Issuu on Google+

SIMEONE AKTOR DIBALIK KESUKSESAN ATLETICO

Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

terbit 16 halaman

DIEGO Simeone menjadi salah satu aktor di balik keberhasilan Atletico Madrid melaju ke partai final Liga Champions 2013/14 berkat kemenangan 3-1 (agregat 3-1) atas tuan rumah Chelsea. Gelandang Atleti Tiago pun tak ragu melontarkan pujian istimewa untuk pelatih 44 tahun tersebut. Perjalanan Atletico mengarungi musim ini

memang sangat impresif. Selain sudah membawa timnya ke partai puncak kompetisi Eropa, Simeone juga tinggal selangkah lagi menggenggam titel juara La Liga. Karena inilah Tiago tak pernah meragukan kemampuan mantan gelandang Internazionale, Lazio dan Atletico tersebut. Baca: Simeone ( Halaman 2 )

JUMAT 2 MEI 2014 NOMOR. 02533 TAHUN VIII

INTERNASIONAL Presiden China janji tindak separatis di Xinjiang PRESIDEN China Xi Jinping berjanji akan mengambil tindakan tegas setelah bom maut dan penikaman di stasiun kereta api di provinsi Xinjiang, China barat. Para pejabat mengatakan tiga orang tewas dan 79 luka-luka Rabu malam (30/4) lalu, ketika penyerang meledakkan bom dan menggores penumXI Jinping. pang dengan pisau di Stasiun Selatan di ibukota daerah itu, Urumqi. Koran pemerintah Harian Rakyat mengatakan hari Kamis tiga tewas termasuk dua penyerang, meskipun tidak jelas dari laporan itu apakah serangan itu adalah serangan bunuh diri. Serangan tersebut terjadi pada hari yang sama Xi berkunjung ke Xinjiang, di mana ia berjanji akan menanggulangi apa yang dianggap pemerintah kaum separatis. Kantor berita resmi Xinhua pada Kamis (1/5) mengutip Xi yang mengatakan “tindakan tegas harus diambil atas momentum besar” teroris. Pemerintah menuduh ekstremis dari kelompok etnis Muslim Uighur melakukan rentetan serangan yang semakin rumit dalam beberapa bulan ini. Para pengeritik pemerintah mengatakan kekerasan didorong oleh pembatasan pemerintah terhadap kehidupan agama Muslim dan kebijakannya yang condong pada anggota kelompok etnis Han.(voai)

Capres harus komit sejahterakan Buruh Kenaikan UMP 30% harga mati!

DALAM aksi demo damai, puluhan buruh tuntut kejelasan soal gaji dan kesejahteraan yang mulai sengaja di intimidasi Pemerintah dan para pengusaha.(foto: ist)

Jakarta—Nasib buruh dan keluarganya di Tanah Air kerap menunjukkan fenomena kemiskinan. Sekaligus, gambaran umum atas ketidakberdayaannya menghadapi kekuatan para

PILPRES 2014

SELEBRITI

Lebih heboh cari cawapres Jakarta—Pemilihan Umum 2014 dianggap sebagai momentum langka karena penentuan bakal calon wakil presiden lebih menyita perhatian daripada penentuan bakal calon presiden. Pengamat politik dari Universitas Nasional Alvan Alfian menilai, hal ini terjadi karena figur yang diprediksi bertarung di panggung pilpres memiliki kelemahan dan kelebihan yang sama. “Pilpres 2014 adalah ajang pencarian cawapres yang terheboh. Karena menurut saya, capres yang menyembul itu rata-rata memiliki kelebihan dan kelemahan yang hampir sama,” kata Alvan, dalam sebuah diskusi, di Jakarta, Kamis (1/5). Baca: Lebih ( Halaman 2 )

pemodal di lingkungan perusahaan. Ketua Dewan Direktur Lembaga Kajian Publik Sabang-Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan, mengatakan, kondisi itu

MUSRENBANG NASIONAL

akibat tekanan pemberlakuan upah murah berikut hakhak dasar lain yang tidak pernah jelas dan cenderung diabaikan. Lebih parah, menurut dia, situasi itu justru didukung oleh sikap tidak tegas melalui kebijakan pemerintah selama ini. “Ini ironi keberadaan para pekerja atau buruh di Indonesia, dan bagaimana mungkin sebuah negara kaya dengan rakyat berdaulat hanya berdiam diri menyaksikan para buruhnya tereksploitasi sistem ekonomi pro kapitalis, dengan peran pemerintah yang sekadar menguntungkan kelompok pengusaha ataupun pihak asing,” ujar Syahganda di Jakarta, Kamis (1/5). Baca: Capres ( Halaman 2 )

TARKAM

4 warga di Tondano kena peluru “nyasar” Tondano—Meninggalnya, perempuan Gracella Piter 17 tahun, Selasa (29/ 04) malam, sekitar pukul 07.00 Wita di RSUD Malalayang, yang menjadi korban penikaman, lelaki FAS alias Sky 26 tahun, di Kelurahan Rerewokan, Kecamatan Tondano Barat, pada Selasa (25/3) lalu, berujung kekacauan. Buktinya, Rabu (30/4), sekitar pukul 02.00 Wita, Youngki Saerang umur 40 thn, Efraim Soputan umur 14 thn, Rivel Poli 14 thn dan P Mamangkey, ke empat warga asal Kelurahan Rerewokan, Kecamatan Tondano barat diduga kena peluru nyasar dari para petuga Polres Minahasa. Dari lokasi kejadian tersebut, petugas Polres Minahasa juga berhasil meng-

amankan salah satu warga yang sedang membawa senjata tajam (Sajam). Tidak terima penangkapan salah satu warga mereka dan tertembaknya 4 orang yang berasal dari kelurahannya, sehingga ratusan warga, Rabu (30/4), sekitar pukul 16.00 Wita mereka lakukan aksi demo di Mapolres Minahasa. Demo yang dilakukan oleh ratusan warga Kelurahan Rerewokan, Kecamatan Tondano barat ini, menuntut Polres Minahasa untuk pertanggung jawaban atas terkenanya peluru nyasar kepada ke 4 warga yang menjadi korban serta membebaskan teman mereka yang ditahan karena membawa Sajam saat kejadian. Baca: 4 warga ( Halaman 2 )

PRESIDEN SBY menyerahkan buku capaian pembangunan KIB kepada Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut, pada pembukaan Musrenbangnas 2014 di Gedung Bidakara, Jakarta, Rabu (30/4).(foto: sbyi)

GSVL terima penghargaan dari Presiden SBY Jakarta—Mengawali tahun keempat pemerintahan yang dipimpin Walikota

Manado Dr GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Dr Harley Mangindaan,

warga Manado boleh berbangga. Baca: GSVL ( Halaman 2 )

EMMA STONE

Tewas FILM bertemakan superhero, masih menjadi alasan paling dominan untuk datang ke bioskop. Apalagi, kisah manusia laba-laba yang telah lama “bergelantungan” di benak penikmat film. Dalam film yang dibintangi Andrew Garfield dan Emma Stone tersebut, akan diulas garis besar mengenai perjuangan dan kisah cinta mereka. Kronologi kecelakaan pesawat yang ditumpangi orang tua Peter Parker, diceritakan di awal film. Rencana ayah dan ibu Peter untuk bersembunyi di suatu tempat tidak berjalan sesuai keinginan. Pilot pesawat yang hanya ditumpangi Richard Parker dibunuh oleh oknum yang ingin menggagalkan pelariannya. Perkelahian pun terjadi antara Richard dan penjahat tersebut. Namun, walaupun dia memenangkan baku hantam, pesawat sudah menukik tajam dan akhirnya menghantam tanah. Baca: Tewas ( Halaman 2 )

Pemekaran Daerah

Ketua APEKSI janji kawal DOB di Sulut

Kiprah Walikota Manado, GS Vicky Lumentut ditingkat Nasional tidak perlu diragukan lagi. Sukses menggelar iven-inven internasional dan Nasional di Manado, Ketua Asosisasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini juga mampu memberikan gagasan dan pokok pikiran di seputar upaya menghadirkan pemerintahan yang bersih, berwibawa dan transparan dengan mengikuti jejak seniornya Gubernur Sulut DR SH Sarundajang. HAL ini tampak dalam pembahasan Daerah Otonom Baru (DOB) dan Calon Daerah Otonom Baru (CDOB) oleh Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) di Gedung A Kantor Kementerian Dalam Negeri pada, Selasa (29/4) lalu.

Pada sidang yang dihadiri langsung seluruh unsur DPOD yakni 9 perwakilan kementerian dan sekretaris kabinet, Pakar Otonomi Daerah dan Keuangan, serta Ketua APKASI, Isran Noor yang juga sebagai Bupati Kutai

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

Timur. “Dalam kapasitas selaku Walikota Manado yang dipercayakan 97 kota di Indonesia menjadi Ketua APEKSI dan menjadi anggota DPOD, tadi saya mengikuti Sidang DPOD yang membahas usulan 65 DOB,” jelasnya.

Dikatakannya, menunjuk Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan dan Penggabungan Daerah. Baca: Ketua ( Halaman 2 )

WALIKOTA Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut dalam kapasitas sebagai Ketua APEKSI, mewakili 98 Kota Seluruh Indonesia dalam Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah saat lakukan penandatangan.(foto: ist)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


SAMBUNGAN Ketua ... dari Halaman 1

Capres ... dari Halaman 1

Khususnya pasal 3 dan 4 menjelaskan tentang syarat yang harus dipenuhi dalam rangka pembentukan daerah provinsi dan kabupaten/kota pemekaran. “Yaitu mencapai batas usia minimal 10 tahun untuk provinsi dan 7 tahun bagi kabupaten/kota serta harus memenuhi syarat administratif, teknis dan fisik kewilayahan,” ujar Walikota pilihan rakyat ini. Ditanya soal beberapa DOB di Sulut, politisi yang mengawali karirnya dari perguruan tinggi ini mengemukakan, untuk daerah Sulut terdapat beberapa DOB yang telah ditetapkan oleh DPR melalui hak inisiatifnya seperti Provinsi Bolmong Raya, Kota Langowan, Kabupaten Talaud Selatan dan Kota Tahuna. “Dalam pembahasan sidang tadi, saya secara khusus memberi perhatian pada 4 DOB di Sulut ini. Saya kawal terus dengan mendalami seluruh persyaratan yang sudah dipenuhi dan yang belum dipenuhi. Ternyata khusus Kota Tahuna yang menjadi salah satu DOB yang diusulkan dan dibahas, masih ada persyaratan yang belum dipenuhi sehingga dalam pembahasan ini ditetapkan sebagai DOB yang persyaratannya tidak lengkap. Saya sudah tanyakan apa yang kurang lengkap, dan akan saya sampaikan secara resmi kepada Bupati Kepulauan Sangihe dan Dekap Kepulauan Sangihe,” tuturnya sembari mengatakan perlu dikawal karena sebagai salah satu gugus di perbatasan Republik Indonesia bersama Kabupaten Talaud Selatan. Kehadiran Kota Tahuna akan secara signifikan mendorong percepatan ekonomi seluruh daerah di sekitarnya.(*/dede)

Menurut mantan ketua umum Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI ’98) itu, sikap pemerintah maupun elite utama kepemimpinan nasional yang tidak memberi perhatian besar kepada perbaikan kehidupan dan pemartabatan buruh, tentu tidak pantas lagi dipertahankan. Karena, dapat menyebabkan situasi kemiskinan menjadi semakin parah bagi buruh, yang harus terus berjuang mempertaruhkan eksistensi hidup di berbagai lapangan pekerjaan, meski sebenarnya tergolong tidak nyaman. Pada sisi lain, katanya, kondisi tersebut berpotensi merusak tatanan sosial kebangsaan jika terus dibiarkan, sehingga memberi peluang terjadinya letupan-letupan sosial yang tidak dikehendaki ke arah penciptaan sebuah krisis berbangsa. “Apakah pemerintah hanya ingin menunggu buruh mengamuk atas ketidaknyamanannya,” tegas Syahganda. Ia mengatakan, pemerintah harus mengubah total orientasi kebijakannya kepada pro buruh agar komponen anak bangsa ini tidak mengalami keterasingan hidup secara tidak layak di negerinya sendiri. Untuk itu, Syahganda mengharapkan bahwa permasalahan yang meliputi ketidakadilan terhadap kehidupan buruh harus direspons para calon presiden (capres) yang akan bertarung di Pilpres 2014. “Para capres perlu memberi perhatian serius pada komitmen menyejahterakan buruh, di samping mengagendakan penghapusan bentuk-bentuk perlakuan yang juga tidak sehat untuk buruh seperti adanya sistem outsourcing (kerja alihdaya), kemudian diikuti dengan mengembangkan upah layak dan memenuhi hak-hak yang manusiawi agar buruh dan keluarganya benar-benar mendapatkan pembelaan ke arah hidup yang bermartabat,”

Tewas ... dari Halaman 1 Adegan-adegan spiderman menolong yang lemah, masih disajikan dengan menawan. Orang-orang pun tak berhenti berteriak “that’s spidey !” Seketika saat melihat manusia reptil berkostum merah biru itu. Kali ini, spidey menghadapi musuh yang lebih sulit ditaklukkan. Bayangkan saja jika seseorang memiliki kemampuan mengeluarkan listrik dari tangannya. Namun, bukan spiderman jika putus asa begitu saja. Electro, itulah manusia listrik tersebut. Dia adalah seorang teknisi listrik di perusahaan Oscorp. Suatu ketika dia harus memperbaiki jaringan listrik yang rusak, seorang diri, karena rekannya telah berada di luar gedung dan enggan membantu. Petaka terjadi. Dia tersengat aliran listrik. Sialnya, dia terjatuh ke dalam kolam belut listrik yang dijadikan sumber listrik perusahaan Oscorp. Walhasil, dia menjelma menjadi manusia listrik berkulit biru menyala. Sebetulnya, dia sangat menghormati spiderman. Ya, dia sempat ditolong oleh Peter di jalan raya ketika sebuah mobil hampir menghantamnya. Di sisi lain, dia adalah tipikal orang yang mendambakan ketenaran. Sangat ingin terkenal. Dan itulah yang menjadi alasan mengapa dia kemudian berbalik membenci spiderman, yang pamornya jauh lebih harum. Susah payah sekali Peter mengalahkan Electro. Berkat bantuan sang kekasih, Gwen, dia baru bisa membuat keok lawannya. Harry, sebagai pewaris perusahaan Oscorp, dan juga teman karib Peter, kembali dikisahkan. Sayangnya, keakraban mereka tak bertahan lama. Harry menginginkan darah spiderman untuk menciptakan manusia super kuat dengan bantuan perusahaannya. Peter tidak ingin hal itu terjadi. Perkelahian sengit pun kembali dilakoni spidey. Pada duel ini, Harry menggunakan kendaraan yang dulu digunakan oleh Green Goblin. Bahkan, kita pun akan melihat lagi bom yang sama. Spidey, sebagai lakon utama, memenangkan pertarungan pertamanya dengan mantan sobat karibnya. Tetapi harus kehilangan Gwen yang mati terjatuh dari ketinggian. Mungkin bisa dikatakan bahwa adegan ini sangat tidak diprediksi. Jaring Peter gagal menangkap Gwen di saat yang tepat. Hanya hitungan sepersekian detik, Gwen hampir berhasil diselamatkan. Adegan saat Peter berusaha menolong pujaan hatinya itu dikemas dalam waktu yang agak lama. Wajah Gwen ketika terjatuh disorot terus menerus, sehingga menggiring pertanyaan bagi penonton, “selamat nggak ya?” Harry belum putus asa menciptakan manusia spesial super kuat. Dia terus melakukan penelitian. Seorang Rusia yang brutal dan terkenal gemar membuat onar, direkrutnya. Dia diberikan sebuah robot yang sebetulnya lebih cocok untuk berperang. Dengan robot itu, dia kembali membuat onar di jalan raya. Di awal film, seseorang yang berwajah Rusia tulen ini sempat membuat Peter terlambat datang ke acara kelulusan. Dia mencoba untuk mencuri cairan hasil penelitian Oscorp yang tak ternilai harganya. Tetapi berhasil digagalkan Peter. Sebelum film berakhir, penonton akan menyaksikan seorang Peter Parker yang depresi akibat kehilangan kekasih. Dia menjadi apatis dengan kejahatan di jalanan. Ternyata, dia tak butuh waktu lama untuk tersadar. Pidato Gwen saat acara kelulusan yang menggugah hati, berhasil membangunkan nurani Peter. Di akhir film, spiderman sedang berduel sengit dengan robot ciptaan Harry yang sebelumnya telah diceritakan. Peluru-peluru yang dilontarkan robot itu kerap kali dimuntahkan. Peter kembali dihadapkan pada situasi sulit. Tetapi, suntikan semangat mendiang Gwen terus diresapi Peter, sehingga duel berlangsung seru. Hingga layar kembali gelap, pertarungan tersebut belum usai.(vinc)

Ini menyusul, Walikota GSVL sebagai salah satu perwakilan dari 554 kepala daerah (34 Provinsi, 98 Kota, dan 422 Kabupaten) yang menerima buku Pencapaian Kinerja Pembangunan Nasional KIB I dan KIB II dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional Tahun 2014 di Bidakara Hotel Jakarta, Rabu (30/4) lalu. “Kehadiran saya hari ini (rabu lalu, red) dalam Musrenbang Nasional semula hanya untuk memahami arah rencana pembangunan nasional tahun 2015. Namun sungguh surprised, mendadak dipanggil Master of Ceremony naik ke atas panggung utama, untuk menerima langsung buku rapor kabinet Pemerintahan SBY tahun 2004–2014. Ini merupakan penghargaan tersendiri karena diserahkan oleh Presiden RI bersamaan dengan pernyataan resmi untuk berpamitan sebagai Kepala Negara,” ungkap Walikota. Dengan rendah hati, Walikota pun mengkhususkan penghargaan ini dikembalikan untuk warga Manado. “Terimakasih atas dukungan yang terus

SMK PARNA RAYA MANADO

STMIK PARNA RAYA

TK PELITA KASIH menerima Siswa Baru 1. TK A (usia 4-5 tahun) 2. TK B (usia 5-6 tahun) 3. Taman Bermain Anak (usia 2-3 tahun) 4. TPA (min 1,5 tahun)

Menerima Siswa Baru Jurusan : 1. Teknologi Informasi Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan 2. Pariwisata Program Keahlian Perhotelan 3. Keperawatan (Terakreditasi B)

Menerima Mahasiswa Baru Jurusan : 1. Teknik Informatika (S1) 2. Sistem Komputer (S1) 3. Sistem Informasi (S1) Lulus Dengan Sarjana komputer Piilihan jurusan yang tidak akan pernah menganggur (Terakreditasi B)

Alamat: Jl. Sam Ratulangi 1 no. 3 850677 Manado

Pendaftaran : DiGedung STMIK PARNA RAYA Manado. Jl. Sam Ratulangi 1 no. 3 850677

AKPAR MANADO

SMK PELITA KASIH TUMPAAN AMURANG

STMIK SAMUDRA BITUNG

Menerima Mahasiswa Baru

Menerima Siswa Baru Jurusan: 1. Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia 2. Keperawatan 3. Perhotelan 4. Seni Musik

Menerima Mahasiswa Baru jurusan: 1. Teknik Informatika (S1) 2. Sistem informatika (S1) (Terakreditasi)

Alamat: Jl. Trans Sulawesi Desa tumpaan 2 Kec. Tumpaan, Kab Minsel. Telp: (0430) 23077

Alamat: Jl. Piere Tendean Manembonembo Bitung telp: (0431) 36641

berdiri sejak 1989

Jurusan : PERHOTELAN (Telah Terakreditasi) Alamat: Jl. Dicky oroh Kel. Lawangirung Di bealakang KFC jl. Sarapung Pusat Kota Manado Telp: (0431) 843326

gubernur masing-masing,” katanya. BURUH MANADO May Day atau Hari Buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei kemarin, rupanya juga mengundang reaksi buruh diberbagai perusahan yang ada di Kota Manado untuk melakukan aksi demo damai di kawasan Taman Kesatuan Bangsa (TKB) di Pusat Kota Manado. Dalam aksi demo damai tersebut, terlihat beberapa pihak seperti SBSI, LSM transparansi, Aliansi Indonesia dan Gerakan Masyarakat Peduli Anti Korupsi (GEMPAK) juga Forum Pro Rakyat Anti Politisi Busuk, turut mendukung adanya kegiatan demo damai saat itu. Salah satu aktivis, John Pade dalam orasinya mengatakan, kalau selayaknya Pemerintah harus benar-benar memperjuangkan hak-hak para buruh dalam pekerjaanya di berbagai tempat dimana mereka menggantungkan nasibnya.Apalagi diduga kalau pemerintah sekarang ini terkesan tutup mata seakan ada kerja sama dengan para pengusaha terlebih pada soal gaji serta nilai kesejahteraan lainnya yang tidak layak diberikan. “Dalam tuntutan aksi demo damai pada hari buruh di tempat ini, kami hanya mau menekan kepada setiap pengusaha agar jangan asal main buat aturan dalam memberikan hak-hak buruh sebagai pekerja. Bagi Pemerintah terkait kami minta agar dapat menindaki pengusaha-pengusaha yang hanya mau menindas serta memeras keringat pekerjanya tanpa adanya konpensasi gaji yang layak untuk diberikan,” ungkapnya. Lanjut dalam orasinya itu, dirinya juga menyinggung soal PT Mega Jasa Kelola dibawa Perusahan Mega Surya yang dipimpin oleh Beny Tungka, oleh Pemerintah layak untuk dicabut izinnya karena sudah

tidak sesuai dengan aturan yang diterapkan pada soal pemberian hak berupa gaji. “Pemerintah harus mengkaji PT Mega Jasa Kelola atau yang di kenal dengan Mega Mas, karena puluhan pekerja di tempat itu sering merinti terhadap minimnya nilai kesejahteraan serta gaji yang diperoleh. Bahkan karyawan yang di pecat secara sepihak tidak diberikan apa-apa oleh perusahan tersebut,” ujarnya. SBY Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamatHariBuruh,1Mei2014. Dalam akun Twitter resminya, @SBYudhoyono, Presiden menyebut para buruh sebagai para pahlawan industri. “Alhamdulillah, sejak Indonesia merdeka, kini 1 Mei menjadi hari libur nasional. Ini sebagai penghormatan kita kepada para pekerja,” sebut SBYKamis(1/5). Ia berharap upah dan kesejahteraan pekerja di masa depan akan semakin baik. “Hidup mereka harus layak. Era upah buruh murah sudah selesai,” ujarnya. Presiden melanjutkan, ekonomi dan dunia usaha harus terus tumbuh, dan buruh harus makin produktif sehingga perusahaan bisa terus meningkatkan upah buruhnya. Hubungan antara federasi dan serikat pekerja dengan Apindo (Asosiasi Pengusaha Indonesia), sebutnya, juga harus semakin baik dan dekat. “Semua harus ‘menang’,” tambah dia. “Jika ada perselisihan, selesaikanlah secara damai. Cari solusi yang adil. Jangan dengan kekerasan. Kekerasan tidak selesaikan masalah,” sebutnya lagi. Presiden mengatakan, pemerintah terus mengembangkan kebijakan yang pro-buruh dan juga pro-industri. “Tmsk bantuan perumahan, bus & rumah sakit utk buruh,” kicau Presiden.(vinc/temi/komc/ elha/rr)

GSVL ... dari Halaman 1

YAYASAN PELITA KASIH

Alamat: Jl. Dicky Oroh, Kel. Lawangirung Di Belakang KFC, jl. Sarapung Pusat Kota Manado Telp: (0431) 843326

jelasnya. Sementara itu, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia Said Iqbal meminta pemerintah kembali menaikkan gaji buruh. Tak tanggungtanggung, para buruh meminta upah minimum provinsi naik 30 persen. “Kenaikan tersebut menjadi harga mati,” katanya, Kamis kemarin. Ia mengungkapkan hingga tahun ini upah minimum buruh di Indonesia masih tertinggal jauh dari upah buruh di Thailand, Filipina, dan Malaysia. Padahal, produktivitas buruh Indonesia tidak kalah baiknya dibandingkan dengan buruh di negara ASEAN lainnya. Misalkan, Said memberi contoh, UMP DKI hanya sebesar Rp 2,4 juta; sedangkan di Thailand Rp 3,2 juta; Malaysia Rp 3,2 juta; dan Filipina Rp 3,6 juta. “Biaya hidup di semua negara itu sama besarnya dengan di Indonesia,” kata dia. Karena itu, dalam peringatan May Day 2014 hari ini, ia mengatakan buruh sangat serius memperjuangkan kenaikan upah minimum 2015 sebesar 30 persen dan jumlah kebutuhan hidup layak (KHL) 84 item untuk menghadapi pasar tunggal ASEAN 2015. Bila tuntutan buruh tentang upah ini tidak dikabulkan pemerintah, ia menilai sesungguhnya Indonesia belum siap berpartisipasi di pasar tunggalASEAN. “Buruh Indonesia akan melakukan aksi terus-menerus untuk menolak pasar tunggal ASEAN diberlakukan pada 2015,” katanya. Sementara itu, dalam perayaan Hari Buruh Internasional hari ini, KSPI mengimbau masyarakat menghindari titik - titik yang akan menjadi lokasi perayaan. Untuk wilayah DKI Jakarta, masyarakat disarankan menghindari Jalan Jenderal Sudirman, M.H. Thamrin, Bundaran HI, Istana Negara, dan Gelora Bung Karno. “Di provinsi lain akan dipusatkan di sekitar kantor

JUMAT 2 MEI 2014

Lulus dengan Sarjana Komputer

menerus diberikan warga Manado,” terang Walikota. Ikut diceritakan Walikota, 15 Januari 2014 lalu, Kota Manado dilanda bencana banjir bandang dan tanah longsor. Meski beberapa kalangan menyebut peristiwa yang disebutsebut ‘beruntung’ karena terjadi di pagi dan siang hari serta ‘hanya’ menimbulkan korban yang sedikit jika dibandingkan terjadi sore dan malam hari, merupakan banjir bandang terbesar selama puluhan tahun Kota Manado membangun berbagai infrastrukut. Kondisi ini menjadi sebuah titik awal bagi Walikota Manado untuk terus menerus melaksanakan pemulihan dari kondisi darurat bencana. Tak ayal, upaya serius tersebut ternyata membuahkan hasil positif, pasalnya, Doktor di bidang competetive

intellegence ini kemudian mengukir berbagai prestasi justru saat tengah berupaya mengembalikan Kota Manado dalam kondisi sebelum 15 Januari. Buktinya, berturut-turut sederet prestasi dan penghargaan diraih oleh mantan Kadis SDA Provinsi Sulut ini seperti nilai B pada Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Penerima PIN Angkatan ke-5 Program Harvard Kennedy School oleh Menteri Dalam Negeri, Penghargaan Manusia Bintang dari Grup Media Nasional, Rakyat Merdeka, Penghargaan Adhikarya dari Yayasan Prestasi Indonesia serta mengawal Pembentukan Daerah Otonom Baru di Sulawesi Utara.

