Page 1

SWARA KITA TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

Surat sakti Ketua Dekot loloskan Djelantik di DCT Kotamobagu—Masih hangat pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kotamobagu yang menghantar Ir Tatong Bara sebagai walikota periode 2014-2019, diikuti dengan pengunduran diri Drs Djelantik Mokodompit pascakalah dalam pilkada tersebut, kini politik di eks ibukota Bolmong Raya tersebut kembali memanas. Pelecutnya adalah, ketika nama Djelantik Mokodompit masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota legislatif (Caleg) Kotamobagu untuk Pemilu 2014, sebagaimana hasil pleno DCT yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kotamobagu, Kamis (22/8) kemarin. KPUD setempat mengumumkan nama Ketua DPD II Partai Golkar Kotamobagu tersebut sebagai caleg di daerah pemilihan

ATIQAH HASIHOLAN

Nikah di pulau yang memiliki nilai sejarah ARTRIS cantik Atiqah Hasiholan segera melangsungkan ikrar suci pernikahan. Atiqah dan kekasihnya yang juga aktor, Rio Dewanto, akan mengikat janji dalam sebuah upacara yang dilangsungkan di sebuah pulau kecil, yakni Pulau Kelor di Kepulauan Seribu, Jakarta. “Kami ingin menikah di tempat yang bersejarah dan satu lagi di alam terbuka. Pertimbangannya pengen banget nikah di Pulau Kelor, di Kepulauan Seribu karena tempatnya cantik banget,” ujar Atiqah, Kamis (22/ 8) kemarin. Kapan nikahnya? “Kami akan melangsungkan pernikahan tanggal 24 Agustus (besok). Saya bisa langsung menceritakan keseluruhannya bagaimana menikah,” jawab Rio. Mereka ingin menikah di tempat yang tak terlupakan. Setelah melakukan survey, pilihan pun akhirnya jatuh pada Kepulauan Seribu. “Saya memiliki our dreams wedding yang indah, saya ingin pernikahan kami intim tapi sederhana,” ucap Rio. Baca: Nikah ( Halaman 2 )

INTERNASIONAL KONFLIK MALVINAS

Dubes Argentina sebut PM Inggris orang bodoh

DAVID Villa (depan) meluapkan kegembiraannya usai membobol eks klubnya.(foto: ist)

DJELANTIK Mokodompit.

KPU juga larang pejabat negara memasang iklan layanan masyarakat jelang Pemilu 2014

mengundurkan diri, dan aduan dari masyarakat. Namun menurut Husni partai yang bersangkutan tidak mengajukan pergantian diri. “Setelah proses pengajuan selesai, baru kami tetapkan DCT,” ujar Husni. Proses penyaringan tersebut memakan waktu sekitar lima bulan, tepatnya sejak bulan April 2013 lalu. Baca: Hasil ( Halaman 2 )

Baca: Caleg ( Halaman 2 )

Baca: Surat ( Halaman 2 )

LARANGAN BAGI CALEG/PARPOL 1.

Hasil DCT sudah final, tak ada lagi perubahan

3. 4. 5.

Kampanye yang dilakukan caleg dan parpol yang boleh dilakukan adalah pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye dan pemasangan alat peraga. Kampanye berupa iklan media massa cetak dan elektronik serta rapat umum baru bisa dilakukan selama 21 hari, tiga hari menjelang masa tenang, yaitu 16 Maret 2014 hingga 5 April 2014. Caleg dilarang memasang foto diri di baliho dan papan reklame. Caleg hanya diperkenankan memasang foto di spanduk atau bahan kampanye lain. Partai politik hanya diperbolehkan memasang satu papan reklame atau satu baliho di setiap zona yang ditentukan oleh pemerintah daerah bersama KPU.

KONFLIK SURIAH

Bocah & wanita jadi korban senjata kimia rezim Assad Ghouta—Sebanyak 1.300 orang tewas dalam serangan gas beracun yang dijatuhkan pesawat tempur rezim Bashar al-Assad di Suriah, Rabu (21/8). Dalam serangan kali ini, lagi-lagi yang menanggung kematian adalah anak-anak dan wanita. Rudal senjata kimia itu dijatuhkan di wilayah Ghouta, korban terbanyak jatuh di distrik

Ain Tarma, Zamalka dan Jobar. Korban-korban pun bergelimpangan, menanggung sesak menghisap gas beracun yang telah dilarang penggunaannya oleh komunitas internasional. Ratusan jenazah terlihat berderet di berbagai rumah sakit dan fasilitas medis. Namun yang membuat paling miris, anak-anak kecil

yang tidak berdosa berderet memanjang di berbagai ruangan. Dalam foto yang diunggah Reuters, tubuh-tubuh mungil itu hanya ditutupi kain di bagian tubuhnya, sekeliling mereka diletakkan es batu, agar tidak cepat membusuk. Deretan bocah-bocah berbalutkan kain kafan terlihat di foto lainnya.

Kebanyakan bocah itu masih balita, sedang senangsenangnya main. Beberapa dari mereka mulutnya berbusa, dan tubuhnya memar.

DUTA Besar (Dubes) Argentina untuk Inggris Alicia Castro, memaki Perdana Menteri (PM) Inggris David Cameron, di hadapan anggota Senat Komisi Luar Negeri Argentina pada Selasa pagi. Di hadapan pejabat tinggi Argentina tersebut, Castro menyebut Cameron bodoh dan tolol. Menurut Dailymail, Rabu (21/8), makian Castro itu dilontarkan karena Cameron mengkritik Paus Fransiskus atas sikapnya dalam konflik Kepulauan Falkland. Pada bulan Maret lalu, Fransiskus mengatakan bahwa Pemerintah Inggris telah merebut pulau itu dari Argentina. “Cameron begitu bodoh dan tidak efisien saat Paus Fransiskus terpilih sebagai pemimpin umat Katolik yang baru, karena dia menampilkan dalam siaran televisi opininya soal Pulau Malvinas,” ujar Castro. Malvinas merupakan Bahasa Spanyol untuk menyebut Kepulauan Falkland. Saat dia ditanya oleh anggota senat soal kepantasan menyebut seseorang “bodoh” di gedung Parlemen, dia menggantinya menjadi kata “tolol” untuk menyebut Cameron. “Kami merasa beruntung karena diberkati seorang Paus yang merupakan penduduk Falkland,” ucapnya. Ini bukan kali pertama aksi Castro yang membuat hubungan bilateral kedua negara memanas. Diplomat wanita itu juga pernah menjadi tajuk pemberitaan di beragam media massa ketika menolak menghadiri upacara pemakaman mantan PM Inggris, Margaret Thatcher. Baca: Dubes ( Halaman 2 )

Jakarta—Kasus suap kuota impor daging sapi dan pencucian uang yang menyeret sejumlah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (22/8) kemarin. Kali ini, Menteri Pertanian Suswono bersaksi pada persidangan lanjutan dengan terdakwa Ahmad Fathanah. Suswono memenuhi pemanggilan Jaksa Ko-

misi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada pukul 10.10 WIB. Dia diperiksa bersama orang dekatnya, Soewarso, serta Sekretaris Mentan, Baran Wiriawan. Dalam persidangan, Hakim Made Hendra mencecar seputar perkenalan Suswono dan Fathanah. Suswono mengaku pertama kali bertemu dengan Fathanah, di Makassar, Sulsel, pada 2012. SUSWONO bersama Luthfi Hasan Ishaaq dan Ahmad Fathanah, dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta.(foto: ist)

Baca: Suswono ( Halaman 2 )

Korban selamat terlihat terpasang masker oksigen di wajahnya, sesak nafas. Baca: Bocah ( Halaman 2 )

DANREM 131/SANTIAGO

Musa: Jika ada kekurangan, silahkan prajurit tegur saya

Suswono ungkap pertemuan di Makassar DAVID Cameron.

Baca: Villa ( Halaman 2 )

Jakarta—Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Anggota Legislatif (Caleg) untuk DPR, Kamis (22/8) kemarin. Dengan demikian, ribuan calon anggota legislatif (caleg) boleh mulai berkampanye sejak Minggu (25/8) lusa. “Mulai tiga hari sejak penetapan ini, Minggu, mereka sudah bisa kampanye,” kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay usai penetapan daftar caleg tetap (DCT), Kamis di Jakarta. Hadar mengungkapkan, tahapan kampanye caleg sesuai ketentuan yang diatur Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif dan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye. UU itu menyatakan, kampanye yang dilakukan caleg dan parpol yang boleh dilakukan adalah pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye dan pemasangan alat peraga.

(dapil) III Kotamobagu Barat, dengan mengganti salah satu caleg yang sudah masuk di Daftar Calon Sementara (DCS). Ketua KPUD Kotamobagu Nayodo Kurniawan yang dimintai keterangan wartawan menegaskan bahwa pihaknya tidak bisa melarang hak politik seseorang.

KASUS IMPOR DAGING

ALICIA Castro.

dini hari kemarin. Striker berjuluk El Guaje ini sukses menuntaskan dendamnya setelah tersingkir dari Barcelona, dengan membobol gawang Victor Valdes di menit ke12. Gol tersebut sangat berkelas, sekaligus membuktikan dirinya masih tajam sebagai penyerang.

Caleg dilarang pasang foto diri di baliho! 2.

Jakarta—KPU telah menetapkan DCT Caleg DPR RI untuk Pemilu 2014. Sebanyak 6.608 caleg ditetapkan dalam pleno kemarin. Mereka mewakili 12 partai politik peserta Pemilu 2014. “Nama-nama tersebut akan memperebutkan 560 kursi DPR. Mereka akan terbagi di 77 daerah pemilihan,” ujar Ketua KPU Husni Kamil Manik, di Hotel Grand Mercure, Jakarta. Husni mengatakan jumlah DCT yang ditetapkan KPU hari ini merupakan penyusutan dari jumlah pengajuan awal bakal calon sebanyak 6.566. Jumlah itu kemudian ditambah 75 nama pada saat perbaikan calon, sehingga jumlah total pengajuan adalah 6.641 nama. Dalam proses penyaringan DCS ke DCT, kata Husni, ada masa pengaduan dari masyarakat. Selama pengaduan itu sebanyak 33 nama dicoret karena beberapa alasan, antara lain meninggal,

JANJI penyerang Atletico Madrid David Villa untuk melakukan selebrasi jika mampu mencetak gol ke gawang Barcelona dibuktikannya. Ya, Villa bak senjata makan tuan setelah sukses mencetak gol ke gawang bekas klubnya itu di leg 1 Piala Super Spanyol, yang digelar di Stadion Vicente Caldedron, Kamis (22/8)

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

JUMAT 23 AGUSTUS 2013 NOMOR 02353 TAHUN VII

PEMILU 2014 SELEBRITI

Villa emosional sukses membobol gawang Barca

MUSA Bangun.

Manado—Jajaran Komando Resort Militer (Korem) 131/Santiago, Kamis (22/8) kemarin, akhirnya resmi melepas Brigjen TNI Johny Lumban Tobing, untuk bertugas di tempat yang baru sebagai Direktur Doktrin Kodiklat (Dirdok Kodiklat) TNI AD. Dalam rangkaian

acara lepas sambut tersebut, pihak Korem turut menerima pejabat yang baru yakni Brigjen TNI Musa Bangun sebagai Danrem 131/Santiago, yang diketahui sebelumnya menjabat pada posisi strategis yang kini diduduki Tobing. Dengan kata lain, Tobing dan Musa hanya bergantian posisi. Tobing dalam kesempatannya saat menyampaikan pesan dan kesan mengungkapkan, meski ia telah bertugas di tempat yang baru, namun diingatkan kepada seluruh jajaran Korem 131/Santiago, agar dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dapat melayani masyarakat. Baca: Musa ( Halaman 2 )

Senator Maher N Canawati balas kunjungan Bupati Tetty Paruntu

Minsel-Betlehem bahas kerjasama di bidang pariwisata

Konsul Member Municipality atau Anggota Dewan Tertinggi (Senator) Betlehem, Maher N Canawati, dua hari terakhir ini menyedot perhatian masyarakat Sulut. Pasalnya, sudah beberapa hari terakhir ini, Maher berada di Bumi Nyiur Melambai untuk mengunjungi secara resmi empat kota/kabupaten di Sulut, yakni Manado, Tomohon, Minut, dan Minsel. Banyak hal yang dibicarakan dari pertemuan tersebut. BELUM lama ini Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE mengunjungi tanah suci di Yerusalem dan Kota Betlehem, yang merupakan kota kelahiran Yesus Kristus,

atau dikenal dengan tanah perjanjian bagi umat Kristiani. Bukan hanya dalam rangka wisata rohani, namun Tetty— sapaan akrabnya—juga menyempatkan diri melakukan

kunjungan kerja dengan menemui kepala pemerintahan, guna membahas kerjasama di bidang pariwisata antara Pemkab Minsel dan Pemkot Betlehem. Untuk menindak-

lanjuti pertemuan tersebut,Tetty kemudian pada Rabu (21/8) lalu, menerima kunjungan Maher di Amurang. Baca: Minsel ( Halaman 2 )

SENATOR Betlehem Maher N Canawati foto bersama dengan Bupati Minsel Tetty Paruntu dan suami tercinta Kristovorus Deky Palinggi.(foto: serma/sk)


Utama

Untuk Nasional & Mancanegara

JUMAT 23 AGUSTUS 2013

Pembocor rahasia AS terbesar dihukum ringan Washington—Pembocor rahasia AS terbesar, Bradley Manning divonis 35 tahun penjara, atau lebih rendah 60 tahun dari yang dituntut jaksa. Keputusan itu dicapai di pengadilan militer Rabu (21/8) waktu setempat. Mantan analis intelijen miiter ini dituduh mencuri

75.000 halaman dokumen kawat diplomatik rahasia dan video militer yang kemudian dibocorkan oleh situs Wikileaks. Manning merupakan salah seorang pembocor rahasia yang mengguncang AS dalam waktu belakangan ini. S e b a g a i m a n a

Caleg ... dari Halaman 1 Adapun jumlah DCT masing-masing partai politik adalah: Partai Nasdem 559 orang, Partai Kebangkitan Bangsa 558 orang, Partai Keadilan Sejahtera 492 orang, PDI Perjuangan 560 orang, Partai Golkar 560 orang, Partai Gerindra 557 orang, Partai Demokrat 560 orang, Partai Amanat Nasional 560 orang, Partai Persatuan Pembangunan 548 orang, Partai Hanura 558 orang, Partai Bulan Bintang 556 orang, serta PKPI 540 orang. “Husni mengatakan hasil ini sudah final. Jika nantinya ada pengurangan sebelum surat suara dicetak, maka nama calon tersebut tidak akan dimasukkan suarat suara. Namun jika pengurangan terjadi setelah surat suara jadi, maka akan ada surat keterangan. Data tersebut akan diumumkan di media masa dan situs resmi KPU. Mereka akan bertarung April mendatang,” ujar Husni.(temc)

Villa ... dari Halaman 1 Gol berawal dari penetrasi yang dilakukan Arda Turan di sisi kanan pertahanan Barca. Pemain asal Turki tersebut kemudian melepaskan umpan lambung kepada Villa yang berdiri di dalam kotak penalti lawan. Villa menyambut bola tersebut dengan melepaskan tendangan voli menggunakan kaki kanannya. Bola meluncur deras ke pojok kiri bawah gawang Barca. Villa merayakan golnya dengan begitu emosional. Ia melompat sambil mengepalkan tangannya di hadapan publik Vicente Calderon yang bersukacita menyambut gol bomber Timnas Spanyol tersebut. Beruntung, El Barca terhindar dari kelalahan setelah pemain debutan Barca, Neymar yang masuk menggantikan Pedro Rodriguez, menyelamatkan muka Barca dengan menyamakan kedudukan sehingga skor berakhir imbang 1-1. Keputusan pelatih Barca Gerardo Martino memasukkan Neymar terbukti tepat. Pemain internasional Brasil ini mencetak gol pada menit 66. Gol sundulan Neymar memanfaatkan umpan silang Dani Alves tak mampu dibendung kiper Atletico, Thibaut Courtois. Siapa yang akan mengangkat piala, nanti ditentukan di leg kedua di Camp Nou, 28 Agustus 2013 pekan depan.(vinc/dw) SUSUNAN PEMAIN Atletico Madrid (4-4-2): Thibaut Courtois; Juanfran, Miranda, Godin, Filipe; Arda Turan (Leo Baptistao 76'), Gabi, Mario Suarez, Koke (Oliver Torres 73'); David Villa, Diego Costa (Cristian Rodriguez 79'). Pelatih: Diego Simeone (Argentina) Barcelona (4-3-3): Victor Valdes; Dani Alves, Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba; Sergio Busquets, Xavi Hernandes (Alex Song 89'), Andres Iniesta; Alexis Sanchez, Lionel Messi (Cesc Fabregas 46'), Pedro Rodriguez (Neymar 59'). Pelatih: Gerardo Martino (Argentina)

Nikah ... dari Halaman 1 Mereka telah menanyakan ke beberapa tempat, akhirnya bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dan menyampaikan keinginan untuk menikah di Pulau Kelor. “Alhamdulillah Bapak Ahok memberikan jawaban yang positif. Persiapannya sudah selesai dan kami dibantu oleh Bapak Bupati Kepualauan Seribu,” tutur Rio. Apalagi pulau tersebut tidak jauh dari daratan Jakarta dan memiliki nilai sejarah. “Soalnya ada menara peninggalan sejarah Belanda. Tempat tersebut memang nggak jauh dari Jakarta. Pulau Kelor cuma 15 menit dari Ancol. Kami ingin menikmati,” tandas Atiqah.(kplc)

Dubes ... dari Halaman 1 Castro juga pernah menantang Menteri Pertahanan Inggris, William Hague, dalam sebuah pertemuan terbuka pada Mei lalu soal kesiapan Pemerintah Inggris memberikan kesempatan perdamaian di Malvinas. Caranya, Castro menawarkan pembicaraan terbuka mengenai masa depan pulau itu. Sengketa lahan Kepuluan Falkland ini sudah berlangsung lama. Argentina yang terletak sekitar 500 kilometer di barat Falkland mengklaim sebagai pemilik kepulauan itu sejak abad 19 lalu. Tiga dekade lalu Argentina dan Inggris berperang selama 74 hari demi memperebutkan kepulauan itu. Keturunan Inggris telah menetap di Falklands sejak abad 19 dan sampai kini mereka merasa tetap bagian dari Inggris dan itu terbukti dengan hasil referendum yang hanya tiga orang menolak jadi bagian dari Inggris.(vinc)

LOWONGAN PEKERJAAN PT. AMANAH FINANCE membutuhkan: 1. Castumer Service (Wanita) 2. Admin Piutang (Laki-laki) 3. Collector (Laki-laki) Syarat dan Ketentuan: 1. 2. 3.

Max 25 Tahun Pendidikan Minimal D3 Beragama Islam

diberitakan CNN, hakim militer Col. Denise Lind

menghukum penurunan pangkat dari prajurit satu

PT. AMANAH FINANCE Komp Mega Smart Blok 7 No 22 Boulevard Manado Contact Persen: 089610266523 (Fian)

2

ke prajurit dan memecatnya secara tidak hormat dari dinas kemiliteran. Tunjangan untuknya juga dihapuskan.

Manning adalah prajurit AS yang ditugaskan di Irak. Ia dituduh secara sistematis mengambil dokumen yang kemudian

jatuh ke tangan Osama bin Laden. Dokumen yang dimaksud merupakan bagian dari 700 ribu file yang bocor ke publik

sekaligus menjadikannya sebagai kebocoran rahasia terbesar yang pernah terjadi dalam sejarah AS.(inlc)

secara berjenjang, maka pihaknya memberi keputusan bahwa surat Ketua Dekot Kotamobagu yang menyatakan keteranggan dalam pengunduran diri dari saudara Djelantik sedang diproses oleh pejabat berwenang dianggap cukup dan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon atau masuk dalam DCT. “Apabila ada pihak-pihak yang berkeberatan atas penetapan DCT tersebut maka kami minta untuk menempuh jalur hukum. Karena segala persoalan itu adalah konsekwensi pekerjaan kami,” tandas pria berkacamata ini. Pada pleno kemarin KPUD Kotamobagu menetapkan 267 DCT caleg Dekot Kotamobagu yang akan bertarung 9 April 2014 mendatang.

ATURAN

termuat dalam PP Nomor 18 Tahun 2013 tentang Tata Cara Penguduran Diri Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah, dan Pegawai Negeri yang akan menjadi bakal calon anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota, serta pelaksanaan cuti pejabat negara dalam kampanye pemilu. Pengajuan pengunduran diri itu harus sudah disampaikan ke pejabat berwenang paling telat 15 Maret 2013. Ini sesuai ketentuan pasal 3 ayat (1) PP Nomor 18 Tahun 2013, yang menyebutkan bahwa pengunduran diri disampaikan secara tertulis kepada pejabat yang berwenang paling lambat satu bulan sebelum batas akhir pengajuan bakal calon anggota DPR, DPD, DPRD

provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Sementara, sesuai Peraturan KPU Nomor 18 Tahun 2012, pendaftaran pencalonan anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota dimulai 9 Maret hingga 15 April 2013. Dengan demikian, pengajuan pengunduran diri paling telat 15 Maret 2013. Pengunduran diri bersifat mengikat. Begitu ditindaklanjuti oleh pejabat yang berwenang, maka pengajuan pengunduran diri tak bisa ditarik lagi PP ini diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 1 Maret 2013. Dengan terbitnya PP ini maka PP Nomor 14 tahun 2009 tentang cuti pejabat, sudah tidak berlaku lagi.(veem/ inlc/dw)

penting yang perlu diketahui masyarakat. Misalnya, pejabat negara atau pemerintah tidak boleh memasang iklan layanan masyarakat yang menonjolkan dirinya ketika menyampaikan program institusinya,” kata anggota KPU, Sigit Pamungkas. Dia menegaskan, para menteri, anggota DPR, pimpinan DPR/DPRD, yang mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR/DPD ini tidak boleh mempromosikan institusi atau program institusinya dengan menampilkan dirinya dalam iklan layanan masyarakat. Menurutnya, keputusan itu diambil KPU dengan alasan bahwa kompetisi harus berlangsung secara adil. “Jadi semua peserta pemilu punya tenaga dan

kesempatan yang sama untuk menyampaikan dirinya kepada publik. Dan anggaran negara itu diperuntukkan untuk publik bukan bagi kepentingan sekelompok orang atau partai politik,” ujarnya. Sigit melanjutkan larangan tersebut berlaku efektif enam bulan sebelum hari pemilihan. Bagi pejabat yang melanggar, KPU menyiapkan setidaknya dua sanksi. “Pertama, terhadap iklan yang ditayangkan di jalan, baliho, spanduk, akan dilakukan penertiban oleh KPU bersama Bawaslu. Kedua, iklan di media elektronik kami akan berkoordinasi dengan KPI supaya peraturan bisa d i t e g a k k a n , ” tuturnya.(komc/vinc/dw)

Surat ... dari Halaman 1 Dan untuk masalah Djelantik ini, dia menyatakan alasan bahwa saat pejabat mencalonkan diri sebagai caleg, maka pejabat tersebut harus mengajukan surat pengunduran diri. Dan Djelantik sudah mengajukan surat tersebut. Maka surat pengunduran diri itu tentunya berproses, hingga dalam peraturan menyebutkan bahwa proses tersebut menunggu surat keputusan (SK) pemberhentian yang bersangkutan dari jabatan Walikota Kotamobagu, ada keterangan dari pejabat yang berwenang. “Memang ada multitafsir tentang pejabat yang berwenang, dan undang-undang maupun peraturan tidak tegas menyebutkan siapa pejabat yang berwenang itu. Namun oleh KPUD tidak perlu

masuk ke ranah itu, karena kami memperhatikan hak konstitusi tiap warga negara yaitu dipilih dan memilih,” ujar Nayodo. Pegangan KPUD saat meloloskan Djelantik sebagai caleg, lanjut dia, karena pihaknya telah menerima surat sakti dari Ketua Dekot Kotamobagu Rustam Siahaan yang tak lain politisi Partai Golkar. “Kami telah mendapatkan surat keterangan dari ketua Dekot (Rustam, red), yang menyebutkan bahwa proses pengunduran diri saudara Djelantik sebagai walikota sedang diproses. Itulah yang menjadi dasar KPUD untuk menetapkan yang bersangkutan dalam DCT pada Pemilu Legislatif 2014,” jelas Nayodo. Ia menambahkan, dari hasil kajian KPUD Kotamobagu

Seperti diketahui, UU Nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPRD, DPD dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2013 Pasal 3 ayat (1) menyatakan kepala daerah yang mencalonkan diri menjadi calon anggota legislatif Pemilu 2014 harus mundur dari jabatan kepala daerah. Sebenarnya masa jabatan Djelantik Mokodompit sebagai Walikota Kotamobagu masih tersisa hingga September 2013. Surat pengunduran dirinya sebagai Walikota telah disampaikan ke Dekot Kotamobagu beberapa waktu lalu untuk mendapat persetujuan. Kemudian, ketentuan kepala daerah harus mundur jika ingin jadi caleg juga

Caleg ... dari Halaman 1 Sementara itu, kampanye berupa iklan media massa cetak dan elektronik serta rapat umum baru bisa dilakukan selama 21 hari, tiga hari menjelang masa tenang, yaitu 16 Maret 2014 hingga 5 April 2014. Dalam PKPU Kampanye, diatur caleg DPR

dan DPRD, dilarang memasang foto diri di baliho dan papan reklame. Caleg hanya diperkenankan memasang foto di spanduk atau bahan kampanye lain. Selain itu, partai politik hanya diperbolehkan memasang satu papan reklame atau satu

baliho di setiap zona yang ditentukan oleh pemerintah daerah bersama KPU.

Kemudian, KPU juga melarang pejabat negara

memasang iklan layanan masyarakat jelang Pemilu 2014. Aturan tersebut sudah tertuang dalam sebuah Peraturan KPU (PKPU) tentang Kampanye. “Berkaitan dengan peraturan kampanye, kami menegaskan lagi hal-hal

wilayah Ghouta, pinggiran kota Damaskus. “Ada keprihatinan yang besar di antara anggota Dewan Keamanan terhadap tuduhan yang harus dicari kebenarannya tentang apa yang terjadi dan situasi ini harus diawasi dengan ketat,” kata Duta Besar Argentina untuk PBB, Maria Cristina Perceval, usai pertemuan tertutup tersebut. Pertemuan tersebut tidak secara eksplisit memerintahkan investigasi PBB, namun hanya mendukung seruan Sekretaris Jenderal Ban Kimoon untuk melakukan penyelidikan. “Anggota Dewan Keamanan menyambut baik niat Sekjen untuk melakukan investigasi yang menyeluruh dan imparsial,” kata Perceval. Para aktivis pembebasan Suriah mengatakan bahwa pesawat jet rezim Assad menjatuhkan rudal kimia ke beberapa wilayah di Ghouta. Saat ini di Suriah telah hadir para delegasi PBB untuk menyelidiki penggunaan senjata kimia. Sebanyak 35 negara, termasuk Amerika Serikat,

Inggris dan Prancis, menyerukan tim penyidik yang dipimpin Ake Sellstrom untuk meluncur ke Ghouta dan menyelidiki insiden tersebut secepatnya. “Kami berharap insiden ini menyadarkan para pendukung rezim Assad untuk menyadari pembunuhan dan sifat barbar yang dianutnya,” kata Menlu Inggris William Hague. Namun, suara bulat tidak bisa dicapai karena Rusia dan China sekali lagi menjegal upaya internasional menghentikan kekerasan di Suriah. Menurut Rusia, serangan ini adalah bentuk provokasi pejuang Suriah untuk mendiskreditkan Assad. Kedua negara ini menolak pernyataan resmi yang menyerukan penyelidikan terhadap Suriah yang dirancang Barat. Dalam draft pernyataan PBB yang diterima Reuters, Rusia dan China keberatan dengan kata-kata “menyerukan PBB untuk segera mengambil langkah yang diperlukan untuk menyelidiki serangan yang terjadi hari ini.”(vinc)

saya tidak mau menanggapinya satu-satu gerakan untuk memblack mail (tudingan) saya,” ujar Fahri. Dia malah menyebut ada sebuah operasi yang dilakukan oleh pihak KPK untuk mendesain bahwa seolah-olah dia terlibat dalam kasus suap kuota impor sapi yang menyeret Luthfi. “Jadi begini (kronologi) kan ada operasi dari KPK membocorkan foto, itu dilakukan, waktu saya di Tipikor, saya ketemu Fathanah, saya tanya foto darimana? Katanya foto dari KPK, karena HP dia (AF) diambil oleh KPK,” terang Fahri. Meski begitu, Fahri tidak mengelak jika dirinya mengenal Fathanah, sebab Fathanah merupakan

sahabat dari Luthfi sehingga dia juga mengenal Fathanah. “AF ini temannnya LHI, saya pasti kenal, yang saya bilang saya tidak tertarik mengenal dia,” tegasnya. Lebih lanjut, Fahri membeberkan jika memang ada sebuah operasi dari pihak tertentu untuk menyeretnya dalam kasus impor sapi tersebut. Dia menyebutkan operasi itu sudah direalisasikan di dalam Bukti Acara Pemeriksaan (BAP) Ahmad Fathanah. “Dalam BAP Fathanah nama saya dua kali disebut, soal foto, dan percakapan di Lombok, tapi KPK tidak akan pernah berani manggil saya, soalnya KPK takut kalau saya bongkar,” tandasnya.(inlc)

terpelihara di Sulut. “Hal inilah yang membuat saya tertarik untuk datang berkunjung, karena adanya kemiripan antara Betlehem dengan Sulut,” jelasnya. Maher juga ikut memaparkan secara detil keberadaan Kota Betlehem, dimana baik dari segi pemerintahan, kependudukan, juga keberagaman. Meski mayoritas penduduk beragama Kristen, namun sesuai konsensus yang dibuat Presiden Yaser Arafat, sejumlah kota di bawah otoritas Palestina

harus dipimpin oleh warga beragama Kristen. “Termasuk juga anggota dewannya harus mayoritas Kristen. Dan perlu diketahui konflik yang terjadi di sana (Israel, red) tidak bersangkutan dengan masalah agama,” jelasnya. Dirinya juga ikut membeberkan warga Minsel yang melakukan ziarah ke Betlehem, sehingga kedepan Bupati Minsel memintakan kepadanya akan kerjasama menyangkut pemberian jaminan keamanan bagi warga Minsel. “Kita

