Page 1

TOP TA B L O I D O R A N G P O P U L E R

EDISI KE- 19 ( 12 SEPTEMBER - 19 SEPTEMBER 2011)

top.tabloid@yahoo.com

HARGA Rp.5000,-

Kuliner Menu Khusus Ala Cafe Food Court Siti Khadijah

Cantik

Kencang Lagi Pasca Lebaran Interior

Rumah Mewah Romi Herton Nostalgia

Mantapkan Hati Terima Kekurangannya Fashion

Perkawinan Songket dan Kebaya Jawa

Keuangan

Planingkan Semua Keperluan Anita Nuringhati

Jangan Gampang Cemburu


2

h ib ur a n

edisi ke-17 ( 12 september - 19 september 2011)

Top

Dapat Klaim Asuransi Rp 1 M Ada isu paling gress soal Saipul Jamil pasca kecelakaan maut di Tol Cipularang yang menyebabkan istrinya Virginia Anggraeni meninggal dunia. Konon, dia mendapatkan klaim asuransi sekitar Rp 1 miliar sebagai klaim atas meninggalnya sang istri. Informasi itu diperoleh dari staff marketing perusahaan asuransi yang diikuti Saipul dan istri. Ditanya tentang isu tersebut, Saipul Jamil merasa terganggu. Bahkan, dia menyayangkan pemberitaan di sejumlah media massa yang menyebutkan dirinya mendapatkan klaim asuransi. “Yang jelas itu mengganggu, sedih banget. Padahal, aku masih berkabung,” ujarnya saat dihubungi wartawan via telepon genggam beberapa waktu lalu.

Makanya, ia tidak mau berkomentar banyak soal klaim asuransi yang diperolehnya. Namun, ia membenarkan, bahwa dirinya dan sang istri memang ikut asuransi sejak beberapa bulan lalu. “Aku memang ada asuransi istri aku. Tapi, itu untuk kepentingan masa depan. Dan, aku memang mempersiapkan semuanya yang terbaik untuk semua. Aku nggak mau berkomentar dulu. Doakan yang terbaik aja,” ucapnya. Seperti diketahui, kabar duka datang dari Saipul Jamiell, Sabtu (03/09) siang. Pedangdut yang satu ini mengalami kecelakaan naas di tol Padalarang km 97 saat sedang melangsungkan perjalanan ke Serang, Banten. Dalam kecelakaan tersebut, Virginia, istri Saipul terenggut nyawanya. (dtc)

Rahasia Cantik Dian Sastro

7 Icons Seru-Seruan Dengan Anak Yatim

Salah satu personil dari girlband 7 Icons yaitu Vanila baru saja merayakan ulang tahunnya. Dalam perayaan ulan tahunnya itu, Vanila beserta teman-temannya sesama personil 7 Icons memilih untuk merayakan uang tahun Vanila di panti asuhan. Di panti asuhan, Vanilla dan teman-temannya tentunya berinteraksi dngan anakanak penghuni panti. Namanya juga anakanak,pastinya mereka banyak bertingkah. Kita lihat bagaimana pendapat Vanilla. Vanilla mengaku mereka dan teman-

Dian Sastrowardoyo walau tengah hamil 7 bulan masih terlihat sangat cantik. Wanita 29 tahun ini tidak segan-segan berbagi tips rahasia kecantikannya. Dian mengaku ia memakai produk-produk tradisional Indonesia sesuai ajaran eyangnya. Sejak usia sekolah dasarpun Dian sudah diajari bagaimana merawat wajahnya. Salah satunya ialah madu. Jika bibir kering oleskan dengan madu dan guna menjaga kehalusan kulit wajah oleskan bedak dingin. Semula Dian agak sedikit risih dengan memakai putih-putih di wajahnya, namun

temannya tidak keberatan,anakanak di panti asuhan tempat mereka merayakan ulang tahun Vanila sangat aktif. Mungkin mereka senang karena girlband 7 Icons yang terkenal dan banyak muncul di TV sekarang ada di depan mereka. Vanila menambahkan bahwa berinteraksi dengan anak-anak ini sangat seru, anak-anak pada umur ini memang saat naka dan bandelbandelnya, jadi mereka sempat kelabakan. Dalam perayaan ulang tahunnya kamis lalu, Vanila dan teman-temannya memilih panti asuhan Tunas Bangsa, di kawasan Cipayung, Jakarta Timur. Dalam acara itu mereka juga membawa beberapa barang untuk anak-anak panti asuhan seperti sembako,susu,pampers,beras,obat dan lainlain. (dtc)

Tidak Bisa Memasak

Shahnaz Haque mengatakan bahwa dia tidak bisa memasak, bahkan dia mengaku bahwa dalam urusan masak-memasak, Suami Shahnaz yaitu Gilang Ramadhan lebih jago,benarkah? Saat ditemui Kandang Jurang Doang, yang berlokasi di Ciputat, Tangerang kamis lalu. Shahnaz dengan terang-terangan mengaku bahwa dia tidak bisa memasak dan bahkan suaminya lebih jago. Dia sempat berkelakar dibandingkan memasak dia bisa melakukkan hal seperti membenarkan lampu,membuat bangunan, dan bahkan membangu jembatan karena sebenarnya dia memang dari jurusan Teknik. Lalu, jika tidak bisa memasak. Bagaimana acara makan intern keluarga Shahnaz sendiri? Shahnaz mengatakan bahwa jika anaknya lapar, Shahnaz selalu mengajak mereka

untuk makan diluar rumah. Untung saja, suaminya yaitu Gilang Ramadhan tidak banyak protes dan menurut saja. Bahkan menurut Shahnaz sering juga, Gilang yang menyiapkan makanan untuk keluarga. (dtc)

FORMULIR BERLANGGANAN TABLOID TOP Nama Alamat No. Telepon

: ___________________________________ : ___________________________________ : ___________________________________

Mohon dicatat sebagai langganan Tabloid TOP mulai terhitung sejak tanggal _____________________ Demikianlah Terima Kasih.

karena hal itu merupakan anjuran eyangnya maka ia lakukan. Alhasil dirinya masih tetap cantik walau dengan kondisi hamil sekalipun. Dian juga menambahkan pentingnya mengkonsumsi sayur, buah dan air putih minimal 2 liter perhari. Walaupun sedang hamil, duta produk kecantikan Loreal Paris ini  masih terlihat aktif mengikuti kegiatan. Ia mengaku walau wanita dengan kondisi hamil tidak mengharuskan mereka untuk tidak produktif. (dtc)

Siapkan Kamar Warna Kuning Artis Krisdayanti bersama sang suami, Raul Lemos akan memberikan perhatian yang terbaik untuk anak mereka, Arinnha Amora Lemos. Selain fasilitas persalinan, KD juga siap memberikan ASI eksklusif antara 6 sampai satu tahun. Keduanya pun sudah menyiapkan kamar khusus untuk sang buah hati. “Kita kasih warna kamarnya kuning. Kuning itu kan cerah ya, menyenangkan dan untuk tingkat intelegensinya,” ungkap Krisdayanti, diamini sang suami, menjelang meninggalkan Rumah Sakit Mitra Kemayoran, Jakarta, belum lama ini. Krisdayanti didampingi Raul meninggalkan rumah sakit, tempat di mana menjalani perawatan usai persalinan, sekitar pukul 10:45.WIB. KD turun dari lantai 3 beserta suami yang menggendong sang bayi. Turut mendampingi, dokter Andi Hudono, dokter pribadi yang menangani sejak kehamilan,

proses kelahiran hingga mendampingi perawatannya nanti. Keduanya sementara waktu akan tetap tinggal di Jakarta, karena masih harus rutin kontrol ke rumah sakit, sampai imunisasi hingga Desember mendatang. Sementara waktu akan bolak-balik antara Jakarta - Dili, tempat tingga mereka selama ini. Mereka berharap sang anak akan sehat dan menjadi anak yang sholehah. “Jadi anak yang solehah, dan berbakti pada ibu dan bapaknya,” tegas Raul. (dtc)

Top TA B L O I D O R A N G P O P U L E R

Pembina : Suparno Wono Kromo. General Manager (GM)/Pimpinan Redaksi : A.Aziz. Wakil Pimpinan Redaksi : Ali Syahbana. Staff Redaksi : Rani Bintang Alam, Hertha Della, Ary Kurniati, Nurul Huda. Foto Grafer : Abriansyah Liberto. Pracetak : Reza Teja Kusuma, Raam Syafutro Riyanto. Pemasaran / Ekspediasi : Irwan Sawiran, Fajri. Penerbit : PT. Radar Citra Media Percetakan : PT Sumek Intermedia. Alamat : Jalan Kol H.Burlian No 59 Palembang. Telpon : 0711 – 414523. Fax. 0711-414523. Email: top.tabloid@yahoo.com, Rek. No : 0112573599 BNI Cab.Musi Akte Notaris. No : 59 Tanggal : 21 September 2006

Edisi 19 : 12 - 19 september


TOP

EDISI KE-19 ( 12 SEPTEMBER - 19 SEPTEMBER 2011)

C O V ER

3

Jang an

Gampang Cemburu Satu lagi, wanita hendaknya jangan gampang cemburu dengan keberadaan orang lain. Karena, perasaan cemburu ini bisa menjadi titik awal dari perpecahan. Padahal, seharusnya wanita harus mampu bersatu padu dalam membela hak perempuan, sehingga benar-benar mampu mewujudkan kesamaan gender. Setidaknya, inilah benang merah yang disampaikan RA Anita Nuringhati SH MH, seorang wanita karir yang memulai profesinya sebagai lawyer dan kini duduk sebagai anggota DPRD Sumsel yang tergabung dalam komisi 5 Bidang Kesra. Saat dibincangi wartawan TOP belum lama ini, Anita bertutur panjang lebar bagaimana dia meniti karir hingga seperti sekarang ini. Semuanya bermula ketika tertarik dan bergelut di dunia hukum sebagai lawyer untuk membela kepentingan hukum orang yang benar. Kini, kiprah itu pun dikembangkannya dengan menjadi pelayan masyarakat agar bisa memperhatikan nasib perempuan. “Benar, saya dulu adalah seorang lawyer dan kini menjadi anggota DPRD Provinsi Sumsel dari partai Golkar,” ungkapnya dengan ramah sambil mengawali pembicaraan dengan wartawan Tabloid TOP. Bagi Anita, apapun karir yang dijalani adalah sama dan tidak ada bedanya. Yang terpenting dalam sebuah karir tersebut mampu membawa kebahgiaan bagi semua orang terutama kaum perempuan. ”Saya

Biodata Nama Hobby Aktivitas Suami Anak

kan berkecimpung di bidang pemberdayaan perempuan dan saya akan tetap memperhatikan hal ini melalui jabatan ini juga,” katanya melanjutkan dengan senyum yang khas. Anita pun mengakui bahwa tidak lah mudah untuk terjun kedunia politik dan menduduki jabatan sebagai pelayan masyarakat. Hal ini salah satunya disebabkan karena awalnya profesinya adalah lawyer yang pernah ditekuninya. “Dari tahun 1993 kalau gak salah saya mulai dunia lawyer sampai 2009, dan setelah itu saya mulai terjun di DPRD sampai sekarang dikomisi 5 bidang Kesra,” jelasnya. Kembali lagi, wanita yang nampak cantik dan bersahaja ini pun menambahkan cerita singkat saat menekuni dunia ini. Banyak kisah yang dibaginya saat duduk di dunia politik. Semua penuh perjuangan dan tidak mudah. “Saya terjun di dunia politik tahun 2005 di biro hukum dan HAM Tingkat I Sumsel (Partai Golkar, red), dan setelah Musda saya jadi Waka DPD bidang pemberdayaan perempuan,” katanya menjelaskan kisahnya saat terjun di partai politik. Ditanya lebih lanjut, tak segan-segannya Anita pun memberikan pelajaran untuk kaum muda sekarang agar bisa lebih matang dan mempunyai kepribadian yang kuat sebelum terjun di suatu kancah politik. “Suatu kancah tidak mengenal sebuah kesetian karena kepentingan pasti menghalalkan segala cara, tidak mengenal siapa teman, siapa lawan, karena semua itu berada diatas kepentingan.

: RA Anita Nuringhati SH MH : Menyanyi, Travelling : Lawyer (tahun 1993-2009) Anggota DPRD Komisi 5 (tahun 2009- sekarang) : Ir Sigit Wibowo (Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumsel) : Aryuda Perdana Kusuma S Sos Ardhia Kusuma Putri

FOTO - FOTO : ISTIMEWA

Perempuan masih banyak keterbatasan dan bisa dihitung dengan jari yang mampu tampil ke depan sejajar dengan laki-laki dalam hal karir dan ilmu. Padahal sebenarnya, wanita bukan bodoh tetapi masih belum banyak berkesempatan.

