Page 1

SWARA KITA TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

DKPP ingatkan KPU

CHRISTINA AGUILERA

Seksi bra dan rok ketat hitam SUKSES membuang banyak lemak tubuh, Christina Aguilera memamerkan tubuhnya yang kembali ramping. Penuh percaya diri, Christina seksi mengenakan bra dan rok ketat selutut berwarna hitam. Mengutip the sun, Kamis (16/5), penyanyi bersuara emas berusia 32 itu sempat gemuk setelah melahirkan pada 2008. Kerap mendapat olokan ‘gembrot’ atau banyak lemak, sekarang ia justru mempesona dengan bentuk tubuh yang kembali ideal. Baca: Seksi ( Halaman 2 )

INTERNASIONAL

Paus minta pemujaan atas uang dihentikan

PAUS Fransiskus.

PAUS Fransiskus mengatakan, reformasi etika keuangan yang lebih besar diperlukan untuk membebaskan orang dari tirani uang. Dalam pidato pertamanya tentang krisis keuangan, pemimpin umat Katolik dunia ini juga menyerukan agar para pemimpin dunia menghentikan “pemujaan atas uang” dan melakukan lebih banyak bagi kaum miskin. “Uang harus melayani, bukan memerintah,” tuturnya kepada para diplomat di Vatikan saat menerima surat kepercayaan sejumlah diplomat untuk Vatikan. Ditambahkan bahwa ekonomi pasar bebas telah menciptakan tirani yang membuat orang-orang hanya dinilai dari kemampuan untuk mengonsumsi. Wartawan BBC di Roma, David Willey, melaporkan bahwa kehidupan saat ini menjadi lebih buruk bagi orang-orang yang tinggal di negara kaya maupun miskin. Paus yang menggantikan Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri pada Maret lalu juga mengutip Alkitab dengan merujuk pada “pemujaan atas anak lembu emas” yang lama sudah menemukan gambar barunya yang tidak berhati dalam pemujaan atas uang pada masa kini. Dengan demikian, menurutnya, reformasi dibutuhkan dengan amat mendesak karena kemiskinan menjadi semakin terlihat dengan orang-orang yang berjuang untuk hidup dengan cara yang tidak bermartabat. Baca: Paus ( Halaman 2 )

Baca: BOLA ( Halaman 8) Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

SABTU 18 MEI 2013 NOMOR 02278 TAHUN VII

KODE ETIK SELEBRITI

GELIAT sepakbola di tanah nyiur melambai kembali diangkat Persma Manado yang dipastikan akan mengikuti kompetisi divisi III, hasil seleksi yang panjang sejak awal 2013 ini.

Jakarta—Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menggelar sidang putusan dalam perkara pengaduan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam sidang tersebut, hadir kedua pihak yang berperkara, yaitu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) diwakili oleh Nelson Simanjuntak, LSM Constitutional and Electoral Reform Centre (Correct) diwakili oleh Ahmad Irawan, serta KPU diwakili oleh anggota KPU, Ida Budiati dan Arief Budiman. Bertindak sebagai Ketua Majelis Sidang adalah Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie. Jimly didampingi oleh anggota DKPP lainnya, yaitu Nur Hidayat Sardini, Saut Hamonangan Sirait, dan Valina Singka Subekti. Dalam keputusannya, Majelis Sidang DKPP akhirnya memutuskan untuk mengabulkan pengaduan para pengadu untuk sebagian. Selain itu, mereka juga memutuskan memberikan sanksi kepada tujuh komisioner KPU. “Memberi peringatan kepada para teradu atas nama Husni Kamil Manik, Sigit Pamungkas, Ida Budiati, Arief Budiman, Ferry Kurnia Riskiansyah, Hadar Nafis Gumay, Juri Ardiantoro, untuk mengubah sikap dalam memahami undang-undang dan peraturan Bawaslu dimaksud serta menjaga sikap saling menghormati terhadap sesama lembaga penyelenggara pemilu,” kata Jimly dalam sidang di Gedung DKPP, Jakarta, Jumat (17/5). Jimly menuturkan bahwa kesimpulan tersebut diputuskan dalam rapat pleno DKPP. Dari lima anggota, dia menjelaskan, satu orang anggota berpendapat berbeda. “Dengan menyatakan bahwa teradu terbukti melanggar kode etik dan harus dijatuhi sanksi pemberhentian tetap,” ujarnya tanpa menyebut siapa anggota tersebut. Jimly menjelaskan, semua fakta yang terungkap dalam persidangan terbukti benar adanya dan pengaduan para pengadu dibenarkan dalam sudut pandang etika penyelenggaraan pemilu yang baik. Baca: DKPP ( Halaman 2 )

Maharani akui diajak bercinta Fathanah minta maaf pada PKS, Mentan Suswono dicecar hakim Jakarta —Maharany Suciyono mengaku diajak berhubungan intim oleh Ahmad Fathanah. Untuk itulah Maharany menerima uang Rp 10 juta dari orang dekat mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq tersebut. Mulanya Maharany mengaku tidak tahu untuk keperluan apa Fathanah memberikannya uang Rp 10 juta. “Tidak tahu untuk keperluan apanya, saya dikasih uang Rp 10 juta,” ujar Maharany dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat (17/5) kemarin, saat ditanya tim jaksa penuntut umum KPK. Maharany diperiksa sebagai saksi untuk dua direktur PT Indoguna Utama Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi. Tim jaksa KPK kembali mendesak Maharany mengenai alasan pemberian uang itu. Gadis berambut panjang ini pun menjawab kalau uang Rp 10 juta itu diberikan kepadanya sebagai imbalan

MAHARANI Suciyono (kiri) menjadi saksi bersama dua penyidik KPK Amir Arif (kanan) dan Dian Andi dalam persidangan kasus korupsi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (17/5). Mereka dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan kasus dugaan korupsi kuota impor daging sapi dengan terdakwa Direktur PT Indoguna Utama Juard Effendi dan Arya Abdi Effendi.(foto: komc)

karena telah menemani Fathanah. “Untuk menemani Pak Ahmad,” ucap Maharany. Sejenak, tim jaksa KPK

terdiam. Ketua Tim Jaksa KPK M Rum kemudian mengonfirmasi berita acara pemeriksaan (BAP) Maharany yang dibuat saat pro-

RAKERKES SULUT 2013

ses penyidikan di KPK. “Mohon untuk konfirmasi di poin enam BAP, saksi sudah memberikan keterangan di hadapan penyidik.

Benarkah diajak berhubungan intim?” tanya Jaksa Rum kepada Maharany. Baca: Maharani ( Halaman 2 )

LONGSOR PT FREEPORT

Wamenkes RI akui Manado Menteri ESDM terbaik pelayanan kesehatan minta tim selidiki Manado—Pelayanan kesehatan bagi warga Kota Manado melalui program Universal Coverage (UC), mampu menjadi yang terbaik hingga berhasil meraih penghargaan Juara I Kinerja Program Jaminan Kesehatan Semesta. Tak hanya itu, Manado pun mendapat Juara II untuk Program Pengendalian Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan serta terbaik III Program Kesehatan Ibu, Anak dan Gizi. Begitu banyak keberhasilan tersebut, pun dengan bijak Wawali Manado, Harley Mangindaan yang menerima langsung piala penghargaan tersebut dari

PENGHARGAAN bidang kesehatan yang diserahkan langsung Wamenkes RI Ali, Gufron Mukti kepada Wawali Manado, Harley Mangindaan.(foto:ist)

Wakil Menteri Kesehatan RI, Ali Gufron Mukti menyatakan, keberhasilan ini merupakan kerja sama dan dukungan semua pihak yang ada di kota Manado. “Untuk itu, penghargaan ini kami persembahkan kepada warga masyarakat

kota Manado. Karena, keberhasilan ini merupakan bukti peran serta dan kepedulian pemerintah untuk menjaga dan memelihara kualitas kesehatan warganya. Baca: Wamenkes ( Halaman 2 )

Jakarta—Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, meminta tim investigasi menyelidiki penyebab utama runtuhnya tambang bawah tanah PT Freeport Indonesia. Wacik di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (17/5), belum mengetahui pasti penyebab longsor di area tambang itu. “Padahal, tambang bawah tanah itu cukup modern,” kata Wacik usai rakor revitalisasi Komite Kebijakan Percepatan Penyediaan Infrastruktur dan PLTU Batang di Jakarta. Wacik menjelaskan, area lokasi longsor memiliki curah hujan yang cukup tinggi.

Dia pun belum dapat memastikan apakah longsor terjadi karena getaran atau bukan. Runtuhan batuan itu terjadi di ruang kelas tambang bawah tanah, Big Gossan, Level 3020, Freeport Indonesia. Longsor itu terjadi pada Selasa 14 Mei 2013 pada pukul 07.30 WIT. Akibat peristiwa itu, puluhan pekerja terperangkap di dalamnya. Hingga kini, dari 39 pekerja yang terperangkap, ditemukan lima korban tewas dan 13 orang selamat. Saat ini, proses penyelamatan masih berlangsung. Baca: Menteri ( Halaman 2 )

Billionaires Index Bloomberg

Bill Gates kembali jadi orang terkaya sedunia Bill Gates berhasil merebut posisi sebagai orang terkaya dunia dari taipan Meksiko, Carlos Slim, Kamis (16/5) lalu. Ini merupakan pertama kalinya bagi Gates sejak 2007 menikmati orang terkaya sedunia.

BERDASARKAN Billionaires Index Bloomberg, kekayaan Gates pemilik Micosoft Corp saat ini bernilai 72,7 miliar dollar AS. Nilai ini naik 16 persen year to date. Kondisi sebaliknya dialami Slim yang nilai

kekayaannya anjlok 14 persen tahun ini setelah Kongres Meksiko mengesahkan undang-undang yang dapat menghancurkan dominasi pasar yang dikuasai Slim. Aturan itu pula yang menghapus kekayaan bersih

Slim sebesar 3 miliar dollar AS. “Pada saat mereka membicarakan mengenai reformasi di sebuah negara yang secara umum miskin, posisi orang terkaya yang berada di posisi puncak bukanlah hal yang bagus.

Slim memonopoli situasi pasar di Meksiko dengan cukup baik. Sementara konsumen telepon Meksiko membayar lebih mahal daripada seharusnya. Baca: Bill ( Halaman 2 )

KEKAYAAN Gates pemilik Micosoft Corp saat ini bernilai 72,7 miliar dollar AS.


SABTU 18 MEI 2013

INTERNASIONAL

HRW temukan alat penyiksaan di Kota Raqa

PASUKAN oposisi Suriah tengah bertempur melawan pasukan pemerintah di distrik Salaheddin, Aleppo, 16 Maret 2013.(foto: ist)

ORGANISASI Human Right Watch (HRW), Jumat (17/5/2013), mengatakan sejumlah dokumen dan peralatan penyiksaan ditemukan di bangunan yang dikuasai pemberontak Suriah di kota Raqa. Dalam dokumen-dokumen yang ditemukan itu, terlihat sejumlah tawanan yang sedang disiksa saat pasukan rezim Bashar al-Assad menyerbu kota ini. Tim peneliti HRW yang mengunjungi Raqa, di Suriah utara, April lalu, sebulan setelah jatuh ke tangan pemberontak, menemukan bukti-bukti mengerikan itu. “Sejumlah dokuman, sel tahanan, ruang interogasi, dan alat-alat penyiksaan kami saksikan di gedung keamanan pemerintah, sesuai dengan keterangan mantan tawanan kepada kami sejak awal kerusuhan Suriah,” kata Wakil Direktur HRW wilayah Timur Tengah, Nadim Houry. Di antara benda-benda yang ditemukan itu terdapat sebuah alat aneh berbentuk salib yang disebut “bsat al-reeh” atau karpet terbang. Para mantan tawanan menggambarkan alat ini digunakan untuk meregangkan tangan dan kaki tawanan selebar mungkin hingga akhirnya melumpuhkan mereka. “Para penyiksa menggunakan alat ini untuk membuat tahanan terlentang di tanah sehingga tak mungkin bagi mereka mempertahankan diri,” kata HRW, mengutip pengakuan para tawanan. “Dalam beberapa kasus, para mantan tawanan mengatakan, penjaga meregangkan tangan dan kaki para tawanan atau terkadang alat itu dilipat sehingga kaki tawanan bisa menyentuh wajah mereka. Siksaan itu sakit luar biasa dan bisa melumpuhkan,” tambah HRW. Peneliti HRW Lama Fakih, kepada AFP, mengatakan meski HRW sudah mendengar berbagai kisah penyiksaan ini selama dua tahun, namun berada di dalam sebuah gedung penyiksaan memberikan perasaan yang lain. “Kami tahu masih banyak orang yang ditwawn dan disiksa saat ini,” kata Fakih. Pada Juli tahun lalu, HRW memetakan apa yang disebut sebagai “Kepualauan Penyiksaan Suriah”. Peta ini adalah lokasi yang diyakini sebagai tempat penahanan puluhan ribu tawanan.(komc)

Bill ... dari Halaman 1 Kami menghargai upaya Pemerintah Meksiko,” kata Greg Lesko, Managing Director Deltec Asset Management LLC, di New York. Undang-undang yang baru saja disahkan oleh Pemerintah Meksiko pada bulan lalu, yang juga didukung oleh Presiden Enrique Pena Nieto, akan memberikan kekuasaan kepada pihak regulator untuk menekan perusahaan telepon yang memiliki pangsa pasar 50 persen untuk melepas sahamnya atau memaksa mereka membagi jaringannya. Catatan saja, American Movil milik Slim mengempit pangsa pasar sebesar 70 persen di Meksiko. Di sisi lain, saham Microsoft sudah melejit 28 persen pada tahun ini, yang dipicu pengendalian biaya dan penjualan bisnis yang dilakukan perusahaan. Kekayaan Gates juga kian membukit seiring kenaikan harga saham-saham yang dimiliki, termasuk di antaranya Canadian National Railway Co dan Republic Services Inc. Sementara itu, di posisi ketiga orang terkaya dunia adalah Warren Buffet, pemilik Berkshire Hathaway Inc dengan nilai kekayaan 59,7 miliar dollar AS. Nilai kekayaan Buffet lebih besar 3,7 miliar dollar AS dari posisi keempat, Amancio Ortega, yang merupakan orang terkaya Eropa.(komc)

Seksi ... dari Halaman 1 Untuk mendapatkan tubuh sempurna, ibu satu putranya, Max, yang kini berusia lima tahun ini rajin dan teratur menjalani diet dan latihan di pusat kebugaran. Christina pun lantas memamerkan tubuh indahnya yang hanya mengenakan bra dan rok ketat selutut berwarna hitam saat syuting videoklip Hoy Tengo Ganas De Ti!, yang berduet dengan penyanyi Meksiko, Alejandro Fernndez. Penyanyi hits Genie In A Bottle ini terlihat seksi bersandar di jendela balkon yang menghadap ke laut.(inlc)

Paus ... dari Halaman 1 Dia mengatakan, hal tersebut terjadi di bawah kediktatoran ekonomi yang tidak memiliki tujuan kemanusiaan. Paus Fransiskus sudah dikenal dengan upayaupayanya dalam mengatasi kemiskinan ketika masih menjadi uskup di Argentina. Tak lama setelah ditunjuk sebagai paus, dia mengatakan bahwa gereja memiliki tugas khusus untuk membela kaum miskin. “Saya ingin gereja yang miskin dan untuk orang miskin,” tegasnya. Nama yang dipilihnya diambil dari Santo Fransiskus dari Asisi, pendiri Ordo Fransiskan yang mengabdikan pekerjaannya untuk kaum miskin. Dalam perkembangan terpisah, bank milik Vatikan mengumumkan untuk pertama kalinya akan mengeluarkan laporan tahunan. Lembaga untuk Pekerjaan Keagamaan—yang dalam beberapa tahun belakangan menjadi pusat dari beberapa skandal keuangan—mengatakan akan menggunakan perusahaan akuntansi independen untuk memenuhi standar internasional dalam memerangi upaya pencucian uang. Bank tersebut— yang disebut sebagai salah satu bank yang paling tertutup di dunia—akan membuat situs internet dan menerbitkan laporan tahunan sebagai upaya untuk meningkatkan tranparansi.(komc)

Utama

Untuk Nasional & Mancanegara

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

2

909 tenaga honorer belum bisa jadi CPNS 1.080 NIP CPNS masih bermasalah Jakarta—Penetapan 909 formasi tenaga Honorer Kategori I (KI) menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) masih terganjal. Pasalnya, penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) tenaga honorer tersebut TMT 1 Desember 2012. Kasubdit Pengadaan II Badan Kepegawaian Negara (BKN) Syarif Ali mengatakan, tertundanya penetapan NIP Honorer K1 tersebut lebih banyak berkaitan dengan sumber pembiayaan dan kelengkapan dokumen. Sumber pembiayaan untuk membayar honor K.I seharusnya berasal dari APBN/APBD dengan MAK 51, padahal sebagian besar Instansi Pusat menggunakan MAK 52. “Tidak tersedianya acuan MAK 52 digunakan untuk membayar honor pegawai jelas sudah menjadi hambatan lima bulan terakhir ini,” kata dia seperti dilansir dari situs BKN, Jumat (17/5/2013). Syarif menambahkan kekuranglengkapan

dokumen harus diminta dari satuan kerja yang lokasi jauh dan kadang dilengkapi dengan menyicil. Selanjutnya, selain kelengkapan dan keabsahan dokumen, berkas K1 juga diperiksa kecocokan DIPA, SPPD, SPM dan SPJ. “Dalam prakteknya diperlukan kurang lebih 50 menit memeriksa satu usulan,” katanya. Syarif menuturkan, walaupun penetapan NIP KI yang terganjal tersebut sudah mulai berjalan tentu saja tetap membutuhkan kebijakan untuk memutus rantai masalah lainnya. Kelompok Kerja (pokja) yang dibentuk dengan keputusan Kemenpan Nomor Kep/01/M.PANRB/01/2013 Tahun 2013 diharapkan dapat memberikan solusi penyelesaian penetapan NIP KI itu. “Saat ini, pimpinan BKN sudah menyetujui penggunaan kode MAK 52 sehingga penetapan NIP K1 sudah mulai berjalan kembali,” tukas dia.

Sementara itu, pemerintah berencana mengangkat tenaga honorer menjadi CPNS pada 2013. Ditargetkan, pada 2014 mendatang sudah tidak ada lagi tenaga honorer yang belum diangkat. Namun, BKN mencatat hingga 19 April 2013, sedikitnya 1.080 Nomor Induk Pegawai (NIP) CPNS dari 12.722 formasi pada 2012 yang diusulkan ke BKN masih terganjal. “Total penetapan 1.080 NIP yang masih terganjal tersebut, terdiri dari 171 NIP CPNS formasi umum, dan 909 jalur formasi Honorer Kategori I (KI),” jelas keterangan yang diterbitkan BKN. Sumber data BKN mencatat, dari 30.395 formasi 2012 yang sejatinya diperuntukkan bagi instansi pemerintah pusat, belum terealisasi seluruhnya. Formasi umum, misalnya, dari alokasi formasi sebesar 13.322, namun baru 10.884 berkas yang diusulkan ke BKN, sehingga

WALAUPUN penetapan NIP KI yang terganjal tersebut sudah mulai berjalan tentu saja tetap membutuhkan kebijakan untuk memutus rantai masalah lainnya..(foto:ist)

2.438 belum terealisasi. Di sisi lain, alokasi formasi sebesar 17.073 untuk tenaga honorer K1 yang diusulkan baru 1.838 berkas. Itu berarti 15.235 belum terealisasi. Sementara, empat ins-

tansi pusat yakni Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), serta Kementerian Pekerjaan

Umum (PU) belum menyampaikan usulan. Sehingga, masih ada 171 CPNS formasi umum TMT 1 November 2012 dan 909 Honorer KI TMT 1 Desember 2012 yang belum memperoleh NIP.(okez)

menggunakan nama bekennya, yaitu Eko Patrio. “Pernah kejadian dan kita protes, akhirnya muncul surat edaran KPU,” katanya. Menurutnya, jika KPU tetap mencantumkan nama caleg artis dengan nama populernya, KPU sama halnya dengan memalsukan identitas dan mengistimewakan salah seorang calon.(komc)

PEMILU 2014

Caleg artis harus pakai nama asli Jakarta—Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta untuk mencantumkan nama asli setiap bakal calon anggota legislatif ketika mengumumkan hasil verifikasi daftar calon

sementara (DCS) maupun daftar calon tetap (DCT). Nama asli itu termasuk nama artis yang menjadi caleg pada Pemilihan Umum 2014. Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia

(Sigma) Said Salahudin mengatakan, pencantuman nama asli sesuai kartu tanda penduduk memberikan keadilan bagi seluruh caleg yang akan maju dalam pemilu mendatang. Di samping itu, penggunaan

nama asli juga untuk menghindari adanya penggunaan nama populer yang kerap digunakan oleh caleg yang berasal dari kalangan artis. “DCS maupun DCT merupakan dokumen formal yang

diterbitkan oleh KPU sehingga penggunaan nama asli sesuai dengan dokumen formal juga wajib hukumnya,” kata Said saat dihubungi, Jumat (17/5/2013). Said menyebutkan, dalam pelaksanaan Pemilu 2009 lalu, politikus Partai Amanat Nasional Eko Hendro Purnomo tidak menggunakan nama aslinya, tetapi

15 Tahun 2012 yang terakhir diubah dengan Peraturan Bawaslu Nomor 1 Tahun 2013 tentang tata cara penyelesaian sengketa pemilu anggota DPR, DPD, DPRD sudah merupakan fakta mekanisme hukum. Dia mengatakan, keberlakuan dari peraturan tersebut

dapat dipertanggungjawabkan secara hukum sepanjang pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Sebagai produk ketentuan peraturan perundangundangan, peraturan tersebut memenuhi proses

pembahasan mekanisme konsultasi yang ditentukan tidak mengikat prosedur pengundangannya, dan sudah diterapkan secara prosedur hukum dengan konsekuensi yang menyertai dalam pengundangannya,” katanya. Menanggapi putusan

tersebut, Bawaslu, Correct maupun KPU menyatakan menghormatinya. Mereka sepakat untuk menerima putusan tersebut. “Ya sudah kami jalankan putusan DKPP,” kata Arief Budiman yang didampingi oleh Nelson Simanjuntak.(vinc)

Dia mengaku menceritakan proyek penambahan kuota impor daging sapi PT Indoguna kepada Luthfi dan meminta bantuannya untuk mempertemukan PT Indoguna dengan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono. Suswono pun dihadirkan dalam persidangan kemarin tersebut, dan ditanya majelis hakim terkait pertemuan dengan Luthfi Hasan Ishaaq, Ahmad Fathanah dan Dirut PT Indoguna Utama, Maria Elisabeth Liman di Medan, Sumatera Utara. Menurut Suswono, pertemuan di Medan itu terjadi pada 11 Januari 2013 dan hanya bersifat informal. Dia mengaku berada di Medan dalam rangka kunjungan kerja di Deli Serdang dan acara safari dakwah PKS. Namun, diminta oleh Luthfi Hasan Ishaaq untuk menemui sejumlah pengusaha di Hotel Aryaduta Medan.

Karena lokasi pertemuan searah dengan kunjungan kerjanya, Suswono kemudian menyanggupi undangan Luthfi Hasan untuk bertemu. “(Luthfi) beliau yang menfasilitasi pertemuan dengan Elizabeth. Saya diminta kalau mau ketemu ke hotelnya,” ujar Suswono. Pada pertemuan yang berlangsung hanya 15 menit itu, Suswono mengaku bertemu dengan Luthfi Hasan Ishaaq, Elizabeth Liman, Suwarso dan Fathanah, atau yang dikenalnya bernama Olong. Saat itu Elizabeth memaparkan sejumlah data terkait kelangkaan daging di Indonesia. “Disitu saya ada perbedaan dengan Elizabeth,” kata Suswono. Elizabeth, kata Suswono, menuding data pemerintah terkait kebutuhan daging nasional tidak valid. Bahkan Suswono sempat terlibat adu mulut perihal data yang diajukan Maria Elizabeth itu. “Saya

sempat marah, karena data Kementan dibilang tidak valid. Padahal data yang kami punya dari penelitian resmi IPB,” tegas Suswono. Lantas Suswono mempertanyakan keabsahan data ketersediaan daging nasional yang dimiliki Elizabeth. Saat dikonfirmasi hal tersebut, Elizabeth lanjutnya tidak menjawab. “Kami sarankan ke ahli dan lakukan

penelitian dahulu, lalu buat seminar, baru kami akan datang untuk mendengar kajian tersebut,” ucapnya. Suswono membantah, pertemuan itu membahas soal permintaan penambahan kuota impor daging untuk PT Indoguna Utama. “Tidak ada statement itu, tidak ada penambahan, itu tidak ada sama sekali,” tegasnya.(komc/temi/ vinc)

ungkap Wamenkes. Kegiatan penyerahan penghargaan tersebut dilakukan seiring dengan Rapat Kerja Kesehatan (Rakerkes) Pemprov Sulut Tahun 2013, dengan tema “Dengan semangat Reformasi Birokrasi percepat pencapaian MDG’s dan Persiapan Jaminan Kesehatan Nasional, di Hotel Aryaduta Manado, Kamis (16/5) malam lalu.

