Issuu on Google+

Kemenangan POS di Hari Ulang Tahun IBBI Edisi 74 - Tahun VII - Mei 2012 ISSN 2088-141X

IBBI’s Exhibition & Competition 2012

Desain Ala Bykers, Dominasi Tren Jaket Pria


Salam Redaksi

Daftar Isi

HUT Ke - 16 IBBI

Xpresi Sekolah

12

Xpresi Tekno

14

R

angkaian kegiatan yang dilakukan IBBI dalam merayakan hari jadinya yang ke-16 yang jatuh pada 17 April tahun ini telah dimulai dari beberapa bulan sebelumnya. Berbagai acara telah dilaksanakan dan dikreasikan, dari ajang adu bakat, kreatifitas, seni, strategi maupun otak. Hingga puncak acara berupa perayaan ulang tahun ke 16 IBBI yang diadakan pada 28 April lalu yang bertempat di Hermes Place. Meriah, itulah kesan dari acara yang mendatangkan grup musik Geisha ini. Ribuan orang bersuka cita serta tumpah ruah menghadiri acara ini. Di usianya yang ke 16 ini tentu sudah banyak hal yang dicapai oleh IBBI, tetapi puas bukanlah kata yang tepat untuk menggambarkannya, tetapi terus melangkah dan terus mencerdaskan kehidupan bangsa. Banyak hal yang telah dicapai namun masih banyak pula yang harus dilakukan. Sehingga banyak yang mengharapkan IBBI untuk terus maju kedepan dan menjadi salah satu kampus bergengsi di kota Medan. Perayaan ini lah yang kita jadikan laporan utama Tabloid Xpresi bulan ini, hal ini kami rasa penting karena didalamnya banyak kami angkat mengenai pendapat dari mahasiswa tentang apa harapan mereka terhadap IBBI kedepannya. Banyaknya jumlah puisi yang masuk ke redaksi kami anggap sebagai sebuah apresiasi luar biasa dari para pembaca setia tabloid ini. Hanya saja setiap puisi yang masuk tentu belum semua dapat kita terbitkan di Tabloid Xpresi ini. Akhir kata redaksi tanpa henti-hentinya mengharapkan partisipasi dari para pembaca untuk mengirimkan karya-karya terbaiknya. Selamat membaca, semoga edisi kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Xpresi Kampus

7

Salam Redaksi

2

Xpresi Utama

3

Xpresi Cerpen

17

Xpresi Puisi Xpresi Resensi

Xpresi Kuliner

11

18

20

Xpresi Info

21

Xpresi Zodiak

21

Surat Nyasar

22

Frame Xpresi

23

Divisi usaha i pemimpin umum: juswan tjoe i pemimpin perusahaan: amrin susilo halim i penanggung jawab: ir. b. ricson simarmata, msee i dewan ahli: prof. dr. amrin fauzi, sukiman st, MT, lusiah se, mm i manajer produksi: andriasan sudarso, smn, MM I MANAJER IKLAN: LILI SURYATY, SE, MM I MANAJER SIRKULASI: HALIM LOLY, SE, MM I STAFF SIRKULASI: HARTONO, S.Kom, M.Kom DIVISI REDAKSI I EDITOR IN CHIEF: PERDANA I REPORTER: Jacques Horatio Wang, ANI I FOTOGRAFER: RIRI KOESNADY I DESAIN GRAFIS: INDAH PUTRI ANGGRAENI ALAMAT REDAKSI: KAMPUS TOPAZ, JALAN DAMAR NO. 9-G, TELP. (061) 4153375, EMAIL: tabloidxpresi@gmail.com, FACEBOOK: Tabloid Xpresi

Desain Sampul Edisi 74 Tahun VII, Mei 2012 Oleh: Indah Putri Anggraeni

2

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

Redaksi menerima tulisan OPINI, FEATURE, LAPORAN PERJALANAN, CERPEN, PUISI, SURAT PEMBACA, SURAT NYASAR serta tulisan lainnya. Redaksi berhak mengedit setiap tulisan tanpa mengubah arti yang terkandung dalam tulisan. Untuk tulisan OPINI, FEATURE, LAPORAN PERJALANAN, CERPEN, panjangnya sekitar 5000-6000 karakter.

Tabloid Xpresi


Xpresi Utama

Dari kiri - kanan: Ketua STIE IBBI Prof. Dr. Amrin Fauzi, Anggota Badan Pengawas Yayasan Pendidikan IBBI Tio Ria Mahalim, Anggota Pengurus Yayasan Pendidikan IBBI Freddy Ng, Wakil Ketua III STMIK IBBI Andriasan Sudarso SMn, MM, Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan IBBI Amrin Susilo Halim, Ketua Badan Pembina Yayasan Pendidikan IBBI Juswan, Anggota Badan Pembina Yayasan Pendidikan IBBI Lenny Liongosari, Anggota Badan Pembina Yayasan Pendidikan IBBI Ali Rusli, BSc, dan Ketua STMIK IBBI Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE foto bersama pada puncak acara perayaan HUT Ke-16 IBBI yang berlangsung di Hermes Place, Sabtu (28/4)

Euforia dalam HUT 16 Tahun IBBI

Euforia perayaan, itulah kata yang dapat merangkumkan rangkaian kegiatan yang dilakukan IBBI dalam merayakan hari jadinya yang ke-16. Jatuh pada 17 April tahun ini, berbagai acara telah dikreasikan mulai dari ajang adu bakat baik otot, seni, strategi maupun otak hingga puncak yang diadakan pada 28 April bertempat di Hermes Place Polonia.

A

cara yang sempat menjadi perbincangan hangat itu pun merekah di tengah peraduan matahari yang sendu. Dalam sehari ribuan orang memadati konser ulang tahun yang diadakan dua sesi bagi pelajar maupun mahasiswa dan undangan terbuka umum. Sesi satu yang diadakan pada pukul satu siang serta sesi dua yang dimulai pada pukul enam sore sukses menghibur hadirin. Tampak wajah ceria serta puas setelah menanti performance dari Geisha, yang khusus diundang oleh IBBI untuk menyumbangkan beberapa lagu. Sebelumnya IBBI juga pernah mengundang Project Pop dalam memeriahkan perayaan ulang tahunnya. Perayaan ini dibuka dengan lagu Wen Pie yang dibawakan oleh Endy Kho salah seorang alumni D3 Akuntansi IBBI tahun 2011. Disusul kemudian oleh atraksi band menarik oleh The Lope Band yang dibentuk oleh kelompok mahasiswa IBBI dan cukup menghibur. Setelah menyajikan ragam persemba-

han dari mahasiswa dan mahasiswi IBBI, acara pun diselingi dengan lucky draw sesuai nomor undian maupun bagi mereka yang bertanggal lahir sama dengan IBBI. Beberapa sumbangan lagu seperti To Love You More pun mengalun dari Dina

Arfiani (juara 3 lomba karaoke IBBI Exhibition and Competition 2012), Beautiful Girl oleh Edy Winata (juara 2 lomba karaoke IBBI Exhibition 2012), Everyone is Number One oleh Elson (alumni S1 Manajemen IBBI).

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

3


Xpresi Utama Lalu saat Riri Koesnady serta Sony Boy Bangun tengah mengulur waktu demi memfokuskan perhatian massa pada bintang tamu, Geisha pun muncul dengan pengawalan ketat dari para panitia. Suasana pun heboh dan penuh haru. Geisha langsung menyapa hadirin serta petinggi IBBI yang turut menyaksikan perayaan yang sungguh meriah itu. Tampak Amrin Susilo Halim, Juswan, Lenny Lionggosari, Ali Rusli, BSc, Tio Ria Mahalim, Freddy Ng, dan Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE yang tampak asyik menikmati aksi menghibur dari Geisha. Momo pun seakan tak kenal lelah. Rentetan lagu andalan mereka pun mengalun serta mengundang hadirin larut dalam melodi dan suara syahdunya. Tak ketinggalan Momo pun mengundang pengurus yayasan IBBI untuk naik ke panggung untuk melakukan puncak simbolis dengan memotong kue yang bermahkotakan angka 16 di puncaknya. Rona ceria mewarnai mayoritas hadirin maupun empunya acara. Riuh tepuk tangan dan gempita euforia menjadi pengisi seremoni puncak tersebut. Baik tuan rumah maupun bintang tamu melebur menjadi satu. Tak lama setelah itu, gebrakan drum dari Aan pun melanjutkan lagu yang mereka bawakan. Sekitar satu jam Geisha menghibur hadirin. Terhitung ada sebelas lagu yang dibawakan oleh band asal Riau

yang salah personilnya berboru Sinaga ini. Mulai dari tembang terhits seperti Cinta dan Benci, Pergi Saja, Jika Cinta Dia, sampai lagu-lagu yang mereflesikan perasaan mereka yang sedang jatuh cinta plus bumbu galau: Hatiku yang Bicara, Kamu yang Pertama, Selalu Salah, TPA, Cukup Tak Lagi, Remuk Jantungku, Izinkan, dan Penyesalan Terdalam. Tersihir oleh performa energik Momo, hadirin pun tumpah di sekitar panggung sambil mengikuti sang bintang melantunkan baris-baris lirik yang terpatri di pikiran mereka. Beruntung Xpresi juga mendapatkan kesempatan emas untuk membidik serta mengabadikan momenmomen berharga ini. Walau riuh rendah oleh sahutan menggemaskan dari hadirin, acara ini berjalan sangat tertib. Di penghujung persembahan lagu mereka, Aan pun melemparkan stik drumnya ke arah hadirin. Genap menyanyikan sebelas lagu, bagian emas dari Geisha pun tuntas sekaligus menandakan berakhirnya acara. Perlahan-lahan panggung dan tempat pun sepi berhubung malam pun hampir menanggalkan jati dirinya. Pesta memang telah usai. Namun masih banyak ritme aktivitas yang mesti dilakoni baik oleh mahasiswa maupun penggerak IBBI sendiri agar dapat terus memacu diri dalam mencapai bekal terbaik bagi masa depan gemilang! Congratulation IBBI! (jhw)

Para pemenang Lomba Pidato Bahasa Mandarin, Juara I Kristin Agustina (SMA Methodist Pematang Siantar), Juara II Sandy Pan (SMA Methodist Pematang Siantar), Juara III Veranica Astri (SMA Sultan Agung Pematang Siantar), Juara Harapan I Wiliam (SMA Sultan Agung Pematang Siantar) berfoto bersama Ketua STMIK IBBI Ir. B. Ricson Simarmata, MSEE, pada acara puncak perayaan HUT IBBI ke 16 di Hermes Place, (28/4).

Para pemenang Lomba Pidato Bahasa Inggris, Juara I Stevanus Dewangga (SMA PrimeOne School Medan), Juara II Vinston Fungsi (SMA WR. Supratman 1 Medan), Juara III Wyncent Halim (SMA Sultan Pematang Siantar), Juara Harapan I Darling Febriani (SMA Methodist 2 Medan) berfoto bersama perwakilan dari Kopertis Saiful Bahri, pada acara puncak perayaan HUT IBBI ke - 16 di Hermes Place, (28/4).

Para pemenang Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Juara I Feby Chintia Runtu (SMA Tunas Baru Pangkalan Brandan), Juara II Wenny Lestari Khosasi (SMA Sultan Agung Pematang Siantar), Juara III Dwi Setiawan (SMA Plus Al-Azhar), Juara Harapan I Kadek Yusmayaril (SMA Methodist Pematang Siantar) berfoto bersama Anggota Badan Pembina Yayasan Pendidikan IBBI Lenny Liongosari, pada acara puncak perayaan HUT IBBI ke - 16 di Hermes Place, (28/4).

Para pemenang Lomba Dance, Juara I Secret Crew (SMA Bodhicita Medan), Juara II Focus (SMA Budi Utomo Medan), Juara III Black Swan Dance (SMA Tri Tech Medan), Juara Harapan I BBG (SMA Cinta Budaya Medan) berfoto bersama Anggota Badan Pengawas Yayasan Pendidikan IBBI Tio ria Mahalim bersama Ibu Tan Kui Phin, pada acara puncak perayaan HUT IBBI ke - 16 di Hermes Place, (28/4).

4

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII


Xpresi Utama

Geisha Meriahkan HUT Ke - 16 IBBI

G

rup Band Geisha memeriahkan puncak peringat足an HUT ke-16 IBBI di Hermes Place Polonia Medan, yang dihadiri ribuan pengunjung, Sabtu (28/4). Hysteria dari para penggemar Geisha mewarnai penampilan mereka di acara tersebut.

Momo dan para personel Geisha saat disambut meriah oleh para fans ketika memasuki panggung acara.

Para petinggi IBBI yang hadir dan ikut memeriahkan HUT Ke-16 IBBI

Antusiasme dari penonton yang luar biasa pada saat penampilan Geisha.

Momo dan Roby saat beraksi diatas panggung.

Para personil Geisha sedang beraksi diatas panggung.

Mahasiswa IBBI yang hadir pada acara puncak perayaan HUT Ke-16 IBBI.

Para pelajar SMA sederajat yang hadir pada acara puncak perayaan HUT Ke-16 IBBI.

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

5


Xpresi Utama

Harapan Mereka Untuk IBBI di Usia Yang ke 16

Herlina br. Siregar Akuntasi Semester 2 Semoga ke depannya IBBI semakin sukses dalam menjalankan visi dan misinya. Semoga IBBI mampu menjadi kampus yang menunjukkan citra yang baik di masyarakat agar mahasiswanya bertambah terus. Hidup IBBI! Semoga makin berjaya ke depannya! Acaranya sih lumayan seru.

Di usianya yang remaja ini IBBI terus memberikan yang terbaik guna mencerdaskan kehidupan bangsa. Banyak hal yang telah dicapai namun masih banyak pula yang harus dilakukan. Sehingga banyak yang mengharapkan IBBI untuk terus maju kedepan dan menjadi salah satu kampus bergengsi di kota Medan. Puncak acara perayaan HUT IBBI ke 16 yang dilaksanakan pada 28 April yang lalu kami manfaat kan sebagai ajang untuk mendengar tanggapan dari mahasiswa IBBI tentang apa harap­ an mereka ke depannya untuk IBBI? serta kami juga menyakan kepada mahasiswa IBBI dan siswa-siswi yang diundang pada acra tersebut tentang tanggapanmereka terhadap acara perayaan HUT IBBI kali ini?

Dewi br. Naibaho Akuntansi Komputer Semester 6 Agar IBBI semakin terdepan untuk menuju masa depan gemilang dibandingkan kampuskampus lain. Maju terus IBBI! Untuk acaranya, IBBI pantas untuk diacungi jempol! Dari awal sampe akhir acaranya SUKSES! :)

Siska Maria Tarigan D3 Akuntansi Komputer Semester 6 Semoga IBBI terus maju dan menghasilkan tamat­an yang berkompeten serta mampu bersaing di dunia kerja. Sukses terus IBBI! Acaranya keren banget! Pantas diacungi jempol. Semoga di tahun-tahun berikutnya IBBI bisa membuat acara yang lebih bagus lagi.

Betty Kristina D3 Akuntansi Semester 6

6

Onisa Olvianti S1 Manajemen Semester 8

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

Semoga IBBI menjadi yang lebih baik, semakin berjaya dan semakin sukses untuk ke depannya. Semoga IBBI selalu menjadi kampus terbaik di kota Medan. Acaranya sangat bagus! Tidak membosankan, meriah sekali. Saya suka!

