Issuu on Google+

A

W

AL 1

1 anggota FPI jadi buron

NADIA VEGA

Selalu berpikir positif

BERFIKIR positif, mungkin sangat mudah diucapkan namun tak mudah dijalankan. Namun untuk artis cantik Nadia Vega, berpikir positif mutlak selalu dijalankan untuk mendapatkan mood yang bagus. “Ya namanya manusia ada negatif thinkingnya. Tapi kalau kebawa sedih terus muka kebawa jelek, mood juga kebawa. Makanya kalau ada pikiran yang negatif langsung aku belokin aja ke yang positif-positif,” ungkapnya. Baca: Selalu ( Halaman 2 )

INTERNASIONAL IRAN

Presiden Rouhani tunjuk perempuan sebagai wapres

PRESIDEN Iran Hassan Rouhani yang menggantikan Mahmoud Ahmadinejad.(foto: ist)

KEBIJAKAN reformis mulai dikeluarkan Presiden Iran yang baru, Hassan Rouhani. Pria yang baru saja menggantikan Mahmoud Ahmadinejad itu menunjuk perempuan sebagai salah satu calon wakilnya. Seperti dilansir Fars, Senin (12/8) kemarin, Elham Aminzadeh akan menjadi wakil presiden perempuan pertama Iran jika pencalonannya disetujui parlemen. Dia nantinya menjabat sebagai wakil presiden bidang hukum. Aminzadeh ditunjuk Rouhani bersama empat calon wakil presiden lainnya. Kelima calon akan mengurus bidang-bidang yang berbeda. Rouhani menyerahkan daftar calon wakil presiden ke parlemen pada Senin, 12 Agustus pagi waktu setempat. Anggota parlemen rencananya akan membahas daftar itu pada 15 Agustus mendatang. Sebelumnya, Aminzadeh memiliki posisi sebagai anggota parlemen untuk urusan keamanan nasional dan hubungan luar negeri. Seprti Rouhani, Aminzadeh juga sempat mengenyam ilmu di Universitas Glasgow di Skotlandia. Rouhani resmi diangkat menjadi presiden dua pekan lalu. Dia dikenal sebagai ulama moderat yang memilki hubungan dekat dengan tokoh reformis seperti mantan Presiden Hashemi Rafsanjani dan Mohammad Khatami. Rouhani menjadi presiden setelah memenangi pemilu pada Juni lalu. Sebagai sosok moderat, Rouhani mengalahkan calon presiden lainnya yang berasal dari kelompok konservatif. Terpilihnya Rouhani menjadi angin segar bagi Negara Barat. Rouhani dianggap memiliki sikap yang lebih lunak dibandingkan dengan Ahmadinejad. Jabatan presiden sebenarnya memiliki kekuasaan terbatas dalam pemerintahan Iran. Penguasa sebenarnya di Iran adalah Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei.(okez)

LILYANA Natsir.

KEBANGGAAN tersendiri ditorehkan pebulutangkis andalan Indonesia asal Manado, Lilyana Natsir, ketika dirinya yang berpasangan dengan Tontowi Ahmad behasil menjadi juara dunia dalam Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 yang dihelat di Guangzhou, China. Tentunya tak

Surabaya—Masih hangat diingatan kasus Front Pembela Islam (FPI) di Kendal Jawa Tengah sebelum bulan puasa yang bentrok dengan warga akibat anarkisme organiasi masyarakat (ormas) tersebut, kejadian hamper serupa kembali terjadi di Lamongan Jawa Timur, Senin (12/8) subuh kemarin. Dua unit sepeda motor dibakar dan dua rumah dirusak menyusul bentrokan antara massa FPI dan warga yang mengakibatkan seorang warga setempat terluka. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Timur, Kombes Pol Awi Setiyono, mengatakan Polres Lamongan telah mengamankan 42 pelaku perusakan dan penganiayaan, sekitar pukul 04.00 WIB. Penangkapan itu setelah penyisiran oleh 120 anggota Polres Lamongan yang dipimpin Kepala Polres Lamongan AKBP Solehan. Polisi kini masih mengejar Zaenuri alias Zen, dimana anggota FPI Lamongan ini ditetapkan sebagai tersangka setelah terlibat penyerangan pelanggan Play Station milik Eko di Dusun Gowah, Kelurahan Blimbing, Kecamatan Paciran, Lamongan. Dua rekan Zen, yakni, Viki dan Gondok yang terlibat dalam penyerangan pada Kamis (8/8) itu ditangkap dan telah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara Zen keburu kabur. “Sudah dikeluarkan DPO terhadap yang bersangkutan.” kata Awi dihubungi Tempo, Senin 12 Agustus 2013. Penganiayaan oleh Zen dkk ini diduga menjadi pemicu bentrokan lebih besar ini mengakibatkan korban Zaenul Effendi, Agus Langgeng dan Sampurno mengalami luka bacok dan tendangan. Menyusul serangan kelompok Zen pada malam takbiran itu, pada 11 Agustus 2013 sekitar pukul 23.30 WIB, 20-an orang warga Blimbing melakukan aksi balasan. Mereka mencari Zen namun tidak diketemukan dan melakukan penganiayaan terhadap istri Zen yakni Sundari, 30 tahun sehingga mengakibatkan luka bacok di tangan kiri dan kemudian dirawat di Puskesmas Paciran. Selain itu penganiayaan juga mengakibatkan korban lainnya, yakni Riyan, 20 tahun mengalami luka bacok kepala dan dirawat di RS Medikal Tuban. Akibat kejadian ini pelaku yang sudah diamankan Polres Lamongan dua orang yakni Slamet Bandiono alias Raden 35 tahun dan Said 16 tahun. Baca: 1 anggota ( Halaman 2 )

hanya kegembiraan pribadi bagi Butet— sapaan akrab Lilyana— namun juga kebanggan warga Sulut yang telah mengumandangkan kembali “Indonesia Raya” di kancah internasional setelah lama tak terdengar. Baca: Juara ( Halaman 2 )

PRESIDEN SBY.

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

SELASA 13 AGUSTUS 2013 NOMOR 02344 TAHUN VII

BENTROK SELEBRITI

43

4 H

ID

F U L IT

RI

1 SY

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

Juara dunia, Presiden langsung telepon Butet

Pemerintah potong gaji PNS pembolos Sanksi berat berupa pemecatan sudah disiapkan KemenPAN-RB

Jakarta—Libur panjang yang diberikan pemerintah kepada pegawai negeri sipil (PNS) saat Idul Fitri, seolah belum cukup bagi sebagian aparatur Negara. Pasalnya, di Sulut sendiri baik pegawai di Pemprov Sulut maupun di kabupaten/kota, masih ada yang menambah-nambah libur. Karena itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar dengan tegas mengatakan bakal memotong tunjangan remunerasi PNS yang membolos di hari pertama berkantor Senin (12/8) kemarin. Ia menilai pemerintah sudah memberi cukup waktu libur Lebaran selama 9 hari sudah cukup. “Selain remunera-si, pegawai yang tidak masuk bakal diberi sanksi peringatan. Remunerasi sudah

AZWAR Abubakar.

pasti dipotong,” tegas Azwar.Pemerintah diketahui menerapkan cuti bersama selama tiga hari sebelum hari raya Idul Fitri 1434 H, yang jatuh pada 8 Agustus lalu. Ditambah libur Sabtu-Minggu, total libur para pegawai menjadi sembilan hari. Baca: Pemerintah ( Halaman 2 )

LISTRIK PROSES pencarian korban Ramadhan Bro’o yang tenggelam di Pantai Manado pekan lalu, di hari terakhir Senin (12/8) kemarin dipimpin Wawali Manado Harley Mangindaan.(foto: ist)

MUSIBAH ANAK TENGGELAM

TNI AL diharapkan segera ambil-alih pencarian korban Manado—Pencarian seorang anak tenggelam di muara Sungai Sario, Maando, hingga di laut lepas teluk Manado, akhirnya dihentikan pada Senin (12/8) kemarin. Korban teridentifikasi bernama Ramadhan Bro’o (10 tahun). Pasalnya, menurut Wakil Walikota Manado Harley

Mangindaan, sesuai protap pencairan telah dilakukan 7 hari sejak tenggelamnya korban pada Selasa (6/8) lalu. “Tim gabungan telah melakukan pencarian terhadap korban Ramadhan Bro’o umur 10 tahun yang adalah warga Kelurahan Titiwungen Selatan Lingkungan V. Dan hingga hari ini (kemarin, red)

upaya pencarian telah dilakukan hingga ke muara DAS Tondano. Sesuai dengan protap, hari ke 7 dihentikan,” terang Wawali yang didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado, Maximilian Tatahede. Baca: TNI ( Halaman 2 )

PLN gratiskan tambah daya hingga akhir Agustus 2013 Manado—PT PLN (Persero) kembali memberikan insentif tambah daya listrik gratis untuk biaya penyambungan (BP) bagi pelanggan listrik PLN di seluruh Indonesia. Hal ini dalam rangka Hari Raya Idul Fitri. Pelanggan dengan daya 450 VA, 900 VA, 1.300 VA dan 2.200 VA, masingmasing diberi kesempatan untuk menaikkan daya listriknya ke 1.300 VA hingga 3.500 VA. Layanan tambah daya gratis BP ini berlaku hingga 31 Agustus 2013. “Layanan tambah daya gratis BP diperuntukkan bagi pelanggan listrik

CAPRES DEMOKRAT

Putra mahkota juga ikut konvensi Jakarta—Partai Demokrat sudah menjaring 11 nama untuk ikut bertarung dalam konvensi calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2014 mendatang. Di antara para peserta konvensi, ternyata ada putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas yang juga menjabat Sekjen DPP Partai Demokrat. Hal tersebut diungkapkan

Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Jero Wacik kepada wartawan di Jakarta, Minggu (11/8) malam. “Loh, makanya dia putra mahkota (Ibas) dimasukkan ke konvensi, kalau enggak disukai rakyat ya enggak bisa. Kalo disukai rakyat, oke. Tapi mana yang disukai oleh rakyat, dipercayai oleh rakyat, itu yang akan kita usung,” katanya sambil tersenyum. Baca: Putra ( Halaman 2 )

SEKJEN DPP Partai Demokrat Ibas Yudhoyono akrab dengan Ketua DPD Partai Demokrat Sulut GS Vicky Lumentut.(foto: donny/sk)

LEFRAND Maleke.

pasca bayar dan listrik pintar (prabayar). Khusus bagi pelanggan listrik pintar (prabayar) selain bebas biaya penyambungan, pelanggan juga tidak dikenakan Uang Jaminan Langganan (UJL),” kata General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sulut-tenggo melalui Deputy Manager Bidang Hukum dan Hubungan Masyarakat Lefrand Maleke, Senin (12/8) kemarin. Dikatakan Maleke, PLN mempertimbangkan aspek kenyamanan saat keluarga dan masyarakat bersilaturahmi merayakan Lebaran sehingga memberikan kesempatan berupa bebas biaya penyambungan bagi pelanggan yang ingin menambah daya listrik bila merasa kebutuhan listriknya meningkat. Baca: PLN ( Halaman 2 )

Jens Stoltenberg ingin dengar langsung aspirasi warganya

Cara PM Norwegia blusukan, menyamar jadi supir taksi Perdana Menteri (PM) Norwegia, Jens Stoltenberg, memiliki cara unik untuk mengetahui aspirasi rakyatnya. Pada suatu Jumat usai santap siang, dia tiba-tiba keluar kantor dan nyambi jadi supir taksi. Kantor berita BBC, Minggu 11 Agustus 2013 melansir kejadian itu dari video yang dipajang di akun resmi media sosial milik Stoltenberg. Video itu akan digunakan Stoltenberg untuk meraih simpati rakyat dalam pemilu 9 September mendatang.

