Issuu on Google+

CONTENT 3 CONTENT

Awas Guys, Standar Nilai UN Nanjak Terus..!!

6 in Hotelier

9

Ma Sampe Ngiler!

Nonton Bareng Ekspedisi Cincin Api, Yuk...!

Jadi Dubber Seru Juga Lho!

TEEN ATTITUDE MOMENT URBAN

UN? SIAPA TAKUT!

di planet READY or Not, UN is coming. Rasanya pasti kayak Kejeblos ster yang lagi makhluk makhluk kembar, di terror segerombolan mon ke kebun bunga parade, terjun ke panggung sirkus aneh, atau dilempar raksasaaa!! i elo Upsss...itu mah iklan ya? Ok, kita serius lagi. April ini past dug nyiapin diri semua yang duduk di bangku kelas XII lagi pada dag dig bakalan ngasih untuk menghadapi UN. Oleh sebab itu edisi kali ini, TaMu epin UN. tips and trik buat elo supaya siap jasmani dan rohani ngad amin kenaikan. Karena gosipnya tiap tahun standart nilai UN selalu ngal Nah loh... ulasan Nah, buat elo yang mau refreshing sejenak, elo bisa baca satunya tentang berbagai komunitas yang ada di Jakarta. Salah serunya main komunitas Polo Bike, yang nunjukin ke elo semua betapa polo pake sepeda. s TaMu Selain komunitas, ada lagi acara seru lainnya yang diula album baru, diedisi ini. Ada info terbaru dari Ello yang baru aja nelorin juga serunya konser Jessie J beberapa waktu yang lalu. UN. Well, akhir kata TaMu mau ngucapin selamat menempuh dahulu, Berakit-rakit dahulu, berenang-renang kemudian. Belajar ngerjain UN dulu kemudian... Hehehe..

dapur tamu!

11

16

Model: Nintasha Prhastuti SMAN : 42 Jakarta Timur Digital Imaging : Sugara Adi

Pond’s Teens Concert 2012 Seru-Seruan di Konser Jessie J

Fotografer : Sugara Adi, Andre Nizar Stylish: Paulus Trigo Make Up: Seravin Yurica. Lokasi: Studio Warta Muda (Tamu)

onthecover!

Ini nih, model Warta Muda (TaMu) Edisi XXV/ April 2012 Namanya Nintasha Prahastuti R.R.H.W. Cewek Kelahiran Jakarta, 17 Juli 1994 ini sekolah di SMAN 42, punya hobi gambar, hangout, nonton DVD. Selain itu, doi suka banget pelajaran yang berkaitan sama itung-itungan contohnya matematika. Mau kenalan? Langsung aja ketik Nintasha Prahastuti di Facebook.

EDITORIAL Chief Editor Dedy Pristiwanto

GM Business Christina M.S. Indiarti Editorial & Business Manager Frederikus Mahatma TIS Editor Aria Sankhyaadi Graphic Designer Sugara Adi, Paulus Trigo Advertising Manager Erika Oktoviani Account Executive Dipta Aditya Kurniawan

Redaksi menerima karya berupa artikel, kartun, foto, dan humor. Untuk artikel diketik dalam format MS Word berukuran maksimal 3.000 karakter, 1,5 spasi jenis huruf calibri dengan 11 pt. Pengiriman karya ke Redaksi Tabloid Tamu di Gedung Kompas Gramedia Unit I Lantai 2-3 Jalan Palmerah Barat No 33-37, Jakarta 10270 disertai fotocopy KTP/ kartu pelajar dan nomor telepon atau ke alamat email: warta. muda@yahoo.com naskah paling lambat diterima minggu kedua setiap bulan. Karya yang dimuat akan diberi imbalan/suvenir.

grafer

Reporter & Foto

Marketing Support Elissa Dwi Lestari, Arman Riyansyah Andre Nizar

Wibi

Intan Publisher PT Metrogema Media Nusantara Gedung Kompas Gramedia Unit I Lantai 2-3 Jalan Palmerah Barat No 33-37, Jakarta 10270. Telp (hunting): 021-5367 7881/82. (Ext : 4842/4805) FAX: 021-5367 6972 (Redaksi), 021-53677011 (Iklan).

Calistasia

Syanella

Nia

Regita

Adie H

Inggar

Facebook: wartamuda@yahoo.co.id Twitter : @tabloidtamu Email: warta.muda@yahoo.com

Awas Guys, Standar Nilai UN Nanjak Terus..!! n Lapora

Berita

Pilihan

Sekarang pemerintah udah berbaik hati. Standar kelulusan ditentukan dari nilai UN yang akan diakumulasikan dengan nilai Ujian Praktik dan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Presentasenya 60% untuk nilai UN dan 40% untuk Ujian Sekolah.

3

Edisi XXV/April 2012

D

I INDONESIA, ternyata ngga cuma harga BBM aja sering naik. Standar Nilai Ujian Nasional (UN) pun terus naik tiap tahunnya lho! Waduuhh… Ini dia nih yang biasanya buat elo semua pontang-panting belajar, cari bimbel nomor wahid, juga borong buku paket dan prediksi UN di toko-toko buku terdekat. Ck.. ck.. ck.. Gimana ngga mati-matian usahanya cuy?! Wajar aja, yang namanya nilai UN itu mutlak jadi penentu buat elo lulus dari bangku sekolah (SMP/SMA) selama 3 tahun atau 6 tahun (SD). Dari awal lahirnya sistem UN di Indonesia pada tahun 2005, UN memiliki nilai standar 4,25 lalu pada tahun berikutnya standarnya dinaikkan lagi jadi 4,50 dan tahun berikutnya lagi berubah jadi 5,00 , 5,25 dan tahun 2010 hingga kini berstandar di 5,50. Terus kenapa nilai UN ngga disamain aja ya setiap tahunnya? Kenapa ikut-ikutan naik sih, kayak harga BBM? So, what the reason for it?! Nah, usut punya usut guys, menurut penelitian pendidikan KEMENDIKNAS, Drs Safari M PAU, pada satu kesempatan, “Nilai kita baru mencapai 5,50 sedangkan di negara lain contohnya Singapura dan Malaysia sudah mencapai 7,00 dan itu pula yang menjadi kecemburuan negara lain selain dari sisi teknis pelaksanaan UN.” FYI, kurang lebih itulah yang menjadi alasan dari kenaikan standar nilai UN setiap tahunnya. Dan ternyata, meskipun standar nilai UN udah dinaikin, tetap aja masih ketinggalan jauh lho dari negara-negara asia lainnya. Nilai UN juga jadi tolak ukur dari taraf pendidikan di negara tersebut, lalu apa jadinya ya kalau standar nilai UN Indonesia masih 5,50? Apakah elo semua ngga malu kalau taraf pendidikan di Indonesia hanya dinilai sebatas 5,50..???!!! So, pasti jawabannya ngga kan..!!! Nah, kalo udah jawab ngga, berarti setuju deh ni, kalo standarnya naik lagi?!!! Waduhh... hehehe… Wess..kalo gitu, buat elo-elo yang bentar lagi ngadepin UN, siapin deh diri elo semaksimal mungkin. Belajar yang rajin, hafalin rumus, dan jangan lupa jaga kesehatan. Untuk elo-elo yang masih jauh ke UN bukan berarti waktunya untuk bersantai ria, tapi justru prepare dari sekarang. Bersiaplah ngadepin nilai UN yang tampaknya bakalan naik lagi deh standar nilanya. Semangka (Semangat Kawan)!! (Tannya Aulika Tantoso)

? r e t s n o M k a y a K UN Ngga Kalee...!

Model diperankan oleh : Nintasha (SMAN 42, Jakarta Timur)

O

H my God! Ngga terasa sekarang udah bulan April! Artinya? Aaaa tidaaakk..! Elo tau ada apa di bulan ini? Buat siswa-siswi SMA yang lagi duduk di kelas 3 pastinya udah pada tau. Yup, Ujian Nasional alias UN cuy.. Menurut pemeritah, UN adalah tolak ukur keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah. Tahun ini UN akan dilaksanakan pada 16-19 April 2012. Jumlah pelajaran yang diujikan masih sama kayak tahun sebelumnya, dengan standar nilai 5,5. Emm... Kebayang deh muka mereka kayak apa sekarang. Hahahaha.... Pasti ada yang ketar-ketir, ada yang woles-woles aja, bahkan masih ada yang masih berani cabut sekolah. Gila kali yee...! Survei kecil-kecilan yang diadain buktiin kalo 5 dari 10 siswa bilang UN adalah momok yang amat membebanin. Kalo dipikir-pikir, emang ngga adil sih... Bayangin aja, elo udah sekolah selama tiga tahun, eh untuk nentuin kelulusan hanya ditentuin dalam waktu satu minggu! Maka ngga heran kalo tempat-tempat bimbel banyak diserbu siswa. Banyak siswa yang ngebuat kelompok-kelompok belajar, try out-try out diadakan, bahkan sampai ada yang sibuk cari bocoran kunci jawaban! Emang ngga bisa dipungkiri, banyak pelajar yang ngegunain bocoran kunci jawaban untuk UN. Mereka juga rela mengocek kantung cukup dalam buat ngedapetinnya. “Takut ngga lulus aja, makanya gue pake bocoran kunci jawaban deh. Soalnya belum apa-apa gue udah stres duluan. Abis UN tuh monsternya dari segala monster,” ujar

Jeje (nama disamarkan) salah satu siswa SMA di Jakarta. Hayoo sereman UN atau godzila?? Ha...ha...ha... Kok ada ya orang yang memanfaatkan situasi ini untuk mengeruk keuntungan dengan menjual kunci jawaban? Mereka mengklaim, kunci jawaban itu yang benar, tapi pemerintah tidak pernah mengakui adanya jual beli kunci jawaban. Bingungkan, mana yang bener? Ck.. ck.. ck.. Tapi tenang braaay.. itu duluuuuu. Sekarang pemerintah udah berbaik hati. Standar kelulusan ditentukan dari nilai UN yang akan diakumulasikan dengan nilai Ujian Praktik dan Ujian Akhir Sekolah (UAS). Presentasenya 60% untuk nilai UN dan 40% untuk Ujian Sekolah. Salah seorang siswa yang ngga terlalu ambil pusing UN adalah Al Gydzar Hasdy dari SMA 71 Jakarta. “UN buat gue ngga terlalu menyeramkan, soalnya sekarang kelulusan udah dibantu sama nilai-nilai sekolah. Jadi yang penting lulus dulu, baru deh mikirin kuliahnya...” Ujarnya. Naaaaaahhh sekarang apa aja sih persiapan yang udah elo lakuin buat ngadepin UN? Warta Muda punya saran nih.. 1 . Minta ridha sama orang tua Braayy kunci kesuksesan seseorang itu ada di tangan orang tua juga lho! Maksudnya, ridho dan doa orang tua itu pwweeennntting banget dalam kesuksesan hidup kita. Jadi sebisa mungkin selalu meminta ke ikhlasan, ridho, dan doa orang tua elo untuk ngelakuin setiap aktivitas termasuk UN. 2. Belajar dan berdoa Naaahhh ini dia.. Belajar itu penting, tapi kalo elo juga kagak berdoa, ya sama aja bo’ong, kan Dia juga yang nentuin segalanya, termasuk kesuksesan kita.

3. Mohon rido sama guru-guru dan adik kelas elo Ini juga ngga kalah pentingnya. Doa mereka turut membantu kita juga loh. Mau ngga di doain sama adek dan guru-guru kita? Makanya kita ngga boleh banyak tingkah, ikutin aja semua perintah guru. Kalo ada adek kelas elo yang ngeselin, diemin aja, itung-itung belajar nahan emosi juga kan. Daripada nanti berantem dan kita disumpahin nggak lulus gimana?! 5. Jaga kesehatan Kesehatan juga termasuk faktor utama untuk ngedepin UN. Usahakan kondisi tubuh selalu terjaga. Jangan tidur malam, makan sembarangan, kecapekan dan lain-lain. Udah banyak lho teman-teman kita yang terancam ngga bisa ikut UN karena sakit, bahkan meninggal gara-gara kecelakaan pas detik-detik menjelang UN. Jaangan sampeee... Okey braaayy mulai sekarang buang jauh-jauh momok UN sebagai monster. Woleeess aja braaayy. Anggep aja Presiden Amerika Serikat yang bakalan dateng ke rumah elo. Pasti elo mau tampil sempurna kan di depan presiden. Nyiapin segalanya, bebenah rumah, dandan yang cantik dan ganteng, dan masak makanan yang enak-enak. Sama halnya dengan nyambut UN. Siapin aja segalanya dengan sempurna. Nyantai aja ye ngga? Kalo kita stres, yang ada semua materi yang udah kerekam selama ini bisa ilang dalam sekejap. Yang penting kita udah usaha semaksimal mungkin dan berdoa. Semangat braaaayy! Keep spirit and always solid! UN?? Siapa takut!!!!!!!!!!!! (Intan Permata)

4

! n a i j U S V Sosial Media Edisi XXV/April 2012

“Don’t spend hours tweeting, it’s ‘unhealthy’.”

n Berit Lapora

an a Pilih

S

ETUJU ngga elo sama pendapat itu? Pendapat itu diungkapin sama Biz Stone, co-founder dan creative director dari Twitter sendiri lho! Microblogging dengan kapasitas 140 karakter itu emang sering dianggap addictive dan seru banget buat dipantengin. Di Indonesia sendiri, menurut sumber Semiocast.com dan AworldofTweet.com, pada Februari 2012 jumlah pengguna Twitter di Indonesia mencapai 19,5 juta orang. Indonesia juga menjadi negara dengan tweet terbanyak di dunia, yakni mencapai 12 persen jumlah tweet secara global. Wow! Twitter adalah salah satu bentuk sosial media yang lagi happening banget saat ini, khususnya buat anak muda. Ngga jarang kan ngeliat banyak temen elo yang galau, stress, sampai curcol di Twitter? Sebenernya kalau kadarnya wajar-wajar aja sih ngga apa-apa, tapi kalau udah sampai kelewatan apalagi ngeganggu jam belajar, nah kita mesti waspada tuh, sob! Nah, bulan-bulan ini adalah bulannya ujian yang dimulai dari UTS, UAS, juga UAN buat yang kelas 12. Sebetulnya, sosial media ini ngeganggu persiapan ujian ngga sih? “Sosial media suka mengganggu sih, soalnya

suka ada aja BM/BBM yang masuk, mention di Twitter, atau notification Facebook. Rata-rata pemakai bb kan ngaktifin bbm, twitter, fb, dan email, jadi bawaannya tuh kaya mau ngecek bb mulu,” ucap Khaula B Shiddiqa, siswa kelas 11 SMA 2 Tangerang Selatan. Kardina, siswa kelas 11 SMA 6 Jakarta juga menyatakan pendapat senada. “Sosial media sih ngeganggu banget bagi yang udah kecanduan atau lagi baru-baru pake bb soalnya dia pasti asik sama bb-nya sendiri, tapi kalo yang pakenya udah lama sih biasanya ngga terlalu ngeganggu,” katanya.

