Issuu on Google+

Edisi 79 - Tahun VII - Oktober 2012 ISSN 2088-141X

Tabloid Xpresi juga dapat diakses melalui www.ibbi.ac.id

Salam Redaksi

Daftar Isi

Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia, proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu. Kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup masyarakat Indonesia. Tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. Itulah yang memotivasi kami untuk mengangkat Hari Sumpah Pemuda sebagai Xpresi Utama pada edisi kali ini. Rubrik kampus kali ini masih menghadirkan berita seputar Pemaru yang meliputi galeri foto seputar Pemaru serta tanggapan mahasiswa baru IBBI terhadap Pemaru yang mereka ikuti. Rubrik Kuliner kali ini menghadirkan be足rita Bakso Belut Ala Warung Belut, Steak Bebek Khas Bebek Goreng Surakarta, Kerenyahan Kerupuk Pangsit Dalam Semangkuk Mie Ayam, Warung Nasi Bu Hazarah. Akhir kata redaksi tanpa henti-hentinya mengharapkan partisipasi dari para pembaca untuk berkontribusi mengirimkan karya-karya terbaiknya. Tak lupa pula kami terus mengajak rekan-rekan sekalian untuk terus memberikan dan menyampaikan unek-uneknya, kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucap足an selamat kepada siapa saja dengan cara yang begitu mudah, hanya perlu mengirimkan sms ke nomor 087869801990. Selamat membaca, semoga edisi kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Xpresi Kampus

Xpresi Kota

Xpresi Kuliner

9

Xpresi Tekno

10

6

8

Salam Redaksi Xpresi Utama Xpresi Info Xpresi Cerpen Xpresi Puisi Xpresi Resensi Xpresi Profil Surat Nyasar Xpresi Karya Xpresi Zodiak Frame Xpresi

2 3 11 15 16 18 19 20 22 22 23

Divisi usaha i pemimpin umum: juswan tjoe i pemimpin perusahaan: amrin susilo halim i penanggung jawab: ir. b. ricson simarmata, msee i dewan ahli: prof. dr. amrin fauzi, sukiman st, MT, lusiah se, mm i manajer produksi: andriasan sudarso, smn, MM I MANAJER IKLAN: LILI SURYATY, SE, MM I MANAJER SIRKULASI: HALIM LOLY, SE, MM I STAFF SIRKULASI: HARTONO, S.Kom, M.Kom DIVISI REDAKSI I EDITOR IN CHIEF: HUDA PERDANA I REPORTER: Jacques Horatio Wang, ANI I FOTOGRAFER: RIRI KOESNADY I DESAIN GRAFIS: INDAH PUTRI ANGGRAENI ALAMAT REDAKSI: KAMPUS TOPAZ, JALAN DAMAR NO. 9-G, TELP. (061) 4153375, EMAIL: tabloidxpresi@gmail.com, FACEBOOK: Tabloid Xpresi

Desain Sampul Edisi 79 Tahun VII, Oktober 2012 Oleh: Indah Putri Anggraeni

2

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Redaksi menerima tulisan OPINI, FEATURE, LAPORAN PERJALANAN, CERPEN, PUISI, SURAT PEMBACA, SURAT NYASAR serta tulisan lainnya. Redaksi berhak mengedit setiap tulisan tanpa mengubah arti yang terkandung dalam tulisan. Untuk tulisan OPINI, FEATURE, LAPORAN PERJALANAN, CERPEN, panjangnya sekitar 5000-6000 karakter.

Tabloid Xpresi

Xpresi Utama

Merajut Sebuah Harapan Melalui Sumpah Pemuda Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 Bangsa Indonesia dilahirkan, oleh karena itu seharusnya seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia. Kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup masyarakat Indonesia. Tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945. Mengingat kebesaran arti sejarah Sumpah Pemuda bagi perjalanan bangsa kita, maka sepatutnyalah kiranya kita semua tidak hanya mengenang peristiwa besar itu, melainkan juga merenungkan dalam-dalam, betapa pentingnya bagi kita menjadikan peristiwa ini sebagai salah satu di antara berbagai sarana pendidikan bangsa.

Sumpah Pemuda tentu saja berbeda dari pada sumpah-sumpah lainnya. Janji menyatukan bangsa, bahasa dan tanah air Indonesia disertai dengan kesediaan mempertahankan keberadaan dan memajukan kehidupan Indonesia dalam segala aspeknya. Karena itu, Sumpah Pemuda yang diikrarkan pertama kali 28 Oktober 1928 perlu dimaknai sebagai kesanggupan pribadi segenap warga negara, anakanak bangsa dan penduduk Indonesia untuk selalu memajukan derajat kehidupan bangsa, mengapresiasi bahasa dan memelihara tanah air Indonesia. Intisari Sumpah Pemuda adalah Bhineka Tunggal Ika, yang mengandung pengertian bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan aliran politik, tetapi tetap merupakan kesatuan bangsa, atau

bangsa yang satu. Dengan kalimat lain, tercermin di situ satu konsep besar yang indah : kesatuan dalam perbedaan, atau berbeda-beda tetapi satu, atau persatuan dalam keragaman. Mengapresiasi bahasa Indonesia tidak harus diwujudkan dalam bentuk ekstrim semisal menolak pemakaian bahasa asing dan lokal sebagai media komunikasi verbal, bahasa pengantar dan sejenisnya. Juga melakukan parade baca puisi dan berbalas pantun setiap hari. Penting dicatat bahwa memelihara kelenturan sikap dalam ber-Bahasa Indonesia justru akan menjadi faktor pengaya dalam kebhineka tunggal ika-annya. Tentu, perlu ada aturan baku sebagai acuan utama dalam mengupayakan pengayaan itu. Selain menjadi pengatar, Bahasa Indonesia sangat perlu dikembangkan sebagai bahasa

ilmu pengetahuan. Memelihara tanah air bukan saja secara fisik menjaga keutuhan bumi Nusantara beserta segenap sumber daya yang ada dari gangguan asing. Lebih dari itu, menanamkan kesadaran secara dini bahwa kekayaan alam dan budaya akan terdepresiasi oleh waktu yang terbuang percuma, pertambahan jumlah penduduk yang tidak terkendali, tingkat kesadaran sosial yang rendah serta perilaku penguasa yang korup dan sebagainya. Kebanggaan sebagai bangsa merdeka dan berdaulat akan terkikis oleh menguatnya perilaku feodalistik, nepotisme negatif dan demokrasi vandallistik. Api Sumpah Pemuda, yang begitu besar kobarannya dalam mempersatukan bangsa dan mengantar rakyat ke kemerdekaan, perlu dikobarkan lagi bersama-sama. Ini merupakan kewajiban nasional kita, yang bisa dipikul oleh seluruh masyarakat, terutama oleh angkatan muda yang merupakan garda terdepan dalam gerakan reformasi. Akhirnya, memperingati hari Sumpah Pemuda adalah momentum yang sangat tepat untuk merefleksikan jati diri dan merajut sebuah harapan bangsa Indonesia merdeka. Mampukah kita mewujudkan kesanggupan diri sebagai bangsa yang satu, dengan bahasa verbal dan ideologi yang satu serta dengan segenap daya memelihara sumber-sumber kehidupan yang ada di bumi pertiwi yang satu ini. Semua jawaban akan kembali kepada setiap individu yang menyatakan diri sebagai anak-anak bangsa Indonesia.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

3

Xpresi Utama

Sumpah Pemuda dan Bentuk Apresiasinya

Sumpah Pemuda yang diikrarkan pertama kali 28 Oktober 1928 perlu dimaknai sebagai kesanggupan pribadi segenap warga negara, anak-anak bangsa dan penduduk Indonesia untuk selalu memajukan derajat kehidupan bangsa, mengapresiasi bahasa dan memelihara tanah air Indonesia. Memajukan derajat kehidupan bangsa dapat dilakukan sesuai dengan kapasitas diri kita masing-masing. Karena setiap orang punya potensi yang dapat dikembangkan untuk mencapai kapasitas optimalnya. Jika setiap anak bangsa memberikan satu langkah ke depan, bisa dibayangkan betapa lapang jalan yang dapat kita lalui bersama untuk mengatasi krisis multisdimensional saat ini. Lalu apa yang dilakukan siswa siswi SMA Yos Sudarso dan SMA Kalam Kudus Medan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia sebagai bentuk apresiasi kecintaan terhadap bangsa dan negara Indonesia. Berikut ini petikan wawancaranya.

4

Nama : Angel Sekolah : SMA Kalam Kudus Kelas : XI IPA Sumpah pemuda merupakan sebuah pedoman hidup dan harus dihargai karena merupakan bukti perjuangan dan kerja keras bangsa Indonesia yang pada akhirnya membawa kita kepada kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai generasi penerus bangsa menghormati dan menghargai hari sumpah pemuda. Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah dengan belajar dan menunjukkan bakat kita, kreasi dan karta. Kita juga harus bangga bahwa kita adalah bangsa Indonesia yang senantiasa menunjukkan prestasi kita.

Nama : Winna Wijaya Sekolah : SMA Kalam Kudus Kelas : XI IPA Menurut saya, makna dari sumpah pemuda ialah sebagai suatu peristiwa yang sangat berharga dan merupakan dasar tekad bangsa Indonesia dapat memerdekakan bangsa Indonesia. Dengan adanya sumpah pemuda dapat dilihat bahwa bangsa Indonesia mempunyai suatu kesanggupan atau kesadaran akan harkat dan martabat yang dimiliki bangsa. Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah belajar dengan sungguhsungguh agar dapat mengharumkan nama bangsa, serta tentunya menjadi orang yang berguna bagi negara.

Nama : Jessica Tantiani Sekolah : SMA Kalam kudus Kelas : XI IPS1 Menurut saya, sumpah pemuda merupakan awal dari perjuangan bangsa Indonesia yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu. Dengan adanya sumpah pemuda ini mendorong semangat rakyat bangsa Indonesia untuk mengangkat harkat dan martabat hidup masyarakat Indonesia. Bangsa Indonesia juga menjadi termotivasi untuk mencapai kemerdekaannya. Menunjukkan kreasi dan bakat anakanak Indonesia tidak lebih buruk ataupun tidak kalah dengan bangsa di negaranegara lain. Bukan hanya bakat-bakat besar, bakat sekecil apapun juga bisa.

Nama : Ester Sekolah : SMA Kalam Kudus Kelas : XII IPA Menurut saya, sumpah pemuda itu merupakan sebuah bukti nyata dari pemudapemudi Indonesia yang dari dulu memang sudah berjuang keras untuk mengangkat harkat dan martabat hidup masyarakat, terutama pemuda-pemudi Indonesia. Dari diikrarkannya sumpah pemuda di tanggal 28 Oktober 1928, pemuda-pemudi diharapkan dapat membulatkan tekad mereka dan terus memajukan derajat hidup bangsa kedepannya. Yang dapat saya lakukan untuk memajukan derajat hidup bangsa ini ialah dengan membuktikannya melalui prestasi-prestasi yang saya capai disekolah.

Nama : Fedora Sekolah : SMA Kalam Kudus Kelas : XII IPA Sumpah pemuda merupakan suatu pedoman bagi generasi muda bangsa Indoneisa yang telah ditanamkan oleh para pejuang bangsa dimana pedoman ini menunjukkan arah yang benar bagi generasi muda dalam melanjutkan perjuangan dan mendorong generasi muda untuk memiliki tekad dalam memajukan Indonesia. Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah dengan menghargai bangsa, bahsa, dan tanah air kita yaitu Indonesia. Kemudian, belajar dengan sungguh-sungguh sejak dini guna memajukan bangsa Indonesia di masa depan.

Nama : Junardy Utama Sekolah : SMA Kalam Kudus Kelas : XI IPS1 Menurut saya, sumpah pemuda adalah sebuah bukti dimana rakyat Indonesia berusaha untuk melepaskan diri dari penjajah, untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Sumpah pemuda juga merupakan sebuah tekad bersama dari semua rakyat Indonesia yang dipelopori oleh para pemuda untuk dapat mengusir penjajah. Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah bermimpi yang lebih tinggi agar kelak dapat menjadi orang yang dikenal oleh dunia tetapi bukan hanya bermimpi tapi belajar dengan tekun untuk mengejar mimpi tersebut.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Utama Nama : Dewi Nugroho Sekolah : SMA Kalam Kudus Kelas : XII IPA Menurut saya, sumpah pemuda itu adalah suatu awal lahirnya rasa nasionalisme di Indonesia dimana semua suku, ras dan agama bersatu menjadi satu dan menggabungkan perbedaan-perbedaan yang ada menjadi suatu bentuk kekuatan untuk mempertahankan negara. Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah dengan mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri, serta melakukan berbagai macam usaha yang mampu mengangkat nama Indonesia ke kancah Internasional.

Nama : Steven Sekolah : SMA Kalam Kudus Kelas : XII IPA Menurut saya sumpah adalah titik awal kebangkitan pemuda Indonesia dimana pada saat itu mereka sadar bahwa mereka adalah satu yakni Indonesia dan sejak saat itu pula para pemuda Indonesia berjuang bersama-sama melawan penjajah. Seharusnya kita sebagai pemuda harus bisa melanjutkan maksud dan cita-cita tersebut. Hal paling sederhana dan pertama yang dapat kita lakukan adalah dengan menghargai bangsa ini, dengan cara bangga menggunakan produk dalam negeri, bangga terhadap budaya sendiri, jangan sampai kebudayaan asing malah merusak kecintaan kita terhadap budaya asli Indonesia.

Nama : Gloria Iverose Jesselyn Sekolah : SMA Yos Sudarso Kelas : X 2 Menurut saya makna sumpah pemuda adalah kembali kita mengingat setiap perjuangan, juga sebagai suatu momentum proses perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun telah dijajah oleh negara lain dan kembali menumbuhkan rasa cinta pada tanah air. Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah harus kreatif dan lebih banyak melakukan kegiatan sosial agar masyarakat Indonesia dapat bangga dengan negara ini. Sebagai generasi muda sudah seharusnya kita meningkatkan kedamaian menghindari kekerasan dan tawuran.

Nama : Nella Mutiara Hutapea Sekolah : SMA Yos Sudarso Kelas : XII IPA1 Sumpah pemuda untuk mengakui bangsa kelahiran saya adalah bangsa Indonesia bukan negara lain. Dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara. Tidak menggunakan bahasa asing di dalam bahasa Indonesia. Pada intinya jangan sampai ada penghinaan terhadap bahasa Indonesia. Contohnya kata serius menjadi “cius�, semangat menjadi “cemungut�, menurut saya itu sudah penghinaan terhadap bahasa indonesia. Jadi, untuk generasi muda maknailah sumpah pemuda itu. Dengan belajar dan memiliki attitude yang baik saya sudah dikategorikan sebagai pemuda yang menghargai bangsa dan negara.

Nama : Vanny Rustam Sekolah : SMA Yos Sudarso Kelas : XI IPA Menurut saya sumpah pemuda adalah perjuangan para anak-anak bangsa Indonesia yang menyadari dan bertekad untuk memajukan bangsa Indonesia untuk awal yang baik dan masa depan yang cerah. Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah dengan cara belajar dan bekerja keras karena dengan keberhasilan saya dalam belajar itu berarti saya membanggakan orang tua, sekolah, teman, keluarga dan bisa dijadikan contoh untuk generasi muda yang akan datang.

Nama : Rudi Sekolah : SMA Yos Sudarso Kelas : XI IPS Sumpah pemuda menurut saya adalah persiapan kemerdekaan Republik Indonesia dan dimana pemuda-pemudi mengucapkan sumpahnya sehingga Indonesia memiliki tekad yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia. Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah dengan belajar dan bekerja keras demi mengharumkan nama bangsa sehingga harkat dan martabat bangsa dapat terangkat dan menjadi negara yang dapat dibanggakan oleh masyarakatnya.

