Page 1

JUMAT PON

Redaksi 0274 557 687 (102) / 082325485004

9 MARET 2018 21 JUMADIL AKHIR 1439 NO 2495/TAHUN 6

Sirkulasi / 0851 0212 2000 Iklan 0274 557 687 (417) 0851 0012 1000 0857 2949 3333

RP 2.000

LANGGANAN RP 55.000

Potensi Uang Ratusan Miliar Rupiah Sirna  Dampak Belum Beroperasinya PT JMI

MANGKRAK

TRIBUN JOGJA/SINGGIH WAHYU

- Warga melintas di depan bangunan gedung perkantoran milik JMI yang mangkrak di Karangwuni, Wates, Kamis (8/3). Gedung itu terletak di timur bangunan pabrik percontohan.

KULONPROGO, TRIBUN - Asa bakal mendapatkan pendapatan asli daerah dengan nilai besar itu masih sebatas mimpi. Harapan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo mendapat bagian ‘rejeki’ dari PT Jogja Magasa Iron (JMI) belum juga terwujud. Pemkab Kulonprogo pun kecewa. Sebab, hampir lima tahun berjalan kontrak karya penambangan pasir besi dipegang JMI, perusahaan itu tak kunjung beroperasi melakukan eksploitasi sumber daya alam tersebut menjadi bijih besi.  ke halaman 11

Belum Punya Smelter TAK kunjung beroperasinya PT JMI sejak mengantongi izin pada 2012 silam, mengundang tanda tanya besar. Pemerintah Daerah (Pemda) DIY pun sejauh ini belum mengetahui secara pasti kendala apa yang dihadapi perusahaan itu. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY, Budi Wibowo menuturkan, lokasi penambangan seluas 54 hektare yang berstatus Pakualaman Ground, sudah jelas legal hukumnya. Karena itu, meski sempat disengketakan, saat ini tidak ada masalah lagi terkait lahan.

TAMBANG PASIR BESI TAK BEROPERASI PT JMI sudah mengantongi izin penambangan pasir besi di pesisir selatan Kulonprogo sejak 2012.

Ada pula kerugian lain, yakni seharusnya 55% (6.000) dari total pekerja pabrik itu adalah warga lokal Kulonprogo. Total luas area penambangan pasir PT JMI mencapai 54 hektare di atas lahan Pakualaman Ground.

 ke halaman 11

Satu kendala belum beroperasinya pabrik ini adalah tidak memiliki smelter (fasilitas pengolahan hasil tambang).

Sampai saat ini masa izin itu hampir habis, PT JMI belum melakukan produksi sama sekali.

Jika PT JMI hanya menjual konsentrat, maka dipastikan kandungan vanadium dan dan titaniumnya ikut terjual.

Akibatnya ada potensi pendapatan Pemkab Kulonprogo yang hilang jika pabrik itu tak beroperasi.

Padahal negara bisa mendapat keuntungan lebih besar jika penjualannya tak hanya dalam wujud konsentrat.

Akibatnya ada potensi pendapatan Pemkab Kulonprogo yang hilang jika pabrik itu tak beroperasi. Meski begitu, penambangan pasir besi adalah objek pajak dari pemerintah pusat, daerah mendapat bagi hasilnya.

Hari ini PT JMI dipanggil Pemda DIY untuk mengetahui kejelasan eksploitasi pasir besi yang izinnya menjelang kedaluwarsa ini.

Kantor PT JMI Lengang TRIBUN Jogja menelusuri keberadaan PT JMI berkantor. Kantor perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan pasir besi tersebut, terletak di Timoho, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Namun, keberadaan kantor PT JMI bisa dibilang jarang diketahui. Bagaimana tidak, selain bentuk bangunannya yang seperti rumah biasa, di depan gerbangnya pun tidak ada pelang yang menun-

jukkan kalau gedung tersebut merupakan kantor tempat PT JMI bernaung. Praktis, Tribun Jogja pun sempat kesulitan mencarinya. Sebagai perusahaan yang memiliki hak mengelola area pertambangan di sepanjang kawasan pesisir Kulonprogo, kantor milik PT JMI jauh dari kata mewah.  ke halaman 11

GRAFIS/ FAUZIA RAKHMAN

Marsha Timothy

Gelapkan Kulit TOTALITAS adalah kunci dalam bermain peran. Seperti yang dilakukan Marsha Timothy untuk persiapan film Ku Lari ke Pantai. Dia harus menggelapkan kulitnya untuk film bergenre anak ini. (*)

Kisah Sukses Iffah dan Bisnis Batiknya  ke halaman 11

Rejeki Saya Lewat 3 Teman Difabel Bisnis Sogan Batik Rejodani sempat surut. Namun kegigihan sang pemilik membuat usaha batik ini kini berkembang pesat.

Hal

P

9

TRIBUNNEWS/JEPRIMA

TRIBUN JOGJA/SITI UMAIYAH

ada 2009 adalah tahun kebangkitan Sogan Batik Rejodani. Padahal saat itu, usaha yang hampir 8 tahun tidak berkembang dan hampir dihentikan. Namun, kehadiran tiga karyawan yang kebetulan difabel itu mampu menyuntikkan semangat dan usaha ini kembali menyala. Iffah Maria Dewi, pemilik dari usaha Sogan Batik Rejodani mengatakan, jika sudah dari 2001 dia bersama seorang temannya yang saat itu masih duduk di kuliah, mencoba mendirikan usaha pembuatan batik.

- Para pekerja difabel berbaur dengan pekerja lainnya di Sogan Batik, Rejodani, Rabu (7/3).

 ke halaman 11

BEKERJA


KONTAN TRIBUN FINANCE 2

JUMAT PON 9 MARET 2018

ANTARA/SIGID KURNIAWAN

MENGUAT Karyawan beraktivitas di dekat layar pergerakan IHSG di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, baru-baru ini. IHSG mampu menguat pada penutupan perdagangan Kamis (8/3).

Rutin Investasi Rp10 Juta Bebas Pajak Dividen  Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Menguat 1,17% “Korporasi, kan, sudah JAKARTA, TRIBUN membayar pajak. Masa Bursa Efek Indonesia (BEI) iya investor masih dibebamengusulkan penghapusni hal serupa. Distribusi an pajak dividen bagi inuang dalam pembagian vestor yang sudah meladividen cukup merugikan kukan investasi besar di mereka,” katanya. pasar saham. Langkah terIHSG menguat sebut untuk mendorong Sementara itu, pada investor ritel berinvestasi penutupan perdagangan di pasar saham. Kamis kemarin, Indeks “Belum kami usulkan Harga Saham Gabungan secara resmi. Namun, (IHSG) berhasil menguat. usulan bisa segera kami Indeks berakhir naik 1,17 ajukan,” kata Direktur persen atau 74,754 poin Pengawasan Transaksi ke level 6.443,021. dan Kepatuhan BEI, HamTito Sulistio Sebanyak 205 saham di Hassyarbaini, Kamis Direktur Utama BEI bergerak positif, 163 sa(8/3). ham bergerak turun, dan Direktur Utama BEI, 114 saham stagnan. VolTito Sulistio, membenarkan bahwa pihaknya mengusulkan agar ume perdagangan mencapai 10,1 milinvestor yang berinvestasi maksimal Rp10 iar lot dengan nilai transaksi mencapai juta sebulan selama satu tahun dan rutin Rp9,25 triliun. Analis Binaartha Sekuritas, Muhambakal terbebas dari pajak dividen. Saat ini, ia mengemukakan, invest- mad Nafan Aji Gustama, berpendapat, or terkena beberapa pajak saat ber - penguatan indeks pada Kamis ditopang transaksi dan memiliki saham di pasar oleh kenaikan peringkat utang luar negeri modal. Sebut saja pajak penjualan Indonesia. “Perbaikan peringkat utang Indonesebesar 0,1 persen serta pajak dividen sebesar 10 persen. “Kalau ada pengu- sia membuktikan bahwa kondisi makro rangan pajak, investor pasti akan sen- ekonomi cukup stabil,” ucapnya seraya menyebut penguatan IHSG juga disebabang,” ujarnya. Direktur Investa Saran Mandiri, Hans kan oleh aksi beli para pelaku pasar. Sekadar informasi, pada perdagangan Kwee, menilai, rencana usulan penghapusan pajak dividen oleh BEI akan menjadi Rabu (7/3) lalu, pasar saham domestik pemikat bagi investor untuk masuk ke terpantau rontok. IHSG berakhir turun pasar modal. Maklum, sebenarnya pajak 131,84 poin atau setara 2,03 persen ke level 6.368,27. (kontan) dividen merupakan double tax.

Saat ini, investor terkena pajak penjualan sebesar 0,1 persen serta pajak dividen sebesar 10 persen.

Rupiah Kerek Harga New Ertiga  Pelemahan Mata Uang Domestik Pengaruhi Banderol Mobil YOGYA, TRIBUN - Tak cuma barang elektronik, komputer, dan gadget, pasar otomotif terancam pula oleh pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Apabila kurs rupiah tak kunjung stabil di posisi aman, harga kendaraan bakal mengalami kenaikan. Branch Manager Indomobil Nissan-Datsun Kabupaten Bantul, Budiman, menerangkan, pergerakan rupiah yang kurang positif pasti akan sangat mengganggu aspek inter nal maupun eksternal pasar otomotif di Tanah Air. Biaya produksi yang tinggi akan memengaruhi harga jual. “Biaya produksi menggunakan dolar AS sangat berefek ke banderol kendaraan impor yang dilego di dalam negeri. Semakin besar pelemahan rupiah, semakin besar pula tingkat kenaikannya. Kalau sudah

DAMPAK RUPIAH  Pelemahan rupiah

berdampak ke berbagai sektor industri, termasuk otomotif.  Harga mobil Suzuki naik di rentang Rp2 juta sampai Rp3 juta.  Nissan-Datsun belum mengubah banderol. tetapi tak menutup kemungkinan mengikuti langkah Suzuki. demikian, siapa yang bakal dirugikan?,” paparnya kepada Tribun Jogja, Kamis (8/3). Selain perubahan harga, dampak pelemahan rupiah terhadap aspek produksi kendaraan membawa efek pula ke kebijakan setiap diler. Nominal promo berupa potongan harga sebesar Rp30 juta, beber Budiman, bisa turun menjadi Rp 20 juta, bahkan Rp10 juta saja.

Beruntung, sampai Kamis kemarin, banderol mobil keluaran Nissan-Datsun d DIY belum merangkak naik meski rupiah sudah menyentuh Rp13.770 per dolar AS pada perdagangan Rabu (7/3). Bahkan, awal Maret 2018, rupiah sempat di level Rp13.800 per dolar AS. “Kurs rupiah terhadap dolar AS belum terlalu mengkhawatirkan. Pun membawa pengaruh, dampaknya mungkin baru terasa dua bulan atau tiga bulan lagi. Namun, kalau rupiah sampai menembus Rp14.000 per dolar AS, efeknya bakal langsung terlihat,” imbuh Budiman. Resmi naik harga Lain hal dengan Nissan-Datsun, Suzuki Sumber Baru Mobil justru telah resmi menaikkan harga roda empat mulai awal Maret 2018. Kebijakan itu tak lepas dari pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar

AS. Melalui surat resmi PT Sumber Baru Aneka Mobil dan ditandatangani oleh Rizki Indriananta selaku General Manager, Suzuki memutuskan mengubah banderol sejumlah mobil sejak rupiah melemah di level Rp13.500 per dolar AS. “Harga New Ertiga Series, APV MB Series, S Cross, Baleno Series, dan Ignis Series naik Rp3 juta. Sementara pikap Carry FD WD, pikap Mega Carry Series, Suzuki Minibus 1.5 GX, dan Karimun Wagon R Series, resmi naik Rp2 juta,” kata Rizki. Tak cuma menaikkan harga, lewat surat resmi yang diberlakukan pula untuk Area Yogyakarta, Kedu, dan Banyumas, Suzuki mengubah program subsidi penjualan mulai April 2018 mendatang. Angka subsidi Suzuki yang diberikan kepada konsumen bakal lebih rendah 50 persen. (wsn)

Sentuh Rp13.816 per Dolar AS NILAI tukar rupiah ditutup melemah 0,41 persen ke level Rp13.816 per dolar AS pada perdagangan Kamis (8/3). Tidak hanya di pasar spot, kurs tengah rupiah di Bank Indonesia (BI) juga drop 0,08 persen ke level Rp13.774 per dolar AS. Level mata uang domestik di posisi Rp13.816 per dolar AS merupakan yang terendah sejak Januari 2016. Lagi-lagi, faktor dominan yang memengaruhi adalah sentimen eksternal. Para pelaku pasar masih terus mengantisipasi kenaikan suku bunga acuan The Federal Reserve. Pada awal Januari 2016, mengutip data RTI, rupiah menempati posisi Rp13.775 per dolar AS. Namun, setelahnya, rupiah terus menguat walau diwarnai fluktuasi. Sekitar Oktober 2016, bahkan berada di level Rp12.955 per dolar AS alias menduduki posisi terkuat sampai saat ini. Analis Pasar Uang Bank Mandiri, Reny Eka Putri, mengatakan, meski BI sudah melakukan intervensi dengan

cara mengurangi nilai cadangan devisa, keterpurukan rupiah di depan mata uang Paman Sam masih saja terjadi. “Harus diakui, tekanan luar negeri memang sangat kuat,” ujarnya. Ia menyebut, para pelaku pasar tengah menanti rilis data-data ekonomi AS pada Jumat (9/3) hari ini. Data yang dimaksud adalah jumlah ketersediaan lapangan kerja serta angka tingkat pengangguran di AS. “Kemungkinan, dua data tersebut menunjukkan hasil positif,” kata Reny. Ia mengimbuhkan, rencana rilis datadata ekonomi AS telah membuat para pelaku pasar waswas pada perdagangan Kamis kemarin. Sebab, bank sentral AS atau The Federal Reserve akan menjadikannya acuan untuk menaikkan suku bunga acuan pada rapat 21 Maret 2018 mendatang. “Isu perang dagang akibat kebijakan kenaikan tarif impor oleh Presiden AS, Donald Trump, juga membawa dampak bagi pergerakan rupiah sepanjang Kamis. Hal itu berpotensi merugikan para

mitra AS, termasuk Indonesia,” papar Reny. Senada, analis Monex Investindo, Putu Agus Prasuanmitra, berpendapat, pelemahan rupiah pada Kamis hingga menyentuh level Rp13.800 per dolar AS terpengaruh oleh kecemasan pasar terhadap kebijakan tarif impor AS yang bisa memicu perang dagang global. Meski demikian, ia memperkirakan, posisi mata uang Garuda pada perdagangan Jumat hari ini berpotensi mengalami penguatan. Pasalnya, kemungkinan besar BI akan terus melakukan intervensi untuk menjaga kestabilan nilai tukar rupiah. Putu memprediksi, level rupiah di pasar spot pada Jumat bakal bergerak di rentang Rp13.750-Rp830 per dolar AS. Terawangan tersebut berbeda ketimbang perkirakan Reny, yang menyatakan bahwa rupiah pada Jumat akan sedikit menguat di kisaran Rp13.735-Rp13.798 per dolar AS. (kontan


TRIBUN BIZ 3

JUMAT PON 9 MARET 2018

HARGA EMAS TURUN - Petugas

menunjukkan produk emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) di Butik Emas Logam Mulia, Jalan Laksda Adisucipto, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, beberapa waktu lalu. Harga pecahan satu gram emas Antam pada Kamis (8/3) kemarin dipatok Rp644 ribu atau turun Rp6.000 ketimbang Rabu (7/3). ANTARA/ANDREAS FITRI ATMOKO

Ada WiFi Gratis di Pesawat Citilink „„ Maskapai Anak Garuda Siapkan Fasilitas Internet Bagi Penumpang JAKARTA, TRIBUN - PT Citilink Indonesia terus melakukan inovasi guna meningkatkan layanan bagi penumpang. Mulai tahun ini, Citilink bakal secara bertahap menyediakan fasilitas In-Flight WiFi di dalam pesawat. Nantinya, penumpang Citilink bisa menggunakan sarana internet secara gratis selama menjalani penerbangan. Untuk penyediaan layanan WiFi on board, Citilink bekerja sama dengan PT Mahata Aero Teknologi (MAT). Direktur Utama PT Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo, mengatakan, rencana pengadaan WiFi gratis di dalam pesawat telah direncanakan sejak lama. Citilink, yang tak lain ada-

WIFI CITILINK zz Citilink akan sediakan

WiFi gratis di dalam pesawat. zz penumpang bisa mengakses internet selama perjalanan. lah anak perusahaan Garuda Indonesia, ingin menjadi maskapai yang technology-minded. “Walaupun bermain di bisnis penerbangan murah, Citilink tetap berusaha menyediakan layanan prima bagi konsumen. Kami memiliki 50 armada dan lima tahun ke depan bakal bertambah lagi 23 armada,” terangnya, Kamis (8/3).

Gandeng Kalbe Cek Kesehatan Penumpang SELAIN dengan MAT, Citilink juga menjalin kerja sama dengan PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usaha PT Sanghiang Perkasa (Kalbe Nutritionals). Kerja sama tersebut untuk mendukung kesehatan bagi awak kabin dan penumpang maskapai. Sinergi Citilink dan kalbe diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Direktur Utama Kalbe Nutritionals, Ongkie Tedjasurja, dan Direktur Niaga Citilink Indonesia, Andy Adrian, di KALCare Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Pada tahap awal, beberapa bentuk kerja sama kedua pihak meliputi program cek kesehatan bagi karyawan Citilink, diskon bagi anggota Kalbe Family dan keluarga, serta diskon bagi karyawan Grup Kalbe. “Dalam waktu dekat, Kalbe akan cek kesehatan para penumpang Citilink sebelum melakukan penerbangan. Pengecekan kesehatan akan di boarding room Bandara Halim Perdanakusuma,” kata Direktur Utama Citilink Indonesia, Juliandra Nurtjahjo, baru-baru ini. (kontan)

Pada 2018, Juliandra menargetkan ada lima pesawat Citilink yang menyediakan layanan Wifi gratis. Kelimanya bakal dikhususkan melayani rute-rute gemuk. Harapannya, keberadaan fasilitas itu bisa meningkatkan keterisian penumpang. “Saat ini, rata-rata keterisian penumpang Citilink antara 75 persen sampai 79 persen. Nah, setelah ada layanan WiFi, kami berharap persentasenya bisa mencapai 80 persen,” paparnya. President Director MAT, M Fitriansyah, mengatakan, kerja sama dengan Citilink merupakan bentuk investasi perusahaan lewat skema bagi keuntungan. MAT memilih berinvestasi di Citilink karena ada kecocokan demografi. “Sekitar 70 persen penumpang Citilink membeli tiket via situs online. Mereka punya gadget dan cukup melek internet,” tuturnya. Investasi yang akan digelontorkan oleh MAT untuk menyediakan layanan WiFi gratis di 50 pesawat Citilink mencapai 40 juta dolar Amerika Serikat. Kerja sama berdurasi 10 tahun. Pemasangan layanan tersebu tbakal membutuhkan waktu hingga tiga tahun. “Untuk mendukung penyedia solusi nirkabel bagi penumpang Citilink, kami berencana menggandeng Inmarsat Aviation, Lufthansa Technik, dan Lufthansa System,” tandas Fitriansyah. (kontan)

M a r k e t L i n eM a r k e t L i n e

McD Bakal Bagi Gratis Chicken Muffin JAKARTA - McDonald’s merayakan National Breakfast Day dengan pembagian 167 ribu paket sarapan gratis. Kegiatan tersebut bakal berlangsung pada Senin 912/3) di 167 gerai McD di seluruh Indonesia. Makanan yang akan dibagikan adalah chicken muffin. “Sebanyak 167 ribu chicken muffin bakal kami bagikan mulai pukul 06.30 WIB hingga habis 1.000 paket,” ujar Associate Director of Communications McDonald’s In-

donesia, Sutji Lantyka, belum lama ini. Syarat untuk mendapatkan sarapan gratis berupa chicken muffin di McD cukup mudah. Pengunjung cukup mengantre di depan gerai McD. Namun, paket itu tidak berlaku untuk layanan pesan-antar. “Penerima sarapan gratis harus berusia 15 tahun ke atas. Kalau sebelum pukul 11.00 jumlah konsumen mencapai 1.000 orang, pembagian chicken muffin akan diberhentikan,’ tukas Sutji. (rls/vim)


HOTLINE PUBLIC SERVICE 4 PEMBACA Tribun Jogja, sampaikan keluhan, juga usulan terkait pelayanan publik di sekitar Anda.

Caranya ketik SMS dengan format: HPS (spasi) Isi keluhan, usulan atau pertanyaanlalu kirim ke

PEMIMPIN UMUM: Herman Darmo PEMIMPIN REDAKSI/PENANGGUNG JAWAB: Ribut Raharjo MANAJER PRODUKSI REDAKSI: Ibnu Taufik Juwariyanto MANAJER LIPUTAN: Sulistiono EDITOR SENIOR: Setya Krisna Sumargo STAF REDAKSI: Herman Darmo, Setya Krisna Sumargo, Ibnu Taufik Juwariyanto, Baskoro Muncar, Sulistiono, Agus Wahyu Triwibowo, Iwan Al Khasni, Joko Widiyarso, Iwan Apriansyah Hendy Kurniawan,Ikrob Didik Irawan, Rina Eviana Dewi, Mona Kriesdinar, Obed Doni Ardianto, Muchamad Fatoni, Yoseph Hary Wibowo REPORTER: Siti Ariyanti, Rento Ari Nugroho, Gaya Lutfiyanti, Agung Ismiyanto, Yudha Kristiawan, Pradito Rida Pertana, Amalia Nurul Fathonaty, Hening Wasisto, Riezky Andhika Pradana, Victor Mahrizal, Hari Susmayanti, Hamim Thohari, Kurniatul Hidayah, Septiandri Mandariana, Ikrar Gilang Rabbani PEWARTA FOTO: Bramastyo Adhy, Hasan Sakri Ghozali, Hendra Krisdianto SLEMAN: Panji Purnandaru, Santo Ari Handoko GUNUNGKIDUL: Rendika Feri Kurniawan KULONPROGO: Singgih Wahyu Nugraha BANTUL: Susilo Wahid Nugroho MAGELANG: Azka Ramadhan KLATEN: Angga Purnama TATA WAJAH & GRAFIS: Suluh Prasetyo Aji Pamungkas, Nugroho Saputro, Afifudin, Bayu Rusbianto, Muhammad Fauziarakhman, Yusuf Haryanta, Yoga Hersogama IT: Benny Ma’il bin Izmail, Arif Purnomo SEKRETARIAT REDAKSI: Fembri Nugroho BIRO JAKARTA: Jalan Palmerah Selatan 3 Jakarta 10270 Telepon (021) 5356766 (7618) Faks (021) 5495360:GENERAL MANAGER: Febby Mahendra Putra NEWS PRODUCTION MANAGER: Ade Mayasanto NEWS MANAGER: Yuli Sulistiawan EXECUTIVE EDITOR: Ignatius Prayoga PENERBIT: PT Media Tribun Yogya KOMISARIS UTAMA: Herman Darmo DIREKTUR: Agus Nugroho PEMIMPIN PERUSAHAAN: Agus Nugroho WAKIL PEMIMPIN PERUSAHAAN: Rosa Dharmasari MANAJER IKLAN: Rosa Dharmasari MANAJER KEUANGAN: Ridwan Mulyatno MANAJER PSDM/UMUM: Edy Utama MANAJER SIRKULASI: Edy Utama MANAJER PROMOSI: Sunu Mahata MANAJER PERCETAKAN: Supriyono ALAMAT REDAKSI/BISNIS: Jalan Jenderal Sudirman 52 Yogyakarta, TELEPON dan FAKS: (0274) 564061, EMAIL: tribunjogja@gmail.com WEBSITE: www.tribunjogja.com, ALAMAT PERCETAKAN: Jalan Ring Road Barat Km 8 Yogyakarta, Trihanggo, Sleman. REKENING: BRI, A/N. PT Media Tribun Yogya : 002901001264304, Bank BCA Cab, Sudirman, A/N. PT Media Tribun Yogya: 0373010500, TARIF IKLAN: DISPLAY HAL. 1: Rp. 100.000/mmk, DISPLAY BW: Rp. 22.500/mmk, DISPLAY FC: Rp.45.000/mmk, IKLAN KOLOM: Rp. 10.000/mmk, IKLAN KELUARGA: Rp. 10.000/mmk, IKLAN BARIS: Rp. 25.000/mmk. ISI DILUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

Kami akan mencarikan jawaban dan tanggapan dari pihak yang berkompeten di bidangnya. Misalnya tentang jalan rusak, pasar kumuh, layanan air, listrik, infrastruktur, administrasi kependudukan, tata kota, fasilitas publik dan lainnya. Mari jadikan daerah kita selangkah lebih baik.

Bisa juga melalui surat ke alamat,Redaksi HPS Tribun Jogja,

Atau bisa juga kirim email ke

tribunjogja@gmail.com

082325485004

Jalan Jenderal Sudirman No 52 Yogyakarta

Jumat

Cahaya

Tambang Pasir Besi MASIH ingat rencana proyek tambang pasir besi di pesisir selatan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)? Meskipun sudah lima tahun kontrak karya penambangan itu berjalan, tetapi hingga kini tak ada aktivitas alias mangkrak. Rencananya, hari ini, Pemerintah Provinsi DIY memanggil manajemen PT Jogja Magasa Iron (JMI) selaku pemegang izin tambang pasir besi. Penambangan pasir besi ini sepenuhnya menjadi objek pajak pemerintah pusat. Maksudnya, penarikan pajak dilakukan pemerintah pusat, sementara daerah hanya kecipratan sedikit dari bagi hasil yang dikembalikan pemerintah pusat melalui skema tertentu. Pemerintah setempat, dalam hal ini Kabupaten Kulon Progo, sempat berharap banget bisa memperoleh pendapatan cukup besar dari bagi hasil tambang pasir besi itu. Proyeksi pendapatan daerah dari eksploitasi pasir besi kala itu diperkirakan sekitar Rp100 miliar hingga Rp200 miliar per tahun, selama 20-25 tahun. Harapan itu kini tinggal mimpi, tidak jelas bagaimana nasibnya tambang tersebut. Pertemuan hari ini barangkali akan ada pencerahan, atau justru belum ada kejelasan. Tak sekadar mencermati berapa rupiah yang bakal didapat pemerintah daerah, masalah dampak buruk penambangan juga perlu dipikirkan. Sebab, proyek tambang pasir besi ini tentu ada dampak positif dan negatifnya, tinggal bagaimana pemerintah dan masyarakat sekitar lokasi tambang meresponsnya. Apabila proyek berjalan, tentu bisa menyerap tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Pasalnya, proyek ini diperkirakan bisa menyerap 6.000 tenaga kerja lokal. Pemerintah pusat bisa menarik pajak, lalu pemerintah daerah kecipratan duitnya. Negatifnya, dari aspek lingkungan bisa memicu pencemaran bahkan kerusakan. Untuk itu persoalan dampak buruk pertambangan harus ada kontrol secara ketat, dan harus ada kesepakatan di awal bagaimana pihak perusahaan tambang bertanggung jawab atas kerusakan lingkungannya. Semua harus dipastikan secara detail di awal agar tidak ada salah paham. Persoalan proyek tambang pasir besi ini butuh ketegasan. Pemerintah perlu mengkaji ulang apakah PT JMI layak memperoleh izin tambang pasir besi itu, mengingat sudah lima tahun sejak memperoleh izin pada 2012, tak kunjung beroperasi hingga sekarang. Mangkraknya lahan tambang selama lima tahun tentu ada alasan tertentu yang bersifat menghambat, apakah persoalan teknis maupun nonteknis. Kita bisa memahami ini proyek besar sehingga kerumitannya pun ada-ada saja, tetapi pemerintah jangan sampai ceroboh agar hasil akhirnya tidak kecewa. Kalau memang perusahaan yang memperoleh izin setengah-setengah, buat apa? (*)

JUMAT PON 9 MARET 2018

Pemuda yang Dirindukan Zaman BELAKANGAN sering sekali kita temui kabar tentang perilaku pemuda yang menyimpang seperti perkelahian, narkoba, dan pornografi. Penyimpangan tersebut diperparah dengan datangnya tiba-tiba masalah tentang kebhinekaan kita sebagai bangsa Indonesia. Permasalahan tersebut hampir setiap hari terjadi seolaholah tidak ada satu pun orang atau institusi yang mampu mencegahnya. Fakta tersebut menjadi anomali ditengah makin maraknya dakwah para ustaz, digalakkannya pendidikan murah, gencarnya sosialisasi empat pilar kebangsaan, internet masuk desa dan sejenisnya oleh seluruh kalangan tanpa terkecuali. Oleh karena itu wajar jika khalayak umum menyimpulkan telah terjadi krisis moral pemuda saat ini. Padahal pemuda merupakan cermin bagi masa depan sebuah bangsa. Rusaknya pemuda berarti hilangnya harapan masa depan.Itu artinya bahwa pada diri pemuda-lah tertitip harapan bagi masa depan Indonesia kita saat ini. Kalimat itu bukan sekedar retorika belaka, karena sejarah panjang umat manusia telah membuktikannya. Termasuk dalam sejarah perkembangan Islam. Peran pemuda dalam sejarah perkembangan Islam sangat

siknifikan. Dalam sejarahnya, Islam mencatat misalnyapengikut Nabi Musa yang kebanyakan terdiri dari para pemuda (Q.S. Yunus:83). Pun demikian dengan para pengikut Nabi Muhammad SAW. Saat masuk Islam, Ali bin Abi Talib berusia sekitar 10 tahun, Umar bin Khatab berusia sekitar 28 tahun, Abu Bakar berusia sekitar 38 tahun. Selain itu terdapat kisah tentang Ibrahim, Ismail, Ashabul Kahfi dan masih banyak lainnya yang bercerita tentang peran pemuda. Banyak karakter dimunculkan orang sebagai gambar ideal pemuda. Salah satu gambar ideal karakter yang dikenal dalam Islam ialah karakter Ulil Albab. Dalam rumusan Nilai Dasar Perjuangan (NDP) HMI disebut sebagai insan cita HMI (Insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam) yang kemudian melalui Khittah Perjuangan HMI diistilahkan kembali dengan konsep Ulil Albab dengan 5 kualifikasi utama. Pertama, hanya takut kepada Allah. Karakter ini akan melahirkan pemuda yang berani menyatakan dan bertindak/berpihak untuk nilai kebenaran yang diyakininya. Kedua, tekun beribadah. Karakter ini akan melahirkan pemuda yang sadar dan

mampu memaknai setiap perbuatannya sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Ketiga, memiliki ilmu dan hikmah. Karakter ini akan melahirkan pemuda berdaya antisipatif tinggi terhadap segala perubahan yang dihadapi karena pengalaman yang luas, kemampuan berfikir rasional/objektif, dan berkemampuan praktikal yang menghasilkan karya-karya nyata. Keempat, kritis dan teguh berpendirian. Karakter ini melahirkan pemuda yang terbuka, apresiatif, kritis serta inovatif untuk menciptakan karyakarya baru dan dengan demikian akan membuatnya tidak terjebak pada pandangan mayoritas. Kelima, progresif dalam berdakwah. Karakter ini akan melahirkan pemuda yang berpenampilan menarik dan memiliki daya tahan fisik serta psikologis yang tinggi. Dengan memiliki 5 (lima) kualifikasi karakter tersebut diharapkan pemuda akan mampu menjadi pribadi yang tekun beribadah (Mua’bid), berdaya juang tinggi (Mujahid), berfikir cerdas (Mujtahid), dan berani melakukan perubahan (Mujadid). Pemuda seperti itulah yang dirindukan oleh zaman untuk menjawab cobaan terhadap kebhinekaan yang semakin mengkhawatirkan ini.