Konsentrasi dan Motivasi

Menurut psikolog A Kasandra Putranto, terganggu atau tidak terganggunya seseorang pada sosial media sebenarnya tergantung dari tingkat kedisiplinan dan kemampuan konsentrasinya sendiri. “Mereka yang sudah terlatih untuk memusatkan perhatian dan mampu mendisiplinkan diri akan mampu menampilkan sikap dan perilaku resisten terhadap godaan berbagai bentuk sosial media,” ucap Bu Kasandra kepada Warta Muda (TaMu) via email. Nah, konsentrasi ini perlu dilatih guys. Sedari dini, coba deh untuk belajar fokus pada apa yang elo kerjakan supaya elo bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Menurut Bu Kasandra juga, media sosial hanya satu dari sekian banyak unsur yang berpotensi mengganggu konsentrasi, selain

Model diperankan oleh : Nintasha (SMAN 42, Jakarta Timur)

televisi, radio, telepon, atau berbagai permainan sejak game watch, game boy, sampai game online. Walaupun ada sebagian kecil anak yang mampu untuk tetap memusatkan perhatian pada ke dua hal sekaligus karena memiliki kapasitas simultan, namun tentu saja tidak dapat direkomendasikan pada setiap anak. Franklin Immanuel, siswa kelas 11 SMAK Penabur Gading Serpong mengatakan bahwa godaan sosial media memang besar, tapi dia tetep berusaha untuk konsentrasi untuk ujian. “Gue berusaha untuk tetap di meja belajar, kunci pintu kamar, dan jauhin bb,” kata Franklin. Selain perlu konsentrasi, motivasi dari dalam diri sendiri juga penting banget, seperti yang diutarin sama Albertus Rian, siswa kelas 10 SMA Gonzaga Jakarta. “Ngatasin godaan-godaan semacam sosial media sih gampang aja, yang diperlukan itu sugesti dari diri sendiri dengan niat yang besar. Ujian kan cuma semingguan nah apa salahnya sih kita bersusah-susah seminggu demi hasil yang memuaskan. Dengan begitu, kita bisa ngehindarin main bb dan semacamnya,” ucap Albertus. Kardina juga mengakui pentingnya memotivasi diri sendiri saat menjelang ujian. “Pokoknya kita cari sesuatu yang bisa memotivasi kita, misalkan harus dapat nilai bagus atau naik kelas dengan nilai tinggi. Bisa juga bersaing sama pacar biar kalo nilainya jelek jadi malu. Hehehe,” cerita Kardina. (Callistasia Anggun Wijaya)

? S K S ! ! h a l a g g N

“Mereka yang sudah terlatih untuk memusatkan perhatian dan mampu mendisiplinkan diri akan mampu menampilkan sikap dan perilaku resisten terhadap godaan berbagai bentuk sosial media,”

Ralat : Pada TaMu edisi XXIV / Maret 2012 halaman 4 rubrik Labil (Laporan Berita Pilihan), pada artikel Film Nasional via Twitter tertulis @film_nasional, seharusnya @film_indonesia.

Psikolog A Kasandra Putranto SISTEM Kebut Semalam (SKS) kadang-kadang jadi jurus andalan pelajar buat ngadepin ujian. Akibatnya, seringkali hasil ujian kurang efektif karena proses belajar yang terburu-buru. Sebenernya, gimana sih cara belajar yang efektif itu? Nah, menurut psikolog A Kasandra Putranto, biar hasilnya maksimal, hal-hal ini perlu dilakuin saat proses belajar: 1. Nyicil bahan ujian biar ngga kelabakan pas mau ngadepin ujian 2. Ngebuat rangkuman/catatan tentang pokok pelajaran yang penting 3. Ningkatin pemahaman daripada hafalan 4. Ngelatih ngerjain soal yang berbedabeda Hal yang ngga kalah pentingnya adalah mengetahui cara belajar yang sesuai dengan diri elo. Elo kudu tahu tipe belajar apakah yang paling pas sama diri elo, apakah elo tipe visual (melihat), auditory (mendengar), atau kinestetik (menggerakan anggota tubuh). Kalau elo udah tau cara belajar yang paling tepat, pasti deh hasilnya bakalan oke! (Callistasia Anggun Wijaya)

5

Edisi XXV/April 2012

Launching ‘Radio killed the TV star’

“Sing and Dance with Us” Endah & Reza

Kolaborasi Maliq & d’essential dan Twenty First Night

Foto-foto: Leo Utomo

Stand Up Comedy Cita Rasa Depok

Foto-foto: Inggar Ayang Sari

M

M

ALAM yang remang dan sepi tiba-tiba dipenuhi suara percakapan. Makin lama makin rame. Itulah situasi pada Kamis 8 Maret 2012 di The Basement, Kemang, Jakarta Selatan. Waktu itu, RNRM, The Upstairs, dan Endah & Rhesa adalah 3 dari 12 artis yang tampil sekaligus ngerilis album kompilasi ‘Radio killed the TV star’. Sebuah album kompilasi yang bertujuan buat ngingetin kita kalo di luar musisi yang bolak-balik tampil di TV, masih banyak musisi keren lain di Indonesia. Begitu seisi ruangan udah penuh sama suara percakapan, ngga lama kemudian terdengarlah hentakan drum penuh energi. Kenceng namun kering banget. Setelah itu, suara synth Hendra Jaya langsung ngubah mood ruangan seketika jadi danceable. That was ‘Pathetic wave’ from Rock N Roll Mafia! Vokal Ekky Darmawan hari itu enerjik banget. Sembari nenteng gitar Fender putih, doi lompat ke bibir panggung buat maenin solo gitarnya. Spontan, penonton langsung ngerubung ke bibir panggung yang emang ngga ada pembatasnya, termasuk penonton yang bawa kamera juga ikut-ikutan langsung ngerubung. Setelah lagu selesai, Ekky ngebuka baju, bikin penonton jadi heboh, bukan karna histeris, tapi karna badan Ekky yang ternyata ceking banget! “Jakarta panas euy,” katanya. Buat info, RNRM baru aja pindah label ke Organic, Jakarta. RNRM menutup penampilan mereka dengan “Black heart”, single baru mereka. Setelah RNRM, giliran The Upstairs unjuk gigi. Lama ngga keliatan, ternyata mereka punya single baru yang ada di album kompilasi ini, ‘Percakapan’. Intro yang cukup panjang, sekitar 60 detik, ditambah bunyi kayak getaran mesin di

ENURUT sejarah, Stand Up Comedy udah ada sejak abad ke 18 di Eropa dan Amerika Serikat (AS). Dan sekarang lagi anget-angetnya di Indonesia. Bahkan di Indonesia itu sendiri ada 30-an Stand Up Comedy yang terbagi di beberapa daerah. Nah, aliran lawak yang satu ini dianggap baru untuk masyarakat Indonesia. Soalnya, biasanya lawakan di Indonesia dilakukan dengan berkelompok atau grup. Tapi, pada Stand Up Comedy si pelawak atau yang biasa disebut ‘comic’ menyampaikan lawakannya secara langsung dan sendiri di hadapan penonton dengan mic atau yang disebut “One Man Show”. Meskipun disebut dengan Stand Up Comedy, comic tidak harus selalu berdiri lho dalam menyampaikan komedinya. Karena ada juga beberapa comic yang menyampaikan lawakannya dengan duduk di kursi, persis seperti orang yang sedang bercerita. Para comic ini sendiri biasanya memberikan beragam cerita humor, lelucon pendek, atau kritik-kritik berupa sindiran terhadap sesuatu hal yang sifatnya cenderung umum. Nah, kali ini yang mau diulas Warta Muda (TaMu) adalah Stand Up Comedy Depok. Yap, komunitas yang berdiri sejak September 2011 ini pas banget deh untuk kalian-kalian yang punya hobi ngelawak tapi bingung mau diapresiasikannya kemana. Stand Up Comedy Depok berdiri setelah komunitas serupa berdiri di Samarinda (Kalimantan Timur), serta Bogor dan Bandung (Jawa Barat). Stand Up Comedy Depok sudah memiliki anggota beragam profesi lho. Mulai dari mahasiswa, karyawan, guru bahkan wartawan! Menurut sang ketua, Adi Eka Putra atau yang punya nama beken Kuman, di Depok belom ada Stand Up Comedy. Dan masyarakat Depok butuh sebuah hiburan yang baru dengan tampilan lawakan yang berbeda. “Akhirnya kita dirikanlah Stand Up Comedy Depok,” tuturnya ketika ditemui Warta Muda (TaMu) di komplek Universitas Indonesia (UI), Kota Depok, 9 Maret 2012. Untuk acara Stand Up Comedy Depok itu sendiri ada Open Mic, Sharing Comic, dan Stand Up Comedy Show. “Open mic merupakan wadah bagi pengunjung atau orang yang ingin belajar menjadi komedian atau sekedar menguji keberanian di atas panggung dengan materi atau tanpa materi,” tutur Kuman yang juga sebagai admin dari situs-situs yang berhubungan dengan Stand Up Comedy Depok.

sekitar 30 detik awal, jadi bikin suasana sempet absurd, hahaha.. Endah & Rhesa ngebuka penampilan mereka dengan raungan distorsi dari gitar akustik Endah, dilanjutin sama perkenalan singkat dari Endah. “Halo, kami Endah & Rhesa. Ada saya Endah di gitar dan suami saya, cowo terganteng di dunia ini, Rhesa. BTW, semua istri akan berkata begitu, hahaha...” katanya yang langsung disambut sorakan tawa penonton. Setelah ngenalin diri ke penonton, duet ini lalu bikin harmoni accapela yang unik sebelum mainin ‘Tuimbe’. Mereka kejar-kejaran nyanyi melodi yang liriknya selintas terdengar kayak, “Kica kica kica kica, cu cu cu cu ci, ci cu cu cu” . Yang terbayang di pikiran adalah bocah-bocah yang lagi lari-larian. ‘Tuimbe’ sendiri ternyata adalah lagu yang terinspirasi dari musik ritmis Afrika. Penampilan mereka ditutup dengan distorsi penuh semangat. Penampilan mereka ngundang tepuk tangan riuh penonton. Acara yang seru ini akhirnya ditutup dengan penampilan energik dan Jazzy dari Maliq & The Essential barengan Twenty First Night. (Leo Utomo)

Check the list!

