Page 1

EDISI 12/VII | FEBRUARI | Rp 5.000.00

1-28 Februari 2018

03

09

Solo Great Sale

2018

Via Vallen

Rilis Album Pertama

14

Dika Bakery One Step One Dream


2

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

GREETING

Yang terkenal tetap Jl. Urip Semoharjo No. 177 Mesen, SOLO | Telp. (0271) 634345 |

@dikabakery

dikabakeryNcake

@dikabakeryandcake


UTAMA

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

SOLO GREAT SALE 2018 P

esta belanja yang bertajuk Solo Great Sale (SGS) 2018 telah resmi dibuka. Pembukaan pesta belanja sebulan penuh itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Minggu (28/1/2018) pagi. Di tahun keempatnya, SGS 2018 mengambil tema "Semarak Budaya Belanja Cerdas Tanpa Batas". "Solo Great Sale ini sangat berani betul, karena di tengah low season justru didongkrak agar kemudian ekonomi ini menggelinding," kata Ganjar dalam sambutannya. Dirinya menambahkan, cara yang digunakan Kota Solo dalam mendongkrak perekonomian sangat kreatif. Bahkan, dirinya berharap kegiatan SGS bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam membuat event semacam itu. "Menurut saya ini cara yang khas kreatif, solo banget. Ini karena event di solo nggak pernah putus event inilah yang membuat kota solo makin hidup. Diharapkan bisa menular ke daerah lain," tukas Ganjar. Untuk diketahui, kegiatan yang digelar dari 1-28 Februari 2018 itu diharapkan dapat menghidupkan roda ekonomi Solo selama low season. Disamping itu, sebanyak 5000 pelaku usaha (tenant) turut terlibat dalam menyemarakan event yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi kota Solo ke-273 itu. Tak tanggung-tanggung, diskon yang ditawarkan mencapai 80 persen dari harga normal. "Jadi setiap pembelian minimal Rp50.000 itu mendapat satu poin, dan berlaku kelipatannya. Untuk nantinya poin itu ditukarkan, dan di akhir periode kita akan undi. Dengan hadiah utama adalah rumah, dan berbagai hadiah menarik lainnya," kata Ketua Umum Solo Great Sale 2018 sekaligus Ketua Kadin Solo, Gareng S Haryanto. (vin)

3


4

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

UTAMA

Resmi Launching Solotrust.com

R

esmi di Launching , Solotrust.com Langsung Terverifikasi Dewan Pers

Setelah hampir tiga bulan menyapa masyarakat di kawasan Soloraya, akhirnya website Solotrust.com secara resmi dikenalkan ke publik, pada Selasa (23/1/2018) malam, di kawasan Solo Paragon Lifestyle Mall. Selain itu, di acara launching tersebut, Solotrust.com yang berada di bawah naungan TA Media Group mendapatkan sebuah kado istimewa, yakni satu-satunya media online di Kota Solo yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers. Anggota Dewan Pers Anthonius Jimmy Silalahi yang juga hadir dalam acara launching tersebut, tak lupa memberikan selamat atas di launchingnya Solotrust.com. Tak hanya itu saja, ia juga mengapresiasi

jajaran tim redaksi yang mau berjuang demi mendapatkan verifikasi tersebut. “Kita berharap keberadaan Solotrust.com ini sesuai dengan namanya, yakni portal yang dipercaya oleh masyarakat, tidak hanya di Solo dan Jawa Tengah saja, namun Indonesia, lebih-lebih dunia,” jelasnya kepada Solotrust.com. Tak lupa pihaknya sangat berharap, keberadaan Solotrust.com tidak hanya sebagai media yang menyebarkan informasi saja kepada masyarakat, namun juga memberiakn edukasi kepada banyak orang, khususnya melalui pemberitaan yang benar dan sesuai dengan keadaan yang nyata. “Sekali lagi, selamat atas di launchingnya Solotrust.com dan terverifikasinya oleh Dewan Pers,” tegasnya. (dit)


UTAMA

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

Potret Acara Launching solotrust.com

5


6

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

INFO

Perayaan Imlek & Mitologi Nian Sejarah Imlek Dahulu, sebelum Dinasti Qin berkuasa, penentuan awal suatu tahun berikut perayaannya belumlah jelas. Berbeda dinasti di China berbeda pula penentuan penanggalan. Ada yang menyebut bulan 1 semasa Dinasti Xia, bulan 12 semasa Dinasti Shang, dan bulan 11 semasa Dinasti Zhou. Kemudian, bulan kabisat dipakai untuk memastikan kalender Tionghoa sejalan dengan masa edar

saat mengelilingi matahari, selalu ditambah setelah bulan 12 sejak Dinasti Shang (menurut catatan tulang ramalan) dan Zhou (menurut Sima Qian). Untuk memberikan panduan bagi rakyat. Kaisar pertama China, Qin Shi Huang menukar dan menetapkan bahwa tahun tionghoa berawal di bulan 10 pada 221 SM. Pada 104 SM, Kaisar Wu yang memerintah sewaktu Dinasti Han menetapkan bulan 1 sebagai awal tahun sampai sekarang.

Mitologi Nian Perayaan imlek memang tak bisa dipisahkan dari mitologi Nian. Beberapa sumber menyebut Nian adalah binatang yang gemar memakan apa saja. Namun ada sumber lain yang menyebutkan, jika Nian adalah sosok monster yang memakan manusia. Orang-orang desa yang ketakutan pada sosok Nian, kemudian menghitung jumlah manusia yang disantap monster yang berasal dari gunung tersebut. Kebiasaan Nian memangsa manusia dilakukan pada malam hari, ia akan kembali pulang ke gunung saat ayam berkokok sebagai penanda habisnya malam. Penghitungan tersebut mencapai 365 hari Nian menyantap manusia dan menghantui penduduk desa.

Nian yang setiap malam berkeliling desa mencari mangsa, malam itu menemukan desa yang sepi, gelap dan semua rumah tertutup rapat. Warga desa melakukan kebiasaan ini selama bertahun-tahun kemudian. Suatu saat, Nian pun murka dan mengamuk. Rumah-rumah warga desa dirusak dan manusia yang ditemuinya dibunuh, lalu dilahapnya. Tapi ada satu rumah yang tak disentuh Nian, yaitu rumah yang pada pintunya tergantung kain merah. Rumah itu tengah mengadakan pesta pernikahan. Sepasang pengantin berada didalamnya yang saat itu juga memakai busana warna merah. Beberapa anak kecil tengah bermain api dengan membakar bambu untuk memeriahkan pesta pernikahan. Nian ternyata takut dengan kain berwarna merah , suara bambu yang meledak terbakar bersama percikan api yang terpancar. Nian pun kabur dan tak lagi meneror warga desa.

Warga desa mencari cara agar bisa lolos dari teror Nian tersebut. Kemudian warga sepakat untuk mengakhiri serangan Nian tersebut. Warga desa kemudian masak lebih siang daripada sebelumnya untuk makan malam, semua binatang peliharaan diikat atau dikandangkan, lalu semua pintu dan jendela rumah ditutup rapat. Mereka juga mematikan kompor dan lampu penerangan. Pada jaman itu, warga diceritakan selalu menyalakan kompor sepanjang tahun, kecuali pada perayaan tertentu seperti Qingming atau Hanshijie , festival makanan dingin.

