Issuu on Google+

EDISI INDONESIA

Twitter: @TPP_Indonesia Facebook: The President Post Indonesia

The President Post T H E

S P I R I T

O F

I N D O N E S I A

BISNIS

GAYA HIDUP

– Hal. A4

– Hal. B1

– Hal. B6

Minyak Sawit RI Terus Meningkat dan Dominasi Pasar Dunia

Vol. 2 No. 47 Edisi Minggu ke-2 Desember 2013 www.thepresidentpostindonesia.com

HUKUM

Rencana Penerbitan New Negative List

IDR 10,000

Mercedes-Benz Luncurkan GL-Class Pertama Rakitan Indonesia

Potensi RI Berpenghasilan Tinggi Dibayangi MIT Indonesia berpotensi mencapai pendapatan per kapita di atas US$14.000 pada tahun 2025. Hal ini dapat terwujud jika pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 7,5%-9% per tahun. Jika terwujud, maka Indonesia akan masuk 10 besar kekuatan ekonomi dunia.

”U

INDUSTRI MNUFAKTUR. Tingginya pertumbuhan ekonomi nasional turut mendorong semakin besarnya kelompok masyarakat kelas menengah. Tapi, Indonesia harus mewaspadai yang namanya middle income trap (MIT) atau jebakan pendapatan menengah. Salah satu cara untuk menghindari middle income trap adalah dengan tidak mengandalkan bahan mentah untuk meningkatkan pendapatan karena bahan mentah akan habis.

ntuk dapat bertransisi menuju negara dengan tingkat pendapatan tinggi, kita harus memastikan bahwa perekonomian Indonesia didorong oleh produktivitas secara terus menerus dalam jangka panjang, tidak boleh bergantung pada sumber daya alam," ujar kepala kebijakan ekonomi Makro, Badan Kebijakan Fiskal, Luky Alfirman disela-sela seminar ‘Middle Income Trap: Prospek dan Tantangan Indonesia' di Fakultas Ekonomi UI, Depok, Selasa (3/12). Tingginya pertumbuhan ekonomi nasional turut mendorong semakin besarnya kelompok masyarakat kelas menengah. Tapi, Indonesia harus mewaspadai yang namanya middle income trap (MIT) atau jebakan pendapatan menengah.

Dunia Kehilangan Pahlawan Keadilan, RI Kehilangan ‘Pahlawan Batik’ Mandela pertama kali mendapatkan bingkisan batik ketika berkunjung ke Indonesia di tahun 1990. Sejak itu Mandela seringkali mengenakan kemeja batik dalam berbagai acara baik formal maupun informal

Kepergian Nelson Mandela Kamis waktu setempat meninggalkan duka mendalam di seluruh dunia. Semua orang merasa kehilangan tokoh yang dikenal dengan kegigihannya dalam menghilangkan praktek rasialisme di negaranya. Para pemimpin dunia menyebutnya sebagai pahlawan keadilan dan rekonsiliasi. Untuk Indonesia, Mandela bisa dikatakan sangat berjasa dalam mempromosikan batik. Mandela pertama kali mendapatkan bingkisan batik ketika berkunjung ke Indonesia di tahun 1990. Sejak itu Mandela seringkali mengenakan kemeja batik dalam berbagai acara baik formal maupun informal, walau sebagian batiknya dirancang oleh perancang Afrika Selatan Desre Buirski.

Kabarnya perancang kondang Indonesia Iwan Tirta, sebelum meninggal tahun 2010, secara rutin mengirim batik untuk Mandela setiap tiga bulan sekali. Mandela bahkan sempat mengejutkan Soeharto, presiden Indonesia saat itu, ketika hadir dalam pertemuan bilateral kedua negara dengan mengenakan batik sementara Soeharto mengenakan setelah jas ala Barat. Menurut mantan duta besar Indonesia untuk Afrika Selatan, Sugeng Rahardjo, filosofi batik Indonesia tercermin dalam kepribadian Nelson Mandela. “Batik mencerminkan kesabaran dan keharmonisan. Itulah kepribadiannya. Kesabarannya terlihat saat memperjuangkan kesetaraan untuk masyarakat Afrika Selatan dengan mendekam di penjara selama 27 tahun.” Meski telah tiada, jasa Mandela dalam ‘mempromosikan’ batik diperkirakan akan tetap berdampak dalam meningkatnya permintaan batik Indone-

sia, terutama dari Afrika Selatan. “Awalnya masyarakat Afrika Selatan segan memakai batik, karena menganggapnya sebagai pakaian Bapak Negara. Setelah tidak lagi menjabat sebagai presiden, orang yang ingin membeli dan memakai batik mulai bertambah,” kata Michael Pasaribu, warga Indonesia yang membuka toko batik di Pretoria. Ia menambahkan setelah Mandela meninggal, kemungkinan akan lebih banyak lagi yang ‘memburu’ batik. Nelson Mandela meninggal dunia Kamis malam waktu setempat atau Jumat pagi (6/12) waktu Indonesia Bagian Barat. Tokoh yang dijuluki dunia sebagai pahlawan keadilan ini meninggal dunia setelah tiga bulan dirawat di rumah sakit karena infeksi paru-paru kambuhan yang sering dideritanya. Mandela meninggalkan seorang istri dan enam orang anak dari dua pernikahannya yang terdahulu.

KUTIPAN DAN PEMIKIRAN MANDELA Lebih baik memimpin dari belakang dan memberikan kesempatan orang lain untuk di depan ketika Anda menikmati kemenangan. Majulah ke depan saat ada bahaya, maka orang akan menghargai kepemimpinan Anda.” “Jika Anda ingin berdamai dengan musuh, Anda harus bekerja sama dengannya. Lalu musuh akan menjadi rekan (partner) Anda.” “Kebebasan bukan berarti hanya melepaskan belenggu, tapi menjalani hidup dengan menghormati dan memperbaiki kebebasan orang lain.”

“Jika Anda berbicara dengan bahasa yang dimengerti lawan bicara, itu akan masuk ke dalam kepalanya. Tapi jika Anda berbicara dengan bahasa mereka, itu akan masuk ke dalam hatinya.” “Pemberani bukanlah mereka yang tidak merasa takut, tapi yang bisa mengalahkan rasa takut tersebut.”

“Kepala dan hati yang baik merupakan kombinasi yang luar biasa.” “Pendidikan adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia.” “Ada beberapa jalan menuju Afrika Selatan yang indah. Dua diantaranya bernama Berbuat Baik dan Memaafkan.” “Uang tidak akan membuat Anda sukses, kebebasan untuk menghasilkan uang lah yang membuat sukses.”

“Saya benci rasialisme karena menurut saya itu sesuatu yang barbar, tak peduli itu dari orang kulit hitam atau kulit putih.”

Middle income trap merupakan istilah yang menggambarkan situasi di mana rata-rata pendapatan masyarakat di suatu negara sudah masuk dalam status kelas menengah, namun tidak mampu bertransisi menuju penghasilan yang lebih tinggi. Lebih lanjut Luky menuturkan, salah satu cara untuk menghindari middle income trap adalah dengan tidak mengandalkan bahan mentah untuk meningkatkan pendapatan karena bahan mentah akan habis. “Berangkat dari kondisi itu, penting untuk melakukan transformasi ekonomi dengan mendorong produktivitas dengan konsep hilirisasi atau nilai tambah dari sebuah komoditas.” Indonesia, katanya, harus belajar dari negara lain agar tidak terjatuh masuk dalam jebakan pendapatan menengah. "Brasil, India, Afrika merupakan beberapa contoh negara yang sulit keluar dari jebakan pendapatan menengah." Menurut laporan Asian Development Bank (ADB), Indonesia pernah masuk dalam kategori pendapatan kelas menengah di tahun 1993, namun jatuh kembali saat krisis moneter tahun 1997/1998. Butuh tujuh tahun bagi Indonesia untuk kembali meraih status berpendapatan kelas menengah di tahun 2003. Di saat negara-negara maju mengalami guncangan krisis perekonomian beberapa tahun terakhir, Indonesia tampil mencuri perhatian dunia karena berhasil mencapai tingkat per-

tumbuhan ekonomi yang stabil dan cukup tinggi. “Dari segi GDP (Gross Domestic Product), kita berada pada urutan 16, tapi dari segi GDP Growth, kita nomor 3 di bawah China dan India,” kata Luky. Hal senada juga disampaikan Rahma Iryanti selaku Direktur Tenaga Kerja dan Pengembangan Kesempatan Kerja. “Perkembangan Indonesia sekarang sedang bagus-bagusnya, dari tahun 2003-2012, pertumbuhan ekonomi rata-rata kita mencapai 5,7% per tahun. Pertumbuhan ekonomi harus didukung oleh pertumbuhan produktivitas.” Untuk itu, Rahma menambahkan, tenaga kerja harus meningkatkan skill melalui pelatihan ketenaga kerjaan yang terus menerus. “Saat ini sektor pertanian, manufaktur, transportasi, finansial, dan pertambangan merupakan sektor industri dengan jumlah tenaga kerja terbanyak.” Selain sektor-sektor tersebut, sejak 2001 sampai saat ini jumlah tenaga kerja formal di Indonesia mencapai 85%, sedangkan sisanya merupakan tenaga kerja informal. Sedangkan menurut Prof. Ari Kuncoro selaku dosen FE UI, agar terhindar dari middle income trap memerlukan proses yang panjang. “Kita bisa mencontoh Korea Selatan dalam hal ini. Contohnya kalau dulu produk-produk Samsung sama sekali tidak dilirik di pasar Amerika, kini produk-produk tersebut sangat laku di dunia.”

Astronacci's Market Timing Analysis A Chance to Rebound Good morning, traders. Pelemahan IHSG pada akhir pekan kemarin masih relatif wajar dan saya perkirakan penguatan akan terjadi pada minggu ini dalam fase rebound. Konfirmasi price action akan menentukan pergerakan harga dalam penguatan tersebut. Berhasil ditutupnya gap di level 4,191 akan menjadi penopang bagi penguatan harga. Saya melihat peluang bagi IHSG untuk menguat pada akhir tahun ini di level harmonic 4,450-4,500. Oleh karena itu, kita akan mulai melakukan akumulasi pembelian pada sahamsaham pilihan yang masih berpeluang menguat pada minggu ini. Stay tuned with Astronacci.

Daily Trading Strategy Bottoming pada hargaKita akan mengambil kesempatan momentum penguatan pada IHSG dengan melakukan akumulasi pembelian pada saham-saham pilihan Astronacci. Tetapkan stop loss dengan disiplin untuk menghindari resiko pergerakan harga yang tidak sesuai dengan harapan. Adapun saham pilihan hari ini yang berpeluang mengalami penguatan antara lain: CPIN dan MLPL.

Price Analysis Pergerakan IHSG berkesempatan untuk mengalami penguatan harga dengan estimasi target terdekat berada pada level resistance 4,331.

Pattern Analysis Pergerakan harga dalam indikasi untuk mengkonfirmasi price action yang akan menjadi penentu penguatan harga dalam fase rebound.

Weekly Trading Strategy Kita akan menantikan adanya fase rebound pada harga dengan melakukan akumulasi pembelian saham-saham pilihan Astronacci dan disiplin dalam stop loss Anda untuk mengantisipasi pergerakan harga yang tidak sesuai dengan harapan.

Time Analysis Siklus astrology Venus Opposition Jupiter pada 28 Okt 13 lalu masih akan menaungi IHSG untuk bergerak menguat hingga 12 Des 13 mendatang.


Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

A2

www.thepresidentpostindonesia.com

Opini

Status Quo Pada Sengketa Maritim Asia Timur Sebuah pakta menjaring ikan yang kongkrit antara Taiwan dan Filipina tidak akan terwujud dalam waktu dekat. Tapi pengakuan saja sudah merupakan kemenangan kecil untuk Taipei, saat ia berjuang menjaga jarak dengan Beijing. Oleh Siapa?

R

usia dulu khawatir bahwa langkah sukses Beijing mengalahkan kaum Nasionalis di Taiwan (1949) akan membuat Beijing bebas melakukan tawaran politik ke Amerika Serikat, yang di atas angin saat Perang Korea (1950-1953) sehingga permusuhan antara Amerika Serikat dan China berlanjut. Tindakan Korea Utara, yang bisa saja bermanfaat bagi China andai saja mereka berhasil, malah melemahkan usaha Beijing kembali menaklukkan Taiwan, mem-

buat China Komunis terkunci dalam hubungan kontroversial dengan Amerika Serikat dua dekade lagi dan akhirnya memaksa China memikul tanggung jawab untuk mendukung negara rentan yang terletak di perbatasan vital tersebut. Korea Utara sangat berterima kasih atas intervensi China tetapi melihat bahwa, seperti intervensi sebelumnya, China sekali lagi bersedia untuk mengakui Korea yang terbagi, asalkan mereka bisa memelihara perdamaian diantara mereka. Pada saat yang sama ketika Pyongyang mempersiapkan invasi ke Korea Selatan, China sedang mempersiapkan invasi

lintas-selat ke Taiwan. Tapi rencana China tersebut harus disimpan dulu. Hanya beberapa hari setelah pertempuran pecah antara Korea Utara dan Selatan pada bulan Juni 1950, Amerika Serikat mengirimkan kapal ke Selat Taiwan untuk melindungi pemerintah Nasionalis di Taipei. Ketika pasukan Utara dihentikan dan didesak kembali ke Yalu beberapa bulan kemudian, China tidak punya pilihan selain mengalihkan perhatiannya dari Taiwan ke Perang Korea untuk mengatasi ancaman yang jauh lebih mendesak di sepanjang perbatasannya. Dalam upaya mengakhiri pertikaian diplomatik yang dimulai dengan pembunuhan seorang nelayan Taiwan pada 9 Mei 2013 oleh kapal patroli pantai Filipina, Presiden Filipina Benigno Aquino III pada 21 Mei 2013 mengatakan ia terbuka untuk mendiskusikan usulan Taiwan berbagi zona penangkapan ikan di perairan yang disengke-

wan - termasuk satu kapal perusak, satu kapal perang fregat dan empat kapal penjaga pantai, berlayar sampai 34 kilometer (21 mil) dari pulau Batan.

takan. Jika disepakati, usulan tersebut akan mencapai beberapa tujuan sekaligus. Di satu sisi, hal itu bisa memberikan jalan bagi Taiwan untuk mendapatkan manfaat nyata dari penyelesaian pertikaian tersebut tanpa bergantung pada Beijing untuk campur tangan. Pada saat bersamaan, hal itu akan mendukung upaya-upaya pemain regional lainnya seperti Jepang untuk menjaga China dan Taiwan tetap terpisah di ajang sengketa maritim di Asia Timur. Akan tetapi pernyataan Aquino berkenaan dengan usulan zona perikanan bersama bertepatan dengan pengumuman dari program modernisasi militer senilai $1,8 miliar untuk mempersenjatai Filipina dalam mempertahan area maritimnya dari apa yang ia sebut pengganggu, sebutan yang ditujukan ke China. Hal ini juga mengikuti gerakan Taipei yang melakukan latihan militer di perairan yang disengketakan mulai 16 Mei. Pada satu titik, armada Tai-

gat fakta bahwa sebagian besar dunia internasional tidak benar-benar mengakuinya sebagai sebuah bangsa bernegara. Hal itu memberikan kelegaan yang sangat pada posisi suram Taiwan yang saat itu dalam upaya berkepanjangan mencapai perjanjian dalam menjaring ikan dengan Jepang, yang sampai sekarang menganggapnya kurang perlu untuk menawarkan suatu konsesi kepada negara pulau kecil tersebut. Tapi ketika kehadiran China di laut Selatan dan Timur China terus menguat, pemain regional lainnya seperti Jepang dan Filipina sekarang mempertimbangkan kembali nilai strategis memelihara hubungan positif dengan Taiwan, atau lebih tepatnya, mencegah Taiwan jatuh di bawah sayap diplomatik Beijing. Oleh karena itu, untuk Taiwan, sebuah pakta menjaring ikan akan mencapai tujuan ekonomi yang nyata sekalian melenyapkan debat berkepanjangan atas kedaulatannya.