1. Emergency – Twentyfirst Night 2. Percakapan – The Upstairs 3. Berlari Dan Tenggelam – MALIQ & D’Essentials 4. El Patron – Zore 5. Black heart – Rock N Roll Mafia 6. Moving On – The Triangle 7. Sarah – Swimming Elephants 8. Bird Song – The Marsh Kids 9. Liburan Indie – Endah N Rhesa 10. Kebakaran Hutan – Sir Dandy 11. Get Up And Go – Homogenic 12. Let’s Get On It - DJ Who? Feat. Jemima & Llyod Popp

“Biasanya menceritakan pengalaman pribadi serta kegundahan yang dialami pada diri comic itu sendiri. Dilakukan selama 7 menit di depan anggota komunitas atau orang-orang yang memang sengaja datang untuk melihat open mic. Meskipun begitu yang namanya komedi itu sifatnya subyektif. Nah disitulah tempatnya open mic, nanti kita bisa review sama-sama”, lanjutnya. Sedangkan, sharing comic itu merupakan tempat bertukar pikiran antarsesama comic. Karena para comic ini selalu menulis dulu skrip lawakannya untuk tampil. Itulah sebetulnya konsep dari Stand Up Comedy. Lawakannya ngga asal lawak, tapi terkonsep dengan rapi. Beda lagi sama Stand Up Show. Ini adalah acara yang dibuat dengan berbayar. Dan akan menampilkan comic-comic yang memang sudah profesional. Untuk Stand Up Comedy Depok sudah pernah menampilkan Stand Up Show di Circle Cafe Depok Town Square dan berhasil menghadirkan penonton yang cukup banyak. Menurut Andi Gunawan atau yang akrab disapa Ndigun, anggota lain Stand Up Comedy Depok, demam panggung sebelum tampil itu wajar dan sudah bisa dikategorikan comic professional, “Aku juga mengalami yang namanya demam panggung sebelum tampil kok. Dan biasanya kalo aku nervous, aku selalu ketawa di awal untuk ngilangin rasa nervous itu,” kata sosok yang sudah masuk ketegori comic profesional ini. Apa sih tips untuk jadi comic? Simak ya...: Harus punya ciri dan karakter. Jangan jadi comic yang biasabiasa saja. Minimal orang harus langsung terbayang karakternya si comic itu seperti apa. Akhirnya, kalo mau gabung dengan komunitas Stand Up Comedy yang terbuka untuk umum dan ngga mandang umur itu, datang aja langsung, ikut ngumpul, dan coba untuk open mic. Kalo jauh datang ke Depok, datang aja ke acara-acara open mic terdekat di daerah kalian. Karena yang penting punya niat dulu. Biasanya, para comic yang berdomisili di daerah Depok ngumpulnya di Zoe Cafe yang berlokasi di Jl Margonda Raya, Depok setiap hari Selasa jam 7 malam sampai selesai. So, jangan ragu untuk gabung Guys. Karena komunitas ini positif banget. Dan bisa menghasilkan uang lho nantinya untuk para si comic. Dan sedikit rahasia, kalo udah jadi comic profesional itu dibayarnya permenit sekali tampil! Untuk informasi lengkapnya kalian bisa follow twitter mereka di @standupIndoDPK. Tunggu apa lagi, buruan gabung sekarang juga! (Inggar Ayang Sari)

6

1

Edisi XXV/April 2012

Management EXPO 2012, UNIVERSITAS ATMAJAYA

r e i l e t o Main H ! r e l i g N Sampe Wajah Freddy keliatan tegang. Dia bingung pas pionnya ada di kotak unknown condition. Mukanya keliatan ragu pas ngambil kartu random. Maklum, ‘uang’nya udah tiris banget. “Buy 700, sell 500, auction 350… Duh, pilih mana ya?” katanya.

2

F

REDDY adalah salah satu peserta hotelier, salah satu lomba yang ada dalam Management Expo 2012 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Manajemen Universitas Atma Jaya, Jakarta. Management Expo 2012 ini diadain dari 19-22 Maret 2012. Lomba permainan Hotelier digelar mulai Rabu sampai Kamis, 21-22 Maret 2012. Permainan ini sekilas mirip sama Monopoli. Papan yang dipakai buat lomba kali ini adalah papan bikinan Stefanus Indra. Masalah yang dihadapi gampang-gampang susah. Setiap tim punya pilihan pas pionnya berhenti di kotak ”customer” antara beli, upgrade, atau bahkan jual aset berupa kartu yang dimiliki. Hasil dari keputusannya adalah poin kepuasan pelanggan. Yang poinnya paling tinggi jadi pemenang. Permainan ini dilakuin dalam 1 jam dan tegang..! Hahaha..! Sebelumnya, pada Senin, 19 Maret 2012, ada talkshow talent management. Tema utama kali ini adalah ‘Creative Makes Success’, dengan pembicara utama Budiman Susilo, Area Manager Faber Castel. Dalam acara ini, Budi nyeritain cara-cara kreatifnya memasarkan produk Faber Castell, selain itu, doi juga ngga lupa nyeritain pengalamannya sewaktu dia masih jadi sales yang terdengar konyol dan juga mengharukan, sampai pada cerita jabatannya yang sekarang sebagai Area Manager Faber Castell. Setelah Budiman, lanjut lagi Raditya Dika yang berbagi cerita. Dia ngejelasin kenapa judul buku-

bukunya selalu ada nama binatang, pengalaman kuliahnya yang ngga selesai di Australia, pengalaman kuliah di Universitas Indonesia, dan cara-cara kreatifnya dalam nulis dan mimpin penerbit Bukune. ”Buku pertama gue pakai kambing. Kedua pakai brontosaurus. Ketiga pakai babi! Lalu ada marmut, dan terakhir salmon! Hahaha...!” katanya. Raditya pesan, tekanan dari luar, mulai dari yang ganggu banget kayak tekanan kompetitior, sampai yang ganggu ngga jelas kayak alay, bisa kita jadiin ide dalam nemuin ide-ide baru dalam berkreasi kreatif. ”So, terus berkreasi dan terus kreatif!” tutupnya.

Green Marketing

Hari Selasa sampai Kamis, 20-22 Maret 2012, giliran calon-calon marketer handal yang unjuk gigi di lomba marketing se-Sumatera, Jawa, dan Bali itu. Konsep yang diusung di lomba kali ini adalah ‘Green Marketing’. Dengan konsep ini, peserta diharapkan berkreasi sekreatifnya dengan tetap ramah lingkungan. Hari Selasa adalah hari penyisihan. ”Marketing labyrinth” jadi, yakni babak pertama di mana peserta harus nyelesaiin soal-soal marketing dalam kurun waktu tertentu. Dilanjutin lagi sama ”Surprise questions” di mana peserta bebas memilih soal-soal yang disembunyikan dalam amplop-amplop bernomor, lalu menjawabnya. Hari Rabu adalah hari presentasi dan hari Kamis adalah hari di mana mereka menjual ciptaannya di Gajah Mada Plaza! Woww.. Mantaaff! Sukses ya buat Manajemen Atma! (Leo Utomo)

3

4 XXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX Foto-foto: Leo Utomo

1. Papan Permainan Hotelier (foto 1 & 4). 2. Kartu Permainan Hotelier. 3. Panitia sedang menghitung Point.

7

Edisi XXV/April 2012

American Batik Design Competition Ajang Eksis Batik Indonesia

Bapak Dino Patti Djalal foto bersama pemenang lomba

A

CARA yang pertama kali digelar 2011 ini merupakan sebuah kompetisi terbuka mendesain batik bagi warga negara AS, dan lebih khusus lagi untuk memberikan peluang bagi para fashion dan graphic designer dalam mendesain batik dengan gaya American Style. ABDC (American Batik Design Competition) merupakan projek yang digagas oleh Duta Besar Republik Indonesia, Dino Patti Djalal, dan KBRI Washington DC. Dalam kompetisi ini, para peserta diminta untuk ngebuat desain kain batik dalam bentuk digital dengan mengikuti pola kain batik Indonesia. Selanjutnya, hasil desain yang bagus dan terpilih akan diolah proses menjadi batik tulis oleh pebatik Indonesia. Ternyata, selidik punya selidik, ABDC ini dapat respon yang positif dan bagus dari para desainer AS, sehingga mendorong para desainer muda serta seniman AS lainnya untuk mempelajari budaya batik Indonesia secara lebih mendalam. Syarat untuk ikut kompetisi ini adalah mereka yang udah berusia 16 tahun ke atas, dan asli warga AS! Dalam pembukaan ABDC, Dino Patti Djalal selaku Dubes RI untuk AS juga

bilang kalo acara ini merupakan cara kreatif yang sangat baru dan bagus untuk mengajak minat masyarakat AS terhadap seni membatik di Indonesia dan juga menjalin hubungan bilateral yang kuat, khusunya di bidang seni budaya, serta untuk mempromosikan batik secara global. Selain Dino, hadir juga 3 pemenang utama kompetisi ini. Yang juara pertama adalah Elizabeth Urabe asal Arizona, AS. Seniman yang satu ini top banget sob! Walaupun di usia yang udah ngga muda lagi, Ia tetap semangat dalam urusan mendesain. Buktinya, ia mampu mendesain batiknya dengan judul Divine Unity. Desain ini bercerita tentang nilai kebebasan dan kemerdekaan, dalam desainnya juga mecampurkan warnawarna natural dan memiliki benang misterius yang punya kemampuan untuk memajukan hubungan dan perdamaian antar negara. Ada Juga Kelly Cobb sebagai juara kedua. Seorang desainer yang meraih gelar S2 University of Florida ini mendesain batik yang ngga kalah menariknya, yaitu batik indigo dengan kode QR yang memiliki pola desain kotak-kotak dari modul-modul hitam yang berlatar belakang putih. Elo pasti udah ngga awam liat desain ini, karena

Foto-foto: Adie Handoyo

desain kode QR ini sekarang udah populer banget di dunia marketing, baik dari model marketing tradisional ataupun interaktif. Dan sebagai pemenang ketiga adalah Joanne Gigliotti, seorang seniman yang ngedesain batik dengan menggunakan simbol-simbol untuk menunjukan nilainilai yang hidup di AS. “Acaranya bagus banget apalagi buat anak muda kaya kami, jadi merasa bangga karena batik udah mendunia dan semoga acara ini ngga hanya terbatas untuk kalangan tertentu aja yang hadir, tapi anak muda bisa lebih banyak yang datang, dan juga promosi acaranya juga lebih banyak lagi,’ kata Wihemina, mahasiswi Universitas Bung Karno, Jakarta. Hal yang sama juga diucapin Mutiara Karina. “Bagus banget acaranya, apalagi para desainer punya semangat yang luar biasa untuk membuat desain batik yang bagus ini, jadi bisa membuat anak-anak muda seperti kami termotivasi atas karyanya,” kata gadis berambut ikal ini. Nah bener banget sob apa kata temen kita di atas. Warga negara asing aja bisa semangat ikut lomba yang bertemakan kebuadayaan tradisional Indonesia. Nah, masa sih kita yang muda dan warga negara Indonesia kalah dengan mereka? (Syanella Istigomah & Adie Handoyo)

Masih Ada Harapan G di Tambora

Foto-foto: Dok YAFI

Kak Rendi menghibur siswa-siswi SD Tambora bernyanyi

MEMANG udah ngga bisa dipungkiri lagi kalo sekarang ini, batik udah jadi salah satu seni kebudayaan tradisional Indonesia yang mulai eksis di beberapa bagian belahan dunia. Sampai-sampai , ada negara tetangga ngaku-ngaku kalo batik berasal dari negaranya. Nah, beberapa waktu yang lalu, negara Amerika Serikat (AS) ngadain kompetisi yang bertajuk ‘American Batik Design Competition’ di Art District Area, Grand Indonesia, Jakarta.

Kakak YAFI berfoto bersama

Batik Indigo Karya Kelly Logg

IMANA sih rasanya, kalau elo liat anak SD kelas 4-5 belum lancar nulis dan kalau baca masih terbata-bata? Sulitnya akses pendidikan seperti itu di sebuah provinsi terpencil di Indonesia tentulah masih bisa dimaklumi. Tapi bagaimana ya, kalau masih ada sekolah di Jakarta yang kondisi muridnya seperti itu? Ironis banget kan guys? Keadaan inilah yang YAFI (Youth’s Acts For Indonesia) temukan pada adik-adik Sekolah Dasar Islam (SDI) Tambora. Sebuah SD yang letaknya di Jakarta, bukan di sekolah yang ada di daerah terpencil kaya di Papua yang memang sulit akan akses pendidikan dan teknologi. Melihat kondisi ini, YAFI --organisasi pemuda yang terdiri dari anak-anak muda dari berbagai kampus se-Jabodetabek-- membuat suatu program bernama ‘Kami Berbakti’. Kegiatan ‘Kami Berbakti’ sendiri merupakan program kegiatan YAFI di bidang pendidikan yang rutin dilakukan setiap dua kali dalam sebulan dan telah berjalan selama tiga bulan semenjak pertengahan Desember 2011 pada siswa kelas 4, 5, dan 6 SDI Tambora, Jakarta Barat. Sebelumnya, program ‘Kami Berbakti’ telah berjalan dalam 5 episode. Episode pertama mengangkat tema ‘Melukis Mimpi’, episode ke dua ‘Melompat Lebih Tinggi’, episode ketiga ‘Melangkah Bersama’, episode keempat ‘Garuda di Tambora’, dan episode kelima ‘Menembus Harapan’ (lebih lengkapnya bisa dibaca di http://www.yafindo. wordpress.com). Nah, pada Sabtu 10 Maret 2012, masih di tempat yang sama, di SDI Tambora, YAFI menggelar kembali rangkaian kegiatan ‘Kami Berbakti’ episode keenam bertema ‘We Found Hope’. Pada kali itu, YAFI kedatangan bintang tamu yang khusus hadir untuk menghibur adik-adik SDI Tambora guys. Dia adalah Rendy Ahmad, pemeran Aray dalam film Sang Pemimpi karya penulis kondang Andrea Hirata. Kehadiran Rendy dalam Episode 6 kali

ini berhasil membuat adik-adik SDI Tambora terpukau. Mereka diajak bernyanyi bersama dan bahkan ada yang sempat duet serta mencuri-curi kesempatan untuk meminta tanda tangan dan berfoto dengan Rendy. Acara diawali dengan pembukaan serta pengarahan oleh Ketua YAFI, Juwairiyah atau yang akrab disapa Way kepada adikadik SDI Tambora mengenai rangkaian kegiatan epiode 6. Selesai acara pembukaan, dilanjutkan dengan perform dari Rendy yang menyanyikan tiga lagu anak-anak dan lagu laskar pelangi. “Saya senang dan terharu bisa menghibur adik-adik SDI Tambora dan bernyanyi bersama mereka, bagi saya ini adalah sebuah dedikasi juga untuk memberikan motivasi kepada anak-anak Indonesia,” ujar Rendy. So pasti, kegembiraan terpancar dari wajah adik-adik SDI Tambora dengan adanya kehadiran Rendy ditambah lagi bisa bernyanyi bersama-sama. “Senang banget kak kita kedatangan artis dan bisa nyanyi bareng kak Rendy,” ujar Vanessa, salah seorang adik SDI Tambora yang bercita-cita menjadi penyanyi. Acara yang ngga kalah seru lainnya adalah fun learning with English. Sistem bimbingan belajar dengan membuat konsep pos-pos yang berisi materi pembelajaran dengan Bahasa Inggris. Pos dibagi jadi dua, yaitu pos menyusun kalimat dengan Bahasa Inggris dan berhitung dengan bahasa Inggris. “Harus makin banyak orang seperti kalian, jangan patah semangat, jangan menyerah, kita harus berjuang untuk Indonesia” ujar Rendy kepada tim YAFI diakhir rangkaian acara. Setuju banget sama pendapat Rendy. Kita para pemuda harus semangat dan jangan pernah menyerah berjuang demi Indonesia yang lebih baik. Sekecil apapun aksinya, namun akan berdampak besar jika kita melakukannya secara konsisten dan penuh komitmen! So, selamat berkarya generasi muda! (Citra Pertiwi)

1 8

Edisi XXV/April 2012

2

BEECUP 2012 RING BASKET, SAKSI SOLIDARITAS!

