodiesel, bioethanol sektor transportasi nyaris jalan di tempat dan hanya di atas kertas. Akibatnya, saat lonjakan harga minyak mentah (crude) dan beban subsidi membesar, penggunaan energi alternatif yang diharapkan menjadi jalan keluar, praktis tidak bisa diharapkan. Pemerintah sendiri hingga kini terus sibuk merumuskan berbagai kebijakan pengendalian dan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Padahal, kepanikan pemerintah dalam merespon tingkat konsumsi dan tingginya subsidi energi seharusnya tidak perlu terjadi jika penggunaan energi alternatif sudah berjalan optimal. Bagaimana upaya dan pilihan strategis yang harus dilakukan untuk mempercepat pengembangan energi alternatif dalam menyikapi tingginya harga minyak dunia dan menjaga ketahanan energi nasional ke depan? Berikut ini wawancara wartawan Harian Umum Suara Karya Abdul Choir dengan pakar energi dan migas Kurtubi di Jakarta, Jumat (11/5). Pengembangan energi alternatif atau energi terbarukan belum mencapai hasil signifikan. Apa kendala utamanya? Sudah terlalu lama Pemerintah Indonesia merencanakan program pengembangan energi baru

Negara (BUMN) yang fokus pada pengembangan energi terbarukan. Badan usaha ini akan mengimplementasikan kebijakan pemerintah dari hulu, seperti potensi yang banyak tersedia di dalam negeri dan memanfaatkan perkebunan. Selanjutnya, badan usaha juga menangani pengolahan sumber energi terbarukan hingga distribusi dan pemasaran di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang ada. Untuk mempercepat pengembangan energi terbarukan ini dibutuhkan investor swasta yang besar karena tidak cukup hanya dilakukan melalui koperasi yang memiliki berbagia keterbatasan, terutama akses pendanaan. Sebab, produksi dan pengembangan BBN harus dilakukan dalam skala besar agar efisien dan menjamin keberlanjutan suplai BBN. Kalau energi alternatif seperti bioethanol atau biodiesel didorong untuk dikembangkan, akan menjadi sumber energi baru yang bisa mengganti BBM. Tentunya, beban APBN untuk energi akan berkurang. Selain itu, mempercepat peralihan penggunaan BBM ke bahan bakar gas sebagai solusi dalam mengurangi ketergantungan akan BBM yang harganya terus meningkat. Di sejumlah wilayah, sudah berhasil ditemukan sumber energi baru yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar minyak. Sumber energi baru ini dibuat dari hasil pengolahan air pohon Nipah. Ini harus ditindaklanjuti. Pemerintah jangan sekedar merumuskan

DAMPAK perubahan iklim tak selalu tampak nyata secara kasat mata dari indikator cuaca yang tersedia. Namun masyarakat bisa membaca isyarat alam, misalnya kecenderungan peningkatan kekurangan air bersih, tanah longsor, puting beliung, ketidakpastian pergantian musim, banjir, dan makin parahnya abrasi di pesisir Jawa Tengah. Kita tidak bisa membiarkan kondisi itu tanpa penanganan secara dini dan terintegrasi. Faktanya, banyak kabupaten/ kota di Jateng belum optimal mengelola sektor lingkungan hidup, terutama terkait dengan pengaruh perubahan iklim. Indikator itu bisa terlihat dari keminiman anggaran, baik yang bersumber dari APBD, APBN, maupun dana alokasi khusus (DAK) mengenai lingkungan hidup. Persoalan lain, dan ini juga menjadi salah satu faktor signifikan adalah karena pemda belum siap merangkul pe­mangku kepentingan yang menjadi ‘’sumber’’ pemicu perubahan iklim.

Surat Pembaca

setiap peluang yang ada ini akan dimanfaatkan oleh gepeng. Seharusnya pemerintah tegas membedakan antara aturan yang ditetapkan dengan faktor kemanusiaan. Sebab, banyak hal negatif jika gepeng terus dibiarkan. Jika pun mengingat faktor kemanusiaan, Pemko Pekanbaru harus mencarikan solusi bagi mereka, khususnya melalui Dinas Sosial. Apakah memaksimalkan peran panti sosial ataupun solusi lainnya. Tindakan melalui kebijakan yang dibuat diharapkan dapat menghindari imej Kota Pekanbaru sebagai kota gepeng. Jangan tunda lagi menertibkan gepeng, karena tindakan meminta-minta sangat tidak etis di pusat keramaian. Rahmad Jalan Tuanku Tambusai

Realitasnya, belum banyak pemkab/ pemkot di provinsi ini menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk menangani sektor lingkungan. Saat ini, baru Kota Surakarta, Pekalongan, dan Salatiga yang merealisasikannya, yaitu dengan Gesellschaft for Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Republik Federal Jerman. Kerja sama dalam bentuk memorandum of application itu terkait dengan program kebijakan lingkungan dan perubahan iklim. Cakupannya antara lain mengembangkan strategi dan rencana aksi kota terpadu, termasuk mengaplikasikan strategi mengurangi emisi sekaligus menyesuaikan dampaknya. Sejauh mana format kerja sama itu bisa memperkuat komitmen semua pihak untuk bersama-sama, lewat kegiatan adaptasi dan mitigasi, mengelola dampak perubahan iklim? Bila upaya ini tidak dilakukan secara

Oleh

KASUS korupsi dana venue PON yang berujung dengan ditahannya empat tersangka, terakhir Kadispora Riau Lukman Abbas dan anggota DPRD Riau Taufan Andoso Yakin oleh KPK ternyata berpengaruh terhadap persiapan Riau menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012. Sejumlah venue yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan mulai terlantar dan belum terlihat adanya kesibukan berarti. Padahal waktu pelaksanaan event empat tahun ini tinggal empat bulan lain. Sebut saja venue sepaktakraw, boling/biliar, voli indoor, gulat, panahan, sepatu roda dan sejumlah venue lainnya yang pengerjaannya masih dibawah 50 persen. Bahkan, venue menembak yang menjadi buntut terkuaknya korupsi tersebut mulai terhenti pembangunannya. Kondisi ini memunculkan kera-

guan publik dengan kesiapan Riau menjadi tuan rumah. Bahkan timbul wacana pelaksanaan PON XVIII 2012 ditunda beberapa bulan agar Riau bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi. Mungkinkan PON ditunda?. Sejak pelaksanaan pertama kali di Surakarta pada 9-12 September 1948 sampai PON XVII 2008 di Kaltim belum ada tuan rumah yang menunda tanggal pelaksanaan. Mereka selalu melaksanaan sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan. Sebenarnya tidak ada aturan yang menunda pelaksanaan PON kalau alasannya sangat mendesak sekali. Tapi, tentunya semua harus dipertimbangkan masak-masak. Sebab, bagaimana pun penundaan tersebut akan merugikan peserta provinsi yang akan ikut bagian dalam event terakbar di Tanah Air. Bayangkan jika PON ditunda satu atau dua bulan, mareka harus merogoh kocek lagi mengeluarkan

Pemimpin Perusahaan Hj. Bety Marlina

Perwajahan/Pracetak: Pepen Prengky (Kepala), Andixer, Iskandar Zulkarnain, Abda Wiza, Rinto Armiko, Zulqifli, Alib Destiyono, Idris Muchni.

Tun Akhyar

Wakil Pemimpin Perusahaan Gerri Nasri Penanggung Jawab/Redaktur:RIDWAN ALKALAM

dan sebagainya. Komitmen Aksi Melihat kompleksitas dampak perubahan iklim bagi kelangsungan kehidupan manusia, kaitannya dengan upaya menjaga kualitas lingkungan hidup maka pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat, termasuk kalangan usaha, perlu melakukan beberapa upaya. Pertama; penanganan vegetatif meliputi penanaman lahan kritis, penghijauan (pembuatan hutan kota, hutan rakyat dan lain-lain) dan kawasan pesisir (menanam mangrove). Kedua; penanganan sipil teknis, dalam wujud membuat polder, embung, sumur resapan, dan biopori. Ketiga; komitmen terpadu dari unsur pemerintah, masyarakat, dan swasta dalam dengan pengelolahan sampah, pembuatan taman/ kawasan hijau, transportasi massal, menggalakkan car free day, dan men-

Mungkinkah PON XVIII Ditunda?

Wakil Pemimpin Redaksi Hasan Basril

Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab

tanpa ditindaklanjuti aksi nyata. Apakah kendaraan hybrid bisa menjadi pilihan ke depan? Sebelum kita berbicara pemanfaatan kendaraan hybrid yang memanfaatkan listrik atau energi surya dan lainnya, sebaiknya pemerintah fokus dalam satu program utama, yaitu pengalihan penggunaan BBM ke BBG. Berkaca dari dari pengalaman negara lain seperti AS, kendaraan hybrid masih terbilang mahal. Oleh karena itu, jika diterapkan di Indonesia jelas akan terkendala daya beli masyarakat menengah ke bawah. Untuk itu, pemerintah seharusnya all out mengupayakan konversi BBG dalam mengurangi subsidi BBM. Konversi BBG ini dijadikan program utama dan bukan program sampingan dari empat program atau kebijakan energi seperti penghematan listrik dan air dan sebagainya. Apalagi, hingga kini pembangunan infrastruktur BBG, sejak pipanisasi hingga pendirian stasiun-stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) belum merata di berbagai daerah. (Bahkan), di Jawa sekalipun. Kinerja pemerintah dalam mempersiapkan program konversi BBM ke BBG, sangat lamban. Seharusnya sudah dilakukan pembangunan infrastruktur gas dari dulu, di semua daerah di Indonesia. Kalau pemerintah terkendala soal anggaran, bisa di-back up oleh PT Pertamina. Kalau Pertamina tidak sanggup, swasta pasti bany-

Prasetiyo Ichtiarto

serius maka yang terjadi, dan kondisi ini sudah kita alami adalah pertama; meningkatnya suhu udara lingkungan. Kedua; kekurangan air bersih karena perubahan pola curah hujan yang berpuncak pada musim kemarau. Ketiga; peningkatan serangan penyakit vektor serangga, utamanya epidemi DBD dan chikungunya. Keempat; tanah longsor dan banjir/ rob sebagaimana kini lebih sering menimpa masyarakat di pegunungan, pantai, dan tepi sungai. Kelima; ketidakpastian pergantian musim yang berpengaruh nyata terhadap derajat kesehatan masyarakat dan pertanian. Kelima; peningkatan abrasi, proses penurunan tanah dan kenaikan permukaan air laut, sebagaimana sudah lama dirasakan penduduk di daerah pesisir, seperti Semarang, Demak, Cilacap, Tegal, Rembang,

Dewan Redaksi: H Yusrizal Koto, Tun Akhyar, Hasan Basril, Yurnaldi, Hj. Bety Marlina, Gerri Nasri. Ombusdmen: H. Aji Dheri. Redaktur Pelaksana: Idrus Yamin. Koordinator Liputan: Ridwan Alkalam. Redaktur: Bakhtaruddin, Delfi Indra, Zukri Subayang, Marzuli Adi, Akmal Kutianyir, Budi Suseno, Fitri Mayani, Saaduddin Badra. Reporter: Andika, Dairul Riyadi, Adek Hernita, Ryan Yutri Varios, Zulfikri, Indra Jaya, Ibnu Hasan, Devi Surindra, Abdul Mutholib, Mokhtiar, Zulkifli. Sekretaris Redaksi: Desi Arsianti, Yanti. Biro Daerah: Dumai: Parno Sali (Kepala), Yusrhel, Vernando. Pelalawan: Pandapotan Marpaung (Kepala), Giona Puga, Farikhin. Siak: Zulfahmi (Kepala), Soleman. Bengkalis: Andrias (Kepala). Indragiri Hilir: Mulyadi (Kepala), Muhamad Faisal. Indragiri Hulu: Prasetia (Kepala), Obrin B. Rokan Hilir: Asbinsyah Pasaribu (Kepala). Rokan Hulu: Paber Siahaan (Kepala), Maulana Ishaq. Kampar: Apriyaldi (Kepala), Rispondi. Kuantan Singingi: Dodi Kuswandi (Kepala), Reflizar. Meranti: Sawaluddin (Kepala) . Jakarta: Syafruddin AL (Kepala), Surya Irawan.

Pemimpin Umum H Yusrizal Koto

Achmad Kurtubi

ak yang mau. Apalagi, secara bisnis, pembangunan infrastruktur SPBG sangat menjanjikan. Kalau semua stakeholder (pemangku kepentingan) dilibatkan, otomatis pembangunan infrastruktur gas bisa jauh lebih cepat dilakukan secara merata di wilayah Indonesia. Selain itu, dari sisi harga, BBG jauh lebih murah. Harga BBG setara dengan 1 liter premium atau solar hanya Rp 4.100 dan bukan harga subsidi. Sedangkan dari sisi emisi gas buang, BBG jauh lebih ramah lingkungan. Bila infrastruktur siap, tanpa subsidi pun masyarakat bisa menikmati energi murah. Ironisnya, penggunaan BBG untuk kendaraan ini, kita sudah tertinggal jauh oleh negara-negara lain karena pemerintah kita tidak fokus dalam menjalankan program. Padahal, cadangan gas dan produksi gas kita besar. Hanya manajemen gas yang dilakukan oleh BP Migas (Badan Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas) yang tidak jelas. Semestinya, kalau mau, kebutuhan gas dalam negeri bisa terpenuhi seluruhnya. Namun, keberadaan BP Migas hanya membuat perpanjangan birokrasi dan menimbulkan permasalahan, sehingga harus dibubarkan. Ke depan, pengelolaan gas harus ditangani BUMN khusus sehingga kebutuhan gas dalam negeri bisa terpenuhi. ***

Penulis adalah Direktur Center for Petroleum and Energy Economic Studies

Komitmen Aksi Perubahan Iklim

Gepeng Kembali Marak di Jalanan GELANDANGAN dan pengemis (Gepeng) di tengah Kota Pekanbaru, khususnya di persimpangan jalan kembali marak di Kota Pekanbaru. Misalnya di persimpangan Jalan SoekarnoHatta-Tuanku Tambusai, dan di persimpangan jalan yang terdapat traffic light-nya ada saja Gepeng yang meminta-minta. Walaupun ada imbauan untuk tidak memberi sumbangan kepada Gepeng, tetap saja ada warga yang melintas yang memberi sumbangan. Tentu saja tindakan pro kontra ini secara tidak langsung membuat mereka terus saja bertahan di tengah kehidupan kota. Sebaliknya, upaya Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui instansi terkait seperti Satpol PP ataupun Dinas Sosial belum maksimal. Tindakan melalui operasi trantib yang dilakukan selama ini hanya meriah ketika menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri saja. Tentu saja,

dan terbarukan ini. Namun, setelah sekian tahun, tidak bisa diwujudkan. Pada saat kita sangat membutuhkan bahan bakar alternatif untuk menekan subsidi BBM yang diklaim terus meningkat, bahan bakar alternatif ini tidak terlihat perkembangannya. Pemakaian biodiesel dan biopremium masih sangat minim. Artinya, apa yang dilakukan pemerintah selama ini hanya sekedar pencanganan dan catatan di atas kertas alias 'omdo" (omong doang). Meskipun pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah membentuk direktorat baru, Ditjen Energi Baru dan Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), hasilnya belum terlihat. Alasan terkendalanya pengembangan BBN karena murahnya harga jual BBM di dalam negeri yang disubsidi, sangat tidak tepat. Faktanya, penggunaan BBN saat ini juga disubsidi dalam anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) seperti BBM. Negara lain, seperti Eropa Barat atau Amerika Serikat (AS) memberikan keringanan dan penghapusan pajak terhadap BBN. Untuk itu, saat ini yang dibutuhkan adalah aksi nyata yang mampu mengeksekusi kebijakan pengembangan BBN dengan cepat, sistematis dan masif. Bagaimana caranya? Sebaiknya pemerintah segera membentuk Badan Usaha Milik

Oleh

biaya untuk atlet yang sudah dipersiapkan. Jika satu atlet harus mengeluarkan biaya Rp100 ribu-Rp200 ribu perhari, berapa mereka harus mengeluarkan dana perbulan kalau atlet yang disiapkan 200-500 atlet. Belum lagi biaya lainnya. Yang sangat menyulitkan, tentu saja masalah prestasi puncak atlet yang sudah diprogram pelatih. Biasanya seorang pelatih sudah mempersiapkan program latihan menjelang pelaksanaan PON. Kalau event ini ditunda, tentunya mereka akan memulai dari nol dan butuh waktu lagi. Karena itu jarang pelaksanaan sebuah event ditunda. Lihat saja ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games 2011. Banyak publik menyarankan pelaksanaan ajang terakbar antar negara Asean ini ditunda karena sejumlah venuenya belum selesai. Tapi, kenyataannya event itu berjalan sesuai dengan jadwal meski dalam pe-

jaga kualitas udara/air. Keempat; dukungan alokasi dana yang memadai untuk manajemen perubahan iklim, dari sosialisasi, pelaksanaan hingga pemantauan, pengawasan, dan pelaporan. Kelima; mengintensifkan kerja sama dengan berbagai pihak, baik lembaga internal dan eksternal, yang memiliki komitmen tinggi terhadap persoalan lingkungan hidup. Dalam konteks ini, semua pihak punya peran penting, semisal memberikan dukungan regulasi, fasilitasi dan mediasi untuk keberhasilan kegiatan terkait perubahan iklim. Ba­nyak persoalan lingkungan hidup yang makin kompleks bila kita tidak menyelesaikan secara bertahap dan berkelanjutan. (10)

Penulis adalah PNS Pemkot Salatiga, dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Kolom Kami

SAADUDDIN BADRA Redaktur Harian Vokal laksanaan masih banyak pengerjaan yang dilakukan. Intinya mengesa pembangunan lebih penting ketimbang memikirkan penundaanya. Dan lagi pula mustahil daerah lain mau menyetujui penundaan tersebut karena akan membenani mereka..wallahualam.

Iklan: Harmen Fadly (Manajer), Zulkifli (Koordinator Iklan Pku),Jimmi Endrik (Staf Iklan),Endang Setyawati, Ilson Yunaldi (Marketing Iklan), Soeparto HAR (Kepala Biro Iklan Jakarta) Edriwan (Koordinator Dumai-Duri), Dewi Susanti (Adm. Iklan), Sartana (Desain). Produksi: Feri Irawan, Prima Aldino, Hendra P, Marco MW, Suheri S, Suardi CS, Rudi A, Ilham M, Roy F, Alimi Wahid, Surya Darma. Sirkulasi: Nasruddin Syahri (Manajer), Irwansyah (Koordinator), Herianto, Fajriah (Adm. Sirkulasi). Keuangan : Gusnety. Umum: Mufzi Boy. TI: Sudarmawan (Kepala), Bayu. Penasihat Hukum: Syamsul Rakan Chaniago SH,MH, Rudy P Tampubolon SH, Drs Mishar MSi, Zainal Abidin SH, Hasrizal. Litbang: Febry Sy. Alamat Redaksi: Jalan Durian No.16F Telp 0761 - 863466 Kota Pekanbaru. Kantor Dumai: Gedung YUBE Grup Jalan Cempedak No. 88 Dumai Telp 0765 - 439013. Percetakan: Jalan Palas Mekar Umban Sari No.9A Rumbai-Pekanbaru. Kantor Biro Redaksi Jakarta: Gedung IJW Lt.3 Jalan Proklamasi No.91 Jakarta Pusat 10320, Telp-Fax: 021 314 9874. Kantor Biro Iklan Jakarta: Gedung Maya Indah Jalan Kramat Raya No.3 G Jakarta Pusat. Penerbit/Percetakan: PT. INTI VOKAL MEDIA. Tarif Iklan:Bisnis/Produk Rp9.000/ mm kolom (BW) Rp15.000/mm kolom(FC); Sosial/Duka Cita/Ucapan Selamat : Rp8.000/mm kolom (BW) Rp10.000/mm kolom (FC); Iklan Baris : Rp15.000/baris (minimal 3 baris).

Redaksi Harian Pagi Vokal menerima tulisan, artikel, dari pembaca yang berisi usulan, saran dan kritikan yang membangun. Redaksi tidak memuat tulisan yang berisi hasutan, fitnah dan mengandung unsur SARA. Kirimkan tulisan anda melalui email: harianvokal@gmail.com atau antarkan langsung ke Kantor Redaksi Harian Pagi Vokal Jalan Durian No.16F Pekanbaru dan Gedung YUBE GROUP Jalan Cempedak No 88 Dumai. Perwajahan: ALIB DESTIYONO


5

HUKUM dan KRIMINAL SENIN

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

LINTAS

HARIAN VOKAL

r Polisi Masih Periksa Saksi

Polisi Razia Warung Miras

PEKANBARU (VOKAL) - Satuan Reskrim Polresta Pekanbaru, kembali melakukan razia minuman keras yang dijual bebas. Seperti yang dilakukan Minggu (13/4) sekitar pukul 22.30 WIB. Kali ini polisi merazia warung gerobak di sepanjang Jalan Juanda, Pekanbaru. Dari warung gerobak ini polisi mengamankan puluhan botol miras berbagai jensi dan merek. Razia yang dipimpin Kepala Satuan (Kasat) Reskrim, Polresta Pekanbaru, AKP.Arief Fajar, memeriksa dan menggeledah seluruh warung gerobak yang selama ini bebas menjual miras tanpa izin. Sebanyak 14 botol Mansion, 16 botol Anggur Merah, dua botol Jack Daniels, satu Jiem Bean, satu Anggur Carlo Rossi, diamankan dari pedagang warung gerobak. Arief Fajar, kepada Wartawan, mengatakan, tujuan razia minuman keras itu dalam rangka membasmi penyakit masyarakat (Pekat) di Kota Pekanbaru. Jika sebelumnya razia dilakukan di tempat-tempat hiburan, kali ini sasarannya warung gerobak tengah malam yang disinyalir memperdagangkan miras dengan kadar alkohol lebih 40 persen. "Kita melakukan penertiban di kedai-kedai ini, karena petugas menemukan banyak miras tidak mengantongi izin resmi. Pihaknya akan terus melakukan kegiatan ini step by step. Dalam waktu dekat kepolisian juga akan mengejar pihak Distributornya, kata Arief. (zkf )

Polisi Bekuk Pelaku Judi Togel

PEKANBARU (VOKAL) - Kepolisian Sektor Siak Hulu, Polres Kampar, Sabtu (12/5), membekuk Sumardi Hutasoit (40) salah seorang penjual judi togel di rumahnya, Jalan Kayu Batu RT 003 RW 002, Desa Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Dari tangan pelaku diamankan uang tunai sebesar Rp456 ribu, dua unit hand phone (HP), dan satu lembar rekap nomor toto gelap (Togel). Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), Siak Hulu, Kompol. M Sembiring, kepada wartawan, Sabtu siang mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari informasi masyarakat. Informasi ini kemudian ditindak lanjuti dengan menurunkan Tim Opsnal yang dipimpin Kepala Unit (Kanit) Reskrim, AKP Hendri Suparto, dan menangkap Sumardi Hutasoit, saat pelaku tengah merekap penjualan menggunakan HP miliknya. Berdasarkan barang bukti, polisi kemudian menggelandang pelaku ke Mapolsek Siak Hulu guna dimintai keterangan dan diproses sesuai dengan undang-undang yang berlaku, yakni Pasal 303 KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. "Dari hasil penyitaan barang bukti milik tersangka, dugaan sementara tersangka adalah bandar togel. Namun kita akan melakukan pengembangan terhadap pelaku yang lainnya." kata Hendri. Menurut Hendri, sampai saat ini pihaknya terus melakukan pemberantasan judi togel dan bentuk judi lainnya. Untuk itu, ia tak bosan-bosanya menghimbau masyarakat menginformasikan kepada polisi jika ditemukan permainan judi di daerahnya. Langka masyarakat tersebut sangat membantu polisi dalam memberantas praktek perjudian di Kecamatan Siak Hulu. "Kita gencar membasmi penjudian di wilayah hukum kita. Karena judi sangat resah masyarakat di sini (Siak Hulu)," tambahnya. (zkf )

Pelaku Penembakan Karyawan PT RAKA Belum Diketahui PEKANBARU (VOKAL) - Siapa pelaku penembakan 7 karyawan PT Riau Agung Karya Abadi (RAKA), di Desa Danau Lancang, Kecamatan Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, pada Senin (8/5) lalu, sampai saat ini masih misterius. Saat ini polisi masih fokus pada pemeriksaan saksi, di antaranya korban penembakan. LAPORAN: ZULKIFLI/ PEKANBARU Hal itu diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Riau, AKBP Pandiangan, kepada Harian Vokal, melalui sambungan telepon, Minggu (13/5). "Dalam kasus penembakkan 7 karyawan PT RAKA, pihak kepolisian hingga kini belum diketahui. Kita masih melakukan penyelidikan kasus tersebut. Hingga saat ini Polda hanya memeriksa saksi korban yang tertembak. Masih kita selidiki," tegas Pandiangan. Sementara itu, terkait senjata api dan peluru yang digunakan pelaku, pihak kepolisian juga masih menunggu hasil uji balistik dari Labotarium Forensik (Labfor) Medan. Namun, kapan hasil Labfor tersebtu diterima penyidik, Pandiangan juga tidak dapat memastikan. "Kita tidak tahu sampai kapan hasilnya keluar dan diterima, tunggu saja," kata Pandiangan. Pasca bentrok antara masyarakat Danau lancang dengan karyawan PT RAKA yang tengah memanen sawit, pihak kepolisian masih berjaga-jaga di tempat kejadian perkara (TKP). Menurut Pandiangan, saat ini di TKP ditempatkan dua Tim Shabara, Reserse, dengan dibantu Polres Kampar dan Polsek Tapung Hulu. Sementara dari sumber Harian Vokal yang enggan disebut namanya mengatakan, melihat dari proyektil yang ditemukan polisi di TKP diduga peluru senjata laras panjang. Sementara Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kampar, AKBP Trio Santoso, yang coba dikonfirmasi, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan perkara penembakan tersebut. Sebagaimana Polda Riau, jawaban Trio Santoso tentang pelaku penembakan juga

masih belum jelas, kendati sudah memeriksa kedua bela pihak. "Hingga saat ini para warga masih menduduki lahan tersebut. Jumlah persisnya diperkirakan sekitar 50 orang warga, yang diklaim miliknya. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan pihak kepolisian juga masih melakukan pengamanan dan berjaga-jaga dilokasi," kata Trio. Bentrok Seperti diberitakan, bentrok antara warga dengan karyawan PT RAKA terjadi, Senin (8/5), siang saat karyawan tengah memanen buah sawit, tiba-tiba sejumlah karyawan dikejutkan dengan suara lentusan senjata. Ketika karyawan mencoba mencari tahu, ternyata salah satu rekan mereka sudah terkapar terkena penembakan. Bentrok pun terjadi antara perusahaan dengan kelompok warga. Sebilan korban luka-luka, tujuh diantaranya karyawan PT RAKA. Korban dari PT RAKA, Ari Saputra (27), warga Jalan Bangua Pekanbaru yang juga pengurus Laskar Merah Putih. Ari tertembak pada dada sebelah kiri, Edwar Jandri Sitinjak (32) warga Libo Desa Pauh tertembak pada paha kiri, Pardamean Manik (30) warga Jalan Meranti Batu Rumbai (Laskar Merah Putih) luka tembak pada bahu kanan bagian belakang, NK Simatupang (42) warga Kandis uka robek dikening sebelah kiri terkena lemparan batu dan Rivai Tobing (35) warga Desa Libo Kandis luka tembak pada telapak kaki kanan dan kiri serta Kornelius Napitupulu (35) luka tembak pada paha sebelah kiri. Sedangkan dua korban dari warga setempat, Jenis Sianturi (28) mengalami luka bakar pada pinggang diduga akibat bom Molotov dan Candra Sihotang (44) mengalami luka pada kaki terkena lemparan batu. (***)

RUDI

TERDAKWA-Dua orang terdakwa perkara dugaan korupsi proyek rehabilitasi jalan Ibu Kota Kabupaten Inhil tahun anggaran 2009-2010 senilai Rp5,4 miliar, Masfaruddin (kiri) selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPKT) dan Ir Tri Neldi Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Inhi selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) membacakan pleidoi atas tuntutan JPU dalm sidang di Pengadilan Tipikor Pekanbaru, minggu lalu.

Dalam Sehari, Empat Pengunjung Plaza Sukaramai Kecopetan PAKANBARU (VOKAL) - Masyarakat atau pengunjung Plaza Sukaramai (Pasar Pusat) Pekanbaru diminta waspada terhadap dompet dan barang-barang perbelanjaan mereka. Ramainya pengunjung sering dimanfaatkan pencopet yang berkeliaran di pusat perbelanjaan itu. Informasi yang dihimpun wartawan, pada hari Minggu (13/5) empat orang pengunjung kena copet. “Setiaphari libur memang banyak dikunjungi pembeli. Sayangnya, situasi itu dimanfaatkan pencopet

untuk beraksi. Hari ini saja sudah ada empat pengunjung yang kena copet,” kata Didiak, salah seorang pedagang di basement Plaza Sukaramai lewat pesan BlackBerry Messager (BBM). Didiak menyesalkan kurangnya rasa aman bagi pengunjung sangat berpengaruh terhadap omzet pedagang. “Yang disayangkan lagi, ada meja sekuriti di lantai dasar tetapi petugasnya entah kemana. Tidak ada satu pun sekuriti yang berjaga. Bahkan pos sekuriti itu

kalau liburan seperti ini sudah beralih fungsi menjadi lapak pedagang asongan,” tukasnya. Kepala Sekuriti Plaza Sukaramai Ngatino yang dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, mengaku tidak tahu empat pengunjung jadi korban pencopet. “Waduh maaf Pak, saya hari ini off. Tetapi ada kok petugas sekuriti yang berpatroli. Karena hanya satu orang yang bekerja jadi kesannya, pos sekuriti itu kosong. Mungkin ketika bapak ke sana, petugas itu sedang patroli,” kilahnya. (rtc/rdu)

Kena Hipnotis, Uang Pensiunan Polisi Raib PEKANBARU (VOKAL) - Syafruddin (60), seorang purnawirawan Polri, warga alan Cik Di Tiro Gang Kita, Pekanbaru, kaget saat mengetahui uangnya Rp1,4 juta yang disimpan dalam dompetnya hilang. Kuat dugaan korban kena hipnotis oleh dua orang pria salah satunya bernama Enry Irawan (38) warga Jalan Nenas Pekanbaru. Laporan tertulis Polresta Pekanbaru ke Polda Riau menerangkan, peristiwa hipnotis itu terjadi pada Sabtu (12/5) sekitar

pukul 12.15 WIB saat berjalan kaki di Jalan Imam Bonjol, tibatiba datang mobil jenis Xenia BM 1699 JO berhenti di dekatnya. Lalu, turun dua orang pria, salah satunya Enry. Kedua pria ini dengan ramah menyapa dan menyalami korban. Selanjutnya, pelaku mengajak korban naik mobil. Anehnya, korban yang tinggal di Jalan Cik Di Tiro Gang Kita ini, anehnya korban mau sajah. Di dalam mobil, korban dan pelaku terlibat percakapan.

Begitu mobil melintas di Jalan M. Yamin, lalu korban pun meminta turun kepada pelaku. Permintaan itu dituruti. Namun saat turun dari mobil, tiba-tiba dompet korban terjatuh. Lalu, dipungut korban ketika dicek uang sebanyak Rp1,4 juta di dalam dompet sudah hilang. Kabid Humas Polda Riau, AKBP S Pandiangan SH, Ahad (13/5) membenarkan adanya laporan tertulis yang diterima pihaknya tentang kejadian tersebut. . (rpc/rud)

ANDIKA

TERSANGKA-Kanit Reskrim Polsek Sukajadi, Iptu Arry Prasetyo, Jumat (11/5), mengekspos EB (16) tersangka jambret yang berhasil ditangkap Tim Opsnal Polsek Sukajadi.

Penanggung Jawab/Redaktur:BAKHTARUDDIN

Perwajahan: ABDA


6

SENIN

HARIAN VOKAL

Umur Tanaman

Lama (Rp/Kg)

Baru (Rp/Kg)

3Tahun 4Tahun 5Tahun 6Tahun 7Tahun 8Tahun 9Tahun >=10 Thn

Rp1.338,76 Rp1.651,85 Rp1.661,03 Rp1.668,55 Rp1.774,46 Rp1.829,71 Rp1.887,88 Rp1.941,01

Rp1.307,94 Rp1.461,66 Rp1.564,53 Rp1.609,57 Rp1.671,30 Rp1.723,33 Rp1.778,06 Rp1.828,16 Sumber : Disbun Riau

KURS USD AUD EUR HKD JPY KRW KWD MYR SGD

Jual 9,226.00 9,283.20 11,922.76 1,188.49 11,555.61 8.06 33,198.99 3,006.19 7,371.95

Beli 9,134.00 9,187.89 11,800.21 1,176.49 11,436.08 7.97 32,750.09 2,974.28 7,292.61

Sumber : Bank Indonesia

r Azwita

Konsisten Ngurus Usaha

MENGELOLA sebuah bidang usaha, khususnya menjadi kontraktor barang dan jasa serta pengadaan konveksi menjadi keseharian Azwita, sejak tahun 2007 lalu. Bersama usahanya CV Rahmat Illahi Mandiri di Jalan Kapau Sari, Tengkerang Timur Pekanbaru, wanita singel parent kelahiran Kota Dumai, 6 Maret 1975 ini tak mau menyianyiakan waktu jika hanya untuk kegiatan mubazir. Meski selalu disibukkan dengan usaha yang digeluti, namun tak membuat perempuan berzodiak pisces ini menjadikannya sebuah beban. Justru sebaliknya, sikap lues dan aktif yang terpancar dari dalam dirinya menjadikan Azwita disenangi banyak kalangan. Senyum sapa yang ramah itu menjadi ciri khas perempuan berjilbab ini dalam setiap berkomunikasi dengan siapa saja. Kini, untuk mengembangkan usaha bisnisnya, Azwita semakin giat menjalin komunikasi dengan siapa saja. Berkat usahanya itu pula, tak heran CV Rahmat Illahi Mandiri yang digerakkannya terus mendapatkan orderan, baik partai besar maupun kecil. Misalnya pesanan baju dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS), pakaian Safari, maupun perlengkapan pakaian wanita. "Orderan tidak hanya dari Kota Pekanbaru, tetapi juga datang dari luar Pekanbaru," ungkap Azwita kepada Harian Vokal, akhir pekan lalu. Untuk menggapai sukses selama ini, jelas Azwita, tidak didapatnya semudah membalik telapak tangan, tapi sukses itu diraihnya dengan kesabaran, tekad, keseriusan dan berserah diri kepada Allah SWT. Buktinya, meski berstatus sebagai single parent, dirinya tetap mampu eksis di tengah terpaan aneka sosialita kehidupan. "Optimis selalu, itu kuncinya," s e b u t Azwita.(rid) AZWITA

Penanggung jawab/redaktur: BUDI SUSENO

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

r Kenaikan Harga Bahan Pangan

Harga TBS

Mata Uang

EKONOMI

April, Inflasi Riau Cenderung Naik

PEKANBARU (VOKAL)-Tren melambatnya inflasi sampai triwulan pertama 2012 dipengaruhi faktor terjaganya bahan pangan, kestabilan nilai tukar rupiah serta trend penurunan harga komoditas pangan, khususnya beras. Sedangkan meningkatnya inflasi bulan April 2012 bersumber dari kenaikan harga bahan pangan, terutama cabe merah di Kota Pekanbaru dan Dumai. LAPORAN: RIDWAN/ PEKANBARU Hal itu diungkapkan Ketua Tim Ahli TPID Riau, Hari Utomo dalam acara penyerahan SK Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pekanbaru di Gedung Bank Indonesia (BI) Pekanbaru, akhir pekan lalu. Disebutkan Hari Utomo, berdasarkan data BPS Provinsi Riau, pada triwu-

lan pertama 2012, inflasi bahan makanan Pekanbaru sebesar 1,82 % meningkat menjadi 5,81 % di April 2012. Begitu pula Kota Dumai dari -1,09 % di triwulan pertama naik menjadi 2,82 % di April 2012. "Membaiknya inflasi di Riau juga tidak terlepas dari upaya pengendalian harga yang dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan berkoordinasi dengan

dinas/ instansi/ lembaga terkait. Upaya koordinatif tersebut yakni menggelar operasi pasar, pengadaan raskin (beras miskin,red), pasar murah, kesigapan TPID berkoordinasi dengan mengantisipasi kenaikan harga," ujar Hari yang juga Pemimpin Bank Indonesia (BI) Pekanbaru. Disebutkan juga, strategi lainnya adalah melakukan inspeksi ke gudang strategis untuk mengetahui kondisi pergudangan bersama unsur penegak hukum, pembentukan tim pengendalian dan evaluasi kenaikan dan distribusi harga BBM oleh Gubernur Riau sesuai masukan dari TPID Riau. Lebih lanjut dikatakannya, sampai akhir tahun 2012, inflasi di Riau

diperkirakan akan berada pada kisaran 55-+1%. Resiko penurunan (downward risk) disebabkan perlambatan perekonomian global yang berpotensi mendorong penurunan harga komoditas global. Lalu tekanan dari sisi domestik diperkirakan moderat, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang terbatas. Sedangkan resiko kenaikan (upwards risk) yakni akibat kebijakan pemerintah terkait komoditas dan energi seperti bahan bakar minyak (BBM), aturan impor dan lainnya. Lalu juga akibat kecenderungan meningkatknya harga impor beras maupun gangguan distribusi akibat infrastruktur.