Lalu banyak orang yang mengaitkan kata Nian (tahun) dengan penghitungan waktu. Kata Nian kemudian digunakan untuk menandai awal tahun baru di masa Dinasti Zhou.

Setelah itu semua warga berdoa bersama agar teror Nian segera berakhir.

Jadi imlek bukanlah perayaan agama, namun perayaan budaya.

Wargapun bergembira telah terbebas dari ancaman Nian.


BISNIS & EKONOMI

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

7

POP! Hotel Ramaikan Persaingan Bisnis Hotel di Solo

M

enyemarakkan persaingan bisnis hotel di kota Solo, POP! Hotel mulai beroperasi pada 15 Januari 2018 dengan konsep segar dan ramah lingkungan. Berlokasi di Jl. Slamet Riyadi No. 464, Purwosari - Laweyan, POP! Hotel Solo menyasar target market tamu bisnis maupun liburan. Sebagai bagian dari hotel Combo TAUZIA pertama di kota Solo, hotel budget tersebut merupakan gabungan dari dua brand hotel yaitu POP dan HARRIS Hotel. Harris Hotel sendiri nantinya akan dibuka di kuartal pertama tahun ini. General Manager HARRIS POP! Hotel & Conventions Solo, Yudi Alamsyah mengatakan, Tauzia Hotel Management membuka hotel combo di Solo karena melihat bahwa kota ini terus berkembang. “Dibukanya POP! Hotel Solo memberikan pilihan menginap di kota Solo yang terus menerus berkembang. Dengan konsep hotel bujet yang segar, berjiwa muda dan ramah lingkungan kami akan memberikan nuansa berbeda pada para tamu yang datang menginap,” ujar Yudi. Hotel dengan bangunan 13 lantai ini menawarkan fasilitas antara lain 189 kamar di 13 lantai, 4 ruang meeting, Pitstop Cafe dan Rooftop. Juga dilengkapi wifi di tiap kamar, air panas dan dingin, air mineral, 32 inch IPSmart TV pertama di Kota Solo dengan saluran internasional.

"Kita memang colorful, bertujuan agar semua karyawan berinisiatif, enerjik, smart dan kreatif. Nuansa berwarna ini untuk memicu karyawan berpikir out of the box. Konsep ini bahkan diterapkan ke penampilan para karyawan mulai dari rambut sampai asesoris," paparnya.

“Selain itu lokasi kami dekat dengan tempat wisata, pusat perbelanjaan dan kuliner Solo. Kami yakin dapat memberikan pelayanan dan fasilitas yang maksimal pada tamu,“ kata Yudi.

Sebelumnya, untuk memperkenalkan brand hotel tersebut ke masyarakat, telah digelar acara Green Opening di area CFD, Minggu (14/1). Dimeriahkan senam zumba dan bersih-bersih area sepanjang Jl. Slamet Riyadi.

Sementara itu, Director of Sales and Marketing Harris-POP! Hotels & Conventions Solo, Rani Febriana, menambahkan bahwa sesuai dengan konsep hotel, warna bangunan didominasi hijau dan biru.

"Dengan kegiatan tersebut kita mengajak karyawan untuk mengisnpirasi warga Solo agar peduli lingkungan sesuai konsep hotel kami," pungkas Yudi . ( Arum )

AIR ASIA TUTUP RUTE Solo - Kuala Lumpur

P

erusahaan maskapai penerbangan Air Asia akan menutup rute Solo-Kuala Lumpur pada 16 Januari 2018. Head of Commercial, Air Asia Berhad, Spencer Lee tidak menjelaskan secara rinci alasan penutupan itu dalam rilisnya. “Air Asia akan menutup penerbangan tiga kali seminggu rute Solo-Kuala Lumpur mulai 16 januari mendatang. Penutupan rute itu sehubungan dengan alasan komersial,” terangnya. Informasi penghentian rute ini telah disampaikan langsung ke penumpang melalui email dan SMS.

Ditujukan sesuai dengan detil akun yang terdaftar saat pembelian tiket. Bagi penumpang yang terdampak penutupan rute, akan diberi pilihan layanan kompensasi. Antara lain mengubah jadwal sebelum rute ditutup, mengubah rute dari Semarang atau Jogja, disediakan akun kredit di Air Asia hingga pengembalian dana secara penuh. Meski memutuskan untuk menutup rute Solo-KL setelah melalui pertimbangan panjang, pihaknya berkomitmen untuk menambah jumlah penerbangan ke Indonesia tahun ini.

Airport Operation and Services Department Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Purwanto mengaku sudah mengetahui informasi rencana penutupan rute Solo-Kuala Lumpur oleh Air Asia tersebut. “Surat terkait rencana penutupan rute itu sudah kami terima. Hanya

saja kami belum mendapat konfirmasi resmi masalahnya apa. Padahal sebelumnya, rata-rata keterisian penumpang pada rute tersebut lumayan tinggi, bahkan sekitar 70 persen dari data yang kami terima,” paparnya. (Arum)


8

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

BISNIS & EKONOMI

Manfaatkan Momen Imlek, Centro Dept. Store Geber

Diskon Hingga

50%

M

emanfaatkan momen Tahun Baru Imlek 2018, Centro Department Store Solo Paragon Mall menawarkan program spesial Imlek. Promo bertajuk Lunar Sale Up To 50% ini berlaku mulai 19 Januari - 22 Februari 2018. Promo berupa potongan harga hingga 50 persen untuk pembelian produk fashion brand eksklusif. "Spesial Imlek pasti ada kategori khusus, untuk anak sudah keluar produknya. Sedangkan tematik Imlek untuk dewasa minggu ini koleksinya baru keluar. Target kita tidak terlalu tinggi, antara 10-15 persen untuk periode Imlek 2018 ini," terangnya. Untuk memenuhi kebutuhan fashion konsumen, Centro akan beroperasi lebih lama melalui program Late Night Sale Up To 70% pada 27 Januari 2018, mulai jam 6 sore - 11 malam. Menawarkan potongan harga, voucher belanja total jutaan rupiah untuk pembelanjaan Rp 500 ribu, konsumen juga berhak ikut undian Cash Grab Up To Rp 1 juta untuk 100 orang per hari. Member Parkson Centro Card akan mendapat 2x reward point untuk tiap transaksi senilai Rp 350 ribu. Member dengan 180 poin bisa menukar dengan gift voucher Rp 50 ribu. Centro juga menawarkan Weekend Bonus Free Shopping Voucher Rp 50 ribu untuk belanja minimal Rp 500 ribu, berlaku kelipatan selama periode weekend Januari 2018. Konsumen berhak mendapat produk Free Card Wallet dengan transaksi Rp 750 ribu selama periode weekend, berlaku 26 Januari - 18 Februari. Dengan belanja senilai Rp 30 ribu untuk produk Lacor Stillo, konsumen bisa mengumpulkan stamp bahkan double stamp bagi pemegang kartu member Parkson Centro Card, berlaku 19 Januari - 30 April. Gratis voucher belanja Rp 50 ribu bagi nasabah kartu debit atau kartu kredit Bank Mandiri. Dengan minimum transaksi Rp 1 juta untuk periode weekend berlaku hingga 28 Januari. Gratis Voucher belanja Rp 50 ribu bagi nasabah kartu kredit Citibank untuk transaksi Rp 800 ribu, berlaku 19 Januari - 22 Februari. Pemegang kartu BNI akan mendapat tambahan diskon 10% untuk pembelian brand tertentu seperti Ambroggio, Ceil, CLO, P&C Kids, dan P&C Outfitters.

