Issuu on Google+

SWARA KITA TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

Casillas jadi kiper utama KIPER Real Madrid Iker Casillas, mengaku senang telah dipercaya pelatih Spanyol, Vicente Del Bosque, untuk mengawal mistar gawang La Furia Roja saat menghadapi Uruguay pada Piala Konfederasi, Senin (17/6) dinihari kemarin. Ia mengaku seperti kembali ke 13 tahun silam ketika pertama kali melakukan debut internasional pada 2000.

Selain Casillas, Spanyol membawa dua kiper lainnya untuk Piala Konfederasi, yakni Victor Valdes dan Pepe Reina. Namun, Del Bosque lebih memilih Casillas untuk mengisi pos utama di bawah mistar Spanyol meski kiper berusia 32 tahun itu dalam beberapa bulan terakhir jarang dimainkan di Madrid. Baca: Casillas ( Halaman 2 )

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

SELASA 18 JUNI 2013 NOMOR 02302 TAHUN VII

Demokrat kritik PDIP

SELEBRITI

Ungkit Megawati dua kali naikkan harga BBM ketika masih menjabat presiden

JULIA PEREZ

Bantu 995 napi ATRIS seksi Julia Perez merasa lega menghirup udara bebas mulai Senin (17/6) kemarin, setelah mendekam selama tiga bulan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta. Lantas apa saja yang dilakukan Jupe selama di penjara? “Saya menerbangkan 995 warga binaan selama di dalam. Mereka pesan ‘jangan nengok ke belakang’,” kata Jupe. Kekasih Gaston Castano itu menilai penjara tidak seperti yang orang bayangkan selama ini. Ia justru bisa tidur nyenyak selama di penjara. Baca: Bantu ( Halaman 2 )

INTERNASIONAL

Jakarta—Pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) oleh DPR RI, hingga Senin (17/6) tadi malam masih berjalan alot. Pembahasan yang paling alot dan membutuhkan lobilobi tingkat tinggi terdapat di rencana pemerintah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Meski demikian, setelah mendengarkan catatancatatan dari seluruh fraksi di DPR, baik yang menerima maupun menolak RUU tentang perubahan UU No 19 tahun 2012 tentang APBN 2013, maka sidang paripurna akhirnya menerima APBN-P 2013. Berdasarkan hasil voting yang digelar sidang paripurna, sejumlah fraksi yang menolak yakni Fraksi Partai Hanura sebanyak 14 orang, Fraksi Partai Gerindra 25 orang, Fraksi PKS 51 orang dan Fraksi PDIP 19 orang dengan total suara sebanyak 181 orang. Sedangkan fraksi yang menerima yakni Fraksi PKB sebanyak 23 orang, Fraksi PPP 34 orang, Fraksi PAN 40 orang, Fraksi Partai Golkar 98 orang dan Fraksi Partai Demokrat 143 orang dengan total suara sebanyak 338 anggota dewan.

Bawahannya korupsi, Necas pilih mundur

PETR Necas mengumumkan pengunduran dirinya sebagai PM Ceko setelah bawahannya terbukti terlibat kasus korupsi.(foto: ist)

SIKAP gentleman ditunjukkan Petr Necas. Dimana pada Minggu (16/6) waktu setempat, mengumumkan akan mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri (PM) Ceko. Keputusan itu diambil Necas setelah Kepala Stafnya, Jana Nagyova, terbukti terlibat kasus korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Kantor berita BBC, melansir Nagoya terlibat kasus penyuapan terhadap mantan anggota parlemen Ceko. Nagyova diduga menawari anggota parlemen itu sejumlah uang asal mau melepas jabatannya di kursi parlemen. “Saya akan meletakkan jabatan saya sebagai PM. Seluruh pemerintahan juga akan ikut mundur,” ujar Necas. Necas juga menegaskan akan mundur dari tampuk kepemimpinannya sebagai Ketua Partai Demokratik Rakyat (ODS). Dia juga meminta maaf kasus yang membelitnya saat ini ikut menyeret nama partai dan membebani situasi politik di Ceko. Nagyova dituduh juga ikut menawari anggota parlemen itu jabatan lain di perusahaan milik pemerintah. Bersama dengan Nagyova, polisi juga menahan dua orang mantan anggota parlemen, seorang mantan menteri dan kepala intelijen militer Ceko baik yang saat ini masih aktif maupun yang tak lagi menjabat. Dalam penyelidikan polisi, ditemukan uang tunai senilai 150 juta Koruna atau Rp76 miliar, 10 kilogram emas dan sejumlah dokumen penting dari kediaman para tersangka. Baca: Bawahannya ( Halaman 2 )

MENERIMA Fraksi PKB Fraksi PPP Fraksi PAN Fraksi Golkar Fraksi Demokrat

23 orang 34 orang 40 orang 98 orang 143 orang

Jumlah Suara

338 orang

MENOLAK Fraksi Hanura Fraksi Gerindra Fraksi PKS Fraksi PDIP

14 orang 25 orang 51 orang 19 orang

Jumlah suara

181 orang

RAPAT Paripurna DPR RI yang membahas kenaikan harga BBM bersubsidi, hingga Senin (17/6) tadi malam berjalan alot. Nampak Ketua DPR RI Marzuki Alie coba menenangkan para wakil rakyat yang memberikan argumen penolakkan kebijakan pemerintah tersebut.(foto: yudhi mahatma/ant/vinc)

SHS: Ini adalah kebijakan yang sangat tidak populer Manado—Menyikapi kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, Pemprov Sulut meminta semua pihak untuk tidak merespon secara berlebihan. Bahkan masyarakat diharapkan mampu menerjemahkan alasan utama kenapa sampai pemerintah harus melakukan penyesuaian harga BBM di tahun 2013 ini. Menurut Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang (SHS), situasi ekonomi dunia yang belum menentu dan kebu-

tuhan pembangunan infrastruktur dalam negeri perlu direspon dengan penurunan biaya subsidi BBM. “Menaikkan harga BBM bersubsidi sudah pasti mengundang protes. Ini adalah kebijakan yang sangat tidak populer,” ujar SHS melalui Kepala Biro Ekonomi Pemprov Sulut Dr Adri Manengkey, Senin (17/6) kemarin. Dikatakannya, banyak orang menilai bahwa keputusan itu tidak berpihak pada rakyat banyak atau kaum papa. Jika

mungkin, tentu pemerintah menghindari kebijakan yang tidak menyenangkan banyak orang ini. “Namun, pada suatu kondisi tertentu seperti saat ini, mau tidak mau pemerintah terpaksa mengambil langkah yang tidak popular demi kepentingan yang lebih besar,’’ jelasnya. Lebih lanjut Manengkey berujar, sesuai Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2013, pemerintah perlu melakukan sosialisasi, memberikan pemahaman secara baik dan benar kepada

publik terkait penyesuaian harga BBM tahun 2013 ini. “Mengapa pemerintah perlu menaikkan harga Premium dan Solar? Karena harga jual Premium dan Solar saat ini jauh lebih rendah daripada harga pokoknya. Pemerintah harus menambal kekurangan itu dengan mengambil uang (subsidi) dari Anggaran Pen-

KPK siap beber bukti baru eks Presiden PKS

Manado—Adanya sinyalemen bahwa pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mitra, Telly Tjanggulung-Moody Rondonuwu (T2-MoR) akan melayangkan gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pelaksanaan Pilkada Mitra ditanggapi dingin PDIP, parpol yang berhasil mengantar pasangan James SumendapRonald Kandoli (JS-RK) sebagai top eksekutif terpilih untuk periode 20132018. Wakil Ketua DPD PDIP Sulut Drs Steven Kandou bahkan menyarankan kepada T2-MoR juga Partai Golkar supaya tidak usah melayangkan gugatan ke MK, sebab akan menjadi sia-sia.

Baca: Demokrat ( Halaman 2 )

PM CEKO

HASIL VOTING DPR RI

KASUS DAGING - TPPU Jakarta—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rupanya sudah siap membeberkan bukti-bukti baru kasus dugaan korupsi dan pencucian uang eks Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaaq, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). “Ada banyak bukti-bukti baru yang diperoleh KPK dalam penyidikan kasus LHI,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di kantornya, Jalan Rasuna Said Jakarta, Senin (17/6) kemarin. Selain dugaan suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian

LUTHFI H. Ishaaq.

Pertanian, Luthfi juga dijerat sangkaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). “Hari ini berkas LHI sudah dilimpahkan ke pengadilan, pekan depan sudah mulai sidang,” ujarnya. Johan menuturkan, KPK terus me-

ANIS Matta.

ngembangkan penyidikan kasus suap impor daging sapi untuk tersangka Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elisabeth Liman. Dalam kasus ini, KPK terus mendalami keterlibatan pihak-pihak lain.

SUSWONO.

KPK juga akan memvalidasi informasi-informasi baru dari kesaksian dipersidangan terdakwa suap impor daging sapi, Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi. Baca: KPK ( Halaman 2 )

dapatan dan Belanja Negara (APBN),’’ jelas Manengkey sembari mengatakan bahwa harga minyak dunia dan konsumsi dalam negeri yang semakin melonjak tinggi belakangan ini membuat subsidi untuk Premium dan Solar menjadi semakin besar. Baca: SHS ( Halaman 2 )

PILKADA MITRA

PDIP sarankan T2-MoR tidak usah gugat ke MK “Kami sarankan mereka (T2-MoR, red) tidak usah gugat ke MK. Sebab selish suara sangat jauh. Belum lagi uang yang akan mereka keluarkan jika mereka menggugat,” ujar Kandou menjawab Swara Kita, Senin (17/6) kemarin. Sekretaris DPD II Partai Golkar Mitra Tonny Lasut AmTm yang sebelumnya dimintai keterangan malah mengelak untuk memberikan informasi seputar upaya gugatan kubu T2MoR ke MK. Ketua Dekab Mitra ini malah “melempar” kabar tersebut ke Tim Pemenangan (TP) T2-MoR yang diketuai Herry Kereh SEAk. Baca: PDIP ( Halaman 2 )

Mengenal para kandidat lembaga auditor pelat merah

Ada eks wartawan calon kuat anggota BPK RI Jika tak ada aral melintang, tes uji kelayakan calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI bakal dilanjutkan Selasa dan Rabu (18-19/6). Kini terdapat 22 nama yang bakal menjalani tes. Untuk menghindari konflik kepentingan, anggota BPK idelanya berlatar belakang profesional yang memiliki rekam jejak yang bersih. Ini penting untuk menjaga independensi dari lembaga auditor pelat merah tersebut.

DARI 22 kandidat anggota BPK RI, hanya satu yang berasal dari kalangan wartawan. Adalah Ir Parwito, mantan wartawan senior Harian Bisnis yang disebut-sebut

sebagai calon kuat. Saat ini, Parwito menjabat sebagai staf di lembaga auditor pelat merah itu. Kalau tak ada aral melintang, Komisi XI DPR bakal menggelar fit and propert

test (tes uji kelayakan) calon anggota BPK, sejak Senin (17/6) kemarin. Kemungkinan, Parwito akan diuji di sesi kedua. Bagi anggota Komisi XI, tentu masih ingat wajah-

nya. Pasalnya, pria bertubuh subur dengan uban itu, sudah dua kali mengikuti proses seleksi anggota BPK. Baca: Ada ( Halaman 2 )

PARWITO, mantan wartawan senior, saat tes uji kelayakan calon anggota BPK RI di Komisi XI DPR RI, sejak Senin (17/6) kemarin.(foto: inlc)

SELASA 18 JUNI 2013

Obama: Pekerjaan ayah lebih penting dari jabatan presiden PRESIDEN Amerika Serikat Barack Obama memberi pesan khusus untuk memperingati Hari Ayah. Dalam sebuah video yang diunggah secara resmi oleh Gedung Putih tersebut, Obama menyatakan bahwa menjadi ayah merupakan pekerjaan paling penting di dunia. Obama menyatakan, pekerjaan ayah bahkan lebih penting dari jabatan sebagai Presiden negara adidaya yang kini disandangnya. Laman Dailymail, Minggu (16/6) waktu setempat, melansir pengakuan Obama yang dibesarkan tanpa pernah mengenal sosok ayahnya, Barack Husein Obama Senior. Ibunya, Stanley Ann Dunham, bercerai dari sang suami, saat Obama lahir di tahun 1964. “Saya dibesarkan oleh seorang ibu dan sepasang kakek nenek yang hebat yang banyak berkorban untuk saya. Tapi saya tetap berharap memiliki seorang ayah yang tidak hanya hadir, namun ikut terlibat menanamkan nilai penting dalam kehidupan,” ujar Obama dalam video tersebut. Oleh sebab itu, Obama berjanji untuk memberikan apa yang dia tidak pernah dia dapat dari ayahnya itu kepada kedua putri mereka, Sasha dan Malia. Menurut Obama menjadi seorang ayah bukanlah pekerjaan yang mudah bagi siapa pun, entah itu bagi pasangan homo atau heteroseksual, orangtua kandung atau angkat. “Itu membutuhkan perhatian konsisten Anda, pengorbanan, dan kesabaran yang tiada batas,” ungkap Obama. Kendati sudah menjadi orang nomor satu di negeri Paman Sam, Obama masih terus berupaya menjadi suami dan orangtua yang baik bagi isteri dan kedua putrinya. Dia ingin mendorong pernikahan dan keluarga yang kuat melalui reformasi UU Perlindungan Anak supaya para ayah lebih banyak terlibat dalam pengasuhan anak-anak mereka.(vinc)

Casillas ... dari Halaman 1 Diketahui, Casillas tersingkir dari tim utama Madrid karena hubungannya yang tak harmonis dengan pelatih Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal tersebut lebih memilih memainkan Diego Lopez, yang menjadi satusatu pemain yang direkrut dari Sevilla pada bursa transfer Januari 2013. “Itu (penunjukan kiper utama Spanyol) sangat mengejutkan. Aku sudah lima bulan tidak bermain di pertandingan kompetitif, dan meski aku sudah menjalani 145 pertandingan, perasaan ini sama ketika aku melakukan debut, di mana itu sudah terjadi 13 tahun lalu,” ungkap Casillas seperti dilansir Football Espana. Dalam pertandingan kemarin, Casillas sendiri sukses membawa Spanyol menang 2-1 atas Uruguay di pertandingan pertamanya pada kualifikasi Grup B Piala Konfederasi. Selanjutnya, Casillas dan kawan-kawan akan menghadapi Tahiti, 20 Juni mendatang. “Aku senang untuk kemenangan dan juga bagi tim ini. Aku berterima kasih atas kepercayaan dari Del Bosque dan rekan-rekan timku, dengan mereka aku ingin selalu meraih kemenangan,” tuturnya.(komc)

KPK ... dari Halaman 1 Keduanya adalah petinggi PT Indoguna Utama. “Saya kira ada informasi baru yang akan divalidasi oleh KPK dari kesaksian sidang terdakwa Juard Effendi, untuk kasus LHI,” tukasnya. Selain itu, KPK juga akan menghadirkan para petinggi PKS di sidang kasus dugaan suap impor daging sapi terkait Luthfi yang akan didakwa pekan depan. Mereka, menurut Johan, di antaranya Menteri Pertanian Suswono, Presiden PKS Anis Matta, dan Ketua Dewan Syuro PKS Hilmi Aminuddin. “Nanti, kalau dibutuhkan, tentu Mentan (Suswono) akan dihadirkan menjadi saksi, termasuk Anis Matta dan Hilmi,” kata Johan. Sebelumnya, KPK telah memeriksa ketiga petinggi PKS tersebut terkait kasus korupsi penambahan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian untuk tersangka Luthfi dan Ahmad Fathanah. Selain itu, kata Johan, mengenai keterangan-keterangan saksi di persidangan suap impor daging sapi yang mengungkapkan keterlibatan Mentan Suswono akan dicek kembali. “Tentu akan divalidasi. Hasilnya bisa melahirkan penyelidikan baru atau bisa tidak,” kata Johan.(vinc)

Ada ... dari Halaman 1 Terakhir pada Maret 2012, dirinya kalah suara dari Sapto Amal Damandari (34 suara) dan Agung Firman Sampurna (28 suara). Dari kompetensinya, Parwito bolehlah. Sebagian besar karier jurnalistiknya dihabiskan di sektor perpajakan. Dia sempat dipercaya menjadi redaktur senior di Harian Bisnis, media ekonomi nasional. Di majalah internal BPK, Warta BPK dirinya menduduki posisi sebagai ketua dewan redaksi. Pengalamannya itu, membuat Parwito paham betul soal audit keuangan termasuk sistem pengawasan keuangan. Dan, dekat dengan pejabat pajak, termasuk Hadi Purnomo yang sekarang menjabat sebagai Ketua BPK.(inlc/dw)

Bantu ... dari Halaman 1 “Saya tidur delapan jam, nyenyak banget lagi, kata orang nggak bisa tidur,” tuturnya. Jupe tidak merasakan sedih sedikitpun meski baru saja mendekam di penjara. “Rasanya kayak seorang ibu, senang bahagia,” tutupnya. Jupe mengaku lega dan sumringah, terlihat dari pesona senyumannya menyapa para pewarta yang menungginya sejak pagi. “Senang banget akhirnya bebas murni,” katanya seraya menghela nafas lega di antara kerumunan para pewarta.(inlc)

Bawahannya ... dari Halaman 1 Nagyova yang diketahui berteman dekat dengan Necas selama hampir satu dekade itu, dikenai tuduhan lainnya, yaitu memerintahkan intelijen militer untuk melakukan spionase terhadap tiga orang. Menurut laporan media Ceko, satu di antara ketiga target itu merupakan istri Neca, Radka Necasova. Bahkan mereka menyebut Nagyova sebagai penyebab perceraian Necas dan isterinya. Saat kasus ini mengemuka, partai oposisi mengancam akan memberikan mosi tidak percaya kecuali Necas mundur. Hal yang sama disampaikan oleh anggota koalisinya sendiri.(vinc)

Utama

Untuk Nasional & Mancanegara

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

2

Koalisi SBY-Mega tak lagi mustahil di 2014 Keduanya miliki visi misi yang sama untuk kaderisasi capres Jakarta—Meski politikus senior PDI Perjuangan (PDIP) Taufiq Kiemas telah tiada, namun peluang koalisi Partai Demokrat dan PDIP pada pemilihan presiden (Pilpres) 2014 mendatang dinilai cukup terbuka. Board of advisor center for strategic and international studies (CSIS) Jeffrie Geovanie mengatakan, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memiliki visi misi yang sama untuk kaderisasi capres. Sehingga, koalisi SBY dan

Mega tak lagi mustahil. “Sesungguhnya 2014 adalah momentum terjadinya peralihan generasi, dan faktanya saat ini hanya PDIP dan Demokrat, partai yang memberikan ruang yang luas untuk munculnya pemimpin muda di 2014 yang akan datang,” kata Jeffrie. “Kenegerawanan Megawati dan SBY juga kebesaran hati mereka berdua yang samasama tulus menyiapkan pemimpin muda di 2014 ini yang justru menjadi modalitas kedua partai tersebut berkoalisi, kita lihat saja, tidak lama lagi,” tambah

Jeffrie. Namun, lanjut dia, belum saatnya untuk membicarakan siapa yang capres dan siapa yang cawapres atas berkoalisinya kedua partai tersebut. Menurutnya, cara yang elegan adalah dengan melihat hasil pemilu 2014. “Kalau PDIP mengungguli Demokrat sangat wajar capresnya dari PDIP dan cawapresnya dari Demokrat, begitu pun sebaliknya,” jelasnya. Lalu siapa yang akan jadi figurnya? Menurutnya, dari PDIP hampir dipastikan Gubernur DKI Jakarta Jokowi. Sementara dari Demokrat masih terpecah pada tiga figur, yakni Gita Wiryawan, Mahfud MD dan Marzuki Alie.(inlc)

KETUA Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.(foto: ist)

Jangan gegabah naikkan bunga kredit UKM Jakarta—Dunia usaha berharap perbankan tidak terburu-buru atau gegabah menaikkan suku bunga kredit usaha kecil dan menengah mengikuti kenaikkan bunga acuan Bank Indonesia (BI), BI Rate. Pasalnya, sejumlah agenda makroekonomi ke depan, seperti kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan inflasi, dipastikan akan menggerus daya saing UKM. “Saya kira BBM secepatnya dinaik-

kan, tapi bunga kredit UKM juga jangan sampai ikut-ikutan naik, kendati BI Rate sudah naik,” ujar Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang UKM dan Koperasi Erwin Aksa, di Jakarta, Senin (17/6/2013). Erwin mengatakan, kenaikan Fasbi 4,25 persen dan BI Rate sebesar enam persen sangat kondusif mendorong suku bunga, utamanya kredit UKM. Sebab itu, Kadin UKM

berharap, perbankan secara bijak melihat sektor lain yang sedang kesulitan, seperti UKM. Apalagi, selama ini laba perbankan nasional sudah sangat tinggi. “Sebagian besar laba ini masih dari nett interest margin, sedangkan dari fee based income belum cukup optimal, artinya kontribusi dari kredit dunia usaha sangat besar bagi perolehan laba perbankan nasional,” papar Erwin.

Pada bagian lain, Erwin berharap agar bank sentral mendorong persaingan antar bank di kredit UKM. Pasalnya, selama ini persaingan kredit bank paling gencar hanya di kredit konsumsi. “Bila ada persaingan di kredit UKM, dengan sendirinya bunga akan turun, layaknya di konsumsi. Faktanya, ada perang tarif kredit konsumsi, sedangkan di UKM belum terlihat,” papar Erwin.

Erwin mengusulkan agar kebijakan pengumuman bunga bank di media-media yang pernah dicetuskan oleh mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution kembali dilakukan. “Biar pelaku UKM tahu mana yang lebih kompetitif,” ujar Erwin. Saat ini bunga kredit modal kerja sebesar 12,16 persen sedangkan bunga kredit investasi sebesar 12,02 persen.

