Issuu on Google+

KAMIS 1 DESEMBER 2016 NOMOR 3129 TAHUN XI

HARGA Langganan: Rp. 50.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) NO REK: 001 01.52.000663-1 Bank Sulut a/n PT. Sulut Lestaripress ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071

Harga: Rp.3000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Penghargaan Indonesia Smart Nation Award 2016

Manado dapat kategori kota menengah terbaik Indonesia Jakarta—Kendati belum setahun memimpin Manado, namun kerja keras dan kerja cerdas Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE mulai membuahkan hasil. Bahkan secara nasional, konsep Manado Kota Cerdas telah diakui pemerintah pusat.

Hal ini terbukti ketika pada Selasa (29/11) malam, Wawali Mor mewakili Walikota GSVL menerima penghargaan dari Indonesia Smart Nation Award (ISNA) atau Indeks Daerah Pintar 2016 karena dianggap sebagai salah satu daerah pintar di Indonesia dengan Program Smart City-nya. Penghargaan

INTERNASIONAL Obama dekorasi Gedung Putih dengan 200.000 Lego

ini diberikan di ruang Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, oleh Menteri Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Rudiantara. Tak tanggung-tanggung, Manado mendapat kategori kota menengah terbaik dari 46 daerah di Indonesia, termasuk Provinsi Sulut dengan peringat ke-3 Silver Champion. “Pemerintah Kota Manado

dinilai punya komitmen tinggi, dan persiapan infrastruktur yang jelas menuju Smart City. Karena penilaian itu kami diundang City Asia Center untuk menerima penghargaan tersebut,” ujar Wawali Mor. Dikatakan pula, dirinya dan Walikota GSVL berkomitmen tahun 2017 mendatang, akan lebih baik lagi sehingga kategori Gold bisa diraih. Baca: Manado ( Halaman 2 )

WAKIL Walikota Manado Mor Bastiaan mewakili Walikota GS Vicky Lumentut menerima piagam penghargaan ISNA 2016 di Jakarta, Selasa (29/11) malam.(foto: ist)

NKRI harga mati!

Ribuan warga Sulut turun deklarasikan Nusantara Bersatu

NAMPAK salah satu ruangan di Gedung Putih yang sudah dihiasi dengan mainan Lego.(foto: ist)

Manado—Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven OE Kandouw beserta Forkopimda Sulut dan Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito SE menghadiri Apel Akbar dan Parade Nusantara Bersatu dalam rangka mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta menjaga keamanan, ketertiban dan keten-

AKHIR tahun ini merupakan akhir tahun terakhir Presiden Amerika Seirkat Barack Obama dan keluarganya menempati Gedung Putih atau White House. Tampaknya agar tidak menjadi sebuah akhir tahun yang biasa saja, Obama pun berhasil menyulap tempat tinggalnya menjadi tempat tinggal yang meriah menjelang musim liburan akhir tahun ini. Seperti dilansir dari Architectural Digest, Rabu (30/11/2016), Obama disebutkan telah menempatkan 200.000 lego yang kemudian disusun untuk memenuhi dekorasi interior ruangan di Gedung Putih. Dia pun merekrut sebuah tim ahli pembangunan lego dari Enfield, Connecticut, untuk membangun lego dan mendekorasi rumah dengan konsep dekorasi ramah lingkungan. Hasilnya, tim tersebut berhasil membangun 56 rumah lego yang merepresentasikan negara bagian AS. Selain itu, juga dibuat sebuah replika pohon natal di ruang makan yang ikonik.(okez)

SELEBRITI MEGGIE DIAZ

Berandai-andai dilamar Tukul Arwana PENYANYI dangdut Meggie Diaz mengaku akan pikir-pikir jika pembawa acara Tukul Arwana benar-benar akan melamar dirinya. “Ya saya sih serahin saja sama yang di Atas. Saya serahin sama orangtua saya, kalau orangtua saya merestui ya saya tinggal menjalani saja,” ujarnya dalam wawancara di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (29/11) lalu. Bagi Meggie, hidup adalah misteri. Ia mengaku belum tahu bagaimana kehidupannya kelak. “Makanya kan saya enggak mau ngomong banyak atau sesumbar seperti apa takutnya ke depannya berbeda. Ya saya jalani saja,” ujarnya. “Saya enggak bisa jawab sekarang Mbak karena kemungkinankemungkinan bisa saja terjadi di ke depannya. Saya enggak bsia jawab sekarang,” imbuhnya.(komc)

traman masyarakat di Provinsi Sulut di lapangan Koni Sario Manado, Rabu (30/11) kemarin. Kandouw menegaskan rasa persatuan dan kesatuan merupakan bentuk pernyataan komitmen bersama untuk senantiasa menjaga stabilitas keamanan, ketertiban, dan ketenztraman di Bumi Nyiur Melambai. “Kita sepakat persatuan Indonesia harus kita pupuk, kembangkan dan pelihara bersama. Semua senantiasa bersatu padu bergandeng tangan, bergotong royong, tidak saling

sikat dan saling sikut termasuk saling merendahkan di media sosial, meskipun berada dalam dinamika kehidupan majemuk dan jangan terjerumus pada degradasi multi-dimensi yaang bisa membawa kita pada keterpurukan dan kehancuran,” ajak Wagub. Oleh karena itu, Wagub meminta, kita jadikan momentum Apel Nusantara Bersatu dan Parade Nusantara Bersatu ini untuk mempererat persatuan dan kesatuan serta membuktikan Bhineka Tunggal Ika bukan hanya slogan semata.

Baca: NKRI ( Halaman 2 )

APEL Akbar dan Parade Nusantara Bersatu di lapangan Koni Sario Manado dipadati oleh ribuan masyarakat dari berbagai elemen di Sulut.(foto: ist)

PEMBANGUNAN

PEMERINTAHAN

Kantor Lurah Pinokalan disegel

2017, monumen NKRI bakal berdiri di Tondano Tondano—Bentuk kepedulian Pemkab Minahasa terhadap TNI/Polri, maka di tahun 2017 mendatang, di depan Gereja Sentrum Liningaan Kecamatan Tondano Timur, akan dibangun monumen Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini disampaikan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), Rabu (30/11) kemarin, di sela-sela kegiatan Nusantara Bersatu di

Wale Ne Tou Tondano. Dikatakannya, hubungan baik dengan Kodim 1302 dan Polres Minahasa selama ini terus berkembang. Untuk itu, sebagai apresiasi Pemkab Minahasa di depan Gereja Sentrum akan dibangun monumen NKRI mengingat di lokasi tersebut, masih ada bangunan milik pemerintah yang mungkin akan digusur atau dipindahkan.

Bitung—Polemik pergantian kepala ling-kungan (Pala) dan RT di kota Bitung yang diduga masyarakat amburadul, rupanya berbuntut panjang. Buktinya, Rabu (30/11) pagi kemarin, masyarakat adat di Kelurahan Pinokalan melakukan aksi penyegelan kantor Lurah di desa tersebut akibat penetapan Pala dan RT, sebagian besarnya bukan berasal dari orang asli di kampung itu. Baca: Kantor ( Halaman 2 ) KARENA tidak terima Pala dan RT diambil dari warga luar, maka Kantor Lurah Pinokalan disegel warga.(foto: epang/sk)

Baca: 2017 ( Halaman 2 )

Hubungan Amerika Serikat dan Kuba

Kematian Fidel Castro dan ramalan ‘kehancuran’ AS “Fidel Castro is dead,” empat kata itu yang disampaikan Presiden ke-45 Amerika Serikat terpilih Donald Trump dalam akun Twitternya, menanggapi kematian pemimpin revolusi Kuba tersebut.

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

TRUMP kemudian bahkan mengancam akan memutuskan hubungan AS dan Kuba, mementahkan kembali upaya normalisasi yang digagas Presiden Barack Obama. Tak hanya Trump yang ‘mensyukuri’ meninggalnya Castro, warga di Miami, Florida turun ke jalan untuk merayakannya. Baca: Kematian ( Halaman 2 )

FIDEL Castro dan Donald Trump.

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


SAMBUNGAN Manado ... Dari Halaman 1 “Pak Walikota GSVL dan saya berharap, apabila sistem Smart City ini sudah jalan baik di Manado, tahun depan (2017, red) kami akan mendapatkan kategori Gold seperti Surabaya dan Bandung. Sekarang kita masih tahap uji coba,” tandas Wawali Mor. Penilaian indeks daerah pintar /(ISNA) digagas City Asia Center for Smart Nation, dilakukan sejak tahun 2015 dengan dukungan berbagai pihak seperti DPD (Dewan Perwakilan Daerah), APKASI (Asosiasi Kabupaten se Indonesia) dan APEKSI (Asosiasi Pemerintah Kota Se Indonesia). Indeks ini menilai seluruh provinsi/ kabupaten/kota dari aspek tata kelola pemerintahan, ekonomi, lingkungan, masyarakat dan branding. Indonesia Smart Nation Index sendiri pada dasarnya dihitung dari dua indeks penyusun, yaitu indeks kesiapan menuju daerah pintar (Smart Readiness Index) dan indeks kinerja daerah pintar (Smart Region Index). Di dalam Smart Readiness Index, terdapat lima dimensi yang diukur, yaitu sumber daya alam (nature), struktur, infrastruktur, suprastruktur, dan kultur sebuah daerah. Sedangkan pada Smart Region Index, terdapat enam dimensi yang diukur, yaitu dimensi smart governance, dimensi smart branding, dimensi smart living, dimensi smart society, dan dimensi smart environment. Penghargaan ISNA 2016 ini dinilai oleh Tim Dewan Juri yang berasal dari berbagai latar belakang, yakni Dr Yuswandi Temenggung (Sekjen Kemendari), Prof Eko Indrajit (Pakar ICT), Prof Marsudi Kisworo (Rektor Perbanas Institute), Ir Hayu Parasati (Direktur Perkotaan dan Pedesaan Bappenas), Ridwan Sutriadi (Pakar Tata Kota ITB), Dr Chayana Ahmadjayadi (Founder and Chairman City Asia) dan Farid Subhakan (Ceo City Asia). Menurut Ahmadjayadi, yang manjadikan studi ini memiliki kelebihan dari studi tentang pemeringkatan daerah lainnya karena telah memanfaatkan metode big data analytic yang dikembangkan oleh Citiasia Inc, yang disebut Big CAT (Citiasia Tools for Big Data Analytic), yang memungkinkan diolahnya data yang berskala masif dan beragam secara cepat dan akurat. Sedangkan Kisworo menegaskan bahwa Indeks ini berguna untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kondisi suatu kota, kabupaten, provinsi dalam sebuah ukuran yang mudah untuk dipahami. Dalam waktu dekat Pemkot segera me-launching Manado Smart City dengan fokus utama Command Center yang berfungsi sebagai ruang pusat kendali dari semua pengaduan warga tentang Manado.(dewe)

Kantor ... Dari Halaman 1 “Kami tidak bisa menerima keputusan ini, sebab banyak Pala dan RT di kampung ini adalah orang luar,” jelas salah satu Tokoh Masyarakat di tempat itu, Yu Kalangi. Dia sendiri menjelaskan jika hal ini bukan karena kepercayaan kepada Pala dan RT baru. “Bagaimana bisa orang baru mengetahui karakter orang disini, batas RT dan lingkungan serta siapa saja warga-warga yang harus dilindunginya,” ungkap Kalangi. Namun, aksi penyegelan ini telah selesai dilakukan olah warga setelah Lurah Pinokalan, Weltini Wawanda berhasil menemui para tokoh adat dan masyarakat. “Syukur warga masyarakat bisa menerima apa yang saya sampaikan, apalagi ini berhubungan dengan pelayanan dan akhirnya disaksikan oleh tokoh adat Joubert Moningka serta Babinsa sehingga akhirnya kantor Lurah bisa dibuka lagi,” ungkap Wawanda. Dia pun menjelaskan jika dari hasil pembicaraannya, pihak warga tidak bermasalah dengan pemerintah kelurahan. “Pada pembicaraan, mereka (warga,red) tidak mempersoalkan kebijakan kelurahan, namun kebijakan pemerintah kota yang menempatkan pala dan RT-lah yang dipersoalkan. Sebab mereka menginginkan jika yang menjabat pala dan RT adalah keturunan Tumani Pinokalan,” jelasnya. Dikatakannya, jika pihak warga adat sendiri sudah menyodorkan tanda-tangan dari 73 warga di Lingkungan 3 sampai 7 yang menolak dipimpin oleh orang baru di kelurahannya. “Memang ada 93 orang yang bertanda tangan menolak dipimpin oleh Pala dan RT baru, tentunya ini akan saya laporkan kepada pimpinan saya,” tambah Wawanda.(wepe)

2017 ... Dari Halaman 1 “Saya rasa baiknya monumen NKRI dibangun di pusat kota dan rencananya akan didirikan depan Gereja Sentrum atau perempatan SMPN 1 Tondano. Kalau ada bangunan disitu bakal dipindahkan. Intinya ciri khas Kota Tondano dapat dilihat dari lapangan Sam Ratulangi yang dibangun diatasnya God Bless Minahasa, kemudian disampingnya bila sudah dibangun Monumen akan lebih nampak perubahan Kota Tondano ini,” ungkap JWS. Lanjut ditambahkannya juga, Pemkab akan anggarkan proyek monumen tersebut agar pembangunan tahun depan sudah mulai nampak. “Di pusat kota Tondano akan ada perubahan suasana yang baru karena di belakang lapangan Sam Ratulangi akan dibangun Kentucky dan taman kecil. Pembangunan kami yang pertama taman kota di lapangan Sam Ratulangi yang akan usai pekerjaannya tahun ini, mulai menarik perhatian pengguna jalan yang lewat di pusat kota. Belum lagi jika pembangunan Kentucky yang rencananya tahun 2017 akan dibangun oleh investor, kemudian ditambah pembangunan monumen NKRI disamping Kentucky. Pemandangan ini ketika selesai dikerjakan, percaya jika pusat Kota Tondano akan diminati orang,” pungkas JWS.(erbe)

KAMIS 1 DESEMBER 2016

2

PENGUPAHAN

Sumarsono minta revisi PP Nomor 78 Tahun 2015 SUMARSONO.

Jakarta—Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menyurati Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Hanif Dhakiri untuk merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Surat itu diberikan pada 23 November lalu. “Dengan mempertimbangkan dinamika yang ada dalam rangka penetapan

upah minimum ke depan, dengan hormat kami mengusulkan revisi formula penetapan upah minimum PP Nomor 78 Tahun 2015 untuk mengurangi kesenjangan upah yang berdampak psikologis dan sosiologis di DKI Jakarta dengan daerah sekitar,” kata Sumarsono, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (30/11) kemarin. Adapun daerah sekitar yang dimaksud Sumarsono adalah

Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang. Melalui aturan tersebut formula perhitungan upah minimum provinsi (UMP) adalah rata-rata nilai KHL (kebutuhan hidup layak) tahun ini, inflasi, dan pertumbuhan ekonomi. Hasilnya, UMP DKI 2017 sebesar Rp3.355.750. Kemudian Kota Bekasi sebesar Rp3,6 juta, Kabupaten Bekasi sebesar Rp3,53 juta dan

Kabupaten Karawang sebesar Rp3,6 juta. “Soal setuju atau tidak, diserahkan ke Menaker terkait PP Nomor 78 Tahun 2015. Prinsipnya, UMP 2017 sudah sesuai dengan PP tersebut dan tidak akan merevisi Pergub tentang UMP DKI bila tidak sesuai dengan PP Nomor 78 Tahun 2015, kecuali PP ini direvisi oleh pemerintah pusat,” kata Sumarsono.(komc)

AKSI DAMAI 212

Jokowi temui pengunjuk rasa pada 2 Desember? Jakarta—Presiden Joko Widodo tidak menemui massa pengunjuk rasa 4 November 2016 lalu karena blusukan ke sejumlah proyek infrastruktur. Aksi unjuk rasa tersebut berlanjut pada 2 Desember 2016 mendatang dengan tajuk aksi superdamai. Lantas, apakah Presiden Jokowi akan menemui mereka? “Belum tahu,” kata Jokowi di sela pertemuannya dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/11). Saat ditanya apa rencana aktivitas pada 2 Desember, Jokowi juga menjawab “belum tahu”. Meski demikian, Jokowi

yakin bahwa aksi superdamai itu berjalan sesuai dengan apa yang telah disepakati antara massa pengunjuk rasa dengan aparat keamanan. “Saya mempercayai komitmen yang telah dibuat,” ujar Jokowi. Polri dan organisasi masyarakat (ormas) yang mengikuti aksi 2 Desember 2016 sepakat bahwa kegiatan tersebut akan berlangsung secara damai. Nantinya, aksi tersebut akan diisi dengan doa bersama, tanpa orasi, dan diakhiri dengan shalat Jumat berjamaah. “Ini kan sudah disepakati bersama, sudah ada pembicaraan dan semangat bersama untuk menyelenggarakan acara

superdamai. Jadi ada komitmen-komitmen,” ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar di Mapolda Metro Jaya, Senin malam. Aksi damai tersebut merupakan aksi lanjutan yang dilakukan pada 4 November 2016, untuk mengawal proses hukum kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Polri memberi izin aksi tersebut dipusatkan di Monas, Jakarta Pusat, yang mampu menampung 600.000 orang hingga 700.000 orang. Aksi GNPF akan dimulai pukul 8.00 WIB dan akan diakhiri shalat Jumat berjamaah.(komc)

DEMO seperti ini bakal terjadi kembali pada 2 Desember esok.(foto: ist)

kita tidak akan membiarkan sehingga kita harus bersamasama mengecam dan tetap mendukung 4 pilar kebangsaan. “Kita mendukung kepemimpinan Jokowi-JK. Untuk itu teman-teman pekerja buruh di Sulut jangan pernah mengikiuti perintah DPP Buruh untuk adakan pemogokan menyangkut demo tanggal 2 Desember. Kami serikat buruh Sulut menolak dengan tegas,” tandasnya. DR Marlina Rumansi mewakili Unsur Gender Ormas Adat Sulut mengatakan

para perempuan cinta NKRI sama dengan falasafah DR Sam Ratulangi Sitou Timou Tumou Tou atau orang hidup untuk menghidupkan orang lain dan NKRI harga mati. “Tanpa ada perempuan, maka sia-sia Negara ini. Kalau bangsa ini akan dihancurrkan oleh kelompok -kelompok yang tidak bertanggung jawab, maka perempuan Sulut siap angkat senjata,” katanya. Selesai doa bersama antar lintas agama, Wagub melepas peserta pawai start dari

lapangan Sario dan Finish di lapangan Basket Kawasan Boulevard Mega Mas. Turut serta dalam Pawai dan Long March, diantaranya Wagub Steven OE Kandouw, Pangdam XII Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito, SE Forkopimda Sulut, Pejabat Eselon 2 di lingkup Pemprov Sulut, Pejabat sipil, TNI/Polri, instansi vertikal, tokoh agama, masyarakat, Adat Organisasi Masyarakat ( Ormas), LSM, Serikat Buruh, siswa/pelajar dan organisasi kepemudaan lainnya.(erer)

melihat kematian Fidel Castro; lalu kehancuran sistem ekonomi di Amerika Serikat akan datang,” ujar Johnston. Wahyu lain yang ia klaim diterima pada 1990, termasuk serangan nuklir Rusia ke New York dan invasi China ke Pantai Barat Amerika Serikat. Menurut orang-orang yang meyakini ramalan tersebut, Johnston dengan benar meramalkan bahwa runtuhnya Tembok Berlin akan menjadi mata rantai pertama yang memicu hancurnya Uni Soviet dan kebangkitan Rusia. Tak hanya itu, mereka juga yakin bahwa ramalan tentang kehancuran ekonomi AS akan terpenuhi.

memperhatikan ramalan yang diungkap oleh Johnston. “Seperti yang Anda tahu, Fidel Castro saat ini sudah berusia 80 tahun dan dalam kesehatan yang tidak baik,” tulis Johnston dalam blog-nya beberapa tahun lalu. “Dalam waktu dekat, Kuba akan melihat kematian diktator nya,” imbuh dia. Dengan meninggalnya Fidel Castro pada 25 November 2016 lalu, mereka yang percaya akan ramalan Johnston mengantisipasi terjadinya bagian terakhir dari ramalannya, yakni kehancuran total ekonomi AS. “Aku meyakini bahwa kematian Castro mengindikasi bahwa kita memasuki zona bahaya ketika sistem ekonomi kia hancur,” tulis seorang yang mempercayai ramalan Johnston, James Bailey, dalam Z3News.com. Mantan presiden Kuba Fidel Castro saat menghadiri manuver saat ulang tahun ke19-nya dan revolusioner kedatangan sesama di yacht Granma, di Havana di file foto November 1976 ini. “Sebagai negara dengan ekonomi terbesar, kehancuran di sini (AS) akan membawa kencuran ekonomi global.” “Meski tanpa ramalan ini, ada bukti yang berkembang tentang adanya masalah dalam sistem keuangan kita. Pemerintah federal kita saat ini

telah mengakumulasikan utang US$ 20 juta yang belum pernah diprediksi sebelumnya dan tumbuh lebih cepat,” ujar Bailey. “Kemampuan Federal Reserve Bank untuk terus memproduksi dolar hanya bisa terus berlanjut selama negara lain bersedia untuk terus menggunakan dolar AS sebagai cadangan mata uang mereka dalam perdagangan internasional. Namun dukungan telah berkurang, terutama di pasar berkembang seperti Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan,” imbuh dia. Namun masih ada sejumlah orang yang optimistis dengan proyeksi Organization for Economic Cooperation & Development (OECD) yang dilaporkan oleh Wall Street Journal. Dalam laporan itu disebutkan bahwa ekonomi Amerika Serikat dan global akan tumbuh dengan cepat di bawah kebijakan Trump untuk memotong pajak dan meningkatkan belanja. Menurut OECD seperti dilansir Forbes, ekonomi AS akan tumbuh sebanyak 2,3 persen pada 2017 dan 3 persen pada 2018. Selain itu, diperkirakan investasi akan meningkat dengan cepat sekitar 5,5 persen di atas pada 2018. Menanggapi hal tersebut, bagaimana menurut Anda?(lipc)