PM Norwegia Jens Stoltenberg menyamar jadi supir taksi dengan mengankut penumpang sekaligus berbincang untuk untuk mendengarkan aspirasi warganya.(foto: ist)

DENGAN mengenakan seragam lengkap supir taksi dan kaca mata hitam, Stoltenberg, siap beraksi mengantarkan rakyatnya ke tujuan mana pun

menggunakan taksi di Oslo. Di dalam taksi, seluruh adegannya terekam kamera. “Sangat penting bagi saya untuk mengetahui apa yang sebenarnya ada di pikiran

rakyat. Salah satu tempat di mana mereka mengungkapkan aspirasinya yaitu saat berada di dalam taksi,” ujar Stoltenberg. Beberapa penumpang

yang menumpang taksi itu, sudah menduga sejak awal bahwa si supir merupakan pemimpin mereka sendiri. Baca: Cara ( Halaman 2 )


SELASA 13 AGUSTUS 2013 1 anggota ... dari Halaman 1 Kejadian di rumah Zen kemudian memicu kelompok FPI dipimpin Faruk Mubarok beserta 42 orang FPI sekitar pukul 01.00 WIB mencari pelaku penganiayaan Sundari dan menuju rumah Mukhlis di TKP dusun Dengok Desa Kandang Semangkon, Kecamatan Paciran. Para pelaku merusak kaca rumah, TV dan 6 sepeda motor dirusak. Setelah itu, sekitar pukul 01.30 WIB, para pelaku menuju TKP di Jalan Daendels Paciran tepatnya di depan dealer Suzuki melakukan sweeping dan menganiaya dengan membacok Hamzah Soleh, 18 tahun sehingga mengalami luka di telinga kiri dan hampir putus serta luka bacok di punggung. Pelaku juga membakar dua unit sepeda motor. Selain para pelaku telah diamankan, barang bukti sebanyak 43 senjata tajam dan lima kayu balok menjadi alat bukti. Saat digiring ke Polres, semua anggota FPI tidak ada yang mengakui kalau senjata dan alat bukti lainnya milik mereka. Namun, polisi yang dipimpin Kapolres akhirnya berhasil membuat para pemilik senjata tajam itu bicara dan mengakui alat bukti tersebut. Semua senjata tajam dan alat bukti itu kemudian digelar di depan pelataran Polres Lamongan. Sebanyak 32 ponsel yang dibawa anggota FPI pun turut diamankan polisi. Kapolres Lamongan dikonfirmasi terpisah menyatakan sudah banyak yang ditetapkan sebagai tersangka. “Dari 22 senjata tajam yang diakui anggota FPI jelas sebagai tersangka,” katanya.(temc/komc/dw)

PLN ... dari Halaman 1 Untuk mendaftar tambah daya tidak perlu datang ke kantor PLN. Sebab pelanggan hanya cukup menghubungi call center PLN lewat telepon di nomor 123 (melalui telepon tetap) atau (kode area) 123 (melalui seluler). Disamping itu juga bisa mendaftar dengan cara online melalui website www.pln.co.id. Dengan demikian, diharapkan pelanggan semakin merasakan kemudahan, kecepatan dan kenyamanan dalan berurusan dengan PLN. “PLN sendiri berharap, layanan tambah daya gratis ini benarbenar dimanfaatkan sebaik mungkin oleh pelanggan sehingga dapat menggunakan listrik dengan lebih nyaman,” tambah Maleke.(brik/try24/gb)

Juara ... dari Halaman 1 Butet yang lahir di Manado, 9 September 1985, memang sejak kecil sudah menunjukkan bakatnya sebagai atlit bukutangkis. Dengan bakatnya ini, sehingga anak bungsu dari pasangan Beno Natsir dan Olly Maramis ini sejak duduk di sekolah dasar, sudah bergabung dengan klub bulutangkis Manado, Pisok. Pada tahun 1997, Butet yang berusia 12 tahun diterima masuk di PB Tangkas, Jakarta. Inilah kebanggaan Sulut, bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun memuji prestasi Butet Cs di Guangzhou tersebut. Meski demikian, Presiden berharap tidak berpuas diri atas prestasi tersebut. “Selamat untuk para atlet kita. Rakyat Indonesia tentu bangga dan bersyukur, tapi jangan berpuas hati. Terus lakukan untuk lebih meningkatkan prestasi kita,” kata Presiden di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (12/8) kemarin. Presiden lalu bercerita ketika tim bulu tangkis didampingi para pelatih dan Pengurus Pusat PBSI di Istana Negara menemuinya sebelum bertolak ke Guangzhou. Presiden berpesan agar atlet bermain rileks tanpa beban. “Karena Indonesia punya tradisi dan sejarah keunggulan di bidang bulu tangkis. Meskipun sekarang tantangannya berat, banyak negara yang juga memiliki atlet-atlet kondang di bidang bulu tangkis,” katanya. Presiden mengatakan, ketika pertandingan dua pasangan Indonesia tersebut, dirinya menonton dari di Istana Cipanas. Saat itu, Presiden dan beberapa menteri tengah menyusun pidato kenegaraan yang akan dibacakan di Sidang Bersama DPR dan DPD. “Kita bersyukur, bangga. Saya langsung menelepon kepada Liliyana dan Tantowi. Waktu itu, rasa senang saya, bangga saya, syukur saya (disampaikan). Kemudian kepada pimpinan PBSI Pak Gita Wirjawan. Artinya apa, kalau kita tekun, kita persiapkan diri kita dengan baik, terbuka peluang untuk memenangkan kompetisi internasional,” pungkas Presiden. Diketahui, selain pasangan ganda campuran Tontowi/Lilyana yang merebut gelar juara, hal serupa dialami ganda putra Hendra SetiawanMohammad Ahsan yang juga merebut gelar juara dunia, sehingga Indonesia merebut dua predikat juara dunia. Pada kesempatan yang sama, Presiden SBY mengkritik tim sepakbola Indonesia yang belum menujukan prestasi. Presiden berharap agar pembinaan olahraga lain, terutama sepakbola, mencontoh pembinaan bulu tangkis saat ini. Kunci sukses olahraga, menurut Presiden, adalah kepengurusan yang baik sehingga bisa mempersiapkan tim dengan baik. “Kita bangkitkan kembali olahraga di negeri ini, sepak bola. Pesan saya berlatih yang benar, siapkan yang benar, jangan gaduh antarpengurus. Jadi kuncinya kalau pengurusnya beres, tidak berantem satu sama lain, berkonsentrasi untuk memajukan olahraga yang dibinanya, olahraga itu akan berkembang,” tukasnya.(komc/dw)

Selalu ... dari Halaman 1 Untuk mendapatkan mood positif selalu, Nadia ternyata juga memiliki penyemangat atau mood booster. “Tergantung sih, nggak pasti. Tergantung aku lagi kepikirannya apa saja, bisa tempat, buku atau seseorang. Aku suka buku fiksi, aku suka berkhayal kali ya,” lanjutnya. Namun, meski mengaku sebagai penyuka buku, bintang film ini belum siap untuk membuat buku. “Buku belum sih, rencana mau bikin animasi lebih ke grafis. Kalau e-book sudah sempat bikin pas kuliah, tapi masih setengah ya pengen diselesaiin tapi nanti deh,” tandas dara kelahiran Pekanbaru, 12 Desember 1987.(kplc)

PENGUMUMAN Dengan akte Nomor 10 tanggal 3 Agustus 2013, dibuat dihadapan THEOMARIS EDDY BOHAM SH MH, Notaris di Kota Manado telah dimasukkan seluruh aktiva dan pasiva CV BINA SARANA MEDIKA yang berkedudukan di Kota Manado kedalam PT BINA MEGA SARANA berkedudukan di Kota Manado. Keberatan-keberatan mengenai hal tersebut diatas dapat diajukan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI di Jakarta selambat-lambatnya 2 (dua) bulan sejak tanggal pengumuman ini. Direksi PT BINA MEGA SARANA

Utama

Untuk Nasional & Mancanegara

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

2

Pengadilan AS larang bayi dinamai “Messiah” Nama arti “Sang Juru Selamat” ini dinilai tak pantas digunakan Tennessee—Pengadilan di Tennessee, Amerika Serikat (AS), melarang menggunakan nama “Messiah” sebagai nama anak. Itulah sebabnya, pengadilan mengubah nama se-orang bayi yang menggunakan kata ini menjadi

“Martin”. Diberitakan WBIR, Minggu 11 Agustus 2013, Hakim Perlindungan Anak Pengadilan Distrik Tennessee, Lu Ann Ballew, mempermasalahkan bocah dengan nama Messiah DeShawn McCullough. Menurutnya, nama Mes-

Paus: Muslim saudara kita

siah adalah julukan untuk Yesus dalam agama Kristen. Messiah biasa disebut juga Al-Masih berarti Sang Juru Selamat. “Messiah adalah sebuah gelar, dan gelar ini hanya milik satu orang, dan orang itu adalah

Yesus Kristus,” kata Ballew. Akhirnya, pengadilan memutuskan untuk mengganti nama Messiah menjadi Martin. Ayah bayi tujuh bulan ini, Jaleesa Martin, mengaku kecewa atas keputusan hakim dan mengajukan banding. Menurutnya, nama Messiah sangat pas, mengingat dua anaknya sebelumnya bernama Micah dan Mason. “Saya terkejut. Saya tidak berniat menamai anak Mes-

siah karena itu artinya Tuhan dan saya tidak mengira hakim bisa mengubah nama anak saya karena keyakinan agamanya,” kata Jaleesa. Hakim Balley mengaku ini kali pertama dia memerintahkan nama seseorang diubah. Dia berkilah keputusannya ini tepat untuk anak itu, terutama karena bocah itu akan tinggal di negara yang penduduknya mayoritas beragama Kristen. “Nama

itu bisa membuatnya canggung di tengah masyarakat dan dalam tahap ini dia tidak bisa memilih nama yang tepat untuknya sendiri,” kata Ballew. Kendati dilarang, namun nama Messiah adalah salah satu yang terbanyak digunakan orangtua untuk anaknya pada tahun 2012, menurut data tahunan nama bayi populer Badan Keamanan Sosial AS.(vinc)

Menurutnya, tindakan indisipliner ini ialah terkait dengan absensi. Tidak masuk kerja tanpa izin atau membolos selama 45 hari, PNS akan terkena sanksi pemecatan. “Jadi hati-hati kalau mau tidak masuk. Bahaya. Bulan lalu kan sudah 70 orang yang kita berhentikan,” ujarnya. Azwar mewanti-wanti kepada para PNS untuk lebih memperhatikan disiplin aspek absensi. “Jadi kalau masalah absensi, nggak masuk 2 atau 3 hari itu sudah kena peringatan,” tuturnya. Berdasarkan PP Nomor 53 tahun 2010, jenis hukuman akibat tindakan membolos PNS ialah 5 hari terkena sanksi teguran

lisan. 6 sampai 10 hari terkena teguran tertulis. 11 sampai 15 hari terkena pernyataan tidak puas secara tertulis. 16 sampai 20 hari terkena penundaan kenaikan gaji berkala. 21 sampai 25 hari terkena penundaan kenaikan pangkat. 26 sampai 30 hari terkena penurunan pangkat 1 tingkat lebih rendah selama 1 tahun. 31 sampai 35 hari terkena penurunan pangkat 1 tingkat lebih rendah selama 3 tahun. 36 sampai 40 hari terkena pemindahan dalam rangka penurunan jabatan 1 tingkat lebih rendah. 41 sampai 45 hari terkena pembebasan dari jabatan. 46 hari atau lebih terkena pemecatan.(temc/merc/dw)

PAUS Fransiskus saat menyapa umatnya dari dekat.(foto: ist)

Vatikan—Pemimpin tertinggi umat Katolik dunia, Paus Fransiskus memberi ucapan selamat kepada umat muslim yang baru saja merayakan hari raya Idul Fitri. Dia mengucapkan selamat di tengah ceramahnya di Vatikan Minggu 11 Agustus. “Saya ingin mengucapkan salam bagi umat muslim yang baru saja merayakan Idul Fitri. Umat muslim di seluruh belahan dunia adalah saudara kita,” ujar Paus, seperti dikutip dari Global Post, Senin (12/8) kemarin. Paus Fransiskus memang ingin memperbaiki hubungan antara dunia Islam dengan Gereja Katolik yang sempat merenggang. Beberapa tokoh Islam mengkritik pendahulu Paus Fransiskus, Paus Emeritus Benediktus, yang dianggap memiliki sikap anti-Islam. “Saya harap warga Nasrani dan Muslim bisa saling menghormati. Kita harus mengajari kaum muda untuk menghormati agama orang lain,” lanjut Paus yang disebut lebih membumi dan tidak sungkan merangkul semua elemen masyarakat.(okez)

Pemerintah ... dari Halaman 1 Pada Senin kemarin, semua pegawai diharuskan masuk seperti biasa. Azwar mengatakan PNS seharusnya tak ada yang terlambat, apalagi membolos, pada hari pertama seusai libur Lebaran. Menurut dia, selama para pegawai libur, masyarakat sudah dikorbankan karena tidak mendapat pelayanan. Jadi, kata Azwar, pegawai negeri harus bekerja lebih giat dan semangat dalam melayani masyarakat. “Jangan sudah libur lama, masih saja malasmalasan,” katanya.