Kalau sudah masuk ke sebuah sistem maka kita harus mengikuti sistem itu tapi ingat harus ada mental dan prinsip pribadi yang kuat jangan sampai terwarnai, kita harus punya warna dan sikap sendiri,” ungkapnya panjang sambil berapi-api menjelaskan sebuah nasehat. Ditanya lebih dalam mengenai sukanya saat menggeluti dunia politik hingga menjadi seorang anggota dewan, kembali lagi ibu dari dua anak yang bersahaja ini pun memaparkan suka dukanya. “Sukanya dengan adanya wadah ini kita bisa berbuat untuk orang lain walaupun peran kita kecil tapi sangat berarti bagi masyarakat. Itu yang saya suka dan semua ada kepuasan tersendiri ketika harus terjun di dunia politik,” katanya sambil tertawa lebar tanda keramahannya. Dibalik kesuksesan seorang laki-laki tentu ada wanita yang bersahaja mendukungnya, begitupun sebaliknya dibalik kesuksesan seorang Anita ada juga sosok laki-laki yang menjadi suaminya pendukung semua aktivitasnya untuk terjun kedunia karir sekarang. “Awalnya saya akui memang kesulitan, disitu banyak pekerjaan dan kesibukan dengan orang luar. Ya, kalau bukan dukungan keluarga saya gak bakal jadi begini, semua karena mereka yang mendukung hal positif saya untuk melangkah sebagai seorang yang berkarir namun tidak melupakan keluarga dan anak-anak jadi ada waktu khusus untuk mereka dan pertemuan bisa diatur,” kata Anita kembali. Ketika berbincang-bincang lebih dalam dan terkesan suasana akrab, Anita pun memberikan sudut pandangnya mengepa menggeluti dunia legislatif dan melepas sementara dunia lawyer. “Tidak kok, tidak ada yang berlainan kembali lagi saya jelaskan bahwa semua profesi itu sama saja, hanya sudut pandangnya saja yang berbeda, kalau lawyer kan membela kepentingan seseorang yang butuh keadilan, membela kilen yang bayar kalau dianggota dewan kan membela kepentingan juga hanya bedanya kepentingan masyarakat banyak, namun semuanya tidak terlepas dari aturan normatif, dan akan

berjalan jika diikuti dengan etika yang baik,” ungkapnya berapi-api. Kecintaannya terhadap dunia politik, dan terjun berkarir menjadi anggota dewan dan tak lantas membuatnya lupa akan jati diri awalnya, menjadi seorang lawyer. “Saya sementara cuti lawyer, saya rasa semua tidak akan sia-sia, toh ilmu lawyer masih bisa saya terapkan lagi nantinya,” ujarnya dengan bersemangat. Memang jarang ada sosok wanita yang berkarir lantaran memikirkan nasib orang banyak, terutama peduli kaum perempuan di Palembang, yah, itu lah Anita. ”Negara telah memberikan kebebeasan untuk berkiprah, bukannya perempuan itu tidak boleh, hanya saja sebagian masyarakat berpikir perempuan belum mampu dalam hal kesamaan gender. Itu salah lho, sebenarnya bukan untuk disamakan namun disejajarkan, kalau mau disamakan ya jelas kita tidak akan bisa sama dengan kaum laki-laki, tapi kalau sejajar pasti bisa,” katanya lagi berapi-api dengan sorot mata yang tajam dan bermakna. Anita pun mengatakan bahwa perempuan masih banyak keterbatasan dan bisa dihitung dengan jari yang mampu tampil ke depan sejajar dengan laki-laki dalam hal karir dan ilmu. “Padahal presiden kita dulu pernah lho wanita, berarti ini menandakan bahwa kaum perempuan itu bisa lebih maju dari pada kaum lakilaki dan sekarang tergantung dari perempuan itu sendiri yang mengoptimalkan potensinya,” ujarnya sembari melanjutkan kembali “ingat ya, perempuan itu tidak lah lemah, hanya saja belum ada kesempatan aja, untuk itulah kasih kesempatan mereka untuk maju dan berani berkreasi, karena perempuan tidak lah bodoh, kalau mau ditest perempuan malah lebih rajin dari laki-laki tinggal optimalisasi aja”. Terakhir, Anita pun sambil bersemangat memberikan harapannya terhadap kaum perempuan, “saya berharap semua perempuan itu bersatu tidak terpecah jangan suka ‘’cemburu’’ terhadap potensi perempuan lain, dengan begitu kita pasti maju karena saling membahu,”.tutupnya. (rba)


4

c o ve r

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

Top

Menginspirasi S

Wanita

alah satu pengacara yang dikenal dekat dengan Anita adalah Titis Rachmawati SH MH. Menurutnya, Anita adalah orang yang berprofil baik, dan dia sangat dekat semasa menjadi lawyer. “Kita dekat apalagi saat profesi dan satu angkatan dulu ya, orangnya enak, care sama semua orang. Kami pun masih sering kontek-kontekan lho. Satu hal yang tidak bisa saya lupa adalah, orangnya cepat sekali akrab,” katanya bercerita sosok sahabatnya. Tak segan-segannya, Titis pun memberikan sebuah komentar lagi mengenai kiprah temannya sebagai anggota dewan. “Bagus dong, berarti beliau punya niat yang baik untuk memajukan Sumsel, dan saya tahu keinginannya dari dulu sekali ingin memperjuangkan perempuan Indonesia dan sekarang kesampaian kita harus dukung dong, walaupun dengan konsekuansi beliau tidak lagi menjadi lawyer,

Titis Rachmawati SH MH

(cuti, red)” katanya menambahkan sambil tersenyum. Titis pun tak pernah memberikan komentar negatif seputar pilihan hidup yang diambil sahabatnya ini untuk beralih dari lawyer menjadi anggota dewan. “Semua tergantung Anitanya, untuk menimbulkan gebrakan tidak harus di lawyer selama beliau nyaman dengan yang dijalaninya sekarang gak masalah, kalaupun suatu saat nanti akan menjadi lawyer ya juga gak masalahnya, dengan begitu ilmu uang pernah dia dapat dari menjadi dewan kan bisa diterapkan juga di lawyer nanti, dan sebaliknya lah” katanya lagi Terakhir, lawyer muda ini pun menambahkan harapannya untuk sahabat baiknya ini. “Mudah-mudahan dengan menjadi anggota dewan beliau bisa lebih mengisnspirasi wanita-wanita sumsel dan agar lebih mandiri lagi,” ungkapnya sambil berlalu. (rba/nrl)

• Anita diruangan kerjanya

FOTO : DOK

FOTO : RANI/ TOP

Sosok yang Baik B

• Bahrul Ilmi (paling kanan ) beserta rekannya

FOTO : DOK

ahrul Ilmi Yakup SH MH CGL seorang Managing Partner Palembang International Law Office (PILO) Bahrul Ilmi Yakup And Partner yang juga tak lain adalah law partner Anita, ikut angkat bicara soal sosok pribadi teman seprofesinya. B erceloteh sangat panjang saat ditemui dikediamannya baru-baru ini, Bahrul panggilan akrabnya tak segan-segan membagi cerita dan berkomentar positif tentang Anita. ”Anita... hmm beliau adalah sosok yang baik, punya atensi terhadap kepentingan publik dan cukup dikenal menangani kasus-kasus besar dan sebagai advokat beliau sudah cukup sukses bisa dibilang,” ungkapnya mengawali pembicaraan. Bahrul pun menambahkan bahwa apa yang ditekuni dan karir yang dijalani oleh Anita sebagai anggota dewan adalah pilihan hidupnya dan itu merupakan

hak yang baik “Sebenarnya beliau bukan beralih profesi, hanya saja menduduki jabatan publik. Jadi, profesinya sebagai advokat harus cuti dan itu tidak masalah tidak melanggar aturan dan itu pilihan nya dari profesi menjadi melayani masyarakat” tandasnya. Kembali Bahrul memberikan komentar, bahwa secara jujur dia susah menilai. Tapi menurutnya, sejak masuk jadi anggota dewan kiprahnya kurang diliput oleh berita, lebih banyak ketika beliau menjadi lawyer yang suka menjadi narasumber dan mengembangkan ilmunya. “Tapi kembali lagi, hal tersebut tidak masalah, karena beliau punya niat baik untuk publik dan kita dukung,” sergah Bahrul. Dengan ramahnya, Bahrul memberikan sedikit nasihat yang berarti untuk partnernya. “Satu hal saja, kalau menekuni profesi atau kerjaan tidak setengah-setengah tapi serius dan beretika serta saya yakin Beliau pasti sukses,”tutupnya. (rba)


TOP

EDISI KE-19 ( 12 SEPTEMBER - 19 SEPTEMBER 2011)

N OS TA LG I A

5

Mantapkan Hati Terima Kekurangannya

Yu l f a C i n d o s a r i mungkin tidak asing terdengar di telinga. Pasalnya, dia akrab dengan kegiatan bersama publik dengan mengisi berbagai acara. Dia juga aktif di kegiatan partai politik. Namun tak banyak yang tahu kesehariann y a sebag i seo-

Nama : Yulfa Cindosari Suami : H.M. Fahmi Agussalam, ST TTL : Palembang/29 Juli 1974 Anak : Izzatul Fadhilah Hanifah Mumtazah M. Hassan Alfatih Sarah Mukhlis Ammar Aqil Aktivitas : Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi dan Kewirausahaan DPW PKS Pengelola BMT wanita islam Ketua Yayasan ibu Sejahtera Penceramah distasiun televisi dan sejumlah tempat.

rang istri, bagaimana dia berani memutuskan untuk memulai meniti kehidupan bersama sang suami HM Fahmi Agussalam yang sama sekali tidak dikenalnya. Berikut Tabloid TOP mencoba menguaknya. Pernikahan yang penuh nuansa bahagia, saat ini betul-betul dinikmati Yulfa. Siapa sangka, jika semula hal ini tidak pernah dibayangkannya. Sebab, mulanya dia mencari jodoh dengan kriteria yang tidak dimiliki suaminya sekarang. Perlu diketahu bahwa Yulfa adalah sosok wanita masa kini, tak mau diam dan mau berkereasi terhadap diri dan lingkungannhya, oleh karena itu untuk ukuran seorang Yulfa maka dia begitu mengharapkan ada sosok laki-laki yang bisa sama seperti dia yang kana mendampinginya. “Kita-kita ini kan wanita zaman sekarang, sibuk di luar ya, dan saya ngarep banget laki-laki yang ideal lah, manusiawi kan,” katanya memulai perbincangan dengan Tabloid TOP. Namun saat w a r t a w a n Ta bloid Top memasuki cerita lebih dalam, terucaplah kata-kata yang menyejukkan hati. “Saya, syukuri yang ada, suami saya itu pendiam, penyabar dan penyayang kepada anak-anak. Saya suka dengan sosoknya,” ungkapnya lagi. Kembali Yulfa pun sedikit berkomentar panjang dan merasa sangat malu terhadap apa yang dia pikirkan dulu sebelum menerima pinangan dari sang suami. Ternyata, mereka berdua sama sekali tidak sa-

ling mengenal. “Dulu, belum ada partai, kan cuma ada pembinaan. Nah, dari sanalah saya menerima biodata beliau sekitar akhir 1999, saya jujur gak kenal dia, hanya liat fotonya doang dan baca semua riwayat hidupnya melalui biodatanya doang,” katanya berapi-api. Wajar, setiap manusia menginginkan yang terbaik dan mendapatkan jodoh yang sempurna baik fisik maupun mental yang baik. Hal tersebut sempat terbesit di hati Yulfa saat tahu dan memahami sosok laki-laki yang mengajaknya ta’aruf (kenalan). Alhasil, yang dia dapat pada saat itu adalah kecewa dan tidak yakin untuk melanjutkan kejenjang serius. “Namanya juga manusia, saya juga menginginkan yang terbaik, makanya saya istikhoroh aja lah,” ujarnya kembali sambil menyilahkan wartawan untuk menikmati hidangaan yang telah disediakan. “Saya sudah berkali-kali istikhoroh saya juga sempat nolak jujur, saya nolak karena pertimbangan fisik semata, dan jujur juga dari segi orang tua menginginkan saya dapat pasangan yang pekerjaannya terjamin dan tetap itu tak ada di dalam diri beliau,” ujarnya. Yulfa pun dengan sebuah kejujuran mengatakan alasan mengapa berkali-kali menolak pinangan tersebut. Bentuk fisik yang agak pendek, riwayat penyakit yang diderita dari keluarga, dan pekerjaannya. Akhirnya, Yulfa pun menolak kembali. “Belum yakin sih, belum plong, ibu juga belum setuju lantaran merasa belum mantap, dan sedih ya pas dibilangin kok calon kamu gitu sih, kayak anak kecil pendek, entah saya jadi tambah gak minat untk nikah dengan beliau” ungkapnya. Dengan perasaan marah kesal dan banyak berkecambuk di hati, akhirnya dengan rasa ragu Yulfa pun kembali memberanikan diri untuk sholat lagi. “Saya sholat lagi, nangis minta petunjuk dan pas selesai sholat hati saya merasa plong gak ada lagi perasaan itu, saya siap apaun yang terjadi saya akan hadapi ibu,” Bak seorang pahlawan, ada seseorang ustad yang mencoba menasehatinya. “Kenapa kamu

tolak Yulfa pinangan tersebut, menolak pinangan laki-laki yang soleh itu akan menimbulkan fitnah lho,’’kata Yulfa meniru kata-kata sang ustad yang sempat membuatnya tertegun tak percaya seorang ustad besar sampai tahu tentang penolakkannya. Yulpa pun kembali mempertimbangkannya dan kembali berusaha untuk sholat lagi. Akhirnya, mungkin sudah jodoh dan Tuhan yang memantapkan hati hambanya yang serius dengan niat menikah karena ibadah, ada-ada saja jalan untuk mempermudah semuanya. Akhirnya, jalan terang itu pun ada, sang ayah Yulfa sudah lama mengenal Fahmi sebagai seorang teman itikaf dan dimata ayah Yulpa Fahmi adalah laki-laki yang baik dan sholeh walalupun agak pendiam, namun setelah mengetahui bahwa sang ayah sudah kenal Yulfa pun mengurangi sedikit keraguannya tentang Fahmi dan yakin akan jalan jodoh ini ketika dengan mudahnya sang ayah mengatakan untuk meminta Yulpa mengajak Fahmi dan keluarga langsung ke rumah walaupun sang ibu belum bisa sepenuhnya menerima. “Bapak langsung minta saya ngajak Fahmi ke rumah, walaupun ibu masih sedikit gak suka tapi ya saya mantabkan hati melallui istikhoroh tadi, dengan bismillah saya pun siap terima kekurangan yang ada di dirinya,” katanya lagi dengan mantap. Sang suami pun bersama keluarganya datang kerumah untuk membicarakan hal serius ini. Pernikahan pun terjadi pada 13 Februari 2000, dan Yulfa pun merasa sangat bahagia, ternyata laki-laki yang sempat ditolaknya berkali-kali itu adalah laki-laki soleh yang membuat dia dan anak-anak bahagia tanpa ada kekurangan satupun. “Kalau diingat-ingat masa lalu, saya malu kenapa saya sempat mau menolaknya. Kita tidak boleh menolak orang lantaran fisiknya, lihat niatnya, boleh jadi menurut kita buruk dari segi pisik ternyata di mata Tuhan dia begitu mulia dan itu yang saya dapatkan dari suami saya saat ini, saya merasa beruntung sekali,” tutupnya (rba/nrl)