Popy br. Simarmata S1 Manajemen Semester 8 Semoga IBBI makin jaya, lebih berkembang dan menghasilkan generasi berkualitas. Semoga di gedung baru ditambahkan lift biar gak capek naiknya. Amin. Seru, asik! Ngelihat antusias penontonnya yang heboh banget! Apa lagi ketika Geisha perform, penontonnya jadi makin menikmati acara. To IBBI: GBU! Amin...

Feri Ferdinan Sistem Informasi Semester 4 Semoga IBBI lebih maju, sukses, makin terdepan dan terbaik dibanding yang lain. Acaranya bagus banget, keren! Jadi buat mahasiswa semakin bangga sama IBBI tersayang dan mudah-mudahan tahun depan ada lagi ya biar lebih bisa menarik calon mahasiswa dan mahasiswi.

Dian Friska Nasution Teknik Informatika Semester 8 Supaya IBBI lebih maju dan lebih sukses lagi di banding kampuskampus lain. Maju terus IBBI! LUAR BIASA!!! Dashyat dan bagus banget acaranya!

Kinanti S.H. Nasution Teknik Informatika Semester 8

Saya berharap IBBI lebih maju dan lebih meningkat lagi dalam segala hal nya kedepannya. Maju terus IBBI. Acara ini telah mempersatukan seluruh individu yang berhubu­ ngan dengan IBBI dan performance Geisha amazing! I like that!

Semoga IBBI menjadi yang terdepan! Me­ningkatkan kualitas dalam segala hal. Aku yakin IBBI bisa. Maju terus IBBI! Do the best coz you’re the best! Acaranya bagus! Mudah-mudahan de­ngan acara ini persahabatan keluarga besar IBBI semakin erat. Makasih IBBI. Tuhan Yesus berkati.

Jeffry S1 Manajemen Semester 8 Harapan saya untuk IBBI ke depan yaitu menyediakan dan memperbaiki fasilitas-fasilitas pendukung lebih baik lagi untuk kelancaran dan kenyamanan mahasiswa dalam mengembangkan bakatnya. Sangat menarik. Benar- benar Moment yang spektakuler.

Nova Ninda J. Sinaga D3 Akuntansi Komputer Semester 6 IBBI semakin maju! Semakin sukses! Semakin bagus dan tetap menjaga mutu pendidikan! Sukses mewujudkan visi-misinya hingga banyak melahirkan alumni yang terampil dan kompeten. Acara ultah IBBI oke punya! Sukses, TOP deh! Jempol 4 buat IBBI.


Xpresi Kampus Cordyn Parulian Teknik Informatika Semester 2

Edi Gunawan S1 Teknik Informatika Saya berharap lahan parkir diperbesar dan kalau bisa dosen berstatus S2 agar IBBI semakin maju ke depannya dalam hal pendidikan. Sedikit boring karena artis yang saya tunggutunggu sangat lama. Semoga tahun depan artisnya semakin banyak. Dan saya sangat bangga menjadi mahasiswa IBBI. Thanks for IBBI!

Ke depannya agar IBBI lebih kreatif lagi dalam membuat eventevent selanjutnya! Berjaya terus IBBI! Sangat meriah dan sangat seru!

M.Reza Saputra SMAN 1 LSM XI IPA

Elisa SMA Al-manar X Menurut Saya, acara ini sangat meriah, menarik, dan menghibur. Selain itu, dengan ada­nya acara ini bisa membangkitkan kesadaran generasi penerus bangsa. Pada acara ini kami dapat menunjukkan bakat kami dalam bidang olahraga. Kami juga diperlakukan de­ ngan sangat baik.

Asri Wira Priyanggi SMA Angkasa Lanud Medan XI IPA Acara ini bagus banget, apalagi bintang tamunya Geisha maka bertambah serulah acaranya. Terus tadi ditambah pula dengan Dance Competition yang keren abis. Jadi bertambah seru dan keren abis acara ini. So, selamat buat ultah IBBI semoga untuk seterusnya acara seperti ini bisa dilakukan lagi.

Vicky AL-Mutaqin Laksamana Martadinata X-3 Geisha begitu istimewa, wajah Momo juga benar-benar imut dan kelihatan sangat cantik aslinya. Jadi semakin kagum aja sama band Geisha dan kak Mo­monya. Terus buat IBBI, semoga IBBI menjadi Sekolah Tinggi terkemuka di Medan dan semakin berjaya. Happy Anniversary yang ke -16 buat IBBI.

Fauzan Aziwa SMA UISU X-2 Menurut Saya, acara ini sangat meriah. Apalagi de­ngan diundangnya band papan atas Indonesia, sekelas Geisha. Saya dan temanteman di UISU meng­ ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada IBBI karena telah diundang ke acara ini. Senang dan bahagia itulah yang saya rasakan.

Devi Tantia SMA AL-Manar X Acara ini sangat bagus dan seru abis pokoknya. Saya inginnya sih, IBBI sering-sering aja mengundang artis ibu kota kemari. Selamat buat HUT IBBI yang ke 16. Semoga Anniversarinya kali ini, IBBI semakin sukses dan maju terus membangun generasi penerus bangsa ini.

Hasanah SMA Angkasa X3

Saya senang banget bisa diundang di acara ini, serta saya tidak akan pernah melupakan momen ini. Apalagi, dengan diundangnya band terkenal seperti Geisha dan membuat acara ini semakin meriah dan spektakuler jadinya.

M. Iqbal Laksamana Martadinata X-3 Anniversary IBBI kali ini, wow, gila banget deh. Saya sampai kehabisan kata-kata saking kagum dengan acaranya. Pokoknya, keren banget deh acaranya. Apalagi diundangnya Geisha, salah satu band Favorit saya. Jadi bertambah kagum saya dengan HUT IBBI kali ini. Untuk Geisha, I love U.

Rizki Novrina MAS Miftahussalam Medan Menurut Saya, Acaranya sangat meriah sekali. Pokonya ok banget deh ulang tahun IBBI yang ke-16 kali ini. Semoga sekolah kami dapat diundang lagi dalam acara HUT IBBI yang ke-17 nanti. IBBI is the best deh and mantap abis. Selain itu, ternyata, Kak Momo, orangnya ramah bikin geregetan.

Acara ini benarbenar Amazing. Tapi sayang, momo tidak ke arah kanan tempat saya berdiri hanya ke sebelah pinggir saja nyanyinya. Namun bagaimanapun, saya tetap senang dapat menyaksikan Geisha secara langsung tanpa lewat televisi. Buat IBBI, makasih banyak sudah buat acara seperti ini.

Zulfa Aliyah MAS Miftahussalam Saya mengucapkan selamat ulang tahun buat IBBI yang ke-16 semoga IBBI semakin berjaya dan terkenal di Sumatera Utara. Selain itu, untuk ultah yang ke -17 nanti, mudah-mudah­an acara semacam ini dapat diadakan lagi oleh IBBI. hehehe. Selain acaranya spektakuler juga meriah sekali. Sumpah deh, IBBI keren banget.

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

7


Xpresi Kampus

IBBI Exhibition and Competition 2012 Menjelang ulang tahun yang keenam belas, berbagai acara meriah telah dipersiapkan. Ronde pesta pertama pun diadakan melalui eksibisi bernama IBBI Exhibition and Competition 2012 dengan tujuan mengajak mahasiswa maupun pelajar tingkat SMA untuk adu bakat yang mereka miliki lewat berbagai lomba yang telah dipersiapkan.

S

elain itu untuk memeriahkan suasana, mahasiswa tingkat akhir STMIK IBBI pun berbondong-bondong membuka stand dalam bazaar yang bertajuk The Third Enterpreneurship Day in Campus. Semua acara yang dilakukan dinafaskan tema yang sama yakni 16th Anniversary IBBI for Education. Acara yang digelar Sabtu dan Minggu, 21-22 April ini berjalan sukses. Animo peserta lomba maupun undangan umum yang datang pun sangat tinggi. Terbukti dua hari berturut-turut Kampus Diamond IBBI yang terletak di Jalan Sei Deli No. 18 tidak pernah surut dari pengunjung. Sebagai pembuka, sambutan oleh Ketua STIE IBBI Prof. Dr. Amrin Fauzi. Ia menyebutkan bahwa dengan diadakakannya

Registrasi ulang oleh para peserta lomba.

8

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

Prof. Dr. Amrin Fauzi menyampaikan sambutan dalam pembukaan acara IBBI Exhibition and Competition 2012 dipelataran parkir Kampus IBBI Diamond, Sabtu (21/4).

eksibisi ini merupakan kesempatan bagi pelajar dan mahasiswa untuk menyalurkan bakat yang mereka secara sportif. Selain itu dengan adanya pendukung job fair hal ini menjadi wadah untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan. Usai sambutan, seluruh peserta pun dipersiapkan untuk mengikuti rangkaian lomba seperti lomba karaoke yang diikuti pelajar SMA maupun mahasiswa IBBI, lomba per tim bagi game DOTA bagi kalangan pelajar SMA dan mahasiswa IBBI, lomba mengetik cepat, lomba programming, lomba web-design, lomba

grafik-design, lomba presentasi bisnis, dan pemilihan putra-putri kampus 2012. Tak kalah menarik, pengunjung juga dimanjakan dengan pameran komputer dan teknologi di lantai 2 Kampus Diamond IBBI. Implementasi ilmu entrepreneur pun dilaksanakan oleh mahasiswa semester 8 jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informatika. “Setidaknya mereka sudah menjadi seorang entrepreneur dalam 2 hari meskipun masih dalam skala mini,” jelas Andriasan Sudarso, S.Mn, MM ketika dimintai komentar seputar kegiatan bazaar. “Praktek entrepreneurship ini akan

menjadi agenda tahunan agar menumbuhkan jiwa entrepreneurship di kalangan mahasiswa IBBI,” pungkasnya. Antusiasme peserta makin terlihat di hari kedua. Final dari beberapa lomba pun dilaksanakan pada hari itu. Hampir semua perlombaan dilaksanakan langsung di atas panggung untuk acara final. Di sinilah keberanian mereka untuk unjuk gigi terlihat. Beberapa peserta mengaku nervous itulah waktu perdana bagi mereka untuk tampil di depan orang banyak. Pemilihan putra-putri kampus menjadi agenda penutup dalam rangkaian

Beraneka ragam jenis makanan yang diperjual belikan oleh mahasiswa semester 8.


Xpresi Kampus kegiatan ini. Setelah dilakukan seleksi, wawancara oleh psikolog, dan tanya jawab langsung di depan penonton maka di dapatlah 4 kategori putra-putri kampus IBBI. Eksibisi telah usai namun sebagai puncak acara dari perayaan ulang tahun IBBI, akan dilaksanakan konser baik bagi pelajar SMA maupun mahasiswa IBBI yang mengundang Geisha sebagai band tamu demi memeriahkan perhelatan akbar tersebut. Sampai jumpa di konser ulang tahun IBBI. (jhw) Adapun pemenang pada lomba IBBI Exhibition and Competition 2012 adalah: Lomba Mengetik Cepat Juara 1: Danny Halim (IBBI) Juara 2: Dedy Chairus (SMA Wiyata Dharma) Juara 3: Kelvin (IBBI) Harapan 1: Benny Tanjono (IBBI) Harapan 2: Devi Siswani (SMA Irafless School) Harapan 3: Siti Dina Tanda Mutiara (IBBI) Lomba Game DOTA Juara 1: Tim Roshan (IBBI - SMA Sutomo 1) Juara 2: Tim XVC (SMA Sutomo 1) Juara 3: Tim EL (IBBI) Lomba Programming Juara 1: Rudianto Juara 2: Dedi Leo Juara 3: Sherwin Lomba Graphic Design tingkat SMA Juara 1: Nicky (SMA Methodist 2) Juara 2: Karlina (SMK Tri Tech) Juara 3: M. Fikri (SMK Tri Tech) Lomba Graphic Design Mahasiswa IBBI Juara 1: Windrata Juara 2: Hengki Ansari

Juara 3: Winardi Kirawan Lomba WEB-design Juara 1: Dalid (T. Informatika - sem 2) Juara 2: Hendra (Manajemen - sem 2) Juara 3: Arifin (Sistem Informasi - sem 2) Lomba Presentasi Bisnis Juara 1: Riadi (T. Informatika) Juara 2: Mulyono (Manajemen) Juara 3: Tri Meliana (Manajemen) Lomba Pidato B. Inggris Juara 1: Giovani Devana (Manajemen - sem 8) Juara 2: Willy (Manajemen - sem 4) Juara 3: Selvy Devana (Akuntansi - sem 2) Lomba Karaoke SMA Juara 1: Mutiara Tobing (SMA Santo Thomas 1 Medan) Juara 2: Steven (SMA Irafless School) Juara 3: Richard (SMA Budi Utomo)

Peserta Lomba Karaoke saat unjuk kebolehan di atas panggung.

Lomba Karaoke Mahasiswa IBBI Juara 1: Hendy (Manajemen - sem 8) Juara 2: Edy Winata (T. Informatika sem 8) Juara 3: Dina Arfiani (Manajemen sem 4) Pemenang Putra-Putri Kampus IBBI 2012 Pemenang Putra Best of the Best: Jonny Runner Up 1: Liando Arisandy Sitorus Runner Up 2: Hasan Bagas Revany Pemenang Putri Best of the Best: Kurnia Dewi Runner Up 1: Christin Taslim Runner Up 2: Indah Kemala Sari Favorite: Riza

Para pengunjung sedang asik berbelanja di area bazar IBBI 2012.

Pemenang Stand Bazaar Juara 1: Stand Funland Juara 2: Stand Mr. Drinking Juara 3: Stand Sim 1 Corner

Finalis Putri Kampus IBBI 2012 saat unjuk kebolehan di atas panggung.

Ketua STIE IBBI Prof. Amrin Fauzi saat menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba pidato Bahasa Inggris

Foto bersama para pemenang Putra-Putri Kampus IBBI 2012.

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

9


Xpresi Kampus

Mencicip Dunia Usaha Lewat Koperasi Menjadi entrepeneur bukanlah sekadar teori belaka. Apalagi di zaman yang semakin mudah mengaplikasikan ilmu di berbagai bidang. Bulan April ini mahasiswa semester 8 STIE IBBI diberikan kesempatan untuk terjun langsung dalam kegiatan berwirausaha melalui pembentukan koperasi yang dimediasi oleh pihak kampus.

