Issuu on Google+

edisi VIII/09/2010

1


2

edisi VIII/08/2010

Semarak Lebaran

CONTENT

3-4

SEMARANG

KARTA YOGYA

Gak kerasa nih Sob, bulan Ramadan sebentar lagi usai. Buat kamu yang menjalankan ibadah puasa pasti punya kesan tersendiri sama Ramadan tahun ini. Pastilah, sebulan penuh menahan nafsu buat gak ngelakuin kegiatan macem makan minum di siang hari, ngegosipin temen, nyontek pas ujian, berantem ama pacar, dan bla..bla..bla.., menjadikan diri kamu lebih pandai mengendalikan diri, dan pastinya banyak hikmah yang bisa kamu dapatkan. Belum lagi sama kegiatan khusus selama bulan puasa, macem Sholat Tarawih berjama`ah, berbuka puasa bareng atau sahur, yang pastinya bikin kamu kangen buat ketemu lagi sama bulan Ramadan tahun depan. Nah…biar lebih sempurna ibadah puasanya, momen Idul Fitri atau lebaran rasanya pas banget buat kamu untuk membuka hati dan saling memaafkan. Gak bisa dipungkiri kan Sob, kalo kita pasti punya salah dan khilaf sama orang-orang disekitar kita, macem ortu, temen, guru disekolah, pacar, sampai tetangga kanan-kiri, baik yang disengaja atau yang enggak. Alangkah baiknya kalau kamu yang memulai untuk meminta maaf sama orang-orang tersebut, cos mereka juga pasti seneng banget buat memaafkan kesalahanmu dan pastinya dengan begitu kamu bisa belajar buat jadi pribadi yang lebih dewasa. Tapi gak cuma itu lho, kamu juga kudu bisa memaafkan kesalahan orang lain, selain membersihkan diri dari sifat dengki, memaafkan orang lain ternyata juga menyehatkan lho, dan satu lagi amalnya gede bo! Nah… Gimana pendapat temen-temen dan beberapa guru di SMA N 87 Jakarta soal saling memaafkan di hari lebaran nanti, bisa kamu baca di edisi spesial lebaran ini. Trus, selain saling memaafkan dan silaturahmi yang namanya Lebaran pasti identik sama yang namanya mudik. Mungkin diantara kamu udah pada punya rencana buat mudik ke kampung halaman atau malah gak punya rencana kemanamana.It`s Okelah…tapi yang terpenting silaturahmi dengan sanak famili atau temen tetap terjaga biarpun saling berjauhan seperti yang di ceritakan sama beberapa temen kamu di edisi kali ini. Selain seputar kegiatan lebaran, edisi kali ini juga akan mengupas beberapa info menarik buat kamu, macem wisata sejarah di Kamboja, atau asyiknya gabung sama komunitas Amigos Cervantes, dan ada juga kisah temen-temen di Komunitas Bike to School yang abis touring ke Semarang dan Yogyakarta. Selain itu juga ada info soal SMA N 87 yang ekskulnya oke punye. Nah…sekalian nih, mumpung mau lebaran kita dari Tim Warta Kota Muda (TaMu) pengin ngucapin Selamat Idul Fitri 1431 H “Minal Aidin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin ya Sob….” Salam Hangat

R U P A D MU TA

SMAN 87 Jakarta Punya Eskul yang Seru Habis

7 8

Gaul Callme, Kaos Satuan yang awalnya Cuma iseng tapi belakangan jadi mesin duit, Gokil!

B2S Tour Solo-Jogya (Bagian Kedua)

13 16

Page! LABIL 3-4 FACEBOOKERS 5 XTRA 6-7-8 GOES TO CAMPUS 9 BIKE TO SCHOOL 10 SHOOT ME 12 KOMUNITAS 13 GAUL 14 ASKING Ms. EL 15 WHAT’S HOT TOP 16

SHOOT ME

Model: Oktaviani Ocha (SMKN 46 Jakarta) Fotografer & Digital Imaging: Sugara Adi, Daud Agung Stylish: Paulus Trigo, Make Up: Angelina Sayan, Eva Latifah Lokasi: Studio KG

Maafin Gue Titik Mudik Nyook!

Redaksi menerima karya berupa artikel, kartun, foto, dan humor. Untuk artikel diketik dalam format MS Word berukuran maksimal 3.000 karakter, 1,5 spasi jenis huruf calibri dengan 11 pt. Pengiriman karya ke Redaksi Tabloid Tamu di Gedung Kompas Gramedia Unit I Lantai 2-3 Jalan Palmerah Barat No 33-37, Jakarta 10270 disertai fotocopy KTP/ kartu pelajar dan nomor telepon atau ke alamat email: tabloidtamu@ gmail.com naskah paling lambat diterima minggu kedua setiap bulan. Karya yang dimuat akan diberi imbalan/suvenir.

My Grandma’s Choice Terinspirasi dari Nenek (Janda) seberang rumah

EDITORIAL Chief Editor Dedy Pristiwanto Deputy Chief Editor Hendry Ch Bangun Editor Tri Broto Editor Staff Ahmad Sabran, Intan Ungaling Dian, Celestinus Trias Hp, Thesa Nuansyah Graphic Designer Sugara Adi, Paulus Trigo GM Business Christina M.S. Indiarti Advertising Manager Erdianawati Budiasih Account Executive Heru Supriyatin Marketing Support Elissa Dwi Lestari, Hieronimus Rama Promotion Johnson JS Hutabarat Publisher PT Metrogema Media Nusantara Gedung Kompas Gramedia Unit I Lantai 2-3 Jalan Palmerah Barat No 33-37, Jakarta 10270. Telp (hunting): 021-5367 7881, 5367 7882. FAX: 0215367 6972 (Redaksi), 021-53677011 (Iklan). Facebook: wartamuda@yahoo.co.id Email: tabloidtamu@gmail.com Untuk info berlangganan hubungi: Ade (021) 93268573


edisi VIII/09/2010

Laporan Berita Pilihan

, e u G n fi a a M

! k i Tit

, Kepsek SMA N 87 to Ko n tia Yulis

lebaran adalah momen yang pas buat melebur dosa dan saling mempererat tali silaturahmi. “ Momen ini adalah waktu untuk melebur dosa dan menghapuskan dosa dengan sesama dalam rangka untuk mempererat silaturahmi”

Ibu Umi, bidang kesiswaan SMAN 87

Buat saya, kamu, mereka, kalian, atau siapa aja deh..yang namanya maafin orang itu sering banget lebih susah ketimbang ujian semesteran, betul gak? Ya iyalah, secara kita kudu ikhlas bin lapang dada untuk nerima kesalahan orang, trus kasih kesempatan buat orang itu berubah. Meski begitu, perkara maaf-memaafkan emang udah jadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, cos manusiawi banget Sob kalo dalam hubungan sehari-hari , banyak khilaf dan salah yang kita buat atau yang orang lain buat, terlepas dari sengaja atau enggak. Kamu semua pasti pernah ngerasa kesel banget waktu temen kamu ada yang bohong, atau ngejahilin kamu sampe diluar batas kewajaran, atau diem-diem deketin gebetan kamu padahal dia tahu kalo kamu lagi pedekate sama si doi. Arrrrgggghhh…. serasa pengen marah dan numpahin emosimu sama orang yang udah nyakitin kamu itu, atau bahkan berusaha membalas dengan tindakan yang lebih nyakitin. Trus, kalau udah kayak gitu, yang ada dimata kamu cuma yang jelek dan buruk aja soal orang itu. Pokoknya, tak termaafkan! Mungkin dengan cara itu kamu bisa lebih merasa puas cos bisa membalas perlakukan buruk temen kamu itu. Tapi Sob, coba deh kamu pikir lagi…dan mulai lihat ke diri kamu sendiri, apa kamu udah sesempurna Nabi atau Rasul yang gak pernah buat salah ke orang lain? Atau coba pikir, gimana kalau kamu yang ada diposisi temen kamu itu? Jawabannya pasti udah pada tahu kan. Gak mungkin ada manusia biasa yang gak pernah buat salah atau lepas dari yang namanya khilaf dan pasti gak nyaman banget kalau kamu yang jadi the unforgiven kan? Nah, makanya mumpung mau Idul Fitri nih, bisa kamu jadiin momen yang pas banget buat maafin semua orang yang udah pernah buat kesalahan ke kamu. Bisa jadi orang itu adalah temen deketmu, tetanggamu, atau mantan pacarmu yang dulu. Bahkan mungkin justru kamu yang pernah buat kesalahan ke orang lain, saatnya untuk berani minta maaf dan berjabat tangan dengan semua orang yang pernah kamu sakiti. Mungkin itu gurumu, ortu dirumah, tukang kebun

fotofoto: sugara adi

sekolah, ibu yang jaga kantin sekolah, atau siapa aja deh.. just be brave to beg their pardon now! Tapi Sob, sebenarnya kalau kita pengin minta maaf atau berlapang hati memafkan orang lain gak usah nunggu lebaran, cos kita bisa lakuin itu semua kapan aja. Seperti yang diungkapin sama teman kita Tiara, kelas 12 dari SMA N 87 Jakarta. “Kalau kita buat salah sama orang, lebih baik kita minta maaf duluan, dan itu bisa dilakuin kapan aja, gak cuma pas lebaran aja” katanya. Tiara juga setuju kalo kita juga harus bisa memafkan kesalahan orang lain, “Masak Tuhan aja bisa mengampuni dosa hamba-Nya, kita yang manusia biasa gak bisa, malu dunk ah….. “ katanya lagi. Trus percaya atau enggak, menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Amerika sebenarnya orang yang mudah memaafkan itu lebih sehat secara jiwa dan raga. Penelitian itu membuktikan bahwa orang-orang yang mudah memaafkan merasakan bahwa penderitaan mereka jauh berkurang setelah memafkan orang yang telah menyakiti mereka baik secara batiniyah dan jasmaniyah. Sebagai contoh, telah dibuktikan bahwa berdasarkan penelitian, gejala-gejala pada kejiwaan dan tubuh seperti sakit punggung akibat stress (tekanan jiwa), susah tidur dan sakit perut sangatlah berkurang pada orang-orang ini.

Yang muda atau yang lebih tua dulu yang harus minta maaf? Tradisi kita sebagai orang timur wajib banget hukumnya kalau perkara maaf-memaafkan inisiatifnya harus dari yang lebih muda dulu buat minta maaf sama orang yang lebih tua. “Dalam meminta maaf memang tidak memandang pada usia, namun menurut etika timur sudah sepantasnya kalau orang yang lebih muda harus minta maaf terlebih dahulu” ujar Pak Nuryanto, guru Bahasa Inggris dan Muatan Lokal di SMA N 87 Jakarta. Sebagai pengajar, beliau menyadari kalau dalam hubungan guru dan siswa banyak ditemui kesalahpahaman. Namun menurut beliau, kesalahpahaman itu dapat dikurangi dengan

Pak Nuryanto, guru Bahasa Inggris dan Muatan Lokal di SMAN 87

saling pengertian antara keduanya dan mau untuk saling memaafkan. “ Setiap kesalahan yang dilakukan oleh siswa kepada saya, selalu saya maafkan” ujarnya. Hal senada diungkapkan oleh Ibu Umi, menurutnya setiap saat baik anak muda maupun orang tua harus saling memaafkan. “ Makna memaafkan menurut saya adalah memberikan maaf kepada orang yang berbuat salah secara tulus dan ikhlas agar kita kembali suci, apalagi ini kan mau lebaran, jadi udah sewajibnya kita saling memaafkan” ujar guru konseling SMA N 87 Jakarta ini. Sementara menurut Kepsek SMA N 87, Yulistian Koto, lebaran adalah momen yang pas buat melebur dosa dan saling mempererat tali silaturahmi. “ Momen ini adalah waktu untuk melebur dosa dan menghapuskan dosa dengan sesama dalam rangka untuk mempererat silaturahmi” ungkapnya. Oke Sob, jadi sekarang udah tahu kan gimana manfaatnya saling memaafkan dengan sesama kita. Nah, berhubung kita mau nyambut Idul Fitri 1431 H, kami dari Tim Warta Kota Muda (TaMu) ingin ngucapin “Taqoballallaah hu minna wa minkum, Minal Aidin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Maafin gue! (tvn)

Tiara, kelas 12. Senyumnya ga nahan..:))

3


4

edisi VII/08/2010

Laporan Berita Pilihan

Selain maaf-maafan, ada ritual di hari lebaran yang gak kalah seru, apa coba? Ya Mudik pastinye Sob! Nah…dibawah ini ada beberapa opini dari teman-teman soal rencana mudiknya nanti. Ada yang lebaran tahun ini punya rencana mudik, tapi ada juga yang enggak. Kalo lu gimana?