Dia mengatakan, dengan kian membaiknya kinerja perbankan nasional serta prospektifnya usaha disektor jasa keuangan, perbankan nasional memproyeksikan pertumbuhan 20-22 persen. “Ini menunjukkan masih ada ruang bagi perbankan nasional untuk mempertahankan bunga kredit yang lebih kompetitif bagi pelaku usaha UKM,” tukas Erwin.(okez)

menaikkan harga BBM, misalnya dengan menaikkan bea cukai rokok dan minuman beralkohol. “Ada perusahaan rokok yang memproduksi 24 miliar batang per tahun. Kalau harga rokok dinaikkan Rp100 rupiah saja, pemasukan pajak bisa Rp2 triliun,” kata politisi PDIP Maruarar Sirait dalam sidang paripurna DPR. Tak mau kalah, Achsanul juga mengatakan, pembahasan kenaikan BBM tidak perlu berlarutlarut karena sesungguhnya APBN 2013 yang telah disetujui tahun lalu menyebut hal itu adalah domain pemerintah. Apalagi, ujar Achsanul, pemerintah sudah berkalikali menyampaikan pada DPR bahwa pengurangan subsidi BBM dengan menaikkan harga BBM bertujuan untuk menyehatkan fiskal negara. “Bukan hanya untuk meningkatkan penerimaan negara,” kata Achsanul di sidang paripurna DPR. Mewakili Fraksi Demokrat, Achsanul mengatakan sebanyak 70

persen BBM tidak dinikmati rakyat miskin, sementara 10 persennya justru dinikmati orang mampu dan 20 persennya diselundupkan. “Sehingga apabila ada yang menolak BBM naik, mereka sudah nyata-nyata mendukung penyelundupan BBM dan mendukung orang-orang mampu,” ujar dia. Achsanul menyatakan, tidak ada presiden yang ingin menyengsarakan rakyat. Namun pernyataan Achsanul itu memancing protes politisi PDIP Maruarar Sirait. Ia meminta Achsanul mengubah ucapannya bahwa yang tidak mendukung kenaikan BBM berarti mendukung penyelundup. “Kalau ada penyelundupan, itu tanggung jawab aparat. Saya minta Achsanul mengubah kata-katanya,” kata Maruarar.

paripurna DPR ini sesungguhnya tidak dalam kapasitas memutuskan naik atau tidaknya harga BBM bersubsidi, karena UU APBN 2013 telah menyerahkan wewenang soal itu sepenuhnya kepada pemerintah. “Jadi kenaikan BBM itu domainnya pemerintah,” kata Chatib. Ia menegaskan hal ini karena dalam pembahasan di paripurna DPR muncul begitu banyak wacana mengenai perlu-tidaknya menaikkan harga BBM. Padahal yang dibahas pemerintah bersama DPR adalah postur R-APBN dan alasan pemerintah hendak menaikkan harga BBM. Alasan pertama harga BBM naik adalah tidak adilnya subsidi yang diberikan dalam bentuk BBM, padahal besarannya hingga Rp30 triliun. Kedua, dari segi makro ekonomidi mana dalam beberapa waktu terakhir ini terjadi guncangan pasar akibat situasi ekonomi Indonesia yang tidak kredibel. “Defisit anggaran

kita akan mencapai 3,83 persen dan akan membuat stabilitas makro kita terganggu,” ujar Chatib. Jika ini terjadi, maka arus modal keluar akan semakin besar dan masif sehingga inflasi akan naik. Selain itu harga rupiah juga akan jatuh dan lagi-lagi berpengaruh kepada inlfasi. Salah satu hal yang medorong terjadinya defisit adalah karena adanya kenaikan impor migas sebesar 9,5 persen dari US$3,6 miliar pada Maret menjadi US$3,9 miliar pada bulan April. “Oleh karena itu sangat mendesak untuk menaikkan BBM, karena hal ini menjadi penyebab impor migas,” ujar Chatib. Peningkatan konsumsi BBM bersubsidi masyarakat saat ini tidak seimbang dengan produksi minyak Indonesia yang terus menurun ke depannya. Untuk itu kenaikan harga BBM diharapkan dapat mengendalikan konsumsi BBM masyarakat.(vinc/ inlc/dw)

Demokrat ... dari Halaman 1 “Jumlah yang menerima APBNP sebanyak 338 anggota dewan dan yang menolak sebanyak 181 anggota dewan. Maka sidang paripurna DPR menyetujui APBNP 2013,” kata Ketua DPR Marzuki Alie, saat memimpin sidang paripurna. Yang menarik sebelum diambil keputusan, terjadi perang argumen sesama anggota dewan. Fraksi PDIP yang merupakan salah satu fraksi yang menentang kenaikan harga BBM ini menuai kritikan Partai Demokrat. Apalagi Fraksi PDIP malah mengajukan alternatif postur APBN-P sebagai tandingan RAPBN-P 2013 yang dibahas pada rapat paripurna DPR. “Kalau ada alternatif untuk tidak naikkan BBM, harusnya dilakukan saat dulu berkuasa,” sindir politisi Partai Demokrat Achsanul Qosasi. Untuk diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dua kali menaikkan harga BBM ketika menjabat sebagai presiden. Megawati pertama kali menaikkan

harga BBM dari Rp1.450 menjadi Rp1.550 per liter pada Maret 2002. Ia kembali menaikkan harga BBM dari Rp1.550 menjadi Rp1.810 per liter pada Januari 2003. Sebelumnya, saat Megawati menjabat sebagai Wakil Presiden RI di masa pemerintahan Gus Dur pun, harga BBM naik sebanyak dua kali. Hal ini pun telah disinggung langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tahun 2012 lalu. “Sejak Indonesia merdeka, sejarah mencatat terjadi 38 kali kenaikan harga BBM. Tujuh kali kenaikan harga BBM terjadi di era reformasi, termasuk di era Gus Dur dan Megawati. Sementara dalam pemerintahan saya, terjadi 3 kali kenaikan harga BBM dan 3 kali penurunan harga BBM,” kata SBY pada 31 Maret 2012. Hanya saja, PDIP berpendapat kenaikan harga BBM saat ini tidak tepat. Partai banteng moncong putih itu bersikukuh ada alternatif lain untuk menyehatkan fiskal negara tanpa

WEWENANG PEMERINTAH Sementara itu, Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, rapat

SHS ... dari Halaman 1 Dalam menghitung APBN 2012, lanjut Manengkey, pemerintah dan DPR menyepakati harga minyak mentah Indonesia sebesar US$90 per barel sebagai patokan. Kenyataannya, selama Februari 2013 rata-rata harga minyak mentah Indonesia saat ini sudah US$122,17 per barel. Sedangkan konsumsi Solar dan Premium juga meningkat dari 35,8 juta kiloliter pada 2010 menjadi 38,5 juta kiloliter pada 2011 lalu. Akibatnya, subsidi untuk Solar dan Premium sepanjang 2012 melonjak dari Rp123,6 triliun menjadi Rp191,1 triliun. “Jika harga minyak dunia terus naik, subsidi akan menggelembung di luar kemampuan anggaran negara. Padahal, pengeluaran itu akan lebih bermanfaat jika dipakai untuk keperluan lain, misalnya pembangunan

jalan, jembatan, dermaga, kapal perintis, infrastruktur lain yang sangat diperlukan masyarakat atau untuk peningkat-an pelayanan pendidikan. Hal ini yang perlu dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat,’’ tandasnya. “Masyarakat yang kurang mampu akan menikmati manfaat lebih besar jika harga Premium dan Solar lebih tinggi. Sebab, masyarakat yang kurang mampu bukan konsumen Premium maupun Solar,” ujarnya. Terkait berbagai reaksi yang akan muncul dari adanya penyesuaian harga BBM ini, berdasarkan hasil pertemuan dengan beberapa pihak terkait seperti Badan Intelejen Negara (BIN), para Asisten bidang Pereknomian, Kabag Ekonomi Kabupaten/Kota, Badan Kesbang, dan aparat Keamanan pada Senin (17/ 6) kemarin, sepakat untuk

bersama-sama mengawal, menjaga, dan memberikan pemahaman terkait penyesuaian harga BBM. “Pihak kepolisian akan rutin melakukan operasi, tidak boleh ada kelangkaan BBM karena stok BBM tetap ada bahkan melebihi quota normal. Diharapkan masyarakat juga melakukan pemantauan jika didapati ada permainan langsung melapor ke pihak berwajib,’’ tukas Manengkey. Prinsipnya, kata dia, pemerintah tidak hanya menaikkan harga BBM bersubsidi. Untuk mengantisipasi melonjaknya defisit anggaran, juga ada serangkaian kebijakan mulai dari penghematan pengeluaran, optimalisasi penerimaan negara dari pajak maupun non pajak, serta memanfaatkan sisa anggaran lebih (SAL) tahun lalu. Penghematan belanja secara besar-besaran itu

dilakukan dengan mengurangi pengeluaran belanja pegawai, perjalanan dinas non operasional, pembelian barang non operasional maupun honorarium. Usulan pemotongan belanja pemerintah ini mencapai Rp60,9 triliun. Kendati melakukan penghematan besar besaran, pemotongan belanja Pemerintah itu terbatas pada dana non-operasional sehingga tidak akan menurunkan kualitas pelayanan publik di bidang pendidikan dan sebagainya, dan tidak akan menganggu rencana pembangunan proyek proyek infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat. Pemerintah justru mengusulkan untuk menggunakan sebagian dari penghematan subsidi untuk meningkatkan beberapa program kesejahteraan rakyat dan infrastruktur.(erer/dw)

PDIP ... dari Halaman 1 “Tanyakan saja pada Ketua Tim Pemenangan T2-MoR, karena itu kewenangan mereka,” ujar Lasut yang dikirim lewat SMS kepada harian ini. Seperti diberitakan, hasil perhitungan cepat atau quick count yang dilakukan Lingkaran Survey Indonesia (LSI) bekerjasama dengan Jaringan Isu Publik (JIP), begitu juga dengan data dari berbagai sumber, menempatkan pasangan JSRK sebagai pemenang Pilkada Mitra dengan memperoleh 40,07 persen suara, diikuti pasangan T2MoR dengan 28,76 persen suara. Kemudian di peringkat ketiga ditempat pasangan Partai Demokrat Meiky Man Tumbelaka-Robert Munaisehe (M2T-RM) dengan 16,65 persen suara, sedangkan pasangan Partai Gerindra Jeremia Damongilala-Sonny Tarumingi (JaDi-Star) berada di posisi terakhir dengan 14,51 persen suara. TUNDA PLENO

Sementara itu, terlerpas dari rencana gugatan ke MK, tahapan yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mitra berjalan terus. Sayangnya, rencana pelaksanaan rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi perolehan suara hasil Pilkada Mitra oleh KPUD yang rencananya digelar Senin (17/6) kemarin, akhirnya ditunda hingga Rabu (19/ 6) besok. Menurut Komisioner KPUD Mitra Wolter Dotulong, hal ini dilakukan setelah semua kotak suara masuk di Kantor KPUD Mitra. “Rapat pleno rekapitulasi penetapan, nantinya akan dilaksanakan hari Rabu (besok, red) setelah semuanya masuk, dan akan dilakukan tiga hari setelah hari H,” ujarnya. Ditambahkannya, bahwa memang sesuai aturan tiga hari sesudah hari H, namun ada kesepakatan untuk dilaksanakan Rabu.(dewe/try19)

Sulut

SENIN 17 JUNI 2013

Lagi, Sulut dipercayakan gelar ivent internasional DIREKTORAT Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI kembali mempercayakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk menggelar ivent kerja sama Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN). Hal ini terungkap ketika tim Tim Aju Ditjen Kerja Sama ASEAN melakukan pertemuan dengan Pemprov Sulut, yang diterima oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut Dr. Noudy Tendean di ruang kerjanya pada Senin (17/6) kemarin. Dari pertemuan tersebut, Tim Aju mengharapkan bantuan Pemprov Sulut untuk memfasilitasi sebuah pertemuan yang melibatkan para Pengelola media cetak, elektronik, dan online serta para pejabat kehumasan yang ada di Sulut. Menurut salah satu tim, Ibnu Swantoro, dalam pelaksanaan pertemuan yang akan dilaksanakn bulan Juli nanti, ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan. “Ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya working dinner, seminar, serta forum group discussion, dimana semua agenda ini akan fokus membicarakan tentang ASEAN seperti apa dan bagaimana,” ujar Swantoro. Tendean yang menerima tim mengatakan bahwa pada prinsipnya Pemprov Sulut sangat senang dan bangga dengan kepercayaan ini, bahkan akan membantu semaksimal mungkin mengingat selama ini, Gubernur Sulut DR SH Sarundajang, sangat konsisten menjadikan Sulut sebagai salah satu pintu gerbang baru Indonesia ke Asia Pasifik. “Ini juga menjawab pertanyaan negara lain tentang siap tidaknya Indonesia menghadapi ASEAN connectivity, Sulut sejak sekarang sudah mempersiapkan diri dengan berbagai pembangunan infrastruktur penunjang seperti jalan tol, pelabuhan internasional, dan bandara juga berbagai kesiapan sumber daya manusianya,” terang Tendean. Tendean juga menjelaskan, kerja sama ASEAN tidak hanya mencakup bidang ekonomi saja tetapi juga ilmu pengetahuan dan teknologi, kebudayaan dan informasi, pembangunan serta keamanan dan kerja sama transinternasional lainnya. “Segala yang bersentuhan langsung dengan Asean, akan dibicarakan dalam pertemuan tersebut,” pungkas Tendean.(try23/rr)

IMBAS SITARO

Meiva masih enggan ditemui

MEIVA Lintang.

3

Istri Bupati Sangihe juga segera di-PAW Surat Sumendap dan Rompis sudah masuk ke Deprov Sulut

Manado—Ketua Deprov Sulut Meiva SalindehoLintang, Senin (17/6) sore kemarin, terlihat mulai berkantor di Deprov Sulut. Sayangnya, nampaknya Meiva masih enggan ditemui wartawan. Buktinya, ketika sejumlah wartawan coba bertemu di ruangnya, Meiva tak juga keluar dari ruangannya meskipun wartawan sudah menunggu kurang kebih 30 menit du ruang tunggu Ketua Deprov. Para wartawan masuk ke ruangan tunggu sekitar Pukul 17.10 Wita namun hingga Pukul 17.45 Wita, dengan maksud menanyakan beberapa hal yang menjadi agenda dewan dalam waktu dekat ini, termasuk persiapan pembahasan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-P) 2013. Beberapa pertanyaan pun sudah ditulis wartawan di selembar kertas yang diberikan staf ketua dewan, yang kemudian membawanya ke ruangan kerja ketua dewan. “Sebagai pejabat publik harusnya tak perlu pertanyaan ditulis di kertas kemudian dipelajari terlebih dahulu oleh ketua, dan keluar untuk menjawabnya. Mengalir saja kan pertanyaanpertanyaanya,” ujar para wartawan bercakap-cakap. Sekira kurang lebih 30 menit, Meiva tak kunjung keluar ruangannya, sehingga para wartawan pun memilih keluar ruangan tunggu. Para wartawan pun berkesimpulan bahwa ketua dewan masih enggan ditemui wartawan, pasca kekalahan suaminya Drs Winsulangi Salindeho di Pilkada Sitaro. “Ibu ketua mungkin belum bisa diwawancara. Ini mungkin imbas dari kekalahan di Pilkada Sitaro,” tukas para wartawan.(dewe)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Manado—Rupanya tak hanya James Sumandap SH yang segera diproses Pergantian Antar Waktu (PAW) di Deprov Sulut oleh DPD PDIP Sulut, tetapi juga politisi PDIP lainnya dr Wiesje Rompis MSi. Dimana, surat pergantian istri Bupati Sangihe Drs HR Makagansa ini bersamaan dengan surat Sumendap

sudah diterima Sekwan Sulut Adrianus Watung SH. “Jadi, surat PAW saya sudah terima dari DPD PDIP Sulut. Pertama atas nama James Sumendap yang akan digantikan oleh Frangky Wongkar. Kemudian surat kedua yakni atas nama Wiesje Rompis yang akan digantikan oleh Budi Budiman,” ungkap Watung

menjawab Swara Kita, Senin (17/6) kemarin. Diketahui, alasan bakal diPAW-nya Sumendap karena anggota Komisi III itu sudah terpilih menjadi Bupati Mitra pada pilkada pekan lalu, sedangkan Rompis mengundurkan diri karena akan fokus membantu suaminya dengan jabatannya sebagai Ketua TP PKK Sangihe. “Pak Sumendap dari dapil Minsel/Mitra, sedangkan ibu Rompis dari dapil Sangihe/Talaud/Sitaro. Penggantinya juga dari dapil

masing-masing,” kaya Watung. Khusus surat PAW Sumendap, juga dikuatkan dengan pernyataan Wakil Ketua DPD PDIP Sulut, Drs Steven Kandow. “Sehari sesudah terpilih menjadi Bupati Mitra, Sumendap sudah mengajukan surat pengunduran diri di dewan. Yang jelas siap-siap masuk saudara Frangky Wongkar sebagai peraih suara terbanyak kedua dari dapil Mitra/Minsel,” jelas Kandow.

Sebelumnya, pascapilkada Mitra, Sumendap sudah mengatakan bahwa dirinya sudah menyerahkan surat pengunduran diri di Deprov Sulut yang ditujukan ke DPP PDIP. “Mulai hari ini (Jumat pekan lalu, red), saya resmi mengundurkan diri dari Deprov Sulut. Suratnya sudah saya serahkan ke DPP PDIP,” aku Sumendap, seraya meyakinkan kalau pengisi PAW dirinya Frangky Wongkar yang tak lain Sekretaris DPD PDIP Sulut.(dewe)

RAKOR PUM

Program kabupaten/kota wajib koordinasi

ASISTEN Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulut Drs Mecky Onibala (kiri) dan Direktur Jendral Pemerintahan Umum Kemendagri, DR Made Suwandi MSc (tengah) dan Karo Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut DR Noudy Tendean saat memimpin rakor PUM di Swisbell Hotel Manado, Senin (17/6) kemarin.(foto:ist)

Manado—Pencapaian kesejahteraan masyarakat Indonesia, sesuai dengan amanah Undang-Undang Dasar (UUD) tahin 1945, merupakan tugas dari semua pihak, temasuk Pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi

dan Pemerintah Kabupaten/ Kota. Hal tersebut, dikatakan langsung oleh Direktur Jendral Pemerintahan Umum Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), DR Made Suwandi MSc, ketika

membawahkan matei dalam acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Umum di wilayah Provinsi dan Fasilitasi Gubernur Terhadap Pemerintahan Kabupaten/ Kota, dibidang Ekonomi,

Industri, dan Perdagangan Bebas, di Swiss bell Hotel, Senin (17/6) kemarin. Menurut Dirjen, pelaksanaan Pembinaan Pengawasan (Binwas) yang dilakukan oleh Pemerintah pusat, hanya sampai ke tingkat Provinsi, sehingga untuk pengawasan untuk Kabupaten/Kota, dimandatkan kepada Gubernur, selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah. “Sebagai perwakilan pemerintah pusat didaerah, Gubernur diberi tugas dan wewenang untuk melakukan pembinaan dan pengawasan langsung ke Kabupaten/kota, karena tidak mungkin pemerintah pusat dapat mengcovernya,” ujar Dirjen. Gubernur Sulut DR SH Sarundajang, dalam sambutannya, yang dibacakan Oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Sulut Drs MM Onibala,MSi, mengatakan bahwa pelaksanaan Rakor Penum ini merupakan penegasan terhadap tugas

dan fungsi dari Gubernur terhadap Kabupaten/Kota seSulut. “Pasalnya, ada program yang dilakukan oleh instansi di Kabupaten/kota, tidak lagi berkoordinasi dengan Gubernur, melainkan langsung ke Kementerian dan lebih parahnya lagi, langsung di tanggapi oleh kementrian Teknis,” ujarnya. Dengan dilakukannya Rakor ini, Gubernur berharap koordinasi yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku, akan tetap terjaga, sebagai implementasi peraturan. “Diharapkan agar koordinasi sesuai aturan dapat terjalin kembali antara Pemkab, Pemkot dengan Pemprov dapat kembali sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku,” kata Onibala. Hadair dalam rakor tersebut, utusan dari Dinas Pertanian, Bappeda, BPN, Dinas Perindag, Dinas Koperasi, dan Kehutanan Kabupaten/Kota se-Sulut, dan dijadwalkan berlangsung hingga Rabu (19/6) besok.(try23)

KEKERASAN JURNALIS

AJI desak penuntasan kasus penembakan wartawan Manado—Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia mengecam keras kasus kekerasan jurnalis yang terjadi Senin (17/6), di sela-sela kegiatan jurnalistik meliput demonstrasi penola-kan kenaikan BBM oleh mahasiswa dan masyarakat. Informasi yang didapatkan AJI, aksi kekerasan kali ini terjadi di dua tempat, Jambi, Provinsi Jambi dan Ternate, Provinsi Maluku Utara. Dalam peristiwa di Jambi, jurnalis video dari Trans7, Antonius Nugroho Kusumawan, mengalami luka bagian pelipis kanan, akibat serpihan peluru gas airmata polisi yang ditembakkan untuk membubarkan mahasiswa. Tak ayal, Anton pun roboh di sela-sela demonstrasi damai 500 mahasiswa dari berbagai elemen itu. Dengan pertolongan jurnalis dan mahasiswa, Anton dilarikan ke Rumah Sakit Umum

Raden Mattaher Kota Jambi. Sementara di Ternate, seorang fotografer Harian Mata Publik Ternate bernama Roby Kelerey, tertembak di paha kiri saat sedang meliput demonstrasi yang dilakukan mahasiswa Ternate, Senin ini. Informasi yang didapatkan AJI Indonesia menyebutkan, penembakan itu terjadi ketika demonstran yang berjalan menuju ke arah kota Ternate, dibubarkan polisi di kawasan Ngade, 1,5 Km dari Universitas Negeri Khairun. Serangan itu menyebabkan lima mahasiswa terluka. Saat itulah, Roby bersama beberapa jurnalis ingin mengambil foto korban luka. Saat berjalan ke arah mahasiswa, tiba-tiba pinggul bawah Roby terasa sakit, dan membuatnya terjatuh. Roby tertembak sebuah peluru karet. Kini, Roby dievakuasi ke RSUD Ternate dengan pengawalan ketat dari polisi.

Polisi melakukan pelarangan kepada siapa pun, untuk mendampingi Roby. Koordinator Divisi Advokasi AJI Indonesia, Aryo Wisanggeni G mengutuk keras peristiwa kekerasan yang menjadikan jurnalis sebagai targetnya. Apalagi, bila benar aksi kekerasan pada jurnalis itu benar dilakukan oleh polisi. “Jurnalis itu berada di lokasi karena aktivitas jurnalistiknya. Dan aktivitas itu dilindungi UU Pers. AJI Indonesia mengutuk keras kejadian itu,” kataAryo dalam rilis AJI Pusat kepada Swara Kita, nomor: 013/AJIDiv.Adv/S.P/VI/2013. Aryo mengingatkan, kasus kekerasan terhadap terhadap jurnalis selalu berulang karena Negara melalui aparat penegak hukum terus melakukan praktik impunitas yang membuat para pelaku tidak tersentuh hukum. “Akibatnya, tidak ada efek

jera. Semakin lama, orang menjadi semakin abai bahwa jurnalis adalah profesi yang dilindungi,” kata Aryo. Delapan kasus pembunuhan jurnalis itu yang kasusnya tak terselesaikan adalah kasus pembunuhan Fuad Muhammad Syarifuddin alias Udin (jurnalis Harian Bernas di Yogyakarta, 16 Agustus 1996), Naimullah (jurnalis Harian Sinar Pagi di Kalimantan Barat, ditemukan tewas pada 25 Juli 1997) dan Agus Mulyawan (jurnalis Asia Press di Timor Timur, 25 September 1999). Juga ada Muhammad Jamaluddin (jurnalis kamera TVRI di Aceh, ditemukan tewas pada 17 Juni 2003), Ersa Siregar, jurnalis RCTI di Nangroe Aceh Daru-ssalam, 29 Desember 2003) dan Herliyanto (jurnalis lepas tabloid Delta Pos Sidoarjo di Jawa Timur, ditemukan tewas pada 29 April 2006).

