Issuu on Google+

02

2013/2014

CARANO Buletin UKM ITB

PPAB 2013

usai Syukwis Julio “Koboi Julior”

ZOOM IN ITB 2014


Yang Manyusun Buletin iko :

Divisi Media Komunikasi dan Informasi UKM ITB Reporter: Silvany Dewita Diah Fauziah M. Khairul Hamid. Layouter : Yuniki Mediayati Marleni Wirmas

Website Twitter Email Youtube

http://ukm.itb.ac.id @UKM_ITB ukm.itb@gmail.com UKM-ITB Channel

2


DAFTAR ISI r

ulio

iJ bo

ITB

M UK

o 4. K

6.

TB

MI

u

a ab ngk

K ty U

r

ll Pa

a Min

e rew

a 8. F

s

las

C me

sto

ty

au

e 9. B

d an

Cu

i

ula

im BD

PPA

10

ua

nD

12

ura yuk

Be

to r, Fo

m in

2 ITB

oo

a. sam

Z 17

r

S

4

01

ra

a Ac

sa

Be

a

n iliha

em 6P

1

u Ket an

ril d

p 6A

i

ias

res

ab

kr Ma

1

p is A

kw

Syu

3


KOBOI JULIOR UKM-ITB Wisuda, siapa yang tak gembira mendengar kabar tentang wisuda seorang mahasiswa. UKM-ITB memiliki acara rutin untuk mengutarakan rasa gembira, syukur dan juga ucapan selamat kepada Uda-uda dan Uni-uni UKM-ITB yang telah diwisuda Juli lalu dan akan diwisuda pada Sabtu, minggu ini (18/10/13).Acara tersebut adalah syukwis Julio UKM-ITB, yang pada momen kali ini bertemakan koboi julior dan diketuai oleh Afdal Hanif (UKM'12 EL'12). ). Syukwis ini tentu dihadiri oleh seluruh massa UKM-ITB

Setelah terpilihanya Afdal sebagai ketua syukwis Julio UKM-ITB, dimulailah membentuk kepanitian syukwis ini dengan pemilihan kadiv dan juga pembagian stafstafnya. Dari mulai sekretaris, bendahara, ketua dan staf divisi acara, konsumsi,dekorasi, danus, pubdok, souvenir, logistik, dan humas dan telah dilakukan juga pembagian anggota setiap divisnya serta apa saja kerja yang harus dipenuhi setiap divisi. Selama persiapan syukwis Julio ini, memang terasa kesibukannya, apalagi bagi panitia yang masih tingkat dua juga harus mengikuti yang nama ospek jurusan sehingga lumayan kesulitan untuk mengumpulkan panitia full tim.

Untuk pengerjaan dekorasi dan souvenir yang membutuhkan massa dalam jumlah banyak, dengan adanya kendala berkumpul full tim bagi panitia menyebabkan timbulnya kendala lain seperti keterlambatan progress kerja. Namun dibalik semua itu, segala persiapan tetap terlaksana.

4


Pada hari H syukwis yaitu Sabtu(12 Oktober 2013) di GKU TImur ITB, acara dimulai dengan arak arakkan, yaitu mengarak Uda-uda dan Uni-Uni kita yang wisuda, dimulai pada pukul 19.00. Acara kemudian dilanjutkan dengan tarian galpas dari UKM-ITB dan setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-quran. Tak ketinggalan pula, kata sambutan dari Datuak UKM-ITB Uda Eka Permana Putra (UKM'11 FT'11) dan juga kata sambutan dari ketua syukwis Julio UKM-ITB, Afdal Hanif (UKM'12 EL'12).

Selama acara berlangsung, massa UKM yang hadir disuguhkan dengan pemutaran video tentang keberjalanan Uda-uda dan Uni-uni yang diwisuda, ada tarian alang babega UKM-ITB, games yang menambah tawa selama acara berlangsung, penyerahan souvenir (handmade) dari UKM-ITB kepada Udauda dan Uni-uni wisudawan, kesempatan ngejem bagi Uda-uda dan Uni-uni wisudawan yang ingin melepas rindu berseni di UKM-ITB, persembahan angkatan dari UKM-ITB 2012 dan tak ketinggalan ada paket konsumsinya juga. Acara kemudian berakhir pada pukul 23.00. Sekali lagi selamat kepada uda-uda dan uni-uni wisudawan, semoga ilmunya berkah dan semoga sukses( Any TL'12 UKM'12)