H

AI Warta Muda (TaMu) lovers !! Buat elo pecinta dunia olahraga, khususnya elo yang ngaku ABAS alias Anak Basket Sekolah gethooo.. TaMu punya angin segar nih yang berhembus dari UKM BASKET BINUS University, Jakarta. UKM BASKET BINUS University berhasil menyelenggarakan event BEECUP 2012 yang berlangsung selama 7 hari, terhitung sejak tanggal 3-10 Maret 2012. Di event turnamen basket yang terselenggara untuk ke-5 kalinya ini, panitia BEECUP 2012 menantang kawula muda yang aktif dalam tim basket kampusnya masingmasing untuk menunjukkan taring almamaternya. Pikiran yang sehat mampu menjadikan tubuh kita sehat. Pepatah inilah yang hidup di tengah-tengah panitia BEE CUP 2012. Selain memiliki atlet-atlet yang gagah dan berani, panitia BEECUP 2012 juga beranggotakan pemuda-pemudi Indonesia yang rasa solidaritasnya tinggi. Pasalnya, di tengah-tengah kesibukan kuliah mereka yang padat merayap dan hari-hari yang dipotong dengan libur, mereka harus tetap fokus dan konsentrasi demi keberhasilan event ini. Persiapan panitia yang berjalan selama 3 bulan terakhir ini, disambut dengan GALAU! Jenggg... jenggg... jenggg... Pasalnya, panitia harus menghadapi cobaan ‘musim turnamen’ yang diselenggarakan oleh beberapa universitas lainnya. Sehingga, kalau panitia ngga pinterpinter milih ‘moment yang tepat’, resiko terburuknya adalah kekurangan peserta. Dan kebayang dong, galaunya panitia? “Terus terang, gue bersyukur banget jadi Ketua Panitia di BEECUP 2012 ini. Karena gue dapet banyak pelajaran, banyak hal yang bisa gue petik maknanya. Awalnya gue merasa bahwa ini berat, berat banget malahan. Dengan jabatan gue di BEECUP tahun lalu cuma sebatas ngurusin pub-dok , dan tahun ini gue jadi ketua, itu kaget banget,” kata Cindy Winata yang didaulat jadi ketua panitia kali ini. “ Tapi setelah gue jalanin, dan ternyata semua tementemen ngedukung, gue jadi enjoy. Dan jujur ya, gue ngga mau jadi ketua lagi untuk BEECUP 2013, bukan karena gue kapok. Tapi gue mau yang lainnya dapet giliran untuk bisa belajar dan berkembang,” imbuhnya. Setelah melalui berbagai proses yang lumayan menyita tenaga dan pikiran, panitia kemudian merampungkan tanggal yang tepat untuk BEECUP 2012. Dan panitia berhasil mengkumandangkan undangannya ke wilayah Jabodetabek. Bagaikan gayung bersambut, peserta yang

mendaftar terus berdatangan. Kalau dibandingkan dengan BEECUP 2011, tentu angka peserta tahun ini tergolong fenomenal, lebih ramai.

Patahkan Teori

Well, satu kendala telah terselesaikan dengan baik. Kali ini, saatnya dewi fortuna berpihak pada panitia. For Youth Info guys, Event itu biasanya identik dengan sponsor, dan proses untuk menggaet sponsor itu sulit lho ! Nggak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi, justru panitia BEECUP 2012 mematahkan teori tersebut. Terbukti BEECUP 2012 ini, mereka mampu menambah jumlah perusahaan yang menjadi sponsor mereka. Nggak Cuma dukungan dari luar aja yang berhasil mereka dapatkan, tapi dari pihak Universitas juga turut mendukung penuh proses berjalannya BEECUP 2012. Dari segi fasilitas yang memuaskan hingga sarana-sarana yang diperlukan. Ada suka, ada duka. Ujian untuk panitia nggak berhenti sampai disitu saja. Ternyata, menjadi tuan rumah itu agak gampang-gampang susah. Hal ini diwarnai dengan rasa lapang dada para panitia yang turut bertarung memperjuangkan nama harum universitasnya, ternyata baik tim basket putra maupun putri tak mampu membawa pulang piala kemenangan. But, life must go on ! Panitia pun tetap on fire untuk tetap preofesional menjadi tuan rumah. Kalau kata agnes monica : “kesuksesan bukan pada saat akhir, namun proses”. CONGRAT for the winners ! CONGRAT juga untuk panitia BEECUP 2012 yang berhasil menjadi ksatria yang profesional dan sportif, sehingga ring basket bener-bener jadi saksi solidernya antarpeserta. Semoga sportivitas panitia bisa dijadikan motivasi dan teladan untuk universitas lainnya. Okay, sampai jumpa di BEECUP selanjutnya. Salam olahraga! (Karunia Debataraja)

3

4

JUARA BEE CUP 2012

Putri 1. 2. 3.

Univ Darma Persada (Unsada) Jakarta Univ Negeri Jakarta (UNJ) Univ Tarumanagara Jakarta

Putra 1. 2. 3.

Univ Trisakti Jakarta Univ Bunda Mulia Jakarta Univ Darma Persada (Unsada) Jakarta

6

5

Foto-foto: Panitia Bee Cup 2012

1. Pemenang lomba basket putri berfoto bersama. 2. Tim basket putra UNSADA beraksi. 3. Tim basket putri beraksi. 4. Suasana usai pertandingan basket. 5. Tim basket putra UNJ mengatur strategi. 6. Tim basket putra UNJ beraksi.

9

Edisi XXV/April 2012

Nonton Bareng Ekspedisi Cincin Api, Yuk...! Giliran di Kampus Binus Anggrek

U

Foto-foto: Istimewa

Situasi Nonton bareng di Universitas Media Nisantara (UMN) BSD, 15 Maret 2012.

DAH pada tau kan, program Ekspedisi Cincin Api yang diusung oleh harian Kompas, Kompas.com dan Kompas layar kaca? Sedikit flashback nih, program Ekspedisi Cincin Api adalah sebuah program yang mengulas tentang perjalanan mengeksplorasi alam, masyarakat, dan sosial budaya di setiap medan ekspedisi yang dikupas dalam gaya jurnalisme dan disajikan melalui format Triple M, yaitu: Multimedia, Multichannel, dan Multiplatform. Adapun tujuan ekspedisi ini adalah untuk membagi pengetahuan dan menyadarkan masyarakat luas untuk menyiasati hidup berdampingan dengan alam di negeri yang rentan bencana ini. Pengetahuan mengenai hal tersebut di atas dapat dibagikan dengan banyak cara, ngga cuma lewat suratkabar dan atau internet aja sob. Nah, oleh karena itu, harian Kompas, Kompas.com dan Kompas layar kaca ingin membagikan pengetahuan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan gunung berapi dan segala macam akibat yang ditimbulkannya dalam bentuk yang berbeda, yakni dalam bentuk roadshow nonton bareng dan talkshow jurnalistik, dengan merangkul para generasi muda Indonesia, siswa dan mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Bulan lalu, Roadshow Nonton Bareng dan Talkshow Jurnalistik Behind The Scene Ekspedisi Cincin Api pernah diselenggarain di Universitas Multi Media Nusantara, BSD, pada Kamis, 15 Maret 2012. Dan ngga nyangka banget, sambutan dari teman-teman muda begitu antusias. Jumlah peserta yang hadir mengikuti acara ini tercatat lebih dari 1.000 orang, yang terdiri dari siswa dan mahasiswa. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Budiman Tanuredjo selaku Redaksi Pelaksana harian Kompas. Dalam

sambutannya, beliau bercerita kalau Ekspedisi Cincin Api ini mendapatkan sambutan yang sangat positif sewaktu dipresentasikan di depan jajaran redaksi media-media di Hongkong dan ternyata ekspedisi ini juga menjadi proyek yang besar karena telah melalui proses panjang dan rumit, baik persiapan, perjalanan, sampai dengan peliputannya. Pada bagian talkshow, didaulatlah Amir Sodikin dan Agung Setyawan dari harian Kompas. Langsung deh mereka mulai bercerita latar belakang dijalankannya Ekspedisi Cincin Api ini. Selanjutnya giliran Kristianto Purnomo (Kompas.com) yang menceritakan teknik-teknik pengambilan foto untuk inovasi baru di Indonesia: foto 360 derajat. Biar semakin lengkap, Herwanto (Kompas layar kaca) nyeritain pengalamannya bersama tim ekspedisi dalam proses pengambilan gambar untuk film Ekspedisi Cincin Api. Nah, kebayangkan betapa serunya roadshow nonton bareng dan talkshow jurnalistik yang diadain sama tim Ekspedisi Cincin Api. Pengen ngerasain langsung pengalaman nonton bareng dan talkshow jurnalistik Ekspedisi Cincin Api? Ngga usah khawatir sob, roadshow Nonton Bareng dan Talkshow Jurnalistik Behind The Scene “Ekspedisi Cincin Api� selanjutnya bakalan digelar di Universitas Bina Nusantara, Kampus Anggrek, Jakarta Barat, Kamis 26 April 2012. Acara ini terlebih dulu diawali dengan photo exhibiton dari 20 April hingga 26 April 2012. Diikuiti 900 siswa SMA dan 300 mahasiswa. Sesi pertama dimulai Pk. 09.00 WIB dan sesi kedua dimulai Pk. 13.00 WIB. Untuk informasi lebih lanjut, silakan elo hubungi Mas Faizal di nomor 08179837667 atau e-mail ke faizal@ca.kompasgramedia.com. Di tunggu di Binus ya..! (*/Aria Sankhyaadi)

ljah u o S n a il p m Pena

Aksi Tari Saman

10

Edisi XXV/April 2012

S

IAPA di antara kalian, waktu masih bocah dulu suka main enggrang? Tau nggak guys, kalau sekarang ada sebuah alat yang sistemnya mirip banget sama enggrang tapi bentuknya modern abis? Yup, namanya jumping stilts! Jumping stilts ini terbuat dari besi yang dipasang di kaki penggunanya. Di bagian belakang alat ini ada per atau sering disebut juga spring yang membuat pemainnya bisa lompat-lompat di udara. Lompatannya sendiri bisa mencapai ketinggian 1,5 meter lho! Sama nih kaya enggrang, jumping stilts membutuhkan keseimbangan pemainnya untuk bisa berjalan bahkan melompat-lompat dengan alat tersebut. “Bedanya, jumping stilts ini memerlukan keseimbangan pemainnya, ngga cuma di darat, tapi juga di udara. Yang bikin menarik lagi, kalo biasanya kita pake enggrang yang statis, dengan alat ini elo bisa lari dan lompat. Semakin lama kita gunain alat ini, semakin tinggi kita bisa lompat di udara,” kata Andi Setiyawan, salah seorang pendiri komunitas Indo Jump Stilts, di Central Park, Jakarta, belum lama ini Jumping stilts sendiri ditemuin sama Alexander Boeck, seorang Aerospace Engineer dari Jerman. Alat ini masuk ke Indonesia pada akhir 2010. Nah, pemain jumping stilts disebut “jumper”. Si jumper sendiri kalau udah bener-bener mahir gunain alat ini, bisa lho melakukan aksi flip di udara. So buat kalian yang pengen ngerasain rasanya terbang dan bergaya di udara, cobain deh main jumping stilts! Alat ini juga bagus buat kalian yang pengen bakar lemak. Menurut Andi, di luar negeri, alat ini bahkan digunain untuk olahraga. “Jumping stilts bakar kalorinya jauh lebih bagus dari pada aerobic atau jogging,” kata Andi. Nah, oke banget nih buat cewek-cewek yang mau langsing. Untuk komunitas Indo Jump Stilts sendiri, anggota terdaftarnya udah mencapai jumlah 60-an orang. Namun, dihitung dari pembelian alat, terlihat udah ratusan orang membeli alat ini. Yap, selain bisa jadi komunitas bagi para jumper, Indo Jump Stilts juga mengimpor alat jumping stilts yang harganya berkisar mulai Rp 1.900.000 sampai Rp 2.250.000. Komunitas ini biasanya jumping bareng tiap Sabtu di Menteng dan Minggu di Car Free Day HI Jakarta. Buat kalian, cowok atau cewek, yang belum punya alatnya tapi pengen banget tau soal jumping stilts, komunitas ini terbuka banget! So, tunggu apa lagi, buruan gabung dan let’s jump! Untuk tahu lebih lanjut, langsung aja follow @ indojumpstilts. (Callistasia Anggun Wijaya)

Indo Jump Stilts

Lets Jump Around!

