Page 1

CyanMagentaYellowBlack 5 MAR 2012 SUBUH : 05:07 DZUHUR : 12:27 ASHAR : 15:41 MAGHRIB : 18:30 ISYA : 19:39

Rp2000 (Pekanbaru) Rp3000 (Luar Kota)

Harian Vokal Santun Mengkritisi, Cerdas Menyikapi

24 Halaman

SENIN

5 Maret 2012 12 RABIUL AKHIR 1434 EDISI 605/TAHUN III

Harga Langganan

Rp50.000/bulan Luar Kot ota+ a+O Ong ngk kos Kirim

Email: harianvokal@gmail.com website: www.harianvokal.com

Demokrat Riau Dituding Bohong n 9 PAC Pekanbaru Bantah Dukung Firdaus PEKANBARU (VOKAL)-Setelah berkonflik di Indragiri Hilir dan Kuantan Singingi, konflik internal di tubuh Partai Demokrat (PD) Riau terkait pemilihan ketua dewan pimpinan cabang (DPC), diprediksi juga akan merembet ke Musyawarah Cabang Partai Demokrat Kota Pekanbaru yang menurut rencana akan digelar Sabtu (10/3) mendatang di Pekanbaru.

Pasalnya apa. Meski DPP, DPD dan DPC Partai Demokrat telah sepakat mendukung Walikota Pekanbaru Fidaus, MT menjadi ketua DPC PD Pekanbaru, namun sembilan pengurus anak cabang (PAC) di tingkat kecamatan belum menyatakan dukungannya terhadap Firdaus. Ketua Koordinator Daerah (Korda) Pekanba-

ru Supirman yang juga Wakil Sekretaris DPD PD Riau sebelumnya menegaskan, 12 PAC telah menyatakan dukungannya terhadap Firdaus menjadi ketua partai karena Firdaus juga kader dari Partai Demokrat. Tidak sesuai dengan kenyataan, sembilan PAC lalu mengecam pernyataan yang disampai-

LAPORAN: ZULFIKRI, HASPIAN/PEKANBARU

kan Supirman. Mereka menyatakan Wakil Sekretaris DPD PD Demokrat Riau Supirman pembohong, dan pernyataannya membuat kondisi politik di tingkat PAC mulai terganggu. Ketua PAC PD Tenayan Raya Agus Suprianto membantah keras dirinya sudah menandatangani surat pernyataan dukungan kepada Firdaus untuk menjadi calon ketua DPC Pekanbaru. Agus waktu itu juga memperlihatkan bukti bahwa dirinya tidak pernah menandatangani surat pernyataan tersebut.

Bersambung...Hal 7

ANDIKA

YUSRIZAL memperagakan pemukulan dirinya oleh Jefry Noer, Minggu (4/3).

Ancam Dosen, Jefry Noer Dipolisikan

PEKANBARU (VOKAL)-H Jefry Noer, Bupati Kampar yang juga mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Persada Bunda, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, dilaporkan dosen Ilmu Hukum Adat STIH Yusrizal, SH ke Polda Riau karena mengancam akan memukul dirinya di depan kantin pintu masuk kampus, Minggu (4/3) sekitar pukul 08.30 WIB. Atas ancaman itu, Minggu (4/ 3) sekitar pukul 10.00 WIB, korban membuat laporan dengan tuduhan Pasal 351 jo 335 tentang penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan ke Polda Riau. Laporan diterima bagian SPK dan

dilanjutkan dengan pembuatan BAP. Nomor laporan korban Lp/ 74/III/2012/SPKT/Riau. Korban berharap laporannya ditindaklanjuti sesuai proses hukum yang berlaku. Korban kepada wartawan di Hotel Pangeran, Minggu (4/3) menjelaskan, insiden tersebut berawal saat korban yang berada di kampus ingin ke kantin untuk minum dulu sebelum jam mengajar mata kuliahnya tiba. Namun belum sampai ke kantin, korban berjumpa dengan Jefry Noer di kampus STIH Persada Bunda Jalan Ponegoro.

Bersambung...Hal 7

"Menjentik Saja Saya Tidak"

JEFRY NOER yang dikonfirmasi Harian Vokal, Minggu (4/3) siang, membantah telah menampar dosennya Yusrizal, SH, dosen mata kuliah Hukum Adat di STIH. "Jangankan menampar, menjentik saja tidak ada. Saksinya rekanrekan mahasiswa di kantin banyak kok," kata Jefry. Jefry menjelaskan kronologis kejadian. Menurut Jefry, Minggu (4/3) pagi sekitar pukul 08.30 WIB, dia dan rekan mahasiswa yang lain berada di kantin kampus itu. Kebetulan di situ Jefry ketemu dengan dosennya Yusrizal. Jefry pun menyapa dan mempertanyakan soal mata kuliah Hukum Adat yang diajari Yusrizal. Sebab mata kuliah Hukum Adat itu telah diikuti ujiannya oleh Jefry tahun 2010 lalu. Sudah lama sekali. Seluruh tugas-tugas

Cakap Bebas

INT

FESTIVAL JIJJ 2012 - Saksofonis Everette Harp (kanan) beraksi mendampingi Chante Moore pada hari terakhir Jakarta International Java Jazz Festival 2012 di area JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (4/3). Tak kurang dari 1.500 musisi dari 15 negara berpartisipasi dalam festival tahunan yang berlangsung tiga hari itu.

dan ujian mata kuliah itu suJEFRY NOER dah selesai diikutinya. Tapi sampai sekarang nilai ujiannya tidak keluarkeluar juga. "Padahal seluruh teman-teman saya yang ikut mata kuliah itu sudah keluar nilainya A semua. Tapi kok saya sendiri yang tidak dikeluarkan nilainya. Ada apa ini. Makanya saya tanyakan," ungkap Jefry. Namun pertanyaan Jefry sebagai mahasiswa tak digubris dosennya. Sang dosen malah menjawab dengan ketus. "Itu urusan saya," kata sang dosen. Mendapat jawaban seperti itu, Jefry lalu mempertanyakan lagi.

OLEH: H YUSKO

“SANGATLAH keliru jika dalam memimpin, gubernur justru membangun oligarki kekuasaan yang membuat kehidupan di dalam organisasi tumbuh rasa saling tidak percaya, tumbuh kehidupan yang dikotomis sehingga timbul rasa takut di kalangan anggota jika dicap kelompok gubernur atau wakil gubernur." Pernyataan itu bukanlah meluncur dari mulut Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit yang hari Jumat (2/3) silam, secara mengejutkan diusir oleh Sekdaprov Riau Wan Syamsir Yus dalam kericuhan pelantikan Pejabat Pemprov seperti ditulis Harian Vokal edisi Sabtu (3/3) kemarin.

Bersambung...Hal 7

w Polres Bidik Dugaan Korupsi di Meranti...........Hal 12 w Hotel Bagan Tak Bayar Pajak..................................Hal 13 w Gubri-Wagubri Tak Harmonis...............................Hal 16

n Harian Vokal di Hati Anda!!! Penanggung Jawab/Redaktur: IDRUS YAMIN

CYAN YELLOW MAGENTA KEY

PEKANBARU (VOKAL)-Kementerian Pekerjaan Umum dan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau sepakat mengumumkan hasil uji lengkap Jembatan Siak III akhir April mendatang. Dinas PU Riau berharap masyarakat bisa bersabar menunggu hasil uji lengkap tim gabungan tersebut.

Hal ini diungkapkan Kadis PU Riau SF Hariyanto seusai melakukan peninjauan lapangan Jembatan Siak III, Sabtu (3/ 3) bersama tim Kementerian PU, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah (LPJK) Riau dan Dinas PU Riau.

Bersambung...Hal 7

Bersambung...Hal 7

"Insiden Jumat"

Indeks....

Uji Lengkap Siak III Keluar Akhir April Tipikor Bebaskan n Jembatan Perawang Aman 51 Koruptor

Kseniya Sobchak

Fresh Looking

Terjun ke Dunia Politik KSENIYA Sobchak sering dianggap sebagai Paris Hilton versi Rusia. Ia sedikit dari sosialita bekas negara adidaya itu yang memiliki reality show tentang dirinya sendiri. Kini Kseniya mencoba peruntungan lain di dunia politik. "Aku selalu merasa terbelah

ANDIKA

TIM Kementerian PU sedang berdiskusi dengan jajaran Dinas PU Riau saat meninjau kondisi Jembatan Siak III yang dikabarkan melengkung, Sabtu (3/3).

JAKARTA (VOKAL)Memasuki triwulan pertama di tahun 2012, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di daerah telah memvonis bebas 51 orang terdakwa EMERSON YUNTHO korupsi. Angka ini akumulasi dari total 45 vonis bebas pada sepanjang pengadilan berdiri. "Dalam cacatan kita tercatat 50 terdakwa kasus korupsi yang dibebaskan oleh Pengadilan Tipikor daerah," kata Anggota Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho di Sekretariat ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (4/3). Berdasarkan catatan ICW, vonis bebas tersebut tersebar di Pengadilan Tipikor Surabaya(25 vonis bebas), Tipikor Makassar (4 vonis), Tipikor Bandung (4), Tipikor Samarinda (15 vonis), Tipikor Semarang dua vonis bebas dan di Tipikor Palembang terdapat satu putusan bebas terhadap terdakwa korupsi.

Bersambung...Hal 7

Bersambung...Hal 7

n Iklan : Harmen Fadly 0812 7575 1116

n Langganan Koran : Irwansyah 081378342374 Perwajahan: RINTO HARMIKO


2

HARIAN VOKAL

SENIN

Warga Gelar Aksi Dukung Mobil Esemka SOLO(VOKAL)- Sekitar lima puluh orang warga Kota Solo mendatangi Loji Gandrung rumah dinas Wali Kota Surakarta, Minggu (4/3), mereka menyampaikan dukungan kepada Wal i Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) untuk mengembangkan mobil Esemka menuju mobil nasional. Warga melakukan long march dari kawasan Jayengan menyusuri Jalan Slamet Riyadi saat gelaran Solo Car Free Day menuju Loji Gandrung dengan membawa poster dan spanduk mendukung Esemka. Satu di antaranya yakni Arum Retnaningsari, yang bersemangat meneriakkan yel-yel mendukung pengembangan embrio mobil nasional tersebut. "Saya sampai nggak umbah-umbah (mencuci baju), nggak masak biar bisa ikut aksi dukung Pak Jokowi dan mobil Esemka," katanya saat ditemui wartawan di sela-sela aksi. Dirinya mendukung sepenuhnya pengembangan produk Esemka karena anaknya bersekolah di sebuah sekolah menengah kejuruan (SMK) di Solo. Selain itu, dirinya juga menilai kemunculan Esemka menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mampu menghasilkan produk yang tidak kalah kualitasnya dengan mobil impor. Koordinator aksi, Suryadi mengungkapkan, aksi tersebut merupakan ide spontanitas dari warga untuk terus mendukung Esemka. Meski hasil uji emisi di Balai Termodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) lalu cukup mengecewakan, namun warga meminta wali kota tidak patah semangat dan tetap semangat mengembangkan Esemka.(ant/mal)

CALON GUBERNUR DKI- Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Triwisaksana (tengah) menyapa para pendukungnya saat deklarasi jaringan pendukung untuk pemenangan Pilkada DKI 2012 di Sportsmall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (4/3). PKS mencalonkan Triwisaksana yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sebagai calon Gubernur DKI pada pilkada mendatang.

SULTENG(VOKAL)- Bentrokan antarpenduduk dari dua desa bertetangga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, berlangsung, Minggu (4/3) kemarin. Tawuran itu menewaskan sedikitnya satu orang. Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Tengah, AKBP Soemarno, mengatakan, bentrok antara warga Desa Bora dan Desa Watunonju terjadi sekitar pukul 01:30 waktu setempat. Pusat bentrokan terjadi di tugu batas dua desa itu. Massa dilaporkan menggunakan sejumlah alat, seperti batu, kayu, bahkan senjata tajam. "Korban tewas bernama Hasan Tulisi," kata Soemarno. Dia sehari-harinya sebagai Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Watunonju. Korban tewas akibat terkena bacokan di punggung dan leher saat berusaha melerai. Selain itu, sepe-

da motor korban bernomor polisi DN 3638 MC dibakar massa hingga tidak bisa digunakan. Menurut AKBP Soemarno, pemicu bentrokan masih dilakukan pendalaman. Bahkan ia mengatakan, belum ada saksi yang diperiksa terkait kasus ini. "Polisi sementara menyerahkan sepenuhnya kepada tokoh-tokoh masyarakat setempat untuk membahas secara kekeluargaan," katanya. "Setelah mendapat laporan dari mereka, 1 - 2 hari ke depan, baru kita fokus melakukan penyelidikan,” kata dia. Hingga Minggu sore, puluhan aparat gabungan dari kepolisian dan TNI disiagakan di perbatasan kedua wilayah yang bertikai tersebut. Hal itu dilakukan untuk menghindari bentrok lanjutan di dua desa itu. (vvn/mal)

Pemberian BOS SMP Ditunda JAKARTA(VOKAL)- Pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Sekolah Menengah Pertama(SMP) ditunda karena masih ada sejumlah revisi yang harus dilakukan pemerintah pusat. Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad menyatakan, penundaan ini disebabkan karena Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) yang belum kunjung selesai. Anggaran untuk program

tersebut awalnya dimasukkan dalam akun belanja barang namun harus dikembalikan ke akun belanja sosial. Sedianya, BOS SM ini akan dilaksanakan Kemendikbud pada awal Februari 2012. Hamid sendiri belum dapat menegaskan kapan penundaan ini akan dibuka kembali. Namun di-

DPR Harap UU Pangan tak Dibawa ke MK JAKARTA(VOKAL)- Anggota Ko- cadangan dalam negeri. Ini berarti peluang impor sejalan misi IV DPR RI dari Frakdengan usaha produksi si Partai Demokrasi Indodan cadangan pangan nesia Perjuangan, Ian Siadalam negeri. gian, berharap tak ada Selanjutnya, Pasal 20 pasal RUU tentang Pandan 21 yang menyebutkan gan yang diuji materi di bahwa pemerintah dan/ Mahkamah Konstitusi. atau pusat wajib mengemIan, yang juga anggota bangkan teknologi pangan, panitia khusus yang memfasilitasi pengemmembahas soal RUU bangan sarana dan prasayang akan menggantikan IAN SIAGIAN rana produksi. Menurut UU Pangan Nomor 7 Didik, pasal seperti ini Tahun 1996 ini, memastikan bahwa Parlemen menyusun lemah sehingga pemerintah pusat rancangan undang-undang terse- dan pemerintah daerah bisa saling but demi kesejahteraan dan ke- tuding jika gagal menjalankan kewajiban menjaga ketersediaan dan kedaulatan bangsa. "Semua fraksi sepakat untuk amanan pangan. Kelemahan lainnya adalah membuat UU Pangan sesempurna mungkin," kata Ian pada dis- Pasal 48, yang mengaitkan kebijakan produksi dan perdagangan kusi di Jakarta, Minggu (4/3). RUU Pangan memang menuai pangan dengan kebijakan inflasi. kritik karena ditengarai sangat lib- Menurut Didik, jika kebijakan eral. Swasta yang tidak diatur ber- produksi dan perdagangan panpotensi menjadi spekulan dan gan dipakai untuk mengendalikan inflasi, kebijakan tersebut akan mematikan petani kecil. Ekonom Didik J Rachbini sem- kehilangan kesempatan dan kepat mengatakan, ada beberapa kuatannya untuk meningkatkan pasal bermasalah pada RUU yang kesejahteraan petani. Padahal, mulai dibahas pada 2011 ini. Per- menurut Didik, RUU Pangan tidak tama, Pasal 15 yang menyebut- boleh menyandera hak petani kan bahwa sumber penyediaan demi kepentingan moneter. Terpangan berasal dari produksi kait adanya pasal-pasal yang pangan dalam negeri, cadangan masih memicu perdebatan, Ian pangan dan impor, meskipun mengatakan, parlemen terbuka harus diutamakan produksi dan untuk diskusi. (kps/mal)

rinya menegaskan, proses pencairan dana BOS ke sekolah menengah ini akan dipercepat. “Memang agak telat sedikit. Saya perkirakan satu dua minggu lagi akan selesai revisinya,” katanya di gedung Kemendikbud, Minggu (4/3) kemarin. Kemendikbud menetapkan Unit cost untuk rintisan BOS sekolah menengah itu sebesar Rp120.000 per siswa per tahun. Jumlah siswa yang akan menerima rintisan BOS itu sekitar 8 juta siswa sekolah menengah. Adapun

mekanisme penyaluran dana tersebut nantinya akan ditransfer secara langsung oleh pemerintah pusat ke masing-masing sekolah. Sedangkan dana BOS akan ditransfer per semester atau enam bulan sekali. Sementara itu, Mendikbud Mohammad Nuh menambahkan, dibutuhkan tambahan anggaran sekitar Rp20 sampai Rp23 triliun untuk melaksanakan wajib belajar 12 tahun atau pendidikan universal ini. Mendikbud menyatakan, sekitar Rp15 triliun di antaranya

digunakan sebagai bantuan operasional dan sisanya lagi untuk menambah guru dan ruang kelas. Mantan menkominfo ini menerangkan, program wajib belajar terus dilakukan, baik di tingkat dasar maupun menengah karena merupakan investasi jangka panjang. "Meskipun konstitusi dan undang-undang belum mengamanatkan adanya wajar 12 tahun, pemerintah telah mengambil inisiatif menguniversalkan pendidikan menengah,” katanya. (okz/mal)

Perusahaan Pemberi 'Upeti' ke DW Harus Dijerat JAKARTA (VOKAL)-Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Kejaksaan Agung membongkar skandal mafia di Direktorat Jenderal Pajak. Pengungkapan mafia pajak dengan tersangka Dhana Widyatmika (DW) harus menjadi pintu masuk menjerat perusahaan penyuap pegawai pajak. "Kejaksaan hanya menjerat PNS tapi tidak berupaya mendorong kepada perusahaan yang membayar yang dibantu petugas pajak. Kejaksaan jangan menutupi, ini harus dibongkar. Siapa pun yang terlibat harus diproses," kata Wakil Koordinator ICW Emerson Juntho di Sekretariat ICW, Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (4/3). Menurut dia, kasus DW merupakan lanjutan dari kasus Gayus Tambunan. Emerson mengingatkan agar instruksi Presiden SBY mengenai perusahaan penggelap pajak segera dilaksanakan. Kejaksaan sendiri menduga ada enam perusahaan yang diuntungkan melalui bantuan DW. "Inpres kasus Gayus

ini masih mendeharus diingatkan kam di Rutan Salekembali karena pemba Cabang Kejarusahaan terkait gung di Jakarta SeGayus tidak diprolatan. ses. Langkah KejakPantauan VIVsaan menjerat koAnews di lokasi rupsi dan pencutempat Dhana dician uang DW sutahan, masih terlidah tepat, tetapi hat sepi. Tak terlisiapa pun yang terhat ada petugas libat termasuk ayang menjaga di datasan DW harus diDHANA WIDYATMIKA lam rutan yang beproses," tegasnya. Dhana Membaik rada di kompleks gedung JakKondisi tersangka ka- sa Agung Muda Tindak Pidana sus rekening gendut pegawai Umum itu. Hanya terlihat tiga petugas Dirjen Pajak Dhana Widyatmika yang ditahan sejak Jumat (2/ yang berjaga di Pos Jaga depan 3) malam semula sempat kompleks Kejagung. Sempat shock. Tapi kondisinya saat ini terlihat satu unit mobil Toyota Avanza penuh barang-basudah membaik. "Kondisinya baik-baik saja," rang yang diparkir di depan kata salah satu pengacara Dha- gedung Jaksa Agung Muda na, Reza Edwijanto dalam pe- Tindak Pidana Umum. Kejaksaan Agung telah mesan tertulis kepada VIVAnews. Hari Minggu (4/3) kemarin, nyita beberapa aset milik Dhatidak ada keluarga yang mem- na. Surat-surat berharga, 17 besuk pegawai pajak golongan unit mobil truk dari showroom, mobil Daimler CryIIIC itu. "Keluarga hari ini tidak ada shler, dan beberapa rekening rencana besuk. Karena tidak milik pria yang beristrikan pebisa urus izinnya pada hari gawai Direktorat Jenderal Palibur," kata Reza. Dhana saat jak itu. (dtc,vnc,rus)

Petani Cirebon Gulung Tikar Akibat Bawang Impor

INT

DENPASAR(VOKAL)- Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso menilai rencana pemberlakuan bantuan langsung tunai (BLT) sebagai kompensasi penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bukan untuk mencari popularitas. "Setelah dinaikkan SUTIYOSO dengan angka tertentu, itu sudah dihitung cermat, kira-kira siapa yang terkena dampak dari kebijakan itu yang harus diberikan kompensasi. Kompensasi juga harus diberikan tidak semata-mata untuk mencari popularitas," kata Sutiyoso, di Denpasar, Bali, Minggu (4/3). BLT, kata dia, hanya darurat saja, tak bisa terus menerus diberlakukan. "Kalau terus-terusan kan ngajarin orang meminta-minta," tuturs dia. PKPI sendiri, sambung dia, mempercayakannya jika keputusan nasional yang diambil pemerintah harus melalui proses yang ketat, melalui pertimbangan matang soal untung-ruginya. "Tetapi, jika ngambang tanpa keputusan, kita memang tidak setuju. Apakah dinaikkan dengan angka tertentu dengan tidak memberatkan dengan kompensasi apa, banyak sekali alternatif. Kita menginginkan alternatif yang paling baik. Dinaikkan tetapi terukur," tandas Sutiyoso. Bang Yos, sapaan akrab Sutiyoso, melanjutkan, lantaran harga bahan minyak mentah naik, tak ada rumus lain selain menaikkan harga BBM. "Kalau itu terus masih disubsidi, terus membengkak. Artinya, kita tidak bisa membangun yang lain. Infrastruktur apalagi, kalau duitnya habis dipakai untuk subsidi," imbuh Bang Yos. (mic/mal)

INT

Kemlu Pulangkan 33 TKI dari Yordania

Sutiyoso Nilai BLT Cari Popularitas

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

Bentrok Dua Desa di Sulteng, 1Tewas

LINTAS

JAKARTA(VOKAL)- Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri PLE Priatna mengatakan, KBRI Amman, Yordania, memulangkan 33 tenaga kerja Indonesia yang bermasalah. Pemulangan TKI ini dilakukan melalui tiga gelombang. Dua gelombang pertama yakni pada 3 Maret dan 4 Maret 2012, masing-masing sebanyak 13 orang dan 11 orang. Sementara itu, pada gelombang ketiga, Kemlu memulangkan 9 TKI pada 13 Maret 2012. Menurut Priatna, per 1 Maret 2012, KBRI Amman menampung sekitar 332 TKI yang meminta perlindungan. KBRI Amman dan Kemlu terus berupaya menuntaskan kasus TKI yang bermasalah. "Kendala utama yang dihadapi KBRI Amman adalah sistem kafalah yang berlaku di Yordania dan di Timur Tengah pada umumnya. Sebelum mengeluarkan exit permit kepada TKI, imigrasi Yordania akan melakukan pengecekan kepada pihak pengguna jasa/majikan. Jika majikan tidak memberikan ijin karena alasan satu dan lain hal, maka exit permit tidak akan dikeluarkan, sehingga TKI akan tertahan di KBRI," kata Priatna melalui siaran pers, Minggu (4/3) kemarin. (kps/mal)

NASIONAL

PETANI bawang di seputaran Cirebon kecewa karena banyaknya masuk bawang impor.

CIREBON(VOKAL)- Ribuan petani di pantai utara Kabupaten Cirebon, Indramayu, Jawa Barat dan Brebes Jawa Tengah terancam gulung tikar karena merugi akibat setiap panen raya harga bawang merah anjlok dampak melimpahnya bawang merah impor. Suhartoyo petani bawang merah di Pantura Cirebon, Minggu mengatakan, harga bawang merah sempat stabil untuk eceran Rp9000 per kilogram, kini panen raya, murah dijual sekitar Rp3.500 per kilogram kualitas baik. "Diperkirakan ribuan petani Pantura akan gulung tikar akibat melimpahnya bawang merah impor," katanya.

Biaya tanam bawang merah cukup tinggi, kata dia, diperkirakan modal tanam sekitar Rp5.000, kini dijual di bawah standar hanya Rp3.500 per kilogram, petani merugi berkali-kali karena jika hasil panen disimpan akan membusuk. Harga bawang merah terus anjlok, sejak tahun 2009 padahal sebelumnya berjalan normal, setiap tanam masih mendapatkan keuntungan karena bawang merah impor dibatasi, kini hasil panen petani lokal bersaing dengan bawang merah impor. Sunarto, Ketua Dewan Bawang Merah Nasional kepada wartawan,

menuturkan, harga bawang merah terus anjlok akibat melimpahnya bawang impor padahal kualitasnya rendah, namun pasar tetap memilih barang murah sehingga terjadi persaingan tidak sehat. Bawang merah impor yang dikirim dari India merupakan sampah bawang sehingga harga dasarnya murah sekitar Rp1.000 per kilogram, sedangkan modal tanam petani lokal mencapai Rp5.000 per kilogram saat musim hujan karena pasokan air mudah dan murah. (ant/mal)

LOWONGAN KERJA Dibutuhkan segera beberapa karyawati, wanita, tamatan minimal SLTA ,usia min 30 th, jujur, ulet, rajin, sopan, serius kerja dan bertanggung jawab. Antar lamaran langsung datang ke : BESTA JAYA Swalayan JL.Ombak Dumai

Penanggung Jawab/Redaktur: HASAN BASRIL

Perwajahan: ALIB DESTIYONO


INTERNASIONAL SENIN

3

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433

LINTAS Korban Tornado di AS Capai 35 Orang KENTUCKY (VOKAL)-Total korban angin tornado yang menghantam Amerika Serikat (AS) mencapai 35 orang dan ratusan warga lainnya cedera. Tim penyelamat juga terus menyisir setiap rumah warga untuk mencari para korban. Seperti diberitakan AFP, Minggu (5/3), warga AS kaget melihat besarnya efek kehancuran yang disebabkan oleh tornado tersebut. Badan Pelayanan Cuaca AS(NWS) telah mengeluarkan peringatan tornado di negara bagian Georgia dan Florida. Truk dan pepohonan dibuang begitu saja layaknya mainan oleh tornado yang menghantam delapan negara bagian AS. Gambar-gambar pemberitaan menunjukkan ada bus sekolah yang menghantam dinding sebuah rumah. Ada pula truk yang terbawa angin hingga ke sebuah danau. Korban tewas dilaporkan berasal dari empat negara bagian, termasuk negara bagian Kentucky, di mana Gubernur Stave Beseher menyebut terdapat 17 korban jiwa. 13 Kali angin tornado menghantam beberapa negara bagianAS. Angin kencang itu juga menyebabkan kerusakan di 40 wilayah serta merobohkan tiang listrik yang melayani 22.000 warga. Beseher menyebut sekitar 300 orang warga terluka. Sementara itu kerusakan cukup parah berada di wilayah West Liberty. Berdasarkan video amatir yang disiarkan CNN, seorang wanita terekam sedang berdoa saat tornado menghantam wilayahnya. (dtc/sad)

Serangan NATO Tewaskan Warga Sipil TRIPOLI (VOKAL)-Serangan udara NATO di Libya tahun lalu dipastikan ikut menewaskan puluhan warga sipl. Kepastian ini terungkap oleh komisi PBB yang menyelidiki kejahatan-kejahatan perang dan pelanggaran HAM di Libya. Dalam laporannya, Komisi Penyelidikan Internasional soal Libya menyatakan, total 60 warga sipil tewas dalam sejumlah serangan pesawat tempur NATO pada tahun 2011. "Dari 20 serangan udara NATO yang diselidiki, komisi mendokumentasikan lima serangan udara di mana total 60 warga sipil tewas dan 55 terluka," demikian statemen Komisi Penyelidikan Internasional soal Libya seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (3/3). Dalam laporan itu juga disebutkan, dua serangan udara NATO lainnya menargetkan sejumlah infrastruktur sipil, di mana target militer tak bisa diidentifikasi. Laporan komisi PBB itu juga menuduh mendiang mantan pemimpin Libya Muammar Khadafi telah melebih-lebihkan jumlah warga sipil yang tewas dalam serangan NATO. NATO mulai melancarkan kampanye militer terhadap Libya pada 19 Maret 2011 lalu setelah Dewan Keamanan PBB menyetujui resolusi bertanggal 17 Maret. Resolusi itu mengizinkan penggunaan kekuatan militer, kecuali serangan darat, untuk melindungi warga sipil Libya dari penyerangan pasukan pendukung Khadafi. Kampanye militer NATO itu berlangsung hingga 31 Oktober 2011. (dtc/sad)

PETUGAS penyelamat berusaha mengevakuasi korban tabrakan dua kereta di Szczekociny, Polandia, Sabtu (3/3/2012) malam. Sebanyak 14 orang tewas dan 60 orang mengalami luka-luka dalam musibah tersebut. INT

Kereta Ekspres Tabrakan, 14 Tewas WARSAWA (VOKAL)- Tabrakan kereta api kembali terjadi di Eropa. Kali ini dialami dua kereta ekspres yang selaing bertabrakan di selatan Polandia, Sabtu (3/4) waktu setempat. Kecelakaan itu terjadi di jalur utama antara Warsawa dan Krakow, kota kecil di Szczekociny menewakan 14 orang meninggal dunia dan 50 penumpang mengalami luka-luka. "Satu kereta itu melaju di jalur yang salah, sehingga kepala keduanya saling bertabrakan," tulis situs berita BBC.co.uk.

Kata perdana Menteri Donald Tusk, tabrakan ini adalah kecelakaan paling mengerikan di Polandia. "Dalam bertahun-tahun,

Penanggung Jawab/Redaktur: SAADUDDIN

sudah bisa berhubungan dengan korban dan akan mendekati mereka dengan sangat hati-hati," ujar Wojtasik. Dua rangkaian kereta yang menarik 10 gerbong itu diperkirakan mengangkut 350 penumpang. Saat kecelakaan terjadi, satu kereta tengah melaju dari Przemysl ke Warsawa dan lainnya menyusuri rel dari Warsawa ke Krakow. "Kereta yang menuju Krakaow melaju di jalur yang salah,"

kata Andrzej Pawlowski, anggota dewan perusahaan kereta api Polandia. Seorang penumpang mengatakan pada malam itu kereta tengah melaju dengan kecepatan sekitar 120 kilometer per jam. Namun tiba-tiba angkutan yang ditumpanginya mengerem secara mendadak. "Sontak terasa tabrakan yang sangat kuat, kami pun terlempar dalam kompartemen kereta," kata penumpang tersebut. (bbc/rts/sad)

Tewas di Suriah, Dua Jasad Timor Leste Memanas Jurnalis Asing Dipulangkan n Tiga Hari Jelang Pilpres

SURIAH (VOKAL)-Jenazah dua jurnalis yang tewas di Suriah dikembalikan ke negara asal mereka di Amerika Serikat dan Prancis. Jenazah tersebut diterbangkan pukul 00.25 waktu setempat. "Saya bisa mengkonfirmasi jenazah dari Remi Ochlick dan Marie Colvin sudah diterbangkan menuju Paris. Menggunakan pe-

sawat Air France nomor penerbangan 571," terang Dubes Perancis untuk Suriah Eric Chevallier, seperti dikutip dari AFP, Minggu (4/3). Sementara untuk jenazah Marie Colvin, setelah dari Paris akan segera diterbangkan ke negara asalnya Amerika Serikat. Jenazah jurnalis yang terbunuh di kota

Rakyat Rusia Ikuti Pemilihan Presiden

MOSKOW (VOKAL) - Rakyat Rusia memberikan hak suara mereka dalam pemilihan presiden pada Minggu (4/3), yang tampaknya akan memilih kembali orang kuat Vladimir Putin ke Kremlin untuk periode ketiga di tengah-tengah gelombang protes yang tak tampak selama beberapa dekade. Para pemilih di negara terbesar di dunia itu tersebar di sembilan zona waktu akan memberikan suara mereka dalam pemilihan tersebut. "Saya tahu Putin karena aksi praktisnya, bukan kata-kata," kata Zinaida Bykova, pensiunan, kepada AFP di pelabuhan Vladivostok, setelah memberikan suara untuk Putin. Putin, 59 tahun, adalah mantan mata-mata KGB. Ia mendominasi politik Rusia selama lebih satu dekade. "Setiap suara penting manakala Anda hidup di negara demokratis," ujar Anna Antipenko.(ant/sad)

inilah kecelakaan yang tragis," kata Tusk ketika mengunjungi lokasi tabrakan, Ahad 4 Maret 2012. Untuk mengevakuasi penumpang, terutama korban luka dan meninggal dunia, rumah sakit mengirimkan helikopter ambulans ke jalur tabrakan. Menurut petugas pemadam kebakaran Jaroslaw Wojtasik, proses penyelamatan sangat rumit dan sulit. "Kerusakan yang dialami kedua kereta sangat parah, tapi kami

INT

RAKIT PESAWAT TERBANG-Seorang petani bernama Li Jingchun dibantu sejumlah anggota keluarganya berusaha merakit pesawat terbang di atap rumah mereka di Desa Xiahe, Shenyang, Provinsi Liaoning, China. Pesawat sepanjang 5 meter dan lebar 1,5 meter tersebut sebagian besar terbuat dari pelat besi daur ulang. Sampai saat ini, lelaki berusia 58 tahun tersebut telah menghabiskan biaya sekitar 40 ribu yuan atau sekitar 57 juta rupiah untuk mewujudkan ambisinya.

Homs ini akan dikembalikan ke keluarganya pada Senin atau Selasa pekan depan. Colvin dan Ochlik terbunuh pada 22 Februari lalu, disaat mereka sedang melakukan tugas peliputan di kota Homs, Suriah. Selain mereka juga ada dua jurnalis lain yang terluka akibat serangan tersebut, reporter harian Perancis, Le Figaro, Edith Bouvier dan fotografer asal Inggris, Paul Conroy. "Pada saat itu paling tidak ada 5 ledakan hebat. Kami mendapat kesan bahwa kami yang sedang berlindung pada saat itu memang menjadi target serangan," terang salah satu jurnalis yang selamat kepada harian Le Figaro. "Terjadi ledakan yang sangat besar. Colvin dan Ochlik terkena ledakan tersebut dan mereka tewas di tempat," imbuhnya. Pihak Amerika sendiri sudah menutup Kedubes mereka di Suriah sejak awal Februari. Mereka juga sudah menarik seluruh staf di Kedubes setelah dua serangan bom yang mematikan di Damskus pada Desember dan Januari. Sementara Prancis mengumumkan pada Jumat (2/3) lalu, pihaknya akan segera menutup perwakilan mereka di Suriah. (bbc/dtc/sad)

TIMOR-LESTE (VOKAL) - Pemilu Presiden di Timor-Leste tinggal 13 hari lagi. Kampanye calon presiden dari masingmasing kandidat mulai memanas. Aksi protes dan saling tuding mulai berhujanan. Ketua Umum Commisaun Nacional da Eleiçoens (CNE) atau Komisi Nasional Penyelenggara Pemilu Timor-Leste, Faustino Gomes mengakui telah terjadi dugaan pelanggaran. Pelanggaran diduga dilakukan para pendukung Capres selama berlangsungnya kampanye. Dia mencontohkan yang terjadi di Dili, pada hari pertama kampanye Capres Taur Matan Ruak. "Ada diantara pendukung Taur Matan Ruak, yang membawa serta atribut keagamaan seperti salib dan patung simbol keagaamaan, selama berlangsungnya kampanye. Ini sama sekali tidak diperbolehkan. Kami akan menegur tim sukses Capres Taur Matan Ruak," kata Gomes di Dili. Protes lain juga dialamatkan ke kubu Capres Taur Matan Ruak. Protes ini datang dari Sekretaris Jenderal Partai Fretilin Mari Alkatiri, ketika berorasi selaku juru kampanye untuk Capres Francisco Guterres Lu-

Olo, di Distrik Vikeke. Alkatiri mempersoalkan Capres Taur Matan Ruak, yang difoto menggunakan atribut militer dalam sejumlah poster yang diarak pendukungnya. "Seharusnya, hal itu tidak boleh terjadi," tegas Alkatiri tanpa menjelaskan alasannya memprotes. JosĂŠ Antonio Belo, salah seorang koordinator tim sukses Capres Taur Matan Ruak yang dihubungi VIVAnews Minggu (4/3) membantah keras semua tudingan yang di alamatkan ke pihaknya. "Jika Ketua Umum Komisi Penyelenggara Pemilu TimorLeste mempunyai rekaman video maupun foto yang membuktikan bahwa hal itu benarbenar dilakukan oleh pendukung Capres Taur Matan Ruak, silakan dibeberkan dan ditunjukkan kepada publik," tantang JosĂŠ Belo. Belo justru balik mempersoalkan imparsialitas lembaga penyelenggara Pemilu TimorLeste itu. Dia beralasan, di hari pertama pembukaan kampanye, Rabu 29 Februari lalu, tidak hanya pendukung Capres Taur Matan Ruak yang memenuhi jalanan di kota Dili. Ada juga pendukung dari Capres yang lain. (vvn/sad)

Perwajahan: ZULQIFLI


4

SENIN

HARIAN VOKAL

OPINI

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

TAJUK Hakim Tipikor Kehilangan Nurani

Generasi Muda; Antara Penerus dan Pelurus

MENURUT catatan Indonesia Corruption Watch (ICW), selama tahun 2011 hingga memasuki triwulan pertama tahun 2012, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di daerah telah memvonis bebas 51 terdakwa korupsi (45 orang divonis bebas sepanjang tahun lalu). Pembebasan ke 51 terdakwa korupsi itu terjadi di sejumlah Pengadilan Tipikor daerah di Indonesia. Pengadilan Tipikor Surabaya merupakan 'juara' dalam memvonis bebas terdakwa korupsi, yakni 25 orang, disusul Pengadilan Tipikor Samarinda 15 orang, Pengadilan Tipikor Makassar 4 orang, Pengadilan Tipikor Bandung 4 orang, Pengadilan Tipikor Semarang 2 orang dan Pengadilan Tipikor Palembang satu orang. Banyaknnya terdakwa korupsi yang dibebaskan Pengadilan Tipikor ini paradoks dengan vonis bersalah yang dijatuhkan hakim terhadap kasus-kasus kecil yang melibatkan orang-orang kecil, seperti kasus pencurian dua buah kakao, pencurian dua piring, pencurian setandan pisang, pencurian dua buah kapas, pencurian sandal jepit butut milik polisi, pencurian kain lap buruk dan berbagai kasus kecil lainnya. Sehingga tidak mengherankan bila kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengadilan, baik pengadilan umum maupun Pengadilan Tipikor semakin punah. Maraknya pembebasan terdakwa korupsi oleh Pengadilan Tipikor ini bisa saja berawal dari lemahnya dakwaan yang disusun oleh jaksa penuntut, sehingga terbuka celah bagi para hakim nakal untuk menjatuhkan vonis bebas. Kelemahan dakwaan ini bisa terjadi benarbenar karena kelalaian jaksa penuntut atau lemahnya kemampuan jaksa penuntut menyusun dakwaan yang kuat, yang mampu menutup celah bagi hakim untuk membebaskan terdakwa korupsi. Namun, tidak tertutup pula kemungkinan, kelemahan dakwaan tersebut justru disengaja jaksa penuntut, agar terbuka celah bagi hakim menjatuhkan vonis bebas. Bahkan tidak tertutup kemungkinan sebagian dari vonis bebas terdakwa korupsi tersebut merupakan konspirasi (persekongkolan) antara terdakwa, jaksa dan hakim. Sesunguhnya, bila memang tidak ada niat baik dari hakim untuk menjatuhkan vonis sesuai kesalahan terdakwa atau tidak mempertimbangkan rasa keadilan masyarakat, maka akan selalu ada celah untuk membebaskan terdakwa korupsi. Sebab, peraturan-peraturan hukum di Indonesia sarat dengan kelemahan, sehingga terbuka peluang bagi siapa pun menafsirkan sesuai kepentingannya. Jangankan peraturan-peraturan hukum yang merupakan produk manusia, ayat-ayat Al Quran pun banyak orang yang berani menafsirkan sesuai kepentingannya. Karena hakim merupakan benteng terakhir dalam penegakan hukum, maka dibutuhkan para hakim yang punya hati nurani untuk menutupi kelemahan-kelemahan yang ada dalam peraturan-peraturan hukum. Pertanyaannya, berapa persen jumlah hakim di Indonesia yang masih punya hati nurani? Mencermati vonis-vonis yang dijatuhkan hakim terhadap para terdakwa, apa lagi para terdakwa kasus korupsi selama ini, maka tidak berlebihan bila disimpulkan mayoritas hakim di Indonesia tidak lagi punya hati nurani. Hakim yang punya hati nurani putusannya akan memberikan rasa keadilan bagi masyarakat. Sebaliknya, hakim yang tidak punya hati nurani, akan memutus perkara berdasarkan besarnya kompensasi yang disanggupi terdakwa. Mengingat banyaknya terdakwa korupsi yang divonis bebas Pengadilan Tipikor daerah, tidak terbantahkan lagi bahwa Pengadilan Tipikor telah menjadi sarang para hakim yang tercabut hati nuraninya. Bila para hakim yang ada di Pengadilan Tipikor daerah saat ini terus dipertahankan, dipastikan akan semakin banyak lagi terdakwa korupsi yang divonis bebas.**

SELAKU umat beragama, tak salah kiranya jika tulisan ini diawali dengan mengutip sepotong ayat Al-Quran, Annisa’ 9 : “Hendaklah takut kepada Allah, orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka generasi yang lemah dan mereka khawatir akan keselamatannya kelak”.

Oleh

P ojok   Sindir -Sembilan DPC PD bantah dukung Firdaus, MT +Tak ada rolling kan, kalau tak ikut dukung? -Bupati Kampar akan Laporkan Balik Dosennya +Siap-siap saje kuliah lagi, Pak Cik...