Nama : Andri Jonatan H Sekolah : SMA Yos Sudarso Kelas : XII IPA Sumpah pemuda menurut saya adalah suatu bukti yang nyata bahwa Indonesia memiliki potensi pemuda yang luar biasa yang ikut ambil peran untuk memperjuangkan kemerdekaan negara kita Indonesia. Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah belajar dan membantu orang lain guna memiliki sifat pemuda Indonesia yang baik dan masyarakat sekitar pun bangga terhadap kita.

Nama : Mirna Ria Manalu Sekolah : SMA Yos Sudarso Kelas : XI IPA Makna sumpah pemuda menurut saya adalah agar kiranya kita tidak malu akan bangsa dan tanah air kita, karena untuk memperjuangkannya sungguhlah sangat sulit. Yang dapat saya lakukan untuk dapat memajukan derajat kehidupan bangsa Indonesia ialah belajar dengan dengan tekun agar apa yang saya cita-citakan dapat tercapai dan jika nanti saya berada di kedudukan yang paling atas saya akan memberikan contoh yang baik kepada bawahan saya.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

5

Xpresi Kampus

U

Habis PEMARU, Mulailah Kuliah

sai menyambut mahasiswa baru lewat PEMARU Gelombang I, STIE-STMIK IBBI kembali menjamu mereka lewat PEMARU Gelombang II dan III yang diadakan 3-5 September dan 17-19 September. Hari pertama mahasiswa baru diberikan kesempatan mengenal Kampus IBBI lebih dekat dan mengajukan berbagai pertanyaan seputar dunia kampus. Setelah itu, PEMARU akan diadakan di alam bebas dengan konsep outbond training. Dalam pembukaan PEMARU, Ketua Panitia Pemaru IBBI 2012, Andriasan Sudarso, S.Mn., MM mengatakan PEMARU yang bertema membangun pribadi yang berilmu, kreatif dan berinovatif dengan tujuan membentuk karakter calon mahasiswa yang mandiri, disiplin, kreatif, inovasi, dan tetap menjunjung tinggi norma dan nilai-nilai kekeluargaan sehingga saat mereka masuk ke dunia kampus mereka akan lebih mudah memahami dan mengenal kehidupan dunia kampus dengan segala prosedur kampus yang berlaku. Usai itu, Ketua STIE IBBI, Prof. Dr. Amrin Fauzi mengatakan bahwa mahasiswa yang

Kreatifitas dan kekompakan tim memungkinkan peserta PEMARU melewatkan rekannya melalui pagar tali.

masuk akan dilatih, tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan semata melainkan juga beragam hal-hal lain yang dibutuhkan demi menjadi manusia yang bermoral.

Wakil Ketua I STIE IBBI. Lusiah S.E., MM dan Wakil Ketua I STMIK IBBI. Sukiman S.T., M.T. juga memberikan arahan tentang kurikulum dan metode pembelajaran

yang ada di STIE-STMIK IBBI. Wakil Ketua III STIE IBBI, Budijanto, S.Si., M.Si dan Wakil Ketua III STMIK IBBI Andriasan Sudarso, S.Mn., MM memberikan arahan tentang tata tertib di lingkungan kampus, serta memperkenalkan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di STIE-STMIK IBBI. Usai mendapatkan pembekalan yang lengkap mengenai dunia kampus dan sistem yang berlaku di STIE-STMIK IBBI, peserta PEMARU pun diberangkatkan menuju Kampoeng Stakoetoe pada hari kedua untuk mengikuti berbagai kegiatan outbound training yang telah dipersiapkan untuk melatih kekompakan, percaya diri, kemandirian, kerja sama tim, keberanian, dan ketahanan mental. Tak terasa tiga gelombang PEMARU telah usai. Kini saatnya mahasiswa baru mengawali hari mereka dengan mengecap nikmatnya dunia perkuliahan, dunia di mana apa yang telah mereka dapatkan melalui permainan outbound akan membantu mereka semakin akrab dan siap menyongsong hari esok yang gemilang. (jhw)

Makan bersama semakin mendekatkan peserta PEMARU.

Tebak warna dalam games ini ,peserta harus satu suara dan kebersamaannya harus ada

Bola berjalan ini dengan menggunakan kaki- paha jgn sampai jatuh bolanya.

Sebelum memasuki tenda peserta harus dpt tiket khusus yaitu masuk lumpur

6

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Kampus

A

Xpresi Mereka!

pa kata mahasiswa baru tentang PEMARU yang mereka ikuti? Berikut tiga pertanyaan yang ditanyakan kepada sepuluh mahasiswa baru yang siap menempuh semester awal mereka

di STIE-STMIK IBBI: Bagaimana pendapatmu mengenai PEMARU yang diadakan IBBI? Mengapa kamu memilih IBBI untuk melanjutkan studimu? Apa harapan yang ingin kamu wujudkan dengan kuliah di IBBI? (jhw)

Nama : Chintia Priyanti Asal Sekolah : SMK Brigjen Katamso Jurusan : S1 Manajemen Pemarunya : Seru, menguji keberanian serta belajar memahani arti kebersamaan. Pilih IBBI : Karena peluang kerja lebih terbuka serta cocok untuk mahasiswa/mahasiswi yang sudah bekerja. Harapannya : Ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi dan menjadi yang terbaik di masa yang akan datang serta bisa mengikuti kegiatankegiatan mahasiswa (panitia PEMARU) :)

Nama : Kinanti Karina Mendrofa Asal Sekolah : SMA Dharma Patra P. Brandan Jurusan : S1 Manajemen Pemarunya :Sudah baik. Dari segi keamanan, kebersihan, dan lainnya. Lalu PEMARU yang diadakan tidak membuat orang menjadi down, karena kakak Pembinanya melakukan kegiatan untuk membentuk karakter, bukan di-bully seperti universitas lain. Gamesnya OKE! Pilih IBBI : Karena IBBI mempunyai kualitas dan ilmu yang sudah baik, serta mempunyai prospek gemilang setelah lulus dari IBBI. Harapannya : Menjadi mahasiswi yang berprestasi dan meluaskan ekspresi di IBBI. Membuat karya yang baik di IBBI.

Nama : M. Agung Aditya Asal Sekolah : SMA Nusantara Lubuk Pakam Jurusan : S1 Teknik Informatika Pemarunya : Seru, cukup menantang, asyik, bisa bersosialisasi dengan teman-teman kampus di alam terbuka. Pilih IBBI : Selain karena niat, ada juga saran dari Paman untuk bisa masuk IBBI. Harapannya : Ingin menjadi mahasiswa yang lulus dengan hasil yang memuaskan. Selain itu saya ingin memiliki pengalaman yang lebih luas lagi.

Nama : Martha Domini Zai Asal Sekolah : SMA Lentera Harapan Nias Jurusan : S1 Akuntansi Pemarunya : Sangat menikmati sekali PEMARU yang diadakan IBBI karena ini pengalaman pertama bagi saya untuk ikut outbound. Walaupun pertama kali sangat takut, namun setelah menjalaninya, saya menikmatinya. Apalagi panitianya sangat baik. Pilih IBBI : Saya percaya IBBI mampu menjadikan saya pebisnis yang sukses melalui pembelajaran yang diberikan. Harapannya : Menjadi orang yang sukses dan kembali ke Nias untuk membagi kesuksesan saya untuk orang di daerah saya.

Nama : Deri Natanaic Ketaren Asal Sekolah : SMAN 1 Pancur Batu Jurusan : S1 Teknik Informatika Pemarunya : Penuh tantangan yang berkualitas! Pilih IBBI : Karena IBBI banyak mengeluarkan sarjana yang bagus dan banyak memenangkan perlombaan. Harapannya : Menjadi sarjana yang baik dan berkarakter dengan mental yang kuat.

Nama : Faradiba Asal Sekolah : SMA Sultan Iskandar Muda Jurusan : S1 Akuntansi Pemarunya : Baik! Sangat mendidik dan tidak mengutamakan kekerasan dan emosi tetapi lebih disiplin dan sikap yang terpuji. PEMARU di IBBI juga bukan hanya untuk bersenang-senang, tetapi menanamkan rasa kekeluargaan, kekompakan antar sesama mahasiwa-mahasiswi. Pilih IBBI : Karena IBBI telah lama dibentuk tetapi sampai sekarang tetap maju, berarti IBBI adalah PTS yang bagus untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Harapannya : Menimba ilmu dan menjadi orang sukses lalu mampu bersaing di zaman globalisasi ini.

Nama : Rahul Roy Asal Sekolah : SMK-TI Raksana Jurusan : S1 Manajemen Pemarunya : Sangat baik karena Pemaru ini memberi saya banyak teman dan memperoleh pola pikir yang baik dengan menerima kesalahan orang lain. Pilih IBBI : Karena IBBI adalah perguruan tinggi yang baik dan dapat membawa saya menuju masa depan yang gemilang. Harapannya : Menjadi sarjana di IBBI karena IBBI adalah Perguruan Tinggi kebanggaan saya.

Nama : Jeffry Asal Sekolah : SMA Galatia II Jakarta Jurusan : S1 Manajemen Pemarunya : Sangat seru dengan acara dan games yang dapat membangun karakter yang berbudi pekerti, disiplin, dan bisa bekerja sama dengan teman-teman. Pilih IBBI : Karena IBBI adalah tempat kuliah yang cocok untuk orang yang ingin belajar disiplin, bekerja sama, dan dapat mengenali serta menghargai perbedaan antar etnis dan agama. Harapannya : Ingin menjadi seorang sarjana yang mengharumkan nama IBBI sendiri dan Indonesia.

Nama : Maritin Asal Sekolah : SMA WR Supratman 1 Medan Jurusan : S1 Manajemen Pemarunya : Benar-benar berbeda dengan yang lain. Selain kreatif, seru, dan panitianya juga sangat baik. Jujur, pertama mengikuti PEMARU saya sangat tidak suka tetapi selama tiga hari mengikuti Pemaru, saya benar-benar suka IBBI. Pilih IBBI : Karena kuliah di IBBI sangat kreatif dan saya juga sudah mendengar IBBI dari kakakkakak saya dan menurut saya IBBI-lah yang paling baik dan bisa membawa saya menuju masa depan yang baik dan sukses. Harapannya : Ingin menjadi seorang sarjana yang mengharumkan nama IBBI sendiri.

Nama : Hazelene Asal Sekolah : SMA Sisingamangaraja, T.Balai Jurusan : S1 Akuntansi Pemarunya : Bagus dapat membuat saya lebih berani menghadapi masalah dengan permainan yang diadakan dan lebih kompak dengan teman-teman sekelompok saya. Panitia PEMARU IBBI tegas dan disiplin menghadapi saya. Pilih IBBI : Karena IBBI adalah perguruan tinggi yang dapat membawa saya menuju masa depan yang gemilang. Harapannya : Ingin menjadi seorang sarjana yang mengharumkan nama IBBI sendiri dan Indonesia. Harapan terbesar saya adalah membanggakan kedua orang tua saya.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

7

Xpresi Kota

R

Dara kota Medan Antusias Ikuti Ajang Miss Celebrity 2012

atusan wanita muda cantik dan berbakat ramai memadati Plaza Medan Fair, Sabtu (15/9). Daradara Medan ini mengikuti audisi Miss Celebrity 2012 yang diadakan stasiun TV Swasta Indonesia. Sudah 4 dekade penyelenggaraan Miss Celebrity berlangsung di Medan. Ibu kota provinsi Sumatera utara ini masih menjadi pilihan untuk audisi, karena peminat ajang pencarian bakat dan kecantikan ini selalu ramai.”Wanita Medan cantik-cantik. Jadi, saat penyelenggaraan acara ini begitu ramai,”ucap Public Relation SCTV, Metha Tri Rezeki. Metha mengatakan, pada Sabtu kemarin, ratusan gadis remaja itu mengikuti seleksi untuk menjaring 20 peserta. Selanjutnya, dari ke-20 peserta tersebut akan kembali unjuk kebolehan pada hari ini (16/9) untuk mendapatkan 10 besarnya. Ke-10 besar “Miss Celebrity 2012″ perwakilan dari Medan yaitu Dhita Sadrina,

Aisyah Maharani, Hanan Hilal Badres, Putri Asyari, Andini Eka Putri, Imas Fitriawati, Annisya Febri, Cipta Putri, Haviza Devi dan Winda Lorenza. Dalam tahap awal audisi yang digelar di hari pertama, dilakukan seleksi admisnistrasi, pengukuran berat dan tinggi badan, performance, proposional tubuh, kesehatan gigi, kulit, kebersihan wajah, serta kemampuan berkomunikasi, cara berjalan, akting, serta presenting. Dari 20 finalis yang berhasil dalam audisi hari pertama akan beradu akting dengan artis Dimas Beck dihadapan ketiga juri, Minggu (16/9). Selanjutnya, dewan juri akan memutuskan 10 peserta mana saja yang berhasil. Barulah berkas dari 10 finalis itu akan dibawa ke Jakarta untuk seleksi yang berikutnya sampai babak grandfinal. Mereka yang terpilih dalam acara yang dihibur oleh penampilan penyanyi Audrey ini akan menjalani masa karantina selama 1 Minggu dari tanggal 11-17 Ok-

tober 2012 di Putri Duyung Cottage, Ancol. Ketika Karantina, dara cantik itu akan mendapat beragam pembekalan seperti acting, presenting/ public speaking, modeling, coreography, photo session, manner, visit company, promo session di

program Inbox dan Infotainment. Metha berharap, dalam ajang tersebut akan didapatkan selebritis baru Indonesia yang siap terjun ke dunia akting maupun presenting seperti para pemenang Miss Celebrity sebelumnya. (Ani)

Plaza Medan Fair Gelar Bazar Buku Tulis Murah

Pembinaan Gerakan Pramuka di Medan akan Ditingkatkan

Selama liburan sekolah kemarin, Plaza Medan Fair menyelenggarakan bazar buku tulis murah. Warga Medan pun tak mau melewatkan kesempatan ini untuk memenuhi berbagai keperluan sekolah anak-anaknya karena harga yang ditawarkan oleh Plaza Medan Fair jauh di bawah harga pasar. Rosmiaty ( 47), salah satu orang tua siswa mengatakan, bazar ini sangat membantu dirinya dalam meringankan biaya untuk membeli keperluan sekolah anaknya. “ Harga buku di sini sangat murah dibanding beli di kedai, saya sangat terbantu dengan bazar ini,”katanya. Ditemui dilokasi yang sama, Agus Gunawan, Marketing Director Bazar menuturkan, bazar buku murah ini dibuat untuk membantu perekonomian warga khususnya dalam memenuhi kebutuhan anak-anaknya memasuki tahun ajaran baru.” Kami menyelenggarakan acara ini di tujuh kota di Indonesia. Antara lain Solo, Surabaya, Bali, Medan, Makasar. Cirebon, dan Banjarmasin,”sebut Agus. Agus menjabarkan berbagai jenis buku yang mereka jual. Diantaranya buku berisi 30 lembar seharga Rp14.000, 38 lembar seharga Rp 17.000, 50 lembar dengan harga Rp 22.000, 58 lembar seharga Rp 25.000 dan 100 lembar seharga Rp 21.000 dengan tiap bungkusnya berisi 10 lembar buku. Dalam acara ini juga diisi acara hiburan bagi warga yang menghadiri diantaranya dance, break dance, dan luky draw. (Ani)

Pembinaan gerakan pramuka di Kota Medan akan lebih ditingkatkan lagi sebab, gerakan ini menjadi wadah pembentukan pendidikan karakter bangsa yang dilakukan mulai sejak tingkat SD, SMP dan SLTA. “Untuk itu saya akan meningkatkan pembinaan gerakan pramuka di Kota Medan,” kata Wali Kota Medan Drs H Rahudman Harahap MM didampingi Wakil Wali Kota Drs H Dzulmi Eldin MSi usai menerima penghargaan tertinggi di bidang kepramukaan yakni Lencana Melati di Lapangan Ika Bina Labuhan Batu, Rantau Prapat, Sabtu (22/9). Apalagi, lanjutnya, sesuai dengan instruksi dari Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof. Dr dr Azrul Azwar MPH agar pemerintah daerah dan kota lebih merapatkan barisan dan menyatukan gerak langkah dalam rangka pembentukan karakter generasi muda. Sekaligus peningkatan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa. “Yang paling utama membangun karakter generasi muda kita mulai tingkat SD, SMP dan SMA. Salah satu caranya bisa dilakukan dengan peningkatan diiplin. Sebab, orang yang disiplin itu memiliki karakter. Untuk hasil yang optimal dalam pembentukan watak, kepribadian dan akhlak mulia, bisa diperoleh dengan mengikuti pendidikan gerakan pramuka,” ungkapnya. Dengan diterimanya penghargaan Lencana Melati, Wali Kota mengaku semakin termotivasi untuk meningkatkan pembinaan gerakan pramuka di Kota Medan. “Saya mengucapkan terima kasih atas penganugerahan penghargaan tertinggi di bidang kepramukaan ini. Untuk meningkatkan pembinaan gerakan pramuka di Kota Medan, saya akan menata lahan Cadika Pramuka di Jalan Karyawisata Medan. Saya ingin menjadikan tempat itu benar-benar sebagai kawah candradimuka pramuka di Kota Medan. Dengan demikian gerakan pramuka di Kota Medan lebih baik lagi,” katanya.