Dan terkahir mewakili 554 Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia menerima Evaluasi Pencapaian Kinerja Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I dan Jilid II dari Presiden RI saat Pembukaan Musrenbang 2014, tidak ketinggalan menerima Program Keluarga Harapan (PKH) Award tahun 2014 Senin nanti di Maluku Utara. Sementara itu dalam kesempatan sama untuk jajaran pemerintah provinsi, Presiden menyerahkan Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Utama yaitu penghargaan bagi Pemerintah Provinsi yang dinilai berprestasi baik atau sangat baik dalam perencanaan, dan untuk tahun 2014 diberikan kepada DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.(teem/*)

2

Simeone ... dari Halaman 1 “Simeone sangat berperan besar sejauh ini. Dia sudah mengubah mental kami,” ujar eks pemain Chelsea. “Kami semua bekerja bersama, kami bekerja sebagai satu tim. Bermain

seolah-olah kami adalah tim terkuat di dunia dan kami pantas merih prestasi sekarang ini. Kami masih belum meraih apapun tapi kami selangkah lagi memenangkan sesuatu,” tandasnya.(bolt)

Lebih ... dari Halaman 1 Alvan menjelaskan, dalam pengamatannya, kemungkinan besar pertarungan di pilpres nanti hanya akan melibatkan Prabowo Subianto dari Gerindra dan Joko Widodo dari PDI-Perjuangan. “Jokowi atau Prabowo kemungkinan besar akan dipasangkan dengan cawapres yang magnetis, sehingga pencarian cawapres jadi lebih menarik,” katanya. Sebelumnya, sejumlah nama disebut-sebut berpeluang besar menjadi bakal wapres Jokowi, di antaranya mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Ryamizard Ryacudu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Sementara, Prabowo masih menjajaki koalisi dengan sejumlah partai dan belum diprediksi siapa yang akan digandengnya sebagai bakal wapres. Adapun, partai lain yang diprediksi membentuk poros baru seperti Golkar dan Demokrat, menurut Alvan, belum terlihat mendapatkan dukungan yang cukup untuk maju dalam pilpres. Khusus mengenai Golkar, Alvan mengatakan, posisi bakal calon presidennya, Aburizal “Ical” Bakrie terancam gagal maju karena derasnya kritik internal setelah gagal membawa partai memenangkan pemilu legislatif. Ia menilai, bukan tidak mungkin Golkar akan bergabung dengan salah satu poros setelah digelar rapat pimpinan nasional di pekan kedua Mei 2014. MILIK JOKOWIPRABOWO Pemilihan Presiden 2014 diprediksi hanya akan diisi oleh dua pasang calon presiden dan calon wakil presiden, yakni Joko Widodo (Jokowi) dari PDI Perjuangan dan Prabowo Subianto dari Partai Gerindra. Bakal calon presiden dari partai lain

diprediksi akan bergabung bersama dua poros tersebut karena kesulitan membentuk poros baru. Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengungkapkan, poros pertama akan dipimpin oleh PDI-P yang mengusung Jokowi sebagai calon presidennya. Poros ini, menurut dia, akan terdiri dari partai yang memiliki kultur ideologi relatif sama dengan PDI-P. Satu yang sudah pasti adalah Partai Nasdem. Partai lainnya yang diprediksi akan bergabung adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). “Dengan PDI-P sebagai leading party-nya, dan kalau PPP jadi masuk, maka akan mendapat (hasil pileg) sekitar 41,75 persen,” kata Siti dalam sebuah diskusi, di Jakarta, Kamis (1/5). Poros kedua, kata Siti, adalah poros yang dipimpin oleh Gerindra. Poros ini akan lebih heterogen karena ingin membangun koalisi yang lebih besar. Siti mengatakan, berdasarkan pengamatannya, saat ini ada dua partai yang telah memberi sinyal kuat untuk bergabung dengan Gerindra, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Bergabungnya tiga partai ini akan membuat Gerindra dapat mengusung Prabowo sebagai capres karena mendapat total suara di pileg sekitar 26,27 persen. Selain dua poros koalisi itu, ada satu poros lain yang digagas Golkar. Kemungkinan, kata Siti, akan menggandeng Partai Demokrat dan Hanura. Total suara dari gabungan tiga partai itu mencapai sekitar 29,45 persen. “Tapi poros Golkar tidak aman karena elektabilitas capresnya rendah. Besar kemungkinan Demokrat ke Gerindra karena banyak partai yang tidak siap untuk oposisi,” kata Siti.(komc)

4 warga ... dari Halaman 1 “Kami meminta Supaya keadilan segera di tegakan karena ada 4 warga kami yang di duga terkena peluru nyasar serta di tangkapnya teman kami atas kejadian subuh pukul 02.00 dini hari tersebut,”ungkap Ciner Saerang. Lanjutnya, pihak Polres Minahasa supaya segera bertanggung jawab atas tindakan mereka sehingga mengakibatkan sejumlah korban warga yang ada di kelurahannya. “Jangan kalau kita yang kedapatan membawa senjata tajam langsung diamankan, tapi ketika polisi menembak sembarangan tidak ada tindakan. Kiranya masalah ini segera di seriusi oleh aparat penegak hukum yang tahu akan tindakan yang di lakukan oknum di polres Minahasa ini,” jelas Saerang. Sementara itu Kapolres Minahasa, AKBP Henny Posumah ketika dikonfirmasi mengakui ada salah satu warga Kelurahan Rerewokan, kecamatan Tondano Barat kena peluru nyasar. “Namun untuk warga lainnya yang katanya kena tembakan masih dalam pengembangan. Bisa saja mereka kena sajam dan benda-benda keras lainnya saat berada di lokasi kejadian. Dan untuk para korban yang terkena peluru nyasar mereka jauh dari lokasi petugas yang melakukan tembakan peringatan, dan pihaknya tidak ada maksud untuk melakukan tembakan

dengan sengaja. Untuk itu, saya meminta kepada warga jangan langsung terprovokasi, masalah ini masih dalam proses pengembangan kami,” jelas Posumah sembari menambahkan, untuk kasus sajam tidak ada ampun. Berdasarkan informasi yang di rangkum koran ini, dari sejumlah warga Kelurahan Rerewokan, pada malam kejadian. Youngky (Petugas Pol PP Minahasa) kena peluru nyasar di dada kiri, Efraim (Siswa) kena di bagian kaki, Rivel (Siswa) kena di jari tangan dan P Mamangkey kena di bagian kaki. Kronoligis kejadian warga yang mendengar Cella telah meninggal di RSUD Malayang, langsung saja sejumlah pemuda emosi dan berjalan menuju kampung Gorontalo (Kelurahan Wawalintoan) lokasi salah satu saksi yang biasa disapa Kembar (Saksi yang mengendari sepeda motor dengan pelaku penikaman terhadap Gracela). Namun sialnya, saat puluhan warga berada di lokasi tersebut, mereka dihadang oleh pihak kepolisian yang kala itu sementara lakukan penjagaan. Tidak mau menyerah, puluhan warga tetap mencoba menerobos masuk. Akibatnya, petugas Polres Minahasa lagsung saja lepas beberapa tembakan peringatan.namun sejumlah warga kena peluru nyasar dan harus di larikan ke rumah sakit.(try33/rr)


SULUT INFRASTRUKTUR Pemprov Sulut dan kontraktor tandatangani 48 paket proyek

JUMAT 2 MEI 2014

Pemprov bakal hibahkan lahan tinggal bagi 557 KK Asgab Teling Danrem beri tempo sampai bulan Juli untuk kosongkan kompleks Asgab

WAGUB didampingi Asisten II dan Karo Pembangunan saksikan pendandatanganan paket proyek di Kantor Gubernur Sulut.(foto:ist)

Sebanyak 48 paket proyek yang bersumber dari dana APBD Provinsi tahun anggaran 2014, Rabu (30/4) lalu, sudah dilakukan penandatanganan kontrak tahap pertama dengan pihak perusahaan kontraktor. Penandatangan kontrak bersama paket lelang pengadaan barang dan jasa Pemprov Sulut ini, berlangsung di Ruang Mapalus Kantor Gubernur yang disaksikan Wakil Gubernur Sulut, DR Djouhari Kansil MPd, Asisten II Bidang Pekonomian dan Pembangunan Drs Sanny Parengkuan serta Karo Pembangunan Farly Kotambunan SE. Dalam kesempatan itu, Wagub mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara efektif dan efisien serta sesuai dengan prinsip persaingan sehat, transparan, terbuka dan perlakuan yang adil bagi semua pihak, sehingga hasilnya dapat dipertangungjawabkan baik dari segi fisik, keuangan maupun manfaatnya bagi kelancaran tugas pemerintah dan pelayanan masyarakat. “Karena itu saya minta, penandatanganan kotrak bersama paket proyek ini, kiranya mendapat perhatian serius dari seluruh pimpinan SKPD, unit kerja, termasuk para pimpinan perusahaan, sehingga dalam pekerjaan nanti dapat memperhatikan kualitas pekerjaan dan bisa selesai tepat waktu, bukan sebaliknya walaupun sudah mendapat uang muka tapi proyeknya mogok ditengah jalan,” ingat Kansil, sembari mengajak para pejabat pembuat komitmen, PPK dan kontraktor sebagai pelaksana pekerjaan diharapkan, dapat bersinergi sehingga sehingga yang diuntungkan bukan hanya perusahaan tapi juga masyarakat bisa menikmatinya. Sementara melalui laporan Kepala Biro Pembangunan Setdaprov Sulut, Farly Kotambunan SE, kegiatan ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pengadaan barang dan jasa dalam rangka percepatan penyerapan anggaran pemprov dengan tetap memperhatian peraturan yang berlaku serta tetap memperhatikan mutu dan kualitas pekerjaan. “Tujuannya, untuk mewujudkan prinsip pengadaan yang transpara, efisien, efektif dan akuntabel serta menuju pengadaan barang dan jasa 100 % E-Procurement,” katanya. Kotambunan juga menyebutkan, dari 48 paket pekerjaan yang ada, Dinas PU paling banyak yaitu 32 paket, dikuti Dinas Perkebunan 8 paket, Biro Perlengkapan 2 paket serta Diknas, Dispora, Sekretariat DPRD, DKP, UPTD Museum dan Biro Pembangunan masing-masing 1 paket dengan total Pagu anggaran Rp92.239.966.900. “Sedangkan penandatangan kontrak tahap kedua akan dilaksanakan pada bulan Mei 2014 mendatang,” jelasnya.(try30)

Manado—Pemprov Sulut melalui Kepala Biro Hukum, Marcel Sendow memastikan bahwa Pemprov Sulut akan memberikan hibah berupa lahan untuk tempat tinggal bagi 575 Kepala Keluarga (KK) yang tinggal kompleks asrama gabungan (Asgab) Teling, Manado. Namun untuk letak lokasinya masih akan dibahas Pemprov Sulut. “Lokasinya masih sementara ditentukan dan akan melalui proses kajian serta harus sesuai prosedural. Kalaupun itu lahan Pemprov, harus berhubungan dengan Badan Pengelolan Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD), sebab mereka akan melakukan pemeriksaan

Tahap 2, jam 12:00 – 16:00 Daerah padam: SR 6 - Kampung Ternate, komp Jembatan Mahakam, Walanda Maramis, komp.psr. Bersehati, Tuminting s/d Tongkaina SW 1- Sawangan, Pst Kota Airmadidi, Sukur s/d LBS Kolongan, Sampiri SI 1 – Bitung Timur,Sari Kalapa, Winenet, Sebagian Aertembaga,Pateten,Pelabuhan SL 5 - Sawangan,Tombuluan,Kembes Rumengkor,Koka SL 9 - Kanaan, Kpg Jawa, Psr. Karombasan, sebagian Winangun, Batu Kota,Bahu, Malalayang s/ d LBS Kedok, Jl. Sea SM 2 - Ktr Walikota, Pinaras,Woloan, Tara-Tara SK 2 - Langowan, Manembo s/d Rumbia Kakas s/d LBS Toulimembet SK 4 - Kawangkoan,Sonder,Tareran s/d Kota Menara SP 3 - Tewasen arah Motoling, Pontak s/d Tompaso Baru

untuk kemudian akan diadakan penghapusan aset,” ungkap Sendoh saat di Kantor Gubernur Sulut, belum lama ini. Selain berkoordinasi dengan BPKBMD, Sendoh mengatakan, Pemprov akan melakukan koordinasi dengan Biro Perlengkapan sebagai biro yang menangani masalah administrasi semua lahan milik Pemprov Sulut. “Prinsipnya, nanti mau ditanyakan dulu ke Biro Perlengkapan kalau lokasi mana yang aman, setelah itu kita (Biro Hukum,red) akan mengadakan croscek kembali apakah lahan tersebut ada masalah gugatan atau tidak,” tandasnya. Sebelumnya, Selasa (29/3) lalu, sejumlah warga Asgab

telah melakukan hearing dengan pihak Komisi I Deprov Sulut untuk mempertanyakan kejelasan nasib tempat tinggal ke 557 KK yang dalam waktu dekat segera dikeluarkan dari lokasi pemukiman TNI. “Dari hearing lalu, belum ada kejelasannya, sehingga akan dilanjutkan kembali pada Senin (pekan depan,red) karena untuk saat ini, masih dalam bentuk usulan. Mudah-mudahan ada kepastian lahan, dimana dan kapan mulai menerima lahan tersebut,” ungkap Dolvi Makawena, salah satu warga Asgab Teling. Makawena merasa khawatir jika dalam waktu dekat belum juga ada kepastian lahan tempat

tinggal dari Pemprov Sulut, karena dirinya dan para warga mau tinggal dimana. Karena hasil kesepakatan dengan pihak Danrem, batas pengosongan lokasi pemukiman tersebut, jatuh tempo hingga bulan Juli mendatang. “Kami terserah saja, apakah bantuan yang akan diberikan Pemprov Sulut dalam bentuk lahan yang akan kami buat rumah, ataupun sudah jadi rumah susun (Rusun). Yang penting kami bisa ada tempat berteduh,” keluhnya. Diketahui, lahan Asgab Teling tersebut direncanakan akan di bangunan Markas Kodam XIII Merdeka. Selain di Asgab Teling, juga warga yang tinggal di Asgab APT Sapta Marga Tibal di Jl Siswa, serta beberapa Asgab di Manado lainnya juga telah diminta untuk segera dikosongkan.(try30)

MUSRENBANGNAS 2014

Dipimpin langsung oleh presiden SBY

PRESIDEN SBY saat menyalami Gubernur Sulut DR Sinyo H Sarundajang dalam kegiatan Musrenbangnas 2014 di Jakarta.(foto: ist)

Jakarta—Presiden SBY membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2014 di GedungBidakara,Jakarta,Rabu (30/4) pagi.Tema yang diangkat adalah ‘Melanjutkan Reformasi bagi Percepatan Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan’. Musrenbangnas akan menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2015 yang akan diserahkan kepada pemerintahan mendatang. Pada kesempatan ini, Presiden SBY menyerahkan buku Pencapaian Kinerja Pembangunan KIB Selama 2 Periode kepada Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi (APPSI) SyahrulYasin Limpo, Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten (Apkasi) Isran Noor, dan KetuaAsosiasi PemerintahKota(Apeksi)Vicky Lumentut.(*/try30)

RAKOR WCRC

Asisten II akan cek kesiapan perbankan dan perhotelan Manado—Sebagai tuan rumah sudah sepatutnya kita mendukung dan

RENCANA PADAM AKIBAT GANGGUAN PEMBANGKIT TANGGAL 2 MEI 2014 Tahap 1, jam 08:00 – 12:00 Daerah padam: SR 1 - Kombos,Cereme, Sumompo,Buha Mapanget Barat, Wusak,Warisa Wori dan sekitarnya SW 3- Pst Kota Kauditan, arah Kema, Tumaluntung SS 2 - Toliang Oki, Kombi, kolongan, Makalisung, Watumea, Toulimembet SL 4 – Pikat, Jl Samrat s/d Kimia Farma SM 5 - Tataaran, Koya, Masarang, Rurukan s/d Kumelebuai, Suluan SP 2 - Lopana,Pst kota Amurang dan sekitarnya, wilayah Kec.Tenga SP 4 - Tumpaan s/d Maruasey, Popontolen s/d Tanjung, Pinamorongan s/d Suluun SA 2 - Tanawangko, Senduk Munte,Sarani s/d Ranotongkor, Ranowangko s/d Tanjung SU 1 - Pst Likupang, Rasahan, Mubune

3

SA 1 – Mokupa,Tateli,Koha,Kalasey, terminal Malalayang, komp perum Minanga SU 2 - Kaweruan,Tatelu, Talawaan, Tetey, Dimembe s/d Sukur Tahap 3, jam 16:00 – 20:00 Daerah padam: SR 3 - Paal 2, Komo, Jl Hasanudin, Pst Kota s/d Pelabuhan,Polresta dan sekitarnya SI 4 – Bitung Barat, Wangurer Utara,Manembo-Nembo,Girian, Tanjung Merah, Apla,Pinilih, Kalabat, Karondoran,Dua Sudara SS 4 - Pst kota Tondano, Kpg Jawa s/d Makawembeng SL 6 – Pakowa, Ranotana, Jl Bethesda, Jln 17 Agst s/d Bumi Beringin SM 3 - Matani, Pst Kota Tomohon, Kakaskasen, Wailan s/d Kayawu SM 4 - Kampus Unima, Remboken s/d LBS Sumarayar SK 3 -Tonsewer arah Noongan,Ratahan, Liwutung, Belang s/ d Ratatotok & Tombatu SA 3 - Sedona, Kalasey, komp Quality,Sebagian Sario B, Sebagian Lrg Pencak SU 3 - Maen, Marinsow Tahap 4, jam 20:00 – 23:00 Daerah padam: SR 4 - Paal 2, komp. TNI AL, Kairagi, Politeknik, Paniki, Maumbi SR 5 - Perkamil, Paal 4, SebagianTaas, Banjer, komp. lap. Tikala, komp Mesjid A. Yani, Jl Pomorow SI 2 - Sitou, Winenet, s/d Pinangunian,Tandurusa s/d Kasuari SI 5 – Bitung Tengah, Pst Kota Madidir,Wangurer, Polresta,Asabri,Primkop, Giper,HKBP,Aer Ujang SL 4 – Jl A.Yani, Pom bensin Sario s/d Bahu SL 8 - Citra Land, Kali, Pineleng s/d Warembungan,Winangun s/d Kampus SM 1 - Walian, Sarongsong s/d Lahendong

mensukseskan iven World Coral Reef Conference (WCRC) pada tanggal 14 Mei 2014 pekan depan. Tentunya dengan berbagai kesiapan dan pematangan juga harus dilakukan koordinasi. Hal tersebut dikatakan Asisten II Bidang Perekonomian Setdaprov Sulut, Sanny Parengkuan. “Jadi untuk memaksimalkannya, diharapkan para mitra kerja juga turut mendukungnya. Pasalnya, dari segi pelayanan baik perhotelan dan perbankkan punya andil dalam iven internasional tersebut,” ungkap Parengkuan dalam memimpin rapat koordinasi (Rakor) bersama pihak perhotelan dan perbankkan serta sejumlah SKPD terkait yang di gelar di Ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, Selasa (29/ 4) lalu. Menurutnya, dalam

SEKPROV Sulut didampingi Karo Organisasi dan Sekertaris Korpri Sulut dalam sosialisasi Korpri di Kantor Gubernur.(foto:ist)

SOSIALISASI

Sekprov: Kemajuan bangsa tergantung aparatur birokrasi Manado—Kemajuan suatu bangsa salah satunya sangat bergantung pada kemampuan dan keteladanan aparatur birokrasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayan publik. Hal tersebut dikatakan Sekprov Sulut, Ir Siswa Rachmat Mokodongan. “Terutama melalui sisi pelayan kepada masyarakat, secara profesional dan akuntabel serta eksistensi aparatur menjadi sangat penting dalam mendukung terwujudnya kesejahteraan umum,” jelas Mokodongan yang didampingi Sekretaris Korpri Sulut, Yanni Lukas, dan Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sulut, Jemmy Ringkuangan AP MSi, saat membuka sosialisasi peningkatan mental dan budaya kerja aparatur, di ruang Mapaluse kantor Gubernur Sulut, belum lama ini. Dijelaskan Mokodongan, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, kekuatan Korpri itu akan hebat bila ada kerja sama yang baik serta saling membantu sebagai motor penggerak birokrasi pemerintahan. “PNS juga harus disiplin dan loyal pada pimpinan serta mampu menunjukkan kemampuan,

kualitas hingga prestasi kerja yang baik,” ungkapnya. Diharapkan Mokodongan, kiranya dengan pelaksanaan sosialisasi ini, para PNS harus lebih disiplin, lebih kerja keras dan konsisten terhadap tugas dan tanggung jawab serta jangan jenuh dengan rutinitas pekerjaan yang dikerjakan setiap harinya. “Kiranya dapat menumbuhkan tekad dan komitmen bersama dari seluruh anggota Korpri di Sulut untuk menjadikan mental dan budaya kerja sebagai modal utama dan kekuatan penting dalam melaksanakan tugas dan pekerjaaan seharihari,” tandasnya. Sebelumnya juga melalui laporan ketua panitia pelaksana sosialisasi, Anatje Saselah, menjelaskan maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan penyegaran kembali kepada anggota korpri agar lebih profesional, kreatif dan inovatif terhadap penyelenggaraan program pemerintah dan mengayomi masyarakat. “Kegiatan ini dilaksankan sehari dan diikuti seluruh pengurus Korpri seKabupaten/Kota dan SKPD di lingkup Pemprov Sulut,” jelas Saselah.(try30)

PAD SAMSAT MANADO

Januari hingga April tembus Rp76 miliar RAKOR bersama pihak Perbankkan dan SKPD Pemprov Sulut di Ruangan Mapalus Kantor Gubernur Sulut.(foto: ismail/sk)

pelaksanaan iven WCRC itu, akan ada beberapa kegiatan pendukung seperti, pegelaran pameran dari berbagai investor di Sulut dengan menggunakan stand. “Rapat ini untuk melakukan pengecekan kesiapan, ternyata hampir semuanya stand sudah siap dan pesertanya juga sudah banyak. Tinggal satu atau dua stand yang masih

disiapkan oleh panitia daerah (Panda),” jelasnya. Ditambahkannya pula, soal kesiapan Pemprov Sulut selaku tuan rumah WCRC secara keseluruhan, dipastikannya tinggal pengecekan peserta WCRC. “Sampai saat ini sudah 90% kesiapan Pemprov,yang Panda lakukan tinggal memastikan pesertanya,” tandasnya.(try30)

Manado—Saat ini, realisasi Pendapatan Asli Darah (PAD) selang Januari hingga April mencapai 28,98% atau Rp76.571.161.150. Hal ini diungkapkan Kepala UPTD Samsat Manado, Drs Benny Kalonta MSi kepada wartawan. Lanjut Kalonta yang genap berusia 54 tahun tepatnya Jumat (2/5) hari ini menyatakan realisasi diperoleh karena kesadaran para wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya, sehingga pendapatan ini dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat di Sulut. Ditambahkan pemegang motto ‘tak akan kutukar kejujuranku demi sebuah kekuasaan, tak akan kulangkahi seorang pun demi sebuah jabatan, tak akan kugadaikan keagungan

imanku demi gemerlapnya harta dunia’, bahwa pembenahan pelayanan sampai peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang membuahkan hasil dalam mendapatkan Piala Citra Pelayanan Prima (CPP) serta ISO untuk pelayanan, tak lepas dari arahan pimpinan baik itu Gubernur Sulut DR SH Sarundajang dan Wagub DR Djouhari Kansil serta Sekprov Sulut Ir SR Mokodangan yang juga pembina Samsat hingga Kadispenda Sulut Roy Tumiwa. Menurut Kalonta, bantuan serta kerjasama seluruh staf di UPTD Samsat Manado, menjadikan kesuksesan ini dapat diraih bersama yang memberikan dampak positif bagi pelayanan publik. Terkait dengan ketambahan usia saat ini, Kalonta menyatakan ucapan syukur karena penyertaan serta hikmat dari Tuhan dalam menuntun setiap langkah dan kerja, termasuk kesehatan sehingga di tahun ini dapat menyelesaikan kuliah S1 di Unsrat, termasuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.(try30)

SEDOT WC SEDOT WC (TINJA) WC TERSUMBAT Hubungi

0813 5604 0118 0823 4906 4118 Anda butuh pupuk organik? Kami berikan

GRATIS...


YUSTISIA

JUMAT 2 MEI 2014

Kapolda selidiki oknum Polisi back up judi togel TARKAM BOLMONG Kapolda himbau elemen masyarakat dan tokoh agama bantu pengamanan PASCABENTROKAN yang terjadi antara kelompok warga di Desa Imandi dan Desa Tambun, Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), hingga kini berangsur aman dan terkendali. Hanya saja, pengamanan di dua desa tersebut dikabarkan masih berlangsung oleh aparat keamanan setempat. Tak hanya itu, Polda Sulut pun terus menaruh perhatian serius untuk mengamankan wilayah yang bertikai, serta berharap semua pihak agar dapat menjaga keamanan bersama. Hal ini dikatakan, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Jimmy Palmer Sinaga SH MHum, kepada sejumlah wartawan, Rabu (30/4) belum lama ini. Diungkapkannya, perkelahian antar kampung (tarkam) yang terjadi di wilayah Bolmong tersebut, hingga kini tetap ditangani pihaknya. Kapolda menjelaskan, pengamanan di lokasi dilakukan pihak Polres Bolmong dibantu personil Brimob dan TNI. Meski demikian, orang nomor satu di Polda Sulut itu mengajak semua lapisan masyarakat, supaya bersama menciptakan kerukunan dan keamanan, serta membantu menyelesaikan permasalahan. “Sampai sekarang saya monitor terus perkembangan di Bolmong dari Kapolres. Saya perintahkan untuk lakukan pengamanan di lokasi, dan melakukan pendekatan dengan tokoh masyarakat, pemuda dan tokoh agama. Itu kan kejadiannya hanya masalah sepele saja. Kedua kelompok saling ajak rekan-rekan mereka dan terjadi perkelahian massa. Oleh karena itu, saya sebagai Kapolda berharap semua pihak agar menciptakan keamanan dan menghindari permasalahan yang ada,” harap Kapolda. Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Umum, Kombes Pol Vicktor J Lasut MM menegaskan, peristiwa yang terjadi di dua desa tersebut hingga kini masih ditangani pihak Polres Bolmong. “Masih diproses Polres setempat. Yang pasti jika ada aksi lanjutan, akan kita tindak tegas pelakunya. Untuk itu kami harap masyarakat menahan diri,” ungkap Lasut. Hingga kini suasana di wilayah bertikai dikabarkan telah kondusif, namun aparat dari Polres Bolaang Mongondow dibantu aparat Brimob Inuai masih disiagakan di lokasi bentrok dua kelompok masa antara Desa Imandi dan Desa Tambun Kecamatan Dumoga Timur Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Diketahui sebelumnya, sebelum bentrok Imandi-Tambun, kejadian serupa juga terjadi penembakan yang melibatkan kedua warga Desa Ihwan dan Doloduo Kecamantan Dumoga Barat yang terjadi Minggu (20/4) pagi. Bentrok kedua warga tersebut mengakibatkan 6 orang luka tembak. “Untuk kasus tersebut juga sedang diselidiki Polda Sulut,” pungkas Damanik.(erel)

SENPI ILEGAL Oknum Polisi divonis 8 bulan penjara TERDAKWA dalam kasus penjualan Senjata Api (Senpi) yakni, oknum anggota Satuan Sabhara Polres Tahuna bernama lengkap Fandy Richy Kasiaha, akhirnya divonis delapan bulan penjara oleh Majelis Hakim, Djainuddin Karanggusi SH MH, Willem Rompies SH serta Frangklin Tamara SH MH, pada persidangan yang digelar, Rabu (30/4), di Pengadilan Negeri (PN) Manado. Anggota Polri tersebut mendapat hukuman kurungan badan, karena terbukti dengan sengaja menyuruh menjual barang ilegal tersebut. Handy sebagai penjual yang disuruh oleh oknum polisi tersebut sudah terlebih dahulu divonis duluan dengan 4 bulan penjara. “Terdakwa secara sah dan meyakinkan, telah terbukti mengedarkan senjata api secara ilegal atau telah melanggar pasal 1 ayat (1) No 12 Tahun 1951 tentang UU Darurat,” tutur Ketua Majelis Hakim, Djainuddin Karanggusi SH MH, di ruang sidang Sari. Diketahui, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mita Ropa SH MH, mendakwa Fandy karena dari informasi warga, 3 Januari lalu, bertempat di rumah makan Solaria Mega Mall, akan ada transaksi penjualan senpi oleh terpidana lelaki Handy. Kemudian anggota Intelkam Polresta Manado langsung merapat ke lokasi yang menurut informasi akan ada transaksi. Setelah berada di rumah makan Solaria, ternyata lelaki Handy memang sudah berada di tempat tersebut, sehingga petugas Intelkam segera menggeledahnya. Ternyata benar, saat dilakukan penggeledahan, petugas menemukan di dalam tas lelaki Handy terdapat 1 senpi jenis Revolver. Namun ketika petugas meminta surat kepemilikan dari senpi tersebut, Handy tidak bisa memperlihatkannya. Ia pun langsung diamankan. Hasil pengembangan dari interogasi, ternyata pemilik dari senpi tersebut adalah terdakwa Fandy. Maka petugas langsung menemui terdakwa, kemudian menggeledah rumahnya. Alhasil ketika dilakukan penggeladahan, petugas menemukan dari dalam rumah terdakwa barang bukti berupa 2 magazin laras panjang jenis SS 1, 4 magazin senjata laras pendek jenis FN 1, megasin senjata Aer Softgun jenis Hagel. Juga, sebilah sangkur bergagang aluminium berwarna hitam, 34 butir amunisi blazer 45 auto, 48 butir amunisi PS 79, 1 pak amunisi Aersoftgun jenis Hagel. Dari semua barang bukti tersebut, ternyata terdakwa juga tidak bisa memperlihatkan surat kepemilikannya, sehingga petugas langsung menangkapnya.(rees)

4

KOMPLOTAN CURANMOR

7 ABG desa kalait diringkus Tim Resmob Polda Sulut

Jajaran Polres-Polsek diperintahkan tangkap para oknum bandar di Sulut

JIMMY P Sinaga.

Manado—Munculnya pengakuan salah satu oknum bandar judi toto gelap (togel), BM alias Bion (40), warga Desa Tataaran Jaga XII, Tondano Minahasa, yang ditangkap Tim Resmob Polda Sulut, belum lama ini, dimana ada sejumlah oknum Polisi yang bertugas dijajaran Polda Sulut memback up dan menerima setoran uang togel, rupanya membuat Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Jimmy Palmer Sinaga SH MHum, tertantang dengan pengakuan tersebut. Bahkan, Kapolda langsung mendalami dan menyelidiki serta siap menindak tegas para oknum Polisi tersebut. Terkait hal ini, Kapolda ketika diwawancarai sejumlah wartawan, Rabu (30/4) belum lama ini menyatakan, ia memberi apresiasi kepada anggotanya yang telah berhasil menangkap pelaku bandar togel di Sulut.

Kapolda mengatakan, pengakuan tersangka soal adanya oknum Polisi yang menerima hasil togel, saat ini sedang didalaminya. Ia pun menegaskan, jika terbukti melakukan tindakan perlindungan kepada pelaku dan menerima imbalan judi, maka ia memerintahkan untuk menindak tegas para oknum Polisi tersebut. “Saya sudah menerima informasi itu dan sementara saya dalami. Kalau dari anggota Polisi harus kita tindaki itu. Semua yang terlibat dalam judi togel ini akan diselidiki dan ditangkap. Ini tindakan melanggar hukum dan disiplin Polri. Jadi, jangan sampai ada judi lagi di Sulut,” tegas Kapolda. Lebih lanjut orang nomor satu dijajaran Polda Sulut itu menegaskan, ia telah memerintahkan seluruh jajaran Polres dan Polsek di semua wilayah, untuk mengungkap dan menangkap oknum bandar togel yang masih berkeliaran dan beroperasi di sejumlah wilayah Sulut. Menurut Kapolda, salah satu upaya untuk memberantas judi togel di Sulut adalah dengan memburu dan menangkap oknum bandarnya. Ia pun merasa tidak maksimal penindakannya, jika hanya mengamankan para pengecernya.

“Makanya semua bandar togel itu saya minta tangkap semua. Saya perintahkan tangkap semua bosnya, jangan hanya pengecer atau kaki tangan bos togelnya. Bos atau bandarnya yang harus dikejar dan ditangkap. Kalau tidak ada bosnya, berarti tidak ada anak buahnya kan. Ada informasi beberapa pemain besarnya di Sulut, itu yang saya suruh tangkap dan kejar barang buktinya untuk diproses ke pengadilan. Kasihan kan masyarakat kecil yang diajak terlibat judi togel ini,” tandasnya. Sebelumnya, Kabid Propam Polda Sulut AKBP Yusuf Setiady mengatakan, segala bentuk dugaan adanya tindakan oknum Polisi yang melanggar disiplin dan kode etik Polri, akan ditindak tegas pihaknya sesuai aturan. Meski demikian, ia mengaku belum ada laporan adanya keterlibatan sejumlah oknum Polisi bertugas di jajaran Polda Sulut, yang memback up judi togel di daerah ini. “Saya belum tahu. Belum ada laporan yang masuk ke saya. Saya saja baru dengar informasi ini. Nanti besok (hari ini, red) akan saya cek dan akan menurunkan anggota saya. Kalau ada pengakuan seperti itu harus diproses anggotanya,” ujar Yusuf, belum lama ini.