Potensi tekanan inflasi yang perlu diwaspadai sebagaimana terlihat dari meningkatknya inflasi pada bulan April 2012. Faktor-faktor kenaikan harga itu seperti faktor psikologi perilaku pedagang uyang meningkatkan harga sejalan denganh terjadinya gempa di Provinsi NAD April lalu. Berkuranagnya pasokan bahan pangan dari daerah pemasok serta meningkatnya ekspektasi inflasi akibat kebijakan pemerintah di bidang BBM bersubsidi. "Untuk membawa inflasi tahun 2012 pada kisaran bawah proyeksi (4%) perlu dilakukan langkah antisipatif dan pre empitive oleh pemangku kebijakan di daerah," sebut Hari.(rid)

PT CDN Taja Gathering bersama Honda Lovers

PEKANBARU(VOKAL) Dealer sepeda motor Honda wilayah Riau dan Sumut, PT Capella Dinamik Nusantara menggelar gathering bersama pelanggan setia Honda. Ribuan konsumen sepeda motor Honda dari Kota Pekanbaru tumpah ruah memadati area foodcourt Mal Ska Pekanbaru, Sabtu (12/5) dan Minggu (13/5). Pelanggan setia Honda dua hari itu dimanjakan oleh PT Capella Dinamik Nusantara (CDN). Mereka bisa menikmati makan siang cuma-cuma bersama keluarga. Tersedia banyak menu di foodcourt Mal Ska. Mengggunakan voucher makan yang dibagikan, pelanggan tinggal memilih menu yang mereka sukai dan manyantapnya. Sambil makan mereka dihibur penampilan Kinky Band yang menyanyikan sejumlah lagu yang akrab di telinga masyarakat. Mengusung gaya bermusik unplugged atau han-

ya bermodalkan 3 buah gitar dan semacam alat musik tabuh saja, Yulex, sang vokalis begitu piawai menghibur. "Acara bertajuk "Special for Honda Lovers" di itu merupakan salah satu bentuk apresiasi Honda terhadap konsumen setianya. Di sini kami juga berupaya lebih mendekatkan diri dan menjalin silaturahmi dengan konsumen," ujar Public Relation PT Capella Dinamik Nusantara, Saud MS kepada wartawan, Sabtu (12/5). Acara yang didukung penuh oleh lembaga pembiayaan FIF, PT Summit Oto Finance, WOM Finance dan MCF Kredit Sepeda Motor tersebut juga diisi dengan pembagian door prize. Berbagai hadiah menarik termasuk smartphone dan tv layar datar Toshiba Regza dibawa pulang konsumen yang beruntung. (bos)

Dirut Maskapai Merpati Diganti Komisaris Utama JAKARTA (VOKAL)-Direktur Utama Merpati Nusantara Airlines, Sardjono Jhony dikabarkan akan diganti oleh Komisaris Utamanya, Rudi Setyopurnomo, dan serah terima jabatan akan dilakukan pada Senin (15/5) di Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Demikian SVP Corporate Planning Merpati Nusantara Erry Wardhana kepada Harian Vokal, Minggu (13/5) kemarin. “Surat penggantiannya sudah ada, dan kami sangat menyayangkannya karena dilakukan mendadak, sehingga tongkat estafet kepemimpinan tidak berjalan mulus,” ucap Erry. Menurutnya, selama kepemimpinan Sardjono Jhony, bisa dilihat ada kemajuan yang dirasakan karyawan Merpati, yakni gaji naik 30% sejak Mei 2010, serta dari sisi pilot, aturan keselamatan terbang semakin terjamin. “Para pilot mempertanyakan ke saya, apa betul pak Jhony akan diganti, dan saya sebagai perwakilan perusahaan menjawab benar, sudah ada suratnya dan akan digantikan oleh Komisaris Utama Rudi Setyopurnomo, Senin (14/5) besok di Kementerian BUMN,” ujarnya. Erry menambahkan, Rudi merupakan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB), sama seperti Deputi Menneg BUMN Sumaryanto

BUDI

PUBLIC RELATION PT Capella Dinamik Nusantara, Saud MS menyerahkan tv layar datar Toshiba Regza yang dimenangkan Jaka, salah seorang Honda Lovers.(bos)

Widayatin yang juga sebagai ketua ikatan alumninya. Rudi juga baru 1,5 bulan di Merpati sebagai Komisaris Utama. “Yang kami herankan, kami belum jelas apa alasan penggantian pak Jhony. Kami dengar banyak tuduhan yang disampaikan kepadanya, namun tampaknya pak Jhony tidak diberi kesempatan untuk membela diri di depan forum, malah tiba-tiba diganti,” tandas Erry. Saat dikonfirmasi wartawan, Sardjono Jhoni membenarkan dirinya akan diganti oleh Rudi, Komut Merpati. “Saya dipecat, bukan mundur,” ucapnya, sembari mengakui, banyak tuduhan yang disampaikan kepadanya, namun dia tidak merinci apa saja tuduhan-tuduhan tersebut. “Kalau memang saya diminta mundur, ya saya mundur,” tuturnya lagi.(ysm)

Perwajahan: HASAN


7

SAMBUNGAN SENIN

HARIAN VOKAL

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

r Persiwa 3-0 PSPS

Asykar Bertuah Tumbang Lagi

PEKANBARU(VOKAL)-Krisis keuangan yang melanda PSPS Pekanbaru berdampak terhadap penampilan tim berjulukan Asykar Bertuah ini . Setelah ditaklukkan Persela di kandang sendiri, kini giliran tuan rumah Persiwa Wawena yang membungkam pasukan Mundari Karya ini. Bermain di Stadion Mandala, Wamena, Minggu (13/5), PSPS menyerah dengan skor 0-3. LAPORAN: RYAN Y VARIOS/PEKANBARU Kekalahan tersebut tidak saja menambah deretan hasil negatif Amrizal cs di kandang lawan, namun juga menggagalkan upaya mereka untuk mendongrak posisi di klasemen sementara. PSPS masih terpatri di posisi kesepuluh dengan 30 poin. Tanpa diperkuat sejumlah pemain pilar yang enggan untuk tampil lantaran belum menerima gaji, ternyata dimanfaatkan oleh tuan rumah. Begitu pluit tanda

pertandingan dimulai, Persiwa langsung memberikan tekanan terhadap tim tamu. Babak pertama berjalan hampa bagi PSPS, tidak ada tekanan yang berarti kepada lini pertahanan Persiwa. Sebut saja seperti Dedi Gusmawan, Zainal Arif, Fajar Handika, Agus Cima, Patrice Nzekou, Ali Khadafi dan Fance Harianto. Sementara PSPS hanya memboyong hampir rata-rata pemain lokal seperti Susanto, Fauzal Mubarak, Ambrizal, Gusrifen, Ade Suhendra, April Hadi, M Zahrul Azhar, Prawira Putra dan Viktori.

Sisanya dua pemain lokal nasional yakni Michael Orah dan Windu Hanggara serta tiga pemain asing Joo Ki Hwan, Ko Jae Hyo dan Prince Kabir Bello. Tuan rumah selalu memperlihatkan etikat sebagai pemilik stadion. Tak ada ruang untuk PSPS bermain terbuka. Tetapi usaha tuan rumah tidak semudah itu. Bermain di kandang sudah memastikan PSPS mengambil langkah counter attack yang cukup menyulitkan. Alhasil, hingga babak turun minum, tidak ada yang bisa memecahkan kebuntuan gol. Skor kaca mata masih terpampang di papan skor. Memasuki babak kedua, turunnya stamina PSPS dimanfaatkan oleh Persiwa Wamena, dan kubu tuan rumah akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke 72. Pemain andalan Persiwa, Eddy Boakay Foday berhasil membobol gawang Fauzal Mubaraq. Gol tersebut memberikan

pengaruh terhadap mental pemain PSPS. Berselang dua menit kemudian Eddy Foday sukses menggandakan keunggulan tuan rumah menjadi 2-0. Ketinggalan 2-0 dalam waktu lima tiga menit membuat permainan anak-anak Pekanbaru ini semakin merosot, serangan demi serangan terus digenjarkan Persiwa. Akibatnya, di menit-menit akhir tepatnya dimana masa tambahan waktu dua menit gawang Fauzal kembali kebobolan, yakni menit ke 92. Gelandang serang Persiwa, Jaelani Arey sukses menutup kemenangan Persiwa dengan skor 3-0. Hasil ini mengangkat posisi Persiwa naik satu tangga lebih baik ke peringkat empat klasemen sementarausaimengumpulkan40 poindari23pertandingan.TimBadai Pegunungan menggusur Persela Lamongandengankeunggulansatu angka. Sedangkan PSPS yang telah menjalani 24 laga, dan mengoleksi nilai 30 tetap berada di peringkat kesepuluh klasemen. (***)

Spekulasi....................................................................................Sambungan Hal 1 "SEHINGGA mustahil apabila pilot tidak mengetahui adanya sebuah gunung di depannya." Itu yang mendasari dugaan, pilot bermaksud melakukan manuver uji coba kelebihan yg dimiliki pesawat. Apalagi semua pesawat modern memiliki sistem autopilot. Termasuk, sistem naik otomatis ketika di depannya ada sesuatu yang menghalangi. "Permintaan untuk turun dari 10.000 kaki ke 6.000 kaki, ada kemungkinan pilot sedang mencoba mendekati tebing gunung, dan kemudian mengujicobakan sistem naik otomatis yang dimiliki Sukhoi itu." Namun saat dugaan itu dikonfirmasi kepada Marsekal Muda (Purn) Sunaryo, perwakilan PT Trimarga Rekatama, agen penjualan Sukhoi di Indonesia, ia tak mau berspekulasi soal itu. "Saya minta tolong, itu sudah KNKT wewenangnya yang menjelaskan. Soal penerbangan sudah tidak di tangan saya, sudah bukan hak saya untuk mengatakan itu," kata dia di RS Polri kemarin. Ketua KNKT Marsekal Muda (Purn) Tatang Kurniadi juga mengingatkan masyarakat untuk tidak terus berspekulasi tentang penyebab terjadinya musibah. "Biarkan kami bekerja dan menginvestigasinya," kata Tatang Kurniadi, di Posko Cijeruk, Bogor. "Tidak ada pembajakan, tidak ada kejahatan," tegas Tatang. Mantan Wapres yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla secara terpisah kemarin ikut meminta semua pihak menghentikan spekulasi kecelakaan Sukhoi. "Kita punya pesawat juga bisa kecelakaan, bisa karena teknis dan manusia. Jadi harus diteliti dulu," kata Kalla saat menyaksikan evakuasi Jenazah di Halim Perdanakusuma, kemarin. Sebelumnya Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono sangat terkejut ketika mencuat spekulasi di media soal kemungkinan pesawat komersial pertama buatan pabrik pesawat militer Rusia itu. "Spekulasi itu tidak bertanggungjawab," kata Panglima akhir pekan silam. Disudutkan Di balik banyak spekulasi itu, tragedi jatuhnya Sukhoi juga telah membuat pihak ATC Bandara Soekarno-Hatta merasa disudutkan. "Polemik yang muncul sudah sangat mengganggu controller, sebagai orang yang bertanggung jawab diamanahkan, saya harus

meng-clear-kan ini. Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada para senior dan yang sangat paham tentang dunia penerbangan, mari polemik kita hentikan," kata Deputi Senior General Manager PT Angkasa Pura Cabang Bandara Soekarno-Hatta, Mulya Abdi kemarin. Polemik yang mengganggu tersebut yakni penilaian para pengamat yang menyampaikan keterangan kenapa ATC mengizinkan pilot Sukhoi menurunkan pesawat dari ketinggian 10 ribu ke 6 ribu kaki. Dia meminta agar KNKT yang berbicara dan menyampaikan ke publik hasil penyelidikannya. Pastinya, izin yang diberikan untuk menurunkan ketinggian tidak sembarangan. Dalam pantauan radar, Sukhoi berada di zona aman. Jadi bila ATC dipersalahkan, dikhawatirkan akan mengganggu kondisi psikologis petugas. "Itu mengganggu perasaan petugas ATC yang sehari-hari melayani 1.600 pesawat di Soekarno-Hatta. Mereka butuh ketenangan, butuh sehat, agar pelayanan yang mereka layani bisa baik, sehingga puluhan ribu orang bisa selamat. Kepada para pengamat mari kita hentikan semua polemik itu," tuturnya. Menurut Mulya Abdi, Area Bogor Raya atau udara di atas Lanud Atang Sandjaja biasa dipakai untuk latihan dan pesawat untuk melintas, termasuk sekelas pesawat Hercules. Wilayah itu aman dan jauh dari kawasan Gunung Salak, berjarak sekitar 7 nautical mile. "Pilot meminta izin orbit ke kanan dan diberikan," jelasnya. Setelah diizinkan melakukan orbit ke kanan, atau melakukan manuver berputar di kawasan Atang Sandjaja komunikasi putus. Belakangan diketahui, pesawat menabrak tebing Gunung Salak. "Pertanyaan sekarang, kenapa kemudian menabrak gunung? Itu butuh data, di situ KNKT bekerja semaksimal mungkin. Data black box juga bisa menjawab kenapa pesawat itu bisa menabrak gunung," tuturnya. Pihak PT Angkasa Pura II (Persero) sendiri secara resmi telah menyerahkan seluruh datadata dan dokumen terkait penerbangan pesawat Sukhoi SJ-100 yang mengalami musibah itu kepada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). "Secara resmi seluruh data-

data dokumen terkait musibah penerbangan pesawat Sukhoi SJ100 telah kami serahkan pada hari Sabtu (12/5) kepada Tatang Ikhsan, Ketua Komite Nasional Keselematan Transportasi (KNKT)," kata RP Hari Cahyono, Corporate Secretary PT Angkasa Pura II kepada Harian Vokal kemarin. Adapun data-data dan dokumen yang diminta KNKT, jelasnya antara lain rekaman radar saat kejadian serta rekaman dan transkrip percakapan antara pilot dan petugas Air Traffic Conroller (ATC) saat kejadian. "Dokumen lain yang juga kami berikan untuk mendukung investigasi KNKT adalah flight plan atau rencana penerbangan Sukhoi, baik pada joy flight pertama maupun yang joy flight kedua saat musibah terjadi," tambah Hari Cahyono. Keanehan Lain Selain spekulasi di atas, kini juga jadi pro-kontra kenapa jenazah pilot Sukhoi Aleksandr Yablontsev ditemukan tergantung dengan parasut di atas pohon di sekitar lokasi jatuhnya pesawat naas itu. Apakah sang pilot mencoba untuk menyelamatkan diri sendiri ketika tabrakan pesawat dengan tebing Gunung Salak tak bisa dihindari? Lalu, apakah memang pesawat komersial Sukhoi dilengkapi parasut dan kursi lontar untuk para pilot pada saat darurat? Namun informasi yang sudah terlanjur beredar luas itu dibantah pihak Kepolisian dalam jumpa pers di Rumah Sakit Polri, Kramatjati, Jakarta, kemarin. Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, Roy Suryo, yang diundang Kepolisian sebagai pakar, mengatakan kalau kabar jenazah pilot dengan parasut itu tidak benar. Roy Suryo yang mengaku pernah mengecek langsung pabrikan Sukhoi itu mengatakan kalau pesawat Sukhoi komersial tidak pernah dilengkapi dengan kursi pelontar (ejection seat) seperti halnya pesawat tempur. Dengan demikian, menurutnya, mustahil jika pilot dapat ke luar pesawat dengan parasut. "Isu diketemukan pilot tergantung di pesawat, kebetulan saya Komisi I DPR yang punya kedekatan dengan pabrikan Sukhoi, yang jelas pesawat sipil Sukhoi tidak dilengkapi ejection seat. Tidak mungkin untuk penerbangan sipil," kata Roy Suryo. Sehari sebelumnya, jenazah

Aleksandr Yablontsev ditemukan tim SAR dari Komando Pasukan Khusus, di antaranya adalah Sersan Satu Harris. Menurut Harris, jenazah pilot Sukhoi ditemukan tergantung di pohon. Anehnya, di tubuh pilot yang disebut-sebut sebagai pilot penguji terbaik Rusia, itu ditemukan parasut. Harris menduga pilot yangmemilikipengalaman10ribu lebih jam terbang itu berusaha menyelamatkan diri melompat dari pesawat dengan parasut. "Kemungkinan besar dia berusaha meloloskan diri dengan parasutnya sendiri, akhirnya tergantung di pohon," jelas Harris kepada Idham Samana dari Metro TV di lokasi evakuasi di Cijeruk, Bogor, Sabtu silam. Evakuasi Tapi terlepas dari berbagai spekulasi itu, upaya tim evakuasi untuk mengangkat jenazah para korban dari lokasi kecelakaan terus berlangsung. Sepanjang minggu kemarin, tim evakuasi udara yang dikendalikan TNI AU dan Basarnas berhasil membawa 6 kantung jenasah dari dasar jurang lokasi jatuhnya Sukhoi SuperJet 100. Total hingga hari kelima, sudah berhasil diterbangkan sebanyak 23 kantong jenazah ke bandara Halim PK. Buruknya cuaca menjadi kendala utama tim di lapangan. "Cuaca hari ini lebih buruk dari yang kemarin," kata Marsekal Pertama (Marsma) Tabri Santoso, Komandan Lanud Atang Sanjaya, di Cijeruk. "Dilanjutkan lagi besok," ujarnya. Selain jenazah para korban, tim evakuasi juga telah menemukan lokasi blackbox (kotak hitam) pesawat. Hanya saja kotak yang berisi rekaman pembicaraan antara pilot dengan ATC dan data teknis penerbangan belum diangkat gara-gara cuaca yang terlanjur memburuk. "Hari ini sudah dilokalisir dan belum bisa diangkat," kata Kepala KNKT, Marsda (Pur) Tatang Kurniadi sambil menambahkan benda penting tersebut akan diangkat hari ini. Tatang juga menjelaskan temuan bongkahan pesawat dan tumpukan jenazah korban yang membentuk timbunan dari dasar jurang ke atas setinggi 10 sampai 15 kubik. Dari temuan Paskhas TNI-AU di kedalaman hampir 500 meter itu diketahui jika bagian pesawat yang tetap utuh. "Engine, landing gear kiri dan kanan, serta sayap kiri dan kanan dalam keadaan utuh," ujarnya. (**)

Dramatis....................................................................................Sambungan Hal 1 CITY terus menggempur pertahanan tim tamu. Namun, tim besutan Roberto Mancini tersebut cukup kesulitan menciptakan peluang karena QPR bermain bertahan. Ada lima sampai delapan pemain QPR di wilayah pertahanannya sendiri begitu City melancarkan serangan. Usaha keras "The Citizens" akhirnya membuahkan hasil setelah Pablo Zabaleta merobek gawang QPR pada menit ke-39. Gol tersebut berkat kerja sama apik antara Silva dan Toure. Silva memberikan bola kepada Toure di dalam kotak penalti. Dengan cepat, Toure menerusakan bola kepada Zabaleta. Bek asal Argentina itu langsung melepaskan tembakan keras. Bola sempat mengenai tiang gawang sebelum akhirnya meluncur ke gawang QPR. Gol itu membuat City

unggul 1-0 di babak pertama. Keunggulan tersebut akhirnya sirna setelah Djibril Cisse mencetak gol balasan pada menit ke48. Gol tersebut akibat kesalahan fatal yang dilakukan Joleon Lescott saat menyundul bola. Bola malah jatuh ke arah Cisse. Dengan cepat Cisse menggiring bola untuk mendekati gawang, kemudian melepaskan tembakan keras, dan akhirnya menaklukan Joe Hart. Pertandingan pun semakin panas. City meningkatkan agresivitas serangannya. Tevez, Zabaleta, dan Sergio Aguero silih berganti mengancam gawang QPR. Sayang, usaha meraka masih gagal. City berpeluang besar kembali unggul setelah QPR harus bermain dengan sepuluh pemain. Joey Barton dikenai kartu merah akibat menyikut Tevez pada

menit ke-55. Seperti tak terima dengan keputusan wasit, Barton kembali membuat ulah dengan menendang Aguero saat hendak meninggalkan lapangan. Namun, sepuluh pemain QPR malah menghadirkan petaka bagi City. Jamie Mackie membawa QPR kembali unggul berkat gol yang diciptakannya pada menit ke-66. Sukses ini berawal dari aksi Armand Traore yang melakukan serangan balik cepat dari sektor kanan pertahanan City. Dia kemudian melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti. Mackie yang tidak terkawal dengan mudah menyundul bola masuk ke gawang City. Mancini langsung bergerak cepat dengan memasukkan Edin Dzeko dan Balotelli. Dengan 24 menit waktu normal tersisa, City mampu mengurung QPR. Na-

KPK...........................................................Sambungan Hal 1 KPK sudah memiliki bukti-bukti yang cukup untuk melakukan penahanan terhadap kedua tersangka dugaan suap penambahan anggaran pembangunan venue menembak PON XVIII tersebut. "Untuk menahan tersangka itu tidak mudah, KPK harus benar-benar mendapatkan bukti yang cukup dan jelas. Tapi, kita sudah memiliki bukti-bukti yang cukup untuk melakukan itu (penahanan, red)," kata Johan, ketika dihubungi Harian Vokal via telepon seluler, dari Pekanbaru, Minggu (13/5). Namun Johan belum bisa Penanggung Jawab/Redaktur: HASAN BASRIL

memastikan kapan harinya kedua tersangka dugaan suap anggran venue PON menembak itu dilakukan KPK. "Tergantung penyidik dan keputusan pimpinan KPK. Tapi, yang pasti tidak akan lama lagi. Kita tunggu sajalah," ujarnya. Menurut Johan, KPK masih terus melakukan pemeriksaan terhadap para tersangka dan saksi-saksi dalam kasus suap penambahandanapembangunan venue menembak dan main stadium (stadion utama) PON XVIII. Temukan Bukti Baru Sabtu (12/5) diberitakan, penggeledahan yang dilakukan

tim penyidik KPK pada Rabu (10/ 5) dan Kamis (11/5) terhadap kantor PT Adhi Karya di Jalan Rambutan Pekanbaru, main stadium (stadion utama) PON XVIII dan venue menembak, berhasil menemukan bukti-bukti baru tentang dugaan suap PON XVIII 2012 di Riau. "Jadi tim penyidik yang dikirim ke Pekanbaru telah menemukan bukti-bukti baru untuk kepentingan pengembangan kasusnya. Apa saja yang berhasil disita, masih dibawa penyidik," kata Johan Budi Sapto Prabowo, juru bicara KPK, di Jakarta, Jumat (11/5). zkf

mun, tak jua gol bisa mereka buat sampai pertandingan memasuki masa injury time. Ketegangan semakin meningkat. Bahkan, ribuan suporter City mulai menangis karena bersamaan saingan utamanya Manchester United unggul 1-0 atas Sunderlan lewat gol Wayne Ronney. Beruntung, para pemain City tak putus asa terus menyerang, meski waktu hampir habis. Apalagi, kekalahan atau seri berarti kegagalan juara. Usaha keras mereka akhirnya membuahkan hasil setelah Dzeko menciptakan gol. Dia dengan baik menanduk sebuah umpan silang. Gol ini semakin membangkitkan semangat City. Sebuah serangan mengubah segala cerita. Balotelli yang mendapat umpan Aguero, mengembalikan bola kepadanya. Aguero pun mencoba mencariruang.Sempatmengecoh beklawan,diakemudianmelepaskan tendangan keras dan menghujamkan bola ke gawang QPR. Gol yang meledakkan teriakan kegembiraan publik Etihat. Sebab, gol inilah yang memastikan City meraihkemenangan3-2,sekaligus gelar juara Premier League untuk pertama kalinya sejak 1968. Apalagi, saingan utamanya, Manchester United hanya mampu menang tipis dari Sunderland 1-0. Sementara,Arsenalmengakhiri musim 2011/2012 dengan finis di peringkat tiga. Meraih kemenangan 3-2 atas West Bromwich Albion, The Gunners berhasil mengunci posisi tiga dan mengamankan tiket langsung ke Liga Champions.(bbc/rts/bbs/sad)

Asah.........................................................Sambungan Hal 1 ARMAND Maulana itu menjelaskan esensi tari untuk hidupnya. Baginya, tari juga bisa mengasah rasa cinta dan sayang kepada keluarganya. "Dengan menari kita bisa lebih mengasah rasa, rasa cinta, rasa sayang. Jadi lebih sayang ke

keluarga, saudara," tuturnya saat ditemui dalam acara 'Indonesia Menari' di bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (13/5). Kecintaannyakepadaduniatari jugalah yang membuatnya begitu bersemangat untuk mengikuti acara'IndonesiaMenari'.Selainitu,

Dewiyangkinididapuksebagaiduta IndonesianDanceFestivaltakmau melewatkan acara tersebut. "Kehadiran saya sebagai duta IndonesianDanceFestivaldiharuskanhadir.Dansayajugatidakingin melewati momen ini dan sangat amazing," paparnya.dtc,hab

Dirut...........................................................Sambungan Hal 1 TERNYATA, hingga kini pihak RSUD belum ada menyetorkan sisa anggaran tersebut. "Saya sudah ketemu langsung dengan Kepala Cabang KPPN Pekanbaru Jumat kemarin, ternyata Dirut RSUD AA telah melakukan pembohongan publik. Jadi, tidak benar pihak RSUD telah telah menyetorkan seluruh sisa anggaran proyek ke KPPN," jelas Syakirman. Dirut RSUD AA, kata Syakirman, juga telah melakukan pelanggaran terhadap Peranturan Menteri Keuangan, sebab tidak menyetorkan sisa anggaran proyek yang sudah habis tahun pengerjaannya, ke kas negara. "Dalam Kepmenkeu ditegaskan, bahwa sisa anggaran proyek yang melebihi dari tahun anggaran harus disetorkan kembali ke kas negara sebelum proyek tersebut dilanjutkan pengerjaannya. Untuk pengerjaan kembali harus dilakukan proses tender ulang," ujarnya. Saat ditanya, berapa perkiraan anggaran yang mestinya disetorkan oleh RSUD ke KPPN, Syakirman menyebutkan, mestinya RSUD mengembalikan sisa anggaran proyek tersebut ke kas negara sebesar Rp19 miliar

ditambah dengan denda 10 persen, yakni Rp2,5 miliar. "Jadi total yang mestinya disetorkan ke KPPN Rp21,5 miliar," terangnya. "Dengan tidak disetorkannya sisa anggaran proyek tersebut, maka kita mempertanyakan, kemana anggaran sangat besar itu disimpan oleh Dirut RSUD selaku pengguna anggaran," tambahnya. Kepala Bagian Tata Usaha RSUD AA Alam Syahril ketika dikonfirmasi kemarin, mengaku tidak bisa menunjukkkan bukti (registrasi) pengembalian sisa anggran proyek tersebut, dengan alasan harus minta izin dulu kepada Dirut RSUD AA. "Kalau masalah buktinya, tentu kita minta izin dulu kepada atasan, tapi karena Dirut saat ini sedang ditimpa musibah, maka kami minta waktu satu minggu lagi," kata Alam Syahril berdalih. Ngaku Sudah Setor Sebelumnya manajemen RSUD AA Pekanbaru membantah tuduhan Ketua Umum DPN Aksi Syakirman bahwa Dirut RSUD Yulwiriati Moesa menyimpan uang sisa proyek gedung bedah sentral lima lantai RSUD AA dalam rekening pribadinya. Bantahan itu dikemukakan Kepala Bagian Tata Usaha RSUD

AA Alam Syahril kepada Harian Vokal, secara tertulis melalui surat Nomor: 870/Bag/TU-HI/RSUD/ 2012/421.04 tertanggal 30 April 2012. "Tidak benar masuk ke rekeningpribadi,melainkansudah disetorkan kembali ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pekanbaru. Untuk konfirmasi silakan ke KPPN (008) Pekanbaru," tulis Syahril. Ketua Umum DPN AKSI Syakirman, seperti dimuat Harian Vokal edisi Sabtu (30/4) lalu, menuding Dirut RSUD AA Yulwiriati Moesa menyimpan uang sisa proyek pembangunan gedung bedah sentral RSUD AA di rekeningnya. "Informasi yang saya dapat, sisa anggaran proyek tahun 2011 yang belum dikerjakan kontraktor ternyata dititipkan di rekening mantan Dirut RSUD AA. Ini untuk melanjutkan proyek tersebut tahun 2012. Sesuai aturan, ini sudah menyalahi karena jika proyek tak dapat diselesaikan kontraktor akhir tahun anggaran, sisa anggaran harus dikembalikan ke kas negara dan dilakukan tender ulang, pihak perusahaan diblack list dan dikenakan denda," kata Syakirman kepada Harian Vokal, Jumat (29/4).fik

Perempuan..............................................Sambungan Hal 1 PESAWAT jatuh, Sabtu dini hari, 12 Mei. Ia dan sekitar sembilan anggota regu lainnya bermimpi aneh saat sedang tertidur. "Kami mimpi basah secara bersamaan," kata dia. Anehnya, dia melanjutkan, mimpi seluruh anggota regu cukup identik. Awalnya mereka bermimpi disambut seorang wanita cantik pada sebuah rumah di puncak gunung tersebut. "Perempuan itu menyuguhi kami air minum," kata dia bercerita. Tak lama berselang, mereka langsung diminta untuk istirahat. Tetapi di dalam rumah ternyata ada banyak perempuan yang tak kalah cantiknya dengan yang menyambutnya tadi. Setelah itu, para perempuan itu mencumbu mereka selayaknya suami istri. Namun ia mengaku tak heran dengan peristiwa tersebut karena Gunung Salak terkenal dengan kisah magisnya. "Yah, kami memaklumi saja." Cerita lain dari seorang pendaki yang pernah menjelajahi Gunung Salak. Kini ia bergabung dengan tim SAR sebagai sukarelawan pencari korban Sukhoi. Menjelang pendakian, ia banyak berkonsultasi dengan masyarakat yang berada di sekitar gunung tersebut. "Banyak pantangannya," ujarnya. Ia mengaku pernah tak menghiraukan pantangan penduduk untuk tidak mengambil bunga anggrek saat mendaki beberapa bulan lalu ke Gunung Salak. Maklum, kata dia, di sana banyak anggrek berbagai jenis yang cukupindah.Tapiapayangterjadi. Timnya tersesat saat ingin pulang. Sepanjang hari mereka hanya berputar di puncak Salak secara berulang sampai malam hari. Anggrek itu pun disimpan di salah satu tempat, timnya kemudian salat Isya. Setelah salat timnya kembali melanjutkan perjalanan pulang. "Ternyata jalan pulang hanya ditutupi ranting padahal kami sudah beberapa kali lewat di depan ranting itu," ujarnya seraya menggeleng kepala. Ia juga mengaku bertemu seorang nenek-nenek berusia sekitar 80 tahun di puncak gunung tersebut. Perempuan tua yang sudah bungkuk itu berjalan sendiriandisebuahpadangdengan

hanya memakai pakaian tipis. "Kami tanya mau ke mana Nek, dia bilang hanya jalan-jalan," kata dia menirukan pernyataan nenek tersebut. Saat ditanyai di mana tempat tinggalnya, wanita tua itu hanya menjawab, "Di sini Nak." Nenek itu menolak diantar ke kaki gunung. Pendaki ini melanjutkan, perempuan tua itu lalu bilang, "Saya senang di sini karena ramai bila malam, mereka sering kasih saya makan," tanpa menyebutkan siapa mereka yang dimaksud. Yang mengherankan lagi, kata pendaki itu, si nenek berbahasa Jawa kental, padahal mayoritas masyarakat di kaki gunung berbahasa Sunda. "Kami pun meninggalkan nenek itu sendirian," ujarnya. Tidur di Kemiringan 85 Derajat Kisah-kisah menarik lainnya muncul dari perjuangan para tim evakuasi korban kecelakan pesawat Shukoi. Arman misalnya, remaja 17 tahun ini salah satu pahlawan dalam tim evakuasi di Gunung Salak. Dia bersama pasukan TNI dan Tim SAR serta Mapala UI adalah salah satu perintis yang membuka jalur menuju lokasi jatuhnya Sukhoi di tebing Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Tidur pun kadang terikat tali di kemiringan tebing yang mencapai 85 derajat. "Pas tidur, saya mesti mengikat badan dengan tali ke pohon. Biar nggak jatuh ke jurang," kata Arman sambil menunjukkan ikat pinggangnya yang hampir rusak, saat ditemui di Posko SAR di Pos Embrio, kemarin. Dia mengaku sudah mengenal kawasan Gunung Salak ini. "Untuk ke lokasi mesti melewati jurang," imbuhnya. Arman, pada Sabtu pagi turun lagi ke bawah ke Pos Tim SAR di Pos Embrio. Dia diminta menjadi penunjuk jalan ke lokasi bagi TNI. Begitu tiba di Pos SAR, Arman pun diminta langsung ke tempat logistik. Seorang anggota Tim SAR meminta Arman agar menyantap makanan yang banyak. Maklum, di lokasi di evakuasi, logistik sangat terbatas. Harus Berhasil Lain lagi cerita personel Korps Pasukan Khusus (Kopassus).

Ketika yang lain memutuskan untuk tidak mendekati lokasi crash side karena melihat kecuraman tebing, justru 7 personel Kopassus memilih untuk meneruskan perjalanan dan mencapai dasar lembah Gunung Salak membuka jalan. "Tidak ada yang tidak bisa, kami harus berhasil," kata pemimpin regu Sertu Abdul Haris, saat berbincang di Posko Pusat Evakuasi Embrio. Haris bersama 19 pasukan baret merah berangkat menuju titik evakuasi Kamis (11/5), pukul 06.00 WIB. Mereka berangkat bersama tim evakuasi gabungan dari Marinir, Paskhas, Brimob, dan unsur relawan dari masyarakat. Total jumlah tim rescue saat itu yang berangkat sebanyak 200an orang. Seluruh tim berhasil mencapai puncakGunungSalaksekitarpukul 11.00 WIB. Dari puncak tersebut, mereka melihat puing-puing pesawat bertebaran di tebing dengan kemiringan 85 derajat. "Yanglainmemilihtidakmeneruskan,sementarakamiberpikirharus sampai di lokasi," katanya. Sebanyak 20 personel Koppasus akhirnya memutuskan untuk terus berjalan. Dua tim dibagi untuk mencapai lokasi yang akan dituju. Satu tim berjumlah 13 orang, sementara 7 orang langsung dipimpin Haris. Mereka adalah Sertu Abdul Haris, Serda Reki Doan, Komptu Marulak, Prada Deni Hartanto, Prada Ahmad Syarifudin, Prada Bagus Pribadi Harahap, Prada Gama Oktorinel. "Berhasil mencapai tebing lokasi puing sekitar pukul 5 sore (17.00 WIB)," kisah Haris. Kedalamantebingdiperkirakan mencapai 500 meter. Sementara peralatan untuk menuruni tebing, seperti tali, hanya mencapai 50 meter. Tim harus bejibaku menuruni tebing dengan cara bergelantungan di celah-celah yang bisa ditapaki. "Kalau talinya habis, haris terus disambung sampai ke bawah, sebagian memilih bergantungan," ujar Haris. Ketika hari benar-benar dirasakan gelap, tim mau tidak mau harus menginap di kaki gunung. Keseokan harinya mereka mengevakuasi jasad yang ditemukan bergelantungan dengan parasut.tnr,dtc,tun,hab

Menuai......................................................Sambungan Hal 1 PEREDARAN buku-buku tersebut sangat tidak masuk akal. Alasan yang paling sering digunakan adalah mengganggu ketertiban umum atau meresahkan masyarakat. Salah satu buku yang dilarang rezim Orde Baru adalah Menabur Angin Menuai Badai karya Soegiarso Soerojo. Buku yang isinya menuduh Presiden pertama RI Soekarno mendukung berkembangnya paham komunisme dan membesarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang belakangan melakukan kudeta (merebut kekuasaan) yang gagal pada 30 September 1965, yang dikenal dengan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G 30 S PKI), dinilai Rezim Soeharto berpotensi meresahkan masyarakat. Sekedar diketahui, sebenarnya siapa dalang kudeta gagal 30 September 1965 tersebut hingga kini masih dipolemikkan. Namun yang pasti, G 30 S tersebut telah memberikan keuntungan secara politik kepada Soeharto. Bahkan bisa dipastikan, keberhasilan Soeharto menjadi penguasa di Indonesia sekitar 32 tahun, berawal dari kudeta 30 September 1965 yang gagal tersebut. Isu suap penambahan dana proyek pembangunan venue menembak dan main stadium (stadion utama) Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII 2012 di Riau, yang menghebohkan Riau sejak beberapa waktu lalu hingga kini,

mengingatkan saya pada buku Menabur Angin Menuai Badai tersebut. Maksudnya, masalah hukum yang membelit sejumlah orang, termasuk Gubernur Riau HMRusliZainalsaatinimerupakan badaidariangin(kegiatanmenyuap dan menerima suap) yang mereka tabur atau semai sebelumnya. Kalau hitung-hitungan lurus, seharusnya yang paling banyak menabur angin tentu semakin besar pula menuai badai. Kalau tidak demikian, berarti ada yang keliru dengan pengendali badainya, dalam hal ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam kasus suap penambahan dana venue menembak dan main stadium PON XVIII ini, penabur angin terbesarnya tentu dalangnya atau orang memerintahkan melakukan penyuapan terhadap anggota DPRD Riau tersebut. Pihak KPK memang telah menegaskan, bahwa orang yang diduga sebagai dalang utama dalam kasus suap tersebut akan ditetapkan sebagai tersangka, namun hingga kini gertakan KPK tersebut belum juga terbukti. Sehingga muncullah beragam spekulasi di tengah masyarakat dalam merespons kelambanan KPK tersebut. Bahkan ada yang menduga, jangan-jangan gertakan tersebut merupakan upaya KPK untuk melakukan bergaining (tawar-menawar). Mudahmudahan saja dugaan ini tidak

benar, meskipun kita meyakini bahwa ada kekuatan besar yang mencoba mengganjal KPK untuk menetapkan dalang utama kasus dugaan suap ini menjadi tersangka. Sebab kita juga menduga, bahwa tidak semua anggota KPK, termasuk komisionernya, punya kesungguhan yang luar biasa untuk memberantas korupsi. Buktinya, hingga kini masih banyak kasus korupsi besar yang terbengkalai di KPK, termasuk dugaan korupsi dalam kasus baill out Bank Century. Tapi, kalau sampai dalang utama kasus dugaan suap ini akhirnya selamat dari amukan badai, karena mereka yang telah ditetapkan sebagai tersangka merelakan dirinya menjadi bemper-nya (melindungi kejahatannya) atau karena pengendali badai membelokkan arah atau mengurangi kecepatan badainya, maka pameo siapa menabur angin akan menuai badai perlu ditinjau ulang penggunaannya. Namun kita sangat berharap, siapa menabur angin harus menuai badai. Semakin banyak angin yang ditaburnya harus semakin kencang badai yang dituainya. Terakhir, mari kita renungkan potongan hadits berikut ini: "Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melaknat orang yang menyuap, yang menerima suap dan orang yang menghubungkan keduanya." (HR Ahmad).** Perwajahan: ANDIXER


CMYK

8

HARIAN VOKAL

Seluler

SENIN 14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir1433 H

Samsung Omnia M Rasa Windows Phone Tri Berbagi 3G On Bareng Retailer Pekanbaru PEKANBARU (VOKAL) - PT Hutchison CP Telecommunications tidak henti-hentinya membuat inovasi baru, seiring perkembangan teknologi dimana setiap operator seluler berlomba-lomba memanjakan konsumen dengan memberikan pelayanan yang terbaik. Untuk menyikapi hal tersebut operator seluler berlambang angka “3” ini mengadakan jumpa outlet di salah satu hotel berbintang di Pekanbaru. Head of Operation Officer Indera Subagdja untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan mengungkapkan, acara yang dilakukan saat ini hanya temu ramah dengan retailer-retailer yang ada di Pekanbaru. Pihak Tri (3) memberikan edukasi tentang 3G ON, bagaimana memberikan layanan yang lebih baik dan pengenalan produk 3G yang sampai saat ini retailer-retailer ini masih antusias untuk memahaminya lebih lanjut. Dijelaskannya, kegiatan yang diadakan di Hotel Jatra ini hanya sebatas gathering biasa dan hanya melakukan purna jual terhadap produk 3G ON kepada mitra-mitra bisnis 3G yang ada di Pekanbaru.