K

operasi mahasiswa ini diresmikan Selasa (10/4) sehari setelah mahasiswa mencoba mengelola langsung koperasi yang masih dikhususkan untuk berjualan ini. Tampak sore itu, Prof. Dr. Amrin Fauzi selaku Ketua STIE IBBI bersama Djatmiko Noviantoro, SE., M.Si, dosen Manajemen Koperasi dan Usah Kecil sekaligus Koordinator Koperasi STIE IBBI, melakukan pengguntingan pita yang menandai peresmian Koperasi Mahasiswa di kampus IBBI. Dalam sambutannya, Djatmiko mengatakan bahwa dengan diadakannya koperasi ini mahasiswa diajak untuk langsung mengimplementasikan ilmu yang telah mereka pelajari dari mata kuliah Manajemen Koperasi dan Usaha Kecil yang dapat mengasah kerja sama—ciri koperasi serta kebersamaan dalam menjalankan usaha koperasi. Selain itu kegiatan ini juga mampu mengembangkan kreativitas dalam memilih usaha yang tepat dalam koperasi. Koperasi modern dituntut dapat membaca peluang bisnis sehingga kegiatan koperasi dapat bertahan di tengah tingginya kebutuhan masyarakat terhadap produk-produk yang membutuhkan kreativitas dan inovasi. Mahasiswa juga diajak untuk menumbuhkan keberanian memulai usaha dari kreativitas yang mereka miliki tadi. Tanpa ada keberanian untuk memulai usaha, maka ide-ide kreatif dari mahasiswa tidak akan menghasilkan apa-apa. Keberanian akan semakin mudah ditumbuhkan jika semua mahasiswa yang berada dalam koperasi memiliki tujuan yang sama dalam mengaplikasikan ide menjadi kegiatan nyata secara bersama-sama dalam koperasi. Lebih jauh lagi, ia berharap bahwa setiap kegiatan mahasiswa dapat menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan

10 Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

khususnya yang berhubungan dengan mata kuliah yang sedang ditempuh oleh mahasiswa. Rencananya koperasi mahasiswa ini akan diadakan selama satu setengah bulan sampai pertengahan Mei. Mahasiswa STIE pun secara bergilir mendapat peluang emas untuk terjun mengurusi koperasi yang dibuka setelah jam makan

siang ini. Rupa-rupa makanan, minuman, beserta kreasi mahasiswa dicoba ditawarkan, tentunya dengan harga yang nyaman di kantong. Selaku dosen Teknik Proyeksi Bisnis, Lokot Muda Harahap, SE., M.Si. menanggapi bahwa kegiatan koperasi seperti ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa agar mereka bisa lebih mandiri serta

menjadi ajang menguji kemampuan dalam berwirausaha. Selain itu, melalui koperasi kampus ini, mahasiswa juga belajar bagaimana ikut andil dalam mengisi pertumbuhan perekonomian Indonesia. Lokot berharap ke depannya, pembaharuan seperti ini dapat terjadi di STIE IBBI dan diteruskan oleh mahasiswa lain. Selamat berkoperasi ria!(jhw)


Xpresi Gaya

Xpresi Kuliner

Nikmatnya Sate Kuda Sumbawa di Cafe Budi

S

elain dijadikan alat transportasi, kuda juga bisa dimanfaatkan sebagai menu olahan yang unik dan menggugah selera. Berawal dari kegemarannya dengan kuda. Haji Amrinsah Lubis, pria yang kini menginjak usia 63 tahun itu, mencoba membuat suatu menu yang unik dan tergolong nyentrik. “ Kebetulan saya penyuka kuda dan memiliki peternakan di daerah Brastagi,” ungkap Amrinsah Lubis sebagai pemilik dari cafe Budi dan sudah ada selama 10 tahun di Jalan Karya tersebut . Ia mengisahkan, proses awal munculnya ide menjual daging kuda. Menurutnya, untuk di Medan, sate berbahan dasar daging lembu, sapi, serta ayam sudah sering terdengar. Sedangkan, untuk sate yang terbuat daging kuda jarang ada. Sehingga, ia pun berpikir, kenapa tidak mencoba untuk membuat sate daging kuda saja. Selain unik dan menarik, daging kuda juga kaya akan manfaat ketika disantap. Amrin menguraikan proses pema-

sakan daging kuda yang terkenal keras dan alot tersebut. Dijelaskannya, sebelum diolah menjadi berbagai menu masakan, daging kuda yang didatangkan dari Bandung itu, terlebih dahulu dikukus selama satu jam sampai daging lembut. Dikatakannya lebih lanjut, ketika di awal proses pengukusan daging harus dibarengi de­ngan memasukkan sebuah sendok makan lama. Sendok makan lama itu, lanjut ia, harus mengeluarkan bunyi lengkingan ketika dipukul. “ Kalau tidak ada sendok lama, bisa menggunaan sendok garpu.” sebutnya. Di katakannya juga, orang yang mengonsumsi daging kuda ditempatnya kebanyakan pria yang berumur 40 tahun ke atas. Hal ini, karena stamina yang penuh dan tidak gampang capek akan didapatkan setelah mereka menikmatinya. “ Meskipun daging kuda panas tapi orang yang memiliki penyakit dengan tekanan darah di atas normal, tidak akan merasakan gejala darah tinggi naik seperti ketika ia mengonsumsi daging kambing,” imbuhnya. (Ani)

Ikan Sale Gulai Nan Khas di Rumah Makan Mandailing

B

agi Anda penikmat kuliner dengan cita rasa Mandailing yang khas. Rumah makan di sepanjang jalan Sei Deli Medan dapat Anda masukkan ke dalam daftar menu masakan daerah yang wajib di kunjungi. Kata orang, rasa tidak bisa dilihat dari segi tempat dan letak. Karena, jika ditilik dari tempatnya, terkesan simple dan terlalu sederhana. Menurut Afni 40 tahun sang pemilik

tempat, citarasa khas Mandailing yang dihadirkan pada setiap menu adalah ingin mengangkat cita rasa khas dari sukunya sendiri. Bumbu-bumbu yang diracik untuk masakannya adalah hasil racikan dari HJ. Nuraini sendiri. Namun, menurutnya, kini ilmu memasak dan mengolah bumbu itu telah diturunkan kepadanya. Afni menambahkan, Ikan Sale Gulai merupakan menu yang paling digemari oleh para pengunjung yang datang. Mantap dan sedap memang sesuai disematkan untuk setiap menunya. Tapi meskipun begitu, lidah saya sebagai suku Jawa memang kurang sesuai dengan menu yang ditawarkan. Hal ini karena rasa manis yang biasa saya rasakan di rumah tidak sedikitpun berasa dari setiap menunya. Namun bagi Anda suku asli Mandailing sangat sesuai bila singgah dan berkunjung di tempat yang rutin disinggahi oleh Hasbula, Syafii, dan para pejabat Pemko hingga sekelas walikota tersebut.

Desain Ala Bykers, Dominasi Tren Jaket Pria

T

idak hanya wanita yang selalu up to date terhadap perkembangan tren yang sedang in saat ini. Pria juga punya kiblatnya sendiri dalam menentukan busana seperti apa yang hendaknya ia pakai untuk menutupi tubuhnya. Bicara busana, jaket adalah salah satu compliment bagi seorang laki-laki agar terlihat lebih trendi dan semakin percaya diri. Sekarang ini, tren jacket didominasi oleh konsep bykers. Style bykers tidak hanya melanda pria namun kaum hawa juga ikut tergoda oleh tampilan yang dihadirkannya. Indra, Supervisor di boutique Aigner yang terletak Di Sun Plaza Medan menuturkan, jaket kulit dengan style bykers berbahan dasar sedikit tipis sedang diminati oleh kaum pria. Jika dahulu, gaya klasik dengan aksen 4 kantong di depan lebih mendominasi desain untuk jaket. Kini, desain casual atau semi formal dengan kerah bulat yang diberi aksen stretch dibagian pinggang dan leher telah merajai tampilan untuk jaket berbahan dasar kulit tersebut. Indra menuturkan, pemberian tambahan karet dikedua sisi berfungsi untuk menciptakan keelastisitasan jaket dan memudahkan bagi pria yang memiliki bobot berlebih untuk semakin leluasa ketika mengenakannya. Selanjutnya, ia menyebutkan, jaket Aigner yang ditawarkan ditempatnya, memiliki 3 jenis bahan dasar yaitu Kulit, Katun, dan Polyster. Untuk jaket berbahan dasar kulit terdiri dari Sapi dan Rusa. Kedua jenis jaket ini, hadir dengan warna coklat, coklat susu dan hitam. Untuk jaket yang terbuat dari kulit Sapi , lanjut Indra, memiliki tekstur yang lebih kilat dan halus ketika dipegang. Sedangkan jaket berbahan dasar kulit Rusa, menampilkan jenis kain lebih berkedut dan menonjol ketika di raba. “Jaket kulit yang terbuat dari kulit rusa dengan warna brown ini, akan lebih sesuai jika mengombinasikannya dengan kemeja yang berkerah dan diberi tambahan dasi,” ungkapnya sembari menyapa pembeli yang baru saja datang berkunjung ke boutiquenya tersebut. Selanjutnya, Indra mengatakan, para pegawai lapangan merupakan para pengonsumsi terbesar untuk jaket kulit yang biasa disebut dengan jaket kulit SBY ini. Sedangkan jaket berbahan dasar katun, hadir dengan warna abu-abu. Namun, ada juga jaket kulit katun yang dikombinasi dengan polyster dalam balutan warna coklat susu dan penambahan kerah bulat. Untuk jaket berbahan dasar katun – Polyster memiliki bentuk yang sedikit berbeda. Menurutnya, perbedaan tersebut terletak pada desain di bgaian dalam dengan diberi tambahan pori pori yang berfungsi untuk menyerap keringat ketika dipakai. “ Karena bahan polyster lebih panas maka diberi pori-pori di bagian dalam agar sipemakai tidak terkesan gerah,” jelasnya. Indra menambahkan, karena desain ala bykers lebih terkesan sporty sehingga pria berusia 25 hingga 30 tahun merupakan konsumen yang paling banyak menggunakannya. Sebaliknya, bagi pria berumur lebih dari 40 tahun ke atas, biasanya tetap memilih jaket bergaya klasik. Jaket Coat Untuk Koleksi Winter Indra menuturkan, untuk musim dingin, para pelanggang biasanya lebih senang mengenakan Jaket merk Boss. Jaket tersebut berukuran panjang sepaha dan terbuat dari bahan Virginia Wool dengan pilihan warna hitam. Jaket Winter ini, memiliki desain yang lebih formal sehingga busana seperti kaos berkerah bulat ataupun kemeja kotak kecil dan sweater dari bahan rajutan dengan kombinasi dasi serta dipadu bersama bawahan katun maupun jeans hitam.” Biar kesannya lebih elegan dan semakin berwibawa,”terang Indra. (Ani)

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII 11


Xpresi Seremoni Name Age Class Dream

: Subramaniam Jeeshan : 17 years old : SH3 - Amadeo P. Gianini : Businessman

“It was fantastic and fun studying at PrimeOne School. Less than three years ago when I was about to move here I thought it was going to be boring and miserable. But instead these last two years have indeed been awesome years. There were many activities conducted in PrimeOne School. And the activity that I couldn’t forget was PASD (Prime One Annual Sports Day) 2010-2011. We had four teams competing last year. My team, the Green Bears won the Basket Ball game by 70-40. It was a moment of pride and joy for all of us. My ambition is to be a successful business man who can contribute to the expansion of business development in Indonesia especially in Medan”

Name Age Class Dream

Name Age Class Dream

Name Age Class Dream

: Juzennie Radin : 14 years old : JH2 - Marie Curie : Interior designer

12 Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

“I felt happy and excited anytime I wanted to go to school. I love PE, Computers, and Art. The togetherness of my friends and I while we are doing project and group game. Fun!!! When we had our PE Group competition and the team work when we had other competitions at English Week, and Science Week. Everytime POS holds a bazaar, these are all the most unforgettable experience. Perhaps, after I finish my study from POS I can be a successful woman.”

“I’ve studied here for 7 years and I feel that PRIMEONE SCHOOL is a good school. I remember that having outbound with all JH and SH student. I had many fantastic experiences and we learnt a lot about nature. I like monthly performance the most because we can work together with our friends and we can be creative so as to make the performance interesting. In the future, I want to be an interior designer, because I like Art and I want to learn design.”

: Kevin : 18 years old : SH3 - Konoshuke Matsushita : Successful Businessman

“It was very comfortable studying in Prime One School with all its facilities and pleasant environment to support my education. More over, the teachers and my fellow students were very nice. My favourite activities/ programme in POS is Prime One Annual Sport Day (PASD), which can not only improve our skills in sports but also can develop sportsmanship, team work and togetherness among Prime One School students. One of my unforgettable experiences in PRIMEONE SCHOOL was having a study tour trip with Prime One School family to Beijing, where we could understand more about the Prime One School family, and the fun I had with PRIMEONE SCHOOL family. In the future I want to become a successful businessman so that my parents will be proud of me.”

: Via Karina Nabila : 15 years old : JH3 - Nelson Mandela : Successful woman

Name Age Class Dream

“POS is an outstanding school with great facilities. For sure I feel like I’ve been here my whole life. It’s comfortable and feels like a second home to me. I love POS. Well, I’d like to become an entrepreneur to search for great business opportunities. I like basketball, futsal, and many other activities. By doing a lot of activities, we can build and increase our friendship. The unforgettable moment that I have in POS was being one of the candidates for Mr POS. I got to the final round in the top 5.

Name Age Class Dream

Name Age Class Dream

: Natalyn Halim Putri : 16 years old : SH2 - Blaise Pascal : Successful woman

“I feel so glad to study at POS because of the friendship, togetherness and the feeling of being part of the POS’s big family. I will miss the school very much when I leave to begin my university life. Camping is my favourite field trip activity in Prime One School. I can improve my confidence, leadership skills, team work, independency, and solidarity and life experience. My most unforgettable experience in PRIMEONE SCHOOL was when I became one of the candidates for Mr and Ms Prime One. When I stood alone in front of the stage, those feelings of nervousness and pride mixed at once. I had to learn to do so much things both during the training and on the ‘D’ day. I have a dream of being one of most successful woman in the world so that I can go around the world because my own hard work and effort.”

: Alvin Yuwanto : 17 years old : SH3 - Amadeo P. Gianini : Entrepreneur

: Jesslyn Wijaya : 9 years old : Elementary 4 Syrian : Doctor and Author

“I enjoy studying at PrimeOne School. The teachers are kind and I have many wonderful friends. I remembered once we visited Tzu Chi Foundation and learned about recycling. There are many activities conducted in PrimeOne School. One of them, which I like most, is the event week. It gives us an opportunity to show our skills and what we have learned. In the future, I want to be a doctor and an author. I wish to write a good story book which may bring colour to children’s lives.”

Name Age Class Dream

: Vanessa Eveline : 10 years old : Elementary 5 Fuji : Doctor

“I want to be a doctor because I wish to help and cure sick people. I think it is good to help other people. Besides helping people, I also love doing performances. In PrimeOne School, we have a programme known as monthly performance. All students go on stage and perform their talent. Last Christmas, our class performed a drama. I was the leading role. I acted as Xu, a poor girl with a golden heart. It was fun to be able to perform and entertain people with our drama. I surely love PrimeOne School.”


Xpresi Seremoni Name Age Class Dream

Name Age Class Dream

: Jonathan Tjoe : 9 years old : Elementary 3 Pacific : Businessman

: Leonardo Setiawan : 10 years old : Elementary 5 Kilimanjaro : Doctor

“My father is a doctor, but the reason I want to be a doctor comes from myself. I want to help people. Of course I will be a good and generous doctor in the future. That’s why, during my spare time, I like to visit PrimeOne School library with my friends. I love reading the ‘Why’ Science editions book. Besides the library, I also love PrimeOne School music room. It is big and has many musical instruments, such as pianos and guitars. For me, studying in PrimeOne School is never boring. We always have many interesting activities to do.”

“One thing I really love the most about PrimeOne School is the facilities for sport activities. There is a swimming pool, a basketball court, a football field and my favourite, the running track. I love doing physical activities. Competing with my friends on the running track and seeing who is the fastest is a never boring activity for me. I have many good friends in PrimeOne School and of course, we always speak English with one another. I wish to study in PrimeOne School until I graduate from high school.”

