Page 1


Apa sih 10 Bali Baru itu? Bali terkenal dengan keindahannya yang memiliki banyak lokasi wisata menarik dan sering dikunjungi oleh para wisatawan. Menurut Badan Pusat Statistik, hampir empat juta wisatawan mengunjungi pulau Bali dalam delapan bulan pertama pada tahun 2018. Perkembangan pesat di Bali mendorong pemerintah untuk membentuk beberapa daerah di Indonesia dengan sistem pariwisata seperti di Bali, akhirnya apa yang terjadi jika Indonesia memiliki lebih dari satu Bali? Maka dari itu Presiden Joko Widodo membuat strategi pertumbuhan “10 Bali Baru� yang bertujuan untuk meniru dampak ekonomi pariwisata di Bali secara nasional.

Kementerian Pariwisata juga sudah mencantumkan beberapa daerah di Indonesia yang ditetapkan menjadi 10 Bali Baru untuk ditingkatkan mulai dari kualitas bandaranya sampai pembangunan fasilitas baru lainnya yang bisa kamu kunjungi lho! Apa saja kira-kira? Simak 10 destinasi wisata yang dinobatkan jadi Bali Baru yang wajib banget kamu kunjungi.


Danau Toba, Sumatera Utara

Salah satu yang dijadikan 10 Bali Baru adalah Danau Toba yang terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Luasnya 1.1145 kilometer persegi menjadikannya sebagai danau terluas Asia Tenggara bahkan lebih besar dibanding Singapura. Danau Toba bisa terbentuk sebab letusan gunung berapi yang mengakibatkan kawah yang lama kelamaan dipenuhi air kemudian menjadi danau. Kalau kamu sudah pernah ke Danau toba, kamu akan menemukan Pulau Samosir yang menjadi jantung dan kampung halaman dari Suku Batak. Pada bulan April hingga Agustus, kemungkinan kamu akan mendapatkan momen yang menyenangkan yaitu kemeriahan ritual upacara tradisional Suku Batak. Jangan khawatir, penginapan di Danau Toba juga beragam, mulai dari penginapan biasa, resor, bahkan hotel dengan pemandangan yang mempesona.


Tanjung Lesung, Banten Salah satu kawasan yang populer di Provinsi Banten yaitu Tanjung Lesung. Destinasi wisata ini seperti daratan yang berbentuk lesung menjorok ke laut dan memiliki sekitar 1.500 Ha. Kelebihan dari pantai ini adalah kamu bisa menikmati pemandangan indah seperti langit biru dengan lembutnya pasir putih yang bersih dan alami. Selain itu, ombaknya pun juga tidak terlalu besar melainkan bergerak dengan tenang. Asal nama dari Tanjung Lesung adalah dari sebuah kampung yang bernama lesung dan diciptakan oleh Sri Poh Haci seorang gadis pemimpin dan sering bermain di kampung Lesung. Kamu bisa kunjungi kawasan parawisata ini sebagai tempat untuk acara resmi, family gathering, pelatihan, wedding photoshoot, sampai wahana outbond.


Pulau Seribu, Jakarta

Keindahan lainnya berasal dari Jakarta Utara, yaitu Kepulauan Seribu yang memiliki 110, 128 pulau bahkan dari beberapa sumber mengatakan ada 342 pulau. Namun dari ratusan pulau, hanya ada 11 yang ditempati oleh masyarakat sebagai perkampungan. Kalau kamu ingin pergi ke sana, kamu hanya menyebrang dari pulau satu ke pulau satunya selama 1-2 jam dan bisa berangkat dari Pelabuhan Marina Ancol atau Dermaga Pantai.

Lebih uniknya, ada monas di Pulau Seribu. Monas di sini maksudnya didirikan bukan di daratan melainkan di bawah laut kedalaman kurang lebih 5 meter dan tinggi 2,5 meter bernama Coral Day yang ada di Pulau Pramuka. Wah unik sekali ya?