6

w an it a

h eb a t

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

Top

Meski Dicampakkan Aku Mampu

t i k g n Ba

Keyakinan dan prinsip dalam mengarungi biduk rumah tangga adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pasangan suami istri. Jika hal tersebut berbeda, maka rumah tangga yang dibina akan hancur berkeping-keping, dan anak-anak pastinya akan menjadi korban. Namun jika mampu membawanya ke arah pikiran positif, bagi wanita keteguhan pada prinsip bisa menjadikannya sosok yang tegar. Ini terjadi pada Tina Sitorus, wanita paruh baya usia 50 tahun, yang mencoba bertutur dengan gaya aku.

M

ungkin semua orang bilang ini hanya cerita khayalan belaka seperti cerpen ataupun novel. Kembali lagi, aku menegaskan bahwa hal ini pernah terjadi dalam paruh hidupku dan anak-anakku. Aku seorang yang berasal dari keluarga penganut Kristen Katolik dan tinggal di Medan. Awalnya kehidupan ku biasa-biasa saja, sepertti halnya hidup orang normal, mempunyai keluarga besar yang saling menyayangi. Namun bagiku dan keluargaku, petaka berubah saat aku bertemu dengan sosok laki-laki yang berbeda keyakinan agama dengan keluargaku, ya suami ku adalah seorang muslim yang berasal dari Aceh. Lantaran cinta yang begitu besar, akhirnya aku dan suami ku memberanikan diri untuk melewati berbagai rintangan dan cercaan dari keluarga besar kami. Aku pun memberanikan diri mengambil resiko dikucilkan keluarga lantaran menikah dengan laki-laki lain keyakinan, yang sekarang menjadi suamiku. Biduk rumah tangga hari demi hari kami jalani dengan sangat bahagia, kami tinggal di Aceh yang mayoritasnya berlainan keyakinan dengan aku. Seiring waktu biduk rumah tangga yang kami jalani ini menghasilkan buah cinta 3 orang anak. Masing-masing, 2 laki-laki satu perempuan namun seiring waktu pernikahan y a n g berjalan lebih kurang 20 tahunan ini pun hampir kandas karena prinsip yang berbeda.

• Debby Sartikha Tanjung

Kesedihan mulai muncul saat 2004 terjadi Tsunami besar di Aceh yang meluluhlantahkan semua manusia yang ada di sana. Akhirnya karena trauma kami memutuskan untuk mengungsi di daerah Medan dan tinggal sementara di rumah saudaraku lebih kurang 5 bulan. Tragedi menyedihkan bermula saat tinggal disana. Suamiku tidak betah berada di lingkungan yang berlainan keyakinan dan akhirnya dia pergi meninggalkan aku dan anak-anak tanpa pesan apapun. Hancur hatiku, lantaran laki-laki yang aku bela matimatian ternyata meninggalkan kesan yang tidak baik. Waktu demi waktu aku lewati sebagi seorang janda pisah tanpa status dan parahnya aku harus menghidupi 3 orang anak-anak ku yang masih kecil dan butuh biaya yang banyak. Disinilah perjuangan ku dimulai, aku pulang kampung mamak di Parapat Danau Toba membawa anak-anak. Miris sekali, kepulanganku membawa berita miring dan semua keluarga sempat mencerca dan menghinaku dan anak-anakku. Harus bertahan hidup, itulah yang ada dibenakku saat aku dicerca orang banyak, dicerca keluarga mamak lantaran perbuatanku. Aku pun belajar membuka usaha berjualan di kantin Sekolah Dasar. Hidupku mulai bangkit tanpa seorang laki-laki dan dari sanalah aku bisa membiayai anak-anak sekolah dan dari hasil hasil usahaku aku bisa membeli fasilitas rumah dan bisa bangun rumah sendiri. Namun cobaan datang lagi, kantin ku dikotorkan orang. Kantin tempat ku bergantung dijahili orang dengan memberi kotoran manusia, sehingga semakin hari semakin sepi pengunjung. Aku merasa terhina, dan aku tak tau siapa yang berbuat hal hina itu. Akhirnya aku sakit-sakitan dan aku memutuskan untuk menutup kantin itu. Ketika Opung anak-anakku meninggal, aku mendapatkan warisan tanah dan kubuka kebun kopi untuk melanjutkan hidup. Selama itu juga aku hidup dalam keterpurukan dan berusaha untuk anak-anak. Aku tetap dikucilkan keluarga mamak. Masyarakat sempat mengucilkanku dan bilang kalau aku janda tidak punya suami tapi kok bisa bangun rumah sendiri, orangorang berfikir negatif tentangku. Namun demi anak-anak aku rela dihina, aku rela kerja seumur hidupku mengambil upahan sebagai pemetik hasil panen kopi orang dan diupah hanya Rp 20 ribu per hari, bekerja chatringan dan aku berprinsip takkan pernah down demi anak-anak bisa maju. Aku pun sering menangis lantaran teringat perlakuan orang terhadapku dan ingat perbuatan suami yang meninggalkan ku sendiri dan anak-anak kurang diterima oleh keluarga mamak, sehingga membuat anakanak sangat membenci figur ayahnya. Aku sekolahkan anak-anak, bagiku mereka harus jauh lebih baik dari pada hidupku. Tahun demi tahun aku lalu sebagai seorang janda miskin, penuh hinaan serta pekerja keras dan aku berjanji akan

Tina Sitorus membawa anak-anak ku sukses. Semua itu kini bisa aku buktikan, lantaran kebun kopi yang kutanam dari nol sekarang sudah bisa dipanen, untuk biaya aku dan anak-anak. Bahagianya lagi, anak-anak ku sudah tumbuh dewasa. Anak pertamaku menjadi Manager Koperasi Simpan Pinjam Kozero Siak Pekan Baru dan anak perempuan ku

menjadi seorang karyawan swasta di Palembang. Senangnya hatiku, perjuangan selama ini tidak sia-sia, walau tanpa sosok laki-laki yang telah meninggalkan kami. Aku bangga dengan anak-anakku karena mereka bisa bersekolah dan kini sudah bekerja dan membantu perekonomianku tak sia-sia aku mempertahankan hidup demi mereka. (rba)

: a t a d o i B Nama Pekerjaan TTL Anak Alamat

: Tina Sitorus : Ibu Rumah tangga/Tani Kebun Kopi : Parapat, 11 Maret 1961 : Ekhi Syahputra Tanjung (manager Koperasi Simpan Pinjam Kozero Siak Pekan Baru), Debby Sartikha Tanjung (karyawan swasta Di Palembang), Aldhi Tanjung : Jln Tanjung Harapan Lr Bukit Sangkal Palembang


TOP

EDISI KE-19 ( 12 SEPTEMBER - 19 SEPTEMBER 2011)

T O K OH

7

Jadikan RRI Berkelas Dunia Rasanya, tidak mungkin bila tidak tahu dengan Radio Republik Indonesia (RRI). Radio tertua yang ada di Indonesia, yang kini semakin eksis dan melebarkan sayapnya keseluruh lapisan masyarakat. Saat ini, untuk stasiun Palembang, ternyata memiliki nahkoda baru yang menjabat sebagai kepala RRI Palembang, yakni sosok wanita karir namun penuh santun dan keibuan, Dra Arianti Retno Astuti MM. Sosok yang bersahaja ini mungkin baru terdengar di telinga masyakarat awam, namun kiprahnya di dunia RRI sudah tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti saat, Ari, sapaan akrabnya berbincang-bincang dengan wartawan Tabloid TOP sesuai temu silaturahminya dengan awak media Sumatera Ekspres, Rabu (6/9). Bagi Ari, pekerjaan dan karir yang dijalaninya, adalah suatu kewajiban dan tidak mudah untuk menapakinya, semua dilakukan dengan penuh pengorbanan yang besar sampai bisa menduduki jabatan sebagai pimpinan. “Bangga dong, senang sekali alhamdulillah dan saya bersyukur bisa jadi pimpinan” ungkapnya mengawali pembicaraan dengan wartawan Tabloid TOP. Sebagai perusahaan yang besar, tentunya ada kebaggan tersendiri lantaran Ari adalah sosok wanita, yang bisa disejajarkan kedudukannya dengan kaum laki-laki. Semua tak pernah lepas dari peran dan dukungan sosok suami dan anak-anaknya. “Ya, saya bisa sampai disini, lantaran karena

Biodata

Nama TTL Suami Anak

: Dra Aprianti Retno Astuti MM : Magelang, 17 Februari 1958 : Ir Widodo Gunawan Purwadi : Brahadi Adityarso Nugroho ST Ayu Indira Eriyana Dewi

izin dan dukungan suami saya serta keluarga juga tentunya,” katanya menambahkan. Pekerjaannya yang sibuk dan aktivitasnya yang padat serta jarak jauh antara Semarang dan Palembang tak pelak membuatnya lupa akan kodrat dan kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu dari 2 anak yang tinggal di Semarang. “Ini kan kewajiban saya, walaupun kami terpisah tempat tapi saya tidak akan melupakan kewajiban saya sebagai istri dan ibu,” ungkapnya dengan bersemangat. Jarak yang jauh tak membuatnya surut menjalankan kewajibannya sebagai seorang wanita, kesibukannya tidak melunturkan perhatiannya kepada anak-anak. “walau jauh ya kita tetap facebook-an, sms-an, telpon-an dan chatingan lho, karena komunikasi sangatlah penting bagi kita untuk mempererat silaturahmi,” katanya berapi-api sambil tersenyum. Ditanya mengenai kiprahnya di RRI maka dengan ramahnya Ari memaparkan bahwa ia ingin mewujudkan RRI sebagi radio yang berjaringan terluas, berkarakter bangsa dan berkelas dunia. “Itu yang saya inginkan semoga saja tercapai,” katanya lagi Kembali lagi Ari yang hobby olahraga dan membaca ini pun menuturkan kiprahnya yang dimulai dari nol. ”Alhamdulillah ya, saya berkiprah sekitar tahun 1987-an dan pertama kali bertugas di Magelang, di RRI Jayapura pernah juga 15 tahun, terus balik lagi ke Magelang dan pindah tugas lagi kebeberapa tempat lainnya terakhir saya di sini, (Palembang, red)” katanya merincikan. Ketika disingung masalah pendidikan anak dan pola asuh anak, Ari pun dengan tak segansegannya berbagi seputar masalah itu. Bagi Ari dia tidak kerepotan menjalankan peran ganda ini. Sosok wanita dimata Ari adalah wanita harus bersahaja, mandiri dan maju. ”Wanita itu boleh jadi ibu rumah tangga utuh sekali, perhatikan keluarga dan prioritas kan keluarga dan pendidikan anakanak serta sempatkan lah waktu untuk mereka tapi lebih bagusnya lagi jadi sosok wanita yang bisa berguna bagi orang lain melalui ilmu yang dimilikinya” nasehatnya. Terakhir, Ari yang nampak berwibawa dan bersahaja ini pun menambahkan komentar dan harapannya kedepan untuk sosok kaum wanita yang ada. “Saya berharap sekali perempuan harus maju, dalam artian mau belajar dan jangan terlalu tergantung dengan orang lain, apalagi ibu rumah tangga pintar bukan hanya di dapur tapi juga pintar disegala bidang, dan jangan lupakan kodrat,” tutupnya. (rba)


8

H O BB Y

EDISI KE-19 ( 12 SEPTEMBER - 19 SEPTEMBER 2011)