DOK.PRI

Zuhad Aji Firmantoro Ketua PBHMI Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita untuk dapat merawat anugerah besar-Nya: Indonesia. Wallahua’lam. (*)

Izin Mendirikan Barber Shop

S

AYA mau tanya, apa ada syarat khusus untuk mendirikan barber shop? Terima kasih +6285213784xxx

IZIN Usaha Barber Shop adalah izin untuk membuka usaha komersial yang ruang lingkup dan kegiatannya menyediakan jasa pelayanan memotong dan atau menata dan merias rambut. Dasar Hukum yaitu Perda No. 22 Tahun 1996 tentang Usaha Rekreasi dan Hiburan Umum Perda No 9 tahun 1998 tentang Pajak Hiburan Syarat-syarat yang harus dipenuhi: - Fotokopi Izin Gangguan (HO) - Fotokopi KTP Pemohon yang masih berlaku - Fotokopi akta pendirian perusahaan dan atau perubahannya yang dilegalisir bagi CV atau PT

- Izin Gangguan (HO) Prosedur untuk mendapatkan perizinan: - Pemohon mengambil formulir permohonan di loket BPMPPT - Mengisi formulir dan ditandatangani dan diajukan ke Bupati cq. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dengan dilampiri persyaratan yang telah ditentukan melalui loket KPP - Sekretariat KPP meneliti dan meregister serta membuat surat pengantar ke dinas Kebudayaan dan Pariwisata - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menerima, meneliti berkas permohonan sesuai ketentuan, cek lokasi dan menyiapkan surat jawabannya - Pemohon mengambil surat izin ke loket pengambilan. Triana Wahyuningsih Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Sleman

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling MASYARAKAT yang ingin memperpanjang SIM pada Jumat (9/3) dapat dilayani di Bus SIM Keliling yang dipusatkan di beberapa titik. Untuk di wilayah Kota Yogyakarta, Bus Sim Keliling ditempatkan di LPP Yogyakarta, Puro Pakualaman yang dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 11.00. Sementara wilayah Sleman berada di Studio Radio Rakosa, dan wilayah Bantul berada di Kantor Kecamatan Banguntapan. Pelayanan dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 12.00. Selain Bus SIM keliling, perpanjangan juga dapat dilakukan

di SIM Corner Ramai Mal, SIM Corner Jogja City Mal di mana kedua tempat ini membuka pelayanan dari pukul 10.00 - 15.00 Adapun persyaratan yang harus disiapkan antara lain : 1. Kartu identitas (KTP/paspor) dan fotokopiannya 2. Membawa SIM asli yang lama 3. Surat keterangan sehat jasmani 4. Biaya perpanjangan SIM C senilai Rp75 ribu dan SIM A senilai Rp100 ribu, sesuai PP PR Nomor 50 tahun 2010. Kompol Tupar Kasi SIM Ditlantas Polda DIY

Wilayah Kena Pemadaman Bergilir GUNA menjaga kelancaran pasokan ke tempat pelanggan serta mencegah gangguan padam, maka kami akan melaksanakan pemadaman aliran listrik sementara, pada Jumat, 09 Maret 2018 pada waktu dan pekerjaan sebagai berikut :

aminoto, Pakuncen, Singosaren, Kleben, Gg Menjangan, Ngadimulyo dan sekitarnya Waktu : 13.00 - 16.00 WIB Tujuan/Keperluan : Perluasan JTM & Pemasangan trafo guna layanan penyambungan baru Unit/ Wilayah Kerja : JOGJA KOTA Lokasi padam : Jl Seturan, Perumnas, Perum APH, Nglaren, Ngropoh, Gorongan dan sekitarnya

Waktu : 13.00 - 16.00 WIB Tujuan/Keperluan : Pembangunan feeder baru Unit/Wilayah Kerja : Jogja Kota Lokasi padam : Gampingan, Jl Re Martadinata, Wirobrajan, Jl H. Cokro-

Gol A B O AB

WB PRC 13 79 96 115 112 118 18 30

TC 23 16 11 10

Waktu : 13.00 - 16.00 WIB

Gol A B O AB

WB 30 24 20 13

Gol A B O AB

WB PRC 40 0 30 0 19 0 21 0

TC 1 2 4 0

Gol A B O AB

Tujuan/Keperluan : Penyisipan tiang an trafo guna layanan penyambungan baru Unit/ Wilayah Kerja : BANTUL Lokasi padam : Dn. Pleret, Dn. Kedaton, Dn. Kloron, Dn. Karet, Dn. Suren, Dn. Jembangan, Dn. Segoroyoso, Dn. Dahromo, Dn. Trukan, Dn. Karanggayam, Dn. Bawuran Untuk itu kami mohon maaf kepada para pelanggan atas ketidak nyamanan ini, dan apabila pekerjaan selesai lebih awal, aliran listrik akan dinormalkan kembali tanpa pemberi-

WB PRC 0 9 0 15 0 23 0 13

TC 0 0 0 0

Gol A B O AB

tahuan. Terima kasih. (nto) Humas dan Jaringan PT PLN (persero) Area Yogyakarta Jl. Gedongkuning No. 03 Banguntapan Bantul D.I.Yogyakarta Telp : (0274) 452200 (Office only) Fax : (0274) 452452 (Office only) Facebook : PLN 123 Twitter : @pln_123

Subuh Dzuhur Ashar Maghrib Isya’

WB PRC PLMA 29 17 31 0 31 31 9 2

04:27 WIB 11:52 WIB 14:57 WIB 17:59 WIB 19:08 WIB

RSPAU dr. S. Hardjolukito, 444562,

, Denpom IV/2 Yogyakarta, 566103, 623733, puskodal_denpom42@yahoo.co.id, RSU Bethesda Lempuyangwangi, 512257, 588002 RS Condong Catur, (0274) 887494

STASIUN BERANGKAT

Bogowonto

22.00 20.35 20.57 08.57 20.00 08.00 07.00 18.35 17.45 09.08

STASIUN BERANGKAT 17.10 Lempuyangan 15.30 Lempuyangan 14.30 Lempuyangan 18.00 Tugu

Malabar

11.25 21.28 00.30 20.08 08.08 23.32

Logawa

STASIUN BERANGKAT Lempuyangan 14.00 Lempuyangan 18.58

Argowilis Sri Tanjung

STASIUN BERANGKAT Eks Tugu 16.02 Eko Lempuyangan 07.15

Lempuyangan

14.34

Krakatau

Lempuyangan

22.06

Malabar

Tugu Tugu Tugu Lempuyangan

02.06 07.30 20.45 01.35

Lempuyangan

01.12 01.05 03.32 06.45 16.30 08.55

Lempuyangan

07.45

17.00 05.30 09.10 12.15 18.00 07.35 09.57 11.05 14.45 20.15

07.15 10.40 14.00 19.40 05.15 09.25 12.10 13.00 16.10

05.15 16.10 05.50


JOGJA REGION SLEMAN-BANTUL

5

JUMAT PON 9 MARET 2018

Warga Tuntut Dukuh Depok Mundur „„ Haris Dinilai Tak Bekerja Sejak Dilantik 8 Bulan Lalu STORY HIGHLIGHT zz Puluhan warga

Dusun Depok, Desa Ambarketawang, Gamping, menuntut Dukuh Depok, Muhammad Haris Zulkarnaen, mundur dari jabatannya. zz Adi Triyanto, seorang perwakilan warga menjelaskan, sejak dilantik pada pertengahan tahun 2017 hingga kini, Dukuh tak pernah menunjukkan kinerjanya. zz Sebagai bentuk protes, seluruh Ketua RT, RW, dan pemuda mengundurkan diri. Hingga praktis dusun tersebut tak memiliki kegiatan apapun.

SLEMAN, TRIBUN - Puluhan warga Dusun Depok, Desa Ambarketawang, Gamping, mendatangi kantor Kecamatan Gamping, Kamis (8/3). Kedatangan warga tersebut menuntut Dukuh Depok, Muhammad Haris Zulkarnaen, mundur dari jabatannya sebagai kepala dusun. Ia dianggap tak pernah bekerja sejak dilantik delapan bulan lalu. Selain menyampaikan aspirasi, warga juga membawa spanduk sebagai wujud kekecewaan mereka. “Warga Depok Tolak Dukuh Baru Haris” tulis spanduk tersebut. Adi Triyanto, seorang perwakilan warga menjelaskan, sejak dilantik pada pertengahan tahun 2017 hingga kini, Dukuh tak pernah menunjukkan kinerjanya. Sebagai bentuk protes, seluruh Ketua RT, RW, dan pemuda mengundurkan diri. Hingga praktis dusun tersebut tak memiliki kegiatan apapun. “Enam bulan tak ada inisiatif mengerakkan warga. Tak pernah silaturahmi kepada

sesepuh. Ini warga nagih janji kepada pak lurah dan pak camat,” jelas Adi. Senada, Suprasetyo juga menuturkan, jabatan dukuh ini akan diemban sampai usia 60 tahun, padahal usia Haris baru 30 tahun, yang artinya akan memimpin selama 30 tahun lagi. Hal tersebut disesalkan Suprasetyo. “Tak seperti pemilihan kepala daerah cuma lima tahun. Kalau ini kan sampai umur 60, artinya 30 tahun lagi baru ada pergantian,” terangnya. “Pak dukuh itu kan sebagai pemimpin dusun yang bisa mengkoordinasi warga. Tapi, selama enam bulan tak kita temukan itu. Tadi sudah kita sampaikan beliaunya tak pernah sowan ke sesepuh, RT, RW. Program-programnya apa? Track record dia belum pernah berkiprah di organisasi apapun,” tegasnya. Selain itu, dampak lain dengan mundurnya RT RW otomatis membuat dana pemerin-

Saya Sudah Berusaha Mendekatkan Diri MENANGGAPI aksi warga yang menuntut dirinya mundur dari jabatan dukuh, Muhammad Haris Zulkarnaen menjelaskan, akan menunggu instruksi kepala desa. “Kalau saya, saya serahkan kepada kepala desa, karena yang bisa memberhentikan saya kepala desa,” jelasnya, Kamis (8/3). Haris pun menjelaskan, selama ini ia sudah berusaha bekerja semaksimal mungkin, meskipun belum optimal. Diantaranya, ia sudah berusaha mendatangi warga dan tokoh-tokoh untuk mengundang ke forum musyawarah dusun (Musdus). “Mungkin juga (kurang optimal), saya sudah berusaha maksimal. Saya datangi satusatu untuk menghadiri Musdus berkaitan pembangunan di dusun,” terangnya. Saat berdialog dengan warga di Kecamatan Gamping, Haris pun menjelaskan, bahwa ketugasan dirinya tak lain adalah sebagai perpanjangan tangan dari kepala desa. “Saya sebagai pembantu kepala desa jadi sesuai ketugasan, saya membantu melayani masyarakat secara administratif dan sosial,” jelasnya. Sementara Kepala Desa Ambarketawang, Maryanto,

Satgas Saber Pungli Terima 25 Laporan SLEMAN - Demi memberantas pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personel, sarana-prasarana dan satuan kerja yang ada di wilayah Sleman, Pemerintah Kabupaten Sleman membentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar Kabupaten Sleman awal Januari 2017 lalu. Kepala Inspektorat Kabupaten Sleman, Budiharjo menjelaskan, Satgas Saber Pungli Sleman telah menerima 25 laporan hingga saat ini. Dari 25 laporan tersebut sudah ada yang ditangani dan ada yang masih dalam proses. “Dari 25 ini ada yang laporan kaitannya dengan mempersulit pelayanan di instansi pelayanan, pensertifikatan tanah, juga ada tunjangan profesi guru, pungutan sekolah, retribusi yang tidak sesuai ketentuan, parkir liar, ada yang masalah Prona. Itu jumlahnya merata,” ujar Budiharjo di kantornya, Rabu (7/3). Lanjutnya, laporan yang sudah ditangani tersebut ada sebagian yang terbukti. Bagi yang terbukti akan mendapatkan sanksi administratif. Selain itu, pihaknya juga melakukan pembinaan kepada oknum terkait. “Kalau yang proses yang kita sudah ditangani ada yang terbukti ada yang tidak terbukti. Tapi ini untuk konsumsi internal,” jelasnya. (app)

akan melakukan kroscek terkait masalah ini. Menurutnya, pemberhentian dukuh tak bisa dilakukan secara tergesa-gesa, karena harus dengan pertimbangan matang. “Ini untuk evaluasi, tak kami biarkan, tetap kami kroscek. Kita pahami dan kaji satu per satu apa yang masyarakat sampaikan. Pak Camat memberikan solusi agar (dukuh) terus bersilaturahmi dengan warga, supaya bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan,” jelasnya. (app)

tah tak bisa mengalir ke warga. Akan Cari Solusi Camat Gamping, Abu Bakar menjelaskan, sesuai Perda Nomor 16 Tahun 2016 dan Pergub No 17 Tahun 2016, dukuh dijaring melalui tes, setelah sebelumnya ditentukan dalam musyawarah dusun terlebih dahulu. “Adanya aturan baru pengangkatan dukuh sudah tak ada lagi melalui pemilihan. Ini sebenarnya untuk mengurangi konflik horizontal, karena dukuh biasanya trah biar dampaknya pascapilihan coblosan tak sampai menahun,” jelasnya. Berdasarkan informasi masyarakat, Dukuh Depok ini kurang aktif di masyarakat. Sepengetahuan Abu Bakar, Haris memang aktif di kampus, namun kurang aktif di kampung, sehingga mungkin hanya sisi akademis saja yang menonjol. “Pak Haris asli situ (Depok). Sebelum dia mencalonkan dukuh, mungkin kurang srawung kata masyarakat. Walaupun setelah dilantik dia berusaha untuk mendekatkan diri pada masyarakat walaupun masih kontra. Pascapelantikan dia berusaha saya minta silaturahmi ke tokoh dan ke pemuda” bebernya. Menanggapi permintaan warga agar dalam satu minggu ke depan masalah dapat di selesaikan, Abu Bakar akan melakukan tindakan persuasif. Ia juga tak ingin masalah ini menjadi berlarut-larut, terlebih akan banyak agenda kegiatan ke depannya. (app)

TRIBUN JOGJA/ PANJI PURNANDARU

TUNTUT MUNDUR - Puluhan warga Dusun Depok, Desa Ambarketawang, Gamping, men-

datangi kantor Kecamatan Gamping, Kamis (8/3).

Siswa Kelas VI SD Seropan Ingin Lebih Fokus Belajar BANTUL, BANTUL - Siswa kelas VI SD Seropan di Muntuk, Dlingo, Bantul beberapa waktu terakhir, memilih belajar di ruang shelter darurat. Ruang kelas di bangunan sekolah TK yang disediakan bagi mereka, dirasa tak nyaman dan kurang layak untuk tempat belajar. Kepala SD Seropan, Wagiran mengatakan, pihak sekolah menempatkan siswa kelas VI di ruang kelas yang selama ini dipakai TK. Ini dilakukan menyusul tanah ambles yang menimpa sekolah lama, sehingga tak bisa ditempati. Sementara kelas I sampai V belajar di shelter bambu. “Ruang kelas TK yang dipakai murid kelas VI sebenarnya paling aman dan layak, cocok untuk kelas VI yang bersiap

jelang ujian kelulusan. Tapi, belakangan mereka mengeluh suara bising anak-anak TK, sehingga mengganggu konsentrasi belajar,” kata Wagiran, Selasa (6/3). Karena keinginan para murid, pihak sekolah akhirnya menempatkan kelas VI di shelter darurat yang terbuat bambu dan beratap daun. Shelter ini dibangun atas koordinasi sekolah dengan Dinas Pendidikan Bantul dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul. “Jadi kelas III yang sebelumnya, belajar di shelter bertukar tempat, mereka belajar di ruang kelas TK yang sebelumnya ditempati kelas VI. Sejauh ini, kita berharap gedung sekolah yang baru bisa segera dibangun. Kabarnya Maret ini sudah mulai proses lelang,” kata Wagiran. (sus)


JOGJA REGION KULONPROGO-GUNUNGKIDUL

6

JUMAT PON 9 MARET 2018

Rumah Khusus Dihuni Akhir Maret „„ Pemkab Kulonprogo Selesaikan Verifikasi Calon Penghuni Relokasi Kedundang KULONPROGO, TRIBUN - Pemerintah Kabupaten Kulonprogo hingga kini masih melakukan verifikasi data calon penghuni rumah khusus (rusus) relokasi warga terdampak pembangunan bandara di Kedundang, Temon. Ditargetkan pada akhir bulan ini, warga bisa menempatinya. Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman, Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kulonprogo, Suparno mengatakan, tak ada kendala berarti yang dihadapi tim verifikasi dalam pekerjaan tersebut. Verifikasi dilakukan secara fokus kepada warga yang sebelumnya sudah mendaftar melalui Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kulonprogo dan menyatakan ingin menempati hunian ber-

STORY HIGHLIGHT zz Pemkab Kulonprogo

masih melakukan verifikasi data calon penghuni rumah khusus (rusus) relokasi warga terdampak pembangunan bandara di Kedundang, Temon. zz Ditargetkan pada akhir bulan ini, warga bisa menempatinya. zz Kompleks relokasi di Kedundang itu menempati lahan PAG seluas sekitar 4.800 meter persegi dengan jumlah 50 unit rumah tipe 36. status magersari tersebut. “Secara teknis tak ada kendala, hanya perlu mekanisme pasti sesuai aturan yang ada. Sekarang, masih

Hadiyono Tak Sabar Huni Rumah Baru SEORANG warga calon penghuni relokasi magersari Kedundang asal Desa Palihan, Hadiyono Haryono (76) berharap, bisa segera pindah ke hunian tersebut sehingga bisa menata kehidupan lagi setelah terdampak pembebasan lahan untuk bandara. Sementara ini, dirinya tinggal di rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Triharjo Wates. Ia sendiri sudah terdaftar sebagai calon penghuni, karena sudah mendaftar sejak awal. Anak sulungnya yang sudah berkeluarga juga telah terdaftar sebagai penghuni di rumah magersari tersebut, berdampingan dengan dirinya.

“Tinggal menunggu kabar saja untuk bisa menempatinya. Yang jadi pertanyaan kami, statusnya apa nanti kami jadi warga Kedundang atau tetap Palihan? Ini kami belum dapat kejelasannya,” jelasnya. Warga calon penghuni lainnya asal Desa Glagah, Dendi Tri Jatmiko mengaku, penasaran kapan dirinya bisa menempati rumah tersebut. Padahal, bangunan rumah itu dilihatnya sudah selesai dibangun. Saat ini ia menumpang di rumah orangtuanya di Wates dan berharap, segera ada informasi kapan hunian relokasi itu bisa segera ditempatinya. (ing)

LAKA

berproses dan kami belum bisa memastikan target selesainya. Tapi secara umum, akhir bulan ini sudah bisa menempati rusus,” jelas Suparno, Kamis (8/3). Kompleks relokasi di Kedundang itu menempati lahan PAG seluas sekitar 4.800 meter persegi dengan jumlah 50 unit rumah tipe 36. Dua rumah dialokasikan bagi penggarap lahan tersebut semula. Pembangunan Sudah Selesai Pembangunannya ditangani Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan anggaran Rp4,9 miliar. Pembangunan rasus sudah selesai, meski belum dilakukan penyerahan aset kepada pemerintah daerah. Verifikasi itu, menurut Suparno, diperlukan untuk memastikan penghuni rumah tersebut tepat sasaran. Yakni, diperuntukkan bagi warga terdampak bandara yang tak punya kemampuan membeli atau membuat rumah baru, maupun warga yang sebelumnya mengindung. Sebanyak 46 kepala keluarga (KK) sudah terdaftar sebagai calon penghuni dan datanya sudah disampaikan kepada Kemen PUPR. Masing-masing sebanyak 18 KK berasal dari Desa Glagah dan 28 KK berasal dari Desa Palihan. “Untuk sisa dua unit rumah itu urusan nanti. Ada kebijakan (dari pusat) yang kami belum tahu. Kami juga masih mengupayakan pembangunan rusus lagi (di Kaligintung sesuai usulan Pemkab),” kata Suparno. (ing)

TRIBUN JOGJA/SINGGIH WAHYU N

- Warga melihat bangkai sepeda motor dan bus di jalan Wates-Yogya wilayah Desa Kedungsari, Pengasih, Kamis (8/3)

Tomi Tewas Tersambar Bus Handoyo KULONPROGO, TRIBUN - Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Wates-Yogya wilayah Desa Kedungsari, Pengasih, Kamis (8/3). Satu orang meninggal dunia dalam peristiwa di depan SMP 2 Kedungsari tersebut. Informasi dihimpun, peristiwa terjadi sekitar pukul 04.30 dan melibatkan sebuah bus antarkota antarprovinsi (AKAP), satu sepeda motor, dan satu sepeda kayuh. Kejadian bermula ketika terjadi senggolan antara sepeda motor matik AB 6713 PC yang dikendarai Tomi Cahyadi (43) warga Langenastran Kidul, Kota Yogyakarta dan sepeda kayuh yang dikendarai Sulasmi (45), warga Kedungsari. Kedua kendaraan itu semula samasama melaju dari arah Wates. Setelah senggolan, sepeda motor lalu oleng ke ka-

nan melewati marka jalan dan langsung disamber Bus Handoyo bernomor polisi AA 1402 EA. Bus tersebut dikemudikan Nanang Kosim (46), warga Kepanjeng Malang (Jawa Timur) dan melaju dari Malang menuju Purwokerto. Pengendara sepeda motor lalu terlindas dan terseret di kolong badan bus hingga sejauh jarak puluhan meter, sebelum bus akhirnya berhenti di tepian jalan setelah menabrak pohon dan tiang listrik di depan sebuah warung sisi selatan jalan. Pengendara sepeda motor tewas seketika di lokasi kejadian. “Saya mendengar suara benturan, tapi tak berani keluar rumah. Lalu, saya memanggil penjaga sekolah, Suyono,” jelas seorang warga setempat, Ismoyo (55). (ing)

Anggota PPK Harus Netral GUNUNGKIDUL - Sebanyak 54 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dilantik KPU Gunungkidul, Rabu (7/3) kemarin. Mereka diminta bekerja secara profesional dan tetap bersikap netral dalam penyelenggaraan Pemilu 2019 mendatang. “Anggota PPK juga dilarang keras memihak kepada kepentingan politik tertentu,” ujar Ketua KPU Kabupaten Gunungkidul, M Zaenuri Ikhsan, Rabu (7/3). Lanjutnya, pihak KPU Gunungkidul juga telah menerapkan seleksi ketat terhadap anggota PPK. Seluruh peserta seleksi diperiksa latar belakangnya, ada tidaknya kaitan dengan partai politik ataupun keterlibatan dalam kegiatan politik. Pemeriksaan ini juga melihat masukan masyarakat, termasuk berkoordinais de-

ngan panitia pengawas kabupaten (Panwaskab) Gunungkidul, untuk memastikan netralitas dari PPK. “Kami memeriksa satu per satu, apakah yang berkaitan pernah jadi anggota partai politik, terlibat kegiatan politik, apakah peserta seleksi juga pernah mendaftar sebagai calon legislatif dari parpol tertentu,” ujarnya. Menurutnya, pelarangan anggota PPK agar tak menjadi anggota ataupun terlibat kegiatan partai politik sudah jelas. Hal tersebut diatur Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 12 tahun 2017. “Hal itu sudah diatur dalam regulasi, bahwa anggota KPU tidak boleh terlibat anggota Partai Politik mana pun. Mereka harus bersikap netral,” ujarnya. (rfk)

TRIBUN JOGJA/RENDIKA FERRI K

TERTANGKAP - Pasutri pelaku pencurian spesialis warung kopi saat Jumpa Pers di Mapolres Gunungkidul, Kamis (8/3)

Polisi Bekuk Spesialis Pencuri Warung Kopi GUNUNGKIDUL, TRIBUN - Pasangan suami istri tertangkap tangan melakukan pencurian di sebuah warung kopi di Dusun Gebuk, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pasutri ini ternyata sepesialis pencuri yang menyasar warung-warung, tak hanya di satu lokasi saja, kedua pelaku juga mencuri di 35 lokasi berbeda. Pelaku atas nama AD (35) dan EN (21) ditangkap petugas kepolisian pada Jumat (2/3) lalu, di wilayah Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pelaku berhasil dilacak tim buser Polres Gunungkidul, sesuai informasi transaksi HP hasil curian oleh pelaku.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady mengatakan, kasus ini bermula laporan seorang warga atas pencurian di sebuah warung kopi di Kecamatan Tepus. Pelaku, AD dan EN, yang satu komplotan ini mencuri barang-barang berupa uang senilai Rp1 juta dan tiga unit HP milik pemilik warkop. “Mereka memesan kopi kepada pemilik warung. Saat dibuatkan itu, pemilik warung lengah, pelaku berhasil menggondol barang-barang berharga milik pemilik warung yang disimpan di dalam warung,” ujar Ahmad, Kamis (8/3). Lanjut Ahmad, kedua pasangan ini memiliki peran masing-masing.

Suami yang berinisial AD bertindak sebagai pelaku pencurian, sedang EN berperan sebagai penadah dan kemudian menjual barang-barang yang dicuri AD. Ternyata setelah diperiksa lebih lanjut, pasutri ini tak hanya melakukan di satu lokasi saja, bahkan di 35 lokasi berbeda di Gunungkidul dan daerah sekitarnya. Lokasinya tersebar di Kecamatan Tepus lima titik, Kecamatan Karangmojo delapan titik, Kecamatan Playen satu titik. Sedangkan Kecamatan Wonosari dua titik, Kecamatan Ponjong empat titik, Kecamatan Semin 6 titik, Kecamatan Nglipar tujuh titik dan di wilayah Kecamatan Tanjungsari dua titik. (rfk)


JATENG SQUARE 7

JUMAT PON 9 MARET 2018

Longsor di Wonosobo Renggut Afifah

IST

KORBAN LONGSOR- Afifah sesaat setelah evakuasi longsor yang merenggut nyawa anak berusia lima tahun itu. Hujan selama dua

hari berturut-turut memicu longsor di Desa Burat Kecamatan Kepil Wonosobo, Rabu (7/3) sore.

Kami Tak Tegalah

„„ Abu Bakar Baasyir Disebut Akan Pindah ke Lapas Klaten „„ Kepala Lapas Sebut Lokasinya Kurang Representatif KLATEN, TRIBUN- Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Indonesia, Wiranto diberitakan berencana memindahkan terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Baasyir ke Lapas Klaten. Kepala Lembaga Pemasyrakatan (Kalapas) Kelas II B Klaten, Budi Priyanto meminta kepada Menteri Wiranto untuk mempertimbangkan kembali rencana tersebut. Meski mengaku belum mendapat perintah langsung, tapi Budi menjelaskan saat ini kondisi Lapas Klaten tak representatif ditempati seorang narapidana yang sudah tua serta kondisi sakit. “Belum ada perintah langsung dari Kakanwil maupun Ditjen Pemasyrakatan. Kami sampaikan juga Lapas Klaten kurang representatif untuk menerima tahanan setingkat Abu Bakar,” ungkapnya, Kamis (8/3). Menurut Budi, ketidakrepresentatifan itu terletak pada sarana prasarana (sarpras) hingga SDM yang kurang memadai. Selain itu, tak adanya dokter di lapas itu menurutnya menjadi penyebab lapas Klaten tak representatif. Ia menilai, bahkan untuk tahanan sakit dari Polres Klaten hingga Kejaksaan, pihaknya Budi Priyanto cenderung menolak. “Apalagi Kepala Lembaga Pemasyrakatan Abu Bakar Baasyi kondisinya tua dan sakit sehingga mem(Kalapas) Kelas II B Klaten butuhkan perhatian,” ungkapnya. Ia pun mengatakan masih ada sejumlah Lapas yang lebih layak menampung Abu Bakar Baasyir, ketimbang Lapas Klaten. Meski begitu Budi memaparkan, bila pemerintah tetap memindahkan ke Lapas Klaten, dirinya tidak dapat berbuat banyak. “Kondisi di lapangan sudah saya jelaskan. Kalau perintah dari Kakanwil berarti segala risiko yang akan terjadi beliau sudah paham,” ujar dia. Lebih jauh ia berkata dengan segala pertimbangan tersebut bisa menjadi masukkan bagi pemerintah sebelum menunjuk Lapas Klaten. “Kalau kita berbicara sisi humanis, tak tega lah. Tetapi kalau pemerintah telah menunjuk Lapas Klaten, ya sudah,” ungkapnya. Menunggu perintah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Tengah (Jateng) menantikan aba-aba dari pemerintah pusat terkait pemidahan penahanan Abu Bakar Baasyir ke salah satu lapas di Solo. Dalam hal ini, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Jateng Djoni Priyatno mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu perintah resmi dari Menkopolhukam terkait lokasi Lapas. “Kita masih tunggu petunjuk Pak Menkopolhukam, mau ditempatkan dimana Baasyir nanti saat di Solo,” ucap Djoni, saat dikontak Tribunjateng.com, Kamis (8/3). Meski belum mendapat perintah, ia mengaku sudah menyiapkan sejumlah personel untuk memperketat pengamanan jika Baasyir menghuni lapas di salah satu kawasan Solo. Menurut Djoni, jumlah petugas yang ditambah termasuk pada sipir di blok yang akan dihuni Baasyir. “Semua persiapan sudah dilakukan. Hanya tinggal nunggu waktunya saja. Yang jelas, kami siap menjalankan instruksi pemindahan penahanan (Abu Bakar Baasyir) itu,” ungkapnya. Menkopolhukam, Jenderal (Purn) Wiranto saat dikonfirmasi di Hotel Crown Plaza, Jalan Pemuda Semarang, mengaku masih merahasiakan lokasi lapas yang akan dihuni Baasyir. Ia meminta kepada publik untuk bersabar karena tahapan pemindahan Pimpinan Ponpes Al Mukmin, Ngruki Sukoharjo dan Jamaah Ansorut Tauhid itu sedang diproses oleh pihaknya. “Sabar dulu tunggu pelaksanaannya. Pokoknya tunggu nanti,” tambahnya. Ia juga mengimbau masyarakat supaya tidak berspekulasi soal status Baasyir, apakah akan diubah menjadi tahanan rumah atau tetap menghuni sel tahanan lapas. (Tribun Jateng)

Kalau kita berbicara sisi humanis, tak tega lah. Tetapi kalau pemerintah telah menunjuk Lapas Klaten, ya sudah

WONOSOBO, TRIBUN - Hujan selama dua hari berturut turut memicu longsor di lima titik di Desa Burat Kecamatan Kepil Wonosobo. Pada titik di Dukuh Krajan Desa Burat, longsor menimpa sebuah rumah milik Wasiman (65) hingga menimbulkan korban jiwa seorang anak balita, Afifah Fitria Saki (5) Rabu sore (7/3). Suara jeritan bocah balita di kamar mandi membuat sang ibu dan kakek yang tengah duduk di ruang depan terhentak. Anak itu memanggil sang bunda dengan sekali teriakan. Afifah sebelumnya buang air di toilet rumahnya yang bersebelahan dengan dapur seorang diri. Sang ibu langsung lari menuju sumber petaka di ruang paling belakang rumah. Namun nahas, luncuran material longsor lebih cepat dari langkah gesit perempuan itu.

Saat kejadian ibu korban dan kakeknya sedang duduk di ruang depan serta ayah korban Zaini Ismail sedang bekerja di Jakarta. Longsor terus bersusulan hingga tubuh anak itu nyaris tidak terlihat karena tertutup lumpur material longsor. Tak dinyana, jeritan itu adalah panggilan terakhir sang anak terhadap ibundanya sebelum meninggal. “Saat kejadian ibu korban dan kakeknya sedang duduk di ruang depan serta ayah korban Zaini Ismail sedang bekerja di Jakarta,”kata

Kapolsek Kepil Iptu Muji Darmaji, Kamis (8/3) Evakuasi korban dari timbunan material longsor berjalan hingga satu jam. Dengan dibantu warga, empat anggota Polsek Kepil berhasil mengevakuasi korban kemudian membawanya ke bidan setempat. Korban langsung dirujuk ke Rumah Sakit Islam Purworejo karena denyut jantungnya sudah sangat lemah. Nahas, korban menghembuskan nafas terakhir dalam perjalanannya menuju rumah sakit. Mahkota longsor yang menimbulkan korban jiwa ini adalah bahu jalan Jalur Provinsi Kepil - Purworejo yang memiliki kemiringan sekitar 80 derajat. Tebing itu setinggi 15 meter serta jarak dari rumah yang tertimpa longsoran hanya 3 meter. “Masyarakat agar selalu waspada saat hujan karena Kepil daerah rawan longsor, “ katanya.(Tribun Jateng/aqy)


8

ACADEMIA JUMAT PON 9 MARET 2018

Kita Sekarang Berada di Abad Digital  Gedung Digital Library UNY Diresmikan

TRIBUN JOGJA/NORITERA PAWESTRI

CANGGIH

- Rektor UNY, Sutrisna Wibawa menjajal komputer canggih di Digital Library yang diresmikan penggunaannya, Kamis (8/3).

Siapkan 500 Komputer

UNY KAMPUS KELAS DUNIA  Kini memiliki Digital Library  Dokumen-dokumen hard   

copy sudah diubah dalam bentuk softcopy Disediakan 350 komputer canggih Segera diditambah 150 unit sehingga total menjadi 500 komputer Dilakukan link dengan 500 komputer yang tersebar di perpustakaan fakultas Dimungkinkan mampu melayani 26.000 mahasiswa

DENGAN adanya fasilitas Digital Library yang telah dimiliki oleh UNY, Rektor Sutrisna Wibawa menuturkan, pihaknya akan mengoneksikan Digital Library UNY dengan Perpustakaan Nasional. “Disamping itu, dokumen hardcopy itu kita jadikan softcopy, sehinggga mahasiswa cukup satu komputer, di depan cari apa saja bisa. Seperti Anda lihat komputernya kan nyaman,” papar Sutrisna saat menggelar press conference pada Kamis (8/3). Sehingga nantinya mahasiwa tak perlu lagi membuka buku-buku lama untuk mencari jurnal, cukup dengan Digital Library ini semuanya dapat lebih mudah dijangkau para mahasiswa. “File yang sudah tekoneksi kita sudah punya

yang lama, yang tergabung di perpustakaan lama. Kita tinggal instal yang baru, kemudian semua data tesis, skripsi, disertasi, buku dosen juga ada di situ (Digital Library),” ujar dia. Rencananya, akan ada 500 komputer yang tersedia di Digital Library, namun saat ini baru terdapat sebanyak 350 komputer yang tersedia. “Nanti ada 100 komputer yang akan kita link dengan training center. Komputer perpustakaan fakultas akan kita link kan juga, mungkin kalau ditotal bisa 1.000 komputer. Tapi yang kita miliki 500 dan 500-nya punya fakultas tinggal kita link kan,” lanjut dia. Ia berharap, jumlah komputer yang dimiliki oleh Digital Library ini mampu menjangkau sebanyak 26.000 mahasiswa UNY. (era)

Azka Ardelia Susatyo

Ingin Jadi Wanita Karier BERAWAL dari ketidaksengajaan menekuni olahraga renang, Azka Ardelia Susatyo lama-kelamaan mulai ketagihan olahraga air ini. Dara manis kelahiran Yogyakarta 2 Mei 1996 ini pun akhirnya mampu menorehkan berbagai prestasi di bidang olahraga renang indah. “Renang itu nggak sengaja. Cuma diajak renang sama tetangga. Dia (tetangga) sudah les renang waktu itu. Aku cuma ikutan aja, terus disuruh Mama ikut les sekalian,” papar mahasiswi semester akhir Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota UGM Yogyakarta ini. Gadis yang akrab disapa Dela ini mengungkapan, dirinya menekuni renang sejak duduk di bangku SD, sewaktu SMP, ia memutuskan untuk lebih menekuni renang indah. “Mulai renang kelas 4 SD, awal itu aku renang biasa, tapi awal kelas 2 SMP aku pindah renang indah. Awalnya sempat nolak karena aku belum bisa split, tapi akhirnya pindah juga,” ujarnya. Beberapa prestasi renang indah yang berhasil diraih diantaranya, juara 1 4x50 meter Estafet Gaya Ganti Putri Kejuaraan Renang se-DIY - Jateng 2009, juara 1 Team Free Routine Singapore Open Synchronised Swimming 2010, juara 3 Team Free Routine Malaysia Open Synchronised Swimming 2011.

Tak hanya itu, dia juga berhasil menorehkan berbagai prestasi baik regional, nasional maupun internasional cabang olahraga renang. Namun saat ini Dela menuturkan, dirinya sudah tidak lagi berlatih renang lantaran disibukkan dengan berbagai tugas kuliah, terlebih saat ini dirinya tengah menyelesaikan skripsinya. “Terakhir lomba waktu kuliah cuma ikut Kejurnas sama PON Jawa Barat tahun 2016, habis itu berhenti, mau KKN sama skripsi soalnya. Sibuk kuliah jadi kalau mau renang susah,” paparnya. Meski tak lagi mengikuti perlombaan renang, Dela masih menyempatkan diri berenang untuk refreshing di kala waktu luangnya. “Renang sekarang refreshing, kalau lagi penat dua mingguan sekali. Renang juga buat jaga kesehatan aja kalau lelah kuliah, kan kuliah kadang lembur,” papar Dela. Ditanya soal cita-

cita, dia justru tertarik untuk menjadi seorang wanita karier. “Kalau sekarang sih cita-cita pengen jadi wanita karier yang tetep bisa urus rumah tangga,” lanjutnya. (era)

SLEMAN, TRIBUN - Tantang era digital dijawab Universitas Negeri Yogyakarata (UNY) dengan mengeluarkan terobosan baru untuk mempermudah proses belajar mengajar. Terobosan tersebut berupa Digital Library dan ELearing, proyek 7 in 1 yang diresmikan langsung oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Menariknya, E-Learning 7 in 1 bukan hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang ada di UNY, namun juga terkoneksi dengan tujuh universitas di Indonesia. Ketujuh universitas tersebut mencakup Universitas Syiah Kuala, Universitas Tanjungpura, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Sam Ratulangi, serta Universitas Negeri Gorontalo. Intan Ahmad, selaku Dirjen Belmawa dalam sambutannya, Kamis (8/3) di Gedung Digital Library, UNY, mengatakan jika di era digital orang bisa belajar di mana saja. “Kita sekarang berada di abad digital. Jika dulu ilmu

itu diperoleh hanya dari guru, sekarang guru maupun dosen menjadi fasilitator, sedangkan informasi bisa diperoleh di berbagai tempat. Terutama saat ini kita bisa mengakses informasi ke segala penjuru,” ungkapnya. Intan menambahkan, jika E-Learning 7 in 1 sebenarnya tidak hanya bisa digunakan oleh anggota dalam proyek 7 in 1, namun karena koneksi jaringan Indonesia Research and Education Network (IDREN ) sangat luas jangkauannya, maka juga terkoneksi ke seluruh dunia. “Tujuan 7 in 1 adalah akses dan peningkatan mutu. Sehingga kegiatan yang levelnya Internasional akan mudah dilakukan hanya melalui Video Conference dengan gambar dan suara yang jelas,” ungkapnya Selain itu, Intan juga mengatakan saat ini juga sudah tersedia modul yang ada di Online Course yang bisa diambil untuk melengkapi Satuan Kredit Semester (SKS) mahasiswa. Sehingga jika mahasiswa dari UNY mau mengambil mata kuliah dari Online Course dari Universitas lain, nantinya dia bisa menambahkan ke SKS nya.