Foto-foto: Aria Sankhaadi

Pedalriot BikePolo Hardcourt

Main Polo Pake Sepeda

K

Foto-foto: Dok. Pedalriot

ALAU dulu main polo kudu naik kuda, sekarang main polo bisa pake sepeda lho! Ngga percaya? Silakan kalian baca sampai selesai tulisan yang satu ini. Yap, ternyata olahraga polo bisa juga dilakukan dengan menggunakan sepeda. Bermain polo dengan menggunakan sepeda kemudian disebut Hardcourt Bike Polo atau Urban Bike Polo. Permainan yang mulai muncul tahun 2000-an di Seattle, Amerika ini mulai marak juga dimainkan di Jakarta. Penasaran sama gimana cara mainin dan aturan permainannya? Simak penjelasannya berikut ini. Polo dengan sepeda ini dimainin oleh tiga orang dalam satu timnya. Selanjutnya, dua tim akan bermain dalam satu lapangan tertutup dengan sebuah objek untuk dijadikan sebagai gawang. Ketika permainan dimulai, para pemain langsung berebut bola yang berada di tengah. Dua tim yang bertanding tadi mesti masukin bola plastik berukuran 3 - 3.5 inci menggunakan pemukul panjang yang disebut mallet ke dalam gawang lawan. Untuk mengontrol bola dapat digunakan 2 cara, yaitu ‘shot’ dan ‘shufle’. Bagian dari mallet untuk ‘shot’ adalah kedua ujungnya, sedangkan bagian untuk ‘shuffle’ adalah sisi yang lebar. ‘Shot’ digunakan untuk menembak langsung ke gawang dan bisa juga untuk membawa bola, namun ‘shufle’ hanya diperbolehkan untuk menggiring atau membawa bola. Setelah berhasil mencetak gol, tim yang mencetak gol tersebut harus kembali ke belakang sambil menunggu tim yang gawangnya kebobolan kembali ketengah lapangan, baru permainan bisa dilanjutin lagi. Golnya sendiri dianggap sah apabila bola masuk atau lewat di antara gawang. Tim yang menang ditentuin dari jumlah gol sampai 5, contoh: 5-0, 3-2, 4-1. Namun, di beberapa tempat, ada yang ditentuin dengan waktu 30 menit yang dibagi menjadi 7,5 menit (chukkar),

dan peraturan ini berbeda di setiap negara. Salah satu komunitas di Jakarta yang aktif memainkan permainan Hardcourt Bike Polo adalah Pedalriot Bikepolo Hardcourt. Komunitas ini udah main polo sepeda sedari tahun 2010. “Tantangannya main polo sepeda itu adalah bagaimana kita menjaga keseimbangannya. Soalnya mesti naik sepeda sambil main, tapi kaki nggak boleh turun. Kalo kaki nyentuh daratan itu termasuk pelanggaran dalam permainan ini,” kata Aji, salah satu anggota komunitas Pedalriot Bikepolo Hardcourt waktu ditemui Warta Muda (TaMu) di Tribeca Park, Central Park, Jakarta, 10 Maret 2012. Pemain sepeda polo juga mesti jaga keseimbangan, soalnya kalau jatuh itu bukan orang sama orang lagi yang kena, tapi orang sama sepeda. Namun, walau kadang jatuhjatuhan, anggota-anggota Pedalriot terbukti ngga kapok dengan mainan ini meski masih terbilang baru di Indonesia. Sekali main, bisa ada 50-an anak muda yang ikutan main di komunitas ini. Pertandingan bike polo aslinya memerlukan waktu tujuh menit untuk dua babak. Kalau di Pedalriot, sistem mainnya lebih fleksibel, yaitu lewat jumlah gol tertentu yang udah ditentuin sebelumnya. Pedalriot Bikepolo biasanya nge-gowes sambil main polo bareng di jalur lambat Dukuh Atas samping patung Sudirman jam delapan pagi pas Car Free Day, setiap Minggu. Buat kalian yang mau ngerasain sensasi main polo di atas sepeda, ayo deh gabung sama Pedalriot Bikepolo! “Tinggal bawa sepeda aja, lalu kita main,” kata Aji. Tuh kan simple banget. Ayo buruan gabung! (Callistasia Anggun Wijaya) More info: @pedalriot http://pedalriotjkt.tumblr.com http://www.facebook.com/pedalriot

11

Edisi XXV/April 2012

Jadi Dubber Seru Juga Lho!

D

Pernah nonton Anime kan? Ya, semua pasti tahu dong, anime alias kartun Jepang kayak Doraemon, Ninja Hatori, Sailormoon ini udah mulai ada di Indonesia sejak awal tahun 1990-an. Nah, film kartun yang sering elo tunggu penayangannya ini, pasti pada mulanya bukan berbahasa Indonesia seperti yang terlihat sekarang.

I balik penayangannya, peran penting para dubber alias penyulih suara yang mengganti suara-suara dalam film tersebut ke bahasa Indonesia lah yang ngebuat film amine itu makin asik dinikmati dan makin gampang dimengerti jalan ceritanya. Berawal dari keinginan untuk ngenalin dunia dubber secara lebih luas ke orang banyak, maka beberapa waktu lalu digelar Dubbing Workshop: Rendezvous With Dubber di Auditorium Universitas Darma Persada (UNSADA), Jalan Raden Inten II Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Acara ini dihadiri banyak dubber professional yang biasa menyulih suara tokoh-tokoh utama dalam film kartun maupun drama asing, misalnya aja Hana Bahagiana, M.Romli (Combi), Muchus Gober, dll. Wah, mungkin terasa asing yah begitu ngebaca nama-nama mereka di atas. Tapi begitu mereka mulai nunjukin suara khas ala tokoh tertentu yang mereka perankan dalam suatu film, elo pasti bisa langsung kenal siapa mereka! Dimulai dari M Romli atau yang lebih akrab disapa Kak Combi ini, ia merupakan pengisi suara tokoh Kenshin Himura dalam anime Samurai X dan pernah juga menjadi dubber untuk tokoh Tao Ming Tse dalam serial Meteor Garden. Selain sebagai dubber, rupanya Kak Combi menjadi pengarah dialog juga, posisi yang kurang lebih sama peranannya seperti seorang sutradara dalam film. Ada lagi namanya Kak Hana Bahagiana. Kalau elo dengar suara kakak yang satu ini, elo pasti bakalan kaget! Karena ternyata wanita berjilbab yang satu ini adalah orang yang mengisi suara tokoh Naruto! Ckckck…ngga nyangka juga yah, ternyata Naruto yang berisik dan pecicilan itu suaranya di-dubbing sama seorang wanita! Hehehe… Kak Hana ini pertama kali terjun ke dunia

dubber di tahun 1995. Selain mengisi suara tokoh Naruto, Kak Hana udah banyak banget ngisi suara tokoh-tokoh utama anime lainnya, seperti Hachi dalam Honey Bee Hutch, Kojiro Hyuuga saingannya Kapten Tsubasa, Luffy-nya One Piece, Boots si monyet kecil sahabat Dora The Explorer, dan masih banyak lagi. Saking banyaknya, Kak Hana sendiri sampai lupa! Hehehe Saat ditanya soal suka duka jadi dubber, Kak Hana menjawab, “Sukanya sih karena bisa nonton film lebih awal dari orang lain, dukanya ya… kalo lagi capek sering gak mood buat nge-dubbing, terus kalo honor datangnya telat, hehehe...” ujarnya sambil ketawa. Kak Hana yang ramah ini juga kasih tips and trik buat elo semua yang pada pingin jadi dubber. “Untuk jadi seorang dubber ngga mesti punya suara bagus, cukup punya suara yang berciri khas dan berkarakter, serta attitude yang baik untuk menjalin kerjasama solid dengan rekan sesama dubber,” begitu katanya. Pendapat yang sama juga terlontar dari Yuanita Dian, seorang Sensei, penerjemah beberapa film dan anime berbahasa Jepang. “Kalau profesi penerjemah ini emang erat banget kaitannya sama dunia para dubber, karena itu mereka harus bisa bekerja sama dengan baik.” kata Dian yang dulunya juga sempat jadi dubber tokoh Suneo. Wanita yang pekerjaannya juga sebagai dosen di UNSADA ini udah mulai bekerja sambilan sebagai penerjemah film sejak tahun 2006. Di akhir acara, para dubber juga sempat nunjukin kebolehannya masing-masing dalam men-dubber film. Meskipun singkat, seminar yang merupakan bagian dari Japan Fair 2012 UNSADA ini mendapat banyak perhatian pengunjung. So, mau tahu lebih dekat tentang dunia dubber ini, silakan elo pada gabung di Fan group Facebook, Dubber and Fans. Pasti seru deh! (Tuti Alawiyah)

4 Sehat 5 Sempurna Ala Akuntansi PNJ

Foto-foto: Regita Kurniavi

Teman-teman SMA serius mengikuti Olimpiade Akutansi

Dari Japan Fair 2012 UNSADA

Foto-foto: Istimewa

H

Mendemontrasikan Dubbing Anime

Dian Sensei

Kalau profesi penerjemah ini emang erat banget kaitannya sama dunia para dubber, karena itu mereka harus bisa bekerja sama dengan baik...

EY, elo-elo siswa SMA, SMK dan sederajat, yuk cuss merapat. Kenapa? Karena ada event bagus banget yang udah diadain sama kakak-kakak Jurusan Akuntansi (Ak) Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Sebelum elo tanya, emang ada apa sih? Warta Muda (TaMu) bakal kasih tau duluan. Tanggal 3 - 6 Maret 2012, bertempat di PNJ, 64 tim termasuk siswa dari Bali, Toraja, Palopo juga Karawang bersaing buat jadi juara pertama dalam Olimpiade Akuntansi dan Pasar Modal. Wow banget kan? Gimana ngga, proses untuk menjadi the first winner memerlukan usaha yang sedikit ffuuiihh... Karena, setiap tim wajib mengikuti babak penyisihan dengan menjawab soal pilihan ganda yang dilanjutin sama training motivasi, abis itu menjawab soal siklus dengan mengubah bukti transaksi menjadi laporan keuangan sebagai babak semi final. Ada lagi yang namanya babak eksplorasi. Di sini dipilih 30 tim dari SMA dan SMK. Dan ini nih yang bikin seru, semua peserta diajak jalan-jalan ke Bursa Efek Indonesia (BEI). Selain jalan-jalan, di sana juga diadain seminar tentang pasar modalnya juga lho! Terus, diumumin deh 12 tim yang berhasil lolos ke babak grand final tanggal 6 Maret 2012, masing-masing 6 tim dari SMA dan SMK. Wihiiiiww... setelah bercerdas cermat dan melakukan presentasi, dipilihlah 3 terbaik yang diduduki oleh SMKN 25 Jakarta sebagai juara pertama, juara keduanya SMKN 8 Jakarta, dan terakhir SMKN 1 Tangerang untuk juara ketiga. Hadiah yang bakal dibawa pulang adalah uang tunai berjuta-juta beserta perlengkapan pemenang lain seperti sertifikat, medali, dan piala. Heemm... bukan lumayan lagi ini mah. Selamat yah! Oh iya, ngga cuma itu aja. Ada juga kompetisi internalnya, yaitu Akuntansi Smart Competition, yang tentunya diikuti oleh mahasiswa Jurusan AK PNJ. Hadiahnya berpendidikan banget, yaitu berupa tabungan dan gratis test toefl. Masih banyak nih, rentetan hajatan jurusan AK PNJ yang dinamai Accounting Fair 2012. Di antaranya ada Seminar Entrepreneur

Warta Muda bersama Kak hana

bertemakan “Road to succes entrepreneur” di tanggal 6 Maret 2012, yang pembicaranya yaitu Owner Karuhun dan Juara pertama wirausaha muda mandiri 2012, Pak Andi Nata sebagai pengusaha raja akikah yang membagi kisah suka duka berwirausaha dan mengajarkan bagaimana agar menjadi pengusaha yang sukses.

Booming

Tarik nafaaass.. kita lanjut lagi. Di tanggal 7 Maretnya ada Seminar Ekonomi Syariah, dan pengunjungnya membludak men! Melebihi target, yaitu 220 orang dan juga dihadiri sama pihak eksternal PNJ. Kenapa bisa begitu? Ini dikarenakan tema entrepreneur lagi booming dan menarik banget buat dikaji guys, apalagi menghadirkan Pak Agus sebagai Ketua Ikatan Ekonomi Islam dan Praktisi Bisnis Syariah yaitu Ibu Dida. Terus disambung sama training motivasi dari penulis buku setengah bos - setengah karyawan. “Walaupun akuntansi itu identik sama kantor, kita pengen juga punya bisnis, tapi tetep dengan kerjaan kita, yaitu di kantor”, ucap Habib, Project Officer Accounting Fair 2012. Mungkin pertanyaan lain yang bakal muncul dari pikiran elo adalah, kenapa acaranya mesti banyak banget? Menurut Habib, “ini merupakan acara tahunan terbesar yang digelar jurusan akuntansi PNJ, dan kami berharap, Accounting Fair bisa menjadi salah satu jembatan antara kami dengan SMA, SMK dan sederajat. Selanjutnya supaya dapat menggali skill akuntansi dan pasar modal, juga meningkatkan minat baca, serta bisa mengeksplor kemampuan dari segi berbicara, ekonomi syariah, entrepreneur.” Sebagai akhir dari rangkaian Accounting Fair yang seru abis, pastinya udah disiapin juga acara penutupnya yaitu dengan diadainnya acara Stand Up Comedy yang menghadirkan tujuh komik (yaitu sebutan lain untuk stand up comedian), mereka antara lain @atrahus, @yudhakel, @ndigun, @ adjis, @fauzaiam, terus siapa yang ngga kenal @ mongol_stres dan @notaslimboy a.k.a sammy. Komplitkan, 4 sehat 5 sempurna. Habis pusing ngitung terus dihibur sama para komedian deh..!! (Regita Kurniavi)

12

Edisi XXV/April 2012

2

1 Foto-foto: Dokumen Panitia

BUAT elo semua yang suka banget ngedesain, ngegambar atau main ilustrasi, wajib kudu dan harus ikutan yang namanya Nirmana Award. Ajang ini khusus buat elo, desainer muda berusia 19 sampai 25 tahun yang memiliki keterampilan mendesain di enam kategori sebagai berikut: desain ilustrasi, motion graphic, desain T-shirt, comic strip, digital imaging, dan tipografi, dan batas akhir pendaftaran jatuh pada 29 April 2012.

