Issuu on Google+

CYAN YELLOW MAGENTA KEY

04 JAN 2012

JUMAT

SUBUH : 04:16 DZUHUR : 11:55 ASHAR : 15:22 MAGHRIB : 18:09 ISYA : 19:26

06 Januari 2012 12 SHAFAR 1433 EDISI 556/TAHUN III

24 Halaman/Rp.2000

C akap Bebas

Santun Mengkritisi, Cerdas Menyikapi ALAIDDIN KOTO

Bilakah Rakyat Akan Disenangkan? MUNGKIN tidak ada orang yang tidak pernah pergi ke negeri orang lain. Semua orang pernah keluar dari negerinya, apakah negeri itu berarti kampung orang lain, kabupaten orang lain, provinsi orang lain, atau negara orang lain. Pokoknya, pergi ke negeri orang berarti ke luar dari negeri tempat tinggal sendiri yang situasi dan kondisinya berbeda dari negeri sendiri. Secara pasti, kita tidak tahu apa yang dirasa dan difikirkan oleh setiap orang yang keluar dari negerinya ketika melihat keadaan yang ditemuinya di negeri orang tersebut.

I ndeks....

Bersambung...Hal 7

 Gayus Divonis 8 Tahun Penjara...............................Hal 2  Ratusan Korban Banjir Terjangkit Penyakit...Hal 15

Armilis: Komisioner KPU Perlu Tes Kejiwaan  Aneh, Gugurkan Firdaus Pasca PSU PEKANBARU (VOKAL)-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru kembali melakukan tindakan aneh, dengan menerbitkan Surat Keputusan No 79 Tahun 2011, tertanggal 28 Desember 2011. Melalui SK itu, KPU menggugurkan Firdaus, ST MT sebagai calon walikota Pekanbaru. Menanggapi SK aneh tersebut, kuasa hukum Firdaus, Armilis, SH, mengatakan, perlu dilakukan kembali tes kejiwaan terhadap komisioner KPU Pekanbaru. LAPORAN: TIM HARIAN VOKAL Akibat SK tersebut KPU Pekanbaru pun dilaporkan Tim Koalisi PAS (tim pemenangan Firdaus-Ayat Cahyadi) ke Kepolisian Daerah (Polda) Riau. Informasi yang diperoleh Harian Vokal,

SK KPU Pekanbaru yang menggugurkan Firdaus sebagai calon walikota pasca pemungutan suara ulang (PSU) Pemilukada Pekanbaru tersebut sudah disampaikan KPU ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Selasa, 3 Januari 2012 lalu, bersama hasil rekapitulasi perolehan suara PSU yang telah dilakukan KPU Pekanbaru. Namun

ANDIKA

KETUA Tim PAS Chaidir (2 dari kiri) melaporkan KPU Pekanbaru ke Kapolda Riau, Kamis (5/1), terkait SK KPU yang menggugurkan Firdaus sebagai calon walikota Pekanbaru.

Tim Koalisi PAS baru mendapatkan kopian surat keputusan tersebut Rabu, 4 Januari 2012, sekitar pukul 17.00 WIB. Ketua Tim Koalisi PAS Chaidir, mem-

 Empat Pegulat Riau Kabur dari Pelatda PON...Hal 18

benarkan pihak PAS sudah melaporkan tindakan KPU tersebut ke Polda Riau.

Bersambung...Hal 7

 Terkait Dugaan Korupsi di Setwan

Fresh Looking

Vicky Shu

Harga Langganan Rp50.000/bulan Luar Kota+Ongkos Kirim Email: harianvokal@gmail.com website: www.harianvokal.com

Pendemo Sweeping Ruang Kerja Akmal

Ingin Jadi Intel

ANDIKA

PEKANBARU-Puluhan pendemo yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kebenaran (AMPK) melakukan aksi sweeping (penyisiran) ke ruang kerja Sekretariat DPRD (Setwan) Riau, Kamis (5/1), untuk mencari Sekretaris DPRD (Sekwan) Riau Akmal JS. Aksi itu dilakukan pendemo untuk memastikan Akmal memang tidak berada di ruang kerjanya. Pasalnya, sudah tiga kali menggelar aksi demonstrasi, Akmal JS selalu tidak bisa mereka temukan. Para pendemo bahkan memeriksa hingga ke ruang salat, namun Akmal tetap tidak ditemukan. Akhirnya demonstran kembali keluar ruangan dan melakukan orasi di depan pintu masuk ruang kerja Sekwan Akmal JS.

SEORANG pendemo sedang berorasi didampingi puluhan teman-temannya, saat melakukan aksi demo di gedung DPRD Riau, Kamis (5/1). Mereka mendesak Akmal JS mundur dari jabatan Sekretaris DPRD Riau.

Bersambung...Hal 7

SELAIN punya karir sebagai penyanyi, Vicky Shu rupanya punya cita-cita terpendam ingin jadi anggota intelijen. "Aku mau jadi BIN (Badan Intelijen Negara, red)," katanya saat ditemui di acara musik Dahsyat, Studio RCTI, Jakarta, Kamis (5/ 1).

Bersambung...Hal 7

 Tunggu Rekom Bupati Meranti

Perantau tak Perlu Urus Kemenhut Setuju Pulau Padang tanpa HTI E-KTP di Daerah Asal JAKARTA-Warga yang merantau ke kota lain kini tak perlu mengurus kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di daerah asalnya. Pemerintah membolehkan para perantau membuat e-KTP di tempat mereka tinggal saat ini. "Misalnya anak kos atau buruh yang bekerja di kota lain, cukup memasukkan nama mereka ke kartu keluarga tempat GAMAWAN FAUZI ibu kos-nya," kata Mendagri Gamawan Fauzi di Jakarta, Kamis (5/1). Dispensasi mengenai hal ini dicantumkan dalam Surat Edaran Mendagri tertanggal 30 Desember 2011. "Surat edaran sudah saya kirim ke seluruh gubernur dan bupati/walikota," ujarnya. Gamawan menyebutkan, dalam surat edaran tersebut diatur bahwa wajib KTP tinggal lapor ke petugas pelayanan pembuatan e-KTP dengan membawa surat keterangan dari RT/RW yang diketahui lurah/kades. "Surat keterangan ini menyatakan bahwa warga ini berdomisili secara riil di lingkungan RT/RW setempat," ungkapnya. Nantinya, petugas akan mencatat nomor induk kependudukan (NIK) lama orang tersebut. "Setelah dicatat, database penduduk di daerah asalnya dihapus," katanya. (ilc,hab)

JAKARTA-Kementerian Kehutanan (Kemenhut) sepakat merevisi SK No 327/Menhut-II/2009, untuk membebaskan Pulau Padang, Kecamatan Merbau, Kepulauan Meranti, dari hutan tanaman industri (HTI) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) secara permanen. Namun revisi SK tersebut baru bisa dilakukan setelah Bupati Kepulauan Meranti Irwan Nasir mengeluarkan surat rekomendasi untuk merevisi SK Menhut itu. Kesepakatan tertulis itu tertu-

ang dalam pertemuan perwakilan 20 warga Pulau Padang yang didampingi anggota DPD RI asal Riau Intsiawati Ayus dengan Dirjen Planologi Bambang Supiyanto di Kantor Kemenhut, Jakarta, Kamis (5/1). Kesepakatan tersebut dibuat setelah melalui dialog dan perdebatan sengit antara rombongan perwakilan Serikat Petani Riau (STR) dan Forum Komunikasi Masyarakat Penyelamat Pulau Padang

SURYA IRAWAN

ANGGOTA DPD RI asal Riau Intsiawati Ayus dan Dirjen Planologi Kemenhut Bambang Supiyanto (2 dari kanan), melakukan pertemuan dengan perwakilan warga Pulau Padang, di Kantor Kemenhut, Jakarta, Kamis (5/1).

(FKM-PPP) yang dipimpin oleh Ridwan dengan Bambang Supiyanto, untuk menuntut pencabutan izin HTI PT RAPP di Pulau Padang. Kesepakatan tertulis merupakan lanjutan dari surat dari Ditjen Bina Usaha Kehutanan Kemenhut pada Selasa (3/1) lalu, yang meminta PT RAPP menghentikan sementara kegiatan di Pulau Padang. Dalam suratnya bernomor 5.3/VIBUHT/2012 tertanggal 3 Januari, Dirjen BUK Iman Santoso meminta PT RAPP menghentikan sementara seluruh kegiatan pemanfaatan hutan oleh PT RAPP di Pulau Padang sampai adanya pemberitahuan lebih lanjut. Permintaan tersebut setelah memperhatikan keputusan Menhut No 736/ Menhut-II/2011 tentang pembentukan tim mediasi penyelesaian tuntutan masyarakat setempat terhadap IUPHHK-HTI di PulauPadang, Kabupaten Kepulauan Meranti. Bambang mengatakan, pihaknya menunggu kehadiran Bupati Meranti hingga Jumat (6/1) ini dan bertemu dengan Menhut Zulkifli Hasan untuk melanjutkan itikad baik agar tidak menyengsarakan rakyat di Pulau Padang.

Bersambung...Hal 7

Tiga Lagi Warga Ditembak di Aceh BANDA ACEH-Tiga orang dilaporkan ditembak orang tidak dikenal di kawasan Simpang Aneuk Galong Sibreh, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Aceh Besar, Aceh Nagroe Darussalm, Kamis (5/1) malam, sekitar pukul 19.05 WIB. Ketiga korban berasal dari Semarang, Jawa Tengah Kabid Humas Polda Aceh Kombes Gustav Leo saat dikonfirmasi di Banda Aceh, Kamis malam, membenarkan adanya penembakan terhadap tiga pekerja bangunan di kawasan tersebut. "Betul ada penembakan itu. Laporan dari Polres Aceh Besar menyebutkan satu orang luka tembak di kepala, satu di dada dan satu lagi ditembak di bagian bahu," katanya. Korban tembak orang tidak dikenal itu yakni Gunoko (30), Agus Swetnyo (35) dan Stiku Anas (25).

Bersambung...Hal 7  Harian Vokal di Hati Anda!!! Penanggung Jawab/Redaktur: HASAN BASRIL

CYAN YELLOW MAGENTA KEY

 Iklan : Harmen Fadly 0812 7575 1116

 Langganan Koran : Zul Iman 0852 1032 8987 Perwajahan: RINTO HARMIKO


2

NASIONAL

HARIAN VOKAL

LINTAS Pohon Trembesi SBY Tumbang JAKARTA(VOKAL)-Hujan deras dan angin yang melanda Jakarta Pusat, Kamis (5/1) merobohkan atap dan pohon di lingkungan Istana Kepresidenan. Tak terkecuali menimpa pohon trembesi yang ditanam Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di halaman Istana, belakang Istana Merdeka. Pantauan lapangan, pohon trembesi itu tumbang pukul 14.15 WIB. Pohon trembesi yang terletak di belakang Istana Merdeka setinggi 23 meter dan diameter 30 cm ini, memang terlihat masih disangga kayu dan bambu. Pohon inilah yang ditanam Presiden SBY pada awal Juli 2010 lalu. Usia pohon trembesi itu 5 tahun saat ditanam SBY. Pohon yang sama dengan usia yang lebih muda ditanam Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono yang terletak berseberangan dengan pohon itu, masih tetap berdiri tegak.(dtc/rid)

JUMAT

 Divonis 8 Tahun Penjara

Jaksa Tuntut Uang dan Mobil Gayus Dirampas TERDAKWA kasus dugaan korupsi Ditjen Pajak, Gayus Halomoan Tambunan mendengarkan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (5/ 1). Gayus dituntut hukuman delapan tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsidair enam bulan, atas dakwaan telah menerima gratifikasi (pemberian hadiah kepada penyelenggara negara) terkait pengurusan pajak PT Bumi Resources, PT Kaltim Prima Coal dan PT Arutmin saat menjadi pegawai ditjen Pajak.

7 Gunung Masuk Level Siaga JAKARTA (VOKAL)-Indonesia memiliki 127 gunung api di mana tujuh diantaranya harus diwaspadai karena masuk level III atau Siaga. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Daerah merilis karakter ketujuh gunung ini sebagai antisipasi dan persiapan dampak dari aktivitas gunungapi tersebut. Ketujuh gunung itu adalah, Gunung Papandayan (Jawa Barat), Gunung Lokon (Sulawesi Utara), Gunung Ijen (Jawa Timur), Gunung Anak Krakatau (Banten, Lampung), Gunung Gamalama (Maluku Utara), Gunung Lewotolo (NTT), dan Gunung Karangetang di (Sulut). (viv/rid)

Indonesia Dapat Hibah 4 Hercules JAKARTA(VOKAL)-Pemerintah Indonesia kembali mendapatkan hibah pesawat tempur. Kali ini, 4 pesawat hercules seri C130 seri H akan dihibahkan dari Australia untuk kepentingan pertahanan Indonesia. "Iya betul," kata Menhan Purnomo Yusgiantoro saat dikonfirmasi soal kabar penerimaan 4 pesawat itu di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Kamis (5/1). Menurut Purnomo, pesawat jumbo itu akan dibawa ke Tanah Air setelah melewati proses renovasi. Namun pemerintah masih harus menyiapkan dananya terlebih dahulu. "Anggaran itu kan sudah diketok untuk 2012, nanti akan kita persiapkan untuk APBN Perubahan," ungkapnya. Lebih lanjut Purnomo menerangkan, pesawat tersebut akan digunakan untuk penanggulangan bencana dan kepentingan transportasi pasukan. Meski bekas, pesawat itu dijamin masih bagus.(dtc/rid)

Kapolri Dihadiahi 1.000 Sandal JAKARTA(VOKAL)-Aksi '1000 sandal untuk Kapolri' sebagai bentuk solidaritas terhadap AAL, bocah yang divonis bersalah karena kasus pencurian sandal akhirnya selesai. Ribuan sandal pun sudah diserahkan pada Polri. Menanggapi hal itu, Kapolri Jenderal Timur Pradopo tidak tersinggung. "Tidak perlu tersinggung," kata Timur usai mengikuti rapat terbatas di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Kamis (5/1/2012). Menurut Timur, pihaknya selalu terbuka terhadap aksi masyarakat. Apalagi aksi itu digelar karena hal sensitif seperti kasus hukum. "Semua terbuka proses itu," tegasnya. Sebelumnya, ada sekitar sekitar 100 pasang sandal yang diserahkan ke Kapolri. Sandal itu datang sekitar pukul 14.40 WIB, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (5/1/).(dtc/rid)

Penanggung Jawab/Redaktur: RIDWAN ALKALAM

06 Januari 2012/ 12 Shafar 1433 H

INT

 Amandemen UUD 1945

PDIP Resmi Tolak Usulan DPD JAKARTA(VOKAL)-Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDI-P) di MPR RI menolak usulan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI untuk melakukan perubahan kelima UUD 1945. FPDI-P MPR RI berpendapat usulan yang disampaikan DPD tidak pada waktu yang tepat. Demikian Ketua FPDI-P MPR RI Yasona Laoly dalam konferensi pers di ruang FPDI-P DPR RI di Jakarta, Kamis (5/1). Hadir saat itu, Sekretaris FPDI-P MPR RI Achmad Basarah, anggota MPR RI Puti Guntur Soekarnoputri, dan Arif Budimanta. Menurut Yasona, ada empat pertimbangan FPDI-P MPR menolak usulan amendemen itu, yakni pertimbangan filosofis, yuridis,

sosiologis, dan politis. Secara filosofis, kata dia, perubahan pertama sampai keempat UUD 1945 merupakan resultante atau kesepakatan politik lembaga yang berhak menetapkannya, sesuai situasi ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya ketika dibuat. "Saat ini belum ada keperluan mendesak yang mengarah ke perubahan kelima UUD 1945," katanya. Secara yuridis, kata Yasona, UUD 1945 yang berlaku saat ini adalah produk yuridis ketatanegaraan, yang secara maksimal telah mengakomodasi berbagai gagasan dan kepentingan selama proses amendemenberlaku. Secara sosiologis, amendemen satu sampai empat merupakan produk kompromi yang sudah

maksimal, namun belum dilaksanakan sebaik-baiknya, sehingga perlu dilaksanakan dulu sambil melihat efektifitasnya. Secara politis, amendemen akan menyedot banyak energi, karena bisa memicu perdebatan panjang, dan bisa menimbulkan ketegangan dan kegaduhan politik bangsa. Karena itu, kata Arif Budimanta, FPDI-P menilai belum saatnya amendemen kelima dilakukan. Semua pihak hendaknya kembali kepada nilai-nilai empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Achmad Basarah mengatakan, ini adalah sikap resmi fraksi. "Kita khawatir di aspek politis, karena akan menimbulkan kegaduhan politik baru," katanya. (san)

PMRJ Gelar Raker di Pekanbaru JAKARTA(VOKAL)–Persatuan Masyarakat Riau Jakarta (PMRJ) akan menyelenggarakan rapat kerja (Raker) tahun ini di Pekanbaru. Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang berlokasi di Jakarta tersebut, pemilihan tempat Raker di Pekanbaru dinilai bukanlah suatu hal yang luar biasa. Demikian dikatakan Ketua PMRJ, Ir H Muhammad Lukman Edy MSi, kemarin ketika dikonfirmasi mengenai rencana penyelenggaraan Raker PMRJ tahun 2012 di Pekanbaru Riau. ”Benar, Raker PMRJ tahun ini akan diselenggarakan di Pekanbaru. Tidak ada alasan khusus memilih tempat Raker ini. Karena ini organisasi masyarakat Riau, adalah hal yang biasa saja bila Raker dilaksanakan di Pekanbaru,” ucap Lukamn Edy. Informasi yang diterima Harian Vokal, Raker akan dilaksanakan di Hotel Aryaduta, Minggu

LUKMAN EDY

kedua Bulan Januari ini. Seluruh pengurus diprediksi akan hadir di Pekanbaru mengikuti Raker tersebut. ”Sekalian balek kamponglah,” ungkap Lukman Edy. Raker tahun ini merupakan Raker terakhir bagi kepenguru-

san PMRJ Periode 2009-2012 di bawah kepemimpinan mantan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (Menneg-PPDT) tersebut. Sebagaimana harapan umum, setiap anggota bagi setiap organisasi kemasyarakatan, sudah barang tentu Raker kali ini bisa menghasilkan sesuatu yang baik bagi masyarakat Riau di Jakarta, khususnya dan masyarakat Riau di daerah umumnya. PMRJ yang telah berdiri sejak 40 tahun lalu ini adalah organisasi masyarakat Riau yang eksistensinya cukup baik di kalangan masyarakat Riau Jakarta. Pejabat pemerintah daerah maupun pusat juga mengapresiasi dengan baik keberadaan organisasi ini di Jakarta. Hampir di setiap even yang diselenggaran PMRJ, para pejabat dan masyarakat asal Riau di Jakarta maupun di daerah hadir dan ikut ambil bagian.(tami)

JAKARTA(VOKAL)-Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pengadilan Tipikor tak hanya menuntut terdakwa Gayus H Tambunan 8 tahun kurungan. JPU Edy Rakamto juga meminta beberapa barang bukti dirampas untuk negara. “Menyatakan barang bukti berupa uang tunai senilai Rp 206 juta, SGD 34 juta, USD 659 ribu, SGD 9, 8 juta dan tabungan sebagaimana tersebut dalam barang bukti dirampas untuk negara,” kata Edy. Hal itu disampaikannya dalam sidang pembacaan tuntutan terhadap terdakwa mantan pegawai Dirjen Pajak Gayus Tambunan, di Pengadilan Tipikor, Jl HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (5/1). Tak hanya itu, barang bukti 1 unit mobil honda jazz dan 1 unit mobil ford everest juga ikut dirampas untuk negara. Seperti diketahui, Gayus dituntut kurungan selama 8 tahun dan denda Rp 1 miliar subsidair 6 bulan oleh JPU. Ia dinilai terbukti bersalah sebagaimana dalam dakwaan satu, dua, tiga dan em-

pat. Ia didakwa telah melanggar Pasal 12 b UU No. 20 tahun 2001. Subsidair pasal 5 ayat 2 No. 20 tahun 2001 karena menerima sesuatu terkait dengan wewenang dan jabatannya. Selain itu Gayus juga diancam Pasal 2 huruf 1 a UU 25/2003 tentang pencucian uang karena menempatkan harta kekayaan sebesar 659,8 ribu dollar Amerika dan 9,68 juta dollar Singapura yang diketahuinya atau patut diduga merupakan hasil tindak pidana ke dalam penyedia jasa keuangan. Gayus juga dinilai melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a UU No 20 tahun 2001, subsidair Pasal 5 ayat 1 huruf b. Dia diduga telah memberikan suap kepada sejumlah polisi yang bertugas di rumah tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.(dtc/rid)

Jakarta Kantor Pusat Pangan Halal Dunia JAKARTA(VOKAL)-Jakarta disepakati sebagai lokasi bagi kantor pusat dewan pangan halal dunia atau World Halal Food Council (WHFC). Gedung WHFC ini akan diresmikan penggunaannya pada 16 Januari 2012. "Kantor pusat yang berlokasi di Gedung MUI, Jl. Proklamasi, Jakarta Pusat ini diresmikan bersamaan dengan pembukaan pertemuan tahunan WHFC," kata Direktur LPPOM MUI yang juga President WHFC, Ir. Lukmanul Hakim, MSi dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis (5/1). Indonesia sebagai pusat halal dunia itu didukung oleh banyak lembaga sertifikasi halal luar negeri, seperti lembaga di Amerika Serikat, Perancis, Belgia, Italia, Spanyol, Brazil, Australia, Taiwan, hingga Singapura. Tahun lalu Menteri Koordinator Perekonomian RI, Hatta Rajasa telah menandatangani deklarasi yang menetapkan Jakarta sebagai kantor pusat dewan pangan halal dunia (WHFC). Setelah itu dukungan terus mengalir. Lukman menyatakan, pertemuan tahunan WHFC di Jakarta ini menjadi momentum yang sangat strategis bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan konsumen terbesar produk-produk halal dari berbagai negara. "Dengan kekuatan jumlah konsumen muslim yang sangat besar serta industri makanan, minuman, obat-obatan dan kosmetika yang sangat beragam, Indonesia harus

menjadi pemimpin dalam percaturan halal dunia," kata Lukmanul Hakim. Pertemuan tahunan WHFC atau WHFC Annual General Meeting akan berlangsung di Jakarta pada 16?18 Januari 2012, dan akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, Boediono dan akan dihadiri oleh sedikitnya 25 lembaga sertifikasi halal dari berbagai negara, dutaduta besar negara-negara sahabat serta atase perdagangan luar negeri dan para peninjau dari berbagai negara. Agenda tahunan WHFC akan membahas program kerja, standar halal maupun pelaksanaan sosialisasi dan edukasi kehalalan pangan, obat dan kosmetika di seluruh dunia. Tidak hanya lembaga sertifikasi halal, Annual General Meeting WHFC juga akan turut dihadiri oleh lembaga pemerintah terkait, pimpinan produsen produk halal hingga perwakilan pemerintah dari Negara tetangga. WHFC dibentuk pada tahun 1999 di Indonesia, dan memilih Prof. dr. Hj. Aisjah Girindra sebagai Presiden. Seiring perkembangan waktu, WHFC berubah nama menjadi World Halal Council (WHC). Pada 23 Juni 2011 para anggota WHFC berkumpul dan sepakat untuk mereaktifasi WHFC dengan memilih Ir. Lukmanul Hakim, M.Si sebagai Presiden dan menetapkan Jakarta sebagai kantor pusatnya.(ant/rid)

Perwajahan: ISKANDAR


3

INTERNASIONAL JUMAT

06 Januari 2012/12 Shafar 1433

LINTAS TalibanCulikdanBunuh 15TentaraPakistan ISLAMABAD(VOKAL)-Jenazah 15 tentara Pakistan yang diculik beberapa waktu lalu telah ditemukan. Kelompok militan Taliban Pakistan, Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut. Ke-15 prajurit tersebut merupakan anggota Frontier Constabulary (FC), pasukan paramiliter yang memerangi para militan di berbagai daerah kesukuan. "Kami telah menerima jasad 15 personel FC yang diculik," kata komandan FC setempat Ali Sher Mehsud kepada kantor berita AFP, Kamis (5/1/). Menurutnya, mereka dibunuh di Shawa, kota kecil di wilayah kesukuan Waziristan Utara dekat perbatasan Afghan. Semua jenazah memiliki luka-luka tembak. Jenazah para tentara Pakistan itu dikirimkan ke rumah sakit militer di Kota Tal hari ini. Juru bicara Taliban Ehsanullah Ehsan mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut. "Kami telah membalas dendam untuk operasi pasukan keamanan yang terus berlangsung terhadap kami. Mereka sebenarnya bertempur untuk Amerika," cetusnya. Kelompok militan telah menculik prajuritprajurit tersebut pada 22 Desember lalu dalam sebuah serangan ke pangkalan keamanan Pakistan di daerah Malazai, Distrik Tank, Pakistan barat laut. TTP merupakan kelompok militan Pakistan yang bersekutu dengan Taliban Afghan dan Al Qaeda. Kelompok tersebut telah mendalangi serangkaian kekerasan di Pakistan. (bbc/dtc/sad)

 Terlibat Narkoba

Moek Dara Dibui Seumur Hidup PHNOM PENH(VOKAL)-Seorang mantan Kepala Badan Antinarkoba Kamboja divonis hukuman penjara seumur hidup karena terlibat kasus pidana. Parahnya, dia divonis bersalah atas pidana korupsi dan perdagangan narkoba. Moek Dara, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Otoritas Penanggulangan Narkoba Nasional, dan seorang bawahannya, Chea Leng, dinyatakan bersalah terlibat dalam 32 kasus perdagangan narkoba. Demikian seperti disampaikan oleh jaksa yang menangani perkara tersebut, Phann Vanarath kepada kantor berita AFP, Kamis (5/1/2012). Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Provinsi Banteay Meanchey, keduanya juga dinyatakan bersalah karena menerima suap dari para pedagang narkoba. Selain mereka, masih ada seorang pejabat lainnya yang masih buron, juga dinyatakan bersalah dalam kasus yang sama. Dia dijatuhi hukuman 25 tahun penjara secara in absentia. "Vonis ini menjadi pesan penting bagi orangorang yang korup," tegas Vanarath. Selain dijatuhi hukuman penjara, baik Moek Dara maupun Chea Leng juga diwajibkan membayar denda sebesar US$ 220 ribu atau sekitar Rp 2 miliar. Properti ketiga terdakwa juga dinyatakan akan disita untuk negara. Sejak beberapa bulan terakhir, Kamboja meningkatkan perang terhadap perdagangan narkoba. Banyak penangkapan terkait kasus narkoba yang dilakukan otoritas setempat, termasuk di antaranya penangkapan sejumlah pejabat senior pemerintahan. Contohnya, seperti dua jenderal Kamboja yang berhasil ditangkap pada akhir tahun lalu terkait kasus perdagangan narkoba jenis sabu. (dtc/sad)

Penanggung Jawab/Redaktur: SAADUDDIN BADRA

HARIAN VOKAL

25 Tewas, 100 Hilang  Longsor di Filipina MANILA(VOKAL)-Belum lepas dari ingatan akan badai Washi yang meluluhlantakkan Filipina, kini bencana tanah longsor melanda desa yang menjadi pemukiman para penambang emas. Dilaporkan sedikitnya 25 orang tewas dan sekitar 100 orang lainnya hilang akibat tertimbun longsor. Seperti diberitakan oleh AFP, Kamis (5/1), longsor ini terjadi di sebuah desa terpencil di dekat kota Pantukan, Mindanao, Filipina. Desa yang ada di wilayah selatan Filipina tersebut dihuni oleh lebih dari 100 keluarga. Longsor ini terjadi pada dini hari, sehingga kemungkinan banyak warga yang masih terlelap dan tidak sempat menyelamatkan diri. Wilayah yang longsor dilaporkan mencapai luas sekitar 7.500 meter persegi. "Unit militer sudah ada di lokasi kejadian, tapi mereka hanya bisa menggali tanah dengan tangan mereka," ujar Kepala Departemen Pertahanan Sipil, Benito Ramos. Ramos menuturkan, pihaknya juga telah meminta pemerintah dan perusahaan pertambangan

setempat untuk menerjunkan kendaraan alat berat ke desa tersebut untuk membantu upaya pencarian dan penyelamatan. Bahkan, sebanyak 2 helikopter militer yang mengangkut para petugas penyelamat, tengah diterbangkan dari wilayah Cagayan de oro, yang terkena banjir dan badai Washi yang berakibat tewasnya 1.200 warga, menuju ke lokasi kejadian di Pantukan. Kepala Kepolisian setempat, Jaime Morente, menyatakan sekitar 27 jasad berhasil ditemukan dari reruntuhan longsor tersebut, saat usaha pencarian berlangsung 6 jam. Secara terpisah, Gubernur Provinsi Compostela Valley, Arturo Uy, mengatakan lebih dari 100 orang diduga terkubur longsoran yang ada di sisi gunung. (dtc/sad)

Korsel Siap Dialog dengan Korut SEOUL(VOKAL)-Korea Selatan (Korsel) mengklaim pihaknya saat ini sudah siap untuk melakukan dialog dengan pihak Korea Utara (Korut). Mereka pun siap melakukan negosiasi meskipun sikap Korut yang akhir-akhir ini kerap mengeluarkan pernyataan panas. "Kami terbuka untuk melakukan dialog dengan Korea Utara, tetapi semuanya tergantung dari cara Korut bersikap," ungkap Menteri Luar Negeri Korsel Kim Sung-Hwan seperti dikutip Reuters, Kamis (5/1). Menurut Menlu Sung-Hwan, setelah wafatnya Kim Jong-Il, Korut sepertinya masih ingin mengisolasi dirinya sendiri dari dunia internasional. Tetapi dirinya mengaku tidak akan pernah berusaha mencampuri urusan dalam negeri tetangganya itu. Korut saat ini sudah memilih

Kim Jong-Un sebagai suksesor Kim Jong-Il yang wafat 17 Desember lalu. Kini, Jong-un pun mulai melebarkan pengaruhnya di kalangan militer Negara Komunis itu. Hal ini yang sepertinya mengundang kekhawatiran Korsel dan sekutunya Amerika Serikat (AS). Sejak kematian Kim Jong-Il, Korut sepertinya mulai kembali kepada tabiat lamanya dengan melontarkan bahasa keras yang menyerang Korsel. Sebelumnya, Korut menyebut Presiden Korsel Lee Myung-Bak tidak menaruh hormat atas kematian Kim Jong-Il. Tetapi di balik semua itu, ada harapan bahwa kedua negara tetangga ini akan melanjutkan kembali dialog damai mereka. Korut tentunya menginginkan bantuan atas krisis pangan yang mereka hadapi, sementara Korsel menginginkan perdamaian di Semenanjung Korea.(ok/sad)

INT

LATIHAN PENGAMANAN-Anggota pasukan keamanan sipil mengikuti latihan di Kota Gaza, Rabu (4/1).

INT

SEBUAH gedung dan kendaraan hancur akibat serangan bom yang diterjadi di Bagdah, Irak, Kamis (5/1)

Serangan Bom Tewaskan 25 Warga di Irak BAGHDAD(VOKAL)-Serangan bom kembali terjadi di Irak. Sedikitnya 25 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat pengeboman di Baghdad, Irak kemarin. Ledakan bom itu terjadi di dua distrik yang didominasi warga muslim Syiah. Pengeboman pertama terjadi di Distrik Kadhimiya di mana dua bom mobil meledak dan menewaskan setidaknya 15 orang. Sebanyak 32 orang lainnya mengalami luka-luka dalam peristiwa itu. Dua bom lainnya seperti diberitakan kantor berita Reuters, Kamis (5/1) meledak di Distrik Kota Sadr dan menewaskan sedikitnya 10 orang dan melukai 37 orang lainnya. "Ada sekelompok buruh harian tengah ber-

kumpul, menunggu untuk dipekerjakan. Seseorang membawa motornya dan memarkirnya di dekat mereka. Beberapa menit kemudian itu meledak, menewaskan beberapa orang, melukai yang lainnya dan menghanguskan beberapa mobil," kata seorang polisi di tempat kejadian di Distrik Kota Sadr. Sejauh ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom tersebut. Kota Sadr merupakan basis kekuatan ulama Syiah, Moqtada al-Sadr, pemimpin milisi Mehdi yang pernah bangkit melawan pasukan AS dan Irak. Dia kini merupakan sekutu kunci Perdana Menteri Irak Nuri alMaliki. (bbc/rts/sad)

Perwajahan: PEPEN PRENGKY


4

JUMAT

HARIAN VOKAL

TAJUK Episode-episode Sinetron Pekanbaru

P ojok Sindir - Bengkalis Optimis Raih Piala Adipura + Sampahnya Kok Semakin Numpuk, Pak Bup... - Camat Bukit Kapur Gelar Kamis Bersih + Asal Jangan Kamis Korupsi Aja, Pak Cam...

Adalah Luqman Hakim dan anaknya yang sedang brjalan di sebuah pasar menuntun seekor himarnya.Dalam sebuah riwayat diceritakan: ''Pada suatu hari Luqman Hakim masuk ke dalam pasar dengan menaiki seekor himar, dan anaknya mengikut dari belakang sambil berjalan. Melihat tingkah laku Luqman itu, sebagian orang-pun berkata, ‘Lihat deh orang tua yang gak punya rasa kasihan, anaknya dibiarkan berjalan kaki.” Setelah mendengarkan desas-desus kurang mengenakkan dari orang sekitar, maka Luqman-pun turun dari himarnya dan menaikkan anaknya keatas himar,lalu luqman jalan menuntun. Tak berapa jauh Luqman melangkah, orang di pasar berbisik lagi hingga terdengar olehnya, “Lihat deh orang tuanya jalan kaki sedangkan anaknya enak-enakkan naik himar itu, sungguh gak punya adab anak itu.” Luqmanpun sedikit jengkel mendengar ocehan mereka, akhirnya ia-pun terus naik ke atas himar bersama dengan anaknya. Lagi-lagi orangorang di pasar berkata , “Lihat itu,dua orang menaiki seekor himar, sungguh orang itu telah menyiksa himar.” Akhirnya karena tidak suka mendengar percakapan orangorang di pasar, Luqman dan anaknyapun turun dari himar dan berjalan menuntun himarnya, lalu apa yang terjadi? Yah, terdengar lagi orang-orang usil mencibir, “Dua orang kok berjalan kaki, sedangkan himarnya gak dikendarai, betapa bodohnya mereka” Luqman pun terus berlalu dan tak lagi menghiraukan perkataanperkataan mereka. Dalam perjalanan pulang ke rumah,Luqman Hakim lantas memberikan nasehat kepada anaknya tentang sikap manusia dan ocehan mereka yang tadi dia

H Yusrizal Koto Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab Tun Akhyar

Wakil Pemimpin Redaksi Yurnaldi

Redaktur Pelaksana Hasan Basril

Pemimpin Perusahaan Hj. Bety Marlina

Wkl Pemimpin Perusahaan Gerri Nasri

alami ketika berada di pasar, katanya, “Sesungguhnya tidak akan terlepas seseorang itu dari pergunjingan manusia. Dan hanya orang yang berakal yang akan mengambil pertimbangan hanya kepada Allah S.W.T saja. Barang siapa mengenal kebenaran, itulah yang menjadi pertimbangannya dalam setiap urusan hidupnya.” Kisah Luqman Hakim diatas bukan hal yang biasa lagi sedari

Oleh

Sulthoni Zsulton

zaman dahulu sampai sekarang di lingkungan sosial masyarakat. Ketika ada sesuatu yang tidak biasa maupun normal sekalipun dari urusan kita, semua sangat berpotensi akan menjadi bahan gunjingan maupun celaan para gossipers maupun manusia usil dan jahil. Yang benar menurut agama sekalipun tak lepas dari bahan celaaan dan komplain tidak berdasar dari orang yang suka mencari kesalahan yang hanya mengandalkan selera nafsu maupun logika mereka. Tentu perkara ini harus kita sikapi dengan bijak dan lapang

dada namun tetap berdiri diatas Hukum yang Allah.SWT tetapkan, seperti nasihat Luqman Hakim kepada putranya--pertimbangkan segala sesuatu itu menerut kebenaran dan kebaikan berdasarkan apa yang Allah anggap baik dan tinggalkan apa yang Allah anggap buruk, kebaikan itu relative tetapi kebenaran itu pasti ada yang paling benar, yaitu apa yg Allah.SWT perintah maupun larang. Inilah yang harus menjadi landasan pertimbangan seorang muslim dalam menentukan suatu keputusan dalam kehidupan. Jangan sampai-hanya untuk me-

nyenangkan orang lain dan mengikuti kebanyakan orang, tetapi tindakan kita tidak sesuai dengan Syariat dan perintah Allah SWT, batasan dilanggar dan membuat Allah.SWT menjadi cemburu. Bila kita menuruti setiap perkataan menurut selera dan kemauan orang lain,betapa kita akan dibuat kebingungan minta ampun, karna selera dan sudut pandang maupun pondasi kebenaran manusia itu bermacam-macam sumbernya, ada yang dari hawa nafsu dan pendapat mereka sendiri maupun dari sumber hukum orang kafir.Maka tak heran jika di Zaman sekarang ini, banyak yang baik-baik malah dianggap salah dan begitupun sebaliknya,hukum Agama ditinggalkan dan akal dijadikan tuhan-tuhan baru, pada akhirnya makin dekatlah pada kesesatan dan tinggallah Agama menjadi sekedar formalitas. Jika tidak punya prinsip yang kuat, kita kan terombang ambing dalam kebimbangan dalam setiap keadaan,dan pada akhirnya malah jadi gak punya pendirian. Soo ! jika kita seorang Muslim dan manusia yang berakal,maka sudah seharusnya menjadikan Islam dan Allah maupun Rasul-Nya dijadikan segala sumber dan pertimbangan dalam mengambil setiap keputusan.Jadikanlah Allah sebagai sumber segala pertimbangan dalam setiap langkah di kehidupan kita, bahkan harus kita jadikan suatu Prinsip Hidup yang kokoh yang tertancap kuat di dalam dada. Jika saja semua hal mengambil sumber kebaikan dari apa yang Allah anggap baik, InsyaAllah, Allah memberikan jaminan untuk kebahagiaan kita di Dunia maupun Akhirat. *** Penulis adalah pengamat sosial dan keagamaan.

Melirik Capres Berusia In Between BEBERAPA waktu lalu, mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Amien Rais, mengusulkan agar tokoh-tokoh yang ingin mencalonkan diri sebagai presiden pada pemilihan presiden tahun 2014 hendaknya tidak terlalu berusia tua dan tidak juga terlampau muda. Tokoh dengan usia di atas 60 tahun dipandang sudah tidak layak maju kembali karena sudah terlampau tua untuk tampil sebagai calon presiden (capres).Sementara itu, capres di bawah usia 45 tahun masih terlampau muda dan minim pengalaman di pemerintahan. Karena itu, lokomotif gerakan reformasi ini memandang tokoh dengan rentang usia 45-55 tahun (in between) lebih pantas untuk terjun dalam kontestasi pemilihan presiden tahun 2014. Nama-nama seperti Hatta Rajasa, Prabowo Subianto, Sri Mulyani, dan Pramono Anung merupakan representasi dari tokoh-tokoh berusia in between tersebut. Segera setelah itu, pernyataan Amien Rais ini ramai didiskusikan di ruang publik. Maklum, ia bu-

Surat Pembaca

Pengendara tak Patuhi Lalin

Pemimpin Umum

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

Prinsip dan Sumber Segala Pertimbangan

PEMILIHAN Walikota (Pilwako) Pekanbaru atau dalam bahasa politik saat ini disebut Pemilukada tampaknya mirip sinema eletronik (sinetron) di televisi saja. Ketika banyak penonton menduga dan berharap ceritanya segera berakhir dengan 'happy ending' ataupun 'sad ending', ternyata, tidak demikian. Episode demi episode terus bergulir penuh intrik, dramatis dan terkadang mengaduk-aduk emosi pemirsa. Suasana seperti itu kini dipertontonkan kepada masyarakat Pekanbaru oleh sutradara dan para aktor Pemilukada Walikota dan Wakil Walikota periode 2011-2016. Ketika Pemilukada dilaksanakan pada 18 Mei 2011 silam, masyarakat berharap sebuah akhir, apapun hasilnya, gembira atau sedih bagi para aktornya, segera diketahui. Tapi seperti kisah di sinetron, ternyata, perkiraan dan harapan para warga kota, terutama pendukung aktor yang jadi buah bibir, tak kesampaian alias meleset. Kejutan terjadi saat proses sidang di Mahkamah Konstitusi (MK). Sang aktor bernama Firdaus MT dan pasangannya, dianulir kemenangannya yang sudah terlanjur ditetapkan dalam sidang pleno KPU Pekanbaru, karena dianggap melakukan kecurangan-kecurangan. Maka terjadilah episode berikutnya, yakni pemungutan suara ulang (PSU). Dua aktor utama, Firdaus MT dan Septina Primawati Rusli, kembali bertarung dan bersitegang "urat leher". Untuk sebuah sinetron, episode ini benarbenar seru dan menegangkan. Jauh lebih seru ketimbang episode sebelumnya yang lebih banyak diwarnai akting tebar pesona dan klaim kehebatan masing-masing lakon utamanya. Pasalnya, seluruh kemampuan untuk meyakinkan penonton coba dipertontonkan para aktor utama Pemilukada Pekanbaru. Tak ada lagi pola, gaya dan bicara yang sopan serta lembut dipertontonkan. Sinetron yang tadinya diharapkan tidak "main fisik", buka-membuka aib, dan buruk-memburukkan, justru ceritanya berbelok-belok entah kemana-mana, bahkan berubah menjadi konflik yang keras dan brutal. Meskipun tidak sampai diwarnai main tinju, cakar-cakaran ataupun jambak-menjambak rambut. Di episode ini pula secara dramatis muncul kejutan-kejutan baru. Gosip isteri muda, "main mata" hingga "perang" kekuatan politik, gosip uang dan kekuasaan, makin membuat episode ini seru sebagai sebuah tontonan. Saking seru dan menariknya, sampaisampai sutradara ikut jadi pemeran utama dan tak peduli dengan cemooh penonton. Ketika episode ini hampir berakhir, ketika hasil PSU secara tegas memutuskan aktor terbaik itu adalah Firdaus, penontonpun kembali dibuat terperangah. KPU Pekanbaru sebagai sutradara Pemilukada membuat keputusan status keaktorannya di Pemikuda Pekanbaru digugurkan, karena dinilai telah memalsukan data diri, yakni hanya melaporkan punya isteri satu, padahal isterinya dua. Jika Pemilukada Pekanbaru ini kita misalkan sebuah sinetron yang dipenggal-penggal dalam banyak episode, memang, akan sangat menarik bagi para pemirsa. Akan tetapi karena ini kisah nyata panggung politik, masyarakat akan mudah menebak kemana arah akhir cerita yang diinginkan. Tinggal lagi sekarang soal nasib dan retak tangan. Jika seorang Firdaus memang ditakdirkan jadi Walikota, apapun rintangan dan upaya-upaya penjegalan yang dilakukan terhadap dirinya, tetap takkan berhasil. Tapi jika dugaan kebohongan yang dilakukannya di masa lalu akan jadi dosa dan memberatkan langkahnya, Firdaus juga takkan pernah menjadi orang nomor satu di Pekanbaru. ***

SAYA sangat kesal setiap melewati Jalan Arengka satu atau Jalan Soekarno Hatta, persisnya di persimpangan Jalan Soekarno Hatta- Durian-Sigunggung. Persimpangan ini selalu tak lepas dari kemacetan yang menurut saya makin hari makin parah kualitasnya. Saya lihat penyebab kemacetan tersebut karena banyaknya pengendara, terutama sepeda motor yang kurang sadar dalam berlalu lintas. Mereka main terobos saja meskipun jelas lampu merah tanda berhenti sudah menyala. Alhasil, arus pengendara yang tak sopan dan tidak taat aturan berlalu lintas tersebut akan bertemu dengan arus pengendara kendaraan dari arah sebaliknya yang memang sedang giliran berjalan alias lampu hijau. Di sinilah letak biang keroknya yang kemudian memicu kemacetan. Selain menimbulkan macet, para pengendara yang main terobos tersebut tak jarang menyebabkan terjadinya kecelakaan dan bahkan pertengkaran dengan

OPINI

sesama pengendara. Pertengkaran yang dikibatkan mereka saling bersenggolan atau pertengkaran dengan pengguna jalan lainnya yang tidak senang melihat cara berlalu lintas para pengendara motor yang ugal-ugalan. Kepada bapak Polisi Lalu Lintas, mohon kiranya untuk lebih memperhatikan persimpangan Soekarno Hatta-Durian-Sigunggung. Saya kira persimpangan tersebut harus terus diawasi oleh pak polisi.Sebab, bila tidak ada polisi maka ulah para pengendara ugal-ugalan itu makin menjadi. Seringkali di dekat persimpangan tersebut terlihat parkir motor besar polisi lalu lintas, namun hanya motornya saja sedangkan pak polisinya tidak kelihatan. Mudah mudahan lewat surat pembaca ini pak Polisi mau mengerti dan memahami jeritan para pengendara yang setiap hari melewati simpang Soekarno Hatta-Durian-Sigunggung. Wan- Pekanbaru

kan tokoh sembarangan. Bobot politik pernyataan Amien Rais tersebut tidak dapat dipandang remeh. Bahkan, dapat dikatakan memiliki efek politik besar. Bahkan, sejumlah pihak menuding pernyataan Amien Rais itu sebagai bentuk endorsement terselubung terhadap Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa, yang masuk kategori capres “in between.” Terlepas dari hal itu, sebagai sebuah wacana usul Amien Rais mengenai usia capres kiranya layak untuk dikaji lebih jauh, terutama jika dikaitkan dengan diskursus kepemimpinan kaum muda. Secara substantif, istilah kaum muda hendaknya merefleksikan sebuah sikap kejiwaan, tidak hanya sekadar kriteria usia. Sikap kejiwaan itu berupa kebaruan cara pandang guna memutus hubungan dengan masa lalu disertai keberanian memperjuangkan visi perubahan. Rasa keberanian dan kemampuan dalam mengemban visi perubahan itu lebih mungkin tumbuh dalam diri mereka yang tidak memiliki beban masa lalu.