“Seumpama nanti mahasiswa dari UNY mau mengambil mata kuliah dari Unesa semisal, nantinya bisa disampaikan ke kampus UNY sebagai bagian dari pemenuhan SKS,” ungkapnya. Rektor UNY, Sutrisna Wibawa mengatakan, gedung Digital Library sendiri, terdapat ruangan yang bisa digunakan untuk melakukan konferensi dengan berbagai negara. “Di lantai 4 terdapat ruang Internasional Conference yang link ke seluruh dunia. Beberapa percobaan kita sudah bisa akses ke seluruh dunia. Kita coba akses dengan negara Taiwan, kebetulan UNY punya program kredit transfer dengan National Center University,” ungkapnya. Sutrisna berharap dengan adanya Digital Library, serta semua program yang ada di E-Learning, seperti E-Jurnal, E-Book maupun berbagai dokumen akademik elektronik akan mendukung perbaikan kualitas pendidikan dan penelitian. “Kita harus berkiblat kepada dunia internasional, apalagi saat ini adalah era Revolusi Industri 4,0. Yang mana ciri teknologi adalah yang mengikat kita semua,” terangnya. (cr3)


G S SIPI IP IPI 9

JUMAT PON 9 MARET 2018

KRONOLOGI PENANGKAPAN ANGELA LEE 1. Polisi menerima laporan seorang warga Yogyakarta bernama Santosa Tandyo. Dia melaporkan pasangan suami istri ini atas dugaan penipuan, penggelapan, dan pencucian uang. Pelapor awalnya diajak berinvestasi jual beli mobil. Pelapor lalu mentransfer sejumlah uang secara bertahap. 2. Polisi memanggil dan memeriksa Angela Lee dan suaminya pada 5 Februari 2018. Saat itu, polisi langsung melakukan penahanan. 3. Polisi menyita barang bukti berupa mobil, ponsel, beberapa ATM, mobil, 43 tas, dan sejumlah dokumen.

4. Berdasarkan keterangan yang diperoleh polisi, uang yang ditransfer Santosa untuk investasi jual beli mobil ternyata digunakan oleh David Hardian untuk bisnis tas impor yang dijalankan oleh istrinya, Angela Charlie. 5. Uang investasi yang ditransfer secara bertahap hingga total Rp 12 miliar itu ternyata justru digunakan untuk membayar utang. Selain itu, uang juga digunakan untuk membeli rumah dan sejumlah mobil.

FOTO-FOTO:INSTAGRAM

Artis peran dan presenter Angela Lee (30) dan suaminya, David ditangkap oleh aparat kepolisian Polres Sleman, Jawa Tengah, medio 5 Februari 2018.

A

ngela bersama sang suami ditangkap atas dugaan tindak pidana kasus penupuan, penggelapan, dan tindak pidana pencucian uang, terkait bisnis tas impor. Angela disebut-sebut menggunakan cara hipnotis agar korbannya lebih gampang ditipu. Kuasa hukum Angela, Husendro tidak mengetahui bahwa kliennya menggunakan hipnotis untuk menjerat semua korban-korbannya selama ini. "Saya nggak ngerti ya (soal hipno-

Gelapkan Kulit MARSHA Timothy melakukan segudang persiapan sebelum menjalani shooting film Ku Lari Ke Pantai karangan Mira Lesmana dan Riri Riza pada pertengahan Maret ini. Menurut istri dari Vino G Bastian ini, salah satu persiapan dirinya sedang dalam proses penggelapan warna kulit. Hal ini dilakukan demi mencapai kesesuaian antara karakter tokoh sekaligus karakter film yang dimainkan tersebut. Film ini mengisahkan mengenai sebuah keluarga yang akan melewati masa liburan dengan melakukan perjalanan darat sejauh lebih dari 1.000 km dari Jakarta ke Banyuwangi. Karena berlatar belakang perjalanan ini lah, menuntut Marsha harus memiliki kulit yang terlihat lebih gelap. Tak hanya itu, dalam akun Instagramnya @ marshatimothy juga mengupload sebuah foto dengan bertuliskan dirinya sedang berlatih menyetir demi persiapan film ini. "Salah satu persiapan untuk film #kularikepantai adalah les nyetir lagi untuk safety.. karena ini pertama kali saya harus nyetir, road trip lintas Jawa"tulisnya di Instagram. Film anak Indonesia Ku Lari Ke Pantai

tis. Karena kita engga masuk ke sana, kita fokus ke hukum aja. Itu Angela yang tahu," kata Husendro. Husendro menjelaskan bahwa ancaman hukuman yang mejerat Angela adalah kurungan penjara lebih dari 20 tahun, dengan pasal dugaan penggelapan dan pencucian uang. "Penipuan dan penggelapan maksimal hukuman 4 tahun penjara. Kemudian terdapat pasal pencucian uang dengan ancaman hukuman penjara 20 tahun," ucapnya. "Tapi riilnya berapa berat hukumannya, kalau masuk pengadilan

dan diputus. Makanya lihat nanti saja di persidangan," tambahnya. Akibat perbuatannya itu, dikabarkan semua barang-barang Angela dan David disita oleh pihak kepolisian Polres Sleman, diduga sebagai jaminan pengembalian uang kepada semua korban-korbannya. "Ya polisi merasa barang-barangnya disita itu hasil dari laporan para korban. Misal mobil, kulkas, dan segala macamnya. Ya itu kan kewenangan penyidik ya. untuk saat ini kewenangan penyidikan ya," ujar Husendro.(ari/wly)

INSTAGRAM

MARSHA TIMOTHY

merupakan film Anak Indonesia terbesar di tahun 2018. Setelah film anak legendaris Petualangan Sherina dan Laskar Pelangi, Film ini diharapkan mampu kembali menggairahkan hasrat film anak Indonesia yang telah langka saat ini. "Anak-anak perlu melihat film Indonesia yang berkualitas dan menghibur, tapi juga memiliki unsur edukasi yang tidak menggurui,�-anak perlu melihat film Indonesia yang berkualitas dan menghibur, tapi juga memiliki unsur edukasi yang tidak menggurui," kata Mira Lesmana.(peb/wly)

Ganti Rugi HUSENDRO menjelaskan, kerugian yang dibuat oleh kliennya diperkirakan mencapai Rp 20 miliar. "Cuma kita belum verifikasi tepatnya berapa. Karena dari beberapa korban masih lapor kerugiannya. Tapi belum langsung ketemu korban, tanya berapa sih rincinya, karena sampai saat ini kerugian korban masih simpang siur, karena masih laporlapor terus," kata Husendro. Husendro menambahkan, setelah situasi dan kondisinya membaik, pihaknya akan menemui satu per satu korban Angela, untuk mencari lebih rinci mengenai kerugian yang diderita para korban. "Kalau memang nanti ada perdamaian atau sudah sedikit adem, kita rinci berapaberapa kerugiannya," ucapnya. Husen menjelaskan, Angela sampai

lupa berapa jumlah korban yang telah memberikan investasi tas mewah kepadanya, karena cukup banyak orang yang meminta tolong Angela untuk menjual tas mewah. "Nah, dia (Angela) sendiri bingung berapa pastinya. Tapi yang jelas lebih dari 10 orang sih ya," ungkapnya. Husendro menuturkan, Angela mengaku kepadanya ingin menyelesaikan permasalahan utangnya secara kekeluargaan, dan dicicil sedikit demi sedikit. "Angela sendiri siap sebenarnya kalau melakukan pencicilan. Tapi kalau bayar sepenuhnya langsung, dia (Angela) enggak mampu. Tapi kalau potensi dia di luar dengan pekerjaannya, dia bisa cicil," beber Husendro.(ari/wly)

Gugat Cerai Suami ARTIS Kalina Octaranny menggugat cerai suaminya, Hendrayan, ke Pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang. "Iya benar (menggugat cerai)," kata Kalina saat dihubungi. Dihubungi terpisah, kuasa hukum Kalina, Devi Waluyo, mengatakan Kalina melayangkan gugatan cerai pada awal Februari 2018. "Bulan kemarin tanggal 8 Februari di PA Tigaraksa. Ini sidang perdana, agendanya biasa tapi dari tergugat tidak datang," ucapnya. Namun Devi enggan membeberkan penyebab Kalina memutuskan mengakhiri biduk rumah tangganya dengan Hendrayan yang belum genap satu tahun itu. "Ya ternyata ada masalah makanya kami ajukan gugatan. Kayaknya kalau itu saya belum bisa bicara karena belum konfirmasi apakah mau bicara dengan media mengenai

penyebabnya. Cuma yang jelas di antara mereka sudah tidak bisa dilanjutkan lagi," ucapnya. Kalina dan Hendrayan menikah pada 26 Mei 2017 lalu. Pernikahan mereka dihadiri mantan suami Kalina, Deddy Corbuzier. Kalina juga tertangkap kamera tengah berada di Pengadilan Agama Tigaraksa, Tangerang, Banten. Foto Kalina di pengadilan diunggah kembali oleh akun gosip kemarin. Kalina tengah didampingi dua orang di samping kanannya. Dalam foto tersebut, nampak Kalina didampingi seorang wanita dan laki-laki berjas. Ketiganya berfoto bersama dan tertulis lokasi kebersamaan mereka adalah di kantor Pengadilan Agama Tigaraksa. Foto tersebut menyebar dengan cepat di kalangan netizen. Sebagian besar netizen kaget dan bertanya-tanya apakah Kalina sedang mengurus perceraiannya dengan aktor Hendrayan.(Grid.id)

INSTAGRAM

KALINA OCTARANNY


INTER-NASIONAL 10

JUMAT PON 9 MARET 2018

Penyebar Hoaks Hanya Cari Makan „„ KB Berhasil Meretas 1.000 Akun Medsos JAKARTA, TRIBUN - KB (30 tahun), pria yang menyebarkan konten hoaks melalui berbagai situs berita abal-abal pernah berprofesi sebagai wartawan. “Yang bersangkutan berinisial KB kemudian S1 sarjana teknik IT, kemudian mantan wartawan media news crime investigation,” ujar Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Pol Irwan Anwar

di Jakarta, Kamis (8/3). Selain berprofesi sebagai wartawan KB juga pernah kerja di warnet, yang berasal di daerah Cakung, Jakarta Timur. Selama bekerja di warnet tersebut dirinya bekerja sampingan sebagai pembuat berita yang berisi konten hoaks. Selain itu, KB juga telah meretas sekitar 1.000 akun media sosial. Melalui akun orang lain itu,

Beda Kasus dengan Saracen dan MCA KASUBDIT I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Irwan Anwar tidak langsung percaya terhadap keterangan BK yang mengatakan bekerja seorang diri. Ia masih melakukan pengembangan lantaran BK baru ditangkap pada Rabu (8/3/2018) tengah malam. “Kasus ini berbeda dengan kasus sebelumnya ya yang bekerja berkelompok dan saling berhubungan. Khusus tersangka BK ini, sementara dari hasil penyelidikan kami, bekerja seorang diri,” ujar Irwan. Kasus sebelumnya yang dimaksud adalah kelompok Saracen dan Muslim Cyber Army (MCA). Berdasarkan penggalian oleh penyidik, motif pelaku ideologis dan ekonomis. Awalnya motifnya ideologis. Pelaku yang merupakan min-

oritas ini merasa sakit hati karena di negara ini banyak pemberitaan yang mendiskreditkan agama yang pelaku anutn. Setelah itu, pelaku mulai menyebarkan hoaks dan fitnah di media sosial. Dia memiliki blog yang dibuat sama dengan sejumlah media massa mainstream. Misalnya, Media Indonesia, Detik.com, dan Tempo. Namun, konten pemberitaan pada blog itu seluruhnya negatif. Penyidik menjerat pelaku dengan Pasal 45A Ayat (2) juncto Pasal 28 Ayat (2) dan atau Pasal 45B juncto Pasal 29 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE. Selain itu, Pasal 156a KUHP dan atau Pasal 14 Ayat (2) dan atau Pasal 15 KUHP. Pelaku diancam dengan hukuman penjara maksimal di atas lima tahun. (kompas.com/tribunnews)

KB kemudian memviralkan situs hoaksnya. “Dalam penyelidikan kami awalnya ada 3 sampai 5 akun yang di-hack. Namun, dalam pemeriksaan kemudian diketahui yang bersangkutan juga berhasil mengambil alih sekitar 1.000 akun Facebook milik orang lain,” ungkap Irwan Anwar. Selain itu, KB juga memuat konten-konten tersebut di beberapa blog yang ia kelola. Parahnya, blog-blog tersebut memiliki nama dan logo yang menyerupai beberapa portal media online ternama. “Dari kegiatan yang bersangkutan kami sedang bekerjasama dengan perbankan, karena dari penelusuran bahwa yang bersangkutan mendapatkan keuntungan secara finansial dari kegiatan ini,” ucap Irwan Anwar. Motif Ekonomi KB lanjut Irwan ternyata punya motif sakit hati pada awalnya. Lama kelamaan, motifnya berubah menjadi motif ekonomi. Sebab, dari unggahannya tersebut, ia mendapatkan keuntungan dari Google AdSense, program yang memberi kesempatan bagi pemilik situs internet atau blog untuk memperoleh uang pemasangan iklan dari Google. “Terakhir itu dia punya sembilan ratus sekian dolar (Amerika Serikat) di akunnya dia itu. Jadi selain motif ideologi tadi, dia juga mendapatkan keuntungan finansial. Itu usaha dia untuk mendapatkan

ANTARA/RENO ESNIR

PELAKU HOAKS

- Laki-laki berinisial BK, dan barang bukti dihadirkan saat rilis pengungkapan pelaku pembuat hoaks dan ujaran kebencian melalui media sosial di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (8/3).

keuntungan,” ujar Irwan Anwar. Uniknya, tokoh yang diserang tidak hanya dari suatu kelompok saja, melainkan dari semua kelompok yang ada. “Pelaku menyerang Pak Said Aqil Siradj, Pak Prabowo Subianto, juga menyerang Pak Joko Widodo sebagai Kepala Negara. Selain itu, pelaku juga menghina Ibu Megawati. Ada juga memfitnah Habib Rizieq Shihab dan Ma’ruf Amien,” papar Irwan Anwar.

Kerja Sendiri Tersangka penyebar hoaks dan fitnah berinisial KB (30) yang ditangkap penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, mengaku bekerja seorang diri. Kegiatannya menyebarkan hoaks, mulai dari isu kebangkitan PKI, penganiayaan ulama serta fitnah kepada Presiden Joko Widodo, Megawati Soekarnoputri hingga Prabowo Subianto, diakuinya bukan pe-

Megawati

Doktor Honoris Causa Ketujuh PRESIDEN kelima yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, menerima gelar Doktor Honoris Causa (HC) dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Megawati meraih gelar doktor di bidang politik. Rektor IPDN Ermaya Suradinata menjelaskan pemberian gelar kepada Megawati dengan beberapa pertimbangan. “IPDN memberikan gelar doktor kehormatan sebagai pengakuan kenegarawanan Ibu Megawati Soekarnoputri,” ujar Ermaya di kampus IPDN, Jatinagor, Jawa Barat, Rabu (8/3). Megawati dianggap layak mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa bidang politik pemerintahan. “Beliau sosok yang berpengetahuan luas mengenai politik dan pemerintahan serta konsisten menegakkan demokrasi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya Ini merupakan doktor HC ketujuh yang diterima Megwati. Pemberian gelar Doktor Honoris Causa dari IPDN bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional. Dalam orasinya kemarin, Megawati Soekarnoputri bercerita tentang kesetaraan hak perempuan dan laki-laki dalam terjun ke dunia politik. “Saya begitu penuh pengalaman terhadap permasalahan perempuan ini,” ujar Megawati. (tribun/den)

Penghargaan untuk Suu Kyi Dicabut MUSEUM Holocaust di Amerika Serikat mencabut penghargaan yang diraih pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi. Dilaporkan AFP, Kamis (8/3/2018), penghargaan Elie Wiesel, yang diberi nama dari korban selamat Holocaust Eli Wieser, diberikan kepada Suu Kyi pada 2012. Saat itu, Suu Kyi dianggap menunjukkan kepemimpinan dan pengorbanan luar biasa dalam menentang tirani junta militer yang mengekang kebebasan rakyat Myanmar. Dalam pernyataan resmi, Museum Holocaust memutuskan menarik penghargaan setelah militer melakukan operasi militer ke Rakhine pada 25 Agustus 2017. Akibat operasi militer itu, sekitar 700.000 orang dari etnis Rohingya melarikan diri ke kamp pengungsian Kutupalong yang terletak di Distrik Cox’s Bazaar. Ini merupakan gelar ketiga yang dicabut dari penerima Nobel Perdamaian 1991 dalam lima bulan terakhir. (tribunnews/afp)

sanan siapa-siapa. “Saya enggak dibayar siapapun, atau ada motif siapa yang bayar, atau apa. Enggak ada,” ujar KB. KB yang merupakan lulusan dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) di bilangan Bekasi mengaku, mendapatkan rupiah dari kegiatannya itu. “Paling dapat Rp 200.000-Rp 300.000 doang, berapa palingan sih,” lanjut dia. (tribun network/fah/kps/wly)


TRIBUN BUFFER 11 Potensi Uang Ratusan Miliar zz Sambungan Hal 1

Padahal, masa berlaku kontrak karya itu terus berjalan. Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Pemkab Kulonprogo, Triyono mengatakan bahwa penambangan pasir besi itu sepenuhnya menjadi objek pajak dari pemerintah pusat. Artinya, penarikan pajak dilakukan oleh pemerintah pusat, dan daerah hanya kecipratan sedikit saja dari bagi hasil yang dikembalikan oleh pemerintah pusat melalui skema perhitungan tertentu. Ini sesuai perjanjian dalam kontrak karya penambangan pasir besi tersebut. Namun begitu, diakuinya, hal itu cukup mengecewakan. Apalagi, pemkab pernah memproyeksikan pendapatan dari penambangan pasir besi ke dalam struktur Anggaran pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tapi ternyata berakhir tanpa kepastian lantaran JMI tak segera beroperasi juga hingga saat ini. “Ya, semacam harapan palsu karena pemkab tidak jadi mendapatkan keuntungan dari situ. Kalau itu (pabrik) jadi dibangun, ya pasti menguntungkan,” ujar Triyono, Kamis (8/3). Ia menilai, perusahaan itu justru merugi sendiri jika tidak segera membangun pabrik dan mengoperasionalkan produksinya. Nihilnya kegiatan produksi PT JMI disebutnya tidak serta merta membuat Pemkab Kulonprogo kehilangan potensi pendapatan dari penambangan mineral bukan logam dan batuan (MBLB). Pasalnya, kegiatan itu memang urung terlaksana dan pemkab tidak terlibat secara langsung di dalamnya. “Upaya pemda hanya mendorong JMI untuk merealisa-

Belum Punya Smelter zz Sambungan Hal 1

“Lahan 54 hektare itu untuk areal pabrik, sudah tidak ada masalah. Jadi, sekarang sertifikatnya sudah ada di Puro (Pakualaman). Tinggal digunakan, to? Mau apa lagi? Wong izinnya juga sudah lengkap,” tuturnya, Kamis (8/3). Namun, lain halnya dengan masalah lahan. Budi memperkirakan, masih terdapat kendala menyangkut teknologi pemurnian yang dimiliki PT JMI. Menurutnya, sampai sejauh ini, perusahaan di bidang pengolahan pasir besi itu belum mulai membangun smelter (fasilitas pengolahan hasil tambang yang berfungsi meningkatkan kandungan logam seperti timah, nikel, tembaga, emas, dan perak hingga mencapai tingkat yang memenuhi standar sebagai bahan baku produk akhir). “Smelter belum ada proses. Sejauh ini, PT JMI hanya konsentrat. Paling tidak, harus membangun smelter. Tapi, teknologi itu (urusan) mereka, sementara kita di birokrasi, berharap bisa segera beroperasi,” katanya. Ia menuturkan, jika PT JMI menjual dalam wujud konsentrat, dapat dipastikan kandungan vanadium dan titanium di dalamnya akan ikut terjual. Sebab, dari pemurnian konsentrat itu, bisa dihasilkan dua kandungan yang memiliki nilai ekonomis tinggi itu. Ditambah lagi, pemerintah

Kantor PT JMI Lengang zz Sambungan Hal 1

Bahkan, sangat sederhana, jika dibandingkan deretan kantor lain. Saat Tribun Jogja mengunjungi kantor PT JMI pada Kamis (8/3) pagi, kesan lengang begitu terasa. Di halaman depannya, hanya terparkir satu unit mobil. Sementara seorang petugas keamanan, dengan atribut lengkap, berjaga di samping pintu masuk. Begitu juga di dalam bangunan, tidak ada tandatanda kesibukan aktivitas.

sikan pabriknya. Dari situ, pemda bisa mendapatkan manfaat. Tapi kalau tidak jadi, kami tidak kehilangan apa pun dan mereka yang justru rugi,” kata Triyono. Proyeksi pendapatan daerah dari eksploitasi pasir besi itu sendiri konon berkisar Rp100 miliar-Rp200 miliar per tahun selama 20-25 tahun. Menurut Wakil Ketua DPRD kulonprogo, Ponimin Budi Hartono, proyeksi pendapatan ini didasarkan pada paparan perusahaan itu pada beberapa kali kesempatan terdahulu. Sayangnya, hingga kini realisasinya masih nihil meski sudah sekian tahun berlalu sejak kontrak karya itu diterbitkan. Pihaknya mendesak pemerintah daerah untuk segera memperjelas permasalahan itu dan menemukan kepastian dari PT JMI. Ia menilai tidak ada alasan lagi bagi perusahaan itu menunda operasional pabrik. “Pembebasan lahan sudah dilakukan dan JMI sudah bangun pabrik proyek percontohan. Kalau dulu tidak langsung bangun karena alasan wilayahnya masuk kawasan keselamatan operasi penerbangan (KKOP), sekarang mau alasan apalagi? Kontrak karya ini kan ada batasannya,” jelas Ponimin. Menggarap lahan Suasana di kawasan siteplan pabrik pengolahan pasir besi JMI di Karangwuni sendiri terlihat lengang tanpa aktivitas produksi apapun. Beberapa petugas keamanan berjaga di titik gerbang utama dekat kompleks Pelabuhan Tanjung Adikarta. Tribun Jogja tak diizinkan untuk mengambil gambar maupun mendekati siteplan pabrik percontohan yang terletak di tak jauh dari gerbang tersebut. Namun, terlihat hilir mudik para petani setempat yang masuk ke dalam ka-

wasan berpagar beton yang memanjang berkeliling dari pesisir Karangwuni hingga perbatasan dengan Desa Garongan (Panjatan) di sisi timur. Usut punya usut, para petani itu saat ini memang diizinkan untuk menggarap kembali lahan pasir yang sudah dibebaskan untuk kegiatan penambangan tersebut. “Sekarang pabriknya katanya macet, sudah berapa tahun ini nggak ada kerjaan. Tim dari pabrik mengizinkan petani menggarap kembali lahan garapannya yang dulu dibebaskan,” kata Jumari, seorang petani warga Pedukuhan Pancas. Lahan garapan petani itu terletak dalam kawasan di dalam pagar tersebut dan telah dikaveling dalam ukuran sekitar 15x100 meter. Ada ratusan kepala keluarga terdampak yang kini menggarap kembali lahan tersebut untuk ditanami aneka tanaman seperti cabai, semangka, melon, dan lainnya. Jumari yang juga warga terdampak itu baru akan mulai menggarap lahan tersebut pada akhir pekan ini setelah penggarap kaveling sebelumnya pindah domisili. Pascalahannya dibebaskan untuk penambangan pasir besi dan kehilangan lahan garapan, ia hanya bercocok tanam di sawah pribadinya di sisi utara desa. Meski diperbolehkan digarap kembali, petani harus siap kehilangan lagi lahan garapannya jika sewaktu-waktu JMI akan memakai lahan tersebut. “Karena tidak ada ganti rugi lagi. Sewaktu-waktu mau dipakai JMI, tanahnya diambil lagi. Dulu saya nggarap lahan 2.000 meter persegi tapi lalu dibebaskan, dan saya dapat ganti rugi Rp300 juta. Sekarang uangnya sudah habis untuk kuliah dua anak saya,” kata dia. (ing)

pun dipastikan mendapat keuntungan lebih dari proyek pengolahan dan pemurnian pasir besi, ketimbang menjual dalam bentuk konsentrat. Terlebih, hal tersebut sudah tertuang dalam AMDAL (analisis mengenai dampak lingkungan). “Padahal, di AMDAL sudah jelas, bahwa mineral ikutan harus diperhitungkan, tidak seperti yang di Freeport. Kalau hanya konsentrat yang dijual, itu sama saja yang dilakukan di berbagai daerah, jadi harus ada smelter yang bisa pisahkan vanadium dan titanium,” tukasnya. “Jadi, harus membangun smelter di sana, untuk membuat konsentrat menjadi pig iron, kemudian pig iron menjadi baja. Harus dalam bentuk itu,” tambah Budi. Namun, diakuinya, kalau teknologi yang benar-benar mumpuni untuk mendukung rangkaian proses tersebut memang masih sangat jarang dijumpai, khususnya di Indonesia. Hanya ada beberapa negara yang sudah memilikinya. “Itu ada di New Zealand, China, kemudian Jerman. Nah, sekarang bagaimana PT JMI bekerja sama dengan mereka,” terangnya. Pekerja lokal Budi memaparkan, kesepakatan terkait tenaga kerja untuk mendukung operasional PT JMI pun tidak ada masalah. Berdasarkan AMDAL, 55 persen pekerja harus berasal dari masyarakat lokal. Menurutnya, bukan hal sulit untuk mempersiapkannya. “Tenaga kerja tidak ada masalah. Seandainya PT

JMI beroperasi, bisa menyerap sekitar 6.000 tenaga lokal. Untuk tenaga ahlinya, ya tergantung mereka yang punya teknologi itu,” tuturnya. “Keuntungan bagi Kulonprogo pun sangat besar. Dulu ada hitungannya, tapi saya lupa, tapi jelas itu sangat besar. Itu baru hitungan pasir besi, loh, belum kandungan vanadium dan titaniumnya. Padahal, vanadium itu 100 kalinya hasil pasir besi, gitu,” ungkap Budi. Dipanggil Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DIY, Arif Noor Hartanto, mendukung penuh rencana Pemda DIY yang hendak memanggil jajaran direksi PT JMI, pada Jumat (9/3). Menurutnya, pemanfaatan lahan harus dilakukan secepatnya, tanpa merusak lingkungan. “Tapi, kalau sudah menyerah dan tidak ada langkah eksplorasi penambangan, harus segera diambil keputusan. Ya, supaya lahan tersebut tidak mangkrak,” kata pria yang akrab disapa Inung itu. Namun, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mengungkapkan, jika nantinya PT JMI bersedia untuk beroperasi, harus harus ada kepastian terlebih dahulu, terkait keuntungan, atau manfaat apa saja yang bakal diperoleh warga dan Pemkab Kulonprogo. “Itu yang seharusnya sudah clear sejak awal. Jangan sampai pemerintah daerah dan masyarakat Kulonprogo tidak ikut merasakan manfaatnya,” pungkas legislator asal Kota Yogyakarta ini. (aka)

Tidak ingin berspekulasi, Tribun Jogja pun menanyakan berapa jumlah karyawan yang sehari-hari menjadi penghuni kantor itu. “Kalau kemarin banyak, ada sekitar 14 karyawan. Tapi, kalau hari ini, baru lima orang yang datang ke kantor,” cetus salah seorang staf yang enggan disebutkan namanya. Ia menjelaskan, jika yang berkantor hanya beberapa staf saja, sedangkan jajaran direksi sebagian besar berada di Jakarta. Karena itu, dirinya mengaku tidak berani memberikan informasi panjang lebar kepada awak media. “Direksinya tidak ada,

itu di Jakarta. Di sini (kantor PT JMI di Yogyakrta) cuma staf saja,” jelasnya. Sementara itu, karyawan lain, yang juga enggan disebutkan namanya, mengarahkan supaya langsung meminta keterangan pada direksi saja. Ia mendapat kabar, kalau pimpinannya akan memenuhi panggilan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, pada Jumat (8/3) ini. “Keterangannya besok saja, saya cuma karyawan biasa, tidak berani. Besok direksinya datang memenuhi panggilan Pemda DIY, dari Jakarta ke Yogyakarta,” pungkasnya. (aka)

JUMAT PON 9 MARET 2018

LENGANG

- Kantor PT JMI yang lengang di Jalan Timoho, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, kemarin. Hanya beberapa staf saja yang berkantor di tempat ini.

TRIBUN JOGJA/AZKA RAMADHAN

Kepala Daerah Tak Mendapat Tambahan Penghasilan YOGYA, TRIBUN - Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi menjelaskan bahwa Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) tidak berlaku untuk kepala daerah, baik wali kota mau pun wakil wali kota. “TPP gaji wali kota dan wawali naik? Tidak. Dan tidak ada kaitannya. Itu hanya untuk ASN (aparatur sipil negara). Wali kota dan wawali tetap sama seperti yang lalu-lalu,” jelasnya, Rabu (7/3). Ia menambahkan, TPP tersebut nantinya akan menandai terjadi perubahan besar dalam cara kerja dan pengelolaan anggaran di Kota Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan semua organisasi perangkat daerah (OPD) mempunyai sasaran tunggal dengan roadmap untuk memandu capaian yang akan diraih dalam kurun waktu tertentu. “Hal itu nanti juga akan terjadi efisiensi anggaran yang cukup signifikan tapi nilai manfaatnya bagi masyarakat lebih besar,” urainya. Nantinya, lanjut Heroe, setiap ASN akan membuat laporan harian tentang apa yang dikerjakan sehingga nanti bisa dinilai dengan sembilan parameter dalam sistem pemberian TPP yang telah disempurnakan.

Rejeki Saya Lewat 3 Teman zz Sambungan Hal 1

Namun, karena 4 tahun tidak kunjung berkembang, akhirnya sekitar tahun 2005, teman Iffah memilih untuk berhenti. “Awal kita membangun usaha, itu tahun-tahun sulit dimana krisis masih melanda. Kita coba bangun usaha niatnya biar bisa menciptakan lahan usaha. Tapi, 4 tahun berjalan malah stagnan. Produk banyak, tapi tidak tahu harus menjual kemana. Teman saya memutuskan untuk berhenti,” ungkapnya. Setelah itu Iffah masih mencoba untuk bertahan. Namun di tahun 2008, Iffah juga sempat down dan hampir memutuskan untuk mengakhiri usahanya. “Tahun 2008 aku sudah hampir menyerah, sudah 7 tahun lamanya usaha tidak ada perkembangan,” ucapnya. Namun, pada Januari 2009, Iffah kedatangan 3 pekerja difabel dari Yakkum yang berniat bekerja di tempatnya. Awalnya, dia tidak begitu yakin karena usahanya juga

“Kepala OPD bertanggung jawab terkait arah dan pembinaan kinerja program dan kegiatan agar sesuai dengan target yang direncanakan. Kabid (kepala bidang) harus mencapai target kegiatan programnya. Kasi (kepala seksi) dan staf harus mencapai target sesuai ukuran yang sudah dipatok,” bebernya. Sebelumnya, Kepala Bidang Organisasi, Kris Sarjono Sutejo menjelaskan aturan yang ada terkait TPP sesuai dengan Permenpan nomor 63 Tahun 2011 tentang Pedoman Penataan Sistem Tunjangan Kinerja. “Dasarnya jelas Permenpan 63 tahun 2011, selanjutnya apa yang dibuat tidak boleh lepas dari aturan. Kemudian juga disesuaikan dengan kemampuan daerah. Kemampuan daerah ini kalau versi Kemendagri sangat tinggi, sementara Kemenkeu adalah sedang,” bebernya. Dalam APBD sendiri, Kris menuturkan bahwa besaran anggaran untuk TPP tidak lebih besar dari anggaran yang digunakan untuk masyarakat. “Sebesar 46 persen untuk belanja pegawai, termasuk TPP ini. Untuk anggaran TPP sendiri sekitar Rp181 miliar. Tapi untuk serapan jelas tidak bisa 100 persen, karena pasti ada pegawai yang telat dan sebagainya walaupun pemberian TPP ini tujuannya agar kinerja men-

sudah surut. Namun, tidak disangka, kehadiran ketiga orang difabel ini merupakan titik awal perkembangan usaha batiknya. “Awalnya kegiatan produksi kita tidak penuh, paling sehari produksi sekali. Sisa waktu kita sangat banyak. Akhirnya kita putuskan paginya untuk ngaji dan salat sunnah. Tidak disangka, kedatangan Yudi, Yuni serta Hadi malah menjadikan usaha saya pesat,” ungkapnya. Saat itu, Yudi, Yuni dan Hadi sudah memiliki skill menjahit. Tidak sampai satu bulan kedatangan tiga orang tersebut, akhirnya Iffah mencoba menggunakan facebook sebagai media promosi. Tidak disangka, respons yang didapatkan melalui sosial media facebook sangat luar biasa. Semua stok yang dimiliki habis terjual. “Mungkin rejeki saya lewat ketiga teman difabel tersebut. Saya percaya kedatangan mereka merupakan berkah. Setiap pagi kita membiasakan salat dhuha berjemaah dilanjut dengan hafalan Asmaul Husna. Doa-doa mereka itulah yang diijabah,” ucapnya. Setelah terlihat ada perkembangan dalam

jadi lebih baik,” ucapnya. Sementara itu, Kepala Balai Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Yogyakarta, Maryoto menuturkan bahwa pencairan TPP akan dilakukan dalam waktu dekat. Ketika disinggung waktu pastinya ia enggan membeberkan. “Perwal sudah disosialisasikam, sistemnya juga sudah ada pelatihan di Diskominfo, dan SE (surat edaran) sekda juga sudah disampaikan ke OPD,” jelasnya. Saat ini, pihaknya belum bisa memberikan jumlah pasti terkait penerima TPP karena sampai dengan detik ini proses pengajuan jumlah dari OPD ke BKPP masih berlangsung dan diterima paling lambat tanggal 15 di setiap bulannya. Adapun alur yang ditempuh terkait TPP adalah OPD menyerahkan nama, kabatan, nilai, hasil, dan syarat-syarat lainnya kepada BKPP. Selanjutnya BKPP melakukan verifikasi dan hasilnya diserahkan ke BPKAD yang kemudian mengeluarkan surat pencairan dana ke Bank BPD. Bank BPD menginstruksikan Bank Jogja untuk melakukan transfer TPP ke pegawai yang bersangkutan. Selain itu Bank Jogja juga memberikan laporan ke BPKAD terkait transfer TPP ke pegawai. (kur)

usahanya, Iffah mencoba untuk memperkuat konsep, desain, serta pengelolaan managemen. Saat ini Iffah sudah memiliki lebih dari 80 karyawan. Dari 80 orang tersebut, 25 di antaranya merupakan difabel. “Setiap lulusan dari Yakkum dan Rehabilitas Difabel Solo, selalu mengabari kita kalau ada lulusan teman difabel baru. Kami siap menampung mereka. Kalau lewat seleksi mereka mampu, maka akan bekerja di sini. Ada asrama juga,” ungkapnya. Di dalam masalah pekerjaan dan hak pekerja, Iffah tidak pernah membedakan antara teman difabel dengan pekerja lainnya. Iffah juga pernah mendapatkan penghargaan Hipenca 2010 dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi menyangkut usaha persamaan hak untuk memperoleh pekerjaan yang layak bagi penyandang difabel. “Di sini teman-teman difabel memiliki hak yang sama dengan karyawan lainnya. Saya kadang melihat pekerjaan mereka lebih bagus, karena mereka memang sungguh-sungguh dalam bekerja,” ungkapnya.

