Page 1

TANJUNGPINANG INANG POS Minggu TOP KEPRI

RP1.800

5 MEI 2013

IKON: Jembatan Gugus Sei Carang Tanjungpinang menjadi ikon saat ini. Pemko akan membangun Jembatan Madong 2014 nanti sebagai ikon pariwisata.

Jembatan Madong sedang Didesain

TANJUNGPINANG - Satu lagi jembatan di Tanjungpinang akan dibangun tahun 2014 nanti. Letaknya di daerah Madong Senggarang yang melintas di atas Sungai Nyiri. Proses pembuatan Detailed Engineering Design (DED) dilakukan tahun 2013 ini oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemko Tanjungpi-

KEPRI MUDA Astria Wijayanti

Si Pemalu Yang Jago Sains

nang. Ir Robet Pasaribu MM, Kepala Dinas PU Pemko Tanjungpinang, mengatakan, sumber anggarannya akan sharing dengan Pemprov Kepri. "Kita juga akan minta bantuan APBN untuk membantu pembangunannya.

BACA HALAMAN 2

F-ADLY BARA HANANI/ TANJUNGPINANG POS

PENYUSUNAN ANJAK-ABK SANGAT LAMBAT

SEKDA OGAH TAMBAH CPNS

HAL 5 Abdul Malik

PULUHAN ribu sarjana di Kepri terpaksa menguburkan impiannya untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Sebab dipastikan, Pemprov Kepri tidak akan menerima CPNS tahun 2013 ini. Hal ini ditegaskan Dr Suhajar Diantoro, Sekdaprov Kepri. "Tak ada penerimaan CPNS tahun ini. Pegawai yang ada sekarang masih cukup. Kerja mereka yang dimaksimalkan," ujarnya kepada Tanjungpinang Pos. Sumber koran ini menyebutkan, Pemprov Kepri tidak menerima CPNS karena belanja pegawai

MARTUNAS

TANJUNGPINANG

sudah terlalu besar. Sedangkan berdasarkan UU, belanja publik harus lebih besar dibandingkan belanja pegawai. Perbandingannya, belanja pegawai sekitar 60 persen dari APBD, sedangkan untuk belanja publik 40 persen. Harusnya, belanja publik 60 persen dan belanja pegawai 40 persen. Jika CPNS diterima lagi, maka pemborosan ini akan menghabiskan uang rakyat tanpa mempertimbangkan pembangunan.

Salah satu yang membebani APBD Pemprov Kepri adalah jumlah Pegawai Tidak Tetap (PTT) dan Pegawai Harian Lepas (PHL) yang terlalu besar. Honor mereka seluruhnya dibebankan di APBD. Jumlah honorer baik PTT dan PHL ratusan orang yang bertugas di lingkungan Pemprov Kepri. Suhajar menyebutkan, tidak adanya penerimaan CPNS tahun 2013 ini bukan sematamata karena beban anggaran. "Kalau gaji itu kan dari dana bagi hasil," tambahnya.

BACA HALAMAN 2

KAMI SANGGUP SEWA KE PEMERINTAH FOTO ANDA

HAL 8

4

BACA HAL

Guru TK-PAUD Harus Inovatif

5 Tahun Bertugas, DokterJadi PNS BEDA dengan dokter yang bertugas di daerah terpencil (dokter keluarga). Mereka tidak perlu ikut tes CPNS untuk menjadi PNS. Asalkan mau bertugas di daerah terpencil selama 5 tahun, mereka langsung diangkat jadi PNS. Sayangnya, meski diberi Tjetjep Yudiana gaji yang tinggi, namun tak semua dokter keluarga yang bertugas di hinterland di Kepri berniat jadi PNS. Sebab, ketika kontrak mereka selesai 1 tahun, banyak yang tidak mau memperpanjang kontrak keduanya. Tjetjep Yudiana, SKM, M.Kes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, mengatakan, saat ini ada 115 orang dokter keluarga yang ditempat di seluruh pelosok Kepri. "Mereka kita tugaskan di seluruh kabupaten/kota di Kepri,"

BACA HALAMAN 2

Suhajar Diantoro

TANJUNGPINANG - Gabungan Organisasi Pengelola Taman Kanak-Kanak Indonesia (GOPTKI) Provinsi Kepri menggelar seminar sehari dengan menghadirkan nara sumber Hj. Farida Yusuf, Jumat (3/5) di Aula Kantor Gubernur Jalan Basuki Rahmat, Tanjungpinang. Seminar yang dilaksanakan selama sehari itu dibuka langsung Penasehat DPD GOPTKI Kepri, Hj. Aisyah Sani. Peserta sedikitnya 200 guru TK se-Kepri yang hadir. F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG POS

BACA HALAMAN 2

MENARI: Anak-anak TK Pelita Nusantara menari dalam Hari Kartini belum lama ini.

PERTAHANKAN POSISI MANCHESTER – Ini adalah pertemuan kelima kedua tim musim ini di semua kompetisi. Chelsea berhasil menyingkirkan Manchester United dari ajang Piala Liga dan Piala FA musim ini, sejak kalah dari MU pada perteSIARAN muan pertama di Stamford LANGSUNG Bridge. Terakhir kali kedua tim bertanding di Old Trafford MAN. UNITED musim lalu, MU berhasil menVS galahkan Chelsea 3-1 berkat gol CHELSEA Chris Smalling, Nani, dan Wayne Rooney. Sementara gol MINGGU , (5/5) balasan Chelsea dicetak oleh Pukul 22:00 WIB Fernando Torres. Terakhir kali Chelsea mengalahkan MU di Old Trafford, pada bulan April 2010 dengan skor 2-1.

WEBSITE: www.tanjungpinangpos.co.id

EMAIL: redaksi@tanjungpinangpos.co.id

Laga ini akan dipimpin oleh wasit Howard Webb. MU berhasil memenangkan 13 dan hanya sekali kalah dari 15 pertandingan Premier League di Old Trafford yang dipimpin oleh Webb.

ADD US ON FACEBOOK Tanjungpinang Pos

ďƒŠ

BACA HALAMAN 2

Rafael Benitez

FOLLOW US ON TWITTER @TgpinangPos


Pinang Metropolis

2

MINGGU 5 MEI 2013

61 Calon KPU dan 66 Panwascam Tes Tertulis BATAM - Sebanyak 66 calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Batam dan 61 calon komisionaris KPU Batam mengikuti tes tertulis, Kamis (2/5). Kedua lembaga ini melakukan tes di tempat berbeda. Sekretaris Timsel KPU Kota Batam, Bambang, mengatakan, diantara pelamar untuk calon anggota KPU, satu orang tidak hadir tes. Pada tahap pertama ini, tes tertulis dilakukan dengan materi ujian terkait kepemiluan. Setelah itu, Jumat (3/5) hari ini, peserta akan mengikuti tes keseharan sebelum dilanjutkan dengan tes psikotest. "Setelah proses ini, baru diumumkan yang masuk 20 besar," ungkapnya. Pada hari pertama tes tahap pertama ini, KPU pusat juga hadir. Terkait dengan kehadiran KPU pusat, diakui Bambang, untuk meberikan arahan. "Dua orang anggota KPU

Pusat Penyebab Persoalan BP dan Pemko Batam

pusat untuk memberikan arahan. Tidak ada calon titipan, semua on track," tegasnya menjawab pertanyaan wartawan. Di tempat berbeda, Panwaslu Batam juga melakukan tes tertulis bagi pelamar Panwascam. Yang terpilih nanti sebanyak 36 orang anggota Panwascam. Setiap kecamatan akan ditetapkan tiga orang anggota Panwascam, dengan jumlah kecamatan 12 se-Batam. "Tesnya terkait pengetahuan umum dan aturan perundang-undangan," ungkap Suryadi Prabu, Ketua Panwaslu Batam. Menurut dia, hasil seleksi akan diumumkan setelah melakukan fit and propert test. Pengumuman yang lulus setelah semua tahapan seleksi selesai dilakukan. "Setelah ditetapkan tiga anggota Panwascam, baru mereka memilih koordinator melalui sidang pleno," imbuh Suryadi. (mbb)

Hary Tanoesoedibjo

F-MARTUA/TANJUNGPINANG POS

HT akan Lantik DPD Perindo Anambas ANAMBAS - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Organisasi Kemasyarakatan Persatuan Indonesia (Perindo), Hary Tanoesoedibjo (HT) direncakan pertengahan Juni 2013 mendatang akan berkunjung ke Anambas. Kunjungannya ini, dalam rangka melantik pengurus Perindo yang ada di Anambas. "Jika tidak ada halangan, pengurus Perindo DPD Anambas akan dilantik langsung oleh pak Hary Tanoesoedibjo pada pertengahan Juni 2013 mendatang," ujar Hafiz Rhiandy, Ketua DPD Perindo Anambas, kemarin. Hafiz menjelaskan, dengan dilantiknya ketua dan pengurus Perindo Anambas nanti, pihaknya telah menyiapkan sejumlah program unggulan yang langsung menyentuh kepada masyarakat. Ia juga menargetkan, sebanyak 20 ribu warga anambas akan bergabung. "Dengan bergabungnya 20 ribu warga Anambas itu di Perindo, nantinya dapat mendorong peningkatan ekonomi ser-

ta kualitas hidup bagi masyarakat di Kabupaten ini,� ujarnya. Dijelaskannya, DPD Perindo tidak akan bersentuhan langsung dengan pemegang kekuasaan di wilayah ini. Akan tetapi, Perindo hanya berwajiban menyampaikan sejumlah program kepada Pemda setempat sementara untuk pengajuan proposal kegiatan sendiri langsung ke Perindo pusat. "Keberadaan Perindo di Anambas tetap menjadi organisasi kemasyarakatan untuk membawa perubahan serta peningkatan perekonomian bagi masyarakat, terlepas dari adanya anggota kita yang ikut berkecimpung di dunia politik, itu adalah hak bagi masing-masing anggota kita," jelasnya. Ia menambahkan, peranan DPD Perindo Anambas ke depan akan terus ditingkatkan sesuai beberapa program penting ormas Perindo secara nasional, serta program DPD Perindo Anambas yang menyangkut bidang perhatian dan kesejahteraan nelayan. (ron)

5 Tahun ...... dari halaman 1 ujarnya. Jika mereka bertahan 5 tahun di pedesaan itu, maka akan diangkat jadi PNS. Itu atas persetujuan KemenpanRB. Saat ini, sebagian dokter baru bertugas 2 tahun. Namun, diantara mereka masih ada yang mau memperpanjang kontrak. Pemprov Kepri berusaha mengimbangi pendapatan mereka dengan memberi gaji yang cukup besar. "Gaji mereka Rp7 juta per bulan. Itu gaji bulanan dari Pemprov Kepri. Kalau tunjangan dibantu masing-masing kabupaten/kota. Ada yang Rp1 juta per bulan, ada yang Rp3-4 juta sebulan seperti di Lingga. Jadi, mereka bisa dapat sekitar Rp8 juta sebulan, tergantung dimana ditempatkan," jelasnya. Meski pendapatan mereka mencapai Rp8-11 juta per bulan untuk dokter umum (S1), namun mereka tetap pindah ke kota. Selain karena suasana, sebagian ingin memperbaiki pendapatan. "Mungkin sebagian mereka tak betah di desa karena ingin menikah atau melanjutkan kuliahnya ke spesialis (S2). Kalau sudah menikah tak mungkin istrinya dibiarkan di desa sementara suaminya di kota. Inilah salah satu sebabnya tidak bertahan di pedesaan. Namun, belakangan ini, para dokter muda ini mulai betah. Sudah ada yang kerja 2 tahun dan masih mau memperpanjang kontrak lagi," jelasnya.

Untuk seorang dokter umum, pendapatan Rp8 juta dinilai terlalu rendah. Sebab, mereka tetap memperbandingkannya dengan biaya kuliah yang dikeluarkan selama ini termasuk sulitnya lulus dari fakultas kedokteran. Informasi yang diperoleh dari salah seorang dokter yang minta namanya tak disebutkan, pendapatan seorang dokter umum itu layaknya di atas itu. Apalagi untuk dokter spesialis, harus diperhitungkan biaya kuliahnya yang mencapai Rp400 hingga Rp500 juta hingga tamat. Saat ini, jumlah dokter di Kepri mencapai 800 orang yang tersebar di puluhan rumah sakit, puskesmas, klinik dan lainnya. Baru sekitar 150 orang di antaranya yang sudah dokter spesialis. Sisanya dokter umum. Karena itu, Pemprov Kepri kerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI menyekolahkan 70 orang dokter umum ke spesialis. Tahun 2016 nanti, diperkirakan seluruhnya sudah tamat dan akan kembali bertugas di Kepri. Tahun 2014 nanti, sebagian sudah tamat. "Kita mengirimkan berangsurangsur. Jadi, tamatnya juga tidak sama. Tiap tahun ada yang tamat dan kembali bertugas di Kepri. Mungkin tahun 2016 nanti, semua sudah lulus," jelasnya. (mas)

TANJUNGPINANG POS Diterbitkan Oleh: PT Batam Intermedia Pers Terbit sejak tanggal 28 Oktober 2009 Alamat Redaksi: Komplek Pinlang Mas No.15 Lt 2-3 JL.DI Panjaitan-Batu IX Tanjungpinang, Telepon : (0771) 7447234 (hunting), Fax (0771) 7447085

Chairman Chief Executive Officer Presiden Komisaris Wakil Presiden Komisaris Komisaris Direktur

: : : : : :

Rida K Liamsi. Makmur. Socrates. Asnida Syukur. Hasan Aspahani. Candra Ibrahim.