Sementara Adriansyah Matra’is Wibisono (jurnalis TV lokal di Merauke, Papua, ditemukan pada 29 Juli 2010) dan Alfred Mirulewan (jurnalis tabloid Pelangi, Maluku, ditemukan tewas pada 18 Desember 2010). Atas berbagai peristiwa di atas, AJI Indonesia meminta Kepala Kepolisian RI untuk mengendalikan aparat Polri di seluruh Indonesia agar menggunakan prosedur pe-nanganan aksi demonstrasi secara profesional dan terukur. “AJI juga menuntut aparat kepolisian dan pengunjuk rasa untuk menghormati jurnalis yang bertugas di lapangan. Jurnalis adalah profesi yang secara konstitusi dilindungi hukum, yakni UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers, sekaligus menjadi pelapor publik yang profesional dan independen,” timpal Ketua AJI Manado Yoseph Ikanubun.(emem)

Yustisia

SELASA 18 JUNI 2013 RON-CRIME

Idal dituntut 15 tahun penjara TERDAKWA FB alias Isal alias Idal (18) warga Kelurahan Bailang, Lingkungan IV, Kecamatan Bunaken, dituntut 15 tahun oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Alexander Sulung SH dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Senin (17/6) kemarin. “Terdakwa Terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana bersama-sama dengan sengaja dan rencana terlebih dahulu merampas nyawa orang lain sebagaimana dalam dakwaan primer Pasal 340 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” ujar JPU Sulung di hadapan Majelis Hakim Efran Basuning SH Mhum, Willem Rompies SH dan Uli Purnama SH MH dengan PP Jenny Warouw SmH. Menurut JPU, hal yang memberatkan, akibat perbuatan terdakwa korban meninggal dunia yang dilakukan secara bersama-sama dan dengan rencana terlebih dahulu. Yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, masih berusia 17 tahun, merasa bersalah dan berjanji tidak akan melakukan perbuatan tersebut dan meminta maaf kepada keluarga korban. Sesuai dakwaan, kejadian ini terjadi 26 Maret 2013, sekitar 21.00 Wita, di jalan raya AMD Kelurahan Buha, Lingkungan II. Terdakwa saat itu bersama-sama dengan Ismail J Tulis (penuntutan dalam berkas pisah, red) dengan sengaja telah merampas nyawa korban Fanny The. Di mana sekitar pukul 15.00 Wita, korban menelepon terdakwa dan mengajak untuk melakukan sodomi seperti yang pernah dilakukan korban terhadap terdakwa beberapa waktu sebelumnya. Di mana terhadap terdakwa sebanyak dua kali dan kemudian oleh korban diberilah uang sebesar Rp15 ribu dan juga terhadap Ismail Tulis disodomi sebanyak satu kali saja. Hal tersebut malah diceritakan korban kepada banyak orang termasuk teman-teman terdakwa sehingga terdakwa merasa malu dan sakit hati. Terdakwa bersama dengan Ismail kemudian menyiapkan dua buah pisau (pisau dapur dan badik, red). Dan sekitar pukul 19.30 Wita, korban datang menjemput terdakwa dan Ismail dan berboncengan bertiga dengan korban yang mengendarai motor. Dalam perjalanan terdakwa minta mereka pergi ke arah Kelurahan Sumompo yaitu kompleks pembuangan sampah. Dan sebelum sampai di lokasi, mereka berputar-putar. Sekitar pukul 21.45 Wita dan tiba di jalan AMD Buha, korban kemudian memarkir motor masuk ke jalan lorong kurang lebih 100 meter dan mulai meraba-raba kemaluan terdakwa. Tiba-tiba saja terdakwa mengeluarkan pisau dapur yang di bawahnya. Ismail kemudian menyuruh tutup mulut korban sehingga terdakwa langsung merangkul dari belakang dan menggorok leher korban. Dan ketika melihat ada orang yang datang, keduanya kemudian mengambil langkah seribu meninggalkan korban terkapar di pinggir jalan. Sesuai hasil Visum Et Repertum (Ver), kematian korban disebabkan oleh kekerasan tajam pada daerah bibir bawah, tepi bawah sampai daun teliga kanan yang memotong putus pembuluh darah balik dan pembuluh nadi leher.(este)

Pengecer Togel divonis 6 bulan JERRY Hans Karujan (40) warga Kelurahan Tanjung Batu, Lingkungan V, Kecamatan Wanea, divonis 6 bulan penjara oleh Majelis Hakim Aris Bokko SH, Efran Basuning SH Mhum dan Willem Rompies SH dengan Panitera Pengganti (PP) Elva Ishak SH. Vonis terhadap pengecer judi togel ini dibacakan dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Senin (17/6) kemarin. “Terbukti secara sah dan meyakinkan telah bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam dakwaan Pasal 303 ayat (1) ke-1 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” ujar Ketua Majelis. Sebelumnya terdakwa dituntut 1 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Heintje Latuperissa SH. Dalam dakwaan, Minggu 20 Januari 2013, sekitar pukul 21.00 Wita, di Tanjung Batu, terdakwa sedang menghitung uang hasil pemasangan nomor judi. Dan terdakwa mendapat upah sepuluh persen dari pemasangan, di mana judi togel tersebut jenis Hongkong, Sydney dan Singapura. Terdakwa kemudian berhasil dibekuk dengan barang bukti berupa uang sebesar Rp257 ribu, satu buah telepon genggam untuk menerima pemasangan, dan satu buku rekapan.(este)

4

Oknum Kasat Intel Polres Minsel dilapor ke Propam Diduga selingkuhi honorer dan miliki anak Manado—Bidang profesi pengamanan (Propam) unit pelayanan pengaduan Polda Sulut, Senin (17/6) kemarin, kembali menerima laporan warga terkait dugaan perselingkuhan oknum anggota Polisi. Menariknya, yang dijadikan terlapor dalam kasus ini adalah oknum Kasat Intel Polres Minsel, AKP LM. Pasalnya, LM diduga berselingkuh dengan perempuan LT (33), hingga melahirkan seorang anak. Tak terima dengan perlakuan tersebut, lelaki JL (50), warga Tumpaan, Minsel, yang adalah suami dari perempuan LT langsung me-

laporkannya ke Polda Sulut. Usai membuat laporan resmi di Propam Polda Sulut, kemarin siang, JL mengatakan bahwa ia meminta laporan itu ditindak lanjuti hingga tuntas. Dia juga meminta agar pimpinan Polda dapat memecat oknum Kasat tersebut. “Saya minta Kasat itu dipecat. Dia sudah berselingkuh dengan istri saya,” harap JL, usai melapor di Yanduan Propam, Senin (17/6) kemarin. Lebih lanjut JL pun membeberkan kronologis perselingkuhan tersebut, berawal ketika hubungan terlarang tersebut rupanya

terbongkar pasca LT berterus terang kepada JL, pekan lalu. Menurut pengakuan JL, karena sering tugas ke luar daerah, LT memberitahukan aib tersebut saat dirinya sedang makan. Dari situ sang istri akhirnya membeber hubungannya dengan oknum Polisi tersebut. Atas pengakuan itu, bak disambar petir siang bolong, JL langsung naik pitam dan memarahi LT. Tak hanya itu, karena terbawa emosi, JL langsung menyuruh LT untuk keluar dari rumah. Sempat mengungsi dari rumah, LT akhirnya kembali dipanggil JL untuk hidup serumah.

Keduanya sudah membangun bahtera rumah tangga sekitar 14 tahun. Dalam pengakuannya, LT yang merupakan honorer di Pemkab Minsel, dia dan oknum Kasat itu saling mengenal sekitar Mei, 2012 silam. Kemudian mereka terlibat jalinan cinta terlarang hingga mengakibatkan LT hamil dan melahirkan seorang anak perempuan. Mirisnya lagi, usia anak itu kini sudah sekitar satu bulan. Sementara itu terkait hal ini, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Robby Kaligis, melalui Kabid Propam AKBP Yusuf Setiady, ketika dikonfirmasi wartawan, membenarkan adanya laporan tersebut.(erel)

PEMILUKADA KK

240 TPS dijaga ketat aparat TNI & Polri Manado—Perhatian serius aparat keamanan dalam mengamankan proses Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang digelar disejumlah Kabupaten/Kota di Sulut, hingga saat ini terus digulirkan. Bahkan setelah Kabupaten Bolaang Mongondou Utara (Bolmut), Sitaro dan Mitra selesai memilih pemimpin daerahnya, kini giliran Kota Kotamobagu menggelar pesta demokrasi pekan depan. Tak heran, guna mengamankan pelaksanaan Pemilukada di Kotamobagu, pihak Kepolisian pun segera berpindah sasaran pengamanan dengan menyiapkan ratusan personil yang dibantu pihak TNI.

Hal ini dibenarkan, Kapolres Bolmong AKBP Hisar Siallagan, Senin (17/6) kemarin, kepada sejumlah wartawan pos liputan Polda Sulut. Dikatakannya, untuk menghadapi Pemilukada Kotamobagu, pihaknya sudah membuat sistem yang menjamin keamanan sesuai dengan karakteristik ancaman di Bolmong. Dijelaskannya, pasukan yang akan dilibatkan nanti antara lain personil dari Brimob, Direktorat Polair, personil dari Polres Bolmong dan secara keseluruhan akan disiapkan hingga 700 personil. “Pada hari pemilihan nanti, Polda Sulut termasuk Polres Minsel juga disiagakan. Selain itu, pihak TNI

juga akan mengambil bagian melakukan pengamanan disaat pemilihan berlangsung. Kalau soal jumlahnya, saat ini kita siapkan sebanyak 700 anggota gabungan. Jika situasi dilapangan memerlukan tambahan personil, pasti kekuatannya akan dipersiapkan dan diterjunkan,” ujar eks Kapolres Sangihe ini. Lebih lanjut ditambahkannya, sebanyak 240 Tempat Pengambilan Suara (TPS) akan tersebar di seluruh wilayah Kotamobagu, dan akan ditempatkan satu anggota Kepolisian. Menurutnya, satu TPS tidak statis karena akan bergerak mengambil suara pemilih

diantaranya para tahanan dan orang sakit. Selain anggota yang melakukan pengamanan di TPS, ada sekitar tiga ratusan personil lainnya akan bergerak ke 33 titik wilayah termasuk di lokasi pengumpulan suara di Kecamatan. “Yang pasti hak masyarakat untuk memberikan suaranya akan diawasi. Yang pasti kita akan all out mengamankan Kotamobagu dalam tahapan Pemilukada ini. Selain itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar menjaga keamanan, karena keamanan itu sangat mahal dan merupakan suatu kehormatan,” pungkas Kapolres.(erel)

TIMBUN BBM

Warga Minut diamankan Polresta Manado—Kasus penyalahgunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) akhir-akhir ini terus marak dilakukan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab. Dan kali ini petugas Intel Polresta Manado yang ditugaskan sebagai Tim Khusus (Timsus) untuk menangani kasus ini, berhasil mengamankan IP alias Irwan (26) warga Kolongan, Kecamatan Kalawat, Minut. Irwan ditangkap Senin (17/6) kemarin, sekitar pukul 15.30 Wita, ketika pria bertugas sebagai kurir penimbun BBM ini sedang melakukan penimbunan di SPBU Kombos Timur, Lingkungan II, Kecamatan Singkil. Dalam melaku-

kan pekerjaan ini, pelaku tertangkap tangan dengan mengakali kendaraan roda empat jenis Izuzu Panther warna biru DB 2351 AC. Di mana tangki mobil tersebut sudah dimodifikasi, sehingga muatannya mencapai 200 liter. Di dalam kendaraan, petugas juga mendapati terdapat 4 galon berukuran 25 liter yang sudah penuh terisi BBM jenis Solar. Setelah berhasil meringkus pelaku, petugas segera mengiringnya ke Mapolresta Manado untuk diambil keterangan. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Amran Ampulembang MSi, melalui Kasubag Humas AKP Ruswan Buntuan ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya penangkapan ini.(rees)

TIPIKOR PNPM-MP KAKAS

Tiga terdakwa dituntut 1 tahun

TIPIKOR

Kaligis intensifkan penanganan 2013 Manado—Komitmen Polri untuk memberantas dan mengusut praktik korupsi di daerah ini, nampaknya makin menjadi attensi khusus di semua jajaran Kepolisian yang tersebar di wilayah Indonesia. Menariknya khusus di daerah ini, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Robby Kaligis, menjadikan hal tersebut sebagai target untuk ditangani. Bahkan, untuk menjalani tugasnya dalam memimpin Polda Sulut di tahun 2013 ini, korupsi adalah kasus utama yang harus diproses

dan dituntaskan. Kepada sejumlah wartawan, Kapolda menegaskan bahwa kasus korupsi mendapat perhatian besar dan menjadi atensinya. Pasalnya, kasus yang merugikan negara adalah salah satu sasarannya ditopang dengan perintah Kapolri kepada seluruh pimpinan dijajaran Polri. Bahkan menurutnya, ada beberapa sasaran programnya ke depan, selain pelayanan publik, strukturisasi internal, dan akuntabel kinerja Polisi. Hanya saja, ia

dari beberapa program tersebut, ia akan memberi perhatian khusus pada kasus korupsi. “Nanti setelah agenda pisah sambut Kapolda, saya akan melihat program yang sudah ada. Kalau program Kapolda terdahulu juga akan diteruskan yang tentunya diawali dengan avaluasi. Apalagi korupsi akan menjadi prioritas, tapi tidak menganggu sasaran program lain. Kalau afektif akan dilanjutkan, akan dievaluasi agar lebih baik lagi ke depan,” ujar Kaligis, Senin (17/6) kemarin, di

ruang kerjanya. Diketahui, sejumlah kasus masih mengalami kendala yakni, kasus dugaan pungutan liar Fakultas Hukum Unsrat. Selain kasus korupsi, dugaan kasus ijasah palsu juga masih menjadi pekerjaan rumah, serta kasus yang menyeret pejabat negara belakangan kurang mendapat perhatian. Meski sudah ada kasus yang dituntaskan, namun ke depan Polda diminta untuk lebih intensif mengungkap kasus korupsi di daerah ini.(erel)

TIPIKOR PD KLABAT MINUT

Terdakwa ajukan keberatan atas dakwaan

Warga Kawangkoan dijambret uang tunai Rp7 juta lenyap SIAL nasib yang dialami oleh Dina Dajo (44) warga Desa Kawangkoan, Jaga I, Kecamatan Kalawat, Minahasa Utara. Pasalnya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini harus mengalami kasus penjambretan Senin (17/6) kemarin, sekitar pukul 14.00 Wita. Dalam kasus ini tak pelak korban menderita kerugian materi berjumlah Rp7 juta, serta sempat mengalami trauma. Usai mengalami kejadian tersebut korban bersama rekannya mendatangi Mapolresta Manado untuk membuat laporan polisi. Ketika berhadapan dengan Petugas Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK), korban menuturkan kronologis kejadian, di mana pada saat itu bersama rekannya akan menyebrang jalan di depan Restoran Ananas, Tikala. Kemudian ketika korban menyebrang jalan ada seorang lelaki yang tidak dikenal tiba-tiba saja mendekati dengan menggunakan sepeda motor. Dan seketika itu juga langsung merampas tas korban yang berisikan surat-surat penting serta uang tunai Rp7 juta. Usai melakukan aksinya, pelaku segera melarikan diri dari Tempat Kejadian Perkara (TKP). Sayangnya, korban bersama rekannya tidak sempat melihat identitas kendaraan yang dikendarai pelaku. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Amran Ampulembang MSi, melalui Kasubag Humas AKP Ruswan Buntuan ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya kejadian ini.(rees)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

TERDAKWA AJW alias Aron, yang terseret akibat dugaan Tipikor di PD Klabat, saat sidang di Pengadilan Tipikor.(foto: serly/sk)

Manado—Eks Dirut PD Klabat Minut, yaitu terdakwa AJW SiK alias Aron (39) warga Desa Warukapas, Kecamatan Dimembe, mengajukan keberatan atau eksepsi terhadap dakwaan dugaan korupsi dana retrebusi pasar di Minahasa Utara (Minut) yang sebelumnya dibacakan JPU Jasmin Samahati SH. Eksepsi ini dibacakan kuasa hukumnya di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Manado, Senin (17/ 6) kemarin. melalui Penasihat hukum, AR Adam SH dan Rilly Lihu SH, terdakwa memohon agar Majelis Hakim

yang dipimpin oleh Veralynda Lihawa SH MH dapat menerima eksepsi tersebut dan menyatakan dakwaan JPU harus dibatalkan. “Bahwa surat dakwaan tidak jelas, cermat dan lengkap, dan surat dakwaan tidak dapat di terima karena eror in persona,” ujarnya. Dalam dakwaan sebelumnya, JPU menjelaskan bahwa selaku Dirut PD Klabat Minut dari Januari 2011 hingga Desember 2011, terdakwa mengelola retribusi dari Pasar Airmadidi, Pasar Likupang, Pasar Sukur dan Pasar Kema. Dari pendapatan lang-

sung yang diterima, pengelola pasar kemudian mengelolanya sendiri dengan mengatur biaya operasional serta membayar honor. Tetapi, terdakwa selaku Dirut PD Klabat yang mengelola retribusi dari pasar-pasar yang ada di Minut, tidak pernah melayangkan teguran secara tertulis ataupun sanki terhadap kepala pasar tersebut, walaupun telah mengetahui hal tersebut bertentangan dengan aturan pemerintah. Terdakwa tidak pernah menetapkan secara tertulis target dari retribusi setiap pasar tersebut dan hanya

secara lisan. Bahkan, terdakwa tidak pernah memerintahkan para kepala pasar untuk mencatat seluruh retribusi pasar, sehingga data lengkap dari penerimaan maupun pengeluran dari setiap pasar tidak pernah ada. Adapun dalam pembangunan Pasar Maudit yang ada di Kauditan, terdakwa sama sekali tidak pernah menyampaikan permohonan atau pengusulan kepada Bupati. Sehingga pembangunan pasar tersebut dibangun tanpa adanya persetujuan dari Bupati, yang artinya bertentangan dengan Peraturan Daerah (Perda) Pemerintah Kabupaten Minut tentang Pendirian Perusahaan Daerah. Atas perbuatannya tersebut, negara dalam hal ini Pemkab Minut dirugikan sebesar Rp201.003.000. Alhasil, JPU menjerat terdakwa dengan Pasal 2 ayat (1) UU No 31/1999 jo UU No 20 / 2001 tentang perubahan atas UU No 31/1999 jo pasal 18 UU No 31/1999 tentang Tipikor sebagaimana dalam dakwaan primer dan Pasal 3 UU No 31/1999 jo UU No 20/ 2001 tentang perubahan atas UU No 31/1999 jo Pasal 18 UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.(este)

TIGA terdakwa dugaan Tipikor dana PNPM di Kecamatan Kakas, saat sidang di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Manado.(foto: dok/sk)

Manado—Tiga terdakwa dugaan Tipikor atas dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa, akhirnya dituntut 1 tahun penjara oleh JPU Theodorus Rumampuk SH MH. Tuntutan terhadap para terdakwa yaitu selaku Ketua PNPM Kakas terdakwa I ANR alias Arther (42), selaku Sekertaris PNPM Kakas terdakwa II SSR alias Stenly (33) dan terdakwa III RSP SPd alias Royke (48) selaku pendamping Lokal PNPM Kakas, dibacakan dalam sidang di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Manado, Senin (17/ 6) kemarin. “Para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersamasama sebagaimana diatur dalam Pasal 3 jo Pasal 1 UU No 31 tahun 1999 tentang Tipikor sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 ayat (1) ke-1,” ujar JPU Rumampuk. Selain hukumn badan, para terdakwa juga dikenai denda Rp50 juta dengan subsider 3 bulan kurungan. Dan dalam pertimbangannya, hal yang memberatkan bahwa perbuatan terdakwa bertentangan dengan

program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Hal yang meringankan para terdakwa bersikap sopan dalam persidangan. “Terdakwa juga pada saat pemeriksan di Kepolisian Resort Minahasa telah menyetorkan dana SPP PNPM-MP Kakas sebesar Rp48.876.100 tertanggal 21 September 2012 yang diterima oleh Tineke Tawaluyan, dan dana tersebut sudah disetorkan ke Bank Sulut Langowan,” terang Rumampuk, sambil menambahkan bahwa para terdakwa juga melalui istriistri masing-masing pada Rabu 3 Oktober 2012 telah menitipkan pengembalian kerugian negara sebesar Rp20.150.000 dan uang tersebut telah dilakukan penyitaan menurut ketentuan hukum yang berlaku. Sekedar diinformasikan, kasus ini sendiri berawal pada kurun waktu 20082012. Bermula saat Kecamatan Kakas menerima dana Rp1 miliar pada tahun 2008, Rp900 juta tahun 2009, dan Rp1,250 miliar tahun 2012, yang dialokasikan sebagai dana bantuan langsung mandiri. Di mana, 25 persen dari dana itu dipinjamkan pada kelompok perempuan di Kecamatan Kakas melalui program simpan pinjam perempuan. Kemudian ditemukan sebanyak 23 kelompok SPP masih menunggak, dan sesuai audit total uang yang tidak dapat dipertanggungjawabkan oleh para terdakwa sebesar Rp68.441. 107.(este)

SELASA 18 JUNI 2013

Pendapat

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

5

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Sosialisasi tak seperti praktek sehari-hari

Hitung, berapa harga inefisiensi?