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain Wakil Menteri Kesehatan RI, Ali Gufron Mukti juga Dirjen Kemenkes RI Linda Sitanggang, Wagub Sulut DR Djouhari Kansil serta Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado, Prof DR Paula LumentutRuntuwene dan Sekretaris Dinkes Kota Manado, E s t h e r Mamangkey.(teem)

DKPP ... dari Halaman 1 Namun demikian, dia melanjutkan, semua fakta tersebut dipandang dengan persepsi yang berbeda oleh pihak teradu yang juga didukung oleh keterangan para ahli yang diajukan dalam persidangan. “Dengan demikian, perbedaan persepsi dan pandangan

dalam ketentuan undangundang inilah yang menyebabkan terjadi kekisruhan dalam pelaksanaan tugas KPU sebagai pihak teradu yang perbedaan itu tidak dapat dibiarkan berkembang seterusnya,” katanya. Jimly melanjutkan bahwa Peraturan Bawaslu Nomor

Maharani ... dari Halaman 1 Atas pertanyaan itu, Maharany pun mengakuinya. Dia mengaku kalau uang Rp 10 juta itu diterimanya setelah diajak Fathanah berhubungan intim. “Iya,” jawabnya singkat. Sebelumnya, Maharany ikut ditangkap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi pada 29 Januari 2013 lalu saat tengah bersama Fathanah di Hotel Le Meridien Jakarta. Tim penyidik KPK menemukan uang Rp 10 juta di dompet Maharany. Uang itu diduga bagian dari uang suap Rp 1 miliar yang diterima Luthfi melalui Fathanah. Menurut Maharany, saat bertemu di Hotel Le Meridien, Fathanah memberikannya uang Rp 10 juta. Maharany mengaku kenal dengan Fathanah sehari sebelum pertemuan di Le Meridien tersebut. “Saya sedang di salah satu mal di Jakarta, sedang makan siang. Ada Pak Ahmad juga di situ, cuma

saya enggak begitu paham,” tuturnya. Sementara itu, tersangka suap kuota daging impor, Ahmad Fathanah, meminta maaf kepada Partai Keadilan Sejahtera. Permintaan maaf ini berkaitan dengan banyaknya dugaan dirinya sebagai kader PKS. “Saya menyatakan dengan jelas, kalau saya bukan kader PKS. Oleh karena itu, saya meminta maaf sebesarbesarnya kepada pengurus, pimpinan, dan kader PKS,” kata Fathanah seusai persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, kemarin. Fathanah diperiksa sebagai saksi dalam sidang kasus suap kuota impor daging dengan terdakwa Juard Effendy dan Arya Abdi Effendy. Saat persidangan, Fathanah sempat menyampaikan bahwa dirinya dekat dengan Luthfi Hasan Ishaaq, mantan Presiden PKS, sebagai sahabat.

Wamenkes ... dari Halaman 1 Kualitas pelayanan kesehatan dari waktu ke waktu akan terus kami tingkatkan,” tegas Wawali. Wamenkes pun langsung mengakui kalau pelayanan kesehatan di kota Manado begitu baik sehingga patut mendapatkan penghargaan. Karena, bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan pemerintah Manado telah nyata-nyata

mendukung program kesehatan pemerintah pusat yang bersentuhan langsung kepada masyarakat. “Saya bangga karena pemerintah kota Manado telah berhasil menggagas program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Ini sekaligus juga telah sukses dalam penerapannya sesuai program yang diharapkan pemerintah pusat,”

Menteri ... dari Halaman 1 Tim yang dikirim pemerintah terdiri atas Kasubdit Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batu Bara, Kementerian ESDM, beserta tiga orang inspektur pertambangan. Empat orang tersebut yang ditugaskan Wacik untuk menyelidiki penyebab longsornya area tambang di Papua itu. Dengan adanya bencana itu, Wacik mewanti-wanti seluruh perusahaan tambang di Indonesia untuk lebih memperhatikan area pertambangannya. “Ini jadi pembelajaran bagi seluruh pertambangan di Indonesia,” kata dia. Sementara itu, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) mendesak pemerintah segera mengusut kasus longsor di tambang PT Freeport yang telah menewaskan karyawan pada Selasa 14 Mei 2013 lalu. Presiden KSPSI, Andi Gani Nena Wea menyatakan, bahwa apabila tidak memberi perhatian pada kasus ini secara serius,

maka para pekerja tambang emas di Papua itu akan mogok kerja. “Mereka akan mogok kerja total,” ujar Gani dalam jumpa pers di Jakarta. Gani menjelaskan, informasi mengenai rencana mogok kerja itu diketahuinya berdasarkan keterangan dari ketua cabang SPSI Mimika, Virgo Salosa. Serikat pekerja tidak mau musibah tahun 2006 kembali terjadi. “Tahun 2006 sembilan orang yang meninggal. Pihak yang terlibat tidak bertanggung jawab. Mereka hanya dipecat dan diberikan kompensasi,” kata Gani. Sebelumnya, Freeport Indonesia menerjunkan sekitar 200 tenaga penyelamat ke tempat kejadian untuk mengevakuasi korban. Upaya penyelamatan menjadi lebih sulit karena terbatasnya ruang di dalam terowongan dan adanya risiko runtuhan atap lebih lanjut.(vinc)


Sulut

SABTU 18 MEI 2013

LINGKUNGAN

Hasil kajian teluk Buyat akan diketahui hari ini SEBAGAI implementasi dari perjanjian niat baik atau goodwill agreement antara pemerintah pusat dan PT Newmont Minahasa Raya (PT NMR), Panel Ilmiah Independen (PII) selaku pihak yang melakukan riset terhadap lingkungan teluk Buyat tahun 2012, direncanakan akan mempresentasikan hasil pemantauannya Sabtu (18/5) hari ini. Presentasi tersebut akan disampaikan langsung di hadapan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Muhammad Hatta, Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang dan beberapa pihak terkait. “Pak Menristek direncanakan akan berada di Sulut selama dua hari terkait presentasi publik hasil pemantauan lingkungan teluk Buyat oleh PII,’’ ujar Kabag Humas dan Protokol Kemenristek Mulyadi Fitri ketika bertandang di Kantor Gubernur Sulut, Jumat (17/5) kemarin, dan diterima Kabag Protokol Sulut Judhistira Siwu dan Kasubag Pengumpulan dan Penjaringan Informasi Vanda Jocom. Menurut Mulyadi, hasil pemantauan PII terhadap lingkungan teluk Buyat ini akan dipresentasikan secara terbuka, dalam artian publik dapat menyaksikan dan mengetahui hasilnya. Sebagaimana diketehui, pemerintah pusatdan PT NMR telah menyepakati suatu perjanjian niat baik pada 16 Februari 2006 lalu, dimana dalam perjanjian niat baik tersebut mengamanatkan pemantauan lingkungan teluk Buyat kepada PII. “Pemantauan ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi ada tidaknya dampak penempatan tailing oleh PT NMR selama 8 tahun (1996-2004) terhadap kualitas lingkungan laut, bahkan masyarakat yang ada di teluk Buyat dan sekitarnya,” ujar Mulyadi. Diketahui, PII ini terdiri dari para pakar seperti Prof Dr Amin Subandrio, Prof Dr Magdalena Umboh, Thomas Shepperd, Inneke Rumengan, Keith William, dan Prof Dr Mukhtasor. “Para pakar tersebut bekerja di bawah koordinasi Menristek, dimana tugas utama mereka adalah mengembangkan metodologi pemantauan lingkungan termasuk jaminan mutu yang memenuhi standar nasional dan internasional,’’ terang Mulyadi. Dia menambahkan bahwa pemantauan dilaksanakan dengan mengadakan dua kali survei setiap tahun terhadap komponen-komponen seperti kualitas air laut, kualitas sedimen, komunitas fauna benthos laut, komunitas terumbu karang, dan kandungan logam berat dalam ikan yang ada di lingkungan teluk Buyat.(erer/dw)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

3

Sulut kandung uranium? Tamon: Data Badan Geologi, disinyalir berada di 3 kabupaten di Bolmong Raya Manado—Kekayaan alam yang dimiliki Sulut sungguh sangat melimpah diberikan Tuhan, termasuk di dalamnya kekayaan energi dan sumber daya mineral (ESDM) yang cukup beragam, mulai dari logam mulia, hingga beberapa hasil tambang yang sangat berharga. Dari semua hasil tambang yang ada di Sulut, ternyata ada sedikitnya 3 daerah di daerah ini disinyalir memiliki kandungan uranium di dalamnya, yaitu

Bolmong, Bolsel dan Bolmut. Hal ini diutarakan Kepala Dinas ESDM Sulut Ir Boy Tamon MSi ketika ditemui harian ini, dalam acara Workshop Pengelolaan Pertambangan Sulawesi Utara, Berbasis Pelestarian Lingkungan dan Kepekaan Sosial, di Sutan Raja Hotel, Jumat (17/5) kemarin. Menurut dia, ketiga daerah di tanah Totabuan tersebut, merupakan data yang diturunkan langsung dari

Badan Geologi Pusat. “Data bahwa di Sulut ini, ada kandungan Uranium, berasal dari Badan Geologi,” ujar tamon. Lanjut dikatakannya bahwa, untuk mengetahui apakah kandungan Uranium memang benar ada, pihaknya akan melakukan penelitian di lokasi-lokasi yang dinyatakan oleh Badan Geologi, memiliki kandungan uhranium. “Untuk menindak lanjuti apakah kandungan uranium ada di tiga daerah

tersebut, kami akan melakukan penelitian dilokasi, bekerjasama dengan pihak terkait,” ujar Tamon. Uranium adalah mineral yang memancarkan radiasi nuklir atau bersifat radioaktif, digunakan dalam berbagai bidang salah satunya adalah sebagai bahan bakar nuklir. Uranium merupakan suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang U dan nomor atom 92. Sebuah logam berat, beracun, berwarna putih keperakan dan radioaktif alami, uranium termasuk ke seri aktinida (actinide series). Uranium biasanya terdapat dalam jumlah kecil di bebatuan, tanah, air,

tumbuhan, dan hewan (termasuk manusia). “Uranium yang merupakan bahan yang masuk dalam bahan tambang, merupakan bahan yang sangat mahal, sehingga jika Sulut memiliki

lokasi tambang uranium, bisa dipastikan Sulut menjadi daerah yang sangat kaya, selain juga perlu adanya pengelolaan yang baik dan benar,” ujar Tamon.(try23/dw)

ISU

Gubernur bawa “Daniella Tambunan” ke jalur hukum

KESEHATAN

Pelayanan Puskesmas harus ditingkatkan

WAMENKES Ali Gufron Mukti dan Wagub Sulut Djouhari Kansil disaksikan Kadiskes Sulut Maxi Rondonuwu, me-launching Pergub tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan di Sulut.(foto: ist)

Manado—Dalam upaya menyukseskan pembangunan kesehatan, khususnya di Sulut, dalam mencapai target Millennium Development Goals (MDG’s), maka perlu dilakukan peningkatan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, dengan mengoptimalkan fungsi Puskesmas melalui program peningkatan Puskesmas dengan layanan unggulan, agar segera terwujud

derajat kesehatan masyarakat yang optimal, efisien dan efektif. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd di depan peserta Rapat Kerja Kesehatan Provinsi (Rakerkesprov) Sulut di Hotel Aryaduta Manado. Acara ini dibuka Wakil Menteri Kesehatan Prof Dr Ali Gufron Mukti. Pada kesempatan tersebut, Kansil juga memberikan informasi penting terkait

capaian MDG’s di Sulut untuk AKB tahun 2012 sebesar 7/1000 KH target 2015 sebesar 23/1000 KH, AKI tahun 2012 sebesar 125/ 100.000 KH (target 2015 sebesar 102/100.000 KH), demikian juga dengan capaian prevalensi gizi kurang 2.30 % (target 2015 sebesar 15 %), gizi buruk 0,05 % (sudah jauh diatas target MDG’s Tahun 2015 yaitu 5 %). “Sedangkan umur

harapan hidup di Provinsi Sulut dari tahun ketahun terus meningkat, dimana pada tahun 2012 telah mencapai 72,33 dan telah melebihi target nasional 69 Tahun,” ujarnya. Kansil mengakui keberhasilan yang dicapai itu, tak lepas dari dukungan berbagai pihak, serta jajaran pemerintahan baik provinsi maupun Kabupaten/Kota. “Disadari bahwa isu-isu kesehatan di daerah ini, kami anggap sangat penting, sehingga langkah-langkah dan upaya terus dilakukan oleh pemerintah daerah,” kata Kansil Adapun laporan Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr Maxi Rondonuwu DHSM, kegiatan ini diikuti para Kadis Kesehatan, Kepala BKKBN kabupaten/kota serta Kepala Puskesmas Perbatasan Miangas dan Marore. Wamenkes juga telah melakukan launching Pergub No 17 Tahun 2013 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan di Sulut. Turut hadir Dirjen Binfar dan Alkes Maura Linda Sitanggang bersama Sesditjen Purwadi.(erer/dw)

GUBERNUR Sulut SH Sarundajang, menyikapi berita yang beredar di jejaring sosial Facebook yang disebarkan oleh akun dengan nama Daniella Tambunan.(foto: dok)

Manado—Komitmen Pemprov Sulut dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakataan, tetap dilandasi dan diinspirasi oleh semangat dan budaya “Membangun Tanpa Korupsi”. Nilai dan etika ini yang mendasari, menjiwai dan melingkupi implementasi berbagai kebijakan, program dan kegiatan serta menjadi instrumen evaluasi dan pengawasan bagi kinerja Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemprov Sulut. Hal ini sebagai tindak lanjut implementasi Undang-Undang No 28 tahun 1999 tentang Penyelenggara Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta Undang-Undang No 31 Tahun 1999 tentang

REKOR MURI

PLN Suluttenggo berhasil kembangkan listrik hybird Manado—Kabar gembira bagi masyarakat yang berada di daerah kepulauan terpencil. Sebab, PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo berhasil mengembangkan tenaga listrik hybird dari bahan baku batok kelapa untuk Pulau Miangas. Karena berhasil mengembangkan tenaga hybrid, maka PLN Suluttenggo pun mendapatkan rekor MURI. Penghargaan rekor MURI ini diberikan bagi 3 pimpinan PLN yakni

Direktur Operasi Indonesia Timur Ir Vickner Sinaga dan General Maneger PT PLN Suluttenggo Ir Santoso Januwarsono MBA MM sebagai pemerkasa serta Manager Area Tahuna Ir Irawan Sulistya sebagai pelaksana kegiatan. Kegiatan pemberian rekor Muri ini dilaksanakan, Jumat (17/5) kemarin, di kantor PLN Suluttenggo seusai kegiatan senam bersama karyawan PLN dan mitra kerja. Mewakili MURI, Paulus Pangka mengatakan, program listrik pintar merupakan listrik yang hybrid. Di pulau Miangas ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dan bukan kali ini PLN melakukan kegiatan di daerah tertinggal. “PLN masuk ke wilayah kepulauan demi pelayanan kepada masyarakat dan itu pun tidak hanya di Sulut, tapi di seluruh wilayah di

PAULUS Pangka saat menyerahkan piagam rekor MURI kepada Direktur Operasi Indonesia Timur dan GM PT PLN Suluttenggo serta Manager Area Tahuna.(foto: ist)

Indonesia,” katanya. General Maneger PT PLN Suluttenggo Ir Santoso Januwarsono MBA MM mengatakan, potensi yang ada di daerah kepulauan sangat besar sehingga secara bertahap akan dimaksimalkan potensi yang sudah tersedia itu. “Pulau Miangas merupakan pulau terdepan di Indonesia

dan kami ingin kondisi kelistrikan di pulau itu betul-betul andal selama 24 jam non stop,” katanya. Dalam pengembangan pembangkit listrik, kata Januwarsono, PLN akan terus melakukan pengembangan pada ketersediaan listrik tenaga matahari dan biogas serta memanfaatkan tempurung

atau batok kelapa hingga ranting kayu untuk menghasilkan listrik. “Mesin biogas ini karya putra-putra terbaik PLN Suluttenggo dan kita namakan Biogas Cerdas. Dan pulau-pulau yang tidak terjangkau lainnya, kami akan sediakan pembangkit listrik yang bahan bakunya sesuai dengan potensi daerah itu. Pulau Miangas ini, 100% masyarakatnya menggunakan listrik pintar sehingga tercatat di museum rekor Indonesia (Muri),” katanya. Manager Area Tahuna, Ir Irawan Sulistya mengatakan jika PLN tidak akan menyia-yiakan daerah perbatasan sehingga masyarakat diberikan kemudahan. Kita akan tunjukkan jika daerah terdepan sana tidak kalah dengan mereka yang hidup di daratan,” tambahnya.(gebe)

Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. “Jadi jika ada yang menyebarkan isu negatif yang provokatif dan bersifat tuduhan yang menjelek-jelekan pemerintah, silahkan dibuktikan, siapa, kapan, dimana, informasikan. Jika tidak terbukti itu berarti fitnah, dan harus diproses di jalur hukum. Jangan menyebarkan fitnah, karena itu menghambat semangat, kreativitas dan inovasi untuk membangun,” ujar Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang, menyikapi berita yang beredar di jejaring sosial Facebook yang disebarkan oleh akun dengan nama Daniella Tambunan. Lebih lanjut menurut Sarundajang, Pemprov Sulut bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, aparat pemeriksa dan seluruh jajaran bersama-sama tetap bersinergi “berperang dengan korupsi”, dan pemerintah selalu mengajak berbagai komponen strategis masyarakat, termasuk pers/media massa untuk bersama-sama melakukan kontrol dan bahkan melaporkan jika terbukti ada pejabat pemerintahan yang melakukan tindak pidana korupsi. “Tidak benar Pemprov menyogok media massa untuk menutupi tindak pidana korupsi pejabat pemprov,” tegasnya. Dijelaskan Sarundajang bahwa membangun tanpa korupsi harus menjadi nilai, etika, norma dan budaya pemerintah dan masyarakat Sulut dalam melaksanakan agendaagenda strategis ke depan, demi mewujudkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan masyarakat, apalagi Sulut pada 2 Mei 2013 lalu telah m e n c a n a n g k a n Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.(erer/dw)


Yustisia

SABTU 18 MEI 2013

RON CRIME

Bawa Sajam, Jammy diganjar 5 bulan

JAMMY Martin Kawur (41) warga Kleak, Lingkungan III, Kecamatan Malalayang, yang terjerat kasus membawa senjata tajam (Sajam) tanpa ijin, akhirnya divonis 5 bulan penjara oleh Majelis Hakim Willem Rompies, dkk dengan Panitera Pengganti (PP) Selvie Masengi SH. “Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana mebawa senjata tajam tanpa ijin, sebagaimana dalam dakwaan tunggal Pasal 2 ayat (1) UU Darurat No 12 tahun 1951,” ujar Hakim ketua dalam amar putusannya. Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa berpotensi menimbulkan kejahatan dengan kekerasan. Dan hal yang meringankan terdakwa bersikap sopan di pengadilan dan mengaku terus terang perbuatannya. Atas putusan tersebut, baik terdakwa dan JPU menerimanya. Usai membacakan amar putusan, hakim ketua berpesan pada terdakwa. “Kamu tahu jika ancaman UU Darurat terutama Sajam hukumannya 10 tahun penjara, lebih soe dari orang ba korupsi. Jadi kamu harus bersyukur hanya divonis ringan supaya tidak bekin ulang lagi,” kata Rompies yang oleh terdakwa kemudian mengatakan bahwa tidak akan mengulangi lagi perbuatannya. Sebelumnya, oleh JPU Alexander Sulung SH terdakwa dituntut hukuman 8 bulan penjara. Dan sesuai dakwaan, penangkapan terhadap terdakwa dilakukan Minggu 3 Februari 2013, sekitar pukul 01.00 Wita, di Jalan Piere Tendean, tepatnya di depan Bank Bukopin Kompleks Mega Mas. Saat itu terdakwa tanpa hak mengeluarkan senjata tajam berupa sebuah pisau badik terbuat dari besi putih yang panjangnya 22 centimeter dengan lebar 2,3 dengan kedua sisinya tajam dengan ujung tajam bergagang kayu yang di selipkan di pinggang. (este)

Manado—Dipastikan, hingga pekan depan, tim penyidik dari bagian Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut, akan terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah mantan anggota Dewan Kabupaten (Dekab) Minsel, periode 2004-2009. Untuk, Jumat (17/5) kemarin, tim penyidik memeriksa tiga eks Legislator lagi, masing-masing Joppy Langi, Hendra Pelle dan Recky

Keintjem. Ketiganya diperiksa di ruangan pemeriksaan Pidsus, lantai III Kejati. Ketiga diperiksa masih seputar dugaan suap alias menerima aliran dana dari APBD tahun 2006. Namun, Joppy Langi, kepada wartawan usai pemeriksaan tersebut mengatakan kalau dirinya tidak termasuk sebagai penerima uang yang diduga kuat sebagai bentuk suap dari eksekutif tersebut. “Saya tidak pernah mene-

rima uang yang dibilang sebagai suap,” kata Langi. Langi mengaku, jangankan sepeser gratifikasi, gajinya saja sering terlambat diambil. Tak hanya itu, selama dua periode menjabat sebagai wakil rakyat, dirinya mengaku jarang sekali menikmati perjalanan dinas ke luar daerah. “Bagaimana mau terima suap kalau SPPD saja tidak pernah. Pokoknya dalam kasus ini, saya sama sekali tidak terima uang. Saya tidak terlibat,” kelitnya. Dirinya juga menyatakan kalau hal itu sudah disampaikan ke penyidik, dan

Kantor PT Telkom kemalingan 2 laptop JUMAT (17/5) kemarin, sekitar pukul 06.00 Wita, Kantor PT Telkom yang beralamat di Jalan Supratman, Kelurahan Lawangirung, Kecamatan Wenang, disambangi pencuri yang belum diketahui identitasnya. Atas peristiwa tersebut, 2 unit laptop merek HP dan Acer milik karyawan PT Telkom yakni Zainul Toyib (26) warga Dendengan Dalam, Kecamatan Tikala, raib dibawa lari maling. Merasa keberatan, maka korban segera melaporkan kejadian ini ke Mapolresta Manado. Di hadapan petugas Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polresta, korban menuturkan sebelum laptop miliknya menghilang pada saat itu dirinya sebagai karyawan di PT Telkom ditugaskan untuk menjalankan tugas dari malam hari sampai pagi hari. Kemudian sekitar pukul 05.45 Wita, Jumat (17/ 5) kemarin, korban meninggalkan ruangannya bermaksud untuk buang air. Akan tetapi, ketika korban balik dari kamar kecil, dilihatnya ke 2 unit laptop yang di letakan korban di atas meja, sudah raib. Korban pun berusaha mencari ke 2 laptop miliknya, tapi sayang usaha korban sia-sia. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Amran Ampulembang MSi, melalui Kasubag Humas AKP Ruswan Buntuan ketika dikonfirmasi membenarkan adanya laporan ini.(rees)

‘menantang’ penyidik untuk membuktikan jika memang pernah menerima uang dugaan suap dimaksud. “Saya bilang ke penyidik, kalau memang ada bukti, silahkan dibuktikan. Kalau perlu, kalau ada saksi yang bilang lihat saya terima, saya minta dikonfrontir untuk membuktikan siapa yang betul,” tukas mantan politisi dari Partai Golkar di Dekab Minsel ini. Sementara itu, Kepala Kejati Sulut, Onggal Siahaan ketika dikonfirmasi melalui Kasi Penkum dan Humas Kejati, Steven

TRAFFICKING

Diduga germo, wanita asal Gorontalo dibekuk Polda Manado—Wanita paru baya asal Gorontalo, HM alias Ida (40) tahun, ditangkap oleh Polda Sulut, Kamis (16/05) lalu. Ida ditangkap karena diduga merupakan germo asal Gorontalo, yang disinyalir sebagai sindikat trafficking. Ida ditangkap di rumah kostnya yang beralamat di Kelurahan Sindulang, Kecamatan Tuminting, bersama dengan seorang perempuan cantik. Wanita cantik yang bersama dengan Ida tersebut diduga akan dijual ke lelaki hidung

belang di Gorontalo. Ida yang berasal dari Desa Marisa, Kecamatan Pohuluwato, Gorontalo ini, mengiming-imingi korban sebelum di jual ke Gorontalo dengan sejumlah uang dan ponsel Blackberry. Salah satu korban yang berasal dari Desa Sea, sebut saja Seruni, saat ini juga sudah mengadukan kasus ini ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sulut. Di hadapan penyidik SPKT Polda Sulut, Jumat (17/05) kemarin, Seruni mengatakan kalau

dirinya dijual kepada lelaki hidung belang di Gorontalo. “Sudah 6 bulan saya melayani pria hidung belang di Gorontalo, dan yang menjual saya adalah ibu Ida,” kata Seruni di hadapan penyidik. Menurut Seruni, sudah lama menjadi germo di Manado, dan banyak perempuan asal Manado yang menjadi korban trafficking di Gorontalo. Pekerjaan mereka setiap malamnya nongkrong di cafe plusplus, dan melayani lelaki hidung belang. Seruni juga

membeberkan kalau Cafe plus tempat mereka bekerja tersebut adalah milik Ida. Sementara itu, Ida yang saat itu diperiksa bersamaan di ruangan SPKT Mapolda Sulut, membantah ketika ditanyakan para wartawan. “Semuanya itu tidak benar. Saya ke Manado untuk berdagang. Uang dan HP blackberry yang diberikan, murni karena pinjaman,” kelit Ida. Sementara itu, Kapolda Sulut Brigjen Pol Dicky Atotoy, melalui Kabid Humas Polda Sulut, Denny Adare, membenarkan adanya dugaan kasus ini. “Secepatnya kita ungkap siapa yang ada dibalik kasus ini. Kalau terbukti, pelaku pasti akan ditindak secara hukum yang berlaku,” tegas Adare.(erel)

Kamea SH, membenarkan adanya pemeriksaan tersebut. “Memang hari ini (kemarin, red) ada tiga lagi saksi yang diperiksa. Kemungkinan pemeriksaan akan selesai minggu depan,” jelas Kamea. Namun, Kamea juga tam membantah jika nanti akan ada pemanggilan kembali terhadap sebagaian dari 29 orang Legislator yang diperiksa tersebut, untuk melengkapi keterangan. “Yang jelas bukti-bukti sudah banyak dan mendukung. Sehingga untuk penetapan tersangka, sepenuhnya berdasarkan pertimbangan pe-

nyidik, dan tentu sesuai hasil pemeriksaan. Tapi sebelum itu, akan dilakukan gelar perkara dulu,” kata Kamea. Sekedar diinformasikan, saat ini pihak penyidik Kejati Sulut juga telah memperoleh rekaman audio berkaitan dengan dugaan suap para oknum wakil rakyat tersebut. Isi rekaman tersebut membeber percakapan antara oknum anggota Dekab periode itu yang akan mendapatkan pembagian uang, lantaran ada andil dewan meloloskan pembahasan agenda Pemkab Minsel.(vees)

LAKALANTAS TEWAS

Selmy: Motor melaju dengan kencang

DUGAAN PENGGELAPAN

Linda akhirnya divonis 18 bulan

Oknum PNS dilapor ke Polresta akibat menganiaya OKNUM Pegawai Negeri Sipil (PNS) SR alias Steidy (37) warga Bumi Beringin, Lingkungan III, Kecamatan Wenang, Jumat (17/5) kemarin, terpaksa harus dilaporkan ke Mapolresta Manado. Pasalnya, sekitar pukul 16.00 Wita, kemarin, dirinya diduga menganiaya Sulisno (40) beralamat sama dengan pelaku, hingga korban menderita pecah bibir. Ironisnya, menurut korban, peristiwa yang dialaminya ini tanpa ada penyebabnya. Di mana sebelum kejadian, korban yang pada saat itu berpas-pasan dengan pelaku, tiba-tiba saja pelaku langsung memukul korban tanpa alasan yang jelas, tepat di bagian bibir. Atas kejadian ini, korban pun segera melaporkan pelaku ke Mapolresta Manado. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Amran Ampulembang MSi, melalui Kasubag Humas AKP Ruswan Buntuan ketika dikonfirmasi membenarkan adanya pelaporan tersebut.(rees)