Kepala Hubungan Masyarakat KemenPANRB, Imanudin, mengatakan akan ada sanksi berat lainnya jika tidak masuk selama 46 hari secara kumulatif, pegawai akan diberhentikan. “Kalau dulu kan dihitung secara berturut-turut, bukan kumulatif,” ujarnya. Dengan sanksi itu, Imanudin mengklaim jumlah pegawai negeri yang membolos setelah libur panjang semakin sedikit dari tahun ke tahun. Selain rasa takut

tidak disiplin di kalangan pegawai negeri,” katanya kemarin. Salah satu solusi yang efektif, kata Andrinof, adalah menggelar upacara pagi. “Daftar hadirnya diganti apel pagi saja,” ujarnya.

akan sanksi, para pegawai memperhitungkan riwayat kerja dan kinerja mereka yang pasti tercoreng jika ada promosi kenaikan jabatan. “Yang tua-tua malu sama yang muda,” ucapnya. Pengamat kebijakan publik Andrinof Chaniago memprediksi masih banyak PNS yang membolos setelah libur Lebaran. Sanksi pemotongan uang tunjangan kinerja, menurut dia, tidak membuat mereka jera. “Sulit menghapus budaya

Terkait hal itu, Azwar menyatakan tercatat sebanyak 70 PNS dikenai sanksi pemecatan pada bulan lalu. Pemecatan ini dilatar belakangi oleh tindakan indisipliner.

hal tersebut akan dikoordinasikan dengan pihak TNI AL, Selasa (19/8) hari ini. “Saya besok (hari ini, red) akan ke kantor AL untuk menyampaikan maksud warga dan keluarga. Jika memungkinkan tentunya hal itu akan ditempuh,” terang Wawali. Seperti diketahui, peristiwa tenggelamnya korban Ramadhan Bro’o tersebut terjadi pada Selasa (6/8) pekan sekitar pukul 12.30 Wita. Pada saat tersebut Ramadhan bersama lima temannya mandi di muara Sungai Sario, Pantai Manado. Namun pada saat mandi,

dua orang anak tenggelam dan terbawa arus, yakni Ramadhan dan Alfikri Jusuf (11), warga Kelurahan Titiwungen Selatan Lingkungan V Manado. Korban Alfikri langsung ditemukan masyarakat setempat di bebatuan reklamasi dalam kondisi tak bernyawa lagi alias meninggal dunia, sedangkan Ramadhan langsung hilang dan belum ditemukan. Hingga kemarin, tim SAR menyasar sepanjang pantai Manado hingga ke Pelabuhan Manado, namun pencarian korban tak membuahkan hasil.(teem/dw)

Benz yang dikendarainya menggunakan sistem otomatis, dia malah menginjak pedal rem padahal ingin menginjak kopling. “Maaf ini merupakan kali pertama saya menyetir setelah delapan tahun,” ujar Stoltenberg kepada si penumpang. Ditanya harian VG apakah dirinya akan menekuni profesi sopir taksi apabila kalah dalam pemilu September mendatang, Stoltenberg hanya tersenyum. “Saya rasa negara dan

penumpang taksi Norwegia akan lebih terbantu apabila saya kembali terpilih menjadi PM dan bukan supir taksi,” ujarnya sambil tertawa. Stoltenberg memang sosok yang populer di negaranya. Namun sebuah survei yang baru-baru ini diadakan menyatakan dia masih jauh tertinggal dibandingkan kelompok oposisi. Dalam pemilu nanti, partai buruh pimpinan Stoltenberg harus meraih minimal 85 kursi untuk bisa meraih suara mayoritas.(vinc)

JULI, 70 DIPECAT

TNI ... dari Halaman 1 Ikut dalam pencarian di hari terakhir kemarin Badan SAR Nasional Manado, BNPB Sulut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado, RAPI Manado, PMI serta masyarakat. Kendati begitu, Wawali menegaskan, Tim SAR akan tetap melakukan pemantauan di lokasi dan sekitar kejadian. “Saya menghimbau agar pihak kecamatan dan kelurahan bisa bekerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan pemantauan terus di lokasi. Bagi nelayan di pesisir Teluk Manado dan sekitarnya bisa membantu pemerintah dalam

pencairan ini jika ada tanda-tanda bisa informasikan ke tim SAR,” ujar Wawali sembari menambahkan, pihak kecamatan dan kelurahan bisa memasang tanda larangan jangan bermain di bawah jembatan lokasi terjadinya musibah anak tenggelam. Untuk selanjutnya, pencarian korban akan diserahkan kepada TNI Angkatan Laut (AL), karena pencarian akan dilakukan melalui penyelaman hingga ke dasar laut, dan diharapkan TNI AL mengambil-alih pencarian korban. Karena itu, Wawali menegaskan kalau

Cara ... dari Halaman 1 “Apabila dilihat dari sisi ini, Anda terlihat mirip Stoltenberg,” ungkap seorang kakek yang menumpang taksi itu. Kebanyakan mereka membahas mengenai politik yang berlangsung di Norwegia dan isu pemilu. Seorang nenek mengkritik gaji pejabat negara yang terlalu tinggi. Sementara Stoltenberg menepis anggapan itu. “Ya, Anda kan seorang PM. Tentu saja bisa berkata demikian,” ujar si nenek. Stoltenberg kemudian menjawab kendati dia

ingin membuat kebijakan yang berbeda soal itu, maka ide tersebut harus didukung banyak orang. “Saya tidak bisa seorang diri memutuskan masalah itu,” kata Stoltenberg. Sementara seorang penumpang lainnya bertanya kepada Stoltenberg apakah dia berminat mencalonkan diri lagi sebagai PM. Dia menjawab itulah yang saat ini tengah dilakukannya. Namun saat mengantar seorang penumpang wanita, Stoltenberg, melakukan kesalahan. Lupa bahwa taksi Mercedes

Putra ... dari Halaman 1 Jero juga menyatakan bahwa konvensi Partai Demokrat hanya mencari calon presiden untuk bertarung pada Pilpres 2014. “Konvensi ini adalah konvensi capres tidak ada konvensi untuk calon wakil presiden,” kata Menteri ESDM ini. Lebih lanjut, dia menambahkan konvensi partai berlambang Mercy itu benar-benar serius untuk mencari orang nomor satu di Indonesia. “Hasilnya nanti akan ditentukan oleh publik melalui tiga lembaga survei yang kredibel, dan yang terbaik,” tutur Jero. Dikatakannya, saat ini peserta konvensi tersebut sudah lebih dari sepuluh orang. “Tidak ada yang mendaftar, kami yang menghubungi mereka satu per satu, ada sebelas orang yang bersedia. Itu ada yang dari kader, tetapi kebanyakan dari luar Partai Demokrat,” akunya. Namun Jero masih enggan membeberkan identitas 11 tokoh tersebut, namun menurutnya, 11 tokoh itu menyatakan serius ikut konvensi. “Oh

nama-nama itu belum boleh disebutkan, nanti lah ada wktunya. Sabar dulu,” tuturnya. “Akhir Agustus akan diumumkan. Pokonya akhir Agustus peserta konvensi resmi akan diumumkan,” ujar Jero. Ditambahkannya, dari 11 nama tersebut, belum ada satupun perempuan di antaranya. “Peserta perempuan belum ada. Lagi dicari nih perempuannya,” katanya. Di satu sisi, Jero juga membenarkan, bahwa konvensi tersebut belum tentu mendongkrak elektabilitas partai bernomor urut tujuh itu. “Karena itu kita sinergis. Karena kalau Demokrat suaranya kecil kan yang capres-capres ini kan pasti akan bertanya, bagaimana mau mengusungnya kan partai kita cuman tujuh persen misalnya, berat itu. Tapi kalau kita dapat 18 persen misalnya, mudah kita mengusungnya maka itu ada sinergis antara capres-capres yang ikut konvensi dengan elektabilitas Partai D e m o k r a t , ” ungkapnya.(okez/dw)


Sulut

SELASA 13 AGUSTUS 2013

PAD SULUT

Tumiwa: Juli, realisasi pendapatan tembus 61,4 M REALISASI pendapatan asli daerah ( PAD) untuk Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Sulut hingga 31 juli 2013, ternyata menembus Rp 384,398,846,621 Miliar atau 66,33 persen dari target yang diberikan ditahun 2013 sebesar Rp 579,563,464,750 Miliar, dimana untuk realisasi Juli mencapai Rp 61,966,868,060 Miliar. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Provinsi Sulut Drs Marhaen Roy Tumiwa MPd, Senin (12/8) kemarin. Lebih lanjut Tumiwa yang didampingi Sekretaris Dipenda Jane Mendur SE, mengatakan, bahwa realisasi ini diperoleh dari Pajak Kedaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama-Kendaraan bermotor (BBNKB), PBB-KB, P3AP, Denda PKB dan Denda BBKBN yang dikelola di 15 UPTD yang ada di kabupaten/ kota se-Sulut. Dikatakannya pula, selain itu kesadaran masyarakat dalam membayar pajak patut diberikan apresiasi, pasalnya realisasi capaian target di Kabupaten/kota semua dapat dicapai dengan baik, namun perlu terus dilakukan pembenahan baik dari segi organisasi dan pelayanan oleh seluruh jajaran Dipenda Sulut. Menurutnya, saat ini pelayanan sangat baik, sehingga perlu terus ada perbaikan menuju yang lebih baik, sehingga capaian dan target yang diberikan dapat dicapai, termasuk memberikan rasa nyaman dan puas bagi seluruh wajib pajak yang ada di Sulut. Ditambahkannya, dibandingkan bulan lalu capaian hingga Rp 322,431,978,561 untuk bulan Juli terjadi kenaikkan hingga Rp 384 Miliar, dan ini harus terus ditingkatkan terus.(erer)

AGENDA

Kansil hadiri pelantikan Rektor De La Salle Manado PERGURUAN tinggi merupakan lembaga institusi pendidikan tinggi yang bersifat kompleks dan unik karena sebagai organisasi yang didalamnya terdapat berbagai dimensi yang saling berkaitan dan saling menentukan serta mempunyai karakter tersendiri dimana terjadi proses belajar mengajar dan tempat terselenggaranya pembudayaan kehidupan umat manusia. Demikian disampaikan Wakil Gubernur Sulut DR. Djouhari Kansil, MPd saat menghadiri pelantikan Rektor Unika De La Salle Manado (12/8) di ruang serba guna. Kansil mengatakan, bahwa Rektor adalah seseorang yang menen-tukan titik pusat dan irama suatu perguruan tinggi sehin-gga keberhasilan perguruan tinggi adalah keberhasilan seorang rektor dalam memimpin, mengatur dan menja-lankan organisasi karena rektor berperan sebagai kekua-tan sentral yang menjadi penggerak perguruan tinggi. “Ditengah-tengah tekad dan komitmen Pemprov Sulut untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Sulut didalamnya termasuk Unika De La Salle Manado untuk senantiasa bersinergi, mendukung dan mensukseskan setiap kebijakan dan program pemerintah provinsi sebagai subangsih pemantapan eksistensi sulut sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik,” harap Kansil. Rektor Unika De La Salle Manado periode 2013 – 2017, Revi R. H. M. Tanod, SS, SE, MA dilakukan oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Katolik De La Salle Manado Pastor Benny Salombre, Pr yang disaksikan oleh pastor Joseph Suatan, Pr.(erer)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

3

Pascalibur, 116 PNS bolos apel Kansil: Akan ada sanksi tegas Manado—Apel kerja yang digelar Pemprov Sulut pascalibur Lebaran, Senin (12/8) kemarin, terdapat sedikitnya 116 pegawai negeri sipil (PNS) yang bolos alias absen dalam kegiatan tersebut. Hal ini dikatakan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut, Ir Sandra Moniaga. “Sedikitnya ada 116 Pegawai yang bertugas di jajaran Pemprov Sulut tidak mengikuti apel kerja bulan Agustus, yang di pimpin Wagub Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd di halaman Kantor Gubernur. Akan tetapi, ketidakhadiran 116 pegawai tersebut bukan tanpa alasan, sebab mereka

itu telah mendapat tugas khusus dari pimpinan SKPD masing-masing,” ujarnya. Dijelaskan Moniaga, ada 35 pegawai sementara mengikuti diklat kepemimpinan, kemudian isin 1 orang, alasan sakit 3 orang, cuti 1 pegawai serta dinas luar dua orang. Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd dalam sambutannya mengatakan, dirinya meminta untuk seluruh PNS Pemprov Sulut, mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik. “Perubahan pola sikap sebagai abdi negara, harus kita berikan demi meningkatkan pelayanan publik ke masyarakat,” ungkap Kansil.

WAGUB Sulut DR Djouhari Kansil MPd saat memimpin Apel Kerja pascalibur Lebaran yang digelar di halaman Kantor Gubernur Sulut, Senin (12/8) kemarin.(foto: ist)

Lanjutnya mengatakan, PNS Pemprov Sulut, harus mampu memposisikan diri sebagai figur kaya inovasi, trampil, memiiki integritas. “Mari kita pacu kinerja organisasi, dan bentengi citra

kualitas kerja dan pelayanan sebagai terobosan meningkatkan organisasi pemerintahan,” tukasnya. Kansil menambahkan, seluruh Kepala SKPD Pemprov Sulut juga, harus

TEMUAN INSPEKTORAT

PASCALEBARAN

Wagub: Masih ada laporan SKPD yang belum tuntas Manado—Hasil evaluasi rapat pimpinan (Rapim) terkait dengan tindaklanjut hasil temuan Inspektorat Sulut untuk Tahun Anggaran 2012/2013, ternyata sampai saat ini masih ada beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemprov Sulut yang belum menindaklanjutinya. Hal itu sangat disayangkan oleh Wakil Gubernur Sulut Dr. Djouhari Kansil MPd, saat memimpin rapim evaluasi temuan Inspektorat tersebut di kantor Gubernur, Senin (12/ 8) kemarin. Didampingi Inspektur Provinsi Sulut Drs Mecky M

Onibala MSi dan Asisten Administrasi Umum Setdaprov Sulut Nixon Watung SH, Kansil menyatakan, ini semua akibat dari tidak disiplin serta kurangnya tanggungjawab kepala SKPD atas arahan pimpinan, sehingga temuan yang semestinya segera ditindaklanjuti tapi belum dilakukan. “Padahal ini merupakan perintah dari Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang, karena beliau terus menerus mengecek kepada saya maupun kepada Inspektur apakah semuanya sudah tuntas diselesaikan atau

belum,” ujarnya. Terkesan banyak alasan yang berbelit-belit, maka Kansil memberi batas waktu pemasukan laporan administrasinya ke Inspektorat Provinsi paling lambat Pukul 15:00 kemarin. “Kalian saya kasih waktu sampai jam 3 sore ini (kemarin) untuk segera masukan laporan ke Inspektorat, karena pada malam harinya akan segera disampaikan kepada pak Gubernur. Jika sampai pagi hari (hari ini,red) di cek kembali masih ada SKPD kumabal, maka akan mendapat teguran keras dari pimpinan,” tandas dihadapan

seluruh jajaran kepala SKPD Pemprov Sulut. Sementara itu, Onibala juga meminta perhatian seriuas dari rekan-rekan kepala SKPD, karena ini sudah menjadi komitmen bersama, untuk memajukan daerah ini. “Hendaklah kiranya kita mau peduli dengan harapan pimpinan. Karena itu , pihaknya akan terus melakukan evaluasi kinerja pimpinan SKPD terkait dengan tugas-tugas bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, termasuk dalam hal pengelolaan keuangan daerah,” tuturnya.(erer)

KEK BITUNG

Tanpa koordinasi, pembangunan sulit terealisasi

JHON Dumais.