PEJABAT NEGARA

Bocah ... dari Halaman 1 “Kebanyakan korban tewas adalah wanita anakanak. Pupil mata mereka membesar, kaki dingin, dan mulut berbusa. Kata dokter, ini adalah gejala umum korban serangan gas syaraf,” ujar Bayan Baker, perawat di fasilitas darurat Douma yang mengatakan bahwa mereka menerima 213 korban tewas. Serangan terjadi pada Rabu dini hari sekitar pukul 3 pagi, saat kebanyakan warga asyik terlelap. Itulah sebabnya, kebanyakan korban tewas masih terbaring di tempat tidur atau sofa di rumah-rumah mereka. “Kami memasuki satu rumah dan semuanya masih tertata rapi. Semua orang masih ada di tempatnya. Mereka berbaring di tempat yang seharusnya. Mereka seperti tertidur,” kata seorang warga di Erbin kepada Reuters, saat mengevakuasi para jenazah. Menurut seorang dokter, senjata yang digunakan kemungkinan adalah gas sarin, salah satu yang dituduhkan Barat telah digunakan oleh rezim Assad membunuhi

rakyatnya. Insiden ini disebut sebagai serangan senjata kimia terparah sejak tahun 1988, saat tentara rezim Saddam Hussein menyerbu suku Kurdi di Halabja, Irak, yang menewaskan antara 3.000 hingga 5.000 orang. Konflik yang telah berlangsung lebih dari dua tahun di Suriah ini telah menewaskan lebih dari 100.000 orang, menurut laporan PBB. Sebanyak 1,6 juta warga Suriah terusir dan hidup di pengungsian. Sementara itu, bantuan terus berdatangan untuk Suriah, tidak terkecuali dari rakyat Indonesia yang berhasil mengumpulkan Rp2 miliar. SIKAP DK PBB Atas kasus tersebut, Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) langsung menggelar rapat darurat. Diberitakan Reuters, Kamis (22/8) kemarin, dalam pertemuan tersebut, DK PBB mengatakan bahwa saat ini diperlukan penyelidikan soal insiden yang terjadi di

Suswono ... dari Halaman 1 Saat itu, ia menceritakan, ada undangan sarapan oleh Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin. Dari hotel, Suswono menumpang sebuah mobil. Di dalam mobil itu, kata Suswono, ada Sekjen PKS Anis Matta (kini Presiden PKS) dan Wasekjen PKS Fahri Hamzah. “Dia (Fathanah) masuk dan bergabung di dalam mobil,” kata Suswono, menjawab pertanyaan Hakim Made. Suswono mengaku kaget tiba-tiba Fathanah masuk ke dalam mobil dan bergabung bersama mereka. Bahkan, Suswono mengatakan, Fathanah sepertinya sudah akrab mengenal dirinya. Sementara ia mengaku baru pertama kali melihat Fathanah. “Saya juga agak kaget, akrab seperti sudah

mengenal saya. Waktu itu namanya Olong,” ujar Anggota Dewan Syuro PKS ini. Dia mengatakan bahwa Fathanah bukan kader PKS. Suswono pun mengaku tidak tahu apakah Fathanah dengan Luthfi Hasan Ishaaq, Presiden PKS saat itu, memiliki hubungan dekat. Lebih jauh Suswono mengaku tiga kali bertemu Fathanah, yaitu di Makassar dua kali dan sekali di Medan, Sumut. Adapun Fahri yang mendengar pengakuan Suswono kalau dirinya berada di dalam mobil saat itu, dengan tegas membantah pernah satu mobil dengan Fathanah. Fahri malah balik menuding KPK sengaja mendesain ini. “Itu saya tidak tahu,

Musa ... dari Halaman 1 Disamping itu, Tobing menegaskan bahwa anggota TNI harus melayani masyarakat dalam rangka membangun daerah Sulut. TNI harus dengan dengan masyarakat agar tercipta hubungan yang harmonis untuk bersama-sama mewujudkan daerah yang aman dan kondusif. “Saya rasa nyaman dan merasa sudah menjadi orang Sulut. Saya menyadari organisasi itu sangat dinamis. Di Korem saya belum bisa berbuat banyak, sesuai yang diharapkan prajurit dan masyarakat. Saya komitmen melayani dan bukan dilayani,” ujar Tobing, yang disambut tepuk tangan para prajurit dan tamu, di Makorem. Meski demikian, Tobing berharap kepada Danrem yang baru untuk lebih baik darinya. Sekitar 13 bulan bertugas di daerah ini, Tobing pun merasa Sulut seperti daerahnya sendiri. Sebab banyak kesamaan yang didapat dari bumi Nyiur Melambai ini. “Pesan saya untuk Danrem baru, layani masyarakat dan junjung keadilan. Doktrin TNI AD itu, harus dinamis dan berjalan lebih cepat,” tegas Tobing, yang akrab dengan para awak media itu. Menariknya, untuk tetap mengingat daerah ini, jenderal berbintang satu itu, bakal menyekolahkan anaknya tahun depan di Sulut. Sebab menurutnya, selama berada di daerah ini, ia bersama keluarga merasakan kenyamanan bersama masyarakat serta mempunyai

kesan yang mendalam. “Jika berkenan tahun depan, anak saya akan saya sekolahkan di Sulut, dibagian spesialis. Di Sulut ini tidak ada bedanya. Budaya juga hampir sama,” jelas menutup sambutannya. Sementara itu, Brigjen TNI Musa Bangun menyatakan, merasa bangga dengan jabatan barunya ini. Sebab dia merasa prajurit jajaran Korem 131/Santiago telah memberi andil hingga dia bisa berpangkat Jenderal dan menahkodai Korem 131/ Santiago. Diceritakannya, tanpa perhatian dan dukungan dari prajurit TNI AD khususnya, ia tidak akan menerima pangkat yang saat ini terpakai di pundaknya. “Tanpa prajurit, saya tidak ada lencana (pangkat) ini. Saya lahir dari Batalyon 712. Tanpa prajurit saya tidak akan memiliki jabatan ini. TNI itu laskar pejuang karena lahir dari rakyat. Dan satu hal yang terpenting, jika prajurit menyakiti hati rakyat, dia melanggar sumpahnya,” tegas eks Wadan Yonif 712 Wiratama itu. Soal kinerjanya ke depan, Musa tak tanggungtanggung meminta bawahannya untuk menegurnya. “Kalau ada kekurangan, silahkan ditegur. Saya juga rakyat biasa,” pungkas Musa, sembari memberikan hormat dan respek terhadap Tobing. Acara ini diawali dengan penyambutan Musa dan istri dengan menggunakan kendaraan tradisional Bendi dan diakhiri juga dengan mengantar Tobing bersama istri ke luar Makorem dengan kendaraan itu.(erel/dw)

memang sedang menjajaki kerjasama saling menguntungkan. Termasuk soal pariwisata. Dari hasil pertemuan ini akan dilakukan tindak lanjut dalam dalam bentuk komitmen serta direalisasinya,” pungkas Maher. Sementara itu, Tetty menyambut baik kedatangan Maher tersebut, bahkan dirinya akan ikut mempromosikan Kota Betlehem kepada warga Minsel yang akan berziarah ke Tanah Suci bagi orang

Kristen. “Yang pasti ini akan menjadi awal dari hubungan kerjasama, dan yang pasti kami akan menindaklanjut hasil pertemuan tersebut,” tegas istri tercinta Kristovorus Deky Palinggi SE (KDP) ini. Hadir dalam pertemuan dengan pemerintah kota Betlehem tersebut, selain Tetty dan KDP, juga ada Wakil Ketua Dekab Minsel JJ Tumbuan SE, tokohtokoh agama yang ada di Minsel, serta sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Minsel.(brik/esem/dw)

Minsel ... dari Halaman 1 Pada kesempatan ini, Maher menjelaskan kedatangannya di Minsel sebagai balasan kunjungan

Tetty di Betlehem yang telah banyak menunjukan tentang keberagaman namun kerukunan tetap

BERITA KEHILANGAN TELAH TERCECER SEBUAH BPKB MOTOR

Lamaran dibawah langsung ke

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

ATAS NAMA ALAMAT

: HASAN THALIB : KEL. SINDULANG SATU LINGK. IV MANADO

NO RANGKA NO MESIN NO BPKB

: MH8BE4DFA6J118352 : E4511D119509 : E.0142079.S


Sulut

JUMAT 23 AGUSTUS 2013

PENGARUSTAMAAN GENDER

Penguatan kelembagaan PUG untuk pembangunan di Sulut SEBAGAI upaya mendukung pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang strategi pengarusutamaan gender dalam pembangunan Nasional dan peraturan Menteri Dalam Negeri RI No 67 Tahun 2011 tentang perubahan atas peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008 tentang pedoman umum p e l a k s a n a a n BAHAGIA Mokoagow. Pengarusutamaan Gender (PUG) di daerah, berbagai langkah tindaklanjut strategis, telah dilakukan pemerintah. Ini dilakukan baik di tingkat Nasional maupun di daerah, dimana terkait dengan penguatan pelaksanaan, dalam peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2010 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2010-1014, menetapkan 3 prinsip pengarusutamaan. Masing-masing, pengarusutamaan pembangunan berkelanjutan, pengarusutamaan tata kelola pemerintahan yang baik, dan pengarusutamaan gender. Lebih lanjut, tujuan pelaksanaan kegiatan fasilitas penguatan kelembagaan focal point PUG dalam pembangunan, antara lain mengevaluasi sejauhmana focal point PUG dalam perencanaan program kegiatan responsive gender. “Selain itu, mengevaluasi penerapan strategi PUG dalam menyusun dan perencanaan program kegiatan, sehingga hasilnya berdampak pada keadilan kesetaraan gender. Serta untuk mewujudkannya, dalam upaya mendukung kemajuan kaum perempuan dan laki-laki berperan secara optimal dalam pembangunan,” jelas Kepala Biro Kesejahteraan Setda Provinsi Sulut dr Bahagia R Mokoagow MSi MKes, belum lama ini. Kegiatan fasilitas penguatan PUG ini dibuka oleh Asisten III AN Watung SH, mewakili sekprov, yang juga bertindak sebagai narasumber, bersama Kepala Bappeda yang diwakili Kabid Perencanaan Sosial dan Budaya Drs Ir Tenny Tompodung MSi, Kepala BP3A Mieke Pangkong MSi, serta Karo Kesra Mokoagow, yang didampingi Kabag P3AKB Everdien M Kalesaraan SE MSi.(esel/brik-s)

APBD-P 2013

Pemkab Minahasa ajukan rancangan KUA-PPAS ke legislatif PIHAK Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa akhirnya secara resmi mengajukan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Perubahan (RKUA P) serta Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (RPPAS P) tahun 2013 ke pihak Dekab Minahasa dalam rapat Paripurna yang berlangsung Kamis (22/8) kemarin. Dalam penyampaian dari pihak eksekutif, yang disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang dijelaskan, perlunya dilakukan perubahan terhadap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minahasa, karena adanya perkembangan yang tidak sesuai dengan yang ada. “Selain itu pula, perlu adanya perubahan anggaran ini karena ada sisa dana yang harus digunakan dari anggaran yang lalu,” ujar Sarundajang. Dalam pembacaan rancangan tersebut, diketahui bahwa Pendapatan Daerah dalam KUA APBD 2013, sebesar Rp28 miliar lebih, dan dalam RKUA-Perubahan menjadi Rp30.285.160.134 atau naik 8,09 persen. Sementara untuk Retribusi daerah dalam KUAAPBD sebesar Rp8 miliar, menjadi Rp10.693.220.500 atau naik 19,74 persen dalam perubahan. Untuk dana perimbangan yang sebelumnya Rp635 miliar, dalam perubahan menjadi Rp639.691.450.275, naik 0,72 persen. Pada kesempatan itu, Ketua DEKAB Minahasa, Drs Frits Tairas, mengatakan bahwa apa yang telah diajukan oleh pihak Eksekutif ini, akan ditindak-lanjuti untuk segera dibahas. “Pengajuan ini, akan selanjutnya dibahas bersama oleh pihak DPRD lewat Bandan Anggaran bersama-sama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD),” katanya.(try23)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Demokrat dapil Minsel-Mitra final tiga caleg KPUD Sulut resmi plenokan DCT Caleg Deprov Sulut 2014-2019, 487 calon perebutkan 45 kursi Manado—Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulut, resmi menggelar rapat pleno penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) calon anggota (Caleg) Deprov Sulut periode 2014-2019 untuk pelaksanaan Pemilu 2014 mendatang. Rapat pleno tertutup ini digelar di Kantor KPUD Sulut, Jl Dipenogoro Teling Bawah, Manado, Kamis (22/8) sore kemarin. Usai pleno, kepada wartawan, Ketua KPUD Sulut Yessi Momongan STh MSi menjelaskan, dari Daftar Calon Sementara (DCS) ke DTC, ada terjadi perubahan khususnya penambahan caleg di daerah pemilihan (dapil) Sulut V (MinselMitra). “Jadi, dari DCS lalu, tiga caleg di dapil Sulut V untuk Partai Demokrat, yang waktu lalu terjadi sengketa, sudah final masuk DCT untuk Pemilu 2014,” ujarnya. Adapun tiga caleg Partai Demokrat tersebut yakni Billy Lombok, Alther Sumual, dan

Anatje Pondaag. Kemudian, terjadi pengisian kekosongan kursi untuk dapil Sulut II (BitungMinut) untuk PDIP, dimana caleg atas nama almarhum Jhony Gandaria yang meninggal, diisi oleh caleg lain. “Selebihnya tidak ada masalah lagi,” ucap Momongan, seraya menambahkan bahwa untuk DCT Caleg Deprov Sulut keseluruhannya berjumlah 487 caleg dari 12 partai politik di enam dapil. “Kursi yang tersedian di Deprov Sulut seperti kita ketahui bersama ada 45 kursi,” kata Momongan. Komisioner Divisi Hukum, Pengawasan dan Teknis Penyelenggara Ardiles Mewoh SIP MSi menambahkan, pleno DCT ini sudah final dan tidak ada lagi perubahan. “Seandainya kedepan ada caleg yang mengundurkan diri atau bahkan meninggal dunia, maka secara otomatis terjadi

LIMA Komisioner KPUD Sulut didampingi Sekretaris KPUD Sulut, usai melakukan pleno penetapan DCT Caleg Deprov Sulut, Kamis (22/8) tadi malam.(foto: donny/sk)

kekosongan di kolom tersebut karena tidak bias diganti. Begitu juga kalau nantinya ada caleg yang tersandung masalah hokum, kita tunggu putusan inkrah dari pengadilan, baru caleg tersebut dicoret,” terang Mewoh. Untuk tahapan selanjutnya, hasil pleno DCT ini akan diperbanyak kemudian diserahkan kepada partai politik, disebar ke KPUD kab/ kota se-Sulut, serta ditempel di sejumlah titik strategis yang bias diakses luas oleh masyarakat, serta diumumkan

melalui website KPUD Sulut. Hadir dalam rapat pleno tersebut, selain Momongan dan Mewoh, juga ada tiga komisioner lainnya yakni Vivi George SKM (Divisi Perencanaan, Keuangan, Logistik dan Humas), Zulkifli Golonggom SPdI (Divisi Umum, Rumah Tangga, Organisasi dan Data Informasi), dan Fachruddin Noh SAg MPd (Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM), Sekretaris KPUD Sulut Yona Oroh SH MH, dan beberapa staf.(dewe)

KEK BITUNG

Terhambat administrasi Pemprov dan Pemkot Bitung

GUBERNUR Sulut SH Sarundajang saat memimpin pertemuan membahas KEK Bitung, bersama dengan Tim KEK Pusat dan Walikota Bitung, Rabu (21/8) kemarin.(foto: ist)

Manado—Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung selangkah lagi segera terealisasi. Dari hasil pertemuan Pemprov Sulut yang dipimpin langsung Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang dengan Tim KEK Pusat Rabu (21/8) sore kemarin di gubernuran

Bumi Beringin Manado, pada prinsipnya pemerintah telah setuju untuk menetapkan Bitung sebagai salah satu KEK di Indonesia. Menurut Koordinator tim KEK Pusat Budi Santoso, produk hukum yang akan melandasi KEK tersebut adalah

berbentuk Peraturan Pemerintah (PP). Dan hambatan lain adalah, Pemprov Sulut dan Pemkot Bitung belum melengkapi administrasi. “Untuk KEK Bitung, Pemprov Sulut dan Pemkot Bitung tinggal melengkapi dokumen tentang kerjasama dengan

para perusahaan-perusahaan masuk dalam kawasan ini,” ujarnya. Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sarundajang mengatakan bahwa untuk perusahaan yang masuk dalam kawasan ini terbagi atas 2 yaitu yang sudah perusahaan yang sudah eksis dan yang sudah menyatakan kesiapan untuk beroperasi di KEK. “Mereka semua sangat serius untuk berinvestasi dan beroperasi. Dan saya jamin itu. Untuk itu saya instruksikan Walikota Bitung, Asisten II dan Kepala Bappeda Provinsi serta Direktur KAPET untuk segera menindaklanjuti permintaan Tim KEK Pusat,” tukas Sarundajang. Tim yang hadir dari pusat selain Budi yaitu Staf Ahli Menko Perekonomian Supriyadi, Sekertaris Dewan KEK Nasional Enoh Suharto,. Kadisekt KP3EI Edib Muslim, Kasubbag KEK Bambang Wijarnako, Pelaksana KEK Aminudin, dan Kepala Biro Hukum Kemenko Perekonomian Elen Setiadi. Sedangkan dari Pihak Pemprov Sulut, Asisten II Sanny Parengkuan, Kepala Bappeda Roy Roring, Direktur KAPET Manado-Bitung Noldy Tuerah, Kepala Dinas Perindag OlvieAteng, Kepala BKPM Happy Korah dan Karo Ekonomi Lynda Watania. Hadir pula dalam pertemuan tersebut Walikota Bitung Hanny Sondakh.(erer)

3

POLHUKAM

Sulut maju pesat karena stabilitas keamanan terjaga Manado—Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI (Sesmenkopolhukam) Letjen TNI Langgeng Sulistiyono mengatakan bahwa, sebuah daerah tidak akan berkembang jika situasi keamanannya tidak stabil. Dan, Sulut begitu maju karena stabilitas keamanan terjaga. Hal itu dikatakanya ketika membuka kegiatan Rapat Evaluasi Pelaksanaan Rencana Aksi Penanganan Gangguan Keamanan Dalam Negeri 2013 Tingkat Provinsi periode B06 di Hotel Quality Manado, Kamis (22/8) kemarin. “Saya kagum dengan daerah ini, pembangunannya begitu nyata terlihat. Tentunya jika tidak aman mana mungkin akan seperti ini,” kata Langgeng, seraya menekankan bahwa sudah seyogyanya keamanan menjadi tanggung jawab pemerintah dan karenanya pemerintah harus memutar otak agar hal tersebut dapat terwujud. Di acara yang sama, Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang memberikan sedikit gambaran tentang kondisi geopolitik di daerah Nyiur Melambai ini dikaitkan dengan beberapa capaian yang diperoleh. Gubernur juga

mengungkapkan bahwa terjaganya stabilitas keamanan di daerah ini adalah berkat kerjasama dari seluruh komponen daerah termasuk masyarakat itu sendiri. Dia mengungkapkan pula bagaimana kompak dan kooperarifnya Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut sehingga memudahkan dalam berkoordinasi. “Unsur-unsur pimpinan yang tergabung dalam Forkopimda di Sulut memegang peranan yang sangat penting dalam hal keamanan daerah ini, dan saya bersyukur dan berterima kasih sampai saat ini kita tetap kompak,” kata Gubernur. Kegiatan rapat evaluasi tersebut dihadiri para Kepala Badan Kesbang, As Intel dan As Ops Korem, Dir Intel dan Karo Ops Polda se- Indonesia Timur. Pejabat Forkopimda Sulut yang hadir nampak Kapolda Sulut Brigjen Pol Robby Kaligis, Kabinda Brigjen Marinir Widad P Aji, Sekprov Sulut Ir SR. Mokodongan dan Kasrem 131/Santiago. Sedangkan rombongan dari Kemenkopolhukan hadir salah satu putra Sulut Brigjen Pol Royke Lumowa selaku Asdep 3 Kamnas Polri.(erer)

KESEHATAN

Pemprov pacu menurunkan angka kematian ibu dan bayi M a n a d o — Te n a g a kesehatan perawat yang tergabung dalam wadah Himpinan Perawat Endoskopy Gastrointestinal Indonesia (HIPEGI) menggelar Munas ke-2 di Manado. Kegiatan yang dibuka Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd di Hotel Lion Manado, Kamis (22/8) kemarin diikuti 200 perawat se-Indonesia. Wagub mengatakan, Pemprov Sulut terus menjadikan bidang kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan Sulut, karena sampai saat ini terus dipacu untuk menurunkan kematian ibu melahirkan dan bayi. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu hadirnya Posyandu cerdas, dan ini baru ada di sulut. Artinya Posyandu digabung dengan PAUD, sehingg anak-anak sambil bermain kesehatannya diperiksa termasuk orang tua. “Ini sekaligus menjawab permasalahan kesehatan yang kita dihadapi dewasa ini, menuntut upaya pemecahan tidak sekedar hanya dalam skala lokal atau nasional saja, melainkan sudah dituntut upaya pemecahan dalam skala global,” ujarnya. Hal ini menuntut tenaga kesehatan untuk beradaptasi dengan p e r k e m b a n g a n permasalahan yang ada, dan bahkan terus berupaya mengantisipasi

kemungkinan timbulnya permasalahan baru di masa yang akan datang, termasuk didalamnya tenaga kesehatan perawat yang tergabung dalam HIPEGI. Kansil menilai Munas ini, memiliki manfaat yang sangat besar bagi pembangunan kesehatan, terutama dalam bidang Endoskopy Gastrointestinal, sekaligus sedikitnya bisa menjawab permasalahan kesehatan yang ada. “Karena ilmu kedokteran dan tehnologi kedokteran saat ini berkembang sangat pesat sehingga telah menghasilkan prosedur diagnostik yang cepat dan tepat, sembari menyebutkan,Endoskopy sebagai salah satu teknik pelayanan canggih telah menjadi sarana penunjang diaknostik yang cukup handal,” katanya. Karena itu Kansil berbangga karena HIPEGI telah berhasil membuat konsensus bersama sebagai syarat untuk pemakaian, pelatihan petugas, ekspertise serta penerapannya dalam penanganan penderita yang secara berkala selalu dapat diperaharui sesuai dengan kemajuan ilmu. Turut hadir Ketua Umum HIPEGI Aam Sumadi SKep, Ketua Bidang Organisasi Profesi PPNI Pusat Wawan Arif Sawana serta Ketua PPNI Sulut Arthur Lapian SKep MKes.(erer)


JUMAT 23 AGUSTUS 2013

LAKALANTAS

Anggota Sabhara Polda tewas tabrak dump truck MALANG nasib yang dialami Bripda Risard Andika Ukus (21), warga Desa Ranowangko, Lingkungan VI, Kecamatan Tombariri Kabupaten Minahasa. Anggota Sabhara Polda Sulut ini tewas setelah motor Honda Tiger DB 9900 EA, yang dikendarainya menabrak belakang mobil Dump Truck berwarna Putih DB 8525 AR yang dikendarai oleh Yanni Raranta (33), warga desa Tateli Lingkungan VIII Kecamatan Mandolang. Peristiwa tersebut terjadi pada Kamis (22/8) kemarin, sekitar pukul 07.50 wita, di ruas jalan Manado-Tanawangko atau tepatnya depan Rumah Makan Ria-Rio, Desa Kalasey Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa. Kasat Lantas Polresta Manado, Kompol Alfaris Pattiwael SIK MH, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian yang menewaskan anggota dari Polda Sulut itu. “Korban meninggal di rumah rakit, beberapa saat setelah peristiwa tabrakan tersebut terjadi,” terangnya. Menurut Pattiwael, kejadiannya kecelakaan dimana pagi itu korban yang baru tiga bulan yang lalu dilantik menjadi Polisi, bergerak dari kampung halamannya untuk mengikuti apel pagi. Namun, saat berada di lokasi kejadian mobil Dump Truck yang berada didepannya melambatkan mobilnya dan mengarahkan ke arah kiri untuk memberi jalan untuk Rombongan Sabhara Polda yang akan melakukan pengamanan di Hotel Sedona untuk acara CTI Summit. Dan korban yang dari arah belakang, tiba-tiba menabrak belakang mobil tersebut, kemudian terlempar ke kanan dan kejadian tersebut disaksikan oleh teman-temannya. Korban kemudian dilarikan ke RSUP Kandou Malalayang untuk mendapat perawatan darurat karena pergelangan tangan dan rusuk kirinya patah.(beer)

CRIMERON

Bawa sajam, YS terancam 3 tahun penjara PATROLI Rayon Polresta Manado, berhasil mengamankan seorang pelaku yang kedapatan membawa senjata tajam berupa pisau badik, Kamis (22/8) sekitar pukul 21.00 wita, di Kelurahan Wenang tepatnya di Jalan 17 Agustus depan kantor Jamsostek. Adalah Yusuf Sumaila (21) warga Kelurahan Bumi Beringin Lingkungan V Kecamatan Wenang yang berhasil terjaring dalam patroli rayon. Sesuai laporan yang berhasil dirangkum harian ini di Polresta Manado, Kamis (22/8) kemarin, Polisi rayon saat itu sedang melaksanakan operasi rutin untuk menekan tindak kriminalitas yang kian marak terjadi di wilayah Manado. Dengan menggunakan motor patroli, polisi mulai menyisir JL 17 Agustus, tepatnya di depan Kantor Jamsostek dan mendapati geromboan anak muda yang tengah asik duduk. Satu persatu anak muda itu pun diperiksa hingga isi pakaian mereka. Yusuf pun kedapatan, didalam pakaiannya terselip pisau badik kurang lebih 30 cm panjangaya. Disaat itu juga tersangka langsung digiring ke Mapolresta Manado untuk dilakukan pemeriksaan selanjutnya. Kapolresta Manado saat dikonfirmasikan melalui Kasat Reskrim, Kompol AV Montung membenarkan menangkap tersangka. “Pelaku dijerat undang-undang kepemilikan senjata tajam tampa ijin yang sah, ancaman hukumannya 3 tahun penjara,” terang Montung.(beer)

Pegawai BUMN hilang Rp20 juta AKSI pencurian kembali menambah catatan kriminal di kepolisian. Kali ini, rumah milik pegawai BUMN, Brian Wondal (36). warga Kelurahan Wanea Lingkungan IV Kecamatan Wanea, dimasuki sekelompok maling. Peristiwa tersebut terjadi Senin(19/8) malam lalu, saat rumah dalam keadaan kosong. Pelaku berhasil membawa kabur TV Led 52 inch Merk LG bersama dengan Home Theater. Peristiwa ini baru dilaporakan korban karena korban baru mengetahui rumahnya dimasuki pencuri, Kamis (22/8) kemarin. Diceritakan korban di Polresta Manado, pelaku masuk melalui jendela depan rumah, caranya merusak paksa jendela tersebut. Barang-barang elektronik, dikeluarkan pelaku melalui pintu samping. Akibat kejadian ini kerugianya diperkirakan mencapai 20 Juta. Kasubag Humas Polresta Manado, AKP Ruswan Buntuan membenarkan lporan tersebut. “Polisi masih mendalami kasu pencurian ini,” terang Buntua.(beer)

Dianiaya, IRT Tuminting mengadu ke polisi KASUS penganiayaan yang terjadi 31 Juli 2013 lalu, memimpa ibu rumah tangga (IRT), Estevien Bawangun (47) warga Kelurahan Tuminting Lingkungan V Kecamatan Tuminting, akhirnya masuk ke ranah hukum. Pasalnya, IRT tak terima lantaran kepalanya masih terasa sakit akibat dipukul oleh sesame IRT Rulti Beret (28) warga sama, di tempat kost di Kelurahan Singkil Kecamatan Singkil. Diceritakan IRT ini kepada Polisi, Kamis (22/8) kemarin, sekitar pukul 11.30 wita. Peristiwa tersebut baru dilaporkan karena kepalanya sering berdeyutdenyut perih kesakitan. Waktu kejadian, korban bermaksut mengangkat berang milik anak korban di tempat kost. Tak jelas apa, korban dan pelaku terlibat adu mulut hingga tak terbendung sampai adu jotos. Korban pun tumbang dihantam dengan batang kayu oleh pelaku di bagian kepala hingga membuat korban sering pusing. Kasubag Humas Polresta Manado, AKP Ruswan Buntuan membenarkan laproan sudah diterima. “Kasus penganiayaan ini masih dalam proses penyelidikan,” terang Buntuan.(beer)

Yustisia 4 Siahaan: Kasus GOR Mitra sudah ada tersangkanya SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Pemeriksanaan makin digenjot, Minus Rolos, 3 pejabat diperiksa Manado—Perkara dugaan tindak pidana korupsi mark up pengadaan lahan sport center atau gelanggang olahraga (GOR) di Kabupaten Minahasa Tengara (Mitra) tahun anggaran 2012 berjumlah Rp3,5 miliar, telah ada tersangkanya. Demikian ditegaskan, Kepala Kejaksaan Tinggi ( Kajati) Sulut, DR Onggal Siahaan SH SSos MH ketika dikonfirmasi, Kamis (22/8) kemarin. “Siapa nama tersangkanya tentu saya mohon pengertian rekan-rekan wartawan, untuk penyelidikan. Bisa saja kita ekspose lantas tersang-

kanya malah lari. Yang pasti, kasus GOR Mitra sudah ada tersangkanya yakni satu orang,” beber Siahaan. Dipastikan Siahaan, Kejati Sulut akan terus menseriusi semua kasus yang tengah ditangani agar tidak menimbulkan kesan tidak baik ke masyarakat. “Tidak ada target, tapi komitmen saya, semua kasus tipikor akan dituntaskan. Minimal satu bulan, satu kasus,” katanya. Sesuai jadwal, pada Kamis (22/8) kemarin, mantan Asisten I Pemkab Mitra Drs Frans Rolos, Kadis Kehutanan Ir Johny

Ronsul, Pimpinan kantor Pajak Kotamobagu dan Dedi Pandaleke bendahara pengeluaran Sekretariat Daerah Kabupaten Mitra yang diperiksa. “Telah diperiksa hari ini (kemarin, red), Ir Johny Ronsul Kadis Kehutanan, pimpinan kantor pajak kotamobagu, dan Dedi Pandaleke Bendahara Pengeluaran Sekretariat Daerah Kabupaten Mitra. Tapi mantan Asisten I Pemkab Mitra Drs Frans Rolos hingga pukul 12.00 wita, belum juga hadir,” terang Kasi Penkum Kejati Sulut, Steven Kamea SH, Kamis (22/8) kemarin.

