Issuu on Google+

JUMAT 13 JANUARI 2017 NOMOR 3149 TAHUN XI

Harga: Rp.3000,Luar Kota + Ongkos Kirim

HARGA Langganan: Rp. 50.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) NO REK: 001 01.52.000663-1 Bank Sulut a/n PT. Sulut Lestaripress ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071

Berpikir dan berbuat

INTERNASIONAL Adik Kim Jong Un masuk daftar hitam HAM di AS

Habib Rizieq tak akui ucapannya Diperiksa selama 6,5 jam, sebut video sudah direkayasa

KIM Jong Un

KEMENTERIAN Keuangan Amerika Serikat memasukkan nama Kim Yo Jong, adik perempuan dari pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un, ke dalam daftar hitam akibat pelanggaran hak asasi manusia di negara terisolasi tersebut. Kim Yo Jong merupakan Wakil Direktur Departemen Agitasi dan Propaganda Korea dari partai berkuasa di Korut. Ia dimasukkan ke dalam daftar hitam bersama enam pejabat negara Korut lainnya, termasuk Menteri Keamanan Negara, Kim Won Hong. Menurut Departemen Kontrol Aset Asing (OFAC) Kemenkeu AS, Kim Won Hong “terlibat dalam penyiksaan dan perilaku tidak manusiawi terhadap tahanan saat proses interogasi dan kamp-kamp tahanan politik di jaringan negara itu.” Selain Kim Yo Jong dan Kim Won Hong, di dalam daftar tersebut juga terdapat lima pejabat Korut lainnya yang berasal dari berbagai instansi, mulai dari Partai Pekerja Korut, Kementerian Ketenagakerjaan, hingga Komisi Perencanaan Negara. “Rezim Korea Utara tak hanya terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia, tapi juga penerapan kebijakan sensor yang sangat keras dan merahasiakan penindasan serta perilaku mereka yang tak manusiawi,” demikian kutipan pernyataan OFAC, sebagaimana dilansir Reuters, Rabu (11/1) lalu. Daftar hitam ini dirilis tak lama setelah Kementerian Luar Negeri AS melansir laporan mengenai pelanggaran sensor dan HAM di Korut. Menurut Kemlu AS, pelanggaran ini merupakan salah satu yang paling buruk di dunia.

Bandung—Selama 6,5 jam Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab diperiksa penyidik Dit Reskrimum Polda Jabar. Selama itu pula Rizieq dijejali 22 pertanyaan seputar penodaan lambang negara. Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan mengatakan, pemeriksaan dilakukan selama 6,5 jam dari pukul 09.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB, dan sebanyak 22 pertanyaan dilontarkan kepada Habib Rizieq. “Yang bersangkutan disangkakan pasal 310, dan 154 KUHP tentang penodaan lambang negara,” katanya.

IMAM Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab

Selama pemeriksaan yang bersangkutan tidak kooperatif dan tidak mengakui ucapannya. Bahkan video yang diperlihatkan sebagai barang

bukti dianggapnya sebagai video editan dan sudah direkayasa. Baca: Habib ( Halaman 2 )

Baca: Adik ( Halaman 2 )

SELEBRITI

POLISI berupaya menghalau mahasiswa yang mencoba mendekat ke depan Istana Negara saat menggelar unjuk rasa aksi bela rakyat 121 di sekitar istana negara, Jakarta Pusat, Kamis (12/1) kemarin. Aksi Bela Rakyat 121 ini digelar serentak di 19 titik di Indonesia. Mahasiswa menuntut pencabutan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang kenaikan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang berlaku pada Kepolisian Republik Indonesia dan menolak kenaikan tarif listrik golongan 900 VA serta memprotes kenai.(foto: komc)

PPN ROKOK NAIK

PREDIKSI 2017: MINAHASA

Mengandalkan sektor pariwisata CITA-cita Bangsa Indonesia untuk mensejahterakan warga masyarakatnya yang berada di kabupaten/kota, terus mendapat perhatian dari pemerintah pusat. Dimana dalam pembangunan tersebut dapat dirumuskan sebagai kebijakan Oleh: ekonomi demi unErwien Bojoh tuk mewujudkan keberhasilan. Adapun program dan bantuan dari pusat ke daerah-daerah telah disiapkan melalui anggaran yang ada dan telah disalurkan, seperti Dana Desa (Dandes) dan bantuan lainnya. Bentuk perhatian pemerintah pusat ini, dalam meningkatkan pembangunan di semua daerah turut dirasakan warga, termasuk masyarakat yang ada di tanah Toar Lumimuut ini. Hal ini tak lepas juga dari perhatian Pemprov Sulut karena Pemkab Minahasa merupakan salah satu daerah dibawah naungan Pemprov. Dari segi pembangunan dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) bersama Ivan Sarundajang (IvanSa) ini, sudah banyak perubahan sebab masyarakatnya sudah melihat dan merasakan. Misalnya jalan umum dan jembatan telah diperbaiki, bahkan dipelosok desa juga peningkatan dan pengembangan pembangunannya sudah mulai nampak, sehingga kesejahteraan masyarakat dirasakan. Dari kemajuan pembangunan yang sedang berkembang di Minahasa ini membuat bangga seluruh masyarakatnya, akan tetapi jika tidak ditunjang sektor pariwisata dipastikan kemajuan daerah tak dikenal masyarakat luar, oleh karenanya pembangunan pariwisata juga justru patut mendapatkan perhatian. Memang di Minahasa potensi tempat wisata sangat banyak, namun belum semuanya tersentuh. Padahal di tahun 2017 ini Kabupaten Minahasa merupakan tahun kunjungan para tamu-tamu dari dalam dan luar daerah, karena tahun 2016 lalu Pemkab telah melaksanakan Lunching Visit Pesona Wisata Minahasa (VPWM) tahun 2017 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Baca: Mengandalkan ( Halaman 2 )

KEBIJAKAN

Negara kantongi Rp1,3 T Pemerintah redistribusi ASN Jakarta—Kementerian Keuangan menaikkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) atas Penyeraah Hasil Tembakau menjadi 9,1%. Sebelumnya PPN rokok ini dipatok 8,7%. Kepala Pusat Kebijakan Pendapatan Negara Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Goro Ekanto mengatakan, dari naik-

nya pajak rokok tersebut negara mendapatkan Rp1,3 triliun. “Rp1,3 triliun itu kurang lebih, hitung-hitungan asumsi perkiraan produksi (rokok) tahun ini,” kata dia di Kemenkeu, Kamis (12/1/2017). Baca: Negara ( Halaman 2 )

Jakarta—Kebijakan redistribusi aparatur sipil negara (ASN) di sejumlah pemerintah provinsi sudah mulai berjalan. “Tahun ini sudah ada yang mulai diredistribusi,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur di Kompleks Istana

Presiden, Jakarta Kamis (12/1/ 2017). Meski demikian, redistribusi ASN itu baru dilaksanakan dari tingkat kota/kabupaten ke tingkat provinsi atau sebaliknya. “Jadi misalnya guru. Baca: Pemerintah ( Halaman 2 )

Serba-serbi Kota Jakarta

Palang Hitam, para pemburu mayat

INUL DARATISTA

Jadi Wartawan Kehormatan PENYANYI dangdut Inul Daratista belum lama ini menjadi perbincangan hangat di media sosial pasca mengunggah foto kartu identitas menjadi wartawan kehormatan pada salah satu media online di akun Instagramnya. Baca: Jadi ( Halaman 2 )

MALAM itu, ambulans meraungraung membelah kemacetan lalu lintas kota Jakarta. Di dalamnya, sang sopir, Ependi, bersama Satriya, Sherman, Adi Sucipto, menerima panggilan dari Polsek Sunda Kelapa untuk menjemput mayat yang ditemukan di permukiman padat dekat kawasan Pluit, Jakarta. MEREKA adalah jiwa-jiwa yang selalu menjadi garda terdepan tiap peristiwa yang menyangkut adanya orang-orang meninggal tanpa identitas dan tanpa keluarga di Ibu Kota Jakarta. Mereka disebut Palang Hitam karena mengurusi orang

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

meninggal tanpa identitas dan tanpa keluarga. Berbeda dengan Palang Merah yang mengurusi orang sakit atau yang bernyawa. Setiap waktu para anggota Palang Hitam harus siap bergerak saat ada panggilan temuan mayat atau seseorang tewas dalam sebuah peristiwa yang ditangani kepolisian. Selain itu mereka juga melayani pemulasaraan jenazah tanpa keluarga atau tanpa identitas dari panti sosial serta melayani pasien BPJS secara gratis. Sebanyak 48 orang petugas Palang Hitam yang bernaung di bawah Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, ini bukanlah pegawai negeri sipil, melainkan pegawai harian lepas atau PHL.(komc)

SETIAP waktu para anggota Palang Hitam harus siap ber-gerak saat ada panggilan temuan mayat atau seseorang tewas dalam sebuah peristiwa yang ditangani kepolisian.

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


SAMBUNGAN Adik ... Dari Halaman 1 Dalam laporan tersebut, Kemlu AS menyebut Korut masih terus melakukan pembunuhan tanpa proses hukum jelas, penghilangan manusia, kerja paksa, hingga penyiksaan parah. “Kebanyakan pelanggaran ini dilakukan di kamp-kamp penjara politik, di mana sekitar 80-120 ribu orang ditahan, termasuk anak-anak dan anggota keluarga korban penganiayaan dan sensor,” tulis Kemlu AS.(cnni)

Jadi ... Dari Halaman 1 Tak sedikit yang menilai bahwa foto yang diunggah tersebut merupakan editan belaka. Namun, pemilik goyang ngebor ini membenarkan bahwa dirinya memang terpilih menjadi wartawan kehormatan. “Wartawan kehormatan aja mbaaa,” ucap Inul kepada Okezone melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp. Wanita asal Surabaya ini pun melanjutkan bahwa ada beberapa penilaian yang dilakukan oleh media tersebut, sehingga pada akhirnya dirinya lah yang terpilih menyandang predikat itu. “Mungkin terpilihnya karena ada penilaian lainnya hingga dijadikan wartawan kehormatan,” tambahnya.(okez)

Mengandalkan ... Dari Halaman 1 Jadi di tahun ini semua lokasi pariwisata harus dikebut, supaya ketika ada wisatawan yang hendak menikmati keindahan alam Minahasa, tentunya sarana dan prasarana harus siap. Benteng Moraya dan Taman Kota God Bless Minahasa di lapangan Sam Ratulangi yang belum lama dibangun Pemkab Minahasa, itu baru beberapa objek wisata yang dibangun. Sebab daerah kita ini banyak lokasi wisata yang belum dikelola dengan baik seperti salah satu aset Minahasa yakni Danau Tondano, belum juga objek wisata di tiga kecamatan yakni Lembean dan Kakas serta Tombariri. Disitu terbentang pantai yang luas yang berpotensi untuk kawasan wisata. Bahkan goa peninggalan Jepang dan Belanda belum semua dibenahi, karena goa di Kawangkoan didalamnya ada terdapat 50 ruang kamar. Ke semua lokasi yang berpotensi untuk menarik para wisatawan ini, yang bakal datang ke Minahasa jika belum dibenahi, kesukseskan VPWM 2017 tidak bakalan terjadi. Sebelum dan sesudah Lunching VPWM 2017 ini, setiap kesempatan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) ini sering menyampaikan dalam sambutannya kepada seluruh pejabat maupun pegawai dan masayarakat, untuk dapat mensukseskan VPWM demi untuk Daerah kita tercinta ini. Hal ini dimaksud agar dikenal seluruh daerah di Indonesia bahkan negara luar sekalipun. Rencananya Pemkab ditahun ini akan membenahi kekurangan lokasi tempat wisata, karena target kita adalah aset Minahasa yakni Danau Tondano. Dimana disekitar Danau ini terdapat gulma Eceng Gondok, yang merusak pemandangan dan akan mendangkalkan aset kita ini. Olehnya, melengkapi perubahan di tanah Minahasa ini, bupati telah menyediakan alat berat pengeruk sekaligus pengangkut gulma tersebut di danau tersebut, disisi lain juga lokasi wisata yang ada akan menjadi perhatiannya juga. Pokoknya tahun berjalan ini, objek wisata yang berpotensi akan dirubah karena semua telah didata. Intinya untuk mensukseskan VPWM tahun 2017 untuk lokasi tempat wisata yang potensial, terus dikebut Pemkab Minahasa. Kalau pembangunan sudah maju masakan tak ditunjang pariwisatanya, bagaiman daerah kita dikenal masyarakat umum? Untuk itu, program Pemerintah yang telah direncakan sangat mengharapkan campur tangan dari masyarakat, agar membuahkan hasil yang maksimal dan sinergitas dari pemerintah dan masyarakatnya terus terjadi. Semoga sektor pariwisata di Minahasa dapat terselesaikan secepatnya, karena salah satu penunjang program pembangunan adalah tempat bersantai yang berkualitas dalam hal ini tempat wisata.(*)

Pemerintah ... Dari Halaman 1 Ada kekurangan guru di satu kabupaten ya tingkat provinsi yang kelebihan tinggal diredistribusi saja,” ujar Asman. ASN itu, lanjut Asman, tidak perlu mempersoalkan gaji atau honor. Sebab, standar gaji atau honor di seluruh kota atau kabupaten dalam satu provinsi itu sama. Saat ini, tim kementeriannya sudah memiliki peta ASN penjuru tanah air. Berdasarkan peta itu terdapat daerah yang belanja pegawainya menguras APBD sampai 50 persen. “Berdasarkan peta itu, jadi ketahuan, yang kurang mana, yang berlebih mana. Terutama pada daerah yang belanja pegawainya lebih dari 50 persen,” ujar Asman. Nantinya, ASN di daerah yang belanja pegawai menguras APBD akan didistribusikan ke daerah lain yang membutuhkan. Asman yakin kebijakan redistribusi tersebut akan menyebabkan kualitas pelayanan publik seIndonesia menjadi merata. “Insya Allah. Kami yakin. Apalagi nanti akan diperbaiki dengan sistem IT yang baik. Akan diikat dengan sistem itu,” ujar dia. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo ingin kualitas ASN seluruh Indonesia, merata. Oleh sebab itu, pemerintah akan segera menerapkan kebijakan redistribusi ASN. “Kami tidak ingin ada kesenjangan, ada ketimpangan, antara barat, tengah dan timur sehingga diperlukan redistribusi yang baik,” ujar Jokowi. Redistribusi itu juga termasuk menyebar ASN yang mempunyai rapor baik dalam sejumlah bidang ke penjuru Indonesia. “Misalnya, dari Papua dijadikan Camat di Semarang. Yang di Sumatera dijadikan camat di Sulawesi atau di Kalimantan,” ujar Jokowi. Jokowi mengakui, kualitas pelayanan publik di tanah air belum merata. Ada daerah yang pelayanan publiknya baik dan didukung sistem teknologi informasi yang baik pula serta ada yang belum. “Kalau sistemnya masuk, yang menjaga sistemnya masuk, pasti pelayanan akan lebih baik. Orientasinya ke sistem supaya e-government kita berubah total dalam pelayanan kepada publik, kepada rakyat,” ujar Jokowi.(komc)

JUMAT 13 JANUARI 2017

2

IPK

Tahun 2017, pemberantasan korupsi dalam birokrasi harus jadi prioritas Jakarta—Ketua Dewan Direktur The Habibie Center Soffian Effendi mengatakan memasuki tahun 2017 fenomena korupsi masih menjadi persoalan yang harus segera ditangani oleh pemerintah. Menurut Soffian, pemerintah akan sulit untuk mencapai target pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen jika Indeks Persepsi Korupsi (IPK) tidak mengalami perubahan yang signifikan. Soffian menjelaskan, umumnya investor enggan untuk berinvestasi di negara-negara dengan IPK di bawah

60. Sedangkan menurut catatan Bank Dunia dan Transparency International, IPK Indonesia berada di angka 109. “Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7 persen, pemerintah harus memperbaiki IPK. Semakin kecil angka IPK-nya, semakin bagus. Kalau tidak mampu, kita tidak akan dapatkan investasi,” ujar Soffian dalam diskusi publik “Catatan 2016 dan Harapan 2017” di kantor The Habibie Center, Kemang Selatan, Jakarta Selatan, Kamis (12/1/ 2017). Kasus korupsi di sektor birokrasi,

kata Soffian, harus menjadi perhatian utama pemberantasan korupsi. Terungkapnya praktik jual beli jabatan dalam kasus suap Bupati Klaten menjadi salah satu bukti sistem birokrasi di Indonesia sangat lemah. Soffian menyebut praktik jual beli jabatan terjadi di 34 provinsi dan 508 daerah selama puluhan tahun. Sebanyak 90 persen dari 29.113 jabatan diprediksi telah dilelang di pasar kerja. Dengan demikian, pengawasan sistem merit dalam manajemen SDM aparatur sipil negara harus

BELA NEGARA

BENCANA

Ini kata Menhan soal pencopotan Dandim Lebak Jakarta—Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu menjelaskan, pencopotan Komandan Kodim (Dandim) 0603 Lebak, Banten, Letkol Czi Ubaidillah bukan karena menyertakan anggota organisasi keagamaan dalam program bela negara, tetapi karena menyalahi prosedur. Ia menjelaskan, semestinya Ubaidillah terlebih dahulu melaporkan pada pimpinannya, seperti komandan resort militer, panglima daerah militer dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. “Kesalahannya dia tidak izin, harusnya dikasih tahu. Saya saja kalau mau pergi kemana-mana, ke Jawa Tengah saja izin presiden kok. Saya menteri, mau kemana, saya lapor mau pelaksanaan kegiatan ini saya lapor dulu. Jadi laporan dulu,” ujar Ryamizard di Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis (12/1/2017). Ryamizard juga mengaku terkejut mendengar kabar pelatihan bela negara yang digelar tersebut. Menurut dia, hal itu diluar prosedur yang

ditingkatkan. “Seharusnya pemerintah memperkuat sistem merit, memilih orang-orang yang berkompenten untuk sebuah jabatan, dinilai melalui tim panel secara obyektif,” ungkap dia. Selain itu, Soffian juga memaparkan, jika dihitung menggunakan harga jual beli jabatan di Pemda Klaten, diperkirakan jumlah uang mencapai Rp 35-40 triliun per tahun. Untuk menutupi biaya transaksi tersebut, potensi kerugian yang ditanggung negara dan masyarakat akibat penggelapan anggaran mencapai Rp 110,3 triliun.(komc)

RYAMIZARD Ryacudu.

berlaku, sehingga ada sanksi yang diberikan. “Itu ujug-ujug (tiba-tiba) bikin kegiatan, saya saja kaget. Itu enggak boleh,” kata dia. Ryamizard mengatakan, program Bela Negara merupakan hak dan kewajiban bagi seluruh warga negara, termasuk anggota ormas keagamaan. Sebab, menurut Ryamizard,sudah diatur dalam Pasal 27 ayat 1 UUD 1945 bahwa seluruh warga negara sama kedudukannya dalam hukum. Kemudian, lanjut dia, dalam pasal 30 ayat 1 juga disebutkan bahwa tiap-tiap warga negara

berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. “Bela negara kan ada undang-undangnya,” ujarnya. Sebelumnya, Kodam III/ Siliwangi mencopot Ubaidillah karena dinilai telah melakukan kesalahan yakni menyelenggarakan kegiatan bela negara dengan sebuah ormas keagamaan. “Bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilaksanakan oleh Kodam III/Siliwangi terhadap Dandim Lebak, ditemukan kesalahan prosedur yaitu Dandim tidak berlapor terlebih dahulu baik kepada Danrem maupun Pangdam III/Siliwangi sebelum menyelenggarakan kegiatan bela negara tersebut,” kata Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Kol Arh M Desi Arianto, dalam siaran persnya, di Bandung, Minggu (8/1/2017). Karena menyelenggarakan kegiatan tersebut, kata dia, maka Pangdam III Siliwangi memutuskan untuk memberikan sanksi kepada Dandim Lebak, Banten.(komc)

Hampir seharian banjir belum juga surut, warga mengeluh Malang—Banjir di Perumahan De Cluster Nirwana Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, hingga saat ini masih menggenang, Kamis (12/ 1/2017). Padahal, banjir yang diakibatkan oleh curah hujan itu terjadi pada Rabu (11/1/2017). Dengan begitu, genangan air itu sudah bertahan hampir 24 jam. Sebab, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, banjir mulai terjadi pada pukul 20.30 WIB. Ketika itu, ketinggian air mencapai 60 hingga 70 sentimeter dan merendam sebanyak 35 rumah warga. Saat ini, sisa genangan air mencapai sekitar 15 sentimeter atau setinggi betis orang dewasa. Genangan air itu berada di sepanjang jalan gang perumahan yang kondisinya lebih rendah. “Katanya ada sampah yang menyumbat aliran,” kata Roni Irawan, warga setempat. Dia menjelaskan, banjir seperti itu masih baru pertama terjadi. Biasanya, kalau terjadi banjir pada malam hari, keesokan harinya sudah tidak ada genangan lagi. “Takutnya ada hujan lagi. Bisa tinggi lagi airnya,” imbuhnya. Tidak hanya itu, genangan air yang masih bertahan itu juga dikhawatirkan akan menyebarkan penyakit terhadap warga sekitar. “Anak-anak takutnya kena penyakit,” ungkapnya. Sementara itu, petugas BPBD Kota Malang terus berupaya supaya genangan air itu cepat surut. Bahkan, petugas BPBD sudah melakukan penyedotan terhadap drainase yang tersumbat. Drainase yang dianggap menjadi penyebab genangan itu ada di sebelah selatan perumahan. “Terus disedot agar bisa melihat penyumbatannya,” katanya.(komc)

KEUANGAN NEGARA

Ini syarat Indonesia terbebas dari jeratan utang Jakarta—Total utang pemerintah Indonesia pada November 2016 tercatat mengalami kenaikan dibanding bulan sebelumnya. Utang Indonesia per November 2016, naik Rp45,58 triliun menjadi Rp3.485,36 triliun. Di kalangan masyarakat awam, jumlah tersebut tentu sangat fantastis. Tapi apakah mungkin

RI terlepas dari jeratan utang yang jumlahnya ribuan triliun? Direktur Strategis dan Portofolio Utang Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan Schneider Siahaan mengatakan, sebenarnya Indonesia bisa saja terlepas dari jeratan utang. Bahkan ketika pendapatan per

kapita tembus USD10.000, RI tidak perlu berhutang. “Bebas dari utang, bisa aja lah tapi kondisinya gini ya, kita enggak usah ngutang lagi kalau pendapatan per kapita kita sudah tinggi. misalnya di atas USD10.000 per kapita, kalau bisa USD30 ribu kayak Eropa,” kata dia di Kementerian Keuangan, Kamis (12/1/

2017). Tapi sayangnya pendapatan per kapita RI baru USD3.000. Bila dirupiahkan pendapatan per kapita Rp40 juta per tahun. Sejatinya, Schneider berpendapat, utang itu tidak masalah asalkan produktif. Artinya, dengan utang bisa menghasilkan sesuatu dan masih bisa menutupi utang tersebut dengan pendapatan

yang dihasilkan dengan berutang. “Asal utang itu produktif. beli aset, disewain lalu bayar utang. kan tenang-tenang saja, sisanya bisa dipakai untuk belanja, jadi utang itu enggakperluditakutkanlah,ituuntuk instrumen mencapai tujuan kita, tujuan negara Indonesia mencapai masyarakatyangadildan makmur, sejahtera,” tukas dia.(okez)

Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab mengatakan menyerahkan proses penyelidikan kepada pihak penyidik. “Untuk hasil itu wewenang penyidik. Mungkin nanti mereka akan mempelajari terlebih dahulu dipadu dengan keterangan lain baru bisa mengambil kesimpulan. Hari ini saya lebih banyak memaparkan isi tesis ilmiah saya,” kata dia. Rizieq mengatakan akan bersikap lebih kooperatif kepada penyidik dan siap memenuhi panggilan kembali untuk keterangan tambahan. “Hal itu tergantung pandangan penyidik, kalau memang dibutuhkan untuk BAP tambahan, saya siap untuk datang,” kata dia. Proses pmeriksaan Habib Rizieq oleh penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jawa Barat diwarnai kericuhan yakni sesaat setelah Habib Rizieq selesai menjalani pemeriksaan dari Mapolda Jawa Barat, Kota Bandung. Kericuhan terjadi antara

massa FPI dengan salah satu anggota ormas yang menuntut kasus penistaan Pancasila agar dituntaskan. Bahkan Habib Rizieq usai diperiksa, sempat terjadi ketegangan antara massa FPI dengan massa ormas gabungan yang terdiri dari GMBI, BBC, Jangkar dan lainnya. Bahkan satu unit mobil milik massa FPI F 1441 GO rusak dibeberapa bagian. Berdasarkan pantauan, mobil Kijang Innova F 1441 GO tersebut dari arah Cileunyi menuju Gedebage, dan tiba-

tiba di tengah jalan ada orang tidak dikenal melempar batu ke mobil tersebut. Bahkan salah satu penumpang pingsan, dan mengalami luka di tangan dan kakinya. Beberapa bongkahan batu tampak terlihat dalam mobil yang kaca belakang dan pinggirnya pecah dan jebol. Polisi hingga kini terus berusaha membubarkan masa FPI ke arah Gedebage. Tim Raimas pun terus maju ke arah Gedebage untuk memukul mundur massa dari FPI.(inic)