TANJUNGPINANG POS

KANTOR: Gedung Pemko Batam menjadi pusat perkantoran sejumlah SKPD. Saat ini, selain Pemko ada juga dan BP Batam yang jadi dualisme pemerintahan.

BATAM - Kelambanan pemerintah pusat mengeluarkan peraturan pemerintah sebagai turunan dari Undang-undang nomor 53 tahun 1999, dinilai penyebab munculnya makelar tanah. Pada hal, UU itu sudah mengamanatkan, paling lambat 1 tahun sejak UU, dikeluarkan aturan mengenai hubungan Pemko dan BP Batam. Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo, mengatakan, UU sudah mengamanatkan dalam satu tahun, paling lambat akan ada aturan mengenai hubungan antara Pemko Batam dan BP Batam. Sayangnya, hingga hari ini PP tersebut tidak pernah dikeluarkan. Persoalan semakin bertambah, karena pusat malah mengeluarkan UU nomor 44 tahun 2007, yang melahirkan PP nomor 46 junto PP nomor 5. Ini diakui menjadi penyebab munculnya makelar di Batam. "Sehingga di tengah peliknya

persoalan yang ada di Batam, membuka ruang dan celah bagi para makelar tanah dan spekulan yang lebih condong pada cara kerjanya mafia," ungkap Soerya. Dia menilai, pemerintah pusat menjadi akar permasalahan. Ketiadaan hubungan kerja itulah menimbulkan masing-masing institusi merasa berhak mengeluarkan izin pengelolaan lahan sesuai kewenangannya. "BP Kawasan mengeluarkan izin pengelolaan lahan diwilayah darat, sementara Pemko Batam juga mengeluarkan izin pengelolaan lahan sekitar wilayah pantai hingga 4 mil, yang menjadi kewenangannya," bebernya. Lahan di perairan diungkapkan mantan Ketua DPRD Batam ini, ditimbun dan menjadi daratan. Kemudian, diwajibkan membayar UWTO. "Singkatnya izin yang dikeluarkan Pemko itu menjadi masalah di kemudian hari," kata dia mencontohkan. (mbb)

Guru ................................................................................... dari halaman 1 Dalam sambutan pembukaannya, Aisyah Sani selaku penasehat Dewan Pimpinan Daerah DPD (DPD) GOPTKI mengatakan, pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling penting. Sebelum anak-anak mendapatkan pelajaran di jenjang berikutnya yang lebih tinggi, masa-masa usia dini adalah masa dimana setiap anak belajar dengan melihat dan mendengar langsung dari guru atau siapapun yang menjadi panutannya.

Oleh sebab itu, untuk membentuk mental anak-anak yang berkualitas diusia dini, maka harus didukung pula oleh guru-guru yang berkualitas pula. "Melalui seminar sehari ini, kita berharap seperti apa yang tertuang dalam tema itu bisa kita capai, yakni mari menjadi guru yang inovatif untuk membangun karakter anak," kata Aisyah Sani. Dia melanjutkan, selain di rumah, guru adalah memegang peranan terpenting kedua dalam mendidik anak. Guru merupakan pa-

nutan bagi anak, sehingga apapun yan dilakukan oleh seorang guru, maka akan diteladani oleh murid. "Kalau kita mau menciptakan generasi yang cerdas dan berkualitas, tentu harus diawali dari gurunya. Jika guru baik, maka akan baik pula anak didiknya. Guru merupakan orang tua kedua, setelah ayah dan ibunya di rumah," ujar Aisyah Sani di hadapan guru-guru TK yang hadir. Sementara itu, ketua GOPTKI Kepri Nani Suhajar Diantoro, yang

juga selaku panitia penyelenggara seminar, dalam sambutannya menyampaikan. Anak-anak usia dini adalah yang berumur paling tinggi 6 tahun. Masa-masa tersebut dipandang sebagai masa transisi bagi balita untuk menerima pelajaran kejenjang selanjtnya. Oleh sebab itu, dia menghimbau agar para pengelola PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yang ada di seluruh Kepri agar ebih memperhatikan kwalitas para gurunya.

"Seminar yang kita lakukan pada hari ini hanya merupakan salah satu pendukung untuk mencapai citacita, yakni mewujudkan guru yang profesional, inovatif dan kreatif. Disamping ini masih ada kegiatan lain yang tujuannya tentu sama, hanya saja caranya yang berbeda. Setelah kegiatan ini selesai, kami harap para guru TK bisa mendapatkan tambahan ilmu, sehingga benar-benar menjadi guru PAUD yang berkualitas ke depannya," kata Nani. (mas)

SEKDA .............................................................................. dari halaman 1 Namun, Analisa Jabatan (Anjab) dan Analisa Beban Kerja (ABK) yang dibutuhkan sebagai syarat utama penerimaan CPNS belum ada. Biro Organisasi Tata Laksana (Ortal) Pemprov Kepri sangat lambat menyusunnya. "Padahal, Anjab dan ABK ini paling lambat sudah harus diserahkan ke Menteri Pemberdayaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (MenpanRB) RI Juni nanti. Karena untuk menerima CPNS, Anjab dan ABK ini yang paling diperlukan. Saya sudah bicara den-

gan pak Menpan, kita boleh menerima CPNS asalkan ada Anjab dan ABK itu," ujar Abdul Malik, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Pemprov Kepri. Kinerja Biro Ortal yang begitu lambat tidak dipermasalahkan Suhajar Diantoro. Menurutnya, semakin lama Anjab dan ABK dikerjakan, hasilnya juga semakin bagus. "Tak masalah kan, biar hasilnya benar-benar bagus," jelasnya lagi. Ditanya apakah tak ada niat untuk mempercepat Anjab dan ABK

ini? Suhajar mengatakan, hasil kerja Biro Ortal tak mesti terealisasi tahun 2013 ini. "Tahun depan kan bisa dipakai. Tak mesti tahun ini. Jadi, belum ada keinginan menerima CPNS tahun ini," katanya mengulangi. Pendapat versi Suhajar Diantoro dengan Abdul Malik berseberangan. Abdul Malik mengatakan, kebutuhan pegawai Pemprov Kepri sekitar 950 orang lagi. Sebab, saat ini pegawai yang ada baik PNS, PTT dan PHL mencapai 2.050 orang. Idealnya pegawai Pemprov

Kepri sekitar 3.000 orang. Kurangnya sekitar 950 orang. Kekurangan sebanyak ini tentu terlalu besar. Karena itu, Abdul Malik berharap ada penerimaan CPNS tahun ini. Sebab, semakin banyak PNS, beban anggaran daerah makin ringan. Karena gaji pokok PNS dibayar APBN. Gaji dan honor PTT-PHL dibayar dari APBD Kepri. Kabar ini tentu tidak mudah diterima masyarakat Tanjungpinang yang benar-benar berharap ingin jadi CPNS. "Penduduk bertambah

terus. Berarti pegawainya juga harus bertambah," ujar Sari, seorang warga berlatar belakang lulusan sarjana yang terlihat kesal mendengar informasi ini. Lalu, apakah Pemkab Bintan dan Pemko Tanjungpinang menerima CPNS tahun 2014 ini, saat Lamidi Sekda Bintan hendak dikonfirmasi belum berhasil. Dua nomor ponselnya tak aktif saat dihubungi kemarin. Begitu juga dengan Syafrial Evi, Sekda Pemko Tanjungpinang, ponselnya tak aktif saat dihubungi kemarin. ***

Jembatan ............................................................................ dari halaman 1 Jadi ada 3 sumber dana pembangunannya," ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, kemarin. Jembatan ini panjangnya sekitar 500 meter. Jauh lebih panjang dibandingkan Jembatan Tengku Puan Hamidah atau Jembatan Gugus Tanjungpinang sepanjang 270 meter. Saat ini, Jembatan Gugus masih disebut ikon baru Tanjungpinang atau Jembatan Monumental. Konstruksi jembatan menggunakan kerangka baja dan kabel baja. Diperkirakan, pembangunan jembatan ini menghabiskan biaya sekitar Rp200 miliar. Jika pemban-

gunan dimulai tahun 2014 nanti, maka pengerjaan akan rampung tahun 2017 atau 2018 nanti. Pembangunan jembatan ini, kata Robet, merupakan bagian dari rencana jalan lingkar yang digaungkan Gubernur Kepri, HM Sani bersama Pemko Tanjungpinang dan Pemkab Bintan. Selain pembangunan jembatan, jalan juga akan diperbaiki perlahan-lahan menuju jembatan tersebut. Keberadaan Jembatan Madong nanti akan menghidupkan perekonomian baru di daerah Dompak. Pengguna jalan yang hendak bepergian Bintan-Tanjungpinang

akan menggunakan jembatan itu karena jaraknya lebih dekat. Saat ini, masyarakat sekitar sudah memiliki usaha kuliner berupa makanan seafood. Namun, pengunjungnya masih sepi lantaran jalan tersebut belum banyak dilalui pengendara motor atau mobil. "Jika jembatan itu sudah jadi nanti, tentu daerah Madong dan sekitarnya akan ramai. Ekonomi masyarakat setempat akan bangkit," tambahnya. Jembatan itu juga akan dijadikan salah satu ikon pariwisata nanti. Sebab, jembatan tersebut akan memembentang di atas Sungai Teru-

san. Dalam sejarahnya, Sungai Terusan ini merupakan pusat lalu lintas. Namun, saat ini sudah jarang pemilik sampan atau boat yang melintasi sungai tersebut. Sebab, mulai dangkal dan jalan tak bagus. Setelah jembatan dibangun, alur sungai akan dikeruk untuk diperdalam. Sehingga, masyarakat atau turis bisa melalui aliran sungai itu sambil menikmati pemandangan sekitar bibir pantai. "Jaraknya tempuhnya kalau dari Pelantar I sekitar 15-20 menit melintasi Sungai Terusan itu. Kalau Jembatan Madong sudah jadi, lokasi

ini akan menjadi lokasi wisata baru. Arus lalu lintas lancar, kehidupan ekonomi masyarakat tumbuh dan banyak lagi yang bakal maju nanti," tambahnya. Saat ini, Jembatan Gugus masih jadi ikon Tanjungpinang. Jembatan itu dibangun dengan anggaran tahun jamak (multiyears) di atas Sungai Sei Carang dan memotong jarak TanjungpinangSenggarang sepanjang 9 kilometer. Jarak tempuh TanjungpinangSenggarang yang semula memakan waktu sekitar 30 menit, sekarang bisa dicapai dengan waktu 15 menit saja. (mas)

Pertahankan ....................................................................... dari halaman 1 Di Premier League musim ini, baru Manchester City dan Tottenham Hotspur yang mampu mengalahkan MU di Old Trafford. MU adalah tim tersubur di Premier League dengan 79 gol, dimana 25 diantaranya dicetak oleh topskor sementara Robin van Persie. MU tak pernah gagal mencetak gol dari 23 laga terakhir Premier League. Lini pertahanan MU paling rentan di awal babak kedua. MU kebobolan 13 gol di 15 menit awal babak kedua, dari total 36 kebobolan di Premier League. Chelsea masih duduk di peringkat-3 klasemen dengan 65 poin dari 34 pertandingan, unggul tiga

poin dari Tottenham Hotspur di peringkat-5. Terakhir Chelsea mengalahkan Swansea City 2-0. Performa tandang Chelsea di Premier League beberapa minggu terakhir ini sangat buruk. Chelsea hanya mampu meraih satu kemenangan dari enam laga tandang terakhir, menelan tiga kekalahan dan dua imbang. Chelsea baru meraih dua kemenangan tandang di tahun 2013 ini. Sebanyak 23 dari total 35 kebobolan Chelsea di Premier League tercipta di babak kedua. Fergie: Benitez Lebih Pedulikan CV-nya Manajer Manchester United Sir

Pimpinan Umum/GM/Penjab Wakil GM/Pimpinan Perusahaan Wakil Pimpinan Perusahaan Pemimpin Redaksi Wakil Pemimpin Redaksi

: Candra Ibrahim.