Ia mengakui bahwa, ia baru menerima informasi terkait dilepaskannya pelaku judi togel bersama oknum bandar. Menurutnya, informasi tersebut akan ditindaklanjuti pihaknya untuk membuktikan dan melakukan proses penindakan. “Saya baru terima informasi, katanya ada 5 pelaku togel yang dilepas. Tapi, informasi seperti ini akan saya selidiki,” jelasnya. Diketahui, Senin (28/4), Tim Resmob Polda Sulut meringkus 1 tersangka bandar togel bersama ketiga rekan pengecer dan pengumpul yang beroperasi di wilayah Minahasa dan Kota Tomohan. Ketiga pengecer masing-masing SM alias Sandri (23) dan AM (2) Adi, warga Tataaran serta JN alias Jhon (20) warga TaraTara, Tomohon. “Saya baru tiga hari ini menjadi bandar. Waktu itu kita ada tunggu setoran dari pengecer, tiba-tiba sudah ada petugas yang menangkap saya tadi sore (kemarin, red). Padahal ada beberapa anggota Polisi yang setiap harinya menerima jatah uang paling kurang Rp5 juta. Anggota polisinya bertugas di Polda,” beber Bion, yang mengaku turut berprofesi sebagai pedagang Bawang Rica Tomat (Barito) di Pasar Tomohon.(erel)

GUGATAN

BS diadukan oknum wartawan ke KIP Manado—Pihak Bank Sulut (BS) rupanya diperhadapkan dengan persoalan baru. Pasalnya, seorang oknum yang mengaku wartawan diketahui bernama, Steven Pandeiroth, menggugat pihak Bank Sulut ke Komisi Informasi Provinsi (KIP), Rabu (30/4) belum lama ini. Meski demikian, tujuan dan kapasitas oknum tersebut dinilai tidak diketahui dengan jelas. Oknum yang mengaku wartawan tanpa identitas ini, mempertanyakan data lengkap pihak Bank Sulut, diantaranya daftar gaji pegawai serta jumlah pengeluaran anggaran sejak

Februari-April 2014. Permintaan dan gugatan oknum wartawan tersebut, tidak dipenuhi oleh pihak Bank Sulut. Pasalnya, menurut Ketua Tim Kuasa Hukum Bank Sulut, Johan Budiman SH, ketika dimintai identitas lengkap dari penggugat, dirinya tak mampu memperlihatkannya. Oleh karena itu, oknum wartawan ini langsung menggugat pihak Bank Sulut. “Tujuan dari pihak penggugat, harus dipertanyakan, karena kapasitasnya tidak memenuhi syarat, apalagi saat diminta identitasnya

sebagai Wartawan, penggugat tidak bisa memperlihatkannya. Jadi timbul pertanyaan bagi kami sebagai kuasa hukum, apa pasal sehingga penggugat menggugat Bank Sulut, ketika data tersebut tidak kami berikan,” papar Budiman. Lebih lanjut dikatakan Penasehat Hukum (PH) dari Gubernur Sulut ini, bahwa kalau penggugat berasal dari pihak yang berwenang seperti Auditor Bank Indonesia (BI), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), maka tidak segan-segan data-data tersebut akan diberikan.

“Kalau kapasitas dari penggugat ada kewenangan resmi dari Negara, maka kami akan memberikannya, seperti auditor BI atau OJK. Namun penggugat sendiri hanya mengaku-ngaku sebagai wartawan. Apalagi, penggugat tidak memiliki identitas lengkap. Kalau penggugat akan mencari tahu data lengkap Bank Sulut, tidak perlu mendatangi langsung Bank Sulut, tetapi disiapkam Web khusus, terkait data yang diperlukan oleh penggugat. Namun dalam konsep yang tidak begitu mendalam,” tegas Budiman.(rees)

KORUPSI LAHAN SKPD MITRA

Fakta sidang eks Bupati alihkan lokasi Manado—Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Negeri (Tipikor) Manado, Rabu (30/4) belum lama ini, kembali menggelar persidangan dugaan korupsi Lahan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), di Pemerintahan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) tahun anggaran 2009. Dalam kasus dugaan tersebut, telah menyeret HS alias Hilda dan AP alias Asad sebagai terdakwa. Jaksa Penuntut Umum (JPU), Iwan Caunang SH, menghadirkan saksi Frans Rolos, yang saat itu menjabat sebagai wakil ketua pengadaan lahan. Dalam kesaksiannya, Frans menjelaskan dalam proses pengadaan lahan di Desa Wawali tidak berjalan sesuai proses. Karena menurut Frans, yang seharusnya membuat penetapan harga tanah di Desa Wawali adalah panitia pengadaan lahan, bukan tim penilai harga. “Memang pada saat itu ada kekeliruan, karena yang membuat penetapan harga itu adalah tim penilai harga. Yang seharusnya

dibuat oleh panitia pengadaan lahan,” kata Frans, didepan Majelis Hakim Shalihin SH MH, Verra Linda Lihawa SH MH, dan Wenny Nanda SH. Saksi juga mengatakan, yang menentukan ganti rugi tanah adalah tim penilai harga tanah. Menurut saksi, tim penilai yang bertemu langsung denga pemilik tanah. Sedangkan untuk proses lain tentang pengadaan lahan tersebut sudah tidak lagi diketahui oleh saksi. “Untuk proses selanjutnya, saya sudah tidak tahu lagi, karena setelah berkasnya diserahkan ke tim penilai, kami tidak tahu lagi,” lanjutnya. Namun saksi mengakui untuk pengalihan lokasi ke desa Wawali atas persetujuan Bupati. “Untuk pengalihan lokasi ke Wawali itu berdasarkan persetujuan Bupati. Itu saya dengar melalui Kabag pembangunan Modi Rondonuwu,” jelasnya. Diketahui, eks mantan petinggi Kabupaten Mitra ini diseret ke kursi pesakitan karena diduga

telah melakukan penyimpangan terhadap proyek pengadaan tanah untuk lokasi pembangunan perkantoran SKPD Kabupaten Mitra yang b e r b a n d e r o l Rp6.508.419.000. Jaksa Penuntut kemudian menjerat perbuatan kedua terdakwa dengan pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 junto Pasal 18 ayat (1) Sub b, ayat

(2) dan ayat (3) undangundang RI nomor 31 tahun 1999, yang telah diubah dan ditambah dengan undang-undang RI nomor 20 tahun 2001, tentang perubahan atas undangundang RI nomor 31 tahun 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. junto pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(rees)

PARA pelaku curanmor berhasil diringkus Tim Resmob Polda Sulut, kemarin. Turut diamankan sejumlah babuk sepeda motor hasil curian pelaku.(foto: ist)

Manado—Kerja keras aparat Kepolisian untuk mengungkap para pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di daerah ini, kembali membuahkan hasil. Buktinya, Tim Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dit Reskrimum) Polda Sulut, berhasil menangkap tujuh pelaku curanmor yang beraksi di wilayah Sulut. Selain pelaku, sejumlah barang bukti (babuk) sepeda motor berbagai jenis diamankan petugas ke Mapolda Sulut. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulut, Kombes Pol Vicktor J Lasut MM, ketika dikonfirmasi mengatakan, saat ini tim masih melakukan pengembangan karena diduga kuat masih ada pelaku lainnya yang terlibat pada hilangnya beberapa kendaraan yang ada di wilayah Manado. “Tim kami pun masih melakukan pengejaran dan mencari barang bukti lainnya, karena diduga masih ada TKP lainnya,” ujar Lasut, Kamis (1/5) kemarin. Ke tujuh pelaku tersebut masing-masing, Heppy Riani Boki alias Heppy (26), Kristo Runtukahu (20), Anto Tulang alias Anto (21), Asdi Lendo alias Asdi (16), Kalvin Saroinsong (16), Cendy Somba (17) dan Farly Suoth (18). Ketujuh pelaku tersebut berdomisili di Desa Kalait, Kecamatan Touluaan Selatan, Minahasa Tenggara (Mitra). Penangkapan para tersangka ini, berawal ketika Polisi mendapatkan informasi bahwa maraknya transaksi sepeda motor tanpa surat yang masuk ke desa tersebut. Mendapatkan info tersebut, Rabu (30/4), sekitar pukul 20.00 Wita, Tim Resmob Polda Sulut yang dipimpin langsung Iptu Ronny Marijan bersama tim meluncur ke desa tersebut dan mengendap selama tiga jam dengan melakukan penyelidikan di lokasi. Selanjutnya, pukul 02.30 Wita, dini hari, Tim Resmob pun masuk ke desa tersebut dan langsung

menggerebek rumah Fedri Boki. Di situ, tim mendapati 1 unit motor Suzuki Satria Fu. Setelah itu, tim kemudian melakukan pengembangan ke rumah Hepi Riani Boki dan selanjutnya ke rumah Asdi Lendong. Dari kedua rumah tersebut, masingmasing didapati ada sebuah sepeda motor yang surat-suratnya tak jelas. Pengembangan pun terus dilakukan. Tim kemudian bergerak ke rumah pelaku lainnya yakni Arianto Tulang, dan di dapati 1 unit motor. Setelah itu, tim kemudian kembali melanjutkan pengembangan ke rumah tersangka lainnya masing-masing Risto Runtunuhu, Farly Suoth serta Cendy Somba. Saat diintrogasi, mereka pun mengaku beroperasi di wilayah Manado. Mereka pun akhirnya menjadi mahir mencuri sepeda motor setelah diajari Ad alias Adrian dan RG alias Rikil yang keduanya merupakan warga Kelurahan Pakowa, Kecamatan Wanea, Manado. Kedua orang tersebut pun selain mengajarkan para pemuda tersebut, juga berperan menjual motor. Keuntungannya pun cukup lumayan. Masingmasing pun mendapatkan bagian dari Adrian dan Riki sebesar Rp700 ribu dari hasil penjualan motor curian tersebut. Aksi pencurian para pelaku dilakukan dibeberapa wilayah diantaranya, Manibang Malalayang, Perumahan Wenwin, Kelurahan Bahu dan Kampus Unsrat. Modusnya dengan cara menggunakan kabel soket. Setelah motor berhasil dibawa lari, motor tersebut di ubah warna catnya. “Adrian dan Riki yang mengajarkan kami. Motor itu pun kami serahkan ke mereka dan nantrinya akan dijual,” beber Christofel, sebelum diperiksa oleh penyidik Subdit Ranmor Dit Reskrimum. Tim Resmob telah mengamankan empat buah sepeda motor hasil curian masing-masing dua unit Honda Blade, satu Staria FU dan satu unit Revo Absolut.(erel)

PENGANIAYAAN

Kelompok oknum Polisi dilapor ke Polda Sulut MALANG nasib yang dialami sejumlah Anak Baru Gede (ABG), yang berdomisili di Kelurahan Winangun ini. Pasalnya, para ABG ini harus menjadi korban penganiayaan yang diduga dilakukan sejumlah oknum Polisi yang dikabarkan bertugas dijajaran Polda Sulut. Akibatnya, para korban mengalami luka memar dibeberapa bagian tubuh serta wajah. Para korban antara lain, Joshua Lumempow (17),

Irfan Mamesah (23), Hendrawan Supriyadi (16), ketiganya warga Kelurahan Winangun Dua, Kecamatan Malalayang, serta Efraim Tiwa (13), warga yang tinggal di Desa Sea, Jaga 2, Kecamatan Pineleng. Menurut para korban, Kamis (23/4) pekan lalu, sekitar pukul 21.00 Wita, mereka baru saja pulang dari ibadah yang dilaksanakan di salah satu rumah rekan mereka. Nah, dalam perjalanan pulang, tiba-tiba mereka

dikejutkan dengan kedatangan sejumlah oknum Polisi yang keluar dari mobil Avanza dan Innova. Disini, para korban langsung dihajar tanpa alasan jelas. “Kami baru selesai ibadah, kemudian mereka (polisi, red) memukul kami. Kata mereka jangan lari. Kami tidak tahu ada masalah apa. Satu Polisi kami kenal inisialnya AK alias Alvons. Karena dia tinggal juga di Winangun,” beber salah satu korban.

Kasus ini telah dilaporkan para korban ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) untuk dilanjutkan penanganannya ke Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulut. Para korban didampingi orang tua, harus mengadukan kejadian tersebut ke Polda Sulut, karena tidak menerima perlakuan yang diduga kuat dilakukan sekelompok oknum Polisi Shabara Polda Sulut.(erel)


PENDAPAT

JUMAT 2 MEI 2014

5

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Keyakinan di titik cemas

Pertautan pengetahuan & kepentingan

TAK lagi kita membahasakan masa silam damai, karena cerita itu sudah ditelan waktu dan musim yang berganti. Saat ini seluruh generasi hanya mengingat sejarah masa lalunya sebagai realitas yang menentukan peradaban materialistik yang dipenuhi bermacam luka kemiskinan, kejahatan hak asasi manusia, pembodohan, eksploitasi, hingga penghancuran karakter sosial masyarakat. Demo memanjang barisannya. Di ruang yang sama, pemanasan global rupanya juga menyentuh soal politik dan imbasnya adalah keberingasan. Hari ini bukanlah jawaban kemarin, kata sebagian orang. Derita rakyat, cerita populer yang disambangi janjijanji. Sumbuh perkara dari ketidakadilan hari lalu sudah sering disuarakan. Implementasi kebijakan yang sering tidak lagi mengindahkan keadilan dan hanya berpihak pada kekuasaan dan uang. Kebijakan pemerintah yang tak pro rakyat itu sudah membuat kemiskinan dan petaka menjadi abadi di bumi kita. Imaginasi sensasi, dan harapan yang terpenjara menggulung mimpi kita selanjutnya. Mengurai kusut pergumulan di benang putus harapan. Benarkah persoalan sekarang bagi sebagian orang sudah bukan perkara yang sulit lagi, karena kita tinggal menyambung dari apa yang sudah dilakukan sebelumnya? Mungkin benar, mungkin juga salah! Karena ada sejumput keraguan mengental, berapa banyak harga diri yang terbayar untuk sosialisasi basi kemakmuran yang tak juga jadi kenyataan. Kabar kita masih merayu-rayu angka, semestinya hal ini mampu menggambarkan yang menjadi bagian dari semua, dan tak hanya bagi mereka yang punya kedekatan dengan kursi kekuasaan saja. Anggap saja ini obrolan kosong. Orang-orang di negeri ini berdebat soal opsi bentuk negara, ada yang berkutat pada model yang selama ini terpelihara, yakni kesatuan dengan otonomi penuh dan luas, ada lagi gagasan yang menuntut opsi bentuk negara serikat. Pastilah kedua opsi itu berbeda. Di dalam negara serikat ada negara-negara bagian; sedang di negara kesatuan yang ada adalah daerah-daerah otonom. Proses pembentukan negara kesatuan dengan otonomi juga berbeda dari pembentukan negara serikat. Otonomi negara kesatuan terbentuk karena daerahdaerah menolak sentralisme. Lupakan saja! Asolutisme kekuasaan masih bertahan menjajah peran dan pemikiran, sementara desas-desus bertahan seperti issue lama pemangkasan hak-hak rakyat. Dewasa ini marak semir mengatakan bahwa rakyat memilih langsung pemimpinnya. Padahal kewenangan pusat masih sangat kentara memaksa dan mengintervensi proses. Dalam dimensi politis, otonomi penuh menunjukkan kebebasan yang besar daerah otonom dalam mengurus rumahtangganya sendiri. Misalnya kepala daerah otonom dipilih langsung oleh rakyat daerah tanpa samasekali ada campurtangan dari pemerintah pusat, kemudian urusan sumberdaya yang seharusnya menjadi bagian dari daerah harus benar-benar jelas kewenangannya. Inilah yang semestinya dikuatkan dan didukung oleh sistem dan pranata di negara kita. Geliat yang menguat saat ini terinspirasi dari kebebasan mutlak yang selama ini masih saja terus tertahan. Rusuh masih terpelihara di bara dalam sekam peradaban yang mengulum otonomi daerah-daerah di negara ini yang hingga kini hanya kabar burung. Luka melebar, oleh sebab kemiskinan hanya menjadi bumbu politik. Di tataran implementasi, pengalaman masa lalu menghentar kabut mimpi sejahtera yang menghalangi jarak pandang masa depan yang masuk akal. Babak sejarah sementara memetakan dirinya sendiri, di saat aksi mulai mengingkari janji berubah dari apa yang menjejak di persoalan hari ini. Dan inilah yang sementara kita jalani, nilai yang dijual saat ini seberat nasib rakyat yang selalu terbeban kepentingan negara. Jalan tak pasti di sistem hilang arah. Luka ricuh makin lebar, debar sosialisasi pencuci luka dengan cuka, ruci peran yang dicerca, sekuat tenaga issue terror menggedor kesadaran semu. Seperti jejak kita yang menuntut suara, karena keadilan merupakan suatu hal yang harus diperjuangkan. Sampai sekarang sistem masih berkeras, sementara sistem itu sendiri menggeluti banyak perkara yang belum dicarikan jalan keluarnya. Sejarah masyarakat telah dibentuk oleh kekejaman sistem yang diberdiri sebagai kekuasaan tirani! Saat ini yang dapat disebut demokrasi adalah apa yang dikabarkan sebagai kebimbangan, dan ujung dari apa yang dapat dikalkulasi di negeri ini yaitu rakyat saling membenci dan saling menghancurkan, di ruang yang sama, kekuasaan diperebutkan elite. Coba mengusik babakan sejarah yang sudah dipilah menurut zamannya. Keinginan sering salah diucap, bahkan banyak mengglobalisir perkara dengan bingkai mewakili banyak suara. Issue boros dan cadangan yang semakin habis terkuras. Kita punya banyak alternatif membeli iklan dan terperangkap pada ketergantungan. Mungkin soal kemiskinan yang ditolak di banyak lokasi, serta kejenuhan yang terus membacakan kepedihan airmata saat petaka menginginkan korban lebih dari nasib dan takdir. Neraca kebenaran, pasal-pasal berita menguak, dan aspirasi banyak yang belum mau didengar. Bukan pada sejumlah perkara belum tuntas saja, kisah pahit ini ada kontinuitas peran yang didukung sistem. Geger fitnah yang ditakuti, mereka yang merancang kegelisahan dalam kebencian ambigu. Kita pasti cemas terhadap judul-judul yang mengungkap, angka kecurangan menggelembung, terancam, penentuan akhir yang masih berlanjut ceritanya karena batas memang bukan pada suatu titik di mana waktu ditera. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Mayday 2014 menuju perubahan kesejahteraan buruh yang lebih baik (Mengukur Partisipasi Buruh Dalam Pesta Demokrasi bagian 2/selesai)

Faturahman Dewantara : Penulis adalah Aktivis pada Lembaga Kajian Pertahanan Sipil , pemerhati masalah sosial DI tetapkannya 1 Mei sebagai hari libur nasional, membuat hari buruh sedunia kini menjadi salah satu hari yang terbilang istimewa. Di karenakan tidak semua hari besar bisa masuk dalam deretan hari libur nasional. Seperti halnya untuk hari kesaktian pancasila, sumpah pemuda, hari ibu ataupun

hari bersejarah lain, misalnya. Penetapan hari buruh menjadi hari libur nasional ini pun dikuatkan dengan kepres no 24 tahun 2013 pada akhir Juli lalu. Dalam akun Twitternya @SBYudhoyono , Presiden mengatakan telah menandatangi Peraturan Presiden pada Senin (29/7) yang mengesahkan 1 Mei sebagai hari libur nasional. “Hari ini (Senin 29/7) saya tetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional dan dituangkan dalam Peraturan Presiden,” kata

HAM & kebebasan beragama (11) Oleh: Siti Musdah Mulia Takenfrom: http://www.icrp-online.org DEMIKIAN juga tidak perlu ada istilah agama induk dan agama sempalan. Jangan lagi ada istilah agama resmi dan tidak resmi atau diakui dan tidak diakui pemerintah. Setiap warga negara mendapatkan hak kebebasannya dalam menentukan pilihan agamanya. HAKKEBEBASAN BERAGAMADALAM RUUKUHP Mengamati RUU KUHP, khususnya berkaitan dengan pasal-pasal yang memuat soal tindak pidana terhadap agama terkesan tiga hal. Pertama, bahwa RUU ini sangat ambisius mengatur soal agama. Pada UU KUHP sebelumnya masalah agama hanya diatur dalam satu pasal, yaitu pasal 156 a tentang tindak pidana terhadap tindakan penodaan pada suatu agama yang dianut di Indonesia. RUU sekarang merumuskan soal agama dalam suatu bab khusus yang dinamakan Tindak Pidana terhadap Agama dan Kehidupan Beragama, terdiri dari dua bagian. Pertama, soal tindak pidana terhadap agama dan kehidupan beragama; dan kedua, soal tindak pidana terhadap kehidupan beragama dan sarana ibadah. Seluruhnya tercakup dalam 8 pasal, yakni pasal-pasal 341, 342, 343, 344, 345, 346, 347, dan 348. Kedua, RUU ini sangat rinci mengatur soal kehidupan beragama. Mungkin tujuan semula dari para penyusun RUU tersebut adalah agar ketentuan dalam pasal-pasal Tindak Pidana terhadap Agama dan Kehidupan Beragama itu tidak menjadi pasal karet. Dapat ditafsirkan sesuai keinginan siapa saja sehingga menyulitkan bagi hakim atau pengambil keputusan untuk menetapkan keputusan yang adil dan diterima semua pihak. Akan tetapi, meskipun semakin rinci bunyi pasal-pasal tersebut tetap saja multi tafsir. Sebab, agama adalah hal yang sangat abstrak karena berada di wilayah yang paling privat dalam kehidupan manusia. Sebaliknya, agama sangat terbuka untuk penafsiran, tergantung siapa yang menafsirkan dan motivasi apa yang bermain di balik penafsiran itu. Ketiga, RUU ini sangat diskriminatif terhadap agamaagama di luar agama resmi atau kelompok minoritas sehingga dapat menjadi pembenaran bagi munculnya kekerasan atas nama agama. Sebab, ada kesan mendalam bahwa pasal-pasal dalam RUU itu hanya melindungi agama, masyarakat, negara dalam konteks peraturan yang berlaku saat ini di tanah air. Dengan demikian, perlindungan dan proteksi yang dibangun dalam RUU ini hanya ditujukan kepada agama-agama yang diakui secara resmi oleh pemerintah melalui berbagai peraturan, yaitu 6 agama saja: Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu . (bersambung)

Presiden dalam tweet-nya. Saat mengunjungi sejumlah pabrik di Surabaya pada 1 Mei 2013 Presiden mengatakan telah memutuskan untuk menetapkan tanggal tersebut sebagai hari libur nasional sehingga baik perusahaan maupun para buruh bisa memperingati hari buruh internasional. Meski hakekatnya para buruh lebih butuh kesejahteraan ketimbang hari libur nasional. Namun di harapkan dengan berawalnya penetapan ini, menandakan etikat baik untuk semua pihak (baik dari pengusaha, pemerintah sebagai penengah dan juga para buruhnya sendiri). Sudah selayaknya kaum buruh kita dihargai dengan diberi upah yang memadai, fasilitas jaminan sosial yang baik, karena tanpa mereka kaum pemilik modal tidak akan pernah menjalankan usahanya. Selain itu, pada hakikatnya pemerintah tidak pernah melarang para buruh untuk mengekspresikan keinginan dan harapannnya melalui kegiatan aksi atau untuk rasa, namun hendaknya tidak mengganggu kepentingan umum apalagi

merusak fasilitas publik. Penetapan tanggal 1 Mei sebagai hari buruh nasional menjadi bukti kepedulian pemerintah terhadap kaum buruh. Pemanfaatan tanggal 1 Mei sebagai ruang ekspresi diri kaum buruh tentu menjadi hal yang sangat dapat dipahami. Sehingga kaum buruh tidak perlu mengekspresikan keinginan dan harapannya secara berlebihan dan juga melalui cara-cara yang melanggar ketentuan, apalagi melihat situasi perekonomian kita yang berada pada posisi yang terimbas oleh dampak perkembangan ekonomi global, sehingga semua pihak dapat menahan diri agar situasi perekonomian tetap kondusif dan justru tidak merugikan kalangan buruh itu sendiri. Peringatan Hari Buruh jangan sampai ditunggangi oleh kepentingan segelintir pihak yang mempolitisasi buruh untuk tujuan-tujuan tertentu yang pada akhirnya juga tidak membawa perubahan kesejahteraan yang lebih baik. . Hal ini menjadi sangat penting agar tujuan dari aksi buruh lebih terorganisir dan terstruktur dengan konsep perjuangan yang jelas yaitu

meningkatkan kesejahteraan buruh namun disertai makin meningkatnya iklim investasi serta perekonomian Indonesia. bukan melakukan aksi tanpa visi bahkan anarkis. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebentar lagi Indonesia akan kembali menyambut pesta Demokrasi, yaitu Pemilihan Presiden yang akan dilakukan pada bulan Juli 2014. Terkait hal tersebut, kiranya aksi buruh jangan sampai dipolitisir atau di tunggangi oleh kepentingan politik kelompok-kelompok tertentu. Buruh harus mampu bersikap profesional. Semoga kesejahteraan buruh di Tahun 2014 semakin meningkat dengan terpilihnya Kepemimpinan Nasional yang berpihak pada perbaikan nasib rakyatnya termasuk buruh didalamnnya serta bermental negarawan yang tulus melayani rakyatnya, untuk itu manfaatkan partisipasi politik buruh melalui Pilpres pada 9 Juli 2014, gunakan hak pilih anda selama 5 menit yang menentukan untuk 5 tahun kedepan...

“Mengawal hasil pemilu legislatif 2014 untuk parlemen yang lebih baik” *Dharma. A.Yudha : Penulis peneliti pada Lembaga Kajian Nusantara Bersatu. BAGIAN 2 SETIAP suara yang didapat adalah sederet harapan akan pilihan yang tepat. Suara yang diberikan tentu saja akan turut mempengaruhi masa depan bangsa ini. Demokrasi tidak hanya berbicara tentang “memilih”, tapi bagaimana pilihan itu membawa perubahan yang berarti. Demokrasi juga menyangkut persamaan hak di banyak bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan kebebasan untuk berpendapat. Namun demikian, ini tak berarti bahwa segala hal sah dilakukan karena dilatarbelakangi demokrasi. Pandangan politik yang sehat dan dibarengi dengan implementasi yang matang tentunya akan

mewujudkan sesuatu yang kehadirannya ditunggu. Kesejahteraan sosial, terciptanya perdamaian, rasa persatuan dan kesatuan yang semakin tertanam, dan hal-hal lain yang menunjang kenyamanan setiap warga negara. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan bahwa semangat Pemilu itu dapat terwujud apabila seluruh komponen bangsa yang saling bahu-membahu mendukung pelaksanaan Pemilu sesuai aturan perundang-undangan dan penghormatan hak-hak politik setiap warga negara. Gamawan menambahkan bahwa upaya untuk memperbaiki kualitas pelaksanaan Pemilu merupakan bagian dari proses penguatan demokrasi serta untuk mewujudkan tata pemerintahan yang efektif dan efisien. Suksesnya

Pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggaraan Pemilu dan peserta Pemilu semata. Namun, harus didukung pula oleh seluruh pemangku kepentingan Pemilu demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan. Standar pemilu demokratis menyatakan bahwa pemilu yang jujur dan adil (free and fair elections) dapat dicapai apabila tersedia perangkat hukum yang mengatur semua proses pelaksanaan pemilu, sekaligus mampu melindungi para penyelenggara,peserta, kandidat, pemilih,pemantau,dan warga negara pada umumnya dari ketakutan, intimidasi, kekerasan, penyuapan, penipuan, dan berbagai praktik curang lainnya yang akan mempengaruhi hasil pemilu. (bersambung)

KITA pernah bicara hal ini juga pada ruang yang sama, dan berharap setiap harinya supaya terjadi kesadartahuan masyarakat terhadap posisi mereka yang kian terancam, seraya mempersiapkan suatu strategi untuk boleh survive menghadapi tantangan yang semakin hari semakin menajam. Berapa banyak waktu yang terbuang dan menajdi percuma? Berapa banyak strategi yang digagas dan hanya menjadi wacana tanpa implementasi? Wacana pemerataan, kemandirian, Land Reform, eksploitasi, kedaulatan bangsa, dianggap purba dan tidak relevan. Ketika sebuah negara ngotot di luar koridor konsensus, maka ia dituduh tak bersahabat dengan pasar dan merusak kepercayaan investor. Pasar telah berdaulat, menjadi dewa yang berada di atas segala-galanya. Kapitalisme global yang dipercaya akan mempercepat pembangunan ekonomi dan mengurangi kemiskinan, justru mengalami krisis. Kesenjangan merupakan momok mengerikan abad ini karena ruang rakyat dibiar tandus dan kering. Apa yang dapat kita lakukan dari realita yang sementara menggilas hingga ke relung kampungkampung? Berapa banyak lagi manusia yang akan terpinggir karena strategi yang ia cipta ternyata tidak lagi relevan dengan kebutuhan zaman ini. Agaknya hegemoni intelektual sementara bertransformasi menjadi totalitarianisme intelektual, sebab telah menggilas indigenouse intellectual dan sekaligus menimbulkan ketergantungan intelektual berupa data, analisis, dan penjelasan yang telah ada. Saat ini terjadinya pertautan pengetahuan dan kepentingan, sulit disangkal. Ketika sebuah pengetahuan secara konseptual diterima, maka seperangkat nilai, cara berpikir, gaya hidup, merasa dan berselera, akan menjadi model. Dan ia diyakini sebagai preferensi, terhadap realitas kekinian dan harapan masa depan. Dengan demikian, muluslah agenda dan kepentingan yang telah bercokol. Hegemoni intelektual tersebut merobohkan intelektualisme yang dibangun dan dikembangkan sendiri oleh negara berkembang, seperti yang dicemohkan pada negara kita yang tetap sebagai negara berkembang dan tak majumaju. Bagi negara berkembang, sulit membangun argumentasi yang kokoh, akibat kurang didukung sumberdaya, software maupun hardware yang memadai. Otoritas sumbersumber penghidupan di daerah, yang dikelola baik pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya, belum terbina perspektif yang sama terhadap pengembangan potensi di daerah. Seperti itu juga, ekonomi kerakyatan semakin miris oleh terpinggirnya pedagang kecil, padahal ekonomi kerakyatan sangat pantas untuk menjamin ketersediaan berbagai kebutuhan di daerah kita. Inilah yang seharusnya kita sadari dewasa ini, bila tidak ingin keterpurukan dan krisis akan terus berlanjut. Bagaimana membina perspektif yang sama? Saya kira semua pihak harus duduk bersama dan membincangkan hal ini. Tonaas Tinamburi Minahasa – Sulut

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Donny Wungow. REDAKTUR PELAKSANA: Glenly Bagawie. KOORDINATOR LIPUTAN: Stenly Lumempouw. KOORDINATOR BIDANG: Tonny Mait, MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Stenly Lumempouw, Tonny Mait. REDAKTUR: Hanny Rais REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando, Ronald Sumakul, Lukman R Hadji. KEPALA BIRO: Tonny Mait (MANADO), Glenly Bagawie (TOMOHON), Ronald Rompas (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempow (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Yunita Datalamon (KOTAMOBAGU-BOLMONG), Faruk Langaru (BOLTIM), Chandra Paputungan (BOLSEL), Kurniawan Golonda (BOLMUT). KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Denny Poluan (Minahasa, Tondano, Tomohon, Mitra), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minsel), Marchel Wowor, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta, D Iman, Cipta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestaripress, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 50.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) NO REK: 001 01.52.000663-1 Bank Sulut a/n PT. Sulut Lestaripress TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


KETAWA ASYIK Jika terjadi ledakan nuklir AHLI senjata nuklir datang ke suatu kesatuan tentara memberi kuliah tentang pengetahuan nuklir kepada para prajurit. Seusai kuliah, ahli itu mengajukan sebuah pertanyaan: “Saat terjadi ledakan nuklir bisa terjadi gejala utama apa saja?” Seorang prajurit menjawab: “Pertama-tama ialah, bisa ada banyak orang berhamburan lari keluar melihat barang yang sangat langka itu.”(*)

ANAK SEKOKAH YANG INGIN KREATIF

REKA MAU MEREKA

Have fun bareng keluarga

Memesan masakan Perancis SEORANG pemuda Inggris mengundang ceweknya pergi makan di sebuah restoran Prancis, namun ia tidak mengerti bahasa Prancis dan tak tahu apa yang ditulis di menu yang terletak di atas meja makan itu. Tetapi ia juga tidak mau memperlihatkan ketidaktahuan dirinya di hadapan sang cewek, maka itu sambil menunjuk beberapa baris huruf yang tertera di atas menu, ia akhirnya berkata kepada pelayan resto: “Kami memutuskan pesan beberapa macam masakan ini!” Sesudah melirik sekilas daftar menu itu, si pelayan berkata dengan tersenyum: “Maaf Pak, ini adalah daftar lagu instrumentalia untuk pemain musik kami.”(*)

Peralatan stasiun pemancar radio

CHACA

LISA

BIKIN acara barbeque sederhana di rumah. Terus undang semua anggota keluarga besar untuk datang dan makan bareng mereka. Seru banget! Karena semuanya kumpul, jadi makin akrab sama keluarga besar.