Name Age Class Dream

Name Age Class Dream

: Rivania Carolin : 10 years old : Elementary 5 Everest : Abacus trainer

“I have learned Abacus since I was in Kindergarten. Now I am at Advanced A module. Up to now, I have had many achievements in Abacus. The latest one was that I won the 4th position (3rd runner up) in International Abacus competition in Malaysia, October 2011. Learning Abacus is fun and it is good to optimize the function of our left and right brain. PrimeOne School has given me wide opportunity to develop my skill in Abacus. Recently, some friends and I from PrimeOne School received an appreciation letter from the Mayor of Medan for our recent achievement. Thank you, PrimeOne School.”

: Dindi Azkafaza : 10 years old : Elementary 4 Tanami : Doctor

“I have studied in PrimeOne School since I was in Kindergarten 1. I really love studying at PrimeOne School. I have many good friends and wonderful teachers. PrimeOne School has taught me to be confident and independent. I was cast on a Trans 7 Home Stay programme and was asked to catch a cat fish bare-handed! It was indeed an unforgettable experience for me. When I was a student in Elementary 3, we held a market day. It was fun as we learned to sell the food we had prepared for people. At home, I also learned to cook. Now, I am able to cook fried rice.”

Kemenangan POS di Hari Ulang Tahun IBBI

S

etelah melewati babak penyisihan di bulan Maret lalu, Stevanus Dewangga, siswa PRIMEONE SCHOOL, melaju ke babak final di ajang lomba pidato Bahasa Inggris yang diadakan oleh IBBI dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke 16 bertempat di Hermes Place pada tanggal 28 April 2012. Stevannus akhirnya berhasil menjadi juara I setelah menyingkirkan para kontestan lain yang berasal dari beragam SMA yang ada di Sumatera Utara. Panitia memberi 2 topik pilihan yakni Selamatkan Bumi dan Pendidikan Menghasilkan Pengusaha handal yang harus disampaikan oleh kontestan secara spontan. Selamat PRIMEONE SCHOOL dan Selamat Stevanus.

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII 13


Xpresi Tekno

Kalahkan Apple dan Nokia, Samsung Jadi Raja Ponsel Dunia

U

ntuk pertama kalinya, penjualan ponsel Samsung mengalahkan Nokia. Bahkan vendor asal Korea Selatan tersebut berhasil mengalahkan dominasi Apple dengan iPhone-nya di pasar smartphone. Seperti dikutip dari BBC, biro riset Strategy Analytics melaporkan penjualan ponsel global hingga akhir kuartal I-2012. Dalam laporan tersebut, penjualan ponsel dari Samsung berhasil mengalahkan penjualan ponsel Nokia dan Apple. Padahal dominasi penjualan ponsel Nokia tidak terkalahkan sejak 1998 lalu. Laporan tersebut merilis penjualan ponsel dari Samsung sebesar 93,5 juta unit. Samsung berhasil mendapatkan pangsa pasar 25,4 persen. Sementara Nokia dalam waktu yang sama hanya berhasil menjual 82,7 juta unit atau mendapat pangsa pasar 22,5 persen. Sedangkan Apple menjual 35,1 juta unit dengan pangsa pasar 9,5 persen. Vendor lainnya 156,7 juta unit (42,6 persen). “Keberhasilan ini mengharuskan kami untuk terus

maju, karena pesaing kami juga terus meningkatkan performa bisnisnya,” kata Robert Yi, Head of Investor Relations Samsung. Begitu juga di pasar ponsel pintar (smartphone). Samsung masih merajai pasar dengan jumlah penjualan smartphone sebesar 44,5 juta unit, disusul Apple 35,1 juta unit dan Nokia 11,9 juta unit. Atas kesuksesan penjualan tersebut, Samsung memperoleh laba 4,5 miliar dollar AS (Rp 41,3 triliun), naik 81 persen dibanding kuartal I-2011. Lee Sei-Cheol, analis dari Meritz Securities menjelaskan kesuksesan Samsung dalam hal penjualan ponsel ini disebabkan karena rentang produk yang dimilikinya sangat lengkap, mulai dari feature phone, smartphone hingga tablet. Bahkan dalam waktu dekat, Samsung akan merilis Samsung Galaxy S III, jajaran ponsel kelas atasnya. Seri Galaxy ini bahkan bisa melampaui Apple sebagai penjual smartphone terbesar di dunia. “Pasar smartphone hanya diisi oleh dua pemain, Samsung dan Apple,” kata Lee.

Kesuksesan seri Galaxy menjadikan Samsung sebagai salah satu pembuat telepon pintar terbesar di dunia. Sumber :BBC

Resmi Dirilis, Google Drive Sediakan Ruang Hingga 16TB

G

oogle akhirnya meluncurkan secara resmi Google Drive, pada Selasa (24/4/2012). Selain itu, Google akan memberikan kapasitas penyimpanan data gratis 5GB juga benar adanya. Kabar itu memang datang dari orang dalam Google yang membocorkan informasi kepada situs teknologi The Next Web. Saat ini Google Drive tersedia untuk perangkat komputer bersistem operasi Windows dan Mac, lalu smartphone dan tablet Android. Dari keterangan di situs resmi Google Drive, perusahaan mesin pencari ini akan membuat Google Drive untuk perangkat berbasis iOS, yakni iPhone, iPad dan iPod Touch. Google Drive bisa dibuat untuk menyimpan data semua format. Dokumen, foto, video, aplikasi, dan segalanya yang dikehendaki. Bagi Anda pengguna layanan Google Docs, mungkin langsung nyaman menggunakan Google Drive karena data-data Anda otomatis tersimpan di Google Drive. Begitupun dengan pengguna Android, Anda bisa

P

mengintegrasikan data-data di smartphone atau tablet ke Google Drive. Google Drive menawarkan beberapa pilihan untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan data. Diantaranya, 2,49 dollar AS per bulan untuk 25GB dan 4,99 dollar AS per bulan untuk 100 GB. Jika Anda memutuskan menggunakan Google Drive berbayar, maka kapasitas simpan akun GMail Anda akan ditambah menjadi 25GB. Pilihan penambahan kapasitas Google Drive tersedia hingga 16TB. Untuk mulai menggunakan Google Drive, silakan masuk ke link ini. Namun, menurut Google, belum semua pengguna dapat menikmati cloud storage Google ini. Saat dicoba oleh Kompas Tekno dengan menggunakan beberapa akun Google berbeda, tak ada satu pun yang bisa mencoba Google Drive. Sepertinya, pengguna di Indonesia masih harus bersabar menikmati hard disk online besutan Google ini. (Kompas.com)

Sinyal Lemot Bikin Baterai Ponsel Boros

onsel di zaman sekarang ini sudah begitu bergantung dengan koneksi data. Namun, ketika sinyal yang dipancarkan operator seluler itu putus nyambung yang ada malah cuma bisa ‘menyiksa’ baterai ponsel pengguna. Nah, hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa baterai suatu ponsel menjadi cepat boros. Sinyal operator di negara berkembang seperti di Indonesia yang selalu putus nyambung bisa menyebabkan baterai cepat haus. “Sinyal operator yang tidak stabil akan membuat ponsel terus-menerus mencari sinyal dan pada akhirnya baterai ponsel akan segera habis,” kata Fabiant Kayatmo, Mobile Phone Senior Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia.

14 Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

Pengalaman berbeda akan dirasakan ketika Anda bepergian ke negara dengan sinyal stabil, seperti Korea Selatan yang memiliki kecepatan data terhebat di dunia dengan 13,8 Mbps. “Di sana (Korsel-red.) saya membawa perangkat yang sama seperti saya pakai di Indonesia. Biasanya saya harus mengisi baterai setiap hari. Tapi ketika di Korea perangkat yang saya bawa dengan perlakuan sama, ternyata mampu bertahan hingga 3 hari tanpa di-recharge,” lanjut Fabiant. Terlebih lagi masih banyak daerah di Indonesia yang memiliki jaringan sinyal lemah dan tentu akan membuat daya tahan baterai di setiap wilayah akan sangat berbeda.


Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII 15


Xpresi Cerpen

Gadis Di Balik Outlet Pulsa

T

atapan itu begitu nanar.Ntah karena kacamata persegi nya atau memang caranya melihat orang.Seperti lagak nya orang sombong. Tapi begitu abstrak bagi yang tak mengenalnya.Gadis yang senantiasa berdiri dibalik stealing di outlet penjualan pulsa itu bernama Syarifah Nurul Arafah. Nurul,,begitulah sebutan akrabnya.Sekarang ini setau ku dia kuliah di Universitas Gajah Mada jurusan Hukum dan Politik semester 3.Sebuah pilihan yang cukup menguras pikiran.Tapi kurasa itu bukan hal yang sulit untuk gadis belia secerdas dia.Tak diragukan lagi kecerdasannya telah merebut 4 penghargaan terbaik plus sertifikatnya dalam bidang bahasa inggris sewaktu SMA.Diam-diam dari Cairo aku juga melacak tentangnya melalui teman2 ku di Yogya,yang kebetulan mengenalnya juga. Suatu sore yang mendung,,tak seperti biasanya Nurul mengenakan kemeja cerah bermotif bunga slowly yang melukiskan bahwa dirinya sedang senang ataupun gembira.Mungkin karena jatuh cinta atau “fallin love” yang biasa anak muda sekarang sebutkan.Sempat ngerasa patah hati sesaat karena harapan ku menaklukkan hatinya sirna sudah.Ku beranikan diri bertanya padanya karena memang aku bukan baru ini mengenalnya.Aku satu-satunya lelaki remaja yang sering memperhatikan pesona nya yang lama tertutupi. “Pulsa XL sepuluh ribu ada,Rul ?”modus ku yang sebenarnya ingin tau sesuatu darinya.Padahal pulsa ku masih banyak. “Ada Mas,,sebentar ya.”Nurul berbalik membelakangi ku bertujuan untuk mengambil Hp pengisian pulsa XL milik counter nya.Tak ada tatapan yang menggambarkan bahwa dia juga menyukai ku.”087869796050,,ya kan Mas ??”lanjutnya mantap menyebutkan nomor HP ku. Mungkin dia hapal karena memang hampir tiap hari aku mengisi pulsa ku disitu.Sebuah alasan yang basi dan Cuma sebuah basa basi agar ku dekat dengannya.Ku berusaha buang jauh2 “gr” ku. “Iya Rul,,tepat sekali.Kamu makin pinter ya.”pujiku mencairkan suasana.”berapa Rul?Masih seperti biasa kan?”lanjut ku. “iya bang,masih sebelas ribu kok. Tapi kalau mau dilebihkan ya Nurul terima”gurau nya. Tak ku sangka,gadis yang selama ini berwajah murung bisa juga berubah

16 Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

Andira Widodo Putry SMA Swasta Hang Tuah I Belawan

jadi orang yang berkepribadian lumayan hangat.Kalau sudah gini,,aku tak ragu bertanya padanya. “oya Rul,,tumben hari ini cerah banget bajunya?”tanyaku seraya memberi uang bayaran pulsa padanya.Dia pun menerima dengan wajah polos nya sambil tersenyum 2 jari. “Hari ini ada ujian negara tingkat 3 di les.Pemimpin besar kan datang,jadi disuruh guru pakai pakaian rapi Mas.”jelasnya. Subhanallah..turun juga darah ku mendengar penuturan lembutnya. Ternyata salah ku menilainya.Dia bukan gadis yang gampang jatuh cinta ternyata. Lega bercampur takut aku dibuatnya. Tiba-tiba ,, “Jangan dilamunin,,ntar suka loh.”ledek seseorang dengan nada lirih yang sepertinya ku kenal.Ternyata omanya Nurul.Dan seketika itu pula buyar pikiranku. “Eh oma,,sudah daritadi ya?”tanyaku sambil mencium tangannya. Kebetulan aku dan omanya sudah dekat dari aku kecil. “Belum kok Yas.”tutur nya yang sama lembutnya dengan Nurul mengingatkan ku bahwa aku sama sekali belum menyebutkan identitas ku kepada pembaca. Aku Ilyas Al-Saena Kopresno Putra. Sekarang ini aku duduk di bangku kuliah semester 5 di Universitas Al-Azar Cairo. Kebetulan beasiswa yang menuntut ku untuk kuliah disana.Dan karena semester ini fakultas Syari’ah diliburkan,,maka aku beranikan diri untuk cuti sebulan dan pulang ke Indonesia.Aku pun sekalian melepas rindu ku pada orang tua serta kerabat dan teman2 di Yogya,kota kelahiranku. Yah,sambilan juga lah..ngincar Nurul.Siapa tau kan,,tamat kami dari bangku kuliah,aku bisa melamarnya untuk jadi istriku.Hee..kenapa aku jadi menghayal terus ini?Apa ini yang namanya cinta?? “Kapan datang Mas?”tanya Nurul tiba2. “Oooh,,emm,,2 hari yang lalu Rul. Kebetulan lagi ambil cuti.Kamu gak libur,Rul?” lontar ku agak gagap. “Libur juga kok Mas.Tapi banyak tugas ni,stress banget Nurul. Malah gak ada temen lagi mau jalan2.”jawabnya murung. Salah lagi aku ini bikin dia murung.Aduh.. jadi ngerasa bersalah ni.Lupa aku kalau temannya memang gak banyak. “Gimana kalau kita jalan2 berdua?ya,,itu pun kalau tidak keberatan.”ajak ku untuk menghiburnya. “boleh lah Mas.Kapan?”jawabnya