35


MINANGKABAU

Berbicara tentang kampung halaman kita, Sumatera Barat, kita akan teringat mengenai mungkin makanannya yang khas, budaya merantau, alamnya yang indah, dan tentu saja keluarga kita di rumah. Alhamdulillah, berbicara tentang Sumatera Barat, orang tidak akan langsung teringat akan kemiskinan, ataupun anak yang tidak bisa sekolah, maupun pengangguran yang sudah lama mencari kerja, tidak seperti ketika kita berbicara tentang papua misalnya, yang tentu kita akan teringat tentang ketertinggalan disana. Akan tetapi, jika kita mau sedikit berjalan di kampung kita, berjalan menyusuri jorong-jorong, tidak susah mencari orang yang hidup dibawah garis kemiskinan, masih banyak anak yang tidak bisa sekolah, dan juga pengangguran. Jika kita belum punya waktu mungkin untuk sedikit menelusuri kampung halaman kitauntuk melihat langsung, kita juga bisa melihat data yang dirilis oleh BPS, ternyata masih ada lebih dari 370.000 penduduk miskin di Sumatera Barat. Merantau, sangat erat dengan orang Minang. Dahulu merantau begitu digadangkan karena proses merantau yang tidak mudah, juga pemaknaan dari merantau itu sendiri, hingga ada yang malu untuk pulang sebelum sukses, menunjukkan bahwa begitu besar harapan masyarakat terhadap orang yang pergi merantau. Lalu bagaimanakah posisi kita saat ini sebagai perantau? Kita tidak usah memposisikan diri dalam kesulitan yang dialami para perantau dahulu, tapi bagaimana kita memposisikan diri agar sesuai dengan semangat merantau itu sendiri.


Begitu juga ketika bertemu saudara yang kuliah di ITB ketika pulang kampung, ah bagaimanakah ITB itu ? Tentu sangat hebat. Dan Sekarang kita di posisi itu teman ! Perantau di tanah jawa, mahasiswa perguruan tinggi terbaik bangsa ini. Coba sejenak kita posisikan diri kita sebagai seorang di kampung, kita melihat mahasiswa ITB, coba kita renungkan apa ekspektasi kita kepada mahasiswa ITB ketika kita adalah amai-amai yang hidup di pelosok jorong, dengan kehidupan yang serba kekurangan.

Diri mempunyai dua pertanggungjawaban, pertama kepada dirinya sendiri, berusaha menjaga kesehatannya, hidupnya dan kesempurnaannya. Kedua kewajiban terhadap masyarakat, bekerja untuk kemanfaatan dan kesempurnaan masyarakat, hingga kebahagian masyarakat adalah kebahagian dirinya dan kebahagian dirinya adalah kebahagian masyarakat. – Buya Hamka- dalam Lembaga Hidup (1956)

Merantau tidak hanya mencari tempat hidup yang baru, merantau adalah untuk kembali membangun kampung halaman. Tentu ada harapan besar ketika melihat seorang yang menuntut ilmu hingga ke tanah jawa, setidaknya itu yang saya rasakan dahulu ketika melihat perantau dari jawa yang pulang. Dahulu saya membayangkan begitu hebat pasti yang dilakukan perantau di jawa, begitu jauh, melintasi lautan, kehidupan kota besar, juga harapan masa depan yang lebih baik. Merantau memiliki semangat yang sama dengan kisah hijrah Nabi Muhammad SAW. Bagaimana Nabi Muhammad setelah berhasil membangun kota madinah dalam waktu yang tidak sedikit, kembali lagi ke mekkah. Kemudian menjalankan syariat, aturan yang sempurna, untuk kemajuan kota Mekkah. Begitulah periode yang mungkin bisa kita terapkan, kita membangun kesuksesan di negeri rantau, menuntut ilmu, membangun karir, bekerja, berusaha, dan kemudian kita akan kembali ke kampung halaman. Kenapa ? Karena kita tidak bisa membohongi hati nurani kita, sejauh apapun kita telah pergi, kita akan selalu teringat dengan kampung halaman. Ketika saya pertama kali datang ke kampus ganesha, kemudian berjalan melewati kolam Indonesia, begitu saja saya mencari bagian barat dari pulau sumatera. Kita sudah memulai kawan, namun kita mesti terus menyempurnakan pengabdian kita pada ranah minang. Kita bisa memulai dari saat ini, banyak jalan untuk melakukan pengabdian masyarakat, melakukan pemberdayaan. Namun, tiap-tiap dari kita mesti memasukkan ke dalam rencana hidup kita untuk membangun kampung halaman. (Tulisan oleh M. Khairul Hamid, UKM’11)