Pendaftaran Nirmana Award Dibuka

Buruan Daftar, Gratis Cuy!

K

3

HAWATIR ngga bisa ikutan daftar karena kantong cekak glondangan? Eits, nggak usah resah dan gelisah. Pendaftaran kompetisi ini ngga dikenakan biaya sepeser rupiah pun alias gratis! Caranya gampang banget! Syarat dan ketentuan, serta formulir pendaftaran bisa elo peroleh dengan mengunduh langsung ke web http://nirmanaaward. com. Selain itu ikuti juga informasi-informasi lainnya melalui akun Facebook Nirmana Award dan akun twitter @nirmanaaward. Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan lebih dari satu karya, dengan mengirimkan melalui dua jalur pilihan, melalui pos ataupun submit via web. Untuk pengumuman finalis, nantinya akan diinfoin pada tangga 6 Mei 2012 melalui website nirmana award, http://nirmanaaward.com. Kandidat yang terpilih sebagai Finalis akan berkesempatan mengikuti karantina finalis dari tanggal 23 – 26 Mei 2012 di Jakarta. Finalis yang terpilih akan mendapat kesempatan memamerkan karyanya di fX lifestyle xenter beberapa saat menjelang malam penganugerahan. Pemenang akan mendapatkan hadiah dengan total ratusan juta rupiah dan iMac. Masing-masing kategori akan dipilih lima finalis yang berkesempatan mengikuti workshop kreatif bersama pelaku industri kreatif di antaranya Yoris Sebastian (Chief Creative Officer O.M.G, Penulis Buku Best Seller Creative Junkies) dan Glenn Marsalim (Freelancer, inisiator dari BOLBAL #indonesiaunite). Selain kompetisi desain, Nirmana Award juga ngadain roadshow sepanjang Februari hingga Maret di kampuskampus, talkhsow, creative gathering, job fair, pameran karya, dan acara puncak Malam Anugerah pada tanggal 26 Mei 2012 di Jakarta.

Roadshow di Bandung

Gelaran roadshow Nirmana Award tiba di Bandung . Pada kesempatan ini, roadshow digelar di dua kampus yang berbeda dengan waktu yang berbeda pula. Kesempatan pertama, roadshow diadakan di Galeri Surdjana, kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, dan roadshow kedua bertempat di kampus Institut Teknologi Nasional (ITENAS). Di ITB, Nirmana Award mendaulat Bima Shaw, Owner RoundBox Design sebagai pembicara. Sedangkan di ITENAS Bandung, tim Nirmana Award menunjuk Dicky Sukmana dari Dixxieland sebagai pembicaranya. Dari roadshow yang dilangsungkan di dua kampus yang berbeda ini, berhasil

mendatangkan antusiasme yang tinggi dari para mahasiwa dan mahasiwi. “Desainer muda juga harus berani mengikuti segala kompetisi desain salah satunya dengan Nirmana Award, tanpa perlu berpikir akan kalah atau menang”, ujar Bima yang juga ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia saat roadshow Nirmana Award di kampus ITB.

Kota Gudeg

Sementara itu, Yogyakarta alias Kota Gudeg adalah kota yang termasuk memiliki jumlah desainer cukup banyak. Keberadaan kampus desain atau sekolah desain menjadikan iklim desain di Yogyakarta sangat subur. Desainer-desainer muda banyak lahir dari kota ini. Keadaan inilah yang ngedorong Nirmana Award lanjut melakukan roadshow di Yogyakarta dan bertempat di ruang kuliah Fakultas Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Ngga cuma UGM aja yang dikunjungi sama tim Nirmana, pada waktu yang bersamaan pula di kampus Modern School of Design (MSD) juga digelar roadshow. Para pembicara yang singgah di kota Yogyakarta ini punya pesan ke semua mahasiswa dan mahasiwi yang hadir di roadshow ini. “Desainer juga harus beda dalam berfikir dan dalam mengambil sudut pandang. Tak hanya itu, jika seorang desainer ingin menjadikan desain sebagai unsur bisnis harus mampu menjadi berbeda. Dosa terbesar yang dilakukan oleh manusia adalah dengan selalu mengikuti arus yang dibuat oleh orang lain,” kata M Arief Budiman, pemilik Petakumpet Creative Network yang berkesempatan menjadi pembicara pada roadshow di UGM ini. Beda lagi sama Dedi Rokkin, Creative Director Petakumpet Creative Network yang ngajak semua desainer muda untuk berani melawan keterbatasan. “Seorang desainer dituntut untuk melakukan segala hal sebisa mungkin, nggak perlu berandai-andai, karena itu bisa menjadi penghambat kreativitas. Permasalahan yang dihadapi oleh desainer seperti keterbatasan alat yang dimiliki semestinya tidak menjadi batasan bagi desainer untuk membuat karya semaksimal mungkin, ucap Dedi pada roadshow Nirmana Award di kampus Modern School of Design (MSD). Udah saatnya generasi muda tampil beda. Saatnya elo mengubah dunia dengan berpikir dan berperilaku berbeda dari yang lain, juga jangan biarkan keterbatasan menghambat kreatifitas elo. Teruslah berkarya generasi muda! Nyalakan Karyamu, Luapkan Semangat “Warna Kreasi Indonesia”!! (*/ Aria Sankyaadi)

1. Foto bersama panitia usai workshop NIRMAN AWARD di Kampus Modern School of Design Yogyakarta. 2. Managing Director Petakumpet, Arif Budiman menjadi pembicara Road Show NIMANA AWARD di UGM. 3. Aditya Yoga (Found I LOVE RI) menjadi pembicara dalam roadshow NIRMANA AWARD di Universitas Atmajaya, Yogyakarta. 4. Foto bersama pemenang (Roadshow NIRMANA AWARD di Universitas Atmajaya, Yogyakarta).

4

5

5. Foto bareng peserta workshop di Universitas Institut Teknologi Nasional (ITENAS).

13

Sutradara : Gareth Huw Evans Penulis Naskah : Gareth Huw Evans Pemain : Iko Uwais, Joe Taslim, Pierre Gruno, Yayan Ruhian, Ray Sahetapi, dan Donny Alamsyah

jadi tegang sewaktu nonton film ini. Saking kerennya aksi pertarungan mereka, bisa-bisa bikin elo lupa makan pop corn yang ada di tangan elo... Hehehe... Memang nggak bakalan salah kalo elo ngasih dua jempol buat film produksi Merantau Films tersebut. Soalnya, aksi yang ditunjukin bener-bener bikin tegang tapi mengasikkan. Meskipun film garapan Gareth Evans ini samasama menampilkan aksi pertarungan seperti film Merantau (2009), tapi kali ini bener-bener lebih tegang dengan kebrutalannya namun mengasikkan. Yang lebih seru lagi, elo juga bakalan lihat bagaimana pertarungan mereka mulai dari tangan kosong, pakai golok, sampai pistol. Hmm, keren banget abis deh! Apalagi ngeliat aksi dari pasukan yang terdiri dari Iko Uwais (Rama), Yayan (Mad Dog), dan Donny Alamsyah (Andi) ini, bisabisa bikin elo ngerasain sakit dan ngilunya aksi adu fisik mereka. Ngga cuma nampilin aksi yang memanjakan mata aja, film ini juga terdapat pesan yang ingin disampaikan yaitu bagaimana kekuatan sebuah perjuangan, bertahan hidup, dan berada di sisi yang benar. Oiya, film ini juga udah dapet penghargaan internasional lho! Salah satunya, Toronto International Film Festival 2011(Cadillacs Peoples Choice award), Jameson Dublin International Film Festival 2012 (Audience Award), dan Festival Film Sundance 2012. Film ini serentak tayang pada 23 Maret 2012 di Indonesia, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat. Jadi tunggu apalagi? Buruan ajak keluarga, temen, atau pacar elo ke bioskop buat nonton The Raid. Jangan sampai ketinggalan yaa! Supaya tahu, akhirnya si Tama ketangkep nggak.. Hehehe.. (M Yusuf)

FILM Pemain : Cherrybelle, Uchie Wiby, Panca Makmun, Wendy Rompies, Leo Lumanto, Diana Puspita, dan Fifie Buntaran.

‘Love Is You’ Menyelami Arti Cinta Yang Sebenarnya Sutradara : Hanny R. Saputra Penulis Naskah : Jaumil Aurora

ELO pada tau ngga arti cinta yang sebenarnya? Apakah cinta itu ditujukan hanya ke pasangan, ataukah cinta itu sebatas kepada kedua orangtua aja? Lalu, bagaimana ya cinta menurut kacamata Cherrybelle? Emangnya Cherrybelle punya cinta yang sebenarnya? Siapa ya cinta sebenarnya Cherrybelle? Nah, di film terbarunya Cherrybelle, ‘Love Is You’ inilah semua pertanyaan di atas tadi akan terjawab. Lewat film ‘Love Is You’, girlband yang akrab sama sebutan Cibi-cibi ini mencoba untuk menunjukkan ke semua remaja untuk mengerti betapa pentingnya arti cinta yang sebenarnya. Dan ngga cuma remaja muda aja, ternyata film ini juga

ngebuat para personel Cherrybelle semakin mendalami arti cinta. Cinta itu ngga harus manis terusmenerus. Pasti di tengah-tengah perjalanan hidupnya, seseorang akan mengalami konflik-konflik kecil agar bisa mengetahui arti cinta yang sebenarnya. Pasti elo pernahkan, berantem sama bokap atau nyokap elo? Atau pernah jugakan, berantem sama sahabat elo sendiri? Dengan menonton film ‘Love Is You’, elo akan belajar betapa pentingnya rasa cinta ke orangtua, saudara, sahabat, dan teman. Dan tanpa elo sadari, semua konflik-konflik yang ada itu adalah bumbu dalam kehidupan yang membuat elo semua jadi semakin dewasa. Dengan adanya konflik, kita juga jadi tahu, mana sahabat yang benar-benar sahabat. Kita juga tahu, betapa orang tua rela meninggalkan pekerjaan pentingnya untuk melihat anaknya berkarya, bahkan kita juga

tahu betapa berarti dan istimewanya elo di hati anggota cherrybelle. Para anggota Cherrybelle yaitu Wenda, Annisa, Cherly, Felly, Christy, Angel, Gigi, Devi dan Ryn akan “curhat” tentang keseharian mereka di film ini. Elo bisa liat, di awal kehadiran Cherrybelle manggung, mereka pernah dilempari botol oleh para fans-fansnya karena perform mereka ngga kompak! Film ini juga nyeritain konflik Cherly dengan ayahnya yang meninggalkan Cherly dan ibunya selama 15 tahun, Wenda yang “selalu salah” di mata ibunya dan Felly yang ngga mau dianggap “kembar” sama Christy. Penasaran akan perjuangan para anggota Cherrybelle dalam menemukan arti cinta yang sesungguhnya? Silakan serbu bioskop-bioskop kesayangan elo, karena film ini sudah mulai tayang sejak 29 Maret 2012. (Nurrifki Wibisono)

EVENT INFO APRIL 2012 1. AVICII Live Kamis, 5 APRIL 2012 Tempat: FAIRGROUNDS SCBD (BENGKEL) Jalan Jendral Sudirman Kav 52-53 Jakarta Tiket: Rp 200.000 2. Konser WE ARE THE IN CROWD Kamis, 5 April 2012 Tempat: Dago Tea House, Bandung Tiket: Rp 200.000 3. Indonesia Clothing Expo Tempat: Parkir Kolam Renang Senayan, Jakarta Jumat-Minggu, 6-8 April 2012 4. Konser Sum 41

Selasa, 10 April 2012 Tempat: Pantai Festival Anncol, Jakarta Utara Tiket: Rp 275.000 5. Disney on Ice 13-22 April 2012 Tempat: Istora Senayan Tiket: Rp 150.000 - 1,3 juta 6. Greyson Chance Indonesia Tour Jumat, 20 April 2012 Tempat: JITEC Mangga Dua Square, Jakarta Tiket: Rp 385.000 - 825.000 7. Dream Theater World Tour 2012 Sabtu , 21 April 2012 at 17.00 Tempat: Mata Elang Indoor Stadium, Ancol Jakarta