8

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Ungkapan senada disampaikan Wakil Wali Kota Medan Drs H dzulmi Eldin mSI, guna peningkatan pembinaan pramuka, dia selaku Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Medan berrjanji akan megaktifkan kembali gugus-gugus depan yang ada di Kota Medan. Sedangkan dalam mengembangkan generasi muda untuk lebih baik lagi, maka nantinya akan diaktifkan kembali jambore pelajar. “Selama ini jambore pelajar saya lihat kurang aktif. Untuk itu harus kita aktifkan kembali. Caranya, kita akan menyurati eluruh kwartir-kawartir yang ada. Saya yakin dengan cara ini gerakan pramuka di Kota Medan semakin bergeliat dan lebih aktif lagi dalam rangka pembentuikan karakter generai muda,” jelas Wakil Wali Kota. Penganugerahan tanda penghargaan Lencana Melati ini diterima Wali Kota dan Wakil Wali Kota Medan dalam apel besar peringatan Hari Pramuka ke 51 Tahun 2012 yang dilaksanakan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara di lapangan Ika Bina Labuhan Batu. Penghargaan itu disematkan langsung Plt Gubsu H Gatot Pujonugro ST selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut yang bertindak ebagai pimpinan apel. Ketika memberikan sambutan, Gatot berharap Hari Pramuka ke 51 Tahun 2012 ini dapat mendorong kemandirian gerakan pramuka untuk keberhasilan pembentukan karakter kaum muda. Untuk itulah Gatot mengajak semua untuk kembali bersama-sama memantapkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka yaitu nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, kasih sayang sesama manusia, tolong menolong, gotong royong, bertanggungjawab, disiplin, hormat kepada orang tua, sederhana, suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan. (ant)

Xpresi Kuliner

Bakso Belut Ala Warung Belut Bakso, bila mendengar namanya dan mencium aromanya yang lezat. Siapapun tidak mampu menolak kelembutan dan aroma daging yang khas dari panganan bundar ini. Daging ayam dan sapi telah banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya yang identik dengan bahan dasar dari pembuatan bakso. Namun di

Warung Belut Jo yang berlokasi di komplek Multatuli D No.4 Medan statement itu pun tergantikan. Kedua komponen utama dalam mengolah bakso tersebut kini sudah tergantikan oleh belut. ” kami satu-satunya warung di Medan yang menghadirkan bakso dari daging belut,”tutur Muis, manager operasional dari outlet yang buka sejak pukul 10.00 pagi sampai malam ini. Ditemui dilokasi baru Belut Jo dengan fasilitas udara pendingin serta deretan sofa dan kursi yang tersusun rapi di ruangannya. Muis mengungkapkan, ide mengolah belut menjadi bahan dasar pembuatan bakso ialah satu bentuk

keinginan untuk menampilkan beberapa menu berbeda dari yang sudah ada. Ia menjabarkan, untuk proses pembuatannya dipergunakan 700 gram daging belut dan 300 gram tepung serta pengental.”Daging harus lebih banyak agar lebih terasa di lidah,”imbuhnya. Kendati belut terkenal amis dan berlendir, aroma itu tidak berasa untuk bakso yang disajikan oleh Belut Jo. Hal itu terjadi, lanjut Muis, karena mulai dari pemotongan belut sampai pembuatan bakso melalui proses pencucian 3 kali dengan air garam agar amis dan lendir yang ada dibelut hilang. Muis pun menambahkan, tampilan warna bakso juga berbeda disebabkan

Steak Bebek Khas Bebek Goreng Surakarta Bebek Goreng Surakarta ialah resto yang menawarkan bebek sebagai menu andalannya. Selain itu tempat makan yang buka pada pukul 10.00 pagi hingga 11.00 malam di hari Senin sampai Jumat dan 12.00 malam untuk Sabtu hingga Minggu ini juga menyediakan beragam kreasi bebek yang diolah sedemikian rupa dan mengundang selera. Edi Saswito merupakan pimpinan cabang dari Bebek Goreng Surakarta mengatakan, outlet ini didirikan dalam rangka mengobati kerinduan masyarakat Medan khususnya suku Jawa yang berdomisili di ibu kota provinsi Sumatera Utara itu dalam menikmati masakan asli Surakarta. “Ibaratnya seperti bernostalgialah, karena Surakarta masih termasuk wilayah Solo dan masih menjadi bagian dari Pulau Jawa,”ungkap pria berumur 36 tahun itu. Edi mengatakan, dipilihnya bebek sebagai menu utama dari outlet yang telah hampir setengah tahun berdiri ini karena bebek memiliki protein lebih tinggi ketimbang daging lainnya. Selain Bebek Goreng Surakarta sebagai menu andalan di sana. Edi menjabarkan berbagai menu lainnya yang tidak kalah digemari seperti gurami dan lele yang dimasak asam manis dan cabai hijau. Steack Rasa Blackpaper Sangat Diminati Ingin menawarkan suatu menu unik dan berbeda dari biasanya. Edi mencoba menghadirkan steak berbahan dasar daging bebek. Resto yang mengguna-

kan kursi rotan sebagai fasilitas tempat duduknya ini menawarkan rasa blackpaper yang mengugah selera. Steak tersebut, imbuh Edi, disajikan bersama brown sauce dan blackpaper sauce untuk membuat rasanya lebih nikmat dan mengena. Kemudian tempat makan berkapasitas 80 sampai 100 orang ini juga menyediakan nasi goreng bebek, kampung, ayam, seafood dan mie tiaw goreng bebek, cap cai seafood, tumis kangkung seafood, serta cah brokoli seafood. Tersedia Jus Berbagai Kombinasi Rasa Tidak hanya masakan yang diunggulkan di situ. Bermacam jenis jus dengan rasa dan warna menarik juga mereka hadirkan. Menurut Edi, jus yang mereka tawarkan diolah dengan penyajian ala bartender yang unik. Alhasil dari konsep tersebut, mereka menyajikan kreasi minuman yang nikmat seperti jus buah kombinasi, strawberi, nenas, wortel, jeruk, leci, dan melon dengan rasa lebih segar.

oleh campuran alami yang mereka gunakan saat pengolahan. Selain itu, meskipun tanpa tambahan bahan pengawet, tetap bertahan sampai seminggu karena daging dimasak lebih dahulu sebelum dicampur dengan tepung. Untuk penyajian, baksonya disajikan bersama mie kuning dan putih dengan suiran ayam dan bawang goreng yang disiram dengan kuah kaldu agar cita rasa belut dan ayam lebih menyatu. Selain bakso, Belut Jo juga menawarkan dua menu lainnya yakni soto dan kari. Kedua menu ini menggunakan belut tanpa tulang dengan potongan segi empat yang digoreng dahulu baru disiram dengan kuah kari maupun soto.

Kerenyahan Kerupuk Pangsit Dalam Semangkuk Mie Ayam Mie Ayam Polonia adalah salah satu dari sekian outlet yang menjadikan mie ayam sebagai sajian utamanya. Sang pemilik rupanya cukup piawai dalam membaca pasar dengan membidik daerah ringroad sebagai tempat pemasarannya. Hal ini juga turut memudahkan kuliners Medan untuk memanjakan lidah mereka dalam menikmati semangkuk mie ayam. Menurut Wito, dinamakan Mie Ayam Polonia agar tamu yang singgah ke sana selalu ingat dengan tempat tersebut dan ingin kembali lagi.”Polonia dikenal sebagai Bandar Udara di Medan. Jadi, kalau ingat Bandara Polonia mudah-mudahan ingat sama tempat ini,” ungkap wito merupakan pimpinan cabang dari tempat makan yang berdiri sejak 2 bulan ini. Wito mengatakan, kendati baru beberapa bulan ada tapi segmentasi pasar terus mengalami peningkatan secara signifikan. Semua itu, imbuhnya, karena penyajian yang cepat, rasa lezat, serta harga merakyat. Wito menyebutkan, pilihan menu di tempat ini terdiri dari mie ayam kerupuk, ceker, dan bakso. Mie Ayam Polonia hanyalah nama tempatnya sedangkan menu utamanya yakni mie ayam kerupuk. Ia adalah mie yang disiram dengan semur ayam, acar cabai, serta dikombinasi dengan kerupuk pangsit pada bagian pinggir mangkuk. Selanjutnya untuk mie ayam ceker dan bakso juga berisi mie dengan ayam semur yang ditambah dengan ceker maupun bakso namun tanpa penambahan kerupuk pangsit di dalamnya. Wito menambahkan, bagi konsumen yang ingin mencoba menu lain selain mie ayam juga tersedia di situ. Mereka adalah nila filet, lele dan ayam penyet. Untuk tumisan juga tidak ketinggalan misalnya tumis kangkung dan genjer dengan irisan cabai merah di atasnya. “ Nila filet ialah nila tanpa tulang yang dikombinasi dengan cabe ijo, urap, selada, timun, dan nasi sebagai pelengkap,”jelas Wito. Wito mengatakan, di sana tersedia juga cemilan sejenis Siomay Bandung yang berisi bakso, kentang, tahu sumedang, dan kol yang disiram dengan bumbu kacang tumbuk dengan rasa gurih dan harum.

Warung Nasi Bu Hazarah Rumah makan yang berada di persimpangan Jalan Karantina ini begitu ramai pembeli ketika jam sudah menunjukkan pukul 7 malam. Pemiliknya adalah Asrad dan Hazarah, sepasang suami istri yang mengawali bisnisnya ini dengan sekedar cobacoba. Namun setelah 2 sampai tiga bulan usaha itu berjalan orang-orang akhirnya ramai berkunjung ke sana. “Sudah satu tahun kami berdagang di sini. Dulunya ini hanyalah sebuah tempat pembuangan sampah,”ungkap Arsad.

Dengan mendirikan sebuah tenda serta beberapa deret kursi dan steling tempat memajang menu. Arsad menawarkan lontong, nasi lemak, ayam goreng, gulai ikan, serta beragam masakan lain yang ia buat bersama sang istri. Menu yang dihadirkan oleh warung yang mengambil nama sang istri sebagai nama tempat ini layak dijadikan referensi karena rasanya yang lezat dan harga merakyat. Mahasiswa merupakan pengunjung tetap yang banyak singgah

ke situ. Alhasil, setiap malamnya Arsad berhasil menjual 100 piring nasi dan lontong

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

9

Xpresi Tekno

T

ak lama setelah mengeluarkan MacBook dengan kemampuan retina eye, kali ini Apple mengeluarkan berbagai varian terbaru dari gadget mereka, salah satunya iPhone. Apple sendiri menyebutnya the biggest thing to happen to iPhone since iPhone. Dibalut dengan desain tubuh baru berbahan aluminium dan kaca, iPhone 5 memberikan kesan mewah dan solid. Potongan seperti berlian menambah indah hasil karya Apple kali ini plus ketipisan yang makin wah dibanding pendahulunya. Kini iPhone5 dirilis dengan ukuran 7,6 mm dan 112 gram yang berarti 18 persen lebih tipis, 20 persen lebih ringan, dan 12 persen lebih kecil. Sebagai otak di balik semua itu, Apple menanamkan iOS 6 dan prosesor terbarunya—A6 yang digadang mampu bertahan lebih lama dalam segi energi dengan performa maksimum, dua kali dibanding prosesor A5. Layar retina empat inci siap memberikan warna 40 persen lebih hidup dengan resolusi 1136x640, 18 persen lebih lebar dibanding pendahulunya. Hasilnya menonton video ataupun bermain game semakin asyik.

iPhone 5 Akhirnya Dirilis Apple juga meningkatkan performa wireless iPhone dengan menyempurnakan chip LTE menjadi satu keping namun tetap hemat energi dan cepat. Koneksi HSPA, HSPA+, DC-HSPA pun ditanamkan beserta

dual-band 802.11n wi-fi. Kamera iSight juga mengalami peningkatan dengan penambahan fitur panorama yang mampu menghasilkan

Tips Bikin Lega Memori BlackBerry BlackBerry masih menjadi primadona di pasar ponsel Indonesia. Sayang, sering kali ponsel besutan Research In Motion (RIM) ini dikeluhkan beroperasi terlalu lambat. Ada yang bilang memori di BlackBerry Anda sudah penuh, sehingga harus seringsering dibersihkan agar lapang. Nah, pertanyaannya adalah, pernahkah Anda mengecek penggunaan memori BlackBerry Anda? Pasti banyak yang menjawab tidak. Biasanya untuk BlackBerry keluaran lama seperti Bold 9000 yang masih menggunakan memori aplikasi internal sebesar 128 Mb, akan sering terjadi yang namanya memory drained. Apalagi bila Anda menginstall aplikasi yang cukup banyak dan banyak email lama yang tidak dihapus. Di sini kami ingin berbagi tips bagaimana cara merawat memori BlackBerry Anda agar tidak mudah kehabisan tempat alias memory drained. Berikut tipsnya: -. Biasakan agar selalu menghapus emailemail yang sudah tidak dibaca. Set email untuk tetap tersimpan di BlackBerry selama 15 hari, setelah itu akan terhapus sendirinya. -. Browser cache sebaiknya dibersihkan seperti contect cache, pushed content dan cookie cache. Caranya, masuk browser lalu masuk ke Option, cari Clear Browsing Data.

-. Untuk aplikasi yang lumayan berat, seperti Facebook atau twitter client seperti UberSocial rajin-rajinlah cache memori. (masuk ke option). -. Lakukan Memory Cleaning yang pilihannya juga terdapat di Option. -. Lakukan juga clear log (alt + L + G + L + G) meskipun tidak berpengaruh banyak, tetapi lumayan membantu. -. Selalu end conversation (kecuali kalau penting) apabila sudah selesai chat di BBM. -. Lakukan soft reset dengan menekan ‘alt + aA + del’. -. Selalu Simpan foto, MP3 dan data-data penting lainnya di media card. -. Bagi yang menggunakan BBM v5.0.0.xx agar tidak mengaktifkan ‘recent updates’ karena akan memakan memori cache sehingga sangat cepat memori drained. -. Yang paling penting, rajin-rajinlah reboot BlackBerry atau cabut baterai paling kurang 1 hari sekali. (kompas.com)

foto olahan beresolusi 28 MP, 40 persen lebih cepat dalam menangkap momen, dan performa dalam kondisi gelap. Tidak sampai disitu, Apple juga mendesain ulang earplug (baca: earphone) dan menamainya EarPods. Tujuannya menghasilkan suara yang lebih hidup namun dengan kenyamanan yang memuaskan. Wah, kali ini Apple memang gila-gilaan dalam menyiapkan iPhone!(jhw)

Alasan Kenapa Anda Harus Main Twitter Menurut pengamat media sosial Jeff Bullas, penggunaan Twitter bukan cuma sekadar sebagai media untuk bebas berkicau. Namun bisa pula dimanfaatkan untuk kepentingan mengangkat pamor personal ataupun perusahaan. Berikut Beberapa alasan kenapa Anda harus main Twitter: Komunitas Di Twitter, Anda dapat menemukan banyak komunitas yang bisa sharing informasi secara real time. Mulai dari yang membicarakan teknologi, olahraga, kesehatan, cinta, dan masih banyak lagi. Mengarahkan Trafik ke Blog/Situs Twitter juga bisa dioptimalkan sebagai alat pemancing. Maksudnya, jika Anda memiliki blog atau situs pribadi/perusahaan, maka dapat memanfaatkan Twitter sebagai medium untuk menarik pengunjung. Informasi Real Time Informasi menyebar dengan sangat cepat di Twitter. Kicauan yang lalu-lalang begitu cepat dipantulkan balik oleh para tweeps. Fenomena inilah yang membuat Twitter dapat menjadi media untuk memberikan informasi terupdate secara real time. Membuka Jaringan Pengguna Twitter berasal dari latar belakang berbeda. Dan bukan tidak mungkin mereka yang penting bagi karir atau terkait aktivitas perusahaan, bisa Anda temui dengan mudah di Twitter. Selanjutnya bisa ditebak, jaringan bisa mulai dirajut di sini. Membangun Personal Brand Twitter menyediakan tempat bagi Anda untuk sharing foto, link ke website atau blog, serta ruangan untuk menelurkan ide-ide. Fasilitas ini setidaknya bisa menjadi awal mula bagi untuk menciptakan personal brand sendiri di dunia digital.