Iqbal Ali

Ayat di atas memperingatkan kita, terutama orang tua, jangan meninggalkan generasi yang lemah yang nanti menyulitkan banyak pihak. Bahwa generasi muda adalah harapan bangsa, harapan agama, harapan keluarga, pokoknya tumpuan segala harapan dan sekaligus estafet kepemimpinan. Students today leaders tomorrow. Hari ini banyak belajar dan esok hari menjadi pemimpin. Yang disebut generasi muda dari segi umur sekitar 10 sampai 30 tahun dan juga ada yang menyebut 15 – 39 tahun. Dari segi jumlah, sekitar sepertiga dari jumlah penduduk Indonesia, lebih kurang 80 juta adalah kalangan muda. Jika kita ingat kembali ketika peringatan hari Sumpah Pemuda tahun lalu, sungguh banyak sorotan terhadap generasi muda, baik melalui tulisan maupun lisan dalam diskusi-diskusi pakar di televisi. Sorotan terhadap generasi muda berkisar antara lain: lemahnya daya juang, ingin serba instant, mudah ditunggangi, tak sungguh-sungguh, tidak terampil, kurang etika dan sopan santun, banyak terlibat kriminalitas. Tentu tidak semua generasi muda seperti ini. Perihal etika dan sopan santun, sangat terasa akhir-akhir ini, anak-anak muda termasuk mahasiswa, tidak lagi menghargai orang tua-tua, tidak merasa hormat kepada guru dan dosen, kurang menyayangi sesama teman, sering tawuran. Harian Kompas 23 Agustus 2011 memuat tulisan dalam liputan khusus berjudul: Anak Muda

Pemimpin Umum H Yusrizal Koto Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab

Tun Akhyar

Wakil Pemimpin Redaksi Hasan Basril Pemimpin Perusahaan Hj. Bety Marlina Wkl Pemimpin Perusahaan Gerri Nasri Penanggung Jawab/Redaktur:FITRI MAYANI

hak. Kita lihat kondisi bangsa akhir-akhir ini, sarat krisis terutama krisis moral dan kepemimpinan. Pilar-pilar keadilan rontok satu persatu dengan indikasi hilangnya etika dan sopan santun, semakin banyak orang nekad dan anarkis. Hilangnya rasa malu dengan bermunculan orang-orang bermuka tembok, sehingga ada pomeo: keuangan yang maha kuasa dan kekuasaan yang maha esa. KKN telah membudaya dan menggurita ke semua aspek kehidupan. Uang seolah-olah sudah menjadi nabi, berebut kekuasaan dengan segala cara. Kejujuran dan rasa adil sudah jadi kerinduan. Terhadap indikasi ini generasi muda jelas ikut terlibat. Oleh sebab itu generasi muda saat ini yang dijuluki generasi penerus, rasanya

tidak pas, tidak klop. Bisa diartikan bahwa generasi muda kini akan meneruskan perilaku-perilaku yang tidak terpuji di atas yaitu krisis kepemimpinan dan krisis moral. Barangkali untuk sementara, sampai negeri kita ini pulih dari 'sakit', yang lebih tepat julukan terhadap generasi muda adalah generasi pelurus atau setidaknya generasi penerus sekaligus pelurus. Tulisan ini tentu memerlukan kajian mendalam karena menyangkut opini terhadap amoral. Namun setidaknya menjadi bahan renungan atau PR buat kita semua dalam rangka melihat generasi muda kita. Tidak ada maksud lain kecuali ingin generasi muda kita dapat memenuhi harapan semua pihak, yaitu benar-benar generasi yang tangguh, berprestasi, berilmu

dan terampil, sehingga mampu bersaing, sekaligus berakhlak mulia. Mudah-mudahan kita terhindar dari peringatan Allah dalam Al-Quran surat Annisa’ di atas. Insya Allah.

Tidak mungkin sebuah kebijakan dibuat untuk menghambat ataupun membuat susah seseorang. Dan pastinya Mendikbud telah menelaah matang-matang sebelum mengeluarkan kebijakan tersebut. Memang jika dilihat dari dampaknya, kebijakan publikasi jurnal ilmiah memilki lebih banyak hal-hal positif, seperti mendorong minat dan keterampilan menulis ilmiah para mahasiswa. Coba bayangkan apa kata dunia kalau mahasiswa Indonesia 'cuma pintar ngomong doang'. Di samping itu, kebijakan tersebut bertujuan untuk memperbanyak

produksi jurnal-jurnal ilmiah yang berkualitas serta menekan angka plagiat. Namun di sisi lain, pihak yang menolak kebijakan tersebut juga tidak bisa disalahkan. Alasannya dikhawatirkan hal itu justru akan semakin memperlama masa studi mahasiswa. Selain itu, jika dilihat dari sisi kesiapan infrastruktur yang dibutuhkan untuk publikasi, juga masih belum siap. Banyak perguruan tinggi (kampus) yang belum memiliki infrastruktur akses internet yang memadai. Terlebih lagi jika kita melihat perguruan tinggi yang lokasinya di kawasan pelosok atau pedalaman. Jangankan untuk publikasi jurnal ilmiah, untuk sekedar akses internet saja bagi

mereka masih begitu susah. Setidaknya kebijakan publikasi jurnal ilmiah ini memang telah menjadi semacam shock therapy bagi para mahasiswa. Walau harus jujur diakui bahwa saat ini secara umum perguruan tinggi di Indonesia belum semuanya siap melaksanakan kebijakan publikasi jurnal ilmiah tersebut. Solusinya, sebaiknya mulai dari sekarang Pemerintah menyiapkan dahulu infrastruktur yang dibutuhkan. Seperti halnya pembangunan jaringan internet di kawasan terpencil, pengembangan jurnal kampus, penyediaan quota internet khusus bagi kampus di pedalaman, dsb. Dan sebaiknya tidak ada sanksi bagi

mahasiswa atau kampus yang tidak melaksanakan kebijakan tersebut.

Jalan Tengah Kebijakan Publikasi Jurnal Oleh

Cipto Wardoyo

KEBIJAKAN Kemendikbud terkait kewajiban menulis karya ilmiah (jurnal ilmiah) sebagai syarat kelulusan studi bagi para mahasiswa adalah kebijakan pendidikan yang paling menyedot perhatian publik pada awal tahun ini. Kebijakan tersebut memang baru akan berlaku bagi mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 yang lulus setelah Agustus 2012, namun nyatanya kini sudah banyak pro dan kontra yang ditimbulkannya. Bahkan di antara kawan-kawan mahasiswa justru merasa terbebani dengan kebijakan tersebut. Kebijakan publikasi jurnal ilmiah memang bertujuan positif.

Surat Pembaca

Tertib Buang Sampah PERTAMA-tama terima kasih kepada Pemerintah Kota Pekanbaru yang telah menyediakan bak-bak penampungan sampah di banyak titik di kota ini. Ini sangat memudahkan kami para warga untuk membuang sampah sehingga tidak berserakan di tempat-tempat yang tidak semestinya. Namun ada yang sedikit mengganggu. Terutama bagi saya yang kebetulan 'diberi' bak penampungan sampah permanen tepat di depan rumah saya. Karena rumah saya berada di mulut jalan, bukan hanya sampah saya yang diletakkan di sana. Namun juga sampah warga lainnya di sekitar saya, dengan harapan akan diangkut oleh petugasnya. Persoalannya, warga membuang sampah mereka seenaknya dan tidak kenal waktu. Baru saja petugas kebersihan mengosongkan bak itu, datang lagi setumpuk sampah. Terkadang sampah-sampah itu mengeluarkan bau busuk yang menyengat sehingga meng-

Makin Tidak Sopan. Menunjukkan bahwa sopan-santun memang telah semakin jauh, walaupun generasi tua juga terlibat. Begitu pula harian Kompas 24 Agustus 2011 juga menulis dengan judul Generasi Bencana. Pesannya yaitu bahwa kita saat ini betul-betul dirundung banyak bencana, termasuk generasi muda. Namun generasi muda yang berprestasi tentu ada, terutama dalam bidang keilmuan dan juga prestasi-prestasi lain, walaupun jumlahnya masih minim dan individual. Kembali pada generasi muda sebagai generasi penerus, kita tentu tidak ingin opini publik ini dipertahankan atau akan diteruskan oleh generasi muda. Kita yakin dan optimis, generasi muda kita akan semakin baik dan dapat memenuhi harapan, asal semua pihak ikut bertanggung jawab dan berusaha keras. Terutama orangtua tidak lupa memberikan muatan agama kepada anaknya, juga mengarahkan kepada pemanfaatan waktu-waktu luang ke arah yang positif. Semua pihak juga harus bisa memberi teladan, termasuk guru dan dosen, tidak hanya mengajar tapi sekaligus mendidik. Pemerintah harus mendorong dengan memberikan kemudahan-kemudahan dan fasilitas yang diperlukan. Yang tak kalah penting tentulah anak muda itu sendiri harus ada kemauan dan mau berubah. Dengan demikian kita yakin dan optimis bahwa generasi muda akan menjadi generasi yang berprestasi, produktif dan berguna bagi semua pi-

ganggu kenyamanan saya sebagai warga. Tidak jarang pula sampah tidak dibungkus, tapi ditaruh begitu saja, sehingga mengundang binatang untuk datang seperti tikus, anjing dan lainnya. Sering pula sampah yang tidak dikemas dengan baik berserakan di jalanan sehingga merusak pemandangan. Saya berharap dinas terkait memperhatikan hal ini. Seingat saya, dulu pemerintah menerapkan jam tertentu untuk membuang sampah, yaitu malam hari hingga pukul enam pagi. Lewat dari jam itu, warga dilarang membuang sampah. Hal ini membuat kerja petugas kebersihan efektif dan hasilnya dapat dinikmati. Pada siang hari, kita tidak melihat sampah teronggok tinggi dan mengeluarkan baru tak sedap. Sementara di malam hari, petugas mengambil sampah-sampah yang diletakkan sejak sore tak akan terbiar lama di bak sampah. ANISAH Labuh Baru

Aib Timnas dan Keangkuhan PSSI RABU, Februari 2012, menjadi hari yang tidak pernah terlupakan bagi insan sepakbola Indonesia. Kenapa tidak, tim nasional yang diharapkan bisa mengharumkan nama bangsa justru takluk dengan skor cukup besar 10 gol tanpa balas atas Bahrain. Kekalahan ini tidak saja mematrikan posisi Merah-Putih di dasar klasemen grup kualifikasi Piala Dunia 2014, tapi mencatatkan rekor kekalahan terbesar Indonesia di kancah internasional sejak 1934. Indonesia sebelumnya pernah mengalami kekalahan ketika dikalahkan 2-9 saat melawan Belanda di Amsterdam 26 Juni 1938. Saat itu Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Kemudian pada 8 Agustus 1960, Indonesia kalah 3-8 dari Singapura. Kekalahan itu terjadi di ajang Turnamen Merdeka Grup B. Pada 3 September 1974, Indo-

nesia yang berkunjung ke Copenhagen, menelan kekalahan 0-9 saat berjumpa timnas Denmark. Dua tahun kemudian, konfrontasi Indonesia dan Malaysia berlanjut di kancah turnamen Merdeka. Indonesia bertekuk lutut 17, pada Agustus 1976. Empat tahun kemudian, Malaysia menjadi momok bagi Indonesia. Di pentas kualifikasi Olimpiade 1980 putaran II, Indonesia kembali menyerah 16 dari tangan Malaysia. Di pengujung abad ke-20, Indonesia kembali menderita kekalahan telak saat menjamu Mesir. Tim Garuda kebobolan enam gol di pentas Piala Presiden pada 11 Juni 1991. 16 tahun setelahnya, Indonesia kembali menelan kekalahan besar saat jumpa Suriah. Merah Putih kalah 0-7 di Damascus saat menghadapi negara Timur Tengah tersebut pada 18 November 2007. Kekalahan 1-7 juga didapat In-

Dewan Redaksi: H Yusrizal Koto, Tun Akhyar, Hasan Basril, Yurnaldi, Hj. Bety Marlina, Gerri Nasri. Ombusdmen: H. Aji Dheri. Redaktur Pelaksana: Idrus Yamin. Koodinator Liputan: Haspian Tehe. Redaktur: Bakhtaruddin, Delfi Indra, Zukri Subayang, Marzuli Adi, Akmal, Budi Suseno, Fitri Mayani, Ridwan Alkalam, Saaduddin Badra. Reporter: Andika, Doris Hamrawan, Dairul Riyadi, Adek Hernita, Ryan Yutri Varios, Zulfikri, Indra Jaya, Ibnu Hasan, Devi Surindra, Abdul Mutholib, Mokhtiar, Sekretaris Redaksi: Desi Arsianti, Yanti. Biro Daerah: Dumai: Parno Sali (Kepala), Yusrhel, Vernando, Megy Alfajrin .Pelalawan: Pandapotan Marpaung (Kepala), Giona Puga, Farikhin. Siak: Zulfahmi (Kepala), Soleman. Bengkalis: Andrias (Kepala). Indragiri Hilir: Mulyadi (Kepala), Muhamad Faisal. Indragiri Hulu: Prasetia (Kepala), Obrin B. Rokan Hilir: Asbinsyah Pasaribu (Kepala). Rokan Hulu: Paber Siahaan (Kepala), Maulana Ishaq. Kampar: Apriyaldi (Kepala), Rispondi. Kuantan Singingi: Dodi Kuswandi (Kepala), Reflizar. Meranti: Sawaluddin (Kepala) . Jakarta: Syafruddin AL (Kepala), Surya Irawan. Perwajahan/Pracetak: Pepen Prengky (Kepala), Erist, Andixer, Iskandar Zulkarnain, Abda Wiza, Rinto Armiko, Zulqifli, Alib Destiyono (Grafis).

donesia saat menjamu Timnas Uruguay dalam pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 8 Oktober 2010 lalu. Lalu siapa yang bertanggung jawab dengan kekalahan tersebut? Kisruh yang terjadi di tubuh PSSI yang mengakibatkan munculnya dualisme kompetisi di Tanah Air dinilai salah satu penyebab utama. Kenapa tidak, pemain yang seyogyanya memiliki kemampuan lebih baik, tidak boleh memperkuat timnas lantaran berkompetisi di liga yang dianggap ilegal. Djohar Arifin berdalih, FIFA melarang pemain-pemain ISL yang dianggap ilegal membela timnas. Sebuah alasan yang bertolak belakang ketika Safee Sali dipanggil dan diturunkan timnas Malaysia dalam laga persahabatan lawan Filipina (29/2). Safee Sali bergabung bersama Pelita

Pengamat Sosial & Keagamaan

Mahasiswa Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Kolom Kami

SAADUDDIN BADRA Redaktur Harian Vokal Jaya di kompetisi ISL, yang notabone tidak sah. Jika Safee masih dipanggil timnas Malaysia dan ternyata tidak ada akibat apa – apa padanya atau Federasi Sepakbola Malaysia, lalu ada apa dengan PSSI yang bersikeras bahwa FIFA telah melarang mereka menggunakan pemain ISL? Jadi semua ini salah siapa?

Iklan: Harmen Fadly (Manajer), Zulkifli (Staf Iklan), Soeparto HAR (Kepala Biro Iklan Jakarta) Edriwan (Koordinator Dumai-Duri), Dewi Susanti (Adm. Iklan), Sartana (Desain). Produksi: Feri Irawan, Prima Aldino, Hendra P, Marco MW, Suheri S, Suardi CS, Rudi A, Ilham M, Roy F, Alimi Wahid, Surya Darma. Sirkulasi: Nasruddin Syahri (Manajer), Irwansyah (Koordinator Dalam Kota), Herianto. Keuangan : Gusnety. Umum: Mufzi Boy. TI: Sudarmawan (Kepala), Bayu. Penasihat Hukum: Syamsul Rakan Chaniago SH,MH, Rudy P Tampubolon SH, Drs Mishar MSi, Zainal Abidin SH, Hasrizal. Litbang: Febry Sy. Alamat Redaksi: Jalan Durian No.16F Telp 0761 - 863466 Kota Pekanbaru. Kantor Dumai: Gedung YUBE Grup Jalan Cempedak No. 88 Dumai Telp 0765 - 439013. Percetakan: Jalan Palas Mekar Umban Sari No.9A Rumbai-Pekanbaru. Kantor Biro Redaksi Jakarta: Gedung IJW Lt.3 Jalan Proklamasi No.91 Jakarta Pusat 10320, Telp-Fax: 021 314 9874 Kantor Biro Iklan Jakarta: Gedung Maya Indah Jalan Kramat Raya No.3 G Jakarta Pusat Penerbit/Percetakan: PT. INTI VOKAL MEDIA. Tarif Iklan:Bisnis/Produk Rp9.000/mm kolom (BW) Rp15.000/mm kolom(FC); Sosial/Duka Cita/Ucapan Selamat : Rp8.000/mm kolom (BW) Rp10.000/mm kolom (FC); Iklan Baris : Rp15.000/baris (minimal 3 baris).

Redaksi Harian Pagi Vokal menerima tulisan, artikel, dari pembaca yang berisi usulan, saran dan kritikan yang membangun. Redaksi tidak memuat tulisan yang berisi hasutan, fitnah dan mengandung unsur SARA. Kirimkan tulisan anda melalui email: harianvokal@gmail.com atau antarkan langsung ke Kantor Redaksi Harian Pagi Vokal Jalan Durian No.16F Pekanbaru dan Gedung YUBE GROUP Jalan Cempedak No 88 Dumai. Perwajahan: PEPEN PRENGKY


HUKUM dan KRIMINAL SENIN

5

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

LINTAS PWI Dumai Ancam Pidanakan Bea Cukai DUMAI(VOKAL)-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kota Dumai mengecam Bea Cukai Dumai yang telah mengusir wartawan meliput pembongkaran barang bukti hasil tangkapan kain ball dan sejumlah barang tangkapan lainnya baru-baru ini. PWI Dumai menilai tindakan pengusiran oleh Bea Cukai telah melanggar Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers. Apa yang dilakukan oleh Staf KPPBC Dumai menurut Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Kota Dumai, Syafrizal telah menodai UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, khususnya Pasal 4 ayat (2) dan (3), yang menyebutkan bahwa pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi. "Dalam menjalankan tugas, wartawan atau pers dilindungi undang-undang. Jadi apa yang telah dilakukan itu bisa dianggap pelanggaran terhadap undang-undang, dan bisa dipolisikan. Karena setiap orang yang menghambat atau menghalang-halangi tugas jurnalis, sebagaimana diatur dalam pasal 18 ayat (1) dipidana penjara dua (2) tahun atau denda paling banyak Rp500 juta," terang Syafrizal, Minggu (4/3). Dikatakan pria yang panggilan akrabnya, Saf Jambang ini, seorang jurnalis dalam menjalankan profesinya dilindungi oleh hukum dan tidak boleh dihambat atau dihalang-halangi. Apa yang sudah dilakukan Staf Bea dan Cukai Dumai ini sudah merupakan tindakan yang menghalang-halangi kerja jurnalis dan melanggar UU Pers. Maka dari itu, pihaknya akan membawa persoalan ini keranah hukum jika pihak KPPBC Dumai memberikan klarifikasi tentang pengusiran yang sudah dilakukan Stafnya tersebut kepada awak media dalam menjalankan tugasnya sebagai kontrol sosial. “Wartawan itu dalam menjalankan profesinya tidak boleh mendapatkan tindakan yang bersifat menghalangi dan menghambat tugas wartawan, pada saat yang bersangkutan mencari, memperoleh dan menyebarluaskan gagasan dan informasi. Maka dari itu, jika persoalan ini tidak segera di tuntaskan maka kita juga akan membawa kasus ini keranah hukum,” tegas Safrizal.(rtc/rid)

Kontraktor Gugat Dinas CKTR Bengkalis BENGKALIS(VOKAL)-Kontraktor proyek proyek penimbunan tanah pada tahun anggaran (TA) 2011 lalu senilai Rp1,3 miliar, Markas Komando Distrik Militer (Kodim) Jalan Bantan Desa Sengoro, Kecamatan Bengkalis merasa terjebak proyek tak masuk Daftar Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD 2011. Merasa dibohongi, rekanan kontraktor inipun siapkan gugatan ke Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR) Kabupaten Bengkalis, selaku penyedia kegiatan. Akibatnya, hingga kini hasil pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan oleh rekanan tak dapat dibayar. “Kami tidak mengerti kegiatan itu dilelang, dan kita yang menang. Ketika pengurusan pencairan dananya selesai 80 persen kok tidak ada mata anggarannya ?,” tanya heran Alan, Pelaksana Paket Kegiatan tersebut, saat berbincang- bincang dengan sejumlah wartawan di Bengkalis, Minggu (4/3). Ditambahkan Alan, segala administrasi (dokumen) pencairan sudah diselesaikan. Alan sangat menyayangkan, jika pihak Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas CKTR belum juga membayarkan tahun 2012 ini. Oleh karena itu, Alan mengatakan menyiapkan gugatan ke Pemkab Bengkalis karena apa yang telah dikerjakan pihak dengan prosedur tetapi tidak dibayar. “Kita berencana akan menggugat dinas CKTR selaku Satker penanggungjawab. Dan ini jelas ada suatu kesalahan dan kelalaian dari pihak Satker sehingga rekanan yang telah bekerja dan juga telah menghabiskan uang. Tetapi tidak dibayar,” tegas Alan. Sementara itu, Kepala Dinas CKTR Kabupaten Bengkalis Syafril mengakui, memang benar hasil pekerjaan yang dilaksanakan oleh rekanan pada proyek penimbunan tanah Kantor Kodim itu belum dapat dibayarkan. Menyusul, mata anggaran untuk pelaksaan proyek, ternyata tidak ada dalam daftar DPA CKTR.(rtc/rid)

Penanggung Jawab/Redaktur:BAKHTARUDDIN

r Penangkapan tidak Profesional

Riana Polisikan Kapolsek Tenayan Raya

PEKANBARU(VOKAL)-Protes suaminya ditahan secara tidak profesional, Riana Boru Hutajulu akhirnya melaporkan Kapolsek Tenayan Raya Pekanbaru, Kompol Lilik Eko Putro ke Propam Polda Riau, Sabtu (3/3) pukul 18.00 WIB. Laporan itu karena suaminya Saut M Simamora ditahan satu hari mendahului dari surat perintah penahanan (sprinhan) yang dikeluarkan Kapolsek. LAPORAN: INDRA JAYA / PEKANBARU "Di dalam surat perintah penahanan tertera keputusan penahanan pada tanggal 4 Maret 2012. Tetapi anehnya, Sabtu tanggal 3 Maret 2012 jam 12 siang, suami saya sudah ditahan," ungkapnya seraya menyerahkan fotocopy Sprinthan tersebut," beber Riana Selain itu, Riana menuduh Kapolsek tidak profesional karena diduga telah berpihak kepada pihak pelapor, Acin Arifin alias Acin. Pelapor tersebut telah melaporkan suaminya, Simamora dalam dugaan kasus penggelapan dan penipuan tanggal 21 Februari lalu. Dalam Sprinhan yang diperlihatkan Riana kepada wartawan, tertera keputusan penahanan tanggal 4 Maret 2012. Sprinhan No.Pol: SPP/23/III/ 2012/Reskrim yang dikeluarkan pada tanggal 04 Maret 2012 itu berisi penahanan terhadap Saut Marihot Simamora karena berdasarkan bukti permulaan yang cukup diduga keras telah

melakukan tindak pidana "Penipuan dan atau Penggelapan" sebagaimana dimaksud dalam rumusan pasal 378 jo pasal 372 KUHPidana. Poin kedua Sprinhan disebutkan menempatkan tersangka di rumah tahanan negara Polsek Tenayan Raya Pekanbaru 20 (dua puluh) hari mulai tanggal 23 Maret 2012. "Ada apa ini? Hubungan pelapor dengan suami adalah mitra bisnis buah sawit. Anehnya lagi setelah kami memenuhi pemanggilan Polsek Tenayan Raya, suami saya langsung diproses dan hari ini juga pukul 12.00 WIB langsung dimasukkan ke tahanan Polsek Tanayan Raya," ujar Riana. Menurut ipar tersangka, Marbaga Tampubolon yang sekaligus selaku kuasa hukum yang ditunjuk keluarga, mengatakan penahanan terhadap Saut M Simamora seharusnya juga sekaligus menahan rekan bisnis, Acin Arifin alias Acin. Diceritakan Marbaga, semula, Acin diperkenalkan oleh temannya kepada Simamora dan Simaremare. Ketiganya lalu

melakukan perjanjian kerjasama bisnis tandan buah segar (TBS). Acin lalu memberikan uang sebesar Rp30 juta kepada Simamora dan Simaremare untuk membeli TBS. Modal itu nantianya akan dikembalikan dalam bentuk hasil penjualan TBS ke PKS (Pabrik Kelapa Sawit). Tetapi beberapa waktu berjalan, pengembalian uang Acin itu tersendat karena hasil penjualan tidak seperti yang diharapkan karena foktor cuaca. Tak Adil Lalu Acin mengajak Simamare berunding soal pengembalian uangnya itu di Markas Polsekta Tenayan Raya. Hanya berunding, tetapi Simaremare

hari itu juga (21 Pebruari 2012, Red) langsung dibuatkan berita acaranya dan langsung ditahan. "Uniknya, Simamora dibiarkan untuk mencari uang untuk mengembalikan pinjaman modal yang Rp30 juta itu. Ini kan secara tak langsung Kapolsek Tenayan Raya menyandera Simaremare. Tuduhan kita semakin kuat mengapa tidak ditangkap keduanya waktu itu, tetapi malah Simamora baru ditangkap hari ini," jelas Marbaga Tampubolon. Sementara itu, Kapolsek Tenayan Raya Lilik Eko P ketika dihubungi wartawan menegaskan tidak ada yang salah dalam prosedur penahanan tersangka Saut M Simamora. Sebab Sprinhan itu

pasti didahului oleh Surat Perintah Penangkapan (Sprin kap). "Sprinkap dan Srinhan itu bergandengan. Jadi masa sekarang ini namanya Sprinkap bukan Sprinhan. Besok bisa saja dengan penahanan itu sudah begitu prosedurnya," kata Lilik. Selanjutnya, jika surat yang dikeluarkan tersebut tidak sesuai dengan prosedur, Lilik mempersilahkan keluarga tersangka melaporkan hal itu ke Propam. Sebab ia akan bersedia mempertanggung jawabkan apa tindakkan yang telah diambil dan mempersilahkan keluarga tersangka melaporkan hal itu ke Propam terhadap apa tindakkan yang telah diambilnya terkait kasus tersangka.(ind)

INT

RENI "KILL BILL" DITANGKAP-Tersangka Penyerangan RSPAD, Reni alias "Kill Bill" (tengah) dikawal sejumlah petugas kepolisian berpakaian preman saat digiring di Polres, Jakarta Pusat, Minggu (4/3). Reni diduga turut mengatur serangan dalam insiden berdarah di RSPAD pada 23 Februari lalu.

r Razia Serentak Seluruh Polsek

50 Motor dan Pemilik Narkoba Diamankan PEKANBARU(VOKAL)-Razia rutin yang digelar Polresta Pekanbaru secara serentak di seluruh Polsek, Minggu (4/3) dinihari berhasil menjaring 50 sepeda motor dan seorang pengendara yang mengantongi narkoba jenis ekstasi. "Razia rutin dilakukan serentak di lima titik oleh jajaran Polsek masing masing. Tujuannya untuk menekan angka kriminalitas termasuk aksi balap liar di Pekanbaru," kata Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Adang Ginanjar melalui Kabag Ops Kompol Romel Hutagaol, Minggu (4/3). Romel menjelaskan, operasi rutin tersebut digelar untuk mencegah tindakkan kriminal dan aksi balap liar di jalanan. Operasi serentak dilakukan pukul 00.30 dinihari hingga selesai. Jajaran Polsek Payung Sekaki melaksanakan razia di Jalan Soekarno Hatta depan sekolak Dharma Yuda. Pe-

rempatan Jalan Soekarno Hatta dan Jalan Arifin Achmad digelar jajaran Polsek Bukit Raya dan Polsek Tampan. Selanjutnya di Jalan Hangtuah oleh Polsek Limapuluh dan Polsek Tenayan Raya. Jalan Sudirman Polsek Kota, dan wilayah pelabuhan

digelar razia pihak Polsek Senapelan dan Polsek Kawasan Sektor Pelabuhan (KSP). "Sasaran razia adalah narkoba, senjata api, senjata tajam (sajam), curamor dan aksi balap liar. Diharapkan melalui razia Pekanbaru tetap aman dan kondusif," jelasnya.(ind)

Perwajahan: ANDIXER


6

SENIN

HARIAN VOKAL

Umur Tanaman

Lama (Rp/Kg)

Baru (Rp/Kg)

3Tahun 4Tahun 5Tahun 6Tahun 7Tahun 8Tahun 9Tahun >=10 Thn

Rp1.212.93 Rp1.355,38 Rp1.450.74 Rp1.492.59 Rp1.549.80 Rp1.598.06 Rp1.648.86 Rp1.695.27

Rp1.242,94 Rp1.388,86 Rp1.486,55 Rp1.529,48 Rp1.588,10 Rp1.637,55 Rp1.689,64 Rp1.737,17 Sumber : Disbun Riau

USD AUD EUR HKD JPY KRW MYR SGD

9,154.00 9,889.07 12,195.87 1,180.41 11,274.79 8.22 3,057.45 7,340.23

Dampak Kenaikan BBM Mulai Terasa di Bulan Maret PEKANBARU (VOKAL) - Pemimpin Bank Indonesia (BI) Pekanbaru, Hari Utomo, memperkirakan, dampak kebijakan kenaikan harga BBM akan mulai terasa pada bulan Maret 2012. "Dampak kenaikan BBM akan mulai terasa bulan Maret, meski pemerintah berencana untuk menerapkannya pada April nanti," kata Hari Utomo di Pekanbaru, akhir pekan. Pemerintah sebelumnya telah mewacanakan untuk menaikan harga BBM pada bulan April

KURS Jual

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

r Harga BBM Belum Tentu Naik 1 April

Harga TBS

Mata Uang

EKONOMI

Beli 9,062.00 9,786.96 12,072.40 1,168.40 11,160.10 8.13 3,024.19 7,260.64

tahun ini. Menurut Hari, kemungkinan besar akan ada tiga gelombang kenaikan harga secara bertahap sebelum kebijakan diterapkan, pada saat ditetapkan dan setelah kebijakan diterapkan. "Biasanya ada espektasi pengusaha yang menyebabkan terjadi kenaikan

harga sebelum kebijakan diterapkan. Kemudian, harga naik lagi pada saat kebijakan sudah berlaku dan sesudahnya," kata Hari. Yang patut diwaspadai pemerintah, lanjutnya, adalah kenaikan harga setelah kebijakan diberlakukan karena seringkali merupakan ulah spekulan. "Biasanya setelah ada kebijakan, ada harga komoditas yang naik padahal tidak terkena dampak dari kenaikan harga BBM," ujarnya dikutip Antara. Ia menambahkan, kebijakan

Sumber : Bank Indonesia

LINTAS Muamalat Alokasikan UMKM Rp1 Triliun

PEKANBARU (VOKAL) - Bank Muamalat Cabang Pekanbaru pada tahun ini mengalokasikan Rp1 triliun untuk kredit usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Provinsi Riau. "Kredit untuk UMKM terus kami tingkatkan setiap tahun," kata Kepala Wilayah Bank Muamalat Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Bambang Kusnaidi, di Pekanbaru akhir pekan. Menurut dia, jumlah alokasi kredit UMKM Mualamat di Riau naik menjadi Rp1 triliun dibandingkan pada tahun 2011 yang mencapai Rp600 miliar. Ia menjabarkan, kredit UMKM itu dialokasi 30 persen untuk sektor perkebunan, 30 persen untuk konstruksi dan 40 persen untuk skim Muhammadiyah Enterprise. Menurut dia, pertumbuhan kredit UMKM bank tersebut sekitar 80 persen pada tahun ini. "Tahun lalu kredit UMKM kita hanya Rp 600 miliyar, tahun ini kita berharap tumbuh 100 persen, tetapi secara riil mungkin dalam bisnis plannya akan bisa tumbuh 60-80 persen," ujarnya. Ia menambahkan, Muamalat juga menjalin kerjasama dengan berbagai wira usaha di provinsi Riau untuk meningkatkan penyaluran kredit UMKM. Salah satunya, adalah kerjasama dengan Ikatan Pengusaha Wanita Indonesia (IWAPI) Provinsi Riau, dengan melakukan nota kesepahaman (MoU) untuk menjadi bank penyalur kredit bagi UMKM yang tergabung di dalamnya. "Kami berharap dengan adanya kerjasama ini pertumbuhan ekonomi dan wira usaha di Riau bisa bisa tumbuh, untuk itu berapapun yang mereka butuhkan kami akan sanggupi," katanya. (ant/bos)

ANDIKA

HARGA GULA NAIK - Di tingkat pengecer harga gula pasir beberapa hari telah naik Rp500 menjadi Rp11 ribu perkilogram. Menurut pedagang kemungkinan naiknya harga gula pasir karena pasokan yang berkurang. Foto yang diambil Minggu (4/3), seorang pekerja di sebuah kedai di Jl Rajawali tengah menimbang gula.

"Biasanya ada espektasi pengusaha yang menyebabkan terjadi kenaikan harga sebelum kebijakan diterapkan. Kemudian, harga naik lagi pada saat kebijakan sudah berlaku dan sesudahnya," Hari Utomo Pemimpin Bank Indonesia (BI) Pekanbaru kenaikan harga BBM belum mempengaruhi tingkat inflasi pada bulan Februari di Provinsi Riau. Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau sebelumnya menyatakan Kota Pekanbaru mengalami deflasi sebesar 0,58 persen pada Februari 2012. Deflasi disebabkan oleh penurunan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 3,55 persen dan kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar 0,05 persen. Kota Dumai pada Februari juga mengalami deflasi sebesar 0,62 persen. Deflasi di Dumai disebabkan oleh penurunan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 2,98 persen dan kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga sebesar 0,09 persen. Tingkat inflasi Kota Pekanbaru dan Dumai masing-masing menduduki peringkat ke 9 dan 8 se-Sumatera dari 16 kota yang menghitung Indeks Harga Konsumen (IHK). Belum tentu April Secara terpisah, Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis mengungkapkan pembahasan Rancangan Anggaran Pendapa-

tan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2012 akan melalui rapat paripurna pada Selasa (6/ 3). Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan antarkomisi setelah agenda rapat paripurna. "Direncanakan, 26 Maret sudah selesai," jelasnya, ketika dihubungi, Jakarta, Minggu (4/3). Menurut Harry, rencana pemerintah menaikkan harga BBM pada 1 April akan mengalami penundaan apabila belum ada penetapan dalam perubahan APBN-P 2012."Apabila disahkan pada 5 April, pemerintah tidak bisa menaikkan harga BBM. Kalau menaikkan, berarti melanggar APBN 2012," tegasnya. Ia menjelaskan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2012 telah diserahkan kepada DPR pada Jumat lalu (2/3). Pengajuan revisi, sambung Harry, diikuti dengan mengambil langkah mudah yakni menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). "Padahal sudah sejak Oktober 2011 (sudah enam bulan), ada rencana pembatasan, konversi maupun penaikan harga BBM," tuturnya. (ant,miol,bos)

Riau Air Terbang Lagi Dinilai Hanya 'Angin Surga' Gubernur MASKAPAI Riau Air yang menjadi kebanggaan masyarakat Riau, sejak April 2011 silam sampai kini tidak mengudara dikarenakan krisis keuangan. Dalam suasana yang penuh ketidakjelasan tersebut, Gubernur Riau dengan penuh optimisme mengatakan Riau Air akan terbang kembali. LAPORAN: DAIRUL / PEKANBARU Tercatat sudah dua kali gubernur 'mendeklarasikan' bakal kembali terbangnya Riau Air. Pertama di bulan Oktober 2011 silam yang ternyata tak terbukti. Untuk kedua kalinya, gubernur membuat pernyataan sama bahwa Riau Air akan terbang di bulan Maret ini. Sampai sejauh ini pernyataan gubernur itu juga tak terbukti. "Saya memang mendukung jika benar apa yang diutarakan Gubernur Riau, bahwa itu Riau Air akan terbang di bulan Maret 2012. Tapi yang menjadi pertanyaan saya itu dananya dari mana, karena diketahui Riau Air krisis keuangan," kata Sekretaris Komisi B DPRD

Riau, Ramli FE selaku kepada Harian Vokal, Minggu (4/3). Ketua DPW PBR Riau ini via ponsel mengatakan, sejak APBD Riau 2012 disahkan, tidak ada lagi dana dikucurkan untuk Riau Air. Sehingga pernyataan gubernur di atas terkesan hanya 'guyonan' saja. Sebab sampai saat ini pihak donatur dimaksud belum juga ada. "Inikan artinya, kembali 'angin surga' yang diutarakannya oleh Pemprov Riau melalui gubenur. Sebaiknya, jangan memberikan janji-janji jika tidak ada kepastian pihak mendanai sebab APBD Riau tidak dikucurkan," katanya. Apa sebaiknya Riau Air ditutup saja karena telah menyedot milyaran dana APBD ? Ramli yang juga Ketua Kadin Pelalawan ini

mengatakan tidak sependapat. Karena Riau Air marwah daerah yang mesti dipertahankan. "Yang perlu dibenahi di sini adalah aturan main dalam mengelola Riau Air. Kendati ada niat mengganti Dirut Riau Air, hal ini menurut saya tidak menjadi jalan keluar. Apalagi ada niat sampai menutup, inikan marwah," katanya. Hal senada diutarakan anggota Komisi B DPRD Riau Hazmi Setiadi. Katanya, keinginan Gubernur Riau HM Rusli Zainal untuk kembali menerbangkan Riau Air di bulan Maret adalah mustahil. "Tidak yakin saya akan

terbang pada bulan Maret ini. Karena diketahui pesawat yang menjadi persyaratan terbang oleh Departemen Perhubungan belum ada. Lagi pula kini Riau Air sedang krisis keuangan," katanya. Hazmi yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Riau ini menyampaikan, hendaknya jangan memberikan janji-janji untuk diterbangkan, jika belum ada kepastian. Apalagi diketahui, persyaratan Riau Air untuk beroperasi minimal harus ada sebanyak 10 unit pesawat. "Inikan artinya sangat aneh. Pesawat belum ada, tetapi diumbar akan terbang pada bulan

Maret. Bahkan, pesawat yang kabarnya ada di Jakarta itu boleh dikatakan tidak ada. Ini yang menjadi pertanyaan kita," katanya. Ramli mengatakan jika ada pihak-pihak yang ingin Riau Air ditutup saja. Itu sah-sah saja karena melihat kondisi Riau Air yang tidak kunjung membaik. Malah, kian tahun APBD Riau disedot. Politisi PAN ini mengatakan, hendaknya sebelum diterbangkannya Riau Air nanti pada bulan Maret seperti permasalahan melilit di tubuh maskapai ini harus diselesaikan. Sehingga ke depannya, di saat eksis tidak terjadi polemik. (***)

INT

BNI PRABAYAR - Seorang petugas melayani isi ulang kartu BNI Prabayar (prepaid) Java Jazz di arena Java Jazz Festival 2012 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (3/3 ). Bank Indonesia mendorong pertumbuhan "Cashless Society" atau penggunaan transaksi non tunia di Indonesia. BNI Prepaid Java Jazz merupakan salah satu varian kartu prepaid yang di miliki BNI untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam bertransaksi.

Penanggung jawab/redaktur: BUDI SUSENO

Perwajahan: ABDA


7

SAMBUNGAN SENIN

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433

Tekuk Filipina 3-0, Indonesia ke Semifinal BANDAR SRI BEGAWAN (VOKAL)-Timnas Indonesia akhirnya sukses melangkah ke babak semifinal Hassanal Bolkiah Trofi 2012 usai menekuk Filipina dengan skor telak 3-0. Di semifinal Indonesia sudah ditunggu Vietnam yang lebih dulu lolos di Grup B. Indonesia menghadapi Filipina dalam pertandingan terakhir Grup A Hassanal Bolkiah Trofi 2012 yang dihelat di Stadion Has-

sanal Bolkiah, Minggu (4/3) malam WIB. Dua gol diciptakan Andik Vermansyah dan satu gol lainnya oleh Yoshua Pahabol.