Tak ayal, khusus Rolos beserta Budi Cs, lanjut Kamea, akan dilayangkan undangan ke 3 untuk pemeriksaaan. Ini menyusul, Budi G Raranta SPi MAP, Drs Bonyfacius Mokoromban, Dra Feibe B Rondonuwu Msi sudah 2 kali tidak memenuhi panggilan. Dilain sisi, akan penetapan tersangka, Kamea menjelaskan, tidak serta merta ditindaklanjuti dengan penahanan. “Penahanan tersangka kita tunggu dari penyidik, karena masih awal penyidikan,” ujarnya. Namun Kamea mengungkapkan, sejauh ini pemeriksanaan terkait pada panitia pengadaan lahan, penaksir harga tanah yang terdiri dari beberapa unsur, salah satunya akademisi yang

KASUS BANSOS TALAUD

ditunjuk, serta pemilik lahan yang mana indikasi ditemukan adalah markup atau penggelembungan anggaran. Untuk diketahui, pengadaan lahan untuk GOR mencakup lahan seluas 10 hektar. Proses pengadaannya menggunakan dana APBD 2012 Pemkab Mitra, melalui pos anggaran di sekretariat daerah (setda). Total dana yang terserap adalah sebesar Rp3,5 miliar. Proyek GOR Mitra tepatnya berada di wilayah Luwutung Kecamatan Pasan.(teem) Kajati Sulut, DR Onggal Siahaan SH SSos MH ketika memberikan keterangan terkait tersangka kasus GOR Mitra.(foto:tonny/sk)

PELAYANAN BURUK

AMAK meminta penyidik Polda berani bongkar Kompolnas lapor Kapolres Manado—Pengusutan kasus dugaan penyimpangan dana hibah bantuan bencana alam Pemkab Talaud, tahun 2007, yang ditangani Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulut, belakangan ini kembali menuai sorotan dari kalangan masyarakat. Pasalnya, penanganan kasus tersebut dinilai lambat dan tidak memiliki perkembangan proses hukum selanjutnya. Tak heran, Polda Sulut pun didesak agar lebih profesional, berani dan transparan, agar pengusutan kasus dituntaskan sesuai koridor hukum. Ditegaskan Ketua Aliansi Masyarakat Anti Korupsi (AMAK) Sulut, Sunny Rumawung, pihaknya meminta penyidik Tipikor Polda untuk berani dan tidak ragu dalam membongkar oknumoknum yang terindikasi terlibat dalam kasus Bansos Talaud tersebut. Dia juga menilai penanganan kasus ini jangan berlarut-larut, sebab dikuatirkan akan bernasib sama dengan kasus yang lain dan

mengendap, hingga mengakibatkan penyelesaian kasus mengambang dan tidak tuntas. “Siapa pun dan dalam jabatan apa pun, jika terlibat maka sepatutnya diseret ke depan hukum. Perlu adanya keseriusan dari pejabat dan penyidik Subdit Tipikor dalam menuntaskan kasus-kasus korupsi yang ada di daerah ini. Apalagi yang sudah dalam tahap penyidikan, hendaknya dipercepat sehingga image kepolisian dimata masyarakat tetap dipercaya,” tegas Rumawung, kepada sejumlah wartawan, Kamis (22/8) kemarin. Dilain pihak, Rumawung berharap masyarakat tidak dibuat kebingungan dengan adanya pernyataan yang terkesan berubah-ubah dari pihak Polda Sulut terkait penetapan tersangka pada kasus ini. Selain itu, pihaknya berharap jangan ada tebang pilih ataupun pandang bulu dalam penuntasan kasus-kasus korupsi yang sedang ditangani. Dia pun menyesalkan, jika masih ada banyak kasus korupsi yang mengendap di ruang Subdit Tipikor Polda.

“Kami akan terus mengawal proses penanganan kasus Bansos Talaud tahun 2007 hingga tuntas. Jika memang sudah ada dua alat bukti yang ditemukan, maka penyidik bisa segera menetapkan tersangka. Apalagi, kasus ini sudah pernah ditangani sebelumnya oleh kejaksaan sehingga sudah ada hasil putusannya,” ungkapnya, sembari menambahkan AMAK memberi apresiasi atasan ketegasan Kapolda Sulut, Brigjen Pol Drs Robby Kaligis yang enggan bertemu dengan Pejabat Bupati Talaud, Constantin Ganggali, Selasa (20/8) siang. Sebelumnya, Kasubdit Tipikor AKBP William Simanjuntak, ketika ditemui sejumlah wartawan menegaskan, proses penuntasan kasus ini masih ada sejumlah berkas yang terus didalami dan dipelajari secara cermat. “Ini untuk mengantisipasi jangan sampai berkas yang akan dilimpahkan, kemudian dikembalikan lagi oleh pihak Kejaksaan untuk dilengkapi karena dianggap belum memenuhi syarat,” pungkasnya. Seperti diketahui,

Ganggali saat kasus ini terjadi, dia menjabat sebagai Sekretaris daerah (Sekda) Pemkab Talaud. Kasus dugaan korupsi dana hibah bantuan bencana alam di Talaud 2007, merupakan anggaran yang keluar dari kas Kementrian dan Kesejahteraan Rakyat (Kemenkesra), dengan besar dana yang hampir mencapai Rp7 milyar. Dana ini diduga telah diselewengkan karena setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sulut melakukan audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Talaud, ditemukan beberapa kejanggalan. Kasus ini sebelumnya pernah ditangani Kejati Sulut, namun sayangnya tidak sampai menyentuh pejabat daerah bersangkutan. Hanya Pembuat Komitmen Kerja (PPK) dan kontraktor, yang berhasil dipenjarakan Kejati Sulut. Tidak terima dengan diskriminasi tidak diperiksanya pejabat daerah saat itu, membuat kontraktor melaporkan hal ini ke Polda Sulut. Sehingga Polda Sulut terus memproses kasus ini.(erel)

SENGKETA TAMBANG LIAR

Kapolda siap kawal rekomendasi lahan ditutup Manado—Kasus sengketa lahan di Ratatotok, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), nampaknya menjadi perhatian serius pihak Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Pasalnya, perebutan lokasi lahan oleh beberapa oknum yang mengaku pemilik lahan, diduga kuat turut di back up oknum anggota Polri, yang bertugas dijajaran Polda Sulut. Hal itu mulai terkuak ketika kasus ini diadukan ke Kompolnas beberapa waktu lalu. Tak heran, aduan masyarakat tersebut langsung ditindaklanjuti, hingga pekan ini Kompolnas kembali ke Polda Sulut agar persoalan tersebut dituntaskan. Terkait hal tersebut, Komisioner Kompolnas Mohamad Naser, ketika diwawancarai sejumlah wartawan, Kamis (22/8) kemarin, menyatakan, masalah lahan di Ratatotok, menjadi perhatian serius pihaknya bersama dengan Polda Sulut. Bahkan dikatakannya, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Robby Kaligis, segera mengambil langkah tegas mengingat adanya rekomendasi dari rapat sejumlah pihak terkait. Dalam pertemuan tersebut,

ternyata ada kesepakatan bersama agar lahan yang saat ini digunakan sebagai pertambangan liar segera ditutup. “Diputuskan bahwa dalam rekomendasi surat penutupan lokasi pertambangan liar dari Kesbang Pemkab Mitra, yang didasarkan pertemuan 3 kali dari Pemkab, Kapolres, Kapolsek dan beberapa pihak penambang liar, segera ditutup kegiatan pertambangan di lokasi. Sudah ada kesepakatannya. Makanya kami Kompolnas, tidak tinggal diam atau membiarkan masalah ini, sehingga kami datang melakukan kroscek ke Polda Sulut dan sejumlah pihak terkait,” ungkap Naser, usai melakukan pertemuan dengan Kapolda, kemarin sore. Ditambahkannya, persoalan sengketa lahan tersebut telah diketahui Bupati Mitra, James Sumendap SH, dan menyetujui masalah ini dituntaskan sesuai kesepakatan rapat. Dengan demikian, ditegaskannya, Kapolda akan mengambil langkah sehubungan dengan rekomendasi tersebut. “Pak Kapolda sudah memberikan pernyataannya, masalah lahan ratatotok menjadi attensi besar,” ujarnya.

Kapolda Sulut, Brigjen Pol Drs Robby Kaligis, ketika dikonfirmasi wartawan, membenarkan bahwa kedatangan Kompolnas, untuk mengetahui penanganan kasus lahan pertambangan liar di Ratatotok. “Masalah ini sudah disampaikan Kompolnas, dan pasti kita proses. Kalau yang lainnya silahkan tanyakan langsung ke komisioner Kompolnas,” pungkas Kapolda. Diketahui, Rabu (21/8), Kompolnas kembali menyambangi Polda Sulut untuk mengetahui sejauh mana kasus sengketa lahan Ratatotok. Kasus sengketa lahan tersebut pun kian berpolemik ketika ternyata ada oknum polisi yang “bermain” karena memiliki kandungan emas. Tak heran, banyak penambang liar yang melakukan aktifitas pertambangan tanpa sepengatahuan pemilik lahan. Parahnya lagi, aktifitas pertambangan tersebut diduga dilakukan oleh oknum polisi melalui perintah oleh oknum pejabat tinggi di Polda Sulut. Ini pun terkuak ketika kunjungan Kompolnas pada bulan Juli lalu pada saat pertemuan dengan tokoh

masyarakat dan sejumlah wartawan. Pada kunjungan tersebut, salah satu sumber yang merupakan aktivis pemuda di Sulut memberitahukan temuan tersebut ke Kompolnas pada bulan Juni 2013 lalu.(erel)

Bitung ke Mabes Polri

Manado—Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) melakukan investigasi dan klarifikasi terkait beberapa kasus yang diusut tidak sesuai prosedur hukum dijajaran Polda Sulut. Menariknya, dari tindaklanjut dan laporan masyarakat, Kompolnas menemui kasus tidak sesuai dengan koridor hukum yang jelas yang ditangani Polres Bitung. Hal ini dibeberkan komisioner Kompolnas, Mohamad Naser, kepada sejumlah wartawan, Kamis (22/8) kemarin. Diungkapkannya, selama beberapa hari melaksanakan tugas di Sulut, ia bersama 2 orang komisioner langsung melakukan koordinasi dengan Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Robby Kaligis untuk memberikan perhatian terkait temuan kasus di Polres Bitung. Menurutnya, salah satu kasus yang dinilai tidak tepat penanganannya adalah penahanan seorang tersangka yang diduga kuat diintervensi Kapolres Bitung, AKBP Harvin Raslin. “Kasus di Bitung yang kami tindaklanjuti ada seorang tersangka yang ditahan di Polres Bitung sudah 58 hari masih dipenjara di Polres,” ungkap Naser, kemarin malam di Mapolda Sulut. Dijelaskannya, kasus tersebut diproses berdasarkan laporan dengan register LP:722/29 Desember 2012. Selang beberapa ditangani, sekitar pertengahan tahun 2013, oknum yang diduga tersangka atas nama JM alias Jerson, warga Kauditan Watudambo, Bitung,

diamankan petugas dan ditahan. Selanjutnya, kasus tersebut dilimpahkan ke pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Bitung, dan berstatus P19 sebanyak 2 kali. Setelah diteliti, pihak Kejari tidak menerima berkas perkara tersebut karena penerapan status kasus diduga ada ‘kongkalingkong’ petinggi Polres Bitung. “Sudah 2 kali P19. Setelah dipelajari kasusnya, ternyata kasusnya masuk perdata yang kemudian digeser ke pidana. Disini setelah kita kembangkan lebih jauh, ternyata ada indikasi kuat Polres Bitung melakukan pemihakan diskriminasi dan penyalahgunaan wewenang serta pelayanan yang buruk. Alasannya, karena Polres Bitung mengkriminalisasi sebuah perkara yang lahir dari perjanjian, tapi dicari cela untuk masuk pidana,” jelasnya. Tak hanya itu, Naser juga menambahkan bahwa disini ada unsur pengaruh Kapolres, sehingga hari ini (kemarin, red) Kompolnas melayangkan surat kepada Kapolres Bitung yang diteruskan kepada Kapolda Sulut termasuk Mabes Polri, untuk meminta pertanggungjawaban dengan kasus ini. “Besok (hari ini, red) akan digelar perkara di Polda. Kapolresnya akan dipanggil termasuk Kasat Reskrimnya,” tegasnya, sembari menambahkan bahwa kasus ini terungkap atas kerja sama pemilik 5 unit kapal dan memiliki hutang piutang dalam mengoperasionalkan kapal tersebut bersama oknum AS alias Aso.(erel)

IDENTIFIKASI GRATIFIKASI

Wawali terima tim dari KPK dan PLN

WAWALI Harley Mangindaan menerima Deputy Gratifikasi, Direktorat Pencegahan di KPK dan PLN di ruang kerjanya.(foto: tonny/sk)

WAWALI Manado, Harley Mangindaan yang didampingi Sekkot Manado, Ir Haefrey Sendoh, Kadispenda Manado, Bismark Lumentut, Kadis Tata Kota, Drs Benny Mailangkay, Kepala BPKBMD, Drs Manarsar Panjaitan dan Kabag

Hukum, Donald Supit SH menerima kunjungan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan PLN. Adapun pembicaraan yang dibahas adalah tentang Penerimaan Pajak Penerangan Jalan Umum (PPJU) dan Penerangan Jalan Umun (PJU). “Atas dasar surat dari

SPT 2212/10-13/08/ 2013, PPJU th 2009-2012, Nur Arif dan Arief N Kuncoro dari Deputy Gratifikasi, Direktorat Pencegahan di KPK. serta Andre Lengkong, Sonny Rotinsulu, dan Rodif Hilman dari PLN, datang dalam rangka kegiatan identifikasi gratifikasi,” ujar Wawali, Kamis (22/8) kemarin. Sekkot menambahkan, kedatangan tim tersebut untuk mengklarifikasi, karena ada laporan masyarakat secara nasional. “Tapi Manado menjadi sample untuk kegiatan identifikasi gratifikasi,” ujar Wawali. Diakhir pertemuan tersebut Wawali langsung menyampaikan terima kasih atas kedatangan tim KPK dan PLN. “Terima kasih atas kunjungannya, jangan segan untuk berkunjung lagi,” pungkas Ai sapaan akrab Wawali.(teem)


JUMAT 23 AGUSTUS 2013

Pendapat

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

5

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Keadilan terbengkalai

Kebijakan harga bahan pokok

MENGARUNG tanya tanpa jawab, walau sudah dinyatakan informasi itu terbuka, masih ada yang mengalirkan air keruh keraguan, karena di bawah laci ada kegamangan sistem yang takut dan menyangkut, dan inilah daftar nama mereka yang membetot keadilan dengan uang semir. Ajukan saksi korban, hari ini rapat digelar, transparansi penanganan korupsi, hasil audit jadi kendala, sejumlah perkara yang terdiam dalam judul yang terus berganti, isinya masih tentang pernyataan tunggu waktu yang bakal dilupakan. Berita dipercaya melebihi kecepatan cahaya menembus ruang yang sudah bukan lagi tempat, sebab ia adalah perkara yang jadi angkara yang sudah merusak segala bidang dan wilayah. Coba kita mengulang lagi: Ketika dana-dana turun dari pusat, ada pernyataan menarik. “Semua pihak terkait diminta untuk tetap memperhatikan kualitas kerja hingga nantinya tidak menimbulkan masalah baru. Sebab jika daerah gagal menjalankan anggaran sebagaimana mestinya, pusat pasti akan memperhitungkan pemberian anggaran tahun mendatang.” Warning kepala daerah saat DIPA ngocor dari keran pusat. “Hindari penyimpanganpenyimpangan anggaran, aksi KKN dan proses administrasi yang lambat, agar supaya pencairan anggaran dapat berjalan sesuai aturan. Pengalaman selama ini, hingga memasuki triwulan ketiga, anggaran belum separuh diserahkan. Sementara penumpukan anggaran pada triwulan akhir membawa dampak buruk pada realisasi proyek dan berimbas langsung pada pembangunan daerah. Saya akan mengambil tindakan tegas bila ditemukan ada aparat pemerintah yang menghambat proses pencairan anggaran.” Kata-kata seperti firman sering berujung nisbi, sebab pembangunan adalah jalan panjang penuh lika-liku penyimpangan. Cahaya menerobos bocor halus, perkara tahun silam ada penggelembungan dana anggaran, di ruang lain ada penyalagunaan kewenangan, di bidang sana ongkos jalan setara makan setahun rakyat yang kelaparan, operasional sekolah sudah tertunda, pelayanan kesehatan terbengkalai, ada yang terperangkap namun dibiar bingung sendiri lalu mengaku sakit. Kiat menghindar yang sudah populer supaya ia dianggap menderita dan supaya hanya tuhannya yang tahu apa yang ia lakukan demi menyelamatkan segala argumentasinya. Ada tanya serius, bagaimana jika dalam suatu proses penegakan hukum terjadi tindak pidana korupsi? Jangan dicari jawabnya sekarang, tunggulah perkembangan lanjutan dari waktu yang sudah menunggu di depan. Ini juga mungkin adalah hal yang kurang diminati. Transparansi belum jadi kiat yang dijalankan di negeri ini. Padahal, sudah ada keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 144/KMA/SK/ VIII/2007 tentang keterbukaan informasi di pengadilan, yang mengatakan bahwa proses peradilan yang transparan merupakan salah satu syarat mewujudkan keterbukaan dan akuntabilitas penyelenggaraan peradilan. Dalam keputusan itu dituliskan tentang “pengadilan” yaitu seluruh lingkungan dan tingkatan pengadilan, kecuali secara tegas dinyatakan lain. Pada bagian kedua, standar pelayanan dan pendokumentasian, disampaikan pula bahwa pengadilan semestinya menyediakan informasi yang bersifat terbuka dan dapat diakses oleh publik. Hal penyediaan informasi untuk kepentingan publik itu belum dilaksanakan. “Kita masih melihat pengadilan sebagai ‘gedung beku dan bisu’ yang menyimpan banyak misteri ketakadilan yang berlangsung di jagad ini.” Ini pernyataan yang mewakili banyak orang awam yang selama ini merasa keadilan itu sebagai sesuatu yang mahal dan tak terjangkau kaum kecil. Ia segamang kedamaian yang hilang nilai, karena harga kontak senjata masih setara kebingungan sosialisasi berbagai program yang melahirkan konflik baru. “Pengadilan tidak dapat mewajibkan menyebutkan tujuan atau alasan mengajukan permohonan informasi yang secara tegas dinyatakan sebagai informasi yang bersifat terbuka dapat diakses oleh publik.” Kita terangsang pada erotisme pemberitaan berbagai kasus. Dinyatakan terbuka, walau hanya segelintir yang tahu. Persimpangan kasus adalah benang merah yang menghubungkan tiap jejak menuju keadilan yang terbengkalai di negeri kita. Kejagung sendiri saat ini seperti panik karena ada perbuatan yang mencoreng lembaga itu ketika pemberantasan korupsi jadi agenda mendesak dewasa ini. Tindak pidana korupsi telah dikriminalisasi sejak Undang-Undang Nomor: 3/ 1971 berlaku sehingga perbuatan suap (aktif dan pasif) telah menjadi tindak pidana dan dapat dipidana sebelum Undang-Undang Nomor: 31/1999 berlaku. Berganti aturan dan undang-undang, situasi ini memakan waktu dan dana yang tak kecil, sementara tak ada yang efektif membungkam kengerian dan perkara yang tertimbun kepentingan. Mengapa korupsi tetap menderas? Mengapa suap masih lancar mengalir? Ulang lagi, jangan dicari jawabnya sekarang, tunggulah perkembangan lanjutan dari waktu yang sudah menunggu di depan. Masih ulangan dari yang di atas sana, sejurus ketakmengertian yang diramu sebagai pamungkas, ‘cuma tuhan yang tahu’. Cara kita memberi kenyamanan yang ambigu dan bias, itulah persimpangan kasus yang merupakan benang merah penghubung tiap jejak menuju jawab keadilan yang terbengkalai dan membingkai pembangunan yang penuh muslihat di negeri kita. Sistem yang menjalarkan kebodohan ini sudah patut dihenti. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Gizi, ekonomi, dan tenaga kerja (1) Oleh Mandroy P Media Online BANYAK masyarakat kita yang memperhitungkan gizi ketika akan memakan makanan tetapai banyak juga masyarakat yang tidak menghiraukan akan gizi yang terkandung dalam suatu makanan. Hal ini khususnya terdapat pada masyarakat kelas bawah. Mereka hanya makan seadanya, yang penting kebutuhan biologis akan

rasa lapar mereka bisa terpenuhi. Kemudian apa dampaknya? Pastinya kebutuhan gizi seseorang tidak akan terpenuhi sebagaimana mestinya yang pada tahap lanjut akan menyebabkan gizi kurang bahkan pada tahap yang lebih parah akan menyebabkan gizi buruk. Di Indonesia, prevalensi gizi kurang dan gizi buruk

masih tergolong tinggi yaitu sekitar 19,24 persen (kurang lebih 3,6 juta anak) untuk gizi kurang dan sekitar 8,8 persen (kurang lebih 1,5 juta anak) untuk gizi buruk (BPS, 2005). Untuk masyarakat kelas bawah, kebutuhan akan gizi dari makanan yang mereka makan sulit untuk mereka penuhi. Salah satu faktor dominan yang berpengaruh terhadap timbulnya kesulitan ini adalah krisis ekonomi. Krisis ekonomi merupakan akar masalah yang menyebabkan terjadi-nya masalah gizi di negara kita

dan negara-negara berkembang lainnya. Ibarat pohon, krisis ekonomi ini diumpamakan sebagai akar yang mempengaruhi kekokohan dari pohon tersebut dan masalah gizi ini diibaratkan sebagai buahnya. Semakin dalam dan semakin luas akar ini masuk keda-lam tanah semakin kokoh jugalah pohon tersebut berdiri dan semakin lebat pula buah yang dihasilkan yaitu gizi buruk. Demikian juga kaitan krisis ekonomi dengan masalah gizi. Semakin dalam dan luas krisis ekonomi menjalar

dalam suatu bangsa, semakin “kuatlah” masalah gizi ada dalam bangsa tersebut. Saat krisis ekonomi merajalela dalam suatu bangsa, maka yang terjadi adalah pengangguran yang tak terkendali. Pada bulan Agustus 2009, Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia mencapai 7,84 persen dan sekitar 27,76 persen atau 29,11 juta penduduk Indonesia bekerja sebagai buruh (BPS, 2009). (bersambung)

Bingung negara! (4/selesai) Oleh Rudy Handoko KabarIndonesia Sehingga seorang kawan mengirim guyonan dalam mailing list, bahwa kenaikan BBM yang dilakukan pemerintah sudah tepat sasaran mari kita dukung! Karena BBM naik dapat mengurangi jumlah rakyat miskin! Analisanya sebagai berikut : Jika harga BBM naik, tadinya rakyat miskin yang naik bis, sekarang jadi jalan kaki.. trus di jalan

ditabrak angkot yang ngebut karena nguber setoran (soalnya BBMnya naik) trus mati…rakyat miskin berkurang! Tadinya rakyat miskin makan sehari sekali.. trus jadi makan sekali buat 3 hari (karena daya belinya turun).. lama-lama mati, rakyat miskin berkurang lagi! Tadinya rakyat miskin yang sakit masih bisa beli obat

generik..trus sekarang tak bisa beli lagi, atau tadinya ke Puskesmas bisa naik angkot sekarang jalan kaki jadi malah mati di jalan, rakyat miskin berkurang lagi! Kemudian ada rakyat miskin yang jadi stress...mikirin harga barang pokok naik karena BBM yang naik, saking stressnya akhirnya gantung diri, minum racun serangga dan mati juga, rakyat miskin berkurang lagi! Atau ada rakyat miskin yang kreatif dan berinisiatif buat memenuhi kebutuhan

hidup, dia nyolong ayam tetangga....eh tertangkap, digebukin massa sampai mati, rakyat miskin berkurang lagi! Rakyat miskin di RT-RT berebut kartu bantuan langsung tunai yang masih lagi di print, berantem sampai mati, rakyat miskin berkurang lagi! Rakyat miskin di RT-RT, tak puas dengan kepemimpinan pak RT yang dianggap tidak adil, lalu pak RT dipukul sampai mati…Pak RT yang juga rakyat miskin berkurang! Jadi kesimpulannya, langkah

pemerintah menaikan harga BBM sudah cukup tepat, hanya saja naiknya kurang tinggi. Coba kalo dinaikan t i n g g i - t i n g g i sekaligus...pasti makin cepat lagi pengurangan rakyat miskin di negeri ini. Makin cepat rakyat miskin mati dan makin berkurang beban pemerintah menangani orang miskin! Semoga pemerintah kita segera saja menaikan lagi BBM setinggi-tingginya biar tambah banyak orang miskin yang cepat jadi fakir, dan mati! Ampyuun deh negara!(*)

Menanggulangi kemiskinan desa (13) Oleh: Gregorius Sahdan Dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta Direktur Kajian Politik dan Pembangunan Kawasan CHOICES Takenfrom: http://www.ekonomirakyat.org/ Inti dari program ini adalah perencanaan yang melibatkan masyarakat, laki-laki dan perempuan, termasuk masyarakat miskin. Program ini dirancang melalui mekanisme musyawarah mulai dari tingkat dusun hingga ke tingkat kecamatan. Pelaksanaan program didampingi oleh seorang fasilitator kecamatan, dua orang fasilitator desa, satu lakilaki, satu perempuan di tiap

desa, juga dibantu lembaga pengelola yaitu Unit Pengelola Keuangan (UPK) di kecamatan yang melibatkan LMD. Program ini di beberapa daerah mengalami kegagalan, karena tidak adanya perencanaan yang matang dan juga kuranya transparansi penggunaan dan alokasi anggaran kepada masyarakat desa. Kisah kegagalan program yang dirancang dan didanai

oleh pemerintah dan Bank Dunia, juga terjadi dalam Program Padat Karya DesaPengembangan Wilayah Terpadu (PKD-PWT) di NTT , Sulawesi Selatan, NTB dan Sulawesi Utara serta program PDMDEK di Jawa Barat. Program PKDPWT membagikan uang bantuan sebesar 50 juta rupiah kepada setiap desa dan langsung disalurkan ke rekening Tim Pelaksana Desa (TPD). Jumlah desa yang dibantu dengan program ini mencapai 1.957 desa. Program ini mengalami kegagalan, karena proses perencanaan, pelaksanaan dan penyaluran bantuan kepada desa, sangat tergantung kepada TPD.

Sementara PDMDEK di Jawa Barat, mengalami kegagalan karena dana bergulir yang diberikan kepada masing-masing desa sebanyak 14 juta rupiah per desa, digunakan masyarakat untuk tujuan konsumtif. STRATEGI DAN KEBIJAKAN ALTERNATIF Dilihat dari kegagalan program penanggulangan kemiskinan selama ini, strategi dan kebijakan alternatif yang berpihak kepada rakyat miskin, option for the poor menjadi kebutuhan mutlak menanggulangi kemiskinan.

Untuk membuat sebuah strategi dan kebijakan alternatif, diperlukan pengetahuan yang memadai tentang penyebab utama kemiskinan masyarakat desa. Dari serangkaian penyebab kemiskinan masyarakat desa yang telah disebutkan di depan, maka strategi dan kebijakan alternatif menanggulangi kemiskinan desa dapat dilakukan dengan cara: Memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat desa untuk memperoleh layanan pendidikan yang memadai, secara gratis dan cuma-cuma. (bersambung)

SAYA coba mengutip apa yang pernah disampaikan kepala negara menyangkut apa yang sementara terjadi di Indonesia dewasa ini, bahwa pemerintah sedang melakukan “sesuatu” untuk rakyat dan untuk kita semua. Di selingi kabar dari sejumlah media yang mengatakan bahwa ada jaminan dari pemerintah terhadap kebutuhan pokok, ternyata hal ini belum bisa kita buktikan. Kita sementara menuju pemberitaan tentang berbagai kelangkaan karena ada event bulan puasa dan menjelang hari besar keagamaan. Kemudian tentang energi listrik, ini pernyataan yang sudah sekian lama kita dengar, yang mana krisis energi listrik dipastikan akan segera teratasi. Jika kita menyimak pemberitaan media massa saat ini, apa yang terjadi di berbagai tempat? Ternyata jawabannya adalah kelangkaan. Di pulau Jawa, program konversi minyak tanah ke elpiji juga boleh dibilang tidak berhasil, karena di mana-mana tempat tetap terjadi kelangkaan dan kenaikan harga yang menggila. Beberapa waktu lalu juga sempat diberitakan bahwa pihak pertamina akan mengimpor tabung ukuran 12 kilogram. Ini artinya untuk konversi minyak tanah ke elpiji negara kita memang belum siap. Kelangkaan itu tidak hanya terjadi di pulau Jawa, di daerah kita juga dan di hampir semua wilayah Indonesia sudah mengalami kelangkaan. Bagaimana dengan pengendalian harga? Apakah belum ada kebijakan pemerintah yang dapat menjamin tidak ada oknum yang ‘bermain di air keruh’ di saat begitu banyak rakyat kecil akan menjalankan ibadah keagamaan berdasarkan kepercayaannya? Kata kepala negara, pemerintah sudah menyiapkan sejumlah langkah untuk dilakukan dalam waktu sangat dekat, tetapi, fokus pemerintah saat ini adalah untuk mengatasi kelangkaan dan kepala negara meminta tidak perlu ada kepanikan apapun, karena kalau kepanikan ada barangkali melihat tampilan di media massa, ditayangan televisi, lantas membeli sambil bawa dirijen dan lain-lainnya, sebetulnya tidak perlu. Karena kita akan tingkatkan sehingga kebutuhan itu betul-betul aman dan tersedia untuk memenuhi kebutuhan atau konsumsi masyarakat. Kepala negara juga mengingatkan bahwa masih ada yang melakukan kejahatan seperti penimbunan minyak tanah, BBM dan lain-lain sehingga berpengaruh pada pasokan di lapangan, juga hal itu sudah memperparah keadaan. Berita terbaru yang boleh kita dengar bahwa harga minyak goreng di tingkat dunia sudah ada kecenderungan mulai turun. Mengapa minyak goreng dan segala kebutuhan pokok masih terus saja mahal dan langka? Saya kira ada yang “main” di situasi keruh ini. Dan sangat terlihat upaya pemerintah itu hanya sebatas pernyataan saja. Bagaiman kita rakyat tidak panik, sementara keadaan ini belum juga teratasi. Rakyat golongan menengah ke bawah butuh implemtasi yang jelas dan terarah, bukan pernyataan. E.K.S Mapanget

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Donny Wungow. REDAKTUR PELAKSANA: Glenly Bagawie. KOORDINATOR LIPUTAN: Stenly Lumempouw. KOORDINATOR BIDANG: Tonny Mait, MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Michael Towoliu, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Stenly Lumempouw, Tonny Mait. REDAKTUR: Finda Muhtar, Vecky Sentinuwo. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando, Ronald Sumakul, Serly Tasiam. KEPALA BIRO: Tonny Mait (MANADO), Glenly Bagawie (TOMOHON), Ronald Rompas (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempow (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL), Kurniawan Golonda (BOLMUT). REPORTER BIRO: Rommy Kaunang (MINAHASA), Devie Pondaag (MITRA), KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing. KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Denny Poluan (Minahasa, Tondano, Tomohon, Mitra), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minsel), Marchel Wowor, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta, D Iman, Cipta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


KAMIS 22 AGUSTUS 2013

KETAWA ASYIK

Kopi terlalu panas diaduk dengan jari SUASANA makan malam di sebuah restoran menjadi kurang menyenangkan karena pelayan menyajikan kopi namun lupa membawa sendoknya. “Kopi ini,” katanya cukup keras terdengar oleh pelanggan lain, “masih terlalu panas untuk dapat saya aduk dengan jari.” Wajah pelayan menjadi memerah, dan dia tergesa-gesa ke dapur dan kembali dengan secangkir kopi baru. “Yang satu ini tidak begitu panas, Pak,” katanya sambil berseri-seri.(*)

Asyik

Anak Sekolah Yang Ingin Kreatif REKA MAU MEREKA

Jadi vegetarian, mau? KALAU orang dewasa, hanya mengkonsumsi sayur dan buah bisa saja, but kalau ini diterapkan sama remaja,, mungkin bisa menderita kurang gizi. Tapi kalo emang enggan mengkonsumsi ikan, kamu bisa pilih makanan sehat yang kaya nutrisi seperti protein, kalsium, vitamin B12 dan vitamin D pada pola makan vegetarian ini.