Habib ... Dari Halaman 1 Ia menjelaskan, untuk status yang bersakutan sendiri masih sebatas saksi dan masih dalam tahap penyelidikan. Selain memeriksa Rizieq, pihaknya juga sudah memeriksa 10 saksi dan saksi pelapor pun sudah diperiksa. “Secepatnya akan kita konfrontir dengan saksisaksi yang sudah diperiksa,” ujarnya. Soal rekaman video sendiri, Anton mengaku sudah diperiksa keabsahannya di Pusat Laboratorium (Puslabfor) Mabes Polri, dan dijamin keasliannya tanpa ada rekayasa atau editan. Menurut dia, Polda Jawa Barat akan segera melakukan gelar perkara mengenai dugaan kasus penodaan lambang negara. Ia menuturkan pimpinan ormas FPI tersebut tidak mengakui telah melakukan tindakan penodaan lambang negara serta video yang menjadi barang bukti atas kasus tersebut telah diedit. “Jadi ada pun dari hasil pemeriksaan tersebut, yang bersangkutan tidak mengakui bahwa itu bukan perkataannya, bisa saja

gambar tersebut diedit,” kata dia. Ia menuturkan selain dari video rekaman ceramah Rizieq yang diduga telah menodai lambang negara Polda Jabar juga akan melakukan pemeriksaan saksi yang berada di tempat kejadian perkara (TKP). Kapolda menuturkan hingga saat ini sebanyak 10 orang saksi dan saksi pelapor yakni Sukmawati Sukarno Putri telah diperiksa oleh penyidik. “Oleh karena itu, nanti kami akan mencari pembuktian karena selain dari gambar video ada juga saksi-saksi. Ke depan akan kami adakan pemeriksaan lagi, jadwalnya secepat mungkin akan kita laksanakan, minggu depan mungkin,” kata dia. Anton mengimbau semua pihak untuk menahan diri, baik dari FPI ataupun organiasi masyarakat Sunda. Serahkan semua proses hukum ke kepolisian, pihaknya berjanji akan bertugas secara profesional. Sementara itu, usai menjalani pemeriksaan Imam Besar

Negara ... Dari Halaman 1 Dia mengaku belum mengetahui mengenai produksi rokok yang di proyeksi menurun tahun ini. Yang pasti, lanjut dia, besaran Rp1,3 triliun dihitung dari data produksi rokok yang dimiliki Bea Cukai. “Isunya begitu (produksi turun), enggak ngerti juga, yang tahu kan pengusaha. Bea Cukai kan cuma dapat data,” tukasnya. Sekadar informasi, Kemenkeu telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan

Nomor 207/PMK.010/2016 sebagai perubahan atas PMK nomor 174/PMK.03/2015 tentang cara penghitungan dan pemungutan Pajak Pertambahan Nilai atas Penyeraah Hasil Tembakau. Atas diterbitrkannya PMK tersebut PPN atas penyeragam hasil tembakau naik dari 8,7% menjadi 9,1%. Berdasarkan PMK tersebut, tarif PPN rokok 9,1% berlaku sejak 1 Januari 2016.(okez)

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala, DIREKTUR: Hendra Zoenardjy, WAKIL DIREKTUR I: Ronald Rompas, WAKIL DIREKTUR II: Noldy Poluan, PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. REDAKTUR EKSEKUTIF: Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Tonny Mait MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Tonny Mait. REDAKTUR: Robby Liando, Hanny Rais, REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando, Ronald Sumakul Ridwan Nurhamidin. FOTOGRAFER: Christian Farry Pratasik, KORDINATOR BIRO: Wolter Pangalila (BITUNGMANADO), Stenly Gaghunting (NUSA UTARA), Yunita Datalamon (BOLMONG RAYA), BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Erwien Bojoh (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Wolter Pangalila (BITUNG), Stenly Gaghunting (SANGIHE, SITARO), Denny Dalihade (TALAUD) Yunita Datalamon (KOTAMOBAGU-BOLMONG, BOLMUT), Faruk Langaru (BOLTIM), Chandra Paputungan (BOLSEL). KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, STAF IKLAN: Denny Moningka. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Denny Poluan (Minahasa, Tondano, Tomohon, Mitra), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minsel), Marchel Wowor, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta, Iman. SEKRETARIS/BENDAHARAPERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestaripress, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 50.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) NO REK: 001 01.52.000663-1 Bank Sulut a/n PT. Sulut Lestaripress TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


SULUT

JUMAT 13 JANUARI 2017

3

Silangen: Harga rica di Sulut aman lingkungan Tumiwa berharap Perda Pohon segera terbentuk CUACA ekstrim hingga mengakibatkan pohon tumbang terjadi di sebagian wilayah di Sulut baru-baru ini hingga memakan korban, yang tentunya membuat masyarakat makin resah. Penghuni gedung cengkih pun berkicau dengan kejadian tersebut. Anggota Deprov Sulut Boy Tumiwa meminta agar masyarakat dapat lebih berhati-hati saat melakukan perjalanan akhir-akhir ini. Selain dia pun berharap agar rekan-rekannya dapat segera menuntaskan perda tersebut. “Saya berharap Perda Pohon segera terbentuk agar ke depan dapat mengatur posisi penanaman pohon. Hal ini untuk mencegah terjadinya korban akibat bencana hujan dan angin kencang yang terjadi pada beberapa hari yang lalu,” ujarnya. Menurut Tumiwa dengan adanya perda tersebut setidaknya dapat memberikan sedikikit rasa aman bagi masyarakat, jika dalam petda tersebut sudah diatur soal usia dan aasa pohon yanh bisa saja menjadi ancaman bagi maayarakat. “Dengan demikian masyarakat Sulut merasakan kenyamanan dalam melakukan perjalanan,” singkatnya. Senada dikatakan, Wakil Ketua Deprov Sulut Wenny Lumentut, dia meminta agar supaya masyarakat dapat waspada menghadapi cuaca ekstrim saat ini, terutama ditujukkan bagi mereka yang melakukan perjalanan lewat daerah yang rawan pohon tumbang atau longsor. “Alangkah baiknya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, masyarakat tidak melakukan perjalanan dulu apabila tidak penting. Lebih baik di rumah saja dulu jika memang cuaca buruk,” ujarnya. Selain itu, ia mengingatkan, agar pemerintah baik di provinsi maupun kabupaten/kota lebih proaktif untuk menanggulangi pohon di pinggir jalan yang dinilai sudah tak layak dan membahayakan nyawa masyarakat. “90 persen pohon di Manado tidak layak dipertahankan. Berbahaya, harus ditebang sebelum timbul kecelakaan,” pungkasnya.(dede)

Stok berlebih dari daerah penghasil disalurkan bagi daerah yang kekurangan Manado—Gejolak harga rica di nasional yang mulai meresahkan, ternyata tak berpengaruh terhadap harga di pasar Sulut. “Harga rica di Sulut aman,” tegas Sekretaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen SE MSk di ruang kerjanya. Silangen mengatakan bahwa dirinya baru mendapat laporan dari inspeksi mendadak oleh Asisten Ekonomi Pembangunan R Mokoginta, Karo Ekonomi F Manumpil dan Kadisperidag Jenny

Karouw dan Kepala Bulog Sulut Taufan Akib yang melihat langsung bahwa situasi di pasar tradisional telah dilakukan intervensi sehingga menekan harga yang sempat menyentuh Rp70 ribu/ Kg. “Harga sudah stabilisasi menjadi Rp60 ribu dan stok yang ada mencukupi. Ini komitmen Pemprov Sulut dibawah kepemimpinan Olly Dondokambey-Steven Kandouw,” ujar Silangen. Ditambahkan Manumpil bahwa Pemprov Sulut tetap

mengupayakan tidak ada pihak yang dirugikan karena harga cabai rawit merah masih tinggi di sejumlah daerah dimana masih di kisaran Rp100 ribu/Kg. Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Jokowi sudah memerintahkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk suplai cabai di daerah yang berlimpah ke daerah yang stoknya sedikit. Ini untuk memenuhi kebutuhan cabai di seluruh Indonesia.

“Stok lokal Sulut dari Boltim, Bolsel, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara dan Minahasa dimana dari sana akan kami salurkan ke daerah lain,” tutur Manumpil. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak masyarakat memanfaatkan sarana belanja online untuk mendapatkan harga cabai yang lebih murah. Hal ini seiring dengan melonjaknya harga cabai rawit merah yang menembus angka lebih dari Rp 100 ribu per kg.

Menurut Enggartiasto, bila membeli cabai melalui ecommerce atau secara online bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Jika harga di pasar tradisional dipatok di atas Rp100 ribu, maka di online hanya Rp70 ribu. Namun dia engan mengatakan situs.online tersebut. “Kita buka online, beli dari online saja. Karena beli di online itu jauh lebih murah dan di bawah Rp 70 ribu bahkan 60 ribu,” katanya.(erer)

PEMERINTAHAN

Biro Orpeg jadwalkan pemasukan Lakip semua SKPD

rencana kenaikan bbm Sopir angkot jangan naikan tarif seenaknya RENCANA kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali meresahkan masyarakat. Walau pun kenaikan tersebut hanya terjadi pada BBM non subsidi saja, warga mulai mengeluhkan kenaikan beberapa bahan pokok. Anggota Komisi II Deprov Sulut, Ferdinand Mangumbahang, mengatakan akibat kenaikan harga tersebut akan berdampak luas terhadap harga kebutuhan pokok masyarakat. “Implikasi kenaikan harga BBM non subsidi, seharusnya tidak berpengaruh terhadap harga bahan kebutuhan pokok (sembako) serta harga barang dan jasa lainnya,” katanya. Pasalnya, Mangumbahang menambahkan, harga BBM subsidi yang banyak digunakan kendaraan umum baik angkutan barang atau penumpang jika masih tetap maka mereka bisa mendapatkan solar dan premium tetap dengan harga normal. “Namun apabila tarif kendaraan dinaikkan juga, otomatis harga Sembako juga pasti naik. Namun presentasinya harus dihitung, BBM nya naik berapa persen, sembakonya juga naik berapa. Tapi harusnya dinaikkan transport saja. Jangan diikuti dengan kenaikan harga bahan pokok,” tegasnya. Lebih jauh dirinya meminta agar pihak pengendara atau sopir angkot dan bus tidak seenaknya menaikan harga atau tarif angkotnya. “Yang jelas saat ini, karena yang naik BBM non subsidi, jadi jangan ada kenaikan tarif sepihak oleh sopir angkot” tandasnya.(dede)

HERRY Rotinsulu saat melakukan koordinasi dan konsolidasi internal kepada ASN Kehutanan di 2 daerah yaitu Kabupaten Bolmong dan Kotamobagu.(foto: ist)

Manado—Biro Organisasi dan Kepegawaian Sekertariat Daerah Povinsi Sulawesi Utara setelah beberapa waktu lalu sukses mempersiapkan bersama Badan Kepegawaian Daerah Sulut untuk melaksanakan kegiatan Pelantikan beberapa waktu lalu oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE memasuki tahun 2017 sedang menunggu masing-masing

SKPD untuk memasukan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip) tahun 2016. Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian (Orpeg) Setda Provinsi Sulut, Farly Kotambunan mengatakan saat ini sedang menunggu pemasukan Laporan Kinerja Akuntabilitas Instansi Pemerintah dalam rangka untuk mengevaluasi kinerja

SKPD kurun waktu satu tahun anggaran. “Kami saat ini sedang menunggu pemasukan laporan kinerja pemerintah di masing-masing SKPD sampai dengan 31 januari diharapkan semua sudah masuk dan setelah itu kami akan melakukan rapat Tim bersama Inspektorat” ujar Kotambunan. Disinggung soal reword and ponismen jika ada SKPD yang

tidak memenuhi target capaian Kotambunan menyampaikan bahwa hal itu harus dirapatkan bersama Tim yang telah dibentuk Pemprov Sulut. “Hal ini akan kita lihat karena masing-masing pejabat telah menandatangani perjanjian kinerja dan target kinerja dan kalau ada yang tidak terlaksana apa sumber masalahnya, namun itu harus dirapatkan bersama Tim terkait,” ujar

Kotambunan. “Kalau memang hal itu karena efisiensi pengurangan anggaran hal itu tidak terlaksana tentu itu tidak masalah karena tidak bisa berbuat apa-apa, karena seperti yang anda tahu sendiri untuk masalah pemotongan anggaran sedang Instansi Pemerintah yang ada di pusat saja dilakukan pengurangan anggaran,” tambah Kotambunan.(erer)

SOROTAN

Deprov pertanyakan legalitas PT Sulut Membangun Manado—PT Sulut Membangun adalah perusahaan milik daerah dan sudah disahkan oleh Pemprov Sulut, bahkan, struktur pimpinan pun sudah ditetapkan beberapa waktu yang lalu. Namun, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Sulut Membangun tersebut ditemukan adanya kejanggalan terkait legalitas perusahaan.

Hal ini dipertanyakan Denny Sumolang, Legislator Deprov Sulut yang kini duduk di Komisi I Bidang Pemerintahan dan HAM. Legislator dari Dapil Bitung ini menyuarakan kejanggalan tersebut dimana menurutnya adanya kerancuan pada perusahaan daerah tersebut, apalagi menyangkut penyertaan modal.

DICARI, KARYAWAN/ KARYAWATI UNTUK PELAYAN RESTORAN JUJUR, BERPENAMPILAN MENARIK DAN MAU BEKERJA KERAS. UMUR 17 - 35 TAHUN. LAMARAN DIBAWA KE PUNDI EMAS (PABRIK KOPI TETAP SEJATI) D/A Jalan Santiago 3 No.91, Tuminting Manado

“Saya tidak tahu apakah perseroan terbatas atau tidak. Disini disebutkan PT Sulut Membangun adalah perseroan daerah. Jadi di kategori mana legal standingnya? Penyertaan modal kita akan lari kemana,” tanya Sumolang. Sumolang mengatakan, Deprov saat ini terlibat pada penyertaan modal, objeknya harus jelas. “Kejelasan soal pendirian PT tersebut harus jelas dasar hukumnya agar kami (Deprov,red) tidak blunder kedepannya. Dan jangan sampai Deprov Sulut terjerat hukum dan yang paling terpenting adalah objek penyertaan modalnya harus jelas,” tuturnya.(dede)


YUSTISIA penganiayaan Dokter RS Bhayangkara dihajar pria mabuk SEORANG dokter yang bertugas di RS Bhayangkara yakni lelaki Cristofan Lantu (36), warga Malalayang Satu Timur, Kecamatan Malalayang, menjadi korban penganiayaan yang dilakukan oleh pria berinisial JR alias Jur (20an), warga Kelurahan Bahu, Kecamatan Malalayang. Peristiwa itu terjadi diruas jalan Kelurahan Malalayang Satu Timur, Lingkungan VI, Kecamatan Malalayang, tepatnya di simpang tiga Tanah Putih, Rabu (11/1) malam, sekitar pukul 20.30 Wita. Dari informasi yang diperoleh di Polsek Malalayang, sebelum peristiwa itu terjadi, awalnya korban dengan menggunakan mobil bertujuan pulang ke rumahnya setelah selesai dinas. Namun saat diperjalanan, datang pelaku yang sudah mengkonsumsi minuman keras menggunakan sepeda motor, hendak mendahului mobil yang dikendarai korban. Disaat pelaku berhasil melambung mobil korban, pengangguran itu malah menghalangi jalan korban. Karena takut terjadi kecelakaan, korban membunyikan klatson mobilnya. Ternyata pelaku yang sudah mabuk, tidak terima korban membunyikan klatson mobil sehingga pelaku berhenti dan turun dari motornya, lalu mendekati pintu mobil korban. "Dia (pelaku) menghalangi jalan saya, dan saya membunyikan klatson, tiba-tiba saja dia turun dari motornya dan memarahi saya," jelas korban. Sempat terjadi adu mulut antara dokter dan pengangguran tersebut sehingga pelaku langsung menganiaya korban. Akibatnya, kaca mata yang dipakai korban pecah dan mengalami luka robek di bawah mata kanan. Merasa dirinya sudah terancam, korban langsung menuju kantor Polisi terdekat dan melaporkan peristiwa yang dialaminya. Setelah mendapatkan laporan, anggota piket langsung menuju lokasi kejadian, dan berhasil mengamankan pelaku yang masih berada di sekitaran TKP, dan pria mabuk itu langsung digiring ke Mapolsek untuk diproses. Kapolsek Urban Malalayang Kompol I Made Sumadia, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kasus tersebut. "Pelaku sudah dijebloskan ke sel tahanan, untuk diproses hukum," tandasnya.(rees)

lakalantas Gara-gara Hp, pengendara Gojek kritis di rumah sakit

JUMAT 13 JANUARI 2017

4

Ratusan personil BKO Polda siaga di Bolmong Kapolda perintahkan jajaran tangkap pelaku serangan fajar dalam Pilkada

KAPOLDA Sulut memberikan motivasi kepada pasukan BKO, sebelum dilepas melakukan pengamanan Pilkada di Bolmong.(foto: hms/plda)

Manado—Tahapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan 15 Februari 2017, terus mendapat perhatian serius aparat kepolisian. Buktinya, Selasa (10/1) lalu, Polda Sulut mengirim ratusan personil pengamanan di wilayah Kabupaten Sangihe, kini giliran Kabupaten Bolmong mendapat tambahan pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO), guna membantu proses pentahapan Pilkada yang sementara berjalan. Pengiriman pasukan tambahan sebanyak 125 orang tersebut dilepas oleh Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito, di Mapolda Sulut melalui apel Pergeseran Pasukan (serpas), Kamis (12/1) kemarin, yang dihadiri juga oleh pejabat utama Polda Sulut.

Dalam arahannya, Kapolda mengingatkan kepada seluruh anggota agar jaga kesehatan, karena waktu cukup panjang dan perlu dibarengi dengan olah raga untuk menjaga kebugaran fisik. Kesiapan pengamanan menurut Kapolda, harus betul-betul dioptimalkan, mengingat daerah Bolaang Mongondow merupakan daerah perbatasan. Untuk itu kapolda berharap agar tetap meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya, ancaman pilkada bisa menimbulkan kerawanan masalah adalah saat pencoblosan dan penghitungan suara. “Jadi seluruh rangkaian kegiatan pilkada harus terus dipantau dan diwaspadai,” ujar Kapolda. Arah demokrasi katanya, mendidik masyarakat berdemokrasi yang sehat. Untuk itu jangan ada yang main-main

dengan uang atau melakukan serangan fajar. “Mudah-mudahan ini disana tidak terjadi apa-apa, tidak terjadi serangan fajar, kalau toh ada tolong ditangkap, itu tugas kalian disana,” tegasnya dihadapan seluruh anggota BKO. Kapolda pun menegaskan agar seluruh anggota BKO betul-betul melaksanakan tugas dengan baik. “Ikuti prosedur yang benar, aturan yang benar. Tidak ada peluru tajam untuk pengamanan. Mudah-mudahan pelaksanaan pilkada berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang ada. Polisi tidak boleh berpolitik tapi mengetahui politik boleh, Polisi harus tegas,” pungkasnya. Sebelumnya, Kapolda menyatakan bahwa jelang pelaksanaan Pilkada

2017 di dua Kabupaten yakni Sangihe dan Bolaang Mongondow, akan berpotensi menimbulkan kerawanan seperti konflik kepentingan antar Parpol pengusung, kejahatan dan pelanggaran Pemilu, teror dan sabotase dan gangguan lainnya. “Harapan kita semua, dengan bekerja sama antar tiga pilar ini akan memperkokoh persatuan dan kesatuan, dengan menyatukan berbagai elemen masyarakat di lingkungan kelurahan atau desa, guna menjamin serta mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif,” harapnya. Kapolda pun mengingatkan agar tidak ada oknum anggota yang berpihak. “Saya tekankan itu, tidak ada lagi anggota polisi yang memihak, saya akan tangkap itu,” Tugas kita hanya mengamankan,” tegasnya.(erel)

NATAL POLDA SULUT

Kapolda: Harus jadi penerang & berikan jaminan keamanan! BABUK sepeda motor diamankan petugas pasca lakalantas.(foto: hms/plrs) KECELAKAAN Lalu-lintas (Lakalantas) akibat kelalaian, yang nyaris mengilangkan nyawa harus dialami oleh Felix Puti (43), warga Kelurahan Karombasan, Lingkungan IV, Kecamatan Wanea, yang berprofesi sebagai tukang Gojek. Dimana sepeda motor Honda DB 1025 AB, yang dikendarainya bertabrakan dengan sesama pengendara sepeda motor lain DB 5313 AB diruas jalan 17 Agustus Kelurahan Bumi Beringin, tepatnya didepan lorong menuju Polresta lama, Rabu (11/1) malam, sekitar pukul 21.30 Wita lalu. Dari informasi yang diperoleh, korban Felix mengendarai sepeda motor sambil memperhatikan layar heandpone, dengan maksud mengantar seorang penumpang bernama Swetly Sanggelorang, melaju dari arah kantor Gubernur mengarah ke utara. Celakanya, saat hendak berbelok dengan tujuan masuk ke lorong eks Polresta, muncul sepeda motor yang ditunggangi oleh korban Erton. Tidak bisa menghindar, tabrakan pun tak terelakan. Buntut dari itu, tukang Gojek mengalami patah kaki kiri, serta luka robek di mulut. Sedangkan Switly yang dibonceng mengalami benturan keras dikepala, sementara korban Erton mengalami lebam. Dibantu warga, ketiga korban langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis. Kasat Lantas Polresta Manado, Kompol Roy Tamayong mengatakan, sebaiknya jika berkendara jangan menggunakan telepon genggam, agar terfokus diperjalanan. "Tidak boleh menggunakan HP, sebab bukan hanya membahayakan diri sendiri, tapi membahayakan nyawa orang lain," pesan Tambayong.(rees)

Manado—Polda Sulut mengadakan perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Kamis (12/1) kemarin, di ruang Catur Prasetya. Ibadah Natal tersebut dipimpin Pastor Antonius GA Steven Lalu Pr, dan doa syukur dibawakan oleh Pendeta Prof DR Richard Siwu STh. Pastor Antonius dalam khotbahnya berharap, nyala lilin Natal yang merupakan lambang cahaya terang dari Tuhan Yesus Kristus, akan senantiasa menerangi langkah seluruh personel Polda Sulut dan jajaran dalam melindungi, mengayomi serta melayani masyarakat. Sementara itu Kapolda

Sulut Irjen Pol Bambang Waskito dalam sambutannya mengatakan, tema Natal Polri 2016 yakni “Natal Memotivasi Polri Menjadi Profesional, Modern dan Terpercaya” harus dimaknai personel secara mendalam sehingga benar-benar menjadi penjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. “Maknai tema Natal tersebut, menjadi lilin yang menerangi masyarakat. Kita sebagai insan Bhayangkara diharapkan mampu memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat dan lingkungannya. Selain itu juga, kita dapat berperan dalam upaya meningkatkan

persatuan dan kesatuan bangsa melalui tindakan nyata yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Kapolda. Sebagai bentuk kepedulian, pada perayaan Natal ini Panitia juga memberikan diakonia atau bantuan kepada beberapa personel Polri dan PNS yang sakit serta Panti Asuhan dr JA Lucas Manado. Perayaan Natal diisi berbagai hiburan yang dipersembahkan oleh Vocal Group Polres Minahasa dan Manado Catholic Choir. Turut hadir dalam perayaan Natal tersebut diantaranya, para pejabat utama Polda Sulut beserta personel,

KAPOLDA didampingi istri Ny Ruthy, menyalakan lilin Natal yang dipegang perwakilan personil Polda Sulut.(foto: hms/plda)

Bhayangkari, Warakawuri, Purnawirawan Polri, Ketua KBPPP Vonny Panambunan

dan Ketua BAMAG Provinsi Sulawesi Utara, Pdt Johan Manampiring STh.(erel)

KORUPSI RSUD TALAUD

Dua terdakwa saling tuding Manado—Kasus korupsi pengadaan obat-obatan di RSUD Talaud kembali bergulir di Pengadilan Tipikor Manado, Kamis (12/1) kemarin. Dalam agenda sidang, dua terdakwa SOS alias Susie dan NS alias Novenly, diagendakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) saling bersaksi, dihadapan Ketua Majelis Hakim, Vinchentius Banar. Dalam kesaksian terdakwa Susie, dimana dilaksanakannya pengadaan obat-obatan dan barang habis pakai di RSUD Talaud bertindak selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), mengakui bahwa saat proses pembayaran yang harusnya dilakukan oleh Bendahara Pengeluaran terdakwa Novenly Sarendeng, malah dilakukan olehnya. Hal itu diakuinya, kala menjawab pertanyaan JPU. “Secara teknis siapa sebenarnya yang harus membayar obat-obatan?” tanya JPU. “Yang seharusnya melakukan pembayaran itu bendahara. Dengan cara transfer” sebut saksi, sembari menambahkan saat di lapangan malah

dirinyalah yang melakukan pembayaran bukan bendara. Sementara terdakwa Novenly menjelaskan bahwa ada penggelembungan harga barang, dan ada factor fiktif saat dilaksanakannya pengadaan obatobatan dan barang habis pakai di RSUD Talaud. Dan menurut terdakwa, hal itu dilakukan oleh terdakwa Susie. “Ada penggelembungan harga barang. Dan ada faktor fiktif dan waktu itu yang buat terdakwa Susie” sebut Novenly. Sebelumnya dalam dakwaan JPU, terdakwa bersama terdakwa Novenly Sarendeng selaku Bendahara Pengeluaran dan Susie O Sedu selaku PPTK periode Januari 2014 sampai dengan Desember 2014, dituding telah melakukan korupsi saat RSUD Talaud pada tahun 2014 melakukan kegiatan pengadaan obat-obatan dan bahan habis pakai yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) yang ditampung didalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2014. Dimana total dana yang dikucurkan dalam

pengadaan obat-obatan tersebut sebesar Rp3.228.276.941,00. Kemudian ketiga terdakwa ini dengan dana yang ada demi untuk realisasi pengadaan obatobatan tersebut diduga lakukan penyelewenangan . Dimana menurut JPU, mereka telah mencairkan uang berdasarkan SPJ untuk membayar kepada 5 perusahaan penyedia obatobatan tersebut namun hanya 4 perusahaan yang dibayar. Dan lagi, para terdakwa telah membayar kepada 4 perusahaan penyedia obat-obatan namun obat-obatan dan bahan habis pakai tersebut tidak pernah diterima oleh pihak RSUD Talaud. Akibatnya negara/daerah dirugikan sebesar Rp978.655.875,00. Oleh JPU ketiganya dijerat berdasarkan pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana yang diubah dan ditambah dengan Undangundang Nomor 20 Tahun 2001, tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(rees)