Fotografi dengan Toys Camera Tak banyak yang tahu bila di Kota Palembang terdapat sekumpulan remaja yang hobi mengoleksi dan menggunakan kamerakamera lama yang masih memakai film. Namanya komunitas KLASTIC, singkatan dari Kaskus Klastic and Toys Cam Community. Komunitas yang didirikan sejak tahun 2009 ini, merupakan komunitas hobi pengguna kamera manual (toy camera). Wartawan TOP berhasil mewawancarai salah satu anggotanya yakni Lidya (19), mahasiswi jurusan Manajemen Informatika Universitas Sriwijaya, di stand Klastic disalah satu event yang diadakan di PTC Mall. “Kami mendirikan komunitas ini berdasarkan kesamaan hobi. Selain itu, sebagai wadah untuk sharing tentang seluk-beluk fotografi, cara mencuci foto agar mendapatkan hasil yang sempurna, dan sebagai

TOP

tempat untuk melakukan eksperimen foto di berbagai lokasi”, ungkap Lidya. Komunitas ini melakukan pertemuan rutin di setiap bulannya pada saat akan hunting foto. Biasanya mereka akan memilih lokasi yang menarik, seperti di Bukit Siguntang, Punti Kayu, Ampera, dan sebagainya. ”Kebetulan kita tidak ada basecampe tersendiri. Jadi setiap bulan, kami menentukan tempat pertemuan dengan saling comment di kaskus atau di fanpage kita. Biasanya suka ada lomba fotografi di kaskus. Jadi kita setelah disepakatin tema foto dan waktunya, ambil foto rame-rame, lalu di-share di kaskus, dan foto terbaik yang jadi the best winner-nya biasanya dimuat di kaskus. Jadi pengguna kaskus dari belahan dunia manapun bisa melihat hasil foto tersebut”, jelas Lidya. Ketika ditanya akan kecintaannya dengan kamera manual ini, Lidya menjawab dengan pasti. ”Dengan kamera manual ini, tantangan kita untuk menghasilkan foto yang terbaik semakin besar, karena tidak bisa diedit seperti kamera digital. Selain itu, bentuknya juga lucu-lucu, mbak. Lihat aja, ada yang berbentuk kayak kamera mainan (karena bentuknya kecil), ada yang berbentuk boneka, ada juga kamera tahun 1980-an, yang cara memotretnya sangat unik,” pungkasnya. (nrl)

FOTO - FOTO : BERTO / TOP


Top

R

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

umahku istanaku. Begitulah pepatah impian sebagian orang yang ingin mempunyai hunian rumah berukuran besar, mewah dan megah. Namun tidak sedikit orang yang menyadari bahwa hunian rumah mewah pasti interior didalamnya dilengkapi perabotan furniture yang mewah dan mahal pula. Anggapan tersebut dipatahkan Hj Masyito Romi Herton SH selaku pemilik rumah mewah dan besar yang terletak di Jalan Kiranggo Wirosentiko No 9 (Depan Paldam II Sriwijaya) Palembang. Menurutnya, memiliki sebuah rumah berukuran besar dan mewah tidak harus dilengkapi dengan perabotan yang mahal, yang penting perabotan harus sesuai dengan kebutuhan rumah serta unik sehingga menimbulkan kesan mewah dan indah. Saat ditemui TOP di kediamannya baru-baru ini, Masyito menegaskan, rumah yang bertema konsep klasik ini ternyata dilengkapi dengan perabotan mulai dari interior sampai furniture dari produk lokal serta diisi dengan barang antik yang menambah kesan kental sesuai dengan konsep rumah klasik. Selain itu, rumah yang dibangun diatas tanah dengan luas tanah 2000 meter persegi dengan luas bangunan 1250 meter persegi ini sengaja dibuat berukuran besar. Tujuannya, agar hunian yang ditempati terasa lega dan menimbulkan kesan nyaman di dalam rumah serta bisa memiliki banyak ruang untuk dapat mengakomodasi  beberapa kamar.

“Seluruh perabotan di ruang tamu kita datangkan dari toko serba antik Jakarta, mulai dari sofa sampai perabotan. Sedangkan perabotan seperti lemari kamar dan ruang keluarga sampai kitchen set dengan menggunakan bahan material full kayu jati yang memiliki kualitas tinggi dari desain sanggar klasik Palembang yang sarat dengan kesan klasik ditambah wallpaper dinding bermotif bunga dan garis yang unik disetiap sudut ruangan,” jelas wanita yang hobi musik dan mengoleksi barang antik ini. Dari segi penataan, Maysito menjelaskan, dia juga ikut terjun langsung dibantu dengan arsitek yang sudah berpengalaman. Sedangkan untuk memperindah dia inisiatif sendiri menambahkan perabotan seperti kursi kayu antik zaman swan chi dan guci antik asem dan sung oyok yang berumur ratusan tahun, sehingga menambah kental nuansa klasik di setiap sudut ruang tamu dan keluarga. Ibu dari M Ghery Swastika Herton (18 tahun), Nezia Ayu Mudita Rahmawati Herton (14 tahun), Aurelia Nurezaliena (11 tahun) dan M Aron Cetonato Herton (9 tahun) mengungkapkan, untuk ruang keluarga, ruang makan dan dapur kering sengaja dibuat tanpa disekat, agar ruangan bisa lebih kelihatan luas dan lega serta sambil menyiapkan makanan dimeja makan kita lebih praktis dan disaat sedang kumpul bersama bisa langsung membaur sembari sarapan dan menonton tv dengan

FOTO-FOTO : BERTO/ TOP

9

Rumah Mewah Romi Herton

dengan keluarga. “Didalam pintu masuk depan, ditengah antara ruang tamu dan keluarga diberi hiasan pembatas kaca besar yang bertuliskan lafas Allah dengan alasan agar selalu ingat dari mana kita berasal dan kembali dari Allah sekaligus untuk memperindah ketika tamu memasuki ruang depan,” ujar wanita kelahiran 30 November 1966. Istri dari H Romi Herton menambahkan, didalam bangunan yang kental dengan konsep klasik ini terdapat sembilan balkon dan tiga lantai yang berisi sembilan kamar tidur dan tujuh belas kamar mandi. Untuk setiap lantai, mulai dari lantai dasar yang terdapat aula sehingga untuk acara tidak menggangu tamu yang da-

Ruang keluarga yang luas membuat lega saat berkumpul bersama

Kolam berenang terletak di belakang halaman rumah dengan ukuran besar menambah kesan mewah

i n t er ior

Pembatas ruang tamu dan ruang keluarga dibuat dengan kaca besar yang dihiasi ukiran lafas Allah

tang, kolam renang dengan ukuran 18 x 8 Meter persegi, dapur kering dan teras santai. Untuk ruang tamu, ruang keluarga dan dapur kering terletak di lantai satu. “Sedangkan di lantai dua seluruhnya berisi kamar tidur, tempat olah raga dan ruangan privasi khusus untuk keluarga,” pungkasnya.(rdl)

Ruang dapur yang dilengkapi kitchen set bernuansa klasik menimbulkan kesan luxury


1 0 p en di di ka n

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

Top

Melatih Bakat, Kreatifitas dan Kepercayaan Diri TK Bubble Kidz

Menjamurnya Taman Kanakkanak (TK) di Palembang, menjadikan TK bersaing meningkatkan kualitas. Mulai menerapkan sistem pembelajaran dan alat bermain yang lengkap memenuhi standar nasional. TK Bubble Kidz yang berada di Jl Bidar B-2 Kampus (Depan TVRI) Palembang, sudah menerapkan sistem pembelajaran anak dengan melatih kreativitas dan bakat sekaligus kepercayaan diri anak. “TK Bubble Kidz memang

lebih menonjolkan pembelajaran dengan cara melatih kreativitas dan bakat anak sekaligus melatih rasa percaya diri anak,” ujar Erita Zaharo, wakil Kepala Sekolah TK Bubble Kidz. Bubble Kidz yang berdiri tahun 2003 ini terdiri dari PreSchool dan Kindergarten. “Bermula didirikan hanya untuk mengisi kebutuhan pendidikan anak usia dini disekitar komplek perumahan kampus saja, tetapi lambat laun muridnya bertambah sehingga berdirilah men-

jadi Taman Kanak-kanak Bubble Kidz dan berkembang sampai sekarang dibawah naungan yayasan pembina yang dibina oleh Linda F Binu,” ungkap Ery yang akrab disapa. B ubble Kidz, jelas Ery, memiliki fasilitas mulai dari kelas yang full AC, ruang bermain indoor, kolam renang indoor, serta dilengkapi alat bermain seperti jungkitan, perosotan, ayunan dan ring basket dengan lantai yang dilapisi matras tebal agar

keamanan murid ketika terjatuh tidak langsung menyentuh ke lantai. “Safety anak bisa terjaga,” ujarnya. Terdapat tiga kelas mulai dari kelas play group untuk anak usia 2-3 tahun, kelas junior usia 3-4 tahun dan kelas senior usia 4-5 tahun. Setiap kelas maksimal 15 anak. Sedangkan untuk tenaga pengajar Bubble Kidz mempunyai enam guru yang memang terlatih untuk mendidik anak usia dini. Ery menjelaskan, selain belajar baca tulis, di TK ini lebih diperbanyak bermain serta ekstra kulikuler untuk melatih dan mengasah bakat kreativitas anak mulai dari menari, cheer leaders, senam, bernyanyi, membaca iqra, belajar bahasa inggris, berenang, belajar sempoa, serta bermain marching band yang dilatih khusus didatangkan dari Dinas Pariwisata. “Bubble Kidz sering tampil mengisi acara dengan menampilkan marching b a n d , cheer leaders dan menari seperti pernah tampil di Pal e m -

bang Square, Palembang Trade Centre serta acara dikantor Gubernur yang diadakan bank Sumsel,” urainya. TK dibawah asuhan Rico Satria Wijaya, kepala Sekolah, memiliki keunggulan lain, setiap enam bulan sekali para wali murid bisa berkonsultasi mengenai perkembangan anaknya dan pemeriksaan gigi dan gizi anak setiap tiga bulan sekali, serta setiap hari jumat para murid mendapatkan snack makanan gratis. “Disini sudah ada 34 anak. Masuk pukul 08.00 pagi sampai 10.30 siang dan belajarnya Senin sampai Jumat. TK ini pun mempunyai fasilitas lain dengan memberikan masa percobaan untuk murid yang ingin masuk tetapi bisa mencoba dahulu selama dua minggu tanpa di kenai biaya serta layanan antar jemput,” pungk a s E r y. (rdl)

Erita Zaharo

FOTO-FOTO : BERTO/TOP


TOP

EDISI KE-17 ( 20 AGUSTUS - 25 AGUSTUS 2011)

C AN TI K

11 1

2

Vania Irawati

Lokasi : Janssen House Jl Dempo Luar No 385 Palembang Model : Evi Therapys : Novi

FOTO-FOTO : BERTO/ TOP

Kencang Lagi Pasca Lebaran

4.1

Body Slimming perawatan kecantikan yang banyak diburu wanita, terutama bagi yang sudah merasa kelebihan lemak ditubuh. Saat lebaran, mungkin sebagian tidak terlalu memperhatikan menu yang disajikan. Apalagi hidangan lebaran kaya lemak. Perawatan body slimming berfungsi untuk pengencangan kulit dan juga membakar lemak. Sejauh ini cukup efektif. Dengan satu kali perawatan saja, akan terlihat hasilnya. Kulit akan kembali kencang. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini satu kali seminggu selama tiga bulan.(nrl)

Step by step Body Slimming 1. Ukur bagian tubuh yang akan dilakukan perawatan dengan menggunakan meteran. Pada bagian tangan, perut, paha dan punggung. 2. Scrub seluruh bagian tubuh dengan menggunakan scrub khusus. Diusap secara merata sambil dipijat pelan ± 5 menit 3. Dipasang alat khusus yang dinamakan ”Body Tech Enhancement” pada bagian-bagian tubuh tersebut ± 15 menit 4. Massage seluruh tubuh ± 20 menit dengan tiga macam cream : 4.1 Slimming Body Concentrate, krim anti selulit yang berwarna bening/transparan 4.2 Body Toning Modelage, krim berwarna putih yang berfungsi untuk membakar lemak 4.3 Remodeling Body Svelte, krim berwarna orange yang berguna untuk pengencangan kulit Biarkan sebentar. Dan diukur lagi seperti pada awal tadi. 5. Bagian tubuh di balut dengan firming roll, fungsinya untuk agar cream meresap yang tadi dioles sambil di massage. Balutan ini bisa dilakukan sambil beraktivitas, dipasang sekitar 1 jam. Baru kemudian dilepas secara perlahan.(nrl)

4.2

4.3

5


12

F AS H IO N

EDISI KE-19 ( 12 SEPTEMBER - 19 SEPTEMBER 2011)

TOP

Perkawinan Fashion Songket dan Kebaya Jawa Perpaduan busana khas antara unsur budaya Palembang dan Jawa ternyata mampu melahirkan fashion yang mempunyai cita rasa tinggi. Jawa yang khas dengan kebayanya sementara Palembang yang identik dengan songketnya, bila dipadukan mampu menghasilkan fashion yang harmonis dan etnis modern. Busananya pun tidak cuma untuk acara ceremonial, tetapi juga bisa digunakan untuk acara resmi. (rdl)

Kebaya Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) bordir warna ungu dipadu dengan songket Limar Pelembang antik ditambanh perhiasan madaliun antik kuno dan gelang proyek antik.