Keseksian Warna iPod Siap Dinikmati Design terbaru iPod touch menjadikan pemutar yang satu ini makin berwarna makin tipis dan ringan. Dilengkapi lagi dengan the loop, Apple kini menambahkan sebuah gelang pita untuk mencegah iPod Touch jatuh saat digenggam. EarPods, earphone hasil penelitian Apple menambah esensi mendengarkan lagu dengan suara yang jernih dan hidup. Kamera iSight 5MP

10 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

dengan kemampuan panorama, sistem operasi iOS6, dan layarnya yang kini mengadaptasi layar retina 4 inci—tiga hal sama yang ditanamkan ke iPhone5. Jeroan iPhone4, yaitu Chip dual-core A5 kini menjadi otak pintar iPod Touch generasi lima ini. Hasilnya waktu memutar music meningkat hingga 40 jam. Perubahan juga terjadi dengan

iPod Nano yang tahun ini disebut sebagai completely renanoed. Apple menjadikan layarnya semakin lebar—yakni 2,5 inchi— dibanding pendahulunya demi kepuasan menikmati video dan foto. Apple juga menanamkan fitur pedometer, FM radio, Bluetooth. Hasilnya pilihan untuk membeli produk Apple pun semakin membingungkan dan menguras kantong. (jhw)

Xpresi Info

P

Beasiswa Sobat Bumi Dibuka Oktober

ertamina Foundation membuka pendaftaran bagi 205 penerima beasiswa Sobat Bumi mulai 1 Oktober 2012. Beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa berprestasi sekaligus berwawasan dan berbudaya lingkungan di 17 perguruan tinggi negeri. Seleksi penerimaan dilakukan melalui tahapan seleksi administrasi, di antaranya transkip nilai dengan IPK minimal 3 pada skala 4 di semester keempat. Kemudian, menyertakan biodata serta keterangan berbadan sehat. Calon peserta juga akan menjalani proses wawancara dari panelis yang terdiri dari unsur perguruan tinggi, Pertamina (Persero), dan Pertamina Foundation. Direktur Pendidikan Pertamina Foundation Ahmad Rizali menjelaskan, penerima Beasiswa Sobat Bumi akan mendapatkan biaya pendidikan, yang meliputi biaya operasional pendidikan (SPP), biaya hidup, serta pembinaan kepemimpinan. “Jumlah total beasiswa yang didapat rerata masing-masing mahasiswa sekitar Rp 12,3 juta setahun,” kata Ahmad, Selasa

(25/9/2012). Hal yang membedakan Beasiswa Sobat Bumi dengan beasiswa lain, menurut Ahmad, adalah mahasiswa mendapatkan dukungan dana untuk proyek kelompok yang diajukan oleh organisasi penerima beasiswa dengan nominal ratusan juta per tahun. Mahasiswa juga akan mendapatkan dukungan tugas akhir yang terseleksi.

Selain itu, para penerima beasiswa juga diberi kesempatan untuk menjadi relawan di Pertamina Foundation. Untuk menjalin keakraban dan sinergi dengan para penerima beasiswa lain, Pertamina Foundation juga memfasilitasi pertemuan tahunan bagi para penerima beasiswa Pertamina Foundation di seluruh Indonesia. “Yang terpenting, mereka juga

Teka-teki Terbesar dalam Matematika Terpecahkan

Teka-teki terbesar dalam matematika, dinamakan Konjektur ABC, terpecahkan. Shinichi Mochizuki, matematikawan dari Kyoto University, memasukkan 4 makalah ilmiah yang menjelaskan konjektur itu secara online. Pembuktian konjektur ABC diuraikan Mochizuki dalam 500 halaman. Data format PDF bisa dilihat di situs web milik Mochizuki dengan nama Teichmuller Theory. The Guardian, Rabu (19/9/2012), menyatakan, Mochizuki butuh waktu sekitar 4 tahun untuk memecahkan teori tersebut. Kalangan matematikawan kini tengah menganalisis uraian Mochizuki untuk bisa dikonfirmasi kebenarannya. Jika terbukti benar, maka pekerjaan Mochizuki akan menjadi pencapaian terbesar dalam matematika di abad ini. Benar tidaknya uraian Mochizuki takkan bisa diketahui dalam waktu cepat. Konjektur ABC pertama kali diajukan oleh matematikawan asal Inggris, David Masser bersama matematikawan Perancis Josep Oesterle pada tahun 1935. Teori tersebut belum berhasil dibuktikan kebenarannya dalam perhitungan matematika. Konjektur ABC berkaitan dengan persamaan a+b=c. Konjektur berkaitan dengan bilangan buat a, b dan c yang tidak memiliki pembagi yang sama selain 1. Konjektur juga terkait dengan bilangan prima, bilangan

prima lebih dari 1 yang tak memiliki pembagi selain 1 dan bilangan itu sendiri. Sederhananya, jika ada bilangan prima yang dibagi dengan a atau b beberapa kali maka jumlahnya harus sama dengan jumlah bilangan prima yang dibagi dengan c hanya beberapa kali. Contohnya adalah operasi penjumlahan 81 = 64 = 145. Bilangan 3 membagi 81 sebanyak empat kali. Sementara 2 membagi 64 sebanyak 6 kali. Namun, 145 sama dengan 5 x 29. Jadi akan didapatkan bahwa bilangan prima terbesar, 5 dan 29, membagi 145 hanya sebanyak 1 kali untuk mendapatkan bilangan yang tak dapat dibagi lagi dengan bilangan itu sendiri New York Times pada Selasa (17/9/2012) memberitakan bahwa hal yang menarik pada uraian Mochizuki bukan hanya uraian cemerlang itu sendiri, tetapi juga “bahasa” matematika yang digunakan. bahasa yang dipakai benar-benar baru. “Dia memakai bahasa yang benar-benar baru, Anda bisa mengatakannya, semesta baru dalam objek matematika, untuk mndeskripsikan sesuatu yang tak biasa yang semesta,” kata Minhyong Kim, matematikawan dari University of Oxford. Mochizuki tidak mendeskripsikan dirinya sebagai matematikawan, tetapi inter-universal geometer. Apakah itu? banyak matematikawan pun belum memahaminya dengan baik. Namun demikian, Michizuki dipercaya sebagai orang yang mumpuni dalam matematika. Tertarik memahami bagaimana Mochizuki menguraikan misteri terbesar dalam matematika itu? Kunjungi situs web berikut. Sumber :Guardian, New York Times

akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan,” tegas Ahmad. Adapun 17 perguruan tinggi negeri yang menjadi sasaran Beasiswa Sobat Bumi adalah Universitas Syiah Kuala (Aceh), Universitas Sumatera Utara (Sumatera Utara), Universitas Sriwijaya (Sumatera Selatan), Universitas Indonesia (Jakarta), Institut Teknologi Bandung (Jawa Barat), Universitas Padjajaran (Jawa Barat), Institut Pertanian Bogor (Jawa Barat), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Diponegoro (Jawa Tengah), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Jawa Timur), Universitas Brawijaya (Jawa Timur), Universitas Airlangga (Jawa Timur), Universitas Udayana (Bali), Universitas Mulawarman (Kalimantan Timur), Universitas Hasanuddin (Sulawesi Selatan), Universitas Mataram (Nusa Tenggara Barat), dan Universitas Cendrawasih (Papua). Pengumuman beasiswa yang khusus menjaring mahasiswa berprestasi sekaligus berwawasan dan berbudaya lingkungan ini dapat dilihat di portal Beasiswa Sobat Bumi. (kompas.com)

Ditemukan, “Spesies” Awan Baru Kalangan amatir pengamat langit menemukan “spesies” awan baru. Awan itu kali pertama terlihat di Cedar Rapids, Iowa, Amerika Serikat, pada 2006. Selanjutnya, awan juga terlihat di Perancis, Norwegia, dan beberapa wilayah lain. Organisasi Cloud Appreciation Society (CAS) yang berbasis di Inggris menamai awan tersebut Undulatus asperatus. CAS tengah mengajukan agar awan itu diakui kebaruannya oleh World Meteorological Organisation di Geneva dan dimasukkan dalam International Cloud Atlas. Dalam upaya untuk mendapatkan pengakuan resmi, CAS telah mengumpulkan banyak gambar awan tersebut serta melakukan penelitian yang kebanyakan dilakukan di Reading University. Graeme Anderson, meteorolog dari Reading University, mengungkapkan bahwa Undulatus asperatus mirip dengan awan Mammatus. Perbedaannya adalah, Undulatus asperatus lebih bergelombang. Gavin Pretor-Pinney, pendiri CAS, mengungkapkan bahwa Undulatus asperatus memang jenis awan baru. Ia menyatakan beberapa hasil penelitiannya di Royal Meteorological Society. Pretor-Pinney seperti dikutip Daily Mail, Minggu (23/9/2012), mengatakan, “Awan ini lebih hangat, lembab, dan lebih dingin di bagian atas, udara yang lebih kering di bagian bawah dengan batasan yang jelas di antara keduanya.” Saat ini, pendukung CAS tengah berharap-harap cemas, menunggu apakah Undulatus asperatus memang bisa diklasifikasikan sebagai awan baru. Studi pada awan tersebut terus dilakukan. Jika awan itu dinyatakan sebagai jenis baru, maka CAS membuat prestasi penting. Undulatus asperatus akan menjadi jenis awan baru pertama yang ditemukan sejak Cirrus intortus pada tahun 1951. “Mengamati awan adalah hal penting untuk mendokumentasikan efek pemanasan global di langit. Awan dapat memberikan jawaban tentang suhu dan perubahan iklim di tahun-tahun mendatang,” kata Pretor-Pinney. Saat ini, semakin banyak orang tertarik mengamati awan. Sebagai gambaran, anggota CAS sudah berjumlah 30.903 orang. Tahun depan, CAS akan meluncurkan aplikasi pengamatan awan yang memungkinkan pengguna berbagi potret dan lokasi terjadinya awan. Unggahan pengguna dapat digunakan untuk kegiatan penelitian. Sumber :Daily Mail

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 11

Xpresi Seremoni

Big Cheers to the Winners of North Sumatera Elementary Open Mathematics Competition from PrimeOne School

C

heers for Elementary students who won the North Sumatera Elementary Open Mathematics Competition (Kompetisi Matematika Terbuka) on Sunday, September 9th, 2012 at Uniland Building, Medan. This competition was held by Sakamoto Japanese Mathematics Centre and had invited participants from Medan, Kabanjahe, Binjai and Lubuk Pakam. Junior Boji, Elementary 5, said, “We received training from our Mathematics teachers. I am excited for this competition as I want to prove my capability in Mathematics.� Ms. Meliana, the Principal of Elementary and Ms. Fonicen, the Coordinator of Matematika, stated their satisfaction in the results and hope the students to be able to maintain and even attain higher achievement.

12 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Congratulations to the winners: Elementary 2 Magnus Yunus : 9th winner Elementary 3 Benny Christiano : 3rd winner Ericca Muljono : 1st runner up Elementary 4 Jonathan Kevin : 1st winner Clifford Wijaya : 3rd winner Reynaldi P. Santoso: 1st runner up Elementary 5 Junior A. Boji Shane Yannel Jesslyn Wijaya

: 1st winner : 1st runner up : 2nd runner up

Elementary 6 Wilbert Zico

: 3rd winner : 2nd runner up

Juli 2012 I Edisi 76 Oktober 79 I Tahun VII 13

Xpresi Cerpen

This is My Story Desy Kacaribu XII IPA 2 SMA N. 1 Selesai

P

agi ini adalah hal teraneh yang dialami teman – teman sekelas Sea Flow. Mereka semua dihantui seribu pertanyaan dengan question mark dikepalanya. Hal ini juga menggugah hati dan pikiran Sammy, penggemar nomor satu Sea, meski dia sendiri pun di incar sama cewek – cewek disekolah. Sea datang ke sekolah seperti biasanya mengikuti pelajaran. Tapi kini ia terlihat murung dari tadi dan selalu berdiam diri tanfa ngomong sepatah kata pun, duduk ditaman sekolah sendirian tanfa melakukan kegiatan apapun kecuali melamun melamun menatapi pohon kering didepannya. Tiba –tiba Sammy datang menghampiri dan menawarkan sebotol minuman pada Sea.Sea menatap Sammy tajam dan memutar balik kepala dan pergi, “Sea, kamu kenapa Sih,” “ Aku nggak masalah kamu menolak aku , bahkan kamu membenciku sekalipun, aku tak apa, tapi kamu bilang kamu kenapa, kata Sammy memegang erat tangan Sea. Namun Sea menarik tangannya dan mendorog tubuh Sammy sampai terjatuh. Teman – teman Sea juga telah mencoba mencari tahu alasan kenapa Sea

14 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

bersikap aneh. Tapi kinerja mereka hanya sia – sia saja. Sepulang sekolah Sea tidak pulang bersama pak Agus,sopir kesayangannya, tapi ia berrjalan kaki terlihat tanpa punya arah tujuan. Sammy yang cemas melihat keadaan itu, cepat- cepat mendayung sepeda kesayangannya mengikuti langkah Sea. Sea ternyata menuju laut. Sammy yang terlihat sangat mencemaskan pujaan hatinya itu, meletakkan sepeda kesayangannya di atas pasir, dan membiarkannya tergeletak. Sammy memperhatikan dengan hati apa yg terjadi, Takut kalau Sea melakukan hal yang konyol. Melihat Sea yang terus mendekati ombak yang hampir menyambar tubuhnya yang mungil, Sammy pun berlari dengan kecepatan tinggi mendekap tubuh mungil Sea. “ Apa kau sudah gila, tanya Sammy kepada Sea. “ Kau yang gila , apa yang kau lakukan, tanya Sea kembali. “ Apakah kau mau mati,? Tanya sammy lagi. “Apa ? tanpa bunuh diri pun aku akan mati Sam, jawab Sea kembali murung. Apa maksudmu? Tanya Sammy tak panjang lebar bermaksud mencari

alasan penyebab Sea murung. ‘ Kau tahu Sam, lautan ini adalah tempat aku berteduh, berharap agar Winda akan kembali lagi kepada kami, yaitu aku, kakek dan nenekku, kata Sea menjelaskan. Lalu, apa yang kau harapkan di Laut ini, tak ada yang dapat dilihat kecuali gelombang dan matahari terbenam, tanya Sammy lagi. Winda adalah ibuku. Ia meninggal di laut ketika akan kembali kepada kami,; sambung Sea sejenak, lalu menyambung ceritanya. Hal yang menarik dilaut ini bukan hanya karena untuk matahari terbenam saja. Laut terasa sangat sunyi dan damai ketika kita dapat merasakannya. Dan satu hal yang harus kau tahu Sam, mungkin aku takkan pernah tahu kapan terakhir kali aku akan melihat matahari terbenam. Maksudnya, aku sama sekali tak mengerti apa yang kau ucapkan, tanya Sammy menyelidiki. Aku di diagnosa leukimia stadium akhir, “ dan kau tahu, katanya stadium akhir tak ada harapan lagi, kan? Dan saat itu juga aku telah kehilangan harapan hidupku, tiba – tiba Sea terhenti. Matanya menoleh ke arah Sammy, “ Sam,

kau kenapa? Sammy hanya berdiam diri saja. Perasaannya seakan – akan diliputi rasa yang kacau dan amat terluka. Hatinya tak tahan menahan perih gelombang air laut yang datang menggores hatinya secara tiba – tiba, merangsang mata mengeluarkan air laut yang asin keluar dari hatinya. Sea kembali memperhatikan Sammy dan bertanya kepada Sammy lagi, “kau kenapa Sam? “Aku tak apa kok,” jawab Sammy. “Oh ya , udah sore ni, kita pulang ya,”sambung Sammy sambil melihat hari yang mulai berubah warna. Ya, jawab Sea pelan. Mereka berdua pulang bersama dengan sepeda Sammy yang mungil. Sea tak bisa menolak lagi. Karena suasana dan cuaca sama sekali tidak mendukung , Sea terpaksa menerima tawaran Sammy untuk pulang bareng. Sammy menyuruh Sea untuk duduk di depan lereng sepeda. “ Udah Sea naik? Kata Sammy mundur kebelakang sambil membenarkan posisi duduknya. “Angh, kau yakin, Sammy”, Tanya Sea kepada Sammy. “Yakinlah lah Sea,” Udah naik, kata Sammy meyakinkan Sea.