“karena kampung gw lumayan jauh di garut , jadi banyak hal yang harus gw siapin dari mulai obat-obatan sampai oleh-oleh untuk keluarga disana. Karena ini mudik pertama gw setelah beberapa tahun ini gak mudik. Udah dari jauh-jauh hari gw udah nabung biarbisa berbagi sama tetangga di sekitar rumah. Rencananya gw akan pulang di awal libur sekolah nantisekitar tanggal 3 atau 4 september.. pasti acara mudik gw seruuuuuuuuuuu...”

“waahhhh,,, gak ada tradisi mudik tuh..paling waktu liburan gw lebaran ini akan gw gunain untuk istirahat di rumah, nonton tvdan bantu-bantu ortu. Tanpa pembantu???? Gw udah terbiasa tanpa pembantu,justru gw malah seneng karena bisa bersih-bersih di rumah”

Rizki :

berisi mudik, di d a tr in a n jakar taja ak laksa n ini gw g luarga gw udah di ahturahmi u h ta a d a sil ke “p an dateng ga semua hubung ju un ini gw Cuma ak an sekitarnya. Gw g h d n lebaran ta mily gw ”i jakar ta n untuk jalan bare fa ra ke rumah abisin waktu libu pot juga siihh kalo h a juga akan n-temen. Ehhm,, re akalan kerja ekstr tu n e b a sama tem mbantu, brarti gw uuuy gw jd pemb e ih c p gak ada ih-bersih rumah.. untuk bers sesaat..

“tahun ini gw mudik ke cianjur sama keluarga. gw berangkat tepat di hari pertama idul fitri alasannya karena biarr seluruh keluarga gw bisa datengpersiapan gw untuk mudik tahun ini adalah gw wajib bawa makanan, baju ganti, peralatan pribadi, dan masih banyak lagi deehhh”

“fanny gak pulang kampung jadi tahun ini fanny di rumah aja, paling ya puas-puasin tidur,onlin,truzzzhangout ma temen-temen. Kalo tanpa pe mbantu nanti, udajh bisa fanny pa stiin pasti bakalan repot banget karen fanny kan juga punya adik kec a il.. ”

fotofoto: dok.pribadi

Mega :

Fanny :

Liena:

Nadia :


FACE BOO

KERS Dv Irawan: pngen bgd dah foto w msuk di tabloid tamu..^^^^^^ :p # udah masuk nihh, muat gak hahahaa ;))

Testi moni

edisi VIII/09/2010

war t am

@yah uda oo.co .id

Ikke Novitasari: ta mu.. kasih hadiah dong buat anak anak yang udah lama join ke tamu (gue maksudnya..) tampilin fotonya dicover ke k gitu [?] XD lol #udah nihh ditam pilin, giliran loe yang kasih hadia hh..:))

Sintha Bonjeks Nakazawa: Jiah,,KLo saiah mah dh kga dpt uang Lebaran gy coz dh 9ed e kta’y padahaL se n9arep beu d adh nyg ngasih,,maLah nyg adh saia h yg bagi2..ne ajh gy bingung kLo Lebaran nanti mo ngumpet kma na yar kga bagi2 adhe,,kponaka n atw pun sodara..ahahah p...

Rullie Sevtiant Lebaran tanpa salam tempel ngga abdol rasanya(muka duitan bgt y gw)...hhe # lebaran ke Tamu dunxx..:))

# Ngumpett di samping ket ek patung pancoran aja sinn.. hah a, dijamin gak ketauann..:))

Fanny Indah Septiani: enaknya bisa silaturahmi ama sodara yang jauh n jarang ketemu... gga enaknya kalo punya keluarga besar.. ga mungkin dund dlm 1hari bsa berkunjung dri kluarga mama n kluarga papa mesti ngatur” waktu pdhal ada saatnya kita bosen.. berkunjung m...ulu... yang ada suasana hati kita bawaannya BT mulu... # Mangkanya bawa apel, duren ato duku kek.. jangan bete dunk yang dibawa..:))

Culik’Aq CiiTat i da’Nhya Persib : ini barengan samaTaMu yg kan ?? knp d.WWartakota minggu ,, skrg K terbitan TaMu’y ?? pada g da page hal qu suka # aku juga suka a.. hehe, dah lama pisahh sistaa..;)

ttp dpt illeux : Msi Dian Merve mama, dr tmend2 dr ayah & G pernah dpt dr . mreka jg ad cz emk g pny om te n ta o at om ato tante. om ato mintaa ama # ya udahh men loe ajaa.. :)) tante te

# di wartakota hariannya aza sobb.. loe bisa masukin di surat pembacanya.. okayy?? Dewi Sri Wahyuni Prayitno: Itu harus slalu pas ada event?Kalau kgiatan rutin ekskul bisa ga? # Bisa aja jeng srii.. kabari aja ke kita, monggo mawonn.. :))

Apakah loe-loe semua benerbener maafin mantan loe (kalo musuhan berantem sampe putus) ato temen baik loe kalo dia pernah buat loe kecewa banget..??? Vtra Rahmawati

Sampe lebaran monyet juga gw gak bakal maafin mantan gw, 3th jalanin cuma sia2.. padahal tetanggaan tp ketemu juga buang mukadasar cwo brengsek, nuduh gw selingkuh padahal putus dr gw dy langsung dapet 4cwe sekaligus, ketauan kan siapa yg se...lingkuh.. pake nyuruh balikin semua barang2 yg udh dikasih ke gw sampe kado ultah juga mnta balikin gw jga ga sudi nyimpen barang2 dr dysakit hati gw sampe sekarang ga akan terlupakan.. dy fitnah gw didepan org2, tetangga, temen2, astaghfirullah, dosa2 dah gw tp mau gmn lg sakit hatiiiiiiiiiii

April SheL ia

y iyalah psti d maafin lgian mntan2 kn udh msa lalu jg.. heheheAp lg i tmn baik, so pasti lah dmaafin wlwpun mgk n prnh kcwa bgt, tp yg nma’y idu l fitri maaf2an’y sm pe mngharu biru gtu deh, nan gis2an, pko ’y kmbli k fitri(suci) aj deh..

Galzz Cha Darknezygz lalu , da co yg Mana Lukmana: tamu klo mau nulis keluhan masyarakat dmn?

Chiba Mamoru Chan gak enak cz ampe rumahnya kosong..^^ # rumah kosong ?? seyemmm ahhh.. :))))

5

baru kejadian 3mggu cra’y naksirr w, dia mo dktinn w tpi ri, snd w a sdr slah, dia dktin w lwat w, a sdr ma slma b3rhari2 tu co jln , tp w g tujuan’y sii mo bkin w cmbru smp3 co, tu ma kna lah dbkin cmbru in kap ung n n akhir’y tu co ajk w j...l a w cuma mo sdr ma dia isi hati’y k w, tpi trnyta ak tu co, smp32 w, nyokab, nyakitin w doank coz w dh nol an blg kt’y cma mo ksihh w pljr sdra w ma tu co brntm, tu co n, sai pak d bz g lgi, nma’y cinta biar g blagu, tpi kn mo gmn org2.. tu n mfi smp3 kpnpun w g kn

rtiwi Dewi Mega Pe mah, pasti

dr lubuk ht yg plg dlm grogi maafn, tp kl ud ktm org.y. . jd n cuek d. . wkwkwk ^0^” Testi Bulan Depan

Menurut Loe, Enak Gak Sih Pacaran Sama Senior?

U/ 4 Pemenang! ambil kaos qeren TaMu Teen Journalist hub: 021.5367881/82 ext 4805 Senin-Jumat jam kerza... :))


6

edisi VIII/09 /2010

Siswa SMPN99 Raih Medali Emas OSN, Bikin Bangga Jakarta Pelajar mana yang enggak bangga bisa punya prestasi tingkat nasional. Apalagi, prestasinya itu di bidang Sains alias ilmu pengetahuan yang paling bergengsi di dunia pendidikan. Adalah Ikshan Apriansyah, siswa SMPN 99 Jakarta yang sukses meraih medali emas Olyimpiade Sains Nasional (OSN) 2010 yang digelar di Medan, Sumatera Utara. Mendapat penghargaan itu, Ikhsan mengaku sangat bangga. Yang semakin membuatnya bangga adalah prestasi itu ikut membawa harum nama sekolah dan Kota Jakarta. “Bangga dong karena ini hasil kerja keras, termasuk dukungan para guru dan sekolah,” kata Ikhsan saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (13/8). Keberhasilan itu merupakan buah kerja keras yang selama ini dilakukannya selama setahun terakhir dengan mengikuti rangkaian seleksi dari tingkat kecamatan hingga provinsi. Dengan memperoleh medali emas berarti Ikhsan langsung mendapatkan tiket masuk ke SMAN/SMKN di Jakarta tanpa mengikuti proses seleksi online. Dia tinggal memilih sekolah yang diinginkan.

Kepala SMPN 99 Iing Ilhamudin mengatakan, keberhasilan Ikhsan memperoleh medali emas merupakan penantian sangat panjang. “Kami menanti selama 33 tahun sejak tahun 1977 dan baru terlaksana tahun 2010 ini dengan memperoleh medali emas OSN tingkat nasional,” katanya. OSN merupakan ajang bergengsi yang diikuti sekolah di 34 propinsi di Indonesia. Semua provinsi berharap menjadi juara yang terbaik. Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan DKI Taufik Yudi Mulyanto mengatakan kemenangan DKI juara umum OSN tahun 2010 ini merupakan kemenangan spektakuler. “Dengan kemenangan ini, DKI meraih juara umum OSN tiga kali berturut-turut. Keberhasilan DKI itu sekaligus menjadi ajang pembuktian kualitas pendidikan sekolah di DKI tetap merupakan yang terbaik di Indonesia. Dinas Pendidikan DKI berkomitmen untuk memajukan pendidikan di DKI dengan mengalokasikan dana pendidikan di atas 20 persen berdasarkan APBD DKI 2010.

Bangga dong karena ini hasil kerja keras, termasuk dukungan para guru dan sekolah...