Oleh

Ahmad Husni

Kaum muda juga diyakini lebih mampu bergerak cepat dan cekatan dalam mengambil inisiatif serta merumuskan kebijakan-kebijakan strategis. Dengan demikian laju pemulihan kehidupan berbangsa dan berbangsa akan lebih terjaga. Karena itu, tidak mengherankan bila kaum muda selalu ada di balik setiap episode penting perjalanan bangsa. Sejarah mencatat dengan tinta emas peran para siswa School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) dalam memelopori pendirian Budi Utomo. Para pemuda dan pelajar bersatu dalam jalinan semangat Sumpah Pemuda. Hal itu mengindikasikan bahwa sesungguhnya bangsa Indonesia memiliki landasan historis kepemimpinan kaum muda yang sangat kuat. Meski pada masa itu bangsa Indonesia berada di bawah kungkungan hegemoni kolonialisme, tetapi masih terdapat ruang bagi tumbuhnya benih-benih ekspresi kemajuan di kalangan

kaum muda terdidik. Namun, pascakemerdekaan keadaan itu justru berbalik, terutama pada era Orde Baru. Tokohtokoh muda bersuara vokal dikucilkan dari lingkaran kekuasaan. Di bawah rezim represif Orde Baru, Soeharto menjadikan mesin-mesin politik dan pemerintahan bersikap sangat permisif terhadap tenaga-tenaga tua yang dinilai cenderung jauh lebih mudah diajak kompromi. Kehidupan politik bangsa Indonesia berjalan tanpa partisipasi luas kaum muda. Proses regenerasi dihambat secara sistematis dan struktural. Boleh jadi karena hal itu pula hingga kini masih saja muncul para politisi dengan kualitas dan watak masa lalu di dalam langgam politik nasional era reformasi. Sangat kuat kiranya alasan bagi bangsa Indonesia untuk mempromosikan (kembali) kaum muda di level kepemimpinan nasional. Untuk merealisasikan agenda strategis tersebut, mutlak diperlukan

manggil beberapa jajaranya yang dinilai bertanggung jawab terhadap aset tersebut. Sementara, Dinas Pendidikan Kota Dumai mengaku bahwa status gedung MABI tersebut belum ada kejelasan selama ini. Meskipun sudah dilimpahkan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, namun Disdik belum diberi wewenang dalam mengelolanya. Hanya saja, Disdik tidak menampik bahwa aset negara tersebut selama ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP), H Amril juga mengatakan alasan yang tidak jauh berbeda. Menurutnya, akibat belum jelasnya status aset MABI tersebut, membuat dirinya belum bisa menempatkan anggota Satpol PP untuk melakukan pengawasan dan pengamanan di lokasi. Jika dilihat dari statement para pejabat Pemko Dumai ini, rasa tanggung jawab dan rasa memiliki sep-

Penulis adalah Wakil Ketua DPD KNPI Jakarta Selatan Priode 2010-sekarang

Kolom Kami

Rendah Kepedulian ASET daerah semestinya dijaga dan dipelihara. Sebab, aset tersebut merupakan kekayaan daerah yang tentunya bersumber dari uang rakyat. Jadi, sudah sepatutnya pemerintah setempat yang diberi kewenangan dalam mengelola aset tersebut memiliki rasa tanggung jawab dan rasa memiliki yang tinggi. Bukan malah mengabaikannya. Gedung Madrasah Aliyah Bertaraf Internasional (MABI) di Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Provinsi Riau, barubaru ini diobrak-abrik orang tak dikenal. Hal ini terjadi karena gedung tersebut tidak dijaga petugas pengamanan. Seluruh aset yang ada dalam gedung tersebut raib. Nilai aset yang hilang tersebut diperkirakan sekitar Rp2 miliar. Wakil Walikota Dumai, H Agus Widayat saat melakukan peninjauan ke lokasi kaget dan marah ketika melihat kondisi bangunan yang sudah berantakan. Dengan nada emosi, Wawako langsung me-

political will kaum tua dan juga strong will kaum muda guna memberikan pembuktian diri. Para elite partai politik harus menyadari betul urgensi keterlibatan kaum muda. Jika partai politik ingin tetap eksis, maka tuntutan untuk senantiasa melahirkan generasi politik baru sulit dielakkan. Ketergantungan sejumlah partai politik pada figur-figur tertentu sering kali menjadi tembok besar penghalang mobilitas vertikal para politisi muda. Selama ini perhelatan suksesi kepemimpinan di sejumlah partai politik menunjukkan bahwa kehadiran kaum muda sebagai pelaku politik belum teradopsi dengan baik. Karena itu, dominasi kaum tua dalam struktur politik dan pemerintahan saat ini tentu sangat kontraproduktif dengan agenda strategis untuk mempromosikan (kembali) kaum muda di level kepemimpinan nasional.***

ertinya sangat rendah. Semua pada ‘lempar bola’ setelah kecolongan. Tak ada satu pun yang memiliki jiwa kesatria. Jika mental para pejabat publik banyak yang seperti ini, mau dibawa kemana arah negeri ini. Kejadian ini merupakan salah satu contoh dari rendahnya rasa kepedulian pejabat negara di negeri ini dalam mengelola aset daerah. Idealnya, pejabat yang berwenang dan bertanggung jawab dapat menetapkan kebijakan dalam pembinaan dan pengelolaan barang milik negara ini. Di sisi lain, jika Pemko Dumai dalam mengelola gedung MABI ini ditengarai gagal, wacana Disdik Dumai yang akan menjadikan gedung tersebut sebagai SKM Plus nantinya, diharapkan dapat terealisasi dengan baik. Wacana Pemko Dumai dalam menerapkan sistem pendidikan 60 persen SMK dan 30 persen SMA semoga dapat berjalan sesuai harapan. Semua itu tentunya harus dilandasi rasa tang-

Zukri Subayang Redaktur Harian Vokal gung jawab yang tinggi. Bercermin pada kejadian gedung MABI, dalam pengelolaan SMK Plus nantinya diharapkan lebih proporsional. Berbagai bentuk kelalaian yang menimbulkan kerugian negara diharapkan tidak terulang kembali. Dan yang terpenting, rasa tanggung jawab dan rasa memiliki aset daerah ini perlu digaris bawahi, agar kejadian yang serupa tidak terulang kembali. Jangan sampai “pisang berbuah dua kali”. Apalagi sampai lempar rasa tanggung jawab setelah negara dirugikan.***

Dewan Redaksi: H Yusrizal Koto, Tun Akhyar, Yurnaldi, Hj. Bety Marlina, Gerri Nasri. Ombusdmen: H. Aji Dheri. Asisten Redaktur Pelaksana: Idrus Yamin. Koodinator Liputan: Bakhtaruddin. Redaktur: Delfi Indra, Zukri Subayang, Marzuli Adi, Akmal, Budi Suseno, Fitri Mayani, Ridwan Alkalam, Saaduddin Badra. Reporter: Andika, Doris Hamrawan, Dairul Riyadi, Adek Hernita, Susi Herlina, Ryan Yutri Varios, Santi Silvia, Zulfikri, Indra Jaya, Ibnu Hasan, Devi Surindra. Sekretaris Redaksi: Desi Arsianti, Yanti. Kantor Dumai: Yusrhel, Vernando, Megy Alfajrin, Parno. Biro Pelalawan: Pandapotan Marpaung (Kepala), Giona Puga, Farikhin. Siak: Zulfahmi(Kepala). Bengkalis: Andrias (Kepala). Mandau: Rezi Andika Putra (Kepala). Indragiri Hilir: Mulyadi (Kepala), Muhamad Faisal. Indragiri Hulu: Prasetia (Kepala), Obrin B. Rokan Hilir: Asbinsyah Pasaribu (Kepala), Azmi. Rokan Hulu: Paber Siahaan (Kepala), Maulana Ishaq. Kampar: Apriyaldi, Rispondi. Kuantan Singingi: Replizar. Meranti: Sawaluddin Jakarta: M.E Rosaldi, Surya Irawan. Perwajahan/Pracetak: Riswandi Ardilana (Kepala), Andixer, Iskandar, Abda, Pepen, Sartana, Alib Destiyono, Rinto Armiko, Zulqifli. Litbang: Febry Sy. Produksi: Feri Irawan, Daferiadi, Prima Aldino,Hendra P, Marco MW, Suheri S, Suardi CS, Rudi A, Ilham M, Roy F, Alimi Wahid, Surya Darma. Iklan: Harmen Fadly (Manajer), Fetri Septian (koordinator Pekanbaru), Edriwan (Koordinator Dumai-Duri), Taufik Hidayat, Dewi Susanti (Adm. Iklan). Sirkulasi: Zul Iman(Koordinator), Herianto. Keuangan : Gusnety. Umum: Mufzi Boy. TI: Sudarmawan (Kepala), Bayu. Penasihat Hukum: Syamsul Rakan Chaniago SH,MH, Rudy P Tampubolon SH, Drs Mishar MSi, Zainal Abidin SH, Hasrizal. Alamat Redaksi: Jalan Durian No.16F Kota Pekanbaru. Percetakan: Jalan Palas Mekar Umban Sari No.9A Rumbai-Pekanbaru. Kantor Dumai: Gedung YUBE Grup Jalan Cempedak No. 88 Dumai Telp 0765 - 439013. Penerbit/Percetakan: PT. INTI VOKAL MEDIA. Tarif Iklan:Bisnis/Produk Rp9.000/mm kolom (BW) Rp15.000/ mm kolom(FC); Sosial/Duka Cita/Ucapan Selamat : Rp8.000/mm kolom (BW) Rp10.000/mm kolom (FC); Iklan Baris : Rp15.000/baris (minimal 3 baris). Redaksi Harian Pagi Vokal menerima tulisan, artikel, dari pembaca yang berisi usulan, saran dan kritikan yang membangun. Redaksi tidak memuat tulisan yang berisi hasutan, fitnah dan mengandung unsur SARA. Kirimkan tulisan anda melalui email: harianvokal@gmail.com atau antarkan langsung ke Kantor Redaksi Harian Pagi Vokal Jalan Durian No.16F Pekanbaru dan Gedung YUBE GROUP Jalan Cempedak No 88 Dumai.

Penanggung Jawab/Redaktur:AKMAL KUTIANYIR

Perwajahan: ISKANDAR


5

EDUKASI JUMAT

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

HARIAN VOKAL

LINTAS Lima SLTA di Pinggir Dapat Dana Bansos Pusat BENGKALIS (VOKAL)-Lima sekolah di Kecamatan Pinggir, Bengkalis, mendapat dana bantuan sosial (bansos) dari pemerintah pusat. Kepala Unit Pelayanan Teknis Disdik Pinggir Ali Ismed, kepada riauoke.com mengatakan, lima sekolah yang mendapatkan dana itu adalah SMAN 5, SMAN 4, SMAN 11, SMKN 1, dan SMK Yaspin. Jenis dana bansos yang diberikan itu berupa pembangunan gedung sekolah dan penambahan ruang kelas. Bantuan berbeda antara satu sekolah dengan sekolah lainnya. Ada sekolah yang mendapatkan delapan ruangan kelas, seperti SMAN 5 Pinggir. “Masing-masing sekolah yang mendapatkan bansos tersebut bervariasi, sesuai yang diusulkan dan kondisi sekolah, seperti SMAN 5 Pinggir yang saat ini belum mendapatkan bantuan gedung sekolah dari pemerintah Kabupaten Bengkalis,” katanya. Namun dari pemerintah pusat, sekolah tersebut mendapatkan delapan unit ruangan kelas. Dirinya sebagai Kepala UPTD sangat berterima kasih kepada pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten, sebab bantuan itu bisa didapat karena adanya peran Disdik Kabupaten. “Bantuan ini baru pertama kali diterima UPTD Disdik Pinggir. Mudah-mudahan tahun depan ada sekolah lain yang dibantu, dengan cacatan sekolah sudah mengajukan proposal ke pusat. Dengan dana bansos itu bisa membangkitkan semangat belajar siswa maupun guru,” ungkapnya. (roc/may)

ISBI, Menggabungkan Seni dan Budaya JAKARTA (VOKAL)-Pemerintah akan melakukan perombakan pada Institut Seni Indonesia dan sekolah tinggi seni lainnya dan menggantinya dengan Institut Seni dan Budaya Indonesia. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, rencana ini tak perlu direspons dengan membenturkan antara kesenian dan kebudayaan. Menurutnya, definisi kebudayaan memiliki cakupan yang lebih luas jika dibandingkan dengan kesenian. Sebab, kata Nuh, dalam kebudayaan ada nilai, perilaku, etika, dan mind set. "Seni dan budaya tidak perlu dibenturkan karena kesenian itu bagian dari kebudayaan," ujar Nuh, kepada Kompas.com, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Kamis (5/1). "Budaya itu kan cipta karya rasa, jadi apapun yang terkait dengan cipta, karya, dan rasa adalah kebudayaan," lanjutnya. Ia menjelaskan, dimasukkannya unsur budaya dalam Institut Seni dan Budaya (kemudian menjadi ISBI) merupakan sebuah upaya untuk menciptakan instrumen untuk mencetak budayawan melalui proses eksplorasi yang sistemik. Ilmu kebudayaan, menurutnya, sama halnya dengan 'entrepreneurship' mau pun 'leadership'. Ilmu-ilmu tersebut merupakan bagian dari bakat. Maka, kata dia, lumrah jika ada pihak yang menilai tidak perlu pendidikan khusus pada disiplin ilmu tersebut. Tetapi, kata Nuh, ada juga yang menilai bahwa bakat adalah potensi, sehingga perlu proses pendidikan untuk mengeksplorasinya. "Memang pendidikan itu bisa formal, non formal, dan informal. Tapi intinya perlu instrumen untuk mengeksplor itu semua," kata Nuh. "Kita ingin menghasilkan budayawan yang tidak hanya alami, tapi kita ingin membangun dan menciptakannya melalui proses eksplorasi yang sistemik," ujarnya. (kpc/may)

PENAMPILAN para siswa sekolah seni.

MENGAJI Siswi MAN 1 Pekanbaru membaca Al Quran usai Salat Zuhur berjamaah, Rabu (4/1) . ANDIKA

Bobot UN dalam Seleksi PTN Masih Diformulasikan JAKARTA (VOKAL)-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan segera memformulasikan besaran bobot nilai ujian nasional (UN) sebagai komponen penentu dalam seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh mengatakan, dalam waktu dekat, kementerian bersama Badan Standarisasi Nasional Pendidikan dan panitia

Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) akan memformulasikan kebijakan mengenai hal itu. Mengingat, kebijakan ini akan diterapkan pada penerimaan

mahasiswa baru tahun 2012 ini. Selain memformulasikan besaran bobotnya, kata Nuh, akan dibahas pula, apakah akan ada tes mata pelajaran dalam SNMPTN. Namun, ia menekankan, yang terpenting adalah tidak ada kontradiktif antara UN dengan SNMPTN. "Jangan sampai anak-anak yang diterima SNMPTN itu UNnya jelek-jelek, dan yang memiliki nilai bagus tidak diterima, itu

namanya kontradiktif," kata Nuh kepada Kompas.com, Rabu (4/1), di Gedung Kemendikbud, Jakarta. Nuh menjamin, pelaksanaan di lapangan akan sesuai harapan. Para siswa yang mengantongi nilai UN baik, menurut Nuh, akan memiliki potensi lebih besar untuk lolos SNMPTN. Akan tetapi, Nuh belum bisa memastikan apakah tingkat kesulitan soal dalam UN nantinya

akan dinaikkan atau tidak. "Kami masih membahasnya. Yang penting semua terintegrasi dan kredibilitas UN harus didorong," ujarnya. Seperti diberitakan, UN untuk jenjang SMA akan digelar pada 16-19 April 2012. UN susulan akan dilaksanakan pada 23-26 April. Dan hasilnya akan diumumkan pada 24 Mei 2012. (kpc/may)

Mahasiswa UNY Buat Kerupuk Keong Mas JAKARTA (VOKAL)-Setelah mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) menciptakan sosis keong mas, inovasi serupa kembali dilakukan. Kali ini mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengolah musuh utama petani ini menjadi makanan ringan. Tidak berbeda jauh dengan kreasi mahasiswa IPB, tiga srikandi UNY ini juga melakukan inovasi keong mas dalam bidang kuliner. Para mahasiswa Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) UNY yang terdiri atas Azza Kadarwati Nugraini, Januar Fajarningrum, dan Nugrahini Dwi W ini mengolah keong mas dalam bentuk kerupuk. Azza Kadarwati Nugraini mengatakan, rendahnya minat masyarakat mengonsumsi keong mas mungkin karena perasaan jijik pada hasil olahan keong mas. Padahal hewan yang sering disebut siput murbai ini ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi. ”Oleh karena itu, kami mencoba mengolah keong emas menjadi

KEONG-EMAS

kerupuk. Mengingat selama ini camilan yang ada tidak memenuhi kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Dengan kerupuk keong mas ini diharapkan kebutuhan gizi masyarakat dapat terpenuhi” kata Azza seperti disitat dari situs UNY, Kamis (5/12). Januar Fajarningrum menambahkan, kandungan gizi yang ada dalam keong mas ter-

masuk tinggi. Setiap 100 gram (gr) daging keong mas, lanjutnya, mengandung energi makanan 83 kalori, protein 12,2 gr, lemak 0,4 gr, karbohidrat 6,6 gr, abu 3,2 gr, fosfor 61 miligram (mg), natrium 40 mg, kalium 17 mg, riboflavin 12 mg, dan niacin 1,8 mg. Selain itu, terdapat pula vitamin C, Zn, Cu, Mn, dan Iodium. “Pemanfaatan keong mas da-

lam bidang makanan saat ini baru berupa sate, dendeng, pepes, dan sambal,” ujar Januar. Lebih lanjut, dia menyatakan, keong memang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk sejumlah penyakit. “Selain sumber protein yang cukup murah dan terjangkau, keong mas telah lama dipercaya oleh masyarakat dapat digunakan untuk mengobati penyakit kuning ataupun liver,” katanya. Sementara Nugrahini Dwi mengungkapkan, pembuatan kerupuk keong mas tidak berbeda dengan pembuatan kerupuk pada umumnya. Diawali dengan memilih keong mas berkualitas baik kemudian dicuci hingga bersih dan direbus beberapa saat hingga lunak. "Setelah dingin, pisahkan keong mas dari cangkangnya. Jemur hingga benar-benar kering di bawah terik matahari. Selanjutnya, daging keong yang sudah kering digiling hingga menjadi tepung. Tepung keong mas tersebut dicampur dengan tepung tapioka beserta bum-

bunya yang terdiri dari bawang putih, garam, ketumbar, dan merica," katanya menjelaskan. Langkah selanjutnya, tambahkan air secukupnya pada adonan sehingga menjadi kalis. Kemudian tipiskan adonan dengan ketebalan 1-2 milimeter (mm) dan potong-potong. "Hasil pemotongan ini masih berupa kerupuk basah yang harus segera dijemur sampai kadar airnya di bawah 10 persen hingga menjadi kerupuk mentah. Sebelum digoreng, kerupuk mentah sebaiknya dijemur terlebih dahulu," ujarnya, Azza menyebutkan, selain memanfaatkan bahan baku murah dengan segudang kandungan gizi, kerupuk keong mas dapat menjadi peluang usaha baru bagi masyarakat sekitar. ”Pembuatan kerupuk keong mas dapat membuka peluang pekerjaan bagi masyarakat sekitar untuk menunjang perekonomian dengan membangun industri rumah tangga (home industry),” tuturnya. (ozc/may)

Delivery Service di Perpustakaan Online Muhlas RENDAHNYA minat baca di Indonesia tentu menjadi keprihatinan tersendiri. Hal ini membuat beberapa mahasiswa tergerak untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Salah satunya seperti yang dilakukan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Muhlas Hanif Wigananda. Bersama teman-temannya, mahasiswa Teknik Sipil ini membentuk sebuah perpustakaan online bernama Pustaka Merah Putih. Muhlas mengatakan, pembentukan Pustaka Merah Putih berawal dari daftar koleksi buku miliknya yang terdapat dalam jejaring sosial Facebook. Ternyata, tulisan tersebut mendapat tanggapan positif dari teman-temannya. "Dari situlah muncul ide untuk membuat sebuah perpustakaan, namun dengan sistem administrasi online," ujar Muhlas seperti dilansir dari ITS online, Kamis (5/1/2012). Langkah selanjutnya, Muhlas dan kawan-kawan pun mengumpulkan berbagai buku koleksi pribadi mereka. Mereka yang ikut berpartisipasi di antaranya, M Hatta Rafsanjani dan Bin Haryati dari jurusan Statistika, serta Jalil Irfanartiko Penanggung Jawab/Redaktur: FITRI MAYANI

dari Teknik Perkapalan. Hingga minggu kedua Desember, telah terkumpul sekira 257 buku. Kategori buku pun sangat bervariasi mulai dari buku motivasi, biografi tokoh, hingga pengetahuan umum. Penggunaan Facebook sebagai media memberikan banyak dampak positif. "Pustaka Merah Putih jadi cepat berkembang karena mudah menjangkau

PERPUSTAKAAN

berbagai kalangan mahasiswa serta info terbaru mengenai program ini mudah dilakukan," katanya menjelaskan. Perpustakaan yang akan diluncurkan resmi pada hari ini, Jumat (6/1) ini, memiliki sistem operasi yang cukup simpel, tapi unik. "Seluruh buku yang ditawarkan diberi kode sesuai dengan inisial nama pemilik buku. Misalnya, buku milik saya diawali dengan kode M (Muhlas)," ujar mahasiswa angkatan 2008 tersebut. Meskipun terhimpun di bawah satu grup, tetapi buku-buku tersebut tetap dipegang oleh

masing-masing pemilik. Buku yang mereka pilih akan diantarkan langsung ke tempat para peminjam, sementara katalognya dapat diakses online. Peminjaman buku ini tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, layaknya sebuah perpustakaan, ada beberapa peraturan yang perlu diperhatikan. "Buku dapat dipinjam selama maksimal tujuh hari dan bisa diperpanjang. Tentunya, kalau terlambat mengembalikan, ada denda yang dikenakan. Kami mematok Rp1.000 per hari," tuturnya. Muhlas dan kawan-kawannya punya istilah sendiri bagi para peminjam buku di perpustakaan mereka, yaitu Sobat Pustaka. Melalui penggunaan nama khusus ini, diharapkan pembaca dapat merasa lebih akrab dan nyaman dengan Pustaka Merah Putih. Menurutnya, semua perubahan harus diawali sedini mungkin, meskipun dari hal-hal yang kecil. ''Diharapkan citra perpustakaan bisa menjadi lebih baik dan mampu menumbuhkembangkan budaya membaca di kalangan mahasiswa ITS,'' papar mahasiswa berkacamata ini. (ozc/may) Perwajahan: ZULQIFLI


6

JUMAT

HARIAN VOKAL

Harga TBS Umur Tanaman

Lama (Rp/Kg)

Baru (Rp/Kg)

3Tahun 4Tahun 5Tahun 6Tahun 7Tahun 8Tahun 9Tahun >=10 Thn

1.139,54 1.273,42 1.363,03 1.402,31 1.456,07 1.501,41 1.549,11 1.592,74

1.143,36 1.277,51 1.367,96 1.406,90 1.460,79 1.506,29 1.554,25 1.597,93 sumber : Disbun Riau

KURS Mata Uang Jual USD AUD EUR HKD JPY MYR SGD

9,209.00 9,510.13 11,905.40 1,185.76 12,033.39 2,934.67 7,151.51

Beli 9,117.00 9,413.30 11,781.90 1,173.80 11,880.38 2,902.58 7,078.42

Sumber : Bank Indonesia

LINTAS Pemerintah Takut Naikkan Harga BBM

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

Dana Nganggur APBN 2011 Rp39,2 Triliun JAKARTA(VOKAL)-Penyerapan anggaran di 2011 tidak mencapai 100%, akibatnya ada anggaran sisa tak terpakai atau sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) yang jumlahnya mencapai Rp39,2 triliun. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Agus Martowardojo dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Wahidin Raya, Jakarta, Kamis (5/1). "Dalam pelaksanaan APBN-P 2011 terdapat sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) yang mencapai Rp39,2 triliun," kata Agus. Dijelaskan Agus, dana menganggur ini didapat karena pemerintah menyerap pembiayaan anggaran senilai Rp129,3 triliun di 2011 dari utang dan sebagainya. Sementara realisasi defisit anggaran hanya Rp90,1 triliun. Ini yang menyebabkan munculnya anggaran sisa tersebut. Nanti, anggaran menganggur

ini akan digunakan sebagai salah satu sumber pembiayaan di tahun ini. Salah satunya adalah untuk pembiayaan proyekproyek infrastruktur pemerintah. Pada kesempatan yang sama Agus menyampaikan adanya alokasi dana mitigasi krisis APBN 2012, yaitu dana cadangan risiko fiskal sebesar Rp15,8 triliun. Kemudian ada juga anggaran bantuan sosial Rp47,8 triliun. "Termasuk dalam alokasi dana mitigasi krisis untuk subsidi non energi di 2012 dianggarkan mencapai Rp40,3 triliun. Antara lain untuk pangan Rp15,6 triliun dan pupuk Rp16,9 triliun dan cadangan beras pemerintah Rp2 triliun," jelas Agus. Kinerja APBN 2011 menurut Agus cukup baik. Ini tercermin dari realisasi defisit anggaran awalnya diperkirakan Rp150,8 triliun atau 2,09% dari PDB. (dtc/bos)

FOTO ANTARA

KEBIJAKAN FISKAL-Menteri Keuangan Agus Martowardojo memberi keterangan pada wartawan tentang kebijakan fiskal kementerian keuangan 2012 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/1). Arah kebijakan fiskal 2012 yaitu mengoptimalisasi pendapatan negara salah satunya dengan efesiensi dan efektivitas belanja negara, mengendalikan defisit dalam batas aman yaitu kurang dari 3 persen PDB, serta pengurangan utang secara bertahap.

 Kebanyakan Sumur Tua

JAKARTA (VOKAL)-Pemerintah lebih pilih kebijakan pembatasan konsumsi BBM subsidi ketimbang menaikkan harga BBM. Pilihan kebijakan ini menuai kritikan. Kenapa? Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto mengatakan, pilihan kebijakan soal BBM subsidi tersebut dinilai pemerintah tidak rasional dan membelenggu anggaran. "Siapa yang bisa menjamin harga minyak 2012 tidak tinggi? Apalagi dengan potensi ketegangan geopolitik Iran-AS yang terjadi saat ini. Di dalam kebijakan pembatasan BBM, dengan melarang semua kendaraan pribadi untuk tidak mengkonsumsi premium dan harus menggunakan pertamax, sebenarnya juga ada unsur menaikkan harga, bahkan lebih dari 100%," tuturnya kepada detikfinance, Kamis (5/1). Menurut Pri Agung, jika pembatasan jadi diterapkan 1 April 2012, maka masyarakat pengguna premium tidak akan punya pilihan lain selain beralih ke pertamax dan sejenisnya yang hrganya di atas Rp8.000. Kemudian kebijakan penggalakan penggunaan bahan bakar gas (BBG) juga dinilai tidak masuk akal karena Indonesia belum punya infrastruktur memadai untuk pengembangan BBG, bahkan dalam 23 tahun ke depan sekalipun. "Apa yang tengah dilakukan pemerintah dalam hal BBG saat ini baru sebatas proyek yang tidak bisa terlalu diharapkan keberlanjutannya. Dan di negara manapun, mengkonsumsi BBG untuk transportasi adalah hanya sebuah pilihan yang tidak bisa dipaksakan kepada masyarakat. Menaikkan harga BBM subsidi secara terbatas, katakanlah Rp1.000/liter jauh lebih realistis dan masuk akal. UU APBN 2012 mesti diubah untuk bisa mengakomodir pilihan kebijakan ini," tukas Pri Agung. (dtc/bos)

Produksi Minyak RI Turun 14% Tiap Tahun TARAKAN(VOKAL)-Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Usaha Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) mengakui lifting atau produksi minyak Indonesia turun mencapai 14% per tahun. Salah satu penyebabnya banyak sumur minyak di Indonesia berusia uzur. "Memang produksi minyak kita saat ini tidak mencapai target, namun hal itu dikarenakan kendala alam yang kita sendiri tidak bisa menanggulanginya, tiap tahun produksi minyak kita bahkan turun 14%," kata Deputi Pengendalian Produksi BP Migas, Rudi Rubiandini, di sela perjalanan menuju kawasan ekplorasi minyak, Joint Operation Body Pertamina-medco E&P Simenggaris, Tarakan, Kalimantan Timur, Kamis (5/1). Menurut Rudi, turunnya produksi minyak di sumur-sumur minyak tidak bisa dihindari, karena usianya yang sudah tua. "Untuk mengurangi dampak kekurangan kita harus perbanyak sumur yang baru, fokusnya tidak lagi di pulau Jawa dan Sumatera saja, tetapi menyebar di Kalimantan, Sulawesi, sampai Papua," ujarnya. Dengan makin banyaknya dibuka sumur-sumur baru, produksi minyak yang turun bisa ditekan menjadi hanya 3-4%. "Tahun 2011 kita mampu menekan turunnya produksi minyak

"Memang produksi minyak kita saat ini tidak mencapai target, namun hal itu dikarenakan kendala alam yang kita sendiri tidak bisa menanggulanginya, tiap tahun produksi minyak kita bahkan turun 14%." RUDI RUBIANDINI Deputi Pengendalian Produksi BP Migas hanya 4%, angka ini jauh lebih baik dibandingkan tahun 2010 yakni di atas 5%," ungkap Rudi. Di 2011 ini, untuk cadangan minyak Indonesia saat ini cukup untuk 12 tahun saja. "Untuk meningkatkannya kita harus giat perbanyak sumur minyak baru," ucapnya. Namun perbanyak sumur baru ini kendalanya juga sangat berat dan kompleks. Mulai dari kendala sosial karena banyak masyarakat yang tidak mau melepas tanahnya yang harus dilewati pipa minyak karena mem-

inta harga yang sangat tinggi. "Selain itu, tumpang tindih kepemilikan tanah dengan kami dan perhutanan, pertanian, dan perkebunan, kondisi ini tentunya jadi masalah besar bagi BP

Migas dan Kontraktor Kontrak Kerjasama (K3S)," ungkapnya. Belum lagi, permasalahan sulitnya ring pipa sulit masuk di bawah laut, tender yang lama, persyaratan berbendera Indone-

BUDI

BELANJA KONSUMSI-Suasana di salah satu pusat perbelanjaan di Pekanbaru. Berdasarkan data Bappenas, konsumsi masyarakat meningkat 4,7 persen pada 2011 dimana peningkatan tersebut menyumbang 2,7 persen dari total pertumbuhan sebesar 6,5 persen pada 2011, sementara perkiraan peningkatan konsumsi masyarakat pada 2012 akan mencapai 5,2 persen.

JAKARTA (VOKAL) - Sepanjang 2011, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai angka Rp28,621 triliun. Angka ini lebih tinggi dari target awal Rp20 triliun, juga lebih dari yang disampaikan Menteri Perekonomian Hatta Rajasa sebelumnya, Rp27 triliun. Realisasi KUR 2011 disampaikan oleh Deputi Bidang Usaha Jasa Kementerian BUMN Parikesit Suprapto, di Jakarta, Kamis (5/1). Ia menambahkan, total masyarakat yang mendapat kredit ini mencapai

sia dan banyak lagi. "Apalagi perizinan, kan lucu, hanya kertas doang, cuma menunda proses eksplorasi sampai pengeboran berbulan-bulan," tandasnya. (dtc/bos)

Kejar Lifting, BP Migas Tambah 237 Sumur minyak tambahan di tahun 2012. JAKARTA(VOKAL)-Pemerintah Untuk itu, para petinggi BP Migas saat melalui Kementerian Energi Sumber ini menyebar, turun langsung ke Daya Mineral meminta lifting minylapangan untuk memastikan dan ak dapat mencapai 950 ribu barel/ mempercepat proses eksplorasi dan hari. Untuk mencapai target tersepengeboran minyak di sumur-sumur but, BP Migas dan mitranya Konbaru. "Hari ini semuanya disebar, ada traktor kontrak kerja sama minyak yang ke Sumatera, Kalimantan, Suradan gas bumi (K3S) akan menambaya, Balikpapan bahkan sampai ke bah 237 lebih sumur. Papua. Tujuan seperti 'lonceng' ayo Deputi Pengendalian Operasi para K3S segera percepat pengerBadan Pelaksana Kegiatan Hulu Usjaan," ujarnya. aha Minyak dan Gas Bumi (BP MiMenteri Koordinator Perekonomigas), Rudi Rubiandini mengakui, tarRUDI RUBIANDINI an, Hatta Rajasa sebelumnya menget yang dibebankan pemerintah gatakan, lifting minyak tidak tercapai, cukup tinggi yakni 950 ribu barel/ masih 890 ribu barel/hari. "Tapi itu hanya beberhari. "Kami (BP Migas) sebenarnya menargetkan apa hari saja, namun sebenarnya rata-rata lifting 930 ribu barel/hari pada 2012. Tapi pemerintah kita 902 ribu barel/hari di 2011," ungkap Rudi. maunya 950 ribu barel/hari cukup tinggi, namun "Bahkan produksi minyak kita diatas 920 ribu kita upayakan bisa capai target," kata Rudi, di barel/hari. Namun minyak yang dilifting ada seLapangan Stasiun Pengumpul Minyak 1 PT Perbagian yang masih tersimpan ditangki, ada juga tamina EP, Tarakan, Kalimantan Timur, Kamis (5/ yang tidak sempat terangkut ke tangki sehingga 1/2012). ada yang tidak mencapai target perharinya," imUntuk mencapai target tersebut, lanjut Rudi, buhnya lagi. (dtc/bos) pihaknya akan menambah sebanyak 237 sumur

Penyaluran KUR Tahun 2011 Tembus Rp28 Triliun

Penanggung jawab/redaktur: Budi Suseno

EKONOMI

1.887.520 debitur, atau 143,1% lebih tinggi dari target sebelumnya. Parikesit menjelaskan, Bank Rakyat Indonesia (BRI) masih menjadi pihak yang paling banyak memberikan KUR kepada masyarakat. Hingga 23 Desember 2011, BRI ritel telah menyalurkan KUR baru sejumlah Rp3,005 triliun dengan 15.771 debitur. Sementara BRI mikro telah menyalurkan KUR baru sebanyak Rp13.537 triliun dengan posisi 1.681.623 debitur. Jadi secara total, BRI telah men-

yalurkan KUR Rp16,54 triliun. Sementara bank lain seperti Bank Mandiri mencatat realisasi penyaluran KUR (30 Desember 2011) Rp3,396 triliun. Kemudian, Bank Tabungan Negara (BTN) Rp933,5 miliar, Bank Bukopin Rp170,2 miliar, Bank Syariah Mandiri (BSM) Rp660,3 miliar, dan ke-13 Bank Pembangunan Daerah (BPD) sejumlah Rp3,569 triliun. Terakhir penyaluran KUR Bank Negara Indonesia (BNI) Rp3,348 triliun. (dtc/bos)

PENYALURAN KUR TAHUN 2011 -------------------------------------------------------------Bulan Jumlah (triliun) Debitur -------------------------------------------------------------Januari Rp1,868 151.758 Februari Rp1,896 148.010 Maret Rp2,704 164.650 April Rp2,389 156.479 Mei Rp2,444 164.638 Juni Rp3,272 203.871 Juli Rp2,892 197.132 Agustus Rp2,983 200.521 September Rp2,786 104.918 Oktober Rp2,168 139.422 November Rp2,069 136.354 Desember Rp2,147 124.708 ------------------------------------------------------------Rp28,621 1.887.520

Perwajahan: ISKANDAR


7

SAMBUNGAN JUMAT

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

HARIAN VOKAL

Mantan Mendagri Divonis 2,5 Tahun JAKARTA(VOKAL)-Mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Hari Sabarno dinyatakan terbukti bersalah melakukan penyalahgunaan wewenang dalam kasus dugaan korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran di 22 wilayah Indonesia antara 20032005. Purnawirawan TNI itu diganjar hukuman pidana penjara selama 2,5 tahun dan pidana denda sebesar Rp150 juta subsidair 3 bulan kurungan. "Menyatakan terdakwa Hari Sabarno terbukti secara sah dan menyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama," kata Hakim Suhartoyo saat membacakan amar putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (5/1). Tak terima dengan vonis, ia pun mengajukan banding. “Kami menyatakan langsung banding yang mulia,� kata kuasa hukum Hari, Eko Prananto, usai kliennya divonis. Majelis menganggap Hari Sabarno terbukti melanggar ketentuan pasal 3 UUNo 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 56 KUHP. Ia dinilai telah menyalahgunakan wewenang sehingga menguntungkan diri sendiri dan orang lain yaitu bersama-sama dengan Dirjen Otonomi Daerah Oentarto Sindung Mawardi mewujudkan keinginan pemilik PT Sarana Istana Raya Hengky Samuel Daud terkait pengadaan mobil damkar bermerk Morita dengan type V 80 ASM dan pembebasan bea masuk mobil damkar tersebut.

"Menganjurkan radiogram, memerintahkan kepala daerah dan mengenalkan Hengky Sa-

muel Daud dalam beberapa kesempatan adalah penyalahgunaan wewenang," terang hakim anggota Ugo. Putusan tersebut itu diberikan dengan pertimbangan hal yang memberatkan karena perbuatan yang dilakukan tindak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi dan merugikan keuangan negara sekitar Rp 97,026 miliar. Sedangkan hal

yang meringankan karena terdakwa belum pernah dihukum, berlaku sopan dan telah lama mengabdikan diri kepada bangsa dan negara. Dalam putusan ini, meskipun Hari telah dianggap terbukti menerima mobil Volvo nomor polisi B 448 HR tahun 2005 seharga Rp505 juta dan menerima pengerjaam meubel untuk rumah pribadinya di kawasan Bogor,.