Xpresi Cerpen Ya udah deh, kata Sea menurut saja. Sammy mulai mendayung sepedanya. Baginya hari ini adalah hari yang sangat bahagia. Satu sepeda dengan Sea adalah mimpi yang baginya tak kan pernah akan terwujud,akhirnya terwujud. Tanfa terasa setelah menikmati perjalanan bersama Sea, mereka berdua akhirnya sampai di depan rumah Sea. Ternyata kakek dan nenek Sea telah menunggu. Tanfa basa – basi lahi karena hari telah sore, Sammy akhirnya pamit. Malam pun berlarut dalam mimpi – mimpi yang indah Sammy dan Sea. Tanfa esok paginya dating. kali ini Sea tidak diantar oleh sopir kesayangannya. Hari ini Sea tidak menuju ke sekolah. Dia menuju kearah laut. Sammy yang melihat hal itu, mengikuti Sea perlahan – lahan. Sesampai di laut, Sammy memanggil Sea. Sea melihat ke arah Sammy, dan kembali memalingkan wajah melihat ke arah matahari yang naik secara perlahan. Sea duduk di atas pasir dekat air laut

yang sedikit demi sedikit menyongsong tubuhnya. Sammy duduk di samping Sea. Mereka berdua saling bertatapan satu sama lain dan berbincang banyak tentang kehidupan. Sampai sore hari, mereka menghabiskan waktu bersama di pantai. Tiba –tiba darah menetes titik demi titik dari hidung Sea sampai akhirnya menetes lebih banyak lagi. Melihat Sea seperti itu Sammy ingin bergerak mengambil tindakan. Tapi Sea malah menghentikan Sammy. Sea meletakkan wajahnya ke tubuh Sammydan berkata, ” Sam, kau tahu mungkin saat ini kehidupan tidak berpihak padaku. Tapi aku masih ingin melihat matahari terbenam, kata Sea perlahan. “Aku mau kamu menjaga nenek dan kakekku Sam, sambung Sea. Aku merasa nafasku hampir terhenti,”aku tak mungkin dapat menjaga mereka lagi. Kau melakukannya buat aku, Sam? Sea ,……, kata Sammy tapi terpotong.

Jika aku tak ada lagi, aku tak tahu apa – apa lagi, kau masih dapat mengenang aku pada matahari terbenam itu, kau mau, kan ? Sammy hanya dapat mengangguk. Air matanya tak kuasa menahannya. “ aku janji,” hanya itu kata yang dapat Sammy ucapkan. “Terima kasih Sam atas semuanya,” terima kasih atas baju yang telah menjadi tempat darahku mengalir, katanya teresah – esah dan mencoba bangkit berdiri. Tapi kaki Sea tak kuasa lagi untuk menahan lagi dan tiba - tiba terjatuh dan tertangkap oleh Sammy. “ Maafin aku ya Sam, aku nggak bisa jadi yang terbaik lagi., kata yang terakhir diucapkan oleh Sammy. Sea pingsan.Sammy membawanya kerumah sakit dengan sepeda kesayangannya dan dengan baju yang penuh dengan darah, akhirnya membawa Sea. Setelah mengurusi segala persyaratan, kemudian Sammy pergi.menuju laut lagi.

Di laut seperti yang di katakan Sea kepadanya , ia melampiaskan seluruh kesedihannya dilaut. Ketika dia ingin menuju kerumah sakit, ternyata ada seseorang yang telah menunggu. Orang itu adalah papanya Sea. Ia memberi kabar bahwa Sea telah tiada. Papanya juga menunjukkan kuburan Winda yang berada diseberang lautan sana. Melihat Sammy yang tak bicara apa- apa, papa Sea pergi. Sammy hanya dapat merenungi kesedihannya. Kini Ia hanya tinggal mimpi dan untuk melihat matahari terbenam hanya ada dalam kenangan saja. Kini Sea telah tiada. Gadis yang pertama kali memikat hatinya itu sejak SMP. Bajunya adalah satu kenganan yang tak kan pernah ia lupakan selamanya. Dan untuk menepati janji, Sammy menggantikan Sea sebagai cucu kakek dan Nenek Sea. Dan perlahan , ia telah mengerti semuanya tujuan Sea menyuruhnya untuk menjaga mereka.

Puisi

Rindu Ketenangan Muhammad Rifky Panjaitan XII IPA 6, SMA N 1 Tanjung Balai Terbesit hati ini di kala ribut selalu terdengar Di balik rindu dan tenang Abadi nan nyaman, abadi tak karuan Suara menderu bukan tanda seru Angin juga melaju, mobil juga berangin Kereta seperti tong setan , becak seperti berunjek Jalan tak sunyi, debu tak sedikit, Angin bergoncang Daun berayun, jendela berderu, pena berderik, Buku berdesis, hewan bersuara, tiba tiba Bruukkk btrakkk ................ Pasar diliputi kecelakaan Ohh, suara di mana mana Tanpa ada protes ,,, Untuk hilangkan suara Semua tak pernah bisu , Hati ini mulai meindukan sebuah ketenangakapan Kapan itu semua berhenti ,berakhir ,lalu sunyi . Tak ada suara tak ada kata ,kecuali .... Tenang ,,, tenang ,,,, tenang

Perpisahan Termanis Mangara Silalahi XI-IPA, SMA Triratna, Sibolga Jadikan ini perpisahan yg termanis. Yg tak terlupakan dlm hidupku,spanjangwaktu. Biar kan cinta ini ku pendam. Biarkan cinta ini ku kubur dalamdalam. Kuberjanji tak akan ingat-ingat kamu lagi. Kita berdua berhak bahagia. Meski kita takbrsama. Ku akanrelakan dirimu kasih. Maafkanjikaakupernah menyakitimu. Biarkan cinta kita dihembus angin terbang ntah kemana. Terima kasih sudah pernah menjadi yg terindah dlm hidupku. Kini aku pun pergi dari hidup mu!

Tandus Kini Tak Berkalbu Natalia Purnama Sari Chen XII IPA SMA Swasta Tritunggal Tanjung Balai Tandus kini tak berkalbu Beroleh bercak-bercak noda Hitam... Gelap...

Kosong.... Tersadar dalam lamunan Tersentak akan ilusi Kian tertimpa pahitnya kehidupan Hingga menjalar ke pori-pori kulit Menjadikan penggapaian dan pengharapan Berhalusinasi akan cahaya yang menggarap Menembus dinding lembah yang kelam Terasuk kedalam jiwa yang terbentang Mengikis luka berbalut senyum Berharap akan ada perubahan Di suatu hari nanti

Sesuatu

Meilisa SMA Methodist 2 Tanjungbalai Cinta adalah sesuatu yang rumit Cinta adalah sesuatu yang sulit di mengerti Cinta datang dan pergi begitu saja Tanpa di undang dan tanpa di usir Oh cinta.... Mengapa engkau sulit di mengerti? suatu kata yang biasa saja, tetapi mampu membuat manusia merasa sulit... Mampu membuat manusia kehilangan akal sehatnya... Mencoba aku untuk mengerti arti cinta yang sesungguhnya Namun sangat sulit rasanya... Cinta membuatku gila... Cinta membuatku tak berdaya... Tetapi tetap saya berusaha mengerti arti cinta yang sesungguhnya... Karena tanpa adanya cinta, manusia tidaklah sempurna... Dengan adanya cinta membuat hidupku merasakan sesuatu... Dan bagiku cinta adalah SESUATU...

Ingin Melupakanmu Rina Septiya S-1 Sistem Informasi STMIK IBBI Angin telah berbisik lembut di telingaku Tak pernah ku sadari Bahwa angin itu selalu membisikan namamu Dalam disetiap hembusannya Aku tak menyangka Kenapa ia tau tentag dirimu Padahal..Aku ingin melupakanmu Membawa pergi semua tentang dirimu Yang selalu membekas d hatiku Tapi..Kenapa ia mengingatkanku tentag dirimu Mengapa kau selalu ada dalam pikiranku Dan mengapa kau selalu ada dalam hatiku Angin..Tolog kau bawa pergi Semua tentag dirinya Karna ku ingin melupakannya

Masa Terindah Putri Maya XI IPS, Methodist Dua Bukit Sion Tanjung Balai kau yang duLu mendekatikuh kau yang dulu mengejar dirikuh berbagai cara kau lakukan untuk mendapatkan

cintakuh kau seLaLu berusaha tuk membuat kuh percaya padamuh kau terus mendekatikuh kau tak pernah menyerah dan kau terus berusaha hingga kuh yakin dan percaya padamuh namun,disaat kuh mulai membuka hatikuh kau tak lagi bersamakuh disaatkuh mulai yakin akan perasaankuh padamuh kau telah pergi meninggalkankuh ingin kuh kembali k’masa indah tersebut mengulang kembali semua tentang kita namun semua itu tak mungkin terjadi karena dirimuh telah ada yang punya

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 15

Xpresi Puisi

Kenangan Aku dan Dirimu Boby XII-IPS SMA Methodist 2 Rantauprapat Saat malam berganti siang.... Saat menit berganti detik.. Saat desember kelabu berganti januari... Saat tahun berganti pada porosnya... Saat itu aku merasa kesepian... Kehampaan... Keheningan dalam setiap hentakan langkah kaki.... Tertegun ku pandangi bayang-bayang semu... Dimana telah tertutup kabut... Kulihat dia yang duduk disana.... Dia yang sangat ku sayangi.... Banyak cerita antara dia dan aku... Yang sulit untuk aku lupakan.. Senyumannya,.... Rayu, tawa juga tangisnya.... Buatku harus relakan kisah ini..... Kebersamaan yang tak mungkin lagi ku dapatkan.... Bersama dia yang kusayang.... Ku tak bisa lupakannya.... Ku tak bisa menatapnya... Ku tak bisa menangisinya.... Dia yang ku sayang,..... Kini walau harus pergi

Sejak kau pergi Nova Rizky XI-IPA 1, SMA NEGERI 3 SIBOLGA Sejak kau pergi, tak ada lagi cinta di hati... Ku selalu berharap kau ada di sini... Tapi, kau tak mengerti akan diriku... Kau tak pernah peduli padaku. Tiba tiba, ia datang membawa cinta

dihati Menghancurkan sepi di malam penantianku Cinta yang baru telah tiba.. Biarlah ku tutup lembar kisah kita di hati ini Saat ku sudah mendapatkan lembaran baru itu.... Kau muncul bagai bulan disiang hari, tak ada artinya lagi Jujur, aku masih menyayangi mu Namun, aku lebih menyayangi dia. Sang pahlawan sepiku...

Penghianat Saorfranciskus Nainggolan XI IPA, SMA Swasta Tritunggal Tanjung Balai Lukanya hatiku Terbakar oleh penghianat Kau membuat hatiku menderita Kau membuat aku tak bernafas Karna penghianatmu Ku kira kau perempuan pelita bagi hidupku Ternyata tidak ,kau lebih memilih dia dibandingkan aku ... Apa dosa apakah aku pernah membuat kesalah kepadamu Sampai kau menghianati aku Kurang apanya aku di bandingkan dia Padahal aku sangat mencintaimu dan selalu setia untuk mu Semua pengorbanan ku untuk mu Telah kau sia- siakan Demi kekasih hatimu itu....

16 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Tuhan Fatmawati Lubis 3 ADM 1, SMK Negeri 1 Padang Sidimpuan Tuhan, Dikeheningan malam ku bersujud pada-Mu Ku bersimpuh berharap ampunan Mu Ampunilah hamba Mu yang berlumuran dosa ini Tuhan, Ketika aku melihat rembulan dan beribu bintang di atas sana Aku melihat sinar rembulan yang sangat terang dan Aku melihat satu bintang yang sangat terang indah Tersirat di benakku tentang satu hal Aku ingin seterang cahaya bulan itu dan aku ingin seindah bintang itu Tapi bagaimana? Bagaimana caranya aku bisa seterang dan seindah itu Karna aku ingin menerangi dan menghiasi setiap hati yang tertutup kabut kesedihan Aku ingin membuat hati yang menangis menjadi tersenyum Agar tak ada lagi air mata kesedihan yang mengalir Tuhan, Terkadang aku bertanya tanya didalam hati Bagaimana orang akan mengenangku setelah aku tiada nanti Apakah aku akan dikenang atau dilupakan? Apakah aku hanya akan seperti goresan seorang guru di atas papan tulis, Yang akan terhapus jika materi tlah selesai di ajarkan Apakah aku akan bernasib sama dengan debu kapur itu? Ntah Lah.. Aku hanya bisa berusaha menjadi yang terbaik berharap suatu hari akan di kenang

Sebuah Pesan

Viadora Sun xii-ips Sma Swasta Methodist 2 Tanjung Balai

JHidup.. adalah sebuah perjalanan hidup.. adalah sebuah rentang waktu, yang ada batas akhirnya dan batas akhir hidup adalah kematian. Maka itu‌ selama rentang waktu itu masih ad, kita harus memanfaatkan dengan sebaik baiknya istilah rentang waktu itu dengan daya dan upaya nyata.. Raih dan gapilah cita cita dan impian , selama kita masih merasa mampu jangan mudah puas dengan apa yang ada dan jangan mudah menyerah apalagi putus asa dalam usaha. Karena berhasil tidaknya kehidupan kita, ditentukan oleh kita sendiri. Jadi.. Jangan coba mengiba atau meratap,karena semua tak ada gunanya..

Kita adalah Pemenang Yessy Natalia Siboro SMA METHODIST 1 MEDAN tugasku telah selesai, waktu demi waktu telah kujalani hukumanku tanpa melakukan kejahatan apapun. dan kesalahan buruk telah beberapa kali kulakukan meskipun dihadapanku terdapat banyak permasalahan. namun aku telah melaluinya karna aku ingin maju,maju dan maju. kita adalah seorang pemenang dan harus harus berjuang hingga akhir. tak ada waktu bagi para pecundang karna kita adalah pemenang dunia. aku telah mengambil tempatku dan yakin bahwa akan membawa sebuah keberuntungan. di setiap hal yang terjadi ku berterima kasih pada semua orang. namun hal ini bukanlah hamparan bunga mawar ataupun perjalanan yang menyenangkan. aku hanya menganggapnya tantangan sebelumnya dan aku yakin semua orang takkan kalah jika ia ingin maju.