4

Lagi, Kejati periksa 3 eks Legislator Minsel Langi mengaku sama sekali tidak menerima uang suap

JAMMY Martin Kawur (41), yang terkait kasus Sajam, saat mendengarkan vonis dalam sidang di PN Manado.(foto: serly/sk)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

LINDA Haryati Sue saat menerima vonis di PN Manado.(foto: serly/sk)

Manado—Mantan karyawan PT Wira Eka Persadatama yang adalah kolektor, Linda Haryati Sue (35) warga Kelurahan Perumahan Camar Buha, yang sebelumnya dituntut 2 tahun dan 10 bulan, oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Norry Pateh SH, akhirnya divonis 1 tahun dan 6 bulan. Vonis ini diberikan oleh Majelis Hakim Aris Bokko SH, dkk, dengan Panitera Pengganti (PP) Deitje Wior SH, dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Kamis (16/5) lalu. “Terdakwa terbukti melakukan tindak pidana penggelapan dan turut serta melakukan

pemalsuan sebagaimana dalam dakwaan kesatu Pasal 372 dan kedua Pasal 263 KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” ujar hakim ketua dalam amar putusannya. Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa merugikan PT Wira Eka Persada Cabang Manado, dan yang meringankan terdakwa bersikap sopan dalam persidangan, belum pernah dihukum, menyesali perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi, dan terdakwa mempunyai anak yang masih kecil. Dalam pledoi sebelumnya melalui Penasihat Hukum,

Zemmy MA Leihitu SH dan Franklin Hinonaung SH, terdakwa meminta agar dapat dibebaskan. Di mana, PH tidak sependapat dengan JPU bahwa terdakwa menyerahkan uang kepada Meilita yang merupakan kasir yang sekarang masih DPO, yang mana uang tersebut tidak dalam penguasaan kliennya. Terdakwa yang terlihat pasrah dengan vonis yang diterima, usai sidang kepada wartawan mengatakan bahwa dirinya menyerahkan semua pada Yang Kuasa. “Saya serahkan saja semua apa yang terjadi pada diri saya kepada Tuhan. Dia

yang maha tahu jika saya tidak bersalah. Biar jo orang-orang yang ada beking bagini pa kita kasiang nanti jo ‘di atas’ yang beracara,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca sambil memeluk dua anaknya yang masih Balita. Diketahui, fakta sidang dalam keterangan terdakwa, disebutkan kalau kejadian ini terjadi 1 November 2011, sampai dengan 31 Mei 2012. Di mana terdakwa bersamasama dengan Meilita Nelci Daud (DPO, red) selaku kasir, yang menyuruh menyetorkan uang perusahaan sebesar Rp69.998.196,- di Bank Mega Cab Calaca dengan menggunakan rekening terdakwa. Demikian juga sekitar bulan April 2012, Meilita meminjam ATM terdakwa dan kemudian menyuruh kliring di bank. Demikian juga ada bukti pemalsuan bukti setoraan ke Bank Danamon Cab Toar dengan cara Meilita menulis nomor giro dan nomor rekening tujuan atau rekening perusahaan dan tanda tangan agar terdakwa melakukan penyetoran. Dan pada saat terdakwa menandatangani, bukti setoran tersebut masih dalam keadaan kosong. Akan perbuatan itu, terdakwa mengaku atas suruhan dari kasir perusahan Meilita sehingga perusahan mengalami kerugian sebesar Rp 65.256. 600,-(este)

TIPIKOR DISHUB MANADO

Audit tak kunjung selesai, pengusutan terhambat Manado--Hasil audit kerugian negara terhadap dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pengadaan rambu lalu lintas (Lantas) di Dinas Perhubungan (Dishub) Manado, hingga kini belum juga diberikan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Manad. Akan hal itu, kinerja Badan Pemeriksa Keuangan dan

Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulut, terus mendapat pertanyaan. Kasi Pidsus Kejari Manado, Hotma Hutadjulu SH, kepada wartawan Jumat (17/05) kemarin, enggan menyalahkan BPKP dalam hal ini. Namun dirinya tak menampik jika memang penanganan dugaan kasus ini menja-

di terhambat. “Memang belum ada auditnya. Auditornya masih merampungkan kata mereka (BPKP, red),” kata Hotma. Menurutnya, saat melakukan pengecekan di BPKP, dikatakan kalau hasil audit memang sudah akan selesai. Tahapannya sudah masuk ke penyusunan kesimpulan.

“Menurut mereka tinggal kesimpulan saja,” ujarnya. Sekedar diinformasikan, kasus ini sendiri mencuat sejak akhir 2011 hingga awal 2012 lalu. Saat itu Kejari Manado mengendus dugaan penyimpangan dalam pengadaan sekitar 500-an rambu lalu lintas oleh Dishub Manado. Bahkan untuk memastikan dugaan tersebut, Kadishub Manado YB Waworuntu, sudah pernah diperiksa penyidik, termasuk kontraktor yang menjadi rekanan proyek ini.(vees)

SAKSI Selmy dalam sidang kasus Lakalantas depan Gereja Pantekosta (GPDI) Desa Tateli dengan terdakwa MHMG alias Marshall (33), dalam sidang di PN Manado.(foto: serly/sk)

Manado—Sidang lanjutan dugaan kasus Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) yang menyebabkan kematian wanita lansia Gysje Elisabeth Monde di depan di depan Gereja Pantekosta (GPDI) Desa Tateli, dengan terdakwa MHMG alias Marshall (33), kemabli digelar di PN Manado. Kali ini, JPU Alexander Sulung SH menghadirkan saksi Selmy, yang saat kejadian tersebut juga menjadi salah satu korban yang selamat. Dalam keterangannya, Selmy yang merupakan pekerja di gereja pada pendeta, menceritakan kejadian yang menewaskan Gysje Monde. Saat itu, wanita lansia yang disebutnya ‘Oma’ berada di pinggir jalan yang kemudian dijemputnya dengan cara menggandeng sambil dirangkul. “Kita peluk oma, sempat ada mikrolet yang kemudian brenti lantaran torang mo lewat. Itu mikro kase kesempatan torang lewat, dan tibatiba ada motor lari pe kencang dan langsung tatabrak. Saya sudah tidak tahu lagi apa yang terjadi karena pingsan,” tutur saksi di hadapan Majelis Hakim Willem Rompies SH dkk, dengan Panitera Pengganti (PP) Fonneke Tamara SH, dalam sidang Kamis (16/5) lalu. Atas keterangan saksi, oleh terdakwa dibantahnya soal ada mikrolet yang berhenti memberi jalan. Tetapi soal kecepatan laju motor, terdakwa tidak dapat membantah lagi ketika ditanyai hakim ketua berapa kecepatan motor pada waktu itu yang dijawab, kira-kira sekitar 60-70 kilometer perjam.

“Iya saya memang telah menabrak mereka,” aku terdakwa, sembari menambahkan kalau pihak keluarganya juga selain sudah membayar untuk biaya kematian, untuk saksi sendiri juga telah dibuatkan surat perdamaian dengan orang tua saksi Selmy. Tetapi, ternyata Selmy sendiri tidak mengetahui jika orang tuanya sudah ada perdamaian dengan terdakwa. “Saya tidak tahu pak hakim jika orang tua saya sudah berdamai dengannya (terdakwa, red),” ujar Selmy, yang kemudian membenarkan nama-nama yang tercantum dalam surat ketika diperlihatkan oleh JPU di hadapan majelis hakim. Sementara itu, kuasa hukum terdakwa Alfian Boham SH dan Andrew SH usai mendengarkan keterangan saksi meminta pada majelis hakim untuk menghadirkan saksi verbalisan dari pihak Kepolisian, akan tetapi tidak langsung diiyakan hakim ketua. “Inikan sudah ada gambar di TKP. Nantilah lihat perkembangan dalam persidangan, apakah perlu dihadirkan untuk saksi verbalisan,” tandas Rompies, sambil menutup sidang. Diketahui, dalam dakwaan disebutkan kejadian ini terjadi Jumat 24 Agustus 2012, sekitar pukul 18.05 Wita, di jalan raya Tanawangko-Manado, tetapnya di depan Gereja Pantekosta (GPDI) Desa Tateli. Saat itu terdakwa mengememudi sepeda motor honda Tiger dengan No pol B 6318 KJG warna hitam, yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan orang lain, yakni Gysje Elisabeth Monde meninggal dunia.(este)


SABTU 18 MEI 2013

Pendapat

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

5

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Mengungkap kepongahan sistem

Tidak konsekuen?

PERKARA ini yang pernah kita ucapkan di hari silam, yang mana kejahatan disembunyikan di balik slogan atau lembaga tentang moralitas, kemanusiaan dan keadilan, yang lewat legitimasi institusi dan slogan itu berbagai tindak kekerasan, kriminalitas, dan ketidak manusiawiaan dilakukan, yang telah menciptakan sebuah sistem yang meminggirkan peran manusia lain. Coba kita ulangi: Faktor biaya atau drama pembangunan yang menskenariokan mahal dan murah pada kualitas program yang sering hanya membayar kepongahan-kepongahan baru ilmu pengetahuan sesat dan jahat. Ada produk hukum yang dijanjikan sebagai solusi, sayang, produk hukum itu tak mampu membela hak-hak rakyat. Dan bila pembelaan itu ada, maka mereka yang akan dibela musti menunggu proses yang lama dan penuh intrik. Nyanyian sajak bumi yang dihentar angin musim, kegalauan yang mengisi ruang hidup semakin melebarkan kesenjangan. Mekar kembang ditudung peradaban tak peduli setiap hari umumkan kuasa kepentingan. Di sana berjejal para elite merayu-rayu para babu uang yang siap menjual harga diri. Persinggahan kata hati yang terbeli sejak masa penyeragaman isi kepala, masih tersisa jerit tangis yang tak mungkin dapat dipadamkan dengan janji. Pertikaian kata yang tak mau amblas, cuaca yang tak menentu, gosip panas selebriti, kisah dari Cikeas, harga-harga yang melambung tinggi, kejahatan yang bersembunyi di balik slogan kebenaran, rayuan pulau kelapa bukan judul lagu, serta berbagai ucapan rutin yang datang seiring kepedihan hati. Betapa lautan manusia dijejal berbagai persoalan, mulai dari flu hingga fluktuasi asimetri yang diceritakan status-status menggantung. Terbanyak adalah hidangan yang menggoncang selera dan memaki para lapar dan miskin. Kita boleh berpesta, sementara yang lain masih tersiksa. Kita boleh tertawa, sisanya menderita. Pertaanyaan gugatan selalu berulang. Dapatkah kita menempatkan manusia sebagai mahluk yang setara dan punya hak-hak sama? Bangunan manusia seutuhnya masih saja terjagal hak-hak azasi di negara kita yang memurahkan harga manusia. Kata membisik, mendesah lirih. Daun, carang, dahan, pepohonan, bahkan gedung berkerangka baja sudah runtuh oleh bencana pembangunan yang mengabaikan hak-hak warga, di bilik yang sama, slogan terus menyanyikan rayuan pulau-pulau petaka. Garis-garis batas terbakar, sungai-sungai darah akan tercipta, tapi damai diumbar oleh banyak bibir. Orang-orang berkata damai, tiba-tiba datang kesudahan yang bikin semua jadi susah. Pernahkah catatan pena abadi ini jadi perenunganmu? Tunggu saja, waktu, berdiri di pucuk jalan kebenaran dan selalu hinggap di saat yang tak pernah diduga namun tepat. Hanya penyesalan yang setaip kali datang belakangan dan hadir dengan senyum asam berjuta tatapan kosong. Memang ini adalah sebuah ulangan, yang menguji kerancuan yang basi dari tiap kata yang disebut banyak orang sebagai kisah dalam berita. Sebab produk hukum yang sudah baik bisa jadi tidak jalan bila tidak ditegakkan secara konsisten dan sekedar menjadi macan kertas yang dapat disobek kekuatan-kekuatan dominan mana pun. Mengapa ketakutan merajai hati? Mengapa bimbang tiba-tiba takut menanyai diri sendiri? Pernah kita sebut sepenuh penyesalan, bahwa, peran masyarakat dalam mendorong proses penegakan hukum atas mereka yang semena-mena selalu diperlukan. Supremasi hukum adalah salah satu syarat dalam berdemokrasi dan syarat bagi majunya peradaban suatu bangsa. Mengapa cekal masih saja bercakak pinggang seperti memarahi? Mengapa huruf-huruf diancam api pembakaran? Utak-atik, kutuk mulai menjalari otak para penjahat sehigga hati enggan berbalik dan tobat meninggalkan dosa. Genap kata pena abadi, di masa ini orang yang jahat akan terus bertambah jahat. Sisa pertanyaan dari hari silam, “Apa dasar yang diletakkan penyelenggara sistem sehubungan dengan rakyat, mengurangi penganggur, mengurangi mereka yang miskin, peningkatan daya saing dan lain-lain? Kita masih punya tanya tentang kesenjangan, dan tentang strategi supaya kita boleh menang dan unggul dalam implementasi. Sayang, kita masih pada ritual pesta-pesta yang menghamburkan banyak sisa menjadi pesan-pesan yang metamorfosa di dalam dosa. Data orang miskin justru menjadi proposal bagi banyak hutang yang mempurukkan bangsa dan negara kita. Rayuanmu akan melemah seiring petaka dosa menanyai kelaliman yang sekian lama kau simpan sebagai misteri. Tentang negeri kita ini, sudah tentu kita peduli. Tentang segala kemiskinan, sudah tentu kita santuni. Tapi sayang, cara kita member selalu berpaling dari kebenaran. Sebab apa yang kita beri hanyalah seonggok keraguan dari setumpuk hasil rampokan selama kuasa ada dalam genggaman. Mimpi panjang tinggal landas, namun negara kita masih tertinggal di landasan. Kalau kita menelisik lebih jauh isi mimpi itu seharusnya saat ini kita sudah masuk pada tahapan implementasi penuh dan pengembangan. Demi keadilan dan kebenaran, perkara kepongahan sistem ini harus segera diungkap. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Rombak kebijakan ekonomi (5/selesai) Oleh Sri Adiningsih Dosen Fakultas Ekonomi UGM Dengan begitu, dalam lima tahun ke depan, bangsa Indonesia dapat maju, mengejar ketertinggalan dibandingkan bangsabangsa lain. Tidak terjebak ke dalam target-target ekonomi orientasi jangka pendek yang ‘’semu’’ karena tidak mengatasi masalah struktural ekonomi secara riil. Jangan sampai kualitas

pembangunan ekonomi kita semakin merosot. Daya saing internasional yang rendah dan menurun, deindustrialisasi, merosotnya peran sektor formal (meningkatnya peran sektor informal), kebergantungan kepada luar negeri yang semakin besar adalah bukti memburuknya kualitas pembangunan ekonomi kita. Dengan begitu,

kemiskinan dan pengangguran tetap saja besar dan ekonomi informal semakin berkembang (padahal tidak dapat memberikan kehidupan layak). Jika pemburukan ini terus berlangsung, hanya masalah waktu bangsa Indonesia semakin tertinggal. Bahkan dengan Vietnam, Kamboja, dan Myanmar. Apakah kita rela hal itu terjadi. Saya tidak! Mari kita ikut mengubah masa depan ekonomi Indonesia. Caranya, memilih pasangan calon presiden

dan wakil presiden yang kita anggap memiliki platform yang mampu membangkitkan ekonomi dan membawa bangsa Indonesia maju, adil, dan sejahtera. Jangan memilih berdasar perasaan. Sudah waktunya kita memilih menggunakan kecerdasan. Kita rakyat Indonesia memiliki tanggung jawab pada masa depan bangsa ini. Jangan sampai kita membuat kesalahan. Jika kita salah pilih, konsekuensinya harus kita tanggung untuk lima tahun

ke depan. Berbagai masalah ekonomi struktural perlu diselesaikan. Dengan begitu, Indonesia memiliki daya saing internasional yang tinggi, tidak bergantung kepada luar negeri, tidak banyak utang, dan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Demikian pula UMKM semakin maju dan berkembang, dapat memberikan kehidupan yang layak bagi lebih dari 95 persen penduduk kita yang terlibat di dalamnya. Semoga.(*)

Hukum adat dan sistem tenurial (5/selesai) Oleh Yulianus Edo Natalaga http://natalaga.blogspot.com/ Kelompok pertama adalah tenurial yang diakui dan diatur dalam hukumhukum negara, sementara kelompok kedua adalah sistem tenurial yang dikenali dan bahkan diatur secara lokal dan terkait dengan praktek-praktek tradisional (tenurial secara adat). [Cromwell 2002]. Ini adalah salah satu contoh sederhana di mana hak untuk menguasai, memanfaatkan,

mengelola, mengalihkan kepemilikan tidak selalu berada pada orang yang sama. Dengan demikian pengertian “bundle of rights” dalam resource tenure sistem, memunculkan serangkaian hak tertentu dan pembatasan-pembatasan tertentu atas hak-hak tersebut. Berdasarkan sudut pandang ini, pada setiap tenure sistem masing-masing hak termaksud setidaknya

mengandung tiga komponen hak, yakni: Subyek hak, yang berarti pemangku hak atau pada siapa hak tertentu dilekatkan. Subyek hak bervariasi bisa dari individu, rumah tangga, kelompok, suatu komunitas, kelembagaan sosial ekonomi, bahkan lembaga politik setingkat Negara. Obyek hak, yang berupa persil tanah, barang-barang atau juga benda-benda yang tumbuh di atas tanah, barangbarang tambang atau mineral yang berada di dalam tanah atau perut bumi, perairan, kandungan barang-barang

atau makhluk hidup dalam suatu kawasan perairan, maupun suatu kawasan atau wilayah udara tertentu. Obyek hak termaksud harus bisa dibedakan dengan alat tertentu, dengan obyek lainnya. Untuk obyek hak berupa suatu persil tanah atau kawasan perairan, batasbatasnya dapat diberi suatu simbol. Obyek hak bisa bersifat total bisa juga parsial. Misalnya, seseorang yang mempunyai hak atas pohon sagu tertentu, tidak dengan sendirinya mempunyai hak atas tanah di mana pohon sagu itu berdiri.

Jenis haknya, setiap hak selalu dapat dijelaskan batasan dari hak tersebut, yang membedakannya dengan hak lainnya. Dalam hal ini jenis-jenis hak merentang dari hak milik, hak sewa, hingga hak pakai, dan lain sebagainya, tergantung bagaimana masyarakat yang bersang-kutan menentukannya. Setiap jenis hak ini memiliki hubungan khusus dengan kewajiban tertentu yang dilekatkan oleh pihak lain (mulai dari individu lain hingga negara) dan keberlakuannya dalam suatu kurun waktu tertentu.(*)

Lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan (5) Oleh S.Budhisantosa http://www.perwaku.org/ Namun demikian manusia tidak pernah mengenal menyerah. Keberlanjutan hubungan antar manusia dengan lingkungannya secara berkelanjutan (sustainable adaptation) harus tetap dirawat di era pembangunan yang mendorong manusia untuk meningkatkan intensitas pengolahan sumberdaya dan pengelolaan lingkungan hidup yang sehat demi peningkatan

kesejahteraan umum. PEMBANGUNAN Apapun makna yang diberikan, pada hakekatnya “pembangunan” itu mengandung implikasi perubahan yang direncanakan. Upaya untuk meningkatkan kesejahteraan umum dalam kurun waktu tertentu, tidak ada jalan lain kecuali dilakukan dengan penerapan teknologi maju yang dapat memperlancar

pencapaian sasaran. Sementara itu, setiap penerapan teknologi baru, khususnya yang digunakan untuk memacu perkembangan ekonomi, betapapun sederhananya, akan senantiasa memicu serangkaian perubahan pada sistem produksi, distribusi dan konsumsi yang berdampak luas pada tatanan kehidupan sosialbudaya masyarakat yang bersangkutan. Di lain pihak, peningkatan produksi barang kebutuhan hidup dengan mengolah sumberdaya alam secara lebih intensif, akan mempengaruhi pola-pola

hubungan antar manusia dengan lingkungannya. Pengalaman penerapan teknologi maju di benua lama untuk mengembankan industri pada awal abad XIX telah membuktikan betapa hubungan antar manusia dan lingkungan hidupnya kehilangan keseimbangan. Dalam tempo yang relatif singkat hutan-hutan setempat tidak dapat menghasilkan cukup banyak kayu yang diperlukan untuk pembangunan. Demikian juga binatang liar tidak lagi dapat diharapkan menghasilkan kulit berbulu tebal. Selama kurun waktu

50 tahun (1850-1900) tercatatat lebih dari 35 juta penduduk Eropa terpaksa mengungsi ke luar untuk mencari penghidupan di daerah koloni. Pengalaman di Eropa itu berulang di kebanyakan negara yang sedang berkembang dewasa ini, termasuk Indonesia. Setelah selesai dengan “revolusi integratif” yang mempersatukan bangsa (C.Geertz, 1966) di bawah kepemimpinan bung Karno, pemerintahan Orde Baru melanjutkan dengan “revolusi pembangunan”. (bersambung)

NEGARA kita hilang arah dalam banyak kebijakannya yang menimbun bahaya dalam banyak kepentingan dan bukan kebutuhan yang semestinya didahulukan. Namun kita masih menunggu janji para petinggi terhormat. Di negara kita soal tanah dan lahan tak jauh beda dengan soal tanah dan lahan di mana-mana tempat di muka bumi ini. Reformasi di bidang pertanahan dan argraria yang sejalan dengan agenda perubahan menuju Indonesia yang demokratis, masih saja timpang. Tak perlu jauhjauh menelisik ketimpangan itu, karena di tanah kita sendiri, Sulawesi Utara, paran meminggirkan tanah adat menjadi tanah yang sepenuhnya dikuasai oleh sistem, sangat kentara. Gusur sana, gusur sini, dengan alasan tanah negara, dengan alasan investasi asing musti dilindungi. Tanah dan lahan cuma milik mereka yang punya kekuasaan dan uang, karena uang pun adalah kuasa di zaman materialisme ini. Coba kita berkaca pada potret investasi yang sekarang (sepertinya) sementara dikejar oleh pemerintah daerah. Soal pertambangan misalnya. Di sini dapat kita menilai yang mana pemerintah kita tidak konsekuen dengan apa yang mereka ucapkan sebelumnya. Tak perlu dimuat di sini apa alasan dan argument kita tentang hal itu, karena sudah pasti sistem sudah menyiapkan jawaban yang lebih detil lagi untuk disodorkan kepada masyarakat luas, dan pada kondisi seperti ini, argumentasi kita akan sangat tidak berarti bagi sistem. Memang, sudah ada Undang-Undang Perencanaan Tata Ruang yang dicetuskan pada masa lalu, yang memberikan wewenang kepada pemerintah daerah untuk membuat keputusankeputusan Tata Guna Lahan yang mendasar. Dan ini akan menjadi argument yang kuat bagi sistem di daerah untuk melakukan kemauannya. Hanya saja regulasi itu masih kontradiksi dengan realita rakyat yang terpinggir oleh banyak kebijakan dan Undang-Undang yang tidak berpihak pada mereka. Hukum dan kebijakan dicipta untuk menindas rakyat. Regulasi yang tidak pasti mengiris-iris posisi tawar rakyat sebagai pemilik hak kelola di atas tanah merdeka yang masih terjajah oleh kebijakan yang dicipta oleh bangsa sendiri. Inilah yang menjadi bahan perenungan kita semua. Sebab penegakan hukum yang masih ditimbun tabir ketidakadilan, belum lagi segala sandiwara uang dan jaring kekuasaan yang s e m e n a - m e n a memperlakukan hukum itu sebagai ‘sesuatu yang dapat diperjualbelikan’. Sehingga yang boleh dinikmati rakyat ini hanyalah sosialisasi basi yang sudah diketahui ujungnya. Posisi tawar rakyat sementara dikucilkan di sudut ketidaktahuan. Semoga saja dengan apa yang disebut sebagai investasi membawa perubahan dan akan mensejahterakan itu boleh menjadi kenyataan, jangan hanya jadi teori yang membodohi rakyat. Tonaas Tinamburi Minahasa - Sulut

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Donny Wungow. REDAKTUR PELAKSANA: Glenly Bagawie. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Michael Towoliu, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Stenly Lumempouw, Tonny Mait, Finda Muhtar, Vecky Sentinuwo. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando, Ronald Sumakul, Sherly Tassiam. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Devie Pondaag (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL), Kurniawan Golonda (BOLMUT). KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Denny Poluan (Minahasa, Tondano, Tomohon, Mitra), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minsel), Marchel Wowor, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta, D Iman, Cipta . SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


Asyik

Anak Sekolah Yang Ingin Kreatif

SABTU 18 MEI 2013

KETAWA ASYIK

Ajakan untuk ikut korupsi SUATU hari, Joni bertamu ke rumah Rahmat sahabatnya sejak dari SMA. Perawakan Rahmat masih cungkring kurus kering seperti dulu waktu SMA. Sedangkan Joni sendiri sudah menjadi gemuk dalam urusan perut, pertkamu bahwa sudah sukses dalam pekerjaannya. Joni : “Gimana kabarmu, Mat?” Rahmat : “Ya tetep begini-begini aja. Seperti yang kamu lihat ini...” Joni : “Lha gimana sih? Harusnya itu kalau kerja yang serius!! Supaya bisa dapet uang banyak!!” Rahmat : “Sebenernya kalau masalah kerja, aku udah serius, tapi apa daya, aku masih tetapp kekurangan. Istriku juga masih sering ngomel...” Joni : “Jaman sekarang itu kalau kerja jujur itu gak bakal dapt apa-apa!! Gak bakal bisa nyukupin kebutuhan sehari harimu!” Rahmat : “Maksudnya?” Joni : “Begini, aku beri tahu rahasianya ya? Contonya aku, kerjaanku cuman kecil-kecilan di kantor, tapi gimana caranya supaya aku bisa dapat uang tambahan buat ngecukupin kebutuhan sehari hari. Maka dari itu, hidupku skeluarga bisa kecukupan. Gak kayak kamu.” Rahmat : “Emang caranya gimana, Jon?! Aku ajarin donk supaya bisa makmur kaya kamu sekarang. Kalau aku cuma berharap dari bosku sekarang juga gak mungkin cukup!!” Joni : “Caranya gampang banget, Mat. KORUPSI. Coba dulu, kecil-kecilan saja. Kecil-kecilan supaya tidak ketahuan.” Rahmat : “Korupsi??!!! Gila kamu??!!” Joni : “Iya! Kaya yang di TV itu lho. Orang-orang kelas atas kan korupsinya gede-gede tuh. Nah, kita-kita yang kecilan saja. Kalau aku biarpun kecil, tapi bisa nyukupin kebutuhan sekeluarga... Ayo, kamu mesti bisa kok. Inget lagi kebutuhanmu yang jauh dari kata ‘terpenuhi’...” Rahmat : “Bentar dulu, Jon. Sebenarnya aku setuju dengan usulmu yang satu ini. Tapi masalahnya, aku gak bakal bisa deh kalo mau korupsi di tempat kerjaan...” Joni : “Koq bisa?! Ada apa gerangan??! Emang pengawasan di kantormu ketat?? Udah ada yang ketahuan korupsi?? Ato diawasin sama KPK??” Rahmat : “Bukan masalah itu...” Joni : “Terus?? Masalah apa lagi yang kamu pusingin??” Rahmat : “Aku ini kerjaanya ikut orang, jasa sedot tinja. Nah kalo begitu, apaan yang mau dikorupsi??!! Tiap hari ane ngubek-ubek tinja orang.” Joni : “???”(*)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

6

REKA MAU MEREKA

Nggak lagi paranoid... Wow.. kalian tahu kan orang paranoid or bahasa gaulnya parno’?? Itu tuh, orang berpenyakit mental yang selaku meyakini bahwa orang lain ingin membahayakan dirinya. Takut juga yah kalo ngedenger yang kayak gituan. Anak-anak Asyik punya temen yang parno’?? Gimana sich cara ngatasin teman yang punya penyakit gituan?(fine)

EGIN

MANDA

SEDIH juga kalo punya teman yang rada parno’. Kita pun kadang jadi repot kalo jalan bareng dia. But, sebagai sahabat, kita harus mau menerima keadaan sahabat kita, apapun itu. So, kalo doi selalu takut en curiga melulu, mending kita beri dia penguatan en pemahaman untuk menghulangkan rasa seperti itu.