Penanggung Jawab/Redaktur: HASAN BASRIL

menjatuhkan hukuman pidana penjara selama 5 tahun penjara dan denda sebesar Rp250 juta subsidair 6 bulan kurungan. (dtc,mic,hab)

komunitas lokal sejak 27 Desember 2011. Fokus kerja Kontras mencari kronologi sebelum peristiwa pada 24 Desember pagi hingga penembakan. Ia menjelaskan, sebelum 500-700 polisi yang dikerahkan melakukan tindakan represif, tidak ada warga di Pelabuhan Sape yang membahayakan kepolisian. Namun, kata dia, kepolisian tetap membubarkan paksa dengan melakukan penembakan. Berdasarkan kesaksian para warga, lanjutnya, penembakan dilakukan dari jarak dekat antara 10-15 meter. "Bahkan, ada kesaksian seorang ibu ditembak dari jarak tiga meter. Banyak saksi mengatakan melihat sniper di rumah warga dekat pelabuhan," papar dia. Hariz memaparkan, saat peristiwa, para warga dipukuli

oleh berbagai satuan polisi termasuk intel ketika ditangkap. Data terakhir, ada 83 korban dari warga. Di antaranya adalah warga yang ditahan polisi. Sebagian dari mereka tertembak peluru karet, timah, dan peluru tajam. Lantaran ditembak dari jarak dekat, ucap Hariz, ada pula peluru yang menembus tubuh warga. "Ada beberapa anak muda ditangkap, baru ditembak. Hasanudin misalnya. Dia mengatakan kepada saya bahwa dia ditarik, diseret, lalu dipopor (senjata api), pingsan. Begitu sampai rumah sakit, dia melihat pahanya tertembak," ucapnya. Selain itu, lanjut Hariz, banyak harta warga seperti motor dan ponsel yang nc,habdirusak dan hilang. Setidaknya ada 20 motor warga yang rusak.(vvc )

INT

TERDAKWA kasus dugaan korupsi pengadaan mobil pemadam kebakaran Hari Sabarno (kiri) berdiskusi dengan kuasa hukumnya saat menjalani sidang pembacaan vonis di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (5/1). Mantan Menteri Dalam Negeri tersebut, divonis bersalah melakukan tindak pidana korupsi dalam kasus pengadaan mobil pemadam kebakaran di 22 wilayah Indonesia, dihukum dua tahun enam bulan penjara, denda Rp150 juta subsider tiga bulan penjara.

rakyat Pekanbaru yang telah menggunakan hak pilih mereka. KPU pun dinilai Chaidir sudah berulang-ulang berbohong, untuk merugikan pasangan PAS. Mengenai persidangan di MK nantinya, Chaidir mengingatkan kepada seluruh masyarakat Pekanbaru untuk berfikir ulang jika ingin dijadikan saksi palsu di persidangan. Sebab, saksi palsu pada persidangan MK yang lalu, yakni Ida, sudah ditetapkan Mabes Polri sebagai tersangka. "Kita tidak menginginkan masyarakat Pekanbaru terjebak nantinya oleh orang-orang yang memiliki kepentingan terhadap PSU yang telah dilaksanakan tersebut," kata Chaidir mengingatkan. Kewenangan Atributif Ketua Pokja Evaluasi dan Laporan KPU Pekanbaru Makmur Hendrik ketika dikonfirmasi kemarin, mengatakan, merupakan hak TIM PAS melaporkan KPU Pekanbaru ke Polda Riau. Menurut Makmur, dasar KPU Pekanbaru memutuskan menggugurkan Firdaus sebagai calon walikota Pekanbaru merupakan kewenangan atributif yang dimiliki KPU. Ketika dinyatakan, keputusan KPU tersebut merupakan keberpihakan terhadap salah satu pasangan calon, Makmur mengatakan, "jika PAS menyebutkan kita tidak netral, Tim Berseri juga berkata yang sama". Ditambahkan Makmur, intinya KPU Pekanbaru, sampai saat ini tetap membuat kebijakan sesuai dengan aturan serta kewenangan atributif yang ada pada KPU. "Mengenai aturan, silakan langsung tanyakan kepada lawyer yang telah kita tunjuk," ujarnya. Namun ketika ditanya siapa lawyernya dan berapa nomor teleponnya yang bisa dihubungi, Makmur menolak menyebutkannya. "Silakan minta langsung sama Ketua KPU Pekanbaru," kata Makmur sambil bergegas pergi. Tes Kejiwaan Kuasa Hukum FirdausAyat, Armilis, SH, mengatakan, perlu dilakukan kembali tes kesehatan kejiwaan terhadap komisioner KPU Pekanbaru, sebab keputusan KPU Pekanbaru menggugurkan Firdaus

merupakan keputusan gila. "Saya meminta dilakukan kembali tes terhadap kesehatan jiwa komisioner KPU Pekanbaru, sebab putusan yang mereka ambil sudah tidak masuk akal orang waras," kata Armilis. Ditambahkan Armilis, keputusan KPU itu sudah menabrak konstitusi serta melecehkan demokrasi. "Masalah pencalon pasangan calon walikota dan wakil walikota Pekanbaru tersebut sudah final dan mengikat, tidak dapat diganggu gugat lagi. Kenapa kini, KPU mempermasalahkannya," tanya Armilis. Yusril Terbahak Mantan Menteri Hukum dan HAM yang juga anggota Tim Advokasi PAS, terbahakbahak, mendengar informasi tentang SK KPU yang menggugurkan Firdaus tersebut. "Ha ha ha....KPU Pekanbaru memang KPU teraneh di Indonesia. Masa hasil pemungutan suara sudah diumumkan dan pemenangnya sudah jelas, baru membuat surat keputusan untuk menggugurkan calon," kata Yusril, ketika dikonfrimasi kemarin. Yusril menjelaskan, dirinya akan segera mempelajarinya SK aneh KPU Pekanbaru tersebut. "Keputusan akhir bukan berada di KPU, melainkan di MK. Mari kita samasama menunggu hasil keputusan MK saja," ujar Yusril. Seharusnya tambah Yusril, KPU Pekanbaru melakukan diskualifikasi sebelum ditetapkan sebagai pasangan calon, bukan selesai pemungutan suara. "Kasus diskualifikasi oleh KPU seperti ini baru pertama kali terjadi di Indonesia," sebut Yusril. "Kita dari Tim Advokasi Firdaus-Ayat tetap optimis bahwa Firdaus-Ayat nantinya menjadi pemenang dalam PSU Pekanbaru. Tidak akan terjadi seperti di Waringin Barat dan Bengkulu Selatan. Sebab, setelah keputusan MK keluar, seluruh pejabat sudah diganti, seperti Penjabat Walikota Pekanbaru, para camat, PPK dan PPS, semuanya orang baru," sambungnya. Serahkan ke MK Sementara KPU Pusat menyerahkan kasus terbitnya SK

KPU Pekanbaru No 79 Tahun 2011 tertanggal 28 Desember 2011 tentang pengguguran Firdaus MT sebagai calon walikota Pekanbaru 2011 kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Sebab, KPU Pekanbaru menghadapi dilema harus melaksanakan putusan MK menggelar PSU Pekanbaru dan melaksanakan rekomendasi dari Panwaslu Kota Pekanbaru untuk mendiskualifikasi Firdaus karena telah melakukan pemalsuan daftar riwayat hidupnya. "Semua diserahkan ke MK, tidak akan ada kekacauan. Dulu MK sudah disurati menyatakan, pendiskualifikasian Firdaus bukan kewenangan MK, tapi kewenangan KPU. MK hanya perintahkan PSU, tetapi untuk kasus Kobar (Kota Waringin Barat), MK bisa mendiskualifikasi, makanya kita serahkan saja ke MK," kata Saut Hamonangan Sirat, Anggota KPU di Jakarta, Kamis (5/12). Menurut Saut, Panwaslu Kota Pekanbaru merekomendasikan ke KPU Pekanbaru untuk mendiskualifikasi Firdaus setelah diketahui memiliki istri dua, yang salah satunya tidak dilaporlkan dalam daftar riwayat hidupnya. Sebagai PNS, kata Saut, seharusnya Firdaus tidak boleh memiliki istri lebih dari satu. "Jadi KPU Pekanbaru itu dilema, disatu sisi harus melaksanakan PSU sesuai perintah MK, sementara rekomendasi dari Panwaslu juga harus dijalankan sehingga keluar keputusan pengguran Firdaus sebagai calon waklikota," katanya. KPU sendiri, lanjut Saut, telah memberikan saran agar hasil PSU pada 21 Desember 2011 lalu yang dimenangkan pasangan Firdaus-Ayat Cahyadi (PAS) dan keputusan pengguguran Firdaus sebagai calon walikota Pekanbaru disampaikan kepada MK. Sebab, hasil PSU belum final karena merupakan putusan sela karena masih ada keputusan ketetapan final pemenang Pemilukada Pekanbaru 2011. "Kita serahkan saja ke MK, berikan laporan secara menyeluruh. Harapan KPU, MK berikan keputusan yang adil, arif bijaksana dan tidak berpihak kepada salah satu calon," katanya. (fik,ind san)

Pendemo....................................................................................Sambungan Hal 1 KOORDINASI lapangan (Korlap) AMPK, Maruli Hasibuan, mengatakan, Akmal JS, tidak pantas menduduki jabatan Sekwan, karena tukang fitnah. "Akmal JS harus mundur dari jabatan Sekwan, karena tidak punya etika, memfitnah, seperti dilakukannya terhadap Ketua DPRD Riau Johar Firdaus," teriak Maruli Hasibuan. Maruli dalam orasinya menegaskan, Akmal juga terlibat kasus dugaan korupsi anggaran Setwan Riau. "Selain tukang fitnah, juga diduga terlibat korupsi dana Setwan, yang kasusnya sekarang sedang di-

lebih ringan dari tuntutan yang diminta oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Tim jaksa yang diketuai oleh I Ketut Sumedana meminta majelis hakim untuk

Kontras: Polisi Tembak Warga Bima yang Pingsan JAKARTA(VOKAL)-Koordinator Kontras Hariz Azhar mengatakan, berdasarkan hasil investigasi Kontras bersama pihak lain disimpulkan bahwa kepolisian melakukan pelanggaran hak asasi manusia berat ketika pembubaran paksa aksi unjuk rasa di Pelabuhan Sape, Nusa Tenggara Barat. Bahkan, ada kesaksian seorang ibu ditembak dari jarak tiga meter. Banyak saksi mengatakan melihat sniper di rumah warga dekat pelabuhan - Hariz Azhar, Kontras Hal itu dikatakan Hariz kepada Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis ( 5/1), saat diterima enam anggota Komisi III di Gedung DPR, Jakarta. Hariz mengatakan, pihaknya melakukan investigasi bersama

Armilis........................................................................................Sambungan Hal 1 SELAIN ke Polda, pihak PAS juga melaporkannya ke Panitia Pengawas Pemilu (Panswalu) Pekanbaru. "Saya sangat terkejut saat melihat surat keputusan KPU Pekanbaru yang menggugurkan Firdaus sebagai calon walikota Pekanbaru 2011. Tindakan KPU ini sudah merugikan Firdaus dan partai koalisi pendukung Firdaus. Ini jelas merupakan tindakan sewenang-wenang," tegas Chaidir, di Mapolda Riau, usai memberikan laporan, Kamis (5/1) siang. Diingatkan Chaidir, KPU dalam membuat surat keputusan harus berdasarkan aturan hukum yang jelas, tidak bisa sesuka hatinya. "Jika memang Firdaus tidak memenuhi syarat, harusnya pada tanggal 4 April 2011 lalu diputuskan, bukan setelah selesai pemungutan suara," jelas Chaidir. Ditambahkan Chaidir, status Firdaus sebagai tersangka yang ditetapkan Polresta Pekanbaru, tidak bisa dijadikan alasan oleh KPU untuk menerbitkan SK tersebut. Sebab, kasus tuduhan terhadap Firdaus tersebut masih dalam proses, bahkan sudah dua kali berkas perkara yang disampaikan Polresta dikembalikan Kejaksaan, yang menandakan kasus Firdaus itu tidak cukup bukti. "Tidak ada dasar yang kuat bagi KPU Pekanbaru untuk memutuskan perkara Firdaus ini. Kesannya KPU ini sudah menjadi lembaga peradilan di Pekanbaru," sindir mantan Ketua DPRD Riau ini. Dikatakan Chaidir, sebelumnya MK sudah menegaskan, KPU hanya diperintahkan melakukan PSU Pemilukada Pekanbaru serta melaporkan hasil rekapitulasi hasil PSU ke MK, bukan mengotak-atik masalah pencalonan dan yang lainnya. "Surat MK itu sudah jelas, bahwa KPU Pekanbaru diperintahkan melaksanakan PSU yang diikuti dua pasangan calon. Jika ada masalah dugaan pidana oleh calon, dibuat laporan terpisah, bukan bersamaan dengan hasil rekapitulasi," sebut Chaidir. Diterangkan Chaidir, SK KPU ini, selain melawan hukum, juga melawan kehendak

Menurut jaksa Ketut hal tersebut disebabkan karena barang-barang diterimanya telah disita sejak tahap penyidikan. Putusan ini setengah kali

tangani Kejaksaan," sambungnya. Menjelang membubarkan diri Maruli menyerahkan pernyataan sikapnya kepada Kabag Kepegawaian DPRD Riau, Rustam. Pernyataan sikap itu berisi dua poin tuntutan. Pertama, menuntut Akmal JS mencabut tudingan fitnah dan meminta maaf terhadap Ketua DPRD Johar Firdaus, di hadapan para PNS DPRD saat apel pagi. Kedua, menuntut Akmal JS mengundurkan diri dari jabatan Sekwan. Usai menyampaikan pernyataan sikapnya, puluhan mas-

sa AMPK tersebut membubarkan diri. Namun mereka mengancam akan datang lagi dengan jumlah massa yang lebih besar. Carikan Solusi Menanggapi aksi mahasiswa tersebut, Wakil Ketua DPRD Taufan Andoso Yakin, mengatakan, sebaiknya Gubernur Riau Rusli Zainal mencarikan solusinya. "Memang beberapa waktu lalu Sekwan Akmal JS dengan Ketua DPRD Riau Johar Firdaus sudah islah, difasilitasi Sekdaprov. Tetapi kini muncul tuntutan mahasiswa, maka Gubernur ha-

rus carikan solusinya," kata Taufan. Politisi PAN ini mengatakan, bisa saja Akmal JS dipindahtugaskan, sehingga perseteruan dua pejabat di dua lembaga bisa diakhiri. "Ke depannya, lembaga DPRD Riau tidak lagi dirongrong dengan perseteruan dua pejabat, sehingga administrasi dapat berjalan lancar dan kondusif," ujarnya. Ketua DPRD Riau Johar Firdaus dan Sekwan Riau Akmal JS tidak berhasil ditemui untuk dimintai komentarnya. Pertanyaan melalui SMS, juga tidak mereka balas.(rul)

Tiga...........................................................Sambungan Hal 1 TERDENGAR lima kali tembakan dan diperkirakan pelaku menggunakan helm dan jaket hitam. Aksi penembakan brutal itu, kata Gustav Leo, yang keempat kali terjadi di Aceh sejak 31 Desember 2011. Sebelumnya tiga pekerja penggali kabel Telkom tewas ditembak orang tidak dikenal di Bireuen. Selain itu, seorang pekerja pelayan toko penjual mainan dan boneka juga tewas di kawasan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Kemudian seorang warga Langkahan Kabupaten Aceh Utara juga tewas. Tiga korban penembakan di Simpang Aneuk Galong Sibreh atau sekitar 15 kilometer arah timur Kota Banda Aceh itu dilarikan ke Rumah Sakit

Umum dokter Zainoel Abidin Banda Aceh. Usai Salat Magrib Menurut rekan korban, Muntasir, peristiwa penyerangan tersebut terjadi saat para pekerja usai melaksanakan ibadah salat magrib, sekitar pukul 19.05 WIB. "Kejadiannya usai salat magrib. Sebagian temanteman lain ingin memasak nasi di dapur. Tiba-tiba terjadi penyerangan," kata Muntasir. Berdasarkan pengamatan di rumah sakit umum Zainal Abidin Banda Aceh, Gunoko terkena tembakan di bagian kepala, Agus Swetyo terkena bagian dada, dan Sotiku Anas terkena di bagian bahu. Menurut sejumlah rekan korban, di lokasi terdengar lima kali tembakan. Pelaku berjum-

lah dua orang menggunakan sepeda motor dan memakai jaket hitam. Hingga tadi malam belum diketahui jenis senjata dan sepeda motor yang digunakan pelaku. Hingga kini ketiga korban tengah mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit umum Zainal Abidin. Menurut Safwan, penanggung jawab pekerja, dirinya sebelumnya pernah mendapatkan ancaman melalui SMS. Hingga kini polisi tengah melakukan olah tempat kejadian pekara. Sebanyak 24 pekerja asal Semarang, Jawa Tengah, telah bekerja di Aceh sekitar empat bulan. Mereka membangun pertokoan di kawasan Simpang Aneuk Galong, Aceh Besar.(ant,mic,hab)

Ingin..........................................................Sambungan Hal 1 VICKY menyebut basis kuliah S1-nya adalah di jurusan Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Karena itu, dia mengaku berminat dengan hal-hal yang berbau intelijen. "Makanya pingin ambil jurusan intelijen," ujar dia. Pelantun tembang Mari Bercinta 2 itu memang punya

obsesi terpendam meneruskan kuliah S2. "Sekarang sih nyanyi dulu. Tapi kalau sudah ada waktu pasti langsung S2. Di 2012 aku lagi pingin ambil beasiswa," kata Vicky. Kesibukan lain Vicky selain bernyanyi adalah menggeluti bisnis online, yaitu dirinya menjual sepatu dari hasil de-

sainnya sendiri. Bahkan, beberapa karyanya sudah dipakai selebritas Tanah Air. Selain mau jadi intel, dia juga mengaku ingin mendalami ilmu bisnis. "Kalau mau sesuai (sama aku), ya mau ambil jurusan bisnis, deh," ujar perempuan kelahiran Cilacap, 8 Juli 1987 itu.(vnc,hab)

Kemenhut................................................Sambungan Hal 1 BUPATI Meranti, secara yuridis harus membuat surat terkait pencabutan SK tersebut agar ditindaklanjuti oleh Menhut. Ditambahkan Bambang, kesepakatan tertulis maupun kesepakatan sebelumnya dibuat dalam upaya menyenangkan hati masyarakat Pulau Padang. Menurutnya Kemenhut tidak berhak untuk mencabut SK jika tidak ada rekomendasi dari Bupati Irwan Nasir. "Itu yang perlu diklarifika-

si, kesepakatan hari ini, untuk menjawab kesepakatan sebelumnya. Kemenhut tidak berhak mencabut, karena HTI/HL itu kewenangan daearah, harus ada rekomendasi dari Bupati, kalau tidak ada, Menhut tidak bisa mencabut. Jadi sekarang, Kemenhut menunggu revisinya dari Bupati," katanya. Ditambahkan Bambang, Kemenhut tidak berhak menyurati Bupati untuk meminta rekomendasi pencabutan SK Menhut dan izin opera-

sional HTI PT RAPP. "Jadi kesepakatan yang lalu itu salah, makanya saya datang untuk meluruskan. Kalau mau digugat silahkan, kita tidak takut. Kita siap hadapi," tambahnya. Menurut Intsiawati Ayus, pihak Kemenhut diminta segera menggunakan kewenangannya untuk memenuhi tuntutan masyarakat Pulau Padang, meskipun tanpa kehadiran Bupati Meranti Irwan Nasir ataupun pejabat dari Provinsi Riau.(san)

Bilakah.....................................................Sambungan Hal 1 TETAPI, saya yakin sebagian besar dari orang itu pasti membanding-bandingkan apa yang ada di negeri orang dengan apa yang ada di negerinya sendiri. Bila yang dilihat sesuatu yang positif dan lebih maju dari negerinya, maka ia akan bertanya dalam hatinya, "bilakah hal ini terwujud di negeri saya?" Bila yang ia lihat kebalikan dari itu, maka ia akan berkata dalam hatinya, "mudah-mudahan hal ini tidak akan terjadi di negeri saya." Bila yang pergi ke negeri orang itu rakyat biasa, maka ia hanya sanggup membayangkan kalau apa yang dilihat itu terjadi di negerinya tanpa bisa membuatnya di negeri sendiri. Tetapi bila yang pergi itu pejabat atau penguasa negeri, tentu tidaklah tepat bila ia sama saja dengan rakyat biasa. Ia tidak boleh hanya membayangkan hal serupa di negeri sendiri, tetapi harus berupaya menjadikan segala yang baik itu terwujud di negerinya, dan segala hal yang tidak baik di negeri orang tidak akan terjadi di negerinya. Inilah di antara tugas utama seorang pemimpin atau pejabat. Dalam fikirannya selalu ada rakyat untuk dibela dan dijaga. Dalam

hatinya selalu ada rakyat untuk disenangkan, jauh dari kesusahan dan kesulitan. Selalu ia ingin mendahulukan rakyatnya dalam merasakan kesenangan dan kesejahteraan, selalu berdiri di garis depan agar rakyat dan masyarakatnya paling akhir dalam merasakan kesusahan, setelah kesusahan itu melalui dirinya terlebih dahulu. Biarlah ia yang merasakan susah lebih dahulu sebelum rakyatnya susah, dan biarlah ia merasakan senang paling kemudian setelah rakyatnya merasakan senang terlebih dahulu. Di Malaysia, misalnya, ada slogan, "rakyat didahulukan, negara diutamakan." Adalah sebuah kepiluan ketika melihat rakyat di negeri orang "disenangkan" oleh kebijakan pemerintahnya yang menyenangkan rakyat. Bila berurusan di kantor, jelas aturannya, simpel birokrasinya. Bila berjalan di jalan raya, aman dan nyaman perasaannya, lengkap fasilitasnya. Ada bis kota yang bersih untuk ditumpangi, ada kereta api yang rapi untuk dinaiki, ada trotoar yang aman buat berjalan kaki, ada jalur khusus pengendara sepeda atau bahkan orang cacat yang hendak pergi. Rakyat-

nya dihargai sebagai manusia, jauh lebih dihargai dari pada benda yang berupa kendaraan bermotor dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana dengan Indonesia? Inilah ironi negeri ini. Banyak anekdot, "ini negeri lucu". Bila jalan rusak, bukan jalan yang diperbaiki, tetapi mobil pejabat yang diganti. Bila ekonomi negara krisis, bukan sumbangan yang dikumpulkan, tetapi gaji penguasa yang dinaikkan. Bertolak belakang dengan hadis Nabi, "bila lapar, maka aku lah yang lapar terlebih dahulu, dan bila kenyang, akulah yang kenyang paling kemudian," kata Beliau. Maka, termenunglah kita, setelah sekian lama hidup "merdeka," setelah sekian banyak kekayaan negara dikuras secara globa, "bilakah masanya rakyat lepas dari derita, lepas dari rasa takut dan putus asa, mencoba hidup senang seperti orang di negeri orang?" Jawablah pertanyaanku dan senangkanlah rakyatmu wahai pemimpin, semoga Engkau akan disenangkan pula oleh Tuhanmu.** Penulis adalah guru besar UIN Suska Riau Perwajahan: ZULQIFLI


CMYK

KEUANGAN DAN PERBANKAN

8

JUMAT

HARIAN VOKAL

K

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

 Optimis Penjualan Tahun Ini Bakal Naik

IAT

Investasi Logam Mulia KITA ketahui bahwa logam mulia memiliki beberapa pilihan, satu diantaranya adalah emas. Logam mulia ini paling banyak dicari dan digemari masyarakat, hal ini dikarenakan emas selain digunakan sebagai instrument investasi, emas juga berperan sebagai pelindung nilai asset yang anda miliki dar pengaruh inflasi. Untuk memulai berinvestasi emas, tentunya anda harus menentukan serta mengetahui apa maksud dan tujuan anda berinvestasi emas. Apakah anda gunakan sebagai instrument investasi atau hanya untuk dipakai? Apabila anda ingin berinvestasi ada baiknya untuk memilih emas batangan atau emas koin (koin dinar), jika hanya untuk dipakai tentunya pilihlah dalam bentuk perhiasan yang anda sukai. Berikut ini beberapa hal yang harus anda ketahui untuk berinvestasi emas. *Update Kurs Emas Update kurs emas bisa anda dapatkan setiap hari, pada pukul 09.30 atau anda bisa menghubungi langsung ke PT Antam, Tbk. *Perhatikan Dua Faktor Penentu yaitu faktor harga emas dunia dan faktor kurs rupiah terhadap dolar. Oleh karena itu disarankan untuk selalu meng-update setiap saat, informasi dua faktor tersebut. *Perhatikan Keaslian Emas Keaslian emas dapat mengacu pada sertifikat yang diperoleh pada saat transaksi emas batangan (lempengan). Dimana sertifikat itu harus dikeluarkan oleh PT Antam, Tbk. (khusus Indonesia) yang berstandar internasional dan telah diakui oleh London Bullion Market Association (LBMA). Sertifikat asli memiliki nomor seri yang juga terdapat pada lempengan emas, dan ukuran 5 x 6 cm. Sedangkan untuk memastikan keaslian emas lempengan, anda dapat melihat logo LM berbentuk segi lima yang tertera, serta terdapat tulisan Fine Gold .9999, dan apabila nilai emas lebih dari 5 gram disertai nomor seri pada lempengan (yang biasanya diawali dengan dua karakter huruf dan tiga digit angka). *Pastikan Kadar Kemurnian Emas. Sesuai dengan Standar Internasional Emas 24 Karat (emas murni) berkomposisi 99.99% emas, Emas 22 Karat berkomposisi 91.7% emas dan 8.3% campuran bahan lain (perak), Emas 20 Karat berkomposisi 83.3% emas, Emas 18 Karat berkomposisi 75.0% emas, Emas 16 Karat berkomposisi 66.6% emas, Emas 14 Karat berkomposisi 58.5% emas, dan Emas 9 Karat berkomposisi 37.5% emas. *Biaya Produksi Biaya produksi yang dikenakan berkisar antara Rp33.500 sampai dengan Rp102.000/keping emas. *Simpan Bukti Pembelian dan Bukti Keaslian Emas Hal ini adalah sebagai bukti keaslian bilamana anda menjual emas kembali ke tempat Anda membelinya, karena tentu akan lebih mudah dan tidak ada banya pertanyaan seputar emasnya. (bos) sumber:www.harga-emas.com

Pegadaian Berharap Bisa Jual 10 Kg Emas PEGADAIAN Cabang Pasar Kodim optimis penjualan logam mulia/emas bakal meningkat tahun ini. Hal itu berkaca pada tahun 2011, dimana pihaknya dapat menjual logam mulia hingga mencapai 7 kilogram (kg). LAPORAN: IBNU HASAN/PEKANBARU PEKANBARU(VOKAL)Seperti dikemukakan Irwan, Pemimpin Cabang Pegadaian Pasar Kodim yang terletak di Jalan Teratai, saat ditemui harian Vokal, Kamis (5/1). Penjualan sebanyak 7 kg emas pada tahun 2011 menurutnya adalah sebuah lompatan besar karena di tahun 2010 Cabang Pegadaian yang dipimpinnya itu hanya mampu menjual logam mulia tak lebih dari 1 kg. "Ya, Pegadaian Cabang Pasar Kodim dan unit-unitnya yang tersebar di beberapa tempat di pekanbaru, tahun 2010 lalu hanya mampu menjual logam mulai sekitar 1 kilogram, namun di tahun 2011 mampu menjual hingga mencapai 7 kilogram," ujar Irwan. Tren kenaikan tersebut diprediksinya akan terus berkembang hingga akhir tahun 2012. Maka dari itu, dirinya optimis tahun ini cabang yang dipimpinnya bakal mampu menjual logam mulia hingga mencapai 10 kilogram atau naik sekitar 30 persen. Hal itu juga didukung oleh

kemudahan dan keuntungan yang dapat dinikmati oleh para nasabah jika membeli logam mulia melalui Pegadaian. Antara lain, logam mulia dapat dibeli dengan sistem cicil atau kredit dengan proses cepat dalam jangka waktu tertentu. Berbeda dengan sistem penjualan konvensional yang mengharuskan pembeli membayar secara tunai. Berikutnya, jika nasabah membeli pada hari ini dan harga emas melonjak pada saat itu juga, maka Pegadaian akan tetap memberikan harga sebelum terjadi kenaikan. Keuntungan ketiga yang bisa didapat, Emas yang diperjual belikan memiliki kadar emas 99.99% dan telah memiliki sertifikasi langsung dari PT ANTAM (Aneka Tambang). "Karena kita telah bekerja sama dengan PT. ANTAM,

PETUGAS menunjukkan contoh logam mulia yang dijual di Pegadaian 24 Galeri Emas. Berdasar prediksi bahwa penjualan logam mulia tahun ini bakal meningkat, Pegadaian cabang Pasar Kodim berharap bisa menjual sekitar 10 kg emas.

maka nasabah tak perlu khawatir emas yang dibeli berkadar emas rendah." Ia menambahkan PT ANTAM merupakan mitra kerja Pegadaian dalam memenuhi kebutuhan emas yang akan diperjual belikan." Kita lang-

sung memesan emasnya ke sana." Sambungnya. Selain itu, emas merupakan aset yang sangat likuid dalam memenuhi kebutuhan dana yang mendesak, memenuhi kebutuhan modal kerja untuk pengembangan usaha. Dan satu hal yang

2011, Pendapatan PT BI Larang Gadai Syariah Pos Pekanbaru Rp26 M Jadi Instrumen Investasi PEKANBARU(VOKAL)-Total realisasi pendapatan Pos Indonesia Cabang Pekanbaru pada tahun 2011 mencapai Rp26 miliar. Realisasi pendapatan itu diperoleh dari semua sektor jasa, mulai dari jasa pengiriman uang, pengiriman surat dan pengiriman barang. Demikian dikatakan Wakil Kepala Kantor Pos Pekanbaru, Bosar. J. Pasaribu kepada Harian Vokal, Kamis (5/1). "Keseluruhan realisasi pendapatan Pos Indonesia Cabang Pekanbaru tahun 2011 lalu Rp26 miliar dengan biaya total Rp18 miliar, sedangkan laba bersih sebanyak Rp8 miliar." Ucapnya kepada Harian Vokal. Dikatakannya, dari sektor transaksi jasa pengiriman uang saja pada tahun 2011 mencapi 275.000 transaksi, dengan besar pengiriman hingga Rp374 miliar. Pendapatan dari hasil transaksi tersebut senilai Rp6 miliar. Dan tahun ini Kantor Pos Indonesia Cabang Pekanbaru akan menargetkan jumlah transaksi mencapai Rp7,9 miliar. Salah satu penyumbang terbesar peningkatan sektor jasa tersebut ungkapnya, adalah pengiriman uang ke luar negeri, realisasi transaksi jum-

lahnya 274, dengan besar pengiriman uang Rp3,3 miliar. Pembayaran tertinggi adalah ke negara Amerika, sedangkan untuk penerimaan ke negara Malaysia. Begitu juga dengan kenaikan pemakaian jasa pengiriman barang, terjadi kenaikan barang yang cukup signifikan. Meskipun demikian, menurutnya tetap saja ada penurunan pemakai jasa pengiriman surat dari ritel, namun hal itu dapat tertutupi oleh kenaikan penggunaan jasa pada pihak korporat. Jika dihitung secara total, menurutnya sektor jasa ini tetap mengalami kenaikan sebesar 25 persen pada tahun 2011 dari tahun 2010. Tahun ini pihaknya optimis pendapatan total dari seluruh sektor jasa akan meningkat sebanyak 20 persen dari pendapatan tahun lalu. Keyakinan ini menurutnya tak lepas dari animo masyarakat yang semakin tinggi dalam menggunakan jasa yang ditawarkan oleh Pos Indonesia. Selain itu faktor pendukung yang sangat berperan dalam peningkatan pemakaian jasa Pos Indonesia adalah penambahan outlet atau titik layanan pos bagi masyarakat. (ibnu)

JAKARTA(VOKAL)-Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan surat edaran (SE) khusus untuk mengatur praktik gadai emas bank syariah. Hal ini dikarenakan praktik gadai emas bank syariah menjadi sarana investasi yang dilakukan nasabah. "Akhir Januari 2012 kita siapkan SE (surat edaran) untuk mengatur gadai syariah. Jadi SE ini di bawah PBI (Peraturan Bank Indonesia) untuk produk perbankan syariah," ujar Direktur Direktorat Perbankan Syariah BI Mulya Siregar di Jakarta, Kamis (5/1). Untuk menghindari spekulasi tersebut, BI akan menetapkan batasan maksimal pembiayaan per nasabah, juga LTV (loan to value) maksimal 80% dalam SE tersebut. Bank sentral juga akan melihat sejauh mana penyesuaian yang dilakukan perbankan syariah yang memiliki produk gadai emas. "Saat ini bank sentral sendiri memberikan surat pembinaan kepada delapan

bank syariah yang memiliki produk gadai emas, di mana empat di antaranya merupakan Bank Umum syariah (BUS) dan sisanya unit usaha syariah (UUS)," kata Mulya. Dari surat pembinaan yang dikirimkan, BI meminta bank untuk melakukan penyesuaian. Termasuk menghentikan sementara akuisisi nasabah gadai baru. "Untuk melakukan penyesuaian ke depannya kan mereka tidak bisa tetap menerima yang baru, harus stop dulu. Jadi gadai emas tidak untuk investasi," terang Mulya. Ia menambahkan, nanti BI akan mengecek langsung di lapangan melalui pengawasan untuk melihat benar atau tidaknya penyesuaian yang telah dilakukan bank-bank syariah tersebut dalam bisnis gadai emasnya. "Kita datangi, ambil sampel ke nasabahnya apakah benar untuk sektor riil. Nah kalau belum ini kita berikan surat pembinaan lagi, sampai nanti sanksi yang lebih berat," tuturnya. (dtc/bos)

Gadai Emas Bank Syariah Tumbuh 238% JAKARTA(VOKAL)-Perkembangan gadai emas industri perbankan syariah meningkat signifikan sejak harga emas melambung. Bank sentral mencatat pembiayaan melalui gadai emas selama 2010 hanya mencapai Rp1,8 triliun namun hingga September 2011 saja pembiayaan gadai emas mencapai Rp6,1 triliun atau tumbuh 238,8% secara year to date. Demikian disampaikan oleh Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia Mulya Siregar di Gedung Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (5/1). "Di akhir 2010 pembiayaan dari gadai emas mencapai Rp1,8 triliun. Nah, sampai September 2011 saja sudah Rp6,1 triliun," jelas Mulya. Ditambahkan Mulya, jumlah nasabahnya-pun terus bertambah. Hal ini ditandai dengan

Penanggung Jawab: BUDI SUSENO

patut dicermati, emas tidak terpengaruh dengan inflasi, yang pastinya dapat menjadi infestasi jangka panjang, bebernya. Logam mulia yang tersedia di Pegadaian berbentuk batangan dengan berat 4.25 gr, 10 gr, 50 gr, 100 gr, 250 gr dan 1 kg.(***)

jumlah rekening di bank-bank syariah terkait produk gadai emas telah mencapai ratusan ribu. "Kalau dilihat dari data, jumlah rekeningnya mencapai 137.272 rekening di akhir November 2011," ungkap Mulya. Hingga September 2011, total pembiayaan bank syariah mencapai Rp92,8 triliun dimana meningkat Rp8,2 triliun dari Juli 2011 yang sebesar Rp84,6 triliun. "Sebagian besar peningkatan pembiayaan memang dari gadai emas," jelas Mulya. Selama 2011 Mulya mengatakan, total aset perbankan syariah per triwulan IV-2011 telah mencapai Rp135,9 triliun atau meningkat Rp35,64 triliun (35,5%) dari periode triwulan tahun sebelumnya yang mencapai Rp100,26 triliun. "Nilai tersebut mempresentasikan 3,8% dari total aset industri perbankan," ungkapnya. (dtc/bos)

Perwajahan : PEPEN PRENGKY


CMYK

DUMAI JUMAT

9

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

HARIAN VOKAL

L intas Camat Bukti Kapur Gelar Kamis Bersih DUMAI (VOKAL)-Camat Bukit Kapur beserta jajarannya mengadakan kegiatan Kamis Bersih dengan melakukan gotong royong (goro) membersihkan sekitar lingkungan kantor camat, Kamis (5/1). Camat Bukit Kapur, H Dermawan disela-sela acara goro mengatakan, kegiatan ini dilakukan sesuai dengan selogan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, yakni menciptakan lingkungan bersih, indah dan sehat. “Kita tetap komit menjalankan kegiatan Kamis Bersih ini,” ujarnya. Meskipun keberadaan Kantor Camat Bukit Kapur sedikit jauh dari pusat perkotaan, tetapi program Kamis Bersih yang telah diprogramkan Pemko Dumai tetap akan dilaksanakan. “Seperti yang diprogramkan Walikota Dumai H Khairul Anwar. Setiap hari Kamis, kita melaksanakan kegiatan Kamis Bersih. Jadi kami bersama staf dan pegawai yang ada memanfaatkan hari Kamis ini dengan kegiatan membersihkan dan menata lingkungan kantor,” ujar Dermawan. Dermawan menjelaskan, kegiatan Kamis Bersih di lingkungan masyarakat dan kelurahan dilakukan setiap hari Jumat. Karena pada hari Jumat tersebut, masyarakat banyak libur dari aktivitas sehari-harinya seperti ke kebun dan lain sebagainya. “Untuk kegiatan Kamis Bersih di lingkungan masyarakat dan kelurahan, kita lakukan pada hari Jumat. Kegiatan ini kita lakukan dua kali dalam satu bulan,” terang Dermawan. Dermawan mengatakan, kegiatan ini disambut baik oleh masyarakat Kecamatan Bukit Kapur. Antusias masyarakat dalam mewujudkan Kecamatan Bukit Kapur yang selalu bersih, indah dan nyaman sangat tinggi, sesuai dengan visi dam misi Walikota Dumai menjadikan Kota Dumai sebagai kota bersih dan sehat pada tahun 2015. Untuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan indah, katanya, peran serta masyarakat sangat diharapkan. “Lingkungan yang bersih dan indah merupakan hak dan sekaligus kewajiban manusia dalam menata dan menjaganya, karena itu dibutuhkan peran serta masyarakat,” harapnya. “Goro perlu digalakkan untuk menggugah masyarakat supaya peduli terhadap daerahnya, karena setiap warga memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga lingkungan,” ujarnya.(ysl)

Polsek Bukit Kapur Gelar Razia Rutin DUMAI (VOKAL)-Guna mengantisipasi tindak kejahatan yang kerap terjadi di Kota Dumai, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bukit Kapur AKP Jasmadi A bersama jajarannya melakukan razia rutin di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (5/1). “Razia ini sangat perlu dilakukan, mengingat saat ini kerap kali terjadinya tindak kejahatan, seperti curanmor, perampokan, peredaran narkoba, serta tindak kejahatan lainnya,” ujar Kapolsek Bukit Kapur, AKP Jasmadi A kepada Harian Vokal, Kamis (5/1) di sela-sela razia. Menurut Kapolsek, razia yang dilakukan ini merupakan kegiatan rutin untuk meningkatkan perlindungan keamanan kepada masyarakat. Untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang semakin marak terjadi di Kota Dumai, maka perlunya digelar razia rutin. “Razia ini bukan saja dilakukan pada siang hari, namun malam hari juga kita lakukan,” tambahnya. Kapolsek mengungkapkan, razia yang dilakukan ini juga untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), serta berupaya menangkap beberapa orang yang telah menjadi daftar pencarian orang (DPO). “Wilayah Bukit Kapur ini merupakan daerah lintasan antar daerah dan pintu masuk ke Kota Dumai,” jelasn Kapolsek. Selain itu, katanya, bila warga menemukan tindak kejahatan yang terjadi di lingkungannya masingmasing, diharapkan untuk melaporkannya kepada petugas terdekat. “Peran masyarakat sangat penting. Dengan cepat melaporkan pada pihak berwajib, maka akan dapat menekan angka kejahatan,” katanya. (ysl)

Tiga RT Masih Digenangi Air DUMAI(VOKAL)-Meski curah hujan saat ini sudah mengalami penurunan, namun banjir masih melanda beberapa kawasan di Kelurahan Tanjung Penyebal, Kecamatan Sungai Sembilan. Dari 8 kawasan rukun tetangga (RT) yang terendam pekan lalu, kini tinggal 3 kawasan RT saja. “Saat ini banjir hanya tinggal menggenangi pemukiman warga di 3 RT saja, yakni RT 7, RT 16 dan RT 17,” jelas Lurah Tanjung Penyembal, Muhtadi kepada wartawan, Kamis (5/1). Menurutnya, air yang tergenang saat ini ketinggiannya hanya mencapai mata kaki saja. Jika beberapa hari ke depan cuaca tetap cerah, maka secara perlahan debit air akan terus menurun. Sejauh ini, berdasarkan laporan dari masing-masing ketua RT, masyarakat belum ada yang terserang penyakit gatal-gatal, diare atau penyakit lainnya. ‘’Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada masyarakat yang mengeluhkan soal penyakit pasca banjir ini, mudah-mudahan memang tidak ada masyarakat yang terserang penyakit,’’ harapnya. Ditambahkannya, saat ini bantuan untuk korban banjir sedang dikumpul-kan di posko bantuan di Kantor Camat Sungai Sembilan. Bantuan yang terkumpul nantinya akan dibagikan secara keseluruhan kepada warga korban banjir. “Bantuan itu nantinya tidak hanya dibagikan kepada masyarakat Kelurahan Tanjung Penyembal saja, tetapi juga di Kelurahan Basilam Baru,” pungkasnya. (ysl)

Penanggung Jawab/Redaktur: ZUKRI SUBAYANG

MEGY

STERILKAN GEDUNG - Sejumlah pekerja mulai dikerahkan Pemko Dumai untuk membersihkan gedung Madrasah Aliyah Berstaraf Internasional Dumai, Kamis (5/1). Terlihat para perkerja sedang beraktivitas.

“Pertahankan Tenaga Honorer” DUMAI(VOKAL)-Menyikapi kebijakan Pemerintah Pusat yang melarang pembayaran gaji tenaga honorer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), Ketua Reformasi Masyarakat Dumai (KRMD), H Zulkifli Ahad meminta kepada Pemerintah Kota (Pemko) Dumai untuk tetap mempertahankan tenaga honorer yang ada. LAPORAN: PARNO/MEGY/ DUMAI

“Selama ini kita kan mampu untuk membiayai mereka, jadi tolong tenaga honorer yang telah ada dipertahankan. Saya yakin APBD Dumai masih bisa untuk pembiayaan tenaga honorer tersebut,” sebut Zulkifli Ahad, yang juga mantan Anggota DPRD Dumai ini kepada Harian Vokal, Kamis (5/1). Dikatakannya, jika pemutusan hubungan kerja (PHK) diberlakukan kepada ribuan honorer yang ada di Dumai, jelas hal itu akan sangat berdampak buruk terhadap mereka. Dan yang jelas akan menambah

jumlah pengangguran di Kota Dumai. “Hal ini tentunya akan mempengaruhi perekonomian dan daya beli masyarakat, untuk itu tolong tetap dipertahankan sejumlah tenaga honorer yang ada saat ini,” pesannya. Menurutnya, tujuan adanya otonomi daerah adalah untuk menjadikan masyarakat Dumai lebih baik dari sisi ekonomi, kesempatan mendapat pekerjaan dan juga seluruh pelayanan dan infrastruktur yang ada. Untuk itu, selagi yang dilakukan tidak menyalahi ketentuan dan diimbangi dengan kemampuan daerah, sebaiknya tenaga honorer tersebut dapat dipertahankan.

 Mutasi Kepsek

“Melihat dari apa yang disampaikan sejumlah kepala SKPD, tentu PHK terhadap tenaga honorer tidak bisa dilakukan begitu saja. Selagi semuanya dibutuhkan dan ada dana untuk membiayai, tentunya hal itu harus dipertahankan,” pungkasnya. Sementara anggota Komisi I

DPRD Dumai, Jhonfikar didampingi anggota Komisi II, Amris mengatakan, perampingan yang akan dilakukan Pemko Dumai terhadap tenaga honorer yang bekerja membantu SKPD diharapkan mendapat pertimbangan dan tidak mengambil keputusan terlalu cepat. Sebab, jika peram-

pingan tetap dilakukan akan menimbulkan permasalahan yang baru. “Pemecatan terhadap tenaga honorer bukanlah solusi dan justru menambah permaslahan baru, yakni bertambahnya pengangguran di Kota Dumai,” ujarnya.***

Pelantikan Sekda Akan Diikuti Perombakan SKPD DUMAI(VOKAL)-Walikota Dumai H Khairul Anwar menegaskan, perombakan kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai akan dilakukan seiring pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kota Dumai, pekan mendatang. “Memang benar, ada beberapa SKPD yang akan dirombak dari jabatan mereka sekarang, dan hal itu akan dilakukan seiring dengan pelantikan Sekda definitif,” ujarnya, Kamis (5/1). Dijelaskannya, pejabat yang akan dirombak mulai dari eselon II, III dan esolon IV. Dalam penilaian mutasi ini dilihat dari loyalitas, kemampuan serta pengalaman pejabat dalam mengemban tugas. Tim Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) saat ini tengah bekerja ekstra melakukan penilaian kinerja pejabat yang bakal menduduki jabtan baru, sejalan dengan lahirnya Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru.

“Sampai saat ini kita masih siapkan berkas dan laporannya ntuk diserahkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Dan perombakan tersebut sifatnya hanya penyegaran saja,” ujarnya. Saat ditanya nama-nama pejabat yang akan dimutasi, Khairul masih merahasiakannya. Menurutnya, pihaknya masih melakukan penilaian dan penggodokan secara administrasi, sementara penilaian secara keseluruhan masih menunggu. Namun, Khairul memastikan bahwa pelantikan Sekda akan dibarengi dengan perombakan SKPD yang akan berlangsung pada waktu yang bersamaan. “Harinya sama, ketika kita lakukan pelantikan Sekda akan dilakukan perombakan SKPD,” jelasnya. Sementara Kepala BKD Dumai, Sepranif menjelaskan, pihaknya sampai saat ini belum menerima rekomendasi apa pun dari walikota, namun pihaknya mengaku siap dalam hal itu. “Kita siap kapan saja walikota bisa,” jelas Sepranif.(egy)

Wako Masih Tunggu Perusahaan Dirangkul Dekati Menteri Rekom Disdik Pendidikan (KadisDUMAI(VOKAL)dik) Kota Dumai, Kabar yang mereSya’ari menegaskan sahkan kepala sebahwa isu mutasi kolah (kepsek) teryang telah menyekait mutasi terjawab bar di kalangan kesudah. Saat ini Wapala sekolah tingkat likota Dumai, H SD, SMP dan SMA Khairul Anwar mesederajat bukan ngaku masih mehanya isapan jemnunggu rekomenpol belaka. Sebab dasi dari Dinas Pensaat ini pihaknya didikan (Disdik) Dutengah melakukan mai terkait hasil evaKHAIRUL ANWAR evaluasi secara raluasi tim yang sudah dibentuk Disdik sejak bulan Juli hasia terhadap kalangan kepala sekolah yang ada di Dumai. 2011 lalu. “Kabar tersebut benar. Kita “Memang benar saya menginstruksikan Kadisdik untuk sudah melakukan penyeleksian melakukan evaluasi kepada sejak bulan Juli 2011 lalu. Untuk seluruh kepsek yang ada di tim yang melakukan evaluasi Dumai, untuk dilakukan perom- tidak dapat kita sebutkan, sebab bakan guna menunjang pendidi- penyeleksian ini berjalan secara kan,” ujar Khairul Anwar kepada rahasia,” jelas Sya’ari. Dikatakan Sya’ari, dalam Harian Vokal usai mengikuti acara rencana MoU temu tiga penyeleksian ada berbagai mamenteri guna membahas infra- cam bentuk dan kriteria terstruktur di Dumai, Kamis (5/1). tentu. Tim penyeleksi tidak akDisebutkan Khairul, perom- an melakukan pemilihan secara bakan kepsek tersebut guna tes. “Kita lakukan penyeleksian meningkatkan mutu pendidikan tersembunyi dan tidak secara di Dumai dan menunjang ki- terang-terangan. Dan untuk nerja kepsek yang profesional pemilihan tidak akan dilakukan tes secara terbuka,” tegas dan independen. Sebelumnya, Kepala Dinas Sya’ari. (egy)

DUMAI(VOKAL)-Dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan yang beroperasi di kawasan Kota Dumai akan difokuskan untuk pembangunan infratruktur jalan di Dumai. Hal ini mengingat sejumlah infrastruktur masih menjadi masalah utama di Kota Dumai. Walikota Dumai, H Khairul Anwar menyebutkan, untuk menyatukan sikap dan persepsi, Pemerintah Kota (Pemko) Dumai sengaja mengundang pengurus CSR se-Kota Dumai. Di antaranya sejumlah petinggi perusahaan hadir dalam pertemuan yang diselenggarakan di Kantor Disperindagin Kota Dumai, Kamis (5/1). “Kita minta semua lini, termasuk perusahaan untuk mengambil sikap. Silahkan lakukan pendekatan agar Kota Dumai masuk dalam Masterpland Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI),” ujar Khairul. Menurutnya, semua pihak memiliki kepentingan dalam MP3EI, termasuk perusahaan. Sebab ketersediaan infratruktur sangat mendukung kelancara operasional perusahaan. Me-

ngingat bos besar sejumlah perusahaan di Kota Dumai berada di Jakarta, untuk itu diminta agar semua melakukan pendekatan. Salah satu pendorong tumbuhnya investasi dan industri adalah berkat dukungan proyek MP3EI. Sebab MP3EI akan mendorong perbaikan infrastruktur yang baik, sehingga pengusaha

nyaman dalam mengembangkan usahanya. Untuk mewujudkan proyak MP3EI di Kota Dumai semua pihak harus berperan. “Mari bersama melakukan pendekatan kepada Menteri PU, Menperindag dan Menko Perekonomian. Saya baru saja menelepon Pak Hatta Rajasa, tapi tidak diangkat, mungkin beliau sedang rapat,” ujarnya. (egy)

NANDO

ARUS BALIK-Beginilah kondisi arus balik penumpang pasca libur tahun baru di Pelabuhan Penumpang Pelindo I Dumai, Kamis (5/1).