Sifat baik dari hantu TIDAK semua sifat hantu itu jelek. Nih sifat hantu yang bisa ditiru: 1. Tuyul. Masih kecil udah mandiri, bisa cari uang sendiri. 2. Kuntilanak. Susah senang selalu tertawa, ini menunjukkan kepribadian kuntilanak ini optimis. 3. Pocong. Dari dulu bajunya nggak pernah ganti, artinya dia tidak tertarik pada fashion, sangat bersahaja. 4. Nyi Roro Kidul. Walau selalu menetap di lautan, tapi pakaiannya selalu lengkap dan sopan, dia nggak pake baju renang, artinya dia selalu menjaga etika dan kehormatan. 5. Jelangkung. Datang nggak di undang, pulang nggak diantar, artinya dia nggak mau merepotkan orang lain. 6. Genderuwo. Ini adalah makhluk halus yang paling istimewa, walau mukanya jelek, ancur, badannya bau, pokonya jorok dan menakutkan tapi sifatnya sangat sabar. Buktinya dia mau baca tulisan ini sampai habis...(*)

LIEFANY UNTUK tetap sehat menjadi vegetarian, bahan gizi yang penting untuk kita egetarian mencakup zat besi, vitamin B12, dan protein. Zat besi ada di dalam gandum, biji-bijian, sayuran berdaun gelap seperti brokoli dan bayam, kacang hijau, kacang polong, buahbuahan kering, seperti aprikot, produk berbahan dasar kedelai, atau sup kental.(*)

Veteran perang dunia

IBU memutuskan bahwa Cathy yang baru berusia 10 tahun harus mendapatkan sesuatu yang ‘praktis’ untuk ulang tahunnya. “Bagaimana jika kita membuka rekening tabungan untuk Kamu?” Ibu menyarankan. Cathy sangat senang. “Ini rekening atas namamu sendiri, Sayang,” kata Ibunya saat mereka tiba di bank, “sehingga kamu harus mengisi form aplikasi.” Cathy mengisi dengan baik-baik saja sampai dia berada pada pertanyaan “Nama bank Anda sebelumnya” Setelah sedikit ragu-ragu, ia menulis “Celengan Babi.”(*)

Teman sekelas berbicara lucu GADIS kecil kami pulang dari hari pertama masuk sekolah dengan penuh pertanyaan. Salah satunya adalah tentang mengapa beberapa anak-anak di kelas ‘berbicara lucu’. Saya mengatakan bahwa orang-orang dari berbagai daerah yang mengucapkan hal-hal berbeda dan kadangkadang menggunakan kata-kata yang berbeda. “Jadi mereka memiliki aksen, kan?” putriku berkata. “Mereka bicara lucu?” “Semua orang berbicara dengan cara yang berbeda,” aku berusaha menjelaskan. “Bagi mereka, kita adalah orangorang yang terdengar seperti kita sedang berbicara aneh.” Matanya terbelalak. “Oh, tidak,” bisiknya. “MaksudAyah mereka juga mendengar kita berbicara lucu?”(*)

Perkataan anak sudah cukup matang PADA waktu anakku James berumur 10 tahun, suatu kali aku telah mempersiapkan kue taart durian dan es krim susu cokelat untuk camilan. Aku membagikan bagiannya kepadanya, kemudian melihat-lihat bagianku sendiri. “Belakangan ini aku makan makanan manis terlalu banyak,” kataku : “Mungkin aku tak harus makan jajanan semacam ini lagi, dalam usia sedemikian, sudah seharusnya aku makan lebih sehat sedikit.” “Benar, Mam,” kata James: “Setidaknya pikiran Mami ini sangat sehat.”(*)

6

ROBOT CONTEST

Tim robot Indonesia raih tiga penghargaan di Vietnam

IMELDA

SEORANG wanita masuk ke ke drive thru sebuah restoran cepat saji dan memesan kopi. Dia meminta petugas untuk menaruh beberapa es batu ke dalam cangkir sehingga dia bisa minum kopi dingin dengan cepat. Setelah ditunggu agak lama, pesanan tidak datang juga.Akhirnya, seorang gadis pelayan restoran itu mendekat ke jendela layanan sambil tampak frustrasi. “Saya memiliki masalah,” katanya, “Es batunya terus mencair.”(*)

Membuka rekening bank untuk anak-anak

Berpikir dan Berbuat

Vegetarian bukan lagi hal asing saat ini. Dikalangan ahli gizi, pola hidup vegetarian masih menimbulkan pro dan kontra. Sebagian ahli mengatakan ya dan sebagian mengatakan tidak boleh, apalagi buat remaja yang masih membutuhkan lemak dan protein hewani yang sangat mempengaruhi perkembangan otak dan tubuh anak. Ehmm… kamu sendiri menilai vegetarian itu seperti apa?(fine)

Memesan es kopi di drive thru

SEMENTARA seorang putri yang berusia enam tahun dan ayahnya sedang meninjau beberapa foto lama, mereka menemukan sebuah foto dirinya ketika ia menjadi kapten di Cadangan Angkatan Darat. “Ayah ikut perang?” “Ya,” pria itu berbohong, hanya untuk melihat bagaimana reaksi anaknya. Mata terbelalak, ia terkesiap, “Dengan planet mana?”(*)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

ASAL LOE TAU AJA

75 jenis wayang punah SEKITAR 75 jenis wayang yang menjadi kekayaan budaya Indonesia kini telah punah. Hanya sekitar 25 jenis wayang yang saat ini masih bertahan dengan jumlah komunitas dan penonton cukup banyak. Semestinya, dengan diakuinya wayang oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2003, wayang bisa lebih berkembang di Tanah Air. Kenyataannya, pemerintah belum memiliki arah

dan strategi yang jelas dalam pengembangan wayang. “Pada masa Orde Baru, institusi pemerintah, mulai dari Istana hingga pemerintahan desa, sering mementaskan wayang. Kini, kami seperti dibiarkan sendiri,” kata Ketua Umum Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Ekotjipto saat berkunjung ke Redaksi Kompas di Jakarta, Selasa (20/ 8). Selain kurangnya perhatian pemerintah, perkembangan zaman telah membawa perubahan kebudayaan dan peradaban sehingga wayang yang merupakan kesenian tradisional semakin

ditinggalkan. Tak heran beberapa jenis wayang punah dan tak bisa lagi ditonton masyarakat, seperti wayang suket, wayang klitik, wayang krucil, wayang gedog, dan wayang beber. Adapun wayang yang masih digemari masyarakat sehingga masih cukup eksis antara lain wayang kulit purwa Jawa dengan berbagai gaya, baik Surakarta, Yogyakarta, Jawa Timuran, Banyumasan, Cirebonan, maupun Betawi. Begitu pula wayang golek Sunda, wayang Bali, dan wayang sasak Lombok masih banyak penggemarnya. Meski penggemar wayang menurun, kata Ekotjipto,

animo masyarakat untuk terjun ke dunia pedalangan cukup tinggi. Ini ditunjukkan dengan banyaknya peserta pada setiap lomba pencarian bibit dalang yang digelar Pepadi. “Peminat paling banyak justru untuk dalang anak-anak dan remaja,” kata Ekotjipto. Upaya yang dapat dilakukan agar wayang terhindar dari kepunahan antara lain dengan memasukkan wayang dalam pendidikan formal. Selain itu, juga memasukkan wayang dalam perangkat komunikasi modern sehingga mudah dijangkau anak-anak atau generasi muda. Saat ini terdapat 15.000 seniman pedalangan yang masih eksis. Sementara jumlah dalang di seluruh Indonesia tercatat 6.000 orang.(komc)

PENDIDIKAN KHUSUS

Guru sebagai katup pengaman keutuhan NKRI Jakarta—Guru-guru yang bertugas di daerah khusus dan yang melayani anak-anak berkebutuhan khusus tugasnya lebih berat dibandingkan dengan guru-guru yang lain. Di samping mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa, para guru di daerah khusus juga menjadi bagian dari katup pengaman keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Khususnya mereka yang bertugas di daerah perbatasan dan di pulaupulau terluar Indonesia, di daerah terbelakang, serta masyarakat adat yang terpencil,” kata Menteri

Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh pada acara silaturrahmi antara guru SD berdedikasi di daerah khusus dan guru pendidikan khusus berdedikasi Tingkat Nasional dengan Ibu Negara Hj. Ani Bambang Yudoyono di Istana Negara, Jakarta, Selasa (20/8). Mendikbud mengatakan, guru-guru pendidikan khusus di samping mendidik dan mencerdaskan bangsa bagi anak-anak berkebutuhan khusus, dengan segala keragamannya, dedikasi guru-guru Pendidikan Khusus menjadi keniscayaan, karena pendidikan

adalah hak semua anak Indonesia, tanpa terkecuali. “Bagi Guru Daerah Khusus dan Guru Pendidikan Khusus berdedikasi, silaturrahmi dengan Ibu Negara di Istana Presiden ini tidak ternilai harganya dan sangat mungkin hanya berlangsung satu kali selama karir dan pengabdian mereka sebagai guru,” kata Menteri Nuh. Silahturahim ini, kata Mendikbud, merupakan acara yang utama dan luar biasa bagi bapak dan ibu guru karena dapat diterima di ruangan Istana oleh Ibu Negara. Oleh karena itu, lanjut Mendikbud, bagi guru SD yang bertugas di

daerah khusus dan guru pendidikan khusus berdedikasi, kegiatan bersilarurrahmi dengan Ibu Negara tidak dapat dilukiskan dengan katakata. “Sangat membanggakan sekaligus membangun semangat untuk bekerja lebih baik,” katanya.(diks)

TIM Robot Indonesia.(foto: ist)

TIGA penghargaan berhasil diboyong oleh Tim Indonesia pada ajang ABU Asia Pasific Robot Contest 2013, yang digelar di Kota Da Nang, Vietnam pada 16-19 Agustus 2013. Tim “ERSION” dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mewakili Indonesia tampil mengesankan meraih ABU Robocon Award, yang merupakan penghargaan tertinggi ABU Robocon. Penghargaan lainnya adalah sebagai 2nd Runner Up ABU Robocon 2013 dan meraih Special Award dari ROHM Co.,Ltd. Hasil ini diraih setelah ERSION mampu membuat juri terpesona atas penampilannya tiga kali menang Green Planet (GP) atau planet hijau, yang menjadi tema pada ajang ini. Tim Indonesia dua kali melawan Iran di babak kualifikasi dan sekali melawan Fiji di babak perempat final (GP 0:43 detik). ERSION satusatunya tim yang menang GP 3 kali berturut-turut. Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti Kemdikbud, Agus Subekti, menyampaikan, perkembangan komunitas robot di tanah air cukup menggembirakan. Hal ini seperti ditunjukkan dalam kontes robot di Vietnam ini, “Secara teknik dan desain dan kemampuan tim kita tidak kalah hebat dengan peserta dari negara lain” kata Agus usai pemberian penghargaan di Tien Son Sports Centre, Da Nang Vietnam, Selasa (20/8). Agus mengatakan, Ditjen Dikti, selalu mendukung kegiatan-kegiatan seperti ini, dan menyatakan kesiapannya mendukung Indonesia menjadi tuan rumah ABU Robocon Contest tahun 2015. Kegiatan yang diorganisir oleh Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU) bekerjasama dengan VTV (Vietnam Television) ini memperebutkan delapan piala. Pada tahun ini diikuti oleh 18 negara dan 19 tim, yakni Indonesia, Vietnam (2 tim), Jepang, Hongkong, Korea, Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, Pakistan, Rusia, Mesir, Mongolia, India, Iran,

Nepal, Kazakstan, Fiji, dan Srilanka. Selama persiapan menjelang kontes, Gigih Prabowo, selaku Tim Official Indonesia mengatakan, Tim ABU Robocon Indonesia 2013 telah melalui perjalanan panjang, yang dimulai dari pertandingan regional, nasional hingga internasional, yang digelar di Vietnam. Pada tingkat regional untuk kelas GP ini menetapkan waktu selama 1 menit 20 detik. kemudian diperbaiki di tingkat nasional menjadi 45 sampai 44 detik. “Pada tingkat internasional menjadi 33 sampai 32 detik menjadi waktu paling cepat untuk mencapai GP,” kata Gigih. Secara teknis, lanjut Gigih, semua tim mahasiswa beserta dosen pembimbing telah berjibaku melakukan pekerjaan dengan sungguhsungguh siang dan malam. Mereka melakukan perbandingan dengan melihat tayangan beberapa video dari luar negeri. “Yang dilakukan oleh tim adalah mengejar waktu tercepat mencapai GP dalam kontes,” jelas Gigih. Dalam penyelenggaraan kontes ini Tim Indonesia masuk ke dalam kelompok tim yang diunggulkan. Kelompok ini terdiri atas tujuh negara yaitu Vietnam 1-2, Hongkong, Jepang, Thailand, Korea, dan Indonesia. Masing-masing tim menempati grup A1, B1, C1, D1, E1, F1 dan G1. Gigih menambahkan, sebenarnya tim Indonesia berpeluang besar masuk final karena Tim China tidak hadir dalam kompetisi tahun ini. Wahid, salah satu juri nasional, yang ikut dalam rombongan mengatakan, tim Indonesia sudah membuktikan bahwa mereka sudah berusaha, memang pada saat semi final melawan Vietnam 1 tampak sedikit bermasalah karena robot sebagai barang elektronik cukup riskan, Namun, penampilan tim Indonesia sejak awal sudah baik, bahkan unggul dari tim lainnya. “Saya berharap agar tim Indonesia terus berlatih dan jangan pernah menyerah, untuk menjadi juara pertama lagi di tahun tahun mendatang,” katanya.(diks)

KURIKULUM 2013

SMKN 3 Manado segera lakukan evaluasi Manado—SMKN 3 Manado yang menjadi salah satu sekolah sasaran Kurikulum 2013 (K13), akan mengevaluasi tentang implementasi K13 ini. “Dalam waktu dekat ini kami pihak sekolah akan mengevaluasi tentang pengimplementasian K13 yang telah diterapkan kepada siswa kelas X. Hal ini dilakukan untuk melihat sejauh mana pencapaian dalam penerapan K13 ini,” papar Kepala SMKN 3 Manado Drs James Senewe. Ditambahnya, persoalan yang nyata tentang ada tidaknya kendala dalam

penerapan K13 ini tentunya akan diamati langsung di ruang pembelajaran/ruang kelas. Untuk K13 ini model pembelajaran yang guru terapkan dikelas adalah bagaimana guru mampu menerapkan dengan baik kepada siswa, sehingga siswa bisa betul-betul mengerti. “Untuk SMK, dalam K13 ini baru tiga Mata Pelajaran (Mapel) yang diimplementasikan, yakni mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Sejarah. Inilah yang menjadi sedikit problem, karena mata pelajaran yang lainnya harus

menyesuaikan dengan tiga mapel ini,” jelas Senewe. Ditambahkannya, yang paling berpengaruh dalam tingkat SMK adalah mapel produktif, khusus untuk peminatan sekarang lagi diupayakan untuk penyesuaian dengan K13. “Jadi menurut saya, implementasi K13 ini sangat positif, yang penting kendalakendala di lapangan harus cepat diperbaiki. Jika semua keluhan dilapangan sudah teratasi, pasti K13 ini akan lebih maju lagi dari kurikulum KTSP,” pungkas Senewe.(emem)

SEDOT WC SEDOT WC (TINJA) WC TERSUMBAT Hubungi

0813 5604 0118 0823 4906 4118 Anda butuh pupuk organik? Kami berikan

GRATIS...


KAMIS 22 AGUSTUS 2013

SEAG GAMES

1 September, RD harus pastikan 30 nama KETUA Satuan Pelaksana Indonesia Emas (Satlak Prima), Surya Darma, minta tim nasional (timnas) U-23 lebih cepat tentukan skuad. Satlak Prima minta juru taktik tim Garuda Muda, Rahmad Darmawan, sudah menentukan 30 nama pada 1 September mendatang untuk persiapan SEA Games XXVII/2013 di Myanmar, akhir Desember. Timnas U-23 di bawah komando RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan, diberi target tinggi diajang SEA Games. Setelah di pergelaran sebelumnya di mana Indonesia berindak sebagai tuan rumah, timnas U-23 yang juga diarsiteki RD, hanya mampu meraih medali perak. Setelah tumbang dari timnas U-23 Malaysia di partai puncak. Timnas U-23 di bawah RD sendiri, telah merampungkan proses seleksi yang terbagi dalam tiga tahap. Dari 70 pemain yang sudah dicoba, RD diminta untuk memangkas jumlah tersebut menjadi 30 pemain. Sebelum nantinya, satu minggu sebelum event diputar akan kembali dikerucutkan menjadi 20 pemain. Selain menyeleksi 70 pemain, timnas U-23 juga terus ditempa dengan berbagai uji coba. Sejauh ini, sudah tiga kali tim Garuda Muda menjalani uji coba internasional. Seperti diantaranya dua kali bertemu timnas U-23 Singapura. Bermain imbang, 1-1, saat berlaga di Stadion Manahan, Solo, 8 Juni lalu. Di uji coba kedua, giliran Andik Vermansyah dkk yang dijamu Young Lions, julukan timnas U-23 Singapura, (13/7). Sayang dilaga tersebut, timnas U-23 dipaksa menyerah satu gol tanpa balas. Baru pada uji coba ketiga kontra timnas U-23 Brunei Darussalam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, (15/8), tim Garuda Muda berhasil meraih kemenangan perdana, 0-1. ‘’30 nama pemain sebaiknya sudah dikirimkan sejak 1 September, demi membentuk kesamaan visi agar mencapai target medali emas. Untuk cabang olahraga lain juga harus begitu. Jangan sampai telat memasukan daftar nama pemain yang akan tampil di SEA Games,” ungkap Surya. Surya sendiri menilai, jika timnas U-23 sudah bisa menentukan skuad lebih cepat, akan lebih bagus bagi tim Garuda Muda. Sehingga timnas U-23, bisa lebih cepat fokus untuk bersiap menjalani laga-laga di Myanmar. ‘’Menurut saya, lebih cepat tentu akan lebih baik. Tim pelatih akan punya waktu untuk menyatukan pemain. Selama ini kan baru proses seleksi. Harapannya tentu satu, yaitu ketika di Myanmar timnas U-23 meraih hasil yang maksimal,” lanjutnya. RD sendiri kembali menempa anak-anak asuhnya dengan berlaga di ajang Islamic Solidarity Games (ISG), 22 September sampai 1 Oktober, di Palembang. Dalam pergelaran tersebut, RD yang juga masih berstatus sebagai pelatih Arema Cronous tersebut, akan kembali melakukan proses seleksi. Akan tetapi, RD mengalami kendala dalam mejalani persiapan dengan mundurnya kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2012/2013. Rencananya para pemain akan mulai berkumpul di Palembang pada 16 dan 17 September. Sementara pada tanggal 19 September, timnas U-23 sudah menjalani pertandingan perdana. ‘’Di ISG kami akan menilai lebih kurangnya timnas U-23. Kami juga kan menambah pengalaman pemain dan terus membangun karater permainan tim ini. Saya menilai penting kami mengikuti pergelaran tersebut. Karena jika bertemu dengan tim yang lebih berat, karater tim akan lebih terlihat,” papar RD.(sdnc)

Olahraga

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

7

AS terbuka Nadal favorit TURNAMEN tenis Amerika Serikat Terbuka akan segera bergulir. Mantan petenis nomor satu Britania Raya, Tim Henman mencoba memberikan penilaiannya pada turnamen yang akan berlangsung pada pekan depan ini. Ia menilai bahwa Andy Murray akan berpeluang mempertahankan gelarnya pada turnamen ini. Akan tetapi, Rafael Nadal menjadi favorit meraih kemenangan karena catatan baiknya dalam beberapa laga terakhir ini. Nadal sendiri sukses menurunkan posisi Nadal sebagai petenis nomor dua dunia pada pekan ini karena berhasil keluar sebagai juara di ajang Cincinnati Master beberapa waktu lalu. Artinya, Murray akan menempati unggulan ketiga di AS Terbuka nanti. Meski

begitu, Henman melihat Murray tetap bisa mempertahankan gelar, walaupun di sisi lain Nadal tampil apik dengan memenangkan 15 pertandingan di lapangan hard court pada 2013. “Andy (Murray) biasa bermain sedikit lambat di awal pertandingan pada lapangan hard court tapi dia di sana sebagai juara bertahan. Saya rasa dia memiliki peluang besar untuk menambah catatan prestasi Grand Slam lainnya, “ ujar Henman dilansir Eurosport. “Tapi saya mungkin akan mengatakan Nadal adalah favorit untuk AS Terbuka tahun ini. Dia bukan nomor satu di dunia tapi dia adalah pemain terbaik di dunia tahun ini - itu adalah fenomenal ia hanya kehilangan tiga pertandingan,” sambungnya.(sdnc)

ANDY Murray dinilai berpeluang namun Rafael Nadal menjadi favorit meraih kemenangan karena catatan baiknya dalam beberapa laga terakhir .

PORNAS KORPRI

Sendoh mantapkan dengan gelar rakor

Ir Haefery Sendoh memantapkan persiapan Pekan Olah Raga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas-Korpri) ke 13.

Manado-Kamis (21/8), Sekkot Manado, Ir Haefery Sendoh memantapkan

persiapan Pekan Olah Raga Nasional Korps Pegawai Republik Indone-

sia (Pornas-Korpri) ke 13 di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Sulawesi Utara, dengan menggelar rapat koordinasi (rakor). Seperti diketahui, kegiatan tersebut akan di dilaksanakan di Sulawesi Utara (Sulut), November nanti. Pornas Korpri diperkirakan dihadiri sekitar 11.600 peserta lomba yang terdiri dari 166 atlit, offisial, dan pelatih dari 33 provinsi se Indonesia, ditambah dengan 37 lembaga kementerian dan non kementerian. Dalam rapat koordinasi

tersebut Sendoh ditunjuk sebagai panitia cabang olahraga tenis lapangan mengingat Walikota Manado DR. Ir GS Vicky Lumentut adalah ketua PELTI Pengprov Sulut. Dalam rapat ini Sendoh berkoordinasi tentang peranan Pemkot disaat kontingan atlit tiba nantinya. “Kita sedang berkoordinasi tentang peranan pemerintah kota manado saat kegiatan ini berlangsung, mulai dari penyambutan sampai pada akhir kegiatan Pronas Korpri,” kata Sendoh.(teem)

Ujicoba MotoGP 2014 digelar di Asia SIRKUIT Jerez yang berada di Spanyol dipastikan takkan menggelar ujicoba MotoGP 2014 pada musim dingin nanti. Qatar dengan sirkuit Losail pun dipilih sebagai penggantinya.

Sirkuit Sepang, Malaysia, akan menggelar dua ujicoba sekaligus pada bulan Februari. Sedangkan, ujicoba terakhir akan digelar di Losail pada bulan Maret. Seperti dilaporkan MCN,

cuaca buruk dan mahalnya biaya untuk membawa komponen motor oleh tim dari Malaysia ke Spanyol menjadi salah satu faktor dicoretnya Jerez dari ujicoba tersebut. Otomatis dengan kondisi

ini, maka seluruh jadwal uji coba musim dingin akan digelar di Asia. Perencanaan jadwal uji coba musim dingin MotoGP 2014: 4-6 Februari: Se-pang, 2628 Februari: Sepang, 4-6 Maret: Losail.(sdnc)

Tyson: Pacquaio belum habis MIKE Tyson sangat yakin terhadap Manny Pacquiao.

Menurut legenda tinju itu, karier Pacman –julukan Pacquiaomasih belum berakhir. Dalam wawancara dengan Boxing Radio, Tyson ditanyai komentar apakah Pacman bisa bangkit setelah menerima kekalahan mengejutkan dari Juan Manuel Marquez pada ronde keenam. “Well, Pacquiao pasti bangkit. Anda tahu kenapa dia akan bangkit? Karena dia akan melawan Brandon Rios dan dia akan memberitahu, dia sudah bangkit,” jelas Tyson, sebagaimana diberitakan ABS-

CBNNews. Pacquiao akan berhadapan dengan Rios di Macau, November. Namun, Tyson percaya karier petinju asal Filipina itu belum berakhir. “Dia belum habis. Dia adalah bintang tinju dan kekalahan seperti itu tidak akan menghabisinya,” lanjutnya. Tyson juga pernah mengalami nasib serupa dengan Pacman. Saat itu, pria asal Amerika secara mengejutkan dipukul KO oleh Buster Doughlas di era 1990-an. Tyson menilai Pacman bukan tipe petinju yang gampang menyerah.

AFC sambut putaran Knock-Out LCA 2013 PRESIDEN AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa mempersiapkan jajarannya ke depan menyambut tahapan sistem gugur yang mendebarkan di Liga Champions AFC (LCA). Setelah absen tiga bulan, LCA akan dilanjutkan besok. Leg pertama pertandingan perempat final dijadwalkan berlangsung di berbagai belahan negara di Asia, pada Rabu 21 Agustus 2013. “Penantian hampir tiga bulan sudah berakhir dan kami menyiapkan diri dengan prima untuk menuju tahap sistem gugur kompetisi klub elite benua ini lagi,” kata Presiden AFC dalam rilis media. Runner-up ACL 2012 Al Ahli berhadapan dengan FC Seoul – satu-satunya wakil Korea Selatan yang tersisa dalam kompetisi. Sementara wakil Qatar, Lekhwiya SC, yang jadi tim kejutan ke Cina untuk menantang lawan berat, Guangzhou Evergrande. Kedua klub mencari jalan untuk bisa melewati perempat untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

“Sungguh luar biasa, perempatfinal tersebar baik di seluruh benua dengan perwakilan dariAsia Tenggara, Buriram United dari Thailand serta Asia Tengah dan Selatan diwakili klub Iran, Esteghlal,” tambah Shaikh Salman. Artinya, akan ada jaminan tempat di semifinal, baik untuk Asia Selatan dan Tengah atau Asia Tenggara di semifinal setelah jangka waktu yang panjang dalam sejarah ACL. Buriram United akan melakukan perjalanan ke Teheran untuk menghadapi Esteghlal. Juara Piala Kaisar Jepang, Kashiwa Reysol, akan menjadi tuan rumah bagi Al Shabab dari Arab Saudi. Sedangkan leg kedua dijadwalkan dalam kurun waktu empat pekan ke depan. “Saya ingin menyampaikan rasa kebanggaan saya yang mendalam kepada semua klub yang berpartisipasi di perempatfinal. Saya menyambut pertandingan yang baik dan menarik serta saya pribadi ingin juga menonton beberapa pertandingan,” tuntas Shaikh Salman.(okez)

“Pacquiao bisa saja menerima kekalahan dua kali lagi dan tidak akan habis. Dia bukan tipe petarung seperti itu. Pacquiao adalah tipe petarung yang ingin orang lihat, karena dia adalah harapan banyak orang. Pacquiao memberikan harapan untuk negaranya,” kata Tyson. “Mereka akan selalu percaya dengan orang seperti itu, dan karier mereka tidak pernah habis. Saya memiliki keyakinan terhadap Pacquiao, dan saya berharap dia juga percaya diri,” tambahnya.(sdnc)

Perusahaan penerbitan yang sedang berkembang membutuhkan tenaga Account Executive dengan ketentuan:

-

Mampu Bekerja Keras Mempunyai Jaringan Relasi Sipa Bekerja Sebagai Team Work Mempunyai Kendaraan Roda Dua lebih Diutamakan

Kirimkan Surat Lamaran Anda ke Saudari Ika d/a Ruko Mega Smart 8 No.7 (jam kerja) No Telp. (0431) 841060

FATHIA TJUNGKENG

0852 5691 1778, 0853 4050 9800


JUAMT 23 AGUSTUS 2013 SELEBRASI kemenangan besar seakan membuat Arsenal sudah menjejakkan satu kakinya ke babak utama Liga Champions musim 2013/14.