99

meningkatkan mutu tanpa henti! fotofoto: dok.pribadi

Sekolah Menengah Pertama Negeri 99 Jakarta berlokasi di Jalan Sirap Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Jakarta Timur. Sekolah itu berstatus akreditasi A (91,8) dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang belajar, seperti Ruang LAB IPA, LAB Komputer/TIK, LAB Bahasa, Studio Musik, Media Center, dan yang enggak kalah kerennya sekolah ini sudah dilengkapi dengan Hot Spot Area. Jadi belajar sekaligus cari data pakai laptop yang nyambung ke internet sudah bukan barang baru lagi. Soalnya, mereka harus update perkembangan yang ada di luar. SMP Negeri 99 Jakarta memiliki salah satu pengembangan diri untuk melindungi siswa dari bahaya dan dapat membela diri pada saat siswa tersebut sedang terdesak oleh orang yang tidak bertanggung jawab, pengembangan diri tersebut adalah Karate. Kegiatan olahraga ini masuk dalam salah satu ekstra kurikuler. SMP Negeri 99 Jakarta juga memiliki kegiatan untuk pengembangan diri lainnya, yakni Band. Kegiatan ini diasuh oleh Bapak Sumardi. Band SMPN 99 telah mengukir prestasi yakni Juara I PORSENI Tingkat Kecamatan. Sebagai langkah pengembangan mutu SMPN 99 Jakarta, semua guru di sekolah itu juga mendapat berbagai pelatihan. Dengan begitu, mutu pengajar SMPN 99 Jakarta terus mendapay perbaikan. (gede moenanto)


edisi VIII/09/2010

SMA N 87: Punya Ekskul yang seru Abis!!

n a m a S i r a T l u Eksk enantangang GerakangM dan Pan gung Goy

7

Nah ini dia..salah satu sekolah yang punya segudang prestasi di Jakarta, terbukti sama prestasi yang berhasil diraih sama teman-teman yang sekolah disini. Gak percaya? Lihat tuh macem-macem ekskul yang ada disini, mulai dari ekskul kesenian, olahraga, fotografi, de el..el..semuanya punya prestasi yang so pasti bisa dibanggakan. Jadi, gak ada salahnya kalo sekarang kita coba kenalan sama anak-anak 87 sambil ngintip sedikit soal profil beberapa ekskul yang ada disekolah ini.

un yang lalu ul yang berdiri 3 tah et beberapa sk ek g, un jag ur um nyab Walaupun baru se tensinya dengan me membuktikan eksis aranya nih, Juara I lomba Tari ini sudah berhasil nt akti nya. Beberapa dia ri Saman di SMA Bh prestasi yang oke pu s Juara II lomba Ta in tru , ut lya eb dis Mu ti lo ak ka Bh n, saman di SMA prestasi yang lai sih banyak lho Sob r prestasi mereini buat nulis dafta Idata. Selain itu ma an lam ha tu sa p ku anggota Tari Sacu k tu ga sa satu-satu, bisa yang juga salah 12 las ke , keras da an a Am rupakan hasil kerja ka. Kata teman kit diraih tersebut me kolah. ng se g ya i lan tas pu es as pr a man 87, semu hari Jumat selep p tia se lasn nje iha lat me tin ya ra ru gitu” katan mereka yang seca antara jam 2-3 sore pa angkatan, yang tin ru n iha lat a kit punya bebera “ Biasanya sih tari saman 87 udah gkatan punya kelas jadi setiap an kan. Saat ini ekskul n ka ar as rd be i ag dib ampingi sama itu did u ya tiap angkatann ihan mereka selal lat li ka p tia se s, Tru tim sendiri-sendiri. Jakarta, lho.. semua sekolah di pelatih profesional karang tuh, hampir man udah se sa i da tar an ya Am bn t ba ru se nu n Me man unggula sa i tar anya tim dit a ny alo pu “K . di Jakarta masing-masing …karena ngan anak sekolah sih ala ir dik pik n u tre ak , m rn ca de ma jadi se ketimbang tari mo anda n Am ma ta Sa i ka ” tar ih h… pil de kenapa lebih nantang gitu me n da t n mi da ru an ya ak nn ka butuh kekomp tari saman itu gera b. nya tari saman itu So s ma gu na ba ng ng ya ya l sih ka a lagi. Betul jug nting punya vo pe lah si ka ria k va ga an ng ng ya a bergerak de fisik yang prima, jug 20 penari yang kudu nya bakal berantakan ai mp sa 15 a ad Bayangin aja kompak pasti bah-ubah, kalo gak u, soalnya pas gerakan yang beru , ada yang jatuh git ba lom a kit ktu wa h gak kompak dan tu ya h nn na tuh Sob..”Per dinya yah geraka ..ja ng ya go ka ikut a ny ng buruk waktu mere kita lagi nari panggu ngenang kejadian me da an Am ta ka berantakan” disebuah sekolah. lomba tari saman

Amanda

Ekskul Fotografi

Gantian ma Temen dan Ditegur Tentara

Tomi & Ata

fotofoto: dok.pribadi

Buat kamu yang hobi jeprat-jepret pake kamera kayaknya kamu kudu kenalan sama teman-teman kita di ekskul forografi 87. Eksku l ini emang jadi tongkrongannya anak-anak 87 yang suka sama hal-hal yang berhubungan sama fotografi. Tomi contohnya, doi udah 2 tahun gabung di ekskul ini. Menurut Tomi, dulu waktu pertama kali berdiri, ekskul ini cuma dihuni sama 10 orang aja, tapi belakangan banyak yang ikut gabung sampe akhirnya sekarang udah ada 45 orang anggota yang aktif disini. “Awalnya sih cuma buat hobi aja, trus kita punya ide buat jadiin hobi fotografi ini jadi ekskul resmi di sekolah kita” katanya menjelaskan. Lebih lanjut ia menjelaskan, kalo motivasi anak-anak yang masuk ke ekskul ini macem-macem. Ada yang emang pengin belajar serius soal fotogafi profesional, ada yang cuma ikut-ikutan temen, trus yang paling banyak nih, alasannya biar dibilang gaya gitu….hehehe Kegiatan rutin dari ekskul ini, biasanya mereka kumpul di hari Sabtu, buat sharing tips & trik fotografi, yang dilanjut sama hunting objek foto mulai dari seputaran jalan Sudirman sampe pasar Kebayoran. Buat yang ingin gabung di ekskul ini gak usah sungkan, cos siapa aja bisa ikut disini walaupun gak punya kamera. “Buat yang gak punya kamera tetep bisa ikut kok, nanti kameranya dipin-

jemin ato pake ganti-gantian gitu sama temen lain yang punya” kata Tomi lagi. Nah yang seru nih, ekskul ini juga punya banyak pengalaman seru ikutan macemmacem lomba, salah satunya ikut berpartisipasi di pemecahan rekor MURI waktu memperingati Hardiknas 2010 yang lalu, yaitu gabung bareng dengan 75.000 pelajar aktif. Tapi selain pengalaman bagus, ada juga pengalaman buruknya lho Sob, contohnya kayak yang dialami Tomi waktu coba ngambil gambar barisan tentara yang lagi latihan sore. “ Waktu itu saya coba ngambil gambar barisan tentara yang lagi latihan baris, kayaknya seru aja gitu…tapi gak tau kenapa ada salah seorang tentara yang gak suka diambil gambarnya, trus dia bentak saya..hehehe” kata Tomi mengenang. Gak cuma itu aja, Tomi juga kudu sabar ngumpulin uang buat beli kamera idamannya, walaupun ortunya kurang mendukung. Tapi berbeda sama Ata, kelas 11 yang kegiatannya di dukung penuh sama ortu. “ Ortu sih setuju-setuju aja, asal kegiatannya positif, gak masalah…” katanya. Nah Sob, udah pada tau kan gimana serunya ekskul di SMA N 87, makanya jangan sungkan buat kirimin profil sekolah ato ekskul kamu ke kita di Tim Warta Kota Muda (TaMu), kita tunggu yak! (tvn)


8

edisi VIII/09 /2010

Boleh jadi gaung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) enggak sehebat gaung Sekolah Menengah Atas (SMA). Apalagi, di daerah Jabodetabek, enggak semua remaja bangga jadi anak SMK. Padahal, mengeyam pendidikan di SMK banyak enaknya. Pekerjaan mudah didapat karena selama di SMK materi pelajaran yang diterima lebih banyak ke ketrampilan dan praktik langsung. Sekarang ini, Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) sedang menyusun program SMK bermitra dengan politeknik dalam proses kegiatan belajar-mengajar bagi siswa SMK. Tujuannya untuk meningkatkan ketrampilan sesuai bidang yang ditekuni siswa SMK. Untuk mengasah kemampuannya tersebut, SMK juga bermitra dengan industri dalam mempraktekkan keterampilannya. Direktur Pembinaan SMK Kemendiknas Joko Sutrisno mengatakan, program kemitraan SMK dengan politeknik itu akan diikuti oleh SMK yang berstatus Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Ia mengatakan sekolah-sekolah tersebut akan memilih sendiri politeknik yang akan menjadi mitranya. Begitu juga sebaliknya, politeknik juga dipersilakan memilih sendiri mitranya. “Program ini untuk pemanta-

pan content pembelajaran,” ujar Joko, Jumat 20/8). Program mitra kerja SMK dengan politeknik itu akan memperpanjang masa sekolah siswa SMK dari tiga tahun menjadi empat tahun. Siswa SMK yang telah mengikuti ujian nasional di kelas XII, akan meneruskan pendidikannya di sekolahnya lagi selama setahun untuk mengikuti program Diploma 1 (D1). Karena program itu melibatkan industri sebagai tempat siswa SMK mengasah ketrampilannya, nantinya praktik produksi bisa dilakukan siswa SMK, seperti merakit sepeda motor, notebook, dan peralatan elekronika. “Nanti akan dikombinasikan pada tahun keempat yang masuk kategori D1,” katanya. Setelah siswa SMK lulus D1 di SMK akan mendapat surat atau sertifikat telah mengikuti D1 dari Direktorat Pendidikan Tinggi. Wah, enak ya belajar di SMK empat tahun langsung dapat ijazah D1 politeknik. Makin pede aja buat nyari kerja. Sayangnya, politeknik yang telah bermitra dengan SMK belum ada di Jakarta. Yang sudah ada di antaranya Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Manufaktur Bandung, Akademi Tehnik Mesin Industri (ATMI) Surakarta, dan Politeknik Negeri Malang. Saat ini ada sebanyak 350

SMK berstatus RSBI di seluruh Indonesia. SMK selain bermitra dengan politeknik, sekolah tersebut juga menjalin kerjasama dengan industri dalam meningkatkan ketrampilannya dengan melakukan kegiatan produksi industri. SMK juga didorong untuk membangun pebisnis pertanian yang tangguh pada 5-10 tahun mendatang. Program pemantapan SMK pertanian, dilakukan untuk menghasilkan lulusan yang berkiprah dalam dunia pertanian. “Mulai dari sekarang dikenalkan bagaimana kehidupan bisnis pertanian, bercocok tanam, panen, mengolah hasil panen, sampai dengan menghitung volume kebutuhan pasar,” kata Joko Sutrisno. Selain bermitra dengan politeknik dan industri, SMK juga akan meningkatkan program keahlian pertanian serta memperbanyak program keahlian pertanian dengan membangun sekolah-sekolah baru. Saat ini terdapat 600 sekolah yang menyelenggarakan program tersebut, 320 di antaranya spesialis sekolah pertanian. Sedangkan SMK Pertanian yang berstatus RSBI terdapat 15 sekolah. “Dari 50 permohonan pembangunan SMK baru ada 10 titik untuk pertanian terutama di daerah pemekaran,” ujar Joko Sutrisno. (intan ungaling dian)

planetamu!

ingatin tragedi 30S, nah kita mo mr mo a kit ini lan bu er mb pte Se Karena 30 87 masih pada inget ga ama AN SM di a kit n me -te en tem ah cek nih apak ottt!! tau jawabannya mereka, cekibroo pahlawan-pahlawan revolusi itu. Mo kekeren TAMU, siap-siap sekolah loe os ka t pe da r na be nya an ab jaw (yang ya sebutin nama-nama pahlawan an nya rta Pe !) ??? ww yaw MU TA n datenga 30 September 1965? revolusi yang gugur pada tragedi Agnes, 11 IPS 1 (in relationship) Sukarno, Bung Hatta, hmmm… gak tau ah! Gak kenal! Belum kenalan! Hehehe..