Perwajahan: PEPEN PRENGKY


10

JUMAT

HARIAN VOKAL

DUMAI

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

LINTAS Roro DumaiRupat Beroperasi DUMAI (VOKAL)-Sempat terhenti selama dua hari akibat kerusakan pada dinamo starter dan pipa air tawar, Kapal Roll on Roll Off (Roro) tujuan Dumai-Rupat mulai beroperasi kembali, Kamis (5/1). Kasi Pelabuhan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Rijaya, menegaskan, kapal Roro jurusan Dumai-Rupat telah diperbaiki dan siap beraktivitas kembali. "Sudah siap diperbaiki, hari ini (kemarin,red), Roro sudah bisa beraktivitas normal," kata Rijaya saat dihubungi melalui sambunagan telepon selulernya, kemarin. Dikatakannya, aktivitas penyebrangan Dumai-Rupat sempat terhenti pada tanggal 2 Januari 2012 lalu. Penghentian sementara itu menyusul adanya kerusakan pada dinamo starter dan pipa air tawar yang berada di dalam kapal. Perihal kerusakan ini, Rijaya mengaku sudah menyebarkan pengumuman kepada masyarakat pengguna jasa. Kerusakan Roro juga tidak mempengaruhi terhadap kontrak kerja sama antara Dishub Riau dan pengelola. Berdasarkan kontrak yang ditandatangani PT ASDP, pengelola harus melayani penyebrangan Dumai-Rupat sebanyak 2.640 trip. "Kerusakan yang terjadi menjadi tanggung jawab pengelola. Perihal kerusakan dinamo starter dan pipa air tawar sudah kita komunikasikan. Yang membuat lama, karena harus menunggu suku cadangnya terlebih dahulu," jelas Rijaya.(ndo)

DPD Gerindra Mulai Berbenah DUMAI (VOKAL)-Belajar dari pengalaman pada Pemilu legislatif tahun 2009, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Kota Dumai mulai berbenah. Partai yang secara nasional dinakhodai Prabowo Sugianto ini kian membaur di tengah masyarakat. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Kota Dumai, Iskandar Hs saat ditemui Harian Vokal, Kamis (5/1) mengatakan, untuk mengakrabkan diri antara Gerindra dengan masyarakat Kota Dumai, partai berlambang burung garuda ini telah mencanangkan berbagai kegiatan sosial. Hal ini dilakukan mengingat tujuan dan amanat partai yang harus dijunjung dan direalisasikan. "Sekarang masyarakat sudah pintar, mereka akan menilai kita dari apa yang kita lakukan, bukan apa yang kita katakan," kata Iskandar. Sejak dikukuhkan menjadi Ketua DPC Gerindra Dumai, Iskandar mengaku sudah melakukan berbagai kegiatan sosial. Di antaranya membantu korban banjir, korban kebakaran dan pembagian pangan untuk sahur dan berbuka saat bulan Ramadan. "Ke depan, hal-hal seperti ini akan terus ditingkatkan," katanya. Di Dumai, sambungnya, Gerindra memiliki anak cabang di tujuh kecamatan yang ada. Selain itu, terbentuk pula ranting-ranting di tiap kelurahan. Bercermin dari kegagalan Pemilu legislatif tahun 2009, saat tidak ada satu pun kadernya duduk di kursi DPRD, DPC Gerindra menginstruksikan tiap komponen partai agar membaur dan saling berbagi di tengah-tengah masyarakat. Jika hal ini sudah dilakukan, Iskandar optimis partai yang dikemudikannya di Kota Dumai ini mampu meraih tujuan dalam Pemilu 2014. "Masyarakat akan mencintai partai ini jika para pengurus baik di tingkat Kota Dumai, kecamatan hingga kelurahan mau berbaur dan bekerjasama dengan warga," katanya. Dikatakan Iskandar, secara internal, seluruh pengurus di tingkat kota, kecamatan maupun kelurahan telah diberikan bekal, baik itu fasilitas fisik berupa kantor maupun pengetahuan politik. "Pembekalan yang diberikan berupa pemahaman AD/ART partai, dan juga strategi untuk memenangkan hati rakyat agar kelak menjadikan Gerindra sebagai partai yang mewakili kepentingan masyarakat," tandasnya.(ndo)

OPERASI RUTIN Untuk mengantisipasi tindak kejahatan di Kota Dumai, Polsek Bukit Kapur menggelar razia rutin di Jalan SoekarnoHatta, Kamis (5/1). YUSRHEL

Perusahaan Diminta Bantu Perbaiki Jalan DUMAI (VOKAL)-Sebagai salah satu kota yang masuk dalam Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3I), seharusnya Dumai tak lagi berkutat di persoalan infrastruktur, termasuk jalan. LAPORAN: NANDO/ DUMAI

Untuk itu Walikota Dumai, H Khairul Anwar meminta pihak perusahan yang ada di Dumai agar berpartisipasi dalam membenahinya. Khairul menyebutkan, seyogyanya kota yang masuk dalam pelak-

sanaan MP3I secara otomatis mendapatkan perhatian lebih. Tidak terkecuali untuk pembenahan insfratuktur jalan nasional yang terbentang di dalam kota sebagai upaya menyukseskan MP3I. "Apalagi Dumai merupakan kota penyumbang devisa terbesar bagi kas negara dengan ratusan perusahaan berbagai akti-

vitas komoditi, termasuk ekspor CPO dan Migas," jelasnya kepada wartawan, Kamis (5/1). Meskipun begitu, katanya, perbaikan insfratuktur jalan yang masuk dalam pelaksanaan MP3I tidak mungkin dilakukan serta merta dan dipastikan membutuhkan waktu yang cukup lama. Untuk itu menjelang terlaksananya perbaikan jalan, Khairul berharap perhatian perusahaan yang beroperasi di Kota Dumai, meskipun bantuan yang diberikan kelak hanya sebatas penimbunan jalan yang berlubang. "Banyak perusahaan besar yang

Basilam Baru dan Buluhala Bebas Malaria DUMAI (VOKAL)-Kelurahan Basilam Baru dan Kelurahan Buluhala, Kecamatan Sungai Sembilan, diklaim sebagai kawasan bebas dari malaria. Penegasan ini disampaikan berdasarkan hasil tes sampel darah warga yang dilakukan beberapa hari lalu. Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Dumai, Marjoko, mengatakan, setelah pihaknya turun ke lokasi dan melakukan pemeriksaan darah kepada sejumlah warga, kedua kelurahan tersebut dinyatakan bebas dari penyakit malaria. "Beberapa hari lalu kita sudah ke lokasi dan mengambil sample darah warga. Hasilnya nihil, tidak ada yang mengarah ke malaria," kata Marjoko, Kamis (5/1). Morjoko menjelaskan, pengecekan ke lokasi yang dilakukan Dinas Kesehatan Dumai berkenaan dengan antisipasi banjir

yang melanda dua kawasan tersebut. Langkah ini dilakukan Diskes dengan memeriksa kesehatan kepada sejumlah korban. Hasilnya, Kelurahan Basilam Baru dan Buluhala dinyatakan bebas malaria. Pada awalnya, Marjoko mengaku saat pemeriksaan dilakukan terhdap warga yang pemukimannya digenangi banjir, namun mengingat Kecamatan Sungai Sembilan merupakan wilayah endemis malaria, maka Diskes melanjutkan dengan pemeriksaan darah. "Beberapa tahun lalu, di daerah Sungai Sembilan terjadi kejadian luar biasa terkait malaria. Setelah itu kita terus melakukan pemantauan secara berkala dengan melakukan pemeriksaan darah dan melakukan pengobatan saat mendapatkan warga yang masih mengidap malaria," katanya. Marjoko menambahkan, ka-

wasan lingkungan banjir tersebut kini tercemar dan berpotensi menimbulkan penyakit, terutama malaria. Sebagai langkah antisipasi lain, pihaknya berupaya melakukan pemantauan rutin. Selain itu, beberapa tahun ke belakang Diskes juga kerap mencanangkan pembersihan massal di daerah setempat. "Jika ada warga yang menunjukkan gejala malaria, maka radius 200 meter dari lokasi, kita akan melakukan pemeriksaan ke rumah warga-warga lain," ujarnya.(ndo)

beroperasi di Dumai, apa salahnya kita saling bergandeng tangan menyatukan kekuatan untuk progress perbaikan jalan yang rusak. Apabila kita kerjakan secara bergotong royong, beban yang kita keluarkan tidak akan berat. Kita berharap apa yang telah kita buat ada multi efek terhadap perekonomian Dumai

khususnya," katanya. Dalam waktu dekat, Khairul menyebutkan bakal menemui Menteri Perekonomian RI Hatta Rajasa, untuk membahas percepatan program MP3I/MP3IE. "Pemko Dumai butuh dukungan dari pelaku usaha agar MP3I segera terealisasi," tegasnya.***

2012, Target PAD Terminal Barang Rp16,5 Miliar DUMAI (VOKAL)-Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2012 dari Terminal Barang, Jalan Soekarno Hatta, Kecamatan Bagan Besar, diperkirakan mencapai Rp16,5 miliar. Nilai ini mengalami kenaikan sebesar Rp2 miliar dari yang berhasil disumbangkan ke kas daerah pada tahun 2011. Kepala UPT Terminal Barang Dumai, Sianturi, menjelaskan, realisasi penerimaan PAD pada tahun 2011 lalu sebesar Rp14 miliar. Dalam hitungan kasar pendapatan daerah dari terminal barang bisa menembus angka Rp18 miliar per tahun dengan asumsi pemasukan Rp50 juta per hari. Hanya saja, katanya, hal tersebut mengalami kendala saat musim trek kelapa sawit yang berlangsung mulai dari bulan Januari hingga Maret, dan saat hari-hari besar keagamaan seperti Lebaran,

Natal dan Tahun Baru. "Karena laju kendaraan kian padat dan lambat, bahkan sering terjadi macet. Hal ini juga mengurangi volume kendaraan yang masuk ke terminal barang," jelasnya. Dijelaskannya, penerimaan daerah dari Terminal Barang pada tahun 2011 lalu cukup signifikan. Semula ditargetkan Rp10 miliar kemudian dinaikan menjadi Rp12 miliar melalui APBD Perubahan tahun 2011, namun hingga penghujung akhir tahun lalu ternyata Terminal Barang mampu merealisasikan PAD sebesar Rp14 miliar lebih. Diakui Sianturi, kontribusi terbesar disumbangkan dari retribusi terminal yang pada hitungan sembilan bulan sejak diberlakukan pada April 2011 telah mampu menyumbangkan sebesar Rp 14.186.470.000. Penerimaan terminal barang lainnya juga didapat dari jasa pemakaian gudang sebesar Rp6.000.000 dan sewa kantin yang mencapai Rp 10.800.000.(ndo)

M A H K OTA M OTOR: MELAYANI

TANAKA

ELECTRONIC

Menjual : Berbagai Macam Perlengkapan Elektronik Audio Video Jl.

Diponegoro/Sukajadi No. 124 Telp. (0765) 36571 Dumai

Sporing, Balancing, Tune Up, Ganti Oli, Las Ketok, Pengecetan dll. Juga melayani: Air Bersih Siap Antar Jl. Pulau Payung No.8 Dumai Telp: (0765)31929/439875

ICHA SALON & KARAOKE Gunting, cuci, kriting, cat rambut, creambat, bonding, smoting, masker, toning, facial. Juga menerima kursus salon Alamat: Jl. Hasanuddin/Ombak Dumai

DUNIA

DIGITAL

Computer & Electronik Equipment Hubungi : Jl. Hasanuddin / Ombak Telp. (0765) 439997 / 439978 Dumai

PACIFIK

AUDIO

Menjual : Accesoris Mobil, Variasi, Audio, Kaca Film, Jok Mobil, Salon Luar & Dalam, AC Mobil dll Alamat: Jl. Diponegoro/Sukajadi No.92 Dumai - Riau

JAMU SEHAT PRIA Kapsul “Urat Madu” Obat Kuat & Tahan Lama. Depkes 053348661. Aneka Sablon Jl. Nangka 2 Dumai Harga Perdus Rp.100rb. 1 Sachet 2 Kapsul Rp.20rb.

SALON TIK & SIL Menerima : Gunting Pria/Wanita, Creambath,Keriting, Catok, Cuci Blow, Cat Rambut, Rebonding, Smooting, Masker Rambut, Sambung Rambut, Lulur, Aroma Therapy Alamat : Jl. Pulau Payung, Dumai

S & N SALON Melayani : gunting, cuci, blow, creambath, rebonding, facial, keriting, catok,smooting, semir/ cat, lulur, massage, dll. “Karaoke dengan fasilitas memuaskan” Alamat: Jl. Cempedak/Sp. Jl. Jeruk Dumai

PLAZA P R FI U ORRNI ITTURE AS Menyediakan berbagai sofa, lemari makan, perlengkapan kamar, meja belajar, dan perabotan rumah tangga lainnya. Dengan kualitas terbaik. Alamat : Jl. B. Kemulyaan No. 83 Dumai Telp : 0765 7000 233

TOKO

MEMORISE

Menyediakan berbagai macam Tas dan Perlengkapan Wanita lainnya. Alamat: Jl. Diponegoro, No.102 & 104 Sukajadi- D u m a i Tlp: (0765) 439151 -(0765) 439150

Penanggung Jawab/Redaktur: ZUKRI SUBAYANG

KEDAI

KOPI SULI

Menyediakan : -Mie Hok Kien -Mie Kangkung Belacan -Mie Ayam/Pangsit -Mie Pangsit Goreng -Lo Mie/Fumi/Siram/Goreng -Bubur Ayam Hongkong -Nasi Capcai -Nasi Goreng Sea Food -Cap Cai Goreng/Kuah -Kwetiau Siram Sea Food Pesan Antar Jl. Belimbing No. 100 D Pekanbaru Telp. 0761 7755 662

Perwajahan: ZULQIFLI


HUKUM dan KRIMINAL JUMAT

11

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

HARIAN VOKAL

LINTAS Disenggol, 2 Karyawan Mal Ciputra Terhempas PEKANBARU(VOKAL)- Feby (22) dan rekannya Betesda (22) keduanya karyawan Mal Ciputra hanya bisa meringis menahan sakit akibat luka gores terjajal aspal jalan. Keduanya menjadi korban tabrak lari seorang pengendara sepeda motor saat melintas di Jalan Durian, Kamis (5/1) Informasi yang berhasil dirangkum Harian Vokal, menyebutkan, peristiwa ini berawal ketika Feby yang mengendarai Supra BM 5432 JM membonceng Betesda melaju di Jalan Durian menuju Jalan Soekarno Hatta. Ketika sampai di depan Pasar Pagi Palapa, tiba-tiba bagian belakang sepeda motor korban disenggol sepeda motor lain yang dikenderai seorang laki-laki. Feby pun hilang keseimbangan dan terjatuh. Keduanya sempat terguling di jalan. Karena kejadianya hanya beberapa meter dari pasar, hitungan menit warga sudah memenuhi tempat kejadian perkara. Warga kemudian membantu Feby yang tak berdaya. Ia mengalami luka di bagian mulut, tangan lecet dan dada sakit serta susah bernafas. Sementara Betesda mengalami luka lecet di bagian tangan dan beberapa bagian tubuhnya. Dengan dibantu warga, Betesda dilarikan rekannya ke klinik terdekat di Jalan Durian. Sementara sepeda motornya diamankan warga dan dititip di kantor Harian Vokal. Sampai berita ini diturunkan, Feby masih menjalani perawatan di klinik. Sementara Betesda yanga hanya luka lecet diperbolehkan pulang. (rud)

Ditipu Masuk Televisi, Wandra Batal Jadi Artis PEKANBARU (VOKAL)-Wandra (20) warga Solok, Sumatera Barat batal menjadi artis di sebuah stasiun RCTI. Karena sudah ditipu oleh manager Picsfix Produktion, Elvarenceh yang berkantor di Gobah. Wandra peringkat satu dalam ajang perlombaan model terbaik Aneka Yes yang diselenggarakan di Padang tahun 2011 lalu, awalnya ditawari pelaku untuk menjadi peran Pembantu Arumi di sebuah Sinetron di FTV. Sinetron ini rencananya akan ditayangkan di satasiun televisi swasta RCTI. "Saya ditawari menjadi pemeran pembantu Arumi di sinetron FTV. Karena pelaku mengetahui saya pemenang model dan akting di Padang," kata Wandra yang didampingi Fedri saat akan membuat laporan di Mapolda Riau. Sebab pelaku Elvarenceh, warga Jalan Cendrawasi, Sukajadi itu ditawari pihak FTV untuk dua orang pemain, yakni satu orang cowok dan satu cewek. Pemeran cowok ditawari kepada Wandra dan cewek ditawari kepada Serli. Namun, sebelum melaksanakan ekting, kedua korban harus membayar uang administrasi masing-masing sebanyak Rp2 juta. Namun, karena kedua korban tidak mempunyai uang, dana tersebut ditalangi kakak angkat Wendra, Fedri warga Payakumbuh. Pembayaran sekitar Rp5,5 juta langsung dikirim ke nomor rekening atas nama orang lain yaitu salah seorang teman pelaku pada bulan November 2011 lalu. Sebab akting perdana dimulai pada tanggal 23 November kemarin. Namun pada hari "H" pelaku mengatakan, ditunda sampai tanggal 28 Desember 2011. Sementara sampai pelaksanaan ekting tidak jadi dilakukan. Ketika dicoba untuk menghubungi pelaku, selalu mengelak dan mengatakan sibuk. "Saat saya telepon, pelaku selalu mengatakan saya sibuk lah, dan ada juga aman tu pokoknya akan saya atur," ucap Wandra menirukan perkataan pelaku. Sementara ketika Fedri menghubungi pihak RCTI, mengaku tidak ada mengikat perjanjian dengan Picsfic Produktion Pekanbaru. Karena merasa ditipu, korban langsung membuat laporan ke Mapolda Riau, karena pelaku berdomisili di Pekanbaru. Namun karena, SPK sedang disesakki oleh Tim PAS yang juga sedang membuat laporan, Wandra kelihatannya meninggalkan Mapolda. Sampai berita ini diturunkan, korban belum ada kembali ke Mapolda untuk membuat laporan kembali. (ind)

ANDIKA

WANDRA (kanan) didampinggi Fedri, korban penipuan melaporkan pihak Picsfix Produktion ke Polda Riau, Kamis (5/1) kemarin.

Penanggung Jawab/Redaktur: Akmal Kutianyir

Polda Riau Bekuk 4 Pengedar Narkoba

ANDIKA

EMPAT orang tersangka sabu bersama barang bukti diamankan Dir Narkoba Polda Riau, Rabu (4/1) sore.

PEKANBARU (VOKAL) - Satuan Narkoba Polda Riau tangkap empat orang pelaku narkoba jenis sabu di tempat terpisah, Rabu (4/ 1) sore. Penangkapan ini berdasarkan laporan masyarakat. Penangkapan pertama dilakukan kepada Irwan, warga Jalan Taman, Panam dan Syamsul Rizal alias Topan, warga Kelurahan Tuah Karya, Panam di sebuah toko di Jalan Delima, Panam. Dari tangan kedua tersangka, polisi menemukan barang bukti 3 paket sabu paket 15 gram, dengan total harga sekitar Rp7,5 juta. Dari keterangan kedua tersangka, polisi melakukan pengembangan dan dapat menangkap Cecep Niko (29) warga Jalan Kuini dan Al Firdaus alias AAn (29) warga Jalan Kereta Api, Marpoyan. Dari tangan kedua tersangka ini, polisi menagamankan barang bukti, 5 bungkus paket sabu berat 15 gram dengan harga ditaksir sekitar Rp24 juta. Tersangka dan barang bukti diamanakan

di Mapolda Riau. Dir Narkoba Polda Riau, AKBP DTM Silitonga mengatakan, penangkapan keempat pelaku berdasarakan laporan dari masyarakat. Kemudian Tim Opsnal langsung melakukan penyelidikkan ke lapangan. Setelah dinyatakan benar, maka dilakukan penangkapan. Keempat pelaku tidak bisa mengelak ketika polisi menemukan barang bukti di tangan pelaku. "Penangkapan ini berdasarkan laporan masyarakat. Sekarang dilakukan pemeriksaan agar dapat mengungkap jaringan narkoba, " kata Silitonga, Kamis (5/1) kemarin. Selain itu, penyidik sedang melakukan penyidikkan dan pengembangan terhadap pelaku. Polisi akan berusaha untuk mengumpulkan keterangan dan barang bukti sebanyak banyaknya. "Sekarang polisi sedang melakukan penyidikkan dan pengambangan. Serta akan memanggil saksi-saksi lain untuk dimintai keterangan," tutup Silitonga. (ind)

 Curi Minyak Saat Loading

Petugas Jaga PT Naga Mas Diringkus DUMAI (VOKAL) – Kepolisian Resort (Polres) Dumai berhasil menggagalkan pencurian minyak crude palm oil (CPO) di Dermaga C Pelabuhan Pelindo Dumai. Saat peristiwa berlangsung perusahaan sedang melakukan loading untuk memuat kapal ekspor CPO ke luar negeri. LAPORAN: MEGY ALFJRIN/DUMAI

Kapolres AKBP Ristiawan Bulkaini, SH saat dikonfirmasi Harian Vokal melalui Kasat Reskrim Polres Dumai AKP Taufiq Hidayat T, Kamis (5/1) membenarkan adanya penangkapan kepada salah seorang petugas jaga PT Naga Mas terkait pencurian minyak CPO saat perusahaan sedang melakukan loading minyak ke kapal ekspor. “Petugas yang melakukan patroli di lokasi pelabuhan didapati dua unit kapal pompong kayu sedang berada di bawah dermaga, petugas yang curiga lalu memastikan keberadaan kapal pompong tersebut tidak membahayakan proses loading yang berlangsung, Sabtu (31/12) sekira pukul 03.00 WIB, jelas Taufiq. Dikisahkan Taufiq, kedua kapal pompong yang berada di bawah dermaga saat didekati petugas, ternyata melarikan diri. Setelah diseldiki, kedua kapal tersebut sedang melakukan penyulingan minyak dari pipa slang control untuk dimuat dalam kapal yang sudah dimodifikasi untuk muat CPO. Pelaku yang berada di kapal, saat didekati petugas pengamanan melarikan diri dengan cara melompat ke dalam air dan me-

nyelam, akibat suasana gelap dan tidak adanya kapal boat yang berada di lokasi, kepolisian kehilangan tersangka, namun kepolisian berhasil meringkus petugas jaga yang bertugas menjaga saat proses loading yang diperkirakan selama tiga hari tersebut. “Kita menangkap satu petugas PT Naga Mas, HE (35) yang bertugas menjaga proses loading, yang merupakan otak dari pada pencurian minyak dengan cara membobol pintu penyaluran minyak menuju kapal ekspor,” jelas Kasat Reskrim Dumai itu. Ditambahkan mantan Kapolsek Bukit Kapur tersebut, modus pelaku saat melakukan pencurian dengan cara merubah tutup pipa kontrol yang sudah rusak dengan memodifikasi tutup pipa yang baru, yang mana terlebih dahulu sudah dirakit ada lubang kecil guna mengalirkan CPO saat loading menuju kapal ekspor dan kapal pompong. “Atas kejadian tersebut, PT Naga Mas mengalami kerugian mencapai Rp100 juta lebih, sementara satu diantara dua pelaku masih daftar pencarian orang (DPO) kepolisian,” ujar Taufiq. Sementara Kepala Meneger PT Naga Mas Dumai saat dimintai keterangan mengenai kasus tersebut, enggan menjawab pertanyaan war-

tawan. ”Saya capek sekali, maaf saya tidak mau bicara soal itu dulu,” ujar Tarigan GM PT Naga Mas kepada Vokal saat dikonfirmasi melalui sambungan selulernya.

Sementara satu pelaku yang ditahan merupakan pegawai penjaga PT Naga Mas data proses loading, masih diamankan kepolisian guna penyidikan lebih

lanjut. "Kita sudah menahan pelaku satu orang yang merupakan otak dari pencurian itu, dan kita akan melakukan pengembangan di lapagangan,” tutup Taufiq. (***)

 Sidang Gugatan Kepemilikan Kayu

Saksi Sebut Kayu Dibawa ke Indah Kiat PEKANBARU (VOKAL)- Sidang gugatan wanprestasi dengan penggugat PT Bhawana dengan tergugat PT Artelindo Wiratama kembali digelar di Pengadilan Negeri Pekanbaru, Kamis (5/1) dengan agenda pembuktian dari pihak tergugat dan pemeriksaan saksi yang juga dihadirkan tergugat. Usai menyerahkan sekitar 45 alat bukti berupa dokumen, para kuasa hukum baik penggugat PT Bhawana, Endar dan Rivai maupun tergugat PT Artelindo wiratama, Bangun Pasaribu saling melemparkan pertanyaan terhadap saksi yang saat itu dari Dinas Kehutanan Kabupaten Inhu, Suprianto (30) di Majelis Hakim yang diketuai Krosbin Lumbangaol. Suprianto yang bertugas di bagian pengawasan hutan dan kemudian bertugas staf penyetoran iuran PSADR Dishut Inhu itu menerangkan, bahwa Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu Hutan Tanaman (IUPHHKHT) atas areal seluas 19.440 ha di Desa Pesajian, Kecamatan Peranap itu atas nama PT Artelindo Wiratama, bukan atas nama perusahaan lain. Bahkan saksi mengaku tidak kenal

dan mendengar kalau PT Bhawana juga beroperasi di areal yang sama. "Saya tidak kenal dan tidak mendengar PT Bhawana beroperasi di areal PT Artelindo. Tapi, kalau PT Arara Abadi dan PT Selange memang ada," kata saksi. Menurut saksi, hadirnya PT AA dan PT Selange karena PT Artelindo menyerahkan operasional di lapangan (penebangan) kepada PT Arara Abadi dan PT Selange. Kayu yang sudah ditumbang itu kemudian dikumpulkan di tempat penampungan kayu (TPK) guna ukur untuk mengetahui PSADR-nya. Pembayaran PSHDR kayu itu dilakukan PT Arara Aba-

di dan PT Selange, tetap atas nama PT Artelindo. Oleh PT Arara Abadi kayu yang telah dibuat menjadi BBS dibawa ke pabrik Indah Kiat untuk dijadikan bahan dasar kertas. Sebaliknya, PT Selange menyuplai untuk kebutuhan PT Ewan Superwood. "Sebanyak 168 ribu kubik di bawah ke pabrik PT Indah Kiat. Sedangkan 125 ribu kubik dibawa oleh PT Selange ke pabrik Ewan Superwood,' kata Suprianto. Usai mendengarkan keterangan saksi, Majelis Hakim menunda sidang dan akan dilanjutkan Kamis depan dengan agenda masih mendengarkan keterangan saksi. (rud)

RUDI

PNS Dishut Inhu, Suprianto menjadi saksi perkara wanprestasi kehutanan antara PT Bhawana dengan PT Artelindo di PN Pekanbaru, Kamis (5/1).

Diduga 'Makan' Raskin, Pegawai Bulog Terancam Dipecat PEKANBARU (VOKAL)- Salah seorang pegawai Seksi Pelayanan Informasi (SPI) Badan Logistig (Bulog) Riau, Mahdimus terancam dipecat atas dugaan korupsi tahun 20072008 yang diperkirakan merugikan negara sekitar Rp 1,2 miliar. Humas Bulog Riau, Syaiful menceritakan bahwa Mahdimus menjabat sebagai staf pengantar beras miskin (raskin) ke daerah Bengkalis. Sementara uang yang ditagih dari pihak kecamatan tidak disetorkan ke Kantor Bulog Provinsi Riau. Ketika dilakukan penagihan

kepadanya, Mahdimus selalu menjawab belum ada tagihan dengan alasan seribu bahasa. Namun saat terdesak, ia memberikan jaminan beberapa bidang tanah kepada Bulog. Tapi setelah Bulog merasa tertipu, jaminan tanah dilakukan pengauditan. "Ternyata harga tanah tersebut ditaksir hanya sekitar Rp200 juta," kata Syaiful. Atas dasar kekeluargaan dan partisipasi kantor terhadap pegawai, Bulog melakukan pemeriksaan secara interen terhadap Mardinus. Dengan tujuan untuk men-

gamankan citra dan nama baik Bulog di mata publik. Selain itu, Mahdimus sudah memiliki Golongan III B serta pertimbangan lain dari pihak interen Bulog. Maksudnya, jika ada memakai uang tagihan raskin dari daerah, silahkan dilunasi dengan segera. Namun, jika tidak mampu melunasi secara keseluruhan, boleh dilakukan penyicilan dengan cara potong gaji bulanan. Meski sudah dilakukan pemeriksaan secara berkala, Mahdimus tidak mengakui bahwa telah melakukan penyelewengan terhadap dana tagihan raskin dari daer-

ah Kabupaten Bengkalis. Karena Bulog merasa kewalahan, akhirnya Mahdimus diserahkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati ) Riau untuk dapat ditindak lanjuti agar kerugian uang negara tersebut dapat dikembalikan tersangka. Kasi Penkum dan Humas Kejati Riau Andri Ridwan, SH, MH mengatakan, perkara atas nama Mahdimus dari Bulog segera dilimpahkan ke pengadilan karena sudah terbukti melakukan penyelewengan dan merugikan keuangan negara. "Perkaranya segera kita lim-

pahkan ke pengadilan. Sementara sekarang, Mahdimus akan kita tetapkan sebagai tersangka tunggal dalam korupsi Bulog," kata Andri kepada Harian Vokal. Ditegaskan Andri, meski calon tersangka tidak mengakui perbuatannya, namun saksi telah memberikan bukti dan data fakta di penyidik Kejati. Bukti tersebut sudah dinyatakan cukup untuk melakukan penuntutan di pengadilan nanti. "Kejati sudah memeriksa saksi dan calon tersangka. Data fakta dan bukti sudah cukup untuk di persidangan," tutup Andri. (ind)

Perwajahan: ABDAWIZA


12

JUMAT 06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

HARIAN VOKAL

LINTAS Masjid Raya Diresmikan Hari Ini SIAK (VOKAL) - Hari ini, Jumat (6/1) Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi akan meresmikan Masjid Sultan Abd Jalil Muzabarsyah Kecamatan Mempura. Peresmian masjid yang memiliki bentuk unik nan megah ini akan dihadiri 1.500 undangan serta diramaikan para pelajar. Ketua umum Pengurus Masjid Sultan Abdul Jalil Muzabarsyah, Wan Ibrahim mengatakan, pada peresmian nanti akan dihadiri 1.500 undangan dan diramaikan para pelajar. Setelah diresmikan, akan digelar juga pengukuhan pengurus Masjid, BKMT, pengasuh pondok pesantren. Pantauan Harian Vokal di lapagan, terlihat kesibukan panitia, baik yang berasal dari kecamatan maupun dari Pemkab Siak. Persiapan lainnya seperti tenda-tenda dan kursi serta berbagai persiapan lainnya. Sementara itu, Al-Ustadz Abdul Rauf Yang dimintai pendapatnya mengatakan sudah banyak melakukan persiapan. Diantaranya segala perizinan dan administrasi. "Semua saya urus dengan kerja keras anggaran sendiri, termasuk dari sumbangan tiga orang pengurus, termasuk H wan Ibrahim. Kita tidak membebankan kepada pengurus lain karena memang kondisi kehidupan mereka tidak mungkin kita haruskan ikut menyumbang," ujarnya. Tekad para pengurus serius mengurus masjid dengan harapan akan terwujud regenerasi yang beriman, bertaqwa dan berilmu. Diharapkan masjid yang dibangun dengan begitu megah supaya benar-benar dimanfaatkan. "Mari kita bersama-sama mengisi kegiatan ibadah di masjid ini," ajaknya. (zul)

Kades Rasakan Manfaat ADD KOTO GASIB (VOKAL) - Dana Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan Pemkab Siak ke Desa Sengkemang, Kecamatan Koto Gasib Rp400 juta sangat bermanfaat untuk pembangunan berbagai sarana di desa. Dana tersebut digunakan untuk pembangunan tempat parkir, kantor desa, box culvert serta perbaikan sarana jalan lingkungan desa. "Masyarakat sangat terbantu dengan adanya dana ADD yang dikucurkan ke Desa Sengkemang. Berbagai hasil pembangunan dari dana ADD itu kini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Sengkemang," ujar Kepala Desa Sengkemang, M James kepada Harian Vokal, Kamis (5/01). Kades mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Siak yang telah memberikan bantuan melalui dana ADD untuk membangun Desa Sengkemang. Sekarang dana yang diterima telah dimanfaatkan dalam memperbaiki berbagai infra struktur, baik sarana jalan maupun yang lainnya yang manyangkut kepentingan masyarakat. Dikatakan Kades, untuk tahun 2012 ini Desa Sengkemang berharap kepada Pemkab Siak agar memberikan bantuan lebih dari sebelumnya. Hal itu karena masih banyak sarana yang masih minim. Kades Sengkemang yakin terhadap program Pemkab Siak memberikan kesejahteraan kepada masyarakat yang ada di desa. ”Semua program yang ada di Kabupaten Siak sangat menyentuh kepada masyarakat. Semua pembangunan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan,” ucap Kades. (sol)

Polres Siak

: 0764-20110

Polsek Sungai Apit

: 0766-51050

Polsek Minas

: 0761-993444

Polsek Perawang

: 0761-91448

Koramil Sungai Apit

: 0766-51061

Koramil Minas

: 0761-508033

SOLEMAN

BUPATI Siak, Drs H Syamsuar, MSi melantik empat kepala desa (Kades), Kamis (5/1). Keempat Kades tersebut yakni, Kades Empang Pandan, Tasik Seminai, Teluk Merempan dan Kades Teluk Lancang

Bupati Minta Kades Bekerja Sama  4 Kepala Desa Dilantik KOTOGASIB (VOKAL) - Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, Kamis (5/1) melantik empat kepala desa (Kades) dari dua kecamatan. Kepada Kades yang dilantik diharapkan mampu bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat. Turut hadir pada pelantikan yang berlangsung di halaman Kantor Camat Koto Gasib tersebut, Ketua DPRD Siak Zulfi Mursal, anggota DPRD asal Koto Gasib, Camat Koto Gasib Zulkifli, Kepala Badan/ kantor atau Instansi Pemkab Siak, Kapolres Siak, kepala UPTD se-Kecamatan Koto Gasib, tokoh masyarakat dan pemuda, undangan serta masyarakat.

Adapun empat Kades dari dua kecamatan yakni, Sumarno Kepala Desa Empang Pandan, Hadi Suprapto Kepala Desa Tasik Seminai Kecamatan Koto Gasib. Sedangkan Suhendrizal Kades Teluk Merempan, Mazwin Kades Teluk Lancang Kecamatan Mempura. "Sudah tidak zamannya kepala desa otoritas, harus bisa membangun desa dengan ke-

LAPORAN: SOLEMAN/SIAK

bersamaan, jalin hubungan harmonis dengan berbagai elemen yang ada di desa," pinta Syamsuar dalam arahannya. Syamsuar juga berharap agar kepala desa menjalankan ketentuan dan aturan yang telah diatur dalam perundangan. Ia juga mengajak kepada segenap warga desa untuk membantu tugas kepala desa terpilih dengan menyatukan potensi yang ada di tempat tinggal. Kades kata Bupati akan banyak menghadapi tantangan dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Oleh sebab itu diharapkan Kades bisa mengoptimalkan fungsi yang ada

 Capai Rp74 Miliar

Pemkab Naikkan Dana ADD 2012 SIAK (VOKAL) - Pemkab Siak tahun 2012 menaikkan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2012 dari Rp31 miliar menjadi Rp74 miliar. Dana tersebut 30 persenuntuk belanja aparatur, operasional pemerintahan desa dan BPD serta 70 persen untuk pemberdayaan masyarakat desa. Hal tersebut disampaikan Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi saat melantik Kepala Desa Empang Pandan, Tasik Seminai Kecamatan Koto Gasib, Kepala Desa Teluk Merempan Kecamatan Mempura, serta Kepala Desa Teluk Lancang Kecamatan Sungai Mandau di halaman Kantor Camat Koto Gasib, Kamis (5/1). Dikatakan Bupati, kenaikan ADD tersebut diharapkan membawa dampak positif dengan semakin aktifnya desa menggali potensi dan partisipasi warganya. Selain itu, Pemkab Siak pada Tahun Anggaran 2012 juga menganggarkan kenaikan penghasilan tetap bagi kepala desa dari tahun sebelumnya yang dianggarkan sebesar Rp1,3 juta naik menjadi Rp2 juta dan Ketua BPD dari Rp500 ribu menjadi Rp1 juta. Kenaikan tambahan penghasilan juga untuk Sekretaris Desa, Perangkat Desa dan Kepala Dusun, pengurus BPD,

Ketua RT dan RW di lingkungan Kabupaten Siak. “Tahun ini Pemerintah Kabupaten Siak berusaha semaksimal mungkin menghidupkan dan menyokong penuh pembangunan di desa melalui kenaikan ADD," jelas Syamsuar. Beberapa kenaikan biaya operasional yang dianggarkan dalam ADD antara lain, Bantuan Operasional PKK Desa dari Rp25 juta, anggaran MTQ Tingkat Desa naik menjadi Rp10 juta / tahun. Lalu pembinaan karang taruna naik menjadi Rp10 juta tahun, bantuan operasional LPMD naik menjadi Rp4 juta/tahun dari sebelumnya 2 Rp juta/tahun. Bantuan Operasional Posyandu naik menjadi Rp2,4 juta pertahun, operasional Hansip Rp3,6 juta pertahun, Bantuan Remaja Mesjid Rp6 juta pertahun, bantuan guru PAUD Rp250 ribu /orang/bulan, Bantuan P3N Rp240 ribu/Orang/bulan, bantuan garim Mesjid Rp100 ribu/orang/bulan. Bantuan Imam masjid Rp200 ribu/orang/bulan, bantuan guru MDA Rombel Rp25 ribu/jam, bantuan guru mMengaji tradisional Rp150 ribu/bulan. "Bantuan Sanggar Seni Rp5 juta/tahun, Bantuan Kelompok Dasawisma Rp5 juta/tahun,

bantuan kegiatan keolahragaan Rp10 juta/tahun, penghasilan tetap pagi perangkat desa dan pengurus BPD juga mengalami peningkatan.” jelas Bupati dalam sambutannya usai melantik para Kepala Desa. Khusus mengenai bantuan operasional TP PKK tingkat desa dan bantuan kelompok dasawisma desa yang dianggarkan dalam Alokasi Dana Desa menurut Bupati, dimaksudkan untuk mendorong peningkatan kinerja dan prestasi serta menunjang gerakan PKK dan para kader ditingkat Desa. "Saya berharap TPPKK di tingkat desa maupun di tingkat kecamatan terus meningkatkan program PKK dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga sehat dan sejahtera. Dalam sambutannya, Bupati juga meminta kepada para kepala desa yang baru dilantik agar segala sesuatunya yang berkaitan dengan sistem pengelolaan dana ADD agar kepala desa dan perangkatnya mengikuti acuan yang akan dituangkan lebih lanjut dalam suatu petunjuk teknis/peraturan bupati. Sehingga, pelaksanaan pengelolaannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.(zul)

saat ini. "Diharapkan juga bisa menggali sumber pendapatan asli desa, agar bisa mengurus desa sendiri, untuk menuju desa yang mandiri," harapnya. Sejauh ini, lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Siak telah berupaya mendukung pemerintah desa dengan baik. Salah satunya dengan melakukan pembinaan melalui koordinasi. Ia juga mengharapkan, pihak desa bisa mengelola segala macam bentuk dana yang dikucurkan untuk pembangunan desa dengan baik dan benar, agar tepat sasaran sesuai peruntukan. "Jangan sampai keinginan kelompok tertentu yang diakomodir, dengan mengabaikan segala priorotas. Karena Kepala Desa tidak boleh ada keberpihakan dengan salah satu kelompok saja, tetapi kepala desa hadir untuk seluruh masyarakat desa yang dipimpinnya," harap Bupati. Untuk memajukan masyarakat desa, khususnya untuk membantu masyarakat miskin, kedepannya akan diadakan lagi

program pembangunan rumah layak huni untuk masyarakat miskin. Diharapkan kepada pihak desa untuk mendata masyarakat yang layak menerima program tersebut. Ia juga mengucapkan selamat kepada Kepala Desa yang dilantik, serta kepada ibu-ibu ketua tim penggerak PKK yang pada kesempatan tersebut juga dilakukan ambil sumpah dan pelantikannya. Diharapkan bisa menjaga kepercayaan masyarakat, menjalankan amanah dan melayani masyarakat. Karena apa yang telah diamanahkan akan diminta pertanggung jawabannya di dunia dan akhirat kelak, atas apa yang dilakukan selama memimpin. Acara pengambilan sumpah dan pelantikan tersebut, diakhiri dengan penyampaian ceramah agama yang disampaikan oleh ustadz Yurnalis. Ia menyampaikan beberapa pelajaran tentang betapa pentingnya hidup sesuai dengan tuntutan agama Islam, yang berlandaskan AlQura'n dan Sunnah Rasul.(***)

ZULFAHMI

TEKEN PRASASTI - Wakil Bupati Siak, Drs H Alfedri, MSi didampingi Ketua DPRD Siak, Zulfi Mursal, SH menandatangani prasasti peresmian Pos Kesehatan Desa di Desa Kayu Ara Permai, Kecamatan Sungai Apit baru-baru ini.