NOVOTEL

Menurut Ii, performa Centro pada Desember sampai pertengahan Januari masih bagus. Itu sebabnya diikuti Program Branded Sale yang berlaku selama 17-28 Januari 2018. Hal tersebut menyusul kesuksesan program Centro Beauty Bash (CBB) Desember lalu. "Sampai November, growth ada tapi berat karena faktor menjamurnya online shop dan lain hal. Namun antusiasme masyarakat Solo luar biasa saat CBB. Peningkatan penjualan saat CBB mencapai 39 persen dari target awal yang hanya 5-15 persen," ujarnya. Terkait menjamurnya Online Shop, berdasar data nasional dampaknya sekitar 1,2 persen di 2017 terhadap retail nasional. Meski begitu, sebagai toko konsvensional pihaknya tetap optimis. "Masyarakat Indonesia nyaman dengan cara belanja konvensional. Konsumen bisa datang melihat langsung produk dan bisa fitting," pungkasnya. (Arum)

Solo Luncurkan Menu Imlek & Valentine

M

omentum Tahun Baru Imlek dan Valentine yang berurutan di tahun 2018 ini tentu dimanfaatkan pelaku usaha perhotelan sebaik-baiknya. Novotel Hotel Solo pun meluncurkan 2 promo sekaligus yaitu Chinese New Year Dinner bertema One Night in Shanghai dan Valentine Days bertema Love in Shanghai. Marketing Communication Novotel Hotel Solo, Tiwik Widowati menerangkan untuk menyambut hari Valentine pada 14 Februari, Hotel Novotel Solo menggelar Romantic Gala Dinner bertema Love in Shanghai. "Di Gala Dinner, para pasangan yang ingin berbagi kasih sayang bisa menikmati hidangan sambil menikmati alunan musik romantis. Valentine kita menargetkan 50 couple," paparnya. Gala Dinner romantis ini diadakan tepat pada 14 Februari 2018 jam 6 - 9 malam di Andrawina Restoran. Menawarkan True Love Package seharga Rp 300 ribu per couple dan Forever Love Package seharga Rp 400 ribu per couple. Disediakan pula 1 tangkai bunga mawar, 2 gelas mocktail, dan cokelat yang disuguhkan saat gala dinner. Agar makin meriah, akan digelar Best Couple Competition, pasangan terbaik akan mendapat hadiah menarik. Sementara, Tahun Baru Imlek biasa dirayakan masyarakat Tionghoa bersama keluarga. Tahun ini, Imlek jatuh pada 16 Februari 2018 yang merupakan tahun anjing tanah. Novotel Solo pun menggelar paket buffet spesial bertema One Night in Shanghai. Digelar pada malam tahun baru Imlek, 15 Februari 2018 jam 6-9 malam. Paket buffet spesial ini dapat dinikmati seharga Rp 188 ribu nett per pax. Tamu hotel yang menginap akan mendapat diskon spesial 20 persen. "Menu Yuseng setiap Imlek selalu ada, karena menu itu perlambang kemakmuran. Target sama dengan tahun kemarin 200 pax untuk Imlek Gala Dinner," ujarnya. Untuk mengakomodir momen speial tersebut, akan tersedia 88 menu spesial mulai appetizer hingga main course. Juga ada live cooking yang melayani permintaan menu para tamu saat itu juga.Tak hanya bersantap ada pula pertunjukan barongsai, ramal garis tangan dan live music. Juga display replika shio anjing hingga pohon angpau. "Untuk Imlek sudah ada yang reservasi sekitar 25 persen dari target, kebanyakan family dan corporate. Sedangkan Valentine biasanya seminggu sebelumnya baru ada yang reservasi. Harapannya untuk Valentine juga mendapat respon positif dari masyarakat," pungkas Tiwik. (Arum)


TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

HIBURAN

9

Rilis Album Baru,

Chris Brown Kolaborasi Bareng Agnez Mo

Chrish Brown kolaborasi dengan Agnez Mo di albumnya (dokinstagram @agnezmo)

T

erlihat beberapa kali mengunggah foto bersama di instagram termasuk di studio rekaman, rupanya Agnez Mo terlibat projek kolaborasi dengan Chris Brown. Ya, tercatatpada 22 November lalu Agnez mengejutkan warganet dengan fotonya tengah bersama Chris Brown disertai caption#AGNEZMOXCHRISBROWN yang mengisyaratkan sebuah kolaborasi. Rasa penasaran public ini terjawab setelah Chris Brown memberikan kejutan dengan merilis album terbarunya berjudul“Heart Break On A Full Moon” (Deluxe Edition): Cuffing Season – 12 Days of Christmas”. Terdapat 12 lagu dalam album tersebut dan satu lagu yang berjudul “On Purpose” adalah kolaborasinya dengan Agnez Mo. “SURPRISE!! Check out our colab on “ON PURPOSE”. Chris featuring your girl #AGNEZMO on his Deluxe Album

#AGNEZMOxCHRISBROWN”, tulis @agnezmo.Warganet pun ramai berkomentar “COOLEST! Do your best @agnezmo, you know how to rock it!!!? ? ”, tulis @ardhinayu “Omgggggg you and Chris freakin killed it!! LOVEEEEEEEEE THIS COLLAB!!!”,tulis @siimplyybri “congratulation queen @agnezmolagunyamanjadi trending #18 di "AMERIKA SERIKAT" semogaterusnaikdanmasuk chart billboard ya queen!!!”, tulis @abiifebryan Bernuansa Natal, terdapat lagu berjudul“This Xmas”dalam album ini. Lagu lain nya adalah“Don't Slow Me Down”, “On Purpose”, “Hands Up”, “Same Shit”, “Trust Me”, “Let Shit Go”, “I Wanna”, “Water”, “Yoppa”, “Get Off”dan “Secret”. Lin

Via Vallen

Akhirnya Rilis Album Nasional Pertamanya

B

ertajuk “sayang”, akhirnya pedangdut Indonesia yang kini tengah naikdaun, Via Vallen merilis album nasional pertamanya. Wanitakelahiran 1 Oktober 1991 ini membutuhkan waktu 4 tahun hingga akhirnya merilis album debutnya.