PIKNIK ke puncak atau lokasi wisata yang jauh dari kota bareng keluarga besar. Ajak kakek, nenek, oom, tante dan sepupu. Karena pasti seru kalau piknik bareng mereka. Dan abadikan moment di gadget. Hehehe...(*)

SEJUMLAH peralatan baru stasiun pemancar radio sudah selesai dibagi ke masing-masing satuan. Rom, operator radio, sesudah mencoba menjalankannya sebentar, dengan terkejut gembira melapor kepada komandannya. “Lapor, Pak Kapten, peralatan stasiun pemancar radio tipe baru ini benar-benar cukup baik, ia bisa menerima semua sinyal stasiun pemancar radio dari seluruh dunia.” “Wah, kalau begitu baik sekali dong!” jawab sang Kapten. “Tetapi,” kata Rom lebih lanjut, “Ia juga masih ada kekurangannya. Ia hanya bisa menerima semua sinyal stasiun pemancar radio pada waktu yang sama dan pada frekuensi yang sama pula.”(*)

Weekend telah tiba, saatnya family time! Setelah lima hari sibuk dengan rutinitas sekolah dan menghabiskan waktu bareng pacar dan sobat, saatnya kita bersenang-senang bareng keluarga. Penginnya sih, nggak cuma sekedar ngumpul di rumah atau ngobrol biasa. Nah! Coba share cara kamu have fun bareng kelarga. (lia)

Menala piano PENALA piano: “Sorry, Pak, aku adalah seorang penala piano profesional. Aku kemari karena mendapat panggilan untuk menala piano.” Tuan rumah: “O? Tapi aku tak pernah mengundang kamu kemari untuk menala pianoku.” Penala piano: “Ini aku tahu. Yang mengundang aku kemari adalah tetangga-tetangga Bapak.”(*)

Keuntungan membeli rumah SEORANG pengembang real estate sedang mempromosikan rumah kepada seorang pembeli. Pengembang: “Rumah ini memiliki beberapa keuntungan dan kerugian.” Pembeli: “Oh ya? saya ingin tahu dulu apa kerugiannya.” Pengembang: “Di sebelah timur rumah ini ada tempat pembuangan sampah, di sebelah baratnya ada pabrik cuka, terus di sebelah selatannya ada pabrik karet & di sebelah utaranya ada tempat penampungan limbah pabrik.” Pembeli: “Kalau begitu, apa dong keuntungannya?” Pengembang: “Keuntungannya, anda akan selalu tahu dari arah mana angin bertiup.”(*)

Suka berbagi SEORANG anak muda sedang terheran-heran melihat pasangan tua yang sedang menikmati makan siang di sebuah restauran fast food. Sang suami terlihat membagi burger yang mereka pesan menjadi dua begitu pula dengan kentang gorengnya dibagi dua juga. Tak berapa lama Sang suami makan burger bagiannya dan kentang goreng. Sementara Si Istri terlihat diam dan tenang dengan tangan terlipat. Si pemuda yang iba kemudian mendatangi pasangan tersebut. Pemuda: “Pak . . Bu, boleh saya membelikan Anda sebuah burger dan kentang goreng?” Ibu: “Untuk apa, Nak? Kami memang selama ini selalu berbagi sebagaimana suami-istri, dan kami senang melakukannya.” Pemuda : “ antas mengapa Ibu diam saja dan tidak makan “ Ibu : “ hh, sekarang saatnya suami Saya menggunakan gigi palsu itu.”(*)

JUST FOR U

Hewan-hewan ini bisa mengurangi stres BANYAK cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi stres. Salah satunya yaitu menghabiskan waktu dengan binatang peliharaan kesayangan kita. Hewan-hewan ini akan menjadi terapist kita dan meningkatkan level dopamin pada tubuh kita secara alami. Berikut ini merupakan beberapa hewan yang bisa mengurangi stres kita secara efektif seperti yang dilansir oleh healthmeup.com.

1. Kuda Pada sebuah penelitian telah dibuktikan bahwa para remaja yang memiliki kegiatan berkuda, merawat serta memelihara kuda akan memiliki hormon stres yaitu cortisol yang jauh lebih rendah daripada yang tidak. Kegiatan berkuda ini rupanya juga mencegah terjadinya nyeri otot serta membentuk tubuh agar menjadi lebih indah dan kuat. Berkuda juga

meningkatkan mobilitas, reflek dan percaya diri. 2. Anjing Anjing merupakan hewan yang setia dan bisa membantu manusia untuk menghilangkan depresi, sedih, dan juga stres. Anjing merupakan kawan yang baik. Memelihara anjing ternyata sehat lho. Kita bisa menurunkan resiko terjadinya serangan jantung dan juga darah tinggi.

3. Kucing Memelihara kucing bisa menurunkan tingkat stres dan juga meningkatkan kesehatan jantung. Sama seperti anjing, kucing merupakan sahabat yang baik bagi manusia. Kelebihan memelihara kucing yaitu mereka nggak terlalu butuh diperhatikan. Berbeda dengan anjing yang terkesan sedikit lebih ‘manja’ daripada kucing.(vmal)

ASAL LOE TAU AJA

Helikopter tempur dikendalikan remote control TIM peneliti dari Amerika Serikat sedang merancang inovasi terbaru di dunia teknologi dan penerbangan, yaitu helikopter yang dikendalikan dengan remote control. Tak tanggungtanggung, helikopter remote control tersebut adalah jenis Black Hawk. Teknologi sekarang ini tengah menyoroti pesawat tanpa awak bernama Drone yang dapat

dikendalikan remote control. Drone yang memiliki ukuran setengah sepeda motor itu juga sudah digunakan untuk misi peperangan. Namun karena bentuknya yang kecil, Drone hanya digunakan untuk mengirim paket barang. Sedangkan helikopter berjenis Black Hawk adalah helikopter pengangkut pasukan tentara yang sering digunakan dalam misi peperangan. Sayangnya,

SERVICE SPRINGBED, KURSI UKIR & KURSI SUDUT BERBAGAI MACAM MEREK, UKURAN & JENIS KERUSAKAN SPRINGBED KURSI UKIR, DAN KURSI SUDUT ANDA !!!

UNTUK SPRINBED

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI MODEL TAMBAH UKURAN UNTUK KURSI UKIR DAN KURSI SUDUT

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI KAYU CAT BARU

PESANAN KHUSUS MEMODIFIKASI SPRINGBED HASIL & KWALITAS DIJAMIN MEMUASKAN HUBUNGI

TOKO MEDAN JLN. LEMBONG NO.16 MANADO

CONTACT PERSON HP. 085398766171 081340050546

Black Hawk yang diharuskan melayang diam di udara saat menurunkan pasukan kerap jadi santapan emas para musuh dengan senjata rocket launcher. Karena itulah, teknologi remote control Black Hawk, atau yang disebut Optionally Piloted Black Hawk (OPBH), dirancang untuk menghindari gugurnya pilot apabila terkena seranga roket musuh. Helikopter Black Hawk

JUMAT 2 MEI 2014 ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

ASYIK

dengan remote control tak memiliki beda dengan Black Hawk konvensional. Sama-sama bisa mengangkut pasukan, hanya saja pergerakannya dikendalikan oleh pilot yang berada di tanah. Pilot OPBH sama halnya seperti sedang bermain helikopter remote control mainan. Sedangkan untuk menghindari berbagai masalah

6

TIPS ASYIK

Perawatan setelah memasang kawat gigi BAGI kita yang memakai kawat gigi, pasti awalnya agak aneh. Organ mulut seperti terasa penuh dan suka merasa khawatir saat makan di luar. Khawatir takut sisa makanan yang kita makan nyangkut pada kawat gigi. Beberapa pengguna kawat gigi bahkan pada awalnya menderita sariawan. So, bagaimana perawatan bagi kita yang menggunakan kawat gigi ini? RAJIN GOSOK GIGI Pada umumnya, gosok gigi dilakukan minimal dua kali dalam sehari yakni pagi dan malam hari menjelang tidur. Sedangkan bagi kita yang menggunakan kawat gigi, sebaiknya kita menggosok gigi sesering mungkin. Kalau perlu, kita bisa membawa sikat gigi keluar rumah apalagi kalau mau makan di luar rumah. KUMUR DENGAN OBAT KUMUR Jangan lupa juga rajin kumur dengan obat kumur. Gunanya, selain untuk mencegah pertumbuhan kuman dalam organ mulut juga untuk menghindari bau mulut. Berkumur ini biasanya dilakukan setelah kita menggosok gigi. MEMBERSIHKAN SELASELA GIGI Kalau nggak sempat membawa sikat gigi saat di luar, sebaiknya kita serajin mungkin membersihkan selasela gigi kita. Terutama sehabis makan di mana makanan akan mudah sekali nyangkut pada gigi yang menggunakan kawat gigi.(vmal)

dari OPBH tersebut, misalnya seperti kehabisan baterai atau pengiriman sinyal remote control dengan helikopter tak berjalan baik, tim membuat sistem pemantau khusus OPBH. Sistem bernama Matrix itu akan memantau segala pergerakan serta mesin helikopter, dan memiliki kendali untuk mengambil tindakan sendiri sesuai perintah manusia atau otomatis.(okez)


OLAHRAGA

7

JUMAT 2 MEI 2014

Skuad Indonesia Thomas-Uber dirilis PP PBSI telah memilih 20 pebulutangkis terbaik untuk memperkuat tim Indonesia di ajang Piala Thomas dan Uber 2014 yang bakal diselenggarakan pada 18-25 Mei 2014 di New Delhi, India. Sebelumnya, 33 pemain terpilih masuk tim bayangan, namun berdasarkan kuota yang telah ditentukan oleh BWF (Badminton World Federation), tim Piala Thomas dan Uber hanya dapat diisi oleh masing-masing 10 orang atlet. Proses pemilihan pemain

ditentukan dari berbagai penilaian oleh manajer tim dan tim pelatih. Mulai dari performa tiap pemain pada sejumlah turnamen, karantina, serta simulasi yang dilangsungkan di Solo, Jawa Tengah. Tak hanya dilihat dari segi ranking dunia si atlet, namun kesiapan dan komitmen pemain juga menjadi pertimbangan. Tommy Sugiarto yang terpilih masuk tim Thomas, akan menjadi ujung tombak skuad Merah-Putih. Saat ini

Haru ... Dari Halaman 7 Hasil tersebut membuat El Derbi Madrileno terjadi di partai puncak, mengingat sehari sebelumnya Real Madrid telah terlebih dahulu memastikan satu tempat di final. “Hari ini benar-benar momen yang sangat cantik dan penting dalam sejarah klub. Namun yang membuat saya lebih bahagia lagi adalah karena berhasil mencapai final, demi para suporter yang telah mengeluarkan banyak uang untuk mendukung kami langsung di sini,” tegas El Cholo seperti dilansir oleh Canal Plus. “Saya ingin berterima kasih kepada ibu dari para pemain saya, mereka telah melahirkan pria-pria bernyali besar. Bukan hanya mampu terus berlari, namun mereka juga sangat bagus dalam membaca taktik permainan.” Tiga gol Atletico dibukukan oleh Adrian, Diego Costa, dan Arda Turan, sementara Chelsea sebenarnya mampu unggul lebih dulu melalui gol Fernando Torres. Gelandang Atletico Madrid, Tiago mengungkapkan pendapatnya terkait kemenangan bersejarah yang diraih timnya di kandang Chelsea. Menurut pria yang juga pernah bermain untuk The Blues ini, salah satu faktor penting yang menentukan kekalahan tuan rumah adalah pola permainan menyerang yang mereka terapkan. Chelsea memang nampak lebih bernafsu untuk mencetak gol dalam laga semalam, terutama setelah Atletico mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. “Sungguh tidak mudah bertanding di Stamford Bridge, namun kami tahu bahwa Chelsea akan bermain menyerang. Mereka butuh mencetak gol,” ungkap pemain 32 tahun ini seperti dilansir Sky Sports. “Kami justru percaya diri karena bermain away. Setelah kami mencetak satu gol tandang, mental pemain Chelsea jatuh. Kami sudah memprediksi bahwa di babak kedua mereka akan memainkan sepakbola menyerang, yang berarti menyisakan banyak ruang untuk dieksploitasi di lini belakang mereka.” Chelsea lebih dahulu unggul melalui gol Fernando Torres sebelum tim tamu menyamakan kedudukan lewat kaki Adrian. Dua gol dari penalti Diego Costa dan juga Arda Turan memungkasi asa tuan rumah untuk lolos ke final. Hapus Fobia Atletico Madrid pantas melaju ke final Liga Champions musim ini, terutama karena mereka bisa mencatat penampilan solid demi menghapus rekor buruk di Inggris. Los Rojiblancos menggulung Chelsea 3-1 pada leg kedua semifinal di Stamford Bridge demi menapak ke babak puncak di mana mereka bakal bersua sang tetangga, Real Madrid bulan depan. Dan itu diraih dengan catatan sebagai satu-satunya tim yang belum kalah di turnamen musim ini (9 kali menang, 3 kali imbang) Selain itu, anak asuh Diego Simeone juga menghapus karma di ranah Inggris yang sudah bertahan selama 17 tahun. Dari sembilan lawatan sebelumnya di kompetisi Eropa, Atleti hanya menang sekali yakni kontra Leicester City pada 1997 silam. Atletico juga membuktikan mereka lebih pantas ke final setelah menumbangkan rekor solid Chelsea kontra tim Spanyol. Dari 16 partai sebelumnya di Liga Champions, The Blues belum pernah sekalipun mengecap kekalahan (menang 6 kali, imbang 10 kali).(blnt)

Tommy yang berada di peringkat lima dunia, memiliki ranking dunia tertinggi di jajaran pemain tunggal Indonesia lainnya. Sedangkan Simon Santoso yang prestasinya tengah melejit usai memenangkan Singapore Open Super Series 2014, juga bakal mengisi slot tunggal putra. Pasangan terkuat dunia milik Indonesia, Hendra Setiawan/ Mohammad Ahsan, bakal menjadi andalan untuk mengamankan poin di nomor ganda. Dari deretan nama tunggal putra, terdapat nama Ihsan Maulana Mustofa, pebulutangkis yang belum genap berusia 19 tahun. Peraih medali perunggu BWF World Junior Championships 2013 ini merupakan pemain termuda dalam tim Piala Thomas Indonesia 2014. “Berdasarkan penilaian dari banyak faktor, kami telah memilih pemain-pemain dan membentuk tim terbaik. Semua pemain bagus, tetapi kuotanya terbatas, kami hanya bisa memilih sepuluh pemain. Kami berharap bisa membawa kembali Piala Thomas ke TanahAir,” kata Christian Hadinata, manajer tim Piala Thomas. Sementara itu di tim Uber, peraih medali emas SEA Games Myanmar 2013, Bellaetrix Manuputty, juga masuk di tim inti bersama Linda Wenifanetri. Begitu juga kapten timAdriyanti Firdasari yang melanjutkan tugasnya memimpin tim Uber hingga ke India nanti. “Penentuan pemain di tim inti Piala Uber tidaklah mudah. Keputusan ini lahir dari diskusi panjang selama di karantina, simulasi dan sebagainya. Kami juga banyak menerima masukan

tak hanya dari pelatih, namun dari pakar serta mantan pemain yang berpengalaman di Piala Uber. Pemilihan pemain bukan dilihat dari segi teknis saja, tetapi segi non teknis seperti pengalaman dan kematangan di lapangan,” ujar Imelda Wiguna, manajer tim Piala Uber Indonesia. “Inilah tim dengan komposisi pemain-pemain terbaik kami, semoga kami dapat meraih hasil maksimal. Kami mohon doa restu dan dukungan masyarakat Indonesia untuk tim Piala Uber,” tambah Imelda.

Para pemain yang tergabung dalam tim inti menjalani latihan bersama di Pelatnas Cipayung mulai 28 April hingga 12 Mei mendatang.Anggota tim Piala Thomas dan Uber juga akan bertolak ke Bogor, Jawa Barat, pada 2-3 Mei 2014 untuk mengikuti program team buliding. Tim Piala Thomas dan Uber bakal dilepas pada 5 Mei 2014 di Pelatnas Cipayung, bertepatan dengan acara HUT PBSI. Tim ofisial dan pemain akan berangkat ke India pada tanggal 13 Mei 2014.(inlc)

BERIKUT SUSUNAN TIM THOMAS & UBER INDONESIA 2014 TIM PIALA THOMAS 1. Tommy Sugiarto 2. Dionysius Hayom Rumbaka 3. Simon Santoso 4. Ihsan Maulana Mustofa 5. Hendra Setiawan 6. Mohammad Ahsan 7. Rian Agung Saputro 8. Angga Pratama 9. Berry Angriawan 10. Ricky Karanda Suwardi TIM PIALA UBER 1. Linda Wenifanetri 2. Bellaetrix Manuputty 3. Adriyanti Firdasari 4. Maria Febe Kusumastuti 5. Greysia Polii 6. Nitya Krishinda Maheswari 7. Pia Zebadiah Bernadet 8. Rizki Amelia Pradipta 9. Tiara Rosalia Nuraidah 10. Suci Rizki Andini

Mohammad Ahsan/ Hendra Setiawan (Foto: Badmintonindonesia.org)

Berselingkuh ... Dari Halaman 7 Gregoraci, pengisi 7 acara di RAI sejak tahun 2002, memberikan servis kepada sang juru bicara kementerian luar negeri. Sejak kasus itu, RAI tidak lagi bekerjasama dengan perempuan kelahiran Soverato, 8 Februari 1980 ini. Padahal, karier Gregoraci sempat begitu tergantung pada saluran televisi yang memiliki tiga channel ini. Tahun 2002, Gregoraci memulai debut dalam acara Destinazione Sanremo di Rai 2. Tahun-tahun berikutnya, ia pun menjadi presenter Libero (2004), Starflash (2004), BravoGrazie (2004), Ritorno al presente (2005), dan Il malloppo (Rai 1, 2006). Reuni dengan RAI baru terjadi pada 2010 lalu kala perempuan bertinggi 176 cm tampil dalam acara L’estate sta finendo (Rai 1, 2010). Adakah efek perselingkuhan terlarang itu untuk Elisabetta Gregoraci? Jawabannya tidak. Mantan

finalis Miss Italia tahun 1997 ini justru semakin terkenal. Bahkan, kemudian ia melabuhkan hati pada Flavio Briatore, yang pernah menjadi bos Renault. Keduanya menikah pada musim semi tahun 2008. Hampir dua tahun, Gregoraci melahirkan buah cintanya, Falco Nathan, pada 18 Maret 2010. Kontroversi memang menjadi bagian penting dalam karier Elisabetta Gregoraci. Seperti kebanyakan model Italia, butuh wajah sensual, kulit kecoklatan, dan tubuh seksi untuk mendapatkan perhatian publik. Gregoraci mendapatkannya sejak tahun 1997 kala mengikuti

ajang Miss Italia. Meski tak menang, popularitas didapatkannya dengan mudah. Setelah malang melintang di televisi, pada tahun 2005, ia berpose dengan 12 showgirl lain untuk kalender Woman for Planet 2006. Kalender foto ini dijual sebagai bonus majalah lifestyle GOO!. Penjualan kalender ini disumbangkan untuk perlindungan hutan di Bolivia. Setelah sempat didepak oleh RAI, Gregoraci ditolong oleh sang penggila wanita, Silvio Berlusconi. Bos AC Milan ini menempatkan Gregoraci di acara Buona Domenica sebagai presenter. Tuahnya, sejak saat itu ia

menjadi pembawa acara yang mumpuni di televisi Italia. Perempuan bermata

coklat ini sedikit “tenang” setelah menikah. Namun, foto-foto sensualnya, tetap

akan dicari oleh lelaki normal mana pun di dunia.(sdmc)

Momen ... Dari Halaman 7 Belum lagi atmosfer di San Siro yang menurutnya akan selalu menghadirkan emosi dari kedua fans. Selain itu, Ranocchia berkomentar tentang banyaknya kritikan yang menerpa striker Milan, Mario Balotelli. Menurut dia, Balotelli tetap pemain yang berbahaya, hanya saja mungkin mantan pemain Manchester City tersebut tidak dalam kondisi onfire. “Mario (Balotelli) masih pemain berkualitas, gabungan antara teknik dan fisik. Itu normal terkadang Anda

mendapat momen seperti yang dia hadapi sekarang dalam kariernya. Tapi, dia masih mencetak banyak gol musim ini,” ucapnya. GALLIANI ‘UNGGULKAN’ NERAZZURRI CEO AC Milan Adriano Galliani menyematkan status unggulan kepada sang rival sekota Internazionale untuk partai derby di giornata 36 Serie A akhir pekan nanti, Senin (05/5). Pada pertemuan pertama musim ini, dengan berstatus sebagai tim tandang, Milan ditekuk Nerazzurri 0-1 lewat gol tunggal Rodrigo Palacio. Kali ini, meski ganti menjadi tuan rumah, Galliani yakin bahwa Rossoneri tidak djagokan untuk bisa meraih kemenangan. “Derby? Inter jelas lebih diunggulkan,” kata Galliani seperti dilansir Football Italia. “Namun, kami belum pernah memenangi derby sejak terakhir kali kami meraih Scudetto (2011). Saya rasa, ini waktu yang tepat untuk memutus catatan negatif tersebut,” imbuhnya. Selain memutus streak buruk, Milan juga butuh kemenangan untuk bisa lolos ke Eropa musim depan. Hanya saja, itu tidak akan mudah. Pasalnya, Inter juga punya misi yang sama. Penyerang muda milik AC Milan, Stephan El Shaarawy, berharap dirinya bisa ikut ambil bagian dalam laga akbar di akhir pekan ini yang mempertemukan timnya dengan Internazionale, alias Derby Della Madoninna. Sejatinya, El Shaarawy baru saja absen lama dari lapangan hijau karena mengalami cedera kaki. Ia sudah tak bermain sejak bulan September lalu. Kini, tampaknya ia sudah mulai pulih dan ingin membantu Rossoneri memenangkan laga kontra Inter tersebut agar bisa mengamankan satu tempat di Liga Europa musim depan. “Saya berharap bisa bermain di laga tersebut. Kaki saya mungkin tak kuat bermain selama 90 menit. Namun,

masih ada kemungkinan untuk bisa bermain selama 2030 menit di babak kedua,” jawabnya ketika ditanya oleh La Gezetta dello Sport tentang peluangnya bermain di laga tersebut. “Saya ingin membantu Milan masuk ke Liga Europa musim depan,” sambung pemain berusia 21 tahun tersebut. DEMI MILANISTI Sementara itu, penyerang AC Milan, Giampaolo Pazzini, menyatakan ingin memberikan kebahagiaan pada para Milanisti dengan cara mengalahkan Internazionale pada akhir pekan ini. Derby della Madonnina alias laga derby duo klub Milan memang akan tersaji pada hari Minggu mendatang di San Siro. Laga itu teramat penting, terutama bagi Rossoneri mengingat saat ini mereka tengah berjuang demi meraih satu tiket ke Eropa. Kemenangan lawan Inter pun akan membuat Milan bisa menyalip Torino yang ada di peringkat enam klasemen saat ini. Oleh karena itulah, Pazzini bertekad untuk bisa mengalahkan Nerrazurri, demi membahagiakan para Milanisti. Selain itu, ia juga mengusung tekad pribadi untuk bisa membobol gawang mantan klubnya tersebut. “Ini adalah awal dari pekan yang sangat penting. Kami baru saja mengalami kekalahan jadi kami harus berlatih sebaik mungkin dan mengeluarkan semua kemampuan kami. Saya selalu ingin bermain baik sebagai seorang mantan pemain Inter. Saya tak pernah mencetak gol di derby Milan, dan tampaknya bakal bagus jika saya bisa mengakhiri hal tabu tersebut,” ujarnya. “Kami ingin memberikan para fans kebahagiaan dengan kemenangan dalam laga derby tersebut. Terutama setelah musim yang sulit ini, dimana kami telah berada dalam posisi yang tak pernah Milan tempati sebelumnya,” tegasnya.(blnt)


JUMAT 2 MEI 2014

SPORTAINMENT

Jelang Piala Dunia

Sudah 100 orang Indonesia yang ajukan visa untuk Kunjungi Brasil KURANG dari sebulan lagi, Piala Dunia 2014 Brasil akan digelar. Tak hanya publik tuan rumah, masyarakat dari berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia, pun akan beramai-ramai terbang ke Brasil guna menyaksikan perhelatan sepakbola terakbar itu.

Konsuler Kedutaan Besar Brasil di Indonesia, Leonardo Monteiro mengatakan saat ini sudah ada 100 orang lebih yang mengajukan visa kunjungan ke Brasil, dengan maksud menyaksikan pertandingan Piala Dunia yang dihelat 12 Juni hingga 13 Juli mendatang.