CERITA berita menggurita. Habis kertas terpakai bagi kajian dan kopian segala aturan, habis tinta memberitakan kejanggalan, namun pelanggaran tak pernah ditindak, apalagi bila pelakunya punya kuasa dan uang. Bacalah dugaan untuk hari ini, janganjangan kuasa dan uang masih menggeser kisah fakta yang sudah sekian lama ditimbun. Segalanya jadi terbeli untuk hukum yang sudah diperdagangkan. Irama ini harus dihenti, agar kita boleh menyanyikan tembang baru kebenaran yang sekian zaman dimainkan sistem. Hari ini kita menari, sejurus langkah untuk mengevaluasi diri sendiri. Beberapa pertanyaan silam diulang, hanyut di arus sungai peradaban: ternyata segala peraturan yang dibuat “jauh dari rakyat” hanya sanggup menggundulkan hutan dan segala harap yang dituang berlebihan oleh segudang pujian tak menentu, asal “bapak” senang, asal “ibu” boleh tenang. Begitu banyak kertas perkara dugaan berserakkan di atas meja kerja. Dugaan hari ini akan dibantah besok, demikian seterusnya. Dapatlah diduga, apa yang terucap dalam sosialisasi, tak sama dengan praktek sehari-hari. Menyoal perkara yang hangat dalam berita, ternyata ia tak lebih dari sekedar angin yang lalu begitu saja karena didiamkan senyap, issue mengalir semau penguasa, dan media menajamkannya lewat berita cerita di kulit persoalan. Mereduplah cahaya ketenaran, dan sumbu api sosialisasi kebenaran palsu terus saja dicipta untuk membendung issue ketidakadilan dan kekerasan yang turut disuburkan oleh kuasa. Bibir mengumbar kebenaran lebih suci dari tuhannya, prakteknya jauh dari dugaan. Sosialisasi sistem, dalam dugaan, sosialisasi itu lebih banyak memuja diri sendiri tanpa melihat keterpurukan yang sudah sekian lama kentara di pakaiannya yang tak pernah diganti, penuh tampalan warna-warni petaka yang boleh sobekcabik kapan saja. Kita bicara politik yang itu-itu saja, partai terus bertambah dengan issue yang tak bersalin mengabarkan kelahiran baru. Kita masih pada kemiskinan, antrian panjang penganggur dan sumberdaya yang terkurasperas. Sumbu mati api, selangkah kita dari lompatan panjang yang masuk lumpur, segalanya berharap dari kata ‘tunggu’ lalu kita menarikan erotisme dan peran compang-camping. Ada yang masih menganggap diri sebagai yang ‘paling’, padahal yang kita tarikan hanyalah erotisme yang sudah sekian lama melekat di badan kita, compang-camping penuh tampalan. Seperti itu juga sistem yang ditarikan penyelenggara negeri ini. Masih di titik ketika kita hanya mengulang kebingungan. Padahal, ada yang mestinya disampaikan secara berurut dan lengkap, sehingga perkara itu jadi hal yang benar-benar penting dilanjutkan ke titik di mana ia bersumbu. Good governance sudah jadi bumerang, ketika didapati ternyata ketimpangan yang selama ini terjadi bersumber dari sistem. Coba telisik lebih cermat apa maunya berita. Ini cerita yang gemar dihirup sekarang: pejabat anu terpenjara suap, wakil anu terjerat pasal-pasal korupsi, ada penggantian si anu sebagai si anu untuk jabatan-jabatan khusus, semoga si anu boleh tanggap apa yang terjadi di sektor-sektor anu. Di samping judul-judul lama menggaet segala syair yang mengatai pepatah, mudah-mudahan tajuk yang seperti itu tak lantas patah arang. Ada nama yang disebut dengan inisial lalu terlanjur menjadi sial karena dugaan itu ternyata asap dalam dapur sendiri. Akar dari segala perkara yang harusnya kita umbar sampai tuntas. Mengapa ini tak dilakukan? Di suatu wilayah sensitif, betapa kita hanyut pada perspektif sendiri tanpa mau mengurai apa yang sebenarnya terjadi di sekeliling. Mata-mata menatap nanar sesuatu yang memikat lebih jauh dari alunan nada. Deretan pengangguran yang berjejal menunggu waktu yang usang ketika malam datang dengan problematikanya sendiri. Bila mereka membacanya nanti, akan tumbuh suatu rasa yang jarang muncul dalam benak. Kesadaran, dan itulah tujuan kita. Bahasan kita seputar diri sendiri yang memuja waktu seketika. Jauh sebelum peristiwa sudah ada ingatan keliru, dan dalam memori yang mengabadi di tubuh ilmu, hal ini tak pernah dikupas sebagai kajian. Benar apa yang diucap Walter Lippmann, seorang wartawan terkemuka di New York pada zamannya. “Jurnalisme tak cukup hanya dilaporkan oleh saksi mata yang tak terlatih. Demikian pula, niat baik atau usaha yang jujur juga tak cukup. Inovasi baru pada zaman itu, misalnya bylines atau kolumnis, juga tidak cukup. Yang akan melengkapi semua itu adalah semangat untuk terus belajar dan memahami kemajuan ilmu pengetahuan yang sudah semakin pesat terjadi dewasa ini.” Sisi yang lain bicara benar, bahwa kualitas sumberdaya memang penting, apalagi posisi kita yang tak pernah bertambah, terus pada posisi bertumbuh berkembang dan tak maju-maju. Peran aktif rakyat dimatikutukan proposal investasi bertajuk pengurasan. Kita masih bicara aturan tak mengatur. Miskin struktur kaya fungsi hanya obrol lupa yang terus digenjot di bibir petaka. Sadarlah, yang mana perkara ini bukan baru usulan, lebih setahun ia mendekam di lembar-lembar berita, dan jadi semacam bumbu retorika kenegaraan. Tapi, seperti itu, ia cuma cerita yang benar-benar miskin. Ia menarikan ketelanjangan yang panjang, berbaris di deretan pelayan rakyat dan wakil rakyat yang hanya doyan jalan-jalan dan berbelanja ke segala penjuru dunia yang dibahasakan sebagai studi banding. Praktek kebenaran sudah mati di sana, maka, cerita itu seyogyanya dikebumikan. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

WAFAT DAN KEBANGKITAN TAN MALAKA:

Sebuah kesaksian (6/selesai) Oleh Martin Suryajaya Sumber: ARUSBAWAH 2.0 DAN DAMAI DI BUMI Opera itu ditutup dengan “sebuah requiem yang lirih”, yang sebenarnya hanyalah puisi lama Goenawan yang ditambalsulam tanpa diedit ke dalam karya ini (seperti

juga narasi tentang “patung Buddha di kuil Kamakura” yang berasal dari salah satu catatan pinggirnya dan tema Malin Kundang dari esai awalnya). Aku dengar puisi itu: “Barangkali telah kuseka namamu dengan sol

sepatu / Seperti dalam perang yang lalu au seka namaku / Barangkali kau telah menyeka bukan namaku / Barangkali aku telah menyeka bukan namamu / Barangkali kita malah tak pernah di sini / Hanya hutan, jauh di selatan, hujan pagi”. Dengan itu, bubarlah semua perjuangan kelas dalam permainan tebakmenebak teka-teki, tafsir dan “barangkali”. Barang-

kali kaum buruh Indonesia tidak ditindas oleh kapitalisnya. Barangkali kaum miskin kota tidak dihisap oleh borjuasi kakap. Barangkali proletariat dan kapitalis malah tak pernah ada. Barangkali berabad-abad sejarah penindasan cuma desasdesus. Hanya hutan, jauh di selatan, hujan pagi? Ya Tuhanku dan Allahku!! Ternyata Marx keliru: kelas pekerja tak dihisap

oleh kapitalis, keduanya malah tak pernah ada, yang ada hanyalah Manusia Universal yang hidup harmonis di hutanhutan selatan. Maka pantaslah: pada babak ketiga setelah dibangkitan, Tan Malaka diwafatkan kembali dengan misa requiem liris yang menyudahi, membatalkan dan menegasi sejarah perlawanan rakyat Indonesia.(*)

Ekonomi rakyat, terminologi gagal? (2) Oleh Dera Liar Alam Modal yang mati ini berupa rumah di tanah yang tidak jelas pemiliknya, perusahaan yang tidak berbadan hukum, dan industri tersebar yang tidak dilihat investor. Karena tidak tercatat maka kekayaan laksana berlian seperti itu tidak siap dialihkan jadi modal sosial. Di negara kita pelakupelaku ekonomi rakyat yang modalnya kecil, bahkan gurem, berasal dari pinjaman koperasi yang kecil-kecil, arisan kampung, pegadaian, atau dari keluarga dekat, tidak dianggap sebagai investasi karena investasi harus merupakan kredit besar berasal dari bank. Sejak krisis moneter 1997-1998 pakar-pakar ekonomi arus

utama selalu menyatakan di Indonesia tidak ada lagi investasi, karena para investor sedang ambruk, dan bahkan para pengusaha nasional dan investor-investor asing melarikan modal mereka ke luar negeri yang ditaksir mencapai USD 10 milyar per tahun. Mereka yang bukan pakar ekonomi disuruh percaya adanya pelarian modal besar-besaran ini agar untuk menahannya, atau untuk menarik kembali modal tersebut, pemerintah harus memberikan perangsang khusus berupa tax holiday atau tingkat suku bunga tinggi atau perangsang lain. Jika hal ini dilakukan maka terjadilah yang paling dikhawatirkan De

Soto, modal dan kekayaan dalam negeri yang potensial lebih diabaikan lagi. Hernando De Soto dengan menyakinkan menunjuk pada modal sosial di negara-negara berkembang yang tak pernah dikenali pemerintah maupun para perencana pembangunan. Inilah potensi domestik, yaitu kekuatan ekonomi rakyat yang telah terbukti tahanbanting dalam situasi krisis moneter, dan telah menyelamatkan ekonomi Indonesia dari kehancuran total. Sekarang zaman demokrasi, yang “katanya” kita sudah bebas untuk menyampaikan pendapat dan aspirasinya, kita bebas untuk memilih pekerjaannya sesuai disiplin ilmu dan keterampilan, kita bebas untuk memilih pendidikan

yang sesuai keinginannya, kita bebas untuk menuntut hak dan melaksanakan kewajiban. Namun sepertinya suara ini tidak semerdu implementasi yang kita lihat saat ini, karena jerit ketimpangan dan ketidakadilan masih saja terdengar di sana sini. Belum ada tempat bagi majunya peri kehidupan di tataran rakyat. Ekonominya macet dan sekedar menyambung lapar kemarin yang masih dijinjing hingga ketika ia bangun pada hari selanjutnya. Maka, mari kita mengulang sejarah yang sudah lewat dan menuturkan kisah kemarin yang sudah hampir hilang dalam ingatan. Karena realita masih jauh dari visi para pendahulu negara. Rakyat mengalami pembiaran oleh negara. Belum lagi masuknya beras import yang semakin

memiriskan posisi petani kita. Pada 1933, Hatta, sarjana ekonomi tamatan Sekolah Tinggi Ekonomi di Nederland, menulis kata pengantar dalam majalah Daulat Rakyat sebagai berikut, “Tani sendiri tidak berkuasa lagi atas padi yang ditanamnya. Padi masak orang lain yang punya. Produksi tinggal di tangan bangsa kita, tetapi distribusi atau pejualan sudah ditangan bangsa asing. Bertambah banyak perpecahan produksi, bertambah kuasa kaum pembeli dan penjual, semakin terikat ekonomi rakyat.”

(bersambung)

Kontradiksi tripartit dan UU Tenaga Kerja (9/selesai) Oleh Wahyu Barata KabarIndonesia Isu lain dari peringatan Hari Buruh Internasional 2011 di antaranya perwakilan kaum buruh meminta Mahkamah Agung untuk merevisi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2004 tentang Pengadilan Perselisihan Hubungan Industrial

(PPHI). Undang-Undang tersebut dinilai tidak bisa lagi memenuhi tuntutan perubahan. Belakangan, dengan berbagai dinamika usaha, jumlah perselisihan industrial semakin banyak. Masalahnya pun semakin kompleks. Untuk itu diperlukan mekanisme

penyelesaian perselisihan yang cepat, tepat, adil dan murah. Yang selama ini terjadi, penyelesaian Pengadilan Perselisihan Hubungan Industrial lama, mahal, dan tidak adil. Kondisi ini diperburuk dengan mekanisme perekrutan hakim ad hoc di Pengadilan Perselisihan Hubungan Industrial tidak ada dari unsur pekerja atau buruh. Begitu masa

jabatannya habis langsung diangkat lagi oleh Mahkamah Agung tanpa berkoordinasi terlebih dulu dengan serikat pekerja atau buruh yang mengusulkan mereka. Kemudian masalah Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi diminta mengusulkan revisi sehingga pelayanan

kesehatan bisa melingkupi semua penyakit. Pekerja juga menolak usulan revisi sebagian pihak terhadap Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 yang dinilai akan berdampak buruk terhadap kondisi ketenagakerjaan. Beberapa usulan itu di antara adanya penurunan nilai pesangon, pelegalan sistem alih daya, dan pelegalan sistem kerja kontrak tanpa adanya batasan waktu.(*)

BERITA tentang studi banding para legislatif dan eksekutif beberapa waktu lalu sempat menjadi top issue di daerah kita, namun, beberapa waktu kemudian berita itu tenggelam oleh issue lain. Pernah media memuat semua rencana studi banding para legislatif dan eksekutif ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Pertanyaannya, sudah berhentikan studi banding (yang manfaatnya bagi rakyat tidak ada) itu? Sudah menjadi sorotan berbagai kalangan pada waktu lalu, tapi tampaknya sorotan itu tidak pernah mau digubris lagi. Berita tentang studi banding kini sepertinya hilang greget dan tak seksi lagi di ruang “baca-tonton-dengar” pemirsa. Pertanyaan berikutnya. Apakah hasil dari studi banding ke berbagai tempat yang sudah sempat dilakukan pada waktu lalu itu sudah dipertanggungjawabkan dan sudah menjadi bahan belajar untuk mengembangkan potensi yang ada di daerah kita? Tidak ada beritanya, kajian tentang soal studi banding itu pun sepi saat ini. Padahal sejauh ini, studi banding itu belum menampakkan hasil. Jika kepala negara pernah menyarankan supaya pejabat di daerah untuk menghemat, tentunya ia sendiri juga sebagai pimpinan negara harus memberi contoh untuk menghemat dengan tidak mengadakan seremonial yang tidak penting, yang nilainya masih zero untuk pelayanan rakyat. Ini hanya opini saya saja, entah bagi yang lain. Berkebalikan dari itu, kita juga sama tahu bahwa tentunya pemerintah tak mungkin jika tak pergi ke berbagai tempat di dalam negeri untuk urusan kenegaraan, dalam hal ini tentunya ada tugas yang sehubungan dengan jabatan yang ia emban. Demikian juga untuk pergi ke luar negeri, apakah itu untuk urusan loby, atau untuk hubungan persahabatan dan politik dengan berbagai negara di dunia. Ini hanya sebuah argumen saja dari saya. Sekarang kita berbalik pada apa yang kita bicarakan di awal tulisan ini. Bagaimana menghitung inefisiensi dari perjalanan dinas dan studi banding, sebenarnya tidak sulit, karena cerminannya adalah pelayanan yang masih saja terbengkalai hingga hari ini. Justru pejabat itu jangan disuruh menghemat, karena mereka itu sudah pelit program. Mereka itu sudah muka tebal dan terbiasa menghambur-hamburkan uang dengan tidak mempertimbangkan efektivitas dari pengeluaran itu. Tapi, pejabat kita sebenarnya harus disarankan untuk tetap studi banding dan jalan-jalan. Pejabat musti disuruh menghamburhamburkan uang, supaya mereka boleh membelanjakan uang itu di sektor real, sehingga perekonomian rakyat boleh segar dan boleh berjalan. Studi banding dan jalan-jalan itu itu harusnya dalam bentuk implementasi program pelayanan yang memberdayakan rakyat. Sektor riil kita saat ini butuh suntikan dana segar dari uang yang selama ini cuma tersimpan di kantong pejabat. Demikian juga kebijakan pro rakyat yang selama ini masih tersimpan di rak-rak birokrasi seharusnya dibiarkan terbuka, supaya rakyat boleh memberdayakan semua potensi yang ada di daerah kita dan uang itu akan kembali dalam bentuk pajak yang nantinya boleh membangun banyak fasilitas yang mendukung sistem yang ada di negara ini. Kita memang perlu belajar menghemat dan memprioritaskan agenda rakyat. Ini memang kedengarannya menggurui, tapi, sejauh ini memang kita semua hanya dapat memberi saran. Terima kasih! J.A.U. Manado

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Donny Wungow. REDAKTUR PELAKSANA: Glenly Bagawie. KOORDINATOR LIPUTAN: Stenly Lumempouw. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Michael Towoliu, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Stenly Lumempouw. REDAKTUR: Tonny Mait, Finda Muhtar, Vecky Sentinuwo. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando, Ronald Sumakul, Serly Tasiam. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Ronald Rompas, Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Devie Pondaag (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL), Kurniawan Golonda (BOLMUT). KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing. KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Denny Poluan (Minahasa, Tondano, Tomohon, Mitra), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minsel), Marchel Wowor, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta, D Iman, Cipta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777

Asyik

Anak Sekolah Yang Ingin Kreatif

SELASA 18 JUNI 2013

FLS2N 2013

2.838 siswa bertarung di Medan KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) seperti tahun-tahun sebelumnya menggelar Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2013 pada tanggal 16-22 Juni 2013, di Medan, Sumatera Utara (Sumut). “Tujuan dari penyelenggaraan FLS2N ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya belajar, berkarya, dan mengembangkan potensi diri, serta sikap kompetitif,” kata Thamrin Kasman, Ketua Panitia Kegiatan. Dengan tema “Karya Prestasi Siswa Untuk Kemilau Budaya Nusantara” dunia pendidikan dan kebudayaan diharapkan dapat memotivasi dan mengoptimalisasi segala aspek kehidupan, termasuk sumber daya manusia. Kesenian adalah merupakan salah satu kelompok mata pelajaran yang strategis dan merupakan salah satu wahana bagi siswa untuk berekspresi sehingga memunculkan karya yang dapat di banggakan oleh bangsa Indonesia. Peserta FLS2N ini adalah siswa SD, SMP, siswa berkebutuhan khusus (PPLK), SMA dan SMK baik negeri maupun swasta. Jumlah peserta tahun ini sebanyak 2.838 siswa terdiri dari SD 264, SMP 627, PKLK Dikdas 198, SMA 594, PKLK Dikmen 198 dan SMK 957. Kali ini akan dipertandingkan lomba menyanyi, pidato, mendongeng, seni tari kreasi daerah, melukis, baca puisi, story telling, seni baca Alqur’an dan lain-lain. Tidak ketinggalan, Provinsi Sulut turut mengutus para siswa terbaik ke ivent bergengsi ini. “Kami berharap anak didik bisa membawa pulang hasil yang baik,” harap Kadis Diknas Sulut Drs Star Wowor MSi.(diks/emem)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

6

REKA MAU MEREKA

Saat sifat negatif lebih aktif… Setiap manusia diberi kepintaran untuk mampu membedakan mana hal positif dan negatif. But, nggak bisa dipungkiri, sering kali kita melakukan sesuai yang berdampak buruk baik bagi diri kita sendiri or orang lain. Ehmm.. kalo sikap negatif dipelihara terus, kesuksesan bisa terancam hancur lho! So, udah jelas kalo sikap negatif adalah sikap yang harus dihindari jika ingin mencapai kesuksesan. Jangan sampai sifat negatifmu lebih aktif guys.(fine)

NOVRI SIKAP negatif itu adalah sikap yang nggak sesuai dengan nilai-nilai dan norma kehidupan yang berlaku dalam masyarakat. Contohnya malas, nggak jujur, KKN, nggak disiplin, suka mengadu domba, menipu, melanggar tata tertib, dll. But, yang paling berbahaya lagi dari orang kayak gini adalah adanya kecenderungan orang tersebut menularkan sikap tersebut kepada orang lain.

LINDA JIKA kita memelihara sifat negatif, ini bakal berpengaruh pada mental kita. Kadang nggak disadari, kualitas mental bisa menurun, akibat dari sikap negatif yang kita lakukan. Kalau setiap hari kita membiasakan bersifat buruk, itu akan jadi keperibadian kita yang juga bisa menurunkan kepercayaan orang terhadap kita en menghambat hubungan sosial dengan orang lain.(*)

KETAW ASYIK

Melaporkan aliran listrik padam SAAT aku bekerja di sebuah perusahaan listrik, aku pernah menerima telepon dari seorang pria yang tinggal di daerah pinggiran kota, ia melaporkan bahwa listrik di rumahnya telah padam. Aku menanyanya: “Listrik di rumah tetanggamu apa juga padam?” Ia mengatakan: “Ya, tetapi barusan ada sebuah bus umum lewat di sini, anehnya di dalam bus itu lampunya tetap menyala.”(*)

Pemanfaatan teknologi informasi PEMIMPIN baru perusahaan kami membulatkan tekad akan mewujudkan pemanfaatan IT kantor secara menyeluruh, yaitu menuntut kita melakukan semua hubungan dengan email. Pada suatu hari, aku menjumpai pemimpin baru itu di dalam ruang lift, aku melihat pakaian yang dikenakannya terdapat sedikit masalah, aku bermaksud mengingatkannya, tetapi karena di samping ada orang, aku terpaksa mengurungkan niatku itu. Melihat keadaan ini, pemimpin baru itu dengan melambai-lambaikan tangannya berkata kepadaku: “Bila ada urusan hendak lapor kepadaku, kirimlah email ke alamatku, oke?” Begitu masuk ke kantor dan duduk di depan meja kerjaku, untuk memenuhi instruksinya, aku mau tak mau menulis sepucuk email singkat kepadanya. “Pak, di dalam ruang lift tadi aku hanya ingin mengatakan bahwa ritsleting celana Bapak terbuka lebar, harus dikancing baik-baik Pak.”(*)

PAUD

ASAL LOE TAU AJA

Diknas harap seluruh guru bisa S1 Manado—Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut mengharapkan seluruh guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bisa berpendidikan S1. “Selama ini banyak guru yang mengajar di PAUD maupun TK hanya memilki pendidikan SMA namun sangat kami harapkan agar seluruh guru PAUD untuk bisa berpendidikan S1, dengan begitu maka output anak PAUD akan lebih baik,” ujar Kadis Diknas Sulut Drs Star Wowor MSi melalui Kasi PAUD Diknas Sulut Gereais Limpele SE, kepada

STAR Wowor.

wartwan baru-baru ini. Ditambahkan Limpele, sudah selayaknya semua guru PAUD berpendidikan sarjana, karena dengan semakin tinggi pendidikannnya, maka kualitas seorang guru semakin baik, sehingga dalam mengajar ia bukan saja menguasai materi, tetapi bisa menerapkan ilmunya sehingga output lembaga pendidikan PAUD semakin baik. “PAUD adalah masih salah satu pendidikan non formal, sehingga masih perlu pemberdayaan dan pengelolaan serta pembinaan dari Pemerintah,”

terangnya. Disisi lain, lanjut Limpele, pemerintah setiap tahun telah menyiapkan dana bantuan lanjut studi bagi para guru. “Seorang guru PAUD, ditunut bukan saja pandai mengajar, memiliki ilmu, tetapi juga bagaimana dapat mengasuh, membina anak didiknya sehingga berprilaku yan baik. Anak PAUD masih dibawah umur, seorang guru dituntut harus sabar dan ikhlas dalam mengajar, mencintai anak-anak, kalau tidak maka sulit menjadi guru PAUD yang andal,” tutupnya.(emem)

Fosil baru ditemukan di China

FOSIL berusia 55 juta tahun ditemukan di China bagian tengah. Fosil tersebut merupakan primata pertama dan menunjukkan adanya evolusi kompleks kepada ilmuwan. Dari fosil itu terlihat bahwa primata pada awalnya bertubuh kecil, hiperaktif, dan berwujud seperti monyet. Spesies baru itu disebut Archicebus. “Faktanya, ini memiliki hubungan kekerabatan yang dekat,” kata kurator di Carnegie Museum of Natural History di Pittsburgh, Christopher Beard.