Terlalu Bodoh Untuk di Kenang Santa Tania Christiani Bangun XII IPS 5, SMA Laksamana Martadinata Medan Terlalu bodoh untuk memikirkan mu Terlalu bodoh Untuk mengarapkan mu Juga terlalu bodoh untuk memgingat semua kenangan itu.. Karea itu hanya sia sia saja Semua nya takkan mungkin bisa kembali Mungkin aku pernah bermimpi untuk bisa bersama mu Namun mimpi itu hilAng setelah kau menghancurkan ku Terlalu bodoh memang kalau aku Sungguh sungguh mencintai mu Dan kini aku sudah melupakan mu jauh jauh dari ku Dan kenangan it sudah ku bakar di dalam hati kebencian ku padamu karna bagi ku,, Hal itu Terlalu bodoh untuk di kenang..

HidupKu dalam Cinta Melkisedek Analisa Crisantus A XI IPA, SMA Swasta Tritunggal Tanjungbalai Hari-hariku begitu gelap tak bercahaya Aku gak tau apakah ada warna yang bisa mewarnai hari-hariku

Cinta.... Cinta itu bagaikan bintang buat’q Kilauan cahayanya gk bs ku capai Walaupun aku ingin sekali memetiknya Dan menyimpan nya di dalam hatiku Tapi apalah dayaku Karena itu semua hanyalah mimpi2 yg gk mungkin aku dapatkan Jalani hidup....Dengan Gembira Tapi yang ku perlukan Cinta Cinta sejati dari lubuk hatinya Ku bersyukur bisa mengenal cinta Karena cinta yang membuat aku semangat Semangat dalam belajar, bekerja dan berkarya Terima kasih cinta

Xpresi Puisi

Salahkah Aku Memilih Syafri syahputra X IPS-1, MAS YMPI Tanjungbalai Sekejap ku bangkit dari tandu ku rasa dunia seindah surga ku sadar ku lepas singgasana Ku hadapi jalan ke neraka Musnahkah iman dan taqwa Setelah badai tak sempat berpelangi Rasa tak sabar membelenggu Tak sepantasnya aku seperti ini Ku hanya bisa mengandalkan Residu yang tersisa dalam pikiran Jauh telah rasa kesombongan Sebab aku diantara orang tak seperti ku kini seribu kisah mencoba melemahkan setelah seratus kisah aku melemah dan sepuluh orang menjatuhkan setelah satu orang membuat aku jatuh salahkah aku memilih jika ku tahu ini bukan pilihan saat ku mengerti tak ada pilihan karena ku tak tahu akhir pilihan

Musnah !!! Yulia Dewi Harianto X-1 , SMA Negeri 2 Model Binjai Keras sekeras batu Merah semarak api Ya engkau PANGERAN KELABU ! Kau memiliki pisau yang amat runcing Yang mampu melukai siapapun yang berani menyentuhnya Tapi taukah kau, aku tak pernah melangkah mendekati pisau mu Dengan mata berapi Kau genggam kuat pisau runcingmu Dan kau tancapkan ke benang merah itu Kau iris – iris hingga satu sama lain berpisah Menjadi benang kusut yang tak bisa dikembalikan Kau termenung, menepi, melamun Melantunkan kata – kata penyesalan Tapi seberapa kuat pun kau berikhtiar Benang Merah itu takkan kembali sempurna Kau tak bisa kembali menjadi bagian benang itu kembali.

Narawastu Sejati Nurmala Sari Putri Nst XI IPA 1, SMA Negeri 2 PBKL Binjai NARAWASTU.... Apakah benar-benar nyata, pahlawan untaian Zambrud khatulistiwa, dengan bumbu-bumbu cinta Menengakkan Indonesia Raya, Abdi yang tak pernah luntur Setelah berdiri, ragam warna terjadi pada bumi pertiwi Hei.. kalian pembuat ulah! berhenti ! Berhentilah membuat kami meradang Apakah kalian tak membaca tanda-tanda ? Melihat rakyat yang gelisah, bingung, tiada senyum merekah. Indonesiaku,, Aku tak mau berdiri di pundakmu, Aku tak sudi berada disisimu Dan aku tak rela bumi pertiwi terkikis Indonesiaku... akan datang sosok-sosok generasi pelita negeri Yang berdiri gagah, di kaki-kaki yang gelisah. Dialah Narawastu-narawastu sejati.

Renungan Dalam Kesendirian

Ardianto XI RPL2 Smk N 4 Tanjung Balai

Tiada Kata Yang Dapat Kuucap Tiada Senyuman Yang Dapat Kuurai Hanyalah Air Mata Yang Kini Jadi Sahabat Didalam Kehidupan Tanpa Kasih Sayang Dikamar Sepi Kini Ku Termenung Membayangkan Perihnya Kisah Hidup Dikeramaian Ku Rasa Sepi Bagaikan Pipit Tanpa Suara Kelamnya Kehidupan Meranakan Diri Dalam Kesendirian Kini Ku Tahu Kebahagiaan Harus Dicari Walau Keujung Dunia sekalipun

Aku Astri Ayuningsih Panjaitan XII-IPA1 SMA N 3 Binjai Aku.... Aku memang bukan yang terbaik bagimu Tapi biarkan aku mencintaimu Dengan segenap jiwa ragaku. Biarkan aku menjadi sebahagian kecil Disudut hatimu.... Biarkan... Karna aku hanya ingin bersamamu. Saat senja mulai temaram... Saat hati berhenti diam... Bicara tentang penyesalan... Hanya sebuah untaian kata... yang mampu Terucap dari bibirku... Aku butuh kamu seumur hidupku..

Hilang Yeni waty XI-IPA, SMA Swasta Tritunggal Tanjung Balai Kini ada sesuatu yang kurang dalam hidupku Sesuatu yang takkan pernah terjadi lagi Kini terasa berbeda Sesuatu yang t’lah tiada Rasa rindu melandaku Hanya ada kenangan yang tersisa Meninggalkan duka yang begitu dalam Hingga aku tak mampu ‘tuk bernafas Sesuatu yang begitu berharga hilang dari hidupku Ku tak mampu menjaganya dengan baik Kini rasa bersalah selalu menghantuiku Aku benci semua yang hilang dari hidupku Aku bahkan membenci diriku sendiri Ku merasa hidupku hancur Ku sendiri disini Merenungi setiap langkah yang ku lalui Memperbaiki semua jalan hidupku Mencoba ‘tuk bangkit dari kegelapan Ku tahu...... Sesuatu yang kita milikki takkan selamanya menjadi milik kita Ku mengikhlaskannya pergi

Sahabat Laura XI-Ipa SMA Triratna Sibolga Kau yang slalu bersmakuh Kau yang slalu ad untukkuh Kau yang slalu disisikuh Kau yang slalu menemanikuh D’saatkuh sedih Kau slalu menghiburkuh Slalu berbagi cnda dan tawa Melakukan berbgai hal bersama-sama Saling melengkapi Saling berbagii rasa Saling berbgi certa Tiada kejenuhan yang datang melintas Kaulah sahabatku Kau selalu mendengar ceritaku Kau selalu memberikuh keteduhan Kasih sayangmu mampu menghangatkan kembli hatiku You’re my best friend forever

Lepas Lisa XI IPA, SMAN1 Berastagi Titik titik air mataku mengalir dras taj terbendung,.. Ketika jari sentuhkan pensil, utk sebuah kertas putih... Tercoret tulisam puitis “taukah kau isi hatiku?””pernahkah kau pikirkanku?” Mgkn ini hanya sekejap, kita bercanda dan trtawa bersama. Kau menyapaku lewat goresan tinta...kau ukir kenangan indah ttg kita Antara aliran darah dan dtak jantung,ku harus lepas smua, membawa tangisku tk isi kali terakhirku.

Mimpi yang Terkurung Finna XII IPS2, SMA Diponegoro Kisaran Aku hanya ingin menjalani hidupku, Waktuku yang berharga, Semua yang kusukai tanpa penyesalan. Tanpa banyak pikiran lagi di otak.. Hanya melakukannya.. Lebih banyak tersenyum.. Tak lagi tertunduk lesu.. Bila kubertannya bisakah aku? Bagian lain diriku menjawab: “ITU SEMUA TERSERAH KAMU” Lalu otakku kembali memproses, “jawaban seperti ini sulit..” aku harus mengalahkan diriku sendiri?

Redaksi menerima kiriman cerpen, puisi. Naskah cerpen 5000-6000 karakter, original dan belum pernah dipublikasikan di media manapaun. Tulisan dikirim ke email tabloidxpresi@gmail. com atau via pesan Facebook Tabloid Xpresi, tulisan disertai biodata lengkap penulis, foto, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 17

Xpresi Resensi

The

Big

Wedding

Ibuk Judul Penulis Harga

: Ibuk : Iwan Setyawan : Rp. 58.000,-

“Seperti sepatumu ini, Nduk. Kadang kita mesti berpijak dengan sesuatu yang tak sempurna. Tapi kamu mesti kuat. Buatlah pijakanmu kuat.”

-IbukMasih belia usia Tinah saat itu. Suatu pagi di pasar Batu telah mengubah hidupnya. Sim, seorang kenek angkot, seorang playboy pasar yang berambut selalu klimis dan bersandal jepit, hadir dalam hidup Tinah lewat sebuah tatapan mata. Keduanya menikah, mereka pun menjadi Ibuk dan Bapak.

Lima anak terlahir sebagai buah cinta. Hidup yang semakin meriah juga semakin penuh perjuangan. Angkot yang sering rusak, rumah mungil yang bocor di kala hujan, biaya pendidikan anak-anak yang besar, dan pernak-pernik permasalahan kehidupan dihadapi Ibuk dengan tabah. Air matanya membuat garis-garis hidup semakin indah. ibuk, novel karya penulis national best seller Iwan Setyawan, berkisah tentang sebuah pesta kehidupan yang dipimpin oleh seorang perempuan sederhana yang perkasa. Tentang sosok perempuan bening dan hijau seperti pepohonan yang menutupi kegersangan, yang memberi nafas bagi kehidupan.

Cara Mudah dan Cepat Mengingat Semua Informasi Judul Penulis Harga

: Memorize Everything : Irwan Widiatmoko : Rp. 50.000,-

Daya ingat Anda sesungguhnya amat sangat luar biasa! Apabila seluruh informasi di dunia ini dimasukkan ke dalam otak Anda, otak Anda tidak akan penuh. Bahkan Dr. Bill Lucas mengatakan, “Jika 10 informasi kita masukkan ke dalam otak kita per detik, otak kita belum terisi separuhnya sampai umur kita seratus tahun.” Namun kenyataannya banyak orang yang merasa daya ingatnya kurang atau lemah. Ini disebabkan mereka belum menemukan

teknik atau cara yang tepat untuk mengingat informasi-informasi yang dibutuhkannya. Dalam buku ini, Mr. SGM (Irwan Widiatmoko, ST, CHt, NLP Pract) yang memegang Rekor MURI Daya Ingat Pertama menawarkan cara-cara efektif dalam mengingat semua bentuk informasi, antara lain melalui jurus cerita, jurus lokasi, jurus angka, dan masih banyak lagi, untuk membantu Anda meningkatkan daya ingat dalam waktu singkat. Temukan semua rahasianya dalam buku ini!

Kreasi Maksimal dengan Kamera Digital Minimal Judul Penulis Harga

T

he Big Wedding adalah remake dari film Prancis berjudul Mon frère se marie dan disajikan dalam bentuk komedi romantis. Film ini bertabur bintang seperti, Robert de Niro, Katherina Heighl, Diane Keaton, Amanda Seyfried, Topher Grace, Ben Barness, Susan Sarandon, dan Robin Williams. Film komedi ini mengisahkan pasangan Don (Robert de Niro) dan Ellie Griffin (Daniel Keaton) yang telah lama bercerai terpaksa berpura-pura menjadi pasangan yang bahagia demi kepentingan pernikahan anak angkat mereka, Alejandro Griffin (Ben Barnes). Apalagi setelah ibu biologis Alejandro yang ultra konservatif tiba-tiba memutuskan untuk terbang ke tempatnya demi menghadiri pernikahan anaknya. Ibu kandung Alejandro adalah seorang pemeluk agama yang taat dan sangat membenci perceraian. Don dan Ellie pun harus berkonfrontasi dengan masa lalu, sekarang, dan masa depan di tengah sorotan tamu-tamu yang hadir. Tipuan tersebut pun berkembang menjadi kisah yang pedih dan lucu tentang hubungan yang mengikat mereka ketika itu semua terungkap. Kerumitan pun terjadi karena Don, sudah memiliki kekasih yang juga adalaha sahabat Ellie, mantan istrinya. Rencananya film ini akan dirilis 18 Oktober 2012 di Australia dan 26 April 2013 di Amerika.(jhw)

18 Juni September 2012 I 2012 Edisi 75 I Edisi I79 Tahun 78 I VII Tahun Oktober 2012 I Edisi I Tahun VII VII

: Kreasi Maksimal dengan Kamera Digital Minimal : Zaslina, Asdani, Smitdev Community : Rp 39.800

Kamera digital semakin terjangkau harganya. Kehadirannya begitu menarik perhatian semua orang. Penggunaannya pun semakin meningkat seiring dengan banyaknya media penyimpan dan publikasi foto gratis yang tersedia di internet, sehingga para pemotret pun semakin bersemangat untuk senantiasa berkarya dan memublikasikan fotonya. Banyaknya

fasilitas yang ada di kamera digital dan beragamnya teknik fotografi, menuntut Anda untuk menguasainya. Buku ini akan memandu Anda untuk belajar berkreasi dengan kamera digital secara cepat. Berbagai tip dan trik kamera digital disajikan di sini agar Anda mampu memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan kamera digital, sehingga dapat Anda gunakan secara maksimal dalam membuat karya foto yang cantik, meskipun hanya menggunakan kamera digital minimal.

Semua buku yang dipublikasikan adalah hasil kerjasama antara STIE - STMIK IBBI (Tabloid Xpresi) dan Gramedia of Book Publishing (GoBP)

Xpresi Profil

Riadi Kreatifitas Mendorongnya Terus Berkarya

M

ahasiswa semester 8 STMIK IBBI jurusan Teknik Informatika ini merupakan putra ketiga dari pasangan Kawito dan Supinah. Prestasinya menjadi nominator dalam kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Award) 2012 yang diadakan oleh Depkominfo sungguh tak terbayangkan olehnya. Karyanya terpilih untuk mewakili STMIK IBBI dalam ajang bergengsi tersebut. Melalui INAICTA, pemerintah membuka jalan agar para creator TI Indonesia dapat terus menyalurkan dan mengembangkan karyanya ke arah yang lebih maju. Persaingan yang luar biasa, bukan hanya kepintaran, peserta juga dituntut untuk kreatif dan berpikir ke depan. Sebelum menjadi nominator, Riadi juga pernah berprestasi menjadi juara 1 pada Lomba Presentasi Bisnis tahun 2012. Pria berbadan kurus dan berkumis tipis ini mengaku ingin membahagiakan kedua orang tuanya telah menjadi cita-citanya

sejak kecil, bukan hanya secara materi, namun juga secara batin. Jika ditanya siapa yang paling mendorongnya untuk selalu berkarya, Riadi menyebutkan bahwa semua anggota keluarnya selalu mendorong ia untuk terus berkarya, berpikir positif, pantang

menyerah. Selain itu keiinginan mengharumkan nama keluarganya turut memotivasinya. Selain berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir STMIK IBBI, Riadi juga menjadi tenaga outsourcing teknisi di Bank Indonesia Medan. Jika senggang, pria kelahiran

Pangkalan Lunang, 2 Juni 1986 ini akan menyempatkan diri untuk memancing, salah satu aktifitas kegemarannya. Ia mengaku dengan mengikuti INAICTA 2012, pengalaman dan wawasan yang didapat merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan karyanya kelak ke arah yang lebih baik. Dengan mepresentasikan karyanya di hadapan tim juri di Jakarta, 13 September silam, ia merasa salut pada juri yang dapat menilai dari berbagai aspek. Selain itu, investor lokal maupun luar siap memberikan modal jika karya yang dibuat bernilai ekonomis yang tinggi dan dapat bersaing dengan produk luar. Hal ini bisa menjadi motivasi buat kita semua untuk terus berkarya untuk menjadi wirausahawan yang berhasil, paparnya. Ke depannya ia berharap bisa terus berkarya dalam bidang IT dan menjadi wirausahaan yang mampu menyerap tenaga kerja bagi orang lain. Maju dan terus berkarya ya Riadi! (jhw)

Believing Miracle: Sepak Terjang Si Calon Akuntan Bisa dibilang ia multitalented. Selain memiliki otak yang encer, ia juga jago sulap, tarik suara, serta olahraga. Hotman Anthonius Pasaribu telah memenangi berbagi kompetisi seperti medali perak yang ia raih dalam Kompetisi Paduan Suara ITB 2010 dan finalis The 1st International Magic Competition 2011. September silam (6-8), ia berhasil meraih medali pe-

runggu dalam Kejuaraan Cabang Pencak Silat Tingkat Dewasa Kelas D (80-65 kg) IPSI Kota Medan. Sejak kecil, Hotman menantang dirinya untuk menjadi akuntan yang jujur dan handal. Di samping itu, ia juga bertekad untuk mengembangkan segala bakat yang ia miliki mulai dari musik, olahraga, bahkan sebagai seorang magician.