Dikatakannya, jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah jelang dimulainya Piala Dunia edisi ke-20 tersebut. Mereka terbagi dua, yang harus membayar dan yang tak perlu membayar karena sudah memiliki tiket pertandingan Piala Dunia. “Konsuler Kedutaan masih

memproses pengajuan visa untuk Piala Dunia. Mereka yang memiliki tiket FIFA bisa memperoleh visa tanpa dipungut biaya, dan hingga saat ini sudah ada 50 orang yang mengajukan,” ujar Leonardo lewat pesan elektronik kepada VIVAbola. “Sedangkan mereka yang

harus membayar visa turis untuk menyaksikan Piala Dunia, saat ini sudah sekitar 100 orang yang mengajukan. Kami kira bakal ada lebih banyak lagi dalam beberapa pekan ke depan, tapi jumlahnya tak bisa kami prediksi,” sam-bungnya. Pertandingan pembuka

Piala Dunia akan mempertemukan tuan rumah Brasil, yang telah mengoleksi lima Piala Dunia, dan Kroa-sia. Pertandingan tersebut akan dihelat di Arena de Sao Paulo, Sao Paulo, Jumat 13 Juni 2014, pukul 03.00 pagi WIB.(vinc)

Leg 2 Semi-Final Liga Champions CHELSEA FC

ELISABETTA GREGORACI

Berselingkuh dengan Politisi ITALIA tidak hanya terkena aib calciopoli. Tetapi juga vatellopoli. Kasusnya tak tanggungtanggung, Salvatore Sottile, juru bicara menteri luar negeri Italia kedapatan terlibat skandal seks dengan model ternama, Elisabetta Gregoraci. Konon, Gregoraci melakukan hal tersebut demi mengamankan posisinya di salah satu televisi Italia, RAI. Awalnya, sang model menolak dakwaan jaksa tentang perselingkuhan tersebut. Kemudian, berkilah hanya beberapa kali berhubungan intim dengan Sotille. Pengadilan pun digelar, sekaligus membawa bendera Gregoraci tinggi-tinggi. Dari “rekonstruksi”, terbongkarlah bahwa sopir pribadi Sottile dikirim menjemput Gregoraci ke kantornya. Baca: Berselingkuh (Halaman 7)

AGENDA PERTANDINGAN 02 Mei 2014 Jumat 16:30 WITA Indonesia Super League PSM Makassar vs Persebaya Surabaya MNC TV

HARU biru menyelimuti Stamford Bridge. Ya, itulah ungkapan yang sekiranya cocok untuk tim raksasa Inggris Chelsea. Pasukan biru Jose Mourinho gagal melaju ke final Liga Champions musim ini, sekaligus melengkapi rekor buruknya di semifinal elit Eropa. The Blues dipaksa menyerah 1-3 oleh Atletico Madrid pada leg kedua Liga Champions, yang ironisnya dihelat di Stamford Bridge. Ini adalah kali keenam dari delapan percobaan, Mourinho harus kandas di babak empat besar - menjadikannya pelatih yang paling banyak terdepak di semifinal dalam sejarah turnamen. Tak hanya itu, kegagalan di semifinal Liga Champions ini adalah yang keempat secara beruntun diderita Mourinho memberinya aib sebagai pelatih dengan rentetan kegagalan terbanyak di semifinal kompetisi elit antarklub Eropa, menyalip ‘rekor’ Leo Beenhakker yang tersingkir tiga kali beruntun bersama Real Madrid. Dua kali Mourinho sukses melewati ‘kutukan’ semifinal, dua kali itu pula ia memberi trofi Liga Champions, masingmasing untuk Porto pada 2004 dan Inter Milan pada 2010. Bagaimana dengan musim depan? Manajer Chelsea, Jose Mourinho

1

3 1 aggregat 3

ATLETICO MADRID

mengeluarkan sindiran halus terkait kengototan Premier League untuk tidak memberikan kelonggaran terhadap tim Inggris yang bertanding di babak knockout Liga Champions. Hal tersebut dikemukakan sesaat setelah The Blues terdepak di babak semifinal. Dalam konferensi pers, seorang reporter bertanya apakah ada kemungkinan musim depan Premier League lebih memberikan keringanan terhadap tim Inggris yang melaju jauh di Eropa. Hal tersebut dipertanyakan menyusul final Liga Champions yang diisi dua tim Jerman dan dua tim Spanyol, dua negara yang menerapkan kebijakan perubahan jadwal di liga domestik untuk wakil mereka yang tampil di Eropa. Menanggapi pertanyaan tersebut, Mourinho menjawab dengan pesimis. “Saya pikir mereka tidak akan melakukannya, kecuali ada yang bisa meyakinkan mereka lebih baik dari saya. Saya sudah sangat lama berbicara lantang tentang jadwal liga domestik,” ungkap pria asal Portugal ini seperti dilansir situs resmi klub. “Saya pernah mengajukan komplain di Italia, lalu semusim sebelum saya pergi mereka menerapkan kebijakan tersebut.

Saya juga pernah melakukan hal serupa di Spanyol, lalu peraturan diubah setelah saya pergi. Sementara di Inggris, saya hanya bisa terus berbicara sambil berharap suatu saat perubahan itu terwujud.” Jadwal ketat me-mang menjadi penye-bab di balik banyaknya penggawa The Blues yang tidak fit kontra Atletico, yang sedikit banyak berpengaruh terhadap terdepaknya tim asal kota London tersebut di semifinal. TERIMA KASIH Sementara itu, Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone kembali menunjukkan sisi humorisnya saat melakoni konferensi pers usai laga kontra Chelsea semalam (30/

04). P r i a asal Argentina tersebut menyatakan terima kasih kepada seluruh ibu pemain Los Rojiblancos atas keberhasilan timnya lolos ke final. Berangkat dengan mengantongi agregat 0-0 saat berlaga di kandang sendiri, Atletico tampil beringas di London dan menghantam The Blues dengan skor 3-1. Baca: Haru (Halaman 7)

03 Mei 2014 Sabtu 03:05 WITA Europa League Valencia vs Sevilla Nex Entertainment 03 Mei 2014 Sabtu 19:45 WITA Liga Premier Inggris West Ham United vs Tottenham Hotspur beIn Sport 3 03 Mei 2014 Sabtu 22:00 WITA Liga Premier Inggris Aston Villa vs Hull City Nex Entertainment 03 Mei 2014 Sabtu 22:00 WITA Liga Premier Inggris Manchester United vs Sunderland beIn Sport 3 03 Mei 2014 Sabtu 22:00 WITA Liga Premier Inggris Newcastle United vs Cardiff City beIn Sport 2 03 Mei 2014 Sabtu 22:00 WITA Liga Premier Inggris Swansea City vs Southampton beIn Sport 1 03 Mei 2014 Sabtu 00:30 WITA Liga Premier Inggris Everton vs Manchester City beIn Sport 3 04 Mei 2014 Minggu 20:00 WITA Indonesia Super League

DIEGO Costa (kiri), Adrian, dan Arda Turan (kanan) pembawa malapetaka bagi publik Stamford Bridge.

JELANG DERBY DELLA MADONNINA

Momen spesial BEK Inter Milan, Andrea Ranocchia, berharap timnya bisa mengalahkan rival sekota mereka, AC Milan dalam laga lanjutan Serie A akhir pekan ini. Menurut Ranocchia, partai bertajuk Derby della Madonnina ini selalu menjadi laga yang spesial. Dalam pertandingan yang berlangsung Senin dini hari WIB, 5 Mei 2014 di Stadion San Siro itu, kedua tim saat ini tengah memperebutkan tempat untuk tiket ke Europa League musim

depan. Inter berada di peringkat kelima klasemen sementara Serie A dan memimpin enam poin dari Milan yang menduduki posisi ke-10. Meskipun Rossoneri baru dikalahkan 2-0 oleh Roma pada akhir pekan lalu, Ranocchia percaya tim asuhan Clarence Seedorf masih termotivasi. Dia pun mewaspadai tekad Milan untuk menundukkan Nerazzurri demi mendapat tambahan tiga poin. “Saya mengharapkan kemenangan, tapi

pertandingan derby selalu berlangsung kompetitif. Sejak saya berada di sini, kami mendapat kemenangan dari cara yang berbeda, namun mengalahkan Milan selalu spesial,” jelas Ranocchia, seperti dilansir Fotball-Italia. Menurut mantan pemain Bari ini, laga Derby Milan selalu membuat para pemain bergairah, karena pertandingan ini selalu berkaitan dengan sejarah. Baca: Momen (Halaman 7)

DERBY della Madonnina akan berlangsung akhir pekan ini.


JUMAT 2 MEI 2014

KECAMATAN PAL DUA

Targetkan keamanan wilayah TANGGUNG jawab sebagai seorang Camat, tentunya tidak segampang jika dilihat dari pandangan mata serta perkiraan, namun ada beberapa aspek yang juga merupakan penentu dari keberhasilan seorang kepala wilayah dalam soal pelayanan, keARGO B Sengkey. nyamanan serta keamanan di semua wilayahnya tersebut. Pasalnya, adanya dengan beberapa kelurahan di wilayahnya, seorang Camat sangat dituntut untuk terus melakukan pemantauan dari segi stabilitas lingkungan yang sudah merupakan hal mutlak dan wajib untuk diperhatikannya. Ditemui di kantornya oleh Swara Kita belum lama ini, Camat Pal Dua, Argo B Sengkey mengatakan, bahwa hal inilah yang masih terus diupayakan untuk tetap dilakukan, sehingga langka pembinaan serta himbauan kepada seluruh staf pegawai termasuk Lurah dan kepala lingkungan juga harus bisa banyak berbuat dalam memperhatikan soal keamanan di masing-masing lingkungannya. Baca: Targetkan (Halaman 10)

KAMPUNGRON KEL. MERAS KEC. BUNAKEN

Tiga lingkungan siap sambut penilaian Adipura TIGA kepala lingkungan serta semua warganya di Kelurahan Meras Kecamatan Bunaken, siap menyambut penilaian adipura dengan kondisi keaadaan yang sudah dalam pembenahan terutama dalam soal kebersihan yang sudah dilakukan sejak HAM Tambengi. beberapa minggu lalu. Hal ini dikatakan oleh Lurah Meras, Ham Tambengi kepada Swara Kita belum lama ini. Untuk itu, dirinya menghimbau kepada warga untuk terus bisa menciptakan suasana bersih di lingkungan serta mendukung program dari Pemerintah kota. “Penilaian tahap kedua Adipura merupakan mementum kita untuk bisa terobsesi selalu menjaga kebersihan di lingkungan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti kerja bakti bersama seperti yang sudah dilakukan, namun jauh lebih penting lagi kalau hal ini terus dilakukan meskipun bukan pada saat adipura saja,” terangnya.(elha)

Edaran tunjangan guru akhirnya terbit Kumpul Kepsek se-Manado, Wawali dan Sekkot jelaskan persoalan kurang bayar

RAKERNAS APEKSI

Sendoh gelar pemantapan keikutsertaan Pemkot Manado—Sekkot Manado, Ir Haefrey Sendoh, Rabu (30/4) lalu, menggelar rapat koordinasi pemantapan keikutsertaan Pemkot untuk Rakernas APEKSI dan Indonesia City Expo tahun 2014 di Dumai, Riau. Didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Rakyat Joshua Pangkerego, Sendoh memantapkan kegiatan yang akan diikuti Pemkot Manado. Mulai Rakernas, program kerja dan rekomendasi APEKSI, serta pameran In-

HAEFREY Sendoh.

donesia City Expo/Pekan Promosi Kota-Kota di Indonesia Tahun 2014. Baca: Sendoh (Halaman 10)

HARI BURUH

Dekot Manado harapkan ada peningkatan kesejahteraan RATUSAN guru sertifikasi saat mendengar penjelasan dari Wawali dan Sekot tentang dana tunjangan guru.(foto: tonny/sk)

Manado—Surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI tentang pembayaran tunjangan profesi reguler tahun 2014 dan Kurang Bayar tunjangan profesi tahun 2010-2013, akhirnya terbit. Edaran tersebut pun disertakan dengan terbitnya Peraturan Keuangan nomor 61//PKM.07/2014 tanggal 3 April 2014 tentang pedoman umum dan alokasi Tunjangan Profesi Guru PNS Daerah (TPG PNDS) provinsi/ kabupaten/kota tahun anggaran 2014 serta surat edaran Mendagri Nomor 900/1798/SJ tanggal 8 April tahun 2014 tentang penyelesaian pembayaran Tunjangan Perofesi Guru PNS Daerah (TGP PNSD), Petunjuk Teknis (Juknis) penyaluran TPG PNSD Kemendikbud tanggal 4 April 2014 serta SK TPG PNSD tahun 2014 yang sudah diterbitkan oleh Kemendikbud dan sudah dikirim ke kabupaten/kota. Adapun edaran Kemendikbud tersebut ikut terbitnya SK Kurang Bayar TPG

PNSD tahun 2010-2013 yang sudah diterbitkan oleh Kemendikbud, merujuk hasil audit BPKP serta sudah dikirim ke kabupaten/kota. Demikian disampaikan Wawali Manado Dr Harley Mangindaan yang didampingi Sekkot Manado

Ir Haefrey Sendoh dan Kadis Diknas Dante Tombeg kepada seluruh Kepala Sekolah (Kepsek) kota Manado, Rabu (30/4) lalu di ruang serba guna Pemkot Manado. “Dengan terbitnya edaran Kemendikbud, tentunya Pemkot Manado

segera merealisasikan semua tunjangan profesi guru ini. Khusus untuk kurang bayar 2010-2013, memang dalam edaran tersebut untuk segera menyalurkan paling lambat tanggal 30 April 2014. Baca: Edaran (Halaman 10)

Manado—Hari buruh sedunia atau biasa disebut ‘May Day’ diperingati setiap 1 Mei, hingga kini masih saja terjadi unjuk rasa dimana-mana. Hal ini menurut Anggota Dekot Manado, Sendy Rumondor, masih adanya ketimpangan kesejahteraan yang diterima buruh. “Sangat disayangkan jika kesejahteraan

SOSIALISASI RASKIN 2014

Wawali minta data update dari kelurahan disinkronkan dengan BPS Manado—Sosialisasi dan evaluasi program beras miskin (Raskin) 2014 dilangsungkan Pemkot Manado dan dibuka secara langsung oleh Wawali Manado Dr Harley Mangindaan, Rabu (30/4) lalu, digelar di ruang serba guna Pemkot Manado. Dihadiri Kepala Perwakilan BPKP Sulut, Tumpak Pasaribu dan perwakilan dari BPS Manado serta Lurah dan Camat, Wawali berharap ada data update dari pemerintah kelurahan untuk disinkronkan dengan BPS terkait dengan jumlah warga kurang mampu

yang berhak menerima raskin 2014. “Intinya dalam persoalan raskin ini adalah bagaimana orang yang tidak mampu ditolong dan dilayani dengan cerdas. Namun disatu sisi agar tidak timbul persoalan baru, sebaiknya ada data yang update dari kelurahan yang bisa seimbangkan dan disinkronkan dengan pihak BPS,” terang Wawali. Diketahui, dijelaskan Wawali, data sementara warga rumah tangga miskin yang menerima raskin di kota Manado berjumlah 16 ribu lebih,

tapi jumlah tersebut ketika telah ada data yang valid melalui data dari pihak kelurahan, tentunya akan lebih baik. “Untuk itu instansi terkait untuk melakukan sosialisasi sampai dimana dan bagaimana penyaluran dan distribusi saat ini sesuai dengan jumlah warga yang berhak menerima serta berapa sebenarnya yang diterima setiap keluarga termasuk harganya,” tambah Wawali. Disatu sisi, Wawali mengatakan, ada informasi kalau raskin tersebut tidak tepat sasaran seperti

diperjualbelikan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Tapi menurut Wawali, informasi tersebut tidak akan ditelan mentah-mentah karena akan di tindaklanjuti sejauh mana kebenaran informasi tersebut. “Tapi dengan adanya informasi ini, saya harapkan bisa menjadi motivasi bagi kelurahan dan kepala lingkungan untuk terus melayani warga masyarakat yang berhak menerima raskin. Karena intinya program pemerintah ini adalah melayani,” kunci Wawali.(teem)

buruh hingga kini belum sesuai dengan kerja mereka. Banyak buruh berteriak meminta perhatian pemerintah agar dapat perhatikan kesejahteraan mereka. Jadi kami minta pemerintah pusat jangan tinggal diam, tapi perhatikan peningkatan kesejahteraan buruh,” ujar Rumondor, Kamis (1/5) kemarin. Disisi lain, Anggota Dekot Manado, Benny Parasan mengatakan, peringatan tersebut bisa dilakukan secara kondusif dan peringatan hari buruh se-dunia diisi dengan kegiatan positif. Dengan begitu, peringatan hari buruh pun bisa berjalan dengan tertib dan lancar. “Menyampaikan aksi itu sah-sah saja. Hanya saja aksi yang dilakukan harus positif dan tertib. Kami mengucapkan selamat hari buruh,” katanya. Terkait adanya rencana buruh yang akan melakukan aksi unjuk rasa di beberapa lokasi objek vital dengan melakukan ‘sweeping’ di pabrik-pabrik, menurut Benny, hal itu hanya akan merugikan semua pihak. “Kita berharap May Day ini diisi hal positif, bukan dengan hal yang merugikan orang banyak, baik merugikan pengusaha, masyarakat umum, maupun buruh itu sendiri,” katanya.(dede)

ASPIRASI WARGA

AKSI PEDULI

Yayasan Torang Samua Pemilu Legislatif penuh kecurangan Manado—Proses pemBasudara bantu sekolah bodohan secara sistimatis

WAWALI Manado mewakili Walikota GS Vicky Lumentut menerima bantuan sekaligus mendampingi penyaluran bantuan dari Keluarga besar Yayasan Torang Samua Basudara.(foto: tonny/sk)

Manado—Wawali Manado Dr Harley Mangindaan mewakili Walikota Manado GS Vicky Lumentut menerima bantuan sekaligus mendampingi penyaluran bantuan dari Keluarga besar Yayasan Torang Samua Basudara (Torsamba) ke sekolah terkena banjir bandang 15 Januari 2014 lalu.

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

Ketua Umum Yayasan Coreta Kapoyos membagikan bantuannya ke 6 Sekolah yang tertimpa musibah banjir adalah SDN 2, SDN 102 (Keca-matan Tikala), SDN 105, SDN 31 (Paal 4), Sekolah Advent Kairagi dan SDN 109 (Pakowa). Baca: Yayasan (Halaman 10)

dalam pemilu terhadap pemilih sering terjadi, baik dilakukan oleh partai politik, politisi, juga para calon anggota legislatif (caleg). Bahkan proses seperti ini dilakukan dengan berbagai cara dari Pemilu ke Pemilu tanpa harus memandang aturan yang seharusnya dilakukan. Hal ini sebagaimana yang terpantau Swara Kita belum lama ini dimana oleh beberapa warga masyarakat yang melakukan aksinya di lapangan Tikala menuntut soal transparansi serta kejujuran dari Panwas Manado juga KPU yang diduga tidak berpihak pada aturan yang sebenarnya dalam ajang Pemilu di tahun ini. Oleh Baharruddin Pitajaly selaku Koordinator

WARGA bersama KIPP nyatakan sikap terhadap kecurangan yang dilakukan dalam Pemilu di tahun 2014.(foto:lukman/sk)

KIPP Sulut, mengatakan kepada Swara Kita, bahwa berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh KIPP sendiri, ada berbagai kesalahan serta kesimpangsiuran yang telah dilakukan oleh Panwas dan KPU sendiri. Untuk itu mereka pun

membuat pernyataan sikap seperti adanya kecurangan serta manipulasi yang berlangsung secara terstruktur, sistematis dan massif dalam pelaksanaan Pemilu legislatif di seluruh wilayah Sulut. Baca: Pemilu (Halaman 10)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


IBUKOTA

JUMAT 2 MEI 2014

10

BANTUAN BENCANA

Wawali dicegat warga, pertanyakan bantuan Manado—Upaya Pemkot Manado dengan menyalurkan dana sewa

rumah yang diberikan bantuan pemerintah pusat sebesar Rp600 ribu per

Sendoh ... Dari Halaman 9 “Kota Manado sudah 2 kali ikut yaitu Manado dan Palangkaraya, semoga yang ketiga kali ini Manado bisa menampilkan yang terbaik dan saya berharap tolong kota kita bisa maksimal dalam kegiatan kali ini, apalagi Walikota Manado sebagai Ketua APEKSI,” tegas Sekkot. Kepada SKPD yang mengikuti EXPO ini, Sekkot berpesan untuk dana yang tertata di DPA bisa dilaksanakan sebaik mungkin dan sesuai kemampuan. “SKPD yang akan ikut dalam kegiatan kali ini, untuk dana yang tertata dalam DPA bisa dipertanggungjawabkan, jangan dikurang maupun dilebihkan, karena sesuatu yang dipaksakan tidak akan baik hasilnya,” pesan Sekkot. Ditambahkan Sekkot, untuk materi City EXPO agar disiapkan dan dibuat sebaik mungkin. Rapat ini diikuti oleh pimpinan SKPD di Pemkot Manado serta Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Manado, Drs. Rum Usulu dan juga Asisten III Bidang Pembangunan, Dra Henny Giroth.(teem)

Yayasan ... Dari Halaman 9 Wawali ketika diwawancarai mengatakan, ini adalah bentuk kepedulian warga Kawanua di luar daerah kepada Manado. “Atas nama pemerintah kota Manado berterima kasih atas keperdulian dari saudara-saudara kita yang ada di Jakarta, bisa dilihat bahwa yayasan yang didirikan oleh PutraPutri Daerah Sulawesi Utara, baik dari kalangan tokoh agama, tokoh masyarakat, artis maupun personal melakukan aksi nyata membantu sekolahsekolah yang pada saat lalu tertimpa musibah dan langsung mereka serahkan kepada sekolah-sekolah yang diterima oleh kepala sekolahnya,” ujar Wawali. Kapoyos juga mengatakan bahwa mereka sudah melakukan serentetan kegiatan yang tujuannya untuk mengumpulkan dana membantu korban bencana di Sulut. “Semua kegiatan yang akan kami laksanakan termasuk Charity Dinner pada saat lalu adalah untuk mengumpulkan bantuan dana yang akan disalurkan kepada korban banjir di Kota Manado dan pada saat ini kami membawa bantuan kepada sekolah-Sekolah yang telah kami survei yang akan menerima bantuan meubeler serta bantuan renovasi,” ujar ibu Coreta. Dalam rombongan Yayasan Torsamba ini nampak pula artis berdarah Kawanua seperti Becky Tumewu, Dave Hendrik dan juga penyanyi dangdut Kristina. Sementara dari Pemkot bersama Wawali adalah Kadis Diknas Manado Dante Tombeg.(teem)

Pemilu ... Dari Halaman 9 Kemudian, KIPP mengusulkan untuk merekomendasikan kepada KPU RI, Bawaslu RIDKKPP melalui KIPP pusat agar hasil pemilu di tolak karena penuh manipulasi serta terakhir oleh KIPP membuka posko pengaduan pelanggaran pemilu se-Sulut. “Bagi kami sendiri, pelaksanaan Pemilu di Indonesia bukan hanya perwujudan dari prinsip kedaulatan rakyat, tetapi juga bagian dari upaya berbentuk pemerintah demokratis, jujur dan adil sesuai dengan ketentuan yang telah diatur dalam UU No 15 tahun 2011 pada pasal 1 dan angka 1 mengenai penyelenggaraan Pemilu,” ulasanya.(elha)

Targetkan ... Dari Halaman 9 “Bicara soal keamanan di wilayah, merupakan hal yang wajib diseriusi untuk dapat terus dilakukan pemantauan oleh Lurah dan Kepala lingkungannya. Apalagi pada situasi dalam menghadapi penilaian adipura, selayaknya bukan hanya kebersihan saja yang diperhatikan, namun pada soal rasa aman bagi warga di semua tempat wajib dipantau,” ungkapnya. Lanjut dikatakannya, soal persiapan adipura banyak hal yang sudah dilakukan dalam pembenahan di seluruh Kelurahan khususnya yang ada di Kecamatan Pal Dua. Apalagi dengan optimis yang begitu kuat untuk kembali bisa menang dalam ajang ini, merupakan harapan yang besar. “Saya yakin Manado bisa kembali meraih kemenangan Adipura pascabencana banjir bandang lalu,” ujarnya.(elha)

Kepala Keluarga (KK) selama 6 bulan, tampaknya masih menyisahkan tanya warga. Hal ini terlihat ketika Wawali Dr Harley Mangindaan mendampingi Yayasan Torang Samua Basudara menyalurkan bantuan ke sekolah yang terkena dampak banjir bandang 15 Januari lalu di Kelurahan Ranotana Weru Lingkungan I. Warga pun langsung mencegat Wawali untuk pertanyakan dana sewa rumah tersebut. Yang menurut warga, nama-nama mereka telah didata oleh pihak kelurahan, namun sampai saat ini tidak menerima bantuan dana tersebut. “Tolong Pak Wawali, kami sangat kecewa dengan penyaluran bantuan dana sewa rumah. Disatu sisi, warga lain di kelurahan ini telah menerima, sementara kami tidak terima.

Padahal nama, alamat dan kerusakan rumah akibat banjir telah didata oleh pihak kelurahan dengan lengkap, sesuai keinginan dari pemerintah harus ada alamat dan nama pemilik,” ungkap Keluarga Sumampouw Pitoy, Rabu (30/4) kemarin sekitar pukul 13.00 Wita. Puluhan warga pun langsung ikut “menyerbu” Wawali dengan berbagai pertanyaan. Sebut saja, Ibu rumah tangga Cici Goni. Dia menyebutkan, sesuai dengan rekapitulasi korban bencana alam di kelurahan Ranotana Weru Kecamatan Wanea dan ditandatangani Lurah Pontoh Nelly Ssos, ada 21 keluarga yang terdata di lembaran rekap tersebut. “Mulai dari jumlah jiwa per keluarga, jenis bangunan hingga kategori kerusakan yang dialami telah didata dalam rekap itu. Tapi kami kecewa sekali karena tidak

juga dapat menerima dana sewa rumah. Padahal bisa dilihat sendiri kondisi rumah kami sudah hancur,” ungkap Goni. Akan keluhan tersebut, Wawali menegaskan, akan langsung melakukan komunikasi dengan pihak kelurahan dan kecamatan setempat untuk pertanyakan nasib warga. “Terima kasih akan masukan ini, dan rekap data warga terdampak banjir ini akan saya jadikan pegangan untuk dipertanyakan ke kelurahan dan instansi terkait. Karena sesuai penegasan Walikota Manado GS Vicky Lumentut, akan tindak tegas aparat yang melakukan kesalahan dalam pendataan,” tegas Wawali. Atas penegasan tersebut warga pun merasa puas dan berharap kepastian akan penyaluran dana tersebut bisa secepatnya direalisasikan.(teem)

WAWALI Harley Mangindaan serap keluhan warga Kelurahan Ranotana Weru Lingkungan I.(foto: tonny/sk)

HARDIKNAS

UN SMP

Rayakan dengan bagi-bagi hadiah Manado—Hari Pendidikan Nasional, pada Jumat (2/5) hari ini akan digelar upacara bersama di Lapangan Kantor Gubernur Sulawesi Utara. Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Dante Tombeg MPd mengatakan, acara tersebut bakal ada bagi-bagi hadiah kepada siswa yang berprestasi. “Dalam rangka memperingati Hardiknas, selain melaksa-

nakan upacara bendera, kami juga akan membagikan hadiah atau penghargaan bagi siswa terbaik yang telah mengikuti berbagai Olimpiade seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN), Festival dan Lomba Siswa Seni Nasional (FLS2N) dan O2SN yang baru-baru ini dilaksanakan,” katanya sembari menambahkan siswa yang terkena bencana banjir bandang Januari

lalu juga akan diberikan bantuan. Diketahui ada 2 siswa SD dan 6 siswa SMP di Kota Manado yang akan mengikuti Olimpiade di tingkat nasional agar siswa-siswa tersebut bisa membawa nama baik Kota Manado. “Sudah beberapa kali siswa perwakilan dari Sulut khususnya Kota Manado yang mendapat juara di

beberapa Olimpiade. Saya harap kali ini, bisa mendapat juara lagi,” ujarnya. Tombeg juga berharap memperingati Hardiknas ini, pendidikan di Kota Manado semakin lebih baik lagi. “Saya berharap, pendidikan mulai dari pendidikan formal, informal dan nonformal bisa memberikan keteladanan yang lebih baik,” harap Tombeg.(try32)

Manado—Kepala Dinas Pendidikan Sulut, A G Kawatu SE MSi mengata-kan, distribusi naskah Ujian Nasional (UN) di tingkat SMP sederajat sementara disalurkan di 15 Kabupaten/Kota. “Berhubung jauh dari wilayah daratan Kota Manado, maka penyaluran naskah UN terlebih dahulu dilakukan di wilayah Kepulauan dan selanjutnya dilakukan di wilayah daratan. Untuk saat ini, naskah UN SMP sederajat yang sudah didistribusikan baru di Kabupaten Nusa Utara,” ucap Kawatu sembari mengatakan akan mengikuti upacara Hari Dinas Pendidikan Nasional di Lapangan Kantor Gubernur, Jumat (2/5) hari ini dengan tema, pendidikan peradaban untuk Indonesia yang unggul. Dirinya mengatakan, sebanyak 38.382 peserta UN sudah siap mengikuti ujian.