Rata-rata kedua puluh lima orang difabel ada di bagian jahit. Iffah berharap jika dari usaha yang dijalankan bisa terus membantu menyerap tenaga kerja. “Teman-teman difabel adalah semangat saya. Semua ini datangnya dari Allah, saya ada sekadar untuk memberi fasilitas. Semua kembali kepadanya,” ungkapnya. Sri Wahyuni Nur Hatati yang menjadi generasi pertama difabel yang bekerja di Sogan Batik mengaku sangat menikmati pekerjaan yang dia lakukan sejak tahun 2009 ini. “Saya senang di sini, setiap pagi sebelum bekerja kita ibadah bareng dulu. Kita tinggal di asrama, dan kadang seminggu sekali saya pulang,” ucapnya. Yuni sendiri merupakan warga asal Ngemplak, Sleman. Kemampuan menjahitnya dia dapatkan ketika dia mengikuti kursus yang diadakan oleh Balai Latihan Kerja di Sleman. “Dulu awalnya saya ikut kursus di BLK Sleman selama satu bulan. Terus Yakkum ngadain Job Fair, jadinya saya kesini,” ungkap perempuan 30 tahun ini. (siti umaiyah)


12 JUMAT PON 9 MARET 2018 21 JUMADIL AKHIR 1439 NO 2495/TAHUN 6

Fahri Laporkan Presiden PKS ke Polisi

 Dengan Sangkaan Pencemaran Nama Baik SIDANG LANJUTAN -

Terdakwa kasus dugaan perintangan penyidikan kasus korupsi KTP elektronik, Bimanesh Sutarjo menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (8/3/2018). Dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau tersebut didakwa menghalangi penyidikan kasus korupsi KTP elektronik dengan tersangka Setya Novanto.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Dokter Bimanesh Minta Novanto Diinfus Jarum Anak-anak JAKARTA, TRIBUN - Dugaan rekayasa sakitnya mantan Ketua DPR Setya Novanto di RS Medika Permata Hijau Jakarta pascakecelakaan 16 November 2017 lalu diungkap Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi KPK dalam sidang dakwaanya dr Bimanes Sutarjo di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (8/3). Disebutkan, Bimanesh selaku dokter yang menangani meminta perawat memasang perban di kepala hingga purapura pasang infus anak-anak ke tangan orang nomor satu DPR saat itu. “Terdakwa juga menyampaikan kepada Indri Astuti agar luka di kepala Setya Novanto diperban sebagaimana permintaan dari Setya Novanto. Terdakwa juga memerintahkan Indri Astuti agar Setya Novanto pura-pura dipasang infus yakni hanya ditempel saja. Namun Indri tetap melakukan pemasangan infus menggunakan jarum kecil ukuran 24 yang bisa dipakai untuk anak-anak,” ujar JPU KPK, Mochammad Takdir, saat membacakan surat dakwaan dr Bimanesh Sutarjo. Diketahui, sempat muncul foto Setya Novanto dengan luka perban di kepala dan mengenakan infus tidak lama setelah dia dibawa ke RS Medika Permata pada 16 November 2017 lalu. Dalam persidangan tersebut, dr Bimanesh Sutarjo bersama-sama dengan mantan penasihat hukum Setya Novanto, Fredrich Yunadi didakwa merintangi penyidikan kasus dugaan korupsi pengadaan KTP elektronik Setya Novanto yang dilakukan oleh KPK.

Rekayasa Bimanesh bersama Fredrich diduga sengaja bekerja sama atau bersekongkol merekayasa sakitnya Novanto agar bisa dirawat di RS Medika Permata Hijau Jakarta untuk menghindari pemeriksaan KPK. “Pada 16 November 2017 bertempat di RS Medika Permata Hijau terdakwa Fredrich Yunadi melakukan turut serta perbuatan dengan sengaja mencegah, merintangi atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang Pengadilan terhadap tersangka atau terdakwa ataupun saksi dalam perkara korupsi yakni merekayasa agar Setya Novanto dirawat inap di RS Medika Permata Hijau dalam rangka menghindari pemeriksaan penyidikan,” ujar Jaksa Takdir. Takdir memaparkan, setelah adanya upaya rekayasa sakit tersebut dan Novanto bisa dirawat inap. Fredrich Yunadi selaku penasihat hukum atau pengacara memberikan keterangan kepada para wartawan yang berdatangan ke rumah sakit tersebut. Ia mengaku seolah tidak mengetahui adanya kecelakaan mobil yang dialami Novanto dan baru mendapat informasi dirawat inap dari sang ajudan, Reza Pahlevi. Saat itu, Fredrich menyampaikan hasil pengamatannya Novanto mengalami luka parah dengan beberapa bagian tubuh berdarah-darah serta terdapat benjolan pada dahi sebesar ‘bakpao’. Padahal, saat itu Novanto hanya mengalami beberapa luka ringan pada dahi, pelipis kiri, leher sebelah kiri serta lingin kiri. (tribunnews)

JAKARTA, TRIBUN - Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, melaporkan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sohibul Iman, ke polisi atas sangkaan pencemaran nama baik. Fahri juga menyatakan, mengembalikan reputasi PKS adalah tujuan lain yang ingin dicapainya. Fahri menilai, PKS dipimpin orang yang telah menggerus reputasi partai. “Saya melakukan niat baik. Supaya reputasi partai kembali pulih. PKS adalah partai yang mempunyai reputasi baik, tapi dipimpin orang yang tidak mengerti hukum dan bertindak melanggar hukum dan melakukan pelanggaran secara sembarangan, tentu itu menggerus reputasi partai,” tutur Fahri di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (8/3). Fahri mengaku sudah berkali-kali mengingatkan Sohibul yang dinilai tak terima atas kekalahannya di pengadilan. Fahri yang dipecat secara seoleh PKS, menggugat peFahri Hamzah pihak mecatan itu lewat pengadilan. Wakil Ketua DPR Hasilnya, pengadilan meme-

Saya sudah memberikan peringatan berkali-kali kepada saudara Sohibul Iman, setelah pengadilan berkali-kali memenangkan saya secara perdata, tapi beliau terus menerus menyampaikan sesuatu yang menurut saya mulai merusak.

dari jabatan Wakil Ketua DPR. Dia mengaku tidak pernah bertemu dan berbicara dengan Sohibul Iman. “Sampai saya dipecat, saya tidak pernah bertemu Sohibul Iman dan tidak pernah bicara seperti itu,” ungkap Fahri Hamzah. Kemarin Fahri yang didampingi Koordinator Tim Pembela Keadilan dan Solidaritas (Tim PKS), Mujahid A Latief, mendatangi Mapolda Metro Jaya. Pada kesempatan itu, Fahri membawa barang bukti berupa compact disk (CD) dan beberapa dokumen cetak. Selain itu, Fahri juga telah menyiapkan saksi ahli yang siap dilakukan pemeriksaan. (gle/ fik)

Tak Ada yang Perlu Dikomentari PRESIDEN PKS Sohibul Iman, menolak mengomentari pelaporan dirinya yang dilakukan Fahri Hamzah. “Tidak ada yang perlu dikomentari,” ujar Sohibul saat dihubungi, Kamis (8/3). Jawaban yang sama juga dilontarkan Sohibul ketika diminta klarifikasi soal tudingan pemalsuan dan pemufakatan jahat sehingga Fahri Hamzah dipecat dari PKS. Sebagaimana ramai diberitakan, Fahri sudah mengajukan upaya hukum sejak 20 April 2016 ketika mengajukan gugatan perdata ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas pemecatan yang dianggap tidak berdasar dan manipulatif. Akhirnya, gugatan itu diterima dan pemecatan dinyatakan tidak sah. Lalu, pada 14 Desember 2017, Peng-

Berita Sekilas Perut Wanita Gemuk Nyaris Menyentuh Lantai SEORANG perempuan memiliki berat tubuh hingga 268 kilogram, menjadikan ukuran tubuhnya sangat besar, bahkan bagian perutnya menggelambir hingga hampir menyentuh tanah. Tamy Lyn Murrell, yang kini berusia 45 tahun, awalnya adalah anak dengan ukuran tubuh yang normal. Namun sejak kematian sang ayah akibat serangan jantung, saat usia Tamy baru menginjak 8 tahun, membuat hidupnya berubah. Kematian sang ayah membuat ibun-

nangkan Fahri. “Saya sudah memberikan peringatan berkali-kali kepada saudara Sohibul Iman, setelah pengadilan berkali-kali memenangkan saya secara perdata, tapi beliau terus menerus menyampaikan sesuatu yang menurut saya mulai merusak,” kata Fahri. Pemecatan Perseteruan antara Fahri Hamzah dan Presiden PKS, Sohibul Iman, bermula dari pemecatan sepihak. Pemecatan itu membuat Fahri menjadi anggota DPR yang tak memiliki fraksi. Pada sebuah wawancara di televisi, Sohibul Iman menyatakan bahwa Fahri Hamzah pernah berbohong kepada Ketua Majelis Syuro, Salim Segaf Al Jufri, dan atau kepada Sohibul Iman. Kebohongan itu terkait ucapan Fahri yang menyatakan bersedia mundur dari jabatan Wakil Ketua DPR. Fahri membantah pernyataan bersedia mundur

ya sedih hingga mengalami depresi. Membuat Tamy tak mendapat perhatian di saat yang paling dibutuhkannya. Saat hidup tanpa kasih sayang, Tamy mendapatkan kepuasan dari makanan. “Saya bisa memakan apa pun yang saya inginkan, kapan pun saya mau. Makanan sudah menjadi teman bagi saya,” katanya. Tamy mengaku merasakan sakit dan teriksa secara fisik dan juga emosional. “Berada dalam tubuh ini sangat menyedihkan,” katanya. (daily mail/kompas.com)

adilan Tinggi Jakarta juga memenangkan atas banding yang diajukan. Pengadilan meminta nama Fahri Hamzah dipulihkan. Namun, dia mengklaim, pihak PKS tidak percaya kepada keputusan pengadilan yang meminta posisinya sebagai kader PKS, anggota, dan pimpinan DPR. “Saya dianggap bohong dan membangkang ya saya harus mengambil tindakan hukum untuk saya juga dan menyelamatkan partai. Keputusan pengadilan saya dua kali memenangkan gugatan,” kata Fahri. (gle/fik)

Bambang Soesatyo

Penghargaan untuk Sri Mulyani KETUA Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengatakan, DPR akan memberikan penghargaan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani. Hal ini disampaikan Bambang saat memberikan sambutan dalam acara pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) pajak tahun 2017 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (8/3). Awalnya, pria yang akrab disapa

Bamsoet ini mengucapkan selamat Hari Perempuan Dunia yang jatuh tepat pada 8 Maret. Lalu, Bambang pun melontarkan pujian kepada Sri Mulyani yang dinilainya sebagai salah satu menteri perempuan terbaik di kabinet kerja. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga akan mendapat penghargaan dari DPR. “Kami akan memberikan penghargaan kepada Menteri Keuangan sebagai menteri perempuan yang berprestasi,” kata politisi Partai Golkar ini. Bambang juga sempat menyinggung penghargaan sebagai menteri terbaik dunia yang baru saja didapat Sri Mulyani dalam acara World Government Summit di Dubai, Uni Emirat Arab. “Kami enggak mau kalah, beliau dapat penghargaan dari dunia internasional, kami juga kasih dari Senayan,” kata Bambang. (kompas.com)

Korban Sampai Harus Dirawat di Rumah Sakit

Dilarang Main Ponsel Murid Hajar Guru Pakai Kursi Nuzul Kurniawati mengaku masih sayang dengan NF. Secara pribadi ia sudah memaafkan muridnya tersebut.

S

EORANG guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Darrusalam, Kecamatan Pontianak Timur, Nuzul Kurniawati menjadi korban penganiayaan yang dilakukan oleh muridnya sendiri berinisial NF, Rabu (7/3) sekitar pukul 10.00 WIB. Peristiwa tersebut terjadi ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung di kelas VIII di SMP tersebut. Kepala SMP Darussalam Ahmad Bustomi mengungkapkan, berdasarkan penuturan dari para guru, kejadian tersebut berawal ketika mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII. Saat pelajaran tengah berlangsung, salah seorang murid

NF malah bermain telepon seluler (ponsel). Guru yang mengajar saat itu sempat menegur NF, tetapi tak digubris. Guru tersebut kemudian masuk ke ruang guru sambil menangis. “Teguran sang guru itu tidak dihiraukan pelaku, mungkin karena kesal tidak dihargai dan sedih, guru itu kemudian masuk kantor guru,” ujar Bustomi, Kamis (8/3) siang. Saat di ruang guru, korban melihat rekan sesama guru itu menangis dan kemudian menuju ruang kelas dengan maksud hendak menenangkan suasana di dalam kelas tersebut. Korban kemudian menegur NF yang saat itu masih asyik bermain ponsel dan merebut ponsel tersebut.

Sempoyongan Tak terima ditegur, NF kemudian memukul korban menggunakan kursi plastik hingga korban sempoyongan. Ponsel yang dipegang korban saat itu terlepas dan terempas ke lantai. Melihat ponselnya terlepas dari pegangan korban, pelaku kemudian mengambilnya lalu melemparkannya ke korban tepat mengenai bagian lehernya. “Pelaku sudah dipanggil dan dikasih nasihat. Pihak keluarga korban juga sudah bertemu dengan pelaku, dan pelaku juga sudah meminta maaf,” ungkap Bustomi. Pihak sekolah, sambung Bustomi, sudah melakukan mediasi agar masalah ini bisa diselesaikan secara kekeluargaan walau sudah ada laporan masuk ke pihak kepolisian. Kepala Polsek Pontianak Timur

Komisaris Polisi Hafidz membenarkan terkait adanya laporan penganiayaan murid terhadap seorang guru SMP Darussalam yang masuk ke wilayah hukumnya. “Memang ada laporan dan saat ini sedang kita tangani,” ujar Hafids. Saat ini korban belum bisa dimintai keterangan karena masih menjalani perawatan intensif di RS Soedarso. Korban mengalami cedera di telinga akibat lemparan ponsel dan pukulan kursi yang dilayangkan oleh pelaku. Memaafkan Nuzul Kurniawati, mengaku masih sayang dengan NF. Secara pribadi ia sudah memaafkan muridnya tersebut. “Ibu sayang sama murid ibu, semua saya sayangi. Karena walau dia salah ibu tetap sayang sama dia, tetap anggap dia murid saya,” ujar Nu-

KOMPAS.COM/YOHANES KURNIA IRAWAN

JALAI PERAWATAN - Nuzul Kurniawati korban pemukulan yang dila-

kukan oleh muridnya sendiri, NF, saat menjalani perawatan di RS Soedarso, Pontianak (8/3)

zul saat ditemui di rumah sakit, Kamis (8/3) siang. Meski telah disakiti muridnya, menurut Nuzul, hal itu tak terlepas dari perannya sebagai seorang guru untuk memperba-

iki sifat serta akhlak muridnya. “Harapannya, dengan kejadian ini bisa mengubah sifat NF, bisa menjadi lebih baik, karena dia itu anak yatim. Sudah saya maafkan,” ujar NF. (kompas.com)


MALIOBORO BLITZ 13

JUMAT PON 9 MARET 2018

AMBROL Warga melintasi talud yang ambrol di Pandeyan, Yogyakarta, Kamis (8/3). Talud yang berada di pinggir aliran Sungai Gadjah Wong tersebut ambrol saat hujan deras yang mengguyur daerah tersebut, Rabu (7/3) lalu. TRIBUNJOGJA/ BRAMASTO ADHY

Talud Baru Longsor Tergerus Hujan  Dua Titik Talud Sungai Gajahwong di Pandeyan Ambrol  Warga Tutup Jalan di atasnya Kalau yang sisi selatan ditutup total. Selain talud sungai ambrol, talud yang di atasnya juga retak. Atasnya itu ada rumah. Sementara utara masih bisa digunakan untuk lewat tapi harus hati-hati. Wintoro

YOGYA, TRIBUN - Talud Sungai Gajahwong yang berada di RT 30 RW 8 Pandeyan, Umbulharjo longsor, seusai hujan deras yang berlangsung Rabu (7/3) sore. Dari Pantauan Tribun Jogja, terdapat dua titik talud yang ambrol, hingga masuk ke aliran air sungai Gajahwong. Ketua RT 30 Pandeyan, Wintoro menjelaskan bahwa kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 18.30 yang pada saat itu intensitas hujan yang mengguyur Kota Yogyakarta sangat tinggi. “Tadi malam (kemarin lusa, Red) Red kami juga langsung lapor ke BPBD, lalu mereka langsung datang dan mengecek lokasi. Lalu tadi pagi (kemarin), dari Kimpraswil yang ke sini. Rencananya dalam waktu dekat Kimpraswil bersama warga sekitar akan melakukan pembersihan,” ungkapnya, ditemui Kamis (8/3).

Longsor terparah ada di talud sisi selatan, yakni 50 meter. Sementara di sisi utara kerusakan yang terjadi 25 meter

Di atas talud yang rusak adalah jalan inspeksi bagi warga Warga menutup jalan menggunakan peralatan seadanya

Talud tersebut merupakan bangunan baru yang dibuat 2016 . Dua titik ambrol tersebut merupakan kelokan air sungai. Walau air tidak meluber, air sempat masuk teras warga

Pemkot Siapkan Dana Insidental KEPALA Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta, Aki Lukman mengatakan pihaknya telah meninjau langsung ke lokasi talud ambrol untuk melihat kerusakan yang terjadi. Ia menjelaskan, hujan deras yang mengguyur pada Rabu (7/3) lalu, telah menyebabkan tiga talud rusak. Talud di Baciro RT 85 RW 20 rusak sepanjang 20 meter, talud di Pandeyan RT 30 RW 08 rusak sepanjang 50 meter, dan talud di Muja Muju Sidobali RT 54 RW 08 rusak sepanjang 20 meter.

 ke halaman 19

Ketua RT 30 Pandeyan

 ke halaman 19

GRAFIS/FAUZIRAKHMAN

Besok Pawai Ogoh-ogoh di Malioboro YOGYA - Pawai Seni dan Budaya dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi akan diselenggarakan pada Sabtu (10/3) besok di sepanjang Jalan Malioboro mulai pukul 15.00. “Kegiatan ini diharap mampu merbangun semangat persaudaraan sejati dan menjunjung tinggi toleransi antarkelompok masyarakat di Yogyakarta, serta memupuk kesadaran keberagaman suku, agama, ras maupun golongan,” kata Koordinator Pelaksana Pawai Seni dan Budaya, I Nyoman Santiawan di Kompleks Balai Kota, Kamis (8/3). Pawai Seni dan Budaya tersebut, lanjutnya, akan dimeriahkan oleh 15 ogoh-ogoh,

AWAS LONGSOR BPBD telah datangi lokasi longsor dan mengecek lokasi. Kimpraswil dan warga berencana lakukan pembersihan

Kereta Jaganath, serta 25 kelompok lintas agama mulai dari Islam, Katolik, Kristen, dan sebagainya. “Ogoh-ogoh panjangnya tidak lebih 3 meter, dan lebar tidak lebih 2,5 meter. Satu ogoh-ogoh akan diangkat oleh 25 orang. Berat ogoh-ogoh sendiri kurang lebih 1 ton,” tuturnya. Ketua Panitia Nyepi DIY tahun 2018, I Komang Kesuma mengatakan ogoh-ogoh merupakan cerminan sifat-sifat butha atau negatif pada diri manusia atau bisa juga berupa tokoh-tokoh hero yang membela dan menegakkan kebenaran di dunia. (kur)

Dewi Nurhayati

Pemakai Berbagi Pil dengan Burung Ocehan Jadi pilnya itu ditumbuk dan dicampur sama pakan burung biar ocehannya bagus.

YOGYA, TRIBUN - VO (24), warga Kota Yogyakarta ditangkap Satresnarkoba Polresta Yogyakarta, karena menyalahgunakan obat-obatan psikotropika golongan 4. Selain dikonsumsinya sendiri, VO menggunakan obat itu sebagai campuran makanan burung peliharaannya di rumah. Kasat Resnarkoba, Kompol Sugeng Riyadi mengatakan bahwa penangkapan terhadap VO dilakukan kemarin Selasa (6/3) di wilayah Tridadi, Sleman. Setelah menangkap

pelaku, pihaknya melakukan interograsi dan berhasil menyita ratusan pil Alprazolam dan Riklona dari tangan pelaku. Selain ratusan pil, pihaknya juga menyita sebuah smartphone yang digunakan pelaku untuk bertransaksi obat tersebut dengan sang bandar. “Pelaku kami tangkap saat di pinggir jalan, setelah ditanyai ternyata dia (VO) masih menyimpan pil di rumahnya. Sampai di rumahnya, kami mendapati 200 pil Alprazolam dan 100 pil Riklona 2mg. Jadi totalnya ada

300 pil yang disita,” katanya, Kamis (8/3). Dilanjutkan Kompol Sugeng, setelah digelandang ke Mapolresta pelaku pun mengaku kepada pihaknya jika dia belum lama mengonsumsi pil tersebut. Selain itu, ternyata pelaku membeli ratusan pil tersebut bukan hanya untuk dikonsumsi secara pribadi. “Dari pengakuan pelaku, dia baru tiga bulanan memakai pil. Pelaku mengaku memakai pil 2x  ke halaman 19

Kakek 78 Tahun Banting Tulang Berjuang Hidupi Keluarganya

DEKAT BUNDA

Tiap Hari Keliling Bersepeda Jualan Es Jadoel

DEWI Nurhayati mengaku dirinya sangat dekat dengan sosok ibundanya. Meski dirinya tinggal di tempat berbeda dan terpisah jarak hingga puluhan kilometer dengan bunda, kedekatan emosional Dewi dan bunda tetap terjalin. Hampir setiap perasaan maupun kondisi Dewi, sang Bunda juga merasakan, seolah memiliki ikatan batin. “Setiap kondisi sedang banyak pikiran atau

Panas terik yang membakar ubun-ubun kepala, tak menyurutkan sedikitpun langkah Mbah Tugiman (78) untuk menjajakan es murni jadoel dagangannya. Semua ia lakoni demi kebutuhan keluarga bisa tercukupi.

D

 ke halaman 19 DOKUMENTASI DEWI NURHAYATI

i usia yang sudah tak bisa dikatakan muda, ia rela kayuh sepeda sepanjang belasan kilometer keliling Bantul-Kota Yogyakarta. Wajahnya yang luruh seakan cermin dari simpul tanda keikhlasan. Ketika ditemui Tribun Jogja di Jalan DI Panjaitan, Mantrijeron, Yogyakarta, Mbah Tugiman mengaku setiap hari mulai berangkat dari rumahnya yang berada sekitar perempatan Klodran, kawasan Masjid Agung Bantul, pukul 12.00. Ketika itu sang Bagaskara

tengah menyengatkan panas, pada titik puncaknya. Berbekal sepeda dan topi bambu, ia menawarkan barang dagangan berupa es murni jadoel, dengan menyusuri berkilo-kilo meter, sepanjang jalan raya Bantul menuju Alun-alun Kidul Kota Yogyakarta. “Semua ini demi keluarga. Hidup itu jangan selalu melihat ke atas, karena semua sudah ada yang mencukupi. Saya bisa beraktivitas seperti ini, sudah sa ke halaman 19

SEMANGAT

TRIBUNJOGJA.COM/AHMAD SYARIFUDIN

- Mbah Tugiman (78) ketika menjajakan es murni jadoel miliknya menggunakan sepeda kayuh di jalan DI Panjaitan, Mantrijeron, Yogyakarta, Kamis (1/2).


JOGJA SOCCER LAND 14

JUMAT PON 9 MARET 2018

m i T n u g n Ba dari Nol Mampu IM S P in k a Y to n a rw a d n e H  Erwan Hadapi Persaingan di Liga 2

P

UTARAN kompetisi Liga 2 musim 2018 ini tampaknya akan menjadi tantangan besar bagi Erwan Hendarwanto, pelatih PSIM Yogya. Pasalnya tahun ini ia harus mengejar persiapan tim menyusul tim-tim Liga 2 lainnya yang lebih dulu mematangkan skuadnya. Walaupun terhitung terlambat melakukan persiapan, Erwan tetap mengambil tantangan untuk mempertahankan posisi PSIM di Liga 2. Ia tetap berusaha menyiapkan tim yang solid untuk mengarungi musim ini. Sejumlah pemain musim lalu dipanggilnya sebagai pemanasan mesin tempur PSIM Yogya. Selanjutnya ia akan melengkapi kebutuhan tim dengan pemain lokal dan pemainpemain profesional dari luar Yogya sebagai komposisi Laskar Mataram. “Saya siapkan kerangkanya dulu, selanjutnya tinggal melengkapi,” katanya. Erwan yang sudah bertahun-tahun ikut meracik PSIM, paham betul kebutuhan tim yang dilahirkan sejak 1929 ini. Ia pun berburu pemain yang sesuai de-

ngan karakter PSIM yang masih dipertahankan hingga saat ini. Segala upaya memang dilakukan mantan legiun Pusri Palembang era 98’an ini bagi PSIM Yogya. Apalagi tahun ini merupakan musim ketiganya sebagai pilot skuad berseragam parang biru ini. Diakuinya beban berat menanti ketika ia memutuskan untuk kembali mengotaki klub sepak bola legendaris di Indonesia ini. Pasalnya, selain menuntaskan target untuk tetap berada di kompetisi profesional, Erwan juga dihadapkan dengan tim yang harus dibangunnya lagi dari nol. “Saat ini yang tersisa hanya 12 pemain, 2 di antaranya kiper. Jadi harus segera diisi,” ungkapnya. Meski banyak ditinggal pemainnya dengan berbagai alasan, mulai dari pensiun, cidera, hingga pindah klub, Erwan mengaku masih yakin dengan tim yang akan dibangunnya. Walaupun saat ini ia harus melengkapi semua lini, termasuk menambah kiper pasca absennya Tito Rama yang masih dalam tahap pemulihan cidera yang dialaminya musim lalu. Sebagai pelatih muda, diakuinya jam terbangnya masih sangat minim. Sehingga kondisi tim dengan persiapan yang sangat mepet ini memaksanya bekerja keras. “Memang banyak yang dibutuhkan. Tapi tidak ada yang tidak mungkin. Saya masih yakin tim ini mampu menghadapi persaingan di Liga 2,” paparnya. (ang)

Saya siapkan kerangkanya dulu, selanjutnya tinggal melengkapi.”

o

rwant

Henda Erwan 1 Januari

gelang, 2

TTL : Ma

1977

bola

k r Sepa

Karie

ng 1998 Palemba 1999 - PUSRI g n ra ng Se - Persera ya 2000-2001 g o Y 004 - PSIM agelang 2 - PPSM M ih

t r Pela

(2011) S Gama 12) 0 Pelatih P - Asisten pala PS Gama (2 Ke h ti la e P gja Tunas Jo - Pelatih PON ra P h ti - Pela SIM Pelatih P - Asisten 4-2016) 1 0 Yogya (2 pala Ke - Pelatih a y o Y PSIM g (2016) sekarang Karie

Pasti Bisa Meski Waktu Mepet

PELATIH PSIM Yogya, Erwan Hendarwanto, hanya memiliki waktu menyiapkan tim dalam hitungan hari seriring Liga 2 yang dijadwalkan diputar pada 7 April mendatang. Namun ia menegaskan tetap mencermati setiap pemain yang akan digunakannya di kompetisi Liga 2 tahun ini. Dengan waktu yang makin mepet, ia harus mendapatkan pemain dengan pengalaman yang moncer. Hal ini untuk menutup kebutuhan pemain yang cepat beradaptasi dengan karakter PSIM.

“Mau bagaimana lagi, waktu mepet seperti ini seleksi cukup hitungan hari. 3-4 hari lah, selebihnya dimanfaatkan latihan,” ungkapnya. Hal tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pemegang lisensi pelatih C AFC ini. Apalagi dengan pengalamannya yang baru 7 tahun terjun sebagai pelatih ini, ia dituntut mewujudkan tim yang siap pakai. “Kun fa yakun, saya yakin pasti bisa. Yang penting yakin dulu, itu kuncinya. Kalau dari awal tidak yakin, pasti kehilangan arah,” katanya. (ang)

Erwan Hendarwanto FOTO: TRIBUNJOGJA/HANIF SURYO NUGROHO/SUSILO WAHID, GRAFIS/FAUZIARAKHMAN


JOGJA SOCCER LAND 15

JUMAT PON 9 MARET 2018

Pulangkan Dua Pemain

 PSS Sleman Mulai Tambal Sulam Pemain

Bukan dicoret, tapi karena menumpuk di posisi itu. Sismantoro Manajer PSS Sleman

SLEMAN, TRIBUN PSS Sleman akhirnya memutuskan untuk memulangkan dua pemain yang berposisi di lini belakang. Dua pemain tersebut adalah pemain yang berposisi sebagai stopper, Absor Fauzi dan bek kiri yang musim lalu membela PS-TNI U-19, Bima Reksa. Manajer PSS Sleman, Sismantoro mengaku pihaknya bukan melakukan pencoretan, melainkan karena menumpuknya stok pemain di lini tersebut ,sehingga lebih baik melepas si pemain ke

tim lain yang berminat. “Bukan dicoret, tapi karena menumpuk di posisi itu. Kelihatannya dia (Absor-red) mau ke Persela Lamongan, sama Bima juga ke Ciamis (PSGC) kelihatanya,” ujar Sismantoro kepada Tribun Jogja, Kamis (8/3). Menurutnya, sebagai manajer ia tidak memiliki wewenang untuk bicara mengenai progres dua pemain tersebut karena yang lebih berwenang adalah Herry Kiswanto, selaku pelatih. “Melepas karena mau

Kembali Datangkan Pemain Musim Lalu

WALUYO

INSTAGRAM/@BIMAREKSAAA

TRIBUNJOGJA/DWI NOURMA HANDITO

PSS Sleman akhirnya kembali mendatangkan pemain andalannya di lini belakang musim lalu, Waluyo untuk menutup celah lini belakang tim berjuluk Elang Jawa tersebut. Sosok pesepak bola bertubuh kurus yang tahun ini genap berusia 35 tahun ini menjadi benteng pertahanan tangguh PSS Sleman dalam beberapa kompetisi sebelumnya. Sosok Waluyo diharapkan menjadi jawaban lemahnya lini belakang PSS Sleman dalam tiga uji coba terakhir yang tak pernah sekalipun clean sheet. “Waluyo hari ini, Kamis (8/3) datang jam 11.00 WIB, yang jelas kami ingin menutup kekurangan di belakang,” ujar Manajer PSS Sleman, Sismantoro. Waluyo kembali menjadi pilihan untuk didatangkan lantaran dianggap memiliki

dipakai sama Persela dan PSGC Ciamis, yang jelas saya sebagai manajer kalau mereka diminta Persela dan PSGC, maka saya kasih,” imbuhnya. Dengan lepasnya dua pemain tersebut, manajemen mendatangkan dua pemain lain untuk menambal skuad Super Elang Jawa. Yaitu Syamsul Bachri Chaerudin yang sudah datang beberapa hari ini. Eks Persija dan Borneo FC ini masih menunggu hasil tes medis. Meski begitu, kans mantan penggawa Timnas Indonesia ini terbuka lebar untuk bergabung dengan PSS Sleman, menyusul I Made Wirahadi yang lebih dulu merapat. Seperti diketahui se-

peran sebagai leader terlebih jika menilik track record-nya yang terbilang cukup apik selama berseragam PSS. Meski demikian, datangnya Waluyo sementara masih akan dipantau terlebih dulu melalui medical check up. “Besar peluangnya Waluyo akan kami rekrut kembali,” ujar Sismantoro. Meski sudah menambal skuad dengan legiun senior, keberadaan Syamsul dan Waluyo bukanlah pungkasan rekrutan pemain PSS. Sismantoro mengindikasikan kehadiran pemain baru untuk melengkapi tim racikan Herry Kiswanto itu. Saat ini bahkan masih mengantre David Fristian, eks Persegres Gresik yang masih menjalani trial. “Kuota kita ada 25 pemain, saat ini PSS baru ada 22 pemain,” ujarnya. (han/ang)

belumnya, lini belakang PSS Sleman merupakan lini yang paling disorot seusai tim berjuluk Elang Jawa tersebut menelan tiga kali kekalahan dari tiga kali uji coba di kandang sendiri. Herkis, panggilan akrab Herry Kiswanto, menilai pemain PSS masih salah mengantisipasi bola-bola silang. Kesalahan ini sejatinya sudah terlihat sejak laga uji coba melawan Persebaya, dua pekan lalu. “Saya masih melihat kesalahan yang sama. Bola crosing masih jadi masalah, salah mengantisipasi,” ungkap Herkis saat ditemui seusai laga melawan Bhayangkara FC, beberapa waktu lalu. (han/ang)

ABSOR FAUZI INSTAGRAM/@ANDERDIO7

BIMA REKSA

Liga 1 2018 Resmi Bergulir 23 Maret JAKARTA, TRIBUN - Jadwal kick-off Liga 1 akhirnya secara resmi ditetapkan pada Jumat, 23 Maret 2018. Kepastian kompetisi Liga 1 akhirnya diputuskan PT. Liga Indonesia Baru (PT.LIB) selaku operator liga dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Jakarta bersama perwakilan 18 klub peserta Liga 1, Kamis (8/3). 18 klub akan memainkan laga dengan format kompetisi penuh (home dan away). Artinya, setiap klub harus melakoni 34 pertandingan. Sementara jika ditotal, ada 306 pertandingan Liga 1 musim ini. Laga pembuka Liga 1 musim ini akan mempertemukan kampiun Liga 1

musim lalu, yaitu Bhayangkara FC dan Persija Jakarta. Pertandingan pembuka Liga 1 akan digelar di di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (23/3) “Untuk atmosfer pertandingan yang bagus, kick-off Liga 1 musim 2018 akan mempertandingkan Bhayangkara FC melawan Persija di SUGBK,” ujar Berlinton Siahaan, selaku Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (8/3). “Bhayangkara FC dipilih sebagai juara Liga 1 musim 2017. Sementara Persija sebagai jawara Piala Presiden 2018,” tambahnya. Liga 1 direncanakan akan bergulir

hingga Desember 2018. Waktu tersebut dipilih karena banyaknya agenda yang akan bergulir, salah satunya pergelaran Asian Games 2018. Tabrak Piala AFF Liga 1 musim 2018 dipastikan tetap berlangsung saat timnas Indonesia berlaga pada Piala AFF 2018. Hal itu diungkapkan oleh COO PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1 musim 2018, Tigor Shalomboboy. Adapun Piala AFF 2018 akan berlangsung pada 8 November-15 Desember mendatang. “Ya, jadwal kompetisi akan me-

nabrak jadwal Piala AFF. Kami berani mengambil keputusan ini karena sudah ada sinyal dari PSSI,” ucap Tigor. “Asumsi kami kompetisi akan berakhir pada 2 Desember 2018. Namun, klub peserta meminta agar jadwal pada akhir musim tidak terlalu padat,” tutur dia. (bolasport.com)

Erwan Kantongi 30 Nama

 Seleksi Pemain PSIM Berlanjut YOGYA, TRIBUN - Sekira 50 pemain hasil penjaringan Piala Walikota Yogya yang mengikuti seleksi di tim PSIM Yogyakarta dicoret pelatih Erwan Hendarwanto pada hari kedua seleksi pemain di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Kamis (8/3) sore. Saat ini, Erwan telah mengantongi sekira 30 nama yang lolos ke tahap selanjutnya. Dia menjelaskan, selama dua hari seleksi lapangan yang tergenang akibat hujan cukup mengganggu, lantaran pelatih tidak dapat menilai permainan secara objektif karena laju bola sering terhambat genangan air. Meski demikian, menurutnya penilaian yang dilakukan sudah cukup ditambah dengan melihat track record para pemain selama gelaran Piala Walikota Yogya. “Paling tidak sebagian besar kita sudah paham dari Piala Walikota, kalau kita melihat ini dan tidak melihat dari sebe-

lumnya tentu juga sulit untuk menentukan,” ujar Erwan. Dari sekira 30 nama yang lolos ke tahap seleksi berikutnya, rencananya akan kembali pangkas separuhnya, sebelum akhirnya keputusan final siapa pemain yang lolos akan diambil pada hari Sabtu (10/3) nanti. “Saya tidak ada patokan, mau ada 2 pemain atau 1 pun kalau itu memiliki kualitas itu yang akan kita pakai. Syukur-syukur bisa lebih dari itu,” kata pelatih asal Magelang ini. Erwan pun tak sembarangan dalam menentukan pemain yang lolos ke tahap seleksi selanjutnya. Selain menilik track record pemain selama tampil di ajang Piala Walikota Yogya beberapa waktu lalu, ia pun memiliki kriteria penilaian tersendiri. Pelatih yang terkenal mengusung filosofi bermain kolektif ini mengatakan, pada tahap seleksi tahap pertama ini ia memilih untuk melihat bagaimana pergerakan

pemain di lapangan, pemahaman secara taktikal, dan juga skill. Sementara untuk kondisi fisik, menurutnya para pemain memiliki kualitas yang hampir sama. “Mereka sudah terlihat mana yang benar-benar terjaga latihannya dan yang tidak. Besok pagi Jumat (hari ini, red) kita akan lihat dari jumlah yang ada saat ini. Kita usahakan sekitar 30 pemain, besok pagi kita lihat dan akan kita ambil 15 orang,” ungkapnya. “30 pemain itu nanti kita cari 15 lalu kita bandingkan dengan 12 pemain musim lalu yang sudah ada, sejauh mana mereka siap bermain,” imbuhnya. Rencananya, Senin (12/3), PSIM akan mendatang pemain rekomendasi yang berasal dari luar daerah baru mengikuti seleksi. Bukan tidak mungkin jika kerangka tim sudah ia dapat, maka dua hari berselang atau Rabu (14/3), tim dapat langsung masuk ke dalam program latihan. (han)

TRIBUNJOGJA/HANIF SURYO NUGROHO

SELEKSI - Suasana hari kedua seleksi pemain PSIM Yogyakarta di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Kamis (8/3) sore.