Manado—Panitia Khusus (Pansus) Deprov Sulut yang membahas

persiapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung terus menseriusinya. Dimana usai melakukan pertemuan dengan Dewan KEK Nasional di Kementerian Perekonomian RI pada awal Agustus lalu, maka pada Senin (12/8) kemarin, Pansus KEK melakukan pertemuan dengan Pemkot Bitung. “Hasil pertemuan kami dengan Dewan KEK Nasional beberapa hari lalu langsung kami tindak-

menjadi motor penggerak di instansi masing-masing. “Kuasai semua perundangan yang berlaku. Dan jangan lakukan penyimpangan sekecil apapun,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Wagub mengatakan, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, kita senantiasa diharapkan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, karena pelayanan publik merupakan barometer trnasparansi dan akuntabilitas. “Aktualisasinya, maka kepada kita semua harus senantiasa menghadirkan pelayanan yang responsif, cepat tepat dan adil serta tidak berbelit-belit kepada masyarakat. Sementara sebagai arsitek pemerintahan dan pembangunan, maka Kansil minta untuk senantiasa memposisikan diri sebagai aparatur yang memiliki inovasi tinggi serta bermoral yang baik,” kuncinya.(erer)

lanjuti dengan turun langsung ke Bitung sebagai pusat KEK nantinya. Kemudian besok (hari ini, red) kami juga akan berkunjung ke Pemkab Minut, sebab ada wilayah Minut yang nantinya terkait dengan pembangunan KEK ini,” ujar Ketua Pansus KEK, Jhon Dumais. Pertemuan dengan Pemkot Bitung dan Pemab Minut, lanjut Ketua Fraksi Partai Demokrat ini, agar satu dengan lainnya saling koordinasi dan saling menopang, sebab KEK Bitung akan memiliki dampak sangat besar bagi perekonomian daerah dan tentu saja akan menopang dan meningatkan kesejahteraan rakyat. “Hal ini penting kita lakukan, sebab kalau tidak ada koordinasi maka pembangunan tidak berjalan dengan baik dan lancar,” tukas Dumais.

Dalam kunjungan di Bitung kemarin, tim Deprov Sulut diterima langsung Walikota Hanny Sondakh, Wakil Walikota Max Lomban, Sekkot Edison Humiang serta jajaran Pemkot Bitung. Dia menyatakan bahwa pihaknya sangat mensuport Pemkot Bitung dan siap mendukung serta akan membantu penetapan Bitung sebagai KEK. “Sehingga dalam rapat tim Pansus KEK dengan Pemkot Bitung dilakukan diskusi beberapa kajian dalam upaya proses pembangunan KEK,” ujar Dumais. Dia juga menekankan kembali kunjungan Pansus KEK ini bertujuan membahas lebih jauh mengenai kesiapan Bitung atas perencanaan dan percepatan pembangunan KEK Bitung, dimana Pemkot Bitung sendiri ikut mendukung upaya Pansus KEK untuk bersama-sama mempercepat pembangunan ini. “Pak Walikota (Sondakh, red) juga mempunyai visi yang sama dengan kita, sehingga penetapan KEK ini dapat terealisasi dengan baik dan semoga nantinya benar-benar membawa manfaat bagi kemajuan Sulut terlebih khsusus Bitung,” katanya.(dewe)

Kantor Deprov Sulut masih sepi Manado—Senin (12/8) kemarin menjadi hari pertama bagi pegawai negeri sipil (PNS) bahkan beberapa pegawai di perusahan swasta, mulai menjalankan aktivitas berkantor, pascalibur panjang hari raya Idul Fitri. Tak terkecuali pegawai di Sekretariat Deprov Sulut. Namun berbeda dengan anggota dewan, dimana terpantau wartawan di gedung cengkih, tidak ada aktivitas yang berarti yang dilakukan para wakil rakyat sebab tak lebih dari lima orang yang berkantor yang mengakibatkan kantor dewan terlihat sunyi. Pasalnya terlihat sejumlah ruang kerja komisi dan fraksi masih kosong, di ruang kerja staf dewan sendiri masih terlihat sejumlah meja kerja belum ditempati. Ketua Forum Wartawan Deprov (Forward) Sulut Martino Limpong SSos menegaskan, jika pekerja swasta dan PNS dikenakan sanksi jika tidak masuk kantor di hari pertama pascalibur, maka peraturan tersebut tidak berlaku bagi anggota dewan. “Jangankan habis libur, di hari-hari biasa saja banyak anggota dewan yang malas berkantor,” ujarnya dibenarkan para wartawan yang kesehariannya melakukan tugas peliputan di kantor Deprov Sulut. Kondisi ini ikut dikomentari pengamat politik dan pemerintahan Allan Parinusa SSos. “Namanya anggota dewan, mereka masuk kantor semaunya saja. Kalau ditanya kenapa tidak masuk kantor, pasti jawabannya bermacam-macam, seperti keluar

rapat, bertemu konstituen, ada sidak dan lainnya. Itu jawaban klasik mereka,” kritik Parinusa. Hanya saja terinformasi bahwa sejumlah anggota dewan yang masuk dalam Panitia Khusus (Pansus) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung siang kemarin melakukan kunjungan kerja ke Bitung, selebihnya bagi anggota dewan lainnya tidak ada agenda. “Agenda tadi (kemarin, red) ada kunjungan Pansus KEK ke Bitung. Yang lainnya tidak tahu,” ujar salah satu staf komisi yang tak mau namanya dikorankan. Wakil Ketua Deprov Sulut Drs Arthur Kotambunan BSc sebelumnya menegaskan bahwa anggota dewan sudah agenda minggu berjalan ini, di antaranya selain pada hari kemarin Pansus KEK mengunjungi Bitung, maka selanjutnya pada Selasa (13/ 8) hari ini, Pansus KEK akan mendatangi Pemkab Minut. Selain itu, Komisi I bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM merencanakan agenda rapat dengar pendapat masalah tanah Ikarat dan tanah Lantamal pada Rabu (14/8) besok. Juga akan dilaksanakan hearing dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait pengaduan Tim Seleksi Komisioner KPU Sulut, beberapa waktu lalu. “Agendanya memang seperti itu. Pekan ini banyak yang harus secepatnya dituntaskan, khususnya berhubungan dengan publik. Masyarakat mengadu ke dewan dan harus secepatnya ditindaklanjuti,” ucap Kotambunan.(dewe)

HUT RI & HUT PROV SULUT

Bakal dihadiri kawanua se-dunia Manado—Reuni Kawanua se-Dunia Pulang Kampung (Pulkam) akan mewarnai peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-68 dan HUT ke-49 Provinsi Sulut Tahun 2013. “Kehadiran ratusan kawanua sedunia pulkam yang dipimpin penanggung jawab Ibu Mieke Tumurang kali ini, sudah dima-

sukan dalam tentatif acara Panitia,” ujar Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Edwin Silangen MS selaku Ketua Umum Panitia HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-68 dan HUT ke-49 Provinsi Sulut Tahun 2013, usai apel kerja bulan Agustus di halaman kantor Gubernur, Senin (12/8) kemarin.(erer)


Yustisia

SELASA 13 AGUSTUS 2013

OPERASI KETUPAT

10 hari berlangsung, tercatat 11 kasus lakalantas

GELAR pasukan operasi ketupat 2013 yang ikut diperiksa Gubernur Sulut SH Sarundajang beberapa waktu lalu.(foto: obi/sk)

GIAT Operasi Ketupat yang dilaksanakan Polda Sulut dan jajaran, belakangan ini mulai memiliki hasil berbagai peristiwa. Meski operasi belum berakhir, namun Polda Sulut telah mengumpulkan data dari jajarannya. Menariknya, selama operasi berlangsung di daerah ini, kasus kecelakaan lalu lintas (lakalantas) dinyatakan menurun dari operasi ketupat tahun sebelumnya. Meski demikian, 11 peristiwa lakalantas yang terjadi saat pengamanan lebaran tahun 2013 ini, dikategorikan menonjol. Hal ini diungkapkan, Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Sulut, Kombes Pol Drs IGM Adhi Putra SH, kepada sejumlah wartawan, Senin (12/8) kemarin. Dijelaskan Putra, selain lakalantas, Operasi Ketupat juga berhasil menemukan sejumlah kejahatan konvensional, termasuk kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor), aniaya berat, pencurian dan serta pencurian dengan kekerasan (curas). Diuraikannya, curanmor mengoleksi 16 kasus, curas 1 kasus, aniaya berat 4 kasus, pencurian biasa 9 kasus, pencurian dengan pemberatan (curat) 3 kasus, penipuan 5 kasus serta penggelapan 2 kasus. “TKP paling banyak di wilayah hukum Polresta Manado dengan 28 kasus. Disusul Polres Bitung dan Bolmong masing-masing 10 kasus. Polres Minut 6 kasus serta Polres Tomohon dan Minahasa hanya 1 kasus. Operasi Ketupat masih ada beberapa hari ke depan dan hasil keseluruhannya akan kita rangkum lagi,” ujar Putra. Lebih lanjut ditambahkannya, dari 23 orang yang menjadi korban lakalantas, 5 diantara meninggal dunia. Sejak tanggal 2 hingga 11 Agustus, selain 5 korban nyawa, lakalantas tersebut juga mengakibatkan 5 orang luka berat serta 13 orang luka ringan. Sementara kerugian materil mencapai Rp73 juta. Sedangkan jumlah arus mudik kendaraan, tercatat ada sekitar 13.000 kendaraan jenis bus yang berangkat dan pemudik sendiri berjumlah sekitar 20.000 orang. Yang menggunakan kapal laut berjumlah sekitar 7000 orang serta jalur udara sekitar 3000 orang. “Operasi Ketupat masih dilaksanakan beberapa hari ke depan lagi. Semoga saja tidak ada kejadian yang menonjol dalam operasi ini. Untuk itu kami juga berharap kerja sama dari masyarakat Sulut, agar tetap meningkatkan kewaspadaan dalam menjalankan aktifitas serta melakukan perjalanan dengan mengendarai kendaraan,” imbaunya.(erel)

SIDANG PEMERIKSAAN SAKSI

Pencuri TV suami kembali disidang

TERDAKWA Tressy (kiri, kemeja putih), terdakwa dalam kasus pencurian TV milik suaminya kembali mengikuti persidangan di PN Manado.(foto: onal/sk)

PEREMPUAN berinisial TCMH alias Tressy, terdakwa dalam kasus pencurian TV milik suaminya yakni Samuel Muda Kadang, Senin (12/8) kemarin, kembali mengikuti persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Manado. Adapun agenda pemeriksaan saksi yang tidak lain adalah korban yakni suami dari terdakwa, saat dimintai keterangan oleh JPU Meidiani Muhammad SH, dihadapan Majelis Hakim Aris Baskoro SH, saksi korban membeberkan kalau terdakwa tidak hanya mencuri TV Panasonic 42 Inc milik saksi korban. Ternyata terdakwa juga sempat menggadaikan sepeda motor jenis Honda CBR, meminjam uang kepada orang lain atas nama saksi korban sekitar Rp50 juta, dan menjual kamera merek Nikon. Dan perbuatan yang dilakukan terdakwa, ketika saksi korban berada di daerah Sorong. Sebagaimana dibeber Jaksa Penuntut Umum (JPU) Meidiani Muhammad SH dalam dakwaannya, Treissy yang berdomisili di Kelurahan Karame Lingkungan I, Kecamatan Singkil, dituduh melakukan pencurian TV milik korban, pada Selasa 23 April 2013, sekitar Pukul 21.00 WITA, di rumah keluarga suaminya di Kelurahan Ranomuut, Lingkungan VII, Kecamatan Paal Dua. Bermula ketika terdakwa yang sudah sekitar dua bulan pisah ranjang dengan korban, mendatangi rumah suaminya ditemani saksi Ci Mei dan Selvi. Karena saat itu sang suami tidak berada di rumah, terdakwa lalu menyuruh saksi Stevanus Dalakaluar untuk mengambil TV dari dalam rumah itu. Akan tetapi, permintaan tersebut ditolak Stevanus karena dirinya takut. Terdakwa yang ditenggarai sudah merencanakan niatnya, terpaksa mengambil sendiri barang yang dimaksudnya. Bersama Ci Mei dan Selvi, Treissy mengangkat TV flat bermerek Panasonic ukuran 42 Inch, dan kemudian di masukkan ke dalam mobil lalu dibawah pergi. Belakangan setelah mengetahui hal itu, korban akhirnya menempuh jalur hukum karena merasa dirugikan secara materil, yakni sebesar Rp5,5 juta. Kasus tersebut pun bergulir hingga akhirnya JPU menjerat Treissy dengan Pasal 362 KUHP jo Pasal 367 Ayat (2) KUHP. Sidang lanjutan pun akan kembali bergulir, dimana masih dalam agenda pemeriksaan saksi.(rees)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

4

Waspadai modus penyewaan mobil Ditreskrim Polda Sulut kejar pelaku curanmor ke Jakarta Manado—Pengungkapan laporan kasus penipuan, pencurian serta penggelapan kendaraan sewaan roda empat atau rental, perlahan mulai membuahkan hasil positif. Ini menyusul, Tim Resmob Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sulut,

berhasil mengamankan 2 unit mobil bagian dari rentetan pencurian mobil di kota Manado dan sekitarnya di Mapolda Sulut. Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Robby Kaligis, melalui Direktur Reskrim Umum (Direskrimum) Polda Sulut, Kombes Pol Victor J Lasut

MM, ketika dikonfirmasi wartawan, membenarkan bahwa kedua mobil tersebut berhasil diamankan anggotanya. Dijelaskan Lasut, pihaknya masih melakukan pengembangan pasca diamankannya mobil tersebut, untuk mencari kendaraan lainnya yang diambil pelaku. “Ada 2 mobil yang sudah disita anggota,” ungkap Lasut, Senin (12/8) kemarin, di Mapolda Sulut.

