Issuu on Google+

Sistem Informasi Akademik Unigal

Sistem Informasi Akademik Unigal

USER MANUAL SIAKAD UNIGAL UNTUK ADMIN PRODI 1. Sistem Informasi Akademik Unversitas Galuh disingkat “SIAKAD UNIGAL� 2. SIAKAD Unigal diperuntukan bagi Mahasiswa Baru T.A. 2012/2013. 3. Pengisian SIAKAD secara Online di internet dengan alamat : siakad.universitas-galuh.ac.id 4. Username dan Password akan diberikan oleh TIM ICT Unigal sesuai dengan prodi masing-masing. 5. Tampilan Login Member :

6. Tampilan setelah mengisi Username dan Password :

7. Yang harus dilakukan oleh Admin Prodi adalah : a. Input Data KRS (apabila belum ada di program) b. Input Aktifitas Mengajar Dosen c. Input Data Perkuliahan d. Melakukan Pengkelasan e. Input Jadwal Kuliah 1

8. Input data KRS = Diisi dengan data KRS yang akan di kontrak oleh mahasiswa dan hanya diisi satu kali atau apabila ada perubahan kurikulum. Yang harus diisi adalah Kode Mata Kuliah, Nama Mata Kuliah, Jumlah SKS.

9. Aktifitas Mengajar Dosen = Diisi dengan data dosen yang mengajar satu atau beberapa mata kuliah, apabila dosen tersebut sudah mengajar mata kuliah tertentu di prodi lain maka admin prodi hanya menambahkan mata kuliah yang diajar di prodi yang bersangkutan tanpa merubah atau menambah data dosen. a. Silahkan cari dulu nama dosen apakah sudah ada di database atau belum, dosen yang sudah masuk ke data Epsbed pasti sudah ada di database SIAKAD. Setelah muncul nama dosen yang dicari silahkan klik tambah mata kuliah yang di ajar. b. Apabila data dosen yang dicari tidak ada maka silahkan Admin Prodi untuk menambahkan data dosen, untuk dosen yang belum memiliki NIDN silahkan isi saja dengan angka unik bisa NIK Dosen/No KTP. Kemudian isi username dan password yang selanjutnya username password tersebut di berikan kepada dosen yang bersangkutan untuk login apabila akan mengisi/input nilai mahasiswa yang diajarnya.

2


Sistem Informasi Akademik Unigal

Sistem Informasi Akademik Unigal 11. Pengkelasan = Admin Prodi segera melakukan pengkelasan dan proses KRS bagi mahasiswa baru yang sudah melakukan input data KRS. Admin Prodi harus selalu melakukan cek data setiap hari karena apabila Admin Prodi belum melakukan pengkelasan dan proses data KRS maka mahasiswa belum bisa cetak KRS untuk bisa melakukan perwalian, sehingga mahasiswa akan mendatangi Admin Prodi untuk meminta diproses KRSnya. Menu Status KRS : a. Tidak ada kegiatan = berisi data mahasiswa tetapi belum melakukan input data KRS.

10. Input Data Perkuliahan = Diisi dengan dengan data matakuliah yang diajar oleh salah satu dosen ditambah dengan informasi gedung dan ruangan.

b. Belum disetujui = berisi data mahasiswa yang sudah melakukan input data KRS dan ini sebagai data mahasiswa untuk Admin Prodi melakukan Pengkelasan dan proses KRS. Apabila menu belum disetujui dipilih maka akan muncul kelas dan seting maksimal jumlah mahasiswa dalam satu kelasnya. Contoh : kelas A di setting maksimal 20 orang per kelasnya, maka kelas A harus penuh terlebih dahulu sebelum mengisi kelas B dan itu akan error apabila mengisi kelas B sedangkan kelas A belum terisi penuh 20 orang.

3

4


Sistem Informasi Akademik Unigal

Sistem Informasi Akademik Unigal 12. Penentuan Kelas Karyawan, lanjutan, Untuk menentukan mahasiswa masuk ke kelas Reguler atau Karyawan : a. Masuk ke master mahasiswa yang bersangkutan kemudian statusnya rubah dari Reguler ke Karyawan.

Gambar. 1 c. Disetujui = berisi data mahasiswa yang sudah dilakukan pengkelasan dan diproses KRSnya. Menu ini juga bisa digunakan untuk dilakukan pindah kelas misal dari kelas A ke kelas B.

Gambar. 2 b. Untuk mahasiswa lanjutan rubah statusnya dari regular ke lanjutan dan status awal masuknya ke lanjutan juga.

5

6


Sistem Informasi Akademik Unigal

Sistem Informasi Akademik Unigal

c. Masuk ke menu pengkelasan Klik kelas karyawan

Pilih menu belum disetujui untuk seting maksimal jumlah mahasiswa dalam satu kelasnya. Contoh : kelas A di setting maksimal 20 orang per kelasnya, maka kelas A harus penuh terlebih dahulu sebelum mengisi kelas B dan itu akan error apabila mengisi kelas B sedangkan kelas A belum terisi penuh 20 orang. 13. Input Jadwal Kuliah = diisi dengan Jadwal Kuliah yang telah disusun oleh prodi jadi setiap mahasiswa bisa melihat jadwal kuliahnya melalui SIAKAD setiap saat.

“ SELAMAT MENGGUNAKAN “ 7

8


User Manual Siakad Admin Prodi