AKU punya teman yang paranoid tingkat tinggi. Menurutku itu pasti akan sembuh dengan sendirinya, asalkan ada dukungan dari orang-orang disampingnya, termasuk kita. Yang penting, janganlah ditakut-takutin doi, biar dia nggak makin menjadi. Bikin dia percaya en nyaman disamping kita.(*) YAYASAN GENERASI PEMBANGUNAN INDONESIA

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN INDONESIA MANADO (SK MENDIKBUD NO.205/D/0/2000)

KAMPUS A.: JL WOLTER MONGINSIDI VI/129 BAHU MANADO, KAMPUS B: JL TOAR 68 MANADO

MENERIMA MAHASISWA BARU TAHUN AJARAN 2013-2014 I.Universitas Pembangunan Indonesia:

Fasilitas

-

Fakultas Teknik Program Studi Elektro Komputer Program Studi Teknik Arsitek

(S1) (D3)

1. 2.

-

Fakultas Pertanian Program Studi Agrobisnis/Sosek

(S1)

-

Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum S1) Status Terakreditasi: No.02/BAN-PT/AK-X/S1/XI/2007

-

Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Program Studi Ilmu Politik

(S1)

-

Fakultas Sastra Program Studi Bahasa Inggris

(S1)

-

Fakultas Keperawatan Program Studi Ilmu Keperawatan

(S1)

II.Sekolah Tinggi Ilmu Kesejahteraan Sosial (STIKS) Manado -

Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Akreditasi Seluruh PS sudah dikirim (dalam pross) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Menerima Pendaftaran mahasiswa baru Tahun Akademik 2013-2014 untuk dididik memiliki daya saing yang tinggi sesuai visi dan misi Unsrat yang menyelenggarakan pendidikan berorientasi pada pengembangan kapabilitas interlektual mahasiswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan mampu berkontribusi pada daya saing bangsa melalui suatu proses yang mengimplementasikan prinsip-prinsip learning to know, learning to do, and learning to live together. Menghasilkan lulusan pendidikan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak, berbudaya Indonesia, bersemangat tinggi, tanggap, berkinerja tinggi, mampu menerapkan Ilmu Pengetahuan, serta mampu mengembangkan kemampuan diri sendiri.

JURUSAN/PROGRAM STUDI 1. 2. 3. 4. 5.

Jurusan Pemerintahan - Prog Studi Ilmu Pemerintahan & Ilmu Politik Jurusan Administrasi - Prog. Studi Ilmu Administrasi Negara & Admimstrasi Bisnis Jurusan Komunikasi - Prog Studi Ilmu Komunikasi & Ilmu Perpustakaan & Informasi Jurusan Sosiologi Jurusan Antropologi

SYARAT : Lulusan SMA/ SMK Relevan

BEASISWA : Untuk membantu mahasiswa yang berprestasi serta kurang mampu tersedia Beasiswa BIDIK MISI (sesuai program Nasional), MAPALUS (Program UNSRAT) dan lain-lain. PENDAFTARAN : SBMPTN (Pendaftaran online) Mulai tgl 13 Mei – 7 Juni 2013 TUMOUTOU (T2) & Jalur Khusus Sesudah Pelaksanaan SBMPTN SUMIKOLAH

Mulai 01 Juli - 1 Agustus 2013

Untuk Informasi selanjutnya dapat menghubungi FISIP UNSRAT Jl Kampus Unsrat Bahu Manado, Telp. 862546 (setiap hari kerja)

Drs Drs Philep Philep M. M. Regar, Regar, MS MS Dekan Fisip Dekan Fisip Unsrat Unsrat

-

Gedung Kampus Milik Sendiri, di Lokasi yang sangat strategis Kampus A: Jl Wolter Monginsidi VI/o.129 Kelurahan Bahu Kampus B: Jl Toar No. 68 Mahakeret Barat-Manado Laboratorium Keperawatan: KDM, KDB, Anak, Maternitas, Jiwa dan Komuniti Laboratorium Komputer Perpustakaan Umum Alat Bantu Kegiata Belajar: OHP, LCD,TV, Tape Recorder, CD DVD

Informasi Lebih Lanjut Hubungi: -

Rifai: Marsel: Vicky: Lina:

085256933454 081340496569 085256727553 081356173814

n aftara d n e P Telah a Dibuk

Tes Masuk Gel. I : 30 & 31 Mei 2013 Gel. II : 27 & 28 Juni 2013 Gel. III : 25 & 26 Juli 2013 Gel. Iv : 22 & 23 Agustus 2013 Kecuali Fakultas Keperawatan

: Pengumuman Hasil 5 Juni 2013 : Pengumuman Hasil 3 Juli 2013 : Pengumuma Hasil 31 Juli 2013 : Pengumuman Hasil 28 Agustus 2013


SABTU 18 MEI 2013

SPORTAINMENT

MARIA SHARAPOVA

Pilih Pulau Jawa PETENIS cantik asal Rusia yang kini menempati peringkat dua WTA, Maria Sharapova, memilih Pulau Jawa sebagai tempat liburan favorit. Kunjungannya ke Jawa diabadikan menjadi sebuah cerita di majalah wisata Conde Nast Traveller Russia, edisi Maret lalu. “Indonesia adalah negara eksotis dengan cuaca yang panas, budaya kuno, makanan enak, dan masyarakatnya ramah,” kata Pemimpin Redaksi Conde Nast Traveller Russia, Alla Beliakova, di Moskwa. Majalah ini mengangkat perjalanan petenis yang tinggal di Florida, Amerika Serikat, tersebut ke Candi Borobudur dan Prambanan. Kisah ini jadi berita utama sepanjang 14 halaman. Sampul majalah ini memasang foto Sharapova mengenakan baju etnik Jawa dengan judul “Indonesia dan Maria Sharapova”. “Tempat-tempat di Jawa ini dipilih sendiri oleh Sharapova sebagai alternatif dari Bali yang sebelumnya dia kunjungi. Dia memilih Indonesia dan mencoba baju-baju dari koleksi busana musim semi,” kata Alla yang didampingi Dubes RI untuk Rusia, Djauhari Oratmangun. Selama kunjungan di Jawa dan melakukan pemotretan, Maria tinggal di Hotel Aman, di mana dia merasakan kesunyian yang damai, aman, dan nyaman. Di Jawa, Sharapova memiliki program budaya, kunjungan ke Candi Borobudur dan Prambanan, serta di Moyo hanya akan berbaring di pantai. Perjalanan ini tidak mudah karena tiga hari sebelum keberangkatan, dia ikut sebuah turnamen di Istanbul, dan setelah itu ke Praha, Ceko. “Saya sudah terbiasa dengan penerbangan. Untuk antarturnamen di Eropa, biasanya saya menggunakan pesawat pribadi. Tapi kalau jaraknya jauh, memakai penerbangan komersial. Saya suka terbang, telepon tidak menyala, tidak ada surat elektronik. Saya dapat membaca, mendengarkan musik, atau tidur,” tutur Sharapova.(komc)

Olahraga Pedrosa terdepan di sesi pembuka DANI Pedrosa mampu mengungguli duo pembalap Yamaha (pesaing utamanya), pada sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Le Mans. Pembalap yang bergabung dengan Repsol Honda, mencatatkan waktu tercepat 1 menit 34.645 detik dari 19 lap yang dilahapnya atau terpaut 0.040 detik dari Jorge Lorenzo yang berada di tempat kedua. Posisi ketiga dihuni rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi. Kejutan besar justru ditunjukkan duo pembalap Pramac Ducati, Nicky Hayden dan Andrea Dovizioso. Ujicoba yang dilakukan di Sirkuit Jerez, dua pekan lalu nampaknya berjalan baik. Pasalnya, mereka mampu menjaga kecepatannya untuk menempati urutan keempat (Hayden) dan kelima (Dovizioso). Pembalap Yamaha Tech 3, Cal Crutchlow nampaknya ingin membuktikan bahwa dirinya pantas berada di tim. Pasalnya selama beberapa hari terakhir ini, isu mengenai kedatangan Pol Espargaro untuk menggantikan Crutchlow semakin gencar dibicarakan. Namun, pada latihan pembuka ini ia berhasil unggul dari rekan setim Pedrosa, Marc Marquez (ketujuh) dengan menempati urutan keenam.(sdnc)

HASIL SESI LATIHAN SIRKUIT LE MANS Pembalap

Tim

1. Dani Pedrosa 2. Jorge Lorenzo 3. Valentino Rossi 4. Nicky Hayden 5. Andrea Dovizioso 6. Cal Crutchlow 7. Marc Marquez 8. Alvaro Bautista 9. Stefan Bradl 10. Hector Barbera

Honda 1m34.645s Yamaha 1m34.685s Yamaha 1m34.938s Ducati 1m34.972s Ducati 1m35.072s Tech 3 Yamaha 1m35.149s Honda 1m35.170s Gresini Honda 1m35.285s LCR Honda 1m35.478s Avintia FTR 1m35.949s

Lap + 0.040s + 0.253s + 0.034s + 0.100s + 0.077s + 0.021s + 0.115s + 0.193s + 0.471s

19 16 22 19 20 20 19 20 20 21

7

ROMA MASTERS 2013

Nadal kerja keras, Federer tanpa keringat RAFAEL Nadal dan Roger Federer berhasil mengikuti jejak Novak Djokovic lolos ke perempatfinal Roma Masters. Meski begitu, Nadal meraihnya dengan tidak mudah. Nadal berhasil comeback 1-6 7-5 6-4 saat melawan petenis no. 46 dunia asal Latvia, Ernest Gulbis. Di set pertama, petenis no. 5 dunia asal Spanyol itu nyaris menelan bagel (kalah 0-6). Untung, hal memalukan tersebut urung terjadi. Saat kedudukan 0-5, juara enam kali Roma Master itu sempat memperkecil menjadi 15 meski akhirnya tetap kalah 1-6. Di set kedua, Nadal bangkit. Kendati Gulbis kembali memberi perlawanan, tapi Nadal berhasil memper-

lihatkan kualitasnya. Pada set penentuan, Nadal sepertinya akan menang mudah ketika unggul 5-0. Namun, Gulbis secara luar biasa bisa memperkecil kedudukan jadi 5-4. Di momen krusial ini, Nadal akhirnya berhasil merebut set kemenangan untuk lolos ke perempatfinal. Selanjutnya Nadal akan menghadapi kompatriotnya yang ditempatkan sebagai unggulan keempat, David Ferrer. Sementara itu, Federer tanpa kesulitan mengalahkan petenis Prancis, Gilles Simon 6-1 6-2 dalam waktu satu jam. Di perempatfinal, Federer akan menghadapi petenis non-unggulan asal Polandia, Jerzy Janowicz.(okez)

Mantan atlet siap jadi presiden IOC

DANI Pedrosa unggul di sesi uji coba.

PLAYOFF NBA

Spurs raih satu tiket putaran final NBA. Pada laga tersebut Warriors juga memberikan perlawanan melalui Stephen Curry yang mengemas 22 poin. Sementara Jarrett Jack menambah dengan membuat 15 poin untuk tim tuan rumah. Laga ini tentu menjadi spesial bagi Spurs yang terakhir kali lolos ke partai fi-

nal NBA pada 2007 silam. Pada partai final nanti, Spurs sudah ditunggu oleh Memphis Grizzlies yang sudah lebih dulu lolos. Marc Gasol dkk menyingkirkan Oklahoma City Thunder dengan skor telak 4-1 di semifinal Wilayah Barat, kemarin.(sdnc)

MANTAN atlet layar Singapura, Ng Ser Miang, secara resmi m e n g u m u m k a n pencalonan dirinya sebagai presiden Federasi Olimpik Internasional (IOC). Pria 64 tahun ini menyatakan siap bertarung dalam pemilihan September mendatang. IOC akan memilih presiden baru pada sidang tahunan di Buenos Aires, Argentina. Presiden saati ini, Jacques Rogge yang sudah memimpin tiga periode, memutuskan untuk pensiun Jika terpilih sebagai presiden, Ng yakin bisa merangkul semua pihak untuk memajukan olahraga. Isu-isu yang akan jadi tema kampanyenya berkisar soal doping, pengaturan skor, pendidikan olahraga, biaya penyelenggaraan olimpiade, dan pentingnya peran generasi muda di dunia olahraga. Jika terpilih, Ng akan jadi Presiden IOC pertama dari benua Asia. Sebelumnya, kursi ini selalu ditempati

wakil dari benua Eropa dan sekali dari Amerika Serikat. Ng bukanlah sosok baru di manajemen olahraga. Saat ini, dia menjabat sebagai Wakil Presiden IOC. Peraih medali perak Sea Games 1969 ini juga memegang peran penting saat Singapura menjadi tuan rumah dan juara Olimpiade Pemuda 2010. Selain olahraga, Ng juga memegang jabatan di bidang politik dan bisnis, di antaranya anggota parlemen, duta besar Singapura untuk Norwegia, dan Presiden NTUC Fairprice yakni jaringan supermarket terbesar di Singapura. Calon lain yang dikabarkan akan ikut memperebutkan posisi ini adalah Thomas Bach dari Jerman yang juga Wakil Presiden IOC, Presiden Federasi Tinju Internasional, Wu Ching Kuo dari Taiwan, dan mantan atlet lompat galah terkenal Ukraina, Sergey Bubka.(komc)

TINJU

Tyson bernafsu akhiri karir Haye

Mobil ... dari Halaman 8 Lambo itu memang tidak dikemudikan oleh Kanye, melainkan sang sopir yang disuruhnya membawa mobil itu ke rumah Kim di Los Angeles. Mobil Lamborghini Aventador milik Kanye West ini memiliki nilai US$ 750.000 atau sekitar Rp 7,2 miliar ini menabrak rumah Kim Kardashian di LA. Dari gambar di lokasi kejadian, si sopir terlalu cepat mengeluarkan mobil, sedangkan gerbang pintu pagar belum sepenuhnya terbuka. Alhasil, mobil super asal Italia itu tersangkut di pagar. “Sopir mencoba mengeluarkan mobil yang terjepit di pagar. Tapi, usahanya sia-sia, dan merusakkan bagian bodi mobil,” kata seorang sumber seperti dilansir the sun. Sang sopir langsung menelepon mekanik bengkel untuk mengetahui seberapa parah kerusakan dan biaya perbaikan yang diperlukan dalam insiden tersebut.(sdnc)

Waktu

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

TIM Duncan menjadi pahlawan kemenangan Spurs dengan mencetak 19 poin dan enam rebound.

SAN Antonio Spurs berhasil terus melaju setelah mengalahkan Golden State Warriors dengan skor 94-82 pada game ke 6 babak playoff Wilayah Barat NBA. Tim Duncan menjadi pahlawan kemenangan Spurs dengan mencetak 19 poin dan enam rebound, sedangkan Kawhi Leonard menambah 16 poin dan 10 10 rebound untuk memberi kemenangan bagi tim asuhan Gregg Popovich itu. Pelatih Spurs, Popovich

juga tidak ragu memuji lawan mereka, Warriors. “Mereka mempunyai karakter dan sangat kompetititf. Mereka tahu tidak memiliki banyak kesempatan untuk melakukan hal ini. Mereka sangat ingin kemenangan ini dan terus bekerja keras,” terang Gregg Popovich, seperti dilansir ESPN, Sabtu (17/5). Kemenangan ini membuat skor menjadi 4-2 bagi Spurs dan memastikan satu tiket ke putaran final Wilayah Barat

PETINJU kelas berat tak terkalahkan Inggris, Tyson Fury, memiliki impian untuk bertarung di Old Trafford, Manchester, dan ia mempunyai keyakinan bahwa dia bisa mengakhiri karir David Haye jika mereka berdua melangkahkan kaki secara bersama di dalam ring tinju profesional.

Paman dan pelatih Fury, Peter Fury menambahkan bahwa keponakannya itu siap untuk menghadapi siapapun. Dan, menurutnya, para penggemar tinju dunia belum pernah melihat yang terbaik dari dirinya. “Dia banyak berkembang dan dia siap untuk melangkah. Dia berusia

25 tahun, dia masih mempunyai banyak waktu,” ungkap Peter. Peter juga berujar bahwa Tyson adalah petinju yang siap bertarung dan siap mengalahkan siapapun, termasuk juga mantan raja kelas penjelajah dan mantan juara dunia kelas berat WBA, Haye. “Saya

melihat pertarungan dengan Haye sebagai pertarungan besar. Haye sangat populer.” “Itu jelas merupakan suatu bentrokan yang menarik. Tak satu pun kontes gelar juara dunia utama berada di suatu tempat seperti Manchester atau London,” pungkasnya.(sdnc)

Khan dinilai tak layak di kelas welter PROMOTOR Eddie Hearn tak melihat kemungkinan Amir Khan bertemu dengan Kell Brook di kelas welter. Hearn menilai, Khan tak akan cocok untuk tampil di kelas 147 pon tersebut. Hearn menilai, gaya Khan

tidak punya kekuatan untuk berlaga di kelas welter. Dia pun sudah memprediksi Brook akan menang mudah jika bertemu Khan di kelas itu. “Pada 147 pon, Amir tak bisa hidup dengan Kell

brook. Itu tak mengambil apapun dari Amir, (tapi) dia bukan seorang welter,”ujar Hearn seperti dikutip BoxingScene.com. “Khan telah meraih banyak hal, lebih dari banyak dalam karier mereka, tapi dia tak

terlihat bagus jika dia mendapat pukulan dan dia tetap mendapat pukulan.” “Khan sangat menghibur untuk ditonton, tapi sya tak pernah melihat dia menjadi kekuatan pada kelas 147 karena kekuatannya,”ia mengakhiri.(sdnc)


SABTU 18 MEI 2013

WAWALI Manado, Harley Mangindaan berjuang mengangkat sepakbola Sulut melalui keikutsertaan Persma di Divisi III.

SPORTAINMENT

Mei 2013 daftarkan diri ke PSSI Pusat KIM KARDASHIAN

Mobil Rp7,2 M seruduk rumah pribadi KEKASIH Kim Kardashian, Kanye West, terus dirundung kesialan kali ini mobil Lamborghini Rp 7,2 Miliar Kanye West tabrak pagar Kardashian Seperti dilansir the sun, Sang supir memaksa mobil Lamborghini milik Kanye masuk ke dalam rumah Kim Kardashian. Saat pagar akan ditutup, bagian belakan mobil terkena pagar. Baca: Mobil ( Halaman 7)

G E L I AT sepakbola di tanah nyiur melambai kembali diangkat Persma Manado yang dipastikan akan mengikuti kompetisi divisi III, hasil seleksi yang panjang sejak awal 2013 ini. Menariknya skuadra Persma yang diarsiteki Arifin Adrian Cs yang juga mantan pelatim PON

Gorontalo ini menyatakan, anak-anak asuhnya didominasi U-17. “Regenerasi pemain untuk profesional telah dilakukan seiring pembentukan tim Persma Manado. Paling tinggi umur pemain 19 tahun dan sisanya yang total keseluruhan 35 pemain yang akan diperkecil 25 pemain berumur 17 tahun,”terang mantan palang pintu Persibom Boloaang Momongondow ini, Jumat

(17/5) di home base Persma, stadion Klabat Manado. Terkait dengan keikutsertaan Perma Manado di kompetisi Liga Indonesia (LI), Ketua Umum Persma Vecky Gandey menyatakan, bulan Mei ini telah ada penetapan pemain inti yang berjumlah 25 pemain. Usai itu akan dilanjutkan dengan mendaftarkan diri ke PSSI pusat. “Tapi seiring dengan proses pendaftaran ke PSSI, formulir

ikut serta divisi III telah dilakukan. Artinya dalam hal ini Persma Manado telah siap tinggal menunggu jadwal kapan pasti bergulirnya kompetisi,”ujar Sekretaris Partai Demokrat Manado ini. Menariknya, kecintaan akan kemajuan sepakbola di Sulut khusunya di Sulut, Wawali Manado, Harley Mangindaan terus memantau kesiapan pemain dan proses seleksi. Disela-sela uji tanding tim Persma Manado divisi III kontra mantan pemain persma senior

Kementerian Agama Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri STAKN MANADO MENERIMA MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2013-1014 MENGAPA MEMILIH STAKN

BIAYA MURAH TAPI BERMUTU TINGGI TANPA UANG PEMBANGUNAN Biaya Mahasiswa Baru S1sebesar Rp. 1.500.000 (sudah termasuk pendaftaran, biaya seleksi, SPP 1 Semester)

PERPUSTAKAAN PERPUST AKAAN

IMA MENERISWA LABORAT LABORA TORIUM MUSIK MAHASRU BA

PROGRAM S1 1.

PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) (Terakreditasi oleh BAN-PT No. 028/BAN-PT/ Ak-XV/S1/X/2012 18 Oktober 2012

2.

THEOLOGI KEPENDETAAN (Terakreditasi oleh BAN-PTN) N0. 025 BAN-PT/ Ak-XV/S1/2012 15 Agustus 2012

3.

PASTORAL KONSELING (Dalam proses oleh BAN-PT. Ijin penyelenggaraan Dirjen Bimas Kementerian Agama RI No. DJIII/Kep/HK.005/583/2012 21 November 2011

4.

PENDIDIKAN MUSIK GEREJA (Program Studi baru)

LABORATORIUM LABORAT MULTIMEDIA MUL TIMEDIA

BUS KAMPUS

PROGRAM S2 Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) (Ijin penyelenggara Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI No. DJII/Kep/HK/.00.5/694/2011.

GEDUNG REKTORA REKTORAT T

Kampus dan sekretariat pendaftaran: Jl. Bougenvile (Trans manado-Amurang) Tateli Satu Kecamatan Mandolang-Minahasa Telp 0431-831732, Fax. 0431-831733 Contak Person : Herry – 0813 3005 7373 Maya- 0852 4000 0289

sepetti Jibby Wuwungan, Frangky Rais dan Frangky ‘Korea’ Mananoas, Wawali mengungkapkan agar proses seleksi harus sehat. “Saya berharap persaingan harus sehat, karena nanti di kompetisi yang sebenarnya Persma Manado tidak hanya membawa nama manado tapi Sulut. Ini karena pemain yang nantinya masuk tim inti tidak hanya dari Manado melankan dari berbagai daerah di Sulut,”terang Wawali. Ditambahkan Wawali, untuk meningkatkan motivasi pemain, pada tanggal 25 Mei nanti, akan mendatangkan pelatih Timnas Indonesia U-19. “Besar harapan saya, datangnya pelatih Timnas Merah Putih U-19 bisa menularkan darah pemain timnas ke pemain Persma Manado. Untuk itu tunjukan yang terbaik karena yang akan dicari untuk tim Persma adalah pemain profesional,”tandas Wawali.(teem)

FA perkenalkan sanksi untuk aksi rasis FEDERASI Sepakbola Inggris (FA) akan memperkenalkan sanksi skors minimal lima laga kepada pemain yang terbukti bersalah melakukan aksi rasis terhadap pemain lawan. Aturan itu mendapat persetujuan dari anggota direksi FA dalam pertemuan umum tahunan yang dilangsungkan kemarin. Dalam regulasi anyar tersebut, pemain yang dua kali terbukti melakukan aksi rasis akan secara otomatis akan menjalani skors sepuluh laga. Juga tidak tertutup kemungkinan klub mendapat sanksi apabila dua atau lebih staf mereka terkena sanksi terkait pelecehan diskrimnasi, baik ras, agama maupun seksual. “Kami ingin semua orang bisa ber-main dengan aman dan lingkungan yang bersahabat,” kata chairman FA David Bernstein, Jumat (17/5).(golc)


SABTU 18 MEI 2013 NOMOR 02278 TAHUN VII

IBUKOTA

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

9

CAR FREE DAY

Walikota-Wawali kembali naik angkot ke kantor

KAMPUNGRON KELURAHAN PAAL IV KECAMATAN TIKALA

Himbau warga gunakan kompos KOMPOS atau pupuk organik, kini terus diharapkan oleh Pemkot Manado agar warga digunakan masyarakat. Untuk itu, seluruh jajaran pemerintahan pun mengharapkan agar di setiap rumah warga memiliki tempat dan pemanfaatan kompos. Salah satunya adalah JOYCE Sumolang. Pemeritah Kelurahan Paal IV Kecamatan Tikala dimana terus menghimbaukan agar di setiap rumah warga dapat mengembangkan kompos. “Program pupuk dan pengembangan pupuk kompos adalah untuk kepentingan masyarakat banyak yang sangat baik dimana pengelolaan kompos dan kelanjutannya harus kita tanamkan dengan baik.