Terealisasinya suatu perjanjian antara Taiwan dan Filipina untuk berbagi perikanan kemungkinan sangat jauh. Sebuah perjanjian serupa antara Taiwan dan Jepang harus diperdebatkan selama 17 tahun sebelum akhirnya ditandatangani pada April 2013 dan kemudian malah membuat ketegangan maritim antara China dan Jepang mencapai puncaknya. Dan Aquino menegaskan bahwa setiap pembicaraan tentang perjanjian menjaring ikan hanya akan terealisasi setelah kedua negara mencapai keputusan tentang inisiden 9 Mei 2013. Meski begitu, sikap Filipina merupakan dorongan penting untuk Taiwan, yang telah lama berjuang untuk mendapatkan pengakuan dalam negosiasi maritim regional mengin-

Status internasional Taiwan yang tak pasti di tengah intensifnya sengketa maritim membantu menjelaskan kenapa respon masyarakat Taiwan akan sengketa maritim yang sedang berlangsung luar biasa kuat. Kemarahan publik atas apa yang dianggap sebagai masalah kecil oleh Filipina, sebuah negara dengan kemampuan militer lebih rendah dan produk domestik brutonya setengah dari Taiwan, mengungkap kecemasan sosial terpendam akan posisi Taiwan di tengah sengketa maritim regional yang semakin kompleks dan intens, dan terutama hubungan Taipei yang tidak nyaman dengan mitra dagang terbesarnya, China. Sebuah pakta menjaring ikan yang kongkrit antara Taiwan dan Filipina tidak akan terwujud dalam waktu dekat. Tapi pengakuan saja sudah merupakan kemenangan kecil untuk Taipei, saat ia berjuang menjaga jarak dengan Beijing.

Menghadapi 2014: Membidik Tren Komunikasi Pemasaran di Indonesia Memasuki tahun 2014, yang perlu dilakukan para pemasar adalah membangun merek atas dasar ide dan kebutuhan. Selama ide tersebut masih hidup dan kebutuhan masih ada, merek Anda, jangan khawatir, akan tetap berjalan. Oleh Indira Abidin

M

enyongsong tahun 2014, semua perencanaan bagi merek Anda tentu harus sudah dipersiapkan secara matang. Namun, bagaimana proyeksi industri komunikasi dalam kaitannya dengan pemasaran bagi merek Anda di tahun 2014? Sebelum memutuskan strategi terbaik yang akan diterapkan pada tahun mendatang, ada baiknya Anda cermati dulu tren komunikasi pemasaran di Indonesia pada tahun 2014. Tahun 2014 akan terasa is-

timewa bagi masyarakat Indonesia karena adanya penyelenggaraan Pemilu. Menghadapi tahun bersuhu politik panas ini, banyak pemasar yang diprediksi menunda rencana kampanyenya karena takut terlibas Pemilu, sehingga dominasi belanja iklan di tahun 2014 pun cenderung berada di ranah politik. Meskipun begitu, dengan total populasi yang akan melebihi angka 250 juta, porsi investasi terbesar oleh para pemasar dalam industri komunikasi pemasaran di Indonesia pada tahun 2014 masih akan dipegang oleh media massa tradisional, yaitu melalui periklanan. Selain unggul dalam hal efisiensi cost per mile (CPM)

karena daya jangkaunya yang amat luas, media massa tradisional juga ‘hanya’ akan digoyang oleh tingkat inflasi media tahunan yang cukup rendah, yaitu berkisar di angka rata-rata 15%. Meski harga ruang di televisi, cetak, dan radio tetap akan melambung tinggi, medium tradisional ini tetap difavoritkan oleh pemasar dan menjadi arena perebutan perhatian khalayak. Lalu, bagaimana dengan pendekatan-pendekatan komunikasi lainnya? Public relations tetap akan menjadi alat yang sangat strategis mengingat kemampuannya dalam menciptakan opini dan reputasi masih dinilai amat berpengaruh, terutama dalam mengelola para pembuat opini. Pendekatan below the line (BTL), brand activation, serta brand engagement juga akan mendapat ‘ruang gerak’ yang cukup besar karena inilah medium ‘last resort’ bagi para konsumen sebelum mereka menen-

tukan mana produk atau jasa yang akan dipilih dan digunakan. Tetapi, yang perlu diperhatikan oleh pemasar adalah kemungkinan bahwa on-ground activity akan semakin mendekatkan peluang bentroknya dengan jadwal kegiatan politik yang menyebabkan masyarakat lebih waspada jika ingin bepergian ke suatu tempat. Media digital dan media sosial rasanya akan perlu mendapatkan perlakuan istimewa. Selama tahun 2013, fenomena yang menimbulkan dampak paling signifikan di industri komunikasi pemasaran adalah makin luas dan dalamnya peran media sosial, terutama Facebook dan Twitter, di perbincangan nasional yang bahkan telah melibatkan aspek-aspek politik, sosial, budaya, maupun hankamnas.

timbangan serius di tahun 2014. Menurut ZenithOptimedia, pertumbuhan global untuk iklan di media internet dalam kurun waktu 2012-2015 diprediksi melaju paling signifikan. Dengan kontribusi lebih dari US$46 juta, media internet menjadi penyumbang terbesar dalam pertumbuhan belanja iklan global, melesat di atas televisi (US$25,2 juta), koran (US$6,4 juta), media luar-ruang (US$5,5 juta), majalah (US$3 juta), dan radio (US$2,6 juta). Tren ini pun berlaku di Indonesia. The Global Media Intelligence Report memperkirakan, belanja iklan digital di tanah air pada tahun 2014 akan melesat ke angka US$0,42 miliar, US$0,72 miliar di tahun 2015, US$1,19 miliar di tahun 2016, dan mencapai US$1,9 miliar di tahun 2017. Bandingkan dengan tahun 2012 dan 2013 yang angkanya hanya sebesar US$0,14 miliar dan US$0,24 miliar. Maka, media digital dan media sosial yang dulu hanya menjadi pilihan sekunder para pe-

Oleh sebab itulah, meski media tradisional masih akan menjadi pilihan teratas bagi para pemasar, peran digital dan social media juga harus masuk per-

masar, akan bisa dengan cepat menyaingi popularitas sejumlah media lainnya karena kemampuannya untuk mencapai khalayak sasaran dinilai lebih fokus, langsung, sekaligus interaktif. Keduanya juga merupakan medium komunikasi yang paling aman bagi sarana komunikasi merek dengan khalayaknya di saat terjadi gejolak politik di arena nyata. Ke depan, digital memang akan diprediksi terus berkembang dan mengambil porsi peranan yang semakin besar dalam lansekap komunikasi pemasaran. Namun demikian, media ini belum sampai menggantikan posisi media-media terestrial (televisi, radio, media cetak) dan belum juga mengeruk ‘kue’ uang yang lebih besar. Begitu pula dengan media sosial yang akan semakin membesar di tahun-tahun mendatang, tetapi juga berpotensi semakin membosankan kecuali dapat memberikan fitur-fitur baru secara konsisten dan mampu member-

ikan keuntungan yang makin besar bagi para pemasar. Memasuki tahun 2014, yang perlu dilakukan para pemasar adalah membangun merek atas dasar ide dan kebutuhan. Selama ide tersebut masih hidup dan kebutuhan masih ada, merek Anda, jangan khawatir, akan tetap berjalan. Manfaatkan pendekatan Integrated Marketing Communications (IMC) sehingga anggaran pemasaran tidak hanya dibelanjakan pada satu saluran saja, namun juga dialokasikan pada beragam pilihan cara lain untuk berkomunikasi kepada khalayak serta mulai jajaki layanan-layanan komunikasi baru yang sebelumnya belum banyak dipergunakan. Selamat datang tahun 2014 dan semoga sukses! Penulis adalah Presiden Direktur Fortune PR, perusahaan konsultan yang menawarkan layanan solusi komunikasi terintegrasi berbasiskan public relations sebagai layanan utamanya.

EDISI INDONESIA

The President Post

The President Post - Circulation Departments

Menara Batavia 25th Floor Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. 126 Jakarta 10220, Indonesia Phone: +62 21 703 360 99 Fax.: +62 21 572 7338 Email: sheila@thepresidentpost.com

THE SPIRIT OF INDONESIA

Berlangganan Sekarang!

PERSONAL INFORMATION Nama

Tn.

Alamat

Ny.

Rumah

Kantor Kode Pos

YA! SAYA INGIN BERLANGGANAN The President Post

Edisi

Indonesia

Jabodetabek

HEMAT

6 Edisi

Rp. 60,000

-

12 Edisi

Rp. 108,000

10%

18 Edisi

Rp. 153,000

15%

24 Edisi

Rp. 192,000

20%

CARA PEMBAYARAN

Harap transfer ke: Bank BCA No. Rek. 546 030 1001 Atas nama PT. Kawasan Industri Jababeka

EDISI INDONESIA

The President Post T H E

S P I R I T

O F

I N D O N E S I A

UNTUK BERLANGGANAN Hubungi: 0812 8000 6090 / 021 7033 6099

Tanggal Lahir Perusahaan

Jabatan

Telp. HP Fax.

Email Koran lain yang anda baca? Sebutkan jika ada

KIRIM MELALUI FAX FORM DAN BUKTI PEMBAYARAN KE: 021 572 7338 INFORMASI LEBIH LANJUT, HUBUNGI: 021 703 360 99 / 0812 8000 6090

CEO & PEMIMPIN REDAKSI: Rachmat Wirasena Suryo I KONTRIBUTOR: Atmono Suryo; Jeannifer Filly Sumayku; Paulus Khierawan; Andri Marsetianto; Wawan Hendrayana; Iqbal Alaik; Siraj EL Munir Bustami; Anak Agung Banyu Perwita REPORTER & FOTOGRAFER: Rians Rivco; Heros Barasakti I SIRKULASI: Sheila Febria Putri I DESAIN: Mohamad Akmal MARKETING MANAGER: Achmad Iqbal I SALES MANAGER: Andrian Irawan EVENT MANAGER: Deavy Anggita I MEDIA PARTNER MANAGER: Daniel Trioska

DITERBITKAN OLEH: PT Kawasan Industri Jababeka. Menara Batavia Lantai 25 Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. 126 Jakarta 10220, Indonesia I Telp.: (021) 572 7337 Fax: (021) 572 7338 I Email: ceo@thepresidentpost.com DICETAK OLEH: PT Media Nusantara Press


www.thepresidentpostindonesia.com

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

A3

Hubungan Internasional

RI Dorong Negara UNCAC Permudah Pengembalian Aset Hasil Korupsi Indonesia mendorong komitmen Negara-Negara Pihak UNCAC untuk mempermudah proses pengembalian aset hasil korupsi. Hal itu disampaikan delegasi Indonesia dalam Konferensi Negara-Negara Pihak Konvensi PBB Menentang Korupsi (COSP-UNCAC) ke-5 yang diadakan di Panama City, Panama, (25-29/11/2013).

termasuk menanggulangi akarakar penyebabnya serta memperkuat jalinan kerjasama internasional dan kerjasama yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan termasuk instansi pemerintah, sektor swasta dan masyarakat madani.

D

Konferensi yang dihadiri oleh lebih dari 1000 delegasi mewakili Negara-Negara Pihak UNCAC ini membahas beberapa agenda antara lain upaya pencegahan korupsi, proses review implementasi, bantuan teknis, pengembalian aset dan kerjasama internasional. Delegasi RI dipimpin oleh Dubes/Watapri Wina Rachmat Budiman, beserta unsur-unsur dari KPK, Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan Agung, Kementerian Luar Negeri, Dewan Pertimbangan Presiden, UKP4, KBRI/PTRI Wina dan KBRI Panama City. Pada Konferensi ke lima ini, Indonesia mengakhiri tugasnya setelah dua tahun menjabat se-

alam kesempatan itu Indonesia juga menekankan perlunya memperkuat integritas dan independensi BadanBadan Anti Korupsi di UNCAC. Ketua Delegasi RI Dubes/Watapri Wina, Rachmat Budiman, menggarisbawahi perlunya dasar hukum yang dapat menjamin keberlangsungannya. Untuk itu badan anti korupsi harus memiliki mandat kuat dalam memerangi korupsi melalui upaya pencegahan, peningkatan kesadaran, investigasi dan penuntutan, baik melalui satu instansi maupun beberapa instansi terkait.