Pantai Tanjung Kelayang, Bangka Belitung


Kalau kamu pernah melihat pantai yang dikelilingi batu granit besar dan pasir putih indah itu adalah Pantai Tanjung Kelayang salah satu pantai terbaik di Bangka Belitung yang memiliki pemandangan menarik dan eksotis. Lokasi Pantai Tanjung Kelayang terletak di sisi utara Pulau Belitung, persisnya di Kecamatan Sijuk, sekitar 27 kilometer dari Tanjung Pandan. Memiliki laut biru kehijauan dan gelombang ombak yang tenang membuat pantai ini menjadi lokasi shooting dari film Laskar Pelangi.

Kamu tidak hanya menikmati air dan langit biru di Belitung, melainkan bisa berjalan kaki dari ujung ke ujung bahkan bisa berenang sambil melihat ikan-ikan dari dekat. Jangan lupa untuk foto saat momen matahari tenggelam ya dengan latar belakang kapal nelayan tradisional, sebab bisa menjadikan liburan kamu sangat memukau dari hasil fotonya! Untuk menuju kesana, kamu pun tidak disulitkan karena bisa pakai kendaraan roda dua atau empat dari pusat Tanjung Pandang selama 30 menit.


Candi terbesar di dunia dan menarik jutaan wisata setiap tahun adalah Candi Borobudur yang sudah berdiri sekitar tahun 750 Masehi dan dibangun oleh raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra. Candi ini sempat terlantar karena letusan gunung merapi yang membuat penduduk pindah ke tempat yang lebih aman, dari beberapa sumber juga mengatakan tempat ini ditinggalkan setelah agama islam menyebar ke tanah jawa. Kini Candi Borobudur menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Tengah karena banyaknya ukiran dinding dan stupa yang memiliki makna tersendiri. Kamu juga bisa foto di depan Candi Borobudur dengan gaya aesthetic akan membuat warna dalam feeds Instagram kamu menarik!

Candi Borobudur, Jawa Tengah


Gunung Bromo, Jawa Timur

Gunung paling terkenal di Jawa Timur dan menjadi impian bagi masyarakat Indonesia yaitu Gunung Bromo. Memiliki ketinggian 2.392 meter dari atas permukaan laut dan berada dalam lingkup Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bromo dikenal sebagai gunung yang paling suci bagi suku Tengger.

Salah satu keindahan yang bisa dinikmati dari Gunung Bromo adalah matahari terbit yang bisa dilihat dari Puncak Pananjakan dan Bukit Teletubbies berupa padang rumput sabana dengan hamparan bunga yang indah. Lokasi bukit ini berada di Balik Gunung Bromo.


Bagi sebagian wisatawan dalam negeri, nama Mandalika mungkin belum terdengar familiar. Masyarakat lebih mengenal Gili Trawangan, Gili Meno, atau Pantai Senggigi dibandingkan Mandalika. Padahal, kawasan ini tidak kalah cantik dengan destinasi wisata yang sekarang sudah tenar di Lombok.

Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Berada di lahan seluas 1.034 hektar, KEK Mandalika memiliki lokasi yang sangat strategis. Mandalika berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Bandara Internasional Lombok atau setengah jam perjalanan dari pusat kota Lombok. Pantainya yang berpasir putih halus dengan ombak yang menyapu tenang, sangat cocok bagi Anda yang ingin melepaskan penat dari hingar-bingar kemacetan kota besar. Di kawasan Mandalika terdapat deretan pantai indah, mulai dari Pantai Tanjung Aan, Pantai Serenting, Pantai Seger, Pantai Kuta, dan Pantai Gerupuk. Berbeda dengan Bali, di Mandalika wisatawan akan jarang menemukan bar atau kelab malam. Tak cuma Mandalika, di seluruh pulau nyaris tak bisa ditemukan bar dan kelab malam. Meski demikian, sejumlah tempat makan masih menjual bir untuk mengakmodir keinginan wisatawan mancanegara. Bagi yang ingin berburu oleh-oleh, Mandalika juga sudah menyediakan sejumlah toko yang berjejer di sepanjang kawasan Pantai. Pedagang ini menjajakan oleh-oleh khas Lombok, seperti kain tenun, kaus, gelang, hingga ikat kepala. Setiap tahunnya di bulan Februari atau Maret, di kawasan Mandalika terdapat acara Festival Bau Nyale. Festival ini berupa tradisi Suku Sasak yang menangkap cacing laut di Pantai Seger.