Dikatakan Lasut, 2 barang bukti (babuk) yang ditemukan yakni Toyota Fortuner warna hitam dengan nomor Polisi B 1487 UJB dan mobil Daihatsu Terios abu-abu DB 4608 F. “Babuk ini diamankan polisi di kawasan Jl 17 Agustus dan Aspol Wanea, Manado. Setelah diamankan, kedua kendaraan itu diserahkan kepada para pemilik. Sebab jika hanya terparkir mobil terancam rusak. Sementara

PENCEMARAN NAMA BAIK

TERDAKWA anggota legislator Dekot Manado, SUM SH alias Udin, menjalani agenda eksepsi di PN Manado.(foto: onal/sk)

hukum segala perbuatan dalam proses penyidikan adalah tidak sah, sebab bertentangan dengan UU incasu KUHP sebagai akibatnya seluruh hasil penyidikan dalam Berita Acara Pelaporan (BAP) cacat hukum atau tidak sah. Atas pembacaan dari eksepsi yang diajukan PH terdakwa, maka sidang yang dipimpin Majelis Hakim sebagai Kepala PN Manado Armindo Pardede SH MAP, didampingi Majelis Hakim Novry Oroh SH dan Uli Purnama SH MH, serta sebagai Panitera Pengganti (PP) Mansur Malaka SH MH, sidang ini pun akan dilanjutkan pada pekan depan dengan penilaian eksepsi dari JPU. “Berdasarkan atas segala sesuatu yang telah terurai dalam keberatankeberatan tersebut, maka dimohonkan agar majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara dalam eksepsi berkenan

memutuskan menerima eksepsi PH terdakwa dengan alasan-alasannya. Membatalkan atau menyatakan surat dakwaan penuntut umum batal demi hukum atau tidak dapat diterima sebagai dasar pemeriksanaan perkara pidana ini. Menetapkan mengembalikan berkas perkara pada penuntut umum serta, memulihkan hak terdakwa dalam kemampuan, kedudukan, harkat dan martabatnya sebagai orang yang tidak bersalah yang telah dicemarkan nama baiknya oleh adanya penuntutan oleh penuntut umum,” tegas Musa. Didakwanya terdakwa karena diketahui, seperti yang tertera pada berkas dimana sudah dilimpahkan Jaksa Penuntut Umun (JPU) bahwa, pada bulan Januari 2012 bertempat di Jl Roda tepatnya di pusat Kota Manado, ketika terdakwa diwawancarai oleh saksi Saprudin Roy yang merupakan seorang jurnalis, terdakwa menuturkan dan

mengeluarkan perkataan yang mengatakan, “Apalagi yang harus diulur KPK, sudah jelas sekali kalau si Veki adalah Garong, sama halnya dengan Kabag Keuangan Imba (mantan Walikota Manado)”. Kemudian perkataan dari Anggota Dewan tersebut termuat di salah satu surat kabar majalah Tiro. Setelah mengetahui dan membaca kutipan perkataan dari si Udin lewat majalah Tiro dalam bahasa Indonesia yang jelas, maka saksi korban yang terus dipuji kinerjanya memimpin Kota Manado merasa difitnah. Karena ucapan dari si Udin dengan kata Garongnya tersebut, bisa dimaknai kalau saksi korban adalah seorang perampok, kawanan pencuri dan penjarah. Mengakibatkan perbuatan Udin dimana saat ini dijadikan terdakwa, dikenakan pasal 311 ayat (1) KUH pidana dan pasal 310 ayat (2) oleh JPU Johanes SH.(rees)

KASUS PEMBUNUHAN

Sidang Pledoi warga Tandengan berjalan ricuh Manado—Sidang Pledoi (pembelaan) kasus pembunuhan yang menewaskan Veygri Palilingan (30-an), warga Tandengan Kecamatan Eris, Minahasa, Senin (12/8) kemarin, berjalan ricuh. Tanda-tanda akan ricuh telah terlihat berawal dari ruang sidang telah dipenuhi keluarga korban sebelum sidang pledoi dalam penyampaian pembelaan melalui Penasehat Hukum (PH), Reynald Pangaila SH dilakukan. Pelak saja, ketika dua terdakwa OW alias Odi (27) dan Brandon (21) dihadirkan dalam persidangan meski dikawal pihak kepolisian, terdakwa langsung dihadiahi pukulan. Situasi memanas pun berlanjut

meski kedua terdakwa sudah dimasukkan ke dalam sel tahanan. Pasalnya, keluarga korban terus meneriaki dan memaki. “Ngana so cucucucu le kita pe anak kong ngana mo minta hukuman ringan. Dikasih hati mau jantung,” teriak Johana, ibu korban. Kendati begitu, proses persidangan yang dipimpin Novry T Oroh SH tetap berjalan. Penasehat Hukum (PH) kedua terdakwa meminta agar majelis hakim memberi keringanan hukuman. Menariknya, terdakwa Brandon, melalui PH-nya meminta agar dibebaskan dari dakwaan kesatu subsidair Pasal 338 junto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. Menurutnya, hanya terbukti dakwaan kedua Pasal 2 Ayat (1) UU

Polda Sulut, karena telah melakukan tindak penipuan, pencurian serta penggelapan, karena diduga telah membawa lari puluhan mobil dengan modus berpura-pura menyewa mobil. Pelaku menyewa mobil seharga Rp6 hingga Rp8 juta. Sedangkan korban rata-rata yang ditipu adalah pemilik kendaraan di kawasan Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Manado.(erel)

DANA SERTIFIKASI GURU MANADO

Musa bantah dakwaan JPU Manado—Sidang lanjutan kasus pencemaran nama baik Walikota Manado, GSV Lumentut (GSVL), dengan terdakwa anggota legislator Dekot Manado, SUM SH alias Udin, kembali digelar dalam agenda eksepsi di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Senin (12/8) kemarin. Melalui Penasehat Hukum (PH) terdakwa yakni Abdul Rahman Musa SH, menolak akan dakwaan yang ditujukan kepada terdakwa melalui Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rommi Johanes SH. Dimana dalam pembacaan berkas eksepsi oleh PH terdakwa, kasus yang menyeret terdakwa masih cacat hukum. Tak heran, inti dari pembacaan eksepsi PH, terdakwa menolak secara tegas atas dakwaan JPU mengenai pelaporan terhadap terdakwa dengan disertai Pasal 310 KUHP tentang tindak pidana pencemaran nama baik dan fitnah Pasal 311 KUHP yang menurut pasal 319 KUHP adalah tindak pidana aduan. Tak hanya itu, pelapor yang menjadi PH saksi korban (GSVL,red) yakni Hanny Leihetu SH dalam bacaan nota keberatan karena tanpa menyertakan saksi korban yakni Walikota Manado GSV Lumentut, ketika membuat laporan di Kepolisian Resort Kota (Polresta) Manado. Karena kasus yang menjadikan Udin terdakwa berbeda dengan aturan hukum melalui pasal 1 angka 24 KUHP dan pasal 1 angka 24 KUHP. Dan kesimpulan PH terdakwa melalui rilis nota keberatan terdakwa kepada wartawan, Senin (12/8) kemarin adalah, karena penyidikan dilakukan atas dasar laporan dan juga tak dilakukan sendiri oleh pengadu secara pribadi sebagaimana juga terdapat dalam Surat Perintah Penyidikan (SPP). Maka jelas-jelas dasarnya adalah pelaporan/LP bukan pengaduan, maka menurut

pelakunya, ada anggota yang mengejarnya hingga ke Jakarta. Masih ada sekitar 6 puluhan mobil yang dibawa lari pelaku,” jelasnya. Diketahui, Polda Sulut telah menangkap pelaku yakni Chres yang diketahui lahir di Ujung Pandang, Sulawesi Selatan (Sulsel) serta seorang rekannya bernama Widi. Kedua pelaku dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT)

Darurat No 12 Tahun 1951, karena dinilai tidak melakukan penikaman. Sebelumnya, 2 terdakwa telah di tuntut oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Hentje Latuperissa SH dengan pidana penjara selama 12 tahun. Untuk diketahui, aksi sadis kedua terdakwa dilakukan pada 25 Desember 2012, sekira pukul 23.15 Wita, tepatnya di Kelurahan Karombasan dengan menikam Veygri Palilingan hingga tewas. Awalnya, Brandon dan teman-temannya melihat korban sedang adu mulut dengan terdakwa Odi. Kemudian Odi Cs pesta Minuman Keras (Miras) hingga mabuk. Singkat cerita, mereka akhirnya menuju ke rumah korban.

Di sana, Odi, Brandon dan Keken Sumolang, menghampiri korban dengan membawa pisau badik. Melihat ketiganya datang, korban bergegas ke dapur dan mengambil sebuah parang untuk melawan. Keken pun memutuskan kembali ke dalam mobil. Sedangkan, Odi bersama parangnya mengejar korban yang lari ke rumah saksi Rio Kawet. Tidak mau korban lepas begitu saja, Odi kemudian masuk ke dalam rumah, sedangkan Brandon menunggu di luar. Lantaran sudah dipengaruhi miras, Odi secara membabi buta menikam korban. Melihat korban sudah tak sadarkan diri, ia langsung mengajak Brandon untuk pergi ke dalam mobil dan melarikan diri.(rees)

Polda Sulut akan tindaklanjuti laporan resmi Manado—Tidak adanya realisasi dana sertifikasi guru hingga usai Lebaran, bakal berujung di Polda Sulut. Ini menyusul, sejumlah guru tengah persiapkan pengaduan dan konsultasi hukum ke Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulut, terkait dugaan penyimpangan penyaluran gaji sertifikasi guru tersebut. Salah satu guru SMU ternama di Kota Manado, berinisial M alias Max, ketika dimintai keterangannya, Senin (12/8) kemarin, mengatakan, dirinya bersama beberapa rekan guru terus mempertanyakan penyaluran gaji tersebut. Sebab, sudah beberapa kali dijanjikan pihak Diknas Manado, namun terus tertunda dengan berbagai alasan. “Saya sudah check, ternyata belum. Waktu itu mereka (Diknas, red) sempat janjikan sebelum atau sesudah lebaran, tetapi ini sudah selesai Lebaran, namun belum juga dicairkan,” kesal Max yang diiyakan sejumlah guru lainnya, saat berada di Mapolda Sulut. Ditambahkannya, para guru yang belum menerima haknya pada gaji sertifikasi tersebut, telah merencanakan untuk menempuh jalur hukum. Bahkan menurutnya, ia bersama rekan-rekan guru akan meminta pendampingan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Manado untuk

dilanjutkan dalam laporan resmi ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sulut. “Besok (hari ini,red) kami rencana akan ke LBH Manado untuk meminta pendampingan hukum dalam menyelesaikan permasalahan ini. Kami juga akan kembali ke Polda, melaporkan adanya dugaan korupsi terkait penahanan dana sertifikasi yang seharusnya diterima, karena dana itu adalah hak para guru,” jelas Max. Di tempat terpisah, Direktur LBH Manado, Mercy Umboh SH melalui Kepala Divisi Advokasi dan Litigasi Ferley B Kaparang SH MH ketika dikonfirmasi wartawan menyatakan, pihaknya siap mendampingi para guru dalam menuntut gaji sertifikasinya melalui proses hukum. Terkait hal ini, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Robby Kaligis, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh menegaskan, masalah yang telah dilaporkan secara resmi di pihak Kepolisian akan ditindaklanjuti sesuai prosedur hukum. “Kalau laporannya sudah dibuat resmi, maka proses hukum mulai berjalan. Jika terindikasi melanggar pidana, pasti ada sangsi hukumnya,” tegas Adare. Sayangnya, pihak Diknas Kota Manado, belum berhasil dikonfirmasi wartawan untuk memberikan klarifikasi lebih lanjut soal dugaan yang akan dilaporkan para guru tersebut.(erel)

TAMBAH LIBUR

3 Majelis Hakim AD HOC segera terima sanksi Manado—3 Majelis Hakim AD HOC siap-siap saja mendapatkan sanksi tegas dari Mahkamah Agung (MA). Pasalnya, ketiga majelis hakim tersebut tercatat tidak masuk kerja perdana pada Senin (12/8) kemarin, tanpa kabar berita. Tak pelak, agenda persidangan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Senin (12/8) kemarin, di PN Manado akhirnya tertunda hingga pekan depan lantaran beberapa Majelis Hakim tidak memenuhi tugasnya atau hadir dalam persidangan. Terkait dengan ketidakhadiran para pengadil itu, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Manado melalui Humas Majelis Hakim Novry Oroh SH ketika dikonfirmasi, membenarkan akan hal tersebut dimana menegaskan jika ketidakhadiran majelis hakim itu akan dilaporkan ke Mahkamah Agung (MA). “Sebenarnya dari pihak MA sudah mewanti-wanti

akan hal ini, bahkan telah melakukan sidak sebelum berjalannya cuti bersama menjelang hari raya Idul Fitri. Dengan petunjuk, bahwa setiap absen, Hakim yang tidak masuk kerja harus dikirm ke pihak MA dan sampai saat ini ada 3 Majelis Hakim AD HOC yang belum ada kabar kehadirannya,” terang Oroh yang juga merangkap Majelis Hakim. Lanjut diperjelas Oroh, bahwa dengan ketidakhadiran para Hakim AD HOC ini, tentunya pihak MA akan memberikan sanksi. “Apapun alasannya nanti dari setiap Majelis Hakim yang tidak masuk kerja, saya sudah diberikan pertunjuk dari MA untuk mengirimkan absen mereka. Dan yang jelas, para majelis hakim itu akan diberikan sanksi terkait ditundanya semua persidangan Tipikor yang sedang berproses di PN Manado,” tandas Oroh.(rees)