Primata meliputi manusia, monyet, dan lemur. Manusia terpisah dari mamalia lain karena memiliki lima jari di setiap tangan dan kakinya. Primata dibagi lagi menjadi tiga, yaitu anthropoid yang terdiri dari monyet dan manusia, dua lagi mencakup lemur dan tarsier. Spesies baru itu dikelompokkan sebagai tarsier, tetapi memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dengan dari mana manusia berasal. “Ini lucu. Sungguh mungil,” kata Beard.(metc)

Perusahaan penerbitan yang sedang berkembang membutuhkan tenaga Account Executive dengan ketentuan:

-

Mampu Bekerja Keras Mempunyai Jaringan Relasi Sipa Bekerja Sebagai Team Work Mempunyai Kendaraan Roda Dua lebih Diutamakan

Kirimkan Surat Lamaran Anda ke Saudari Ika d/a Ruko Mega Smart 8 No.7 (jam kerja) No Telp. (0431) 841060

Olahraga

SELASA 18 JUNI 2013 Balotelli ... dari Halaman 8

Enam ... dari Halaman 8 “Itu (pemalsuan tanda tangan) adalah perilaku buruk yang tidak bisa dimaafkan dan mencederai organisasi. Komdis telah menjatuhkan sanksi larangan aktif di sepak bola selama 10 tahun,” katanya. Sementara itu, Djohar mengatakan mereka sebenarnya memiliki kesempatan untuk melakukan pembelaan, tetapi ke-enam Exco tersebut malah tidak hadir dalam kongres, dan hanya Widodo Santoso yang memberikan konfirmasi tidak hadir karena berada di luar negeri. Lima Exco lainnya hingga kini sama sekali tidak memberikan konfirmasi meskipun undangan telah dikirimkan. “Mereka sebenarnya diberi kesempatan melakukan pembelaan di forum kongres ini, tetapi tidak digunakan. Jadi, kami menyerahkan keputusan selanjutnya kepada para voter,” kata Djohar. Ia menjelaskan bahwa posisi yang ditinggalkan enam anggota Exco tersebut selanjutnya diganti orang baru melalui mekanisme pemilihan yang akan dilakukan pada kongres berikutnya. “Kongres kali ini akan membentuk komite pemilihan dan komite banding pemilihan untuk keperluan itu (pemilihan anggota Exco dan lainnya),” tambah Djohar.(sdnc)

24 Juni ... dari Halaman 8 Bayern sudah memilih Guardiola sebagai pelatih baru mereka sejak musim lalu menggantikan Jupp Heynckes yang akhirnya pensiun. Klub asal Bavaria itu sudah memberikan kontrak selama tiga musim untuk mantan pemain Barcelona itu. Sukses treble winners yang dicapai Heynckes pada musim lalu memberikan tantangan besar bagi Guardiola untuk bisa menyamai pencapaian tersebut.(sdnc)

Tevez ... dari Halaman 8 Tevez mengaku belum mengatahui apa yang akan terjadi nanti dan dirinya hanya menunggu langkah apa yang akan dilakukan pihak klub. “Saya benar-benar tidak mengetahui apapun terkait masa depan saya sendiri. Saya masih harus menunggu kabar dari pihak klub. Saat ini saya sedang liburan dan belum bisa mengatakan apapun,” terang Tevez seperti dilansir Sky Sports, Senin (17/6). Tevez sendiri belum lama ini terlihat di Stadion kebanggaan Boca untuk menonton pertandingan melawan Arsenal de Sarandi, namun ia menegaskan hal itu tidak ada hubungannya dengan masa depannya saat ini. “Para pendukung Boca tahu, saya ingin kembali ke sana. Tapi hal itu belum akan terjadi saat ini,” tutupnya.(sdnc)

Duo ... dari Halaman 8 Adapun Ottmar Walter yang merupakan adik kandung legenda Jerman lainnya, Fritz Walter, juga menyusul Flohe ke alam keabadian beberapa jam setelahnya dalam usia 89 tahun. Ottmar merupakan salah satu anggota “Pahlawan Bern” yang membawa pulang Piala Dunia pertama untuk Jerman pada 1954 silam. Ottmar yang sempat mengabdi di Kriegsmarine (Angkatan Laut Jerman) pada Perang Dunia II, mengenyam karier emasnya bersama Kaiserslautern di akhir tahun 40an hingga medio 50an. Tapi kariernya tak berjalan panjang dan mesti pensiun dua tahun usai memenangkan Piala Dunia lantaran cedera lutut yang dideritanya sejak masa perang. Ucapan duka cita pun berdatangan, mulai dari Presiden DFB (PSSI-nya Jerman), stuermer (penyerang) timnas Jerman dan mantan punggawa Koln, Lukas Podolski hingga Presiden FIFA, Sepp Blatter terhadap kedua pahlawan Der Panzer tersebut.(okez)

WAWALI Manado, Harley Mangindaan, membuka pertandingan bola voli antar SKPD jajaran Pemkot Manado dalam rangka HUT Kota Manado ke 390. Pada pembukaan Voli tersebut Wawali didampingi Kadispora, Kasat pol PP dan Sekum KONI Manado. Untuk pertandingan antar klub akan dilaksanakan mulai tanggal 01 s/d 08 Juli 2013 bertempat di Gedung KONI Sario Manado.

PBSI segera benahi sektor putri K E G A G A L A N pebulutangkis putri Indonesia di ajang bulutangkis internasional membuat PB PBSI akan melakukan perbaikan di sektor tersebut. Di ajang Indonesia Open Superseries yang baru berakhir, Minggu (16/6). Tidak ada satu pun pebulutangkis putri baik tunggal maupun ganda yang berhasil menjadi juara. Hal itulah yang membuat Ketua Umum PB PBSI, Gita Wirjawan menegaskan akan melakukan perbaikan khususnya sektor tunggal yang dinilai belum maksimal, begitu juga nomor ganda putri. “Saya sudah bicarakan ini

dengan Rexy, kami tidak mau tergantung pada satu nomor saja. Kasihan To n t o w i / L i l i y a n a , kelihatan sekali mereka ada pressure. Sekarang sudah tambah kekuatan di ganda putra, kedepannya akan bisa tambah lagi di ganda putri dan tunggal putri, misalnya Bellaetrix yang sudah tampil sesuai aspirasi Rexy. Minimal tiga nomor bisa jadi andalan, semoga bisa lima nomor” ungkap Gita di Istora Senayan seperti dilansir laman resmi PBSI Hal senada diungkapkan Rexy Mainaky selaku Kabid Binpres PBSI. “Kami memang sudah arahkan fokus ke nomor

tunggal. Sekarang nomor ganda putra kita juga sudah ada kemajuan. Kalau mau dilihat Cina, yang mendominasi masih orang-orang yang sama” kata Rexy, mantan pemain ganda putra peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 bersama Ricky Soebagdja. Meskipun sektor tunggal dipandang masih kurang mengigit, Gita sempat memuji perkembangan para pemain muda. Pada ajang Maldives Intrnational Challenge 2013 lalu, dua tunggal putra muda Indonesia, Fikri Ihsadi Hadmadi dan Muhammad Bayu Pangisthu sukses menciptakan all Indonesian final.(sdnc)

Gamboa ditunggu juara IBF PASCA pertarungan terakhirnya melawan Mercito Gesta, juara kelas ringan versi IBF, Miguel Vazquez, masih menunggu jawaban dari petinju tak terkalahkan asal Kuba, Yuriorkis Gamboa, untuk menerima tantangannya. Vazquez sendiri berhasil mencetak kemenangan angka mutlak ketika berhadapan dengan Gesta di Las Vegas, Amerika Serikat, Desember tahun lalu. Vazquez ingin membuktikan dirinya dengan menantang petinjupetinju tangguh di kelas 61,2 kg. Dia pun percaya

diri bahwa dengan kemampuan yang dimiliki, dia bisa mengalahkan peraih emas Olimpiade Athena 2004, Gamboa. “Saya menginginkan Yuriorkis Gamboa untuk sekali saja dan juga semua petinju kelas ringan terbaik di dunia. Saya menangtang dia untuk menghadapi saya,” tegas Vazquez, dikutip Boxing Scene. “Dia mengatakan bahwa tidak ada yang mau menghadapinya, dan saya sudah mengatakan hal yang sama (tentang diriku sendiri), dan semoga sekarang dia akan

7

Game ke-7 penentuan nasib Heat

HUT KOTA MANADO

“Saya tak mengerti jika ada aturan mengenai dua kartu kuning yang berujung pada skorsing. Kedepannya saya tak akan melakukan itu lagi,”ungkap Balotelli seperti dikutip FootballItalia, Senin (17/6). Sementara itu Balotelli mengaku yakin Italia memiliki peluang untuk menjuarai Piala Konfederasi. “Apabila kami menang dipertandingan berikutnya maka kami memiliki progress. Ini akan menjadi hal yang luarbiasa bisa bermain di pertandingan final dan kami akan melakukan segalanya untuk itu,” ungkap Balotelli.(sdnc)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

merespon tantangan saya. Gamboa, saya menghormati dia sebagai seorang pejuang, sebagai juara, tapi saya ingin kami bertarung,” imbuh petinju dari Meksiko berusia 26 tahun itu. “Saya menantang Gamboa untuk menerima tantangan saya, dan jika ia menerimanya, maka saya akan mengalahkan dia.” Sejak kali pertama terjun di dunia tinju profesional, pada Januari 2006, Vazquez telah menjalani 36 pertarungan, dengan rincian 33 menang (13KO) dan tiga kali kalah.(sdnc)

GAME keenam final NBA 2012/2013 menghadapi San Antonio Spurs, menjadi momok yang menakutkan bagi bintang Miami Heat, LeBron James. Baginya, pertandingan itu merupakan penentu apakah timnya bisa mempertahankan gelar di musim ini atau tidak. Pasalnya, pasukan Gregg Popovich hanya membutuhkan satu kemenangan untuk memastikan gelar ini. Sehingga point guard ini meminta kepada rekan setimnya untuk bermain semaksimal mungkin pada game keenam Selasa (18/6) hari ini. “Kami harus mengabaikan pikiran untuk memulai pertandingan hingga game ketujuh. Karena sekarang kami pantas khawatir untuk memulai game keenam. Sehingga kami harus mengeluarkan seluruh kemampuan untuk menjga peluang itu,” ujar LeBron seusai pertandingan dilansir SI.com, Senin (17/6). Diketahui, meskipun sempat menyumbangkan 25 poin bagi timnya. Namun pada pertandingan game kelima ini

KAWHI Leonard dan Lebron James kembali akan berjibaku di game ke-7.

Heat kembali menelan kekalahan setelah mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Trio Heat (Dwyane Wade, Chris Bosh, dan LeBron) gagal membendung serangan yang dilancarkan Manu Ginobili dkk. Mereka takluk dengan skor 114-104, dengan demikian Spurs memimpin agregat sementara menjadi 32. Peraih MVP tersebut belum tahu kenapa timnya bisa menelan kekalahan ini. Namun LeBron menuturkan,

antara ia dengan Wade gagal mengkonversikan lemparan lay-up untuk dijadikan poin. “Kalau saya tahu jawabannya, kami akan memenangkan dua pertandingan berturut-turut. Sekarang jelas bahwa kami belum mampu melakukannya,” tambahnya. “Kami berdua (LeBron dan Wade) banyak kehilangan 12 lay-up di pertandingan ini. Itulah yang menyebabkan kami kehilangan poin penting di pertandingan ini,” tukasnya.(sdnc)

MOTOGP

2015, Suzuki kembali TAK berpartisipasi di MotoGP sejak 2012, Suzuki akan kembali meramaikan ajang balap motor paling bergengsi tersebut mulai 2015 mendatang. Kepastian tersebut diumumkan langsung oleh pihak Suzuki, yang akan mengikuti sesi tes di Catalunya. Suzuki sendiri terakhir berpartisipasi yaitu pada

DIJUAL TANAH Luas Tanah 17,248 M2 Di Kota Tomohon Kelurahan Matani 1 Dekat Jalan Raya Harga Nego Hub: 0852 5647 6737

2011 -dengan nama Rizla Suzuki MotoGP- dan pada saat itu diperkuat oleh pembalap asal Spanyol yang kini memperkuat Gresini, Alvaro Bautista dan pembalap asal Amerika Serikat, John Hopkins. Saat itu, Bautista sendiri hanya mampu menempati posisi 13 pada klasemen akhir, sedangkan Hopkins di posisi 21. “Suzuki Motor Corporation akan kembali ke FIM Road Racing Grand Prix MotoGP pada 2015. Setelah dua tehun tertunda sejak 2012, Suzuki Motor Corporation telah menjalankan lebih banyak tes dan akan berkembang ke stage selanjutnya, dan akan berpartisipasi secara resmi pada tes yang akan dilakukan di Catalunya, Spanyol,” tulis pernyataan

Suzuki, seperti dilansir Crash. “Setelah mengikuti serangkaian tes baik di dalam maupun luar Jepang untuk pengembangan lebih jauh, Suzuki Motor Corporation akan berpartisipasi kembali di MotoGP racing mulai 2015,” sambung pernyataan dari tim yang pernah menempatkan lima pembalapnya sebagai juara dunia kelas 500cc tersebut. Eks manajer tim Valentino Rossi, Davide Brivio akan mengisi posisi manajer tim Suzuki pada sesi tes 2013. Sementara pembalap asal Prancis Randy De Puniet akan menjadi development rider. Sedangkan mesin yang akan dikembangkan adalah 1000cc ‘In-line four GP racer’.(sdnc)

1. Program Stratum 1 (S1), S.PdK , Ujian Negara Program Studi, Pendidikan Agama Kristen, Akta Mengajar Izin Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI nomor: Dj.III/Kep/HK.00.5/133/2013 Tanggal 9 April 2013 2. Program Stratum 1 (S1), STh, Ujian Negara Program Studi: Teologi/Kependetaan Izin Dirjen Bimas Kristen Kemeterian Agama RI nomor: Dj.III/Kep/HK.00.5/134/2013. Tanggal 9 April 2013 3. Program S1 (S.Sos) Prodi Sosiologi Agama dalam proses izn Dirjen Bimas Kristen 4. S2/Pascasarjana MTh, Kependetaan MA, Pastoral MA, Kepemimpinan 5. S3/Doktor Theologia 6. Biaya Pendidikan terjangkau, Kuliah Bulan Agustus 2013 7. Tempat Pendaftaran Kampus STT Manado, Bahu Lingkungan 1 Manado (Belakang Kantor Pusat Unsrat Manado) Kantor STT Manado, Jl Pomorouw 5 Banjer Lingkungan 3 Manado 8 STT manado dalam proses Akreditasi BAN-PT tahun 2014 9. Ketua STT Manado, Pdt.DR.Drs. Uteng Oratmangun,MA,MTh pengamat politik, penulis artikel sosial, Politik, Pemerintahan, Manajemen, Pendidikan, Agama Kristen/Thologia/Khotbah di Surat Kabar/ Majalah. Pensiunan PNS/Kantor Gubernur Sulut Gol.IV/B Ketua Sinode Grejea Kristen Protstan Injili Indoesia (GKPII) Wilayah Sulawesi Utara, Ketua STT Manado Tahun 2000-sekarang. Ketua STT Manado Tahun 2000 - sekarang Lulusan STT Manado Jururan Pendidikan Agama Kristen sudah 707 diangkat PNS/Guru Agama Kristen Maluku,Maluku Utara, Sulawesi Utara,Kalimantan tengah, Papua,banyak lolos sertifikasi guru Jur. Kependetaan (STh, MTh, MA, Kepemimpinan), sudah 5 orang lulus Caleg DPRD Tahun 2004 dan 2009.

MARI BELAJAR BERSAMA STT MANADO JAMINAN MUTU

GT MAN

EXOTIC SPA

FullBody Massege/Scrub/ V Spa Untuk Mahasiswi dan Wanita Karir Pasti Fresh dan Tidak Kecewa 082395822609

Pijat dan Lulur Dengan Tenaga Wanita Muda, Cantik, Ramah, Sopan dan Proffesional.

Buktikan!!!! 082347888621

SELASA 18 JUNI 2013

BERITA TRANSFER SERGIO FLOCCARI Ingin Bertahan Di Lazio Pemain 31 tahun itu masih ingin bertahan lama di Lazio.

ALVARO NEGREDO Dibandrol 20 Juta Euro Sejumlah klub kabarnya sudah mundur teratur dan mengalihkan bidikan mereka ke pemain lain.

MEMILIKI jam terbang cukup tinggi ternyata tak membuat striker timnas Italia, Mario Balotelli paham mengenai aturan akumulasi . Pemain yang akrab disapa Super Mario itu ternyata tak mengetahui adanya hukuman skorsing jika mendapatkan dua kartu kuning di satu turnamen. Balotelli dihadiahi kartu kuning setelah melakukan selebrasi gol pamer otot kala Italia mengalahkan Meksiko dengan skor 2-1 dalam ajang Piala Konfederasi, Senin (17/6). Pemain AC Milan itu ter-

LUCAS BIGLIA Ingin Segera Gabung Lazio Gelandang Anderlecht itu mengaku tak sabar untuk bisa bermain di Serie A Italia.

YOHAN CABAYE Akui Ketertarikan AS Monaco Rumor Yohan Cabaye bakal hijrah ke AS Monaco semakin berkembang. Materazzi: AC Milan Akan Jual STEPHAN EL SHAARAWY Matrix menilai tawaran dengan dana besar akan mampu membuat AC Milan melepas Stephan El Shaarawy musim panas ini.

ancam skorsing jika ia kembali mendapatkan kartu kuning. Pelatih Italia, Cesare Prandelli mengingatkan Balotelli agar tak lagi mengulangi kebiasaanya

melakukan selebrasi pamer otot. Sadar akan kesalahannya, Balotelli pun berjanji tak akan mengulanginya lagi. Baca: Balotelli ( Halaman 7)

BALOTELLI dihadiahi kartu kuning ketika selebrasi gol pamer otot kala Italia mengalahkan Meksiko.

AS Roma Minati DENIS CHERYSHEV Roma diyakini siap menawar Cheryshev dari Real Madrid di musim panas ini.

Hull City Sasar DARREN BENT Manajer Steve Bruce berencana untuk membajak buruan Newcastle United Darren Bent.

Aston Villa Bidik ANTONIO LUNA Aston Villa tengah mengupayakan kepindahan bek kiri Sevilla Antonio Luna di musim panas ini.

Agen Redam Kabar MAXIME GONALONS Ke Napoli Untuk saat ini, belum ada klub yang mengontak Frederic Guerra selaku agen dari Gonalons. Belum Ada Tawaran Untuk BERNARD Bernard belum akan dilepas jika klub peminat tidak bisa membayarkan 25 juta euro kepada Atletico Mineiro.

Enam Exco PSSI resmi dipecat ENAM anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang statusnya terhukum resmi diberhentikan jabatannya dan dikeluarkan dari organisasi, sesuai dengan kesepakatan yang tercapai dalam Kongres Tahunan PSSI di Hotel Shangrila Surabaya, Senin, yang dihadiri 100 pemilik suara (voter). Ke-enam anggota Exco tersebut adalah Bob Hippy, Sihar Sitorus, Tuty

BEBE Sambut Ketertarikan Sporting Lisbon Bebe akan senang bergabung dengan Sporting.

Tottenham Hotspur Sasar ERIK LAMELA Dengan bantuan Franco Baldini, Spurs bakal berusaha membujuk Roma melepas Lamela.

Agen: Napoli Minati MAXIME GONALONS Napoli termasuk salah satu klub yang telah menyampaikan ketertarikan untuk menggaet Maxime

Mulai hiasi cover majalah

Baca: Enam ( Halaman 7)

24 Juni, Guardiola diperkenalkan

MAURICIO ISLA Akui Mungkin Ke FC Internazionale Mauricio Isla mengonfirmasi ia mungkin beralih kostum ke BiruHitam musim panas ini.

MESKI sudah lama diangkat menjadi pelatih baru Bayern Muenchen, namun Pep Guardiola belum secara resmi diperkenalkan kepada publik melaui media sebagai pelatih baru mereka. Bayern berencana baru akan menggelar jumpa

PELATIH baru Bayern Muenchen Pep Guardiola.

SPORTAINMENT SHAKIRA

Dau, Mawardi Nurdin, Widodo Santoso, dan Farid Rahman yang juga menjabat Wakil Ketua Umum PSSI. Ketua Komisi Disiplin Hinca Panjaitan menjelaskan ke-enam anggota Exco itu melakukan kesalahan serius dengan memalsukan tanda tangan ketua umum PSSI Djohar Arifin Husin.

Palermo Klaim Dapatkan KYLE LAFFERTY Pihak Palermo mengklaim striker asal Irlandia Utara itu sudah resmi bergabung di Renzo Barbera.

Massimo Moratti: Tottenham Hotspur Inginkan FREDY GUARIN Tottenham benar-benar tertarik pada Fredy Guarin, ungkap Massimo Moratti.

KETUA umum PSSI Djohar Arifin Husin.

pers pertama bersama Guardiola pada tanggal 24 Juni mendatang. Dua hari setelah itu, mantan pelatih Barcelona itu untuk pertama kali akan memimpin skuad Bayern menjalani latihan. Baca: 24 ( Halaman 7)

USAI Melahirkan, Shakira Tampil Seksi di Sebuah Majalah, 15/06/ 2013 22:30 Belum genap lima bulan melahirkan, diva pop Kolombia Shakira sudah berani tampil seksi dalam pemotretan sampul majalah terkenal Elle. Ini memang bukan kali pertama kekasih pesepakbola Barcelona FC, Gerard Pique itu membintangi cover majalah tersebut, namun tetap saja hal itu menjadi sensasi. Seperti dilansir Daily, Shakira tampil mempesona dalam balutan gaun ketat berwarna hitam. Hiasan menyerupai cincin tembus pandang, semakin menambah kesan eksotis terusan super mini yang dikenakannya. Tampak ibu dari Milan itu tengah merebahkan diri di atas pasir halus guna memperlihatkan keseksian tubuh bagian atasnya yang hanya

berbalutkan gaun tanpa lengan yang berbelahan dada sangat rendah. Sementara itu, foto terakhir menggambarkan Shakira yang tengah bergaya sangat kasual dengan paduan kaos beserta celana pendeknya yang menghiasi sampul majalah Elle untuk edisi bulan depan.(sdnc)

Tevez di City belum jelas Duo legenda Jerman tutup usia PENYERANG Manchester City, Carlos Tevez mengaku belum mengetahui tentang masa depannya di Emirates Stadium, tapi ia yakin tidak akan bermain untuk Boca Junior pada musim depan. Seperti diketahui pemain asal Argentina itu pernah menyatakan ingin kembali memperkuat klub pertama yang ia bela itu suatu hari, namun Tevez menekankan hal itu belum akan terjadi musim selanjutnya. Kontrak Tevez sendiri bersama City hanya menyisakan satu tahun lagi

dan ia mengharapkan pelatih baru City, Manuel Pellegrini dapat memberikan kepastian apakah pemain asal Argentina itu pergi atau tidak dalam beberapa pekan mendatang. Sebelumnya spekulasi yang beredar mengatakan Tevez tengah diminati beberapa klub besar Eropa seperti Juventus dan dua klub kaya asal Prancis, Paris Saint-German (PSG) dan AS Monaco yang sedang bergerak di bursa transfer musim panas ini. CARLOS Tevez.