NKRI ... Dari Halaman 1 Akan tetapi menjadi menjadi tonggak untuk memantapkan komitmen bersama semua elemen yang ada supaya terjaga stabilitas keamanan, ketertiban dan ketentraman masyarakat khususnya di Sulut yang kita cintai ini dan keutuhan NKRI adalah harga mati. Mewakil umat Kristen, Pdt Hanny Pantouw mengatakan, kiranya kerukunanan, ketentraman dan kedamaian patut dijaga demi keutuhan negara. Lalu mewakili umat Islam pemuda NU Taufik

Bilfaqih mengatakan bahwa kita adalah Nusantara bersatu sehingga harga diri kita tidak boleh diganggu oleh kelompok kelompok yang membuat makar negeri ini. “Umat Muslim dan Kristen di Sulut tetap selalu bergandeng tangan rukun dan damai. Kita tolak dan lawan yang coba menghancurkan NKRI adalah harga mati,” katanya. Mewakili Serikat Buruh, Tommy Sampelan mengatakan bila ada kelompok yang mau menghancurkan Negara ini,

Kematian ... Dari Halaman 1 Sebagian warga Negeri Paman Sam berpendapat, pemimpin Negara Karibia yang tutup usia pada usia 90 tahun itu adalah ‘musuh bebuyutan’AS. Lepas dari respons tersebut, sebuah ramalan berusia 35 tahun menyebut, ada benang merah yang mengaitkan kematian Castro dengan nasib Amerika Serikat. Konon, Amerika Serikat akan mengalami kehancuran ekonomi menyusul meninggalnya Fidel Castro. Benarkah demikian? Ramalan tersebut disampaikan pada 1981 oleh seorang pria bernama John W Johnston. Sebelumnya, ia telah memprediksi dengan tepat runtuhya Tembok Berlin, kehancuran Uni Soviet, dan kebangkitan Vladimir Putin. Dalam catatan prediksinya di b l o g UnitedStatesProphecy.com, pria yang mengaku sebagai ‘nabi’ itu mengaku bahwa ia menerima wahyu antara tahun 1981 hingga 2011. Meski demikian, beberapa orang meragukannya karena ia tak memberikan tanggal dalam banyak postingannya. Berdasarkan referensi blog dan rekaman yang diunggah ke akun berbagi videonya, tulisan yang mendokumentasikan ramalannya dibuat antara tahun 2009 hingga 2014. Dalam blog-nya, Johnston

mengklaim menerima wahyu pada 1981 yang mengungkap bahwa runtuhnya Tembok Berlin akan memicu kehancuran Uni Soviet. Meski demikian, ia mengaku bahwa Rusia akan pulih kembali di bawah pemimpin yang kuat. Tembok Berlin runtuh pada 9 November 1989, delapan tahun setelah ramalan itu diungkap Johnston. Disintegrasi Uni Soviet pun terjadi dua tahun setelah peristiwa bersejarah di Jerman terjadi, yakni pada 31 Desember 1991. Dikutip dari Inquistr, Selasa (29/11), Johnston juga mengklaim bahwa dirinya menerima wahyu pada 1981, yakni kebangkitan Rusia setelah Uni Soviet runtuh di bawah kepemimpinan Vladimir Putin. Bangkitnya Negeri Beruang Merah itu akan diikuti dengan kematian Fidel Castro. Selain itu, ia juga mengungkap ramalan yang dianggap paling mengerikan, yang saat ini membuat geger sejumlah blog teori konspirasi. Johnston memprediksi bahwa kematian Fidel Castro akan diikuti dengan hancurnya ekonomi Amerika Serikat. “Ketika kamu melihat Tembok Berlin runtuh dan ketika kamu menyaksikan Uni Soviet hancur lalu bangkit kembali, kemudian kalian akan

RAMALAN KEHANCURAN VS OPTIMISME AS Menurut mereka yang percaya ramalan itu, Rusia akan mengalami kebangkitan di bawah kepemimpinan Vladimir Putin. Mereka menggarisbawahi, saat ini Negeri Beruang Merah telah berhasil menantang negara Barat dengan ketegangan yang saat ini terjadi di Eropa Timur dan perang di Timur Tengah — khususnya Suriah. Selain itu, kematian Fidel Castro yang terjadi setelah kebangkitan Rusia membuat sejumlah orang kembali

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala, DIREKTUR: Hendra Zoenardjy, WAKIL DIREKTUR I: Ronald Rompas, WAKIL DIREKTUR II: Noldy Poluan, PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. REDAKTUR EKSEKUTIF: Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Tonny Mait MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Tonny Mait. REDAKTUR: Robby Liando, Hanny Rais, REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando, Ronald Sumakul Ridwan Nurhamidin. FOTOGRAFER: Christian Farry Pratasik, KORDINATOR BIRO: Wolter Pangalila (BITUNGMANADO), Stenly Gaghunting (NUSA UTARA), Yunita Datalamon (BOLMONG RAYA), BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Erwien Bojoh (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Wolter Pangalila (BITUNG), Stenly Gaghunting (SANGIHE, SITARO), Denny Dalihade (TALAUD) Yunita Datalamon (KOTAMOBAGU-BOLMONG, BOLMUT), Faruk Langaru (BOLTIM), Chandra Paputungan (BOLSEL). KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, STAF IKLAN: Denny Moningka. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Denny Poluan (Minahasa, Tondano, Tomohon, Mitra), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minsel), Marchel Wowor, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta, Iman. SEKRETARIS/BENDAHARAPERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestaripress, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 50.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) NO REK: 001 01.52.000663-1 Bank Sulut a/n PT. Sulut Lestaripress TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


SULUT

KAMIS 1 DESEMBER 2016

Dari FGD bersama media massa dan AJI

FESTIVAL NATAL

Kearifan lokal mulai terkikis oleh jaman

Gubernur ajak warga nonton Air Supply gratis GUBERNUR Sulut Olly Dondokambey SE mengajak kepada seluruh rakyat Sulut yang ada di bumi nyiur melambai ini untuk menyaksikan langsung konser gratis band papan atas diera 90an, Air Supply. Ajakan Gubernur Olly tersebut dikatakannya pada Rabu (30/11) kemarin. “Saya mengajak kepada seluruh rakyat Sulut untuk menyaksikan langsung konser gratis tersebut. Konser Air Supply ini tidak dipungut biaya apapun. Jadi, silahkanlah warga Sulut untuk menonton langsung konser tersebut, yang digelar pada Minggu (4/12) pukul 16:00 Wita, tepatnya di lapangan Megamas Boulevard Manado,” ajak Gubernur. Untuk itu, Gubernur Olly menghimbau agar seluruh elemenasyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya konser Air Supply tersebut. “Kiranya selama konser ini berlangsung, masyarakat Sulut bisa terhibur dan saling menjaga keamanan demi tercapainya program Pemerintah OD-SK dalam sektor pariwisata demi terwujudnya Sulut Hebat,” pungkasnya. Diketahui, selain konser Air Supply, ada juga artis ibukota yakni Ruth Sahanaya ikut juga menghibur masyarakat Sulawesi Utara.(erer)

SOROTAN Gaji 100%, sejumlah ASN Sekwan “makan tulang” KINERJA Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Sekretariat Deprov Sulut terus mendapat sorotan. Bahkan pimpinan SKPD tersebut Bartolomeus Mononutu mengaku geram dengan sikap dan kinerja sejumlah ASN bawahannya. Mendengar hal ini, Anggota Deprov Sulut, Netty Pantouw buka suara dimana meminta agar seluruh ASN dilingkup Sekretariat Deprov menigkatkan kinerja mereka. Pasalnya meski masuk dan pulang tidak sesuai ketentuan mereka, tetap mendapatkan gaji full alias 100%. “Ini sudah menjadi tugas dan tanggung jawab mereka. Masuk jam 8 pagi pulang jam 5. Itu jelas, jangan makan tukang dong. Masa yang lain kerja full time yang lain kerja stengah-stengah,” tegasnya, Seelumnya, Sekwan Mononutu melakukan sidak baru-baru ini di setiap ruangan sudah tidak berada dalam kantor, padahal waktu itu baru pukul 11.23 Wita. Lebih memiriskan dari sidak Mononutu, ternyata sebagian besar ASN yang melakukan korupsi waktu kerja adalah sebagian Kepala Bagian (Kabag) dan Kepala Sub Bagian (Kasub). Kekesalan Mononutu disebabkan banyak sekali administrasi menumpuk bahkan berserahkan di atas meja. “Pukul 11.23 WIB. Belum waktu istirahat. Saya akan berikan teguran. Karena saya tidak mau anak buah saya korupsi waktu. Faktor ini yang membuat kinerja Setwan sering mendapat sorotan termasuk anggota dewan,” jelas Mononutu.(dede)

Manado—Kearifan lokal yang berkembang di masyarakat merupakan hasil dari kebiasaaan warga setempat atau kebudayaan sebagai bentuk adaptasi terhadap alam dan lingkungan tempat tinggalnya. Hanya saja, seiring dengan perkembangan jaman, karifan lokal ini mulai terkikis dengan jaman. Tak heran jika ekosistem alam pun menjadi korban. “Lingkungan yang rusak tidak terjadi begitu saja. Hal ini yang perlu kita diskusi karena hal yang kecil saja bisa menimbulkan masalah besar,” ujar budayawan Sulut, Denni Pinontoan dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama editor media di kantor Kawanua Post, Rabu (30/11) kemarin. Kegiatan FGD yang disponsori oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado ini bekerja sama dengan Development and Peace (DnP) yang membahas isuisu lingkungan di Sulut. FGD keenam kali ini mengambil tema “Menjaga Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Budaya” dengan menghadirkan Budayawan Sulut Denni Pinontoan dan Wakil Pemimpin Redaksi (Wapemred) Kawanua Post Alfein Gilingen sebagai pembicara. Lanjut dikatakan Pinontoan, kearifan lokal mengandung nilai, kepercayaan dan sistem religi yang dianut masyarakat setempat dalam melindungi dan melestarikan alam dan lingkungan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkaji dan melestarikan kearifan lokal

KEGIATAN FGD menyangkut lingkungan yang disponsori oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Manado di kantor Kawanua Post.(foto: ist)

yang berkembang di masyarakat. “Budaya adalah interaksi manusia dengan dengan lingkungan sehingga sebagai media harus berperan dalam memberitakan soal menjaga lingkungan,” tandas pengajar di UKIT itu. Pinontoan menjelaskan, perkembangan peradaban manusia terbagi dalam tiga bagian besar yakni era ekosentrime dimana manusia pada zaman itu rumahnya adalah alam, era antroposentrisme dimana manusia menaklukan tanah dan mengekspolitasi sumber

daya alam serta era kosmosentrisme. Dia menambahkan, budaya memiliki arti yang luas dan dinamis. Budaya yang di dalamnya merupakan kearifan lokal saat ini sudah tidak dipahami oleh masyarakat karena salah satu faktornya karena agama. “Salah satu contoh kearifan lokal, pohon besar menurut orang tua dulu jangan diganggu atau dipotong karena dianggap pohon keramat. Tapi dengan seiring dengan perkembangan jaman dan datangnya faktor agama,

masyarakat langsung menganggap itu merupakan takhayul. Padahal makna sebenarnya karena terkait pelestarian lingkungan dimana jika pohon itu dipotong bisa terjadi longsor,” tambahnya. Wapemred Kawanua Post, Alfein Gilingan dalam pemaparannya mengatakan, peran media sangat strategis dalam pelestarian lingkungan. Menurut dia, semakin banyaknya media di Sulut, baik media cetak maupun online, seharusnya sudah bisa memberikan

banyak ruang di media dalam hal pemberitaan terkait isuisu lingkungan yang saat ini terus mengemuka. Terkait masalah lingkungan dalam perspektif budaya, kata dia, kearifan lokal sangatlah melekat dengan kondisi pelestarian lingkungan. “Di Sulut sendiri, pelestarian lingkungan banyak dilakukan dengan menggunakan kearifan lokal. Contohnya, rumah tangga baru harus menanam pohon sebelum menuju ke kantor Catatan Sipil. Ini sangat menarik, karena memiliki nilai-nilai budaya, kemanusian hingga sosiologis,” katanya. Dirinya berharap, model kearifan lokal dalam menjaga kelestarian lingkungan ini dapat dimulai dari lingkungan keluarga, komunitas pers dan lain-lain, karena merupakan sebuah tatanan yang diwariskan leluhur yang harus terus dijaga. Sementara itu, Ketua AJI Manado Joseph Ikanubun mengatakan, isu lingkungan saat ini masih kurang diakomodir oleh media-media yang ada di Sulut sehingga AJI melakukan pendekatan kepada pimpinan-pimpinan media lewat FGD seperti ini. “Ada kalanya reporter telah membuat berita terkait isu lingkungan, tapi tidak diakomodir oleh redaktur di kantor sehingga kami membuat pendekatan kepada pimpinan redaksi melalui FGD yang keenam ini,” tambahnya.(gebe)

Ramdhani: NKRI harga mati Akui ada ormas yang mulai menyerang NKRI Manado—Wakil Ketua DPP GP ANSOR Benny Ramdhani menyebut kedaulatan dan eksistensi Negara Kesatuan Republik

Indonesia (NKRI) harus tetap dijaga dan dikawal karena sejak diproklamasikan dimana para Founding Fathers telah menetapkan Pancasila

AGENDA

DWP Sulut gelar ziarah & anjangsana ke panti asuhan Manado—Dalam rangka HUT ke17, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sulawesi Utara akan menggelar beberapa agenda kegiatan yang ditandai dengan Pencanangan kegiatan HUT DWP ke 17, Tingkat Provinsi Sulawesi Utara bertempat di halaman Rudis Bupati Bolmong di Lolak, Senin (28/11) lalu. Adapun kegiatan diawali dengan Ziarah ke makam Ketua DWP alm. Ibu Rezia Arsjad Daud Sugeha (periode 1991-2000) dan alm. Ibu Hj. Esther Mokodongan Turang (periode 2009 2014) di Kotamobagu dan anjangsana di Panti Asuhan Amazia di Desa Suak Kabupaten Bolmong. Ketua DPW Provinsi Sulut, Ivonne Silangen Lombok, saat itu memimpin langsung pencanangan kegiatan HUT DWP ke-17 untuk tingkat provinsi Sulawesi Utara. Walaupun belum hampir sebelum memegang jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan

3

sebagai ideologi bangsa. Ramdhani mengatakan saat ini sudah ada Ormas atau yang tidak lagi secara sembunyisembunyi, sudah secara terbuka telah melakukan serangan terhadap NKRI. “Mereka tidak pernah mengakui bentuk Negara, sistem demokrasi dan pemerintahan yang ada sesuai mandat konstitusional,” ujar Rhamdani. Kelompok-kelompok seperti itu tidak layak untuk hidup dan dibiarkan dalam negara demokrasi ini. “NKRI masyarakatnya sangat prural, yang sangat menghormati keberagaman dan kebhinekaan, yang melindungi kelompok suku bangsa dan agama dan sejak didirikan sepakat menjadikan Pancasila sebagai

Ideologi,” ungkapnya. Menurut Anggota DPD RI ini, sejak negara ini didirikan para pendiri negeri ini sepakat menjadikan Pancasila sebagai ideologi. “Mereka (Ormas anti Pancasila,red) yang tidak punya saham dalam mendirikan negara ini, tidak berhak untuk mengatur negara ini. Mereka tidak layak berada di negara ini,” tegas Brani panggilan tenarnya. Senator perwakilan Sulut juga menyebutkan GP ANSOR sudah sejak lama meminta negara untuk hadir secara terbuka menghadapi dan berani membubarkan organisasi atau kelompok yang berpotensi mengancam NKRI. “Sejak beberapa tahun terakhir ini GP ANSOR

Banser mendapatkan instruksi dari ketua umum mencabut dan membersihkan atribut Ormas Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang mengusung tema khilafah bahkan menghentikan dan membubarkan aksi Ormas ini,” tegas Ramdhani yang juga empat kali menjadi anggota Deprov Sulut ini sembari mengajak seluruh kelompok yang berada di Front nasionalis, Front Pancasila dan seluruh elemen masyarakat bersamasama membantu pemerintah dan TNI/Polri menghadapi para Ormas anti Pancasila. “NKRI harga mati! Tidak boleh diganggu gugat. Ormas anti Pancasila dan NKRI tidak layak hidup di negara ini,” kuncinya.(dede)

ORGANISASI KEPEMUDAAN

Karang Taruna Sulut bakal bedah 13 titik DWP Sulut saat anjangsana di Panti Asuhan Amazia di Desa Suak Kabupaten Bolmong.(foto: ist)

Provinsi Sulut. Dirinya telah membuktikan kinerjanya membentuk Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sulut yang lebih bersinergi untuk membangun daerah bumi nyiur melambai demi terwujudnya pemerintahan OD-SK

yang lebih baik. “Kagiatan Anjangsana dan Ziarah kali ini, dalam rangka memperingati HUT ke – 17 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sulut dengan Tema Penguatan Kualitas Istri ASN Menuju Ketahanan Keluarga,” katanya.(erer)

Manado—Sukses di beberapa kegiatan sosial, kini Karang Taruna Sulut menargetkan pencapaian program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) di 13 titik. Ketua Karang Taruna Sulut,

Billy Lombok mengatakan, program ODSK perlu direalisasikan secara berkesinambungan. “Kami fokus dengan target pengentasan kemiskinan. Kota Manado, Bolmong raya, Minahasa, Minahasa Selatan, Bitung, Mitra,

akan kami bedah atau jangkau nanti di 2017,” ujar Lombok saat didampingi Sekretaris Affan Mokodongan dan Bendahara Ivan Kristo Lumentut. Lanjut Lombok, Karang Taruna Sulut pula telah memogramkan pelayanan kesehatan, pendidikan dan pengadaan ambulance. “Kami ingin menjangkau daerah pelosok dengan pelayanan kesehatan, crisis centre pendidikan, serta ketersediaan fasilitas mobilitas kesehatan dan kematian,” tukas Lombok lagi. Di tahun 2016 berbagai titik pelayanan kesehatan serta bantuan kewirausahaan digagas dan dilaksanakan oleh pengurus Karang Taruna. Kebutuhan sosialisasi Permensos pula dianggap penting dalam keadaan bermitra dengan pemerintah. “Karang Taruna adalah organisasi sosial yang melekat dengan pemerintah, yang jadi soal terkadang dalam kepentingan konsolidasi aktif maka pengurus di tiap desa, kelurahan, kabupaten/kota perlu memahami dasar aturan Karang Taruna apalagi saat ini kita sedang menggenjot tersedianya database riil baik kepengurusan maupun kemiskinan Sulut untuk bahu membahu dengan pemerintah,” pungkas Anggota Deprov Sulut ini.(dede)


YUSTISIA 4 Kapolda: Sulut harus aman dan nyaman! KAMIS 1 DESEMBER 2016

psn profesional polri

50 lulusan Bhintara 2015 Polda Sulut uji validitas

LULUSAN Bhintara Polda Sulut menjalani uji validitas PSN yang dilakukan tim Lemdiklat Polri.(foto: hms/plda)

TIM Lemdiklat Polri diketuai Kombes Pol DR Markum MPd, bersama dua anggota, Rabu (30/ 11) kemarin, melakukan uji validitas soal Penilaian Secara Nasional (PSN) lulusan pendidikan pembentukan Bintara Polda Sulut tahun 2015. Test ini diikuti 50 dari 201 Bintara Polda Sulut lulusan Sekolah Polisi Negara (SPN) Karombasan tahun 2015 lalu. Ketua Tim didampingi Kepala SPN Karombasan, Kombes Pol Henny Posumah dalam arahannya mengatakan, tes bertujuan untuk mengetahui penerapan pengetahuan yang diperoleh para Bintara saat pendidikan. “Jadi intinya, untuk mengetahui sampai sejauh mana penerapan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang pernah diperoleh saat pendidikan tahun lalu dalam pelaksanaan tugastugas kepolisian saat ini,” ujar Markum. Dijelaskannya, tes dilakukan dengan menjawab soal-soal yang terdiri dari delapan materi antara lain, kode etik profesi Polri, pendidikan budaya anti korupsi, sejarah Polri, tindak pidana TKP, pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli. “Dari hasil jawaban nanti bisa diketahui daya serap dan pemahaman pelajaran para Bintara saat mengikuti pendidikan. Sehingga hasilnya dapat dijadikan sebagai bahan analisa dan evaluasi terhadap jalannya proses belajar mengajar dalam pendidikan pembentukan di jajaran Lemdiklat Polri,” pungkasnya.(erel)

lakalantas Hendak lihat Ayah meninggal, Noya ditabrak mobil MIRIS kejadian yang dialami oleh Malang lelaki bernama Noya Mamahit (25), warga Desa Kauneran Satu, Jaga IV, Kecamatan Sonder, Kabupaten Minahasa, harus dilarikan ke rumah sakit, setelah sepeda motor Suzuki Metik yang ditungganginya, bertabrakan dengan pengendara mobil jenis Toyota Rush. Peristiwa itu terjadi di ruas jalan Tomohon, tepatnya di Kelurahan Tumatantang, Kecamatan Tomohon Selatan. Selasa (29/11) malam, sekitar pukul 21.00 Wita. Dari informasi yang diperoleh, malam itu korban dikejutkan dengan berita duka, dimana ayah kandungnya meninggal dunia di Rumah Sakit Tomohon. Mendengar informasi tersebut, korban langsung mengambil sepeda motor dan bermaksud pergi melihat jenazah ayahnya. Karena terbawa oleh pikiran, saat diperjalanan joki balap tanah ini memacu sepeda motornya dengan kecepatan tinggi. Ketika melintas lokasi kejadian, tiba-tiba muncul pengemudi mobil dari arah berlawanan dan langsung menabrak korban. Tak pelak, korban langsung terpental ke aspal, dan mengalami luka robek dibagian dagu, dan tulang rahang retak, serta luka lecet dibeberapa bagian tubuh lainnya. Warga yang melihat peristiwa itu langsung melarikan korban ke rumah sakit Bethesda Tomohon, setelah itu di rujuk le RSUP Kandou Manado untuk mendapatkan perawatan medis.(rees)