Dewan Redaksi

: Candra Ibrahim (Ketua), Arham, Sigik Rahmat, Nurali Mahmudi, Dinir M Sono. : Sutan J Siregar SH.

Ombudsman

: : : :

Arga Permadi. M Nur Hakim. Arham. Sigik Rahmat.

Alex Ferguson melemparkan pujian sekaligus sindiran kepada Rafael Benitez, yang merupakan manajer sementara Chelsea, menjelang laga antara kedua tim. Benitez baru saja sukses mengantar Chelsea ke final Liga Europa berkat kemenangan atas Basel di semifinal. Hasil tersebut membuat Fergie melontarkan pujian untuk rival lamanya itu, kendati kata-katanya juga bermuatan sindiran. Fergie menyebut Benitez sebagi sosok yang amat memerhatikan rekam jejak. "Ia sangat memedulikan CV-nya. Cukup sering ia merujuk ke hal tersebut. Tapi Anda tak bisa membantah fakta bahwa ia sudah bekerja

dengan baik dalam beberapa pekan terakhir," kata Fergie di Independent. Akhir pekan ini, Minggu (5/5), Chelsea akan bertamu ke Old Trafford dengan misi meraih poin maksimal dalam usaha memastikan tiket lolos ke Liga Champions musim depan. 'Si Biru', yang kini menempati posisi tiga, sedang bersaing ketat dengan Arsenal dan Tottenham Hotspur dalam mengisi posisi empat besar, di bawah Manchester City, dan MU yang sudah memastikan gelar juara Liga Primer Inggris. Kendatipun memiliki jadwal padat, Chelsea masih berada dalam jalur positif untuk mengejar target-

Redaktur Pelaksana: Nurali Mahmudi. Koordinator Liputan: Dinir M Sono. Redaktur: Martunas Situmeang, Abdul Rasyid Daulay. Asisten Redaktur: Martua Butarbutar, Slamet Nofasusanto, Abas. Reporter: , Febrima Surya, Taufik A Habu, Yusfreyendi, Andri Dwi Sasmito, Suhardi, Yuni Astuti, Desi Liza Purba, Adly Hanani (Fotografer). Manajer Adm/Umum/Keuangan/HRD : Arga Permadi Manajer Iklan : M Nur Hakim Manajer Pemasaran & EO : Mider Sinaga Kepala Perwakilan Batam : Zakmi Biro Lingga : Tengku Irwansyah Biro Karimun : Alrion Biro Anambas : Roni Kadep Pracetak/Layout/Perwajahan : Heru Irawan (Pjs) Kabag Layout/Perwajahan : Sakban Hasibuan Kabag Pracetak : Rijon Sitohang Staf Pracetak : Fauzi Ahmad Risa Syafrul Amri Jaringan/IT/Online : Syafrinaldi

Dicetak pada : PT Ripos Bintana Press. Isi di luar tanggung jawab percetakan.

nya, dan Fergie menilai bahwa performa bagus klub London itu belakangan ini tidak lepas dari berkurangnya tekanan suporter klub ke Benitez. "Kuncinya adalah para suporter sudah mulai lebih kalem. Mereka mulai jarang mengganggunya. Ia jadi bisa lebih fokus dalam melakukan pekerjaannya." "Itu pasti tidak mudah, terus-terusan mendengar tekanan dari para suporter. Mereka mulai menguranginya (tekanan itu). Ini membuatnya (Benitez) jadi bisa lebih rileks dan mereka (Chelsea) mencatatkan sejumlah hasil bagus," lugas Fergie. (net) Tarif Iklan Halaman Muka (FC) Rp. 30.000,-/mm kolom. Halaman Muka ( BW) Rp. 25.000,-/ mm kolom. Halaman Dalam,(FC) Rp. 25.000,-/ mm kolom. Halaman Dalam ( BW) Rp. 15.000,-/ mm kolom. Iklan Umum/Display (BW) Rp. 15.000,-/mm kolom. Iklan Ucapan Selamat (FC) Rp. 7.000,-/mm kolom. Iklan Ucapan Selamat (BW) Rp. 3.500,-/ mm kolom. Iklan Dukacita Rp 3.500,-/mm kolom. Sport Color Rp 7.000,/mm kolom. Advertorial Rp. 5.000,-/ mm kolom.


MINGGU 5 MEI 2013

TANJUNGPINANG POS

3

Sastra

Hadiah Indah Menjelang Senja (1) Oleh: Enggar Murdiasih Andre, dengar. Beberapa hari yang lalu ia mengabarkan kalau ia sedang mengandung! Kau pikirlah sendiri. Mana mungkin ia bisa hamil. Sudah berbulan bulan ia tinggal di sini, sendirian…..” tantenya menjawab sengit. Nampak sekali nada ketidak sukaannya yang besar pada Wita. Dibiarkannya hapenya kluntang klunting sesorean. Ia sedang enggan meraih hape dan bercengkerama dengan teman temannya seperti biasa. Tumben, padahal biasanya benda mungil itu hampir tak pernah lepas dari tangannya, kecuali saat mandi. Wita sedang berdiri di ambang jendela lantai dua rumahnya yang sejuk di daerah wisata Kaliurang. Udara di lereng gunung yang tersohor hingga ke seantero dunia itu mampu menenggelamkannya dalam lamunan yang panjang. Hujan masih saja turun, meski hanya gerimis. Hawa dingin menelusup ke seluruh ruangan, meninggalkan buram di kaca

jendela. Dengan ujung jarinya Wita mulai mencoret coret, mencoba menggambar seraut wajah yang sangat dirindukannya. “Andre….andai saja kau mau mendengar penjelasanku….”, desahnya. Dielusnya perutnya yang masih tetap rata. Entah sudah berapa lama mereka

apalagi sudah mereka tempuh. Berpuluh puluh dokter kandungan yang mereka datangi mengatakan bahwa mereka berdua sehat, tak ada kekurangan apapun. Tapi tetap saja, perut Wita masih saja rata. Tamu bulanannya pun tetap rajin datang menyambangi.

tidak tahan lagi dengan pandangan penuh selidik dari keluargamu. Aku juga sudahnrima kalau memang aku yang mandul……” isak Wita. “Tidak. Tidak mungkin……Kau gila Wita”. Andre berjalan mondar mandir. Rahangnya mengeras.

Ia tak habis mengerti dengan jalan pikiran Wita yang dianggapnya sudah gila. Bagaimana mungkin, seorang istri dengan senang hati mencarikan istri baru untuk suaminya demi anak keturunan? Apalagi, Wita sudah memvonis dirinya sendiri yang mandul. ***

Sudah sejak lama mereka bersitegang soal bocah yang tak kunjung hadir di antara mereka menunggu makhluk mungil yang diharapkannya bisa meramaikan rumah tangga mereka yang sepi dari suara tangis bocah. Sudah sejak lama mereka bersitegang soal bocah yang tak kunjung hadir di antara mereka. Hasil pemeriksaan dokter, serangkaian test laboratorium yang mereka jalani – bahkan dengan bosan, dan entah test

*** Empat bulan yang lalu Wita meminta Andre menikah kembali demi mendapatkan keturunan yang lama didambakannya. “Apa?? Kau sudah gila Wita……”, Andre hampir berteriak saking kagetnya. “Dengar dulu penjelasanku mas. Aku

“Aku yang akan mencarikan istri buatmu mas. Kau ingat, sebentar lagi usiaku menginjak 40 tahun. Usia yang rawan untuk hamil, apalagi anak pertama…” panjang lebar Wita menjelaskan maksudnya. “Tapi Wita……”. Andre kehabisan kata kata. Ia terduduk di sofa, meremas remas rambutnya.

Bukankah dokter mengatakan bahwa mereka berdua sehat? Hasil serangkaian test laboratorium juga menunjukkan rahim dan sperma mereka tak bermasalah? Andre masih tak mengerti alasan Wita. Terbuat dari apakah hatinya sebenarnya? Apakah ia tak mencintainya lagi? Bersambung

PUISI - PUISI From : Sanggar Lembayung MERAH Keping berbentuk mengalir Memberikan denyutan kehidupan hadir Berpacu memompa dan bergulir Menyatukan nafas hingga akhir Setiap tetes berarti Tercurah segala daya dalam diri Semangat dan gairah terpatri Tuk hidup yang lebih berarti Merah……. Semburat warna terpancar Merona wajah berpendar Jika merah memudar Hilang lah sadar Lupalah segala wajar Yang tinggal hanya sekedar….. Kaku terbaring terkapar…… By MELLYANA ANGGRAINI

TOPENG Rupaku bermacam-macam Ku bisa semunaya Tangis, sedih, duka Marah, bahagia, cinta Dari peluh keringat menitik

M Goresan pahatan halus dipermukaan ku Membuatku memiliki rasa itu Retak tergores Habis binasa Hancur luluh lantak Panggung latarku Latar singgasana tertata mulia Ragam topeng tak serupa Namun penuh akan seribu makna I Derai sahaja menyatu dalam raga Tak dapat kau simpan sempurna Esok masih tertiti warna warna pelangi jiwa Perapian junjung buih lentera Tersenyum dalam lautan samudra Jika tempayanmu pecah Maka jahanam merdeka Terendam jiwa M Dalam batang tubuh cinta cahaya Berias diri laksana dewa Seribu wajah bermain berona Wajah disebalik itu Menghamba padaku Aku bukan aku Z Serangkaian mantra menjadi abu

Menghembus aku puuh! Aku jadi kau

I = IRMA APRILIANA Z = ZODI ERDIAN

M = MELLYANA ANGGRAINI

By MELLYANA ANGGRAINI

Untuk mengasah bakat, minat, dan hobi pembaca, Tanjungpinang Pos menerima hasil karya sastra untuk diterbitkan di setiap edisi Minggu. Sertakan identitas dan foto penulis, lalu kirimkan ke email tanjungpinangpos@yahoo.com. Redaksi Tanjungpinang Pos hanya menerima karya sastra berupa puisi, prosa, cerpen yang belum pernah terbit di media cetak lain.


Liputan Utama 4

MINGGU 5 MEI 2013

TANJUNGPINANG POS

Persatuan Pedagang Kaki Lima Bintan Centre Terbina, Tanjungpinang Timur

Kami Sanggup Sewa ke Pemerintah

Salah satu lapak PK5 Bintan Centre Terbina yang hanya berjualan pada malam hari. Nyaman karena listrik daya terjamin.

SURYONO, pimpinan Sinar Bahagia Group mengakui, saat membangun Bintan Centre di Tanjungpinang pada 1996 lalu, banyak kalangan memandang sebelah mata, meragukan, dan pesimis atas keputusannya tersebut. Sekarang, siapa yang bisa membantah bahwa Bintan Centre adalah kawasan ekonomi di Tanjungpinang, selain kawasan kota lama yang memang sudah ada sejak kakek buyut kita. Ruko-ruko yang semula kosong kini bahkan sulit untuk mendapatkannya. Kalau ada, harganya selangit. Apa saja bisa dicari di Bintan Centre. Bank, pasar, bengkel, rumah makan, perabotan, toko buku, mainan sampai barang-barang yang termasuk barang tersier. Tak berlebi-

han jika kawasan ini mencuri perhatian pedagang kaki lima. Sudah lazim, begitu sebuah kota berkembang tak akan mampu membendung hadirnya pedagang kaki lima. Siang hari, pedagang kaki lima hanya tampak di beberapa tempat. Jumlahnya hanya beberapa. Tetapi datanglah malam hari. Bintan Centre adalah kawasan pedagang kaki lima tersibuk di Tanjungpinang. Sejak pukul 15.00 WIB, satu persatu pedagang mulai memasang toko tak permanennya. Gerobak-gerobak mulai keluar dari tempat penyimpanannya, kursi-kuri mulai dipasang, masakan mulai dihidangkan. Bintan Centre adalah surga kuliner malam hari, merebut predikat pusat jajan Tanjungpinang yang selama

ini hanya dikenal di Tepi Laut, Potong Lembu, Batu Tujuh. Kehadiran pedagang kaki lima, seperti di kota lain, menjadikan dilema bagi pemerintah setempat. Istilah yang begitu kerap didengar ialah penertiban. Dan tak sedikit berita perkelahian pecah antara pedagang dan personel polisi pramong praja saat penertiban. Sadar bahwa periuk nasi ada di lapal-lapak depan ruko yang ada pemiliknya, trotoar yang seharusnya dipergunakan untuk pajalan kaki, pedagang kaki lima di Bintan Centre membentuk wadah bernama Persatuan Pedagang Kaki Lima (PPK5) Bintan Centre Terbinam Tanjungpinang Timur. Inilah wadah pedagang kaki lima di Tanjungpinang yang menyedot perhatian banyak orang, kare-