Pandangan umum Indonesia merujuk ke Jakarta Statement on Principles for Anti-Corruption Agencies yang diadopsi pada International Seminar on Principal of Anti Corruption Agencies yang diprakarsasi KPK bekerjasama dengan UNDP dan UNODC pada tanggal 26-27 November 2012. Jakarta Principles memuat 12 prinsip utama bagi badan anti korupsi untuk menjaga independensi dan integritas dalam pemberantasan korupsi. Mengingat karakter tindak pidana korupsi bersifat khusus, maka diperlukan suatu upaya penanggulangan yang juga bersifat khusus dan komprehensif,

RI dan Thailand Resmikan Kamar Dagang Bersama Indonesia dan Thailand meresmikan berdirinya Kamar Dagang Indonesia-Thailand (Indonesia-Thai Chamber of Commerce/INTCC) yang berfungsi untuk menjembatani kebutuhan investor kedua negara. Peresmian dilakukan di Bangkok akhir November lalu dihadiri diantaranya oleh Duta Besar RI untuk Thailand Lutfi Rauf, para dewan direktur INTCC dan pengusaha kedua negara. Menurut Lutfi, INTCC berperan dalam meningkatkan transaksi perdagangan kedua negara yang tahun lalu mencapai US$19 miliar. “Masih banyak

peluang antara kedua negara untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi.� Transaksi perdagangan kedua negara, tambahnya, diperkirakan akan tumbuh menjadi antara US$20-US$25 miliar tahun depan mengingat kedua belah pihak telah bertekad untuk menghapus kendala-kendala dalam aturan perdagangan. Sementara itu Ketua INTCC Andrianto Jayaputra menyatakan bahwa untuk mewujudkan misinya sebagai jembatan untuk pengusaha kedua negara, INTCC telah menetapkan tiga misi, yaitu menyediakan infor-

masi tentang peluang investasi dan perdagangan, menyediakan akses ke pemerintah dan organisasi swasta, serta berperan aktif dan proaktif mewujudkan kepentingan anggota. INTCC sebenarnya didirikan di bulan Juni 2013 atas inisiatif pengusaha dan profesional Indonesia yang tinggal di Thailand. Kamar dagang ini memiliki 70 anggota. Untuk kegiatan di tahun 2014, progam akan difokuskan ke penelitian, coinvestment dan junior chamber guna membangun jaringan networking antara pengusaha muda Indonesia dan Thailand. (KBRI Bangkok) KBRI Bangkok

Selasa, 26 November 2013, bertempat di Queen Sirikit Convention Center di Bangkok, telah diselenggarakan peresmian Kamar Dagang Indonesia-Thailand (Indonesia-Thai Chamber of Commerce/INTCC).

Ingatan Kolektif Dunia UNESCO Akui Babad Diponegoro dan Nagarakretagama Babad Diponegoro dan Nagarakretagama diakui sebagai Ingatan Kolektif Dunia atau Memory of the World (MOW). Program Ingatan Kolektif Dunia (MOW) United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) bertujuan untuk melindungi dan melestarikan warisan sejarah dunia dan memfasilitasi akses universal terhadap warisan dokumenter dunia tersebut. Sertifikat kedua warisan budaya RI ini diserahkan Dewatapri UNESCO Dubes Carmadi Machbub kepada Wamenlu Wardana di Kemlu Pejambon pada Jumat siang (29/11). "Ini merupakan bagian dari upaya dan komitmen untuk terus melestarikan budaya luhur bangsa Indonesia", ujar Dubes Carmadi Machbub. Kedua warisan budaya Indonesia tersebut telah diterima pada Sesi ke-11 International Advisory Committee for the Memo-

ry of the World Programme yang diselenggarakan di Gwangju Metropolitan City, Korea Selatan, pada 18-21 Juni 2013. Babad Diponegoro merupakan otobiografi Pangeran Diponegoro, yang ditulis selama masa pengasingan Pangeran Diponegoro di Sulawesi Utara pada tahun 1831-1832 yang berisi antara lain pandangan Pangeran Diponegoro terhadap kepemimpinan nasional dan keagamaan. "Cukup mengagetkan bahwasanya Babad Diponegoro yang beratus-ratus halaman ditulis hanya dalam waktu 9 bulan oleh Diponegoro saat menjalani hukuman pengasingan", ungkap Dubes Machbub. Babad Diponegoro diusulkan untuk masuk ke dalam MOW oleh Perpustakaan Nasional RI dan Perpus Nasional Belanda (KITLV). Sedangkan Naskah Nagarakretagama adalah dokumen

gubahan Empu Prapanca yang menggambarkan kejayaan dan kebesaran Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Dokumen kuno ini ditulis di atas daun lontar dengan huruf arab dalam Bahasa Jawa Kuno. Berisi tentang hukum, undangundang serta tata pemerintahan yang menjadi warisan Majapahit. Sebelumnya, pada tahun 2011, Epik La Galigo, yang ditulis antara Abad ke-13 dan ke15 dalam bentuk puisi bahasa Bugis kuno, juga telah terdaftar sebagai Ingatan Kolektif Dunia UNESCO. "Budaya kita yang begitu kaya jangan hanya sekedar masuk ke dalam museum dan tidak dikenal oleh publik", tandas Wamenlu Wardana. Menurutnya, semua pihak harus mampu membawa budaya kita yang sudah diakui dunia untuk lebih dikenal oleh bangsa sendiri. (Kemlu)

KBRI Panama

bagai Wakil Presiden Konferensi Negara-Negara Pihak Konvensi PBB Menentang Korupsi (UNCAC) mewakili Kawasan Asia sejak Oktober 2011. Indonesia juga terlibat aktif dalam membantu menjembatani berbagai perbedaan pandangan negara-negara dalam upaya mencari solusi terbaik bagi pemberantasan korupsi di tingkat global. Peran aktif Indonesia di dunia internasional dalam pemberantasan korupsi ini bukan pertama kali. Pada tahun 2008, di Bali, Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus menjadi Presiden pada penyelenggaraan sesi ke dua Konferensi Negara-Negara Pihak UNCAC yang dihadiri oleh lebih dari 80 negara-negara anggota PBB. Diharapkan peran aktif Indonesia pada tataran internasional ini bisa terus mendorong upaya nasional dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi. (KBRI Panama)

Dubes/Watapri Wina, Rachmat Budiman pada sesi general discussion Konferensi Negara-Negara Pihak Konvensi PBB Menentang Korupsi (COSP-UNCAC) ke-5 yang diadakan di Panama City, Panama (25-29/11).

Finlandia-RI Tingkatkan Kemitraan Pengembangan Energi Terbarukan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Kai Sauer mengatakan bahwa negaranya akan meningkatkan kerjasama dengan Indonesia dalam mengembangkan energi terbarukan setelah program yang saat ini sedang berjalan berakhir tahun depan. Untuk program saat ini yang dimulai tahun 2011,

Finlandia menyediakan hibah dana sebesar â‚Ź4 juta (US$5,4 juta). Dana tersebut dimanfaatkan untuk membiayai sekitar 20 proyek pembelajaran dan pengembangan energi terbarukan, terutama di Kalimantan Tengah dan Riau, di bawah naungan Energy and Environtment Partnership (EEP) Indonesia. "EEP merupakan katalis un-

tuk kerjasama yang lebih komprehensif. Kami juga bermaksud mengintensifkan partisipasi sektor korporasi di bidang energi di Indonesia melalui program yang berbeda. Pendidikan bisa menjadi satu satunya," kata Kai Sauer setelah pertemuan EEP tahunan di Jakarta beberapa waktu lalu. Sekitar 95% kebutuhan energi di Indonesia saat ini dipenuhi

dari batubara, minyak dan gas yang merupakan bahan bakar fosil, sementara sumber-sumber energi yang terbarukan sebenarnya cukup melimpah. Contohnya limbah biomassa diperkirakan memiliki potensi untuk menghasilkan listrik sekitar 50.000 Megawatt, sedangkan yang sudah dimanfaatkan saat ini diperkirakan hanya 3% saja yaitu sekitar 1.600 MW.


A4

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

www.thepresidentpostindonesia.com

Hukum

Rencana Penerbitan New Negative List Dalam regulasi investasi di Indonesia, terdapat peraturan mengenai daftar negatif investasi (DNI) atau dikenal juga dengan negative list. Aturan – aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 36 tahun 2010 mengenai daftar bidang usaha yang tertutup dan bidang usaha yang terbuka dengan persyaratan di bidang penanaman modal (Perpres 36/2010).

therockawaysiren.com

Perubahan negative list sudah pasti menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para investor asing. Semakin banyak bidang usaha yang dibuka, maka semakin banyak pilihan investasi bagi mereka. Tapi, apakah penambahan bidang yang dibuka tersebut akan berpengaruh besar pada tingkat investasi di Indonesia?

Oleh Paulus Khierawan

B

agi Negara Indonesia yang notabene masih merupakan negara berkembang, pertumbuhan ekonomi yang tinggi sangat diperlukan. Dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang tinggi, Indonesia dapat bergerak menjadi salah satu negara maju. Namun, pertumbuhan ekonomi tidak akan pernah tercapai tanpa adanya investasi. Sangat disadari, investasi yang dilakukan tidak akan maksimal jika hanya mengandalkan investasi dalam negeri saja. Diperlukan investasi asing sehingga dapat mempercepat tingkat investasi di Indonesia. Namun apakah pihak asing dapat berinvestasi di semua bidang usaha di Indonesia? Dalam regulasi investasi di Indonesia, terdapat peraturan mengenai daftar negatif investasi (DNI) atau dikenal juga dengan negative list. Aturan – aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 36 tahun 2010 mengenai daftar bidang usaha yang tertutup dan bidang usaha yang terbuka dengan persyaratan di bidang penanaman modal (Perpres 36/2010). Dalam pasal 2 dan 3 Perpres 36/2010 mengenai Negative List ini diatur mengenai bidang usaha mana saja yang tertutup bagi asing, dan bidang usaha mana saja yang terbuka dengan persyaratan. Yang dimaksud den-

Beberapa contoh bidang usaha yang tertutup bagi asing adalah Industri Minuman Mengandung Alkohol (Minuman Keras, Anggur, dan Minuman Mengandung Malt), penyediaan dan penyelenggaraan terminal darat, perjudian/kasino, dan sebagainya.

gan “persyaratan” ini adalah sebagai batasan seberapa besar porsi yang diperbolehkan untuk dimiliki oleh asing, apakah boleh memiliki 100%, atau hanya boleh hingga jumlah tertentu. Beberapa contoh bidang usaha yang tertutup bagi asing adalah Industri Minuman Mengandung Alkohol (Minuman Keras, Anggur, dan Minuman Mengandung Malt), penyediaan dan penyelenggaraan terminal darat, perjudian/kasino, dan sebagainya. Selain bidang usaha yang

tertutup, Perpres 36/2010 juga mengatur mengenai bidang usaha yang terbuka dengan persyaratan. Persyaratan tersebut juga membagi bidang-bidang usaha mana saja yang dicadangkan untuk usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi, bersifat kemitraan, 100% modal dalam negeri, memerlukan perizinan khusus, dan sebagainya. Bagi bidang-bidang usaha yang termasuk kategori “kepemilikan modal asing”, maka dapat dilihat uraian persyaratannya, apakah bidang usaha tersebut dapat maksimal 95%, atau han-

ya boleh hingga 51%, atau maksimal 49%. Akhir-akhir ini sering kita dengar adanya rencana untuk menerbitkan negative list yang baru. Untuk mendorong tingkat investasi, maka akan ada beberapa bidang usaha yang sebelumnya tertutup diubah menjadi terbuka, dan perubahan besaran kepemilikan. Salah satu wacana yang muncul adalah untuk membuka industri minuman beralkohol karena saat ini tingkat impornya dinilai sangat tinggi dan juga banyak terjadi penyelundupan.

Perlu diingat, para investor tidak hanya melihat peluang bidang usahanya saja, mereka juga melihat hal-hal lain yang akan memperngaruhi investasi mereka. Hingga saat ini terdapat 3 kendala utama yang dihadapi para investor. Pertama adalah tingkat korupsi yang tinggi. Tingginya tingkat Korupsi menyebabkan tingginya invisible cost yang harus ditanggung oleh investor. Ke dua adalah kondisi infrastruktur yang buruk. Buruknya kondisi infrastruktur juga menyebabkan meningkatnya biaya logistik. Ke tiga adalah buruknya birokrasi. Birokrasi yang buruk menyebabkan sulitnya investor memperoleh perizinan yang dibutuhkan. Jika ketiga hal tersebut tidak dibenahi oleh pemerintah, maka meskipun pemerintah mengobral bidang usaha dibuka untuk asing, peningkatan investasi tidak akan tercapai. Selain hal tersebut, perlu juga diperhatikan bahwa jangan sampai dengan dibukanya bidang usaha tersebut menimbulkan banyak kerugian bagi pengusaha lokal.

Untuk mendorong tingkat investasi, maka akan ada beberapa bidang usaha yang sebelumnya tertutup diubah menjadi terbuka, dan perubahan besaran kepemilikan. Salah satu wacana yang muncul adalah untuk membuka industri minuman beralkohol karena saat ini tingkat impornya dinilai sangat tinggi dan juga banyak terjadi penyelundupan.


www.thepresidentpostindonesia.com

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

A5

Properti

Waspada Kenaikan Bunga KPR Perlambatan penyaluran KPR akan lebih terasa di tahun depan akibat kenaikan BI rate hingga 175 basis poin dari Mei hingga November 2013 sekitar 50,3% dari total KPR. Perbankan dapat terkena dampak dari LTV yang baru ini. Adanya perlambatan ekonomi nasional juga mendorong perlambatan daya beli masyarakat kita atas kebutuhan primer, salah satunya yakni kebutuhan akan tempat tinggal.

Oleh Andri Marsetianto

Sebagai calon pembeli properti baru, kredit perbankan syariah dapat menjadi pilihan di saat kondisi bunga KPR yang cenderung meningkat, sehingga kita tidak perlu khawatir dengan jumlah angsuran yang berubah sesuai dengan kondisi pasar yang berlaku.