KAPOLDA bersama Forkopimda Sulut mengikuti Apel Nusantara Bersatu, di Lapangan KONI Sario Manado, kemarin pagi. Dalam apel ini turut diisi orasi keutuhan NKRI oleh 4 perwakilan, pembacaan ikrar keamanan, doa bersama dan dilanjutkan parade dipimpin Wagub Sulut.(foto-foto: hms/plda)

Tolak perpecahan dan jaga kesatuan NKRI, ribuan orang ikuti Apel Nusantara Bersatu Manado--Apel Nusantara Bersatu 2016, secara serentak digelar di seluruh penjuru Tanah Air Indonesia, Rabu (30/11) kemarin. Khusus di wilayah Sulut, apel yang menghadirkan ribuan orang ini dilakukan di Lapangan KONI Sario Manado dan diikuti oleh pihak pemerintah, TNI, Polri serta elemen masyarakat diantaranya ormas, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, pelajar di Kabupaten/Kota. Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Wilmar Marpaung SH

menyatakan, kegiatan seperti ini akan terus ditindak lanjuti melalui pertemuan-pertemuan informal dengan ormas dan komponen masyarakat lainnya, untuk menjaga persatuan dan kesatuan untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kapolda pun berharap, situasi kamtibmas yang tercipta di bumi nyiur melambai ini tetap dijaga dan dipelihara. "Keamanan itu penting bagi kita semua. Jangan terprovokasi dan ikutikutan dengan oknum atau kelompok, yang hanya meme-

cah belah kerukunan. Sulut harus aman dan nyaman. Mari kita jalin kebersamaan dalam menjaga keamanan, karena Sulut sulit disulut karena solid," tegas Kapolda. Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw mengatakan, Apel Nusantara Bersatu dilaksanakan dalam rangka mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa serta untuk menjaga situasi keamanan, ketertiban dan ketentaraman masyarakat di Sulawesi Utara. Wagub turut mengapresiasi kegiatan

tersebut sebagai wujud penegasan rasa persatuan dan kesatuan, serta merupakan bentuk pernyataan komitmen bersama untuk senantiasa menjaga stabilitas keamanan, ketertiban dan ketentraman di Sulut. "Persatuan dan kesatuan merupakan syarat mutlak keberhasilan dalam membangun suatu negara. Meskipun negara Indonesia sudah merdeka, namun persatuan haruslah dipupuk,” tegas Wagub, sembari mengajak agar warga Sulut tak perlu ikut-ikutan demo. Kegiatan Apel Nusantara Bersatu ini turut dihadiri Pangdam XIII Merdeka, Mayjen Ganif Warsito, dan segenap

Forkopimda Sulut ini. Bahkan dalam rangkaian apel tersebut, diisi orasi ajakan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa serta keutuhan NKRI dalam kebhinekaan, dari empat perwakilan ormas masing-masing dari Laskar Manguni, NU, Serikat Buruh dan perwakilan Perempuan Sulut, pembacaan ikrar masyarakat Sulut untuk NKRI, serta doa berantai dari masing-masing pemuka agama yang ada di Sulawesi Utara. Usai apel, seluruh peserta bersama Forkopimda mengenakan pita merah putih di kepala dan melaksanakan parade, yang mengambil start dari lapangan KONI dan finish di lapangan Mega Mas Manado.(erel)

PEMBUNUHAN

Habisi nyawa dosen, oknum guru diadili Manado--Tega menghabisi nyawa perempuan yakni Nur Panelewen, yang berprofesi sebagai Dosen di salah satu Universitas ternama di Manado, oknum Guru ISN alias Irfan (49), akhirnya diadili. Dalam sidang perdana yang bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Manado Rabu (30/11) kemarin, Irfan pun resmi dijadikan terdakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Edwin Tumundo. Dihadapan Ketua Majelis Hakim Alfie Usup, diketahui perbuatan terdakwa terhadap korban dilakukan pada Juli 2016 lalu. JPU mengurai kronologis, dimana pada saat itu terdakwa dan korban telah menjalin hubungan. Kemudian terdakwa menghubungi korban melalui telpon dengan maksud untuk bertemu dengan korban. Nah, kemudian korban menyarankan agar terdakwa pergi ke Perum Puri Alfa Mas di Desa Pineleng, karena kedua anak korban tidak ada. Dengan menggunakan sepeda motor, terdakwa pun pergi rumah korban. Sesampainya disana, ternyata korban sedang mencuci pakaian, sehingga terdakwa ikut membantu korban dengan

TERDAKWA Irfan menjalani sidang perdana di PN Manado dalam kasus pembunuhan.(foto: onal/sk) menjemur pakaian. Selang beberapa waktu kemudian, anak laki-laki korban, saksi Fairus Akbar Ali Mokoginta datang. Selanjutnya terdakwa dan korban, sempat makan siang bersama. Sesudah makan terdakwa dan korban duduk di teras rumah. Lalu sekitar pukul 13.30 Wita, terdakwa dan korban keluar rumah jalan-jalan dengan menggunakan mobil Daihatsu Ayla warna putih DB 1181 BI, milik korban. Dan ketika lewat di Hotel Sahid Kawanua, terdakwa menyarankan kepada korban

untuk menginap di hotel tersebut. Korban menyetujui saran terdakwa sehingga mobil langsung masuk ke halaman parkir. Terdakwa kemudian memesan kamar dengan satu tempat tidur, kepada saksi Nova Makangiras, yang pada saat itu bertugas sebagai penerima tamu. Saksi Nova menyerahkan kunci kamar nomor 107 kepada terdakwa, lalu terdakwa menuju kamar tersebut. Selanjutnya sekitar lima belas menit kemudian korban ikut masuk kamar. Di dalam kamar korban dan

terdakwa pun berhubungan badan selama kurang lebih satu jam. Ternyata pada saat berhubungan badan, korban merasa tidak puas, dan menyuruh terdakwa untuk melakukan gerakan lebih kuat, seperti yang pernah dilakukan oleh seseorang kepada korban. Nah, mendengar perkataan itu, terdakwa kemudian mencari tahu apa yang dimaksud korban, dengan melakukan gerakan lebih kuat lagi seperti yang pernah dilakukan oleh orang lain kepada korban. Akhirnya terdakwa emosi,

dengan perkataan tersebut, terdakwa behenti berhubungan dan terus mempertanyakan arti dari perkataan korban. Sehingga korban mengakui bahwa dirinya sudah berhubungan dengan orang lain. Mendengar perkataan tersebut, terdakwa langsung menampar korban berulang kali, sehingga korban membalas memukul wajah terdakwa. Terdakwa kembali memukul korban sehingga korban terjatuh dari tempat tidur, dan terdakwa mengambil bantal kepala lalu menutupi wajah korban selama tujuh menit hingga korban lemas tak bernyawa. Terdakwa membuka bantal kepala dari wajah korban dan panik, lalu terdakwa mengangkat tubuh korban ke atas tempat tidur. Dalam kepanikan tersebut, terdakwa kemudian meminta saksi Ahmad Takalamingan dan Aktavianus Masoa, membantu terdakwa untuk membawa korban ke rumah sakit. Namun sampai di rumah sakit, nyawa korban tidak terselamatkan lagi hingga akhirnya korban meninggal dunia. Akibat perbuatannya, terdakwa pun diancam berdasarkan Pasal 338 KUHPidana dan 351 ayat (3) KUHPidana.(rees)

TAWURAN PELAJAR

Tim Paniki dan Sabhara amankan puluhan pelajar

PARA siswa digiring ke Mapolresta Manado dan diberi pembinaan oleh petugas.(erel)

Manado--Diduga hendak melakukan aksi tawuran, Tim Paniki bekerja sama dengan Sabhara Polresta Manado, berhasil menggagalkan upaya dari puluhan pelajar. Sedikitnya puluhan siswa yang mengenakan seragam SMA dan SMK itu langsung digiring ke Mapolresta. Aksi kejar-kejaran pun sempat mewarnai penangkapan aparat kepolisian diseputaran pusat kota pasar 45, Rabu (30/ 11) kemarin. Informasi yang diperoleh di Mapolresta Manado, gerakgerik sejumlah pelajar itu me-

mang sudah mengundang kecurigaan dari warga yang beraktifitas disana. Sebab, sangat nampat terlihat para siswa sudah berdiri membentuk kelompok, dan mulai mengundang lawan mereka untuk berkelahi. Warga yang tidak mau terjadi hal yang tidak diinginkan, bergegas menghubungi pihak kepolisian untuk membubarkan kelompok pelajar tersebut. Informasi dari warga itu langsung direspon oleh Tim Paniki dan Sabhara Polresta Manado. Tidak menunggu lama, petugas langsung menuju lokasi yang dimaksud dan berhasil mengamankan puluhan pelajar lengkap dengan seragam sekolahnya. Setelah itu langsung digiring ke Mapolresta. Kasubag Humas, AKP Roly Sahelangi, ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut."Puluhan siswa itu tidak ditahan, dan hanya diberikan pembinaan. Setelah itu mereka diberikan kesempatan untuk menulis surat pernyataan tidak mengulanginya, lalu diijinkan dibawa oleh orangtua mereka," tandasnya.(rees)


NUSA UTARA 5 Bulog siapkan Operasi Pasar beras KAMIS 1 DESEMBER 2016

SANGIHE, SITARO, TALAUD

PAJAK KENDARAAN Silangen: Target pendapatan Samsat mendekati 100% KEPALA Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Samsat Tahuna, Niklas Silangen mengakui optimis pendapatan melalui pajak kendaraan bermotor, pajak air permukaan serta pajak bea balik nama kendaraan bermotor bisa mencapai 100 persen. Indikasinya dapat terlihat pada bulan November ini dengan capaian 90 persen, atau Rp6 miliar lebih dari target yang ditetakan Rp7 miliar lebih. “Setelah melihat capaian pendapatan UPTD Samsat Tahuna yang sudah dikisaran 90 persen, kami sangat yakin sebelum berakhir Desember akan memenuhi target,” ungkap Silangen. Diakuinya juga, pencapaian target tak lepas dari adanya kebijakkan lembaga yang telah menurunkan target tahun-tahun sebelumnya, yakni dari Rp9 miliar menjadi Rp7 miliar lebih. “Memang sebelumnya ada beberapa UPTD tak bisa capai target, namun dengan diturunkan sudah terlihat capaian 100 persen akan terpenuhi,” ujarnya. Sementara untuk pajak air permukaan kampung Uleng Peliang Kecamatan Tamako mengalami kenaikkan yang signifikan, karena kenaikkanya jauh melampui target yang ditetapkan, Rp3 juta, sementara realisasinya saat ini sudah mencapai Rp40 juta. “Memang sangat luar biasa kenaikkan pendapatan pajak air permukaan, dan ini tak lepas dari kerjasama dengan pihak PDAM serta PLN,” pungkasnya.(try01)

Hadapi Natal, stok di gudang akan ditambah Ondong—Dalam rangka menghadapi hari raya Natal dan Tahun Baru, Gudang Bulog Kabupaten Sitaro memastikan akan mengalokasikan beras untuk operasi pasar (OP) bersama Dinas Perindagkop Sitaro dan Bagian Administrasi Ekonomi dan SDM. Menurut Kepala Gudang Bulog Siau, Purminanto, pelaksanaan OP dilakukan guna menjaga stabilitas harga beras di pasaran. “Operasi pasar akan dimulai awal Desember yang dilaksanakan di pasar Ulu. Dan memang ini sering dilaksanakan setiap adanya hari raya,” terang

Purminato. Purminanto menyebutkan, jumlah beras yang sudah disiapkan tidak menutup kemungkinan akan ditambah. Inipun tergantung situasi di pasar nanti. “Karena itu, kami tidak bisa memastikan berapa ton beras yang digelontorkan pada operasi pasar kali ini. Untuk stok beras aman saat ini di gudang masih ada sekira 230 ton,” jelas Purminanto. Selain menjual beras, Purminanto menambahkan, pihak Bulog juga menjual gula putih. “Untuk beras akan dijual di pasar Rp7.900 per Kg. Adapun untuk gula putih

Rp12.500 per Kg,” pungkasnya. Sementara itu, Roni Takasili, warga Kecamatan Siau Timur, menyambut positif digelarnya operasi pasar oleh pihak Bulog dan Pemkab Sitaro. “Operasi pasar ini sangat membantu warga. Apalagi memasuki perayaan Natal kebutuhan kian meningkat,” terang dia. Sebelumnya, Kepala Bagian Ekonomi dan SDM, Heski Manalang mengatakan, pihaknya akan menggelar operasi pasar di sejumlah pasar tradisional yang ada di Kabupaten Sitaro. Dia memaparkan, untuk bahan po-

MENGHADAPI Natal, Bulog siap melaksanakan operasi pasar untuk membantu warga mendapatkan beras murah.(foto: ist)

kok yang akan dijual nanti adalah beras, gula dan minyak kelapa. “Untuk harga, jelas lebih murah dibanding dengan harga normal dipasaran. Na-

APEL KEBANGSAAN NUSANTARA BERSATU

Dihadiri ribuan warga Talaud

PERAMPUNGAN DPS KPU Sangihe siap sukseskan Pilkada 2017 PIHAK Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sangihe terus melakukan langkah maju guna persiapan menuju tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 15 Februari 2017 mendatang. Dimana saat ini KPU Sangihe sementara merampungkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) guna mensukseskan hajatan demokrasi lima tahunan itu. Menurut Ketua KPU Sangihe, Elsye Sinadia melalui Devisi Data, Tomy Mamuaja mengatakan bila ada warga yang belum mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Eletronik (e-KTP) sampai saat ini, ditulis dalam format AC kemudian disertai rekapan. “Akan tetapi ketika DPT sudah ditetapkan 6 Desember, selanjutnya 7 Desember yang bersangkutan mendapatkan e-KTP, boleh memilih berdasarkan alamat KTP,” ungkapnya. Selain itu Mamuaja juga memastikan, wajib pilih yang mengantongi e-KTP boleh memilih asalkan yang bersangkutan terdaftar dalam DPT. “Jika pada saat pemilihan ada petugas KPPS atau PPS tidak mengizinkan masyarakat yang mengantongi e-KTP memilih itu hal yang salah. Karena itu melanggar aturan dan bisa dihukum tindak pidana,” tegasnya.(try01)

KEMBANGKAN POTENSI WISATA Tilaar: Program jangka panjang tetap dilanjutkan PEMENUHAN sarana prasarana pendukung untuk lebih mengoptimalkan kemajuan Pariwisata di Daerah Kabupaten Sangihe, menjadi komitmen Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) sesuai dengan program kerja jangka panjang kedepan. Kepala Dinas Disparbud, Jefry Tilaar SE kepada sejumlah wartawan mengatakan, secara berkesinambungan pemenuhan sarana prasarana mulai dilakukan. Berbagai terobosan telah dilakukan oleh Pemkab Sangihe berorientasi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan, baik itu wisatawan Mancanegara maupun domestik. “Sudah jelas karena memang RPJMD berakhir tahun 2016 tentunya kegiatankegiatan maupun program- program yang sifatnya jangka panjang akan kita tetap tindak lanjuti dan lanjutkan,” ungkap Tilaar. Dikatakan pula olehnya, menitip beratkan pada skala prioritas terkait dengan pengembangan destinasi wisata dalam rangka merealisasikan target- target kunjungan wisatawan, pihaknya akan melakukan pembenahan di lokasi- lokasi wisata yang nantinya menjadi pusat berkunjung dari wisatawan itu. “Supaya kedatangan baik wisatawan Mancanegara maupun domestik atau wisatawan lokal akan lebih betah ketika datang di Kabupaten Sangihe. Karena memang sejauh ini ada hal- hal yang perlu kita benahi sehingga perlu maksimal, tapi ketika dilengkapi sarana prasarana penunjang apakah itu transportasi dari Kabupaten menuju lokasi destinasi tempat wisata itu sendiri, penginapan, kuliner. Dan kalau itu sudah di benahi akan berdampak terhadap wisata itu sendiri,” katanya.(try01)

PEMBACAAN seruan kebangsaan dalam Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu.(foto: ist) Melonguane—Ribuan warga dari berbagai unsur di Kabupaten Kepulauan Talaud mengikuti Apel Kebangsaan Nusantara di Lapangan Sangkudiman melonguane, Rabu (30/11) kemarin dari pukul 08.45 hingga 09.30 Wita. Apel yang digelar serentak hampir di seluruh wilayah tanah air ini dilaksanakan dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya di Kabupaten Kepulauan Talaud. Dalam seruannya mewakili pemerintah daerah dan elemen masyarakat, Ketua Dekab Talaud, George Rompah Spd menyampaikan, setelah mencermati situasi perkembangan saat ini maka dengan memohon hikmat dan rahmat kepada Tuhan yang Maha Esa Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat di Tanah Porodisa, bersatu padu dalam kebulatan tekad menyerukan kepada seluruh warga dari Tinonda sampai Napombaru untuk setia mendukung dan bersatu mempertahankan 4 pilar kebangsaan, ketertiban dan keamanan. “Kita menyerukan bahwa Pemkab dan masyarakat setia kepada NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika. Mendukung dengan sepenuhnya pemerintah Republik Indonesia dan menolak dengan tegas segala upaya menjatuhkan pemerintah RI, menolak dengan tegas segala bentuk kegiatan yang berpotensi merusak suasana hidup bersama dalam keagamaan, suku, budaya, ras dan keyakinan yang selama ini terpelihara dalam suasana hidup penuh kedamaian,” tegas Rompah. Ditambahkan, Pemerintah dan

seluruh elemen masyarakat dengan tegas menyerukan bahwa semua kegiatan keagamaan dari semua agama dan keyakinan di talaud yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945 wajib dilindungi dan dijamin kenyamanan dan keamanannya. “Apapun bentuk kegiatan dan pihak manapun yang menggerakan dan atau menjadi pelaksana sepanjang tidak mengganggu ketertiban umum, menjaga NKRI dan kebhinekaannya maka kita siap mendukungnya,” tukas Rompah. Berdasarkan pantauan, kegiatan ini juga dihadiri Bupati yang diwakili Sekda Ir Adolof Binilang, Tokoh Agama Kristen, Islam dan Katholik, Unsur Adat, KNPI, Polres, Brimob,TNI AL dan AD, Pejabat instansi vertikal, pelajar dari tingkat sekolah dasar sampai SMA, SMK dan undangan lainnya. TANDA TANGANI SERUAN KEBANGSAAN Selain menggelar Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu di Lapangan Sangkudiman Melonguane, pada kesempatan itu juga dilaksanakan penandatangan seruan kebangsaan oleh sejumlah elemen. Naskah seruan tersebut ditandatangani oleh Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip diwakili Sekertaris Kabupaten Adolof Binilang,Ketua, Pimpinan Dekab George Rompah SPd, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Melonguane (Danlanal) Letko l(Mar) Moh Maftukin, Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1301 di Talaud Mayor (Inf) Sigfried Panaha

SSos, Tokoh Agama Islam Haji Hajrianto,Tokoh Agama Kristen Pdt A J Rompah -Larinse STeol, Tokoh Agama Katholik Frater Alfred Pangalila, Sekertaris Dewan Adat Ramly Adam SPd dan Perwakilan pemuda oleh Ketua DPD II KNPI Talaud Jahja Alotia. “Seruan ini disampaikan sebagai bentuk komitmen kebangsaan dan keteguhan sikap,rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia,Pancasila,UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika,” Kata Ketua DPRD Taalud George Rompah yang juga membacakan seruan kebangsaan, Rabu (30/11) kemarin di Melonguane. Dikatakan Jakson Parapaga selaku Ketua Pemuda GERMITA sebagai salah satu penggagas Apel Kebangsaan di Talaud, Kabupaten Kepulauan Talaud adalah Kabupaten yang hidup rukun dan damai, bersatu padu terus memelihara ketertiban masyarakat, kerukunan hidup antar umat beragama dan tidak membedabedakan suku,budaya, ras, agama dan keyakinan. “Bhineka Tunggal Ika itu tergambar dan terpancar jelas dirona kehidupan masyarakat Kepulauan Talaud dan kami tegaskan penanda tanganan seruan kebangsaan merupakan bukti konkrit bahwa dari tapal batas utara siap mengamankan persatuan dan kesatuan bangsa dengan satu kalimat pendek saja NKRI harga mati,” ucap Parapaga. Usai seruan kebangsaan kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan, doa yang dibawakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Haji Hasanuddin Takalondokang SPd.I dan terakhir adalah Foto Bersama semua unsur.(debe)

HIMBAUAN

Tokmas minta Sempadan Pantai juga masuk dalam Ranperda inisiatif Dekab Melonguane—Dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tuntas dibahas dan siap dikonsultasikan ke Pemprov Sulut dalam waktu dekat ini. Adapun kedua Ranperda dimaksud ialah Ranperda Perlindungan Satwa Langka (Sampiri, Usse’a, Tu’a, Eo’a) dan Ranperda Penataan, Pengawasan, Perlindungan Sungai dan Pantai (anti racun ikan, penebangan pohon dan eksplotasi SDA di pesisir Pantai). Dikatakan Ketua Komisi III Dekab Talaud, Pdt Van Heivel Ambuliling STeol, kedua ranperda tersebut sejalan dan sebangun dengan garis dan arah kebijakan serta kerja Pemerintahan Joko Widodo yang menekankan pembangunan berwawasan lingkungan. “Penting juga dipahami bahwa kedua ranperda tersebut

dimaksudkan untuk menjadi kekuatan dan payung hukum dalam perlindungan satwa endemik dan ekosistem di Kepulauan Talaud,” ujarnya, Rabu (30/11) kemarin. Tanggapan muncul dari salah satu tokoh masyarakat Jemmy Fannda yang mengatakan bahwa daerah sempadan pantai juga harus dimasukan menjadi wilayah yang dilindungi dari kegiatan pengrusakan lingkungan dalam bentuk dan dengan alasan apapun. “Garis pantai hampir setiap pulau di Talaud bergeser atau berkurang dengan sangat cepat sekira 1,5 sampai 1,6 meter per tahunnya. Ekses dari berkurangnya garis pantai ini bukan saja berbahaya bagi wilayah dan masyarakat Talaud tetapi juga bagi luas wilayah NKRI,” tukas Fannda.