Gol pertama tim Garuda Muda tercipta saat pertandingan memasuki menit ke-17. Andik berhasil memanfaatkan bola liar dari tendangan bebas pemain Indonesia yang membentur kaki pemain belakang Filipina melalui sundulannya. Tim asuhan pelatih Widodo C. Putro ini terus melakukan

serangan. Lapangan yang licin membuat beberapa pemain depan Indonesia jatuhbangun. Andik hampir membuat gawang Filipina kembali kebobolan, tapi tendangan kerasnya masih bisa ditepis kiper lawan. Filipina pun terus mencoba membangun serangan balik, tapi bisa dipatahkan

pemain belakang Indonesia. Memasuki menit ke-44, wasit memberikan hadiah penalti kepada Indonesia, setelah pemain belakang Filipina melakukan pelanggaran terhadap Andik. Andik, yang melakukan eksekusi penalti dua kali, karena sempat dianulir wasit, berhasil membuat Indonesia unggul 20. Memasuki menit-menit akhir, Indonesia kembali mendapat

kesempatan menambah keunggulan. Namun gol Achmad Faris dianulir wasit karena terjebak offside. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir. Pada babak kedua, serangan yang dibangun Andik dan kawankawan membuat Filipina kewalahan. Filipina pun bernafsu melakukan serangan balik, tapi selalu kandas. Sebaliknya, Indonesia malah menambah gol pada

menit ke-63 melalui tembakan Yoshua Pahabol setelah memanfaatkan bola rebound dari Andik. Hingga pertandingan usai, keunggulan tiga gol Indonesia tetap tak berubah. Dengan demikian, Myanmar dan Indoensia berhak melaju ke babak selanjutnya. Di pertandingan lainnya, laga antara Myanmar berhadapan dengan Singapura berakhir imbang tanpa gol. (inc,tci,rus)

Demokrat...........................................................................................................................................................................................Sambungan Hal 1 "ITU hanya oknum-oknum DPD yang tidak bertanggung jawab saja menyampaikan hal seperti itu dan ini merupakan kesalahan besar yang mereka lakukan sehingga kondisi politik di tingkat kecamatan tidak kondusif," tandas Agus, Minggu (4/3). Agus mempertanyakan apa dasar Supirman menyatakan bahwa 12 PAC sudah menyatakan dukungan untuk Firdaus, sedangkan titik temu antara PAC dan calon yang akan diusung saja belum berjalan dengan baik. Saat ini, ungkap Agus, DPC belum menyatakan menolak dan juga menerima Firdaus sebagai calon ketua DPC PD Pekanbaru. Untuk memberikan dukungan, tentu mereka harus melihat terlebih dahulu visi dan misi Firadus ke depan dalam menjalankan roda partai. "Jika menjelang Muscab nantinya titik temu antara PAC dan Firdaus MT belum ketemu, saat ini sudah ada dua calon yang siap untuk maju dengan menggunakan 9 hak suara yang dimiliki PAC," beber Agus. Penegasan yang sama juga dilontarkan Ketua PAC PD Bukit Raya Ridwan Sembiring. Sebagai ketua tim perumus di tingkat PAC, Ridwan juga be-

lum memberikan kesimpulan siapa yang akan didukung pihaknya pada Muscab PD Pekanbaru Sabtu (10/3) nanti. "Saat ini baru hanya tiga PAC yang menandatangani surat kesepakatan mendukung Firdaus menjadi ketua DPC PD Pekanbaru. Tapi kenapa DPD sudah menyatakan 12 PAC sudah memberikan dukungan. Ini pembohongan publik yang dilakukan DPD kepada kader Demokrat," tandas Ridwan. Tiga PAC yang sudah memberikan dukungan, sebut dia, adalah PAC Kota Pekanbaru, Limapuluh dan Marpoyan Damai. Selebihnya belum memberikan pernyataan dukungan. "Dari mana DPD menyatakan seluruh PAC telah memberikan dukungan penuh untuk Firdaus? Kami saja saat ini baru merumuskan kesepakatan. Ini sangat kami sayangkan," tutur Ridwan. Kebijakan Partai Wakil Sekretaris DPD Demokrat Riau Supirman yang juga Korda Pekanbaru, yang dikonfirmasi Minggu (4/3) malam, membantah pihaknya pernah menyatakan 12 PAC sudah membuat pernyataan mendukung Firdaus. Menurut dia, hanya kesepakatan bersama yang ditetapkan Tim Perumus DPD I dan

DPD II serta utusan 3 PAC yang mewakili 12 PAC untuk mendukung Firdaus. Utusan Tim Perumus dari 3 PAC juga ditunjuk oleh 12 PAC untuk mewakili mereka. Di situ dicapai kesepakatan dan sudah ditandatangani perwakilan 3 PAC di Tim Perumus yang mengakomodir kepentingan-kepentingan PAC nanti. Tim Perumus yang rapat sekitar Kamis lalu, beber Supirman, terdiri dari Chaidir, Supirman, Indra Rukmana, Suratini Sulesdianingrum, 3 perwakilan PAC mewakili 12 PAC. Ketiga perwakilan PAC itu adalah Bambang Mulyono, Agus S dan Ridwan Sembiring. "Jadi dalam rapat Tim Perumus ini sudah disepakati untuk mengusung Firdaus dan mereka sudah tanda tangan hasil kesepakatan ini. Yang mereka tanda tangan itu hasil kesepakatan Tim Perumus. Jadi 3 PAC ini bertugas menyosialisasikan hasil tim perumus ke seluruh PAC," jelas Supirman. Ia menegaskan, PD mengusung Firdaus murni kebijakan partai. "Ini murni kebijakan partai. Tak ada kepentingan pihak-pihak tertentu, " tuturnya lagi. Namun Ketua DPC PD Pekanbaru Suratini Sulesdianin-

grum yang dikonfirmasi via telepon, Minggu siang, terkait penolakan surat pernyataan dukungan kepada Firdaus oleh 9 PAC PD ini, tidak menjawab. SMS konfirmasi Harian Vokal juga tidak ditanggapi Suratini. Silakan Saja Sekretaris DPD PD Riau Koko Iskandar yang dihubungi terpisah terkait tudingan pembohongan publik DPD PD Kota oleh 9 PAC ini, mempersilakan DPC membuat sikap sendiri. Namun DPP, DPD dan DPC sudah bulat mendukung Firdaus menjadi ketua DPC PD Pekanbaru. Apalagi, sebut Koko, dalam pertemuan-pertemuan sebelumnya dengan PAC, mereka juga sudah setuju mendukung Firdaus menjadi ketua DPC. "Jika saat ini ada bantahan dari PAC yang mengatakan belum memberikan dukungan, itu silakan saja PAC memiliki sikap sendiri. Namun sikap dari DPP, DPD dan DPC sudah bulat mendukung Firdaus menjadi ketua DPC Pekanbaru," tegas Koko kepada Harian Vokal, kemarin. Apakah kondisi ini nanti tidak akan memicu keributan di antara kader PD seperti terjadi saat Muscab PD di Kuansing dan Inhil, menurut Koko, Insya Allah tidak akan terjadi

Terjun..........................................................................................Sambungan Hal 1 PUTIN seperti halnya ayahku atau punya mimpi untuk hidup lebih baik," ujarnya. Kseniya adalah anak dari ikon politik Rusia, Anatoly Sobchak, mantan Walikota St. Petersburg. Sobchak adalah orang di belakang kemunculan kembali Putin di peta perpolitikan Rusia pada tahun 1990. Gadis berambut pirang ini pada 2008 menghebohkan Rusia dengan foto bertajuk A Blonde in Chocolate. Ia tampil terlentang di lantai putih dengan stileto dan

berpakaian sangat minim dengan tanpa penutup dada. Namun kepada CNN, ia mengaku sebagai pecandu politik ketimbang pecandu fashion. "Selama tahun-tahun 'Paris Hilton'-ku, aku selalu mengatakan bahwa aku lebih baik dalam bisnis pertunjukan dan lebih baik melakukan beberapa hal yang orang akan menyebutnya cheesy. Tapi aku tidak akan melakukan sesuatu untuk mengkhianati selera politikku," ujarnya.

Demi terjun ke dunia politik, Kseniya pun mengubah penampilan. Jangan harap lagi dia mengenakan busana ala kadarnya dengan belahan dada rendah, karena kini dia lebih sering tampil dengan setelan warna hitam dan rambut pirangnya diikat ke belakang. Siapa yang bakal didukungnya? Dia awalnya berteka-teki. Dalam sebuah video berlabel I am Voting for... ia tampil dengan rambut acak-acakan, Tshirt melorot dari bahunya,

melihat lurus ke kamera dengan tatapan kusut, dan mengatakan akan memberikan suara untuk "calon" (nama tidak disebutkan) yang "baik hati" dan telah membantu Rusia "untuk hidup lebih baik". Namun akhirnya ia mengaku juga. Pilihannya jatuh pada miliarder Mikhail Prokhorov. "Saya tidak berpikir bahwa Prokhorov akan menjadi presiden," ujarnya sembari tertawa. "Tapi dia tampan dan aku akan memilih dia! Mengapa tidak?" (tci/rus)

Insiden........................................................................................Sambungan Hal 1 STATEMEN di atas dikutip dari buku 'Andaikan...Aku atau Anda Gubernur Kepala Daerah' yang ditulis Prijanto, Wakil Gubernur DKI Jakarta yang mengundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir. Buku setebal 308 halaman itu diluncurkan Prijanto pada 12 Desember 2011 silam setelah ia resmi mundur sebagai orang kedua di DKI Jakarta. Dalam buku itu, di halaman 46, Prijanto yang di DKI Jakarta menjadi orang kedua di bawah Gubernur Fauzi Bowo, juga 'curhat' dengan menyatakan rasa irinya pada keharmonisan hubungan Gubernur Jatim Soekarwo atau Pakde Karwo dan Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul. "Tidak boleh ada celah yang bisa memecah belah posisi gubernur dengan wakil, baik secara lahirian maupun batiniah. Penampilan secara fisik, kerja, ataupun dalam kehidupan sosial. Sebaiknya seperti Pakde Karwo dengan Gus Ipul, gubernur dan wakil gubernur Jatim yang tampak seiring sejalan," tulis Prijanto, pensiunan jenderal bintang dua TNI itu. Soal ketidakseiring sejalan itu memang sudah menjadi 'penyakit' dalam hubungan seorang kepala daerah dan wakilnya, termasuk di Provinsi Riau. Data Kementerian Dalam Negeri ini patut kita renungkan: pada 2010 tercatat 244 pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang terpilih. Sebanyak 93,85 persen pasangan tak berlanjut sampai akhir masa jabatan, hanya 6,15 persen yang menun-

taskan tugas secara bersama, sisanya "pisah" di tengah jalan. Saya menilai 'insiden Jumat' ketika Sekdaprov memerintahkan Satpol PP untuk mengusir dan mengamankan Wakil Gubernur Riau, adalah buktitidak harmonisnya lagi hubungan Mambang Mit sebagai wagubri dengan Gubernur Rusli Zainal. Sebab, manalah mungkin seorang Sekdaprov berani dan amat lancang mengusir wagubri. Tentu akan muncul banyak pertanyaan di balik memburuk dan 'pecah kongsi'nya antara Gubri dan Wagubri. Mengingat duet ini pada awalnya dinilai sebagai pasangan serasi 2008-2013, karena Mambang Mit adalah Sekdaprov semasa periode pertama Rusli Zainal menjadi Gubernur. Ketika Mambang menjadi Sekdaprov, semua orang tahu bahwa Gubri Rusli Zainal tengah 'perang dingin' dengan wakilnya kala itu, yakni Wan Abubakar, yang kini jadi Anggota DPR-RI. Alhasil, saat ia dirangkul Rusli menjadi duetnya untuk Pilgubri 2008, semua orang meyakini pasangan itu akan langgeng, karena berangkat dari kondisi dan pengalaman ketidakakuran Rusli dengan Wan Abubakar di periode pertama 2003-2008. Tapi, ternyata perjalanan waktu membuktikan sebaliknya. Bulan madu pasangan tersebut hanya sesaat. Bibit-bibit ketidakcocokan terus mencuat dan menjadi konsumsi publik hingga akhirnya munculah

"Insiden Jumat" berupa pengusiran oleh Sekdaprov, satu hal yang sesungguhnya sangat memalukan dan dapat dianggap sebagai 'kecelakaan politik' di Provinsi Riau. Sekalipun dalam kasus ini bukan langsung dilakukan oleh Gubernur terhadap wakilnya, namun secara tersirat tidaklah mungkin seorang Sekdaprov berani bertindak demikian kalau bukan tak ada sinyal dari atasannya. Bak kata peribahasa, "takkan ada asap, kalau tak ada api." Apalagi jabatan Sekdaprov adalah posisi tertinggi karir seorang birokrat, sehingga pastilah ia mengerti dan paham dengan tatakrama pemerintahan. Saya menilai pada hakikatnya, semua keretakkan ataupun 'pecah kongsi' antara kepala daerah dengan wakilnya, terletak pada pemaknaan dalam menyikapi kekuasaan. Ada ketidakrelaan berbagi kewenangan di satu pihak, dan keinginan untuk mendapat kejelasan bidang-bidang kekuasaan di pihak lain. Semua sesungguhnya tergantung pada sikap dan apresiasi individual satu sama lain, di samping implementasi "akad" saat keduanya "dikawinkan" pada awal proses pencalonan. Lalu mengapa atmosfer demikian terus berlangsung? Karena undang-undang memang memosisikan seorang wakil hanya seperti "ban serep", tidak mendapat porsi pekerjaan dan kewenangan yang memadai. Kalau kebetulan gubernur, bupati atau wa-

likotanya bijak untuk berbagi kewenangan, tentu tidak ada masalah yang muncul. Pada sisi lain, jika sang wakil menunjukkan gelagat rivalitas, bisa diperkirakan letupan ekspresi interaksi seperti apa yang bakal berlangsung. Ketidakharmonisan pun akhirnya menjadi "virus" biasa dalam perjalanan kepemimpinan pasangan kepala daerah. Sehingga pada akhirnya, efektivitas dan efisiensi dari sudut pandang manajemen penting untuk dikedepankan, tentu di luar faktor-faktor politik yang lebih memahkotakan sharing kekuasaan dalam jabatan wakil kepala daerah. Jika memang posisi seorang wakil dengan porsi kewenangan yang hanya mirip "ban serep" dianggap tidak penting atau tak efektif, ini perlu untuk ditinjau dan direvisi. Artinya, tak perlu dalam UU Pemilukada ada penegasan 'paket' kepala daerah dan wakil kepala daerah. Cukup kepala daerah saja. Jika di perjalanannya dinilai penting atau dibutuhkan, maka, kepala daerah boleh untuk menunjuk dan mengangkat seorang wakilnya. Tapi bila tidak, fungsi-fungsi 'mewakili' itu cukup dijalankan oleh sekretaris daerah yang memiliki kompetensi karier dalam jalur keteknisan birokrasi. Hal itu persis dengan kejadian pelantikan pejabat Pemprov Riau Jumat pekan silam, di mana Gubri mewakilkan untuk melantik kepada Sekdaprov, bukan wakil Gubernur! ***

Ancam.........................................................................................Sambungan Hal 1 JEFRY kemudian bertanya kepada korban. "Saya kok tidak lulus." Belum sempat korban menjawab, tangan pelaku yang memegang buku sudah memukul ke bagian muka korban. Menurut korban, pelaku memang memukul dengan buku, tapi tinju pelaku juga mengenai wajah korban sehingga mengenai dagu sebelah kanan lalu menggelincir ke sebelah kiri. Korban lalu bertanya kepada pelaku, kenapa dirinya dipukul padahal ia belum menjawab. Pelaku lalu mengatakan, "Awas kamu kalau saya tidak lulus, saya bunuh kamu." Kemudian korban menjawab, "Kalau kayak gitu saya akan lapor ke Polda." Pelaku ingin kembali memukul korban, untung saat itu pelaku dipegang seseorang. Namun pelaku tetap bersuara. "Laporkan sana, saya tidak takut," kata Yusrizal menirukan perkataan pelaku. Menurut korban, pelaku memukulnya karena tidak terPenanggung Jawab/Redaktur: IDRUS YAMIN

ima dirinya tidak lulus mata pelajaran Hukum Adat. Jefry tidak diluluskannya karena beberapa alasan, karena pelaku jarang masuk dan saat belajar Jefry sering mencontek. "Terlepas dari dirinya bupati, saya kan dosennya. Saya berharap Presiden, Mabes Polri menyikapi ini bagaimana seorang bupati bersifat premanisme". Terkait persoalan yang menimpa dirinya, korban yang juga anggota Ikatan Advokat Indonesia (IAI) sudah melaporkan kejadian ini kepada ketuanya. "Mereka menyatakan akan menyokong saya," papar korban. Kapolda Riau Brigjen Suedi Husein yang dikonfirmasi melalui Kabid Humas AKBP S Pandiangan membenarkan adanya laporan korban. Menurut Pandiangan, polisi akan melakukan penyelidikan dan pengembangan atas laporan dosen STIH tersebut. "Laporan itu benar ada. Sekarang Polisi akan melaku-

kan penyelidikan dengan memanggil saksi-saksi untuk dimintai keterangan," kata Pandiangan kepada Harian Vokal, kemarin. Akan Ditindaklanjuti Ketua Yayasan Persada Bunda, Pekanbaru, Haznil Zainal, SE, MM, ketika dikonfirmasi mengaku ada mendapat informasi tentang dosennya Yusrizal melaporkan Jefry Noer ke Polda Riau. Namun dia tidak tahu persis kejadiannya seperti apa karena saat kejadian Haznil tidak berada di kampus. "Yayasan tentu akan menindaklanjuti persoalan ini. Bagaimana duduk persoalan sebenarnya, yang salah tentu ada sanksi. Tapi untuk lebih lengkapnya silakan tanya Pak Didi Fikri (Sekretaris Yayasan, red) dia mungkin tahu," kata Haznil lagi. Sementara itu, tokoh masyarakat yang juga Ketua Lembaga Adat Rantau Kampar Kiri Tarlaili mengatakan, persoalan ini harus dilihat jernih. Bila Jefry tidak menampar dosennya

dan hanya menggertak akan menampar kalau nilainya tak keluar, seharusnya tak perlu dibawa oleh dosennya ke polisi. Cukup diselesaikan di pihak akademik di kampus. Setiap orang bisa saja kesal, karena mungkin sudah 2 tahun nilai ujiannya tidak keluar. Padahal kawan-kawan yang lain sudah keluar. "Masa nilainya sendiri tak dikeluarkan. Ada apa. Kalau tak lulus, bilang tak lulus. Jangan digantung-gantung begitu. Dosen harus memberikan teladan yang baik. Kalau ada dendam di luar, jangan dibawa ke kampus. Tak baik begitu. Kalau Pak Jefry tak ada menampar, hanya mau menggertak saja tak perlu dilapor ke Polda. Selesaikan saja antara mahasiswa dengan dosen. Kecuali ada pemukulan, baru lah tepat dilaporkan ke polisi," kata Tarlaili yang juga Wakil Sekretaris Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau ini. (ind,and)

lagi. "Kita sebelumnya dari DPD dan DPC sudah melakukan pendekatan dengan PAC. Dan hasilnya, mereka sudah komit mendukung Firdaus menjadi ketua DPC PD Pekanbaru," kata Koko. Namun Firdaus yang disebut-sebut calon kuat ketua

DPC PD Kota Pekanbaru ketika dikonfirmasi Harian Vokal, kemarin, terkait penolakan klaim DPD PD ini, menolak mengomentari persoalan tersebut. Ketua Panitia Muscab DPC Demokrat Pekanbaru Irwan Chandra menyatakan, panitia sudah 100 persen melaksanakan

Muscab DPC PD Pekanbaru, Sabtu (10/3). Panitia tinggal menentukan tempat dan lokasinya Muscab karena saat ini seluruh hotel di Pekanbaru pada hari Sabtu sudah diboking semua. "Kita akan berusaha semaksimal mungkin menggelar Muscab di Pekanbaru," tutur Irwan. (***)

Tipikor......................................................Sambungan Hal 1 "INI harus jadi perhatian penuh. Harus kita cek kesalahan ada di mana, jaksa atau hakim yang memberi pertimbangan yang tidak menguntungkan bagi terdakwa. Atau memang tidak layak kasusnya diproses di pengadilan," sebut Emerson. Menurutnya, jaksa yang berada di Kejaksaan setempat kerap memaksakan perkara korupsi dengan nilai kerugian keuangan negara minimum untuk masuk ke pengadilan yang khusus menyidangkan perkara korupsi. "Kasus terakhir di Bandung yang hanya korupsi Rp500 ribu tetap dipaksakan. Ini agak naif. Sebenarnya ada banyak kasus korupsi kelas kakap di daerah yang tidak diproses. Tapi kenapa jaksa membawa kasus itu di Pengadilan Tipikor," ketusnya. Emerson berharap Ketua MA Hatta Ali menunjukkan komitmennya terkait kinerja para hakim khususnya di Pengadilan Tipikor. "Kalau Pak Hatta Ali punya komitmen pemberantasan korupsi, dia harus perhatikan betul vonis-vonis hakim di daerah. MA harus mengevaluasi hakim karir dan ad hoc di Tipikor," ujarnya.

Desak Transparan ICW juga meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) tidak menutup-nutupi kasus dugaan korupsi mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Dhana Widyatmika. Kejagung diminta terus memproses kasus Dhana. "Siapa pun yang terlibat harus diproses. Entah itu atasannya, perusahaan-perusahaan, atau pihak-pihak terkait lainnya, semua harus diproses," kata Emerson Juntho, kemarin. Menurut Emerson, kasus ini mengingatkan pada kasus Gayus Tambunan, di mana banyak perusahaan yang tidak diproses. Dia juga menyebut adanya kemungkinan suap antara perusahaan-perusahaan dengan Dhana yang mantan pegawai pajak. "Selama ini yang diproses hukum hanya pegawai negeri saja, utamanya pegawai pajak. Pengadilan tidak terdorong untuk menyelidiki perusahaan-perusahaan yang dibantu atau pihakpihak lainnya," tambah Emerson. ICW juga mendesak Kejagung melakukan pembekuan aset dan harta kekayaan Dhana, yang dijuluki The Next Gayus. "Kami mendorong adanya

RUU Perampasan Aset sehingga walaupun aset disita, pengelolaan bisa tetap berjalan tanpa mengganggu proses peradilan," kata Emerson. Kejaksaan mencurigai Dhana mengumpulkan kekayaan melalui beragam modus kejahatan seperti gratifikasi, suap, pemerasan, korupsi, penyalahgunaan wewenang, maupun pencucian uang. Sebelumnya, Kejagung menahan tersangka kasus korupsi di Dirjen Pajak Dhana Widyatmika. Dhana sendiri saat ini sudah ditahan di Rutan Salemba, setelah menjalani dua kali pemeriksaan. Penahanan berlangsung selama 20 hari, terhitung mulai 2 Maret sampai 21 Maret 2012. "Dari hasil pemeriksaan, penyidik berpendapat bukti cukup kuat mendukung tindak pidana yang disangkakan," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung M Adi Toegarisman. Kejagung berjanji akan menelusuri harta kekayaan, alat bukti, dan barang bukti. "Dikhawatirkan ada halhal yang bisa menghambat kegiatan penyidikan seperti tersangka menghilangkan barang bukti," kata Adi. (dtc,vnc,rus)

Uji .............................................................Sambungan Hal 1 SELAIN Jembatan Siak III, tim gabungan, Sabtu kemarin, juga meninjau kondisi Jembatan Teluk Masjid dan Jembatan Sultan Syarif Hasyim (Jembatan Perawang, red). "Setelah meninjau Jembatan Siak III bersama-sama Kasubdiv Jalan dan Jembatan Dirjen Bina Marga Kementerian PU Irwan Jarkasi dan timnya, juga dari LPJK Riau, tadi kita sama-sama sepakat bahwa hasil uji lengkap Jembatan Siak III akan diumumkan akhir April nanti. Apakah Jembatan Siak III aman untuk dilalui, aman dengan perbaikan atau tidak aman untuk dilalui," ungkap Kadis PU SF Hariyanto kepada Harian Vokal via telepon, Sabtu (3/ 3) malam. Tim gabungan yang melakukan uji lengkap terhadap Jembatan Siak III, jelas Hariyanto, berasal dari banyak unsur, seperti dari peneliti dan akademisi dari UGM, ITB, LPJK, Kementerian PU dan Dinas PU Riau. "Dalam waktu dua bulan ke depan hasil penelitian dan uji coba tim itu akan diumumkan. Tim gabungan itu segera bekerja dan secepatnya mengeluarkan hasilnya," kata Hariyanto. Hariyanto berharap warga masyarakat bersabar menunggu hasil penelitian tim gabungan karena ini semua dilakukan untuk keamanan masyarakat banyak yang setiap hari melintasi Jembatan Siak III. Dinas PU ingin memberi kepastian kepada masyarakat banyak soal benar-tidaknya Jembatan Siak III tidak aman dilewati seperti dicemaskan banyak pihak belakangan ini. "Sementara kita biarkan dulu tim itu bekerja, tentu kita perlu bersabar menunggu hasilnya seperti apa nanti. Ini semua untuk memastikan apakah Jembatan Siak III layak atau tidak untuk digunakan masyarakat," jelas Hariyanto lagi. Dikatakannya, Kementerian

PU nanti akan melakukan tes beban seberat 120 ton untuk mengetahui apakah terjadi penurunan lantai jembatan secara linier atau tidak. Jika nanti beban penurunan sama dengan hasil uji beban 80 ton pertama, berarti Jembatan Siak III berstatus aman. "Kasubdiv Jalan dan Jembatan menilai Siak III masih aman, hanya bentuk visualnya saja yang harus diperbaiki. Tapi kita nanti tetap akan uji kelayakan untuk memastikan Siak III aman supaya masyarakat tidak cemascemas lagi," ujar Hariyanto. Perawang Aman Terkait hasil tinjauan ke Jembatan Perawang yang sebelumnya dikhawatirkan masyarakat Siak sudah retak pada pilar 11 dan 12 karena sambungan beton geldernya tampak tidak rata dari luar, menurut Kasubdiv Jalan dan Jembatan Dirjen Bina Marga Kementerian PU Irwan Jarkasi, itu bukan ada keretakan, tapi waktu pengerjaan segmental lemnya kurang rapi sehingga tampak tidak kokoh. "Berdasarkan hasil penelitian kita, Jembatan Perawang ini aman. Nggak ada apa-apa dan aman untuk dilewati kendaraan. Hanya saja segmental atau penyambungan beton geldernya tidak rapi, jadi terlihat seperti retak. Masyarakat tidak perlu takut dan khawatir untuk melewati jembatan ini," kata Irwan Jarkasi saat meninjau langsung Jembatan Perawang bersamasama Bupati Siak Syamsuar dan Kadis PU Riau SF Hariyanto. Kadis PU Riau SF Hariyanto mempertegas pernyataan Kadiv Jalan dan Jembatan Irwan Jarkasi. "Dari tinjauan tadi, disimpulkan Jembatan Perawang tak ada masalah, hanya lem sambungan segmental beton geldernya dari luar tampak kurang rata dan itu akan secepatnya kita perbaiki. Kalau konstruksi dijamin aman, kokoh. Jadi masyarakat tak perlu

takut melewati Jembatan Perawang," ungkap Hariyanto. Hariyanto kemudian mengucapkan terima kasih banyak kepada warga masyarakat Siak yang bertindak cepat melaporkan kondisi tersebut sehingga pihaknya menindaklanjuti dengan mengundang Kementerian PU langsung meninjau ke lapangan. "Saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian masyarakat terhadap Jembatan Perawang ini. Sehingga kami bisa menindaklanjuti secepatnya dengan meninjau langsung ke Jembatan Perawang ini bersama Kementerian PU," ungkapnya. Teluk Masjid Juli Pada bagian lain, SF Hariyanto juga mengungkapkan, Jembatan Teluk Masjid, salah satu jembatan pancang yang terpanjang dan termegah di Provinsi Riau, direncanakan akan diresmikan Juli 2012 nanti. Saat ini pembangunannya sudah memasuki tahap finishing. Tinggal lagi tahap pengaspalan, forseling dan proses tendernya yang diperkirakan memakan waktu sekitar dua bulan. Panjang Jembatan Teluk Masjid 1.650 meter, lebar 5 meter, dan menghabiskan anggaran Rp360 miliar. Anggarannya sharing antara APBD Riau dan APBD Siak dengan porsi 30:70 persen. Pengerjaannya sudah memakan waktu sekitar delapan tahun, sejak 5 Desember 2004 sampai saat ini. Kontruksi Jembatan Teluk Masjid sudah didesain ulang kontraktor, termasuk perencanaan serta uji material di Monas University Australia dengan tes dan uji material dengan hembusan angin. Hasilnya, konstruksi bajanya tidak mengalami perubahan. "Kontraktornya menjamin jembatan tak ada masalah dan bisa dioperasionalkan karena mereka terus mengecek segala materialnya dan uji tonase maksimal 160 ton," ungkap Hariyanto. (rus,zul)

Menjentik.................................................Sambungan Hal 1 "PAK Yus, kalau tidak dikeluarkan juga saya tampar nanti," kata Jefry disaksikan teman-teman mahasiswa lain di kantin itu. Mendapat perkataan seperti itu, tiba-tiba sang dosen emosi dan langsung berkata akan melaporkan ke Polda dan langsung pergi. "Begitu lah kejadiannya. Padahal saya tidak ada menampar. Jangankan menampar, menjentik saja sedikit pun tak ada. Masa berkata seperti itu sambil bergurau dibilang menampar. Saksinya banyak kok. Mungkin Pak Yus itu mau mencari sensasi saja," kata Jefry lagi. Namun saat ditanya mungkin Jefry belum membayar uang SPP dan administrasi perkuliahan, Jefry sambil tertawa mengatakan bahwa uang SPP dan uang kuliah lainnya telah dibayar lunas. Makanya Jefry heran kenapa nilai mata kuliah Hukum Adat tidak keluar juga sudah hampir dua tahun. Dia mempertanyakan nilai

itu karena untuk melengkapi persyaratan mau menyusun proposal skripsi S-1 di Jurusan Hukum STIH Persada Bunda, Pekanbaru ini. Karena mata kuliah Hukum Adat belum keluar-keluar juga, akhirnya proposal skripsinya jadi terkendala. Ketika ditanya lagi, mungkin sang dosen mau meminta sesuatu. "Kalau itu saya tidak tahu. Tapi ya terus terang aja lah...ha..haa. Jangan nilai saya digantung tidak bertali. Lulus tidak, gagal pun tidak. Kalau tidak lulus ya jelas betul, saya bisa mengulangi mata kuliah itu," tutur mantan anggota DPRD Riau dari Partai Demokrat ini. Jefry Noer yang masih baru menjadi Bupati Kampar ini siap saja bila dilaporkan dosennya ke Polda Riau. "Tak masalah. Kalau dipanggil Polda saya akan jelaskan apa adanya. Saya tidak ada menampar dia kok. Jangankan menampar, menjentik

sedikit saja tidak ada. Saksinya kan banyak. Banyak mahasiswa kok di situ. Ada dosen yang lain juga," tuturnya lagi. Menurut Jefry, saksi banyak seperti Wandi, Darmadi, bahkan salah seorang dosen juga ada di lokasi tersebut dan mereka melihat seluruh kejadiannya bahwa saya tidak pernah memukul Yusrizal. Beberapa saksi di TKP juga mengaku tidak ada penamparan, tapi pertengkaran mulut. "Tidak ada apa apa, orang tu hanya bertengkar saja," kata salah seorang saksi yang akrab dipanggil Ayah. Jefry mengambil Jurusan Hukum di STIH Persada Bunda ini karena suatu saat nanti ingin menjadi pengacara. "Ya saya ambil jurusan hukum ini biar mengerti hukum. Mana tahu kalau tidak menjabat lagi nanti, saya ingin jadi pengacara," katanya lagi. (fik,hpn) Perwajahan: ZULQIFLI


CMYK

Seluler

8

HARIAN VOKAL

L

INTAS

Samsung Galaxy S III Meluncur April? LONDON(VOKAL)-Sejak akhir tahun lalu kabar kemunculan Galaxy S III telah berhembus, bahkan di ajang Mobile World Congres (MWC) tidak ada kemunculan ponsel tersebut. Kini diklaim bahwa smartphone unggulan Samsung tersebut, akan diluncurkan di Inggris pada April mendatang. Handset baru Samsung akan menggantikan Galaxy S II, yang secara luas dikenal sebagai smartphone Andoird unggulan. ZDNet Korea mengklaim telah mengkonfirmasi peluncuran ponsel itu pada biro iklan Samsung. Fitur Galaxy S III memang belum resmi dirilis, tapi blog teknologi, Boy Genius Report mengklaim ponsel ini memiliki dapur pacu 1,5GHz quad-core, layar 4,8 inci dan 2MP untuk kamera depan, serta kamera 8MP menghadap belakang. Sedangkan menurut BGR, handset ini akan menjalankan sistem operasi (OS) Android 4.0. Galaxy S II besutan vendor asal Korea Selatan ini memang menuai kesuksesan, terlebih lagi dengan kampanye pemasaran menyenangkan. Sebelumnya banyak yang berpikir Samsung akan mengungkap wujud dari Galaxy S III ini pekan lalu di MWC, tapi perusahaan itu mengeluarkan pernyataan sesaat sebelum acara bahwa tidak ada handset itu di ajang teknologi mobile. "Penerus smartphone Galaxy S II akan diresmikan pada acara Samsung yang terpisah pada semester pertama tahun ini, lebih dekat dengan ketersediaan produk," tulis Samsung dalam pernyataannya, seperti dilansir Telegrah, Mingu (4/3). (okz/bos)

INT

LAYANAN INTERNET INDOSAT-Pengunjung melihat stand Indosat di Mega Bazar Computer, Jakarta. Indosat kembali menghadirkan layanan Indosat Internet dalam paket bundling berbagai smartphone dan laptop dengan GRATIS berlangganan selama 2 bulan dengan kuota 1GB dan kecepatan hingga 1Mbps, GRATIS 300 SMS dan tambahan kuota menjadi 2GB serta tambahan GRATIS 150 SMS pada bulan ke 3 sampai ke 6 dengan melakukan isi ulang Rp100,000 (bagi pelanggan prabayar).

Penanggung Jawab: BUDI SUSENO

Obral Potongan Harga di Promo Erafone

PEKANBARU(VOKAL)-PT Erafone Artha Retailindo sebagai perusahaan distibutor handphone mengadakan pameran di Atrium Mal Ciputra Seraya Pekanbaru. Pameran yang telah dimulai sejak Sabtu (25/2) ini memberikan cicilan bunga 0 persen bagi konsumen yang membeli melalui kartu kredit Mandiri, BCA, BRI, ASBC, Bank Mega, BNI dAN

Citibank. Selain distributor, brand juga memberikan potongan harga kepada konsumen seperti Samsung S533 potongan harga Rp1,2 juta, Nokia N8 potongan harga sampai Rp1,3 juta dan C7 potongan harga Rp1 juta, Dell Venue-Dell Streak hingga Rp500 ribu. Sedangkan Sony Ericsson W8 menawarkan promo mini speaker.

Evanda, Front Liner Erafone menjelaskan bahwa pameran ini akan berlangsung selama 3 minggu, dimulai pada 25 Februari dan akan berakhir pada tanggal 10 Maret mendatang. Menurutnya pameran ini menawarkan beragam brand seperti Nokia, Samsung, LG, Sony Ericsson, Dell, Huawei, Blackberry, Acer dan Venera. (ibnu)

SENIN 5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

IBNU

SEORANG karyawan Erafone memperlihatkan salah satu produk dalam pameran .

r Huawei Kenalkan Smartphone Ascend D Quad

Diklaim Sebagai yang Tercepat di Dunia JAKARTA(VOKAL)-Era smartphone berprosesor dual core tampaknya kian berada di ambang senja. Sejumlah produsen smartphone pun kini bergiliran memperkenalkan smartphone dengan prosesor quad core. Sebelumnya, produsen ponsel asal Taiwan, HTC, memperkenalkan HTC One X sebagai smartphone berprosesor quad core 1,5 GHz. Produsen smartphone asal Cina, Huawei, pun tak mau kalah. H u a w e i mem perkenalkan Ascend D Quad

sebagai smartphone berprosesor quad core 1,5 GHz. Bahkan, Huawei be rani mengklaim Ascend D Quad sebagai smartphone tercepat di dunia. "Ini sebagai lanjutan dari peluncuran tertipis di dunia, yakni Huawei Ascend P 1 S," kata Presiden Direktur Huawei Device untuk Pasifik Selatan, Mike Liu. "Di ajang Mobile World Congress ini kami dengan bangga memperkenalkan Huawei D Quad smartphone tercepat pertama di dunia,"lanjut Mike Liu. Smartphone dengan layar 4,5 inch ini menggunakan prosesor Huawei K3V2. Android 4.0 Ice

Cream Sandwich akan digunakan se- bagai sistem operasi ponsel yang disebut mampu hemat energi hingga 30 persen ini. Ascend D Quad juga

HUAWEI ASCEND D QUAD

dilengkapi perangkat hiburan dengan Dolby 5.1 Surround Sound dan teknologi suara Audience earSmart. Kameranya memiliki resolusi 8 MP dengan kamera depan 1,3 MP, serta kemampuan merekam video 1080p full HD dan playback. "Konsumen menginginkan smartphone yang tangguh dengan kecepatan tinggi, baterai yang awet, serta kemampuan gambar dan suara berkualitas tinggi," tutur Mike Liu. Huawei Ascend D Quad akan hadir di Cina, Australia, Eropa, Asia-Pasifik, Amerika Selatan, Amerika Utara, serta Timur Tengah di kuartal kedua 2012. (vvn/bos)

Asus Ingin yang Pertama 'Cicipi' Jelly Bean CALIFORNIA(VOKAL)Android Ice cream belum lama muncul, Google dikabarkan akan menghadirkan pembaruan sis tem operasi (OS) tersebut. Jelly Bean yang kabarnya akan diluncurkan pada akhir tahun ini, ter nyata sudah menarik minat para vendor untuk mencicipinya. Asus berharap hubungan erat dengan Google akan menjadikannya sebagai penikmat pertama OS Jelly Bean tersebut. Perusahaan asal Taiwan ini ingin menawarkan perangkat pertama yang menjalankan OS versi 5.0 besutan Google. Selain tampak terobsesi pada Jelly Bean, perusahaan ini juga bangga pada efisiensi upgrade Android, karena merupakan yang pertama menyediakan tablet berbasis Honeycomb. Tidak hanya itu, Asus juga menjadi yang pertama memberikan upgrade Ice Cream Sandwich pada tablet besutannya.

"Asus sangan dekat dengan Google. Jadi setelah mereka memiliki Android 5.0, saya pikir akan ada kemungkinan besar kita (Asus) akan menjadi gelombang pertama yang menawarkan upgrade Jelly Bean," harap Benson Lin, Corporate Vice President Asus pada Tech Radar, Minggu (4/ 3/2012). Asus yang baru saja meluncurkan kreasi produk terbarunya yaitu PadFone di Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, berharap akan mendapatkan perhatian di pasar ponsel. Maka jika nanti produk terbarunya berhasil, perusahaan itu menjanjikan akan segera memberikan upgrade Jelly Bean. Asus bukan satu-satunya vendor yang tertarik pada Jelly Bean, LG juga dikabarkan berkomitmen untuk mengupgrade berbagai ponselnya di tahun ini dengan OS tersebut jika sudah tersedia. Sementara rumor Jelly Bean terus berhembus, melihat para produsen berlomba untuk menjadi penikmat pertama Jelly Bean sepertinya akan menarik. (okz/bos)

Perwajahan : ANDIXER


CMYK

9 SENIN

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

Wako Minta Pasar Tradisional Selalu Bersih

DUMAI(VOKAL)-Untuk mewujudkan Dumai sebagai Kota Jasa Pelabuhan, Perdagangan, Tourisme dan Industri (Pengantin) harus diiringi dengan bersih, rukun dan indah. Oleh sebab itu, Walikota menyerukan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan, termasuk kebersihan pasar tradisional. LAPORAN: YURSHEL/ DUMAI Demikian dikatakan Walikota Dumai, H Khairul Anwar di sela-sela meninjau pasar Bunda Sri Mersing, akhir pekan kemarin. Ia menambahkan bahwa pasar tradisional selama ini, identik dengan kumuh, bau dan kotor. Mulai saat ini, kita akan rubah persepsi itu. Dan untuk merubahnya, saya mengimbau agar para pedagang menjaga kebersihan dan kepada petugas kebersihan agar terus melakukan pemungutan sam pah, lalu di buang ke tempat pembuangan akhir (TPA). "Apabila pasar bersih, maka pedagang dan pembeli akan merasa nyaman," sebut Walikota. Walikota juga berharap, agar selalu menjaga kebersihan di lingkungan pasar. Peluang pasar tradisional untuk bersaing dengan pasar modern yang ada sangat besar, karena pembeli suka dengan kondisi yang bersih. "Jika, dalam penyajian atau menata lapak dagangannya bisa rapi serta menjaga kebersihan lingkungan, dipastikan pengunjung akan ramai, dan pedagang pasar tradisional dapat bersaing dengan pasar modern yang ada," tutur Walikota. Di sela-sela meninjau keadaan pasar Bunda Sri Mersing yang atapnya dilaporkan banyak yang bocor, Walikota mengatakan pemerintah sudah menganggarkan untuk perbaikan atap dan perbaikan drainase serta sudah mengintruksikan kepada Kantor Pelayanan Pasar untuk menyediakan tempat sampah.

"Semua itu kami lakukan dengan harapan dapat menarik pembeli agar dapat meningkatkan pendapatan pedagang dalam upaya menekan angka kemiskinan di Kota Dumai. Dan konsumen akan tertarik berkunjung bila kebersihan dapat dijaga, sebab di pasar tradisional segala kebutuhan konsumen bisa didapatkan," pungkas Walikota. Sementara Kepala Kantor Pelayanan Pasar, Suardi menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran para pedagang agar membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, Kantor Pasar mengaku telah menempatkan beberapa orang petugas kebersihan untuk selalu menjaga kebersihan pasar Bunda Sri Mersing dan pasar lainnya. "Setiap pasar sudah dilengkapi dengan bak penampungan sampah, apabila penuh, petugas akan membuangnya ke TPA, dan belum lama ini kita juga telah melakukan gotong royong bersama para pedagang membersihkan pasar," tegasnyua Diakui Suardi bahwa pasar tradisional kebanyakan kurang memperhatikan. Identik dengan pasar yang kotor, namun kita boleh buktikan bahwa pasar tradisional dikota Dumai tidak seperti itu dan pasar kita sudah bersih. Menurut Suardi, para pedagang juga telah menyusun meja dan barang dagangannya sesuai instruksi untuk menjaga kerapian. Dengan adanyapenataan yang lebih terencana, saya yakin pasar tradisional tetap diminati konsumen," katanya. (***)

“Tolong Jangan Rusak Lampu Jalan” DUMAI(VOKAL)-Kepala Bidang Pertamanan dan Penerangan Kota Dumai, Khairil Adli mengaku kesal melihat banyaknya lampu penerangan yang rusak. Ia mensinyalir ada oknum-oknum yang jahil, yang dengan sengaja melakukan pengrusakan. “Jadi kita minta tolong. Itu kan untuk kepentingan kita bersama, kok dirusak. Kalau tidak ada lampu jalan, kita sendiri yang susah,” kata Adli, Jumat (2/3) lalu. Ia mengaku sudah beberapa kali melihatnya sendiri. Ada oknum yang dengan sengaja melakukan pengrusakan terhadap lampu jalan. Mereka melakukannya dengan melempar lampu menggunakan batu atau ketapel. “Saya sudah beberapa kali melihat, cuma tidak sempat untuk menangkapnya. Kalau ke-

dapatan akan saya bawa ke kantor polisi,” ujarnya mengancam. Selama ini, ia merasa kewalahan dalam menjaga aset-aset penerangan jalan umum yang ada di Kota Dumai. Ada saja lampu-lampu yang rusak dengan cara yang tidak wajar. “Tidak mungkin baru dipasang besoknya pecah lagi. Ini memang tangan-tangan yang usil,” tukasnya. Kepada masyarakat Adli berharap agar dapat bekerja sama menjaga aset daerah. Ia meminta kepada warga yang melihat oknum yang melakukan pengrusakan baik itu lampu jalan atau taman kota, agar melaporkannya ke Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Tata Kota. “Apapun itu yang namanya aset daerah merupakan milik kita bersama. Jadi tolong sama-sama kita jaga,” tandasnya. (ndo)

SMS Anda ke

085365101677

+6283171759xxx Pak wali apa kabar ? bagaimana janji bpk, katanya mau bantu dana utk perpustakaan yg saya kelola utk umum ini? saya menunggu sudah 2 tahun pak. dari suwartono-perpustakaan Mini Rezeki Anak-Komplek Yatapena Pangkalan Sesai, Dumai. 08127671xxx Pak Kadishub, tolong tindak pegawai bapak yang 'nakal' agar lalu lalang kendaraan di Kota Dumai ini bisa tertib.

Pemadam Kebakaran Kodim 0303 PLN Polresta RS Bayangkara RSUD Dumai RS Pertamina Dumai

38208 31303 37123 31007 36942 38367 439200

Penanggung Jawab/Redaktur: AKMAL KUTIANYIR

YURSHEL

BERPOTO BERSAMA- Walikota Dumai H Khairul Anwar (tiga dari kanan), Wakil Walikota Dumai H Agus Widayat (dua dari kanan), Ketua DPRD Dumai Zainal Effendi (empat dari kiri) serta Kadis Perternakan Kota Dumai H Syafizal (paling kiri) berpoto bersama dengan Ketua Kelompok Ternak, usai menyerahkan bantuan ternak sapi, baru-baru ini.