PENYELAMATAN NELAYAN

AKP Suprijadi terima penghargaan Amurang—Kasat Sabhara Polres Minahasa Selatan AKP Suprijadi SE MSi, menerima penghargaan dari Kapolres Minsel dan Pemerintah Kabupaten pada upacara tradisi, Kamis (12/1) kemarin pagi, di halaman Mapolres Minsel. Upacara pemberian penghargaan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana SH SIK MSi, dan dihadiri oleh segenap personil jajaran serta unsur pimpinan Forkopimda Kabupaten Minsel. selain Kapolres, penghargaan turut diserahkan Wakil Bupati Minsel, Franky Wongkar SH. Diketahui, AKP Suprijadi, sosok fenomenal yang selang beberapa hari ini menjadi viral diberbagai media pemberitaan, serta menjadi trending topik segenap kalangan masyarakat. Perwira Polisi ini dikenal luas setelah melakukan upaya

penyelamatan terhadap seorang nelayan bernama Gustin Olii, yang nyaris tewas tenggelam terseret gelombang laut di Pantai Ongkaw, Kecamatan Sinonsayang, Kabupaten Minsel beberapa hari lalu. Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana, menyatakan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada AKP Suprijadi yang telah melakukan tindakan terpuji dalam upaya menolong menyelamatkan nyawa warga. “Tindakannya merupakan tindakan patriotik yang patut di apresiasi dan dihargai. Untuk itu selaku pimpinan di Polres Minahasa Selatan, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada AKP Suprijadi SE MSi, yang telah melaksanakan tugas kepolisian tanpa pamrih dan rasa kemanusiaan serta jiwa tolong menolong yang tinggi,” ujar Kapolres.(erel)


NUSA UTARA

JUMAT 13 JANUARI 2017

SANGIHE, SITARO, TALAUD

5

3 pencuri diringkus Tim Scorpio Masih berstatus dibawah umur, 1 pelaku ditangkap usai pulang ibadah Tahuna—Tiga pelaku kasus pencurian berisial JT (16), JP (16) dan RL (17), ditangkap oleh Tim Scorpio Polres Sangihe di Desa Ten-

da, Kecamatan Tabukan Selatan sekitar pukul 23.00 Wita. Mereka ditangkap karena berhasil melakukan aksinya

di empat Tempat Kejadian Perkara (TKP) berbeda antaranya, Toko Megaria Tahuna, Toko Emas dan toko lainnya di Mini mall Tahuna, Toko di

3 pelaku pencurian yang sangat meresahkan warga berhasil diamankan oleh Tim Scorpio Polres Sangihe.(foto: adi/sk)

pemerintahan Binilang ingatkan seluruh SKPD harus berbenah MENGAWALI tahun 2017 sebagai tahun kerja nyata, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Ir Adolf Binilang ME, saat memimpin rapat koordinasi Pemkab Kepulauan Talaud, mengatakan, penting menyambut kerja nyata kedepan dengan berbenah kantor. Berbenah yang dimaksud Binilang termasuk di dalamnya adalah melakukan inventarisasi seluruh aset yang ada di setiap Badan Dinas sampai ke Bidang yang ada karena ada bidang atau bagian yang kini beralih status menjadi urusan Pemprov bahkan ada badan dinas yang langsung ditangani kementerian. “Maka disampaikan kepada semua Pimpinan di 28 SKPD yang ada di Talaud dapat melakukan kerja bakti bersama dalam hal pembersihan kantor, menginventarisir kembali aset-aset karena dengan keluarnya OPD baru maka akan ada pengalihan aset disesuaikan dengan nomenklatur Badan/ Dinas dan Bidang/ Bagian,” ucap Binilang. Dia pun meminta agar setiap Pimpinan di masing-masing SKPD dan Badan Dinas untuk lebih bekerjasama, bekerja dengan sungguh hati dan penuh komitmen serta memberikan layanan publik yang prima dan optimal untuk mencapai tujuan besar dalam rangka pembangunan di tahun 2017 sebagaimana visi dan misi pimpinan daerah yang kini memasuki tahun ketiga dengan melakukan kerja nyata dan kerja keras dengan tekad dan keyakinan disertai motivasi yang sungguh mengabdi bagi daerah dan masyarakat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perubahan yang digerakan oleh Bupati Sri Wahyumi Maria Manalip SE atau SWM. “Diawal tahun 2017 ini mari kita sama-sama bekerja keras untuk membangun Talaud yang lebih baik lagi sebagaimana harapan dan keinginan serta kerja keras yang senantiasa ditunjukan Ibu Bupati SWM kepada kita semua,” kata Binilang.(debe)

pelayanan Kades wajib beri informasi kepada masyarakat SETIAP Kepala Desa wajib menyampaikan informasi mengenai penyelenggaraan pemerintahan desa sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 46 Tahun 2016. Dikatakan Jhon R Mangamba tokoh muda Talaud, dalam Permendagri itu disebutkan, masyarakat Desa berhak meminta dan mendapatkan informasi dari pemerintah Desa mengenai kegiatan penyelenggaraan pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. “Atas dasar informasi penyelenggaraan pemerintahan Desa yang disampaikan oleh Kepala Desa digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasi, saran dan pendapat lisan atau tertulis secara bertanggungjawab untuk koreksi maupun perbaikan pada kegiatan maupun jalannya pemerintahan di tahun berikut,” ujarnya, Kamis (12/1) kemarin. Lanjut ia katakan, informasi penyelenggaraan pemerintahan Desa disampaikan secara tertulis setiap awal tahun dan setiap akan dimulainya satu kegiatan atau paling lambat 3 (tiga) bulan setelah berakhir tahun anggaran melalui media informasi yang mudah diakses oleh masyarakat seperti, papan pengumuman, radio komunikasi dan media lainnya. “Keterbukaan penting agar terbangun sinergitas antara aparat desa dengan warga apalagi mengingat alokasi Dana Transfer Desa yang setiap tahunnya mengalami peningkatan maka penyampaian informasi mutlak dilakukan untuk menjamin akuntabilitas pemerintah Desa,” tutur Mangamba. Menutup perbincangan Mangamba berharap Tahun 2017 setiap Kepala Desa di Kabupaten Kepulauan Talaud mampu melaksanakan amanat Permendagri tersebut guna meningkatkan laju pembangunan daerah. “Sebagai aparatur pemerintah yang paling depan dan yang paling dekat serta bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat dimana oleh pemerintah pusat selalu dinaikan dana desanya maka informasi penyelenggaraan pemerintahan wajib hukumnya untuk membuktikan bahwa program yang dijalankan tepat sasaran dan memiliki asas manfaat yang besar bagi masyarakat,” kata Mangamba.(debe)

Pasar Towoe, dan toko-toko di pasar Trikora. Data yang dirangkum dari Tim Scorpio, kedua tersangka berinisial JT dan JP diamankan di jalan raya ketika hendak melarikan diri ke Tahuna, sedangkan RL di ringkus di rumahnya. “Berdasarkan pengembangan yang dilakukan di lapangan kami mendapati ketiganya sedang berada di Desa Tenda Kecamatan Tabuakan Selatan bersama sanak saudara mereka. Kami mengutus salah satu anggota tim untuk mengecek keberadaan mereka dengan modus sebagai salah satu pegawai Dikpora untuk merekrut mereka ke tim sepakbola. Alhasil setelah dilakukan penyelidikan, hasilnya

kedua pelaku terlebih dahulu diringkus dan yang satunya diringkus ketika berada di rumahnya yang baru saja pulang dari ibadah,” ungkap Wensy Kanit Scorpio. Wakil Kepolisian Resort (Waka Polres) Sangihe Harris O Bingku membenarkan adanya penangkapan oleh tim Scorpio terhadap ketiga pelaku pencurian tersebut. “Ketiga pelaku sudah kami amankan, dan ketiga pelaku akan dijerat dengan undangundang Pasal 362 KUHP, dan belum bisa kami pastikan berapa Tahun akan ditahan karena mengingat ketiganya masih berstatus sebagai siswa atau masih dibawah umur. Total seluruh kerugian diperkirakan mencapai Rp25 juta,” terangnya.(try01)

BENDERA yang dipasang di pinggir pantai Kampung Batusenggo Kecamatan Sibarsel ini merupakan titik semburan air panas setinggi 3 meter yang terjadi pada Minggu (8/1) lalu membuat warga disekitar pantai ini menjadi panik. Namun fenomena alam yang mengakibatkan lobang menganga berdiameter 2 meter mendapat perhatian warga yang ingin melihat lokasi ini. BPBD sendiri memastikan untuk sementara lokasi ini masih aman.(foto:ist)

PASCAMUSIM PENGHUJAN

Warga diminta jaga kebersihan lingkungan Ulu Siau—Pasca musim penghujan yang diwarnai dengan cuaca ekstrim dengan intensitas curah hujan tinggi serta angin kencang berpotensi membawa atau menimbulkan bibit penyakit termasuk demam berdarah. Sehingga warga diminta menjaga kebersihan lingkungan. Hal tersebut disampaikan Bupati Toni Supit SE MM melalui pelaksana tugas (plt) Kepala Bagian Humas, Protokoler dan Persandian Setda Sitaro, Rony Romansyah SSos pada sejumlah wartawan Kamis (12/1) kemarin. “Saat ini kondisi cuaca buruk sudah normal dan curah hujan menurun,” tutur Romansyah. Namun demikian warga tetap diminta

untuk menjaga kebersihan lingkungan mengingat curah hujan beberapa waktu lalu akan sangat berpotensi perkembangbiakan bibit penyakit. “Terutama membersihkan selokan, dan membakar sampah-sampah serta memperhatikan genangan-genangan air yang bisa menjadi tempat pembiakan nyamuk demam berdarah,” kata Romansyah. Sehingga pimpinan daerah berharap agar seluruh jajaran aparat pemerintah kecamatan, kelurahan dan kampung dapat mengajak warga masyarakat untuk membersihkan lingkungan. “Kita jaga agar lingkungan kita tetap sehat dan asri, sehingga terhindar dari berbagai penyakit,” harap Romansyah.

Hal tersebut mendapat respon positif mendapat perhatian warga,” ujar dari pemerintah kelurahan, menurut David.(esge) Lurah Tatehadeng Kecamatan Siau Timur (Sitim), Orlando M David SE, bahkan langsung mengajak warga agar dapat melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan. “Ini merupakan arahan yang Tahuna—Pemkab Sangihe mengingatkan masyabaik dan memang perlu rakat untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap ditindaklanjuti, lingkungan dengan berbagai kegiatan yang sehingga sebagai aparat berdampak baik bagi lingkungan seperti penghijaun pemerintah kelurahan kembali di area hutan. Hal ini dikatakan Sekretaris akan menyikapi hal ini daerah (Sekda) Edwin Roring SE ME kepada dan diharapkan agar ini

KELESTARIAN LINGKUNGAN

Masyarakat diingatkan giat lakukan penghijauan

JELANG PILKADA

Data pemilih jadi fokus utama Ulu Siau—Data pemilih menjadi salah satu fokus utama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sitaro jelang dimulainya tahapan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sitaro 2018 mendatang. Sehingga, lembaga penyelenggara pemilu ini melakukan sejumlah kegiatan antisipasi guna mencegah terjadinya kesalahan dalam hal data pemilu nanti. Demikian disampaikan Ketua KPU Sitaro, Stephen Londok SE usai memimpin jalannya rapat koordinasi (rakor) antara KPU, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) serta Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol-Linmas) Sitaro di Kantor KPU, Kamis (12/1) kemarin. “Persoalan jumlah

pemilih tak lepas dari data penduduk. Makanya perlu diadakan rapat koordinasi dengan intansi terkait dalam hal ini Disdukcapil guna membahas masalah tersebut,” jelas Londok. Dikatakan Londok, pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK), KTP Elektronik (e-KTP) dan bentuk lain dari data kependudukan menjadi hal penting guna memperoleh data pemilih berkelanjutan yang akurat. Maka dari itu diharapkan bagi mereka yang belum memiliki data kependudukan agar secepatnya melakukan pengurusan. “Segera lakukan perekaman data di Disdukcapil untuk mendapatkan data kependudukan dalam bentuk e-KTP,” katanya. Sedangkan untuk perolehan data yang akurat, lanjut dia pihaknya akan melakukan pemu-

takhiran data secara berkelanjutan hingga menjelang pelaksanaan Pilkada mendatang. Hal itu lanjut dia untuk mencegah munculnya data pemilih ganda, meninggal dunia maupun adanya pemilih pemula yang sudah bisa menggunakan hak suara. “Proses pemutakhiran data akan dilaksanakan secara berkelanjutan agar data pemilih yang diperoleh benar-benar akurat. Khusus untuk penduduk Sitaro yang belum memiliki data kependudukan, segera melakukan perekamam data agar bisa mendapatkam KTP atau setidaknya keterangan dari Disdukcapil,” tukasnya seraya menambahkan, keterangan yang dikeluarkan Lurah/Kapitalau guna kepentingan pencoblosan di TPS tidak akan diakomodir oleh penyelenggaran pemilu.(esge)

PARIWISATA

Salindeho pastikan gandeng stakeholder Ondong—Selain pengembangan sektor pertanian dan perikanan menjadi produk unggulan, salah sektor yang memiliki potensi besar dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) yakni sektor pariwisata dengan melibatkan stakeholder. Sehingga hal ini menjadi perhatian serius Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sitaro Drs Eddy Salindeho MSi yang belum lama ini dilantik oleh bupati. Salindeho pada awak media, Kamis (12/1) kemarin, mengungkapkan, pada prinsipnya apa yang telah diprogramkan pemerintah dalam menunjang pariwisata akan dilaksanakan. “Sifatnya kan kami melanjutkan

program yang sudah tersusun. Tapi yang pasti kami tetap berkomitmen untuk memajukan sektor pariwisata,” ungkap Salindeho. Meski demikian, jika bicara pariwisata itu tidak hanya bergantung pada anggaran yang bersumber dari pemerintah, mengingat kondisi anggaran tidak mencukupi untuk pengembangan sektor pariwisata maupun kebudayaan. “Begitu banyak rencana pembangunan disektor pariwisata, dan dengan kondisi anggaran tidak akan mencukupi apalagi dengan jangka waktu yang singkat,” tukas Salindeho. Sehingga hal yang perlu digenjot dalam pengembangan sektor

pariwisata yakni melibatkan atau menggandeng seluruh stakeholder yang bersentuhan dengan pengembangan pariwisata. “Kita perlu gandeng mereka (stakeholder, red) karena mereka-mereka ini bisa mendukung pengembangan pariwisata,” kata Salindeho. Terkait dengan pelaksanaan pengembangan sektor pariwisata sendiri, dirinya memastikan akan menginventarisir objek-objek yang menjadi sasaran pengembangan pariwisata. “Sehingga pengembangan pariwisata terfokus serta kemitraan atau kerjasama yang dilakukan dengan stakeholder bisa terarah dan benar-benar tepat sasaran,” ujarnya.(esge)

sejumlah wartawan. Dikatakannya, dengan adanya penghijauan ini pastinya akan berdampak baik bagi lingkungan terlebih daerah Sangihe yang rentan akan bencana. “Dengan menjaga kebersihan lingkungan serta giat melakukan penghijauan, maka itu bentuk kepedulian terhadap lingkungan yang kita diami saat ini, selain itu ini juga dapat mengantisipasi dampak bencana nanti,” kata Sekda Tak hanya itu ia juga mengharapkan, peran serta masyarakat untuk selalu mendukung upaya pelestarian lingkungan. “Yah, tentunya pemerintah daerah sangat mengharapkan peran serta masyarakat dalam mendukung program pemerintah, karena keberhasilan dalam setiap program itu tidak lepas dari adanya dukungan dari masyarakat, dan manfaat dari pelestarian lingkungan bukan hanya untuk kita saja melainkan untuk anak cucu kita nanti,” pungkasnya.(try01)

DAMPAK ROLLING

Puluhan ASN unjuk rasa di Dekab Sangihe Tahuna—Sehari usai pengukuhan sekaligus pelantikan pejabat di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Kecamatan dan Kelurahan, menimbulkan sebuah masalah. Pasalnya, para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kehilangan jabatan, dipindah tugaskan di Kecamatan Marore, Nusatabukan, dan Tatoareng dan ada juga turun jabatan dari eselon 3 menjadi esolon 4. Akibatnya mereka melakukan unjuk rasa di kantor Dewan Kabupaten (Dekab) untuk meminta para anggota dewan untuk menyuarakan suara mereka ke pihak eksekutif. Salah satu pengunjuk rasa menyuarakan bahwa dirinya mendapatkan perlakuan yang tak adil setelah sekian lama mengabdi untuk Pemeintahan Daerah sehingga meminta keadilan. “Saya sudah 36 tahun mengabdi sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), tapi kenapa nanti sekarang saya mendapatkan perlakuan seperti ini, padahal tinggal beberapa bulan lagi saya akan pensiun. Mudah-mudahan saja ini tidak ada kaitannya dengan politik. Kami hanya meminta kepada ketua Dewan untuk melakukan Paripurna bersama Badan Eksekutif terkait apa yang diinginkan kami,” serunya dan diaminkan oleh pengunjuk rasa yang lain. Ketua Dekab Sangihe, Benhur Takasihaeng menjawab apa yang diinginkan oleh para ASN ini. “Sehubungan dengan apa masukkan dari para pengunjuk rasa ini kami dari pihak Badan Legislatif menerima keluhan, dan akan segera menjadwalkan untuk mengadakan Paripurna, dan belum bisa dipastikan kapan akan dilaksanakannya karena menyesuaikan kehadiran dari badan eksekutif,” terangnya.(try01)

MITRA KERJA

Media Center Pemkab Talaud diaktifkan kembali

AKTIVITAS bersih-bersih di Media Center yang dipimpin Kabag Humas dan Protokoler, Frets Latjandu bersama sejumlah Insan Pers Perbatasan.(foto: ist)

Melonguane—Terobosan baru kembali ditunjukan Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Talaud, Frets Latjandu. Demi membina kebersamaannya dengan Insan Pers Perbatasan, Latjandu mengundang para ‘kuli tinta’ bersih-bersih di Media Center yang kini diaktifkan kembali. Menurut Latjandu, Media center sangat dibutuhkan oleh para ‘kuli tinta’, olehnya harus diaktifkan kembali. “Peran Media center sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan para Wartawan. Makanya bagian Humas bersama para wartawan perbatasan berinisiatif untuk member-

sihkan Media center, sekaligus mengaktifkan kembali Media center, apalagi sempat tidak diaktifkan setahun,” ujar Latjandu disela-sela membersihkan Media center, Kamis (12/1) kemarin. Selain itu, kata Latjandu Media center memiliki peran penting untuk mengembangkan pelayanan informasi kepada publik sebagai bagian dari upaya mendorong masyarakat dalam mendapatkan informasi yang akurat, cepat, mudah, dan terjangkau. “Media center berperan sebagai pusat informasi dan kehumasan pemerintah yang diwujudkan dalam wadah pelayanan informasi pemerintah berbasis teknologi infor-

masi dan komunikasi,” ucap Latjandu yang juga kini bertugas sebagai juru bicara Pemkab Talaud. Sementara, Fandi Menaung salah satu awak Media mengungkapkan, sangat berbangga atas kebersamaan yang tercipta antara Humas dan Insan Pers, dan ini merupakan langka yang positif dan patut diacungi jempol. “Kami berharap kebersamaan ini akan terjalin terus dan patut diberikan apresiasi. Dan bukan hanya di Media center ini tentunya keakraban dan sinergitas antara Insan Pers dengan Pemkab terus terjalin tetapi dalam keseharian rutinitas yang dijalani,” kata Menaung yang diiyakan jurnalis lainnya Andi Pusut.(debe)


OLAHRAGA liga spanyol pekan ini Madrid diuji (lagi) di Sevilla SEVILLA benar-benar akan menguji laju Real Madrid di pekan ini. Setelah berhadapan di Copa del Rey, Sevilla kembali mengadang Los Blancos di ajang La Liga. Madrid dua kali menghadapi Sevilla sepanjang pekan ini. Mereka akan bertandang pada Kamis, (13/1) dinihari untuk melakoni laga leg kedua babak 16 besar Copa del Rey, sebelum kemudian kembali ke Ramon Sanchez Pizjuan pada Senin (16/ 1) dinihari untuk bertemu di ajang liga. Madrid setidaknya tertolong kemenangan besar 3-0 pada leg pertama 16 besar Copa del Rey lalu, yang membuat mereka bisa lebih santai di laga penentuan nanti. Dengan begitu, skuat besutan Zinedine Zidane bisa lebih fokus ke pertemuan di liga. Sebab Madrid tak akan membiarkan tiga poin lepas begitu saja, demi menjaga keunggulan di papan klasemen. Saat ini jarak dengan Sevilla di posisi dua cuma empat poin, meski Madrid masih menyimpan satu laga ekstra untuk dimainkan. Madrid tetap perlu waspada, mengingat musim lalu mereka takluk 2-3 di kandang Sevilla. Di sisi lain, Barcelona bakal berharap Madrid terpeleset di kandang Sevilla nanti. Blaugrana, yang ada di tempat ketiga dan tertinggal lima angka dari Madrid, butuh sang rival tertahan lajunya untuk mempersempit jarak. Barca sendiri akan menjamu Las Palmas, Sabtu (14/ 1) malam. Di atas kertas, seharusnya tak ada kesulitan berarti untuk anak-anak asuh Luis Enrique, terlebih mereka sudah mendapatkan momentum dengan kemenangan atas Athletic Bilbao di Copa del Rey. Atletico Madrid, yang menghuni posisi empat sementara, masih akan melanjutkan misinya mendekati puncak klase-men, kala menjamu Real Betis, Minggu (15/1) dinihari.(dets)

Jadwal Liga Spanyol Pekan ke-18 SABTU (14/1) Leganes Barcelona MINGGU (15/1) Atletico Madrid Deportivovs Valencia Celta de Vigo SENIN (16/1) Sporting Gijon Granada Sevilla

vs vs

Athletic Bilbao Las Palmas

vs vs vs vs

Real Betis* Villarreal* Espanyol Deportivo Alaves

vs vs vs

Eibar* Osasuna* Real Madrid* *dinihari WIB

liga inggris pekan ini Duel ‘Setan Merah’ vs ‘Si Merah’ di Akhir Pekan Manchester United akan menjamu Liverpool akhir pekan ini. Sengitnya persaingan enam besar Premier League menambah potensi serunya laga ‘Setan Merah’ versus ‘Si Merah’ nanti. Dengan predikat dua klub tersukses di kancah persepakbolaan domestik Inggris, duel The Red Devils dengan The Reds senantiasa berjalan menarik. Fakta bahwa kini kedua tim cuma terpaut lima angka di papan klasemen, MU di posisi enam dengan 39 poin dan Liverpool di peringkat dua lewat 44 angka, akan menambah seru nuansa persaingan di Old Trafford, Minggu (15/1) malam. MU selaku tuan rumah menghadapi laga tersebut bermodal rentetan sembilan kemenangan beruntun di seluruh ajang, enam di antaranya di Premier League. ‘Setan Merah’ bahkan tak pernah kalah di 15 laga terakhirnya secara total. Liverpool menjalani tren sedikit berbeda akibat menjalani tiga laga tanpa kemenangan di selurung ajang, dengan laga terakhir dilewati dengan kekalahan di markas Southampton, Kamis (12/1) dinihari, pada Piala Liga Inggris. Perkara bahwa Sadio Mane, topskorer sementara Liverpool di Premier League musim ini dengan 9 gol, tak bisa main karena harus tampil di Piala Afrika 2017 juga bakal menambah pekerjaan rumah Juergen Klopp untuk urusan lini depan. Di kubu MU, Jose Mourinho sebaliknya diprediksi akan kembali bisa menurunkan Zlatan Ibrahimovic yang sempat absen lawan Hull City di Piala Liga Inggris pada tengah pekan. Ibrahimovic sedang melewati periode impresif dengan lima gol dan tiga assist di lima laga terakhirnya buat MU. Ia juga topskorer sementara MU di Premier League dengan 13 gol, cuma kalah banyak dari Diego Costa (Chelsea). Setelah pertemuan pertama yang berakhir 0-0 di Anfield pada Oktober lalu, dengan MU tampil amat defensif, publik kini menantikan duel klasik yang sama sekali berbeda dengan pertandingan ketika itu. Di partai lain, Chelsea (49 poin) si pemuncak klasemen sementara akan bertamu ke markas sang juara bertahan Leicester City (21 poin), Minggu (15/ 1) dinihari. Ini menjadi partai Premier League pertama Chelsea semenjak rentetan 13 kemenangannya di ajang tersebut kandas oleh kekalahan 0-2 di markas Tottenham Hotspur. The Blues setidaknya sudah merespons hasil buruk itu dengan kemenangan telak 4-1 atas Peterborough di ajang Piala FA, walaupun lawannya itu “cuma” tim divisi tiga Inggris. Untuk Leicester, laga ini menjadi teramat penting dalam usaha menjauhi zona degradasi yang sekarang cuma berjarak enam angka. The Foxes mesti tampil lebih baik daripada di paruh pertama musim lalu, secara khusus ketika kalah telak 0-3 di Stamford Bridge markas Chelsea. Di White Hart Lane, Sabtu (14/1) malam, Tottenham Hotspur (42 poin) akan berupaya mempertahankan posisi tiga, usai menempatinya berkat kemenangan atas Chelsea, ketika menjamu West Bromwich Albion (29 poin). Dari segi rekor pertemuan, Spurs tercatat cuma sekali menang dalam tujuh laga terakhir lawan West Brom (1 menang, 5 seri, 1 kalah) di Premier League, membuat pertandingan ini menarik untuk disimak dan dinantikan hasilnya. Sementara Manchester City (42 poin), yang kini menempati posisi empat, akan melawat ke markas Everton (30 poin), Minggu (15/1) malam. Sejak kalah 0-1 dari Liverpool, The Citizens bangkit dengan kemenangan 2-1 atas Burnley di Premier League dan menggulung West Ham 5-0 di Piala FA. Tapi Everton berpotensi lebih merepotkan. Di markas sendiri musim ini pada ajang Premier League, Everton di antaranya sudah mengimbangi Spurs dan MU. Bahkan mengalahkan Arsenal. Pertemuan pertama antara City dengan Everton pada musim ini pun menghasilkan skor imbang 1-1 di Etihad. Potensi tricky buat City. Sedangkan tim posisi lima Arsenal (41 poin) akan menjalani matchday 20 dengan melawat ke markas Swansea City (15 poin) yang saat ini menempati posisi dua dari dasar klasemen. The Gunners butuh kemenangan, dan poin penuh, di laga ini demi terus memperlihatkan diri sebagai salah satu kandidat pesaing, terlebih setelah di laga Premier League terakhirnya berimbang 3-3 dengan Bournemouth setelah sempat tertinggal tiga gol lebih dulu.(dets)