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut.(foto: ist)

Manado—Program Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor di lingkup Pemkot Manado, setiap Jumat, terus dimantapkan. Menjadi contoh bagi jajaran Pemkot Manado, Jumat (17/5) kemarin, Wa-

Kodim 1309 ciduk pembuang sampah di Ring Road

Wawali Manado Harley Ai Mangindaan.(foto: ist)

Bagian dari penegakan Perda Nomor 7 tahun 2006 Manado—Penegakan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahun 2006 tentang sampah, benarbenar ditunjukan dengan penindakan Kodim 1309 Manado yang dikomandoi

Letkol Inf Indarto Kusnohadi. Buktinya, Jumat (17/5) kemarin, sekitar pukul 17.30 Wita, Kodim 1309 Manado melalui Babinsa 03, Amir Saleh berhasil

menangkap tangan 3 warga yang buang sampah di Ring Road. Ketiga warga tersebut diketahui masing-masing tinggal di Kelurahan Tikala Baru lingkungan 4 yakni, Ramang Rasid dan Sunin berasal dari Jember, Jawa Timur. Baca: Kodim ( Halaman 11)

Kabag Hukum: Permendagri 17/2007 dukung diserahkan ke pihak swasta

JAGARON LINGKUNGAN IV KELURAHAN BAILANG

Kebersihan jadi harga mati

Baca: Kebersihan ( Halaman 11)

Baca: Walikota ( Halaman 11)

KAPAL COELACANTH

Baca: Himbau ( Halaman 11)

KEPALA Lingkungan IV Kelurahan Bailang Kecamatan Bunaken Agus Halim, hingga saat ini terus menciptakan wilayahnya menjadi bersih dan bebas dari sampah. Dengan cara ini, tentunya sangat AGUS Halim. menunjang Kota Manado untuk meraih Adipura Kencana. “Kebersihan harus dilakukan terus menerus. Jangan karena ada penilaian ataupun lomba kebersihan, baru kita menjaga kebersihannya. Kebersihan harus menjadi kegiatan rutinitas kita sehari-hari,” ujar Pala Agus, kepada Swara Kita belum lama ini.

likota Manado GS Vicky Lumentut dan (GSVL) Wawali Manado Harley ‘Ai’ Mangindaan memberi teladan dengan menggunakan angkutan kota (angkot) ke kantornya.

TIGA warga diamankan petugas dari Kodim 1309 Manado akibat membuang sampah di kawasan Ring Road, Jumat (17/5) tadi malam.(foto: tonny/sk)

Manado—Usai mendapat masukan dan dukungan dari Dekot Manado, pengoperasian kapal Coelecanth di kelolah pihak swasta mulai berproses. Kabag Hukum Manado, Donald Supit SH pun menyatakan, Jumat (17/5) kemarin, ada acuan payung hukum yang jelas

hingga bisa dibenarkan pengelolaan kapal tersebut ke pihak swasta. “Prinsipnya kerja sama bisa lakukan dengan pihak lain terkait dengan barang milik daerah, sepanjang memenuhi syarat administrasi dan teknis. Dalam Permendagri Nomor 17 Tahun 2007 Pasal 36 hingga 39 tentang

pedoman teknis barang milik daerah menyebutkan, kerjasama pemanfaatan barang milik daerah dengan pihak lain dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan daya guna dan hasil guna barang milik daerah dan meningkatkan penerimaan daerah,” terang Supit. Baca: Kabag ( Halaman 11)

SEMINAR ROHANI

GSVL: Memberi semangat pembaruan dalam membangun M a n a d o — Wa l i k o t a Manado GS Vicky Lumentut, Jumat (17/5) kemarin, menghadiri seminar rohani yang dilaksanakan oleh pemkot Manado bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK dan

Dharma Wanita Persatuan kota Manado, bertempat di ruang serba guna Pemkot Manado. Seminar ini menghadirkan dua pembicara asal Amerika Pastor Bill dan Pastor Marry Pat Gokee.

Dihadapan ratusan peserta seminar GSVL, mengatakan seminar ini adalah salah satu sarana untuk menumbuhkan semangat pembangunan. Baca: GSVL ( Halaman 11)

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut & Ny Paulina Lumentut Runtuwene serta Wakil Walikota Harley Mangindaan & Ny Sheyla Mangindaan Kudati foto bersama usai seminar.(foto:ist)

RELASI

itCenter hadirkan BB mulai dari Rp1,1 juta

ANTRIAN pembeli selalu padat saat promo One Day Sale di itCenter.

Manado—Janji itCenter untuk menghadirkan kem-bali One Day Sale di akhir pekan ini, TERBUKTI!! Hanya untuk hari ini, itCenter menggandeng Parafone untuk memberikan penawaran spesial bagi seluruh warga

Manado dan sekitar. Betapa tidak, anda bisa mendapatkan berbagai produk Blackberry bergaransi resmi 2 tahun, dengan harga super istimewa mulai dari Rp1,111 juta saja. Baca: itCenter ( Halaman 11)


Ibukota

SABTU 18 MEI 2013

RASKIN

10

Adipura Kencana makin mendekat

Mulai disalurkan Kelurahan Sumompo

Manado masuk verifikasi kedua Manado—Walikota Manado GS Vicky Lumentut menerima surat dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup (BLH), Nomor: B.5440/Dep IV-4/LH/PPM/ 05/2013, perihal Verifikasi Adipura Kencana, Jumat (17/5) kemarin. Isinya adalah tentang tindaklanjut rapat Dewan Pertimbangan Adipura yang dipimpin oleh Bapak Sarwono Kusumaatmaja dan Deputi IV KLH beserta staf pada tanggal 16 Mei 2013, telah di sepakati bahwa kota Medan dan Manado untuk ditinjau kembali. Hal ini diperlukan karena akan dilihat secara komprehensif setelah dilakukan diskusi hasil kunjungan lapangan awal dan evaluasi dokumen terkait dengan aspek beyond compliance. Kunjungan lapangan yang

PEMBAGIAN beras bagi keluarga miskin mulai dilaksanakan oleh pemerintah Kelurahan Sumompo.

PEMBAGIAN beras bagi keluarga miskin (raskin), Jumat (17/5) kemarin, mulai dilaksanakan oleh pemerintah Kelurahan Sumompo Kecamatan Tuminting. Pembagian ini dilakukan di kantor kelurahan dan dihadiri oleh seluruh penerima atau Rumah Tangga Sasaran (RTS). Baca: Mulai ( Halaman 11 )

MUSIM HUJAN

Sampah kiriman mulai penuhi sungai SAAT musim hujan, sungai di wilayah Manado mulai banyak dibanjiri sampah. Hal tersebut seperti yang terpantau oleh wartawan Swara Kita, Jumat (17/5) kemarin, di salah satu sebuah aliran anak sungai yang berada di Jl Santiago Kelurahan Sumompo. Pasalnya sebuah jembatan yang berada di jalan tersebut terlihat dibagian kolong jembatannya banyak dipenuhi sampah yang mengendap. Oleh salah satu warga, Meilany Sahari mengatakan bahwa kondisi seperti ini kerap terjadi apabila setiap hujan. Sebab menurutnya, banyak sampah ini karena kiriman sehingga bisa mengakibatkan banjir. “Setiap hujan deras, pasti kondisinya seperti ini, apalagi sungai ini sudah sangat terlihat dangkal,” ujarnya.(try24)

kedua oleh anggota Dewan Pertimbangan Adipura dan anggota tim teknis akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Mei 2013. Ini merupakan kebanggan tersendiri karena Manado mewakili kota besar, sedangkan Medan mewakili kota Metropolitan. Dewan Pertimbangan Adipura dan tim teknis dari Kementerian Lingkungan Hidup yang akan melakukan verifikasi kedua, terdiri dari personil yang baru. Setelah menerima surat dari Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Walikota GSVL, langsung mengarahkan BLH Manado, Kadis Kebersihan dan semua Camat agar kembali lebih meningkatkan persiapan untuk kunjungan lapangan kedua kalinya oleh anggota Dewan Pertimbangan Adipura dan

anggota tim teknis dari Kementerian Lingkungan Hidup guna melakukan verifikasi kedua. “Mereka ingin melihat secara komprehensif hal yang berkaitan dengan kebijakan dan inovasi-inovasi baru dalam penanganan kebersihan dan keindahan kota. Mereka sangat selektif untuk menentukan pemenang Adipura Kencana sehingga dari tim ada hal yang mereka ingin lihat lagi,” kata Walikota pilihat rakyat ini di hadapan Kaban BLH, Kadis Kebersihan dan Camat-camat. Walikota yang visioner ini berharap kepada masyakat agar mencintai hidup yang bersih dan sehat. “Piala Adipura bukan tujuan akhir kita. Tujuan akhir kita agar kota Manado bersih dan sehat,”

PANTAUAN

WALIKOTA Manado kembali mengumpulkan seluruh Camat, Kepala Dinas Kebersihan dan BLH manado untuk kembali lebih meningkatkan kebersihan di wilayahnya, pasalnya Manado dalam waktu akan kembali di nilai oleh Tim Dewan Adipura BLH Pusat, guna memastikan kebersihan.(foto:ist)

tuturnya. Seperti diketahui sebelumnya, salah satu dewan Adipura BLH Prof Eko Budiharjo mengatakan

bahwa semua kriteria tentang Adipura Kencana telah dipenuhi oleh kota Manado. “Apa yang dilakukan di Manado tidak

hanya ide dan teori, tapi sudah diterapkan dan Manado sangat layak untuk menerima Adipura Kencana,” kuncinya.(dede)

BERBAHAYA

Rambu penunjuk jalan tertutup pohon Paal II miliki tebing rawan longsor

RAMBU penunjuk jalan berada di Jl Samratulangi yang seharusnya harus terpajang agar pengendara dapat mengetahui arah jalan(foto: ist)

Manado—Rambu penunjuk jalan berada di Jl Samratulangi yang seha-

FATHIA TJUNGKENG

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

0852 5691 1778, 0853 4050 9800

GT MAN

EXOTIC SPA

FullBody Massege/Scrub/ V Spa Untuk Mahasiswi dan Wanita Karir Pasti Fresh dan Tidak Kecewa 082395822609

Pijat dan Lulur Dengan Tenaga Wanita Muda, Cantik, Ramah, Sopan dan Proffesional.

Buktikan!!!! 082347888621

rusnya harus terpajang agar pengendara dapat mengetahui arah jalan,

kini tidak bisa terlihat lagi. Pasalnya, sesuai dengan pemantauan Swara Kita, Jumat (17/5) kemarin, rambu penunjuk jalan yang berada di tempat tersebut sudah tidak bisa terlihat lagi akibat telah tertutup dengan rimbunnya daun pohon. Hal ini tentunya sangat membinggungkan bagi para pengendara ataupun pengunjung yang belum mengetahui arah jalan. Baca: Rambu ( Halaman 11)

JALAN utama menuju ke bandara Samratulangi di Paal II ini, terlihat cukup membahayakan bagi semua pengguna jalan.

Manado–Jalan utama menuju ke bandara Samratulangi di Paal II

ini, terlihat cukup membahayakan bagi semua pengguna jalan,

baik berkendara maupun pejalan kaki. Pasalnya, salah satu tebing yang berada cukup dekat dengan jalan raya tersebut, terpantau oleh wartawan Swara Kita, Jumat (17/5) kemarin, sangat diresahkan oleh setiap pengguna jalan. Apalagi di musim hujan seperti ini sering terlihat oleh beberapa warga, kerap terjadi longsor kecil dari atas tebing tersebut. Baca: Paal II ( Halaman 11)

Harman Suwarno, penjual balon gas

Berupaya menghidupi istri dan 3 orang anaknya Terus bekerja keras untuk demi untuk kehidupan keluarga tercinta, sudah menjadi tanggung jawabnya. Pekerjaan apapun harus dilakukan agar keluarganya bisa bertahan hidup dan bisa meraih hal yang diinginkan di kemudian hari.

ADALAH Harman Suwarno tinggal di daerah Kelurahan Paal Dua Lingkungan I yang dalam keseharianya melakoni pekerjaan sebagai penjual balon gas mainan anak-anak. Baru

sekitar 2 tahun lebih dirinya menjalani pekerjaan tersebut seorang diri. Dengan mengandalkan anak sekolah SD untuk membeli balon jualannya, hasilpun bisa diraihnya dengan cara yang

halal. “Saat ini saya harus berjuang bukan hanya untuk menghidupi keluarga. Saat ini saya harus mencari penghasilan karena kendaraan yang saya pakai berjualan masih kredit. Setiap hari saya harus

mencari penghasilan sebanyak Rp150.000, untuk kehidupan kelaurga dan cicilan kredit kendaraan,” ujarnya kepada Swara Kita. Baca: Berupaya ( Halaman 11)

HARMAN Suwarno, penjual balon gas.

CV AIR SEJUK MANADO MAINTENANCE-AIR CONDITIONER-SPARE PART-INSTALATION Type

Service

AC SPLIT RP25.000 AC WINDOW RP50.000 AC STANDING FLOOR RP50.000 AC CEILING RP45.000 AC CENTRAL NEGO KULKAS RP50.000 FREEZER RP50.000 MESIN CUCI RP50.000 DISPENSER RP50.000

Tambah Freon RP75.000/PK RP75.000/PK RP75.000/PK RP45.000/PK NEGO RP660.000/PK RP660.000/PK NEGO NEGO

DISEWAKAN AC FLOOR STANDING/GENSET

- Service langsung di tempat - Melayani bongkar pasang AC - Melayani panggilan luar kota - BERGARANSI - Ditangani oleh Tenaga Profesional Teknisi kami datang ke tempat anda untuk cek GRATIS

Hub: (0431) 3630234/9140332—085299811566 Jl AA Maramis Paniki Bawah No 12 Manado

SUBARU FORESTER A/T TAHUN 2007

MITSUBISHI LANCER EX TAHUN 2008

CHEVROLET BLAZER TAHUN 2003

TOYOTA SPR. KIJANG 1.8 LONG THN 1995

Toyota Kijang Inova G thn 2005/2004

ISUZU PANTHER PICK UP TURBO THN 2012

ISUZU PANTHER PICK UP TURBO TH. 2007

TOYOTA ALTIS G TAHUN 2003

Suzuki Swift Tahun 2008

NISSAN GRAND LIVINNA TAHUN 2007

AC, Tape, velg, PS, PW, CL, Mirror, KM. 44.000, mulus sekali, Rp. 215 jt, UM Rp. 39 jt, angsuran Rp. 5.598.000.

UM : 172jt, Angsuran Rp 7.300.000 X 31 bulan (Lanjut Kredit)

AC, tape, velg, PS, PW, CL, mulus sekali, Rp. 69 jt, UM Rp. 19 jt, angsuran Rp. 2.193.500 x 36 bln.

Siap pakai Rp 49 jt, UM : 15jt, Angsuran Rp 1.498.000 X 35 bulan

AC,Doubleblower,Tape,Velg,PS,P W,CL,Mirror. Rp 129 jt. UM: Rp 23jt, Angsuran Rp 3.599.000 X 47 bulan Asuransi All Risk 1 Tahun, TLO 3 Tahun.

AC, Tape, Velg, PS, Pajak baru, mulus Rp. 110 jt, Rp. 19 jt, Angsuran Rp. 3.899.000 x 35 bln.

Mulus sekali, Rp. 86 jt, UM Rp. 15 jt, Angsuran Rp. 3.099.000 x 35 bln

AC, tape, velg, PS, PW, CL, mirror, Rp. 129 jt, UM Rp. 26 jt, angsuran Rp. 3.397.000 x 47 bln.

UM 25jt ,Angsuran Rp 3.498.000 X 47 Bulan Asuransi All Risk 1 Tahun, TLO 3 Tahun

Rp. 125 jt, UM Rp. 25 jt, Angsuran Rp. 3.396.000 x 47 bln.

MITSUBISHI TS 120 SS MINIBUS THN 1997 Rp. 29 jt, UM Rp 9 jt, angsuran Rp. 898.000 36 bln.

ISUZU PANTHER LS THN 2002

HONDA ALL NEW JAZZ Tahun 2009 PUTIH

AC, tape, velg, PS, PW, CL Rp. 105 jt, UM Rp. 19 jt, angsuran Rp. 2.850.000 x 47 bln.

AC,Tape,Velg,PS, PW,CL,Mirror,Ala rm,Mulus sekali. Rp 185jt. UM 50 jt. Angsuran Rp 4.550.000 x 47 Bulan Asuransi All Risk 1 Tahun, TLO 3 tahun

CJ TAHUN 1984

ISUZU PANTHER TOURING 2009/2008

MITSUBISHI TS PU TH. 2004

Model Jeep Wrangler bagus sekali Rp. 175 jt

Mulus, Rp 45jt,UM Rp 15jt, Angsuran Rp 1.358.000 X 36 bulan.

AC DB,Tape,Velg, Mirror,PS,PW,CL, Alarm. Rp 169jt, UM: 39 jt, Angsuran Rp 4.398.000 x 47 bulan Asuransi All Risk 1thn, TLO 3thn.

TOYOTA STARLET THN 1996 TURBO LOOK AC, Tape, velg, PS, PW, CL, mulus sekali, Rp. 99 jt, UM Rp. 35 jt, angsuran Rp. 2.386. 000 x 48 bln.

BMW 318 I Tahun 2000 / 2001 Warna putih, mulus sekal, Rp. 135 jt, UM Rp. 39 jt, angsuran Rp. 3.150.000 x 47 bln.


SABTU 18 MEI 2013 Berupaya ... dari Halaman 10 Dengan mencari lokasi tempat berjualan di sekolah SD dan menawarkan harga balon gas kepada anak-anak SD seharga Rp1.000/balon, hasil pun terus diraihnya setiap hari di sekolah. “Kalau hari libur anak sekolah itulah yang membuat saya tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Jikalau ada anak sekolah, saya bisa mendapatkan penghasilan rata-rata sebanyak Rp200 ribu per hari. Keuntungan yang saya dapatkan terus saya syukuri karena itu hasil kerja keras saya,” ungkapnya.(beer)

itCenter ... dari Halaman 9 Bila akhir pekan kemarin anda dimanjakan dengan produk – produk keren dari K-Touch dengan harga miring, hari ini anda akan kembali dikejutkan dengan harga heboh untuk Blackberry 8520 (Gemini) hanya Rp1,111 juta, Blackberry 9900 (Dakota) hanya Rp3,999juta, Blackberry 9300 (Kepler) hanya Rp1,899 juta dan Blackberry 9360 (Apollo) hanya dengan Rp2,499 juta. Tunggu apalagi, segera bergegas ke Parafone Plaza di Platinum Area depan lift Lantai Dasar itCenter, jangan sampai anda ketinggalan atau bahkan melewatkan kesempatan emas yang hanya berlaku sepanjang hari ini di itCenter. Ajak juga keluarga, sahabat dan rekan anda untuk datang, karena anda bisa berkonsultasi gratis tentang Blackberry kamu dan juga isi aplikasi hanya dengan membayar setengah harga. Pastikan anda memenuhi seluruh kebutuhan keluarga anda akan teknologi dan gaya hidup hanya di itCenter. Bukan hanya itu, dapatkan juga promo – promo menarik dari Time Out Sport Café yang memberikan diskon spesial untuk semua komunitas dan kalangan setiap harinya. Dan tidak ketinggalan menu–menu lezat dari Bayview Foodcourt di lantai 5 itCenter. Untuk menjadi yang pertama mendapatkan informasi promo dan event terbaru dari itCenter, buruan follow akun twitter : @myitcenter atau invite PIN BB itCenter : 3147c0d1, dan kunjungi kami di Facebook : itCenter – Tempat Belanjaku Paling Oke.(*)

Himbau ... dari Halaman 9 Untuk itu, di setiap rumah warga, kami harapkan dapat bisa mengembangkan pembuatan kompos,” ujar Lurah Paal IV, Joyce Sumolang SE, kepada Swara Kita. Lanjut dikatakanya, kepala lingkungan di wilayahnya diharapkan untuk terus turun di rumah-rumah warga agar dapat menjelaskan fungsi dari tempat dan pupuk kompos. “Tujuan pemerintah melakukan ini agar warga selain dapat mengetahui fungsinya dan warga juga bisa menikmati hasil pekarangan sendiri dari pupuk kompos,” tutupnya.(beer)

Kebersihan ... dari Halaman 9 Lanjut dikatakanya, hal ini bukan hanya dilakukannya sediri, melainkan adanya kesadaran masyarakat di lingkunganya. “Kebersihan lingkungan terus saya himbaukan kepada warga agar bisa menjadi gaya hidup sehari-hari. Saya juga berencana akan menambah pembuatan bak sampah dari dana PBL yang akan turun di lingkungan ini nantinya,” katanya.(beer)

Ekonomi

11 Disperindag kembangkan desain produk Guna meningkatkan daya saing di pasaran lokal dan internasional Manado—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Utara terus mendorong pengembangan desain produk, guna meningkatkan

daya saing di pasaran lokal maupun internasional. “Perusahaan eksportir yang paling sukses adalah mereka yang tidak hanya mengakui bahwa perubahan akan

berlangsung tetapi juga mengantisipasinya dengan melakukan riset dan pengembangan,” kata Kadispperindag Sulut, Drs Sanny Parengkuan MAP.

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Menurutnya, permintaan terhadap produk selalu berkembang, perlu memahami perubahan tersebut sehingga pasar internasional tertarik dengan produk dari dari daerah ini. Dikatakan, dengan mengembangkan kualitas produk dan desainnya maka buyers akan semakin tertarik.

“Selain komoditas unggulan Sulut yang diekspor ke luar negeri juga ada produk kerajinan yang daya saingnya cukup tinggi. Ini merupakan tantangan untuk lebih maju lagi bagi para eksportir Sulut agar terus berinovasi dalam hasil produksi,” beber Parengkuan.Ujungujungnya, kata Parengkuan,

dengan membaiknya desain serta kualitas produk maka harga jual juga akan meningkat. “Dengan terjadinya peningkatan harga dipastikan akan berimbas pada terdongkraknya kualitas hidup owner maupun pekerja yang terlibat dalam produksi produk tersebut,” pungkas Parengkuan.(haer)

23% penduduk Jawa belum dapat listrik Pertumbuhan ekonomi Solo—Saat ini di pulau Jawa masih ada sekira 23 persen penduduknya yang belum menikmati aliran listrik. Terutama mereka yang berada di kawasan selatan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat, juga di daerah pegunungan. “Karena itu kesuksesan penambahan jaringan pembangkit tenaga listrik mutlak diperlukan,” ujar Direktur PT PLN bidang Perencanaan dan Pembinaan Afiliasi, Murtaqi Syamsuddin saat bertemu Okezone, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (17/5/2013). Kenapa belum mendapat aliran listrik? Menurut Murtaqi, karena mereka berada di kawasan terpencil, sehingga untuk menjangkau daerah terpencil itu memang dibutuhkan penambahan jaringan. Penambahan jaringan itu juga memerlukan infrastruktur yang lain. Untuk mengatasi ke 23 persen penduduk di Jawa

Indonesia bisa capai 8%

KARENA berada di kawasan terpencil, sehingga untuk menjangkau daerah itu memang dibutuhkan penambagan jaringan.(foto: ist)

mengantisipasi beralihnya lokasi industri dari daerah Jawa Barat ke Jawa Tengah, terutama ke daerah eks karesidenan Surakarta, PT PLN Area Surakarta sudah diminta untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan listrik. “Kita dengan ada beberapa industri yang akan merelokasi dari Jawa Barat pindah ke Jawa Tengah, terutama di kawasan

Surakarta. Untuk itu Surakarta harus siap permintaan sambungan baru,” ujarnya. Tetapi pergeseran itu, menurut Murtaqi, tidaklah begitu masalah. Karena diperkirakan hanya 50 perusahaan. Bila satu perusahaan membutuhkan satu megawatt (mw), maka hanya dibutuhkan 50 mw. Untuk area Surakarta saat ini masih mencukupi.(okez)

bahwa total keseluruhan raskin yang akan diberikan berjumlah 12.360 Kg untuk 412 RTS sesuai data dari BPS. “Sebelum pembagian raskin, oleh kepala

lingkungan saya sudah perintahkan agar terlebih dahulu mengadakan kerja bakti seperti biasanya di setiap hari Jumat,” ungkapnya.(try24)

pohon,” ujar Rusly, salah satu pejalan kaki. Lanjut dikatakanya, pemerintah melalui dinas terkait harus memperhatikan hal ini.