Arsenal bantai Fenerbahce KESABARAN dan kerja keras Arsenal berbuah manis.Tampil di Stadin Sakrto Saracoglu, pasukan Arsene Wenger sukses membantai tuan rumah Fenerbahce dengan skor telak 3-0 pada playoff pertama Liga Champions, Kamis (22/8). Kemenangan besar ini seakan membuat Arsenal sudah menjejakkan satu kakinya ke babak utama Liga Champions musim 2013/14. Tidak itu saja, hasil ini juga sedikit menghibur mereka pasca menelan

KOMISI PEMILIHAN UMUM

1 2 3 4 5 6

NO. URUT 1 2 3 4 5 6 7 8

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON DEDI DATUNSOLANG L KEC.BINTAUNA ABDUL MUTHALIB POSANGI L KEC.BINTAUNA LESMAWATI KOROMPOT P KEC.BINTAUNA HADJIRIN DAENG MULISA L KEC.BINTAUNA Drs. IKSUN SALTUD LASINGGARU L KEC.BINTAUNA CICIN PUSPITASARI DATUKRAMAT P KEC.BOLANGITANGBARAT 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON Hi. HIREN L. MANTANG, SE L KEC.BOLANGITANGBARAT ISWATI HUNGOPA P KEC.BOLANGITANGTIMUR Drs. MULYADI PAMILI, SH L KEC.BULANGOTIMUR LEPI NANI, Amd.Pd L KEC.BOLANGITANGTIMUR YULASTIN F. WALONI P KEC.BOLANGITANGTIMUR ROMI LANTAPA P KEC.BOLANGITANGBARAT SALMIN AKU L KEC.BOLANGITANGTIMUR WAHIDA LAUMA, SH P KEC.BOLANGITANGTIMUR

1 2 3 4 5 6

NO. URUT 1 2 3 4 5 6 7 8

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NO. URUT NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON 1 IMAADUDDIYN GUHUNG, S.Fil.I L KEC.PINOGALUMAN 2 RUSMIN NUR MOKODOMPIS L KEC.KAIDIPANG 3 YANTI HARUNJA P KEC.KAIDIPANG 4 ABD. IZMAL BUKOTING L KEC.PINOGALUMAN 5 SAHARUDIN ACHMADI L KEC.PINOGALUMAN 6 SEYSIE LUMINGKEWAS P KEC.BOLANGITANGTIMUR

1 2 3 4 5 6

NO. URUT 1 2 3 4 5 6 7 8

1 2 3 4 5 6 7 8

38% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

38% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NO. URUT NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON 1 ANDI BASO R.M L KEC.BOLANGITANGBARAT 2 RONAL BOLOTA L KEC.KAIDIPANG 3 FRIEDA BUHANG P KEC.KAIDIPANG 4 MUKSIN UMAR L KEC.PINOGALUMAN 5 NOVIAR POMOLANGO L KEC.KAIDIPANG 6 SAMIYA HASSAN P KEC.PINOGALUMAN

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON Drs. EDDY PONTOH L KEC.BOLANGITANGTIMUR ROBBY LOMBOGIA L KEC.BOLANGITANGTIMUR RATNA CHRISTINA GUAMPE P KEC.BOLANGITANGBARAT Drs. ROKY POSUMAH L KEC.BOLANGITANGBARAT INRI OKTAVIANI PATILIMA P KEC.BOLANGITANGTIMUR WAHYUDI SUPU L KEC.BOLANGITANGTIMUR CHARLES SUMAILY, A.Md.Sek L KEC.BOLANGITANGTIMUR NANI RISWANI TOPAYU P KEC.BOLANGITANGTIMUR

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NO. URUT NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON 1 ABDUL ZAMAD LAUMA, S.IP L KEC.KAIDIPANG 2 HUSAIN BADARIA L KEC.PINOGALUMAN 3 FIFIAN LAUMA P KEC.KAIDIPANG 4 NATSIR RAHMAN, S.Kom L KEC.KAIDIPANG 5 NESIANA KATIANDHAGO P KEC.KAIDIPANG 6 MAXTAN R. BUHANG L KEC.KAIDIPANG

33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 20 (dua puluh orang)

Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 20 (dua puluh orang)

NOMOR URUT 6 (ENAM) PARTAI GERAKAN INDONESIA RAYA ( GERINDRA )

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON KAREL BANGKO, SH L KEC.BINTAUNA Drs. RUSLAN H. GONIBALA L KEC.SANGKUB ELLY CHRISNIARY SAHABATI P KEC.SANGKUB LILIS POSANGI P KEC.BINTAUNA SYAHRIR HASAN, SE L KEC.SANGKUB ELFART DATUNSOLANG L KEC.BINTAUNA 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON L KEC.BOLANGITANGTIMUR P KEC.BOLANGITANGTIMUR KEC.BOLANGITANGBARAT P KEC.BOLANGITANGBARAT L KEC.BOLANGITANGTIMUR P KEC.BOLANGITANGBARAT L KEC.BOLANGITANGBARAT

ALFIAN Z. PONTOH Dra. RAHMI BAKS SRI ANITA POTABUGA SOFJAN PONTOH FONI OLII DEBI LAUMA, SH IRWAN R. THALIB, S.Sos

NO. URUT 1 2 3 4 5 6

NO. URUT 1 2 3 4 5 6 7 8

NO. URUT 1 2 3 4 5 6

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON JUSRAN HASSAN, S.Pd.I L KEC.SANGKUB WENTUK J. KEMBUAN L KEC.BINTAUNA WIDIASTUTIE HINUR P KEC.SANGKUB LENOL LAKORO L KEC.SANGKUB HIZAD HASSAN L KEC.BINTAUNA LYDIA GRACIA MANDAGI, SE P KEC.SANGKUB 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON REBA RABINDRANATH PONTOH, SE L KEC.BOLANGITANGBARAT HUSEN YAHYA SUIT PONTOH L KEC.BOLANGITANGBARAT SUMARNI MOKODONGAN P KEC.BOLANGITANGTIMUR MULYONO OLII L KEC.BOLANGITANGBARAT NORCE SINAR P KEC.BOLANGITANGTIMUR CHRISTIAN ONGGELENG, S.Pd L KEC.BOLANGITANGTIMUR Drs. RAKHMAT BABAY, S.Pd L KEC.BOLANGITANGBARAT DIANA DIKO P KEC.BOLANGITANGBARAT 38% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON Hi. KAMARUDIN BABAY, S.Pd L KEC.KAIDIPANG L KEC.KAIDIPANG USTAT NAHUMPANG PATRICIA PETTY MOKOGINTA P KEC.KAIDIPANG ISKANDAR PONTOH L KEC.PINOGALUMAN PATRIS BABAY L KEC.KAIDIPANG FATMAWATI PATADJENU P KEC.KAIDIPANG 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON ADAM KOBANDAHA L KEC.BINTAUNA WAHAB LAKORO L KEC.BINTAUNA SARFIA MARDANI P KEC.BINTAUNA ABDUL MANAN DG. MALADJA L KEC.BINTAUNA SABIR DATUNSOLANG L KEC.SANGKUB WIWI PATINGKI P KEC.SANGKUB 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NO. URUT NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON 1 MAHMUD TEGILA L KEC.BOLANGITANGTIMUR 2 ABDUL LATIF M. POHONTU L KEC.BOLANGITANGBARAT 3 MAS'AT ATALAP P KEC.BOLANGITANGTIMUR 4 HONI LASAMA L KEC.BOLANGITANGBARAT 5 RAHMAWATI PUA P KEC.BOLANGITANGBARAT 6 Drs. MASRUL M. DJENAAN L KEC.KAIDIPANG 7 FUAD OLII L KEC.BOLANGITANGTIMUR 8 FATMA HULINGGI P KEC.BOLANGITANGBARAT 38% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON SALIM BIN ABDULLAH L KEC.PINOGALUMAN HAMZA DATUKRAMAT L KEC.KAIDIPANG SELFIE PATADJENU P KEC.KAIDIPANG MOHAMMAD KALONTA L KEC.PINOGALUMAN KASMAN DATUNUGU L KEC.KAIDIPANG SANDRA KAMARU P KEC.KAIDIPANG 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 20 (dua puluh orang)

NO. URUT 1 2 3 4 5 6

NO. URUT 1 2 3 4 5 6 7 8

NO. URUT 1 2 3 4 5 6

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON NASRUN GONIBALA, A.Md L KEC.SANGKUB SAFRUDIN M. BATA L KEC.BINTAUNA ERAWATI MOMIJO P BOLAANGMONGONDOWUTARA SAID DAENG MULISA L KEC.BINTAUNA Drs. ISMAIL MARDANI L KEC.BINTAUNA YULIANA PALOA P KEC.SANGKUB 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON ISRA PONTOH L KEC.BOLANGITANGBARAT FANY CHANDRA, ST L KEC.BOLANGITANGTIMUR ERNAWATI MACPAL P KEC.SANGKUB ZULKARNAIN PONTOH, S.Sos L BOLAANGMONGONDOWUTARA IMRAN DJENAAN L KEC.BOLANGITANGTIMUR HATIM SUMAILA, A.Md P BOLAANGMONGONDOWUTARA AMIR ALAMRI L KEC.BOLANGITANGBARAT HAINA M. BERAHIMA P KEC.BOLANGITANGBARAT 38% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON RAHMAN DONTILI L KEC.PINOGALUMAN ANWAR BUHANG L KEC.KAIDIPANG Dra. VONY GOMA P KEC.KAIDIPANG JABIR PATINGKI L KEC.KAIDIPANG SYAMSUDIN LAMALAKA L KEC.KAIDIPANG NURMILA BUHANG P KEC.KAIDIPANG 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

1 2 3 4 5 6

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON SALHA ANTOGIA P KEC.SANGKUB SUBANRIO PONONGOA L KEC.BINTAUNA OSMAR BOLOTA L KEC.SANGKUB DJAMAL WARTABONE L KEC.SANGKUB ULFA MANGULA P KEC.BINTAUNA FELLIX ADRI MENDE, ST L KEC.KAIDIPANG 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NO. URUT NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON L KEC.BOLANGITANGBARAT 1 DJONI PATIRO, S,Pd 2 Hi. S.N. MASUARA, BA L KEC.BOLANGITANGBARAT 3 SITI MANTANG P KEC.BOLANGITANGBARAT 4 METAVIA BASIMAN P KEC.BOLANGITANGBARAT 5 RONALD MOKOAGOW L KEC.BOLANGITANGBARAT 6 YONAL PIOLA P KEC.BOLANGITANGBARAT 7 YUNUS DOTINGGULO L KEC.BOLANGITANGBARAT 8 DENARIATI KANDUNG P KEC.BOLANGITANGTIMUR 50% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

NO. URUT 1 2 3 4 5 6

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON ARIPIN BOLOTA, S.Pd.I L KEC.KAIDIPANG ILYAS MOKODOMPIS L KEC.KAIDIPANG SRI DEWI LATARIMA P KEC.KAIDIPANG SENDY HALIM TOANA L KEC.PINOGALUMAN Ir. MARWAH YOHANIS P KEC.KAIDIPANG 40% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 19 (sembilan belas orang)

NO. URUT 1 2 3 4 5 6

NO. URUT 1 2 3 4 5 6 7 8

NO. URUT 1 2 3 4 5 6

Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 20 (dua puluh orang)

NO. URUT 1 2 3 4 5 6

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON HUSAIN DATAU L KEC.SANGKUB ABD. HATAM HANGKIHO L KEC.PINOGALUMAN OLVY PONTOH P KEC.BOLANGITANGTIMUR HASAN VAN GOBEL L KEC.SANGKUB HENDRO KOBANDAHA L KEC.SANGKUB HASNI VAN GOBEL P KEC.SANGKUB 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NO. URUT NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON 1 DJOJO MOKOOLANG L KEC.BOLANGITANGTIMUR 2 SARJAN HANAPI L KEC.BOLANGITANGBARAT 3 SAWITRI ABARANG, S.Pd P KEC.BOLANGITANGBARAT 4 Drs. THAIB USUP L KEC.BOLANGITANGBARAT 5 BAMBANG KIYAI DEMAK L KEC.BOLANGITANGBARAT 6 ESTHER CHERLY RAMBING P KEC.BOLANGITANGBARAT 7 Drs. KALPANA NANI L KEC.BOLANGITANGBARAT 8 LILI LATAMU P KEC.BOLANGITANGTIMUR 38% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

NO. URUT 1 2 3 4 5 6

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON Hi. BURHANUDDIN HUMOLUNGO, S.Pd L KEC.KAIDIPANG MUSADAT ANWAR KOROMPOT, S.Sos L KEC.KAIDIPANG HAMNA TEGELA, SH P KEC.KAIDIPANG ABDUL FATAH PATADJENU, SH L KEC.KAIDIPANG MAHYUDIN MOKODOMPIS L KEC.PINOGALUMAN SRI WAHYUNI HAKEU, S.Ip P KEC.PINOGALUMAN 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 20 (dua puluh orang)

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON SUPHAN K. HASAN, S.Pd.I L KEC.SANGKUB MARLINA DALOPE P KEC.SANGKUB HAIS OLOMIA L KEC.BINTAUNA SIE MOY KANTOHE P KEC.SANGKUB REKSOSISWOYO BINOLOMBANGAN, S.Pd L KEC.BINTAUNA REMMY PONTOH, S.Pt L KEC.BINTAUNA 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON Drs. Hi. NADJIB PONTOH L KEC.KAIDIPANG ELFIRA PONTOH P KEC.BOLANGITANGTIMUR SUPARTINA TINAMONGA P KEC.BOLANGITANGBARAT ABDUL MUIS LAUMA L KEC.BOLANGITANGBARAT AMRAN WALAHE, A.Md L KEC.BOLANGITANGBARAT DEISY MAULINDA TALIBO P KEC.BOLANGITANGBARAT WELLEM BERTHY KALOH, S.Pd L KEC.BOLANGITANGTIMUR ABDUL EBA NANI L KEC.BOLANGITANGTIMUR 38% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON ARMAN LUMOTO, S.Ag, M.Pd.I L KEC.KAIDIPANG MISYE TAKALAWESANG P KEC.KAIDIPANG ABDUL KADIR HANGKIHO L KEC.KAIDIPANG DJULDIN BOLOTA, S.IP L KEC.KAIDIPANG Ir. SYURI RAHAYU PASAMBUNA P KEC.KAIDIPANG SADRIN DAUD L KEC.PINOGALUMAN 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 20 (dua puluh orang)

NOMOR URUT 14 (EMPAT BELAS) PARTAI BULAN BINTANG ( PBB )

NOMOR URUT 10 (SEPULUH) PARTAI HATI NURANI RAKYAT ( HANURA )

NO. URUT

NOMOR URUT 8 (DELAPAN) PARTAI AMANAT NASIONAL ( PAN )

NOMOR URUT 7 (TUJUH) PARTAI DEMOKRAT

Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 20 (dua puluh orang)

NOMOR URUT 9 (SEMBILAN) PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN ( PPP )

1 2 3 4 5 6

NO. URUT

33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 19 (sembilan belas orang)

NO. URUT

1 2 3 4 5 6 7 8

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON Drs. Hi. ERIKSON TEGILA L KEC.BOLANGITANGBARAT FERDY PONTOH L KEC.BOLANGITANGTIMUR Dra. CONNY SALAMU P KEC.BOLANGITANGBARAT MASRUDIN VAN GOBEL L KEC.BOLANGITANGBARAT HARSONO MISAALAH L KEC.BINTAUNA RAHMA MOKOOLANG P KEC.BINTAUNA FENTY PONTOH L KEC.BOLANGITANGBARAT MUFIDAH ALAMRI P KEC.BOLANGITANGTIMUR

1 2 3 4 5 6

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON FRANGKY CHENDRA L KEC.SANGKUB BIMA ANDRIE DATUNSOLANG L KEC.BINTAUNA EVIYANTI SUMENGE P KEC.BINTAUNA OLDY FERI KUMOLONTANG L KEC.BINTAUNA MOH. YANI RESSA L KEC.SANGKUB SALMA KOBANDAHA, S.Pd P KEC.SANGKUB 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 20 (dua puluh orang)

43% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

1 2 3 4 5 6

NO. URUT

NO. URUT

33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NO. URUT NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON 1 SAIFUL AMBARAK, S.Pd.I L KEC.PINOGALUMAN 2 DAHLAN LASENA L KEC.KAIDIPANG 3 CHENY DIAN PERMATASARI PANGAU, SH P KEC.KAIDIPANG 4 MARDAN WALANGADI L KEC.KAIDIPANG 5 DJARNA PATILIMA P KEC.PINOGALUMAN 6 DJAAFAR KOROMPOT L KEC.KAIDIPANG 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

NO. URUT

1 2 3 4 5 6

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON AKTRIDA DATUNSOLANG P KEC.BINTAUNA HARDIONO HASSAN, SH L KEC.SANGKUB ALFIAN DAENG MULISA L KEC.BINTAUNA AMNA ALGAUS P KEC.SANGKUB IMRAN RANSELENGO L KEC.SANGKUB SETIAWAN DATUNSOLANG L KEC.SANGKUB 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 20 (dua puluh orang)

NOMOR URUT 5 (GOLKAR) PARTAI GOLONGAN KARYA ( GOLKAR )

NO. URUT

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON RAMSES RIZAL SONDAKH L KEC.BOLANGITANGBARAT SUCIPTO H. PANGALIMA L KEC.BOLANGITANGBARAT JUSRIFA VAN GOBEL P KEC.BOLANGITANGBARAT HARISNO LABINDJANG L KEC.BOLANGITANGBARAT DONAL LAMUNTE L KEC.BOLANGITANGBARAT SUMARNI PONTOH P KEC.BOLANGITANGBARAT SUNARTI K. PATILIMA P KEC.BOLANGITANGBARAT ANSAR WALAHE L KEC.BOLANGITANGBARAT

NO. URUT

38% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

38% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NO. URUT NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON 1 SYAMSUDIN OLII L KEC.KAIDIPANG 2 RAHMAN AGEL L KEC.PINOGALUMAN 3 EILONORA PAULUS P KEC.KAIDIPANG 4 ISHAK IMRAN L KEC.PINOGALUMAN 5 HASNAH POLUTU P KEC.PINOGALUMAN 6 JEFRI HESKI MANUAHE L KEC.KAIDIPANG

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON MARKUS DALERU L KEC.BINTAUNA JIVER KABANGUNG L KEC.BINTAUNA SILVANA A. PAKAYA P KEC.SANGKUB SUKMAWATI AWUMBAS P KEC.BINTAUNA FRANSISKA PALIA P KEC.SANGKUB BAHARUDIN TUNGGIL L KEC.KAIDIPANG 50% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

NOMOR URUT 4 (EMPAT) PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN ( PDI-P )

NOMOR URUT 3 (TIGA) PARTAI KEADILAN SEJAHTERA ( PKS )

NOMOR URUT 2 (DUA) PARTAI KEBANGKITAN BANGSA ( PKB )

NO. URUT

Fenerbahce bukannya tanpa peluang. Mereka mendapat peluang di menit ke-90 melalui Emenike, namun kiper Wojciech Szczesny mampu menepis sepakannya. Sampai peluit panjang berbunyi, Arsenal berhasil mempertahankan keunggulan 3-0. Hasil imbang tanpa gol di playoff kedua di Stadion Emirates, Selasa (3/9/2013) sudah cukup memastikan Arsenal mendapat satu tiket berlaga di babak utama Liga ChampionsArsenal bantai Fenerbahce.(sdnc)

DAFTAR CALON TETAP (DCT) ANGGOTA DPRD KAB. BOLAANG MONGONDOW UTARA PESERTA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2014

Jln. Lingkar, Kompleks Perkantoran Pemda Bolmut – Boroko, Kec. Kaidipang, Kode Pos : 95765 www.kpu-bolmutkab.go.id - Email : kpubolmut@rocketmail.com

NO. URUT

menyarangkannya ke gawang tim asal Turki itu. Unggul 1-0 Arsenal tidak mengendurkan serangan. 12 menit kemudian, Arsenal berhasil memperbesar keunggulan berkat gol Aaron Ramsey. Sepakan pelannya dari luar kotak penalti tak bisa dibendung kiper lawan. Arsenal makin menjadi dengan mencetak gol ketiga di menit ke-78 melalui titik putih yang dicetak Oliver Giroud. Penalti diberikan setelah Theo Walcott dilanggar di area penalti.

PENGUMUMAN

KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA NOMOR URUT 1 (SATU) PARTAI NASIONAL DEMOKRAT ( NASDEM )

kekalahan pada laga perdana Liga Primer akhir pekan lalu. Sempat kesulitan menjebol gawang tuan rumah di babak pertama, Arsenal tak putus asa. Mereka mampu menjaga bentuk permainan di babak kedua. Semangat pantang menyerah sepanjang pertandingan mulai membuahkan hasil di menit ke-53 ketika Kieran Gibbs membuka keunggulan berkat gol yang dicetaknya. Sodoran bola Santi Cazorla berhasil diteruskan Gibbs yang dengan mudah

NOMOR URUT 15 (LIMA BELAS) PARTAI KEADILAN DAN PERSATUAN INDONESIA ( PKPI )

NO. URUT

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 1 KECAMATAN SANGKUB DAN KECAMATAN BINTAUNA JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON

1 2 3 4 5 6 0% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 2 KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR DAN KECAMATAN BOLANGITANG BARAT JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NO. URUT NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON 1 JAMIN B. PUASA P KEC.BOLANGITANGBARAT 2 MEIKO USUP L KEC.BOLANGITANGBARAT 3 H. ABDI SJAFAR, BA P KEC.BOLANGITANGBARAT 4 5 6 7 8 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya

NO. URUT 1 2 3 4 5 6

DAPIL BOLAANG MONGONDOW UTARA 3 KECAMATAN KAIDIPANG DAN KECAMATAN PINOGALUMAN JENIS KAB./KOTA/KECAMATAN/TEMPA NAMA CALON KELAMIN T TINGGAAL CALON HASANUDIN DATUELA, S.IP L KEC.KAIDIPANG THEODORA PONTO P KEC.KAIDIPANG SULDIN BABAY L KEC.KAIDIPANG YULIUS DUMENDEHE L KEC.KAIDIPANG SURATMAN PATADJENU L KEC.KAIDIPANG VONNY PANAWAR P KEC.PINOGALUMAN 33% Keterwakilan perempuan dan memenuhi penempatannya Jumlah bakal calon untuk seluruh daerah pemilihan sebanyak = 9 (sembilan orang)

Boroko, 22 Agustus 2013 KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA PROVINSI SULAWESI UTARA 1 2

Drs. M.A. PANDIALANG FAISAL HUSIN, S.Pd

KETUA ANGGOTA

........................................... ...........................................

3 4

Drs. MAXY J. TAKUMANSANG LASSA KOROMPOT

ANGGOTA ANGGOTA

........................................... ...........................................


JUMAT 23 AGUSTUS 2013 NOMOR 02353 TAHUN VII

Zulkifli Golonggom

Vivi T. L. George.

IBUKOTA

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

9

V. J. A. Oroh Yessy Y. Momongan Ardiles. M. R. Mewoh Fahrudin Noh

HALAL BIHALAL KAMPUNGRON KELURAHAN TELING ATAS KECAMATAN WANEA

Masalah kamtibmas tetap jadi prioritas MENJABAT sebagai Kepala Kelurahan yang baru di Teling Atas Kecamatan Wanea ini, sangat membutuhkan sebuah upaya perhatian serius terutama pada masalah keamanan. Pasalnya, sebagaimana diketahui oleh semua masyarakat, kalau di wilayah Teling Atas tersebut sangat rawan SYANE M H Kaparang. akan tindakan tawuran antar para pemuda, baik dari wilayah itu sendiri mapun yang datang dari kampung lainya. Oleh sebab itu, Lurah Teling Atas, Syane M H Kaparang mengatakan, kalau dirinya tetap harus mewaspadai kejadian tersebut dengan cara lebih mengaktifkan lagi sarana poskamling untuk kegiatan siskamling di semua lingkungan yang berada di kawasannya.

Baca: Masalah ( Halaman 11)

JAGARON LINGKUNGAN VI KEL. MAHAKERET BARAT

Kebersihan draianse harus tetap terjaga DALAM beberapa pekan ini, hujan sering melanda Kota Manado. Oleh sebab itu, himbauan masalah kebersihan di lingkungan terus di ingatkan terus oleh Kepala Lingkungan VI Kelurahan Mahakeret Barat, Debi PangeDEBI Pangemanan. manan SH kepada setiap warganya. Menurut Pangemanan, bahwa sampah akan bertumpuk disaat hujan datang khususnya pada bagian drainase yang tersumbat, dapat mengakibatkan air di selokan tersebut meluapkan sampai ke badan jalan. Baca: Kebersihan ( Halaman 11)

Walikota Manado diundang Konjen AS Manado—Hubungan baik Walikota Manado GS Vicky Lumentut dengan Konsul Jenderal Amerika Serikat (AS) di Surabaya Joaquin F Monserrate yang terbangu sejak perayaan HUT AS yang ke 217 bulan Juli di Manado, rupanya tetap terjaga

dengan baik. Saking berkesannya, Monserrate memperlakukan GSVL secara khusus, saat Walikota Manado ini bertandang ke Surabaya. Usai mengajak makan malam bersama, Rabu (21/ 8) malam lalu, kembali lagi GSVL bersama Ny Paula

Lumentut-Runtuwene diundang untuk menghadiri acara Halal Bihalal dilingkup Konjen AS di Surabaya, Kamis (22/8) kemarin. Acara ini dilaksanakan di kediaman Konjen AS di Jl Untung Soeropati No 56 Surabaya. GSVL sendiri

mengenakan pakaian resmi jas lengkap berwarna hitam, sedangkan istri tercintanya memakai batik Nasional dan membaur dengan para undangan serta pejabat seperti walikota. Baca: Walikota Manado ( Halaman 11)

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut bersama Ny Paula Lumentut-Runtuwene dijamu khusus Konjen AS Joaquin F.(foto: ist)

Manado perkuat hubungan Banyak terobosan, Dekot apresiasi lobi-lobi GSVL-Ai Indonesia dengan Palestina PEMERINTAHAN

Sekkot: Manado jadi kota pertama di Asia yang menjalin Sister city dengan Betlehem Manado—Posisi Manado yang sedang membangun kerja sama sister city dengan Betlehem, membuat kota ini memperkuat hubungan Indonesia dengan Palestina (bukan Israel, seperti yang diberitakan koran ini pada edisi sebelumnya, red). Karenanya, Pemkot Manado langsung menyeriusi langkah-langkah selanjutnya. Menindaklanjuti kerjasama yang sudah

SEKKOT Manado Ir Haefrey Sendoh bersama Senator Maher N Canawati utusan Walikota Bethlehem.(foto:ist)

STUDI BANDING

Baca: Manado ( Halaman 11)

MORRIS Korah.

Manado—Membanjirnya investor dan kerjasama dengan luar negeri yang terus bergeliat di Manado, membuat kepemimpinan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Harley Ai Mangindaan, terus menuai pujian dan apresiasi dari Dekot

Baca: Banyak ( Halaman 11)

KENDARAAN BERMOTOR

Satpol PP Bintuni kunjungi Manado

M Suhaefi.

terjalin saat pertemuan antara Walikota Manado GS Vicky Lumentut dengan utusan Walikota Betlehem di Betlehem lalu, Sekkot Manado, Ir Haefrey Sendoh kepada Swara Kita, Kamis (22/8) kemarin menjelaskan, telah melakukan bentuk kerja sama kedua kota meliputi bidang pariwisata, pendidikan, perdagangan serta budaya. Kerjasama itu pun, lanjut Sendoh, dibuktikan melalui penandatanganan bersama Senator Maher N Canawati

Manado. Dikatakan Ketua Komisi C Dekot Manado, Morris Korah, bahwa sejak kepemimpinan GSVL-Ai, merupakan terobosan yang sangat fantastis. Di mana, dengan kecerdasan GSVL-Ai, keduanya telah mendorong pertumbuhan Manado semakin berkembang. Selain itu, menurutnya, keduanya sukses membangun kerja sama dengan Negara Asing seperti Jepang, Inggris, Jerman dan negara-negara maju lainnya. Karena dengan terjalinnya kerja sama internasional tersebut, berdampak pada peningkatan pendidikan, ekonomi dan pariwisata di Kota Manado.

Manado—Tertarik dengan penataan kota Manado, rombongan Satpol PP Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat, Rabu (21/8) lalu, melakukan study banding di kota Manado. Sebanyak 27 anggota langsung berbaur dengan Pol PP Manado yang tugasnya pada bagian staf dan lapangan.

Terpantau, belasan anggota berada di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) sedang mendapat pengarahan dan bimbingan oleh Kasat Pol PP Manado, Xaverius Runtuwene SIP. “Mereka tiba Rabu (21/8) untuk belajar memaksimalkan tugas-tugas satuan itu di daerah asalnya.

Parkir di trotoar, langsung diangkat Satpol PP Manado Baca: Poros ( Halaman 11)

Baca: Satpol ( Halaman 11)

PENERTIBAN motor di atas trotoar mulai dilakukan oleh Satpol PP Kota Manado.(foto:lukman/sk)

Manado–Kegiatan penertiban yang dilakukan oleh Satuan Pol PP pada beberapa kendaraan bermotor roda dua yang kerap parkir di trotoar, terlihat mulai dilakukan. Sebagaimana yang terpantau Swara Kita, Kamis (22/8) kemarin, dimana penertiban tersebut dilakukan hampir sepanjang trotoar di Jl Boulevard. Dalam kegiatan penertiban tersebut, kendaraan yang parkir di atas tro-

toar, oleh Satuan Pol PP hanya melakukan pengempesan ban kendaraan dan selanjutnya kendaraan tersebut di pindahkan ke pinggiran jalan raya. “Ini dilakukan agar pengendara motor yang parkir ini bisa jerah,” ujar Koordinator Pelaksanaan Penertiban, Rezky Naray. Kasat Pol PP Kota Manado, Xaverius Runtuwene saat ditemui Swara Kita mengatakan, kalau himbauan berupa peri-

ngatan diberbagai media cetak maupun elektronik sudah disampaikankan. Namun himbauan tersebut seakan tidak ditaati dan didengar oleh para pemilik kendaraan bermotor yang sering terbiasa parkir di trotoar. “Ini aturan pemerintah yang harus kami lakukan, dimana trotoar bukan tempat parkir kendaraan melainkan fasilitas umum untuk para pengguna pejalan kaki,” ungkapnya.(try24/este)


Ibukota

JUMAT 23 AGUSTUS 2013

PROSTITUSI

Pemkot didesak razia panti pijat terselubung SALAH satu yang tumbuh subur di Kota Manado adalah menjamurnya panti-panti pijat tradisional. Namun demikian, adanya informasi panti pijat hanya dijadikan kedok prostitusi, menimbulkan keresahan di tengah masyarakat sehingga Dekot Manado menghimbau agar Pemkot Manado melakukan penertiban dan rasia ekstra ketat. Personil Komisi A Dekot Manado, Stenly Suwuh mengungkapkan, bahwa keluhan warga atas kehadiran panti pijat tradisional yang dijadikan kedok tempat mesum, banyak diterimanya. Dikhawatirkan, tempat-tempat ini tidak memiliki ijin usaha dan meskipun ada, maka ijin itu disalahgunakan. “Memang sudah banyak keluhan yang disampaikan warga kepada saya soal panti pijat yang ternyata tempat berbuat mesum. Dengan berbagai keluhan ini, kami meminta Pemkot dalam hal ini SKPD terkait untuk melakukan rasia terhadap tempat pijat yang dicurigai mempraktekkan kegiatan prostitusi,” ujar Suwuh Kamis (22/8) kemarin. Lebih lanjut dikatakannya, perlu juga dilakukan investigasi untuk mencari kebenaran akan laporan warga itu. Jika kedapatan, harus diberikan sanksi hukum yang tegas, karena telah melanggar hukum dan penyalahgunaan ijin usaha. “SKPD yang mengeluarkan ijin, harus mengivestigasi kembali usaha panti pijat di seluruh Manado. Tindakan ini untuk memberikan jawaban akan laporan masyarakat yang telah resah dengan kehadiran tempat prostitusi berkedok panti pijat. Beri sanksi tegas bagi mereka-mereka yang kedapatan melanggar,” tegasnya. Anggota Komisi A, Marko Tampi menambahkan, perlu adanya rasia KTP dan pemeriksaan kesehatan bagi para pekerja di pijat tradisional yang disinyalir menjadi tempat prostitusi terselubung. “Rahasia KTP dan pemeriksaan kesehatan, jangan sampai ada oknum-oknum dari luar Manado pengidap HIV/AIDS menjangkitan penyakit itu ke masyarakat lokal. Jadi perlu kewaspadaan dan kesigapan,” tutupnya.(dede)

HIV AIDS

Jumlah penderita tinggi, hiburan malam perlu pengawasan ketat LAPORAN pengidap HIV/AIDS di Kota Manado sangat memprihatinkan. Karenanya, Dekot Manado meminta pemerintah untuk memperketat pengawasan di tempat-tempat hiburan malam. Sekretaris Komisi A Dekot Manado, Markho Tampi menegaskan, banyaknya penderita penyakit berbahaya tersebut merupakan jumlah yang sangat tinggi sehingga perlu diambil langkah antipatif, guna menekan pengidap penyakit yang belum ada obat ini. “Saya juga kaget jika jumlahnya mencapai ratusan. Pemerintah harus menelusuri faktor-faktor penyebab semakin banyaknya penderita penyakit berbahaya ini. Perlu juga dilakukan pengawasan terhadap tempat hiburan malam yang diduga sebagai lokasi penyebaran penyakit ini,” himbau. Selain itu, menurut Tampi, para pekerja seks yang terdata, perlu ada pembinaan, kalau perlu dikarantina. “Intinya mereka diberikan pembekalan dengan ketrampilan dan iman agar mereka tidak lagi melakukan pekerjaan mereka dan menjangkiti banyak orang lagi,” kuncinya.(dede)

SURAT KABAR HARIAN

10

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Tetap waspadai Demam Berdarah! Dekot minta fogging harus secara merata Manado—Penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Manado perlu dituntaskan. Selain kesadaran masyarakat,

Dinas Kesehatan (Dinkes) pun diharapkan dapat melakukan fogging di seluruh wilayah Manado. Hal ini sebagai bentuk

musim perubahan cuaca seperti sekarang ini ini, Dinkes Manado harus lebih pro aktif untuk melakukan pencegahan penyakit DBD. “Dinkes harus bertindak antisipatif. Jangan menunggu ada laporan dan

antisipasi terhadap penyebaran penyakit DBD. Anggota Komisi D Dekot Manado, Fauzijah Stela Pakaja mengatakan, di

kasus DBD baru melakukan fogging. Kan lebih baik mencegah daripada mengobati. Seluruh kelurahan dan lingkungan harus di-fogging. Jangan hanya wilayah tertentu saja. Masyarakat juga harus waspada dan

memperhatikan tempattempat yang dapat dijadikan berkembang biaknya nyamuk DBD ini. Kaleng bekas maupun selokan-selokan harus dibersihkan. Baca: Tetap ( Halaman 11)

LALULINTAS

Personil Dishub tak lagi apel pagi Manado—Guna lebih memaksimalkan kinerja, para personil Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Manado tidak lagi diberlakukan untuk ikut apel pagi. Pasalnya, pada pagi hari mereka sudah harus turun lapangan mengatur dan mengarahkan arus lalulintas bersama aparat kepolisian guna meminimalisir tingkat kemacetan yang sering terjadi di sejumlah titik

NUANSA kekeluargaan usai pertemuan Wawali Harley Mangindaan bersama solidaritas masyarakat Muslim yang tergabung dari Organisasi Kepemudaan Islam.(foto:tonny/sk)

INSIDEN MAMI

Walikota-Wawali & jajaran mohon maaf Manado —Kelalaian panitia dalam kegiatan pelatihan Sanitasi beberapa waktu, diketahui salah satu PNS Pemkot beragama Muslim menemukan makanan haram. Tak ayal, solidaritas umat Muslim mengajukan tuntutan untuk

dijalankan Pemkot Manado. Wawali Manado, Harley Mangindaan yang didampingi Sekkot Ir Haefrey Sendoh, Asisten II, H Rum Usulu, saat menerima perwakilan solidaritas masyarakat Muslim yang tergabung dari Organisasi

Baca: Personil ( Halaman 11)

Sekkot menghadiri KKR GMAHK Manado—Mewakili Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, Sekkot Manado, Ir Haefrey Sendoh menghadiri ibadah Kebaktian Kebangunan Rohani (KKR) Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK), Rabu (21/8) malam lalu. Dengan tema Jesus Within My Heart conference Kota Manado, Minahasa utara, Bitung dan Maluku Utara, Sendoh menyatakan apresiasi yang tinggi akan kegiatan tersebut. “Kegiatan ini tentunya dapat memberikan

Baca: Walikota ( Halaman 11)

Harga beras masih stabil Oleh Utun Lihawa, salah seorang pedagang beras mengatakan, kalau stok beras yang datang dari beberapa daerah menyuplai masih stabil sehingga harga dari distributor pun masih terbilang normal. Bahkan harga normal ini diberla-

sung,” ujar Koagouw Lanjut dikatakannya, selain personil yang dimaksimalkan langsung turun lapangan, saat ini pihaknya sedang mensosialisasikan uji coba jalur baru di Tikala. “Sosialisaasi jalur di Tikala perlu dilakukan agar tidak terjadi penumpukan kendaraan saat jam sekolah dan kantor.