Xpresi Cerpen refleks.Tak ku sangka,akan diterimanya keisengan ku.Aku senang bercampur deg-degan.Gimana kalau2 aku malah membuatnya tambah tak bersemangat?Akhirnya tanpa pikir panjang,,aku memutuskan sesuatu yang ku harap tak mengejutkannya. “Gimana kalau minggu ini?Kita nonton.”jawab ku meminta persetujuannya. “Okelah Mas.Tapi jemput Nurul ya?Pamit sama oma,Papa dan Mama. Maukan?”tantang nya. “Insya Allah Rul.Pasti ku pamit pada orang tua mu.”jawabku meyakinkan hatinya. Tak terasa sudah 2 hari yang lewat aku berjanji padanya akan mempermisikan dia hari ini.Berarti hari ini lah aku akan jalan2 dengan nya.Aku ngerasa deg-degan plus grogi setengah mati.Anehnya,aku ternyata sudah berhadapan dengan kedua orang tuanya.Ntah kapan rasanya kaki ini berjalan menuju rumahnya,kok tiba2 aku sudah terduduk manis di sofa coklat dirumahnya. “Mau kemana Nak sama Nurul?”tanya Babah,begitu lah panggilan akrab ku dengan ayahnya Nurul. “Ini Bah,,kebetulan Nurul dan saya tidak ada teman berlibur untuk jalan2,jadi saya berinisiatif untuk mengajaknya nonton film Harry Potter.Itu pun kalau Babah dan Umi menyetujuinya dan memberi izin pada Nurul dan kepercayaan padaku untuk menjaga Nurul seharian.”jawab ku mantap dengan nada agak bergetar. “Silahkan.Kami percaya pada Nak Ilyas. Asal jangan pulang terlalu larut malam ya Nak.”pesan Babah. “Iya Bah.Insya Allah sebelum Isya,,saya sudah mengantar Nurul pulang”tutur ku meyakinkan Babah.Tak lama Nurul keluar dengan dress pink lengan panjang dan celana jeans hitam model tahun 70-an. Serta jilbab perpaduan pink hitam sedada berpayet sederhana. Subhanallah,,cantik sekali dirinya.Makin menambah pesona nya padaku. “Yuk Mas,,nanti kita kesiangan.”sentak nya membuyarkan pandangan ku. “Yasudah..gak ada yang tinggal lagi kan?”tanya ku meyakinkan Nurul.Lalu dia menggeleng,tanda bahwa kami sudah tinggal pergi saja. ”Pergi dulu ya Umi,Abah.. Assalamu’alaikum”lanjutku sambil menyalami orang tua Nurul.Lalu Nurul pun mengikuti gerakan ku. “Wa’alaikum salam.hati-hati ya Nak.”jawab mereka. Kunyalakan mesin honda jazz matic ku dan kupersilah kan Nurul naik ke mobil. Lalu mobil ku gas dan meninggalkan rumah Nurul.Ku klakson sekali tanda keberangkatan ku dan disambut lambaian tangan hangat dari orang tua Nurul. Dimobil Nurul tidak banyak bicara. Dia hanya bertanya padaku soal perkuliahan ku.Begitu pula aku,takut bertanya yang menyakitkan hatinya,aku jadi lebih memilih diam.Juga dikarenakan aku baru pertama kali ini jalan dengannya.Tibatiba... “Sudah punya calon Mas,,untuk masa depan?”tanya nya yang sontak membuatku kaget. “Wah..kenapa jadi kearah sana nih

pembicaraan nya?”tanyaku heran. “Ya gak apa-apa Mas.Pengen tau aja.Masih kosong apa sudah ada yang mengisi?”tanya nya lagi. Langsung saja ku jawab,”aku masih mengharapkan mu Rul.” Ku usahakan meyakinkan nya karena itu memang bukan hanya gombal belaka.Tapi dia malah tertunduk dan terdiam.Perjalanan kami pun kembali terasa sunyi sampai kami tiba di Super Mall Yogya.Aku jadi kembali ngerasa bersalah. Kami pun turun dan langsung menuju gedung bioskop di lantai 3. Kami membeli tiket untuk 2 orang,lalu mengatur tempat duduk. Setelah itu kami pergi mencari tempat makan yang enak dan tak jauh dari teater.Sambil menunggu film main,kami menikmati makanan Jerman dan di iringi alunan musik jazz yang klasik. Kami hanya bercerita tentang hal biasa sambil tertawa kecil sesekali. Alhamdulillah,,aku tak merusak harinya. Sekitar setengah jam kami di tempat itu,Nurul mulai merasa jenuh.Ku rasakan hal itu karna tatapan nya beda.Akhirnya ku ajak dia belanja keperluannya dan makanan untuk nonton nanti.Tak banyak juga yang dibeli nya. Menandakan bahwa dia beda dari gadis lain,dia tidak matrealistis.Tak lama kami pun kembali ke teater karna sudah waktunya film kami di putar. Kami pun masuk selayaknya pasangan lain.Astaghfirullah.Aku lupa bahwa dia bukan mahram ku.Sontak ku lepas tangan nya.Dia pun mengerti akan hal itu. 2 jam bukan waktu yang sebentar. Tapi nonton sambil bergurau dengan nya membuat waktu tak berasa.Kami pun keluar.Dan yang bikin aneh lagi,Nurul tiba2 bertanya padaku,apakah yang ku bilang sewaktu di mobil tadi benar. Langsung ku iyakan dan dia pun langsung berkata,lamar lah aku tahun depan.Akan ku tunggu Mas. Subhanallah...Tak henti ku ucap rasa syukur ku pada Allah. Akhirnya aku dan Nurul dilampu hijaukan.Aku berjanji akan selalu berusaha memilikinya. “Aku akan kembali untukmu,Rul.”jawab ku mantap. “Janji Mas?Nurul gak mau gonta ganti calon suami lagi.Mas lah pilihan Nurul dari dulu.”jawabnya polos. “Jadi kau juga mencintaiku Rul?Kenapa baru bilang sekarang?” tanyaku.Tapi dia hanya tersenyum manja.Dia membuat ku betul2 penasaran.Aku pun tak bisa memaksanya.Mungkin memang dia tidak suka,kepribadian nya yang sesungguhnya diketahui orang walaupun orang yang dia cintai. Tak terasa kami sudah tiba dirumah. Aku langsung menyuruhnya masuk dan aku langsung berpamitan dengan orang tuanya. 1 bulan berlalu sudah.Saat nya aku kembali lagi ke negri Islam untuk melanjutkan kuliah ku.Aku pamitan dengan Nurul dan orang tuanya,setelah aku pamitan dengan semua keluarga dan teman ku. Aku datang kerumah nya dan langsung ku utarakan niat ku di tahun depan yang ingin melamarnya.Ku sampaikan pada orang tua Nurul dan juga sebelumnya orang tua ku.Orang tua Nurul setuju seperti orang tua ku.AllahuAkbar..Darahku tak hentinya mengalir begitu derasnya.

Aku sangat bersyukur.Setelah lama ku idamkan gadis penjaga counter pulsa ini,,akhirnya berhasil ku dapatkan hati nya. Terima kasih ya Allah..Kau memang sempurna dan Maha segalanya. Pesawat ku lepas landas sudah.Ku matikan HP ku dan ku atur duduk ku yang nyaman.Semoga pesawat Lion Air ini tak bermasalah dan semoga aku selamat sampai di Cairo.Amiin. ****** Tak berasa 1 tahun telah berlalu. Akhirnya aku di wisuda juga. Saat paling bahagia yang ku tunggu2.Dan bertepatan hari itu,Nurul ku di wisuda juga. Tanpa mikir panjang lebar,aku langsung memesan tiket untuk pulang ke Indonesia hari itu juga.Sama sekali tak ku pikirkan harga tiket yang tiba-tiba melunjak.Ini semua demi Nurul,tekad ku. Sengaja tak ku kabari Nurul,,karena aku ingin buat surprise untuknya. Ya Allah,,selamatkan aku dalam perjalanan ini,karena niat ku ingin mengikuti sunnah Rasulullah untuk menikah tentunya dengan gadis yang baik dan shaleh menurut ku dan agama ku.Amin.Begitu doa ku 2 menit sebelum pesawat lepas landas. “Slamat tinggal Cairo,,kota yang telah mensukseskan aku.Aku pulang dulu ke Yogya.Ingin meminang seseorang.Tentu kau tahu siapa. Aku slalu menceritakan padamu.Aku berjanji dalam kata insyaAllah aku akan membawa istri ku kesini untuk melihat mu yang begitu indah. Aku akan merindukan kota ini”bathin ku berseru. ****** Aku tiba di Indonesia tercinta.Aku langsung pulang kerumah orang tua ku di Depok,Sleman,Yogyakarta.Orang tuaku kaget beserta haru melihat putra bungsunya sudah punya gelar Master di depan namanya.Dan kaget pula ketika aku minta mereka untuk melamar Nurul saat itu juga. “Alhamdulillah..akhirnya anak kita siap ya Umi untuk hidup dalam mahligai pernikahan.”ucap Abi ku. “Iya Bi..Umi bangga sama Ilyas.”sambut Umi sembari mengusap kepalaku.”Umi rasa,,baru kemarin kamu diayunkan sayang.”lanjut Umi. Aku hanya bisa tersenyum puas dan haru melihat Umi dan Abi menangis.Terima kasih ya Allah . Aku pun segera mengganti baju style anak ustad yang ingin meminang calon nya.Dan kebetulan pula Abi ku seorang ustad.Kami memakai seragam kompak yang menandakan bahwa niat ku ini serius. Aku menyalakan mobil dan kami pun segera berangkat ke rumah Nurul. Dijalan perasaanku berdebar tak menentu.Senyum2 lah yang ku lakukan.Tapi Abi dan Umi sama sekali tak mengusik ku.Mungkin mereka tau aku sedang jatuh cinta atau bisa jadi mereka pura2 tidak tau.Aku tak memikirkan itu semua. Kami pun tiba dirumah Nurul.Tapi rumahnya sangat sepi,tiada siapa pun kecuali adik laki-laki nya,Baim Al-Khatiri. Dia bilang bahwa Nurul sebentar lagi sampai.Maka berpegang ucapan adiknya itu lah aku dan orang tuaku menunggu. Benar,,tak lama mobil Picanto ke-

luaran terbaru parkir di depan rumah. Aku,Abi,dan Umi langsung berdiri untuk menyambut kedatangan mereka.Mereka pun masuk dan seketika itu pula Nurul kaget melihat ku. “Ehh ada tamu toh.Bapak,,Ibu..Nak Ilyas..Apa kabar?”begitulah sapa orang tua Nurul pada kami. “Iya Bu,,Pak..Alhamdulillah baik.Kalian bagaimana?Sehat kan?” balas Umi ku. “Alhamdulillah sehat.”ucap Umi Nurul.”Mari silahkan duduk kembali.”lanjut nya. Ku perhatikan Nurul terlihat semakin cantik,,apalagi sekarang jilbab yang dipakai nya berhiaskan topi sarjana. Subhanallah,,Allah memang Maha Luar Biasa.Indah sekali gadis ini.Yang awalnya hanya penjaga toko pulsa,,sekarang menjadi sarjana hukum. Kami pun berbincang dan bercengkrama sambil sesekali Umi kami menyidir aku dan Nurul.Lalu Abi menyatakan niat kami bersilaturahmi hari itu. “Begini Pak..Saya ingin melamarkan anak Bapak,Nurul untuk menjadi istri anak saya sekaligus menantu yang soleha di keluarga kami.”ucap Abi mantap. “Alhamdulillah..akhirnya penantian anak saya tidak sia2 ya Pak. Sudah lama Nurul menantikan saat2 dilamar oleh Ilyas. “Babah..apa2an sih?Kan Nurul nya malu.Nanti kesan nya Nurul lagi yang ngebet.”manja Nurul. Kami semua hanya tertawa kecil sambil meledek Nurul.Lagi2 aku bersyukur pada Allah.Betapa indahnya ciptaan nya ini ketika tersipu malu.Semakin lama semakin serius perbincangan kami.Nurul pun menerima lamaran ku.Alhamdulillah betapa senang nya aku.Bagai terbang ke langit ke delapan walaupun sesungguhnya itu tidak ada. Wallahu’alam. Berakhir lah sudah masa pahit penantian ku dan Nurul.Hari ini aku kan ucapkan janji setia satu seumur hidup bersama Nurul dalam ikatan suci tali pernikahan. Hari yang paling ditunggu para lajang tanggung untuk bisa mencicipi seorang wanita dan tentunya terlepas dari segala dosa berzina.Aku merasa sebagai lelaki paling bahagia di dunia hari itu. “Saya nikahkan ananda Ilyas Al-Saena Kopresno Putra dengan putri saya Syarifah Nurul Arafah,,dengan mas kawin uang 8 dirham dan seperangkat alat sholat dibayar tunai”tegas Babah Nurul. “Saya terima nikah nya,Syarifah Nurul Arafah,dengan mas kawin uang 8 dirham dan seperangkat alat sholat dibayar tunai”jawab ku tegas. “Sah??”tanya sang tuan kadi. “Sah,,”jawab saksi. “Alhamdulillah..”ucap penghulu,lalu diiringi doa pernikahan. Setelah acara sakral itu,,aku dan Istri ku menyalami orang tua kami.Semua para sahabat yang turut hadir,memberi doa seiring menyalami kami.Aku melihat ada kekurangan yang telah disempurnakan pada hari itu.Aku merasa sangat bahagia. Ternyata jauh2 aku ke Cairo demi mencari istri yang shaleha,eh dapat nya di tanah kelahiranku juga.Terima kasih ya Allah.Kau memang Maha agung. Aku berjanji akan slalu mencintai gadis pujaan ku,si gadis penjaga outlet pulsa.

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII 17


Xpresi Puisi

Kenangan Kejahatanmu Lembaran Yang Kembali Christine X 4, SMA Methodist Binjai Kejam.. Dusta.. Sadis.. Serta Dendam .. Semuanya bersatu di dalammu... Aku selalu percaya.. Tetapi aku selalu jatuh Terhadap kata-katamu Mungkin .. Tuhan berkehendak lain... Atau saja Mungkin Tuhan memang merencanakan ini.. Kau Jahat.. Kau permainkan perasaan ini... Kau tusuk hati yang hina ini Kau gores hati ini dengan Silet.. Ya Tuhan .. Apakah lagi yang Kau rancang Untuk mengaduk kisah cintaku Yang telah tenggelam ini.. Wahai Malaikat Cinta... Jangan kiranya kau pergi.. Temani aku di sisi Menghadapi kenangan kejahatannya Yang sudah terlampau banyak dan abstrak

Gelora Semangatku Yohana Kristina Hutagaol Xii Ipa 3, Sma Negeri 3 Sibolga Gelora Semangatku ada di dadaku langkah semangatku ada di pikiran ku... debur semangatku ada di sorot mata indahmu teman semangatku ada di relung hatiku yang tersenyum Kala kudengar bisik merdumu kala kau sapa diri yang merindukanmu aku terperangah dan tersipu berdegup jantungku serasa terbang melayang Hentakan untuk terus melangkah maju ...membangunkanku langkah beratku kian terasa ringan saat kau rengkuh jemari hatiku saat kau berikan daku semangat untuk bangkit dari rasa lelahku yang kadang terlena dan terpulaskan oleh rasa malasku yang menari... Waktu untuk kita berdua terasa makin cepat berlalu bayang-bayang indahmu terasa samar menghampiriku memberiku sekutum bunga mawar yang indah menawan memberiku seulas senyum yang membangkitkan rasa sayangku padamu...

Dea Wina Efendi Tambunan Xi Ipa 3 Sma N 3 Sibolga Suara jarum jam Terdengar mengetuk hati ku Disaat tiada suara yang lain Aku membuka ingatan yang telah terjadi Dahulu saat ada setitik kebahagiaan Ku jaga dan kulindungi erat dihati Setitik kebahagiaan dari dirinya Menjadi sebuah kisah yang indah Aku tersenyum di dalam ingatan ku Saat terbayang senyuman mu Lembaran ingatan di dalam pikiran ku Yang tersimpan dan sangat tersimpan dimemori ku Namun saat satu demi satu Lembaran itu ku buka Ada satu lembaran yang kini membuat terluka Sampai kini membuat ku terjatuh Lalu setelah ku ingat lagi Ada satu lembaran yang terlupa Dimana tersimpan semua ucapan mu Yang kini bisa membuat ku tertawa

Gadis Penanti Fajar Diana Sari XI Akuntansi 2, SMK Laksamana Martadinata Gadis penanti fajar Menahan sakit , membohongi diri Dia melepas senyuman, untuk menutupi kesedihan Gadis penanti fajar Hanya bisa termenung menatap sang rembulan Dia hanya bisa menghayal, tapi sulait tuk tercapai Gadis penanti fajar Dalam kesendirian satu tetes air mata pun tak dapat tertahan Sungguh kebahagiaan yang lalu benar-benar berlalu Gadis Penanti fajar Canda tawa itu tlah terhapus dari dirimu Yang ada hanya luka dalam nasib yang tak sempurna Sesungguhnya Dia menanti datangnya fajar untuk memastikan Masih bisakah mata terbuka, walau hari esok tlah tiba

Bintang Boby XI-IPS, Methodist 2 Rantauprapat Bintang......... Selalu aku melihatmu setiap malam Menyinari dalam gelap Bintang......... Penuh dengan harapan

Kini ....rasa itu makin mengkristal dalam diriku untuk bangkit berdiri dan berlari bersamamu melewati masa-masa ku melewati deburan ombak yang menggapai karang yang terjal di laut

Saat kau jatuh Aku selalu berdoa Untuk mengkabulkan segala permintaanku

Masa kini...adalah masa bersamamu masa yang indah saat kau memandang diriku masa yang kunanti saat ku dalam sepi masa yang bertabur kerlip bintang di angkasa yang tersenyum,kuraih...untuk masa depanku

Bintang.......... Aku ingin selalu di dekatmu Aku ingin meraihmu Seperti aku meraih ilmu Demi masa depanku

18 Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

Sendiri Tanpamu Henny Berlina Purba XI IPA 2 SMA N 3 Sibolga Tak apa jika langitku kelabu pagi ini.. Jika gerimisku jatuh sore ini.. Jika malamku panuh dengan badai.. Aku tak apa.. Aku baik-baik saja.. Aku hanya ingin sendiri.. Hanya ingin habiskan rasa ini.. Hanya ingin lukiskan senyummu dalam sepi... Tak apa jika ku menangis saat ini.. Karena rindukanmu amat dalam dan perih.. Dan harapkanmu amat terasa sakit... Aku kan baik-baik saja.. Aku hanya inginkan kau mengerti.. Ini yang ku rasa dan takkan ku ingkari.. Karena ini janji setia dalam hati... Ini jalanku, ini hidupku.. Dan tentangmu yang takkan pernah ku mengerti.. Ini ruangku, ini hatiku.. Dan semua tetap tentangmu, tak henti.. Ini hatiku, jiwa laraku.. Tanpamu sunyi... Jadi biarkan ku sendiri saat ini.. Tak apa jika ku menangis.. Karena ku masih punya hati.. Tuk merasa.. Tuk meminta.. Tuk berharap.. Tuk mencinta.. Dirimu...