Melalui instagram pribadinya, Via memperlihatkan CD albumnya yang bernuansa merah muda dan putih. Cover album “sayang” menampilkn foto Via yang cantik dengan hiasan rambut warna oranye. Album tersebut kini sudah bias didapatkan di salah satu restoran cepatsaji. “siapanih yang udah punya koleksi album nasional pertama Via?...,” tulis @viavallen padaKamis, (18/1/2018). Ya, album tersebut disebut Via sebagai album nasional perdananya.Lagu “sayang” menjadi salah satutrack dari 10 track yang ada di album tersebut. Lagu lain yang ada dalam album “Sayang” adalah“Sakit Sakit Hatiku”, “Secawan Madu”, “Selingkuh”, “5 Centi”, “Cinta Kurang Gizi”, “Baper”, “Makan Diluar”, “Lepas Tanpa Kata” dan “Warna Cinta”. Meniti karir sejak tahun 2005, pedangdut yang tahun lalu menang sebagai penyanyi dangdut solo wanitater populer Indonesian Dangdut Awards (IDA) 2017 ini memang sudah tak asing lagi di kalangan pecinta dangdut pantura. Dengan lagu “sayang”, namanya makin dikenal publiknasional.Bahkan, video klip “sayang” sendiri sudah ditonton lebihdari 107 juta kali. Rilispada 24 Februari 2017, video klip “sayang” tersebut menjadi klip genre dangdut yang paling banyak ditonton tahun lalu. Lin

Source : instagram @viavallen


10

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

HIBURAN

Isyana Sarasvati

Adu Akting Dengan Putra di MV “Lembaran Buku”

P

enyanyi berbakat Indonesia, Isyana Sarasvati merilis video musik terbarunya yang berjudul “Lembaran Buku” Jumat (12/1/2018). Lagu ini adalah salah satu lagu yang ada dalam album keduanya “Paradox”. Sebelumnya, Isyana telah merilis video musik untuk lagu yang berjudul “Terpesona”. Ini adalah video musiknya yang kedua dari album tersebut. Dalam video musik berdurasi 4:41 menit tersebut, Isyana beradu akting dengan aktor Arifin Putra. Isyana terlihat meluapkan emosi dan kemarahannya sesuai konsep psikopat dalam video musik ini. Isyana juga tampil beda dengan menampilakan rambut pendek. Dalam unggahan instagramnya (12/1/2018), Isyana memperlihatkan fotonya dengan rambut pendek seraya memberitahukan rilisnya video musik tersebut. “Aku mempersembahkan kepada kalian video musik resmi untuk single keduaku “Lembaran Buku”. Ini adalah gambaran lain dari diriku dalam paradoksku. Terimakasih banyak kepada semua orang yang telah terlibat dalam proyek ini. Kepada sutradara @saktimarendra dan produser @katinka_pulungan dan terutama untuk @arifinputra yang dengan sempurna berperan sebagai pemeran pria yang aku harapkan untuk lagu ini. Aku harap kalian sekali lagi menikmati cerita paradoksialku ini,” demikian terjemahan captionpelantun lagu

“keep being you”, “tetap dalam jiwa” dan “anganku angamu” ini dalam akun instagram pribadinya @isyanasarasvati. Lagu “Lembaran Buku” diciptakan oleh Isyana Sarasvati, Hayley Aitken dan Ollipop. Ya, Isyana Sarasvati adalah seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu. Lagu-lagu dalam album “paradox”pun adalah tentang dirinya sendiri. Proses mixing lagu ini dikerjakan oleh Ollipop di The Kennel, Swedia dan proses masteringnya dilakukan oleh Randy Merrill di Sterling Sound, New York, Amerika Serikat.

Baru dirilis sehari, video musik ini sudah ditonton lebih dari 86 ribu kali mendapatkan 1400 lebih komentar, termasuk dari para Isyanation, sebutan fansclub dari Isyana Sarasvati. Inilah beberapa komentar fans via youtube. “Ini lagu bakal booming, mudah diingat dan nadanya langsung ngena banget, apalagi buat generasi jaman old macem gw, gaya lagu macem ini emang yang paling pas? ,” tulis Sean Pram. “This is literally Isyana's best MV so far. Gue bilang paling bagus karena konsep videonya yang fresh dan belom ada penyanyi indonesia yang

pakai konsep ini. Dan Isyan aktingnya pas frustasi juga dapet, gak di lebailebaikan kayak sinetron. Suka pokoknya ? ,” tulis Felicia Michellin? . “Seriusss video clip Lagu Indonesia terkeren dan termind blowing yang pernah saya tonton dan dengan lagu yang easy listening dengan MV yang sangat elegan tetapi tetap menyampaikan makna tersirat dari lagu tersebut. Keren sukses teruss dan semoga bisa go Internasionall? ,” tulis Afif Ariomukti. (Lin) Source : instagram @isyanasarasvati

Sarwendah Dapat Penghargaan

I

maculata Autism Boarding Faculty, sebuahinstitusi yang peduli terhadap anak berkebutuhan khusus (autis) akan memberikan penghargaan kepada dua selebritas Tanah Air yakni Christine Hakim dan Sarwendah. Ya, penghargaan tersebut diberikankepada Christine Hakim karena selain sebagai aktris, ia juga sangat konsen terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Sedangkan untuk Sarwendah, istri Ruben Onsuini dianggap sebagai sosok ibu sejati. Mengetahui istrinya mendapatkan penghargaan, Ruben kemudian mengunggah postingan di instagramnya (23/11/2017) “Im so proud of u sayang? ? ? ? @sarwendah2, selalu menebar kebaikan untuk kepentingan orang banyak”, demikian tulis ayah dari Thalia Putri Onsuini. Warganet pun banyak yang memberikan selamat dan komentar yang lain, termasuk dari orangtua yang juga mempunyai anak berkebutuhan khusus.

Sarwendah akan dapatkan penghargaan dari Imaculata Autism Boarding Faculty (dokinstagram @sarwendah29)

“Saya seorang ibu dari anak autis. Semoga makin banyak yang member perhatian ke anak autis atau anak berkebutuhan khusus”, tulis @anna_shaba “Makasih sudah peduli dengan anak autis..sebagai ibu yang mempunyai anak autis..sangat terharu..bila ada yg peduli dengan anak2 autis” @__atriekami “Salutya for wendah....sayaortuanakautis”, tulis @berlianaida Penghargaan tersebut akan diterima dalam acara seminar, pensidan teater kisah keluarga penyandang autis yang bertema “Kirim Aku Malaikat-Mu Tuhan”. Rencananya, acara tersebut akan berlangsung 9 Desember mendatang di Aruba Room, The Kasablanka – Mall Kota Kasablanka. Tak hanyai tu, dalam acara itu juga akan dilaunching buku“10001 Cara Mengajarkan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus”. Acara ini bertujuan agar para pendidik dan orang tua dapat menerapkan program yang tepat untuk anak berkebutuhan khusus agar kelak mereka dapat hidup mandiri di masadepan. (Lin)


TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

HIBURAN

11

Inilah 10 Besar Event Pariwista Yang Akan Digelar Indonesia Tahun

2018

S

olotrust.com – Menteri Pariwisata Arief Yahya melalui instagram pribadinya @menpar.ariefyahya, Jumat (12/1/2018) mengunggah video pendek yang berisi mengenai 10 besar event pariwisata yang akan digelar di Indonesia selama tahun 2018. 10 Event ini sudah ditetapkan sebagai Calendar of Events (CoE) yang sudah dikurasi oleh Taufik Rahzen, Dynand Fariz dan Don Kardono. Event-event tersebut adalah:

| Source : instagram

1. Java Jazz - DKI Jakarta, dimulai pada 2 Maret 2018. 2. Pesta Kesenian – Bali, dimulai pada 16 Juni 2018. 3. Jember Fashion Carnaval - Jawa Timur, dimulai pada 7 Agustus 2018. 4. Iron Man 70.3 Bintan - Kepulauan Riau, dimulai pada 19 Agustus 2018. 5. Festival Payung Indonesia - Jawa Tengah, dimulai pada 20 Agustus 2018.