SELASA 13 AGUSTUS 2013

Pendapat

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

5

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Ambigu nan anomali

Beri contoh bagaimana menghemat

SANDIWARA sudah mengendur di hentak tembakan dan percik api dari dentum mesiu. Seperti apa hasil yang didapat sistem ketika gejolak anti teror mengepung wilayah pemikiran rakyat? Apa-apa yang sudah disuguhkan? Identitas berkeping di wajah samar dan tak mungkin dikenali, drama pengadilan dan hukuman mati, mereka yang mati oleh ledak yang boleh menyambar siapa saja yang dekat lokasi. Betapa kepedihan ini akan menjadi syair gamang yang memanjangkan derita umat manusia di muka bumi. Kebingungan cerita-cerita mendesakkan berita beberapa petaka yang rasanya lebih pedas menikam. Suguhan kengerian meneriaki dirinya sendiri. Atau mungkin kefanatikan yang jadi tertuduh di lintas sejarah negeri ini masih terus menebar bumbu maut sebagai pancuran kengerian lainnya. Konfirmasi bersyarat, wajah dunia tersayat, harapan bersayap dan terbang menjauh dari realita. Di atas segala bimbang, ada titik memberi tanda lupa. Deretan kasus yang berjejal bikin sempit tempat, berulang lagi, maju mundur, bikin muak, lalu muntah. Tiris satu-satu, keadilan seumpama bencana bagi mereka yang ingkar. Dan takut sudah berakar kuat dalam sanubari. Hanya senyum yang mengumumkan bimbang beralas argumentasi, ambigu bercampur anomali. Berita sudah tumpah ambigu. Hanya satu dikejar berondongan peluru dan mesim pembasmi. Kita lalu tenggelam dalam kenang masa yang teramat malang. Entah apa jadinya bila nama-nama sudah tidak mungkin berbicara sebagai identitas dari kitab kehidupan yang sementara tertutup ini. Apalah arti dosa menggulung sistem bila pertobatan memang berdiri jauh dari tiang peradaban. Kemerdekaan dituding, bebas menjadi kue basih yang digerogoti lalat ketidakadilan, dan akan percuma seremoni penghormatan simbol berikutnya bila upacara kita saban hari hanyalah menambal luka negeri dengan kengerian baru yang dipaksakan terminologi asing. Ia tak akan dikenali selamanya, kecuali oleh mereka yang masih memiliki hati jujur dan bersih serta berniat menolong sesamanya tanpa mengharap balas. Mungkin saja ini soal kemiskinan yang ditolak di banyak lokasi, serta kejenuhan yang terus membacakan kepedihan airmata saat derita menginginkan korban lebih dari nasib dan takdir. Kata-kata politis yang sudah tentu diramu ‘baik hati’ dan membangkitkan selera, mungkin di hari nanti boleh kita dirasakan pedasnya. Kata-kata menjajah peran rakyat, informasi tersumbat sebagai kiat pembodohan, adalah pusar krisis di tataran perpolitikan rakyat. Ini juga yang membuat rasa demokrasi itu semakin pedas. Pada ranah yang sama, ada yang menjadi ‘gawang’ dan selalu menjaga peran jangan sampai rakyat boleh berdaya dan punya posisi tawar kuat untuk menentukan dan menetapkan kedaulatannya terhadap hak-haknya. Padahal dalam iklim keterbukaan ini, justru pikiran politis juga perlu. Langkah terseret-seret. Cerita berderet-deret supaya laku semua sosialisasi bimbangnya. Peran anomali. Badai krisis di negeri kita sudah selayaknya jadi bahan uji sejarah dan sistem, namun mengapa hanya berputarputar pada teori yang memalingkan segala kesempatan, membikin ia bersayap dan terbang ke cakrawala entah? Sebuah kritik dilontarkan. Tampaknya kita perlu menyegarkan kembali keyakinan kolektif bangsa atas ideologi nasional yang melandasi kebangkitan nasional kita.Apalagi sampai saat ini kita seperti terus saja gamang dan terus mencari working-ideology sebagai pemandu arah perjalanan bangsa ke depan. Seperti yang disebut yang mana sejumlah pihak mendesak pemerintah kita untuk belajar kepada negara lain. Ketika agenda pemerintah dalam mengurangi kemiskinan dan pengangguran masih kusut, pemerintah kita seperti bengong dan tak mencari rujukan etis dan model kebijakan nasionalisasi terhadap energi migas serta kekayaan alam lain. Padahal pemerintah sudah diminta membuat gebrakan mendasar untuk mengembalikan kekayaan alam yang telah puluhan tahun dikuasai negara lain agar kembali dikuasai negara kita dan digunakan bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Ini hasil yang sudah kita nikmati sampai sekarang ketika ideologi negeri ini berkiblat ke negeri asing sebagai sumber utang menggantung, dan seperti janji-janji anomali itu akan berlanjut. Tentang sebuah ramuan demokrasi kita masih juga mengumumkan masa depan terjamin. Apa yang boleh kita katakan bagi pendidikan yang baik, pembangunan seperti apa yang dimaui penguasa, kesehatan bagi semua warga yang boleh beli obat dan punya uang, atau sumber-sumber penghidupan yang sudah bukan lagi milik seluruh rakyat? Pembangunan di bangunan demokrasi yang salah kaprah, ruang ini bukan lagi sebuah bangunan layak dihuni. Euforia demokrasi salah arah mengendus di ruang-ruang publik yang gahar membakar, arti hak yang terpangkas, skenario pembodohan terus dirancang agar ketergantungan massa ngambang boleh beringas menuntut miskin berkepanjangan. Keyakinan yang akan kita bangun sekarang adalah tentang damai. Kerangka pergerakan peran yang bertiup di angin persoalan yang dikomunikasikan sebagai jarak. Untuk segala keberingasan, kita menghendak yang mana hak asasi manusia sebagai perwujudan keadilan yang damai.(*) Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

SEANDAINYA SAJA:

Parpol terapkan syarat lowongan kerja (2/selesai) Oleh: Yuanita Maya Penulis Lepas Ibu Rumah Tangga Tempat tinggal (milik sendiri, kontrak atau pondok mertua indah bukan masalah) tetap akan menghindarkan negara dari tuntutan mereka akan tunjangan rumah yang jumlahnya lebih dari cukup untuk down payment rumah tipe 60 di perumahan yang cukup elite. Koleksi pribadi baju pantas pakai untuk berbagai kesempatan akan menutup kemungkinan mereka menuntut uang pembelian jas yang sebetulnya tidak pas untuk iklim Indonesia yang panas. Kendaraan pribadi (dibayar

cash atau kredit tidak masalah, sepanjang pembayarannya lancar) membuat mereka tidak bisa berteriak minta tunjangan kendaraan. Yang terakhir, manajemen keuangan, adalah yang paling penting. Orang jawa bilang, “duit itu cukup ya cukup, tidak cukup ya tidak cukup. Semua tergantung nafsu kita”. Dan itu benar adanya. Gaji anggota DPRD yang fantastis tidak akan pernah mencukupi selama mereka tidak memiliki manajemen keuangan dan nafsu yang mumpuni.

Saya kenal pasangan suamiistri bekerja dengan penghasilan gabungan 3 juta yang bisa menyekolahkan dan menghidupi 2 anak mereka dengan layak plus mencicil rumah dan kendaraan. Itu semua karena mereka cerdas dalam ranah finansial dan mental. Dan mereka bilang itu perkara sederhana. Jadi hanya dibutuhkan kecerdasan sederhana bagi anggota dewan yang terhormat untuk berhenti menuntut dibelikan laptop, mesin cuci, dana rapel untuk konstituen, biaya transport dan konsumsi untuk rapat dan kunjungan kerja, dan segala tetek-bengek tak masuk akal lain. Semua bisa dicakup oleh gaji mereka yang paling tidak

sekian kali lipat suami-istri teman saya tadi. Masalahnya memang terletak pada kecerdasan saja. Jadi andaikata syarat awal ini sudah diterapkan oleh parpol untuk tiap anggotanya yang hendak mencalonkan diri sebagai anggota dewan, maka betapa rakyat bisa menghemat tenaga, pikiran, dan perasaan yang selama ini habis siasia untuk menghadapi tingkah-polah anggota DPRD. Bisa dibayangkan pula betapa banyak uang rakyat yang bisa dihemat. Hanya perusahaan yang dipimpin oleh orang dungu saja yang membiarkan pegawainya merongrong perusahaan dengan berbagai cara,

membuat bangkrut dan pada akhirnya membuat para pemilik saham jatuh sakit karena ngenas. Tetapi perusahaanperusahaan, skala besar maupun gurem, tidak sebodoh itu. Kualifikasi awal mereka terapkan untuk mendapatkan institusi yang efisien,. Maka alangkah baiknya jika pola sederhana ini diterapkan pula oleh parpol, mumpung pemilu barusan lewat, dan yang berikutnya masih jauh, sehingga banyak kesempatan bagi mereka untuk mempersiapkan diri. Dan kita bisa membayangkan betapa efisien, bergas, cerdas, dan tepat guna badan legislatif periode mendatang bila pola ini benarbenar diejawantahkan.(*)

Menanggulangi kemiskinan desa (4) Oleh: Gregorius Sahdan Dosen Jurusan Ilmu Pemerintahan STPMD “APMD” Yogyakarta Direktur Kajian Politik dan Pembangunan Kawasan CHOICES Takenfrom: http://www.ekonomirakyat.org/ Hak-hak dasar masyarakat desa antara lain, terpenuhinya kebutuhan pangan, kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, air bersih, pertanahan, sumberdaya alam dan lingkungan hidup, rasa aman dari perlakukan atau ancaman tindak kekerasan dan hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan

sosial-politik, baik bagi perempuan maupun lakilaki. Untuk mewujudkan hak-hak dasar masyarakat miskin ini, BAPPENAS menggunakan beberapa pendekatan utama antara lain; pendekatan kebutuhan dasar (basic needs approach), pendekatan pendapatan (income approach), pendekatan ke-

mampuan dasar (human capability approach) dan pendekatan objective and subjective. Pendekatan kebutuhan dasar, melihat kemiskinan sebagai suatu ketidakmampuan (lack of capabilities) seseorang, keluarga dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan minimum, antara lain pangan, sandang, papan, pelayanan kesehatan, pendidikan, penyediaan air bersih dan sanitasi. Menurut pendekatan pendapatan, kemiskinan disebabkan oleh rendahnya penguasaan asset, dan alat-alat produktif

seperti tanah dan lahan pertanian atau perkebunan, sehingga secara langsung mempengaruhi pendapatan seseorang dalam masyarakat. Pendekatan ini, menentukan secara rigid standar pendapatan seseorang di dalam masyarakat untuk membedakan kelas sosialnya. Pendekatan kemampuan dasar menilai kemiskinan sebagai keterbatasan kemampuan dasar seperti kemampuan membaca dan menulis untuk menjalankan fungsi minimal dalam masyarakat. Keterbatasan kemampuan ini menye-

babkan tertutupnya kemungkinan bagi orang miskin terlibat dalam pengambilan keputusan. Pendekatan obyektif atau sering juga disebut sebagai pendekatan kesejahteraan (the welfare approach) menekankan pada penilaian normatif dan syarat yang harus dipenuhi agar keluar dari kemiskinan. Pendekatan subyektif menilai kemiskinan berdasarkan pendapat atau pandangan orang miskin sendiri (Joseph F. Stepanek, (ed), 1985). (bersambung)

Nasib pembangunan kita (3) Oleh: Daoed Joesoef takenfrom: http://www.suarapembaruan.com/ “…untuk bisa sukses, pembangunan nasional yang holistik pada era reformasi memerlukan suatu konsep di mana bersinergi tiga pembangunan prinsipal, yaitu: pembangunan ekonomi-sosialpolitik, pembangunan pertahanan-keamanan, pembangunan pendidikan-kebudayaan. Sinergisme ini perlu demi menjamin perwujudan dasar kesejahteraan rakyat yang solid, demi menjamin sekuriti dari apa-apa yang sudah dibangun” Perubahan dalam rasionale ekonomika juga terjadi setelah Keynes mengubah penalaran ekonomi yang berpangkal

tolak dari kesatuan individual (mikro ekonomi) menjadi berporoskan massa individu (aggregate/ makro ekonomi).