na terobosan-terobosan yang dilakukan. “Organisasi kami sudah terdaftar di Kesbangpolinmas Kota Tanjungpinang, dengan akta notaris nomor 8 9 tanggal 16 Maret 2013,” ujar Ketua PPK5 Bintan Centre Terbina, Ir H Sukat Sajam, MBA kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (2/ 5). Persatuan PK5 yang belum genap setahun dirintis ini dipandang perlu oleh lelaki yang kerap mengirimkan opini ke media cetak ini. Memang harus direncanakan, karena setiap pedagang kaki lima memiliki hak, demikian juga pejalan kaki dan pengendara. Ada beberapa aturan yang diterapkan organisasi ini, diantaranya pedagang tidak diperbolehkan semaunya menam-

bah jumlah kursi dan harus menjaga kebersihan lokasi berdagangnya. Sukat menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menyusun tampilan pedagang kaki lima yang lebih nyentrik dan menggoda konsumen untuk datang. Yakni membuat tenda ukuran 5x3 meter dengan tinggi 2 meter. Untuk setiap dua tenda, dipajang pot bunga dan tong sampah. Ini akan mengajarkan kepada para pedagang untuk berperilaku bersih. “Kalau seperti ini, berarti tidak ada penambahan kursi. Saya berikan kursi itu sebanyak 20 kursi untuk 5 meja. Itupun untuk pedagang yang berjualan makanan,” ujarnya. Sukat menjelaskan, di Peraturan Presiden RI Nomor 125 tahun 2012 tentang koordinasi penataan dan pemberdayaan pedagang kaki lima, itu sudah jelas sekali. Dan Presiden juga menegaskan kepada Menteri Dalam Negeri RI Nomor 41 tahun 2012 tentang Pedoman Penataan dan Pemberdayaan Pedagang Kaki Lima. Jika selama ini pedagang kaki lima terkesan anti dengan bayar-membayar, justru PPK5 Bintan Centre, Tanjungpinang Timur yang sampai kini anggotanya mencapai 210 orang justru ingin keberadaan mereka dipandang. Tentu saja dengan mengelola kawasan berjualan yang teratur, indah dan bersih. “Jika pemerintah menetapkan kami harus menyewa lokasi jualan, kami akan melakukannya untuk pemerintah,” kata Sukat. Ada kewajiban yang harus dibayarkan setiap anggota PK5 Bintan Centre, seperti iuran untuk asuransi dan kepentingan sosial lain. Kerja sama dengan pihak-pihak terkait, ada pemeriksaan mata

gratis, gotong royong bersama warga di beberapa titik, para pedagang juga ditimbulkan rasa persaudaraannya dengan menyisihkan uangnya untuk membantu pedagang atau keluarganya yang tertimpa musibah. Upaya yang dilakukan pengurus PPK5 Bintan Centre, Tanjungpinang Timur ialah menyediakan daya listrik PLN yang memang dipasang perusahaan setrum tadi untuk para pedagang kaki lima. Ada beberapa titik yang per titiknya bisa dipakai sejumlah pedagang. Dengan demikian, mereka bisa dengan teratur membayar tagihan listrik karena dipakai sendiri. Di gerobak anggota juga terpasang s t i k e r PPK5 Bintan Centre Terbina. Menurut Sukat, pihaknya juga merencanakan memanggil motivator yang diharapkan mampu memberikan semangat bagi PK5 menjalankan

bisnisnya. Jais Anggara, salah satu anggota PPK5 Bintan Centre Terbina mengaku lebih nyaman berjualan karena kepengurusan organisasi ini bisa memberikan solusi kepada anggotanya. “Yang penting segala hal harus dilaksanakan secara profesional, transparan sehingga tetap terbina kepercayaan antara pengurus dan anggota, serta antar anggota,” tutur pedagang stiker yang sudah hampir lima tahun berjualan di Bintan Centre. (andri dwi s)

Ir H Sukat Sajam, MBA F_ANDRI DWI S.

PK5 Bintan Centre Terbina dapat dilihat dari stiker keanggotaan yang ditempelkan di gerobak jualan. F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANGPOS

* PART ADMIN *

Syarat : Pria dan wanita < 40 TH Usia tidak dibatasi Saling menguntungkan Dibutuhkan Tenaga Kerja

HUBUNGI : INDRI : 081277275216

1). Wanita 2). Pendidikan Min SMA 3). Berpengalaman di Bidangnya 4). Mampu mengoperasikan komputer dengan baik 5). Dapat berkomunikasi dengan baik dan mampu bekerja sama dalam team

Antarkan Lamaran langsung ke : Jl.Di.Panjaitan Km.7 No. 1 & 2 Tanjungpinang ( Showroom Mazda )

LOWONGAN KERJA

DIBUTUHKAN SEGERA STAFF TEKNIK (GENSET / AC)

Syarat - syarat : Ÿ Laki-laki, umur maksimal 37 Ÿ Ÿ Ÿ Ÿ

thn Pendidikan terakhir minimal SMK Jurusan Listrik/ mesin Berpengalaman dibidangnya minimal 2 thn Memiliki SIM A yang masih berlaku Bisa bekerja respontif dan teamwork

Lamaran lengkap dalam amplop tertutup dan pencantuman nama posisi disudut kiri atas diterima paling lambat 10 Mei 2013. Diantar langsung ke : kisel CABANG TANJUNGPINANG JL. BASUKI RAHMAT NO.12 TANJUNGPINANG - KEPRI

Perusahaan yang bergerak dibidang Konstruksi membutuhkan karyawan yang Memiliki Rasa Tanggung Jawab, Kejujuran, Mampu Bekerja Keras, dan Bersemangat untuk posisi :

1. Pengawas Lapangan Syarat : 1. Pendidikan min. STM bangunan/ gambar bangunan/ D3 Teknik Sipil 2. Menguasai Komputer (lebih prioritas jika menguasai AutoCAD) 3. Umur maksimal 30 thn 4. Siap ditempatkan di pulau pulau Surat lamaran, Curriculum Vitae, Fotocopy Ijazah serta No.HP ditujukan ke :

PT. MULTI FORMA RIAU KONSULTAN Jl. R.H Fisabilillah Tanjungpinang (Ruko di depan kios buah Km.8 atas)

Contact Person : Santi (0852 6414 2975) Email : sd.shanshan@yahoo.com

TANJUNGPINANG POS Media yang terkemuka dan terbesar di Kepri membutuhkan :

ACCOUNT EXECUTIVE Syarat :

w Tamatan min SMU/sederajat w Pas photo seluruh badan kendaraan sendiri w Mempunyai (SIM C) w Bisa berkomunikasi dengan baik rajin dan bertanggung w Jujur, jawab w Bisa berkerja team w Berpenampilan menarik AN

G

Lamaran US N diantar BO R TR langsung ke : ANSPO Jl. D.I Panjaitan Komp. Pinlang Mas Plaza Bintan Centre Blok Mayang No.14 Tanjungpinang

SI

DICARI PARTNER UNTUK USAHA BERSAMA,

TA

LOWONGAN KERJA

U

LOWONGAN


TANJUNGPINANG POS

Astria Wijayanti, Si Pemalu Yang Jago Sains

Siswi Prestasi Pelajaran IPA

IBARAT padi makin menguning makin merunduk. Pepatah itu sangat tepat ditujukan untuk Astria Wijayanti siswi SMPN 11 Tanjungpinang. Meski menyabet beberapa gelar dalam perlombaan sains namun remaja berusia 15 tahun ini tidak pernah menyombongkan diri. Bahkan Astri, demikian biasa dia disapa pernah menyandang juara harapan I di antara pelajar se Tanjungpinang. Apa resep bisa sepintar siswi kelas VIII ini?, berikut petikan wa wancana Tanjungpinang Pos dengan remaja pendiam yang memiliki segudang prestasi ini. Saat didatangi Tanjungpinang Pos ke sekolahnya, Astri bersama seorang gurunya. Ia terlihat pemalu namun demikian setiap pertanyaan yang dilontarkan wartawan koran ini selalu dijawabnya dengan lugas dan cerdas. Remaja satu ini menjadi perhatian orang tuanya dan para guru. Karena sedari duduk di bangku SD sampai SMP ia tidak lepas dari juala kelas. Tapi siapa tahu Astri adalah sosok remaja pendiam. Semua kegiataan Astri banyak dilakukan di dalam rumah dari pada di luar rumah. â&#x20AC;&#x153;Lebih baik belajar, membaca buku di rumah dari pada dudukduduk ngumpul di luar sana,â&#x20AC;&#x2122;â&#x20AC;&#x2122; ucapnya sembari tersenyum. Baru-baru ini Astria juga berprestasi mendapatkan prestasi I terbaik di sekolahnya dalam ujian pertengahan kelas. Prestasi ini tentunya membuat gadis berjilbab itu semakin rajin belajar hingga bisa mempertahankan sampai kelulusan belajar di SMPN 11 Tanjungpinang. Selain itu pengemar mata pelajar IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) khususnya biologi ini juga aktifitas dalam kegiataan di sekolah antara lain pramuka. (Suhardi)

MINGGU 5 MEI 2013

5


MINGGU 5 MEI 2013

TANJUNGPINANG POS

Rumah Makan Pak Ngah F-ANDRI DWI S/TANJUNGPINANG POS

Kuliner: Bersama keluarga menikmati menu masakan melayu di RM Pak Ngah.

RINDU makan masakan melayu dengan suasana kampungnya?. Anda bisa berkunjung ke Rumah Makan Pak Ngah

Karena rumah makan ini berada d i atas rumah panggung dan terhubung plantar untuk menuju ke tempat makannya.

d imasak masak hitam, dimasak saus sampai d igoreng dengan mentega. Ada juga udang d imasak tepung, d imasak saus dan udang d imasak dengan lada hitam. Tapi masakan special yang selalu d ikangeni pengunjung adalah gonggong dan ikan bawal asam pedasnya. Menurut Zulkifl i anak Pak Ngah, mengungkapkan pengunjung yang datang tidak pernah ketinggalan memesan satu porsi gonggong bersama ikan bawal asam pedas. Meski gonggong sangat mudah d imasak karena hanya d irebus beberapa menit, namun rasanya sudah mengena hanya dengan sambal trasi. Nikmatnya semakin bertambah ketika d imakan bersama Ikan

MENYAJIKAN MENU IKAN BAWAL ASAM PEDAS DAN GONGGONG yang terletak d i Senggarang, Tanjungpinang. Sangat mudah menemukan rumah makan ini karena letaknya berdekatan dengan Kantor Wal ikota. Suasananya sangat dapat.

Selain menikmati susana perkampungan, masakan yang disajikan juga masih segar mulai dari bahan-bahannya sampai memasaknya. Usaha kul iner turun temurun ini mensajikan beragam masakan melayu, di antaranya mulai sotong d imasak goreng tepung,

bawal asam pedas yang masih hangat dan cah kangkung yang d isajikan langsung setelah d imasak. Nah, Anda boleh berkunjung ke rumah makan ini, karena kononya bukan hanya masyarakat lokal ke sana, namun dari luar daerah bahkan turis sudah merasakan nikmatnya masakan Pak Ngah. Dijamin pengunjung akan puas, karena hanya merogoh uang Rp65 ribu untuk satu porsi gonggong dan Rp50 ribu untuk 1 porsi ikan bawal besar, anda sudah bisa menikmati makanan nikmat untuk satu keluarga atau untuk empat orang, terdiri dua dewasa dan dua anakanak. Tunggu apa lagi, ayo kunjungi rumah makan Pak Ngah dengan suasana kampungnya dan masakan melayunya. (Astu)

KULINER: Tampak memasak menu andalan rumah makan Pak Ngah ikan bawal asam pedas.

F-ANDRI DWI S/TANJUNGPINANG POS

6

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9.