Salah satu tokoh pemikir Talaud yang cukup disegani Boas Presley Bee mengatakan perlu duduk dan kerja bersama dengan hati dan pemikiran terbuka bagi penyelesaian masalah satwa dan penataan lingkungan di Talaud. “Mangrove adalah salah salah satu solusi namun sayang karena kurang didukung dengan kebijakan yang tepat dari Dinas terkait maka kegiatan penghijauan pantai dengan penanaman Mangrove masih belum menunjukan hasil yang sesuai dengan harapan. Kedepan langkah awal yang sudah dimulai Dekab ini lewat penyediaan payung hukum harus ditindak lanjuti dengan kerja nyata dan itu memerlukan eksekutor khususnya di Dinas terkait yang cakap dan memahami permasalahan dengan baik,” ujar Bee.(debe)

manya juga pasar murah. Diharapkan kegiatan ini, bisa membantu masyarakat. Waktunya akan dilaksanakan awal Desember,” ujar dia.(esge)

ANTISIPASI PERSELISIHAN

Kapitalau harus mampu menjadi perekat persatuan Ondong—Sebagai pimpinan di kampung, Kapitalau harus mampu menjadi perekat persatuan atau mampu mempersatukan masyarakat yang dipimpin sehingga tidak ada gejolak-gejolak ataupun bentuk perselisihan yang terjadi baik antara pemerintah kampung dengan masyarakat bahkan dalam organisasi gereja serta masyarakat. Demikian disampaikan Bupati Toni Supit SE MM melalui jubir Pemkab Sitaro Rony Romansyah SSos pada sejumlah wartawan belum lama ini. Dimana menurutnya jajaran pimpinan daerah senantiasa mengingatkan agar kapitalau harus menjadi pemersatu. “Kapitalau harus mampu mempersatukan masyarakat, jangan sampai ada yang terkotak-kotak atau terjadi perselisihan namun secepatnya menyatukan masyarakat agar ada kerukunan dalam bermasyarakat,” tutur dia. Bahkan dikatakan Romansyah, jajaran pimpinan daerah berharap agar hal tersebut menjadi perhatian seluruh kapitalau yang ada diwilayah Kabupaten Kepulauan Sitaro, dengan meningkatkan pengawasan dan kinerja terutama dalam pembinaan dan pelayanan terhadap masyarakat. “Tentunya diharapkan bagi kapitalau dapat melayani masyarakat dengan santun dan ramah,” kata dia. Selain itu, lanjut dia, sebagai pelayan masyarakat kapitalau juga harus mampu bekerja dengan penuh rasa tanggungjawab serta mampu mengakomodir apa yang menjadi aspirasi masyarakat. “Apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di kampung, kapitalau harus mampu mengakomodir aspirasi yang ada dengan terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah kecamatan dan juga kabupaten,” tukas dia. Sementara itu, hal tersebut turut mendapat dukungan masyarakat dan berharap apa yang menjadi penegasan pimpinan daerah ini mendapat perhatian para pimpinan dan aparat pemerintah kampung. “Ini perlu menjadi perhatian para aparat pemerintah kampung, karena apa yang disampaikan pimpinan daerah ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap pelayanan prima bagi masyarakat,” ujar Jufri Kasumbala, warga Siau.(esge)

APBD

Pemkab & Dekab Sitaro sepakati KUA-PPAS 2017 Ulu Siau—Setelah melewati proses pembahasan, akhirnya Pemkab Kepulauan Sitaro dan mitra kerja Dekab menyekapati Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) 2017 dalam agenda rapat paripurna dewan Rabu (30/ 11) sore kemarin. Rapat paripurna yang dipimpin Ketua Dekab Sitaro, Djibton B Tamudia BAc dan didampingi Wakil Ketua Dekab Hironimus Makainas SE dihadiri 17 anggota legislatif dan juga turut hasir jajaran pimpinan daerah diantaranya Bupati Toni Supit SE MM, Wakil Bupati Sisca Salindeho SE, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) DR Adry Manengkey SE MSi, para asisten setda, dan para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dalam sambutannya, TonSu sapaan akrab Bupati menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih setinggitingginya kepada mitra kerja legislatif dalam hal ini Dekab Sitaro yang sudah berjerih lelah atau bekerja keras dalam melakukan pembahasan sehingga KUAPPAS Kabupaten Kepulauan Sitaro tahun 2017 dapat disepakati. “Ini bukti kerja nyata dari mitra kerja dalam mendukung dan mengawal pembangunan di daerah ini,” tukas bupati. Dikatakan bupati, penandatangan nota kesepakatan ini merupakan manifestasi dari rasa tanggung jawab terhadap seluruh masyarakat di bumi Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo sebagai fungsi kemitraan antara pihak eksekutif dan legislatif, dalam menyeleng-garakan pembangunan di daerah . “Tentunya ini menjadi bagian dari keseluruhan prosea penyusunan rancangan anggaran pendapatan belanja di tahun 2017,” kata bupati. Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Sitaro, dr Semuel E Raule MKes memastikan KUA-PPAS 2017 pada umumnya tersusun sebagaimana kebijakan dan prioritas belanja daerah yang diarahkan dalam rangka pencapaian visi misi pemerintah daerah dengan lebih menajamkan pada target dan indikator sasaran. “Yang pasti ini akan tetap memperhatikan skala prioritas yang ada dalam pembangunan. Dan sesuai dengan rencana pembahasan selanjutnya, untuk pengantar rancangan peraturan daerah APBD 2017 akan disampaikan pada pekan depan atau sekitar tanggal 8 Desember,” jelas Raule. Selanjutanya, rapat paripurna dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepakatan KU-PPAS. Sementara itu, Sekretaris Dekab Sitaro, JDS Bogar SH pada harian ini mengatakan, setelah penandatanganan nota kesepakatan KUA PPAS maka pembahasan akan dilanjutkan dengan pembahasan RAPBD 2017. “Saat ini diberikan kesempatan kepada tim anggaran eksekutif lewat setiap SKPD untuk menyusun RKA. Dan kesanggupan dari eksekutif itu pekan depan,” ujar Bogar.(esge)


OLAHRAGA

KAMIS 1 DESEMBER 2016

Mentalitas

6

KERBER Jakarta - Angelique Kerber berhasil mematahkan dominasi Serena Williams di 2016. Sukses petenis Jerman itu diyakini karena dipengaruhi mentalitasnya. Kerber berhasil menjuarai dua dari tiga final turnamen Grand Slam pada tahun ini. Petenis berusia 28 tahun itu menjuarai Australia Terbuka (mengalahkan Serena di final); runner-up Wimbledon (dikalahkan Serena), sebelum jadi kampiun di AS Terbuka (mengalahkan Karolina Pliskova). Setelahnya, petenis kidal itu lantas maju ke final turnamen elit akhir tahun WTA Finals di Singapura. Sekalipun gagal menjadi juara — dikalahkan Dominika Cibulkova — Kerber tetap dianggap telah meraih sukses besar. Dua petenis putri legendaris, Chris Evert dan Martina Navratilova, menilai penampilan Kerber di sepanjang musim ini. Keduanya sepakat, perubahan temperamen memiliki pengaruh besar pada permainan Kerber. “Dia sangat tangguh di tahun ini. Mengejutkan dengan memenangi dua Grand Slam. Serena masih memainkan tenis level tinggi tapi saya tidak ingat terakhir kali selain Serena, siapa lagi yang memenangi

dua Grand Slam dalam setahun,” kata Evert kepada CNN Sport. “Dia sangat agresif, servisnya sedikit lebih menyengat; dia pada akhirnya menjadi seorang petenis kidal yang sesungguhnya seperti saat saya kesulitan melawan Martina. Dia maju dan melakukan voli, dan tidak ada petenis yang melakukannya dengan sudut yang amat sempit seperti Kerber. Saya juga menyukai kekuatan mental dia, dia benar- benar mendapatkan kekuatan besar,” sambung pemilik 18 titel Grand Slam ini. “Saat Garbine Muguruza memenangi Prancis Terbuka saya pikir ‘OK, dia akan menjadi kekuatan’ dan saya pikir dia memiliki peluang yang lebih baik untuk finis sebagai petenis nomor satu. Angelique datang tiba-tiba, tapi saya tidak menyangka dia bisa menjadi petenis nomor 1 di akhir tahun,” timpal Navratilova. “Dia benar-benar sedang memainkan tenis terbaiknya, yang paling konsisten, dan dia sangat percaya diri. Dulu dia sering marah kepada dirinya sendiri, dan tidak terkendali di beberapa pertandingan dan bahkan sampai kalah tapi sekarang dia siap untuk mengejar setiap poin. Beberapa

pemain saat menjadi nomor 1 mereka membebankan tekanan yang terlalu besar pada diri sendiri, tapi dia berhasil.” Saran Steffi Graf Singgasana ratu dunia menjadi milik Angelique Kerber sejak bulan September. Mantan petenis dunia, Steffi Graf, yang juga dari Jerman memberikan saran kepada Kerber. Kerber resmi menjadi petenis nomor satu dunia tepat pada 12 September. Dia menggeser Serena Willims yang sebelumnya mendiami peringkat pertama. Kerber menjadi petenis Jerman putri kedua yang menjadi ratu. Adalah Graf petenis lainnya. Graff berharap Kerber bisa awet mendiami puncak. Dia pun memberikan beberapa saran kepada Kerber. “Menurut saya dia sudah menunjukkan talenta dan kekuatannya. Dia seorang pekerja keras. Dia hanya

perlu konsisten untuk menang demi memupuk kepercayaan dirinya,” kata Graf seperti dikutip WTA. “Dia telah membuktikan pada dua tahun terakhir dengan mengalahkan petenis-petenis top. Kini dia bermain lebih percaya diri dan menunjukkan sebagai seorang yang berbeda di atas lapangan. Dengan setiap kemenangan, dia makin kuat dan nyaman dengan dirinya saat di lapangan,” tutur dia.(dets)

12 Atlet PON terindikasi doping, sebagian besar dari Jabar Jakarta - Sebanyak 12 atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 terindikasi doping. Jawa Barat menjadi daerah yang paling banyak atletnya tersangkut pelanggaran tersebut. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga provinsi Jawa Barat, Yudha Saputra, lewat sambungan telepon dengan detikSport, Rabu (30/11). Yudha menyebutkan, setidaknya ada tujuh kontingen pengprov yang atlet-atletnya terindikasi doping pada saat perhelatan PON yang berakhir September 2016 itu. Daerah- daerah tersebut di antaranya Jawa barat, Jawa tengah, Daerah Istimewa Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, dan Bangka Belitung. “Kalau dari hasil laporan laboratorium India itu, Jawa Barat ada empat atlet, Jawa tengah tiga atlet, sementara provinsi lainnya masingmasing hanya satu atlet. Sementara untuk cabornya dari menembak, binaraga, angkat besi, dan berkuda,” sebutnya. “Kami tidak bisa mempublish namanya karena nanti akan ada pertemuan dulu antara LADI dan Kemenpora terkait hal ini. Setelah itu mereka yang akan mengumumkan siapa saja atletnya itu,” kata Yudha menanggapi siapa saja atletnya. Meski begitu, Yudha menyayangkan kejadian ini terjadi juga pada para atletnya. Sampai Gubernur Jabar Ahmad Heryawan akhirnya mengeluarkan peringatan keras, tidak akan mencairkan bonus kepada atlet Jabar terbukti doping. “Jabar saat ini cukup tegas. Jika terbukti doping ya sesuai aturan saja maka medali akan dicabut, bonus juga tidak diberikan. Bapak Gubernur Jabar langsung mengatakan itu. Tetapi jika ternyata saat banding atlet itu lolos (tidak kena doping) maka kami akan berikan haknya,” ucap dia. “Saya pikir ini semua kembali ke motif individunya. Mungkin atlet ini ada rasa tidak percaya diri, sehingga meyakinkan dirinya dengan obat. Atau mungkin dia sakit lalu diberikan obat oleh dokter tapi dia tidak tahu kalau ada kandungan zat doping.” “Makanya kami sendiri juga tidak serta merta akan menyalahkan atlet. Tapi kami cukup menyayangkan juga jika ada motif sengaja dari atlet,” ucapnya. Sementara soal medali, Yudha menyerahkan keputusan kepada dewan hakim, dalam hal ini KONI Pusat, guna menentukan langkah selanjutnya. Artinya jika status peraih medali emas

dicabut, apakah otomatis turun ke peraih medali perak dan begitu seterusnya, atau nama peraih dikosongkan. “Ya semua itu yang akan menetapkan dewan hakim, dalam hal ini KONI Pusat. Sebab, Panitia Besar (PB) PON sendiri kan sejatinya sudah bubar. Dan, nanti juga akan ada kunjungan ke masing-masing pengprov untuk meminta kembali medali, jika atletnya benar doping,” ujarnya. Yudha berharap kejadian ini menjadi pelajaran bagi semua pihak, baik itu atlet, pelatih, dan derahnya, meskipun diakuinya hampir di setiap PON ada kejadian seperti ini. “Mudahmudahan ini menjadi pelajaran ke depan. Dan sebaiknya Indonesia punya lembaga dan laboratoorium resmi yang terafiliasi dengan WADA. Jadi ketika ada singel event atau multievent bisa dicek terus. dan atlet pun akan lebih hati-hati,” imbuh dia. Sementara itu, Ketua Umum PB PABBSI (Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia) Rosan P. Roeslani sangat yakin atlet elite angkat besi tak termasuk ke dalam 12 atlet yang terindikasi doping di PON 2016. Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 12 atlet peraih medali PON terindikasi doping setelah melalui uji urin di National Dope Testing Laboratory di New Delhi, India. Atlet dari cabang olahraga binaraga dan angkat besi dinyatakan termasuk di dalamnya. “Kami belum terima laporannya seperti apa, tapi dipastikan atlet nasional yang ikut Olimpiade (elite) yang turun di PON Jabar kemarin bersih dari doping karena sebelumnya kami ada pengecekan berkala,” kata Rosan kepada detikSport, Rabu (30/ 11). “Tapi tentunya kami dari PB PABBSI akan mengambil tindakan yang tegas apabila terbukti atlet angkat besi terkena doping,” lanjutnya menegaskan. Sementara itu Alamsyah Wijaya selaku manajer angkat besi menegaskan keyakinan yang sama. Dia menjamin atlet asuhannya tak ada yang tersangkut masalah doping. “Kita itu sebelum PON ada dua kali melakukan tes doping. Sebelum mulai Olimpiade, saat kami training camp di Cape Town, Afrika Selatan, itu orang International Weightlifting Federation (IWF) dan WADA (Badan Antidoping Dunia) datang untuk melakukan tes doping acak. Atlet kami tes empat orang. Lalu saat Olimpiade juga lifter Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni juga tes dop-

ing. Jadi bisa saya pastikan mereka tak akan tersangkut doping di PON kemarin,” kata Alamsyah secara terpisah. Atlet-atlet elite angkat besi, tambahnya, juga sudah teredukasi dengan baik soal zat-zat mana saja yang masuk kategori dilarang untuk dikonsumsi oleh WADA. “Mereka sudah paham dan sangat jarang mau berganti-ganti suplemen. Selain itu bagi kami PABBSI juga sangat hati-hati sekali sebab peraturan baru dari IWF jika ada atletnya yang tersangkut doping maka federasinya bakal kena sanksi juga. Jadi kami juga tidak ingin ambil risiko-lah,” beber Alamsyah. Tunggu Laporan PB PON Lembaga Anti Doping Indonesia (LADI) masih belum bisa memutuskan langkah terkait sampel 12 atlet terduga doping. LADI masih tunggu laporan PB PON. Seperti diberitakan sebelumnya, PB PON bersama-sama KONI Pusat telah mengirim sekitar 470 sampel urine untuk dilakukan tes doping di National Dope Testing Laboratory, New Delhi, India. Dari hasil pemeriksaan awal yang sudah keluar, dinyatakan ada 12 sampel terindikasi positif doping. Hingga kini Kemenpora bersama-sama PB PON masih menunggu hasil dokumen resmi yang dikirim laboratorium India, yang akan diterima pada pekan kedua Desember 2016. Sejalan dengan itu, LADI juga belum bisa berbuat banyak. Wakil Ketua LADI Bayu Rahardian menekankan pihaknya baru bisa bergerak jika ada laporan resmi dari PB PON terkait hasil pemeriksaan doping, untuk selanjutnya bersama-sama membentuk result management sebagai tindak lanjutnya. “Karena setelah itulah baru bisa diproses melalui hearing dan pengamban keputusan. Tentunya dikoordinasikan juga dengan International Federation (IF) atau PB/nasional. Tapi patokannya tetap IF,” ujar dia melalui pesan singkatnya kepada detikSport, Selasa (29/11). Sementara soal hukuman terhadap atlet yang terbukti menggunakan doping, akan tergantung pada proses lanjutan, antara lain sesi dengar pendapat dan bukti-bukti lain. “Iya semua itu tergantung hasil temuan hearing dan bukti-bukti lainnya: seperti misalnya ternyata atlet A tidak tahu pelatihnya kasih obat,” sebut Bayu. “Besar hukuman juga pun tergantung International Federationnya,” tukasnya.(dets)

Inter Milan terus impikan Messi Milan - Ada satu impian yang sedari dulu masih terus dipelihara oleh Inter Milan. Itu adalah mendatangkan Lionel Messi si bintang Barcelona. Hal itu dinyatakan oleh Marco Tronchetti Provera selaku pimpinan Pirelli, yang merupakan sponsor utama dari Nerazzurri. Ia pun menyebut impian terkadang bisa jadi kenyataan. “Ada satu impian yang senantiasa sama: Messi. Ia selalu jadi impian tersebut,” katanya kepada Corriere dello Sport. “Saya senantiasa jadi seorang optimis dan saya tahu mimpi terkadang bisa jadi kenyataan,” lanjut Provera yang dilansir Soccerway. Masa depan Messi jadi bahan spekulasi beberapa pekan belakangan, sehubungan dengan rumor bahwa negosiasi kontrak pemain asal Argentina tersebut mengalami kebuntuan di Camp Nou. Muncul pula laporan bahwa Direktur Olahraga Paris Saint-Germain sudah bicara kepada

ayah Messi mengenai kemungkinan merekrut putranya ke klub Prancis itu. Inter sendiri dinilai Provera sudah punya skuat dengan kualitas cukup untuk berusaha menembus Liga Champions. Tapi ia juga minta para pemain La Beneamata tampil lebih baik, merujuk pada kemenangan 4-2 atas Fiorentina di giornata 14 Serie A. Saat itu Inter sempat unggul 3-0 tapi Fiorentina lalu membalas dua gol, membuat laga jadi semakin sengit. Baru di menit-menit akhir Inter bisa bernapas lega setelah Mauro Icardi menambah keunggulan timnya. “Saya pikir, seperti yang pernah saya katakan, Inter punya sejumlah pemain hebat dan cuma butuh sedikit lebih solid dan konsisten sepanjang musim dan juga satu pertandingan,” ujar Provera. “Para pemain mesti punya komitmen kepada dirinya sendiri selama 90 menit dan bukannya 45 menit saja, seperti yang mereka lakukan pada hari Senin lalu,” sebutnya.(dets)