Suatu konsep pembangunan yang komprehensif dalam dirinya merupakan suatu perkawinan dari aneka ide dan pikiran. Mengenai perkawinan Tolstoy menulis di awal novelnya yang terkenal. Anna Karerina, kalimat berbunyi “Happy families are all alike; every unhappy family is unhappy in its own way”. Dengan kalimat ini novelis besar tersebut hendak mengatakan bahwa agar bahagia, suatu perkawinan harus bisa sukses dalam banyak hal yang berbeda, seperti

ketertarikan seksual, persepakatan mengenai uang, pendisiplinan anak, agama, saudara yang ikut serumah, dan isu vital. Kegagalan dalam salah satu hal yang esensial itu dapat merusak perkawinan walaupun ia memiliki lainlain unsur yang diperlukan untuk kebahagiaan. Asas Anna Karerina itu kiranya dapat dipakai untuk menjelaskan masalah (sukses atau kegagalan) dari pembangunan. Kalimatnya menjadi, “Successful developments are all alike; every unsuccessful development is unsuc-

cessful in its own way”. Kita cenderung mencari an easy, single-factor explanation of success, misalnya modal atau pinjaman luar negeri atau investasi asing atau buruh murah atau sumberdaya alam atau keamanan. Padahal nyatanya, menurut Prof. Diamond, sukses menuntut pencegahan banyak kemungkinan penyebab kegagalan yang terpisahpisah, tetapi berkeadaan bagai bejana berhubungan. (bersambung)

BEBERAPA waktu lalu media massa deras memberitakan rencana studi banding para legislatif provinsi. Sebelumnya juga kabar tentang semua yang giat melaksanakan studi banding ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri, sudah ramai. Dan studi banding itu seperti membuat mereka ‘kesurupan’. Sudah menjadi sorotan berbagai kalangan, tapi tampaknya sorotan itu tidak pernah mau digubris lagi. Apa hasil dari studi banding ke berbagai tempat itu s u d a h dipertanggungjawabkan dan sudah menjadi bahan belajar untuk mengembangkan potensi yang ada di daerah kita? Sejauh ini, studi banding itu belum menampakkan hasil. Masih tersisa keringat capek jalan-jalan itu di wajah pelayanan rakyat yang lamban, karena eksekutif dan legislatif kita yang sudah kecapeaan mengurusi studi banding yang tidak putusputusnya. Jika kepala negara pernah menyarankan supaya pejabat di daerah untuk menghemat, tentunya ia sendiri juga sebagai pimpinan negara harus memberi contoh untuk menghemat dengan tidak mengadakan seremonial yang tidak penting, yang nilainya masih zero untuk pelayanan rakyat. Ini hanya opini saya saja, entah bagi yang lain. Berkebalikan dari itu, kita juga sama tahu bahwa tentunya pemerintah tak mungkin jika tak pergi ke berbagai tempat di dalam negeri untuk urusan kenegaraan, dalam hal ini tentunya ada tugas yang sehubungan dengan jabatan yang ia emban. Demikian juga untuk pergi ke luar negeri, apakah itu untuk urusan loby, atau untuk hubungan persahabatan dan politik dengan berbagai negara di dunia. Ini hanya sebuah argumen saja dari saya. Sekarang kita berbalik pada apa yang kita bicarakan di awal tulisan ini. Bagaimana menghitung inefisiensi dari perjalanan dinas dan studi banding, sebenarnya tidak sulit, karena cerminannya adalah pelayanan yang masih saja terbengkalai hingga hari ini. Justru pejabat itu jangan disuruh menghemat, karena mereka itu sudah pelit program. Mereka itu sudah muka tebal dan terbiasa menghamburhamburkan uang dengan tidak mempertimbangkan efektivitas dari pengeluaran itu. Tapi, pejabat kita sebenarnya harus disarankan untuk tetap studi banding dan jalan-jalan. Pejabat musti disuruh menghambur-hamburkan uang, supaya mereka boleh membelanjakan uang itu di sektor real, sehingga perekonomian rakyat boleh segar dan boleh berjalan. Studi banding dan jalanjalan itu itu harusnya dalam bentuk implementasi program pelayanan yang memberdayakan rakyat. Sektor riil kita saat ini butuh suntikan dana segar dari uang yang selama ini cuma tersimpan di kantong pejabat. Demikian juga kebijakan pro rakyat yang selama ini masih tersimpan di rak-rak birokrasi seharusnya dibiarkan terbuka, supaya rakyat boleh memberdayakan semua potensi yang ada di daerah kita dan uang itu akan kembali dalam bentuk pajak yang nantinya boleh membangun banyak fasilitas yang mendukung sistem yang ada di negara ini. Kita memang perlu belajar menghemat dan memprioritaskan agenda rakyat. Ini memang kedengarannya menggurui, tapi, sejauh ini memang kita semua hanya dapat memberi saran. Terima kasih!(*) J.A.U Manado

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Donny Wungow. REDAKTUR PELAKSANA: Glenly Bagawie. KOORDINATOR LIPUTAN: Stenly Lumempouw. KOORDINATOR BIDANG: Tonny Mait, MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Michael Towoliu, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Stenly Lumempouw, Tonny Mait. REDAKTUR: Finda Muhtar, Vecky Sentinuwo. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando, Ronald Sumakul, Serly Tasiam. KEPALA BIRO: Tonny Mait (MANADO), Glenly Bagawie (TOMOHON), Ronald Rompas (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempow (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL), Kurniawan Golonda (BOLMUT). REPORTER BIRO: Rommy Kaunang (MINAHASA), Devie Pondaag (MITRA), KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing. KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Denny Poluan (Minahasa, Tondano, Tomohon, Mitra), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minsel), Marchel Wowor, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta, D Iman, Cipta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


SELASA 13 AGUSTUS 2013

KETAWA ASYIK

Gak usah bayar SEPULANG sekolah Budi dengan gembira membawa membawa hasil UAN nya di SMP, dan ayahnya pun bertanya, Ayah: “Wah kelihatanya gembira sekali bud, kamu lulus yah…?” Budi: “Bukan itu Pa…” Ayah: “Terus apa..??” Budi: “Tahun depan ayah tidak perlu repot-repot bayarin sekolah masuk ke SMA.” Ayahnya pun tertawa dengan riang Ayah: “Yang bener? Wah kamu dapat Beasiswa yah?!?!” Budi: “Bukan pa, saya tidak lulus Pa…”(*)

Asyik

Anak Sekolah Yang Ingin Kreatif

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

REKA MAU MEREKA

JUST FOR U

Oh, selfish! Punya teman yang ‘selfish’ emang kadang bikin emosi. Kenapa? Karena nggak semua orang bisa mengatur keinginan mereka. Doi selalu pengen dituruti kemauanya, meski dengan berbagai cara. Oh... oh!! Bahaya juga kalo kita punya sifat kayak gini.(fine)

Ayah yang pintar SEORANG bapak memarahi anaknya sehabis menerima rapor. “Kok nilai rapor mu merah semua padahal temantemanmu nilainya bagus, kenapa???!!” Si anak diam. “Ayo jawab!” Kata sang ayah. Kemudian dengan santai sang anak menjawab, “Karena ayah mereka pintar-pintar.”(*)

TITI

Yaahh… habis…

SIKAP egois itu namanya! Sebagai makluk sosial, kita nggak bisa hidup seorang diri, githu juga kita nggak bisa memaksa orang lain untuk selalu harus menuruti keinginan kita. Ntar dijauhin teman lho!

SUATU hari ada seorang kakek yang ingin mencari koran terbitan hari ini, dicari di ruang tamu tidak ada, di ruang makan tidak ada, sampai akhirnya dia masuk ke salah satu kamar cucu lelakinya yang masih SMP untuk mencari koran tersebut. Nah, dengan tidak terduga dia menemukan majalah porno di kamar cucu lelakinya tersebut. Kemudian si kakek membuka lembaran pertama: Kakek: Ya Tuhan apa ini!!! Si kakek terus melihat gambar yang ada di majalah tersebut: Sampai halaman terakhir si kakek berujar: Kakek: Yaaahh… Habis…(*)

JUNITA

Anak bodoh PAGI hari si Dodi membaca koran namun ketika melihat suatu berita dia langsung menanyakan pada ayahnya Dodi : “Ayah,memang bisa orang ditabrak mobil selamat!” Ayah : “Bisa saja, memang kenapa?” Dodi : “Di sini ada berita SEORANG BERNAMA SELAMET DI TABRAK MOBIL” Ayah : “Aduuh, Itu si namanya doang!” Dodi : “Terus ayah ada berita ANAK SD MAIN DI HOTEL, TEWAS DI TEMPAT” Lalu, Ayah mengambil koran yang di baca Dodi. Ayah : “Ya jelas mati orang mainannya di atas antena TV pas lagi hujan lagi. Jadi ke samber GLEDEK! deh!”(*)

SETIAP orang beda pendapat donk! Nggak tentu pemikiran kita sama dengan orang lain. Makanya, kita harus belajar mengerti orang lain. Dan jadilah mandiri, sehingga nggak bergantung pada orang lain.(*)

Menginap di JW Mariot ALO, Utu, Ungke menginap di JW Mariot. Siang sampe malam dorang bajalan dari mall ke mall, pas bale ka hotel sampe di lobby lampu mati. Otomatis dorang musti lewat tangga biasa karna lift mati. Supaya nda barasa mo nae ka Lt.45, dorang babage tugas. Dari lantai 1–15 Utu musti cerita grap-grap, dari lantai 16-30 Alo musti cerita setangsetang. dari lantai 31-45 Ungke musti cerita sedihsedih. Jadi no dorang nae, Utu mulai cerita grap-grap beking dorang tatawa sampe nda rasa so di lantai 15, lanjut Alo ba cerita setang-setang, biar tegang mar sampe jo di lantai 30. Biar kaki so bangka maar dorang so sanang karna so dekat. Giliran Ungke bacerita. Ungke (deng ekspresi sedih): “Sebenarnya dari tadi kita mo cerita maar tako nanti ngoni marah…” Utu: “Cerita jo capat somo lantai 40 ini…” Ungke : “Jadi bagini… itu kunci kamar tatinggal di oto…” Alo : “Adoooo ungkeeee, jadi itu kunci kamar tatinggal di oto di bawahhh??!! Kyapa ngana nda bilang dari tadi???” Ungke : “Mo bilang maar blum tape giliran ba ceritaaaa…”(*)

ASAL LOE TAU AJA

Seledri cegah leukimia

MENGKONSUMSI makanan seperti seledri en daun peterseli, yang secara alamiah mengandung flavanoid, apigenin, bisa membantu mencegah leukemia. Wow!!! Meikel Peppelenbosch dari University of Groningen di

B e l a n d a mengatakan percobaan memperlihatkan bahwa apigenin komponen yang umum terdapat pada buah dan sayuran dapat menghentikan perkembangan dua jenis sel pada leukemia dan mencegah peluangnya untuk bertahan hidup, sebagaimana dikutip dari Reuters. Leukemia or kanker darah adalah sekelompok penyakit neoplastik yang beragam dan ditandai oleh perkembangan

6

secara tak normal atau transformasi maligna sel-sel pembentuk darah di sumsum tulang dan jaringan limfoid. Sel-sel normal di dalam sumsum tulang digantikan oleh sel tak normal atau abnormal. Sel abnormal itu keluar dari sumsum dan dapat ditemukan di dalam darah perifer atau darah tepi. Sel leukemia mempengaruhi hematopoiesis atau proses pembentukan sel darah normal dan kekebalan tubuh penderita. But, ia memperingatkan bahwa studinya juga telah menemukan komponen itu juga memiliki daya tahan

terhadap kemoterapi, dan menyatakan itu mungkin mempengaruhi campurtangan pada pengobatan standard buat orang yang sudah didiagnosis terserang leukemia. “Apigenin mungkin adalah bahan pencegah yang bermanfaat bagi leukemia, tapi itu tak boleh dikonsumsi secara berbarengan dengan kemoterapi bagi penyakit yang dipastikan positif karena itu dapat mencampuri dampak positif pengobatan,” tulis Peppelenbosch di dalam studi di dalam jurnal ilmiah Cell Death and Disease.(kplg)

Long distance? nggak masalah!