Disdukcapil Desak Warga Rekam Data E-KTP DUMAI(VOKAL)–Untuk mengejar ketinggalan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai mendesak seluruh masyarakat Dumai khususnya wajib KTP agar segera datang ke kantor Camat masing-ma-

sing untuk melakukan perekaman data e-KTP bagi yang belum. Soalnya, hingga saat ini masih banyak warga Kota Dumai yang belum melakukan perekaman data untuk pembuatan e-KTP tersebut. Menurut Kepala Dinas Ke-

pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai, HM Nizam, akhir pekan kemarin di ruang kerjanya mengatakan, sejak dilaunching awal Oktober tahun lalu, hingga kini Disdukcapil Kota Dumai telah berhasil mere-

Dishub Gelar Silaturahmi dengan Insan Pers

KEPALA Dinas Perhubungan H Marwan saat melakukan silaturahmi dengan insan pers, Sabtu (3/3). Silaturrahmi itu juga dihadiri Kabag Humas Pemko Dumai Dermawan.

dah-mudahan acara silaturahmi ini dapat lebih meningkatkan kerja sama atau kemitraan Dinas Perhubungan dengan insan pers atau wartawan,” sebutnya. Marwan berharap, rekan pers di Dumai dapat menjadi kontrol sosial yang sehat, termasuk dalam memberikan informasi intern Dishub. Jika ada dugaan yang menyimpang dilakukan staf dinas tersebut, untuk diinformasikan secara utuh, termasuk nama oknum, waktu kejadian bahkan jika perlu juga bukti tindakan yang menyimpang. Dengan informasi yang lengkap dinas tersebut dapat menindak oknum yang bersangkutan Sementara itu Kabag Humas dan Infokom Dumai, Dermawan mengucapkan terimakasih kepada insane pers atas kerjasamanya selama ini. Dan dia juga berjanji pada kesempatan lain akan mengagendakan kegiatan serupa dengan Dinas atau Satker lainnya. Sehingga ada kemitraan antara Satker dengan insane pers. “Mudah-mudahan agenda seperti ini bisa kita lanjutkan dengan Satker lain, ya, kalau bisa sebulan sekali setiap Satker secara bergantian kita minta untuk melakukan silaturahmi seperti ini,” Dermawan saat menutup silaturahmi. (rno)

bertempat di kawasan itu. Tidak adanya lokasi parkir di area Pelindo membuat angkutan tersebut antri di badan jalan. Marwan mengatakan, beberapa perusahaan yang berada di kawasan Pelindo sebenarnya sudah mengantisipasi terjadinya antrian. Di antaranya PT Wilmar Group yang menempatkan petugas di terminal barang SoekarnoHatta. “Jadi sudah ada koordinasi antara petugas di terminal barang dengan yang ada di kawasan Pelindo. Mereka akan mengirimkan empat atau lima truk saja, selebihnya ditahan di terminal barang. Jika sudah selesai, maka

akan dikirim lagi. Dengan cara tersebut, angkutan jadi tidak menumpuk di Pelindo,” terang Marwan. Kendati demikian, antrian truk masih tetap saja terjadi. Faktanya, memang tidak hanya PT Wilmar saja yang menempati kawasan di perusahaan negara itu. Ada beberapa perushaaan lagi yang beroperasi di sana. Menurut tinjauan peraturan daerah Kota Dumai, Marwan menegaskan, Pelindo sebagai pengelola kawasan mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan tempat parkir. Ia mengimbau kepada Pelindo untuk bekerja sama, merapikan tata letak parkir kendaraan yang sem-

DUMAI(VOKAL)-Untuk menjalin keakraban antara Dinas Perhubungan Kota Dumai dengan insan pers yang ada di Dumai. Sabtu (3/3) digelar acara silaturahmi antara Dinas Perhubungan dengan insan pers yang dikoordinir Bagian Humas Pemko Dumai. Acara yang digelar di salah satu tempat sarapan pagi di Jalan Sudirman Dumai tersebut dihadiri, Kepala Dinas Perhubungan H Marwan bersama sejumlah Kabid, seperti Marjohan, Irawan Sukma dan Renhard Renold. Selain itu, juga hadir Kabag Humas dan Infokom H Dermawan, bersama dua Kasubag, M Syafri dan Riswan serta puluhan

wartawan dari media cetak, elektronik maupun online. Pada kesmpatan itu, Marwan menjelaskan, bahwa selama ini dinas yang dipimpinnya itu memang selalu terbuka dengan insan pers. Adanya silaturahmi adalah untuk lebih meningkatkan dan mendekatkan kemitraan. Mengingat keberadaan Dinas Perhubungan bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Untuk itu, dalam pemberitaan rekan-rekan wartawan, jika menyangkut perhubungan, alangkah baiknya dikonfirmasi lebih dulu kepada kami. Sehingga berita yang muncul tidak sepihak, dan masyarakat juga mendapatkan informasi yang utuh. Mu-

PARNO

kam data KTP Elektronik (EKTP) lebih kurang 92 persen, dari jumlah 179.249 jiwa wajib KTP di Kota Dumai. "Meskipun perekaman data E-KTP sudah melewati batas waktu yang telah ditetapkan pada akhir Desember 2011 kemarin, namun masyarakat masih kita diberi kesempatan untuk dapat melakukan entry data e-KTP secara gratis dalam waktu satu bulan ini,” ujarnya. Dengan waktu yang tersisa tersebut, dapat dimanfaatkan warga dengan sebaik-baiknya untuk pengu-

rusan E-KTP. Sebab, KTP sistem SIAK yang ada saat ini, hanya berlaku hingga akhir Desember 2012 nanti. “Oleh sebab itu, kami akan terus menggesa proses entry data ini dengan membuka layanan hingga malam,” jelas Nizam Nizam mengimbau seluruh camat agar menggesa perekaman data wajib E-KTP ini. Karena sebagai mana yang telah kita kabarkan sebelumnya, bahwa lewat dari bulan April, pengurusan e-KTP akan dikenakan biaya sesuai peraturan yang berlaku. (ysl)

Kadishub Janji Tindak Petugasnya yang Pungli DUMAI(VOKAL)–Terkait pungli oleh oknum Dishub, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Dumai, H Marwan, berjanji akan menidak tegas segala bentuk pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum petugasnya di lapangan. Sebab, pungli bukan saja merugikan masyarakat, tetapi juga mencoreng nama baik instansi Dishub Kota Dumai. “Kami akan menindak tegas jika ada pegawai Dishub yang melakukan pungutan liar di lapangan. Menurut dia, tindakan yang akan diambil berupa pemberian surat teguran sampai pada skorsing kepada pegawainya apabila terbukti melakukan pungutan liar,” ujar Kepala Dinas perhubungan Kota Dumai, H Marwan kepada awak media dalam acara silaturrahmi bersama wartawan, Sabtu (3/3). Lembaganya, kata Marwan, tidak pernah menerapkan kebijakan (pungu-

tan) seperti itu kepada pegawai di lapangan. Untuk itu, jika ada kedapatan dan menemui pegawainya yang melakukan pungli, silakan saja lapor ke kantor. Namun dalam menyampaikan laporan tersebut harus dikenali pasti siapa pelakunya, agar mudah mengambil tindakan kepada pegawai tersebut. Hal yang sama juga ditegaskan Kabid Perhubungan Darat, Wirawan, dan Kabid Ops, Renhard Ronald. “Apabila ada melihat pegawai Dishub yang melakukan pungutan liar di lapangan agar melaporkannya ke Kantor Dishub,” pintanya. Pihaknya tidak pernah mendukung tindakan pungli yang dilakukan pegawai Dishub di lapangan. “Jadi jika ada terlihat pungli di lapangan, silahkan laporkan. Kita tidak akan segansegan mengambil tindakan dan memberi sanksi kepada pelaku tersebut,” pungkas Mirawan.(ysl)

Pelindo Diminta Sediakan Tempat Parkir DUMAI(VOKAL)-Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai minta PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Cabang Dumai agar menyediakan tempat parkir karena banyak truk yang parkir sembarangan di sekitar perusahaan itu. “Pelindo harus bertanggung jawab menyediakan tempat parkir. Jangan membiarkan truk-truk sembarangan parkir di badan jalan,” tegas Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Dumai, Marwan, Sabtu (3/3). Banyak truk-truk yang parkir sembarangan di kawasan Pelindo. Truk-truk tersebut merupakan angkutan distribusi dari perusahaan yang

brautan. “Jangan hanya Dishub yang dipersalahkan. Pelindo juga punya tanggung

jawab. Kita harap perusahaan ini bekerja sama,” tandas Marwan. (ndo)

KESIBUKAN di area industri Pelindo Dumai, baru-baru ini.

INT

Perwajahan: ANDIXER


10

SENIN

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

LINTAS 44 Kubik Kayu Illog Diamankan Polres Siak SIAK(VOKAL)-Jajaran Tim Reskrim Polres Siak mengamankan kayu olahan yang terdiri dari broti dan papan berjumlah 44 kubik di Desa Tumang, Kecamatan Siak, tepatnya perbatasan antara Desa Tumang dengan Suak Lanjung. Saat ditemukan kayu-kayu itu ditemukan, tak seorang pun berada di lokasi pengakapan. Diduga pemiliknya sudah melarikan diri terlebih dahulu setelah mengetahui bahwa polisi sudah mengendus keberadaan illegal logging tersebut. Kapolres Siak AKBP Sugeng Putu Wicaksono ketika dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Melki Brata SIK, Sabtu (3/3) mengatakan bahwa kayu yang diduga hasil illegal logging berjumlah 44 kubik itu ditemukan di kanal perbatasan Desa Tumang dengan Siak Lanjung tanpa pemilik “Kayu tak bertuan itu ditemukan dalam rangka razia illegal logging di Kabupaten Siak yang digelar yang sedang berlangsung. Tim selama tiga hari berturut-turut mengintai keberadaan kayu itu dan mencari tahu siapa pemiliknya, namun hingga hari ketiga si empunya tidak juga menampakkan diri, seolah-olah sudah mengetahui kedatangan kita,” ujar Melki. (sol)

Wagubri Hadiri Pembukaan MQK

Zulfikar Aziz Dinilai Layak Pimpin BSP SIAK(VOKAL)-Direktur PT Bumi Siak Pusako Ismadi Yusuf terus menerus mendapat tekanan agar mundur dari jabatannya. Meski tampuk pimpinan di perusahaan plat merah Siak tersebut masih dalam genggaman Ismadi Yusuf, tetapi beberapa calon pengganti sudah mulai mencuat ke permukaan. Salah satunya AE Manager PT BOB-BSP Pertamina Hulu Ir H Zulfikar Aziz. Beliau dipandang layak menjabat sebagai Direktur BSP karena memang sangat berpengalaman dalam bidang usaha yang dikelola BOB-BSP tersebut. Demikian penilaian tokoh masyarakat Siak Tengku Romainur dalam suatu perbincangan hangat dengan Harian Vokal, di Siak. Katanya, penilaian ini bukan mengada-ada atau bernuansa politis. Zulfikar Aziz sangat berpengalaman dalam bidang perminyakan, karena sudah 8 tahun menjabat sebagai Manajer di BOB-BSP Pertamina Hulu. “Berdasarkan pengalaman dari jabatan yang beliau emban selama 8 tahun ini, saya kira sudah selayaknya Zulfikar Aziz memangku jabatan sebagai Direktur BSP,” kata Romainur. Dengan meyakinkan Tengku Romainur menyatakan, sebagai putra daerah Zulfikar Aziz sudah cukup berpengalaman di bidang perminyakan. Jika memang pemerintah daerah dan DPRD Siak ingin perusahaan tersebut maju bekembang, yang bersangkutan layak diberikan kepercayaan dan amanah tersebut. (zul)

Polres Siak Polsek Sungai Apit Polsek Minas Polsek Perawang Koramil Sungai Apit Koramil Minas Koramil Perawang Rumah Sakit Siak Pemadam Kebakaran Kantor Pos dan Giro Informasi Telkom PLN

: 0764-20110 : 0766-51050 : 0761-993444 : 0761-91448 : 0766-51061 : 0761-508033 : 0761-92919 : 0764-20011 : 0764-322113 : 0764-20347 : 0764-20108 : 0764-20000 : 0764-20073

Penanggung Jawab/Redaktur: MARZULI ADI

HUMAS

SAMPAIKAN SAMBUTAN – Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Amzar (kanan) menyampaikan sambutan dalam acara peringatan Hari Lahir ke-872 Syekh Abdul Qodir Al Jaelani yang diadakan di Desa Gabung Makmur, Kecamatan Kerinci Kanan, Sabtu (3/3).

Wabup: Warga Jangan Timbun BBM MINAS(VOKAL)-Wakil Bupati Siak Alfedri meminta masyarakat agar tidak resah terkait rencana Pemerintah Pusat menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) khususnya yang bersubsidi April mendatang, serta tidak melakukan penimbunan.

“Di Siak tidak memiliki harga eceran tertinggi (HET) untuk BBM, karena kita mengacu pada harga yang ditetapkan pemerintah pusat dan tertera

r Hadiri Peringatan Maulid Nabi di Sei Niur

Bupati: Sungai Siak Urat Nadi Pelayaran Internasional SIAK(VOKAL)-Bupati Siak H Syamsuar menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan di Dusun Sungai Niur, Desa Koto Ringin, Kecamatan Mempura, Jumat (2/3) kemarin. Turut hadir pada kesempatan tersebut anggota DPRD Kabupaten Siak dari Fraksi Golkar Sudiyanto, Danramil Siak, Wakapolsek Siak, Camat Siak Irwan Saputra, Kabag Humas Juarman, dengan menghadirkan penceramah H Zulfikar dari Dumai. Dalam sambutannya bupati mengatakan, pada tahun 2012 ini arah pembangunan yang dilaksanakan harus betul-betul pro rakyat, untuk menekan angka kemisikinan di Kabupaten Siak. Dirinya menegaskan akan tetap melaksanakan program pembangunan jalan baru, salah satunya dari Desa Koto Ringin menuju Pusako. “Telah menjadi komitmen kami agar jalan-jalan di seluruh Kabupaten Siak ini dapat dilalui dengan jalan darat. Selain itu kita juga akan membangun jalan alternatif menuju kawasan Industri Tanjung Buton, termasuk

pelabuhan yang diharapkan ke depannya meningkatkan ekonomi masyarakat, meningkatkan pendapatan daerah kita, dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi kita,” katanya. Selain itu, katanya, dalam waktu dekat ini pemerintah kembali akan membuka jalur SiakMuar dan Johor. Sebelumnya wacana ini memang sudah digaungkan, tetapi ternyata ada masalah dengan pihak imigrasi. “Dari hasil kunjungan kerja ke Jakarta beberapa waktu lalu terkait masalah ini, telah di tandatangani Surat Persetujuan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan dalam rangka merealisasikan dibuka kembali jalur internasional antara Siak ke Muar dan Johor,” terangnya. Setelah adanya kerja sama itu, sebutnya, bila jalur internasional ini sudah dibuka dengan sendirinya secara tidak langsung akan mendatangkan wisatawan dari Malaysia dan sangat menguntungkan bagi daerah. Nantinya Sungai Siak ini menjadi urat nadi dari pada pelayaran internasional.

“Saya tekankan lagi agar kita jangan menjadi penonton di negeri kita sendiri. Pendidikan bagi anak-anak harus kita perhatikan. Tidak ada lagi alasan yang kami dengar ada anak-anak yang tidak sekolah karena orang tuanya yang tidak mampu,” tegasnya. Dalam kesempatan itu, Bupati Siak secara simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada fakir miskin dan santunan kepada anak yatim Dusun Sungai Niur ini. Masyarakat terlihat bahagia karena pemimpinnya begitu peduli dengan perekonomian masyarakatnya. Sementara itu Ustad Zulfikar dalam ceramahnya mengingatkan kembali agar menjaga Salat lima waktu, terutama kaum lakilaki untuk secara berjamaah di masjid, karena masjid merupakan jantung desa. Hal ini penting dilakukan agar negeri kita ini mendapat barokah, aman dan makmur. “Semua yang saya sampaikan ini adalah ajaran Rasulullah Alaihissalam. Pahala salat berjamaah jauh lebih besar daripada salat sendiri-sendiri,” sebutnya. (zul)

BUPATI Siak H Syamsuar (kanan) menyampaikan sambutan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan Musala Dusun Sungai Niur, Desa Koto Ringin, Kecamatan Mempura, Jumat (2/3) kemarin.

HUMAS

KANDIS(VOKAL)-Penyelenggaraan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) atau lomba baca kitab kuning Kabupaten Siak yang diadakan di Desa Kandis, Kecamatan Kandis berlangsung meriah, Sabtu (3/3) malam. Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit, Kakan Kemenag Riau Asyaari Nur, Ketua DPRD Siak Zulfi Mursal. Turut hadir dalam acara ini Camat Kandis Djoko Edi Imhar, Kapolsek Kandis, Danramil Kandis Kapt Inf Masrikhat, beberapa pejabat, dewan hakim, seluruh peserta, santri, dan ratusan warga Kandis. Dalam sambutannya, Wagub mengatakan bahwa kegiatan MQK ini bertujuan untuk melihat sejauh mana proses belajar mengajar dalam peningkatan pengetahuan dan hati di kalangan satri pondok-pondok pesantren, sehingga diharapkan akan lahir generasi baru Imam Qosali di Siak dan Riau umumnya.  “Saya harap acara ini berjalan dengan baik, lancar dan semua peserta dapat saling mengisi satu sama lain. Selain sebagai ajang lomba terkait dengan ketrampilan yang dimiliki oleh masing-masing peserta, ajang ini juga sebagai persiapan menyonsong MQK tingkat Nasional,” jelasnya. Sementara itu menurut Kakan Kemenag Riau Asyaari Nur dalam sambutannya mengharapkan MQK ini menjadi ajang pengkaderan ulama di Siak. Dengan demikian, diharapkan dapat melahirkan ulama yang handal di bumi nusantara ini. “Selain sebagai ajang untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiah serta keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” cetusnya. “Bentuknya Pemerintah memberikan perhatian yang sangat besar terhadap pondok-pondok pesantren dengan disahkannya UU No 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional dan ditertibkannya PP No 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Keagamaan,” tandasnya. (sol)

di SPBU. Agar BBM bersubsidi andil mengawasi penjualan tersebut benar-benar dirasa- BBM dengan melakukan pengakan masyarakat,” wasan ketat terhadap ujarnya akhir pekan pembeli. Terutama lalu saat acara sosyang menggunakan ialisasi BAZ. jerigen. Beliau mengimSeperti diketahui, bau kepada pengecPemerintah berener yang memiliki izin cana menaikkan haruntuk tidak menjual ga BBM jenis premiharga yang berlebium dan solar pada 1 han. Ia pun mengaApril mendatang di takan, dalam upaya kisaran harga antara ALFEDRI mengurangi keresaRp500-Rp1.500 per han warga terkait harganya BBM liter. Saat ini pemerintah tendi tingkat eceran, Pemkab men- gah menggodok empat jenis erjunkan anggota Satpol PP un- kompensasi atas kenaikan hartuk memonitor pendistribusian ga BBM. BBM di masyarakat. Empat jenis kompensasi itu Sementara itu, katanya, isu adalah bantuan langsung semenakan terjadinya penimbunan tara masyarakat (BLSM), penamBBM oleh oknum yang mencari bahan subsidi siswa miskin, pekeuntungan dari kenaikkan nambahan jumlah penyaluran BBM tersebut harus dicegah se- beras miskin dan subsidi pendini mungkin. “Untuk mengan- gelola angkutan masyarakat/ tisipasinya, SPBU harus ikut desa. (hrc/mza)

Pemuda Sakai Harus Kreatif dan Energik

r Bupati Lantik Dewan Pemuda Sakai KANDIS(VOKAL)-Bupati Siak H Syamsuar secara resmi melantik dan mengukuhkan Dewan Pemuda Sakai Kecamatan Kandis, Sabtu (3/3) kemarin. Menurut Bupati, terbentuknya organisasi ini merupakan sebuah langkah maju yang telah ditempuh keluarga besar masyarakat Sakai khususnya para pemuda, untuk bersama-sama Pemerintah Kabupaten Siak menyelenggarakan pembangunan, baik fisik maupun non fisik (sosial). Hadir dalam pengukuhan tersebut anggota Muspida, para asisten, kepala dinas, badan dan kantor, camat, lurah dan kepala desa se-Kecamatan Kandis, serta tokoh dan pemuda, alim ulama dan cerdik pandai. “Pelantikan Dewan Pemuda Sakai Kecamatan Kandis ini juga bermakna tambah bagi kekuatan pemerintah, yang dapat bersama dengan masyarakat dalam mensukseskan penyelenggaraan pembangunan,” kata Bupati Syamsuar dalam sambutannya. Lebih lanjut dipaparkan Bupati, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Siak tidak akan dapat terlaksana tanpa dukungan dari masyarakat.

Artinya, pembangunan akan sukses bila didukung penuh oleh seluruh lapisan masyarakat secara konfrehensif. “Musrenbangdes merupakan wadah untuk menampung aspirasi pembangunan dan tentunya kita berharap kepada pemuda sakai dapat berperan aktif menyampaikan ide-ide pembangunan yang bermanfaat bagi masyarakat. Termasuk untuk masyarakat sakai tentunya,” ujar Syamsuar. Dalam pada itu, katanya, Pemkab Siak berupaya keras melakukan akselarasi (percepatan) pembangunan di berbagai bidang. Akselarasi pembangunan ini dirumuskan dalam bentuk visi dan misi Kabupaten Siak tahun 2011-2016. Pemuda Sakai harus tampil sebagai pemuda kreatif, energik dan partisipatif dalam derap langkah pembangunan. “Jaga persatuan dan kesatuan bangsa, kerukunan dan harmonisasi kehidupan masyarakat dalam keadaan baik dan kondusif, terutama warga sakai untuk bergiat diri dalam menimba ilmu pengetahuan dari sekolah hingga ke perguruan tinggi,” harap bupati. (zul) Perwajahan: ABDA


SENIN

11

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

LINTAS BUMdes Pekan Tebih Butuh Suntikan Modal PASIRPANGARAIAN (VOKAL)- Keberadaan Badan Usaha Menengah-Desa (BUMdes) dan UED –SP di Kabupaten Rokan Hulu, semakin menunjukkan perkembangan. Seperti BUMdes Pekan Tebih di Desa Pekan Tebih, Kecamatan Kepenuhan Hulu. Namun keterbatasan modal menyebabkan Bumdes ini memerlukan tambahan modal sebesar Rp500 juta untuk mengembangkan usaha. Sejak berdirinya BUMdes Pekan Tebih pada 2007 silam, telah berhasil menggulirkan modal sebesar Rp3,1 miliar kepada masyarakat dan menghasilkan SHU sebesar 51 juta pada 2011 lalu. Tidak hanya itu, saat ini BUMdes Pekan Tebih juga telah mengembangkan usaha di bidang perdagangan dan mempekerjakan 17 tenaga kerja lokal. Dikatakan Direktur BUMdes Pekan Tebih Jefriden, baru-baru ini, ke depannya BUMdes itu akan melebarkan sayap usaha di berbagai sektor, seperti jasa pembayaran listrik, kredit barang elektronik dan sepeda motor. Namun kendala permodalan menjadi hambatan untuk merealisasikan rencana tersebut. "Untuk mengembangkan usaha, setidaknya BUMdes Pekan Tebih memerlukan tambahan modal sebesar500 juta, agar pengembangan usaha dapat berjalan lebih maksimal," ujarnya. Jefriden juga mengharapkan pemerintah dapat membantu memberikan penambahan modal tambahan kepada BUMdes Pekan Tebih sebagai pendukung kegiatan ekonomi masyarakat. (ber)

n Geng Motor Anarkis

Indikasi Minimnya Moralitas Remaja PASIRPANGARAIAN (VOKAL)- Minimnya moralitas remaja menyebabkan kurang terkontrolnya perilaku dan kesadaran dalam pergaulan dan mudah terpengaruh hal-hal yang tidak baik. Oleh itu, didunia pendidikan perlu meningkatkan pembelajaran keagamaan. Demikian dikatakan Kepala Kementerian Agama (Ka Kankemenag) Kabupaten Rokan HuluH Ahmad Supardi Hasibuan, Minggu (4/3). Menurutnya, peristiwa yang terjadi di Markas Polisi Sektor Kota (Mapolresta) Pekanbaru oleh geng motor, beberapa waktu lalu, adalah salah-satu akibat minimnya tingkat kesadaran dan keagamaan mereka. Oleh itu, lanjutnya, ke depannya perlu dilakukan evalusi secara radikal tentang kurikulum hingga proses belajar mengajar di sekolah. Namun hal itu perlu inovasi serta terobosan baru, yang dinilai mampu mendongkrak kualitas pendidikan secara bertahap. "Terobosan yang perlu dilakukan dalam pendidikan antara lain menghidupkan kembali kegiatan rohani Islam (rohis), ekstra kulikuler, pesantren kilat serta meningkatkan kegiatan Magrib Mengaji dan pembimbingan anak didik untuk melaksanakan salat berjamaah," sebut Ahmad. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat membantu dalam membentuk karakter anak sehingga bermoral, madiri serta memiliki tanggung jawab. Perlu juga diketahui, semakin majunya zaman, maka akan semakin berat tantangan yang dihadapi dan sangat kompleks. Sementara di dunia pendidikan, pelajaran agama tetap saja 2 jam setiap minggu. Untuk itu, perlu adanya penambahan jam pelajaran agama di sekolah. Di samping itu, para orang tua diharapka n da p a t m e m p e rh a t ika n p e n d i d ik an anaknya. Sebab tantangan yang d ihadapi sekarang jauh berbeda dengan tantangan yang dihadapi orangtua. "Hal itu, sesuai hadist Nabi Muhammad Saw, 'Ajarilah anakanak kamu sebab mereka hidup tidak satu masa dengan kamu,'." (ber)

Sekretariat DPRD

: 0762-91460

Polres

: 0762-91110

Polsek Ujungbatu

: 0762-61110

Polsek Kunto Darussalam

: 0762-62515

Pemadam Kebakaran

: 0852713373707

Kantor Bappeda

: 0762-91530

Kajari Pasirpengaraian

: 0762-91226

Pengadilan Negeri

: 0762-91677

Kantor Pos Pasirpengaraian

: 0762-91221

Rumah Sakit Umum Daerah

: 0762-91777

Bank Riau Pasirpengaraian

: 0762-91260

BRI Pasirpengaraian

: 0762-91161

Bank Mandiri Ujungbatu

: 0762-61147

PLN Ranting Pasirpengaraian : 0762-91260 Penanggung Jawab/Redaktur: FITRI MAYANI

FABER

MEMBACAKAN SALAWAT-Pembacaan selawat oleh anggota selawat kecamatan Rambah Hilir di kediaman wakil bupati, beberapa waktu lalu.

Wabup Imbau Tenaga Kebersihan Salat Berjamaah PASIRPENGARAIAN (VOKAL)-Wakil Bupati Rokan Hulu H Hafith Syukri, mengharapkan seluruh tenaga kebersihaan yang bekerja di lingkungan Pemkab Rokan Hulu (Rohul), ikut serta melaksanakan salat berjamaah di Masjid Agung Islamic Center, Pasir Pengaraian. Arahan itu disampaikan Wabup di hadapan seluruh tenaga kebersihan Masjid Agung Islamic Center, belum lama ini. Dijelaskannya, kepala mandor

kebersihan yang biasanya dikontrol pegawai Dinas Cipta Karya, juga harus mengontrol anggotanya, serta memperhatikan hakhak anggota.

LAPORAN: PABER SIAHAAN/ROKAN HULU

“Selain diwajibkan mengikuti salat berjamaah di Masjid Agung, hak yang mereka peroleh, seperti gaji, juga harus diperhatikan agar tidak terlambat dibayarkan,” tegasnya. Dalam pada itu, Wabup juga menerima masukan dari tenaga kebersihan, agar pemerintah

memberlakukan asuransi keselamatan kerja, serta meminta diadakannya studi banding ke masjid yang sudah maju. “Dari pertemuan tadi, para pekerja juga mengusulkan agar diberikan asuransi keselamatan kerja. Ini akan kami sikapi de-

HAFITH SYUKRI

ngan baik, agar kesejahateraan mereka mencukupi, sesuai ketentuan yang berlaku. Langkah ini juga salah satu bentuk upaya mewujudkan Rohul menjadi kabupaten terbaik di Provinsi Riau tahun 2016 mendatang,” jelas Wabup. (***)

BUMdes Bangun Jaya Punya Modal Rp7 Miliar Cegah Jalan Rusak, PASIRPANGARAIAN (VOKAL)-Dana bantuan bergulir yang diberikan pemerintah kepada masyarakat Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara, beberapa tahun lalu, khususnya untuk BUMdes Mitra Jaya, sekarang sudah berkembang pesat. Dari dana awal Rp500 juta, setelah digulirkan ke masyarakat berkembang menjadi Rp7 miliar dan dana pengembangan mencapai Rp1,6 miliar. Hal ini disampaikan Direktur Bumdes Mitra Jaya Usnata, Jumat (2/3). Disebutkannya, untuk pengembangan Bumdes, terdapat tiga produk unggulan yang diberikan kepada masyarakat, yakni, kredit komsumtif, pinjaman produktif dan kredit modal usaha produktif dengan bunga pinjaman 2 hingga 3 persen. Sedangkan kredit ming-

guan untuk masyarakat ekonomi bawah, bunga pinjaman hanya 1 persen. Selain itu, lanjut Usnata, pihaknya sedang menggalakkan jenis usaha unit usaha simpan pinjam, saprodi alat pertanian dan kredit perabotan rumah tangga. Bumdes Mitra Jaya juga sudah melakukan kerja sama dengan pemerintah desa dalam pengelolaan pasar Desa Bangun Jaya. "Beberapa jenis usaha Bumdes Mitra Jaya sudah mampu memberikan kredit kepada nasabah maksimal Rp40 juta dengan melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan pengelola," paparnya. Diharapkannya, ke depan Bumdes Mitra Jaya dapat lebih berkembang. Pihaknya juga akan melakukan kerja sama dengan pihak perbankan agar

dapat memberikan pinjaman modal yang digunakan untuk cadangan modal pengembangan usaha. "Kami sangat mengharapkan dukungan modal dari pihak perbankan dan bantuan Pemkab Rokan Hulu sebagai mediator, karena proposal-proposal yang telah masuk di perbankan hingga saat ini belum terealisasi," ungkapnya. Menurutnya lagi, dari rapat akhir tahun yang telah dilaksanakan, SHU dari Bumdes juga telah diberikan 20 persen untuk kegiatan sosial. Sedangkan 35 persennya digunakan untuk pengembangan usaha dan sisanya untuk administrasi dan pengelola. "Usaha simpan pinjam di BUMdes Mitra Jaya berjalan lancar. Kami harapkan pihak perbankan dapat memberikan perhatiannya ke BUMdes," tuturnya. (ber)

n Tabrakan Beruntun

Tiga Pelajar Dirawat di RSUD PASIRPANGARAIAN (VOKAL)- Tiga unit kendaran sepeda motor bertabrakan secara beruntun, Sabtu (3/3), sekitar pukul 13.30 WIB, sehingga ketiga pengendaranya yang masih berstatus pelajar, harus dirawat intensif di RSUD Pasirpengaraian. Korban terdiri dari warga trans SKPB, Kecamatan Rambah Samo, Sugeng Suyitno (19) yang mengendarai Yamaha Vixion BM 6433 QZ, Amelia (14), warga Desa Suka Maju, pengendara Honda Supra Fit BM 4717 MH, Sri Pakpahan

(13) yang dibonceng Amelia dan Iwan (19), warga trans SKPD yang mengendarai Honda Tiger BM 6248 MY. Dari keterangan seorang warga bernama Darusalim (33), tabrakan beruntun terjadi di jalan umum Km 170/171 Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah. Bermula dari Yamaha Vixion yang datang dari arah Pasir Pangaraian menuju Ujung Batu, bertabrakan dengan Honda Supra yang datang dari arah berlawanan. Honda Tiger yang berada

KORBAN tabrakan beruntun mendapatkan perawatan insentis di RSUD Pasir Pangaraian

di belakang Honda Vixion tak bisa mengelak lagi, sehingga turut menabrak kedua sepeda motor tersebut. "Mereka saling bertabrakan karena mengelakkan seunit mobil yang parkir di pinggir jalan," ungkapnya. Pantauan di RSUD Pasirpangaraian, seorang wanita menderita luka di kepala dan mendapat jahitan serta mengalami patah rahang. Dari mulutnya terus keluar darah. Sedangkan dua pria lagi masih belum sadarkan diri. (ber)

FABER

DPRD Rohul Setuju Batasi Tonase

PASIRPANGARAIAN (VOKAL)- Anggota Komisi III DPRD Rokan Hulu Ismail, mengaku mendukung penuh penerapan Pemkab Rohul terhadap pembatasan tonase kendaraan milik perusahaan dan pengusaha. Sebelumnya, Bupati Rohul Achmad, telah mengedarkan peraturan Nomor 551-2/DISHUB-KOMINFO/169/2012, tanggal 22 Februari 2012, tentang Pembatasan Tonase Kendaraan milik perusahaan dan pengusaha, agar jalan status provinsi di Rohul tetap baik, sesuai harapan masyarakat. Senin (27/2) lalu, Dinas Perhubungan (Dishub) Rohul juga telah menggelar sosialisasi dengan mengumpulkan 21 manajemen perusahaan dan pengusaha pemilik kendaraan berat sebagai penguna jalan. Sayangnya, dari 21 undangan yang disebar, hanya 16 perwakilan yang hadir. “Ini sebagai salah satu langkah tepat. Diharapkan apa yang sudah menjadi keputusan pada pertemuan kemarin, kesepakatan hitam di atas putih perusahaan tidak sekedar sepakat di atas kertas, tapi secepatnya direalisasikan dalam bentuk konkrit. Awal Maret ini diharapkan perusahaan sudah ikut melakukan perbaikan,” harapnya, Minggu (4/3). Sebulan terakhir, menurut Ismail, sangat luar biasa jumlah kendaraan angkutan perusahaan yang lewat di sepanjang jalan provinsi di Rohul. Hal itu menambah semakin buruknya kondisi jalan provinsi. “Malahan ada beberapa kendaraan yang masuk dalam parit di sekitar ruas jalan, sehingga menambah kemacetan dan mengganggu pengguna jalan lain. Seperti dua hari terakhir kemarin (Jumat), di Tandun terjadi kemacetan panjang akibat truk terperosok,” katanya. Ismail menambahkan, upaya Pemkab Rohul sudah jelas, namun perlu diberikan sanksi tegas bagi perusahaan yang tidak mengindahkan. “Sekali lagi, DPRD Rohul mendukung percepatan pengerjaan jalan, sehingga jeritan-jetitan masyarakat atas kerusakan jalan berubah manis. Saat ini masih ada tanda kekhawatiran yang terus menghantui hati masyarakat,” ungkapnya.(rtc/may) Perwajahan: RINTO HARMIKO


12

SENIN

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

LINTAS SM Ditahan, PBB Pasrah

BENGKALIS (VOKAL)-Menyikapi penahanan salah seorang anggota DPRD Bengkalis, SM yang diduga telah mencuri uang melalui mesin anjungan tunai mand iri (ATM) beberapa bulan lalu, Ketua DPC PBB Kabupaten Bengkalis, H A Rahman Djantan menyerahkan proses hukumnya kepada aparat kepolisian. “Persoalan ini sudah ditangani kepol isian, kita tidak bisa melakukan intervensi atau apa pun namanya. Sebagai pimpin a n P B B d i B e n g ka l i s , k i ta s e ra h k a n penyelesaiannya kepada aparat terkait,” katanya saat d ihubungi Harian Vokal, Minggu (4/3). Saat ditanya apakah kemungkinan dilakukan penggant i antar waktu (PAW ) terhadap SM, Rahman mangatakan kemungkinan PAW itu masih panjang, namun hal tersebut tidak tertutup kemungkinan bakal dilakukan. “Soal PAW tidak bisa hanya diputuskan DPC PBB Bengkalis saja, kita perlu konsultasi ke DPW dan DPP. Kita masih menungu petunjuk dari pimpinan, kalau memang nanti petunjuknya harus dilakukan PAW, kita harus ikuti itu,” tegasnya. Menurutnya, sebagai pribadi dan teman sesama anggota DPRD yang sudah dua priode duduk di DPRD, Rahman mengaku prihatin atas kasus yang dialami tem a n nya te r s e b u t . D i r i nya h a nya b i s a berharap dan meminta agar SM sabar dan ta b a h m e n g h a da p i s e m u a u j i a n ya n g menimpa dirinya. “Sebagai sesaama anggota DPRD dan teman tentunya kita prihat in. Mudahmudahan SM tabah dan kuat menghadapi ujian ini,” papar Rahman.(ias)

Jalan Pematang Perlu Ditimbun

BENGKALIS (VOKAL)-Jelang pelaksanaan pekerjaan proyek multiyears jalan poros Bengkalis dan Bantan, sejumlah warga mendesak agar pemerintah melakukan perbaikan atau melakukan timbunan dengan base di sejumlah jalan poros yang mengalami kerusakan parah. Seperti jalan poros desa Pematang Duku-Kembung Luar dan sejumlah jalan poros lainnya yang belum d ibangun pada tahun 2012 ini. ‘’Kondisi jalan poros Pematang Duku-Kembung Luar parahnya minta ampun. Kalau menunggu proyek multiyears mungkin jalan poros ini tidak lagi bisa dielewati,’’ ujar Yusak warga Kembung Luar, Jumat (2/3). Dikatakan Yusak, sebelumnya jalan poros tersebut tidak begitu parah, karena rekanan yang mengerjakan proyek di desa Kembung Luar atau Teluk Lancar melangsir material dari Sungai Kembung. ‘’Tapi karena tahun 2011 lalu jalan di sungai Kembung juga rusak parah, sejumlah rekanan terpaksa melangsir material dari Bengkalis lewat Pematang Duku-Kembung Luar-Teluk Lancar, akibatnya jalan poros ini mengalami kerusakan parah,’’ kata Yus.(hrc/zki)

Listrik Sering Padam di Bengkalis

BENGKALIS (VOKAL)-Sejak sepekan terakhir listrik di Kota Bengkalis sering mati meski tidak sampai berjam-jam. Namun, dalam sehari pemadaman yang dilakukan mencapai sepuluh kali sehingga konsumen PLN khawatir dengan kerusakan barangbarang elektronik mereka. Manajemen PLN Cabang Bengkalis mengakui kalau seringnya pemadaman tersebut dikarenakan ada kerusakan jaringan yang belum diketahui dititik mana. Tak urung, akibatnya warga merasa kecewa dengan pemadaman tiba-tiba itu, meskipun kadang pemadaman hanya sekitar 5 sampai 30 menit paling lama setiap kali pemadaman. “Yang membuat kita khawatir kalau pemadaman seringsering seperti ini adalah barang-barang rumah tangga dari elektronik akan mengalami kerusakan. Selama ini kita tahu, setiap terjadi kerusakan atau konsleting listrik, tidak pernah ada ganti rugi dari pihak PLN,” keluh Dewi, salah seorang ibu rumah tangga di Bengkalis, Minggu (4/3). Ia menyebutkan, dalam kurun waktu 2 jam saja terjadi pemadaman sampai 3 kali, walaupun hanya sebentar. Kemudian sungut Dewi, pas maghrib listrik mati mendadak sekitar 15 menit, terus setelah hidup kembali mati. Hal itu selalu terjadi berulang-ulang tidak hanya siang hari, tapi sampai tengah malam. Menanggapi hal itu, Kepala PLN Cabang Bengkalis Yusuf Hadiyanto yang dikonfirmasi membenarkan seringnya terjadi pemadaman berulang-berulang dalam satu hari. Menurutnya pemadaman itu dikarenakan adanya kerusakan pada jaringan PLN, yang hingga sekarang masih terus dicari di titik mana terjadi kerusakan.(hrc/zki) Penanggung Jawab/Redaktur: ZUKRI SUBAYANG

TINJAU INFRASTRUKTUR - Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh (tengah) melakukan kunjungan kerja ke Pulau Rupat guna melihat pembangunan infrastruktur, beberapa waktu lalu.