Kisah 2 Bocah Di Atas Awan M. Reza Nurcholis Hidup bagi mereka..... Adalah tantangan.... Hidup bagi mereka.... Seperti menggoreskan pena di atas daun talas Jika kau menggoreskannya terlalu di

tekan Maka daunnya akan terkoyak Namun apakah hal ini akan membuat mereka takut Apakah mereka akan menjadi pecundang Dan apakah mereka akan menjadi bimbang Tidak..... Tidak.... Dan tidak sama sekali Justru hal ini membuat mereka menjadi sehebat halilintar Inilah kisah 2 orang bocah Mereka berjalan,berlari Sampai akhirnya mereka tersungkur Namun mereka tak pernah menyerah Karena mereka percaya Bahwa hidup itu bagaikan roda Mereka terjang karang Dengan kedua kaki mungil mereka Tanpa sedikitpun mereka takut terluka Ini semua demi hidup Hidup untuk keluarga Hidup untuk impian yang mereka punya Meskipun perih..... Mereka tetap tak gentar menghadapi kerasnya zaman Karena bagi mereka Hidup adalah segalanya Karena bagi mereka saat ini Mereka hidup di atas awan


Xpresi Puisi

Ku Relakan Kau Bersamanya Merry Chindy Chlara X - A, Methodist 2 Rantau Prapat Jujur ku masih sangat menyayangi mu Jujur ku masih sangat mencintai mu Tapi ku harus relakan kau pergi Ku harus relakan kau bersamanya Walaupun sakit di hati Walaupun tergores luka di hati Demi kebahagian mu ku relakan semua itu Ku mengalah demi besarnya cinta ku pada mu Kau tertawa ku coba tertawa Walaupun itu hanya sandiwara Kau tersenyum ku coba tersenyum Walaupun di hati kecil ku aku menangis Karna terpenting bagiku kebahagian mu Ku ingin kau bahagia dengannya Ku ingin kau nyaman dengannya Kebahagian mu adalah kebahagian ku juga . .

Bulan Di Atas Mata Rara Sintia Lubis Xi Ips 1, Sma N. 1 Tg. Balaii Saat tudung-tudung langit Menjalari belahan-belahan Menyayikan kidung-kidung Sambil berlari lari kecil Surya tak tampak Jingga kian merunduk Malu menampak cahaya indahnya Sinar putih Kian tampak Dari tudung-tudung terkirai Wajahnya bercahaya Kini terlihat Bulan di atas mata Warnakan hiasan malam Tunjukkan kedamaian...

Seperti Bumi yang Membutuhkan Matahari Meilisa SMA Methodist 2 tanjungbalai Kedewasaanmu membuatku nyaman Membuatku selalu di jaga olehmu Seakan-akan tidak ingin aku terluka Seakan-akan tidak ingin aku menangis Kau slalu hadir setiap ku membutuhkanmu Menemaniku disaat ku sedih Kau slalu mencoba menjadi yang terbaik Sesungguhnya kaulah yang terbaik dihatiku Kau hadir dalam hidupku Mewarnai hari-hariku Dengan segala sesuatu yang berbeda Kepolosanmu, keluguanmu Membuatku nyaman di dekatmu Seakan tidak ingin berpisah denganmu Seperti bumi yang membutuhkan matahari

Arti Hadirmu Pebrita Sitompul SMA N 3 Sibolga kelas XII IPA 1 Mengenalmu... Membuat hari-hariku indah Kau mengisi hatiku yang kosong Dengan sejuta cerita cinta Kehadiranmu bagai hujan Kau membasahi tanah hati yang tandus Hatiku yang dahulu tandus Kini telah dibanjiri oleh cintamu Kau menghujaniku dengan kasih sayangmu Dan ku dibasahi cintamu yang tulus dan murni Kau terangi jiwaku yang sepi Dengan cahaya cintamu yang menenagkan

Tikus Berdasi Nuzul F. Simbolon X-4 SMA Negeri 1 Tg.Balai Kami bukan budak... kami bukan sampah... kami bukan tempat pembuangan.... tetapi kami adalah pembasmi tkus... Tikus...

dasi... mungkn yg biasa di sebut tikus berdasi. kenapa skrg semakin banyak berkeliaran dmn-mana. apakah mereka ingin menghisap darah....? apakah mereka ingin mencuri...? mungkin kita tidak tahu apa-apa. kita hanya terdiam tenggelam dimkan zaman.

harapan anak bangsa mungkin akan terhaqmbat. harapan anak bangsa mungkn akan lenyap.. terhambat & terlenyapkan oleh keserakahan, karna, sepertinya sekrg ini yg menguasai tanah air adalah tikus berdasi. aku mohon kpd anak negeri ini. kita kan berjuang hadapi semua hal negatif yg telah merusak darah & tulang kita yg begitu berharga ini. Yaitu INDONESIA . Aku,sahabat ku,& smua yg mndukung ku. kita kan buktikan pd tanah air,kalau kita mampu membasmi , Tikus Berdasi.

Penyesalan Ku Lia Violinita XI Ia 3, SMA N 2 Binjai Dirimu... Dulu slalu ada di sini Slalu ada untukku Menemani hari-hariku Aku bahagia Kamu temaniku di sini Kamu jaga aku Kamu jaga cinta kita Namun...... Aku menyesal Telah membuatmu kecewa Sehingga kamu berubah padaku Aku tahu ini salahku Salahku yang mengecewakanmu Merusak cinta kita Yang akhirnya kamu marah Aku menyesal Menyesal tlah buat semua ini Aku minta maaf sayang Aku ingin kembali seperti dulu lagi.

Mama Suandi Tarihoran XI IPA 3, SMA Negeri 3 Sibolga Aku berdiri di tengah dunia yang penuh dengan kegelapan.. Diantara kegelapan ku menatap sesosok wanita yang tidak asing bagi ku wanita yang sangat aku hormati dan

sayangi ya dia adalah ibu.. Aku menghampiri dia dengan senyuman namun seiring langkah ku aku teringat kembali kenangan itu.. Mama yang memperjuangkan hidupnya untuk melahirkan ku.. Mama yang mendidik dan membesarkan ku dengan penuh kelembuta.. Tapi apa balasan ku kepadanya.. Aku sering membentaknya.. Aku sering membantah setiap katanya bahkan aku sering mengucapkan kata-kata yang tak seharusnya dia dengar.. Tapi mama tak pernah menyimpan dendam kepadaku bahkan dalam setiap doanya nama ku selalu dia sebut.. Mama diri ini tak mampu untuk membalas semua.. Aku hanya bisa mengingat semua kebaikan mu sampai aku tertimbun dalan tanah yang gersang..

Rindu ku Matius Simatupang SMA Negeri 1 Tanjungbalai detak-detik,,, waktu itu bercerita,,, aku tak mampu mendengar,,, aku tertunduk mengusap air mata,, detak-detik,, waktu itu memberi,,, aku tak mampu menerima,,, dan terpaku di sudut rumah,, disini,, aku menanti,,, menuggu kehadiran Mu lagi,,, tapi itu takkan terwujudkan,, kini engkau tak terlihat,,, dan tak tersentuh,,, hanya kasih sayang mu yang dulu,, yang mampu menyelimuti kerinduanku,,,, hanya nisan mu lah,, yang memisahkan aku dan dirimu,,, AYAH,,, aku rindu,,,,

Redaksi menerima kiriman cerpen, puisi. Naskah cerpen 5000-6000 karakter, original dan belum pernah dipublikasikan di media manapaun. Tulisan dikirim ke email tabloidxpresi@gmail. com atau via pesan Facebook Tabloid Xpresi, tulisan disertai biodata lengkap penulis, foto, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII 19


Xpresi Resensi

Kebangkitan Tragedi Kolosal dalam Layar 3D

M

alapetaka yang telah terjadi seabad silam kini diangkat kembali untuk menyambut 100 tahun karamnya kapal termegah dan diyakini sebagai kapal yang tidak bisa tenggelam. Walau telah membuah gempar dunia dengan pemutaran perdana tahun 1997, James Cameron mengemas kembali film Titanic dalam format 3D, 6 April tahun ini melalui kerja sama dengan pihak Paramount Pictures. Proses pengubahan film asli ke resolusi tinggi ini diperkirakan mencapai 6 bulan sampai setahun agar dapat memenuhi standar industri perfilman yang semakin berkembang di banding tahun 1997. Kisahnya sendiri mengambil latar tragedi karamnya Titanic sebagai pendukung kisah cinta antara Rose deWitt Bukater (Kate Winslet) dengan Jack Dawson (Leonardo DiCaprio). Setelah mengangkat sauh dari Southampton, Titanic pun memulai debut pertamanya menuju New York. Salah satu penumpangnya yakni Jack mendapatkan tiket kapal melalui kemenangan permainan kartu. Di sisi lain, Rose yang telah bertunangan dengan Cal Hockley karena paksaan ibunya. Gundah akibat perjodohan tersebut yang hampir mengantarkannya pada pelaminan, Rose pun bermaksud bunuh diri dengan melompat dari atas Titanic. Namun hal tersebut berhasil dicegah oleh Jack. Pertemuan antara Jack dan Rose pun menimbulkan intrik-intrik cinta, apalagi setelah berbagai pengalaman menjadi orang biasa bersama Jack. Namun tunangan Rose, Caledon Nathan Hockley (diperankan oleh Billy Zane) cemburu melihat kedekatan antara tunangannya dengan Jack. Ia pun berniat menyingkirkan Jack dengan berbagai cara. Selama pelayaran drama cinta segitiga itu pun mewarnai sampai Titanic men-

galami tabrakan dengan bongkahan es raksasa yang membuat klaim kapal tak bisa tenggelam itu pun perlahan-lahan karam. Kisah heroik dalam menyelamatkan diri serta berlomba-lomba dengan waktu turut mewarnai romantisme yang dibentuk antara Jack dan Rose. Namun tidak semua berjalan sesuai keinginan mereka.

Disajikan dengan format 3D merupakan sensasi tersendiri ketika menyaksikan masterpiece James Cameron yang terkenal akan detail dan kecanggihan teknologi yang ia gunakan. Beberapa adegan lebih hidup ketimbang versi lawasnya yang dirilis lima belas tahun lalu. Berbagai kota di seluruh negara pun menantikan kehadiran film ini. Indonesia

sendiri mendapat giliran rilis pada tanggal 4 April 2012. (jhw) Data teknis: Judul Film: Titanic Durasi : 192 Menit (3 Jam 12 Menit) Produser : James Cameron, Jon Landau Produksi : 20th Century Fox Sutradara : James Cameron

Motif di Balik Pembantaian

S

ineas Indonesia kembali mencoba menghadirkan hal baru dalam sejarah perkembangannya. Kali ini bukan lagi berurusan dengan masalah persetanan yang makin out of logic atau pun tema yang bersinggungan dengan seks. Melalui kerja sama antara Skylar Pictures dengan GMA Films Filipina, Sutradara Muhammad Yusuf menggandeng artis cantik Filipina Gwen Zamora sebagai tokoh sentral dalam film bergenre thriller ini. Kisahnya Gwen berperan sebagai Angel, seorang GM hotel yang baru saja dimutasi ke cabang Jakarta. Dalam perjalanan hidupnya, ia terus mengalami mimpi aneh yang menampilkan adegan

20 Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

bunuh diri seorang pemuda dengan menembakkan senapan ke mulutnya. Kemudian pembantaian yang keji pun terjadi terhadap keluarganya. Safara, adiknya beserta kedua orangtuanya dan petugas security di rumahnya menjadi korban. Walau sempat tertembak, Angel pun selamat dari pembantaian tersebut. Selamat dari pembantaian tersebut, Angel pun menjadi saksi kuncil dalam mengungkap motif dan pelaku pembantaian terhadap keluarganya. Terus dihantui oleh mimpi yang aneh dan ketidakpercayaan detektif yang mengurus kasusnya membuat Angel memutuskan untuk menguak misteri di balik pembantaian

tersebut. Hal ini membawanya pada peristiwa kelam masa lalu. Apa sesungguhnya motif pelakunya? Temukan di The Witness yang akan hadir di Indonesia mulai April setelah pemutaran di Filipina. (jhw) Data teknis: Judul Film: The Witness Produser: Sarjono Sutrisno Sutradara: Muhammad Yusuf Penulis: Beby Hasibuan Pemeran: Gwen Zamora, Pierre Gruno, Agung Saga, Kimberly Ryder, Marcelino Lefrandt, Febby Febiola Tanggal rilis: 26 April 2012 Durasi : 100 menit


Xpresi Info

Dua Kerangka Manusia Prasejarah Ditemukan di Goa Kidang

B

alai Arkeologi Yogyakarta menemukan dua kerangka manusia prasejarah di Goa Kidang, Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Satu kerangka Homo sapiens atau manusia prasejarah yang sudah berpikir maju itu ditemukan utuh beserta kerangka kaki. Goa Kidang berada di kawasan karst Pegunungan Kendeng Utara dan berjarak sekitar 35 kilometer dari kota Blora. Goa itu berupa ceruk gunung karst sedalam 15 meter dari permukaan tanah bukit karst. Untuk masuk ke dalam goa tersebut harus menuruni jalan setapak. Ketua Tim Pola Okupasi Goa Kidang Balai Arkeologi Yogyakarta Indah Asikin Nurani menjelaskan, kerangka Homo sapiens yang utuh ditemukan pada kedalaman 115 cm. Kerangka itu berada dalam posisi mirip bayi meringkuk di dalam rahim dengan kedua tangan menjadi bantalan tengkorak dan kaki terlipat. Adapun kerangka Homo sapiens yang lain berada pada kedalaman 155 cm. Namun, tim baru menemukan bagian kaki saja karena posisinya berada di lapisan tanah di bawah kerangka Homo sapiens yang utuh. “Dari hasil penanggalan radiokarbon, kedua kerangka itu berada di lapisan tanah yang berusia antara 16.000 tahun hingga 20.000 tahun lalu. Kami memperkirakan Homo sapiens itu hidup pada zaman Plestosen akhir hingga awal Holosen,” kata Indah, Sabtu (28/4/2012) di Blora. Menurut Indah, temuan itu menguak studi baru tentang manusia prasejarah yang sudah mengenal ritual penguburan. Penguburan manusia tersebut menghadap ke barat atau posisi matahari terbenam,