A

danya peraturan Bank Indonesia (BI) tentang loan to value (LTV) yang baru dan kenaikan suku bunga bank sentral (BI rate) hingga 7,5% mengakibatkan penyaluran kredit properti mengalami perlambatan. Data BI menunjukkan bahwa penyaluran kredit properti pada periode Agustus - September 2013 rata-rata tumbuh 2,42% per bulan, sedangkan di bulan September - Oktober 2013 kredit properti hanya tumbuh 0,54%. Berdasarkan survei di lapangan pada beberapa pengembang seperti di daerah Serpong dan Bekasi, masih cukup gencar memasarkan unit perumahan, namun terbatas untuk perumahan kalangan menengah ke atas dengan rata-rata lebar muka mulai 8 m atau perumahan menengah ke atas. Pengembang lainnya cenderung memasarkan unit apartemen untuk menjangkau kalangan menengah. Di sisi lain, permintaan rumah kecil masih sangat terbuka, dikarenakan di pasar ini rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) masih di bawah 5% hingga September 2013. Oleh karena itu, tahun 2014 ini merupakan tantangan baik bagi pemerintah untuk tetap melanjutkan pembangunan infrastruktur, dan bagi perbankan untuk mulai menaikkan besarnya bunga kredit baik untuk KPR maupun KPA. Sedangkan pengembang akan menyesuaikan harga jual rumah-rumah untuk kalangan menengah ke

Dalam jangka pendek, perlambatan kenaikan harga properti telah diantisipasi oleh pengembang dengan tidak banyak menjual properti yang bersifat rumah tapak, namun lebih cenderung membangun rumah vertikal untuk memaksimalkan luas lahan yang ada. atas dengan pertumbuhan harga yang konservatif. Dengan demikian calon pembeli akan cenderung memilih untuk wait and see terutama jika masih ada ruang bagi BI untuk menaikkan BI rate guna meredam gejolak perekonomian nasional yang masih belum optimal dalam mengatasi jurang defisit neraca perdagangan Indonesia akibat pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS. PT Bank BNI, Tbk (Persero) mencatat kredit properti pada bulan Oktober 2013 menurun hingga 50% dan NPL perseroan juga mengalami kenaikan meskipun masih d bawah 2%, sehingga target KPR dari Perse-

roan untuk mengejar pertumbuhan hingga 30% terus diupayakan di tengah adanya kebijakan LTV yang baru dan Kenaikan BI Rate. Perbankan juga tidak menyalurkan kredit untuk rumah inden atau kenaikan besaran uang muka sebesar 40% untuk rumah ke dua, 50% untuk rumah ke tiga dan seterusnya. Perlambatan penyaluran KPR akan lebih terasa di tahun depan akibat kenaikan BI rate hingga 175 basis poin dari Mei hingga November 2013 sekitar 50,3% dari total KPR. Perbankan dapat terkena dampak dari LTV yang baru ini. Adanya perlambatan ekonomi nasional juga mendorong perlambatan

daya beli masyarakat kita atas kebutuhan primer, salah satunya yakni kebutuhan akan tempat tinggal. Harga yang sudah terlalu tinggi untuk sebagian besar properti di Jakarta, sebagian besar didorong oleh kenaikan harga tanah yang cukup signifikan di Pusat kota. Hal ini mengakibatkan daerah penyangga kota Jakarta dan sekitarnya ikut menyesuaikan atas kenaikan harga tersebut. Dalam jangka pendek, perlambatan kenaikan harga properti telah diantisipasi oleh pengembang dengan tidak banyak menjual properti yang bersifat rumah tapak, namun lebih cenderung membangun rumah

vertikal untuk memaksimalkan luas lahan yang ada. Selain itu, calon konsumen juga tidak perlu khawatir harus mengantri nomer undian untuk mendapatkan rumah idamannya, sehingga momentum ini menjadi waktu yang tepat untuk berivestasi dalam properti perdana. Harga yang akan kita beli juga cukup tinggi, sehingga tidak ada salahnya jika ketika rumah/ apartemen/properti komersial telah selesai dibangun kita dapat langsung gunakan atau untuk melakukan aktivitas bisnis dari properti tersebut. Sebagai calon pembeli properti baru, kredit perbankan syariah dapat menjadi pilihan di saat

kondisi bunga KPR yang cenderung meningkat, sehingga kita tidak perlu khawatir dengan jumlah angsuran yang berubah sesuai dengan kondisi pasar yang berlaku. Jika Anda sudah mengambil KPR atau KPA dengan bunga floating, maka mulai meneropong suku bunga yang ditawarkan bank lain sebagai langkah untuk take over (oper) kredit, setelah kita juga perlu mengkalkulasikan biayabiaya yang akan timbul dalam oper kredit tersebut apakah sebanding dengan kenaikan angsuran tiap bulan yang semakin meningkat. “Know Your Value, Know your Property�


A6

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

www.thepresidentpostindonesia.com

Pendidikan

Korelasi Pendidikan Kompetensi di Kampus Dalam Meniti Karier Penguasaan dan pemenuhan standar kompetensi akan membuat seseorang memahami bagaimana mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan dan mengorganisasikannya agar pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan.

S

ebagaimana kita ketahui setelah lulus, mahasiswa/i adalah garda terdepan dalam membangun bangsa. Untuk menopang semua itu kemampuan bersaing dengan tenaga kerja dari lintas negara ini ditentukan oleh kompetensi yang dimiliki para diploma dan sarjana Indonesia. Nah, sebenarnya, apa sih kompetensi itu

dan kompetensi apa saja yang harus kita miliki agar tidak tergreus persaingan dunia kerja di era global ini? Saat ini Indonesia menggunakaan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI), jika ditilik dari estimologi, kompetensi adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi

oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja. Dengan kata lain, kompetensi merupakan kemampuan seseorang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau tugas sesuai dengan standar performa yang ditetapkan. Tentu saja, kompetensi yang harus dimiliki seseorang ini harus memenuhi standar, sesuai dengan yang menjadi kesepakatan para stakeholder di bidangnya. Demikian seperti dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Rabu (4/12/2013), Apa sih pentingnya kompetensi? Bukankah

semua hal dapat kita pelajari seiring berjalannya waktu? Beberapa tahun lagi ASEAN Economic Community (AEC) 2015 akan terlaksana, hal ini membuka mata civitas akademika Tanah Air tentang kompetensi para lulusan perguruan tinggi. Sebab, merekalah yang akan bersaing dalam pasar tenaga kerja terdidik, baik dalam taraf lokal Indonesia maupun regional ASEAN. Memang, kita bisa menguasai sesuatu dengan bekerja sambil mempelajarinya. Cara ini dikenal dengan istilah, belajar dengan melakukan (learning by doing). Tetapi, tetap saja, untuk dapat menghasilkan keluaran yang maksimal, seseorang har-

uslah memiliki kompetensi yang tepat sesuai standar pada area kerjanya. Sebab, penguasaan dan pemenuhan standar kompetensi itu akan membuat seseorang memahami bagaimana mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan dan mengorganisasikannya agar pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan. Ia juga akan mengetahui apa yang harus dilakukan bilamana terjadi sesuatu yang berbeda dengan rencana semula. Selain itu, kompetensi akan membuat seseorang mampu menyesuaikan diri dan memecahkan masalah atau melaksanakan tugas pada kondisi dan lingkungan yang berbeda.

Meski tampaknya sangat umum, penetapan standar kompetensi tidak boleh asalasalan. Ia harus memiliki kemampuan ukur yang akurat dan memenuhi kriteria tertentu. Standar kompetensi haruslah terfokus pada apa yang diharapkan dapat dilakukan pekerja di tempat kerja; memberikan pengarahan yang cukup untuk pelatihan dan penilaian; diperlihatkan dalam bentuk hasil akhir yang diharapkan; serta selaras dengan peraturan perundang-undangan terkait yang berlaku, standar produk dan jasa yang terkait serta kode etik profesi bila ada.

Kompetensi akan membuat seseorang mampu menyesuaikan diri dan memecahkan masalah atau melaksanakan tugas pada kondisi dan lingkungan yang berbeda.

Unsuri Kembangkan TOEFL Bahasa Arab Universitas Sunan Giri (Unsuri) Surabaya akan mengembangkan TOEFL Bahasa Arab setelah Laboratorium ‘Micro Teaching’ selesai dibangun di kampusnya pada tahun 2014. "Laboratorium ‘Micro Teaching’ diperuntukkan sebagai sarana pembelajaran mahasiswa lima fakultas, namun TOEFL Bahasa Arab akan kami kembangkan dari laboratorium itu," kata Rektor Unsuri Surabaya Prof Dr H Soenarjo ST Saat ini Indonesia menggunakaan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI), jika ditilik dari estimologi, kompetensi adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja.

MPd di kampus setempat Minggu, 1/12. Ia menambahkan bahwa TOEFL Bahasa Arab tersebut dimaksudkan untuk mencetak mahasiswa yang lebih terampil berbahasa bersangkutan. "Jadi, mahasiswa Unsuri nantinya akan lebih terampil dalam berbahasa Arab dan juga ketika mengajarkannya," kata Soenarjo yang belum setahun menjabat Rektor Unsuri itu. Selain peningkatan kemampuan berbahasa asing, pihaknya juga mengembangkan konsulta-

si tugas akhir mahasiswa secara "online" (dalam jaringan internet), karena jumlah mahasiswa Unsuri saat ini mencapai 600-an mahasiswa S1 dan 200-an mahasiswa S2 dalam satu angkatan. "Tentu saja, mahasiswa yang menempuh tugas akhir itu tetap harus melakukan tatap muka dalam beberapa kali, meski konsultasinya bisa dilakukan secara online," tambahnya.


www.thepresidentpostindonesia.com

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

A7

Kilas Peristiwa Jababeka Long Life Perkenalkan Senior Living @ D’KHAYANGAN TPP/Heros Barasakti

PT Jababeka Tbk memperkenalkan Senior Living @D’ KHAYANGAN, suatu konsep hunian lanjut usia terintegrasi yang mengadopsi konsep Good Feeling dari Long Life Holding dari Jepang.

P

eningkatan usia harapan hidup penduduk Indonesia yang kini sudah di atas 71 tahun telah mendorong jumlah populasi lanjut usia yang membuat kebutuhan akan hunian untuk para senior tersebut semakin mendesak. Karena itu PT Jababeka Tbk memperkenalkan Senior Living @D’ KHAYANGAN, suatu konsep hunian lanjut usia terintegrasi yang mengadopsi konsep Good Feeling dari Long Life Holding dari Jepang. Pemaparan konsep Senior Living @D’ KHAYANGAN dilakukan Jum’at (29/11) di Jababeka Golf & Country Club, Kota Jababeka Cikarang. Acara tersebut dihadiri oleh Tanto Kurniawan selaku Vice President Director PT. Jababeka, Sutedja Darmono selaku President Director dari PT Jababeka Longlife City, dan Yuzurihara Kazuma selaku perwakilan dari Long Life Holding Jepang Tanto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa hunian bagi WULAN (istilah yang diberikan anaknya untuk beliau yang sudah berusia lebih dari 60 tahun) atau senior sudah merupakan kebutuhan di Indonesia untuk menjalani masa setelah pensiun 55 tahun dengan lebih berkualitas. “PT Jababeka telah melaku-

Sritex ingin membidik pasar seragam militer AS. Pemerintah AS saat ini masih memberlakukan aturan proteksi untuk seragam militer.

PT Sritex Suplai Seragam Militer ke 30 Negara

kan seleksi partner yang tepat dan akhirnya pilihan jatuh pada Long Life Holding Co, Ltd. yang sudah berpengalaman 20 tahun dalam menyediakan layanan hunian lanjut usia di Jepang. Jababeka merupakan developer pioneer dalam mengembangkan hunian lanjut usia di Indonesia sebagai bagian dari hunian yang benar-benar Kota Mandiri,” jelasnya. Menurut Sutedja, studi dan penjajakan kerja sama dengan Long Life Holding Co, Ltd. Jepang dilakukan selama 2010 – 2012 oleh PT Graha Buana Cikarang, yang mengembangkan Jababeka Residence. “Pada akhir 2012 resmi didirikan perusahaan patungan antara Long Life Holding Co, Ltd. dengan PT Graha Buana Cikarang yang diberi nama PT Jababeka Longlife City (JLLC). JLLC mengembangkan dan mengelola hunian lanjut usia yang diberi nama proyek Senior Living @D’ KHAYANGAN,“ tambahnya. Senior Living @D’ KHAYANGAN mengusung konsep desain bangungan L.I.V.E (Luxurious, Inspiring, Vibrant, Eco-friendly) dan C.A.R.E (Comfortable, Attentive, Relaxing, Encouraging) oleh arsitek berpengalaman di bidang fasilitas Senior Living yang memperhatikan aspek-aspek Geriantology.

Wakil Dirut Jababeka Tanto Kurniawan mengatakan bahwa lansia harus mendapatkan pelayan yang baik.

Tanto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa hunian bagi WULAN (istilah yang diberikan anaknya untuk beliau yang sudah berusia lebih dari 60 tahun) atau senior sudah merupakan kebutuhan di Indonesia untuk menjalani masa setelah pensiun 55 tahun dengan lebih berkualitas. Antusiame pengunjung D’khayangan.

Perusahaan nasional yang bergerak di bidang garmen, PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) asal Sukoharjo Jawa Tengah, hingga saat ini melayani pesanan pembuatan seragam militer di 30 negara, antara lain di Malaysia, Kroasia, Jerman, Arab Saudi, Yunani, Libya, Sudan, dan sebagainya. CEO Sritex, Iwan S Lukminto menjelaskan, selama ini Sritex telah memasok dan menjual seragam militer ke 30 negara di 5 benua. Seragam militer di tiap-tiap negara memiliki karakteristik yang berbeda. ”Kami membuat pakaian militer 30 negara. Syaratnya lain-lain tiap negara, karena weather (iklim)-nya lainlain. Cuacanya lain-lain. Pakaian militer untuk cuaca di negara kita nggak bisa untuk cuaca Eropa,” jelas Iwan, Rabu (4/12). Ke depan, Sritex ingin membidik pasar seragam militer AS. Pemerintah AS saat ini masih memberlakukan aturan proteksi untuk seragam militer. ”Kami tetap masih bidik Amerika karena masih diproteksi. Karena belum ada keterbukaan. AS masih

Dari total produksi Sritex sebanyak 70% dipasarkan ke luar negeri. Dari pasar ekspor tersebut proporsi pakaian militer mencapai 30%.

memberlakukan proteksi di undang-undang (terkait seragam militer) mereka,” ujar Iwan. Sejauh ini pangsa pasar benang buatan Sritex di Indonesia menyumbang 10 persen. Adapun dalam bentuk kain diakuinya banyak, tetapi dia tidak menyebut persentase. Iwan menyatakan, sebagian besar produk tekstil Sritex dipasarkan ke luar negeri. Dari total produksi Sritex sebanyak 70% dipasarkan ke luar negeri. Dari pasar ekspor tersebut proporsi pakaian militer mencapai 30%. Sisanya dijual dalam bentuk kain, benang dan pakaian jadi. Tahun ini, Sritex menargetkan penjualan sekitar Rp5 triliun. Sementara itu, untuk tahun depan pihaknya masih melihat kondisi perlambatan ekonomi dunia karena pasar Sritex mayoritas adalah ekspor.