HUMAS

Polres Bidik Dugaan Korupsi di Meranti BENGKALIS (VOKAL)-Jajaran Polres Bengkalis saat ini tengah menyelidiki dugaan kasus korupsi di Kabupaten Kepulauan Meranti dengan melibatkan oknum pejabat yang bertugas di sana. Sejauh ini penyidik Polres telah memintai keterangan sejumlah saksi serta mengumpulkan barang bukti dan fakta yang ada. LAPORAN:

lis telah menahan dua tersangka tersangka korupsi di Bengkalis yakni MS dan AE yang merupakan mantan PPTK di Bagian “Penyeledikan kita sudah Umum Setdakab Bengkalis. rampung sekitar 90 persen. “Dua kasus ini sudah kita tanDari keterangan sejumlah sak- gani dengan menetapkan dua si, barang bukti dan fakta, dida- tersangka mantan PPTK. Hasil audit dari BPKP dipat keterlibatan setemukan kerugian jumlah pejabat yanegara mencapai ng masih bertugas ratusan juta rupidi Meranti,” kata ah,” katanya. Kasat Reskrim PolKetika ditanya res Bengkalis AKP siapa oknum pejaArief Fajar Satria, bat yang terlibat Minggu (4/3). di Meranti terseArief mengatabut, Arief belum kan, Polres Bengkamau memberikan lis ditargetkan meketerangan karena nangani 4 kasus komasih dalam prosrupsi, dua di antARIF FAJAR SATRIA es penyelidikan. aranya yang terjadi Namun ia berjanji di Bengkalis yang sedang dalam porses dan dua kasus tersebut akan segera lagi dalam tahap perampungan diselesaikan dan akan menyeret pejabat yang terlibat penyelidikan. “Kita ditargetkan menyele- tersebut. “Kita belum bisa memberisaikan dua kasus korupsi dari Polda Riau, namun kita juga di- kan nama-nama pejabat tersetargetkan membidik dua kasus but. Yang jelas dalam waktu dekorupsi di Meranti,” ujarnya. kat ini berkas kasus tersebut Menurutnya, Polres Bengka- akan selesai,” katanya.*** ANDRIAS/BENGKALIS

Biaya Akte Kelahiran Tergantung Radius BENGKALIS(VOKAL)-Humas Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, Jonson mengatakan, biaya pengurusan akte kelahiran di PN ditentukan sesuai jarak tempuh masyarakat ke PN Bengkalis. Untuk warga yang tinggal di Kota Bengkalis dikenakan biaya Rp 50 ribu, sedangkan warga di Kecamatan Mandau, Pinggir dan Pulau Rupat mencapai Rp500 ribu. “Jadi biaya pengurusan akte tergantung radius masyarakat yang mengurus akte kelahiran itu,” katanya kepada Harian Vokal, kemarin. Dikatakannya, untuk Kecamatan Mandau, Pinggir dan Pulau Rupat, masalah transportasi menjadi kendala bagi masyarakat

dalam mengurus akte kelahiran. Sedangkan semua biaya sidang telah diatur undang-undang, dan masyarakat akan menyetorkan langsung biaya sidang ke negara melalu bank. Jonson mengimbau kepada masyarakat yang memenuhi panggilan sidang akte kelahiran di pengadilan untuk membawa dua orang saksi. Hal itu bertujuan agar masyarakat tidak bolak-balik datang ke pengadilan yang akan bisa menambah biaya transportasi. “Kalau sidang akte kelahiran hanya digelar satu kali dan langsung putus,” ujarnya. Dikatakannya, sidang akte kelahiran di Bengkalis saat ini telah mencapai 30-an. Dan se-

jauh ini belum ada keluhan langsung dari masyarakat tentang biaya sidang. “Kita minta masyarakat untuk koordinasi langsung ke Pengadilan Negeri jika hendak mengurus akte kelahitan,” harapnya. Sebelumnya, warga Kelurahan Duri Barat, Sudarti mengeluhkan biayan pengurusan akte kelahitan anaknya yang mencapai Rp862 ribu. Dalam surat putusan Pengadilan Negeri Bengkalis tercantum biaya dengan total Rp841.000. Rincian dana tersebut antara lain biaya pendaftaran sebesar Rp30.000, biaya panggilan Rp750.000, materai Rp6.000, redaksi Rp5.000 dan ATK Rp50.000.(ias)

Pegawai Takut Jadi PPTK di Bina Marga BENGKALIS (VOKAL)–Akibat beberapa mantan pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) di lingkungan Pemkab Bengkalis ditetapkan tersangka dan ditahan penyidik Polres, hingga kini Dinas Bina Marga dan Pengairan Bengkalis belum menunjuk sejumlah PPTK di instansinya. Sebab, banyak pegawai yang takut menjalankan tugas sebagai PPTK tersebut. Salah seorang sumber yang tidak ingin namanya ditulis mengatakan, maraknya penahanan sejumlah mantan PPTK di Pemkab Bengkalis barubaru ini membuat nyali pejabat ciut menjalankan tugas sebagai PPTK. Sebab mereka menilai jabatan tersebut sangat rawan berurusan dengan hukum. “Mereka nilai pekerjaan PPTK sangat rawan karena sering bersentuhan dengan penegak hukum, dan kerap dipanggil kejaksaan, kepolisian atau pihak lain. Apalagi tidak ada jaminan pembelaan dari atasan,” kata sumber itu kepada Harian Vokal, kemarin. Menurutnya, sebenarnya tugas PPTK hanya mengawasi proyek dan melaporkan kepada pihak yang terkait. Namun kenyataanya selama ini jika

tersangkut dengan hukum maka PPTK yang dahulu ditahan. “Apalagi tidak adanya jaminan dari atasan, jadi mereka memilih menolak sebagai PPTK,” pungkasnya. Sekretaris Dinas Bina Marga dan Pengairan Bengkalis, Sudirman Rahman ketika dikonfirmasi tidak membantah adanya kekhawatiran dari pegawai tersebut. Namun meskipun Dinas Bina Marga dan Pengarian sudah membentuk panitia pelaksanaan teknis kerja, namun masih menunggu SK KPA dan PA dari Bupati Bengkalis. “Kemungkinan mereka dapat bocoran untuk dipilih jadi PPTK, tetapi hingga saat ini belum ada satu pun yang mengundurkan diri, karena masih menunggun SK KPA dan PA dari Pak Bupati,” ucap Sudirman. Di tempat terpisah, Kabag Hukum Setdakab Bengkalis, Joenaidi mengimbau pegawai negeri sipil PNS) di Pemkab Bengkalis untuk tidak menjadikan hal tersebut sebagai bumerang dalam menjalankan aktivitas. “Artinya, selagi masih berjalan sesuai koridor hukum jangan khawatir,” tukasnya.(ias)

HUMAS

BUPATI Bengkalis Herliyan Saleh (kanan) dan Menteri Besar Melaka Muhammad Ali Rustam (kiri) bertukar cendermata saat kunjungan muhibahPemkab Bengkalis ke Negeri Melaka, Minggu (4/3).

Pemkab Kunjungan Muhibah ke Melaka BENGKALIS (VOKAL)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melakukan kunjungan muhibah ke Negeri Malaka, Malaysia selama tiga hari (2-4 Meret 2012) yang dipimpin langsung Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh. Dengan kunjungan tersebut diharapkan terjalin kerjasama antara dua daerah, terutama dalam mengembangkan industri dan pariwisata serta mencegah peredaran narkoba. “Kunjungan muhibah ini selain untuk memperat hubungan silaturahmi, saya harap bisa tgerjalin berbagai kerja sama,” ujar Herliyan. Dikatakan Herliyan, sejumlah agenda dalam kunjungan tersebut yakni pertemuan dengan Pemerintah Kerajaan Melaka, Polis Diraja Malaysia, Customs (Bea Cukai), Imigrasi, Badan Pencegah Dadah (BNN),

Invest Melaka Berhad (Badan Promosi dan Investasi), meninjau kawasan industri, tempat wisata, dan sebagainya. “Kita juga bertemu Menteri Besar Melaka Datuk Ali Rustam. Kita juga mendapat kehormatan menghadiri acara Kementerian Pertahanan Malaysia di daerah Pantai Melaka,” jelasnya. Beberapa agenda penting yang dibicarakan di antaranya persoalan membangun kerja sama dan saling sinergi dalam meningkatkan pengawasan peredaran narkoba ke Bengkalis, cara menarik investor, mengelola pariwisata, mengembangkan sektor UKM, kerajinan tangan, tenaga kerja dan pendidikan. “Instansi teknis kedua belah pihak telah kita pertemukan. Tinggal tindak lanjut bagaimana bentuk kerjasamanya,” ujar Herliyan.

Terkait rencana Pemkab Bengkalis untuk mengembangkan kawasan industri buruk bakul (KIB) dan pengembangan pariwisata di Rupat, Herliyan juga berharap ke depannya dapat direalisasikan sesuai dengan keinginan. Sementara itu, Datuk Wira Umar, Setia Usaha Negeri Melaka (Sekda) mengatakan bahwa Melaka dan Bengkalis memiliki banyak kesamaan terutama dari aspek sosial budaya. Untuk itu pihaknya siap bekerjasama dengan Bengkalis dalam sektor industri, pariwisata, agriculture dan sektor lainnya yang bisa memberi kebaikan bagi kedua belah pihak. “Kita siap melakukan kunjungan muhibah ke Negeri Junjungan sebagai bentuk keseriusan Melaka menjalin hubungan kerja sama yang baik,” katanya.(ias) Perwajahan: ALIB DESTIYONO


13

ROKAN HILIR SENIN

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

LINTAS “Jangan Jual Lahan Sembarangan” BAGANSIAPIAPI (VOKAL)-Plt Camat Pekaitan Taryono mengharapkan agar persoalan tapal batas antara Kepenghuluan Sei Besar dengan Kepenghuluan Suak Hitam bisa diselesaikan dengan cara musyawarahan dan sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. TARYONO Diakui Taryono, selama ini terjadi sengketa menyangkut tapal batas karena jual beli lahan yang dilakukan oleh oknum kepenghuluan di kecamatan yang dipimpinnya. “Kita telah diskusikan dan melaporkan hal ini dengan Pemkab Inhu agar dicarikan penyelesaiannya,” kata Taryono kepada wartawan di Bagansiapiapi, pekan lalu. Menurutnya, persoalan tapal batas antar kepenghuluan itu mengemuka saat adanya oknum penghulu yang menjual lahan kepada pengusaha dari luar. “Ini yang menimbulkan reaksi marah dari masyarakat,” katanya. Untuk menyelesaikan persoalan itu, pihak kecamatan dan kepengghuluan Sei Besar dan Suak Air Hitam diundang dalam rapat dengan Pemkab Rohil melalui Asisten I Setdakab Rohil, Herman Tambusai dan Kabag Tata Pemerintahan, Alek. Setelah rapat diambil kesimpulan menyangkut tapal batas itu sudah jelas dengan mengacu keterangan yang disampaikan Sudirman Karto, tokoh masyarakat dan mantan Penghulu Sei Besar. “Menurut sejarah dan perkembangan pemekaran saat ini, maka wilayah yang dipersengketakan tersebut masuk Kepenghuluan Suak Air Hitam,” katanya. Dalam waktu dekat, katanya, tinggal lagi proses pembuatan pernyataan dan kelengkapan administrasi yang akan dilakukan. Saat ini luas lahan yang dimaksud sekitar 600 meter dengan jumlah kepala keluarga di Kepenghuluan Suak Air Hitam mencapai 300-an. Taryono mengharapkan, pasca digelarnya rapat ini semoga persoalan tapal batas dan sengketa jual beli lahan tidak terjadi lagi pada masa yang akan datang. “Kita harap agar seluruhnya berjalan dengan baik, dan bagi oknum tertentu kami imbau agar jangan jual lahan sembarangan,” harap Taryono.(bin)

Korban Banjir Belum Didata Kelurahan BAGANSIAPIAPI (VOKAL)-Sekretaris Lurah Bagan Jawa, Al Hazanul Husna mengaku bahwa hingga kini pihaknya belum memiliki jumlah data rumah warga yang menjadi langganan banjir jika diguyur hujan. Akibatnya, warga yang menjadi korban banjir selama ini belum pernah mendapatkan bantuan. “Kami belum miliki data jumlah KK yang rumahnya terendam banjir. Ke depan kami akan meminta datanya kepada para Ketua RT. Selama ini kelurahan kami belum pernah memperoleh bantuan korban banjir, sejak saya dan Pak Lurah menjabat, belum pernah bantuan banjir masuk,” kata Hazanul, pekan lalu. Namun, Hazanul mengaku bahwa pihaknya telah mengetahui kawasan mana saja yang sering menjadi langganan banjir. Seperti di wilayah Jalan Sempurna Ujung yang berada di RT 10 dengan jumlah penduduk lebih kurang 367 jiwa, RT 11 dengan jumlah penduduk 254 jiwa. “Kawasan Jalan Satria Tangko RT 01 Dusun Mamur juga menjadi langganan banjir jika hujan turun,” katanya. Hazanul mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada akan banjir mengingat kondisi cuaca yang terjadi saat ini tidak menentu. “Disaat panas, terkadang hujan mengguyur deras,” imbau Hazanul.(bin)

Personel Polhut Rohil Minim BAGANSIAPIAPI (VOKAL)-Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Roka Hilir (Rohil) mengaku sangat kekurangan jumlah personel Polisi Kehutanan. Dari pengakuannya, saat ini Dishut hanya memiliki 11 anggota Polhut yang bertugas menjaga keamanan dan perlindungan kawasan hutan yang diperkirakan mencapai ratusan ribu hektar. Kepala Dinas Kehutanan Rohil, Azwir M Noor mengatakan, sejak awal tahun 2012, Dishut telah mengajukan usulan penambahan anggota personel kepada Pemerintah Pusat agar agar kawasan hutan Rohil dapat dijaga dengan maksimal. “Kita akui sangat kewalahan dalam pengawasan hutan di Rohil yang jumlahnya sangat luas. Idealnya setiap satu petugas Polhut bertanggung jawab terhadap kurang lebih ratusan hektare kawasan hutan. Untuk itu, kita harapkan usulan penambahan sebanyak 22 orang polisi kehutanan kepada Pemerintah Pusat secepatnya dapat terealisasi,” Azwir, pekan lalu.(hrc/zki)

Sekretariat DPRD

0767 - 24567

Ambulance

0767 - 21040

Pemadam Kebakaran

0767 - 21130

Polsek Bangko

0767 - 21110

Kantor Kec. Bangko

0767 - 21010

Dinas Kesehatan

0767 - 24381

Penanggung Jawab/Redaktur: BAKHTARUDDIN

TINJAU - Bupati Rokan Hilir, H Annas Maamun (depan) didampingi Sekdakab Rohil, H Wan Amir Firdaus (belakang bupati) meninjau Kantor Camat Bangko, Kota Bagansiapiapi, Sabtu (3/3).

ASBINSYAH

Hotel Bagan tak Bayar Pajak BAGANSIAPIAPI (VOKAL)-Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menilai bahwa selama ini Hotel Bagan tidak menaati Peraturan Daerah (Perda) No 07 Tahun 2011 tentang Pajak Hotel. Pasalnya, selama ini Hotel Bagan tidak membayar pajak hotel kepada Pemkab Rohil. “Kita ingatkan kepada pemilik hotel untuk dapat mentaati Perda yang telah disahkan. Sebab memebayar pajak hotel merupakan suatu kewajiban bagi pe-

milik hotel,” kata Kepala Dispenda Rohil H Wan Achmad Syaiful kepada wartawan, pekan lalu. Wan mengatakan, Dispenda sudah meminta secara formal

LAPORAN:

ASBINSYAH/BAGANSIAPIAPI

kepada pemilik hotel agar membayar pajak hotel, namun pemilik masih berkilah dan memberikan berbagai alasan yang tidak masuk akal. Selain itu, pemilik Hotel Bagan juga ditengarai mempengarui pemilik hotel lainnya yang ada di Bagansiapiapi untuk tidak menyetujui dan melaksanakan pembayaran pajak hotel berdasarkan Perda

yang telah ada. “Ini kan jelas-jelas tidak bagus. Jadi kita harap kepada setiap pemilik hotel untuk dapat menantaati Perda tersebut. Pemilik Hotel Bagan jangan hanya menghitung hak saja,” tukas Wan. Dikatakannya, pajak merupakan suatu kewajiban yang harus dibayar. Sebab pajak hotel merupakan salah satu pemasukan bagi pendapatan asli daerah (PAD) Rohil. “Kita tekankan ke-

Bupati Janji Benahi Lokasi Rawan Banjir BAGANSIAPIAPI (VOKAL)-Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Annas Maamun didampinggi Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Rohil H Wan Amir Firdaus, meninjau sejumlah titik banjir di Kota Bagansiapiapi. Untuk itu, Annas berjanji akan segera membenahi seluruh lokasi banjir tersebut. “Ya, setelah kita lihat, ternyata SMAN 1 Bangko menjadi langga-

nan banjir selama ini. Kita akan segera benahi sekolah ini supaya bagus dan tidak lagi banjir saat hujan,” ungkap Annas ketika mengunjungi SMAN 1 Bangko, pekan lalu. Annas menjelaskan, penyebab banjir karena pembuangan air atau drainase yang kurang bagus. Untuk itu ke depan hal-hal seperti ini akan didata ulang dan ditata

lagi dengan sebaik mungkin. Selain itu, sejumlah drainase di Kota Bagansiapiapi juga akan ditata sedemikian rupa sehingga jika hujan turun Kota Bagansiapiapi tidak lagi banjir. “Jika tata kelola drainase bagus, secara otomatis tidak akan terjadi lagi banjir,” sebut Annas. Annas menyatakan rasa optimisnya untuk meningkatkan mutu

Warga Jalan Nelayan Goro Benahi Drainase BAGANSIAPIAPI (VOKAL)Masyarakat Kelurahan Bagan Barat melakukan gotong­-royong (goro), Minggu (4/3), untuk memperlancar saluran air yang tergenang di Jalan Utama Bagansiapiapi. Sebab, jika turun hujan, sepanjang 1 km Jalan Utama Bagansiapiapi akan digenangi air sehingga mengganggu aktivitas warga. Tampak dalam gotong royong tersebut Lurah bagan Barat Julianda, Babinsa Bagan Barat, Ketua RT, RW, Sekretaris MPC PP Rohil

Jaka Abdillah, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda i lainnya. “Seluruh warga RW 1 dan RW 2 dikerahkan untuk goro agar debet air di Jalan Utama dapat dikurangi,” tutur Lurah Bagan Barat, Julianda ketika ditemui wartawan saat goro. Julainda mengatakan, goro dilakukan warga untuk membersihkan saluran air dan drainase disepanjang Jalan Utama agar tidak tersumbat sehingga air tidak tergenang di badan jalan. Sebab untuk mengatasi ahl tersebut harus

dilakukan normalisasi drainases agar air tidak tergenang. Selain itu, Julianda juga berharap kepada Pemkab Rohil untuk melakukan langkah normalisasi dari Jalan Utama hingga ke arah Pelabuhan Baru yang berkisar sepanjang 400 meter. Dan normalisasi dari Jalan Utama menuju Dok Obak sepanjang 1,5 km juga harus dilakukan. “Hal ini sudah kita usulkan agar normalisasi dapat mengurangi genangan air di badan jalan dan rumah-rumah warga,” katanya.(bin)

ASBINSYAH

Masyarakat Kelurahan Bagan Barat melakukan gotong­-royong serentak membersihkan drainase, Minggu (4/3).

pendidikan dan sarana sekolah yang ada di Rohil. Banjir yang menggenangi sekolah akan diatasi secepat mungkin sehingga aktivitas belajar siswa tidak terganggu. Sekda Rohil, H Wan Amir Firdaus juga mengatakan bahwa drainase di sejumlah sekolah dan kantor camat akan ditata dengan sebaik mungkin sehingga tidak lagi kebanjiran jika hujan turun. “Ya, kita sepakat apa yang diutarakan Pak Bupati. Ini suatu langkah yang bagus. Mudahmudahan setelah dengan tidak akan banjir lagi,” harap Wan Amir.(bin)

pada pemilik hotel untuk mengikuti Perda ini. Yang jelas, Dispenda secara persuasif dulu menghadapi hal ini,” kata Wan lagi. Berdasarakan data yang dimiliki Dispenda menunjukkan, pusat perbelanjaan terkemuka di Kota Baganbatu yakni Suzuya Plaza belum melunasi PBB tahun 2011. Nilai PBB yang terhutang berkisar sebesar Rp115.247.490 pada pertengahan tahun 2011. “Kondisi ini juga telah dipertanyakan Dispenda kepada pihak Manajer Suzuya, tetapi mereka (Suzuya) keberatan dengan apa yang diusulkan,” katanya. Menurutnya, hingga kini pihak Suzuya belum bersedia melunasi PBB tersebut. Untuk itu Dispenda mengingatkan kepada pihak Suzuya agar segera melunasi PBB tersebut. “Jika ada pengurangan oleh KPP Pratama Dumai, silahkan. Namun, kondisi ini jangan sampai berlarut-larut,” katanya. Ia menambahkan, Dispenda memberikan kesempatan kepada pihak Suzuya agar melunasi PBB tersebut dalam bulan Maret 2012 ini. Jika dalam batas waktu tersebut belum juga melunasinya, maka Suzuya akan dikenai sanksi karena telah melanggar ketentuan yang berlaku.***

Disparbudpora Inventarisir Benda Sejarah BAGANSIAPIAPI (VOKAL)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) berkomitmen akan membenahi situs-situs bersejarah yang memiliki nilai historis bagi kabupaten yang berjuluk Negeri Seribu Kubah ini. Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Dispabudpora) Inhu, H Tarmizi menyampaikan, hal itu merupakan sebagai wujud kepedulian pemerintah atas sejarah, nilai dan keunikan yang melekat sekaligus pengembangan sektor pariwisata. “Pak Bupati meminta kita membenahi aset-aset bersejarah dan objek wisata yang ada. Misalnya, benda yang dianggap bersejarah kita inventarisir dan ditempatkan di museum,” kata Tarmizi. Menurutnya, ada beberapa tempat yang merupakan pusat peninggalan benda bernilai historis tersebut seperti Museum Sejarah, Museum Muslim, Museum Tionghoa dan Museum Ikan di kawasan Batu Enam, Bagansiapiapi. Sedangkan menyangkut

tempat bersejarah, pihak Disparbudpora akan melakukan pembenahan dan renovasi sesuai dengan keperluan tanpa meninggalkan ciri dan bentuk asalnya. Beberapa bangunan yang bersejarah di Bagansiapiapi yakni Rumah Kapitan, Gedung BRI yang merupakan tertua nomor dua (berdiri 1917) di Indonesia, Kediaman Residen/Wedana/Bupati, Asrama Polisi, Gereja Katholik dan bangunan lainnya. Tarmizi menjelaskan, bangunan bersejarah tersebut adalah peninggalan bernilai sejarah yang perlu diperhatikan agar generasi sekarang bisa mengingat sejarah pada masa mendatang. Ia mencontohkan, Kantor Kawedanaan tempo dulu telah dipagar dan sekarang menjadi Kantor Kesra Sekdakab Rokan Hilir. “Kita harap bangunanbangunan bersejarah tersebut mampu menjadi dasar bagi masyarakat terutama pelajar dalam memahami sejarah dan perkembangan Kota Bagansiapiapi,” katanya.(bin) Perwajahan: ZULQIFLI


14

KEPULAUAN MERANTI SENIN

HARIAN VOKAL

LINTAS Menuntut Ilmu tidak Ada Batasnya

SELATPANJANG(VOKAL)-Anggota DPRD Kepulauan Meranti Afrizal Cik mengungkapkan, proses menuntut ilmu tidak perbnah mengenal batas atau waktu. Bahklan Agama Islam telah menyuruh umatnya menuntut ilmu hingga datangnya ajal. "Bahkan dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW telah memerintahkan umatnya agar menuntut ilmu sejak dari ayunan hingga ke liang lahat," ungkap Afrizal yang juga KeKua PC Satria Kepulaun Meranti dalam sambutannya sebelum menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba shalat jenazah, lomba memandikan jenazah, lomba ceramah, serta pemenang lomba hafalan ayat-ayat pendek Al Quran yang dilaksanakan TPA Al Muttaqin, Jalan Pembangunan III, Selatpanjang Timur, baru-baru ini. "Bagi umat Islam dalam melakukan ibadah hendaknya di sertai dengan Ilmu pengetahuan, Sebab jika Amal Ibadah yang kita kerjakan tampah dibakali dengan ilmu pengetahuan mukin akan kurang sempurna. Bahkan mukin amal ibadah yang kita buat itu akan sia-sia belaka,Ibaratkan kita berlayar tampa kemudi akan sulit bagi kita untuk mencampai tempat tujuan. Sebab ilmu peketahuan itu ibaratkan kemudi untuk menuntun kita ketempat tujunan yang sesungguhnya." Ujar Afrizal cik yang juga anggota DPRD kepulauan Meranti itu. Afrizal Cik mengaku sangat mendukung dilaksanakan lomba oleh TPA Al Muttaqin tersebut. Menurutnya, kegiatan itu sangat positif dalam menanamkan nilai-nilai ilmu serta nilai keagamaan kepada generasi muda yang masih sangat belia. Kegiatan seperti ini harus mendapat dukungan dari semua pihak, khususnya dari Pemkab Kepulauan Meranti. Sebab kegiatan seperti ini nantinya akan melahirkan generasi penerus yang cerdas dan beriman. Sehingga ke depannya akan lahir pemimimpin-pemimpin yang cerdas serta beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT di kabupaten yang kita cintai ini,” ujarnya. Ketua panitia pelaksana lomba Ustadz Azuar kepada Vokal mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih atas dukungan yang diberikan Afrizal Cik serta pihak-pihak lain pada setiap acara yang digelar TPA Al Muttaqin. (swl)

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433

Iqaruddin : Selesaikan Proyek 2012 Tepat Waktu SELATPANJANG(VOKAL)-Setelah beberapa temuan yang dilaporkan langsung kepada Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Masrul Kamsy tentang adanya pengerjaan proyek fisik yang tidak sesuai bestek, akhirnya pihak Inspektorat Kepulauan Meranti meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk segera meninjau dan mengkroscek laporan masyarakat terhadap pengerjaan proyek fisik tahun anggaran 2011 lalu itu. Hal tersebut sebagai komitmen Dinas PU untuk melakukan percepatan pembangunan di Kepulauan Meranti.

“Selain itu hal tersebut juga sebagai tindak lanjut terhadap pemberantasan korupsi. Kita ingin melihat sejauh mana ko-

LAPORAN:

SYAWAL / KEPULAUAN MERANTI

mitmen Dinas PU melaksanakan tugas, terutama terhadap pengerjaan proyek tahun 2011 lalu. Kita minta Dinas PU melakukan peninjauan terhadap proyek tahun 2011, karena masih ada masa pemeliharaannya. Intinya, sebelum dilakukan pembayaran uangnya, tolong proyek itu dicek lagi. Kepada PPTK kami minta untuk segera melaporkan kepada Kepala Di-

nas PU mengenai realisasinya, sehingga bisa ditindaklanjuti segera,” tutur Kepala Inspektorat Kabupaten Kepulauan Meranti Drs Iqaruddin, MSi, baru-baru ini. Iqaruddin juga mengharapkan Kepala Dinas PU Kepulauan Meranti agar melaksanakan kegiatan proyek tahun 2012 lebih tepat waktu untuk mencapai target percepatan pembangunan. Karena saat ini sudah memasuki bulan ketiga tahun 2012, maka kegiatan administrasi

hendaknya sudah mulai dipersiapkan dengan matang sejak saat ini. Dikatakannya, jika seluruh fasilitas fisik dan infrastruktur terbangun dengan baik, maka pertumbuhan ekonomi masyarakat dapat terbantu. Apalagi saat ini masih terdapat 32 persen atau sekitar 70.000 masyarakat di Kepulauan Meranti yang berada dalam ekonomi kurang mampu yang membutuhkan peningkatan ekonomi mereka. (swl)

Kontraktor Harus Bekerja Sesuai Bestek

SELATPANJANG(VOKAL)-Bupati Kepulauan Meranti Drs Irwan Nasir, MSi meminta setiap proyek fisik yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Meranti harus mampu bertahan dalam jangka waktu panjang. Untuk menciptakan ketahanan fasilitas fisik tersebut, para rekanan proyek diharapkan melaksanakan pekerjaan sesuai bastek proyek yang telah ditetapkan. Penegasan tersebut disampaikan Irwan Nasir saat meninjau pengerjaan sejumlah proyek fisik tahun 2011 pada beberapa wilayah Kepulauan Meranti. Irwan menegaskan, Pemkab Kepulauan Meranti tidak ingin disalahkan masyarakat atas rendahnya kualitas fisik proyek yang dikerjakan para rekanan. “Hal ini hendaknya menjadi perhatian seluruh rekanan yang mengerjakan proyek fisik di Kabupaten Kepulauan Meranti ini. Kami tidak akan menerima hasil pekerjaan rekanan yang dinilai sudah keluar dari ketentuan besaran teknis (bestek, red) yang sudah ditetapkan. Jangan nanti penyesalan masyarakat muncul karena rendahnya kualitas proyek yang dikerjakan rekanan tersebut,” tukas Irwan. Jika proyek itu dikerjakan rekanan sesuai bestek yang telah ditetapkan, imbuhnya, dia yakin proyek tersebut akan dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama oleh masyarakat. Aryinya, tidak akan ditemukan masalah pada tahun berikutnya. “Paling tidak infrastruktur itu baru akan dibenahi lagi dalam jangka waktu yang panjang, tidak setiap tahun dilakukan tambal sulam. Kalau sudah demikian, maka pembangunan itu akan merata dan tidak berjalan ditempat. Jika proyek itu memang dikerjakan sesuai bestek, setidak-tidaknya dalam waktu 10 sampai 20 tahun ke depan baru akan dilakukan pembenahan lagi,” pungkasnya. (swl)

Bupati Ingatkan Plang Proyek Dipasang

SELATPANJANG(VOKAL)-Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Irwan Nasir mengingatkan agar semua proyek fisik yang dikerjakan oleh rekanan wajib memasang papan plang informasi lengkap tentang pelaksanaan proyek. Hal tersebut sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga masyarakat sekitar pelaksanaan proyek bisa mengetahui dan mengawasi kualitas pengerjaan proyek itu. IRWAN NASIR "Saya tidak ingin ada muncul istilah ‘proyek siluman’. Pemasangan papan Informasi proyek ini bertujuan agar masyarakat bisa ikut mengetahui perlaksanaan proyek pembangunan di lingkungannya, serta dapat mengawasi kualitas pengerjaan proyek tersebut," tegas Bupati. Beberapa proyek fisik yang intens menjadi perhatian pada peninjauan Irwan ke lapangan baru-baru ini diantaranya pembangunan fisik semenisasi jalan yang berlokasi di sebelah Kantor Bupati Kepulauan Meranti, penimbunan base badan jalan yang menghubungkan akses dari Dusun Semulut ke Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi Timur, serta jalan poros yang menghubungkan Kota Selatpanjang dengan Kampung Balak, Kecamatan Tebing Tinggi Barat. (hlc/del) Penanggung Jawab/Redaktur: DELFI INDRA

HUMAS

SAKSIKAN BACA AL QURAN-Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Masrul Kasmy eksis mendidik generasi muda di kabupaten tersebut untuk meningkatkan dan menyempurnakan amal ibadahnya kepada Allah SWT. Tampak H Masrul Kasmy (dua dari kanan) sedang menyaksikan masyarakat membaca Al-Quran di Desa Sesap, Kecamatan Tebing Tinggi, belum lama ini.

Wabup Buka Turnamen Sepakbola Firdaus Cup II TEBING TINGGI(VOKAL)-Wakil Bupati Kabupaten Kepulaun Meranti yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kepulauan Meranti H Masrul Kamsy pada Sabtu (3/3) lalu membuka secara resmi turnamen sepak bola U 18 di lapangan Persatuan Sepakbola Pemuda Dorak (PSPD) Dusun Dorak Banglas. Turnamen sepakbola U 18 yang akan memperebutkan piala bergilir Firdaus Cup II itu direncanakan akan berlangsung selama 27 hari, serta diikuti 52 klub sepak bola se-Kabupaten Kepulauan Meranti. “Kita memberikan apresiasi dilaksanakannya turnamen sepak bola yang kebanyakan pesertanya masih berstatus pelajar ini. Kita berharap turnamen ini dapat mendidik mental dan jiwa serta semangat sportifitas peserta dalam berolahraga, serta dalam kehidupan keseharian mereka, selain pendidikan formal yang mereka dapatkan di bangku sekolah. Sehingga nantinya akan tercipta anak-anak Meranti yang memiliki kecerdasan dan mental yang baik,” ungkap Masrul.

Masrul berharap pertandingan serupa hendaknya diselenggaran secara terus menerus, terutama pertandingan tingkat pelajar. Saat membuka turnamen tersebut, Wabup yang didampingi anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti Firdaus, serta Sekretaris KONI Ricky Heriyansyah melakukan tendangan pertama pada pertandingan perdana antara PS Prolita Kecamatan Tebing Tinggi melawan PS Putra Riau, Kecamatan Tebing Tinggi. Anggota DPRD Kepulauan Meranti Firdaus yang juga merupakan sponsor utama turnamen tersebut mengatakan, diselenggarakannya turnamen sepakbola U 18 tersebut merupakan salah satu upaya memasyarakatkan olahraga sepakbola dan mengolahragakan masyarakat, khususnya di mereka yang masih berusia 18 tahun yang umumnya masih berstatus pelajar. “Turnamen sepak bola U 18 yang akan kita selenggarakan setiap tahun ini hendaknya menjadi ajang pencarian bibit pemain yang berprestasi. Semoga ke depannya dapat menjadi pe-

main yang bisa membawa nama besar bagi PSSI dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Yang pasti, dilaksanakannya turnamen ini karena potensi pemain sepakbola di Kepulauan Meranti sangat besar. Karena itu, sejumlah kompetisi yang dilaksanakan ini selain untuk mengasah keterampilan anak-anak bermain bola, sekaligus untuk mencari potensi pemain untuk dilakukan inventarisir,” kata Firdaus. Sementara, ketua panitia pelaksana Kariadi saat ditemui wartawan pada pertandingan perdana, Sabtu (3/3) mengatakan, pertandingan tersebut rencananya akan berlangsung selama 27 hari dengan diikuti 52 klub dari berbagai kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Meranti. Batas umur maksimal untuk mengikuti pertandingan adalah 18 tahun. Artinya, secara umum pemain yang bertanding tersebut masih berstatus pelajar,” ujarnya. Pertandingan perdana antara Kesebelasan Prolita berhadapan dengan Kesebelasan Putra Riau dimenangkan Kesebelasan Prolita dengan skor 3-1 melalui adu penalti. (swl)

Meranti Nihil Turnamen Pencak Silat SELATPANJANG(VOKAL)Pembinaan olahraga pencak silat di Kabupaten Kepulaun Meranti saat ini masih jauh tertinggal dibandingkan kabupaten lainnya di Riau. Buktinya, sejak berakhirnya Porda Provinsi XXVI Provinsi Riau di Tembilahan belum lama ini, hingga saat ini ini belum ada satu iven pencak silat pun yang digelar di Kabupaten Kepulaun Meranti. “Minimnya iven olahraga pencak silat di Kepulaun Meranti ini merupakan salah satu penyebab sulitnya kita mendapatkan atlet pencak silat yang berprestasi. Selain itu minat generasi muda di Kepulauan Meranti terhadap olahraga pencak silat ini sangat minim, meski sesungguhnya pencak silat itu merupakan seni bela diri asli Bangsa Indonesia,” ungkap Ketua Harian Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kepulauan Meranti Naslim Monas kepada Vokal, Minggu (4/3) kemarin. Kendati demikian, Naslim mengaku sangat berterima kasih kepada seluruh perguruan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Menurutnya, meski tidak satu iven pencak silat pun digelar di Kepulauan Meranti sejak seta-

hun belakangan ini, namun para guru atau pelatih pencak silat yang ada di Kepulauan Meranti selalu memiliki semangat yang tinggi untku melakukan pembinaan terhadap anak-anak didik mereka. “Semangat dan kegigihan mereka dalam mengembangkan pencak silat di kabupaten ini perlu diacungkan jempol. Namun semangat itu kelak bisa menjadi lutur apabila Kabupaten Kepulauan Meranti terus vakum melaksanakan pertandingan atau turnamen. Hal itu dikarenakan para murid yang berlatih pencak silat tidak menemukan penyaluran keterampilan atau keterampilan dan ilmu yang telah mereka latih selama ini. Para pesilat itu dikhawatirkan merasa jenuh dan menganggap latihan mereka akan percuma saja, sehingga generasi muda lain ikut enggan berlatih pencak silat,” tuturnya. Padahal, sambungnya, olahraga pencak silat itu akan menjadikan generasi muda tersebut menjadi generasi yang tangguh, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, serta berbakti kepada kedua orang tua mereka. (***)

Obyek Wisata Tasik Nambus Potensial Dikembangkan TEBINGTINGGI BARAT(VOKAL) – Kendati sudah berulang kali Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten kepulauan Meranti Drs Ishak Isra’i melontarkan programnya melalui beberapa media cetak terkait pengembangan potensi alam yang ada di Kabupaten kepulauan Meranti, khusunya obyek wisata Tasik Nambus di Kecamatan Tebing Tinggi Barat yang sangat menjanjikan, namun hingga saat ini keindahan alam yang terkandung pada beberapa tasik itu belum dapat dinikmati oleh masyarakat. Tasik Nambus yang berada di Desa Tanjung, Kecamatan Tebingtinggi Barat itu sampai saat ini belum dimanfaatkan dengan maksimal. Wakil Ketua Komisi II DPRD Kepuluan Meranti Afrizal Cik, Msi, menilai Pemkab Kepulauan Meranti, khususnya Disbudparpoara, belum mampu mengembangkan obyek wisata ta-

sik tersebut. “Padahal Tasik Nambus itu cukup di kenali oleh masyarakat luas, bahkan keindahannya sering dipublikasikan beberapa media cetak. Wisatawan dan masyarakat sudah banyak yang berkunjung ke tasik itu, terutama pada saat digelarnya kegiatan tahunan seperti mandi safar,” ungkap Afrizal Cik saat berbincang bincang dengan sejumlah wartawan usai melakukan liburan ke Tasik Nambus, Sabtu (3/3) lalu. Obyek wisata Tasik Nambus itu, kata Afrizal, pada hari-hari tertentu, terutama saat memasuki bulan Safar, banyak didatangi masyarakat untuk melaksanakan ritual mandi Safar. “Terlepas tahyul atau tidaknya, yang jelas banyak umat Islam datang ke Tasik Nambus tersebut untuk mandi pada bulan Safar di hari Rabu minggu terakhir. Kendati begitu, sayangnya infrastruktur jalan me-

nuju obyek wisata itu hingga saat ini masih belum memadai dan dalam kondisi rusak, sehingga masyarakat terpaksa harus berjalan kaki melalui semak belukar dengan jarak tempuh yang cukup jauh,” tukas Afrizal Cik. Jika obyek wisata Tasik Nambus itu ditangani serius, anggota dewan dari Partai Gerindra ini yakin obyek tersebut akan menjadi aset yang bisa dibanggakan Kabupaten Kepulaun Meranti. Oleh karena itu dia meminta Pemkab Kepulauan Meranti untuk membangun akses jalan semenisasi menuju tasik tersebut, serta memasang penerangan listrik yang sangat dibutuhkan untuk menunjang transportasi ke sana. “Kita yakin, jika infrastruktur jalan serta listrik di Tasik Nambus itu dibangun pemda, tidak tertutup kemukinan ada investor yang tertarik mengembangkan obyek wisata tersebut. Ka-

mi dari Komisi II DPRD Kepulauan Meranti siap mendukung upaya pemda membangun infrastruktur tersebut,” tandasnya. Hasil pantauan Vokal ke Tasik Nambus yang merupakan satu-satunya tasik yang berada di seputaran ibu kota Kabupaten Kepulauan Meranti yang berjarak sekitar 25 kilo meter dari pusat kota Selatpanjang, baru-baru ini, terlihat panorama alam Tasik Nambus tersebut sangat menjanjikan untuk dikembangkan menjadi obyek wisata yang diyakini akan mampu menarik turis lokal maupun manca negara datang mengunju-

nginya. Jika hal tersebut terwujud, maka Kabupaten Kepulauan Meranti suatu saat nanti akan berubah menjadi salah satu daerah tujuan wisata di Provinsi Riau. (swl)

Afrizal Cik Msi Perwajahan: ISKANDAR


15

PEKANBARU SENIN

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

LINTAS

r Pasca HM Wardan ‘Nyeberang’ ke Pemprov

Hari Ini Rapat Penunjukan Plt Sekdako PEKANBARU(VOKAL)-Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, hari ini, Senin (5/3) akan melakukan rapat terkait penujukan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru. Posisi itu sebelumnya telah ditinggalkan HM Wardan yang kembali menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi (Pemprov) Riau sejak Jumat (2/3) kemarin. ANDIKA

TUMPAHAN COR SEMEN-Tumpahan cor semen salah satu proyek di Jalan Jenderal Sudirman Tengkerang berserakan hingga ke tengah badan jalan, Minggu (4/3) mengganggu kenyamanan pengendara yang melintas. Terlihat pengendara menghindari ceceran cor yang masih basah tersebut.