Penanggung Jawab: BUDI SUSENO

“Kita tidak hanya memberikan janji kepada pelanggan pengguna jaringan 3G ON ini, akan tetapi cobalah sensasi ketika pelanggan menggunakan produk kami,”katanya, akhir pekan kemarin. Indera Subagdja menambahkan,”Untuk saat ini masyarakat sudah lebih pintar dan lebih jeli dalam menggunakan sesuatu yang menurut mereka lebih mudah dan percaya, apa yang harus dipilih ketika kebutuhan itu sudah menjadi gaya hidupnya. ”Rasakan sensasi baru Internetan 3G Tri, semakin cepat mudah yang selalu ON terus sampai puas.” ujarnya Terkait acara ini perusahaan 3G mencoba menjalin kembali hubungan dengan pihak retailer. Karena hampir setahun lebih perusahaan tersebut tidak mengadakan gathering kepada retailer. "Jadi yang dijual pada acara ini adalah data, di mana ke depan nanti teknologi yang dipakai tidak lagi voice atau sms tetapi sudah beralih ke broadband, inilah yang akan dipersiapkan lebih matang lagi," kata Regional Sales Head Sumatera A.A Dino Arsidananto. (ind)

JAKARTA (VOKAL) - Samsung meluncurkan ponsel dengan menggunakan sistem operasi Windows Phone. Smartphone GT-I8350 atau dikenal sebagai Omnia M. Ponsel tersebut akan segera tersedia di Eropa. Omnia M akan menggunakan Windows Phone 7,5, kemudian untuk dapur pacu ponsel ini menggunakan 1GHz Qualcomm Snapdragon MSM8255. Layar ponsel buatan perusahaan asal Korea Selatan ini menggunakan Super AMOLED 4 inci dengan resolusi 800 x 480 piksel. Demikian dilansir It Pro Portal, Minggu (13/5). Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Wi-Fi, baterai 1500mAh, microUSB, BT, GPS. Kamera ponsel ini menggunakan kamera lima megapik-

sel, dengan flash dan kamera VGA menghadap ke depan. Untuk memori Omnia M menyediakan 384MB RAM serta penyimpanan 4GB onboard. Samsung juga dilemparkan beberapa barang, seperti jaringan keluarga sendiri – dikenal sebagai “Family Story”- serta aplikasi ChatOn, layanan messaging platform, AllShare, MusicHub, Smart DJ dan Windows SkyDrive. Bukan hanya itu saja, dikabarkan pengguna akan mendapatkan 25GB media

penyimpanan komputasi awan Skydrive. Meskipun demikian, saat ini kapasitas 7GB merupakan standar kuota Skydrive yang dapat dinikmati oleh pengguna secara gratis. Samsung Omnia M akan bersaing keras dengan HTC Radar atau Nokia Lumia 710. dimana kedua smartphone tersebut unggul dengan memori onboard serta kapasitas penyimpanan yang lebih besar.(okz/ bos)

Perwajahan : ZULQIFLI


CMYK

9 SENIN

HARIAN VOKAL

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

r Pengurus IKJS Dumai 2012-2015 Dilantik

IKJS Diminta Dukung Program Pemko DUMAI (VOKAL) – Walikota Dumai, H. Khairul Anwar, Sabtu (12/5) malam, melantik pengurus Ikatan Keluarga Jawa Sumatera (IKJS) Kota Dumai periode 2012 -2015. Pelantikan digelar di gedung Pendopo Jl Putri Tujuh Dumai. Dalam susunan kepengurusan IKJS Kota Dumai, Walikota, H. Khairul Anwar dan Wakil Walikota, H Agus Widayat ditempatkan sebagai Dewan Pembina bersama unsur Muspida Kota Dumai lainnya. Sementara pengurus IKJS Kota Dumai priode 2012 – 2015 dipimpin R Bambang Wardoyo sebagai Ketua Umum IKJS Kota Dumai didampingi Suprianto sebagai Sekretaris dan Dadiono Gunakar sebagai bendahara. Walikota dalam sambutannya, menyambut gembira pelantikan pengurus IKJS Kota

Dumai. Ia berharap organisasi kemasyarakatan ini mampu merekatkan persatuan dan kesatuan antara suku di Kota Dumai yang memang terdiri dari berbagai suku. “Selain mempererat hubungan silaturahmi, antar sesama warga Jawa di Kota Dumai, IKJS saya harapkan mampu merekatkan persatuan dan kesatuan antar suku di Kota Dumai,” harap Walikota Walikota berharap, keberadaan IKJS dapat berperan aktif mendukung program Pemerintah Kota Dumai agar tujuan Pemerintah menjadikan Dumai kota Pengantin Berseri dapat terwujud dengan baik. Hal senada juga disampaikan Wakil Walikota Dumai, H. Agus Widayat. Sebagai sesepuh dan tokoh masyarakat Jawa di kota Dumai, Agus mengajak seluruh masyarakat Jawa di Kota Dumai

bersatu padu dan saling bahu membahu mendukung program Pemerintah agar Visi Dumai Kota Pengantin Berseri dapat terwujud. Wawako berpesan, Ketua terpilih IKJS periode 2012 – 2015 dapat menjadi pemimpin yang profesional. Tidak hanya memenuhi kepentingan pribadi, namun harus mampu membesarkan organisasi IKJS di Kota Dumai agar menjadi organisasi yang cemerlang dan terbilang. Ketua IKJS terpilih, R. Bambang Wardoyo menegaskan, IKJS Kota Dumai akan mendukung program Pemko Dumai agar Visi Dumai Pengantin terwujud. “Oleh sebab itu melalui kesempatan ini, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Jawa yang ada di Kota Dumai untuk turut serta menyukseskan setiap program pemerintah,”harapnya.(ysl)

YUSRHEL

WALIKOTA Dumai H. Khairul Anwar melantik dan mengukuhkan kepengurusan IKJS Kota Dumai periode 2012-2015 di Gedung Sri Bungga Tanjung Jl Putri Tujuh Dumai Timur, Sabtu (12/5) malam.

r Chairul Majid Ancam Bawa ke Meja Hijau r Kasus Non Job Pejabat Dumai

Wako Dinilai Lecehkan Surat Mendagri DUMAI (VOKAL) – Somasi dari kumpulan pejabat non-job kepada Walikota Dumai, Khairul Anwar tak juga digubris oleh sang pimpinan daerah. Sejak dilayangkan pada 1 Mei lalu, Wako dan Tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) terkesan diam. Materi kasus non-job belum ditanggapi dengan alasan kesibukan aktivitas di kepemerintahan. Padahal, sebelumnya Chairul Majid, mewakili rekan-rekannya memberikan waktu hingga Senin (14/5) ini, agar Wako merespons kasus pelanggaran mutasi pejabat di lingkungan Pemko Dumai ini. LAPORAN: VERNANDO / DUMAI Chairul Majid yang menjabat sebagai Kepala Kesbangpol Dumai, 1 Mei lalu menyomasi walikota (wako) untuk segera menjalankan perintah Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terkait ditemukannya pelanggaran mutasi di lingkungan Pemko Dumai.

Dengan tidak diresponnya somasi ini, Ia menilai Wako melecehkan surat Kemendagri dan BKN RI, menentang putusan dari Pemerintah Pusat. Ia sangat menyayangkan sikap yang dipertontonkan oleh wako. Ditambah lagi pernyataan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di media yang menganggap kasus ini adalah kasus biasa. “Terbukti pernyataan Kepala BKD di media,

yang menganggap surat hasil investigasi, itu hal yang biasa. Ingat loh, kasus ini yang turun langsung dirjen khusus. Jadi tingkat urgensinya pasti sangat penting,” kata Chairul. Buntut dari tidak adanya tanggapan Wako, Chairul Majid cs serius bakal membawa kasus ini ke ranah hukum. Ia menegaskan, gugatan akan segera dilayangkan dalam beberapa hari ke depan. “Semua sudah kami persiapkan, beberapa hari ke depan gugatan ini akan kami daftarkan,” tukasnya. Sebagai penggugat, Chairul juga menyebutkan sejumlah nama seperti mantan Kepala Dinas Perhubungan, Syafrudin Kamal, mantan Kepala Bappeda, Zulkarnaen, mantan Kepala Dinsos, Ishak Efendi dan mantan Disdik dan Rusli Al Hamidi. Mereka adalah pejabat di era pemerintahan Zul As-Sunaryo yang kini menjadi korban mutasi

Said Ngaku Belum Baca Surat Kemendagri KETUA Tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Bapkerjakat) Said Mustafa mengaku belum melihat dan membaca surat LHP Irhensus Kemendagri dan BKN. Pernyataan Said ini justru bertolak belakang dengan apa yang diutarakan Kepala BKD Sepranef yang mengatakan sudah menerima surat LHP. “Saya mau berkomentar apa? Suratnya saja belum sampai di meja saya. Tapi tak perlu khawatir lah, kalau LHP itu sudah saya terima, pasti akan kami bahas,” ujar Said Mustafa saat dihubungi melalui telepon selulernya, Sabtu (12/5). Sementara itu, kurang lebih sepekan lalu, tepatnya pada Senin (7/5), Kepala BKD Sepranef membenarkan adanya surat LHP dari Irjensus Kemendagri dan BKN. Malah Sepranef hapal dengan materi

SMS Anda ke

surat, terkait adanya temuan buat pihaknya tidak sempat pelanggaran penurunan eselon membahas surat yang dimaksud. Sedangkan Ketua Baperjakat dan pengangkatan pegawai di yang juga Sekda Kota Pemko Dumai. Dumai, Said Mustafa “Iya, LHP Ketetap bersikukuh bemendagri dan BKN lum membaca LHP sudah kita terima. Ya bernomor 25/RIKisinya, terkait adaSUS/ITSUS/III/2012. nya pelanggaran “Belum ada, bagaiaturan terhadap mana saya mau mepenurunan eselon mbahasnya,”katanya. dan pengangkatan Terkait keluarnya pegawai," ujar Sesurat warning dari pranef ketika itu. kelompok korban Hal senada diSAID MUSTAFA mutasi kepada Pemsampaikan Walikota Dumai, Khairul Anwar. ko Dumai yang dikirim 1 Mei “Saya sudah membacanya, su- lalu, Said membenarkan dirinya dah diterima. Tapi saya, tidak sudah mengetahui. Surat itu tahu apakah ada keharusan berisi peringatan membawa untuk membalasnya, dan dican- kasus nonjob ke meja hijau, jika tumkan juga batas waktu balas- hingga 14 hari sejak dikeluarnya atau tidak. Coba tanyakan kanya somasi itu, wako belum ke BKD langsung,” ujar Khairul. menanggapi LHP Irjensus KeSepranef beralasan, kesibukan mendagri tersebut. Senin, 14 aktivitas di pemerintahan mem- hari ini adalah habisnya masa somasi itu. “Kalau surat dari Pak Chairul Madjid, setelah saya tanya ke Pak Sepranef memang ada. Dan saya sudah membacanya, rencananya kalau tidak sibuk, Senin besok (hari ini, red), akan kami bahas. Pasti kami tanggapi surat mereka,” ujar Said mempertegas. (ndo)

0812 7687 7618

081992411xxx for pemrintah kota Dumai.saudara di pilih,bkn di lotri,mski kami tk knal siapa saudara,tolng jalan mrdka baru di prbaik,krna sudah tidak layak pakai lagi. harap partisipasinya.by slipknot club.

Pemadam Kebakaran Kodim 0303 PLN Polresta RS Bayangkara RSUD Dumai RS Pertamina Dumai Penanggung Jawab/Redaktur: BUDI SUSENO

38208 31303 37123 31007 36942 38367 439200

penurunan eselon lewat SK Mutasi No 127/BKD/2010 tanggal 11 Oktober 2010 dan SK Mutasi No 137/BKD/2010 tanggal 14 Oktober 2010, yang ditandatangani oleh Walikota Dumai Khairul Anwar. Chairul membeberkan salah satu materi gugatan, yakni meminta Wako melaksanakan surat Kemendagri yang isinya mencabut dua SK tersebut, dan melantik kembali pegawai non

job ke jabatan semula. “Ini bukan cuma gertakan. Kita akan buktikan,” tegasnya. Belum lama ini, tersiar kabar di sejumlah media tentang para korban mutasi yang siap menyeret kasusmutasikeranahhukum.Jika, dalam waktu 14 hari sejak 1 Mei lalu, Wako tidak merespons Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Tim Investigasi Irjensus Kemendagri dan BKN Pusat. Sebagaimana diketahui, Tim

investigasi gabungan dari Irjensus Kemendagri dan BKN RI, telah mengeluarkan LHP terkait kasus penonjoban pejabat struktural Dumai. Atas dasar adanya temuan itu, Tim Kemendagri dan BKN Pusat kemudian menyurati Wako Dumai melalui surat LHP No.25/RIKSUS/ITSUS/III/2012 tanggal 21 Maret 2012. Laporan hasil investigasi itu dikirimkan juga ke Menteri Dalam Negeri dan Gubernur Riau.

Kepala BKD Dumai, Sepranef, Senin (7/5) membenarkan sudah menerima LHP. Ia mengakui LHP tersebut menyebutkan adanya pelanggaran atas penurunan eselon pejabat struktural pada 2010 lalu. “Iya, LHP Kemendagri dan BKN sudah kita terima. Ya isinya, terkait adanya pelanggaran aturan terhadap penurunan eselon dan pengangkatan pegawai,” ujarnya kepada wartawan. (***)

Pramuka Kota Dumai Gelar Rakercab 2012 DUMAI (VOKAL)-Bertempat di gedung Pramuka Jl Kesehatan Dumai Timur, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Dumai masa bakti tahun 2011/2016, kembali mengelar rapat kerja cabang (tahun 2012, Minggu (13/ 5). Rakercab ini merupakan pertemuan antara Kwarcab dan kwartir ranting untuk membahas program kerja Kwarcab Kota Dumai tahun 2012. Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Dumai, Drs H Amiruddin kepada Harian Vokal menjelaskan, program kerja (Progja) Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Dumai tahun 20121 meliputi bidang-bidang kwarcab beserta badan kwarcab selama satu tahun, yang disusun berdasarkan skala prioritas dan merupakan progja jangka pendek yang disesuaikan dengan kalender kerja kegiatan daerah, Nasional maupun Internasional. Menurut Amiruddin, progja tahun 2012 masih melanjutkan Progja Kwarcab tahun sebelumnya yang diprioritaskan pada peningkatan kegiatan anggota muda, penambahan jumlah Pembina dan pelatihan

pembina Pramuka, pemberdayaan aset dan akses kwarcab, efesiensi peningkatan anggaran keuangan serta mengupayakan meningkatkan citra dan pengabdian gerakan Pramuka pada masyarakat Kota Dumai. Selain itu, pengabdian gerakan Pramuka kepada ma-

syarakat Kota Dumai dengan berpedoman rencana strategis sebagaimana yang telah ditetapkan Kwartir nasional gerakan Pramuka sebagai program utama. Sebelumnya Walikota Dumai H. Khairul Anwar, selaku Majelis Pembina Gerakan Pramuka Ko-

ta Dumai mengatakan, perlu dilakukan evaluasi capaian program gerakan Pramuka Kota Dumai tahun sebelumnya. “Hal tersebut perlu dilakukan sebelum melangkah lebih lanjut dalam membuat dan menyusun program-program baru,” ujar wako.(ysl)

YUSRHEL

MAJELIS Pembina Cabang (Mabicab) Kwarcab Gerakan Pramuka kota Dumai H. Khairul Anwar, didampingi Ketua Kwarcab Pramuka kota Dumai Drs. H.Amiruddin MM, serta kepengurusan Kwarcab pramuka kota Dumai lainnya berpoto bersama usai mengelar Rapat kerja cabang .

Kantor Lurah Purnama Pindah ke Kecamatan DUMAI (VOKAL)-Untuk sementara, pelayanan masyarakat yang tinggal di Kelurahan Purnama dipusatkan di kantor Camat Dumai Barat. Hal ini menyusul terjadinya kebakaran yang melanda kantor Lurah Purnama dan menghanguskan arsip-arsip penting kelurahan itu, Minggu (13/5),. “Kepada seluruh staf di Kelurahan Purnama sudah saya

instruksikan untuk bekerja seperti biasa. Dan sementara berkantor di Kantor Camat Dumai Barat,” ujar Camat Dumai Barat, Jurianto. Musibah kebakaran ini terjadi pada Minggu (13/5) pagi. Berhubung hari libur, maka tidak satupun staf yang berada di tempat. Sehingga dokumendokumen penting seperti KK, KTP, PBB dan arsip surat tanah

warga tak terselamatkan Kelurahan Purnama terdiri dari 25 Rukun tetangga (RT), 2.705 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penduduk lebih kurang sebanyak 6.000 jiwa. Jurianto mengatakan, pihaknya akan segera melapor kepada walikota guna mencari jalan keluar agar pelayanan masyarakat di Kelurahan Purnama dapat kembali

berjalan normal. Ia pun meminta kepada masyarakat Purnama untuk dapat bersabar. “Terkait dengan kejadian ini kita akan buatkan berita acaranya, dan ini akan saya laporkan langsung ke Walikota Dumai, mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan temukan jalan keluar yang terbaik,” tandasnya.(ndo)

r Jambore PKK Riau 2012

TP PKK Dumai Juara Umum DUMAI (VOKAL)-Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Dumai berhasil meraih juara umum dalam Jambore Kader PKK Riau 2012 yang dilaksanakan di Gedung Wanita Kota Pekanbaru, 9 – 12 Mei kemarin. “Kota Dumai berhasil menyabet Tiga Juara I sekaligus, dan I juara harapan pada perlombaan Jambore PKK Riau 2012,”demikian disampaikan Ketua TP PKK Kota Dumai, Hj. Nefi Agustina Khairul kepada Wartawan

akhir pekan kemarin. Saya sangat bangga atas prestasi diperoleh TP PKK Kota Dumai. Prestasi ini berhasil diraih berkat kerjasama seluruh kader TP PKK, mulai dari tingkat Kelurahan, tingkat Kecamatan dan Kader TP PKK lainnya dikota Dumai,”ujar Nefi. Kata Nefi, tanpa kerjasama yang baik dan dukungan seluruh kader TP PKK Kota Dumai, prestasi ini tidak akan didapatkan. “Oleh sebab itu, saya selaku ketua umum TP PKK Kota Dumai mengucapkan terima kasih kepada selu-

ruh kader TP PKK Kota Dumai kanbaru yang dihadiri langsung oleh ketua TP PKK dan semua pihak Provinsi Hj. Sepyang telah mentina Ruzli Zainal. dukung TP PKK Adapun juara Kota Dumai meyang diperoleh TP ngikuti lomba PKK Kota Dumai Jambore PKK Riau dalam lomba 2012 sehingga DuJambore PKK Riau mai keluar sebagai 2012, yakni juara I juara Umum tingpada lomba Cerkat Provinsi,”jedas Cermat, Juara lasnya NEFI AGUSTINA I Lomba PenyuMenurutnya, pengumuman juara lomba luhan TP PKK Kecamatan, Jambore PKK Riau 2012 di- Juara I Lomba Penyuluhan sampaikan panitia pada, Sabtu kader PKK, serta Juara harapan (12/5) di gedung Wanita Pe- I penyuluhan PKK Kelura-

han,”papar Nefi Agustina. TP PKK Kota Dumai mendapat piagam penghargaan plus tropy dan hadiah lainnya yang diserahkan langsung Ketua TP PKK Provinsi Riau, Hj. Septina Rusli Zainal dalam acara penutupan Jambore PKK Provinsi Riau 2012 di gedung Wanita Pekanbaru. TP PKK Kota Dumai berhak mewakiliRiauketingkatNasional untuk mengikuti Jambore TP PKK Nasional 2012. Namun pihaknya belum mendapat jadwal pasti kapan Jambore PKK Nasional akan dilaksankan. (ysl) Perwajahan: ABDA


10

HARIAN VOKAL

SENIN 14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

LINTAS Kerajinan Masyarakat Harus Dikembangkan

SIAK(VOKAL)-Upaya Pemerintah Kabupaten Siak dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan memperkecil angka pengangguran terus digesa melalui berbagai instansi yang ada, termasuk Dekranasda Kabupaten Siak yang membidangi kerajinan. Menurut Bupati Siak H Syamsuar, keterampilan dan kerajinan masyarakat harus bisa ditampung dan di bina pengembangannya. Instansi terkait mulai Disperindag, Bappeda, dan Dinas Pariwisata hendaknya dapat membantu pemasaran hasil kerajinan masyarakat, karena dari sana pulalah kehidupan masyarakat akan lebih sejahtera dan berkembang. Pengembangan kerajinan tersebut harus dimulai dari pihak sekolah, dengan menerapkan kurikulum yang berbasis kerajinan tangan. Misalnya setiap sekolah menerapkan kerajinan membuat tenunan Siak yang saat ini sudah mulai punah.. “Saya sudah tanyakan kepada Kepala Dinas Pendidikan, katanya dulu ada setiap sekolah menerapkan kurikulum kerajinan dan keterampilan tenuan Siak yang dipraktekkan langsung oleh siswa, sekarang mesti diterapkan kembali, padahal tenunan siak harganya cukup mahal dan terkenal,” sebutnya. Tenunan Siak, katanya, diminati mulai pejabat dan masyarakat luar daerah dan manca negara. Cirikhas dan kasanah budaya tersebut harus dilestarikan dan dikembangkan. Beberapa sekolah di daerah Jawa, juga mampu mengembangkan kerajinan dan keterampilan yang ada. “Sehingga selain menuntut ilmu, murid bisa pula menghasilkan uang. Maka dari itu, instansi - instansi terkait harus ikut andil dan peran serta dalam upaya program tersebut,” harap Bupati. (zul)

SMKN Sawit Permai Segera Berdiri

Polres Siak

: 0764-20110

Polsek Sungai Apit

: 0766-51050

Polsek Minas

: 0761-993444

Polsek Perawang

: 0761-91448

Koramil Sungai Apit

: 0766-51061

Koramil Minas

: 0761-508033

Koramil Perawang

: 0761-92919

Rumah Sakit Siak

: 0764-20011

Pemadam Kebakaran : 0764-322113 Kantor Pos dan Giro

: 0764-20347

Informasi

: 0764-20108

Telkom

: 0764-20000

PLN

: 0764-20073

Penanggung Jawab/Redaktur: MARZULI ADI

Ramayana Lestari Diduga Jual Produk Kadaluarsa SIAK(VOKAL)-Pusat perbelanjaan Ramayana Perawang didapati konsumennya menjual produk makanan kadaluarsa, Sabtu (12/5). Hal tersebut dibuktikan dari masa edar yang tertera di kemasan produk tersebut. LAPORAN:

SOLEMAN/SIAK Seorang konsumen yang tidak mau disebutkan namannya itu mengatakan dirinya berbelanja ke Ramayana untuk membeli dua bungkus makanan ringan sejenis kacang-kacangan. Sesampai di rumah, dirinya pun mulai mengkomsumsi makanan tersebut, namun rasanya berbeda dari yang biasanya. Dengan rasa curiga, dirinya lantas memperhatikan masa kadaluarsanya, di situ tertulis bahwa masa edar

produk tersebut sampai bulan Maret 2012 lalu. “Saya tidak menyangka Ramayana bisa menjual makanan yang sudah lewat batas waktu penggunaannya. Saya sangat kecewa dalam kejadian ini karena menyangkut kondisi kesehatan saya,” demikian disampaikan sumber Harian Vokal yang tidak mau disebutkan namanya, Sabtu (11/5). Wartawan Harian Vokal pun mencoba mendatangi kembali ke Ramayana dan berbelanja produk makanan yang sama.

Makanan yang masih kadaluarsa tersebut masih ditemukan. Terkait hal itu, manajer atau penanggungjawab Ramayana ketika akan dikonfirmasi sedang tidak di tempat. Namun dari keterangan seorang supervisor bernama Adi mengatakan, bahwa dirinya tidak mengetahui adanya makanan yang kadaluarsa beredar ke konsumennya. “Kami baru beberapa hari di sini Pak. Kami tidak mengetahui kalau ada produk makanan yang sudah kadaluarsa. Kami minta maaf dan akan kami ganti makanan yang telah bapak beli. Sebagai manusia wajar jika kami sewaktu-waktu silaf dalam bekerja,” ucap Adi yang mengaku sebagai supervisor tersebut. Sementara itu, Ketua LSM

Lembaga Peduli Kesehatan Masyarakat Riau Siak sangat menyayangkan kurangnya pengawsan dari pihak terkait terhadap toko-toko yang menjual produk makanan maupun minuman yang ada di Kabupaten Siak. Padahal akan berakibat pada kesehatan konsumen karena bisa keracunan. “Sebaiknya ada pengawsan dari pihak terkait. Jangan sampai jatuh korban, baru diadakan sidak atau semacamnya terhadap toko-toko atau supermarket yang menjual makanan atau minuman,” ujar Elmi kepada Harian Vokal, Minggu (13/5). Pihaknya juga sangat menyayangkan adanya produk makanan yang sudah kadaluarsa dan masih dijual di Ramayana.

Menurutnya, pihak pengelola mesti lebih profesional dalam bekerja, apalagi menyangkut dengan nyawa manusia. “Dengan adanya kejadian ini, hendaknya pihak terkait juga diharapkan dapat menindaklanjuti, karena telah merugikan konsumen serta melanggar undangundang kesehatan makanan dan minuman,” tegas Elmi. Elmi juga meminta masyarakat lebih waspada saat membeli makanan atau minuman, untuk menghindari terjadinya hal serupa. Masyarakat harus melihat barang yang akan dibeli, apa lagi menyangkut masalah makanan dan minuman karena ada oknum yang tidak mau rugi, namun tetap menjual produk atau makanan meski sudah kadaluarsa. (***)

r Bupati Buka MTQ ke-10 Kotogasib

“Tingkatkan Keinginan Baca Al Quran” KOTOGASIB(VOKAL)-Bupati Siak H Syamsuar didampingi Ibu Hj Misnarni Syamsuar, membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-10 Kecamatan Kotogasib, yang dilaksanakan di Masjid Raya Rayatul Iman, Desa Pangkalan Pisang, Kecamatan Kotogasib, Jumat (11/5) malam. Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Siak H Mukhlis, Kepala Bagian Adm Kesra Setda Siak H Darussalim, Camat Kotogasib Arlisman, seluruh kepala desa se-Kotogasib, serta ribuan masyarakat setempat yang memadati tempat berlangsungnya acara. Menurut Ketua Panitia Pelaksana Sudarsono, MTQ ini diikuti 156 peserta yang berasal dari 11 desa se-Kotogasib. Camat Kotogasib Arlisman dalam sambutannya mengemukakan, perjalanan dari pelaksanaan MTQ di Kotogasib mengalami pasang surut. Hal ini dikarenakan MTQ tidak dilaksanakan secara rutin, namun adakalanya tahuntahun sebelumnya hanya dilakukan Seleksi Tilawatil Quran (STQ). “Akan tetapi untuk ke depan, pemerintah kecamatan bersama masyarakat Kotogasib sudah bertekad untuk melaksanakan MTQ setiap tahunnya dan akan dilaksanakan diseluruh desa yang ada secara bergilir setiap tahunnya,” sebutnya. Ditambahkannya, MTQ ini juga tidak lepas dari persiapan mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Siak tahun ini. Selain tentunya untuk meningkatkan minat belajar Al Quran sebagai bagian dari penegakan syiar Islam ditengah-tengah masyarakat. “Saya mengharapkan anakanak di Kotogasib bisa termotivasi untuk bisa ikut serta dan tampil sebagai peserta pada MTQ di tahun-tahun mendatang. Semakin

besar minat anak-anak untuk mengikuti MTQ, akan semakin besar pula tingkat keinginan mereka dalam mempelajari dan memahami Al Quran,” tuturnya. Sedangkan Bupati Siak H Syamsuar mengatakan, MTQ merupakan sarana untuk lebih mamahami dan mendalami Al Quran, baik yang tersirat maupun tersurat. Agar insan kamil yang diinginkan Al Quran dapat terwujud, sehingga ikut membentuk suatu negeri yang Baldatun Thoyyibatun Warabbul Ghafur. “Selain itu, MTQ tentunya merupakan media dakwah dalam upaya membumikan nilai-nilai ilahi dalam kehidupan sehari-hari. Karena kualitas keimanan masyarakat akan menjadi modal dalam menciptakan masyarakat madani yang dicita-citakan,” katanya. Dalam kaitan tersebut, Bupati mengingatkan aspek yang perlu diperhatikan adalah bagaimana meningkatkan peranan lembagalembaga pendidikan agama, seperti madrasah, taman pendidikan Al Quran maupun pondok pesantren yang tersebar disetiap kecamatan. “Dengan demikian, akan men-

dorong minat masyarakat atau generasi muda dalam memahami dan mendalami Al Quran secara tepat dan benar, sehingga segala ajaran dalam kandungan Al Quran tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” jelasnya. Lanjut Bupati, merupakan musibah bagi kita semua bila ada anakanak yang buta aksara Al Quran. Oleh karenanya, MTQ diharapkan meningkatkan kecintaan para generasi muda umat Islam untuk terbebas dari buta aksara. “Di samping itu, MTQ diharapkan menjadi filter aspek-aspek negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan kemajuan zaman yang menjauhkan umat islam dari ajaran-ajaran ilahi yang terkandung dalam Al Quran,” tuturnya. Bupati juga berharap kegiatan mengaji pada waktu maghrib kembali dibudayakan bagi kalangan generasi muda. Sementara itu menyinggung soal peningkatan prestasi Siak pada musabaqah tingkat Provinsi Riau beberapa waktu lalu, Syamsuar menegaskan hal itu tentunya diawali oleh pembinaan dan bimbingan secara berkesinambungan. (zul)

BUPATI Siak Syamsuar didampingi Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Siak serta Camat Koto Gasib saat memukul bedug pembukaan secara resmi MTQ ke-10 Kotogasib, di Masjid Rayatul Iman Desa Pangkalan Pisang, Jumat (11/5) malam.

HUMAS

SIAK(VOKAL)-Usaha mencerdaskan anak bangsa khususnya di Kabupaten Siak semakin mudah setelah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri yang terletak di Desa Sawit Permai, Kecamatan Dayun, menerima murid baru tahun ajaran 2012/2013. Pendiri dan sekaligus pencetus terbentuknya SMKN Desa Sawit Permai Ali Muklisin yang ditemui Harian Vokal, Sabtu (12/5) disela-sela memberikan materi kuliah di kampus STAI Susha Siak yang terletak di Kecamatan mempura, membenarkan bahwa SMKN Sawit Permai yang sudah melakukan penerimaan siswa/wi baru dan sudah banyak yang mendaftar. Berdirinya SMKN ini atas inisiatif dan survei yang dilakukan pihaknya di semua sekolah yang ada di Kecamatan Dayun. Dari data yang diperoleh langsung dari siswa, mereka yang berminat masuk ke SMK berjumlah 234 siswa, 12 ke madrasah aliyah, dan 212 orang mau melanjutkan ke SMA. Penerimaan siswa baru sudah dimulai beberapa waktu lalu. Jurusan yang dibuka menurut Ali Mukhlisin ada tiga jurusan, di antaranya otomotif, komputer, dan administrasi perkantoran. Sedangkan untuk tenaga pengajar berasal dari Strata 1 dan 2 yang membidangi jurusan-jurusan yang ada. “Kami selaku pendiri dan pengelola berharap dukungan dari pemerintah Kabupaten Siak, khususnya terhadap bangunan gedung sekolah dan perkantoran, karena saat ini proses belajar mengajar sementara masih numpang di MDA di sana. Koordinasi sudah kami lakukan dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Siak, dan dalam waktu dekat kami akan menghadap Kepala Dinas dan Bupati lagi,” ujarnya. Dilanjutkan Mukhlisin, dukungan masyarakat atas berdirinya SMKN Sawit Permai sangat tinggi, bahkan saat ini sudah banyak guru yang melamar jadi pendidik di SMK tersebut. Namun tentunya ada tahap seleksi dengan tenaga-tenaga lulusan dengan jurusan sama di SMK ini. (zul)

HUMAS

BUPATI SIAK Syamsuar (tengah) didampingi Ketua Umum BAZ Kabupaten Siak Alfedri (kiri), menyerahkan zakat komsumtif periode I tahun 2012 bagi masyarakat Kecamatan Bungaraya di aula Kecamatan Bungaraya, Sabtu (12/5).

SERAHKAN SAPI - Bupati Siak Syamsuar di (2 kiri) menyerahkan zakat produktif berupa sapi dan kambing bagi masyarakat Desa Suak Merambai, Kecamatan Bungaraya, Sabtu (12/5).