Nama Mandalika sendiri diambil dari cerita legenda masyarakat Sasak di Lombok tentang Putri Mandalika. Ceritanya, Putri Mandalika memilih mengorbankan dirinya ke laut agar tidak terjadi peperangan karena diperebutkan sejumlah pangeran yang hendak meminangnya. Putri itu konon menenggelamkan diri di Pantai Seger. Saat ini, wisatawan bisa melihat monumen Putri Mandalika di pantai itu. Dan bagi Anda pemburu kuliner, di Kawasan Bukit Mandalika, Pantai Kuta Lombok, Desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah, NTB ada beberapa makanan khas yang patut Anda cicipi. Di antaranya adalah ayam taliwang, ayam Rarang, sate rembiga dan sate bulayak. Olahan bumbu khas daerah Lombok akan memanjakan lidah dan menambah selera makan.


Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Selain menjadi tempat pencari nafkah, Labuan Bajo memiliki laut yang indah dan dikenal sebagai tempat liburan yang paling romantis, jadi tidak heran kalau banyak seorang pasangan yang datang untuk menikmati laut dan bukit yang memesona.

Di Nusa Tenggara Timur juga terdapat kawasan pariwisata yang sering dikunjungi para wisataran mulai dari lokal hingga mancanegara yaitu Labuan Bajo yang merupakan ibu kota kabupaten Manggarai Barat dan terletak di ujung paling barat Pulau Flores. Faktanya adalah, penghuni di Labuan Bajo kebanyakan mencari nafkah di laut sebab banyak kapal layar dan perahu bermotor.


Wakatobi, Sulawesi Tenggara Berada di Provinsi Sulawesi Tenggara, Wakatobi menjadi destinasi impian wisata bagi para pecinta laut. Memiliki luas wilayah 1.39 juta Ha, Wakatobi dikenal sebagai taman nasional dan mempunyai penggalan dari nama 4 pulau, yaitu Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Keindahan dari pulau inilah menjadikan Wakatobi daerah tujuan wisata khususnya para penyelam. Eits, tapi jangan salah meskipun kamu tidak bisa berenang, kamu bisa mengunjungi suku Bajo yang mendirikan rumahnya di atas air, kemudian pergi ke Benteng Patua, melihat sunset di Kayangan Hill untuk menikmati awan dan ombak yang tenang, dan mengunjungi beberapa wisata kuliner di Wakatobi seperti ikan dan rumput laut.


Meskipun banyak yang belum mengenal nama Pulau Morotai tetapi sebenarnya pulau ini memiliki keindahan luar biasa. Pulau Morotai terletak di Kepulauan Halmahera, Maluku Utara dan indahnya melebihi Raja Ampat yang berada di papua.

Pulau ini juga memiliki masyarakat yang menetap kok sekitar sampai 53.000 jiwa.Kamu bisa jadikan Pulau Morotai sebagai liburan next weekend kamu nih, karena kamu bisa snorkeling sampai menikmati indahnya air laut yang masih warna biru dan jernih.

Pulau Morotai, Maluku Utara


5 kota Wisata Hits 2019


1. Yogyakarta

2. Bali Sudah tidak diragukan lagi kalau Bali merupakan surganya para wisatawan. Dari tahun ke tahun, objek wisata di Indonesia yaitu Bali selalu berhasil menarik banyak wisatawan untuk singgah di pulaunya. Dengan banyaknya wisata seperti pantai Lot, pantai Kuta dan lain sebagainya serta kearifan lokal yang selalu terjaga dan menjadi penampilan yang bagus dalam menyambut para wisatawan. Karena pada hari tertentu akan ada tampilan tarian seperti tari pendet dan tari kecak.

Kota Gudeg satu ini juga tidak kalah dengan wisata yang di atas. Di Yogyakarta terdapat berbagai wisata mulai dari pantai parang tritis, Candi Prambanan, candi Borobudur, Alun-alun kota Jogja dan tentunya Jalan legendaris yaitu jalan Malioboro. Melihat sepanjang jalan di Yogyakarta, pastinya akan mudah melihat para wisatawan mulai dari wisatawan manca negara hingga yang domestik.