Ocha, 11 IPS 4 (single) Sukarno, Bung Hatta, Ibu Fatmawati, udah..gak tau lagi! # Soekarno presiden kalee nonn.:((

# waduhh, gak pernah belajar sejarah ya neng? :))

Iqbal, 10 (single) sapa sih…? Sama gak tau juga, :(( teng bolot # jiahhh.. ganteng-gan nehhh..::)))))

Nama-nama pahlawan revolusi : 1. Ahmad Yani, Jend. Anumerta 2. Donald Ifak Panjaitan, Mayjen. Anumerta 3. M.T. Haryono, Letjen. Anumerta 4. Piere Tendean, Kapten CZI Anumerta 5. Siswono Parman, Letjen. Anumerta 6. Suprapto, Letjen. Anumerta 7. Sutoyo Siswomiharjo, Mayjen. Anumerta Korban tewas lain peristiwa G 30S: 1. Katamso Dharmokusumo, Brigjen. Anumerta 2. Sugiyono Mangunwiyoto, Kolonel. Anumerta 3. Karel Sasuit Tubun, AIP II 4. Ade Irma Suryani Nasution putri Jend. A.H. Nasution

m….. Hmmm aruk)… ) e l g in ruk-g ong! 10 (s Abi, .kruuk…(ga ....teng-t ? . kruuk ….siapa ya m broo m m h k loee k u r a an g anyak # Keb aa.. :)) a hahah

Ibnu 10 (single) Hmmm….(senyu msenyum)….gak ta u! Ali Udin kali! # Ya ampyunn al i udin pemain pers ija bunggg... kacaaw a w loee :)))

ship) lation ad e r n i ( hm IPS 3 Hatta, A Su1 1 Ila, no, Bung ik, WR l Sukar Sayuti Me ! , i h n a a d Y an, U , pratm enerr ang b y u t a as # Cum ww ;))) w o wad fotofoto: sugara adi

Tyas, 11 IPS 2 (single) Sukarno, Bung Hatta, Sayuti Melik, Sutomo, Vidi Aldiano kali…, ah, gak tau! # Vidi aldiano pake disebut.. aargghh!@#$%


edisi VIII/09/2010

9

BEM VOKASI UNIVERSITAS INDONESIA UN1T Y IN EQUALIT Y Teman-teman, mungkin diantara kamu banyak yang belum mengenal Badan Eksekutif Mahasiswa atau yang lebih dikenal dengan BEM. Okelah kalo begetoh! BEM itu adalah organisasi intra kampus yang merupakan lembaga eksekutif di tingkat Universitas atau Institut, sementara dalam melaksanakan program-programnya, umumnya BEM memiliki beberapa departemen fungsional. Jadi intinya BEM itu untuk kamu yang masih SMA sama aja kayak OSIS. Cuma BEM ini organisasinya lebih terprogram seperti adanya ketua dan wakilnya, bendahara, sekeretaris, biro dana usaha, kesekretariatan dan departemen-departemen yang menjalankan program kerjanya masing-masing. Nah, baru-baru ini, tepatnya tanggal 25 Mei 2010 lalu, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. der. Soz Gumilar Rusliwa Somantri, telah lahir BEM Program Vokasi 2010 Universitas Indonesia. Ini BEM Vokasi angkatan pertama lho di UI … dan kabarnya ini BEM Vokasi pertama juga di Indonesia. Wahhh... Kenapa BEM Vokasi UI dibentuk kalau sudah ada BEM UI yang telah eksis lebih dulu? Jadi gini lho guys, mahasiswa Vokasi (jenjang D3) UI tuh butuh badan kelembagaan sendiri yaitu BEM serta badan legislatif dan yudikatif yang juga menilai kinerja BEM yaitu DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa). Jadi segala macam aspirasi ,minat dan bakat para mahasiswa vokasi akan mudah terealisasikan dengan adanya BEM ini. “Dulu kalo gue mau bikin acara susah banget, apalagi perizinannya, soalnya Kita belum punya BEM sendiri, kalau udah ada kayak sekarang kan jadi lebih gampang nanti kalo

mau ngadain acara” kata Purba Mahendra (26/7) salah satu mahasiswa Vokasi UI ini. Proses pembentukan BEM Vokasi UI ini ternyata nggak gampang lho. Ada beberapa proses yang harus dilalui. Ada yang namanya PEMIRA (Pemilihan Raya) Sob, yaitu tahap pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BEM Vokasi UI. Yah, seperti Pemilihan Presiden di Indonesia yang diselenggarakan KPU dehh. Ada beberapa pasangan kandidat yang berkompetisi disini. Proses seleksinya pun cukup ketat lho. Mulai dari verifikasi, yaitu setiap kandidat harus membuat essay tentang kepemimpinan juga wajib memenuhi persyaratan administratif.Trus, ada debat calon kandidat yang dinilai oleh tim penilai dari internal vokasi serta BEM UI dan Mimbar bebas yakni seluruh mahasiswa dapat bebas bertanya kepada para kandidat. Selain itu ada juga candidat days yaitu kampanye selama 3 hari, waktu dan tempatnya ditentukan oleh panitia. Para panitia PEMIRA ini juga menyelenggarakan pemilihan bagi para mahasiswa untuk memilih kandidat ketua dan wakil ketua BEM yang akan mereka pilih serta memilih Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) yang berasal dari masing-masing bidang studi. Dari proses panjang PEMIRA ini akhirnya yang terpilih menjadi Ketua dan Wakil ketua BEM Vokasi UI pertama ini adalah M. Gamal Nasser dan Yuki Pranadi dengan nomor urut 2, yang mengalahkan dua pasangan lainnya yaitu Hadian dan Yoga dengan nomor urut 1 serta Deta dan Irwin dengan nomor urut 3. Pasangan yang mengambil tagline “Unity

In Equality” ini, yaitu berasaskan akan kesetaraan dalam persatuan, terbukti menjadi pilihan mahasiswa program D3 UI. Trus tau gak Sob, ternyata para kandidat pengurus vokasi UI ini memiliki motivasi yang berbeda-beda lho, buat ikut pemilihan pengurus BEM Vokasi ini. Mulai dari eksis-eksis an, ikut teman, memperluas relasi dan network, sampai ada juga yang masuk BEM agar bisa punya power dalam berorganisasi.“Gue sih yang penting masuk BEM, ditempatin di mana aja gak apa apa, tapi sayang gue gak lolos,” kata Kurniawan (1/8) salah satu mahasiswa yang gagal masuk BEM vokasi UI ini. Tetapi banyak juga lho mereka yang memang masuk BEM ingin mengembangkan jiwa organisasi mereka . Nah...Pada tanggal 5-6 Agustus 2010 lalu yang bertempat di pondok remaja PGI Cipayung Bogor, BEM Vokasi mengadakan Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan Mahasiswa (P2KM) untuk para anggota BEM vokasi universitas indonesia. Rangkaian P2KM ini diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya Outbound, pengenalan jajaran BEM vokasi UI, serta pemaparan materi tentang kepemimpinan, dan camping ground. Oh iya,untuk sekedar informasi aja nih, BEM Vokasi Universitas Indonesia juga udah punya media untuk mempublikasikan BEM ini walaupun baru lewat http://www.facebook.com/profile.php?id=100001161787064 dan twitter @BEMVokasiUI2010. Di sini kita bisa melihat kegiatan dan informasi-informasi apa saja seputar dunia kemahasiswaan khususnya Vokasi UI. (reza farhan, BEM UI)

fotofoto: dok.pribadi

Dubes Palestina Ikut R esmikan Pusat Kajian dan Advokasi HAM UKI Jakarta, Reporter – Duta Besar (Dubes) Palestina Fariz N Mehdawi, Selasa (10/8) datang meresmikan Pusat Kajian dan Advokasi HAM UKI, di ruang seminar UKI Cawang, Jakarta Timur. Momentum yang sangat berharga ini merupakan kesempatan baik yang dimotori oleh pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Pengembangan Bisnis - Universitas Kristen Indonesia (LPPMPB UKI) selaku pihak penyelenggara yang mengadakan seminar bertema “Penegakan HAM, Pemenuhan Hak Konstitusional, dan Pencapaian Target Millennium Development Goals (MDGs) 2015”. Fariz N. Mahdewi dalam seminar tersebut mengatakan pengalaman Palestina dalam menghadapi perjuangan HAM masih terus berlanjut. Masyarakat Palestina sangat membutuhkan uluran tangan masyarakat internasional untuk mengakhiri konflik tersebut dan berpegang dengan melihat kondisi yang sebenarnya terjadi di Palestina. Lebih lanjut, ia mengatakan konflik Palestina bukan persoalan agama yang selama ini masyarakat internasional

dengungkan, tetapi konflik penjajahan. Banyak media mengumbarkan berita tentang konflik Palestina yang berbeda seperti fakta yang dialami sebenarnya. Indonesia di dalamnya turut untuk menyuarakan HAM atas konflik Isreal-Palestina, apa yang disuarakan merupakan sektoralisasi pihak saja, namun tidak melihat permasalahan yang sesungguhnya. HE Rami M. Nasrallah, Chairman of the International Peace and Cooperation Center (IPCC) Jerusalem, yang juga hadir pada seminar tersebut sangat prihatin atas konflik Palestina yang terjadi dan diberitakan dalam sejumlah media massa belakangan ini. Menurut pembicara lainnya Yosep Adi Prasetyo Stanley, wakil ketua Komnas HAM ini menyampaikan rapor HAM Indonesia sampai sekarang terus mengalami pergolakan. Banyak kasus-kasus pelanggaran HAM belum bisa diselesaikan, antara lain kasus Talangsari, kasus Waneva Wasior, kasus orang hilang, kerusuhan Mei 98. Ia menegaskan saat ini Indonesia berada pada urutan ke-60 negara gagal

i salah jian ini adalah sebaga pembentukan pusat ka untuk meningkatkanguna satu wujud peran UKI m si dan elakukan advoka kesejahteraan rakyat ak k-hak ha ng ya pada mereka membela dan berpih naln ya terabaikan... konstitusio di dunia dan diperkuat dengan makin merosotnya kualitas hidup manusia yang dicatat oleh Human Development Index di tahun 2009 dengan menduduki urutan ke-111.