Penerimaan Zakat Meningkat Signifikan SIAK(VOKAL)-Dibawah kepemimpinan H Alfedri selaku Ketua Umum Badan Amil Zakat Kabupaten Siak, penerimaan zakat terhitung mulai Januari 2012 hingga saat ini mencapai lebih kurang Rp1,6 miliar. Angka itu jauh melesat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp600 juta. Peningkatan pencapaian tersebut berkat kesadaran PNS, guru dan pengusaha yang menyalurkan zakat mal setiap bulannya. Ke depan BAZ Siak akan terus berupaya menerobos sampai ke perusahaan raksasa yang memperkerjakan ribuan karyawan seperti PT IKPP dan beberapa perusahaan besar yang ada di Kabupaten Siak, baik BUMN maupun BUMD. Bupati Siak H Syamsuar dalam sambutannya pada acara perpisahan di SMPN I Siak, baru-baru ini menjelaskan, lonjakan penerimaan zakat mal cukup mengembirakan hasilnya, yaitu Rp1,6 miliar hingga April 2012 ini. “Zakat tersebut akan disalurkan kepada masyarakat yang

berhak menerimanya. Hal ini adalah berkat kesadaran kita semua, mulai dari PNS, guru dan pengusaha. Alhamdulillah mulai dari pihak perusahaan hingga karyawan sangat mendukung mengeluarkan zakat mal dari hasil pendapatannya setiap bulan,” katanya. Disebutkan Bupati lebih jauh, BAZ diharapkan terus melakukan sosialisasi ke perusahaanperusahan yang mempekerjakan karyawan di Siak, agar masyarakat Kabupaten Siak terlepas dari kemiskinan dan kebodohan. “Saya tidak mau dengar ada anak-anak yang tidak bersekolah lantaran kehidupan ekonomi tidak mampu. Jika masih ada, jumpai saya atau Dinas pendidikan, akan kita atasi. Pemerintah Kabupaten Siak sudah memberlakukan sekolah bebas biaya mulai dari SD, SMP sampai ke SMA, SMK, dan tahun depan juga akan diberlakukan untuk sekolah agama seperti madrasah aliyah yang hanya menunggu aturan yang membenarkan, kami sudah berkoordinasi dengan Kemenag,” pungkasnya. (zul) Perwajahan: ISKANDAR


SENIN

11

HARIAN VOKAL

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhirl 1433 H

LINTAS Rohul Terapkan Pelayanan Terpadu PASIRPANGARAIAN (VOKAL)- Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mulai aplikasikan program pelayanan terpadu perizinan di 16 kecamatan. Wakil Bupati Rohul Hafith Syukri optimis pelayanan di kecamatan sebagai pelayanan terbaik bagi masyarakat. Penjelasan Wabup demikian, sekaligus menjawab keluhan masyarakat Rohul selama ini atas belum maksimalnya pelayanan pemerintah kepada masyarakat, terutama dalam pengurusan perlayanan administrasi pelayanan di kecamtan. Halnya di Kecamatan Rambahsamo, kata Wabup Hafith Syukri telah didirikan kantor pelayanan Paten, untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat semaksimal mungkin, terutama pelayanan dengan memutus mata rantai rentang administrasi yang panjang dan berbelit. “Adanya pelayanan Paten di 16 kecamatan, nantinya akan memudahkan masyarakat mengurus segala hal dengan biaya yang transparansi, termasuk persyaratan-persyaratan mudah, serta pelayanan cepat,” terangnya. Untuk penerapan pelayanan terpadu perizinan di kecamatan lain, nanti akan mampu memangkas jenjang pelayanan kepada masyarakat, sehingga pelayanan lebih maksimal. Wabup berharap, kedepan penerapan Paten turut diikuti kecamatan lain, sehingga pelayanan kepada masyarakat maksimal. Diserahkannya sejumlah pelayanan perizinan yang saat ini merupakan kewenangan kepala daerah kepada pemerintah kecamatan, diharap wabup bisa memaksimalkan pelayanan. Seperti di Kecamatan Rambahsamo, pelayanan Paten itu akan melayani 49 jenis perizinan dan 18 pelayanan non perizinan. Untuk itu, dia minta pihak kecamatan mempersiapkan segala perangkat penunjang, baik pelaralatan, Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk standar operasional pelaksanaan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Satu harapan kita, agar kecamatan lain juga membangun pelayanan Paten, sehingga memudahkan pelayanan kepada masyarakat luas,” intruksinya. (rtc/may)

Karateka Rohul Raih 3 Perunggu di OSN PASIRPENGARAIAN (VOKAL)- Dalam even Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kabupaten di Kantor Dinas Pendidikan Riau, 8-11 Mei lalu, karateka Rohul menyabet 3 medali perunggu. Ketua Umum FORKI Rohul Erizal didampingi pelatih FORKI Briptu Totok Nurdianto, Minggu (13/5), mengatakan prestasi itu memang belum maksimal karena rendahnya jam terbang para karateka. Satu perunggu berhasil diraih siswa SMP pada kelas kata perorangan putri. Sementara dua karateka tingkat SD, berhasil meraih dua medali perunggu, 1 perunggu di kelas kata perorangan putra dan 1 perunggu lainnya dari kelas kumite perorangan putri. Kata Totok, hasil yang diraih sudah sangat menggembirakan. Apalagi para karateka yang dikirim masih minim pengalaman dan rata-rata hanya memiliki 3 jam terbang di even bergengsi. "Lawan-lawannya yang dihadapi karateka kita, sudah pernah menjadi juara. Secara psikologis, mereka kurang matang, termasuk jam terbangnya," terang Totok di Pasir Pengaraian. Totok berharap, ke depannya diharapkan karateka Rokan Hulu bermental juara. Sebagai persiapan menyambut O2SN tahun depan, mulai pekan ini Forki Rokan Hulu akan melakukan persiapan matang, termasuk meningkatkan program latihan. "Sejauh ini para atlet Forki Rokan Hulu latihan seminggu lima kali. Kita berusaha bagaimana jam terbang mereka semakin tinggi, sehingga terus menjadi juara," harapnya. (rnc/may)

Sekretariat Daerah

: 0769-341009

Sekretariat DPRD

: 0769-311341

Pengadilan Negeri Rengat : 0769-341059 Pengadilan Agama Rengat : 0769-341102 Kejaksaan Negeri Rengat : 0769-341271 PDAM

: 0769-21634

Kantor Satpol PP

: 0769-341137

Kodim 0302 Inhu

: 0769-21035

Polres Inhu

: 0769-21110

Polsek Peranap

: 0769-561110

Polsek Lirik

: 0769-41033

Polsek Pasir Penyu

: 0769-41110

RSU Indrasari Rengat

: 0769-341066

Bonaidarussalam Masih Kekurangan Guru PNS BONAIDARUSSALAM (VOKAL)- Sejak dimekarkan dari Kecamatan Kuntodarussalam 2005 silam, Kecamatan Bonaidarussalam, terus berbenah dan bangkit menjadi sebuah daerah maju. Namun sekarang daerah itu masih kekurangan tenaga guru Pegawai Negeri Sipil (PNS), dalam upaya meningkatkan kualitas SDM. Ketua Komite SMAN 1 Bonaidarussalam Muhammad Naji, mengaku sejumlah sekolah di daerahnya telah lama kekurangan guru PNS. Selama ini, para siswa di sana lebih banyak diajar guru honorer yang digaji komite setempat. “Kami tidak sanggup lagi mem-

bayar gaji guru honor, apalagi saat tidak ada dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Memang ada rencana anggaran dari BOSDA, tapi sampai sekarang belum diterima,” ungkap M Naji. Sebelumnya, secara sukarela, camat, para kepala desa, pengusaha, para guru PNS dan selu-

Bukit Barisan di Palas Telah Gundul Dijarah PASIRPENGARAIAN (VOKAL)Raungan mesin pemotong kayu masih terdengar di kawasan Bukit Barisan antara Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau dengan Kabupaten Padang Lawas (Palas) Sumatera Utara (Sumut). Tingginya aksi perambahan hutan disertai tebang pilih kayu, masih terus terjadi dan mengancam penggundulan hutan, namun tanpa tindakan tegas aparat. Penelusuran sehari riauterkini.com melalui hulu Sungai Batang Lubuh, Selasa (8/5/12) lalu, bersama sejumlah rekan wartawan dan masyarakat, kawasan Bukit Barisan sudah sangat mengkhawatirkan. Dari kejauhan bisa dilihat, kondisi hutan yang gundul dan menghitam, akibat perambahan hutan, dan penumbangan pohon hutan, disertai aksi pembakaran hutan. Tidak sedikit kawasan telah berubah menjadi perkebunan kelapa sawit masyarakat. Kondisi tersebut menyebabkan sejumlah kawasan di kaki Bukit Barisan yang hijau, kini terlihat seperti hamparan padang padang kayu dari kejauhan, dari atas perahu motor yang kami tumpangi. Menuju ke hulu Sungai Batang Lubuh yang berkelok. Beberapa kawasan di Palas Sumut juga terlihat sama. Pohon masih berdiri terlihat menghitam di atas bukit. Di sekitarnya, pohon mati suri kecoklatan tak berdaun. Raungan mesin pemotong kayu (chainsaw) bersahut-sahutan mengalahkan suara dua mesin perahu motor biru yang kami tumpangi menyusuri hulu Sungai Batang Lubuh. Walau raungan terdengar jelas, namun tidak satu pun terlihat ada aktifitas manusia di tengah belantara yang dilindungi Negara. Tak jauh dari sekelompok penambang emas, kami juga saksikan lebih dekat kawasan hutan di Kaki Bukit Barisan yang memprihatinkan. Tidak ada jalan setapak yang bisa dilalui. Sepanjang hamparan, kayu lapuk akibat perubahan musim, sisa-sisa sisa aksi ilegal logging sengaja ditinggalkan para pelaku berserakan di antara semak belukar. Bosan memandang kawasan yang kini telah menjadi padang kayu lapuk, kami memutuskan pulang. Sepanjang jalan, pemandangan serupa masih terlihat. Selasa sore kemarin, ketika mentari mulai kembali ke peraduan di upuk barat, beberapa kalinya terlihat sejumlah pria berotot, duduk manis diatas kayu yang telah diolah di tengah sungai. Sekilas mereka seperti duduk diatas batu di tengah sungai. tapi dari kedekatan, ternyata mereka duduk diatas kayu olahan yang sengaja diikat rapi, sebagai rakit dan membawa ke hilir Sungai

Batang Lubuh. Seperti orang ketakutan, mereka menoleh sinis ketika perahu motor yang kami tumpangi melaju tak jauh dari rakit kayu hutan olahan di tengah sungai. Kondisi gundulnya kawasan hutan kaki Bukit Barisan juga telah terjadi di kawasan obyek wisata air terjun Aek Martua Bangunpurba. Kondisi itu masih terus berjalan tidak terkendali, terkesan dibiarkan. Akibat Illog Sebelumnya, sejumlah warga Kecamatan Bangunpurba sendiri mengaku rusaknya jembatan gantung yang memisahkan antara Dusun III Huta Padang dengan Dusun II Huta Lolot Sei Perak, Desa Bangunpurba, disebabkan adanya pelangsiran kayu hutan hasil aksi ilegal logging di Hutan Terbatas Produksi (HPT) kawasan Aek Martua menggunakan becak motor. Aksi tebang pilih sudah berlangsung puluhan tahun tanpa tindakan tegas dari aparat terkait. Para pelaku menggunakan becak motor ketika melangsir kayu dari hutan Negara katanya hanya modus. Tapi hal itu mampu mengecoh para penegak hukum kita, pasalnya di belakang layar, aksi masih diperankan pemain lama yang belum sekali pun merasakan dinginnya lantai tahanan. Sikap diam aparat hukum berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat di hilir Sungai Batang Lubuh. Sejumlah perkampungan di Rohul selalu digenangi banjir saat intensitas curah hujan tinggi. Sama halnya kediaman Bupati Rohul Achmad di Dusun Nogori, Desa Babussalam, Kecamatan Rambah. Saat curah hujan tinggi, warga terpaksa menjinjing celana dan rok menyelamatkan harta benda. Hal sama turut dirasakan warga Kampung Cibadak Desa Rambah Tengah Barat dan Dusun Pawan Desa Rambah Tengah Hulu, Kecamatan Rambah, 17 November 2010 lalu. Minimnya hutan serapan di kawasan Kaki Bukit Barisan, sejumlah perkampungan di dua desa itu dihantam banjir bandang disertai hanyutnya material kayu sisa aksi ilegal logging. Selain kayu potongan dan kayu olahan menumpuk di jembatan pawan kala itu, di Dusun Cibadak, kayu ilog juga menghantam dan merobohkan sejumlah rumah warga setempat. Peristiwa naas tiga tahun lalu menurut warga merupakan peristiwa terburuk sepanjang sejarah, sebab para pedagang Pasar Tugu saat itu juga mengaku mengalami kerugian sampai ratusan juta rupiah, sebab ratusan kios terendam dan barang dagangan tidak sempat diselamatkan. (rtc/may)

BUKIT Barisan yang terus dibuka untuk dijadikan perkebunan. Penanggung jawab/redaktur: FITRI MAYANI

RTC

ruh pengurus Badan Pemberdayaan Desa (BPD) di Bonaidarussalam, membantu uang kepada pihak komite untuk menggaji para guru honor itu. “Tapi sumbangan sebulan sekali itu hanya berlangsung setahun, kini pihak komite sekolah mesti pintar putar otak dan berharap bantuan sukarela dari orangtua siswa setiap bulan. Sebab kutipan di sekolah dilarang,” katanya. Awalnya SMAN 1 Bonaidarussalam hanya dikelola Yayasan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan di-negerikan pada 2009. Namun sampai sekarang sekolah itu masih kekurangan guru PNS, hanya kepala sekolah berstatus PNS, sedangkan 17 guru, masih berstatus honor. Beberapa tahun lalu, ungkap M Naji lagi, ada empat guru honor yang diajukan pihak komite agar diangkat menjadi guru PNS, tapi sayangnya keempatnya minta dipindahkan ke daerah lain dengan berbagai alasan. “Guru itu sama dengan dokter. Mereka telah disumpah dan siap ditempatkan dimana pun. Seharusnya Dinas Pendidikan lebih

tegas, tidak asal menuruti kemauan mereka. Kasihan anakanak di Bonai jika kondisinya seperti ini,” katanya. Sebelumnya, Kepala Disdikpora Rohul Muhammad Zen, mengaku jika guru PNS enggan ditugaskan di Bonaidarussalam karena lingkungan yang kurang sesuai harapan, termasuk tempat tinggal. Hal itu dibantah M Naji. Menurutnya masalah tempat tinggal hanya alasan, sebab komite membantu mengusahakan dan menjaga mereka selama bertugas disana. “Itu hanya alasan klasik. Intinya Pemkab Rohul mesti tegas kepada guru yang menolak ditempatkan di Bonai. Di sini juga banyak PNS dari daerah lain, mengapa mereka kerasan,” tambahnya. Kekurangan guru PNS bukan saja terjadi di SMAN 1 Bonaidarussalam, tapi menular juga di SMPN 1 setempat dan sejumlah SDN lainnya. Agar para pelajar tetap belajar seperti biasa, komite berdayakan guru honor dengan sistem jam terbang. Selain kekurangan tenaga guru PNS, sejumlah sekolah di

Bonaidarussalam juga masih banyak dibantu pihak lain seperti perusahaan dan dana pusat. Halnya pembangunan SMAN 1 Bonaidarussalam, seperti 2 ruangan kelas belajar senilai Rp220 juta, 1 ruang praktek laboratorium Rp140 juta, perpustakaan dan kantor, pihak komite berjuang ke pusat dan berhasil mendapatkan bantuan dana Block Grant. Dana Pusat itu, dipotong 5 persen oleh oknum di Kementerian Pendidikan, padahal pihak komite menghabiskan dana sekitar Rp5 juta sekali ke Jakarta. “Padahal seluruh anggaran, mulai dari paku, seng, papan dan lainnya, sudah dihitung di dalamnya sesuai harga pasaran di sini. Teganya mereka memotongnya,” kesalnya. M Naji menambahkan, dana pembangunan SMPN 1 Bonaidarussalam juga bersumber dari dana luar. Dengan sistem jemput bola, komite berhasil mendapatkan bantuan dari PT Chevron Pasific Indonesia (CPI). Sementara untuk pembangunan di SMPN 2 dan SMPN 3, bantuan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). (rtc/may)

PENYERAHAN buruh PT Andika yang pernah di-PHK untuk kembali bekerja di perusahaan tersebut.

NET

n Dirikan Serikat Pekerja

4 Buruh PT Andika Dituding Provokator PASIRPENGARAIAN (VOKAL)- Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak yang dilakukan manajemen PT Andika Permata Lestasi terhadap 40 karyawan panennya, pada 23 April lalu, ternyata dipicu pembentukan SPBun Mandiri di perusahaan itu. Pada mediasi di Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Rokan Hulu, Jumat (11/5) siang, empat karyawan panen PT Andika yang beroperasi di Desa Sontang, Kecamatan Bonaidarussalam, yakni Reston Tampubolon, Reston Pasaribu, Joni Sitompul dan Rianto Siringoringo, terancam dipecat dengan tudingan sebagai provokator. Keempatnya masih dalam pertimbangan perusahaan. Sementara, 15 karyawan dari 19 karyawan bersama keluarganya yang sempat menginap di Kantor Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Rokan Hulu, sudah diizinkan bekerja kembali. Rianto Siringoringo mengaku pembentukan SPBun Mandiri hanya sebagai penengah masalah jika suatu saat hak karyawan tidak terpenuhi. Pembentukan organsisasi, diakuinya telah dikoordinasikan dengan dinas tenaga kerja. "Tidak ada provokator dalam hal ini. Kita sama-sama punya hak disana. Jika namanya provokator itu kan hanya memenuhi hak pribadi, ini kami bentuk untuk seluruh karyawan perusahaan," kesalnya menjawab pertanyaan wartawan, usai melihat namanya tidak tercantum dalam daftar sebagai karyawan yang diperbolehkan bekerja kembali di perusahaan, Jumat. Pembentukan SPBun Mandiri terjadi Januari 2012 lalu. Sejak dibentuk, katanya perusahaan melarangnya. Sikap perusahaan yang masih mempertimbangkan, justru membuat bingung keempatnya, akan menginap dimana, apalagi mereka memiliki anak dan istri. "Dimana-mana kan diperbolehkan buruh membentuk organisasi. Tapi herannya perusahaan melarang, dan malah kami dituding provokator," katanya. "Kami perlu pertanyakan kembali mengapa kami berempat masuk sebagai karyawan yang dipertimbangankan. Jika memang dipecat, tentu kami minta keluarkan seluruh hak-hak kami, jangan digantung begini, sebab kami bingung mau kemana," tambahnya.

HRD PT ASL Joni Marpaung, mengaku sebelumnya telah memperkerjakan 36 karyawannya yang di PHK, meliputi 21 karyawan yang diisukan telah pulang ke kampung halaman dan 15 karyawan lainnya. "Ini waktu yang tepat mereka dikembalikan bekerja. Mereka dipecat terkait basis borong yang telah kami godok. Padahal pada 1 Mei target basis sudah turun dengan ketentuan 70 janjang per hari," jelasnya. Adanya permintaan penurunan target 61 janjang per hari, Joni mengaku tidak bisa memenuhinya, sebab perusahaan memiliki target borong dalam meningkatkan produksi. "Jadi waktu itu kita sepakat win-win solutionlah, ditetapkan 70 janjang per hari, namun ditolak," ungkapnya. Joni mengaku masih ada hal yang perlu dirundingkan. Tahap pertama, 15 karyawan segera diperkerjakan dan akan dijemput dari Kantor SPSI, sementara empat karyawan lain, akan diproses terkait kutipan kepada buruh. "Yang paling penting jangan sampai muncul kutipan antara 10 ribu sampai Rp50 ribu untuk pendirian SPBun Mandiri oleh empat orang ini, untuk itu mereka akan kita proses dulu," katanya. Sementara, Kepala Disosnakertrans Tengku Rafli Armein, mengaku PT ASL telah memperkerjakan 36 karyawan yang sempat di-PHK pada 23 April lalu, termasuk 15 karyawan yang baru diserahkan instansinya ke perusahaan. Sementara empat lainnya masih menunggu diproses. "Dari 40 karyawan yang sempat di PHK sepihak kemarin, sudah hampir 90 persen yang kembali bekerja. Untuk empat karyawan masih dalam proses," terangnya. Masih di tempat sama, Ketua SPSI Syahriel Topan, mengaku masalah pembentukan SPBun di sebuah perusahaan sah-sah saja, namun mesti ada izin dari perusahaan. "Pembentukan organisasi buruh sah-sah saja, namun perlu diketahui perusahaan, tapi yang lebih tepat pihak perusahaan yang menjawab," jelasnya. Topan mengaku terkait empat buruh yang masih dalam proses itu akan terus didampinginya. Namun dia berharap, jika mereka benar dipecat, perusahaan membayarkan hak mereka, sehingga tidak terlalu lama menundanya. (rnc/may) Perwajahan: ZULQIFLI


12

SENIN

HARIAN VOKAL

LINTAS Pengurus KONI Harus Direformasi

SIAK KECIL(VOKAL)-Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kecamatan Siak Kecil harus segera direformasi. Pasalnya, pengurus yang selama ini kebanyakan dari kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dinilai tidak maksimal menjalankan program yang sudah ada. Agus Salim, tokoh olahraga Kecamatan Siak Kecil mengatakan, seharusnya pengurus KONI di kecamatan tidak hanya diisi oleh sejumlah PNS. Hal ini agar kinerja pengurus KONI dapat lebih fokus dan maksimal. “Kita melihat seluruh pengurus KONI di kecamatan se-Kabupaten Bengkalis rata-rata berasal dari orang-orang yang duduk di pemerintahan kecamatan. Apakah ini bentuk ketidakpercayaan kepada publik? Alangkah bijaknya apabila KONI diurus oleh orang-orang independen dan profesional di bidang olahraga, sehingga dapat berjalan dengan optimal,” pungkas Agus. Dikatakan Agus, pemerintah kabupaten atau kecamatan harus memberikan kepercayaan dan kesempatan kepada orang-orang yang berkompeten di bidang olahraga untuk mengurus KONI. Sebab, mengurus KONI tidak serupa dengan mengurus pemerintahan kecamatan. “Kita minta harus ada reformasi kepengurusan KONI Siak Kecil. Pengurus baru harus dibentuk dengan tidak melibatkan pegawai pemerintah kecamatan secara langsung. Mana ada undang-undang yang mengharuskan pengurus KONI dari pemerintah kecamatan atau pemerintah kabupaten. Sama halnya seperti KNPI dan organisasi lainnya, yang pada prinsipnya harus diurus oleh orang-orang profesional agar bisa bergerak secara leluasa,” tandas Agus. (ias)

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

Merasa Tak Mampu, Kadishubkominfo Mundur BENGKALIS(VOKAL)-Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bengkalis, H Abdul Hamid mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran dirinya karena merasa tidak mampu secara teknis dalam menjalankan tugas sebagai kepala SKPD tersebut. Saat dikonfirmasi terkait informasi tersebut, Abdul Hamid awalnya menolak memberitahu dan sempat menanyakan kepada wartawan dari mana informasi tersebut didapat. Namun, setelah didesak akhirnya dia mengaku kalau memang sudah mengajukan permohonan pengunduran

diri dari jabatan sebagai Kadishubkominfo Bengkalis. “Surat permohonan pengunduran diri sudah saya sampaikan ke Pak Bupati dengan tembusan ke Baperjakat. Keputusan ini saya buat setelah melalui pertimbangan yang matang, karena saya merasa tidak mampu secara tek-

nis,” ujar Hamid kepada wartawan, Minggu (13/5). Dikatakannya, pada saat ditunjuk sebagai Kadishubkominfo pertengahan April lalu, di SKPD tersebut ada kegiatan yang secara teknis harus benar-benar dikuasai. Misalnya perencanaan bandar udara dan juga pelabuhan Roro. Sementara, katanya, latar belakang pendidikan maupun pengalaman pekerjaannya belum pernah menangani kegiatan-kegiatan yang spesifik sebagaimana dilaksanakan di Dishubkominfo. “Kita profesional saja, kalau

memang tak mampu, tak usah memaksakan diri. Di samping nanti mengecewakan pimpinan, hasilnya juga tidak akan maksimal,” kata Hamid seraya menambahkan alasan pengunduran dirinya itu murni karena pertimbangan profesionalitas. Pria yang juga pernah menjabat Kadisdukcapil Bengkalis ini mengatakan, seperti yang disampaikan Bupati Bengkalis, setiap SKPD ditargetkan untuk bisa merealisasikan kegiatan antara 90 95 persen. Dengan kegiatan-kegiatan yang dianggarkaan di Dishubkominfo dan akibat ketidak-

mampuan secara teknis, Hamid yakin target 90-95 persen tidak akan tercapai. Kalau sudah seperti itu, maka sudah barang tentu akan menghambat pencapaian visi misi Bupati Bengkalis. “Apalagi di sisi lain saya pun sudah mau memasuki masa pensiun, tak banyak lagi yang bisa saya lakukan. Lebih baik saya mengundurkan diri agar Pak Bupati bisa menunjuk orang yang tepat untuk jabatan Kadis (Kadishubkominfo, red),” katanya lagi seraya menambahkan per Desember 2012 dirinya akan memasuki masa pensiun. (hrc/zki)

Rolling Komisi Tidak Mutlak

BENGKALIS(VOKAL)-DPRD Bengkalis periode 2009-2014 sampai setakat ini belum melakukan rolling (pergantian) komposisi keanggotaan di komisi yang ada. Meski hal ini merupakan suatu kebutuhan yang dilakukan setiap 2,5 tahun sekali, namun DPRD Bengkalis menilai hal itu tidak mutlak. HIDAYAT TAGOR Ketika masalah rolling komisi tersebut ditanyakan kepada Wakil Ketua DPRD Bengkalis, Hidayat Tagor Nasution, Minggu (13/5)  menyebutkan, mengenai rolling komisi tidak tertutup kemungkinan akan dilaksanakan. Akan tetapi, rolling komisi tidak mutlak dilaksanakan karena tidak ada aturan yang mengharuskan dilakukannya pergantian keanggotaan di setiap komisi DPRD. “Pada prinsipnya rolling komisi dilaksanakan untuk melakukan penyegaran di kalangan anggota DPRD. Namun hal itu tidak mutlak dilaksanakan, karena tidak ada aturan yang mengharuskan dilakukannya pergantian komposisi di setiap komisi DPRD,”jelasnya. Menurut Politisi Partai Demokrat ini, sampai sekarang DPRD Bengkalis belum membahas hal tersebut secara kontiniu, karena seluruh anggota DPRD masih disibukkan dengan pekerjaan masing-masing. Di antaranya membahas masalah Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang tengah digodok di tiga Panitia Khusus (Pansus). “Kalaupun dilakukan rolling komisi, tidak mempengaruhi kinerja DPRD secara keseluruhan. Apalagi saat ini keanggotaan di empat komisi yang ada dari sisi kinerja cukup bagus, sehingga kalangan DPRD menilai rolling komisi bukan kebutuhan mendesak,” katanya. “Kawan-kawan di DPRD sekarang lebih fokus kepada pekerjaan mereka.Kalau DPRD di sejumlah kabupaten/kota di Riau sudah melakukan rolling komisi, itu sah-sah saja dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Jadi kita tidak terlalu mengikuti trend seperti itu, bila diperlukan atau mayoritas kawan-kawan di DPRD mendesak dilakukannya rolling komisi, ya kita laksanakan. Tetapi bila tidak, kita tetap fokus ke pekerjaan saja,” tambah Tagor. (hrc/zki)

Kantor Bupati

: 0766-21258

Sekretariat DPRD: 0766-7008003 Polres

: 0766-23390

Polsek

: 0766-21110

Puskesmas

: 0766-21330

Penanggung ZUKRI SUBAYANG KantorJawab/Redaktur: Pos : 0766-21015

Kejaksaan Negeri : 0766-21122 Pengadilan Negeri : 0766-21031 RSUD

: 0766-21066

PLN

: 0766-21777

Kesbang & Infokom: 0766-21057

ANDRIAS

TINJAU SEKOLAH - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh (4 kiri) melihat meninjau SD Negeri 1 Tasik Serai, Desa Bagan Benio, Kecamatan Pinggir, baru-baru ini.

“Pemadaman Listrik Akibat Gangguan Jaringan” BENGKALIS(BENGKALIS)Menanggapi keluhan warga Desa Senggoro terkait pemadaman listrik pada hari, Minggu (13/5) dini hari, Kepala Rayon PLN Bengkalis, Muhsis mengatakan bahwa pemadaman terjadi akibat jaringan listrik tertimpa pepohonan. Dikatakanya, beberapa hari ini pihaknya melakukan survei ke tiap-tiap jaringan menuju rumah masyarakat. Hasilnya pihak PLN menemukan jaringan yang telah tertutup pepohonan sehingga harus dibenahi. “Beberapa hari ini kita telah melakukan pemangkasan terhadap pepohonan yang menyentuh jaringan listrik masyarakat,” kata Muhsis kepada wartawan, Minggu (13/5). Menurutnya, dalam pemangkasan pepohononan yang dilakukan PLN Rayon Bengkalis, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bengkalis. Sebab, pepohonan tersebut merupakan penunjang keindahan Kota Bengkalis. “Kita telah koordinasi dengan pihak DPKP Bengkalis untuk melakukan pemangkasan pepohonan yang telah menyentuh ka-

bel jaringan listrik ke rumah warga tersebut. Dalam pertemuan itu, ada yang boleh dipangkas dan ada yang belum dibolehkan, karena menyangkut penilaian Adipura terhadap keindahan Kota Bengkalis,” ungkapnya. Muhsih mengimbau kepada masyarakat agar memaklumi keadaan tersebut jika terjadi pemadaman listrik beberapa hari

belakangan ini. Akan tetapi pihak PLN Rayon Bengkalis akan terus berupaya memberikan pelayanan yang optimal untuk penerangan masyarakat. “Memang kita akui belakangan ini layanan PLN kurang baik, akan tetapi hal itu karena adanya perbaikan jaringan. Dan kita harapkan masyarakat dapat memakluminya,” ujar Muhsis. (ias)

511 THL Didaftarkan Jadi Peserta Jamsostek BENGKALIS(VOKAL)-Sebanyak 511 tenaga harian lepas (THL) Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) Kabupaten Bengkalis kembali didaftarkan sebagai peserta Jaminan Kesehatan Tenaga Kerja (Jamsostek). Diharapkan hal itu mampu menjadi referensi bagi tenaga kerja lainnya yang ada di Negeri Junjungan tersebut. Kepala DPKP Bengkalis, In-

Diskes Gencarkan Gerakan ‘Promotif Kesehatan’ BENGKALIS(VOKAL)-Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Bengkalis akan menggencarkan gerakan ‘promotif kesehatan’ berupa promosi tentang pola hidup sehat. Ke depan berbagai program akan digulirkan Diskes dalam upaya menerapkan pola hidup sehat di tengah masyarakat guna mencegah berbagai penyakit. Kepala Diskes Bengkalis, Hermanto Baran, Minggu (13/5) mengatakan, gerakan promotif kesehatan akan lebih digencarkan melalui berbagai bentuk kegiatan. Di antaranya adalah sosialisasi masalah kesehatan dan anti-

sipasi berbagai penyakit hingga ke masyarakat pedesaan, serta informasi melalui media massa. “Kita akan menggencarkan gerakan promotif kesehatan, karena selama ini penanganan masalah kesehatan lebih bersifat kuratif dan tidak menyentuh substansi langsung. Promosi masalah kesehatan ini nanti formatnya akan dibuat dalam beberapa kegiatan, dengan sasaran terciptanya masyarakat Negeri Junjungan yang sehat dan berdayaguna,” ujar Hermanto. Dikatakannya, di samping menggencarkan promotif kesehatan, juga akan digulirkan program desa

siaga terhadap berbagai penyakit di tengah masyarakat. Desa siaga ini akan melibatkan partisipasi seluruh perangkat desa beserta masyarakat dalam mengantisipasi munculnya berbagai penyakit. “Untuk membangun sebuah bangsa yang kuat, dibutuhkan generasi yang sehat. Meskipun secara nasional anggaran untuk bidang kesehatan hanya berkisar 5 persen, namun di Bengkalis kita akan terapkan berbagai program dan metode pencegahan penyakit ke tengah masyarakat dengan melibatkan Puskesmas atau Pustu,” ungkapnya. (hrc/zki)

dra Gunawan mengatakan, jika dibandingkan tahun 2011 lalu, jumlah THL yang ikut Jamsostek pada tahun ini mengalami peningkatan. Tahun 2011 sebanyak 509 diikutsertakan sebagai peserta Jamsostek, dan tahun 2012 meningkat menjadi 511 THL. Dari program Jamsostek tersebut, THL yang terdaftar juga dapat mengambil jaminan kecelakaan dalam bentuk bantuan biaya transportasi, bantuan sementara selama tidak mampu bekerja, santunan cacat, biaya rehabilitasi sesuai dengan PP Nomor 76 Tahun 2007. “THL juga akan mendapatkan jaminan hari tua yang akan dibayarkan atau dikembalikan sebesar iuran yang terkumpul, ditambah dengan hasil pengembangan dan insentif atau deviden. Begitu juga dengan jaminan kematian, bantuan yang diperoleh berupa santunan kematian, biaya pemakaman dan santunan berkala selama 2 tahun,” sebutnya. Bahkan, lanjut Indra, Pemkab Bengkalis juga turut membantu dana sebesar Rp63 ribu per bulan untuk masing-masing THL. (ias)

Calon Kades Air Putih Telah Debat Kandidat BENGKALIS(VOKAL)-Setelah ditetapkan lima calon kepala desa (Kades) Air Putih periode 2012-2018 beberapa hari lalu, panitia pemilihan kepala desa (Panpilkades) Air Putih telah melakukan acara debat kandidat penyampaian visi dan misi dan deklarasi damai, Sabtu (12/5) pekan lalu. Debat kelima calon Kades yang dipastikan bakal bertarung pada hari tanggal 20 Mei 2012 mendatang itu diminta memaparkan visi dan misi di hadapan ratusan masyarakat Desa Air Putih, sebagai bentuk pertanggung jawaban masing-masing calon jika terpilih nantinya. Camat Bengkalis, Rusli Maleh mengatakan, idealnya debat kandidat calon itu memang harus dilakukan. Pasalnya, dalam debat tersebut setiap calon diwajibkan menyampaikan visi dan misi guna membangun desa ke depanya.

“Artinya, dengan adanya debat serta penyampaian visi dan misi tersebut, masyarakat Desa Air Putih bisa menilai secara langsung mana calon yang layak dan pantas mengemban amanah untuk melakukan pengembangan desa 20122018 mendatang,” kata Rusli. Rusli mengakui, dalam penyampaian visi dan misi tersebut kelima calon Kades secara keseluruhan memiliki visi dan misi yang baik dalam membangun Desa Air Putih. Akan tetapi, dalam pesta demokrasi pasti ada yang menang dan kalah. Untuk itu diimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan desa agar tetap kondusif. “Saya mengimbau kepada seluruh calon yang akan bertarung pada tanggal 20 Mei mendatang, agar bersama-sama menjaga keamanan agar tetap kondusif,” imbau Rusli.

Mantan Camat Mandau ini mengaku optimis bahwa pelaksanaan pemilihan calon Kades Air Putih mendatang akan berjalan dengan lancar. Hal itu karena budaya mayarakat Melayu yang cinta damai serta melakukan musyawarah untuk mencapai mufakat. “Saya optimis pemilihan calon Kades Air Putih berjalan lancar, karena masyarakat Desa Air putih secara keseluruhannya masih santun, dan masih mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat,” ujar Rusli. Kepala Desa Air Putih, Jamari mengakui kelima calon yang bertarung mempunyai talenta dan mampu bekerja untuk membangun Desa Air Putih lebih baik lagi lima tahun ke depanya. “Semua terpulang kepada warga untuk memilih siapa yang layak mengemban jabatan Kades ke depannya. Saya secara pribadi me-

nilai kelima calon tersebut layak dan mampu,” ujar Jamari. Kelima calon yang akan bertarung sebagai calon Kades Air Putih itu di antaranya nomor urut

satu Zamri, nomor urut dua Indra Sukma, nomor urut tiga M fauzi, nomor urut empat Syamsudin dan nomor urut lima Iskandar Zulkarnain. (ias)

ANDRIAS

CAMAT Bengkalis, Rusli Maleh (kiri) menyaksikan salah satu calon menandatangani deklarasi damai usai debat kandidat, Sabtu (12/5). Perwajahan: ZULQIFLI


ROKAN HILIR SENIN

13

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

LINTAS Los Pasar Lubuk Jawi Dibangun Tahun Ini BAGANBATU (VOKAL) - Sesuai daftar isin proyek di buku lintang (Buku APBD), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil tahun 2012, tahun ini akan dibangun los pasar tradisional di Kepenghuluan Lubuk Jawi, Kecamatan Bagansinembah, Kabupaten Rohil. " Ya Insya Allah tahun ini los pasar di daerah Kepenghuluan Lubuk Jawi segera akan dibangun oleh Pemkab Rokan Hilir," kata Datuk Penghulu Lubuk Jawi, Muradiono, kepada wrtawan, Sabtu (12/5) kemarin. Rencana pembangunan pasar tradisional tersebut ditandai dengan turunnya tim dari Pemkab Rohil melakukan survey ke daerah tersebut. "Barubaru ini Tim Survey dari Dinas Cipta Karya, Rokan Hilir telah turun untuk meninjau lokasi bakal dibangunnya los pasar tersebut," terang Muradiono. Meski Muradiono mengaku kalau daerah Kepenghuluan Lubuk Jawi masih banyak membutuhkan pembangunan, namun dengan dibangunnya los pasar tersebut menurutnya sudah menunjukkan kepedulian dan perhatian dari Pemkab Rohil. Memang daerah kita ini masih banyak membutuhkan perhatian dan sentuhan pembangunan, namun itu tentunya dilakukan secara bertahap. Dan dengan akan dibangunnya los pasar ini menunjukkan kalau daerah kita sudah di perhatikan," ujarnya lagi. Pada kesempatan itu, Muradiono, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Rohil yang akan membangun los pasar di Kepenghuluan Lubuk Jawi. Dengan dibangunya los pasar tersebut akan meningkatkan ekonomi pedagang dan masyarakat Kepenghuluan Lubuk Jawi. Sebab, pedagang dan pembeli akan lebih nyaman dibanding sebelumnya yang hanya pakai tenda seadanya. "Atas nama pemerintah kepenghuluan beserta warga masyarakat mengucapkan banyak terima kasih dalam hal ini kepada instansi terkait maupun pemerintahan kabupaten atas perhatiannya terhadap Kepenghuluan Lubuk Jawi," tukas Muradiono. Tidak hanya itu, dengan adanya los pasar tersebut daerah Kepenghuluan Lubuk Jawi juga akan dapat disejajarkan dengan kepenghuluan lainnya. "Karena para pedagang dan calon pembeli dari luar daerah kita juga tentunya akan ikut masuk sehingga diharapkan pendapatan pedagang dan masyarakat kita di sini mengalami peningkatan," imbuh Maradiono. (bin)

HARIAN VOKAL

Dishut Rohil Tangani Kasus Perambahan Hutan Bakau BAGANSIAPIAPI - Dinas Kehutanan Kabupaten Rokan Hilir (Dishut Rohil) mengaku sedang menangani kasus perambahan hutan bakau seluas 600 ha yang berlokasi di Dusun Pulai Ambai, RT 001/RW 004, Kepenghuluan Sungai Daun, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rohil. Saat ini kasus tersebtu tengah dalam penyidikan dengan tersangka seorang warga Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara. "Tahun 2012, kita hanya menemukan satu kasus perambahan hutan. Prosesnya sedang berjalan dan ditangani oleh Polhut Dishut Rohil. Kelanjutannya, masih dalam tahap pemeriksaan dan pengumpulan bukti-bukti untuk mendukung data di lapangan," ungkap Kepala Dishut Rohil, Azwir M Noor, Sabtu (12/5). Dalam kasus ini, jika terbukti pelaku perambah hutan dapat dikenakan Undang-undang nomor 41 tahun 1999, pelarangan

perambahan hutan bakau. Sebab dalam perundangannya, hutan bakau dilarang keras untuk digarap baik secara kelompok maupun perorangan. Hutan bakau sendiri, merupakan habitat tumbuhan yang dilindungi untuk menjaga kelestarian alam di pinggiran pantai. Mengenai pelaku, sebut Azwir, masih dalam proses penyidikan untuk selanjutnya dibawa kemeja hukum. Dengan adanya temuan dan laporan kasus peram-

LAPORAN:

ASBINSYAH/BAGANSIAPIAPI

bahan hutan di wilayah Rohil, ke depan pihaknya tetap berupaya meningkatkan kinerjanya melakukan penanganan perambahan hutan, khususnya hutan yang dilindungi dan dilarang untuk digarap. "Saya sudah intruksikan kepada anggota untuk tetap melakukan patroli dan pengawasan khususnya di wilayah hutan Rokan Hilir serta menindaklanjuti temuan dan laporan yang didapat dari masyarakat. Karena itu, kita berharap penghulu berperan aktif sebagai garda terdepan dalam memberikan pengawasan. Kita juga himbau aparat kepenghuluan untuk tidak membiarkan orang melakukan

penggarapan hutan secara liar," tegas Azwir. Sebelumnya Wakil Bupati Rophil, H Suyatno bersama Tim Dishut, Dinas Perkebunan serta Dinas Perikanan Kelautan melakukan penyisiran hutan bakau (mangrove) yang telah digarap seorang cukong asal Sumut. Di lokasi itu, tim menyita satu unit alat berat jenis ekskavator bermerek CAT 320D dan mengamankan dua orang pekerja yang diduga anggota warga keturunan tersebut. Wabup menambahkan, informasi di lapangan menyebutkan adanya keterlibatan yang mengarah kepada sejumlah oknum perangkat kepenguhuluan dan perangkat RT. Wabup berjanji, jika terbukti pelaku akan ditindak tegas. Dari hasil pemeriksaan awal, diketahui

bahwa aparat kepenghuluan turut meloloskan dan ikut andil dalam kasus perambahan hutan bakau tersebut. "Saya yakin ada keterlibatan perangkat kepenghuluan Sungai Daun. Buktinya, para pekerja perambahan hutan ini malah menyatakan kalau pengawas pekerjaan ini adalah RT setempat yang rumahnya sendiri justru tepat di belakang lokasi perambahan hutan bakau ini. Perabahan ini sangat dilarang, makanya akan kita usut hingga tuntas," tegasnya. Selain pemeriksaan data lapangan, Wabup memerintahkan tim untuk mengamankan alat berat. "Saya sudah perintahkan tim untuk menghentikan seluruh aktifitas di lokasi. Begitu juga alat berat dilarang beroperasi," tegas Suyatno saat itu. (***)

Kesadaran Warga Urus E-KTP Rendah

BAGANSIAPIAPI (VOKAL) - Warga Kecamatan Bangko, kabupaten Rokan Hilri (Rohil) banyak yang kurang peduli dalam menyukseskan program e-KTP yang dicanangkan Pemerintah. Dari April 2012 sampai saat ini baru sekitar 18 perses warga yang melakukan perekaman data e-KTP. Hal ini diakui oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bangko, Busran kepada wartawan, Sabtu (12/ 5) kemarin. Busran sendiri belum mengetahui ke engganan warga merekap data e-KTP yang dipusatkan di Kantor Camat Bangko tersebut. , "Warga kita yang mengurus e-KTP sejak pencanangan pelaksanaan program ini pada 2 April lalu hingga saat ini baru 18 persen atau kurang dari 10 ribu orang. Kita tidak habis pikir mengapa di antara warga ada yang malas datang untuk merekam data e-KTP, padahal itu e-KTP untuk kepentingan warga bersangkutan,"," kata Busrana, Sabtu kemarin. Dalam pelaksanaan program e-KTP di Kecamatan Bangko, sebut Busrana, sebanyak lima orang petugas, terdiri dari empat orang operator dan satu orang pembantu operator selalu standby melayani warga yang perekaman data e-KTP. Tinggal lagi kesadaran warga untuk meluangkan waktu datang ke Kantor Camat untuk merekam data pembuatan eKTP. "Petugas selalu siap, tinggal lagi kesadaran warga yang masih kurang," keluh Busrana seraya menghimbau warga Kecamatan Bangko untuk meluangkan waktunya dalam mengurus e-KTP. Menjawab pertanyaan wartawan tentang kendala yang dihadapi operator, Busran mengatakan, belum ada kendala yang berarti, kecuali pada tanggal 3 Mei lalu terjadi gangguan sinyal seharui penuh. Akibatnya aplikasi tidak tampil di komputer. Hal ini membuat operator tidak bisa mengirim data yang sudah direkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Namun, pada hari beriktunya sampai saat ini berjalan normal. "Saat itu terjadi gangguan sinyal selama satu hari penuh dari pagi hingga malam. Aplikasi tidak tampil pada komputer. Yah akibatnya satu hari penuh itu, pengiriman data ke Kemendagri tidak bisa kita lakukan. Kendala lain, kesadaran warga untuk datang mengurus e-KTP ini yang masih kurang. Padahal, dengan membawa dan menunjukkan KTP saja kepada petugas bisa langsung kita rekam datanya," tambah Busrana. (bin)

SEKRETARIS Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Busrana (berdiri kiri) menyaksikan perekaman data e-KTP di Kantor Camat Bangko, Sabtu (12/5).