IBADAH

Kepemudaan Islam (OKPI), Kamis (22/8) kemarin, di ruang Serba Guna Pemkot Manado, secara terbuka dengan segala kerendahan hati menyampaikan permohonan maaf.

PASAR

Manado–Harga beras di pasaran masih terlihat stabil. Hal ini terpantau Swara Kita, Kamis (22/8) kemarin, di beberapa pedagang beras yang ada Pasar Bersehati dimana harga masih berkisar antara Rp8.500 hingga Rp9.500/kilo.

dalam Kota Manado. Hal tersebut dikatakan Kepala Dishub Kota Manado, Drs Vecky Koagouw MSi, Kamis (22/8) kemarin. “Seluruh personil Dishub pada pukul 07.00 Wita sudah tidak apel pagi lagi dan harus turun lapangan mengatur dan mengarahkan lalulintas. Ini sudah jalan sejak beberapa minggu lalu. Saya juga turun lapangan lang-

kukan ditingkat pedagang pengecer. “Yang saya ketahui, harga ini masih bertahan semenjak pada pertengahan bulan puasa yang lalu sampai dengan saat ini. Baca: Harga ( Halaman 11)

SEKKOT Manado Ir Haefrey Sendoh menghadiri KKR GMAHK.(foto:ist)

kontribusi positif dalam menumbuhkan dan memperkuat segi kerohanian warga kota

Manado, khususnya bagi warga GMAHK. Baca: Sekkot ( Halaman 11)

Mulyono, penjual kentang goreng

Pernah gagal pada usaha yang lain

Gagal dalam berusaha merupakan hal yang sering kita alami. Namun kegagalan itu harus menjadi suatu pembelajaran agar kita bisa lebih teliti dalam melangkah supaya tidak jatuh lagi. SEPERTI yang dirasakan oleh Mulyono. Warga Dendengan Dalam ini merupakan pendatang dari daerah Jawa yang diketahui baru sekitar 1 tahunan berada di Kota Manado. Dalam kesehariannya, Mulyono tadinya hanyalah

MULYIONO, penjual kentang goreng.

penjual sandal dan sepatu keliling yang dipesannya dari daerah Jawa. Namun karena usaha tersebut tidak begitu menguntungkan baginya, akhirnya Mulyono mencoba berjualan kentang goreng yang hanya mengandalkan sebuah mo-

tor yang sudah butut dengan topangan kas kayu berukuran sedang. Lahan usaha yang digarap Mulyono diantaranya adalah pasar-pasar dan beberapa sekolah, sehingga kawasan inilah oleh dirinya dianggap menguntungkan bagi

usahanya gorengan yang dijualnya seharga Rp2.000/ bungkus. Mulyono diketahui telah memiliki seorang istri yang dinikahinya dari kampungnya di daerah Jawa. Baca: Pernah ( Halaman 11)

PENGUMUMAN TELAH HILANG SEBUAH DOKUMEN BERUPA SERTIFIKAT HAK MILIK NOMOR 1193 DENGAN LUAS 551 M2 TERLETAK DI KELURAHAN SINGKIL II ATAS NAMA SAHIL MOLACHELE SEHUBUNGAN DENGAN TERBITNYA PENGUMUMAN INI, APABILA DOKUMEN TERSEBUT DITEMUKAN MAKA

DINYATAKAN TIDAK BERLAKU LAGI CV AIR SEJUK MANADO MAINTENANCE-AIR CONDITIONER-SPARE PART-INSTALATION Type

Service

AC SPLIT RP25.000 AC WINDOW RP50.000 AC STANDING FLOOR RP50.000 AC CEILING RP45.000 AC CENTRAL NEGO KULKAS RP50.000 FREEZER RP50.000 MESIN CUCI RP50.000 DISPENSER RP50.000

Tambah Freon RP75.000/PK RP75.000/PK RP75.000/PK RP45.000/PK NEGO RP660.000/PK RP660.000/PK NEGO NEGO

DISEWAKAN AC FLOOR STANDING/GENSET

- Service langsung di tempat - Melayani bongkar pasang AC - Melayani panggilan luar kota - BERGARANSI - Ditangani oleh Tenaga Profesional Teknisi kami datang ke tempat anda untuk cek GRATIS

Hub: (0431) 3630234/9140332—085299811566 Jl AA Maramis Paniki Bawah No 12 Manado

SUBARU FORESTER A/T TAHUN 2007

MITSUBISHI LANCER EX TAHUN 2002

CHEVROLET BLAZER TAHUN 2003

TOYOTA SPR. KIJANG 1.8 LONG THN 1995

AC,Tape,Velg,PS, PW, CL, MIRROR, KM 44.000, MULUS. OTR Rp 215 jt, UM : 95 jt , Angsuran Rp 4.898.000 X 35 Bulan Asuransi TLO 3 thn

UM Rp. 195 jt, angsuran Rp. 7.300.000 x 28 bulan ( Lanjut Kredit )

Chevrolet Blazer Tahun 2003 AC, Tape, Velg, PS, PW, CL, Mulus Sekali, Rp. 69 jt, UM Rp. 13 jt, angsuran Rp. 2.450.000 x 35 bln, Ass All Risk.

Siap pakai Rp 49 jt, UM : 15jt, Angsuran Rp 1.498.000 X 35 bulan

DAIHATSU TERIOS TS EXTRA TAHUN 2011 Harga Rp. 115 jt, UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 3.100.000 x 48 bln

AC,Tape,velg,PS,P W,CL,Alarm,Mulus sekali. OTR Rp. 165 jt, UM Rp. 31 jt, Angsuran Rp. 4.299.500 x 47 bln. Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun

TOYOTA KIJANG INNOVA G EURO TAHUN 2008

AC, Tape, DB, Velg, PS, PW, CL, alarm, Rp 169 jt, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 4.750.000 x 47 bulan, Asurans All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

Honda Stream Toyota Kijang Innova Tahun 2002 Tahun 2004 AC, Tape, Velg, PS, PW, CL, Mulus, UM Rp. 40 jt, angsuran Rp. 2.768.900 x 30 bln (lanjut Kredit

AC, tape, velg, PS, PW, CL, Rp. 129 jt, UM Rp. 26 jt, angsuran Rp. 3.498.000 x 47 bln.

ISUZU PANTHER PICK UP TURBO TH. 2007

TOYOTA ALTIS G TAHUN 2003

DAIHATSU TERIOS TX TAHUN 2010

DAIHATSU XENIA R SPORTY TAHUN 2012

Daihatsu Xenia Li Sporty Tahun 2007

Suzuki Carry 1.5 DRV Tahun 2002

Mulus sekali, Rp. 86 jt, UM Rp. 15 jt, Angsuran Rp. 3.099.000 x 35 bln

UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 3. 598. 000 x 47 bulan.

Daihatsu Terios TX Tahun 2010 Rp. 159 jt, UM Rp. 32 jt, angsuran Rp. 4.298.000 x 47 bln. Ass All Risk 1 tahun.

Lanjut Kredit UM Rp. 73 jt, angsuran Rp. 5.230.000 x 20 bulan Asuransi All Risk Full tenor

AC, Tape, Velg, PS, PW, CL, mulus, Rp. 90 jt, UM Rp. 16 jt, angsuran Rp. 2.498.00 x 47 bln, Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

Suzuki Carry 1.5 DRV Tahun 2002 Siap Pakai Rp. 65 jt, UM Rp. 15 jt, angsuran Rp. 2.100.000 x 35 bln.

Isuzu Panther LS Tahun 2002 OTR Rp. 95 jt, UM Rp. 16 jt, angsuran Rp. 2.650.000 x 47 bln.

HONDA ALL NEW JAZZ Tahun 2009 PUTIH

CJ TAHUN 1984

OTR Rp 179 jt, UM Rp. 36 jt, Angsuran Rp 4.750.000 X 47 bulan, Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

ISUZU PANTHER TOURING 2009/2008

MITSUBISHI TS PU TH. 2004

Model Jeep Wrangler bagus sekali Rp. 175 jt

Mulus, Rp 45jt,UM Rp 15jt, Angsuran Rp 1.358.000 X 36 bulan.

UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 4.550.000 x 47 bln, ass all Risk 1 thn. OTR Rp. 165 jt

TOYOTA STARLET THN 1996 TURBO LOOK AC, Tape, velg, PS, PW, CL, mulus sekali, Rp. 99 jt, UM Rp. 29 jt, angsuran Rp. 2.386. 000 x 48 bln.


Ekonomi

11 Tabungan Bunaken, buat BS lebih dekat ke masyarakat JUMAT 23 AGUSTUS 2013

OJK minta agar industri cermati stabilitas keuangan OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mengaku selalu berkomunikasi dengan pemerintah. Demikian juga paket kebijakan yang dikeluarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) guna menghadapi perekonomian global dan domestik yang tidak bersahabat saat ini. “Kita selalu berkomunikasi, tugas saya adalah mengetahui apakah tekanan yang terjadi saat ini mengganggu kinerja industri keuangan atau tidak,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad di Gedung Dhanapala Jakarta, Kamis (22/8/2013). Selain menjalin komunikasi dengan pemerintah, OJK juga melakukan komunikasi dengan bank, asuransi, dan industri lainnya. OJK memberikan imbauan kepada industri untuk memantau stabilitas keuangan. “Kemarin saya juga bicara dengan seluruh industri, para broker, trader untuk mengecek apakah mereka betul aware terhadap kejadian yang berkembang saat ini, kita juga beri imbauan kepada industri tolong dipantau secara dekat, kira-kira seperti itu,” jelas dia. Menurutnya, stabilitas keuangan menjadi sangat penting, karena ini modal penting, namun dalam mewujudkan stabilitas industri keuangan ini memerlukan efek. Oleh karena itu apa yang sudah dimiliki harus dijaga dengan baik.(okez)

Hadirkan berbagai kelebihan serta memudahkan transaksi nasabah Manado—PT Bank Sulut (BS) meluncurkan Tabungan Bunaken dengan tujuan untuk memanjakan nasabah dan lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Direktur Utama

(Dirut) PT Bank Sulut, Johanis Salibana, mengatakan pihaknya telah mengeluarkan produk unggulan terbaru yakni Tabungan Bunaken dengan berbagai kelebihan yang diharapkan

mampu memanjakan masyarakat dan nasabah PT Bank Sulut. “Tabungan Bunaken tersebut mempunyai bunga yang setara dengan bunga deposito, serta fasilitas nomor

rekening yang bisa dipilih langsung oleh nasabah. Selain itu, dalam Tabungan Bunaken diberikan fasilitas point reward untuk saldo mengendap dan transaksi ATM serta berhadiah undian istimewa setiap tahunnya,” jelasnya. Dikatakannya, nasabah yang memegang Tabungan Bunaken bebas antrian di Teller, sebab hanya dengan

Pertamina impor BBM 600 ribu barel/bulan

NERACA perdagangan Indonesia yang mengalami defisit di semester pertama tahun ini sebesar US$3,3 miliar, dikarenakan pemerintah selalu mengandalkan produk komoditas. Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gajah Mada, A. Tony Prasetiantono mengatakan, selama 2008 hingga 2012 neraca perdagangan Indonesia selalu mengalami surplus. Namun, ketika harga komoditas mengalami penurunan maka berdampak buruk ke neraca perdagangan. “Neraca perdagangan sangat menakutkan. Kita defisit karena tergantung dengan ekspor komoditas,” kata Tony saat acara OCBC NISP “Market Update: Investment Prospect into 2014” di Jakarta, Kamis (22/8/2013). Menurut Tony, seharusnya pemerintah tidak hanya bergantung kepada komoditas saja, tetapi juga harus mendorong produk manufaktur. “Namun saat ini, manufaktur kita tidak mempunyai daya saing yang bagus,” ucap dia. Akibat neraca perdagangan defisit, kata Tony, membuat nilai tukar rupiah kita mengalami pelemahan. “Rupiah melemah karena kombinasi antara faktor eksternal seperti rencana kebijakan AS mengurangi stimulusnya, pelemahan harga komoditas, dan internal seperti inflasi, suku bunga naik, lalu daya saing lemah,” ucap dia.(inic)

Maher adalah utusan Walikota Bethlehem yakni Letter Of Intent Between Bethlehem City, Palestinian Authority and Manado City, North Sulawesi The Republic Of Indonesia On Estabishment Of Friendship-City Relationship. “Ini sekaligus menunjuk kota Manado sebagai kota pertama di Asia yang dikatakan adalah kota kembar Bethlehem,” terang Sendoh. Menariknya, Sendoh yang juga menjamu makan malam, mengungkapkan pesan Canawati, terkait kedamaian dari Bethlehem. “Dalam pesan kedamaian Senator Maher Canawati menyampaikan bahwa dia terkesima melihat kerukunan umat beragama yang ada di daerah ini, dimana semua bisa hidup damai dan berdampingan. Daerah ini merupakan contoh kerukunan umat beragama yang baik. Bangsa-bangsa ini cinta damai yang muncul dari pengajaran-pengajaran agama. Canawati mengajak semua orang untuk berdoa bagi Israel dan Palestina agar kembali bersama ke meja perundingan dan berdoa agar perundingan damai bisa berhasil,” ungkap Sendoh mengutip pesan Canawati.(teem)

Satpol ... dari Halaman 9 Mereka juga langsung berbaur dengan Pol PP Manado dimana ada yang di tempatkan di staf dan lainnya turun lapangan,” ujar Runruwene, Kamis (22/8) kemarin. Sementara itu, Kasat Pol PP Kabupaten Teluk Bintuni, M Suhaefi saat diwanwancarai mengaku kagum dengan kota Manado. “Saya tertarik dan kagum dengan kota Manado. Ini sudah kedua kalinya saya datang ke Manado. Kami baru tiba dan langsung belajar dimana sekarang terlihat kota ini rapi dari spanduk dan baliho. Demikian juga PKL terlihat tertib, tetapi Manado terlihat tambah macet saja. Memang masih banyak yang akan kami pelajari,” ujar Suhaefi sambil menambahkan hasil study banding tentunya akan diterapkan di daerah asalnya.(este)

Masalah ... dari Halaman 9 Ini juga untuk mengantisipasi segala tindakan kriminal yang akan terjadi. “Memang saya baru menjabati sebagai kepala Kelurahan di Teling Atas, namun sudah hampir 8 tahun saya bekerja di kelurahan ini sebagai Sekertaris Kelurahan. Oleh sebab itu, hal pertama yang saya akan lakukan adalah upaya lebih baik lagi dalam mengadakan kamtibmas di setiap lingkungan,” ungkapnya.(try24)

Kebersihan ... dari Halaman 9 Oleh sebab itu, bahwa dalam waktu dekat ini, dirinya dan beberapa warga di lingkungan akan berupaya bersama-sama untuk memeriksa beberapa saluran drainase di lingkungan yang sudah tersumbat oleh sampah untuk dilakukan pembersihan. “Hal ini saya lakukan supaya saluran drainasse bisa berfungsi sebagaimana mestinya untuk menghindari musibah banjir yang akan terjadi disaat musim hujan datang,” tukasnya.(try24)

menunjukkan buku tabungan atau kartu ATM akan segera di layani. Untuk biaya administrasi, kata Salibana sesuai ketentuan yang berlaku dan ada hadiah langsung sebagai promo launching. Salibana menambahkan, untuk posisi dana pihak ketiga yakni tabungan PT Bank Sulut hingga triwulan kedua tahun 2013

menca0pai Rp6,431 Triliun atau tumbuh 12,08 persen dari tahun sebelumnya hanya Rp5,738 Triliun. “Pertumbuhan tabungan PT Bank Sulut yang signifikan pada triwulan kedua tahun ini lebih memotivasi kami untuk lebih menggiatkan program yang ada guna lebih meningkatkan prosentase tabungan,” pungkasnya.(haer)

Paket kebijakan SBY diklaim mampu serap tenaga kerja Jakarta—Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mengumumkan paket kebijakan moneter besok. Kebijakan moneter tersebut, nantinya akan digunakan untuk menjaga pasar keuangan Indonesia agar tidak terus tertekan. Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi, Firmanzah, mengungkapkan fokus yang akan diambil yakni pemberian stimulus fiskal, terkait pemberian tax holiday dan tax allowance untuk menjaga daya saing dan memberikan insentif kepada industri. “Agar bisa berjalan dan mampu menyerap lapangan kerja dan lapangan kerja baru akan tercipta,” tutur dia di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka, Jakarta, Kamis (22/8/2013). Menurutnya, data investasi dari Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) pada semester I-2013 cukup

Indonesia terlalu bergantung pada komoditas

Manado ... dari Halaman 9

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

menggembirakan, di tengah pelemahan ekonomi dunia. “Realisasi investasi kita justru meningkat 30 persen dibandingkan semester I2012. Jadi, ada lapisan sektor keuangan dan lapisan sektor riil. Sektor riil kita sedang bergerak. Kita optimistis realisasi investasi tahun ini bisa di atas Rp390 triliun,” tutur dia. Dia menambahkan, investasi yang ditekankan yakni, investasi di sisi infrastruktur dan sektor riil. Firmanzah melanjutkan, sejumlah perusahaan multinasional dan perusahaan domestik juga terus memperluas usahanya di Indonesia. “Perluasan pabrik, perluasan produksi terus dilakukan, seperti otomotif dan dari ritel. Kemudian dari sisi pharmatical juga terus dilakukan. Ini yang menyerap tenaga kerja di sektor riil,” kata dia.(okez)

Korea minati produk olahan ubi asal RI

kalau rata-rata per bulan itu 300 ribu bph untuk minyak mentah dan 300 ribu bph untuk produk,” katanya. “Enggak bisa berapa kargokargo, kita dalam satu periode dalam tiga bulan ada berapa kargo, sangat dinamis stok di kilang. Yang bisa saya sebutkan rata-rata sekitar itu. Ratarata makanya saya bilang di kisaran itulah,” tutur dia. Menurut Ali, untuk me-

nekan impor bisa dilakukan apabila permintaan (demand) bisa di kontrol. Menurutnya, yang mendrive impor merupakan hasil dari permintan dalam negeri. “Jadi kalau demand bisa di kontrol tentunya impor bisa dikontrol. Kalau demand tetap tumbuh, sementara hanya andalkan produksi dalam negeri enggak akan cukup selamanya,” tandasnya.(okez)

Jakarta—Korea meminta kepada Indonesia untuk mengolah bahan baku kentang menjadi makanan olahan. Untuk itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan pengelolaan ubi. “Kesempatan produksi sweet potato ini sudah diminta pihak Korea, untuk segera disebarluaskan,” ujar Direktur Pengembangan Produk Ekspor Dody Edward saat ditemui di kemendag, Jakarta, Kamis (22/ 8/2013). Dody meminta agar masyarakat Indonesia bisa membuat makanan dan mengolah dari jenis umbiumbian ini. Menurutnya, sudah beberapa kali Korea meminta Indonesia untuk menjual produk olahan ubi tersebut. “Ini juga harus ada banyak perhatian dari pemda agar sweet potato semakin meluas,” ujar Dody. Sekadar informasi, total

Pertamina saja. Itu hal yang mudah, karena Pertamina juga paham akan kebutuhan tersebut. Jangan jadikan itu menjadi alasan,” tegas srikandi

Demokrat Sulut ini. Kolega komisinya, Jhon Iroth menambahkan, akan pentingnya kesadaran masyarakat menjaga kebersihan lingkungan.

“Selain peran pemerintah, masyarakat kami harapkan juga berperan. Sebab kondisi yang tahu persis di lapangan itu masyarakat. Jadi antisipasi dini dengan

pencegahan yaitu 3 M (menguras, membuang dan menimbun) wajib dilakukan, dengan dibantu foging dari Dinkes,” kuncinya.(dede)

terangnya. Dirinya menjelaskan, perubahan jalur ini,

untuk plat kuning tetap dengan diberlakukan one

sebelumnya tidak akan terjadi lagi, karena akan buat edaran pada semua kegiatan Pemkot Manado pasti hanya akan mengambil makanan yang 100 persen halal,” tegas Wawali. Hadir dalam pertemuan sebut saja, Kepala Kementerian Agama Manado, Drs H Lilie

Rasmana, Ketua PHBI Sulawesi Utara, Ismail Moó, Sekretaris FKUB Manado, Sofyan Lapasau, Ketua PHBI Manado sekaligus Sekretaris MUI Manado, Amir Liputo dan Ketua BKPRMI Manado, Agus Weno, Mat Nur, Ustad Umar Maliki dan para tokoh muslim Manado.(teem)

way atau satu arah dari arah Jl Martadinata menuju Pasar 45 kemudian berbelok di jalan Tikala. Sementara untuk yang berplat hitam diberi keluasan bisa melewati dua jalur, yakni bisa lurus ke arah Jl Sudirman dan bisa

juga berbelok ke arah Tikala. “Sebenarnya tidak akan macet jika pengguna jalan mematuhi rambu lalulintas. Diharapkan masyarakat juga sadar untuk mematuhi peraturan lalu lintas,” tandasnya.(este)

terjalin dengan baik ini semoga akan terus terpelihara, sehingga ke depannya banyak terobosan-

terobosan penting yang bisa dilakukan atas kerja sama dengan pihak Amerika Serikat,” ujar GSVL.(dede)

menanamkan modalnya di Manado. Manado seperti surganya investor. Terbukti banyaknya investor dengan mega proyek di Manado,” ujar Anggota Komisi A, Stenly Suwuh, Kamis (22/8) kemarin. Keduanya pun berharap apa yang telah dirintis oleh pemimpin Manado saat ini mendapat

dukungan dari masyarakat. “Apa jadinya jika pemerintahan tidak didukung oleh masyarakat yang adalah salah satu pilar dalam pembangunan. Upaya dan peran masyarakat perlu ditingkatkan, agar Manado semakin berkembang,” kata keduanya.(dede)

IMPOR minyak mentah dan BBM yang dilakukan rata-rata sekitar 600 ribu bph untuk kebutuhan dalam negeri bisa berubah lagi.(foto: ist)

Jakarta—PT Pertamina (Persero) menyatakan guna memenuhi kebutuhan Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam negeri melakukan impor sekitar 600 ribu barel. Namun, impor ini tidak dilakukan setiap hari. “Sekitar 300 ribu barel by produk Bahan Bakar Minyak (BBM) maupun minyak mentah. Tapi mekanismenya enggak setiap hari, tapi berapa kargo dalam

satu bulan. Itu mekanismenya, jadi tidak sehari,” ungkap VP Coorporate Communication Pertamina Ali Mundakir di Jakarta, Kamis (22/8/2013). Menurut Ali, impor minyak mentah dan BBM yang dilakukan rata-rata sekitar 600 ribu bph untuk kebutuhan dalam negeri bisa berubah lagi. Namun, angka 600 ribu bph merupakan angka ratarata melakukan impor. “Tapi

Perdagangan Indonesia-Korea Selatan pada 2011 mencapai USD29,4miliardengannilaiekspor sebesar USD16,4 miliar dan impor USD12,9 miliar, atau naik 44,8 persen dibanding total perdagangan pada 2010 sebesar USD20,3 miliar. Selama periode Januari-April 2012, total perdagangan kedua negara berjumlah sebesar USD9,8 miliar atau naik 12,17 persen dari periode sama 2011 sebesar USD8,8 miliar.Trentotalperdagangankedua negara selama lima tahun terakhir (2007-2011) positif sebesar 25,11 persen. Neraca perdagangan Indonesia dengan Korea sejak 2007 hingga 2011 menunjukkan bahwa Indonesia mengalami surplus dalam perdagangan. Neraca perdagangan tahun 2011 surplus bagi Indonesia sebesar USD3,4 miliar, turun 29,1 persen dibandingkan dengan 2010 yang tercatat surplus USD4,9 miliar.(okez)

Tetap ... dari Halaman 10 Karena, kewaspadaan harus terus dikedepankan,” tuturnya Kamis (22/8) kemarin. Selain itu, menanggapi alasan kesulitan memper-

oleh bahan bakar untuk alat fogging, Pakaja menilai, alasan tersebut bukan hal yang tepat. “Jika kesulitan mendapatkan bahan bakar solar, Dinkes menyurat ke

Personil ... dari Halaman 10 Namun terlebih dahulu kami tentunya akan mema-

sang rambu-rambu lalulintas dan baru akan uji coba,”

Walikota ... dari Halaman 10 “Walikota atas nama keluarga LumentutRuntuwene dan saya atas nama keluarga Mangindaan-Kudati beserta seluruh jajaran Pemkot Manado, kami haturkan maaf kepada warga Muslim kota Manado atas insiden itu. Saya tegaskan, apa yang terjadi bukan

kesengajaan,” ungkap Wawali. Atas tuntutan dari solidaritas masyarakat Muslim Kota Manado yang merupakan gabungan dari Organisasi Kepemudaan Islam (OKPI) Manado, Wawali menyatakan akan ditindaklanjuti. “Apa yang telah terjadi

Walikota Manado ... dari Halaman 10 Ada juga bupati, duta besar dan pejabat teras pemerintah pusat maupun daerah hingga masyarakat

yang diundang khusus untuk menghadiri acara Halal Bihalal ini. “Hubungan yang sudah

Banyak ... dari Halaman 9 “Saya salut dengan GSVL-Ai yang berhasil membina hubungan dan menjalin kerja sama dengan negara-negara maju, untuk kemajuan Kota Manado. Semoga, tujuan dan harapan dengan terbinanya hubungan baik ini, apa yang menjadi visi-misi pemerintah kota tercapai, dan kesejahteraan

masyarakat semakin meningkat,” pungkas Ketua DPC Demokrat Manado ini. Selain itu, trobosan memikat investor untuk menanamkan modalnya di kota ini, membuat Manado menjadi ‘surganya’ para investor. “Pembangunan jor-joran saat ini menjadi bukti kalau investor senang

Harga ... dari Halaman 10 Ini ditambah lagi oleh beberapa distributor beras belum

menaikan harganya sampai saat ini,” katanya.(try24)

Sekkot ... dari Halaman 10 Namun disatu sisi, kegiatan ini ikut juga sebagai sarana mempererat kebersamaan kita sebagai pengikut Kristus,” tegas Sendoh. Tak heran, Sendoh yang juga membacakan sambutan Walikota berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik. Kegiatan KKR sendiri dilangsungkan di

ruang Mapalus Kantor Gubernur Sulut, sejak tanggal 21 hingga 24 Agustus 2013. Dalam ibadah KKR itu hadir pula Pdt Ronald Rantung sebagai ketua Umum, Pdt Roni Neman sebagai Ketua Pelaksana dan FA Rattu sebagai Ketua Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh.(teem)

Pernah ... dari Halaman 10 Namun belum dikaruniai anak sehingga keduanya datang ke Manado untuk mengadu nasib dalam berdagang. Keduanya pun harus menontrak sebuah kamar yang dibayarnya setiap bulannya sebesar Rp350 ribu. “Sengaja kami berdua datang di Manado

untuk mencoba berdagang, karena kami dengar dari teman-teman kami daerah Jawa kalau mereka sudah sukses disini. Mereka mengatakan kalau Manado potensi berdagang dan menguntungkan dibandingkan dengan daerah yang lain,” katanya.(try24)


Mintom Minahasa, Tomohon

JUMAT 23 AGUSTUS 2013

PARIWISATA

Menkop resmikan kawasan wisata kuliner hari ini MENTERI Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Republik Indonesi (RI), Syarief Hasan, direncanakan akan datang ke Kota Tomohon untuk meresmikan kawasan wisata kuliner di pusat kota pada Jumat (23/8) hari ini. Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Tomohon, Ruddie A Lengkong. “Kedatang beliau juga sebagai salah satu agenda dari perayaan HUT Koperasi se-Sulut yang difokuskan di Kota Tomohon sekaligus meresmikan wisata kuliner. Esok pagi (hari ini,red), rombongan akan melakukan jalan sehat menuju Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon,” katanya kepada wartawan, Kamis (22/8) kemarin. Diketahui, daya tarik Tomohon sebagai kota wisata ternyata merupakan potensi unggulan tersendiri yang selalu memikat setiap pengunjung baik yang datang dan berwisata maupun yang melaksanakan bisnis. Hal ini merupakan kebanggaan bersama baik Pemerintah maupun seluruh komponen masyarakat Tomohon. Potensi dan peluang yang telah ada ini mendapat pengakuan dari para tamu dan wisatawan dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang datang silih berganti. Tak heran jika pada hari ini, Menteri Koperasi RI Syarif Hasan akan datang berkunjung ke kota itu sekaligus meresmikan kawasan wisata kuliner Kota Tomohon. Ini merupakan prestasi spektakuler Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam membangun Kota Tomohon serta membina Koperasi di Kota Wisata Tomohon dengan meraih penghargaan dari pemerintah Pusat. Peresmian ini sendiri akan melibatkan jajaran pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkot Tomohon bersama dengan para pengurus dan anggota Koperasi yang ada di Kota Tomohon. Di Kota Tomohon sendiri memiliki dua Koperasi yang berprestasi yaitu Koperasi Karyawan Kobeth RS Bethesda Tomohon yang adalah koperasi berprestasi tingkat Nasional dan telah membawa nama harum Kota Tomohon di kancah Nasional dan KSP Pelita Jaya Kakaskasen. Rentetan kegiatan ini merupakan rangkaian yang tersinergi dan saling kait-mengkait antara pariwisata, perdagangan, pendidikan, koperasi dan UKM serta peningkatan kesehatan dalam menggerakkan seluruh potensi yang ada dalam masyarakat bagi kemakmuran masyarakat Kota Tomohon.(gebe)