“Yang ada saat ini para wisatawan pun menjadi bingung jikalau lewat di tempat ini,” tutupnya.(beer)

Nikolas mandagi warga Tikala. Menanggapinya, Walikota Manado mengatakan apa yang mereka lakukan untuk mendukung dan menyukseskan program car free day yang sedang digenjot. “Komitmen kami, program ini akan kami lakukan terus untuk menciptakan lingkungan dan udara yang lebih sehat,” tegas GSVL. Sementara itu, Ai bersama istri tercinta Ny Seyla Mangindaan-Kudati yang harus rela menggunakan angkot dari Rumah Dinas (Rudis) menuju ke kantor Pemkot Manado untuk bertugas, merasa enjoy dengan aksinya itu. Kepada wartawan, Wawali seusai turun dari angkot

menyatakan, tidak merasa terganggu dengan naik angkutan umum dari rumah menuju ke kantor. “Justru dengan angkot kita bisa berinteraksi dengan warga yang menjadi penumpang atau yang menggunakan jasa angkot. Manakala warga ada keluhan atau masukan termasuk kritikan, meski dalam angkot tetap kami layani. Artinya meski tidak menggunakan kendaraan dinas serta pengawalan, sebenarnya kita bisa beraktiftas dengan normal,” terang Wawali. Pantauan koran ini, di parkiran kantor pemkot memang masih terlihat kendaraan roda dua dan empat. Tapi kendaraan tersebut adalah milik warga

yang sedang mendapat pelayanan dari setiap SKPD Manado. “Untuk mendukung dan menyukseskan program car free day ini, melalui dasar surat edaran Walikota Manado Nomor: 044/Li.06/20/2013 tanggal 9 Januari 2013 itu ditujukan kepada para Asisten dan pimpinan SKPD agar tidak membawa atau mengendarai kendaraan bermotor roda 2 dan 4 baik kendaraan dinas maupun milik pribadi saat masuk kantor pada setiap hari Jumat,” ungkap Asisten III Manado, Henny Giroth yang dikonfirmasi. Lanjutnya, dalam surat edaran tersebut sebenarnya tidak berlaku bagi pejabat negara, petugas/pegawai yang mengoperasikan kendaraan pemadam kebakaran, ambu-

Namun ditambahkan Supit, kerjasama tersebut harus mengikuti ketentuan seperti ketika tak tersedia atau tidak cukup tersedia dana APBD untuk memenuhi biaya operasional/pemeliharaan/perbaikan yang diperlukan terhadap barang milik daerah dimaksud. Dalam kerjasama nanti juga, lanjut Supit, sesuai Permendagri itu, mitra kerja pemanfaatan ditetapkan melalui tender/ lelang dengan mengikutsertakan sekurangkurangnya 5 peserta/ peminat, kecuali untuk

kegiatan yang bersifat khusus dimana dapat dilakukan penunjukkan langsung. “Nanti dalam kerja sama tersebut dibicarakan besaran pembayaran kontribusi tetap dan pembagian keuntungan terkait dengan pemanfaatan ditetapkan dari hasil perhitungan tim yang ditetapkan oleh kepala daerah. Dan yang pasti, pembagian keuntungan kerjasama pemanfaatan akan disetor ke kas daerah setiap tahun selama jangka waktu pengoperasian,” jelasnya. Untuk itu dikatakan Supit, kerjasama dengan

yang belum mendapat aliran listrik, menurut Murtaqi, pemerintah telah menargetkan pada 2020 rasio elektrifikasi bisa mencapai 90 persen, maka penduduk di Jawa bisa mendekati 100 persen yang bisa menikmati aliran listrik. Pada kesempatan itu, Direktur PT PLN bidang Perencanaan dan Pembinaan Afiliasi mengatakan bahwa untuk

Mulai ... dari Halaman 10 Dalam pembagian raskin ini, diawali dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Pelaksanaan kerja bakti ini tidak hanya dilakukan oleh warga pene-

rima raskin, tapi juga masyarakat umum lainnya yang sadar akan arti kebersihan lingkungan. Lurah Sumompo, Agus Panekenan mengatakan

Rambu ... dari Halaman 10 “Hal ini harus secepatnya dilakukan pembersihan ranting dan daun-daun pohon. Sebab ini sangat mempengaruhi citra kota

Manado sebaga kota pariwisata, dikarena sedangkan arah penunjuk jalan saja sampai bisa tidak terlihat akibat tertutup

Semarang—Ketua umum Partai Golkar Aburizal Bakrie menilai seharusnya pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai delapan persen. Hal itu dapat terwujud jika pemerintah bisa sedikit longgar dalam mengelola ekonomi, khususnya dalam mencari dana utang untuk melakukan pembangunan. “Jika pemerintah bisa lebih longgar dalam mengelola ekonomi, maka seharusnya pertumbuhan ekonomi kita bisa mencapai delapan persen. Syaratnya cuma satu, pemerintah harus bisa lebih longgar, tidak terlalu ketat seperti sekarang,” ujarnya, Jumat (17/5/2013). Menurutnya, setiap pemerintah menurunkan rasio utang terhadap Pendapatan Domestic Bruto (PDB), maka pemerintah akan kehilangan kesempatan untuk melakukan pembangunan. Saat ini rasio utang Indonesia

terhahap PDB masih di bawah 25 persen. “Kalau pengusaha itu pinjamannya bisa 75 persen atau bahkan 100 persen dan modalnya 25 persen atau bahkan nol persen. Saat ini ratio utang Indonesia 25 persen terhadap PDB. Setiap kita menurunkan jumlah utang, maka akan kehilangan kesempatan untuk membangun,” tuturnya. Aburizal menambahkan, pihaknya juga mendukung langkah pemerintah yang berencana memotong anggaran hingga Rp24,6 triliun. Hal ini dilakukan untuk menjaga defisit anggaran tidak melebihi angka tiga persen sesuai yang diatur oleh undang– undang. “Defisit kita saat ini mencapai 2,1 persen, dan jika tidak diambil tindakan maka akan melebihi angka 3 persen yang ditentukan oleh undang–undang. Untuk itu memang harus dilakukan pemototngan anggaran,” ungkapnya.(okez)

Paal II ... dari Halaman 10 Sebagaimana yang diutarakan oleh Usman Abdul salah pedagang durian di kawasan jalan itu, kalau dirinya sangat mengkuatirkan keselamatan pengguna jalan disaat tiba-tiba tebing tersebut mengalami longsor yang besar. “Pernah

beberapa waktu lalu terjadi longsor yang lumayan besar, tapi untung tidak ada korban jiwa. Saya sangat mengharapkan dari pemerintah agar supaya himbauan hati-hati di tempat itu bisa disediakan demi keselamatan orang lain,” pintahnya.(try24)

lance, mobil jenazah, kendaraan operasional ketertiban umum dan kendaraan pengangkut sampah. “Tapi Walikota dan Wawali tetap tidak menggunakan kendaraan dinas

meski dalam ketentuan bisa. Ini tentunya bagian dari contoh yang baik yang tentunya perlu diteladani oleh semua jajaran pejabat dan staf Pemkot Manado,” tandas Giroth.(teem/dede)

Walikota ... dari Halaman 9 Tak pelak, GSVL-Ai dikatakan duet teladan yang sempurna. Banyak pihak menilai lewat keteladan yang ditunjukan kedua tokoh ini mampu mensinergikan apa yang ada di Manado dan menjadikannya sempurna bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, yang dimulai dari hal-hal sederhana, seperti naik angkot itu. “Pak GSVL dan Ai bagi kam duet keteladan yang sempurna. Lewat kerja dan perbuatannyata di lapangan kami yakin mereka berdua adalah pemimpin masa depan yang kami cari. Dan berkat keduanya Manado saat ini berada pada jajaran kota terbaik se Indonesia,” tegas

Kodim ... dari Halaman 9

pihak swasta bisa dilakukan dalam hal mengoptimalkan daya guna dan hasil guna barang milik daerah dan meningkatkan penerimaan daerah. “Meski memang untuk sampai saat ini belum ada informasi dari pihak ketiga yang menyatakan diri akan mengelolah atau mengoperasikan kapal Coelecanth. Jika Dinas Perhubungan merasa perlu pemanfaatan kapal Coelecanth dioperasikan pihak swasta, saya berharap segera dipersiapkan sesuatu tentang rencana kerjasama tersebut,” harap Supit.(teem)

Sedangkan satunya adalah Farid Hudi tinggal Karame lingkungan 2 yang merupakan warga Gorontalo. Tak ayal, ketiga pelaku langsung diamankan di kantor Kodim 1309 Manado dan dijemput Satpol PP melalui Kasie Penatalaksana Penindakan Satpol PP Manado, Resky Naray SE. Ketiga pelaku langsung dimintakan untuk pertanggungjawabkan aksi yang tidak terpuji itu dengan membuat pernyataan dan akan mendapat denda sesuai perda sampah kota Manado. Tak hanya itu, selain ketiga warga tersebut, ikut diamankan juga barang bukti 1 unit mobil open cup Daihatsu Gran Max berisi timbunan sampah bekas material bangunan. Dandim 1309 menyatakan, peneggakan perda tipiring tentang sampah akan didukung penuh oleh TNI. “Bukan hanya dengan upaya bersih-bersih di jalan Ring Road, tapi kami juga ikut memonitor jalan itu. Siapa saja yang cobacoba membuang sampah bukan pada tempatnya, akan kami amankan dan

diserahkan ke instansi yang berwenang untuk diberikan pembinaan sesuai perda sampah,” tegas Dandim Manado ini. Sementara itu, Wawali Manado, Harley Mangindaan yang ikut mendapatkan laporan akan aksi tersebut langsung dari Dandim 1309 Manado, menyatakan, efek jera harus diberikan dengan acuan Perda Nomor 7 tahun 2006. “Siapa pun dia, harus mendapat ganjaran. Kebersihan milik kita semua jadi ketika ada aksi yang tidak terpuji dengan buang sampah tidak pada tempatnya dan diluar jam buang sampah sesuai ketentuan wajib diberikan sanksi,” tegas Wawali. Akan berhasilnya Kodim 1309 Manado menangkap tangan pelaku tersebut, Wawali langsung memberikan apresiasi. “Terima kasih, TNI telah menunjukkan komitmen mereka mengawal dan menjaga kebersihan kota Manado. Ini contoh yang baik dan diharapkan bisa diikuti oleh semua elemen masyatakat Manado,” tandas Wawali.(teem)

juga dikenal karena imannya yang kuat. Tidak ada sesuatu yang terjadi secara kebetulan. Semua yang terjadi karena rencana Tuhan,” kata kata Walikota yang selalu membaur dengan rakyat ini. Lebih lanjut disampaikannya bahwa di Manado banyak perubahan yang terjadi

karena masyarakat mau membantunya. Disamping itu pula adanya “prajurit doa” atau pelayanan Tuhan yang tidak hentinya menopang Manado. “Para prajurit doa ikut membantu kami membangun,” tuturnya. Sementara, Pastor Bill dan Mary Pat Gokee dalam khotbahnya menekankan agar peserta semi-

nar mencontohi Daniel yang percaya bahwa di belakang hidupnya ada Tuhan. Daniel percaya bahwa di dalam diri manusia ada sesuatu yang lebih besar dari dunia, yaitu kasih dan kuasa Tuhan. “Daniel mampu menjadi pemimpin dan berkuasa karena ada kuasa Tuhan di dalam dirinya,” tutur keduanya.(dede)

GSVL ... dari Halaman 9 Disampaikannya bahwa di samping banyak kemajuan, Manado juga banyak tantangan di antaranya kota ini telah dijadikan sebagai salah satu jalur lalu lintas narkoba, juga pengaruh lainnya sebagai dampak era globalisasi yang mempengaruhi pertumbuhan dan ketahanan iman. “Tuhan begitu luar biasa

mengirimkan Pastor Bill dan Pastor Marry Pat Gokee untuk memberi pencerahan tentang kepemimpinan kerajaan Allah. Seminar dan KKR Kepemimpinan Kerajaan Allah ini memberi semangat pembaruan dalam membangun, sehingga membuat Manado tidak hanya dikenal karena alamnya yang indah, tapi


Mintom Minahasa, Tomohon

SABTU 18 MEI 2013

OLAHRAGA

Tomohon utus 12 Brige ke Pontianak

Benih tak berkualitas dibagikan ke petani Swasembada beras kota Tomohon ikut terancam

KETUA KONI Tomohon saat melepas kontingen Bridge Tomohon, kemarin.(foto: glen/sk)

PELAKSANAAN Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bridge yang akan dilaksanakan di Pontianak Kalimantan Barat pada tanggal 19-25 Mei mendatang, akan diikuti oleh 12 peserta dari kontingen Kota Tomohon. Keikutsertaan kontingan Tomohon ini diharapkan bisa mendapatkan juara sehingga dapat mengharumkan kota Tomohon. “Kontingen ini sebagian sudah berangkat ke Pontianak, dan sisanya akan berangkat esok pagi. Diharapkan mendapat dukungan dan doa restu dari warga Tomohon agar kontingen ini bisa mendapatkan juara. Kepada KONI juga kami ucapkan terima kasih atas dukungannya,” ujar Ketua Tim Bridge Kota Tomohon, Andrikus Wuwung saat melepas kontingan Bridge di halaman kantor eks Rindam dalam rangka HUT KONI Tomohon ke-1, Jumat (17/5) kemarin. Dirinya sangat yakin jika dalam Kejurnas Bridge ini, Kontingen Tomohon akan bisa membawah nama harum kota itu dengan melawan sejumlah peserta lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. “Sebelum bertanding, Bridge Tomohon sudah melakukan pemantapan berupa training center sebelum bertanding. “Kita doakan agar kontingen Tomohon bisa membawah nama harum kota ini dalam pertandingan di Pontianak,” katanya. Sementara itu, Ketua Koni Tomohon, Vonny Josefien Pangemanan saat melepas kontingen Tomohon, mengharapkan adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar peserta dari Tomohon bisa mendapatkan nilai terbaik. “Mari kita doakan agar kontingen yang akan berangkat ini bisa dalam keadaan sehat dan bisa memperoleh nilai terbaik. Saya juga memberikan apresiasi bagi Bridge Tomohon yang sudah mampu bertarung hingga tingkat Nasional,” tambahnya.(gebe)

KEPENDUDUKAN

Perekaman e-KTP masih gratis PEREKAMAN Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kecamatan Tondano Barat (Tonbar) Kabupaten Minahasa masih menjalankan mekanisme lama yakni dalam perekaman data dilakukan secara gratis bagi warga yang belum memilikinya. Tondano Barat adalah kecamatan dengan jumlah pemilih terbanyak yakni sebanyak 21.390 wajib KTP. Namun menurut data yang disampaikan Camat Tondano Barat, Jhonly Tendean bahwa tinggal 2000an wajib KTP yang belum ter-cover. “Memang selebihnya juga bahwa secara keseluruhannya tinggal 10 persen yang belum melakukan perekaman yang tercakup di 9 Kelurahan. Sementara untuk batas perekaman E-KTP secara gratis memang belum ada kepastiannya sampai batas waktu terakhir pengurusan tetapi, berdasarkan informasi terakhir sampai Juni 2013. Namun belum secara pasti diberlakukan yang jelas harus ada surat keputusan atau edaran yang akan diterima, kemudian disosialisasikan pada masyarakat,” ujar Tendean kepada Swara Kita, Jumat (17/5) kemarin. Lanjut dikatakan, Tendean juga, pihaknya terus melakukan upaya dalam rangka sosialisasi melalui sambutan di acara-acara kedukaan dan acara pernikahan, dan dianjurkan kepada masyarakat agar bagi yang belum ada KTP segera membuatnya selagi masih gratis. Sementara itu, menurut Kepala Dinas Catatan Sipil Reviva Maringka mengatakan kalau kondisi seperti ini memang perlu ada pencapaian yang sifatnya sangat idelistis. Kalau saja dalam kondisi ini memang harus dituntaskan, maka Camat diharapkan mampu merealisasikan apa yang seharusnya dilaksanakan. “Kita berharap ini menjadi yang paling baik dan selalu istimewa dalam rencana program kerja yang dilaksanakan,” ujarnya.(erka)

SURAT KABAR HARIAN

Tomohon—Swasembada beras Kota Tomohon pada tahun ini mulai terancam. Ini menyusul Pemkot Tomohon melalui Badan Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kota Tomohon menyalurkan benih secara gratis, namun tak berkualitas kepada petani sawah yang ada di Kecamatan Tomohon Barat. Sekkot Tomohon, DR Drs Arnold Poli SH MAP

mengatakan, benih jenis empari 12 itu diberikan oleh BP4K Kota Tomohon kepada petani di Kecamatan Tomohon Barat. Hal ini mendapatkan keluhan petani karena panen tidak maksimal sebab banyak yang rusak karena mudah diserang hama. “Bibit empari 12 yang dibagikan, gampang di serang hama sehingga sebelum dipanen, batang padi sudah patah terlebih

dahulu,” ujar Poli kepada wartawan baru-baru ini. Meskipun demikian, Poli mengakui jika, panen padi empari 12 itu hanya mampu menghasilkan 25 persen dari luas lahan yang ditanam. “Memang hanya 25 persen dan itu hanya di 3 hektar lahan persawahan,” kata Poli. Pemerintah Tomohon, tambah Poli, akan bertanggungjawab dengan kerugian petani yang tidak bisa menghasilkan produksi panen. Untuk itu, Poli sendiri akan berkoordinasi dengan BP4K Kota Tomohon untuk masalah ganti rugi ini.

“Ganti rugi akan kita bicarakan dengan dinas terkait,” tambah Poli. Dengan adanya pemberian bibit tak berkualitas ini, maka itu akan mempengaruhi target swasembada beras tahun 2013 ini yang ditetapkan sejumlah 11.100 ton gabah kering. Padahal untuk mencapai target ini, pemerintah kota telah menetapkan wilayah Kecamatan Tomohon Barat sebagai lumbung produksi beras dengan luas lahan kurang lebih 400 Ha yang mampu memenuhi kebutuhan beras.(gebe)

HUT KONI

KONI minta pemerintah siapkan sarana olahraga To m o h o n — U n t u k memajukan olahraga di Kota Tomohon, sarana pendukung sangat diperlukan untuk melahirkan atlit-atlit berbakat yang bisa mengharumkan nama kota itu. Namun sayangnya, sejak setahun lahirnya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tomohon, sarana infrastruktur penunjang untuk olahraga belum juga terlihat. Untuk itu, Ketua KONI Kota Tomohon, Vonny J Pangemanan mengharapkan, kiranya dukungan akan ketersediaan sarana pendukung ini bisa dilakukan oleh pemerintah. “Sebab dalam undang-undang tentang olahraga, disitu diatur dimana pemerintah wajib menyediakan sarana olahraga bagi masyarakat,” ujar Pangemanan kepada wartawan diselah-selah kegiatan HUT KONI ke-1 di kantor eks Rindam, Jumat (17/5) kemarin. Dikatakan Pangemanan, dengan adanya infrastruktur pendukung olahraga, maka akan memotifasi atlit-atlit yang ada di Kota Tomohon untuk lebih berkembang. Bahkan, dirinya mengharapkan, penyediaan sarana ini tidak perlu yang baru, namun memanfaatkan apa yang sudah ada sekarang ini seperti Stadion Parasamya di Kelurahan Walian dan juga lapangan kantor Eks Rindam. “Kita mengharapkan begitu agar atlit di kota ini bisa lebih maju mengingat KONI Tomohon menargetkan pada tahun ini, Tomohon harus bisa bertanding di kancah Internasional untuk pertandingan bridge, karate dan renang. Namun tidak menutup kemungkinan, olahraga lainnya bisa diikutsertakan dalam

HUT KONI ke-1 yang dilaksanakan Jumat kemarin, dimeriahkan dengan sejumlah pertandingan dan akan berlanjut hingga hari ini.(foto: ist)

pertandingan Internasional,” kata Pangemanan diaminkan Ketua Panitia HUT KONI, Yosis Ngantung. Sementara itu, pelaksanaan HUT KONI kemarin, Pemkot Tomohon bersamasama KONI Kota Tomohon melaksanakan kegiatan jalan sehat bersama yang dimulai dari Kompleks Patung Tololiu Kelurahan Matani dan Finish di Komplek eks Rindam Kelurahan Kakaskasen. Jalan sehat ini diikuti oleh seluruh SKPD Pemkot Tomohon dan anggota Dekot Tomohon masing-masing Hofni Kalalo Sh dan Mono Turang Sos serta jajaran Pengurus KONI Kota Tomohon, Kapolres Kota Tomohon AKBP

Tondano—Dalam Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Jakarta yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Minahasa, Drs Fransiskus Maindoka MSi mengatakan kalau dalam proses pengembangan daerah dalam implikasi pengem-

Kenapa Akademi? Dibanding dengan S1, Program Akademi (D3) lebih cepat selesai Cepat merebut peluang pekerjaan Perkuliahan lebih aplikatif Total biaya yang dikeluarkan lebih efisien Praktikum lebih banyak Kualitas lulusan tidak kalah dengan S1 Dapat melanjutkan studi ke S1

Kenapa akpar manado?

6. 7. 8. 9.

itu juga, lanjut Mamesah bahwa memang juga tim dari pemprov dalam hal ini biro pemerintahan telah turun di beberapa lokasi perbatasan diantaranya lokasi Panas bumi 48 dan Panas Bumi 49 yang menjadi permasalahan antara kedua daerah tersebut guna meninjau secara langsung agar hal ini tidak berlarut-larut dan cepat di selesaikan. “Jadi sekali lagi bukan hanya perbatasan Kaaten-Tataaran tetapi memang lebih cende-rung pada beberapa titik lain-nya yang bisa berimplikasi pa-da persoalan antara peme-rintah. Nah ini bukan seperti yang diperlihatkan namun dengan kondisi seperti ini juga harus lebih dikedepankan masalah yang bisa berbuat fatal,” ujarnya. Di singgung mengenai pemkab minahasa mengulur waktu dalam penyelesaian tapal batas, Mamesah membantah karena persoalan sudah di serahkan dan akan di selesaikan oleh pemprov sulut dalam waktu dekat. “Sekali lagi Pemkab Minahasa tidak dalam keaqdaan untuk mengulur waktu yang ada. Kita brerharap ini menjadi persoalan yang harus segera ditindaklanjuti,” ujarnya.(erka)

Marlien Tawas SH MH bersama jajarannya. Sekkot Tomohon DR Arnold Poli SH MAP yang mewakili Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan, bahwa ini kebanggaan pemerintah kota. “Sejak ada KONI di Tomohon, dapat dirasakan beberapa perkembangan dan kemajuan yang signifikan di seluruh cabang olahraga yang ada di Kota Tomohon, atas nama pemerintah kota jsaya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KONI Kota Tomohon untuk kerjasama dan pengabdian yang diberikan dalam memajukan olahraga di kota ini,”

katanya. Ketua KONI Kota Tomohon Vonni J Pangemanan mengatakan bahwa Kota Tomohon memiliki begitu banyak potensi-potensi atau bibitbibit dalam dunia olahraga. Untuk itu, prestasi yang diharapkan bukan hanya di tinggkat kota saja, tetapi untuk mengukir prestasi di tinggkat nasional bahkan internasional. “Dengan adanya kegiatan ini, tujuannya adalah untukmemotifasi olahragawan kota ini untuk lebih maju dan diharapkan akan ada potensi-potensi unggul yang akan kita d i d a p a t k a n , ” tambahnya.(gebe)

Tondano—Gaji guru yang sempat menjadi perhatian publik karena tidak dalam posisi membahagiakan alias belum terealisasi dengan baik, ternyata sampai dengan akhir pekan pertenghan bulan Mei ini hanya sekitar 90 persen, namun dari dinas Diknas dapat memastikan kalau posisi ini harus mendapat perhatian sepenuhnya lantaran ditargetkan kalau penyaluran gaji guru senilai 15 miliar ini sudah harus terserap 100 persen. Demikian dikatakan Kadispora Minahasa Drs Jemmy Maramis kepada Swara Kita Jumat (17/5) kemarin. “ Memang sampai dengan saat ini berdasarkan laporan yang diterima ternyata tinggal 10 persen, dan diyakini dengan pembayaran

berkala ini, semua persoalan dapat terlaksana dengan baik. Selebihnya juga memang perlu ada upaya peningkatan efektifitas yang simple. Diharapkan juga agar par guru yang belum mendapat realisasi gaji untuk dapat bersabar dan selebihnya juga mendapat perhatian sepenuhnya,” ujarnya. Sementara itu Dorje Rotikan guru asal Kiniar mengatakan kalau dirinya berharap agar realisasi dilakukan secara serentak dan jangan sampai ini menjadi sesuatu yang tidak efektif. “Kita sangat berharap penuh kalau penyaluran gaji itu dapat terealisasi dengan penuh bertanggungjawab yang benar dan bertanggungjawab,” ujarnya.(erka)

Minahasa harus kembangkan investasi serta perdagangan

MAU KULIAH?? DI AKPAR MANADO SAJA....

3. 4. 5.

Tondano—Perselisihan antara Pemkab Minahasa dengan Pemkot Tomohon terkait dengan tapal batas yang terletak di Kasuang, ternyata belum selesai dan masih adanya tarik menarik ke dua daerah yang berseberangan tersebut khususnya batas-batas wilayah. Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi melalui Kabag Pemerintahan Umum Alex Mamesah SSTp Msi mengatakan kalau untuk tapal batas antara Pemkab Minahasa dengan Pemkot Tomohon yang menjadi permasalahan, sudah diserahkan sepenuhnya ke Pemprov. Artinya memang sudah ada difasilitasi oleh Pemprov agar supaya batas yang ada akan dengan diketahui pasti agar pelaksanaannya berjalan dengan aman. “Saya kira sudah diserahkan ke Pemerintah provinsi dalam pertemuan pekan yang lalu dan kami masih menunggu keputusan dari provinsi, karena memang ini menjadi tanggung jawab kita semua dan wajib untuk dilaksanakan penerapan sistem yang berkelanjutan. Selebihnya juga memang perlu ada kajian lapangan berdasarkan sejarah yang ada,” ujarnya. Lebih dari

APKASI

MENERIMA MAHASISWA BARU

1. 2.

Masalah tapal batas belum selesai

Gaji guru belum 100% terealisasi

PROGRAM STUDI: PERHOTELAN

2. 3. 4. 5. 6. 7.

PEMERINTAHAN

HAK TENAGA PENGAJAR

bangan investasi dan perdagangan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, maka ini perlu untuk dikedepankan tentang rasa kepedulian dan kepekaan terhadap peningkatan efektifitas kerja yang ada dari masyarakat itu sendiri. “Minahasa memang harus dalam posisi terbaik kaSTIMIK - AMIK PARNA RAYA MANADO

AKADEMI PARIWISATA MANADO

1.

12

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Pertama di Manado sejak tahun 1989 Ribuan lulusan telah bekerja di hotel-hotel berbintang, travel biro ternama,birokrat (salah satu menjadi Bupati Jaya Wijaya), dll. Terletak di pusat Kota Manado Memiliki hotel afiliasi untuk praktik di pusat kota Jika Rangking 10 besar di kelas III (SMU/Sederajat), tanpa tes dan biaya pembangunan dikenakan hanya 50% Biaya kuliah dapat diangsur memiliki rekan dan bursa kerja luas Ruang Simulan untuk Tata Graha, Tata Boga, Tata Hidang,dll Tenaga pengajar profesional

Alamat: Jl. Lawangirung belakang KFC Sarapung telp. 0431-843326 Fax.0431-851308 Email: akpar.manado@gmail.com www.akpar-manado.com

MENERIMA MAHASISWA BARU Program studi (S1) Program Studi (D1,D3) 1.Sistem Iformasi 2.Teknik Informatika 3.Sistem Komputer

1. Teknik Komputer (D3) 2. Manajemen Informatika (D1, D3) 3. Komputer Akuntansi (D3)

Memberikan Beasiswa Kepada: 1.100 orang Mahasiswa Program Sarjana (S3) 2.50 orang Mahasiswa Program Diploma (D3) Kenapa harus memilih STIMIK Parna Raya? 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12.