Peran UKI

Terkait dengan peresmian Pusat Kajian dan Advokasi HAM UKI yang diketuai oleh Irianto Subiakto, ia mengatakan pembentukan pusat kajian ini adalah sebagai salah satu wujud peran UKI untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan melakukan advokasi guna membela dan berpihak pada mereka yang hak-hak

konstitusionalnya terabaikan. Hal senada juga diungkapkan oleh Usmad Hamid dari Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) yang juga hadir sebagai pembicara mendukung atas pembentukan pusat kajian dan Advokasi UKI sebagai wahana yang bermanfaat bagi masyarakat. Ia pun mengusulkan dalam kajian tersebut mengusung tema berhubungan dengan Militer yang umumnya jarang dikaji oleh universitas-universitas yang memiliki pusat kajian dan Advokasi HAM. (FJL)


g n a r a m e S ja g o J e p a t E Laporan B2S Jakarta

s i n a M n a g n a Ken di Tanjakan Setelah berkeliling Kota Yog yakarta atau Jogja dari om Jimmy rombongan Tim kami melanjutkan perjalanan Jelajah Nusantara ke Semarang. Tapi Kompas yang member informa ada yang berbeda untuk per si jika beberapa jalanan kami, karena kilometer dari tempat kami kami diberi kesempatan unt istirahat akan menguk ber hadapi tanjakan panjang dan gan tim Jelajah Nusantara Kom barengan denberliku, yaitu mulai pas. Tapi sayangnya daerah Secang sampai Sem satu hari sebelum keberangk arang. Om Max Agung atan kaki Emir terkilir. Pribadi dari Warta Kota juga Malangnya kaki emir belum sudah mengingatkan pulih sampai hari H kami tentang kondisi jalan Sec keberangkatan. ang–Semarangdan menghimbau agar kami tida Demi solidaritas kami terpaks k memaksakan diri. a me mb ata lkan pergi bareng Tim Jelajah Nus Beberapa meter sebelum me antara Kompas ke masuki Secang sudah terlihat dari jauh tanjaka Semarang. Kami hanya ikut mengantar sampai n yang menjulang tinggi. Tanjakan kami tempuh perbatasan Kota Jogja. sepanjang dua kilometer. Tanjakan yang pal Selepas perbatasan Kota Jog ing mengesankan dan ja perjalanan menyenangkan adalah saat terasa sepi, karena tinggal kam daerah Ambarawa, Sei berempat. Tidak marang. Memang tanjakan jauh dari situ kami sempat yang kami lalui sangat sarapan di warung maberat, tetapi banyak pemand kan pinggir jalan. Satu hal yan angannya luar biasa g kami kagum adalah indah. pemilik warung menyambut kami dengan ramah. Dan dia memberi kami sem Memasuki Ambarawa kaki Em angat untuk melanjutir kumat lagi, tiba – tiba kakinya keram di kan perjalanan, bahkan dia jalan. Terpaksa kami pun membekali kami berhenti yang kebetulan di dengan informasi jalan yang depan sebuah mini marnantinya akan kami ket jadi kami sekaligus berhen lalui. ti istirahat mengisi persediaan minum yang hab Kondisi jalan masih sama sep is. erti yang kami lalui sewaktu perjalanan dar Memasuki daerah Bawen kam i Solo ke Jogja. Jalan i sudah mulai ber temu dengan truk dan bus menanjak tidak terlalu banyak besar, karena tidak , bahkan kami lebih jauh dari situ terdapat daerah sering menemukan jalan me Industri. Hujan mennurun. Udara pada giringi perjalanan kami. Saa pukul 09.00 terasa sejuk. t hujan reda hari sudah gela p, kami segera mengkonfirma Setengah jam berlalu, kami si keberadaan memasuki Kabupatkami dengan mas Riu, salah en Magelang. Masih ada beb satu goweser Semaerapa puluh kilometer rang. Kami dijemput oleh per lagi untuk sampai di pusat kot wakilan Semarang di a. Kami kemudian daerah Banyumanik. Sampai mulai menemukan tanjakan, di Banyumanik kami terlebih saat sedang disuruh singgah di rumah sala ada perbaikan jalan sehingg h satu teman Bike to a kendaraan padat School Semarang, Amelia Feld merayap. Panas matahari juga a Antani. Sambutan sudah mulai terasa yang begitu hangat terasa sek di daerah itu. Sempat di sala ali bagi kami yang h satu tanjakan Emir baru saja melakukan perjala bersenggolan dengan bumper nan jauh. Perjalanan mobil pengendara. etape jogja – semarang sun Beberapa meter berikutnya gguh perjalanan yang arus kendaraan paling berkesan buat saya, lancar, tetapi kami memutus Adit, Emir, dan Aldi. kan memilih jalur alterBanyak tanjakan yang sudah natife untuk mempersingkat tidak terhitung, jerih waktu sehingga tidak payah menghadapi tanjakan melewati pusat kota Magela selama perjalanan ng. Setelah melewati yang terbayar begitu kami me perbatasan kota kami beristir lintasinya. Keramah ahat di sebuah mini tamahan penduduk setemp market sekaligus mengisi per at tak luput dari ingatan sediaan air kami yang kami. Teriknya matahari, huj mulai habis. Siang itu kami an besar, dan lalu beristirahat sekitar lalang kendaraan industry yan pukul 12.00 tepat. Kami istir g besar menyurutahat sejam. kan semangat kami untuk Sembari beristirahat kami me sampai di Semarang. ndapat sms (adrian immanuel)

fotofoto: dok.pribadi

Bike Line Jakarta Perlu Tiru Yogyakarta, Solo, dan Solo Beberapa saat yang lalu di Jakarta, sempat timbul sebuah wacana tentang pengadaan jalur sepeda seiiring dengan meningkatnya jumlah pengguna sepeda di Jakarta. Banyak pro dan kontra yang timbul akibat dari wacana tersebut. Ada baiknya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkaca dari kota-kota lain yang sudah menyediakan Bike Line. Contoh saja Kota Yogyakarta. Kota yang dijuluki Kota Pelajar itu mempunyai sarana Bike Line di beberapa ruas jalan, salah satunya adalah Jalan Ahmad Dahlan. Bike Line dijalan itu lebarnya sekitar 1,5 meter dan berada di sisi kiri jalan. Hanya saja, Bike Line di Yogya masih sering disalahgunakan oleh sebagian masyarakatnya sebagai lahan parker kendaraan bermotor. Ada juga pengendara sepeda motor yang melintas di Bike Line. Meski ada sedikit kekurangan, Bike Line di Kota Yogyakarta terpasang beberapa traffic light ada garis berhenti pesepeda jika lampu menyala merah. Garis itu memisahkan antara pesepeda dan pengendara sepeda motor saat berhenti karena traffic light menyala merah. Lain di Jogja lain di Solo. Kota yang terkenal dengan nasi liwetnya ini juga mempunyai jalur sepeda yang baik. Jalur sepeda di Solo tidak bersatu dengan jalan raya khusus kendaraan bermotor. Bike Line menyatu dengan trotoar. Meski begitu, pejalan kaki tidak terganggu kenyamannya. Lebar Bike Line lebih besar, yakni sekitar lima meter. Model trotoar yang juga berfungsi sebagai jalur sepeda itu juga akan ditiru di DKI Jakarta. Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi yang lebih dahulu akan menerapkan trotoar sekaligus jalur sepeda. Ya, Pak Effendi memang gemar naik sepeda. Bahkan, beliau juga yang menggagas Kongres Sepeda Indonesia (KSI) hebat kan. Kembali ke Solo, alas trotoar di beberapa jalan yang terdapat Bike Line terbuat dari batu coneblok. Yang paling seru lagilampu merah di setiap perempatan ada dua, yaitu traffic light khusus kendaran bermotor dan traffic light khusus sepeda. Jadi di setiap lampunya ada gambar sepeda. Sementara di Semarang, kota terakhir yang kami kunjungi dalam touring dengan mengendarai sepeda Wim Cycle belum punya Bike Line seperti di Jakarta. Itu karena Pemerintah Daerah Semarang belum menyetujui usulan komunitas sepeda untuk membuatkan Bike Line. Informasi yang kami peroleh dari komunitas pesepeda yang kami temui, Pemerintah Daerah Kota Semarang menolak pembuatan Bike Line karena jumlah pesepeda di wilayahnya masih sedikit. Padahal, kenyataannya jumlah pengguna sepeda di Kota Lumpia itu terus bertambah. Semoga jalur khusus sepeda dapat benar-benar terealisasikan. Sekarang, tinggal menunggu keseriusan Wali Kota Jakarta Selatan Syahrul Effendi yang berjuang untuk membuatkan jalur sepeda di Jakarta. Sebagai penggemar sepeda kita perlu mendukung perjuangan pak Syahrul. Semoga saja harapan para bikers terpenuhi. (aditya wahyutomo)


edisi VIII/09/2010

Kirimkan foto-foto hasil jepretanmu ke tabloidtamu@gmail.com dengan sisi panjang 1.500 pixel, disimpan dalam format JPG skala 6 beserta data diri (nama, sekolah, dan no telp), tulis subject emailmu Shoot Me, 100% foto Gue. Foto yang kamu kirim akan mendapatkan masukan dari Redaksi Tabloid Tamu dan karya yang terpilih mendapatkan satu buah T-shirt kereeen. Foto bebas memakai jenis kamera apapun (dslr, pocket, handphone, dll). Ayo Buruan!..

11

edisi VIII/09/2010

Olah Digital Oleh: Sugaraadi

100% o F to Gue

Trik membuat efek Infrared sederhana dengan Adobe Photoshop

BEFORE

O PHOMT ONTH OF THE

TomI SMU 87 Jakarta Selatan

Didi Sugandi SMU Pangudi Luhur Jakarta Dari teknik pencahayaan dan komposisi udah oke tinggal tunggu moment yang tepat saja... tunggu sampai si penjual mengibaskan kipas atau sedikit ditambah pembeli yang sedang menunggu pasti tambah oke...

Alka SMU 87 Jakarta Selatan Diluar efek yang kamu bikin di foto ini, foto kamu emang dasarnya udah bagus ka, timingnya pas, komposisinya kereen, paling yang agak ganggu cuma pemain baju hijau, tapi secara keseluruhan oke..mantap..

INFOTO PAMERAN FOTOGRAFI

ANAK-ANAK KITA DI BERANDA TERDEPAN NUSANTARA GALERI FOTO JURNALISTIK ANTARA Jl. Antara No. 59, Pasar Baru, Jakarta 10710 13 AGUSTUS - 13 SEPTEMBER 2010 pukul 10.30-20.00 WIB (setiap hari kecuali senin & hari libur nasional tutup)

Foto makronya udah asyik tom...cuma sedikit soal kebersihan gelasnya aja kalo bisa gelas dalam keadaan bersih biar keindahan strawberrynya gak terganggu Setelah file tersedia pilih menu “image”_”adjusment”_ ”Chanel Mixer”

Anto SMU Pangudi Luhur Jakarta

Catur SMU 86 Jakarta Moment yang kamu jepret udah oke, tinggal ilangin aja beberapa background yang mengganggu jadi harus sabar tunggu sampe kakak2 dibelakangnya pergi dulu...bisa juga diakalin dengan memakai lensa tele agar bagian belakang terlihat blur....

Sebelum memotret kamu harusnya udah memikirkan bagian mana sebagai POI (poin of interest) untuk fotomu, gambar gereja yang seharusnya menarik jadi kalah dengan gambar rerimbunan pohon didepannya.

Web Bulan Ini

www.herbrich.com

Geser chanel Green ke kanan dan chanel Blue ke kiri sesuai dengan keinginan kamu

AFTER Buat yang suka mengolah digital, coba berkunjung ke web milik thomas herbrich ini. Karya-karya luarbiasa dengan konsep yang matang dan sedikit gambaran cara mengerjakannya akan kamu temui di sini.