Wako Minta Tertibkan Reklame

PEKANBARU(VOKAL)-Walikota Pekanbaru, Firdaus MT gusar melihat benyaknya reklame yang dipasang serampangan di tengah Kota Pekanbaru. Oleh sebab itu ditegaskan kepada Dinas Pendapatan (Dispenda) Pekanbaru untuk segera menertibkan reklame yang terhampar di banyak tempat itu. Wako menilai, pemasangan yang sembarangan selain mengganggu keindahan kota juga dapat mengganggu ketertiban arus lalu-lintas. Hal itu karena banyak reklame yang menutup rambu-rambu jalan yang terpasang. Wako mengharapkan penertiban tuntas menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII September mendatang. “Kalau tamu-tamu dari luar Pekanbaru nanti melihat amburadulnya penataan reklame, tentu akan mempermalukan kita. Penataan itu harus dilakukan oleh instansi terkait karena saya juga melihat tempatan itu tidak pada posisi yang tepat, itu yang perlu diperhatikan,” terang Firdaus. Dikatakan Wako, sejumlah reklame yang nyata menyalahi aturan itu seperti reklame raksasa yang terletak di pinggiran Jalan Jenderal Sudirman kawasan Simpang Tiga Pekanbaru yang telah menutupi rambu-rambu lalu lintas. Kehadiran reklame raksasa tersebut menurut Wako, merupakan perbuatan yang tidak bisa diberikan toleransi. “Saya melihat ada kejanggalan di daerah Simpang Tiga. Reklame itu tidak tepat, karena menutup rambu lalu lintas yang menganjurkan masyarakat menggunakan helm, itu sudah sangat keterlaluan namanya. Makanya saya minta Kadis-nya (Kepala Dinas,red) untuk mengevaluasi dan meninjau kembali dan segera menertibkannya,” pinta Wako. (abd)

LAPORAN:

ABDUL, ZULFIKRI/ PEKANBARU

Demikian diungkapkan Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru, Ayat Cahyadi, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (4/3). Dikatakan Wawako, dalam rapat nantinya Pemko Pekanbaru juga sekaligus membahas terkait penunjukan pejabat Plt lainnya untuk menggantikan Edi Satria dan Noverius yang ikut dilantik dalam waktu bersamaan dengan Sekdako Pekanbaru. “Senin (hari ini,red) pak War-

dan kan masih masuk. Maka pada hari itu kami akan rapat untuk menunjuk siapa yang akan menjabat Sekdako sementara. Baik itu Pelaksana Tugas (Plt) atau lainnya,” sebut mantan anggota DPRD Provinsi Riau ini. Meski mengaku akan melakukan rapat penunjukan Plt Sekdako Pekanbaru, namun Wawako enggan mengatakan siapa saja yang akan diangkatnya sebagai Plt itu. “Siapa orangnya nantilah, kita rapatkan dulu dengan pak Wali (Walikota, red) dan pejabat penting lainnya karena pengang-

katan ini harus sesuai prosedur dako Pekanbaru pasca ditinggalkan HM Wardan yang menjadi yang ada,” jelas Wawako. Sementara untuk penunjukan Kepala Dinas Pendidikan Riau mengharuskan WalikoSekdako defenitif, lanta Pekanbaru, Firdaus jut Wawako, Pemko PeMT segera menunjuk kanbaru sesuai peratuPlt Sekdako yang baru ran yang berlaku dalam agar tidak terjadi kekowaktu dekat akan segsangan struktur pemeera mengajukan tiga orrintahan. ang pejabat Pemko Pe“Sekdako merupakanbaru ke Menteri Dakan kuasa pengguna lam Negeri (mendagri) anggaran di Kota Pemelalui Gubernur Riau, kanbaru. Jika tidak ada HM Rusli Zainal. Sekdako dikwatirkan “Siapa saja yang roda pemerintah Peakan diajukan itu be- AYAT CAHYADI kanbaru terganggu,” selum kita tunjuk karena harus dibahas dulu. Pengajuan but Anggota DPRD Pekanbaru atau promosi bagi pejabat eselon dari Fraksi PKS, M Fadri AR. PKS kata Fadri dalam hal penII untuk mengisi kekosongan bangku Sekdako defnitif tentu- calonan tidak melakukan internya juga sesuai ketentuan yang vensi terhadap kepada daerah untuk menempatkan siapa yang ada,” jelas Wawako. Dewan Desak Pemko akan duduk menjadi Sekko. SeTerkait kosongnya posisi Sek- bab merupakan hak prerogratif

yang dimiliki kepala daerah. Namun begitu juga dibuka ruang jika seandainya diminta saran dari PKS. Intinya menurut Fadri, Sekdako nantinya tentu ditunjuk sesuai kepangkatannya, loyalitas, dapat membantu kepala daerah secara maksimal, mengayomi PNS. Jika hal itu sudah dimiliki oleh Sekdako maka tidak ada salahnya untuk didukung. Sementara itu, Walikota Pekanbaru Firdaus MT saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa dirinya akan secepat mungkin menunjuk Sekdako Pekanbaru. Hal itu agar tidak terjadi kekosongan dalam pemerintahan. “Selanjutnya kita juga akan mengajukan nama Sekdako defenitif kepada Gubernur Riau dan Mendagri,” sebut Wako tanpa menjelaskan siapa calon yang akan diusulkan tersebut. (***)

ANDIKA

GENANGAN AIR -Air tumpah dari Tugu Selais depan Kantor Walikota Pekanbaru menggenangi badan Jalan Jenderal Sudirman. Genangan yang berlangsung lama telah membuat aspal jalan mengelupas dan berlubang, Minggu (4/3).

r Hadapi Permasalahan Hukum

Anggota Korpri Disarankan Konsultasi ke LKBH PEKANBARU(VOKAL)-Pegawai yang tergabung dalam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) disarankan berkonsultasi dengan Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korpri jika hadapi permasalahan hukum. LKBH siap mendampingi anggota maupun keluarganya hingga ke pengadilan ataupun sekedar berkonsultasi hukum. “Jangan pernah takut melakukan konsultasi ke Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Korpri terkait berbagai persoalan hukum. “LKBH Korpri selain akan memberikan pendamping bagi anggota dan keluarganya ketika terjerat hukum yang sampai di Pengadilan atau dipersidangan, LKBH juga melayani untuk mereka yang sekedar untuk berkonsultasi saja,” jelas Ketua Bidang Konsultasi Hukum LKBH Korpri, H Syahruddin AB SH MH, kepada Harian Vokal, akhir pekan lalu. Syahruddin menyebutkan,

ketika para anggota Korpri dalam melaksanakan tugasnya merasa ada yang salah, maka sebaiknya melakukan konsultasi ke LKBH Korpri, agar bisa dilakukan pencarian jalan keluar. Sehingga diharapkan kesalahan yang dilakukan tidak sampai kepada pihak kepolisian ataupun sampai ke pengedilan untuk disidangkan. “Namun, jika sudah sampai, maka LKBH Korpri juga akan memberikan perlindungan, yakni dengan memberikan pendamping atau kuasa hukum LKBH, yang merupakan para pengacara-pengacara dari luar, sebanyak 10 orang pengacara luar yang tergabung dalam LKBH Korpri Riau ini,” tukasnya. Tidak hanya persoalan hukum Pidana yang bisa diberikan perlindungan oleh LKBH Korpri, persoalan Perdata juga akan ditangani oleh LKBH Korpri. Seperti konsultasi masalah keluarga, perkelahian antara sesama pega-

wai dan lainnya. Diharapkan untuk persoalan-persoalan yang bisa diselesaikan secara kekeluargaan, para pegawai untuk jangan cepat melaporkan kepada pihak kepolisian. Untuk menunjang peningkatan kinerja LKBH Korpri ini, saat ini tengah dilakukan renovasi terhadap gedung yang terletak di sebelah sekretarian Korpri Riau, sehingga diharapkan LKBH Korpri akan mampu lebih optimal dalam memberikan perlindungan kepada anggota dan keluarnya. “Pada rapat pengurus yang kita laksanakan pada hari Jum’at lalu, hal ini salah satu yang menjadi bahasan tim LKBH Korpri, kita mengharapkan dengan adanya gedung baru, khusus untuk LKBH Korpri, maka kinerja kita akan terus meningkat dalam memberikan konsultasi ataupun perlindungan hukum bagi para anggota dan keluarga Korpri,” ungkapnya. (mok)

r Gelar Tiga Kegiatan Sekaligus

Jon Erizal Dekatkan Diri kepada Masyarakat PEKANBARU(VOKAL)-Jon Erizal, Bendahara Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional mulai mendekatkan diri dengan masyarakat Kota Pekanbaru. Sosok calon Gubernur Riau (cagubri) yang diusung partai berlambang matahari terbit itu membaur dengan masyarakat dalam tiga agenda sosialnya di Pekanbaru, Sabtu (3/3). Tiga agenda yang dihadiri langsung Jon Erizal bersama unsur pimpinan DPD PAN Pekanbaru itu yakni, gelaran pasar murah di Kelurahan Simpang Tiga, peresmian rumah PAN di Jalan Terubuk Pekanbaru dan try out siswa SMA sederajat di Perpustakaan Wilayah Riau Soeman HS. Kegiatan pasar murah di Kantor Lurah Simpang Tiga Pekanbaru mendapat sambutan meriah masyarakat. Bendahara Umum DPP PAN Jon Erizal yang membuka acara didampingi Ketua DPD PAN Kota Pekanbaru Sondia WarPenanggung Jawab/Redaktur: RIDWAN ALKALAM

man, Sekretaris DPD PAN Ir Nof- Erizal berharap dengan diresmikannya rumah PAN rizal, Bendahara DPditingkat DPC ini D PAN Pekanbaru dapat memberikan Ade Hartati serta peangin segar kepada ngurus PAN Pekanseluruh masyarakat, baru lainnya. sesuai apa yang diaKetua DPD PAN manatkan oleh PAN. Kota Pekanbaru, Usai meresmikan Sondia Warman SH Rumah PAN, Jon di sela-sela kegitan Erizal langsung memengatakan pasar ninjau try out SMA murah digelar undi Gedung Perpustatuk meringankan kaan Wilayah Riau, beban masyarakat Jalan Sudirman PePekanbaru di tenJON ERIZAL kanbaru. gah melambungnya Ketua panitia penyelenggara harga bahan pokok. “PAN merupakan partai yang peduli dengan try out Ronal Akyar, didampingkeadaan masyarakat, lebih lagi gi Pembina Barisan Muda PAN dengan peningkatan kebutuhan Ade Hatati mengatakan, kegiatan pokok masyarakat. Dimana ke- ujian jelang UN ini untuk melatih butuhan sembako saat ini mulai kemampuan siswa jelang ujian meningkat maka PAN mengam- akhir. Diharapkan dengan adanbil langkah mengadakan pasar ya latihan soal tersebut, mereka murah demi meringankan biaya bisa mengerjakan soal-soal yang hidup masyarakat,” ucap Sondia. diprediksi muncul dalam ujian Peresmian rumah PAN, Jon nanti. (fik) Perwajahan: ISKANDAR


CMYK

Riau

16

HARIAN VOKAL

SENIN 5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

LINTAS PBB Belum Rencanakan PAW Syafro PEKANBARU(VOKAL)-Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Riau belum merencanakan penggantian antar waktu (PAW) anggota DPRD Bengkalis, Syafro Maizal yang kini ditahan Polres Bengkalis. Keputusan itu mengingat belum adanya kepastian hukum bagi Syafro Maizal. Ketua DPW PBB Muharnis mengatakan, jika masih sebatas penahanan dan belum ada kepastian hukum, maka DPW PBB belum bisa mem-PAW kan kadernya. DPW akan mengikuti saja perkembangan proses hukumnya. "Hendaknya ditampilkan praduga tidak bersalah, sebab dalam hal ini saya belum bisa mengomentari untuk mem-PAW kannya," ujar Muharnis melalui telepon selulernya, Sabtu (3/3). Meski ada desakan unutk mem-PAW kan, tetap tidak bisa secepat kilat dilakukan. Karena mesti melalui kesepakatan bersama seluruh kader dan pengurus partai. Baik di tingkat provinsi maupun di Kabupaten Bengkalis. Artinya, semua itu harus melalui kesepakatan seluruh kader dan pengurus partai. Permasalahan yang dihadapi kadernya, Muharnis mengatakan DPW PBB Riau hanya fokus memberikan bantuan dukungan moral kepada kader yang ditahan. Untuk itu sudah dikirim sejumlah pengacara. "Kita sudah mengirimkan sejumlah nama-nama advokat yang nantinya diharapkan menuntaskan kakus hukum dihadapinya," ujar Muharnis. Kedepannya, lanjut Muharnis, DPW PBB akan membentuk kader sebagai wakil rakyat (DPRD,red) yang benar-benar tidak terjerat kasus hukum serupa. Hal itu telah ditempuh melalui komitmen-komitmen bersama. Diberitakan sebelumnya, anggota DPRD Bengkalis Syafro Maizal menjadi tersangka dalam kasus pencurian uang di ATM salah satu bank di Pulau Bengkalis setahun lalu. Kini Syafro telah ditahan jajaran Polres Bengkalis. Kapolres Bengkalis AKBP Toni Ariadi Effendi melalui Kasat Reskrim, AKP Arief Fajar Satria kepada wartawan, mengatakan bahwa penahanan kepada anggota DPRD Bengkalis tersebut dilakukan pada Jumat (2/3) pukul 17.00 WIB sore. (rul)

Total DBH Riau Rp9,6 Triliun

DPRt PAN se-Kota Pekanbaru Dilantik

PEKANBARU(VOKAL)-Total penerimaan Dana Bagi Hasil (DBH) minyak dan gas (Migas) Provinsi Riau mengalami peningkatan sebesar 10 persen. Jika pada 2011 Riau hanya mendapatkan Rp8,7 triliun, maka tahun 2012 mendapatkan sebesar Rp9,6 triliun lebih.

PEKANBARU(VOKAL)-Bertempat di ballroom Hotel Pangeran, Pekanbaru, Minggu (4/3), digelar pelantikan Dewan Pimpinan Ranting (DPRt) Partai Amanat Nasional (PAN) se-Kota Pekanbaru. Acara pelantikan ini turut dihadiri Bendahara Umum DPP PAN Jon Erizal. Selain itu, dalam kesempatan yang sama dilantik pula Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Barisan Muda PAN Riau, Rumpun Perempuan Amanat dan Himpunan Mahasiswa Amanat. DPRt dilantik oleh Ketua DPC setempat, sedangkan DPD BM PAN Riau dilantik oleh Ketua DPD PAN Riau. Dalam sambutannya Jon Erizal mengimbau pengurus ranting untuk menyelesaikan infrastruktur partai hingga ke tingkat rayon dan sub rayon. Ia bahkan menyatakan telah menyiapkan bonus untuk pengurus yang dapat menyelesaikannya sebelum Desember 2012. Dalam kesempatan itu Jon Erizal menyatakan siap turun ke daerah untuk mendukung para kader PAN. Menurutnya, kader PAN harus bekerja untuk kepentingan rakyat. Dengan adanya kepengurusan ranting dan sub rayon, itu bisa semakin mendekatkan partai kepada rakyat. Ketua DPW PAN Riau Herliyan Saleh yang diwakili Sekretaris Jenderal PAN Riau Herman Gazali mengatakan, PAN telah mengusung kadernya Jon Erizal sebagai calon Gubernur Riau. Akses Jon ke Pusat bisa dimanfaatnya masyarakat Riau untuk pembangunan Riau. Sementara itu Ketua DPC PAN Pekanbaru Sondia Warman, mengatakan, ranting adalah ujung tombak partai terdepan. "Ranting adalah ujung tombak partai. Kita sama dan kita bersaudara," katanya. Sebelumnya, Ketua Pelaksana Herwanto, dalam laporannya menyampaikan, di Pekanbaru terdapat 458 DPRt dari 12 dewan pimpinan cabang (DPC). Selain itu, sekitar 1.500 kader PAN yang hadir dalam pelantikan itu. (may)

RSI Al Falah Diresmikan

PEKANBARU(VOKAL)-Gubernur Riau diwakil Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Edi Satria meresmikan Rumah Sehat Islami (RSI) Al Falah yang terletak di lantai dasar gedung baru Masjid Al Falah, Jalan Sumatera Pekanbaru, Minggu (4/3). RSI Al Falah yang merupakan pusat pengobatan secara Islami menggunakan metode ‘Thibbun Nabawi’ atau metode pengobatan yang dianjukan Allah dan Rasul-Nya ini meliputi Bekam (‘hijamah’), Ruqyah dan pengobatan secara herbal. Direktur RSI Al Falah, Ust Ahmad Sodri SAg dalam sambutannya, menyatakan sebenarnya Thibbun Nabawi itu sudah dirintisnya sejak tiga tahun lalu bersama istri. Tetapi karena keterbatasan personil dan peralatan, pusat pengobatan itu tidak bisa maksimal. “Tetapi kini berkat adanya dukungan dari pengurus Masjid Al Falah dan jemaah, Alhamdulillah, kita diberikan kesempatan dan tempat untuk mengembangkan metode pengobatan ‘Thibbun Nabawi’,” terangnya. Diakui Sodri, umat Islam sekarang sudah meninggalkan ‘Thibbun Nabawi’ sebagai pengobatan yang paling diutamakan. Metode pengobatan ‘Thibbun Nabawi’ ini juga masih belum dikenal oleh masyarakat luas dan dikategorikan sabgai pengobatan alternatif. Oleh kerana itu, dengan hadirnya RSI Al Falah itu dapat memperkenalkan metode pengobatan itu kepada masyarakat luas. Sementara itu, Kabiro Kesra Setdaprov Riau Edi Satria saat membacakan sambutan Gubernur Riau M Rusli Zainal menyambut baik berdirinya RSI Al Falah. Dikatakannya, pemerintah provinsi Riau selalu mendukung dan mendorong program-program untuk kesejahteraan rakyat. (rtc/rid) Penanggung Jawab/Redaktur: RIDWAN ALKALAM

ANDIKA

RUNTUHKAN HALL MTQ - Sebuah alat berat sedang bekerja meruntuhkan salah satu hall Purna MTQ di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Minggu (4/3). Gedung ini diruntuhkan untuk dibangun gedung pusat bisnis Riau.

r Meningkat 10 Persen

LAPORAN: MOKHTIAR / PEKANBARU "DBH kita mengalami peningkatan sebesar 10 persen. Melalui peningkatan itu tentu akan menjadi nilai tambah untuk anggaran pembangunan di Riau, karena kenaikannyapun cukup signifikan," kata Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Riau Said Mukri ke-

pada Harian Vokal akhir pekan lalu. Hal itu tertuang dalam keputusan Menteri Keuangan PMK Nomor 08/PMK.07/ tahun 2012. Bahkan, ditambahkannya, untuk Indonesia, Riau merupakan pendapatan DBH nomor dua tertinggi setelah setelah Kalimantan Timur. Dijelaskannya, kenaikan DBH migas itu disebabkan,

Namun kita akan tekarena adanya petap berusaha agar ningkatan pada lifpembagian DBH ini ting dan harga mimeningkat lagi," gas di pasaran du ujar Said Mukri. nia. Sehingga meSedangkan rinnyebabkan kuo ta cian pembagian DBH daerah sebaDBH migas tersegai penghasil Mi but, untuk Provinsi gas juga bertamRiau sebesar Rp1,9bah. Meski demi35 triliun. Kemudikian, Kadispenda an Kabupaten Bemengaku belum SAID MUKRI ngkalis Rp1,996 trihal itu belum seliun sekaligus sebagai penerima suai dengan harapan. "Sebetulnya kenaikan ini terbesar penerima DBH daerah belum memenuhi harapan permintaan kita sebagai penghasil Migas terbesar. Akan tetapi ini sudah menjadi awal yang baik.

r Kantongi Audit BPKP

r Pengusiran Wagubri

Cermin Gubri-Wagubri tak Harmonis

PEKANBARU(VOKAL)-Peristiwa pengusiran Wakil Gubernur (Wagubri) HR Mambang Mit saat pelantikan 33 pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Riau, Jumat (3/3) merupakan cermin tidak harmonisnya hubungan Gubri dan Wagubri. Wagubri yang seharusnya dilibatkan dalam penyusunan ternyata sama-semaki tidak tahu adanya mutasi yang terjadi. "Ini menjadi pembelajaran beretika dalam tata kelola pemerintahan. Hal itu tidak harusnya terjadi jika mekanisme tentang mutasi atau rotasi yang dilakukan sesuai standar baku tata pemerintahan. Tapi aturan itu yang telah dilanggar," ujar pengamat politik pemerintahan Riau, Andi Yusran kepada Harian Vokal melalui telepon selulernya, Minggu (4/3). Mantan dosen Ilmu Pemerintahan (IP) Fisipol Universitas Riau (UR) ini mengatakan, seharusnya dalam penggodokkan nama-nama pejabat yang akan ditentukan mengisi jabatan mestinya melibatkan Wakil Gubenur. Sebab gubenur dan wakil gubernur merupakan satu pa-

ket. "Seperti dalam pemberitaan, terbaca ada semacam keinginan tahuan dari Mambang Mit akan nama-nama yang dilantik. Inikan menggambarkan ketidak harmonisan," ujar Andi Yusran. Sementara itu, Saiman Pakpahan yang merupakan pengamat politik dari Universitas Riau yang dimintai tanggapannya mengatakan, seharusnya kejadian ini tidak mesti terjadi jika dilakukan sesuai mekanisme diatur dalam tata pemerintahan di Indonesia. "Insiden ini sangat memalukan terjadi. Sebab yang pertama kali terjadi di Indonesia. Kejadiannya disebabkan tidak harmonisan antara kepala daerah dengan Wakilnya," katanya. Saiman melanjutkan, kondisi ini juga pernah terjadi pada era pasangan Rusli Zainal dengan Wan Abu Bakar. Tetapi kondisinya tidak sampai ada 'pengusiran' saat pelantikan pejabat eselon. Mungkin ketika itukan Wan Abu Bakar diam saja. Perpecahan itu kata Saiman berdampak pada politik dua kubu, antara Rusli Zainal

di Riau, diikuti Kabupaten Siak Rp 1,094 triliun. Sementara Kabupaten Rohil Rp986,8 miliar, Kampar Rp782,8 miliar, Kepulauan Meranti Rp377.5 miliar, Rohul Rp376,1 miliar, Pelalawan Rp359,3 miliar, Inhu Rp359,0 miliar, Dumai Rp351,8 miliar, Inhil Rp351,8 miliar, Kuansing Rp351,8 miliar serta Pekanbaru Rp351,8 miliar. Dengan demikian total DBH yang diterima mencapai Rp9.675 triliun. (***)

dari Golkar dengan Mambang yang merupakan Ketua PD Demokrat Riau. Jangan Terulang Di tempat terpisah, tokoh masyarakat Melayu Riau, Tennas Effendi mengatakan, peristiwa itu tidak patut terjadi, jika semuanya melakukan koordinasi dalam pemerintahan. "Saya tidak menyalahkan siapasiapa dalam insiden ini. Saya tidak dapat berkomentar banyak. Tapi yang jelas, kejadian ini disebabkan tidak ada koordinasi, sehingga menimbulkan insiden kecil seperti itu," kata Tenas. Tennas juga menegaskan, hendaknya hal itu ke depan tidak terulang saat menjalankan roda pemerintahan dalam mengisi pembangunan daerah. Sebab katanya pemimpin ini menjadi panutan masyarakat yang dipimpin suatu wilayah. Hal senada juga diutarakan mantan Sekdaprov Riau Tengku Lukman Jaafar. Lukman mengatakan, hal itu tidak perlu dipolemikkan atau dibesarkan, hanya saja perlu memahami tata kelola pemerintahan.(rul)

DPRD Mulai Bahas Pansus Revisi Perda MS

PEKANBARU(VOKAL)-Pole- Harian Vokal, Senin (4/5). Disebutkan Johar, perminmik belum diterimanya hasil taan sebagian ang audit Badan Peme gota DPRD Riau riksa Keuangan membentuk Pandan Pembangusus MS PON adanan (BPKP) Riau lah suatu hal yang yang berujung terwajar. Karena Pertundanya pemben da Nomor 5 tahun tukan panitia khu2008 itu telah besus (Pansus) Perda rakhir Desember Main Stadium 2011, sementara (MS) No 5 tahun proyek belum kun 2008 terjawab sujung selesai. Mesdah. DPRD Riau ki demikian, tetap hari ini, Senin (5/ JOHAR FIRDAUS saja pembentu3) akhirnya memkan Pansus harus melalui mebahas Pansus tersebut. Menurut Ketua DPRD Riau kanisme. "Sesuai konsultasi, Pansus Johar Firdaus, keinginan dibentuknya Pansus Perda MS PON tidak bisa dibentuk sebelum itu terwujud setelah sebelum- ada audit dari BPKP Riau. Loginya ada desakan agar audit kanya, kita tidak mungkin mem BPKP segera dikeluarkan. Hasil bahas suatu hal kalau materi audit BPKP Riau yang telah dan pokok yang dibahas belum diresume secara ringkas itu ada objek, inilah muasalnya," telah disampaikan ke seluruh jelasnya. Diberitakan sebelumnya, anggota Banmus DPRD Riau. Hasilnya juga disampaikan ke- sebelumnya sempat terjadi pro pada seluruh anggota DPRD dan kontra untuk pembentukan Pansus Revisi Perda MS PON. Riau. "Tadi hasil audit BPKP Riau Anggota DPRD Riau Abu Bakar yang telah diresume secara ring- Siddik sempat mendapat dukukas itu disampaikan kepada ngan dari rekan-rekan lainnya seluruh anggota Banmus DPRD untuk segera membentuk PanRiau dan juga akan disampaikan sus, meski Johar Firdaus mekepada seluruh anggota DPRD ngatakan harus ada hasil audit Riau," ujar Johar Firdaus kepada terlebih dahulu dari BPKP.(rul)

r Gantikan PAW Ayat Cahyadi

Mansyur Resmi Dilantik 6 Maret PEKANBARU(VOKAL)-DPRD Riau akhirnya memastikan pelantikan Mansyur sebagai anggota DPRD penggantian antar waktu (PAW) Ayat Cahyadi yang menjadi Wakil Walikota Pekanbaru. Kepastian terisi lengkapnya anggota DPRD Riau periode 2009-2014 ini setelah dilakukannya rapat oleh badan musyawarah (Banmus) baru-baru ini. "Sesuai rapat badan musyawarah (Bamus) DPRD Riau itu memang telah mengagenda jadwal pelantikan PAW Ayat Cahyadi oleh Mansyur sesuai yang diusulkan ke DPRD Riau. Jadwalnya tanggal 6 Maret 2012 pagi," ujar Ketua DPRD Riau,

Johar Firdaus kepada Harian Vaokal, Minggu (4/3). Johar menegaskan, jadwal pelantikan sudah final dan sudah pasti akan dilaksanakan. Sebab sudah turunnya Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) dengan Nomor 161.14-93 tertanggal 27 Februari 2012. "Dengan terbitnya SK Mendagri tersebut, sudah diterima Setwan Riau. Makanya, sudah dipastikan pelantikan terhadap Mansyur yang merupakan PAW Ayat Cahyadi dari Dapil Kota Pekanbaru. Proses PAW sudah tuntas," katanya. Pelantikan nanti dilaksana-

kan dalam Rapat Paripurna DPRD Riau yang seperti biasanya akan dihadiri Gubenur Riau Rusli Zainal. Prosesi pelantikan itu sebagai pertanda sahnya Mansyur sebagai anggota DPRD Riau. Sementara itu, Mansyur yang menggantikan Ayat Cahyadi saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengakui bahwa dirinya sudah mendapatkan kabar turunnya SK Mendagri tersebut. "Ya saya sudah mendapatkan kabar SK Mendagri tersebut. Mengenai jadwal pelantikan juga sudah disusun Banmus DPRD Riau yang dilaksanakan nantinya pada tanggal

6 Maret 2012 di Rapat Paripurna," katanya. Mansyur menyatakan kesiapannya mengemban amanah masyarakat Riau secara umum, Kota Pekanbaru ini khususnya. "Saya siap menjalankan apa yang telah diamanahkan sebagai kader PKS dan mentaati aturan berlaku di lembaga DPRD Riau. Tolong kritisi saya jika ada salah," katanya. Sementara itu, Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau, Zainuddin kepada Harian Vokal, akhir pekan lalu mengatakan PAW anggota Komisi D DPRD Riau, Ayat Cahyadi yang sudah menjabat sebagai Wakil

Walikota Pekanbaru ini akan digantikan kepada H Ir Mansyur, kader PKS Dapil Pekanbaru. "Kita sudah terima SK PAW Ayat Cahyadi dari Mendagri. Selanjutnya kita akan serahkan kepada DPRD Riau untuk meneruskan PAW-nya," kata Zainudin. SK Mendagri tentang PAW angota DPRD Riau ini adalah yang kedua kalinya sejak tahun 2012. Sebelumnya anggota DPRD Riau dari Komisi B atas nama Jefri Noer yang telah terpilih dan menjabat sebagai Bupati Kampar juga sudah di PAW dan digantikan Koko Iskandar.(rul/mok) Perwajahan: ANDIXER


CMYK

L IGA INGGRIS 1 Man City 2 Man United 3 Tottenham 4 Arsenal 5 Chelsea 6 Newcastle 7 Liverpool 8 Stoke City 9 WBA 10 Norwich City 11 Everton 12 Sunderland 13 Fulham 14 Swansea City 15 Aston Villa 16 QPR 17 Wolves 18 Blackburn 19 Bolton W 20 Wigan A

27 26 26 27 27 26 26 27 27 27 26 26 26 27 27 27 26 27 27 27

21 19 16 15 13 12 10 10 10 9 9 9 8 8 6 5 5 5 6 4

3 4 5 4 7 7 9 6 5 8 7 6 9 9 12 7 7 7 2 8

3 69-19 3 63-26 5 51-30 8 55-38 7 47-32 7 38-38 7 30-25 11 27-38 12 34-35 10 38-44 10 27-28 11 34-30 9 32-36 10 30-34 9 30-35 15 28-46 14 30-51 15 38-60 19 29-56 15 23-52

66 61 53 49 46 43 39 36 35 35 34 33 33 33 30 22 22 22 20 20

SENIN

Kick Off

1 Real Madrid 2 Barcelona 3 Valencia 4 Malaga 5 Levante 6 Athletic Bilbao 7 Atletico Osasuna 8 Espanyol 9 Atletico Madrid 10 Sevilla 11 Rayo Vallecano 12 Real Betis 13 Real Sociedad 14 Getafe 15 Mallorca 16 Granada 17 Villarreal 18 Racing Santander 19 Sporting Gijon 20 Real Zaragoza

Palermo 0 Vs 4 AC Milan

Amukan Ibra

(4/3) 1 - 1 Atletico Osasuna 1 - 3 Malaga 4 - 2 Racing Santander 1 - 2 Barcelona 24 24 24 25 24 24 24 24 24 24 24 24 24 25 24 24 24 24 24 24

21 16 11 11 10 8 8 9 8 8 9 9 8 7 7 8 6 4 5 3

1 6 7 4 5 10 10 6 8 8 4 3 6 8 7 4 9 12 6 6

2 2 6 10 9 6 6 9 8 8 11 12 10 10 10 12 9 8 13 15

80-21 70-18 37-29 36-37 34-35 39-32 28-38 27-29 33-30 26-27 32-36 28-32 27-34 25-34 23-29 22-34 25-36 19-31 22-45 19-45

64 54 40 37 35 34 34 33 32 32 31 30 30 29 28 28 27 24 21 15

L IGA ITALI 1 Milan 2 Juventus 3 Udinese 4 Lazio 5 Napoli 6 Roma 7 Inter 8 Palermo 9 Chievo 10 Catania 11 Atalanta 12 Cagliari 13 Genoa 14 Parma 15 Fiorentina 16 Bologna 17 Siena 18 Lecce 19 Novara 20 Cesena

26 25 25 25 25 25 25 26 26 24 25 25 25 24 24 24 25 25 25 24

16 13 13 13 10 11 11 10 9 8 9 7 9 7 7 7 6 6 3 4

6 12 6 6 10 5 3 4 7 9 10 10 4 8 7 7 8 6 8 4

PALERMO (VOKAL)-Larangan tidak boleh tampil tiga pertandingan oleh komisi disiplin Serie A ternyata tidak mengurangi ketajaman Zlatan Ibrahimovic dalam menciptakan gol. Ibra, panggilan pemain berambut gendrong ini langsung mengamuk dalam comeback dari penghasilan menyumbang trigol saat membawa AC Milan menang atas tuan rumah Palermo 4-0, Minggu (4/3).

SUSUNAN PEMAIN Palermo : Palermo: Viviano; Munoz, Migliaccio, Mantovani, Pisano; Bertolo (Aguirregaray 50), Donati, Barreto; Ilicic (Zahavi 84); Budan (Della Rocca 60), Miccoli Milan : Milan: Abbiati; Abate, Bonera, Thiago Silva, Antonini (Mesbah 46); Nocerino, Ambrosini, Muntari; Emanuelson (El Shaarawy 54); Ibrahimovic, Robinho (Inzaghi 81)

Zlatan

Ibrahimovic

Barcelona 3 Vs 1 Spoting Gijon

Ibra dijatuhi hukuman larangan tampil dalam tiga pertandingan. Hal itu terkait insiden kartu merah di pertandingan kontra Napoli pada Minggu, 5 Februari. Saat itu Ibra diganjar kartu merah langsung oleh wasit. Dia tertangkap menampar wajah Salvatore Aronica ketika sejumlah pemain dari kedua tim tengah terlibat cekcok mulut. Ya, absennya striker timnas Swedia ini memang sangat merugi bagi AC Milan. Apalagi saat ini top skorer sementara ini manjadi andalan Rosonerri untuk bersaing merebut gelar scudetto. Beruntung, selama Ibra tidak tampil, saingan utamanya Juventus menuai hasil

Tak Masalah tanpa Messi

Hasil, Minggu (4/3) Juventus 1 - 1 Chievo Palermo 0 - 4 Milan 4 0 6 6 5 9 11 12 10 7 6 8 12 9 10 10 11 13 14 16

53-22 38-16 37-23 39-29 42-24 38-31 34-34 39-43 22-31 32-33 30-28 23-26 33-46 29-37 23-25 24-29 27-28 28-40 21-45 16-38

Penanggung jawab/redaktur: SAADUDDIN BADRA

54 51 45 45 40 38 36 34 34 33 31 31 31 29 28 28 26 24 17 16

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

L IGA SPANYOL

Hasil, Minggu Mallorca Getafe Rayo Vallecano Atletico Madrid

17

BARCELONA (VOKAL)- Selama ini Lionel Messi selalu menjadi roh di setiap kemenangan Barcelona. Tapi, sekarang ini Barcelona nampaknya sudah bisa lepas dari ketergantungan kepada striker timnas Argentina ini. Setidaknya terlihat ketika El Barca menjamu Sporting Gijon di Camp Nou, Minggu (4/3). Tanpa Messi yang dilarang tampil lantaran akumulasi kartu kuning, Barca sukses meraih kemenangan dari tamunya itu dengan skor telak 3-1. Hebatnya, lagi kemenangan tersebut juga diraih minus satu pemain Gerard Pique yang diusir oleh wasit karena menganjar keras pemain lawan. Tanpa kehadiran sang megabintang Messi, Barca terlihat kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Gijon, meski mendominasi jalannya laga. Memang, Barca sempat mencetak gol melalui Pedro di menit ke9. Sayang, gol tersebut dianulir wasit karena menilai sang penyerang telah berada dalam posisi offside.

Barca yang dominan dalam penguasaan bola, baru bisa memecah kebuntuan di menit ke-42. Andres Iniesta membuka keunggulan Barca setelah meneruskan umpan mendatar Adriano Correia. 1-0 untuk Barca bertahan hingga jeda. Satu menit babak kedua berlangsung, kubu tuan rumah dibuat terhenyak oleh keputusan wasit yang mengganjar bek Gerard Pique dengan kartu merah setelah menjatuhkan Miguel de las Cuevas tepat di luar kotak penalti. Keunggulan jumlah pemain langsung dimanfaatkan oleh Gijon untuk balik menyerang. Terbukti, tiga menit berselang Gijon sukses menyamakan kedudukan lewat pemain pengganti David Barral. Berawal dari tendangan bebas, Barral yang baru masuk di menit ke48, sukses memaksimalkan tendangan Mendy yang melebar dan membobol gawang Victor Valdes. 11 Gijon menyamakan kedudukan.

Tak ingin terus berada dalam tekanan Gijon yang mulai pede. Barca memutuskan untuk keluar menyerang demi kembali unggul. Kalah jumlah pemain nampaknya tidak menghalangi Barca untuk menyerang. Setelah gagal memanfaatkan dua peluang emas melalui dua pemain pengganti Alexis Sanchez dan Tello, Barca akhirnya kembali unggul di menit ke-79. Seydou Keita membawa Blaugrana unggul 2-1 setelah sepakannya menyambut umpan Sanchez gagal dibendung kiper Gijon, Juan Pablo. Barca bahkan berhasil memperbesar keunggulannya, tiga menit sebelum laga usai melalui lesakkan gol indah Xavi Hernandez. Menerima umpan cantik Iniesta, Xavi yang lolos dari jebakan offside, me-lob bola melewati penjagaan Pablo yang terlanjur maju. Bola pun meluncur deras ke gawang kosong. Barca menang 3-1 tanpa bantuan bomber andalannya Lionel Messi dan hanya bermain dengan 10 pemain.(bbc/rts/bbs/sad)

kurang maksimal. Kembalinya Ibra, Milan tampil dengan kekuatan penuh. Pelatih Massimiliano Allegri mengandalkan Ibra dengan Robinho sebagai duet utama untuk membongkar pertahanan I Rosanero. Kerjasama kedua penyerang tersebut membuahkan hasil pada menit ke-22. Di depan kotak penalti lawan, Robinho dengan jeli melepaskan umpan terobosan kepada Ibra. Penyerang asal Swedia itu menyambut dengan sepakan kaki kiri yang tak mampu dibendung kiper Emiliano Viviano. Pada menit ke-31, duet IbraRobinho kembali berhasil merobek gawang Palermo. Viviano takluk untuk kedua kalinya setelah gagal mengantisipasi tembakan Ibra, lagi-lagi memanfaatkan umpan Robinho. Hanya berselang empat menit, Ibra berhasil membukukan gol ketiganya. Tembakan yang dilepaskannya dari luar kotak penalti bersarang di tengah gawang Palermo. Skor 3-0 pun menjadi penutup babak pertama. Pada babak kedua, penampilan Milan mulai menurun. Namun skuad asuhan Allegri ini masih tetap mendominasi permainan. beberapa kali upaya tekanan yang dilakukan Milan membuat Viviano harus berjibaku mempertahankan gawangnya. Masuknya Stephan El Shaarawy menggantikan Urby Emanuelson pun menambah kreativitas serangan Milan. Hasilnya, pada menit ke-58 gol keempat pun hadir melalui Thiago Silva setelah memanfaatkan umpan El Shaarawy. Keunggulan empat gol

membuat Milan kian berada di atas angin. Palermo pun tak mampu berbuat banyak. Hingga laga usai, skor 4-0 untuk Milan tetap bertahan. Hasil ini membuat I Rossoneri kian kokoh di puncak klasemen Serie-A dengan koleksi 54 poin. Bagi Ibra, inilah hat-trick pertama yang dicetaknya bersama Milan. Selain itu Milan pu menorehkan catatan manis, yakni kemenangan besar pertama di laga tandang setelah 5-1 atas Siena pada Maret 2009. "Kami memainkan pertandingan yang penting dengan sangat baik dan kami harus melanjutkan terus seperti ini," sahut Ibra di Football Italia. "Kami layak memenangi (pertandingan) itu. Sekarang kami dalam kondisi fit dan juga seluruh tim. Kami akan menghadapi Arsenal di hari Selasa dan semoga kami bisa lolos," lanjut Ibra. Kemenangan terasa sangat penting bagi AC Milan. Sebab, posisi mereka dipuncak klasemen sementara belum tergoyahkan lantaran saingan utamanya Juventus menuai hasil kurang memuaskan. Bermain dihadapan publik sendiri, Si Nyonya Tua gagal meraih kemenangan setelah ditahan imbang 1-1 oleh tamunya Chievo. Pelatih AC Milan, Massimiliano Allegri, terpuaskan oleh penampilan timnya kala mengalahkan Palermo. Dia juga menyebut kemenangan ini bisa jadi krusial untuk Rossoneri. "Kami tampil hebat hari ini dan anak-anak bekerja dengan sangat baik mulai dari awal. Ibrahimovic mencetak tiga gol yang indah," ungkap Allegri seperti dikutip Football Italia. (bbc/rts/bbs/sad)

Perwajahan: ZULQIFLI


SPORT

18

HARIAN VOKAL

SENIN 5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H RABU

LINTAS

Siman dan Tryaningsih Jadi Atlet Terbaik 2011

JAKARTA(VOKAL)-Perenang I Gde Siman Sudartawa merebut penghargaan Anugerah Olahraga Indonesia 2011 sebagai atlet putra terbaik. Sedangkan pelari Triyaningsih merebut penghargaan sebagai atlet putri terbaik. Keduanya adalah atlet yang bersinar di SEA Games XXVI/2011, Siman meraih empat emas dan Triyaningsih meraih tiga emas. Anugerah Olahraga Indonesia merupakan penghargaan yang diberikan setiap tahun dalam rangka ulang tahun Tabloid Bola. Acara pemberian Anugerah Olahraga Indonesia 2011 berlangsung di Mal FX Senayan, Jakarta, Sabtu (3/3). Penghargaan diberikan berdasarkan hasil poling di situs Bola. Albert C Sutanto, pelatih renang SEA Games meraih penghargaan pelatih terbaik. Tim terbaik direbut oleh tim renang putra estafet 4 x 100 meter gaya ganti. Andik Vermansyah terpilih sebagai atlet favorit. Kategori pembina terbaik diberikan kepada Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Ketua Umum PB Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Hendardji Soepandji. Kategori lifetime achievment diberikan kepada mantan Ketua Umum KONI Pusat Agum Gumelar. PT Bukit Asam dan PT Panasonic Gobel Indonesia meraih penghargaan badan usaha peduli olahraga. (tn/sad)

Obama Jagokan Bulls Jadi Juara NBA

CHICAGO(VOKAL)-Tim mana yang akan menjadi juara kompetisi NBA musim ini belum bisa diketahu. Tapi, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menjagokan Chicago Bulls bakal menjadi kampiun kali ini. Di setiap tahunnya, Presiden AS selalu mengundang juara NBA ke Gedung Putih guna menerima penghargaan. Tahun lalu Dallas Mavericks mendapat kehormatan tersebut setelah mereka menjuarai NBA musim 2010/11. Untuk musim ini, Obama yakin bahwa Bullslah yang akan diundang ke Gedung Putih. Ia memang diketahui sebagai fans berat tim berlogo banteng itu. "Setiap tahun saya membayangkan Bulls datang ke Gedung Putih, tapi tidak pernah menjadi kenyataan. Tahun ini saya yakin hal tersebut akan terjadi," ucap Obama seperti diwartakan Gratland. "Saya benar-benar yakin Bulls akan datang ke sini. Itu akan menjadi sedikit ekstrem, tapi saya akan senang," sambungnya. Bulls memang tampil memukau sejak musim 2011/12 bergulir. Sejauh ini mereka telah meraih 29 kemenangan dari 37 pertandingan. Hasil tersebut menempatkan mereka di urutan kedua klasemen overall wilayah Timur. (tn/sad)

r Tes Pra-musim F1

Giliran Perez Tercepat BARCELONA (VOKAL)- Sergio Perez menutup sesi terakhir tes pra-musim dengan gemilang. Pembalap tim Sauber ini mencatatkan waktu tercepat di hari ketiga. Pembalap muda Meksiko ini mencatatkan waktu tercepat pada sesi pamungkas dengan mencatatkan waktu 1 menit 22.094 detik. Total, Perez melahap 114 lap pada sesi terakhir, Sabtu (3/3) waktu setempat. Jenson Button yang menjadi andalan McLaren pada sesi terakhir ini hanya mampu mencatatkan waktu tercepat kedua. Button yang melahap 44 karena tidak banyak ambil bagian di sesi sore hari, hanya mampu mencatatkan waktu terbaik 1 menit 22.103 detik atau terpaut 0.009 detik dari Perez. Sementara dari kubu Ferrari, Felipe Massa yang mendapat kesempatan menjajal F2012 di hari terakhir, hanya mampu menempati posisi empat, di bawah pembalap Toro Rosso, Daniel Ricciardo yang menempati urutan tiga. Dari kubu juara bertahan Red Bull Racing, Mark Webber justru tampil jeblok di sesi kali ini. Tandem sang juara bertahan, Sebastian Vettel ini hanya mampu menempati peringkat kedelapan dengan selisih waktu 0.568 dari Perez. (ok/sad) Penanggung Jawab/Redaktur:SAADUDDIN BADRA

INT

WLADIMIR Klitschko KO kan Jean-Marc Mormeck.

r Raih KO ke-50

Klitschko Hanya Butuh 4 Ronde DUESSELDORF(VOKAL)-Wladimir Klitschko tidak perlu mengeluar tenaga ekstra untuk menganvaskan Jean-Marc Mormeck guna mempertahankan sabuk juara dunia versi IBF, IBO, WBO dan WBA. Petinju asal Ukraina ini hanya butuh empat ronde untuk sukses mengukir kemenangan KO yang ke-50 kalinya. Pertarungan tinju dunia yang berlangsung di ESPRIT arena, Duesseldorf, Jerman, Minggu (4/ 3), Klitschko tampil menekan sejak ronde pertama. Pukulan kombinasi yang dilepaskan oleh

Klitschko, kerap membuat Mormeck kewalahan. Di ronde kedua, Klitschko berhasil memukul jatuh Mormeck. Pukulan kanan petinju Ukraina itu tepat mengenai dagu Mormeck

yang membuatnya sempoyongan dan terjatuh. Namun, Mormeck yang lima tahun lebih tua dibandingkan Klitschko masih mampu melanjutkan pertandingan. Pada ronde keempat Klitschko kembali membuat Mormeck terjerembab di atas kanvas. Dan kali ini, serangan beruntun yang dilancarkan oleh Klitschko membuat petinju asal Prancis itu tak mampu bangkit untuk meneruskan pertarungan. Bagi Klitschko, kemenangan

ini bukan hanya membuatnya mampu mempertahankan sabuk juara dunia versi IBF, IBO, WBO, dan WBA, namun dia juga sukses mengukir 50 kemenangan KO. "Saya telah melakukan ini selama 15 tahun dan sekarang saya telah membukukan 50 kemenangan KO. Jalan masih panjang, na-

mun saya akan tetap bekerja keras. Dia (Mormeck) mencoba segalanya di ronde kedua dan ketiga. Saya berhasil memukul wajahnya dan saya masih mendominasi," ujar Klitschko berusia lima tahun lebih muda dan lebih tinggi 17 cm dibanding lawannya. (bbc/rts/bbs/sad)

r Jelang Hadapi Gresik United

Kesempatan M Zahrul Unjuk Gigi PEKANBARU(VOKAL)-Menghadapi Gresik United, Selasa (6/2), Askar Bertuah PSPS kembali keselera asal. Setelah tiga musim memakai merk lotto, akhir secara resmi Kamis (1/2) skuad besutan Mundari Karya kembali mengenakan kostum dengan corak biru strip putih dan merah strip kuning yang menjadi kebesarannya diera kejayaan PSPS saat diperkuat Bima Sakti cs. Tuah kostum dan semangat baru inilah yang diharapkan menjadi pelecut motivasi bagi Ambrizal cs untuk menyapu poin

didua laga kandang terakhir putaran pertama kompetisi Indonesia Super League 2011/2012. Meski PSPS bakal tampil timpang tanpa Patrice Nzekou dan Ali Khaddafi, namun optimisme yang tinggi tetap diapungkan pelatih Mundari Karya. Pasalnya, absennya Ali Khaddafi yang menjadi duet Fajar Handika sebagai gelandang pengangkut air, akan diisi Ade Suhendra, sementara posisi Patrice "Dmitri" Nzekou digelandang sayap kiri akan diisi April Hadi, dan posisi sayap kanan akan diplot Muhammad Zahrul.