Baca: Tevez ( Halaman 7)

SEPAKBOLA Jerman tengah berduka. Dua legenda yang pernah mencatatkan sejarah emas negara industri Eropa itu, Ottmar Walter dan Heinz Flohe, tutup usia akhir pekan lalu dalam waktu yang hampir bersamaan. Heinz “Flockeâ€? Flohe meninggal pada Minggu dini hari lalu dalam usia 65 tahun. Selama kariernya, mendiang kelahiran Euskirchen itu mengecap satu gelar Bundesliga serta tiga titel DFB-Pokal di era 70an bersama FC KĂśln. Puncak prestasinya terjadi bersama tim nasional (timnas) Jerman Barat dengan

OTTMAR Walter dan Heinz Flohe, tutup usia akhir pekan lalu dalam waktu yang hampir bersamaan.(foto: ist)

merengkuh gelar Piala Dunia 1974. Sejak tiga tahun silam, Flohe sudah menderita penyakit stroke dan sempat mengalami koma hingga akhir-

nya 16 Juni waktu setempat, Flohe menghembuskan napas terakhir. Baca: Duo ( Halaman 7)

Mintom Minahasa, Tomohon

SELASA 18 JUNI 2013

KEBIJAKAN

Pasar Kawangkoan perlu perbaikan PENINGKATAN 4 pasar dari segi pembanguinan kapasitas gedung pasar di Minahasa ternyata menjadi skala prioritas dibangun lewat perjuangan Dinas perindustrian dan perdagangan bersama dinas Pasar dan kebersihan Minahasa. Akan ahal ini juga perlu ada pencapaian tentang kualitas daerah agar supaya ada peningkatan yang lebih mengarah pada pencapaian peningkatan kesejahteraan daerah. “Kita memang lebih mengarah pada bagaimana memberikan hal yang baik kepada masyarakat Minahasa khususnya pasar yang bangunannya disiapkan sejak awal. Akan hal ini juga memang dari secara peningkatan pembangunan sarana dan prasarana pasar, maka pemerintah tetap memperhatikan masalah ketersediaan bangunan agar supaya masyarakat dengan leluasa dapat mempergunakan sarana ini dengan baik. Kalau pemerintah menyediakan sarana ini, ketika hendak mengambil pajak atau retribusi mereka tidak akan mengeluhkan, itu tujuan kami,” ujar Kadis Pasar dan Kebersihan Vicky Tanor SiPMSi kepada Swara Kita, Senin (17/6) kemarin. Mengapa Pasar Kawangkoan? Menurutnya ini menjadi sasaran untuk pengembangan daerah di Kawangkoan agar supaya kesemuanya dapat bertumbuh dengan baik. Kenapa hal ini harus seperti itu maka ini menjadi yang terutama untuk melihat prospek ke depan bahwa Pasar Kawangkoan akan meningkatkan PAD yang ada. Selanjutnya juga memang perlu ada peningkatan. “Prospek untuk pasar Kawangkoan dari segi aset daerah dan peningkatan potensi yang ada, itu memang sangat diharapkan supaya kita lebih mengharapkan adanya pencapaian secara efektif karena memang Pasar Kawangkoan cukup berpotensi. Untuk itu pengajuan proposal ke pusat dan menjadi pasar yang baik. Itu nantinya akan lebih terukur,” ujarnya. Sementara itu, menurut anggota Dekab Minahasa asal Langowan Tresje Kaligis mengharapkan agar untuk peningkatan infrastruktur di Minahasa harus disejajarkan. Artinya juga memang harus lebih mengedepankan pertumbuhan perekonomian secara menyeluruh. Tak hanya memang untuk pembangunan di Kawangkoan. “Kita mengharapkan adanya.(erka)

RAKOR KEASTINAN

Camat dan lurah harus proaktif untuk pelunasan PBB BERTEMPAT di Kelurahan Pinaras Kecamatan Tomohon Selatan, Senin (17/6) kemarin, dilaksanakan Rakor Keasistenan I yang di hadiri oleh Kepala–Kepala SKPD lingkup Keasistenan I, para camat dan lurah serta dari perwakilan masyarakat. Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Tomohon, Drs Wendy Karwur MAP menyampaikan beberapa hal diantaranya mengharapkan kiranya para camat dan lurah proaktif dalam memotivasi masyarakat guna melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) di tahun 2013, persiapan menjelang pengucapan syukur pada tanggal 7 Juli 2013 dan meminta setiap PNS dilarang menjadi perantara untuk mendapatkan keuntungan dengan menggunakan kewenangan orang lain sesuai Pasal 4 PP 53 tahun 2010 dan mengenai Kota Tomohon meraih piala adipura. “Untuk itu saya menghimbau kepada para camat dan lurah untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait hal Adipura, Gerakan Masyarakat Senin Asri Bersih Damai Aman (Gema Sabda) dapat disosialisasikan dan dilaksanakan, kepada Dinas Pendidikan agar mengarahkan para guru dan anak sekolah guna menyambut kunjungan rombongan adipura di kecamatan-kecamatan sesuai jadwal,” jelasnya. Hal lain yang disampaikan adalah tata cara pengangkatan kepala lingkungan yakni lurah menyampaikan usul pengangkatan calon kepala lingkungan yang telah memenuhi syarat kepada Camat. Asisten I menegaskan bahwa pada tahun 2013 belum ada pemekaran lingkungan di Kelurahan. Kalaupun sifatnya sangat mendesak, maka pemekaran lingkungan wajib dikonsultasikan dan dikoordinasikan kepada Walikota Tomohon melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra.(gebe)

SURAT KABAR HARIAN

Perda sampah segera digodok Liuw: Jalur Manado-Tomohon akan dijaga oleh Satpol PP Tomohon—Diraihnya Piala Adipura kategori kota kecil terbersih pada tahun ini membuat Pemkot Tomohon mulai melakukan berbagai kebijakan dan program guna mempertahankan piala di bidang kebersihan lingkungan itu. Salah satunya adalah dengan mulai digodoknya peraturan daerah (Perda) tentang sampah agar bisa memberikan efek jera bagi masyarakat yang tidak taat dalam menjaga kebersihan lingkungan. “Dengan keluarnya Perda ini, sangat baik untuk mempertahankan piala Adipura yang sudah kita dapat. Untuk itu, perda ini akan kami siapkan pada tahun ini,” ujar Assisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Tomohon, Ervinz Liuw. Menurut Liuw, ketika ada

perda sampah, maka setiap orang, baik orang Tomohon maupun orang luar kota dapat ditindaki apabila membuang sampah sembarangan. Saat ini, diakuinya, jika kedapatan membuang sampah sembarangan, hanya diberi teguran dan pembinaan dari Satpol-PP. “Keluarnya perda ini, jalur Manado-Tomohon bisa saja akan dijaga oleh Satpol-PP dan bagi warga yang kedapatan membuang sampah akan diberikan sanksi Tipiring atau sidang di tempat itu juga,” katanya. Dirinya pun menambahkan, selain perda sampah, Pemkot Tomohon juga akan membenahi infrastruktur TPA, penambahan mobil pengangkut sampah, mengkondisikan pohon peneduh t di pinggir jalan

serta mengharapkan kepada masyarakat terkait proses pemilahan sampah. “Tak lupa juga, warga kami harapkan bisa melakukan 3R yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle yang mengklasifikasikan strategi manajemen sampah dari yang tertinggi ke yang terbawah berupa pencegahan, pengurangan sampah, penggunaan kembali, daur ulang, penghematan energi dan pembuangan,” tambahnya. Sementara itu, dengan adanya rencana Pemkot Tomohon membuat perda tentang sampah ini mendapat dukungan dari koordinator Environmental Parliament Watch (EPW) Kota Tomohon, Judie Turambi. Sebab, sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tara-tara sudah semakin meningkat. “Perda tentang sampah memang harus dibuat, karena melihat perkembangan Kota

Tomohon yang juga terus mengalami peningkatan dalam pembangunan. Perda sampah ini salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di Kota Tomohon yang semakin hari semakin meningkat produksi sampahnya. Karena sesuai data dari Dinas Tata Ruang Pertamanan dan Persampahan (Distarumansa) Kota Tomohon bahwa produksi sampah Tomohon sekitar 150 kubik/hari,” jelas Turambi seraya menambahkan jika Perda sampah yang nantinya akan dibuat merupakan turunan dari UU Nomor 18 tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, Permendagri Nomor 33 tahun 2010 tentang Pedoman Pengelolaan Sampah dan PP Nomor 81 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.(gebe)

APEL KORPRI

Eman: Mari kita membenahi sesuatu yang masih kurang Tomohon—Apel Korpri Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran Pemkot Tomohon, dilaksanakan di lapangan Kantor Walikota jalan Slanag Kelurahan Kolongan, Senin (17/6) kemarin. Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak selaku Pembina Apel dalam sambutannya memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdian dan perjuangan sebagai abdi negara yang terhimpun dalam wadah Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kota Tomohon serta seluruh masyarakat Tomohon dan semua pihak yang sampai saat ini tetap eksis dalam melaksanakan tugas pelayanan ditengah-tengah masyarakat. “Kita boleh juga mendapat penghargaan anugerah Adipura 2013 kategori kota kecil terbersih yang pialanya diberikan langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di istana negara. Apresiasi ini juga saya diberikan kepada seluruh petugas kebersihan di Kota Tomohon yang senantiasa bekerja secara maksimal sampai pada tahap penilaian, oleh karena itu penghargaan ini dipersembahkan dan menjadi milik semua masyarakat Kota Tomohon,” jelasnya.

WALIKOTA Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak selaku Pembina Apel mengharapkan agar seluruh PNS bisa membenahi segala sesuatu yang masih kurang dalam pelayanan.(foto: ist)

Walikota juga berkeyakinan prestasi ini akan menjadi pemicu kerja yang lebih baik. Dihimbau pula agar kita tidak berpuas diri akan hasil yang telah kita raih, namun kiranya tetap bersama-sama berupaya dan bekerja keras melaku-

kan yang terbaik bagi Kota Tomohon. “Mari kita benahi dan lengkapi kekurangankekurangan yang ada, masih banyak yang harus kita selesaikan termasuk masalah aset dan hal-hal yang berkaitan dengan program-program

Rp10 juta/lingkungan akan direalisasikan ke kelurahan-kelurahan pada tanggal 28 Juni mendatang,” ujarnya. Liuw menjelaskan, dana stimulan itu dikelola oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tomohon dengan tujuan untuk penataanpenataan lingkungan perkotaan dan pedesaan di masing-masing kelurahan. Penyerahan tersebut nantinya akan disatukan STIMIK - AMIK PARNA RAYA MANADO

AKADEMI PARIWISATA MANADO MENERIMA MAHASISWA BARU

PROGRAM STUDI: PERHOTELAN MAU KULIAH?? DI AKPAR MANADO SAJA.... Kenapa Akademi? 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Dibanding dengan S1, Program Akademi (D3) lebih cepat selesai Cepat merebut peluang pekerjaan Perkuliahan lebih aplikatif Total biaya yang dikeluarkan lebih efisien Praktikum lebih banyak Kualitas lulusan tidak kalah dengan S1 Dapat melanjutkan studi ke S1

MENERIMA MAHASISWA BARU Program studi (S1) Program Studi (D1,D3) 1.Sistem Iformasi 2.Teknik Informatika 3.Sistem Komputer

Kenapa harus memilih STIMIK Parna Raya? 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.

1. 2.

11.

6. 7. 8. 9.

Pertama di Manado sejak tahun 1989 Ribuan lulusan telah bekerja di hotel-hotel berbintang, travel biro ternama,birokrat (salah satu menjadi Bupati Jaya Wijaya), dll. Terletak di pusat Kota Manado Memiliki hotel afiliasi untuk praktik di pusat kota Jika Rangking 10 besar di kelas III (SMU/Sederajat), tanpa tes dan biaya pembangunan dikenakan hanya 50% Biaya kuliah dapat diangsur memiliki rekan dan bursa kerja luas Ruang Simulan untuk Tata Graha, Tata Boga, Tata Hidang,dll Tenaga pengajar profesional

Alamat: Jl. Lawangirung belakang KFC Sarapung telp. 0431-843326 Fax.0431-851308 Email: akpar.manado@gmail.com www.akpar-manado.com

1. Teknik Komputer (D3) 2. Manajemen Informatika (D1, D3) 3. Komputer Akuntansi (D3)

Memberikan Beasiswa Kepada: 1.100 orang Mahasiswa Program Sarjana (S3) 2.50 orang Mahasiswa Program Diploma (D3)

Kenapa akpar manado?

3. 4. 5.

pembangunan,” tutupnya. Hadir sebagai peserta apel yakni seluruh PNS Jajaran Pemkot Tomohon bersama pimpinan dan staf pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kota Tomohon.(gebe)

DANA STIMULAN To m o h o n – P e m k o t Tomohon segera merealisasikan dana stimulan Rp10 juta/ lingkungan pada bulan Juni ini. Hal itu dikatakan oleh Assisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Tomohon, Ervinz Liuw kepada wartawan baru-baru ini. “Kalau tidak ada aral melintang, dana stimulan tersebut bakal direalisasikan

12.

Karena milik sendiri Lokasi kampus di pusat Kota Manado Telah terakreditasi "B" Boaya SPP terjangkau dan dapat dicicil Mahasiswa berprestasi bebas SPP Ada beasiswa bagi yang tidak mampu Area Hotspot: Internet gratis Kurikulum sesuai dengan APTIKOM 9Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer se-Indonesia) Tenaga dosen tetap, Praktisi lulusan S2 dan UGM,UI, Gunadarma, UNHAS dan Binus Jakarta, dan bukan dosen part time Peringkat ke-29 dari perguruan tinggi terbaik seIndonesia dalam evaluasi SPMI (Sistem Penamin Mutu Internal) Sk No.0229/D2.4/2010 Tebukti seluruh alumni telah mendapatkan pekerjaan dengan posisi Memilik Asrama

TERAKREDITASI “B” BERGABUNGLAH BERSAMA KAMI “GERBANG DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI Alamat. Jl. Sam Ratulangi I no.2-3 Pusat Kota Manado, belakang gedung Joeang telp. 0431-850677,852306 Hp.085256687772 (Cika) website: www.parnaraya.ac.id Pendaftaran dibuka Senin s/d Jumat jam 07.30 - 15.00

12

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

dengan peringatan hari lingkungan hidup tingkat provinsi Sulut yang akan dilaksanakan di Kota Tomohon. “Dalam kegiatan ini, Pemkot Tomohon juga akan mengungkapan ucapan terima kasih kepada seluruh komponen yang bersamasama dalam mendapatkan penghargaan adipura bagi Kota Tomohon,” jelasnya.(gebe)

ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

e-KTP Minahasa baru 80% Tondano—Pelaksanaan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (eKTP) di Minahasa, sejauh ini belum mencapai target yang diharapkan, karena baru sekitar 80 persen. Oleh karena itu juga memang perlu ada perekaman data secara langsung atau upaya penjemputan warga wajib KTP supaya terealisasi dengan baik. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Minahasa, Drs Reviva Maringka MSi kepada Swara Kita Senin (18/6) kemarin mengatakan jika perekaman ini diserahkan secara sepenuhnya kepada 25 Camat yang ada agar lebih progresif dalam memperlancar program perekaman data mereka yang telah berhak mendapatkan kartu tanda penduduk ini. “Kita tetap berharap ini menjadi bagian yang tidak terlepas dari persoalan percepatan perekaman data yang ada di semua kecamatan, selanjutnya

KEBIJAKAN

PDIP kritisi kenaikan BBM To n d a n o — R e n c a n a kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi memang menjadi perhatian langsung oleh masyarakat Minahasa. Apa pasal? Karena dari pendapatan masyarakat secara keseluruhan belum menunjukkan adanya peningkatan umum kesejahteraan. Disisi lain juga karena rakyat Minahasa sangat banyak berpegang teguh terhadap kebijakan. Artinya banyak terjadi penyalahgunaan BBM dimana yang menikmati jenis BBM bersubsidi adalah mereka yang berdasi, pejabat bahkan yang memiliki standard ekonomi yang tinggi. “Akan hal ini juga memang dikaitkannya dengan berbagai hal yang oleh PDIP Minahasa berkomitmen untuk menolak rencana kenaikan BBM di Sulut pada umumnya dan Minahasa pada khususnya. Kenapa begitu karena di Minahasa sendiri saja untuk penyerapan kesejahteraan masyarakat nampak belum maju. Contohnya saja masih banyak masyarakat yang meski dinaikkan harga minyak, tetapi hampir 50 persen yang tidak menggunakan BBM secara berkelanjutan. Untuk hal ini juga memang harus ada yang namanya pencapaian secara berkelanjutan. Dan sekali lagi berdasarkan keputusan partai, bahwa kami menolak subsidi kenaikan BBM,” ujar ketua PDIP Minahasa Janes Parengkuan kepada Swara Kita, Senin (17/8) kemarin. Lebih lanjut dikatakannya bahwa ini menjadi tanda awas kepada kita semua

PAUD PELITA KASIH MANADO PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pengetian PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. (UU No. 20 tahun 2013 ttg Sisdiknas) Kelompok Pembelajaran: 1. Tempat Penitipan Anak 2. Taman Todler (Usia 18 bulan - 2 tahun) 3. Taman Bermain (2-3 tahun) 4. Taman bermain (3-4 tahun) 5. Taman Kanak-kanak A (Usia 4-5 tahun) 6. Taman Kanak-kanak B (Usia 4-5 tahun) Sarana Pendukung: 1. Ruang Kelas yang menyenangkan 2. Perpustakaan buku, Kaset dan Video 3. Laboratorium Komputer 4. Sarana Olahraga dan bermain (Indoor & Outdoor) 5. Ruang Makan Program Kegiatan: 1. Anak 2. Kunjungan ke perpustakaan, museum, pabrik, arena rekreasi 3. Peyemangat bakat, menggambar, menyanyi, drama, eni lukis 4. Study tour, anjangsana ke panti asuhan 5. Berenang, jalan sehat dan olahraga lainnya 6. Pemeriksaan kesehatan (cat: atas persetujuan orang tua) Alamat: Jl. Lawangirung belakang KFC Sarapung telp. 0431-843326 Fax.0431-851308 Email: akpar.manado@gmail.com www.akpar-manado.com

memang perlu dilakukan pendataan secara “door to door” agar supaya memang pelaksanaannya lebih terarah pada pelayanan publik,” ujarnya. Sementara itu, dari 25 kecamatan yang ada memang perekaman saja hingga kini belum ada 100 persen yang tuntas. Terdata semuanya memang mengarah pada persoalan yang lebih dikaitkan berbagai persoalan berkaitan dengan penertiban administrasi kependudukan. Akan hal ini juga perlu diperhatikan apa yang menjadi kepastian tentang mereka yang berhak mendapatkan fasilitas mengenai kemudahan mengurus administrasi kependudukan. “Kita berharap ini menjadi salah satu bahagian yang tidak terlepas daripada efisiensi petugas di kecamatan. Akan hal ini juga memang perlu ada perbaikan secara menyeluruh agar semua lebih efektif,” ujarnya.(erka)

STIMIK SAMUDRA BITUNG MENERIMA MAHASISWA BARU

PROGRAM STUDI Sistem Informasi Teknik Informatika Bercita-cita menjadi seorang programmer? Mahir dijaringan komputer?

STIMIK SAMUDRA BITUNG Kenapa harus memilih TMIK Samudra Bitung ApaKelebihannya? 1. Menyiapkan SDM yang ahli di bidang Komputer 2. Cepat merebut peluang pekerjaan 3. Lulusan Sarjana Komputer cepat dapat kerja 4. Kampus milik sendiri/tidak mengontrak 5. Biaya terjangkau 6. Mahasiswa berprestasi BEBAS SPP 7. Tenaga dosen tetap, praktisi lulusan S2 dari UGM, UI, Gunadharma, UNHAS dan BINUS Jakarta dan bukan dosen Parta Time 8. Terbukti seluruh Alumni telah mendapat pekerjaan dengan posisi Sarana dan Fasilitas 1. Ruang Kelas 2. Lab Komputer/LAN/Internet 3. Lab Teknisi ith 4. Perpustakaan oin W

J

Us

A lamat; Jl. Piere Tendean Kel. Manenmbo-Nembo Tengah Kota Bitung Telp. 0438-34319 email: stmiksamdura@yahoo.com

kalau sampai dengan detik ini pendistribusian BbM masih dilanjutkan secara baik. Karena memang belum ada yang dipermasalahkan. Kenapa b egitu, karena lapor kalau ada yang menggunakan BBM untuk kepentingannya pribadi dalam jumlah yang banyak. Kenapa demikian karena ini menjadi sesuatu yang lumrah ketika ada pengiringan isu pasti untuk kenaikan BBM sehingga terjadinya penampungan minyak secara besar-besaran. “Kalau penertiban saat ini untuk BBM masih jauh dari harapan sebab saat ini semuanya berjalan normal. Akan hal ini saja perlu ada pengembangan diri secara berkala dan kesemuanya itu akan berdampak pada hal-hal yang menentukan untuk pencapaian sesuatu yang masuk akal. Artinya bahwa keinginan masyarakat untuk mendapatkan apa yang menjadi kebutuhan mereka atau hak mereka, itu dapat terealisasi secara benar. Semoga saja ini menjadi hal yang nyata dimana masyarakat lebih mendapatkan kenyamanan,” ujarnya. Hal senada juga dikatakan Sekretaris PDIP Minahasa Dharma Palar. “Yah memang kita menolak tentang rencana pemerintah pusat untuk menaikkan harga BBM, sebab realita dilapangan berbicara lain. Kemudahan lebih terasa pada mereka yang b anyak duit, sementara yang sudah adalah warga sendiri, ini perlu menjadi sebuah catatab yabg objektif dan patut dioptimakannya,” ujarnya.(erka) SMK PARNA RAYA MANADO MENERIMA SISWA BARU

Kenapa harus memilih SMK Parna Raya Manado? 1. Program Keahlian Teknik Informatika Pertama di Kota Manado sejak tahun 2001 2. Guru-gurunya Sarjana Komputer dan Master Komputer 3. Kurikulumnya berorientasi ke Teknisi Komputer dan jaringan yang sangat dibutuhkan oleh kantor-kantor dan masyarakat 4. Telah TERAKREDITASI 5. SPP dapat dicicil dan uang pembangunan dibayar sesuai dengan kemampuan orang tua 6. Lulus SMK bisa langsung kerja (Siap Pakai)

Kalu mau jadi ahli Komputer Datang jo ke SMK Parna Raya...!!!

TERAKREDITASI “B” Alamat. Jl. Sam Ratulangi I no.2-3 Pusat Kota Manado, belakang gedung Joeang telp. 0431-850677,852306 Hp.085256687772 (Cika) website: www.parnaraya.ac.id

SELASA 18 JUNI 2013

PENGHARGAAN

First Lady Minut raih Adhi Karya Satya Bhakti 2013

Minselutra Minsel, Minut, Mitra

PRESTASI kembali ditorehkan Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Minahasa Utara (Minut) Altje Polii SH MSi, terkait kinerja dan pengabdian yang dilakukan dalam membangun Minut. Dimana hasil positif yang dicapai isteri tercinta Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA itu, yakni menerima penghargaan Adhi Karya Satya Bhakti, dikarenakan Pengabdiannya serta karya-karya gemilang yang dilakukannya, untuk mensejahterakan masyarakat Minut. Sebagai tokoh perempuan Indonesia, Polii terpilih bersama 32 tokoh di Indonesia, yang menerima penghargaan dari lembaga Prestasi Indonesia (PI). Dimana untuk Sulut, penghargaan serupa hanya diterima 3 orang diantaranya Ketua TP PKK Kota Bitung dan Bupati Minahasa Selatan. “Altje dalam penghargaan tersebut dinilai sebagai wanita sukses berkarya dan mengabdi dan turut berperan membangun Minut. Dia juga ikut membangun masyarakat sehat sejahtera dan memberikan pelayanan pendidikan dan kesehatan. Mengangkat kesetaraan kaum wanita dan melibatkan diri dalam berbagai kegiatan sosial masyarakat, serta juga mewadai pertumbuhan ekonomi rakyat melalui usaha kerakyatan,” terang Direktur PI Drs Willyanto K MM, disela-sela pemberian penghargaan, Senin (17/6) kemarin. Selain itu, PI juga menganggap mantan staf khusus Bupati ini, sebagai tokoh wanita dan pemimpin profesional, bersih dan pro rakyat. Penyerahan piagam penghargaan diserahkan langsung Direktur PI Drs Willyanto K MM dalam acara TP PKK Minut.(eres)

OLAHRAGA

KDP siapkan kejuaraan motor cross di Minsel KETUA KONI Minsel Kristovorus Deky Palinggi SE (KDP), terus mendobrak menuju Minsel yang Berdikari Cepat. Buktinya, seluruh cabang olahraga satu persatu dibenahi agar bisa sukses. Setelah panjat tebing, sepak bola, bulutangkis, tinju, DEKY Palinggi. kini KDP yang mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di Deprov Sulut nomor urut 2 Dapil Minsel-Mitra, tengah menyiapkan kejuaraan motor cross. KDP belum lama ini mengatakan, ada beberapa kecamatan yang sangat gemar dengan motor cross, sehingga dirinya memikirkan untuk menggelar kejuaraan motor cross di Minsel. “Saya rencananya akan menggelar motor cross di Kecamatan Tompaso Baru dan juga beberapa kecamatan yang lain, karena saya melihat ada kecamatan yang sangat terkenal dengan motor cross,” ungkapnya. Ditambahkan suami dari Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE ini, dengan banyak menggelar kejuaraan di Minsel, secara otomatis Minsel akan terkenal di dunia luar. “Dengan menggelar kejuaraan kita juga sudah melakukan pembinaan, karena seorang pembalap lebih banyak jam terbang, kwalitasnya akan semakin teruji dan semakin handal. Dan mereka akan membawa nama Minsel lebih terkenal,” tukas Palinggi.(esem)

13

Provinsi Bolmong Raya terganjal tapal batas Pemkab tegaskan batas MinselBoltim-Bolmong belum final

ALTJE Polii Singal SH MSI (kiri) saat menerima penghargaan dari Direktur PI Drs Willyanto K MM, Senin (17/6) kemarin.(foto: ist)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Amurang— Rencana pemekaran Provinsi Bolmong Raya yang terus digaungkan oleh pihak panitia pemekaran, rupanya bakal tersendat. Apa pasal? Rencana pemekaran tersebut

masih belum bisa dilakukan, karena masalah tapal batas dua Kabupaten yakni Minsel-Boltim, serta MinselBolmong, belum jelas sampai saat ini. Kabag Pemerintahan

Setdakab Minsel Tusrianto Rumengan SSTP, Senin (17/ 6) kemarin, kepada Swara Kita mengatakan, bahwa permasalahan tapal batas antara dua wilayah di Bolmong Raya, baru akan dibahas dalam waktu dekat ini. “Masalah tapal batas Minsel dan Boltim, serta Minsel dan Bolmong baru akan dibahas dalam waktu

dekat ini, yang pasti untuk pemekaran Bolmong Raya masih belum bisa dilakukan selama belum ada keputusan terkait tapal batas dengan wilayah Minsel,” ujarnya. Dirinya menambahkan sesuai dengan rapat yang digelar dengan pemerintah pusat, maupun dengan pemerintah Provinsi, masalah tapal batas harus

PELAYANAN

SALAH satu staff PDAM Minut, saat menerima sejumlah warga yang menyampaikan aspirasinya.(foto: boyz/sk)

Rp50 ribu. Ini sangat memberatkan kami warga Perum III dengan jumlah KK 150. Jadi kami harap PDAM menindaklanjuti apa yang menjadi masalah kami selama ini,” tutur Pangemanan. Kedatangan warga tersebut, diterima langsung Direktur Utama (Dirut) PDAM Deybert Rooroh. Dikatakan Rooroh didepan warga, masalah air bersih tersebut terjadi tiga tahun yang lalu, sedangkan masa kepemim-

pinan yang dilanjutkannya baru dua tahun. “Permasalahan ini terjadi tiga tahun lalu, dan sementara ini pihak PDAM telah melakukan pembenahan dari permasalahan beberapa tahun lalu, sejak dua tahun ini,” terang Rooroh. Dijelaskan Rooroh, semua permasalahan air bersih diberbagai daerah sudah ditanggapi dengan membuatkan proses permintaan bantuan ke kementerian.