Seleksi hari kedua ini terkendala dengan kondisi lapangan yang kembali tergenang air lantaran hujan, sama halnya dengan seleksi di hari perdana Rabu (7/3).


JUMAT PON 9 MARET 2018

HALAMAN 16

TEPAT MEDIA ROMOSI P UNTUK S ANDA I BISN

YOGYAKARTA

ANGKUTAN Jasa angkut murah melayani dlm & luarkota. Hub 085643453855 WA 081213659557

LISTRIK 450W-1,2Jt 900W-1,6Jt 1300W2,1Jt kos-kosan,Daya besar.081 903777852--081328960707 Se-DIY

Jasa Angkut Murah Tarif DalamRingroad 50ribu Telp:085729991818 /087729991818

B00002.2018M314320-3

ARSITEK Jasa desain rumah.Desain bisa sesuai keinginan.Hubungi Awang 085643208040

PERCETAKAN

SPIRITUAL

B00002.2018M314563-3

Harga grosir/ecer macam2 alat listrik.Kunjungi:Berkat Listrik di Jl.Juminahan 3 Yogyakarta B00002.2018M310977-3

PLN 900W=1,5jt,Daya Bsr Ok, utk Rmh/Kos/Ruko.087738353278/ 085101610516 DIY-Jateng,CV.PPM B00001.2018M311982-3

USAHA Dijual bekas prlngkpn jualan Martbak,loyang,tungku,2grobak. Dll bs utk rotiBakar081392237830 B00812.2018.314230-3

B01126.2018M313512-3

B00002.2018M314211-3

Jasa gambar bangunan 3D,renov, IMB,bangun baru.H: 085228974246, www.efisien-bangunan.web.id

SUMUR BOR ”KurasSmr/Bor svspompair sdtWC kranBuntu P.Mitro WA087755822897 Demangan 082135817893Jakal

BANGUNAN 20th lbh pnglmn bid bngnan mlyni renov,rmh br,kosanDll.0852 91382305 Insaalloh grskuntruksi

B00002.2018M314580-3

-SmrBor tembus batu alat mesin-Smr Suntik/gali/resapan dll085101173321/081325959520 Murah

Arsitex Dak Kraton.jasa kontraktor bangunan/rehab Arsitekdakkraton. com.Wa.085647566546

B00812.2018.311543-3

Ahli SmrBor sdtWC salMampt Zauji 082221778900 Jl Wates,Timoho, Jokteng,JEC,Tajem,Berbah DIY

B00002.2018M307534-3

Bangun/renovasi rumah mulai dari Rp1,5Jt/m² sd Rp2,5Jt/m² WA: 087839057503 HP 085800096696

B00812.2018.314501-3

Ahli smrBor(20-100)Tembus batu/ gali/resapan/Psg&svs pompa air 085100333665/08562878665 Grs

B00002.2018M314481-3

Bengkel Rmh, Anda Bth Tkng Profesional Hub P.Yanto HP&WA 081227116883. Sms aj kami datang B00692.2018.313806-3

B00001.2018M314683-3

Bajaringan murah kualitas SNI terpasang mulai dari 100Rb/m².Hub 087818285656/082135471993

Js Perbaikan Rmh Bocor TalangDak dll.Minat sms TukangLsg 081804322019/081226401661 Garansi

B00002.2018M311453-3

B00002.2018M313121-3

EjaTRUSs Baja Ringan:Bj 1WF canopy Gypsum grnsi Rapi Presisi wA081325655973/cp087839535993

Pelaksanaan Bangunan Gedung,Rmh/ Ruko/KosBsr/Kcl Baru/Renov H:SAE 085602001444SMS/WA KmDtng

BATU BATA Batubata kecil550rb,besar600rb sudah smpai lokasi!Pasir900rb,batu700rb/ truk.wa085643283834 B00001.2018M314152-3

CANOPY Berkah kusus Canopy hrg trjangkau 175/m grnsi 5Th SNI.WA081 325209457/081804775758 shari jd

Ahli smrBor20-100m suntik svs pompAir smr gali salurnBuntu P.Nur 081226561001 Blawong24jam

Jasa renov & borong bngunan. Murah.Berkualitas.085878787290/ 081915542593.

B01347.2018M311013-3

B01127.2018M313498-3

B00812.2018.311542-3

B00812.2018.312576-3

P Mardi ahli sumur bor sdotWC H:0818271723 Jakal Hrg murah WA085291886699 dr Blawong gnrsi B00002.2018M308041-3

Pakar penagkal petir,Ground/ Arde,Pompa air,Sumur bor,WC, Geolistrik.Telp/WA:085101994138 B00002.2018M311731-3

Sedot WC, Svs pompa air 24jam Bor sumur 12m-150m sal buntu H. Bayu 087838452245 Jl.Monjali

B00896.2018.314676-3

Suntik beton atasi beton bocor retak keropos.H: Pak Dwi,CV.Gardita 0274-372487/08122742964

B00812.2018.310896-3

Spslis smrBorDlm svs pAir sntik sdtWC bnturspn24jm JmalWrbrjn GodeanJakalKmali 08121592262

B00812.2018.311821-3

Tukng Bngunn Jogja :Renov., Psg Kramik,Plafon,Pengectn,Partisi, AlmUnium dll. T:082213819505

B01347.2018M314588-3

Suntik smur timba/bor smr air brsih, rspn air sdtWC sal mampet svsPompa 085102533744 murah

B00002.2018M310973-3

B01347.2018M314223-3

B00002.2018M313110-3

GIGI PALSU ”Prima Dental”Laboratorium tempat pembuatan gigi palsu.Cepat&Akurat. Hub:081270325523 Jakal

B00002.2018M311248-3

PROMO Canopy baja ringan 170rb/ m², 1hari selesai,awet,rapi,kokoh, garansi:Budi 081915240674 B00812.2018.311988-3

GYPSUM ’Nay Gypsum.Mlyani pnjualan bahan &pmasangan garansi 10th.Hg55Rb/m. Maguwo.HP/WA081212336366 B00002.2018M313004-3

Sriwijaya gypsum Seyegan.Mgrjkn gypsum,bj ringan,cat.Hg 45rb/m grs 10th.tlp/wa081329623482 B00001.2018M311709-3

INTERIOR

B00002.2018M314053-3

B00002.2018M313424-3

Nikah Siri Cara Islam,Biro Jodoh, Rukyah Syariah.Hub:Ust Kyai Muh/085102806650/085728112253

B00198.2018M314072-3

B00692.2018.313809-3

B00879.2018M311800-3

’Mas Nur Pijat atau kerik tradisional 50rb HP:083820707334 diT4/Panggil.Benar2 Pijat

Dna lsgcair.Jmnn BPKB/ttpmtr/mbl +STNK.Amn&dpt cshbck.JlGodean Km4.085747000838/087738829877

B00896.2018M314623-3

B00001.2018M311550-3

081329 5555 09 Della Massage di jamin Fresh&Rilex plyanan sabar tdk kecewa segera panggil!

Dna lsgcair.Jmnn BPKB/ttpmtr/mbl+ STNK.Amn&dpt cshbck.JlGodean Km4.085747000838/087738829877

Anda capek mau pijat....? Hubungi : Dewi HP. 082136106297 di tempat B01347.2018M311511-3

Aquarius reflexy 70rb/jam.Pasar Cebongan ke Utara 50mkapster baru 087839241530 B00198.2018M314073-3

Bowo32th (satpam)terima pijat capek dit4/panggil.Bertenaga.Dijamin fresh&beda.087731387048 B00002.2018M314251-3

Bu Wiwin spesial pijat terapi pegal² dan capek, Jl Parangtritis KM 15,5. Hb: 0821 3884 8584 B00002.2018M312305-3

ChristineMassage,44 087738707207 mlynipjt cpe2,ksleo,klhnpria. Sbr, spn,nymn,bsCurhat.dit4. B01347.2018M314214-3

D bk tmpt pjt mlyni smua klhn anda TIMUNG MASSAGE p4an munggur k utr brt jln 08584689107 B00813.2018M314413-3

Dina pijat , kerik, dan lulur70 rb utara pasar Cebongan HP:082133005539 B00198.2018M314612-3

ExoticSpa mlyni tradtnl mssg llr,body spa.RR Utr no19 Mgwhrjo, Slmn087838185577(tdk bk cab) B00198.2018M314344-3

feby 24th mssg fulbd rmh sabar cantik mnarik khss pggln htl serius Call Me 0856420833714 B00002.2018M314097-3

Firra pijat sht Pria&Wanita Sabar, Cantik,Semok.SMS/WA.0856 40719419.Pelayanan Kami utamakan B00812.2018.314500-3

Griya Pijat Capek Muslim Cah Jogja Bk:08.00-20.00 Anak2-Orgtua Blk Kampus UTY 085101858781 B00002.2018M314094-3

Canopy Galvalum:220.Stainles:320. Pintu pagar,balkon,tralis dll.Proses cpt.CP:082138917173

BIRO IKLAN ’Psg Iklan Tribun/KR,BikinSpanduk, NeonBox,RuningTek:B2D,Jl.Antareja9Wirobrajan081227919789

B00002.2018M314201-3

AhliGigiMuza psg gi2 palsu&bhel grnsi&brkwlts hrg promo mul45rb 087839090836 Bsdpggl kmnsj

B00896.2018.314516-3

B01347.2018M312583-3

Mau Pasang Iklan Muraah di Tribun/KR/SM/Solopos/Kompas SMS/ WA:085100544243 Jl.Godean Km6,5

Pasang gigi kualitas bagus,harga terjangkau di jamin rapi & nyaman dipake. 081578650375

B00165.2018.314257-3

B00002.2018M313125-3

Jogja Sehat Massage thrps pglmn free soft drink ruang AC parkir belakang T/WA 081225447170 B01347.2018M311161-3

Kenzo msge,shiatsu&spa open promo bln mret all pkt prwtn dr 55rb sgra RRutr monjali sltan indoluxe htel H:085728636178 B00001.2018M314415-4

Massage untuk capek khusus ditempat.Buka jam 09.00-21.00.Hub Rinda WA 08567393666 (NO SMS) B00002.2018M314172-3

MAY=0877 2363 1781 mssge:full body dgn usia 23th,di jamin OK kss di pggl.bukti kn B00001.2018M314139-3

BIRO JASA CV.CiptaDunia prosesamn, MrkDgang, CVPTYysn,IMB,Gmbr,IPPT, SIUJK, UKL/IPL,Amdal H085643005109

Mimin Pjtsehat capek2e.d dll dtmpt ramah 081548267782 JECkeTmr 200m blkg pomBnsn keUtr100m B01347.2018M312976-3

Nabila pjet cpk2 krk llr djmin fres JEC kTmr400m PomBensin keUtr400m (4trpis) 081904021340

B00198.2018M312997-3

BIRO JODOH Undngan temu Jodoh,ahad18 mart jam10 kuncen,jk,dda,gds,jnda,mapan/ umum,FKJDIN 082265008863

B01347.2018M313203-3

Nita 20th.Pijatdlm jangkauan anda. Pijat hemat Ringroad Sltn.SMS/WA 085600399914 ditmpt

B00001.2018M314434-3

Yg Srius cari jodoh cepat daftar di S-Club,SMS-WA-Tlp 085 878 695 123. Slalu ada yg nikah

B00002.2018M313177-3

Pijat full body treatment buat lelaki dgn pemijat/terapis pria tempat bersih:081336124175

B00002.2018M313014-3

B00002.2018M312477-3

CLEANING SERVICE Spesialis membersihkan km mandi kotor/berkerak jd brsih sperti bru lagi.081232406340(Alif)

Pijat Hesty mlayani pijat capek2 urut dan kerik H:081227063106 bisa di tempat & dipanggil B01347.2018M313792-3

Pijat kebugaran dijamin joss rasakan sensasinya coba aja pasti puas 087839276882

B00002.2018M314162-3

MONEY CHANGER

B00002.2018M313932-3

SABLON

HERBAL SusuNabati plancarASI mama soya tbktiMnmbh kwnts&kwlts ASI.Di Apotek/Mnmkt tdkt 0817278232 B00812.2018.312686-3

OBAT Obat telat bulan asli kw1(Depkes) aman,tntas,brgrnsi,no tipu2. bs dtmpat. H: 085740662009

KAYU JATI DAMAI Tajem,psnan kusen, pintu&jndl khss jati perhutani 081392707079 www.jatidamai.com

B01347.2018M313791-3

B00812.2018.311989-3

SWALAYAN Pintu Jati 295rb,mhni 200rb,kusen jati 59rb/m.Mulia Jati Jogja 08122771627

SEDOT WC ’Murah/sdtWC,penuh,bntu/ahli smr/ svs PomAir/087739394535,Gamping/ 085641590049 Janti,Maguwo

B00896.2018.314517-3

B00812.2018.313928-3

ANTENA Antena TV 250K,P.Mini 700rb, Parabola jaring 1jt,bs krdt&trm servis 0811746432/0816664821

085100419954 sdtWC,smrBor Dlm,salBntu Semaki-Wirobrajan P.Zahid 081215501288 Jl.RingroadUtr B00812.2018.313931-3

PERCETAKAN

B00001.2018M313732-3

CCTV CCTV400rb,ip wifi 700rb,2cam 1,9jt,4cam 2,9jt.Trima srvis&bsKrdt, 081390624333/087739226000

Ahli SdtWC,SalBntu,SmrBor/Suntik, Gali,svs,pomp air.P.Mur Yk 085100442374/0817228556 LsgDtg B00812.2018.312886-3

Moro Lancar,sdtWC,salBntu,svs pomAir,SmrBor 085100432762 Jl.Wates.0817228577 Jl.Mgl lsgdtg

B00001.2018M313733-3

B00812.2018.311040-3

PngurasnWC cptbrsih dgtruk tangkikhsus tdkcpt pnh lg.H:ChandraKirana12 Sagan 562858/589589 B00198.2018M312605-3

SdtWC/SalBntu/SmrBor P.Yatman Jl.Wates/Gamping085100400668 Jakal/Monjali085292531172LsgDtg B00812.2018.312885-3

SdtWC/salBntu/smrBorP.Mugi. H:087739270571 Jl.Godean/Gamping SVSPompa Jakal085327539598Cpdt B00812.2018.312884-3

SedotWC/kurasWC/WC mampet 0818282016 Jl.Bantul-Jl.Godean 085103127999 Kalasan-Jl.Wonosari

TV Dibeli Kulkas, Mcuci, TV, LED, LCD, Kontan! .Hub: 0851 0040 0233, WA : 0878 4822 2228 B01347.2018M314075-3

REPARASI Ahli&cpt dtg:Mcuci otomatis/LM Kulkas,sokis,frezer,AC. Bejo Teknik 0817277569/081223457569 B00002.2018M313882-3

Ahlinya service khusus Kulkas & MesinCuci otomatis 081328711780 /085106165064 Mandiri Jaya B01347.2018M312070-3

ANGKUTAN ”taxibarang jogja”js angkut dlm &luar kota tarif mlai 50rb 0812.1520.2888/ WA0877.3989.1888

Servis TVPanggilan=LED&LCD. Langsung Jadi”Mudah&No Repot” Budi=Telp&WA ,Tel=085228491818 M=085782491818,X=081803491818

B01347.2018M308073-3

B00001.2018M312579-4

B00002.2018M314183-3

Massage Kebugaran Pelayanan Ramah Sabar Khusus ditempat dipanggil Hub:082143616356 B00002.2018M313089-3

Mery Massage Kebugaran Pelayanan Ramah Sabar Khusus ditempat dipanggil Hub:081912888252 B00002.2018M314106-3

Monggo Klo capek Keseleo Perut tdk enak slhkan H:087737502137 Bu Atik.Bnr Pjt tdkada Plus B00002.2018M314452-3

Pijat pgal2&terapi Bu Wien.Jl Magelang km8 jmbtn lyang Jombor keutr 1km.Ada Eko ban ketmr 50m keutr 50m bk tiap hari pk9-19. Tarif pgl 75rb.Trapi 100rb

B00002.2018M314052-3

B00002.2018M314585-6

B00812.2018.314232-3

B00001.2018M314551-3

Ibu Ida special sembuhkan lmh shwt,ED&bsrkn Mr.P Dijamin tuntas.085601939252/089672104375

B01347.2018M313508-3

SPIRITUAL 100%Semar mesem 100% pemikat, Jodoh,buka aura,puter giling,kunci sukma,pelaris,wibawa,pekerja malam,buang sial,rezeki,karier/ sanggar Klenik Jogja:08174111101/ garansi sampai berhasil

Dibeli ps4/ ps3/ ps2/ led tv/ laptop anda dengan harga tinggi,dijemput, Hub. 0819.0418.2000

Dini mesage rilex cantik ramah dan sopan khusus panggilan WA/ SMS:089647665814

B00001.2018M313588-5

B00165.2018M313724-3

B00001.2018M313363-3

B01347.2018M314220-3

Pijat Syaraf Kejepit,Trapi Otot Sendi,Sesak Nafas,Kesemutan. Pak Giarto 087774444123 70rb

Solusi Prima: Bantu Olda,Skripsi, Tesis,Disertasi Timur Brimob T/WA: 0812 2654 9227

B01347.2018M314076-3

PENGOBATAN Bpk/Ibu pny keluhan vitalitas hub pakarnya P.Parjo 0817465887 mtd pjt dijmnsembuh tnp obat

B00812.2018.314233-3

B00001.2018M312263-3

Dbeli TV,Led,lptop,comp,AC,kulkas, mCuci,mebel,sofa,etalase,tape, sprgbad,dll.WA087830390888

B00001.2018M314431-3

WC penuh/septic pnh sal mampet svc P.Air sumursuntik timba rspan air H085102884317 lsg Tkg SKRIPSI Siap bantu skrpsi,tesis&dest all jur.Era(Jl.Janti Gdngkuning blkg STTL)551461/0818277603

LAIN-LAIN Cash/Krdit trmurah TV LED klks Mcuci AC DVD Spk PS alatRT Game camera MT Haryono24(387021)

Telat bln 399rb COD gnsi pk 1x lcr&tdk tertipu Tablet BPOM-F’CARE 082257468369

Eyang Wisnu bantu mslh usaha kurang lancar,keluarga,hutang tanpa jaminan.Hub:087856426189 B00001.2018M314672-3

Kiestu Pamungkas:Perjodohan, Penglaris,Kerejekian,Pelet/Gendam, Tolak Santet,Susuk,dll.Hub: 081390607111/(WA)082220221005 B00002.2018M312641-4

Membuat org berkata”Ya”Hutang Percintaan RT Tangga Jual Bli dll Djogja 087836600373 No SMS

Pjt capek drh tnggi vrtigo asma keluhn P/W B.Parmi blkgSPBU Singosaren Js60rb087838287965 B01347.2018M312067-3

Rahasia terapi urut khusus kejantanan/kewanitaan(bener2 trapi) ckp80rb H.BuTri081392625717 B01347.2018M314630-3

Terapi diabetes dan masalah lakilaki. Hub: 081915549382 Bu Rita no SMS B00002.2018M314085-3

Terima Teraphi Pijet di tempat, khusus Pria.Benar - benar Pijet.Hub 0822 4314 3682 Pak Tri B01033.2018M314424-3

Trapi kluhan pria/wnt mtde pjt js60rb djmn smbh tnp obat H:B. Rub081804381859(trpi beneran)

Pijat urut kebugaran untuk pria. Khusus dipanggil.Hubungi;Pak Cip 081215732123 B00002.2018M314356-3

Pijet sehat bu Yuli pijat reflexy,pjt keseleo,pjt capek kerikan,urut bayi. No 0895601387458 B00812.2018.314613-3

Pjt kbgrn 70rb pgbtn lmh syahwat 100rb 90mnt no plus Bu Yuli jl Godean km 10 H087812502203 B00813.2018M314319-3

Refa Massage.25th diTempat Nyaman, Rilex,Fress,Ramah,Sabar,Cantik, Semok.No.SMS/087723631530 B01126.2018M314650-3

Risma Mssg, mlynipijat trdisional, lulur,kerik,ramah sopan WA:081915527578 khusus dipanggil Rita massage AllIn Jakal Km19 dtg&buktikan 087839935358/ 08562949292 keibuan bs pjt B00002.2018M314057-3

Sehat Prima Rileks Msge Jl RR Utr Concat 58,banyak pilihan mulai75rb/AC nyaman.08170428992 B00002.2018M314060-3

Spesialis pijat khs laki²,Jl Paris km15,Patalan,Pom bnsn kslt.Ibu Reni Bariah,081390233408 B00002.2018M312764-3

Tia, Eni, Lia di Griya Massagejl Monjali 86 (150m utara SPBUtimur jalan) 087834767030 B00198.2018M313776-3

Topitu,pjt kesehatan(panggilan &ditempat,50rb1,5jm.pijat&terapis pria)sms&wa082328309687

B01347.2018M312833-3

B00001.2018M314410-3

B00813.2018M314655-3

Seccorps AC.Specialist service AC,kulkas,cuci service perbaikan bongkar/psg isi freon dll.Hub 087739666162

B00002.2018M314573-3

B00812.2018.311039-3

Bank Syariah,pembiayaan u/brbagai kperluan anda.Jaminan BPKB/Sertifikat.Ridzo 085643464080 B00001.2018M313648-3

Butuh dana modal usaha?Jaminan BPKB/Sertifikat.Cepat dan murah. Hub:Yunto(0812 2951 5413) B00001.2018M313643-3

Butuh dana modal usaha?Jaminan BPKB/Sertifikat.Cepat&murah.H:Ari 083840120708/08174113655 B00001.2018M313649-3

Cukup dg Jaminan BPKB/Sertifikat.Kebutuhan dana anda tratasi. Prss cpt.Anggoro 085729547987 B00001.2018M313652-3

Dana cepat lgs cair jaminan BPKB mtr&mbl,pajak mati,takeover bisa,resmi 24jam:087738690222 WA:081315690799 pin:D2C25CD7 B00002.2018M314620-4

Dana tunai lsg cair dg agunan BPKB prs cpt,mdh tnp BI ceking,plat KTP luar OK 089685266264 B00896.2018.314677-3

Gadai BPKB mtr/mbl cukup KTP, KK langsung cair NO BI cek NO survey.Hub: Helen 087821300110

LAIN-LAIN Cr Mdh Mnghslkn Uang Dg Modal Kcl dptUntung Bsr drTransaksi 2arah,ResmiPemerintah Kementerian Perdagangan Hub.0818152626 B00165.2018.314420-4

Dcr 1Org ditiap²kota kecamatan wil Jateng utk buka usaha chicken crispy grobag/stan.Frenchise gratis.hasil sngt bsr,dilatih.Alat² biaya sediri.Hb Kuliner Mandiri 08121592220 WA/SMS B00002.2018M314239-6

Extra income,full/parttime 2-3 jam/hr.Mhs/ibuRT/PNS.Allback ground.H:085725044313 ibu Novie B01126.2018.311521-3

Komunitas jaring dolar profit online forex - binary tersedia software robot otomatis 24 jam raih profit konsisten s/d 100% perbulan hub WA 087787577122 free pelatihan workshop B00896.2018.314519-6

Ush Nutrisi Mkanan Sehat,Part/ Fulltime,1-4jt/bln,MhS,IbuRT,Krywn, Umum SMS/WA081391927312 B01126.2018M313823-3

B00692.2018.314110-3

Kembangkan usaha dgn system Syariah.Mudah&cpt.Jaminan BPKB/Sertifikat.Santoso 081904183858

B00896.2018.314518-3

Cuci Gudang Disc s/d 60%,SofaAyla 221+meja kaca=1.995rb,SinarSurya Jl.Kyaimojo 79 T:583740 B01126.2018M314409-3

Djl cpt perabot rumah tangga, Kulkas 2pintu,mesin cuci,kursi plastik, kursi roda,springbed dsb,mau pindahan hub 081215507877, 081392952848,u/ jnjian wkt B00001.2018M314428-5

Djol meja rotary sablon 8 pallet import,kondisi bekas 75%+dryer. Hub 0817445871 B00002.2018M314247-3

Mnrm pemesanan Kitchen set,Kmr set,interior Kantor,Rmh tinggal,Tempat ush dll.081804032400 B00692.2018.314523-3

Service mebel Plitur Melamin Jok Kursi rotan dll.Terima Jual-Beli mebel lama.087838275020

BARANG BEKAS Barkas Bantul:Siap beliTinggi Barkas, Mebel,Alat Fitnes,Bengkel,TV,AC,dll CP/WA087739293678

B00002.2018M314199-3

Pembiayaan berbagai kperluan anda melalui Bank Syariah.Jmnn BPKB/Srtfkat.Ricky 08562503808

B00002.2018M314418-3

B00001.2018M313654-3

Pembiayaan modal usaha,konsumsi. Jaminan BPKB/Sertifikat.Hub:Sarno (0813 9228 7573) B00001.2018M313653-3

Pembiayaan sistem syariah,murah, mudah,cepat.Jaminan SHM/BPKB. Hub:Nurma(085868425000) B00001.2018M313644-3

Pembiayaan sistem syariah,murah, mudah,cepat.Jaminan SHM/BPKB. Hub:Nurul(0812 1464 4338) B00001.2018M313640-3

Pembiayaan system syariah,murah & cepat.Jaminan BPKB/Sertifikat. Hub:Irwan (0821 1238 0523) B00001.2018M313655-3

Pembiayaan system syariah,murah & cepat.Jaminan BPKB/Sertifikat. Hub:Rachmat 081804264581 B00001.2018M313651-3

PstiCairHrIni JmnBPKBmtr/Mbl NoSurvei,NoPot.Rsmi&Aman NonAB Bs.WA:081327500706/08122696220 B00692.2018.314524-3

PEMBIAYAAN Butuh Dwit=Jaminkan BPKB mobil/bis/ truk tanpa potongan,bisa TO,&tanpa BI ceking&terima gadai=mobil/ mtr+STNK.082327758040 B00002.2018M314298-4

Dana cpt Jmn BPKB mtr/mbl’92 Pjk telat/plat luar OK.Hub:Maji WA:087838609766/ 082225852900 B00002.2018M314061-3

Kantorku=terima BPKB mobil/truk/ bis tanpa potongan.tanpa biceking. cepat Hub:082136120110 B00002.2018M314299-3

Khusus BPKB Mobil th.2000up, mdh&cair max,bs take over,plat mana saja. SMS/WA:085814815942 B00692.2018.314295-3

Proses super cpt jamn bpkb mtr,mbl, truk,angkot,taxi,bis,thn1980-2018. wilyogya 082158556420 B00002.2018M313766-3

ASSESORIS 2ND Com.Jogjatronik lt.2/72.Ready stock PC,LCD,LAPTOP seken build up.HP Lenovo Dell.WA 08123120077 B00001.2018M314147-4

LAPTOP Dbayar tunai laptop kmptr TV LED LCD speaker dll normal/rsk dtampung sbnyk2nya082136411799 B01347.2018M311187-3

Dibeli hrga tinggi siap jemput Laptop/CPU/LCD/TV syrt halal SMS/ WA 089622182644 Jogja&sktr B00002.2018M312386-3

KURSUS ’Kursus stir mobil Fadli murah dan bisa antar jemput.Hub:WA/SMS 081328856284 / 0274-388866 B00812.2018.313929-3

3 Jam bisa baca Al-Qur’an, Tahsin & Tahfidz (0274) 4284364 082134415773 amanajogja.com B00165.2018.312553-3

Amana Kursus Stir Mobil,Murah,Cepat Mahir 0274-4284364-08112649978 www.amana-transport.com B00165.2018.312554-3

Kursus bahasa asing komputer/ Akuntansi dpt sertifikat.Hub PIC Telp 370520 WA 081578956084

CATERING RM Mandiri nasi box berkualitas muali 10Rb.Ayam bakar/chicken/ lele/udang dll bisa bayar bulanan.087 808080 335 B00002.2018M314240-4

B01126.2018M314533-3

Stir AlFattah Maguwoharjo.Utk pemula&spcialis orgTkut.AdaT4 khs latihan.WA/SMS085701155141 B00812.2018.312883-3

Stir mobil JDS 250rb/5jam Bisa antar jemput 087722248483, www.kursusmengemudijogja.com B00812.2018.314616-3

LES/PRIVAT Dbuka privat sd(smua mapel) smp sma(eksakta +english).guru dtg ke rmh.hub ika.082324202485 B00001.2018M314687-3

Dibuka.Privat mandarin u/ TK-SDSMP.Guru wanita pnglmn mengajar di sekolah.Llsn univ di Guangzhou.Hub Ika082324202585 B00001.2018M314686-4

Les SD/SMP/SMA nem tinggi hub Nindya Gama Jl.Nakulo 16A Wirobrajan 370520 HP 081578956084

B00001.2018M314468-6

Privat guru dtg kermh,hrg terjangkau mencoba grts.TK&SD,all MaPel,siap UAS/UN.082221154532 B00001.2018M314669-3

SEMINAR Hadiri Seminar yg akan merubah mindset anda sehingga berdampak melesatnya kesuksesan anda.Hub 081391160204 B00002.2018M313859-4

UNIVERSITAS Menerima Pendaftarn MHS BARU STIE SBI JOGJA Terakreditsi B Prodi Akuntansi & Manaj Bebas Uang Gedung&SKS SPP 375.000/blNett Info&Permhonan brosur:SMS&WA 081329430001 PinBB:D9EC2190

KEHILANGAN Hilang STNK kunci Calya a/n Sugeng haryono tgl 2/3/2018,diPerum Jambusari,Hub 0274 886836 B00812.2018.314614-3

B00165.2018.314605-3

B00002.2018M314204-4

Hlg BPKB nopol ab 3270 tl an Novi Setiyawan da Jatirejo rt 31 Jatirejo Lendah Kp B00001.2018M314680-3

B00812.2018.312227-3

Hlg STNK AB3378UE a/n Siti Azfiroh Muslimin d/a Plosokuning 3 Minomartani Ngaglik Sleman

SHAMPO Shampoo noni BSY BPOM,Theraskin, Crystal-X,dijamin murah & asli,SMS/ WA only:087838267678

B00002.2018M314462-3

Hlg STNK AB5550UY Sri Wahyuni Gg.Ori II/10 Papringan,Depok,Sleman Yogykarta

B00001.2018M312268-3

B00002.2018M314596-3

PESAN ANTAR PsnAntr NsBox/uthAyam PggKltn GuramiBkr,Tmpeng,Snack8rb Matur Tengkyu 4436901-087839676698

Telah hilang STNK Honda AB 6720 TH an Siti Rokanah yg menemukan Hub : 087739891888

B00165.2018.314659-3

PEMBERITAHUAN Ingin py Incme15jt++/bl&mwjdkn KISS(Kel.Indo.Selamat Sejahtera)? SMS/WA:”KISS”ke085848906132

B00001.2018M314439-4

FOTO COPY Jual Foto copy all type paket usaha awal hrg mulai 12jt. 0818 0403 4320 / 0813 9161 8640

B01127.2018M314433-4

Dibeli barkas:alat RT,electronik, etalase,rak toko,alat bengkel dll. telp/wa085842013639 B00001.2018M313369-3