6. Sanur Village – Bali, dimulai pada 24 Agustus 2018. 7. Karnaval Kemerdekaan Indonesia, dimulai pada 25 Agustus 2018. 8. Grand Karnaval Indonesia, dimulai pada 27 Agustus 2018. 9. Banyuwangi Ethno Carnival – Jawa Tengah, dimulai pada 10 November 2018. 10. Borobudur Marathon – Jawa Tengah, dimulai pada 18 November 2018. Selain event tersebut, akan ada 100 premiere events, 100 cultural events, 2 international events yakni IMF World Bank Annual Meeting di Bali dan Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta, 100 destinasi digital dan ribuan events daerah yang akan dipromosikan Kemenpar. Ini adalah kali pertama Kemenpar Indonesia memiliki CoE Pariwisata Nasional yang resmi dan sudah melalui proses kurasi oleh para ahlinya. (Lin)

Vino G. Bastian, Tara Basro dan Tora Sudiro Jadi Kakak Beradik dalam Film “Hoax”

S

olotrust.com – Disutradari oleh Ifa Isfansyah, film “Hoax” yang semula berjudul “Rumah dan Musim Hujan” akan tayang di bioskop Tanah Air mulai 1 Feburari 2018. Diperankan oleh Vino G. Bastian, Tara Basro dan Tora Sudiro, film yang pertama kali diputar di Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada 2012 ini berubah judul setelah pertimbangan selama proses editing. Film ini juga pernah diputar di International Film Festival Rotterdam, 29 Januari 2013. Dalam akun instagram pribadinya, salah satu pemain yakni Vino G. Bastian memposting poster dan juga cuplikan dari film tersebut. “Ini poster film #RumahDanMusimHujan (2012) karya sutradara Ifa Isfansyah. Sudah diputar di beberapa festival film dalam & luar negeri. Thn 2018 dirilis secara komersil di bioskop Nasional dgn judul #HOAX. Apakah ada yg berbeda? Tonton di Bioskop 1 FEBRUARI 2018. #hoaxthemovie #filmhoax,” tulis @vinogbastian__, Jumat (12/1/2018). Selain ketiga pemain tersebut, film ini juga dibintangi oleh Jajang C. Noer, Landung Simatupang dan Sarah Aulia. Seperti dilansir dari filmindonesia.or.id, film ini menceritakan tentang tiga bab dalam sebuah keluarga Jawa. Masing-masing bab bercerita tentang pengalaman hidup dari ketiga anaknya. Bab pertama bercerita tentang keseharian Ragil (Vino G. Bastian), si anak kedua yang tinggal bersama bapaknya (Landung Simatupang). Ragil mempunyai rahasia yang coba ia sembunyikan dari orangtuanya itu. Bab kedua adalah tentang Adek (Tara Basro), si bungsu yang tinggal bersama ibunya. Keduanya terjebak dalam sebuah peristiwa mistik yang mencekam. Dan bab ketiga adalah tentang Raga yang menetap bersama tunangannya yang bernama Sukma (Sarah Aulia). Asmara mereka terusik ketika mantan Raga tiba-tiba muncul. “Rumah dan Musim Hujan adalah film yang akan membuat penonton merasa seperti benar-benar memasuki tiga rumah yang berbeda setelah menyaksikannya. Mereka akan menangis ketika mereka memasuki rumah pertama, takut dan menjerit di rumah kedua dan tertawa dengan keras ketika memasuki rumah yang ketiga. Dan ketika keluar dari tiga rumah tersebut, penonton akan jadi saksi dari rahasia-rahasia yang tidak terungkap,” demikian terjemahan komentar dari Jogja NETPAC Asian Film Festival terkait film tersebut.

| Poster Film “HOAX” |

Ifa Isfansyah, sang sutradara film ini sendiri pernah memenangkan Piala Citra dalam Festival Film Indonesia (FFI) 2011 sebagai sutradara terbaik lewat film “Sang Penari”. Seperti apa film yang sudah berganti judul ini? Tunggu 1 Februari 2018 ya~ (Lin)


12

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

TEKNOLOGI

Galaxy S9 Bakal Hadir S

amsung kembali mengeluarkan seris dari produk andalan mereka, Galaxy S9, pada tanggal 25 Februari 2018. Pre-order dikabarkan akan dilakukan pada tanggal 1 Maret 2018, sedangkan tanggal rilis Samsung Galaxy S9 diperkirakan pada pertengahan Maret. Samsung Galaxy S9 - Harga DIprediksi dari Galaxy S8 yang saat peluncuran mematok harga $ 720, ÂŁ 689, AU $ 1,199. Kemungkinan harga Samsung Galaxy S9 akan jatuh pada harga ÂŁ 639 / $ 725 / AU $ 1200. Diharapkan Galaxy S9 untuk mewarisi harga peluncuran yang sama seperti pendahulunya karena ini akan menjadi pembaruan yang berulang, bukan sebuah reboot baru dari seri ini.

rumor mengatakannya pada 5,65 inci. Ini juga pasti akan melengkung dan melanjutkan tren Samsung menggunakan Super AMOLED, yang menghadirkan visual yang cerah dan kontras yang baik. Samsung Galaxy S9 - Desain ? Smaller bezels ? A repositioned fingerprint scanner Bagian depan dan belakang keduanya terlihat menggunakan kaca melengkung, bezel kecil dan ada port headphone 3.5 mm dan yang mungkin merupakan tombol Bixby. Bezels mungkin sebenarnya lebih kecil dari pada Galaxy S8, karena sebuah sumber mengklaim S9 memiliki rasio screen-to-body 90%, naik dari sekitar 84% pada Galaxy S8. Samsung Galaxy S9 - Camera

Samsung Galaxy S9 specs Berdasarkan rumor sejauh ini

? Samsung: "The Camera.

Reimagined" ? ?A single-lens camera with variable

Display resolution: QHD+ (1440 x 2960) Display size: 5.8-inch Display tech: Super AMOLED Chipset: Exynos 9810/Snapdragon 845 RAM: 4GB Storage: 64GB/128GB Rear camera: 12MP Front camera: 8MP Battery: 3,000mAh Rear fingerprint scanner Waterproof Wireless charging

Samsung Galaxy S9 - Screen ? An in-screen scanner ? A water-repellent coating ? A 5.8-inch QHD+ screen The Bell melaporkan sumber industri yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa Samsung telah bekerja keras di panel layar untuk Galaxy S9 sejak akhir Maret 2017.Sedangkan untuk bentuk layar akan diambil, dikabarkan (dan kemungkinan) untuk mempertahankan rasio aspek 18,5 : 9 Galaxy S8. Ada juga kesempatan bagus ukurannya sama dengan Galaxy S8, masuk 5,8 inci, meski satu

aperture ? ?Super slow motion video ? Mobile HDR video recording Kamera Galaxy S9 akan menjadi fitur utama ponsel Samsung tahun ini, dan bukan karena kamera dual-lens atau megapiksel yang lebih tinggi. Acara peluncuran MWC 2018 mengundang penggoda kamera Samsung Galaxy S9 dengan menambahkan kata-kata "The Camera. Reimagined." Ini bisa berarti bahwa kamera Galaxy S9 dapat mengalahkan kamera Google Pixel 2 terbaik jika menyertakan bukaan variabel atau menjadi kamera pertama di dunia yang dapat menangkap video HDR Mobile.