“Dari kementerian sudah merespon dan menyiapkan Instalasi Pengelolaan Air (IPA), yang saat ini dipusatkan di Sawangan. Jadi saya berharap warga Perum III bersabar, karena sementara dalam pengerjaan dan saya jamin air bersih akan secepatnya mengalir ke Perum III,” janji Rooroh, sembari mengatakan sudah ada tim yang turun melakukan pengecekan ke lokasi tersebut.(eres)

PASCA PILKADA MITRA

Pejabat mulai sowan di rumah JS-RK Ratahan—Setelah memimpin perolehan suara melalui hasil hitungan cepat (Quick Count) oleh lembaga survey, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Mitra James SumendapRonald Kandoli (JS-RK), mulai kedatangan tamu sejumlah pejabat di daerah ini untuk sowan. Hal ini setelah pada

Sementara itu, Personil Komisi I Dekab Minsel Donald Toloh SE, meminta agar pemkab segera turun dan membahas masalah tapal batas, agar tidak terlalu lama, yang bisa memicu permasalahan yang baru. “Secepatnya itu lebih baik, jangan nanti kalau terlalu lama, akan ada masalah yang baru lagi,” tukas toloh.(esem)

LAMBANG DAERAH

5 tahun warga Perum III tidak nikmati air bersih Airmadidi—Masalah air bersih terus jadi permasalahan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), walau perubahan dan terobosan tengah diusahakan pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Minut. Dimana, Senin (17/6) kemarin, sekitar 30 orang warga Perum III Aqua Asri Airmadidi Atas, mendatangi PDAM Minut, untuk meminta kejelasan tentang masalah air bersih, yang sejak 5 tahun ini tidak mereka rasakan. Dikatakan salah satu warga Daniel Pangemanan, jika sampai saat ini warga Perum III, belum juga merasakan air bersih dan tidak ada pelayanan sama sekali. “Di tempat kami, meteren airnya dan ledeng sudah ada, tapi tidak mengalir air sama sekali. PDAM terkesan pilihpilih dalam melayani masalah air bersih ini,” keluh Pangemanan. Ditambahkan Pangemanan, selama ini kebutuhan akan air bersih mereka siapkan sendiri, dengan membeli air di galon yang dijual dengan harga Rp3 ribu. “Bagaimana pun air bersih adalah sumber kehidupan yang harus terpenuhi, jika dihitung-hitung pengeluaran untuk memenuhi air bersih dengan cara membeli setiap hari, sebulannya mencapai

segera dituntaskan secepat mungkin. “Yang pasti untuk batas dengan Boltim pekan depan kami akan turun, dan kemudian dengan Bolmong. Dan yang pasti tidak ada masalah terlalu besar, hanya ini tidak akan terlalu rumit, karena antara Minsel dan Boltim biasa saja, begitu juga dengan Bolmong,” tegas Rumengan.

beberapa waktu lalu, nampak beberapa kendaraan dinas mulai merapat dan parkir di depan rumah Sumendap, guna bertemu dengan calon bupati Mitra tersebut. Sumendap yang dikonfirmasi Swara Kita, mengakui kalau beberapa pejabat di daerah ini datang padanya, namun menurutnya, semua pejabat tersebut hanya untuk mengucapkan selamat. “Semua mereka itu adalah teman dan kedatangan

mereka bukan diundang secara resmi, namun mereka datang sendiri,” terangnya, belum lama ini. Sementara itu, beberapa warga yang menyaksikan hal ini, mulai berkomentar dengan apa yang terjadi di depan mata mereka. “Waktu sebelum kampanye samua tako ba dekat, setelah so jadi mulai ba dekat stor muka,” ujar Novy Momuat, warga Tombatu. Peristiwa ini berlangsung

sejak hari pertama tanggal 13 Juni 2013 sore, setelah diketahui suara pasangan JSRK, melalui hasil penghitungan cepat lembaga survey, jauh meninggalkan incumbent Telly Tjanggulung. Pantauan Swara Kita, di rumah Sumendap mulai kelihatan yang pertama kali datang adalah Kabag Ortal Bernat Mokosandib, disusul pejabat lain, kemudian beberapa anggota dewan.(try19/sl)

KINERJA PNS

2014 BKDD terapkan PP 46 tahun 2011 Airmadidi—Untuk terus meningkatkan disiplin khususnya bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Minahasa Utara (Minut), Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Minut terus melakukan berbagai langkah, sesuai dengan petunjuk Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA. Dikatakan Kepala Badan (Kaban) BKDD Minut Drs Aldrin Posumah MSi, Senin (17/6) kemarin, jika penerapan disiplin saat ini dengan

menggunakan penilaian absensi apel, maka kedepan akan lebih ditingkatkan lagi. “Rencananya tahun 2014, masalah disiplin PNS Minut akan semakin kita tingkatkan. Dimana konsepnya akan diubah, nantinya penilaian yakni sasaran kerja atau target, yang tentunya terukur,” ungkap Posumah. Ditambahkan Posumah, dari penilaian ini jika PNS hanya mencapai 25 persen, maka tentunya itu akan dipertanyakan bagaimana kinerja

mereka. “Capaian 25 persen ini, nantinya jadi penilaian, mampu tidaknya PNS bekerja sesuai dengan sasaran yang diberikan. Hal ini diatur dalam PP 46 tahun 2011, dimana aturan ini ada hubungannya dengan UndangUndang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN), yang didalamnya mengatur reformasi birokrasi, izin belajar bagi PNS,” urai Posumah, sembari mengatakan, Selasa (18/ 6) hari ini, rencana tersebut akan disosialisasikan.(eres)

Manguni bakal kembali Mitra Ratahan—Pemerintahan Bupati Mitra Telly Tjanggulung, setelah tumbang melalui hasil hitungan cepat oleh lembaga survey di Pilkada Mitra belum lama ini, rupanya harus merelakan lambang pemulihan yang bakal digantikan lambang, Patokan Esa, yakni burung Manguni. Hal ini juga setelah adanya desakan sejumlah masyarakat agar dikembalikannya lambang daerah Mitra yang lama, yakni Patokan Esa. Berdasarkan atas program kampanye pasangan James Sumendap-Ronald Kandoli (JS-RK) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), dalam beberapa kesempatan pada tahapan sosialisasi, sebelumnya menjanjikan akan mengembalikan lambang daerah burung Manguni. Salah satu Tokoh Pemuda

Ratahan Alfendy Rayo, mengungkapkan sudah saatnya jati diri dan budaya orang Minahasa dikembalikan dan dihargai. “Saya yakin dengan kepemimpinan James Sumendap, lambang Manguni akan kembali berjaya di Mitra,” ujar Rayo. Ungkapan sama juga diutarakan aktifis perempuan Mitra Fitri Tawo, yang menurutnya pemerintah sebelumnya telah mencederai budaya orang Minahasa dan telah melakukan pelecehan terhadap budaya Minahasa. “Sejak awal kami menolak pergantian burung Manguni ke Merpati. Akan tetapi seolah suara kami disiasiakan oleh penguasa, jadi nantinya dengan pemerintah yang baru diharapkan lambang Manguni harus kembali ke Mitra,” ujar Tawo.(try19/sl)

PELANGGARAN PILKADA

Laporan mulai masuk Panwaslu Ratahan—Setelah tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) usai, sejumlah pelanggaran yang dilakukan oleh keempat pasangan calon bupati dan wakil bupati, mulai menjadi laporan untuk ditindaklanjuti pihak Panwaslu Mitra. Diungkapkan Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Mitra Jobby Lungkutoy, kepada Swara Kita, Senin (17/6) Kemarin, sejauh ini dari pelangaran yang masuk ke meja Panwaslu Mitra, sudah sekitar 12 Pelanggaran, yang secara kasat mata didapati petugas di lapangan. Hal ini masih memungkinkan bertambah, mengingat belum masuknya laporan dari Panwas Kecamatan. “Sebagian yang ditemui dilapangan adalah pelanggaran administrasi. Sementara untuk lanjutannya, hari ini (kemarin, red) masih menunggu laporan yang akan dimasukan oleh Panwas Kecamatan,” ujar Longkutoy. Ditambahkan juga oleh Longkutoy, pelanggaran yang mereka catat tersebut, sebagian telah ditindaklanjuti dengan memanggil pihak pihak

JOBBY Lungkutoy.

terkait untuk dimintai keterangan dan klarifikasi. “Untuk dugaan kampanye hitam (Black Campaign), kami masih mengumpulkan bukti pendukung, serta saksi saksinya, agar memiliki dasar yang kuat,” katanya. Sementara itu, Ketua Panwascam Kecamatan Tombatu Timur Jhon Kandow, mengungkapkan, dari sejumlah pelanggaran yang didapati dilapangan, rata-rata dilakukan oleh keempat calon. “Semua calon dari pantauan kami, khususnya di Tombatu, telah banyak terjadi pelanggaran, namun hari ini semua laporan akan segera dimasukkan kepada pihak Panwaslu,” ujar Kandow. Sayangnya pelanggaran apa saja yang dimaksud, oleh Kandow sendiri enggan untuk mengutarakannya, kepada wartawan secara rinci.(try19/sl)

PENDIDIKAN

Kepsek lakukan pungli, harus siap tanggung resiko Amurang—Ada dugaan beberapa sekolah melakukan pungutan liar (Pungli), akan hal ini oleh Pelaksanan Tugas (Plt) Kadis Pendidikan Pemud dan dan Olahraga (Dikpora) Minsel Hendrie Lumapow SH, menginstruksikan

kepada seluruh kepala sekolah didaerah ini, untuk tidak melakukan pungutan kepada para siswa. Dikatakan Lumapow, jika pihaknya mendapatkan keluhan, bahkan disertai dengan bukti, bahwa ada sekolah yang melakukan

pungli, maka kepala sekolah setempat yang harus bertanggungjawab. “Kepala sekolah harus bertanggungjawab, jika kedapatan ada praktekpraktek pungli, karena tidak ada yang namanya pungutan dalam bentuk apapun,

kepada siswa. Ini sesuai dengan instruksi Bupati melalui Dikpora Minsel,” tukasnya. Dirinya berjanji, akan memberikan sanksi tegas kepada setiap sekolah yang kedapatan lakukan pungli kepada siswa. Bahkan

sanksi pemecatan dari kepala sekolah akan dilakukan. “Pasti akan ada sanksi tegas, bahkan kepala sekolah bisa diganti. Untuk itu saja himbau tidak ada yang namanya pungli di setiap sekolah yang ada di Minsel,” harap Lumapow.(esem)

Satalrobit

Sangihe, Talaud, Sitaro, Bitung

SELASA 18 JUNI 2013

Prestasi Kota Bitung dieluhkan saat apel Korpri PRESTASI gemilang yang diraih Kota Bitung dibawa Pimpinan Walikota Bitung Hanny Sondakh, Wakil Walikota MJ Lomban MSi dan Sekretaris Kota (Sekkot) Drs Edison Humiang MSi dengan meraih Adipura ke-8, yang tahun ini diterima untuk yang ke-7 kali secara berturut, serta untuk pertama kalinya meraih gelar terminal terbersih se-Indonesia kategori Kota Sedang dan mampu mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) untuk Pegelolaan Keuangan Daerah dieluheluhkan saat apel Korpri Pemkot Bitung, Selasa (17/ 06). Sekkot saat membacakan sambutan Walikota Bitung dalam Apel Korpri, bersyukur berbagai penghargaan yang telah di terima semua karena usaha dan kerja keras serta kerja sama dari semua pihak dan unsur terkait yang ada. “Hal ini menunjukkan bahwa usaha dan upaya kita bersama diberkati oleh Tuhan yang Maha Kuasa sehingga kita layak untuk menerima berbagai penghargaan dari buah kerja keras bukan karena kebetulan semata,” ujar Humiang sembari menambahkan bahwa apa yang telah dicapai atas kerja keras semua pihak selaku pemerintah daerah termasuk Anggota korpri di dalamnya dan dukungan serta partisipasi dari semua komponen masyarakat Kota Bitung. Dilain hal, Humiang juga berharap agar apa yang dicapai tidak akan membuat terlena, namun akan terus meningkatkan kinerja dan kemampuan. “Kita tidak boleh terlena dengan semua kebanggaan akan berbagai keberhasilan ini, tapi sebaliknyaakan terus memotivasi kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat untuk lebih meningkatkan Kinerja dengan terus mengembangkan diri,” harapnya. Diapun mengatakan jika melalui pelajaran berbagai ilmu pengetahuan dan peraturan yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi anggota Korpri dalam rangka penyelenggaraan Pemerintahan, Pembangunanan dan kemasyarakatan yang semakin berkualitas. “Ini mutlak dilakukan, anggota Korpri jangan pernah jenuh untuk belajar,” tutup Humiang.(wepe)

Putri Sitaro harumkan nama Sulut di tingkat nasional SALAH satu putri asal kabupaten Sitaro yakni Deasy Anggreiny Lahutung mengharumkan nama daerah ditingkat nasional, setelah membawa nama Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan mengikuti lomba karya tulis yang bertajuk tunas muda pemimpin Indonesia. Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Sitaro, Dra Dolly Polimpung lewat Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra Silvia S Bawuna ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan membenarkan hal tersebut. “Benar, dia (Deasy, red) berhasil dalam lomba karya tulis untuk forum anak nasional dengan meraih juara 2 (dua),” terang Bawuna. Dikatakan Bawuna, Deasy mengikuti perlombaan tersebut untuk kategori anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan memilih materi Kebhinekaan. “Pertama kami mendapat informasi kalau dia masuk dalam 10 (sepuluh) besar, kemudian mengerucut menjadi 3 (tiga) besar, tibatiba terakhir mendapat juara 2 (dua) seluruh Indonesia, yang mana juara 1 diraih oleh tuan rumah yakni Yogjakarta kemudian juara 3 utusan dari DKI Jakarta,” kata Bawuna. Dijelaskannya, pihaknya masih menunggu faks dari pusat terkait rencana penyerahan hadiah yang sesuai rencana akan diserahkan bersamaan dengan pelaksanaan Hari Anak Nasional. “Penyerahan hadiah rencana akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 26 Juni. Dan hingga saat ini kami juga masih menunggu faks dari pusat dan informasi dari BPPKB Provinsi,” jelasnya. Sementara itu, Jemmy Lahutung (orang tua deasy, red) berharap ada perhatian terhadap anak mereka, mengingat mereka tidak mampu menanggung biaya keberangkatan serta biaya lainnya. “Kami berharap ada perhatian dari pemerintah, sebab biaya sangat tinggi dan kami sebagai orang tua merasa tidak mampu menanggung biaya semuanya,” ungkap Lahutung.(esge)

SURAT KABAR HARIAN

14

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Lomban tandatangani MoU bersama Menteri P3A

Pemkot Bitung berkomitmen lindungi perempuan dan anak Bitung—Bertempat di Hotel Aryaduta Manado, Wakil Walikota (Wawali) Bitung Max J. Lomban didampingi Kepala Bagian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Rita L Sumiok SE MSi, beserta Kasubbag Pemberdayaan Perempuan Setda Kota Bitung Grace Dengah SP MSi, menghadiri acara Advokasi Kepala Daerah dan DPRD menyangkut “Stranas Perce-

patan Pengarusutamaan Gender (PUG) Melalui Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender (PPRG)” se-Provinsi Sulut yang dilaksanakan pada Senin (17/6). Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri P3A RI Ny Linda Amalia Sari Gumelar SIP, Wakil Gubernur Provinsi Sulut Dr Djouhari Kasil MPd, Ketua Deprov Sulut Ny.

Meiva Salindeho Lintang STh, dan para pejabat yang mewakili Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Utara. Dalam kesempatan tersebut diadakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten/ Kota se-Provinsi Sulut, Pemprov Sulut dan Menteri P3A RI. “Penandatanganan ini

merupakan wujud komitmen dari Pemkot Bitung untuk melindungi kaum perempuan dan anak-anak yang ada di Kota Bitung,” kata Lomban. Pada kesempatan ini Lomban memberikan cenderamata kepada Menteri P3A RI sambil sedikit mempresentasikan potensi Kota Bitung dibidang pariwisata, perikanan dan kelautan.(wepe/mm)

WAKIL Walikota Bitung bersama Menteri P3A RI saat menandatangani MoU perlindungan perempuan dan anak yang akan diterapkan di Kota Bitung.(foto: epang/sk)

Gelon ”kepung” SPBU Tahuna Jelang kenaikan BBM, antrian terus terjadi Tahuna—Jelang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang akan diumumkan pemerintah, berdampak pada pelayanan dua Stasiun

Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di Kota Tahuna. Dari pemantauan Swara Kita, Senin (17/6) kemarin

antrian panjang setidaknya telah terjadi sejak pagi hari hingga menjelang sore. Selain antrian panjang yang berhasil terpantau harian ini, ratusan gelon juga turut menghiasi dua SPBU tersebut. Tidak mau kecolongan dengan berbagai tindakan yang akan berimbas pada hal

negatif, Pemkab Sangihe sendiri akhirnya menurunkan personel dari Satpol PP untuk melakukan pengamanan di dua SPB yang ada. Sementara itu, Ketua Komisi B dekab Sangihe Jimmy R Oleng menghimbau kepada semua warga agar tidak melakukan penimbunan

KRISIS LISTRIK harusnya sifatnya segera diselesaikan harus terhambat. “Terkadang kami harus menumpang disejumlah bagian untuk melakukan pekerjaan, atau pekerjaan tersebut kami bawah ke rumah untuk diselesaikan,” jelas mereka kembali. Sementara itu terpisah, Kabag Umum Pemkab Sangihe Johanis Pilat ketika dihubungi membenarkan adanya pemadaman listrik di sejumlah bagian yang ada di Kantor Bupati. “Ada beberapa ruangan yang sudah melaporkan hal tersebut masing-masing Bagian Humas, Bagian

Pemerintahan, Bagian Pemerintahan Desa, serta Bagian Pemerintahan Desa. Namun untuk mendapatkan pasokan listri kembali normal harus melalui PLN, sebab daya yang dimiliki Kantor Bupati 41 ribu kwh sudah tidak mapu lagi melayani kebutuhan listrik yang ada,” jelas Pilat. Pilat juga menyesalkan lemahnya kordinasi semua bagian yang ada di kantor Bupati terkait dengan penambahan berbagai peralatan listrik untuk kebutuhan kerja. “Penambahan ruangan baru yang disertai juga penambahan

peralatan listrik untuk kepentingan kerja selama ini tidak pernah ada kordinasi ke Bagian Umum, dan imbansya sekarang kita rasakan bahwa suplay listrik sudah tidak mampu memenuhi kebutuhan yang ada,” tegasnya kembali. Meski demikian Pilat menyatakan langkah yang diambil adalah meminta PLN untuk kembali menambah daya sehingga kebutuhan listrik bisa memadai. “Jalan satusatunya yang dilakukan adalah penambahan daya dan membutuhkan proses dari PLN,” imbuhnya.(esde)

SDM

10 Caleg Bitung diduga lulusan Paket C jika hal ini bisa diakomodir menjadi Caleg oleh KPU. Sementara Sekretaris KPU Rylo Panai yang dikonfirmasi membenarkan jika ada Caleg yang lulusan Paket C. “Setahu saya memang ada Caleg yang lulusan Paket C, namun berapa tepatnya saya kurang tau, silahkan tanyakan kepada ketua Pokja Ibu Selvi,” kata Panai. Pun demikian, dia mengatakan jika dalam aturan tidak

ada pembedaan lulusan paker C dan lulusan sekolah regular. “Tidak ada aturan yang membatasi sekolah para calon anggota legislatif yang jelas harus lulusan SMA,” ungkap Panai. Sayangnya, Selvi Rumampuk Ketua Pokja Seleksi Caleg Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dikonfirmasi wartawan enggan mengangkat ponselnya saat dikonfirmasi wartawan.(wepe)

Proyek oknum sekretaris Partai Nasdem dinilai tak becus

perusahaan sebelum dilakukan pembersihan. “Tentunya kami belum akan menandatangani administrasi pencairan dana dari pihak perusahaan jika memang ada ketidakbecusan dalam proyek itu,” katanya seraya berjanji akan mengecek proyek tersebut. “Sebentar sore saya dan tim akan meninjau keluhan warga ini,” kata Sakul. Diapun sebenarnya sudah mengingatkan ke pihak perusahaan pada Minggu yang lalu agar tidak menutup lubang nafas dari drainase tersebut sebelum kayu penyangga di cabut. “Kalau diindahkan seperti ini maka kami minta pihak kontraktor membongkar penutup lubang nafas tersebut,” ungkapnya.(wepe)

Bitung—Dicurigai ada sekitar 10 orang Calon Legislatif (Caleg) dari beberapa partai di Kota Bitung adalah lulusan kejar Paket C atau setara SMA/ SMK. Hal ini diungkapkan oleh aktifis Kota Bitung Berti Lumempouw. “Setahu saya ada beberapa orang Caleg Kota Bitung yang ijazahnya hanyalah Paket C,” ungkap Lumempouw, Senin (17/6). Diapun mengherankan

kenapa sampai ada partai yang mengakomodir caleg yang hanya lulusan Paket C sementara ada banyak sarjana yang mempunyai pemikiran brilian. “Saya menilai partai di Kota Bitung hanya mencari gampang saja dengan mencantumkan caleg yang pendidikannya dibawah rata-rata,” ungkap Lumempouw lagi. Namun demikian dirinya sendiri tidak membantah

SOROT

Bitung—Warga yang ada di Kelurahan Girian atas mengeluhkan penyelesaian Proye Drainase di Girian Atas yang dinilai tidak becus. Pasalnya pihak kontraktor yang menutup drainase tidak mencabut papan yang menjadi penopang penutup drainase. “Drainase ini tidak becus karena saat papan penyangga busuk maka papan

BBM,” ungkap Oleng. Terpisah, Kabag Ekonomi Pemkab Sangihe Drs Djohn Damalang menyatakan untuk saat ini stok BBM di Sangihe aman. “Data yang ada dari Depot Pertamina Tahuna, untuk stok BBM masih aman hingga sekarang,” singkat Damalang.(esde/mm)

PENDIDIKAN

Hampir sepekan aktifitas di kantor bupati lumpuh Tahuna—Aktifitas di Kantor Bupati Sangihe nyaris sepekan lumpuh sehingga berimbas pada pelayanan yang ada. Pasalnya, empat Bagian penting di jajaran Kantor Bupati ini tidak mendapatkan suplay listrik dari sentral yang ada di kantor daerah ini. “Kami sangat kesulitan untuk melakukan aktifitas seperti biasanya, sebab sudah hampir satu minggu ini tidak ada aliran listrik di ruangan kami,” ujar sejumlah staf ketika dihubungi Swara Kita. Bahkan lanjut sejumlah staf banyak pekerjaan yang

BBM. “Rencana kenaikan BBM yang telah siap diumumkan oleh pemerintah memang memberikan berbagai peluang kepada sejumlah pihak terutama untuk melakukan aksi penimbunan. Olehnya saya berharap masyarakat Sangihe jangan melakukan penimbunan

tersebut akan menutup drainase ini,” kata Jacky Sumampouw warga Girian. Untuk itu dirinya meminta pihak dinas pekerjaan umum menindaki kontraktor yang nakal tersebut. “Kami minta dinas PU menindak kontraktor nakal seperti itu sebab proyek seperti ini akan menyusahkan masyarakat,” ungkap Sumampouw.