JUMAT 13 JANUARI 2017

6

Melihat keuntungan Piala Dunia dengan 48 Tim KEPUTUSAN sudah bulat, akan ada 48 tim nasional yang berpartisipasi mulai dari Piala Dunia FIFA 2026 nanti. Turnamen sepakbola terbesar di dunia dengan jumlah tim peserta terbanyak tersebut memang masih akan dilangsungkan satu dekade lagi, tapi pro dan kontra sudah mulai bermunculan. Presiden FIFA Gianni Infantino merealisasikan komitmennya untuk meningkatkan jumlah peserta Piala Dunia sebanyak 50%, yang sebelumnya 32 tim menjadi 48 tim. Seluruh tim tersebut akan dibagi ke dalam 16 grup yang masing-masing grupnya berisi tiga tim. Dua tim teratas akan lolos ke babak gugur (knock-out) 32 besar. Maka secara total, Piala Dunia berformat 48 tim ini akan menghasilkan 80 pertandingan (sebelumnya adalah 64 pertandingan di format 32 tim). Memang masih belum ditentukan siapa yang akan menjadi tuan rumah di Piala Dunia 2026 nanti. Tapi membaca pola yang ada sejauh ini, ada kemungkinan Piala Dunia 2026 nanti akan diselenggarakan di zona CONCACAF (Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Kepulauan Karibia) atau UEFA (Eropa) lagi. Atau mungkin bisa saja Piala Dunia akan dibuat di berbagai negara seperti Piala Eropa 2020? Dan jangan lupa juga kalau ada zona OFC (Oseania) yang belum pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia. Tapi dari sekian banyak pro dan kontra, saya mendapatkan beberapa keuntungan sejauh ini, yang justru mendukung penyelenggaraan Piala Dunia dengan format 48 tim. Memang bukan dari kacamata perspektif sepakbola, melainkan dari kacamata perspektif turisme olahraga, manajemen, sosial, budaya, dan ekonomi. JUMLAH PERTANDINGAN TETAP SAMA Sebelum saya mengecek beberapa jurnal ilmiah yang terkait, saya sempat melihat komentar José Mourinho, manajer Manchester United, di situs FIFA.com yang mengomentari penyelenggaraan Piala Dunia dengan format 48 tim. “Aku sangat setuju. Sebagai manajer kesebelasan (club), jika ekspansi itu berarti akan ada lebih banyak pertandingan, lebih sedikit liburan, dan lebih sedikit pra-musim untuk para pemain, aku akan berkata tidak,” kata Mourinho. “Tapi penting bagi para pengkritik untuk menganalisis dan memahami bahwa ekspansi tersebut tidak berarti lebih banyak pertandingan. Para pemain akan terlindungi dan kesebelasan akan terlindungi dengan cara ini,” kata manajer asal Portugal tersebut. Perkataan Mourinho tersebut ternyata ada benarnya. Sebenarnya,

jika kita melihat rentang waktu yang sama, yaitu kira-kira satu bulan penyelenggaraan Piala Dunia, satu tim yang menjadi juara akan memainkan tujuh pertandingan dari awal turnamen, dengan rincian: tiga pertandingan babak grup, serta empat sisanya adalah masing-masing satu pertandingan perdelapanfinal (16 besar), perempatfinal, semifinal, dan final. Hal ini akan berulang pada penyelenggaraan Piala Dunia dengan format 48 tim, yaitu: dua pertandingan babak grup, serta lima pertandingan sisanya adalah masingmasing satu dari perenambelasfinal (32 besar), perdelapanfinal (16 besar), perempatfinal, semifinal, dan final. Ini artinya, jumlah pertandingan pada rentang satu turnamen memang akan bertambah, tepatnya bertambah 26 pertandingan dari 64 ke 80 pertandingan. Namun, jumlah pertandingan yang dilalui oleh tim yang bisa mencapai empat besar (juara, runner-up, peringkat ketiga, dan keempat) adalah tetap sama, yaitu tujuh pertandingan. Dari pembahasan di atas, maka efek kelelahan akan tetap sama bagi pemain yang timnasnya bisa sampai ke empat besar. Perbedaannya tidak akan menjadi signifikan kecuali mengenai akumulasi dari jarak tempuh, cuaca, dan ketinggian daerah; yang ketiganya akan sangat bergantung dari siapa yang akan menjadi tuan rumah, bukan jumlah tim yang berpartisipasi. MENARIK SECARA HIBURAN Dalam grup yang berisi tiga tim yang dua di antaranya akan lolos ke babak selanjutnya, kita mungkin akan memandang kalau hal ini akan mengurangi gengsi pertandingan. Pada kenyataannya nanti, pengurangan gengsi pertandingan ini akan terjadi lebih karena akan ada banyaknya negara yang berpartisipasi. Dalam pelaksanaannya, meskipun belum ada informasi pasti, jumlah peserta Piala Dunia berformat 48 tim akan terbagi jatahnya sebagai berikut: Eropa 16 tim (saat ini 13), Afrika 9 (5); Asia 8,5 (4,5), Amerika Selatan 6 (4,5), CONCACAF 6,5 (3,5), Oseania 1 (0,5), dan tuan rumah 1 (1). Angka setengah (0,5) di atas berarti adalah tim dari konfederasi tersebut harus melakukan play-off. Saat ini negara anggota FIFA berjumlah 211. Maka tidak bisa dipungkiri jika format 48 tim akan mengikutsertakan tim-tim cupu, terutama dari Asia, untuk bisa lolos ke babak final Piala Dunia nantinya, dengan Indonesia (semoga) adalah salah satunya.

Dari grup berisi tiga tim ini, akan ada dua pertandingan yang sangat krusial bagi tim-tim tersebut, terutama tim cupu. Dua pertandingan di grup ini akan menentukan apakah tim itu lolos ke knock-out atau harus pulang. Dengan format ini, maka babak grup mungkin akan tidak terlalu seru, terutama bagi grup yang melibatkan tim cupu. Namun ini bukan pemandangan langka, mengingat pada grup berisi empat tim juga terkadang kita bisa melihat adanya tim yang sudah memastikan diri lolos atau tidak lolos, sehingga pertandingan terakhir (pertandingan ketiga) akan menjadi formalitas belaka. Hal ini masih lebih bisa diterima, setidaknya, daripada format Piala Eropa dengan 24 tim yang memiliki satu grup (dari enam grup) berisi empat tim yang dua tim teratasnya lolos, sementara peringkat ketiga bisa lolos sebagai salah satu dari empat peringkat tiga terbaik. Membacanya saja sudah pusing, kan? Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 dengan cara ini: menjadi “peringkat ketiga terbaik” di grupnya. Saking pusingnya penentuan peringkat tiga terbaik ini, kami sampai-sampai membuatkan artikel khusus. Silakan dibaca kembali bagi kamu yang ingin bernostalgia: Menentukan Peringkat 3 Terbaik dan Sistem 16 Besar EURO 2016 Di sini-lah maka setiap tim akan bermain serius dari awal sampai akhir turnamen, terutama di babak gugur. Babak gugur Piala Dunia berpotensi akan menjadi lebih menarik daripada sebelumnya. Sedangkan tidak melulu negatif, tim dengan potensi rendah (alias tim cupu) memang akan bermain dalam dua pertandingan untuk kemudian langsung pulang. Tapi mereka (mungkin bisa jadi juga “kita” jika Indonesia sungguhan lolos ke Piala Dunia) akan mendapatkan pengalaman berharga di atas lapangan dan juga di luar lapangan, yaitu melalui investasi pada infrastruktur sepakbola mereka di masa depan. PIALA DUNIA ADALAH ACARA SOSIAL, BUDAYA, & EKONOMI Tinjauan mengenai keuntungan banyaknya tim atau negara partisipan juga sudah banyak dilakukan oleh peneliti di bidang sport tourism dan sport management. Dalam setiap penyelenggaraan acara olahraga, mereka bisa mewarisi banyak hal (legacy), di antaranya; olahraga itu sendiri, sosial, lingkungan, urban, dan ekonomi kepada sebuah wilayah. Tidak ada yang memungkiri bahwa acara olahraga, seperti Piala Dunia, Olimpiade, dan bahkan Pekan Olahraga Nasional, bisa meningkatkan pengembangan besar-besaran di

sebuah negara atau kota. Pengembangan ini, secara rasional, akan lebih banyak berakibat pada sosial, budaya, dan ekonomi. FIFA sendiri memperkirakan akan mendapatkan keuntungan tambahan sebesar 1 miliar dolar AS (Rp 13,31 triliun) dengan ekspansi Piala Dunia menjadi 48 tim tersebut. Namun, kita harus ingat bahwa jangan sampai “pengembangan” yang dilakukan secara tidak rasional akan membebani wilayah tersebut dengan konsekuensi yang sangat mahal, seperti misalnya Stadion Utama Riau di Pekanbaru yang merupakan salah satu contoh stadion megah yang dibangun untuk PON XVII yang sekarang ini tak terpakai. Satu hal yang jelas yang bisa saya temukan pada jurnal-jurnal ilmiah, ekspansi Piala Dunia ini berpotensi untuk memberikan efek ekonomi, sosial, dan budaya yang besar. Investasi akan dikembangkan di banyak negara melalui infrastruktur, yang salah satunya (harapannya) adalah pengembangan sepakbola usia muda. Kita juga jadi bisa melihat Piala Dunia yang “berimbang” dengan banyaknya negara Asia, Afrika, dan bahkan Oseania. Meskipun “keseimbangan” itu mungkin hanya akan terjadi di dua pertandingan pertama (babak grup). Namun biar bagaimanapun, secara kualitas permainan, kita memang tidak bisa berharap sepakbola akan berkembang di acara seperti Piala Dunia (serta Olimpiade dan juga termasuk PON). Tapi satu hal yang jelas berpotensial, dengan 48 tim, Piala Dunia akan lebih cenderung bertindak sebagai acara sosial, budaya, dan ekonomi alih-alih acara olahraga. Pernyataan di atas tentunya mengundang pro dan kontra lainnya. (Sumber jurnal• Lohmann P, Virkki K, Cardoso G, Zouain D, Pacheco T, (2015) Analysis of Tourists’ Perception During 2014 World Cup in Brazil, Elsevier, Procedia Economics and Finance, 23, 118-122. • Walker M, Kaplanidou K, Gibson H, Thapa B, Geldenhuys S, Coetzee W, (2013) “Win in Africa, With Africa”: Social responsibility, event image, and destination benefits. The case of the 2010 FIFAWorld Cup in South Africa, Elsevier, Tourism Management, 34, 80-90. • Grix J, Houlihan B, (2013) Sports Mega-Events as Part of a Nation’s Soft Power Strategy: The Cases of Germany (2006) and the UK (2012), British Journal of Politics and International Relations, in press. • Grix J, (2012) The Politics of Sports Mega-events, Political Insight, 3, 1, pp. 4-7, April, 2012. • Lee C, Taylor T, (2005) Critical reflections on the economic impact assessment of a mega-event: the case of 2002 FIFAWorld Cup. Elsevier, Tourism Management, 26, 4, 595-603.)

Australia Terbuka

Murray & Kerber Unggulan Teratas, Potensi Federer vs Nadal di Babak Ketiga Petenis nomor satu dunia putra dan putri: Andy Murray dan Angelique Kerber menempati unggulan teratas Australia Terbuka 2017. Duel Roger Federer dan Rafael Nadal berpeluang terjadi lebih dini. Murray untuk pertama kalinya menjadi unggulan teratas di Grand Slam, setelah merebut peringkat satu dunia dari tangan Novak Djokovic di akhir tahun lalu. Petenis Skotlandia itu tengah mencari gelar perdana di turnamen ini setelah gagal di lima final sebelumnya. Sedangkan Djokovic akan tampil sebagai unggulan kedua. Juara enam kali Australia Terbuka itu menatap sejarah untuk menjadi petenis dengan gelar terbanyak di turnamen. Yang akan membuat menarik adalah situasi Federer dan Nadal. Seiring melorotnya peringkat mereka, Federer menempati unggulan 17 sedangkan Nadal sebagai unggulan kesembilan. Dua petenis legendaris itu pernah delapan kali berjumpa di final Grand Slam serta tiga semifinal, dan belum pernah bertemu di babak yang lebih awal. Akan tetapi, kali ini pertarungan Federer dan Nadal memungkinkan terjadi di babak ketiga. Pasalnya dalam lima tahun terakhir, pertemuan unggulan 17 dan 9 di babak ketiga telah terjadi tiga kali yaitu pada 2012, 2014, dan 2016. Di kelompok putri, Kerber akan mencoba mempertahankan gelar

(GER), 25. Gilles Simon (FRA), 26. Albert Ramos-Vinolas (ESP), 27. Bernard Tomic (AUS), 28. Feliciano Lopez (ESP), 29. Viktor Troicki (SRB), 30. Pablo Carreno Busta (ESP), 31. Sam Querrey (USA), 32. Philipp Kohlschreiber (GER)

juaranya sekaligus meraih dua titel Grand Slam berturut-turut usai di akhir tahun memenangi AS Terbuka. Pada tahun lalu, petenis kidal Jerman itu mengalahkan juara enam kali Serena Williams dalam pertarungan epik sepanjang tiga set 6-4, 4-6, 6-4. Di sisi lain, Serena akan kembali berusaha menciptakan rekor baru. Dengan 22 titel Grand Slam yang sudah dikantonginya, petenis veteran Amerika Serikat ini tinggal meraih satu titel lagi untuk memecahkan rekor titel Grand Slam Steffi Graff. Finalis Wimbledon Agnieszka Radwanska dan finalis AS Terbuka Karolina Pliskova ditempatkan sebagai unggulan ketiga dan kelima, dipisahkan oleh finalis Prancis Terbuka Simona Halep di urutan keempat. Adapun sejumlah petenis putri top yang absen yakni Petra Kvitova [cedera tangan], dua kali juara Australia Terbuka Victoria Azarenka [pasca melahirkan], dan

Maria Sharapova [masih menjalani hukuman doping]. Berikut Daftar Lengkap Unggulan Australia Terbuka 2017 Tunggal Putra: 1. Andy Murray (GBR), 2. Novak Djokovic (SRB), 3. Milos Raonic (CAN), 4. Stan Wawrinka (SUI), 5. Kei Nishikori (JPN), 6. Gael Monfils (FRA), 7. Marin Cilic (CRO), 8. Dominic Thiem (AUT), 9. Rafael Nadal (ESP), 10. Tomas Berdych (CZE), 11. David Goffin (BEL), 12. Jo-Wilfried Tsonga (FRA), 13. Roberto Bautista Agut (ESP), 14. Nick Kyrgios (AUS), 15. Grigor Dimitrov (BUL), 16. Lucas Pouille (FRA), 17. Roger Federer (SUI), 18. Richard Gasquet (FRA), 19. John Isner (USA), 20. Ivo Karlovic (CRO), 21. David Ferrer (ESP), 22. Pablo Cuevas (URU), 23. Jack Sock (USA), 24. Alexander Zverev

Tunggal Putri: 1. Angelique Kerber (GER), 2. Serena Williams (USA), 3. Agnieszka Radwanska (POL), 4. Simona Halep (ROM), 5. Karolina Pliskova (CZE), 6. Dominika Cibulkova (SVK), 7. Garbine Muguruza (ESP), 8. Svetlana Kuznetsova (RUS), 9. Johanna Konta (GBR), 10. Carla Suarez Navarro (ESP), 11. Elina Svitolina (UKR), 12. Timea Bacsinszky (SUI), 13. Venus Williams (USA), 14. Elena Vesnina (RUS), 15. Roberta Vinci (ITA), 16. Barbora Strycova (CZE), 17. Caroline Wozniacki (DEN), 18. Samantha Stosur (AUS), 19. Kiki Bertens (NED), 20. Zhang Shuai (CHN), 21 Caroline Garcia (FRA), 22. Daria Gavrilova (AUS), 23. Daria Kasatkina (RUS), 24. Anastasia Pavlyuchenkova (RUS), 25. Timea Babos (HUN), 26. Laura Siegemund (GER), 27. Irina-Camelia Begu (ROM), 28. Alize Cornet (FRA), 29. Monica Puig (PUR), 30. Ekaterina Makarova (RUS), 31. Yulia Putintseva (KAZ), 32. Anastasija Sevastova (LAT)


IBUKOTA

JUMAT 13 JANUARI 2017

17

Rapat Paripurna perdana hanya dihadiri 16 Legislator

SEBAGIAN wakil rakyat yang hadir dalam Rapat Paripurna Dalam Rangka Penutupan Masa Sidang III tahun 2016 dan Pembukaan Masa Sidang I Tahun 2017, bertempat di ruang Rapat Paripurna Kantor Dekot Manado, Rabu (11/1) malam.(foto: ist)

28 orang tandatangani daftar hadir rapat Tikala—Rabu (11/1) malam, Dekot Manado melaksanakan Rapat Paripurna Dalam Rangka Penutupan Masa Sidang III tahun 2016 dan Pembukaan Masa Sidang I Tahun 2017, bertempat di ruang Rapat Paripurna Kantor Dekot, Jl Balaikota Tikala. Rapat

tersebut dipimpin langsung Ketua Dekot Manado Noortje Van Bone dan dihadiri sejumlah legislator Manado. Dia menjelaskan, seiring dengan dinamika pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Manado,

senantiasa memberikan dukungan mulai dari saran, masukan dan pokokpokok pikiran kepada Pemkot Manado. “Jalannya roda pemerintahan dan pembangunan di Manado, memberikan manfaat yang besar bagi peningkatan kesejahteraan rakyat, saran masukan, dan pokok-pokok pikiran adalah cermin bagi

Pemkot untuk terus melakukan peningkatan pembangunan,” kata Van Bone. Ditambahkannya, Masa Sidang I Tahun 2017 ini merupakan hal yang paling terpenting, karena ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan di Manado. “Agenda Pansus, rapat Komisi dan juga kegiatan lainnya di Dekot Manado sudah bisa dilaksanakan karena

KEBERSIHAN

CAMAT Bunaken Kepulauan Robert Dauhan menjemput dan mengantar motor pengangkut sampah ke Bunaken.(foto: ist)

GSVL-Mor menargetkan tahun 2017 ini persoalan sampah di Manado bisa diminamilisir. Salah satu solusinya adalah pemerintah akan menyediakan motor sampah di setiap lingkungan, dan melayani penjemputan

DIBUTUHKAN PERUSAHAAN PENERBITAN YANG SEDANG BERKEMBANG MEMBUTUHKAN TENAGA ACCOUNT EKSEKUTIF (AE) SYARAT:

-

PRIA/WANITA USIA MAX 30 TAHUN BERPENAMPILAN MENARIK PENDIDIKAN SMA BERKOMUNIKASI BAIK & MAMPU BEKERJA SAMA TIM - MEMPUNYAI KENDARAAN RODA DUA/SIM C - DIUTAMAKAN BERPENGALAMAN KERJA DI MEDIA

LAMARAN DITUJUKAN KE ALAMAT MEGA SMART VIII NO.7 KAWASAN MEGA MAS BOULEVARD MANADO, TELP (0431) 841060, PALING LAMBAT 1 MINGGU SETELAH PENGUMUMAN INI TERBIT

HUBUNGI SDR. DIDI (085145777735)

PEMBELIAN Arloji/Jam bermerk Rolex,Omega,Cartier,Ebel,dll dengan se-gala kondisi dengan harga tidak terbatas.TERIMA BELI SEMEN-TARA.Hub:J.E& CAKUNG.Tidak melayani SMS.Terima 24 Jam. Hp:0852 4059 8888 / BBM : 73MS B0ND

FINANCE Pinjam Dana Cepat..?? Jaminan BPKB.Angsuran bermasalah..?? Take Over Kredit..??Kurang dana beli mobil/motor..??Juga

berlangsung. “Tidak ada masalah dengan ketidakhadiran dari para legislator lain, karena kuota 50 persen plus 1 yang disyaratkan aturan telah terpenuhi. Selain itu, seluruh anggota Dekot Manado telah menyetujui pelaksanaan Rapat Paripurna ini karena sudah dirapatkan dalam Badan Musyawarah,” tandas Van Bone.(eren)

Rukun Mottoh Jacob berduka

Motor pengangkut sampah tiba di Bunaken Bunaken—Komitmen Walikota dan Wakil Walikota Manado, DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Mor Dominus Bastiaan untuk menjadikan Manado bersih terus digiatkan. Buktinya di awal 2017 ini, puluhan motor mengangkut sampah telah didistribusikan ke lingkunganlingkungan yang tersebar di 87 kelurahan di Manado, termasuk di Kecamatan Bunaken Kepulauan. Camat Bunaken Kepulauan Robert Dauhan SSTP menjemput sendiri motor pengangkut sampah tersebut dan langsung dibawa ke kepulauan menggunakan kapal pengangkut sampah. Tiba di Bunaken, motor pengangkut sampah tersebut langsung dioperasikan. “Komitmen Walikota dan Wakil Walikota agar sampah di Manado terminimalisir dengan adanya motor pengangkut sampah ini, snagat membantu,” ujar birokrat muda low profile ini, Kamis (12/1) kemarin.

telah dibuka secara resmi dalam rapat paripurna,” ujar srikandi Partai Demokrat tersebut. Sayangnya, agenda ini sendiri tak dihadiri oleh seluruh anggota Dekot Manado. Dari 39 anggota Dekot Manado yang aktif, hanya sekitar 28 orang yang menandatangani daftar hadir rapat, dengan kehadiran yang hanya sekira 16 orang saat rapat

melayani kredit modal kerja jaminan sertifikat rumah/ta-nah.PROSES CEPAT.Hub: Adi 0823 9439 6006 Kost Exclusive fasilitas AC,Non AC,TV,Furniture,Kamar mandu/WC dalam.Jl.Sam Ratulangi ( depan jl.pertigaan lampu me-rah),dpn Hotel Galaxy.Harian/Mungguan.Hub. 0853 9964 0234

ELITA PROPERTY DijualtanahdipusatkotaManadoLT.3000 &4000m2. Harga Mena-rik.Hub.0851 0136 9886/0812 4288 4555

sampah sesuai dengan jam buang sampah yang ditetapkan. “Kita siapkan motor sampah yang nantinya menjemput sampah di rumah-rumah warga di masing-masing lingkungan. Targetnya setiap lingkungan ada 1 motor sampah,” ujar Walikota GSVL beberapa waktu lalu. Keberadaan motor pengangkut sampah ini,

Walikota GSVL hadiri pemakaman keluarga di Tondano Tondano—Dukacita mendalam yang dirasakan rukun Keluarga Mottoh-Jacob atas meninggalnya Dantje Paulus Rotinsulu (72), ternyata ikut dirasakan Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL). Buktinya Kamis (12/1) siang kemarin, GSVL yang juga Penasehat Rukun MottohJacob mendatangi rumah duka yang terletak di Kelurahan Sumalangka, Kecamatan Tondano Utara, Minahasa. Saat diberi kesempatan untuk membawakan sambutan, Walikota GSVL menyebutkan sosok almarhum yang akrab disapa Om Dan telah menjadi panutan bagi keluarga. Menurut dia, semasa hidup almarhum telah melakukan karya yang baik yang ditunjukan dengan anak-anak almarhum yang bekerja untuk kepentingan masyarakat sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. “Almarhum adalah ayah dan opa yang baik, semasa hidup almarhum Bapak Dantje Rotinsulu melalui anak-anak telah ikut berkarya untuk