POLITIK

PG segera siapkan pengganti Sajow & Walukow SETELAH resmi dipecat dari keanggotaan Partai Golongan Karya (Golkar), langsung oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, nasib Linda Sajow dan Herson Walukow, dalam posisinya di keanggotaan Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, akan selanjutnya ditindak lanjuti dengan Pergantian Antar Waktu (PAW) kepada keduanya, oleh DPD II PG Kabupaten Minahasa. Menurut Ketua DPD II PG Minahasa, Careig N Runtu, ketika ditemui Swara Kita Kamis (22/8) kemarin, setelah keduanya diputuskan dikeluarkan dari Partai Golkar oleh DPP PG, maka akan segera ditindak lanjuti dengan proses PAW ini. “Tentunya dengan adanya surat keputusan dari DPP ini, maka kami akan segera memasukkannya kedalam pleno sidang DPRD untuk selanjutnya diproses PAW, kemungkinan besar akan dibacakan dalam surat masuk dalam Paripurna nanti,” ujar Runtu. Lanjut dikatakannya, beberapa langkah yang harus dilewati dalam proses ini, harus ditindak lanjuti dengan baik. “Keputusan ini, bukan hanya karena adanya kepentingan dari sepihak, namun ini telah sesuai dengan kejadian bahwa keduanya telah melanggar aturan partai, dan dimintakan agar proses PAW ini, dapat dilaksanakan dengan baik,” katanya. Ketua DPRD Kabupaten Minahasa, Drs Frits Tairas, yang ditanyai seputar proses terhadap Sajow dan Walukow ini, mengakui bahwa dirinya baru sebatas mendengar adanya keputusan tersebut. “Saya baru mendengar ada keputusan dari DPP Partai Golkar bahwa telah dikelaurkan SK pemecatan terhadap keduanya, namun hingga saat ini, SK tersebut belum ada diatas meja kami,” ujar Tairas, sambil menerangkan bahwa jika sudah masuk maka akan diproses sesuai ketentuan yang berlaku.(try23)

SURAT KABAR HARIAN

12

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Kuntag dieliminasi KPU Pilcaleg Minahasa diikuti 313 DCT Tondano—Pelaksanaan perekrutan Calon Anggota Legislatif (Caleg) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, telah melewati tahapan penetapan calon dimana pada Kamis (22/8) kemarin, KPU Minahasa akhirnya secara resmi menetapkan nama-nama Caleg yang masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg) pada April 2014

nanti. Dari 313 calon yang masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) beberapa waktu yang lalu, ada satu calon yang harus dieliminasi oleh KPU Minahasa. Pasalnya, caleg tersebut bukan lagi anggota partai politik. Menurut Ketua KPU Minahasa, Meidy Tinangon MSi kepada wartawan seusai pelaksanaan Pleno tersebut, calon yang dieliminasi KPU Minahasa

tersebut yaitu Denis Kuntag SE yang merupakan Caleg dari Partai Gerindra Nomor Urut 1 dari Daerah Pemilihan (Dapil) I. “Dari seluruh nama calon yang masuk dalam DCS, hanya satu yang dieleminasi oleh KPU Minahasa, yaitu Denis Kuntag SE, yang merupakan salah satu calon dari Partai Gerindra nomor urut 1 untuk Dapil I,” ujar Tinangon. Lanjut dijelaskannya, dieleminasinya Kuntag oleh

KPU dikarenakan dirinya sudah tidak merupakan anggota Partai Gerindra lagi dimana itu merupakan salah satu syarat utama untuk masuk menjadi seorang Caleg. “Dieliminasinya Kuntag karena dirinya tidak lagi merupakan anggota Parpol, dan sudah tidak memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) yang merupakan syarat mutlak masuk dalam bursa Caleg, karena dirinya telah dikeluarkan dari keanggotaan Partai yang mengusungnya, yaitu

BAHAN BAKAR GAS

itu wajib diberikan dari setiap pangkalan agar kelangkaan elpiji tidak terjadi. Sebab, ada masyarakat bisa membeli melebihi apa yang menjadi kebutuhan mereka,” ujar Poli. Diakui Poli, permintaan elpiji 3 Kg di kota Tomohon sudah semakin meningkat. Bahkan tak jarang pangkalan kehabisan stok tabung gas sehingga harus membeli di luar daerah seperti Manado. “Jika ada data, maka kami dari Pemkot Tomohon siap menambah kuota. Ini supaya warga semuanya bisa mendapatkan jatah dan tidak membeli di luar daerah,” katanya. Assisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir Ervinz D H Liuw Msi mengatakan, bahwa Pemkot Tomohon memiliki peran yang sangat menentukan dalam kelancaran pelaksanaan program konversi dan

pendistribusian elpiji 3 Kg. Untuk itu perlu dilakukan bertujuan menjamin ketersediaan dan kelancaran pendistribusian elpiji di kota Tomohon agar terpatuhinya HET. “Permasalahan yang ada sehubungan dengan perlunya koordinasi ini adalah bahwa masih ditemukan beberapa pangkalan yang menjual dengan harga di atas HET dan juga sering terjadi kelangkaan dalam pendistrubusian elpiji disaat-saat tertentu,” katanya. Untuk itu dirinya berharap melalui rapat koordinasi pembinaan dan evaluasi penyaluran elpiji 3 Kg ini dapat menjadi forum diskusi dan penyelesaiaan dalam mengatasi berbagai permasalahan di lapangan berkaitan dengan pendistribusian di Kota Tomohon. Sementara itu, Kabag Ekonomi Pemkot

Tomohon, Vonny Montolalu mengharapkan agar setiap pangkalan dapat mengurus surat ijin. Sebab, diduga masih ada pangkalan minyak tanah yang beralih ke pangkalan gas elpiji 3 Kg belum mengurus ijin. “Pangkalan wajib mengurus ijin, terlebih HO. Ini demi keamanan pemilik pangkalan agar ada dasar hukum,” katanya. Saat ini, kata Montolalu, kota Tomohon memiliki 2 agen dan 139 pangkalan. Pangkalan juga diminta menjual elpiji 3 Kg sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp16 ribu. “Pangkalan diminta jangan seenaknya menaikkan harga jual,” katanya seraya menambah jika kedepatan menjual di atas HET, maka ijin usaha akan dicabut. Peserta kegiatan ini yaitu SKPD terkait, unsur PT Pertamina Manado, para agen LPG se-Kota Tomohon, pangkalan LPG se Kota Tomohon dan para camat se kota Tomohon dan Nara sumberberasal dari Senior Supervisor Marketing Suport Pertamina Suluttenggo, Femmy Sundah.(gebe)

HARI PRAMUKA

Poli: Bangun manusia yang memiliki karakter Tomohon—Peringatan hari Pramuka ke-52 tahun 2013 di Kota Tomohon ditandai dengan Apel besar gerakan pramuka kwartir cabang yang digelar di lapangan ex-rindam Kelurahan Kakaskasen, Kamis, (22/8) kemarin. Dalam kegiatan ini, sebanyak 34 orang menerima penghargaan terdiri dari penghargaan Darma Bakti, Karya Bakti dan Panca Warsa. Semua anggota pramuka dari tingkat SD,SMP,SMA se-Kota Tomohon terlibat dalam apel tersebut. “Era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Untuk itulah kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat, bukan hanya membangun manusia atau kaum muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan akan

Gerindra, sehingga kami memutuskan bahwa nama Kuntag dicoret,” tukas Tinangon. Ditanya apakah Partai Gerindra bisa melakukan pergantian terhadap posisi yang ditinggalkan Kuntag, Tinangon menerangkan bahwa nomor urut yang dimiliki Kuntag dialihkan kepada Calon yang ada dibawahnya dan seterusnya. “Namun, sudah tidak mungkin lagi ada penambahan atau pengganti dari Kuntag. Pasalnya DCT telah final,” pungkasnya.(try23)

PILCALEG

Pemkot Tomohon kesulitan data pengguna elpiji 3 Kg Tomohon—Wajar saja kelangkaan gas elpiji ukuran 3 Kg sering terjadi di Kota Tomohon. Pasalnya, Pemkot Tomohon masih mengacu pada data lama sebelum konversi minyak tanah ke gas elpiji 3 Kg yakni sebanyak 22.270 penerima. Padahal, seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan usaha yang ada di Kota Tomohon, sudah seharusnya kuota untuk penerima di kota itu ikut dinaikkan. Untuk itu, Sekkot Tomohon, DR Arnold Poli SH MAP dalam rapat koordinasi pembinaan dan evaluasi penyaluran LPG 3 Kg, Kamis (22/8) kemarin, di Aula Naga Mas, mengatakan, data ini penting untuk mengurangi kecurangan dari pengguna elpiji atau warga. Untuk itu, Pemkot Tomohon meminta agar setiap pangkalan bisa memasukkan data penerima persetiap kelurahan. “Data

Gerindra,” katanya. Tinangon menjelaskan, sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang diperoleh KPU Minahasa dari Partai Gerindra, yang bernomor 07-0171/Kpts/ DPP-GERINDRA/2013, yang telah memutuskan bahwa Kuntag resmi dikeluarkan dari keanggotaannya. “Surat Keputusan dari Partai Gerindra bernomor 07-0171/ Kpts/DPP-GERINDRA/ 2013 telah memutuskan dirinya (Kuntag,red) dicabut dari keanggotaan Partai

Tombariri dan Sonder tetap pengawasan Minahasa To m o h o n — P a n i t i a Pengawas (Panwas) Kota Tomohon dalam pemilihan calon legislatif (pilcaleg) 2014 mendatang, bakal ketambahan wilayah pengawasan milik Minahasa yakni Kecamatan Tombariri dan Kecamatan Sonder seiring kedua daerah itu masuk wilayah hukum Polres Tomohon. Hanya saja hal itu masih akan dibicarakan dengan Banwas dan Panwas Minahasa. Namun menurut Kapolres Tomohon, AKBP Marlin Tawas SH MH jika menyangkut pengawasan itu, hanya berlaku bagi hukum dan tidak dalam ranah Panwas Tomohon. Sebab, Kecamatan Tombari dan Sonder merupakan ranah pemerintah. “Panwas Tomohon tetap di Tomohon dan bukan masuk ke wilayah pemerintah Minahasa. Kalau resort Tomohon memang masuk wilayah kedua kecamatan itu,” katanya kepada wartawan, Kamis (22/8) kemarin. Hal senada juga dilontarkan oleh Ketua Komisi A Dekot Tomohon, Drs Paulus Sembel dimana menurutnya, Kecamatan Tombariri dan Sonder yang ditangani Polres Tomohon, itu merupakan wilayah kepolisian. “KPU dan

MARLIN Tawas.

Panwas masuk wilayah pemerintahan dan tidak bisa Panwas Tomohon menangani pengawasan di kedua kecamatan itu,” tambah Sembel. Sebelumnya, Devisi Pengawasan Panwas Kota Tomohon, Rihta Kambong mengatakan, untuk pengawasan kedua wilayah itu sudah dibahas dengan Banwas serta Panwas Minahasa dalam pertemuan dengan Panwas kabupaten/kota belum lama ini. Namun dalam pembahasan ini belum titik temu sehingga akan dibahas kembali. “Ini perlu karena jadwal KPU tentang penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) sudah dilaksanakan lewat pleno. Namun soal kedua wilayah itu masih akan kami bicarakan lagi dengan Panwas Minahasa dan Banwas,” ujar Kambong.(gebe)

APBD-P 2013 MINAHASA

Hibah Kota Langowan & Minteng tak masuk

HUT Pramuka yang diisi dengan kegiatan devile, start dari Lapangan Ex Rindam dan finish di pusat Kota Tomohon.(foto: ist)

tetapi juga kaum muda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kompak serta selalu bersatu dan menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia,” ujar Sekkot Tomohon, DR Arnold Poli SH MAP selaku

pembina apel yang juga sebagai wakil ketua kwartir daerah gerakan pramuka Sulawesi Utara dan sebagai unsur majelis pembimbing cabang gerakan pramuka Kota Tomohon ketika membacakan sambutan ketua kwartir Nasional gerakan pramuka Prof Dr H. Azrul Azwar MPH. Ditambahkannya semoga peringatan hari pramuka kali ini dapat lebih mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda yang lebih baik, sehingga dapat menjadi warga negara yang bertanggung jawab serta calon pemimpin bangsa

yang lebih handal pada masa depan, tutupnya. Turut hadir dalam apel tersebut yakni perwakilan Kwartir Daerah (Kwarda) gerakan pramuka Sulut, Wakil ketua Mabicab/Ketua Mabi-Saka Bhayangkara Kota Tomohon AKBP. Marlien Tawas, SH,MH, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan pramuka Kota Tomohon Fentje D. Goni, SH, Wakil ketua Kwarda/Sekretaris Mabicab Drs. Daniel E. Pontonuwu, Ketua panitia hari pramuka ke-52 DR. Dolvien Karwur, M.Kes, para kepala dinas, badan, bagian, kantor selaku anggota Mabicab Kota Tomohon, para pengurus kwarda, kwarcab, mabicab se-Kota Tomohon.(gebe)

Tondano—Upaya dari panitia dan masyarakat yang berada di 2 calon Daerah Otonomi Baru (DOB) untuk mendapatkan sokongan dari berbagai pihak dan berbagai sisi, ternyata belum sepenuhnya direalisasikan, meski telah sekian lama dimintakan. Seperti halnya anggaran hibah dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minahasa dimana untuk kedua calon DOB yakni Kota Langowan (KL) dan Kabupaten Minahasa Tengah (Minteng) belum dimasukkan. Hal ini dikatakan langsung oleh Sekab Minahasa, Jefry Korengkeng SH MSi kepada sejumlah wartawan, ketika ditemui langsung seusai pelaksanaan Paripurna Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran Perubahan (RKUA-P) APBD tahun 2013 dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Perubahan (RPPAS-P) APBD tahun 2013, di Dekab Minahasa, Kamis (22/8) kemarin. Menurut Korengkeng, tidak dimasukkannya anggaran hibah bagi dua calon DOB tersebut, dikarenakan harus menunggu pengesahan terlebih dahulu. “Untuk dana hibah terhadap dua calon daerah otonom baru, yaitu Kota Langowan dan Kabupaten Minahasa

Tengah, tidak masuk untuk dibahas dalam APBD-P tahun 2013 ini. Pasalnya, harus menunggu pengesahan terlebih dahulu,” ujar Korengkeng. Lanjut dikatakan Korengkeng, dana hibah untuk kedua calon DOB tersebut, selain akan dibahas pada saat sudah ada pengesahaan, Panitianya pun harus mendapatkan legalitas dari pemerintah daerah. “Bisa saja dana hibah ini dibahas apabila kepanitiaan yang ada telah mendapatkan legalitas dari pemda. Karena, masih ada panitia yang belum sepenuhnya legal menurut Pemda. Jangan sampai hal tersebut menjadi kendala karena adanya kepanitiaan ganda,” ujar Korengkeng. Selain itu juga, dikatakan Korengkeng bahwa dana hibah ini juga, harus dikonsultasikan terlebih dahulu pada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara. “Ini juga akan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara,” tukas Korengkeng. Tentu saja, dengan tidak dimasukkannya dana hibah untuk kedua DOB ini dalam APBD-P tahun 2013 ini, menimbulkan pertanyaan yang besar terhadap janji Bupati Minahasa, yang menyatakan bahwa dana hibah untuk calon KL dan Minteng akan dimasukkan dalam APBD Perubahan tahun 2013 ini.(try23)


Minselutra Minsel, Minut, Mitra

JUMAT 23 AGUSTUS 2013

SURAT KABAR HARIAN

13

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

PEMBUKAAN JAMBORE KNPI MINSEL PROFIL

Deece Ruus sosok rendah hati dan berjiwa sosial tinggi RENDAH hati dan berjiwa sosial tinggi, itu yang layak disandang oleh sosok Deece ‘Lily’ Ruus. Dimana, srikandi yang lahir di Ongkaw pada 12 Juli 1978 ini, terus berusaha menjadi bagian dalam pembangunan, baik di Desa Ongkaw I, maupun di Kecamatan Sinonsayang serta Kabupaten Minsel. Deece ‘Lily’ Ruus yang DEECE Ruus. diwawancarai Koran ini, Kamis (22/8) kemarin mengatakan, bahwa membantu warga yang membutuhkan harus dengan ikhlas, karena membantu warga adalah bagian dari pelayanan baik berjemaat maupun bermasyarakat, apa lagi dalam memperjuangkan hak-hak rakyat. “Saya dengan niat suci dan tulus ingin memperjuangkan apa yang menjadi hak warga salah satunya yakni masalah kesejahteraan,” ungkap istri dari Dekky Mewengkang ini. Ibunda dari Nina Mewengkang dan Merking Mewengkang ini juga mengajak masyarakat untuk mensukseskan Pilcaleg pada Bulan April 2014 akan datang, dengan cara terus mempertahankan kebersa-maan dan persatuan dalam menjaga persaudaraan. “Pada kesempan ini juga saya mengajak masyarakat untuk bersama mensukseskan Pemilihan Legislatif (Pilcaleg) tahun 2014 akan datang cara dengan berdemokrasi yang sehat. Dan juga bersama menjaga keamanan serta persatuan, dan ikut mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Minsel yang kita cintai bersama ini,” tutupnya.(esem/brik-s)

KESEHATAN

Pelayanan di Puskesmas terus ditingkatkan MEMAKSIMALKAN pelayanan kesehatan di tingkat Puskesmas se-Minahasa Utara (Minut), Dinas Kesehatan (Dinkes) Minut terus meningkatkan kinerja semua puskesmas yang ada, sehingga masyarakat dapat merasakan dampaknya. Beberapa minggu terakhir ini, Dinkes turun melakukan pemantauan di puskesmas dengan maksud untuk peningkatn pelayanan kesehatan, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan optimal. Dikatakan Kadis Kesehatan Minut dr Sandra Rotty, Kamis (22/8) kemarin, pelayanan kesehatan itu sangat penting, makanya Dinkes sudah menginstruksikan, agar semua puskesmas yang ada, lebih meningkatkan pelayanan, sehingga masyarakat secara maksimal merasakan pengaruhnya. “Selama ini masih banyak kebutuhan kesehatan yang perlu ditingkatkan, untuk itu kalau puskesmas sudah mampu mengaktualisasikan itu, ke depan puskesmas maupun rumah sakit semakin giat dalam memberikan pelayanan,” terang Rotty.(eres)

DISIPLIN

PNS harus ada progres serta hasil capaian DISIPLIN serta kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Minahasa Utara (Minut) dituntut untuk lebih cekatan dan cerdas menerjemahkan instruksi pimpinan. Bupati Drs Sompie Singal MBAdan Wakil BupatiYulisa Baramuli SH bertekad membawa Minut menjadi daerah primadona di Sulawesi Utara. Bahkan saat ini, bupati telah mengeluarkan instruksi tentang kedisplinan PNS di Minahasa Utara. Menurut Singal, disiplin wajib dimiliki PNS serta memiliki loyalitas yang tinggi, dalam melaksanakan tugas. Lepaskan kesan birokrasi yang berbelit-belit dan berikan pelayanan prima kepada publik. “Saatnya kita semua harus berubah dan ciptakan iklim kerja yang kondusif serta perlu ada koordinasi dan konsolidasi organisasi. Ini dimaksudkan agar pekerjaan PNS tepat waktu dan tepat sasaran,” ajak Singal, Kamis (22/8) kemarin. Ditambahkan Singal, setiap PNS perlu ada progres kerja serta hasil capaian kerja dan perlu dibarengi dengan pengetahuan yang komprehensif.(eres)

Dihadiri ratusan pemuda dari 17 Kecamatan Amurang—Jambore Daerah tahun 2013 yang dilaksanakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Minsel, telah dibukan dengan resmi oleh Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, yang diwakili oleh Assisten I Bidang Pemerintahan Drs Danny Rindengan, Kamis (22/8) kemarin. Dimana, jambore tersebut dihadiri oleh ratusan pemuda/ pemudi dari 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Minsel. Kegiatan Jambore yang dipimpin oleh Ketua KNPI Minsel Tertius Ulaan ST MT, dinilai sukses untuk pertama kali digelar di Kabupaten Minsel, bertempat di Desa Lopana Kecamatan Amurang Timur.

Lebih lanjut, Ulaan dalam sambutan mengatakan, dirinya merasa bangga dengan semangat yang ditunjukan oleh para generasi muda yang ada di Minsel. Dirinya juga menjelaskan, dalam jambore ini banyak hal yang bisa didapat lewat materi-materi yang sudah disediahkan oleh pihaknya. “Kita harus menjadi pemuda yang Cerdas Enerjig Profesional (CEP) dalam pembangunan di Kabupaten Minsel,” ucap Ulaan. Sementara itu, Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, dalam sambutan yang dibawakan oleh Assisten I Drs Danny Rindengan mengatakan, pemuda

KETUA KNPI Minsel Tertius Ulaan ST MT, menyampaikan sambutan di pembukaan Jambore Daerah KNPI Minsel, kemarin.(foto:servi/sk)

dimasa sekarang ini, harus mampu memberikan

kontribusi dalam pembangunan. Karena

2 Caleg Nasdem dan PPP didepak 277 DCT ditetapkan KPU Minut Airmadidi—Setelah dilakukan rapat pleno terbuka, yang dipimpin Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) Frederik Sirap bersama dengan rekan-rekan sesama KPU Julius Randang, Indira Maramis, Stela Runtu dan Reinhard Rori serta peserta Partai Politik (Parpol), Kamis (22/8) kemarin, akhirnya KPU Minut mengumumkan sebanyak 277 Calon legislatif (Caleg) yang masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT) dari 12 Parpol yang berhak ikut serta dalam Pemilihan umum legislatif (Pilcaleg) pada 2014. Sebelumnya Bakal calon

legislatif (Bacaleg) untuk Dewan Kabupaten (Dekab) Minahasa Utara (Minut) berjumlah 279 orang yang tertera dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Selain menetapkan 277 nama Caleg, KPU Minut juga mengumumkan dua nama Caleg dari Parpol Nasional Demokrat (Nasdem) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tidak masuk alias didepak dalam DCT, karena berkas mereka dianggap tidak memenuhi syarat. Ketua KPU Fredrik Sirap mengatakan, pasca penetapan DCT oleh KPU, para Caleg sudah bisa mensosialisasikan

diri ke masyarakat, hanya saja sosialisasi-sosialisasi yang nantinya dilakukan para Caleg bersifatnya masih terbatas. “Silahkan mensosialisikan diri, tapi harus mengikuti aturanaturan yang ditetapkan,” tutur Sirap. Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas (Panwas) Minut, Irvan Grosman yang ikut hadir menyaksikan rapat plenot penetapan DCT, mengungkapkan menyangkut sosialisasi yang nantinya dilakukan para Caleg maupun Parpol bisa memanfaatkan ruang sosialisasi yang sudah diatur oleh pemerintah dan tidak bertentangan

dengan aturan. “Menyangkut sosilisasi ini harus memperhatikan nilai estetika dan etika, berdasarkan regulasi yang ada,” terang Grosman. Menyangkut dua nama Caleg dari Nasdem dan PPP yang tidak terakomodir pada DCT, personil KPU Reinhard Rori menuturkan, kedua Caleg tersebut dikarenakan tidak memasukan surat keterangan sebagai penyelenggara pemerintahan dari atasan yang bersangkutan, makanya tidak terakomodir dalam DCT. “Untuk calon dari PPP itu merupakan perangkat desa, sedangkan Caleg Nasdem merupakan angota Polri,” ungkap Rori.(eres)

TAPD

Desa kepulauan di Minut belum tersalur Airmadidi—Tunjangan Aparat Pemerintah Desa (TAPD) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) belum keseluruhannya tersalur. Terbukti, di sejumlah desa wilayah Kepulauan di Kecamatan Likupang Timur (Liktim) belum menikmati hak mereka itu. Demikian ini disampaikan Anggota Dewan Kabupaten (Dekab) Minut, Denny Sompie SE.

“Wilayah kepulauan belum tersalur. Dan ini sudah berbulan-bulan tidak pernah mendapat perhatian pemerintah,” tutur Sompie, Kamis (22/8) kemarin. Tentu masalah ini merupakan bagian dari Kinerja Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Minut, sepertinya terkesan tidak mau tahu. “Yang paling bertanggung jawab disini adalah instansi BPMPD. Sudah berbulanbulan kenapa tidak ada solusi? Ini kan patut dipertanyakan. Tidak bisa Pemerintah desa yang

selalu disalahkan,” kritik Sompie. Sementara itu, Sarhan Antili SE, legislator asal Likupang lainnya, ikut angkat kritikan. “Harusnya BPMPD lakukan pendampingan. Karena pengelolah di desa Kepulauan harus didampingi dalam penyusunan Peraturan desa (Perdes) dan p e m b u a t a n pertanggungjawaban penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD),” terang Antili. Antili mengatakan secara tegas, tidak boleh selalu Pemdes yang disebut

lambat. “Kalau mereka di desa lambat, harusnya BPMPD sudah bisa antisipasi sejak awal dan apa langkah-langkah yang harus dilakukan,” sembur Antili. Sebelumnya, Kepala BPMPD Minut, Jeanette Posumah menerangkan, keterlambatan pencairan kerap ada, dikarenakan belum adanya Perdes dan belum memasukkan pertanggungjawaban penggunaan ADD tahun 2012. “Ini jadi kendala. Kami pada prinsipnya siap memprosesnya,” kata Posumah.(eres)

DATA PEMILIH

Kabupaten Mitra capai 80.992 Ratahan—Setelah dilakukan berbagai perbaikan hasil masukan masyarakat dan pengawasan dari Panitia Pengawas (Panwas) atas Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 2014, yang dikeluarkan pihak jajaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), yang hasilnya diplenokan oleh Panitia Pemunggutan Suara (PPS) disetiap desa se-Mitra Jumat pekan lalu, maka Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) Mitra berjumlah 80.992 pemilih. Hal ini jauh berbeda dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan kepala daerah, yang baru berlangsung 13 juni 2013 lalu, dengan jumlah

pemilih hanya 79.576 pemilih. Sementara itu, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan dan SDM KPU Mitra Helty Massie SE , saat dikonfirmasi Swara Kita, Rabu (22/8) kemarin, menyatakan bahwa data ini setelah diplenokan oleh PPS, jumlah pemilih Mitra bertambah sekitar 1500-an pemilih. “Berarti semua pemilih yang tak terakomodir dalam pemilihan kepala daerah Juni lalu ,kini telah terdata dan ditambah dengan pemilih pemula yang baru saja masuk usia 17 tahun,” ujar Massie. Ditambahkannya juga, setelah diplenokan pihak PPS, maka Daftar Pemilih Hasil Perbaikan (DPHP) ini akan diumumkan secara luas kepada masyarakat, untuk kembali

meminta tanggapan masyarakat, hingga 23 agustus 2013 mendatang dan jika masih ada pemilih yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Hasil Sementara (DPHS), agar secepatnya menghubungi pihak PPS di desa masingmasing, untuk didaftarkan sehingga dapat berpartisipasi dalam pemilu legislatif april 2014 mendatang. “Mulai tanggal 24 Agustus, hingga 6 September 2013 mendatang, merupakan masa perbaikan, untuk diserahkan kepada KPUD, oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), sejak tanggal 7 hingga 10 September 2013, untuk ditetapkan dalam pleno menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan umum legislatif 2014,” ujar Massie.(try19/sl)

pemuda merupakan salah satu tulang punggung

dalam pembangunan di Indonesia, bahkan khususnya di Minsel. “Saya memberikan apresiasi kepada KNPI Minsel yang dalam pembinaan kepemudaan di Minsel mampu memberikan kontribusi dalam mensukseskan program pemerintah dan ikut mengambil bagian dalam pembangunan. Untuk itu, semoga jambore ini bermanfaat bagi pemuda/ pemudi yang telah ikut mengambil bagian,” ungkap Rindengan. Acara pembukaan ini selain dihadiri Rindengan, hadir juga Wakil Ketua Dekab Minsel Ny Jenny Johana Paruntu-Tumbuan SE, pengurus DPD KNPI Sulut, Forkopimda Minsel, para pejabat dijajaran pemkab Minsel, serta ratusan pemuda/pemudi peserta Jambore Daerah tahun 2013.(esem/brik-s)

JAMBORE KNPI MINSEL

KDP: Jadikan sebagai momen pemersatu Amurang—Ketua Dewan Pembina DPD II KNPI Minsel Kristovorus Deky Palinggi SE (KDP), meski tak menyempatkan diri untuk hadir dalam pembukaan Jambore Daerah Tahun 2013, yang dilaksanakan KNPI Minsel, mulai tanggal 22 hingga 24 Agustus, namun tak lupa dirinya memberikan semangat buat para peserta, yang ikut mengambil bagian dalam Jambore tersebut. Dikatakan KDP, bahwa kedepan tantangan pemuda/pemudi sangat berat, apalagi dewasa ini sebagian pemuda/pemudi sudah terjerumus dalam penyalagunaan narkoba dan sejenisnya. Untuk itu, momentum jambore ini, harus dimanfaatkan guna bisa ikut mengambil bagian dalam pembangunan di Minsel. “Saya bangga karena pemuda/pemudi di Minsel sangat dewasa dalam membaca situasi dan perkembangan dunia saat ini, untuk itu mari kita jadikan momentum hari kemerdekaan dan jambore ini sebagai momen pemersatu, sehingga persa-

DEKY Palinggi.

tuan pemuda semangat baru untuk pembangunan di Minsel,” tandasnya. Lanjut, KDP ikut mengajak kepada segenap pemuda/pemudi yang ada di Minsel, untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Minsel dengan menunjang program-program pemerintah saat ini. “Saya mengajak pemuda/pemudi untuk mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Minsel dalam hal pembangunan, bahkanpun menjaga keamanan dan ikut mengambil bagian dalam misi perdamaian antara sesama masyarakat yang terlibat konflik,” tutupnya.(esem/brik-k)