IBUKOTA

KAMIS 1 DESEMBER 2016

17

WALIKOTA GS Vicky Lumentut menaman pohon di acara Hari Bakti PUPR ke-71 dan HMPI, di lokasi Interchange Manado Bypass, Rabu (30/11) kemarin.(foto: ist)

parlemen 2017, Dekot dan Pemkot siap bahas 22 Ranperda DEKOT Manado menetapkan 22 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun 2017. Propemperda tersebut ditetapkan dalam Rapat Paripurna Dekot Manado yang digelar Selasa (29/11) malam. Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BPPD) Dekot Manado, Hengky Kawalo mengatakan, 22 Ranperda tersebut merupakan usulan dari Pemkot Manado dan inisiatif Dekot Manado, sebagai lembaga pembentuk peraturan daerah. "Jadi dari 22 Raperda tersebut, 11 berasal dari Pemkot Manado dan 11 lagi merupakan hak inisiatif kami dalam fungsi sebagai pembentuk peraturan daerah," katanya. Dia menjelaskan, untuk Ranperda yang berasal dari Dekot Manado, sembilan merupakan usulan baru dan dua diantaranya adalah revisi dari yang sudah ada, sedangkan kalau dari pemerintah Pemkot 10 merupakan usulan baru dan satunya adalah revisi. Kawalo menyebutkan, untuk Raperda inisiatif Dekot Manado masing-masing adalah, pemekaran dan penggabungan kelurahan di lingkungan Pemkot Manado, penyelenggaraan pelayanan perizinan, perlindungan tenaga kerja lokal Manado, perlindungan perempuan dan anak, perumahan kumuh dan pemukiman kumuh. Selain itu, kata Kawalo, masih ada Raperda pengelolaan pasar, penyertaan modal perusahaan daerah pasar, perlindungan dan pemberdayaan penyandang disabilitas dan CSR. “Kemudian revisi Perda nomor 5 tahun 2011 tentang retribusi perizinan tertentu, dan perda nomor 2 tahun 2011 tentang pajak daerah," katanya.(eren)

jelang natal Disperindag intens sidak pasar swalayan DINAS Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Manado menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar swalayan untuk mengawasi peredaran bahan makanan menjelang Natal dan Tahun Baru. Kepala Disperindag Manado Dante Tombeg mengatakan, pihaknya telah menyusun agenda rutin dengan maksud memastikan agar para pengusaha yang ada di Manado tidak memperjual-belikan barang-barang yang sudah kadaluarsa. "Ada sekitar lima pasar swalayan yang kita datangi. Kita mengawasi peredaran makanan kedaluwarsa, buah yang diindikasi mengandung bahan suntikan pemanis dan pewarna bahkan bahan makanan," kata dia, Rabu (30/11) kemarin di ruang kerjanya. Dia mengungkapkan, dalam sidak tersebut pihaknya menemukan sejumlah tepung terigu yang sudah kadaluarsa tetapi masih digunakan dan dijual di salah satu pusat perbelanjaan. "Kami minta agar masyarakat yang membeli kebutuhan Natal dan menyongsong tahun baru agar waspda dan harus teliti. Cek terlebih dahulu expirednya," ujar Tombeg. Menurut dia, dalam sidak tersebut pihaknya belum memberlakukan sanksi bagi para pengelola pasar swalayan dikarenakan pihaknya hanya sebatas pengawasan saja. "Kita hanya memberikan teguran lisan. Tapi, jika sudah tiga kali masih kedapatan melakukan kesalahan yang sama baru akan kita jatuhkan sanksi pencabutan izin," tandasnya.(eren)

PEMBELIAN Arloji/Jam bermerk Rolex,Omega,Cartier,Ebel,dll dengan se-gala kondisi dengan harga tidak terbatas.TERIMA BELI SEMEN-TARA.Hub:J.E& CAKUNG.Tidak melayani SMS.Terima 24 Jam. Hp:0852 4059 8888 / BBM : 73MS B0ND

FINANCE Pinjam Dana Cepat..?? Jaminan BPKB.Angsuran bermasalah..?? Take Over Kredit..??Kurang dana beli mobil/motor..??Juga

melayani kredit modal kerja jaminan sertifikat rumah/ta-nah.PROSES CEPAT.Hub: Adi 0823 9439 6006 Kost Exclusive fasilitas AC,Non AC,TV,Furniture,Kamar mandu/WC dalam.Jl.Sam Ratulangi ( depan jl.pertigaan lampu me-rah),dpn Hotel Galaxy.Harian/Mungguan.Hub. 0853 9964 0234

ELITA PROPERTY DijualtanahdipusatkotaManadoLT.3000 &4000m2. Harga Mena-rik.Hub.0851 0136 9886/0812 4288 4555

Walikota GSVL: Jangan torang merusak alam Menanam pohon berarti menyelamatkan alam serta manusia dari bencana Mapanget—Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL), Rabu (30/11) pagi kemarin, menghadiri acara aksi lapangan perayaan Hari Bakti Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ke-71 dan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), di lokasi Interchange Manado Bypass, Kecamatan Mapanget. Perayaan yang dihadiri Sekretaris Badan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR Dadang

Rukmana, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Sulut-Gorontalo Ir Atianto Bisono, Asisten II Pemprov Sulut Drs Sanny Parengkuan, serta Wakil Bupati Minut Ir Joppy Lengkong, dirangkai dengan penanaman pohon serentak secara nasional di 34 provinsi. Kegiatan yang mengangkat tema penyelamatan hutan, tanah dan air itu sejalan dengan program pemerintah pusat melalui Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-

KPA) tahun 2016. "Kegiatan ini sangat baik karena menanam pohon berarti menyelamatkan alam serta manusia dari bencana. Atas nama pemewrintah Kota Manado saya menyampaikan selamat merayakan Hari Bakti PUPR ke-71. Semoga tetap seamangat dalam membangun infrastruktur di Indonesia," tukas Walikota GSVL. Orang nomor satu di Manado juga mengajak semua pihak untuk menjaga kelestarian alam serta

ekosistem yang ada. "Jangan torang merusak alam. Tetapi marilah bersahabat dengan alam, karena torang samua ciptaan Tuhan," tandasnya. Adapun Rukmana yang membacakan sambutan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan tekad pemerintah dalam membangun Indonesia dilaksanakan dengan prinsip pembangunan infrastruktur yang cerdas, hijau (green), nyaman dan berkelanjutan.(dewe)

JELANG NATAL

Pemkot diminta bentuk tim pengawas Tikala—Wakil Ketua Komisi B Dekot Manado, Theresia Pinkan Nuah, meminta pemerintah segera menyusun regulasi pembentukan tim pengawas terpadu menyambut Natal 2016. "Pemerintah harus segera menyusun regulasi pembentukan tim pengawas terpadu guna menyambut hari Natal dan tahun baru," katanya.

Nuah mengatakan, pembentukan tim tersebut dapat berfungsi mengawasi perkembangan harga kebutuhan pokok serta mengawasi peredaran berbagai produk yang beredar di pasaran. Ini termasuk melakukan pengecekan terhadap toko-toko yang menyediakan keperluan Natal seperti aneka jajanan, makanan ringan termasuk parsel.

"Seluruh pasar dan pertokoan termasuk di supermarket atau pasar modern harus dilakukan pengecekan khususnya untuk memastikan produk yang disediakan khususnya makanan masih jauh dari batas waktu kadaluwarsa," tambah Nuah. Menurut dia, hal ini harus dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada ma-

syarakat selaku konsumen khususnya dalam rangka menyambut hari keagamaan serta hari besar lainnya. "Melalu pembentukan tim ini, Pemkot Manado harus memastikan barang-barang kebutuhan pokok menghadapi Natal terjamin termasuk harga yang bisa dijangkau terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Jika nantinya ada yang terbukti melakukan kecurangan akan, dia meminta pemerintah kota memberlakukan sanksi tegas sesuai ketentuan," tandas srikandi PDIP tersebut.(eren)

PEMBANGUNAN

Tahun 2017, Pasar Pinasungkulan dipercantik Karombasan—Kepedulian yang tinggi Pemkot Manado di bawah pimpinan Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE terhadap keberadaan pasar tradisional di Manado tidak diragukan lagi. Buktinya, pasar Pinasungkulan Karombasan yang awalnya terlihat semrawut, satu persatu mulai dibenahi. Setelah dilakukan pembangunan hanggar dan penataan pedagang di badan jalan, Walikota GSVL kembali menegaskan akan melanjutkan program revitalisasi pasar mulai bulan Februari 2017 mendatang. Selain perbaikan bangunan ditengah pasar,

Dikontrakkan rmh mewah Manimbang 5KT,5KM,AC,Garasi 2 mobil,halaman luas parkir muat 10 mobil.Harga menarik. Hub: 0851 0136 9886/0812 4288 4555 Dikontrakkan rmh blkng RS Kan-dow Malalayang,2KT ada kamar mandi dlm,perabot,garasi, PAM, sumur.Harga 17,5jt/thn. Hub. 0851 0136 9886/0812 4288 4555 Dijual tanah Manimbang LT.400 / 3200/1Ha,view laut kota Manado.Harga bagus.Hub: 0851 0136

Walikota GSVL akan membangun jalan samping pasar mulai dari jembatan melewati pinggiran sungai dan tembus depan Pos Pasar Pinasungkulan. Didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Manado Peter KB Assa PhD dan Koordinator Pasar Pinasungkulan Boy Mamuaja SE, Rabu (30/11) siang kemarin, Walikota GSVL menyusuri setiap sudut pasar yang terkenal ramai di Manado itu. Mulai dari bangunan dalam pasar yang hanya dijadikan tempat berjualan makanan jadi, sampai bangunan berlantai dua yang telah difungsikan sebagai tempat tinggal

oleh sebagian pedagang. Tidak ketinggalan pula, peninjauan dilakukan Walikota GSVL di tempat penjualan ikan dan daging serta jalan samping pasar. "Kita akan perbaiki pasar Pinasungkulan ini menjadi lebih baik. Kita akan buat jalan di samping sini, sehingga kenyamanan di pasar saat berbelanja akan terasa. Pedagang juga akan lebih leluasa berjualan tidak lagi berhimpitan seperti ini," ujar Walikota GSVL, kepada beberapa pedagang yang dijumpai di Pasar Pinasungkulan Karombasan. Lanjut dikatakan orang nomor satu di Manado itu, kedepan tempat jualan pedagang akan diatur berdasarkan jenis barang dagangan yang

9886 / 0812 4288 4555

LOWONGAN KERJA

SEWA EXCAVATOR

SOLID GROUP Perusahaan di bidang Jasa Keuangan membutuhkan KONSULTAN ANA-LIS. Benefit: Gaji pokok,Reward,Bonus.Ketentuan : Pria/ Wanita min. 18thn,pend.min.SMU/SMK.Walk

Excavator mini. Hub.0813 4033 9205 Valent.

KOST TERIMA KOST HARIAN / mingguan / bulanan.Full AC,TV,Fasilitas Lengkap. Dikontrakkan 2 ruangan kantor depan PJR Samrat.Hub.0852 4088 6111/0811 436 111

SALESMAN DICARI/DIBUTUHKAN Salesman.. Usaha Dibidang Hp, Accessories elektronik dll mempunyai motor untuk kota Manado. Hub. 0811430115

dijual. "Nantinya, tempat jualan pedagang akan diatur. Tempat barito (bawang, rica, tomat) sendiri, sayuran sendiri, untuk buah-buahan sendiri tempatnya serta daging dan ikan kita sendirikan. Tidak seperti sekarang bercampur aduk," tukas Walikota GSVL. Olehnya, pemimpin pilihan rakyat itu berharap pedagang dan pengguna jasa pasar tradisional agar ikut mendukung pembangunan yang akan dilakukan pemerintah. "Saya minta dukungan semua yang ada di pasar. Tidak hanya pedagang tetapijugasemuayangmemanfaatkanpasar sebagai tempat beraktifitas. Ini semua demi kepentingan kita bersama, baik penjual dan pembeli," saran Walikota GSVL.(dewe)

Interview Senin ~ Jumat ( 09.00~15.00) CP:CAHYO (0823 4525 7712)

SPA & MASSAGE EXOTIC SPA MENGHADIRKAN LAYANAN PIJAT PANGGILAN KHUSUS KE HOTEL DENGAN TENAGA WANITA BERSIH, CANTIK,MUDA ,PROFESIO-NAL,RAMAH & SOPAN.PASTI PUAS & TIDAK KECEWA. HUB: 0823 4788 8621

JUAL PAJEKO DIJUAL KAPAL IKAN ( PAJEKO) SIAP PAKAI.Spek ukuran P:21m

/ Lebar : 4 m (body baru),pukar/ jaring 250x50m,mesin 2x40PK mu-lus,wings,genset,alcon,surat ijin lengkap.Harga 215jt NEGO.Hub.0852 9872 9467 / 0813 5602 1185

HEWAN PELIHARAAN JUAL ANJING RAS,GOLDEN,SHITZU,HERDER, PUDLE,DLL.HP.0853 9753 2787 / 0853 9494 2829.TONDANO


KAMIS 1 DESEMBER 2016 NOMOR 3129 TAHUN XI

HARGA Langganan: Rp. 50.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) NO REK: 001 01.52.000663-1 Bank Sulut a/n PT. Sulut Lestaripress ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071

Surat Kabar Harian

IBUKOTA

PRESTASI luar biasa kembali diraih orang nomor satu di kota Kotamobagu. Rabu (30/11) kemarin, Walikota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara (APN) Tahun 2016, yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo di Istana Negara–Jakarta, untuk kategori Pembina Ketahanan Pangan. Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi upaya dan prestasi luar biasa yang dicapai perseorangan atau kelompok, dalam rangka perwujudan kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan pada berbagai tingkatan dan jenis usaha. Penghargaan APN pada tahun 2016 ini, diberikan kepada 73 penerima penghargaan yang terdiri dari 5 kategori, yaitu Pelopor Ketahanan Pangan, Pemangku Ketahanan Pangan, Pelaku Pembangunan Ketahanan Pangan, Pelayanan Ketahanan Pangan dan Pembina Ketahanan Pangan. Walikota Kotamobagu usai menerima penghargaan tersebut, menyampaikan ucapan terima

kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kota Kotamobagu yang telah mendukung program ketahanan pangan, kemandirian pangan dan kedaulatan pangan di Kota Kotamobagu. “Penghargaan ini adalah milik semua warga Kota Kotamobagu, sebab penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tahun 2016 yang diraih pada hari ini, merupakan hasil dari kerja keras dan dukungan dari seluruh masyarakat Kota Kotamobagu, khususnya dalam mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan,” ujar Walikota. Dikatakannya lagi, penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara tersebut, akan menjadi pemicu dan pemacu semangat bagi Pemerintah Kota Kotamobagu untuk terus menurunkan angka kemiskinan, kerawanan pangan, gizi buruk, dan meningkatkan produksi pangan serta mempercepat diversifikasi pangan, dalam rangka mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan, “sehingga nantinya tujuan dari pemberian

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

Berpikir dan Berbuat

penghargaan tersebut, yakni untuk menumbuhkan dan mendorong semangat kreatifitas serta partisipasi masyarakat, untuk mengambil peran lebih besar dalam mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan, akan dapat terus dilaksanakan,” kata Walikota. (yede/Adve)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


KAMIS 1 DESEMBER 2016 NOMOR 3129 TAHUN XI Keke Minut 2016: Pingkan Abigail Kiolol

Indonesia perlu lebih kompak lagi K

GIATAN apel “Nusantara Bersatu” yang mengangkat tema Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, yang digelar serentak di Sulut, khususnya di Kabupaten Minut menjadi cerita tersendiri bagi Keke Minut 2016 Pingkan Abigail Kiolol. Sebagai salah satu duta pariwisata yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pingkan melihat masih kurangnya sikap nasionalisme dari sejumlah peserta apel. “Kegiatan ini sangat bagus, dimana didalamnya mengajak kita untuk selalu sadar bahwa menyatukan bangsa Indonesia butuh perjuangan yang panjang dari para pejuang pendahulu kita. Sayangnya, dalam kegiatan apel “Nusantara Bersatu” masih terlihat sikap masih kurang profesionalisme dari sebagian orang,” tutur dara yang baru saja genap 20 tahun ini. Yang paling diperhatikan gadis yang pernah meraih Harapan I Noni Unsrat 2015 ini, yakni saat pembacaan puisi dari salah satu siswa sekolah. Pingkan nama sapaannya merasa sedih kala melihat sebagian peserta apel membubarkan diri. “Memang tidak semua, tapi saya sedih sekali melihat tidak ada penghargaan sekali terhadap nada puisi yang mengagungkan para pahlawan kita yang sudah memper-tahankan bangsa Indonesia hingga kita bisa menikmati kemerdekaan ini,” ucap Pingkan yang punya hobi melukis dan bermain basket. Kedepannya, mantan Wakil I Duta Batik Minahasa 2015 ini, berharap agar semua warga Indonesia, terlebih Kabupaten Minut bisa lebih kompak lagi. “Dari hal kecil saja seperti kegiatan lain, kita sudah bisa memulainya. Apapun yang kita hadapi hari ini, hanyalah proses pendewasaan kita sebagai bangsa dan negara yang ingin besar,” tutup Pingkan yang merupakan putri tercinta dari anggota Dekab Minut Lucky Kiolol.(boy)

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


10 KAMIS 1 DESEMBER 2016 NOMOR 3129 TAHUN XI

10 alasan kenapa berlibur dengan pacar akan mempermanis hubungan PERNAHKAH kamu membayangkan pergi ke suatu tempat asing berdua dengan pacar, menikmati keriuhan kota atau ketenangan alam terbuka yang berbeda dari yang selama ini biasa ada di depan mata? Yup! Lewat sebuah perjalanan singkat, kamu dan pasanganmu akan berkesempatan menemukan berbagai hal baru dalam hubungan kalian. Jika selama ini kamu selalu beralasan tak punya waktu, tak diizinkan orangtua, atau bahkan takut putus ketika dalam perjalanan… coba pikirkan lagi keberatanmu itu. Supaya lebih meyakinkanmu, inilah 10 alasan kenapa kamu tak perlu ragu untuk berlibur bersama pacar! 1. Traveling Berdua Adalah Kesempatan Tak Biasa Untuk Berbagi Momen Bahagia Melihat matahari terbit di penanjakan Bromo, bersantai di Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa, atau menikmati suasana malam di Khao San Road; berbagai momen menyenangkan bisa kamu nikmati bersama pasangan. Sesekali kalian pun akan sibuk berfoto; mengabadikan kebersamaan di tempattempat yang keindahannya belum pernah kalian saksikan sebelumnya. Yup, kebersamaan inilah yang menjadikan hubungan kalian lebih hangat. Bahkan, setelah perjalanan kalian berakhir, momen bahagia saat traveling bersama masih bisa kalian kenang. Sesekali membuka kembali folder foto-foto liburan kalian pun jadi cara ampuh untuk bernostalgia, mencerapi kebersamaan kalian yang hangat. 2. Ketika Berada dalam Perjalanan Itulah, Kamu Akan Menemukan Sisi Lain dalam Dirinya Sehari-hari, bisa jadi kamu mengenal pasanganmu sebagai pribadi yang serius, selalu fokus pada tugastugasnya, atau bahkan gila kerja. Pergi kencan sepulang kantor atau saat akhir pekan pun kalian lewatkan dengan biasa. Kamu akan kaget ketika menemukan dirinya mencoba berdansa bersama musik di bar di Bali yang kalian kunjungi. Atau memulai obrolan dengan penduduk lokal di angkot yang kalian tumpangi menuju Dieng. Jika dia terbiasa mengenakan setelan kerja, tentu menarik melihatnya memakai celana pendek dan kaos oblong. Biasa melihatnya duduk di depan laptop membalas email klien, kamu pun punya kesempatan menemaninya membuat istana pasir atau bermain buih ombak. Di momen-momen inilah kamu akan melihat hal-hal yang belum pernah dia tunjukkan padamu sebelumnya. 3. Dengan Liburan, Kebersamaan yang

BERLIBUR dengan pacar jadi momen untuk berbagi bahagia.