WALIKOTA GS Vicky Lumentut saat mendatangi rumah duka meninggalnya Dantje Paulus Rotinsulu di Kelurahan Sumalangka, Tondano, Kamis (12/1) kemarin.(foto: ist)

kepentingan masyarakat sebagai abdi negara,” ungkap Walikota GSVL. Olehnya, Walikota GSVL, mengajak keluarga yang ditinggalkan almarhum untuk bersyukur kepada Tuhan atas karya almarhum semasa hidupnya.Walikota GSVL menyakini semua manusia akan mengalami peristiwa kematian. “Semua kita akan meng-

alami peristiwa kematian, kalau saat ini giliran almarhum Bapak Dantje Rotinsulu, sebentar, besok atau lusa dan seterusnya mungkin giliran kita untuk kembali kepada pencipta kita Tuhan yang maha kuasa,” tandas Walikota GSVL, yang turut didampingi Kepala Dinas Kesehatan Manado yang juga Ketua Rukun Mottoh-Jacob dr Robby Mottoh.(dewe)

Manado sudah mulai dengan penerapan Smart City dengan menyediakan ruangan Command Center Smart City di Lt.II kanor Walikota. “Saya dan pak Mor sudah putuskan Manado menjadi Smart City. Semua kegiatan di kota ini akan terpantau lewat ruangan Manado Command Center Cerdas. Sehingga, semua pejabat jangan jadi gaptek (gagap teknologi). Semua harus familiar dengan teknologi, dengan IT, dunia maya dan dunia tanpa batas

ini,” tandas orang nomor satu di Manado itu. Olehnya, Walikota GSVL minta ASN untuk bekerja profesional sesuai tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) masing-masing. Jangan terpengaruh dengan situasi dan kondisi sekarang ini dalam penyesuian dengan struktur OPD baru di Pemkot Manado. “Saya harap ASN di Pemkot Manado tidak usah terlalu menguatirkan dengan adanya penyesuaian struktur OPD baru di jajaran

pemerintah Kota Manado. Silahkan bekerjalah dengan profesional dalam melayani masyarakat di Kota Manado,” ujar GSVL mengingatkan. Ibadah yang berlangsung khidmat tersebut, dihadir pula Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat SH MH, Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere SH, dan sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).(dewe)

9886 / 0812 4288 4555

LOWONGAN KERJA

Interview Senin ~ Jumat ( 09.00~15.00) CP:CAHYO (0823 4525 7712)

SEWA EXCAVATOR

SOLID GROUP Perusahaan di bidang Jasa Keuangan membutuhkan KONSULTAN ANA-LIS. Benefit: Gaji pokok,Reward,Bonus.Ketentuan : Pria/ Wanita min. 18thn,pend.min.SMU/SMK.Walk

/ Lebar : 4 m (body baru),pukar/ jaring 250x50m,mesin 2x40PK mu-lus,wings,genset,alcon,surat ijin lengkap.Harga 215jt NEGO.Hub.0852 9872 9467 / 0813 5602 1185

menurut Wawali Mor, sebagai kepedulian pemerintah dalam memberikan jaminan pelayanan kepada warga. Selain itu, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran warga membuang sampah tepat pada waktunya. “Diharapkan kepedulian masyarakat menjaga lingkungannya tetap bersih, semakin tinggi,” himbau Wawali Mor.(dewe)

Jangan ... Dari Halaman 8 Tak

lupa

Walikota

menegaskan kalau Pemkot

BERITA KEHILANGAN SURAT TANDA NOMOR KENDARAAN NOMOR POLISI PEMILIK ALAMAT TYPE MODEL PEMBUATAN PERAKITAN SILINDER WARNA NOMOR RANGKA/NIK NOMOR MESIN NOMOR BPKB

Dikontrakkan rmh mewah Manimbang 5KT,5KM,AC,Garasi 2 mobil,halaman luas parkir muat 10 mobil.Harga menarik. Hub: 0851 0136 9886/0812 4288 4555 Dikontrakkan rmh blkng RS Kan-dow Malalayang,2KT ada kamar mandi dlm,perabot,garasi, PAM, sumur.Harga 17,5jt/thn. Hub. 0851 0136 9886/0812 4288 4555 Dijual tanah Manimbang LT.400 / 3200/1Ha,view laut kota Manado.Harga bagus.Hub: 0851 0136

: DB 6851 AH : ROSSITA KARIM : KEL. SINDULANG II LINGK. III : SUZUKI FD 110 XCD : SEPEDA MOTOR : 2003 : 2003 : 110 CC : HITAM : MH8FD110C3J377829 : E402-ID-375386 : C.7028758.S

Excavator mini. Hub.0813 4033 9205 Valent.

KOST TERIMA KOST HARIAN / mingguan / bulanan.Full AC,TV,Fasilitas Lengkap. Dikontrakkan 2 ruangan kantor depan PJR Samrat.Hub.0852 4088 6111/0811 436 111

SALESMAN DICARI/DIBUTUHKAN Salesman.. Usaha Dibidang Hp, Accessories elektronik dll mempunyai motor untuk kota Manado. Hub. 0811430115

SPA & MASSAGE EXOTIC SPA MENGHADIRKAN LAYANAN PIJAT PANGGILAN KHUSUS KE HOTEL DENGAN TENAGA WANITA BERSIH, CANTIK,MUDA ,PROFESIO-NAL,RAMAH & SOPAN.PASTI PUAS & TIDAK KECEWA. HUB: 0823 4788 8621

JUAL PAJEKO DIJUAL KAPAL IKAN ( PAJEKO) SIAP PAKAI.Spek ukuran P:21m

HEWAN PELIHARAAN JUAL ANJING RAS,GOLDEN,SHITZU,HERDER, PUDLE,DLL.HP.0853 9753 2787 / 0853 9494 2829.TONDANO


JUMAT 13 JANUARI 2017 NOMOR 3149 TAHUN XI

HARGA Langganan: Rp. 50.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) NO REK: 001 01.52.000663-1 Bank Sulut a/n PT. Sulut Lestaripress ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071

Surat Kabar Harian Berpikir dan Berbuat

IBUKOTA

8

Jangan dulu minta jabatan, tapi minta hikmat ke Tuhan Pdt Tamaka: Akhir-akhir ini pegawai Pemkot Manado dalam suasana H2C GSVL: Saya dan Pak Wakil dilematis, karena tidak semua bisa diakomodir KEL. KAIRAGI WERU

Lurah: Perda Sampah adalah aturan, jadi harus ditegakkan KELURAHAN Kairagi Weru, Kecamatan Paaldua terus menyosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2006 tentang Sampah. Oleh karena itu pemerintah terus mengimbau warganya agar bisa membuang sampah sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. “Kami dari pemerintah kelurahan meminta kepada warga Manado bahkan masyaJUSUF Gampamole. rakat luar Manado untuk tetap memperhatikan jam buang sampah,” terang Lurah Kairagi Weru Jusuf Gampamole, Kamis (12/1) kemarin. Pihak kelurahan juga sebar spanduk pemberitahuan jam buang sampah di beberapa titik, agar masyarakat bisa sadar untuk buang sampah “Saya siap untuk menerima komplain dari masyarakat terkait dengan pemberitahuan melalui spanduk untuk bisa membuang sampah di bakbak sampah yang telah disediakan. Karena sebelumnya ada yang keberatan dengan spanduk yang menegaskan untuk membuang sampah sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Dan karena ini merupakan aturan jadi harus ditegakkan,” tegas Lurah humoris ini. Menurut Gampamole, setiap pagi dirinya bersama dengan staf pegawai kelurahan memantau setiap titik yang ada bak sampah. Bukan hanya itu saja, setiap minggu tiga kali pemerintah kelurahan mengadakan kerja bakti yakni, Senin, Rabu dan Jumat. “Ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan menyosialisasikan kepada masyarakat untuk membuang sampah sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” katanya. Gampamole menambahkan, sejak sekitar pukul 06.30 Wita, pihaknya kita sudah standby di titik-titik tempat buang sampah, jika masih ada masyarakat yang ingin membuang sampah tidak tepat waktu diminta kembali membawa pulang sampahnya karena sudah bukan waktu untuk membuang sampah. “Jadi masyarakat wajib membuang sampah di bak-bak sampah yang telah disediakan dengan waktu yang telah ditentukan yakni pukul 18.00 sampai 06.00 Wita. Dan siap untuk menindak bagi setiap masyarakat yang tidak taat dengan peraturan tersebut,” tandasnya.(eren)

Tikala—Kamis (12/1) pagi kemarin, Pemkot Manado kembali menggelar ibadah rutin mingguan dan berlangsung di ruang Serbaguna Kantor Walikota Jl Balaikota Tikala. Ibadah ini sekaligus ibadah perdana Pemkot Manado di tahun 2017 ini. Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE STh, serta Ketua TP-PKK Prof Paula Lumentut-Runtuwene hadir dalam ibadah tersebut, berbaur dengan para pejabat dan staf di Pemkot Manado. Menariknya, ibadah perdana ini sangat menggugah sikap Aparatur Sipil Negara (ASN) menghadapi struktur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016. Situasi ini rupanya terbaca oleh Pdt Melki Tamaka MTh yang memimpin ibadah. Pasalnya dalam khotbahnya yang didasarkan pada bacaan Alkitab 1 Raja-Raja 3:5-14, Pdt Tamaka mengajak para ASN Pemkot Manado untuk meminta hikmat kepada Tuhan seperti yang dilakukan Raja Salomo. Karena jika minta jabatan, kesehatan, rezeki dan lainnnya hanya merupakan bonus. “Seperti diketahui akhirakhir ini, semua pegawai di lingkungan kerja Pemkot Manado dihadapkan dengan suasana yang H2C atau harap-harap cemas jelang pelantikan dan pengisian jabatan. Yang terpenting di sini adalah mintalah dulu hikmat

WALIKOTA GS Vicky Lumentut, Wakil Walikota Mor Bastiaan, Ketua TP-PKK Paula Lumentut-Runtuwene berbaur dengan para pejabat dan staf di Pemkot Manado dalam ibadah perdana tahun 2017 Pemkot Manado, Kamis (12/1) kemarin.(foto: ist)

kepada Tuhan, maka Tuhan akan memberikannya seperti Raja Salomo. Jangan dulu minta jabatan. Karena jabatan, kesehatan, rezeki, jodoh dan lain-lainnya hanya merupakan bonus,” ujarnya. Dikatakan pula, dalam hidup ini, manusia diperhadapkan dengan berbagai keputusan. Sehingga, diperlukan hikmat agar memiliki keputusan yang tepat. “Sebagai ASN harus memiliki hikmat serta punya hubungan yang baik dengan pimpinan termasuk dengan Pak Walikota, Pak Wakil Walikota dan pimpinan SKPD. Begitu juga sebaliknya, pimpinan dengan staf,” tukas Pdt Tamaka. Sementara itu, Walikota GSVL dalam sambutannya mengingatkan ASN Pemkot Manado jika tahun 2017 adalah tahun inovasi serta

komitmen untuk tidak keluar dari aturan yang ada. “Saya dan Pak wakil Walikota akan memberikan apresiasi bagi mereka yang bekerja dengan inovasi. OPD baru ini bukan kemauan dan keinginan saya dan Pak Wakil, tetapi ini adalah amanat peraturan,” ujar Walikota GSVL. Dia juga mengaui, dirinya dan Wawali Mor diperhadapkan dengan situasi dilematis antara profesionalitas dan interaksi sosial. “Saya dan Pak Wakil sangat dilematis, antara profesionalitas dan interaksi sosial sangat dominan, sehingga tidak semua bisa diakomodir. Saya harap diposisi manapun mari kita laksanakan tugas ini dengan sebaik mungkin,” tandas Walikota GSVL. Baca: Jangan ( Halaman 7)

PEMEKARAN WILAYAH

Siladen layak jadi Kelurahan sendiri Tikala—Panitia Khusus (pansus) Pemekaran Wilayah Kelurahan dan Lingkungan Dekot Manado saat ini sedang melakukan pembahasan untuk pemekaran sejumlah kelurahan yang ada di Manado. Dan Anggota Pansus Markho Tampi berjanji akan mengawal secara khusus pemekaran pulau Siladen menjadi satu kelurahan sendiri. Selain itu, pemekaran Sindulang juga akan jadi perhatiannya. Tampi mengatakan, jika pemekaran pulau Siladen menjadi kelurahan sendiri sangat penting dan perlu diperjuangkan, karena mempunyai keuntungan yang sangat besar untuk para masyarakat di Siladen. “Saat ini warga Siladen masih tergabung di Kelurahan Bunaken yang beda pulau. Padahal, di daerah Siladen sudah ada lebih dari 100 kepala keluarga. Bagaimana sulitnya warga yang harus menyeberang lautan jika ingin ke kantor kelurahan,” kata anggota Komisi D tersebut.

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

Menurut Tampi, dengan kepentingan warga kepulauan tersebut, dirinya meminta kekhususan untuk dimekarkan, walaupun ada beberapa spesifikasi aturan yang tidak memenuhi standar pemekaran. “Ada wilayah yang mendapatkan perhatian khusus, sehingga Siladen akan saya perjuangkan jadi satu kelurahan sendiri, karena ini berhubungan dengan kepentingan rakyat,” kata legislator dari Dapil Tuminting-Bunaken-Bunaken Kepulauan tersebut. Diketahui, dari segi administratifnya, pulau Siladen adalah Lingkungan VII dari Kelurahan Bunaken, Kecamatan Bunaken Kepulauan. Namun karena penduduknya cukup banyak, apalagi terpisah dari pulau Bunaken, maka selayaknya Siladen jadi kelurahan sendiri. Apalagi ditopang dengan obyek wisata laut yang sangat menjanjikan. Sedangkan untuk pemekaran

Sindulang, dirinya mengaku akan mengawalnya karena memang daerah tersebut sudah sangat padat penduduk, sehingga perlu adanya pembagian wilayah kelurahan. “Dengan pemekaran kelurahan di wilayah Tuminting dan Bunaken, tentunya wilayah Manado bagian utara akan lebih terperhatikan, karena pemerintahan kian dekat dengan masyarakat,” kata politisi PDIP ini. Ketua Pansus Sonny Lela mengatakan, pemekaran sejumlah wilayah Kelurahan di Manado perlu dilakukan karena sudah memenuhi syarat. “Berdasarkan Permendagri Nomor 31 Tahun 2006 tentang Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Kelurahan, maka yarat-syarat pembentukan dan pemekaran kelurahan, jika dilihat dari beberapa kecamatan sudah memenuhi syarat. Dilihat dari jumlah kepala keluarga maupun luas wilayah,” kata dia.(eren)

PENEMPATAN PEJABAT

Ketua Dekot bantah intervensi Walikota-Wawali

KETUA Dekot Manado, Noortje Van Bone.(foto: ist) Tikala—Penempatan posisi pejabat di Organiasai Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Manado hingga saat ini masih terus berproses. Pekan lalu, Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) telah melantik sebagian pejabat Eselon II dan III. Dan dalam waktu dekat ini, bahkan direncanakan Jumat (13/1) hari ini, akan ada pelantikan susulan Eselon III dan IV. Namun beredar kabar kalau Ketua Dekot Manado Noortje Van Bone melakukan intervensi terhadap penempatan pejabat ini. Hanya saja, Van Bone langsung mengklarifikasi dan membantah isu yang menyebutkan bahwa dirinya melakukan intervensi kepada Walikota GSVL dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dalam penempatan pejabat, termasuk pejabat di lembaga yang dipimpinnya. Dia menegaskan, siapapun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditunjuk menempati sebuah jabatan, telah melalui serangkaian penilaian. “Tentunya sudah berdasarkan penilaian kinerja dan kemampuan individu yang dimiliki bersangkutan,” tegas politisi Partai Demokrat tersebut. Menurut dia, pelaksanaan penempatan pejabat Pemkot Manado tersebut merupakan hak preogratif dari eksekutif dalam hal ini Walikota. “Saya tidak pernah intervensi Pak Walikota dalam pelaksanaan rolling jabatan. Karena rolling merupakan hak preogratif Walikota dalam menempatkan para pejabat maupun staf di lingkungan Pemkot

maupun Dekot Manado,” tandasnya. Sebelumnya, Walikota GSVL menegaskan, pejabat yang dilantik adalah orang-orang terpilih dan terpercaya, sehingga mereka harus menunjukan loyalitas kepada pimpinan serta berdedikasi dan bertanggungjawab terhadap pekerjaan yang dipercayakan. “Saya harapkan para pejabat yang dilantik memiliki loyalitas dan dedikasi yang tinggi terhadap kepercayaan yang diberikan pimpinan,” tegas Walikota GSVL. Selain itu, tambah pemimpin pilihan rakyat Manado itu, dalam menetapkan pejabat sesuai struktur OPD baru tersebut, murni didasarkan pada kompetensi dan profesionalisme yang bersangkutan dan bukan karena sejumlah uang. “Tidak ada yang bayarbayar disini. Kalau kedapatan ada yang memberikan uang kepada orang dekat Walikota, atau Wakil Walikota atau Sekkot termasuk atas nama keluarga atau tim sukses atau kepada siapa saja, pejabat tersebut akan saya ganti,” ujar Walikota mengingatkan. Hanya saja para pejabat yang dilantik bukan serta merta langsung terima begitu saja jabatan yang diberikan, tanpa berkerja dengan maksimal. Pasalnya, dirinya dan Wawali Mor tetap mengevaluasi kinerja para pejabatnya. Hal itu juga ditandai dengan penandatanganan pakta integritas dari pejabat itu sendiri. “Yang tidak mampu lebih baik mundur,” warning Walikota GSVL.(eren/dewe)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


JUMAT 13 JANUARI 2017 NOMOR 3149 TAHUN XI Butterfly Spa Manado

Spa dengan pelayanan maksimal BERGELUT dengan rutinitas pekerjaan sering kali membuat kita merasa tertekan dan perlu sarana rekreasi dan relaksasi. Manado sebagai kota yang lagi menggeliat dengan jargon ekowisatanya menyediakan banyak pilihan sarana untuk rekreasi dan relaksasi. Salah satunya Butterfly Spa, yang terletak di kawasan bisnis Boulevard, tepatnya di lantai 3 Komplek Ruko Blue Banter Boulevard, yang bisa menjadi alternatif relaksasi Anda. Spa yang sudah ada sejak 2013 silam ini selalu memberikan pelayanan yang optimal kepada setiap tamu yang datang. Dengan fasilitas

BUTTERFLY Spa adalah jaminan untuk terbaik spa di Manado.

Mengingat kejayaan lagu Pop Manado Manado—Langkah bimbang para musisi lokal daerah ini yang ingin berkembang, setidaknya telah memiliki cermin di masa lalu. Kendati tidak bertahan lama, namun musisi lokal pernah berjaya di masa sebelumnya. Menurut Alfeyn Gilingan, jejak langkah musisi lokal di masa lalu, bisa menjadi bahan evaluasi untuk menatap langkah kedepan. Ein, sapaan akrab mantan wartawan hiburan yang kini dipercayakan sebagai Ketua Komunitas Musisi Manado (Komudo) ini, kemudian menceritakan perkembangan musisi Manado dari catatannya. Ia mengatakan hingga tahun 90an rata-rata musisi lokal masih mengandalkan profesinya untuk menyambung hidup keluarga. “Mereka berkiprah di Manado, termasuk bermusik di tempat hiburan. Banyak grup musik terbentuk, bahkan Medinos GB sempat meramaikan blantika nusik Indonesia. Kemudian muncul grup musik lain seiring dengan bertambahnya jumlah tempat hiburan, festival musik sering digulir—termasuk oleh pemerintah (RRI/ TVRI setiap minggu punya paket musik)—, perusahaan rokok menggelontor biaya besar untuk promosi dan menggunakan musik sebagai wahana prpmosi yang ampuh,” tuturnya. Selebihnya, musisi punya ruang kreativitas dalam industri rekaman lokal. Tahun 90an secara khusus lagu pop Manado berada di puncak keemasan, menjadi ladang subur bagi para seniman musik. “Ada juga Grup-grup band muda sudah berani keluar kandang, melayani job di daerah lain dengan nilai bayaran cukup tinggi. Mereka berkolaborasi dengan musisi jakarta, bahkan hingga saat ini ada yg tetap bermusik di Jakarta,” imbuhnya. Di masa ini, muncul nama-nama musisi lokal, menyertai berjayanya lagu Pop Manado. Ada Benny Govinda (almarhum), Deddy Galuanta, Atox CT, Noval, Tedja Ditrano, Ranny Tamara Cs dan beberapa musisi lainnya. Mengiringi naiknya nama para penyanyi Pop Manado seperti Gunawan, Isty Yulistri, Litha Akay, MAG 2000. Bahkan sejumlah selebritas pun ikut terangkat dengan sejumlah album kompilasinya. Seperti Yudha Trayanda, Suzan Tambun, dan lain-lainnya. Sebaliknya, pada kondisi ini terjadi kemerosotan kerbersamaan dan skill pada banyak musisi manado. “Oleh karna kemunculan tempat hiburan di Manado memasang standar, musisi bandug dan jakarta kerap manggung di manado. Musisi lokal mulai tersisih. Awal tahun 2000an ketersisihan dan kemerosotan itu kian lebar, ditambah dengn mulai redupnya dunia rekaman oleh karena alih-alih teknologi (digital). Kaset berpita berganti CD/VCD, hadir kemudian proses rekaman digital yang membuat studio rekaman di Manado tutup hingga kini,” bebernya. Sudah demikian kondisinya, dunia seni di Sulut tak beranjak dari status pelengkap penderita. “Pemerintah tidak pernah membuka ruang perhatian bagi seniman musik, termasuk organ-organ yang mewadahi para musisi. Manado sebagai sentra jasa hiburan di Sulut terjebak dalam political will pariwisata yang statis, tetapi tetap saja mengandalkan pemasukan PAD

GUNAWAN dan Isty Yulistri menjadi ikon kejayaan lagu Pop Manado di era 2000-an.

dari industri hiburan dimana para musisi lokal bertahan dengan bayaran rendah setiap malam,” ungkap Ein. Kini musisi di Manado tetap larut dalam suasana lama, lanjutnya, minim agenda festival. “Hanya rutin bermusik di tempat hiburan sesuai jadwal tampil yang diatur sepenuhnya okeh manajemen kafe/pub, dan hampir tidak pernah lagi tampil mengisi acara musik di TVRI, karena tak ada perhatian pemicu dari pemerintah,” pungkasnya. Sementara itu, penyanyi di tempat hiburan menyatakan tempat-tempat hiburan yang tumbuh saat ini mulai banyak menawarkan job. “Job yang ditawarkan oleh tempat hiburan baru di kota Manado ini bisa memberikan kesempatan untuk musisi lokal untuk kerja atau naik panggung,” ujar Ananta Prince. Tak hanya itu, kesejahteraan atau gaji honor yang diberikan oleh tempat hiburan in dinilai sudah memadai. “Soal gaji ada yang sudah bisa dikatakan sudah memadai, meski ada juga yang masih di bawah standar, karena sudah tidak sesuai dengan

bayaran seorang musisi yang bekerja tiap malam, dan harus pulang pagi dengan resiko yang besar,” katanya. Mengenai perkembangan musisi lokal saat ini, menurut Ananta, sudah banyak lahir yang baru walaupun skill untuk melantunkan sebuah lagu masih kurang. “Namun setidaknya mereka sudah berani untuk membuka diri untuk tampil. Cuma masih banyak yang sudah merasa hebat dalam musik, dan tidak mau menerima saran orang lain. Tapi, ada juga yang biasabiasa saja tapi mau menerima saran orang,” imbuhnya. Menurut Ananta, orang-orang yang biasa-biasa saja tapi mau menerima kritik dari orang lain itu lebih bagus karena dia bisa berkembang lebih hebat. “Intinya jangan sombong dan mau menerima saran dan kritik orang lain. Apalagi di jaman dunia hiburan sekarang ini sudah ditemukan beberapa oknum yang saling tikung antara teman kerja hanya untuk mencari posisi. Jadi hati-hati kembali lagi saya harus memantapkan diri untuk kedepan,” ujar Ananta Prince.(203/282)

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

12 kamar Deluxe, 2 kamar VIP dan pelayanan tenaga therapis yang profesional, menjadikan spa ini benar-benar memanjakan setiap tamu yang datang. Buka setiap hari dari jam 11.00 22.30 WITA memberikan banyak pilihan waktu untuk para tamu. Dengan tarif Rp.200.000/90 menit untuk kamar Deluxe dan Rp.250.000/ 90 menit untuk kamar VIP, Anda sudah bisa menikmati suasana relaksasi yang berkelas. Andre Kalumbang selaku Manager Butterfly Spa menjelaskan bahwa tempat spanya selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik

kepada setiap tamu yang datang,baik dari sisi kenyamanan kamar maupun kenyamanan therapis. “Kami selalu berikan pelayanan yang terbaik kepada tamu yang datang,” terang Andre meyakinkan. Bahkan untuk menambah pelayanan dan kenyamanan tamu yang datang, di lantai satu sekarang sudah dibuka Lintong Coffee House yang menyediakan beragam menu seperti aneka minuman, cemilan dan makanan. “Kami sediakan pilihan bersantai sebelum atau sesudah relaksasi di lantai 3,” tambah Andre mempromosikan Lintong Coffee House.(timsb)