Cabe kering Bawang Merah Bawang Putih Kunyit Bumbu Penyedap Garam Gula Minyak Makan Asam

IKAN BAWAL

REMSPEEDPAS ASA

CARA PEMBUATANNYA: Pertama-tama Anda letakkan minyak makan ke dalam tempat pengorengan setelah panas masukkan cabe kering, bawang merah, bawang putih dan kunyit yang terlebih dulu sudah ditumbuk ke dalam tempat pengorengan tad i. Selanjutnya tambahkan penyedap rasa, sed ikit garam dan gula. Aduk semua bumbu hingga sed ikit mengeluarkan aroma wangi. Setelah itu masukkan air asam dan juga air putih. Terakhir baru masukkan ikan bawal dan goseng dengan bumbu yang sudah d imasak lebih dulu. Tunggu sampai kuah mendid ih dan rasakan masakan apakah sudah pas terakhir sajikan kedalam mangkuk yang sudah d isiapkan. Masakan pun siap saji kepada konsumen. (Astu)


TANJUNGPINANG POS

I

NGIN olahraga menantang sambil jelajah bebukitan dan pegunungan di Tanjungbalai Karimun. Silahkan bergabung di TRIACK. TRIACK adalah sebuah komunitas pengemar motor jenis motor cross dan trail. Sesuai kepanjangannya Trail Adventure Comunity Karimun (TRACK) sering mengadakan petualangan. Berdiri dua tahun lalu di Tanjungbalai Karimun, kini anggotanya sudah berjumlah

MINGGU 5 MEI 2013

event yang bertema Touring Menjelajani Pulau Sugi. Perlu tahu saja, Pulau Sugi adalah gugusan pulau di Moro yang memiliki medan yang sangat menantang bagi anggota untuk mengadu ketangkasan. Ayo, para raiders motor cross atau trail dan pengemar sepeda motor jenis lainnya yang sudah dimodifikasi, jika berminat untuk gabung atau sekedar untuk ber tukar pikiran dan berbagi pengalaman, silahkan ke sekretariat TRIACK di Tanjungbalai Karimun. ‘’Kami membuka kesempatan tan

sekitar 25 orang. Uniknya pengemar olahraga satu ini berasal dari berbagai kalangan dan tidak pandang usia maupun status sosialnya. Ada pun lokasi yang pernah dijelajahi, di antaranya Gunung Jantan yang menjulang di daratan Pulau Karimun dan Kecamatan Moro. Tahun ini, mereka akan menambah sederetan pengalaman dengan mengadakan

EKSPRESI: Sesaat sebelum beraksi.

JELAJAH: Kepuasan usai menaklukkan jalanan berlumpur.

Rintangan:AnggotaTRIACKmencoba melewati jembatan di Moro.

7

ssspa pandang siapa dia, karena komunitas ini bukan ingin menunjukkan sepeda motor siapa paling mahal, baju dan sepatu yang paling mahal namun bergabungnya di dalam komunitas karena memiliki hobi sama. Makanya profesi boleh beda, tetapi hobbi sama. Itu paling kami tekannya,’’ tegas Isa pentolan TRIACK Tanjungbalai Karimun. Saat Taouring, ia menceritakan pengalaman TRIACK pernah melakukan jelajah antar pulau di Tanjungbalai Karimun. Dari petualangan itu ia mengatakan ada kegiataan sosial yang disejalankan untuk membantu masyarakat.

‘’Kami berusaha menyisihkan sebagian rezeki untuk dilakukan bakti sosial saling berbagi dengan orang lain, sementara ini rencana untuk touring keluar dari Kabupaten Karimun belum ada, karena kesibukan masing masing anggota, tetapi rencana kedepan ada kami ingin menjelajahi pulau di Kepri ini,’’ demikian tukasnya kepada Tanjungpinang Pos, Jumat lalu. (Alrion)


8

MINGGU 5 MEI 2013

TANJUNGPINANG POS View of Future

Jumping

Infra Red Anton Adhitian Nugraha (AANugraha) karyawan BUMN. FB: Anton Adhitian Nurgraha Twitter: @helloasterio MENYUKAI dunia fotografi dari sejak di bangku kuliah yang memang berhubungan dengan fotografi. Namun baru tahun 2010 atau setelah hijrah ke Tanjungpinang niat untuk memiliki kamera baru terwujud. Karena begitu banyak objek yang wajib diabadikan. Belajar secara otodidak dan menyukai semua genre fotografi dan salah satu kegemarannya yaitu mengabadikan gambar dengan meggunakan kamera infra merah. *** After Class

KAMERA infra merah adalah kamera normal yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk menghasilkan warna yang diinginkan. Pada fotografi infrared menggunakan kamera DSLR, untuk mendapatkan foto infrared kita perlu memblokir semua cahaya tampak dan ultraviolet. Agar, sensor hanya menangkap cahaya infrared yang dipantulkan oleh benda-benda yang kita foto. Pada foto hasil Infrared tampak daun berwarna terang dan air berwarna gelap, hal ini disebabkan oleh karena tumbuh-tumbuhan banyak memantulkan cayaha infrared yang jatuh kepadanya. Dan, air banyak menyerap cahaya infrared yang jatuh kepadanya. Untuk memblokir cahaya-cahaya tersebut dan mendapatkan cahaya infrared tersebut dibutuhkan sebuah filter dengan bahan tertentu yang mampu menolak semua cahaya yang berada di bawah 700 nanometer. Dan, membiarkan lewat cahaya yang memiliki panjang gelombang lebih besar atau sama dengan 700 nanometer. Filter tersebut disebut filter infrared. Filter infrared ini ditanamkan pada bodi kamera, hot mirror pada kamera dilepas dan digantikan filter infrared, tentu untuk mengoprek seperti ini tidak bisa sembarangan karena cukup beresiko. Ada juga filter yang dipasangkan pada lensa bentuknya menyerupai filter ultraviolet. Namun filter tersebut menghasilkan gambar yang â&#x20AC;&#x2DC;kurangâ&#x20AC;&#x2122; infrared berbeda dengan filter yang ditanam pada bodi kamera. Terlepas dari warna yang dihasilkan, komposisi, sudut bidik, dan kejelian mata pada cahaya harus diperhatikan agar foto yang dihasilkan sesuai dengan keinginan. ***

Sampan

Sofy

Betty the Beauty

Tatap Muka

Nirwana

Siapa saja fotografer atau penggemar fotografi di Tanjungpinang dan di Provinsi Kepri, dapat menampilkan hasil bidikannya di halaman Foto Anda setiap hari Minggu di Tanjungpinang Pos. Kirimkan foto hasil bidikan Anda ke email: tanjungpinangpos@yahoo.com dalam format JPEG maksimal 10 foto. Sertakana tema foto, nama, alamat email dan profesi Anda.


MINGGU 5 MEI 2013

TANJUNGPINANG POS

9

Ski Air Digemari Warga Tanjungpinang

Minim Sarana, Atlet Porprov Korpri Ibukota Juara Umum MESKIPUN sarana olahraga di Tanjungpinang, belum memadai. Masih kalah dengan sarana yang ada di Batam dan Karimun. Tapi, jangan salah, justru prestasi atlet Porprov Korpri Pemko Tanjungpinang juara umum lho. Apakah secara kebetulan atau tidak, yang penting kita bersyukur. Pada Porprov Korpri yang baru-baru digelar di Tanjungpinang, diikuti tujuh utusan, dari utusan Korpri Pemprov Kepri sendiri, Pemko Tanjungpinang, Pemko Batam, Lingga, Anambas, Karimun dan Bintan. Atlet Pemko Tanjungpinang berhasil mengumpulkan medali emas terbanyak dalam Pekan Olah Raga (Porprov) Korpri Kepri dan berhasil sebagai juara umum sekaligus memboyong piala bergilir Porprov Korpri Kepri. Total perolehan medali untuk atlet Pemko Tanjungpinang terdiri dari 5 emas, 1 perak dan 0 perunggu. Disusul Kota Batam dengan perolehan medali 4 emas, 2 perak dan 2 perunggu, Kabupaten Karimun menempati urutan ketiga dengan perolehan medali 1 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Peringkat keempat ditempati atlet Kabupaten Lingga dengan perolehan medali 1 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Peringkat Kelima diduduki atlet Provinsi Kepri dengan perolehan medali 1emas, 2 perak dan 0 perunggu. Kabupaten Anambas menempati urutan keenam dengan perolehan medali 1 emas, 0 perak dan 1 perunggu. Peringkat terbawah Atlet Kabupaten Bintan dengan perolehan medali 0 emas, 3 perak dan 5 perunggu. Pemenang berbagai lomba menerima medali dan piala yang diserahkan usai pertandingan final bola voley putra antara atlet Kabupaten Anambas melawan atlet Kabupaten Lingga yang dimenangkan oleh atlet Kabupaten Anambas dengan skor 3-2 untuk lima set pertandingan. Porprov Korpri Kepri ditutup secara resmi oleh Sekdaprov Kepri Suhajar Diantoro sekaligus menyerahkan piala bergilir Porprov Korpri Kepri kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang Juramadi Esram. Suhajar menyatakan piala bergilir akan diperebutkan setiap dua tahun sekali di Provinsi Kepri. Sedangkan atlet yang menjadi juara akan dikirim untuk mewakili Provinsi Kepri di tingkat Pornas Korpri, yang akan digelar di Sulawesi Utara, di Manado. “Atlet terbaik masing-masing cabang, akan mewakili Kepri di Pornas Korpri nanti. Sekaligus jalan-jalan ke Bunaken, danau Tondano,” paparnya (abas)

F-ISTIMEWA

BERSAMA: Kadispora Tanjungpinang, Juramadi Esram, (pegang piala) bersama Sekretaris Korpri Tanjungpinang dan para atlet Porprov Korpri Pemko Tanjungpinang.

Sukan

F-ADLY BARA HANANI/TANJUNGPINANG POS

DANAU: Tampak, seorang warga sedang memancing di Danau Sei Timun. Damau yan berdekatan dengan mako Korem 033 WP ini, diusulkan menjadi tempat latihan olahraga ski air.

Danau Sei Timun Diusulkan Jadi Tempat Latihan Ski Air

OLAHRAGA ski air di Kepri telah menelurkan atlit, bahkan seorang atlitnya berhasil menyumbang medali emas. Namun sayangnya sarana seperti lokasi latihan belum tersedia. Pecinta olahraga air ini menganjurkan agar Pemerintah bisa menjadikan Danau Sungai Timun di Senggarang sebagai tempat latihan atlit. Salah satu pelatih ski air dari Tanjungpinang, Musri mengungkapkan danau yang dekat dengan markas Korem 033/Wira Pratama itu sangat tepat bila difungsikan sebagai lokasi latihan ski air. Selain itu danau tersebut bisa juga digunakan lokasi olahraga selam dan dayung. ‘’Danau Sungai Timun sangat cocok karena tidak ada lagi danau yang bisa dijadikan tempat latihan. Maunya Pemerintah bisa menyetujuinya,’’ kata Musri kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (30/4). Kenapa danau tersebut sangat tepat dijadikan lokasi latihan?, menurut pandangan Musri, dari panjang dan lebar danau tersebut sudah masuk dalam kategori. Meski sambungnya kedalaman masih belum mumpuni. ‘’Ya, tinggal didalami saja sekitar 4 sampai 5 meter,’’ ucapnya. Apa perbedaan antara melakukan latihan di danau dan laut?, ia menjelaskan ivent sekelas nasional maupun dunia sering dilaksanakan di danau air tawar walau ada beberapa ivent dilaksanakan di air laut. Ke-

F-ABAS/TANJUNGPINANG POS

Musri

untungan dilakukan di air tawar , kata Musri lebih dari pertimbangan ekonomis saja. ‘’Latihan menggunakan speed bood di air laut membutuhkan biaya besar. Beda dengan perawatan speed boat bila melakukan latihan di air tawar,’’ terangnya.