Bungsu dari empat bersaudara pasangan M. Pasaribu dan R. Tampubolon kelahiran Medan, 9 Mei 1992 ini merupakan mahasiswa semester 4 jurusan S1 Akuntansi STIE IBBI. Ia juga menjabat Gubernur BEM STIE IBBI. Abang menjadi jawaban saat ditanya siapa yang paling memotivasi dirinya untuk terus berprestasi. Dia (abang Hotman) selalu bertanya mengenai apa yang dilakukan seputar hobi yang akan ditekuni dan mendukung setiap kali ingin mencari prestasi. Tidak jarang juga dia memberi nasihat kepada Hotman. Baru satu bergabung dengan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), sebuah organisasi yang mewadahi kegiatan pencak silat secara resmi di Indonesia, kurang dari setahun. Namun dalam kejuaraan pertamanya yang diikuti oleh 16 perguruan silat dengan total 106 peserta, baik atlit KONI maupun Dispora, ia mengaku bangga dengan Juara III yang diraihnya.

Salah satu pengalaman yang sangat berkesan adalah ketika ia berhadapan langsung dengan atlit KONI sekaligus pelatih Perguruan Silat Tapak Suci saat memasuki semi final. Ia berharap di masa depan, ia bisa menoreh lebih banyak prestasi bukan hanya di bidang olahraga, tetapi bidang lain yang ia tekuni. Terakhir ia ingin berpesan kepada sobat Xpresi: There is a miracle inside us. All we have to do is believe. (jhw)

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 19

Surat Nyasar Hello sbat exprsi.:) ne aqu disa pndtng baru aqu pnya sbuah kata yg mdah”an bsa mnjdi inspirasi buat klian smua “Cnta bgaikn sbuah pyung yg mlindngi smua orgn tbuh dri snar mthari dn air hjn yg membshi bmi.. cinta bgaikn lilin yg mnrangi hri”mu d’tngh glp’n mlm yg d’slubungi awn htam tnp ad rmblan dn bntng d’atsnya.. Ksmpurnaa cinta tdk dpt d’bndngkan dri k’smprnaan apa pun krna tnpa cnta sbua bibit tak akn lhir dn hdp d’dnia..Ksmpurnaan hti tdk dpt d’bndngkan dgn k’smprnaan apa pun krn tnp ad’n hati,ksih syg,srta cnta tdk hdir dn mnyapa k’hdpan sesorg dgn indah..:) +6285763596307 haY SuraT nyaSar .. qU pEndatang baru neH ,:) mo kiRim” saLam ja buat aluMni MAN 3 MEDAN ea kaNgen neh,ma kaKag” sekalian.. tHank ea, By.wulandari (MEDAN) +6285763455039 Meqom tbloid expresi... Saya pendatang bru dari tembung Aku mw titip slm bwt mantan aku,aku bgto merindukan nya.... Sgt2 merindukan nya... +6287869181053 Nama saya santi : saya mau titip salam sama mamak , abag , kakak , adek , dan jg keponaan ku yg paling aku saya , sm teman2 saya semu nya yg ada d petumbukan kecamatan galang +6281376331818 Halo surat nyasar: baek - baek klen skolah ya..! Jgn maen mercon klen bulan puasa ni, ntar klen masuk neraka baru tau. Tks yo.. By: penjaga surga (mr ridwan), aku menantikan kehadiran kalian di surga. Amin! +6287867300886 hy..tabloid X_presi aQ nia aq mw titip salam buat cwo aq mga mkin dewasa n tdk suka prmainkn perasaan aqu y mksh...tabloid xpresi +6285261138196 HAIII SAHABAT EXPRESII TITIP SALAM BUAT ANAK SMK N 8 YAHH... LOVE UUU NYONYA SYIFA +6287869945029 Ass . Hallo semua . Nama ku dinda aq mw krim salam ne buad tman” ak yg d alumni SMK 1 Sindoro Medan aq kangen ma suasana kita dlu skul :( dan buad mantan aq KARMA MENUNGGU MU . Jgan prnah prcya ap kta” laki” it semua busyet sakit rasa’a d gniin manis sepa d buang ne coban buat aq brrti allah sayang ma aq mka’a bnyak cobaan buad aq mksih y allah :D :* Trima kasih ya tabloid expres . :D +6287766222290 hai sobat expresi . aku febry siswa SMK ARRAHMAN . aku mau salam nii buat temen*ku diarrahman terutama buat klas XI-AKUTANSI 2 semoga kita berubahyaa wee biar gadak guru yang benci . ok +6281973018535 PENYESALAN adalah buah dari ketidaksabaran.... jd jgan pRnh mNjdi org yg tdak sbr...krn tU akan membuahi pnyEsAlAn,. setUjU??? # :)aq tAK INgin dicintai biLa tak sepNuh HATI:) +6285766260982 Hay sahabt xpresi...Aku sukeysi,umur ku 19 tahun..Aku pengen titip salam nie buat anak2 aeksiansimun yang ada di tarutung... Salam kenal shbat xpresi mudah2n sukses slalu... +6285765505901

20 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Name : Natalia.. Klz 2 Jvrus’n: Sekertariz SMK TD.PARDEDE FONDATION. Syalom... Shbt expresi... Sya mw bgi” crita nue?? Hr ne, q galau bnget... Q gk nyangka, lw shbt q sndri, hianati q dr Blkang... C’lma ne, q prcy mha dy, tp d sa’t q dha ngsh k’prcy’n mha dy, dy mlah hianati q? Hti q skt bnget... Trnyt cari shbt, yg bsa ngrti’n kta thu, trnyt Sush y?? +6285760206171 Andai dia tau, batapa berartinya dia d dlm setiap langkah ku,dn hembusan nafasku,, nmun dia tak pernah tau semua itu, andai dia tau,kini ku begitu rapuh tanpa kehadirannya,hanya sepi lah teman ku,,, dan kini ku harus merelaknnya untuk seorang yang ku benci,,,! Karna tlah merebutmu dari sisiku,sunggu ku tak bisa merelakannya,,,,,,, +628566129026 Hai sobat xpres aku toni arwani toba twp,biasa di panggil toni ,aku tinggal di gedung johor ,dan hoby silat ,,di bulan puasa aku tetap olah raga terutama silat ,,jd buat sobat xpres yg lg puasa jadikan motifasi diri utk hidup lebih sehat,,kita semua sahabat,,bagai karya penghuni penghuni surga,,085761129041 “Kamu Tidak Hidup Jika Kamu Tidak Mempunyai Masalah” Salam_salam Ya Buat Nak X11 Ipa2 Trutama Buat Trio Damanik Unyu_ Unyu, Ade+Lely Kmbar Tp Bda,, Nina Tp Gk Pke Bobok,, Olive Tp Gk Pnya Popaye, And Smua Ya Dah. Yg Gk TrsbuTin Nma Ya Satu Satu.. Ok :) aku Mau Kita Selamanya Eka Febrianti Damanik X11 Ipa 2 SMANSASI UYE:) +6283196408520 Hy.. Shabt EXPRESII .. :) Ane pndatang bru nue.. Nma awag INDAH,dri MA mifftahussalm ,mau titip salam buat tmen” putih biru awag dlu..moga shat sllalu ea guys.. Thank you :D (087793950470) Hai tabloid Xpresi ;) Nama q Yuda pngen kirim salam aja sama cwek2 yg msh single :D immanuelyehuda@yahoo.com tu email ku :) Thanks ya Tabloid Xpresi :D (082162435350) Klo “matahari” ada tuk slama’a apa “cinta” jg bsa ada tuk slama’a ?? Klo “angka” mmg bsa dibagi apa “cinta” jg bsa dibagi?? Klo “cinta” mmg mmbhagiakan,,,knp ada org yg trsakiti krn cinta?? Klo mmg “cinta” mnyakiti,,, knp org mmbutuhkn “cinta”....?! Apkah kamu bisa m’jwab nya?? #Fr0m : lely t0 : all of sahabat Xpresi (^_~) (087892199599) assalamualaikum. . . nma ak soechie indah sharie. “ingtLh bhwa k’gagaLn bknlh k’hncurn” tipsam.a buad mantan uchie A.P.S am buad shbt surat nyasar aj dech :) mksih :* (085760965467) Hay surat nyasar tabloid xpresi :) Salam buat smua anak2 skubie . Aku kangeeen kali sama kaliant :’)

Buat anak Rezpector Tanah Rencong maaf ya ak gak pernah sempat ikut gathering :( Buat anak exvi menggilak terus : Buat faisal yang sabar ya cinta :p Buat ade putroe nanggroe semangat ya ngangkat galonnya :p Antar ke Rumah kami satu :D Thanks before :) (081973993399) Assalamu’alikum hai sobat expresi . . . Sya pndtang bru , nma sya DESI PARAMITHA, mau cri tmen2 bru . . . Nd krm slam buat tmn” sma akape negri 1 galang. Mga kliand smua gk lupa ma awaq, nd mkin smangt bljar’a. Buat pcr aq, aq cman mau blng aq synk bngt ma kmu nma’a sngkt ja y, s.d.a. Thankz y, mjalah expresi :) (085373099852) Hay Xpresi.... Q pndtng baru nue, nma Q yuli. slm knl z ea muah a, mw slm” buat pcr Q z yg dkmpng, jgn slngkh dsna ea. (087744952385) Hai sahabat xpresi. Aku cindy yoshita putri kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 medan, aku pingin kirim saalam buat pacar mayaku, iqbal. Buat iqbal, plis jangan phpin aku, aku berharap sama kamu. Tiada kata yg dapat melukiskan perasaan ini, satu lembar koran xpresi pun tak akan cukup kutuliskan rasa ini. Semoga kamu bahagia disana ya bal. Jangan lupain cindy pliss. Demi kamu aku rela menyusul (082162452421) Hay sahabat xpresi. My nme: resna primsa dri sma DARMA BAKTI kota medan Surat Xpresi Gua mau blank doain ea supaya gk d’oprasi bulan ne resna m¤h¤n doain cepat smbuh end buat ricky anak smalingkar 1 klx xa gua jgn kasar ma cwe” ea Thnk ea (085762122786) Ass Hai surat nyasar Aku pndatng bru ne Aku rehan Salm na bwt anak* smk spp ptra jaya setabt Mksi shbt x-presi Smoga mkin suks n jaya trz (087713849303) Di dalam hati ini hanya satu nama yg ada di tulus hati ku ingi ni,kesetian yg indah tak kan terdingi hanyalah dirimu satu benteng begitu tinggi sulit untuk gapai aku untuk kmu ,kmu untuk aku nmun semua apa mngkin iman kita yg berbeda untuk Raihan chirsthian anathan (082367492895) *As wr wb* Hy shabt xpresi Aq andre pendatang baru nih .sekolah sma wR.supratman 2 medan Mw crhat ne aQ pnya pacar qta dah lma pcaran Sejak smp Tpy se minggu yg lalu . Dy bru ja ningGalin aQ utk slama ya.tp ampe skrng aQ bloem bsa lu paen dy Al’a dy pacar ku Yank pling baek Dan yank pling cantik menurut ku Kasih saran nya dong shabat xpresi (082366637557) Hay Shbat Xpresi...! KnLin qHue Billy Dri BinJai , qHuE PndaTang Bru dii Tabloid Xpresi Nue. qHue Mw TisaM bUat c’Mua tMan qHuE yG di Binjai .. buAt yG bLouMz kNal sLam keNal ajHa yEaCh.. Thank’z.. (087713915552) bgi akuh cnta tak pndang tampang atau pun mteri ,, akuh hnya prlu kjjuran , kstian , prhtian n ksih syang

Surat Nyasar dri sse0rg yg bnr* syang ma akuh ,, :( krna akuh ga mw lgi mrsa khan skit hti yg prnah akuh alami dahulu !! :’( bye : ayue :) (083197493545) SatU-satU Nya perbeDaAn antara orang sukses dan orang yang tdk sukses adalah keseDiaaN DAN kemauan untUk bekerja,sangat dan sangat keras.. By:puTri melati sitorus Smansasi kLx xII-2.... (087749174128) hy tabloid Xpresi nysar aku RisNa Mau kriM Slam buat tMn2 yg a’d d! Skul SMk N 1 Mbo jrusaN 2 Mk 2 SlaM ya buat kWaN2 Smp 1 kWaX buat Muliadi daN tMn2 la!N SlaM kgeN N!ee Mau KnlaN SMa Sya N!e No hp Sy (087890993160) Askummm hayyy surt nysar qu pndtang bru ne molia qu mau ttip slm bwat kwan2 SMK N 1 melboen aceh brat serta kwan se kmpus Uiin BnA yg knal ma qu ehh lpa kwan se koess yg gokil2 kex qu aj ya heeeeeee (081973896254) Keep spirit..hi Sahabat Xpress.. Ini Nasution d Binjai, Salam buat anak ment0ring Az Zahra, Faris2 Binjai und As Saja’ah .. Semangat muda kibarkan* “Allah l <3 U ¤^-~ (087713976917) hy shbaT exFrEsi nE aQ pNdTag brU . buaT shbaT exfrEsi sLaM kNaL ja , bUaT mNtaN aQ sLaM kgEn ja ,di mNa puN U brada . yaNie jadi yaNie ,facEbook . (087748724663) Hey! Sobat xpresi. Qu pendatang baru nie.. Sindyrella:) Buat (saman) qu tulang gendut “selamat2 menempuh hidup baru.. semoga bahagia”(; (085361422742) Hy surat nyasar,gw ijal Sma di josua medan. Gw mw cri tmn cwek yg bsa di ajak curhat. (089613158494) Hy nama ak desi ak pndatang baru ne dri SMA 1 Banda Aceh kelas XII IA-1 Mau nitip salam buad smua temen2 di SMA 1 Banda Aceh . Buat teman2 kita harus semangat ya UN uda di depan mata :D Cutdesifatmawati@yahoo.co.id (087890425033) kangen sama sahabat x pressi kririm salam buat semua nya aja god bless you all (081933203774) Surat nyasar . Yg bener sms nyasar woooooo :D Kali pertama sms nih . buat yg nyarik temen ae , bella (^^ (087749509106) hy semua,.. nma gw nadya theresa gw skola di kalam kudus medan btw, gw lgi galau nih ad yg bisa hibur gw gk ? :( gw tunggu hiburan’a ya bye,..(085763152568) hay SahAbAt xPresi KhU pndatnK brU nE nMa khu ikHa cii cWeq CanCer’z mW ti2p slm nE bwt tmN2 khU yG dha dE SMK N 1 SIBOLGA Khu mW cri tMn nE yG bz dE jak cUrhAt N bz b’tmAn gtU laCh (087767120099)

