Page 15

Buatlah telur dadar kemudian iris tipis seukuran dengan sayur yang telah dipotong. Setelah isianya siap, kamu bisa langsung meletakkan nasi yang sudah diberikan campuran sedikit minyak wijen di atas rumput laut kering. Ratakan nasi, kemudian susun sayuran dan telur diatasnya. Usahakan untuk tidak menaruh terlalu banyak isian agar saat digulung rumput laut tidak sobek. Setelah semua bahan disusun, kamu bisa langsung menggulung kimbab secara perlahan. Susunlah pada piring kemudian berikan taburan biji wijen sebagi garnish. Kimbab minimu siap dinikmati, deh!

2. Ramyeon Orang Korea suka banget sama ramyeon! Gak heran deh kalau lagi nonton drama pasti ada aja adegan makan ramyeon yang bikin kamu ingin ikutan makan. Untuk membuat mi instan khas Korea itu hampir sama seperti kamu membuat mie instan pada umumnya. Biar rasanya lebih mantap, kamu bisa juga menambahkan topping seperti telur, jamur, daun bawang, atau kimchi! Biar makin terasa seperti ala-ala Korea, kamu bisa langsung memakan ramyeon di panci kecil khusus untuk membuat ramyeon.

3. Pancake Sayur ( Yachaejon ) Korea punya banyak jenis pancake. Salah satu yang bisa kamu buat adalah yachaejon atau pancake sayur ala Korea. Bahan-bahan untuk membuat pancake ini juga mudah untuk didapatkan, lho. Cara membuat makanan satu ini juga tidak sulit, hampir sama seperti membuat bakwan atau omelet. Untuk bahan-bahannya, kamu bisa siapkan beberapa sayuran, seperti wortel, zucchini, dan daun bawang. Kamu juga bisa menambahkan topping lain, seperti jamur atau bahkan seafood. Siapkan pula tepung terigu, telur, air, dan garam. Campurkan tepung, garam, telur, dan air. Kemudian masukkan isian atau topping yang sudah diiris memanjang sebesar batang korek api, aduk rata. Tuangkan adonan diatas teflon yang sudah diberi sedikit minyak. Masak dengan api kecil, balik adonan apabila sudah berwarna kecokelatan. Setelah kedua sisinya matang, yachaejon siap dihidangkan.

4. Budae Jjigae Ingin nonton drama Korea bareng sahabat? Budae jjigae menjadi makanan yang bisa melengkapi waktu santaimu. Ya, makanan khas Korea ini memang asik bila disantap beramai-ramai. Bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat sup ala Korea ini adalah kaldu ayam, sosis, tahu, jamur, daging (opsional), kimchi, ramen instan, daun bawang, dan keju. Untuk sausnya, kamu hanya perlu mencampurkan 2 sdm cabe bubuk, 1 buah bawang putih cincang, 1/2 sdm gula, 1/2 sdm gochujang, dan soy sauce secukupnya. Untuk membuat budae jjigae, kamu hanya perlu menyusun beragam bahan-bahan yang telah dipotong sesuai selera (kecuali ramen, daun bawang, dan keju) ke dalam panci besar. Tuangkan kaldu ayam ke dalam panci, jangan lupa masukan saus yang telah dibuat di tengah-tengah bahan tersebut. Tutup panci, masak hingga kuahnya mendidih kemudian masukan bahan pelengkap seperti ramen, daun bawang, dan keju ke dalam budae jjigae. Kamu bisa langsung menyantap sup khas Korea ini bareng teman-teman, deh.

5. Bibimbap Untuk membuat bibimbap, kamu harus siapkan topping-nya satu per satu terlebih dahulu. Dimulai dari sayuran, kamu bisa merebus atau menumis sayuran yang kamu pilih, jangan lupa dibumbui dengan sedikit garam. Kamu juga bisa membuat tumisan daging cincang, apabila tidak ada bisa diganti dengan sosis atau jamur yang dipotong kecil-kecil. Setelah semua topping siap, kamu tinggal menyusun topping tersebut di atas nasi sesuai dengan jenisnya. Susunlah secara melingkar hingga menghasilkan perpaduan warna yang cantik. Jangan lupa untuk memberikan telur mata sapi serta saus gochujang diatasnya. Untuk menikmati hidangan ini, kamu tinggal mengaduk semua bahan hingga tercampur rata. Sekarang kamu enggak perlu lagi deh repot-repot datang ke resto Korea untuk menikmati makanan khasnya. Dengan bahan-bahan sederhana kamu juga bisa bikin langsung di rumah!

Profile for Ulfa Luthfia

Portfolio Content Writer  

This is my selected works as reporter and content writer.

Portfolio Content Writer  

This is my selected works as reporter and content writer.

Advertisement