Issuu on Google+

Halaman - 1


Bismillahirrahmanirrahim Saudaraku yang budiman.. Semoga Alloh memberikan Rahmat-Nya kepada kita semua.. Setiap manusia sejak penciptaannya memiliki tujuan untuk beribadah kepada Alloh Subhanahuwata’ala dan tugas untuk menjadi penebar Rahmat disepanjang kehidupannya. Tatkala manusia sampai diakhir kehidupannya maka yang menjadi bekal sesungguhnya adalah amal ibadahnya. Ibadah kepada Alloh Subhanahuwata’ala secara langsung maupun ibadah kepada-Nya yang bentuk pelaksanaannya berupa menebar Rahmat, kasih sayang, dan kepedulian kepada sesama. Apabila manusia telah menemui ajalnya, maka terputuslah semua kesempatan beramal untuk meraih pahala, Rosululloh Sholallohu’alaihi Wassalam mengkhabarkan ada tiga amalan yang tidak akan terputus pahalanya, sekalipun manusia itu telah menemui ajalnya, salah satu diantaranya adalah Sedekah Jariyah. Rasulullah Saw bersabda, “Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya.” (HR. At-Tirmidzi) Alangkah beruntungnya jika kita termasuk diantara hamba-hamba Alloh yang mampu untuk mengeluarkan sebagian rezeki yang Alloh berikan untuk melaksakan sedekah jariyah. Mengapa beruntung…?? Karena sedekah kita akan diterima Alloh secara langsung dengan tangan kanan-Nya, karena kita akan mendapatkan doa kebaikan dari para malaikat disetiap pagi subuh, karena kita akan diberikan jalan keluar dari setiap masalah yang sedang dihadapi; yang sakit Alloh berikan kesembuhan, yang kehilangan akan mendapatkan pengganti, yang berkurang akan mendapatkan penyempurnaan, yang belum memiliki keturunan akan Alloh berikan keturunan yang sholeh, dan yang pasti pahala diakhirat kelak akan lebih besar dan lebih baik dari amal jariyah kita. Saudaraku yang budiman… Kami mengajak anda untuk ikut serta menyongsong kesempatan yang baik ini, menyalurkan infak sedekah yang akan digunakan untuk pengadaan mushaf-mushaf Al-Qur’an untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan; mereka yang sedang belajar membaca, menghafalkan, atau saudarasaudara kita sesama muslim yang belum memiliki mushaf Al-Qur’an. Niscaya infak dan sedekah anda akan menjadi amal jariyah yang tidak akan terputus pahalanya sekalipun anda telah tiada. menjadi pundi-pundi tabungan amal kebaikan dihari penghisaban semua amal manusia. Aamiin..

Bogor, Agustus 2013

Udan Dimyati Ahmad S.S., M.Pd.I. Ketua Yayasan Takrimulqur’an

Halaman - 2


A. Profil Yayasan Yayasan Takrimul Qur’an merupakan sebuah lembaga nirlaba yang bergerak dalam bidang penghimpunan (fundraising) dan pendayagunaan dana Infak dan Sedekah serta dana lainnya yang halal dan legal dari perorangan, kelompok, perusahaan atau lembaga. Didirikan di Bogor pada tanggal 7 Oktober 2013 dihadapan notaris Nadilah Sungkar, S.H. dengan nomer akta pendirian no. 2.- dan SK Kehakiman No. AHU-7483.AH.01.04 Tahun 2013.

1. Visi Menjadikan Al-Qur’an sebagai Imam kita 2. Misi Melekatkan ummat kepada Al-Qur’an

3. Tujuan a) Terpenuhinya kebutuhan mushaf Al-Qur’an bagi masyarakat muslim. b) Membantu

lembaga-lembaga

pendidikan

Islam

dalam

mendapatkan tenaga-tenaga pendidik agama Islam yang kompeten. c) Memperkuat hubungan persaudaraan antar lembaga-lembaga pendidikan Islam.

4. Program Kerja a) Penyebaran mushaf Al-Qur’an kepada para mitra. b) Kunjungan dan undangan silaturahmi. c) Penyiapan tenaga-tenaga pendidik yang dibutuhkan.

Halaman - 3


5. Legalitas a. Akta Notaris: No. 2.- 7 Oktober 2013, Nadilah Sungkar, S.H. b. SK Kehakiman No. AHU-7483.AH.01.04 Tahun 2013. c. NPWP