Saran Ingin Jadi Model Catwalk

Bang Bob, Saya gadis umur 18 tahun dan tertarik ingin mencoba menggeluti dunia modelling catwalk. Bagaimana saran dari bang Bob dan berapa lama biasanya untuk belajar menjadi model catwalk, serta apa yang harus saya lakukan?

Jawab : Siapa saja berhak menjadi model catwalk, asal punya kemauan ditambah dengan syarat tinggi badan yang cukup terutama bagi wanita harus mempunyai tinggi badan 170 cm dengan berat badan yang proposional, untuk Talita yang ingin mencoba di dunia modelling berlatih lah dengan serius dan biasanya 4 bulan sudah cukup untuk melatih bergaya catwalk di depan panggung. Bagi Talita belajarlah meningkatkan rasa percaya diri di atas panggung dengan memperbanyak mengikuti lomba peragaan busana, selamat mencoba memasuki dunia modelling.*

Talita, di KM 5.

Kebaya lace warna hitam dipadankan dengan dodot kenangan Lepus disematkan dengan perhiasan kalung anak ayam dan bros ringgit antik ditambah gelang ringgit antik.

Tema Model Busana Fotografer Lokasi pemotretan Telp

: Perpaduan Busana Kebaya dan Songket : Faraditha, Anya, Shafira : PESONA BARI SONGKET : Abriansyah Liberto : PESONA BARI SONGKET Jl Kapt Cek Syech 34 Rt 01/ 24 Ilir (Depan SDN 4) Palembang : 0711 336770, 0811714801


TOP

EDISI KE-19 ( 12 SEPTEMBER - 19 SEPTEMBER 2011)

F AS H IO N

13

Baju kurung warna hijau senting antik dipadukan jumputan 3 negeri kuno antik dibalut sarung jumputan antik senada disematkan kalung anak ayam Palembang dan bros madalin antik ditambah gelang terawangan dan gelang koin rupiah antik dipadankan tas payet swarovski.

Telp

Tema Model Busana Fotografer Lokasi pemotretan

: Perpaduan Busana Kebaya dan Songket : Faraditha, Anya, Shafira : PESONA BARI SONGKET : Abriansyah Liberto : PESONA BARI SONGKET Jl Kapt Cek Syech 34 Rt 01/ 24 Ilir (Depan SDN 4) Palembang : 0711 336770, 0811714801

Kebaya Thaisilk bordir batik Pelembang warna biru benhur dipadu dengan songket bungo cino dibalut selendang lepus benang mas jantung motif naga besaung antik kuno ditambah perhiasan kalung ringgit emas antik dan gelang ringgit senada.

Baju stelan ATBN jumputan warna orange atas bawah dipadukan perhiasan kalung ringgit emas antik dan madaliun antik ditambahkan gelang terawangan antik Palembang.

Kebaya bordir warna orange dipadu dengan songket Limar mentok dipadankan perhiasan kalung ujan netes antik dan gelang listring antik.


14

u n ik

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

Songket Zaman Kerajaan Sriwijaya S

ongket sudah menjadi ikon Sumsel, khususnya Kota Palembang. Bila dikenal lebih dalam, songket tidak cuma merupakan hasil karya seni yang tinggi, tetapi juga mengandung makna budaya yang mendalam. Terlebih lagi, songket yang merupakan hasil tenun yang masih menggunakan alat tradisional dan merupakan buah tangan wanita yang berusia ratusan tahun, songket juga bernilai sejarah tinggi. Salah satu songket yang bernilai tinggi adalah songket antik jenis lepus yang merupakan peninggalan zaman kerajaan Sriwijaya yang sarat dengan nilai seni dan sejarah yang tinggi. Memiliki nilai sejarah yang tinggi, lantaran pembuatannya memakan waktu sampai bertahun-tahun dan lebih uniknya lagi songket ini berumur mencapai 250 tahun. Seperti diungkapkan Hj Eka Rachman selaku kolektor songket antik sekaligus pemilik toko Pesona Bari Songket, saat ditemui wartawan TOP di kediamannya toko Pesona Bari Songket Jl Kapt Cek Syech 34 Rt 01/ 24 ilir (Depan SDN 4) Palembang. Menurutnya, mengoleksi dan berbisnis songket mempunyai kepuasan dan keunikan tersendiri, apalagi bila dilihat mulai dari segi pembuatan yang menggunakan bahan dari benang emas dan kain sutra berkualitas tinggi pada zamannya, serta sejarahnya yang sudah turun temurun. Pada zaman Sriwijaya yang sudah memasuki abad ke-9, para pembuat songket dominan wanita yang belum menikah dan pembuatannya pun dimulai dari usia 12 tahun, sebab pada zaman itu para wanita yang ingin menikah harus membuat songket sendiri untuk pakaian yang dikenakan pada pernikahannya. “Pengerjaan songket ini juga bisa me-

ZODIAK AQUARIUS (20 Januari–18 Februari)

Tenang, Obyektif (Tidak Memihak), Jenius, Penuh Ide, Cepat Mengerti Hari-hari suram mewarnai kehidupan Anda minggu ini. Penyebabnya masih terus Anda cari, bisa saja berasal dari orang-orang yang tidak suka. Itu hal wajar setelah seminggu sebelumnya Anda mendapatkan banyak keberuntungan. Pekerjaan:Suram. keuangan: Gejolak. Asmara: Pembosan. Hari keberuntungan: minggu ARIES (21 Maret–19 April)

Agresif, Energik, Impulsif, Berjiwa Pemimpin, Tidak Sabaran, Egois, Cepat Emosi Perasaan kurang menentu sedang melanda hati Anda. Antara bingung, galau, dan sedih. Pertengkaran dengan Si Dia membuat Anda mengalami hal itu. Di sisi lain, Anda lega karena jadi tahu sifat aslinya. Sudah memastikan langah selanjutnya? Pekerjaan: Kurang lancar. keuangan:  Surut. Asmara: Terbuka perlahan-lahan. Hari keberuntungan : Sabtu SAGITARIUS (22 November–21 Desember)

Berjiwa Petualang, Pandai, Suka Kebebasan, Mandiri, Pandai Berdiplomasi, Berpandangan Luas Sanjungan membuat Anda melambung tinggi. Jangan berlebihan, ya, bisa-bisa Anda terjatuh, rasanya akan lebih sakit. Angan-angan sebaiknya segera direalisasikan. Jangan hanya membayangkan dan malas mengerjakan. Pekerjaan:Kontrol diri. keuangan:Sangat bagus. Asmara:Ada gejolak. Hari keberuntungan :kamis

Top

makan waktu sampai bertahun-tahun untuk satu songketnya, sebab wanita pada zaman itu kegiatannya hanya membuat songket karena memang pada zaman itu belum ada fasilitas seperti zaman sekarang sehingga kegiatan para wanita pada zaman itu hanya membuat songket,” urainya. Uniknya lagi, Eka menambahkan, bukan hanya dari kalangan wanita biasa yang membuat songket pada zaman Sriwijaya, tetapi dari kalangan wanita keturunan bangsawan pun ikut membuat tenun sendiri untuk pernikahannya. Sedangkan yang membedakannya dari alat tenun yang biasa digunakan oleh kaum bangsawan adalah karena alat tenunnya terbuat dari ukiran kayu. “Pembuatan songket pun tidak sembarangan karena dibutuhkan ketenang dan berjiwa seni tinggi sehingga menghasilkan songket yang sarat dengan nilai seni tinggi dan tingkat kerapian dari songket itu sendiri,” urai ibu dari Saira, Carisa, Bela, dan Fattahila ini. Pemilik Pesona Bari Songket ini menjelaskan, selain mengoleksi dan menjual songket antik turun temurun dari tahun 1952 sampai sekarang, dia juga menjual songket hasil tenun sendiri dan bisnis ini pun sudah digelutinya sejak tahun 1990 dengan menjual berbagai jenis songket, seperti songket lepus, tretesmider, janda berias, bunga cina, bunga inten, bunga pacik dan bunga jepang serta pernak pernik yang berbahan songket. “Alhamdulillah, kita sudah memasarkannya hingga ke mancanegara. Karena bisnis dan koleksi kita yang melestarikan songket, kita juga pernah mendapat penghargaan dari presiden dengan kategori usaha pelestarian budaya dan pengbdian budaya Indonesia,” tutupnya. (rdl) LIBRA (23 September–22 Oktober)

LEO

(22

Juli–22

A g u s t u s )

Penuh Keraguan, Bimbang, Adil Pandai Bermuka Dua, Memiliki Naluri Yang Kuat, Mempesona Setelah berkutat dengan masalah, akhirnya Anda bisa menikmati suasana lain. Anda beruntung sebab pasangan begitu memahami situasi dan kondisi saat ini. Alhasil asmara makin membara. Hmm… mungkin ini saatnya untuk berbulan madu kedua. Pekerjaan:Pencerahan. keuangan:Stabil dan kuat. Asmara:Makin romantis. Hari keberuntungan :minggu

Suka Memimpin, Dermawan Dan Murah Hati, Penuh Gaya, Aristokratik, Congkak, Percaya Diri Tinggi Sebuah rencana sedang ditujukan kepada Anda. Ada kemungkinan Anda dipindahkan sementara waktu ke divisi lain. Jangan berkecil hati, teruslah bekerja keras. Apalagi bermalas-malasan hanya karena masalah sepele. Pekerjaan: Rencana besar. keuangan: Antisipasi. Asmara:Masih mesra. Hari keberuntungan :  Rabu CAPRICORN (22 Desember–19 Januari)

VIRGO (22 Agustus–22 September)

Praktis, Analistis, Kritis, Berkepala Dingin Dan Logis, Rajin, Sederhana Mencari ribut dengan orang lain bukanlah saat yang tepat. Anda dalam posisi kurang beruntung karena kesalahan yang dilakukan rekan dekat Anda. Percayalah, jalan terang mulai terbuka berkat kesabaran Anda. Pekerjaan:  Dinginkan kepala. keuangan:   Ada rezeki. Asmara:Renggang. Hari keberuntungan : kamis

Pendiam, Rajin dan Ambisius, Materialis, Gengsi Tinggi, Suka Memerintah, Sukamemperalat Orang Lain. Keributan yang baru dihadapi membuat Anda menjadi sedikit pendiam. Ada sedikit penyesalan karena Anda terlalu berlebihan menghadapinya. Sebaiknya tenang dulu, agar suasananya tidak kembali panas. Pekerjaan:Banyak provokator. Keuangan:Menuai hasil. Asmara:Sabar. Hari Keberuntungan : sabtu SCORPIO (23 Oktober–21 November)

TA U R U S

(20

April–20

Mei)

Keras Kepala, Materialistis, Pasif, Ramah & Sabar, Praktis dan Setia, Memiliki Jiwa Toleransi Terlalu banyak ikut campur dalam permasalah orang lain, sekalipun itu saudara, kadang malah membuat masalah semakin ruwet. Coba pijakkan kaki Anda di sepatu saudara yang tertimpa masalah. Tidak enak, kan, direcoki? Pekerjaan: Biarkan saja. keuangan:  Baru sebagian. Asmara: Tahan emosi. Hari keberuntungan : Rabu

Panjang Akal, Pendiam, Pendendam, Gigih, Tekun Meski permasalahan baru saja Anda lalui, masih ada sisa masalah yang mengganjal. Ada orang yang tidak suka keputusan yang Anda buat. Jalan keluar yang Anda lakukan sangat menentukan pekerjaan selanjutnya. Pekerjaan: Ada keberatan. keuangan: Ragu belanja. Asmara: Bimbang Hari keberuntungan : jumat.