 Memajukan Desa Koramil Perawang

: 0761-92919

Rumah Sakit Siak

: 0764-20011

Pemadam Kebakaran

: 0764-322113

Kantor Pos dan Giro

: 0764-20347

Informasi

: 0764-20108

Telkom

: 0764-20000

PLN

: 0764-20073

Penanggung Jawab/Redaktur: Ridwan

Wabup Imbau Masyarakat Bekerja Keras SIAK (VOKAL) - Perkembangan suatu desa sangat ditentukan oleh kerja keras masyarakatnya dan memanfaatkan potensi yang ada di desa. Faktor pendukung lainnya yakni saling bahu membahu masyarakat dalam membangun desanya. Demikian dikatakan Wakil Bupati Siak, Drs H Alfedri saat memberikan sambutan pada peresmian Pos Kesehatan Masyarakat yang dibangun melalui dana PNPM Mandiri Desa di Desa Kayu Ara Permai, Rabu (4/1). Lebih lanjut disampaikan Alfedri, bahwa untuk mem-

bangun desa diperlukan strategi dan upaya pemberdayaan potensi desa menuju desa mandiri. Diantaranya pengembangan sistem perencanaan desa, peningkatan produksi dan kualitas komoditi unggulan desa. Hal lain yang diperlukan adalah pembangunan dan pengembangan lembaga ekonomi masyarakat desa serta pembangunan sarana dan prasarana desa. Melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri mulai tahun 2007, kata Wabup, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam

hal penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat. Mulai dari tahan perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan dan evaluasi. "Untuk lebih suksesnya pelaksanaan PNPM Mandiri pedesaan, kepada instansi terkait agar melakukan sosialisasi sebagai upaya untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan informasi mengenai pelaksanaan PNPM Mandiri pedesaan kepada masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupa-

ten Siak, Hj Rubiati dalam sambutannya mengatakan, rumah tangga sasaran di Kabupaten Siak, 40 persen kelompok masyarakat menengah kebawah berjumlah 17.300 rumah tangga, sedangkan di Kecamatan Sungai Apit berjumlah 1.712 rumah tangga. Kecamatan dan Desa yang mendapat program PNPM Mandiri Perdesaan di Kabupaten Siak dari Tahun 20072011 berjumlah 6 kecamatan dan 58 desa, dengan alokasi dana mencapai Rp30 miliar lebih. Dana tersebut bersumber dari dana APBN sebersar

Rp16,5 miliar dan dana APBD Kabupaten Siak sebesar Rp14 miliar lebih. Khusus untuk kecamatan Sungai Apit, jumlah desa yang mengikuti program ini sebanyak 13 desa dengan alokasi dana sebesar Rp5.7 miliar lebih. Masing-masing dana APBN Rp3 miliar lebih dan dana APBD Siak Rp2,7 miliar lebih. Pada tahun 2012, alokasi dana PNPM MP berjumlah Rp6 miliar lebih, untuk APBN sebesar Rp4 miliar lebih dan APBD Siak Rp2 miliar dan untuk Kecamatan Sungai Apit Rp1 miliar lebih. (zul) Perwajahan: RINTO HARMIKO


JUMAT

13

HARIAN VOKAL

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

LINTAS

Peringatan HUT Daerah Bukan Sekedar Seremonial

Komisi B DPRD Akan Panggil Perusahaan RENGAT (VOKAL)– Komisi B DPRD Inhu akan memanggil perusahaan perkebunan di Inhu yang tidak hadir dalam acara expo yang digelar di aula Bappeda Litbang Inhu. “Tapi sebelum memanggil perusahaan tersebut, pihak Bappeda Litbang selaku pelaksana kegiatan itu kita panggil terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Bappeda melayangkan undangan ke perusahaan tersebut jauh-jauh sebelum kegiatan, atau mendekati waktu pelaksanaan kegiatan tersebut. Artinya, sebelum pemanggilan perusahaan itu, kita cari dulu inti persoalan keridakhadiran mereka,” ujar Ketua Komisi B DPRD Inhu, Manahara Napitupulu, SH, kepada Vokal, belum lama ini. Menurut Manahara, expo pendidikan dan dunia usaha yang diselenggarakan Bappeda Litbang Inhu itu merupakan momen penting bagi kemajuan pendidikan dan perekonomian masyarakat Inhu. Apalagi dunia usaha memiliki akses kepada masyarakat, khususnya yang bergerak di bidang perkebunan. Dalam expo itu, sebutnya, Bupati Inhu, Yopi Arianto, SE, meminta agar perusahaan yang tidak hadir supaya ditindaklanjuti oleh intansi terkait, demi memajukan perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat disekitar perusahaan terebut. Kepala Bappeda Litbang Inhu, Isjarwadi, SE, ketika dikonfermasi terkait ketidak hadiran beberapa perusahaan dalam acara expo itu, mengatakan, persoalan tersebut sedang dibahas dengan dinas perkebunan, karena undangan kepada tersebut melalui instansi terkait, yakni Dinas Perkebunan. (obr)

Kajari Rengat Ucapkan Perpisahan RENGAT (VOKAL)–Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Rengat, Mahyuwanti Laorani, SH, menggunakan kesempatannya bertemu Bupati Inhu, Yopi Arianto, SE, serta seluruh unsur muspida Pemkab Inhu, usai rapat paripurna istimewa DPRD Inhu berisi agenda peringatan hari jadi Kota Rengat ke-197, untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kerjasama Pemkab Inhu beserta unsur muspidanya, selama Mahyuwanti bertugas di Rengat. “Saya menghaturkan terima kasih tak terkira kepada Bupati Inhu, Bapak Yopi Arianto, SE, atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan kata perpisahan kepada seluruh muspida dan pejabat di lingkungan Pemkab Inhu,” ujarnya di Kantor DPRD Inhu, Kamis (5/1). “Saya meminta maaf, sekaligus berterima kasih atas kerjasama yang baik dari Pemkab Inhu beserta seluruh unsur muspida Inhu, yang telah membantu saya selama bertugas sebagai Kajari di Rengat. Selaku manusia biasa yang tak lepas dari berbagai kesalahan dan kekhilafan, saya berharap mohon dimaafkan jika saya pernah berbuat salah selama bertugas di sini,” tuturnya. Diakuinya, dirinya berat meninggalkan Kabupaten Inhu, namun sebagai PNS, dua harus menerima mutasi untuk melaksanakan tugas ke daerah lain. Artinya, dia harus meninggalkan Kabupaten Inhu demi melaksanakan amanah yang telah dipercayakan kepadanya. Ucapan dan terimakasih juga disampaikan Bupati Inhu atas pengabdiannya selama bertugas sebagai kepala di Kekasaan Negeri (Kejari) Rengat selama ini. (obr)

OBRIN

BUPATI Inhu Yopi Arianto, SE (tengah), foto bersama unsur muspida dan anggota legiun veteran di Makodim 0302 Rengat, kemarin.

RENGAT (VOKAL)–Peringatan hari jadi suatu daerah bukan hanya dirancang untuk sekedar peringatan seremonial semata, namun harus diambil makna strategis sebagai hikmah dibalik peringatan tersebut. Hal tersebut dikatakan Bupati Inhu, Yopi Arianto, SE, usai acara tabur bunga di Sungai Indragiri, tepatnya di Jembatan Trio Amanah Indragiri (TAI), Kamis (5/1), sempena peringatan HUT Legiun Veteran ke-55. “Oleh karena itu, momentum peringatan ini hendaknya dijadikan sebagai wahana reflektif untuk melakukan serangkaian evaluasi atas apa yang telah dilaksanakan, dalam berkontribusi memberikan warna dan makna dalam perjalanan sejarah Kabupaten Inhu ini,” ujarnya. Sebelum melakukan tabur bunga di Jembatan TAI, Bupati Inhu melakukan silaturahmi ke Makodim 0302 Rengat, serta memimpin upacara hari jadi Kota Rengat ke-197 di Tugu Pahlawan, tepatnya di depan rumah dinas Bupati Inhu. Upacara yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB itu diikuti seluruh unsur muspida dan seluruh satker di lingkungan Pemkab Inhu. Sementara, Wakil Bupati Inhu, H Harman Harmaini, SH MM, melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pematang Reba. Terakhir, Bupati didamping Wakil Bupati Inhu kemudian menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD Inhu dengan agenda memperingati hari jadi Kota Rengat di Kantor DPRD Inhu. Dalam kesempatan itu, bupati mengajak seluruh jajaran birokrasi, dunia usaha, serta segenap lapisan masyarakat agar menumbuhkan tekad dan semangat untuk ambil bagian mengisi pembangunan Kabupaten Inhu. (obr)

Karyawan PT Kaswari Tertimbun Longsor RENGAT (VOKAL)- Hingga Kamis (5/1)kemarin, upaya evakuasi terhadap Marzuki (29), warga Blok E, Kecamatan Seberida, Inhu, karyawan PT Kaswari, sub kontraktor pada PT Riau Bara Harum (RBH), yang tewas tertimbun longsor pada Rabu (4/1) lalu, masih terus dilakukan. Sementara PT RBH belum juga melaporkan peristiwa kecelakaan kerja yang dialami Marzuki itu ke Kantor Departemen Tenaga Kerja, serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek). Akibatnya, perusahaan tersebut terancam tidak dapat mengeluarkan biaya jaminan kecelakaan melalui Jamsotek. Selain itu, PT RBH juga dapat dipidanakan. Marzuki tertimbun tanah saat mengoperasikan eskavator, dimana lokasi tempatnya bekerja tiba-

tiba mengalami longsor, Rabu (14/ 1) lalu, sekitar pukul 16.30 WIB. Marzuki yang ketika itu tengah asyik menggali tambang batu bara, tertimbun longsoran tanah dengan kedalaman sekitar 15 meter. Korban tertimbun bersama eskavator yang dioperasikannya. Meski salah seorang karyawan perusahaan tersebut tertimbun longsor, namun karyawan PT RBH lainnya masih tetap beraktivitas seperti biasanya, seolah tidak terjadi apa-apa di lapangan. Sementara, upaya evakuasi kor-

ban terus dilakukan. Kapolres Inhu, AKBP Hermansyah, SH Sik, ketika dikonfirmasi, Kamis (5/1), melalui Kapolsek Batang Gansal, Iptu Imron Teheri, S.Sos, menyebutkan bahwa Marzuki yang tertimbun tanah longsor sejak Rabu (4/ 1) itu belum ditemukan. “Upaya pencarian terjadap korban terus dilakukan. Namun pencarian sedit mengalami kesulitan akibat lokasi galian yang cukup dalam,” katanya. Kepada wartawan, Camat Batang Gangsal, Arkadius, Kamis (5/ 1) mengatakan, Marzuki tertimbun longsor saat sedang bekerja di areal tambang batu bara. Saat itu korban mengoperasikan ekskavator bersama rekannya sesama operator. Beruntung rekan korban berhasil menyelamatkan

BPMD PPT Inhu Surati Perusahaan tak Punya Izin RENGAT (VOKAL)–Kepala Badan Penanaman Modal Daerah dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMD-PPT) Inhu, Adri Respen, menegaskan, pihaknya akan segera menyurati beberapa perusahaan yang hingga saat ini belum juga mengantongi izin. Penegasan itu disampaikannya kepada Vokal, Kamis (5/1), saat dikonfirmasi usai peringatan hari jadi Kota Rengat di Kantor DPRD Inhu. “Sebelum kita mengambil tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku, terlebih dahulu kita akan menyurati beberapa perusahaan yang belum mengurus perizinan.

Sebab, hingga saat ini masih banyak perusahaan perkebunan kepala sawit yang beroperasi di Kabupaten Inhu tidak juga mengurus perizinannya,” ujarnya. Dikatakannya, pihaknya tidak hanya menyurati saja perusahaan-perusahaan tersebut, tapi juga akan turun langsung ke lapangan untuk jemput bola. Dari beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kabupaten Inhu, sebahagian diantaranya tidak memilik izin HO, IMB, SIUP dan perizinan TDP. Dianatara perizinan itu, sebagian besar perusahaan tersebut tidak memiliki izin IMB

pada perumahan perusahaan. Sejak tahun 2011 lalu, inbuhnya, sudah ratusan perizinan dituntaskan demi menggenjot pasokan pendapatan asli daerah (PAD).Kemudian tahun 2012 inu direncanakan akan dilakukan inventarisasi bagi keseluruhan yang menyangkut perizinan. “Karena seperti permintaan Bapak Bupati Inhu, perusahaan yang belum taat aturan agar dibenahi. Namun untuk menindaklanjuti arahan Pak Bupati terebut, direncanakan kita akan mengadakan rapat dengan instansi terkait,” pungkasnya.(obr)

diri, sedangkan korban Marzuki dan dua eksavator lainnya tertimbun longsoran. Disebutkannya, usaha evakuasi korban masih terus dilakukan pihak kepolisian dibantu masyarakat setempat dan keluarga korban. “Kita berharap upaya evakuasi bisa membuahkan hasil,” harapnya. Sementara, Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disosnakertrans), Ir Heri Tejowaskito, ketika dikonfirmasi melalui Kabid Ketenagakerjaan, Drs Syamsul Isbar, MM, kemarin, mengatakan, peristiwa tersebut hingga kemarin belum dilaporkan PT RBH ke Dissosnaketrans dan PT Jamsostek. “Sampai hari ini (Kamis 5/1, red), perusahaan tempat korban bekerja belum melaporkan kejadian itu, padahal hak-hak korban harus dipenuhi,” ujar Syamsul. Dikatakan Syamsul, sesuai UU Nomor 3 Tahun 1992 tentang jaminan sosial tenaga kerja, perusahaan wajib melaporkan kejadian tersebut tidak kurang dari 2 kali 24 jam. Karena itu berkaitan dengan biaya jaminan kecelakaan kerja yang akan diterima keluarga korban melalui Jamsostek. Setiap karyawan yang mengalami kecelakaan kerja hingga meninggal dunia, imbuhnya, ahli waris akan menerima biaya kematian berupa uang pemakaman Rp2 juta, dan biaya berkala sebesar Rp200 ribu selama 2 tahun. Selain itu, juga ada hak karyawan berupa biaya jaminan kecelakaan, dengan rincian 70 persen kali 80 kali 1 bulan. Dicontohkannya, apabila gaji karyawan mencapai Rp5 juta/ bulan, dikali 80 bulan, dimana 70

persen dari hasil itu adalah hak karyawan tersebut. Hal itu diatur melalui PP Nomor 4 tahun 1993 tentang hak-hak karyawan. Untuk itu dia berharap, perusahaan yang mempekerjakan korban sebaiknya secepat mungkin melaporkan kejadian yang ada. Sehingga perusahaan tidak mengalami kendala mengeluarkan biaya jaminan kecelakaan karyawan. Sementara itu, PT RBH melalui humasnya, Bambang W, menegaskan bahwa kecelakaan kerja yang dialami Marzuki, karyawan PT Kaswari, sub kontraktor PT RBH tersebut, merupakan tanggungjawab sub kontraktor. Bambang yang dikonfirmasi Kamis (5/1) mengakui hingga saat kemarin korban belum ditemukan. “Baru satu alat berat yang ditemukan. Sementara korban bersama alat berat yang dipakainya belum berhasil ditemukan, dan masih terus dilakukan pencarian,” ucapnya. Terkait belum dilaporkan kejadian itu kepada Disosnakertran dan pihak Jamsostek, Bambang mengatakan, laporan itu akan dilakukan oleh PT Kaswari selalu sub kontraktor. “Korban bekerja di PT Kaswari selaku sub kontraktor, begitu juga dengan laporan kepada instansi terkait,” pungkasnya. Ketika hal ini akan dikonfirmasikan kepada pihak PT Kaswari, yang berkompeten mengenai hal itu belum berhasil dihubungi. Begitupun saat nomor HP bagian personalia, Fevi, coba dikontak, juga belum bisa tersambung. Bahkan beberapa saat kemudian, HP tersebut langsung non aktif, setelah dikirim sms untuk konfirmasi. (roc/del)

Sekretariat Daerah: 0769-341009

 Peringatan HUT ke-197 Kota Rengat

Sekretariat DPRD: 0769-311341

Perda 02 Tahun 2006 Perlu Dikaji Ulang

Pengadilan Negeri Rengat : 0769-341059 Pengadilan Agama Rengat : 0769-341102 Kejaksaan Negeri Rengat : 0769-341271 PDAM : 0769-21634 Kantor Satpol PP : 0769-341137 Kodim 0302 Inhu : 0769-21035 Polres Inhu : 0769-21110 Polsek Peranap : 0769-561110 Polsek Lirik : 0769-41033 Polsek Pasir Penyu : 0769-41110 RSU Indrasari Rengat : 0769-341066 Penanggung jawab/redaktur: DELFI INDRA

RENGAT (VOKAL)–Bupati Kabupeten Indragiri Hulu (Inhu) Yopi Arianto, SE, mengungkapkan, peringatan hari jadi Kota Rengat yang dilaksanakan setiap tanggal 5 Januari, merupakan implementasi bahwa masyarakat Inhu tidak pernah melupakan peristiwea bersejarah tersebut. Hal tersebut diungkapkannya saat menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD Inhu berisi agenda peringatan hari jadi Kota Rengat ke-197, Kamis (5/1) di Kantor DPRD Inhu. Lebih jauh diungkapkannya, peristiwa bersejarah tersebut berupa peletakan batu pertama Masjid Raya Rengat oleh Sultan Ibrahim pada tanggal 5 Janurai 1815. Peletakan batu pertama masjid tersebut untuk selanjutnya menjadi tonggak sejarah perkembangan Kota Rengat. “Peristiwa itu, setelah melalui serangkaian penelitian dan seminar, dianggap sebagai dasar penentuan hari jadi Kota Rengat, yang kemudian diperkuat berdasarkan peraturan daerah (Per-

da) Kabupaten Inhu Nomor 02 Tahun 2006,” jelasnya. Kendati demikian, Yopi memandang Perda Nomor 02 Tahun 2006 tentang hari jadi Kota Rengat tersebut perlu dikaji ulang. Pasalnya, status Kota Rengat juga sebagai ibu kota Kabupaten Inhu, menimbulkan kerancuan hari jadi Kota Rengat itu sekaligus merupakan hari jadi Kabupaten Inhu. Karena itu timbul pandangan yang menyatakan perlunya penetapan hari ulang tahun Kabupaten Inhu. “Kami sebagai penyelenggara pemerintahan sangat terbuka terhadap berbagai tanggapan dan saran terkait masalah tersebut. Namun, sebagai sebuah produk hukum, maka penetapan Perda tersebut tentu saja harus melalui mekanisme yang berlaku di negara kita,” ujar Yopi. Oleh karena itu, imbuhnya, perlu kiranya seluruh unsur masyarakat kembali duduk bersama membahas, sehingga diharapkan ada persamaan visi dan pandangan mengenai hari jadi

Kota Rengat itu. “Namun dibalik seluruh dinamika yang terjadi, kita patut bersyukur kepada Allah SWT, bahwa kondisi Rengat dan Kabupaten Inhu secara umum berada dalam kondisi aman dan kondusif. Terciptanya kondisi demikian berkat dukungan dan kerjasama seluruh

unsur masyarakat,” sebutnya. Diungkapkannya, dalam perjalanan menuju usianya yang ke197 tahun, Kota Rengat telah menuntaskan sejumlah perhelatan besar, yakni Pekan Olahraga Daerah Kabupaten Inhu yang pertama, serta MTQ XXX Provinsi Riau baru-baru ini.

DOK HUMAS

BUPATI Inhu, Yopi Arianto, SE (kiri), didampingi Wakil Bupati Inhu, Harman Harmaini (kanan), beserta seluruh unsur muspida pada tahlilan bersama masyarakat Inhu dalam rangka peringatan HUT Kota Rengat, Rabu (4-1).

Masyarakat Inhu, imbuhnya, harus terus bergerak, berfikir, dan berkreativitas dengan menciptakan kebersamaan untuk membangun Kota Rengat serta Kabupaten secara umum. Sementara, Ketua DPRD Inhu, Drs Ahmad Arif Ramli, selaku pimpinan rapat paripurna itu mengatakan, DPRD Inhu akan menampung dan menerima setiap aspirasi masyarakat. Dalam hal ini, imbuhnya, DPRD Inhu telah menerima berbagai saran dan usulan berbagai pihak mengenai Perda Nomor 02 Tahun 2006 mengenai hari jadi Kota Rengat itu. DPRD Inhu juga menilai Perda Nomor 02 Tahun 2006 tersebut perlu mendapat kajian yang lebih mendalam lagi, sehingga tidak timbul perbedaan persepsi di tengah masyarakat. “Kajian tersebut hendaknya dilihat dari sisi sosiologis, psikologis, yuridis, serta akademis, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Sehingga dihasilkan satu pokok pikiran yang sama nantinya,” pungkasnya. (obr) Perwajahan: ZULQIFLI


14 JUMAT

HARIAN VOKAL

06 Januari 2012/12 Shafar1433 H

LINTAS Kemenag Kunjungi Dua Panti Asuhan PASIRPENGARAIAN(VOKAL)-Kementrian Agama (Kemenag) Rohul bekerja sama dengan badan amil zakat (BAZ) melakukan kunjungan silaturrahmi (anjangsana) ke dua panti asuhan yakni Panti Asuhan Teriak Putri Tujuh Ujungbatu dan Panti Asuhan Budi Mulya Pasir Pangaraian baru-baru ini. Kunjungan ini dilakukan bersempena dengan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-66 Kemenag tahun AHMAD SUPARDI 2012. Hal tersebut juga dilakukan guna meningatkan silaturahmi antara Kemenag Rohul bersama pengurus BAZ Rohul dan juga pengurus serta anak-anak yatim di kedua panti asuhan. Turut hadir dalam kunjungan tersebut Ketua BAZ Rohul H Syamrikardo, Ketua Dharma Wanita Kemenag Rohul, Hj Mariam Semahu Hasibuan, Ketua Panitia HAB ke-66 H Zulkifli, Kasi Mapenda, H Syahrudin, Kasi Urais, H Rahman Jailani, Sekretaris BAZ Elfalisman, Bendahara BAZ H Erkat Siregar beserta rombongan lainnya. Ahmad Supardi mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka menjalin kerja sama dalam kualitas SDM anak-anak yatim khususnya dalam bidang pendidikan. Dengan harapan ke depannya tidak ada anak-anak jati diri Rohul termasuk anak-anak yatim yang tidak bisa sekolah atau putus sekolah karena tidak ada biaya. “Kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian kita atas nasib dan masa depan anak-anak yatim itu. Diharapkan kepada seluruh anak-anak panti asuhan agar berbesar hati tinggal dipanti asuhan ini. Sekaligus meningkatkan semangat belajar, sebab sejarah mencatat bahwa banyak orangorang besar yang lahir bukan karena kepintarannya tetapi karena kesungguhan dan kerja kerasnya,” tukas Kemenag. (utr/mza)

Kasus Bakar Diri, Mujiadi Diperiksa PASIRPENGARAIAN(VOKAL)-Kepala Kepolisian Sektor kabun, Kabupaten Rokan Hulu AKP Muslim memeriksa Mujiadi sebagai saksi terkait kasus upaya bunuh diri Desi Kelana (29) warga desa Bonca Kusuma, Kecamatan Kabun, Kamis (5/1). Dikatakan, Muslim saat ini Mujiadi masih dalam pemeriksaan, sedangkan pacarnya Desi karena mengalami luka bakar hingga 70 persen. Saat ini ia di rujuk ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, setelah yang sebelumnya di rawat di klinik Panji Husada Kabun. "Saat ini Mujiadi masih dalam pemeriksaan terkait penyebab dan pemicu kejadian, hingga menyebabkan korban selaku pacarnya nekat mencoba bunuh diri. Korban saat ini masih menjalani perawatan di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru,” ungkap kapolsek. Kejadian bakar diri bermula, Selasa (03/01/ 12) sekitar pukul 08.00 WIB saat korban mencoba bunuh diri dengan cara membakar diri, cemburu kepada wanita yang sudah dilarangnya bekerja di konter Hp Mujiadi masih bekerja di pagi harinya. Mujiadi tidak mengindahkan permintaan korban, sehingga menimbulkan api cemburu korban. Korbanpun berusaha mengambil seliter minyak bensin dan menyiramkan ke tubuhnya sendiri, menggunakan api dari mancis iapun menyulutkan api ke tubuhnya sendiri dengan niatan hendak bunuh diri. Kobaran api sempat membakar tubuh korban. Melihat hal itu, warga sekitar berdatangan dan berusaha memadamkan api. Dengan bantuan warga, korban di larikan ke klinik Panji Husada Kabun. Sehingga korban berhasil terselamatkan dari bunuh percobaan bunuh dirinya. “Korban membakar dirinya dengan menyiramkan bensin 1 liter ditubuhnya dan menyulutkan api dari mancis sehingga korban mengalami luka bakar hingga 70 persen. Kasus ini masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” tukas kapolsek. (utr)

SekretariatDPRD

: 0762-91460

Polres

: 0762-91110

PolsekUjungbatu

: 0762-61110

PolsekKuntoDarussalam

: 0762-62515

PemadamKebakaran

:0852713373707

KantorBappeda

: 0762-91530

Kajari Pasirpengaraian

: 0762-91226

PengadilanNegeri

: 0762-91677

Kantor Pos Pasirpengaraian

: 0762-91221

RumahSakitUmumDaerah

: 0762-91777

BankRiauPasirpengaraian

: 0762-91260

BRIPasirpengaraian

: 0762-91161

BankMandiriUjungbatu

: 0762-61147

PLNRantingPasirpengaraian

: 0762-91260

Penanggung Jawab/Redaktur: MARZULI ADI

RTC

BONGKAR MUATAN - Sebuah truk harus membongkar muatannya karena terpuruk di jalan rusak yang berada di perbatasan Rohul-Pasaman (Sumbar). Warga tiga desa di sana lebih 'memilih' ke Sumbar karena mudahnya akses jalan.

Ketua DPRD Tolak Perampingan Honorer PASIRPENGARAIAN(VOKAL)-Wacana rasionalisasi perampingan 1.900 tenaga honor di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu ditolak Ketua DPRD Hasanudin Nasution. Menurutnya, wacana itu tidak mendasar dan tidak sesuai peraturan berlaku. “Itu terlalu mengada-ngada kan, dikhawatirkan akan mengancam stabilitas dan tidak mendasar. ekonomi dan keamaKebijakan itu tidak nan daerah kita, sesesuai kepentingan bab pemerintah karakyat dan peratubupaten salah meran perundang-unngambil kebijakan radangan,” katanya sionaliasi tenaga honkepada wartawan, or tersebut,” saranKamis (5/1). nya. Ia beranggapan, Ia sangat berhawacana dan kebijakan rap, Pemkab mengepemerintah tidak unluarkan kebijakan detuk kepentingan mangan didasari persyarakat. Karena ituHASANUDIN aturan berlaku, tidak lah ia tidak menyetujui rencana rasionalisasi tenaga berpatokan pada kebijakan pehonor, sebab hanya berupa an- merintah dari daerah lain dan juran dari Kementrian Pember- juga anjuran pihak lain. Sehingdayaan Aparatur Negara, bukan ga tidak mencederai nilai-nilai peraturan perundang-undangan kemanusian, dan menganggu stabilitas keamanan daerah. dan peraturan pemerintahan. “Kalau wacana tetap dilaku- (rtc/mza)

Bupati Minta Aparatur Kemenag Tingkatkan Kinerja UJUNGBATU(VOKAL)-Bupati Rokan Hulu H Achmad yang menjadi inspektur upacara (Irup) pada Peringatan Hari Bhakti Kementrian Agama ke-66, Selasa (3/ 1) di Lapangan Ampera Ujungbatu, mengingatkan kepada aparatur Kementerian Agama Rokan Hulu meningkatkan keprofesionalan dan kinerja. Upacara HAB ke-66 Kemenag Rokan Hulu dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Rohul H Ahmad Supardi Hasibuan, unsur Muspida Rohul, kepala dinas dan badan di lingkungan Pemkab Rohul, pejabat di lingkungan Kemenag Rohul, dan seluruh PNS di lingkungan Kemenag Rohul. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan amanat tertulis Menteri Agama RI, yang intinya mengingatkan kepada jajaran Kemenag bahwa memasuki usia yang ke-66 ini sepatutnya bisa merenungkan kembali titik tolak perjalanan dan kiprah Kementerian Agama dalam pusaran sejarah bangsa. Seiring dengan perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, isu-isu agama yang akan semakin berat ke depan. Lanjutnya, jajaran aparatur Kementerian Agama juga harus memahami misi, tugas dan fungsi Kemenag yang harus diperkuat dari masa ke masa serta memahami peran aktual Kemenag ditengah perkembangan bangsa. Baik Negara dan kehidupan umat beragama.

Hal itu, kata Achmad, adalah tugas yang tidak ringan karena menyangkut pengelolaan aspek mendasar dan peka dalam kehidupan bangsa, yang menuntut tangung jawab profesional dan tanggung jawab moral dari semua. Ia menghimbau kepada keluarga besar Kemenag agar mentaati aturan dan pedoman penyelanggaraan tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntabel berdasarka kerangka manajerial dan moral yang ketat. “Lakukan pengawasan melekat dalam diri kita. Tempatkan proposi kewenangan yang dimiliki serta pertimbangkan secara matang segala langkah dan tindakan yang akan dilakukan,” paparnya. Bupati ingatkan, aparatur Kemenag agar memperbaiki lingkungan dengan menciptakan suasana yang mendukung bagi terlaksananya program pencegahan dan pemberantasan korupsi. Jauhkan lingkungan yang terkait dengan sikap dan sistem yang dapat mengarahkan kita pada perbuatan koruptif. “Tugas dan fungsi yang dikelola oleh Kementerian agama yakni, peningkatan kualitas kehidupan beragama, peningkatan kualitas kerukunan ummat beragama, peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, peningkatan madrasah serta peningkatan kualitas penyelanggaan ibadah haji,” terangnya. (utr/mza)

KETUA Harian KPA Rohul M Yakup memaparkan berbagai program untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS dalam sosialisasi yang melibatkan tokoh ulama dari 16 kecamatan. Acara ini digelar di Gedung Wanita Pasirpangaraian, Kamis (5/1/12) pagi. RTC

 Cegah HIV/AIDS

KPA Rangkul Tokoh Agama Kecamatan PASIRPENGARAIAN(VOKAL)Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Rokan Hulu, melibatkan tokoh agama dalam penanggulangan virus HIV/AIDS kepada generasi muda. Kamis (5/1/12) pagi, KPA menggelar sosialisasi bahaya HIV/AIDS kepada tokoh ulama dari 16 kecamatan. Sosialisasi di Gedung Wanita Pasirpangaraian, merupakan strategi KPA Rohul dalam upaya mencegah penyebaran virus Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) terus meningkat. Kegiatan sosialisasi yang dibuka Ketua Harian KPA Rohul M Yakup, dihadiri Sekretaris KPA Provinsi Riau dr Musa Amir, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul Wildan Asfan Hasibuan, Ketua LAMR Rohul Tengku Rafli Armein, serta diikuti ratusan tokoh agama se-Kabupaten Rohul. M Yakup, yang juga Asisten

Bidang Ekonomi Pembangunan mengatakan, sosialisasi kepada tokoh agama itu sebagai langkah tepat dalam mencegah penyebaran HIV/AIDS. Kasus penyakit mematikan ini di Kabupaten Rohul meningkat, yang mana pada 2008 telah terjadi 10 kasus, 2009 terjadi 13 kasus, 2010 meningkat 16 kasus, dan 2011 meningkat drastis hingga 24 kasus. Meningkatnya penderita HIV/AIDS, katanya akibat penyalahgunaan Narkoba, jarum suntik narkoba, seks bebas, transfusi darah, dan pisau cukur. Tapi yang paling dominan dihuni para pelaku yang kerap gelar seks bebas. “Sebagai langkah prefentif, selamatkan generasi muda Rohul, diharapkan tokoh agama ikut sosialisasikan bahaya penyakit ini. Penyakit ini belum ada obatnya. Selain peran keluarga, peran tokoh agama juga sangat membantu minimalisir penyakit laknatullah,” ajaknya.

Sekretaris KPA Riau Musa Amir, mengatakan penyebaran virus HIV/AIDS di Provinsi Riau cukup tinggi, bahkan Riau masuk dalam sepuluh besar dengan jumlah penderita sekitar 1.300 orang lebih, meliputi sekitar 700 kasus lebih positif HIV, dan 600 kasus lebih masyarakat Riau positif menderita AIDS. Stigma negatif masyarakat yang terkesan diskrimanasi terhadap penderita HIV/AIDS, dinilainya sebagai fenomena gunung es. Sebab hanya permukaan yang terdeteksi, sementara bawahnya yang terindikasi lebih banyak lagi kasus sulit diungkap. “Diharapkan stigma negatif di masyarakat hilang, sehingga memudahkan kita dalam melakukan pendataan dan cara penanggulangannya,” harap Musa. Sekretaris KPA Rohul Wildan Asfan Hasibuan, mengaku selama 2011 telah terjadi 2011 kasus penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Rohul, meliputi 16 pen-

PDI-P Lebarkan Sayap di Bonai PASIRPENGARAIAN(VOKAL)Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Rokan Hulu melebarkan sayap hingga ke kecamatan Bonai Darussalam dengan mengadakan pemilihan Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) pada Musyawarah Anak Cabang (Musancab) di Bonai, Rabu (4/1). Pada Musancab tersebut, terpilih sebagai ketua PAC Ismiaji yang langsung dilantik oleh Wakil Ketua Bidang Kader dan Organisasi yang sekaligus menjabat anggota DPRD Rohul, Tengku Syafril Arif. Pelantikan disaksikan oleh ketua DPC Ro-

kan Hulu Syaparuddin Poti dan kader PDI-P. Tengku Syafril Arif mengingatkan kepada ketua PAC PDI-P terpilih dan pengurusnya bahwa dalam partai jangan sampai memandang ras suku dan agama dan juga jangan mementingkan diri sendiri, namun pentingkanlah kepentingan masyarakat dan pengembangan di desa dan SDM. Sesuai Tema kali ini lanjutnya, "Mari tanamkan ideologi partai dan spirit perjuangan dalam mensejahterakan masyarakat kecil" dengan itu, ia mengajak kader PDI-P di PAC hingga Ranting agar berjuang ber-

sama-sama dalam mensejahterakan masyarakat serta meningkatkan semangat. Ketua DPC PDI-P, Syaparuddin Poti juga menegaskan bahwa telah dicanangkan dari Mega wati untuk kesejahteraan masyarakat dengan membuat program untuk memberikan bantuan untuk kader PDI-P di pedesaan seperti pertanian, peternakan dan lainnya. Hal ini untuk menunjang kehidupan para Kader.Selain itu katanya, pihaknya juga akan memperjuangkan seluruh aspirasi masyarakat ke Propinsi hingga ke tinggat pusat. (utr/ mza) Perwajahan: ISKANDAR


15

PEKANBARU JUMAT

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

HARIAN VOKAL

LINTAS KOTA Tumpukan Sampah Mulai Resahkan Warga PEKANBARU(VOKAL)-Tumpukan sampah yang mulai menyebarkan aroma tidak sedap mulai meresahkan warga Jalan Meranti Ujung, Kecamatan Payung Sekaki. Tumpukan sampah yang mulai tinggi juga tak kunjung diangkut oleh pihak Dinas Kebersihan Kota Pekanbaru. Bau busuk dari tumpukan sampah ini mulai mengganggu penciuman warga saat melewati jalan tersebut. Hal ini juga mulai dikeluhkan warga dan para pengguna jalan tersebut. "Sudah lama sekali sampah menumpuk di sini, namun tidak kunjung diangkut oleh petugas kebersihan," tutur Azwir, seorang pengguna jalan, Kamis (5/1). Selain di Jalan Meranti Ujung, tumpukan sampah juga terlihat di simpang empat Jalan Lili. Meskipun sudah terpasang dengan jelas peringatan "Dilarang membuang sampah di sini", namun peringatan ini tidak begitu diperhatikan warga. Alhasil, tumpukan sampah semakin menumpuk setiap harinya. "Tulisan peringatan ini sudah lama terpasang, namun tetap aja warga membuang sampah di sini," ujar Eed, salah satu pemuda Jalan Lily. Tumpukan sampah bukannya hanya terdapat di dua jalan tersebut, namun terpantau pula di sepanjang Jalan Dahlia, Kelurahan Labuh Baru. "Kita tidak bisa menyalahkan warga, cuma berharap Dinas Kebersihan Pekanbaru segera mengangkut semua tumpukan sampah di badan-badan jalan daerah ini," harap Eed. (drs)

 HUT ke-3

BPT Pekanbaru Janji Tingkatkan Layanan PEKANBARU(VOKAL)-Badan Pelayanan Terpadu (BPT) Kota Pekanbaru, Kamis (5/1), genap berusia tiga tahun. Di usianya yang masih dini itu, BPT telah memberikan berbagai pelayanan publik, yang semakin meningkat. Ini terlihat dari segi kualitas pelayanan, baik manual maupun online, berupa Sistem Pelayanan Informasi Perizinan Investasi Secara Elektronik (SPIPISE). Diulang tahun ke-3 ini, BPT merayakannya secara sederhana, dengan menggelar syukuran bersama jajaran pimpinan BPT, serta memasang hiasan balon penuh warna di seluruh ruang pelayanan utama. “Hari ini kami merayakan HUT BPT yang ke-3. Ini akan jadikan momentum untuk seluruh pegawai BPT lebih meningkatkan kualitas pelayanannya, selain terus meningkatkan disiplin kerja, “ ujar Kepala BPT Kota Pekanbaru Edi Satria. Dijelaskan Edi, selama tiga tahun BPT berdiri, telah banyak memberikan manfaat terhadap peningkatan pelayanan publik. Selain itu penerimaan BPT melalui perizinan SKPD, terus mengalami peningkatan signifikan. Hal itu terlihat pada grafik perolehan, dimana pada 2009 perolehan BPT melalui SKPD hanya sekitar Rp28,1 miliar. Namun setahun kemudian meningkat dua kali lipat menjadi Rp40 miliar. "Peningktan itu tak terlepas dari meningkatkan perekonomian masyarakat Pekanbaru," ujarnya. (rtc/may)

PENUNTUPAN Jalan Sudirman beberapa hari ini berlaku pukul 22.00-05 WIB karena ada pemasangan lantai fly over di pertigaan Jalan Tuanku Tambusai-Jenderal Sudirman. Foto diambil Rabu (4/1).

Ratusan Korban Banjir Dijangkiti Berbagai Penyakit PEKANBARU(VOKAL)-Berbagai jenis penyakit seperti diare, kadas atau iritasi kulit dan infeksi saluran pernafasan akut (Ispa) saat ini tengah menjangkiti ratusan korban banjir Kota Pekanbaru. Di Data Dinas Kesehatan setempat, Kamis (5/1), menyebutkan, ada lebih 750 jiwa korban banjir yang kini menderita berbagai penyakit tersebut. Jumlah ini menurut pejabat berwenang di instansi itu sangat dimungkinkan bertambah mengingat banyak pusat kesehatan masyarakat yang belum melaporkan data pasiennya. "Kalau tidak salah ingat, dari 750 jiwa warga korban banjir itu, sekitar 127 di antaranya terserang diare, 200 Ispa dan selebihnya menderita berbagai jenis penyakit kulit seperti kadas dan lainnya," kata Kepala Seksi Pengamatan Penyakit dan Krisis Bencana pada Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru Muhammad Napiri. Ia mengatakan, sejauh ini pihakn-

ya melalui pusat-pusat kesehatan masyarakat di tiap kecamatan, khususnya di wilayah yang sebelumnya terendam banjir, terus melakukan pandataan korban. "Tentunya, selain pendataan kami juga melakukan pertolongan pertama, yakni memberikan sejumlah obat-obatan yang dibutuhkan," katanya. Saat ini, Diskes bersama pihakpihak terkait juga telah menyepakati untuk terus memantau rutin kondisi sejumlah warga di daerah-daerah yang sempat dilanda banjir tahunan itu. "Upaya ini kami lakukan dengan memanfaatkan Puskesmas Keliling yang juga digerakkan di masing-masing kecamatan," ujarnya. Sejak Desember Warga korban banjir di beber-

Distribusi Tertutup Gas Gagal Diterapkan

Gelar Bazar, SMKN 3 Siap Go International

PEKANBARU(VOKAL)-Meskipun sosialisasi penerapan distribusi tertutup penjualan gas elpiji 3 kg sudah dilakukan Pemko Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) sejak Juni 2011 lalu, namun rencana itu gagal diterapkan Januari ini, dengan alasan belum tepat. Hal itu dijelaskan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Kota Pekanbaru Zulfikar, Rabu (4/1/12). “Berdasarkan perkembangan di lapangan dan peninjauan langsung ke beberapa agen, ternyata distribusi tertutup belum siap dilaksanakan tahun ini, dengan berbagai pertimbangan, “ urainya. Salah satu pertimbangan adalah masih banyaknya masyarakat pengguna kartu kendali gas elpiji 3 kg, tidak memahami fungsi penggunaannya. “Ternyata selama ini masih banyak masyarakat yang tidak paham atau masih tabu terhadap penggunaan kartu itu. Saya kira yang menjadi kendala utama yakni kurangnya sosialisasi program ini kepada pengguna dan agen-agen, “ jelasnya. Diharapkan pihak rekanan, dalam hal ini PT Kanta dari Jakarta, terus melakukan penyempurnaan dan menutupi kelemahan dalam pelaksaaan distribusi tertutup. “Kita minta PT Kanta, segera mengevaluasi, serta melakukan langkah-langkah terbaik, untuk pelaksanaan program ini,“ pungkasnya. (rtc/may)

PEKANBARU(VOKAL)-SMKN 3 Pekanbaru, Kamis (4/1/12) mengadakan pameran dan bazar di lingkungan sekolahnya., diresmikan langsung oleh Gubenur Rusli Zainal didampingi Setko Pekanbaru M Wardan. Dalam acara tersebut diadakan berbagai acara, seperti fashion show, loma masak, merias pengantin, merancang busana dan lainnya. Pameran tersebut diadakan untuk memperlihatkan keahlian para siswa di bidang perhotelan, sebagai wujud persiapan sekolah bersaing di kancah internasional. Pasalnya, selain menyandang prediket SMK terbaik se-Riau, SKMN 3 ini, sejak 1998 sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan di Malaysia dan Singgapura. “Sungguh luar biasa prestasi dan dedikasi kamajuan yang diperlihatkan oleh SMKN 3 ini. Saya tidak ragu memasukkan anak saya sendiri di sekolah ini, dan kita yakin SMKN 3 mampu bersiang di kancah internasional, “ tutur Gubri, dalam pidatonya.

Penanggung Jawab/Redaktur: Fitri Mayani

Kesiapan bersaing di kancah internasional tersebut, disampaikan juga oleh Kepala SMKN 3 Pekanbaru Helmiyati. Usai mengikuti peresmian pameran, ia mengatakan, “ Saat ini kami sudah mempersiapkan seluruh siswa, dengan berbagai bekal keahlian. Baik keahlian bahasa asing, maupun keahlian bidang perhotelan yang sudah teruji. Dengan demikian kami siap bersaing di kancah internasional, sebab setiap lulusan SMKN 3, rata-rata sudah mendapatkan mitra kerja sebelum lulus,“ terangnya. Selain prestasi di tingkat provinisi, SMKN 3 juga mampu berprestasi di tingkat nasional. Hal itu terbukti sejak 2009 lalu, mendapat penilaan dalam kategori sangat baik (A) dari Badan Akredasi Nasioanal (BAN) dengan nilai ratarata 100 di setiap kejuruan. Berbagai apresiasi prestasi SMKN 3 ini, membuatnya dilirik berbagai perusahaan, di antaranya Maskapai Lion Air, yang sudah meminta 4 siswa SMKN 3, untuk dijadikan pramugarinya. (rtc/may)

apa lokasi di Pekanbaru mulai mengeluh karena terserang beberapa jenis penyakit, khususnya penyakit kulit, juga diare, sejak akhir Desember 2011 lalu. Informasi dari sejumlah korban banjir di beberapa lokasi menyebutkan, bantuan layanan kesehatan baru mereka dapatkan dalam dua hingga tiga hari terakhir. Data resmi Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru menyebutkan, banjir yang disebabkan meluapnya Sungai Siak dan sejumlah sungai lainnya sempat mengakibatkan sekitar seribuan keluarga yang berada di beberapa kecamatan menjadi korban. Kadissos dan Pemaka-

man Pekanbaru Husnimar Abdullah, menguraikan, salah satu wilayah yang terendam banjir akibat luapan sungai yakni Kelurahan Sri Meranti, Rumbai, tepatnya di wilayah RW 14 dan meliputi RT 1, 3 dan RT 4 serta RT 5. "Kondisi banjir terparah ini terpantau jelas di Jalan Nelayan dan Komplek Perumahan Mutiara Witayu. Banjir bahkan sempat menggenangi rumah-rumah penduduk yang dihuni lebih 580 kepala keluarga (kk)," katanya. Banjir terparah juga melanda Kelurahan Rumbai Bukit, Kecamatan Rumbai, khususnya di Jalan Sri Indra atau Komplek Perumahan Citra Palas Sejahtera. "Di sana

ada sekitar 118 rumah yang sempat terendam banjir. Korbannya ada sekitar 148 kk," ujarnya. Banjir juga melanda hingga Kelurahan Meranti Pandak, Kecamatan Rumbai Pesisir, dimana 500 rumah dan 500 kk menjadi korban bencana itu. "Lalu ada juga di Kelurahan Tanjung Rhu, Kecamatan Limapuluh. Banjir merendam satu pemukiman yang berada di RW 5," katanya. Terakhir banjir juga merendam wilayah Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Senapelan, tepatnya di wilayah RW 6 meliputi RT 1 dan RT 2. Untuk wilayah ini ada sebanyak 30 rumah yang tergenang. (anc/may)

RUDI

PROYEK DRAINASE-Proyek drainase di Jalan SM Amin terus digesa pengerjaannya, kendati sudah memasuki tahun 2012. Foto diambil Selasa (3/1).