“Kami sudah koordinasikan di 15 Kabupaten/Kota, termasuk di Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Manado, sudah siap anak peserta didiknya mengikuti UN,” ungkapnya. Diketahui sebanyak 38.382 siswa se-Sulut yang akan mengikuti UN pada 5 sampai 8 Mei mendatang dimana peserta didik akan diperhadapkan dengan 1 paket soal dari 20 paket soal. Oleh karena itu, Kawatu menghimbau siswa belajar dengan serius agar bisa menjawab soal UN dengan baik. “Belajar yang keras, jaga kesehatan dan tetap mempersiapkan diri untuk kem-bali mengikuti ujian, yang walaupun kali ini adalah ujian yang dinilai secara nasional,” ujar Kawatu sembari menuturkan distribusi naskah UN di Kabupaten/Kota paling lambat tanggal 3 Mei 2014.(try32)

Dekot bakal “hearing” pelaksana OSN

HIMBAUAN

Manfaatkan lahan pekarangan rumah Manado—Anggota Dekot Manado, Lineke Kotambunan berharap Pemkot Manado untuk mensosialisasikan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan pekarangan kosong di rumah untuk dijadikan lahan pertanian guna memenuhi kebutuhan perekonomian keluarga mereka walaupun itu hanya berskala kecil. Menurut Kotambunan, nantinya lahan pekarangan yang kosong itu bisa ditanamkan bermacam kebutuhan dapur. “Misalnya ditanam bawang, tomat, cabe dan lainnya. Langkah

naskah mulai disalurkan

tersebut sudah dilakukan beberapa kelurahan di Manado,” ungkap Sekretaris Komisi C Dekot Manado ini. Ditambah Kotambunan, jika itu sudah

berkembang dan merata di setiap keluarga, maka Pemkot Manado harus memberikan perhatian serius. “Jika pemerintah jeli, konsep ini saya kira bisa

memberikan nilai tambah dan peningkatan ekonomi di masyarakat. Jadi butuh perhatian pemerintah juga dalam hal pendanaannya,” tuturnya.(dede)

PENDIDIKAN

Manado—Dekot Manado dalam waktu dekat ini bakal memanggil pelaksana Olimpiade Sains Nasional (OSN). Pasalnya, pelaksanaan OSN tingkat kota Manado belum lama ini, dinilai sangat tidak berkualitas oleh berbagai

kalangan masyarakat. Oleh karena itu, Komisi D Dekot Manado yang membidangi Pendidikan akan memanggil hearing pihak pelaksana OSN dalam hal ini Dinas Pendidikan kota Manado. “Kami sudah menerima laporan

dari pihak sekolah kalau pihak penyelenggara tidak profesional dalam melaksanakan OSN dan hasilnya di nilai tidak adil, “ ungkap Imbar baru-baru ini. Apalagi menurutnya, pelaksanaan OSN hanya berlangsung satu hari, padahal

sepengetahuan dekot, di kabupaten/Kota lain berlangsung selama tiga hari. “Tentu itu menimbulkan banyak kecurigaan kenapa secepat itu,” urai Imbar. Dirinya pun menyesalkan, jika OSN adalah iven paling

bergengsi di dunia pendidikan, diindikasikan dicederai dengan cara-cara yang tidak baik. “OSN-kan ajang Internasional, harusnya siswa-siswa yang berkompeten berdasarkan penilaian murni, tapi sangat di sayangkan munculnya indikasi kecurangan yang dilakukan pihak penyelenggara di tingkat Kota Manado,” sesalnya.(dede)

erat dengan aturan yang telah ditetapkan pihak pusat yang harus diterapkan atau diikuti pemerintah daerah seperti Pemkot Manado,” tegas Sekkot menjelaskan. Tombeg pun menjelaskan, sebenarnya semua dana untuk TPG PNSD triwulan I 2014 dan kurang bayar untuk guru Manado, telah berada di kas daerah Manado. Tapi dengan adanya surat Kemendikbud pada bulan Desember 2013 perihal penundaan dana Silpa dan penerbitan SK Tunjangan Profesi Guru PNSD untuk pembayaran kurang bayar (carry over) tahun 2010-

2013. Isi surat tersebut menyatakan, sesuai hasil rapat tanggal 11 Desember 2013 antara Kementrian Dikbud, Kemenkeu dan BPKP diputuskan bahwa dana Silpa tunjangan profesi guru PNSD yang ada di kas daerah kabupaten/kota belum bisa digunakan untuk pembayaran kurang lebih (carry over). “Sehubungan dengan hal tersebut, Kemendikbud tidak dapat menerbitkan SKTP kurang bayar (carry over) sampai selesainya audit penggunaan dana tunjangan profesi yang

ada di kabupaten/kota oleh BPKP. Artinya, tidak ada niat dan keinginan Pemkot Manado menahan semua dana tersebut, karena jika dipaksakan untuk merealisasi dana profesi itu, ujungnya pasti akan berhadapan dengan hukum. Untuk itu para guru perlu memahami hal tersebut,” himbau Tombeg sembari menambahkan, untuk surat tersebut ikut ditandatangani Dirjen Paudini Lydia Hawadi, Dirjen Diknas Hamid Mihammad, Dirjen Dikmen Achmad Jazidie. Tak ayal, akan penjelasan tersebut

seluruh Kepsek, SD, SMP, SMA yang ada di Manado pun menyatakan, akan mengikuti aturan main sesuai ketentuan pemerintah agar tidak tersandung dengan persoalan hukum. “Akan penjelasan ini juga, akan kami teruskan ke setiap guru yang ada di sekolah kami supaya bisa mengerti persisi akan persoalan yang terjadi. Persoalan realisasi dana profesi guru memang perlu diketahui semua guru sehingga pertemuan ini sangat positif dilakukan,” kunci Kepsek SMA Negeri 1 Manado Drs Djeki M Kojo MMPd.(teem)

Edaran ... Dari Halaman 9 Namun realisasi tersebut, Kemendikbud yang merujuk hasil audit BPKP, tentunya Pemkot Manado juga akan mengacuh pada rujukan tersebut yang belum diterima,” terang Wawali.

Sekkot menambahkan, perlu diketahui, audit BPKP agar diketahui isi rujukan terkait penyaluran tunjangan profesi kurang bayar. “Bukan menahanmenahan tunjangan itu, tapi hal ini berhubungan

1.Kepsek SD NEG 103, JUSTRY NARAY Spd

5.kepsek SD GMIM KIMA ATAS, JETTY ROLEH GALATANG

2.kepsek SD Inp 02, JULIEN LONTOH Spd. mpd

6.kepsek GMIM BUHA, PANTOW KAUROW SE Spd

3.kepsek SD Inp 03, ELISABETH SUMAMPOUW Spd

7.kepsek SD NEG PANDU, FONNY A.M WOTULO Spd

4.kepsek SD Inp 10/73, ALPIUS TATAMANG Spd. m. mpd

8.kepsek SD VIRIYA KARUNA, DEITY KAWILARANG.Spd 9.kepsek SD Inp MAPANGET BARAT, DECKY SAMPOUW Spd mpd 10.kepsek SD Inp 4/82 RUSMIN SIGAR Spd


TOTABUAN BOLSEL ROLLING

Hari ini, bupati akan mutasi sejumlah pejabat WUJUD pernyataan Bupati Bolsel untuk melakukan mutasi jabatan kepada para pejabat Bolsel nampaknya akan terlaksana juga. Informasi yang diperoleh dari sumber resmi koran ini, jika, Jumat (2/5) hari ini, akan dilakukan mutasi besarbesaran yang akan dilakukan oleh Bupati Bolsel H Herson Mayulu SIP. Dalam pernyataannya lalu Bupati mengatakan akan melakukan mutasi jabatan besar-besaran mulai dari esalon II hingga esalon IV secara keseluruhan. “Akan ada mutasi besar-besaran,” kata Bupati lalu. Informasi yang diperoleh, usai melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di lapangan Molibagu, bupati akan melakukan tugas lainnya dan nanti akan dilaksanakan seusai sholat Jumat. “Kemungkinan nanti akan dilaksanakan usai Sholat Jumat,” kata sumber tersebut yang namanya tidak ingin dikorankan. Baca: Hari (Halaman 12)

BOLSEL

BOLMONG, KOTAMOBAGU, BOLMUT BOLTIM, BOLSEL

Dua jam diguyur hujan, Boltim terendam banjir Pemkab Boltim belum lakukan peninjauan Tutuyan—Hujan deras kurang lebih selama dua jam, Kamis (1/5) kemarin, yang mengguyur wilayah Kabupaten Boltim mengakibatkan sejumlah rumah di wilayah Ibu Kota Tutuyan terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Masing-masing Desa Togid, Tutuyan, Tombolikat dan Desa Kayumondi. Empat desa di wilayah Ibu Kota Boltim ini, yang paling parah, dan kerap menjadi langgnan banjir jika terjadi hujan deras. Meskipun tidak ada korban jiwa, namun sebagai warga yang rumahnya terendam bajir

SEJUMLAH rumah di Desa Tombolikat Selatan yang kena banjir saat hujan, Kamis (1/5) kemarin.(foto:ist)

mengalami kerugian material, terutama yang tinggal

CALON ASISTEN II

LELANG

Penayangan lelang mulai dirampungkan pemkab PROSES penayangan pelaksanaan tender paket proyek Pemkab Bolsel melalui Lelang Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) hampir rampung secara keseluruhan di semua instansi yang ada. Secara keseluruhan semua intansi yang ada di jajaran pemkab Bolsel sudah memasukan data paket pekerjaannya untuk ditayangkan melalui LPSE guna mengikuti tender secara on line di internet. Kabag Pembangunan dan LPSE Aldi van Gobel mengatakan sudah tidak ada lagi instansi yang belum memasukan paket pekerjaan untuk di tayangkan di LPSE. Baca: Penayangan (Halaman 12)

KOTAMOBAGU SIDANG MPTGR

11 PNS dan Waskita Raya janji ganti rugi BERSAMA 11 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Kotamobagu, perwakilan PT Waskita Raya menghadiri Sidang Majelis Tuntutan Ganti Rugi (MPTGR) di ruangan kantor Inspektorat, Rabu (30/ 4). Mereka disidang lantaran ditemukan tunggakan atau memiliki kelebihan pembayaran pada kegiatan tahun anggaran 2013 lalu. Sidang MPTGR yang di Ketuai Sekretaris Kota (Sekkot) Drs Hi Mustafa Limbalo, didampingi Kepala Inspektorat Wiwik Buchari dan Asisten III Sumiaty Makalalag itu menghadirkan 11 PNS dan 1 perwakilan pihak ketiga dari 41 nama tertuntut yang diundang dalam sidang.

Baca: 11 PNS (Halaman 12)

Tiga terdakwa mulai disidang

BOLTIM HASIL OPERASI

Pontoh: Motor yang ditilang penyelesaian-nya di pengadilan PULUHAN kendaraan bermotor yang ditilang oleh anggota Lalulintas (Lantas) Polsek Urban, sejak empat hari terakhir ini, penyelesaiannya di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu. Hal ini ditegaskan oleh Kapolsek Urban Kotabunan Komisaris Polisi (Kompol) Tedy Pontoh. “Motor-motor yang ditilang, semuanya diselesaikan di Pengadilan, tidak ada yang diselesaikan di tempat,” tegas Pontoh, Kamis (1/5) kemarin. Dia mengatakan oprasi Lantas ini, dilaksanakan rutin setiap hari di jalan trans Kotabunan-Tutuyan. Apalagi, sudah banyak masyarakat mengeluhkan motor yang menggunakan knalpot racing, yang sangat mengganggu kenyamanan warga dimalam hari. “Selain knalpot racing atau bising, operasi ini juga termasuk surat-surat kendaraan tidak lengkap, tidak menggunakan helm dan pengendara tidak punya Surat Izin Mengemudi (SIM), akan ditilang,” kata Pontoh, sembari menambahkan dan untuk menghadapi bulan Ramadhan yang tinggal beberapa bulan ini, keamanan akan lebih ditingkatkan. Baca: Pontoh (Halaman 12)

Lolak—Berdasarkan hasil verifikasi awal Laporan Penerimaan dan Penggunaan Dana Kampanye (LPPDK) dari Parpol yang dikeluarkan pihak Kantor Akuntan Publik (KAP). Komisi pemilihan umum (KPU) Bolmong memastikan akan ada Calon legislatif (Caleg) yang bakal tereliminasi. Caleg yang dimaksud pun, beber Rully Hallaa Ketua Divisi Hukum KPU Bolmong, adalah Caleg dengan perolehan suara tertinggi dan mendapatkan satu kursi dalam pemilihan Caleg pada 9April 2014 kemarin. Namun sayangnya pihak KPU belum bisa membocorkan nama Partai pengusung, daerah pemilihan serta nama Caleg yang bersangkutan. Karena pihaknya masih harus menunggu hasil audit dari KAP yang ditunjuk langsung pihak penyelenggara. “Karena ini masih dalam verifikasi laporan awal,

makanya kami belum bisa memberikan identitas Caleg tersebut,” katanya. Aturan yang dilanggar oknum Caleg tersebut, berada pada tidak lengkapnya pemasukan laporan berkala. Karena seharusnya dalam laporan itu, harus berurut sesuai dengan format yang ada pada Surat Edaran KPU RI Nomor 261 tentang LPPDK peserta pemilu tahun 2014. “Ada yang terlewati, yang entah lupa atau sengaja memang tidak dibuat oleh mereka,” ujarnya. Ketua KPU Bolmong Fahmi Gobel melalui Anggota Komisioner KPU Bolmong Isnaidi Mamonto menjelaskan, adapun informasi tersebut, pihaknya akan tetap menunggu hasil pemeriksaan akhir dari pihak KAP. “Memang hanya satu nama, tapi kita sepakat menunggu hasil akhir audit saja,” terangnya.(try26)

Salihi Mokodongan hadir bersama pejabat lainnya

PEMBAKARAN RUMAH

Baca: Tiga (Halaman 12)

Asisten II begitu besar, hanya saja kandas dan harus berakhir dengan kata menyerah. “Saya tidak sanggup pak, kalau harus menjabat Asisten II,” kata Damo dalam FPT tersebut. Menurutnya bila disuruh memilih, tugasnya sebagai Kaban saat ini lebih diinginkannya, ketimbang harus menjabat Asisten II yang membawahi 15 SKPD yang ada. “Sangat sulit pak menduduki jabatan Asisten II itu, butuh pengalaman yang sangat besar, jadi kalau bisa saya mundur saja pak,” ungkapnya didepan para penguji. Kepala BKDD Bolsel Risnawati Mantang yang juga termasuk dalam tim penguji saat dikonfirmasi membenarkannya. “Ibu Damo sudah menyatakan tidak sanggup menduduki Asisten II, jadi masih ada beberapa kandidat lagi yang kita seleksi,” cetusnya.(try29)

Sejumlah Caleg terpilih terancam eliminasi

MUSRENBANGNAS

BOLMONG

TIGA terdakwa kasus perusakan dan pembakaran rumah warga Desa Nonapan Baru Kecamatan Poigar, yakni Abdul L. Olii (59), Moh Guntur Olii (20), Gunawan Olii (29), mulai disidangkan di Pengadilan Negeri (PN), Rabu (30/4) pukul 15.00 Wita. Sidang perdana dengan agenda pembacaan dakwaan ini, di Ketuai Majelis Hakim I Dewa Made B Watsara SH, anggota Harianto Mamonto SH dan Christy Angelina Leatemia SH. Tampak para terdakwa dalam persidangan mengenakan kemeja putih duduk mendengarkan pembacaan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) AH Mayangkara SH. Ketiga terdakwa oleh JPU, didakwa dengan pasal 160 jo 55 ke-1 KHUPidana, atau ke dua Pasal 170 ayat (1) KUPidana, atau ketiga pasal 406 jo 55 ke-1 KUHPidana.

HASIL LPPDK

Damo lempar handuk, akui tak sanggup Molibagu—Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (BPPKB dan PA) Bolsel Suhartini Damo dalam seleksi Fit and Propertes (FPT) calon Asisten II menyatakan tidak mampu menduduki jabatan tersebut alias lempar handuk. Dalam FPT yang dipimpin langsung oleh SekKab Bolsel Tahlis Gallang SIP, Damo yang turut mendaftarkan dirinya mengaku tak mampu untuk menjabarkan kinerja da Asisten II yang membidangi masalah Administrasi dan Pembangunan. Berbagai pertanyaan diberikan oleh para penguji, hanya saja dirinya merasakan kesulitan untuk menjawab pertanyaanpertanyaan tersebut. Meskipun dirinya saat ini masih menjabat sebagai Kaban PPKB dan PA Bolsel, namun niat tulusnya untuk ikut bersama mencari pengalaman mengikuti FPT

berdekatan dengan sungai. “Sebagian barang

berharga tidak bisa diselamatkan, karena saat hujan turun, langsung disertai dengan banjir yang deras. Sehingga waktu menyelamatkan sebagian barang, yang lainnya tak bisa diselamatkan, terutama binatang ternak yakni bebek, ayam yang masih berada di dalam kandang,” ugnkap warga Tombolikat Imran Mokodompit, yang rumahnya kena banjir. Sementara dari pantaun harian ini, saat terjadi banjir, dari pihak Pemerintah Boltim yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan sejumlah dinas terkait, belum ada yang turun lapangan menemui warga yang kena banjir.(tyr25)

SALIHI Mokodongan.

Lolak—Untuk kesekian kalinya Bupati Bolaang Mongondow Hi Salihi Mokodongan menghadiri Musyawarah Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tingkat Nasional di Jakarta. Harapan kedepan melalui Musrenbangnas, nantinya bisa mensinergikan program kegiatan strategis, lokasi dan pendanaan pusat dan daerah sebagai hasil pramusrenbangnas tahun 2014. Musrenbangnas 2014 yang dibuka dengan resmi oleh Presiden RI Dr H Soesilo Bambang Yudoyono dan turut dihadiri oleh Wakil

Presiden Dr Boediono, para Menteri KIB II, pimpinan Lembaga Negara, para Gubernur, Bupati, Walikota dan Kepala Bapeda se-Indonesia. Dalam agenda akbar yang dimulai sejak, Rabu (30/4) di Hotel Bidakara Jakarta, Bupati didampingi Asisten III Sekdakab Bolmong Dra Hj Ulfa Paputungan dan Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penanaman Modal dan Statistik (BP3MS) Imi Manangin SE dan para kepala Bidang BP3MS Bolmong. Tujuan penyelenggaraan Musrenbangnas tahun 2014, dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah tahun 2015 adalah untuk pelaporan hasil sinkronisasi perencanaan pembangunan pusat dan daera, termasuk isu dan kegiatan strategis masing-masing provinsi kepada presiden RI, serta penyampaian arahan Presiden dan Wakil Presiden RI serta pemaparan

3 menteri yaitu menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bapennas, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Keuangan bagi pelaksanaan Pembangunan tahun 2015 serta forum talk show oleh direktur utama BUMN dan ketua Assosiasi Pemerintah Provinsi dan Ketua Asosiasi Kabupaten / Kota. Kegiatan yang berthema “Melanjutkan Reformasi bagi Percepatan Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan” diawali dengan Laporan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Prof Dr Armida Salsiah Alisjahbana SE MA. “Seluruh hasil Musrenbangnas ini akan digunakan untuk menyempurnakan rancangan Akhir RKP tahun 2015” ujar Armida Sementara Presiden SBY dalam arahannya menghimbau agar kita semua mempercepat dan memperkuat pembangunan

bangsa ini. Presiden juga mengakui bahwa Musrenbangnas ini adalah terakhir yang bakal dihadirinya, karena bersama Wakil Presiden Boediono sebentar lagi akan selesai mengemban tugas. Presiden SBY-pun menggunakan momen pidatonya untuk memohon maaf kepada semua hadirin. “Selama saya mengemban tugas, jika ada hal-hal yang tidak berkenan kepada saudara, meskipun bagi saya tidak ada yang pribadi, saya menjalankan tugas dengan kepemimpinan dan manajemen yang saya pilih, itu adalah tugas negara, semuanya untuk rakyat kita” kata Presiden. Lebih lanjut agenda ini di gelar sehari yang di buka oleh presiden dan di tutup oleh Wakil Presiden RI. Juga digelar pameran pembangunan yang diikuti 33 provinsi se Indonesia serta lembaga Negara lainnya.(try26)

MAJU PILKADA

Landjar: Itu terlalu dini untuk dibicarakan Tu t u y a n — Wa c a n a sejumlah Partai Politik (Parpol), yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang mendapatkan kursi di Dekab Boltim, pada Pemilihan Legislatif (Pilcaleg) tanggal 9 April lalu, yang bakal mengusung kembali Bupati Boltim Sehan Landjar, untuk maju sebagai Calon Bupati (Cabup) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Boltim 2015 nanti, ditanggapi oleh Sehan Landjar.

Menurutnya, bahwa bicara soal Pilkada Boltim, dianggap masih terlalu dini untuk dibicarakan maupun diwacanakan. “Soal Pilkada, saya rasa belum saatnya di bicarakan, karena waktunya masih panjang. Satu tahun tiga bulan, itu dianggap masih jauh. Yang saya pikirkan, bagaimana menyelesaikan sisa pekerjaan dan program-program yang belum dilaksanakan oleh Pemerintah Boltim,” ujar Landjar kepada wartawan Kamis (1/5) kemarin. Akan tetapi, kata Bupati

berkumis ini, wacana dari sejumlah Pimpinan Parpol mengusung Sehan Landjar maju dari Parpol mereka, itu sah-sah saja, karena begitulah dunia politik. “Saya menghormoti Hanura dan PKB, mengusung Sehan Landjar pada Pilkada 2015. Namum wacana tersebut, bisa saja berubah. Karena konstalasi politik, setiap hari berubah bahkan setiap detik bisa berubah. Jadi, bicara soal pilkad nanti saja dulu, yang terpenting

SEHAN Landjar.

sekarang adalah, bagaimana mensejahterakan masyarakat Boltim, disisa waktu yang ada ini, “ pungkas Landjar.(try25)

JUMAT 2 MEI 2014

11

PELAYANAN KESEHATAN

RSUD Datoe Binangkang akan bersiap menuju BLUD Lolak—Rumah Sakit Umum Daerah Datoe Binangkang (RSUDB) melakukan studi banding ke Rumah Sakit (RS) Tabanan Kota Bali, dalam rangka persiapan RSUDB menuju Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Begitu dikatakan Direktur Utama (Dirut) RSUDB Dr Sahara Albugis MPHM. Sahara menjelaskan, RS Tabanan Bali sudah sejak Tahun 2006 menjadi BLUD dan patut menjadi contoh untuk RSUDB. “Dengan adanya hal tersebut, oleh Pemda dan Dekab Bolmong,

RSUDB telah dianggarkan lewat RKA RSUDB untuk menjadi BLUD,” jelas Sahara. Sahara berharap, rencana RSUDB menuju BLUD bisa berjalan dengan lancar. “Dengan dukungan penuh Pemerintah Kabupaten dan DPRD Bolmong, Insya Allah niat kami ini bisa terealisasi dalam tahun ini, karena sudah diharuskan oleh Pemerintahan Pusat bahwa setiap Rumah sakit Pemerintah daerah harus menjadi BLUD, sesuai dengan Peraturan Mendagri (Permendagri) nomor 61 tahun 2007,” tambahnya.(try26)

NIP

Belum kantongi, CPNS K2 Boltim makin galau Tutuyan—Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yang lulus lewat Honorer Daerah (Honda) Kategori Dua (K2) dilingkungan Pemerintahan Boltim, semakin galau. Pasalnya, Nomor Induk Pegawai (NIP) sebagai syarat menjadi menjadi Abdi Negara, sampai ini tak juga di kantongi oleh para Honda K2 tersebut. “Kami khawatir, janganjangan NIP akan molor sampai selesainya pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) bulan Juli tahun 2014 mendatang,” ungkap sejumlah Honda K2 Boltim, kepada Swara Kita Kamis (1/5) kemarin. Mereka berharap, NIP CPNS Honda K2 secepatnya di kantongi, sebagaimana janji Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Boltim Ir Muhammad Assagaf, saat

memberikan sambutan, pada acara penyerahan NIP CPNS jalur umum beberapa waktu lalu. “Apa yang dijanjikan oleh Sekkab Boltim pada waktu itu, yakni akan memproses cepat NIP Honda K2, itu yang dipertanyakan, kapan akan keluar, “ ujar mereka. Menanggapi hal tersebut Sekretaris Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Pemkab Boltim Nurman Limbanadi, SE ketika dikonfirmasi menjelaskan, karena ada beberapa Honda K2 yang diduga bermasalah dengan Surat Keputusan (SK) yang diduga siluman, sehingga masih dilakukan verifikasi berkas lagi. “NIP akan keluar, setelah verikasi faktual selesai dilakukan pihak BKDD dan Inspektorat Boltim, “ jelas Limbanadi.(try25)

UN SMP-MTS

Dikpora Bolsel titip naskah di Polsek Urban Molibagu—Setelah diterima oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Rabu (30/4) kemarin, naskah soal dan lembar jawaban Ujian Nasional (UN) tingkat SMPMTs langsung diamankan di Polsek Urban Bolaang Uki. Kepala Dikpora Bolsel Selvia Van Gobel ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya sudah menerima naskah soal dan lembar jawaban yang akan digunakan dalam pelaksanaan UN Pekan depan. Saat ini satu per satu naskah tersebut diperiksa oleh para guruguru untuk memastikan kelengkapan jumlah naskah soal dan lembar jawaban yang sudah diterimah oleh Kabupaten Bolsel. “Kami sementara lakukan pemeriksaan kelengkapan berkasnya,” kata Selvia. Menurutnya, dalam mengamankan naskah tersebut, Dikpora sengaja untuk menitipkan dokumen negara tersebut di Polsek Urban Bolaang Uki sebelum

pelaksanaan ujian berlangsung. “Naskahnya untuk sementara dijaga oleh aparat kepolisian,” cetus Kadispora. Dari data yang diperoleh, sedikitnya ada sekitar 1010 siswa SMP-MTs yang akan mengikuti pelaksanaan UN yang tersebar di 23 sekolah pelaksanaan. Dalam pelaksanaan UN tingkat SMP-MTs hanya ada sekitar 4 (empat) mata pelajaran saja yang di uji. Masing-masing terdiri dari, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. “Hanya empat mata pelajaran saja yang kita ikutsertakan,” tukasnya. Dirinya juga menambahkan dalam pelaksanaan UN tersebut, guna menunjang motifasi belajar siswa, peran serta orang tua di rumah juga sangat diperlukan untuk mengontrol perilaku anak dalam keseharian. “Dalam mendidik anak itu terlibat guru dan orang tua, yang paling berperan sekali dalam kesehariannya hanyalah orang tua,” ujarnya.(try29)

HASIL MUSRENBANGNAS

Proyek MP3EI jadi prioritas Tutuyan—Waki Bupati (Wabup) Boltim Medy Lensun ST, mengatakan hasil rapat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasionas (Musrembangnas) yang berlangsung di Jakarta, pada, Rabu (30/4), pemerintah pusat memprioritaskan Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesias (MP3EI). “Untuk tahun 2015, alokasi dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di-prioritaskan pada proyek MP3EI, “ kata Lensun kepada wartawan Kamis (1/5) kemarin. Dia mengatakan, rakyat Sulawesi Utara (Sulut) perlu bersyukur termasuk wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR), karena dalam laporan menyangkut perkemba-

ngan pembangunan, dimana sepuluh tahun terakhir wilayah Sulut, mengalami peningkatan yang signifikan. “Pada Musrembangnas tersebut, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SB) melaporkan, dalam sepuluh tahun terakhir peningkatan pembangunan Sulut, capaian-nya meningkat, “ terang Lensun. Lanjutnya, tentu dengan adanya prioritas pembangunan, maka wilayah Sulawesi sendiri akan mengalami dampak kemajuan yang pesat. “Lima tahun kedepan, infrastruktur di wilayah kita pasti akan maju pesat, dengan adanya mega proyek yang dialokasikan lewat APBN untuk proyek percepatan pembangunan, “ katanya.(try25)


TOTABUAN

11 PNS ... Dari Halaman 11 “Yang hadir baru 11 orang dari 41 orang yang diundang. Salah satunya perwakilan dari Waskita, sidang ini untuk mempertanyakan pengembalian dana yang terpakai pada tahun anggaran 2013 lalu,” kata Ketua MPTRG Mustafa Limbalo usai sidang. Untuk pihak ketiga yang hadir dalam sidang yakni PT Waskita. PT Waskita merupakan kontraktor yang melaksanakan pekerjaan pembangunan Masjid Raya Baitul Makmur (MRBM). “Jumlah TGR di pihak PT Waskita sekitar Rp1,2 miliar. Mereka berjanji akan mengembalikan dana tersebut. Untuk pihak ketiga lainnya ada sekitar 7 kontraktor juga yang terkena TGR. Mereka kontraktor lokal,” tutur Mustafa. Wiwik sebagai Kepala Inspektorat juga membenarkan bahwa satu hingga dua minggu kedepan, pihaknya sudah menjadwalkan kembali agenda sidang MPTGR. untuk mempertanyakan kepastian pengembalian. Meski saat ini, yang diinput sudah sekitar 65% dari jumlah TGR senilai Rp6 milyar lebih. “Yang tidak hadir akan di layangkan surat undangan lagi, jadwalnya minggu kedua Mei tapi akan dirapatkan kembali,” katanya. Sidang MPTGR yang tercatat sudah empat kali dilaksanakan ini, baru menghasilkan 60 persen pengembalian dari para tertuntut. Pada sidang kali ini pun, hanya sekitar Rp20 jutaan lebih pengembalian yang di terima tim inspektorat, termasuk pengembalian salah satu kontraktor senilai Rp3 juta. “Kalau Waskita belum, tapi sudah berjanji akan dikurangi. Hanya 1 pihak ketiga yang menyicil, bersama beberapa PNS,” terang Wiwik yang diketahui mantan Sekretaris Inspektorat Boltim.(try26)

Tiga ... Dari Halaman 11 Usai dibacakan dakwaan pleh JPU, sidang oleh Majelis Hakim kemudian ditunda pekan depan, dengan mengagendakan sidang pemeriksaan saksi. Diketahui, kasus ini terjadi pada 31 Desember 2013, sekira pukul 20.00 Wita. Saat itu para terdakwa mencari korban Rasidin Mokodongan dirumahnya karena sebelumnya korban menganiaya salah satu terdakwa yakni Moh Guntur Olii. Namun korban saat itu tidak ditemukan dirumahnya, para terdakwa yang saat itu bersama massa dari Desa Nonapan I, kemudian menyerang rumah korban dengan lemparan batu, merusak fasilitas rumah, hingga akhirnya rumah korban dibakar massa yang ditengarai dibawa para terdakwa.(try26)

Pontoh ... Dari Halaman 11 Terutama penyakit masyarakat (Pekat) seperti miras, judi, dan lainya, sehingga diharapkan kerja sama masyarakat, agar tidak sungkan-sungkan melapor ke pihak berwajib, jika ada oknum-oknum tertentu atau pihak tertentu yang melakukan tindakan kriminal.(try25)

BOLMONG, KOTAMOBAGU, BOLMUT BOLTIM, BOLSEL

JUMAT 2 MEI 2014

12

Karena HP, siswa SMKN I KK demo Polres Bolmong 3 siswa jadi bulan-bulanan oknum polisi Kotamobagu—Orang tua salah satu pendemo meluapkan amarahnya di Markas Polres Bolmong, setelah ratusan siswa dari SMKN 1 Kota Kotamobagu (KK) melakukan aksi demo di Mapolres (Bolmong, Kamis (1/5) kemarin. Aksi solidaritas itu dilakukan, lantaran Kuswindra Kodayow guru mereka dijadikan sebagai tersangka oleh pihak penyidik, hanya persoalan handphone. Bahkan aksi itu juga mengecam ulah oknum Polisi yang melakukan pemukulan terhadap guru Keterampilan Komputer Pengelola Informasi (KKPI) itu saat berada di ruang penyidik. Aksi demo sempat terjadi pemukulan kepada tiga siswa yang berunjuk rasa. Entah sengaja atau tidak, namun oknum anggota Polisi yang bertugas di Polres itu, sempat memukul Fahri Kadir, Dedi