The President Post

BISNIS

BAGIAN B Vol. 2 No. 47 Edisi Minggu ke-2 Desember 2013 www.thepresidentpostindonesia.com

Minyak Sawit RI Terus Meningkat dan Dominasi Pasar Dunia Kelapa sawit merupakan produk komoditi primadona Indonesia dan Uni Eropa menempati peringkat ketiga dalam 10 besar negara tujuan utama ekspor minyak sawit Indonesia.

P

ermintaan minyak sawit Indonesia terus meningkat dan semakin mendominasi pasar dunia. Hal itu menjadi topik hangat pembahasan dalam diskusi “Oil World Outlook Conference” bersama Ketua Dewan Minyak Sawit Indonesia, Derom Bangun, yang diselenggarakan KJRI Hamburg, Sabtu (30/11). Dalam diskusi yang dihadiri sekitar 100 peserta dari berbagai kalangan, Derom Bangun di pasar dunia, komoditi minyak sawit semakin mengungguli minyak kedelai dan bersaing dengan minyak nabati lain seperti minyak kanola dan minyak bunga matahari. Kelapa sawit merupakan produk komoditi primadona Indonesia dan Uni Eropa menempati peringkat ketiga dalam 10 besar negara tujuan utama ekspor minyak sawit Indonesia. Adapun penghambat utama masuknya komoditi kelapa sawit adalah pemberitaan mengenai dampak negatif produk minyak sawit bagi konsumen di Eropa.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian RI, ekspor komoditi minyak sawit Indonesia pada tahun 2012 senilai US$26 juta, meningkat dari tahun 2010 dan 2011 yang masing-masing sebesar US$20,4 juta dan US$23,5 juta. Menurut Derom Bangun, minyak sawit memberi manfaat bagi petani dan masyarakat. Dari 9,1 juta ha lahan yang digunakan untuk perkebunan kelapa sawit di Indonesia, 42% diantaranya dimiliki petani dan membantu meningkatkan taraf hidup mereka dan keluarganya. Meskipun terdapat berbagai kritikan mengenai produksi minyak sawit Indonesia, pada kenyataannya pemerintah Indonesia bersama pemangku kepentingan terkait terus meningkatkan perlindungan lingkungan dalam industri kelapa sawit di Indonesia termasuk dengan menerapkan praktek "zero burning" dalam membuka lahan perkebunan kelapa sawit. Kelapa sawit memiliki keunggulan efisiensi lahan dengan tingkat produktivitas yang ting-

gi. Sebagai contoh, berdasarkan data Oil World 2011, dari perbandingan data untuk luas lahan perkebunan yang digunakan untuk memproduksi minyak nabati, kelapa sawit hanya menggunakan lahan sebanyak 12 juta ha atau 5% dari total lahan sebesar 253,923,000 ha, dibandingkan dengan kedelai sebanyak 41%, kanola 13%, bunga matahari 10% dan lain-lain sebesar 3%. Derom Bangun juga mengatakan bahwa dunia mengharapkan Indonesia dapat menghasilkan 42 juta ton minyak sawit untuk kebutuhan tahun 2020, meningkat signifikan dari estimasi produksi tahun 2014 sebesar 29,5 juta ton. Tantangan yang tengah dihadapi saat ini adalah memasukkan komoditi minyak sawit dalam agenda APEC, dengan merumuskan komoditi tersebut sebagai produk yang sustainable dan inklusif, banyak melibatkan petani dan berperan mengurangi kemiskinan.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian RI, ekspor komoditi minyak sawit Indonesia pada tahun 2012 senilai US$26 juta, meningkat dari tahun 2010 dan 2011 yang masingmasing sebesar US$20,4 juta dan US$23,5 juta.

the president post ASP 1-4 '13.pdf

Konsumi Obat Bebas Meningkat Dua Kali Lipat Hasil survei Nielsen menunjukkan bahwa konsumsi produk farmasi OTC (over the counter) atau obat yang bisa dibeli bebas tumbuh sekitar 10% atau dua kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. “Vitamin merupakan produk dengan pertumbuhan penetrasi tertinggi yaitu 56%. Sepertinya masyarakat sudah lebih sadar untuk mencegah datangnya penyakit ketimbang mengobati,” kata Hellen Katherina, Direktur Home Panel Services. Produk farmasi OTC ke dua tertinggi adalah segmen obat batuk dengan pertumbuhan 22%, disusul oleh obat analgesik dan penurun demam dengan sedikit perbedaan yaitu 21%. Untuk obat batuk, menurut Helen, kemasan sachet mempunyai peluang besar untuk tumbuh lebih pesat. “Hal ini dapat dilihat dari haril survei yang menunjukkan 50% responden telah membeli obat batuk kemasan sachet, sementara jumlah merek yang beredar hanya sembilan.” Hasil survei juga menunjukkan bahwa frekuensi dan jumlah nilai pembelian untuk eceran meningkat signifi-

kan. Tempat pembelian masih didominasi oleh toko dan warung, dengan 47,5% untuk obat batuk sirup dan 89,2% untuk obat batuk tablet. “Para produsen dapat memanfaatkan fenomena tersebut untuk mengeluarkan kemasan lebih kecil, misalnya tiga butir untuk konsumsi sehari,” kata Helen. Ia menambahkan bahwa pertumbuhan penjualan produk farmasi OTC tersebut didorong oleh konsumen dari kelas menengah dan kelas bawah, dimana nilai pembelanjaan lebih tinggi di kelas bawah (meningkat 43%) dan frekuensi pembelian lebih tinggi di kelas menengah (meningkat 30%). “Di kelas atas juga meningkat, tapi lebih dikarenakan naiknya harga.” Pada konsumen kelas bawah, kata Helen, semua segmen produk farmasi OTC mengalami kenaikan yang signifikan akibat terjadi peningkatan nilai pembelanjaan. Di kelas ini, seperti halnya pada konsumen kelas menengah, segmen vitamin bertumbuh 56%. Sementara itu segmen obat analgesik dan penurun demam bertum-

buh sebesar 43%; dan segmen obat batuk bertumbuh sebesar 27%. Untuk vitamin terjadi peningkatan baik pada frekwensi pembelian (meningkat 0,7%) maupun pada nilai pembelanjaan (meningkat 14,1%). Pada konsumen kelas menengah, pertumbuhan tertinggi untuk vitamin (36%) berasal dari penjualan di apotik dan toko obat. Sementara itu penjualan di toko umum dan warung mencatat peningkatan sebesar 24%. Multivitamin merupakan produk yang terbanyak dibeli di kedua griya penjualan tersebut. Surveri dilakukan terhadap 7,300 sampel rumahtangga yang mewakili konsumen secara demografis dan geografis (98% perkotaan dan 40% pedesaan), serta strata sosial yang terdiri dari 26% kelas atas, 43% menengah, dan 31% bawah. Nielsen Home Panel Indonesia mencatat perilaku belanja aktual dengan meminta responden mencatat belanja mereka dalam catatan harian. Nielsen Home Panel mengukur panel dari rumahtangga yang sama untuk kurun waktu yang panjang dengan 97% retention rate. jakartabytrain.com

1

11/15/13

4:15 PM

incorporating with

THE 2ND INDONESIA’S NO.1 ASIA PACIFIC POLICE AND INTERNAL STATE SECURITY EVENT THE 7TH INDONESIA’S INTERNATIONAL SECURITY, FIRE PROTECTION, RESCUE, SAFETY & HEALTH INDUSTRY EVENT

11 – 13 DECEMBER 2013 JIExpo Kemayoran - Jakarta, Indonesia

C

M

Y

CM

MY

CY

CMY

www.aspacpol.com | www.indosecurity.com | www.indofirex.com

K

WHO SHOULD VISIT:

1. Safety & Security Consultants & Managers 2. Systems & Safety Products Manufacturers/ Suppliers/ Installers 3. Investigation & Protection Agencies 4. Architects & Building Developers 5. Hotel & Retail Management/ Banking/ Finance/ Insurance Institutions 6. Ministries/ Local Government 7. Civil Services 8. Technocrats, Engineers, Architects, Town Planners 9. Foreign Companies seeking joint ventures 10. Associations & Trade Bodies 11. Academia & Scientist

VISITOR INFORMATION

Exhibition Hours: 10:00 - 17:00 WIB (11 - 12 Dec) 10:00 - 16:30 WIB (13 Dec)

SUPPORTED BY: FKKSI (Forum Komunikasi Komunitas Security Indonesia)

National Disaster Management Agency Republic of Indonesia

National Narcotics Board Republic of Indonesia

National Fire Protection Association

Society of Fire Protection Engineers

Indonesia Fire Service Association

SUPPORTING PUBLICATIONS:

PT. NAPINDO MEDIA ASHATAMA Jl. Kelapa Sawit XIV Blok M1 No.10, Billy Moon, Pondok Kelapa, Jakarta 13450 Tel: 62-21 8650962, Fax: 62-21 8650963, E-mail: info@aspacpol.com, info@indosecurity.com SECRETARIAT OFFICE (Ms. Syeni Negara) Indonesia National Police Headquarter for Logistics Jalan Raya Bekasi Timur 86, Cipinang, Jakarta 13240, Indonesia | Tel : 62 - 21 91262908 | E-mail : secretaryaspacpol2013@gmail.com

PASAR OBAT PRAMUKA JAKARTA. Pertumbuhan penjualan produk farmasi OTC tersebut didorong oleh konsumen dari kelas menengah dan kelas bawah, dimana nilai pembelanjaan lebih tinggi di kelas bawah (meningkat 43%) dan frekuensi pembelian lebih tinggi di kelas menengah (meningkat 30%).


B2

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

www.thepresidentpostindonesia.com

Investasi

Reksadana Pasar Uang Yang Menguntungkan Oleh Wawan Hendrayana (Research & Investment Analyst)

Kenaikan BBM yang menyebabkan inflasi, kisruh kenaikan UMP, kekhawatiran atas pengurangan stimulus di Amerika Serikat menjadi katalis negatif yang membuat rata-rata reksadana terutama yang berbasis saham dan obligasi mencatatkan rapor merah tahun ini. Namun masih ada 1 jenis reksadana yang masih mampu memberikan imbal hasil di atas deposito yaitu RDPU (reksadana pasar uang) yang menempatkan seluruh aset investornya pada instrumen pasar uang.

L

alu apa yang disebut sebagai instrumen pasar uang? Instrumen pasar uang adalah efek hutang yang jatuh temponya kurang dari setahun, misalnya sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito dan bisa juga obligasi selama jatuh temponya kurang dari satu tahun. Dengan isi portfolio tersebut reksadana pasar uang menjadi reksadana yang relatif paling aman. Reksadana pasar uang memiliki beberapa keunggulan yang cukup menarik. Pertama reksadana ini umumnya memiliki imbal hasil yang lebih tinggi dari deposito. Harap diingat bunga deposito terkena pajak sebesar 20%, sedangkan reksadana adalah instrumen yang bebas pajak. Reksadana pasar uang juga memiliki likuiditas yang tinggi, subscription (pembelian unit reksadana) ataupun redemption (penjualan kembali unit reksadana) dapat dilakukan kapanpun dan tanpa biaya. Dengan karakteristik tersebut tentu investor dapat mencoba menggunakan reksadana pasar uang sebagai alternatif deposito. Walaupun demikian investor tidak boleh lupa bahwa reksadana adalah instrumen investasi sehingga berbeda dengan deposito yang masih dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bila sesuai dengan pera-

turan yang berlaku, sedangkan reksadana pasar uang walaupun isinya sebagian besar adalah deposito namun instrumen ini tidak ada yang menjamin.

Instrumen pasar uang adalah efek hutang yang jatuh temponya kurang dari setahun, misalnya sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito dan bisa juga obligasi selama jatuh temponya kurang dari satu tahun. Dengan isi portfolio tersebut reksadana pasar uang menjadi reksadana yang relatif paling aman.

KINERJA 5 REKSADANA PASAR UANG DENGAN RETURN TERTINGGI No

Reksadana Pasar Uang

Manajer Investasi

Dana kelolaan 31 Oktober 2013 (Miliar Rupiah)

Return 1 tahun 29 Nov 2013

79.8

9.54%

2845.9

5.45%

1

Mega Dana Kas

PT Mega Capital Investama

2

Mandiri Investa Pasar Uang

PT Mandiri Manajemen Investasi

3

Manulife Indonesia Money Market Fund

PT Manulife Aset Manajemen Indonesia

2024

5.28%

4

Batavia Dana Kas Maxima

PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen

1060.8

5.20%

5

CIMB-Principal Cash Fund

PT CIMB Principal Asset Management

57.8

5.19%

Sumber : www.infovesta.com

Industri reksadana pasar uang sendiri juga terus berkembang. Hingga akhir November 2013 terdapat 37 reksadana pasar uang dengan dana kelolaan sebesar Rp11,6 triliun. Dana kelolaan jenis pasar uang memang termasuk kecil bila dibandingkan dengan misalnya dana kelolaan reksadana saham yang mencapai Rp88 triliun. Namun secara pertumbuhan dana kelolaan di banding bulan Oktober 2011 reksadana pasar uang tumbuh 46%, jauh melebihi pertumbuhan reksadana saham yang hanya 33%. Dalam memilih reksadana pasar uang investor harus memperhatikan beberapa faktor, salah satunya dana kelolaan. Dana kelolaan minimal sesuai peraturan Bapepam-LK adalah Rp25 miliar, bila kurang dari nilai tersebut maka suatu reksadana bisa dilikuidasi atau dibubarkan. Semakin besar dana kelolaan juga mencerminkan tingkat kepercayaan investor, selain itu dana kelolaan yang besar juga baik bagi likuiditas reksadana tersebut. Lalu bagaimana kinerja reksadana pasar uang di Indonesia?