Samsung Galaxy S9 - Baterai A 3,000mAh battery ? ? More power efficiency Rumor baterai terbaru berasal dari sebuah sertifikat yang diduga berasal dari regulator telekomunikasi Brazil Anatel, yang menunjukkan baterai Galaxy S9 sebagai 3.000 mAh. Itu berita yang mengecewakan terutama sejak dan laporan sebelumnya menyarankan Samsung

sekarang akan menggunakan teknologi PCB seperti substrat yang memungkinkan produsen chipset Exynos menyertakan baterai yang lebih besar tanpa menambah ukuran prosesor. Samsung Galaxy S9 - OS dan Power Snapdragon 845 or Exynos 9810 ? chipset ? Just 4GB of RAM Qualcomm telah mengumumkan Snapdragon 845, yang kemungkinan akan menyalakan versi AS dari Samsung Galaxy S9. Ini adalah chip inti okta dengan empat core yang berjalan pada 2.8GHz dan empat di 1.8GHz, dengan core tercepat memberikan kinerja hingga 30% lebih baik daripada core tercepat pada pemrosesan dan kinerja pemrosesan Snapdragon 835. AI juga telah meningkat, sementara Penggunaan daya telah berkurang. Chipset ini juga memungkinkan kamera untuk merekam video HD 4K Ultra HD pada 60fps. Di luar AS, pembeli kemungkinan akan mendapatkan Exynos 9810 dari Samsung sendiri. Ini termasuk modem LTE yang mendukung kecepatan download teoritis 1.2Gbps - lebih cepat daripada telepon lainnya, yang berarti Anda berpotensi mendownload film HD hanya dalam 10 detik. Dengan sumber lain mengatakan bahwa sementara S9 Plus mungkin memiliki 6GB, S9 standar hanya memiliki 4GB, di samping penyimpanan 64GB atau 128GB. Samsung Galaxy S9 - Fitur Lainnya An improved iris scanner ? ? Stereo speakers Samsung kemungkinan akan memperbaiki pemindai iris Galaxy S9, dengan rumor terbaru yang menyarankannya akan terdongkrak hingga 3MP (dari 2MP pada S8) dan lebih mampu mengenali mata Anda, meski Anda memakai kacamata atau pencahayaan yang buruk. Ini juga nampaknya lebih cepat dari pada S8. Kami juga telah melihat paten Samsung untuk sebuah sensor yang akan menganalisa kondisi atmosfir dan mengingatkan Anda berapa banyak polusi yang ada di udara. | PENULIS : Jatra Nandika Hutama


TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

KESEHATAN

13

“PHIMOSIS� P Pengertian phimosis.

ada umumnya kulit penis yang belum disunat atau biasa disebut kulup menutupi kepala penis, kulupbiasanya bisa ditarik sampai kepala kelihatan. Phimosis adalah gangguan dimana lubang kulup terlalu kecil hingga tidak bisa ditarik ke belakang.Bila lubang tersebut terlalu kecil bisa mengganggu jalannya kencing.Pada kondisi ini saat air kencing keluar dari kepala penis tidak langsung keluar tapi tertampung di dalam kantong kulup hingga terlihat seperti adanya balon di kepala penis.Air kencing yang berulang2 tidak tuntas terbuang akan memicu infeksi saluran kencing (ISK). Pada daerah yang berbudaya sunat, phimosis sangat yarang ditemukan saat usia dewasa yang sudah dibuang kulupnya. Pada daerah yang tidak ada budaya menyunat, phimosis bisa juga terjadi di usia dewasa.

Gejala Fimosis Selama air kencing masih ancar pimosis secara umum tidak menimbulkan rasa nyeri atau gejala apa pun. Namun bila lubang terlalu kecil hingga mengganggu jalannya air kencingmembuat rentan terkena ISK karena sisa kencing yang mengendap & kepala penis yang sulit dibersihkan. Dalam kasus infeksi yang parah, gejala yang muncul dapat berupa kulit penis berwarna merah, bengkak atau nyeri. Lebih jauh lagi, fimosis juga dapat menimbulkan kesulitan dalam buang air kecil atau gangguan dalam hubungan seksual, seperti nyeri atau malah kurang merasakan sensasi saat berhubungan seksual.

Dr. Krisna

Penyebab Fimosis ? Dibawa sejak lahir. Kondisi di mana lubang kulup terlalu kecil saat lahir, dengan proses infeksi lubang akan lebih mengecil & menibulkan masalah. ? Masalah medis. Kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya fimosis adalah penyakit diabetes. Penyakit ini membuat penderitanya rentan terkena infeksi yang dapat membentuk jaringan parut pada kulup, sehingga membuat kulit menjadi tidak lentur dan sulit ditarik. Beberapa infeksi yang dapat dialami penderita yaitu balanitis(peradangan pada kepala penis) dan balanoposthitis (peradangan pada kulup dan kepala penis). Infeksi lainnya yang dapat memicu fimosis dapat ditularkan melalui hubungan seksual. Kondisi ini sering dialami pria dewasa. Selain itu, beberapa gangguan pada kulit juga dapat menyebabkan munculnya fimosis, antara lain psosiaris, lichen sclerosus (lesi pada kulup atau terkadang kepala penis), lichen planus (ruam gatal non-infeksi), serta eksim yang membuat kulit berwarna merah, gatal, pecah-pecah dan kering. ? Usia. Usia tua menyebabkan berkurangnya kelenturan kulup sehingga kepala penis menjadi sulit dibersihkan.

Tarikan dan peregangan yang keras. Kedua hal tersebut dapat membuat kulit kulup robek dan mengalami peradangan, hingga mengarah pada fimosis. ?

Diagnosis Fimosis Diagnosis fimosis dapat ditetapkan hanya dengan wawancara dokter terhadap riwayat penyakit dan pemeriksaan fisik dengan cara melihat serta menarik kulup. Menentukan diagnosa gangguan biasanya mudah tanpa perlu pemeriksaan lanjutan. Pengobatan Fimosis Sebagian besar kasus fimosis bukan merupakan masalah yang serius dan tidak membutuhkan pengobatan tertentu. Namun, jika kondisi ini menimbulkan gejala yang mengganggu maka terapi pilihannya adalah sunat. Terkadang dokter dapat memberi obat2an untuk meringankan gejala yang diderita. Obat-obatan tersebut antara lain: ? Steroid topikal. Obat yang mengandung kortikosteroid ini tersedia dalam bentuk krim, gel, atau salep. Obat steroid dapat membantu melenturkan kulup sehingga memudahkan untuk ditarik. ? Krim antijamur. Krim ini diberikan pada penderita yang mengalami infeksi karena jamur. ? Antibiotik. Obat ini diperlikan untuk mengatasi infeksi yang

terjadi karena bakteri. ? Melebarkan lubang kulup. Cara ini biasanya menyebabkan nyeri & bisa timbul perlukaan. Pada anak2 sulit dilakukan karena belum kooperatif atau berontak. ? Sunat. Ini adalah terapi pilihan sekaligus pencegahan. Bagi penderita fimosis dewasa yang akan melakukan aktivitas seksual, dokter biasanya akan menyarankan penggunaan kondom dan pelumas di samping obatobatan di atas, untuk mencegah rasa tidak nyaman atau nyeri ketika melakukan hubungan. Jika infeksi terjadi secara berulang meskipun sudah diatasi dengan obat-obatan, dokter kemungkinan akan menyarankan sirkumsis sunat. Cara ini mulai banyak dipakai & sedang berkembang. Keuntungannya adalah pengerjaan lebih cepah, tanpa jahitan, rapi,

tidak berdarah, cukup 1 minggu klem dilepas biasanya sembuh. Kerugiannya adalah harus menambah biaya alat. Pencegahan Fimosis ? Sunat. ? Menjaga kebersihan penis dengan cuci penis setiap hari dengan air hangat saat mandi. Hal ini juga perlu dilakukan pada pria yang telah disunat.Menggunakan sabun ringan yang tidak mengandung parfum dan menghindari penggunaan talk atau deodoran pada penis untuk mengurangi risiko iritasi pada organ tersebut.Tariklah kulup penis perlahan guna membersihkan kulit di bawah kulup dan jangan menarik kulup dengan keras karena dapat menimbulkan nyeri dan luka.