Tiket (normal): Rp 750.000 - Rp 4.000.000. 8. Konser Secondhand Serenade Sabtu, 28 April 2012 pukul 20.00 Tempat: Tennis Indoor Senayan Jakarta Tiket: Rp 275.000 - 385.000 9. Konser Super Junior Sabtu-Minggu, 28-29 Maret 2012 Tempat: Mata Elang International Stadium, Ancol Jakarta 10. Festival musik metal (Hammersonic) Sabtu, 28 April 2012 Tempat: Lapangan D Senayan Tiket: Rp 150 ribu (sampai 22 April). Rp 200 ribu (hari H)

Edisi XXV/April 2012

“The Raid” Aksi Laga Pasukan Khusus Yang Mendunia

INGIN tahu gimana caranya pasukan khusus beraksi dalam menumpas penjahat kelas kakap? Mulai dari cara penyergapan para penjahat sampai peralatan yang melengkapi pasukan khusus tersebut dalam menjalankan misinya? The Raid, film yang menyajikan berbagai aksi dari sebuah pasukan khusus yang berjumlah 20 orang, yang akan melakukan penyergapan penjahat kelas kakap. Rama (Iko Uwais), salah satu anggota yang termasuk dalam pasukan khusus itu, rela ninggalin istrinya yang sedang hamil besar, demi menjalankan misi tersebut. Meskipun khawatir, namun Rama harus tetap menjalankan tugasnya membasmi kelompok penjahat yang dipimpin oleh Tama (Ray Sahetapy). Pada dini hari, Rama bersama anggota pasukan khusus lainnya mulai menjalankan misinya. Penyergapan dilakukan ke markas para penjahat kelas kakap pimpinan Tama, yang berada di gedung 30 lantai. Yang parahnya, gedung tersebut dijadiin markas sekaligus tempat berlindungnya para pelaku kriminal seperti pembunuh, pemerkosa, pencuri, dan anggota geng! Hiii...pokoknya spooky banget deh! Malahan, gedung tersebut tidak pernah tersentuh oleh aparat penegak hukum. Saat pasukan sudah menjalankan misinya dengan memasuki gedung tersebut, ternyata aksinya tercium oleh anak buah Tama. Ketua penjahat itu pun ngga tinggal diam. Dia langsung merintahin anak buahnya untuk melakukan perlawanan dengan cara menyerang. Dan terjadilah pertempuran seru antara kubu pasukan khusus dengan pasukan begundal tersebut. Nah, aksi-aksi yang keren banget dari pertempuran antara pasukan khusus dengan para penjahat di gedung tersebutlah yang bakalan ngebuat jantung elo dag dig dug alias

RESTO EVENT BUKU FILM

FILM

14

Asca Ryo Putra

Edisi XXV/April 2012

Jadi Senpai di Usia 14 Tahun

S

enpai Asca…..!!!” itulah yang terdengar dari dojo 37 yang berarti tempat latihan karate 37. So,what is that??!! Well, Senpai itu berarti istilah bagi seseorang yang menjadi pelatih karate, sedangkan Asca, atau lebih lengkapnya Asca Ryo Putra adalah nama dari teman kita yang di usia 14 tahun telah menjadi seorang Senpai. What a young boy he is, right?? Walaupun usianya terbilang sangat muda untuk ukuran seorang Senpai, (tahun ini ia berusia 16 tahun), tampaknya doi udah mantap banget ngelatihnya, ditambah lagi keseriusannya berlatih karate selama lima tahun, wah…lamanya!!! Nah, berkat keseriusan dan kegigihannya berlatih selama lima tahun itu, doi juga berhasil menorehkan prestasinya dalam dunia karate tingkat nasional. Menurutnya, semenjak menjadi seorang Senpai, doi dapet banyak manfaatnya lho, di antaranya bisa jadi lebih percaya diri, karena awalnya doi mengaku sebagai orang yang cukup pemalu. Selain itu, manfaat lain menjadi Senpai adalah bisa melatih kesabaran, karena ternyata ngga gampang lho melatih orang lain itu. Pengalaman Asca di dunia karate, ternyata ngga main-main juga sob! Udah lima tahun ini, Asca merasakan dan mandapatkan banyak pengalaman, seperti pengalaman ketika di kejuaraan UNJ CUP. “Waktu itu, lawan gue bule. Jadi ceritanya dia tuh warga negara asing yang kebetulan tinggal di Jakarta, karena ikut bokapnya yang lagi tugas di sini. Awalnya sih gue PD aja lawan dia, dan tanpa gue tau, ternyata dia tuh udah pernah ikut kejuaraan karate tingkat dunia! Wah akhirnya abis deh gue lawan dia, gue juara dua dan dia juara satunya, ” cerita Asca yang ketika itu masih sabuk kuning. Asca juga mengaku kalo awal-awalnya dia ikut karate tuh atas paksaan ayahnya yang juga seorang Senpai, apalagi waktu itu usianya baru 10 tahun. “Terus ya, gue ikut-ikutan latihan aja. Apalagi masih kecil, masih banyak mainnya gue. Karena

Asca Ryo Putra

Tempat/Tgl Lahir: Jakarta, 25 April 1996 Hobi di luar karate: futsal, main musik Alamat: Jalan Lumba-lumba 1 Nomor 37, Rawamangun, Jakarta Timur Anak ke: Satu dari dua bersaudara Sekolah: SMAN 21 Jakarta

Prestasi

- Piala Gubernur 2007 (sabuk putih) Juara 1 - Tingkat Kecamatan Juara 1 Kumite , Juara 2 kata - Tingkat Jaktim Juara 2 Kumite - Tingkat DKI,Juara 3 Kumite - Tingkat Nasinal Juara 1 Kumite - Bantul Cup,Nasional 2009 Juara 1 - O2SN 2010 Juara 1

banyak temen-temen yang seumuran gue, alhasil jadi bikin gue giat latihan, sampe keasyikan dan akhirnya gue ngerasa pengen serius karate. Apalagi udah mulai ikut lomba-lomba gitu,” ujar putra dari pasangan Hendratmoko dan Katerina ini, bersemangat. Cerita Asca ngga cuma sampai sini aja. Terkadang, cowok energik yang satu ini kena penyakit males latihan juga guys. ”Tapi ada kalanya juga tiba-tiba gue bete banget deh buat latihan, gara-gara temen-temen gue banyak yang ngga latihan lagi. Gue ngerasa sepi dan males latihan, tapi itu ngga berlangsung lama kok, karena gue udah bisa ikut lomba-lomba, dan jadi juaranya. Semangat lagi deh,” tuturnya. Well…the spirit is back…!!! Oh, ya guys…ternyata sibuk melatih bukan berarti bikin Asca ngga sempat ngerjain kegiatan lainnya. Asca berusaha semaksimal mungkin untuk ngebagi dan meluangkan waktunya untuk belajar dan kegiatan lainnya. “Kalo pagi sampai siang ya gue sekolah, terus pulang ke rumah, istirahat , makan, kerjain tugas sekolah deh. Khusus hari Rabu dan Minggu malamnya tuh gue ngelatih karate, sedangkan gue sendiri latihan kapan aja, karena yang namanya latihan itu tergantung kesadaran kita aja. Untuk latihan wajibnya, gue juga ikut PELATDA JAK-TIM tiap hari Jumat sama Minggu pagi,” kata Pelajar SMAN 21 waktu ditemui Warta Muda (TaMu) Minggu lalu di sela-sela waktunya melatih. FYI, Asca juga punya planning ke depan lho! Doi lagi serius nyiapin diri untuk seleksi SEA Games, sambil nunggu usianya jadi 17 tahun. Karena ternyata salah satu persyaratan untuk bisa ikut seleksi SEA Games adalah harus genap berusia 17 tahun, dan tahun ini Asca baru berusia 16 tahun. Ok Asca, tetap semangat terus ya…lanjut terus prestasinya. We will wait for you at the SEA Games 2013…!!! (Tannya Aulika Tantosa)

PICK UP POINT JASMA K A RNegeri TA P29 U S AT SMA SM A KAsisi anisius SMA SM A TBakti h e r eIdhata sia SMA Bakti S M A N 24 Mulya 400 SMA Charitas SM A N Labschool 10 SMA Kebayoran SM A N 2 5 Marta SMA Tirta SMA Gonzaga

JASMA K A RNTA 87 S E L ATA N SM A P a n g u d i Lu h u r SMA N 47 SM A G o8n z a g a SMAN SMA Pangudi SM A Fr a n s i sLuhur ku s Asisi SMA SM A BNegeri a k t i 24 Idhata SMA SM A BNegeri a k t i 10 Mulya 4 0SMA 0 Negeri 25 SMA KANISIUS SM A CTHERESIA haritas SMA Lab School KeSMA b ayo an N r78 SM A N 8 SMA Sangtimur SM A N Abadi 87 Siswa SMA SM A N Regina 47 Pacis SMA SMA SM A N Negeri 2 9 65 SMA Negeri 112

JASMA K A RIpeka TA BTomang A R AT S aSMAK ng T1 i mBPK ur Yadika ReSMA gina P a c1i s SMA N 2 A b d i S i s wa I p SMA e k a Negeri To m a14 ng SM A K I B P K SMA Fons Vitae 1 SM A Ya d i k a111 SMA Negeri SM A N 2 SMA Negeri 50 SM A N Negeri 7 8 103 SMA SMA SM A N Negeri 6 5 59 SMA SM A N Negeri 11 2 89 SMA Negeri 12 SMA Negeri 100 SMA Negeri 31

Foto-foto: Dokumen Pribadi

Eksis

SMA Negeri 91 SMA Negeri 102 JA K A R TA SMA T I MNegeri U R 76 S M A Vo n sSMA V i tNegeri a e 1 9 Jakarta KO TA TA N G S E L SMAN SMA Negeri 53 S M A K O r a E t L a b a o r a D i p o n e g oSMA ro 1DiponegoroS1M A M a te r D e i S M A N 9 SMA Negeri 76 S M A I s l a m i c C e n te r

SMAN SMAN SMAN SMAN SMAN SMAN SMAN SMAN SMAN SMAN SMAN SMAN SMAN

11 S M A Ta r a k a n i t a 12 Gading Serpong SMA Negeri 80 14 S M A B K P Pe n a b u r 31 SMA Negeri 75 S M A S te l l a M a r i s S e rSMA Negeri 13 50 pong 5 3 SMA Negeri 52 S M A S te l l a M a r i s 5 9 SMA AL AZHAR I n te r n a t i o n a l S c h o o l 76 SMAN 2 8 9 SMA N 8 Bekasi S M A N 7 10 SMA 2 Negeri 6 Bekasi 91 SMK Malidar L A I N - L A I N : 10 0 Urbie Store, 10 3 J a t i wa r i n g i n , J a k t i m

SMA Negeri 1 Depok JA K A R TA SMA U TAPGRI R A DepokT B G r a m e d i a S M A N 8 0 SMA Negeri 6 Depok B i n t a r o J aya , S M A N 7 5 SMA N 3 Depok Ta n g s e l

SMAN 13 S M A N 5 2 SMA N 2 TangselS t r a w b e r r y C a f e , Ke S M A A l A zSMA h a rN 7 Tangselb ay o r a n B a r u , J a k s e l SMA Kristen Ora et Labora

KO TA B E KSMA A S IMater Dei O u t l e t S p i n s h o p , D e S M A N 8 MA ISLAMIC p o k I I Te n g a h , D e p o k CENTER SMAN 6 SMA Tarakanita Gading Serpong SMK Malidar M o o s e B e l i ve r S t o r e , SMA BPK PENABUR

Ke b ayo r a n B a r u ,

KO TA D E PSMA O K STELLA MARIS Jaksel SMAN 1 S M A N 3 TOKO BUKU GRAMEDIA G o e t h e BINTARO I n s t i t u t JAYA JaS M A N 6 STRAWBERRY CAFE karta S M A P G R OUTLET I SPINSHOP MOOSE BELIEVER C oSTORE m i c C a f e , Te b e t , J a JAKARTA ksel GOETHE INSTITUT COMIC CAFE

TEEN ATTITUDE MOMENT URBAN

P

ILIH sidang atau berdamai? Hehehe, tenang, Warta Muda (TaMu) bukan mau nanyain tentang itu kok. Pilih sidang atau berdamai adalah salah satu judul lagu andalan Morfem, ya bisa dibilang hits single. Apaan sih Morfem itu? Datang dari planet mana sih? Morfem itu sebuah band yang para personilnya didapat dari hasil pencangkokan berbagai band, yang sekarang digawangi sama Jimi Multhazam (vokal), Pandu Fuzztoni (gitar, backing vokal), Freddie A Warnerrin (Drum), dan Bramasta J Sasongko (bass, backing vokal). Sebelumnya, diformasi ini ada Dimas Panji (gitar), dan Inyo Bagenda (Bass). Alkisah, Jimi yang emang udah niat banget bikin band baru, datang ke Kemang buat nonton perform band-band handal. Di situ juga ada Pandu dan Freddie yang lagi manggung. Karena Jimi suka dengan aksi dari Pandu manggung di kampus Jimi, dan Jimi juga pernah berkolaborasi sama Freddie, akhirnya Jimi mengontak mereka berdua deh buat bikin band baru. Dari situ udah ada tanda-tanda kalo mereka bakal jadi partner yang keren. Abis bikin band, langkah selanjutnya yang dipikirin ya nama band. Susah-susah sulit juga sih nyari nama band yang nyentuh kehati personil. Mulai dari ide Jimi kasih nama Zig Zag Crew, tapi ternyata nama itu ngga bikin hati Pandu jadi zig zag. Terus Jimi usul nama Morvoids, nama bandnya yang dulu, tapi ngga ngena juga. Berhubung Jimi udah kesemsem banget nih sama nama Morvoids, akhirnya, Jimi mengusung nama depan Mor sebagai nama band. Dan Jimi baru inget, pas dia SMP ada satu kata yang ganggu banget dipikirannya, yaitu Morfem! Yak, Morfem. Akhirnya, nama itu yang dipatenkan jadi nama band ini. Nah, ngga nyangka kan sejarahnya begitu. Hehehe... “Sebenernya aliran kita new jazz. Itu karena kita ngefans banget sama Maliq and D’essesntial. Malah tadinya kita mau nari kontemporer aja, tapi akhirnya kita cuma ambil musiknya doang deh,” begitulah kata Jimi pas ditanya tentang genre musiknya. Dan gue mikir, ini serius? Dan mereka bilang, “ini beneran”. Tapi, info yang gue dapet dari account twitter mereka, band gokil ini punya aliran Indonesian Fuzztone Punk, nah kalo yang belum tau, bisa ditanyain langsung. Mereka ramah lho dalam hal membalas-balas mention. Heemm.. asal muasal Morfem belum sampe situ aja, Bram hadir saat yang lain merasa kalo Inyo lebih cocok jadi frontman dan dia resign, terus akhirnya Dimas lebih memilih jadi teknisi gitar Pandu. Ternyata eh ternyata, ngga lama setelah mereka rilis nama, band di negara lain ada juga yang namanya Morfem. Ya daripada daripada, akhirnya mereka segera meluncurkan album perdana, disusul mini album mereka yang dinamai ‘Seka Ingusmu’ dan ini cuma rilis di internet. Dan ajaibnya lagi, dalam 3 Jam, udh 5000 orang yang nge-download. Sadiiisss...