Free Website portfolio

PHOTO COMPETITION

Saatnya bikin portfolio buat karya-karya foto kamu di www.carbonmade.com www.wix.com (flash)

“LOMBA FOTO SATWA NASIONAL” Total hadiah 165 juta rupiah Info: www.tamansafari.com Deadline 18 Oktober 2010

SEPNA

RANDI PANG KA

MEGA

NISA LOVE

TUTI REFANI DWI ASPa riwsata Trisakti i gg Tin Sekolah

CECEP PERMADI alumni sman 19 garut 2010

ARLINI FIAKIA N Kp.Bulak Teko, Ja kbar

RIFKA GIOVANI

Mau Narsis ato mo jadi model cover Tamu, Kirim foto dan identitas kamu ke: tabloidtamu@gmail.com


12

edisi VIII/09 /2010

fotofoto: dok.pribadi

Hola, Como estas? Que tal? Hmmm….apaan tuh? Mungkin gak banyak diantara kamu yang paham dengan ungkapan atau salam itu. Tapi tau gak, kalo teman-teman kita yang tergabung dalam Amigos Cervantes sangat akrab dan terbiasa dengan ungkapan salam dalam bahasa Spanyol itu, terutama ketika berkomunikasi dengan sesama anggota lainnya. Apa sih Amigos Cervantes ? Ini adalah nama sebuah komunitas di Jakarta bagi para pecinta dan penggemar bahasa Spanyol khususnya, dan kebudayaan Hispanik pada umumnya. Komunitas ini berdiri sejak beberapa tahun yang lalu atas inisiatif dari

Amigos Cervantes: Komunitas Penggemar Budaya Hispanik di Jakarta

beberapa pengajar bahasa Spanyol di Aula Cervantes, yaitu pusat lembaga kebudayaan Spanyol di Jakarta. Kala itu mereka berkeinginan untuk membentuk sebuah komunitas untuk mempelajari bahasa dan budaya Hispanik secara lebih mendalam sekaligus menyenangkan bagi para siswa yang mengikuti kursus bahasa Spanyol di Aula Cervantes. “Melalui berbagai kegiatan dalam komunitas diharapkan para siswa dan anggota komunitas lainnya lebih enjoy untuk berkomunikasi dan berbagi informasi mengenai budaya Hispanik dengan anggota lainnya” ungkap Advent Tambun, salah satu pengajar bahasa Spanyol sekaligus anggota Amigos Cervantes. Kegiatan yang biasa dilakukan oleh Amigos Cervantes diantaranya yaitu barbacoa atau makan bersama dengan menu makanan khas dari negeri Matador. Beberapa diantaranya yaitu tortilla de patatas atau roti dadar telur yang disajikan bersama kentang rebus dan irisan bawang, atau tapas yaitu makanan pembuka yang disajikan dalam porsi kecil-kecil, yang biasanya terdiri dari

calamari (cumi), camaron (udang) atau olahan kentang. Selain itu ada kegiatan yang biasa dilakukan rutin, seperti kumpul bareng yang dimeriahkan dengan berbagai pentas seni seperti penampilan drama, pembacaan puisi, menyanyi dan menari bersama, dan tentu saja ditampilkan dalam bahasa Spanyol. Trus, masih ada kegiatan yang menarik lain, seperti nonton film bersama. Biasanya film yang ditanyangkan adalah film yang berasal dari Spanyol atau dari beberapa negara Amerika Latin, kemudian didiskusikan bersama seputar pesan atau makna cerita dari film itu. Menurut Advent Tambun banyak keuntungan yang didapat dengan mempelajari bahasa dan kebudayaan Hispanik, yaitu selain memperluas pengetahuan dan wawasan mengenai kebudayaan asing juga dapat memperluas jaringan pertemanan dengan berbagai orang dibelahan dunia lain.“ Bahasa Spanyol adalah salah satu bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digunakan oleh 400 juta orang di lebih dari 20 negara diseluruh dunia. Oleh Karena itu sangat terbuka kesempatan

untuk memperoleh pengalaman dan keuntungan dengan mempelajari bahasa dan kebudayaan ini” ungkapnya menjelaskan. Belum lagi dengan kesempatan yang luas untuk menempuh pendidikan di negara-negara yang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa resmi atau buat kamu yang bercita-cita untuk menjadi seorang diplomat atau duta bangsa diluar negeri, rasanya kamu kudu mulai belajar bahasa ini Sob… Nah…buat kamu yang tertarik bergabung dengan Amigos Cervantes dan pengen tahu lebih banyak mengenai komunitas ini bisa lihat informasinya di www.kursusspanyol.com Trus, buat kamu yang punya akun facebook bisa langsung gabung di grup Amigos Cervantes Indonesia atau kalo emang masih kurang jelas informasinya bisa datang langsung di Aula Cervantes dengan alamat Jln. Kyai Tapa No: 100 Grogol, Jakarta Barat 11440 Tlp. 021-5606113; Fax. 021-56561931. Bienvenido a Amigos Cervantes! (tvn)

fotofoto: Syarifah Sarah Humaira

Wisata Budaya ke Kamboja Yuk… Cambodia, atau yang biasa kita sebut dengan Kamboja adalah salah satu negara anggota ASEAN yang memiliki kebudayaan dan sejarah yang amat menarik untuk kita telusuri. Kamboja berada dibawah kekuasaan Kerajaan Khmer dari abad ke- 9 sampai abad ke-13. Nah, pada masa kejayaan Kerajaan Khmer inilah dibangun kompleks candi megah yang disebut Angkor Wat. Lalu, dari tahun 1863 sampai dengan 1953 Kamboja dijadikan daerah Protektorat oleh Prancis sebagai daerah Koloni Indochina. Setelah penjajahan Jepang pada tahun 1940-an, akhirnya Kamboja meraih kemerdekaannya dari Prancis pada 9 November 1953. Bulan Juli lalu, saya dapat kesempatan untuk mengunjungi Kamboja. Tepatnya ke kota Siem Reap dimana kompleks candi megah Angkor Wat berdiri. Saya menempuh perjalanan dengan bus selama 12 jam untuk mencapai Siem Reap dari Ho Chi Minh City, Vietnam. Sampainya di Siem Reap, kami langsung menuju kawasan Old Market dan Angkor Night Market yang tidak jauh dari hotel kami menginap. Di Old Market

dan Angkor Night Market ini kita bisa beli souvenir khas Kamboja, pakaian, perhiasan, dan aksesoris dengan harga murah. Tapi musti jago nawar tentunya! Di kawasan ini juga banyak makanan yang harganya murah banget! Berkisar antara U$1-U$3. Ya, walaupun bekas jajahan Prancis, Kamboja memakai mata uang US dolar selain mata uang lokalnya yaitu Riel Kamboja. Esoknya, kami berangkat dari hotel menuju kompleks Angkor Wat sekitar pukul 04.30 pagi dengan tuk-tuk (kendaraan sejenis bajaj, yang bisa menampung 3-4 orang) yang sudah kami pesan malam sebelumnya. Maksud hati mau melihat sunrise yang katanya bagus itu di Angkor Wat, eh..tapi apa daya supir tuk-tuk kami datang terlambat, gagal deh melihat sunrisenya. Sebelum memasuki Angkor Wat, kita harus beli tiket dulu, yang lumayan mahal, seharga U$20! Candi pertama yang kita kunjungi pastinya adalah candi Angkor Wat. Kompleks ini sudah dipenuhi turis dari berbagai belahan dunia pagi itu. Setelah itu kami mengunjungi candi Bayon, Ta Keo, dan

candi Ta Phrom yang merupakan tempat syutingya film Tomb Raider yang dibintangi Angelina Jolie itu lho… Sebenarnya masih banyak candicandi lain yang gak sempat kita kunjungi karena keterbatasan waktu. Candi-candi tersebut memang cantik dan megah banget dan bisa dibilang dirawat dengan baik. Ada beberapa tips nih kalau temanteman mau berkunjung ke Angkor Wat. Pertama, pake sunblock yang banyak, kalau bisa pake baju lengan panjang plus topi atau payung, karena di Angkor tuh panas banget! Terus jangan lupa bawa air minum dan lotion atau spray anti serangga ya. Karena kita cuma mengunjungi Kamboja selama 2 hari 1 malam, banyak tempat-tempat wisata yang ga sempat kita kunjungi ni guys..seperti The Killing Fields dan Royal Palace di Phnom Penh, Cambodian Village di Siem Reap, dan banyak tempat wisata lainnya. Udah bosen kan berwisata ke Malaysia atau Singapore? Makanya, wisata budaya aja yuk ke Kamboja…! (Syarifah Sarah Humaira, LSPR Jakarta)


13

edisi VIII/09/2010

: Awalnya Cuma Iseng Sob, tapi Belakangan jadi Mesin Duit, Gokiilll!

su oto: fotof

gara

adi

>> Ernst dan koleksi kaosnya

Siapa sangka dari hobi ternyata bisa menghasilkan uang dan jadi punya profesi wirausahawan. Itulah yang terjadi sama seorang William Ernst Sommeling (22), cowok yang mengaku waktu merintis bisnis produksi kaos satuan ini cuma modal hobi gambar dan lukis. “ Waktu itu cuma hobi gambar dan lukis di kaos, trus liat temen bikin kaos pake gambar yang disablon. Ternyata hasilnya lebih bagus daripada gambar saya. Nah.. dari situ deh, pengen belajar sablon kaos” ungkapnya mengenang. Mulai dari sinilah semangat buat bikin bisnis sablon kaos terus menggebu. Dibantu dengan 2 orang temannya, mulailah Ernst memutar roda bisnis sablon kaosnya, dengan merek Callme. Konsep bisnis sablon kaos yang dijalankan sama cowok jebolan Universitas Moestopo, jurusan Marketing ini bisa dibilang cukup unik. Ernst hanya memproduksi sablon kaos yang desainnya sangat spesifik dan customized atau sesuai dengan keinginan pemesan, jadi banyak yang menyebut bisnis ini adalah sablon kaos satuan. “ Jadi pemesan ting-

gal serahin desain kaos ke kita, atau konsep desainnya dalam bentuk ide, trus kita baru bikinin contoh desain aslinya. Kalo cocok, baru deh kita produksi “ ungkapnya menjelaskan. Para pemesan kaos produksi dari Callme sangat beragam, mulai dari anak sekolah dan kuliahan sampai ibu-ibu rumah tangga. “ Ibu-ibu biasanya pesan kaos buat anak-anaknya” tuturnya. Ernst mengaku bahwa bagi pemesan yang ingin dibuatkan kaos harus terlebih dahulu membayar harga kaos sesuai dengan kesepakatan, baru kemudian kaos dapat diproduksi. Menurutnya hal ini untuk menghindari penipuan, yang sempat dialaminya. “ Pernah dulu ada yang pesan kaos, udah bicara banyak soal ide, desain, bahan kaos dan macemmacem, trus kaos udah selesai diproduksi pula. Tapi uang gak ditransfer sampai hari ini “ ujarnya mengenang. Selain konsep bisnisnya unik, cara pemasaran produk Callme juga cukup unik, yaitu melalui transaksi online. Cara pemasaran online ini mulai dilakukan oleh Callme sejak 2008 silam. Diakui oleh Ernst dengan pola penjualan online marketing, justru lebih banyak keuntungan yang didapat. Terbukti saat ini akun facebook Callme Cloth, sudah memiliki 4.000 lebih penggemar, seiring dengan mulai banyaknya order pesanan yang masuk. “ Untuk pesanan yang masuk saat ini tidak hanya berasal dari Jakarta aja, tapi udah menyebar di hampir seluruh wilayah nusantara, cuma

sampai saat ini kita belum bisa masuk ke pulau Papua” katanya memaparkan. Bahkan beberapa waktu yang lalu Callme mendapat pesanan dari Singapura untuk memproduksi kaos tim basket disana. Namun kesuksesannya saat ini menurut Ernst, bukannya tanpa kendala. Misalnya pada awal merintis usaha dulu dia sempat kehilangan tempat untuk produksi kaosnya, namun sebagai wirausahawan sikap pantang menyerah rupanya telah tertanam kuat didalam dirinya. Tak lama, Ernst mendapat mitra yang bersedia bekerjasama untuk menyediakan tempat untuk produksi kaosnya. Selain itu kendala yang sering dialaminya adalah ada kesalahan produksi, misalnya kesalahan ketik kata atau kesalahan warna.” Kendala itu sih udah biasa, dan kita pasti kasih jaminan penggantian dengan kaos yang baru “ ujarnya. Selain desain-nya yang oke punya, harga kaos dari Callme juga lumayan terjangkau sama kocek kamu. Untuk satu kaos dipatok harga 70.000 perak, dengan 4 varian warna, kalo warnanya nambah tinggal tambah 5.000 perak per warna, murah kan! (tvn) Nah, buat kamu yang minat bikin kaos di Callme, caranya gampang tinggal liat koleksi-koleksi kaosnya di akun facebook Callme cloth atau hubungi bagian marketing and product management Callme di 021-93927548 atau 085711877866.