Sempat Kalian Anggap Biasa Saja Akan Kembali Jadi Istimewa Sebuah hubungan tentu sangat wajar mengalami pasang-surut. Kadang, kalian bisa sangat mesra, pun sekali waktu bisa sama-sama bosan dan memilih berjarak. Jika hubungan yang dijalani sudah cukup lama, kalian pun semakin rentan saling bosan atau bahkan menjalani hubungan yang terasa hambar. Rutinitas pekerjaan atau kesibukan kuliah mungkin menjadi penyebab hubungan yang renggang. Kalian samasama sibuk dan tak lagi dekat. Dalam kondisi inilah liburan bisa jadi solusi bagi hubungan kalian. Pergi berdua membuat kalian kembali akrab dan mengulang kemesraan di awal-awal masa pacaran dulu. 4. “Dipaksa” Mengandalkan Satu Sama Lain, Hubungan Kalian Akan Menjadi Lebih Intim Traveling selalu menghadirkan tantangan. Anggaplah kalian memutuskan untuk mendaki gunung 3 hari, 2 malam. Tantangan yang akan datang pada kalian berbagai macam: membangun tenda yang cukup hangat untuk bermalam, mengisi perut dengan masakan yang — walaupun tak enak-enak amat, bisa dimakan, hingga mencari jalur yang paling aman menuju puncak. Tantangan ini tak akan bisa kamu dan pasanganmu lewati tanpa kemauan untuk saling mengandalkan. Walau masih ada sesama pendaki yang bisa menjadi sahabat kalian, keeratan hubungan kalian

berdua otomatis menjadikan yang satu “sandaran utama” yang lain. Melewati momen-momen ini membuat hubungan kalian tak sekadar dekat, tapi memang benar-benar hangat. Kamu akan merasa bahwa dalam kondisi terburuk pun bisa terasa lebih nyaman dan menyenangkan saat bersamanya. 5. Kalian Pun Bisa Menemukan Momen Romantis dalam Hal-Hal yang Sederhana Nonton film berdua di bioskop atau makan malam bersama bisa terlalu biasa. Kalian layak mencoba hal-hal lain yang ternyata tak kalah romantis saat dinikmati bersama pasangan. Yup, romantisme saat traveling bersama memang menyenangkan, bahkan bisa terjadi dari momen-momen sederhana. Saat duduk bersebelahan sambil menikmati pemandangan dari jendela kereta, ketika kantuk memaksamu menyandarkan kepala di bahunya, atau berusaha mengusir bosan dengan mengobrol sambil bercanda. Momenmomen inilah yang meski terkesan sederhana, tapi justru sangat mewah bagi hubungan kalian. 6. Kamu Akan Punya Kesempatan Untuk Mengenal Kepribadian Pasanganmu Lebih Dalam Sekalipun berlibur adalah kegiatan yang menyenangkan, banyak hal yang ternyata harus dipersiapkan dan diperhitungkan. Demi bisa traveling murah ke Thailand misalnya, kamu dan pasanganmu harus

memesan tiket promo jauh-jauh hari, menghitung budget, hingga rajin-rajin browsing mencari hotel dan menentukan tempat-tempat yang akan dikunjungi. Hal-hal inilah yang memungkinkanmu mengenal kepribadian pasangan dengan lebih dalam. Apakah dia seorang yang sabar dan gigih? Apakah kemampuan perhitungan dan perkiraannya cukup baik? Apakah dia bersikap mandiri, atau justru memilih menyerahkan tugas-tugas itu padamu? 7. Kamu Pun Bisa Mengukur Kepiawaiannya Mengatasi Bosan atau Tekanan Perjalanan dengan kereta api, bus, atau kapal laut seringkali menghabiskan waktu berjam-jam. Agar rasa bosan itu tak merusak mood, kamu dan pasanganmu harus pintar-pintar mengatasinya. Perhatikanlah cara uniknya: bagaimana usahanya menemukan bahan pembicaraan denganmu? Apa yang akan ia lakukan untuk memastikan kamu tetap terhibur? Saat berlibur pun bisa saja terjadi hal-hal yang tidak kalian perkirakan, misalnya dompetmu hilang atau kalian tersesat. Selayaknya kalian bisa sama-sama menguasai keadaan. Kaget atau panik sebentar tentu wajar, tapi yang seharusnya dipikirkan adalah mencari jalan keluar atau solusinya. Nah, di momen inilah kamu bisa melihat sebenar-benarnya karakter dan perilaku pasanganmu. 8. Kalian Akan Bertemu Banyak Orang, Termasuk Pasangan Lain yang Bisa Jadi

Inspirasi Selain menjelajah tempat-tempat baru, traveling jadi kesempatanmu untuk bertemu dan mengenal orang-orang baru. Menikmati sunset di Bali, kalian bisa saja bertemu sepasang kakek nenek yang masih terlihat mesra meskipun sudah menginjak usia senja. Bayangkan, di usia yang sudah demikian tua, mereka masih bisa menikmati hubungan yang mereka jalani. Sementara, kamu dan pasanganmu mungkin lebih sering berselisih paham saat bersama. 9. Traveling Adalah Ujian: Apakah Kalian Bisa Bertahan dalam Keadaan Paling Buruk? Rasa nyaman saat traveling dengan pasangan bisa jadi ukuran kenyamananmu dalam menjalani hubungan. Yup, berkompromi dengan karakter asli pasangan sambil menjelajah tempat baru dan menemukan hal-hal baru tak bisa dibilang sederhana. Saat pasangan mulai mengeluh capek atau bosan, kamu mungkin merasa kesal. Atau, ketika dia memilih hanya tiduran di kamarnya, padahal di luar sana ada berbagai obyek wisata yang bisa dinikmati. Momen-momen inilah yang menjadi saat-saat ujian bagi hubungan kalian. Mampukah kalian sama-sama mengendalikan diri? Apakah kamu bisa berkompromi dengan pasangan, atau justru memilih ngotot dengan keinginanmu sendiri hingga kalian bertengkar? 10. Hanya Dengan Berani Meruntuhkan Zona Nyaman, Kamu Bisa Yakin Bahwa Dialah Yang Kamu Cari Selama Ini Menemukan pasangan yang tepat memang bukan soal mudah. Kamu dan pasanganmu butuh proses dan waktu lama untuk saling mencocokkan dua kepribadian yang berbeda. Namun, cara sederhana untuk meyakinkan dirimu sendiri ternyata adalah dengan mengajaknya pergi traveling bersama. Traveling adalah caramu untuk mencicipi sensasi keluar dari zona nyaman. Memutuskan untuk berangkat berarti kalian berani menghadapi sesuatu yang belum pasti. Sama halnya saat menjalani pacaran, kalian pun menghadapi berbagai kemungkinan – entah hubungan yang berhasil atau gagal. Bagaimanapun, tak semua momen traveling bisa berakhir menyenangkan. Jika kamu mantap pergi bersamanya, kamu sudah siap melanjutkan hubungan ke tahap berikutnya. Nah, gimana? Sudahkah kamu menentukan tujuan dan bersiap mengepak ransel? Yang pasti, jangan lupa kabari pasanganmu, ya! Selamat menikmati liburan yang romantis!(hipw)


MINAESA TOMOHON Polres dan Pemkot gelar apel Nusantara Bersatu

MINAHASA, TOMOHON, MINUT, MINSEL, MITRA BITUNG

DALAM rangka menjaga stabilitas keamanan dalam Negeri terlebih khusus stabilitas keamanan di Kota Tomohon, maka Pemkot bersama pihak Polres Tomohon melaksanakan Apel Nusantara Bersatu Kota Tomohon yang digelar di lapangan Mapolres Tomohon, Rabu (30/11) kemarin. Kapolres Tomohon, AKBP Monang Simanjuntak SIK selaku pembina apel mengutip sambutan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan bahwa kegiatan ini mempunyai nilai yang sangat strategis dalam aksi mendukung persatuan dan kesatuan bangsa serta menjauhkan kita dari pahampaham radikal yang mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. “Keutuhan dan ketertiban masyarakat merupakan kebutuhan yang dibutuhkan ditengahtengah masyarakat. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama menjaga dan memelihara secara aktif bersama-sama Polri dan TNI melakukan kegiatan pengamanan dilingkungan kita, segala bentuk paham radikal maupun segala tindakan kekerasan tidak boleh berkembang di Indonesia terlebih khusus di Kota Tomohon,” ujar Simanjuntak seraya mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat di Kota Tomohon untuk selalu waspada terhadap pergerakan terbuka atau terselubung terhadap kelompok radikal dimulai dari lingkungan tempat tinggal masing-masing. Baca: Polres ( Halaman 12 )

minahasa Kejari kawal pembangunan dan penggunaan anggaran RENCANA Strategis Nasional (Renstranas) adalah bagian dari program Nawacita Presiden RI Jokowi. Menyikapi hal tersebut, Kejari Minahasa akan siap mengawal pembangunan yang ada di Kabupaten Minahasa. Hal ini diungkap Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Minahasa, Saptana Setiabudi SH MH melalui Kepala Seksi Intelijen Ryan Untu SH. Dikatakannya, pembangunan yang akan dikawal mulai dari pesisir. Adapun jadi pengawasan diantaranya penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes), karena bantuan dana yang datangnya dari pusat ini tak hanya ratusan juta, tapi miliaran. Kiranya supaya Pemdes tetap menggunakan anggaran sesuai yang tertera dalam APBDes. “Selama ini memang kami berikan sosialisasi dan masukan ke Pemdes supaya bisa mempergunakan dana sesuai yang ada di APBDdes,” ujarnya. Lanjut ditambahkannya, ada sejumlah desa yang menunggak pajak, dan diberikan masukan serta pemahaman dari Pemkab Minahasa. Setelah dilakukan pendampingan, sekarang tinggal ada puluhan desa yang masih sementara menyelesaikannya. “Jadi diharapkan semua Pemdes harus memahami betul regulasi dari penggunaan anggaran dan perpajakan,” pungkasnya.(erbe)

minut Lengkong: Pohon berpengaruh untuk jaga infrastruktur TURUNNYA eksistensi hutan, tanah dan air bagi kehidupan di bumi kini mulai dirasakan semua warga diseluruh dunia. Permasalahan lingkungan hidup jadi poin utama yang patut diperhatikan, salah satunya pengrusakan hutan. Ini menjadi perhatian Pemkab Minut. Dimana, Rabu (30/ 11) kemarin, dipimpin Wakil Bupati Minut Joppie Lengkong, dalam WAKIL Bupati Minut Joppie Lengkong mewakili Bupati Vonnie rangkan hari Bhakti Panambunan saat melakukan Pekerjaan Umum penanaman pohon di Ringroad ke-71, ikut melakusebagai wujud menjaga hutan kan penanaman poIndonesia.(foto: ist) hon di Ringroad Manado-Bitung yang juga serentak dilakukan 34 provinsi lainnya di Indonesia. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) Basuki Hadimuldjono yang diwakili Sekre-taris Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR DR Dadang Rukmana, dengan pujian syukur bisa hadir bersama dalam rangka penanaman pohon, dengan tema penyelamatan hutan, tanah dan air yang dilaksanakan serentak di 34 provinsi. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi air yang besar dan potensi air terbesar ada di pulau kalimantan dan yang terendah ada di Nusa tenggara, potensi air bisa dimanfaatkan oleh berbagai kebutuhan. Baca: Lengkong ( Halaman 12 )

11

Ada sekolah swasta masih lakukan pungli Padahal APBD untuk biaya pendidikan tinggi

NKRI HARGA MATI

APEL Nusantara Bersatu Kota Tomohon yang digelar di lapangan Mapolres Tomohon.(foto: ist)

KAMIS 1 DESEMBER 2016

Panambunan: Nusantara Bersatu bagian dari diri anda dan saya

Bitung—Getolnya Pemkot Bitung menunjang dunia pendidikan yang gratis di kota Bitung dengan menaikan anggaran pendidikan hingga Rp18 miliar ditambah dengan Biaya Operasional Sekolah (BOS) sampai dengan Rp2 miliar pada PBD 2017, rupanya tak membuat pihak sekolah puas dengan kebijakan tersebut. Bahkan ada sekolah yang masih juga meminta sejumlah dana kepada murid. Hal ini diduga terjadi di salah satu sekolah Swasta MTs Bitung, seperti diungkapkan oleh salah murid di kelas VII MTs Bitung yang namanya enggan dikorankan ini.

“Kami oleh guru disuruh mengumpulkan dana sebesar Rp25 ribu per siswa dengan alasan pembayaran kertas ujian,” ungkap siswa. Kejadian ini langsung dibantah oleh Kepala Sekolah Hj.Abdul Tahir ketika dikonfirmasi pada Rabu (30/11) kemarin. Kepada wartawan, Abdul menjelaskan biaya pendidikan ditanggung sepenuhnya oleh negara baik dari pembelian Alat Tulis Kertas (ATK) maupun operasional. “Itu tidak benar, sebab semua pembelian mulai dari alat tulis maupun biaya operasional sudah dibiayai oleh Negara,” ungkapnya

seraya mengatakan kalau dirinya seringkali mengingat-ingatkan kepada guru-guru agar tidak lagi membebankan pungutan kepada siswa dalam bentuk apapun. “Saya sangat keras dan tidak memperkenankan setiap guru melakukan pungutan dalam bentuk apapun,” ujar Abdul. Namun, dirinya berjanji jika diketemukan ada oknum yang melakukan pungli, maka uang tersebut akan segera dikembalikan kepada siswa. “Dan jika benar ada oknum guru yang melakukan pungli, maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas,” ujarnya lagi.(wepe)

NUSANTARA BERSATU BUPATI Minut Vonnie Panambunan saat memberikan orasinya pada puncak pelaksanaan apel Nusantara Bersatu yang serantak diadakan di Sulut.(foto: boyz/sk) Airmadidi—Pelaksanaan apel Nusantara Bersatu yang mengangkat tema Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia Kita Bersama, yang digelar serentak di Sulut, dimana dilaksanakan seluruh komponen bangsa bersama Bupati, Dandim, Kapolres, termasuk di Kabupaten Minut. Dipimpin Bupati Minut Vonnie A Panambunan, kegiatan yang berlangsung dengan hikmah tersebut sempat tertunda beberapa kali karena hujan yang turun dengan sangat keras. Namun demikian, kegiatan yang dihadiri unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri, Pemkab Minut dan Pemkot Bitung, siswa sekolah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan Organisasi masyarakat (Ormas) seMinut, akhirnya kegiatan yang ikut diprakarsai Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Deden Hendayana SE berjalan sukses. Bupati Minut dalam orasi kebangsaannya, mengatakan jika dirinya bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa, namun hanya pemegang satu titik koordinat yang hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mencintai selamanya warisan leluhur para pejuang. “Bila ada kepahaman dan kebenaran dalam orasi saya ini, sejatinya saya adalah bagian dari diri anda dan anda adalah bagian dari diri saya, yang sepemikiran, seperasaan, sekayikan akan rahmat kemerdekaan RI, kesejahteraan rakyat nusantara, dan rahmat akan kemajuan disegala bidang untuk NKRI kita semua,” teriak Panambunan membakar semangat para peserta apel. Dalam orasi kebangsaannya, Panambunan menyatakan empat pilar kebangsaan sudah final untuk dilaksanakan dan dilestarikan. Karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang lahir dari semangat kebangsaan dan nasionalisme, dengan pejuangan mengorbankan harta dan nyawa, hanya untuk memersatukan bebagai perbedaan. “Berbagai pergumulan mulai bermunculan untuk mengganggu semangat kebangsaan, semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Kita patut berbangga bahwa Indonesia memiliki perekat, filter maupun semangat integral yang kita sebut itu adalah empat pilar kebangsaan yang tidak boleh diubah, artinya final untuk dilaksanakan dan dilestarikan. Empat pilar kebangsaan tersebut yakni, Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI,” ucap Panambunan, sembari menambahkan tinggalkan pemikiran radikal tetapi cintailah semangat nasionalisme Indonesia, warisan leluhur para pejuang penggerak mencapai “Nusantara Bersatu”. Wakil Bupati Minut Joppie Lengkong menambahkan, sebagai bangsa Indonesia harus mempertahankan empat pilar kebangsaan, karena itu sudah harga mati. “Pancasila sebagai dasar negara tidak bisa diutak atik lagi, karena tidak ada dasar lain yang dapat menyatukan kita. Untuk itu harus kita pertahankan agar Indonesia terus berjaya. Ini adalah karunia Tuhan bagi bangsa kita yang beragam budaya, suku, agama dan ras, namun tetap satu dalam Indonesia dan NKRI,” terang Lengkong. Hadir pada apel “Nusantara Bersatu”, Dandim 1310 Bitung Letkol Inf Deden Hendayanan SE, Kapolres Minut AKBP Eko Irianto SIK, Kajari Minut Rustiningsih SH MSi, Kepala PN Airmadidi Agus Tjahjo Mahendra SH, Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting SIK MH, dan Perwakilan Dandim Manado, Sekkab Ir Sandra Moniaga.(eres)

Dandim 1302 Minahasa: NKRI harga mati patut dipertahankan

KEGIATAN Nusantara Bersatu dan dilanjutkan dengan deklarasi ini telah dihadiri ribuan orang, di Gedung Wale Ne Tou Tondano.(foto: ist)

Tondano—Dengan digelarnya Nusantara Bersatu oleh Kodim 1302 Minahasa, bertujuan untuk lebih mempererat lagi tali persaudaraan masyarakat yang ada di Indonesia, khusunya di Minahasa. Dimana Persatuan dan kesatuan yang sudah terbangun sejak lama ini tidak boleh dipisahkan, karena negara kita ini menganut Bhineka Tunggal Ika yang artinya biar berbeda-beda tapi kita adalah satu. Oleh karena itu, pemahaman persatuan terus dipertahankan. Dalam Kegiatan Nusantara Bersatu dan dilanjutkan dengan deklarasi ini telah dihadiri ribuan orang, di Gedung Wale Ne Tou Tondano, Rabu (30/11) kemarin. Dalam sambutan Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS) mengatakan, bahwa kegiatan yang bertajuk Nusantara Bersatu dengan thema Indonesia ku, Indonesia mu, Indonesia milik kita bersama. Tentu memiliki arti yang cukup membanggakan, karena negara Indonesia dulu dalam memperebutkan kemerdekaan tak gampang, karena butuh pengorbanan dan nyawa taruhannya. “Olehnya, kita

layaknya bersatu dalam mempertahankan kemerdekaan yang telah dicapai oleh para pahlawan yang berjuang dahulu. Dari semua Kabupaten/Kota setahu saya semau telah menyelenggarakan kegiatan Nusantara Bersatu, tujuannya agar para warga yang ada untuk menyatu dan tidak terpengaruh hasutan-hasutan Terorisme dan Radikalisme. Makanya persatuan yang terjalin selama ini, dipelihara dan rawat agar kita tidak terpecah belah,” ungkap JWS. Sementara itu, Dandim 1302 Minahasa Letkol CZI M Andy Kusuma, menyampaikan demi menjaga ancaman yang datang dan mengantisipasi hal tersebut, diminta masyarakat agar menjaga persatuan. “Di negara kita ini sudah lama terbentuk berbagai ragam perbedaan, baik agama, ras dan suku. Lebih mengerucut lagi Kabupaten Minahasa ini penduduk sebagian besar adalah umat Nasrani, tapi tidak perna ada kekacauan yang timbul karena masalah agama.Minahasa ini patut dibanggakan, dimana kehidupan beragama disini saling menghormati satu dengan yang

lain dan patut dicontohi. Beribadah dan menjalankan aktifitas disini sibweikan kebebasan dan tidak adanya gangguan sama sekali. Ada isu yang berkembang sekarang ini, bahwa ada segelintir orang katanya sengaja akan memecah belah persatuan di daerah Minahasa, Jika kedapatan kita akan tindak tegas. Tentunya masyarakat yang ada disini juga turut campur tangan mengusir oknum pengacau guna memecah belah persatuan warga yang ada di Minahasa ini,” jelas Kusuma. Lanjut menurutnya, Ada berbagai cara mereka masuk dan menghasut warga disini, salah satunya melalui agama dan kelompok orang. Ingat, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) harga mati bagi kita, untuk itu mari kita ciptakan koordinasi yang baik agar Minahasa ini sulit untuk dihasut dan kepada masyarakat, organisasi adat, pemuda maupun tokoh-tokoh agama marilah bersama-sama mensosialisasikan terhadap saudara-saudara yang berada diluar tentang Nusantara Bersatu. Baca: Dandim ( Halaman 12 )

KEBIJAKAN

Rumah dinas Bupati akan dijadikan tempat olahraga Tondano—Pemkab Minahasa merencanakan Rumah Dinas (Rudis) Bupati akan dipindahkan menyusul bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal kepala daerah Minahasa ini sudah lama. Rudis Bupati yang lama ini nantinya akan dialifungsikan menjadi tempat olahraga. Hal ini dibenarkan Bupati Minahasa Drs Jantje Woailing Sajow MSi. Menurutnya, sekitar tempat tinggalnya sudah dibangun lapangan tenis, basket, volly dan bulu tangkit serta lapangan bola kaki. Rencananya di lokasi Rudis ini akan jadi tempat latihan bagi olahragawan yang ingin melatih dirinya untuk lebih berkembang minat dan bakatnya. Sebab di rudis ini akan dibangun monumen sport center dan di lokasi seputaran lapangan akan direnovasi untuk dijadikan lapangan futsal, sementara di dalam disediakan tempat fitnes. “Dari semua tempat olahraga yang sudah dibangun disini, akan memberi manfaat buat

para atlit-atlit Minahasa agar mengembang-kan kelebihannya di tempat yang sudah disediakan. Jika semua pembangunan tempat olahraga selesai dibangun, Rudis saya ini sebaiknya digunakan buat atlit saja, kan baik untuk mereka,” kata JWS. Lanjut menurutnya juga, tahun 2017 mendatang Rudis Bupati akan dianggarkan untuk dibangun baru di tahun 2018 dan lokasinya masih akan dicari. Selain itu, rumah yang menjadi tempat tinggal ini sudah lama berguna bagi para atlit Minahasa. “Intinya Rudis Bupati yang ada saat ini bisa digunakan oleh yang membutuhkan yakni para olahragawan, sebab lapangan Manguni Sasaran ini disamping dan depan sudah ada bangunan tempat olahraga. Oleh karena itu, perlu ditunjang dengan rumah tempat berkumpulnya atlit di Rudis ini jika sudah ada Rudis yang baru nanti,” pungkas JWS.(erbe)

AIR BERSIH

PDAM targetkan 5 ribu sambungan Minum (PDAM). Seperti di Kota Tomohon, penyambungan air bersih terus dilakukan oleh pihak PDAM. Perusahaan milik pemerintah ini pun siap menambah sambungan baru bagi pelanggan yang ada di kota itu. Bahkan dikatakan oleh Dirut PDAM Kota Tomohon, Marthen Gosal ST, jika perusahaan itu telah menarget 5 ribu sambungan di kota itu. “Sampai saat ini baru sekitar 4.100 sambungan air dan kami akan upayakan pada akhir tahun ini bisa mencapai 5 ribu sambungan sesuai dengan target PDAM Kota Tomohon sampai akhir tahun ini menargetkan yang sudah kami tetapkan,” ujar5 ribu sambungan air bersih.(foto: ist) nya. Untuk mencapai target itu, PDAM Tomohon bersama Pemkot Tomohon akan memberikan 700 Tomohon—Air bersih merupakan salah sambungan gratis. “Ini juga dalam mewusatu kebutuhan masyarakat setiap hari. Jika judkan program Emas untuk pelayanan air di daerah pedesaan masyarakat masih bersih,” tukasnya. mengharapkan sumber mata air, beda lagi di daerah perkotaan dimana sudah bisa Baca: PDAM dilayani oleh Perusahaan Daerah Air ( Halaman 12 )


MINAESA minsel APBD 2017 langsung dikonsultasikan ke Pemprov

MINAHASA, TOMOHON, MINUT, MINSEL, MITRA BITUNG

KAMIS 1 DESEMBER 2016

12

Tumbelaka: Paham radikalisme jangan sampai masuk ke Sulut Kesbangpol Minut perkuat pemahaman di desa-desa

BUPATI Tetty dan Ketua DPRD Minsel J Tumbuan dalam penandatanganan berita acara pengesahan APBD Minsel. (foto:ist)