Dari tabel diatas dapat dilihat kinerja 5 reksadana pasar uang dengan return tertinggi lebih baik dari bunga BI rate dimana rata-rata dari periode yang sama ada di 6.3% namun dipotong pajak sebesar 20% menjadi 5.03%. Reksadana pasar uang juga memiliki kelebihan dapat dicairkan kapan saja tanpa penalti. Prospek reksadana pasar uang di tahun 2014 masih cerah karena tren suku bunga diperkirakan terus naik di tahun depan, ditambah imbal hasil obligasi bertenor 1 tahun yang saat ini terus naik. Saat ini BI rate ada di 7.5% sehingga potensi pendapatan RDPU di masa depan menjadi lebih tinggi. Reksadana pasar uang memang cocok bagi investor pemula atau investor yang ingin menjaga nilai uangnya dalam jangka pendek (kurang dari 1 tahun). Likuditas yang tinggi dan imbal hasil setara deposito menjadi salah satu daya tarik dari reksadana ini. Secara risiko reksadana ini paling rendah dari jenis reksadana lainnya tetapi bukan berarti tanpa risiko. Bila instrumen yang dibeli seperti deposito atau obligasi mengalami gagal bayar tentu dana investor bisa ikut menguap. Investor diharapkan sudah mempertimbangkan tujuan, jangka waktu dan risiko saat mengambil keputusan investasi. Happy Investing


www.thepresidentpostindonesia.com

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

B3

Transportasi

Indonesia Menambah 20 Unit KRL dari Jepang

Direktur Angkasa Pura II, Tri Sunoko

S

Program pengadaan gerbong-gerbong KRL dilakukan setiap tahun hingga 2019 dengan target pembelian 160 unit per tahun. Hal ini diharapkan bisa mendukung pemerintah untuk mengangkut penumpang sebanyak 1,2 juta per hari di akhir 2019.

Sekadar informasi, sejak 2009-2012, KCJ mengadakan armada sebanyak 308 unit KRL. Dengan kedatangan KRL tahap tiga ini, total KRL AC saat ini menjadi 378 unit. “Pengadaan armada akan terus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan KRL kepada masyarakat, khususnya di bidang penyediaan sarana,” kata dia.

Ia menambahkan, “Realisasi program 1,2 juta penumpang harus diikuti dengan peningkatan kapasitas prasarana seperti stabling (tempat parkir kereta), penambahan penambahan gardu dan daya listrik, peninggian, perpanjangan dan perluasan peron, serta penambahan kapasitas perawatan sarana (depo perawatan sarana)”.

Indonesia Harus Miliki 86 Pelabuhan di Tahun 2030 Kebutuhan akan pelabuhan diperkirakan meningkat tajam pada 2030. National Port Master Plan (NPMP) dalam Keputusan Menteri Nomor 414 Tahun 2013 memproyeksikan Indonesia harus memiliki kurang lebih 86 pelabuhan di enam koridor, yaitu Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Papua. Chairman Advisory Group on Port and Harbour, Sudjanadi Tjipto Sudarmo, memaparkan estimasi investasi untuk membangun ataupun mengembangkan pelabuhan bisa mencapai US$ 47 miliar. “Itu dibutuhkan untuk proyek pemenuhan ka-

pasitas pelabuhan pada 2030,” kata Sudjanadi. Sudjanadi juga menambahkan, sekitar US$32 miliar atau 68% di antaranya dibutuhkan dari pihak swasta. Karena itu, pemerintah harus bias mendorong swasta untuk turut berinvestasi. Ada 33 kebijakan yang telah disiapkan pemerintah untuk memberikan dukungan dan jaminan kepada swasta agar bersedia terlibat dalam pengembangan bisnis pelabuhan. Partisipasi sektor swasta bisa dituangkan dalam kerja sama pemerintah-swasta melalui kesepakatan konsesi.

Menurut Sudjanadi, lalu lintas kontainer di Indonesia akan meningkat enam kali lipat pada 2030. Jika pada 2009 volume kontainer sebesar 8,8 juta Teus, pada 2020 menjadi 24,4 juta Teus, dan mencapai 48 juta Teus pada 2030. Tidak bisa dipungkiri, keberadaan terminal kontainer, baik baru ataupun hasil pengembangan, sangat urgen diperlukan di banyak lokasi. Prioritas utama saat ini yang sedang dilakukan pemerintah adalah membangun 19 pelabuhan strategis di enam koridor ekonomi. Terbagi menjadi pelabuhan khusus kontainer, multifungsi, penumpang, dan CPO (crude palm oil).

Penumpang KRL Sudah Bisa Gunakan Kartu Flazz BCA PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) terus mengupayakan kemudahan bagi penumpang. Setelah meluncurkan sistem e-Ticketing, kini PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) melakukan kerjasama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam penggunaan kartu Flazz sebagai salah satu alat transaksi pembayaran tiket KRL. Penumpang sudah bisa membayar menggunakan kartu Flazz BCA mulai 8 Desember 2013. Ia juga mengatakan bahwa pada dasarnya ketentuan yang berlaku pada kartu Flazz BCA tidak berbeda dengan kartu multi trip (KMT). Sejak diberlakukannya e-Ticketing dan tarif progresif pada 1 Juli 2013, pengguna jasa dapat menggunakan pilihan tiket harian berjaminan (THB) untuk satu kali perjalanan dan kartu multi trip (KMT) untuk tiket berlangganan. Saat ini sekitar 55% pengguna jasa telah menggunakan KMT. Penerapan e-Ticketing dan tarif progresif sendiri membuat jumlah penumpang naik signifikan. Setiap harinya terdapat sekitar 600.000 transaksi pada perjalanan KRL di Jabodetabek. ”Diharapkan dengan hadirnya Flazz BCA yang dapat digunakan untuk perjalanan KRL dapat terus meningkatkan jumlah transaksi tanpa uang tunai,”

Pengalihan ini dilakukan menyusul kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta yang dikeluhkan sejumlah maskapai. Tapi, tidak akan ada penerbangan lanjutan dari dan menuju ke Bandara Halim.

tender-indonesia.com

Semua kereta yang didatangkan ialah kereta listrik tipe 205 dari Jepang. Setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, kereta tersebut dibawa ke Balai Yasa Manggarai untuk perakitan ulang dan pembenahan ulang interior dan eksterior. ebanyak 20 unit kereta listrik seri 205 telah berada di Jakarta pada Selasa (4/12), sebagai bagian dari tahapan dari pengadaan 180 unit kereta rel listrik pada 2013. “Sebagai tahapan dari pengadaan 180 unit KRL pada tahun 2013, PT KCJ (KAI Commuter Jabodetabek) kembali mendatangkan 20 unit KRL seri 205, yang dibeli melalui tender internasional di Jepang,” kata Humas KCJ, Eva Chairunisa. Eva mengatakan bahwa gerbong-gerbong KRL tersebut diangkut dengan Kapal M V DA Zhong. “Ini merupakan pengadaan tahap tiga pada program penambahan armada 2013. Sebelumnya, ada 50 unit armada lainnya yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 4 dan 16 November 2013,” ujarnya.

Awal Tahun, Bandara Halim Perdanakusuma Layani Penerbangan Komersil

kata Dirut PT KCJ, Tri Handoyo, di Stasiun Sudirman, Jakarta, Minggu (8/12). Untuk dapat menggunakan kartu ini sebagai tiket Commuter Line, penumpang harus mengaktivasi terkebih dahulu pada perangkat balance reader yang tersedia di stasiun. Sekali aktivasi, kartu Flazz bisa langsung digunakan untuk melakukan tap in di seluruh gate stasiun KRL. Aktivasi ini hanya perlu dilakukan 1 kali pada saat kartu Flazz BCA akan digunakan untuk perjalanan KRL pertama kali. Sementara pengisian saldo Flazz BCA bisa dilakukan di ATM non-tunai BCA dan merchant yang bertanda Flazz isi ulang. "Untuk dapat melakukan perjalanan KRL pengguna jasa harus memiliki saldo minimal Rp7.000, selanjutnya besaran penalti Rp7.000, dan suplisi Rp50.000 juga akan diberlakukan pada pengguna jasa yang memakai kartu Flazz BCA jika ada pelanggaran yang dilakukan saat menggunakan jasa KRL," ujar Dirut KCJ, Tri Handoyo. Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan mengatakan kartu Flazz BCA ini memiliki semangat yang sama dengan pihak KAI untuk mempermudah layanan bagi penumpang. Menurutnya, terobosan ini juga

akan sangat membantu dalam mewujudkan cita-cita KAI untuk mencapai 1.2 juta penumpang per hari pada 2019. "Dulu tanpa e-Ticketing, penumpang 450.000, sekarang sudah 600.000 sehari. Nah target kami kita ini 1.2 juta penumpang sehari. Kalau enggak pakai elektronik, pakai orang caranya bagaimana," ungkapnya. Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja meyakini akan semakin banyak masyarakat khususnya pengguna jasa kereta api akan menggunakan kartu Flazz BCA. Namun demikian, pihaknya tidak mau mematok target pengguna kartu itu. Terpenting, katanya, masyarakat khususnya pengguna jasa kereta api mendapatkan manfaat terkait adanya kartu itu. "Setiap orang idealnya kita harapkan bisa menggunakan kartu ini. Saya kira sudah 600.000 pengguna commuter jabodetabek tiap hari," ujarnya. Perbedaan signifikan antara KMT dan Flazz BCA hanya terdapat pada cara pengisian saldo dimana untuk melakukan isi ulang pengguna kartu Flazz BCA tidak dapat melakukan transaksi isi ulang di loket stasiun Jabodetabek. Isi ulang saldo pada Flazz BCA dapat langsung dilakukan pada ATM non-tunai BCA serta merchant bertanda Flazz Isi Ulang.

Program pengadaan gerbonggerbong KRL dilakukan setiap tahun hingga 2019 dengan target pembelian 160 unit per tahun. Hal ini diharapkan bisa mendukung pemerintah untuk mengangkut penumpang sebanyak 1,2 juta per hari di akhir 2019. Semua kereta yang didatangkan ialah kereta listrik tipe 205 dari Jepang. Setelah tiba

di Pelabuhan Tanjung Priok, kereta tersebut dibawa ke Balai Yasa Manggarai untuk perakitan ulang dan pembenahan ulang interior dan eksterior. Kereta akan mulai dioperasikan setelah mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perhubungan. Proses sertifikasi ini diperkirakan memakan waktu hingga sebulan.

Kementerian Perhubungan akan mengalihkan sebagian penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, ke Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, mulai Januari 2014. Pengalihan penerbangan dilakukan karena jumlah penumpang di Soekarno-Hatta sudah melebihi kapasitas. Rencananya, peningkatkan layanan penerbangan sipil akan menjadi 48 penerbangan setiap harinya. Jumlah penerbangan itu cukup untuk mengangkut tujuh ribu penumpang. Hal ini dijelaskan oleh Direktur Angkasa Pura II, Tri Sunoko. Namun, Tri Sunoko menerangkan, Bandar Udara Soekarno-Hatta tidak lantas mengalami pengurangan slot penerbangan. Jumlah 48 penerbangan hanya sekitar 5 persen dari jumlah penerbangan di Bandara Soekarno Hatta. “Bandara Soekarno-Hatta

tetap pada 64 penerbangan per jam”. Tri menyatakan pihaknya sudah mendapatkan payung hukum untuk menggunakan Halim. Pemindahan tersebut didasari Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 369 Tahun 2013, yang terbit Mei 2013, mengenai izin penerbangan reguler dari Halim. Sebelum digunakan untuk penerbangan komersial, selama ini Halim hanya melayani penerbangan militer, jemaah haji, pribadi dan VIP, serta kargo. Pengalihan ini dilakukan menyusul kepadatan di Bandara Soekarno-Hatta yang dikeluhkan sejumlah maskapai. Tapi, tidak akan ada penerbangan lanjutan dari dan menuju ke Bandara Halim. Sebab, slot penerbangan di Bandara Halim tidak mencukupi untuk melayani penerbangan lanjutan.


B4

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

www.thepresidentpostindonesia.com

Infrastruktur Pembangunan Bandara Sepinggan 88% Selesai portalkbr.com

Proyek pengembangan terminal Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan saat ini telah mencapai 88% dan dijadwalkan akan selesai seluruhnya tanggal 11 Februari 2014. Rencananya empat hari kemudian tanggal 15 Februari, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan meresmikan bandara tersebut.

“S

aya yakin Bandara Internasional Sepinggan akan selesai tepat waktu dan Bapak Presiden akan meresmikannya,” kata Pimpinan Proyek Pengembangan Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan Taouchid Purnomo Hadi, Kamis (5/12), saat menyampaikan kemajuan pembangunan proyek Bandara Sepinggan kepada media. PT Angkasa Pura I telah mengalokasikan Rp2 triliun untuk menyelesaikan proyek Bandara Internasional Sepinggan yang dimulai sejak 6 Juli 2011. Desember 2013 ini akan dilakukan tahap verifikasi dan pengujian, sedangkan pada Januari 2014 dilakukan uji coba operasional. Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan adalah bandara ke tiga terbesar setelah Soekarno-Hatta Cengkareng Banten dan Ngurah Rai Bali. Menurut Taouchid, PT Angkasa Pura akan membangun lagi tujuh dari 13 bandara serupa

Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan adalah bandara ke tiga terbesar setelah Soekarno-Hatta Cengkareng Banten dan Ngurah Rai Bali. yang berada dalam pengeloaannya, seperti di Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan kota-kota lainnya. PT Angkasa Pura yang menjadi pengelola Bandara Sepinggan pada 2012 mencatat laba bersih Rp105 miliar, pada 2013 turun menjadi Rp68 miliar disebabkan ada penambahan SDM untuk persiapan bandara baru, dan pada 2014 diproyeksikan akan mencetak laba bersih Rp230 miliar, kata Manajer Keuangan dan IT Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Sugiarto Panca. Bandara tersebut pada 2011 mencatat 5,6 juta penumpang, naik 16% menjadi 6,5 juta di tahun 2012. Sementara kapasitan bandara hanya 1,7 juta penumpang saja, karena itu perluasan mendesak untuk dilakukan. Untuk angkutan kargo/

barang tercatat 42.000 ton pada 2011 dan naik menjadi 49.000 ton pada 2012. Bandara Sepinggan Balikpapan menjadi pintu masuk dan keluar Kalimantan Timur bagi para penumpang yang berkecimpung di bidang perdagangan, pertambangan dan perkebunan yang membutuhkan sarana bandara berkelas dunia yang memadahi. Menurut Taouchid, sejak dihentikan dari kegiatan pengelolaan aero, PT Angkasa Pura I mulai berkonsentrasi pada peningkatan pendapatan nonaero yaitu dengan memberikan layanan dan operasional yang bermutu terkait kebandaraan yakni dengan membangun dan mengoperasikan bandara bertaraf internasional. Bandara Internasional Sep-

inggan yang baru, tambahnya, mengusung motto "Meet me at Sepinggan" dengan penyempurnaan layanan dalam menyediakan aneka kebutuhan penumpang pesawat seperti ruang meeting, hotel, area tunggu inap, area komersial, tempat parkir luas, koneksi WiFi dan sebagainya. Dengan mengusung ciri khas budaya Kalimantan, sentuhan hutan Kalimantan, warna dominan putih, Bandara Internasional Sepinggan sepenuhnya merupakan hasil karya anak bangsa mulai dari desain, pengerjaan dan pengawasannya. Konsep bangunan ramah lingkungan diterapkan berupa penggunaan daur ulang air, lampu LED, pencahayaan sinar matahari, manajemen energi untuk gedung terminal dan tanaman hidup dalam ruang.