Djl gerobak+isi.bekas pecel lele.trmsuk tenda.piring.gelas lengkap.7,5jt nego.085868229286 B00001.2018M314554-3

Mb@ Is Jualbeli brg bks siap membeli elektrnk,prlngkapan RT, etalase,grobakdll.081904175509 B00002.2018M312491-3

HAJI/UMROH Ingin umroh?Hati2 jangan asal murah.Pilih yg amanah & berizin resmi.PT.Jannah Firdaus.Hub. WA:081230 464 720 B00001.2018M313289-4

Umroh+Turki 12H 16April 25,5Jt start from Jogja,By Saudi Htl*4&3. H0274-389250,081336769941 B00002.2018M314245-3

HOTEL/PENGINAPAN Anggun 30-50rb nginap kmd dlm,TV LED 32”,free wifi,Aman.Jl Kaliurang KM 19 H:085868248449 B00002.2018M314577-3

Hutama Hotel AC, km mandi, TV. Hubungi : Telp 6645766 atau 087738061411 B01347.2018M312974-3

Popi 70-200rb,Fas AC,TV,HeatrMP, PrkrLuas,Jl.Kaliurang km15 T:0274895484,WA:081325471039 B01126.2018M312231-3

B00002.2018M311609-3

Paket 5hari garansi bs berbhs bnggris dg bnar.Privat(didatangi 1.5k/mndtangi 750k)lgng dg penemu mtode JariEnglish yg bukunya sdh bredar nasional.Konsultasi WA:0812 4245 1815

Hlang STNK SPM Hnd AB2298MQ a/n Fortina alamat:Kragilan RT10/08 Sinduadi Slmn 081568419327

SlnPondokCntik Spa.Prwtn:Muka,rmbt, badan,RRsltn.CabJl.Paris GabusanKm9.Tlp/WA.087839978776

Borongan:Pagar+Pintu Minimalis P:7,T:1,Mixer Roti,Dipan Kayu & dongkrak Boyo,Box Koran Jati. Semua3,5jt. Hub:087736065365

B00002.2018M314347-3

Sln 150,R pengntn 500,Jahit,Behel, Bbrshop,Sulam Als,www.kursuskusumatiara.com 087838244799

B00165.2018.313230-6

New Geisha Sln&body tretmen brt p4an Demak Ijo 300m stlh jmbtn utr/ knn jl dgn 4 traps muda aman,88mlm,087838235199

GADAI ”Gadai tanpa bunga Mobil/motor+ STNK HP,tablet,laptop,TVLED,cair tinggi 087738443488

B00692.2018M313507-3

MEUBELAIR Barkas MebelJati Top Komplit,Jual Ratusan Lmr Mj Krs Pnt KsnDll,Jl Bugisan Sltn08122700229

B00001.2018M313647-3

B00001.2018M311341-3

BANK Anda kena BI Checking?Ingin punya E ktp yg resmi lg dan bs buka rek BCA BNI.Bantu buat kartu krdt/ Kta 0818 0936 1751

B00002.2018M314514-4

Sgl ttg AC ruang:Srv,Bkr/Psg Sw,Psg AC Baru/Bekas (bs TT) Selaras Alam AC.Hub:081226954977

B00002.2018M314170-3

Kredit macet-bermasalah.Tanah rumah disita/dilelang.Motor kredit digadaikan:082220518188

B00812.2018.310895-3

B00812.2018.314382-3

B00002.2018M313796-3

Jasa servis AC mesin cuci jogja perbaikan perawatan B/psng hub 087845670532(WA) Libur Buka

KREDIT ”Bth Dana Cepat jmn BPKB mtr/ mbl pasti cair bunga rngn cair tggi plat luar bs.085877005252

Yudhistira52,mssg trad fullbody,man for man trf skrl std,ditempat/pggl wil Yk.081298308501 B00692.2018.314640-3

B00002.2018M314477-3

Cuci AC 50Rb tmbh freon60Rb bnkr/ psng AC 250Rb serv Mcuci/kulkas125Rb.Bgaransi082172749082

B01126.2018M313699-3

REPARASI Komputer anda bermasalah?Kami siap datang.Buka jam 07.00-21.00 Meonk comp:0899-515-9328

SALON Fitri salon mlyni,Pot,Krimbat,Facial, Bonding,CatRmbt,BodiMsg dll,Jl.Kh Muhdi. 087831701628

B00002.2018M313627-3

Gestun&Pelunasan CC murah,seninJumat 09.00-17.30,Lokasi Gejayan WA:082136945750

’Butuh dana cepat titipkn motor atau mobil anda pada kami atau BPKB,prosesCpt.087838632727

AC AC. Chiller. Frezer. Refrigation. Call 0274 865211 APITU Member Yogyakarta Bantul Teknik servis AC,Isi Freon, pasang AC. WA 085740964788 Aryo

B00002.2018M314083-3

WonderfulMsg kpster mantap,Jl. RRbrt P4anDemakijo keutr2Km tmr jln(sblmSlknMtrm)085643030463

B00001.2018M313373-3

PAKAIAN

KARTU KREDIT Gestun buka tiap hari Senin sampai Sabtu jam 09.00-16.00 WIB. Hub:081391316899

B00198.2018M312610-3

B01347.2018M312985-3

Trpi keluhan kjantann hprtensi hpotensi vrtigo diabet P/W js 70rb 1jam B.Ambar087738856000

PENGUMUMAN Bth krywn,jjr dspln,18-35th gj+mkn +bns,mes Lk².Lam TK Arum Baru jlGitogatiSlm 087839398117

Bth dana mddk cpt&lgsg cair.Jaminan Mtr+STNK/BPKB Mtr aman& resmi.085100875853/087838100580

B01347.2018M311021-3

B00002.2018M313392-3

GENSET

B00198.2018M311026-3

B00002.2018M314467-3

Konstruksi Baja,Bangun Pabrik, Gudang,Pagar,Tralis,Arsitek. 0817266893

GADAI 5 Menit cair tanpa bunga mobil/Min motor th12+STNK HP,Laptop,TV LED,cmra DSLR.085228886251

’Bale Massage’barat UPN RR Utara30m.Tenaga wanita prof,pjt kerik 90rbWA/SMS: 081804106888

Ahli pjt urat Pak Joko Kotagede sakit boyok perut kembung semutan bea sukarela085878818599

B00002.2018M314484-3

B00002.2018M314352-3

BAJA RINGAN Bajaringan KMPtruss, C.75-75 SNI 105/m2 trpsng grsi 10th Hub : 082152630036, 081915223666

PIJAT & LULUR ”Bunga Daun” open Mey,Lusi,Ida,Lita terapis br2,fullAC,RRutr,brtUPN 082214376611/5d3eecf9

B01347.2018M314488-3

B00198.2018M311556-3

B00002.2018M311584-3

B00002.2018M314055-3

Ust Mur:Sgl Problem,Prslingkuhn, Dagang Laris,Jual Tnh,Bk aura, Jdh,Pilkada,dll.087825454858

B00812.2018.311038-3

085878578464(WA)/087838310485. Gadai motor/mobil/BPKB langsung cair,aman&resmi tnp surve

Mulai 10jt FC PROMO TERMURAH. Ready stock Canon IR 5020/5000. Minolta 350/521/601 H:081914601912

PENGUMUMAN Cari Pasutri tdr dlm u/ kos putri. Bawa lamaran,CV,FC KTP&KK ke Griya Alamanda Jl.Sepakbola 93,Nglaren,Seturan,jam 14.0016.00.(TMSyah 081291870984)

B00002.2018M313619-3

B00001.2018M314547-3

B00074.2018.314489-3

B00002.2018M314456-5

TIKET


JUMAT PON 9 MARET 2018

LOWONGAN KERJA ADM-KEUANGAN Dibutuhkan ADMIN Wanita,Min SMA,bs komputer minimal ms.office, max 25th hub : 085643815962 B00692.2018.314633-3

DIBUTUHKAN SEGERA Admin. Wanita.8 jam Min.SMK Akuntansi Gaji menarik & nego SMS/TELP/ WA: 085.292.993.337 X-Workshop Maxi / Seturan Niaga No.7 ( Apt. Student Park ) Jln. Seturan raya B00692.2018.314383-6

Langsung kerja!!!Akur Optik Bantul. membutuhkan ADMINT berpengalaman,penempatan di WATES DEPAN UNY WATES usia 20- 35th menguasai ms word n RUMUS ÈXCEL.Fas:pnghasilan tetap 1.500rb+ Bonus,Hub/SMS/WA 0812 2707 1033 B01126.2018M314280-7

GURU Bth guru&bag umum wanita max 40,min SMU,serius hub PG/TK Star kids jl janti 88A,08510032072 B00692.2018.314639-3

Bth guru.SMU.Muslim.Kb Bina Bintang Educare.JL.anggrek 114 ringinsari mgw 0274 4332388 B00001.2018M314437-3

KAPSTER Bth Kpster bs ptng-cmbath max 35Th.Fas GP-UM-Bns.Jl:Veteran 129 Tmr XT Square.081915532346 B00002.2018M314357-3

Dibut Kapst yg Serius krj max35th,Bs Ptg.087838443736 Sln Aracelly Djanti 61 Brt Jln B01126.2018M314281-3

Dibut Kapster Pengalaman, gaji Pokok,Uang mkn,Bnus,Hub:TREND Salon Sidoarum T:081392584456 B01127.2018M314654-3

LAUNDRY Dicr krywti laundry,bs strika,usia mx.40th.Lamaran bs dtg lgsg ke Cempaka Laundry,Concat,utara RS.JIH.Hub:0878.3933.3102 B00002.2018M314586-4

LOW.RUMAH MAKAN Bth 8krywti max35th,SMA,gj awal 800rb+bns bl.Krm lmrn:lesehan Andalan jl besi jangkang km1.5 sblm SPBU Mindi.08812714743 B00692.2018.311031-4

Bth Kywti u/RM Ayam Goreng Ny.Jun Brbah Slmn max 30th,jjr,ramah,mau krj krs 081328001596 B01033.2018M314417-3

Bth Pria min SMP,jjr,rajin u/krj di Warung Makan.Tidur dalm/plg,gaji 1Jt/ bln,makan3x.H:082138000461 (tidak trima SMS/WA) B00002.2018M314408-4

Dcr SGR 3 Wnt max45th.Bantu masak Bakmi,Rica2,CapCay. Gj UMR,Bns,Fas.Tlp.085700457064 Bntl B00385.2018M314657-3

Di butuhkan Karyawan/i untuk Resto dan OnlineShop SMU Sederajat umur max 35Th untuk Resto diutamakan yang mau tinggal dalem Bonus Mingguan dan Gaji. Hub:082300061525 B00002.2018M314109-6

Dibthkan karyawati Rumah Makan Rata-Rata tidur dalam,islam,gj+ makan+bonus SMS:081228570606 B00002.2018M314179-3

Dibthkn krywn Lk/Pr u/Cafe&Resto di jln.RR Sltn DIY.Juru masak/koki,bs masakan Indo,Chinese&Wetrn.U max35th.Waiters u max 27th pnpmpln mnrik.OB,u max 35th.Minat hub 0812-2687-7775 B00001.2018M314541-6

LOW.RUMAH MAKAN Dcr Tng Juru masak Berpglmn&Tng Srbutan Pria Wnt single Jjr pkerja keras,berpendd H:RM Mbok Berek garden 087736399009/WA B00165.2018.314606-4

Dicari TK Resto islam pria.Lsg dtg ke Racik Biyung Resto Jl.Perwakilan 17 dpn Hotel Ibis Malioboro Mall bawa copy KTP B00165.2018.314399-4

Dicari wnt unt rmh mkn disleman yg bisa tdr dlm miinat serius hub. Segera 081804054771 B00001.2018M314548-3

RM.Rata Rata membutuhkan karyawan/ti.Persyaratan:Islam,Usia maks45thn.Ada mess,Layanan kesehatan.Kirim Lamaran ke:Jl. Lowanu 101A Umbulharjo Yogyakarta.Hub:0813-9265-7575/08994121-867 B00001.2018M314150-7

LPTKS ALJAZAIR Knstruksi Bth 200 org(Laki)28-43Th,Gaji 7-10jt/Bln Resmi Depnaker=089678187778. B01126.2018M314114-3

Gratis+saku Singapura Khsus Majikan Muslim;Brjilbab&BsNgaji ResmiDepnaker:081915355123 B01126.2018M314282-3

KRJ KOREA gaji 15 sd 20 jt/bln, biaya brgkt 1 jt-an,hub. BKLN Rhona Jogja 08112.66612, 085743.580006, www.rhonajogja.com B00692.2018.312402-4

GRATIS+SAKU 6Jt Hongkong,Taiwan,Singapura,Malaysia,Brunei Resmi Depnaker:081325519355. B01126.2018M314116-3

MARKETING-SALES Cari bbrp Mrktng pnglmn minSLTA ada mtr fas:GP1,25jt+kmsi+bns>3,5jt. Lrmn lsg keSejahtera mandiri Jl Rrd utr 8C(Ruko kuning)Concat(557869/085878336540 B00002.2018M314137-5

Cr sales TO,SPG,MD miwon.Fasilitas Viar roda 3.Gaji 2jt+bonus ke Purwomartani.089637709279 B00812.2018.313198-3

Dibut Sales Kanvas ares Yogya, Wonosari,Sleman,Magelang,Kedu. Hb:0896.7669.5254/08886668822 B00002.2018M314390-3

Simpati Electronic mbthkn Mktg. MinSMP,py mtr,ult,jjr.Fas UM,kom bs3-7Jt/bl.Lam lsg keJakal km6,5 gg.Irian D15.PH:880953 B00002.2018M314594-4

PENJAHIT Butuh pemola pemotong&penjahit busana alusan L/P gaji min UMR Hub:Dela 082226034530 Segera B00002.2018M314331-3

TEKNIK Bth Montir spd mtr hub Agus jaya Monjali Sleman hp/ Wa:08175493477 B00001.2018M314688-3

UMUM 3Admin Otocare cew.mahir msexel/ofice.18-30th.ktpDIY.Tdkkliah. Kntrk Krj.082112257799WA/SMS B00001.2018M313866-3

3Admin Otocare mahir Ms.Exel/ office.18-30th.KtpDIY.Tdk Kuliah. Kntrk krj.082112257799WA/SMS B00001.2018M314689-3

5montir mbl ahli&OB mahir stir mbl. SimA.18-35th.Brijzah smk.Kntrk krj.082112257799.SMS sj B00001.2018M314690-3

Dibutuhkan segera Staff(Pelayan & Dapur)utk Restaurant Eropa berlokasi di Jl.Tirtodipuran/Kec. Mantrijeron,diutamakan wanita,umur max.35thn.Bisa bekerja sama dgn tim.Peminat serius menghubungi 0274-4282322 antara jam 09.00 s/d 17.00.

Angkutan haji&umroh makkah madinah saudi bth sopir simA/ B,max45th,gji&bns bsr 082231847196

B00002.2018M314454-8

B00812.2018.314615-4

B00002.2018M314158-3

Bth bbrp krywn utk bakso tusuk.P/W max 55th,hsl memuaskan syrt ada motor&SIM C,ada Fas asuransi kesehatan.H 085875934969

UMUM Bth Canvaser CS Komunika Operator SPG Sopir Staf Admin Stpm Servis AC PRT 085643588548 B00002.2018M314071-3

Bth Cleaning Service Gaji,tunjangan menarik.Hub Trust&Clean Seyegan 085701042077 B00001.2018M314297-3

Bth karyawan sift sore lokasi Sidoarum Godean otlet makanan Telp/WA 085385777616 segera B00002.2018M314328-3

Bth karywn u/ menggali kolam ikan,pria,sehat,max 45,Bangunjiwo, Kasihan,Bantul.081578401292 B00002.2018M314560-3

Bth Kolektor Remidial.Pria,Min. SMA,Jjr,Fresh Grdtd/Pglm collection diutmkn, Mtr & SIM C,Hp Android,Dom Bantul & Yogya sktrny.Walk intrviw Nusantara Sakti Honda Bantul,Jl Wates KM.3 No.18 Kadipiro,Bantul.08112710212 B00001.2018M314679-8

Bth krywn/ti u/kaos,max30th,llsan SMA sdrajat.BwLmrn lkp ke Sari Ilmu1,Jl.Malioboro 119 Yk B00002.2018M314246-3

Bth krywti u/Tk.Jjr,rjn,minSMP, max25th,Islam.Bw lmrn ke Pujha Fashion jlry Kledokan no7 Seturan,Jl. RRoad Sltn(¼Mdukismo) B00002.2018M314157-4

Bth Pembantu Rmh Tngga,Wanita 40th keatas,Muslim,Tdur dlm,Niat krja.Hub:081226945665 B00692.2018.314384-3

Bth Pria Krywn Pot.Rambut Pglmn ,Gj 3jt/bisa Bg Hasil,max 30th ,Muslim,Hub:081804067909 B01126.2018M314534-3

Bth PRT wnt single di Jogja jam kerja 8 jam 1bln libur 4 hr tidur didlm Hub:085729421919 B00002.2018M314342-3

Bth PRT+ngemong ortu,wanita 19-35,lajang,rajin,jujur.jalimbar residence 089675495400 B00001.2018M314549-3

Bth Sopir,Admin & Marketing Elpiji 12kg.pamungkas Gas.Area Sedayu & Pakem.H:08122737152 B00002.2018M314401-3

Bth staf gudang rosok botolplstik ,pria,pnglmn min2th,bs stir Mbl,mkn,tdr Dlm.0895600791298 B00001.2018M314673-3

Bth Tenaga Srabutan,Tdr dlm&Sopir. Gji mnarik,Laki2,max30th.4admin max30th.Hub:081804135008 B00692.2018.314385-3

Bth tnaga krj smpngn melpt bngks coklt uph 60rb/pket 3-4jt/bln.bp sultan 089672571972 B00001.2018M313860-3

Bth Tng cuci mbl laki² single max30th. Minat dtg lsng ke Rino Autocare Seyegan 085100526809 B00002.2018M313730-3

Bth tng wnta u/PRT,ke mlysia singapur hkong taiwn.Pt fortuna tama insani hp/wa 08122731823 B00001.2018M312690-3

Bth wnt cantik max25Th u/pemandu karaoke dJogja.Pndptn1-4jt/ bl.Sandra082133778832/DD46CD51 B00812.2018.314502-3

Bthsopir prbd pris max55th,jjrtdk mrokok,serius krj.Lmrnperum jombor baru2/12 mlati sleman B00198.2018M314593-3

Butuh karyawati min SMP single hub sari jaya toserba jl re martadinata 102 wirobrajan yk. B00001.2018M313300-3

Butuh Operator Foto Copy jjr rajin tgng jawab utamakn bs Jilid Hard/Soft Cover.Jakal km14 H:087879206017(WA/SMS) B00001.2018M314601-4

Cari PRT&Suster Dalam/Luar Kota/ Luar Pulau,Gaji Besar,Tanpa Potongan.Hub: 0877 363 00027

UMUM Cr Pramuniaga (PR) P/W Delivery (DR) Pria Pny SIM C min SMU max 25th.Niat kerja gj UMR krm lmran Jonnygadget jl.Seturan sltn UPN Hub 087839311500 B00002.2018M314375-5

Cr:pegawai utk toko jl wates,lamaran kirim ke rajalampu jl gajahmada no30 Hub 081328003100 B00001.2018M314435-3

Dbt SPG/SPB,Cook&Helper,Manager .L/P,SMA.Lam,CV,Ft2x3,Ijazah trahir.0274377660/087838171908 B00002.2018M314589-3

Dbthkan krywti utk swalayan pendidikan SLTP/SMU kpribadian mnarik single jujur usia max27th disdiakan asrama bg serius Hub:081328869032 tdk trm sms/wa B01347.2018M314395-5

Dbthkn llsn SMK Mesin Lmr ke Bengkel Peugeot Auto Service Jl.Kab Slmn Km3,6 TriniTrihanggo B00165.2018.314422-3

Dbthkn tng harian srbtn bngkr muat jjr rjn mau bkrj krs Hub:087843193567 no SMS B00002.2018M314333-3

Dbthkn tng potong kaca pengalaman/mahir,sopir,hub Tk Kaca Bintang Jaya,jln Godean km 7,Sido Arum,barat Cat Lancar ,081227919003 B00001.2018M314540-5

Dcr sgr Front Office pria 25-42th D2/ S1. Hub:Hotel Bakti Jl.Hayamwuruk 13/HP 081328191720 B00002.2018M314455-3

Dcr sopir & pegawai serabutan laki2 u/toko besi utara psr gowok nologaten jgj.087833775200 B00001.2018M314550-3

Di cari pegawai spa wanita max27 th penampilan menarik gaji 20jt/bulan hub 08112645521 B00001.2018M314023-3

Dibthkn Tnaga Laki2 utk JualanWedang Ronde dg Gerobak sepedamotor & Jualan Bakmi Jawa di Jakarta,ada mess,H:0811 815209

UMUM Dicari pengantar Ulat Hongkong. Gaji awal 1 JT.Ada mess.belum Ada makan.Maks 35 thn.Lokasi Sleman.CP +62 858-7797-3505 B00001.2018M314546-4

Dicari Sopir Travel,maks 40th,Min SIMB1,hafal Solo,Yogya,Smarang 087719972002/081328536577 B00002.2018M314330-3

Dicari Staf Produksi dg Tugasutama menggoreng dan Delivery Pria,SMA,Miliki SIM C, sepedaMotor,Jam kerja 05.0013.00Hub:085725295301 B01126.2018M314403-5

Dicari tenaga full time utk beri pakan ternak.Maguwoharjo,Slwman.Gaji 1 jt,tdr Dalam,Makan,maks 25th. CP;0819.0407.1800 B00001.2018M314545-4

Dicari tenaga potong ayam cwk maks 30th hubungi segera 087856377778 B00001.2018M311991-3

Dicari: Karyawan Toko & Kasir Putri max40th Serius bekerja Hubungi: 0812 1579 0322 segera B00165.2018.314511-3

Dimodali disediakn tmpt jualan omset kotor dibagi.Es Campur12 Macam Bintang Naila bth 5org u dijadikn pengusaha maju. Lmrn,CV,FcKTP &KK,Fc Ijasah (bebas), Foto4x6 Ke:Jl Wates KM12,5 Kalakan ,Argorejo,Sedayu 081325009986/ 085642722222 Yg Serius Sj B00896.2018.314515-8

FirenzeParfum Bth Pgw:Wnt,Niat, Loyal,TggJwb,Max35th,6Jam krj. Gj800-1Jt,ConCat.087829081985 B00692.2018.314386-3

Gaji 2 juta. Dicari Securitypria/ wnt utk krj di Batik Yudhistira Jl: Taman Siswa no 150A usia 2035th0896-5555-8383 B00198.2018M314182-4

B01126.2018M314405-4

Dibthkn.Cook helper.pria max 30th. smk.sdrjt.berpengalaman. kirim lamaran.Ke.griya sentana hotel.jln.gowongan lor 65.67.yogya.08170406567

UMUM Gaji 2 juta. Dicari Securityutk krj di Batik YudhistiraJl: Taman Siswa no 150A usia 20-35th 0896-5555-8383 B00198.2018M314180-4

Gaji 2juta. Dibthkan Security laki/ prempuan utk krj diBatik Yudhistira Jl:Taman Siswa no 150A usia max35th 089655558383 B00198.2018M314241-4

Gratis.Bimbingan bisnis online sampai bisa.Produk sdh tersedia. Hub WA : 0821 3837 3443 B01347.2018M311017-3

Grtis Biaya Bth Tnga Krj Utk Prkbnan Sawit diKalimantan Mess DiSediakn P.Agus 085725973263 B01126.2018.311520-3

HRD Wanita max35th SI Psi/ SrtLmrn,CV,FC Ijazah,KTP,KK Via:timoho.mamamart@gmail.com /082138860555(Pnglmn min 1th) B01126.2018M314647-4

Kantor Notaris Sleman bth Staf Lulusan SMA/S1 pinter komputer internet pny motor SIMC wanita.Hub 08562883171 (WA dulu).Lmrn diantar langsung wawancara B00001.2018M314611-5

Karyawati toko minSMA,punya mtr sndri,jujur,tggjwb,Malioboro 167 Tk Subur,dpn Hotel Garuda B00002.2018M313751-3

Klinik Kecantikan Bth:Dokter,Admin, Perawat,Terapis/Capster,Llsn SMP/ SMA,Muslim:08112646000 B01126.2018M314649-3

Kryti laundry di Pogungbaru bs tdr dlm krj shift serius jujur min.SMP. Hub:085856559627 B00002.2018M314335-3

Lgsg Kerja Konsultan Nutrisi 2-4Jam/ hr 3-5Jt/bln Mhs/Krywn/Umum, H:Roby 081555818963(NoMLM)

HALAMAN 17

UMUM Low krywn/krywti max35th,SMA/ SMK,shif 8½jam krj,Gj 1,5Jt, Insentif,Minggu lbr.H:King Electronic Jl.KaptTendean Wirobrajan B00002.2018M314499-4

OB/SPG/Penjualan/Gdg/Kasir/ Sopir/Adm/SPV.SD-S2.16-50th.1,73Jt.Toko Besi Tresno.Jl.Kaliurang KM 5 Yk.SMS/WA:081390560317 B00002.2018M305211-4

P/W max21th ulet jujur jual es mangkal, bs tdr dlm/luar.Syarat KTP&KK CP 081804252942 B00002.2018M314372-3

Pa r t i m e I n c o m e U / K a r y , M h s w , I R T, A l l B . G r o u n d H u b : 0 8 13 . 9 2 5 1. 4 9 9 4 B00692.2018M313718-3

Partimer u/Prsh Nutrisi Int’l.Smua Jrsn.20thKeatas.Srius.Nama-AlmtLtrBlkng0816676861 B01126.2018M313085-3

Peluang Bisnis extra income 1-3Jt,p/f time khss anakmuda 18-30th Mau krj krs H:08179411767 B01126.2018M312410-3

Peluang krj diBandara,Cargo& Ticketing.Min.SMU,mx26th,siap mgkti Diklat.H.AST.085743366878 B00287.2018M311411-3

Pengasuh batita.Full/parttime. Syrt:Muslimah.Min SMA/sdrjt.Syg anak kcl.Mau bljr.Siap lgsg krj. Lmrn antar/POS:Penitipan Anak Alhazen.Jomblangan RT4 RW31 No.10 Banguntapan Bantul.WA/ SMS:085643688850 B00002.2018M314562-7

UMUM Penghasilan 50 jt perumahan eksklusif cari marketing Agent langsung interview hub Hendri 081931748950 B00001.2018M314667-4

Proyek diMakkah&Madinah bth tng krj bgn TKkayu,TKbatu,TKcat,TKlistrik gj bsr.083869617300 B00002.2018M314160-3

Prs shampo+sabun but 8staf, 8stpm,10gdg,5spir,8help,50prod, gj1.5-2,5jt.087839384827 lgs krj B00692.2018.314525-3

PT Sindotech Saptatama Kontraktor Waterprofing.Dcr sgr ADM&MKT.Dtg lngsng telp 08112653755 B00002.2018M314450-3

Pusat mainan anak Bth Kywn/ ti,Single,minSMA mak25Th.Lam:Indo Toys Jl B.Katamso266,Jl M.Supeno 62,Jl S.Agung47 0274-385483 B00002.2018M311706-4

Sebuah Resto di Jogja Bth Sgr: STAF ADMPENJUALAN Mngsai Excell,pglmn Adm min1th D3/S1 Akunts STAF PRODKSI MAKANAN? SMA/K/D3 sgl Jrsn Llsn SMK Boga di sukai.SALES COUNTER Kmnktf Agresif Mnyukai Target,SMS namaPosisi yg dilamar ke085725295301 B01126.2018M314300-8

Tng Toko Pria,max40th,SIM C,gaji UMR,bawa lmrn lngsung keJl.Parangtritis km 3,5 komplek Ruko Perwita Regency Blok A no27 B00002.2018M314169-4

Tnp Biaya&Lsg Kerja DiKapal Bali.Gaji+Bonus(20-25Jt)Kontrak 10Bln+Mkn+Ass+THR 085859305239 B00165.2018.314312-3

B01126.2018M314531-3

Malioboro Mall membutuhkan Staf Customer Service wanita,max28th, single,mnarik,SMA/D3,mengusai B.Inggris,pnglaman Broadcasting diutamkn.Krm lmrn ke Information Desk Mal Malioboro d/a Jl.Malioboro no52-58 Yogya.0274-551888 cantumkan no Tlp/HP B00002.2018M314512-8

B00001.2018M314682-5

Dibuka Diklat Ticketing Gratis, utk masy Bantul. Hub AST Jogja. Tempat terbatas.0818273115 B00287.2018M314553-3

Dibut Guru Paud u Sleman&Bntulmin Llsn SMA,Brbsn Muslmh,Syg Anak:081804193194/08113459966 B01126.2018M314653-3

Dibut krywn u/krm galon.Gj1.5jt mkn2x dsediakn mes.Jl Imogiri brt km4 No23 WA087738856799 B00002.2018M314394-3

Dibut Pa/Pi full/part. Min SMP.Lmrn bw ke Kongdom Cell Jl. Poncowinatan 34 Yk. 0274 585880 B00002.2018M313455-3

Dibut:Staf Admin syrt wanita belum menikah,minimal lulusan D3, penglmn di bidangnya,menarik ,komunikatif,responsif,sanggup bkrj dgn target/team&jujur.Lmrn lgkp dkrm lgs ke CV.Padi Mediatama Jl.Bimasakti No.99 Sapen Yogya.Paling lmbt 12 Maret 2018 B00074.2018.314391-8

Dibutuhkan Sopir SIM B1 bw Elf Colt Disel krm lantai kramik.JogjaSolo km12.H:087843330150 B00002.2018M314493-3

Dicari ; Tenaga serabutan pa/pi max.40th gaji: 1,5 jt / tdr dlm H: 087738016271. Sgr B00896.2018.314397-3

Dicari ART Rumah Tamansiswa. Beres2 Rumah+Pkrgn Kos.Rajin. Bersih.TidurDalam.Gaji Mulai 1,3jt. Hub:082134444207

B00879.2018M311798-3

B00001.2018M314426-4

cow/cew tdk mrkok cleaning serv is ktp Diy raj in resikan.0274415928 sgr.Gaji pkk 1jt+bns

Dicari krywan/ti laundry max 38 th 800-1jt jl godean km 1 dan Pogung kidul 08122984202

B00001.2018M314544-3

B00001.2018M314441-3

KENDARAAN

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOBIL DIJUAL

MOTOR DIJUAL

MOTOR DIJUAL

MOTOR DIJUAL

BENGKEL Pasang/Service Power Steering, TJ Power Steering,Jl.Perum Nogotirto.Hub 085729060207

DAIHATSU BU djl mobil Zebra Th94 wrn biru,cat mulus,jok baru,mesin halus,tinggal pakai.085647217899

HONDA Honda cbr 250 cc.buatan 2014 ,keluaran 2016 mulus,km baru 3000. murah.jogja,08125531276

SUZUKI S.APV GX Arena’15 abu²met AD TG1 coverjok fullvar Istw bsTT/krdt H:087738161427

TOYOTA T.Grand Inova 2.5 Diesel TH12 putih AB TG1 coverjok Istw bsTT/krdt H:087738161427

HONDA

B00002.2018M314463-3

B00002.2018M314584-3

HONDA DiCari=Scoopy FI-Vario FI-Beat FI AB Pmilik Tgn1.Sy dtangi lihat dbayar Cash 085100135904

YAMAHA yamaha matic promo dp nol (mio m3/mio z/mio ruji)*.ktp DIY.087845745426

B00001.2018M314125-3

B00002.2018M314505-3

Specialis Kaki²,EPS Powerstering ,Modif,pbaikn&gnt baru,ART Understeel,antrjmput.0818640957 B00002.2018M311266-3

B00001.2018M314429-3

Promo akhir tahun,Mobilio,Brio, Brv DP mulai dari 20jutaan. H. Surya Honda. 0819 0421 2959

Suzuki Carry Tyson Th90 AB Kota Merah AC DoubleBlower Hg23jt Hub:085293600334

B00812.2018.313930-3

Promo Suzuki R3 Dp:0,Carry PUDp 2Jt+Hadiah Lgs Disc sd 40JtTlp/ WA. 081231720388

PromoHonda CuciGdg.Ready:BRV DP8JTJazzDP17JTHRVDP24JT.WA 081325629151/081578036015Andre

LAIN-LAIN Jual Viar Roda3 warna merah kondisi bagus harga 21,5Juta daerah UGM Pogung 085226613200

B00002.2018M311890-3

PromoHondaDP mulai10jtan.Ready, Brio,Mobilio,BRV,JAZZ dll.ARDI. 085204852215(WA)081804280266

B02387.2018M314453-3

B00002.2018M314495-3

B00001.2018M314436-3

B00001.2018M314146-3

Djl All New Scopy 18/17/15/14/10 Vario110 ‘15 Remot,Beat 10 bs TT/ Krdt Hub:085103400199/WA

Yamaha robot bagus surat komplit hg1,2jt & RC 86 hg1jt.Hub 085100832192 no sms tlp apa wa

B01126.2018M314651-3

Dijual Suzuki Katana Thn’94 Hitam Plat AA-CE.Hub:PT.ARTHAAsia, Tlp:0274-871175

B00002.2018M313966-3

Program kredit motor Honda Maret program DP 500Rb syarat KTP, KK.H:087812503945(Tlp/WA/SMS)

B01126.2018M314652-3

B00812.2018.313199-3

B00002.2018M314351-3

Promo Honda,Beat CW DP600,Vario CW DP750,Promo lain Ok,pot cash s/d 1Jt,bs TT 085799033923

DAIHATSU djl:d carade 82/ab-7.5jt mitsubishi tss(mini bus)2002 /bg/18 j nego von-0877396633046178

B00002.2018M313864-3

Scoopy 2011 bln 12 AB Bantul mulus terawat violet 11,3Jt aza bisa kredit 081802745533 cpt

B00001.2018M314438-3

Oper krdt,D.Ayla’17.mnl.type X,26jt nett,angsrn 2,2 jt,AB kodya,hub.082134343437

B00002.2018M314645-3

SupraX02 sleman 4,1 & mio J’12 CW injksi wrn putih 7,2.Kamboja4 No126 Congcat085101873283

TOYOTA Avanza’05 G Asli AB dr baru Gold 85JtNg&Katana’94 GX AB Pwt Stir Putih 45JtNg 082137978666

B00001.2018M314598-3

HONDA Civic VTI 2003 AT,asli AB,Istw,merah maroon,terawat,interior bersih. Hub:08994637574 B00002.2018M313943-3

Djl H Brio E Satya CKD manual putih pjk br kmLow TG1drBr srvis dealer sgt ist.081393979353 B00002.2018M313968-3

Grand civic 91 putih km 64rb antik spt mobil baru jarang ada 08562869737 B00002.2018M314266-3

Honda Acord metik,AB kota,Th2000, coklat muda metalik.Electric smua. Hrg nego.H:081290544441 B00002.2018M314181-3

