Page 1


02

MENJARING BUKU DIGITAL

MENJARING BUKU DIGITAL √(gratis) DI DUNIA MAYA Syukri M Nur

B

erbekal pengalaman mengumpulkan bahan penulisan tentang energi terbarukan (renewable energy) bulan Desember 2013 lalu, penulis juga sempat mencari pustaka digital di berbagai laman di internet. Maklumlah, untuk mengetahui posisi terakhir perkembangan ilmu energi ini, penulis memerlukan banyak informasi, waktu, pikiran dan tenaga. Kendati keempat hal tersebut tersedia, namun apa daya pundipundi keuangan masih “kering� untuk dapat membeli buku digital di toko resmi seperti di Amazon (www.amazon.com). Ternyata kantung kering ini tidak menghalangi kita dalam mengumpulkan buku digital asalkan rajin, tekun, dan sabar mencarinya satu demi satu laman yang menyediakan fasilitas unduh buku secara gratis. Dalam penelusuran ini, penulis juga mengasumsikan anda memahami bahasa Inggris kendati pasif supaya lancar menjaring buku digital. Ada lima langkah yang harus dilalu untuk mendapatkan buku secara gratis di dunia maya, yaitu: 1.

Tentukan tema kebutuhan buku digital anda. Berbekal pengalaman penulis, tema yang yang bisa dicantumkan adalah renewable energy.

2.

Tentukan kata-kata kunci yang menjadi bagian dari tema.

Tema

Kata Kunci Utama

Kata Kunci Tambahan

Renewable energy Wind Technology, conversion, policy (kebijakan), energy Marine Wave Geothermal Biomass Solar


03

MENJARING BUKU DIGITAL

Kata kunci ini saling dikombinasikan untuk mendapatkan kata kunci baru. Contoh, biomass conversion, energy policy on biomass, dan sebagainya. Kata kata kunci tersebut dapat anda temukan berdasarkan pengalaman sendiri. 3.

Manfaatkan mesin pencari Manfaatkan mesin pencari (search engines) seperti yahoo.com atau google books atau di laman https://play.google.com/store/books untuk melihat sekilas buku digital yang diharapkan. Lihat dari pengantar dan daftar isi.

Penulis memberikan penilaian 10 laman ini. Kriteria penentuan jumlah bintang (*) dalam skala 1-5 berdasarkan pada ketersediaan buku digital, waktu unduh, kemudahan dalam proses pengunduhan, tidak pop up iklan (jendela informasi baru yang menampilkan iklan), dan gratis.

4.

Telusuri 10 Laman Coba telusuri di 10 laman berikut ini yang menyediakan buku digital dan dapat diunduh dalam format pdf, mobi ataupun epub.

5.

Manfaatkan program gratis CALIBRE untuk kelola buku digital anda. Program dapat diunduh di www.calibre.com. Selamat Mencoba.


04

MENJARING BUKU DIGITAL


05

MENJARING BUKU DIGITAL

M. Syukri Nur, lahir di Pare-Pare, 24 September 1966.  Ia menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Samarinda. Lulus SMA Negeri 1 Samarinda pada tahun 1986 dan pada tahun yang sama di terima di Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui undangan PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan) oleh Rektor IPB Prof. Dr. Ir. H. Andi Hakim Nasution karena menjadi juara I Lomba Karya Ilmiah Remaja LIPI Bidang Humaniora di tahun 1986.  Lulus dari program studi Agrometeorologi, IPB tahun 1991, kemudian bekerja di LKBN Antara Biro Samarinda sebagai wartawan selama dua tahun. Akhir September 1993 melanjutkan S2 dan S3 hingga tahun 2003 di IPB dengan pengalaman studi di musim panas, kegiatan penelitian dan pembentukan jaringan akademik di Swiss, Perancis, Jerman, Jepang, dan Austria. Penelitian tentang model perubahan iklim global di Institut Bioklimatologie, Universitas Geottingen, Jerman selama 2 tahun lebih atas sponsor DAAD dan Proyek STORMA.

Alamat Lengkap: Jl. Malabar Ujung No. 27 RT 04/03, Tegalmanggah, Bogor 16144 Telp & FAX : 0251-835715,

Penghargaan yang pernah diperoleh  LIPI – UNESCO untuk PIAGAM MAB (Man and Biosphere) tahun 2003 dan sejumlah beasiswa dari START Amerika Serikat, DAAD Jerman, Yayasan Super Semar, Republika dan ICMI, serta KOMPAS selama menempuh pendidikan di IPB. Penulis pernah tercatat sebagai staf dosen di STIPER Kabupaten Kutai Timur dan Peneliti bidang Agroindustri dan Teknologi Informasi di PT. VISIDATA RISET INDONESIA, serta tahun 2006-2009 menjadi staf Ahli Bupati Kutai Timur bidang pengembangan Agribisnis dan Agroindustri.

HP: 0811580150

Pada tahun 2011-2012, menjadi Wakil Ketua Tim Likuidator PT. Kutai Timur Energi dan pernah menjabat sebagai Direktur HR&GA PT. Kutai Timur Energi. Saat ini menjadi Direktur di PT. Kutai Mitra Energi Baru.

Email : syukrimnur@gmail.com

Minat penulis adalah penelitian dan penulisan ilmiah untuk bidang kajian pertanian, teknologi informasi dan lingkungan hidup, serta energi baru dan terbarukan.


Menjaring Buku (Gratis) Digital  

Info singkat bagaimana dan dimana mendapatkan buku bermutu namun gratis di dunia maya. Selamat membaca.

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you