Ardan dan Yayang Sugeha. Ketiganya mendapat tendangan serta pukulan saat sesuai reka ulang dalam pemeriksaan di ruangan SPKT Polres. Hal ini memancing amarah dari salah satu orang tua siswa. Pria berambut cepak dengan seragam TNI ini berteriak-teriak dari luar Mapolres yang berada di depan Polres sampai masuk halaman Polres hingga ke ruangan SPK Polres Bolmong, saat kapolres Bolmong tengah melakukan hearing dengan para guru, Diknas dan PGRI. Meski demikian, emosi dari oknum anggota TNI meredah setelah beberapa orang mencoba menenangkanya dan langsung membawa pria itu lengkap dengan pakaian dinas keluar dari halaman Mapolres. Oknum anggota TNI itu marah lantaran anaknya yang ikut berde-

montrasi di Mapolres Bolmong terkena pukulan oleh oknum polisi. Keterangan yang didapat, tiga siswa tersebut sempat mengeluarkan kata-kata kurang enak kepada oknum Polisi tersebut. Sehingga emosi oknum Polisi naik dan terjadi pemukulan. Namun, setelah sekitar hampir 1 jam melakuan orasi di depan Mapolres Bolmong, akhirnya perwakilan siswa, guru, pihak PGRI, Diknas diberikan kesempatan masuk untuk lakukan pertemuan dengan Kapolres Bolmong AKBP Hisar Siallagan. Kadis Diknas Kotamobagu Rukmini Simbala membeberkan dari hasil pertemuan yang difasilitasi Diknas dan PGRI serta Kapolres sepakat berdamai, dan mencabut semua laporan. “Permasalahan ini, hanya mis komunikasi saja. Pak Guru Kuswandi Kodayow

tidak ada niat untuk mengambil HP Febrianty siswi SMK. Begitu juga deng Febry Pandeiroth. Dia juga tidak ada niat, menuduh pak guru mengambil hanphonenya. Mereka sudah berdamai,” katanya Senada di katakan Ketua PGRI Kotamobagu, Sande Makalalag agar masalah ini tidak menjadi besar, kedua bela pihak berdamai. “ Ini hanya salah paham,” tutur Sande. Kapolres Bolmong AKBP Hisar Siallagan juga menegaskan, bahwa hasil pertemuan tadi positif. “Hasil pertemuan semua bersepakat tidak melanjutkan masalah. Kan yang punya hak itu si pelapor, baik itu dari pihak guru yang melapor ke provos maupun dari si murid yang melapor ke Reskrim. Saya hanya mampu untuk fasilitasi. Jika kedua belah pihak berdamai itu lebih baik,” kata Hisar usai lakukan pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam.(try26)

Penayangan ... Dari Halaman 11

Hari ... Dari Halaman 11

“Hampir secara keseluruhan paketnya sudah ditayangkan di tiaptiap SKPD,” kata Aldi. Meskipun menurutnya, masih ada beberapa instansi yang memasukan berkas penawaran secara bertahap, namun sudah secara keseluruhan SKPD telah memasukannya. “Memang ada beberap SKPD lagi yang memasukannya secara

Jika melihat kondisi pejabatpejabat esalon II di jajaran pemkab Bolsel, ada yang sudah menduduki jabatan cukup lama sehingga perlu untuk dilakukan mutasi untuk peningkatan kembali semangat kerjadariSKPD. KepalaBKDD Bolsel Risnawati Mantang, saat dikonfirmasi terkait pelaksanaan mutasi tersebut, mengatakan masih tetap menunggu petunjuk dari Bupati Bolsel H Herson Mayulu SIP.

bertahap,” tukasnya. Sementara itu, ketua pengadaan lelang Anas Kainiden saat dikonfirmasi juga membenarkan proses tersebut. Bahkan menurutnya sudah ada pula bebrapa paket pekerjaan sudah melakukan penawarannya melalui internet. “Sudah ada juga yang lakukan penawaran di internet,” jelasnya.(try29)

“Kita tunggu petunjuk pak bupati kalau dilaksanakan besok (hari ini,red) atau gimana,” kilah Mantang sambil tersenyum. Namun menurutnya sudah ada kepastian bahwa pengisian jabatan asisten II akan terisi bersamaan dengan mutasi tersebut. “Nama pejabat asisten II sudah dikantongi, nanti akan dilantik bersamaan dengan pejabar lainnya dalam mutasi,” ujarnya.(try29)

FPT ASS II

Sekkab : Tugas seorang asisten tidak gampang Molibagu—Sebanyak 11 pejabat mengikuti seleksi Fet and Profertes calon Asisten II yang digelar dalam ruangan kerja Sekkkab Bolsel Tahlis Gallang SIP MM, Rabu (30/4). Sekkab selaku ketua tim penguji dibantu oleh rekan-rekan penguji lainnya yang terdiri dari Asisten I Indra Damopolii, Asisten III Abadi Jusuf, Kepala BKDD Risnawati Mantang, Kepala Inspektorat Ridel Paputungan dan Kabag Hukum Sofyan Amu, begitu antusias menyeleksi para peserta tersebut. Beberapa diantaranya yang ikut FPT para staf ahli, staf khusus bupati, dan beberapa pejabat di SKPD yang turut serta pula mengikuti FPT dimaksud. Sugeng Purwanto misalnya yang menjabat sebagai staf khusus bupati, sedikit kewalahan memberikan jawaban dalam setiap pertanyaan dari para penguji tersebut. Ada pula yang justru menolak setelah menjabarkan pandangan umum mereka. Seperti halnya Suhartini Damo yang rela menyatakan dirinya belum sanggup memegang jabatan tersebut. Tahlis Gallang SIP MM selaku ketua tim penguji

mengatakan menduduki jabatan Asisten II bukanlah jabatan yang mudah, justru jabatan tersebut dinilainya sangat sulit karena ada 15 SKPD yang ada dibawahnya. “Tugas Asisten II tidak gampang, disana ada perencanaan pembangunan daerah, corong perkembangan dari perekonomian daerah tergantung kinerja dari asisten II,” ungkap Sekkab. Menurutnya dalam seleksi calon asisten II lewat FPT memang benarbenar dipilih berdasarkan kemampuan pejabat yang bersangkutan sehingga dalam melaksanakan tugasnya ketika terpilih, tetap mengacu pada program kerjanya yang sudah dipaparkan lewat FPT. “Kita harus benar-benar melihat hasil yang lebih baik,” terang Tahlis. Masing-masing penguji jelas memberikan penilaian yang berbeda-beda kepada para kandidat tersebut, sehingga dipastikan posisi Asisten pembantu Sekkab bidang Administrasi dan pembangunan akan segera terisi. “Nantinya posisi asisten II akan terisi diantara mereka-mereka yang ikut itu, siapa nilainya paling tinggi, dia yang akan mendudukinya,”ungkapnya.(try29)


MINAESA PENGAWASAN PILPRES PORSENI KABUPATEN MITRA

Panwaslu Mitra bakal libatkan LSM, Ormas dan Pers UNTUK memaksimalkan pengawasan guna penyelenggaraan pemilihan yang berkualitas, jujur dan adil, jauh dari kecurangan serta pelanggaran, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Mitra, bakal melibatkan LSM, Ormas dan Pers, dalam menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) Juli mendatang. Menurut Ketua Panwaslu Mitra Rudi Kures, yang didampingi anggota Joby Lungkutow dan Dolly Van Gobel, ini sangat penting agar pegawasan bisa berjalan dengan baik. “Memang Panwaslu perlu bekerjasama dengan Ormas, LSM dan Jurnalis, agar kedepan pengawasan pada Pemilu akan lebih maksimal,” kata Kures, belum lama ini. Lanjutnya, dengan melibatkan LSM, Ormas dan Pers, independensi dalam rangka pengawasan sangat penting, untuk menghadirkan pemilu yang berkualitas, jauh dari kecurangan dan pelanggaran.(esel)

MINAHASA PENDIDIKAN

Hari ini, JWS Irup di Hardiknas Minahasa BUPATI Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dipastikan akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Jumat (2/5) hari ini pukul 07.30 Wita di Lapangan Dr Sam Ratulangi Tondano. Hal itu dikatakan oleh Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Minahasa, Agustivo Tumundo SE MSi. “Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh seluruh pejabat Pemkab, seluruh guru, pegawai dan staf tata usaha di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Minahasa serta seluruh siswa SD, SMP, SMA dan SMK seTondano raya,” ujar Tumundo. Lanjut ditambahkannya, setelah menjadi Irup dalam Upacara Bendera itu, Bupati JWS yang juga mantan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Minahasa ini akan melepas dengan resmi peserta Lomba Gerak Jalan antar SD, SMP dan SMA/ SMK dengan rute mengelilingan pusat kota Tondano. “Diharapkan agar semua pejabat dan seluruh peserta upacara yang telah diundang untuk dapat hadir dalam upacara tersebut tepat pada waktunya,” tandasnya.(try33)

BITUNG PIM IV

Bekali peserta, Humiang kembali menjadi guru SEKRETARIS Kota (Sekkot) Bitung Drs Edison Humiang MSi, kembali memaparkan materi dihadapan 30 peserta Diklat PIM IV angkatan pertama Tahun 2014, bertempat Balai Diklat Perikanan dan Kelautan Aertembaga, Rabu (30/ 4) lalu. Sekkot Humiang yang memiliki gaya khas mengajar sambil berdiri dan selalu tersenyum, memberikan materi tentang “Letak dan aspek geografis” dalam penunjang pengembangan pembangunan di Kota Bitung, yang dianggap sangat berpotensi untuk pertumbuhan perekonomian dan pemerataan, pendapatan, SDM, seperti adanya Kawasan industri, KEK, HUB-PORT dan Konektivitas jalan dan prasarana pendukung lainya yang berdasarkan pada Geostrategi, Geoekonomi dan Geopilitik. Untuk itu, dalam kemajuan pertumbuhan perekonomian di Kota Bitung para peserta PIM IV diharapkan, harus tahu letak aspek geografis dalam segi pengembangan kawasan, serta sasaran dan konsep rancangan pengembangan pembangunan, hal ini merupakan dasar suatu wawasan untuk dapat diterapkan dihadapan masyarakat dalam menunjang pembangunan di Kota Bitung. Disamping itu, menurut Humiang, hal ini suatu motivasi kepada peserta PIM IV untuk bisa memanagemen tentang pribadi, serta selalu percaya diri. “Tata dan bina diri kalian dalam merancang visi dan misi untuk kemajuan kedepan,” ujar Humiang, saat memberikan materi didampingi Sekretaris BKD-PP Meiva Woran SH MH.(wepe)

MINAHASA, TOMOHON, MINUT, MINSEL, MITRA BITUNG

SBSI Tomohon keluarkan 9 sikap Minta agar buruh dan masyarakat umum, prioritas mendapat pelayanan kesehatan murah Tomohon—Hari Buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei, pada tahun ini untuk pertama kalinya sudah menjadi hari libur nasional. Meski demikian, aksi para buruh tak surut untuk memperingati hari bagi para pekerja ini, termasuk untuk menyuarakan tuntutannya. Seperti yang dilakukan oleh Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Kota Tomohon yang menyikapi Hari Buruh ini dengan 9 sikap, meskipun tidak turun melakukan aksi damai, seperti yang dialkukan serikat buruh yang ada di sejumlah daerah, yang pada hari ini (kemarin,red) turun ke jalan menggelar aksi.

Disampaikan Ketua SBSI Kota Tomohon, Yongkie Sumual didampingi Sekretaris Edwin Kambey dan Bendharra Claudia B Kilis, Kamis (1/5) kemarin, 9 sikap itu yakni menolak upah murah dan meminta eksekutif serta legislatif untuk mencabut UU 13/2013 yang dinilai hanya menyusahkan kaum buruh, sehingga para tenaga kerja bisa hidup layak secara fisik maupun secara sosial. Kemudian sikap berikutnya yakni menghapus sistem Outsourching yang diberlakukan terhadap kaum buruh karena bertentangan dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 19/ 2012 dan mencabut Surat

Edaran Menakertrans RI Nomor.04/VIII/2013 yang memberikan kewenangan terhadap Asosiasi Sektor Usaha (ASU) untuk melegalkan praktek Outsourching. Lalu meminta melindungi kaum buruh yang efektif oleh Negara terhadap tindak kekerasan, kerugian fisik, ancaman intimidasi baik yang di lakukan pejabat publik, perseorangan, kelompok maupun lembaga serta pengusaha. “Kami juga meminta angkat tenaga kontrak menjadi karyawan tetap (pegawai negeri, karyawan BUMN, BUMD dan Swasta) dan menolak buruh kontrak terhadap pembatasan kerja permanen.

Kemudian berlakukan UMP Sulawesi Utara Rp1,9 juta sesuai ketentuan ambang batas minimal bagi tenaga kontrak negeri, swasta, karyawan BUMD di luar tunjangan lainnya,” katanya. Tuntutan berikutnya yakni menerapkan jaminan sosial sesuai UU Nomor 40 tahun 2004, dibidang Kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan melahirkan, jaminan kematian bagi kaum buruh serta fungsikan Tripartit (Buruh, Pemerintah, Pengusaha) untuk menentukan kebijakan terhadap upah perburuhan. Baca: SBSI ( Halaman 14)

RAMBAH HUTAN

Pejabat konservasi dipenjarakan Bitung—Lelaki FK alias Ferdinand, oknum pejabat Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah I Sulut, Kamis (1/5) kemarin, resmi ditahan pihak kepolisian, atas dugaan praktek perambahan hutan lindung dan kawasan konservasi. “Benar, ada oknum pejabat BKSDA yang kita tahan,” kata Kapolres Bitung, AKBP Hari Sarwono SIK MHum. Menurut Sarwono, penahanan terhadap

Ferdinand dilakukan, karena dalam proses penyelidikan maupun penyidikan, ditemukan alat bukti yang cukup untuk menjeratnya sesuai dugaan yang disangkakan. “Tersangka terbukti melakukan perambahan hutan di area Cagar Alam Batuputih, sebagaimana yang diatur dalam UndangUndang Kehutanan Nomor 18 Tahun 2013,” tandas kapolres. Ditambahkannya, penahanan dilakukan demi

KEJAR WTP

kepentingan penuntasan kasus dugaan perambahan ini, dimana tersangka yang notabene memiliki tugas untuk melindungi hutan lindung dan kawasan konservasi itu. “Bermula ketika yang bersangkutan merintis sebidang lahan yang diklaim sebagai miliknya, beberapa waktu lalu. Padahal, lahan dimaksud merupakan bagian dari kawasan Cagar Alam Batuputih,” jelasnya. Diungkapkannya lagi, kalau tersangka memberi

patok berupa pohon kelapa kecil, sebagai penanda bahwa itu miliknya. “Waktu itu lahan tersebut belum berstatus kebun, melainkan hutan,” ungkapnya. Sementara itu, guna menguatkan hasil penyidikan, penyidik Satreskrim Polres Bitung telah menghadirkan ahli, untuk dimintai pendapat. Hasilnya, keterangan ahli memastikan perbuatan Ferdinand masuk ranah pidana.(wepe)

ADIPURA

Hari ini Tomohon akan dinilai Tomohon—Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, jika Jumat (2/5) hari ini sampai Sabtu (3/5) esok, tim penilai Adipura dari pemerintah pusat akan melakukan penilaian kebersihan dan keindahan Kota Tomohon sebagai Kota Adipura. “Untuk lokasi-lokasi pemantauan yang akan dinilai oleh tim, nantinya berada dalam beberapa titik pantau baik sekolah, gedung perkantoran, pasar terminal juga wilayah kelurahan seperti di Kelurahan Uluindano, Kantor Walikota Tomohon, Pasar dan terminal beriman dan sekolah dari berbagai tingkatan,” katanya. Untuk itu dirinya menegaskan bahwa dalam mempertahankan piala adipura, maka seluruh komponen terkait, baik pemerintah dan masyarakat dari seluruh komponen harus proaktif untuk mensukseskan program ini. “Kepada para pendatang dan pengunjung yang melewati Kota Tomohon diharapkan tidak membuang sampah sembarangan dari dalam mobil. Begitu juga diingatkan kembali kepada seluruh masyarakat bahwa dilarang keras membakar sampah dalam bentuk apapun,” katanya. Menurutnya, sudah menjadi kepedulian kita semua untuk menjaga kelestarian alam lingkungan yang sehat dan serasi sehingga alam akan selalu bersahabat dengan kita sekaligus menjaga agar mata air yang bersih terus mengalir. “Mari jaga dan kelola alam dan lingkungan bagi kesejukan dan kesejahteraan kita melalui kepedulian yang dimulai dari individu, keluarga, kelompok dan

organisasi-organisasi serta lembaga-lembaga yang ada dalam masyarakat,” ajak Eman seraya menambahkan apabila anjuran dan arahan pemerintah dilaksanakan tentu akan memberikan ketenangan, kenyamanan dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat. TIBA SAAT, TIBA AKAL Menanggapi akan adanya penilaian Adipura, ditanggapi oleh Ketua Komisi A Dekot Tomohon, Drs Paulus Sembel. Bahkan Sembel menilai jika apa yang akan dilakukan Pemkot Tomohon sekarang ini adalah tiba saat, tiba akal. “Pemerintah sekarang seperti tiba saat, tiba akal. Karena memang benar, sebab sifatnya hanya responsif ketika mendadak hadapi suatu kegiatan dan bukan antisipasi sejak awal. Buktinya, menghadapi Adipura, nanti action jika ada penilaian, sementara unsur pendukung infrastruktur kebersihan tidak beres,” kritik Sembel. Pasar dan terminal, kata Sembel yang seharusnya menjadi pembenahan, tidak dilakukan sejak awal. Belum lagi TPA Taratara yang dinilai masih ditelantarkan dan mulai penuh dimana itu juga tidak secepatnya diantisipasi. “Pemerintah banyak disibukkan dengan kegiatan seremonial, apalagi walikota banyak keluar daerah sehingga koordinasi antar SKPD untuk menunjang suatu program kegiatan sering terabaikan seperti menghadapi penilaian adipura ini,” jelas Sembel. Baca: Hari ( Halaman 14)

TELKOMSEL

BPK RI periksa 500 Tidak mengantongi izin, Kendis Pemkab Minut tower disegel Satpol-PP Tondano—Tower milik Telkomsel yang didirikan perusahan telepon selular di Kelurahan Tataaran II Patar, Rabu (30/4) lalu, disegel oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Minahasa. Pasal, pendirian Tower tersebut ternyata tidak mengantongi izin. Kasat Pol PP Pemkab Minahasa, Engelbert Rantung setelah dikonfirmasi koran ini, Kamis (1/5) SEJUMLAH Kendis, baik roda empat maupun dua milik Pemkab Minut, mulai diperiksa tim BPK RI.(foto: boyz/sk)

Airmadidi—Sekitar 500 unit Kendaraan dinas (Kendis), baik roda dua maupun empat, kini mulai dilirik tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut, yang sudah kembali mulai beraktifitas di Pemkab Minut hingga sebulan penuh lamanya. Hal ini dibenarkan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Miliki Daerah (BPKBMD) Drs Max Silinaung, Kamis (1/5)

13

JUMAT 2 MEI 2014

kemarin. Menurut Silinaung, sejak Selasa sudah ada beberapa kendis yang diperiksa, dan masih akan dilakukan. “Sejak Selasa, sebagian pemeriksaan dari BPK RI sudah dilakukan, dan itu Kendis dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berada didalam kawasan Kantor Bupati Minut,” tutur Silinaung. Baca: BPK ( Halaman 14)

kemarin, membenarkan kalau Tower yang ada di Kelurahan Tataaran II tersebut telah disegel. “Setelah di kroscek oleh kami, ternyata perusahan yang telah mendirikan alat pemancar untuk telepon selular tersebut tidak memiliki izin. Olehnya, sudah menjadi kewajiban kami untuk menertibkannya,” ujar Rantung. Baca: Tidak ( Halaman 14)

SPPD FIKTIF

Diduga ada di Dekot Bitung Bitung—Dugaan jika ada anggota dewan yang mulai nakal dengan memalsukan nama di tiketnya, saat melakukan perjalanan dinas, rupanya merebak di Sekretarit Dekot Bitung. Hal ini diungkapkan oleh salah satu staf Dekot Bitung kepada wartawan.

DAFTAR PEMILIH

KPU Mitra jadikan DPT Pilcaleg sebagai DPS Pilpres Ratahan—Untuk pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) Juli mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mitra, menjadikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum (Pemilu) 9 April lalu, sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS). Hal ini diungkapkan Ketua Divisi Program dan Data KPU Mitra Helti Massie SE. Dimana menurutnya, DPS Pilpres di daerah ini akan menjadi 81.390 pemilih. “DPT Pemilu lalu akan digunakan sebagai DPS Pilpres, karena kami sudah lakukan sinkronisasi data sebelumnya,” ungkapnya, belum lama ini.

Lebih lanjut, pihaknya akan melakukan pemutakhiran data kembali, terkait untuk pemilih pemula, dimana mereka yang telah berumur 17 tahun, mulai tanggal 10 April sampai 9 Juli 2014 mendatang. Sementara itu, untuk pemilih yang menggunakan formulir A5, pihaknya akan mengecek kembali dan tidak akan digunakan dalam DPS Pilpres. “Kita akan cek lagi, karena formulir A5 hanya bagi orang bekerja di daerah dan tidak bisa pulang untuk menyalurkan hak suaranya pada pemilihan nanti,” kata Massie.(esel)

UN

Pekan depan 1737 siswa SMP di Mitra ikut ujian SANTI G Luntungan.

Ratahan—Sedikitnya 1737 siswa SMP di Kabupaten Mitra, akan berjibaku dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN), yang akan diselenggarakan Senin (5/ 5) pekan depan. Sesuai informasi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Mitra, pelaksanaan UN nanti, akan diselenggarakan di 41 SMP, yang menjadi sekolah penyelenggara, yang tersebar di 12 kecamatan yang ada di daerah ini, dengan jumlah peserta 1737.

“Ada anggota dewan yang di tiketnya tertulis namanya, tapi saat berangkat bukan dia yang berangkat, namun sanak saudaranya,” jelas salah seorang staf yang enggan namanya dikorankan ini. Sementara itu, Ketua Dekot Bitung Santi G Luntungan, saat dikonfirmasi soal ini, membantah hal tersebut. “Sistem yang ada saat ini sangat susah sekali, a apalagi pembayaran untuk pertama kali dilakukan t oleh anggota dewan yang bertugas, nanti pulang baru masukan nota perinciannya,” jelas Luntungan, pada t wartawan, belum lam ini.(wepe)

Sementara itu, terkait dengan kesiapan para siswa, menurut Kepala Dikpora Mitra Robby Ngongoloy, mereka sudah siap untuk mengikuti UN. “Yang pasti semua peserta sudah siap, karena berbagai tahapan pra UN telah dilaksanakan,” ungkapnya, belum lama ini. Diketahui, pelaksanaan UN akan digelar pada tanggal 5 hingga 8 Mei mendatang. Pihak Dikpora Mitra sendiri sangat optimis para siswanya akan lulus seratus persen.(esel)


MINAESA

MINAHASA, TOMOHON, MINUT, MINSEL, MITRA BITUNG

JUMAT 2 MEI 2014

14

8 peserta diterbangkan ke Purwakarta Pramuka Kwarcab Minahasa utus perwakilannya untuk mengikuti kegiatan tingkat Nasional SBSI ... Dari Halaman 13 “Tak hanya itu, sikap kami lainnya yakni meminta pemerintah menjamin adanya iklim persaingan usaha yang fair dan sehat terhadap keberpihakan buruh tani pada produk pertanian, petani wajib mendapat jaminan harga yang layak oleh Negara. Lalu meminta pemerintah daerah wajib memprioritaskan peningkatan Puskesmas yang tersebar dengan menghadirkan tenaga ahli dokter, menambah peralatan kesehatan modern, agar parah buruh dan masyarakat umum mendapat pelayanan kesehatan murah setingkat rumah sakit,” katanya.(gebe)

Hari ... Dari Halaman 13 Menurutnya, jika keberpihakan akan anggaran dari pemerintah ke infrastruktur kebersihan seakan terabaikan. Pemerintah yang punya kepekaan harusnya mengambil pola anggaran menyesuaikan kegiatan sebab dananya tersedia. “Saya berani katakan bahwa pembangunan infrastruktur saat ini stagnan alias tidak ada kemajuan yang berarti dalam beberapa tahun terakhir ini. Buktinya, Utilitas Kota atau hal mendasar pelayanan publik seperti air bersih, drainasse, TPA dan kebersihan, trotoar dan sebagainya terabaikan, padahal dewan telah menyetujui penggunaan anggaran 30% untuk infrastruktur kota termasuk memfasilitasi utilitas kota. Ini juga bagian dari cacatan awal saya menyikapi Laporan KeteranganPertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Tomohon tahun anggaran 2013 di Sidang Paripurna lalu tapi tertunda karena Walikota di luar daerah,” tambahnya.(gebe)

Tidak ... Dari Halaman 13 Lanjutnya juga, dari sejumlah Tower yang berdiri di wilayah Minahasa, dalam waktu dekat ini akan diadakan pemeriksaan keabsahannya, karena di Minahasa ada banyak Tower yang berdiri di sejumlah titik, sehingga dalam waktu dekat ini timnya akan turun ke lokasi. “Tim Satpol PP akan turun ke lokasi-lokasi dimana tower-tower didirikan dan jika ditemukan administrasiya tidak lengkap meskipun sudah beroperasi, untuk kepentingan kita bersama tetap kami akan menyegel serta memberhentikan operasi Tower tersebut,” terang mantan Kepala Kantor Perpustakaan Pemkab Minahasa ini.(try33)

BPK ... Dari Halaman 13 Ditambahkan Silinaung, pemeriksaan kendis yang berada diluar kawasan Kantor Bupati, dalam waktu dekat akan segera dilakukan. Untuk itu, dimintakan kepada para Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menggunakan kendis, agar ada niat baik untuk dilakukan pemeriksaan. “Pokoknya, semua PNS yang berada diluar kawasan, wajib untuk menghadirkan kendis yang dipegang mereka. Karena ini merupakan petunjuk langsung Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA dan Wakil Bupati Yulisa Baramuli. Karena hal ini sangat berpengaruh nantinya dalam penilaian BPK RI, apalagi Pemkab Minut saat ini menargetkan agar Kabupaten Minut dapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” tegas Silinaung.(eres)

Tondano—Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Minahasa dipercayakan mengutus perwakilannya untuk mengikuti kegiatan Pramuka tingkat nasional yang dilaksanakan pada tanggal 28 April sampai 2 Mei hari ini. Utusan Kwarcab Minahasa yang telah di rekomendasi oleh Kwarda Sulut hanya Putri. Sedangkan putra dipercayakan dari utusan Kwarcab Manado. Ketua Kwarcab Minahasa, DR Olga Singkoh MHum mengatakan, bahwa utusan perwakilan Minahasa yang terdiri dari 8 peserta Putri bersama 3 pembina ini, diberangkatkan ke Purwokerto Jawa Tengah (Jateng) selama 5 hari dimana mereka yang sudah diseleksi agar nantinya semua kegiatan di sana bisa bermanfaat bagi kepramukaan di Minahasa. “Apa yang didapat dalam sesion kegiatan di sana guna bisa di terapkan nanti di sini. Hal ini agar kemajuan kedisiplinan serta kreatifitas anak-anak dapat menjadi teladan bagi

generasi penerus,” ujar Singkoh. Dia berharap agar kegiatan yang akan berakhir Jumat (2/5) hari ini, untuk utusan kwarcab Minahasa dapat mengikuti iven yang bertaraf Nasional ini dengan sukses. “Saya sangat bangga atas keikutsertaan anakanak Pramuka Minahasa ini. Semoga apa yang mejadi tujuan dari kegiatan tersebut menjadi suatu pengalaman yang harus di bagi kepada adik-adik Pramuka,” ungkap Singkoh yang juga Istri Bupati Minahasa ini. Sementara itu, Wakil Sekertaris Pramuka Kwarcab Minahasa, Michael Rumate menjelaskan ke ikut sertaan perwakilan Putri yang berakhir hari ini adalah mereka yang telah di seleksi sehingga semua yang di dapat dalam kegiatan tersebut bisa di tumbuh kembangkan dalam kegiatan-kegiatan di Minahasa. “Semua yang didapat dalam iven ini bisa bermanfaat bagi generasi muda di jajaran ke pramukaan karena nantinya mereka akan menerapkan ke adik-adik pramuka lainnya,” jelas Michael.(try33)

FESTIVAL TUMATENDEN

PENUTUPAN pelatihan kewirausahaan, nampak Asisten III Max Purukan (kiri) ditemani Sekertaris Korpri Vicky Wantania (kanan).(foto: boyz/sk)

PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN

Purukan: Pilih satu usaha dan tekuni Airmadidi—Pelatihan kewirausahaan untuk

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki Pra Purna, yang diprakarsai Sekertariat Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Minut memasuki hari terakhir, dengan menghadirkan pembicara terakhir Asisten III Drs Max Purukan, sekaligus menutup kegiatan yang baru pertama kali dilakukan di Sulut. Sejumlah materi disampaikan, salah satunya meminta kepada para PNS Pra Purna, agar jika akan

Hari ini Disbudpar gelar pemilihan Mamanua Lumalundung DALAM menyambut Hari Kesatuan Gerak PKK (HKGP) ke-42, Jumat (2/ 5) hari ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menggelar pemilihan Mamanua Lumalundung, sekaligus dalam rangkaian Festival Tumatenden, yang dilangsungkan Jumat sampai dengan Minggu pekan ini. Hal ini dikatakan Kepala Disbudpar Minut Dra Femmy Pangkerego MPd, Kamis (1/5) kemarin. Dimana pelaksanaan Festival Tumatenden, akan dibuka dengan pemilihan Mamanua Lumalundung. “Selain itu, kita rangkaikan kegiatan

FEMMY Pangkerego.

pemilihan ini dengan HKGP. Ibu Altje Singal Polii SH MM, selaku Ketua Tim Penggerak (TP) PKK, akan tampil sebagai ketua panitia lomba,” terang Pangkerego. Untuk itu, ditambahkan Pangkerego, pemenang

pemilihan Mamanua Tumalundung nantinya, akan memulai kegiatan perdananya saat pelaksanaan HKGP ke-42, yang jatuh pada, Minggu (4/5) nanti. “Nantinya para peserta yang ikut dalam pemilihan, terbuka untuk umum dan sebagian dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Minut, dengan mengutus masing-masing 2 perwakilannya. Dan teknikal meeting, sudah dilakukan,” tutur Pangkerego, sembari menjelaskan beberapa persyaratan, seperti untuk tinggi laki-laki 165, dan perempuan 158.(eres/brik-s)