GEMINI

(21

Mei–21

Juni)

Lincah, Pandai berbicara, Tidak Stabil, Mudah Berubah-Ubah, Mudah Gugup, Sangat Peka Jangan berharap terlalu banyak dari hasil kerja orang lain. Hasilnya tak mungkin sama persis dengan gaya Anda. Apalagi Anda termasuk cepat membereskan masalah, sementara orang lain bisa berhari-hari. Kenapa harus memaksa orang lain? Pekerjaan:Pahami perbedaan.keuangan: Macet. Asmara:Terlalu picik.Hari keberuntungan :kamis CANCER (22 Juni–22 Juli)

Suasana Hati Tidak Menentu, Sentimentil, Setia, Penuh Perhatian, Sulit Memaafkan, Memiliki Daya Ingat Yang Kuat Tidak ada yang salah dengan sikap percaya diri. Anda malah wajib mempertahankannya. Jangan sampai terpengaruh masukan-masukan orang lain. Kadang hanya manis di mulut, tapi mereka enggan mengerjakan. Lebih baik percaya pada kemampuan diri sendiri. Lagipula Jika Anda fokus, pasti pekerjaan Anda tuntas. Pekerjaan: Tidak terpengaruh.keuangan:Mujur.Asmara: Ada faktor lain.Hari keberuntungan :Sabtu P I S C E S ( 1 9 F e b r u a r i – 2 0 M a r e t ) 

Memiliki Sisi Manusiawi Yang Besar, Penuh Cinta, Praktis, Suka Mengkhayal Anda selalu punya alasan saat ditanyakan hasil pekerjaan yang menjadi tanggung jawab Anda. Kadang alasan itu Anda karang sendiri agar selamat dari kemarahan atasan. Duh, sudah tidak zamannya bersikap begitu. Pekerjaan:Bertindak, dong. keuangan:  Lengah. Asmara: Tidak menentu. Hari keberuntungan : selasa


Top

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

ptc c o rn er

15

Crown, Cocok untuk Clubbing

Hotpants, rok mini, tank top adalah beberapa busana yang identik dengan remaja masa kini. Untuk hang out, tamasya ke alam terbuka ataupun clubbing yang mengasyikkan, busana minim memang menjadi pilihan utama

remaja. Tidak mengherankan jika butik-butik yang menyediakan busana tersebut selalu diserbu pada saat liburan maupun akhir pekan. Crown Boutique, sebagai salah satu trendsetter yang banyak diminati remaja, selalu menyediakan

busana yang up to date. Butik minimalis yang berada di kawasan PTC Mall ini menyediakan berbagai pilihan gaya busana remaja lengkap, mulai dari atasan, bawahan, dan aksesoris seperti anting, kalung, dan ikat

Satu-satunya Penjual Sari India Lies Gallery dan Lies Accessoris S

FOTO -FOTO : BERTO/ TOP

alah satu tenand di PTC Mall yang memiliki koleksi terlengkap untuk menunjang penampilan adalah Lies Gallery dan Lies Accessoris. Letaknya di Lantai Ground PTC Mall dengan posisi bersebelahan. Di Lies Gallery, tersedia berbagai macam tas impor maupun lokal dan sepatu yang selalu up to date dan bermerk, seperti Channel, Elvi, Bonia, dan sebagainya. Sedangkan pada Lies Accessoris terdapat berbagai macam pernak-pernik wanita mulai dari bros, cincin, kalung, gelang yang terkesan mewah, seperti bros swarosky, gelang dari emas putih, dan lain-lain yang tak kalah elegan. Tri Liesmawari SH, pemilik tenand Lies menuturkan lika likunya dalam berusaha berdagang dari nol hingga bisa membuka toko sendiri. “Saya sudah berdagang pakaian dan aksesoris ini sejak 30 tahun lalu. Mulanya, toko dibuka di rumah saya sendiri. Baru pada tahun 2008 saya bergabung dengan PTC Mall ini,” ujarnya. Soal pelanggan, Lies menegaskan datang dari berbagai lapisan masyarakat. “Dari dulu pelanggan-pelanggan saya selalu puas berbelanja disini. Ada Ibu Srimaya dan keluarga, para anggota Darma Wanita Pemprov, dan sebagainya dari semua kalangan”. Lies menjelaskan, selain semua pernak-pernik dan pelengkap busana wanita, terdapat pula pernak-pernik kalung, gelang,

pinggang. Debby, owner Crown Boutique mengatakan, butik ini selalu melakukan rolling busana setiap 3 minggu sekali. “ Saya selalu menyeleksi busana-busana yang dipajang disini setiap 3 minggu sekali. Untuk itu, terkadang saya pergi ke China dan Hongkong untuk berburu trend terbaru, supaya pelanggan saya selalu bisa menikmati busana yang benar-benar up to date,” katanya. Busana lokal juga tersedia, biasanya Debby memasok kiriman dari Jakarta dan sekitarnya. Aksesoris Hello Kitty pun lengkap tersedia disini, karena Debby sendiri adalah penggemar tokoh kartun tersebut. “Saya penggemar hello kitty, jadi di butik ini lengkap banget. Ada sarung hp, kalkulator, jepit rambut dan sebagainya“, ungkap wanita kelahiran 23 Januari 1985

bros dan bahan pakaian (sari) dari India. Menariknya, dia merupakan satu-satunya galeri yang menjual berbagai aksesoris dan bahan busana dari India. Produk-produk yang disediakan dipasok dari Jakarta, sesekali saat Lies berlibur ke Singapura dan Kuala Lumpur, ia juga membeli berbagai barang yang sedang trend agar pelanggan selalu puas jika berbelanja. “Saya selalu mengikuti perkembangan fashion di dalam negeri, sehingga jika ada trend terbaru, saya langsung memasoknya, agar pelanggan saya puas”, kata Lies. Bahkan, ada pembeli dari Jambi yang mengambil barang disini untuk kemudian dijual lagi didaerahnya. H arga yang ditawarkan juga beragam. Untuk tas, mulai dari Rp 500.000-Rp 2.500.000. Aksesoris bros swarosky, berkisar dari Rp 600.000-Rp 1.000.000. Dan untuk sepatu, mulai dari Rp 200.000-Rp

Debby

yang mempunyai tatto di bahunya itu. U ntuk harga busana impor, ia mematok harga Rp 200.000 – Rp 350.000. Sedangkan untuk busana lokal, berkisar antara Rp 150.000 – Rp 200.000. (nrl)

Tri Liesmawari SH

1.000.000. “Harapan saya, kedepan tenand ini bisa lebih maju lagi, langgeng, dan bisa menjadi pusat fashion bagi semua kalangan”, tutup Lies. (nrl)


16

a dv e t o r ia l

edisi ke-19 ( 12 september - 19 september 2011)

Top

Bupati Muba Gelar Halal Bihalal Bersama Perangkat Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Muba

2012 Pemkab Muba Alokasikan Satu Desa Satu Milyar

KOMITMEN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melakukan pemerataan pembangunan kepada rakyat Muba di 236 desa/kelurahan terus dioptimalkan. Keberhasilan mendongkrak Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) hingga mencapai 2,1 Trilyun, merupakan prestasi yang membanggakan. Apalagi 67 persen dari dana APBD tersebut dialokasikan untuk pembangunan fisik, seperti jalan, jembatan dan sarana prasarana lainnya dari desa hingga ke talang-talang. Sehingga lambat laun pemerataan pembangunan akan terwujud dan tak ada lagi kecamatan, bahkan desa di Kabupaten Muba yang dianak tirikan, sebab semua desa itu adalah anak emas. Demikan hal ini ditegaskan Bupati Muba H Pahri Azhari disela-sela kegiatan Halal Bihalal bersama seluruh Perangkat Desa/ Kelurahan se-Kabupaten Muba di Pendopoan Serasan Sekate, Kemarin (8/9). “Alhamdulillah program pemerataan pembangunan di Kabupaten Muba semakin terwujud. Dengan terrealiasinya berbagai program pembangunan yang saat ini sedang berlangsung, salah satunya Jembatan Lalan, dan berbagai pembangunan fisik lainnya. Ini suatu bukti bahwa tak ada lagi desa itu yang menjadi anak tiri, sebab semua desa itu adalah emas, dan masyarakat berhak menikmati hasil dari pembangunan tersebut,” ujar Pahri dalam sambutannya yang dihadiri Forum

Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Muba, jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), serta Seluruh Jajaran pemerintah desa/kelurahan se-Kabupaten Muba. Untuk itulah Bupati mengajak seluruh perangkat desa kelurahan yang terdiri dari, pihak Kecamatan, Kepala Desa, Sekretaris Desa, Ketua dan Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) agar berperan aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain diperlukan juga dukungan masyarakat, sebab karena tanpa dukungan masyarakat program pembangunan ini tidak berjalan maksimal. “Hari ini juga kita berikan realiasi alokasi dana desa (ADD) tahap kedua sebesar Rp 25 juta untuk setiap desa/kelurahan. Diharapkan selurah perangkat desa/kelurahan dapat menggunakan dana tersebut sebaikbaiknya untuk kepentingan masyarakat, dan bila pertanggung jawabannya benar dan tepat waktu, maka 2012 ADD ini akan dinaikan dari Rp 50 juta menjadi Rp 1 Milyar satu desa/kelurahan,” tegas Bupati. Selain menggelar halal bihal bersama para perangkat desa/kelurahan se-Kabupaten Muba yang terdiri dari 223 orang kelapa desa, 223 sekretaris desa, 223 orang ketua BPD, 13 orang Lurah, dan 13 orang Sekretaris Kelurahan. Bupati juga memberikan tunjangan Kades, dan BPD se-Kabupaten Muba. (adv)


TOP

P ER I ST I WA

EDISI KE-19 ( 12 SEPTEMBER - 19 SEPTEMBER 2011)

Jalin Silaturahmi, Suparno Open House Menjalin silaturahmi dengan tetangga, staf dan relasi, H Suparno Wonokromo, CEO Jawa Pos wilayah Sumbagsel Banteng, Jabar dan Jateng menggelar open house, kemarin (10/9) dikediamannya Jl Kol H Barlian No 59, Km 6,5. Tampak hadir jiran tetangga, dan segenap karyawan Sumeks Group dan Tabloid Orang Populer (TOP). Agenda rutin tiap tahun ini dilakukan untuk mempererat silaturahmi. Tidak hanya untuk mempererat hubungan intern Group Sumeks, lebih dari itu halal bihalal ini mendekatkan diri dan bergaul

17

dengan masyarakat sekitar. Halal bi halal diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, pembacaan surat yasin bersama dan doa. “Ya, itu tadi, ini kegiatan rutin kita dan saya sebagai pimpinan untuk mendekatkan dan mempererat silaturahmi bukan hanya intern perusahaan kita saja, tapi juga masyarakat sekitar,” ujar Suparno. Usai doa bersama, dilanjutkan dengan jabat tangan antara karyawan beserta jajaran Group Sumeks dan TOP, serta masyarakat sekitar kediaman Suparno. (rba)

Senang Bersalaman Dengan Gubernur

Warga Kota Palembang yang sempat bersalaman dengan Gubernur Ir H Alex Noerdin SH saat menggelar open house di Griya Agung beberapa waktu lalu menyatakan kegembiraannya bersalaman dengan orang nomor satu di Sumsel tersebut. Selain langka, kesempatan semacam itu dinilai sangat tepat untuk mendekatkan diri pemimpin dengan rakyat yang dipimpinnya. “Kita sangat senang bisa bersalaman dengan Pak Gubernur, karena kesempatan semacam ini jarang sekali terjadi. Kita sekaligus ingin tahu, bagaimana sesungguhnya berlebaran di rumah gubernur,’’ ujar Supardi, warga Pakjo yang sempat dibincangi Tabloid TOP, Rabu (31/8). Sementara itu, Alex mengatakan, open house yang digelarnya merupakan agenda rutin setiap tahunnya. “Ini sebagai bentuk rasa syukur saya kepada Allah SWT dan rasa terimakasih saya kepada masyarakat Sumatera Selatan,” kata Alex.

Senada dengan sang suami, Eliza Alex Noerdin juga mengungkapkan kebahagiaannya dengan adanya open house ini. “Ya, saya sangat senang bisa mengadakan acara seperti ini, karena bisa bertemu dan bercakap langsung dengan masyarakat banyak. “ Acara dimulai dengan kedatangan Alex Noerdin dan istri ke aula Griya Agung, kemudian diiringi dengan para pejabat lain seperti wakil Gubernur Hedí Yusuf dan istri berdiri berdampingan untuk menyambut masyarakat yang datang. Bersalam-salaman, untuk kemudian tamu dipersilahkan masuk ke ruangan yang telah disediakan untuk menyantap berbagai jenis penganan yang ada. Acara yang digelar hingga sore hari ini diikuti oleh masyarakat dari berbagai lapisan, antara lain para pejabat pemerintah provinsi, para pelaku bisnis, masyarakat umum, dan berbagai media yang ikut mengabadikan moment terbaik ini. (nrl)