Promo Honda DP mulai10Jtan Brio,Mobilio,BRV,JazzDll.Bs tukertmbh 082221722298/087738880008 B00002.2018M314465-3

Promo Honda Free aksesoris Brio DP21JT3,1JT Mobilio DP10Jt 4,9Jt,JazDP32Jt Ery081392458519 B00002.2018M312822-3

0dyssey’05 AD Abu2 Mtlk Jepang Panel2 bagus 142JtNg & Jazz’04 AD Silver 86Jt 081210144929 B00001.2018M314040-3

Cuci Gudang! msh Ready Mobilio, HRV,BRV,NIK2017,Harga Mantap Krdit Ok.Hub:Yoki 087705579776 B01126.2018.311524-3

Honda Accord Th89 barang Istmw31jt.Bs tukar tmbh motor T:085100825051. B01126.2018M314407-3

Jazz06 mmc silver100 ats nama 05 vtec biru manual 100 ats nama msh ori bs krdt085601233202 B00002.2018M314265-3

Jual new CRV sport matic 2002 AB an sendiri pjk baru maret ini abu2 met 72jt ng 0818468167 B00002.2018M314334-3

B00001.2018M314039-3

Djl avanza plat b’08 type g wrn hijau mtalik vti tinggal pakai 85jt nego.hb.081804333327 B00001.2018M314684-3

HYUNDAI Dijual hyunday avega ab kota th07 biru siap pakai hrg 55jt nego 08122741233 B00001.2018M314552-3

MERCEDES Merci C180 Th95-B Silver Velg R19 ACdgin tape/cd/usb ors 57jt Ng 08112650464/081578705598 B00001.2018M314674-3

Djl etios valco seri E up plat B wrn putih istmw nmer baru 104jt.085326009734/085100835556

B00001.2018M314406-3

VW VW Safari Terpal Th’76, Wrna O ra nye, H rg : 2 8 J t N g. H u b : 08121570141 (TT motor) B00692.2018.314387-3

DEALER

B00001.2018M314045-3

www.mitsubishidealeryogya.com Dptkan info hrga & promo DP/ angsuran ringan H:081332634869 B00002.2018M314195-3

NISSAN Abisin stok 2017.GLivinaSVm/t38jt march 37jt Xtrail 50jt.DP kcil hub 081329733060/WA B00001.2018M314423-3

PEUGEOT Jual Peugeot306ST96ABkota abu² ori pjk lama an pribadi 35Jt WA082133445576 Krispkc Stu/Ahd B00002.2018M314599-3

SUZUKI Agen Suzuki mobil:R3/Wgn/Ignis/PU DP2Jtan ready stock. Hub:081316223867 Isman B00002.2018M313896-3

B00002.2018M313957-3

YAMAHA Djl mtr Yamaha matic X-Ride Th2013 AB,kondisi bgs 9,7Jt/nego sdkt.08175417590/082314057474 B00002.2018M314216-3

Jl cpt Ymh Byson biru plat pjk baru 2013 orisinil prwtan knds bgs Slmn H:Andri 08122769780 Jupiter Z CW Guwek 2007 merah maron mulus banget AB Bantul lepas 7,4Jt/085105171360/CW

B00002.2018M314221-3

B00002.2018M314479-3

B00002.2018M313953-3

PromoYamaha MioM3&MioZ DP150 Rb NMax&Vixion DP2,2 tanpa AngsuranPrtma Infolain081804302090 B00002.2018M314579-3

B00002.2018M314451-3

Dijual / TT Grand Extra Long,Merah maroon th 1994, AB Bntl.45 Jt Nego.Hub: 085700457064 B00385.2018M314660-3

B00002.2018M313878-3

Satria FU 150 pembelian 2014 awal AB kota pajek baru+aki new mulus 12,9jt/085105171360 BU

Mio M3 htm AB Sleman 2015 pjk br,an sndiri.Hub:081328779056 perum Polri Gowok Blok F3 No74

Camry V 2007 silver,plat H pjk hidup,jok Electric,km rendah.Jual cpt BU Hub: 081.721.5754

Kijang Abu2 Metalik Th94 AB Yk Istw diGandok Jl Imogiri brt km 7,3 Swn Btl.H:082134448251

B01347.2018M314629-3

Mio AllNew Soul GT’17=12,5/m MioZ125’17=11,5 AB Sleman mulus km dikit.Hb 085729134964 nego

Cpt Kjg GrandExtra LGX 92akhir 1.5 AB PS/PW/CL/VR/BR/TP/AC dobel kleng 51jtng 085228380638

Jual mobil Kijang AB Sleman TH 2001 Solar AC Hrg 100Jt.Hb 081328328025

B00002.2018M313955-3

B00002.2018M314175-3

SUZUKI Jual SuzukiShogun th2004 125 warna hitam merahAB asli hrg2,1jt bisa tukeran H:081227255564

B00002.2018M314648-3

B00002.2018M314264-3

Inova’05 Silver AB Slmn Istw JrgPake Km90 tg1 drBr Fktr SrvceRcord PjkBrHp130Jt08122964532 B00165.2018.314607-3

MITSUBISHI Gbyar promo murah,T120ss Dp 3jt,L300 Dp 7jt,open inden Xpander Dp 20% Fauzi WA085750325887

Vario CBS 125 th2013 AB Sleman pajek baru terawat tinggal pake 12,4jt/081802745533 buruan

KAWASAKI 2Kawasaki ZX130,07,C70 th79 modif,srt² lkp,H:C.Sambisari35 utr Soto Batok/08121585758NOSMS

B00002.2018M314370-3

B00001.2018M314691-3

Inova dsl G manual istmw 09/10 km dikit bisa krdt manual book ada 08562869737 noSMS

B00001.2018M314685-3

B00165.2018.314610-3

Pengen motor baru unit 2018? Promo Beat DP600.Vario DP700.Tanpa ribet H 085701525353

HONDA Beat FI 2013 akhir AB Sleman putih bersih terawat 10,6Jt cpt.Hub 0896032336632 bisa kredit

B00002.2018M314036-3

B00002.2018M314646-3

Kijang GrandExtra 96 An Sendiri Istimewa Luar Dalam. AB kota.T:085100135904/Wa

Beat Vario Supra/Revo Cukup Bayar 700rb KTP dan KK Saja, WA/Tlp/ SMS: 087 838 225 507

B00001.2018M314050-3

B01126.2018.311522-3

Kijang Krista TH 2000 AB Sleman sdri,pjk bru,ban baru,audio,Hrg 77Jt nego. 087839758134

BU Vario CW 2008 Bgs AB-Slmn=7,7 NegoMirota Jl Godean 0817467883085101898839 Yk

Futura th92 plat T mesin bgs STNK hny fotokopi, pajak telat 2014.Hg 15Jt.0895333489270/WA

B00002.2018M313897-3

B00896.2018.314520-3

Brio RS red mutiara,AB Sleman,KM rendah,manual,2017,milik pribadi 155jt H:081.328.000.505

T.Grand Avanza E 1.3 TH16 silverstone AB TG1 coverjok audio Istw bsTT/krdt: 087738161427

Cukup byr 635rb sdh bs bawa mtr honda dapatkan pot 2jt(syrt&ketentuan berlaku)087821077595

B00692.2018.314637-3

B00002.2018M314350-3

B00002.2018M314464-3

B00002.2018M314336-3

LAIN-LAIN Jual Revo=5,7,Mio CW=4,9, Nex=5,0. Tegal Lempuyangan DN3/17 Yk 087839510422 B00002.2018M314619-3

Vario:55 mio:45 shagun:21 thunder:16 cymco:16 bravo/turnado:11 mocin:1 kauman 085102189844 B00001.2018M314427-3

MOTOR Beli sgl-mtr,sgl-th H:P.Nono Celeban Jl:Soga42 H:081.227.55146 XL:0878.3823.3957 B00002.2018M299451-3

Dcri motor yg mau dijual platABJateng siap dtangi cck dbeli tinggi.H:P. Marji 085101644422 B00002.2018M314193-3

Dibeli motor/mobil tua-muda sgl kondisi XL= 08787.7799209 Trisno= 661.0099 / 085707.909044 B00896.2018M312018-3

Dibeli tinggi spd mtrBks sgl merk:Gonel Nogotirto WA 081904037008/ 085101507530 SMS/Tlp24jm B00812.2018.314234-3

EPAT MEDIA TROMOSI UNTUK IPS ANDA Hrg promo BISNsewa mbl stok km-

MOBIL/MOTOR SEWA GejayanRentCar.Avanza+Sopir275 Rb,Inova+sopr425Rb.085106993888. www.jogjatransportwisata.com B00002.2018M313396-3

plit bsDrop dlm/luar kt AlwyTrans 4435600/0818268597/08157919713 B01347.2018M311923-3

Sewa mobil+sopirnya dlm&luar kota harga bersahabat.Melayani wisata Jogja.Hub:08124874117 B00002.2018M314250-3

promo,mio m3 sp dp 300 ang 612 35x,,x ride dp 300 angs 749 35x hub wa 087839310277

Shafaa Transp menyewakan mbl dg/tnpsopir dlm/luar kt0274-387896/ 085103052400/087838458999

B00001.2018M314126-3

B00198.2018M311292-3

!

PASANG

IKLAN

H U B U N G I

0274 557 687 Ext. 417 (HUNTING)


JUMAT PON 9 MARET 2018

HALAMAN 18

RUMAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

Djl rmhSHM 143Jt diSanden Btl L126m² M8m² B56m² sdh kramik,list, mbl msk 2mk.WA087739293678

Rmh djl 36/110 SHM+IMB Hrg 339Jt.Kalasan akses lebar 4mtr. 082237024007/087838854647

B00002.2018M314532-3

B00002.2018M314229-3

Hanya 119Jt Type50,2KT, 1KM, carport,lok strategis,Timur Seturan dlm Ring Road 082134536622

Rmh Jakal 140m 3KT=475,Palagan 101m=500Jt,Seyegan 2KT=350Jt,Tnh Btl mulai80Jt.087739532715

B00001.2018M314151-3

B00002.2018M313877-3

PerumahanType36 SHM 84m² Perum Guwosari Pajangan Btl 110Jt&Pek SHM Hub 087839106858

RUMAH DIJUAL

TANAH DIJUAL Dijual tanah cocok u.Ru ko / kost exclusive:L 290m² ld.12m di pinggir Jl.Perumnas Ry utara Selo kan. Hp.0858.8798.4494 B00001.2018M314542-4

Dijual tanah pekarangan L:105 dekat Ringroad Barat&perumahan.Hrg nego Hub:08124874117 B00002.2018M314248-3

Dijual tanha sawah bgs dijln raya Gendol Tempel Slm LT365m hrg Rp200Jt.Hub 08175413012 B00002.2018M314521-3

Dijual tnh pek luas 184m lbr dpn 12m. Sdh SHM hrg 90jt.Telp 087838046661

B00002.2018M313900-3

Rumah Sentolo 72m HG125Jt&tnh bs usaha Warung.Sedayu 50m SHM Pekarangan H65Jt.081393561717

B00001.2018M312132-3

Djl tanah diWonosari LS200m² lok depan batas Kota Wonosari 1Jt/m² NG Tlp/WA 085602680384

B00002.2018M314474-3

Rumah type 29 Hg mulai 146Jt/ an dkt Wates Kulonprogo kawasan 2hektar SHGB&IMB/081329391565

B00002.2018M314322-3

Djl Tanah diWonosari Ls200m² Lok Samping Batas Kota Wonosari.1,3Jt/ mNG.Tlp/WA081312423792

B00002.2018M313794-3

B00002.2018M314063-3

Djl tnh L2300,500,1000&262m².Lks di Condong Catur tepi aspal.Cck gudang/rmh 08122798551

5Unit strtgs JlImogiri Barat Km5 Ngoto&Km8 Bibis,jln aspal papasan LT110&117 T.70 3KT 2KM Carport 2mobil LantaiGranit 600Jt Ng 0818465555/081327782779

B00002.2018M314189-3

Djl tnh pek kali abu banyuraden gamping brt ringrut 75m sel rel 75m luas 1387.H08112504535

B00002.2018M308832-5

B00001.2018M313836-3

Bismillahirrohmanirrohim,Rmh 2Lt,amn&nymn,Jakal Km 7,SHM, LT 300,LB200,6KT,5KM,Crport,2AC,Tmn. 085766936930,WA:081377923464

Djl tnh pek SHM lok strategis 50m dr jln raya,LT.182m2 Jl Godean km 7,Bantulan.08122826032 B00692.2018.314635-3

Djl tnh SHM 108m² Jl.Jogja-Solo km12 samping Toko Mebel Midora,utr bks tmbangan truk,Purwomartani Kalasan.081384958150

B00692.2018.314638-4

Dijual rumah siap huni harga 259jt net lok dalam ringroad barat Hub:Tlp/ WA 081802631435 B00002.2018M314339-3

Hook 2muka LT390/LB200 260Jt. 180m/LB100 165Jt Sanden jh mkm kndang sutet TrMsk087839577738 B00002.2018M313114-3

Perum T:45/90,sdh ada yg siap huni,Lok Jl.Wates,Brimob ke utara .H:290Jt PH:087738883699 B00002.2018M314570-3

Rmh 250Jt di Sumberan Sedayu siap huni baru T36/73 KPR/Cash jalur Bandara,WA:08175468883 B00002.2018M313887-3

Rmh 290Jt di Barat Kasongan,rame siap huni baru T36/80 KPR/cash WA:08175468883 B00002.2018M313888-3

Rmh baru SHMP 60m² full fasilitas 170Jt bs KPR Prambanan CP 081328107819 / 082242708006 B00002.2018M313625-3

Rmh baru siaphuni lngkp kanopi pagar Hrg275Jt.2muka cash bs nego,siap bnt KPR 081336769941 B00002.2018M314243-3

PROPERTI AGEN PROPERTI ”Jasa Properti” siap bantu jual-beli rumah dan tanah Sesuai harapan H:Supri 082177581771 B00002.2018M314021-3

RumahJogja Network : Chanel Youtube ini menerima titip jual Property. WA = 0813 2525 3535 B00002.2018M313986-3

Siap membantu jual/beli tanah dan bangunan di Jogja.Hubungi:Bpk Rahmat 087738356503 B00001.2018M312260-3

DICARI Cari cepat lokasi pekarangan max.2000m² max500Rb/m utk kavlingan khusus wilayah Sleman,Bantul,kulonprogo. Lgs Pembeli 081328566088 B00002.2018M314642-5

dcri tnh utk saya kavling,status letter C/D/sertifikat turun waris,didlm/ dkt ringroad,akses mobil masuk.hub 0838-6662-8268(bowo) B00074.2018.314624-4

Dicari tanah untuk perumahan langsung pemilik SMS/WA ke 081931748950 B00001.2018M314275-3

KOST Infokosjogja.com : Urusan iklan kost kami ahlinya, minat iklan Hubungi WA : 081 77 111 33

Rmh Cantik 368jt Disc jd 289jtDkt UMY&CLN Kamp UIN Bonus TV32/ACHny Bln ini 062853262002 B00896.2018.314675-3

Rmh masuk 100m dr Jl.Wates km10 Sedayu. 299Jt nego KPR/cash area kampus WA:08175468883 B00002.2018M313889-3

Rmh Mrh LT204m LB125m 3KM Tdr 2KM Mandi Tmr Psr KtGede Pringolayan H500jt Ng 087738467654 B00002.2018M313720-3

Rmh siap huni 300jt dislatan Ringrod Kasihan Btl bsKPR/Cash dpn Perum Besar Wa:08175468883 B00002.2018M312452-3

Rmh siap huni/bangun T36:266jt T45:313jt T54:342jt,Free biaya2. H:085741323025/087738085676 B00002.2018M314084-3

RmhMnmlisDlmPrumJlWatesKm10 150mDrJlBsrLT/LB90/36 2Kt 1KmDpr CpotSHM/IMB285JtNg082135972125 B00165.2018.314663-3

Baru T56/98= 419Jt SHM IMB.Timur blok O Janti dkt AAU Berbah akses mudah 085100009566 TP B00002.2018M312607-3

BU jualcpt rmh baru siaphuni Jl.Wates km9 LT114 SHMP+IMB ling Perum,320JtNego.087839980954 B00002.2018M314476-3

BU Rumah Baru 2KT+KmrMandi dalam LT101 Hg330jt diJl Godean Km8 keutara 300m H:082226730066

B00002.2018M313979-3

B00002.2018M314089-3

Dijual rmh LT/LB 106m.SHM Hrg 375 jt Nego.TP.Mredo,Bangunharjo Sewon Bantul.081328297161

B00002.2018M313983-3

B00002.2018M313025-3

Kos pasutri muda Muslim jl.Ki Penjawi (timur XTSquare) UK3x6.KM dapur dll.H:081227661276

B00001.2018M314154-3

Djl Rmh diPerum Condongcatur Ls90m 2KT 2KM,mblmsk dkt pasar kampus RS RRoad H:085882543480 B00002.2018M314627-3

B00002.2018M313904-3

Djl Rmh JakalKm9 Plosokuning 5 Lt82mFulBgn5Kt Rtm KmDpr Trs Lingk aman 400JtNg087738668522

B00002.2018M313201-3

JL rmh siaphuni prmnas blok12 dpn kampus UIN pjangan btl L86m, 2kt,km,dpr,350ng081326608564

Kost putra fasilitas komplit d/a RS UGM ke utara 300m. Hub WA 0818265141 Kost putri dekat Blok O, bersih, nyaman,murah.Hubungi: 08 1802741989 atau 081328599383 B00812.2018.314381-3

Maleo Kostel.Aman,nyaman&brsih. Fas:lngkp.Hrg mulai 200rb.Lok:Jl. Surayudha Gg Kenari No31A Swakarya&Jl.Cempaka Putih No8B Deresan Sleman.Hp:08118700065 B00002.2018M314371-5

Mnerima kamar kosong putri.Bersih.Suryowijayan(dpn Soto Pak Marto Tamansari)H:081931707816 B00002.2018M314621-3

Pusat Info kost: Channel Youtube ini menerima iklan Guest House / Homestay. WA 0817711133 B00002.2018M313973-3

Pusat Info Kost: Channel Youtube ini menerima iklan rumah dikontrakan/ disewakan 0817711133 B00002.2018M313976-3

Terima kos putra 300rban/bl JlTatabumi sltan/STPN keselatan dkt kota T/SMS/WA 085725906673

B00165.2018.314609-3

B00001.2018M314535-3

Jual perum dekat kampus UMY STIKES Almaata.LT114 LB60 SHM. Hrg 450JtNego.Hub 087738691803 B00002.2018M314617-3

Jual Rmh SHM 258 m,di ds srandakan-Nengahan-Bntl tlp.082136618554 Hrg.450 jt B00001.2018M314034-3

Rmh bns kios LT580 LD15 LB250. KT5 KM2 krmk.Lok Poncosari Srndkn Btl H:360Jt WA081808955195 B00002.2018M314567-3

Rmh br 325jt KT3 KM2 Psr Godean keutara belakang RS Aturot H:0878 39 987654/08222 53 23456

B00002.2018M313405-4

B00002.2018M314107-3

Djl cpt rmh siap huni ling Cluster, LT155m,LB129m,3KT AC,2KM. Baciro-Yog.Rp1,3M.087738388046 B00002.2018M313123-3

Djl rumah 124m² 2LT SHM jl Dr.Rajimin Sleman kota hrg 850nego 085100438876/085743473755 B00002.2018M312318-3

ElitBrLuxMinmalisDimogiri BrtKm7,5 L110m Lb100 2Lt4Kt3KmdLtGrntTmnKlm545JtCas WA087843336660

RUMAH DISEWAKAN 3 Rmh 5Km 2Km 2Km ada Grsi diJakal Km7 perTh 28Jt 10Jt 12Jt Nego Hub:P.Pairan 081328860603 B01126.2018M314530-3

Dikntrakan rmh 3kt 2km 15,5 JT/ thn,tambakboyo dekat Amikom,UII ekonomi,UPN.Hub 08125531276 B00001.2018M314538-3

B00002.2018M314341-3

Dikon rmh perum Wirokerten Indah Jl Pisang A270 Wirokerten Yogya.Strategis dkt kampus pasar/Kotagede.KT4 2KM 1 garasi hanya 20jt/thn Hub:081329140155

Jual murah rmh siaphuni blkng Lipoplaza Lt150m,3Kmr,garasi,dapur,t4 strategis.081328084058

Dikont Perum Ngestiharjo 2 sel UPY Lt115 Lb70.3KT AC,dapur set,W.Hiter,Carpot.087838800647

B00165.2018.314421-3

Jl nego banget homestay L:472m² SHM ada 10KT lokasi daerah wisata Kasongan H:081586246510

B00002.2018M314353-3

Jual rmh LT66m² H380Jt SHM&rmh LT174m² H980jt SHM.Tmr Lottemart Mgwharjo.Nego.081328008645 B00002.2018M314138-3

Jual u buyer tnh bns rmh lama terawat SHM249 diBcr.5KT,2KM,dpr,grs.H:3M. Hub:081227104259 B00002.2018M314185-3

Rmh 2Lnt 5KT 3KM Full AC,pgr Jlnaspl LT221 LB400,SHM,Jl Nogotirtono35A,H:081328575555TP B01126.2018M313062-3

B00002.2018M314498-5

B00002.2018M311430-3

Dikont perum SBI F/149 2LT 4KT 2AC 2KM RT List220VA PAM,parkir 2mbl.H18Jt/th.081228887750 B00002.2018M314480-3

Dikont Prm Graha Banguntapan B8 tmr POM Balong.2KM RT RK RM Dpr KMD.Telp NOSMS085728509365 B00002.2018M314017-3

Dikont Rmh 1RTm 2KT List 900 W 8jt/Th Gamping Kidul Rt02/17. Mbl tdk msk. Hub:082136261309 B00002.2018M314171-3

Rmh baru siap huni 65/131.Utara bandara Adisucipto 650Jt NG.SHM/ IMB.Tlp/WA 085729182272

Dikont rmh baru bagus 2LT 4KT 3KM garasi 17Jt/th perum Polaman Jl.Wates km12 087738425502

B00002.2018M314457-3

Dikont rmh.2KT,Rtmu,kmd dlm.3Jt/ th.Sanggrahan Btl.Psr Seni Gabusan ke tmr 1km.085640102624

Rmh Br Prm Aruna Citra Jl Godean Km6,5 Sidoarum LT/LB124/98(2Lt) KT3.H:1,3M(Ng)08127411663 B00692.2018.314634-3

Rmh di gamping Sleman dkt RS PKU &calon Mall Jl.Wates LT922 LB135=650Jt aja WA:08175468883 B00002.2018M313892-3

Rmh dkt lap Kasihan,50m dr aspal,2Lantai LT108.Hrg650Jt SHM.Hrg spesial s/d ahir Maret.Hny 4kav.081336769941/0274-389250 B00002.2018M314244-4

Infokost.com :Pelopor media online informasi kost di Indonesia.Pasang iklan hub:0817711133 Kos Lgkp harian/blnn KMdlm AC noAC 10mnt keMalioboro PrkrLuas utr PsrGamping 082133616141

Dijual Apartemen Jakarta H2WIT Djl Rmh L220 Jl Ry Sukowati Sagen 081317250385

Rmh LT196 LB120 Perum Jangkang JlBahasa C54 Nogotirto Sleman. H960Jt grsi 3mbl.081390653525 B00002.2018M314123-3

Rmh mewah Jl.Kaliurang km6 dkt UGM LT272 LB115 murah 2,2M bs KPR nego WA:08175468883 B00002.2018M313891-3

Rmh siap Huni LT150,LB125 2Lt Hook,tmr Psr Stan Mgwo dkt Bandara, 3KT,2KM,Crpot.081328747999 B01126.2018M313520-3

RmhSiapakai utara bus Giwangan LT142 LB142 IMB,mblMasuk,AC obral 655JtNego.WA081326541009 B00002.2018M312340-3

RUMAH 2lt KotagedeYK LT.297/336 sejuk nyaman mangku jln kt.6/km.3 grs-crport, utk RT/kantor/usaha, rangka bangkirai-jati 3,5M nego (TP) 085879959784 B00074.2018.314625-5

Rumahbaru lok utrISI type 100/141 4Kt 4Km carport taman hrg775ng 08122942165/ 087839406245 B01347.2018M314486-3

SprMwhElitMnmlisBrJlImogiri BrtKm7,5L110mLb100 2Lt4Kt3KmdLtGrntTmnKlm539JtWA087843336660 B00165.2018.314664-3

Tanah 700m² bonus rumah 400m² asri 2 lantai 3,2M jakal km 7 sengkan,budi 081259196810 B00001.2018M314425-3

B00002.2018M313749-3

B00002.2018M314377-3

Dkntrkn rmh 2k tidur,dapur r.mkn r.tamu dekat ponpes krapyak btl10jt nego.0877-3419-3937 B00001.2018M314049-3

DKntrknRmh Br BsrLt250Fulbang 3KtRtm,Dpr,Grs,trs2Km LokPulowatu k BrtSlmn WA/T087738668522 B00165.2018.314608-3

Dkontrakan Rmh Sarimulyo Jakal2Lt 7KT 3AC Grsi Carpot Tenang Sejuk Nyaman Hub:08125942999 B01126.2018M314402-3

Dkt UPN.Rmh kos LT Atas Selrhnya (Privacy).6KT,2KM,RTamu.18Jt. JL Utama35 Pugeran.0816693667

B00002.2018M314507-3

Djl tnh SHM L261m² lok ds Kledokan Selomartani Kalasan Sleman.H: 087845702108/082138545514 B00002.2018M312888-3

DjualCptMrh.Tnh dKancilan Jogja utr dktMerapiView 137m² view Pepohn2,6jt/m,Ng 08.1234563627 B00812.2018.314231-3

Jl Cpt Tnh SHMP 2338m2 LD40m 1,5Jt/m2 Kotak Bgs Jl Palagan Km16 ke tmr.Dkt rcn Ringroad ke2 cck u/ Invest ph.087832232555 B00165.2018.314398-4

Jl sawah SHM 606m² pnggr jl aspal lok utr LPMP Kalasan dkt perumahan.Hub 085927486274 B00002.2018M313967-3

Jl tanah kav Argorejo Sedayu Sltn kampus Mercubuana LT 109m LD 8m Hrg 975Rb/m 081392238420 B00002.2018M314168-3

JlKabupaten Sleman-swh kering (L387m+L480m)LD24m-jlaspal mbl pmpgn-dkt mkm-081228899150 SHM B00002.2018M313919-3

Jual cpt murah SHM Pek 109m²/95Jt NG 2muka mangku aspal cuma 500m utara lap Baratan Pakem Slmn/10 menit utara kampus UII Jakal Slmn 082242658149/087839535056 B00002.2018M314641-6

Jual cpt murah SHM Pek 198m²/145Jt NG akses aspal jauh mkm cuma 1,5km brt Janu Putra Cebongan Mlati 081233522019/081809035577 B00002.2018M314632-5

Jual cpt murah SHM PEK 198m²/145Jt NG akses aspal jauh mkm cuma 1km brt LP/SPBU Cebongan Mlati 081328566088/087821007986 B00002.2018M314363-4

Jual cpt promo murah SHMPEK 200m²/95Jt NG akses aspal jauh mkm/sungai lok 1km utara perum Gajah Mada Turi Slmn 082242658149/087839535056 B00002.2018M314364-5

Jual cpt promo SHM PEK 109m²/ 105Jt NG. 2muka mangku aspal jauh mkm cm 500m utara Lap Baratan Pakem Slmn 082242658149/087838317570

B02387.2018M313945-3

B00002.2018M314365-5

Dswkn u/Muslim Perum Margomulyo 48 dkt SMK Seyegan dr Jombor 15 mnt.8Jt/th.WA 081904012599

Jual cpt promo SHMPEK 112m² /85Jt NG akses aspal pdt penduduk jauh mkm dkt komplek perum Gajah Mada Turi Slmn 081328566088/087836605324

B00002.2018M314490-3

Rmh ckp bsr,dlm kota,sktr wrgsoto Sholeh,Tegalrejo 200m 3ktgrs, karpt,25jt/th 081328302479 B00896.2018.314522-3

Rmh siap huni 3KT 1KM lokasi utara JogjaBay.Strategis.Hub:0817262452 B00002.2018M314032-3

Rumah baru 2KT 1KM R.Tamu dapur. Timur Gembiraloka 081 392 464 110 keluarga B00002.2018M313997-3

TANAH DIJUAL 100jt Tnh SHM 264m2.Lok ideal1mnt dr jln utama Srandakan-Yk/Jlr bandara baru. 087719517771 B00385.2018M314661-3

140jt jd an pmbeli,pek SHM lt 500 ld16 kretek bntul.jl.cor,mbl msk.nyman huni.085878719000 B00001.2018M314035-3

850m²dpn GOR,BPN Slmn SHM. Proses pngeringan.Lb17m Pj50m hadap jl besar.Hrg NG.081578062424 B00002.2018M313870-3

99jt Kavling SHM 166m2,Ld10m,Lok desa wisata 1mnt dr jlnYk-Srndakan/Jlr Bndra 087719517771 B00385.2018M314665-3

BU djl tanah pkarngn SHM lok utara LANUD Adi Sucipto L170m² LD12,5 pinggir jl.085647217899 B00002.2018M314506-3

B00002.2018M312041-3

BU djl tnh kav LT100m,hrg 3Jt/m nego.Lok 1,5km utr std Maguwoharjo Slmn.Hub 0821.3830.3598

Rmh dalam Ringroad Jl.Tatabumi area kampus T45/100=550Jt KPR lgs pemilik WA:08175468883

BU jual tnh 200m² 110Jt nego.Lok Pantai Jatimalang&510 55Jt lok Pwr.H 082249162977 mbl msk

B00002.2018M313890-3

Djl tnh SHM L164m2 Jl.Wonosari Km8 keUtr 200m.Jl.Aspal mbl simpangan 1,9jt/m.08562856934

B00002.2018M313171-3

B00002.2018M314368-5

Jual cpt tnh SHM L326m²,ping jln strategis/sumur,3muka.Dkt:RS, Bank,psr,sklh.H:083144557887 B00002.2018M314483-3

Jual cpt Tnh SHM Pkr 765m LD16m 10Jt/m Kotak Bgs Jl.Magelang Km7 cck utk usaha087832232555 B00165.2018.314509-3

Jual Tanah 219m² muka10m pinggir jln aspal hook dkt dgn Ringroad Sltn Hub:082133759908 B00002.2018M314067-3

Jual tanah barat UAD Wirosaban dkt Ringroad L158m² muka10m Hg2,9jt/m Hub:081328020064 B00002.2018M314068-3

Jual tanah HGB, luas 2800m2, ld 48m. Jln solo km 10 (brt KR) hub tlp/WA 081226719198 B00002.2018M314559-3

Jual tanah kering luas 11000mtr.Cck buat gudang hrg 2,5jt,Ceper,Klaten. Nego H:08122700229 B00896.2018.314513-3

Jual tanah L2700m² LD 30m² H per m² Rp 500Ribu lokasi barat UMY Hub WA 081578956084 B00002.2018M314346-3

Jual Tanah Luas1265 Kebun Duku Cengkeh,sengon,dll.Ld:20 meter Lokasi Datar RataMobil Masuk Akses Jln Cor Lokasi Samigaluh H:081804356347(WA) hrg:175jt B01127.2018M314404-5

Jual tanah pekarangan 371m di Kotagede pinggir jalan aspal Rp.3.5jt/m Hub: 081226222726 Maaf jangan SMS Yang serius saja

B00002.2018M314010-3

B01347.2018M314590-4

BU:Tnh pek.SHM 335m² Mk.14m. Smbrbtikan RT02 Trrnggo Btl.Tnp prntra mlk sndri.H085927484872

Jual tnh kav dlm perum.Lok:Maguwo (Strtegis)LT125m H3,5Jt/m.Serius 082226660001.TnpPrantara

B00002.2018M313954-3

B00001.2018M314671-3

B00002.2018M314360-3

Terima kost kary/mhs pria kmd dlm park luas jl wates km 2 kalibayem utr hub 08122795967

Dijual SHM sawah (prs kering)LS 972m² tepi jl Titibumi dlm Ringroad 4Jt/m² Hub:08156722700

Jual tnh kavling L290m² LD30m mbl bs msk diGandok Jl.Imogiri Brt km7,3 telp 082134448251

B00692.2018.314293-3

B00002.2018M314529-3

B00002.2018M314043-3

TANAH DIJUAL Jual tnh pek Lt 150m SHM lok brt Puskesmas Playen hg 35jt neg Hub: 082323583456

TANAH DIJUAL Termurah SHMP L315m mk 15m H120Jt Brt lapangan Sorobayan Sanden Btl H 087738322217

B01347.2018M314496-3

B00002.2018M314296-3

Jual tnh SHM Kwalangan barat polsek Pandak L522m LD13m truk msk H220jt NEGO H 087839974422

Termurah SHMP L850m mk 18m H300Jt NG sltn per3an Sapuangin Pandah Btl H 087738322217

B00813.2018M314658-3

Kapling di Gamping Sleman dkt calon mall LT240=300Jt bs kredit bank WA:08175468883 B00002.2018M313895-3

Kapling di Pajangan Sedayu LT.8590Jt area jalur Bandara Br Rongroad Baru WA:08175468883 B00002.2018M313894-3

Pek bagus-sltn UMY-tepi jlutama Bangunjiwo Bantul dkt UIN-L1640m LD30m-Huk-08175464300 SHM B00002.2018M313926-3

Pek dkt kmp ISI Bantul-L325m LD12m-jlaspal mbl smpgn-dkt jlraya-2,6Jt/m-081226464012 SHM B00002.2018M313913-3

Pek rata bagus-Brt Masjid Agung Bantul-L324m LD12m-jlcor mbl mskdkt jlaspal-081226464012 B00002.2018M313915-3

Pek SHM 166m²,LD10m Lopati Trimurti Srandakan.Hrg 110Jt. 087839106858 B00002.2018M313902-3

Pek SHM diBambanglipuro Bantul LT241 LD7m.Mbl msk dkt Pasar Turi Hrg:65Jt.H/WA081808955195 B00002.2018M314566-3

Pek Utr kel Bangunjiwo Bantul dkt PADMA-L218m LD12m-jlcor-ramai-truk msk-081229706699 SHM B00002.2018M313922-3

Pekarangan 193m² LD11 Belakang BPN Sleman Hg:1,6jt/m Nego Hub:082226730066 B00002.2018M314088-3

Rmh djl pgr aspal kav no6 Dsn Krandon Berbah,2km dr jl.Wonosari Sekarsuni ke arah utr.SHM tnh 60m rmh TP45m 2lantai.H290Jt bs KPR DP30% HP085879859855 B00002.2018M313970-5

Sanden dkt pasar Celep hook2muka LT230m LD13m 140Jt dkt pasar TK SD SMP SMA 087839577738 B00002.2018M313116-3

SHM 196m Purwomartani 166m 506m Hrg 2,3Jt/m dekat SD Model Jogja Bay.Minat hb 081328367534 B00002.2018M314582-3

SHM 847m² dpt 2jalan aspal LD10 diBarat UII Jakal Hg 950Rb/m Hub:082226730066 B00002.2018M314087-3