"Hanya dua posisi inilah yang mengalami perubahan, dan ini merupakan kesempatan bagi Zahrul untuk unjuk gigi, termasuk Ade yang musim ini kerap menjadi pemain pengganti," sebut Mundari Karya. Jadi kata Mundari, apapun kondisinya, skuad PSPS siap meladeni tim tamu yang tengah on fire. Pasalnya, meski bertumpu pada pemain asing PSPS saat ini tetap mengedepankan permainan kolektifitas, sehingga absennya pemain bisa ditutupi dengan pemain pelapis yang ada. (yan)

Riau Siap Jadi Tuan Rumah Piala Asia U-22

PEKANBARU(VOKAL)-Setelah resmi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Tahun 2012 dan Islamic Solidarty Games (ISG) III Tahun 2013, kini Riau kembali ditawari menjadi tuan rumah Piala Asia U-22 yang juga akan digelar tahun 2013 mendatang. "Riau ingin ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Asia U-22. Kita siap saja," sebut Gubernur Riau HM Rusli Zainal saat menyampaikan pidato pada HUT Tabloid Bola ke-28 di Gedung FX Senayan, Jakarta, Sabtu (3/3. Diungkapkan Rusli, Ketua Umum KONI Pusat sudah menyampaikan soal penunjukan Riau sebagai tuan rumah itu kepada dirinya. "Ketua Umum KONI nawarin ke kita. Ya saya kira, kita siap saja kalau lingkupnya masih Asia," kata Rusli saat ditanya pers usai acara. Sekedar informasi, Piala Asia U-22 2013 diikuti 41 negara. Peserta terbagi dalam dua zona, yakni zona barat dan zona timur. Sebanyak 23 negara ada di zona barat dan sisanya di zona timur. Total ada tujuh grup dengan masing-masing grup berisi lima atau enam negara. Hasil drawing 13 Februari 2012 lalu menempatkan Indonesia di Grup E, grup terpanas, bersama Australia, Jepang, Singapura, Makau, dan Timor Leste. Indonesia akan mengawali laga perdana di ajang ini pada 23 Juni 2012 mendatang melawan Australia. Jika AFC menerima Indonesia menjadi tuan ru-

mah, Indonesia tak perlu menjalani laga kualifikasi. Sebab tuan rumah otomatis lolos ke putaran final. Hal ini sangat menguntungkan karena Indonesia berada di grup neraka bersama Australia dan Jepang. Pada kesempatan tersebut, hadir antara lain Menpora Andi Alfian Mallarangeng, Agum Gumelar, Gubernur Sumsel Alex Nurdin, beberapa pengurus KONI Pusat dan KOI serta sejumlah atlit olahraga nasional. Saat itu, Gubernur Rusli juga diberikan kepercayaan menyerahkan penghargaan Atlit Putra Terbaik Nasional Tahun 2011 versi Tabloid Bola kepada perenang I Gede Siman Sudartawa yang juga atlit dari Riau. Selain itu, Rusli juga sempat memaparkan kesiapan Riau sebagai tuan rumah PON dan ISG. Sejauh ini, sebutnya, persiapan venues secara keseluruhan sudah di atas 90 persen."Main stadium, Insya Allah bulan depan sudah selesai,"sebutnya. Rusli kembali menegaskan, soal kemungkinan penambahan cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan di PON Riau yang sebelumnya 39 cabor akan ditambah dua cabor lagi, yakni hoki dan drum band."Perkembangan terbaru, kita akan tambah dua cabor lagi," katanya. Sekedar diketahui, beberapa provinsi sebenarnya menolak adanya penambahan cabor, seperti Provinsi DKI Jakarta. Namun, tegas Rusli, pihaknya menyerahkan sepenuhnya masalah ini kepada KONI dan Pemerintah. (rls/mok)

MAIN Stadiom Panam akan menjadi tuan rumah Piala Asia U-22 0503

r Jerman Terbuka GP Gold

All Indonesian Final Gagal Terwujud MULHEIM(VOKAL)-Harapan terciptanya All Indonesian Final di sektor tunggal putra turnamen Jerman Terbuka GP Gold tak kesampaian. Kegagalan ini menyusul tersingkirnya Tommy Sugianto setelah ditaklukan Lin Dan. Dalam pertandingan yang dilangsungkan di RWE - Sporthalle, Sabtu (3/3) waktu setempat, Tommy tak bisa berbuat banyak saat bertemu Lin. Dia kalah dua set langsung 1021 dan 11-21 dalam waktu 36 menit. Set pertama mutlak milik Lin. Pemain China ini selalu memimpin dalam perolehan angka dan memberi 10 poin saja untuk Tommy. Set kedua tak jauh berbeda. Setelah kedudukan sempat sama kuat 2-2, Lin langsung melesat tanpa pernah terkejar hingga pertandingan berakhir.

Di partai final, Lin akan menghadapi pebulutangkis Indonesia lainnya, Simon Santoso. Simon lebih dulu lolos ke final setelah menundukkan Jan O Jorgensen. Simon yang merupakan unggulan ke lima menang dua set langsung 2112 dan 21-13. Dia butuh waktu 46 menit untuk memulangkan unggulan keenam itu. Di set pertama, Simon tampil cukup dominan. Selepas skor imbang 4-4, dia perlahanlahan meninggalkan lawannya. Meski Jorgensen sempat mendekat dalam kedudukan 8-9, Simon melesat lagi dan tak terkejar hingga skor 21-12. Set kedua berjalan lebih ketat. Simon sempat unggul 85, kemudian balik tertinggal 811. Setelah kedudukan sama kuat 13-13, Simon terus menjauh dan menang 21-13. (bbc/ rts/bbs/sad)

ANDIKA Perwajahan: PEPEN PRENGKY


SENIN

19

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

LINTAS 2012, Target PAD Rp100 Miliar RENGAT (VOKAL)–Bupati Inhu Yopi Arianto mengatakan bahwa target pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) pada tahun ini sebesar Rp100 miliar. Hal itu ditentukan berdasarkan pencapaian tahun 2011 lalu melalui Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Inhu. “Jadi persentase PAD tahun 2011 lalu melebihi seratus persen dari target. Kita harap tahun ini juga melebih target yang telah ditentukan,” katanya, kemarin. Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Inhu H Zaharman Kaz, mengatakan bahwa ribuan rumah yang berada dalam izin operasional perusahaan atau hak guna usaha (HGU) yang ada dalam wilayah Inhu diduga belum memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Hal tersebut sudah menimbulkan kerugian bagi daerah Inhu, sebab sudah berlangsung lebih dari 20 tahun. Selain permasalahan IMB berbagai perusahaan besar yang ada di Inhu baik perusahaan perkebunan, pertambangan, maupun juga perusahaan industry lainnya juga disinyalir tidak membayar HO. Serta juga pajak retribusi air permukaan, air bawah tanah, galian C, dan juga pajak penerangan non PLN yang pemungutannya menjadi kewenangan daerah. “Dewan membentuk tim lintas komisi dalam upaya penertiban perizinan yang menjadi kewengan derah. Tim ini dalam waktu dekat segera turun ke lapangan, dan dalam melaksanakan tugasnya akan dilakukan secara mendadak,” ungkap Wakil Ketua DPRD Inhu, H Zaharman Kaz, beberapa waktu. Menurutnya, ribuan perumahan yang berada dalam HGU perusahaan dalam wilayah Inhu itu belum memiliki IMB sebagai kewajiban perusahaan untuk mengurusnya ke daerah. Hal ini mencerminkan kurangnya kesadaran pihak perusahaan atas kewajibannya yang harus dipenuhi. (obr)

Jalan Simpang Patin Butuh Perbaikan

RENGAT(VOKAL)-Jalan Simpang Patin hingga Pekan Heran Kecamatan Rengat saat ini dalam kondisi rusak persisnya di depan Rumah Tanahan (Rutan) Rengat dekat simpang masuk ke Puskesmas Pekan Heran, Simpang Stempek. Untuk itu warga berharap kepada Pemkab Inhu untuk segera membenahi jalan tersebut. Ketua Rumpun Melayu Indragiri (RMI) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Zamhur S kepada Harian Vokal di Pematangreba mengatakan, kondisi jalan mulai dari Simpang Patin hingga Pekan Heran merupakan jalan utama yang dilalui ribuan masyarakat. “Kita harap agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) Inhu secepatnya memperbaiki jalan itu. Kasihan kita melihat anak sekolah yang bajunya sering kena lumpur jalan. Rusaknya itu sekitar 10 meter panjangnya,” sebutnya. Selain itu, katanya, jalan di Bundara Patin hingga SPBU Pematang Reba juga dalam kondisi rusak. Walaupun jalan nasional, tetapi tidak terlepas dari tanggung jawab Dinas PU Inhu untuk menyampaikan kepada Dinas PU Provinsi Riau, demi keselamatan warga yang melintasi jalan tersebut. “Jalan di Simpang Bundaran Patin di depan Kantor BPMD-PPT dan depan Pengadilan Negeri juga rusak saat ini. Kita sangat miris dengan kondisi tersebut,” kata Zamhur. (obr)

Sekretariat Daerah

: 0769-341009

Sekretariat DPRD

: 0769-311341

Pengadilan Negeri Rengat : 0769-341059 Pengadilan Agama Rengat : 0769-341102 Kejaksaan Negeri Rengat : 0769-341271 PDAM

: 0769-21634

Kantor Satpol PP

: 0769-341137

Kodim 0302 Inhu

: 0769-21035

Polres Inhu

: 0769-21110

Polsek Peranap

: 0769-561110

Polsek Lirik

: 0769-41033

Polsek Pasir Penyu

: 0769-41110

RSU Indrasari Rengat

: 0769-341066

Penanggung jawab/redaktur: ZUKRI SUBAYANG

KUNJUNGI TENDA - Bupati Inhu, Yopi Arianto mengunjungi tenda-tenda siswa peserta Pramuka di Danau Raja, beberapa waktu lalu.

HUMAS

Polres Akan Panggil LSM KPFI-RI n Dugaan Penyimpangan Pemasangan Jaringan Listrik

RENGAT (VOKAL)-Penyidik Polres Inhu berencana akan memanggil Lembaga Swadaya Masyarakat Komisi Pencari Fakta Independen Republik Indonesia (LSM KPFI-RI), hari ini Senin (5/3), untuk dimintai keterangan terkait laporannya tentang pemasangan jaringan listrik tanpa prosedur di Desa Pematang Jaya, Kecamatan Rengat Barat. Kapolres Inhu AKBP Hermansyah melalui Kasubag Humas Polres Inhu Ipda Karnen, mengatakan, pemanggilan itu guna meminta keterangan sesuai laporan No.09/DPW-KPFI/LP.4/II/2012 tentang terjadinya pemasangan jaringan listrik di Desa Pematang Jaya, Kecamatan Rengat Barat kepada pelanggan tanpa prosedur yang berlaku. “Rencananya besok (hari ini,

red) kita akan panggil LSM KPFIRI untuk dimintai keterangannya,” jelasnya. Karnen mengatakan, hingga kini Polres Inhu belum menetapkan tersangka terkait laporan ini. Penyidik Polres masih melakukan tahap penyelidikan dengan memanggil sejumlah saksi untuk dimintai keterangan. “Kita belum bisa memastikan siapa yang salah, nanti saja dilihat hasilnya

LAPORAN:

FRASETIA/INHU

setelah penyelidikan selesai,” ucapnya. Sementara Ketua Umum DPD LSM KPFI-RI Provinsi Riau, D Aha Pasaribu mengatakan, pemasangan jaringan listrik di Desa Pematang Jaya tersebut ditengarai telah menyalahi UU No.30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan. “Mungkin kita dipanggil Polres untuk dimintai keterangan tentang hal itu,” katanya. Menurutnya, melalui CV Cahaya Bintang Satria dan Sinar Terang selaku biro pemasang instalasi, sebanyak ratusan pelanggan baru tidak mengantongi Sertifikat Layak Operasi (SLO) dalam memasang sambungan listrik baru. Padahal setiap pelanggan wajib mengantongi SLO sebelum jaringan listrik dimasukkan ke rumah, dan biro pemasang instalasi harus mengajukannya kepada Komite Nasional Keselamatan Untuk In-

Bupati: Fokus Bangun Fisik Sekolah RENGAT (VOKAL)–Dalam konferensi PGRI XI Kabupaten Inhu di Gedung Dang Purnama Rengat, Sabtu (3/3) lalu, Bupati Inhu Yopi Arianto menyampaikan, program peningkatkan kualitas pendidikan bagi generasi bangsa ke depan memfokuskan pembangun fisik sekolah mulai dari SD hingga SLTA dan menambah kesejahteraan guru. “Saat ini jumlah bangunan SD hingga SLTA di Inhu masih banyak jika dibandingkan jumlah anak didik yang ada. Akibatnya, terpaksa satu ruangan ada yang disekat menjadi dua karena kekurangan ruangan kelas,” katanya. Di sisi lain, proses pemilihan

Ketua PGRI Kabupaten Inhu periode 2011-2016 gagal karena salah seorang calon bernama Ardimis, tidak memenuhi persyaratan sesuai anggaran rumah tangga (ART) dan anggaran dasar rumah tangga (ADRT) organisasi. Ketua panitia Konferensi PGRI XI Inhu, Masrian Ali mengatakan, meski pemilihan Ketua PGRI periode 2011-2016 gagal, namun laporan pertanggung jawaban pengurus PGRI Inhu periode 2006-2011 telah selesai dilaksanakan. “Pemilihan Ketua PGRI 2011-2016 ditunda karena salah seorang calon tidak memenuhi syarat, dan sempat terjadi protes saat konferensi,”

jelasnya. Dikatakannya, dalam konferensi muncul sebanyak 48 calon Ketua PGRI Inhu periode 20112016. Setalah proses pemilihan dimulai, ketika calon 09 atas nama Ardimis disebutkan terjadi perdebatan sengit dari perwakilan cabang masing-maing kecamatan. Menyikapi hal itu, Ketua PGRI Provinsi Riau, Isjoni meninggalkan ruangan sehingga pemilihan Katua PGRI periode 2011-2016 ditunda. Untuk sementara waktu, Ketua PGRI Inhu akan diambil alih Ketua PGRI Riau karena laporan pertanggung jawaban pengurus PGRI lama sudah selesai disampaikan.(obr)

stalasi Listrik (Konsuil). “Tapi sejumlah pelanggan melalui dua biro tersebut mengaku belum memiliki SLO. Nah, hal ini sangat aneh, padahal aturannya jelas. Artinya bagaimana listrik bisa masuk ke pelanggan tanpa ada SLO,” ujarnya. H Nasrul, Koordinator Konsuil Wilayah Provinsi Riau ketika dikonfirmasi mengata-

kan, mengenai pelanggan baru PLN yang tidak mengantongi SLO sudah menyalahi ketentuan. Sebab SLO wajib dimiliki setiap pelanggan sebelum listrik dimasukkan ke rumah pelanggan. “Untuk mendapatkan SLO itu, pihak biro pemasang instalasi harus mengajukkan permohonan kepada Konsuil,” katanya. (***)

Jalan Inhu-Kuansing Rusak Parah RENGAT(VOKAL)-Tokoh masyarakat Peranap, Jamian mengatakan, akses jalan Sumatera yang mengubungi Kabupaten Kuansing dengan Kabupaten Inhu tepatnya di wilayah Kecamatan Kelayang mengalami rusak parah. “Saya setiap hari melintasi jalan tersebut. Ada beberapa titik badan Jalan Sumatera dalam kondisi rusak parah,” katanya kepada Harian Vokal, baru-baru ini. Jamian mengharapkan agar Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau tidak menutup mata atas kerusakan jalan tersebut, guna keselamatan masyarakat yang melewati jalan tersebut. Sejak badan rusak, masyarakat menjadi khawatir dengan keselamatan anaknya ketika pergi ke sekolah. Menanggapi hal ini, anggota DPRD Inhu Andi Supirman yang setiap hari melewati jalan tersebut mennambahkan, ba-

dan jalan yang rusak parah ada di tiga titik, satu titik di Desa Dusun Kedongdong sekitar 100 meter dari kantor Camat Kelayang, kemudian di dekat bukit, dan di depan MTs Kecamatan Kelayang. “Tapi yang lebih parah lagi adalah di dekat Puskesmas Simpang Kota Medan. Di sana (di jalan yang rusak, red) warga membuat gambungan atau kayu balok diletakkan di lokasi badan jalan yang rusak itu. di jalan tersebut juga sering terjadi kemacetan hingga satu kilometer. Bukan hanya itu saja, tapi korban kecelakaan juga terus bertambah,” sebutnya. “Masalah ini juga sudah disampaikan kepada Dinas PU Inhu, dan jalan ini merupakan tanggung jawab provinsi. Kita harap segera diperbaiki, minimal penimbunan badan jalan yang hancur guna menghindari kemacetan,” katanya. (obr)

Dissosnakertrans Data Jumlah Tenaga Kerja RENGAT (VOKAL)–Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dissosnakertrans) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) telah menyurati seluruh perusahaan yang beroperasi di Inhu agar melaporkan jumlah tenaga kerja yang ada di setiap perusahaan. “Kita sudah surati seluruh perusahaan agar melaporkan jumlah tenaga kerja yang diperkerjakan di perusahaan masing-masing,” ujar Kepala Dinsosnakertrans kepada Harian Vokal, Kuwat S, kemarin. Dikatakannya, dari seluruh perusahaan yang disurati Dinsosnakertrans, sebagian perusahaan

telah menyampaikan laporan jumlah tenaga kerja di perusahaan mereka. Sebab setiap bulan pihak perusahaan wajib melaporkan kepada pemerintah sesuai dengan ketentuan yangt berlaku. “Saat ini kita masih melakukan pendataan tenaga kerja di perusahaan yang ada di Inhu, baik ini tenaga kerja lokal maupun asing,” jelasnya. Kuwat menegaskan, bagi pihak perusahaan yang tidak mematuhi ketentuan yang berlaku, pihaknya akan memerikan sanksi tegas sesuai dengan aturan yang ada. Sebab masalah tenaga kerja merupakan malsah yang serius dan di-

harapkan dipatuhi setiap pihak perusahaan yang ada di Inhu. “Kita bukan hanya mendata jumlah tenaga kerja saja, tapi melakukan kroscek upah tenaga kerja. Jika perusahaan tidak mematuhi sesuai dengan upah minimum kabupaten (UMK), maka akan disurati sebelum diberikan sanksi tegas,” katanya. Selain itu, katanya, mengenai hak tenaga kerja yang wajib mendapatkan pelayanan Jamsostek, pihaknya telah mensosialisasikan hal itu kepada setiap perusahaan yang ada di Inhu. “Kita telah koordinasi dengan pihak Jamsostek di Inhu,” jelasnya. (obr)

NET

WAKIL Bupati Inhu, H Harman Harmaini menyaksikan penandatanganam penerimaan SK jabatan empat camat di lingkungan Pemkab Inhu, beberapa waktu lalu. Perwajahan: RINTO HARMIKO


HARIAN VOKAL

LINTAS Kegiatan Fisik 2012 Harus Digesa PANGKALAN KERINCI (VOKAL) - Ketua Fraksi PAN DPRD Pelalawan Nazaruddin Arnazh mengharapkan Pemkab Pelalawan melalui seluruh satker agar menggesa seluruh pekerjaan fisik yang sudah dianggarkan APBD murni Kabupaten Pelalawan Tahun Anggaran 2012 ini. Dia berharap kejadian tahun lalu tidak terulang kembali dimana banyak proyek yang belum selesai hingga berakhirnya tahun anggaran. “Ya, kita harapkan tahun ini para satker jangan kembali mengulang kesalahan yang sama seperti tahun kemarin. Karena itu para satker harus segera menggesa program fisik tahun ini,” ujar Nazaruddin, Minggu (4/3). Menurutnya, pelajaran tahun lalu harus dijadikan cerminan bagi para satker untuk tidak mengulanginya kembali. Saat ini, sambungnya, beberapa satker yang memiliki kegiatan fisik cukup besar di antaranya Dinas Cipta Karya, Dinas Bina Marga, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan dan RSUD Selasih. “Satker-satker itu memiliki kegiatan fisik yang cukup besar. Kendati demikian jangan sampai ada proyek fisik tahun ini yang tak terselesaikan,” tandasnya. Berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, imbuhnya, kondisi cuaca dan iklim sangat mempengaruhi penyelesaian kegiatan fisik. Belum lagi sisa waktu yang terus menguber-uber penyelesaian pekerjaan, sehingga kualitas pekerjaan cenderung jadi asal-asalan. Oleh karena itu dia mengharapkan pekerjaan yang asal-asalan ini tidak lagi terjadi. “Sudahlah dipengaruhi kondisi alam, penyelesaiannya diburu pula oleh waktu yang terbatas. Sehingga dikhawatirkan pekerjaan yang dilakukan pun jadi asal-asalan. Oleh karena itu hendaknya waktu yang ada ini dapat dimanfaatkan seefektif dan maksimal mungkin, sesuai hasil akhir yang diharapkan,” ujarnya. Karena itu kita mengimbau seluruh komponen pelaksana kegiatan agar melaksanakan suatu proyek dengan sebaik-baiknya. “Saya juga mengingatkan PPTK, konsultan perencana, konsultan pengawas, kontraktor dan pengguna anggaran, serta seluruh masyarakat sebagai sosial kontrol untuk bersama-sama pro aktif mengawasi dan mengawal seluruh program pekerjaan ini,” tandasnya. Jika seluruh elemen masyarakat ikut serta mengawasi proyek pembangunan tersebut, imbuhnya, maka percepatan penyelesaian berbagai proyek tersebut diharapkan bisa selesai sesuai batas waktu yang telah ditentukan dengan pihak kontraktor.(fkh)

LINTAS Jalintim Kemuning Rusak Parah TEMBILAHAN(VOKAL)-Kondisi jalan lintas timur (Jalintim) di Kecamatan Kemuning saat ini rusak parah. Hampir setiap hari terjadi kemacetan panjang di kawasan tersebut, terutama saat hujan turun. Kondisi jalan yang digenangi air bak ‘bubur’ dan berlubang dalam. Kapolsek Kemuning Kompol Lukman mengungkapkan, hampir setiap hari pada ruas jalan tersebut terjadi kemacetan, terutama di kawasan Jalan Dusun Lakat Jaya, Desa Keritang, Kecamatan Kemuning. “Hampir setiap hari di kawasan Jalintim ini terjadi kemacetan. Baru-baru ini terjadi kemacetan yang panjangnya lebih dari 2 kilometer,” ungkap Kompol Lukman Hakim, Sabtu (3/3). Kemacetan tersebut, imbuhnya, makin diperparah dengan ulah supir, baik supir angkutan penumpang, barang, dan mobil pribadi, yang saling tak mau mengalah saat melintas di jalan rusak tersebut. Pada Jumat (2/3) sore lalu, terjadi kemacetan hampir sepanjang 2 kilometer. Ratusan mobil angkutan penumpang, barang dan pribadi terjebak di jalan. Penyebabnya 2 truk intercooler yang terpuruk di badan jalan, sehingga lalu lintas kendaraan macet total. “Untuk mengurai kemacetan itu saya bersama anggota langsung turun ke lokasi,” sebutnya. (rtc/del)

Neo Imperialisme Harus Diwaspadai TEMBILAHAN (VOKAL)-Semenjak kran demokrasi dibuka seluas-luasnya di Indonesia, sudah banyak terjadi konflik vertikal di tengah masyarakat, terutama disebabkan sengketa lahan perkebunan dan kehutanan. Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang nota bene kaya dengan lahan perkebunan dan kehutanan dengan pola investasi pihak luar ini juga dikhawatirkan mengarah kepada konflik tersebut. Untuk itu Bupati Inhil DR Indra M Adnan mengingatkan semua lapisan masyarakat Inhil untuk selalu waspada dengan akar-akar pemicu konflik tersebut. Selain itu, konflik yang terjadi terindikasi sebagai upaya penjajahan gaya baru oleh pihakpihak luar yang tidak bertanggung jawab yang hanya menginginkan adanya perpercahan di tengah masyarakat. ‘’Jika dulu penjajahan atau imperialis datang dan bentuknya bisa dilihat dengan jelas, namun pada zaman sekarang ini imperialisme tersebut sudah bertukar bentuk dengan cara menghasut sesama warga tempatan. Pola ini dikenal dengan neo imperialisme,’’ kata Bupati Inhil baru-baru ini di Tembilahan. (hlc/del) Penanggung Jawab/Redaktur: RIDWAN ALKALAM

SENIN

PELALAWAN 5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

Disdik Terima Block Grand Rp2,16 M PANGKALAN KERINCI (VOKAL)- Dinas Pendidikan (Disdik) Pelalawan kembali mendapatkan dana APBN Pusat dalam bentuk dana block grand . Dana sebesar Rp2,16 miliar itu akan dipergunakan untuk rehab ruang kelas 10 sekolah setingkat SMP yang tersebar di Kabupaten Pelalawan. “Dari 10 SMP yang mendapat dana block grand pada awal tahun ini, ada sekitar 24 ruang

kelas yang direhab,” ujar Kepala Disdik Pelalawan MD Rizal kepada Vokal, Sabtu (3/3).

LAPORAN:

“Kemudian rehab SMP IT Madinatul Munawaroh sebanyak 3 kelas dengan nilai nominalnya sebesar Rp270 juta,” katanya. Selain itu, sambungnya, SMPN 1 Bandar Seikijang mendapat dana rehab block grand sebesar Rp270 juta untuk 3 ruang kelas. Jatah rehab 2 kelas diberikan pula kepada SMPN 1 Langgam dengan anggaran se-

FARIKHIN/ PELALAWAN

Lebih jauh MD Rizal menjelaskan, diantara 10 SMP yang mendapat dana block grand itu diantaranya SMP Bidadari Sorek 1 dengan jumlah ruang kelas yang disetujui untuk direhab sebanyak 2 kelas dengan dana rehab sebesar Rp180 juta.

BEGINILAH kondisi SPBU di Pelalawan sejak dua hari belakangan. Tulisan 'Maaf Minyak Habis' selalu terpampang di pintu masuk SPBU.

RTC

20

BBM Langka di Pelalawan PANGKALANKERINCI (VOKAL)- Sejak dua hari terakhir ini BBM jenis bensin dan solar di Kabupaten Pelalawan menghilang. Sejumlah SPBU di sepanjang jalan lintas timur kosong. Kondisi ini mulai dikeluhkan masyarakat, khususnya sopir angkutan barang dan penumpang. Berdasar pantauan, Minggu (4/3), pada empat SPBU yang berada di Pangkalan Kerinci tidak tampak adanya aktivitas pengisian bahan bakar. Selain

itu, tidak seorabg pun petugas SPBU tampak berada di tempat. Para pemilik SPBU membuat pengumuman di depan pintu masuk SPBU mereka dengan tulisan BBM kosong. Pada SPBU yang berada di simpang KM 55, sejak Sabtu (3/ 2) sore tidak ada aktivitas penjualan bahan bakar. Namun malam harinya, pada dua SPBU, yakni SPBU di KM 5 jalan koridor dan SPBU kota Jalintim samping kantor Bappeda Pelalawan lama, terjadi antrian

panjang kendaraan. Tidak berapa lama kedua bahan bakar jenis bensin dan solar itu pun ludes. Para pemilik yang sudah terlanjur antri kecewa karena tidak kebagian bahan bakar. Namun hingga Minggu (4/3) siang keempat SPBU yang berada di Pangkalan Kerinci itu terlihat kosong melompong. Tidak seorangpun petugas SPBU berada di tempat guna dikonfirmasi terkait menghilangkan pasokan bahan bakar tersebut. Menghilangnya BBM jenis

bensin dan solar juga dialami SPBU-SPBU yang berada di wilayah timur Kabupaten Pelalawan, yang meliputi Kecamatan Pangkalan Kuras, Bandar Petalangan, Pangkalan Lesung dan Ukui. Beberapa warga yang berada di wilayah tersebut mengaku terpaksa mengisi penuh BBM dari SPBU yang ada di Pekanbaru. ’’Saya tadi mengisi full BBM saya di Pekanbaru. Takut di sana tak ada bensin,’’ tutur Ipul (23), pemuda asal Kecamatan Pangkalan Lesung. (rtc/del)

besar Rp180 juta. “SMPN 2 Kuala Kampar mendapatkan jatah 3 rehab ruang kelas dengan nilai nominal sebesar Rp270 juta. SMPN 2 Pangkalan Kerinci direhab 2 ruang kelas dengan dana sebesar Rp180 juta,” bebernya. SMPN 2 Ukui juga mendapatkan alokasi dana sebesar Rp270 juta untuk rehab 3 ruang kelas. Sama halnya dengan SMPN 2 Ukui, SMPN 3 Teluk Meranti pun memperoleh jatah rehab 3 ruang kelas juga dengan nilai dana sebesar Rp270 juta. “Untuk SMPN 3 Ukui mendapatkan dana sebesar Rp180 juta guna merehab 2 ruang kelas. Terakhir SMPN 5 Pangkalan Kuras yang mendapat dana sebesar Rp90 juta untuk rehab 1 ruang kelas,” ungkapnya. Dikatakannya, pembangunan sekolah yang diperoleh dari dana block grand tersebut merupakan implementasi dari program otonomi sekolah yang dicanangkan Kemendiknas beberapa waktu lalu. “Karena itu saya mengimbau masyarakat untuk ikut bersamasama memantau dan mengawasi jalannyaproyek tersebut agar sesuai dengan spek dan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) yang telah disepakati konsultan,” imbaunya. MD Rizal juga memperingatkan kepala sekolah agar berhatihati mempergunakan dana block grand itu, sehingga tidak ditemuan adanya yang mengarah pada kecurangan proyek atau pembangunan proyek yang tak sesuai dengan spek-nya. “Apalagi dana block grand ini diberikan langsung oleh Direktur Pembinaan SMA dan SMK ke rekening masing-masing sekolah. Karena itu para kepala sekolah harus berhati-hati menggunakan dana tersebut,” tukasnya. Sementara itu, Ketua MKKS SMP Drs Muzahar saat dikonfirmasi Vokal terkait hal itu, Minggu (4/3), mengaku sangat bersyukur dengan dipilihnya 10 sekolah setingkat SMP untu7k memperoleh dana block grand itu. “Kita berharap ke depannya kita kembali mendapatkan dana block grand untuk pembangunan RKB di daerah ini,” pungkasnya.(***)

INDRAGIRI HILIR r Sering Terjadi Kemacetan

Warga Berharap Petugas Ditempatkan di Pasar Parit XI

KEMACETAN seperti ini menjadi pemandangan biasa di kawasan Pasar Parit XI setiap harinya.

TEMBILAHAN (VOKAL) – Sempitnya ruas jalan serta ramainya arus lalu lintas membuat Jalan H Arif Parit XI Tembilahan Hulu sering macet. Pasalnya, kawasan yang sedianya bukan diperuntukkan sebagai kawasan pasar ini, semakin hari semakin ramai dipenuhi pedagang. Para pedagang mempergunakan pelataran rumah penduduk, ruko, bahkan jembatan untuk memajang barang dagangan. Masyarakat berharap

aktivitas tersebut tidak mengganggu pengguna jalan. Karena itu pemerintah daerah diharapkan menempatkan petugas lapangan di lokasi tersebut.

LAPORAN:

M FAISAL/ TEMBILAHAN

“Pemerintah daerah kan bisa menempatkan petugasnya, seperti Satpol PP atau petugas dari Dinas Perhubungan, agar ruas jalan ini bisa sedikit teratur dan tidak rawan kecelakaan,” ujar Indra, seorang pembeli kepada Vokal di pasar tersebut, Minggu (4/3).

FAISAL

Sepengetahuan Indra, meski kawasan tersebut sebenarnya bukan diperuntukkan sebagai pasar rakyat, namun sejak lama pedagang memanfaatkan lokasi itu untuk berdagang. Seiring berjalannya waktu, saat ini kawasan itu lebih dikenal masyarakat sebagai Pasar Parit XI, dimana kondisinya semakin hari semakin ramai. “Sebenarnya aktivitas ma-

syarakat tersebut tidaklah terlalu dipermasalahkan, karena paling tidak kawasan tersebut justru membuka peluang masyarakat untuk mengadu nasib dan mencari rezki. Hanya saja, agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya, tentu diperlukan pengaturan dan pengorganisasian dengan benar,” tukas Indra. Hal senada juga diungkapkan Anto, warga Parit XI lainnya. Diakuinya, karena kawasan tersebut tidak terlalu jauh dari tempat tinggalnya, hampir setiap hari ia berbelanja berbagai keperluan ke Pasar Parit XI ini. “Terus terang saya tidak mempermasalahkan keberadaan pasar tidak resmi itu. Paling tidak masyarakat sekitar tidak perlu lagi jauh-jauh untuk berbelanja berbagai kebutuhan mereka . Namun secara pribadi saya juga setuju kalau lokasi itu ditata dengan lebih baik lagi sehingga tidak sampai mengganggu pengguna jalan lainnya,” kata Anto. Dari pantauan Vokal, hampir setiap hari kawasan Pasar Parit XI itu tidak pernah sepi dari berbagai aktivitas perdagangan. Harus diakui, ramainya pengunjung serta padatnya arus lalu lintas memang seringkali menimbulkan kemacetan. Terutama saat-saat jam sibuk, seperti pagi dan siang hari.(***)

Warga Bayar PPJ, Lampu Jalan di Keritang tidak Menyala TEMBILAHAN(VOKAL)-Masyarakat pelanggan listrik PLN di Kecamatan Keritang mengeluhkan tidak menyalanya lampu penerangan jalan. Padahal setiap bulan mereka selalu membayar pajak penerangan jalan (PPJ). Warga khawatir, ketiadaan lampu penerangan jalan tersebut akan

menyebabkan jalan-jalan di Kecamatan Keritang menjadi gelap dan rawan terjadinya aksi kejahatan, terutama pada malam hari. “Kita mempertanyakan tidak adanya lampu penerang jalan ini, padahal tiap bulan pelanggan PLN harus membayar PPJ,” ungkap tokoh pemuda Kecama-

tan Keritang Muammar Harmain kepada wartawan, Minggu (4/3). Menurut Muammar, warga saling bertanya-tanya dikemanakan uang PPJ tersebut oleh petugas PLN Kecamatan Keritang, sehingga jalan-jalan yang seharusnya terang benderang malah jadi gelap gulita akibat

ketiadaan lampu jalan itu. “Dengan tak adanya lampu penerangan jalan pada malam hari akan membuat jalan-jalan di Kecamatan Keritang menjadi gelap. Jika jalanan gelap dikhawatirkan menjadi rawan terjadinya kejahatan,” tukasnya. Oleh karena itu Muammar

mengharapkan pihak PLN Kecamatan Keritang segera memasang lampu penerang jalan tersebut. “Sebab, setelah kewajiban pelanggan membayar PPJ, tentunya hak mereka untuk mendapatkan penerangan juga harus dipenuhi pihak PLN,” tandasnya. (suf) Perwajahan: ABDA


21

KUANSING - KAMPAR SENIN

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

LINTAS Politisi Senior dan Muda Bakal Bersaing TELUK KUANTAN(VOKAL)-Tujuh kursi legislatif DPRD Riau 2014 nanti dari Daerah Pemilihan (Dapil) Inhu-Kuansing, bakal menjadi rebutan para politisi dari lima partai besar dan berpengaruh dari dua daerah ini. Pertaruhan politisi senior dan barisan politisi muda bakal menjadi sorotan masyarakat. Beberapa partai besar berpengaruh itu antara lain Golkar, PPP, PDI-P, Demokrat, PAN serta PKB. Menyusul partai-partai yang berpotensi mencuri suara yaitu Gerindra dan Nasdem. Tujuh politisi asal Inhu-Kuansing yang saat ini menduduki kursi empuk DPRD Riau, yakni Supriati (Golkar), Abu Bakar Siddiq (Golkar), Adrian Ali (PAN), Asrul Jaafar (Demokrat) dab mantan Bupati Kuansing Syarief Hidayat (PPP), M Dunir (PKB) dan Turoechan Ansyari (PDI-P), diyakini sejak awal tahun ini atau mulai pertengahan 2012 sudah tak bisa lagi ongkang-ongkang kaki (santai, red). Pengamat Sospol Riau Suhendi SH kepada wartawan menyarankan agar ke tujuh calon tersebut, harus rajin menemui konstituen sejak dini, jika tak ingin kursi mereka dicuri oleh figur pendatang baru yang potensial dari beberapa partai politik yang termasuk sepuluh besar di Dapil Inhu-Kuansing. "Jika para politisi ini ingin aman di 2014, sebaiknya sedari dini mereka sudah harus terjun menemui konstituennya. Kehadiran figurfigur caleg muda dan potensial jelang Pilcaleg 2014 mendatang harus diwaspadai dan diperhitungkan,” ujar Suhendi yang juga berprofesi sebagai seorang jurnalis. Beberapa figur pendatang baru itu khususnya di Kuansing, antara lain Sardiono dari PPP, saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kuansing, Muharnis dari PBB sekarang menjabat sebagai Ketua DPW PBB Riau, Sufahmi Syarief mantan Kepala BPN Kuansing yang juga salah satu petinggi Partai Demokrat Riau, Afri dari PBR saat ini menjabat sebagai Ketua BK DPRD Kuansing. (dod)

Batako Laris Manis di Teluk Kuantan

TELUK KUANTAN(VOKAL)-Permintaan batu bata kosong (batako) di Desa Pulau Bungin, Teluk Kuantan, saat sedang meningkat drastis. Tak pelak harganya pun dinilai cukup tinggi, mencapai Rp2.000 per buah, sementara harga jual di tingkat agen berkisar Rp1.500 per buah. Seorang pengrajin batako di Pulau Bungin, Supono yang ditemui di tempat kerjanya akhir pekan ini mengaku untuk mendapatkan bahan baku berupa pasir sungai dan semen tidaklah sulit di Sungai Batang Kuantan . Seorang pekerja bisa mencetak 300 batako bahkan lebih dalam satu harinya. “Saat ini batako sangat diminati konsumen di Teluk Kuantan bahkan hingga ke Logas, Kecamatan Singingi HIlir. Jarang ada yang pesan sampai di tempat, barangkali itu sebabnya konsumen banyak yang mesan ke sini, lebih seribuan batako satu hari laku terjual,” ungkapnya. Dibanding bahan baku bangunan lain seperti batu bata yang cukup sulit didapat, batako saat ini memang cukup diminati, utamanya untuk membangun rumah tinggal, ruko dan bangunan lainnya. (dod)

r BPN Terbitkan 200 Sertifikat untuk Perusahaan

Warga Tambang Tuntut Lahan 248 Ha TAMBANG(VOKAL)-Puluhan massa yang tergabung dalam Kelompok Tani Anak Kemenakan Kenegerian Desa Terantang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, mendatangi kantor Camat Tambang, Jumat (2/3). Mereka meminta dikembalikannya lahan yang dikuasai sejumlah perusahaan seluas 248 hektar yang terletak di Desa Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang. LAPORAN: APRIYALDI/KAMPAR

BPN Kampar diketahui menerbitkan lebih kurang 200 sertifikat di tahun 1993 kepada sejumlah perusahaan, padahal kepala desa aat itu belum menandatangani surat keterangan terdaftar (SKT) untuk tanah tersebut. Hal ini terungkap dalam rapat antara kelompok tani Anak Kemanakan Tambang/Terantang (ATK) dengan perangkat Desa Rimbo Panjang, ninik mamak, Camat Tambang Rahmat dan dihadiri oleh Kapolsek Tambang AKP Miswar Rizal dan BPN Kampar Dalam rapat tersebut, Kasi Penanganan Sengketa, Konflik dan Perkara BPN Kampar Abdul Rajab menjelaskan, lahan yang dituntut oleh kelompok tani di Desa Rimbo Panjang tersebut sebagian besar telah punya sertifikat dan sertifikat sebanyak 200 lebih yang diterbitkan pada tahun 1993. “Sekarang ini pemilik tanah yang telah mempunyai sertifikat sebagian besar berganti nama. Untuk membatalkan sertifikat tanah harus melalui pengadilan karena sertifikat tanah berbadan hukum,” ungkapnya. Sementara salah seorang anggota kelompok tani AKT Zardalis dalam rapat tersebut mengatakan, sekarang ini kelompok tani

DUNIA DIGITAL Computer & Electronik Equipment Hubungi : Jl. Hasanuddin / Ombak Telp. (0765) 439997 / 439978 Dumai

berada di lahan yang telah punya sertifikat. “Anggota kelompok tani akan tetap mempertahankan hak selaku anak kemanakan di lahan tersebut,” sebutnya. Pernyataan tegas juga disampaikan seorang Ninik Mamak Tambang Abas yang mengatakan bahwa permasalahan ini bermula dari tingkat RT, RW dan kades setempat, termasuk pihak BPN. Dulunya Rimbo Panjang adalah hutan belantara dan masih begitu di tahun 1993 tersebut. “Kita heran kenapa pada tahun 1993 ada sertifikat tanah yang keluar dari BPN untuk lahan yang kondisinya hutan,” sanggah Abas. Sementara itu seorang ninik mamak lainnya Mudahar menjelaskan, sejak tahun 2006 hingga saat ini, lahan seluas 248 ha yang terletak di jalan Harapan Raya Dusun I, RT 02/RW 02, Desa Rimbo Panjang merupakan lahan garapan anak kemenakan Terantang-Tambang. Kelompok tani sudah membersihkan lahan itu dan sebagian sudah ditanami pohon karet dan sawit. “Ketika itu kelompok tani sudah meminta kepada kades Rimbo Panjang untuk menerbitkan SKT, namun dia tidak mau menandatanganinya. Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa pada tahun 2011 kades berani menge-

HUMAS

FOTO BERSAMA - Bupati Kampar H Jefry Noer (depan, tiga dari kiri) didampingi Wakil Ketua DPRD Kampar Ny Hj Eva Yuliana (3 dari kanan bawah) foto bersama dengan pejabat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) usai rapat konsultasi dengan Tim Pemkab Kampar di ruang rapat lantai tiga gedung BPPT di Jakarta, Kamis (1/3).

luarkan SKT kepada pihak lain, padahal lahan tersebut adalah garapan kelompok tani,” sebutnya Camat Tambang Rahmat dalam kesempatan tersebut mengaku tidak begitu mengetahui permasalahan ini, karena baru

menjabat hitungan hari. Dirinya berjanji akan mengumpulkan seluruh data-data dari masyarakat termasuk dari tim kecamatan yang telah dibentuk untuk menangani kasus ini. “Permasalahan yang terjadi

sekarang ini akan saya laporkan langsung kepada Bupati Kampar Jefry Noer dan untuk selanjutnya terserah kepada Bupati Kampar untuk menyelesaikan, baik melalui pendekatan atau cara lain,” terang Rahmat. (***)

74 Pegolf Ikuti Turnamen Bupati Kampar Cup 2012

HUMAS

BUPATI Kampar Jefry Noer (kiri) melakukan pukulan perdana tanda dibukanya Bupati Kampar Cup Golf Turnamen 2012 yang diselenggarakan di Padang Golf Labersa and Country Club, Kecamatan Siak Hulu, Sabtu (3/3).