Dari cabang olahraga air ini ia mengungkapkan sudah berhasil membina atlet ski air di Kepri saat kejuaraan PON XVIII tahun lalu di Riau. Saat itu Alex Hanif, atlet dari Kepri berhasil mengondol medali emas. Ditegaskan Musri, sudah saatnya prestasi cabang air di Kepri bangkit. Sebagai daerah perairan, sudah saatnya sarana dan prasarana olahraga air berkembang. ‘’Kalau pemerintah mau mengeluarkan dana untuk pendalaman danau dan pembangunan sarana seperti tempat penyimpanan alat-alat ski air dan tempat star ski air, saya yakin prestasi atlet kita akan meningkat,’’ katanya. Terpisah Ketua KONI Tanjungpinang, Raja Rasfiardi mengatakan sudah mengusulkan agar danau tersebut dibenahi dan dijadikan tempat latihan ski air, selam dan dayung. Hanya sebelum dimanfaatkan ia mengatakan harus dilakukan pendalaman danau karena masih banyak akar-akar kayu di dalam danau. Kata Raja, kalau danau Sungai Timur sudah di perbaiki, bakal akan menjadi salah satu tempat wisata baru di Tanjungpinang. Lokasi danau Sungai Timun, sangat dekat dengan jalan utama, dekat dengan markas TNI. “Kita berharap bersama-sama supaya impian kita semua terwujud. Danau Sungai Timur dibenahi untuk latihan ski air, selam dan dayung,” tegasnya. (abas)

ALEX Hanif, atlet ski air dari Tanjungpinang berhasil menoreh prestasi saat kejuaraan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Riau tahun lalu. Bahkan atlet muda ini mendapat kehormatan mewakili Indonesia di ajang dunia yang akan diadakan di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan dari tanggal 3 sampai 5 Mei tahun ini. Musri pelatih Ski Air Kepri kepada Tanjungpinang Pos menyebutkan ada tiga atlet muda akan mengikuti jejak keberhasilan Alex Hanif. Mereka adalah Risky Pratama (13) siswa SD Rawa Sari, Savira Onita (14) SMPN 003 dan Fitri Rubianti (14) siswi SMPN 004 Tanjungpinang. Juni ini katanya ketiga atlet tersebut akan mengikuti beberapa ivent nasional yakni ivent Kasal Cup di Jakarta dan kejurnas di Bandung. Masih di bulan tersebut, ia menyebutkan para atlet tersebut akan diikuti kejuaraan Pra PON ski air pelajar dan diteruskan PON Pelajar. “Kalau ada masyarakat ingin bermain ski air, tak perlu harus pintar berenang.Karena keselamatan diair sudah dijamin. Tinggal dibutuhkan mental dan keberanian untuk salto di udara sambil ditarik speed boat dalam kecepatan tinggi,” tegas Musri. Ditegaskan dia, animo masyarakat untuk menonton latihan ski di tepi laut, latihanya kadang di pelantar I dan pelabuhan umum Tanjungpinang, cukup diminati warga. Latihan rutin setiap Sabtu dan Minggu. Hanya saja, saat latihan, membutuhkan dana cukup besar, untuk membeli bahan bakar minyak (BBM). Karena, belum ada bantuan dari KONI Kepri, biaya yang dikeluarkan perhari untuk latihan, untuk membeli BBM mencapai Rp432 ribu. Sedangkan kapal speed yang digunakan, bantuan dari pembina Ski Air Kepri, yakni danlanal dabo singkep, Letkol Julianus K. “Pak Nur Syafriadi, Ketua KONI Kepri merangkat Ketua DPRD Kepri, pernah menjanjikan kepada saya. Kalau Ski Air meraih medali emas, akan kita upayakan membeli speed boat, untuk SKI Air Kepri,” tegasnya. Ditegaskan kembali Musri, memang diakui untuk mendapatkan satu speed boat khusus untuk Ski Air, kalau harga barunya saat ini cukup mahal. Harganya bisa mencapai Rp1,5 miliar. Cuma, ia tidak mengharapkan harga baru, tapi kalau bisa ada mau baru maupun seken, juga berguna untuk perkembangan ski air di Kepri.”Kita minta kepada pemerintah dan KONI Kepri, cabang olahraga yang benarbenar prestasi, harus dibina terus. Jangan sampai ada atlet kita yang pindah ke daerah lain, hanya garagara perhatian dari pemerintah dan Savira Onita KONI minim,” tegasnya. (abas) F-ABAS/TANJUNGPINANG POS


10

MINGGU 5 MEI 2013

TANJUNGPINANG POS

F-ISTIMEWA

Modifikasi Vespa Klasik

F-ISTIMEWA

VESPA klasik merupakan produksi Piaggio Co SpA di Pontedera, Italia. Vespa klasik diproduksi secara besarbesar di Eropa pada tahun 1950 hingga 1960. Ternyata, vespa ini juga banyak diekspor ke Indonesia. Kesannya yang klasik, vespa ini dianggap begitu sangat berharga oleh pecinta Vespa. Pecinta Vespa klasik ini juga ditemukan di Tanjungpinang. Salah satu pecinta Vespa klasik, Adji Supit. Kecintaannya mengendarai Vespa muncul saat ia masih kecil. Almarhum ayahnya dikenal sebagi pecinta sepeda motor klasik berbagai jenis, termasuk skuter Vespa. Namun, skuter kesayangannya terpaksa dijual oleh ibunya untuk biaya kuliah Adji pada 1995. Vespa itu dijual seharga Rp700 ribu. Usai kuliah dan bekerja, uang dikumpulkan Adji untuk membeli skuter Vespa yang diidam-idamkan dari dulu. Sebuah Vespa butut dibelinya seharga Rp1 juta pada 2005 silam. Dengan penghasilannya, Adji mulai mengganti bagian Vespa tersebut dengan yang suku cadang terbaru. Bodi Vespa dipoles sehingga seperti baru lagi. Suku cadang vespa dibeli dibengkel-bengkel tertentu di Tanjungpinang. Jika ada suku cadang yang diinginkan tidak ada, Adji mencari situssitus penjual suku cadang Vespa. Ternyata di internet, ribuan suku cadang di berbagai daerah ditemukan. Harga suku cadang Vespa terbaru bisa mencapai Rp5 juta hingga Rp10 juta. Sebuah Vespa klasik bisa dihargai Rp15 hingga Rp20 juta. Harga tersebut tergantung tahun produksi Vespa tersebut dan mereknya.

Harga Vespa dengan harga Rp20 jutaan lebih itu bermerek Kongo, Lambreta, dan Piaggio. Vespa-vespa klasik ini banyak diminati oleh pejabatpejabat di Tanjungpinang. Bahkan, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah berani membayar mahal Vespa milik Adji. "Sekarang Vespa itu sudah dikendarai Pak Lis," ujarnya. Adji berniat akan memben-

F-ISTIMEWA

tuk komunitas Vespa Klasik di Tanjungpinang. Bahkan, ia akan menjadikan Vespa sebagai salah satu warisan budaya Tanjungpinang dan daya tarik wisata. Bahkan Adji bercita-cita akan membut iven layanglayang internasional di Pinang Marina. Tentu saja, vespa-vespa antik milikinya dan pencinta vespa lainnya dipajang dalam iven tersebut. (surya)

MEI NO.

NAMA KAPAL

JADWAL KEDATANGAN DAN KEBERANGKATAN KAPAL PENUMPANG PT.PELNI DI PELABUHAN KIJANG RENCANA TIBA DARI

HARI

TANGGAL

RENCANA BERANGKAT JAM

DARI

HARI

TANGGAL

JAM

2013 TUJUAN

TG.PINANG

MINGGU

28 APR 13

10.00

TG.PINANG

RABU

1 MAY 13

10.00

TAMBELAN-PONTIANAK-SERASANSUBI-RANAI-P.LAUT-KELARIK-SEDANAUP.TIGA-MIDAI-TAREMPA-K.MARAS

TG.PRIOK

KAMIS

2 MAY 13

14.00

KIJANG

RABU

15 MAY 13

08.00

TG.PRIOK - SURABAYA - MAKASAR BAU-BAU - NAMLEA - AMBON TERNATE - BITUNG (PP)

3. KM. BINAIYA

BLINYU

SABTU

4 MAY 13

11.00

KIJANG

SABTU

4 MAY 13

13.00

LETUNG-TAREMPA-NATUNA-MIDAISERASAN-PONTIANAK-SURABAYA (PP)

4. KM. BINAIYA

LETUNG

SELASA

14 MAY 13

10.00

KIJANG

SELASA

14 MAY 13

12.00

BLINYU - TG.PRIOK

TG.PRIOK

RABU

29 MAY 13

05.00

KIJANG

RABU

29 MAY 13

08.00

1. KM. SABUK N.30 2. KM. LAMBELU

5. KM. LAMBELU

1. PERUBAHAN SCHEDULE TSB DIATAS BILA ADA PERUBAHAN / KOREKSI AKAN KAMI BERITAHUKAN. 2. KEPADA CALON PENUMPANG PEMBELIAN TIKET AGAR SESUAI IDENTITAS. 3. KHUSUS LANSIA (60 TH KEATAS) HARAP LAMPIRKAN FOTO KOPY KTP YG MASIH BERLAKU UNTUK MENDAPATKAN DISCON 20% 4. KETERANGAN LEBIH LANJUT DAPAT MENGHUBUNGI PT. PELNI CABANG TANJUNGPINANG

TELP. 0771 - 21513

5. 1 (SATU) Jam sebelum kapal tiba sudah dipelabuhan

TG.PRIOK - SURABAYA - MAKASAR BAU-BAU - NAMLEA - AMBON TERNATE - BITUNG (PP)


Teknologi Informasi Yuk Merakit Komputer Sendiri

TANJUNGPINANG POS

CARA merakit komputer umumnya tidak akan mudah saat pertama kali mencoba. Mungkin akan ada beberapa kali trial dan error yang terjadi saat belajar merakit sendiri komputer. Akan tetapi setelah mencoba dengan serius, kita pun bisa merakit komputer sendiri dengan cukup mudah. Hanya saja untuk dapat menuju kesana, kita masih butuh beberapa panduan tentang cara merakit komputer. Sebelum anda memulai cara merakit komputer berikut, ada baiknya anda tahu terlebih dahulu apa saja yang harus anda siapkan. Oleh karena itu, mari kita telusuri komponenkomponen hardware apa saja yang harus anda beli secara terpisah. Yang paling penting siapkan casing CPU anda. Casing ini adalah penutup atau kerangka luar semua komponen hardware penting anda. Casing model jadul biasanya berbentuk horizontal, namun sekarang anda akan sulit menemukan casing model ini karena sudah tergerus dengan banyaknya casing berbentuk vertical. Setelah menyiapkan casing yang cocok, silahkan siap-

MINGGU 5 MEI 2013

11

Merakit komputer akan sulit jika dibayangkan. Namun dengan tutorial yang benar Anda bisa melakukannya sendiri. Teknik merakit komputer pun kini sudah dikuasai siswa SMK jurusan IT. Salah satu merek lokal yang menjadi kebanggan ialah Zyrex.

kan motherboard yang akan dipasang. Motherboard sangat penting karena akan menjadi tempat beberapa hardware penting lainnya seperti Processor, VGA Card, dan lain se-

bagainya. Motherboard sendiri ada 2 jenis, onboard motherboard atau motherboard yang biasa. Onboard motherboard adalah yang paling sering dicari

karena kepraktisannya. Berbeda dengan motherboard biasa yang harus dirakit satu per satu sendiri, onboard motherboard sudah terakit rapi dan anda hanya perlu menaruh hard-

Mengatasi Bootloop Android JIKA anda mempunyai ponsel android, pastinya anda mengenal yang namanya bootloop pada ponsel android. Apa itu bootloop? Bootloop adalah kerusakan pada android sehingga ponsel gagal untuk start up. Ini biasanya ditandai dengan adanya logo android yang terus menerus di ponsel. Jika android anda mengalami hal tersebut, anda tidak perlu panik dan berpikir yang tidak-tidak.cara mengatasi bootloop Bootloop pada ponsel android bisa disebabkan oleh beberapa factor. Factor

yang paling banyak mempengaruhi terjadinya bootloop pada ponsel android adalah karena ponsel android telah di upgrade ke OS yang lebih tinggi. Namun ada juga penyebab yang lainnya. Untuk mengatasi bootloop, kita perlu melakukan hal-hal seperti berikut ini: Jika anda sudah menginstall aplikasi recovery pada ponsel android anda, mungkin anda bisa menyelamatkan ponsel android anda dari yang namanya bootloop yaitu dengan cara masuk ke recovery mode pada ponsel anda, kemudian flash ROM ponsel atau wipe ponsel

Pengguna android dituntut paham urusan bootloop.

android. Cara yang kedua ini adalah menggunakan flash tool secara offline.