Pengen Gaya Lo Beda?? Pake dunk sepatu lukis…. Lebaran sebentar lagi, uda nyiapin busana paling oke buat Lebaran belum?? Buat kamu yang masih bingung mau pakai padanan apa saat lagi berkunjung ke rumah sodara ato teman, Tamu punya info keren yang bisa bikin gaya kamu makin maksimal. Pernah ga sih kamu ketemu temen ato sodara diacara yang di tunggu-tunggu seperti Lebaran tapi kamu pakai barang yang sama? Wah jangan sampai, kamu bisa-bisa di cap hobi pakai barang pasaran. Biar ga ketemu orang yang bakalan pakai barang yang sama dengan kita, kamu kudu ngecek website yang satu ini www.sepatulukis. com. Sepatu lukis disediakan untuk mengakomodasi kebutuhan anak-anak muda jaman sekarang yang semakin kreatif dan suka tampil beda. Kamu boleh pesan sepatu dengan berbagai macam model yang ditawarkan dengan gambar sesuai dengan yang kamu mau atau kamu boleh pesan corak gambar yang sudah ada. Model yang disediakan ga cuma buat kaum hawa yang haus style

tetapi juga buat cowo-cowo yang punya moto “dare to be diffrent”. Buat cewe yang senang dengan gaya feminim disediakan model sepatu angkle boots wedges maupun flat angkle boots. Buat kamu yang suka dengan gaya sporty, ada sepatu vans ataupun converse bertali yang cocok buat cewe maupun cowo. Harga sepatu lukis juga cukup aman buat kantong anak muda yaitu berkisar antara Rp 120.000 s/d Rp 300.000, cukup worth it untuk bikin kamu semakin pede di acara keluarga atau sekedar hang out bareng teman. Selain sepatu, disediakan juga kaos dan tas yang juga bisa kamu desain sendiri gambarnya. So, tunggu apa lagi? Pamerkan ide-ide kreatif kamu melalui sepatu lukis ini. Kamu bisa bangga mengenakan sepatu lukis ala kamu yang cuma ada satu-satunya di dunia. Dijamin ga bakal ada lagi deh yang namanya ketemu orang yang pake sepatu yg sama di luar sana. Don’t miss it!! Ayo bikin acara Lebaran kamu makin gaya. (agn)

Tas Merk G-SHOP Harga : Rp. 112.000 website : www.distroblo-on.com

ribadi

: dok.p

to fotofo

EtaLASE

CASIO G-SHOCK DW9052-1vdr 1659 (original) Rp. 700.000 hub : 085695531394 / 021-90447829

sepatu futsal nike MERCURIAL VICTORY IC CACTUS Rp 660.000 CONTACT 08811122991 (manfutsal)

fotofoto: dok.pribadi

CELANA FUTSAL NIKE (original) Rp. 100.000 HUB: 0817 467 567 (SMS ONLY)


14

edisi VIII/09 /2010

g

in k s A

k. Gw punya cowo yg bisa Duhhhhh…., tolongin gw dun dia masalahnya! Karena dia dibilang “ganteng” lah.. Itu ya lah makanya dia selalu pun punya muka “ganteng” itu nya org itu i, dah itu cowo gw segudaaang fans disana sin yg suka geer & menyalah cw yak baikk banget, nah ban ?? artikan.. what should i do? (Ayu, Jakarta)

l E . s M

i memilik sedang men, g n a y l te men aik soa men-te Buat te lias masalah b onyok ato b a , z problem olah, gebetan dari , Ms El ek pacar, s Siapa tahu nih amu bisa kirim n. !k pelajara MU bisa bantu 395136 atau A 8 T 1 i 7 s 5 k 8 a red ke 0 rhatan om. Cu n kamu i curhata tamu@gmail.c pilkan di edis m id ta lo i b m ta a ke an k rpilih ak yang te kutnya… ri e TAMU b

o “ganteng”. Pastinya banyak Itu lah Yu… resiko punya cow khawatir, you just have to put yang suka, he3x… Tapi jangan o u sendiri yang bilang kalo cow 1000% faith to him. Kan kam i aga seb ap ya pasti Cuma diangg kamu itu baik kan? Smuan hnya u dan emang ngak ada sala kam teman biasa buat cowo buu bar an dan menambah tem untuk membuka pergaulan tus sta kalo u e-cewe itu juga tah kan? Apalagi TAMU rasa, cew a sam n ena tem o kamu aja yang kamu. Jadi jangan Cuma cow tei jad uk unt gan ketinggalan cewe-cewe itu, kamu juga jan men mereka juga.

Langsung to the point aja yak… Sek arang gw baru naek kelas 3, dan jujur gw ada perasaan suka sama temen sekelas gw dan kayaknya dia juga pun ya perasaan yang sama.. tapi, nyokap selalu bilang kalo gw masih kecil dan belum pantes pacaran. Dan bahwa prioritas gw sekarang adalah bela jar. (Rizky, Jakarta)

alah skul. Jujur gw nya ngatasin mas Gimana sich cara lajaran, apalagi beberapa mata pe rada alergi sama seneng banget hal waktu SMP gw matematika. Pada … Tolongin gw yak… sama pelajaran itu (Indra, Jakarta)

Hai… Rizky, sebenernya apa yang dihendaki oleh orang tua kamu itu baik adanya. Mengingat kamu seka rang kelas 3 SMU dan sebentar lagi akan Ujian Nasional. Hmm.. dari yang TAMU baca (maaf kao salah yak) kamu sendiri juga masih belum yain sama perasaan temen kamu juga . Menurut TAMU sich, ngak ada sala hnya Rizky kalau kalian temenan aja dulu. Toh yang namanya pacaran itu juga kan butuh waktu untuk pen jajakan… jadi manfaatkanlah ini untu k saling mengenal satu sama lain . Kalo cocok, terus jadian, kan kamu ting gal bilang nyokap bahwa hubung an ini baik dan pastinya ngak akan men gganggu waktu belajar kamu mal ah bisa buat kamu tambah semang at belajar!

yaknya, karena rlu ke dokter tuh ka Alergi??? Aduh pe n raport di aya buat penilaia bisa sangat berbah mu terhadap 3x. “Ketakutan” ka kemudian hari he n karean in lebih disebabka matematika mungk hwa Matematika u buat sendiri, ba sugesti yang kam tuk mengatasi cara termudah un SMA itu sulit. So, anamkan pealah dengan men alergi tersebut ad hal yang menarik atematika adalah mikiran bahwa M gan ketakutan jari. Jadi kamu jan dan mudah dipela duluan yak!

Nasib Lo bulan ini Virgo

(22 Agustus-22 September) Jangan terlalu terbawa suasana. Jangan mudah puas diri akan keberhasilan yang sudah kamu raih kemarin. Ingat, bulan ini munkin tidak akan semudah bulan kemarin. Jadi, tetap fokus dan bijak dalam mengambil setiap keputusan.

LEO

(22 Juli-21 Agustus)

kamu Jangan diam saja, na harus pro aktif karea ng ya atu su segala se n damkamu harapkan da ting da an ak ak bakan tid rus sendirinya. Kamu ha atap nd me tuk un bekerja kannya. Kesehatan: ak Harus banyak-bany istirahat. Keuangan: ntar Kalo ngak ditabung, … loh is ab duitnya Asmara: “Mau Tanya sama si dia, bundibawa kemana hu ” a? gan kit

Kesehatan: Harus ngurusin berat badan sedikit lagi. Keuangan: Kayaknya bakal coba untuk investasi keci-kecilan Asmara: Kalo jodoh ngak akan lari kemanaman

Libra

(23 September-21 Oktober) Siap-siap untuk mendapatkan banyak teman baru bulan ini. Kesehatan: Sehat bugar! Keuangan: Rejeki yang diharapkan masih harus dinanti dengan penuh kesabaran. Asmara: Tetap buka hatimu, untuk masuknya cinta yang lain

Scorpio

(22 Oktober-20 November) Jangan pernah tajuk untuk mengambil resiko karena akan banyak sekali peluang baik yang kamu dapatkan bila kamu mau mencoba.

Kesehatan: Hindari makanan terlalu asam. Keuangan: Keuangan bulan ini stabil kayaknya. Asmara: Berbunga - bunga

Sagitarius

(21 November-22 Desember) Salut buat siap optimis dan positif yang kamu punya. Jangan lupa untuk selalu membuka diri terhadap setiap perubahan dan ide baru yang muncul. Kesehatan: Jangan marah-marah terus Keuangan: Lebih besar pasak daripada tiang Asmara: Tidak pernah ada kata terlambat untuk meminta maaf sama si dia.

Capricorn

(23 Desember-21 Januari) Coba dengarkan saran sobat baik kamu tentang masalah yang sang kamu hadapi sekarang. Siapa tahu ada jalan keluar yang baik untuk semua pihak. Kamu perlu melihat dan membuka diri terhadap semua masukan dan kritik yang ada dan dibawa santai aja semuanya. Kesehatan: Ada yang lagi darah tinggi keliatannya nih, ati2 jangan kebanyakan makan kambing yak.. ;-) Keuangan: Sepertinya kamu harus ikat pinggang deh Asmara:

Jangan berantem mulu… Gencatan senjata lah..

Aquarius

(22 Januari-21 Februari) Kamu adalah sang pejuang tanguh! So, hadapilah semua masalah yang ada dengan berani. Mungkin semuanya keliatan sangat sulit, akan tetapi kita harus selalu siap dengan segala macam perubahan yang terjadi di sekeliling kita. Percaya deh, jika kamu bisa menyikapinya secara bijak semua akan berlalu dengan baik. Kesehatan: Badan fit banget! Keuangan: kayaknya bakalan ada penghasilan tambahan yang lumayan nich… Asmara: Jangan malu-malu, langsung ngomong aja ke doi.

Pisces

(22 Februari-22 Maret)

Sebenarnya kamu sudah merasa bosan dengan hidup dan keseharian kamu yang kesannya monoton banget. So, kenapa ngak coba untuk me refresh diri kamu biar tambah semangat. Buat gampangnya, gimana kalo kamu coba melakukan beberapa perubahan kecil dalam rutinitas kamu. Dijamin, semuanya bakal pasti ngak bakal monoton lagi. Selamat mencoba! Kesehatan: berat badan rada naik dikit nih kayaknya. Keuangan: Stabil, aman dan terkendali

Asmara: kayaknya ada yang lagi ditaksir nih…

Aries

(23 Maret-20 April) Ayo bangkitkan semangat. Persiapkan diri kamu untuk proyek baru yang sangat menantang di depan sana. Emang sih, kesannya ribet karena harus belajar dan mencoba lagi dari awal. Tapi percaya deh, kamu bakal nemuin banyak banget pengalaman baru karenannya Kesehatan: Harus banyak meluangkan waktu untuk bersenang-senang Keuangan: Ada yang bakal dapat rejeki dadakan nih! Asmara: Jangan terlalu percaya sama si dia..