: 02.730.158.9-434.000

B. Keutamaan Program 1) Ganjaran yang besar bagi pembaca dan pengajarnya Abdulloh ibn Mas’ud meriwayatkan bahwa Rosululloh ` bersabda: “Barang siapa membaca satu huruf dari Kitabulloh (al-Qur’an) akan mendapatkan satu hasanah (pahala), kemudian setiap hasanah dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala, aku tidak bermaksud alif lam mim adalah satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.”(HR. at-Tirmidzi) 2) Kedudukan yang tinggi di akhirat kelak bagi seorang yang menghafal dan sering membacanya Rosululloh ` bersabda: “Dikatakan kepada ahlul qur’an: “Baca dan meninggilah (di derajat surga) dan tartilkan bacaanmu sebagaimana engkau dahulu mentartilkannya di dunia. Sesungguhnya ketinggian tempat tinggalmu (di surga) sejauh akhir ayat yang engkau baca. (HR. at-Tirmidzi) Keterangan: Untuk meraih kedudukan tinggi di Surga, Alloh memberikan banyak jalan, di antaranya adalah melalui menghafal dan membaca al-Qur’an. Di hadits ini kita dapati seorang yang rajin menghafal dan membaca ditentukan ketinggian derajatnya di surga menurut hafalan dan bacaannya. 3) Al-Qur’an menjadi syafaat bagi pembacanya di akhirat kelak Abu Umamah al-Bahily berkata: aku mendengar Rosululloh ` bersabda: bacalah al-Qur’an, karena sesungguhnya al-Qur’an itu akan

Halaman - 4


datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat untuk para pecintanya.(HR. Muslim) Keterangan: Syafa’at (di akhirat) adalah bantuan dalam mendapatkan ampunan dari Alloh swt. Ada banyak pemberi syafa’at di akhirat nanti, di antaranya adalah para Rosul dan Nabi juga ulama dan syuhada serta demikian juga al-Qur’an member syafa’at kepada pecintanya.

Bagaimanakah bila anda menjadi salah satu pendukung orangorang yang membaca, menghafal, dan mengamalkan Al-Qur’an, dengan anda menyalurkan infak dan sedekah untuk pengadaan mushaf Al-Qur’an yang akan digunakan oleh mereka yang sedang belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an. Maka dengan keikhlasan anda dalam beramal akan menjadi pahala jariah yang tidak akan putus sampai hari kiamat kelak dan tentunya anda akan mendapatkan pahala yang sama tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun.

C. Nilai Sedekah Jariah yang dibutuhkan Rp. 75.000.000,- / 1000 Mushaf Al-Qur’an / Bulan (sudah termasuk biaya Administrasi dan distribusi)

Nilai Sedekah Jariah satu mushaf Al-Qur’an

Rp. 75.000,-

Halaman - 5


D. Penyaluran Mushaf Mushaf-mushaf yang telah diamanahkan kepada Yayasan Takrimul Qur’an akan kami salurkan ke Pesantren-pesantren yang ada di seluruh nusantara. Dengan asumsi di Pesantren mushaf-mushaf yang diberikan akan senantiasa dibaca, dihafal bahkan diamalkan oleh para santri disana, sehingga melalui merekalah In Syaa Alloh akan mengalir pula pahala bacaan, hafalan, dan pengamalan Al-Qur’an kepada para muwakif (Pewakaf Al-Qur’an). Saat ini penyebaran mushaf kami fokuskan di wilayah Pulau Jawa, terutama Jawa Barat, Alhamdulillah dalam waktu satu bulan telah tersebar sebanyak 1600 mushaf al-Qur’an di pesantren-pesantren daerah Jawa Barat.

E. Layanan Kami 1.

Jemput Sedekah (Wil. Bogor: minimal 5 mushaf Al-Qur’an / Rp. 400.000,-)

2.

Jemput Sedekah (Wil. Jakarta & Tangerang minimal 14 mushaf Al-Qur’an / Rp. 1.000.000)

3.

Layanan Bank a. Transfer b. Autodebet Bank Syariah Mandiri 70 63 2070 76

Rekening a.n. Yayasan Takrimul Qur’an

Halaman - 6


PENUTUP

Demikian proposal ini disusun untuk memberikan gambaran kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan. Harapan kami proposal ini dapat memberikan manfaat yang produktif baik internal maupun eksternal. Kelancaran pelaksanaan kegiatan ini sangat memerlukan dukungan dari semua pihak. Semoga kegiatan ini mendapat ridha dari Allah Subhanahuwata’ala sehingga terwujud sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Alamat: Jalan Raya Cimanglid Gg. Purnama Rt. 05 Rw. 01 Sukamantri Tamansari Bogor 16610 Telp 0251 – 848 6314 Hotline : 0821 2532 3757 / 0823 1015 4616 / 0812 8227 7678 Email

: takrimulquran@gmail.com

Pin BB

: 227BAE55

Halaman - 7


Galeri Penyaluran Mushaf Al-Qur’an

PP. Al-Kautsar - Sukabumi

PP. Al-Masturiah - Sukabumi

PP. Al-Mukhlis - Bandung

PP. An-Nida - Bekasi

PP. At-Taqwa - Bekasi

PP. Daar El-Qolam - Tangerang

Halaman - 8


Galeri Penyaluran Mushaf Al-Qur’an

PP. Darul Ulum - Bogor

PP. Darussalam - Cileungsi

PP. Darunnajah – Jakarta Selatan

PP. Sukamiskin - Bandung

Halaman - 9


Proposal YATAQU