3. Raja Ampat Raja Ampat terletak di pulau Papua. Raja Ampat merupakan nama perairan di Papua yang menawarkan keindahan bawah lautnya. Dari tahun ke tahun banyak para wisatawan yang ingin menikmati keindahan batu karang hingga kekayaan hewaninya. Raja Ampat adalah wisata yang cocok untuk melakukan kegiatan menyelam.


4. Lombok Objek wisata di Indonesia lainnya adalah Pulau Lombok. Pulau ini memiliki banyak tempat wisata seperti Pantai Senggigi, Gili Air, Gili Trawangan, Pantai Kuta Lombok, Gunung Rinjani, Hutan Monyet Pusuk dan lain sebagainya.

5. Taman Nasional Bunaken Karena Indonesia merupakan negara kepulauan maka banyak spot-spot menyelam salah satunya di Taman Nasional Bunaken. Di sini terdapat 12 dive spot untuk menyelam oleh para pecinta keindahan pemandangan bawah laut yang dipenuhi terumbu karang dan spesies hewan yang begitu beragam. Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak terhingga. Sebagai generasi muda alangkah bijaknya jika ikut merawat kekayaan alam Indonesia ini. karena dengan banyaknya para wisatawan yang datang menuju destinasi wisata trend Indonesia juga bisa menjadikan kita bangga sebagai warga negara Indonesia.


PEGIPEGI.COM


5 Tips Travelling Murah Ala Milenial

1. Rajin mengecek promo di situs travel online Promo situs disini maksudnya adalah situs-situs travel online yang menyediakan pemesanan tiket ataupun hotel. Seperti contohnya pegipegi.com atau traveloka yang suka banyak promo. Yuk buruan cek guys!!

2. Buka tripadvisor.com Buat sebagian orang, tripadvisor ini sudah seperti kamus untuk para traveller. Mostly tulisan review yang ada di sana sangat membantu baik itu untuk menentukan tujuan wisata ataupun hotel yang akan kita pilih. Biasanya ketika mencari hotel, setelah didapatkan hotel dan harga yang sesuai keinginan, tahap akhir yang saya lakukan adalah mengecek review hotel tersebut di tripadvisor.com. Yang spesial dari tripadvisor ini adalah kita dapat melihat foto-foto hasil jepretan traveller jadi kita tidak perlu takut lagi tertipu gambar seperti yang biasanya ditampilkan website hotel.

3. Rajin ikut travel fair Kalau mau dihitung-hitung, beberapa tahun terakhir ini yang namanya travel fair itu hampir ada setiap bulannya. Ada yang diselengarakan di Jakarta, ada juga yang di kota besar lain seperti Medan, Bali, ataupun Surabaya. Keuntungan ikut travel fair ini adalah kadangkala ada happy hour yang menjadi puncak dari promo dan diskon dari fair tersebut.


4. Ikut news-letter maskapai Biasanya kalau kita sudah join news-letter maskapai, kita akan dikirimkan e-mail mengenai event dan promo yang mereka adakan. Tidak jarang pihak maskapai juga mengadakan lomba-lomba yang berhadiah tiket gratis seperti yang pernah dilakukan Garuda dan Jetstar. Beberapa maskapai juga menyediakan sistem price watching dimana mereka akan secara rutin mengirimkan perubahan harga tiket di tanggal yang kita inginkan ke e-mail kita.

5. Tidak perlu pakai jasa tour Bagi traveller yang punya jiwa petualang, mungkin hal ini bisa dicoba karena ada pengeluaran-pengeluaran yang bisa kita hemat jika jalan sendiri tanpa tur. Keuntungan lain dari jalan sendiri tanpa tur adalah kita bisa merasakan menjadi penduduk setempat. Kita bisa menyicip sedikit ritme kehidupan penduduk lokal seperti misalnya jam sibuk di subway, berjalan di trotoar yang bebas sampah, dan lain sebagainya. Bagi kita yang memilih jalan sendiri tanpa tur, kita perlu rajin buka blog ataupun situs lain terkait tempat yang akan kita kunjungi. Bila perlu, kita juga bisa mendownload aplikasi sistem transportasi di tempat tersebut kalau memang di tempat tujuan kita sudah ada sarana tersebut.


Profile for Tasya F

Indonesia Eyes  

Indonesia Eyes  

Advertisement