CELEB

Doa Siti Nurhaliza di Usianya ke-38 Tahun MENJADI pribadi lebih baik merupakan dambaan setiap insan, begitu juga Siti Nurhaliza. Di ulang tahun yang ke-38, Siti berharap menjadi muslimah yang sukses, baik di dunia maupun di akhirat. "Di usia Siti yang ke 38, semoga tetap jaya, bisnis berjalan lebih baik, lebih lancar, dan menjadikan Siti muslimah berjaya di dunia dan akhirat," ucap Siti Nurhaliza, di Jakarta Comvention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (11/1) malam. Ulang tahun kali ini menjadi momen spesial buat Siti. Sebab, dia bisa merayakan bersama penggemarnya di Indonesia. Apalagi, ulang tahun Siti berbarengan dengan salah satu stasion TV, yang kini genap berusia 22 tahun. "Satu yang istimewa karena peminat Siti. Sebetulnya Siti ingin setiap ultah di Indosiar, Golden Memories. Jadi bisa berkumpul menyaksikan penampilan saya," ungkapnya. Berbagai kejutan didapatkan Siti selama berada di Jakarta. Terutama dari pihak hotel tempatnya menginap. Siti dibuatkan aneka penganan khas Indonesia yang digemarinya. "Ada yang bikin makanan untuk saya dari pihak hotel. Ada makanan khas Indonesia yang memang saya suka. Tadi pagi sekali saya dapat makanan kesukaan Siti seperti Risol dan wajik," ucap Siti Nurhaliza.(btgc)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


10 JUMAT 13 JANUARI 2017 NOMOR 3149 TAHUN XI

Taman Nasional Tangkoko

Objek wisata andalan Kota Bitung TAMAN Nasional Tangkoko merupakan salah satu obyek wisata andalan Provinsi Sulawesi Utara terlebih Kota Bitung yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, termasuk LSM, para pegiat lingkungan hingga para peneliti. Secara administratif, Taman Nasional Tangkoko berada diwilayah administrasi Kota Bitung tepatnya di kaki gunung dua sudara. Kawasan seluas 8.718 hektar ini merupakan tempat tinggal dari 2 hewan khas Sulawesi Utara yang terancam punah yakni Yaki (Macaca Nigra) dan Tarsius (Tarsius Spectrum). Tarsius merupakan primata terkecil di dunia, hewan ini hanya dapat anda temukan di Filipina dan Indonesia. Keunikan dari primata ini adalah Mereka tubuh mereka yang sangat mungil dan hanya memiliki panjang sekitar 1015 cm dengan berat sekitar 80 gram. Selain Tarsius Taman Nasional Tangkoko juga merupakan tempat tinggal dari hewan khas Sulawesi Utara lainnya yaitu Yaki (Macaca Nigra) atau monyet berjambul khas Sulawesi. Bulu yang berwarna hitam, serta seluruh tubuh yang ditumbuhi rambut kecuali muka yang berwarna hitam dan pantat yang lucunya berwarna merah muda menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Bukan hanya karena keberadaan Yaki dan Tarsius saja sehingga Taman Nasional Tangkoko sering dijadikan sebagai lokasi penelitian, seperti dikutip dari situs indonesia.travel Taman Nasional Tangkoko telah sejak dahulu kala menarik minat ilmuan untuk berkunjung ketempat ini. Alfred Russle Wallace pada tahun 1850 pernah melakukan penelitian ditempat ini untuk melihat langsung hewan unik lainnya yaitu burung Maleo dan babi rusa. Hewan lainnya yang juga sering menjadi lokasi penelitian ditempat

MACACA Nigra alias Yaki adalah salah satu satwa endemik yang ada di Tangkoko.

ini adalah burung. Ratusan spesies burung hidup dan dapat anda lihat ditempat ini. Untuk menuju ke Taman Nasional Tangkoko, anda akan menempuh perjalanan yang cukup jauh dari Kota Manado menuju ke Kota Bitung. Dari Kota Manado, anda bisa menggunakan angkutan umum (bus berukuran besar) yang berada di terminal Paal 2. Tapi saran saya, anda lebih baik menggunakan kendaraan pribadi (menggunakan jasa rental mobil/ jasa tours and travel) karena sangat jarang kendaraan umum dari terminal Bitung menuju ke Tangkoko. Adapun jasa rental

mobil di Manado yang saya rekomendasikan adalah jasa rental mobil agape (www.rentalmobilagape.com) Atau, untuk anda yang berniat mengunjungi Taman Nasional Tangkoko namun memiliki budget yang terbatas, ada baiknya anda menggunakan jasa penyewaan kendaraan roda dua. Oh ya, sedikit tips apabila berniat mengunjungi tempat yang masih hijau ini. Pertama, apabila anda hendak berkunjung ke tempat ini ada baiknya anda menyiapkan bekal makan dan minum karena ditempat ini jarang sekali anda akan menemukan penjual makanan dan

minuman. Kedua, ada baiknya anda tidak menggunakan celana jeans jika berkunjung ke tempat ini mengingat anda akan berjalan mengelilingi kawasan hutan. Gunakanlah pakaian yang bisa membuat perjalanan anda terasa begitu nyaman, dan jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk. Bagi anda yang ingin berlama-lama menikmati kehidupan alam yang begitu asri ditempat ini, disekitar Taman Nasional Tangkoko terdapat beberapa penginapan dengan harga yang bervariatif. Untuk bisa melihat Tarsius dan Yaki yang hidup di Taman Nasional Tangkoko, para

pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp 70.000 (tarif untuk wisatawan asing berbeda). Tarif tersebut sudah termasuk pemandu wisata yang akan membawa anda mengelilingi hutan lindung. Memang tarif yang dikenakan untuk melihat kehidupan alam yang berada di Taman Nasional Tangkoko cukup mahal dibanding tiket masuk tempat wisata lainnya di Sulawesi Utara. Akan tetapi uang yang akan anda keluarkan untuk melihat kehidupan alam di Taman Nasional Tangkoko akan sebanding dengan pengalaman yang tidak akan anda temui ketika mengunjungi lokasi wisata alam lainnya.(seputarsulut.com)

Batu Dinding Kilo Tiga Amurang, Minahasa Selatan

Wisata alam sulawesi yang menantang

Wisata Rohani Bukit Kasih

Simbol Cinta dan Perdamaian LOKASI wisata batu dinding Kilo 3 Amurang.

SELAIN obyek wisata alam dan wisata bahari, pulau Sulawesi juga menyuguhkan ragam wisata olahraga outdoor atau olahraga ekstrim misalnya arung jeram. Akan tetapi ada salah satu obyek wisata Sulawesi, yang benar-benar lebih ekstrim dari wisata lainnya. Dan mungkin saja Anda belum pernah mengunjunginya. Obyek wisata ini terletak di Sulawesi Utara yang diberi nama Batu Dinding Kilo Tiga. Dan sangat cocok bagi Anda menyukai tantangan atau sekedar ingin menguji adrenalin sambil melihat keindahan Batu Dinding Kilo Tiga ini. Obyek wisata Batu Dinding Kilo Tiga ini merupakan salah satu wisata yang paling ekstrim di wilayah Pulau Sulawesi. Tempat wisata ini merupakan sebuah tebing alami yang menjulang tinggi sekitar 90 meter. Masyarakat setempat banyak yang menjulukinya dengan julukan batu dinding. Batu Dinding Kilo Tiga ini memiliki bentuk yang unik menyerupai jajaran balok yang bersusun bertingkat terbalik.

Kemegahan Batu Dinding ini akan terlihat jika Anda melihatnya dari jarak jauh. Akan tetapi, Anda akan merasakan kekaguman yang luar biasa jika melihatnya dari dekat. Bagaimana tidak, susunan balok tersebut bisa menyatu dan tersusun sedemikian rupa. Setiap pengunjung pasti akan dibuatnya takjub dengan keindahan batu tebing ini. Selain memiliki bentuk yang cukup unik, tingkat kesulitan jalur pemanjatan yang dimiliki oleh Batu Dinding ini juga tergolong sulit. Bahkan beberapa olahragawan Panjat Tebing Nasional pun banyak yang mengakui bahwa Batu Dinding Kilo Tiga ini adalah tebing alami yang sangat sulit di antara tebing-tebing se-Indonesia. Di tebing batu dinding yang eksotik ini, terdapat sembilan jalur panjat dengan nama yang berbeda-beda. Dan menyimpan cerita menarik pada setiap nama jalur panjat. Bagi Anda yang memiliki kegemaran olahraga ekstrim Panjat Tebing, Batu Dinding Kilo Tiga

ini akan memberikan sensasi yang cukup memicu keberanian Anda. Pengalaman pemanjatan Anda akan bertambah sekaligus anda akan diuji di tebing ini. Susunan balok-baloknya yang berbentuk terbalik cukup memeras otak dan juga tenaga Anda. Obyek Wisata Batu Dinding Kilo Tiga ini berada di wilayah Desa Kilometer 3 (Km3) Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara. Lokasi Batu Dinding ini dapat anda tempuh dari kota Amurang ibukota Kabupaten Minahasa Selatan, dengan menggunakan kendaraan pribadi hanya dengan membutuhkan waktu beberapa menit saja. Akan tetapi, jika anda menggunakan angkutan umum untuk menuju lokasi tebing ini, anda tidak bisa menuju lokasi wisata dengan satu kali perjalanan saja. Anda harus naik ojek dari titik penurunan angkutan kota, menuju ke Desa Kilo Tiga. Kemudian, anda juga harus berjalan kaki sebentar untuk mencapai lokasi wisata tebing ini.(wisatasulawesi.com)

JIKA Anda ingin merasakan sensasi keindahan alam dari puncak bukit sambil berendam di air panas belerang, maka berkunjunglah ke Bukit Kasih, Sulawesi Utara. Selain itu, obyek wisata Sulawesi ini juga menawarkan udara segar serta menjadi simbol cinta kasih dan perdamaian antar umat beragama. Karena di puncak bukit ini terdapat tempat ibadah dari lima agama. Bukit ini dinamakan Bukit Kasih karena di bukit ini orang-orang dari berbagai lintas agama dapat berkumpul dan berdamai menjadi satu. Bukit Kasih dijadikan sebagai sebuah simbol yang melambangkan perdamaian. Selain itu, bukit ini juga dijadikan sebagai tempat untuk saling mengingatkan kepada semua umat manusia akan kerukunan beragama. Di puncak Bukit Kasih, Anda akan menemukan lima tempat ibadah dari lima agama yang telah diresmikan di Indonesia, yaitu Masjid untuk umat Islam, gereja untuk agama Katholik dan Kristen Protestan, Vihara untuk agama Budha, dan Pura untuk agama Hindu. Kelima tempat ibadah

tersebut telah dihubungkan dengan akses jalan berupa anak tangga yang berliku. Tempat-tempat ibadah yang telah dihubungkan tersebut, mewakili simbol bahwa penganut agama apa saja bisa hidup berdampingan dalam kerukunan tanpa ada satu pun permusuhan antara agama satu dengan agama yang lainnya. Selain lima tempat ibadah di puncak Bukit Kasih tersebut, di area pintu masuk kawasan wisata ini dibangun sebuah monumen dengan ketinggian mencapai 22 meter. Monumen ini diberi nama Tugu Toleransi. Dinamakan demikian karena tugu ini berbentuk segi lima, dan tiap sisinya terdapat ukiran gambar maupun simbol serta cuplikan ayat kitab suci dari masing-masing agama yang diakui di Indonesia. Obyek wisata Bukit Kasih ini terletak di sekitar wilayah sumber belerang, sehingga jika anda berjalan-jalan mengelilingi kawasan wisata ini anda akan menemukan beberapa kawah dan panorama alam yang masih sangat hijau dan segar. Selain itu, di

tempat ini Anda bisa mencoba makanan, seperti jagung, pisang, kacang dan ubi yang semuanya direbus di kawah bukit. Memang memerlukan stamina atau tenaga yang kuat untuk menuju puncak bukit. Karena Anda harus menaiki dua ribu lebih anak tangga. Tapi tak perlu khawatir karena ada beberapa tempat beristirahat di sepanjang jalan menuju puncak. Selain itu ketika mendaki tangga, pengunjung akan melihat pemandangan indah dan kawah belerang dimana air panasnya yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk memasak makanan. Kawasan wisata rohani Bukit Kasih ini berada di wilayah Desa Kanonangan Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara. Jika anda memulai perjalanan dari Kota Manado, anda bisa menggunakan kendaraan darat atau transportasi umum dengan jarak tempuh sekitar 55 km sebelah selatan Kota Manado dengan memakan waktu sekitar 1 jam lamanya. (berbagai sumber/ wisatasuLawesi.com)


MINAESA TOMOHON SAS hadiri ibadah pemakaman Alm Mien Josephin Dien WAKIL Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) bersama jajaran Pemkot Tomohon menghadiri upacara pemakaman Almarhumah Mien Josephin Dien yang telah tutup usia pada 88 tahun di rumah duka Keluarga Ering-Wawo di Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan, Kamis (12/1) kemarin. Wawali mengatakan sebagai umat yang percaya dan beriman, kita harus menyadari bahwa kematian adalah suatu kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa bagi setiap umat manusia yang percaya, karena kehidupan di dunia adalah pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa, dimana kita hidup di dunia ini hanya untuk sementara waktu. Seperti yang tertulis dalam Firman Tuhan yaitu Pengkotbah 8:7-8a. “Sesungguhnya Ia tak mengetahui apa yang akan terjadi, karena siapakah yang akan mengatakan kepadanya bagaimana itu akan terjadi, tiada seorangpun berkuasa menahan angin dan tiada seorangpun berkuasa atas hari kematian,” jelasnya. Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc beserta jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(gebe)

minahasa Kapolres undang Kesbangpol dan tokoh agama

MINAHASA, TOMOHON, MINUT, MINSEL, MITRA BITUNG

Tunggakan 2016 hampir sentuh Rp2 miliar Tondano—Capaian target Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan Perkotaan (PBB-P2) di tahun 2016 lalu, di Kabupaten Minahasa ternyata belum mendapatkan hasil yang memuaskan karena banyak warga yang belum sadar akan membayar pajak. Hal ini bisa dilihat dimana dari 25 kecamatan yang ada di Minahasa, hanya 7 kecamatan yang target realisasi pajaknya mencapai 100%. Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Jan W Luntungan SH melalui Sekretaris Denny Waworuntu, Kamis (12/1) kemarin, mengatakan, untuk total penetapan PBB-P2 di Kabupaten Minahasa pada tahun 2016 sebesar Rp5,3 miliar, namun baru terealisasi Rp3. 406.910.677 atau 64,28%. Artianya Minahasa masih ada sida tunggakan Rp1.893.089.323 yang harus dibayarkan pada tahun 2017 ini.

Realisasi PPB-P2 tahun 2016 pada 25 kecamatan di Minahasa KECAMATAN

PENETAPAN

REALISASI

SISA

CAPAIAN

Langowan Timur Langowan Utara Kakas Eris Kombi Tondano Utara Langowan Selatan Kakas Barat Tompaso Tompaso Barat Remboken Kawangkoan Kawangkoan Utara Kawangkoan Barat Tombariri Tombariri Timur Sonder Tondano Barat Pineleng Tondano Timur Lembean Timur Tombulu Langowan Barat Tondano Selatan Mandolang Total

Rp202.919.628 Rp73.769.164 Rp98.180.144 Rp86.413.543 Rp155.072.851 Rp176.462.251 Rp116.295.061 Rp101.973.627 Rp114.200.781 Rp55.717.195 Rp187.503.467 Rp112.157.096 Rp86.027.320 Rp84.145.281 Rp501.714.908 Rp84.804.055 Rp192.192.138 Rp319.059.610 Rp527.252.557 Rp258.035.275 Rp90.159.505 Rp443.955.581 Rp191.739.019 Rp183.975.699 Rp1.222.369.698 Rp5.300.000.000

Rp202.919.628 Rp73.769.164 Rp98.180.144 Rp86.413.543 Rp155.072.851 Rp176.462.251 Rp116.295.061 Rp54.726.649 Rp100.545.372 Rp53.592.848 Rp87.452.180 Rp48.548.907 Rp58.136.968 Rp68.433.020 Rp88.664.424 Rp53.952.257 Rp58.599.004 Rp168.340.655 Rp268.613.691 Rp117.322.090 Rp66.163.912 Rp185.386.741 Rp103.367.791 Rp82.018.150 Rp833.933.376 Rp3.406.910.677

Rp47.210.978 Rp13.655.409 Rp2.124.347 Rp100.051.287 Rp63.608.189 Rp27.890.352 Rp15.712.261 Rp413.050.484 Rp30.851.798 Rp133.593.134 Rp150.718.955 Rp258.638.866 Rp140.713.185 Rp23.995.593 Rp258.568.840 Rp88.371.228 Rp101.957.549 Rp388.436.322 Rp1.893.089.323

100% 100% 100% 100% 100% 100% 100% 53,69% 88,4% 96,19% 46,64% 43,29% 67,58% 81,33% 17,67% 63,62% 30,49% 52,76% 50,95% 45,47% 73,39% 41,76% 53,91% 44,58% 68,22% 64,28%

minut VAP minta hasil kerja pejabat baru dilaporkan BUPATI Minut Vonnie A Panambunan menegaskan, agar pejabat yang sudah dilakukan rolling pada posisinya masing-masing betulbetul bekerja. Panambunan mengatakan, jangan setelah mendapat jabatan baru, kepala Satuan Kerja Perangkat Desa (SKPD) hanya main perintah tanpa turun lapangan. VONNIE Panambunan. “Saya tidak mau seperti itu. Semua harus bekerja, jangan satu pejabat suka memajukan Minut yang lainnya hanya menunggu hasil. Pokoknya jika terjadi begitu, saya akan langsung ganti pejabat tersebut,” tutur Panambunan, Kamis (12/1) kemarin. Untuk mengantisipasi terjadi hal demikian, Panambunan mempunyai ramuan khusus agar semua pasukannya efektif melakukan kontrol pelayanan ke masyarakat di lapangan. “Saya sudah tegaskan waktu pelaksanaan Sertijab dan aset. Semua kepala SKPD harus turun ke masyarakat, cari data apa yang mereka butuhkan dan keluhkan selama ini. Kemudian laporannya berikan kepada saya, agar bisa kita tahu apa yang harus dilakukan untuk kebutuhan masyarakat,” tegas Panambunan. Penegasan yang diutarakan Panambunan dikarenakan, Panambunan mendengar ada permasalahan di wilayah Wori terkait Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan. “Saya sudah memberitahu Camat Wori agar masalah ini diperhatikan serius. Hati-hati, saya akan cek langsung ke lapangan,” tutup Panambunan.(eres)

Potensi kabupaten Minsel akan dikembangkan

FRENKY Toar.

Sumber: Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah.

TRANSPORTASI

PARIWISATA

RUANG Aula Maesa Polres Minahasa, Kamis (12/1) kemarin, sekitar pukul 11.00 Wita dilaksanakan pertemuan Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK MH dengan Kaban Kesbang dan Linmas yang diwakili oleh Sekretaris Irwan Maswonggo SSos bersama MUI dan tokoh Muhammadyah serta Nadhatul Ulama (NU) umat muslim di Minahasa. Pertemuan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan gambaran terkait situasi yang sedang berkembang di masyarakat saat ini. Dimana dengan kehadiran kelompok intoleransi, yang berusaha memecah belah kehidupan toleransi antar umat beragama di Indonesia sehingga dipandang mengancam kedaulatan NKRI. “Dalam setiap pergerakkannya (kelompok intoleran,red) selalu mengatasnamakan umat Islam secara umum sehingga perlu diambil langkahlangkah oleh Polri dengan melibatkan peran tokoh-tokoh agama seperti Muhammadyah serta Nadhatul Ulama (NU) dari umat Muslim di daerah ini,” ujar Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK MH. Lanjutnya, dengan adanya pertemuan penting sehingga kehidupan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Minahasa tetap terpelihara dengan baik untuk menciptakan situasi Kamtibmas tetap kondusif. “Maksud pertemuan tersebut disambut dan diterima baik oleh tokoh-tokoh Muhammadyah serta NU dari umat Muslim. Tujuan ini demi terciptanya situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Minahasa yang kondusif,” terang Syamsubair. Peserta pertemuan yang hadir saat itu diantaranya: Sjaogil Ahmad, SH, MH, selaku Sekretaris MUI. H Syam Thayeb selaku Tokoh NU. H. Syamsuddin Dali selaku Tokoh Muhammadyah. Suryanto Mertosono selaku Tokoh NU. A Masloman dari NU. Muhammad B dari NU. Ridwan Suratinoyo dari NU. Rusli Nurhamidin dari NU. Irwan Buchari dari NU. Samsudin Nurhamidin dari NU. Ismail Mertosono dari NU. Bima Saleh dari Muhammadyah. Yahya Lababa dari Muhammadyah. Salmiu R. Wahibu dari Muhammadyah. Hasan Lababa dari Muhammadyah. Rustam Olii dari Muhammadyah dan Hamzah Banteng dari Muhammadyah.(erbe)

11

Warga Minahasa belum sadar membayar PBB-P2

Baca: Warga ( Halaman 12 )

PERTEMUAN Kapolres Minahasa dengan Kesbangpol dan tokoh agama untuk membicarakan masalah toleransi umat beragama.(foto: ist)

JUMAT 13 JANUARI 2017

Warga Tatelu, Pinilih & Klabat rindukan angkutan umum

Amurang— Salah satu program unggulan Pemkab Minsel dibawah kepemimpinan Bupati Christiany Eugenia Paruntu dan Wabup Franky Donni Wongkar, adalah membangkitkan potensi pariwisata di daerah

ini. Guna mewujudkan hal tersebut, di tahun 2017 ini Pemkab akan melanjutkan, program Agro Ekowisata bukit Sasayaban, yang berlokasi di Kelurahan Bunyongon, Kecamatan Amurang. Meski infrastrukturnya belum memadai namun lokasi yang telah dicanangkan pada April 2016 lalu akan segera ditata dengan menggunakan anggaran tahap awal Rp1 miliar. “Seperti diketahui bahwa bupati dan wabup memang fokus mengembangkan potensi disektor pariwisata. Sebagaimana keinginan bupati dan wabup, di tahun ini sementara dirancang ikon destinasi wisata Minsel Agro Ekowisata bukit Sasayaban,” kata Kepala Dinas Pariwisata Minsel, Frenky Toar di ruang kerjanya, kemarin. Dia menjelaskan, pengembangan destinasi wisata memang merupakan program dan kerinduan bupati dan wabup untuk memajukan Minsel menjadi kabupaten yang hebat dan terdepan. “Di Minsel banyak potensi wisata yang perlu dikembangkan. Oleh karena itu bupati dan wabup memang sengaja ingin membuat Minsel lebih dikenal luas lewat pariwisata,” terangnya. Selain Agro Ekowisata bukit Sasayaban, yang menjadi perhatian bupati dan wabup adalah ingin membangun dan berkomitmen mengembangkan potensi pariwisata disetiap desa yang ada di Minsel. “Desa wisata juga menjadi impian bupati. Untuk mewujudkan keinginan bupati, saya juga punya kerinduan ingin bekerjasama dengan para kumtua dalam membuat akses jalan ke lokasi-lokasi wisata menggunakan anggaran dana desa. Jika ini terwujud tentu akan menguntungkan bagi desa itu sendiri,” jelasnya. Menurutnya, tujuan dari pengembangan wisata di Minsel adalah untuk meningkatkan pendapatan asli daerah. Selain itu membuka lapangan pekerjaan dan menjaga regulasi daerah dengan berjalannya roda perekonomian masyarakat. “Sebagai contoh, wisata Batu Dinding Desa Kilometer Tiga yang kini telah mendunia karena telah dijadikan tempat syuting artis dari Korea Selatan belum lama ini. Dengan berkembangnya pariwisata Minsel tentu akan membuka peluang bagi desa lain untuk dikenal sampai ke luar negeri. Kedepan bukan hanya batu dinding yang dilirik para wisatawan tapi semua potensi pariwisata yang ada di Minsel. Dan untuk menarik para wisatawan tahun ini kita mengagendakan festival potato di Modoinding, festival teluk Amurang dan lomba foto keindahan pariwisata Minsel,” tutup Toar.(try-31)

BEBERAPA desa di wilayah Minut sampai saat ini, masih sangat kurang angkutan umum. Untuk itu, Pemkab Minut diminta bisa memperhatikan masalah ini.(foto: ist)

Airmadidi—Masyarakat Desa Tatelu, Pinilih, dan Klabat mulai mengeluh kurangnya transportasi umum khusus di wilayah mereka. Hal ini dikatakan salah satu warga Desa Klabat Kecamatan Dimembe Diana Masie, selama ini masyarakat ketiga desa tersebut hanya bisa menumpang kendaraan muat kelapa untuk menuju satu desa ke desa lainnya. “Kalau bisa Pemkab Minut menyiapkan angkutan umum khusus untuk masyarakat di desa kami. Kasihannya juga tiap hari

anak-anak sekolah yang studi di Airmadidi, kadang nanti berjamjam baru bisa mendapat tumpangan,” keluh Masie. Terkait hal itu, anggota Dekab Minut Shintya Erkles turut prihatin. Menurutnya, Pemkab Minut khususnya dinas terkait bisa secepatnya mengantisipasi masalah ini. Karena sudah sangat lama masalah ini dan terkesan dibiarkan. “Generasi muda kita anak-anak sekolah kasihan, karena harus jalan kaki atau menumpang mobil bak terbuka. Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi

karena tumpangan seperti itu. Mungkin pihak Dishub bisa menyediakan bus sekolah untuk masyarakat khususnya anak-anak sekolah di Pinilih dan Klabat, sehingga anak-anak tidak perlu naik mobil bak terbuka untuk ke sekolah,” terang Erkles belum lama ini. Terpisah, Kepala Dishub Minut Hanny Tambani saat dikonfirmasi mengatakan, untuk trayek TateluPinilih-Klabat sudah pernah dibuka tapi tidak ada masyarakat pemilik mobil mikrolet yang mendaftar untuk izin trayek tersebut.(eres)

SERTIJAB

Jabatan Camat Kema kini resmi dipegang Pusungulaa

MANTAN Camat Kema Jack Paruntu (kiri), saat melakukan Sertijab kepada Camat Kema yang baru Alfret Pusungulaa disaksikan Sekkab Minut Sandra Moniaga.(foto: ist)

Airmadidi—Sebelum melaksanakan kepemimpinan sepenuhnya, Kamis (12/1) kemarin, akhirnya jabatan Camat Kema resmi berada dalam genggaman Drs Alfret Pusungulaa MAP, usai dilakukan Serah terima jabatan (Sertijab) dari tangan Jack Paruntu SE.