Taurus

(21 April-21 Mei) Kesuksesan sepertinya akan mendekati kamu bulan ini. Segala kepahitan dan kesusahan yang kamu alami akan berbuah baik. Itu semua tentunya terjadi karena kamu bisa tegar dan mengambil hikmah dari apa yang terjadi. So take your time and enjoy life! Kesehatan: Rada masuk angin dikit.. Keuangan: Kayaknya ada yang lagi defisit ih! Asmara: Percaya deh, penantian kamu selama ini akan berbuah baik

Gemini

(22 Mei-21 Juni) Nampanya segalanya berjalan baik untuk kamu di bulan ini. Prestasi di sekolah mengalami peningkatan yang signifikan tuh! Sikap kamu yang luwes juga membuat kamu memiliki banyak banget temanteman baru. Keep up the good work yak! Kesehatan: Kudu rekreasi buat ngedurin syaraf-syaraf yang tegang tuh Keuangan: Sekali-kali emang perlu ambil tabungan buat jalan-jalan sama teman-teman Asmara: Lancar-lancar aja

Cancer

(22 Juni-21 Juli)

Jangan terlalu ngoyo.. Pecaya deh kamu sudah mengalami banyak pencapaian yang berarti sejauh ini dan itu sangat baik tentu! Jadi kadangkadang, kamu harus menyediakan waktu untuk diri kamu sendiri. Jadi sudah saatnya duduk manis dan menikmati tuaian dari hasil kerja keras yang sudah kamu tanam selama ini. Kesehatan: Kayak perlu di recharge nih tenaganya. Keuangan: Aman terkendali Asmara: Siap-siap untuk mendapatkan kejutan dari si dai.


LOE , temen loe ato tetangga loe ada merasa mirip artis, kirimin fotonya ke tabloidtamu@gmail.com, subject : mirip artis! Siapa tau ada produser film yang liat ya gak? (jangan lupa nama dan sekolah serta no telp ... thanx breww... :))

15

edisi VIII/09/2010

miripartis! CEPI, SMAN 19 GARUT

seagate

Pengirim : Khaerani Siti SMA Alfalah Kls 12 IPA

Kalo loe bisa bikin cerita lucu, komik, gambar, grafis, karikatur, puisi, cerita pendek ato menu masakan dan mau diliat banyak orang, kirimin itu semua ke tabloidtamu@gmail com subject: gue banget! (Jangan lupa nama loe, nama sekolah loe dan no hape loe.. okay!!

Mengingatmu

“SULITNYA DI CINTAI”

Pasien Selingkuh dengan Dokter Gigi

Aku terpaku di sudut jalan Memandang ke atas langit Beberapa awan melukiskan namamu Aku pun tersenyum Sambil mengingat semua kenangan tentangmu Mata terpejam Kurasakan tiupan angin membelai wajahku Dan... Setiap aku mengingatmu Hal itu terulang lagi....

Janganlah kamu memaksakan seseorang untuk mencintai dirimu, sebab dalam cinta tak ada pemaksaan, mungkin aq bukan orang yang tepat untuk kamu cintai, mungkin juga salah telah buat kamu kecewa, dengan kata berpisah mungkin ini jalan terbaik, sebab rasa cinta ku padamu telah hilang,karna aq relakan aq pergi dari hidupmu,dan lupakan semua kisah yang kita lewati bersama, karena kiita di takdirkan bukan untuk bersama....

Seorang pasien wanita jatuh cinta dengan dokter giginya sampai mereka seakan tidak dapat dipisahkan lagi. Dokter : “Sayang, sudah saatnya kita mulai untuk tidak usah bertemu lagi, karena suatu saat kemungkinan hubungan kita akan terbongkar oleh suami kamu bila kita begini terus...” Pasien : “Tenang sayang, suamiku itu bodoh. Buktinya udah 6 bulan ini dia tidak pernah curiga kalau aku sering alasan pergi ke dokter gigi.” Dokter : “Iya sayang, tapi sekarang gigimu tinggal satu...”

By: Febriani Mega

By: Harry Rahmat

By: Furry SMAN 85

Galeri

Furry SMAN 85

Trivia

2

1

Kaos Instan (mirip mie instan)

Jepang memang terkenal sebagai gudang nya teknologi. Tidak lama ini, Jepang menciptakan kaos instan dengan teknologi mie instan (lho, kok kayak mi instan?). Kaos instan ini prinsipnya memang sama seperti mi instan lho. Kaos ini aslinya berukuran sangat mini, tetapi begitu direndam di air, ukuran nya akan menjadi normal. Cocok sekali untuk dibawa berpergian, jadi tidak perlu lagi bawa-bawa tas besar. (Sumber: www.melonproperty.com)

Rio Mukti SMK 6

5 3

4


16

edisi VIII/09 /2010

What

MY GRANDMA’s CHOICE (M.G.C)

op Hot T

“Terispirasi dari Nenek (Janda) Seberang Rumah” dan kadang-kadang suka tuh saling tunjuk-tunjukan ie, ind sik mu ad jag reka jawabannya.. ckckck Meski malang melintang di di buat banyolan sama me akrab ilan ngg (pa .C celaan. Contohnya ne kaya M.G an il bah son i adaaaa aja yang jad tapi semangat para per an ark leb me to alias Widdy mirip dan kiprah yang bilang, kalo si Widiyan ris Har si mereka-red) untuk terus ber ! erz Sob , pol bawa acara Wara Wiri di ut diacungi jem sama si Komeng, itu tuh pem sayap di dunia entertaint pat n aha pec n aka rup me swasta.. Kontan anak-anak lnya salah satu stasiun televisi Pasalnya, band ini pada awa rah lebih kip ber a lam h muka Widdy yang emank uda g liat yan nge n M.G.C pada ketawa dari tiga band sekawa D. BAN IK BAT k tersebut. Kebayangkan R dan sekilas mirip sama pelawa dulu yaitu FAT ASS, STICKE pemuda 3 5, 200 i Jun a dalam urusan cengl rek awa me a nya pad Hingga akhirnya seberapa kompak rik” ent “ny ikit sed k i aga cengan... nan sopan, lumayan lugu tap narik dari band 4 ), Harris pada drum (STICK Selain itu, ada lagi yang me yaitu Dede pada gitar (BATIK kan tus mu me ) i logo band mereka, ASS T at s (FA n ini, Soberz! Kalo dili dar awa sek ER) dan Widdy Joe pada bas a rek me lik lebih jauh ne.. Hmmm i dan kecintaan kayanya ada yang harus diu untuk menyatukan visi, mis me d ban uah seb uk t, kenapa yah kok merent mb perhatiin deh logo tersebu a cob dalam bermusik, dengan me a pad ! Ben a nenek dibandingin sama ENCE.. Akhirny eka memilih gambar neneklodic dengan nama awal SCI kan tus mu me ) ASS T (FA mungkin foto mereka untuk sky gambar cewek seksi atau awal tahun 2007, Adie Sam menetraliuk unt d ksu da tanya gede....) ma (tan ber ! ??! dan dijadiin logo M.G.C.. untuk ikut bergabung an gah ten per a apa sampe akhirnya pad al, dan ada kisah lucunya ne, ken di “Ja sirkan kerancuan pada voc MY di nja me logo itu. Awal mulanya, lusi namanya kita semua milih nama dan tahun 2007, SCIENCE berevo an si Widdy yang se). ini terinspirasi dari pengalam e (sambil ngelirik a nam GRANDMA’s CHOICE (M.G.C ana kes manggung in...heheh M.G.C terbilang udah sering lalu digodain bahkan dileceh si ke pensi lainnya, si Widdy tuh bersebranah pen u rum sat i i jad ! Dar ! k..! erz den Sob , ga , loh dy) Wid kemari pat tem u ek yang lumayan centil dan bahkan dari sat gan sama rumah nenek-nen dari satu cafe ke cafe lainny, a rek Me k! nenek itulah yang den ga aha .. hah cis... Tapi walaupun begitu, nar ikit sed hajatan ke hajatan lainnya ran ela pag mengganti nama SCIENCE ra di pembukaan mengispirasikan kita untuk sering diminta tuk ngisi aca on ar iost Rad & (M.G.C). Soalnya suara w Flo g nin di MY GRANDMA’s CHOICE nja me musik, contohnya kaya Ope IS UN um Huk s us hehehe..” ungkap Adie ion di Fakulta nenek itu juga lumayan bag Launching Grace Comunicat OAUT CK BLA a er garis-garis dengan sam ng turi ng itu mengenakan sweath sia g yan Tangerang, terus pernah fea ar bes 10 nah juga masuk jeansnya.. MODIFY DJARUM BLACK, per nenek seberang rumah ONESIA dan maaaaasih IND E LOV E ON l tiva Fes Oalaaaahh,, jadi gara- gara di acara t ngeganti nama band toh, mereka jadi punya nia banyak lainnya deh, Ben! an alir lah ada juga tuh idenya,unik. ng usu a toh.. ckckck.. tapi boleh rek Aliran musik yang mereka me ! ...? erz Sob si tersebut bias ngebuat Punk Love yah Semoga aja dengan inspira musik Punk Love. Kenapa ua sem sia one Ind di and ng banyak, bukan karena “Soalnya buat kita, band-b mereka makin dikenal ora a da biasa any kay k, Roc karya-karya mereka yang k na Pun kar i sik tap mu nenek-neneknya, rata-rata beraliran g yan k pun sik si bagi yang lainnya.. mu ih mil ins me didengar dan menjadi pira k ena banget tuh, jadi kita semua kap ung .A” N.T love alias C.I. amin… cadaz tapi tetap bernuansa siknya My Grandma’s ah oriental dengan muka waj ber g yan ris gita g san Mau denger kaya apa sih mu Dede, Choice??? penuh keseriusan.. m/mygrandmkompak banget loh kalo Mampir ke www.myspace.co Tau ga, Soberz! mereka ne anwaw nge AK! FRE tu wak a tiny dy) Buk aschoicemgc (rin soal ceng-cengan.. aah..!! gokilz abis deh.. carain mereka aja, sumpaa a rek me n, yaa ngajuin per tan Bayangin aja, tiap FREAK!

Permintaan Aneh Artis sebelum Manggung... Weeww! 01.Britney Spears Paling repot surepot nehh breww... Doi minta minta saluran telepon pribadi di ruang ganti hanya untuk panggilan keluar. Udah gitu harus ada Pop Tarts, Froot Loop sereal, Televisi Kabel, dua sofa enam kaki. Gax masalah lah kalo yang kaya gitu alias masih wajar, tapi kalo saluran pribadi/telpon..? Ga mau keluar pulsa kayanya nih artis.. hahaa..:)))

02. Van Halen Band yang satu ini selalu minta coklat M&Ms dengan coklat yang dihapus.. Nah loee?, katanya sih untuk alasan yang baik.. xixixi :))) knapa coklatnya kudu dihapus yaa..??

03.Amy Winehouse Artis asal Inggris ini dah dipandang ancurancuran ma publik. Sebenernya doi orang yang ga banyak mau kalo di belakang panggung, tapi ia suka berlama-lama ga jelas sehingga para kru suka dibuat pusing sendiri. Nahh Mangkanya jadi artis jangan jadi kru kalo gak mau pusing.. heheee :)))

05. Mariah Carey 04. Montley Crue Simple untuk band yang satu ini, kalo manggung cuma butuh mayones, Grey Poupon Dijon mustard, dan krim selai kacang dan jangan lupa tolong disiapin senapan mesin dan minuman keras lokall.. wewww.. apanya yang simplee ?? :(

Waktu ke Indonesia gosipnya doi minta 1000 bunga mawar. Waktu dibelakang panggung harus ada permen karet dan minta disiapin binatang lucu kaya kelinci, anak anjing ato anak kucing.. untuk bukan anak kingkong.. bisaa rempongg yaa cinnn... :)))


Tabloid Tamu Edisi VIII September 2010