Sekretariat DPRD Ambulance Pemadam Kebakaran Polsek Bangko Kantor Kec. Bangko Dinas Kesehatan

0767 - 24567 0767 - 21040 0767 - 21130 0767 - 21110 0767 - 21010 0767 - 24381

Penanggung Jawab/Redaktur: BAKHTARUDDIN

BIN

KETUA DPRD Rokan Hilir, Nasrudin Hasan diikuti Sekdakab H Wan Amir Firdaus dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Roy Azlan menyalami enam pejabat jajaran Direksi Perusahaan Daerah (PD) Sarana Pembangunan Rohil (SPR) yang dilantik di aula Lantai IV Kantor Bupati, Jumat (11/5) lalu.

n Tukar Reklame dengan Promosi Balon Gubri

Dispenda Tegur Pemilik Papan Reklame BAGANSIAPIAPI (VOKAL) Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 12 Tahun 2011 Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) tentang pajak reklame, pihak Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) bakal menegur pemilik papan reklame yang melakukan penukaran reklame yang sudah WANACHMADSYAIFUL ada dengan reklame promosi balon Gubri tanpa memberikan laporan resmi ke Dispenda Rohil. Penegasan tersebut disampaikan oleh Kepala Dispenda Rohil, H Wan Achmad Syaiful di Bagansiapiapi, kemarin. "Ada papan reklame yang berada di Simpang Bukittimah mengarah ke Dumai sepertinya telah ditukar. Dimana sebelumnya papan reklame itu adalah tempat promosi telepon seluler, sekarang telah dipasang promosi calon Gubri," kata Achmad Syaiful. Setelah dikonfirmasikan dengan pihak Kecamatan Tanah Putih, tambah Achmad Syaiful, ternyata belum ada permohonan atau melaporkan untuk pemasangan papan standar promosi di tempat tersebut. Dengan kata lain, belum ada izin. "Kami dari pihak Dinas Pendapatan Daerah Rohil memberikan teguran agar pemilik papan tersebut mencabut, membongkar dan atau memenuhi ketentuan yang berlaku dalam jangka waktu selama seminggu,'' kata Achmad Syaiful. Sementara, pajak reklame termasuk salah satu item penerimaan daerah Kabupaten Rohil. Penerimaan pajak daerah tahun 2012 dari sektor reklame di wilayah Kabupaten Rohil ditargetkan sebesar Rp 217 juta. Sedangkan target revisi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD perubahan tahun 2012 nanti kondisinya bakal tetap yakni Rp 217 juta. "Peningkatkan pendapatan asli daerah Rohil dari sektor pajak dan retribusi itu sangat diperlukan dan perlu ditingkatkan serta mengharapkan dukungan dan peran serta dari semua satker (satuan kerja) sebagai pelaksana. Tanpa dukungan dari semua satker, jelas peningkatan PAD Rohil tidak dapat diwujudkan," kata Achmad Syaiful. (bin)

n Belum difungsikan

Pasar Jalan Bintang Mubazir BAGANSIAPIAPI (VOKAL) - Pasar permanen yang dibangun Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) di Jalan Bintang, Kota Bagansiapiapi yang menghabiskan dana miliaran rupiah bersumbar dari APBD Rohil, tahun anggaran 2008, pembangunannya sudah selesai. Namun, sampai saat ini pasar tersebut belum difungsikan oleh Dinas Kebersihan Pasar dan Pertamanan (DKPP) Rohil. Pihak DKPP masih membiarkan para pedagang menggelar dagangnya di badan Jalan Pahlawan Ujung, Kota Bagansiapiapi. Ketidak tegasan KPP ini mengakibatkan pasar tersebut belum difungsikan dan dibiarkan terlantar dan tidak terawat. Padahal, pasar tersebut sudak tiga tahun selesai dibangun. Dikhawatirkan pasar tersebut rusak sebelum difungsikan. Kondisi ini membuat pedagang yang selama ini berjualan di badan

Jalan Pahlawan Ujung tetap bertahan. Padahal, baik pedagang maupun DKPP tahun keebradaan pedagang membuat arus lalu lintas di ruas jalan itu selalu macet. Sisi lainnya, setiap hari pinggir Jalan Pahlawan Ujung selalu penuh sampah dari beragam sisa dagangan, seperti kertas, daun, air ikan yang semuanya menimbulkan aroma yang kurang sedap. Sementara itu, salah seorang pedagang kepada wartawan mengatakan, lokasi pasar di Jalan Bintang tidak strategis karena jauh dari keramaian. Akibatnya para pembali juga enggan belanja ke pasar itu. Kondisi ini jauh berbeda ketika mereka menggelar dagangnya di badan Jalan Pahlawan Ujung yang setiap hari selalu dipadati pembeli. Sebalik warga Jalan Pahlawan berkeinginan sebaliknya, mereka mengingkan agar para pedagang

tersebut dipindak ke pasar yang sudah selesai di bangun Pemkab Rohil itu. Ali (54), salah seorang warga Jalan Perniagaan kepada wartawan mengaku heran melihat pasar di Jalan Bintang Bagansiapiapi itu masih kosong melompong, karena tidak ditempati pedagang. "Saya kira Pemkab tidak tegas menjalankan programnya dalam memindahkan para pedagang. Bangunan pasar yang permanen seperti itu sudah lama tidak difungsikan, sayang bangunannya bagusbagus, kok malah terbengkalai tidak dihuni," ujar Ali. Ketika hal ini dikonfirmasikan melalui telpon seluler kepada Kadis KPP, Suwandi, enggan menjawab pertanyaan wartawan, sms yang dikirim juga tidak di balas oleh Suwandi yang mantan Camat Bagansinembah itu.(bin)

PASAR Jalan Bintang Kota Bagansiapiapi sudah sejak lama siap, namun sampai saat ini belum difungsikan.

BIN

Perwajahan: ZULQIFLI


14

KEPULAUAN MERANTI SENIN

HARIAN VOKAL

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

LINTAS Warga Dua Desa Hadiri Sukuran

Pemkab Akan Bangun JTR Listrik SELATPANJANG (VOKAL)- Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kepulauan Meranti mengungkapkan, pada tahun 2012 Pemkab Kepulauan Meranti akan membangun 8 kilometer (km) jaringan listrik tegangan rendah (JTR). Biaya pembangunan JTR tersebut sudah dianggarkan sebesar Rp1,2 miliar. Menurut Irmansyah baru-baru ini di Selatpanjang, pembangunan JTR itu dilakukan setelah mendapatkan kepastian dari pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) melalui PLN Ranting Selatpanjang yang akan melakukan penambahan daya listrik di daerah itu sebesar 1 Mega Watt (MW). “Kita menganggarkan dana sebesar Rp1,2 miliar untuk penambahan jaringan listrik di daerah Rangsang, khususnya di Desa Tanjung Samak. Dengan anggaran itu akan disiapkan jaringan lebih kurang sepanjang 8 km. Kebijakan pembangunan JTR itu untuk menyiapkan jaringan dan menjamin penyaluran listrik kepada masyarakat, setelah mesin penambah daya dari PLN sebesar 1 MW tiba nantinya,” ungkap Irmansyah. Untuk memenuhi kebutuhan listrik di Kabupaten Kepulauan Meranti, tambahnya, pihaknya akan bekerjasama dengan PLN dengan menyediakan jaringan. Sementara untuk daerah terpencil yang tidak terjangkau listrik PLN, Pemkab Kepulauan Meranti melalui Distamben mengalokasikan anggaran program bantuan listik desa dengan memberikan mesin diesel berikut jaringan sepanjang 3 km. “Pemkab Meranti berupaya melistrikkan seluruh wilayah di kabupaten ini. Baik melalui kerja sama dengan PLN maupun dengan program tersendiri melalui bantuan mesin diesel,” beber Irmansyah. Sementara itu, Manager PLN Ranting Selatpanjang yang membawahi PLN Sub Ranting Rangsang Andi P melalui supervisor ADM dan SDM Auzar membenarkan pihak PLN akan menambah daya listrik di sub Ranting PLN Tanjung Samak melalui mesin sewa. “Benar, rencananya kita akan menambah daya di sana,” ungkap Auzah. (mrtc/del)

Kantor Bupati 

: ( 0763 ) 434715

Polsek Tebingtinggi  

: ( 0763 ) 32110

Koramil

: ( 0763 ) 32998

RSUD Selatpanjang

: ( 0763) 32006

Ambulance

: ( 0763 ) 700377

Kantor Imigrasi

: ( 0763 ) 31018

Grand Meranti Hotel      : (  0763 ) 32588 Penanggung Jawab/Redaktur: DELFI INDRA

KAPOLSEK Tebing Tinggi Kompol Irwan Harahap (pakai topi dan celana pendek) melihat jasad anggota Satpol PP Kepulauan Meranti yang tewas di sebuah wisma yang diduga akibat mengkonsumsi obat kuat berlebihan, Sabtu (12/5).

SYAWAL

MERBAU (VOKAL)–Ratusan warga Desa Tanjung Pisang dan warga Desa Mengkopot menghadiri sukuran dan doa bersama yang digelar di halaman SDN 23 Desa Tanjung Pisang, Minggu (13/5). Sukuran tersebut sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada Tuhan YME serta bukti  warga sangat menyambut dimekarkannya desa mereka oleh Pemkab Kepulauan Meranti beberapa waktu lalu. Dalam sambutannya, wakil ketua panitia pelaksana sukuran Azmi menghaturkan rasa terima kasihnya atas dukungan berbagai pihak terhadap pelaksanaan sukuran dan doa bersama itu. “Kami mengucapkan terima kasih atas segala bentuk dukungan dan sumbangsih seluruh masyarakat, sehingga acara sukuran dan doa bersama yang dilaksanakan di Desa Tanjung Pisang ini dapat berjalan lancar, sesuai hapan kita semua,” ujarnya. Dituturkan Azmi, wacana pemekaran desa Tanjung Pisang itu telah dimulai sejak tahun 1999 lalu. Harapan tersebut akhirnya terwujud beberapa waktu lalu. “Sebenarnya wacana pemekaran Desa Tanjung Pisang ini telah dimulai dari tahun 1999 lalu. Alhamdullilah, saat ini harapan dan cita-cita masyarakat tersebut telah terwujud jadi sebuah kenyataan. Mudah-mudahan ke depannya Desa Tanjung Pisang dapat lebih maju dan berkembang  di berbagai bidang,” harap Azmi. Sementara itu, Pejabat Kades Tanjung Pisang Mukhlis T dalam sambutannya berharap dukungan dan kerja sama yang baik dari segenap lapisan masyarakat dalam percepatan pembangunan di Desa Tanjung Pisang. Dia juga menghaturkan terima kasih atas partisipasi seluruh elemen masyarakat, baik  dari desa induk maupun masyarakat desa pemekaran terhadap pemekaran desa tersebut. “Mudah-mudahan apa yang telah kita rencanakan untuk membangun desa ini jadi maju ke depannya bisa berjalan dengan baik. Sehingga citacita masyarakat dapat pula terwujud di masa mendatang,” kata Mukhlis. Kepala Desa Mengkopot selaku desa induk Azman menyatakan tahniahnya dengan telah terbentuk serta telah dilantiknya Pejabat Kades Tanjung Pisang. “Ini semua berkat kerja sama yang baik antara semua pihak, sehingga perjuangan pemekaran desa ini betul-betul memenuhi harapan seluruh masyarakat,” ujar Azman. Pada kesempatan itu Azman juga menyerahkan aset milik desa pemekaran Tanjung Pisang. (swl)

r Diduga Over Dosis Obat Kuat

Anggota Satpol PP Meranti Tewas di Kamar Wisma SELATPANJANG (VOKAL)-Keluarga besar Satpol PP Kabupaten Kepulauan Meranti tengah diliputi duka. Seorang anggotanya berinisial AZ  (53), yang sehariharinya bertugas di Kantor Camat Tebingtinggi Barat, Jalan Alai Kota, Desa Alai, ditemukan tewas dalam kamar 104 Wisma Jawi-jawi, Jalan Jawi-jawi Selatpanjang, Sabtu (12/5) sekitar pukul 22.00 WIB.    LAPORAN:

SYAWAL / KEPULAUAN MERANTI

Belum diketahui secara pasti penyebabnya kematian AZ. Kuat dugaan korban tewas akibat pengaruh obat kuat yang dikonsumsinya sebelum berhubungan intim dengan seorang wanita pekerja seks komersial (PSK) di wisma tersebut. Kapolres Bengkalis AKBP Toni Ariadi SIK yang dikonfirmasi Vokal melalui Kapolsek Tebingtinggi Kompol Irwan Harahap, Sabtu (12/5) mengatakan, sebelum peristiwa itu, sekitar pukul 21.30 WIB

korban datang ke Wisma Jawi-jawi itu. Setelah bernegosiasi, korban pun masuk ke kamar 104 bersama Raisah (38), warga Jalan HM Nawawie, Kelurahan Tanjung Batu Kota, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepuluan Riau yang berprofesi sebagai PSK dan bekerja di wisma itu. Setelah berbincang-bincang sejenak, wanita tersebut kemudian menawarkan layanan plus-plus kepada korban. Melalui tawarmenawar, tarif layanan PSK itupun disepakati. Keduanya lalu memasuki kamar di wisma itu. Setelah melepaskan hasrat se-

kitar 10 menit, keduanya memasuki kamar mandi untuk membersihkan tubuh masing-masing. Saat itulah, korban yang bertubuh besar dan kekar itu tersungkur ke lantai. Mulutnya mengeluarkan muntah, bahkan anusnya mengeluarkan kotoran. Berselang beberapa menit kemudian korban pun menghembuskan napas terakhirnya. Melihat hal itu, Raisah panik. Ia lalu bertiak minta tolong sambil berlari menemui La Ode Nea (44), warga Jalan Pramuka Desa Banglas, Kecamatan Tebingtinggi dan Malike (48), warga Jalan H Sulaiman, Kelurahan Selatpanjang Barat, Kecamatan Tebingtinggi yang kebetulan tengah berada di wisma itu. Kedua pria itu kemudian mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Setelah mengangkat korban ke atas tempat tidur, keduanya mencek nadi korban. Mengetahui korban sudah tidak bernyawa lagi, mereka

langsung menghubungi aparat kepolisian untuk melaporkan kejadian itu. Menerima laporan, malam itu juga Kompol Irwan Harahap bersama sejumlah anggotanya langsung meluncur ke lokasi ke jadian. Setelah melakukan olah TKP dan meminta keterangan sementara kepada tiga saksi, jasad korban yang dalam keadaan bugil itu disarungkan pakaian. Korban kemudian dibawa ke kamar mayat RSUD Selatpanjang dengan menggunakan satu unit mobil ambulans. Sementara pemeriksaan terhadap ketiga saksi dilanjutkan di Mapolsek Tebingtinggi. Hanya dalam hitungan menit, puluhan warga yang semula mengerumuni TKP kemudian mendatangi kamar mayat RSUD Selatpanjang. Selain kerabat dan keluarga korban, tampak pula Camat Tebingtingi Barat Duriat. ’’Para saksi sedang menjalani

pemeriksaan di kantor. Berdasarkan keterangan sementara saksi Raisah, diduga korban tewas akibat pengaruh obat kuat yang dikonsumsinya sebelum berhubungan intim. Tapi kita terus melakukan penyidikan, kalau-kalau ada indikasi yang mengarah pada pembunuhan. Sejumlah barang bukti (BB) seperti dompet, jam tangan, ponsel sudah kita amankan untuk penyidikan lebih lanjut,’’ kata Kompol Irwan Harahap kepada wartawan. Malam itu juga hasil visum dokter keluar. Pada tubuh korban tidak ditemukan tindak kekerasa. “Ternyata dari hasil visum dokter tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuh korban. Diduga korban meninggal karena mengkonsumsi pil kuat. Jasadnya akan kita serahkan ke pihak keluarga untuk dilakukan pemakaman,’’ pungkas Irwan Harahap.(***)

r Lihat Langsung Sistem Pengendalian Air Melalui Kanal

Bupati Kunjungi Areal PT MAS di Bengkalis SELATPANJANG (VOKAL)-Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir dan rombongan pada Jumat (11/5) lalu melakukan kunjungan ke PT Miskom Agro Sarimas (MAS) di Bengkalis. Kunjungan tersebut untuk melihat secara langsung sistem pengendalian air di tanah gambut melalui kanal yang dibuat perusahaan tersebut. Dalam kesempatan itu Irwan juga menyempatkan diri melihat langsung proses industri air mineral berbahan baku air kanal yang dikelola PT MAS. “Tujuan kita berkunjung ke areal PT MAS ini untuk melihat dari dekat pengelolaan lahan gambut yang dijadikan kebun sawit, serta fungsi dan sistem kanalisasi untuk industri air mineral merk Leicos yang berada di areal PT Miskom

tersebut,” terang Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kepulauan Meranti H Makmun Murod kepada sejumlah wartawan yang ikut dalam rombongan itu. Kehadiran Bupati dan rombongan disambut langsung Direktur PT MAS Penny Bastari, Wakil Direktur Tanto Suwardi dan Humas PT MAS Huzairin. Setiba di lokasi perkebunan, Bupati beserta rombongan diajak direktur perusahaan itu menaiki boat menelusuri kanal menuju pusat industri air bersih dan areal pembangunan kilang sawit. Pada kesempatan itu Bupati mendapat penjelasan tentang perkembangan dan berbagai persoalan tentang perkebunan sawit, terutama soal pengendalian air dengan pembuatan kanal-kanal

dan rencana pemanfaatan kanal untuk peningkatan ekonomi masyarakat dengan mengembangkan budi daya ikan air tawar. Bupati beserta rombongan juga berkesempatan menaiki tower setinggi lebih kurang 40 meter untuk melihat areal kebun sawit seluas 7.300 hektar yang sudah berproduksi. Setelah itu, Bupati kemudian meninjau industri air mineral yang bahan bakunya berasal dari air kanal kebun sawit itu, serta melihat pembangunan pabrik kilang sawit yang cukup besar yang saat ini tengah dikerjakan. Sebelum melakukan peninjauan ke lokasi, Bupati Irwan Nasir didampingi Sekdakab Meranti H Zubiarsyah dan rombongan terlebih dahulu melaksanakan salat Jumat di Masjid Istiqomah Bengkalis.(swl)

SYAWAL

BUPATI Kepulauan Meranti Irwan Nasir (dua dari kiri) melihat kemasan air minum produksi PT Meskom Agro Sarimas (MAS) saat berkunjung ke PT MAS di Bengkalis, Jumat (11/5).

HUMAS

KONSULTASI-Baleg DPRD Kepulauan Meranti berkonsultasi dengan Kasi Wilayah II Pemekaran Kecamatan dan Desa Dirjen PUM Kemendagri, Astuti (tampak punggung), Jumat (11/5) di Jakarta.

r Sistem Drainase Buruk

Hujan 2 Jam, Kota Selatpanjang Tergenang SELATPANJANG (VOKAL)- Akibat buruknya sistem drainase di Kota Selatpanjang menyebabkan sebagian kota tersebut tergenang air setelah diguyur hujan. Hujan yang disertai angin ribut tersebut terjadi Minggu (13/5) sekira pukul 01.30 WIB dan reda pukul 03.30 dinihari. “Kalau dulu, meski hujan lebat turun selama 3 jam, kota ini tidak akan banjir. Tapi sekarang, hujan deras 1 jam saja sudah bikin kota ini digenangi air. Ini dikarenakan adanya kesalahan sistem drainase seiring makin tumbuhnya rukoruko di kota ini,” ujar Bakharuddin Ahmad, salah satu warga Selatpanjang, kemarin. Lebih jauh dia menuturkan, kanal yang dulunya berfungsi sebagai tempat aliran air ke laut itu saat ini fungsinya tidak maksimal lagi. Hal itu dikarenakan banyaknya pengusaha yang membangun ruko di sepanjang pinggir kanal yang berada di Jalan Imam Bonjol itu. Kondisi itu menyebabkan kanal-kanal tersebut jadi sempit. Untuk itu ia mengharapkan Dinas PU Bagian Pengairan memper-

baiki segera sistem drainase di Selatpanjang, sehingga persoalan banjir itu segera teratasi. Masalah banjir juga dikeluhkan para pegadang yang berjualan di pasar SD 8. Menurut Ahau, penjual ikan di pasar tersebut, tiap kali terjadi banjir pembeli dagangannya jadi sepi. Orang-orang lebih memilih pergi ke pasar tumpah di Jalan Tanjung Harapan yang tidak terkena banjir, ketimbang bebelanja di tempat ia berjualan. “Kalau banjir seperti ini, tak ada untung. Yang belanja di sini hanyalah warga sekitar pasar. Jika kondisi normal, biasanya warga dari daerah lain juga berbelanja di sini,” keluh Ahau. Berdasar pantauan di lapangan, sejumlah kawasan yang digenangi banjir adalah daerah pasar SD Negeri 8 Selatpanjang, Tanahlot dan Banglas. Selain itu beberapa ruas jalan protokol uang ikut tergenang banjir, diantaranya Jalan Imam Bonjol, Jalan Sika, Jalan Kartini, dan Jalan Merbau Banglas. Kondisi yang parah terjadi di Jalan Imam Bonjol yang merupakan sentra bisnis di Kota Selatpanjang. (rtc/del) Perwajahan: ABDA


15

PEKANBARU SENIN

HARIAN VOKAL

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

LINTAS Pemko Bakal Dirikan SMP di Pembatuan PEKANBARU(VOKAL)- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru pada 2013 mendatang berencana mendirikan gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) di kawasan Pembatuan, Kelurahan Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Pembangunan gedung SMP itu, nantinya bertujuan untuk mempermudah para pelajar yang berada di kawasan tersebut melanjutkan pendidikan. Demikian diungkapkan Walikota Pekanbaru, Firdaus, kepada Harian Vokal baru-baru ini. Ia mengatakan rencana pembangunan gedung SMP itu, agar bisa melengkapi gedung Sekolah Dasar (SD) Negeri 185 yang sudah rampung pembangunannya pada September 2011 lalu. "Kita ancar-ancar, kita akan jadikan kawasan itu komplek SD dan SMP. Karena memang selama ini belum ada SD dan SMP di kawasan tersebut, sedangkan di kawasan Pembatuan ini sudah padat penduduk dan sudah sepatutnya dibangun gedung sekolah," jelas Firdaus sambil mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menghibahkan lahannya untuk pembangunan sekolah tersebut. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pekanbaru, Yuzamri Yakub mengatakan, gedung SD 185 yang telah rampung pembangunannya itu akan segera dioperasikan pada Juli 2012 nanti. "Tahun ajaran baru ini akan mulai kita operasikan. Gedung SDN ini memang sengaja dibangun pada 2011 lalu sesuai permintaan masyarakat sekitar dengan langsung meyediakan lahan tempat pembangunannya. Jadi pada pembangunan gedung SDN ini Pemko Pekanbaru hanya mengeluarkan anggaran untuk pembangunan saja," pungkas Yuzamri, yang saat ini juga menjabat sebagai Plt Sekdako Pekanbaru ini. (abd)

Jurnalis Arab Kagumi Sarana Olahraga Riau

PEKANBARU (VOKAL)-Seorang jurnalis Arab Bakheet Thole Al-Zahrani yang juga editor Harian Berbahasa Arab Al-Bilad serta penulis buku wisata berbahasa Arab berjudul 'Indonesia' Kesaksian sang Pelancong kagum melihat sarana dan prasarana olahraga yang ada di Riau. "Saya tidak menyangka, Pemprov Riau mampu bekerja membangun main stadium yang besar dengan arsitektur hebat," ujar Bakheet Thole Al-Zahrani saat meninjau main stadium PON riau di komplek Universitas riau Panam, Sabtu (12/5). Begitu juga saat mengunjungi beberapa venues berstandar Internaional di Rumbai yang kesemuanya dinilai sangat mumpuni untuk pusat latihan. Ini membuktikan persiapan Pemprov Riau selaku tuan rumah ISG sangat matang. "Yang paling membahagiakan saya, Pemprov telah mempersiapkan ISG dengan begitu matang, dan ia yakin ISG akan sukses" ucap Bakhet. Hal senada juga diungkapkan Ahmed All AlZahrani yang tak menyangka Riau memiliki sarana olahraga yang besar dan megah. Ia meyakini ISG akan memberikan efek pada peningkatan wisata dan ekonomi Indonesia. Sementara itu, dalam kunjunganya ke perkebunan sawit dan PT RAPP di Pelalawan, para jurnalis Timur Tengah juga kagum dengan kesuburan dan keindahan Riau. Mereka mengaku baru kali itu melihat hamparan perkebunan yang begitu luas dan pengolahan CPO yang sangat higienis. (mok)

Dewan Minta Prioritaskan Guru Honor PEKANBARU (VOKAL)- Ketua Badan Legislatif (Banleg) DPRD Kota Pekanbaru, Zaidir Albaiza meminta Pemerintah Kota Pekanbaru memperioritaskan guru honorer jadi pegawai negeri sipil (PNS) dibandingkan guru yang belum berpengalaman.

"Kita minta pemerintah serius memperjuangkan nasib guru honorer. Sekrtaris Daerah Kota Pekanbaru, Kepala Badan Kepegwaian Daerah, serta perwakilan guru honorer untuk mendatangi

Badan Kepegawaian Negara dengan membawa berkas dan dokumen Analisa Beban Kerja dan Analisis Jabatan," ungkap Zaidir, Minggu (13/5) kemarin. Dikatakan Zaidir, Peraturan Pe-

LAPORAN:

ZULFIKRI/PEKANBARU

merintah (PP) nomor 48 tahun 2005 tentang pengangkatan guru honor menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), bagi guru honor yang telah mengabdi dengan masa bakti sepuluh tahun, maka perlu diangkat menjadi PNS. Namun, dari pantauan anggota Fraksi PKB itu, serta pengaduan masyarakat yang terus mengalir kepada wakil rakyat Pekanbaru, masih

Penertiban Panti Pijat Ilegal Belum Tuntas PEKANBARU (VOKAL)- Penertiban ratusan panti pijat ilegal yang telah digelar Satpol PP Pekanbaru sejak beberapa bulan belakangan, hingga kini belum tuntas. Berdasarkan data yang dikantongi Satpol PP, masih ada sekitar 30 panti pijat lagi yang akan segera ditertibkan dalam waktu dekat. Kepala Kantor (Kakan) Satpol PP Pekanbaru, Baharuddin saat dikonfirmasi Harian Vokal, Minggu (13/4) mengakui adanya kesan lamban petugasnya dalam melakukan penertiban panti pijat tersebut dan sekaligus membantah adanya pungutan liar (pungli) yang dilakukan anggota Satpol PP dalam melakukan penertiban. Ia mengatakan, kesan lamban dalam

penertiban panti pijat itu selain disebabkan keterbatasan personel Satpol PP, tapi juga kebanyakan dari panti pijat yang masih tersisa itu merupakan panti pijat tuna netra dan pijat orang tua. "Saya sudah terbiasa mendengar kata-kata pungli itu. Jadi saya tidak permasalahkan. Kalau memang ada pungli yang dilakukan anggota saya, tunjukkan buktinya. Jadi lambannya penertiban ini bukan karena adanya pungli itu, tapi selain waktu penertiban baru beberapa bulan setelah saya menjabat Kakan Satpol PP, anggota penertiban juga terbatas," jelas Baharuddin. Dalam melakukan penertiban panti pijat itu, lanjut Baharuddin,

Satpol PP terlebih dahulu menyurati dan memberikan teguran kepada para pengelola agar bisa mematuhi peraturan yang berlaku. Bagi pengelola yang tetap membandel, Satpol PP baru melakukan penertiban paksa panti pijat yang bersangkutan. "Memang sebagian sampai sekarang masih ada yang membandel. Yang membandel ini pengelolanya sudah kita panggil dan meminta kelonggaran waktu menjelang habis kontrak tempat usahanya. Katanya (pengelola, red) kontrak itu akan habis dalam waktu dekat dan akan langsung menutup panti pijatnya," pungkas mantan Camat Pekanbaru Kota ini. (abd)

PEKANBARU (VOKAL)-Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru pada 2012 ini menargetkan akan memvaksinasi sebanyak 15.000 ekor hewan penular rabies (HPR) yang ada di Pekanbaru. Upaya ini, selain bertujuan untuk menghindari terus meningkatnya kasus gigitan HPR di Pekanbaru, tapi juga bertujuan membebaskan Kota Pekanbaru dari penyakit rabies, terutama selama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII pada September 2012 mendatang. Kepala Distanak Pekanbaru, Sentot Djoko Prayitno, akhir pekan lalu kepada wartawan mengatakan, untuk saat ini, vaksinasi HPR

itu sudah dimulai pihaknya di Kelurahan Sri Meranti, Kecamatan Rumbai Pesisir, Pekanbaru. Secara bertahap, vaksinasi ini nantinya akan digelar di seluruh kecamatan yang ada di Pekanbaru, terutama di sejumlah kecamatan yang tergolong tinggi jumlah HPR-nya. "Sekarang vaksinasinya sudah kita mulai di Kelurahan Sri Meranti. Vaksinasi ini kita gelar bagi hewan HPR sejenis anjing, kucing dan kera. Tiga jenis HPR ini sudah mencapai angka 15 ribu, karena itu kita tergetkan tahun ini semua HPR itu sudah divaksinasi. Untuk jenis anjing sendiri itu jumlahnya ada sekitar 4.800 ekor, kucing mencapai 12.000 ekor, dan kera sendiri seki-

tar 135 ekor," jelas Sentot. Selain melakukan vaksinasi, lanjut Sentot, Distanak pada 2012 ini juga akan langsung melakukan sosialisasi Perwako nomor 23 taun 2012 tentang pengendalian dan penanggulangan penyakiat rabies. Dalam Perwako ini, para pemilik HPR diminta untuk mengikat atau mengandangkan seluruh HPR. "Sesuai Perwako ini juga, kalau masih ada kita temukan HPR yang berkeliaran pasca dilakukan sosialisasi dan vaksinasi nantinya, maka HPR itu akan kita lakukan pemusnahan atau eliminasi. Jadi karena itu kita ingatkan agar HPR milik masyarakat jangan dibiarkan berkeliaran," pungkas Sentot. (abd)

Distanak Targetkan Vaksinasi 15.000 HPR

ANDIKA

TUMBANG- Hujan disertai angin kencang yang melanda Kota Pekanbaru, Sabtu (12/5) membuat sejumlah papan reklame di Jalan Soekarno Hatta tumbang.