Pembenahan Bandara SSK II Capai 80 Persen PEKANBARU(VOKAL)-Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru Ibnu Hasan, Kamis (5/1) mengatakan, renovasi bandara itu sudah mencapai 80 persen. Pembangunan terminal baru dan renovasi serta perlengkapan fasilitas bandara juga hampir rampung. tinggal pelebaran landasan pacu yang belum siap. Pelebaran landasan pacu sangat perlu dilakukan, mengingat ke

depannya, bandara ini akan disinggahi pesawat-pesawat komersil berbody lebar (wide body aircraft). Katanya, Pelebaran landasan pada sisi kanan dan kiri landasan pacu sudah mulai dikerjakan sejak pertengahan Mei 2011. "Selain menuju predikat bandara Internasional, SSK II Pekanbaru juga akan menuju bandara embarkasi. Dengan menjadi embarkasi, akan banyak pesawat komersil berbadan lebar yang

singgah ke SSK II. Untuk itu perlu landasan pacu yang lebih lebar dari sekarang," terang Ibnu. Landasan pacu Bandara SSK II Pekanbaru, kata Ibnu, direncanakan diperlebar menjadi 45 meter. Rencana pelebaran landasan pacu tersebut disesuaikan dengan body pesawat berbadan lebar (wide body aircraft) yang diperkirakan akan singgah untuk pelayanan jema'ah calon haji. (rtc/may)

Perwajahan: ANDIXER


CMYK

16

HARIAN VOKAL

LINTAS  Terkait Mobdis

Pejabat Abaikan Edaran Sekdaprov PEKANBARU (VOKAL)-Meski Sekdaprov Riau Wan Syamsir Yus telah mengeluarkan surat edaran (SE) penarikan mobil dinas yang digunakan pejabat eselon II dan III. Tapi kenyataannya, SE itu tak digubris para pejabat. Buktinya belum semua pejabat yang mengembalikan mobil dinas mereka. "Ya, sampai saat ini mobil dinas yang dikembalikan belum sampai 200 unit," kata Kepala Biro Perlengkapan Sekdaprov Riau Kasmianto melalui Kasubag Pengamanan Aset Edi Saputra, Kamis (5/1). Ketika ditanyakan apa alasan yang diberikan pejabat bersangkutan hingga belum juga menyerahkan mobdin, Edi mengatakan, berbagai macam alasan yang dilontarkan mereka (pejabat, red). "Ada yang mengaku masih berada di lapangan lah serta beberapa alasan lainnya," terangnya seraya mengatakan yakin semua mobil dinas yang berjumlah 200 lebih itu segera sampai ke tangan Biro Perlengkapan. (hrc/rus)

JUMAT

 Soal PT Riau Air PEKANBARU (VOKAL)-Pimpinan DPRD Riau berencana akan menanyakan persoalan yang melilit PT Riau Air (dulu bernama RAL (Riau Airlines, red), kepada Gubernur Riau. Sikap ini diambil karena saat ini PT RAL ‘di ujung tanduk’ karena persoalan krisis keuangan yang sangat serius. Sementara di satu sisi, April nanti izin terbang maskapai yang mayoritas sahamnya dikuasa Pemprov Riau ini terancam dicabut karena tidak beroperasinya empat armada pesawat mereka. Saat ini keempat pesawat itu masih ‘diparkir’ di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta. “Kita akan menanyakan ma-

salah RAL ini kepada Gubernur Riau. Kok persoalannya berlarutlarut, padahal suntikan dana sudah kita berikan dalam APBDP tahun 2011 sebesar Rp30 miliar. Tapi tetap saja anggaran penyertaan modal itu tak cukup untuk membayar pesangon eks karyawannya. Yang saya dengar dana penyertaan modal yang Rp30 mi-

ditangani Komisi B liar itu habis untuk DPRD Riau. mencicil utang ke Soal rumor yang Bank Muamalat,” kata menyebutkan RAL Wakil Ketua DPRD akan dijual murah Riau Taufan Andoso ke pihak ketiga kaYakin, Kamis (5/1). rena tidak bisa keluMenurut Taufan, ar dari masalah seGubri HM Rusli Zainrius yang kini dihal akan diundang haadapinya, Taufan dir saat pertemuan simengaku tidak melaturahmi per 3 bulihat ke arah itu. lanan. “Dalam perteTAUFAN ANDOSO Ditegaskan, tidak muaan itu nanti kita akan tanyakan apa solusi Pem- mudah untuk menempuh cara prov untuk menyelesaikan per- seperti itu karena pemilik saham RAL itu tak hanya Pemprov, tapi soalan RAL ini,” katanya. Disinggung wacana penggu- juga pemerintah kabupaten lainnaan hak interpelasi untuk me- nya di Riau. “Tak semudah itu menjual manggil Gubernur Riau terkait penyelesaian masalah RAL ini, izin terbang RAL ke pihak lain Taufan menyatakan belum tepat dengan harga murah. RUPS tenkarena persoalannya masih bisa tu akan menolaknya. Yang penting sekarang Pemprov Riau harus mencari jalan bagaimanan membayar pasangon mantan karyawannya dan mencarikan jalan lain agar PT RAL kembali beroperasi,” harap Taufan. Tak Ada Alasan Pada kesempatan itu, Taufan juga menyayangkan kebijakan PT Riau Air yang menunda-nunda pembayaran pesangon ratusan orang mantan karyawannya. Padahal, DPRD Riau sudah mempertaruhkan diri di tengah-tengah kecurigaan masyarakat untuk menganggarkan dana Rp30 miliar bagi PT Riau Air dalam APBDP 2011. Menurut Taufan, DPRD Riau mengakomodir anggaran PT Riau Air atas pertimbangan kemanusiaan. "Karena ada hak karyawan Riau Air yang harus dibayarkan oleh perusahaan daerah tersebut makanya disetu-

juinya anggaran itu oleh DPRD Riau karena ada seratusan lebih karyawan Riau Air yang memerlukan dana tersebut," kata Taufan, Kamis Kamis (5/1). DPRD Riau, kata Taufan, sangat kecewa atas sikap PT Riau Air yang mencari-cari alasan untuk menghindar dari kewajibannya. "Sebab tidak alasan Direksi Riau Air menunda-nunda pembayaran pesangon pegawai yang sudah di-PHK yang lamanya hampir satu tahun," katanya. Taufan berharap Komisi B yang membidangi masalah ini bisa memanggil kembali pihak terkait (Direksi Riau Air dan Pemprov Riau, red) untuk membicarakan masalah ini kembali. "Saya minta masalah ini segera ditanggapi. Sebab hal ini menyangkut nasib mantan karyawan yang di belakangnya bergantung nasib anak dan istri mereka," kata anggota DPRD Riau asal pemilihan Kabupaten Kampar ini. Mantan karyawan PT Riau Air, Rabu (4/1) kemarin, terpaksa mendatangi kantor Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru. Mereka mengajukan kepada PN untuk menyita aset perusahaan maskapai milik BUMD Riau tersebut karena tidak mampu membayar pesangon mantan karyawannya. Pengamat hukum dan ketenagakerjaan dari Universitas Riau Dody Haryono mengatakan, apa yang dituntut mantan karyawan RAL itu sesuai dengan UU Nomor 13/2003 tentang Ketenagakerjaan. Kendati perusahaan mengalami pailit, hak mantan karyawan harus tetap dibayarkan. (rtc,roc,rus)

 Proses Verifikasi APBD 2012

Sekdaprov Dinilai Lakukan Ketidaklaziman

ANDIKA

MESKI tahun anggaran 2011 sudah lama habis, namun pekerjaan rehab Kantor Kanwil Hukum dan HAM Riau Jalan Sudirman yang didanai dengan APBN 2011 ternyata belum juga selesai. Foto diambil Rabu (4/1).

Rehab Kantor Kanwil Depkum HAM Masih Dikerjakan PEKANBARU (VOKAL)-Proyek rehabilitasi Kantor Wilayah Departemen Hukum dan Hak Azazi Manusia (Depkum HAM) Provinsi Riau yang didanai APBN 2011, ternyata hingga Januari 2012 ini masih dalam pengerjaan. Sebuah sumber menyebutkan, dana proyek tersebut diduga telah dicairkan 100 persen pada 19 Desember 2011 lalu. Namun, sampai saat ini pekerjaan masih belum tuntas. Pantauan Harian Vokal di lapangan, Rabu (4/1), beberapa pekerja terus memburu menyelesaikan pekerjaan pemasangan keramik, pemasangan kerangka plafon, memplaster dinding dan pekerjaan lainnya. Heri yang mengaku mendapat borongan pemasangan platfon menyebutkan, untuk kerangka platfon ia hanya memakai rangka biasa. Hal ini dilakukan sesuai anggaran. "Saya pasang rangka biasa yang harganya Rp65 ribu/meter. Sebab jika rangka boring harganya Rp100 ribu/meter," kata Heri yang mengaku mendapat pekerjaan dari Hemran. Selain Heri, tak seorang pun pegawai Kanwil Depkum HAM yang mau berbi-

Penanggung Jawab/Redaktur: IDRUS YAMIN

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

DPRD Akan Panggil Gubri

SSK II Berbenah Jadi Embarkasi Haji PEKANBARU (VOKAL)-Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru terus dibenahi untuk persiapan menjadi terminal keberangkatan dan pemulangan jemaah haji atau embarkasi tahun 2013 nanti. Kesiapannya saat ini sudah mencapai lebih 80 persen. "Hal ini dapat dilihat dengan sejumlah pekerjaan mulai dari pembangunan terminal baru dan renovasi serta perlengkapan fasilitas Bandara SSK II yang juga telah hampir rampung," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru Ibnu Hasan, Kamis (5/1). Ibnu menjelaskan, Bandara SSK II juga telah menyiapkan sejumlah karyawan baru untuk ditempatkan di sektor-sektor tertentu. Saat ini tinggal bagaimana pelebaran landasan pacu bandara segera rampung karena sebagai embarkasi, SSK II nantinya akan disinggahi pesawat berbadan lebar. Landasan pacu Bandara SSK II, kata Ibnu, saat ini direncanakan diperlebar menjadi 45 meter, atau disesuaikan bodi pesawat berbadan lebar (wide body aircraft). Pelebaran sisi kanan dan kiri landasan sudah dimulai sejak pertengahan Mei 2011. Terpisah, Gubri Rusli Zainal mengaku optimis tahun 2013 Bandara SSK II akan menjadi tempat pemberangkatan haji. Selama ini, jamaah calon haji asal Riau berangkat ke Tanah Suci melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Provinsi Kepri. Untuk persiapan menjadi embarkasi, Pemprov Riau telah menyediakan lahan 3,8 hektar untuk dibangun asrama haji yang sanggup menampung sekitar 900 JCH. Kakanwil Kemenag Riau Asyari Nur menjelaskan, akhir Januari 2012 ini rencananya sudah akan dimulai tahapan pembangunan asrama haji dengan ditandai peletakan batu pertama yang rencananya akan dilakukan Menteri Agama Suryadharma Ali. "Mudah-mudahan, pembangunan asrama haji ini akan rampung tahun ini, sehingga kesiapan Bandara SSK II menjadi embarkasi segera terwujud," katanya. (ant/rus)

RIAU

cara tentang proyek tersebut. Bahkan Humas Kanwil Depkum HAM Riau Maferdi, yang coba dikonfirmasi mengaku tidak tahu tentang masa kontrak pekerjaan proyek itu. Maferdi mengatakan, selaku humas dia memang tidak diikutkan dalam rapat-rapat yang dilakukan panitia maupun oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Nugroho yang sehari-hari menjabat Kepala Divisi Permasyarakat. Sedangkan ketua panitia proyek adalah Nurhayati. Nurhayati sendiri enggan dikonfirmasi masalah ini, termasuk tentang siapa kontraktor pelaksana dan konsultan pengawas proyek. "Buk Nurhayati tak mau Pak. Ia meminta untuk konfirmasi langsung saja sama PPK (Nugroho)," kata Maferdi usai berdiskusi dengan Nurhayati. Sementara Nugroho yang dikonfirmasi mengaku sedang di luar kota. Dia membantah dana proyek telah dicairkan 100 persen. "Saya informasikan, tidak mungkin kita cairkan dana apalagi 100 persen ke pihak ketiga, nanti kalau lari gimana. Tentu ada mekanismenya," kata Nugroho via sms, meski tetap tidak menyebutkan nama kontraktor pelaksana maupun konsultan pengawas proyek APBN TA 2011 itu. (rud)

PEKANBARU (VOKAL)-Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Riau dinilai telah melakukan ketidaklaziman dalam proses verifikasi APBD Riau 2012. Sebab, saat verifikasi di Mendagri, TAPD tidak melibatkan DPRD Riau. "Hal ini merupakan pertama kali terjadi sejak saya menjadi anggota DPRD Riau. Verifikasi harus dilakukan secara bersama-sama antara DPRD dengan TAPD. Sebab dalam undangundang disebutkan pemerintah membahas anggaran bersamasama dengan DPRD," kata Wakil Ketua DPRD Riau Taufan Andoso Yakin, Kamis (5/1) siang di Gedung DPRD Riau. Sikap Sekdaprov Riau tersebut, kata Taufan, sangat tidak lazim dan mengabaikan peran DPRD Riau dalam verifikasi APBD Riau 2012. Sepanjang saat verifikasi tidak ada perubahan, mungkin tidak masalah, namun jika perubahan siapa yang akan merubah. Bahkan, lanjut Taufan, TAPD Pemprov Riau terkesan tidak membutuhkan DPRD Riau dalam verifikasi tersebut. Hal ini dapat mengancam dan mengurangi nilai kemitraan DPRD dengan TAPD. "Karena itu DPRD Riau harus membuat penegasan terhadap hasil verifikasi. Sebelum anggaran digunakan DPRD harus membuat dan mengeluarkan persetujuan penggunaan anggaran," imbuhnya. (roc/rus)

Cuaca Panas Masih Selimuti Wilayah Riau PEKANBARU (VOKAL)-Suhu udara cukup tinggi mencapai 35 derajat Celcius masih akan menimpa wilayah Provinsi Riau dalam beberapa hari ke depan. Kondisi ini terjadi akibat berkurangnya jumlah perawanan di sekitar Riau sehingga sinar matahari tidak terhalang. "Adanya pola konvergensi di sekitar Pulau Jawa mengakibatkan massa udara yang ada di atas wilayah Riau tertarik ke Indonesia bagian selatan. Begitu pula pola angin yang menyebar (divergen) yang terbentuk di atas wilayah Riau menyebabkan awan hujan sulit terbentuk," papar Forecaster On Duty Badan Meteorologi, Klimatologi dan

Geofisika (BMKG) Pekanbaru, Sanya Gautami dalam rilisnya, Kamis (5/1). Meski demikian, katanya hujan akan tetap terjadi di daerah Riau bagian barat dan selatan dengan intensitas ringan pada sore hari dan bersifat lokal. Dari hasil monitoring citra satelit awan, analisa strealine dan kondisi fisik serta dinamis udara, pada umumnya cuaca wilayah Provinsi Riau cerah hingga berawan. Sedangkan dari pantauan satelit NOAA-18, tanggal 4 Januari 2012 di wilayah Riau terdapat 5 titik panas. Hotspot yang terdapat di Kabupaten Rokan Hilir 1, Pelalawan 1, Indragiri Hulu dan Kampar 2 titik panas. Arah angin bertiup dari barat laut sampai dengan timur laut dengan kecepatan berkisar antara 5-28 kilometer/ jam. Sedangkan temperatur maksimal berkisar 32 hingga 35 derajat Celcius dan temperatur minimum 22 hingga 24 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban maksimum 90-95 persen dan kelembaban minimum 4853 derajat Celcius. Untuk tinggi gelombang di perairan wilayah Riau, seperti perairan Dumai, Rokan Hilir, Bengkalis, Meranti dan Selat Malaka, tinggi gelombang berkisar 0,5-1,0 meter. Untuk perairan Indragiri Hilir, tinggi gelombang berkisar 1,0-1,5 meter. Perairan Batam, Selat Singapura, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Dabo Singkep tinggi gelombang berkisar antara 1,0-2,0 meter. Untuk Kepulauan Natuna, Tarempa, Matak tinggi gelombang berkisar antara 2,0-3,5 meter. (rid) Perwajahan: RINTO HARMIKO


CMYK

17 JUMAT

HARIAN VOKAL

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

NEWCASTLE(VOKAL)-Nasib naas menyelimuti Manchester United di awal tahun 2012. Setelah ditaklukan Blackburn 2-3, kini giliran tuan rumah Newcastle yang membantai Setan Merah dengan skor telak 0-3 di Sport Direct Arena, Kamis (5/1). Kekalahan dua kali beruntun ini menjadi warning bagi pasukan Sir Alex Ferguson dalam upaya meraih gelar juara. Maklum, sebelumnya saingan utama mereka Manchester City pasta gol saat menaklukan tamunya Liverpool tiga gol tanpa balas. Posisi The Red Davils memang tidak bergeser di urutan dua klasemen sementara. Tapi, hasil yang diraih kemarin malam membuat Wayney Rooney dan kawan-kawan tertinggal tiga poin dari The Citizen yang berada dipuncak klasemen. "Keuntungan be-

Pencetak gol: Demba Ba(33') Yohan Cabaye(47')

 DEMBA Ba berusaha melewati pemain Manchester United.

rada di tangan mereka (City). Tapi ini bukan waktunya untuk panik, kami memiliki pengalaman untuk mengatasi hal ini," kata Sir Alex Fergusan . "Kami memulai pertandingan dengan cukup baik. Namun mereka mencetak gol yang fantastis dan itu membuat atmosfer di stadion berubah. Gol kedua membunuh kami. Kami tak bisa mendapatkan penguasaan bola yang cukup," tutup Fergie. Bermain di Sport Direct Arena, tuan rumah lebih berinisiatif melakukan serangan. Buktinya, di menit ke-4 mereka nyaris mencetak gol. Umpan silang dari Ryan Taylor menuju kotak penalti dan Ba yg bebas berdiri di kotak penalti gagal menggapai bola. Semenit setelahnya Yohan Cabaye melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, namun masih terlalu lemah dan bisa ditangkap Anders Lindegaard. MU memperoleh peluang pertamanya di menit 11 ketika Nani yang mengecoh beberapa pemain Newcastle, melepaskan tembakan keras dari kotak penalti dan bisa ditepis Tim Krul. Newcastle akhirnya mampu unggul di menit ke-32, ketika sebuah bola panjang dari Krul berhasil digapai Shola Ameobi dan mengarahkan bola ke Ba di kotak penalti. Tanpa banyak melihat gawang dan sambil dibayangi Rio Ferdinand, Ba

melepaskan sepakan first time ke tiang jauh dan Lindegaard hanya terpaku melihat gawangnya dibobol. Semenit babak kedua berjalan Newcastle berhasil menggandakan keunggulan. Kali ini lewat free kick Cabaye dari jarak 30 yard. Bola ia sepak kencang ke pojok kanan gawang atas Lindegaard dan tak kuasa digapai kiper asal Denmark itu. Tak banyak lagi peluang yang didapatkan kedua tim dan relatif bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah, sampai di menit 90 Newcastle menambah perbendaharaan golnya. Krul menendang bola hingga mencapai kotak penalti MU dan Jones yang hendak membuang malah mengarahkannya ke gawang sendiri. Lindegaard yang sudah mati langkah hanya terpaku melihat gawangnya dibobol. “Kita bisa lihat sendiri bagaimana para pemain kita yang berawal dari bangku cadangan telah bermain dengan cukup baik dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi kita. Ini hasil yang sangat luar biasa,� ungkap Alenda Pardew , pelatih Newcastlet seperti dikutip Sky Sport, Kamis (5/1). (bbc/rts/bbs/sad)

Phil Jones(og 90')

Statistik Newcastle United Manchester United tendang ke gawang 10 6 peluang gol 5 3 pelanggaran 17 15 tendangan sudut 4 4 offside 1 5 ball posision 40% 60% kartu kuning 1 2 kartu merah 0 0 penyelamatan 3 3

Copa del Rey

L IGA INGGRIS Hasil,Kamis (5/1)

Everton Newcastle United

1-2 3-0

Bolton Wanderers Manchester United

1 Manchester City

20 15

3

2

56-16

48

2 Manchester United 2 0 1 4

3

3

49-20

45

3 Tottenham Hotspur 1 9 1 3

3

3

36-20

42

4 Chelsea

2 0 11

4

5

39-25

37

5 Arsenal

2 0 11

3

6

36-28

36

6 Liverpool

20

9

7

4

24-18

34

7 Newcastle United

20

9

6

5

29-25

33

8 Stoke City

20

8

5

7

22-31

29

9 Norwich City

20

6

7

7

30-35

25

10 Sunderland

20

6

6

8

27-23

24

11 Everton

19

7

3

9

20-22

24

12 Swansea City

20

5

8

7

20-23

23

13 Fulham

20

5

8

7

22-26

23

14 Aston Villa

20

5

8

7

22-26

23

15 WBA

20

6

4 10

19-28

22

16 Wolves

20

4

5 11

22-36

17

17 QPR

20

4

5 11

19-35

17

18 Bolton Wanderers

20

5

1 14

25-43

16

19 Wigan Athletic

20

3

6 11

18-41

15

20 Blackburn Rovers 2 0

3

5 12

29-43

14

Pesta El Barca BARCELONA(VOKAL)-Setelah melibas Osasuna delapan gol tanpa balas ajang Liga BBC, kini El Barca kembali berpesta atas lawan sama di pentas Copa de Rey, Kamis (4/1). Xavi Hernandez dan kawan-kawan menang telah 4-0 sekaligus membuka jalan lolos ke babak selanjutnya. Mengawali laga dengan formasi 3-4-3, Barcelona langsung tampil menyerang di depan pendukungnya sendiri, Stadion Camp Nou. Gol pertama hadir dengan cepat saat pertandingan baru memasuki menit ke-14. Adalah Cesc Fabregas yang sukses menaklukkan kiper Osasuna, Asier Riesgo, usai menerima umpan Xavi. Empat menit berselang, Blaugrana menambah keunggulan. Gol tercipta kembali dari kerjasama apik Xavi dan Fabregas. Umpan Xavi mampu dimaksimalkan tendangan cungkil manis dari Fabregas. Unggul dua gol pada 20 menit awal laga, tak membuat Barcelona mengendurkan serangan. Berkali-kali lini pertahanan Osasuna digempur para pemain Barcelona. Namun skor babak pertama tetap berkesudahan 2-0 untuk tuan rumah.

Pertandingan babak kedua pun berjalan tak berbeda. Anak-anak asuhan Josep Guardiola tetap memegang kendali permainan. Pada menit ke-59, bintang Barcelona, Lionel Messi, diturunkan Guardiola untuk menggantikan Pedro Rodriguez. Keputusan Guardiola memainkan Messi terbukti tepat. Pemain asal Argentina itu memperlebar skor menjadi 3-0, setelah mencetak gol melalui sundulan memanfaatkan umpan silang Xavi. Seakan tak puas unggul tiga gol, Guardiola juga menurunkan pemain andalan lainnya, Alexis Sanchez menggantikan Isaac Cuenca pada menit ke-74. Dua menit setelahnya, Messi hampir saja mencetak gol keduanya pada laga tersebut. Sayang, tembakan dari jarak dekat Messi masih bisa diselamatkan Riesgo dengan baik. Pada masa injury time , Messi akhirnya mencatatkan kembali namanya di papan skor. Tendangan kaki kiri Messi tak bisa dihentikan Riesgo dan menghujam jala Osasuna untuk keempat kalinya. Skor 4-0 tetap bertahan untuk Barcelona hingga laga berakhir. Sebuah modal bagus bagi Barcelona mengawali tahun 2012 dan menjalani leg kedua babak 16-Besar Copa del Rey di Stadion Reyno de Navarra, markas Osasuna, 12 Januari mendatang. (bbc/rts/ dsc/sad)

Dubai Football Challenge

Tropi Perdana Tahun Baru Rosonerri DUBAI(VOKAL)- AC Milan sukses meraih trofi Dubai Football Challenge untuk ketiga kalinya, setelah mengalahkan Paris St Germain dengan skor tipis 1-0, Rabu (4/1/2012) malam WIB. Ini merupakan gelar perdana Rosonerri ditahun 2012 ini. Laga tersebut dihelat dalam rangka pemusatan latihan kedua tim di Dubai. PSG menyambut debut pertama Carlo Ancelotti sebagai pelatih barunya, setelah resmi diangkat awal tahun. Baru empat menit laga berjalan Milan sudah unggul berkat gol Alexandre Pato. Diawali akselerasi Zlatan Ibrahimovic ke jantung pertahanan PSG. Ia kemudian mengoper bola kepada Pato. Pato balik mengoper lagi ke Ibra dan sedikit melebar ke kiri, Ibra kemudian mengirimkan umpan ke depan gawang. Pato yang tak terkawPenanggung jawab/redaktur: SAADUDDIN BADRA

al dengan mudah menceploskan bola ke jala Salvatore Sirigu. Setelahnya pertandingan berjalan relatif seimbang dan PSG pun kerap menciptakan peluang lewat dua pemain andalannya, Nene dan Javier Pastore. Milan memperoleh peluang lewat Antonio Nocerino di menit 18, tapi bola hasil sepakan kerasnya masih menerpa mistar. Khususnya Nene yang begitu aktraktif di babak kedua lewat dua peluang. Satu tendangan kerasnya dari luar kotak penalti masih bisa ditepis Christian Abbiati dan sebelumnya sepakannya dari jarak dekat juga sukses dihadang Abbiati. Gelar tahun ini adalah yang ketiga bagi Milan, setelah meraihnya tahun 2009 dan 2010. Satu tim lagi yang pernah menjuarai ini adalah Hamburg pada 2007 dan 2008. (bbc/rts/sad) Grafis: ALIB

Perwajahan: ISKANDAR

CMYK


18

HARIAN VOKAL

JUMAT

LINTAS

 Uang Stimulus Dipotong

 Kecelakaan Saat Latihan

Empat Pegulat Riau Kabur dari Pelatda PON

Hayden Terancam Absen di Tes Pramusim KENTUCKY(VOKAL)-Pembalap Ducati, Nicky Hayden diragukan tampil di ujicoba resmi pertama MotoGP di awal 2012. Hayden menderita cedera usai mengalami kecelakaan saat berlatih di dekat kediamannya di Kentucky, AS. D i la p o r k an Autosport, Hayden terlibat kecelakaan dengan seorang pembalap lain dan mendarat dengan pundaknya. Padahal itu adalah kali pertama ia Nicky Hayden kembali mengendarai motornya usai mengalami patah tulang pergelangan tangan dalam balapan di Valencia, November lalu. Akibat kecelakaan ini, tulang belikat kiri Hayden patah dan dua tulang rusuknya ikut retak. "Aku mencoba berlatih lagi seperti yang biasa aku lakukan saat musim dingin, di trek pribadi di dekat rumahku," ucap Hayden. "Aku berada di belakang pembalap lain, dan dia hendak keluar dari jalur. Saat itu aku tidak terlalu kencang tapi dia menjepit roda depan dan aku jatuh dan mendarat dengan pundak kiriku dengan cukup keras." Untuk saat ini, pembalap 30 tahun itu tak berencana melakukan operasi tapi kondisi tulang belikatnya akan kembali diperiksa ulang oleh dokter spesialis, pekan depan. Setelah itu baru akan diputuskan apakan juara dunia 2006 ini mampu mengikuti ujicoba resmi pertama yang akan dimulai pada 31 Januari di Sirkuit Sepang, Malaysia. (dtc/sad)

Schumi Optimis Menang di F1 BRACKLEY(VOKAL)-Pembalap veteran Michael Schumacher menyambut musim 2012 dengan optimis. Dia yakin akan mendominasi balapan di edisi ini. Pascakembali dari masa pensiunnya pada musim 2010, Schumi panggilan akrabnya memang belum meraih podium. Kemenangan terakhirnya di F1 saat dia masih mengendarai mobil Ferrari pada musim 2006. Juara dunia tujuh kali ini juga yakin dengan kemampuan timnya Mercedes GP yang bakal sukses di tahun ini. “Saya yakin dengan Mercedes dan saya yakin sukses,” ujar Schumi, seperti disitat CityTV, Kamis (5/1). Selama musim lalu, Schumi tak lepas dari kritikan akibat performanya yang biasa saja dari para pengamat F1. Bahkan ada yang mengatakan, Schumi gagal total melakukan comeback-nya. Meski Kontrak Schumi akan bakal habis pada akhir musim ini, tapi dia akan tetap membantu timnya ini untuk bisa bersaing di papan atas. “Kami butuh langkah kecil lainnya dan kami akan menuju ke papan atas,” tekadnya. Di masa keemasannya, sebelum dia pensiun pada 2006 lalu, Schumi tercatat telah menang sebanyak 91 kali dengan 288 balapan yang dijalaninya. (dtc/sad)

 Reli Dakar

Peterhansel Kembali ke Puncak Klasemen CHILECITO(VOKAL)-Pereli asal Prancis, Stephane Peterhansel, meraih kemenangan di etape keempat Reli Dakar. Hasil ini membuatnya kembali naik ke puncak klasemen sementara kategori mobil. Peterhansel memenangi etape keempat yang berjarak 326 km dari San Juan ke Chilecito di Argentina, Rabu (4/1) waktu setempat. Pereli Mini ini mencatat waktu terbaik 3 jam 49 menit 33 detik. Peterhansel unggul 5 menit 19 detik atas pereli Argentina, Orlando Terranova (Toyota), dan 6 menit 42 detik atas pereli Afrika Selatan, Giniel De Villiers (Toyota). Dengan hasil ini, Peterhansel kini kembali ke puncak klasemen dengan waktu total 9 jam 43 menit 20 detik. Dia unggul 5 menit 41 detik atas De Villiers yang mkenempati posisi kedua. Di kategori motor, Marc Coma (Spanyol) tampil sebagai pemenang etape keempat dengan catatan waktu 4 jam 16 menit 43 detik. Dia mengalahkan Cyril Despres (Prancis) dengan selisih waktu 2 menit 2 detik. Posisi ketiga ditempati Frans Verhoeven (Belanda). Hasil itu tak menggoyahkan posisi Despres di puncak klasemen sementara dengan catatan waktu total 11 jam 50 menit 27 detik. Dia uggul 8 menit 10 detik atas Coma yang menempati peringkat kedua. (dtc/sad)

Stephane Peterhansel Penanggung Jawab/Redaktur:SAADUDDIN BADRA

SPORT

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

PEKANBARU-Kabar buruk berembus di dunia olahraga Riau. Empat pegulat yang diproyeksi menyumbang medali di PON XVIII 2012 kabur dari pelatda PON Riau. Mereka memilih kabur karena tidak tahan dengan sikap Sekretaris Umum Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Riau Azwir yang sering memotong uang pembinaan. Selain itu, oknum yang asisten pelatih ini sering mengeluarkan kata-kata kotor. LAPORAN: SAADUDDIN BADRA BAKHTARUDDIN/ PEKANBARU

Keempat atlet tersebut adalah Dede Sumantri, Sendy Teguh Wibowo, Ermaya dan Nani Maryani. Mereka saat ini sudah berada di kampung halamannya di Jawa Barat. Bahkan, Dede dan Sendy mengaku tidak mau lagi memperkuat Riau di PON nanti, sementara dua lagi masih mau dengan catatan oknum tersebut mengundurkan diri. Sendy Teguh Wibowo, salah satu pegulat yang hengkang tersebut kepada Harian Vokal via ponsel, Kamis (5/1) membenarkan dirinya dan tiga rekannya mundur dari pelatda PON Riau. Keputusan tersebut mereka ambil karena oknum pengurus sering melakukan pemotongan dana stimulusnya. "Kami sudah tidak tahan lagi dengan sikap dia yang tidak peduli dengan atlet. Ia sering memotong uang pembinaan kami dan mengeluarkan kata-kata kotor dihadapan kami. Sebenarnya kami sudah lama ingin pergi, tapi kami berusaha untuk bertahan. Namun kenyataan ia justru menjadi-jadi," kata Sendy peraih medali perak di Pop-

nas 2012 yang kini mengaku sudah berada di kampung jalannya. Sendy menjelaskan, selama ini ia mendapat dana stimulus Rp1,7 juta . Tapi, yang sampai ketangan mereka hanya Rp1,5 juta, sementara Rp200 ribu dipotong oleh oknum tersebut dengan dalih uang sabun. "Sejak pelatda berjalan Azwir memotong uang stimulus kami sebanyak Rp200 ribu. Kami sangat keberatan karena uang tersebut diberikan KONI Riau untuk kebutuhan kami. Tapi, ketika kami meminta uang untuk beli sabun biliau justru marah-marah dan menyuruh memakai uang sendiri. Padahal uang kita sudah dipotong untuk asalah uang sabun," ujarnya. Sementara itu, Azwir ketika dikonfirmasi, Kamis (5/1) sekitar pukul 19.21 WIB via ponsel, membantah tuduhan atlet tersebut. Menurutnya justru uang dia yang banyak habis mengurus atlet. Bahkan Sendy pernah sakit deman berdarah di rumah sakit umum dimana biaya pengobatanya yang mencapai Rp6 juta dibayar dengan uang pribadi. "Bohong apa yang dikatakan Sendy. Justru uang saya yang banyak habis mengurus atlet," kata asisten pelatih gulat Riau. (***)

 Korea Open 2012

Tontowi/Natsir Masih Bertahan SEOUL (VOKAL)- Tontowi Ahmad dan Liliyana Nasir masih bertahan di turnamen Korea Open 2012. Ganda campuran Indonesia ini berhasil lolos ke perempat final setelah sukses mengalahkan wakil Jepang, Noriyasu Hirata dan Miyuki Maeda dalam dua set langsung, 21-14, 21-12, Kamis (5/1). Pertandingan berjalan seru sejak set pertama dimulai. Kejar

 Kompetisi NBA

Nowitzki Gemilang di Angka ke-1.000 DALLAS (VOKAL)- Dirk Nowitzki menandai laga ke-1.000 di sepanjang kariernya di NBA dengan manis. Tampil di depan pendukung sendiri, Nowitzki memimpin Dallas Mavericks dalam mengatasi perlawanan Phoenix

Suns 98-89. Di American Airlines Center, Kamis (5/1) siang WIB, Nowitzki menyumbangkan angka terbanyak Mavs dengan raihan 20 angka. Ditambah enam rebound dan tujuh assistnya, pebasket Jerman ini

Hasil Pertandingan Lainnya: Washington Wizards Cleveland Cavaliers Charlotte Bobcats Chicago Bulls Memphis Grizzlies Philadelphia 76ers Golden State Warriors Sacramento Kings Houston Rockets

85-103 77-92 118-110 99-89 90-86 101-93 95-101 83-110 89-117

Orlando Magic Toronto Raptors New York Knicks Detroit Pistons Minnesota Timberwolves New Orleans Hornets San Antonio Spurs Denver Nuggets LA Clippers

berhak atas predikat top performer. Nowitzki menjadi pemain ke98 dalam sejarah NBA yang sukses menembus 1.000 pertandingan atau menempat urutan ke-11 pebasket yang masih aktif bermain sampai saat ini. Steve Nash menjadi penampil terbaik dari kubu Suns setelah mencatatkan double-double dengan 15 poin, empat rebound dan 12 assist. Laga ini adalah kali pertama kedua tim bertemu di musim 201112. Sang juara bertahan sukses memenangi empat pertemuannya dengan Suns di musim lalu. Heat & Celtis Catat Kemenangan Finalis musim lalu, Miami Heat berhasil bangkit usai menelan kekalahan dari Atlanta Hawks tiga hari lalu. Meski tanpa Dwyane Wade, Heat menang cukup telak 118-83 dari Indiana Pacers. LeBron James jadi pemain Heat paling bersinar dengan membukukan 33 poin dan 13 assist. Dengan hasil ini, Heat memperbaiki catatan kemenangannya menjadi enam dari tujuh yang telah dilaluinya. Di laga lainnya, Boston Celtics yang tak diperkuat oleh Ray Allen mampu tampil oke dengan menundukkan tamunya, New Jersey Nets 89-70. Ini merupakan kemenangan keempat beruntun tim yang diasuh oleh Doc Rivers itu. (dtc/sad)

mengejar angka sempat terjadi hingga perolehan poin sama kuat 4-4. Mulai dari sini keadaan mulai berubah, dengan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir bermain agresif dan terus menerus unggul tanpa bisa terkejar oleh duet N. Hirata/M. Maeda. Hampir serupa dengan set pertama, set kedua juga pada awalnya berlangsung ketat. Wakil Indonesia terlebih dahulu unggul 1-0, sebelum akhirnya disamakan 1-1 oleh pasangan Jepang. Namun lagi-lagi titik perubahan berawal ketika kondisi 4-4. Permainan duet maut Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir tidak bisa ditandingi N. Hirata/M. Maeda, sehingga harus berlapang dada menyerah 21-12. Pada partai perempat final, pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan bersua wakil

Korea Selatan, LeeYong Dae/ Ha Jung Eun. Pasangan dari negeri gingseng itu melenggang ke perempat final usai menundukkan wakil Jepang, Shintaro Ikeda/Reiko Shiota dengan dua set langsung 21-15, 21-15. Pada pertandingan lain, kekecewaan harus digenggam oleh pasangan ganda putra Indonesia, Markis Kido/Hendra Setiawan. Wakil Indonesia di ganda putra ini kandas dari pasangan Jerman, Michael Fuchs/Oliver Roth lewat pertarungan dua set, 17-21, 19-21. Kekalahan tersebut membuat Indonesia tinggal menyisakan duet Alvent Y. Chandra/ Hendra A. Gunawan. Keduanya berhasil menembus babak kedua dan akan melenggang ke perempat final bila mengandaskan wakil tuan rumah, Lee Yong Dae/Jung Jae Sung. (bbc/ rts/bbs/sad)

Pekanbaru Tuan Rumah Kejurda Karate 2012 PEKANBARU (VOKAL) – Pekanbaru dipastikan menjadi tuan rumah penyelenggara Kejuaraan Daerah Karate-do 2012. Kepastian ini disampaikan Ketua Umum Pengprov Forki Riau H Dheni Kurnia. “Setelah melakukan evaluasi terhadap dua daerah yang menyatakan siap menjadi tuan rumah Kejurda, Pengprov Forki memutuskan menunjuk Pekanbaru sebagai tuan rumah. Banyak pertimbangan yang patut diperhatikan,” kata H Dheni Kurnia. Kejuaraan Daerah merupakan agenda rutin Pengprov Forki, untuk menginventarisasi karateka berpotensi dari daerah. Sekaligus untuk menjaring karateka potensial untuk dibina Pengprov Forki. Diperkirakan 53 kelas akan dipertandingkan, untuk senior,

yunior, kadet dan usia dini sesuai dengan standar PB Forki. Ketua Pengurus Forki Kota Pekanbaru Sp Afrizal menyambut gembira penunjukkan Pekanbaru menjadi tuan rumah. “Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Pengprov Forki Riau, saat ini kami masih menunggu surat penunjukkan untuk memulai persiapan panitia,” ungkap Afrizal antusias. Sebagai tuan rumah, Forki Pekanbaru berharap dapat mempertahankan prestasi sebagai juara umum kejurda. Di samping itu Kejurda yang direncanakan akan berlangsung pada bulan April atau Mei 2012 di GOR Tribuana ini, juga untuk memberi kesempatan kepada panitia PON untuk menambah pengalaman menjelang pelaksanaan PON mendatang. (rls/sad)

ternasional yang diikuti enam negara, Malaysia, Singapura, Vietnam, Mongolia, Kazakhtan dan Indonesia. Yemi Jelsen yang merupakan juara kejurnas catur 2011 lalu finis diperingkat kedua dengan nilai 6 victory poin. Ia arus mengakui keunggulan pecatur senegaranya Medina asal DKI Jakarta yang berhasil mengumpulkan nilai 7 victory poin pada pertandingan yang berlangsung sembilan babak. Diperingkat ketiga ditempati pecatur asal Vietnam WIM Lee Kiaw Thien Kim, peringkat keempat WIM Abdul Maleek Sanjaya dari Kazakhtan.