PENETAPAN Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tahun 2017 telah disahkan dalam rapat paripurna DPRD Minsel, Selasa (29/11) malam. Dipimpin Ketua DPRD Jenny Johana Tumbuan SE, didampingi Wakil Ketua Rommi Pondaag SH MH, APBD Minsel diterima seluruh fraksi DPRD Minsel, kendati bergulirnya paripurna begitu dinamis. Bupati Minsel Christiany Eugenia ‘Tetty’ Paruntu pun mengapresiasi dan penghargaan kepada pimpinan dan segenap jajaran legislator Minsel yang telah mengagendakan rapat paripurna hingga penetapan APBD tahun 2017. “Kita patut bersyukur karena setelah melewati proses pembahasan yang cukup panjang dan menguras tenaga, waktu serta pikiran, saat ini kita bisa mencapai satu mufakat bersama dalam memutuskan kebijakan anggaran tahun 2017,” ungkap Bupati Tetty. Dengan demikian, APBD Minsel 2017 akan langsung dikonsultasikan ke Pemprov Sulut. “Iya, mekanismenya begitu. Intinya penjabaran APBD harus berpihak pada masyarakat, itu yang paling penting,” ungkap Bupati enerjik ini. Dia mengajak seluruh perangkat pemerintahan untuk mengawal setiap pembangunan yang ada sesuai mekanisme dan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat. Kepada para pejabat diingatkan, bahwa jabatan adalah amanah yang diberikan Tuhan, tidak usaha terpengaruh dengan kabar roling yang akan dilaksanakan. “Terus bekerja secara maksimal memberikan pelayanan yang terbaik untuk Minsel yang Hebat dan Terdepan,” tegas Bupati Tetty. Diketahui, Rancangan APBD yang telah disepakati bersama adalah, untuk Anggaran Pendapatan Daerah tahun 2017 sebesar Rp.940.823.899.074, sementara untuk belanja daerah Kabupaten Minsel disepakati sama besarnya dengan anggaran pendapatan daerah. Hadir pula dalam rapat paripurna Wakil Bupati Frangky Donni Wongkar SH, Sekab Drs Danni Rindengan MS,i, unsur Forkompimda, pimpinan SKPD, serta para camat.(teem)

Likbar—Pemerhati Politik Pemerintahan, Taufik Tumbelaka didaulat menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan sosialisasi “Menangkal Radikalisme dari Desa” yang dipusatkan di Desa Munte Kecamatan Likupang Barat (Likbar), Selasa (29/ 11) lalu, mengingatkan masyarakat tentang semangat kebersamaan seperti yang diterapkan para pejuang dahulu. Menurut Tumbelaka, penting bagi kita untuk tetap menerapkan nilai-nilai kejuangan, nasionalisme dan patriotisme, juga paham tentang globalisasi dan etika politik, mengerti arti teladan dan panutan dengan keseharian, kearifan desa sebagai garda utama bangsa, serta membina hubungan antar manusia dengan kearifan desa, jaga hubungan baik termasuk media sosial. “Radikalisme, aliran sesat, ISIS dan bahasa laten paham PKI serta lainnya, jangan sampai masuk ke Sulut. Kita harus menangkalnya dengan memperkuat nasionalisme serta patriotisme dalam kehidupan sehari-hari dengan rasa

KEGIATAN sosialisasi Kesbangpol Minut bersama dengan Garda Bangsa dan GP Ansor dan pemerintah Desa Munte terkait penangkalan radikalisme.(foto: ist)

kebersamaan, bertanah air dan senegara,” tutur Tumbelaka. Sementara itu,Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Minut, Ronny Siwi juga menjelaskan, Desa Munte ada wilayah pelabuhan sehingga kedepan akan menjadi salah satu pintu

masuk pendatang ke wilayah Sulut khususnya Minut. “Untuk itu sangat penting bagi masyarakat di Munte agar dapat mencegah masuknya radikalisme. Kegiatan Kesbangpol Minut ke desa-desa dalam rangka mengikuti arahan kebijakan peme-

rintah pusat dengan memperbanyak kegiatan langsung dengan masyarakat, tentu dapat menciptakan rasa solid. Dengan begitu paham-paham radikal tidak akan mudah masuk,” ajak Siwi. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Badan

Kesbangpol Minut, Pemerintah Desa Munte, Pemerintah Kecamatan Likbar, Garda Bangsa dan GPAnsor yang turut dihadiri anggota Dekab Minut Sarhan Antili, Camat Likbar Alpret Pusungulaa, pemerintah desa dan warga.(eres)

MUSIBAH

APEL CINTA DAMAI

Tetty: Persatuan dan kesatuan wujud tujuan kerukunan antar umat beragama

Sosok mayat di sungai Kema penderita epilepsi

bitung LOKASI atau TKP penemuan sosok wanita yang mengambang dan sudah tidak bernyawa lagi oleh salah satu nelayan Kema.(foto: ist)

Legislator Paripurnakan APBD RAPAT Paripurna Dekot Bitung Pembicaraan Tingkat II dalam rangka penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Bitung tentang anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2017, digelar Selasa (29/ 11) lalu pukul 15.00 Wita. Rapat ini dipimpin oleh Ketua Dekot Bitung, Laurensius Supit dan didampingi oleh Wakil Ketua Dekot Bitung Joel Jerry Lengkong dengan 24 Anggota legislator yang hadir. Laporan Gabungan Komisi yang dibacakan oleh John Hamber menyampaikan APBD TA 2017 dimana Pendapatan sebesar Rp814 miliar yang terdiri dari (PAD Rp103 miliar, Dana Perimbangan Rp666 miliar dan lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp44 miliar. Sementara untuk Belanja Rp823 miliar yang terdiri dari Belanja Tidak Langsung Rp356 miliar, Belanja Langsung Rp446 miliar dan Pembiayaan Daerah Rp15 miliar. Dalam pendapat akhir Walikota Bitung mengatakan bahwa banyak harapan yang digantungkan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah di Tahun 2017 yang akan datang dan harapan-harapan tersebut dipahami. “Ini adalah suara hati masyarakat yang perlu direspon secara arif dan bijaksana serta proaktif oleh Pemerintah,” jelas Lomban. Dalam akhir rapat ini telah ditandatangani keputusan Dekot Bitung tentang persetujuan terhadap penetapan Ranperda Kota Bitung tentang APBD TA 2017 dan penandatanganan berita acara persetujuan bersama antara Waikota Bitung dengan Dekot Bitung tentang APBD TA 2017.(wepe)

Polres ... Dari Halaman 11 Disela apel secara bersama-sama peserta apel melantunkan lagu alangkah bahagiahnya hidup rukun dan damai. Tampak hadir Ketua Pengadilan Negeri Tondano Julien Mamahit SH, Kajari Kota Tomohon Mohammad Noor SH MH, mewakili Dandim 1302 Minahasa perwira penghubung Mayor Inf Masgen Abas, jajaran Pemkot Tomohon, para tokoh agama dan masyarakat. Hadir sebagai peserta apel jajaran Polri,TNI, Pol PP, para kepala sekolah, unsur masyarakat, pelajar, linmas, jajaran dinas perhu-bungan bersama jajaran Lapas, serta perwakilan Panji Yosua.(gebe)

Lengkong ... Dari Halaman 11 “Air sangat dibutuhkan, seringkali di musim kemarau masyarakat mengalami kekeringan air, namun sebaliknya di musim penghujan banjir terjadi dimana-mana. Itu sebabnya mari kita menjaga kelestarian alam kita, perbanyaklah menanam pohon agar tanah kuat dan air tidak akan susah lagi terlebih banjir tidak akan dirasakan,” ucap Rukmana. Wakil Bupati Minut Joppie Lengkong menambahkan, sangat bersyukur melihat jalan Interchange Manado-Minut-Bitung sudah hampir selesai. Penanaman pohon sudah menjadi program Presiden RI Ir Joko Widodo, yang menekankan agar bulan ini adalah bulan menanam pohon sebanyak mungkin. “Pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, juga berpengaruh untuk menjaga infrastruktur yang ada di tempat ini. Pohon jugakan menambah oksigen CO pada manusia. Jadi intinya, mari sama-sama kita memperbanyak menanam pohon,” tutup Lengkong.(eres)

SELURUH elemen masyarakat Kabupaten Minsel tetap komitmen NKRI harga mati.(foto:ist)

Amurang—Bupati Kabupaten Minsel Christiany Eugenia ‘Tetty’ Paruntu SE mengakui, berbagai kendala kerap diperhadapkan dalam mensukseskan kerukunan. Namun berbagai kendala warga selalu optimis dengan mencari solusi bangsa yang pada hakekatnya, persatuan dan kesatuan merupakan wujud dan untuk mencapai tujuan Kerukunan antar Umat Beragama. Demikian ditegaskan Bupati Tetty ketika menjadi Irup “Apel Besar Kebhinekaan Cinta Damai” di jalan Boulevard Amurang, Rabu (30/11) kemarin. Dia menegaskan, apel yang dihadiri tokoh agama, LSM, Organisasi kemasyarakatan, Pemkab, TNI/POLRI ini merupakan satu aksi nyata Komitmen Kebersamaan

dalam rangka mewujudkan Kerukunan Antar Umat Beragama, di dalam kehidupan masyarakat sebagaimana Pengamalan Pancasila dan UUD 1945. Bupati pun mengajak, mari bersama-sama bergandengan Tangan, berdoa bersama untuk terciptanya Masyarakat yang takut akan Tuhan,” ungkapnya sembari mengatakan, kegiatan serentak seluruh Nusantara ini merupakan Kesatuan NKRI, dengan menjunjung tinggi nilai Kebangsaan. Upacara di laksanakan penuh hikmat, yang di dahului doa bersama antar kerukunan Umat Beragama, dengan doa berantai untuk negeri. Bupati Tetty menabahkan, pemerintah dan organisasi-organisasi Agama banyak berperan aktiv dalam masyarakat sehingga terbina

hidup rukun dan cinta Damai. “Untuk itu mari kita perkuat kerukunan jika Agama dapat di kembangkan sebagai faktor pemersatu, sebab jika Agama dikembangkan sebagai faktor pemersatu. Karena akan memberikan sumbangsi bagi stabilitas dan kemajuan suatu daerah, kemajemukan harus di kelolah dengan baik dan benar, Jayalah Bangsaku, jayalah Minahasa-Selatan,” tegas Bupati. Bupati Tetty didampingi Wakil Bupati Minsel, Franky Wongkar. Dan tampak hadir Forkompida Minsel antaranya, Kapolres Minsel Arya Perdana SIK, Ketua PN Amurang Lucius Sunarno SH MH, Kejari Amurang Lambok Sidabutar SH MH, Dandim 1302 di wakili Perwira Penghubung, dan Anggota/Pimpinan DPRD Minsel.(teem)

Kema—Warga Desa Kema II Kecamatan Kema, Selasa (29/11) belum lama ini dikejutkan dengan sosok mayat wanita yang ditemukan mengambang di sungai sekitar pukul 11.30 Wita. Setelah dilakukan penelusuran, sosok mayat tersebut diketahui bernama Maria Adam (49) warga Desa Kema II Jaga X yang ditemukan pertama kali saksi Vilep Roos (50), yang sehari-hari berprofesi sebagai nelayan. Dari keterangan Vilep, saat sedang memancing ikan di pinggir pantai dekat sungai Desa Kema II, tiba-tiba melihat ada mayat perempuan yang sudah mengapung di sungai. Saksi kemudian langsung berteriak minta tolong kepada warga. Bersama keluarga yang datang ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) langsung mengangkat korban dari tengah sungai kemudian membawa korban ke Puskesmas Kema. Sementara saksi Roni Adam (47) mengatakan, korban selama hidupnya menderita epilepsi, dan sebelum kejadiaan naas tersebut, dirinya melihat korban pergi ke sungai untuk mencuci baju. “Saat diberitahukan oleh warga bahwa ada wanita tenggelam di sungai, saya langsung mendatangi lokasi kejadian dan ikut mengangkat korban ke atas mobil kemudian dibawa ke Puskesmas Kema,” ucap Adam. Kapolsek Kema AKP Selamat Nababan ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. “Sesuai keterangan petugas medis, tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh korban dan pihak keluarga menolak untuk dilakukan atopsi,” ungkap Nababan, Rabu (30/11) kemarin.(eres)

KTL TOMOHON

Terbaik di Sulut, dipercayakan ke tingkat Nasional Tomohon—Usai mendapat gelar juara Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) se-Sulut, Kota Tomohon kembali dipercayakan oleh Polda Sulut untuk mengikuti lomba KTL tingkat nasional. Terkait hal tersebut Tim Penilai dari Korps lalulntas (Korlantas) Polri, Selasa (29/11) lalu, mengunjungi Kota Tomohon untuk melakukan penilaian KTL mulai simpang tiga Kelurahan Matani 3 Kecamatan Tomohon Tengah

hingga simpang empat Alfa Mart Kelurahan Walian Tomohon Selatan atau kompleks Cool Supermarket. Kasat Lantas Polres Tomohon, AKP Sam Dotulong kepada sejumlah wartawan mengatakan, tertibya lalulintas di Kota Tomohon adalah tanggungjawab semua stakeholder. Sebab, tanpa dukungan semua pihak, tak akan tercipta kawasan yang tertib lalulintas. “Terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga Tomohon bisa

menjadi juara di Sulut dan diutus ke tingkat nasional, dengan harapan bias menjadi yang terbaik ditingkat nasional,” ujarnya. Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tomohon, Steven Waworuntu SSTP mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan jajaran Satlantas Polres dalam menciptakan kawasan yang tertib lalulintas. “Kesadaran masyarakat dari hari

ke hari memang makin meningkat. Tapi, ini juga harus terus dikawal oleh instansi terkait dalam hal ini Satlantas Polres Tomohon dan Dishubkominfo serta masyarakat umumnya,” tandas Waworuntu.(gebe)

Dandim ... Dari Halaman 11 Di negara kita ini tidak satu warna, artinya biar berbedabeda tetap satu itulah bhineka tunggal ika. Agama misalnya ada kristen, Islam, katolik, Budha, Hindu serta berbagai suku dan ras yang sejak dari dulu sudah melekat pada negara RI ini. Jadi bagi siapa yang ingin memprovokasi

supaya bakal terjadi insiden di Tanah Toar Lumimuut ini, kami pihak TNI Bersama Polri bakal gilas orang-orang tersebut. “Kegiatan ini sengaja kami kumpul para pemuka agama, organisasi masyarakat seperti pemuda atau KNPI Minahasa, Brigade Manguni

(BM), LAMI, GP Ansor, dan mahasiswa serta pelajar untuk mengetahui isu adanya oknum yang bakal memasuki daerah kita. Untuk itu, kami tak segan-segan mengatakan bahwa NKRI sudah melekat pada diri TNI dan Polri. Bilamana ada orang yang mencoba meng-

hasut di Minahasa, kami akan perangi,” tutup Kusuma. Setelah itu, diadakannya deklarasi Nusantara Bersatu yang masing-masing berorasi arti dari NKRI, selanjutnya dilakukan penandatanganan Deklarasi disaksikan para tamu yang hadir.(erbe)

PDAM ... Dari Halaman 11 Untuk menghemat air, dirinya berharap agar masyarakat dapat juga berpartisipasi secara aktif dengan mengatur penggunaan air seefisien mungkin dengan menyiapkan dan mengisi wadah penampungan pada saat air mengalir. “Sayang kalau airnya hanya dibuang begitu saja,” ungkapnya seraya meminta agar masyarakat rutin membayar rekening air.(gebe)


TOTABUAN

KOTAMOBAGU PASCA APN

Hari ini Tatong Bara kembali diundang Pempus USAI menerima piala Adhikarya Pangan Nusantara (APN), langsung dari Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Jokowidodo di Istana Negara, Jakarta Rabu (30/11) kemarin. Walikota Kotamobagu, kembali terundang untuk menerima penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup, Kamis (1/12) hari ini.Menurut Kabag Humas Pemkot Kotamobagu, Aljufri Ngandu, Walikota masih akan berada di Jakarta untuk agenda tersebut. “Hari ini, agendanya di Istana kenegaraan. Berdasarkan surat undangan yang masuk, besok di Kementrian Lingkungan Hidup,” ujarnya. Dari tiga daerah, Jufri menjelaskan, Kotamobagu salah satunya sebagai daerah penerima penghargaan tersebut. Sehingga, hal itu cukup membanggakan. “Hanya tiga daerah. masing-masing, DKI Jakarta, Kotamobagu dan Banjar Baru,” katanya.Sebagai Pemerintah kota Kotamobagu, Jufri mengajak agar masyarakat terus melakukan perbaikan dan menjaga kebersihan dan kenyamanan sebagai Kota yang layak Huni. “Kita lanjutkan apa yang menjadi program pemerintah. hal ini tidak lepas dari kontribusi masyarakat menjadikan Kotamobagu semakin baik kedepan. Kotamobagu Bisa,” katanya.(yede)

BOLMONG, KOTAMOBAGU, BOLMUT BOLTIM, BOLSEL

KISRUH PT KKP

Kegiatan berulang-ulang dianggap pemborosan dana Tutuyan-Pembahasan Rencana Kerja Anggaran (RKA) APBD 2017 antara legislaZtif Dekab Boltim dengan eksekutif Pemkab Boltim, telah selesai dilaksanakan Rabu (30/ 11) kemarin. Namun, pihak legislatif merasa kurang puas dengan program Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menurut mereka ada beberapa SKPD ketika membuat program copy paste atau program asal-asalan. Hal inilah yang mengakitbatkan penetapan Peraturan daerah (Perda) APBD 2017 jadi molor. Yang harusnya pembahasan hanya berlangsung dua hari, kini molor hingga tiga hari. Ketua Komisi II Dekab Boltim, Argo Sumaiku mengakui hal tersebut, kata dia, saat pembahasan berlangsung ada satuan kerja dimana program terkesan dibuat asal-asalan

bahkan hanya di copy paste. “Ada satuan kerja programnya dibuat tidak matang program semacam ini dianggap program asal-asalan, “ ungkap Sumaiku, Rabu (30/ 11) kemarin. Ketua Dekab Boltim, Marsaole Mamonto ketika dikonfirmasi juga mengakui hal itu. Dimana saat pembahasan ada satuan kerja yang sama sekali tidak paham tentang RKA, padahal RKA tersebut yang buat mereka sendiri. “Ini kan jadi lucu, program mereka satuan kerja yang buat, tapi saat dibahas tidak bisa dijabarkan, “ ujar Mamonto. Selain itu, ada juga SKPD program kerjanya seperti tahun sebelumnya yakni program berulang-ulang. “Ini dianggap sebagai pemborosan anggaran sehingga kami harus pangkas, “ kata Mamonto.(efel)

JAGA KEUTUHAN NKRI

Wawali ikuti apel Nusantara Bersatu

SIMDA 2017

Pontoh tegaskan SKPD wajib install

boltim NUSANTARA BERSATU

Sehan Landjar bacakan sambutan Joko Widodo BUPATI Boltim, Sehan Landjar bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup) sekaligus membacakan Sambutan Presiden RI Jokowi, pada upacara peringatan HUT ke 45 tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Apel Nusantara Bersatu, yang berlangsung di halaman kantor Bupati Rabu (30/11) kemarin. Dalam sambutan tersebut, Landjar mengapresiasi tema yang diangkat pada peringatan HUT Korpri yaitu “Bersama Korpri Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara”. “Sangat tepat semangatnya dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak tahun 2017, “ tutur Landjar. Landjar mengatakan fungsi pemerintah yang diemban berupa pembinaan dan pengembangan profesi Aparatur Sipil Negara (ASN), memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode perilaku, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya. “Saya harap Korps profesi ASN RI, menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintah,” ujarnya.(efel)

12 13

Dekab dapati banyak Pemkab tunggu hasil program SKPD asal jadi laporan Tim Identifikasi

bolMUT

UNTUK mewujudkan akuntabilitas keuangan daerah yang berkualitas, efisien, efektif, transparan, akuntabel, dan auditable dan sesuai perkembangan kondisi Daerah dan peraturan yang berlaku, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Seluruh bendahara dimasing masing Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) diminta untuk segera meng instal aplikasi Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) tahun 2017. Hal ini disampaikan oleh Bupati Bolmut, Drs Depri Pontoh, beberapa waktu lalu. “Guna meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Pemkab Bolmut menuju good governance, maka masing-masing SKPD harus melaku-kan pemutakhiran pengelolaan keuangan Daerah dengan menggunakan SIMDA 2017,” ujarnya. Dia pun menjelaskan, bahwa hal ini perlu dilakukan segera agar Penyediaan data base mengenai kondisi di daerah, baik dari aspek keuangan, aset daerah, kepegawaian/aparatur daerah maupun pelayanan public dapat menghasilkan informasi yang komprehensif, tepat dan akurat sehingga dapat pula mendorong penilaian kinerja instansi pemerintah daerah yang sesuai dengan perkembangan dan kondisi Penyelenggaraan Pemerin-tahan ditahun 2017 nanti.(ater)

KAMIS 1 DESEMBER 2016

TAMPAK Wawali bersama tokoh agama, dan masyarakat dalam deklarasi dan apel Nusantara Bersatu di lapangan Bokihotinimbang, Rabu kemarin.(foto: ist)

Lolak—Wakil Walikota Kotamobagu Drs Hi Jainnudin Damopolii beserta jajaran Pemerintah kota (Pemkot) Kotamobagu tumpah ruah bersama masyarakat di Lapangan Bokihotinimbang, Rabu (30/11) kemarin. Hal ini pun dilakukan sesuai perintah Panglima TNI bahwa Rabu (30/11) kemarin, seluruh daerah kabupaten dan kota di Indonesia untuk menggelar Deklarasi Nusantara Bersatu,

untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Menurut Wakil Walikota Drs Hi Jainnudin Damopolii, kegiatan deklarasi ini menandakan bahwa Kotamobagu ingin menjaga keutuhan NKRI sebagai dasar ideologi Pancasila sebagai mana di anut oleh Indonesia. “Ideologi Pancasila merupakan tanda menyatukan kita meski berbeda ras, suku dan agama tapi tetap satu jua,” kata Damopolii. Sehingganya lanjut Damopolii,

siapa yang akan merusak tatanan persatuan dan kesatuan yang terjalin selama ini, akan dilawan. “Masyarakat pun jangan terprofokasi yang ingin memecah bela persatuan, apalagi Kotamobagu khusunya dan Sulut umumnya, merupakan daerah yang selama ini menjadi contoh bagi daerah lain. Sebab keberagamannya tak membuat kita terpecah bela,” ujar politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.(yede)