FAREWELL PARTY UKM-ITB Sabtu, 02 November 2013 massa UKM-ITB meramaikan farewell party yang diadakan di dekat kesekretariatan lama UKM-ITB. Farewell party ini diadakan sebagai rangkaian acara pindahnya kesekretariatan UKM-ITB dari aula timur ITB ke CC barat. Farewell party ini tentunya diisi dengan acara bakar-bakar sate dan jagung , makanmakan, dan menonton video. Acara dimulai sekitar pukul 21.30, dimulai dengan membakar jagung. Lalu sekitar pukul 22.00 bumbu sate datang sehingga sate dapat dipersiapkan dan diracik bumbunya. Setelah meracik dan membakar sate, akhirnya jam 00.15 di putar video berdurasi 10 menit dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC, Uda Uyung (UKM'12).

84

Setelah sedikit intermezzo dari MC, acara yang ditunggu-tunggu pun datang. Makanan dihidangkan secara bajamba sehingga semakin menyemarakkan suasana saat acara makan-makan ini. Setelah semua selesai makan, ada bagian pemberian kesan dan pesan dari massa yang hadir. Semua yang hadir tampak antusias, baik untuk mendengarkan kesan, pesan, dan curahan hati sekalian massa yang hadir ataupun massa yang menikmati lezatnya sate pada acara tersebut. (Tulisan oleh : Diah UKM'12 IF'12)


Beauty and Costume Class Minggu, 24 November 2013, diadakan BeautyClas di kesekretariatan UKM-ITB yang sekarang sudah pindah ke CC Barat ITB. Acara ini melibatkan salah satu merek produk kosmetik yang terkenal, yaitu "wardah". Beautyclass kali ini dihadiri oleh sekitar 35 orang Uni-uni dan ca-UKM 2013 yang gadih. Acara dimulai pada pukul 13.30 dengan kondisi sekre siap untuk diadakannya beautyclass. Pada beautyclass kali ini peserta yang hadir diberikan tutorial tentang cara bermake up yang cantik sesuai dengan bentuk wajah masing-masing, juga diajarkan cara memakai alat make up yang baik dan benar. Semua yang hadir sangat antusias, terutama ca-UKM 2013 yang kali pertama merasakan hal ini. Lalu setelah acara beautyclass di kesekretariatan UKM-ITB diadakan latihan PPK perdana di selasar elektro ITB. Latihan PPK kali ini mengulas lebih dalam tari Urak Langkah dan Ubek Magang UKMITB. Forum dimulai pada pukul 16.30. awalnya massa UKM-ITB yang hadir di forum sedikit, namun seiring berjalannya waktu, massa yang hadir semakin ramai, hal tersebut menambah semangat untuk berlatih tari dan musik.

Latihan PPK ini dihadiri juga oleh Uda-Uda dan Uni-Uni tingkat atas. Latihan PPK ini lebih ditekankan pada semangat berseni dan juga kesediaan sendiri untuk belajar seni. Semua massa yang hadir menjalani latihan dengan senang dan semangat. Setelah azan magrib dikumandangkan, peserta masih antusias dalam mengikuti latihan PPK. Latihan PPK pun diakhiri dengan review tari yang telah dilatihkan sebelumnya. Pesan kesan dari salah satu peserta yang hadir : “durasi latihannyo kurang lamo, Da”. “acok-acok se latihan PPK mode ko yo da”. Sungguh antusias sekali Uda-uda, Uniuni , dan juga kawan-kawan pada latihan seni tersebut. JurnalistikUKM-ITBWithLove (Tulisan oleh Diah IF '12 UKM'12)


PPAB USAI, ZOOM IN DIMULAI P PA B u s a i , s e l a m a t d a t a n g adik-adik UKM ITB 2013. R a n g k a i a n P PA B U K M - I T B 2 0 1 3 ditutup dengan Acara Malam Basamo oleh ca-UKM ITB 2013 (masih menjadi ca-UKM) dan acara sanang-sanang ca-UKM ITB 2013. Kedua acara ini dilaksanakan berturut-turut m u l a i p a d a t a n g g a l 2 3 Desember dan 24-25 Desember 2013. Acara Malam Basamo dari a d i k - a d i k c a - U K M 2 0 1 3 mengundang seluruh massa U K M - I T B u n t u k h a d i r. A c a r a i n i sendiri digelar di Selasar GKU Timur ITB mulai dari pukul 19.00-selesai.