HKR Harapkan Al Azhar Amanah

PEKANBARU (VOKAL)- Himpunan Keluarga Rokan Hulu (HKR) adakan acara syukuran atas ditunjuknya Al Azar sebagai Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPR) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Minggu (13/5). HKN harapkan tokoh Riau yang juga pemerhati budaya ini dapat menjalankan amanah sebaik-baiknya. Acara yang dilaksanakan di kediaman H Azwar Azis tersebut menampilkan berbagai acara seni dan budaya adat dari Kabupaten Rohul. Seperti penyambutan pencak silat, tepung tawar dan upah-upah kepada Al Azhar. Itu dilakukan agar selama menjabat DPR LAM Riau mampu melaksanakan amanah. Hadir dalam kesempatan tersebut di antaranya Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Tennas Efendy, Ketua Dewan Penasehat HKR Septina Primawati, tokoh masyarakat Rohul Pekanbaru Hj Roslaini Ismail Suko, Joni Irwan, Muchtar Ahmad serta berbagai undangan lainnya. Al Azhar dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar HKR yang secara khusus menggelar acara untuk dirinya. "Ini membuktikan kalau HKR merasa memiliki saya, dan saya mengucapkan terima kasih," katanya. Keberadaan himpunan kekeluargaan yang dimiliki masing-masing daerah seperti HKR ini, merupakan suatu oraganisasi yang harus terus dipertahankan. Tujuannya agar setiap masyarakat yang berasal dari berbagai daerah itu, tidak lupa akan kampung halamannya. Sementara itu, Ketua HKR Marjeni mengatakan, diadakannya acara syukuran tersebut dalam rangka memberikan dukungan kepada Al Azhar dalam mengemban amanah yang dipercayakan, dan bisa menjalankan kepercayaan atau tugas yang dibebankan dengan sebaik-baiknya. "Kita juga ingin mengingatkan kepada dia, bahwa menjadi Ketua Dewan Pimpinan Harian LAMR itu bukan untuk Kabupaten Rohul saja, melainkan untuk seluruh Provinsi Riau," katanya. (mok) Penanggung Jawab/Redaktur: AKMAL KUTIANYIR

Andika

MEMUKAU- Grup band D'Massive tampil memukau penggemarnya saat konser di lapangan Purna MTQ, Pekanbaru, Sabtu (12/5) malam.

banyak guru honor yang telah mengabdi puluhan tahun, tapi statusnya belum kunjung jelas. "Ini tentunya menjadi perhatian serius bagi pemerintah. Saat ini jumlah guru honor dengan guru PNS sangat berbeda jauh. Ditambah lagi, pemerintah hanya mengangkat sebagian kecilnya saja guru honor ini menjadi PNS, padahal guru honor yang telah lama menantikan PNS sudah banyak antri dalam jumlah yang sangat banyak," kata Zaidir yang juga merupakan anggota Komisi II DPRD Pekanbaru. Ditambahkannya, pemerintah

harus memperhatikan guru honor yang telah lama mengabdi memberikan ilmu kepada murid di Pekanbaru. Jangan pilih kasih, dengan mengedepankan guru honor yang ada ikatan keluarga dengan pemerintah, sehinga pengangkatannya lebih cepat dibandingkan guru honor yang tidak ada hubungan apa-apa dengan pemerintah. Meskipun berpuluhpuluh tahun mengabdi, tetap saja nasibnya menjadi guru honor abadi. "Ini tidak boleh terjadi, bila sudah layak diangkat jadi PNS, secara otomatis mestinya guru tersebut jadi PNS," pungkasnya. (***)

“Kader PAN Pantas Pimpin Riau” PEKANBARU (VOKAL)Musyawarah Wilayah (Muswil) Barisan Muda (BM) Penegak Amanat Nasional (PAN) Provinsi Riau kembali digelar di Kota Pekanbaru. Muswil yang diselenggarakan di Hotel Resty Sabtu- Minggu (12-13/5) dipadati kader-kader muda PAN seProvinsi Riau. Muswil kali ini, dihadiri langsung Bendahara Umum DPP PAN Jon Erizal, Ketua Umum BM PAN Yandri Susanto, Ketua DPW PAN Riau, Herlian Saleh, Ketua BM PAN Riau, Ir Nofrizal, dan Ketua DPD PAN Pekanbaru Sondia Warman serta ratusan pengurusa PAN lainnya. Dalam kata sambutannya, Ketua Umum DPP BM PAN Yandri Susanto menyebutkan bahwa saat ini BM PAN telah berusia 14 tahun yang didirikan di Jakarta pada 23 Agustus 1998. Keberadaan BM PAN di Indonesia ternyata telah memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan melalui kader-kader terbaik yang ada di Riau ini, tentunya BM PAN di Riau juga terus berperan dalam membangun Provinsi Riau ke depan yang lebih baik lagi. "Saat ini, salah satu kader terbaik dari PAN telah ditunjuk untuk memimpin Riau dalam Pilgubri tahun 2013 nantinya, maka kader PAN harus mensosialisasikan kepada masyarakat

bahwa inilah sosok yang layak untuk memimpin Riau ke depan, dengan semangat serta amanat yang diemban oleh seluruh kader, kita yakin bahwa kader dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa kader PAN merupakan sosok yang paling pantas memimpin Riau ke depan," tutur Yandri. Sementara itu, Ketua DPW PAN Riau Herlian Saleh mengatakan agar kader BM PAN Provinsi Riau dapat memberikan konstribusi untuk membangun Riau dalam rangka mewujudkan perubahan demi kesejahteraan Riau yang lebih maju dan bermarwah. "Keberadaan kader muda BM PAN Riau telah menjadi bagian untuk mengembangkan demokrasi yang berfungsi mengawasi jalannya pemerintah dalam sebuah negara dengan dinamika politik yang baik antara eksekutif, legislatif dan yudikatif, sehingga dapat membangun kesejahteraan negara serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal," kata Herlian. Usai pembukaan Muswil, acara dilanjutkan dengan work shop dengan nara sumber Bendahara Umum DPP PAN Jon Erizal, Ketua DPW PAN Riau Ir Nofrizal dan Young Riau dengan pemandu acara workshop Fendi Jaswir. (fik)

Timbangan Dipereteli, Pedagang Untung Besar, Dewan Minta Tera Ulang MENTAL korupsi benar-benar menjalar ke mana-mana, termasuk ke pasar-pasar. Bukan hanya eksekutif, legislatif, dan yudikatif, para pedagang juga melakukan korupsi dengan mempreteli timbangan, sehingga berat yang hanya 8 on bisa menjadi 1 kg dengan cara mempermainkan timbangan yang mereka miliki. Zi (40) salah seorang pedagang saat ditemui Harian Vokal menuturkan bahwa praktek manipulasi timbangan sering dilakukan pedagang agar dagangan mereka laku terjual. "Misalnya harga cabe disebelahnya Rp10 ribu/kg, dia sanggup menjual dengan harga Rp9 ribu/kg namun kenyataanya timbangannya sudah dimodifikasi terlebih dahulu, jika ditimbang dengan timbangan standar maka berat 1 kg dengan harga Rp 9 ribu ternyata 850 gram, dan dirinya mendapatkan keuntungan lebih 50 gram," tutur Zi Disambung ZI, modifikasi yang sering dilakukan pada timbangan yakni dengan cara menyetel ulang timbangan atau memperlunak per

yang ada didalam timbangan, bahkan ada yang mengganjal timbangan tersebut dengan karet. "Kalau untuk timbangan duduk ada dua cara yang dapat dilakukan, di antaranya dengan menyetel ulang timbangan, atau dengan cara melunakkan per timbangan sehingga pada saat diberi beban, timbangan tersebut turun dengan cepat. Jika untuk timbangan gantung, yang sering dilakukan adalah dengan cara mengganjal timbangan dengan menggunakan karet," tutur Zi. Menanggapi kondisi tersebut, Sekretaris Komisi I DPRD Pekanbaru Kamaruzaman meminta dinas terkait untuk segera melakukan pengujian ulang terhadap seluruh timbangan yang ada di

LAPORAN:

ZULFIKRI/PEKANBARU

pasar saat ini, karena kondisi ini sudah sangat sering dikeluhkan masyarakat dalam beberapa bulan belakangan ini.

"Kalau ktia lihat memang pelaksanaan tera ulang timbangan yang biasa dilakukan Disperindag dan Badan Meteorologi sudah lama tidak dilakukan. Untuk itu, kita minta secepatnya dua instansi pemerintah ini untuk dapat

DOK

SALAH seorang pedagang di Pasar Cik Puan, Pekanbaru sedang mengecek timbangan, beberapa waktu lalu.

melakukan tera ulang," ujar Kamaruzaman. Disarankan Kamaruzaman, mestinya pengujian timbangan harus dilakukan 3-4 setiap tahun agar kecurangan yang dilakukan para pedagang dapat teratasi dan dapat memberikan kepastian bagi masyarakat. "Saya pribadi pernah menemukan di pasar 1 kg, namun saat dilakukan timbangan di tempat lain kenyataannya hanya 800 gram, ini juga dirasakan masyarakat Pekanbaru," tuturnya. Ketua Badan Legislatif DPRD Pekanbaru Zaidir Albaiza menyebutkan bahwa memang sering terjadi kecurangan dalam timbangan yang dilakukan oknum pedagang. Untuk itu, Disperindag dan Badan Meteorologi secepatnya melakukan KIR ulang terhadap seluruh timbangan yang ada di pasar, untuk menghindari terjadinya kerugian lebih besar bagi masyarakat Pekanbaru," tegas Zaidir sambil mengimbau Disperindag turun langsung ke pasar-pasar tersebut. (***) Perwajahan: RINTO HARMIKO


CMYK

16

HARIAN VOKAL

Galery

SENIN 14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

KAPOLRESTA Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar (depan) memimpin jalannya funbike bersama TNI dan Polri yang diawali di Mako Polresta Pekanbaru, Sabtu (12/5).

PEKANBARU (VOKAL)-Sebagai ajang kebersamaan dan menjaga kekompakkan, TNI dan Polri menggelar olahraga bersama di wilayah Kota Pekanbaru. Unsur TNI terdiri dari TNI AU dan TNI AD, sementara unsur Polri terdiri Polresta Pekanbaru dan Sat Brimob Polda Riau, Sabtu (12/5) pagi. Dalam acara bersama ini, suasana penuh keakraban tampak dalam kegiatan olahraga funbike yang diikuti sekitar 200 orang anggota TNI dan Polri. Kegiatan itu bertema "Melalui Olahraga Bersama, Kita wujudkan TNI dan Polri yang Bersinergis Demi Terwujudnya Masyarakat Pekanbaru yang Aman, Tertib dan Sejahtera". Even funbike yang dihelat mulai pukul 06.30 WIB dengan start di halaman Mako Polresta, menuju Rumbai, komplek Chevron, masuk kilo delapan. Setelah menaiki dan menuruni perbukitan yang penuh terjal, rombongan berakhir di lapangan softball Rumbai yang berjarak tempuh sekitar 25 kilometer. Kemudian

dilanjutkan dengan silaturahmi serta nyanyi dan joget bersama. Selain olahraga funbike, Polresta Pekanbaru juga melaksanakan olahraga Join Hazz Run bersama unsur TNI (TNI AU dan TNI AD) dan masyarakat yang dilaksanakan awal minggu setiap bulan. Olahraga bersama ini, selain untuk meningkatkan kemampuan fisik para anggota TNI dan Polri, juga dilakukan sebagai media untuk memupuk persaudaraan dan kekompakkan yang telah terbina dengan baik selama ini. Di samping itu, juga untuk saling tukar informasi, fikiran dan kerja sama. Dengan dilaksanakan olahraga ini, diharapkan seluruh personel TNI dan Polri yang ada di Kota Pekanbaru semakin sehat sekaligus ikatan persaudaraan antar anggota bisa semakin terbina, baik secara pribadi maupun sebagai aparat negara. Sehingga pelaksanaan tugas jadi maksimal. Foto dan Narasi: Indra Jaya

KAPOLRESTA Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar berjalan bersama peserta Join Hazz Run menelusuri lintasan alam di kawasan Chevron Rumbai.

KAPOLRESTA Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar menyiram peserta Join Hazz Run dalam rangka acara down-down bersama. PESERTA funbike foto bersama di halaman Mako Polresta Pekanbaru.

KAPOLRESTA Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar memimpin doa bersama sebelum kegiatan funbike dimulai.

ROMBONGAN funbike saat melintasi Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru.

KAPOLRESTA Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar foto bersama Komunitas Hardtop Pekanbaru.

Penanggung Jawab/Redaktur: AKMAL KUTIANYIR

ROMBONGAN funbike dikawal motor patroli saat melintasi salah satu jalur kegiatan olahraga bersa- PESERTA Join Hazz Run melintasi jalan setapak yang penuh terjal sehingga peserta dibanjiri keringat. ma TNI dan Polri. Perwajahan: RINTO HARMIKO


CMYK

SENIN 14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

Kick Off

BERLIN (VOKAL)-Borussia Dortmund tampil sempurna musim ini. Setelah sukses meraih gelar Bundesliga, tim berjulukkan Die Borussien ini menambah koleksi titelnya usai tampil sebagai juara DFB Pokal. Gelar pertama sejak 23 tahuni diraih setelah Shinji Kagawa dan kawankawan menaklukkan Bayern Muenchen di final dengan sekor 5-2, Minggu (13/5). Borussia Dortmund mengakhiri 23 tahun puasa gelar DFB Pokal setelah mengalahkan Bayern Munich di final dengan skor 5-2. Die Borussien pun menutup musim dengan gelar Double Winner. Dalam laga yang dihelat di Olympia Stadion Berlin, Dortmund tampak tampil lebih hati-hati dan banyak mengandalkan serangan balik. Sementara itu Bayern yang lebih menguasai laga coba membuat banyak peluang ke gawang Dortmund. Tapi Dortmund tampil sempurna dan mampu mencetak lima gol, masing-masing melalui hat-

Penanggung jawab/redaktur: SAADUDDIN BADRA

trick Robert Lewandowski, Shinji Kagawa dan Mats Hummels. Sementara itu dua gol Bayern disumbangkan Arjen Robben dan Franck Ribery. Ini adalah gelar ketiga Dortmund di ajang ini setelah 1965 dan 1989. Kesuksesan ini pun seakan melengkapi raihan trofi Bundesliga yang baru saja mereka rebut musim ini. Sementara itu Bayern di ambang mengakhiri musim tanpa gelar meskipun pekan depan masih punya final Liga Champions kontra Chelsea. Baru tiga menit laga berjalan, Dortmund sudah unggul ketika kesalahan pemain belakang Bayern dimanfaatkan dengan baik oleh Jakub Blaszczykowski. Ia dengan cepat merebut bola backpass Luis Gustavo. Usai sekali menyentuh bola Jakub mengirimkan bola ke tengah dan kemudian disambar Kagawa dengan sepakan mendatar untuk menjebol gawang Manuel Neuer. Tersentak gol cepat itu Bayern coba menyerang dan mendapat peluang di menit 8. Bola terobosan Franck Ribery dijan-

gkau Gomez dan ia langsung menembak bola, namun Roman Weindenfeller dengan cepat menghadangnya. Di menit 23 Bayern mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Weidenfeller kepada Gomez. Weindenfeller mendapat kartu kuning dan Robben sukses mengonversi penalti jadi gol untuk menyamakan skor jadi 1-1. Setelahnya Bayern sedikit bisa keluar dari tekanan Dortmund dan membuat beberapa peluang berbahaya ke gawang lawan. Tapi justru Dortmund mampu unggul lagi di menit 41 ketika Jerome Boateng divonis menjatuhkan Kevin Grosskreutz di area terlarang. Hummels dengan dingin mengeksekusi penalti meskipun bola sempat ditepis Neuer. Dortmund memimpin 2-1. Di masa injury time Dortmund membobol gawang Neuer lagi dan kali ini topskorer mereka Lewandowski yang mencatatkan namanya di papan skor. Kagawa lepaskan umpan daerah melewati hadangan dua pemain Bayern dan Lewandowski dengan cepat mencocor bola ke jala lawan. Babak pertama pun diakhiri dengan skor 3-1 untuk Dortmund. Enam menit setelah restart Dortmund mendapat peluang pertama ketika free kick Ilkay Gundogan hanya menyamping tipis di sisi kiri gawang Neuer. Lewandowski! Dortmund memperbesar keunggulan jadi

4-1 di menit 57 ketika striker Polandia itu menuntaskan kerjasama yang dibangun oleh Kagawa dan Kevin Grosskreutz melalui skema serangan balik. Tembakan keras Lewi tak bisa dihadang Neuer. Di menit 67 kembali Dortmund mengancam gawang Bayern ketika Lewandowski meliukliuk di sisi kanan pertahanan Bayern dan diakhiri dengan sepakan ke arah gawang. Tapi Neuer masih bisa menepisnya. Ribery menpiskan skor jadi 2-4 di menit 75 ketika ia melewati hadangan 2-3 pemain Dortmund sebelum melepaskan sepakan kaki kiri yang menempatkan bola di pojok kanan bawah, tanpa bisa dihadang Michael Langerak. Dortmund mencetak gol kelima di menit 81 dan kembali lewati kaki Lewandowski. Diawali kesalahan Neuer dalam mengamankan bola terobosan, kemudian Lukasz Piszczek dengan mudah merebut bola dan melepaskan crossing ke tiang jauh. Ada Lewi yang menanduk bola ke dalam jala untuk mencetak hat-trick di laga ini. Terkejut Sukses Dortmund meraih gelar ini dengan mengalahkan Bayern Muenchen 5-2 sebuah hasil yang sangat luar biasa. Sang pelatih Jurgen Klopp mengaku terkejut dengan hasil yang dicapai anak asuhnya atas finalis Liga Champions ini. “Itu adalah sebuah pertandingan final yang tidak pernah dibayangkan oleh semua pihak yang berada di Dortmund,”

17

HARIAN VOKAL

demikian ujar Klopp, sebagaimana dikutip dari Goal, Minggu (13/5). “Penyelesaian akhir kami sangat dingin dan mampu mencetak gol hebat. Sangat sulit diungkapkan dengan kata-kata, mengenai apa yang sedang terjadi terhadap kami saat ini,” lanjutnya. Kemenangan ini, sekaligus mempertegas dominasi Dortmund terhadap Bayern pada musim ini. Selain memborong dua gelar juara DFB-Pokal dan Bundesliga, Dortmund juga unggul lima kali pertemuan dengan Riberu dkk. Lain halnya dengan kubu Muenchen. Pasukkan Jupp Heynckes mengakui bahwa mereka bermain cukup buruk dalam laga tersebut dan pantas kalah. "Kami tak pantas untuk mengeluh. Secara keseluruhan lini pertahanan kami sangatlah buruk. Kami tak berhak menyalahkan siapa-siapa karena kekalahan ini dan kta memang tak pantas menang,” ujar Heynckes seperti dilansir AFP, Minggu (13/5). Meski begitu, Heynckes tak ingin tim larut dalam kesedihan dalam kekalahan ini dan segera bangkit kembali. Pasalnya, Munich akan menghadapil laga final lainnya, yaitu melawan Chelsea di ajang Liga Champions. “Kami masih memiliki laga penting lainnya, dan saya merasa kita harus segera bangkit dari kekalahan ini untuk final Liga Champions. Pertandingan yang berbeda sudah menanti kami di sana,” pungkasnya. (bbc/rts/bbs/sad)

Perwajahan: IDRIS MUCHNI


SPORT

18

HARIAN VOKAL

SENIN 14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

FedEx Menuju Dua Dunia

LINTAS

Persipura Kalah, Suporter Bakar Dua Mobil TNI JAYAPURA- Persipura Jayapura gagal meraih kemenangan setelah ditalukkan tamunya Persija Jakarta 0-1 di Stadion Mandala, Minggu (13/5). Kekalahan tersebut membuat suporter pasukan Mutiara Hitam ini kecewa. Mereka meluapkan kemarahannya dengan melakukan pengrusakan dan pembakaran terhadap mobil TNI. Kerusuhan ini buntut dari kekecewaan suporter kepada kinerja wasit. Pasalnya, sebelum laga kandang ini pun, fans Persipura menilai wasit kerap merugikan klub kesayangannya itu baik di laga kandang maupun tandang. Dan kekalahan atas tamunya Persija akhirnya memicu kerusuhan. Ini menjadi kekalahan pertama Persipura di laga kandang pada musim ini dan 'sukses' membakar emosi suporter Persipura. Mereka pun mulai melemparkan benda-benda ke dalam lapangan. Pelemparan ini mendapat respons dari aparat, yang kemudian melepaskan tembakan dan gas air mata. Akibatnya, sebanyak tiga anak yang masih berusia remaja harus dilarikan ke rumah sakit. Sementara sejumlah orang dikabarkan mengalami luka-luka akibat kejadian ini. Massa yang makin tak terkendali kemudian meluapkan kemarahannya dengan membakar dua buah mobil TNI. Satu unit mobil serta dua motor milik kepolisian pun tak luput dari pengrusakan oleh massa yang berada di Stadion Mandala. Persipura ditumbangkan Macan Kemayoran lewat gol semata wayang Rachmat Affandi. Kekalahan ini tentu semakin membuat peluang Persipura menjadi kampiun ISL semakin tipis setelah harus tertinggal 3 poin dari Sriwijaya FC. Padahal, Persipura telah melakoni 24 laga sedangkan SFC baru 22 laga. Pae Dilarikan ke Rumah Sakit Bek sayap Persipura Jayapura, Viktor Pae, harus dilarikan ke Rumah Sakit Dok II Jayapura karena terkena gas air mata yang ditembakkan oleh aparat guna menghentikan aksi pelemparan yang dilakukan oleh penonton. Viktor Pae dievakuasi oleh tim medis melalui jalur laut karena seluruh pintu masuk stadion diblokir oleh massa penonton yang memadati Stadion Mandala. Pemblokiran ini sendiri karena massa merasa tidak terima dengan sikap aparat yang melepaskan tembakan dan gas air mata guna meredam aksi pelemparan botol ke lapangan yang dilakukan oleh penonton. Akibat dari tembakan dan gas air mata itu, sebanyak tiga remaja harus dilarikan ke rumah sakit. Sementara sejumlah penonton dikabarkan luka-luka akibat kejadian ini. Belum ada laporan resmi dari pihak kepolisian mengenai kejadian ini. Namun, sebanyak dua mobil TNI yang berada didalam stadion, ludes dibakar massa. Sementara satu mobil patwal dan dua unit motor milik kepolisian yang juga berada didalam stadion, tak luput dari perusakan oleh massa. (bbc/rts/bbs/sad)

n GP2 Barcelona

Rio Pede Hadapi Sprint Race BARCELONA (VOKAL)- Rio Haryanto tak terlalu kecewa meski gagal menorehkan hasil bagus di feature race GP2 Barcelona. Rio pun yakin bisa memperbaiki capaiannya di sprint race. Dalam feature race di Sirkuit Catalunya, Sabtu (12/5) waktu setempat, Rio yang start dari posisi ke-24 berhasil memperbaiki posisinya. Setelah 37 lap, dia menyentuh garis finis dalam waktu 1 jam 1 menit 23,845 detik dan menempati posisi ke-16. "Dalam sesi feature race tadi, mengingat posisi start saya yang dari posisi 24, saya dan tim sepakat untuk menjadikan sesi tadi bukan saja sebagai balapan namun juga sebagai sesi ujicoba menjalankan balapan dengan settingan yang berbeda dari yang biasanya kami gunakan," terang Rio. "Sehingga kami berhasil menemukan settingan yang terbukti dapat membuat kondisi ban bertahan lebih lama tanpa terlalu banyak mengorbankan waktu putaran," sambungnya. (dtc/sad)

Madrid Master

SPANYOL (VOKAL)-Roger Federer tampil sempurna di Madrid Master 2012. FedEx julukkan Federer tidak mengalami kesulitan untuk lolos ke final setelah mengalahkan Janko Tipsarevic dengan skor 6-2, 6-3, Minggu (13/5). Di laga puncak nanti Federer akan bertemu Tomas Berdych. Sukses ini membuat petenis Swiss ini di ambang posisi kedua dunia. Jika berhasil meraih juara, tidak saja titek master keempat tahun ini setelah sebelumnya juara di Rotterdam, Dubai dan India Wells, Federer juga akan menggeser posisi Rafael Nadal, yang masih nangkring di runner up peringkat ATP ini. Selama kariernya petenis asal Swiss itu sudah memenangi 19 gelar master, berjarak satu gelar dari Nadal yang memegal rekor masters. "Aku bahkan tidak soal peringkat kedua dunia," tukas Federer di Reuters. "Aku fokus

Alphen Trophy Bandung

Kejurnas Pencak Silat PPLP

Riau Siap Pertahankan Gelar Juara PEKANBARU (VOKAL)- Atlet pencak silat Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Riau bertekad untuk mempertahankan gelar juara pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat antara PPLP yang akan digelar di Kalimantan Selatan, 21-26 Mei. Pelatih Kepala Pencak Silat PPLP Riau, Asep Solihin, Minggu (13/5), mengatakan, secara mental anak-anak asuhannya

semakin matang. "Peningkatan yang baik dari waktu ke waktu membuat gelar juara umum pada tahun lalu harus bisa dipertahankan," optimismenya. Sebut saja Sudiwiradinata yang turun di kelas G (57-60 kg) yang berhasil menyabet dua medali emas, dua perak dan tiga perunggu pada tahun lalu. Begitu juga dengan Diana Juliana yang turun di kelas B (42-45 kg) yang telah masuk dalam

Penanggung Jawab/Redaktur:SAADUDIN BADRA

pelatnas untuk dipersiapkan menghadapi Asian Schools 2012 di Thailand. "Upaya terbaik akan kita berikan. Karena anak-anak (atlet, red) sendiri optimis bisa mencapai hasil yang sama pada tahun lalu, yakni juara umum," tukas Asep. Bersama Asistennya, Elly, pesilat PPLP Riau terus digembleng di padepokan pencak silat Markas PPLP Marpoyan. (yan)

Gelar MVP Jadi Milik LeBron

New York (VOKAL)- Teka-teki siapa yang mendapat gelar Most Valuable Player (MVP() musim reguler 2011/2012 akhirnya terjawab. Gelar pemain

terbaik didunia bola basket dunia ini jatuh ketangan bintang Miami Head, LeBron James. Ini merupakan tikel MVP ketiga dalam kariernya.

Daud Jadi Pelapis Chris John JAKARTA (VOKAL)-Saat ini Indonesia masih memiliki dua juara dunia tinju. Chris John sebagai juara dunia tinju kelas bulu WBA dan Daud Cino Yordan sebagai juara dunia tinju kelas bulu versi IBO. Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Andi Mallarangeng, Chris telah membantu terciptanya regenerasi yang baik. "Adanya dua juara dunia, membuat estafet prestasi tidak kosong. Jika Chris John pensiun, Yordan akan mengisinya. Tinggal yang dicari juga adalah pelapis Daud Yordan," kata Andi di situs resmi Kemenpora. Untuk lengkap sebagai pengganti Chris John, Daud Yordan memang harus bertanding tidak hanya di IBO tapi juga WBA yang tingkat persaingannya lebih tinggi. Daud memang sempat bertemu Chris dan mengalami kekalahan. Tapi setidaknya, dengan Chris menang lagi, dan Yordan juga berhasil merebut gelar juara dunia, Indonesia kembali mendapatkan dua juara dunia dalam waktu yang sama. Sebelumnya Abdul Rahman menerima Chris John sebagai juara dunia yang dimiliki Indonesia. Tapi, Rahman kini telah kehilangan gelar, juga telah dimakan usia. (tn/sad)

pada apa yang kulakukan di sini pekan ini, mencoba bermain baik dan sedikit beradaptasi dengan turnamen ini. Dan permainanku semakin membaik selama turnamen ini," sambung Federer. Sejauh ini, Federer memang tampil begitu sempurna dalam lapangan yang dibalut blue clay ini. Sementara dua pesaing utamanya seperti Rafael Nadal dan Novak Djokovic, tidak mampu beradaptasi dengan lapangan ini. Penampilan Federer pada pertandingan kali ini memang sangat menjanjikan. Petenis asal Swiss itu sama sekali tidak memberikan kesempatan kepada Tipsarevic untuk bermain seperti ketika mengalahkan Djokovic. Pada babak final nanti, Federer akan berhadapan dengan Berdych. Petenis asal Ceska itu berhasil melaju ke partai puncak, setelah menyudahi perlawanan Juan Martin Del Potro dengan skor 7-6 7-6. Dalam pertandingan ini, Berdych berhasil melakukan 15 kali aces. Sementara Del Potro, hanya mampu mendapatkan enam kali aces. Lawan Federer di final ada Berdych, unggulan keenam asal Republik Ceko yang mengalahkan Juan Martin Del Potro 7-6 dan 7-6 di semifinal. Ini adalah final ketiga Berdych di turnamen Masters. Berdych sudah 14 kali bertemua Federer namun hanya mampu menang empat kali. (bbc/rts/bbs/sad)

LeBron yang membawa Heat finis di posisi kedua klasemen Wilayah Timur terpilih melalui voting yang diadakan NBA. Dengan 1.074 poin, LeBron mengalahkan bintang Oklahoma City Thunder, Kevin Durant dan point guard LA Clippers, Chris Paul. Pemenangan MVP musim lalu, Derrick Rose, hanya menempati urutan ke-11 setelah musim ini tampil biasa-biasa saja akibat diganggu serangkaian cedera. LeBron musim ini total mengoleksi ratarata 27,1 poin, 7,9 rebound dan 6,2 assist per laga. Ini adalah ketiga kalinya LeBron meraih titel MVP setelah dua kali meraihnya saat masih memperkuat Cleveland Cavaliers. "Aku tidak pernah berpikir menjadi MVP NBA. Aku tidak pernah bermimpi melakukan apa yang kulakukan saat ini di level tertinggi. Sekarang inilah waktuku dan itu sudah terjadi. Ini luar biasa," ujar LeBron seperti dilansir Reuters. (bbc/rts/sad)

Wilhelmina Hanya Sumbang Perak PEKANBARU (VOKAL)- Atlet balap sepeda Riau Wilhelmina Tutuarima gagal mencapai target pada Kejuaraan Alphen Tropy yang digelar di Bandung, 11-13 Mei. Wilhelmina yang digadanggadangkan bakal menyumbang emas di PON XVIII 2012 ini hanya mampu meraih perak. Pada kejuaraan tersebut, Wilhelmina belum bisa mengatasi keperkasaan atlet Jawa Barat, Yanti Supriyanti yang finis ditempat pertama. Sekeping perak ini diraih pada nomor Individual Time Trial (ITT). Sementara di nomor criterium Wilhelmina hanya mampu berada di urutan keempat. "Itulah usaha terbaiknya dan patut kita hargai. Karena tidak mudah bertanding dengan peralatan seadanya mencapai hasil yang maksimal," ungkap Fredy Tutuarima, Minggu (13/5) yang mengatakan hingga saat ini cabor balap sepeda masih menggunakan peralatan seadanya. Fredy sangat menyayangkan belum terealisasinya peralatan latihan untuk para atlet. "Apapun cabang olahraganya tentu tidak akan maksimal, tetapi hasil ini jauh lebih baik," pungkasnya. Minimnya peralatan latihan ini membuat seluruh atlet Pelatda PON Riau cabang balap sepeda harus berlatih di Jakarta dan Bandung. "Kecuali Wilhelmina yang memang saya arahkan bisa berlatih di Pekanbaru, yang lainnya berlatih di luar," sambungnya. Seperti diketahui, di Pekanbaru Wilhelmina berlatih di nomor cross country dan downhill, sementara ITT dan road race kurang memadai. "Jika peralatannya bagus, kemungkinan medali emas bisa diraih," prediksinya lagi. (yan)

LA Lakers ke Semi Final

LOS ANGELES (VOKAL)– Los Angeles Lakers akhirnya sukses memastikan diri melaju ke semi final Wilayah Barat usai menundukkan Denver Nuggets 96-87 di game ketujuh babak perempat final play off, Minggu (13/5) siang WIB. Dalam format best of seven, kedua tim harus bertarung hingga game terakhir, karena sebelumnya masing-masing telah memenangi tiga game. Namun, Nuggets harus mengakui keunggulan Lakers pada game pamungkas sekaligus memupuskan harapan Al Harrington cs untuk melangkah lebih jauh di babak play off. Adalah forward Lakers Pau Gasol yang tampil mengesankan dengan mencetak doubledouble, 23 poin, 17 rebound dalam kemenangan tersebut. Steve Blake datang dari bangku cadangan dan menyarangkan 19 poin untuk Lakers.

Center tuan rumah, Andrew Bynum juga mencetak doubledouble dengan torehan 16 poin dan 18 rebound. Disusul sumbangan 17 poin dari superstar Lakers, Kobe Bryant yang pada laga ini terlihat tampil kurang dominan karena dikawal ketat. Di kubu Nuggets, Ty Lawson yang memasukkan sebelas tembakannya dari 19 kali percobaan, menjaringkan 24 poin untuk Nuggets. Al Harrington juga turut menyarangkan 24 poin, namun tak cukup menyelamatkan Nuggets dari kekalahan, sekaligus tersingkir di babak perempat final Wilayah Barat play off NBA. Dengan kemenangan ini, Lakers akan bertemu Oklahoma City Thunder di babak semi final Wilayah Barat play off NBA. Sebelumnya, Thunnder terlebih dahulu menyingkirkan juara bertahan Dallas Mavericks

dengan kemenangan empat kali tanpa balas. Game pertama semi final Wilayah Barat antara Thunder versus Lakers akan langsung dimainkan Senin (14/5) malam waktu setempat di markas Thunder, Chesapeake Energy Arena. Celtics Ungguli Sixers Dari Wilayah Timur, Boston Celtics unggul 1-0 atas Philadelphia 76ers di babak semifinal wilayah. Celtics menang setengah bola, 92-91, di gim pertama yang dihelat di TD Garden, Boston. Rajon Rondo membukukan triple-double untuk Celtics

dengan 13 poin, 12 rebound, dan 17 assist. Kevin Garnett juga tampil bagus dengan sumbangan 29 poin dan 11 rebound. Andre Iguodala jadi penyum-

bang poin terbanyak untuk Sixers dengan 19 poin, disusul Evan Turner dengan 16 poin dan Spencer Hawes 15 poin. (bbc/ rts/bbs/sad) Perwajahan: ANDIXER


SENIN SABTU

19

HARIAN HARIAN VOKAL VOKAL

14Maret Mei 2012/23 1433H H 24 2012/1Jumadil JumadilAkhir Awal 1433

Kinerja Sejumlah Pejabat Akan Dievaluasi LINTAS Jalankan Rekomendasi DPRD!

RENGAT(VOKAL)-DPRD Indragiri Hulu (Inhu) mengharapkan kepada Bupati Inhu Yopi Arianto untuk melaksanakan rekomendasi Pansus Duta Palma Grup. Hal itu mengingat rekomendasi tersebut telah diparipurnakan oleh DPRD Inhu. Hal itu disampaikan anggota DPRD Inhu yang juga anggota Pansus Duta Plama Grup, Juanda kepada sejumlah wartawan di Gedung DPRD Inhu, pekan lalu. “Rekomendasi yang dikeluarkan Pansus DPRD Inhu tentang Duta Palma Grup, tinggal dilaksanakan oleh Bupati Inhu. Mengingat tenggat waktu tiga bulan yang diberikan sebagaimana rekomendasi tersebut telah berakhir,” ujarnya. Selain itu, pihaknya menilai Bupati Inhu tidak tegas dan tidak berani dalam menjalankan keputusan yang dikeluarkan DPRD Inhu tentang Duta Palma Grup. “Tinggal jalankan saja rekomendasi itu, jadi Bupati Inhu tidak perlu dipanggil DPRD Inhu,” tegasnya. Rekomendasi yang dikeluarkan DPRD Inhu dengan tegas menyatakan agar Bupati Inhu memberikan peringatan keras kepada PT Palma Satu untuk patuh dan melaksanakan Keputusan Bupati Inhu Nomor 180 Tahun 2010 tanggal 8 Juli 2010 tentang Perpanjangan dan Revisi Izin Usaha Pembangunan Kebun Kelapa Sawit. Apabila hal ini tidak dipatuhi, diminta Bupati Inhu mencabut Izin Lokasi dan Izin Usaha Perkebunan (IUP) yang diterbitkan,” ungkapnya. Untuk itu diminta kepada Bupati Inhu untuk memberikan peringatan keras kepada PT Palma Satu, PT Banyu Bening Utama (PT BBU), PT Seberida Subur dan PT Panca Agro Lestari (Duta Palma Grup), agar melakukan pengajuan permohonan pelepasan kawasan hutan baik itu HPK dan HPT, sesuai dengan Permenhut Nomor P.33/ Menhut-II/2010 yang telah diubah dengan Permenhut P.17/Menhut-II/2011 tentang Tata Cara Pelepasan Kawasan Hutan. (rtc/zki)

Anggaran Kapasitas DPRD Rp9,7 M RENGAT(VOKAL)-Kabag Keuangan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Inhu, Hendrik mengatakan, biaya peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD Inhu pada tahun ini mencapai Rp9,7 miliar. Anggaran tersebut telah dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Inhu tahun 2012. “Biaya peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD Inhu tahun ini cukup fantastis, yakni Rp9,7 miliar,” jelasnya kepada Harian Vokal, pekan lalu. Menurutnya, anggaran sebesar Rp9,7 miliar tersebut akan dipergunakan dalam melaksanakan 7 kegiatan dalam tahun 2012 ini. Yakni kegiatan DPRD mulai dari Panitia Khusus (Pansus), Badan Anggaran (Banggar), Badan Legislasi (Baleg), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Kehormatan (BK) dan komisi yang sudah dianggarkan dalam APBD Inhu tahun 2012. “Kalau alat kelengkapan DPRD tidak melakukan kegiatan peningkatan kapasitasnya, dana yang sudah dianggarkan tersebut akan dikembalikan ke kas daerah lagi. Seperti anggaran di BK, karena BK DPRD Inhu sampai saat ini tidak jalan,” jelas Hendrik. Selain itu, mengenai dana Pansus Gate Duta Palma sebesar Rp300 juta tidak ada menggunakan dana Pansus, melainkan hanya menggunakan dana perjalan dinas. Sebab, hal itu diperbolehkan secara undang-undang. “Selama tiga bulan DPRD melakukan konsultasi ke Jakarta tidak ada memakai dana Pansus, tapi dana yang digunakan hanya dana perjalanan dinas. Secara administrasi keuangan yang telah dicairkan selama ini, perjalan dinas DPRD telah dilakukan sekitar delapan kali,” jelasnya.   Hendrik menambahkan, sebanyak 31 anggota DPRD Inhu telah melaksanakan reses pertama di daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Rencana reses anggota DPRD Inhu pada tahun ini sebanyak tiga kali reses. Hasil reses pertama tersebut telah disampaikan kepada Bupati Inhu guna untuk diselaraskan dengan hasil Musrenbang kecamatan. “Dana reses per masing-masing anggota DPRD sebesar Rp15 juta. Bagi anggota DPRD yang tidak melakukan reses, dana tersebut akan dikembalikan ke kas daerah,” ujarnya. (obr)

: 0762-91460 : 0762-91110 : 0762-61110 : 0762-62515 : 0852713373707 : 0762-91530 : 0762-91226 : 0762-91677 : 0762-91221 : 0762-91777 : 0762-91260 : 0762-91161 : 0762-61147 : 0762-91260

Penanggung Jawab/Redaktur: ZUKRI SUBAYANG

LAPORAN:

OBRIN, INDRAGIRI HULU

“Dalam waktu dekat saya akan rekomendasikan namanama pejabat yang tidak mampu bekerja kepada Pak Bupati untuk dievaluasi. Hal ini bertujuan demi kepentingan daerah dan meningkatkan roda pem-

bangunan yang telah diprogramkan,” ujar Agus Rianto di Rengat, Minggu (13/5). Agus mengatakan, kedisplinan pejabat di lingkungan Pemkab Inhu selama ini belum memberikan hasil yang memuaskan. Sebab, apa yang disampaikan Bupati Inhu selama ini sepertinya belum dijalankan secara

maksimal oleh sebagian pejabat di lingkungan Pemkab Inhu. Saat ditanya pimpinan SKPD yang dinilai tidak menjalankan program tersebut, Agus enggan menjelaskannya. Yang jelas dari hasil rapat persentase program pembangunan seluruh pejabat eselon II dan III bersama Bupati Yopi beberapa waktu lalu, namanama yang akan dievaluasi sudah jelas. “Bagi pejabat yang mampu menjalankan program Bupati Inhu, akan diberikan hadiah sebagai bentuk penghargaan kepada mereka,” katanya. Menyikapi hal itu, anggota Komisi A DPRD Inhu, Arifudin

Ahalik mengatakan bahwa dirinya sangat setuju dengan langkah yang akan diambil Pemkab Inhu tersebut. Menurutnya, masyarakat Inhu saat ini tengah menanti tindakan konkrit Bupati Inhu dalam mengevaluasi para pejabat yang dinilai tidak mampu bekerja dan menjalankan program Pemkab Inhu. “Para pejabat dipercayakan agar dapat membantu kepala daerah dalam menjalankan programnya, kalau tidak mampu harus diganti. Sebab tolak ukur keberhasilan suatu pembangunan dilihat dari kinerja pemerintah dalam memberikan pelayanan

kepada masyarakat,” katanya. Ia juga menilai kinerja pejabat di lingkungan Pemkab Inhu selama ini belum optimal. Hal itu dapat dibuktikan dalam pembahasan LKPj Bupati Inhu tahun 2011 beberapa waktu lalu. Anggaran yang telah disahkan tidak mampu dikelola dengan baik, dan hal ini tidak terlepas dari rendahnya kinerja SKPD selama ini. “Komisi A DPRD Inhu berharap kepada Bupati Inhu supaya menempatkan pejabat yang betul-betul mampu bekerja dan bersinergi dengan baik, agar pembangunan Inhu ke depannya semakin pesat,” ujarnya.***

HUMAS

BERI BANTUAN - Bupati Indragiri Hulu, Yopi Arianto (kiri) memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan gotong royong di makam Desa Titian Resak, Kecamatan Seberida, baru-baru ini.

