Page 1

Siti Syaila 471 1010 01 2


ďƒ  Tujuan dari komputer forensik adalah untuk mengetahui bahkan tahu betul kejelasan atau kebenaran di dalam dunia informatika(komputer) dengan kemajuan zaman yang siapa saja dapat memanipulasi sumber.


ďƒ Tahapan dalam komputer forensik: - Pengumpulan data Pengumpulan data bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai sumber daya yang dianggap penting dan bagaimana semua data dapat terhimpun dengan baik. - Pengujian Pengujian mencakup proses penilaian dan meng-ekstrak berbagai informasi yang relevan dari semua data yang dikumpulkan. Tahap ini juga mencakup bypassing proses atau meminimalisasi berbagai featureÂŹ sistem operasi dan aplikasi yang dapat menghilangkan data, seperti kompresi, enkripsi, dan akses mekanisme kontrol. Cakupan lainnya adalah mengalokasi file, mengekstrak file, pemeriksanan meta data, dan lain sebagainya.


- Analisis Analisis dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan sejumlah metode. Untuk memberikan kesimpulan yang berkualitas harus didasarkan pada ketersediaan sejumlah data atau bahkan sebaliknya, dengan menyimpulkan bahwa “tidak ada kesimpulan”. Hal tersebut sangat dimungkinankan. Tugas analisis ini mencakup berbagai kegiatan, seperti identifikasi user atau orang di luar pengguna yang terlibat secara tidak langsung, lokasi, perangkat, kejadiaan, dan mempertimbangkan bagaimana semua komponen tersebut saling terhubung hingga mendapat kesimpulan akhir. - Dokumentasi dan laporan Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil dokumentasi dan laporan, seperti: 

Alternative Explanations (Penjelasan Alternatif)

Audienc Consideration (Pertimbangan Penilik)

Actionable Information

Standarisasi Komputer Forensik

Informasi esensial pada registry


Kasus forensik Menurut saya, foto diupload ini tidak asli, kelihatannya sudah diedit karena pencahayaan diluar tidak sama dengan pencahayaan di Aliranya. Karena orang yang mengambil foto ini tidak membalikkan cahaya seharusnya foto objeknya pun ikut terang juga. Dan juga tampak terlihat diedit pada potongan foto Aliranya seperti hanya ditempel pada suatu aplikasi, terlihat di lekukan fotonya.


Siti Syaila-Komputer Forensic  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you