aslkum shbt xpresi my Name is riani q pndtng br nie q sklh di R.A KARTINI o’a q mau tisam la buat cwok q yg jauh di sna,o’a buat ank R.A kartini seram rjin” bljr buat ank XI IPA cri la nilai yg bgus buat adx kls q kls X jgn kecntlan pa lg cwek” islamnya buat ka”k kls kmi rjin lah bljr spy bs lu”s nnti AMIIIIIN by:riani mnis unyu” (085296928919) hy we..... aqu pndtang bru nma aqu lies,aqu skolah di umsu, aqu mau kirim salam buat smua tman2 yg ada. aqu pngen cari pacar, mkasih ea (087818823471) Meq0em . . aP Qbr tb|0id nYsar . . qHu diah ne pNdtagg bRuu . . PgeN tiSam Ne bUat sHbt “ SMP Qhu . . brayy aP kbr m0a a . . Qhu kgeNn ne mha msa2 sk0lh dlu . . Mmm g4lauUu0 . . ? (087891827165) hyyy cMu4_a teMen2 sMs nY4s4r.... s4l4m qn4l ye4 bu4t cmu4_a.. aq0e tmn b4ruu nue.... d4rii binj4i..... by : diy4na (087748957408) Hay sahabat” xpresi... Nama saya putri wulan dari,schol di SMU N 3 langsa. Ingin beri saran ne:jgn prnah prnh ninggln org yg kmu syank demi org yg kmu cinta,krna suatu saat org yg kmu cnta akan ninggln kmu demi org yg dia cyank. Slam buat tmen” & s0bat sya SD,tiara and agustia yg baik & caem”. Buat mrid yg clas 3 smga thun ini lulus smua .amin. (082366337176) Hy... Surat nyasar. Aq tRizna, sMasjos meDan. Aq pndtg bru nieE.. Lw mw knal ma qu, sms kcne aja ya.... ‘n folLow me @mei.violita, slam knaL yaa..... (082369119746) Hy... Aq gi GALAU ne..... Galau gara2 kpikiran mantan... Aq mw titip salam z deh buat mantan aq AGUNG PRASETIYO, skola di MAN1medan.... Moga2 salam’a mpek ma dy iia...:) (085763651807) Hy Sahabat Surat Nyasar d mn pn Anda berasa.. Salam kenal buat Teman* semua.. Saya ; RAMISchool d ; SMK NUR AZIZIClas ; XII Ap3 Cuma mw ksh tw ; Jdi lh org yg bsa menempat kn posisi_a d mn pn Anda bradaAgar org lain tdk mengetahui Kmu yg sbenar_a... :) (085760187357) Bwt kalian smua sobat expresi bersukur la atas kebahagiaan yg kmu miliki skrg bsa nemuin kehangatan keluarga. Krna broken home itu pahit. dita di MEDAN :) (085658062297) Tuhan ku, bantu aku menghapuskan prasaan ini untuk nya. Perasaan yg baru sdikit bertumbuh trhadap nya. Krn ku tak mw lagi mencintai org yg tdk mencintai ku. Rasa nya sakit sekali Tuhan (081990758789)

mhihi wassalam (08992801832) hy surat nyasar . q andy q mau ik0tan d0nk . “kau membuat ku mengerti hidup ne,kta lahir bagai selembar kertas putih ingin ku lukis dengan tinta pesan damai dan terwujudlah harmoni” bye salam gabunk.:) (08992707897) Hay Tabloid Xpresi... Aku Ella di Galang... Mau titip salam buat adik aq yang berulang tahun & sahabat-sahabat xpresi semuanya,semoga tabloid xpresi semakin sukses...amin. (087869913818) Akku sayank khamu aGung pRananda . . vElina a.p (085658584219) hai tabloid xpresi..q pendatang bru nih..boleh donk q kirim slam sm seseorng yg bgtu q rindui..q rindu kali sm dia..tp dia acuh enggk acuh...tlng jelasin hubungan in donk.. (085763689060) HaLo sahabat expressi... Aku novy taulina dari SMA SWASTA Ir.H.Djuanda Tebing Tinggi... Cumak mauu bilang, KaLau pacaran tuh nomor 6, 1-5 tuh pancasila.. Hahahaha.. Salam* buat guru* juanda sama temen* aku yangg adah di Tebing Tinggi :* (08566106695) Asalamualaikum tabloid xpresi... Q Widya eny,. q pendatang bru ne,,, aku ank aek loba asahan.. Mw kirim slm ma ank BAND MDN,smoga sukses ea...:) n kak ARIFIN,DARWIN,HENDRA SEMBIRING yg kul d USU,da Wisuda lum kk?.. N bwt pcr q DEDI. Slm kngn...:’) (087749526244) Hy aku saswika,q pndatang baru. Q skul di sma ir.h.djuanda t.tinggi. Aku ttp slm buat alan dimedan. Yg mau berteman jangan sms ya,krn udh Ga Zaman xmxan, bbbman ajah ni pin q : 22259614 tp harus cocakep y,yg jelek ga trima:D. Add fb q saswika daroh saragih and follow twitter gueh @saswikarika Okee,ditunggu ya sobat :* (087744773577) hY sahabat Xpresi Aku ecY.. dri SMA S Ir.H.Djuanda T.Tinggi Pngen tiSaM nih tUq tMen” q ank Ipa 1 Yg Lg giat”a bLjar Moga Kita LuLus sMwa Ya.. Amiinnn.... oK, sLam KnaL ajj Ya.. Add ecY Ya di : cinthachilla@yahoo.co.id thx Ya.. (081533228684)

assalamualaikum hy surat nyasar nama saya INDAH KUMALA SARI aqu nak baru nich, aqu pngen memperbanyak tmen nich dari sini...,cmz jha ke no nich (087869158336)

Buat temen-temen yang mau kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucapan selamat ke siapa saja tinggal kirimkan aja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi. Caranya mudah, tinggal sms aja ke nomor ini

Hey sahabat nyasar, nama aku Bela Friska dari SMK N 6 Medan ‘n aku pendatang baru. Aku mau titip salam buat ka Adhit yg udh sukses jd artis, good luck yah! ‘n mau ttp salam buat jodoh aku yg masih di pending tuhan.

087869801990 di tunggu ya... Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 21

Xpresi Karya

Bebas Berkreasi Vektor dengan Dukungan Open Source

P

Oleh: Idi Suwadi

ria berkacamata nan rendah hati yang biasa disapa Idi Suwardi kelahiran Perbaungan ini merupakan jagoan di kelasnya. Mulai dari dunia blogging, desain, programming, hingga merambah ke komunitas-komunitas seperti MUGI telah mengasah keterampilannya. Beberapa kali ia berhasil menjawarai perlombaan yang diadakan seperti Juara 1 Lomba Desain Poster (alias Linux Open Draw) yang diselenggarakan oleh komunitas Linux Indonesia di Malang. Desain poster dan wallpaper ini ia buat dengan menggunakan perangkat lunak Inkscape. Inkscape adalah perangkat lunak Open Source untuk mengolah gambar vector layaknya CorelDraw atau Adobe Ilustrator. Desain sederhana namun menarik ini, mampu ia selesaikan dalam kurun waktu dua jam dengan bantuan tool-tool yang ada di Inkscape, tool yang paling banyak digunakan adalah trace bitmap, misalnya seperti gambar peta dan gambar logo-logo software open source. Hasil trace tersebut disusun sesederhana mungkin dan kemudian ditambahkan teks agar menarik dan lebih informatif, sehingga desain yang dihasilkan pun komunikatif. Karena Inkscape tidak mendukung fitur eksport file ke format JPG, maka digunakan GIMP. GIMP adalah perangkat lunak open source pengolah gambar pixel layaknya Photoshop. Dengan GIMP, file gambar yang dihasilkan oleh Inkscape di simpan dalam format JPG dan selesailah desain poster dan wallpaper sederhana ini. Untuk mengenalnya lebih jauh, sobat Xpresi bisa menemukannya di dunia maya lewat blog idisuwardi. blogspot.com atau email langsung ke net4idi@gmail. com.(jhw)

Xpresi Zodiak CAPRICORN (22 Desember-18 Januari) Peruntungan : Kesuksesan sudah diambang pintu karena segalanya berjalan sangat lancar dan hampir tidak ada trouble yang membikin kecewa hati. Keuangan : Banyak rencana yang akhirnya akan membebani keuangan Anda. Asmara : Hari ini memang membingungkan, tapi percayalah pasti ada jalan keluarnya. AQUARIUS (18 Januari-18 Februari) Peruntungan: Di hari ini ada baiknya tidak sembrono ataupun meremehkan persoalan yang datang, kare na kemungkinan buruk bisa saja terjadi. Keuangan: Sebuah hambatan berhasil dilewati sehingga keuangan akan stabil kembali. Asmara: Tetaplah mengalah agar masalah tidak semakin rumit, dan sadarlah bila si dia marah-marah, anggaplah bahwa Anda tempat curahan hatinya, jadi maklumlah. PISCES (18 Februari-20 Maret) Peruntungan: Di hari ini tak perlu takut dengan rintangan yang ada dihadapan mata, karena itu tidak akan berpengaruh terlalu banyak. Keuangan: Pemasukan meningkat tetapi pengeluaran juga meningkat. Asmara: Enjoy saja dengan segala persoalan yang ada, buat apa dipikir secara mendalam, karena itu hanya akan mengganggu ketenangan. ARIES (21 Maret-19 April) Peruntungan: Apa mau dikata kalau suasana masih terasa panas, walau begitu emosi harus tetap selalu terkontrol. Keuangan: Kurangi pengeluaran dan amati peningkatan rekening bank Anda. Asmara: Masalah dimasa lalu tidak ada gunanya Anda ungkit-ungkit lagi, itu hanya akan merusak s uasana yang sudah mulai membaik. TAURUS (20 April-20 Mei) Peruntungan: Sekilas hari ini tampak tenang akan tetapi kewaspadaan harus tetap diperhatikan karena angin ribut setiap saat masih bisa muncul. Keuangan: Jangan beri pinjaman kepada siapa saja jika tidak ingin uang Anda tidak kembali. Asmara: Jangan mengungkit-ungkit masa lalu, semua itu tidak ada gunanya malah membuka luka lama saja. GEMINI (21 Mei-21 Juni) Peruntungan: Biasakan dalam mengerjakan segala sesuatunya dengan sepenuh hati agar urusan tersebut tidak hilang begitu saja. Keuangan: Ada rongrongan dari pihak keluarga yang cukup menguras keuangan Anda. Asmara: Cari perhatian itu memang wajar, tapi kalau kelewatan bisa sebel yang melihatnya. CANCER (22 Juni-22 Juli) Peruntungan: Dihari ini peruntungan Anda lumayan bagus sehingga Anda bisa lebih berani bermanuver agar pola bisnis ini tidak selalu monoton. Keuangan: Bisnis lancar dan pemasukan tentu saja juga lancar. Asmara: Segalanya terasa begitu menyenangkan walaupun bisa dibilang makan nggak makan asal ngumpul. LEO (23 Juli-22 Agustus) Peruntungan: Bisa saja bersikap keras akan tetapi kewaspadaan harus tetap terjaga, jangan sembrono karena walaupun kelihatannya tidak ada masalah. Keuangan: Pengeluaran tampak sulit dikendalikan sehingga banyak kebutuhan penting yang terabaikan. Asmara: Harapan masa depan yang penuh dengan keindahan. VIRGO (22 Agustus-22 September) Peruntungan: Apa yang menjadi target anda ternyata bisa meleset juga dan ini pertanda bahwa semua itu tak semudah yang Anda bayangkan sehingga perlu kewaspadaan dan ketelitian. Keuangan: Ada saja yang mengganggu keuangan anda. Asmara: Jangan murung setiap bertemu dengannya, cobalah bersikap lebih ceria dan menyenangkan hatinya. LIBRA (23 September-23 Oktober) Peruntungan: Kondisi disekitar anda tampak kurang begitu bagus sehingga anda harus lebih berhati-hati, terutama dalam menyikapi setiap kabar yang beredar. Keuangan: Bisnis terus melaju tanpa gangguan, sehingga income terus mengalir bak tiada henti. Asmara: Cukup tenang dan cekcok mulut sudah tidak begitu sering terdengar. SCORPIO (24 Oktober-21 November) Peruntungan: Tak ada salahnya jika Anda bersikap lebih kritis apalagi peluang tampak didepan mata sehingga sangatlah disayangkan jika tidak ada niat ataupun keberanian untuk menggapainya. Keuangan: Janganlah lupa diri dengan membelanjakan uang tanpa dipikir dengan matang. Asmara: Masih penuh dengan kegembiraan. SAGITARIUS (22 November-21 Desember) Peruntungan: Berusahalah untuk tetap konsisten dengan keputusan yang telah anda ambil, jangan sekali-kali anda mengingkarinya. Keuangan: Jangan sampai lepas kontrol. Asmara: Tampak indah dan romantis, pertahankan suasana yang baik ini dengan berpikiran sesederhana mungkin.

22 Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII

Xpresi Ragam

Frame Xpresi IBBI CARD DISCOUNT PLACE: Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item

Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

Milano Art Studio Jl. Sekip No. 18/32 Medan Disc 10% + 5% d’Waroeng Cambridge Mall Disc 20%

Ikan Goreng Cianjur Tengku Daud No.4 Disc 10%

SEIKO Sun Plaza Level 1 Cirebon No. 16 Medan Mall Lt. II Disc 10%

Pondok Palladium Palladium Mall Disc 15% CV. Indako Trading Co. Makmur No. 144 A/30 Jasa Service 10% Sparepart 5%

Pangeran Ban Jl. S. Parman Medan Disc from 15-35%

Handphone & Accessories Garecca Disc 20%

Matador Country Plaza Medan Fair Disc 50% (Dosen) Buy 1 get 1 (Mahasiswa)

Tabloid Xpresi Dapat Diperoleh: Kampus Diamond Jl. Sei Deli No. 18 Telp. (061) 4567111 Fax. (061) 4527548 Medan - 20114

Kampus Emerald

Jl. Gatot Subroto No. 130 Telp.(061) 4519400 - 4519070 Fax. (061) 4522204 Medan - 20114

Kampus Topaz

Jl. Damar No. 9 G Telp. 45628734562876- 4562773 Medan - 20118

PrimeOne Shool

Jl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo­ nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672 Fax. (061) 7853631 - 7853671 Pangeran Ban Jl. S. Parman Medan Coffee Box Sun Plaza Lt. 4 Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Gareca Jl. Prof. H.M Yamin No. 99A Milano Art Studio Jl. Sekip No. 18/32 Medan de’ Warung Cambridge Mall X.O. Suki Sun Plaza Lt. 3 Kopi Kok Tong Sun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1 DOME Sun Plaza Lt. G ThaiExpress Sun Plaza Lt. 4 Pondok Palladium Palladium Mall lT. UG SEIKO Sun Plaza Level 1, Cirebon No. 16 Medan Mall Lt. 2 Ikan Goreng Cianjur Tengku Daud No. 4 CV. Indako Trading Co Makmur No. 144 A/30 Mie Pansit Awai P. Siantar, Jl. Surabaya 21 A Medan, Jl. Dr Wahidin 4 GG - Jl. S. Parman 20 Jl. Boulevard 84 B1 Cemara Asri

Nampang di Frame Xpresi Kirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke tabloidxpresi@gmail.com atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

SMA Kota Medan: SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Raksana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA

Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1 Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Methodist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA Teladan Bireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3 Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri I Kabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri II Kuala: SMA Harapan Bangsa, SMA Methodist Langsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3 Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2 Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas Baru Tanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Langkat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1 Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri I Lubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1 Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2 Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia Budi Rantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA Teladan Sibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca Karya Tanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisingamangaraja, SMA Tri Tunggal Tanjung Morawa: SMA Methodist Tarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1 Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA Nusantara Pekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa Maria Padang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2 Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII 23

Oktober 2012 I Edisi 79 I Tahun VII


Tabloid Xpresi Edisi 79, Oktober 2012