1 8 k eu an g an

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

Planingkan Semua Keperluan Bingung! Inilah yang akan terjadi bagi setiap keluarga pasca lebaran. Mengapa? Lantaran uang untuk kebutuhan sehari-hari dipergunakan memenuhi keperluan saat bulan puasa dan lebaran. Sehingga anggaran yang seharusnya diperuntukkan untuk kebutuhan setelah lebaran habis dipakai. Tentunya hal tersebut sebenarnya sah-sah saja, asalkan kita tahu cara memanagementnya kembali agar tetap normal untuk kebutuhan hidup selanjutnya. Hasni Yusrianti SE MAAC,AK, seorang bendahara pusat penelitian dan pengkajian ekonomi masyarakat (P3EM FE Unsri) dan sehari-harinya juga seorang koordinator kelas berbahasa Inggris (IC FE Unsri) saat ditemui oleh wartawan Tabloid TOP Jumat (26/8) kemarin menuturkan bahwa, penting sekali management keuangan agar tetap stabil dan normal, dengan cara memplaningkan semua budget yang ada. “Planing itu paling utama, agar semua terbudget lagi seperti semula,” katanya mengawali pembicaraan dengan ramah. Pada dasarnya setiap keluarga mempunyai cara yang berbeda dalam menyikapi agar keuangan rumah tangganya kembali normal. Hal tersebut wajar-wajar saja. Kalau keluarga itu mempunyai tabungan yang banyak tentunya keuangan tidak akan menjadi masalah dan kebutuhannya dapat terpenuhi. Namun lain halnya dengan mereka yang tidak mempnuyai keuangan yang cukup, tabungan tidak ada dan penghasilan pas-pasan. “Ya mending kalau punya tabungan banyak, kalau tidak punya, gimana? harus disikapi dong, seperti yang saya katakan tadi buat planing budget jauh-jauh hari,” ungkapnya berapi-api. “Misalnya aja ya, kalau anak masih ada yang sekolah, planingkan uangnya jangan sampai dipakai untuk beli-beli barang lain, untuk makan juga planingkan, untuk kebutuhan lain juga seperti obat dan hiburan semua butuh planing berapa budgetnya satu bulan misalnya,” katanya menjelaskan. Alternatif lain yang sering dilakukan oleh setiap rumah tangga lainnya, selain planing budget sering juga melakukan sumber keuangan lain seperti mencari pinjaman uang dan dizaman modern ini bisa menggunakan kartu kredit untuk transaksi mudah. “Ya, sah-sah saja kalau kita cari pinjaman, dan kalau mau gunakan kartu kredit juga tidak masalah, tapi saya tidak menganjurkan hal itu kecuali benar-benar

kepepet. Bagi saya pemenuhan kebutuhan tersebut bisa dilakukan dengan cara yang aman yaitu menabung” ungkapnya. M emplaningkan semua budget harus cermat, tidak sembarang planing, karena akan berdampak pada efektif tidaknya semua pengeluaran kedepan. ”Pertama-tama planingkan apa saja kebutuhan satu bulan kedepan, lalu di cut (hilangkan, red) aja yang gak perlu dan kurang penting, yang tidak perlu gak usah dilakukan,” katanya. P enggunaan uang, lanjutnya harus bijak dan tahu aliran dana yang akan masuk dan keluar. Begitu juga dengan pengeluaran tak terduga. ”Rincikan dan kelompokkan dulu budget apa saja, ada budget pemasukan, budget pengeluaran, dan budget tambahan misalnya tabungan, investasi uang ketempat lain seperti buka usaha-usaha agar uang tetap berputar . Hal penting lagi membagi antara budget rutin dan budget tidak rutin sehingga uang yang sudah terpost-post tidak bisa diganggu gugat,” tutupnya. (rba/rdl)

: a t a Biod Nama Tempat/tanggal lahir Aktivitas

: Hasni Yusrianti SE MAAC AK : Palembang/15 Desember 1973 : Bendahara Pusat Penelitian dan Pengkajian Ekonomi Masyarakat (P3EM FE Unsri) Koordinator Kelas Berbahasa Inggris (IC FE Unsri)

Top


Top

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

k e s e h at an

Jangan Anggap Enteng Insomnia

Prof DR dr M T Kamaluddin MSc SpFK

Insomnia adalah gejala gangguan tidur yang sangat mengganggu kehidupan seseorang, gangguan ini tidak hanya sering terjadi pada kaum pria namun juga banyak terjadi pada kaum wanita. Seyogyanya jika hal ini dibiarkan begitu saja maka akan berdampak pada kesehatan. Namun hal ini terkadang dianggap enteng bagi sebagian orang. Prof DR dr M T Kamaluddin MSc SpFK ahli farmakologi se-

kaligus sebagai Direktur Pasca Sarjana Unsri tahun 2008 sampai dengan sekarang, mengungkapkan, setidaknya 30-40 % masyarakat suatu negara menderita insomnia, padahal seyogyanya lama tidur normal (7-9 jam perhari) dapat dipertahankan terus selama hidup berlangsung guna memulihkan kepenatan fisik sepanjang hari. Namun hal tersebut bisa terganggu karena muncul beberapa kejadian yang mendera fisik dan psikis, maka seseorang dapat mehngidap insmonia temporer atau bahkan permanen. Ditemui wartawan Tabloid TOP Selasa (6/9), Kamalauddin menegaskan, ada beberapa penyulut yang ditemukan dan kadang sulit untuk dihindari antara lain adalah obat-obatan, makanan ataupun minuman yang merangsang pada malam hari atau bersifat sedatif pada siang hari. Demikian juga adanya suatu stres kehidupan atau faktor penurunan kesehatan serta kondisi psikologis yang dapat menyulitkan tidur. M asih menurut Kamaluddin insomnia ini juga merupakan akibat dari beberapa penyakit antara lain seperti : Hipertiroid,

Mengatasi Radang Usus Akut Salam sejahtera, Saya Rina, karyawan swasta di Palembang. Sejak bekerja saya sering lupa waktu, akhirnya pola makan tidak teratur dan saya sering makan sembarangan. Akibatnya, perut saya terasa sakit sekali. Ketika saya check up ke dokter, katanya saya radang usus akut dan harus dioperasi tapi kenyataannya saya belum sembuh juga. Adakah obat herbal yang bisa saya konsumsi untuk mengatasi penyakit ini? Terima kasih Terima kasih Rini/Kenten Salam Sejahtera juga, Rini yang baik hati, apa yang kamu alami itu juga sering terjadi pada pasien-pasien saya. Penyebabnya banyak, bisa jadi karena faktor makanan yang tidak cocok, toxin akibat BAB yang sulit (sehingga menyebabkan ambien). Nah, untuk pengobatannya pun kita lihat kasus dan gejalanya dulu. Kalau saya baca keluhan Rini adalah berawal dari makanan, maka saran saya adalah jangan makan makanan yang tidak cocok, makan-makanan yang bagus adalah makanan penuh serat. Dan obat herbal yang bisa dipakai adalah : -Pegagan 10 gram -Jinten Hitam 10 gram -Gambir 10 gram -Daun ungu 10 gram -Daun Lidah buaya 10 gram Semua bahan dikombinasi dan direbus dalam panci dan air rebusan tersebut diminum 3x sehari. Semoga berhasil. Terima kasih

Konsultasi Pengobatan Herbal bersama J Hambali Tertarik dengan obat-obatan herbal dan ingin tahu lebih banyak! Atau Anda menderita suatu penyakit, temukan jawabannya disini. Kirim pertanyaan ke redaksi Tabloid TOP Jl Kol H Barlian No 59 Sukarami, Palembang atau melalui email Tabloidtop@gmail.com

nyeri akibat arthritis, penyakit kronis pada paru-paru dan ginjal, penyakit kardiovaskuler (gagal jantung, jantung koroner), gangguan lambung, diabetes, ataupun menapouse. Gangguan tidur berupa insomnia memang mekanisme pastinya belum sepenuhnya dimengerti, namun bantuan beberapa fakor non medicamentosa sangat membantu mengurangi gejala insomnia yang betul-betul mengganggu banyak orang. Oleh sebab itu banyak faktor yang harus diperhatikan. “Lingkungan tempat tidur yang nyaman, bebas bunyi yang mengganggu sekali, gelap dan sejuk, batasi minum alkohol dan kopi karena akibat setelah khasiat kedua zat ini habis maka umumnya akan menggangu pola tidur, jangan lebih 2 cangkir per

hari, biasakan bangun dan tidur tepat waktu, 2 jam sebelum tidur jangan makan lagi, dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan. Namun ingat, apabila cara tersebut gagal, dapat dicoba minum valerian, karena dapat merangsang tidur karena semua bagian tumbuhan ini mengandung valepotriates yang berkhasiat pelemas otot dan sedativa sehingga memacu tidur,� ungkapnya panjang lebar. M engingat gejala insomnia merupakan dampak yang tidak menyenangkan dari berbagai kausa atau kelainan fungsi yang terjadi di dalam atau di luar otak, maka sangat rasional untuk memberikan terapi secara menyeluruh. “Terapi ini fungsinya untuk memulihkan fungsi otak atau diluar otak dan menambahkan obat sedativa-hipnotika agar

19

gangguan insomnia dapat dikurangi bahkan menghilang total,� katanya kembali. Namun sebelum melakukan suatu pengobatan yang bersifat farmakolgik, agar diusahakan dulu dengan cara non-farmakologik yaitu dengan terapi prilaku (behaviour theraphy) yaitu dengan jalan edukasi higiene tidur dan relaksasi progresif dan juga penggunaan Bright Light Theraphy bilamana memungkinkan dan khususnya untuk yang mengalami gangguan tidur akhir. Terapi akupuntur pun dapat membantu khususnya untuk jenis insmonia kronik dan bila ada kekwatiran akan adanya adiksi. Dengan begitu, ketika insomnia dapat diatasi dengan baik, maka tidurpun akan baik sehingga akan berdampak kepada kesehatan tubuh. (rba)


2 0 B U AH HA T I Popok Sekali Pakai Bayi Tetap Nyaman

EDISI KE-19 (12(25 SEPTEMBER 19 SEPTEMBER SEPTEMBER 2011) 2011) EDISI KE-18 AGUSTUS -- 12

Kebanyakan ibu bingung dalam menentukan produk popok yang cocok dan nyaman dipakai oleh bayi, lantaran banyaknya pilihan popok yang terpajang dirak-rak tokoh. Sebenarnya kebingungan itu tidak perlu terjadi jika ibu tahu apa manfaat dan cara menggunakan popok. Penggunaan popok kain, dirasakan para ibu cukup merepotkan. Biar lebih praktis menggunakan popok sekali pakai atau diapers. “Ya, pemakaian popok sekali pakai seperti ini sudah banyak dan minatnya pun semakin tinggi” ujar Eva, manager Marketing Yulis Baby Shop Palembang kepada

TOP

wartawan TOP, Selasa (6/9). Popok sekali pakai, memiliki kelebihan antara lain nyaman, praktis sehingga mudah dipakai untuk bepergian jauh, ekstra tipis sehingga mudah dipakai oleh bayi dan dapat dipilih sesuai dengan ukuran badan si bayi. Untuk ukuran dan harganya pun tidak perlu bingung. Terdiri dari berbagai macam ukuran dari S,M,L,XL sesuai ukuran bokong bayi sehingga terasa nyaman dipakai dan tidak menimbulkan gesekan dan iritasi. Harga dan mereknya pun bermacam-macam.(rba)

Tips memilih Popok sekali pakai :

• Efektif dipakai, pilih popok yang mampu menyerap pipis lebih banyak. • Kenyamanan, berbahan lembut. • Aman, pas dengan bentuk tubuh sibuah hati agar tidak terjadi kebocoran • Harga nya pas sepadan dengan manfaatnya mudah dicari • Tidak menyebabkan iritasi dan lecet

KONSULTASI

Trend NAPZA Bagi Remaja Di era yang serba canggih, tentunya menuntut masyarakat untuk bisa mengikuti perkembangan zaman dan trend yang masuk dari berbagai sumber kehidupan. Hal tersebut sangatlah baik jika mampu disikapi dengan positif, namun akan berdampak buruk jika trend yang harus diikuti ternyata menyeret ke dalam hidup yang lebih buruk. Seperti halnya banyak remaja yang mengikuti trend mulai dari gaya pakaian, gaya bergaul dan parahnya trend NAPZA (Narkotik Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya). Sri Susyanti S Psi psikolog RS Ernaldi Bahar Palembang, memaparkan tentang trend NAPZA dan dampak kedepannya secara psikologi. Menurutnya, saat ini merupakan era bebas tanpa batas, sehingga remaja banyak mengikuti trend. Remaja cepat sekali perkembangannya, apalagi usia 1220 tahun adalah usia labil dan itu mudah dipengaruhi. Makanya, banyak trend yang muncul mulai dari gaya berpakaian, bergaul bahkan

gaya ikut-ikutan pergaulan seperti trend clubing, dunia malam, dan sarat dengan pemakaian obat-obatan. Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa kebanyakan terjadi pada remaja yang emosinya belum stabil. Antara lain, pertama, dipengaruhi oleh pergaulan lingkungan, contoh kecil ketika si A melihat teman sebayanya memakai rok mini, maka dia yang berada di satu lingkungan itu pun akan mencobanya. Contoh lainnya, adalah seks bebas ini merupakan moral yang paling mengerikan dan semua bisa terjadi karena kemungkinan akibat pengaruh NAPZA seperti ganja, narkotika dan minuman keras. Semuanya dianggap trend dan tidak asing lagi dalam dunia malam sehingga remaja sering menganggap bahwa “tidak gaul kalau tidak mengikuti trend”. Kedua, faktor lingkungan keluarga, remaja dalam hal ini tidak serta merta sepenuhnya dapat disalahkan, pola asuh dan bimbingan orang tua juga sangat berpengaruh, orang tua yang sibuk, membiarkan anak bebas diluar, terlalu mengekang anak, dan kurang

Konsultasi Psikologi Anak dan Remaja Pembaca yang budiman, Tabloid TOP menyediakan rubrik Psikologi anak. Bagi yang ingin berkonsultasi dapat mengirimkan pertanyaan ke Redaksi Tabloid TOP, Jl Kol H Barlian No 59 Palembang atau melalui email : top.tabloid@yahoo.com.