K

CAPRICORN (22 Desember-18 Januari) Ada harapan untuk bisa mendapatkan posisi yang lebih baik dibanding hari-hari kemarin. Ada saja pengeluaran yang harus dilakukan walau begitu tak usah cemas karena income masih cukup besar. Terbuka sajalah agar hubungan percintaan ini tetap dapat berjalan dengan tenang dan tidak sampai timbul cemburu buta. AQUARIUS (18 Januari-18 Februari) Hindari berkata tanpa pikir panjang jika tak ingin ada masalah di kemudian hari. Jangan banyak keinginan karena apalah artinya pemasukan tinggi jika pengeluaran malah lebih tinggi. Agar permasalahan tidak bertambah rumit maka hindari berkata kasar sekalipun Anda lagi emosi saat itu.

terdapat susunan bongkahan batu gamping, penaburan remis cangkang kerang, dan remukan batu gamping merah. Temuan manusia prasejarah itu juga membuka pengetahuan baru tentang kecerdasan manusia prasejarah. Manusia Goa Kidang membuat alat berburu dan meramu dengan teknologi yang lebih maju dibanding temuan jenis Homo sapiens lain. “Mereka membuat peralatan dari bahan cangkang kerang dan tulang binatang yang dibentuk dan diasah dengan alat batu. Mereka juga membuat mata anak panah yang terbuat dari tulang,” jelas Indah. Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Informasi, dan Komunikasi Kabupaten Blora, Suntoyo, mengemukakan, temuan itu semakin memperkaya khasanah arkeologi di Blora. Sebelumnya, di Blora banyak ditemukan fosil binatang purba dan manusia prasejarah Homo soloensis, di Ngandong, Kecamatan Kradenan. “Tentu saja kami akan melindungi dan melestarikan situs itu bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat setempat. Kami juga menjadikan kawasan itu sebagai kawasan lindung,” kata Suntoyo. (Kompas.com)

Kemdikbud Ingin Cetak Generasi Emas

ementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan fokus mencetak generasi emas. Wacana itu sekaligus menjadi tema pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menjelaskan, dijadikannya kebangkitan generasi emas sebagai tema peringatan Hardiknas tahun ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, sejak 2010 sampai 2035 merupakan saat Indonesia mendapatkan bonus demografi, yakni populasi usia produktif paling besar

Xpresi Zodiak

sepanjang sejarah Indonesia berdiri. “Itulah mengapa kita fokus pada kebangkitan generasi emas, karena ini pertama kalinya, dan harus kita manfaatkan,” kata Nuh, sesaat setelah memperingati Hardiknas di Kemdikbud, Jakarta, (Rabu (2/5/2012). Pada periode tersebut Indonesia harus melakukan investasi besar-besaran dalam bidang pengembangan sumber daya manusia sekaligus sebagai upaya menyambut 100 tahun Indonesia merdeka, pada 2045 mendatang. Selain melalui gerakan Paudnisasi, kata Nuh, Kemdikbud juga akan mendorong perluasan akses pendidikan di semua jenjang untuk membangkitkan generasi emas tersebut. Karena menurutnya, kualitas pendidikan yang baik dan merata merupakan kunci sukses membangkitkan generasi emas. “Kita juga akan memperluas akses pendidikan mulai dari PAUD sampai pendidikan tinggi yang diikuti dengan peningkatan kualitas pendidikan,” pungkasnya.

PISCES (18 Februari-20 Maret) Yakinlah dengan suara hati agar tak timbul kebimbangan yang akan menghancurkan karir Anda. Jangan terlalu mudah mengeluarkan dana yang ada jika tanpa ada pertimbangan yang masak sebelumnya, meskipun di hari ini pemasukan relatif tinggi. Pasangan hidup Anda kini semakin sayang dan perhatian. ARIES (21 Maret-19 April) Hindari sifat takabur karena jika sampai meleset maka dampaknya akan terasa lebih menyakitkan. Jangan punya pikiran ingin jual barang dulu. Carilah jalan lain yang lebih baik lagi. Jangan terlalu manja karena bisa menimbulkan salah persepsi saja. TAURUS (20 April-20 Mei) Yakinlah akan tujuan Anda semula. Tak perlu terpengaruh oleh omongan rekan-rekan yang belum tentu bisa diharapkan kebenarannya. Pemasukan masih terus mengalir dengan derasnya sehingga kebutuhan penting akan dapat terpenuhi. Andalah yang harus ambil inisiatif untuk mau mengalah dengannya agar hubungan bisa kembali terjalin mesra. GEMINI (21 Mei-21 Juni) Dengan selalu menjaga profesionalitas dalam bekerja maka karir Anda otomatis akan tetap bisa bertahan. Pemasukan cukup lancar dan pengeluaran masih bisa terkendali. Jangan berbohong kepadanya karena bagaimanapun juga kepercayaan itu mahal harganya dan tidak bisa ternilai jumlahnya. CANCER (22 Juni-22 Juli) Tawaran yang datang sebaiknya Anda tak perlu banyak pikir lagi, segera diberi keputusan dan ditindaklanjuti.Bila ingin spekulasi tidak ada masalah karena hari ini lagi mujur. Pertahankan suasana yang masih harmonis ini dengan tidak berbuat yang aneh-aneh. LEO (23 Juli-22 Agustus) Tak perlu cemas, pasrahkan saja pada atasan karena beliau lebih paham duduk permasalahannya. Tak perlu ikut ajakan teman kalau hanya buang-buang uang percuma. Sedikitlah bersikap lebih manja dan lemah lembut kepadanya agar pasangan Anda tidak merasa selalu dikekang. VIRGO (22 Agustus-22 September) Jangan suka marah-marah. Cobalah diredam emosi yang meletup-letup itu supaya tidak membakar apa yang ada di sekelilingnya. Pemborosan harus tetap diwaspadai. Jangan tergoda oleh barang-barang yang kurang begitu penting. Buat apa dipermasalahkan hal sepele itu yang sebenarnya bisa diselesaikan dengan perkataan yang lemah lembut. LIBRA (23 September-23 Oktober) Hindari perbuatan yang hanya buang-buang waktu saja. Di saat seperti ini Anda harus lebih bisa berpikir jernih dan cepat. Pengeluaran cukup terkontrol dan pemasukan ada peningkatan. Tidak ada gunanya membatasi segala ruang geraknya, taruhlah kepercayaan padanya. SCORPIO (24 Oktober-21 November) Tak ada untungnya jika berbohong, justru akan menimbulkan masalah saja. Berhematlah dengan tidak berfoya-foya membeli barang-barang yang kurang begitu penting. Belajarlah dari kesalahan-kesalahan di masa lalu, jangan sampai terulang kembali. SAGITARIUS (22 November-21 Desember) Masih perlu kesabaran dan rasa optimis yang tinggi sehingga bisa melaksanakan aktivitas dengan penuh semangat lagi. Cobalah berhemat agar pemborosan tetap bisa ditekan. Apa masih kurang pengorbanannya, kok Anda masih ngoceh dan mempermasalahkan kekurangannya yang tidak terlalu prinsipil itu?

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII 21


Surat Nyasar “meluangkan waktu utk bersama jauh lebih baik daripada bersama dalam waktu luang” eka pebrianti damanik 1X iA2 sma N1 siantar (083196408520) Hy sahabat Xpresi... Salam2 buat anak xII Ips4 sma diponegoro kisaran... By amsah. Berusaha dan berdoa adalah kunci keberhasilan kita teman,, dan boleh juga yg pengen kenalan sma aq, baik cewe mw pond cowok, yg pngn curhat sma aku, ok guys,,, tetap maju Xpresi... (087749309670) Hy shabat Xpresi.. Salam”Wt tmand” SMA METHODIST-2 KISARAN yc.. Tag lupe nag XII IS.. khusus ny wt tria, fska, rini, n ‘desi. Dr. Vina uli manurung(081919960405) Hai temen” yg ad di Surat Nyasar... Met pagy semuanya Saya dari SMA METHODIST-2 KISARAN.... Teman” Doakan kami y bwt anak kelaz XII SMA yg mw ujian nasional (UN) semoga sehat” selalu y... (085275997672) Salam kenal Aku pendatang baru nih,nama saya ayu handira siswi yang paling humoris di SMA NEGERI 2 Binjai Mau ngucapin selamat buat kakak-kakakku yang cantik dan ganteng” kelas XII diseluruh indonesia semoga UN 2012 get great lucky for you always Terima kasih :) (085275963618) DARI: mangara sitinjakX-5 SMA N 2 TARUTUNG salam2 buat siswa sma 2 trt keseluruhan.,trkusus bwt bu eny di tempat. salam manis yo. (082267488150) Ketika tak ada org yang peduli dgn kita, bkn brarti tuhan juga tak peduli dgn kita, ingat... dikala kita sedih, tuhan slalu ada untuk kita... hidup adalah perjuangan, segala sesuatu memang harus diperjuangkan. salam sama teman di smkn 7 dan ahmadul jariah dari yuni (085358708457) Aslmualikum. Hi shabat Xpresi. Aku Shity Khadijah dari klas XI TKJ 5, SMK PUTRA ANDA BINJAI. Pengen salam aja buat seluruh shabat2 Xpresi. Sukses selalu iia. . Juga buat tabloid Xpresi. Smoga menjadi yg TERDEPAN. (083198863239) hy shabt Xpresi... aku mw kirm slm dnk. Buat semua tmn’’ ku khusus nya anak klz 3 ips methodist 2 kisaran... semoga lulus smua nya. n jgn saling menjatuhkan satu dengan yg laen. Ingat.. ud mw tmt. Gk zmn lg salink adu mulut. Jgn hny gara” ni, UN slink menjatuhkan oke.. ingat mengalah bukan berari kalah. tp itu adlh strategi untk menang ( 085261643718) Hy.. ahabat Xpresi,dimanapun anda berada, Nm aq fitri,fitri mau kirim salam bwt smua pembaca Tabloid Xpresi.. dan buat temen aq yg tinggal di rantau kasih smoga aja gak lupa sama fitri ya, Lw mau kenal sama aq boleh aja..Ni nO hp aq. (085358989337)Terima kasih buat sahabat Tabloid Xpresi. (085358989337) Hii surat nyasar tabloid Xpresi... Ane pendatang baru nii, ane mau salam2 buat anak2 FoSMI, FFC, trus anak kost genk alay, dan seluruh anak2 TI-P1 yg gk bisa disebutin 1 per 1... semoga sukses selalu..by Rico (085362799658) Hy GaySs .... Nma qhu cha .. laz XII ScHoLl D SMA NUSANTARA lubuk pakam.. pgen crii tmen yg bsa buat qhu happy N d jauuh kn drii k galauan .. d tNggu iia thx (087818854145) Ass... Hy tabl0id Xpresi . Aku Zia nak SMK N 1 Padangsidimpuan kls 2ADM1 (“,) Krim slam bwat sm0a sahabat Xpresi !! Slam knal yah ^-^ (087891336820) ..dari shinta jayanti sinaga di martubung.. ma0 titip slam buat tmen”ku di SMA HANG TUAH khusus’a klaz XI IPA 2.. yg smangat y blajarnya yar lulus ujian smester nanti.. oe’a ma0 slam uga buat pcarku NOVRY ARS di pkan bru.. yg smangat y cyank krja’a n jgn slingkuh..mkasi tabloid xpresi (087867522851) Asalamualaikum,,,Hay,,hay,,hay Tabloid eXprEsi,,qU pndatang bRu niE,,nAmA aQ dEsy yAnTi@yahoo..Saya maU titip sAlam nie bUat tMn2 alUmni 2010 SMK jaya kRama sidodadi Lubuk pakam kecamatan beringin kabupaten deli serdang,,,semoga makin sukses za yeaa!!!! Buat soulmate aq,,qu harap kamu dpat berubah..Karena ku akn benar2 pergi apa bila kamu tidak mnunjukan keseriusan mu pda kU..Ma acie yeaaa..Buat kamu2 yg ingin berteMan dGn qu hbgi za nUmbEr in,,see yooooo,,by : desy yanti@ yahoo (087868437243) Hy... Nma aQ Dissa putri vera... Dri SMK 1 psp...M0 krim2 slam ma tmn2 penggmar tabloid Xpresi, and tmn2 SMP q lh,.. Salam kgan ma klen smua, hubungi aq ea, k n0 ini....? (087748150646) Pilih lha seorng yg bner synk dgn u. Yg menjaga dn membimbng kta k jaln yg lbh baik lg. Jgn sia’kn dy kalau kita jg tw dy synk kita. Jgn gengsi d kdpn kn. Bila rasa dy tlah bsan menunggu jwbn dy bkal meniggalkn kta dn memilih mencri yg laen dn kta akn khlangan dy. Dn jg mlihat dy brsma dgn yg

22 Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

lain dgn rasa menyesal. Jgn malu brkata jujur. Krna kjujurn lbh indah drpda uang 1 milyar.(085763412534)

XI.IPS-1 SMA DP P.Berandan. (087713870290)

rhi ANGEL cLz SMK X| b_BM BK(BRIGJEND KATAMSO)..? m0 ngiriiem” clam tuk anq” BRIGJEND m0ga tmbah sksez ck0la na yach nd tmbah cool.., amiin... mkaciih yach srat kbar nyasar. (085761228021)

Hai sahabat xpresi..,Q pndtng bru ne.nama q fransiska libertia,dri SMA KATOLIK SIBOLGA. Mw ti2p slm bwt tmn2 xpresi.bwt tmn2 q d SMA KATOLIK SIBOLGA, khususny bwt XII IPA 1(Oniki Exacters),tetep smangt y..(087891107331)

hi....surat nyasar ak pndatang bru neu :)nma ku mira kusuma SMAN 1 TAPAKTUAN aceh slatan kls 3 IA 1 ak cma mo titip slam buat nak klas 3 se indo mdha**n taoen neu qta lulus cmua amien...........(085276288969)

AsS,, knaL kn naMa q RIMA ANITA Br BANGUN..SMK SRI LANGKAT TANJUNG PURA Kelas XB-1., Mw tisam bwat tmen2 rima yg d’SMK SRI LANGKAT.. Dari rima. :)kLok mw knal ma rima (085270153480)

Hai Surat nyasar ;;) aku Keyn dari SMA Hang Tuah.Cuma mau salam kangen aja buat abg behel,anak swetty,pwd,sama bebe buat Tria jgn slingkuh* yaa :D wkwk.(085262790566)

haii teman cemua’a,nma akku vany,dri SMA HANG TUAH BELAWAN,kelas 11 is-1,saya mw kirim salam buat smua anak klas 3 SMA HANG TUAH BELAWAN,smoga lulus 100% smua ockey........(085658083324)