Theresia Sompie. SH Plh Kadipenda

Tahap 2, jam 12:00 – 16:00 Daerah padam: SR 3 - Paal 2, Komo, Jl Hasanudin, Pst Kota s/d Pelabuhan,Polresta dan sekitarnya SR 4 - Paal 2, komp. TNI AL, Kairagi, Politeknik, Paniki, Maumbi SW 3- Pst Kota Kauditan, arah Kema, Tumaluntung SL 6 – Pakowa, Ranotana, Jl Bethesda, Jln 17 Agst s/d Bumi Beringin SM 5 - Tataaran, Koya, Masarang, Rurukan s/d Kumelebuai, Suluan SP 2 - Lopana,Pst kota Amurang dan sekitarnya, wilayah Kec.Tenga SP 4 - Tumpaan s/d Maruasey, Popontolen s/d Tanjung, Pinamorongan s/d Suluun Tahap 3, jam 16:00 – 20:00 Daerah padam: SR 1 - Kombos,Cereme, Sumompo,Buha Mapanget Barat, Wusak,Warisa Wori dan sekitarnya SW 1- Sawangan, Pst Kota Airmadidi, Sukur s/d LBS Kolongan, Sampiri SI 1 – Bitung Timur,Sari Kalapa, Winenet, Sebagian Aertembaga,Pateten,Pelabuhan SI 5 – Bitung Tengah, Pst Kota

terobosan yang dilakukan Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA dan Wakil Bupati Yulisa Baramuli SH. “Ini motivasi kedua pimpinan Pemkab Minut, sekaligus momen yang juga dilihat oleh Sekertariat Korpri, mereka menginginkan adanya kehidupan lanjut dari mereka yang sudah Pra Purna, istilah mereka harus tanggap menangkap kesempatan dalam berwirausaha,” kata Wantania.(eres)

MUSRENBANGNAS

Turut dihadiri oleh JWS, Eman & Sumendap Sulut—Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2014 di Hotel Bidakara Jakarta pada Rabu (30/4) lalu, turut juga diikuti oleh 3 pemimpin daerah yakni Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, dan Bupati

RENCANA PADAM AKIBAT GANGGUAN PEMBANGKIT TANGGAL 3 MEI 2014 Tahap 1, jam 08:00 – 12:00 Daerah padam: SR 5 - Perkamil, Paal 4, SebagianTaas, Banjer, komp. lap. Tikala, komp Mesjid A. Yani, Jl Pomorow SI 2 - Sitou, Winenet, s/d Pinangunian,Tandurusa s/d Kasuari SL 4 – Jl A.Yani, Pom bensin Sario s/d Bahu SL 5 - Sawangan,Tombuluan,Kembes Rumengkor,Koka SM 1 - Walian, Sarongsong s/d Lahendong SA 3 - Sedona, Kalasey, komp Quality,Sebagian Sario B, Sebagian Lrg Pencak SU 1 - Pst Likupang, Rasahan, Mubune

membuka usaha, maka tentu harus memilih satu usaha yang memang memiliki masa depan. “Pastinya, pilihan tersebut tentunya harus ditekuni, sama halnya waktu masih mengabdi sebagai PNS. Karena kalau tidak, atau hanya setengah-setengah jadi siap saja bakal tidak berhasil,” tutur Purukan, Rabu (30/4) lalu. Ditambahkan, Sekertaris Korpri Vicky Wantania, terobosan ini sesuai dengan

Madidir,Wangurer, Polresta,Asabri,Primkop, Giper,HKBP,Aer Ujang SS 2 - Toliang Oki, Kombi, kolongan, Makalisung, Watumea, Toulimembet SL 4 – Pikat, Jl Samrat s/d Kimia Farma SL 9 - Kanaan, Kpg Jawa, Psr. Karombasan, sebagian Winangun, Batu Kota,Bahu, Malalayang s/d LBS Kedok, Jl. Sea SM 2 - Ktr Walikota, Pinaras,Woloan, Tara-Tara SK 2 - Langowan, Manembo s/d Rumbia Kakas s/d LBS Toulimembet SK 4 - Kawangkoan,Sonder,Tareran s/d Kota Menara SP 3 - Tewasen arah Motoling, Pontak s/d Tompaso Baru SA 1 – Mokupa,Tateli,Koha,Kalasey, terminal Malalayang, komp perum Minanga SU 2 - Kaweruan,Tatelu, Talawaan, Tetey, Dimembe s/d Sukur Tahap 4, jam 20:00 – 23:00 Daerah padam: SR 6 - Kampung Ternate, komp Jembatan Mahakam, Walanda Maramis, komp.psr. Bersehati, Tuminting s/d Tongkaina SI 4 – Bitung Barat, Wangurer Utara,Manembo-Nembo,Girian, Tanjung Merah, Apla,Pinilih, Kalabat, Karondoran,Dua Sudara SS 4 - Pst kota Tondano, Kpg Jawa s/d Makawembeng SM 3 - Matani, Pst Kota Tomohon, Kakaskasen, Wailan s/d Kayawu SM 4 - Kampus Unima, Remboken s/d LBS Sumarayar SK 3 -Tonsewer arah Noongan,Ratahan, Liwutung, Belang s/d Ratatotok & Tombatu SA 2 - Tanawangko, Senduk Munte,Sarani s/d Ranotongkor, Ranowangko s/d Tanjung SU 3 - Maen, Marinsow

Mitra James Sumendap SH. Kegiatan yang bertema “Melanjutkan Reformasi bagi Percepatan Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan”, oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang didampingi Wakil Presiden RI Boediono mengatakan, Musrembangnas merupakan perhelatan tahunan pemerintah untuk mempersiapkan rencana kerja pemerintah (RKP) tahun setelahnya. Selaras pula yang disampaikan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Prof Dr Armida Alisjahbana SE MA, ada tiga hal utama yang ditegaskan melalui Musrembangnas tahun 2014, yaitu reformasi yang berjalan perlu diteruskan, percepatan pembangunan ekonomi di segala bidang dan pembangunan yang inklusif. “Akhir tahun 2015 akan dicapai pertumbuhan ekonomi 5,5 sampai 6,3 persen,” kata Armida, merujuk pada RKP 2015. Sementara itu, tingkat kemiskinan dipekirakan menurun mulai 9 sampai 10 persen. Pun tingkat pengangguran ditargetkan turun 5,7 sampai 5,9 persen. Hasil Musrembangnas nantinya akan digunakan untuk melengkapi RKP tahun 2015, yang kembali akan dilaporkan kepada presiden. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Musrembangnas yaitu pelaksanakan pameran p e r e n c a n a a n pembangunan nasional. Acara ini dihadiri oleh para kepala daerah dan pejabat pemerintahan. Sementara itu, Bupati JWS dalam kegiatan itu, turut didampingi Kepala Bapelitbangda Minahasa Ir Jacky Walukow, Kabag Humas dan Protokol Agustivo Tumundo SE MSi, Kasubag Pengelolaan Data Humas Yonathan

Kaunang SSTP dan beberapa Kabid Bapelitbangda Minahasa. Walikota Eman yang turut menghadiri kegiatan tersebut mengatakan, bahwa keikutsertaan pada Musrembangnas ini sangat penting untuk percepatan pembangunan daerah. “Dalam kegiatan ini, Presiden membicarakan proses pembangunan di daerah yang wajib dilakukan dan menyentuh kebutuhan dasar masyarakat yang harus mendapatkan prioritas serta memerlukan proses pengawasan yang tepat,” kata Eman. Musrenbangnas, yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu (30/4) lalu, juga menjadi perhatian penting bagi Pemkab Mitra, dan langsung dihadiri Bupati James Sumendap SH. Hal ini disampaikan Kabag Humas Pemkab Mitra Drs Ventje Momuat, menurutnya ini pentig karena dalam Musrenbang Nasional, akan dibahas dan ditetapkan apa-apa yang akan dibangun di Indonesia pada tahun 2015 mendatang, seperti infrakstruktur jalan dan pendidikan. “Ini nantinya akan dimasukkan dalam APBN tahun 2015,” ungkapnya. Diungkapkannya, bupati langsung menghadiri agenda yang sangat penting ini, karena bupati sangat mementingkan pembangunan Kabupaten Mitra. “Nanti akan banyak kucuran dana bagi daerah, sehingga pak Bupati juga akan memperjuangkan untuk kucuran dana bagi pembangunan di Mitra,” kata Momuat. Kegiatan yang dibuka dengan resmi oleh Presiden RI Dr H Soesilo Bambang Yudoyono, turut dihadiri pula Wakil Presiden Dr Boediono, para Menteri KIB II, pimpinan Lembaga Negara, para Gubernur, Bupati, Walikota dan Kepala Bapeda se-Indonesia.(gebe/try33/esel)


NUSA UTARA

KESEHATAN Pemerintah Sitaro jamin penderita kusta PENANGANAN berbagai kasus penyakit menular maupun tidak menular terus menjadi perhatian serius pemerintah daerah khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) Sitaro. Selain beberapa kasus penyakit lainnya yang dialami pasien, pemerintah juga menjamin pasien penderita kusta dengan penanganan pelayanan yang prima. Kepala Dinkes Sitaro, dr Semuel E Raule Mkes mengatakan, semakin banyak pasien kusta ditemukan akan semakin baik, sampai ditemukannya sumber bibit penyakit diwilayah tersebut. “Sehingga kami senantiasa menghimbau disetiap puskesmas dan rumah sakit untuk tidak bosan-bosan mengingatkan masyarakat. Dan kami juga berharap masyarakat tidak usah malu untuk berobat, sebab ada obat yang telah disediakan secara gratis oleh pemerintah,” tutur Raule. Dikatakan, penanganan pasien penderita kusta makin dioptimalkan dari tahun ke tahun, dan pihaknya menjamin pasien penderita kusta dengan bersedia untuk minum obat dengan teratur. “Kalau tahun lalu dikategorikan berhasil dalam penanganan penderita kusta, dan tahun ini kami akan berupaya semaksimalkan mungkin baik dalam penanganan dan juga pelayanan,” janji Raule. Dijelaskan, sasaran tersebut tercapai dengan kategori berhasil , diukur dari capaian kinerja yang dapat digambarkan dalam data berikut, dimana prevalensi kusta adalah prosentase jumlah pasien kusta baru dan lama yang masih terdaftar sampai tahun berjalan dari semua jumlah penduduk di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Tahun 2011 penderita terdaftar 27 orang (4,1%), tahun 2012 sebanyak 18 orang (2,8%), sedangkan tahun 2013 sebanyak 28 orang (4,8%). “Angka ini menggambarkan bahwa semakin tingginya kesadaran dari pasien untuk minum obat secara teratur sampai waktu yang telah ditentukan dengan kepatuhan minum obat,” jelasnya. Sementara itu dari data yang berhasil dirangkum Swara Kita Kamis (1/5) kemarin, Case Detection Rate (CDR) atau angka penemuan kasus adalah prosentase jumlah pasien kusta baru murni yang ditemukan dari semua jumah penduduk di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro. Tahun 2011 penemuan kasus baru 24 orang (3,2%), tahun 2012 19 kasus baru (29%), tahun 2013 28 kasus baru. Angka penemuan kasus secara aktif antara lain, survey masal di kampung, pemeriksaan kontak penderita baru dan lama, survey anak sekolah. Kusta pada anak adalah prosentase jumlah pasien kusta anak baru yang ditemukan diantara semua penderita baru murni.(esge)

SANGIHE, SITARO, TALAUD

MENCIPTAKAN pemerintahan yang bersih merupakan salah satu upaya yang terus dilakukan pemerintah daerah dan menjadi komitmen pimpinan daerah dalam hal ini Bupati Toni Supit SE MM. Setelah berhasil dengan program-program di tahun yang lalu, komitmen tersebut tetap dipertahankan bahkan akan semakin mendorong iklim pencegahan Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN). Pemkab Sitaro melalui Kepala Bagian Humas, Protokuler dan Persandian Setda Sitaro, Seska Kahiking SSos MSi pada Swara Kita Kamis (5/1) kemarin, mengatakan, pencegahan dan antisipasi KKN sudah menjadi komitmen jajaran pimpinan daerah bahkan telah ditegaskan kepada seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada dilingkup pemerintah daerah. “Mendorong terwujudnya iklim yang bisa mencegah KKN dengan terciptanya aparatur yang bersih dan handal, merupakan salah bsatu program pemerintah daerah tahun-tahun sebelumnya, dan pada tahun 2013 bisa dikata berhasil. Dimana Sasaran ini dicapai lewat peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan, peningkatan pengelolaan keuangan, peningkatan sistem pengawasan internal dan pengendalian pelaksanaan kebijakan kepala daerah,” tukas Kahiking. Untuk mengoptimalkan itu, katanya, maka harus didukung dengan operasionalisasi melalui kegiatan seperti penyusunan laporan capaian kinerja dan ikhtisar realisasi kinerja, penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban kepala daerah, pelaksanaan pengawasan internal berkala, tindaklanjut hasil temuan pengawasan, dan tersusunnya dokumen perencanaan pembangunan daerah. “Target yang ada tergambarkan realisasi penyampaian LKPJ, LPPD dan LAKIP dan laporan lainnya, persentase temuan yang ditindaklanjuti terealisasi dengan baik, hal ini sangat dipengaruhi oleh manajemen birokrasi yang semakin akuntabel, kapabel dan aceptabel dalam melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan. Sehingga untuk lebih mengoptimalkan pencapaian sasaran ini, maka upaya yang akan dilakukan dengan sosialisasi tentang AKIP dalam penyelenggaraan pemerintahan untuk peningkatan kinerja di setiap SKPD dan perlunya bimbingan teknis tentang Penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah untuk menghasilkan SDM yang berkompeten dalam penyusunann LAKIP setiap SKPD,” tandas dia.(esge)

15

Kampung Kawio Marore belum memiliki SMP Dikhawatirkan jadi pemicu meningkatnya angka putus sekolah di Kepulauan Sangihe Tahuna—Terletak di wilayah terpencil bukan berarti harus lepas dari perhatian dan kepedulian terutama dalam pelayanan pendidikan. Namun disayangkan, Kampung Kawio Kecamatan Marore yang merupakan wilayah terluar Kabupaten Kepulauan Sangihe, saat ini seakan terisolir dari dunia pendidikan belum adanya Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Kampung Kawio butuh SMP, sebab setelah lulus Sekolah Dasar (SD) banyak anak-anak disini

menganggur dan sudah tidak melanjutkan sekolah lagi, karena harus keluar dari kampung untuk mencari sekolah lanjutan. Disementara biaya untuk keluar itu cukup tinggi untuk kebutuhan dan keperluan diluar sana,” ungkap Kepala Kampung (Kapitalauang) Kawio, Batin Mamintade. Dikatakan Mamindate, pihaknya selaku pemerintah setempat telah mengususlkan melalui Musrembang tingkat Kecamatan, dan Kabupaten

untuk pendirian sekolah setaraf SMP, tapi dirinya menyayangkan hingga kini belum juga ada realisasinya. “Hampir tiap tahun kelulusan ada siswa yabg tak dapat melanjutkan sekolah. Karena orang tua keberatan untuk meninggalkan kampung terbenturu dengan biaya dan mata pencaharian mereka sebagai nelayan,” tutur Mamindate. Menurutnya, wilayah yang dipimpinnya hanya tersedia SD dan juga PAUD, dan saat ini ada sekitar 53

anak yang bersekolah di SD, yang dirinya khawatirkan angka putus sekolah akan terus bertambah di Kawio, pemerintah dan instansi terkait tidak dapat memenuhi keinginan mereka. “Beberapa waktu lalu pernah ada survei lokasi dari dinas perbatasan, namun hingga kini tindak lanjutnya belum juga nampak. Yang pasti kami sangat berharap hadirnya SMP di Kawio, demi kelangsungan pendidikan anak-anak kepulauan,” harapnya.(esge)

HARI BURUH

Sawori: Perusahaan wajib bayar sesuai UMP

KINERJA Iklim pencegahan KKN terus didorong

JUMAT 2 MEI 2014

WAJIB hukumnya bagi perusahaan untuk menggaji tenaga kerjanya sesuai dengan Upah Minimum Propinsi (UMP) yang berlaku.

Melonguane—Meski peringatan hari buruh sedunia di Kabupaten Kepulauan Talaud tidak “sepanas” daerah lainnya, bukan berarti tidak ada persoalan yang terjadi menyangkut nasib para buruh dan pekerja. Pasal-nya, dari sekian banyak perusahaan yang ada, ternyata yang terdaftar

di Dinas Sosial, Tenaga kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) hanya 10 perusahaan. Bahkan salah satunya yakni PT Kawanua Keramik selama ini hanya menggaji karyawannya di bawah UMP. Kepala Dinas Sosnakertrans Talaud, Alten Sawori menegaskan, wajib hukum-

nya bagi perusahaan untuk menggaji tenaga kerjanya sesuai dengan Upah Minimum Propinsi (UMP) yang berlaku. “Perusahaan juga wajib memberikan perlindungan dan jaminan keselamatan kerja kepada seluruh pekerjanya,” tegas Sawori. Kadis yang dikenal cukup

tegas ini juga menying-gung soal tenaga honorer yang ada untuk juga mendapat perlakuan yang sama. Dijelaskan soal ba-gaimana pihaknya membantu para pekerja di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Desa Tarun Kecamatan Melonguane yang oleh pihak perusa-haan diwajibkan bekerja sampai hari Minggu. “Kami menyurat ke pihak perusa-haan dan hasilnya sekarang mereka hanya bekerja 6 hari seminggu,” lanjutnya. Diakui Sawori masih banyak permasalahan buruh yang perlu penanganan yang optimal dari semua pihak. “Dinas Sosnakertrans siap memberikan bantuan kepada pihak pengusaha dan pekerja untuk menemukan solusi yang terbaik bagi kedua belah pihak. Kami juga siap membantu para pekerja yang ingin bekerja di luar negeri,” jelasnya. Pihaknya merasa perlu melakukan hal tersebut karena jika terjadi sesuatu terhadap tenaga kerja asal Talaud yang bekerja di luar negeri maka pihak pemerintah memiliki data yang jelas soal keberadaan tenaga kerja tersebut.(try27)

LHKPN

PGRI TALAUD

Tuntut anulir SK Bupati 93/2014 Melonguane—Memperingati hari pendidikan Nasional 2 Mei 2014, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Kepulauan Talaud meminta pembatalan Surat Keputusan Bupati Nomor 93 Tahun 2014 tentang Penetapan Standar dan Pedoman Pembayaran Tunjangan Tambahan Penghasilan (TTP) Berdasarkan Tempat Bekerja Bagi PNS Daerah Tahun 2014. “Ada pertentangan mendasar dalam SK tersebut. Considerance SK bertolak belakang dengan poin 14 keputusan tersebut,” tukas Hiber Tindige salah satu pengurus PGRI. SK Bupati tersebut, katanya, telah menimbulkan keresahan di antara para guru karena sangat tidak adil memperlakukan para guru dan membuat guru tidak lagi dihargai kinerjanya sehingga tidak lagi mendapatkan TTP oleh Pemkab Talaud. Sementara itu Sigfried guru asal Pulau Kabaruan mempersoalkan pemberian TTP kali ini yang tidak diterima oleh semua guru. “Ketidak adilan seperti ini akan menimbulkan kecemburuan dan saling curiga diantara sesama guru. Kalau cuma diterima oleh 1-2 orang sebaiknya sekalian saja semuanya tidak mendapatkan TTP,” ujar Sigfried gusar. Ketua PGRI Kabupaten Kepulauan Talaud, Julkris Potoboda, mengatakan, PGRI merasa prihatin dengan berbagai persoalan yang menghimpit para “Umar Bakrie” di daerah perbatasan utara negeri ini termasuk penghapusan pembayaran TTP kepada guru profesional oleh Bupati, Tunjangan daerah Khusus dan tunjangan profesi yang bahkan ada yang belum dibayarkan sejak tahun lalu. “Jeritan para guru atas ketidak

adilan dan kurangnya penghargaan atas bakti mereka selama ini harusnya jangan cuma didengar oleh Kepala Dinas Dikpora, Bupati, Gubernur bahkan Presiden. Suara mereka ini harus segera dijawab, karena merekalah yang mengajar dan mendidik anak bangsa di Talaud tentang Indonesia,” ujar Potoboda. PGRI, tambah Potoboda, akan berada dibaris paling depan untuk memperjuangkan hak-hak guru termasuk hak sekitar 18 guru di Miangas yang tidak menerima TTP untuk tahun 2014 ini lanjutnya. “Selain menyampaikan aspirasi ini kepada pihak Dinas dan Pemkab, Pengurus PGRI seKabupaten Kepulauan Talaud akan menemui dekab hari senin nanti meminta memperjuangkan nasib mereka,” tutur Potoboda. Dikatakannya, PGRI akan melakukan perubahan dan penguatan organisasi PGRI itu sendiri termasuk pembenahan kepengurusan dan program, memperjuangkan agar TTP kembali dibayarkan kepada guru profesional serta tunjangan-tunjangan lainnya seperti tunjangan kemahalan yang layak dan pantas didapatkan oleh mereka selaku guru di daerah perbatasan dan poin penting yang akan diperjuangkan adalah meminta dianulirnya Surat Keputusan Bupati Nomor 93 Tahun 2014 yang dianggap telah mengebiri hak mereka untuk m e n d a p a t k a n penghargaan atas kerja mereka selama ini untuk mencerdaskan bangsa. “Hal-hal itu yang menjadi prioritas PGRI sepanjang tahun ini untuk disuarakan dan diperjuangkan,” pungkas Potoboda.(try27)

Baru 7 pejabat Talaud yang masukkan laporan Melonguane—Dari sekian banyak pejabat yang wajib memasukkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) yang ada di Kabupaten Kepulauan

Talaud bari tujuh orang pejabat yang memasukkannya. Dari tujuh nama yang ada termasuk Bupati Constantine Ganggali dan Plt Sekab Denny R Tatuwo. Sayangnya,

teladan yang diberikan kedua petinggi di jajaran Pemerintahan Talaud ini belum diikuti oleh semua pejabat yang masuk kategori wajib memasukkan LHKPN berdasarkan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi,

Kolusi Dan Nepotisme. Kepala Bagian Humas Pemkab Talaud, Ony Maliatjha mengatakan, bupati sejak awal telah mendorong semua pejabat untuk melaksanakan kewajibannya terkait LHKPN. “Bupati sendiri yang memberi contoh dan semestinya diikuti semua pejabat yang wajib,”

ungkapnya. Dikatakan, harus ada kesadaran dan semangat yang sama dari semua pejabat untuk mengikuti apa yang sudah dilakukan bupati dan sekab. Sementara menurut salah satu PNS yang merahasiakan namanya pernah menyampaikan

kesediaan dirinya untuk membantu para pejabat membuat dan memasukkan LHKPN. “Itu semua berpulang kepada mereka, apakah ingin memasukkan atau tidak. Tapi penting dicatat UU mengatur mereka wajib memasukkannya,” katanya.(try27)

LKPJ

Paripurna diprediksi berlangsung panas Melonguane—Penyampaian Laporan Keuangan dan Pertanggung Jawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran dan akhir masa jabatan Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud yang dijadwalkan Senin (5/5) mendatang diperkirakan bakal berlangsung panas. Pasalnya, sejumlah anggota Dekab Talaud yang ditemui Swara Kita sejak awal sudah melontarkan kritikan pedas akibat penyampaian LKPJ yang sudah molor jauh dari

agenda kerja yang ada. Ketua Fraksi Partai Demokrat, Hariono Bowonseet bahkan sempat mengultimatum Bupati Talaud, Constantine Ganggali. “Sebagai pemimpin dan orangtua yang masih ingin dihormati, sebaiknya jangan lagi terjadi penundaan dari jadwal yang ada,” ketusnya. Dua kali pemberitahuan dianggap cukup oleh Bowonseet kepada pihak eksekutif sebagai toleransi yang besar oleh dekab.

Sementara Ramly Nangaro personel dekab lainnya mengutarakan, pembahasan LKPJ bakal menjadi kredit poin sendiri jelang akhir periode dekab. “Ini akan menjadi momentum yang penting bagi dekab untuk meninggalkan sebuah legacy yang baik khususnya bagi kami yang sudah tidak lagi terpilih kembali,” tutur Nangaro. Pemerhati sosial politik di Talaud, Berty Taruh menganggap bakal panasnya pembahasan

LKPJ karena dekab selama ini sering disalahkan akibat keterlambatan penyampaian LKPJ oleh eksekutif. “Dekab akan menunjukkan wibawanya pada saat pembahasan nanti. Dan pastinya mereka akan menyoal keseluruhan proses penyusunan LKPJ yang berlangsung lambat oleh pihak eksekutif,” kata Taruh. Ditambahkannya, dekab diperkirakan akan menguliti sampai tuntas keseluruhan LKPJ yang akan disampaikan bupati.(try27)


JUMAT 2 MEI 2014

PENGHARGAAN Kodongan dianugrahi Kartini Award 2014

DR Eine Kodongan DK. M.kes saat menerima penghargaan Kar tini Award 2014 di Jakar ta beberapa waktu lalu. BULAN April Tahun 2014, merupakan bulan berkat bagi dr Eine Kodongan DK, M.Kes. Pasalnya dalam bulan tersebut, selain dirinya memperoleh berkat atas ketambahan usia menjadi 38 Tahun pada tanggal 24 April, pada peringatan hari Kartini tanggal 21 April lalu, dirinya dianugerahi penghargaan Kartini Award 2014 oleh yayasan Karisma Indonesia yang bekerja sama dengan Internasional Human Resqurces Development Program, yang digelar di Twin Plaza Hotel Jakarta pada tanggal 26 April 2014 lalu. Dirut RSUD Kabupaten Minsel dr Eine Kodongan DK, M.Kes saat ditemui diselah menggelar ibadah syukuran bersama seluruh staf dan undangan yang digelar di ruang Lobbi RSUD, Rabu (30/4) lalu, kepada Swara Kita mengatakan, ibadah syukur yang digelar dirinya saat ini, untuk mensyukuri berkat yang diberikan Tuhan kepada dirinya dan keluarga, atas ketambahan usia Satu Tahun sehingga telah mengijak usia ke 38 tahun, dan juga atas penghargaan Kartini Award 2014. “Perayaan ini, sebagai wujud syukur saya kepada Tuhan Yesus Kristus atas lindungan dan penyertaannya, sehingga saya boleh memperoleh berkat ketambahan usia. Dan juga stukuran ini, sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu saya, sehingga saya boleh mendapat penghargaan Kartini Award 2014,” ujar Kodongan. Dirinya juga menambahkan, tambahan usia serta raihan penghargaan, oleh dirinya akan dijadikan motifasi untuk terus meningkatkan pelayanan kepada warga, guna menyukseskan setiap program kesehatan Pemkab Minsel. “Sebagai umat yang percaya kepada Tuhan, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Dirut RSUD Minsel, saya berjanji untuk terus bekerja semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga apa yang di cita-citakan Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE yakni menuju masyarakat Minsel yang sehat dan cerdas, dapat terlaksana sesuai harapan,” pungkas istri Kadis Dikpora Minsel Hendrie Lumapow SH ini.(try28)

Tetty tepati janji Musrembangnas 2014 lobi Wamen Kesehatan Amurang—Penegasan Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE akan melakukan momentum Musrenbang Nasional 2014 untuk melakukan lobi dengan pemerintah pusat, ternyata bukan hanya isapan jempol belaka. Buktinya, Musrembang Nasional di Hotel Bidakarna Jakarta, Rabu (30/4) lalu, dan dibuka Presiden RI SBY, Bupati Minsel enerjik ini tidak menyianyiakan kesempatan dengan melobi program kementerian Kesehatan RI melalui pertemuan dengan Wamen Kesehatan RI. “Usai ikut Musrembangnas ibu bertemu Wamen Kesehatan, dan inti pembicaraan agar ada bantuan-bantuan dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Minsel dalam hal kesehatan,” ujarnya Assisten I Minsel Drs Danny Rindengan yang mendampingi Bupati Minsel. Sementara itu, Tetty

menjelaskan, bahwa hasil Musrembangnas selain bisa mendapatkan informasi tentang program kedepan, juga dirinya bertemu Wamen Kesehatan. “Kami berbincang sangat serius, dan saya minta kepada pak Wamen agar ada bantuan untuk Minsel terkait dengan program kesehatan yang intinya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih prima hingga ujungnya menghasilkan warga yang sehat dan cerdas,” terang Tetty. Bak gayung bersambung, Wamen Kesehatan RI menyatakan akan membantu, hingga Tetty pun berharap mohon bantuan doa warga Kabupaten Minsel agar apa yang diperjuangkan bisa lancar dan sukses. “Saya juga berdoa agar pemerintah pusat bisa membantu Minsel dalam hal kesehatan,” kunci Tetty sapaan akrab Paruntu ini.(esem)

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

TETTY dan jajaran yang mengikuti Musrembangnas 2014 berfoto bersama usai kegiatan.

WASPADA BENCANA

Gunung Soputan status Siaga, Tetty minta warga berjaga-jaga Amurang—Lama tak terdengar nama Gunung Soputan, namun Kamis (1/5) kemarin, secara resmi dinaikan status dari waspada menjadi Siaga. Pasalnya, Siang kemarin terjadi hembusan kecil dari mulut G Soputan. Hal ini langsung disikapi oleh Pemkab Minsel, dimana Bupati Minsel langsung meminta agar warga di bawa kaki gunung untuk tetap berjaga-jaga. Petugas Pemantau Gunung Soputan Sandy Menangkey yang dikonfirmasi Swara Kita mengatakan, bahwa tiba-tiba aktivitas G Soputan meningkat

namun masik kecil. Dimana terlihat semburan-semburan berskala kecil. “Ada hembusan kecil kemarin Siang, namun belum ada letusan bahkan semburan apa-apa, dan sampai saat ini masih terjadi,” ujarnya. Dirinya juga menambahkan, bahwa pihaknya saat terjadi peningkatan aktivitas G Soputan langsung merubah status menjadi Siaga dari Waspada. “Saat ini status kami sudah naikan menjadi Siaga, karena ada sedikit aktivitas kecil. Yang pasti kami akan langsung meng-

informasikan kepada pemerintah terkait peningkatan setiap saat,” ujarnya. Sementara itu, Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE meminta agar masyarakat Minsel harus waspada dengan adanya sedikit peningkatan status G Soputan tersebut. “Saya minta agar masyarakat yang ada di bawa kaki Gunung Soputan berjaga-jaga, dan juga pihak BPBD Minsel siaga 1X24 jam, dan jika ada aktivitas lain segera bergerak mengevakuasi warga di dekat Gunung Soputan,” tukasnya.(esem)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


Swara Kita 2 mei 2014