Camat Kema Drs Alfret Pusungulaa MAP usai Sertijab mengatakan, saat ini sudah ketiga kali dirinya menjabat sebagai camat di wilayah yang berbeda. “Untuk itu, saya berharap dengan saya dipercayakan sebagai Camat Kema, kiranya ada dukungan serta sinergisitas dari perangkat

Kecamatan Kema hingga ke desa. Ini semua untuk mensukseskan harapan Bupati dan Wakil Bupati menjadikan kabupaten agrobisnis, agroindustri dan pariwista,” tutur Pusungulaa yang turut didampingi Ketua TP PKK Kema Lenny Pusungulaa Diamanti. Sementara itu, mantan Camat Kema Jack Paruntu SE yang kini ditunjuk menjadi Kabag Pemerintahan Minut menjelaskan, di Kema dirinya sudah cukup lama memimpin yakni sejak 28 September 2010. Dimana Paruntu mengaku ikut terlibat langsung dalam penyelesaian masalah tapal batas antara Tontalete Rok-rok dan perkelahian isu SARA antara Desa Kema II dan Kema III. “Saya hanya mengandalkan kekuatan dari Tuhan, sehingga boleh menjalankan tugas. Sepanjang melaksanakan tugas, saya merasa banyak kekurangan, masih banyak yang harus dibenahi, nanti akan dilanjutkan oleh camat yang baru. Baca: Jabatan ( Halaman 12 )


MINAESA minsel Aksi heroik Kasat Sabhara Minsel diberi penghargaan

bitung Ketua Sinode GMIM pimpin ibadah Oikumene Pemkot

IBADAH Perdana dirangkaikan dengan Ibadah Tahun Baru 2017 bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Walikota Bitung.(foto: ist)

KAMIS (12/1) kemarin, Pemkot Bitung menggelar Ibadah Perdana dirangkaikan dengan Ibadah Tahun Baru 2017 di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Walikota Bitung. Ibadah ini dihadiri oleh Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khounni Lomban Rawung MSi bersama Wakil Walikota Bitung IR. Maurits Mantiri dan Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung Rita Mantiri Tangkudung ST dan Plt Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs Malton Andalangi beserta para pejabat esalon II, III dan IV serta THL dari setiap SKPD. Ibadah yang dipimpin oleh Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM Pdt. DR. H.W.B. Sumakul, M.Th, P.Hd ini berlangsung hikmah dengan mengambil bagian pembacaan Alkitab dalam kitab Yosua 3 tentang bagaimana teladan dari Nabi Yosua. Dalam sambutannya, Walikota Bitung mengatakan bahwa dalam kehidupan sehari-hari di lingkup pekerjaan kita sebagai ASN dapat mengambil teladan dari Nabi Yosua dimana dalam setiap karya serta kerjannya, Yosua selalu meminta Hikmat Tuhan agar dianugerahkan kepadanya. Lanjutnya, komunikasi juga sangat penting dalam setiap tugas kerja agar sinergi dapat tercipta dengan baik di lingkungan tempat kita berkerja. “Saya mengharapkan agar semua kepala-kepala SKPD dapat melakukan hal tersebut dengan baik,” ujar Lomban. Lanjutnya, Pemkot Bitung juga akan mendahulukan program yang sudah di rancangkan dalam APBD Kota Bitung mengenai 3 hal terkait Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur. Kemudian bidang Pariwisata serta Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat.(wepe)

12

Warga tanya fisik e-KTP Mononimbar minta maaf dan sebut kesalahan ada di Kementerian

SUPRIJADI saat menerima penghargaan.(foto: ist)

UPAYA penyelamatan yang dilakukan Kepala Satuan (Kasat) Sabhara Kepolisian Resor (Polres) Minahasa Selatan (Minsel) AKP Suprijadi terhadap nelayan Gostin Olii (32) warga Desa Poigar Kabupaten Bolaang Mongondouw membawa dirinya mendapat apresiasi dari pemerintah. Atas hal tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Polres Minsel memberikan penghargaan kepada Suprijadi. Penghargaan diberikan langsung Wabup Franky Donni Wongkar dan Kapolres AKBP Arya Perdana terhadap Suprijadi lewat upacara yang digelar di lapangan Makopolres Minsel, Kamis (12/1) kemarin. Dalam kesempatan itu Kapolres kepada media menyampaikan memberikan apresiasi atas aksi heroik Suprijadi yang dengan peralatan seadanya berhasil menyelamatkan seorang nelayan yang nyaris tenggelam. “Sungguh ini tindakan yang sangat berani dan layak diberikan apresiasi. Hanya dengan alat pelampung karet, AKP Suprijadi berani mengambil resiko menyelamatkan nyawa seorang nelayan yang nyaris tewas tenggelam terseret gelombang laut,” ujar Perdana. Sementara itu Gostin Olii yang hadir dalam penyerahan penghargaan tersebut juga menyampaikan terima kasih kepada AKP Suprijadi yang telah menyelamatkan dirinya saat mendapat musibah ketika melaut pada, Minggu (8/1) lalu yang hampir merenggut nyawanya. “Pada saat melaut perahu saya dihantam ombak dan tenggelam. Selama dua jam saya berenang dan bertahan agar tidak tenggelam. Disaat itu saya sudah pasrah dan berpikir mungkin ini akhir hidup saya. Namun saya tetap mencoba menarik perhatian warga yang ada ditepian,” kata Gostin yang didampingi istrinya. Disaat perasaan putus harapan dia berkisah tetap berusaha melambaikan tangan meminta pertolongan warga. Hasilnya ada yang melihat dan warga sekitar terkumpul. Pada saat itu Kasat Sabhara AKP Suprijadi sedang melakukan patroli rutin diwilayah itu langsung mengambil tindakan melakukan pertolongan dengan peralatan seadanya. “Pada saat ada yang datang menolong perasaan saya senang sekali. Saya tidak menyangka ternyata yang menolong saya adalah seorang perwira polisi. Terima kasih pak Suprijadi,”ujar Gostin. Upacara pemberian penghargaan tersebut ikut dihadiri seluruh jajaran di lingkup Polres Minsel maupun Pemkab Minsel.(try-31)

MINAHASA, TOMOHON, MINUT, MINSEL, MITRA BITUNG

JUMAT 13 JANUARI 2017

CORNELES Mononimbar

Amurang—Kendati telah melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) tapi tidak menjamin fisik indentitas kependudukan tersebut sudah bisa diperoleh. Buktinya, sejak 2016 lalu hingga tahun 2017, ribuan warga Minsel yang sudah melalui perekaman hanya bisa menunggu. Kondisi ini jadi pertanyaan masyarakat

ada apa di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Minsel yang belum membagikan fisik KTP elektronik tersebut. “Padahal sudah sejak Oktober lalu dilakukan perekaman. Tapi sampai sekarang belum juga ada. Berulang kali datang langsung untuk mengambil KTP tersebut tapi masih belum ada juga,” ungkap

Perkembangan Pelayanan E-KTP di Minsel Jumlah wajib KTP Jumlah warga sudah melakukan perekaman Jumlah rekaman yang siap dicetak Jumlah data yang tekirim

: 174131 : 133448 : 20607 : 9339

Sonny, warga Tenga saat ditemui koran ini. Menanggapi hal tersebut, Kepala Disdukcapil Minsel Drs Corneles Mononimbar mengaku bahwa sampai saat ini pihaknya masih belum menerima blangko KTP tersebut. “Masalahnya memang ada dari Kementerian, ini efek gagal lelang saat APBN Peubahan 2016, Dana mencapai Rp600 miliar yang untuk pengadaan blangko belum digunakan,”ujar Mononimbar. Menurutnya, saat ini pemerintah mengeluarkan surat keterangan kependudukan yang digunakan sebagai pengganti KTP elektronik “Surat keterangan ini bisa diterima disemua instansi, baik pihak bank, BPJS maupun pihak kepolisian. Karena draft surat keterangan langsung dari

kementerian, sehingga tidak perlu kuatir karena surat keterangan itu berlaku selama 6 bulan,” jelasnya. Ditambahkan mantan Kabag Ekonomi ini, kemungkinan Januari ini proyek tersebut dilelang kembali oleh Kementerian dan Februari baru disalurkan. “Yang pasti kita akan langsung membagikan KTP yang sudah dicetak. Dan saat ini ada 9339 data yang sudah terekam, terkirim dan siap dicetak. Selaku pemerintah kami mohon maaf atas masalah yang terjadi. Tapi kami bisa pastikan Februari nanti blangko atau fisik ktp elektronik sudah ada. Dan bagi warga yang mendesak perlu KTP elektronik, silakan datang ke kantor untuk mengambil surat keterangan kependudukan,” pungkasnya.(try-31/tm)

Sumber: Disdukcapil Minsel.

SOSIAL ROLLING

Lagi, Eman-SAS lantik 400 pejabat

PENGUKUHAN sekaligus melantik 400-an pejabat administrastor dan pengawas lingkup Pemkot Tomohon.(foto: ist)

Tomohon—Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak resmi mengukuhkan sekaligus melantik 400-an pejabat administrastor dan pengawas lingkup Pemkot Tomohon yang didalamnya para kepala bidang, sekretaris kecamatan, lurah ,kepala sub bagian, kepala sub bidang, kepala seksi kecamatan, serta sekretaris dan kepala seksi kelurahan. Pengukuhan sekaligus pengambilan sumpah janji pelantikan ini dilaksanakan di aula rumah dinas Walikota, Rabu (11/1) malam. Saat pelantikan, Walikota Tomohon dalam sambutannya mengatakan pelantikan ini merupakan salah satu konsekuensi dari dinamika organisasi, terutama dalam kerangka penyesuaian terhadap perkembangan lingkungan strategis organisasi, baik internal maupun eksternal. “Apalagi saat ini PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat daerah telah diberlakukan di seluruh daerah termasuk di Kota Tomohon yang mau tidak mau, suka tidak suka beberapa jabatan administrator esselon III dan jabatan pengawas esselon IV yang

harus dihilangkan,” kata Eman. Tentunya dalam penataan personil termasuk pengangkatan para pejabat ini, dijelaskan Eman, dilakukan secara selektif dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Dibutuhkan sosok aparatur yang mampu merespons tuntutan kebutuhan masyarakat dan mampu mengantisipasi kecenderungan lingkungan strategi, karenanya pelantikan bukanlah suatu peristiwa yang luar biasa akan tetapi dalam rangka menjamin kesinambungan pelaksanaan tupoksi suatu organisasi,” ungkap Eman. Disela pelantikan Walikota didampingi Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan (SAS) menyamatkan tanda jabatan kepada perwakilan lurah yang dilantik serta menyerahkan surat keputusan pelaksana tugas kepada Plt Lurah Paslaten Dua dan Tinoor Dua, disertai penandatanganan berita acara pelantikan yang disaksikan oleh para rohaniawan.(gebe)

Korban kebakaran Remboken terima bantuan Tondano—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Minahasa, menyalurkan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Timu Kecamatan Remboken pada Keluarga Waraouw Langi serta keluarga Rumengan Warouw, Kamis (12/1) kemarin. Dimana kejadian kebakatan tersebut terjadi dan melenyapkan rumah dan segala keperluan rumah tangga lainnya, pada selasa (11/1) lalu. Kejadian tersebut mengakibatkan rumah tempat tinggal milik kedua keluarga ini rata tanah, sehingga bentuk peduli dari Pemkab Minahasa melalui BPBD atas kejadian tersebut, diberikanlah bantuan kepada korban. Adapun bantuan yang diberikan berupa perlengkapan dapur, peralatan rumah

KEUANGAN

Gaji ASN Pemkot Bitung tersalurkan pekan depan Bitung—Dirampingkannya sejumlah badan dan dinas di jajaran Pemkot Bitung di tahun 2017 sesuai dengan aturan, rupanya berimbas pada gaji ASN di Kota Bitung. Buktinya, sampai pada Kamis (12/1) kemarin, para ASN Bitung belum juga menerima gajinya. Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Bitung, Frangky Sondakh saat dikonfirmasi mengatakan jika keterlambatan ini karena

harapkan Kota Bitung dapat menerima bantuan tersebut supaya penyelenggara UNBK tingkat SMP dapat berjalan lancar. Kepala SMP Kristen Bukit Kasih Girian Permai, Grace Longdong diwawancarai pun mengaku tidak siap lantaran belum ada fasilitas komputer serta jaringan Telkom yang masuk di sekolah itu. “Padahal kami telah berkali-kali mengajukan permohonan ke PTTelkom tetapi belum direalisasikan, padahal kendalanya hanya itu,” jelas Longdong.

Dirinya menerangkan jika nanti UNBK dipaksakan maka kemungkinan siswa peserta UN SMP Kristen Bukit Kasih Girian Permai akan menumpang ujian di SMPN 1 Bitung. Lain halnya dialamiSMPN13SatuatapBitung yang berada di ujung selatan Pulau Lembeh hingga kini sangat mengkhawatirkan.Selainbangunan rusak tanpa atap, menurut Kepala Sekolah Nolfrits Menalang bahwa sekolahinitidakmempunyaisarana listrik,fasilitasTelkom atau jaringan internet belum terjangkau.(wepe)

adanya perampingan di dinas serta perpindahan bebereapa ASN sehingga pihaknya harus melakukan distribusi pegawai dari Dinas dan Badan yang bubar. “Sekretaris Badan dan beberapa Kabid sudah melakukan konfirmasi ke tabungan pensiun (Taspen) Manado untuk data-data pegawai dan dimasukan dalam aplikasi. Malam ini (kemarin,red) sedang melakukan dilakukan cetak daftar gaji,” jelasnya. Dia pun mengatakan jika sudah ada satu SKPD yang selesai pendataan dan anggaran gajinya sudah bisa ditransfer ke rekeningnya pegawai. “Yang baru selesai adalah SKPD yang pegawainya paling sedikit yaitu Dinas Perikanan, sehingga esok (hari ini,red) gaji dari pegawai perikanan sudah bisa di cek di Bank Sulut,” katanya. Untuk SKPD lain, kemungkinan sudah ada hari ini. “Namun silahkan di cek, untuk keseluruhannya dipastikan pada hari Senin sampai Rabu sudah terdistribusi ke rekeningnya masing-masing,” ungkap Sondakh.(wepe)

harap ujar Paruntu didampingi istri Stella

Paruntu Mamangkey. Sekkab Minut Sandra Moniaga MSi yang menyaksikan langsung Sertijab mengatakan, pergantian jabatan yang sudah dilakukan bertujuan untuk organisasi serta pengembangan karir tentunya. “Rolling itu suatu rencana Tuhan. ASN juga sudah diambil sumpah untuk siap ditempatkan dimana saja. Ada misi dari Tuhan untuk kita laksanakan sehingga pesan saya bekerja dengan

baik dan sesuai aturan. Bekerja keras, cerdas dan tuntas,” ucap Moniaga. Acara tersebut turut dihadiri Asisten I Pemkab Minut Drs Rivino Dondokambey, Kapolses Kema AKP Selamat Nababan, Danramil Kema Kapten Tamalawe, Sekcam Kema Richard Dondokambey SSTP, Ketua BKSAUA Kema, Kepala Puskesmas Nicolas Tirayo, tokoh agama, tokoh masyarakat dan Kumtua seKecamatan Kema bersama perangkat desa.(eres)

PENDIDIKAN

6 sekolah GMIM akhirnya tak bisa gelar UN komputer Bitung—Meskipun pelaksanaan Ujian Nasional berbasis Komputer (UNBK) masih jauh, namun dipastikan ada 6 sekolah SMP yang bernaung di yayasan AZR Wenas belum bisa melaksanakan UNBK. Kadis Pendidikan Kota Bitung Julius Ondang saat di konfirmasi Kamis (12/1) kemarin, menjelaskan bahwa SMPN 1 Bitung, SMP Katolik Don Bosco Bitung, SMP Muhamadiyah Bitung dan SMPN 2 Bitung sudah siap melaksanakan UNBK. “Untuk UNBK SMP dari

pantauan di lapangan ada 6 sekolah yang belum bisa melaksanakannya di tahun ini yakni SMP Kristen Bukit Kasih Girian Permai, SMPKristen Tumou Tou Wangurer, SMP Kristen Madidir, SMP Kristen Bitung, SMP KristenAertembaga dan SMPKristen Eklesia Makawidey,” jelas Ondang. Lanjut Ondang mengatakan pada akhir bulan Januari 2017 Kementerian Pendidikan akan menyalurkan bantuan komputer ke sekolah-sekolah. Dia meng-

tangga,bperlengkapan mandi, pakaian makanan siap saji dan perlengkapan bayi serta sembako. Kepala BPBD Minahasa, Yohanis Pesik melalui Kabid Tangap Darurat Alex Dotulong mengatakan, bahwa musibah yang terjadi tersebut tidak disengaja dan bentuk kepedulian Pemkab diberikanlah bantuan terhadap keluarga korban kebakaran. “Sudah menjadi tugas Pemkab melalui BPBD untuk membantu korban bencana. Selain sudah diberikan bantuan, pihaknya akan melaporkan dan mengusulkan kejadian bencana tersebut kepada BPBD Provinsi supaya korban mendapat bantuan pembangunan kembali,” pungkas Dotulong.(erbe)

Jabatan ... Dari Halaman 11 Untuk teman-teman perangkat kecamatan dan

desa, dukung penuh kepemimpinan Pak Alfret,”

Warga ... Dari Halaman 11 “Tidak capainya target PBBP2 di Minahasa, dikarenakan adanya keterlambatan pembayaran penyetoran,” ungkap Waworuntu yang dibenarkan Kasi Penagihan PBB-P2, Moudy Tawaang SE. Lanjut dia menjelaskan, mungkin karena waktu terlalu sempit sehingga mengakibatkan keterlambatan pembayarannya. Namun di tahun ini akan semakin ditingkatkan, selain itu dirinya

berharap supaya masyarakat di masing-masing kecamatan hingga desa bisa lebih sadar akan membayar pajak. “Pajak tersebut merupakan kewajiban, jadi diminta kepada masyarakat harus memperhatikan oleh setiap wajib pajak,” harapnya. Lebih lanjut dirincikannya, dari 25 kecamatan di Minahasa hanya 7 kecamatan yang capai target, dianta-ranya Langowan Timur, Langowan

Utara, Kakas, Eris, Kombi, Tondano Utara dan Langowan Selatan (lihat tabel). Sedangkan terendah terdapat di Kecamatan Tombariri yang hanya mencapai 17,67% diikuti Kecamatan Sonder 30,49%, Kecamatan Tom-bulu 41,76%, Kecamatan Kawangkoan 43,29%, Kecamatan Tondano Selatan 44,58%, Kecamatan Ton-dano Timur 45,47% serta Kecamatan Remboken 46,64%.(erbe)


TOTABUAN KOTAMOBAGU TINGKATKAN KEBUDAYAAN

Setiap Kamis pakaian adat bakal diterpakan ENTAH kreatif atau tidak. Namun. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotamobagu, Irawan Bambang Ginoga berencana menetapkan setiap hari Kamis akan mengenakan busana adat. Hal ini dilakukan, karena menurut Bambang untuk menyesuaikan dengan program pemerintah yakni Singgai Hamis, Singgai tumomongondow’ (hari Kamis hari berbahasa Mongondow). “Hari Mamis diwajibkan baju adat, beserta bahasanya. Ini salah satu pelayanan kami kepada masyarakat,” ungkapnya saat bersua di ruang kerja, Kamis Kemarin. Rencana untuk meningkatkan budaya daerah melalui pakaian adat. Lanjut Bambang, sudah di komunikasikan dengan pimpinan. “Walikota ingin memajukan daerah Kotamobagu sebagai daerah yang berbudaya,” akunya. Untuk itu, Bambang siap menerapkan penggunaan pakaian adat, mulai dari Dinas yang di Pimpinnnya. “Kita sudahh rencanakan itu. mulai dari pintu masuk, front office, dan semua ASN di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata wajib berpakaian adat di hari kamis sekaligus bahasanya,” katanya. Sedangkan untuk jenis pakaian adat. Tambah Bambang, akan ada dua macam. “Pakaian Hasnya Baniang untuk laki-laki dan Salu’ untuk perempuan,” tambahnya.(yede)

bolMUT PERSIAPAN

Dinas Pendidikan Bolmut kebut Persiapan UNBK 2017 SETELAH ditetapkannya batas waktu kesiapan sekolah untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) oleh Pemerintah Pusat hingga 25 Januari 2017. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus lakukan pembenahan dalam mempersiapkan pelaksanaan UNBK di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolmut, Abdul Nazarudin Maloho, Spd, Msi, saat bertemu dengan wartawan Swara Kita, Kamis (12/1) kemarin. “Pihak kami selaku penanggung jawab pelaksana UNBK di Kabupaten Bolmut telah berkoodinasi dengan beberapa sekolah yang telah memiliki fasilitas lengkap untuk menunjang proses ujian tersebut, dan masing-masing sekolah tersebut, nyatakan siaap melaksanakan kegiatan UNBK tahun 2017 ini,” ujarnya.Maloho menjelaskan, untuk wilayah Kabupaten Bolmut karena masih minim akan sekolah dan juga peserta ujian ditahun 2017 ini, maka pihak Dinas telah menunjuk dua sekolah yakni SMK Negeri I Kaidipang dan SMA Negeri Bolangitang Barat yang akan melaksanakan UNBK tersebut. “Sekolah yang layak untuk pelaksanaan UNBK ditahun 2017 dikabupaten Bolmut hanya dua sekolah tersebut, sehingga nantinya apabila pelaksanaan ujian nanti, siswa akan melaksanakan secara bergantian sesuai dengan jadwal yang akan diberikan oleh pihak Dinas,” jelasnya. Dia mengungkapkan, sejauh ini pihaknya terus melakukan pematangan persiapan. Diantaranya memastikan ketersediaan arus listrik dan koneksi jaringan internet serta fasilitas gedung tempat ujian berlangsung.(ater)

BOLMONG, KOTAMOBAGU, BOLMUT BOLTIM, BOLSEL

BLACK CAMPAIGN

Diserang, Y2 malah dapat dukungan semakin kuat

TAMPAK pedangan Barito saat mengelar aksi menuju kantor Walikota untuk meyampaikan aspirasi mereka, Kamis kemarin.(foto: ist)

Teras pasar kerap dijadikan tempat jualan Kotamobagu—Mengaku tidak cocok berjualan di dalam bangunan pasar 23 maret, yang terletak di Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Utara. Puluhan pedagang rempah, Kamis (12/1) kemarin, tumpah ruah di halaman kantor Walikota Kotamobagu. Aksi yang dipimpin, Sofyan Bede nyaris ricuh. Dimana saat melakukan orasi, Sofyan sempat menyinggung anggota Satpol-PP arogan dalam menindaki pedagang Pasar 23 Maret. Akibatnya, personil Dinas perdagangan dan Satpol-PP sempat terpancing amarah. “Kalau mengelar pertemuan. Kami minta hadirkan seluruh pedagang pasar,” kelakar Bede dalam orasinya, kemarin. Ketidak sepahaman antara pedangan dan pemerintah dalam hal ini Dinas Perdagangan menurut Sofyan. Ialah ketika pedangang diminta masuk kedalam gedung. “Kesepakatannya kemarin tidak menggunakan

halaman untuk berjualan. Sekarang, pedagang diminta masuk dalam gedung, nah mereka merasa tidak cocok berjualan bawang rica dan tomat di dalam gedung. Ini yang tidak disepakati para pedagang rempah,” tambah Bede. Sebelum melakukan pertemuan pada, Rabu (11/1) dan ditindaklanjuti dengan penertiban pada Kamis kemarin. Menurut Herman Aray, Kadis Perdagangan Kotamobagu. Surat imbauan sudah disampaikan. “Seluruh pedagang Barito harus masuk ke dalam. Dalam surat imbauan jelas mengatakan, bahwa bangunan kembar dan teras tidak di izinkan berdagang Barito,” ucap Aray saat memberikan penyampaian kepada pendemo. Keasistenan II Administrasi dan Pembangunan Gunawan Damopolii menegaskan kembali hasil pertemuan yang dilakukan pihaknya bersama para pedangan Pasar 23 Maret kemarin. Dimana, pedagang Barito harus berjualan di dalam gedung jika ingin berjualan di depan bahannya harus di ganti semua. “Jika ingin berjualan dipinggiran pihaknya meminta agar jualannya di ganti bukan Barito lagi. Ini keputusan kemarin,” tutupnya.(yede)

REALISASI

Pemkab Boltim pacu DPA satuan kerja Tutuyan-Guna mempercepat realisai anggaran 2017 di semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemkab Boltim. Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Sekkab Boltim Muhammad Assagaf terus memacu penandatanganan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) masingmasing satuan kerja. “Semua satuan kerja DPAnya telah siap dan tinggal ditanda tangani, “ ujar Assagaf, Kamis (12/1) kemarin.