Terminal Bandara Internasional Sepinggan ini memiliki luas 110.000 m2, mampu melayani penumpang yang diperkirakan akan mencapai 10 juta orang per tahun pada 2016. Terminal berlantai empat itu dilengkapi dengan area komersial seluas 33.000 m2, apron 140.972 m2, konsep terminal 2 level, aviobridge 11 unit, check in counter 76, imigration counter 8, sistem penanganan bagasi dengan hold baggage screening level 4, konveyor klaim bagasi 8 unit, dan 11 garbarata. Gedung terminal sendiri panjangnya 500 m dan lebar 150 m, dioperasikan secara terpusat dengan Airport Integrated Management System (AIMS) dan dilengkapi 200 kamera CCTV untuk keamanan. Sedangkan gedung parkir bandara berlantai lima tanpa atap dapat menampung 2.310 mobil, 22 bis, 120 taksi, 300 motor. Pengerjaan proyek pengembangan Bandara Internasional Sepinggan dibagi dalam enam paket. Paket 1 pembangunan gedung penunjang dan fasilitas lain meliputi hanggar, terminal kargo, gedung administrasi, gedung alat berat, gedung airlines, apron dan taxiway. Pengerjaannya sudah 100% selesai. Paket 2 pembangunan terminal dan fasilitas pendukung; Paket 3 pembangunan infrastruktur dan fasilitas penunjang seperti flyover, garbarata, akses jalan, apron, dan gedung parkir. Sedangkan Paket 4 menara, hanggar, apron, dan fasilitas lainnya; Paket 5 gedung parkir dan jembatan penghubung; dan Paket 6 penambahan garbarata.

Proyek 4 Ruas Tol Harapan Bumi Andalas Baru-baru ini berhembus niat baik dari pemerintah pusat dan pihak swasta untuk membangun empat ruas tol tahap pertama Trans Sumatera yang terdiri dari ruas Medan-Binjai, Palembang-Indrelaya, Pekanbaru-Dumai, Bakeahuni-Terbanggi Besar. Rencana pembangunan ini menumbuhkan harapan besar bagi masyarakat di sana. Telah lama masyarakat Bumi Andalas (Pulau Sumatera) mendambakan insfrastruktur-infrastruktur yang dapat mempermudah akses dalam menjalankan roda kehidupan. Seperti kita ketahui, jalan tol merupakan infrastruktur darat yang sangat dibutuhkan untuk memperlancar kegiatan perekonomian serta akses menuju tempat pariwisata yang banyak terdapat di bumi Andalas. Baru-baru ini berhembus niat baik dari pemerintah pusat dan pihak swasta untuk membangun empat ruas tol tahap pertama Trans Sumatera yang terdiri dari ruas Medan-Binjai, Palembang-Indrelaya, Pekanbaru-Dumai, Bakeahuni-Terbanggi Besar. Rencana pembangunan ini menumbuhkan harapan besar bagi masyarakat di sana. Total panjang ruas tol ini mencapai 436 km dengan biaya investasi Rp32 triliun. Sejauh ini PT Hutama Karya (HK) berada terdepan dalam menyatakan kesiapan mengarap proyek ini. Hal ini disampaikan Direktur Pembangunan HK Budi Rachmat Kurniawan kepada wartwawan. “Persiapan pengembangan telah mencapai 80% untuk 4 ruas tol. Persiapan tetap dilakukan sambil menunggu keluarnya Perpres penugasan kepada Hutama Karya.” Lebih lanjut ia mengatakan, "Kita sedang menung-

gu turunnya Perpres. Saya mendengar dari pak Menko kalau sudah diajukan draftnya. Kalau sudah bisa ditandatangani atau diterbitkan, dari sisi badan usaha, 80% dari 4 ruas itu sudah siap." Diakuinya proyek 4 jalan tol tersebut saat ini dalam tahap pembebasan lahan. "Kami lihat trigger dari land acquisition SP2LP Medan-Binjai dan Palembang-Indralaya sudah ditandatangani Gubernur. Pembebesan tanah sudah bekerja di sana. Bakaheuni itu ‘trace’nya sudah selesai di Binamarga. Riau sudah lebih dulu dan sudah keluar surat untuk pembebasan lahannya," jelasnya. Hutama Karya akan menjadi perusahaan jasa pengembangan dan pengelola jalan tol tersebut. Selain itu Hutama Karya juga akan dibantu suntikan penyertaan modal negara (PMN) senilai Rp7,1 triliun untuk tahun anggaran 2013 dan 2014. Dana ini akan dijadikan modal kerja sebagai investasi. “PMN itu penguatan struktur modal jadi diinvestasikan di jalan tol. Jadi itu investasi kembali dalam bentuk depresiasi. Jadi jangan dibayangkan dana itu dipakai untuk membangun. Itu bukan sunk cost," sebutnya. Ia menegaskan secara investasi dan bisnis, ruas tol Trans Sumatera dinilai kurang menarik bagi investor. Namun ketika ini dibangun, perekonomian di sekitar tol akan hidup dan berkembang. Sekadar informasi, Penyertaan Modal Negara (PMN) akan diambil dari APBN-P 2013 sebesar Rp2 triliun dan dari APBN-P 2014 sebanyak Rp5,1 triliun.


www.thepresidentpostindonesia.com

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

B5

Wisata

Puncak Wayag Bumi Papua memang bak Surga di bumi Indonesia. Bahkan burung-burung penghuninya dijuluki “birds of paradise� alias burung surga. Selain karena kekayaan sumber daya alamnya, Papua juga kaya dengan pesona alamnya. Sebut saja Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Beberapa tahun terakhir Raja Ampat mencuat namanya menjadi primadona dan fenomena wisata Indonesia. Teks & Foto: Iqbal Alaik

B

agi kalangan penyelam atau SCUBA divers, Raja Ampat menjadi tujuan utama. Begitu mendengar namanya saja yang terbayang adalah ribuan spesies ikan dan karang mempesona hadir di depan mata. Ya, Raja Ampat berada di kawasan coral triangle atau segitiga terumbu karang dunia, artinya sebagian besar spesies ikan dan terumbu karang dunia berada di sini. Dunia wisata selam sekarang tertuju ke Raja Ampat di bumi cendrawasih. Namun Raja Ampat bukan hanya dunia bawah laut. Panorama alam daratnya pun tersohor. Pelancong akan disuguhi pemandangan spektakuler di sekitar teluk Waigeo, tempat Kabupaten Raja Ampat berada. Saya beruntung bisa mendatangi kawasan konservasi di “kepala burung� Papua ini. Dari Sorong saya menumpang sebuah kapal Phinisi live on board, yang dilengkapi kamar, kamar mandi, AC, dapur, ruang makan dan segala fasilitas yang membuat nyaman tamu di dalamnya. Tentu saja kapal tersebut dilengkapi dengan berbagai alat selam karena mayoritas pengguna jasa kapal ini adalah turis-turis yang ingin mengarungi Raja Ampat sambil berwisata bawah laut. Tujuan pertamanya adalah kepulauan Wayag yang berada di utara Kabupaten Raja Am-

pat. Pagi itu langit cerah, matahari bersinar terik dan langit biru khas Papua melepas kepergian kapal kami dari pelabuhan Sorong. Kapal berjalan lambat membelah ombak. Beberapa jam kemudian Phinisi kami memasuki kawasan Raja Ampat. Pulau-pulau karang tak berpenghuni berbaris di kanankiri, di latar belakangnya langit dan laut lepas berwarna biru bagaikan bersatu. Air tenang tak beriak sedikitpun membentuk pantulan sempurna awan putih yang berarak di langit biru. Masing-masing pulau karang menjulang berbukit ditumbuhi pepohonan hijau di puncaknya, sebagian memiliki pantai berpasir putih di dasarnya. Terumbu karang yang rimbun samar-samar terlihat melalui jernihnya air di bawah kami. Sempurna! Tuhan pasti sedang tersenyum ketika menciptakan Raja Ampat. Tanpa sadar mata saya berlinang air mata, tanda takjub luar biasa. Dalam perjalanan menuju Wayag kami harus bermalam di kapal karena jaraknya yang jauh. Ketika subuh saya terbangun, rupanya kapal kami sudah lempar jangkar di Kepulauan Wayag. Dengan menggunakan sekoci kami berangkat untuk mendarat di Wayag. Hari masih gelap, hanya lembutnya pasir yang terasa di kaki, dengan bantuan lampu senter kami mendaki bukit karang un-

tuk menuju ke puncak. Harus berhati-hati karena karang yang kami pijak sangat tajam. Cukup lama kami mendaki, haripun semakin terang, namun cuaca yang berawan membuat matahari tak nampak. Walaupun lelah kaki terus melangkah. Woow!! Begitu di puncak saya hampir tak bisa berucap satu patah katapun. Sebuah lukisan sempur-

na tersaji di hadapan saya. Barisan bukit-bukit karang dengan mahkota pepohonan hijau terhampar di lautan biru yang bergradasi kehijauan. Semua terlihat jelas dari ketinggian. Hembusan angin sejuk menambah betah untuk berlama-lama di puncak. Di arah timur, matahari mulai muncul. Sinarnya memberi

warna dan kecerahan objekobjek yang di sentuhnya. Tak terasa hari mulai siang, matahari semakin terik dan panas mulai menyengat. Saatnya untuk kembali ke pantai. Sebelum kembali ke kapal, kami tak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk bermain-main di pantai berpasir putih dan menyejukkan diri di air laut. Sungguh sempurna!!!

Barisan bukit-bukit karang dengan mahkota pepohonan hijau terhampar di lautan biru yang bergradasi kehijauan. Semua terlihat jelas dari ketinggian. Hembusan angin sejuk menambah betah untuk berlama-lama di puncak.


B6

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

www.thepresidentpostindonesia.com

Gaya Hidup enbac.com

Mercedes-Benz Luncurkan GL-Class

Pertama Rakitan Indonesia India dan Indonesia merupakan dua negara di dunia yang merakit GL-Class di luar pabrik utama Mercedes-Benz SUV di Tuscaloosa, Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan bahwa Mercedes-Benz yakin dengan penjualan SUV premium di Indonesia, kata Weidner.

otoasia.com

M

ercedes-Benz Indonesia meluncurkan versi terbaru GL-Class, yang pertama kalinya dirakit

di Indonesia. "Tahun ini, Mercedes-Benz Indonesia untuk pertama kalinya memulai perakitan lokal GL-Class di Indonesia. Hal ini merupakan respon bagi pertumbuhan ekonomi yang kuat dan untuk memenuhi peningkatan permintaan SUV premium di Indonesia," ujar Claus Weidner, Presiden dan CEO Mercedes-Benz Indonesia. India dan Indonesia merupakan dua negara di dunia yang merakit GL-Class di luar pabrik utama Mercedes-Benz SUV di Tuscaloosa, Amerika Serikat. Hal ini menunjukkan bahwa Mercedes-Benz yakin dengan penjualan SUV premium di Indonesia, kata Weidner. Sejak tahun 1981, MercedesBenz Indonesia telah merakit secara lokal kendaraan unggulan, mulai dari C-Class, E-Class, SClass dan M-Class hingga GLClass tahun ini di pabrik yang berlokasi di Wanaherang, Bogor, Jawa Barat. Stephan Moebius, Sales and Marketing Director of Passenger Cars Mercedes-Benz Indonesia mengatakan, “GL 350 CDI merupakan terobosan baru di segmen SUV premium berkat teknologi terkini mesin diesel yang terkenal dengan performa, efisiensi dan daya tahan mesin terbaik.” Mesin diesel buatan Mercedes-Benz dikenal memiliki emisi yang lebih rendah, penghematan bahan bakar yang baik, memiliki torsi yang besar dan perawatan yang mudah. “Ini memberikan nilai ekonomis yang lebih baik bagi pemiliknya dan juga lebih ramah lingkungan. GL 350 CDI memiliki tingkat efisiensi yang tinggi dengan

Tahun ini, Mercedes-Benz Indonesia untuk pertama kalinya memulai perakitan lokal GL-Class di Indonesia. Hal ini merupakan respon bagi pertumbuhan ekonomi yang kuat dan untuk memenuhi peningkatan permintaan SUV premium di Indonesia." Claus Weidner Presiden & CEO Mercedes-Benz Indonesia

konsumsi bahan bakar hanya 7.9l/100km, dan figur emisi yang rendah yaitu 209g CO2/ km,” imbuhnya. Dilengkapi mesin diesel turbo 3.0-silinder yang menghasilkan 258 hp dan torsi 620Nm, GL 350 CDI memiliki performa maksimum untuk digunakan di dalam maupun luar kota. Di kehidupan urban, GL 350 CDI menawarkan kenyamanan, kelegaan ruang dengan 7 kursi dan efisiensi bahan bakar saat menghadapi lalu lintas yang padat. Di sisi lain bagi mereka yang berkendara jarak jauh, GL 350 CDI juga memberikan kenyamanan yang sama. Dari segi keamanan, GLClass memiliki perlengkapan

keselamatan yang lebih lengkap. GL 350 CDI misalnya, dilengkapi dengan Attention Assist, yaitu sistem keamanan yang dapat mendeteksi gejala mengantuk berdasarkan perilaku pada setir, dan mengingatkan pengemudi seandainya hal tersebut terjadi. Lalu Active Parking Assist termasuk fitur PARKTRONIC, yang memandu pengemudi menemukan tempat parkir pararel yang ideal dan membantu saat masuk dan keluarnya mobil dalam proses pemarkiran kendaraan. Sebagai bagian dari spesifikasi standar keselamatan mobil Mercedes-Benz, GL-Class terbaru memiliki dynamic and safe vehicle handling seperti ESP ®, The Electronic Traction System 4ETS, Crosswind Assist, ASR, dan the anticipatory safety concept PRE-SAFE ®. Penampilan luar GL 350 CDI sporty dan powerful berkat AMG Exterior Sports package yang menjadikan kendaraan ini memiliki karakter yang dinamis. Sementara itu, interior kabin menyajikan material kombinasi kulit dengan semi grain burr walnut wood trim. Dari segi kenyamanan, GL 350 CDI dilengkapi dengan fitur ECO start/stop function; AIRMATIC yang meningkatkan kenyamanan suspensi saat berkendara on-road dan off-road; serta 4MATIC all-wheel drive untuk memastikan traksi optimal, terutama saat berada di medan yang sulit. "Mercedes-Benz optimis akan pertumbuhan pasar SUV premium di Indonesia, terutama dengan kehadiran GL 350 CDI terbaru," ujar Weidner. "Dengan stabilnya pertumbuhan ekonomi, masyarakat yang semakin sejahtera dan jumlah anggota keluarga yang besar di Indonesia, kami percaya SUV premium kami, GL-Class terbaru, akan sangat diminati di pasar ini."


www.thepresidentpostindonesia.com

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

B7

Kesehatan selectvacations.com.au

Manfaat Spa, Fakta dan Mitos hotelmlynklekotki.pl

Spa tumbuh menjamur di Indonesia, apalagi setelah Indonesia (khususnya Bali) mendapatkan penghargaan sebagai tujuan wisata spa terbaik dunia dalam ajang Bursa Wisata Internasional (International Tourism Bourse/ITB) di Jerman tahun 2009. Bermacam perawatan ditawarkan dengan janji-janji manfaat yang menggiurkan, terutama bagi kaum hawa.