Karena milik sendiri Lokasi kampus di pusat Kota Manado Telah terakreditasi "B" Boaya SPP terjangkau dan dapat dicicil Mahasiswa berprestasi bebas SPP Ada beasiswa bagi yang tidak mampu Area Hotspot: Internet gratis Kurikulum sesuai dengan APTIKOM 9Asosiasi Perguruan Tinggi Komputer se-Indonesia) Tenaga dosen tetap, Praktisi lulusan S2 dan UGM,UI, Gunadarma, UNHAS dan Binus Jakarta, dan bukan dosen part time Peringkat ke-29 dari perguruan tinggi terbaik seIndonesia dalam evaluasi SPMI (Sistem Penamin Mutu Internal) Sk No.0229/D2.4/2010 Tebukti seluruh alumni telah mendapatkan pekerjaan dengan posisi Memilik Asrama

TERAKREDITASI “B” BERGABUNGLAH BERSAMA KAMI “GERBANG DUNIA TEKNOLOGI INFORMASI Alamat. Jl. Sam Ratulangi I no.2-3 Pusat Kota Manado, belakang gedung Joeang telp. 0431-850677,852306 Hp.085256687772 (Cika) website: www.parnaraya.ac.id Pendaftaran dibuka Senin s/d Jumat jam 07.30 - 15.00

rena dengan masih banyak tempat ataupun wilayah pembangunan, maka perlu untuk dilakukannya pengembangan perdagangan dengan menciptakan pasar yang kalau bisa go internasional. Kehadiran kami di APKASI ini adalah bagaimana mempromosikan Minahasa men-

jadi daerah yang siap untuk itu semua. Sehingga kalau Minahasa telah siap untuk sebuah perubahan maka Minahasa pastinya akan ketambahan destinasi. Pariwisata luar negeri,” ujar Maindoka kepada Swara Kita baru-baru ini. Acara yang dilaksanakan di Jakarta ini selama 3 hari sejak

PAUD PELITA KASIH MANADO PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Pengetian PAUD: Pendidikan Anak Usia Dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. (UU No. 20 tahun 2013 ttg Sisdiknas) Kelompok Pembelajaran: 1. Tempat Penitipan Anak 2. Taman Todler (Usia 18 bulan - 2 tahun) 3. Taman Bermain (2-3 tahun) 4. Taman bermain (3-4 tahun) 5. Taman Kanak-kanak A (Usia 4-5 tahun) 6. Taman Kanak-kanak B (Usia 4-5 tahun) Sarana Pendukung: 1. Ruang Kelas yang menyenangkan 2. Perpustakaan buku, Kaset dan Video 3. Laboratorium Komputer 4. Sarana Olahraga dan bermain (Indoor & Outdoor) 5. Ruang Makan Program Kegiatan: 1. Anak 2. Kunjungan ke perpustakaan, museum, pabrik, arena rekreasi 3. Peyemangat bakat, menggambar, menyanyi, drama, eni lukis 4. Study tour, anjangsana ke panti asuhan 5. Berenang, jalan sehat dan olahraga lainnya 6. Pemeriksaan kesehatan (cat: atas persetujuan orang tua) Alamat: Jl. Lawangirung belakang KFC Sarapung telp. 0431-843326 Fax.0431-851308 Email: akpar.manado@gmail.com www.akpar-manado.com

STIMIK SAMUDRA BITUNG MENERIMA MAHASISWA BARU

PROGRAM STUDI Sistem Informasi Teknik Informatika Bercita-cita menjadi seorang programmer? Mahir dijaringan komputer?

STIMIK SAMUDRA BITUNG Kenapa harus memilih TMIK Samudra Bitung ApaKelebihannya? 1. Menyiapkan SDM yang ahli di bidang Komputer 2. Cepat merebut peluang pekerjaan 3. Lulusan Sarjana Komputer cepat dapat kerja 4. Kampus milik sendiri/tidak mengontrak 5. Biaya terjangkau 6. Mahasiswa berprestasi BEBAS SPP 7. Tenaga dosen tetap, praktisi lulusan S2 dari UGM, UI, Gunadharma, UNHAS dan BINUS Jakarta dan bukan dosen Parta Time 8. Terbukti seluruh Alumni telah mendapat pekerjaan dengan posisi Sarana dan Fasilitas 1. Ruang Kelas 2. Lab Komputer/LAN/Internet 3. Lab Teknisi ith 4. Perpustakaan oin W

J

Us

A lamat; Jl. Piere Tendean Kel. Manenmbo-Nembo Tengah Kota Bitung Telp. 0438-34319 email: stmiksamdura@yahoo.com

15 Mei-17 Mei (hari ini, red), maka dimanfaatkan semua potensi daerah sambiil mengadopsi mana yang baik dan tidak. Tetapi kondisi ini semuan pada penempatan yang benar. “Kita sangat berharap ini menjadi jembatan bagi pengembangan Indonesia secara baik,” ujarnya.(erka) SMK PARNA RAYA MANADO MENERIMA SISWA BARU

Kenapa harus memilih SMK Parna Raya Manado? 1. Program Keahlian Teknik Informatika Pertama di Kota Manado sejak tahun 2001 2. Guru-gurunya Sarjana Komputer dan Master Komputer 3. Kurikulumnya berorientasi ke Teknisi Komputer dan jaringan yang sangat dibutuhkan oleh kantor-kantor dan masyarakat 4. Telah TERAKREDITASI 5. SPP dapat dicicil dan uang pembangunan dibayar sesuai dengan kemampuan orang tua 6. Lulus SMK bisa langsung kerja (Siap Pakai)

Kalu mau jadi ahli Komputer Datang jo ke SMK Parna Raya...!!!

TERAKREDITASI “B” Alamat. Jl. Sam Ratulangi I no.2-3 Pusat Kota Manado, belakang gedung Joeang telp. 0431-850677,852306 Hp.085256687772 (Cika) website: www.parnaraya.ac.id


SABTU 18 MEI 2013

Minselutra Minsel, Minut, Mitra

SURAT KABAR HARIAN

13

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

HUT MITRA KE-6 BENCANA INTAI MINSEL

KDP berharap warga tetap waspada A N C A M A N bencana alam, berupa tanah longsor dan banjir masih terus menghantui warga Minsel, ini disebabkan tingginya curah hujan yang disertai angin kencang. Tak heran kepedulian kepada warga, oleh Kristovorus Decky Palinggi SE (KDP), menghimbau para warga yang tinggal di DECKY Palinggi. daerah yang rawan terjadi longsor, maupun banjir untuk tetap waspada. KDP—sebutan akrab Palinggi lewat rilis mengatakan, dengan adanya bahaya bencana alam di beberapa lokasi, warga Minsel harus tetap waspada. “Bencana alam kapan saja bisa terjadi tanpa kita ketahui, oleh sebab itu untuk mengantisipasi supaya jangan ada lagi korban yang jatuh, sebaiknya kita harus tetap waspada,” ujar KDP, caleg nomor urut 2 yang diusung Partai Golkar, untuk bertarung dalam pilcaleg 2014, dapil Minsel-Mitra mendatang. Dia juga menambahkan, bagi warga yang tinggal di daerah rawan bencana, sebaiknya apabila hujan deras yang disertai angin kencang datang, alangkah baiknya untuk mengungsi sementara dari tempat tinggal tersebut. “Untuk menghindari agar supaya kita tidak menjadi korban, maka sebaiknya kita menghindar,” ungkap suami tercinta Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu.(esem/brik)

PERTANIAN

Dispertan Minsel bentuk sekolah delapan UNTUK meningkatkan hasil produksi beras dan jagung di Kabupaten Minsel, Dinas Pertanian rencananya dalam waktu dekat ini, akan membentuk Sekolah Delapan. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minsel Decky Keintjem, mengatakan, tujuan pembentukan Sekolah Delapan ini, guna memberikan pelatihan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Minsel, tentang bagaimana cara menanam dan merawat tanaman, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. “Tim Sekolah Delapan didampingi PPL, akan mensosialisakan kepada kelompok tani teori dan praktek bertani,” kata Keintjem belum lama ini. Dirinya juga menambahkan, dalam Sekolah Delapan ini, tim juga akan memberikan bimbingan bagaimana cara optimalisasi lahan. “Tim akan memberikan penjelasan kepada petani tentang manfaat jalan pertanian dan Irigasi.(esem)

T2 buka rangkaian peringatan, diawali dengan jalan sehat Ratahan—Rangkaian peringatan HUT ke-6 Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang jatuh pada tanggal 23 Mei 2013, diawali dengan kegiatan jalan sehat, yang dibuka secara resmi oleh Bupati Mitra Telly Tjanggulung, Jumat (17/5) kemarin. Kegiatan jalan sehat bersama tersebut, dilanjutkan dengan senam massal serta pengobatan gratis yang disponsori oleh PT Askes. Kegiatan senam ini diikuti seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra serta pelajar se-Mitra.

Jalan sehat dan senam bersama ini, tujuannya adalah mengoptimalkan bidang kesehatan sebagai sasarannya. “Kesehatan merupakan hal penting, yang harus mendapatkan perhatian serius. Tanpa upaya dan semangat yang diwujudkan secara bersama lewat kegiatan pagi ini, kita tidak akan pernah dapat mewujudkan pola dan tindakan yang memberikan dampak positif bagi kita,” kata T2—sebutan akrab Bupati, saat membuka secara resmi seluruh rangkaian HUT Mitra.

Ditambahkannya, melalui kegiatan ini mari kita padukan suatu tindakan nyata demi tercapainya pola hidup yang sehat. Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Daniel Talantan SH, mengatakan membiasakan melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menghasilkan kehidupan sehat. “Dengan demikian kita mampu menggelorakan semangat pembangunan, karena saya yakin dan optimis bahwa dengan demikian kita termotivasi meningkatkan kesehatan di Kabupaten Mitra,” ujarnya.(try19/sl)

BUPATI Telly Tjanggulung jalan sehat bersama jajarannya, yang diikuti para siswa dari sejumlah sekolah di daerah ini.(foto:devon/sk)

PAMI desak SHS respon pergantian Sekkab Minsel Kairupan sudah pensiun dan diperpanjang selama dua tahun Amurang—Ketua Umum Pelopor Angkatan Muda Indonesia (PAMI) Rommy Rumengan, mendesak Gubernur Sulut DR Sinyo H Sarundajang, segera merespon pengusulan

pergantian Sekretaris daerah Kabupaten (Sekkab) Minsel, yang saat ini masih dijabat Drs M C Kairupan. Apa pasal? Kairupan dinilai sudah sangat tidak layak lagi, menduduki jabatan tersebut

karena yang bersangkutan seharusnya sudah pensiun sejak dua tahun lalu. Dikatakan Rumengan, bahwa Sekkab Minsel saat ini sudah sangat tidak layak lagi memegang jabatan Sekkab karena selain sudah pensiun, masih diperpanjang selama dua tahun. “Gubernur seharusnya merespon cepat setiap kebijakan strategis

yang diambil bupati, termasuk pengusulan pergantian Sekkab Minsel tersebut. Dan usulan sudah dilakukan sejak tahun lalu, namun belum dilaksanakan,” ungkapnya, Jumat (17/5) kemarin. Ditambahkannyanya, belum digantinya Sekkab Minsel oleh gubernur, berpengaruh sekali pada pemerintahan Minsel saat ini.

TUNJANGAN PERUMAHAN

temuan kita (Pansus,red), jadi tentu ini akan ditindaklanjuti,” tutur Walukouw, Jumat (17/5) kemarin. Ditambahkan Walaukouw, temuan soal diskriminasi pegawai PT MSM/TTN lainnya, dimana tunjangan perumahan

bagi pegawai luar dan dalam berbeda. “Yang dimaksud disini adalah untuk tunjangan perumahan sangat diskriminasi, dimana untuk diluar lingkar tambang mendapat tunjangan yang sangat baik, sedangkan dalam lingkar

tambang sendiri biasa saja,” ungkap Walukouw. Untuk itu, Walukouw berjanji akan segera bertindak atas sikap yang diberikan PT MSM/TTN tersebut. “Inikan temuan, jadi kita lihat saja nanti,” ucap Walukouw.(eres)

UN

Pekan depan UN diumumkan Ratahan—Setelah lama menunggu, para siswa SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), akan segera mendapatkan hasil perjuangan mereka saat Ujian Nasional (UN), yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikppora) Mitra Roosje Rondonuwu, tanggal 21 Mei pekan depan, hasil UN akan disampaikan ke pemerintah provinsi. “Nanti kita terima dari pihak

provinsi, kemudian akan diserahkan ke pihak sekolah,” kata Rondonuwu, Jumat (17/5) kemarin. Lebih lanjut, menurutnya pihak sekolah yang menentukkan kelulusan dari para siswa tersebut. “Nanti sekolah yang membahas hasil kelulusan dari para siswa,” ujarnya. Dikatakannya lagi, untuk pengumuman secara nasional di sekolah-sekolah akan disampaikan pada siswa. Sementara itu, Kepsek SMK 1 Ratahan Tenny Ohy MPd, mengungkapkan, dari hasil UN yang akan diterima

pihak sekolah masih akan mendiskusi perihal kelulusan. “Jadi setelah kita terima hasil kelulusan UN dari pemerintah pusat, kita akan bahas di dewan guru,” ungkapnya. Ohy juga menjelaskan, sesuai dengan standart kelulusan, jika siswa tidak mampu mencapai nilai 5,5, maka dipastikan tidak akan lulus. “Kalau dapat diatas nilai tersebut (5,5 red) maka pihak sekolah masih akan membahasnya. Jadi belum pasti mereka akan lulus, karena penilaian kelakuan di sekolah menjadi pertimbangan,” ujarnya.(try19/sl)

INFRASTRUKTUR

Jalan Tetey-bandara mulai dibenahi Airmadidi—Janji Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), untuk membenahi ruas jalan Tetey Kecamatan Dimembe menuju bandara, perlahan mulai dikerjakan. Tentu hal ini menjadi kegembiraan tersendiri bagi warga sekitar, yang selama ini merindukan perbaikan jalan tersebut. “Kalau begini tentu kami sangat senang, karena sudah lama jalan disini (Tetey,red) rusak parah. Bupati cukup jeli melihat,

telepon genggamnya tidak aktif. Dilain pihak, Juru bicara Pemkab Minsel Alvons Sumenge SSTP, ketika dikonfirmasi menjelaskan, semua hal-hal teknis tersebut diserahkan kepada bupati selaku pemimpin. “Karena itu kewajiban bupati, dan itu semua bupati yang mengusulkan,” singkatnya.(esem)

KENAIKAN BBM

Terjadi diskriminasi bagi pegawai PT MSM Airmadidi—Dari hasil temuan Panitia khusus (Pansus) Dewan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), ada beberapa point mengenai tidak terkomodirnya kesejahteraan sejumlah pegawai. Bahkan terindikasi terjadi pilih kasih yang dilakukan pihak PT Meares Soputan Mining (MSM) & Tam-bang Tondano Nusajaya (TTN). Tentu hal menjadi perhatian Ketua Pansus PT MSM/ TTN Hendry Walukouw, dimana Walukouw mengharapkan ada tindaklanjut dari Pemkab Minut terkait hal ini. “Ini merupakan salah satu

“Kalau bapak gubernur berlama-lama untuk mengganti Sekkab Minsel, penyelenggaraan pemerintahan di Minsel akan tidak maksimal. Dan kami minta pak SHS dapat merespon maksud kami ini,” tukas Rumengan. Sementara itu, Sekkab Minsel Drs M C Kairupan, ketika dikonfirmasi lewat

karena sepanjang ruas jalur Tetey ini terdapat banyak rumah makan tradisional yang dapat menjadi pemasukan bagi daerah,” tutur Jos Korompot warga Desa Tetey. Sementara itu, Kepala Dinas PU Minut Ir Patrice Tamengkel mengatakan, perbaikan jalan tersebut akan bertahap. Namun yang pasti kenyamanan warga dan mereka yang melintas dijamin akan aman. “Pengaspalan dilakukan secara bertahap, karena

jalur Tetey setiap harinya ramai dilalui kendaraan roda empat maupun dua. Karena jalur tersebut merupakan jalur alternatif menghindari kemacetan bagi sebagian warga yang mempunyai kesibukan,” terang Tamengkel, Jumat (17/5) kemarin. Dari pantauan, aktifitas pengaspalan masih berada diperbatasan ruas jalan Desa Laikit, hingga depan Polsek Dimembe. Anggaran yang disiapkan Dinas PU, untuk proyek jalan tersebut, sebesar Rp11 miliar.(eres)

Singal himbau warga tidak panik Airmadidi—Walau masih direncanakan, kenaikan soal Bahan Bakar Minyak (BBM), menjadi perhatian Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA. Dimana dikatakannya, Jumat (17/5) kemarin, kenaikan BBM merupakan kebijakan pemerintah pusat dan sudah barang tentu wajib dilaksanakan. Untuk itu Singal menghimbau ke warga Minut, untuk tidak panik dengan kenaikan tersebut. “Pemerintah tentu tidak akan menyusahkan masyarakatnya, jadi dalam kenaikan ini tentu ada kebijakan-kebijakan yang diambil dengan rencana kenaikan BBM ini. Untuk saya harapkan agar warga tidak usah resah dengan rencana pemerintah pusat ini,” tutur Singal.

Disinggung bakal terjadinya penimbunan BBM jenis bensin, jika kenaikan mulai diberlakukan, Singal mengatakan tentu semua ada prosesnya jika terjadi demikian. “Kita ada aparat keamanan, tentu mereka tidak akan tinggal diam jika mendapatkan hal seperti itu. Jadi buat oknum yang tidak bertanggungjawab, jangan coba-coba melakukan penimbunan, jika tidak mau berurusan dengan hukum,” terang Singal, sembari menambahkan pihak pertamina sebaiknya tidak ikut bermain. Tetapi sebaiknya, melaporkan kepihak berwajib jika ada yang dicurigai, karena ini sangat-sangat menyusahkan warga jika BBM langka saat kenaikan nanti.(eres)

USIA PENSIUN

Pemkab Mitra koleksi 60 PNS Ratahan—Tahun 2013 ini, sedikitnya 60 PNS harus mengakhiri karir dan masa tugasnya, di Pemerintahan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), karena telah masuk usia pensiun. Seperti diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Mitra Phebe Punuindoong. Menurutnya ke 60 PNS telah mengajukan usulan untuk pensiun. “Sementara diurus administrasinya,” ujarnya, Jumat (17/5) kemarin. Lebih lanjut, kata Punuindoong para PNS memasuki masa pensiun ini akan digantikan para pegawai baru yang akan diakomodir baik dari

Honda K2, maupun penerimaan CPNS secara reguler. “Pastinya kita tahun ini, akan melakukan penerimaan pegawai baru, apalagi dua tahun belakangan kita tidak menerima pegawai, sedangkan yang pensiun cukup banyak,” ujarnya. Selain itu, Punuindoong juga mengakui saat ini di Mitra masih sangat membutuhkan PNS, untuk mencukupi kebutuhan dari pemerintah. Disisis lain, dari usulan formasi CPNS yang disampaikan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sebanyak 250 orang, sementara untuk Honda K2 saat ini di Mitra berjumlah 791 orang.(try19/sl)


Satalrobit

Sangihe, Talaud, Sitaro, Bitung

SABTU 18 MEI 2013

Bupati: Diklat adalah pemantapan pejabat BUPATI Sangihe Drs Hironimus R Makagansa MSi mengatakan, pendidikan dan latihan (Diklat) yang diikuti oleh semua pejabat sesuai dengan kepangkatannya merupakan pemantapan bagi semua pejabat yang ada. Hal ini sendiri diungkapkan Bupati ketika memberikan ceramah umum di hadapan 40 PNS lingkup Pemkab Sangihe yang sementara mengikuti Dilkat PIM IV di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tahuna, Kamis (16/5) malam. “Diklat kepemimpinan tingkat IV sifatnya bukan sebagai promosi jabatan tetapi adalah pemantapan,” jelas Bupati. Olehnya lanjut Bupati ketika berbicara jabatan struktural untuk eselon IV, III dan II maka pemantapan harus perlu dilakukan untuk mempersiapkan person yang ada. Sehingga bila kepercayaan tersebut diberikan pimpinan kepada yang bersangkutan bisa dilaksanakan secara profesional. “Dengan demikian pejabat tersebut benar-benar siap dan mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik,” ujarnya kembali. Dalam pelaksanaan Diklat seperti ini lebih lanjut Bupati menyatakan sumber pengetahuan yang bisa menambah wawasan peserta Diklat adalah diskusi sesama peserta Diklat yang ada sehingga berpengaruh terhadap berbagai informasi dan pengetahuan dalam hubungan kedinasan. “Posisi atasan bawahan tidak semata-mata dijadikan alat komando, tetapi juga adalah teman konsultasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan,” imbuh Makagansa yang terus mewanti-wanti agar peserta Diklat dapat menuntaskan program ini dengan baik sekaligus mempunyai pola laku terlebih dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai abdi negara.(esde)

Pemkab gelar sosialisasi PPIP BERTEMPAT di Aula Kantor Bupati Ondong Jumat (17/5) siang kemarin, pemerintah daerah melaksanakan sosialisasi dalam rangkah Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) Tahunm 2013 dengan menghadirkan pembicara serta pelaksana kegiatan Satker Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Mewakili plt bupati Heddy W Janis SH MM, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Sitaro, Herry Lano SE MM mengatakan, PPIP dilaksanakan oleh pelaku baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten, kecamatan bahkan desa, dengan program disusun dalam struktur organisasi program yang harus dibentuk pada tiap tingkatan. “Sedangkan untuk operasional pelaku dibiayai melalui APBN, APBD Tingkat I dan APBD tingkat II. Jadi penyelenggaraan PPIP ini dilaksanakan sesuai tahapan-tahapan pelaksanaannya,” kata Lano. Sebagai bagian dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, lanjut Lano, koordinasi pelaksanaan dan pengendalian pelaksanaan PPIP tingkat kabupaten dilakukan oleh tim koordinasi PPIP tingkat kabupaten yang dibentuk dibawah koordinasi TKPKD Kabupaten melalui Surat Keputusan yang minimal ditandatangani oleh Sekretaris Daerah. “Jadi tim koordinasi kabupaten PPIP ini terdiri dari Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten sebagai ketua, dengan anggota-anggota terdiri dari unsur badan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa, Dinas PU, masyarakat, dunia usaha, dan juga pemangku kepentingan lainnya dalam penanggulangan kemiskinan. Dan kami berharap sosialisasi ini memberikan pemahaman bagi para peserta dan hadirin guna kelangsungan pembangunan di daerah ini,” tandas dia.(esge)

14

Naik 56%, 2013 tunjangan sertifikasi capai Rp19,2 M Dikpora: Triwulan I disalurkan Rp4,83 M

BUPATI saat menyerahkan secara simbolis dana ser tifikasi dan non sertifikasi pada sejumlah guru penerima.(foto: stenly/sk)

Ulu Siau—Pemerintah daerah senantiasa berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan yang baik dan terarah serta memperhatikan tingkat kesejahteraan tenaga pengajar yakni para guru, yang dibuktikan dengan penyaluran dana tunjangan

sertifikasi dan non sertifikasi guru yang pagu anggaran tahun 2013 mencapai Rp19,2 miliar. Dari pantauan Swara Kita Jumat (17/5) kemarin, sekitar ratusan guru yang terdiri dari guru tingkat sekolah dasar (SD), Sekolah

Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) mengikuti kegiatan penyaluran dana sertifikasi dan non sertifikasi yang dirangkaikan dengan penjelasan tentang uji kompetensi guru, penjelasan mengenai dana sertifikasi dan juga penjelasan tentang data pokok pendidikan (Dapodik). Kegiatan yang dilaksanakan di SMA 1 Siau Timur (Sitim) tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Toni Supit SE MM, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Dra SW Katiandagho, para Kepala UPT Kecamatan Sitim dan Sibar, Kepala Sekolah se-wilayah Siau dan ratusan guru penerima dana sertifikasi dan non sertifikasi. Bupati sendiri dalam sambutannya berharap agar dengan adanya tunjangan setifikasi maupun non sertifikasi akan memacu

kinerja para guru dalam kegiatan belajar mengajar, dengan menunjukan profesionalisme sebagai guru. “Selain itu penegasan kami agar guru tidak usah terpengaruh dengan isu-isu yang menyatakan bahwa akan dipindahtugaskan. Sebab kami sendiri tidak pernah dan tidak terlintas melakukan hal seperti itu. Jadi dihimbau agar tetap fokus pada tugas dan terus tingkatkan kinerja,” kata bupati. Secara terpisah, Kadis Dikpora Sitaro, Dra SW Katiandagho sendiri menjelaskan, selain penyaluran dana tunjangan sertifikasi dan non sertifikasi, kegiatan tersebut juga memberikan kejelasan bagi para terkait dengan dana itu serta penjelasan mengenai data pokok pendidikan yang menurutnya sangat penting guna berbagai proses administrasi. “Perlu kita ketahui bersa-

ma bahwa untuk pagu anggaran dana sertifikasi tahun 2013 naik signifikan yakni sekitar 56% dari tahun kemarin, dimana pada tahun 2012 dana sertifikasi hanya sebesar Rp13.654.326.000 naik menjadi Rp19.212.987.392 pada tahun ini. Dan untuk penyaluran kali ini khusus triwulan pertama dengan total anggaran diperkirakan sebesarRp4,83 miliar yang disalurkan kepada 227 orang guru penerima dana

sertifikasi masing-masing guru TK 8 orang, guru SMP 177 orang dan SMA/SMK 92 orang. Kalau untuk non sertifikasi ada sebanyak 651 orang guru,” jelas Katiandagho. Ditambahkannya, masih sebanyak 147 guru menunggu Surat Keputusan (SK) Dirjen sebab setiap pembayaran selalu didasarkan pada SK dirjen. “Dan juga 147 guru yang ada masih ada kekurangan pada data dapodik, dan ini kelalaian dari guru yang bersangkutan,” tambahnya.(esge/mm)

INVESTASI PEERTAMBANGAN

Purba: Jangan banyak berharap ke MSM

PENCATUTAN NAMA PEJABAT

Oknum PNS diduga tipu kontraktor asal Makassar Tahuna—Di tengah berbagai upaya pemulihan dan peningkatan nama baik semua jajaran Pemkab Sangihe terhadap pelayanan kepada masyarakat, justru mencuat kasus yang cukup memiriskan dan selanjutnya mencoreng citra abdi negara di daerah ini. Pasalnya salah satu oknum PNS Pemkab Sangihe diduga melakukan aksi penipuan terhadap kontraktor asal Makasar yang menangani proyek talud pantai di wilayah Kecamatan Tatoareng dengan mencatut nama kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe.