14

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

EVENT

Dika Bakery

ONE STEP ONE DREAM alam rangka memperingati HUT Dika Bakery and Cake yang ke20, keluarga besar Dika Bakery and Cake menggelar sejumlah kegiatan yang dipusatkan di Bukit Perkemahan Sekipan, Tawangmangu pada Rabu, 27 Desember 2017.

D

perjalanannya, Justus Budhianto mengatakan bahwa perjalanan tersebut memang tidaklah mudah. Namun sekarang, DikaBakery and Cake sudah melakat di hati masyarakat dengan standar kualitas menengah keatas.

Bertema “One Step One Dream” atau “Satu Langkah Satu Mimpi”, keluarga besar Dika Bakery and Cake mengikuti sejumlah kegiatan yakni Outbound, panggung hiburan dan juga berbagai lomba dari mulai lomba joget, go talent showhinggadance.

Produk DikaBakery and Cake seperti pisang bolen, roti tawar, pisang keju dan bakpia pun begitu digemari masyarakat luas.

Dipandu oleh TeraSudiro, acara dimulai dengan upacara yang dipimpin oleh CEO TA Media Group yakni Justus Budhianto. Dalam sambutannya, beliau berpesan agar keluarga besar Dika Bakery and Cake menjaga kekompakan, menjaga hati, menjaga kesehatan dan tak lupa “hati yang senang adalah obat yang manjur”. Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut manager Dika Bakery and Cake yakni Risca Marcelina, Ibu Lingling sebagai pemilik Dika Bakery and Cake dan manager TATV yakni Ibu Wulan. Dika Bakery and Cake berdiri pada Desember 1997. Dalam 20 tahun

Untuk kedepannya, goal DikaBakery and Cake adalah mempunyai 50 bilko (mobiltoko), 20 outlet yang tersebar di Jawa Tengah, 20 toko bilko, 10 unit kelilingan roti lingga serta keringan yang diproduksi Dika tembus pasar online dengan system telemarketing. Ibu Lingling menambahkan bahwa mereka ingin mengembangkan biscuit dan kue kering. Ya, Dika Bakery and Cake ingin selalu mengikuti perkembangan zaman untuk menjadi salah satu ikon bakery yang terkenal di Jawa Tengah. Selamat Ulang tahun Dika Bakery and Cake, Yang Terkenal Tetap Dika!


TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

EVENT

TA Media Grup Gelar Donoh Darah dan Pengobatan Gratis

15

T

erang Abadi Media Grup (TAMG) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Surakarta melaksanakan bakti sosial (baksos) berupa donor darah dan pengobatan gratis untuk masyarakat, Selasa (23/1/2018). Baksos yang dibuka sejak pukul 09.00 WIB ini digelar dalam rangka ulang tahun Dika Bakery dan launching portal berita solotrust.com. Baksos donor darah ini melibatkan empat personil dari PMI cabang Surakarta. Salah satu petugas dari PMI dr Dewi mengatakan, PMI saat ini telah menyiapkan 80 kantong darah untuk para pendonor. Dewi juga mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk mengikuti donor darah yang diselenggarakan TAMG ini. “Kami ada empat personil dan kita bawa 80 kantong yang kita siapkan untuk para pendonor.” Sementara itu selain dipadati masyarakat yang akan mendonorkan darahnya, masyarakat juga berbondong-bondong datang untuk mengikuti pengobatan gratis. Dari PMI Surakarta sendiri menerjunkan tiga dokter yakni, dr Astrid, dr Arini dan dr Aryo. Ketiga dokter PMI ini yang akan memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang datang di pengobatak gratis TAMG. Dr Astrid mengatakan, mayoritas pasien yang datang adalah ibuibu dengan usia 40-an tahun ke atas. Rata-rata para pasien ini mengeluh sakit di persendian, pegal-pegal dan hipertensi. “kebanyakan yang datang tadi terkena pengapuran sendi, jadi mereka mengeluh sakit di lutut, pegal linu dan hipertensi juga banyak.” Jelas dr Astrid. Baksos pengobatan gratis oleh TAMG ternyata sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Seperti Tinawati (57) warga Banyuagung, Solo ini, ia datang ke pengobatan gratis TAMG untuk cek darah dan cek gula darah. Tinawati sangat mengapresiasi dengan pengobatan gratis ini karena sangat meringankan beban masyarakat. Ia sendiri memperoleh informasi baksos ini dari sosial media.

| masyarakat tengah berkonsultasi dengan dokter dalam kegiatan pengobatan gratis TAMG

Setiap orang bisa menjadi pahlawan

“Ini sangat membantu dan meringankan masyarakat yang mau periksa kesehatan, ini kan gratis. Ya harapannya sering-sering saja TATV mengadakan kegiatan ini.” Harap Tinawati.


16

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

EVENT

PENINGKATAN MUTU PRODUK DAN PEMBERDAYAAN MITRA PERAJIN JAMU GENDONG MELALUI PROGRAM IbM

S

TIKes Kusuma Husada Surakarta melakukan kegiatan pengabdian masyarakat pada perajin jamu gendong Ibu Suyamti yang beralamat Dukuh Tegalgiri RT 03 RW 04, Kelurahan Tegalgiri Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali dan perajin jamu gendong Ibu Sumarti yang beralamat Dukuh Jenalas Kidul RT 04 RW 02, Kelurahan Bendo, Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. Perajin jamu gendong tersebut menjalankan usaha jamu gendong secara komersial dengan penjualan jamu gendong rata-rata 15 hingga 20 botol per hari. Jamu gendong yang diproduksi termasuk produk home industry dimana proses pembuatannya seringkali kurang memperhatikan sanitasi dan higiene. Jamu gendong adalah obat tradisional berbentuk cair yang tidak diawetkan dan diedarkan tanpa penandaan serta diminati masyarakat karena harganya terjangkau dan mudah diperoleh. Secara umum jamu dianggap tidak beracun dan tidak menimbulkan efek samping. Khasiat jamu telah teruji oleh waktu, zaman dan sejarah, serta bukti empiris