Acara berlangsung meriah dimulai dengan arak-arakan yang dilakukan oleh UKM 2013 terhadap massa UKM-ITB, kato sambah dan juga tari galombang pasambahan dalam penyambutan di awal acara. Acara juga diisi dengan drama, penghargaan untuk uda-uda dan uni-uni yang ter-unyu, terkaku, terhoror dan masih banyak lagi. Selain itu, ada juga persembahan angkatan dari ca-UKM 2013 yang juga tidak kalah seru pada akhir acaranya. Malam itu ditutup dengan evaluasi secara keselurahan tentu tak lupa pula apresiasi kepada ca-UKM 2013. Pada hari berikutnya, dilaksanakan acara sanang-sanang untuk adik-adik ca-UKM ITB 2013. Acara dimulai dari kampus dan dilanjutkan di daerah Sukajaya. Acara sanang sanang ini berlangsung semalaman hingga hari berikutnya ditutup dengan kalimat "Selamat Datang Adik-Adik UKM 2013" oleh datuak UKM ITB.

P PA B u s a i , Z o o m I N I T B 2 0 1 4 dimulai, kepanitian yang satu ini akan segera dimulai dengan roadshow roadshow ke SMA yang a d a d i S u m b a r, d i l a n j u t k a n dengan acara bedah kampus ITB, d a n j u g a I T B M o t i v a t i o n D a y. ( oleh Silvany Dewita, UKM'12 TL '12)


SYUKURAN DUA ACARA BESAR DAN SESI FOTO BERSAMA Apa kabar Dies Natalis 38 UKM-ITB? apa kabar Malam Indonesia? Apa kabar pengurus UKM-ITB? Dua acara besar tersebut telah berlalu di hari hari yang lalu, pengurus UKM-ITB juga sudah melalui banyak hal semenjak dua acara besar itu. Di tengah kesibukan tersebut, pada Sabtu (23/11/2013) diadakanlah yang namanya foto bersama seluruh pengurus UKM-ITB saat ini. Kegiatan foto bersama ini ternyata telah menjadi kebiasaan UKM-ITB sedari sebelumnya juga dan kali ini kesempatan itu datang lagi untuk pengurus yang juga saat ini berbeda. Sabtu itu, massa UKM窶的TB berkumpul di kesekretariatan UKM-ITB pada siangnya, sebelum berangkat bersama ke tempat berfoto yang berlokasi di Jalan Banda, Bandung. Namun, ada juga massa UKM-ITB yang langsung saja datang ke tempat berfoto tanpa harus ke sekre terlebih dahulu. Ternyata acara foto ini dilakukan dua sesi karena begitu banyaknya massa UKM-ITB yang hadir.

Selain acara foto bersama, malamnya diadakan pula acara syukuran dua acara besar UKM-ITB belakangan terakhir, yaitu syukuran acara Dies Natalis 38 UKMITB dan juga syukuran acara Malam Indonesia yang telah berhasil membawa nama UKM-ITB ke dunia internasional. Syukuran kali ini terasa berbeda, acara syukuran dimulai dengan pembukaan sepatah dua patah kata dari dua ketua panitia masing masing acara yaitu ketua Dies Natalis 38 UKM-ITB, Uda Andri Rahmad Wijaya (UKM'10) dan juga ketua acara Malam Indonesia Uda Rahmat Putera (UKM'10), lalu dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Uda Rizki Ahmad (UKM'11) tak ketinggalan pula sepatah dua patah kata dari ketua DN 39 UKM-ITB nanti yaitu Uda Muhammad Fajri (UKM'11). Dalam penyampainnya Uda Fajri berharap agar seluruh massa UKM-ITB berkerja sama demi kesuksesan acara DN39 UKM-ITB tersebut. Acara intinya, yaitu syukuran direalisasikan dalam bentuk pembagian nasi bungkus kepada mereka yang membutuhkan. Pembagian dilakukan di beberapa tempat berbeda. Ada di daerah simpang dago ke atas, simpang dago kebawah, cihampelas, dan bebas. Sebab didalam rezeki yang kita peroleh juga terdapat hak orang lain yang berhak menerimanya. (Tulisan oleh Any TL'12 UKM'12)