PROGRAM PEMBANGUNAN

SEJUMLAH desa di Boltim kini mulai menggelar rapat kerja untuk pembangunan dan program dalam desa. Seperti Desa Bulawan Satu Kecamatan Kotabunan. Desa ini mulai menggelar rapat dengan para aparat dan masyarakat yang ada di empat dusun di desa tersebut. Sangadi Bulawan Satu Haris Lasambu mengatakan bahwa rapat kerja ini mempercepat program pak Bupati Sehan Landjar. Sehingga itu dia mengundang masyarakat hadir untuk menanyakan apa-apa yang menjadi usulan mereka. “Semua masyarakat kita undang untuk mengetahui program yang mereka usul, karena kita tahu pada tahun 2017 ini anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tidak kurang dari Rp1 miliar, “ kata Lasambu, Rabu (11/1) kemarin. Hasil rapat ini pun akan menjadi dasar pemerintah desa pada rapat Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) desa. “Apa yang menjadi usulan masyarakat akan kita masukan pada musrenbang desa nanti, “ terang Lasambu. Sementara salah satu warga Bulawan Satu Rahman Igirisa mengatakan rapat kerja seperti ini sangatlah penting karena disitu akan diketahui apa menjadi kemauan masyarakat. “Saya memberi apresiasi kepada Sangadi Bulawan Satu karena sudah menggelar rapat untuk kepentingan desa, “ ujar Igirisa.(efel)

12 13

Pedagang Barito tidak mau diatur

boltim Sejumlah desa di Boltim mulai gelar rapat kerja

JUMAT 13 JANUARI 2017

SEKKAB Muhammad Assagaf memacu penandatanganan DPA RKA SKPD.(foto: faruk/sk)

Lolak—Makin dekatnya Pilkada Bolmong 2017, kampanye hitam (black campagin) terus menyerang Calon Bupati Bolmong Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow. Betapa tidak, Srikandi asal Bolmong ini dituding oleh sejumlah oknum dan beberapa media, jika terlibat dalam dugaan kasus korupsi saat masih menjabat anggota DPR RI. Namun di sisi lain, kampanye hitam yang disebar tak berpengaruh kepada elektabilitas Yasti. Sebagian besar masyarakat Bolmong, makin mencintai mantan anggota DPR RI dua periode dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini. Salah satu tokoh pemuda Lolayan Kano Tontolawa mengungkapkan, kampanye hitam dan pemberitaan miring kepada Yasti, adalah upaya dari lawan-lawan politik, untuk menjatuhkan Yasti di Pilkada Bolmong. “Persiangan ini sudah tidak sehat lagi. Ada sebuah ketakutan dari lawan

sehingga Mba Yasti terus di fitnah dengan isu korupsi,” ungkap Kano. Senada dengan tokoh pemuda Pantura, Peddy Mokodongan. Mokodongan mengaku, kalau sebagian besar rakyat Bolmong tak terpengaruh dengan pemberitaan dan fitnah kepada Yasti. “Malah kami rakyat Bolmong lebih mencintai pasangan Yasti-Yanny (MENYATU),” ucap Mokodongan. Sementara dari Tim Pememangan Yasti-Yanny, Yusra Alhabsyi selaku Ketua Media Center berharap kepada sejumlah media agar tetap menyajikan berita-berita objektif dan tidak memprovokasi, yang nantinya akan berdampak pada jalannya Pilkada. “Kepada pendukung Yasti – Yanny juga diminta tidak terpengaruh dengan isuisu murahan yang disebar oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab,” tegas Yusra.(yede)

MARAK LAKALANTAS

Lampu PJU tak dimaksimalkan Boroko–Menyikapi maraknya kasus kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di Jalanan Umum di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), maka Sejumlah Kalangan mulai meminta Pemerintah Kabupaten Bolmut untuk memprioritaskan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di beberapa titik rawan Kecelakaan. Hal ini disampaikan oleh salah satu tokoh Pemuda Desa Gihang, Roma Lompang, saat bertemu dengan sejumlah wartawan, Kamis (12/1) kemarin. Ditahun

2017 ini Pemkab Bolmut harus memperirotaskan pada PJU mengingat beberapa titik Jalanan Umum belum memiliki Fasilitas Penerangan yang maksimal, sehingga bisa berpotensi menyebabkan Lakalantas. Dan menanggapi hal tersebut, Anggota Komisi III Dewan Kabupaten Bolmut, Ramses R Sondakh saat dimintai tanggapannya mengatakan bahwa titik-titik Rawan Kecelakaan harus menjadi Skala Prioritas untuk pengadaan PJU. Baca: Lampu ( Halaman 14 )

KESEHATAN

Dinkes tambah lagi satu Puskesmas Pembantu 2017

Baca: Pemkab ( Halaman 14 )

POTENSI

Herson Mayulu promosikan wisata di hadapan Kemenpar Molibagu—Potensi Pariwisata Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dipromosikan langsung oleh Bupati H Herson Mayulu SIP dihadapan Deputi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Betapa tidak, potensipotensi yang ada tersebut sangat menunjang perkembangan pembangunan di daerah. Tentunya dalam persoalan Pariwisata daerah, tanpa ditunjang dengan sarana yang baik juga termasuk jalur transportasi daerah. Keakayaan alam wisata daerah sudah mulai dikenal banyak oleh kalangan masyarakat luar. Baca: Herson ( Halaman 14 )

BUPATI Bolsel Herson Mayulu saat presentase potensi Wisata yang ada Bolsel sebagai wujud perkembangan daerah.(foto: ist)

DINAS Kesehatan Bolsel rencananya akan menambah Puskesmas Pembantu di Desa Adow Kecamatan Pinolosian Tengah.(foto: ist)

Molibagu—Dalam penigkatan dan pendekatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) berencana akan menambah satu Puskesmas Pembantu lagi di wilayah. Sesuai dengan rencana akan dibangun di Kecamatan Pinolosian Tengah tepatnya di Desa Adow. Kepala Dinkes, dr. Sadli Mokodongan mengatakan penambahan satu unit puskesmas tersebut akan dibangun di Desa Adow Kecamatan Pinolosian Tengah yang pembiayaannya diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK). “Iya kita 2017 ini ada penambahan pembangunan puskesmas rawat inap di Desa Adow yang berasal dari DAK,” ujar Sadly

diruang kerjanya kemarin. Dikatakannya saat ini sudah dilakukan konsultasi dengan konsultan, sehingga tahap selanjutnya akan meninjau lokasi pembangunan. “Barusan telah dikonsultasikan dengan konsultan. Prosesnya akan secepatnya dilaksanakan sehingga bulan ini bisa dilelang,” terangnya. Sementara itu, anggaran DAK untuk Dinas Kesehatan di tahun 2017 berjumlah kurang lebih Rp10,5 miliar, yang terbagi atas dua macam masing-masing fisik dan non fisik. “Untuk fisik pembangunan puskesmas sedangkan untuk non fisik diantaranya BOK dan Jampersal,” jelasnya.(cepe)


TOTABUAN

BOLMONG, KOTAMOBAGU, BOLMUT BOLTIM, BOLSEL

JUMAT 13 JANUARI 2017

13 14

Pencairan dana Bumdes diduga tandatangan palsu PEREKONOMIAN

Desa di Kecamatan Tomini digenjot bentuk Bumdes BADAN Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa menjadi wadah dalam pengembangan perekonomian masyarakat pedesaan. Hal tersebutlah yang membuat Pemerintah Kecamatan Tomini menggenjot pembentukan Bumdes di desa-desa untuk menupang perekonomian masyarakat, sehingga mempermudah pemerintah dalam mengembangkan program-program pembantuan kepada masyarakat. Camat Tomini Suprin Mohulaingo mengungkapkan, dengan adanya Bumdes yang terbentuk di desa, bisa memberikan manfaat baik kepada masyarakat desa itu sendiri. Bahkan dalam hal kesejahteraan juga bisa menjamin kehidupan masyarakat itu sendiri. “Target saya selain program lainnya salah satunya mendorong desa untuk mendirikan BUMDes, ini saya rasa sangat perlu kita kembangkan di wilayah,” ucapnya. Dijelaskannya saat ini sistem pengelolaan keuangan yang hampir mirip dengan BUMDes sudah ada yang menerapkan yakni di Desa Botuliodu. “Pengelolaan di desa tersebut sekarang sudah bagus. Bahkan desa tersebut memiliki tanaman unggulan yang dikelolah masyarakat yakni penanaman 40 ribu pohon pisang,” jelasnya. Ia berharap jika nantinya seluruh desa telah siap dengan BUMDes, akan diterapkan program unggulan baik hasil pertanian, perkebunan dan kelautan masing-masing desa. “Ketika kita membutuhkan jagung, kita tinggal lihat desa mana yang mempunyai program unggulan tersebut, keuntungannya pastinya kembali ke desa,” tutupnya.(cepe)

Tegila: Sangadi Bolmut hati-hati jika tak mau berbenturan dengan hukum Boroko-Sejumlah aparat Desa Paku Induk sebut Sangadi Paku Induk diduga palsukan tanda tangan untuk pemulusan proses pencairan Anggaran Bumdes. Hal ini disampaikan oleh Ketua Bumdes Desa Paku Induk Jefri Solang, saat bertemu dengan sejumlah wartawan, kemarin. Dia pun mengungkapkan, bahwa pemalsuan tanda tangan yang diduga di lakukan oleh Sangadi Paku Induk ini sudah

dilaporkan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Boroko. Solang menjelaskan, bahwa pemalsuan tanda tangan dilakukan untuk memuluskan proses pencairan anggaran Bumdes di Desa Paku Induk. “Tandatangan yang dipalsukan oleh Sangadi Desa Paku adalah tanda tangan saya sendiri dan Ketua TPK, anggaran yang di cairkan berjumlah Rp30 juta. Itu dasar-dasar kami melaporkan kepada pihak Kejari

Boroko dan setelah kami melaporakan kepada pihak Kejaksaan untuk dapat segera ditindak lanjuti,” jelasnya. Terpisah, Kepala Desa Paku Induk Masudin Gobel mengatakan, anggaran Bumdes dan Pemberdayaan terpisah, sehingga apabila ada tuduhan bahwa dirinya pernah melakukan pemalsuan tanda tangan dalam proses pencairan anggaran Bumdes itu tidak benar. Dia pun mengungkapkan,

bahwa pencairan anggaran Bumdes tidak ada kaitan dengan anggaran Pemberdayaan, karena sampai saat ini anggaran Bumdes Desa Paku tahun 2015 yang belum dicairkan, karena sampai saat ini masih ada di rekening desa. “Saya menilai bahwa ada masyarakat Desa Paku Induk yang melaporkan kepada Kejari Boroko, karena mereka tidak memahami betul apa itu anggaran Bumdes dan anggaran Pemberdayaan,” ungkapnya. Terpisah, anggota Komisi I Dewan Kabupaten Bolmut Mahmud Tegila saat dimintai tangapannya, menghimbau

kepada seluruh Sangadi dan Aparat Desa yanga ada di Bolmut untuk dapat berhati-hati dalam melakukan pengelolaan anggaran yang ada di desa, baik itu Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), Anggaran Bumdes dan Anggaran Pemberdayaan. “Apabila salah melakukan pengelolaannya akan berbenturan dengan hukum, maka saya berharap dalam pelaporan dan pertanggung jawaban keuangan harus di lengakapi dengan bukti pengeluaran dan di dukung oleh kwitansi,” harap Politisi Partai berlambang Kabah tersebut.(ater)

SELEKSI TERBUKA

Nama SKPD tunggu petunjuk Bupati

Pemkab ... Dari Halaman 13 Assagaf pun meminta kepada satuan kerja yang belum menyampaikan DPAnya di minta segera menyampaikannya, dan jika sudah siap antar saja cepat karena akan ditanda tangani. “Jika semua dokumen DPA ini telah ditanda tangani, maka Rencana Kerja Anggaran (RKA) yang tertuang dalam dokumen ini sudah bisa running atau anggarannya bisa jalan, “ kata Assagaf. Assagaf menjelaskan bahwa DPA ini sangat penting sekali. Tanpa DPA ini SKPD tak bisa melaksanakan kegiatan yang telah merekan rencanakan. Maka sebab itu, dia tegaskan kepada SKPD segera mengajukan DPAnya, agar bisa ditanda tangani dengan cepat. “Yang paling utama juga seluruh SKPD tertib dan displin dalam membuat administrasinya. Apalagi masalah dokumen ini jauh-jauh hari telah di ingatkan. Sehingga sebagai pelayan publik yang baik agar bisa menunjukan jati dirinya dan tahu tugas dan tanggung jawabnya. Jangan setelah di marahi baru berkerja, “ tegasnya.(efel)

Herson ... Dari Halaman 13 Hanya saja, kendala-kendala yang membuat tidak popular dengan baik karena sarana penunjangnya yang belum bisa memadai. Terobosan inilah yang menjadi motifasi bagi daerah untuk pengembangan pembangunan terutama dalam sektor pariwisata seperti yang dilakukan oleh Bupati H Herson Mayulu SIP. Kepala Dinas Pariwisata Bolsel Resly Paputungan melalui Kabid Promosi Delpian Giputra Tanta mengatakan presentasi dihadapan Deputu Kementerian Pariwisata dilakukan langusng oleh Bupati H Herson Mayulu SIP. “Pak Bupati mempresentasikan dihadapan Deputi Kemenpar,” kata Delpian. Menurutnya apa yang dilakukan oleh Bupati tersebut merupakan salah satu wujud memperjuangkan potensi wisata daerah yangg perlu untuk dikembangkan agar lebih dikenal luas dikalangan masyarakat luas. “Salah satu potensi di Kabupaten Bolsel yang bisa diandalkan adalah sektor wisata yang ada saat ini. Kita masih perlukan promosi lebih agar wisatawan-wisatawan dari luar bisa mendatangi langsung Bolsel,” ungkap Delpian.(cepe)

TAMPAK pengukuhan OPD yang digelar, Senin awal pekan ini untuk mengisi jabatan yang sudah disiapkan.(foto: ist)

Lolak—Setelah melakukan pengisian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru sesuai amanat Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 (PP No:18/2016) pada Senin (9/1) lalu, kini Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) bersiap menggelar seleksi terbuka untuk pejabat yang akan memimpin sejumlah Satuan Kerja Perangkat

Daerah (SKPD) Bolmong. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bolmong, Hamri Binol, tahapan pertama yang akan dibuat yakni pembentukan panitia seleksi terbuka pimpinan SKPD. “Pekan depan sudah ada Panitia seleksi (Pansel),” katanya, Kamis (12/1) kemarin.

Dia menjelaskan, Pansel akan diisi berbagai unsur seperti tokoh masyarakat, birokrat, jurnalis dan akademisi. Katanya tim Pansel akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Bupati Bolmong dan selanjutnya melaksanakan tahapan. “Seleksi akan berlangsung selama tiga bulan,” ujarnya. Kata Hamri, untuk seleksi

pengisian untuk 692 jabatan untuk OPD baru mulai dari eselon, IV, III dan II sesuai Keputusan Bupati Bolmong Nomor:821.2/B.08/BKD/ SK/01/2017 Tanggal 9 Januari 2017. Adapun rinciannya yakni pejabat eselon II sebanyak 36 orang, eselon III sebanyak 174 orang dan eselon IV sebanyak 482 orang.(yede)

TINGKATKAN MUTU

Diknas canangkan Boltim Cerdas

Lampu ... Dari Halaman 13 “Beberapa titik Perempatan, Persimpangan dan Tikungan harus dipasang Lampu PJU untuk mengantisipasi potensi terjadinya lakalantas,” ungkapnya. Dan senada dengan itu, Ketua Komisi III Dekab Bolmut, Saiful Ambarak, saat dimintai tanggapannya, juga mengatakan, bahwa pengadaan PJU di dua tempat terjadinya Lakalantas dalam sepekan terakhir ini haruslah menjadi prioritas Pemkab Bolmut. “Insiden Lakalantas tersebut, kronologisnya menabrak mobil yang sedang parkir, oleh karena itu, maksimalisasi PJU akan menjadi catatan pemerintah, baik pihak Legislatif dan Eksekutif,” ujarnya. Ambarak menambahkan,bahwa mengingat insiden Lakalantas yang terjadi pada, Senin Malam (9/1) di Jalur Desa Tomoagu yang mengakibatkan korban meninggal dunia, maka akan menjadi Pekerjaan Rumah (PR) dari Pemerintah, karena jalur tersebut adalah akses utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan persiapan pengalihan Jalur Trans Sulawesi nantinya.(ater)

terbuka kali ini dibuka untuk beberapa SKPD, belum untuk keseluruhan SKPD. “Seleksi terbuka akan dilaksanakan secara bertahap. Untuk jabatan yang akan diseleksi berdasarkan petunjuk Bupati Bolmong,” jelasnya. Beberapa hari lalu, Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung, melakukan

SESUAI petunjuk Bupati Boltim Sehan Landjar, Dinas Pendidikan mulai melakukan pencanangan Boltim Cerdas di sekolah-sekolah.(foto: ist)

Tutuyan-Untuk mewujudkan program Bupati Boltim Sehan Landjar dibidang pendidikan. Dinas Pendidikan (Diknas) Pemkab Boltim mencanangkan program Boltim Cerdas bagi seluruh sekolah yang ada di Boltim. Kepala Diknas Pemkab Boltim Yusri Damopolii mengatakan, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan yang ada di daerah ini. Indikator Boltim cerdas kata dia, dimana pembelajaran di sekolah itu harus memenuhi standar, yakni pembelajaran yang menyenangkan, yang di maksud itu di ambil dari huruf C yang artinya ceria. “Pembelajaran itu haru edukatif, guru harus responsif terhadap perubahan kondisi sekolah damai, lingkungan sekolah itu harus asri, guru

dan siswa harus menunjukan sikap santun. Itulah yang dimaksud cerdas, “ ujar Damopolii, Rabu (12/1) kemarin. Damopolii mengatakan program pencanangan Boltim cerdas ini akan di konsultasikan terlebih dahulu kepada Bupati Sehan Landjar. “Tentunya sasaran kita sekolah-sekolah di seluruh Kabupaten Boltim. Dan ini akan kita implementasikan ke seluruh siswa yang ada, “ terangnya. Jika program ini berhasil di canangkan ujar Damopolii, mereka selaku pihak pemerintah akan membuat Momerendum Of Understanding (MoU) dengan kepala-kepala sekolah. “Kita rencanakan akhir Januari ini akan dicanangkan program tersebut. Tentunya ini tak lepas dari evaluasi bagi guru dan seluruh siswa, “ punkasnya.(efel)


LifeStyle TIPZ

3 Cara wajah bebas jerawat

15 JUMAT 13 JANUARI 2017 NOMOR 3149 TAHUN XI

5 tanda kalau kamu cantik tanpa perlu makeup

RAJIN cuci muka membuat jerawat enggan berteman.

JIKA ingin memiliki kulit mulus dan bebas jerawat, coba terapkan bahan-bahan alami untuk wajahmu. Penyebab utama jerawat adalah makanan yang kamu makan, yang berpengaruh pada wajah, gaya rambut yang salah pun bisa menyebabkan jerawat. Ahli kecantikan mengatakan jika kamu rajin merawat kulit dengan teliti, merawatnya dengan air dan bahan-bahan alami, dijamin kamu tidak akan mendapat wajah berjerawat atau masalah kulit. Dengan menggunakan masker wajah secara teratur dan membuat masker alami, kulit kamu juga akan bercahaya alami. Jadi, tunggu apa lagi, lihatlah tips-tips luar biasa dari Boldsky untuk merawat wajah kamu agar bebas dari jerawat. 1. Pasta gigi. Bila wajah kamu mulai ditumbuhi oles jerawat, coba

mulai oleskan sedikit pasta gigi dibagian yang berjerawat, niscahya cara ini akan mengeringkan jerawat sehingga menghilang. 2. Mengkonsumsi buah-buahan. Banyaklah mengkonsumsi buahbuahan, karena banyak keuntungan untuk kulit kamu. Jika wajah kamu mulai berjerawat, mulailah mengkonsumsi buah. Vitamin dalam buah akan membuka pori-pori dan menyingkirkan jerawat. 3. Rajin cuci muka. Jika kamu ingin memiliki kulit indah dan sempurna, kamu perlu untuk lebih menyukai air. Denganmembilaswajah3xdalamsehari tanpa menggunakan sabun, lebih bagus airdinginakanmembantuuntukmencerahkan kulit kamu loh. Pada manfaat yang sama juga itu akan membersihkan poripori, menghilangkan kotoran dan debu yang menyebabkan jerawat.(btgc)

PEREMPUAN cantik akan terlihat manis jika tanpa make up.(foto: btgc)

MAKEUP menjadi suatu keharusan bagi wanita, menurutnya tanpa makeup bagai sayur tanpa garam. Ya memang sih, begitu wajah disapukan oleh makeup, pasti muka akan menjadi beda. Tapi mulai sekarang kamu sudah nggak perlu khawatir kalau mau terlihat cantik. Cantik ini bisa alami dan tanpa menggunakan makeup. Berikut 5 tanda kalau kamu cantik tanpa perlu

makeup. Tanpa makeup pun kamu juga cantik kok. Ini tandanya: 1. Yakin kalau kamu cantik. Berfikir positif bahwa kamu cantik merupakan terapi alami bahwa kamu cantik. Cantik pun nggak harus dari luarnya saja, bila hati dan prilaku kamu baik, kecantikan itu pun akan memancar. 2. Perbanyak minum air putih. Perbanyak minum air putih

sangat baik bagi kesehatan, terutama kesehatan kulit. Banyaknya air putih yang masuk ke dalam tuh akan menstabilkan metabolisme tubuh dan melembabkan kulit. Ingat minun air putih delapan gelas perhari ya. 3. Rajin cuci muka. Merawat muka memang harus diterapkan setiap hari, agar kotoran tidak ada yang tersumbat di pori-pori wajah. Memcuci muka pun dapat mengangkat sel kulit mati di kulit.

4. Jangan pernah pecahkan jerawat. Nah ini nih, bila berjerawat, tangan kamu pasti iseng deh buat mencetin. Hmm setelah baca ini, jangan lagi ya. Karena jerawat yang di pencet akan menimbulkan bekas hitam di wajah, hmm nggak mau kan wajah kamu kotor karena keisengan kamu sendiri? 5. Rajin merawat rambut. Hal satu ini juga perlu kamu perhatikan.(btgc)


JUMAT 13 JANUARI 2017 NOMOR 3149 TAHUN XI

Tirza Gobel (Boba Bolsel 2015)

Rasa tanggung jawab dan kecintaan terhadap daerah MENJADI seorang duta Pariwisata bagi Tirza Gobel adalah sebuah peran yang tida mudah untuk dilakoni. Banyak peran penting untuk mempromosikan potensi pariwisata daerah ke luar daerah, baik secara nasional maupun internasional sudah menjadi tanggung jawab yang harus dilakukan dengan penuh rasa tanggung jawab dan kecintaan terhadap daerah bagi gadis cantik asal Desa Molibagu Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolsel ini. Putri Sulung Ahmad Gobel dan Nurhaeda Yasin sejak terpilih sebagai Boba Bolsel 2015 lalu sudah banyak mengikuti iven-iven Pariwisata yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi dengan membawah nama Daerah Bolsel untuk diperkenalkan di dunia luar. Gadis kelahiran Molibagu ini mengaku potensi pariwisata di Kabupaten Bolsel begitu banyak yang belum diketahui oleh masyarakat luas, sehingga masih sangat perlu untuk lebih dipromosikan lebih banyak lagi keluar daerah. “Potensi pariwisata di Bolsel tidak kalah menarik juga dengan potensi pariwisata di daerah lain seperti Manado dan Gorontalo. Hanya saja belum terpublikasi secara luas ke dunia luar, padahal keindahannya juga tidak kalah menarik dari daerah lainnya,” kata dara manis berusia 22 tahun ini. Sejauh pengalamannya berkunjung ke tempat-tempat wisata di luar daerah, potensi wisata yang ada di Bolsel jauh lebih menarik. Apalagi potensi wisata alam bawah laut yang sudah mulai banyak dipromosikan dan diketahui oleh para penyelam asing. “Banyak yang belum mengetahui Bolsel itu bagaimana, tugas saya memang untuk mempromosikannya. Apalagi teman-teman kampus banyak yang belum tahu, saya harus menjelaskannya lebih detail sebagai tugas duta pariwisata daerah,” ucap Tirza. Baru saja menyelesaikan studinya di Kampus Universitas Samratulangi Fakultas Hukum 2015 lalu, Tirza kini berencana untuk melanjutkan studinya ke jenjang S2. “Masih ada tugas-tugas tambahan yang harus saya selesaikan kemudian melanjutkan ke S2,” terang Tirza. Secara luas Tirza mengungkapkan Pariwisata di Sulawesi Utara justru sudah jauh lebih dikenal oleh masyarakat luas apalagi Taman Laut Bunaken yang sudah diketahui oleh seluruh mancanegara. “Kalau Pariwisata Sulut lebih dikenal itu Bunaken. Sudah sampai ke Mancanegara, sehingga tidak khawatir lagi untuk memperomosikannya karena orang sudah banyak mengenalnya. Tapi kalau Bolsel, masih sangat memerlukan sosialisasi yang lebih banyak lagi, agar masyarakat luas juga bisa mengetahui bahwa di Bolsel itu ternyata banyak potensi wisata yang belum tergarap dan diketahui oleh masyarakat luas,” tuturnya. Tirzapun berharap Pariwisata yang ada di Daerah Sulawesi Utara lebih khusus di Kabupaten Bolsel dapat berkembang dan maju, sehingga lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas baik wisatawan Nasional maupun Wisatawan Mancanegara. Selama Tirza Gobel dinobatkan sebagai Boba Bolsel 2015 yang menjadi duta Pariwisata daerah, dirinya sudah mengikuti iven audisi Nyong Noni Sulut 2015 lalu, juga menjadi duta Pariwisata dalam pameran Kayuwatu dan Festival Bunaken 2015.(sk)

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


Swara kita 13 januari 2017