langsung pada manusia selama ratusan tahun. Berdasarkan hal tersebut perlu upaya peningkatan kualitas dan kuantitas produk jamu gendong menjadi produk unggulan yang aman dan sehat serta mendukung program pemerintah dalam rangka melestarikan budaya warisan jamu tradisional di Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan adalah pelatihan kewirausahaan, pelatihan hygiene dan sanitasi produksi, pelatihan metode pemanfaatan dan pengolahan limbah bagi perajin jamu gendong untuk meningkatkan motivasi usaha dan jiwa kewirausahaan serta memperbaiki manajemen usaha bagi perajin jamu gendong. Selain itu, perajin jamu gendong dapat mengolah dan memanfaatkan limbah yang aman dan ramah lingkungan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada Bulan Juni Tahun 2017 dan demonstrasi produksi jamu gendong dilaksanakan pada Bulan Oktober Tahun 2017 berjalan dengan lancar. Kegiatan demonstrasi pembuatan jamu gendong dengan memperhatikan teknik asptic dapat memperpanjang masa simpan. Peserta yang hadir menyatakan senang dan puas

dengan kegiatan. Jamu gendong sebagai minuman kesehatan yang sehat, alami, dan aman bagi konsumen. Kegiatan tersebut dibiayai oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Program bimbingan dan pendampingan secara berkelanjutan penting bagi perajin jamu gendong agar mampu membuat jamu gendong secara kualitatif dan kuantitatif sebagai minuman kesehatan sehat alami, dan aman bagi konsumen. Perajin didampingi mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi, pembuatan kemasan, hingga pemasaran. Permasalahan tersebut agar terselesaikan diperlukan dukungan berbagai pihak dan perlunya program kegiatan berkelanjutan yang melibatkan pihak terkait seperti institusi pendidikan kesehatan sehingga diperoleh peningkatan mutu produk, pengelolaan jamu gendong yang ramah dan aman terhadap lingkungan.

| Dokumentasi Kegiatan pelatihan

| Dokumentasi

kegiatan pendampingan dan demonstrasi produksi jamu gendong

Pelaksana Pengabdian masyarakat: Wahyuningsih Safitri 1), Agnes Sri Harti 2), Rahajeng Putriningrum3), Galih Priambodo4) email: wahyuningsihsafitri@gmail.com; agnessriharti@yahoo.com; rahajengputriningrum@yahoo.com; g2_37@yahoo.co.id

Prodi S-1 Keperawatan STIKes Kusuma Husada Surakarta Prodi D-III Keperawatan STIKes Kusuma Husada Surakarta Prodi D-III Kebidanan STIKes Kusuma Husada Surakarta


TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

DIREKTORI IKLAN

17

BALUWARTI RT 03 / III NO 77 SOLO 085100051205 / 08156815681

Masakan Halal Mak Djan 0271-2931212 JL BALI NO 7 BANJARSARI SOLO

Photo: Jatra Hutama

Hp : 082 226 541 028 1. Bengawan Solo Food Court - Solo Square 2. Jl RM Said No 125 Solo ( Depan Bank Sinarmas Syariah ) 3. Jajar Central Kuliner : Jl Adi Sucioto no 152 Jajar Solo

0 I T S A

6 1 6 1 6 6 8 4 5 81


18

TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

Redaksi

REDAKSI & HALAMAN


TA TABLOID | EDISI FEBRUARI 2018 TA_TABLOID TA TABLOID

TARADIO

17

Sheila on 7 Mengawali Fase Baru Lewat "Film Favorit"

S

etelah penantian tiga tahun lebih, akhirnya Sheila on 7 membuka 2018 dengan single baru berjudul "Film Favorit" yang beredar pada 29 Januari 2018 di semua layanan digital. Selain merupakan karya baru pertama grup pop rock asal Yogyakarta tersebut sejak album Musim Yang Baik dilepas pada Desember 2014, yang membuat "Film Favorit" istimewa adalah statusnya sebagai karya pertama Sheila on 7 yang dilepas secara independen di bawah bendera mereka sendiri sendiri, 507 Records, setelah hampir dua dekade di major label. "Ini salah satu langkah besar yang konkret dari Sheila On 7 untuk menjadi band indie," kata bassis Adam Muhammad Subarkah. "Film Favorit" sendiri adalah lagu ciptaan gitaris Eross Candra, yang terinspirasi kisah seorang teman dekat yang belum berhasil menemukan pasangan hidup. "Aku kayak kasih saran ke dia. Jadi sebenarnya maksud dari lagu itu, aku berharap kamu bisa berpikir dan bertindak seperti ini. Aku mengumpamakan aku adalah dia, supaya untuk anak-anak sekarang lebih relevan, lebih kena," kata Eross. Kenapa film yang dijadikan unsur pemikat di lagu ini? "Karena kalau aku lihat aksi heroik belakangan ini cuma ada di film," menurut Eross, yang menyebut The Pursuit of Happiness sebagai salah satu film yang menginspirasi lagu ini. Salah satu contoh sentuhan mereka adalah suara drum, yang terdengar lebih bombastis dan menggelegar dibanding rekaman Sheila on 7 sebelumnya. "Aku ingin kasih nuansa beat yang anthemic, dan secara sound juga gagah, cowok banget. Itu sinkron dengan spirit Sheila On 7 yang akan menjalani perjalanan baru. Kami perlu semangat itu, ditambah lagi lagu itu yang bercerita tentang perjuangan seseorang. Lagu itu cowok banget secara lirik, secara sound dan secara spirit. Pas untuk Sheila on 7," kata drummer Brian Kresna Putro.

Sangat mungkin "Film Favorit" juga akan menjadi lagu favorit pendengar Sheila on 7 baru maupun lama. Bahkan sebelum direkam di Lahaneross Studio dan diputuskan untuk menjadi single, "Film Favorit" dibawakan di panggung untuk pertama kali di Jakarta pada Juli 2017. Tak lama kemudian, video penampilan tersebut sudah diunggah ke YouTube dan bahkan dijadikan video lirik oleh para penggemar berat Sheila on 7 yang dikenal sebagai Sheila Gank, dengan puluhan ribu views untuk setiap video yang beredar.

Tentu saja Sheila on 7 berharap bahwa versi resminya akan mendapatkan sambutan yang tak kalah meriah karena itu akan berdampak positif kepada segala aspek yang terkait. “Umpamanya single ini jalan dengan airplay di mana-mana, harapannya apa yang kami sudah mulai secara manajemen sendiri ikut jalan juga. Kami kayak bawa satu kereta penuh. Harapannya ketika kepalanya jalan, yang belakang ikut jalan semua. Rekamannya gampang, setelah rekaman roda lokomotifnya harus

berputar semua," kata Eross. Yang pasti, "Film Favorit" hanyalah permulaan dari era baru Sheila on 7 ini. "Kami akan melihat responsnya, dan rencananya kami akan mengeluarkan single kedua dan ketiga, baru nanti muaranya adalah album," menurut Adam. "Sheila on 7 sudah menjadi band yang sampai sekarang konsisten ada karya. Ini meneruskan itu, cuma mungkin karena kami memulai sesuatu dengan mencoba jalan sendiri. prosesnya saja yang berbeda. Tapi selama Sheila on 7 masih ada, kami bikin karya."

TARadiosolo

081 667 1035

081 667 1035

0271 857678

TARadiosolo

D9AA57C3


@solotrust_official

@solotrustcom

solotrust.beritasolo

UPDATE

A Y A R O L O S I S A INFORM I D A Y N A KAMU H

PT Terang Abadi Digital Media 0271-852643 info@solotrust.com 0877 8880 0611

Gedung Graha TATV Jl Brigjend Katamso No 173 Mojosongo 57127

Ta tabloid februari 2018  
Ta tabloid februari 2018  
Advertisement