Tindakan PNS berinisial MK yang juga mantan pejabat salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Sangihe itu, dengan mengaku-ngaku sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sangihe selaku instansi koordinasi proyek talud berbandrol milyaran rupiah yang bersumber dari APBN tersebut. Disinyalir pula, MK juga diduga telah memanfaatkan nama Kaban BPBD Sangihe untuk meraup sejumlah uang dari pihak kontraktor untuk kepentingan pribadi. Namun sayangnya, kon-

traktor bersangkutan terkesan menghindar ketika hendak dikonfirmasi seputar permasalahan tadi, karena disaat sejumlah wartawan belum lama ini mendatangani Hotel Bintang Utara Tahuna, tempat kontraktor tersebut menginap, ia (Kontraktor) tidak berada di tempat, bahkan hand phonenya tidak diaktifkan ketika dihubungi, termasuk sms konfirmasi yang dikirim juga tidak dibalas-balas. Sementara itu Kaban BPBD Sangihe, Ir Rentje Tamboto ketika dihubungi terisah tak membantah adanya pencatutan namanya oleh oknum PNS dimaksud.

Bahkan ia mengaku telah didatangani sang kontraktor untuk mendapatkan kejelasan. Karena sudah menyangkut penggunaan nama baik kepala BPBD. Pihaknya kata Tamboto langsung menyarankan ke kontraktor untuk melaporkan hal itu kepada atasannya dalam hal ini pimpinan daerah. “Saya nanti mengetahui masalah ini, ketika kontraktor memberitahukan masalah ini, sehingga saya pun langsung menyarankan ke kontraktor itu untuk melaporkan hal tersebut kepimpinan daerah,” singkat Tamboto.(esde)

Panwascam lalui FPT CALON Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kota Bitung Senin (20/5) besok akan melalui tahapan Feet and Propertest dari Panwaslu kota Bitung untuk lebih mengukuhkan integritas dari para calon anggota Panwascam. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Panwas Bitung Debby Londok kepada Swara Kita. “Senin pekan depan kami akan melakukan Feet and Propertest kepada 30 orang calon anggota Panwaslu yang telah lolos mekanisme awal,” kata Londok. Ditambahkan Londok jika tahapan ini dilakukan sebagai seleksi tahap 2 setelah seleksi tertulis. “Dengan FPT ini diharapkan calon panwascam yang memiliki integritas yang tinggi terhadap pengawasan pemilihan umum nanti,” kata Londok. Diapun meminta kepada para calon Panwascam untuk dapat menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi senin nanti. “Setelah tahapan ini kami akan memplenokan hasil seleksi guna mendapatkan 3 orang panwascam ditiap kecamatan yang rencananya akan diumumkan paling lambat Sabtu pekan,” kata Londok.(wepe)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

TELUK Tahuna yang eksotik. Teluk ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Foto diambil dari puncak Pusunge, Kabupaten Sangihe.(foto: sam/sk)

PILKADA

Masyarakat apresiasi persiapan pengamanan Ulu Siau—Kedatangan dan latihan persiapan pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Sitaro oleh ratusan personil aparat kepolisian bahkan anggota TNI akhir-akhir ini mendapat antusias serta apresiasi warga masyarakat di wilayah Karangetang Mandolokang Kolo-Kolo. “Pada pilkada sebelumnya personil kepolisian dan TNI yang melakukan pengamanan masih sedikit, dibanding dengan sekarang ini cukup banyak. Kalau pengamanannya begini

kami pastikan pelaksanaan pesta demokrasi akan berjalan aman dengan ditunjang sportifitas para pendukung kedua pasangan calon,” ungkap warga saat menyaksikan latihan pengendalian massa di Lapangan Akesimbeka Kecamatan Siau Timur (Sitim) Jumat (17/5) kemarin. Bahkan warga berharap penanggulangan pengamanan jangan hanya terfokus pada pelaksanaan kampanye hingga pemilihan, namun perlu dilakukan hingga pada aksiaksi sejumlah oknum yang

diluar jadwal dan waktu kampanye melakukan keributan. “Kalau bisa ditindaki saja dan diamankan sesuai proses hukum, karena ada sejumlah oknum yang suka membuat keributan, berteriak pada tengah malam dengan membawa panji parpol dalam kondisi telah mengkonsumsi minuman keras harus ditindaki,” tukas sejumlah warga Sitim yang tidak ingin namanya dikorankan. Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sitaro Pricilya Ch Bawole SE merasa lega dengan kedatangan personil aparat kepolisian serta anggota TNI yang sudah ada di daerah dengan melanjutkan pelatihan persiapan pengamanan pelaksanaan

PRESIDEN Direktur PT MSM/TTN Tracklin Purba saat membawakan materi investasi, regulasi dan tanggungjawab sosial pertambangan emas dengan Moderator Reiner Oentoe.(foto: epang/sk)

Bitung—Pelaksanaan workshop pengelolaan pertambangan Sulawesi Utara berbasis pelestarian lingkungan dan Kepekaan Sosial yang diselenggarakan di Ruangan Niaranan Lantai 1 Hotel Sutan Raja Minahasa Utara pada Jumat (17/5) kemarin dengan pelaksanaan PT MSM/TTN bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulut DPW Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia Sulut, Yayasan Serat Manado diikuti oleh sejumlah Wartawan dan para Praktisi Lingkungan seperti Moudy Gerungan, Karel Polakitan dan Tokoh Masyarakat lingkar Tambang. Pada pemaparan materi dari Praktisi Pertambangan Tracklin Purba yang juga adalah Presiden Direktur PT MSM/ TTN terungkap jika banyak sekali permintaan dari masyarakat yang mengarah ke PT MSM yang berdalih anggaran Corporate Social responsibility (CSR). “Persoalannya PT MSM bukanlah pemerintah yang menjadi agen pembangunan sebab dimana-mana usaha yang dilakukan semuanya bermuara pada financial,” katanya. Diapun memaparkan kalau retribusi perusahaan tambang kepada pemerintah sangat tinggi secara financial mulai royalty yang mencapai Rp293.386.588 pertahun sampai dengan banyaknya item pajak yang harus dibayar oleh perusahaan tambang. “Mau jujur saja 80 persen pekerja yang ada di MSM hanya lulusan SD dan SMP namun begitu masih

banyak juga yang meminta pekerjaan sementara kami mempunyai batasan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan,” kata Putra Medan yang beristrikan orang Tomohon ini seraya mengatakan jika kandungan emas PT MSM ini tidak sama dengan PT Freeport. “Kalau PT Freeport cadangan kandungan emasnya sangat banyak bisa mencapai 30 kali lipat kandungan emas dari PT MSM/TTN yang hanya 1.47 juta oncess,” ungkap Purba. Sementara ahli tambang lulusan ITB Bogor ini mengungkapkan kalau Indonesia sebenarnya bisa masuk tatanan no 4 dunia investasi mineral terbaik namun kendala investasi mineral di Indonesia membuat Indonesia menjadi Negara dengan Iklim Investasi terburuk se Dunia. “Indeks potensi peringkat Indonesia sesuai dengan penelitian Fraser Institude Canada pada tahun 2013 menempatkan Indonesia pada urutan 96 dari 96 Negara sesuai dengan survey yang dilakukan pada 9 Oktober 2012 sampai 6 Januari 2013,” katanya Penyebab terpuruknya investasi ini menurut penelitian Fraser Institude Canada diungkapkan Purba adalah Peraturan Birokrasi dan Lingkungan, Regulasi berganda, Sistim Hukum dan perpajakan, Tumpang tindih Lahan atau Ketidakpastian, Insfrastruktur, Stabilitas Politik, Peraturan Tenaga Kerja, Kualitas database Geoligi, keamanan dan korupsi.(wepe)

INFRASTRUKTUR

Jalan tol alami perubahan jalur

PRICILYA Bawole.

tahapan pilkada. “Kami merasa lega, karena sebagai penyelenggara pilkada kami berharap agar moment ini bisa berjalan aman terkendali. Meskipun begitu kami juga berharap masyarakat secara bersamasama mengsukseskan pilkada dengan menjaga keamanan dan ketertiban,” harap Bawole.(esge)

Bitung—Setelah jalur jalan Tol Bitung Manado dikonsultasikan ke Pemerintah pusat rupanya terjadi perubahan Trase atau Track dari yang telah ditetapkan awal. Hal itu diungkapkan oleh kepala dinas Pekerjaan Umum Pemkot Bitung Drs Max Tambuwun dikarenakan adanya jurang di titik 25.500 – 28. “Perubahan Jalur tersebut dimulai dari Perumahan Meitha Permai sampai di kelurahan Pinokalan akibat perhitungan dana akan membengkak sekitar Rp300 Miliar jika melewati jurang,” katanya. Diapun mengatakan kalau trase tersebut tidak

masuk pada lahan-lahan yang telah dibebaskan. “Jalur jalan yang telah dibebaskan tidak ada persoalan dan tidak ada perubahan jalur,” ungkap Tambuwun Kamis (17/5). Perubahan ini sesuai dengan Detail Engenering Desain (DED) yang dikoreksi oleh Kementerian PU. “Kementerian sendiri yang meminta perubahan Trase ini untuk menghemat biaya,” ungkapnya. Namun dijamin oleh Tambuwun jika perubahan trase tersebut hanya akan berlaku di satu titik tersebut sampai di Pateten. “Jalan tol ini akan berakhir di kawasan padang Pasir Pateten,” ungkapnya.(wepe)


SABTU 18 MEI 2013

BANGUN BOLMUT

Legislatif siap jadi mitra, Depri ajak PNS bekerjasama KETUA Dewan Kabupaten (Dekab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Karel Bangko SH yang juga salah satu kandidat calon bupati pada Pilkada Bolmut 2013, memberi pujian atas kemenangan pasangan Depri Pontoh-Suriansyah Korompot SH. Buktinya, Karel yang juga Ketua DPD Golkar Bolmut ini memuji strategi yang diterapkan pasangan dari Partai Pembangunan Persatuan (PPP) dengan menarik simpati seluruh warga di empat kecamatan yang ada. Bangko menilai kemenangan pasangan nomor urut satu ini, dikarenakan popularitas serta soliditas tim pemenangan dibawahnya. “Selain menang figur, strategi yang dimainkan cukup merumitkan pasangan lain. Saya salut dengan tim pemenangan mereka, dan saya akui itu kelemahan yang ada di tim kami,” kata Bangko, Jumat (17/5) kemarin. Ditambahkan Bangko, kemenangan DP – Syah tersebut merupakan kemenangan masyarakat Bolmut. Dengan demikian, dirinya berjanji akan bekerjasama dengan keduanya untuk membangunan Bolmut lebih maju dibanding daerah lainnya. “Sesama politisi saya patut bangga, mereka sejatinya adalah idola masyarakat. Dan kami di legislatif siap menjadi mitra untuk membangun Bolmut, sesuai dengan visi keduanya,” ujar Bangko. Di tempat terpisah, pasangan Hamdan Datunsolang dan Farid Lauma yang akan menggugat hasil pleno KPUD di Mahkamah Konstitusi (MK), Karel justru tidak keberatan dengan hasil rekapitulasi suara tersebut. “Kami tidak ada masalah dengan Pilkada, jadi silahkan saja yang ingin menggugat ke MK karena itu hak mereka yang tidak mengakui kemenangan orang lain,” tandas Bangko. Sementara itu pasca digelarnya pleno puutusan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmut, hasil pemilihan bupati dan wakil bupati periode 2013-2018 pada Kamis (16/5) lalu, tentu lebih membuat para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) semakin was-was. Apalagi bagi para pendukung yang kalah, perasaan harap-harap cemas (H2C) tentu menghantui mereka. Namun hal ini sebelum terjadi, Wakil Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh yang kini telah ditetapkan sebagai pemenang Pilbup oleh KPUD Bolmut menghimbau serta mengajak kepada seluruh PNS di lingkungan pemkab Bolmut, untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Persatuan dan kesatuan harus kita utamakan, untuk mengoptimalkan pelayanan bagi masyarakat, kita jangan berfikir untuk dipindahkan ketempat lain ataupun dinonjobkan, saya tidak pernah berfikir demikian,” ujar Papa Adit sapaan akrabnya, disela-sela apel Jumat Sehat (17/5) kemarin.(try20)

MOU

Landjar-BS lakukan penandatanganan MENGAMBIL tempat di salah satu hotel di Manado, Jumat (17/5/) kemarin Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar bersama dengan jajaran Direksi PT Bank Sulut (BS), menandatangani Memorandum Of Understading (MoU) atau nota kesepakatan tentang Kartu Pegawai Elektrik (KPE), untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) Boltim. Sekaligus membicarakan fungsi dan kegunaan dari KPE itu sendiri untuk PNS di Boltim. “Fungsi dan kegunaan dari KPE sendiri, bukan hanya sebagai ATM namun dengan adanya KPE yang diterbitkan oleh BS dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional XI Provinsi Sulut, fungsinya banyak dan sangat membantu PNS itu sendiri, “ ujar salah satu Direksi BS dihadapan Bupati Sehan Landjar. Sementara itu Bupati Boltim Sehan Landjar sebagai salah satu pemegang saham BS, mengharapkan ada kontribusi yang positif bagi masyarakat terkait programprogram yang dijalankan oleh BS. “Karena BS merupakan bank daerah dan salah satu aset yang ada di Sulawesi Utara (Sulut), maka sebagai Pemerintah Boltim mengharapkan harus ada peran serta dari masyarakat, terutama peran dari PNS di jajaran Pemkab Boltim, “ ujar Landjar.(try17)

Totabuan

Bolmong, Kotamobagu, Bolmut, Boltim, Bolsel

PAD Boltim jadi santapan Bolmong Tiap bulan disetor hingga ratusan juta Tutuyan—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kembali didesak oleh masyarakat agar segera mengambil alih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) milik Boltim di tiga Kecamatan yakni Kotabunan, Nuangan dan Modayag. Pasalnya, setiap bulan ratusan juta hasil tagihan dari

konsumen atau Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari PDAM) tersebut, hanya dinikmati gratis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Induk. Hal itu sangat disayangkan sebagian warga Boltim. “Sangat disayangkan dalam hal ini. Kami minta Pemkab Boltim segera bertindak mengambil alih PDAM milik

Boltim yang berada di tiga Kecamatan tersebut. Sebab percuma menyetor setiap bulan, kalau hanya dinikmati oleh Pemkab Bolmong,” tegas Rahman Igirisa salah satu warga Kecamatan Kotabunan. Ditambahkan Irigisa, aliran air dari tiga PDAM tersebut tidak ada biaya mesin karena airnya bersumber dari mata air alam. Akan tetapi, iuran perbulanya sangat mahal, begitu juga dengan pemasangan baru, karena setiap konsumen dibebankan Rp1,3 juta.

“Diduga kuat, sebagian uang dari konsumen itu masuk ke kantong pribadi petugas PDAM, karena tidak ada pengawasan dari Pemkab Boltim,” ungkap Irigisa. Bagian Aset Pemkab Boltim Jemy Paendong, ketika dikonfirmasi wartawan Jumat (17/5) kemarin tetap dengan jawaban yang sebelumnya. “Penyerahan semua aset Boltim termasuk PDAM, masih menunggu surat penyerahan dari Bolmong Induk, “ kata Paendong.(try17)

AITIS

Stand Bolmong banjir pengunjung di Jakarta Lolak—Pameran yang menyerap pengunjung dari kalangan investor dan trader dalam dan luar negeri serta kalangan asosiasi pengusaha nasional dan internasional pada agenda Internasional Trade and Investment Summit (AITIS) terus mendapat perhatian serius dari berbagai kalangan di Jakarta Internasional Expo (JIExpo), Kemayoran Jakarta sejak Rabu 15-17 Mei 2013. Hal ini merupakan upaya Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) untuk memberikan gambaran secara terbuka dan detail, tentang berbagai potensi yang dimiliki oleh seluruh daerah kabupaten di seluruh Indonesia. Dalam kegiatan ini, keikutsertaan Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) turut mewarnai agenda nasional ini dengan menampilkan berbagai potensi alamnya, yang tidak luput dari perhatian pengunjung. Bahkan nenas lobong sebagai salah satu andalan hasil alam Bolmong, kebanjiran peminat untuk membeli secara langsung nenas yang terlihat segar. Selain itu kopi dan kacang duri hasil olahan Usaha Kecil Menengah (UKM) warga desa Tadoy turut menarik perhatian Bupati Kabupaten Simalungun propinsi Sumatera Utara, untuk mencicipi langsung dan membeli sejumlah produk warga tersebut. Sementara Sry Mulyani salah seorang staf kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) saat mengunjungi stand Bolmong menuturkan jika potensi daerah Bolmong sangat besar jika dilihat dari apa yang ditampilkan.

TAMPAK stand Bolmong saat dikunjungi para investor serta salah seorang staf kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) RI didampingi Bupati Salihi Mokodongan. (foto: Ist)

“Potensi alam bolmong sangat menjanjikan untuk kedepannya nanti,” ucap Mulyani. Kepala Dinas (Kadis) Koperasi dan UKM Bolmong Agusni Darwis Shut MAP menuturkan selain potensi alam lainnya, sejumlah olahan warga juga menjadi perhatian tersendiri

berupa abon ikan cakalang dengan rasa yang gurih serta banyaknya keingintahuan pengunjung tentang cara pembuatan bio etanol hasil olahan warga Desa Poopo. “Bupati Salihi Mokodongan telah memberikan kesempatan bagi para investor yang ingin menanamkan sahamnya di

Bolmong, lebih khusus pada pengolahan hasil pertanian dan perkebunan dalam mengembangkan pohon aren dan ubi kayu untuk dijadikan bahan bakar terbaru berupa bio etanol. Namun sebaiknya investor harus memikirkan kesejahteraan petani terlebih dahulu” ujar Agusni, Jumat (17/5) kemarin.(veem)

SURAT KABAR HARIAN

15

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

TAHAPAN PILWAKO

KPU KK ancam buat diluar daerah

NAYODO Kurniawan.

Kotamobagu—Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus mensosialisasikan agar Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Kota Kotamobagu (KK) periode 2013-2018 berjalan lancar, sukses dan aman. Tapi apabila ada gesekan antar pendukung calon walikota dan wakil walikota, maka ada kemungkinan tahapan Pilwako akan digelar di luar daerah. Pada saat debat kandidat pasangan calon nanti, KPU akan membatasi sampai 50 pendukung tiap pasangan calon, dan KPU sendiri belum memastikan tanggal dan tempat pelaksanaan debat kandidat ini. Namun menurut Ketua KPU KK Nayodo Kurniawan, jika pada saat waktu pelaksanaan debat kandidat ini berpotensi konfik antar pendukung pasangan calon, maka KPU akan mengelar tahap ini di luar daerah. “Tidak ada aturan yang mengatur tentang tempat pelaksanaan kandidat. Jadi jika berpotensi akan ada gesekan massa antar pendukung maka kami lebih memilih tahapan ini digelar di Manado,” ujar Nayodo saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Kantor KPU, Jumat (17/5) kemarin. Ditambahkan Nayodo, dalam waktu dekat ini juga

KPU akan segera menggelar kampanye damai. “Dalam satu hari dua calon kandidat akan kampanye damai dengan menggunakan balon sebanyak 2013 buah, dengan warnah partai Politik (Parpol) masingmasing. Itu menandakan tahun digelarnya Pilwako KK,” kata Nayodo. Tidak hanya itu, KPU juga akan membentangkan spanduk putih sepanjang 213 meter di pusat Kota Kotamobagu yang didalamnya masyarakat bisa mencurahkan keinginannya terkait Pilkwako ini. “Spanduk putih penanda harapan, cita-cita dan dukungan dari seluruh komponen masyarakat di Kotamobagu akan penyelenggaraan Pilwako damai. Sedang 213 meter menandakan tahun penyelenggaraan Pilwako yakni 2013,” jelas pria berkacamata ini. Diketahui, ada empat pasangan calon yang telah ditetapkan oleh KPU untuk bertarung dalam Pilwako KK, diantaranya, pasangan Tatong Bara-Jainudin (TBJadi) diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) mendapatkan nomor urut satu, Nurdin MakalalagSahat Robert Siagian diusung oleh koalisi PBB, PPRN dan PDP, mendapatkan nomor urut dua dan pasangan Djaelantik MokodompitRustam Simbala (JelaS) yang diusung oleh partai koalisi antara Golkar dan PDI-P mendapatkan nomor urut tiga, serta pasangan terakhir Mohamad Salim Landjar-Ishak R Sugeha (LARIS) yang diusung koalisi antara Partai Demokrat, PKB, PKS dan PPP mendapat nomor urut empat.(veem)

TUDINGAN HD-FL

Dianggap jatuhkan nama baik KPUD? Boroko—Merasa tidak puas dengan hasil Pemilihan Bupati (Pilbub) dan wakil bupati Bolmut yang diselenggarakan oleh KPUD Bolmong, Tim sukses Pasangan nomor urut 4 Hamdan Datunsolang–Farid Lauma (HD – FL), bakal mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut Andi Daeng Baso selaku saksi pada pelaksanaan pleno rekapitulasi dan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih pada Kamis (16/5) lalu, katanya banyak kejanggalan selama tahapan

pelaksanaan Pilkada hingga proses penghitungan suara di tingkatan PPK dan PPS. “Kecurangan tersebut dilakukan secara sistematis oleh penyelenggara Pilkada,” kata Andi usai pleno penghitungan suara di halaman KPU DBolmut. Kepada sejumlah wartawan, dirinya membeberkan sehari jelang pemungutan suara. “Kecurigaan kami yakni, adanya konspirasi diantara KPUD untuk memenangkan salah satu calon,” ujarnya. Dia menambahkan, bukti lainnya mengenai masalah

pencoblosan kartu suara. Hal ini terjadi hampir di 45 persen TPS yang mengadakan pemungutan suara saat itu. “Kami akan lanjutkan ke MK, dengan tidak akan melewati waktu yang diberikan,” tegasnya. Terpisah Ketua KPUD Bolmut Drs Mahyudin Pandialang, membantah tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Dirinya menganggap tudingan yang dilontarkan Andi Daeng Baso merupakan langkah – langkah untuk menjatuhkan nama baik institusinya. “Itu sama sekali tidak benar.

Fitnah besar, demi Tuhan kami tidak pernah memihak atau membeda-bedakan pasangan calon. Ini bentuk pembentukan opini yang sesat. KPUD mau memenangkan siapa? Plenonya saja mulai dari PPS sampai ke tingkat kabupaten dilakukan dengan terbuka kok dan tidak ada yang protes,”tegas Pandialang, Jumat (17/5) kemarin. Menurut pandialang bagi yang keberatan silahkan untuk mengajukan gugatan ke MK. “Semua punya hak, dan silahkan siapkan materinya. Batas

tiga hari minimal selasa 21 Mei 2013 gugatannya sudah masuk ke MK,” kata Pandialang. Disisi lain Ketua Panitia pemenangan Depri PontohSuriyansyah Korompot (Depri-Syah) Hi Reba Pontoh SE mengungkapkan, jika melihat bukti-bukti pelanggaran yg ada mulai dari permainan uang, hingga melibatkan aparatur pemerintah dilakukan oleh pihak lawan. “Ketelibatan PNS dan jelas banyak dilakukan oleh pihak lawan, tetapi sekarang ini, tentu tidak ada lagi yang namanya musuh ataupun kawan, yang ada tentunya bupati dan wakil bupati masyarakat Bolmut,” tandas Pontoh.(try20)


SABTU 18 MEI 2013

G AUL

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

16 Nine Muses

HOT NEWS

Seohyun tampil lebih berani SEOHYUN, salah satu member alias personel gilrband Korea Selatan, SNSD, terlihat seksi dalam photoshoot terbarunya. Sejak 15 Mei foto itu pun mengundang perhatian, ketika ditampilkan pada papan buletin komunitas online. Beberapa foto Seohyun diupload dengan judul, “Seohyun at the ‘High Cut’ pictorial photoshoot set.” Seperti diberitakan Soompi, penampilan berbeda Seohyun itu langsung jadi perbincangan. Dalam gambar Seohyun tidak seperti biasanya yang sering tampil polos tanpa make up tebal seperti gadis baik-baik. Tapi di foto barunya ini, ia terlihat lebih berani dan lebih seksi dengan make up lebih tebal. Dia tampak dewasa dan cantik dengan bibir merah cerahnya, jaket denim kasual, dan ekspresi wajah seksi. Fans yang melihat foto-foto ini langsung berkomentar, “Apakah itu benar-benar Seohyun? Aku tidak tahu pada awalnya. Saya sangat terkejut,” komentar salah satu penggemar. Penggemar lainnya juga membicarakan penampilan baru Seohyun. “ Dia terlihat begitu berbeda di sini daripada yang biasa, tapi dia masih tampak hebat. Dan sebagai penggemar, saya suka melihat bintang mencoba terlihat berbeda. Dia tampak mengagumkan di sini.(vvnc)

Terlalu seksi, diminta ganti kostum UNTUK menarik perhatian banyak orang, tampil seksi tentunya sangat dibutuhkan. Namun, terkadang terlalu seksi juga membuat

beberapa pihak risih. Hal tersebut terjadi pada Nine Muses. Dilansir Soompi, Jumat (17/5) kemarin, Nine Muses diminta untuk mengganti kostumnya

karena dinilai terlalu seksi. Di acara ‘Music Bank’ kali ini, para pengisi acara akan menyanyi dua lagu. Lagu dari musisi itu

sendiri dan lagu orang lain dari penyanyi senior. Rencananya, mereka akan menyanyikan lagu Park Ji Yoon ‘Coming of Age Ceremony’.

Nine Muses juga akan memakai kostum yang ditampilkan di video klip lagu tersebut. Tank top hitam dan rok panjang dengan belahan tinggi sepaha.

Namun, pihak ‘Music Bank’ melihat hal tersebut terlalu seksi. Nine Muses pun terpaksa mengganti kostum mereka secara tiba-tiba.(dthc)

18 Mei 2013  

Swara Kita, 18 Mei 2013

Advertisement