Dewan Akan Bentuk Pansus TPP DPRD Kecewa RENGAT(VOKAL)-DPRD Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) akan membentuk Panitia Khusus (Pansus) terkait masalah lahan PT Tunggal Perkasa Plantation (TPP). Sebab, PT TPP ditengarai telah menggarap lahan tanpa mengantongi izin pelepasan kawasan (IPK) hutan dari Menteri Kehutanan RI. Hal tersebut dikatakan Wakil Ketua DPRD Inhu, Zaharman Kaz kepada Harian Vokal, Minggu (13/5). “Banyak laporan dari masyarakat dan LSM terkait PT TPP yang membangun kebun kelapa sawit tanpa mengantongi IPK. Ini akan menjadi catatan DPRD, dan kita akan bawa masalah ini hingga ke Pemerintah Pusat,” tukasnya. Menurutnya, untuk sementara belum dapat disimpulkan apa masalah yang terjadi di tubuh PT TPP itu secara global. Namun, dari laporan yang diterima DPRD menyebutkan bahwa perkebunan milik PT TPP seluas 2.000 hektar di Desa Banjar Balam, Redang Seko dan Jati Rejo, Kecamatan Lirik ditengarai belum mengantongi IPK. “Mungkin saja IPK tersebut sengaja tidak diurus PT TPP, atau tidak mendapat respon dari Kemenhut. Artinya hal ini adalah

an,” katanya. salah satu modus,” tukasnya. Setakat ini, lanjutNamun, katanya, nya, masyarakat Air lahan seluas 2.000 Molek sudah dua kali hektar tersebut tidak menyampaikan oradapat dikonversi. Sesinya ke Kantor DPbab, legal formal beRD Inhu. Namun selum dilengkapi sejauh ini tuntutan hingga mengakibatmasyarakat tersebut kan hasil produksi belum bisa dipenuhi tandan buah segar oleh PT TPP. Untuk (TBS) dari lahan 2.0itu, Zaharman ber00 hektar itu menjajanji akan membawa di income PT TPP. masalah ini hingga ke “Kalau pun masyatingkat pusat. rakat ada yang me“Bisa saja PT TPP nerima hasil, palingZAHARMAN KAZ disinyalir tidak mempaling Rp200 ribu bayar pajak. Karena per bulan. Jika dikonversi, masyarakat dapat me- untuk membayar kewajiban itu nerima hasil hingga jutaan rupiah harus melalui prosedural, sedangkan status keabsahan lahannya per bulan,” jelas Zaharman. Terkait prosesi perpanjangan belum tuntas sesuai aturan yang hak guna usaha (HGU) PT TPP, berlaku,” ujarnya. Selain itu, katanya, PT TPP jaZaharman belum mengetahui apakah sudah selesai atau belum. ngan bersembunyi dibalik proNamun, menurutnya HGU PT TPP gram corporate social responsibilisulit diperpanjang karena tuntu- ty (CSR). Sebab, program CSR tan masyarakat belum dipenuhi, merupakan kewajiban suatu pesekaligus kepengurusan masalah rusahaan dan telah diatur dalam undang-undang. “Terkait tuntutan IPK. “Jadi saat ini masalahnya masih masyarakat itu, DPRD tidak akan carut-marut. Fenomena PT TPP tinggal diam. Sebagai wakil rakyat, yang disebut-sebut grup PT As- kita akan terus perjuangkan hingtra Agro Lesatri (AAL) tersebut ga ada titik penyelesaiannya,” tusudah menjadi topik pembicara- kasnya. (frs)

LIHAT DATA Bupati Indragiri Hulu, Yopi Arianto (kanan) melihat data rumah warga korban angin puting beliung di Masjid Ar Rahim, Kecamatan Rengat, baru-baru ini. HUMAS

Sekretariat DPRD Polres Polsek Ujungbatu Polsek Kunto Darussalam Pemadam Kebakaran Kantor Bappeda Kajari Pasirpengaraian Pengadilan Negeri Kantor Pos Pasirpengaraian Rumah Sakit Umum Daerah Bank Riau Pasirpengaraian BRI Pasirpengaraian Bank Mandiri Ujungbatu PLN Ranting Pasirpengaraian

RENGAT(VOKAL)–Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Indragiri Hulu (Inhu), Agus Rianto mengatakan, dirinya akan merekomedasikan pejabat di lingkungan Pemkab Inhu yang tidak mampu bekerja, kepada Bupati Inhu Yopi Arianto guna dievaluasi kinerjanya.

dengan Pemkab RENGAT(VOKAL)-Anggota DPRD Indragiri Hulu (Inhu) merasa kecewa dengan sikap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu yang tidak melibatkan DPRD dalam membahas masalah tapal batas dengan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), baru-baru ini. “Selaku lembaga pengawas eksekutif, DPRD Inhu sangat kecewa dengan sikap Pemkab Inhu yang tidak melibatkan DPRD dalam pembahasan penyelesaian tapal batas Inhu-Inhil tersebut,” ujar anggota DPRD Inhu, Ivan Rivky Sulaiman kepada Harian Vokal, Minggu (13/5). Menurutnya, seharusnya Pemkab Inhu juga melibatkan DPRD Inhu dalam menyelesaikan masalah tapal batas dengan Kabupaten Inhil tersebut.

SMPN 1 Rengat Wakili Riau RENGAT(VOKAL)-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kembali mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) bulan Juni mendatang di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada tahun lalu, sekolah ini juga mewakili Riau di tingkat nasional. Sementara itu, pelajar SMPN 2 Rengat atas nama, Kelvin Andria juga akan mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) pada

PAD Usaha Walet Belum Maksimal RENGAT(VOKAL)-Penangkar sarang burung walet di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) belum terdata secara maksimal. Akibatnya, pemungutan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari usaha walet tersebut belum terserap secara maksimal. Demikian disampaikan Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Inhu, Ivan Rivky Sulaiman, pekan lalu. “Berdasarkan data dari Dispenda Inhu, hanya 81 penangkaran sarang burung walet

di Inhu yang terdata. Hal ini dinilai tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Dengan kondisi tersebut, maka DPRD masih menilai PAD dari penangkaran sarang burung walet belum maksimal di Inhu,” kata Ivan. Menurut Ivan, data penangkaran sarang burung walet seKabupaten Inhu sebanyak 81 penangkar tidak masuk akal. Sebab, data penangkaran sarang burung walet di Kecamatan Pasirpenyu 1 penangkar, Rengat-

Barat 1 penangkar, Peranap 9 penangkar tersebut dinilai tidak masuk akal. “Kita akan minta data kembali ke Dispenda,” kata Ivan. Dijelaskan Ivan, jumlah penanggakaran sarang burung walet yang terdata sekarang terkesan sama dengan tahun sebelumnya. Sedangkan pantauan DPRD sendiri di lapangan, banyak bangunan rumah toko (RUKO) terdapat penangkaran sarang burung walet hingga ke kecamatan dan pelosok desa.

Sebab, Pemkab Inhil juga melibatkan DPRD Inhil dalam menyelesaikan masalah tapal batas tersebut. “Tapi kenapa Pemkab Inhu tidak melibatkan DPRD Inhu, ini yang menjadi pertanyaan kita di DPRD,” ujarnya. Untuk itu DPRD Inhu meminta Bupati Inhu Yopi Arianto untuk membenahi kinerja Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Setdakab Inhu ke depannya, agar setiap pembahasan penyelesaian tapal batas supaya melibatkan DPRD. “Permasalahan tapal batas antar kabupaten merupakan tanggung jawab kita bersama, termasuk DPRD Inhu selaku perwakilan masyarakat,” ujar Ketua Badan Legislasi DPRD Inhuini. (obr)

Untuk memaksimalkan PAD dari penangkaran sarang burung walet, kata Ivan, instansi terkait hendaknya terus meningkatkan koordinasi demi mendapatkan data yang valid. Jika terbukti pelaku usaha penangkaran sarang burung walet tidak mau melakukan pengurusan izin, bisa dilakukan penyegelan dan finising-nya adalah pembongkaran bangunan. “Perda walet sudah disahkan, namun upaya pihak eksekutif dalam penegakan Perda terli-

bulan Juni mendatang di Palembang. Karena sebelumnya, Kelvin berhasil meraih medali emas pada cabang atletik lari 60 meter di tingkat Provinsi Riau beberapa waktu lalu. Kepala Dinas Pendidikan Inhu, Yushar ketika dikonfirmasi melalui Kabid Dikmen, Alimanto mengatakan bahwa lima pelajar SMPN 1 Rengat akan mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional dalam ajang FLS2N. “Ya, lima pelajar akan membawa nama Riau dalam ajang tersebut. Kita harapkan mereka mampu meriah prestasi yang baik nantinya,” katanya. (ptr/zki)

hat minim,” jelasnya. Dalam melakukan pendataan dan pemungutan PAD di bidang usaha penangkaran sarang burung walet, instansi terkait yang perlu berkoordinasi maksimal adalah Dispenda dengan Dinas Pekerjaan Umum Bidang Izin Mendirikan Bangunan, serta Badan Lingkungan Hidup (BLH). “Jika berdampak buruk bagi lingkungan atas penangkaran sarang burung walet, hendaknya ditutup,” tegas Ivan.(hrc/zki) Perwajahan: ISKANDAR


20

PELALAWAN

SENIN 14 Mei 2012/ 23 Jumadil Akhir 1433 H

HARIAN VOKAL

LINTAS Realisasi PAD KPPT Rp117,5 M PANGAKALAN KERINCI(VOKAL)-Kepala Kantor Pelayanan Izin Terpadu (KPPT) Pelalawan Fakhrizal mengungkapkan, hingga saat ini investasi atau nilai modal sementara yang berhasil diraup KPPT Pelalawan mencapai angka Rp117.515.050.000. Jumlah tersebut berhasil diraih KPTT Pelalawan dari 767 realisasi izin yang dikeluarkan kantor itu, dengan retribusi yang dihasilkan mencapai Rp180.072.998. “Dari investasi atau nilai modal serta realisasi izin sebanyak itu, kita juga mendapatkan retribusi sebesar Rp180.072.998,” ujar Fakhrizal kepada wartawan, Jumat (11/5) di Pangkalan Kerinci. Lebih jauh Fakhrizal menjelaskan, dari nilai modal sebesar itu, jumlah terbanyak diperoleh pada bulan Januari lalu yang mencapai Rp56.750.000.000, dengan realisasi izin yang dikeluarkan sebanyak 146 buah dan perolehan retribusi sebesar Rp28.536.650. “Kemudian bulan Februari nilai investasi mencapai angka Rp17.500.000.000, dengan realisasi izin yang dikeluarkan sebanyak 139 buah dan retribusi mencapai Rp48.998.680,” ujarnya. Untuk bulan Maret, sambungnya, realisasi perizinan yang dikeluarkan KPPT mengalami kenaikan sebanyak 110 persen dibanding periode yang sama tahun 2011 lalu. Realisasi perizinan yang dikeluarkan KPPT pada Maret lalu sebanyak 290 buah. “Dari realisasi perizinan pada bulan Maret kemarin kita menghasilkan nilai investasi Rp22.015.000.000 dengan retribusi sebesar Rp 37.751.375,” katanya. Kemudian pada April lalu, lanjutnya, nilai investasi yang diperoleh KPPT mencapai Rp21.250.000.000, dengan realisasi perizinan sebanyak 192 buah dan retribusi yang dihasilkan mencapai Rp64.786.293. “Jumlah investasi itu kebanyakan diperoleh dari izin Tanda Daftar Perusahaan (TDP, red),” imbuhnya. Sampai saat ini, imbuh Fakhrizal, KPPT hanya mengelola 15 jenis perizinan, yakni Izin Operasional (SITU), Izin Gangguan (HO), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Industri (TDI), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Usaha Industri (IUI), Izin Usaha Angkutan Kota/Desa, Izin Usaha Angkutan Taxi, Izin Trayek, Izin Usaha Peternakan, Izin Usaha Pariwisata, Izin Usaha Perikanan, Izin Kerja Antar Daerah (IKAD) dan Izin Pemasangan Reklame.(fkh)

r Sempat Terendam Sedalam 1 Meter

Jalan ke Istana Sayap Sudah Bisa Dilalui PANGKALAN KERINCI(VOKAL)-Setelah tergenang sejak satu minggu belakangan, akhirnya badan jalan dari Pangkalan Kerinci menuju Istana Sayap di Kelurahan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan sudah bisa dilalui masyarakat. Genangan air yang sebelumnya mencapai ketinggian 1 meter saat ini sudah surut. LAPORAN:

FARIKHIN/ PELALAWAN

Camat Pelalawan Kiki Syamputra, Minggu (13/5) mengatakan, saat ini jalan menuju Istana Sayap itu sudah bisa dilewati kendati masih ada genangan air yang cukup dalam pada titik tertentu. “ Baru hari ini (kemarin, red) masyarakat bisa lewat, karena air sudah mulai surut,” ujarnya. Lebih jauh Kiki menuturkan, surutnya genangan air tersebut akan mempermudah masyarakat beraktivitas seperti biasa. Selain itu pelayanan yang

diberikan pemerintah kepada masyarakat juga akan kembali normal pasca banjir ini. “Yang lebih penting, pasca surutnya banjir ini seluruh PNS, guru dan tenaga kesehatan bisa kembali bekerja seperti biasa,” sebutnya. Meski air telah surut, imbuhnya, namun saat ini hanya jenis kendaraan tertentu saja yang bisa melalui akses jalan dari Pangkalan Kerinci menuju Kelurahan Pelalawan itu. “Saat ini hanya mobil besar saja yang bisa melalui jalan tersebut, karena genangan air ma-

sih cukup tinggi,”kata Kiki. Untuk mengantisipasinya, masyarakat membuat jembatan kayu sepanjang puluhan meter yang digunakan sebagai jembatan penyeberangan. “Pejalan kaki dan pengendara sepeda motor bisa menggunakan jembatan tersebut sebagai sarana untuk menyeberangi kawasan jalan yang banjir itu,”pungkasnya. Menurut penuturan Nol, warga Kelurahan Pelalawan, salah satu cara yang digunakan untuk melewati kawasan banjir itu dengan membangun jembatan dari kayu. “Bagi masyarakat pengendara sepada motor bisa lewat dengan melintasi jembatan kayu itu. Untuk melewati jembatan itu mereka dimintai sumbangan sebesar Rp5 ribu oleh masyarakat,” pungkasnya. (***)

FARIKHIN

BERSALAMAN- Bupati Pelalawan HM Harris (kiri) menyalami seorang petinggi PT Langgam Power usai penandatanganan MoU anatara PT Langgam Power dengan pihak PLN, Jumat (11/5), di Pangkalan Kerinci.

Listrik di Pangkalan Kerinci Mati 24 Jam PANGKALAN KERINCI (VOKAL)-Pada Jumat (11/5) lalu listrik PLN di Kota Pangkalan Kerinci mati total selama 24 jam lebih. Pusat Kabupaten Pelalawan itu sehari semalam tanpa dialiri listrik. Kondisi ini menyebabkan aktivitas masyarakat, terutama yang menggunakan aliran listrik, jadi terganggu. Masyarakat sempat dibuat panik dan bertanya-tanya apa penyebab matinya listrik itu. Selama ini listrik di Pangkalan Kerinci dipasok pihak PLN dan BUMD Tuah Sekata. Kedua pemasok ini mendapat aliran listrik dari PT RAPP. Sempat beredar isu, mati totalnya listrik di Pangkalan Kerinci ini disebabkan kerusakan parah di turbin pembangkit milik PT Riau Prima Energy (REP) yang merupakan anak perusahan PT RAPP. “Katanya listrik akan mati selama 5 hari,” ungkap Ujang, seorang pedagang elektronik di Pangkalan Kerinci, Sabtu (12/5). Ujang yang juga menjual mesin genset ini mengaku mesin gensetnya banyak laku pada hari itu. Pada salah satu media online, Kepala Cabang PLN Pangkalan Kerinci Said Murtazak menyebutkan, penyebab terputusnya aliran listrik tersebut dikarenakan suplai daya PLN dari pembangkit RPE putus total. Untuk mengatasinya, terang Said, pihaknya akan berusaha mendatangkan genset dari Kabupaten Siak. “Ini kita lakukan jika suplai daya dari RPE belum pulih. Material kita dalam perjalanan,” kata Said.

Kondisi demikian makin menambah kecemasan warga, terutama para pelanggan PD Tuah Sekata. ”Itu artinya, bagi pelanggan PLN akan ada pemadaman bergilir. Tapi bagi kita pelanggan PD Tuah Sekata ini tentu listrik kita akan mati total sebelum suplai daya dari RPE pulih,” tutur Adi (30), warga Jalan Sejahtera Pangkalan Kerinci yang mengaku berlangganan listrik dari BUMD PD Tuah Sekata. Baru pada Sabtu (12/5) malam pihak PT RPE sebagai suplayer listrik ke PLN dan PD Tuah Sekata memberikan pernyataan melalui relis berita yang dikeluarkan Humas PT RAPP kepada beberapa media. “Telah terjadi gangguan teknis pada pembangkit listrik sejak Jumat (11/5) sekitar pukul 20.00 WIB malam. Sampai saat ini kita masih melakukan perbaikan. Para teknisi kami sedang berusaha mengatasi masalah tersebut,” ungkap Operasional Manajer PT RPE Nelson Marpaung dalam relis tersebut. Nelson berharap perbaikan itu secepatnya selesai. ”Mudah-mudahan malam ini juga (Sabtu 12/5 malam, red) pasokan listrik ke PLN dan BUMD kembali normal, dan kondisi listrik di Pangkalan Kerinci sekitarnya dapat kembali pulih seperti biasa,” ujarnya. Pada Minggu (13/5) dini hari sekitar pukul 03.30 Wib, perbaikan itu selesai dan pasokan listrik untuk PLN dan BUMD kembali normal.(fkh)

INDRAGIRI HILIR

Sampah Menumpuk di Pasar Kayu Jati TEMBILAHAN (VOKAL) – Warga seputaran Pasar Kayu Jati, Kecamatan Tembilahan Hulu, mengeluhkan banyaknya tumpukan sampah di pasar tersebut. Limbah pasar yang menimbulkan bau tidak sedap itu menumpuk tidak terurus dan menimbulkan kesan kotor. Warga berharap instansi terkait memberikan perhatian .

LAPORAN:

M FAISAL/ TEMBILAHAN

“Setiap hari saya selalu berbelanja berbagai kebutuhan rumah tangga di pasar ini. Di samping loka-

sinya yang dekat dengan tempat tinggal saya, harga yang dipasarkan pedagang juga terbilang cukup bersaing. Sayangnya, semakin hari pasar ini terlihat semakin tidak terurus. Tidak te-

raturnya penataan pedagang membuat suasana semakin semraut. Ditambah tumpukan sampah pedagang yang menimbulkan bau tidak sedap,” ujar Nurjani, seorang pengunjung

Pasar Kayu Jati kepada Vokal, Minggu (13/5). Keluhan senada juga terlontar dari Aam, warga yang rumahnya berhampiran dengan Pasar Kayu Jati itu. Ia menilai, keberadaan pa-

LINTAS Biaya Peningkatan Jalan Rp30 M TEMBILAHAN(VOKAL)-Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Inhil setidaknya membutuhkan dana Rp30 mil iar setiap tahunnya untuk perawatan dan peningkatan jalan dalam Kota Tembilahan. Menurut Kepala Dinas PU Inhil T Edy Efrizal, kemarin, jika dana sebesar itu dialokasikan, maka segala kerusakan jalan, terutama yang ada dalam Kota Tembilahan akan teratasi dengan maksimal. “Kalau alokasi anggaran Rp30 miliar per tahun itu dapat terpenuhi, saya yakin jalanjalan yang rusak saat ini ke depannya tidak akan ada lagi,” kata Edy. Dari hasil survei yang dilakukan Dinas PU ke seluruh badan jalan yang rusak di Kota Tembilahan, terdapat lebih kurang 43 kilo meter (km) ruas jalan yang tiap tahunnya harus ada peningkatan dan perawatan, sehingga tingkat kerusakan tidak jadi semakin meluas. Pada tahun 2012 ini, katanya, hanya beberapa titik jalan dalam kota saja yang akan dilakukan peningkatan, yakni Jalan Griliya, Jalan Subrantas dan Jalan Veteran yang saat ini proses pengerjaanya masih dalam tahap lelang. “Kita masih menunggu selesainya proses lelang proyek jalan ini. Kalau sudah ditentukan pemenang tendernya, baru proses pengerjaannya akan dimulai,” tukasnya. Setelah proses pengerjaan beberapa titik jalan yang dimaksud dimulai, PU Inhil mengimbau warga yang memiliki warung yang memakan bahu jalan agar menertibkan sendiri warungnya, sehingga tidak menghambat proses pengerjaan yang umumnya menggunakan alat berat itu. “Karena pekerjaan akan segera dimulai, kita minta kesadaran masyrakat untuk merapikan bangunan yang memakan badan jalan itu. Imbauan ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman antara masyarakat dengan pihak-pihak terkait ketika proses pengerjaan jalan itu dimulai,” tandasnya.(hlc/del) Penanggung Jawab/Redaktur: DELFI INDRA

FAISAL

TUMPUKAN sampah di Pasar Kayu Jati, Kecamatan Tembilahan Hulu ini menyebabkan pasar tersebut terlihat kotor dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Ada Praktik Prostitusi di Belakang Masjid TEMBILAHAN(VOKAL)-Maraknya praktik bisnis esek-esek di Kota Tembilahan benar-benar telah meresahkan masyarakat. Bisnis yang sangat bertentangan dengan ajaran agama itu saat ini seakan terbiarkan dan tumbuh dengan subur. Bahkan, keberadaan Masjid Al Huda yang merupakan masjid kebanggaan masyarakat Kota Tembilahan itu saat ini sudah terkepung oleh bisnis haram yang terkesan dilegalkan ini. Dari penelusuran Vokal, Minggu (13/5), ketika mulai melangkahkan kaki dan menyusuri turap beton yang berada persis di belakang Masjid Al Huda di bantaran Sungai Indragiri itu, tampak jejeran warung minuman

dengan pelayan wanita yang selalu tersenyum nakal. Ini belum seberapa, hanya berjarak sekitar 50 meter ke arah barat, kita kembali menemui jejeran warung-warung kecil yang rata-rata berukuran lebih kurang 3x2 meter yang penuh sesak. Di etalase warung itu, hanya terlihat beberapa bungkus panganan mie instan dan minuman ringan. Namun demikian, setiap harinya, mulai dari pagi hingga malam menjelang, pengunjung warung mini itu selalu ramai. Karena merasa penasaran, Vokal mencoba masuk dan duduk di warung itu sambil memesan segelas minuman kopi. Tidak lama berselang, seo-

rang wanita yang masih muda datang menghampiri. “Minum apa Bang?” sapa wanita berkulit putih itu dengan senyuman manis. “Ngopi dek. Bekerja di mana?” jawab Vokal sembari bertanya. Dengan kembali tersenyum diiringi lirikan mata nakal, gadis yang baru berusia belasan tahun ini tertawa renyah. “Kerjanya apa aja bang, nemanin abang juga mau. Wah, kok minumnya hanya kopi bang. Saya ambilkan bir mau?” jawabnya. Vokal pun menolak dengan alasan tidak bisa duduk lama karena masih ada pekerjaan. Pengalaman Vokal tersebut rupanya sudah menjadi rutinitas harian dan sangat biasa di sana.

Bagi laki-laki hidung belang, tawaran gadis muda tadi adalah sebuah isyarat. Minum, bercengkrama, dan sedikit cubitan bisa berlanjut dengan transaksi esek-esek. “Tak usah heran. Setiap hari kawasan ini selalu penuh dikunjungi laki-laki hidung belang. Nggak usah sungkan, kalau abang kepingin, tawarin aja, tarifnya nggak mahal kok,” kata Rudy, seorang warga yang sempat ditemui Vokal di lokasi. Fenomena yang sangat tidak pantas itu terlihat semakin marak saja. Ironisnya, hal tersebut seperti tidak tersentuh oleh aparat. Kubah masjid dan suara azan bukan penghalang lagi bagi mereka untuk berbuat maksiat.(fsl)

sar yang cukup strategis bagi masyarakat Kecamatan Tembilahan Hulu itu kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat. “Sejak dibangun sampai hari ini pasar itu terlihat semakin kumuh. Coba lihat sendirilah, pasar ini sangat tidak terawat dan tidak tertata dengan baik. Di sisi-sisi pasar, pedagang-pedagang juga mendirikan los-los dagangan. Akibatnya pasar menjadi gelap dan sangat tidak enak dipandang mata. Apalagi dengan tidak adanya tempat penampungan sampah menyebabkan pedagang seenaknya membuang sampah sisa dagangan mereka di sembarang tempat,” keluh Aam. Aam mengakui hingga saat ini belum sekalipun ia melihat petugas kebersihan mengangkut sampah sebagaimana layaknya di pasar-pasar lain. “Kita berharap instansi terkait memperhatikan hal ini. Kalau sampah dibiark a n b e r s e r a kk a n s e p e r t i ini, pasar ini akan semakin kumuh dan tidak sehat,” tandas Aam sambil menunjuk tumpukan sampah sayur yang menggunung di sisi pasar. Dari pantauan Vokal, jumlah pengunjung dan pedagang di pasar itu cukup banyak. Hanya saja, kondisi pasar yang kumuh memberi tanda bahwa pasar itu tidak terawat dengan baik. Beberapa bagian lantai pasar yang berbahan kayu sudah terlihat lapuk, bahkan ada yang sudah patah dan berlubang. Bagian atas bangunan sebelah dalam pasar juga terlihat kotor serta dipenuhi sarang laba-laba. Atap seng penutup bangunan itu juga sudah banyak yang keropos dan berlubang. Beberapa kios yang dulunya dibangun tampak tidak berpenghuni. Dinding kioskios kosong tersebut bahkan sudah banyak yang dijalari tanaman merambat. (***) Perwajahan: RINTO HARMIKO


21

KUANSING - KAMPAR SENIN

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

LINTAS Pemkab Tunjuk Lokasi Pelaksanaan UEK-SP TELUKKUANTAN(VOKAL)-Penetapan lokasi pelaksanaan Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP), mulai saat ini hingga ke depannya dilakukan oleh Pemkab. Begitu juga penyaluran dananya langsung langsung ke rekening desa yang biasanya melalui BPMPKB. “Usaha Ekonomi Desa (UED-SP) Simpan Pinjam, penetapan lokasinya dari Bupati. Nanti uang diserahkan dari rekening Pemda langsung ke rekening desa, tidak lagi melalui BPMPKB,” kata Kabid Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB Kuansing (BPMPKB) H Ali Yusmi, belum lama ini. Untuk tahun 2012 ini, kata Ali Yusmi, Bidang Pemberdayaan Masyarakat program yang diarahkan pada usaha simpan pinjam, dan dana untuk kegiatan ini mencapai Rp5 miliar, salah satunya melalui UED-SP. Dana ini nantinya dipinjamkan kepada masyarakat secara bergulir, setelah pengembalian dalam jangka waktu 1 tahun, lalu dipinjamkan lagi kepada yang lain. Peran BPMPKB dalam hal ini, ujarnya, bersifat memantau jalannya UED-SP tersebut, melalui pemantauan tersebut dapat diketahui apakah program penyaluran simpan pinjam yang dilakukan di suatu desa lancar atau tidak. Dijelaskannya, dana UED-SP bersumber dari dari APBD Riau dan APBD Kuansing. Dari APBD Riau  sebesar Rp500 juta perdesa, sedangkan dari Pemkab Kuansing Rp250 juta per desa. “Apabila sebuah desa sudah mendapatkan dana UED-SP dari Provinsi, maka desa tersebut tidak dibenarkan lagi untuk mendapatkan UED-SP dari tingkat kabupaten. Tidak boleh bersamaan,” pungkasnya. (hlr/mza)

Gardu Prabowo Kampar Rapat Kepengurusan BANGKINANG(VOKAL)-Sehubungan dengan kepengurusan lama tidak aktif lagi, Gerakan Rakyat Dukung (Gardu) Prabowo Kabupaten Kampar mengelar rapat pembenahan Dewan Pengurus Cabang (DPC) yang telah terbentuk, untuk itu diadakan rapat kepengurusan internal yang dihadiri langsung oleh pengurus Provinsi Riau dan Pusat. Sementara itu pemegang mandat yang dipercayakan kepada Lumban Welly P Sihombing yang memimpin rapat tersebut menyampaikan bahwa Ia mendapat amanah dari DPN Gardu Prabowo Pusat pada tanggal 18 April 2012 kemarin. “ Program ke depannya akan kita susun setelah SK defenitif,” ujarnya dalam rapat tersebut. Ia mengajak kepada seluruh pengurus yang hadir dalam rapat itu untuk bekerja keras bagaimana membentuk Gardu Prabowo di Kabupaten Kampar. “Saya ditunjuk untuk membentuk kepengurusan DPC Kabupaten Kampar yang baru, kecamatan, desa/lurah dan hingga RT. Kita akan membentuk kepengurusan hingga ketingkat RT, dan jadi kita harapkan kepada pengurusan untuk bekerja keras membesarkan GARDU Prabowo demi berjalannya program-program kerja yang menjadi prioritas untuk dilaksanakan,” jelasnya. Dirinya mendapatkan Surat Mandat, atas nama Ir Lumbang Willy Sihombing dengan nomor surat dari DPN (Dewan Pimpinan Nasional) Surat Mandat Nomor 098/SM/Gardu Prabowo/V/2012 di Jakarta pada tanggal 18 April 2012, yang ditandatangani oleh Ketua I Bid OKK Asaedin Gea. (rol/mza)

HARIAN VOKAL

Warga Terantang Segel Galian C Liar

ROL/HLR

SEJUMLAH warga menutup paksa tambang galian C di Dusun IV Desa Terantang, Kecamatan Tambang, Jumat (11/5) siang, dengan cara memagar lokasi pakai kayu yang dililit kawat tajam.

TAMBANG(VOKAL)- Unjuk rasa yang melibatkan ratusan warga terjadi di Dusun IV Rantau Panjang, Desa Terantang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Jumat (11/5) siang. Aksi ini disebabkan adanya penimbunan Sungai Kampar dan mengalihfungsikan Danau Bikuok menjadi aquari (penambangan pasir). “Sudah 2 minggu lamanya kejadian ini terjadi di desa. Sehingga banyak masyarakat yang kesal dengan prilaku PJS Kades Ilzan yang menimbun aliran sungai. Sungai kotor dan tidak bisa di manfaatkan lagi airnya oleh masyarakat,” ujar Hanizar

Datuk Putar, Jumat (11/5) di lokasi unjuk rasa. Lebih jauh Hanizar mengemukakan mengenai masalah yang terjadi ini, sangat membahayakan daerah ini. Karena, dengan ditutupnya sebagian aliran sungai untuk mengurangi banjir di tempat-

tempat yang rawan. ‘’Dan itulah arti penting Sungai dan anak-anak sungai tersebut berfungsi untuk menampung, menyimpan dan mengalirkan air yang berasal dari curah hujan serta sumber air lainnya,’’ ujarnya sembari menyebutkan, penimbunan sungai yang dilakukan Ilzan, disertai aksi menakut-nakuti warga desa dengan membawa-bawa nama orang nomor satu di Kampar. Sementara itu anggota Badan Pemberdayaan Desa (BPD) Mashuari mengatakan, bahwa

Wabup Minta Orsos Bangun Daerah KOTOKAMPARHULU(VOKAL)Wakil Bupati Kampar Ibrahim Ali mengingatkan camat agar dapat memberikan bimbingan dan kesempatan bagi para pemuda untuk bisa berbuat lebih banyak bagi daerahnya, dengan intensif berkoordinasi dalam menciptakan kenyamanan, kesuksesan, serta kemajuan daerah. Tidak hanya itu saja, pihak perusahaan diminta membantu pemuda untuk mewujudkan tugas dan tanggung jawabnya. Hal tersebut disampaikannya sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Kampar, dalam pelantikan Pengurus Anak Cabang (PAC) Ke-

camatan Koto Kampar Hulu, bertempat di Desa Siberuang, Kecamatan Koto Kampar Hulu, Kamis (10/5) pekan lalu. “Ke depannya, organisasi ini dapat memberikan yang terbaik. Selain itu juga sebagai pelopor dalam mencerdaskan masyarakat, demi tercipatanya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat serta organisasi itu sendiri. Yang lebih terpenting lagi adalah ciptakan rasa kekompakan dan persaudaraan dalam menyatukan visi dan misi organisasi,” ujarnya. Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Kampar Afrizal dalam laporannya mengatakan bah-wa saat ini telah pengurus dan anggota yang ter-

daftar berjumlah sebanyak 1000 orang. Untuk itu, adapun rencana kedepannya akan dilantik lagi sebanyak 4 PAC lagi. “Kepada Ketua dan anggota PAC Koto Kampar Hulu yang baru saja dilantik, saya perintahkan untuk selalu berkoordinasi dengan aparat pemerintah dalam hal ini camat dan aparat penegak hukum serta perusahaan dalam mewujudkan pembangunan di Kecamatan Koto Kampar Hulu ini,” tegasnya. Amanah dan kepercayaan untuk jabatan Ketua PAC Pemuda Pancasila Koto Kampar Hulu dipercayakan kepada Alfidiski, Sekretaris Amru Ismadi dan Bendahara Efizon Nur serta turut juga dilantik diantaranya para Ketua seksi-seksi. (rol/mza)

PJS Kades ini, tidak pernah merapatkan mengenai aquari ini, kepada tokoh desa. Ilzan berbuat hal ini atas kemauannya sendiri tanpa memandang fungsi BPD di Desa. ‘’Hal ini yang sangat kami sesalkan terhadap PJS Kades ini, seolah dia orang berkuasa. Meskipun kita tahu ada orang hebat di belakanganya,’’ sebutnya. Kemajuan Desa Kendati aksi PJS Kades Desa Terantang Ilzam mengeruk sungai dan mengubah Danau Bikuok menjadi aquari (penambangan pasir), dinilai sangat membahayakan lingkungan. Tapi Kades Ilzam menyebutkan bahwa pengambilan pasir itu adalah untuk kepentingan warga desa juga. Ilzan menyebutkan bahwa pengambilan pasir itu untuk melakukan penimbunan jalanjalan yang rusak. Sebelumnya hal ini, sudah dibicarakan kepada tokoh masyarakat setempat. “Karena hal ini, untuk kebaikan Desa Terantang,” ujarnya . Kemudian saat ditanyai mengenai dampak dari penimbunan sungai yang telah dilakukannya itu, Ilzan malah menjawabnya dengan sinis. “Terserah Anda semua saja mau membuat berita apa mengenai hal ini,” ujarnya kepada para wartawan yang mengkonfirmasinya. Dalam hal ini, katanya, Ia berani perang untuk siapa saja yang mencoba melawan kebijakan yang dibuatnya tersebut. “Sebab yang saya lakukan ini

untuk Desa,” ujarnya kembali sambil berlalu pergi meninggalkan para wartawan. Sementara itu, Camat Tambang Rahmat mengatakan, menimbun sungai dan mengubah Danau Bikuok menjadi Aquari (penambangan pasir) sangat membahayakan lingkungan. terkait kejadian ini, dirinya akan menyurati instansi terkait. “Kalaulah sudah merusak lingkungan, nantinya sangat membahayakan masyarakat. Apalagi melakukan penimbunan sungai, hal itu sangat membahayakan bagi masyarakat sekitarnya jika terjadi banjir nantinya,” ungkapnya. Selain itu Rahmat juga mengungkapkan, selama ini dirinya tidak melarang bila ada investor yang akan mengelola alam yang ada di sekitar kecamatan yang ia pimpin. Karena itu dapat memberikan sumbangan PAD bagi daerah. “Tetapi kalau menimbulkan bahaya, itu haruslah kita tentang. Termasuk perusahaan yang tidak mempunyai izin sama sekali,” ujarnya. Sementara itu Kepala Distamben Kampar Harizon yang ditanyai mengenai izin aquari tersebut menjelaskan bahwa dirinya sama sekali belum tahu apakah sudah punyai izin atau tidaknya. Karena terlalu banyak galian C di daerah sana. “Jadi saya mohon maaf dulu, karena belum mengeceknya. Makanya besok akan saya suruh anggota saya untuk mengeceknya,” ungkapnya. (hlr/mza)