Paling enak jdi remaja. Kurang duit, tgGAL mNTA. Engk msti susah2 cARI uang. Ah. . Tapi ngk keren. . ! Remaja oke itU adlah yg bsa kretif muter otak supya engk slalu mNTA uang sma ortU. Apalgi skrg semua srbA mahal. Pntar mnyiasati uang. haruS Tuh. Yuk , jdi remaja Smart finansial ! Dari : AnGGI febRI yuliandari sekolah . AMIR HamZAH kelas XI-IPS2. . . :)) (083197835034)

halo sahabat xpresi :) aku Andira edikha putri,sahabat baru xpresi .mau titip salam buat smua anak hang tuah belawan pembaca setia xpresi and titip sayang buat pacarku feri . aku sayang sama dia,sayang banget :). (082364327488)

halo shbAt Xpresi...slam ya bWt cmua Tman2 di sRat nysar,tman2 &gru2 Q d’sma 1 sianTar. khuzus’na bwat nk x-5. cayoooo....Ryeka manik:) :).(087749629647)

Hai teMen cemuA Nama aku Riscy fu aku pendatang baru ne di Tabloid Xpresi Aku du2x di klZ IX Sklah di Mtsn Bireuen (ACEH) Aku mau krm slm buat ALUMNI JAMAS YG KE IX di seluruh INDONESIA semoga kta dpat jumpa di Raimuna Nasional ini :) Lw mw kenal lebih dekat nich n0 hp qu 08984449720. (087747747897)

hy N4me q mASriani aNx XI-ia SMA KATOLIK B.Aceh m4u titip s4lam z ni3 uat sMua aNx klz XI-ia Dan bbrp tm4n dKat q yg d klz XI-is..Dan u4t bUat aBng n KA2k klz XII ia n is SmogA LULUS UN 2012 !!! jadikan hri”mu p€nuh sm4ngat n pEnuh seNyuMan utk MenyOngsong h4ri eSok ...CaaAAaayoo00o... :).( 082163348687)

Dari Nurmala sari SMA BRIGJEND KATAMSO 1 MEDAN. Jenius adalah 1% inspirasi dan 99% keringat. Tidak ada yang dapat menggantikan kerja keras. Keberuntungan adalah sesuatu yang terjadi ketika kesempatan bertemu dengan kesiapaan. (087768399689)

Hy... Tabloid X-presi. Gw pndtg bru nich!! nem Gw Jesslyne school di M-5. Gw mau ksih support nich bwd tmn2 Gw yg school di SMA M-4 & SMA SUT-2 yg bakal hadapi UN.. smga kalian bisa lulus dngan hasil yg baik...:) Luv u all.. Gbu :). (087868134832)

HI sahabat Xpresi , nie aku marya chikamoy siregar dr SMA HANG TUAH belawan , kku mau titip salam buat mama en papaku di belawan , en yg pastinya abg kku yg palng aku saiiang , ingat walau cintakku ini cinta yg gak wajar , tp kku tetap bersamanya :’(. (087868419543)

Aslmualaikum. . Hy Tabloid Xpresi. . Qhu pndtang bru ne, nama saya Nur...mau titip slam,buat tman2 sya yg dha di Smp N3 Kis mdh2han shat slalu and teman/k3 qu di seluruh indonesia... Semangat ,jangan putus asa and ttap brjuang dalam menjalani UN 2012.(087869885632) Hy Xpresi, aku Nanda dari SMAN 1 Tarutung. salam cinta buat daddy ku disurga:*, buat mama, abng2ku, adk.2ku, jg buat EXTEINTION(XII IPA 1) ku dan jg ondyku.. mhon doanya ya buat kesuksesan UN dan SNMPTN nanti:) KEEP FIGHTING! FIGHTING!:) GBUs (085262192549) Hy sahabat Xpresi, dmna pn anda brada, nma q Dissa Putri Vera L.tobing dri SMK N 1 padangsidimpuan aQ pengn cri slusi dr tMn2 pnggmar Xpresi.... Bgai mna chi crA na tuk lpa’n orng yg kta Cinta’??? Pdhl da lma kmi pts, tp, prsa’n q ttp ada ma dy, apakh dy jg gtu ma q....?? Aq pts’n dy tu krna d lrang oleh 0rtu... q pngn bgt sllu brsma dy... (087748150646) Dari : Aditya Darza alumni 2011 Bina bersaudara-2 medan. Salam buat anak” stm bina bersaudara-2,. Semoga lulus UN 2012,. Jadikan hari”mu pnuh smangat untuk nenyongsong hri yang lbih cerah ke dpn nya..(083197697642) jalan kehidupan memberikan banyak makna perjuangan,melalui usaha. stiap manusia tidak ada yg smpurna melalui semuanya. kadang hati selalu penuh optimis,kadang pesimis. semua itu berjalan penuh dengan perjuangan. ayo semangatlah sahabat Xpresi dlam mnjalani kehidupan. dari mawar smk tunas pelita binjai.(087869682332) Syalom!! Hy tabloit xpresi... Nama saya Maria Turnip klz XI Tatabusana-1, sklh di SMKN2 Sibolga. SaYa mAu ngirim salam ama s’mua org yg ku sayangi. Dan buat siswa/i SMK N 2 Sibolga khususnya seluruh kelas XI tatabusana1, semoga makin kreatif dan bisa menjAdi terdEpaN.... (085362581610) Tdk semua manusia bisa kaya,tetapi dgn kebahgan yg kta dpat kekayan hanyalah sekedar motiv bgi manusia. Dari yosefa eliana Tan, Salam knal bwt surat nyasar npresi.(087869788595) Cantik bukanlah ketika seorang perempuan memiliki fisik dan paras yang baik, tetapi cantik adalah ketika seorang perempuan memiliki hati yang baik dan ketulusan sejati. Mari kita menjadi perempuan yang cantik ^^ Ridhia Amalia Yuza (riri)

Kesuksesan bukan dmulai dari mimpi Tapi dmulai dari usaha dan kerja keras Berani mimpi, Maka harus berani berusaha Pipiet viRGinitY_smK akunTansi YPI.AMIR HAMZAH. (08566308829) Hi sobat Expresi. Aku nia siswa sma amir hamzah. Aku mau salam nue buat teman.temanku di sma amir hamzah terutama buat kelas 12 ips 2. Mudah.mudahan kita semua LULUS UN dgn nilai terbaik ia woi... AMIR HAMZAH IS THE BEST. (087869102073) Hy shabat xpresi d mna pun xan smua brda..aq sifa q brsekolah d SMA AMIR HAMZAH MEDAN,aq mw kirim”slam donk buat temn”q yg ad di klz X-1 slam prshbtan..dan untk pacar q slam syank slalu aja untk kmu.. :),mksih shbt xpresi085760661908) Aslmkm . . . Hy , , Shbat Xpresi Nm Sya Harianti Sya pndtang br nie Salam2 bt tmn2 Asia king’s binjai Dan yg istmewa bt soulmate sya Ari d handayani damai Slm kngen ajj. (087748977986)

Buat temen-temen yang mau kirim-kirim salam, kirim kata-kata motivasi, atau ucapan selamat ke siapa saja tinggal kirimkan aja ke SURAT NYASAR tabloid xpresi. Caranya mudah, tinggal sms aja ke nomor ini

087869801990 di tunggu ya...


Xpresi Ragam

Frame Xpresi IBBI CARD DISCOUNT PLACE: Studio ET 45 All Outlet Disc 10% * All Item

YESHO

Milano Art Studio Jl. Sekip No. 18/32 Medan Disc 10% + 5%

Krakatau No. 58 Disc 15%

SEIKO

d’Waroeng Cambridge Mall Disc 20%

Sun Plaza Level 1 Cirebon No. 16 Medan Mall Lt. II Disc 10%

Jav & Tiff Sun Plaza Disc 15% Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Disc 20%

Pangeran HandphoneBan & Accessories Jl. S. Parman Medan Garecca Disc 20% Disc from 15-35%

Pondok Palladium Palladium Mall Disc 15% Obento Komp. Multatuli Indah Disc 20%

Matador Country Plaza Medan Fair Disc 50% (Dosen) Buy 1 get 1 (Mahasiswa)

Ikan Goreng Cianjur Tengku Daud No.4 Disc 10%

CV. Indako Trading Co. Makmur No. 144 A/30 Jasa Service 10% Sparepart 5%

Tabloid Xpresi Dapat Diperoleh: Kampus Diamond Jl. Sei Deli No. 18 Telp. (061) 4567111 Fax. (061) 4527548 Medan - 20114

Kampus Emerald

Jl. Gatot Subroto No. 130 Telp.(061) 4519400 - 4519070 Fax. (061) 4522204 Medan - 20114

Kampus Topaz

Jl. Damar No. 9 G Telp. 45628734562876- 4562773 Medan - 20118

PrimeOne Shool

Jl. Jend. Besar A.H Nasution No. 88 A, (D/h) Tritura Medan Indo­ nesia - 20147, Telp. (061) 7853630 - 7853672 Fax. (061) 7853631 - 7853671 Pangeran Ban Jl. S. Parman Medan Coffee Box Sun Plaza Lt. 4 Warung Ubud Sun Plaza Lt. 3 Gareca Jl. Prof. H.M Yamin No. 99A Milano Art Studio Jl. Sekip No. 18/32 Medan de’ Warung Cambridge Mall X.O. Suki Sun Plaza Lt. 3 Kopi Kok Tong Sun Plaza Lt. 4, Medan Fair Plaza Lt. 1 DOME Sun Plaza Lt. G ThaiExpress Sun Plaza Lt. 4 Pondok Palladium Palladium Mall lT. UG SEIKO Sun Plaza Level 1, Cirebon No. 16 Medan Mall Lt. 2 YESHO Jl. Krakatau 58 Ikan Goreng Cianjur Tengku Daud No. 4 CV. Indako Trading Co Makmur No. 144 A/30

Nampang di Frame Xpresi Kirimkan foto anda memegang Tabloid Xpresi ke tabloidxpresi@gmail.com atau tag ke Facebook Tabloid Xpresi

SMA Kota Medan: SMA Budaya, SMA Budi Murni 1, SMA Medan Putri, SMK Medan Putri, SMA Methodist 3, SMA Methodist 7, SMA Husni Thamrin, SMKN 6, SMK JambiSMA Yosua, SMA Sutomo 1, SMA Methodist 2SMA Negeri 18, SMA Wiyata Dharma, SMA Letjend S. Parman, SMA Budi Utomo, SMA Bodhicitta, SMA Jend. Sudirman, SMA WR. Supratman 1, SMA Widyasana Utama, SMA Negeri 6, SMA Hang Kesturi, SMKN 1 SMA Kalam Kudus, SMA Amir Hamzah, SMA Raksana, SMK Raksana, SMA Kartika I.1SMA ST.Thomas 1, SMA ST.Thomas 2, SMA Negeri 1, SMA Immanuel, SMA Methodist 1 Medan, SMA Negeri 4, SMA Panca Budi, SMA Kartika I.2, SMA ST.Thomas 3, SMA Supriyadi, SMA Brigjend Katamso, SMK Brigjend Katamso, SMA Letjend Haryono MT, SMA Sultan Iskandar Muda, SMA Methodist 5, SMA Methodist 8, SMA Yos Sudarso, SMA Sutomo 2, SMA Tri Murni, SMA Laksamana Martadinata, SMA Dr.Wahidin Sudirohusodo, SMA

Singosari Medan, SMA WR. Supratman , 2SMA Harapan Mandiri, SMK Negeri 7 Medan, SMA Sri Wijaya Medan Banda Aceh: SMA Methodist, SMA Katolik Budi Dharma, SMA Negeri 1 Binjai: SMA Ahmad Yani, SMA Gajah Mada, SMA Methodist, SMA Taman Siswa, SMA Negeri 5, SMA Negeri 1, SMA Negeri 3, SMA Teladan Bireun: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMK Negeri 1, SMA Negeri 3 Bandar Baru: SMA Deli Murni Brastagi: SMA Methodist, SMA Negeri I Kabanjahe: SMA Katolik, SMA Negeri I, SMA Negeri II Kuala: SMA Harapan Bangsa, SMA Methodist Langsa: SMA Cut Nyak Dien, SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3 Lhokseumawe: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Meulaboh: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2 Pangkalan Brandan: SMA Dharma Patra, SMA Negeri I, SMA Tunas Baru Tanjung Pura: SMA Negeri I SMA Samanhudi, SMA Sri Langkat, SMK Sri Langkat Tapak Tuan: SMA Negeri 1 Kisaran: SMA Diponegoro, SMA Methodist 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri I Lubuk Pakam: SMA Dharma Bakti, SMA Methodist,SMA Nusantara Pematang Siantar: SMA Kalam Kudus, SMA Methodist, SMA Negeri 2, SMA Sultan Agung, SMA Negeri 1 Padang Sidempuan: SMA Negeri 1, SMK Negeri 1, SMA Negeri 2 Perbaungan: SMA Methodist, SMA Setia Budi Rantau Prapat: SMA Methodist, SMA Panglima PolemSei Rampah: SMA Kartini, SMA Teladan Sibolga: SMA Katolik, SMA Negeri 3, SMK Negeri 1, SMA Tri Ratna Sidikalang: SMA Negeri 1, SMA Negeri 2 Stabat: SMA Negeri 1, SMA Panca Karya Tanjung Balai: SMA Methodist 2, SMA Negeri I, SMA Sisingamangaraja, SMA Tri Tunggal Tanjung Morawa: SMA Methodist Tarutung: SMA HKBP I, SMA Negeri 2, SMA Negeri 1 Tebing Tinggi: SMA F. Tandean, SMA Ir. H. Djuanda, SMA Methodist, SMA Nusantara Pekan Baru: SMA Dharma Loka, SMK Dharma Loka, SMK Perbankan, SMA Negeri 3, SMA Santa Maria Padang: SMA Don Bosco, SMA Xaverius, SMA Negeri 10, SMA Adabiyah, SMA Negeri 2 Balige: SMA Negeri 1 Lagu Botti, SMA Bintang Timur, SMK Negeri 2, SMA Negeri 1

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII 23


Beasiswa

- Ranking I s/d III 60% dari SPP - Ranking IV s/d X 40% dari SPP - Ranking XI s/d XX 20% dari SPP Nb: Syarat dan ketentuan berlaku

Dapatkan Voucher

Rp. 250.000

Selama pameran berlangsung

Jadwal Pameran STIE - STMIK IBBI

Jumat, 5 Mei 2012 s/d Minggu 20 Mei 2012 Thamrin Plaza, atrium lantai 2 Jumat, 1 Juni 2012 s/d Kamis 14 Juni 2012 Medan Fair, atrium lantai 2 Jumat - Minggu, 22 s/d 24 Juni 2012 Suzuya Tanjung Morawa, atrium lantai 1 Jumat - Minggu, 29 Juni - 1 Juli 2012 Suzuya Tanjung Morawa, atrium lantai 1 Senin, 2 Juli 2012 s/d Minggu 8 Juli 2012 Medan Mall, atrium lantai 1 Jumat, 6 Juli 2012 s/d Minggu 22 Juli 2012 Milenium Plaza, atrium lantai 1 Jumat, 13 Juli 2012 s/d Mingu 22 Juli 2012 Medan Plaza,atrium lantai 1 depan eskalator Catatan: Subsidi 25% kuliah di pagi hari

Jadwal Testing 12 Mei & 26 Mei 2012 9 Juni 2012

Mei 2012 I Edisi 74 I Tahun VII

2 Juli & 21Juli 2012 4 Agustus & 11 Agustus 2012

1 September 2012


Tabloid Xpresi Edisi 74, Mei 2012