Pada pertandingan catur sembilan babak ini Jemi Yelsen berhasil meraih lima kali menang dua kali kalah dan dua kali remis. Lima kemenangan Yemi dihasilkan atas WFM Dewi Citra (Kaltim, Indonesia), WIM Abdul Maleek sanjaya ( Kazakhtan), WFM Can Victoria ( Sinagpore), WIM Lee Kaiaw Thien Kim ( Vietnam) dan WFM Nur Nabila ( Malaysia),. Selanjutnya draw atas, Medina dan Chelsea Monica, sedangkan dua kekalahan Jemi adalah saat melawan pecatur Mongolia WFM Anubayor dan pecatur Vietnam Trantee Kim Loan.(sad)

 Piala Raja Jogya dan SCI

Awal Manis Percasi Riau PEKANBARU(VOKAL)-Hasil manis diraih pecatur Riau di awal tahun 2012. Selain tampil sebagai juara umum di Piala Raja Yogyakarta, pecatur Bumi Lancang Kuning juga menjadi terbaik di Singapura Chess Internasional. Sukses ini membuat Ketua Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi Riau) Ahmad Syah Harroefi menyambut puas. Apalagi, pecatur yang dikirim di kejuaraan tersebut merupakan atlet yang akan diterjunkan pada PON XVIII. "Hasil ini sangat memuaskan kita karena mereka berhasil me-

raih prestasi terbaik. Ini langkah baik bagi kita untuk melihat sejauh mana kemampuan atlet menjelang di PON mendatang. Mudah-mudahan prestasi tersebut bisa mereka raih di PON nanti," kata Ahmad Syah Haroffie. Di turnamen Piala Raja Yogyakarta yang berlangsung 26 Desemberf-1 Januari, Riau mengirim lima pecatur terbaiknya. Hasilnya, satu emas, satu perunggu mampu dibawa pulang. Sekeping emas tersebut disumbangkan Franciska Fortuna yang berhasil mengumpulan 5,5 poin. Perak dan perunggu miliki MW Dwi Kurinia (Jateng) dan

MNW Monica Wigustri (Jateng). Sementara satu perunggu disumbangkan MN Ahmad Bachtiar yang mengoleksi nilai 7 poin. Emas dinomor ini diraih MN M Evan (Jatim) dengan poin 8. Nilai Evan sama dengan MI Nasib Ginting (Kaltim), tapi solfkofnya lebih bagi dari Ginting. Solfkof dalam turnamen ini merupakan penentu juara dimana lawan yang dikalahkan sang juara mampu meraih kemenangan dari lawannya. Sementara itu, MNW Yemi Jelsen diwaktu yang sama juga bertarung membela Merah Putih diajang Singapore Chess In-

Perwajahan: ABDAWIZA


19

PELALAWAN JUMAT

06 Januari 2012/ 12 Shafar 1433 H

HARIAN VOKAL

LINTAS Polsek Pangkalankuras Bekuk Pencuri RM PANGKALANKERINCI(VOKAL)-Jajaran Polsek Pangkalankuras berhasil membekuk pelaku pembobol sebuah rumah makan di Jalan Lintas Timur (Jalintim). Pelaku berhasil dibekuk dirumah kediamannya di Jalintim Engkolan. Bersamanya polisi juga berhasil mengamankan barang bukti. Demikian diungkapkan Kanit Reskrim Polsek Pangakalankuras Rhino Handoyo, Kamis (5/1/). Dijelaskannya, penangkapan pelaku dilakukan, Rabu (4/1/12) sekitar pukul 20.00 WIB atas nama Zenuri (31), warga Jalan Lintas Timur Engkola, Pangkalankuras. Dikatakan Rhino, bahwasanya pada hari Minggu 1 Januari 2012 sekitar jam 22.00 WIB ketika korban Asnil Amran yang beralamat di Jalan Lintas Timur Kecamatan Pangkalan Kuras tiba di rumahnya sepulang dari kampung halamannya di Lintau, Sumbar. “Saat itu korban terkejut melihat seisi rumah telah diacak-acak. Terlebih lagi, barang di dalam rumah sudah tidak berada ditempat. Di antara barang yang hilang antara lain, 2 unit TV LCD, 2 Unit HP, uang Rp 3,8 juta,” ungkap Rhino. Sehubungan dengan kejadian tersebut, korban melaporkan peristiwa ke Polsek Pangkalan Kuras dan atas laporan tersebut dilakukan penyelidikan dan teridentifikasi pelaku curat tersebut, Zenuri dan Rian (eesidifis) dan selanjutnya dilakukan penangkapan terhadap tersangka pada hari Selasa 3 Januari 2012 di rumahnya. Pada saat penangkapan ditemukan 2 unit TV LCD diduga hasil Curat, sebilah parang yang digunakan pelaku sebagai alat untuk melakukan tindakan pidana. (ono)

1.800 ODHA Berusia di Bawah 15 Tahun PANGKALANKERINCI(VOKAL)-Perkiraan UNAIDS, setiap harinya terdapat lebih dari 5.000 orang pengidap baru HIV dan AIDS yang berusia antara 15-24 tahun di dunia. Bahkan hampir 1.800 orang hidup dengan HIV/AIDS (ODHA) positif berusia di bawah 15 tahun. Tak bisa dipungkiri, HIV/AIDS telah menjadi momok yang menakutkan bagi umat manusia. Penyebaran penyakit ini sungguh luar biasa cepat dan bisa terjangkit kepada siapa saja. Saat ini, penyakit AIDS sudah menjadi epidemi yang sangat serius mengancam kesehatan masyarakat dunia. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pelalawan H Marwan Ibrahim, saat membuka seminar Hari AIDS se dunia di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja, beberapa waktu lalu. “Untuk mengatasi epidemi AIDS ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sampai mendirikan badan tersendiri untuk mengurusinya hal ini yakni UNAIDS. Saat ini di Indonesia sendiri tidak ada provinsi yang dinyatakan bebas dari HIV/AIDS,” terang Marwan. Apalagi, sambungnya, persoalan HIV/AIDS saat ini sudah menjadi masalah global, karena lebih dari 40 juta jiwa manusia di dunia ini telah terinfeksi HIV. Bahkan saat ini diperkirakan HIV dan AIDS sudah menjangkit lebih dari separuh kabupaten dan kota di Indonesia. Saat ini, menurut perkiraan UNAIDS, 1.800 orang yang hidup dengan HIV positif di bawah usia 15 tahun, tertular melalui ibunya. Dan sekitar 1.400 orang anak dibawah usia 15 tahun meninggal akibat fase AIDS. “Berdasarkan data resmi dari Kementerian Kesehatan RI, pada triwulan kedua tahun 2011 dilaporkan sebanyak 6.087 kasus baru HIV. Secara kumulatif jumlah kasus AIDS tercatat sebanyak 26.483 kasus,” katanya. Saat ini, Provinsi Riau termasuk dalam sepuluh (10) daerah yang memiliki kasus HIV dan AIDS terbanyak di Indonesia. Sementara Kabupaten Pelalawan berada di urutan kelima dalam jumlah kasus HIV dan AIDS di Provinsi Riau. “Fakta itu menunjukkan betapa besar resiko yang dihadapi pada saat ini. Apalagi dengan adanya fenomena gunung es pada kasus HIV/AIDS. Dimana kasus yang terlihat hanya merupakan bagian puncak yang jumlahnya sangat kecil, sementara yang tidak terlihat justru jauh lebih besar,” bebernya. Masih kata Marwan, perlu dilakukan penanganan yang lebih serius agar tidak timbul kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan pelayanan untuk HIV/AIDS. Apalagi Kabupaten Pelalawan saat ini merupakan daerah yang berkembang dengan pesat, baik di sektor industri, perkebunan, dan pariwisata. Dikatakannya, dukungan dunia usaha dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS secara keseluruhan sangat penting melalui upaya-upaya pencegahan HIV/ AIDS di tempat kerja. Sehingga dengan begitu, diharapkan hal ini akan dapat mencegah kerugian akibat dampak HIV/AIDS pada dunia usaha itu sendiri.(fkh/mza)

Penanggung Jawab/Redaktur: MARZULI ADI

NET

JALAN TANAH -Jalan menuju Desa Teluk Meranti, Kecamatan Teluk Meranti, sepanjang sekitar 70 Km masih berupa jalan tanah keras . Rencanannya jalan ini akan diaspal oleh pemerintah akhir tahun 2012.

 Jalan Pangkalankerinci - Langgam Masih Putus

Pompong Jadi Angkutan Pilihan PANGKALANKERINCI(VOKAL)-Meskipun debit air Sungai Kampar saat ini sudah mulai surut beberapa puluh centimeter, namun akses jalan darat satusatunya yang menghubungkan Kecamatan Pangkalan Kerinci dan Kecamatan Langgam masih belum bisa dilewati transportasi darat. Meski dengan ongkos mahal, angkutan alternatif berupa pompong masih beroperasi untuk mengangkut orang dan barang. LAPORAN: FARIKHIN/PELALAWAN

“Banjir sudah mulai surut. Namun akes jalan masih putus dan belum bisa dilewati, karena ada beberapa titik yang masih tenggelam dan masih diperbaiki pihak PT RAPP,” kata Camat Langgam Faisal, Kamis (05/01). Faisal mengatakan bahwa seiring belum bisa dilaluinya jalur darat dan belum beroperasinya ponton milik PT RAPP, yang selama ini tidak saja digunakan perusahaan untuk kepentingan menyeberangkan kendaraan yang membawa bahan baku pulp, tapi juga dilalui masyarakat, maka transportasi sungai masih digunakan warga meski harus mengeluarkan ongkos yang cukup tinggi. “Pihak perusahaan masih be-

lum berani mengoperasikan ponton, karena memang ada beberapa titik masih diperbaiki. Saya pun tidak bisa pastikan kapan normal lagi. Namun ada juga masyarakat yang memanfaatkan pompong untuk mengangkut orang dan barang seperti sepedamotor dan lainnya. Cuma, ongkos lumayan tinggi. Sebenarnya masih ada jalur lain untuk menghindari banjir, tapi rutenya cukup jauh. Bisa melewati simpang jalur Kuansing, Lipat Kain dan Pekanbaru,” paparnya. Banjir yang terjadi lebih sepekan terakhir ini tidak saja merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Langgam, tapi juga menyebabkan arus transportasi

Ketua DPRD Minta Lelang Lebih Awal PANGKALANKERINCI(VOKAL)Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Pelalawan H Zakri meminta instansi teknis untuk segera melaksanakan lelang pengadaan barang dan jasa yang dibiayai APBD tahun 2012. Zakri berharap proses tender sudah dimulai pada pertengahan Januari 2011. Hal tersebut diungkapkannya Kamis (5/1) di Pangkalankerinci. “Kita minta pemerintah daerah, dalam hal ini instansi teknis cepat melaksanakan proses lelang. Target kita pada minggu kedua Januari ini sudah dimulai. Dengan demikian, waktu satu tahun itu termanfaatkan secara optimal,” ujar Zakri yang dihubungi melalui ponselnya. Dikatakannya, sebenarnya tender sudah bisa dimulai pada pekan pertama Januari 2011. Sebab proses verifikasi APBD Pelalawan oleh Gubernur Riau telah tuntas, dan nota APBD hasil verifikasi itu telah dikembalikan. Meski begitu, katanya, sebelum memulai tender instansi terkait membutuhkan waktu persiapan. DPRD Pelalawan, kata Zakri, berharap waktu dua pekan mampu dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah untuk mempersiapkan segala sesuatunya. “Kita minta kerja keras dari awal. Jangan seperti tahun lalu, APBD sudah disahkan sebelum Januari, tapi pelaksanaan tendernya bulan September. Kebiasaan lambat-lambat seper-

ti ini harus kita hapuskan. Budayakan kerja dengan cepat dan tepat, inilah yang saya maksud kerja keras,” tegasnya. Zakri mengatakan, pelakasanaan lelang lebih awal akan berdampak positif bagi daerah. Dalam hal kegiatan pembangunan infrastruktur yang belum tuntas di pertengahan tahun, dimungkinkan melakukan perpanjangan masa kerja. Ini akan memberikan jaminan lebih besar kepada masyarakat bahwa tidak akan ada insfrastruktur yang terlantar di akhir tahun. Disamping itu pemerintah dan DPRD memiliki waktu yang mencukupi untuk menyusun APBD Perubahan dan APBD tahun berikutnya. “Yang jelas kita bertekad bahwa bulan Juni 2012 APBD perubahan harus bisa disahkan. Dengan begitu tentu tidak akan ada proyek yang terlambat lagi,” imbuhnya. Menurutnya, dengan dipercepatnya program kerja, instansi Pemkab memiliki waktu yang lebih dari cukup dalam menyelesaikan seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pihak ketiga. “Instansi teknis lebih leluasa kalau ada kontrak yang perlu diperpanjang di APBD murni. Bagitu juga APBD perubahan, kita usahakan sudah bisa tender di bulan Juli, itu artinya ada waktu lima bulan sebelum berakhirnya tahun anggaran,” urai politisi partai Golkar ini. (ono)

daerah terganggu karena akses jalan ikut direndam air luapan Sungai Kampar. Salurkan Bantuan Sebelumnya proses pengiriman bantuan logistik Pemerintah Kabupaten Pelalawan untuk korban banjir di Kecamatan Langgam tersendat. Petugas beberapa kali melakukan bongkar muat di tengah jalan lantaran kendaraan tak mampu menembus jalan yang masih tergenang hingga 70 Cm. Dari Pangkalankerinci, logistik diangkut menggunakan beberapa mobil pick up dan satu truk medium. Tepat di KM 16 jalan koridor Langgam, bahan logistik dibongkar, kemudian diangkut lagi menggunakan truk lebih besar. Tiba di KM 19, dekat ponton

penyeberangan, bahan-bahan yang diperuntukkan bagi ratusan kepala keluarga (KK) yang terisolasi di beberapa desa, dipindahkan ke kapal pompong untuk dikirim ke titik bagi. Seorang petugas pengiriman mengatakan, armada truk pengangkut harus melalui empat titik rawan sebelum mencapai pompong. Titik pertama dan kedua di KM 12 masih dapat dilalui kendaraan roda empat semua jenis. Problem muncul di KM 16, karena air yang merendam jalan mengalir sangat deras hingga menghanyutkan lapisan kerikil sedalam setengah meter. “Pakai pick up kita tak berani. Soalnya kalaupun bisa lewat, barang pasti basah. Biarlah kita pindahkan pakai colt diesel saja,” tutur Rubi, seorang petugas hon-

orer Pemkab yang bertugas mengantar paket bantuan Pemkab. Dengan kondisi jalan yang sudah rusak dan banjir, melangsir adalah satu-satunya cara demi menjamin keselamatan logistik. Proses pengiriman melibatkan sedikitnya 20 pekerja dari pegawai honorer Pemkab Pelalawan dibantu warga Langgam. Seluruh proses pengiriman di bawah komando Camat Langgam. Camat Langgam, Faisal mengatakan, seluruh bantuan yang dikirim pada Selasa (3/1) kemarin telah disalurkan ke warga penerima. “Alhamdulillah akhirnya kiriman hari ini bisa disampaikan meskipun dengan susah payah. Adapun bahan bantuan yang dikirim berupa beras, gula pasir, minyak goreng, mie instan dan air mineral,” jelasnya. (***)

Gedung Puskemas Bunut Resahkan Warga PANGKALANKERINCI(VOKAL)-Menindaklanjuti laporan masyarakat yang mengeluhkan soal bangunan Puskesmas Bunut yang masih terbelit masalah dan kerap dijadikan tempat pacaran anak muda, Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Bunut dan Puskesmas Bunut agar menjaga aset negara tersebut. “Kita memang sudah mendengar informasi itu, makanya kita koordinasi dengan Camat setempat agar dapat menjaga aset negara tersebut,” demikian dikatakan Plt Dinas Kesehatan Pelalawan, Darwis Alkadam menjawab Harian Vokal, Kamis (5/1). Darwis mengatakan, terlepas dari masalah yang membelit puskesmas tersebut terkait proyek pembangunannya yang bermasalah, namun yang pasti bangunan itu adalah milik pemda yang diperuntukkan bagi masyarakat. Jadi sudah semestinya lah, masyarakat setempat juga turut menjaga aset tersebut. “Artinya keterlibatan masyarakat itu juga penting agar mereka sama-sama menjaga bangunan itu supaya tak dijadikan tempat yang tak pantas,” katanya. Memang, sambungnya, jika sampai melarang anak-anak remaja untuk sekedar duduk-duduk di situ, jelas tidak mungkin. Tapi minimal, jangan

sampai bangunan itu menjadi kesempatan bagi para remaja untuk melakukan hal yang di luar kewajaran. “Jadi memang, peran serta masyarakat dan aparatur pemerintah kecematan sangat diperlukan di sini. Karena itulah, salah satu koordinasi yang kita lakukan beberapa waktu lalu dengan pihak Kecamatan Bunut adalah tentang puskesmas Bunut itu,” ungkapnya. Secara terpisah, Camat Bunut Basyaruddin saat dikonfirmasi via telpon selulernya terkait hal ini mengatakan hal yang serupa. Namun diakuinya bahwa pihaknya sebenarnya agak kesulitan juga jika untuk melarang para remaja yang hanya sekedar duduk-duduk saja di jembatan yang berada di depan puskesmas itu. “Kami sesekali memantau juga karena jangan sampai puskesmas itu dijadikan tempat yang tidak pantas bagi mereka,” tegasnya. Ditambahkannya, apalagi sampai saat ini puskesmas tersebut masih belum dilanjutkan pembangunannya karena persoalan masih belum tuntasnya proyek pembangunannya itu. Tak hanya itu, meski masih belum ada pintu, namun pihaknya secara maksimal akan menjaga bangunan yang merupakan aset negara itu dari tangan-tangan yang tak bertanggung jawab.(fkh)

NET

BANGUNAN Puskesmas Bunut yang masih terbelit masalah, kerap dijadikan tempat pacaran kawula muda. Masyarakat diminta agar sama-sama menjaga bangunan itu tak dijadikan tempat yang tak pantas. Perwajahan: PEPEN PRENGKY


20

ROKAN HILIR - BENGKALIS JUMAT 06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

HARIAN VOKAL

LINTAS Respons Dinas Sosial Lamban BAGANSIAPIAPI(VOKAL)-Respon Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hilir terhadap berbagai persoalan sosial dinilai lamban. Beberapa tindakan lamban tersebut seperti penanganan banjir di beberapa kawasan di Rohil serta penanganan kasus bocah penderita tumor orbita. Menurut Ketua Lembaga Transparansi Rokan Hilir (Letro), Abdul Kosim SE, Dinas Sosial seharusnya bekerja ekstra cepat melihat kondisi di Kabupaten Rokan Hilir saat ini. Contohnya banjir di Kecamatan Kubu, setelah berminggu-minggu baru Dinas Sosial turun ke lokasi, itupun setelah didahului oleh bantuan yang datang dari propinsi. Selain itu, ada kasus bocah penderita Hydrocephalus bernama Keisya dan Bayu Kurniawan, serta bocah terkena tumor Orbita belum tertangani. Saat ini saja katanya, banjir terus membayangi Kabupaten Rokan Hilir. Sejumlah tempat seperti Desa Air Hitam, Tanjung Medan dan Kasang Bangsawan Kecamatan Pujud, banjir telah merendam rumah dan sekolah. Lahan pertanian penduduk juga terancam gagal panen, tanaman berupa cabe dan semangka membusuk karena terus menerus direndam oleh air. "Kita harapkan Dinas Sosial bisa memainkan perannya dengan cepat, harus gesit. Jangan menunggu jatuh korban besar baru bergerak. Sudah saatnya dipikirkan bantuan untuk para korban," pungkasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Kabupaten Rohil, HM Said Zein beberapa hari lalu hanya mengatakan siap turun meninjau. Bahkan dirinya mengaku telah turun ke lokasi meninjau banjir. Namun ketika ditanya lokasi mana dan kapan saja turun, Said tidak memberikan jawaban secara spesifik. Begitu juga ketika ditanyakan kapan penyaluran dana bantuan untuk korban banjir, ia mengatakan hal itu tergantung dari Bupati Rokan Hilir. "Itu tergantung komandan kita," katanya lagi sembari mematikan handphone. (mi)

Wabup Bengkalis Bantu Ponpes DURI(VOKAL)–Wakil Bupati Bengkalis, Suayatno yang juga sebagai Ketua Satuan Pelaksana (Satlak) Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kabupaten, Kamis (5/1) menyerahkan bantuan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Al–Jauhar. Bantuan untuk Ponpes yang beralamat di Jalan Abdul Rahman, Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis itu merupakan bantuan kesekian kalinya dari Wabup. Suayatno yang memberikan kata sambutan ketika itu disambut isak tangis pengurus pesantren Al-Jauhar serta ratusan santri. Wabup menyatakan, bahwa musibah kebakaran yang menimpa salah satu pesantren ternama di Kota Duri tersebut adalah sebagai musibah bersama yang diberikan sang maha pencipta. "Mari kita galang bantuan secara bersama sama. Kita percaya dan yakin bahwasannya dibalik semua ini pasti ada hikmahnya, bersabar dan berusaha adalah jalan yang terbaik dalam menerima cobaan ini,” ungkap Suayatno. Setelah memberiakan sambutan dan berusaha meyejukkan segenap penghuni ponpes tersebut, Wabup beserta jajaran Satlak PBD, Dinas Sosial serta jajaran Kecamatan Mandau langsung menyerahkan bantuan berupa uang tunai juga sejumlah masyarakat yang terkena musibah serupa di lingkup Kecamatan Mandau.(rtc/rid)

Kejari Bengkalis Tangani 373 Perkara BENGKALIS(VOKAL)-Terhitung sepanjang tahun 2011 lalu, Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis sedikitnya telah menangani sebanyak 373 perkara Pidana Umum (Pidum) Tahap I. Diantaranya sebanyak 366 perkara laporan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP), sementara sisanya adalah tunggakan penyidikan dari tahun 2010 lalu. Dari jumlah tersebut, perkara yang dikembalikan ke Penyidik Polres Bengkalis sebanyak 257 perkara. Kemudian untuk kasus yang dinyatakan lengkap sepanjang 2011 sebanyak 438 perkara, diserahkan Tahap II setelah dinyatakan lengkap dari Penyidik berjumlah 430 perkara sedangkan sisanya belum dikembalikan. Kemudian berkas perkara yang telah dinyatakan lengkap dan dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis jumlah yang masuk dilaporkan sebanyak 394 kasus dan berkas perkara yang dilaporkan memiliki hukum tetap (incraht) dari PN jumlah yang masuk sebanyak 287 perkara. “Ada beberapa yang masih menjadi tunggakan di 2010 yang lalu dan digabungkan menjadi satu. Kemudian berkas yang telah dilimpahkan ke PN juga memasuki akhir tahun 2011 dan hingga saat ini masih dalam proses persidangan,” ungkap Kepala Kejari Bengkalis Andi Muhammad Hamka, melalui Kepala Seksi Pidum T Firdaus kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Kamis (5/1). Dipaparkan Firdaus, khusus penanganan perkara penting (PK-Ting) tindak Pidum selama tahun 2011 dilaporkan perkara tindak pidana kehutanan sebanyak 15 berkas perkara, Narkotika sebanyak 97 perkara, perlindungan anak 21 berkas perkara, perjudian sebanyak 34 perkara, perdagangan obat dan makanan 2 perkara, perdagangan orang 3 berkas, penyimpangan distribusi pupuk 1 berkas, penyalahgunaan senjata api 1 berkas, pornografi 3 berkas dan tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) sebanyak 2 berkas perkara. “Tertinggi diperkara narkotika, kemudian untuk kasus perlindungan anak juga sangat tinggi dari tahun sebelumnya,” katanya lagi. Ditambahkan mantan Kasi Intel Kejari Pelalawan ini, untuk upaya hukum dari sejumlah terdakwa diantaranya Kasasi tahun 2011 dilaporkan sebanyak delapan berkas perkara dan upaya hukum peninjauan kembali satu berkas perkara.(rtc/rid) Penanggung Jawab/Redaktur: RIDWAN

ANDRIAS

BUPATI Bengkalis, Ir Herliyan Saleh (kiri), menyerakan RKA APBD 2012 kepada Ketua DPRD Bengkalis, Jamal Abdillah didampingi Wakil Ketua, Hidayat Tagor Nasution, di Gedung DPRD Bengkalis barubaru ini.

Bengkalis Optimis Raih Piala Adipura BENGKALIS(VOKAL)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis saat ini tengah menyusun tim untuk persoalan penghijauan kota. Rencana tersebut agar Piala Adipura dapat dimiliki oleh Negeri Junjungan. LAPORAN: ANDRIAS / BENGKALIS

Bupati Bengkalis, Ir H Herliyan Saleh menegaskan, Pemkab Bengkalis optimis mampu kembali meraih Adipura untuk Bengkalis. Asalkan semua pihak bisa bekerjasama dan bersama-sama dalam menghijaukan daerah yang dicintai. "Kita tetap optimis Piala Adipura kembali kita raih. Tetapi saya harap semua pihak bekerjasama

melakukan penghijauan untuk kebaikan daerah kita. Karena ini tanggungjawab kita bersama, bukan semata-mata tanggungjawab dinas terkait," tegas Bupati, Kamis (5/1) saat rapat di Kantor Bupati Lantai II. Sementara, Kepala Dinas Pasar, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bengkalis, H Indra Gunawan mengatakan, memang sesuai arahan Pak Bupati. Saat ini pihaknya tengah membentuk tim untuk

penghijauan, sehingga Piala Adipura tahun ini bisa diraih Bengkalis. "Kondisi yang ada saat ini, masalah penghijauan kita memang masih perlu perbaikan. Dan ini merupakan tanggungjawab kita bersama. Selama ini

kita juga telah membentuk tim dari dinas. Mudah-mudahan dengan terbentuknya tim yang baru ini, semakin meyakinkan kita untuk meraih Piala Adipura tahun ini," katanya. Seperti diketahui, tahun 2009-

TANAM POHON Bupati Bengkalis, Herliyan Saleh secara simbolis menanam pohon pada pencanangan gerakan menanam 1 miliar pohon di kawasan Pelabuhan BSSR dan sekitarnya, beberapa waktu lalu.

RSUD Gunakan Tenaga Outsourcing BENGKALIS(VOKAL)-Mulai keluhan yang selama ini disamtahun 2012 ini, Rumah Sakit paikan oleh masyarakat tentang Umum Daerah (RSUD) Kabupat- pelayanan tidak terjadi lagi," kata en Bengkalis dan RSUD Duri akan Rismayeni. Politisi wanita inmenggunakan tenaipun menilai, akan ga pihak ketiga (outlebih baik pengelolaan sourcing). Tenaga tenaga keamanan dan bantuan untuk keakebersihan diserahmanan dan kebersikan pada pihak kehan itu agar RSUD tiga. Hal itu menginbenar-benar fokus gat, dari segi kinerja melayani masalah dan tanggungjawab kesehatan kepada pekerjaan, pihak ketimasyarakat. ga akan lebih baik dan Hal itu diungteratur. kapkan Wakil Ketua "Mereka, pihak keKomisi IV DPRD tiga pasti akan memiBengkalis, Rismayeliki rasa tanggungni SPd kepada warjawab yang tinggi. tawan, Rabu (4/1) RISMAYENI Karena kita telah dini hari usai hearing di Gedung DPRD Bengkalis. menjalin kerjasama dan terikat Menurut politisi perempuan dari kesepakatan," ujarnya. Adapun jumlah tenaga keaPartai Demokrat ini, sebelumnya tenaga keamanan dan keber- manan dan kebersihan untuk massihan di RSUD Bengkalis dan Duri ing-masing RSUD, menurut Risdikelola oleh RSUD itu sendiri. mayeni tidak terlalu banyak, hanya Tujuannya agar pihak RSUD tidak puluhan orang. "Sedangkan untuk lagi kewalahan mengurus tenaga pihak ketiga atau perusahaan penyedia tenaga kerja keamanan kerja sekuriti dan kebersihan. "Tujuan kita adalah ingin pi- dan kebersihan yang akan kita pahak RSUD bekerja maksimal dan kai nantinya, tentu melalui proses fokus terhadap pelayanan pada tender di masing-masing RSUD masyarakat. Sehingga, keluhan- tersebut," tutupnya. (ias)

2010 Bengkalis berhasil meraih Piala Adipura, sedangkan 20102011 Bengkalis gagal meraih Piala Adipura dengan kekurangan nilai 0,75. Nilai yang ditetapkan oleh KLH 74, dan Bengkalis hanya memperoleh nilai 73,25.(***)

ANDRIAS

Camat Serukan Budaya Baca Alquran BUKIT BATU(VOKAL)–Camat Bukit Batu, Andris Wasono menyerukan kepada masyarakat agar menjadikan kebiasaan membaca Alquran sebagai budaya sehari-hari. Budaya itu dapat bermula dari dalam rumah tangga sendiri atas perhatian orang tua. Hal itu ditekankan Camat Bukit Batu, Andris Wasono saat membuka MTQ tingkat Desa Sepahat ke-11, Rabu (4/1) malam. “Saya harapkan dengan adanya momen MTQ ini bisa menjadikan anak-anak yang ada di Desa Sepahat gemar membaca Alquran. Hal ini harus ditanamkan sejak dini, karena budaya membaca Alquran sudah mulai hilang akibat pengaruh tontotan televisi,” Ujar Camat. Disebutkan Camat, Pemkab Bengkalis telah menganggarkan dana, khususnya untuk kegiatan dalam mengembangkan syiar

agama Islam, salah satunya melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Sehingga, setiap desa bisa menyelenggarakan MTQ menggunakan pos yang telah ditentukan tersebut. “Perhatian Pemkab Bengkalis saat ini sangat tinggi, terutama untuk kegiatan keagamaan, salah satunya MTQ ini dimana dari dana ADD tersebut bisa digunakan untuk menyelengarakan kegiatan ini,” kata Camat. Sementara itu, Kepala Desa Sepahat dalam sambutannya merasa bangga bisa menyelenggarakan MTQ. Hal tersebut tidak terlepas dari dukungan semua pihak dan masyarakat yang cukup antusias dalam mensukseskan MTQ. “Saya berterima kasih atas dukungan semua pihak yang telah banyak membantu, hingga bisa menyelenggarakan MTQ ini,” Ujar Kades. Selain itu, di Desa Sepahat

sudah terbentuk Lembaga Pengembangan Tilawaitl Quran (LPTQ) tingkat desa. Kedepan diharapkan bisa berjalan, karena diakui Qori dan Qoriah asal Desa Sepahat masih belum bisa bersaing dengan desa lain yang sudah memiliki Qori yang sudah berprestasi. “Kedepan saya berharap LPTQ bisa menyaring dan mendidik anak-anak yang nanti bisa mewakili Sepahat bersaing dalam MTQ dan tidak menutup kemungkinan bisa mengharumkan nama Kecamatan dan Kabupaten, kalau memang terus dididik dengan baik,” harpa Kades. Dalam acara tersebut, juga dihadiri Kapolsek Bukit Batu, Danramil Bukit Batu serta ratusan masyarakat Desa Ssepahat yang antusias hadir menyaksiskan acara tersebut dengan sungguhan berbagai atraksi yang bernuansa Islam.(ias)

Wabup Imbau Medis Serius Layani Masyarakat BAGANSIAPIAPI(VOKAL)Masyarakat sudah selayaknya menerima pelayanan medis yang terbaik. Pelayanan yang diberikan harus menyeluruh demi kepentingan bersama. "Kita menilai, masyarakat sudah sangat layak mendapatkan pelayanan terbaik. Maka, diharapkan ke depan tingkatkan pelayanan demi kepentingan bersama. Pelayanan demi pelayanan ini perlu diperhatikan secara global," ungkap Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) H Suyatno di Bagansiapiapi, Rabu (4/1).

Menurut Wabup, kegiatan seminar yang telah dilakukan selama ini dinilai cukup berperan penting dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Melalui hal itulah diharapkandapat secara seksama memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal, sebagaimana diharapkan masyarakat. Selain itu, diharapkan juga kegiatan ini juga mampu menambah Sumber Daya Manusia (SDM) di tenaga medis. Secara global, tanpa disadari bahwa kualitas SDM dibidang kesehatan terbilang rendah. Oleh karena

"Kita menilai, masyarakat sudah sangat layak mendapatkan pelayanan terbaik. Maka, diharapkan ke depan tingkatkan pelayanan demi kepentingan bersama. Pelayanan demi pelayanan ini perlu diperhatikan secara global," H SUYATNO Wakil Bupati Rokan Hilir (Rohil) itu, hal-hal seperti ini sudah selayaknya ditingkatkan. Di samping itu juga, kata Wabup, kalau dilihat sarana dan

prasarana medis juga terbilang tidak memadai. Bahkan ada alatalat kesehatan sudah tidak bagus atau berkarat, seperti yang ter-

dapat di Kecamatan Kubu. Kendati keterbatasan atau kekurangan sarana dan prasarana medis, namun semangat dalam meningkatkan pelayanan jangan sampai kendur. Berusahalah untuk memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat. "Saya yakin jika SDM bagus dan ditambah lagi pelayanan kesehatan yang terbilang maksimal. Secara otomatis, masyarakat yang akan berobat menjadi senang. Dan apapun hal yang akan diharapkan mudah terealisasi," kata Wabup. (bin) Perwajahan: ANDIXER


21

KUANSING - KAMPAR JUMAT

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

HARIAN VOKAL

LINTAS Usaha Galian C Menjamur di Kampar BANGKINANG (VOKAL)-Karena usaha galian C menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan, saat ini usaha tersebut semakin menjamur di Kabupaten Kampar. Tetapi disayangkan, usaha tersebut banyak yang tidak memiliki izin. Para pengusaha terus beroperasi sambil mengurus izin, namun celakanya, sebelum izin keluar, lahan yang mereka kelola sudah habis terkuras. Lemahnya pengawasan serta kurang tegasnya pihak–pihak terkait untuk melakukan fungsinya, menyebabkan pengusaha galian C tanpa izin itu dengan leluasa beroperasi tanpa memikirkan dampak lingkungan yang ditimbulkannya. Menurut Rudi, salah seorang rarga Kampar kepada Vokal, Kamis (5/1) di Bangkinang, sudah seharusnya instansi terkait menertipkan usaha galian C ilegal tersebut, karena aktivitas mereka akan menimbulkan kerugian bagi daerah. “Silahkan membuka usaha galian C, asalkan keberadaan usaha tersebut memberi keuntungan bagi daerah, bukan merugikan. Hal inilah yang harus diperhatikan dinas terkait,” tandasnya. Dikatakannya, Dinas Pertambangan Kampar serta pihak terkait lainnya harus tegas, tidak setengah hati menegakkan aturan. “Jika aturan ditegakkan, maka semakin banyak pengusaha mengurus izin galian C, tentunya pendapatan asli daerah (PAD, red) Kampar akan bertambah,” pungkasnya. (yal)

April, Lelang Proyek di Kuansing Dimulai TELUK KUANTAN (VOKAL)- Untuk mengantisipasi adanya proyek yang tidak selesai pada tahun anggaran 2012 ini, Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), H Sukarmis, menginstruksikan seluruh satuan kerja (satker) agar memulai pelelangan kegiatan pada April mendatang. "Pak Bupati langsung menginstruksikan ke seluruh satker agar mempercepat pelelangan kegiatan. Tujuannya agar kita ada proyekproyek yang tidak selesai," ujar Sekda Kuansing, Drs H Muharman, MPd, kepada wartawan, Kamis (5/1). Untuk kegiatan fisik yang tidak selesai 100 persen pada tahun lalu, imbuhnya, Pemkab Kuansing akan memutuskan kontrak dengan rekanan atau perusahaan yang tidak menyelesaikan proyek tersebut. " Setelah kontraknya diputus, kegiatan yang tadinya belum selesai akan kembali dilakukan pelelangan untuk diselesaikan," katanya. Pihaknya menyadari terdapat berbagai kendala selama pelaksanaan kegiatan tahun lalu, karena berbagai kegiatan penting harus disukseskan tahun 2011 itu. Salah satunya adalah Pilkada. (hlc/del)

Nomor Penting Kabupaten Kuansing Kantor Bupati Kuansing

: 0760 561616

Fax Kantor Bupati

: 0760 561617

Sekretariat DPRD

: 0760 561604

Mapolres Kuansing

: 0760 561604

Kejari Taluk Kuantan

: 0760 20123

RSUD Teluk Kuantan

: 0760 561858

Pemadam Kebarakan

: 0760 20957

Polsek Kuantan Tengah

: 0760 20110

Koramil Kuantan Tengah : 0760 20021

Nomor penting Kabupaten Kampar Kantor Bupati

: 0762-20016

DPRD

: 0762-20572

KAJARI

: 0762-20041

Pengadilan Negeri

: 0762-20070

KANDEPAG

: 0762-21550

Damkar

: 0762-322113

PDAM (Air)

: 0762-20444

PLN (Listrik) Bangkinang : 0762-20050 Polres Kampar

: 0813 783 66866

RSUD Bangkinang

: 0762-7000029

Polres (Polisi) Kampar Penanggung jawab/Redaktur: DELFI INDRA

: 0762-20260

APRIYALDI

BENTANG SPANDUK-Para wartawan Kampar membentang spanduk, meminta Kapolres Kampar menindak anggotanya yang melecehkan wartawan. Para wartawan itu long march dari bundaran Balai Bupati Kampar sejauh 1 km, menuju Mapolres Kampar, baru-baru ini.

Penertiban PETI Perlu Didukung TELUKKUANTAN ( VOKAL) - Maraknya usaha penambangan emas tanpa izin (PETI) di Kabupaten Kuantan Singingi saat ini menimbulkan polemik di tengahtengah masyarakat. Kondisi ini hendaknya dicarikan solusi terbaik, sehingga masyarakat bisa melakukan usaha penambangan emas secara legal, serta kelestarian lingkungan tetap terjaga. Hal tersebut diungkap anggota Komisi A DPRD Kuansing, Andi Nurbai, SP, saat dihubungi Vokal via ponselnya, Kamis (5/1). Menurutnya, upaya yang dilakukan Polres Kuansing dalam menertibkan

PETI, dimana Kapolres Kuansing yang meminta dukungan seluruh elemen masyarakat, serta menimbau seluruh jajarannya untuk tidak membacking usaha tambang emas tanpa izin, perlu didukung. “Kendati begitu, Kapolres juga harus memahami bahwa banyak masyarakat yang menggantungkan hidup mereka pada sektor pertambangan ini. Oleh karena itu kita berharap agar Dinas Ener-

Isu Mutasi Cemaskan Pejabat Kurang Loyal BANGKINANG (VOKAL)-Baru saja beberapa hari memasuki bulan Januari 2012, beberapa pejabat di Pemkab Kampar, terutama mereka yang merasa kinerjanya kurang optimal selama ini, dicemaskan adanya isu akan diadakannya mutasi jabatan eselon III dan IV pada akhir bulan Januari ini. Kampar. Diisukan, mutasi tersebut terutama dilakukan kepada para camat, para kabag, sekretaris pada seluruh dinas dan badan, serta kasubag di lingkungan Setdakab Kampar. Sementara mutasi untuk eselon II, para kepala dinas dan badan akan dilakukan setelah mutasi pejabat eselon III dan IV dilakukan. Kepada Vokal, salah seorang kepala bagian (kabag) di Pemkab Kampar yang tidak enggan

menyebutkan namanya, Kamis (5/1), di Bangkinang, mengaku pasrah dengan segala kemungkinan yang akan terjadi. “Yang penting kita bekerja sesuai dengan aturan,” tandasnya. Hal yang sama juga diungkapkan salah seorang kepala dinas (kadis) yang juga tidak mau menyebutkan namanya. Menurutnya, kewajiban pejabat hanya melaksanakan tugas yang telah diembankan kepadanya. Soal pengangkatan atau mutasi pejabat, itu hak prerogatif bupati. “Yang penting kita bekerja sesuai tugas, wewenang, dan kewajiban kita. Mengenai jabatan, semua terserah kepada bupati. Kita sebagai PNS harus loyal kepada atasan, apapun perintah harus kita laksanakan. Jabatan hanyalah sebuah amanah,” pungkasnya. (yal)

LAPORAN: REPRIZAR/KUANSING

gi Sumber Daya Mineral (ESDM, red) Kuansing, dapat melaksanakan fungsinya dalam pengelolaan tambang rakyat ini,” ujarnya. Andi juga mengungkapkan keyakinannya bahwa tambang yang diusahakan rakyat tersebut merupakan perwujudan cita-cita bangsa, dimana dalam UUD 45 termuat bahwa kekayaan alam

dikuasai negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Selain itu, imbuhnya, Distamben harus mampu menyikapi ini dengan berbagai upaya agar masyarakat mau mengurus izin. Jika skema pengurusan izinnya tidak jelas, masyarakat yang akan mengurus izin usahanya akan kebingungan, karena pihak Distemben selalu menjawab masih menunggu petunjuk teknis dari pusat.

“Sementara perusahaan besar tetap bisa beroperasi. Apakah Distamben tidak malu memposisikan diri, seolah-olah tidak mendengar aspirasi masyarakat. Kalau rakyat daerah ini bisa, mengapa harus dipersulit dan tidak dibina. “ Jangan sampai seperti di Bima dan Papua, dimana masyarakat tidak dibolehkan berusaha, sementara perusahaan asing terus mengeruk kekayaan alamnya,” tegasnya. (***)

Hanya 1 Perusahaan Tambang Emas di Kuansing Kantongi Izin TELUK KUANTAN ( VOKAL) – Menurut penilaian Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), secara formal tidaka da satupun perusahaan pertambangan emas yang memiliki izin di Kuansing, kecuali PT Miracle. Dalam melakukan opersional penambangan emas di Desa Pulau Padang, Kecamatan Singingi, PT Miracle memiliki areal seluas 2.006 hektar, areal di Desa Geringging Baru, Kecamatan Benai, seluas 6.010 hektar, dab di Desa Logas, Kecamatan Singingi seluas 4.007 hektar dan 100 hektar. “Jadi usaha tambang emas di kuansing ini yang memiliki izin hanya satu, yaitu PT Miracle, yang memiliki izin sejak November 2009 sampai November 2017. Akan tetapi, PT Miracle

hanya melakukan penambangan emas di Desa Logas saja, dengan luas lahan sekitar 100 hektar, sementara di tempat lainnya, seperti Desa Geringging Baru dan Pulau Padang, belum dilaksanakan kegiatan,” ungkap Kepala ESDM Kuansing, Ir H. Mashuri Intan, MM, melalui Kabid Geologi dan Pertambangan Umum, Junaidi, ST, ketika dihubungi Harian Vokal, kemarin. Menurutnya, pemberian izin terhadap perusahaan tersebut sudah sesuai Undang-undang Nomor 4 tahun 2009, khususnya Bab VIII pasal 76, tentang izin eksplorasi/penyelidikan dan izin operasi produksi. “Untuk pengawasan, kita juga sudah lakukan berdasarkan hasil produksi yang setiap tahun. Ini dilakukan secara umum terhadap perusahaan pertambangan emas di Kuansing,” sebutnya.

Diungkapkannya, beberapa waktu lalu pihaknya telah melakukan pemanggilan terhadap seluruh perusahaan pertambangan batu bara yang telah beroperasi, baik yang telah produksi maupun yang sedang eksplorasi, guna mendengarkan rencana dan program 2012. Hal itu terkait dengan usaha atau kegiatan pertambangan yang telah dilakukan perusahaan selama ini, sehingga perlu diketahui rencana kegiatan perusahaan itu tahun 2012. “Kehadiran seluruh perusahaan pertambangan batu bara di Kuansing ini sangat penting sekali artinya, terutama untuk mengetahui sejauh mana rencana kegiatan dan apa saja program mereka selanjutnya, serta untuk mengetahui berapa ton rencana produksi yang dilakukan tahun 2012 ini,” pungkasnya. (rep)

Banyak Jalan dan Jembatan di Kuansing Rusak Akibat Banjir TELUK KUANTAN (VOKAL)Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BM SDA) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) telah mendata seluruh infrastruktur yang rusak akibat banjir hebat yang melanda daerah ini dua pekan lalu. Puluhan ruas jalan yang rusak akan dilakukan perbaikan. “Kita sudah mendata ruas jalan yang terkena banjir beberapa waktu lalu. Dari data tersebut, diketahui puluhan ruas jalan di daerah ini rusak di beberapa titik,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas BM SDA Kuansing, Nopriman,ST MT, melalui Kabid Peningkatan Jalan dan Jembatan, Nasri Edi, ST, kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (5/1). Ruas jalan yang rusak tersebut, kata Nasri Edi, diantaranya

ruas Jalan Lapau Gading-Pangean, ruas Jalan Pangean-Pulau Kumpai- Pasar Usang Baserah. Kemudian ruas jalan Kecamatan Benai, Benai-Koto Rajo- Pulau Jambu, Teluk Pauh- Pasikaian, Pulau Bayur- Sei Perupuk, Sei Perupuk- Teluk Pauh, ruas jalan provinsi-Pulau Bungin, jalan lingkar Seberang Talukkuantan, Seberang Taluk Kuantan- . Seberang Benai, Ciberlin - Pintu Gobang Kari. “Kemudian ruas jalan Petapahan-Pasar Gunung Toar, Kampung Baru Toar- Pasar Gunung Toar, Lubuk Tarontang- Pisang Berebus, Pauh Angit- Pulau Rengas, Pauh Angit - Rawang Binjai, Inuman - Pulau Busuk, Kompe Barangin- Kampung Baru Cerenti, jalan menuju Jembatan Cerenti, Lubuk Jambi - Saik, Pulau Komang- Koto

Sentajo, Sawah Pulau Komang, Masjid Koto - Pulau Aro, Simpang Palau Aro - Pulau Aro,” sebut Nasri Edi. Ditambahkan Nasri Edi, selain merusak ruas jalan, banjir juga merusak sejumlah jembatan. Tingkat kerusakan itu bervariasi, ada yang rusak sedikit, hingga tingkat kerusakan cukup parah. Seluruh jalan dan jembatan yang rusak itu perlu diperbaiki dan dibangun kembali. Jika tidak, kondisi tersebut akan mengganggu kelancaran transportasi. “Sekarang kita sedang menyiapkan proposal permintaan bantuan ke pemerintah pusat, dalam hal ini Departemen PU, agar infrastruktur yang rusak ini bisa segera dibangun kembali. Sebab, kalau mengandalkan APBD kita , hal itu memungkinkan lagi,” pungkasnya. (dod)

KAMPAR ONLINE

SEORANG kakek memangku cucunya di atas sampan saat banjir melanda Kabupaten Kuansing, beberapa waktu lalu. Perwajahan : RINTO HARMIKO


22

MERANTI - INDRAGIRI HILIR JUMAT

HARIAN VOKAL

LINTAS Asisten III Buka Musda BKMT Inhil

STAI Wisuda 153 Mahasiswa

TEMBILAHAN(VOKAL)-Bupati Indragiri Hilir yang diwakili Asisten III Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, Hj Djamilah, membuka Musda III Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Kabupaten Inhil, Kamis (5/1) di aula utama Kantor Bupati. Acara ini juga dihadiri Ketua BKMT Provinsi Riau, BKMT Kabupaten Inhil, Hj Raihana Ara, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Inhil, Hj Siti Bungatang Rosman, Organisasi Wanita se-Kabupaten Inhil serta beberapa pejabat Eselon II dan III. Dalam sambutannya, Hj Djamilah menyambut baik diadakannya musda ini, karena pendidikan Islam untuk generasi merupakan hal penting yang tidak boleh ditinggalkan. Sebab, generasi yang Islami tidak bisa tumbuh, tanpa melalui proses pendidikan mendasar di kalangan keluarga dan juga masyarakat. Masih menurutnya, pendidikan Islam diharapapkan mampu menjadi penangkal dalam mencegah pengaruh negatif akibat dari pengaruh global dan moderenisasi yang disalah artikan. Sehingga dengan pendidikan Islam yang baik mampu menyaring berbagai budaya yang datang dari luar, dan itu bertentangan dengan nilai-nilai Islam yang kita anut selama ini. “Diharapkan musda ini menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat. Karena itu, saya juga berharap para peserta musda memaksimalkan segala potensi yang ada demi kemajuan pendidikan agama di Kabupaten Indragiri Hilir,” katanya. (suf)

Bupati Meranti Segera Evaluasi Pejabat Eselon SELATPANJANG(VOKAL)-Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan Nasir MSi segera melakukan evaluasi terhadap pejabat eselon yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Termasuk juga mengisi kekosongan atas SKPD yang baru dibentuk Pemkab. Hal itu disampaikan Irwan Nasir, Kamis (5/1) pagi saat ditemui sejumlah wartawan di kediamannya. Ia menyebutkan, diantara SKPD yang baru dibentuk dan akan ditempatkan pejabat eselonnya nanti, yakni Badan Pengelola Perbatasan Wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti. "Pejabat eselon kita akan dievaluasi. Sehingga SKPD yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti bisa berperan maksimal, termasuk mencari pejabat eselon bagi SKPD yang baru dibentuk dalam upaya memaksimalkan peran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkap Irwan. Saat ditanyakan, kapan akan dilakukan mutasi dalam upaya meningkatkan peran Pemkab Kepulauan Meranti, Bupati mengaku belum mau menyebutkan kapan. Namun, ia juga menyebutkan bahwa Baperjakat Kepulauan Meranti juga sangat berperan dalam penentuan mutasi tersebut, termasuk waktu pelaksanaannya. "Belum tahu kapan, tapi mutasi itu bisa saja kita lakukan kapan saja untuk memaksimalkan peran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Apalagi yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat. Dalam mutasi, Baperjakat sudah kita tunjuk untuk melaksanakan proses mutasi dan evaluasi pajabat," terangnya. (hrc/mal)

YUSUF

ASISTEN II Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir, Syafrinal Hedy saat memberikan sambutan dalam wisuda VIII STAI Auliaurrasyidin, Kamis (5/1) kemarin.