12


ZOOM IN ITB 2014 Kamis, 16 januari 2014 lalu, secara resmi rangkaiam acara Zoom In ITB 2014 telah berakhir. Tepat benar rasanya ketua Zoom In ITB 2014, Fandy Balbo UKM'12 ME'12 pernah menyebutkan bahwa Zoom In ITB 2014 ini adalah Zoom In ITB yang membahana. Beberapa hal tidak terduga terjadi dalam rangkaian acara Zoom In ITB kali ini. Inilah yang membuat acara Zoom In Kali ini memang benar benar berbeda dari acara Zoom In ITB pada tahun sebelumnya. Zoom In ITB 2014 yang bertemakan “ Manyambuang Sumangaik Pambangun Nagari, Manimbo Ilmu Mambina Diri� ini, diisi dengan acara Zoom In Go to Class, Bedah Kampus, dan Pengabdian Masyarakat. Rangkaian acara Zoom In ITB 2014 dimulai pada 2 Januari 2014 lalu dengan kegiatan Zoom In Go to Class yang dilakukan dengan melakukan kunjungan ke lebih dari 60 SMA/MA sederajat di Sembilan kota dan kabupaten di Sumbar, yakni Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi, Kabupaten Tanah Datar, Kota Payakumbuh, Kabupaten Tanah Datar. Kunjugan ini diisi dengan pengenalan singkat tentang jurusan, beasiswa, dan informasi lainnya tentang ITB. Selain itu juga ZIGTC juga dijadikan media untuk memperkenalkan acara bedah kampus yang juga masih merupakan rangkaian acara Zoom In ITB 2014 kali ini. Rangkaian acara Zoom In ITB 2014 selanjutnya adalah Bedah Kampus ITB yang dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Januari 2014 lalu di Auditorium Perpustakaan Bung Hatta, Bukittinggi, Sumatera Barat. Acara dimulai dari pukul 09.00 tentunya dibuka dengan tari galombang pasambahan UKM-ITB. Pada acara bedah kampus yang dihadiri kurang lebih delapan ratus orang peserta ini diberikan informasi mengenai kemahasiswaan, kehidupan di kampus, cara belajar mahasiswa, hasil karya dan inovasi mahasiswa ITB serta fakultas-fakultas yang ada beserta jurusan-jurusan dan prospek kerja kedepannya. Bedah Kampus diselenggarakan dalam bentuk Pameran, Stand, dan Talkshow.


Pameran diisi dengan berbagai foto dan video kegiatan kampus serta berbagai macam hasil karya dan inovasi anak ITB. Talkshow merupakan perbincangan dua arah antara peserta dan pembicara mengenai cara berkehidupan yang baik di kampus nanti. Pada talkshow bedah kampus ini dihadirkan seorang narasumber yaitu Bapak Ir. Fazwar Bujang, MM. Beliau adalah CEO PT Krakatau Steel tahun 2007-2012. Sedangkan untuk Stand pada acara bedah kampus ini terdiri dari stand per fakultas, stand souvenir yang laku keras serta satu stand untuk beasiswa. Ada juga bonus Cinema Zoom In yang membuat acara lebih meriah. Acara bedah kampus ditutup sekitar sore setelah ashar.

Rangkaian acara Zoom in ITB 2014 selanjutnya adalah pengabdian masyarakat yang diwujudkan dalam ITB Motivation Day. Acara ini seharusnya dilaksanakan sepenuhnya pada hari Senin, 13 Januari 2014 lalu di SMAN 1 Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Namun terjadinya longsor membuat perjalanan panitia pada hari itu untuk menuju lokasi SMA tersebut terhambat, sehingga pelaksanaan kedua baru dilaksanakan pada hari Kamis, 16 Januari 2014 setelah timbunan longsor yang menutupi jalan berhasil dibereskan. Pada hari Senin tersebut hanya terlaksana seminar motivasi bagi para guru dan juga orang tua siswa yang pembicaranya adalah Ibu Raudah Ruslan M.Pd. Dalam pelaksanaannya, ITB Motivation Day terdiri dari tiga rangkaian acara, yaitu ITB Motivation Room, ITB Sharing Motivation, dan ITB Motivation Games. Ketiga rangkaian acara tersebut akhirnya terlaksana sepenuhnya pada hari Kamis, 16 Januari 2014 lalu