ROLLING PEJABAT

T2 gelar disisa waktu masa jabatan Bupati Ratahan—Rencana Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) Telly Tjanggulung (T2) untuk melaksanakan rolling pejabat di daerah ini, akhirnya terealisasi Kamis (22/8) kemarin. Rolling tersebut dilakukan mulai dari pejabat eselon II hingga eselon IV. Sebelumnya pihak BKDD Mitra saat akan dikonfirmasi Swara Kita kemarin, melalui Kabid Kepegawaian Arthur Sumual, enggan memberikan komentar soal hal ini. “Maaf saya dipanggil Kadis karena ada rapat mendadak,” ujar Sumual, saat ditemui di ruang kerjanya, siang sekitar pukul 12.00 Wita. Sementara itu, sejumlah pejabat yang ditemui mengaku pada pukul 15.00 Wita, sudah ditelpon untuk menghadiri acara di kantor bupati, tanpa merinci soal akan adanya acara pelantikan. “Saya Cuma dipanggil melalui telepon dari staf TUP,” ujar Kaban BPLH Denij porajow. Namun menjelang pukul 16.00 Wita, terlihat bukan hanya kepala badan dan kepala dinas yang hadir, akan tetapi hadir juga seluruh camat dan kepala

sekolah, yang terlihat berada di ruang aula kantor bupati. Sementara itu, dari bincang-bincang beberapa pejabat soal akan dilaksanakannya roling oleh bupati, dimana soal pelaksanaannya yang mendekati akhir masa jabatan bupati di daerah ini. “Ini merupakan rolling satu bulan jabatan, untuk pejabat yang akan dilantik bupati,” tandas salah satu pejabat, yang enggan namanya dikorankan. Menurutnya lagi, setelah ini nantinya, ketika akan ada pejabat bupati baru, pasti akan dilaksanakan rolling kembali. “Memang bupati saat ini punya hak prerogatif, untuk mengganti pejabat, meskipun tinggal satu bulan,” ketusnya. Diketahui, Bupati T2 akan mengakhiri masa jabatannya pada tanggal 23 September 2013 mendatang, dan rolling dimasa akhir tugasnya ini, terus mendapat sorotan berbagai kalangan sebagai roling satu bulan, selanjutnya bupati baru diprediksikan berbagai kalangan, akan melakukan hal yang sama.(try19/sl)


JUMAT 23 AGUSTUS 2013

Lomban tutup Workshop supply chain management WORKSHOP Supply Chain Managemen yang digelar Pemerintah Kota Bitung bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI dalam rangka pendirian akademi Komiditas Logistik Bitung sebagi dukungan pelakasanaan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ditutup Wakil Walikota Bitung MJ Lomban dalam acara penutupan di ruagan Sidang kantor Walikota Bitung lantai IV Kamis (22/8). Workshop yang diegelar selama dua hari dengan materi Transportasi dan Distribusi, Oleh Dr. Ir, Hoetomo Lermbito, MBA Presiden Directur UTS Conslting dan anggota tim ahli Sislognas Kememko perekonomian , cros Border Logistic dan materi Makro logistik dan SCM Overview and Wherehouse oleh Dr. Norfisel, SE, MM selaku Sekretaris tim Ahli sislognas, Executif Board Asosiasi Logistik Indonesia dan MD JNE logistics. Acara penutupan Workhsop dihadiri asisten Deputi Bidang Sistem Logistik dan Fasilitasi Erwin Rasa dalam sambutannya menyampaikan kekaguman akan semua peserta yang hadir,” Meski hal ini merupakan hal baru namun semua peserta penuh dengan antusias,” tutur Rasa. Wakil Walikota Bitung menuturkan bahwa melalui penyelenggaraan Workshop diharapkan para peserta dapat menjadi Profesional dibidang supply chain management dan logistik dan menguasai strategi keahlian dipasar global. Dengan harapan kedepan peserta akan mampu menjelaskan kepada masyarakat apa yang telah mereka dapatkan pada Workshop,” Kedepan kita akan menjadi pusat pendidikan Logistik di indonesia dengan harapan peserta yang sudah tahu tentang ini akan mampu menjabarkannya kepada masyarakat,” tutur Lomban, Lomban kesempatan tersebut berterima kasih atas kehadiran Deputi V Menko perekonomian selaku ketua Tim Pengembangan Sislognas dan seluruh nara sumber beserta rombngan,’ apa yang telah diberikan oleh tim pengembangan sislognas melalui sosialisasi dan Workshop akan sangat bermanfaat bagi perkembangan kota bitung kedepan,” tutur Lomban.(wepe/brik-k)

Satalrobit

Sangihe, Talaud, Sitaro, Bitung

Tikam warga, oknum PNS dihajar massa AKIBAT dipengaruhi minuman keras (Miras) oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) berinisial ET alias Edy (30) dihajar massa setelah melakukan aksi penikaman terhadap korban Marthin (24) warga Kampung Mala Kecamatan Siau Timur Selatan (Sitimsel). Dari data yang berhasil dirangkum, kejadian terjadi pada Rabu (21/8) malam lalu dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) Boulevard Mala Kampung Mala Kecamatan Sitimsel. Dimana korban yang kesehariannya bekerja sebagai tukang ojek tersebut nyaris tewas akibat ditusuk pelaku. Dimana kejadian berawal dari pesta miras beberapa orang di boulevard. Tanpa alasan jelas, para pemuda tersebut terlibat pertengkaran. Saat pelaku sedang adu mulut dengan temannya, tiba-tiba pelaku yang telah menggenggam sebilah pisau, mencoba mengarahkan tikaman ke temannya itu. Saat situasi lagi kacau, korban datang melerai pertengkaran. Namun nasib sial menimpa korban dimana hendak baik-baik melerai justru tertikam oleh pelaku di lambungnya. Korban pun langsung tergeletak bersimpah darah. Sejumlah warga di sekitar TKP langsung memberi pertolongan dengan membawa korban ke rumah sakit Sawang untuk mendapatkan perawatan medis. Sementara itu, tersangka dikerumuni massa dan dikeroyok massal. Setelah babak belur, massa membawa PNS ini ke polisi untuk dipolisikan. Kapolsek Siau Timur AKP Olly Sampouw melalui Briptu Hendra Noholo membenarkan kejadian tersebut. “Saat ini sementara dilakukan pemeriksaan,” akunya.(esge)

14

Tes CPNS 2013 bakal dilakukan secara manual Marthin: Fasilitas di Sitaro masih belum menunjang komputerisasi Ondong—Menghadapi pelaksanaan perekrutan hingga tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2013, dipastikan para peserta ujian di Kabupaten Sitaro tidak usah ambil pusing tentang bagaimana teknis ujian pada hari H nanti. Pasalnya, pelaksanaan ujian dipastikan akan

dilaksanakan secara manual bukan komputerisasi, seperti cara ujian yang sering dilakukan sebelumnya. Kepala Dinas Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Sitaro Drs Alfianus Marthin mengatakan, ujian CPNS Sitaro tidak akan dilangsungkan secara komputerisasi. “Dimana

sesuai dengan ketentuan pusat ada dua jenis teknis ujian CPNS, diantaranya ujian komputerisasi dan ujian manual,” kata Marthin, Kamis (22/8). Dijelaskannya, untuk ujian di Kabupaten Sitaro, akan dilaksanakan secara manual. “Jadi untuk tahun ini kami bisa pastikan ujian akan

digelar secara manual atau akan sama dengan ujian yang pernah dilakukan sebelumnya,” jelasnya. Lanjut dia, perlu diketahui bahwa untuk fasilitas di Sitaro belum menunjang pelaksanaan ujian secara komputerisasi. “Fasilitas di daerah ini tidaklah memadai bilamana ujian dilangsungkan secara komputerisasi. Teknisnya memang harus disesuaikan dengan kesiapan daerah masing-masing,” terangnya.

KEK BITUNG

Sehingga untuk terwujudnya pelaksanaan penerimaan CPNS tahun ini maka ujian tetap dilaksanakan meski secara manual dengan harapan bisa berjalan lancar dan pemerintah pusat juga bisa menggandakan naskah ujian di tingkat provinsi. “Memang untuk soal-soal disusun oleh pusat, tapu sebaiknya naskah digandakan di provinsi saja melalui konsorium perguruan tinggi daerah,” tukas dia.

Lebih lanjut, yang menjadi alasan dia, bahwa belajar dari pengalaman ujian nasional (UN) SMA dulu, pemerintah pusat terlambat mendistribusikan naskah ujian karena penggandaannya dilakukan secara terpusat. “Sehingga kami berharap, sebaiknya naskah ujian digandakan provinsi. Pasti tidak akan terjadi kebocoran soal. Itu karena naskah ujian dikawal ketat aparat kepolisian,” ujarnya.(esge/mm)

KOTA CAKALANG

Rencana aksi disusun di Peninsula

Kawanua pulang kampung bangun Bitung Bitung—Rapat yang dipimpin Assisten II Dra Dahlia Kaeng MS Bersama SKPD terkait di Kantor Dinas Pariwisata Kota Bitung Rabu, (21/8) terus mematangkang rencana kedatangan rombongan orang Sulut yang tinggal di luar negeri berjumlah 60 orang. “Sebagian orang ini merupakan orang asli manado (kawanua) yang sudah lama menetap di negara Amerika dan Kanada direncanakan akan tiba di Kota Bitung Sabtu 24/8 nanti dengan maksud dan tujuan kunjungan yaitu untuk berlibur sekaligus mengadakan bakti sosial di kecamatan Ranowulu dan

Proklamasi slalom test PKPI digelar hari ini KEJUARAAN otomotif slalom test yang dilaksanakan oleh Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia pada 23-25 Agustus dengan tajuk kemerdekaan slalom test PKPI yang dilaksanakan di depan kantor walikota Bitung dengan kelas yang diperlombakan adalah kelas pick up, Kelas Station, Kelas city Car, Free Fall All. “Banyak sekali potensi muda di kota Bitung yang mahir dengan olahraga otomotif, untuk kepedulian ini membuat kami melaksanakan olahraga ini untuk menggali potensi di olahraga otomotif,” ungkap ketua panitia Boy Dumais. Sementara itu, Penggiat olahraga otomotif Nasional Santy G Luntungan yang ada pimpinan PKPI Bitung mengatakan jika event ini akan menjadi batu loncatan pembalap Sulut ke ajang Nasional. “Saya sudah bicara dengan sponsorsip dan saya yang akan membiayai siapa yang menjadi juara di event ini untuk mengkuti lomba ditingkat nasional yang dilaksanakan di Makasar,” kata Luntungan. Tak hanya kelas diatas tadi, namun pada event ini pihak panitia juga melaksanakan eksebisi, yaitu Kelas Standard Roda belakang, Kelas Wanita. “Pendaftarannya hanya Rp 200 ribu per kelas dan Rp 150 ribu per kelasnya,” kata Dumais. Sementara untuk jadwalnya Pada Jumat adalah pendaftaran dan scrutenering, sekaligus latihan resmi. “Untuk Lomba sendiri dilaksanakan pada Sabtu pagi sampai sore dan Minggunya adalah final,” jelas Luntungan. Untuk pendaftaran sendiri dilaksanakan di Sekretariat IMI Sulut dan Sekretariat PKPI Bitung dengan Informasi isa didapatkan di Petratech Bengkel Sangerat, Komunitas Slalom Sulut.(wepe/ brik-s)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

akan menyerahkan bantuan sebesar 2000 US$ guna membeli berbagai kebutuhan berupa obatobatan, berbagai kelengkapan panti serta kebutuhan pokok untuk diberikan kepada pihak panti asuhan (Panti Werdha),” kata Kaeng. Selanjutnya rombongan akan berkunjung di berbagai objek pariwisata di Kota Bitung, namun sebelum melakukan peninjauan kunjungan di tempat pariwisata dan berbagai fasilitas kota lainnya, rombongan akan diterima Walikota Bitung Hanny Sondakh di Rumah Dinas.(wepe/mm)

KENPA DAN GOLONGAN SEKKOT Bitung Drs Edison Humiang yang hadir mewakili Walikota Hanny Sondakh dalam pertemuan di Hotel Sintesa Peninsula Manado.(foto: epang/sk)

Bitung—Pertemuan dalam rangka penyusunan rencana aksi untuk mendukung pengembangan KEK Bitung dilakukan pada Kamis (22/8) yang bertempat di Hotel Sintesa Peninsula Manado. Sekretaris Kota (Sekkot) Bitung Drs Edison Humiang yang hadir mewakili Walikota Hanny Sondakh dalam menyusun rencana aksi ini. Tujuan pertemuan ini menyepakati rencana aksi penyelenggaraan KEK Tanjung Merah Bitung. “Setelah KEK ditetapkan

melalui PP, KEK tersebut tidak langsung beroperasi dan diberikan waktu paling lambat 3 tahun sampai KEK siap beroperasi, maka untuk itulah perlunya disusun rencana aksi”, kata Humiang usai pertemuan. Dikatakan Humiang, karena sesuai UU No. 39 tahun 2009 tentang KEK dalam penjelasan Pasal 12 ayat 1 mengatakan bahwa KEK siap beroperasi bila telah terpenuhi seluruh kelengkapan infrastruktur, sumber daya manusia dan perangkat pengendalian

administrasi. Dalam pertemuan itu, rencana aksi yang disusun mencakup pembangunan infrastruktur dalam dan luar kawasan, pembentukan kelembagaan yang akan mengelola KEK, pelimpahan kewenangan, penetapan badan usaha pembangun dan pengelola KEK, insentif dan kemudahan serta pemantauan dan evaluasi. “Turut dibahas dalam pertemuan ini berbagai proyek konektivitas penunjang KEK di

antaranya pengembangan Pelabuhan Bitung, pembangunan jalan Tol Manado-Bitung, perpanjangan bandar Udara Sam Ratulangi dan pembangunan Waduk Kuwil Sawangan,” kata Humiang. Dirinya hadir didampingi beberapa pejabat diantaranya Kepala Badan Perijinan Ir Pingkan Sondakh, Kadis Tata Ruang Stephen Tuwaidan dan Kepala PDAM Hengky Sampouw.(wepe/ brik-k)

PERGANTIAN KABAN KESBANGPOL

Porawouw: Sudah sangat prosedural

FRANS Porawouw.

Ondong—Menyikapi tudingan mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Drs Des Kalensang yang menganggap pencopotan

posisinya improsedural langsung ditepis Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Sitaro Frans Porawouw SIP. Dimana Porawouw yang juga telah dilantik belum lama ini oleh Bupati Sitaro Toni Supit dalam rolling pejabat, sebagai pelaksana tugas (Plt) Kepala Kesbangpol dan Linmas tidak ingin pencopotan tersebut masih dipolemikan. Menurut Porawouw, Kamis (22/8) kemarin, pergantian Kalensang sudah sesuai aturan berlaku. “Jadi ini sudah sesuai aturan dan sebenarnya tidak usah dipermasalahkan lagi. Dalam aturan, jika

usulan Bupati ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) mengenai pergantian eselon II belum diberi respon Gubernur selama satu bulan, maka dengan sendirinya usulan tersebut dianggap telah diterima,” tukas Porawouw. Dikatakan Porawouw, usulan pergantian sudah disampaikan pemerintah daerah ke Provinsi sejak Juni lalu. Artinya, sudah dua bulan lebih usulan disampaikan, sehingga mengikuti ketentuan, maka Bupati berwenang melakukan pergantian. “Untuk kami berharap, pihak-pihak tertentu tidak usah lagi memperkeruh

suasana. Stabilitas politik Sitaro harus senantiasa dijaga. Jangan sampai efek Pilkada lalu, masih berpengaruh negatif dalam pembangunan saat ini,” katanya Ditambahkannya, pimpinan daerah telah memberikan penegasan dimana dirinya tetap menjadi pemimpin seluruh rakyat Sitaro bukan hanya kelompok tertentu. “Pak bupati juga sudah menegaskan, dia adalah pemimpin semua masyarakat Sitaro. Jadi bukan cuma milik kelompok tertentu. Jadi mari kita fokus membangun daerah ini semakin maju,” ajak dia.(esge/mm)

26 PNS Sitaro ikut ujian dinas Ondong—Sebanyak 26 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkup Pemkab Sitaro, Kamis (22/8) kemarin mengikuti Ujian Dinas kenaikan pangkat (Kenpa) dan golongan, serta ujian penyesuain ijazah. Ujian dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati. Dimana ujian tersebut berdasar klasifikasi PNS. Mereka terbagi atas 7 orang PNS yang mengikuti ujian dinas tingkat I untuk kenaikan pangkat dari Gol II/d ke Golongan III/a, 14 orang ujian dinas tingkat II untuk kenaikan pangkat dari Gol III/ d ke Gol IV/a, dan 2 orang ujian penyesuaian ijazah S2 serta 3 orang ujian penyesuaian ijazah S1. Bupati Sitaro Toni Supit SE MM melalui Kabag Humas Persandian dan Protokol Sitaro James Marthin SPd

PILEG 2014

10 parpol di Sitaro setujui draft DCT

IKLAN MEDIA

Panwas dan KPU beda pendapat Bitung—Mungkin Lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bitung dan Panwas Bitung masih harus belajar banyak soal aturan. Pasalnya, kedua lembaga pelaksana pemilihan umum ini tidak mempunyai satu konsep soal iklan di media cetak, online dan elektronik. Buktinya, saat wartawan Swara Kita mengajukan pertanyaan ke Ketua

Panwaslu Bitung Robby Kambey mengungkapkan jika iklan di media masa belum bisa ditayangkan dalam waktu dekat ini. “Dalam aturan iklan media masa hanya dilaksanakan 21 hari sebelum masa tenang, bersamaan dengan kampaye rapat umum sesuai,” kata Kambey, Kamis (22/8). Sementara, Ketua KPU Bitung Sammy Rumambi

yang didampingi Humas Viktor Roti mengungkapkan jika persoalan ikalan media sudah bisa dilaksanakan sejak 11 Januari lalu. “Silahkan saja media mencantumkan iklan dan itu tidak ada masalah,” jelas Rumambi yang diaminkan Roti. Tak hanya itu saja, pihak KPU tetap bersih keras untuk media agar bisa memasang iklan caleg pada

saat ini. “Silahkan anda liat di beberapa media iklaniklan itu sudah di pasang,” kata Roti. Hal miring lainnya diungkapkan oleh Anggota Panwas yang lain, Zulkifli Densi yang berkeinginan menguji KPU Bitung. “Kita (KPU dan Panwas) harus bertemu bersama dan mem-bahas Peraturan KPU no-mor 1 tahun 2013 tentang kampanye,” jelasnya.(wepe/mm)

TONI Supit.

berharap, ujian tersebut dapat menjadi dorongan dan memotivasi untuk terus meningkatkan kompetensi. “Kenaikan pangkat dan golongan menjadikan setiap PNS memiliki tanggung jawab lebih besar, dalam tugas dan pengabdiannya melayani masyarakat,” ujar Marthin.(esge/brik-k)

PRICILYA Bawole.

Ulu Siau—Sebanyak 10 (sepuluh) Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Kepulauan Sitaro sudah membubuhkan paraf atas draft Daftar Calon Tetap (DCT). Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sitaro Pricilya E Bawole SE lewat komisioner Fidelk Maliumbot SSos pada Swara Kita Kamis (22/8) kemarin. “Sepuluh parpol yang menyetujui dan menandatangani draft ini minus Partai Golkar

(PG),” kata Malumbot. Dijelaskan Malumbot, siang tadi (kemarib, red) perwakilan dari 10 parpol di Sitaro (minus PG) sudah membubuhkan paraf persetujuan atas draf DCT. “Karena itu KPUD sudah menetapkan DPT DPRD Kabupaten Sitaro pada Pemilu 2014 berjumlah 167 org calon legislatif, 67 orang (40,1%) di antaranya caleg perempuan,” jelasnya. Dalam DCT yang sudah ditetapkan tersebut, ditambahkannya, terjadi perubahan dari DCS yaitu caleg PG Dapil 1, caleg nomor urut 2 atas nama Welmie Kinsale dinyatakan tidak memenuhi syarat. “Ini karena tidak memasukkan SK pemberhentian dari jabatan kapitalau atau sekurang-kurannya surat keterangan bahwa SK pemberhentian sedang dalam proses, dan selain itu 2 caleg Partai Nasdem dapil 3 mengundurkan diri,” tambahnya.(esge/mm)


JUMAT 23 AGUSTUS 2013

HONDA K2

Tidak hadir pertemuan 32 orang dinyatakan gugur SEBANYAK 32 orang Honorer daerah (Honda) kategori dua (K2), dilingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dinyatakan gugur. Hal ini tegaskan oleh Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Boltim Ir Muhammad Assagaf, saat memberikan arahan dihadapan Honda K2 dilantai tiga kantor Bupati Boltim Kamis (22/8) kemarin, terkait dengan tahapan pelaksanaan testing yang akan dilaksanakan pada bulan September dan November nanti. Dikatakan Assagaf, pertemuan yang difasilitasi oleh pihak Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Boltim, antara Pemkab Boltim dan para Honda K2 ini, adalah agenda yang sangat penting, karena hal ini menyangkut nasib dan masa depan 269 orang Honda K2 di Boltim. “Jadi bagi yang tidak hadir, pada pertemuan ini sudah dinyatakan gugur. Kecuali yang tinggalnya di daerah yang sulit dijangkau oleh telekomunikasi. Seperti Desa Matabulu dan Jiko Blanga, seliain dari itu Pemkab Boltim tidak ada kompromi, “ tegas Assagaf. Assagaf juga mengatakan, Honda K2 yang akan lulus menjadi CPNS Boltim tegantung dari nilai yang diperoleh yang bersangkutan.(try25)

Totabuan

Bolmong, Kotamobagu, Bolmut, Boltim, Bolsel

SURAT KABAR HARIAN

15

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Proyek di Bolmut disembunyikan? Diduga besaran Rp50 juta sampai 200 juta sudah ada yang dikapling Boroko—Proses pelelangan terhadap sejumlah paket proyek pembangunan yang ada di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) yang berbandrol Rp50 juta hingga Rp200 juta dimasing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut diduga sudah dikapling oleh sejumlah kontraktor. Hal ini seperti yang disampaikan oleh sejumlah kontraktor ketika bersua dengan media ini. “Ketika kami mempertanyakan masalah Pengadaan Langsung (PL) proyek disejumlah SKPD, ada

beberapa pejabat yang menyatakan bahwa proyek tersebut sudah diarahkan kepada orang-orang tertentu,” ungkap sejumlah sumber yang enggan namanya dikorankan. Mereka pun menilai bahwa sejumlah proyek tersebut terkesan disembunyikan. “Ini kan melanggar undangundang keterbukaan terhadap publik, kami hanya mendengarkan jika sejumlah proyek sudah ada calon pemenangnya,” tambah mereka. Terpisah Ketua Komisi III Dewan Kabupaten Bolmut yang membidangi Bidang Pembangunan Saiful Ambarak SPdI menyatakan,

jika pihaknya sangat prihatin dengan berbagai macam keganjalan dalam berbagai macam proses tender yang dilakukan oleh masingmasing SKPD di Pemkab

Bolmut. “Ini seharusnya tidak perlu dilakukan oleh SKPD, sebab sangat bertentangan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2012 sebagaimana telah dirubah dalam Perpres Nomor 70 tahun 2012 tentang Pengadaan barang dan jasa pemerintah dimana pada pasal 8 yang menjelaskan

bahwa Pengguna Anggaran (PA) menetapkan dan mengumumkan Rancangan Umum Pengadaan (RUP) melalui website yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten, disamping itu hal ini tidak sesuai dengan roh undangundang tentang sistem informasi publik,” jelas Ambarak. Untuk itu dirinya

menekankan kepada masingmasing Satuan kerja (Satker) yang belum mengumumkan RUP melalui website untuk tidak melaksanakan proses PL karena hal ini dikhawatirkan akan berdampak secara hukum dikemudian hari. “Kita tidak menginginkan semua proses PL berdampak pada hukum,” tegas Ambarak.(wege)

PENYAKIT ISPA

Dekot KK warning proyek pekerjaan jalan Pobundayan Kotamobagu—Dewan Kota (Dekot) Kotamobagu, mewarning proses pengerjaan proyek jalan di Kelurahan Pobundayan Kotamobagu Selatan (Kotsel) agar dilaksanakan secara profesional. Salah satu Wakil Ketua Dekot Kotamobagu Bob Paputungan ST mendesak agar, kontraktor pelaksana proyek tersebut bisa mengutamakan aturan pengerjaan proyek. Sebab, menurutnya proyek tersebut tidak dilakukan secara profesional oleh pelaksana proyek karena menibulkan kontra dari kalangan masyarakat. “Kasihan, masyarakat yang tinggal disekitar jalan itu bisa mengidap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Ini bukti pelaksanaan proyek itu tidak profesional,” ujar Paputungan, Kamis (22/8) kemarin. Dilanjutkan Paputungan, pihaknya mendorong agar instansi teknis dalam hal ini

TAMPAK pekerjaan jalan di blokir oleh sejumlah warga, dengan menggunakan batang kayu dan batu.(foto: verdy/sk)

dinas PU Bina Marga Provinsi untuk bisa melakukan pengawasan terhadap proyek tersebut. “Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan kita bersama akan terjadi, yang disebabkan pekerjaan yang tidak beres itu,” tandas Paputungan. Diketahui sebelumnya, puluhan warga yang ada di Kelurahan Pobundayan melakukan aksi blokade jalan, Rabu malam (21/8) kemarin, dengan menggunakan

batang kayu dan batu. Akibatnya kendaraan baik roda 4 roda 2 dan roda 3 tak dapat melintas di jalan tersebut.Pemblokiran yang dilakukan warga itu dilakukan karena merasa kesal dengan kinerja pihak pelaksana proyek tersebut yang hingga kini belum selesai. Sebab, menurut warga setempat, dampak dari lambannya pengaspalan jalan tersebut yakni pada masyarakat yang bermukim

disekitar jalan itu, seperti mengidap penyakit ISPA, selain itu juga bisa menyebabkan terjadi kecelaakaan, karena kondisi jalan yang tidak memadai. “Biasanya jalan tersebut di semprot dengan air, namun akhir-akhir ini sudah tidak lagi dilakukan. Karena selain masyarakat yang mendapatkan ISPA, juga sering terjadi kecelakaan,” kata Rahman warga sekitar.(veem)

PILCALEG

KPU Boltim akomodir 188, KPU Bolmut tetapkan 227 Tutuyan—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Kamis (22/8) kemarin, menetapkan Daftar Calon Tetap (DCT) Calon Legislatif anggota Dewan Kabupaten (Dekab) Boltim, periode 2014-2019 berjumlah 188 orang. Dimana Caleg Perempuan berjumlah 75 orang, dan Caleg laki-laki sebanyak 113 orang. Menurut komisioner KPU Boltim, melalui Ketua Divisi Hukum dan Teknis Awaludin Umbola, sebelumnya Daftar Calon Sementara (DCS) dari 12 Partai Politik (parpol) berjumlah 191 calon. “Namun setelah melalui

tahapan verifikasi dalam rangka penetapan DCT, tercatat beberapa calon yang mengundurkan diri. Dari partai Golkar berjumlah 3 orang yakni Khadafi Kadengkang nomor urut 7, Malinda Solak nomor urut 10, dan Novianti Lapalima nomor urut 11. Sementara dari Partai Nasdem, yang mengundurkan diri hanya Juniati Modeong dan telah diganti Firginia Ismail. Begitu juga Partai Hanura, mengundurkan diri satu orang, yakni Buyung Algifari Potabuga. Semua yang mundur dari Dapil dua,” ujar Umbola. Sementara itu, Ketua KPU Boltim Hendra Damopolii

mengatakan, bagi calon anggota Dekab Boltim, yang terjerat hukum tidak mempengaruhi dalam proses penetapan DCT. “Bagi KPU status mereka sebagai calon dan masuk DCT tetap sah. Kecuali sudah ada putusan hukum tetap dari pengadilan. Dan jika calon tersebut dipilih, suaranya sah tapi masuk ke partai, “ terang Damopolii Ditempat terpisah, KPU Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Kamis (22/8) kemarin menggelar pleno penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) peserta pemilu legislatif 2014. Dalam pleno penetapan DCT telah ditetapkan 227 dari

hasil perbaikan 239 DCS. Demikian dikatakan Ketua KPU Mahyudin Pandialang melalui Ketua Pokja pencalonan Lasa Korompot. “Dari hasil perbaikan 239 DCS dengan melalui tahapan hingga pleno penetapan DCT maka telah menetapkan 227 DCT legislatif 2014,” terang Korompot. Dirinya juga menambahkan, ada beberapa yang tidak memenuhi syarat sebagai DCT sebanyak 13 orang dari semua dapil yang ada. “Melalui proses serta tahapan verifikasi 239 DCS sebanyak 13 orang dinyatakan tidak lulus DCT,” kata Korompot.(try25/wege)

BACALEG

Keikutsertaan Sangadi lumpuhkan pemerintahan desa Boroko—Fakta menarik dalam Pemilu Legislatif tahun 2014 mendatang, dimana banyak Kepala Desa (Sangadi, red) yang berlomba-lomba untuk terjun dalam dunia politik dengan mengikuti kompetisi lima tahunan ini. Terbukti, kurang lebih 16 orang Sangadi aktif saat ini tengah berusaha mengurus Surat Keterangan (SK) pengunduran dirinya. Kondisi ini, menuai sorotan dari sejumlah kalangan. Yambat Pontoh salah satu tokoh pemuda setempat berpendapat, ketika banyak Sangadi yang mencalonkan

diri sebagai kandidat Pilcaleg, lantas kepada siapa lagi masyarakat harus mempercayakan amanah untuk menjalankan roda pemerintahan desa. “Seorang Sangadi itu, dirinya menjabat sebagai pemimpin desa karena keinginan raykat dan telah melalui sistem demokrasi yang sah. Jadi, ketika dirinya melepas tugas sebagai Sangadi, dan mencalonkan diri sebagai Kandidat Caleg, sama saja dengan lari dari tugas dan amanah rakyat,” ungkap Yambat. Yambat juga

menambahkan, jika semua Sangadi ini akan terakomodir dalam pencalonan legislatif nanti, sudah dipastikan akan ada 16 Desa yang kehilangan arah kepemimpinannya. “Jangan sampai jabatan Sangadi hanya dijadikan barometer kekuatan suara dan batu loncatan popularitas untuk menduduki kursi dewan,” sindirnya. Dirinya juga berpendapat, tidak semua Sangadi yang tengah gencarnya membangun konsolidasi untuk bertarung dalam Pilcaleg 2014, memiliki Sumber Daya Manusia

(SDM) yang memadai sebagai seorang Caleg. “Ketika dilihat dari segi SDM, saya fikir tidak semuanya mampu menjalankan tugas sebagai seorang Caleg. Sebab tugas dan kewajiban seorang Caleg itu jauh lebih besar dari pada hanya menjadi seorang Sangadi. Untuk itu, sebaiknya niat para Sangadi ini, dipertimbangkan lagi. Tujuannya demi menjaga stabilitas perputaran roda pemerintahan desa yang sudah tentu bakal pincang ketika ditinggalkan seorang Sangadi,” tandasnya.(wege)


SWARA KITA

JUMAT 23 AGUSTUS 2013

BUPATI Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE terus berkarya untuk Kabupatan Minsel. Lihat saja, usai 27 desa mendapatkan PPIP, kini kembali lewat dana APBNP, Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini berhasil

melobi PPIP hingga ketambahan 66 desa, sehingga total PPIP masuk Minsel sudah total 93 desa pada tahun 2013 ini. Dan kusus, Rp 16,5 M ini jadi kado istimewa Tetty buat rakyat Minsel di Hut RI Ke-

68 pada tanggal 17 Agustus yang lalu.Dimana, lewat surat keputusan Kementerian PU tanggal 29 Juli 2013, no SK 314/KPTS/N/2013, perihal penetapan desa sasaran PPIP, yang ditandatangani Mentri PU Djoko Kirmanto.

16

23082013  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you