FOTO : NET

bimbingan dan problem ataupun konflik orang tuannya akan lari ke dunia hitamnya dan bergaul dengan NAPZA untuk mencari ketenangan. Ketiga atau terakhir, adalah faktor pribadinya hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain, pribadinya yang masih labil, merasa minder dalam dirinya dan merasa tidak diterima lingkungannya jika tidak mengikuti trend yang ada, dan yang terpenting adalah pendidikan agama yang dia punya sangat lah minim. Masih menurut Sri, selain faktor tersebut maka akan timbul beberapa dampak baik secara kesehatan, maupun dampak secara psikologi bagi remaja yang menggunakan Trend NAPZA. Dampak kesehatan tersebut antara lain, putusnya syaraf sehingga menyebabkan kesadaran berkurang dan IQ menurun, ganguan fungsi organ tubuh yang lambat laun menyebabkan kematian. Sedangkan dampak secara psikologi antara lain, pribadi remaja tersebut akan sangat labil, banyak melamun, suka berbohong

untuk menutupi kesalahannya, dan dampak tertingginya adalah depresi berat karena tak mampu dan tak kuasa untuk lepas dari jeratan sakau NAPZA, sehingga berujung pada kematian. Semua bisa saja tidak terjadi, asalkan si remaja tersebut mampu menempatkan diri antara hal-hal yang positif dan negatif yang tak pantas dilakukan. Banyak cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari dunia trend NAPZA antara lain, pilihlah tempat curhat yang baik yang bisa memberikan solusi permasalahn yang dihadapi dan bisa memberikan support disaat down. Salah memilih teman maka akan berdampak fatal, selain itu juga lakukan lah dan carilah aktivitas-aktivitas positif dengan mengikuti organisasi dan kegiatan yang positif sehingga pikiran untuk mengikuti trend NAPZA dapat teralihkan.Upaya terakhir adalah jika sudah terlanjur terjun ke dalam dunia tersebut, maka lakukan lah konsuling keluarga, dan konsuling pribadi serta lakukan rehabilitasi agar dapat sembuh total dari hal tersebut. (rba)


Top

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

k ul in e r

21

Nuansa Cafe Suyento Bagi yang membutuhkan tempat makan yang sedikit santai dan jauh dari kejenuhan, Cafe Food Court Siti Khadijah, bisa jadi pilihan. Berlokasi di dalam kompleks RS Siti Khadijah, tempat makan ini menyajikan berbagai pilihan menu. Setidaknya ada 12 counter yang menyajikan menu makanan. Pengunjung dapat memilih sesuai selera. “Di cafe ini kami menerapkan rumah makan bernuansa Cafe bukan seperti di dalam rumah sakit dan menu yang disediakan juga berbagai aneka pilihan menu dan minuman,” tutur Suyento, manager Food Court Siti Khadijah. Didukung dengan tema cafe, di Food Court Siti Khadijah yang terletak di Jl Demang Lebar Daun (RSI Siti Khadijah) Palembang, menyediakan menu andalan disetiap counternya, seperti iga bakar. Dan untuk minuman ada es kacang cinde yang menggugah selera setiap pengunjung. “Menu yang disediakan di cafe ini juga beragam dari ayam bakar, nasi timbel spesial, bebek iga, iga bakar, aneka soup dan soto, martabak india, somay dan batagor, bubur ayam, aneka pempek, gado-gado serta masakan sea food juga tersedia disini,” ujar Yento. Untuk minuman, jelas Yento, “Cafe ini menyediakan aneka pilihan minuman pelepas dahaga mulai dari jenis jus alpukat, melon, sirsak, coffe, soft drink dan tidak lupa es kacang cinde,” katanya saat ditemui TOP beberapa waktu lalu. Bicara soal harga, ‘‘Kita tidak perlu merogoh kocek lebih dalam. Untuk menu makanan diatas harga yang dipatok mulai dari Rp 9 ribu sampai Rp 25 ribuan sedangkan untuk menu minuman dipatok dengan harga mulai dari Rp 3 ribu sampai Rp 10 ribuan,’’ jelas Yento. Di Cafe yang baru berdiri Juni tahun 2010, tambah Yento, “Bagi pengunjung yang ingin mengadakan acara di cafe ini juga tersedia ruangan AC khusus untuk meeting, persentasi, pesta ulang tahun serta arisan.” Dia pun menambahkan, “Cafe yang buka

Food Court Siti Khadijah

dari pukul 7 pagi sampai 11 malam ini, dilengkapi juga dengan fasilitas mulai dari free hot spot agar pengunjung asik berinternet sambil menikmati menu dan pengunjung pun dapat menikmati musik.” ”Pangsa pasar yang kita bidik juga dari berbagai kalangan, khususnya pegawai rumah sakit dan keluarga pasien yang berkunjung. Bukan hanya itu saja, pengunjung dari luar pun banyak yang datang untuk menikmati menu di cafe ini mulai dari kalangan anak muda sampai keluarga,” urainya. Cafe dengan motto Selera Boleh Berbeda, Makanan Enak ya di Food Court Siti Khadijah ini, “Hanya dengan membeli makanan dan minuman dengan nominal harga mulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 100 ribu sudah bisa menikmati pelayanan delivery gratis yang tersedia di Cafe Food Court Siti Khadijah,” pungkas Yento. (rdl)

FOTO-FOTO : BERTO/ TOP


22

r e se p

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

Top

Ayam Cabe Ijo BAHAN • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Nasi Bakar Timbel BAHAN

• Nasi • Nasi putih 1 porsi • Daun Pisang 1 lembar Ayam • Ayam 1 potong • Kunyit 1 ruas, laos 1 ruas, sere 1 batang di keprok • Daun Salam • Garam secukupnya • Penyedap rasa secukupnya • Kecap Manis 3 sendok makan

Sayur Asem • Kol ¼ kg • Jagung ¼ kg • Kacang panjang 1 ons • Melinjo 1 ons • Cabe Merah 1 ons • Cungdiro ½ ons • Terasi secukupnya • Garam secukupnya • Gula secukupnya • Asem Jawa • Penyedap rasa secukupnya • Air 1 liter

Ayam 1 potong Cabe Merah 1 ons Cabe Hijau 1 ons Tomat 1 buah Kunyit 1 ruas, Laos 1 ruas, sere 1 batang di keprok Salam Garam Gula Penyedap rasa Teri Kacang Tanah Telor Rebus Melinjo Kol ¼ kg Jagung ¼ kg Kacang Panjang ¼ kg Terasi Air 1 liter (untuk sayur asem)

CARA MEMBUAT : 1.Masak ayam yang sudah diungkep dengan kunyit, laos, sere dan salam lalu di goreng kering 2.Masak 1 liter air dengan cabe merah, cung, terasi, garam yang sudah dihaluskan, tambahkan air asem, gula & penyedap rasa secukupnya 3.Masukkan jagung kacang panjang, kol & melinjo masak hingga lembut 4.Untuk membuat sambel hijau, diperlukan cabe hijau, tomat, bawang putih di haluskan lalu di tumis, tambahkan garam, asem sedikit, teri, penyedap rasa secukupnya. 5.Sajikan ayam goreng cabe hijau dengan nasi putih, tambahkan telor rebus, sayur asem, sebagai pelengkap, garnis dengan lalapan dan bawang goreng.

CARA MEMBUAT : Cara Membuat Nasi Timbel : Bungkus 1 porsi nasi putih dengan daun pisang, lalu di bakar hingga harum. Cara Membuat Ayam Timbel : 1.Masak ayam bersama bumbu-bumbu yang di keprok, tambahkan garam & penyedaprasa 2.Diamkan sampai ayam sedikit lembut, lalu tambahkan kecap manis 3.Ayam yang sudah siap, dipanggang hingga kering Cara Membuat Sayur Asem : 1.Masak air di campur dengan cabe merah, cung, dan terasi yang sudah dihaluskan, tambahkan garam, gula, penyedap rasa secukupnya & asem 2.Masukkan jagung, melinjo dan kacang panjang 3.Setelah mendidih, tambahkan kol yang sudah dipotong kecil-kecil 4.Sajikan semua bahan yang sudah di masak dalam satu piring, tambahkan sambal sesuai selera & garnis dengan lalapan atau tahu, tempe goreng sesuai selera.

Bebek Penyet Bakar ala Citra Indo’s Food BAHAN • 1 ekor Bebek ukuran sedang • 1 sdm asam jawa • 100ml air HALUSKAN : • 12 butir bawang merah • 6 siung bawang putih • 5 cm jahe (memarkan) • 2 sdm garam • 4 sdm irisan gula merah • 2 lembar daun salam • 1 ibu jari lengkuas (memarkan) • 2 batang sereh (memarkan) • Polesan • Mentega, kecap, saus sambal (campur jadi satu) CARA MEMBUAT : 1.Bersihkan bebek potong 4 bagian 2.Lumuri dengan asam jawa 3.Satukan bebek dengan bumbu yang telah dihaluskan, campurkan dengan gula merah, daun salam, lengkuas, sereh dan masak dengan api kecil, sambil di tutup kurang lebih 2 jam sampai bebek matang dan empuk lalu diangkat 4.Kemudian olesi bebek dengan mentega, kecap, saus sambal yang sudah di campur jadi satu 5.Sajikan bersama sambal tumis


Top

edisi ke-19 (12 september - 19 september 2011)

r e se p

23

t r u o C d o o Resep Ala F Siti Khadijah

Sup Buah

BAHAN : • • • • • • • • •

Apel Pear Semangka Melon Alpukat Air matang Susu Kental Manis Sirup Merah Es batu

½ buah potong dadu ½ buah potong dadu 1 iris besar potong dadu 1 iris potong dadu ½ buah kerok dagingnya secukupnya secukupnya secukupnya 2 scop

Cara Membuat : 1.Masukkan semua potongan buah secukupnya ke dalam mangkuk. 2.Tuangkan air yang sudah dimasak seperempat mangkuk, tambahkan es batu 3.Lalu tuangkan susu kental manis beserta sirup merah. 4.Sop buah siap di sajikan

Es Kacang Cinde BAHAN : • • • • •

Kacang Merah Kelapa Gula Pasir Susu Coklat Es Serut secukupnya

Cara Membuat : 1.Kacang Merah yang sudah di cuci di rebus sampai lembut 2.Masukkan gula pasir secukupnya dan daun pandan di masak sampai lembut angkat lalu dinginkan 3.Masukkan gula pasir dan air di masak sampai cair angkat dan dinginkan 4.Masukkan air dan kelapa yang sudah diperas, kemudian ambil santannya masak dan dinginkan 5.Siapkan gelas atau mangkok, masukkan kacang merah, santan, gula cair, es serut secukupnya kemudian tambahkan susu coklat siap di sajikan.

Jus Alpukat BAHAN : • • • • •

Alpukat ukuran kecil Air gula 50 ml 1 sdm susu kental manis 2 scop es batu kristal Air matang 50ml

Cara Membuat : 1.Masukkan semua bahan ke dalam blender, lalu blender hingga halus 2.Kemudian masukkan hasil nya ke dalam gelas jus. 3.Jus Alpukat telah siap dinikmati


24

K OM U N IT AS

EDISI KE-17 ( 20 AGUSTUS - 25 AGUSTUS 2011)

TOP

FOTO-FOTO : BERTO /TOP

Animasi Nyata Gaya Jepang

H

obi berbusana dan berdandan ala karakter film animasi, kartun, games dan dongeng Jepang kini makin digandrungi remaja masa kini. Seperti band J-Rocks yang selalu berdandan ala Harajuku. Cosplay (Costum Play), begitu kita sering menyebutnya, berbusana dengan karakter animasi Jepang seperti karakter Naruto, Saint Saiya, Street Fifhter, dan Final Fantasy. Berawal dari sekedar hobi, kini sejumlah remaja di Palembang membentuk Palembang Cosplay Community (PCC) yang mempunyai basecamp di Jl Bank Raya samping gedung BPKP Demang Lebar Daun Palembang. Komunitas yang saat ini beranggotakan sekitar 30 orang ini mulai dibentuk pada 24 September 2010, dengan koordinator saat ini Ran. “Kami membentuk komunitas ini berdasarkan kesamaan hobi, yakni samasama pencinta trend yang ada di Jepang, mulai dari fashion, gaya, dandanan, dan sebagainya. Menurut kami, fashionnya keren-keren”, tutur Ran, yang langsung diiyakan oleh sebagian besar anggota yang berkumpul saat wartawan TOP mewawan-

carainya di PTC Mall, baru-baru ini. Selain kesamaan hobi, mereka pun mempunyai tujuan yang sama pula dalam menggeluti komunitas unik seperti itu. “Tujuan kami ada dua, yang pertama kami ingin mengajak remaja-remaja di kota Palembang untuk mencintai Jepang sebagai negara maju yang selalu merajai fashion dunia, yang kedua agar kita bisa lebih berkreatifitas dalam menghasilkan karya-karya seni,” ujar Ran. Dengan adanya komunitas ini, mereka berkreativitas dalam memenuhi kebutuhan komunitas itu sendiri. Sebagai contoh, mereka merancang sendiri beragam kostum yang me• Ran reka inginkan, senjata sejenis pedang yang dibuat dari kayu, dan lain sebagainya. Ditanya tentang manfaat positif tergabung dalam komunitas ini, Indah, anggota PCC menjawab dengan tegas,” Banyak banget manfaat yang kami dapatkan dengan adanya komunitas ini. Kami bisa mendapat keluarga baru, lebih bisa menghargai penampilan karena disini kami berusaha untuk bisa merias wajah secantik mungkin, dan kami bisa berkreativitas sesuai keinginan sendiri, sehingga makin mempertebal ilmu”. (nrl)

Tabloid Orang Populer 19 September 2011  

Tabloid Orang Populer 19 September 2011

Advertisement