PENAMBAHAN PELAYANAN

Puskesmas Onggunoi resmi terdaftar di Kemenkes Molibagu–Puskesmas pembantu yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) di Desa Onggunoi Kecamatan Pinolosian Timur sudah resemi terdaftar di Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia. Mengacu pada surat pengajuan Dinas Kesehatan setempat, 26 September 2016 keluarlah nomor registrasi baru 10701281*. Kepala Dinas Kesehatan Maspan Pua mengatakan status Puskesmas Onggunoi sudah jelas terdaftar di kementerian. “Sebelumnya kita baru mengacu pada kode registrasi sementara. Saat ini nomor registrasinya sudah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan,” ungkap Maspan Rabu (30/11) kemarin di ruang kerjanya. Menurut Maspan, dengan keluarnya registrasi dari kementerian tersebut, Puskesmas Onggunoi nantinya sudah bisa menerima bantuan dari Dana Alokasi Khusus

(DAK). “Jelas saja, bantuan dari pemerintah pusat sudah bisa masuk ke Puskesmas. Menjadi dasar dalam penyaluran bantuan pusat itu, ketika sudah teregistrasi di sana. Surat balasan dari pusat sudah kami terima,” jelasnya. Dirinya juga mengharapkan

dengan keluarnya registrasi ini bisa menambah pelayanan lagi kepada masyarakat. “Jaminan fasilitas misalnya, sudah bisa kita anggarkan lewat dana pusat untuk mengakomodir kebutuhan-kebutuhan masyarakat disana,” ujarnya.(cepe)

TAHAPAN PILKADA

DPSHP mulai diplenokan Lolak—Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bolmong akhirmya mulai melakukan rapat pleno rekapitulasi Data Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP). Selasa (29/11) kemarin. Menurut Komisioner KPUD Bolmong Daendels Somboadile, rapat pleno sudah dilakukan sejak kemarin. “Untuk hari ini pleno dilakukan di Kecamatan Lolak, Passi Barat, Dumoga Tengah, dan Dumoga Utara, Keca-

matan Bilalang,” ujar Daendels kemarin. Selain itu kata Daendels, KPUD Bolmong juga memberikan materi pada rapat Forkopimda, Forkopimcam dan para Sangadi. “Rapat dipimpin langsung oleh Pj Bupati Nixon Watung,” tutupnya.(yede)

TAMPAK kegiatan pleno DPSHP oleh KPU Bolmong yang dilakukan, Selasa malam. (foto: ist)

Molibagu—Pemerintah Kabupaten Bolsel tinggal menunggu perampungan hasil identifikasi lapangan oleh Tim daerah yang meninjau aktifitas dari Perusahaan PT Kawanua Kairupan Pantera (KKP). Tim yang dikoordinir langsung oleh Asisten I Aalsyafri Kadullah sudah melakukan peninjauan langsung ke lokasi perusahaan, tinggal merampungkan data-data yang berhasil diperoleh. Sekretaris Kabupaten Bolsel H Drs Indra Damopolii ME mengatakan tim yang sudah diturunkan oleh daerah ke lokasi produktifitas PT KKP sudah melakukan identifikasi pelaksanaan aktifitas disana. Dalam waktu dekat ini, datadata yang diperoleh akan dirampung. “Kita tinggal menunggu tim dari daerah yang dikoordinir langsung oleh asisten I untuk penyampaian laporannya,” kata Indra. Sebagaimana diketahui, tim yang dibentuk oleh daerah untuk melakukan iidentifikasi berbagai macam permasalahan perusahaan yang menjadi ujung pangkal pengeluhan dari masyarakat kemudian muncul pula kasus terbaru pemukulan securuty oleh pihak perusahaan.

INDRA Damopolii.

“Semua yang berhubungan dengan aktiifitas perusahaan akan ditelusuri oleh daerah. Termasuk soal tenaga kerja, dan beberapa lagi aktifitas lainnya yang berhubungan juga dengan pengadministrasian pihak perusahaan,” ungkap Sekkab. Dikatakannya juga, upaya daerah ini dilakukan dalam rangka menindak lanjuti keluhan-keluahan dari masyarakat terkait dengan produksi pihak perusahaan. “Pemkab harus memfasilitasinya, biar pihak perusahaan dan warga tidak terjadi bentrok. Karena sudah sering terjadi seperti ini. Makanya diperlukan tim dilapangan untuk mengidentifikasi semua persoala di dalam perusahaan. Selama ini kita tidak pernah sentuh KKP,” kata Indra.(cepe)

DD/ADD

Realisasi tahap dua hampir seratus persen Tutuyan-Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Pemkab Boltim Oskar Manoppo mengatakan, realisasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap dua tahun 2016 untuk 80 desa di Boltim hampir mencapai 100 persen. “Sampai dengan Rabu (30/ 11) kemarin pencairan dana desa hampir seratus persen, karena sudah 78 desa yang melakukan proses pencairan tahap dua. Tinggal dua desa lagi yang belum melakukan permintaan, “ ujar Manoppo. Dia berharap desa-desa

yang anggarannya sudah masuk rekening kas desa, agar segera digunakan sesuai dengan program yang ada, supaya pada pertengahan bulan Desember 2016 pertanggung jawabannya sudah masuk. Begitu juga kata Manoppo, dengan dua desa yang belum melakukan pencairan diharapkan segera melakukan permintaan anggaran. “Desa yang anggaran sudah ada ada, Sangadi diminta segera melanjutkan kegiatannya. Supaya pertanggung jawaban cepat selesai, “ pungkasnya.(efel)


TOTABUAN

BOLMONG, KOTAMOBAGU, BOLMUT BOLTIM, BOLSEL

KAMIS 1 DESEMBER 2016

DEKAB BOLTIM PARIPURNAKAN APBD 2017

Rapat Paripurna ini dihadiri langsung Bupati Sehan Landjar, Ketua Dekab Boltim Marsaoleh Mamonto, Wakil Ketua I Dekab Boltim Sehan Mokoagow, Wakil Ketua II Dekab Boltim Fendi Muaya, Seluruh Anggota Dekab Boltim, Sekkab Muhammad Assagaf, Sekwan Priyamos, Kepala SKPD, serta seluruh PNS Boltim. (Adv/Dewan Boltim)

DIHADIRI 25 Anggota Dewan kabupaten (Dekab) Bolaang Mongondow, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2017. Rabu (29/11) malam kemarin, akhirnya disepakati bersama. Itu terbukti pada, Rapat Paripurna dalam rangka pembahasan penetapan APBD TA 2017, yang di gelar di Kantor kehormatan

Dekab Bolmong, Lolak. Rapat yang dipimpin Ketua Dekab Bolmong, Welty Komaling SE, MM, didampingi Wakil Ketua Abdul Kadir Mangkat dan Kamran Mochtar, berjalan mulus, dengan sebelumnya dilakukan pembacaan Pandangan Umum dan pandangan awal oleh 6 fraksi yang ada. Usai mengetuk palu, Ketua Dekab Bolmong, Welty Komaling berharap

PEMKAB Boltim serta seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada upacara peringatan HUT ke 45 tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), yang dirangkaikan dengan Apel Nusantara Bersatu yang berlangsung Rabu (30/11) dihalaman kantor Bupati Hadir dalam kegiatan ini Bupati Boltim Sehan Landjar, Wakil Bupati Rusdi Gumalangit, Sekkab Boltim Muhammad Assagaf, Forkopimda Boltim, Kepala Kemenag Boltim, pimpinan SKPD serta seluruh PNS dilingkup Pemkab Boltim. (adv/humas Boltim)

kiranya, ABPD 2017 bisa digunakan dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Bolmong dan pembangunan daerah, “demi Bolmong dan Indonesia hebat,” ucapnya. Wetly juga mengajak seluruh perangkat pemerintahan, untuk mengawal setiap pembangunan yang ada sesuai mekanisme dan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat. “Kepada para pejabat diingatkan, bahwa jabatan adalah amanah yang diberikan

Tuhan. terus bekerja sama secara maksimal memberikan pelayanan yang terbaik untuk Bolmong yang Hebat dan Terdepan,” tutur Politisi PDIP ini. Sementara, Bupati Bolmong mengapreiasi dengan penghargaan setingginya atas seluruh kerja sama yang dilakukan sehingga APBD Bolmong TA 2017 bisa ditetapkan. “Kita patut bersyukur karena setelah melewati proses pembahasan yang cukup panjang dan menguras tenaga, waktu serta pikiran, saat ini kita bisa mencapai satu mufakat bersama dalam memutuskan

kebijakan anggaran tahun 2017. jadi sebelum evaluasi ke Pemprov. Kita lakukan perbaikan lagi seperti yang disarankan oleh dewan,” ujarnya. Untuk diketahui Rancangan APBD 2017 yang telah disepakati bersama, untuk Anggaran Pendapatan Daerah tahun 2017 sebesar Rp1.012 Triliun. dan untuk belanja daerah Kabupaten Bolmong disepakati sama besarnya dengan anggaran pendapatan daerah. Hadir dalam rapat paripurna ini Pimpinan dan 22 Anggota Dekab Bolmong, Pj Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung, Sekkab Bolmong, Ashary Sugeha bersama jajarannya, Sekwan Yahya Fasa bersama seluruh staf. (yede/Adve)

13 14


LifeStyle

15 KAMIS 1 DESEMBER 2016 NOMOR 3129 TAHUN XI

Life

Hal-hal yang tak akan pria atau wanita lakukan, bahkan demi cinta ADA hal-hal tertentu yang membuat Anda tak ingin melanjutkan sebuah hubungan cinta dengan seseorang. Bukan sekadar sifat mengganggu dari seorang pria atau wanita, namun juga hal besar yang tidak bisa dikompromikan demi cinta. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Yougov melakukan penilaian terhadap perubahan gaya hidup yang bersedia dijalani dan apa saja yang tidak bersedia dijalani oleh orang-orang dengan pasangan baru. Salah satu pengorbanan paling umum yang harus dilakukan oleh para pasangan di Inggris mungkin akan mengejutkan Anda. Ternyata kebiasaan mengonsumsi daging adalah sesuatu yang takkan dilepaskan oleh banyak orang, bahkan demi cinta. Dalam survei yang dilakukan terhadap 1.652 orang, berubah menjadi seorang vegetarian adalah salah satu hal yang tidak akan dilakukan demi cinta, demikian pula dengan berhenti bekerja dan pindah agama. Hanya 24 persen dari responden yang bersedia berhenti mengonsumsi daging, sedangkan 29 persen responden mengatakan rela berhenti bekerja demi pasangan. Hal positif yang ditemukan dari penelitian ini adalah bahwa banyak juga orang yang bersedia mengubah beberapa aspek dari gaya hidup mereka demi menyenangkan hati pasangan. Sebanyak 73 persen responden rela pindah tempat tinggal, bahkan 49 persen responden rela pindah ke negara lain demi orang yang tepat. Kebiasaan dalam bergaul seperti merokok dan minum-minum juga menjadi hal-hal yang rela dilepaskan oleh seseorang, dengan 66 persen responden rela berhenti merokok dan 45 persen responden bersedia melepaskan alkohol demi pasangan, meskipun 40 persen mengatakan tidak rela berhenti mengonsumsi alkohol demi cinta. Dalam hal mengubah penampilan, gender sangat berpengaruh. Sebanyak 33 persen pria akan dengan senang hati mengubah penampilan mereka demi wanita, namun hanya 13 persen dari wanita yang rela melakukannya. Penelitian ini juga membuktikan bahwa sebagian besar pria maupun wanita tidak takut untuk meminta perubahan tertentu. Sebanyak 42 persen mengatakan bahwa mereka akan memutuskan hubungan jika pasangan tidak bersedia melakukan perubahan tertentu, dan 20 persen responden mengatakan akan menunggu hingga satu tahun hingga pasangan berubah.(lip6)

Jadi anak SMA di usia kepala tiga

BEBERAPA tahun lalu nama Angelica Faustina mungkin lebih kita kenal dibandingkan Angelica Simperler. Tapi belakangan ini nama yang terakhir ini lebih populer dan dikenal para penyuka film maupun sinetron. Pemilik nama lengkap Angelica Faustina Simperler ini lahir dari pasangan Gustav Simperler yang berdarah Austria dan Lies Hartiningsih yang asli Tegal. Karena sudah amanat dari mendiang ayahnya ia tetap menggunakan nama belakang Simperler dengan segala konsekwensinya. Lama-lama orang menjadi terbiasa dan ia merasa beruntung dengan nama unik itu. Nama wanita yang akrab disapa Angel ini mulai dikenal

luas setelah membintangi serial Angel’s Diary bersama Dimas Aditya di Trans TV. Angel’s Diary saat itu dinilai sebagai kehadiran baru dalam drama Indonesia dengan kualitas penyuntingan dan pengambilan gambar sekelas dengan film layar lebar. Karakter Angel yang kebetulan diperankan oleh Angelica Simperler dinilai sangat cocok diperankan olehnya. Apalagi Angel diceritakan sebagai anak kuliah yang baru pulang dari Australia dan mengalami culture shock di negerinya sendiri. Kesuksesan serial tersebut membuat peruntungan Angel di dunia etertainmen seperti terbuka lebar. Ia terlibat dalam sinetron Arti Sahabat, Doa Harapanku, Julia Juleha, Bidadari-Bidadari Surga dan masih banyak lagi. Tak hanya sinema elektronik, Angelica juga merambah ke layar lebar. Sejumlah film yang

dibintanginya antara lain; Kerasukan, Slank Engga Ada Matinya, Bajaj Bajuri The Movie, Rumah Kosong dan yang terbaru, 8 Hari Menaklukkan Cowo. Selain itu, Angel juga bermain dalam sejumlah FTV. Di tahun ini Angel ikut bermain di web series bertajuk ‘School of the Dead’. Uniknya, meski usianya sudah kepala tiga, lulusan London School ini masih sering mendapat peran sebagai remaja maupun anak SMA. Itu bisa jadi karena wajahnya dan fisiknya yang masih imut seperti anak remaja. Padahal, Angel termasuk terlambat berkiprah di dunia hiburan karena lebih mengutamakan pendidikan. Bahkan ia sempat bekerja sebagai PA (Production Assistant) di grup Trans 7. Namun bagi Angelica tidak ada kata terlambat, ternyata ia bisa juga

berkarya di dunia entertainment. Dengan pengalaman dan kematangannya, ia merasa lebih mantap dalam menjalani karirnya. Film terbaru Angel, 8 Hari Menaklukan Cowo sedang beredar di bioskop dan ia kembali mendapat peran sebagai anak SMA. Meski begitu Angel menandaskan perannya kali ini termasuk berbeda dari peran anak sekolah yang pernah dimainkannya. Lalu seperti apa karakter yang dimainkannya di film 8 Hari Menaklukan Cowo? Apakah ia optimis film tersebut bisa meraih sukses di tengah euforia film Warkop DKI Reborn yang sudah meraih 5 juta penonton lebih? Apakah Angel merasa jenuh karena sering mendapat peran sebagai anak sekolah? Angel sendiri mengaku punya obsesi bermain di film

bergenre beda dari yang pernah dimainkannya selama ini. Di film 8 Hari Menaklukan Cowo, Angelica Simperler bermain bersama Marcell Darwin, Rangga Azof, Regina Rengganis dan Fita Anggriani. Film besutan Boy Rano ini rilis di bioskop sejak 22 September kemarin. Angel kembali berperan sebagai anak SMA tapi dengan karakter yang berbeda dari yang pernah dimainkannya. Bidang film, sinetron dan FTV sudah pernah dilakoni oleh Angelica Simperler. Ia bahkan pernah berkiprah di belakang layar. Dengan banyak pengalaman yang sudah dilalui serta modal ilmu serta keinginan untuk terus belajar, rasanya hanya menunggu waktu bagi Angel untuk mencapai prestasi terbaik di bidang akting.(btgc)


KAMIS 1 DESEMBER 2016 NOMOR 3129 TAHUN XI

ADVERTORIAL

A

NGGARAN Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tahun 2017 akhirnya disahkan dalam rapat paripurna di ruang rapat kantor DPRD Minsel, Selasa (29/11). Dipimpin Ketua DPRD Jenny Johana Tumbuan SE dan didampingi Wakil Ketua Rommi Pondaagh SH MH, rapat paripurna berjalan dinamis hingga APBD Minsel tahun 2017 diterima seluruh fraksi. Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu mengapresiasi dan penghargaan yang tinggi melihat pimpinan dan segenap anggota dewan telah bekerja dan mengagendakan rapat paripurna hingga pada penetapan APBD

PEMERINTAH Kabupaten (pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) menggelar apel gabungan dalam rangka pembacaan ikrar nusantara tingkat kabupaten tahun 2016. Apel yang digelar di halaman Kantor Bupati Bolsel, Rabu (30/11) kemarin, dipimpin wakil bupati (wabup), Iskandar Kamaru sebagai pembina apel, mewakili bupati H Herson Mayulu SIP. Sementara, Danramil Pinolosian, Lettu (Inf) Muyassir, bertindak sebagai komandan apel. Apel tersebut digelar serentak se Indonesia. Di Bolsel, para peserta apel membacakan ikrar yang dipimpin Ketua Dekab, Abdi Van Gobel. Apel kebangsaan ini dilaksanakan sebagai bentuk respon terhadap perkembangan lingkungan strategis, baik pada tataran regional, nasional maupun global yang bergerak begitu cepat dan dinamis. Seluruh peserta apel menggunakan pita merah putih yang diikatkan di kepala. Dalam sambutannya, Wabup mengaku sangat bangga dan mengapresiasi atas terselanggaranya apel ini. Kata dia, ini merupakan wujud tanggungjawab bersama dalam menjaga dan mengawal situasi dan kondisi yang aman serta kondusif di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kabupaten bolsel yang kita cintai ini. Dikatakan Wabup, kegiatan ini dilakukan di seluruh kabupaten/kota se Indonesia pada hari yang sama. “Kegiatan ini terutama berimpilikasikan pada aspek keamanan dan ketertiban. Khususnya banyak kejadian saat

tahun 2017. “Kita patut bersyukur karena setelah melewati proses pembahasan yang cukup panjang dan menguras tenaga, waktu serta pikiran, saat ini kita bisa mencapai satu mufakat bersama dalam memutuskan kebijakan anggaran tahun 2017,” ungkap Paruntu. Tak heran, Bupati Tetty mengajak seluruh perangkat pemerintahan untuk mengawal setiap pembangunan yang ada sesuai mekanisme dan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat. Paruntu berpesan, bahwa jabatan adalah amanah yang diberikan Tuhan, tidak usaha terpengaruh dengan kabar rolling yang akan dilaksanakan. "Terus bekerja secara maksimal memberikan

ini yang diduga dapat memecah bela persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Wabup. Pada kesempatan itu, dia mengajak kepada seluruh masyarakatsebagai garda terdepan dari bangsa untuk senantiasa menjiwai, memaknai dan mensosialisasikan nilainilai kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yaitu pancasila dan UUD 1945. Yang merupakan nilai-nilai luhur bangsa yang harus dipahami masyarakat untuk menjadi landasan dalma penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. “Kita ketahui bersama, kebhinekaan bangsa kita dari sabang sampai merauke yang terdiri dari keragaman suku, adat, ras dan golongan merupakan satu kekuatan fundamental yang tidak bisa dicerai beraikan,” sebutnya. Orang nomor dua ini juga menegaskan, jangan pernah ijinkan cela sekecil apapun apabila ada oknum-oknum tertentu yang ingin mengganggu ataupun memecah bela persatuan dan kesatuan di Negeri ini terutama di kabupaten Bolsel yang kita cintai. Untuk itu, sebagai komitmen bersama seluruh stakeholder dan segenap lapisan masyarakat, unsur TNI dan Polri, untuk senantiasa menjaga dan bergandengan tangan memelihara persatuan dan persaudaraan yang sudah terbina, yang dibingkai oleh visi kabupaten religius tetap terpelihara, melalui motto, torang samua ciptaan tuhan. “Insya Allah, kegiatan apel kebangsaan ini yang telah ditegaskan melalui pembacaan ikrar nusantara bersatu dan pembacaan puisi kebhinekaan, menjadi dasar fundamental dari sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara di Kabupaten Bolsel,” kunci Wabup. Kegiatan tersebut juga diisi dengan pembacaan puisi bhineka tunggal ika dan kebhinekaan oleh siswa SMA. Apel tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda), Indra Damopolii, Pimpinan SKPD, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, segenap pimpinan dan anggota Dewan, anggota TNI dari Koramil Bolaang Uki danKoramil Pinolosian, para Camat dan segenap PNS Bolsel. (adve/cepe)

Surat Kabar Harian Berpikir dan Berbuat

pelayanan yang terbaik untuk Minsel yang Hebat dan Terdepan," kunci Bupati Tetty. Rancangan APBD yang telah disepakati bersama adalah, untuk Anggaran Pendapatan Daerah tahun 2017 sebesar Rp.940.823.899.074,- dan untuk belanja daerah Kabupaten Minsel disepakati sama besarnya dengan anggaran pendapatan daerah. Hadir di rapat paripurna ini Wakil Bupati Frangky Donni Wongkar, SH, Sekda Drs. Danni Rindengan, MS,i, unsur Forkompimda, pimpinan SKPD, serta para Camat.(ADVETORIAL/*)


Swara kita 01 desember 2016