JAMU SEHAT PRIA

Kapsul “Urat Madu” Obat Kuat & Tahan Lama. Depkes 053348661. Aneka Sablon Jl. Nangka 2 Dumai Harga Perdus Rp.100rb. 1 Sachet 2 Kapsul Rp.20rb. Hub: 0852 78766357

DUNIA DIGITAL

K E DA I K O P I S U L I

Computer & Electronik Equipment

Hubungi : Jl. Hasanuddin / Ombak Telp. (0765) 439997 / 439978 Dumai TANAKA ELECTRONIC

Menjual : Berbagai Macam Perlengkapan Elektronik Audio Video Jl. Diponegoro/Sukajadi No. 124

Penanggung jawab/Redaktur: MARZULI ADI

PACIFIK AUDIO Menjual : Accesoris Mobil, Variasi, Audio, Kaca Film, Jok Mobil, Salon Luar & Dalam, AC Mobil dll Alamat: Jl. Diponegoro/Sukajadi No.92 Dumai - Riau

Menyediakan : -Mie Hok Kien -Mie Kangkung Belacan -Mie Ayam/Pangsit -Mie Pangsit Goreng -Lo Mie/Fumi/Siram/Goreng -Bubur Ayam Hongkong -Nasi Capcai -Nasi Goreng Sea Food -Cap Cai Goreng/Kuah -Kwetiau Siram Sea Food Pesan Antar Jl. Belimbing No. 100 D Pekanbaru Telp. 0761 7755 662

Perwajahan : ALIB DESTIYONO


22

SENIN

HARIAN VOKAL

LINTAS Mikiga Ajari Anak Cinta Pertanian JAKARTA (VOKAL)- Minat generasi muda untuk menekuni bidang pertanian semakin merosot. Untuk itu lima mahasiswa Institut Pertanian Bandung (IPB) menciptakan inovasi yang dapat memupuk minat kaum muda terhadap bidang pertanian sejak dini. Ihsan Alfalah, M Haikal Catur Saputra, Iskandar Zulkarnaen, Ricky Sidik Perman dan Ikhwan Ibnu Arbi, menciptakan media pembelajaran bagi siswa SD, yakni Mini Kids Garden atau Mikiga. “Maraknya permainan elektronik yang berkembang pesat akhir-akhir ini juga berpengaruh terhadap penurunan minat terhadap pertanian di kalangan generasi muda, termasuk anak-anak. Mereka cenderung menyukai permainan tersebut daripada bermain di lingkungan pertanian, padahal permainan ini dapat menurunkan tingkat kreativitas,” ujar Ihsan Alfalah, Sabtu (12/5). Menurut Ihsan, selama ini pengenalan dunia pertanian kepada anak-anak tersebut belum banyak dikemas secara menarik dan mengandung unsur-unsur kreativitas. Padahal, lanjutnya, pengenalan di tingkat SD merupakan pendidikan awal atau dasar. Saat itu anak mulai mengenal pendidikan yang sesungguhnya. Dia menyatakan, pada tahapan tersebut mereka mulai mengenal berbagai macam pengetahuan, cara bersosialisasi, dan bermain. Sehingga dapat dikatakan, tahapan ini sebagai kegiatan yang mendasari tiga aspek dasar, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Mikiga merupakan media bermain edukatif dan kreatif melalui konsep mini farming untuk meningkatkan minat bertani anak. Melalui permainan ini mereka diajarkan untuk membangun mini farming secara mandiri. Ihsan menyebutkan, Mikiga melatih anak untuk membangun tingkat kreativitas dalam pembuatan boneka hewan ternak dan komponen-komponen pertanian mini yang terbuat dari pemanfaatan limbah lingkungan.(ozc/may)

EDUKASI

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

n Wujudkan SDM Berkualitas

Mahasiswa Penyangga Pilar Bangsa

PEKANBARU (VOKAL)-Peran mahasiswa sebagai intelektual muda diharapkan bisa menjadi penyangga pilar bangsa. Idealis serta belum terkontaminasinya cara berpikir negatif diharapkan akan dapat melahirkan generasi berintegritas. LAPORAN:

MOKHTIAR/PEKANBARU

Demikian dikatakan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau Dr Nurdin A Halim, Minggu (13/5), dalam seminar yang digelar Yayasan Pendidikan Persada Bunda di Hotel Pangeran, Pekanbaru. Hadir juga sebagai pembicara lainnya mantan Rektor Universitas Riau (UR) Prof Dr Muchtar Ahmad serta anggota DPRD Kampar Eva Yuliana. Nurdin menyampaikan paparannya tentang membangun karakter dan integritas bangsa. "Dalam membangun karakter bangsa, harus dibangun terlebih dahulu pondasinya. Ini sangat menentukan sukses tidaknya mewujudkan karakter yang diharapkan. Agar dapat kokoh, harus ada pemahaman dasar yang dipahami mulai kepribadian hingga bermasyarakat dalam berbangsa," katanya. Dua hal itu dapat dipahami di sekolah, di rumah mau pun di luar. Semua jenis pemahaman itu akan

menjadi informasi yang akan menjadi dasar pemikiran seseorang kelak. Akibatnya jika yang lebih banyak berperan negatif, maka tidak mustahil cara berpikir seseorang akan menjadi negatif. Begitu juga sebaliknya. "Negara ini kokoh jika pilarpilarnya sudah kokoh. Karena itu, untuk menjaga keseimbangan agar tetap berdiri peran mahasiswa sangat diperlukan dengan pemikiran intelektualnya," papar Nurdin. Hal ini pulalah yang kini menjadi keseriusan pihak kampus. Nurdin bahkan sempat mencontohkan beberapa pilar bangsa yang saat ini telah rapuh dari tujuannya. Seperti eksekutif, legislatif, yudikatif hingga aparat penegak hukum. Tidak sedikit di antara mereka yang hanya mementingkan kepentingan pribadi dari pada orang banyak. Gambaran bagaimana terkuaknya praktek korupsi, kolusi dan nepotisme adalah contoh betapa pilar-pilar yang harusnya menegakan bangsa ini telah melenceng dari tujuannya. Jika tidak ada upaya untuk ikut menegakan pilar-pilar yang telah kehilangan keseimbangan tersebut, maka negara ini hanya

menunggu kehancuran. Seperti halnya pondasi bangunan yang tidak kuat, namun tetap dipercaya menyangga bagian atap. Muchtar Ahmad berpendapat, mentalitas masyarakat dalam membangunan karakter bangsa sangat terkait dengan kemakmuran. Masih tingginya angka kemiskinan menyebabkan mustahilnya terciptanya untuk membangun karakter bangsa. Hal itu dapat dilihat suksesnya negara Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Singapura dalam menciptakan sumber

daya manusia yang lebih baik. Selain diawali dengan penanaman dasar pendidikan. juga oleh masing-masing pemerintah setempat berusaha memberikan jaminan perekonomian secara merata. Usaha yang dilakukan selama puluhan tahun itu, kini sudah bisa dirasakan. Masing-masing negara-negara yang dulunya adalah bisa sejajar bahkan ada yang di bawah Indonesia kini sudah melejit meningalkan negara kita. Sebaliknya Indonesia dengan masyarakatnya yang da-

tang dari berbagai latar belakang berbondong mendatangi negara jiran Malaysia, Singapura tanpa dibekali keahlian yang cukup. Alasanya hanya satu, untuk mendapatkan kehidupan yang lebih layak. Karena itu, untuk mewujudkan suatu karakter bangsa yang baik, tidak ada kata lain, yakni tersedianya pendidikan yang layak serta ekonomi yang cukup. Sisanya seperti masalah hukum akan menyesuaikan sesuai dengan pemikiran manusia itu sendiri. (****)

ANDIKA

PROF Dr Mochtar Ahmad (tengah) menyampaikan pemikirannya didampingi Dr Nurdin A Halim (kiri) dan Eva Yuliana (kanan).

DTA Masjid Ikhlas Labuh Baru Gelar Khatam Quran PEKANBARU (VOKAL)-Tiga puluh siswa Diniyah Taklimiyah Awaliyah (DTA) Masjid Ikhlas di Jalan Ikhlas, Labuh Baru, mengikuti khatam Quran yang digelar di halaman masjid itu, Minggu (13/5). Acara diawali dengan pawai taaruf yang diikuti hampir seluruh siswa DTA Masjid Ikhlas, menyusuri beberapa ruas jalan di sekitar Labuh Baru. Kepala DTA Masjid Ikhlas Ustad Khairuddin dalam laporannya mengatakan, para sis-

Penanggung Jawab/Redaktur: FITRI MAYANI

wa ini telah menamatkan pelajarannya selama empat tahun di DTA itu dan telah pula mengikuti ujian akhir pada awal Mei lalu. Tiga siswa yang berhasil meraih nilai ujian akhir murni tertinggi pada kesempatan itu berhak pula atas penghargaan dan hadiah dari panitia dan pengurus DTA. Ketiga siswa itu adalah Anggun Sagita pada peringkat pertama dengan nilai ujian akhir murni 8,8, Fadillah Rahmadhipa pada peringkat kedua

dengan nilai 7,8 dan Sirly Ananda Putri pada peringkat ketiga dengan nilai 7,4. Ustad Khairuddin juga melaporkan bahwa para siswa DTA Ikhlas beberapa waktu juga telah mengikuti lomba tingkat kecamatan dan berhasil meraih juara untuk beberapa kategori lomba, seperti Fadillah Rahmadhipa sebagai juara ketiga lomba tahfizh, Riko Alfian juara ketiga lomba pidato, dan juara ketiga lomba salat jenazah dengan imam Mu-

hammad Hanif Rahmadhanu . Selain itu, ia juga mengatakan bahwa setiap siswa yang telah khatam berhak mendapatkan sertifikat dari DTA Ikhlas. Sertifikat itu akan berguna bagi para siswa ini bila melanjutkan ke SMP dan sederajat. Prosesi khatam Quran ini diawali dengan tepuk tepung tawar dan diteruskan dengan tadarus oleh masing-masing peserta khatam. Setiap siswa membaca satu surat yang telah ditentukan oleh guru pem-

bimbing mereka. Lira Aulia H, salah seorang siswa DTA Ikhlas mengatakan sangat senang dengan diselenggarakannya khatam Quran itu, tanda ia telah menyelesaikan belajar membaca Al Quran hingga tamat. Ia berharap dapat melanjutkan pendidikan Al Qurannya ke jenjang yang lebih tinggi. “Ini kan baru dasar-dasarnya saja. Kalau mau mahir mengaji dengan irama yang bagus, harus belajar lagi,” katanya. (may)

Perwajahan: ZULQIFLI


ANDALAS SENIN

23

HARIAN VOKAL

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

LINTAS Gempa Kagetkan Warga Padang

PADANG(VOKAL)-Gempa bumi, Minggu (13/ 5) mengagetkan sebagian warga Kota Padang, Sumatera Barat. Namun gempa yang dirasakan cukup kuat pada pukul 16.10 WIB itu, tidak sampai menimbulkan kepanikan berarti . Koordinator Manajer Pusat Kendali Operasi Penanggulangan Bencana Sumbar, Ade Edward mengatakan gempa bumi itu tercatat bekekuatan 4,6 skala richter. Posisinya 40 kilometer sebelah barat daya Kota Padang di kedalaman 43 kilometer. Ade menambahkan relatif belum ada dampak akibat gempa bumi itu. Hingga berita ini disusun juga belum ada laporan terjadinya kerusakan bangunan. (kps/mal)

Gunung Marapi Kembali Keluarkan Asap

BUKITINGGI(VOKAL)-Gunung Marapi di Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat, kembali mengeluarkan asap, Minggu (13/5) pagi. "Asap dikeluarkan gunung sangat tipis, namun sedikit berwarna kehitaman," kata seorang warga Kubu Sawah Runciang, Nagari Sungaipuar, Kabupaten Agam, Rahman. Menurut dia, asap yang dikeluarkan gunung kali ini tekanannya lemah jika dibandingkan beberapa hari sebelumnya yang memiliki tekanan lebih kuat. "Asap yang disemburkan gunung tadi pagi sekitar pukul 09.30 WIB sangat tipis. Beberapa hari sebelumnya gunung mengeluarkan asap putih tebal," kata dia. Ia menyebutkan, asap dikeluarkan gunung tidak selama beberapa hari sebelumnya di mana hanya berlangsung 1-3 menit dengan ketinggian kurang dari 50 meter dari puncak kawah. (mic/mal)

Tongkat Raja Bengkulu Raib

BENGKULU(VOKAL)-Tongkat Raja Bengkulu yang dulu dikembalikan dari Inggris kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu kini tidak diketahui keberadaannya. Padahal, tongkat tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi rakyat Bengkulu. Kepala Museum Negeri Bengkulu Miznan, Minggu (13/5), mengatakan, saat ini Museum Negeri Bengkulu hanya memiliki replika tongkat raja Bengkulu saja. Adapun tongkat yang asli tidak diketahui keberadaannya. "Saya juga tidak pernah melihat (tongkat) aslinya," katanya. Tongkat tersbut terbuat dari bambu dengan kepala ular emas sebagai pegangannya. Bukannya lurus seperti tongkat pada umumnya, tongkat raja Bengkulu berbentuk melingkar ke bawah seperti spiral dengan panjang hampir dua meter. Tongkat tersebut merupakan hadiah dari Raja Bengkulu kepada Residen Yoseph Hoarloik Esquirre tahun 1752. Tahun 1993, Pemerintah Inggris mengembalikan tongkat ini kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Gubernur Bengkulu Razie Yahya. (kps/mal)

INT

ERMA SUSRI, pemandu di Museum Negeri Bengkulu menunjukkan salah satu pakaian tradisional Bengkulu yang ada di Museum Negeri Bengkulu, Kamis (3/5). Setelah direvitalisasi, penampilan museum yang memiliki koleksi 6.000 lebih benda bersejarah ini lebih menarik.

Rumah Anggota DPRK Aceh Barat Dibom

ACEH BARAT(VOKAL)-Aksi teror kembali terjadi di Aceh. Minggu (13/5) dinihari rumah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat dibom orang tidak dikenal (OTK). Rumah milik Ridwan, anggota partai lokal Partai Aceh itu berada di Jalan Seulawah, kawasan Desa Kuta Padang, Kecamatan Johan Pahlawan. Informasi diperoleh menyebutkan suara ledakan terdengar hingga radius satu kilometer dari lokasi ledakan. Kerasnya ledakan langsung membangunkan orang yang tinggal di rumah tersebut. Marlina, istri Ridwan, mengatakan dirinya melihat kepulan asap menyelimuti bagian luar rumah sesaat

setelah ledakan. Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Namun ledakan tersebut menghancurkan sejumlah pot bunga dekat teras rumah, beberapa bagian plafon rusak. Personel Polres Aceh Barat, melakukan indentifikasi di TKP. Polisi kini terus memburu pelakunya terutama ke beberapa titik yang mencurigakan atau lokasi yang diperkirakan bersembunyi para pelaku. (mic/mal)

Dua Anggota Polda Jambi Tersandung Sabu JAMBI(VOKAL)- Tim Polresta Jambi menangkap Bripka EM dan Brigadir LH, anggota Sabhara Polda Jambi, yang menggunakan sabu. Kasat Narkoba Polresta Jambi AK Witry Haryiono, Minggu (13/ 5) mengatakan kedua polisi tersebut kini telah ditahan Satuan Resnarkoba dan Propam Polresta Jambi. Keduanya ditangkap di tempat berbeda, Jumat (11/5) setelah sebelumnya melakukan pesta narkoba di rumah EM beralamat di RT 27 Jalan Raden Wijaya, Kelurahan Handil Jaya, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi. Penangkapan kedua anggota polisi tersebut berawal dari penangkapan M Aziz, warga Perumnas Kotabaru, dan Dodi Fahrizal, warga RT 27 Kebun Kopi. Dari keterangan Aziz, polisi menemukan satu linting ganja siap hisap. Setelah dilakukan pengembangan tim Satuan Resnarkoba Polresta Jambi menangkap Dodi Fahrizal, yang kedapatan mem-

bawa satu paket kecil narkotika jenis sabu-sabu. Berdasarkan petunjuk tersebut sabu-sabu yang didapat dari tersangka Dodi adalah milik anggota polisi berinisial EM dan sekitar pukul 19.00 WIB, polisi menangkap M Aziz. Setelah dilakukan pengembangan sekitar pukul 20.00 WIB polisi berhasil menangkap tersangka Dodi Fahrizal dan dari keterangan setelah dilakukan pengembangan, akhirnya mengamankan dua oknum polisi EM dan LH. "EM diamankan di rumahnya pukul 21.00 WIB dan LH dijemput di rumahnya di daerah Talang Bakung, Kecamatan Jambi Selatan, pukul 23.00 WIB," kata Witry. Di rumah EM saat dilakukan penggeledahan polisi menemukan seperangkat alat hisap sabu dan bekas sabu yang dihisap. Begitu juga saat polisi mengamankan LH di rumahnya juga menemukan seperangkat alat hisap sabu. (mic/mal)

INT

PEMBANGUNAN fisik Universitas Andalas Padang terus berkembang. Tampak salah satu kendaraan baru saja keluar dari gerbang universitas urang awak tersebut.

LBH Desak Ungkap Korupsi di Unand PADANG(VOKAL)-Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan percepatan pengungkapan indikasi korupsi yang diduga terkait dengan politikus Angelina Sondakh dalam proyek pembangunan di Universitas Andalas (Unand). Menurut Direktur LBH Padang Vino Oktavia Mancun, hal itu diperlukan agar kejelasan kasus itu bisa diketahui publik. "Jika tidak segera diungkap maka

Muhammad Fajar Pradana dan dr Rika Desviorita terpilih sebagai Duta Wisata Uni Uda Kota Padang 2012, Sabtu (12/ 5), bertempat di Teater Utama Taman Budaya Sumatera Barat. Pemilihan Uni Uda Kota Padang 2012 ini, berlangsung meriah dan dihadiri langsung Wakil Walikota Padang H Mahyeldi Ansharullah. Terpilihnya M Fajar Pradana, mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Andalas dan dr Rika Desviorita ini berdasarkan penjurian yang dilakukan oleh lima dewan juri yaitu Dra Hj Syofyani Yusuf, M.Pd, Drs Mahzar Chan, M.Hum, DR Rahmi Fahmi, Trisna Putra, S.S., M.Sc, dan Parhiutanta Lubis, SE. Salah seorang dewan juri yang akrab disapa Om Chan Martasiska menyebutkan bahwa sangat berat dalam melakukan penjurian. Hal ini dikarenakan seluruh finalis merupakan orang terpilih dan berbakat. Namun, salah satu penilaian utama dalam pemilihan

Uni Uda Kota Padang ini adalah attitude atau sikap yang mencerminkan sebagai generasi muda Kota Padang yang dikenal dalam adat Minangkabau. “Penilaian dari dewan juri itu meliputi keseharian dari seluruh peserta seperti adanya kegiatan bhakti sosial di panti asuhan, membersihkan pantai, dan penilaian ini semua juga dilakukan oleh juri yang tidak diketahui oleh finalis yaitu ikatan alumni Uni Uda Kota Padang”, jelas Chan Martasiska selaku salah seorang dewan juri. Kemudian, Chan Martasiska juga menambahkanbahwapenilaianyang

dilakukan dewan juri dimulai sejak pertama kali para finalis terpilih sampai pada malam grand final ini. Dalam perjalanannya, finalis dibekali dengan berbagai ilmu pengetahuan dalam bidang pariwisata serta budaya kearifan lokal. “Follow up dari kegiatan ini nantinya Uni Uda terpilih akan terlibat langsung dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Padang,” tutur Chan Martasiska mengakhiri. Pemenang Uni Uda Kota Padang 2012 adalah 1. Uni Uda Favorit: Indri Fajria—Rio Sofrianto. 2. Uni Uda Berbakat: Evi Jovita Putri — Guntur Olga Pradana. 3. Uni Uda Intelegensia: Monika Lovenia, S.Sos— Febi Febriano Ibnu. 4. Uni Uda Runner Up II: Hazevi Atila Yazel Aze — Lovendiyo M. 5. Uni Uda Runner Up I: Sabila Putri Ajrina—M Ikhlas dan 6. Uni Uda Kota Padang 2012: dr Rika Desviorita)—M Fajar Pradana. (ioc/mal)

SERVICE

PERCETAKAN

PEMBIAYAAN

Hughes Antena Februari Ceria, Sekarang Pasang Indovision, TopTV & Yes TV Cuma 60 Rb. Hub : 0852 6580 8932/62921 (bs luar kota & No. sms)

Service Panggilan Mesin Cuci, Kulkas, Frezeer, TV, Amplifier, stabilizer, Sound system, kipas angin, instalasi listri dll. Hub : 0812 7518 6233, Bergaransi

Okervision PKU (group MNC) Skr psg hanya 150 rb, free iuran 1 bln+paket sport&chanel KTV (Chanel Korea) 2 bln, pasti dpt liga Inggris dan EURO 2012. Ayo buruan Hub : 0853.5531.6249. bs psg luarkota

Sentosa Jaya Teknik, Cuci AC Rumah dan Kantor Rp. 40.000/Unit, Bongkar Pasang dan Perbaikan Langsung siap ditempat, juga melayani Tambah Freon, Hub : 0812 6821 3336/ 0761-3063335

PLTHN Sablon & Printing, Daftar Sgr Utk Dilatih Sbg Tenaga Sablon & Printing,Peserta Min SMP, Byr Pelatihan 500 Rb. Lm Pelatihan Lebih Kurang 1 Minggu,Min 10 Org, Syrat : Fhotocopy KTP, Ijzah. Hub : 0812 754 4924

Bank ANZ Pekanbaru, Kredit Tnpa Agunan, Syrt Mdh, Bunga Ringan, Ckup FC KTP, FC Krt Kredit,FC Billing & Cover BK Tabungan, Lmit Krt 3 X Pencairan. Nilai Pencairan 4 Jt sd 200 Jt. Hub : 0852 7144 8965 (Nita)

Telkom Vision Mau langganan Telkom Vision?? Utk tempat Tinggal, hotel, wisma kantor dll. Hub : PT Citra Moraland Tlp : 0761 33934 HP. 0813 7802 2471. 0852 6493 9663, Nikmati tonton Kls dunia

Aries Teknis Service, Ditempat Bongkar Pasang AC, kulkas, Mesin Cuci, Dispenser, Kompor Gas, TV, Dll. Hub. 0761-7620133 / 0813 7173 6031Bergaransi, Melayani Luar Kota

Ahli Service & Instalasi CCTV Online Pabx (jar, telepon) jar computer/Wireless Servis laptop, Komputer, Kwalitas dan harga ok, bergaransi Layanan Panggilan hub :0812 6638 2800 Elektro Teknik Servis Tukar tambah, pmasangan & pemeliharaan, baru & bekas AC, Spilit/windows, mesin cuci, kulkas, TV. Dispenser, kipas angin, Kompor gas dll hub : 0821 7232 9343 Jl. Srikandi No. 20 Pekanbaru

Inayah Elektronik, Rental AC, Blower Utk Berbagai Acara, Service AC, Pasang Baru, Mesin Cuci, Kulkas, Stabilizer, Jual Beli Second dan Baru, Hub : 0812 7662 319 / 0852 7865 9636 Berkah AC, Menerima Pasang AC, Service AC, Kulkas, Mesin Cuci, Bongkar Pasang AC, Dll, Hub : 0821 7438 6977 / 0761-7708193 CV Riau Jaya Service, AC, TV, Mesin Cuci, Dispenser, Kulkas. Hub : 0761-7086113 / 0813 7885 3641 Melayani Kontrak/Luar Kota Jaya Service, Ditempat, Bongkar Pasang, AC, Kulkas, Mesin Cuci, TV, Hub : 0761- 4851640 / 0813 6547 7080

Penanggung jawab/redaktur: AKMAL KUTIANYIR

perguruan tinggi yang diduga terkait dengan Angelina Sondakh. Itu termasuk salah satu indikasi korupsi salah satu proyek pembangunan yang diduga terjadi juga di Unand. Mengenai apakah ia juga sudah dipanggil KPK, Werry pun menolak untuk menjawab. Werry menyatakan persoalan itu baginya tergantung bagaimana keputusan Mendiknas. "Saya tidak ada pendapat, saya ikut Menteri," kata Werry. (kps/mal)

Fajar dan Rika, Uda-Uni Kota Padang 2012

ELEKTRONIK

PT. Aha Multi Scane Jl. Soekarno Hatta Ruko Damai Langgeng Blok B 29 pku, jual & service jembatan timbangan/ Timbangan truck semua merk, kapasitas mulai 20 Ton s/d 100 Ton 0821 7336 9988 / 0761-61077

akan bermunculan beragam opini di luar konteks yang dapat menyandera nama baik Unand," kata Vino, Sabtu (12/5) di Padang, Sumatera Barat. Sehari sebelumnya, Rektor Unand Werry Darta Taifur enggan mengomentari persoalan tersebut. Werry mengatakan, dirinya berpegang pada pernyataan Mendiknas M Nuh yang telah mempersilahkan dilakukan pengusutan atas indikasi korupsi di sejumlah

Raja Kartu Nama, Hrg Mulai 100 Rb/ 6 Kotak, Juga Melayani Cetak Brosur, Bon 85 Rb/Rim, Pulpen 3500/Pcs, Jam Dinding 30 Rb/Pcs, Dll : 0813 7849 0050

SEDOT WC / SUMUR BOR Ahli Mampet, Specialis WC Mampet,

Sedot WC, Sedot Tinja, Saluran Air Mampet,Wastafel Bathub, Dll. Tanpa Bongkar & Tanpa Bahan Kimia, Bergaransi. Hub : 0761-7709422 / 0813 7115 5556

Raja Mampet, Mengatasi WC Mampet, Saluran Air, Bathtub, Cuci Piring,Sedot Tinja Dll, Bergaransi hub : 07614801744/0813 6540 2539 Jasa Mobil Tinja, Spesialis Sedot Tinja, Sedot WC, Wc mampet, Saluran Air Mampet,Westafel, Tanpa Bongkar Tanpa Kimia, Bergaransi Hub : 0761766 7321, 082172941118 Mobil Tinja, Sedot TPM, Mengerjakan Sedot WC dan Saluran Air Yg Tersumbat Tanpa Dibongkar, Bisa Kontrak dan Harian, Bisa Dalam dan Luar Kota, Hub : 0812 754 7635 / 0761-7621273 Mobil Tinja, Sedot WC, WC Tersumbat, Saluran Air Yg Ter-sumbat. Tanpa Di Bongkar. Hub : 0812 7650 812/0761481 2882/0813 7879 1979

Anda Butuh Uang, Cukup Dg BPKB Mobil/Motor, Pencairan Besar, Bisa Take Over, Mobil Anda Di Asuransikan. Hub : Aldi 0852 7173 6335/0852 689 6612

INT

M FAJAR Pradana dan dr Rika Desviorita terpilih sebagai Uni Uda Kota Padang 2012.

KESEHATAN /KECANTIKAN / PIJAT /LULUR SUI Message, Anda Ingin Rileks & Bugar Kami Siap Untuk Anda, Melayani Panggilan & Hotel, Silahkan Call Ke 0853 6446 2702 Ibu Sri Urut Sehat, Tradisional, Anda Ingin Rileks, Pijat Refleksi, Luluran dan Pemijatan, Turun Perut, Salah Urut, Dll Hub : Ibu Sri HP : 0852 6592 2247 / 0853 7600 7436. Antar Alamat

Butuh Dana Cepat, Cukup Jaminan BPKB Motor/Mobil Anda, Motor Th 2002, Mobil Th 1990, Proses Cepat dan Bisa Bantu Take Over Baik Mobil/ Motor, Hub : Herman 0852 1066 5860

Melur Jaya, Melayani Urut Tradisional, Shiatsu, Thai, Dll. Alamat Jl. Melur Bawah No. 19 H & Arengka 1 (Komp. Taman Malibu Blok C-1), Hub : 0813 6568 6749 & 0813 7046 6883

Penambahan Modal Usaha, Sahabat Soempurna Sistem Syariah, Biaya Ringan Bisa Take Over, Jaminan Berupa SKGR, SHM, BPKB, Plafon 5-500 Jt, Syarat Berlaku Hub : Mahlil 0852 1366 4240

Hellen Massage, Menerima Panggilan Hotel, Semua Treatmen, Tradisional Massage, Thaikombo Massage, Tenaga Profesional Buka 24 Jam. Hub : 0821 6912 9918

Pinjam Dana, Modal Usaha, Syarat : BPKB, Sertifikat Tanah. Hub : Vika : 0812 1503 9917, Harto : 0853 6306 7955 Anda Butuh Dana Cepat, Cukup Jaminkan BPKB Mobil/ Motor Anda, Proses Cepat 1 Hari Langsung Cair, Data-Data Anda Bisa Di Jemput/ Diantar Ke Kantor Kami. Bagi yg Berminat Hub : 0813 7194 5978 Butuh Dana Cepat, Cukup Jaminkan BPKB Motor Anda, Proses Cepat Bagi yg Berminat Hub : 0761 - 861156 HP. 0852 7208 1133 / 0812 7632 738 Beli motor anda dgn harga tinggi

Urut Tradisional Bu Sri, Melayani urut tradisional, Urut Hamil, Terkilir, Badan Capek2, Turun Perut, Salah Urat dan Luluran. Alamat : Jl. Kereta Api gg Pokat, HP. 0813 6869 4981, 0852 7123 8352. Menyediakan Tempat, Bisa Panggilan Rumah atau Hotel. (Atar Jemput Gratis)

PROPERTI / RUKO DIJUAL / TANAH Dijual Ruko, 6 Pintu di Jl. T.Bey. Simpng 3, Tiang Pancang Beton, 2 ½ Lt, Progress : Parkir Luas SHM, Terjual 4 Unit, Sisa 2 Unit. Hub : 0812 7571 9719, 0853 6568 7000

Dijual, 1 Unit Ruko 1 Lantai Lngkap Dg Usaha Bengkel & Sku Cdang, Lokasi Strategis, Jl. Bukit Barisan/ Kapau Sari, Lt 5 x31, LB 5x20, SHM IMB, Hrg 385 Jt Nego di Tmpat, Hub : 08127688223 Dijual Ruko, 2 Lt, di Komp Paninsula, Jl. Nangka dkt SKA, Kos aktif, full keramik, tambah bangunan Di blk, listrik 2200 watt. Hub : 0761-7004878 Dijual Cepat, Ruko Dlm Komp Nangka 2 Lt, 3 Unit, Hrg Nego dan Rumah 2 Lt di Villa Bunga Raya LB 100 LT 128. Hub : 0853 5571 8181/ 9841001 Ruko Dikontrakan, 2 Unit Ruko 3 Lantai Komplek Pertokoan Metropolitan City Giant. Yg Berminat Hub : 0817 6757 907/0812 7567 6640 Dijual Rumah: Terletak JLN.SULTAN

SYARIF HASYIM NO.29, RT.01 RW.01 KELURAHAN KAMPUNG DALAM, SIAK SRI INDRAPURA, NO.HP.081282503422 DAN NO HP.085271949471 HARGA NEGO.(Lokasi Strategis)

Dijual Rumah, Jl. Gunung Agung No. 4 Pintu Angin Pku. LT/LB : 600 M/250 M. SHM. Lok : Sangat Strategis, Tengah Kota, Siap Huni..Hrg 1,4 M..Nego Hub : 0812 7640 092/0812 6895 1160 Dijual Rumah, Renovasi Lb 100, Lt 150 KT3, KM 2 Dapur Kitchen Set & Wastafel Full Trali, Listrik 1300 Smur Bor, Paving Blok, Full Krmk, Lok Perum Griya Insan Makmur, Blok A4, 220 Jt. Hub : 081275800736 Dijual Cepat, Rumah Baru Model Minimalis, Sngat Strategis di Jl. Cipta Sari No. 7 A, SHM, IMB Lengkap,

PBB Lunas 2011. Dekat dg Kantor DPRD TK 1. Hrg Rp. 700 Jt Hub : 0811 756 674 Perum Vila Fajar Indah I Jl. Fajar Blok C/15. SHM LB/LT 84/150M2 3 KT, 2 KM Listrik 1300 watt. siap huni lokasi strategis 260 jt Hubungi: 0811909843 Dijual Rumah, Tipe 52 Jl. Suka Karya, 500 M Dr Jl. Subrantas Perum Malay Asri 2 Blok A, No. 1 di Belakang Ruko. Hrg 250 Jt Nego. Peminat Hub : 0831 8795 4759/0853 5634 9458 Dijual, Rumah 2 Unit Jl. Sail Type 77/281 M2 dan Type 70/250 M2. Lantai Full Keramik, Pagar Keliling, Halaman Luas. Hub : Pilar Properti 0761-7785876, 0812 6811 5007 Dijual, Tanah Perumahan 46 x 36 Ada Perumahan Pagar Keliling di Jl. Tanjung Jaya Ujung/Jl. Kandis Ujung Harapan Raya. Hub : Bpk Anto 0812 681 7723 Dijual Tanah, Dekat Villla Sakinah/ Belakang Lembaga Luas Tanah 448 M2 SHM Harga 150 Jt Nego. Ukuran P27 x L 18 Hub : 0853 7495 3800/ 0853 6486 1975 Dijual Tanah, 20 x 30 Dg Rumah Type 36 di Jl. Purwodadi Ujung, Samping Acik Ponsel Panam. Hub : 0812 751 6494 Dijual Tanah, Luas 5900 M, SHM, Lok Strategis di Tepi Jl. Besar Yos Sudarso Rumbai Tnh Keras & Datar, Bs Masuk Truk Container, Cocok Utk Prumahan, Gudang Kantor, Hrg 350 Rb/M, Nego Hub : 0812 758 6040 Perwajahan: HASAN


CMYK

Galeri

24

HARIAN VOKAL

SENIN

14 Mei 2012/23 Jumadil Akhir 1433 H

KETUA pelaksana kegiatan Maini Asna, berpoto bersama panitia.

r Memacu Semangat Belajar

BKB P3A Gelar Out Bond PIK-R

BADAN Keluarga Berencana Pemberdayaan Peremuan dan Perlindungan Anak (BKB P3A) Kota Dumai, menggelar Out Bond Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) 2012 di Taman Hutan Wisata, Jalan Soekarno-Hatta, Kelurahan Bukit Batrem, Dumai Timur, Sabtu (12/5). Ini merupakan rangkaian beberapa kegiatan yang telah diadakan BKB

P3A Kota Dumai sebelumnya, seperti pelatihan bagi peserta Pusat Informa-

si Konselinng Remaja (PIK-R) se-Kota Dumai. Kegiatan ini diikuti lima SLTA se-Kota Dumai, SMP, STMIK Amik, Akper Sri Bunga Tanjung serta Kwarcab Pramuka Kota Dumai. Selain itu, BKB P3A Kota Dumai juga menggelar lomba cerdas cermat kader KBP3A dalam rangka HUT ke-13 Kota Dumai yang diikuti seluruh kader KBP3A dari tujuh kecamatan, pada 2 Mei 2012 lalu, di Gedung Pramuka, Jalan Kesehatan, Dumai Timur. Kepala Badan KB P3A Kota Dumai H Amiruddin, pada kegiatan tersebut mengatakan, Out Bond ini bertujuan untuk memacu semangat belajar dan mencari suasana berbeda yang menyenangkan untuk menyampaikan materi dan pembelajaran seputar PIK-R kepada peserta. Acara ini juga bentuk kepedulian terhadap remaja agar terhindar dari seks be-

bas dan narkotika. Dalam acara ini beberapa materi seputar reproduksi, HIV/AIDS dan narkotika disampaikan oleh April Silagan dengan cara yang menyenangkan. Acara juga diisi dengan beberapa permainan menarik untuk mempererat jalinan kerja sama antar PIK-R dengan

masing-masing kelompok. Amiruddin berharap, semoga dengan cara seperti ini PIK-R kota Dumai dapat membantu remaja untuk mengenal dan menghargai organ reproduksinya, menjauhi narkotika, dan menjadi remaja mandiri yang berprestasi,”harapnya.

Naskah dan Foto: YUSRHEL KEPALA BKB P3A Kota Dumai H Amiruddin (tengah), memberikan arahan pada pelatihan PIK-R se-Kota Dumai.

PESERTA cerdas cermat dari berbagai kecamatan di Dumai.

PESERTA cerdas cermat dari Dumai Selatan menjawab pertanyaan saat lomba.

DEWAN juri sedang melakukan penilaian lomba cerdas cermat para kader KBP3A.

SALAH seorang narasumber dari BKKBN Riau memberikan materi latihan PIK-R.

KELOMPOK PIK -R Heart menampilkan kebolehannya.

KEPALA BKB P3A Kota Dumai H Amiruddin (2 dari kanan) memberi pengarahan pada peserta out bond.

PARA peserta out bond mendengarkan arahan sebelum memulai kegiatan.

PARA peserta serius mengikuti pelatihan PIK-R.

PANITIA out bond foto bersama kelompok PIK-R SMAN Binsus Dumai.

KELOMPOK PIK Smile SMAN I Dumai foto bersama usai out bond.

Penanggung Jawab/Redaktur: FITRI MAYANI

Perwajahan: ABDA


Harian Vokal edisi 15 Mei 2012