I

poloclubdubai.com

klan spa umumnya dihiasi wanita cantik dengan kulit sempurna seolah itu hasil perawatan dari spa bersangkutan. Alasan utama penggemar datang ke spa umumnya adalah untuk relaksasi, selain memperhalus dan mempercantik kulit. Secara keseluruhan orang pada umumnya merasa lebih baik setelah perawatan di spa. Menurut Virginia Sadock, psikiatri dari New York University (NYU), perawatan spa melibatkan banyak sentuhan dan memanjakan. Itulah yang membuat orang merasa lebih baik setelahnya dan stres pun hilang. “Sentuhan fisik sangat penting bagi manusia. Walau sentuhan itu datangnya dari orang asing, jika yang melakukannya profesional maka sentuhan itu akan memberikan efek bermanfaat.” Dari sebuah studi di Jepang yang melibatkan 3.300 pegawai menunjukkan bahwa frekuensi kunjungan ke spa berbanding lurus dengan kesehatan fisik dan mental. Artinya semakin sering orang berkunjung ke spa, ia semakin sehat. Termasuk di dalamnya tidur lebih berkualitas. Studi serupa di Jerman juga menunjukkan bahwa mereka yang lebih sering ke spa lebih jarang absen karena sakit. Tapi apakah semua rumah spa bisa memberikan manfaat yang sama? Paket ‘treatment’ spa biasanya terdiri dari manicure-pedicure (perawatan tangan dan kaki), body massages (pijatan seluruh tubuh) sekaligus pemakaian lulur atau body wrap, sauna, dan berendam di kolam hangat bergelembung (whirl pool). Berikut mitos dan fakta tentang manfaat spa. Manicure-pedicure memang bisa membuat tangan dan kaki menjadi lebih halus, lembab dan tampak lebih sehat. Namun tanpa dukungan kesehatan dari dalam, hal itu tidak akan bertahan lama. Pengunjung spa juga perlu memperhatikan kebersihan alat-alat yang digunakan. Karena kuku pun dapat terinfeksi jamur, bakteri dan virus dari peralatan tersebut. Akan lebih baik jika membawa peralatan sendiri yang sudah dibersihkan dengan benar.

Bahan untuk lulur atau body wrap belum tentu memberikan manfaat yang sama untuk semua orang. Bagi mereka yang memiliki kelainan kulit seperti dermatitis atau psoriasis, pengelupasan kulit mati dari pemakaian lulur, scrub atau bahan lainnya bisa menjadi pintu masuk bagi bibit penyakit yang mungkin menempel di meja, kamar mandi atau permukaan benda lainnya di sekitar ruangan selama treatment. Sementara air panas di dalam whirl pool bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah, mengendurkan otot dan menenangkan tubuh, di sisi lain juga bisa menyebarkan bibit penyakit. Biasanya airnya tidak diganti setiap hari. Untuk membunuh bibit penyakit, air diberi tambahan klorin tapi sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya menghilangkan semua bibit penyakit.

Dari sebuah studi di Jepang yang melibatkan 3.300 pegawai menunjukkan bahwa frekuensi kunjungan ke spa berbanding lurus dengan kesehatan fisik dan mental. Artinya semakin sering orang berkunjung ke spa, ia semakin sehat. Termasuk di dalamnya tidur lebih berkualitas.

Para ahli mengatakan bahwa beberapa bibit penyakit bisa bertahan dari klorin, contohnya seperti yang bisa menimbulkan penyakit Legionaires, penyakit infeksi pernafasan yang disebabkan oleh bakteri Legionella. “Butuh dosis 1.500 kali dari normal untuk membunuh bakteri ini. Anda akan membunuh manusia terlebih dahulu sebelum membunuh bakterinya,” kata Philip Tierno, direktur mikrobiologi NYU Medical Center. Berbagai bibit penyakit lain juga bisa menginfeksi, tambah-

Manfaat ini dirasakan semua orang. Jadi pada dasarnya jenis treatment tidak terlalu penting, tapi merasa dimanja itulah yang membuat orang nyaman.”

nya, mengingat pada umumnya mereka menyukai lingkungan yang hangat dan basah. “Ketika Anda menghirup uap panasnya, bibit penyakit yang ada di dalamnya ikut masuk.” Walau begitu treatment mandi lumpur dengan air mineral terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah kulit termasuk psoriasis, kondisi kulit yang menebal dan bersisik disebabkan oleh autoimun. Hal itu terungkap dari studi di Itali. Bahkan studi ke dua juga menunjukkan bahwa mandi lumpur juga bisa membantu mengatasi radang sendi. “Yang perlu diingat, psoriasis dapat memburuk ketika ada perlakuan pada kulit. Jika sebelumnya dipijat terlalu kasar atau butiran lumpurnya kurang halus, psoriasis bisa memburuk,” kata dermatolog Ellen Marmur.

Sejumlah spa juga menjanjikan hasil berupa hilangnya selulit, mengeluarkan toksin dalam tubuh dan anti penuaan. Tentang selulit, menurut dermatolog Ellen Marmur, treatment spa akan membuat kulit tampak kencang dan merata tapi sifatnya hanya sementara. Penggunaan rumput laut untuk body wrap, tambahnya, perlu diwaspadai. “Iodin dalam rumput laut, jika konsentrasinya terlalu tinggi, bisa merusak kulit. Apapun yang diaplikasikan pada kulit Anda, perlu diingat bahwa kemungkinan ada mineral yang bisa masuk ke dalam aliran darah yang bisa mengganggu kesehatan.” Body wrap juga bukan untuk semua orang. Kebanyakan orang mungkin merasa nyaman dibungkus seperti kepompong, tapi ada juga sejumlah orang yang justru merasa tersiksa. Jika merasa tidak nyaman, Anda bisa meminta terapis untuk mengeluarkan kedua tangan Anda. Hal ini biasanya cukup ampuh untuk mengurangi ketidaknyamanan. Apapun hasil yang dijanjikan spa yang membuat Anda tertarik untuk mencobanya, para ahli mengatakan manfaat sebenarnya orang merasa lebih baik setelah dari spa. “Manfaat ini dirasakan semua orang. Jadi pada dasarnya jenis treatment tidak terlalu penting, tapi merasa dimanja itulah yang membuat orang nyaman,” kata Virginia.


B8

Vol. 2 No. 47 // Edisi Minggu ke-2 // Desember 2013

www.thepresidentpostindonesia.com

Olahraga

Pegolf India Juarai Indonesia Open 2013

Erick Thohir, DC United Bawa Misi Positif untuk Sepak Bola RI thestar.com.my

Gaganjeet Bhullar, asal India, berhasil menjuarai Indonesia Open 2013 yang digelar di Damai Indah Golf Pantai Indah Kapuk selama empat hari. Pegolf India ini menjuarai turnamen bergengsi tersebut dengan total 268 pukulan under 16.

S

Sepanjang turnamen, permainan Bhullar terbilang tidak menghebohkan, namun konsisten. Ia sama sekali tak pernah meraih eagle, namun selalu konsisten meraih birdie.

Sepanjang turnamen, permainan Bhullar terbilang tidak menghebohkan, namun konsisten. Ia sama sekali tak pernah meraih eagle, namun selalu konsisten meraih birdie.

Bhullar juga tercatat konsisten memimpin klasemen sejak hari pertama. Hari terakhir, Bhullar sebenarnya terlambat panas. Dalam sembilan lubang pertama, ia hanya mencetak par. Di sembilan lubang terakhir, barulah ia berhasil mencetak tiga birdie, masing-masing di lubang 11, 13 dan 14, sehingga mencatatkan skor under 3 par 71. Konsentrasi juga menjadi salah satu kunci utamanya. Di hari terakhir tersebut, pertandingan sempat dihentikan pada pukul 14.43 WIB, akibat ancaman petir yang tak bisa diabaikan. Pukul 16.15 WIB, barulah

etelah melalui pertandingan maraton mulai 28 November hingga 1 Desember, Indonesia Open 2013 akhirnya memunculkan juara. Gaganjeet Bhullar berhak atas uang sebesar US$135.000 (sekitar Rp1,62 miliar), setelah mencetak total under 16, par 71 dari 18 lubang, di lapangan Damai Indah Golf, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. "Indonesia menjadi tempat favorit saya, karena di sinilah saya mendapat gelar internasional pertama saya beberapa tahun lalu," ucap Bhullar, sambil memegangi trofi Indonesia Open, Minggu (1/12).

pertandingan dilanjutkan, setelah mendapat rekomendasi meteorologis turnamen, Mike McClellan. "Penundaan tadi tak merusak ritme saya. Sudah beberapa kali saya bermain di Asia Tenggara, jadi sudah paham dengan situasi tersebut," ujar Bhullar. Penampilan cemerlang di hari pertama, saat meraih under 7, juga menjadi kunci kemenangan Bhullar. Setelah itu penampilannya sedikit kendur, dengan hanya mencetak under 4, under 2, dan under 3 di putaran selanjutnya. Meski begitu, raihannya sudah sulit dikejar oleh pegolf lain.

Peringkat kedua ditempati bersama oleh Nicholas Fung (Malaysia) dan Chapchai Nirat (Thailand), yang di hari terakhir sama-sama mencetak under 5. Total, keduanya mencatat under 13 dengan 271 pukulan. Bhullar juga terbantu oleh penampilan antiklimaks pegolf muda Jazz Janewattananond (Thailand). Sempat sama-sama meraih under 13 di hari ketiga, Janewattananond anjlok setelah mencatat over 4 hari terakhir. Alhasil, pegolf usia 18 tahun itu secara total hanya mencatat under 10, dan harus puas di peringkat ke enam.

Erick Thohir beserta tim sepak bola miliknya DC United tiba di tanah air dengan mengusung beberapa misi positif. Kunjungan klub yang bermarkas di RFK Stadium, Amerika, bertujuan membantu pengembangan sepak bola di Indonesia. Erick mengatakan bahwa kedatangan DC United tidak semata-mata bersifat bisnis namun juga merupakan upaya untuk mencari bakat pemain Indonesia. Juga membantu pengembangan sepak bola nasional, yakni dengan memberikan kesempatan kepada pesepak bola berbakat di Tanah Air, untuk bermain di klub itu. “Kunjungan ke Indonesia tidak hanya mendapatkan keuntungan dari segi bisnis, tapi kami juga ingin membangun sepak bola (Indonesia) secara konkret,” ujar Erick dalam konferensi pers di Epicentrum Kuningan, Jakarta, Rabu (4/12).

sampai mereka selesai tanding di tingkat Asia," kata Erick. Selain menggelar coaching clinic, DC United akan menghadapi dua klub papan atas di Liga Super Indonesia (LSI), yakni Persib Bandung dan Arema Indonesia. Dalam tur ini DC United menghadapi dua klub terbaik Indonesia yaitu Persib Bandung dan Arema Indonesia. “Ini merupakan hal baru. Selama ini di Indonesia, kita melihat pertandingan antara klub melawan timnas,” pungkasnya.

Pengusaha Indonesia itu mengatakan bahwa tim U-19 Indonesia menjadi salah satu yang sangat potensial untuk bermain bersama DC United. Pemilik Mahaka Sport Entertaiment itu mengatakan Timnas U-19 Indonesia menjadi salah satu yang sangat potensial untuk bermain bersama DC United. "Tadinya ingin mengundang mereka untuk menjadi pemain tamu, tapi saya tidak mau merusak persiapan mereka. Takut kalau terjadi cedera. Tunggu

Kunjungan ke Indonesia tidak hanya mendapatkan keuntungan dari segi bisnis, tapi kami juga ingin membangun sepak bola (Indonesia) secara konkret.”

CEO Mahaka Sport Hasani Abdulgani mengatakan kunjungan DC United ke Bandung dan Malang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi klubklub lokal khususnya Persib dan Arema untuk mendapatkan tolak ukur dalam mengembangkan potensi mereka ke depannya. "Kiblat sepak bola kita cend-

Erick Thohir

erung ke Eropa, kami ingin membawa warna lain," kata Hasani. Terpilihnya Bandung dan Malang karena kota tersebut memiliki klub sepak bola yang mempunyai basis pendukung yang besar. Dalam kesempatan yang sama, Pelatih DC United Ben Olsen mengatakan bahwa ada kesamaan karakteristik permainan di kedua negara. "Namun, MLS adalah liga yang besar, cepat dan tangguh, (jadi) para pemain harus kuat dan mempunyai ‘body balance’ yang bagus untuk bisa bersaing di dalamnya,” jelas Olsen.


The President Post Indonesia Vol.II No.47