SHM pek utr Perum Bandara Asri Berbah,L.125m,Ld 8m,truk msk,1,5jt/m nego.081.328.000.505 B00692.2018.314636-3

SHMP 303m2.LD12m cck u/Kost,sltn UII,Utr Ponpes Jl.Aspal hdp Timur 3,5jt/m. 081328747999

B00002.2018M314290-3

Tnh dijl 286m² TP.Blkg Hyatt, pajak pembelian ditanggung penjual.08986675720/WA08986675877 B00002.2018M314218-3

Tnh djl LT114m² SHMP Hrg 1,75/ m² Kalasan dkt perum Pertamina 087838854647/082237024007 B00002.2018M314228-3

TANAH DIJUAL Untuk Kos/RmhTgl 400m SHMP,Loks Jakal km13 msk ktmur 300m.Link Kos,2jt/m.H:081804074040 B01126.2018M314539-3

TANAH DISEWAKAN Jual cpt promo SHM PEK 186m²/85Jt NG akses aspal jauh mkm/sungai cuma utara perum Gajah Mada Turi Slmn/25 menit utara Brt kampus UII Jakal 081326986855/087825450967 B00002.2018M314631-6

Tanah Dikntrakan Luas 890m² LD22m Di Jln Ry Sribitan Bangunjiwa-Sedayu Hub:083838393696 B00002.2018M314622-3

Tnh djl SHM 494m bns bngnn bs u/ush100m utrper4an proliman Bogem Prmbnan3jt/m 085325395527 B01347.2018M314396-3

Tnh kavling mrh Bantul kota Barat SPBU Rendeng dkt perum.LT70m LD7 Hrg85Jt Hub081808955195 B00002.2018M314568-3

Tnh pek SHM 952m² LD60 Munggur Srimartani Piyungan (utara Koramil)1,1Jt/NG Hub 0818264616 B00002.2018M311656-3

Tnh Pek SHM L132m lok Pandak Jl.Srandakan msk 500m Hrg 75Jt. Hub 085100395228 B00002.2018M314325-3

Tnh Pek SHM L658m lok Brt SMK Maritim Jl.Samas L159m LD13m H80Jt.Hub 085100395228 B00002.2018M314324-3

Tnh Pek SHM L658m lok utara Puskesmas Srandakan Hrg 250Jt. Hub 085100395228 B00002.2018M314323-3

Tnh SHM tepi RR Lt491m LD19m hook dkt Kampus STIPRAM hg4,5Jt/ m.H:082134619500/08170234585 B00002.2018M314059-3

Tnh slt PlengkungGading JlPanjaitan L676m² LD45 SHMP.Akss mudah.085103884168/087812500746 B00002.2018M314378-3

TnhPek 3350m²,LD25m,Ambrktwng Gmping,p¼ lampu merah keUtr 500m cck utk inves/perum/kav.H.Nego. H081226119055/087738090455 B00002.2018M314600-4

Trmurah SHMP 605m mk 12m sdh dipagerbumi H270Jt Timur prtigaan SapuanginPandak087738322217 B00002.2018M314286-3

Untk Kntr/Ruko Per4an RR Sel Jl.ImogiriBrt 335m/22m 4jt/m &tepi RR Sel tmr Trmnl UH 430m/14m dpt 3mk 3jt/m&Sltn Laguna Spring Potorono 530m/14m SHMP Mbl Simpgn 1,3jt/m.085100470383 B01126.2018M314537-6

Untuk Rmh Tgl/Kos 212m Ld10m SHM Pek Lok Tmur Kmps PPPG Kes2jt/m & u/ Usaha Jl.Utama brt Psr Jangkang 3Kav @130m Ld10m SHM 2,3jt/m NG Hub:081804074040

B01126.2018M313518-3

Strategis, SHMP L500m2&650m2 LD 13m dekat gerbang UIN Pajangan BTL 085101849222 B01126.2018M311957-3

Strategis-cck u ush-tnh(L156m+139m) LD17m-tepi jlraya brt Masjid Agung Bantul-087839322230 B00002.2018M313916-3

Swh tepi Ringroad Brt.Dkt UMY Kasihan Btl-(1310m+1834m)LD24mtengah ada jln2m-087839322230 B00002.2018M313924-3

Tanah Pekarangan SHM Hook L101m² di Wioro Jln Pandawa mangku aspal Hub:087739171730 B00002.2018M314069-3

Tanah pinggir Jl.Wates km7,5. Luas180m,lebar10m.Pekarangan H 5,5Jt/m.Tlp/WA 085729182272

B01126.2018M314536-5

JUAL R.USAHA Djl Ruko strategs dkt Kraton deretan Toko kaos&batik Jl Rotowijayan L102m SHM.H:0811258165 B00001.2018M314042-3

Jl.Cpt.Pmlk.Lsg.WA:081390560317. Ruko 1lt.Jl.Raya Bantulan.20.Slmn. Yk.LT:135m².LB:109m².LD:6m. P:22m.2KM.2KT.1dpur.SHM+IMB B00002.2018M305226-4

Jl.Ruko dpgr jl.Raya Palagan Km10. dkt Tmn Palagan Asri 3&Psr.Lt634m². Lbr.18m.Lb.500m².Co2k Show room mbl,mtr dsb.Siap KPR.Hub 081328547888 Yk B00001.2018M314678-5

Jual R.Usaha pgr jl.Palagan km10. dkt Tmn Plagan Asri3.Sblm psr Rejodani. Lt634m².Lb500m².Lbr18m. SHM-IMB.H:081328547888yk B00001.2018M313736-4

Jualrmh ruko Lb6*9m Lt114m cck u/kntr ush brtPsrPlayen jl utama tggl pke190jt 085228459524 B01347.2018M314497-3

Ruang Usaha LT350m² diJln Kabupaten(utara BMKG)Kab Sleman Hg4,3jt/m Hub:082226730066 B00002.2018M314090-3

OPER KONTRAK RU Over kontrak utk usaha Ruko Jl.psr Barongan Rayasumber jetis Bantul 5jt/th.Hub085217664926 B00001.2018M314666-3

SEWA R.USAHA Boleh dikontrakn ruko bngunan baru dpn Pasar Piyungan Jl.Wonosari km14 tepi jl utm 25Jt 2KT,LD11m,prkir luas.Kontrak lama bs byr brtahap.Gandu jl.Wonosari km8 kios3x14m hal luas 15Jt. WA085743058806/082137911565 B00002.2018M314591-7

Dikont kios UK9x6m. Rolling+kacaparkir dpn 3m.Cck u/kantoran.Bantul kota.Hub087838322759 B00002.2018M314373-3

Dikontrakan T.Usaha(u/RM)6x12. Strategis dkt kmps murah 11Jt/th min 5th .0821333 63333 B00002.2018M314242-3

Disewakan Kios Uk:4x9m Harga 7Juta/thn Jl.Paris Km8 Tembi Yogya Hubungi WA:0877 3459 9650 B00165.2018.314256-3

Disewakan ruko 3lantai, luas 7x30,pinggir jl.kaliurang km13 (samping uii)082243437711 B00002.2018M314213-3

Dkont Kantor Salon Cafe Comp Distro.Strategis, Demangan Baru Rajawali 06 0274561778 TP B00002.2018M314317-3

Dswkn:Gudang diMrisi Kasongan(bs u/HomeIndustry)L1142m²jl aspl. Sewa min6Bln.WA081229515222

B00002.2018M314459-3

B00002.2018M314348-3

Tanah SHMP ±9x7m² akses jln 5m Hrg 30Jt utara Candi Prambanan 081328107819 / 082242708006

Oper kontrak cafe di Seturan msh bgs allin 90Jt (sewa,bgnanintrior,wifi) WA/HP 085878806885

B00002.2018M313624-3

B00002.2018M312336-3

Gunakan Soda, Kloset Anda Bersih dalam Sekejap SUDAH berapa ratus ribu rupiah yang Anda habiskan untuk membersihkan kamar mandi, terutama kloset? Padahal, hanya dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur, Anda justru dapat menekan biaya ratusan ribu itu untuk membuat kamar mandi sekaligus klosetnya kembali kinclong dalam sekejap. Persegi Bahan-bahan harian dapur itu bisa Anda gunakan untuk membersihkan noda membandel, baik pada kloset maupun saniter lainnya. Cobalah ambil satu kaleng soda rasa kola untuk menghilangkannya. Tuangkan satu kaleng penuh soda tersebut ke dalam kloset. Pastikan dinding-dinding kloset juga terkena soda. Biarkan air soda tersebut melapisi "mangkuk" kloset selama satu jam. Asam yang terkandung dalam soda kola mampu menguraikan noda tersebut selama satu jam. Setelah itu, gosok kloset dengan sikat khusus dan guyur (flush) dengan air. Kloset pun kembali berwarna cerah tanpa noda seperti sebelumnya. Noda juga bisa terjadi akibat penumpukan mineral pada kloset Anda. Gunakan cuka putih untuk membersihkannya. Rendam kertas tisu pada cuka putih dan letakkan kertas tisu basah tersebut pada permukaan

tumpukan mineral. Biarkan kertas tisu tersebut diam di sana sepanjang malam dan guyur keesokan paginya. Cara yang jauh lebih mudah bisa Anda terapkan untuk menyelesaikan masalah kloset mampet. Anda hanya perlu mendidihkan air dan mengguyurnya langsung pada lubang kloset. Tanpa perlu berbagai bahan kimia berbahaya, masalah Anda bisa diselesaikan. Selain itu, kloset Anda juga bisa terancam dengan adanya karat pada sekrup yang ada pada dudukan kloset. Untuk menghindari adanya karat, Anda bisa mengaplikasikan pewarna kuku (kuteks) pada permukaan sekrup. Pastikan saja pewarna kuku tersebut sudah kering sebelum Anda menggunakan kloset. Namun, jika karat sudah telanjur "menyerang" kloset, Anda bisa menggunakan batu apung untuk membersihkannya. Pastikan batu apung dan kloset dalam keadaan basah. Bila tidak, kloset yang terbuat dari porselen bisa tergores. Jika ingin membuat porselen Anda lebih mengilap, gunakan saja baby oil. Tuangkan beberapa tetes baby oil pada kain bersih, kemudian seka kloset porselen hingga kering dan mengilap. (kompas.com)

TIPS PROPERTI


MALIOBORO BUFFER 19

JUMAT PON 9 MARET 2018

Massa Minta Hentikan Diskriminasi „„ Sejumlah Kelompok Gelar Aksi Peringati Hari Perempuan Sedunia YOGYA, TRIBUN - Puluhan perempuan melakukan aksi di Titik Nol Kilometer dalam rangka memperingati International Womens Day, Kamis (8/3). Dengan membawa spirit feminisme, para perempuan yang tergabung dari berbagai kelompok tersebut menyuarakan beberapa isu terkait gender yang terjadi di Indonesia. Koordinator Aksi, Adinda Aurellia mengungkapkan bahwa melalui aksi perin-

gatan International Women Day ini para perempuan diharap dapat menuntut haknya yang sepatutnya bisa mereka perjuangkan. “Acara kali ini dalam rangka memperingati International Womens Day, banyak tuntutan yang kita suarakan hari ini, sebab hingga saat ini masih ada peraturan yang berlaku, justru merepresi para perempuan,” terang Adinda. Masih banyaknya kekerasan yang terjadi ter-

Perlakuan di Ruang Publik SELAIN aspek ekonomi, beberapa isu terkait sosial dan budaya, seperti kasus diskriminasi yang masih dialami oleh para perempuan di masyarakat saat ini, juga menjadi sorotan. Mereka menganggap bahwa selama ini perlakuan tidak setara di ruang publik terhadap perempuan juga masih terjadi secara simultan, dan hak itulah yang akan mereka perjuangkan. Di aspek hukum, mereka juga menuntut tidak adilnya beberapa peraturan tentang batas usia pernikahan dan rencana perluasan KUHP Per-

zinahan yang nantinya dirasa merugikan perempuan. “Batas usia pernikahan untuk perempun di UU saat ini 16 tahun, dan rencana KUHP terkait perzinahan bagi kami itu justru akan merepresif kami sebagai perempuan, perempuan yang akan dirugikan dari berbagai aturan tersebut,” tandas Adinda. Melalui aksi seperti ini, para peserta aksi berharap agar nantinya kesetaraan gender dapat diwujudkan di berbagai hal secara seutuhnya dan tidak hanya menjadi isapan jempol belaka. (riz)

hadap perempuan juga menjadi topik yang dibawa di aksi tersebut. Mengingat kekerasan terhadap perempuan merupakan isu yang hingga kini terus terjadi, sebab stereotip terhadap perempuan yang dianggap lemah masih melekat di sebagaian masyarakat. Melalui aksi tersebut, mereka berharap agar nantinya kesetaraan gender benar-benar dapat diwujudkan di Indonesia, hingga perlakuan diskriminasi terhadap perempuan tidak terjadi lagi. Selain itu, beberapa aspek juga diangkat, antara lain isu-isu terkait dengan ekonomi, politik, sosial budaya dan hukum. Pemilihan aspek-aspek tersebut dilakukan karena mereka menganggap selama ini masih terjadi diskriminasi terhadap perempuan di dalamnya. “Dalam hal ekonomi misalnya, para pekerja per empuan selama ini belum mendapatkan beberapa hal yang sepatutnya mereka dapatkan seperti cuti hamil atau cuti menstruasi secara layak,” katanya. (riz)

TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI

PEREMPUAN - Sejumlah anggota Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Yogyakarta menggelar

Pemakai Berbagi Pil dengan zz Sambungan Hal 13

sehari, pagi dan sore masing-masing satu butir. Lainnya ternyata untuk diberikan ke burung ocehan yang dipeliharanya. Jadi pilnya itu ditumbuk dan dicampur sama pakan burung biar ocehannya bagus,” ujarnya. Menurutnya, pelaku juga mengakui bahwa dalam seminggu ia hanya mengonsumsi 14 butir pil, dan selebihnya untuk campuran pakan burung ocehan miliknya. Diungkapkan oleh Kompol Sugeng, pelaku memiliki banyak peliharaan burung ocehan. Bahkan, ketika dilakukan penggeledahan di rumah pelaku pihaknya mendapati lebih dari 10 burung ocehan yang berada di masing-masing sangkarnya. Ditambahkannya, berdasarkan keterangan yang diperoleh pihaknya dari pelaku, pelaku mendapatkan ratusan obat itu dari seseorang yang beralamatkan di daerah Condongcatur, Depok, Sleman. Pelaku juga mengakui bahwa dia telah lebih dari sekali bertransaksi dengan orang tersebut. “Pelaku mengakui kalau dia sudah 2 kali beli dari mister X dan dengan cara COD. Pelaku tetap kami proses dan dijerat pasal Pasal 62 juncto pasal 60 ayat 5 UU RI No 5 tahun 1997 tentang psikotropika dengan hukuman 5 tahun penjara,” ucapnya. Penjual ayam Setelah dilakukan pengembangan dari penangkapan VO, pihaknya berhasil mendapatkan lokasi keberadaan penjual pil. Bahkan hanya berselang beberapa jam pihaknya berhasil meringkus YBN (41), warga Condongcatur, Depok, Sleman. “Pengedarn-

Tiap Hari Keliling Bersepeda zz Sambungan Hal 13

ngat bersyukur, Alhamdulillah,” ujar Mbah Tugiman, penuh sahaja, Kamis (1/2). Tak ada keistimewaan sedikitpun dalam keranjang dagangan yang Mbah Tugiman dudukan di belakang sepeda. Keranjang itu hanya berisi empat kaleng. Dua kaleng tampak berisi es murni jadoel, sementara dua lainnya berisi plastik dan perkakas pelengkap dagangan. Satu-satunya tanda bahwa Mbah Tugiman jualan es hanyalah kertas putih yang ia letakan di atas keranjang bertuliskan “Es Murni Jadoel Rp2.500/biji”. Artinya, satu biji es murni milik Mbah Tugiman, ia dibanderol dengan harga Rp2.500. Senyumnya lelaki yang berjalan terbungkuk ini terlihat mengembang tatkala beberapa orang anak yang lewat berkenan membeli es murni jadoel miliknya. “Mari dek, beli berapa?” terdengar Mbah Tugiman menyapa sang anak. Setiap hari, dalam kaleng yang ia bawa berkeliling Bantul-Yogya, Mbah Tugiman mengaku menaruh sebanyak 100 biji es murni. “Saking 100 biji wau,

ya kami tangkap jam 5 pagi di perumahan yang ada di Condongcatur,” katanya. “Saat penggeledahan kami sita 280 pil Calmlet 1mg, 135 pil Alprazolam 1mg, 40 butir pil Otto Alprazolam, 40 butir pil Riklona 2mg dan 40 butir pil Riklona 1mg. Jadi totalnya kami sita 535 pil dari tangan pelaku,” ujarnya. Dari keterangan pelaku, YBN mendapatkan barang tersebut dari Solo, Jawa Tengah dan bertansaksi dengan cara COD dengan seorang bandar asal Solo. YBN juga mengaku hanya menjual barang itu kepada orang yang dikenalnya dan dalam partai besar saja. “Dari pengakuannya, pelaku kalau transfer Rp 2-3 juta kepada sang bandar. Setelah itu COD di Klaten agar aman dan dijualnya lagi perpapan (10 butir) dengan harga antara Rp 250-300 ribu kepada pelanggannya. Baru 6 bulan dia menjadi seorang pengedar pil,” ujarnya. Jemput bola Ditambahkan Kompol Sugeng, dalam mengedarkan barangnya, YBN menerapkan sistem jemput bola kepada pelanggannya, yakni pembeli datang ke rumahnya untuk mengambil barang tersebut. Namun, sebelumnya telah tercapai kesepakatan terlebih dahulu. “Pengedar ini kesehariannya jadi penjual ayam di pasar. Karena tergiur untung besar jualan pil maka ikut jadi pengedar tadi. Bisa dikatakan pekerjaan sampingannya jualan pil. Ditambahkannya lagi, YBN tetap diproses pihaknya dan disangakakan pasal Pasal 62 juncto pasal 60 ayat 4 UU RI No 5 tahun 1997 tentang psikotropika dengan hukuman 5 tahun penjara. (rid)

kadang mung laku separo. Opo meneh jawoh, sepi, (Dari 100 biji yang dibawa, terkadang hanya terjual setengah, apalagi ketika hujan, tambah sepi pembeli,” ungkap Mbah Tugiman. Setiap es yang tak laku terjual hari itu, terpaksa ia bawa pulang untuk dimasukkan ke dalam mesin pendingin lagi. Mesin pendingin Beruntung, Mbah Tugiman mengaku memiliki mesin pendingin sendiri, sehingga bisa langsung membekukan lagi setiap es yang tak terjual. “Es ini saya buat sendiri. Ada kulkas sendiri. Kalau nggak laku dibawa pulang, dimasukkan kulkas lagi,” terangnya. Mengadu nasib dengan pekerjaan berjualan, diakui Mbah Tugiman sudah ia geluti sejak puluhan tahun silam. Ia mengaku mulai jualan dari tahun 1965. Artinya sudah 50 tahun lebih ia menekuni profesi sebagai pedagang. “Kulo dodolan saking tahun 65. Dodolane bedabeda. Pernah kulo dodolan telor Puyuh, es serut. Menawi dodolan es murni niki saking tahun 80-an (Saya jualan sejak tahun 1965. Jualannya beda-beda. Saya pernah jualan telur puyuh, es serut. Kalau jual es murni ini sejak 80-an)” tutur

Mbah Tugiman. Diceritakan, ia mulai terjun berjalan es murni, berawal ketika dirinya ikut sebagai pekerja dari seorang pengusaha Tionghoa pada dekade 80-an. Awalnya, setiap hari ia harus mengambil barang dagangan berupa es murni ke pengusaha tersebut. Namun, lambat laun, berganti zaman, sang pengusaha itu gulung tikar. Mbah Tugiman memutar otak untuk bisa bertahan mencukupi kebutuhan keluarga. “Pas teng pengusaha cina niku, kulo sing ndamel es, kulo nggih sing dodolan. Akhire pengusaha cina niku gulung tikar, kulo ndamel piyambak, (ketika bekerja di pengusaha asal cina itu, saya yang membuat es, saya juga yang menjual. Akhirnya, pengusaha cina itu bangkrut. Saya berinisiatif membuat sendiri)” terang dia. “Sakniki kulo mpun mboten dikejar-kejar setoran mergo sampun ndamel es piyambak. Kulo kerja sing penting sakuate, mencukupi keluarga (Sekarang saya sudah tidak dikejar kejar uang setoran karena udah membuat es sendiri, saya kerja semampunya sekadar untuk mencukupi keluarga)” imbuh Mbah Tugiman, lalu tersenyum. (ahmad syarifudin)

aksi damai memperingati hari perempuan sedunia di kawasan Tugu, Kota Yogyakarta, Kamis (8/3).

Penyalahguna Obat Resep Dokter Dibekuk YOGYA, TRIBUN - Empat pemakai obat-obatan jenis psikotropika diamankan jajaran Satresnarkoba Polresta Yogyakarta akhir pekan lalu. Adapun keempat pemakai ini ditangkap di tempat berbeda dan di hari berbeda, diketahui pula bahwa keempatnya mendapatkan obatobatan, setelah berobat ke dokter dan dan disalahgunakannya. Kasat Resnarkoba Polresta Yogyakarta, Kompol Sugeng Riyadi mengatakan, penangkapan tersebut bermula saat pihaknya mendapatkan informasi terkait adanya pemakai obat psikotropika di daerah Tegalrejo. Mendapati informasi tersebut, pihaknya lantas melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap dua pemakai, masing-masing berinisial M alias Dudung (41) dan S alias Gundul (42), keduanya warga Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta. “Keduanya kami tangkap

Talud Baru Longsor Tergerus Hujan zz Sambungan Hal 13

Ia mengatakan bahwa kerusakan ada di dua titik, sisi utara dan selatan. Wintoro menyebut kondisi paling parah ada di selatan, yang panjangnya mencapai 50 meter. Sementara di sisi utara kerusakan yang terjadi panjangnya sekitar 25 meter. Di atas talud yang rusak tersebut, lanjutnya, merupakan jalan inspeksi yang biasa digunakan warga sekitar dengan berjalan kaki maupun sepeda kayuh. Namun

Pemkot Siapkan Dana Insidental zz Sambungan Hal 13

“Rencanakan perbaikan nanti kami kirim surat dulu ke BBWS yang punya kewenangan. Saya kirim surat ke BBWS mohon izin kami seperti apa, karena itu bukan aset kita.

di simpang empat Dongkelan beserta barang buktinya. Tidak ada perlawanan dari keduanya saat kami amankan,” katanya, Rabu (7/3). Ia melanjutkan, barang bukti yang disita pihaknya berupa satu butir pil Calmlet Alprazolam1 mg dan sebuah smartphone. Diungkapkan Kasat Resnarkoba bahwa beberapa pil lainnya ternyata telah mereka konsumsi.

Dijelaskan Kompol Sugeng, pengembangan yang dilakukan pihaknya pun berbuah manis. Keesokan harinya pihaknya berhasil meringkus dua orang yang merupakan pemakai dan penjual pil jenis psikotropika. Adapun kedua orang yang diringkus pihaknya masing-masing berinisial H alias Ndopong (34), warga Tamanan, Bantul dan WAA (24), warga Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta. “H dan WAA kami amankan di Krobokan, Tamanan, Bantul. H ini penjualnya dan WAA pembeli sekaligus pemakai. Dari H kami sita 9 butir pil Camlet Alprazolam 1 mg dan 4 butir pil Atarax Alprazolam 0.5 mg. Sedangkan saat menggeledah WAA ditemukan 7 butir pil Atarax Alprazolam 0.5 mg di dalam dompetnya,” ujarnya. Ditambahkannya, keempat orang tersebut tak saling mengenal dengan baik. Sela-

in itu, dari pengakuan keempatnya pil tersebut rata-rata didapatkan dengan resep dokter. Diungkapkan pula, keempat orang tersebut merupakan pemakai yang tergolong lama. “Rata-rata mereka sudah mengonsumsi pil itu selama setahunan. Dapatnya pil dari berobat ke dokter dan malah disalahgunakan tadi itu,” ucapnya. Ditambahkannya, karena terbukti bersalah keempatnya saat ini harus mendekam di tahanan Polresta Yogyakarta guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dikatakan pula, dalam kasus ini pihaknya menyangkakan dua pasal. “Pemakainya kami jerat pasal 62 juncto pasal 71 ayat 1 UU RI No.5 tahun 1997 tentang psikotropika dengan hukuman 5 tahun penjara. Untuk penjualnya dijerat dengan pasal 60 ayat 1 huruf b UU RI No.5 tahun 1997,” katanya. (rid)

kerusakan tersebut membuat pihaknya menutup jalan menggunakan peralatan seadanya untuk menjaga keselamatan warga. “Kalau yang sisi selatan ditutup total. Selain talud sungai ambrol, talud yang di atasnya juga retak. Atasnya itu ada rumah. Sementara utara masih bisa digunakan untuk lewat tapi harus hatihati,” bebernya. Ia menambahkan, talud sungai tersebut merupakan bangunan baru yang dibuat pada 2016 silam. Ketika hujan deras mengguyur Yogyakarta pada 2017, hanya menyebabkan jalanan di atasnya menjadi retak cu-

kup besar. Menurutnya, hantaman yang kuat dari arus air sungai saat hujan, terlebih di dua titik ambrol tersebut merupakan kelokan air sungai, membuat kondisi talud lama-lama menjadi tergerus. “Begitu hujan yang semalam itu, langsung ambrol,” ungkapnya. Air masuk rumah Madi, seorang warga yang tinggal di dekat lokasi talud ambrol tersebut menjelaskan, ketinggian air saat hujan kemarin sangat tinggi dan hanya berjarak sedikit dari talud yang membatasi aliran sungai dengan rumahnya. “Walau air tidak meluber,

tapi air masuk sampai teras rumah. Soalnya airnya naik melalui pori-pori. Kalau hujan gini warga sini memang sudah cepet-cepet untuk menutup pori-pori air,” bebernya. Tak hanya pori-pori air di halaman rumah yang menghadap langsung ke sungai, Madi juga menutup saluran air di kamar mandi untuk menghindari luberan air di dalam rumahnya. “Sebenarnya kalau yang hujan di kota saja, tidak sampai begini. Tapi kalau sudah di Sleman langitnya mendung tebal, aliran air di sini pasti langsung tinggi,” ujarnya.(kur)

Kalau tidak ada tanggapan, akan dikerjakan oleh pihak ketiga,” ujarnya, Kamis (8/3). Aki menjelaskan, perbaikan tersebut nantinya akan menggunakan dana insidental. Anggaran untuk dana insidental totalnya adalah Rp1,6 miliar. Digunakan untuk perbaikan di Pandeyan Rp200 juta, Baciro tidak lebih dari Rp30 juta, dan Muja

Muju Rp100 juta. “Nanti perbaikannya ya tetap pakai beronjong, biar alami. Kalau masalah kekuatannya, lebih kuat talud permanen pakai semen. Tapi tidak ramah lingkungan,” ujarnya. BPBD Kota Yogyakarta memberikan laporan kejadian terkait talud longsor di Pandeyan pada Rabu (7/3) pada pukul 18.30. Penye-

bab talud longsor adalah hujan dan aliran deras sungai Gajahwong yang menghantam talud. Dampak dari kejadian tersebut adalah akses jalan ditutup dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Tindakan yang dilakukan adalah assesment awal dan melakukan koordinasi dengan Ketua RT setempat. (kur)

Keduanya kami tangkap di simpang empat Dongkelan beserta barang buktinya. Tidak ada perlawanan dari keduanya saat kami amankan.

Dekat Bunda zz Sambungan Hal 13

nggak enak badan, tiba-tiba dapat telepon dari ibu, tanya kabar, seolah ibu juga merasakan hal yang aku rasain,” ujar perempuan kelahiran Boyolali ini. Meski bisa dibilang kebetulan namun hal tersebut terjadi lebih dari sekali atau dua kali, bahkan intensitas itu cukup sering.

“Jadi yang bisa ngertiin ya ibu,” lanjutnya kepada Tribun Jogja, beberapa waktu lalu. Terbiasa hidup indekos, Dewi sudah hidup mandiri sejak awal SMA, Dewi saat itu harus hidup jauh dari keluarga lantaran menempuh pendidikan di salah satu SMA di Kota Salatiga tepatnya mulai tahun 2007. Hal tersebut juga ia alami kala menempuh pendidikan tinggi di Universitas

Negeri di Solo, Jawa Tengah selepas tahun 2010 hingga sekarang. Meski terbiasa tak satu rumah dengan bunda, perempuan kelahiran 10 Juli 1992 ini mengaku dapat mengobati rasa rindunya dengan aplikasi ponsel dan berkomunikasi jarak jauh yang intens. “Cara ngobatin-nya ya dengan telepon, kadang ibu tiba-tiba telepon, atau sebaliknya,” ujarnya di sela pekerjaannya. (wsn)


17

JUMAT, 9 FEBRUARI 2018

20

JUMAT PON 9 MARET 2018

AFP

SELEBRASI

- Duet penyerang Juventus, Gonzalo Higuain dan Paulo Dybala melakukan selebrasi merayakan kelolosan tim mereka ke perempat final Liga Champions 2017/18 usai menyingkirkan Tottenham Hotspur di babak 16 besar.

TOTTENHAM 1-2 JUVENTUS

KEKUATAN SEJARAH SEJARAH klub terbukti penting dalam sepak bola. Nama besar sebuah tim yang didapat dari prestasi luar biasa pada masa lalu, bakal membuat para pemainnya selalu tampil dalam performa tinggi, apalagi dalam laga penting seperti Liga Champions. Itulah yang tampaknya menjadi pembeda antara klub raksasa Italia Juventus dengan kesebelasan yang tengah berkembang di Inggris dan Eropa, Tottenham Hotspur.

Kiper Juventus Gianluigi Buffon hanya pasrah melihat bola sepakan pemain Spurs, Son Heungmin masuk ke gawangnya.

Gonzalo Higuain menghantam bola umpan dari Sami Khedira dengan bagian luar kaki kanannya untuk menaklukkan kiper Spurs, Hugo Lloris.

Hasil imbang 2-2 di kandang Juventus seharusnya bisa mempermudah jalan Spurs untuk lolos dari babak 16 besar Liga Champions. Apalagi pada leg kedua di Stadion Wembley, London, Kamis (8/3) dini hari, Spurs yang menjadi tuan rumah unggul lebih dulu pada menit ke-39. Gelandang Son Heung-min yang gagal memanfaatkan dua peluang yang ia dapat pada menit-menit awal ketika tinggal berhadapan dengan Gianluigi Buffon, membayar kesalahannya itu dengan menaklukkan sang kiper melalui tendangan kaki kanannya, meneruskan umpan Kieran Trippier. Spurs unggul 1-0 dan agregat 3-2. Dengan demikian, jika hanya kebobolan sebuah gol dan laga imbang 1-1, pasukan Mauro Pochettino itu akan lolos ke babak 8 besar berkat keunggulan jumlah gol tandang. Pada 45 menit awal itu tuan rumah benar-benar menguasai pertandingan. Juventus bahkan baru bisa membahayakan gawang lawan pada menit 42, namun bola tendangan keras Miralem Pjanic masih melebar. Akan tetapi situasi perlahan berubah pada babak kedua. Pelatih Massimiliano Allegri memasukkan Stephan Lichtsteiner dan Kwadwo Asamoah dan kehadiran mereka bisa mengubah keadaan. Walau Spurs masih mendominasi, namun si

Nyonya Tua mulai lebih lancar mengalirkan bola ke arah pertahanan lawan. Lalu terjadilah tiga menit yang bakal sulit dilupakan oleh para pemain The Lillywhites. Pada menit ke-64, Lichtsteiner mengirim umpan silang dari kanan yang kemudian disundul oleh Sami Khedira. Bola bergerak ke arah Gonzalo Higuain yang langsung menghantamnya dengan bagian luar kaki kanannya untuk menaklukkan Hugo Lloris. Skor berubah 1-1. Kepercayaan diri Si Nyonya Tua langsung meningkat. Tiga menit kemudian kerja sama satu-dua Higuain dan Paulo Dybala meloloskan Dybala menembus pertahanan Spurs. Dybala lalu merobek gawang Lloris dengan kaki kirinya. Tuan rumah terdiam, sementara pendukung Juventus langsung berpesta. Allegri langsung menginstruksikan pasukannya untuk bertahan dan Spurs gagal menembusnya. Peluang terakhir didapat penyerang Spurs Harry Kane, tetapi bola sundulannya masih bisa ditepis Buffon dan menghantam tiang gawang. Juventus pun maju ke babak perempat final untuk ketiga kalinya dalam empat musim terakhir. Usai pertandingan, wakil kapten Juventus, Giorgio Chiellini, menyatakan bahwa kekuatan sejarahlah yang membawa mereka bisa membalikkan keadaan untuk menang. ”Ini karena sejarah,” kata sang pemain belakang. ”Mereka selalu menciptakan banyak peluang dan mencetak banyak gol, tapi

pada akhirnya, ada sesuatu yang hilang dari mereka. Kami percaya kepada sejarah.” Pertandingan sehari sebelumnya-Real Madrid vs. Paris Saint-Germain, yang dimenangi Real--menurut Chiellini menunjukkan bahwa sejarah dan pengalaman sangat penting dalam kejuaraan sekelas Liga Champions. ”Bagi kami ini adalah malam yang luar biasa. Amat sulit dan kami tahu itu sebelum pertandingan berlangsung. Tapi kami percaya bisa menang,” tegasnya. Allegri menyatakan bahwa pergantian pemain pada babak kedua membantu meningkatkan performa tim karena dilakukan pada saat yang tepat. ”Saya merasa fisik para pemain Spurs agak menurun. Walau tertinggal 0-1 kami bereaksi dengan baik dan terus bermain. Kami tahu kami bisa mencetak gol. Satu hal yang kami cemaskan adalah kalau kebobolan lagi,” papar sang pelatih, dikutip Sky Sports. Sementara itu walau gagal maju ke babak selanjutnya, Pochettino mengaku bangga dengan perjuangan pasukannya. Dua kesalahan membawa timnya tak bisa meneruskan perjalanan mereka di Liga Champions. Tetapi para pemain, menurut Pochettino, telah tampil amat bagus dan menunjukkan potensi mereka. Kekalahan ini akan menjadi

pelajaran yang baik bagi para pemain muda Spurs untuk berkembang pada masa depan. ”Kami sangat kecewa, tetapi ini adalah bagian dari pertumbuhan. Kami akan terus maju,” katanya seperti dinukil BBC. Spurs perlahan memang berkembang menjadi tim yang ditakuti, baik di Liga Inggris maupun Eropa. Peluang mereka meningkatkan prestasi akan besar jika bisa mempertahankan para pemain muda pentingnya, termasuk Son, Kane, dan Delle Alli, yang diincar oleh banyak klub. (tribunnews/dod)

Paulo Dybala merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Spurs.

Kapten Juventus, Gianluigi Buffon memeluk striker Tottenham Harry Kane seusai pertandingan.

Tribunjogja 09-03-2018  

Tribun Jogja Edisi 09-03-2018

Tribunjogja 09-03-2018  

Tribun Jogja Edisi 09-03-2018

Advertisement