Morfem, hasil Cangkokan yang Sukses!

Foto-foto: Dok Morfem

‘TAUB MUMU’

Album Baru Marcello “Ello” Tahitoe

Foto: Istimewa

A

KU bukanlah orang yang punya harta berlimpah. Aku hanyalah orang yang biasa-biasa saja. Tapi aku selalu setia padamu. Dan aku selalu jujur kepadamu”. Penasaran sama kalimat di atas? Kalimat di atas ternyata merupakan sepenggal lirik lagu yang ada di album terbarunya Marcello Tahitoe atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Ello’. Yups, tahun ini Ello kembali ngeluarin album terbarunya. Album terbarunya itu diberi judul ‘TAUB MUMU’ dan baru dirilis pada 1 Maret 2012. Ini merupakan album ketiga Ello setelah album perdananya pada 2005 dengan single hitsnya “Pergi Untuk Kembali” dan album keduanya ‘Realistis/Idealis’ tahun 2009. Ketika denger judul album Ello yang terbaru ini ‘TAUB MUMU’ pasti elo langsung diem dan berkata dalam hati, “kok aneh banget sih judulnya?”. Ternyata ada cara bacanya tersendiri lho! Elo harus baca secara terbalik, jadi nantinya akan menjadi ‘BUAT UMUM’. “Album ini diperuntukkan untuk siapa saja, baik Joni n’ Cindy (sebutan untuk para penggemar Ello), atau siapapun yang menyukai musik Ello,” tutur pria kelahiran Jakarta, 20 Februari 1983, ini. “Karena Album ini buat umum, makanya lagunya dibuat lebih ringan, lebih santai, dan main dilirik. 70% dari album ini saya bikin dari observasi kehidupan masyarakat umum,” lanjut Ello yang merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara pasangan musikus Minggus Tahitoe dan penyanyi Diana Nasution. Dengerin lagu di album terbarunya Ello ini, elo akan merasakan sesuatu yang berbeda. Soale, kalo dulu Ello banyak memainkan keyboard, sekarang doi lebih banyak bermain dengan gitar. “Semua elemen musik, di konsep dengan lebih simpel, memanfaatkan instrumen musik yang ada, tanpa ada penambahan sound di sana-sini,” ucap

15

Edisi XXV/April 2012

Kenalan sama 5 cewek UI

Menurut Jimi, pengalaman unik dan lucu selama Morfem manggung, salah satunya waktu di UI. Dia berhasil kenalan sama 5 cewek UI, yang sebelumnya udah dia screening dan berhasil menunjukkan kalo mereka bukan alay. Hahaha... Cerita lain lagi, “kita sih udah biasa ya kalo ada cewek yang nemplokin, tapi seremnya kalo tiba-tiba ada cowok yang nemplokin. Malah ada nih, orang yang nyamperin kita minta diajak nginep bareng. Terus, dulu pernah ada yang nyamperin ke mobil, kita pikir setan, abis pas diliat dispion orangnya ada, tapi tiba-tiba langsung ngga ada gitu, terus tau-tau dia nongol ngeluarin cd minta tanda tangan, ternyata personil Sarasvati yang didandanin ala-ala setan. Hahaha...” Naahh... yang paling gress, belum lama ini sekitar akhir Februari sampai awal Maret, Morfem bersama band Jude dan The Experience Brother, berkeliling Pulau Jawa dan Bali menggunakan bis untuk manggung di beberapa kota besar, dan menamainya Jalan Darat Tour 2012. Tapi ngga lama abis itu, ada berita sedih nih. Baruuuuuuuuu aja tanggal 19 Maret 2012, Bram memutuskan buat mundur, soalnya dia pengen konsen sama bisnisnya dibidang audiovisual yang lagi dirintisnya. Tadinya Bram mau jalanin keduanya barengbareng. Tapi, Bram bilang “kapasitas manusia ada batasnya”. Heemm... baiklah, ini udah keputusan terbaik antara Morfem dan Bram. Tapi tenang aja, sampe sekarang hubungan mereka tetep baik-baik aja kok. Oh iya, fyi nih, Morfem lagi nyiapin album kedua lho, dan vocal bassnya bram yang udah terlanjur direcord, akhirnya, di-retake sama penggantinya, yaitu yanu Fuadi dari band The Porno. Yaudah, sukses yah buat Bram dan teruslah berkarya. Buat elo yang belum dapat kesempatan untuk liat mereka manggung, jangan sedih dan khawatir. Elo bisa update Info dari mereka di Facebook dengan keyword Morfem, follow twitter morfem di @morfem_ band dan di blognya http://morfemband. wordpress.com. Karena, Morfem datang semua senang! (Regita Kurniavi)

Ello waktu jumpa pers album terbarunya di salah satu restoran keluarga di Kemang, Jakarta, Rabu, 14 Maret 2012. Ello yang juga bertindak sebagai produser di album terbarunya ini mengaku, “Saya selalu mempunyai konsep berbeda pada setiap albumnya. Dan kali ini saya memang ingin lebih santai, simpel, dan tidak berjarak. Less is more. Makanya saya juga memilih gitar sebagai elemen utama karena ibaratnya dengan sekali genjreng saja, keakraban dan chemistry bisa terjalin”. Single yang diandalkan di album kali ini adalah ‘Gak Kaya Mantanmu’. Lagu ini berirama middle-tempo, dibawakan dengan petikan gitar yang ringan namun semakin lama ketukannya semakin intens. Lagu ‘Gak Kayak Mantanmu’ kalau elo simak baik-baik, sangat mewakili isi hati para pria yang merasakan selalu dibandingkan dengan mantan kekasih dari pacarnya. Lagu ini juga ngewakilin jeritan hati para pria dimanapun, dan ternyata nggak enak banget lho kalau pacar selalu membanding-bandingkan dengan mantannya. “Biar gimanapun ia ingin dihargai sebagai pacarnya yang sekarang,” ungkap Ello yang punya motto hidup ‘Jadi diri sendiri’ ini. Selain ‘Gak Kayak Mantanmu’, di album ini terdapat juga tiga lagu lainnya yang asyik buat elo nikmatin, yakni ‘Aku Selalu Ada’, ‘Selagi Bimbang,’ dan ‘Seperti dulu’. Selain itu, ada juga yang bernada pop rock, yaitu ‘Yang Ku Nanti’, ‘Jangan Kau Sesali, ‘Trauma’, ‘Hadapi Dengan Senyum’, ‘Inilah Aku’, ‘Kita Bisa Bersama’, dan ‘Ayo Indonesia Bisa’, yang jadi theme song SEA Games 2011. Nah, buat cowok-cowok yang sering banget dibandingin sama mantanmantan pacar sebelumnya, elo bisa kasih album terbaru Ello buat pacar elo. Sehingga perasaan elo jadi terwakili. Alhasil, pacar elo berhenti ngebandingin elo sama mantan-mantanya terdahulu.... Hehehe... (Inggar Ayang Sari)

16

Pond’s Teens Concert 2012

Edisi XXV/April 2012

Seru-Seruan di Konser Jessie J

B

RO and Sist, ini dia acara seru yang baru aja hapenning. Apalagi kalau bukan PONDS’s Teens Concert 2012. Ternyata, tahun 2012 merupakan tahun keempat diadakannya POND’s Teens Concert (PTC), dan berhasil ngebawa Jessie J untuk konser di Hall D2 JIExpo Kemayoran, Jakarta, Minggu, 18 Maret 2012. So pasti, para Heartbeats (sebutan untuk fans Jessie J) langsung standby dari sore supaya bisa ngeliat idolanya beraksi. Baru jam 5 sore aja, yang dateng udah bejibun! Padahal, Jessie J sendiri baru mulai tampil jam 8 malam! Gile, setia banget ya nunggu Jessie J manggung... Sebelum Jessie J manggung, para penonton yang hadir dihibur sama penampilan seru si ganteng Afgan Syahreza, dan juga girlband Blush (girlband pendatang baru yang beranggotakan lima cewek dari Asia). Setelah penampilan Afgan dan Blush, penonton yang hadir harus bersabar kurang lebih satu jam untuk melihat penampilan Jessie J di atas panggung. Setelah capek nunggu, para fans Jessie J akhirnya meneriakkan nama idola mereka. Ngga lama, munculah cewek berdarah Inggris di panggung dengan gaun biru, rambut super lurus dan poni khasnya. Sebagai pembuka, Jessie J ngebawain lagu ‘Who’s Laughing Now’ dan so pasti penonton yang hadir di Hall D2 semuanya pada ikutan nyanyi. Malam itu, Jessie ngga cuma nyanyiin ‘Who’s laughing Now’. Doi juga nyanyiin 15 lagu lainnya, antara lain: ‘Rainbow’, ‘Stand Up’, ‘Casualty of Love’, ‘No Body’s Perfect’, ‘Abracadabra’, ‘Who You Are’ dan lain-lain. “Terimakasih sudah bersabar menunggu saya di sini. Saya lihat banyak orang yang sudah hadir di sini. Terimakasih dan saya akan memberikan lagu-lagu dan membuat kalian menikmatinya,” kata Jessie dari atas panggung. Dari awal konser, Jessie benar-benar total ngehibur penonton yang ada. Seakanakan ngajak penonton yang hadir untuk joget bareng sama doi. Meskipun berlari ke sana ke mari di atas panggung, stamina dan kualitas suara Jessie tetap stabil terkontrol, dan tetap

Foto-foto: Aria Sankhyaadi

memberikan yang terbaik kepada penonton. Ngga sampai situ aja kejutan yang diberikan sama Jessie. Seperti halnya Katy Perry waktu konser di Jakarta, Jessie juga ngajak salah seorang penonton perempuan untuk naik ke atas panggung untuk nyanyi bersamanya. Penonton yang beruntung ini namanya Hana Sharaswaty, pasti elo semua pada iri deh sama Hana? Hayo ngaku.... Di atas panggung, mereka saling berpelukan dan berkenalan. Ngga lama setelah berkenalan, Jessie ngajak Hana dan semua penonton lainnya untuk nyanyi dan joget bareng di lagu Price Tag. Selesai berduet, Hana ngga mau ngelewatin momen langka ini. Hana langsung ngeluarin hpnya dan langsung meminta Jessie untuk foto bareng bersama doi. Setelah ngajak duet penonton, tibalah saatnya Jessie J untuk nyanyiin Domino, dan itu artinya tibalah kita di pengujung konser Jessie J. Hiks hiks hiks...

Ngga percaya dan Seneng Banget

Selesai POND’S Teens Concert 2012, Warta Muda (TaMu) berhasil ngewawancarai Hana Sharaswaty yang ditunjuk naik ke panggung. Cewek yang sekolah di SMP 109 kelas 9 ini bilang, “rasanya bener-bener kaya terbang dan kaya mimpi. Tadi pas ditunjuk ke panggung ngga tau mau ngomong apa lagi, rasanya benerbener ngga tahu.” Lain lagi sama pendapat penonton seperti Elvana . “Seru dan seneng banget, karena suaranya bagus banget. Aku paling suka lagunya ‘Price Tag’ dan ‘Who You Are,” kata cewek yang sekolah di SMPN 81 kelas 9 ini. Dulunya sebelum tahu Jessie J, Elvana biasa aja tapi pas denger lagunya jadi suka. Hmm....kalau tahun 2010 POND’s Teens Concert ngundang Dashboard Confessional, tahun 2011 ngundang David Archuleta, dan tahun 2012 ngundang Jessie J, nah kirakira POND’s Teens Concert tahun depan kedatengan artis internasional siapa lagi ya? Yah, kita berdoa bersama aja. Semoga POND’S Teen Concert tahun depan lebih keren dan lebih bikin geregetan lagi. (Aria Sankhyaadi, Adie Handoyo)


Warta Muda Edisi April 2012