Sementara itu, Kepala Dinas PU kota Bitung Max Tambuwun saat dikonfirmasi membenarkan jika proyek tersebut milik dari salah satu Sekretaris Partai Nasdem. “Kami akan menegur kontraktor tersebut dan jika perlu sebagain drainase tersebut harus dibongkar jangan dulu ditutup sebelum papan penahan penutup dicabut,” ungkap Tambuwun yang di dampingi oleh kepala bidang Cipta Karya Hendrik Sakul. Sakul sendiri berjanji belum akan membayar tagihan akhir dari pihak

Pungli di sekolah tidak dibenarkan Ulu Siau—Terkait adanya dugaan pungutan liar (pungli) di SMAN 1 Siau Timur (Sitim) mendapat kecaman sejumlah kalangan masyarakat dan menilai sebuah pembangkangan setelah pemerintah daerah melakukan pemberlakuan sekolah gratis mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA/sederajat. “Jika dugaan pungli ini benar dan terbukti, maka kami katakan ini merupakan bentuk pembangkangan dan penyalagunaan wewenang serta penyelewengan dana yang tidak jelas peruntukannya. Dan sebagai warga kami mendukung penuh sorotan dari dekab dengan meminta aparat hukum menindaklanjuti masalah ini,” ungkap puluhan warga saat bersua dengan Swara Kita Senin (17/6) kemarin. Menurut sepengetahuan warga, sekolah telah dibebaskan berbagai biaya atau pungutan dan telah disubsidi dengan berbagai anggaran dari pemerintah

daerah maupun pusat sehingga pungli tidak dibenarkan. “Program pemerintah kan sekolah gratis, tapi kalau ada kepala sekolah yang melakukan pungli benar-benar tidak bisa diterima dan memang ini harus diusut,” tukas warga. Sebelumnya, Ketua Dewan Kabupaten (Dekab) Djibton B Tamudia BAc meminta agar pihak kepolisian dan kejaksaan mengusut dugaan pungli dan dugaan penyimpangan anggaran block grant yang diduga dilakukan oknum kepala sekolah berinisial RB. Sementara pemerintah daerah lewat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) membenarkan hal tersebut dimana khusus untuk block grant merupakan anggaran bantuan pusat yang langsung dikelolah oleh sekolah karena dana bantuan itu masuk ke rekening sekolah dan pihak sekolah tidak pernah berkoordinasi dengan dinas.(esge)

E-KTP MOBILE

Disdukcapil jemput 7000 wajib e-KTP Ondong—Sampai dengan saat ini pemerintah daerah lewat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sitaro masih mengantongi 7000 wajib Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang melakukan perekamanan. Sehingga dalam waktu dekat Disdukcapil kembali menggiatkan eKTP mobile untuk mengoptimalkan pelaksanaan pelayanan perekaman. “Data yang ada pada kami saat ini masih ada 7000 wajib e-KTP sesuai dengan kontrak yang ada. Dimana sesuai dengan kontrak ada 47.000 wajib e-KTP, sedangkan yang sudah melakukan perekaman ada 40.000 jadi masih tersisa 7000-an yang belum melakukan perekaman,” kata Kepala Disdukcapil Sitaro, George Bawoleh SIP pada Swara Kita Senin (17/6)

siang kemarin. Dirinya menilai pelaksanaan perekaman dengan cara e-KTP mobile sangat maksimal dan efisien, sebab masyarakat tidak lagi harus ke kantor camat atau dinas untuk melakukan perekaman tapi sudah langsung dijemput diwilayah masingmasing. “Warga atau wajib eKTP tidak lagi kesulitan untuk perekaman, dengan memilih lokasi pelaksanaan perekaman yang dianggap startegis,” tutur Bawoleh. Terkait target penyelesaian perekaman, pihaknya menartgetkan bulan Juli sudah selesai perekaman untuk kontrak yang ada, kemudian akan dilanjutkan seperti biasa. “Dan kami juga memastikan untuk proses pengurusan masih tetap gratis atau tidak dipungut biaya,” ujarnya.(esge)

SELASA 18 JUNI 2013

BBM BOLTIM

Depot jual bensin Rp10 ribu perliter MESKI pemerintah pusat belum memutuskan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar secara resmi, namun sejumlah depot bensin di Boltim kini mulai menaikan harga jual bensin mereka sendiri yakni sebesar Rp 10 ribu perliter. Tidak hanya itu juga, kenaikan harga bensin ini terjadi, karena sejak beberapa hari ini di Boltim sendiri, mulai terjadi kelangkaan BBM. Sehingga para pemilik depot BBM, seenaknya menaikan harga mereka sendiri. “Hal ini terjadi, karena pemerintah Boltim yakni Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Boltim tidak tegas kepada pihak SPBU yang terus melayani gelon,” ujar Tokoh Pemuda Boltim Rustaman Paputungan. Bahkan kata Paputungan, kelangkaan BBM di Boltim terjadi karena para pemilik depot ini, diduga sengaja manampung BBM mereka. “Mungkin karena BBM akan dinaikan oleh pemerintah pusat, sehingga para pemilik depot sengaja tidak menjual BBM-nya, kalaupun ada harganya sudah tidak sesuai lagi dengan harga yang biasa,” kata Paputungan. Kepala Dinas ESDM Boltim Ir Jamaluddin ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (17/6) kemarin melalui Sekertaris ESDM Wahid Maspeke, menjelaskan bahwa pihaknya sudah berusaha menegur pihak SPBU, namun nyatanya teguran kami tidak pernah diindahkan. “Dan untuk depot yang menjual bensin dengan Rp 10ribu perliter, sudah tanggung jawabnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), ESDM hanya berurusan dengan SPBU, “ jelas Maspeke.(efel)

PRASARANA

Walikota resmikan jembatan gantung Katulidan SENIN (17/6) kemarin, Walikota Kota Kotamobagu Drs H Djelantik Mokodompit ME, meresmikan penggunaan jembatan gantung Katulidan yang berlokasi di Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat. Dalam sambutanya, Walikota mengharapkan dengan selesainya pelaksanaan proyek pembangunan jembatan gantung tersebut, dapat membantu warga yang ada diwilayah tersebut. “Semoga dengan selesainya jembatan gantung ini, dapat mempermudah akses warga yang ada diwilayah ini dan saya juga berharap agar jembatan gantung ini dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” harap Walikota. Selain meresmikan penggunaan jembatan gantung yang menghubungkan sejumlah lingkungan di kelurahan Gogagoman tersebut, Walikota juga menyerahkan bantuan lampu penerangan dan pembuatan jalan setapak diwilayah setempat.(veem)

Totabuan

Bolmong, Kotamobagu, Bolmut, Boltim, Bolsel

Dugaan pembunuhan sadis gemparkan KK Kapolres: Kami akan berupaya untuk mengungkap kasus ini Kotamobagu—Ayu Basalama (47) warga kelurahan Kotamobagu Kecamatan Kotamobagu Barat, Senin (17/6/) kemarin ditemukan tewas mengenaskan di dalam salon miliknya sendiri sekitar pukul 14.00 Wita. Sontak saja, Salon Ayu yang terletak di depan jalan raya Kelurahan Kotamobagu tersebut langsung ramai dikunjungi warga. Pasalnya, disaat bersamaan ada agenda kampanye salah satu pasangan calon walikota dan wakil walikota yang tidak terlalu jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP). Dari informasi yang dirangkum di tempat kejadian, Ayu ditemukan pertama kali oleh adiknya Fat Basalama beserta keponakan Indriana Paputungan, sekitar pukul 14.00 Wita. Fat yang ketika itu ditemani oleh anaknya tersebut, hendak ingin membangunkan Ayu. Namun betapa kagetnya, ketika Fat dan Indriana saat membuka pintu kamar Ayu. Dimana mereka berdua menemukan Ayu dalam keadaan tertidur di sofa merah dan sudah tidak

bernyawa lagi, dengan cara yang mengenaskan. Pasalnya, Ayu saat itu sedang terikat dengan lakban berwana putih, di bagian kaki, tangan dan mulut, serta kepala sebelah kanan bagian belakang Ayu mengalami luka sobek parah, dan mata sebelah kiri Ayu mengalami luka lebam yang diduga terkena benda tumpul. Terkait kematian mengenaskan Ayu Basalamah, pemilik Salon Ayu, mendapatkan simpati dari Anggota DPR RI Aditya Didi Moha (ADM). “Saya sebagai pribadi, keluarga dan anggota DPR-RI turut berbela sungkawa dan berduka cita sedalamnya atas wafatnya almarhum saudara Ayu Basalamah. Semoga almarhum mendapatkan yang terbaik disisi Allah SWT. Dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran,” kata ADM melalui Blackberry Messenger (BBM), Senin (17/6) kemarin. Selaku pejabat negara, ADM mengutuk keras atas dugaan pembunuhan yang tergolong sadis tersebut.

INDEKS Pertumbuhan Manusia (IPM) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus mengalami peningkatan. Berkaitan dengan hal ini, di tahun 2013 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut menggarap tiga aspek agar IPM meningkat. Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Bolmut Drs Reky Posumah menyampaikan, ada faktor yang menjadi prioritas pemkab dalam meningkatkan IPM di Bolmut. “Ada 3 aspek yang akan ditingkatkan. Dan faktor yang paling penting dari kebijakan pemerintah adalah pendidikan, kesehatan dan pendapatan sektor ekonomi. Ini adalah prioritas Pemkab Dalam meningkatkan IPM tersebut,” kata Posumah. Posumah mengakui, dari tahun ke tahun sedikit demi sedikit namun IPM terus meningkat. Sehingga di 2013 ini, Pemkab berusaha untuk melakukan berbagai program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Kiranya berbagai program tersebut bisa berjalan dengan baik, terlebih langsung mencapai sasarannya yakni masyarakat.” jelas Posumah.(try20)

“Selaku pejabat publik, saya mengutuk keras ketika mendengar informasi indikasi pembunuhan terhadap almarhum. Sebagai bagian dari rakyat, saya menuntut kasus ini di tuntaskan seadiladilnya sesuai rasa keadilan publik yang mengemuka,” harap ADM ADM menambahkan, apapun alasannya pembunuhan itu tidk dibenarkan. “Saya menghimbau kepada aparat hukum untuk menuntaskan dan menghukum pelakunya seberat-beratnya sesuai dengan ketentuan KUHAP yg berlaku. Ini tergolong extraordinary crime (kejahatan luar biasa).

Kalau itu terbukti pembunuhan dan apalagi terencana, “pungkas politisi Partai Golkar ini Sementara itu, Kapolres Bolaang Mongondow AKBP Hisar Siallagan SIK, saat di konfirmasi memebenarkan adanya kejadian tersebut. Menurut Siallagan, saat ini polisi sedang melakukan penyelidikan dugaan kasus pembunuhan tersebut. “Pada intinya, kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk mengungkap kasus ini. Kami masih akan melakukan otopsi untuk mengetahui peneyebab kematian Ayu,” kata Hisar via seluler.(veem)

HEWAN PELIHARAAN

Ternak sapi hiasi jalan trans Kotabunan-Tutuyan

IPM BOLMUT

Bolmut terus alami peningkatan

JENAZAH Ayu saat dibawa penyidik Polres Bolmong ke Rumah Sakit Datoe Binangkang Kotamobagu, (Inzert foto ADM).(foto: verdy/sk)

SEJUMLAH sapi masih terlihat berkeliaran di jalan trans Kotabunan-Tutuyan.(foto: faruk/sk)

Tutuyan—Soal pembangunan, Kabupaten Balaang

Mongondow Timur (Boltim) yang dimekarkan empat

tahun yang lalu memang masih diatas Kabupaten pemekaran yang ada di Sulawesi Utara (Sulut). Tapi soal kebersihan dan keindahan Boltim masih keterbelakangan. Buktinya, hewan ternak berupa kambing dan sapi yang seharusnya berada di dalam kandang atau di kebun, kini masih terlihat bebas di jalan trans sulawesi antara Kotabunan dan Tutuyan. Bahkan dari pantaun harian ini, sejumlah sapi yang berada di jalan trans ini terlihat sangat menggangu kendaraan umum, bahkan pemandangan Ibu Kota

Boltim. Menurut salah satu warga Boltim Roni Mamonto, bahwa sejumlah sapi yang berkeliaran di jalan, karena kurangnya kesadaran dari pemilik hewan ternak tersebut. “Kami minta pemerintah desa dan kecamatan harus tegas, bila perlu ada sanksi kepada pemilik hewan yang seenaknya melepas hewan mereka. Sebab, selain menggangu pemandangan, hewan ternak ini sangat mengganggu aktifitas lalulintas, bahkan sudah ada korban jiwa karena menabrak hewan tersebut,” ungkap Mamonto, Senin (17/ 6) kemarin.(efel)

BUS SEKOLAH

Dekab Bolmut desak secepatnya dioptimalkan Boroko—Dewan Kabupaten (Dekab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mendesak kepada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Bolmut untuk segera mengoptimalkan kembali bus sekolah. Pasalnya, enam bulan terakhir ini bus sekolah bantuan dari dinas perhubungan ini lebih banyak terparkir ketimbang mengangkut siswa. “Kami (Dekab) mendesak kepada pihak terkait dalam hal ini Dishubkominfo untuk mengoptimalkan bus sekolah yang beberapa bulan ini terpantau sudah jarang mengangkut siswa kesekolah maupun sepulang sekolah,”

kata Ketua Komisi I Dekab Bolmut Djoni Patiro. Djoni menambahkan, sangat disanyangkan jika bantuan dari Dinas Perhubungan ini tidak dipergunakan semaksimal mungkin, apalagi masih banyak siswa yang tidak membutuhkan tranportasi karena jauh dari sekolah. “Para siswa di Bolmut ini masih sangat banyak yang membutuhkan transportasi karena jauh dari sekolah, sementara orang tuanya kurang mampu untuk membiaya transportasi anaknya, buktinya masih banyak siswa yang jalan kaki,” jelas Djoni. Terpisah, Kepala Dinas (Kadis) Dishubkominfo

Bolmut Jakomina Moningka Mamuaja ME, ketika dikonfirmasi mengatakan akan lebih meamaksimalkan lagi penggunaan bus sekolah, dan bus tersebut akan dioperasikan setiap pagi dan

saat siswa pulang sekolah. “Akan lebih dimaksimalkan lagi, untuk para siswa-siswa yang jauh dari sekolah, yang terkendala biaya transportasi,” kata Mamuaja.(try20)

SURAT KABAR HARIAN

15

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

PASCA PILKADA

Pontoh tersinggung soal status di jejaring sosial Boroko—Wakil bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Depri Pontoh saat memimpin apel korpri dihalaman kantor Bupati Bolmut, Senin (17/6) kemarin, mengatakan, korpri juga adalah aparatur penyelenggara negara. Oleh karena sebagai aparat yang profesional, anggota korpri diharapkan menjadi tokoh yang aparatur yang dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Menariknya, meski pesta demokrasi telah usai di meja Mahkamah Konstitusi (MK) yang telah menetapkan bahwa putusan KPUD bahwa Bupati Drs Depri Pontoh dan wakil Bupati Surianyah Korompot SH sah sebagai bupati dan wakil bupati terpilih periode 2013-2018, namun para pendukung HDFL yang notabene adalah PNS banyak menimbulkan ketersinggungan melalui status-status di jejaring sosial. “Ini hal yang sangat aneh, sementara Bupati HD maupun FL telah mengucapkan selamat terhadap kami, tetapi ada PNS yang masih berani membuat saya sakit,” ungkap Pontoh. Seperti status yang disebar-

kan oleh salah satu PNS di lingkup Bolmut berbunyi “Dibalik Kekalahan ada para pemikir dan dibalik kemenangan ada para pengikut, bedanya, pemikir adalah pejuang, sementara pengikut adalah budak”. “Ini membuat hati saya luka, seharusnya PNS memberikan contoh yang baik terhadap masyarakat,” tegas Pontoh. Menurut Pontoh, perlu adanya reformasi birokrasi dan pembangunan aparatur negara, lanjutnya harus dilakukan untuk mempercepat perubahan birokrasi, mewujudkan tata kelolah pemerintahan yang baik. Untuk itu perlu di ingatkan kepada segenap anggota Korpri agar dapat meningkatkan kinerja sebagai abdi negara dan abdi masyarakat dalam menjalankan kebijakan pemerintah. “Perkokoh intergritas Anggota Korpri di tengah masyarakat dan wujudkan reformasi birokrasi untuk memantapakan pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta mengamalkan doktrin Korpri ‘Bhineka Karya Abdi Negara,” ujar Bupati pilihan rakyat Bolmut 2013-2018.(try20)

PELAYANAN PRIMA

Djelantik minta PNS berikan yang terbaik Kotamobagu—Walikota Kota Kotamobagu (KK) Drs H Djelantik Mokodompit mengimbau kepada seluruh aparatur pemerintah KK, untuk terus meningkatkan disiplin dan kinerjanya dalan tugas sehari-sehari. Terutama yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan Walikota Djelantik saat memimpin apel korpri yang dirangkaian dengan peringatan hari lahirnya Pancasila dan Hari Lingkungan Hidup, di lapangan Boki Hotinimbang, Kota Kotamobagu, Senin (17/ 6) kemarin. “Kepada seluruh aparat pemerintah, untuk tetap melaksanakan tugas dengan penuh disiplin dan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Djelantik. Walikota juga meminta, agar dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sehari-hari untuk selalu mengutamakan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat Kota Kotamobagu. “Berikanlah pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, sebab tugas dari aparat pemerintah adalah melayani dan bukan untuk dilayani,” pungkasnya. Sementara itu, terkait dengan peringatan Hari

DJELANTIK Mokodompit.

Lingkungan Hidup, Walikota juga berharap agar warga Kota Kotamobagu untuk tetap menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing. Disisi lain Walikota juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggitingginya kepada seluruh warga Kotamobagu, khususnya kepada para petugas kebersihan yang telah mendukung program pemerintah dimana Kota Kotamobagu kembali mendapatkan anugerah Piala Adipura sebagai salah satu Kota terbersih di Indonesia yang kedua kalinya. “Piala Adipura yang kembali diraih Kota Kotamobagu, merupakan upaya dan kerja keras dari pemerintah dan seluruh elemen masyarakat Kota Kotamobagu,” tutupnya.(veem)

WDP BOLTIM

Landjar: Ini sebagai tanda perubahan Tutuyan—Opin Wajar Dengan Pengecualian (WDP) yang berikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI), melalui Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) menunjukan bahwa pengeloaan keuangan di Kabu-

paten Boltim sudah ada perubahan. Hal ini diungkapkan oleh Bupati Sehan Landjar, kepada wartawan, Senin (17/6) kemarin. Dikatakan Landjar, dari segi pengelolaan keuangan Pem-kab Boltim sudah mulai pa-ham, sehingga ini

perlu diting-katkan. “Ada empat poin yang perlu diperhatikan oleh Sa-tuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yakni perencaan, penggunaan anggaran, pelaporan dan kinerja, jika empat poin ini baik, pasti Boltim tidak hanya WDP tapi

Wajar Tanpa Pengecualiaan (WTP), “ ujar Landjar. Ditambahkan Landjar, bahwa WDP yang didapat oleh Boltim tidak lain karena kerja dari Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Boltim dan rekan-rekan SKPD.(efel)

SELASA 18 JUNI 2013

G AUL

HOT NEWS

Katie Price ditolak salon KATIE Price marah besar saat dirinya ditolak salon kecantikan tanning. Model cantik ini ditolak karena meminta perawatan yang membahayakan dirinya. Mengutip dailymail, Senin (17/6) kemarin, Katie Price yang mengunjungi salon kecantikan tanning ditolak, karena iaingin menggunakan krim ultraviolet di atas perut hamilnya. Pihak salon pun menolaknya karena takut terjadi sesuatu hal yang buruk pada janin Katie. Dengan kesal, Katie langsung pergi dan mencari salon lainnya yang mau melakukan permintaannya. “Katie pergi ke salon lain yang ia tidak diperlakukan tidak normal hanya karena dirinya hamil,� ucap sumber. Meski tak ada bukti efek sinar UV pada janin, pihak kesehatan merekomendasikan agar tidak menggunakan krim UV selama kehamilan.(inic)

PRESENTER seksi Kelly Brook, kembali tampil vulgar saat berlibur di Cancun, Meksiko. Seperti dilansir thesun, Senin (17/6) kemarin, Kelly Brook memakai bikini bermotif saat sedang berada di pantai. Namun entah karena apa, mendadak bintang teve Inggris ini melepaskan bra yang dipakainya di pantai. Tanpa raguragu, ia pun bermain air sembari bertelanjang dada. Alhasil pemandangan topless ini diabadikan oleh kamera paparazi yang kebetulan berada di sana saat itu juga. Seperti diketahui, selain menjadi bintang teve dan presenter, Kelly Brook juga menjalani profesi sebagai model dan bersaing dengan Katie Price. (inic)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

16


18062013