- Download dan install aplikasi Flashtool di PC

ware penting lain di atasnya melalui slot-slot tertentu yang sudah disiapkan. Selain itu, siapkan juga Processor dan hati-hati memegangnya karena sangat rentan dengan aliran listrik dinamis walaupun dengan tangan. Lalu, siapkan VGA card untuk display performance, hardisk untuk penyimpanan, RAM memory, DVD room, power supply box, dan kabel-kabel lainnya. Dan jangan lupa juga untuk membeli kipas CPU (paling tidak 1 yang besar untuk di depan dan 2 atau 3 yang kecil untuk di belakang). Langkah awal yang perlu dilakukan dalam merakit komputer adalah memeriksa terlebih dahulu posisi jumper dengan mencari tahunya di buku petunjuk. Posisi jumper mutlak diketahui dalam merakit komputer adalah untuk mengatur CPU speed, speed multiplier, serta tegangan masukan ke dalam motherboard. Kemudian kita dapat mulai memasang prosessor dengan menentukan posisi pin 1 di prosessor serta socket processor dalam motherboard. Kemudian buka dengan menegakkan posisi tuas pengunci socket, dan ma-

sukkan prosessor ke dalam socket. Sedikit tips merakit komputer dalam bagian ini adalah dengan menyamakanterlebih dahulu posisi kaki prosessor dengan lubang soket. Cara merakit komputer selanjutnya adalah dengan memasangkan heatsink pada bagian atas prosessor. Selanjutnya pasangkanlah modul memori pada motherboard sebelum mulai memasangkan motherboard pada casing. Setelah memasangkan motherboard pada casing, tahap selanjutnya dalam cara merakit komputer adalah memasang power supply. Kadang ada casing yang telah dilengkapi power supply, namun jika belum, kita dapat memasangkannya sendiri dengan memasukkannya pada rak di bagian belakang casing. Jangan lupa untuk memasangkan sekrup pengunci sebelum menghubungkan konektor power yang terdapat

pada power supply ke motherboard. Setelah itu, pasangkanlah kabel motherboard ke casing dengan benar. Memasang berbagai drive seperti harddisk, floppy, CD RW, DVD, atau CD ROM adalah tahap selanjutnya dalam cara merakit komputer. Selanjutnya, pasanglah card adapter dalam casing dengan mengutamakan memasang video card terlebih dahulu. Sebagai penyelesaian akhir dalam cara merakit komputer, pasanglah penutup casing dengan baik agar hardware di dalamnya tak mudah rusak. Merakit Komputer memang tergolong susah bila kita hanya membayangkan dan enggan untuk mencoba. Karena Komponen-komponen Komputer yang dibutuhkan terlihat rumit dan susah dimengerti bila bukan bidang kita. Namun sedikit-demi sedikit bila kita berani mencoba semua itu ternyata sangat mudah. (net)

anda. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut di internet dengan kata kunci download flashTool. - Jika sudah terinstall, silakan anda colokkan ponsel android anda ke PC melalui kabel USB. Kemudian buka aplikasi FlashTool, klik tombol flash. Tunggu beberapa saat sampai proses yang berjalan sudah 100%. - Jika flash berhasil, maka secara otomatis ponsel android anda akan startup dengan sendirinya. Nah, itulah cara untuk mengatasi bootloop pada ponsel android. (net)

IKLAN RAGAM

TANJUNGPINANG POS

CONVERSTATION CLUB SD-SMP-SMA I TOEFL-IELTS Bussines English

CONVERSATION CLUB SD, SMP, SMU, TOEFL, IELTS, TOEIC

Dijual Mobil Mitshubisi Kuda

tahun 2004 akhir, warna hitam, pajak hidup, Kondisi bagus

Harga 110 Jt Nego Hubungi :

085272003020

Mencari staff TETAP untuk Bergabung di Dunia Pendidikan & dilatih oleh Mentor-mentor yang ber-skill, berpengalaman, prestasi Juara Kota, Provinsi Kepri, Nasional & Internasional, Pelatih Lokal, Anak Daerah Lulusan Luar Negri & Pelatih asing Australia, London & Canada Call : 0856 6828 6736 Fb : eenngglliisshh Cclliinniicc PIN : 27B4C9CE

CONTACT PERSON MARKETING

DIJUAL

TANJUNGPINANG POS KORAN TERBESAR DI KEPULAUAN RIAU

CALL ME : 0771 - 7447234

Mobil Willis Cj5 Tahun 1956/ solar Kondisi bagus Harga 50jt nego Hub. Andi : 0812 7017 9031

CA R

BINTAN EXCELINDO

Merek Kendaraan New Mazda2 1.5L Proton Exora Star 1.6L Proton Persona 1.6L Chevrolet Spark 1.2L Chevrolet New AVEO 1.4L

Harga OTR (Rp) 217.000.000.188.000.000.187.000.000.163.000.000.213.000.000.-

DP TERJANGKAU DAN PROSES SANGAT MUDAH 7 TOKYO DISNEY TRIP DAN 77 GALAXY NOTE

MENANGKAN Total Dp (Rp) 29.400.000.49.000.000.36.700.000.32.100.000.38.800.000.-

1 Tahun (Rp) 16.432.000.13.399.000.13.327.000.11.617.000.15.180.000.-

2 tahun (Rp) 8.900.000.7.257.000.7.219.000.6.292.000.8.222.000.-

3 tahun (Rp) 6.492.000.5.294.000.5.226.000.4.590.000.5.998.000.-

4 tahun (Rp) 5 tahun (Rp) 5.365.000.- 4.750.000.4.375.000.- 3.873.000.4.351.000.- 3.853.000.3.793.000.- 3.358.0004.956.000.- 4.388.000.-

BRAND NEW Pelayanan 3S : Sales - Service Resmi - SparePart .. Dapatkan Free servis dan Garansi 3 Tahun / 100.000 Km Alamat : Jl.DI.Panjaitan Km 7 No.1&2 - Hp : 0812 70234 666 - 0813 6418 1515

IKLAN BARIS

PENDIDIKAN

KEHILANGAN BPKB

CARI KERJA

DIJUAL MOTOR

KK LEARNING MENERIMA MURID BARU MULAI DARI TK S/D SMK. ALAMAT :JL. SULTAN MAHMUD TG.UNGGAT NO.29 HUBUNGI : 0 8 1 2 7 7 2 6 4 4 4 1 (BAGIAN ADM)

NOMOR BPKB : 5 556209G ATAS NAMA :TONY.A.LUMEMPOUW / BM 8209 LM / MERK : TOYOTA / TYPE KIJANG KF 20

LULUSAN S1 MANAJEMEN, 43 THN, CHINA, PRIA, SINGLE, HUBUNGI. 083184677303

MOTOR SCORPIO THN 2005, PAJAK HIDUP, KONDISI BAGUS HARGA 13 JT. HUBUNGI : 0 8 1 2 7 0 6 3 0 2 8

DI JUAL RUMAH

PROMO

LOKASI GALANG PERMAI SEBELAH HANA RIA.LUAS TANAH 84 M2.LUAS BANGUNAN 60. 2KMR TDR.1KMR MANDI FULL KRAMIK HARGA MULAI 130 JT.HP:081364597648

WELLA ADRIANTI ELANG SHOP HUBUNGI SEGERA DI NOMOR HP : 0819 91231113 ATAU BISA JUGA DI PIN BB : 298382E6 FB : W E L L A A N D R I A N T I SYAHPUTRA

LOWONGAN KERJA

JASA PENYEWAAN

MENJUAL

SABLON & PERCETAKAN

MEMBER&TERIMA PESANAN BUSANA MUSLIM TOYUSIN INFO : 0 8 5 6 6 6 2 8 0 7 5

BENING ENTERTAINMENT MENYEDIAKAN PENYEWAAN SOUND SYSTEM, LIGTHING DAN INSTRUMEN BAND. H U B U N G I : 081364406677 /085264120218 DISEWAKAN TEMPAT USAHA DIDEPAN MINI MARKET SAMPING PEGADAIAN JALAN SEI JANG. SEBESAR 300 RIBU / BULAN BERMINAT HUBUNGI NOMOR : 0 8 1 3 6 4 9 8 7 1 0 4 SEWA BADUT ULTAH UPIN IPIN, MICKEY & MINNIE MOUSE DAN WINNIE THE POOH HUBUNGI : 081270156294 / 085376534571 JALAN.DARUSSALAM KAMPUNG.BARU GG.DURIAN NO.15. : KAMAR STANDAR DAN (AC),TMPTTIDUR+KASUR LEMARI LISTRIK AIR SUMUR. HUBUNGI : 081364653533

T O K O VIDEO JAYA MENJUAL SOUND INDOOR/OUTDOOR, AMPLI TAPE MOBIL, ELECTRONIK. ALAMAT JALAN D.I PANJAITAN KM.8. HUB : 085351226636/08575263233

SABLON KAOS DENGAN DESIGN SENDIRI. BUAT KEMEJA SERAGAM+BORDIR.KINI TELAH HADIR DI TANJUNGPINANG HUB : 085376534571 / 083183232305 PENTINE KACA, GRAFIRE KACA, UKIR KACA JENDELA, LEMARI DPUR, KACA CERMIN,DLL UTK PMSANAN HUB BPK. PRISWARDI 0 8 1 2 7 0 6 1 3 3 3 8 / 081536772503 P E S A N KARTU NAMA, KWITANSI, UNDANGAN,AMPLOP, JILID BUKU & YASIN, HUBUNGI KE: (FITRI) 0 8 5 6 6 7 0 0 5 1 9 / ( R H I Z A L ) 0 8 1 2 6 8 0 3 8 3 7 3 SABLON,DIGITAL RNTNG,CTKUNDGN,KRT NMA,BLIHO,X-BNNER,SPNDK,JLD BKU,PIN STMPL,STCKR,YSIN,DLL.HUB 08566700519/ 081268038373 ( YELLOW GREEN ADV )

DICARI P A R T N E R KULINER I N F O HANDPHONE : 0 8 1 3 6 5 7 1 8 7 9 4 DIBUTUHKAN KARYAWAN/TI UNTUK JADI OPERATOR DAN SIAP DIROLING BERMINAT HUBUNGI 085668127297 ATW ANTAR KE WARNET JL. KEMBOJA DPN RM.BAKAR2 1) A N T A R B A R AN G P A K AI M O T O R 2) SALESMAN. SYARAT: KTP TPI,FASILITAS GAJI,KOMISI,BBM.LAMARAN DIANTAR KE : JL. CEMPEDAK NO.11 TPI/HUB : 085664530123 DIBUTUHKAN KARYAWAN/TI UNTUK DI SWALAYAN . LAMARAN ANTAR KE : PINANG KENCANA JL. ADI SUCIPTO KM.10 INFO : 082388309339/085765228032 DIBUTUHKAN KARYAWATI UNTUK TOKO BAJU PINANG MODE. LAMARAN ANTAR LANGSUNG KE : JL. BRIGJEN KATAMSO KM.2 SAMPING SAIMEN .INFO HP : 081270536888 DIBUTUHKAN KARYAWAN/TI UNTUK TOKO BAJU. SYARAT MENGUASAI BHS TIONGHOA. BISA BEKERJA . LAMARAN ANTAR KE TOKO KISS FASHION JALAN. TAMBAK NOMOR.31 DIBUTUHKAN KARYAWAN/TI U N T U K COUNTER HANDPHONE MINAT HUBUNGI : 0 8 5 6 6 6 4 8 8 8 5 DIBUTUHKAN KARYAWATI DIBIDANG SALON BERMINAT LANGSUNG AJA KE SALON SHINE JL. TAMBAK NO.9 TELEP : 0771-311783 KARYWATI UTK MENGAJAR, LULUSAN SMA ANTAR KE : SUPER KIDS JL. TAMBAK NO.1F TELP. (0771) 29936, ATAU BINTAN CENTRE BLK B1, TELP. (0771) 442952 DIBUTUHKAN KOKI UNTUK RESTORAN SEAFOOD MINAT HUB: 085272021817

DIJUAL TANAH BERSERTIFIKAT, STARTEGIS / PAM DAN PLN.PEMBELI LANGSUNG KE PEMILIK RUMAH.JL. KOTA PIRING PUTRI RAJA 2 TANJUNGPINANGTIMUR-KEPULAUANRIAU SELUAS 20 HA. DAERAH MALANG RAPAT DEKAT DENGAN AGRO & PERKEBUNAN HUBUNGI SEGERA : 082169661121 - IVAN 11.933M2 DI D A E R AH KOREM,ARAH SENGGARANG,VIEW SUNGAI,SHM.HARGA N E G O S I A B L E . T A N P A PERANTARA.BERMINAT HUB. 085272124266 KAVLING LOKASI KM.18 ARAH UBAN.SURAT ALASHAK GRATIS BEA BALIK NAMA.HARGA MULAI 14 JT BS KREDIT SAMPAI 12 BLN KAVLING DI KP.SUMBEREJO JL.NUSANTARA MASUK LEWAT KOMP. AURI GARUDA KM.13 HUBUNGI NOMOR : 0 8 1 2 7 0 0 3 7 2 7 2 DIJUAL TANAH BERIKUT RUMAH LT 672M2 PINGGIR JLN TUGU PAHLAWAN. HUB HP 0 8 5 7 6 5 5 1 1 9 0 9