ITB Motivation Room adalah sebuah ruangan yang didesain menarik untuk dijadikan tempat belajar yang nyaman. Buku-buku untuk mengisi ITB Motivation Room ini adalah buku buku yang telah di himpun dari donasi buku. Perpustakaan SMAN 1 Pantai Cermin ini telah berhasil dibuat menjadi lebih baik oleh panitia. Tidak hanya dari donasi buku, tapi juga ada pemberian mading dan juga bingkaian bingkaian informasi tentang sekolah-sekolah dan fakultas-fakultas yang ada di ITB. Selanjutnya adalah ITB Sharing Motivation dilaksanakan melalui seminar dengan seorang pembicara. Untuk seminar terhadap siswa, pembicaranya adalah mahasiswa ITB sendiri. Siswa SMA N 1 Pantai Cermin terlihat antusias dengan kegiatan ini. selain itu ada pula lingkar wacana, yang mana adik adik dari SMA N 1 Pantai Cermin tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok kecil lalu kakak kakak dari ITB akan menjadi pembicara sesuai dengan kelompok yang telah dibagi sebelumnya. Yang terakhir yaitu ITB Motivation Games.

Games yang diberikan oleh kakak kakak ITB ternyata sangat menarik perhatian para siswa. Mereka tetap bersemangat menjawab walaupun jawaban mereka sering kali salah. Hari itu, baik panitia yang disambut hangat oleh keluarga besar SMAN 1 Pantai Cermin, para guru dan juga siswa SMA N 1 Pantai Cermin begitu gembira, senang, dan antusias dengan adanya acara ini. (Any UKM'12 TL'12)


PEMILIHAN KETUA SYUKWIS APRIL 2014 DAN MAKRAB UKM-ITB Liburan telah usai, kegiatan perkuliahan telah dimulai. Begitu pula dengan kegiatan UKM-ITB. beberapa hari yang lalu telah dilaksanakan presentasi Dies Natalis ke-39 UKM-ITB dan pada malam Selasa, 21 Januari 2014 lalu telah dilaksanakan pula pemilihan ketua syukwis April UKM-ITB. Forum dimulai pada pukul 19.00 di labtek VII lantai dua. Pada awalnya, massa yang hadir di dalam forum ada 54 orang. Kemudian dikumpulkan lagi konfirmasi massa yang akan hadir di dalam forum. Sehingga selama keberjalanan forum, massa yang ada kian bertambah, baik itu angkatan 2013, 2012, ataupun 2011. Dalam proses pemilihan terdapat calon yang mencalonkan diri: Jaka Kelana Putra (UKM'13 FTI'13), Hauzan Fadlurrahman (UKM'13 FMIPA'13), dan Fahmi Affandi (UKM'13 FTMD'13). Sementara itu ada pula calon yang dicalonkan: Muhammad Zikri ( UKM'13 FITB'13), Alfitra Libelnedo (FTMD'13 UKM'13), Eduwardo (UKM'13 FMIPA'13). Ada dua orang lagi calon yang juga dicalonkan namun menolak: Fauzan (UKM'13 FTMD'13f) dan Alfi Solehan (UKM'13 metrologi). Selama proses pemilihannya, dari enam orang calon tersebut kemudian dikerucutkan menjadi empat orang, lalu jadi dua orang , dan akhirnya terpilih satu orang. Selamat kepada Jaka Kelana Putra (UKM'13 FTI'13) Selain itu, menjelang berakhirnya bulan Januari ini telah terpilih pula ketua makrab UKM-ITB, yaitu Imam Fantowi (UKM'12 METALURGI'12). Pemilihan ketua makrab ini dilakukan dengan musyawarah oleh divisi kekeluargaan UKM-ITB. Setelah melewati diskusi dan berbagai macam pertimbangan akhirnya terpilihlah ketua makrab UKM-ITB. Selamat kepada ketua makrab terpilih UKM-ITB, semoga makrab pada Februari kelak berjalan lancar. (SILVANY DEWITA UKM'12 TL'12)

16


APRESIASI


@dn39ukmitb

COMING SOON


MAKRAB COMING SOON SYUKWIS APRIL DMT


CARANO Buletin UKM ITB

Sekretariat Unit Kesenian Minangkabau ITB Gedung CC Barat Ruang 26C Jalan Ganeca 12 Bandung Alvin (Manajer): 0818618785 20


Carano 2 2013/2014