YUSUF

TEMBILAHAN(VOKAL)-Bupati Indragiri Hilir diwakili Aisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Syafrinal Hedy menghadiri acara Wisuda VIII Program Sarjana STAI Auliaurrasyidin di Gedung Abd Rahman Sidiq, Kampus Auliaurrasyidin, Tembilahan, Kamis (5/10) kemarin. Pada Wisuda VIII Program Sarjana ini, STAI mewisuda 153 Wisudawan dan Wisudawati. Kondisi itu melambangkan keberadaan STAI Auliaurrasyidin semakin eksis di daerah ini. Karena sudah tidak terhitung STAI melahirkan sarjana-sarjana pendidikan yang diharapkan mampu untuk menjadi ujung tombak dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di “Negeri Seribu Jembatan” ini Dalam sambutannya, Bupati Inhil memberikan apresiasi dan turut bahagia atas diwisudanya 153 mahasiswa STAI. Mereka yang sudah selesai menuntut ilmu di STAI, diharapkan dapat mempraktekkan apa yang mereka peroleh di tengah masyarakat, terutama untuk bidang pendidikan. Sebab, peranan pendidikan sangat penting dalam rangka kemajuan suatu daerah. “Apalagi dengan visi misi Inhil 2025 mendatang “Inhil Berjaya dan Gemilang” tentunya hanya bisa digapai dengan jalan peningkatan SDM masyarakat dengan jalan perbaikan dan kualitas pendidikan yang dilakukan. Alumni STAI diharapkan mampu melakukan berbagai inovasi pendidikan, bagi kemajuan daerah,” ujarnya. Selain itu Bupati menambahkan, wisuda STAI kali ini ini menandakan STAI telah mampu menciptakan cukup banyak sarjana di Inhil, mengingat ini adalah kali ke-8 STAI mewisuda wisudawan dan wisudawatinya. (suf)

Anggaran RIS PNPM Berkurang Rp75 Juta TEMBILAHAN(VOKAL)–Pengurangan dana RIS PNPM Mandiri sebesar Rp75 juta membuat pusing pihak desa. Apalagi, pengurangan dana tersebut terjadi di tengah jalan saat termen kedua. Padahal, sebelumnya masyarakat membuat program sesuai dengan jumlah anggaran pada tahun sebelumnya Rp250 juta. LAPORAN: YUSUF/TEMBILAHAN

Demikian disampaikan Ketua OMS Desa Panglima Raja, Kecamatan Concong Arbain kepada Vokal, Kamis (5/1) melalui telepon selulernya. Dijelaskannya, kalau memang pengurangan itu diketahui lebih awal pada saat memulai penyususnan

program, tentunya pihak desa tidak akan kaget seperti ini. Karena program pembangunan fisik yang dilakukan, bisa disesuaikan dengan pagu anggaran yang diterima. “Tapi yang terjadi, kita baru mengetahui adanya pengurangan setelah proyek fisik berjalan, bahkan untuk termen kedua. Hal tersebut sudah barang

tentu menyulitkan mereka, terutama untuk memberi penjelasan kepada masyarakat,” kata Arbain. Sebagaimana dijelaskan Arbain, untuk Desa Panglima Raja, sesuai dengan kesepakatan dengan masyarakat pada saat rapat pembangunan jalan desa dengan uang Rp250 juta sepanjang 130 meter tapi karena anggaran dikurangi, pembangunan terpaksa dikurangi sepanjang 40 meter. Kondisi ini, tentu bisa menimbulkan kecurigaan di tengah masyarakat. “Makanya, kita pada saat itu terpaksa meminta konsultan untuk turun ke lapangan mem-

Tanggul Asal Jadi, Warga Kecewa

SAMBUTAN dari salah seorang anggota DPRD Kabupaten Indragiri Hilir pada Rapat Paripurna Dewan pergantian susunan anggota Banggar, Kamis (5/1) kemarin.

06 Januari 2011/12 Shafar 1433 H

SELATPANJANG(VOKAL)Warga Desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat kecewa. Pasalnya, pembangunan proyek tanggul yang membentengi kawasan pantai desa tersebut, terkesan dikerjakan asal jadi oleh pihak rekanan kontraktor. Akibatnya, bangunan bodi tanggul tidak sempurna, di beberapa titik, bodi tanggul sempat runtuh dan tidak kokoh. Hal ini diungkapkan Sutimin (59) warga Desa Sungai Cina, Kamis (5/1) di Lemang Rangsang Barat. Ia mengkhawatirkan, bodi tanggul tidak akan mampu menahan derasnya gelombang pasang air laut yang sering mendera Desa Sungai Cina. "Kita minta agar pembangunan tanggul ini disempurnakan lagi. Dan kita minta agar pihak instansi terkait dan DPRD untuk segera turun meninjau pembangunan proyek tanggul

yang dinilai warga sangat tidak sempurna, terkesan asal jadi," tegas Sutimin. Menurut Sutimin, pembangunan tanggul di Desa Sungai Cina ini satu paket dengan pembangunan tanggul di Desa Bina Maju dan Melai. Proyek pembangunan tanggul ini dialokasikan melalui APBD Provinsi Riau pada tahun anggaran 2011. "Soal berapa volume proyek pembangunan tanggul ini dan berapa total anggarannya juga tidak jelas. Soalnya, pihak rekanan kontraktor tidak memasang plang proyek yang seharusnya dipasang sebagai mana ketentuan dalam kontrak perjanjian pengerjaan proyek. Hal inilah yang menyulitkan warga untuk melakukan pengecekan terhadap pengerjaan proyek tersebut," ungkapnya. Hal senada juga diungkapkan Hafiz (48) warga Sungai Cina

"Kita minta agar pembangunan tanggul ini disempurnakan lagi. Dan kita minta agar pihak instansi terkait dan DPRD untuk segera turun meninjau pembangunan proyek tanggul yang dinilai warga sangat tidak sempurna, terkesan asal jadi." SUTIMIN Warga Desa Sungai Cina lainnya. Warga tidak hanya menyesalkan tidak sempurnanya pengerjaan proyek tanggul yang diperkirakan menelan anggaran yang sangat besar tersebut. Belum lama ini, pihak instansi terkait dari Provinsi Riau, sejumlah anggota DPRD Riau juga sempat turun ke lokasi pengerjaan proyek. Namun, sayang rombongan dari provinsi ini tidak meninjau secara utuh pengerjaan proyek.(hrc/mal)

berikan penjelasanan kepada masyarakat terkait dengan pengurangan pagu dana RIS PNPM Mandiri pada tahun ini,” ujarnya. Ketika disinggung dengan alasan pengurangan dana tersebut dan apakah ada edaran resmi dari Pemerintah Pusat, Arbain mengatakan alasannya adalah krisis global yang terjadi belakangan ini terhadap perekonomian dunia. Sedangkan surat edaran yang ditanyakan, Arbain mengatakan sudah membacanya. “Pengurangan tersebut memang resmi, karena ada surat edaran dari pemerintah pusat,” terangnya. Ungkapan senada juga di-

sampaikan Kepala Desa Panglima Raja, Rabuan kepada Vokal di hari yang sama terkait dengan persoalan tersebut. Meski selaku Kades ia tidak terlibat secara langsung dengan pelaksanaan pembangunan, tapi pengurangan yang terjadi telah menimbulkan kecurigaan masyarakat kepada aparatur desa. “Pengurangan anggaran yang berlangsung di tengah tahun, telah menimbulkan prasangka tidak baik terhadap aparatur pemerintahan desa. Meski sebagian masyarakat mengetahui, tapi efeknya sudah menyebabkan keresahan di tengah masyarakat,” ujarnya. (suf)

Meranti Terima 10 Aset Penting dari Bengkalis MERANTI(VOKOL)-Sepuluh item aset penting di Kepulauan Meranti telah diserahkan Kabupaten Induk Bengkalis, red). Sementara untuk penyerahan secara keseluruhan aset yang ada di Kepulauan Meranti menunggu kesepakatan nilai dan persetujuan DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti dengan DPRD Kabupaten Bengkalis. Demikian disampaikan Ketua Tim Penginventarisir Aset Kabupaten Kepulauan Meranti, H Tengku Akhrial kepada wartawan di kantor Bupati, Kamis (5/1). Diantara sepuluh item aset yang sudah diserahkan Kabupaten Bengkalis yakni, RSUD, Taman cik Puan, Gudang Farmasi, AMIK Selatpanjang, dan beberapa aset pennting lainnya. “Sepuluh item aset itu baru diserah terimakan sementara oleh Kabupaten Bengkalis. Sementara

aset lainnya masih menunggu kesepakatan nilai dari aset yang sudah diinventarisir bersama antara Pemkab Kepulauan Meranti dan Pemkab Bengkalis,” kata Tengku Akrial. Tengku Akrial yang juga Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti itu mengatakan pihaknya juga masih menentukan nilai dari aset yang akan diserahkan itu, termasuk juga pihak Pemkab Bengkalis. Sementara penginventarisiran, seluruh aset sudah dilakukan seluruhnya kedua kabupaten. “Penentuan nilai nantinya akan kita sepakati terlebih dahulu bersama mereka (Pemkab Bengkalis, red). Setelah disepakati, barulah kita lakukan penyerahan seluruh aset yang ada di Kepulauan Meranti dan dioptimalkan untuk pembangunan di Kepulauan Meranti,” kata Tengku Akrial lagi. (swl)

Ingin Samakan Pemahaman, Bupati Ditolak, LKKMM Sesalkan Sikap FKMP3 KEINGINAN Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan Nasir MSi dalam upaya menyamakan pemahaman dan persepsi bersama massa Forum Komunikasi Masyarakat Penyelamat Pulau Padang, terpaksa terhenti. Hal itu dikarenakan terjadinyanya suasana ricuh yang diciptakan massa FKMP3 di luar aula gedung Kantor Camat Merbau di Kelurahan Teluk Belitung tempat pertemuan berlangsung, Rabu (4/1). LAPORAN: SAWAL/SELATPANJANG

Sikap arogansi massa FKMP3 menolak duduk bersama dengan Bupati Kepulauan Meranti yang datang beserta rombongan di Kantor Camat Merbau itu, sangat disesalkan Ketua Lembaga Kerukunan Keluarga Masyarakat Meranti. Padahal, kehadiran bupati di tanah tempat kelahirannya itu, semata-mata untuk kepentingan warga dan menjelaskan hasil tuntutan mereka. "Untuk apa massa banyak terutama kaum ibu-ibu ber-

kumpul di sekitar Kantor Camat Merbau, apakah hanya untuk melampiaskan emosi dengan kata-kata yang tidak enak di dengar terhadap Bupati," ujar Ketua LKKMM, H Kazir, Kamis (5/1) kemarin. Sesuai informasi yang diperolehnya dari Sub Bagian Protokoler Kantor Bupati beserta rombongan, kata H Kazir, kehadiran Bupati bersama rombongan ke Teluk Belitung, Kecamatan Merbau pada Rabu petang kemarin sematamata untuk menjelaskan kepada masyarakat tentang upaya penyelesaian konflik lahan

Penanggung Jawab/Redaktur: AKMAL KUTIANYIR

SAWAL

BUPATI Kabupaten Kepulauan Meranti, Irwan Nasir usai pertemuan singkat dikerumuni masyarakat saat mau meninggalkan Kantor Camat Merbau, Rabu (4/1).

di Pulau Padang. Karena, saat ini, apa yang menjadi tuntutan masyarakat sudah dikabulkan Kemenhut, yakni penghentian sementara operasional PT RAPP di Pulau Padang. Anehnya, pertemuan yang direncanakan di Kantor Camat

Merbau tersebut sudah diagendakan oleh Camat dimana yang diundang adalah seluruh Kepala Desa dan perwakilan dari tokoh-tokoh masyarakat se-Pulau Padang, namun pada kenyataan di luar Kantor Camat dan di lapangan sepak-

bola yang tidak jauh dari Kantor camat, hampir seribuan warga yang kebanyakan kaum wanita sudah berkumpul, padahal sebelumnya tidak ada informasi yang jelas. Padahal, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Merati sudah menerima surat dari Pemerintah Pusat melalui Dewan Kehutanan Nasional (DKN) tentang penghentian sementara Oprasioanal HTI PT RAPP di Pulau Padang sampai tim yang sudah dibentuk Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kehutanan untuk melakukan kajian kembali terhadap layak atau tidak layaknya HTI masuk ke Pulau Padang, Kecamatan Merbau itu, langsung ditindak lanjuti dengan turun ke Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau. Dengan maksud untuk menyamakan persepsi dan pemahaman dengan massa dan segaligus menyampaikan ka-

bar dan tindak lanjut Pusat terhadap persoalan HTI di Pulau Padang, langsung disambut sekurangya ratusan massa FKM3 dan tidak menerima kedatangan Bupati. Bupati ke Pulau Padang tersebut didampingi Asisten I Setdakab, Drs H Nuriman Khair, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Ir Burhanuddin, Kadishutbun, Ir Mamun Murod MM, Kepala BLH, Bambang Supriyanto, Kepala Kantor Pertanahan, Al Azmi dan lainnya. Awalnya Bupati disambut Camat Merbau, Drs Duriat, Kapolsek Merbau, AKP Syawaluddin Pane, Danramil 12 Merbau, Kapt Inf Sahman Sinaga serta perangkat Kecamatan Merbau dan sejumlah Kades di Pulau Padang. Sebelum dimulai, terjadi riuh yang diciptakan masaa tak bisa dihentikan sehingga diminta kepada seluruh massa agar dapat menenangkan diri dan memasuki ruangan aula

Kantor Camat tersebut untuk bisa dimulai dialog dan menyamakan pemahaman yang telah direncanakan. Pada akhirnya Bupatipun menyampaikan maksud dan tujuannya datang ke Belitung dan menjelaskan duduk perkara. Beberapa saat kemudian, tiba-tiba suasana riuh kembali terjadi. Hingga akhirnya Bupati memutuskan untuk berbicara dengan perwakilan massa yang terdiri dari tokoh masyarakat yang sudah berada di dalam ruangan untuk dapat menenangkan massa dan dirinya bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat secara tertib. Sebelum dialog berakhir, riuh tetap terjadi dan dialog tidak bisa dilanbjutkan yang kemudian Bupati dan rombongan meninggalkan ruang dialog dan kembali ke Selatpanjang, sehingga upaya persamaan pemahaman tidak tercipta.*** Perwajahan: ISKANDAR


23

ANDALAS JUMAT

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

HARIAN VOKAL

LINTAS Gizi Buruk di Solok Capai 20 Kasus SOLOK(VOKAL) - Kasus gizi buruk di Kabupaten Solok bukan hanya karena faktor kemiskinan semata, namun juga dipicu faktor minimnya kesadaran orangtua dalam menjaga kesehatan. Penderita gizi buruk bisa saja muncul dari keluarga mampu dan mapan. “Masyarakat mesti proaktif menjaga kesehatan keluarga, terutama terhadap bayi yang masih dalam kandungan serta balita. Sebab secara medis penderita gizi buruk juga tak jarang berawal dari bawaan sejak lahir, atau ada sesuatu kelainan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Solok, dr.Asmairizal di Arosuka, kemarin, sekaitan masih maraknya penderita gizi buruk di wilayah kerjanya. Informasi yang dirangkum Padang Ekspres, penderita gizi buruk di negeri markisa ini sudah lebih 20 pasien. Disebutkan Asmairizal, sejauh ini Pemerintah Kabupaten Solok telah berupaya melakukan promosi kesehatan ke seluruh nagari. Bahkan hingga ke tingkat jorong mengandalkan tenaga medis yang ada di puskesmas setempat. Diikuti program pelayanan kesehatan gratis melalui layanan posyandu buat anak-anak balita. Penyuluhan kesehatan turut diprioritaskan bagi ibu-ibu hamil, disertai pemberian obat dan vitamin terhadap yang membutuhkan. “Rasanya Pemkab Solok sudah berupaya maksimal di bidang kesehatan. Bahkan program ini termasuk prioritas diantara sekian banyak program lainnya bagi masyarakat. Khususnya untuk menekan angka gizi buruk sebagai imbas dari gizi kurang, kalangan ibu hamil turut diberi penyuluhan kesehatan,” ujarnya. (pde/bos)

BANTUAN HELIKOPTER Sejumlah petugas SAR memeriksa helikopter, yang baru mendarat di Lapangan Udara (Lanud) Polonia Medan, Sumut, Kamis (5/1). Basarnas pusat memberikan sebuah helikopter rescue jenis Bolco BO-105 kepada kantor SAR Medan yang diharapkan dapat membantu proses tanggap darurat dan penanggulangan bencana yang terjadi di wilayah Sumatera Utara. ANTARA

 Semburkan Asap Putih

Marapi Sewaktu-waktu Bisa Meletus BUKITINGGI(VOKAL)-Gunung Marapi di daerah Koto Baru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Kamis (5/1) pagi mengeluarkan asap putih tebal ke utara gunung. Asap putih yang disemburkan gunung berketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, diperkirakan setinggi 100-250 meter dari puncak gunung. Semburan asap berlangsung selama 15 menit. Setelah menghilang sekitar 3 menit, gunung kembali menyemburkan asap putih tebal. Hingga pukul 09.00 WIB gunung masih terlihat menyemburkan asap putih. Petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi

(PVMBG) Bukittinggi, Suparmo membenarkan gunung masih menyemburkan asap putih bahkan asap hitam disertai abu vulkanik. "Munculnya asap putih bahkan asap hitam disertai abu vulkanik dari gunung itu, warga yang tinggal di kaki gunung untuk tetap meningkatkan kewaspadaan karena sewaktu-waktu gunung bisa saja meletus," katanya. Ia menyebutkan, saat ini pihaknya masih merekomendasikan larangan bagi masyarakat

Pemko Batam Belum Laporkan Kekayaan PNS ANTARA

GURU KONTRAK - Ratusan guru kontrak asal Kabupaten Aceh Besar menggelar aksi di gedung DPR Aceh, Banda Aceh, beberapa waktu lalu. Guru kontrak dan termasuk guru honor yang sudah mengajar 5 - 7 tahun itu menuntut DPR Aceh memperjuangkan nasibnya agar diangkat menjadi PNS, karena selama ini nasib mereka tidak mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten.

Polresta Jambi Bekuk Bandar Besar Narkoba JAMBI(VOKAL)-Polresta Jambi menangkap tiga bandar besar narkoba jenis ekstasi dengan barang bukti yang berhasil disita dari mereka sebanyak 1.255 butir pil ekstasi senilai Rp160 juta. Kasat Narkoba Polresta Jambi, Komisaris Witry Haryono, Kamis (5/1) mengatakan ketiga bandar besar ekstasi yang ditangkap itu merupakan target operasi yang selama ini diburu pihak kepolisian namun selalu lolos dari sergapan polisi. Para tersangka tersebut, adalah Hdr alias Apk (23), Hnd alias A bA (24), dan Rhm (25). Dari ketiga tersangka tersebut, polisi menyita ribuan butir ekstasi, sabu dan perangkat alat hisapnya. Ketiga tersangka bandar narkoba yang ditangkap pada tempat yang berbeda tersebut adalah tersangka pertama Hdr alias Apk di Lorong Eko saat berada di atas sepeda motor dan ditemukan 10 paket sabu-sabu yang disimpan dalam kotak rokok di dalam jok motornya. Selanjutnya kasus tersebut dikembangkan ternyata pelaku Apk juga adalah resedivis perampokan Rp800 juta pada 2008 dan dihukum selama delapan bulan penjara. Kemudian dari keterangan tersebut polisi kembali menangkap Hnd alias AbA yang ditangkap depan GOR Kotabaru dan dari sana dikembangkan kasusnya akhirnya polisi juga menagkap Rhm. (ant/bos)

BATAM(VOKAL)-Pemerintah Kota Batam belum bersedia memberikan laporan kekayaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan alasan belum ada instruksi resmi dari Pemerintah Pusat. "Belum ada perintah ke Pemko Batam," ujar Rudi, Wakil Wali Kota Batam, Kamis (5/12). Karena itu, menurutnya, Pemko Batam belum mewajibkan aparaturnya memberikan laporan kekayaan ke Badan Kepagawaian Negara (BKN) atau Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Seperti diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur

Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah mewajibkan PNS melaporkan seluruh harta kekayaan mereka mulai tahun ini. Namun, kata Rudi, karena Pemko Batam belum menerima instruksi resmi dari Kemenpan sehingga belum melaksanakan kewajiban tersebut. Jika sudah menerimanya, ia memastikan akan melaksanakan kewajiban pelaporan kekayaan tersebut ke seluruh PNS di lingkungan Pemko Batam. "Kalau sudah ada perintah, akan kami lakukan. Tidak sulit, itu tidak ada masalah," ujarnya. (btd/bos)

dan pendaki agar tidak melakukan pendakian sampai tiga kilometer dari puncak gunung. Gunung Marapi mengalami peningkatan aktivitas sejak 3 Agustus 2011 sekitar pukul 09.00 WIB. Atas peningkatan tersebut, status gunung langsung dinaikkan dari aktif normal menjadi waspada level II sampai sekarang. Gunung Marapi terakhir kali meletus pada 2005. Dalam kondisi aktif normal, gunung yang berdampingan dengan Gunung Singgalang dan Tandikek itu menjadi salah satu tujuan bagi pendaki dari dalam maupun dari luar Sumatra Barat. (ant/bos)

GUNUNG Marapi kembali semburkan asap berwarna putih. Menurut PVMBG Bukittinggi warga di sekitar Gunung Marapi harus waspada karena sewaktuwaktu Marapi bisa meletus.

Avanza dan Truk CPO Jatuh ke Jurang, 3 Tewas PADANG(VOKAL)-Jumlah korban tewas dalam peristiwa jatuhnya truk pengangkut crude palm oli (CPO) dan Toyoya Avanza di jalan lintas PadangSolok, Sumatra Barat, Kamis (5/ 1), menjadi tiga orang. "Tiga meninggal dunia yakni Kasi Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan Kabupaten Pesisir Selatan Fitriani, 47, Hasmuriza, 37, dan serta staf Dinas Pertanian, Perkebunan, Kehutanan Kabupaten Pesisir Selatan Eli Gusni, 36," kata Kanit Turjawali Polresta Padang Ajun Komisaris Aswarman di Padang. Selain menewaskan tiga orang, satu orang lainnya dalam

kondisi kritis yaitu Jepril, sopir truk CPO, serta empat orang mengalami luka berat dan ringan. "Korban luka-luka dan tewas akibat kecelakaan tersebut dibawa ke Rumah Sakit (RS) M Djamil Padang," katanya. Empat korban luka-luka yang dirawat di RS MDjamil yakni Erma Jusa, 38, Zulmadi, 37, An Febrinita, 34, dan Wendrizal, 33. Saat ini korban masih berada di ruang instalasi gawat darurat RS itu. Ia menjelaskan, petugas kesulitan mengevakuasi seluruh korban dari dua kendaraan yang jatuh ke jurang. Kedua kendaraan tersebut adalah truk pengangkut CPO bernomor po-

lisi BA 9753 JH dan Toyota Avanza BM 1336 QO. Peristiwa tepatnya terjadi di KM 24 Panorama 2 jalan lintas Padang-Solok. Ia mengatakan, berdasarkan keterangan saksi peristiwa kecelakaan tersebut terjadi ketika truk CPO yan dikemudikan oleh Jepril datang dari arah Solok menuju Padang dari arah berlawanan datang mobil Avanza menuju Solok. "Rem truk CPO diduga blong, sehingga sopir tidak bisa mengendalikan laju kendaraan. Truk menabrak mobil Avanza dari Padang menuju Solok,"katanya. Setelah bertabrakan, kedua mobil yang saling bertabrakan tersebut lalu terjung ke jurang. (ant/bos)

Sumbar Tingkatkan Penerapan Teknologi Bidang Perikanan PADANG(VOKAL)-Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumatera Barat (Sumbar) mengalokasikan dana Rp2,47 miliar untuk peningkatan penerapan teknologi perikanan dan kelautan pada 2012. Dalam program dengan ang-

garan bersumber dari APBD 2012 itu akan dilaksanakan dua kegiatan dalam rangka peningkatan penerapan teknologi di bidang kelautan dan perikanan, kata Kepala DKP Sumbar, Yosmeri, di Padang, Rabu. Dua kegiatan tersebut ma-

sing-masing, pertama, operasional dan pengembangan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Provinsi (BBIP) DKP Sumbar dengan biaya dialokasikan Rp1,25 miliar. Kegiatan ini diarahkan pada pembudayaan perikanan laut di tujuh kabupaten dan kota yakni, Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Pasaman Barat, Pesisir Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Bentuk kegiatan dilakukan dengan pembelian induk ikan beserta kebutuhan BBIP, peningkatan sumber daya manusia (SDM) petugas BBIP, keramba, sarana prasarana, dan operasional BBIP. Kegiatan kedua, operasional dan pengembangan UPTD Balai Benih Ikan (BBI) dengan alokasi anggaran penyelenggaraannya

Rp1,35 miliar. Kegiatan ini dengan sasaran pembudidaya perikanan air tawar di 19 kabupaten dan kota seSumbar. Bentuk kegiatan dilakukan

berupa pembelian induk ikan air tawar beserta kebutuhan BBI, peningkatan SDM pada BBI yang ada di Sumbar serta pembiayaan operasional BBI, tambahnya. (ant/bos)

BUDIDAYA ikan keramba di Danau Maninjau.

Pejabat Sumsel Siap Gunakan Mobil Nasional PALEMBANG (VOKAL) - Gubernur Sumatra Selatan H Alex Noerdin setuju menggunakan mobil nasional untuk kegiatan dinas karena itu sebagai penghematan. Hal itu dikatakannya, Kamis (5/1). Lebih lanjut dia mengatakan, menggunakan mobil nasional sebagai kebanggaan sehingga harus dicintai serta digunakan. Karena pejabat perlu memakai mobil nasional dan pihaknya siap menggunakan, ujar dia. Namun, dia berharap, menggunakan produksi sendiri harus selamanya sehingga bangsa Indonesia semakin maju. Wakil Ketua DPRD Sumsel, A Djauhari mengatakan, pihaknya mendukung pejabat menggunakan mobil nasional. "Sebagai pimpinan dewan dirinya siap menggunakan mobil nasional untuk dinas," kata dia. Kapan lagi mencintai produksi sendiri sehingga pihaknya siap memakai mobil nasional untuk dinas, ujar dia pula. Selain itu menggunakan mobil produksi sendiri dapat menghemat anggaran karena harganya murah, ujar dia. (miol/bos) Penanggung jawab/redaktur: BUDI SUSENO

Perwajahan: ANDIXER


CMYK

24

GONG XI FA CHAI JUMAT

HARIAN VOKAL

LINTAS Tradisi Saat Rayakan Imlek ADA beberapa tradisi yang melekat dengan perayaan Imlek di kalangan masyarakat Tionghoa. Bagi yang merayakannya, jangan lupa mempersiapkan sejumlah tradisi yang biasa dilakukan untuk menyambut tahun baru China tersebut. Berikut ini adalah sejumlah tradisi yang dilakukan menjelang dan selama Imlek serta berbagai makna yang tersembunyi di baliknya. Serba merah Warna merah diasosiasikan dengan Tahun Baru China karena dipercayai sebagai warna yang ditakuti nian. Dalam mitologi Tionghoa, nian adalah sejenis mahluk buas yang hidup di dasar laut atau di gunung. Sekali pada saat musim semi atau sekitar tahun baru Imlek, mahluk itu keluar untuk mengganggu manusia terutama anak-anak. Jika Anda memiliki pakaian merah, busana tersebut sangat baik dikenakan pada saat Imlek. Hindari pakaian bewarna putih karena melambangkan kematian. Mengisi angpao Orang yang lebih tua biasanya memberikan angpao berisi uang kepada anak-anak kecil. Anda tidak perlu memberikan uang dalam jumlah besar, namun uang yang diberikan harus berupa lembaran baru. Hindari memberikan uang logam sebagai isi angpao. Nampan kebersamaan Pada saat Imlek biasanya disajikan makanan di atas sebuah nampan berbentuk bulat atau segi delapan, yang disebut sebagai nampan kebersamaan. Isi nampan tersebut yakni permen, kacang-kacangan, biji-bijian, atau buah-buahan kering. Makanan keberuntungan Jangan lupa menyajikan makanan keberuntungan seperti mie yang tidak dipotong yang mewakili umur panjang. Siapkan pula kue bola yang menyerupai bentuk uang China zaman dulu yang mewakili kekayaan. Kembang api Kembang api merupakan salah satu pertunjukan yang sangat populer untuk memeriahkan Imlek, karena suara gaduhnya dipercaya membuat mahluk jahat ketakutan. Akan tetapi, ketika merayakannya di rumah pastikan tetangga tidak merasa terganggu dengan suara berisik yang Anda ciptakan. (mic/may)

Menu Imlek SELAIN lontong Gomeh, ada menu lain berbahan dasar ayam yang enak disajikan hangat buat camilan. Selamat mencoba Ngohiang Bahan: 1 bh dada ayam 1/4 gr udang 50 gr wortel, iris halus 2 btr telur 1 lbr kulit tahu Bumbu: 1 sdt garam 2 sdt gula pasir 1 sdt lada putih 1 sdm tepung 1/4 sdt adas manis 2 ruas kayu manis 1 sdt minyak wijen Cara membuat: 1. Potong 1 lembar kulit tahu menjadi 16 bagian, sisihkan. 2. Cincang kasar daging ayam dan udang, sisihkan. 3. Campur semua bumbu bersama wortel, ayam cincang dan udang cincang, telur aduk hingga rata. 4. Ambil kulit tahu, taruh adonan ayam, gu lung dan lapisi aluminium foil sambil di padatkan. 5. Masukkan dalam dandang yang telah di panaskan, kukus sampai matang, angkat, potong-potong, sajikan hangat. Untuk 4 orang

NGOHIANG

Penanggung Jawab/Redaktur: FITRI MAYANI

06 Januari 2012/12 Shafar 1433 H

 Rayakan Imlek

Para Perantau Tionghoa Mulai Datangi Bagansiapiapi BAGANSIAPIAPI (VOKAL) - Dengan mayoritas warga adalah penduduk Cina, suasana Imlek di kota Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rohil, tampaknya sudah mulai benar-benar terasa. Hal tersebut selain ditandai dengan adanya sejumlah kelenteng dan vihara serta rumahrumah penduduk yang dipenuhi lampion serta pernakpernik Imlek, juga warga Tionghoa dari daerah perantauan mulai berdatangan ke Kota Bagansiapiapi. LAPORAN: AZMI/Rokan Hilir

Sebagian besar warga Tionghoa yang sudah mulai berdatangan ke Bagansiapiapi tersebut berasal dari daerah tetangga Rohil. Di antaranya Tanjungbalai Asahan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Duri, Dumai dan Pekanbaru. Kehadiran warga Tionghoa mendatangi Kota Bagansiapi-api, sebagian besar menggunakan jasa travel. "Boleh dikatakan setiap tahun, terlebih Imlek, kami membawa keluarga yang tidak punya kesibukan untuk pulang ke Bagansiapi-api," kata Hendra (44), warga Tionghoa Rohil yang berasal dari daerah Per-

antauan Tanjungbalai Asahan. Untuk merayakan Imlek tahun ini, tambah Hendra, banyak kejutan yang ditemukannya di Kota Bagansiapiapi. Salah satu di antaranya adalah kondisi kota yang sudah jauh berubah. "Kita akui, perubahan di Kota Bagansiapi-api sekarang ini menyolok sekali. Apalagi sekarang hampir semua jalan di Bagan sudah dua jalur," katanya. Setelah berada di dalam kota, lanjut Hendra, kondisinya juga mengalami perubahan yang begitu cepat. Intinya sekarang ini, Kota Bagansiapi-api sudah tertata dengan baik dan bagus. Semuanya sudah bersih. Tidak ada lagi sam-

pah yang berserakan. "Kendati sudah bagus, perlu lebih ditata dan ditingkatkan lagi. Sehingga ke depan, Bagansiapi-api ini benarbenar menjadi kota yang bersih dan bagus," kata Hendra. Atong (57), warga Tionghoa asal Binjai, punya alasan lain untuk datang ke Bagansiapi-api. Di Binjai, menurut Atong, memang ban-

AZMI

Warga Tionghoa Harus Aktif Berpartisipasi dalam Pembangunan

AHMAD EFFENDI

dilaksanakan, dengan menyakinkan diri sebagai anak bangsa dan tentunya ambil bagian dalam pembangunan bangsa ini. Selanjutnya dalam perayaan Imlek ini, masyarakat Tionghoa diajak merayakannya dengan sederhana, atau tidak berlebihan.

keluarga," katanya. Di samping itu, ia juga mengakui suasana Imlek sudah mulai terasa di Kota Bagansiapi-api. "Saya melihat, suasana Imlek sudah mulai terasa di sini. Hal itu dapat dilihat di malam hari. Waktu itu, kondisi Kota Bagansiapi-api terlihat indah bermandikan cahaya lampion dan sebagainya," katanya. (***)

SALAH satu rumah yang juga turut menjual lampion dan pernak-pernik Imlek di Jalan Perdagangan, Bagansiapiapi.

 Menjelang Perayaan Imlek 2.563

DUMAI (VOKAL)- Dr Ahmad Effendi merupakan sosok yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat Kota Dumai, khususnya warga Tionghoa. Apalagi saat ini ia sudah berkiprah di dunia politik sebagai anggota DPRD Kota Dumai dari Partai Amanat Nasional. Sempena menyambut hadirnya tahun baru 2.563 dalam penanggalan China, Ahmad Efendi mengharapkan masyarakat Tionghoa lebih aktif berpartisipasi dalam pembangunan. Ahmad Effendi yang juga salah satu Pendiri Balai Pengobatan Padu Serasi Kota Dumai, menyampaikan hal itu kepada Vokal, Kamis (5/1). Menurutnya, masyarakat Tionghoa sudah harus lebih meningkatkan kepeduliannya dan berperan aktif dalam pembangunan di Kota Dumai. “Sempena kehadiran Imlek 2.563 yang bertepatan dengan 23 Januari 2012, banyak harapan yang perlu direalisasikan, khususnya bagi masyarakat Tionghoa," harapnya. Partisipasi pembangunan dapat

yak kegiatan memeriahkan Imlek sehingga warga Tionghoa banyak yang datang ke sana. "Tapi bagi saya, kami bersama keluarga tetap datang ke Bagansiapi-api untuk Imlek. Karena, di Bagansiapi-api, kita bisa bertemu dengan sanak keluarga. Itu yang penting. Artinya, Imlek ini kita jadikan sarana untuk saling berkumpul bersama

“Mari kita ambil pelajaran perayaan Imlek 2011 lalu, dimana bunyi petasan cukup mengganggu masyarakat, termasuk kita sendiri sebagai masyarakat Tionghoa. Di lingkungan kita kemungkinan ada orang sakit dan juga anak kecil, mari kita mengambil pelajaran dari apa yang kita lakukan ditahun lalu, meneruskan hal-hal yang positif dan meninggalkan hal negatif,� pesannya. Pada kesempatan tersebut, Ahmad Effendi juga mengajak seluruh warga Tionghoa merayakan tradisi tahun baru Imlek dengan saling bersilaturahmi. Baik sesama warga Tionghoa, masyarakat sekitar tempat tinggak dan juga khalayak ramai. Terakhir, selaku pribadi dan keluarga serta pengurus Partai Amanat Nasional Kota Dumai, Ahmad Effendi mengucapkan selamat menyambut Imlek kepada warga Tionghoa. Semoga tetap terpelihara dalam keadaan kedamaian dan berlimpah rizki, semangat selalu bekerja keras. (rno)

Multikultural, Ciri Khas Imlek di Indonesia PERAYAAN Imlek di Indonesia lebih terbuka dan tidak terbatas kepada satu etnis tertentu seperti halnya di sejumlah negara lain, kata seorang pakar budaya China dari Universitas Indonesia (UI) Johanes Herlijanto, beberapa waktu lalu. "Imlek di Indonesia jauh lebih multikultural karena banyak melibatkan warga nonTionghoa, misalnya banyak pemain barongsai yang ternyata bukan keturunan Tionghoa," katanya. Perayaan Imlek di Malaysia biasanya eksklusif untuk masyarakat Tionghoa, sedangkan di Singapura lebih diarahkan untuk atraksi yang menarik wisatawan asing. Selain multikultural, kekhususan perayaan Imlek di Indonesia adalah menggunakan angka, seperti pada bulan Februari 2007 M dianggap masuk ke tahun Imlek 2558. "Padahal di negara lain seperti Malaysia dan Singapura biasanya tidak mencantumkan angka," ujar Johannes sambil

menambahkan bahwa terdapat berbagai versi mengenai angka tersebut. Angka 2558 mengacu kepada tahun kelahiran Kong Hu Cu yang diperkirakan terjadi pada tahun 551 SM. Etika Konfusianisme memang melekat erat pada kebanyakan masyarakat Tionghoa, baik yang menganut Kong Hu Cu maupun tidak. Di dalam Imlek terdapat berbagai aksesoris yang merupakan ciri khas perayaan tersebut seperti barongsai dan angpau. Sedangkan makanan yang biasa dihindangkan antara lain ikan dan kue keranjang. Mengenai ucapan yang biasa diucapkan saat Imlek, Johannes mengungkapkan, kalimat lengkapnya adalah "xin nian kuai le gongxi fa cai", yang berarti kurang lebih "selamat tahun baru, semoga berbahagia dan mendapat berkah yang melimpah". "Namun, `gongxi fa cai` saja biasanya sudah cukup," kata lelaki yang telah mengajar di UI sejak 1996 itu.(anc/may)

 Sejarah Imlek

Mitologi Tahun Baru Imlek, Kemenangan Melawan Nian B

erdasarkan cerita rakyat dan legenda kuno, tahun baru China dirayakan ketika orang China berhasil melawan hewan mitos yang disebut sebagai Nian yang berarti tahun dalam bahasa China. Makhluk Nian selalu muncul pada hari pertama Tahun Baru dan kedatangan Nian adalah memangsa hewan ternak, memakan hasil pertanian dan bahkan penduduk, terutama anak-anak. Untuk selamat dari petaka Nian, masyarakat [desa] China akan menaruh sejumlah makanan di depan pintu mereka pada hari pertama tahun baru. Masyarakat percaya bahwa, jika Nian telah mengambil/memakan makanan yang telah disediakan oleh masyrakat, maka Nian tidak akan lagi menyerang orang/warga. Suatu ketika, seorang penduduk menyaksikan [satu/seekor/semakhluk] Nian ketakutan

dan lari menghindar dari seorang anak yang berkostum merah. Dari kejadian itu, maka penduduk desa akhirnya tahu kekurangan Nian yakni takut pada warna merah. Semenjak itu, setiap menjelang dan selama Tahun Baru, penduduk akan menggantung lentera merah serta memasang tirai/gordin merah pada pintu dan jendela. Selain itu, masyarakat juga menggunakan mercun untuk menakuti Nian. Sejak itu-

lah, Nian tidak pernah lagi muncul di desa mereka. Dan pada akhirnya, Nian berhasil ditangkap oleh Hongjun Lao Tze, seorang pendeta Tao. Nian kemudian menjadi hewan tunggangan Hongjun Lao Tze. Realitas Makna Tahun Baru Imlek Terlepas apakah mitos itu benar atau tidak, yang pasti perayaan Imlek merupakan perayaan yang dilakukan oleh para petani di Cina setelah melewati musim dingin yang menusuk dan mensyukuri permulaan musim baru penuh harapan yakni musim semi yang terjadi tiap tahunnya. Perayaan ini dimulai pada tanggal 30 bulan ke-12 dan berakhir pada tanggal 15 bulan pertama (Cap Go Meh). Acaranya meliputi sembahyang Imlek, sembahyang kepada Thian, dan per-

ayaan Cap Go Meh. Tujuan dari persembahyangan ini adalah sebagai wujud syukur dan doa harapan agar di tahun depan mendapat rezeki lebih banyak, untuk menjamu leluhur, dan sebagai sarana silaturahmi dengan kerabat dan tetangga. Yang pasti, hari raya Imlek merupakan momen pertemuan seluruh anggota keluarga sekali dalam setahun. Anggota keluarga akan bersilahturahmi, saling berbagi dan memberikan pengalaman selama setahun. Perayaan ini menjadi sangat berarti tatkala setiap anggota keluarga dan tetangga saling menjalin kasih, saling mengayomi, dan memulai lembaran baru (dengan pakaian baru). China Art Imlek Tepat pada hari raya Imlek,

semua orang berpakaian baru dan rapi. Anggota keluarga akan saling memberikan ucapan selamat dan pengharapan baru agar di tahun yang baru, semua berjalan sukses (kesehatan, keuangan, pekerjaan, relasi, bisnis). Selain itu, ciri khas perayaan Imlek adalah ornamen-ornamen berwarna merah, kue keranjang, angpao, lentera, petasan/mercun, tebu, barongsai, Makna Simbolis - Warna merah : kebahagiaan dan semangat hidup - Simbol ikan : lambang kelimpahan berkat kasih yang menghidupkan. Dengan memasang gambar ikan atau memakan ikan, mereka mengharap datangnya kelimpahan itu. - Harmoni dan kasih : anggota keluarga berkumpul, saling berbagi dan menyemangati.

Perwajahan: ABDAWIZA


Harian Vokal edisi 06 Januari 2012