NENEKTUA COLECTION MENJUAL ANEKA S O U V E N I R HANDMADE UNTUK PERNIKAHAN,ULANG TAHUN.MINAT HUB : 083184 7785 56/08199188 9237 TOKO BAJU PINANG FASHION MENJUAL BERBAGAI JENIS PAKAIAN PRIA & WANITA DARI ANAK-ANAK HINGGA DEWASA ALAMAT : JL. BRIGJEN KATAMSO KM.2 TPI AMAN MULIA MENJUAL BERBAGAI TAS, SEPATU KOPER, DAN AKSESORIS LAINNYA. ALAMAT : JALAN D.I PANJAITAN SEBELAH PINANG LESTARI KM.9 BINTANCENTER MODEL DAN BAHAN-BAHAN TERBARU ALAMAT : JL. MT. HARYONO NO.6 SAMPING KANTOR PM HUBUNGI : 085272502851 MELIALA GAS MENJUAL ISI ULANG GAS 12 KG/3 KG. JL. CUT NYAK DIEN KP.JAWA. TELP : 0771-317735 / HP : 081364247878 FELIX’Z MOBILE MENJUAL BERBAGAI JENIS HANDPHONE BARU/SECOND AKSESORIS / SERVIS. ALAMAT :JL. BRIGJEN KATAMSO DEPAN PINANG VISION. INFO: 085668355955

KEHILANGAN DOMPET BERISI UANG, KTP, STNK, NPWP, SIM, ATM AN. RAYA YUSUF. BG YG MENEMUKAN BS HUB: 08127714590/ TOKO SUCI JL.RJ.ALI HAJI NO.47.DIBERI IMBALAN SURAT TANAH ALAMAT:KAPLING PUNGGUR GG.FLAMBOYAN 7 NO.14 BATAM.INFO HUBUNGI SARDEN : 081991398629

TERIMA PESANAN MNRIMA PSANAN GITAR LISTRIK BRBGAI MERK & TYPE / KEINGINANMU,HARGA 1,5 S/D 3JT. TRSEDIA JUGA GTR SCHECTER HUBUNGI NOMOR :0 8 7 7 5 9 8 8 8 8 1 6 ROCK BURGER ALAMAT SIMPANG PERLA KM.3,TERIMA PESAN ANTAR HUBUNGI S E G E R A : 0 8 1 3 7 2 6 1 8 9 9 9 HOME INDUSTRI ARTHA LANGGENG MENERIMA PESANAN KERIPIK KACANG DANBILIS. ANDA BERMINAT HUBUNGI HANDPHONE : 0 8 5 2 7 2 5 8 5 9 6 4 SENTURY MENERIMA PESANAN ECERAN DAN GROSIR SEMBAKO DAN KEBUTUHAN A N D A S E H A R I - H A R I HUBUNGI SEGERA : EVI 085272116524

SERVICE KOMPUTER INSTAL WINDOWS XP / 7 / 8.HUBUNGI SEGERA : 081991296224

T Y P E 58 / 128 C L U S T E R. READY STOCK.LOKASI HANGLEKIR BT.9 HARGA 350 JT. HANYA TINGGAL 1 DIBINTAN MAS RESIDENCE. HUBUNGI: 0 8 5 3 1 7 6 7 9 4 4 4 RUMAH BERSERTIFIKAT. 3 KMT +3KM.PAM. FULL KRAMIK+FULL TRALIS.PAGAR.GARASI LOKASI JL. SULTAN MAHMUD HUBUNGI : 0 8 1 1 7 0 4 9 2 9 5 ( H A S Y I M ) 1 UNIT R U M A H TYPE 62.SISA TANAH 4X12.FULL KRAMIK.AIR SUMUR+ISI LOKASI JL. D.I PANJAITAN GG.PUTRI SINGKEP BLOK D NO.10 HARGA 450 JT HP : 082323993313 LOKASI KP. KOLAM MEJA TUJUH. SURAT SHM.LUAS TANAH HITAM 200M2.LUAS BANGUNAN 120M2. 4 KMR TDR. 3 KMR MANDI. SUDAH BERPAGAR HARGA 250 JUTA LOKASI PERUMAHAN MUTIARA BINTAN BLOK A NO.16.JL. ADI SUCIPTO BT.10 TYPE 45/108 HARGA NEGO HUB : 081266695396 DIJUAL RUMAH JLN SUTAN SYAHRIR NO.21 YUDOWINANGUN, LT 420M2, HRGA 600JT NEGO, SHM. HUB 081355020110 (TANPA PERANTARA)

BUTUH DANA TUNAI JAMINKAN BPKB MOTOR/ MOBIL ANDA S Y A R A T MUDAH LANGSUNG CAIR HUBUNGI NOMOR : 0 8 1 3 7 2 6 1 8 9 9 9 BUTUH DANA CEPAT SEGERA HUBUNGI KE NOMOR : 085264626299

TOYOTA YARIS & RUSH BULAN MARET. INFO HUBUNGI: MAREKTING AGUNG AUTOMALL (FATRA) 081277360252. PIN BB : 28B9F40I TOYOTA YARIS DAN RUSH DIBULAN MARET I N F O :MARKETING AGUNG AUTOMALL RENDI KASOGI : 0 81 2 7 0 0 0 8 0 0 INGIN KENDARAAN ANDA KINCLONG KUNJUNGI OTO CARE . ALAMAT : JALAN SUNGAI JANG INFO : 0 8 1 3 7 2 9 9 8 8 9 9 MAU BISNIS ? YA ORIFLAME.MODAL KECIL BONUS OK.DAFTAR DPT PRODUK GRATIS I N F O CALL/SMS : 0 8 5 6 6 6 2 8 0 7 5 MENYEDIAKAN GROSIR /SATUAN BAJU KOREA, AKSESORIS, BUSANA MUSLIM SERBA MURAH.MINAT HUBUNGI SEGERA CONTACT PERSON : 0 8 5 6 6 6 2 8 0 7 5 MENYEDIAKAN BAND + PEMAIN UTK ACARA ULTAH,HIBURAN,RESEPSI AGAR LEBIH MERIAH.HUB : 083183258565 (JOHAN)

TOUR & TRAVEL CAKRA INDIKA TOUR DAN TRAVEL HANDPHONE : 0823 9012 2220 / 0771-318865 EMAIL : PT.CAKRAINDIKA@YAHOO.COM

MOTOR VEGA THN 2006, PAJAK HIDUP HARGA 5 JUTA BISA NEGO, KONDISI MASIH BAGUS HUBUNGI : 0 8 1 2 7 6 2 9 9 2 7 9 KIJANG LGX TH98 WARNA BIRU TUA.POWER STERING. POWER WINDOWS. DOUBLE BLOWER. SOLAR.HARGA 75 JT .MINAT HUBUNGISEGERA: 0 8 5 3 1 7 6 7 9 4 4 4 ABADI SEJAHTERA MOTOR. JUAL BELI MOTOR BARU & BEKAS. JL. SOEKARNO HATTA NO.24 HUB: SUJONO 085264049020 NEW MAZDA ALL TYPE.PROMO MARET DISC_VOUCHER BELANJA 5 JT+HP BB.CASH/CREDIT.HUB: FELLY :081270139577 BELI MOTOR.KAMI SIAP DATANG DAN PROSES DIRUMAH ANDA.HUB: SUBHAN:085272088433.RUDI:085264524171 BELI MOTOR.KAMI SIAP DATANG DAN PROSES DIRUMAH ANDA.HUB: ANTO : 08127752230.NORMAN : 082169099697 BELI MOTOR.KAMI SIAP DATANG DAN PROSES DIRUMAH ANDA.HUB: HENDRA:085264886006.TONGA:085263657074 BELI MOTOR.KAMI SIAP DATANG DAN PROSES DIRUMAH ANDA.HUB: DANI:085264434366.BUDI:081276420715 NEW MAZDA ALL TYPE.PROMO MARET DISC_VOUCHER BELANJA 5 JT+HP BB.CASH/CREDIT.HUB: IRWAN:081270234666

MELAYANI PEMESANAN TIKET UNTUK SEMUA ROUTE PENERBANGAN. CONTACT P E R S O N : 0 8 1 3 6 4 3 6 4 4 6 3

SUZUKI MOBIL TPI ERTIGA,ALL NEW SWIFT,SX 4,PICK UP XTRA,PICK UP,DLL.PKT KRDIT HNGGA 6TH, DP TRJNGKAU,ANGSRN RNGAN, HUB. ADE : 081270112012

EMKA TOURS.JUAL TIKET PESAWAT ONLINE KE SEMUA JURUSAN : TELP:0771-7005200/ B B M : 2 7 0 E 2 9 4 F

MOBIL SUZUKI GRAND VITARA’07 OVER KREDIT, BAYAR 40 JUTA. HUB : 0 8 1 2 1 4 0 7 3 4 4 5


Sosok

12

MINGGU 5 MEI 2013

TANJUNGPINANG POS

MUHAMMAD NIZAR, POLITISI MUDA LINGGA

Jabatan Adalah Pengabdian S

ejak duduk di bangku kuliah, Muhammad Nizar memang dikenal sebagai mahasiswa yang vokal. Tidak salah jika kemudian pria kelahiran Pulau Kelombok ini menjadi sosok muda yang berpengaruh di Kabupaten Lingga. Usai menempuh pendidikan di Universitas Sumatera Utara (USU), jurusan Sosial Politik, Nizar aktif di sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Lingga. Kritikan kepada Pemkab Lingga selalu ia lontarkan jika ada kebijakan yang tidak berpihak kepada masyarakat. Hal ini juga yang membuatnya menjadi tokoh muda yang vokal. Tidak hanya aktif

DATA PRIADI: NAMA TTL Pendidikan terakhir Hobi Karir politik

Nama Istri Anak Riwayat Pendidikan:

di LSM, Nizar juga aktif di program perlindungan terhadap terumbu karang (coremap) di Kabupaten Lingga.

Lingga termuda saat itu, Nizar banyak memberikan kontribusi bagi perkembangan di Bunda Tanah Melayu. Tidak hanya memberikan kritikan,

matang dalam berfikir dan memberikan masukan kepada pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang administrasi pemerin-

Kritikan kepada Pemkab Lingga selalu ia lontarkan jika ada kebijakan yang tidak berpihak kepada masyarakat Tidak puas dengan aktif di LSM dan coremap, Nizar kemudian mencoba peruntungan di dunia politik dengan bergabung di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tahun 2009 yang menghantarnya duduk di kursi DPRD Lingga periode 2009-2014. Sebagai anggota DPRD

: : : :

M. NIZAR, S.SOS Kelombok, 03 Februari1982 S1, USU Medan Travelling, Membaca, Organisasi : Anggota DPRD Kabupaten Lingga dari Partai PKB periode 2009- 2014. Ketua Partai Nasdem Kabupaten Lingga periode 2013-sekarang. : Ns. Maratusholiha, S. Kep : Khansa Khalila

1. SDN 025 Kelombok, Lulus Tahun 1994 2. SLTP N 1 Lingga, Lulus Tahun 1997 3. SMU N 1 Lingga, Lulus Tahun 2000 4. S1, USU Medan Lulus Tahun 2004

namun pria sederhana penyuka busana casual ini juga memberikan solusi kepada pemerintah jika ada kebijakan yang tidak menyentuh kepentingan rakyat banyak. Pernah duduk di Komisi I dan Komisi III DPRD Lingga membuat politisi muda ini

tahan, kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. “Menjadi anggota DPRD Lingga banyak memberikan saya pelajaran politik,” kata Nizar kepada koran ini, kemarin. Dia menuturkan, sangat bangga menjadi bagian dari keluarga besar DPRD Lingga. Lembaga ini telah memberikan begitu banyak pengalaman dan ilmu yang berharga guna penggembanggan diri saya ke depan. “Kesempatan berinteraksi dari berbagai karakter dalam setiap acara baik di dalam maupun di luar daerah secara tidak langsung telah membentuk mentalitas untuk saya agar lebih baik dari sebelumnya,” jelasnya. Berdirinya Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang menggadang suara perubahan

bagi negara, menarik perhatiannya. Bahkan, ia rela melepas jabatan sebagai anggota DPRD Lingga hanya karena ingin bergabung di partai besutan Surya Paloh ini. “Alhamdulillah saya dipercaya mempimpin Nasdem di Lingga. Bersama Nasdem saya akan perjuangan aspirasi masyarakat Lingga, hingga kesejahteraan masyarakat cepat tercapai,” kata Nizar. Bagi Nizar, hidup adalah sebuah perjuangan. Agar perjuangan yang dilakukan, berhasil sesuai dengan keinginan, perlu belajar tentang tehnik berjuang. Seorang pemimpin dituntut untuk tidak takut mengambil keputusan. “Semua ada resikonya, baik buruknya akan diketahui jika sudah menjalani,” tuturnya. Namun yang penting, sambung Nizar, jangan jadikan sebuah jabatan sebagai mata pencaharian. Jabatan adalah kepercayaan yang diberikan untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara. “Bekerja dengan hati, cintai pekerjaan, yakin kedepannya akan baik untuk semua. Untuk keluarga mampun masyarakat. Salam Restorasi,” pungkas Nizar. (Tengku)

Tanjungpinangpos 5-MEI-2013  

5-MEI-2013

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you