BANGKINANG(VOKAL)-Sebanyak 74 golfer's ikut ambil bagian pada turnamen golf Bupati Kam-

par Cup 2012 yang diselenggarakan di Padang Golf Labersa and Country Club, Siak Hulu, Sabtu

(3/3) lalu. Bupati Kampar Cup Golf Tournament 2012 ini merupakan salah satu rangkaian acara memperingati hari jadi Kabupaten Kampar ke-62 yang diperingati awal bulan lalu. Sejumlah hadiah menggiurkan ditawarkan panitia. Di antaranya 1 unit apartemen, 1 unit mobil Proton Exora, 2 tabungan di Bank Riau masing-masing sebesar Rp50 juta bagi yang bisa melakukan hole in one, beberapa buah sepeda motor dan puluhan hadiah hiburan lainnya. Sejumlah pejabat daerah dan pengusaha terlihat ambil bagian. Tercatat Wakil Gubernur Riau Mambang Mit, Kapolda Riau Suedi Husein, Bupati Pelalawan HM Haris, Danlanud Pekanbaru Kol Subowo, pengusaha Basrizal Koto, Rektor UR Ashaludin Jalil, mantan Walikota Pekanbaru Her-

JAMU SEHAT PRIA

PACIFIK AUDIO

Menjual : Accesoris Mobil, Variasi, Audio, Kaca Film, Jok Mobil, Salon Luar & Dalam, AC Mobil dll Alamat: Jl. Diponegoro/Sukajadi No.92 Dumai - Riau

HARIAN VOKAL

ICHA SALON & KARAOKE Gunting, cuci, kriting, cat rambut, creambat, bonding, smoting, masker, toning, facial. Juga menerima kursus salon Alamat: Jl. Hasanuddin/Ombak Dumai

Kapsul “Urat Madu” Obat Kuat & Tahan Lama. Depkes 053348661. Aneka Sablon Jl. Nangka 2 Dumai Harga Perdus Rp.100rb. 1 Sachet 2 Kapsul Rp.20rb. Hub: 0852 78766357

man Abdullah dan pemilik Labersa HW Hutahaean. Acara yang mulai dibuka pada pukul 06.30 itu baru berakhir menjelang siang. Hasil yang berhasil dibukukan panitia adalah, untuk flight A best net 1 atas nama Arifin Nurdin diikuti oleh Zulfiar dan Tondi di urutan berikutnya. Flight B, best net 1 diraih Anton wijaya, Indra Mangunsong dan M Sembiring di urutan tiga. Untuk flight C diraih oleh Darmawan, diikuti oleh Asari di urutan kedua dan Andiansyah di urutan ketiga. Khusus untuk skill games kategori nearest to the pin hole, 2 pemenangnya adalah Wan Jack dan Suparni. Untuk kategori bergengsi yakni best nett overall diraih oleh Eliman Manurung dan untuk best gross overall direbut oleh Elfisyam. Wakil Gubernur Riau Mam-

bang Mit dalam sambutannya menyebutkan, olahraga golf selain membuat badan sehat, juga menyenangkan hati. Dirinya berharap turnamen ini dapat berlanjut setiap tahunnya karena Kabupaten Kampar memiliki lapangan golf terbaik di Riau saat ini. Sementara itu Bupati Kampar Jefry Noer menyebutkan bahwa kegiatan ini juga dalam rangka promosi wisata Kabupaten Kampar sekaligus persiapan penyelenggaraan PON, dimana Kabupaten Kampar ditunjuk sebagai tuan rumah untuk cabang golf pada PON tahun ini. “Kegiatan ini dapat menyehatkan badan, membangun kebersamaan, dan yang tak kalah pentingnya menyambut dan mempersiapkan penyelenggaraan PON di Riau tahun ini,” sebut Jefry Noer. (rls/mza)

P L A Z A F U R N I TURE

Menyediakan berbagai sofa, lemari makan, perlengkapan kamar, meja belajar, dan perabotan rumah tangga lainnya. Dengan kualitas terbaik. Alamat : Jl. B. Kemulyaan No. 83 Dumai Telp : 0765 7000 233

TANAKA ELECTRONIC

Menjual : Berbagai Macam Perlengkapan Elektronik Audio Video Jl. Diponegoro/Sukajadi No. 124 Telp. (0765) 36571 Dumai

KEDAI KOPI SULI Menyediakan : -Mie Hok Kien -Mie Kangkung Belacan -Mie Ayam/Pangsit -Mie Pangsit Goreng -Lo Mie/Fumi/Siram/Goreng -Bubur Ayam Hongkong -Nasi Capcai -Nasi Goreng Sea Food -Cap Cai Goreng/Kuah -Kwetiau Siram Sea Food Pesan Antar Jl. Belimbing No. 100 D Pekanbaru Telp. 0761 7755 662

Penanggung jawab/Redaktur: MARZULI ADI

Perwajahan : ISKANDAR


22

HARIAN VOKAL

LINTAS FRI Tolak Intervensi Parpol Susupi BEM JAKARTA (VOKAL) - Forum Rektor Indonesia (FRI) dengan tegas menolak intervensi partai politik (parpol) masuk ke dalam ranah aktivitas organisasi kemahasiswaan atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Demikian tegas Ketua Forum Rektor Indonesia Usman Rianse, baru-baru ini. Kisruh terjadi pada pertemuan BEM-SI di Lampung, Selasa (27/2) silam. Kisruh kegiatan organisasi kemahasiswaan itu diduga adanya keterlibatan intervensi parpol tertentu. Menurut Usman, mahasiswa tidak hanya dipandang sebagai insan yang memiliki daya kritis, analitis dan pandai berorasi, akan tetapi mereka adalah calon-calon insan intelektual yang kreatif, inovatif dan imajinatif yang mempunyai daya cipta. "Sebab itu, mereka tidak boleh diintervensi dan dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok tertentu yang mengarah pada perpecahan di kalangan mahasiswa. Itu akan mencederai prinsip persatuan dan kesatuan bangsa," kata Usman yang juga Rektor Universitas Haluleo, Kendari, Sulawesi Tenggara ini. (miol/bos)

SENIN

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

Plagiat, 3 Dosen UPI Batal Jadi Gubes BANDUNG (VOKAL) - Tiga dosen terduga plagiarisme dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mendapat sanksi berupa penurunan pangkat dan jabatan. Sanksi ini sesuai rapat senat akademik UPI yang digelar baru-baru ini. Ketua Senat akademik UPI, Syihabudin, mengatakan sanksi diberikan kepada ketiga doktor sesuai dengan peraturan pemerintah No.53 tahun 2010 tentang disiplin PNS, Permendiknas No 17 tahun 2010 tentang pencegahan plagiat di perguruan tinggi, dan keputusan senat akademik

No.001/senat.akd./UPI-SK/V/ 2008 tentang kode etik dosen UPI. "Senat Akademik UPI menggugurkan persetujuan atas usulan kenaikan jabatan guru besar terhadap tiga calon tersebut," kata Syihabudin, baru-baru ini. Lanjutnya, UPI prihatin dan menyesal atas terjadinya kasus

plagiarisme. Tetapi UPI serius menangani masalah yang mencoreng kampus pendidikan itu. Hal itu dibuktikan dengan dibentuknya tim khusus segera setelah menerima surat dari direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pembantu Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya dan Usaha UPI, Idrus Affandi, berharap keputusan dan sanksi yang dijatuhkan itu bisa memuaskan semua pihak."Keputusan ini secara matang dan bulat kami buat bersama demi memberi efek jera

kepada civitas akademika UPI," kata Idrus baru-baru ini. Anggota Ikatan Alumni (IKA) UPI Teten Masduki bereaksi keras atas dugaan plagiat yang dilakukan dosen UPI. Menurutnya, tindakan tersebut telah mencoreng nama kampus, sehinggga harus diberikan sanksi tegas. "Mutlak harus dicopot meski diperiksa dulu oleh majelis etik, jangan biarkan ada ruang bagi plagiator di perguruan tinggi. Tindakan ini tidak bisa dibiarkan, tidak boleh ada tindak kriminalitas di kampus," ujarnya, kemarin. Menurutnya, hal tersebut termasuk kejahatan berat di bidang akademik. Kasus ini mencerminkan perguruan tinggi tidak lagi menggambarkan budaya pendidikan dan riset. Tapi sudah seperti

birokrasi yang hanya mencari jabatan."Bagaimana bisa menampilkan pendidikan sebagai cermin kebenaran, keadilan, dan kejujuran kalau civitas akademikanya melakukan kejahatan semacam ini. Ini juga menandakan hancurnya integritas di kalangan akademisi dan menunjukkan kemunduran pendidikan," ucapnya. Sebelumnya diberitakan, tiga dosen UPI diduga melakukan praktik plagiat hasil karya untuk diajukan ke Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menjadi guru besar. Menurut informasi yang dihimpun, tiga dosen tersebut salah satunya memegang jabatan strategis di UPI. (ok/bos)

Dana Riset di Indonesia Minim

Nyontek Mewabah di Universitas Inggris JAKARTA (VOKAL) - Jumlah mahasiswa yang tertangkap tangan menyontek meningkat pesat dalam tiga tahun terakhir di universitas-universitas top Inggris. Cara menyontek mereka adalah dengan plagiarisme, membawa contekan ke kelas atau beli esay lewat internet. Hampir 1.700 mahasiswa dari 20 perguruan tinggi kena hukuman akademik periode 2010-2011. Data itu diungkapkan oleh Freedom of Information Act.Sekitar seratus mahasiswa bahkan dikeluarkan dari kampus. Praktik curang di kampus itu meliputi "copas" dari internet, menyelundupkan Hape saat ujian dan praktik joki serta menyalin jawaban dari rekan. Lembaga itu juga mencatat maraknya situs web yang menjual esai serta jawaban tugas kuliah. (ant/bos)

EDUKASI

ANDIKA

LATIHAN MENARI - Teras Gedung Idrus Tintin di kompleks Purna MTQ dimanfaatkan sejumlah siswa untuk belajar menari, Minggu (4/3).

JAKARTA (VOKAL) - Meski dana kegiatan penelitian merupakan salah satu yang terendah di Asia, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) menyatakan Indonesia masih mampu menghasilkan karya yang bisa diproduksi massal dan bermanfaat bagi masyarakat. Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Mohammad Hatta, di Yogyakarta, Sabtu (3/3) mengatakan, dana yang kelola kementeriannya hanya mencapai 0,08 persen dari produk domestik bruto (PDB) nasional. “Di Jepang mencapai 3 persen, namun 2 persen didapatkan dari swasta,” kata Gusti.

Gusti menyatakan, idealnya dana riset yang dimiliki oleh sebuah negara adalah sebesar satu persen dari dana PDB. Namun, imbuh Gusti, kendati memiliki anggaran penelitian cukup kecil, Indonesia, khususnya Kemenristek, telah menghasilkan penelitian yang bisa diproduksi massal dan bisa dimanfaat masyarakat. Salah satunya adalah produksi vaksin H5N1 yang merupakan hasil penelitian perguruan tinggi. Disamping itu, Batan juga berhasil menemukan isotop radioaktif pelacak kanker. (vvn/bos)

Mahasiswa UGM Sukses Sulap Ubi Kayu Jadi Sereal SELAMA ini, ubi kayu atau singkong (manihot utilissima) belum dimanfaatkan secara optimal. Kebanyakan hanya diolah dengan direbus, digoreng, maupun dibuat keripik. Bahkan di sejumlah daerah hanya dijadikan sebagai bahan campuran pakan ternak. Oleh sejumlah mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM), ubi disulap jadi sereal. Lima mahasiswa UGM, yakni Anisa Dian Safitri, Sigit Dwi Cahyono, dan Ahmad Syukron dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) dan Cerah Bintara Nurman serta Ervaningsih dari Fakultas Pertanian, mengolah

Penanggung Jawab/Redaktur: BUDI SUSENO

ubi kayu menjadi tepung mocaf yang bisa digunakan sebagai alternatif penggunaan gandum atau bahan pembuat kue dan makanan lainnya. "Adanya tepung mocaf ini diharapkan bisa meminimalisir ketergantungan Indonesia terhadap impor gandum," kata Sigit Dwi Cahyono di Kampus UGM di Bulaksumur, Yogyakarta, Jumat (2/3) Menurut Sigit, tepung mocaf memiliki beberapa keunggulan di antaranya memiliki struktur serat pendek yang bersifat mudah dicerna. Di samping itu, tepung mocaf aman untuk dikonsumsi bagi penderita autis dan alzheimer karena tidak mengandung gluten. Dia memaparkan pembuatan tepung mocaf tergolong mudah. Singkong dikupas, dicuci lalu dipotong melintang dengan tebal sekitar 0,5 cm. Selanjutnya difermentasi menggunakan bakteri strain L. Plantarum kedap udara selama kurang lebih 3 hari 3 malam.

SEREAL DARI UBI KAYU

Setelah itu dicuci, ditiriskan, dan dikeringkan dengan sinar matahari selama 2 hari. Terakhir, setelah kering lalu digiling hingga berbentuk tepung. Pengembangan tepung mocaf ini juga menghantarkan kelimanya mendapatkan penghargaan dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI) dalam Hibah MITI Challange bersama dengan 19 tim lainnya dari sejumlah daerah di Indonesia. Saat ini Sigit dan keempat rekannya, tak hanya berhenti mengolah ubi kayu menjadi

tepung mocaf saja. Mereka terus berinovasi memanfaatkan mocaf menjadi bahan dasar pembuatan sereal bagi anak-anak balita. Sereal yang diberi nama Seremoni, ini dibuat dengan menggunakan tepung mocaf ditambah dengan pencampuran tepung kacang merah. "Untuk memenuhi kebutuhan protein dalam bahan, kami menambahkan campuran tepung kacang merah dalam pembuatan sereal ini," kata Anisa Dian Safitri yang turut mendampingi Sigit. (dtc/bos)

Perwajahan: ABDA


ANDALAS SENIN

23

HARIAN VOKAL

5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

LINTAS Marapi Kembali Semburkan Abu BUKITINGGI(VOKAL)-Gunung Marapi yang berada di antara Kabupaten Tanahdatar dan Agam Sumatra Barat, Minggu (4/3) menyemburkan abu vulkanik dua kali. Semburan pertama terjadi sekitar pukul 11.10 WIB dan disusul semburan kedua sekitar pukul 11.18 WIB. Abu semburan abu vulkanik pertama dan kedua dari gunung itu sama-sama memiliki tekanan kuat. Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bukittinggi Suparmo menyebutkan semburan abu vulkanik kali ini cukup kuat dan sangat tebal dibanding dua hari kemarin. "PVMBG masih merekomendasikan gunung waspada level II dan melarang masyarakat untuk mendaki lebih dari 3 kilometer dari puncak," kata dia. Ia menyebutkan, sejak peningkatan aktivitas pada tanggal 3 Agustus 2011, Gunung Marapi hampir setiap hari mengeluarkan asap hitam dan abu vulkanik. (mic/mal)

Medan Berangkatkan 11 Ribu TKI ke Malaysia

Gubernur Aceh Serukan Pilkada Damai

BANDA ACEH(VOKAL)-Penjabat Gubernur Aceh Tarmizi Karim, mengundang pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dan bersepakat menjalankan pilkada damai di Aceh. Para calon diundang dalam kegiatan coffee morning di Pendopo Gubernuran, Minggu (4/3) kemarin. Menurut Tarmizi Karim, per temuan yang bersifat kekeluargaan ini bertujuan untuk terus mewujudkan komitmen pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2012 yang damai, lancar, aman, dan berkualitas, yang terbebas dari provokasi dan intimidasi. "Dengan adanya pertemuan informal antarcalon seperti ini, diharapkan energi positif dari silaturahmi itu dapat ditransfer ke berbagai pihak termasuk tim sukses dan jajaran pendukung masing-masing kandidat, sehingga di tingkat akar rumput dan semua elemen masyarakat dapat bersinergi positif mewujudkan kondisi yang damai dalam segenap tahapan Pemilukada," sebut Tarmizi Karim. Tarmizi Karim tak henti-henti

mengimbau semua pihak untuk bisa mewujudkan pilkada damai yang merupakan manifestasi pesta rakyat. "Bagaimana rakyat bisa benar-benar merasakan itu pesta, jika di dalam hatinya mereka masih merasa tertekan dan takut," katanya. Sayangnya, tidak semua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur hadir dalam pertemuan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari ini. Hanya pasangan Darni Daud-Ahmad Fauzi dan Ahmad Tajuddin-Teuku Suriansyah saja yang hadir lengkap. Sementara pasangan Muhammad Nazar-Nova Iriansyah, hanya dihadiri oleh calon gubernur Muhammad Nazar. Dan untuk pasangan Irwandi Yusuf-Muhyan Yunan, hanya dihadiri oeh Muhyan Yunan. Sedangkan pasangan

Zaini Abdullah-Muzakkir Manaf mengingatkan, pihaknya juga yang diusung oleh Partai Aceh, akan menggelar komitmen dan seruan pilkada datidak hadir sama semai bersama sekali. mua calon pasa"Kalau Pak Irwandi ngan kepala daerah ada di luar kota dan pada pertengahan beliau sudah memMaret yang akan beritahukan kepada datang. saya. Sedangkan Pak Situasi Zaini dan Muzakkir Kondusif Manaf juga sudah Sementara itu, mengatakan kalau Kapolda Aceh Irjen mereka tidak bisa Iskandar Hasan mehadir karena ada kengatakan situasi segiatan yang tidak bisa cara umum di proditinggalkan di luar TARMIZI KARIM vinsi itu kondusif daerah. Tapi tak mengapa yang penting semua pesan dan aman pada tahapan pelakdamai ini sampai kepada semua sanaan pemilihan kepala daerah gubernur- wakil gubernur, dan 17 pihak," ujar Tarmizi Karim. Selain itu, sejumlah unsur pasangan bupati- wakil bupati muspida Aceh pun hadir dalam dan wali kota- wakil wali kota di pertemuan tersebut, diantaranya wilayah itu, 9 April 2012. "Tidak ada masalah. Meski Kapolda Aceh Irjen Po Iskandar Hasan, Panglima Kodam Iskan- suhu politik menghangat,situasi dar Muda Mayjen TNI Adi Mul- keamanan secara umum terkenyono, dan Ketua Majelis Per- dali dan kondusif," katanya di musyawaratan Ulama (MPU) Banda Aceh, Minggu (4/3). Hal itu disampaikan Kapolda Aceh, Muslem Ibrahim. PJ Gubernur Aceh Tarmizi Karim juga seusai pertemuan sejumlah calon

MEDAN(VOKAL)-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumatra Utara tahun ini akan memberangkatan 11.000 tenaga kerja Indonesia ke Malaysia. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumut BOTB Sihombing di Medan, Minggu (4/3) mengatakan jumlah itu sama dengan data pemberangkatan TKI pada tahun-tahun sebelumnya. Dikatakan Sihombing, TKI yang akan diberangkatkan ke Malaysia tersebut masih akan dipekerjakan di sektor formal, seperti perkebunan, manufaktur, dan perusahaan elektronik. "Untuk pekerjaan sektor non formal, seperti pembantu rumah tangga, jumlahnya relatif sedikit karena warga Sumut kurang berminat menjadi PRT," katanya. Biasanya, kata dia, TKI yang berkerja sebagai PRT yang diberangkatkan dari Sumut berasal dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur. (mic/mal)

Dua Provokator Pembakar PT BSMI Tersangka

8 Rumah di Kompleks BrimobMedanTerbakar

KOMPAS(VOKAL)-Sebanyak delapan unit rumah di kompleks asrama Brimob Polda Sumatera Utara, Minggu (4/3) terbakar. Tidak ada korban jiwa, dan penyebab kebakaran belum diketahui. Menurut saksi mata, Yanta Ginting (44), pukul 15.00 WIB dia melihat kepulan asap dari rumah Tarigan. Dia menduga itu asap warga membakar sampah. Namun, selang 10 menit kemudian dia mendengar ledakan yang dia duga tabung gas. "Saat itu saya yakin kebakaran," ujarnya. Petugas pemadam kebakaran, Andi, menjelaskan, setidaknya delapan rumah hangus. Saat ini sebanyak 10 mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api. Api padam sekitar pukul 16.00 WIB, dan tinggal pendinginan. (kps/mal)

NET

PETUGAS pemadam dan warga berusaha mendinginkan api di areal bekas kebakaran, di asrama Brimob Polda Sumut, Medan, Minggu (4/3) kemarin.

MUSEUM Tuanku Imam Bonjol yang berdiri megah di Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, kini tak terurus lagi.

Museum Imam Bonjol di Pasaman tak Terurus PASAMAN(VOKAL)-Museum Tuanku Imam Bonjol yang terletak di Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, saat ini kurang terurus. Museum yang terletak di garis ekuator itu sepi pengunjung. Museum yang dibangun tahun 1998 itu memiliki koleksi benda-benda bersejarah, di antaranya senjata, pakaian kebesaran, keramik, dan kain tradisional. Barang-barang itu tersimpan dalam tempat yang sudah kusam seperti jarang dibersihkan. Papan keterangan setiap benda pun tidak jelas. Kebersihan bangunan museum pun seperti kurang di-

perhatikan. Di beberapa bagian bangunan juga sudah memerlukan perbaikan. Salah seorang pengelola Museum Tuanku Imam Bonjol, Syelfani, Minggu (4/3), mengatakan, areal Museum Tuanku Imam Bonjol seluas 2,5 hektar hanya dikelola oleh tiga petugas, dua orang petugas kebersihan, dan seorang petugas keamanan. "Kami menyadari museum seperti kurang terurus. Sebabnya, petugas kurang. Kami sudah minta penambahan petugas, tapi sampai sekarang belum ada respons dari Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan, dan Pariwisata," kata Syelfani.

Di samping itu, selama ini identifikasi dan penelusuran informasi seputar barang-barang koleksi museum pun tidak dilakukan dengan baik. Akibatnya, kata Syelfani, petugas museum tidak bisa memberikan keterangan yang jelas seputar barang koleksi kepada pengunjung. "Mana barang yang asli atau duplikat dan mana barang yang terkait dengan perjuangan Tuanku Imam Bonjol kami tidak tahu," katanya. Syelfani juga menambahkan, setelah Kabupaten Pasaman dimekarkan menjadi Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat, anggaran untuk

pengelolaan museum minim. Sumber pendapatan asli daerah (PAD) paling banyak berada di Ka bupaten Pasaman Barat yang merupakan daerah yang memisahkan diri. Ini berakibat pada perekonomian Kabupaten Pasaman tempat di mana Museum Tuanku Imam Bonjol berada sebagai daerah induk berkurang. Selama ini, anak-anak sekolah menjadi pengunjung yang paling sering mendatangi museum. Biasanya, kunjungan melonjak saat libur sekolah atau libur nasional. Di luar itu, ada juga pelintas jalan Sumatera Barat-Sumatera Utara yang singgah ke museum. (kps/mal)

KESEHATAN / KECANTIKAN / PIJAT / LULUR

MENGGALA(VOKAL)-Kepolisian Resor Tulang Bawang, Lampung, membenarkan telah menetapkan dua tersangka dalam kasus pembakaran aset PT Barat Selatan Makmur Investindo (BSMI) Mesuji. Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tuba Ajun Komisaris Yohanes Agustiandaru, Minggu (4/3), mengungkapkan, dua tersangka itu masing-masing adalah AE dan MT, warga Tanjung Raya Mesuji. Keduanya disangka terlibat sebagai provokator dalam pembakaran gedung mes, kantor dan pabrik PT BSMI, 25 Februari lalu. Menurut Yohanes, keduanya dijerat dengan Pasal 187 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. Aparat penegak hukum diminta bertindak adil dalam kasus sengketa lahan antara warga Tanjung Raya, Mesuji, dengan PT Barat Selatan Makmur Investindo (BSMI) yang rentetannya sampai mengakibatkan kantor BSMI dibakar. "Aparat harusnya adil dong. Proses semua pihak yang bersalah, melanggar. Jangan hanya masyarakat kecil yang diproses. Tapi, usut juga pelanggaran perusahaan seperti proses ganti rugi yang bermasalah dan belum direalisasikannya pola plasma," ujar Hendrawan, anggota Sekretariat Bersama Pemulihan Hak Rakyat Indonesia (PHRI), Minggu (4/3). Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Lampung ini menyatakan hal itu terkait penetapan dua warga Tanjung Raya, Mesuji, masing-masing Ajar Etikana (53) dan Mat Tahan (16), sebagai tersangka dalam kasus pembakaran aset PT BSMI pada 25 Februari lalu. (kps/mal)

Dijual, 1 Unit Ruko 1 Lantai Lngkap Dg Usaha Bengkel & Sku Cdang, Lokasi Strategis, Jl. Bukit Barisan/ Kapau Sari, Lt 5 x31, LB 5x20, SHM IMB, Hrg 385 Jt Nego di Tmpat, Hub : 08127688223

ELEKTRONIK

SERVICE

PERCETAKAN

PEMBIAYAAN

Hughes Antena Februari Ceria, Sekarang Pasang Indovision, TopTV & Yes TV Cuma 60 Rb. Hub : 0852 6580 8932/62921 (bs luar kota & No. sms)

Service Panggilan Mesin Cuci, Kulkas, Frezeer, TV, Amplifier, stabilizer, Sound system, kipas angin, instalasi listri dll. Hub : 0812 7518 6233, Bergaransi

Okervision PKU (group MNC) Skr psg hanya 150 rb, free iuran 1 bln+paket sport&chanel KTV (Chanel Korea) 2 bln, pasti dpt liga Inggris dan EURO 2012. Ayo buruan Hub : 0853.5531.6249. bs psg luarkota

Sentosa Jaya Teknik, Cuci AC Rumah dan Kantor Rp. 40.000/Unit, Bongkar Pasang dan Perbaikan Langsung siap ditempat, juga melayani Tambah Freon, Hub : 0812 6821 3336/ 0761-3063335

PLTHN Sablon & Printing, Daftar Sgr Utk Dilatih Sbg Tenaga Sablon & Printing,Peserta Min SMP, Byr Pelatihan 500 Rb. Lm Pelatihan Lebih Kurang 1 Minggu,Min 10 Org, Syrat : Fhotocopy KTP, Ijzah. Hub : 0812 754 4924

Bank ANZ Pekanbaru, Kredit Tnpa Agunan, Syrt Mdh, Bunga Ringan, Ckup FC KTP, FC Krt Kredit,FC Billing & Cover BK Tabungan, Lmit Krt 3 X Pencairan. Nilai Pencairan 4 Jt sd 200 Jt. Hub : 0852 7144 8965 (Nita)

SUI Message, Anda Ingin Rileks & Bugar Kami Siap Untuk Anda, Melayani Panggilan & Hotel, Silahkan Call Ke 0853 6446 2702

Telkom Vision Mau langganan Telkom Vision?? Utk tempat Tinggal, hotel, wisma kantor dll. Hub : PT Citra Moraland Tlp : 0761 33934 HP. 0813 7802 2471. 0852 6493 9663, Nikmati tonton Kls dunia

Aries Teknis Service, Ditempat Bongkar Pasang AC, kulkas, Mesin Cuci, Dispenser, Kompor Gas, TV, Dll. Hub. 0761-7620133 / 0813 7173 6031Bergaransi, Melayani Luar Kota

Anda Butuh Uang, Cukup Dg BPKB Mobil/Motor, Pencairan Besar, Bisa Take Over, Mobil Anda Di Asuransikan. Hub : Aldi 0852 7173 6335/0852 689 6612

Ibu Sri Urut Sehat, Tradisional, Anda Ingin Rileks, Pijat Refleksi, Luluran dan Pemijatan, Turun Perut, Salah Urut, Dll Hub : Ibu Sri HP : 0852 6592 2247 / 0853 7600 7436. Antar Alamat

Butuh Dana Cepat, Cukup Jaminan BPKB Motor/Mobil Anda, Motor Th 2002, Mobil Th 1990, Proses Cepat dan Bisa Bantu Take Over Baik Mobil/ Motor, Hub : Herman 0852 1066 5860

Melur Jaya, Melayani Urut Tradisional, Shiatsu, Thai, Dll. Alamat Jl. Melur Bawah No. 19 H & Arengka 1 (Komp. Taman Malibu Blok C-1), Hub : 0813 6568 6749 & 0813 7046 6883

Penambahan Modal Usaha, Sahabat Soempurna Sistem Syariah, Biaya Ringan Bisa Take Over, Jaminan Berupa SKGR, SHM, BPKB, Plafon 5-500 Jt, Syarat Berlaku Hub : Mahlil 0852 1366 4240

Hellen Massage, Menerima Panggilan Hotel, Semua Treatmen, Tradisional Massage, Thaikombo Massage, Tenaga Profesional Buka 24 Jam. Hub : 0821 6912 9918

Dijual Rumah, Type 83/113, 3 KT, 2 KM, Full Keramik, Garase, Canopi, Listrik 2200..Lok : Jl. Durian/Rahman Dkt Perum Loyak Durian Estat..Hrg 355 Jt.. Hub : 0852 7130 3300

Pinjam Dana, Modal Usaha, Syarat : BPKB, Sertifikat Tanah. Hub : Vika : 0812 1503 9917, Harto : 0853 6306 7955

PROPERTI / RUKO DIJUAL / TANAH

Anda Butuh Dana Cepat, Cukup Jaminkan BPKB Mobil/ Motor Anda, Proses Cepat 1 Hari Langsung Cair, Data-Data Anda Bisa Di Jemput/ Diantar Ke Kantor Kami. Bagi yg Berminat Hub : 0813 7194 5978

Dijual Ruko, 4 Pintu di Jl. Lobak, Smpng Ardath Depan Bintang Cendikia/Jl. PGRI. Progress SHM, Terjual 2 Unit, Sisa 2 Unit. Hub : 0812 7571 9719, 0853 6568 7000

Dijual Rumah, Jl. Gunung Agung No. 4 Pintu Angin Pku. LT/LB : 600 M/250 M. SHM. Lok : Sangat Strategis, Tengah Kota, Siap Huni..Hrg 1,4 M..Nego Hub : 0812 7640 092/0812 6895 1160

PT. Aha Multi Scane Jl. Soekarno Hatta Ruko Damai Langgeng Blok B 29 pku, jual & service jembatan timbangan/ Timbangan truck semua merk, kapasitas mulai 20 Ton s/d 100 Ton 0821 7336 9988 / 0761-61077 Ahli Service & Instalasi CCTV Online Pabx (jar, telepon) jar computer/Wireless Servis laptop, Komputer, Kwalitas dan harga ok, bergaransi Layanan Panggilan hub :0812 6638 2800 Elektro Teknik Servis Tukar tambah, pmasangan & pemeliharaan, baru & bekas AC, Spilit/windows, mesin cuci, kulkas, TV. Dispenser, kipas angin, Kompor gas dll hub : 0821 7232 9343 Jl. Srikandi No. 20 Pekanbaru

Inayah Elektronik, Rental AC, Blower Utk Berbagai Acara, Service AC, Pasang Baru, Mesin Cuci, Kulkas, Stabilizer, Jual Beli Second dan Baru, Hub : 0812 7662 319 / 0852 7865 9636 Berkah AC, Menerima Pasang AC, Service AC, Kulkas, Mesin Cuci, Bongkar Pasang AC, Dll, Hub : 0821 7438 6977 / 0761-7708193 CV Riau Jaya Service, AC, TV, Mesin Cuci, Dispenser, Kulkas. Hub : 0761-7086113 / 0813 7885 3641 Melayani Kontrak/Luar Kota Jaya Service, Ditempat, Bongkar Pasang, AC, Kulkas, Mesin Cuci, TV, Hub : 0761- 4851640 / 0813 6547 7080

Penanggung jawab/redaktur: AKMAL KUTIANYIR

gubernur- wakil gubernur yang dihadiri Penjabat Gubernur Aceh Tarmizi Karim. Menurut Iskandar situasi politik yang cenderung memanas menjelang pilkada itu masih sebatas toleransi dan kondisi tersebut tidak hanya di Aceh tapi juga di provinsi lainnya. Namun, diharapkan peran tokoh masyarakat dan elit politik ikut bersama-sama mengendalikannya. Kapolda juga menjelaskan, kasus-kasus kekerasan dalam beberapa pekan terakhir sedang dalam penyelidikan aparat kepolisian, seperti kriminal di beberapa daerah yakni pembacokan dan pembakaran kendaraan salah satu tim sukses calon kepala daerah. "Yang menjadi kendala dalam penyelidikan kasus-kasus kriminal itu adalah saksi dan barang bukti dari sebuah kejahatan belum kita peroleh. Kami juga mengimbau masyarakat memiliki keberanian melaporkan setiap melihat dan mengetahui sebuah kejadian sebagai saksi," pungkasnya. (kps/mic/mal)

Raja Kartu Nama, Hrg Mulai 100 Rb/ 6 Kotak, Juga Melayani Cetak Brosur, Bon 85 Rb/Rim, Pulpen 3500/Pcs, Jam Dinding 30 Rb/Pcs, Dll : 0813 7849 0050

SEDOT WC / SUMUR BOR

Ahli Mampet, Specialis WC Mampet,

Sedot WC, Sedot Tinja, Saluran Air Mampet,Wastafel Bathub, Dll. Tanpa Bongkar & Tanpa Bahan Kimia, Bergaransi. Hub : 0761-7709422 / 0813 7115 5556

Raja Mampet, Mengatasi WC Mampet, Saluran Air, Bathtub, Cuci Piring,Sedot Tinja Dll, Bergaransi hub : 07614801744/0813 6540 2539 Jasa Mobil Tinja, Spesialis Sedot Tinja, Sedot WC, Wc mampet, Saluran Air Mampet,Westafel, Tanpa Bongkar Tanpa Kimia, Bergaransi Hub : 0761766 7321, 082172941118 Mobil Tinja, Sedot TPM, Mengerjakan Sedot WC dan Saluran Air Yg Tersumbat Tanpa Dibongkar, Bisa Kontrak dan Harian, Bisa Dalam dan Luar Kota, Hub : 0812 754 7635 / 0761-7621273 Mobil Tinja, Sedot WC, WC Tersumbat, Saluran Air Yg Ter-sumbat. Tanpa Di Bongkar. Hub : 0812 7650 812/0761481 2882/0813 7879 1979

Butuh Dana Cepat, Cukup Jaminkan BPKB Motor Anda, Proses Cepat Bagi yg Berminat Hub : 0761 - 861156 HP. 0852 7208 1133 / 0812 7632 738 Beli motor anda dgn harga tinggi

Dijual Ruko, 6 Pintu di Jl. T.Bey. Simpng 3, Tiang Pancang Beton, 2 ½ Lt, Progress : Parkir Luas SHM, Terjual 4 Unit, Sisa 2 Unit. Hub : 0812 7571 9719, 0853 6568 7000

Dijual Ruko, 2 Lt, di Komp Paninsula, Jl. Nangka dkt SKA, Kos aktif, full keramik, tambah bangunan Di blk, listrik 2200 watt. Hub : 0761-7004878 Dijual Cepat, Ruko Dlm Komp Nangka 2 Lt, 3 Unit, Hrg Nego dan Rumah 2 Lt di Villa Bunga Raya LB 100 LT 128. Hub : 0853 5571 8181/ 9841001 Ruko Dikontrakan, 2 Unit Ruko 3 Lantai Komplek Pertokoan Metropolitan City Giant. Yg Berminat Hub : 0817 6757 907/0812 7567 6640

Dijual Rumah, Renovasi Lb 100, Lt 150 KT3, KM 2 Dapur Kitchen Set & Wastafel Full Trali, Listrik 1300 Smur Bor, Paving Blok, Full Krmk, Lok Perum Griya Insan Makmur, Blok A4, 220 Jt. Hub : 081275800736 Dijual Cepat, Rumah Baru Model Minimalis, Sngat Strategis di Jl. Cipta Sari No. 7 A, SHM, IMB Lengkap,

PBB Lunas 2011. Dekat dg Kantor DPRD TK 1. Hrg Rp. 700 Jt Hub : 0811 756 674 Dijual Rumah, Kawasan Tengah Kota, di Jl. Borobudur No. 10, SHM, Cocok Utk Mes/Tmpt Tinggal/Kantor Peminat Hub : 0821 7194 8912/0853 5634 9458 Dijual Rumah, Tipe 52 Jl. Suka Karya, 500 M Dr Jl. Subrantas Perum Malay Asri 2 Blok A, No. 1 di Belakang Ruko. Hrg 250 Jt Nego. Peminat Hub : 0831 8795 4759/0853 5634 9458 Dijual, Rumah 2 Unit Jl. Sail Type 77/281 M2 dan Type 70/250 M2. Lantai Full Keramik, Pagar Keliling, Halaman Luas. Hub : Pilar Properti 0761-7785876, 0812 6811 5007 Dijual, Tanah Perumahan 46 x 36 Ada Perumahan Pagar Keliling di Jl. Tanjung Jaya Ujung/Jl. Kandis Ujung Harapan Raya. Hub : Bpk Anto 0812 681 7723 Dijual Tanah, Dekat Villla Sakinah/ Belakang Lembaga Luas Tanah 448 M2 SHM Harga 150 Jt Nego. Ukuran P27 x L 18 Hub : 0853 7495 3800/ 0853 6486 1975 Dijual Tanah, 20 x 30 Dg Rumah Type 36 di Jl. Purwodadi Ujung, Samping Acik Ponsel Panam. Hub : 0812 751 6494 Dijual Tanah, Luas 5900 M, SHM, Lok Strategis di Tepi Jl. Besar Yos Sudarso Rumbai Tnh Keras & Datar, Bs Masuk Truk Container, Cocok Utk Prumahan, Gudang Kantor, Hrg 350 Rb/M, Nego Hub : 0812 758 6040 Perwajahan: ANDIXER


CMYK

Galery

24

HARIAN VOKAL

SENIN 5 Maret 2012/12 Rabiul Akhir 1433 H

DARI kiri ke kanan: Ketua PWI Riau H Dheni Kurnia, Ketua SPS Riau H Syafriadi, Pemimpin Umum Harian Detil Zainal Abidin, CEO Yube Grup H Yusrizal Koto, orangtua Yusko H Nazaruddin dan mantan Sekdako Dumai Wan Fauzi Effendi.

Grand Opening dan Peresmian Kantor Harian Detil MINGGUAN Detil yang sebelumnya beredar di Kota Dumai, memulai era baru dengan terbit setiap hari di Kota Pekanbaru. Peresmian Harian Detil itu ditandai dengan pembubuhan tanda tangan di halaman pertama Harian Detil edisi pertama oleh Pimpinan Perusahaan Harian Detil H Yusrizal Koto.

"Kritiklah kami, jangan biarkan kami menjadi media yang mendzolimi," pinta Yusrizal Koto, pada Grand Opening dan Peresmian Kantor Harian Detil, di Jalan Di-

r Teks: Ryan YV, Fitri Mayani r Foto: Andika

CEO Yube Group H Yusko membubuhkan tanda tangannya di halaman pertama Harian Detil, disaksikan Ketua PWI Riau H Dheni Kurnia.

CEO Yube Group H Yusrizal Koto menyampaikan sambutannya saat peresmian Harian Detil.

KOMISARIS Harian Detil Zainal Abidin menyampaikan kata sambutan.

H NAZARUDDIN memberikan santunan kepada anak yatim yang diundang ke acara itu. Penanggung Jawab/Redaktur: ZUKRI SUBAYANG

ponegoro IX, Pekanbaru, Sabtu (3/3). Peresmian ini dihadiri beberapa undangan penting, seperti Ketua SPS Riau H Syafriadi, Ketua PWI Riau H Dheni Kurnia, Pemimpin Redaksi Tribun Pekanbaru Dodi Sarjana, Pemimpin Redaksi Harian Vokal Tun Akhyar, dan lainnya. Selain itu, turut hadir keluarga H Yusrizal Koto (Yusko).

KOMISARIS Harian Detil Zainal Abidin turut membubuhkan tanda tangannya di halaman pertama koran itu.

KETUA PWI Riau H Dheni Kurnia menyampaikan sambutan dan dukungannya terhadap Harian Detil.

CEO YUBE Group H Yusko didampingi Pemimpin Umum Harian Detil Hj Betty Marlina, memberikan santunan kepada anak yatim.

KETUA panitia acara Puja Kesuma Yube memberikan kata sambutan. Perwajahan: ISKANDAR

Harian Vokal edisi 05 Maret 2012  

Santun Mengkritisi, Cerdas Menyikapi

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you