Lagi ngalamin hubungan jarang jauh? Xixixix... yang sabar yach guys! Kayak hubungan jarak dekat, long distance pun selalu menguji komitmen untuk menjaga kepercayaan en kekuatan cinta pasangan. Biarpun punya sisi positif, but nggak bisa disangkal penantian en kesepian yang kerap menyergap saat menjalani hubungan jarak jauh, emang bisa begitu menyakitkan. Trus, gimana bisa tetap bertahan dalam penantian tersebut? FOTO Coba dech tempatin foto kamu berdua dimana pun kamu berada, misalnya di kamar, dompet, meja kelas bahkan di hp. Kalo doi sesekali bertemua dengan kamu, buatlah foto or video kenangan supaya bisa mewakili perkembangan hubungan en

keberadaannya yang jauh dari sisimu. RENCANA Salah satu cara terbaik untuk mengisi kekosongan yang menyiksa adalah dengan merencanakan pertemuan berikutnya. Pikirkan en catat, kenangkenangan baru apa aja yang bakal kamu kasih ke doi. HITUNG MUNDUR Kamu bisa menghitung hari, or detik-detik waktu pertemuan yang akan datang. Selain menyenangkan karena hari yang dinantikan terasa makin mendekat, hal ini juga bisa membuat kamu bersemangat dalam menantikan pertemuan manis itu. ISI HIDUP Sambil menunggu kedatangan doi, nggak salah kalo kamu bergaul ama teman-teman. Itung-itu, ada orang yang bisa membuatmu tersenyum, saat kangen ama seseorang.(kplg)

UNIKA DE LA SALLE MANADO

Pst Revi Tanod kembali dilantik sebagai rektor periode 2013-2017 Manado—Universitas Katolik De La Salle Manado dengan gerak pendidikan berpedoman pada semangat Lasallian; Teaching minds, Touching hearts, Transforming lives, semakin menunjukkan komitmennya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui jalur pendidikan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah wisudawan yang semakin meningkat tiap tahunnya serta komitmen dalam peningkatan kualitas dan kompetensi para dosen serta staff administrasi melalui penerapan program ‘professional learning community’. Dengan visi yang ingin menjadi Universitas unggul dan bermakna, berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan lulusan yang bermartabat, kompeten, memiliki komitmen dan kepedulian sosial berwawasan lingkungan, Unika De La Salle Manado kembali melakukan pelantikan Rektor

terpilih untuk masa bakti 2013-2017, Pst Revi Rafael Tanod SS SE MA yang bertempat pada Kampus Kombos, Senin (12/8) kemarin. Pelantikan dilaksanakan oleh Pst Benny Salombre SS. Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Universitas De La Salle disaksikan oleh Mgr Joseph Suwatan MSC Uskup Manado, Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhary Kansil MPd, para undangan serta seluruh civitas akademika Unika De La Salle Manado. “Selamat kepada Pst Revi Rafael Tanod SS SE MA yang pada periode sebelumnya berhasil membawa kampus ini menjadi salah satu yang terbaik di provinsi Sulawesi Utara. Semoga, Unika De La Salle Manado terus melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul sehingga bisa membangun daerah kita,” harap Kansil. Kampus Biru—julukan lain untuk Unika De La Salle, saat ini semakin dikenal luas masyarakat dan tingkat kepercayaan masyarakat atas kompetensi hasil lulusan Unika De La Salle sangat tinggi. Selain itu, para lulusan tidak hanya mampu menguasai ilmu yang tinggi tapi tetap memiliki karakter, kepedulian dan kompetensi ‘soft skills’ yang bercirikan Lasallian.(emem/brik-s)

SEDOT WC SEDOT WC (TINJA) WC TERSUMBAT Hubungi

0813 5604 0118 0823 4906 4118 Anda butuh pupuk organik? Kami berikan

GRATIS...


SELASA 13 AGUSTUS 2013

Ranomi tak terkalahkan di Dua Seri World Cup Atlet renang cantik Belanda, Ranomi Kromowidjojo meraih posisi pertama pada seri kedua FINA Swimming World Cup 2013 di Berlin, 10-11 Agustus 2013. Ranomi menempati peringkat satu di nomor 100 meter gaya bebas dalam lomba yang berlangsung di Berlin, Jerman, Minggu (11/8). Ia mencatat RANOMI Kromowidjojo. waktu tercepat 51.28 detik. Waktu ini masih di bawah rekor dunia atas nama Libby Trickett (Australia) dengan catatan 51.01 detik, serta rekor FINA World Cup atas nama perenang Inggris, Francesca Hallsall yaitu 51.19 detik. Ranomi diikuti rekan senegaranya Femke Heemskerk dengan catatan waktu 52.20 detik dan Sandrine Mainville dari Kanada dengan 52.41 detik. Sementara di nomor 50 meter gaya bebas, Ranomi juga menempati peringkat satu dengan 23.72 detik diikuti perenang Denmark, Jeanette Ottesen Gray (23.88 detik) dan atlet puteri Swedia, Sarah Sjoestroem dengan 23.95 detik. Namun Ranomi gagal memperbaiki rekor dunia sekaligus rekor FINA World Cup yaitu 23.42 detik atas namanya sendiri. Ranomi memecahkan rekor ini di FINA World Cup seri I yang berlangsung di Eindhoven, Belanda pada 7 Agustus lalu. Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya atas nama Marleen Veldhuis (23.25 detik) yang bertahan sejak 2008. FINA World Cup 2013 berlangsung di delapan kota yaitu Eindhoven, Belanda (7-8 Agustus), Berlin, Jerman (10-11 Agustus), Moskwa, Rusia (1213 oktober), Dubai, Uni Emirat Arab (17-18), Doha, Qatar (20-21 Oktober), Singapura (5-6 November), Tokyo, Jepang (9-10 November) dan Beijing, China (13-14 November).(komc)

Olahraga

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

7

Nadal kuasai Montreal PETENIS peringkat empat (kini naik satu peringkat menjadi tiga) dunia, Rafael Nadal tak terbendung di ajang Rogers Cup 2013. Petenis asal Spanyol tersebut meraih titel usai memenangi laga final melawan wakil tuan rumah, Milos Raonic. Pada pertandingan yang dihelat Senin (12/8) dini hari WIB tersebut, Nadal meraih kemenangan dengan cukup mudah lewat pertarungan dua set. Usai menang telak 6-2 perlawanan petenis peringkat 10 dunia itu pada set pertama, Nadal melakukannya lagi pada set kedua, juga dengan skor sama 6-2. Dan, petenis berjuluk King of Clay itu pun meraih titel Rogers Cup ketiganya. Mengomentari kemenangannya, Nadal mengaku banyak berterima kasih atas segala dukungan yang dia dapat selama menjalani turnamen. Dia merasa bahwa servis-servis yang sempurna menjadi salah satu kunci kemenangan. Tak lupa, dia juga merasa tren positifnya sepanjang 2013 ini terasa hebat. “Semua dukungan yang

saya dapat sepanjang pekan ini begitu luar biasa, Montreal akan selalu ada di hati. Ini juga merupakan kemenangan yang hebat bagi saya. Saya tahu, servis saya akan sangat penting dan saya merasa konsisten. Comeback saya juga tak bisa dipercaya,” ujar Nadal, seperti dilansir Sky Sports, Senin (12/8). Nadal juga mengomentari performa yang ditunjukkan Raonic. “Saya memainkan pertandingan fantastis menghadapi lawan yang hebat. Dia hanya melakukan beberapa kesalahan lebih banyak daripada biasanya,” sambung petenis yang telah mengoleksi 12 gelar grand slam sepanjang kariernya hingga saat ini tersebut. Pada 2013 sendiri, tahun di mana dia comeback sejak cedera lutut yang didapat pada pertengahan 2012 lalu, Nadal menorehkan catatan cukup mengesankan. Dari sebelas turnamen yang telah diikutinya, Nadal sepuluh kali mencapai final, dan delapan di antaranya berakhir dengan gelar juara.(okez)

RAFAEL Nadal tak terbendung di ajang Rogers Cup 2013.

Broner siap layani Maidana dan Matthysse

Mayweather Sr. minta Floyd Jr. bungkam Khan KENDATI sudah punya lawan sendiri kontra Saúl Canelo Álvarez, Floyd Mayweather Jr. masih banyak diincar petinju lain. Amir Khan misalnya. Merasa Khan tak pernah berhenti memancing Floyd Jr., sang Ayah, Floyd Mayweather Sr., ingin sang Anak untuk menutup mulut Khan selamanya. Mungkin usai melawan Canelo, Mayweather Sr. bisa meyakinkan anaknya untuk naik ring kontra petinju asal Inggris itu untuk secepatnya dibungkam dengan bogem berbalut sarung tinju Floyd Jr. “Jika ada petinju yang saya inginkan untuk menjadi lawan Floyd, dialah Amir Khan. Dia bukan siapa-siapa melainkan hanya sebagai samsak. Dia juga bukan petinju yang hebat. Selama dia masih ada, sudah semestinya dia dihajar,” ketus Mayweather Sr., sebagaimana dinukil BoxingNews24, Senin (5/8). Mayweather Sr. yang juga pernah jadi legenda di kelas welter era 70an itu juga tak merasa Khan bakal mampu menang atas lawannya sendiri, Devon Alexander yang rencananya akan dihampar di Dubai, akhir bulan ini. “Bicara jujur, saya tak merasa dia (Khan) bakal menang (vs Alexander). Saya pikir, Devon Alexander akan menganvaskannya,” tukas legenda berusia 60 tahun tersebut.(okez)

JUARA tinju kelas welter versi WBA, Adrien Broner, mengungkapkan rencana pertarungan selanjutnya. Petinju berusia 24 tahun itu mengungkapkan bahwa bisa saja di pertarungan berikutnya dia bakal

menghadapi mantan juara welter junior WBA, Marcos Maidana dari Argentina. Broner, yang berkewarganegaraan Amerika Serikat, telah menyampaikan minatnya untuk menghadapi Maidana, dan menangani

pesaing senegara Maidana, Lucas Matthysse, sesudah laga melawan Maidana. Maidana sendiri memiliki jadwal untuk berhadapan dengan juara welter junior WBC/WBA, Danny Garcia pada 14 September mendatang. Dan dalam laga tersebut, Broner lebih senang jika Garcia yang keluar sebagai pemenang. “Mereka berbicara payper-view,” ujar Broner kepada Showtime. “Mari kita mewujudkannya. Pilihan pertama saya adalah Matthysse, tapi dia telah memiliki pertarungan sendiri, tapi saya berikan dukungan saya pada Danny Garcia.” “Saya ingin bertarung dengan Matthysse. Dia ditakuti banyak petinju, tetapi jika saya harus melawan Maidana, saya akan pergi mendapatkan Maidana.” “Mereka berdua punya kekalahan. Jika Matthysse menang, katakan padanya untuk mengantri, karena saya akan meladeni Maidana terlebih dahulu, lalu saya akan mendapatkan Matthysse.” Pertemuan antara Broner dan Maidana kemungkinan besar bisa terlaksana pada November dengan d i t a y a n g k a n Showtime.(sdnc)

Bolt Lolos ke Final 100 Meter

SPRINTER Jamaika, Usain Bolt dengan mudah lolos ke final nomor 100 meter putera di kejuaraan dunia atletik di Moskwa, Rusia, Minggu (11/8). Bolt yang mencatat waktu 9.92 detik, lolos bersama

tiga pelari Jamaika lainnya yaitu Nickel Ashmeade, Kemar Bailey-Cole dan Nesta Carter. Ashmeade mencatat waktu tercepat di semifinal dengan 9.90 detik. Juara Olimpiade 2008 dan 2012 ini berambisi merebut kembali gelar juara dunia nomor 100 meter. Di kejuaraan dunia 2011 ia dikalahkan rekan senagaranya, Yohan Blake setelah ia terkena diskualifikasi karena salah start. Pelari lainnya yang lolos ke final adalah pelari Amerika, Mike Rodgers dan Justin gatlin, pelari Inggris, James Dasaolu serta pelari Perancis, Christophe Lemaitre.(komc)

Pebulu Tangkis cantik tewas kecelakaan

SAAT berlangsungnya World Championships di Guangzhou, China, dunia bulu tangkis bersedih karena kehilangan Karyn Velez, tunggal putri AS keturunan Filipina. Karyn Velez yang juga dikenal dengan nama “Chibbie” meninggal dunia karena kecelakaan mobil saat tengah “mudik” ke tanah moyangnya di Manila, Filipina. Karyn berkunjung ke Filipina usai bertanding di turnamen Kanada GP pada akhir Juli lalu. Ia tersingkir di babak pertama saat menghadapi pemain Jepang Ayumi Mine 15-21, 10-21.

FATHIA TJUNGKENG

Sementara di nomor ganda, berpasangan dengan Laura Choinet dari Perancis, Karyn disingkirkan ganda China, Yu Xiaohan/Huang Yaqiong 7-21, 7-21. Pebulu tangkis kelahiran 5 Maret 1990 ini merupakan pemain peringkat dua AS di bawah Jamie Subandhi. Sebagai pemain tunggal, ia mencapai peringkat tertinggi di peringkat 67. Saat ini, ia menempati peringkat 193 untuk tunggal dan 521 untuk ganda. Karyn Velez dilahirkan di Philadelphia, AS. Namun, keluarganya kemudian memutuskan kembali ke Filipina. Di sinilah, ia mulai mengenal bulu tangkis dan bahkan menjadi pemain peringkat satu di negara tersebut. “Saya pernah menempati peringkat satu di Filipina. Namun, di sini, politik sangat berpengaruh sampai di dunia olahraga dan saya memutuskan meninggalkan hal ini.”(komc)

0852 5691 1778, 0853 4050 9800


SELASA 13 AGUSTUS 2013

LIGA INGGRIS

Suarez tolak minta maaf PERSELISIHAN antara Liverpool dan Luis Suarez nampaknya kian panjang. Pasalnya pemain asal Uruguay itu menolak meminta maaf kepada klub atas pengakuannya yang ingin bergabung dengan Arsenal. Sebelumnya Suarez sempat mengaku bahwa dirinya bersedia meninggalkan Liverpool demi bergabung bersama Arsenal. Tak ayal pengakuan tersebut membuat pelatih Liverpool, Brendan Rodgers geram Rodgers pun tak memperbolehkan Suarez untuk berlatih bersama skuad senior Liverpool. Pelatih asal Irlandia itu dikabarkan akan mengizinkan Suarez untuk kembali berlatih dengan skuad senior, asalkan pemain berusia 26 tahun itu menyatakan permintaan maaf. Sayang tawaran dari Rodgers tak digubris oleh Suarez. Dilaporkan Sky Sports, Senin (12/8) Suarez tak akan mengajukan permintaan maaf dan akan mempertahankan sikapnya yang ingin hengkang dari Anfield Stadium. Sementara itu pemilik Liverpool, John W Henry menegaskan bahwa timnya tak akan menjual Suarez, khususnya kepada klub rival seperti Arsenal.Pasalnya, ia menilai timnya masih membutuhkan jasa Suarez untuk mengantarkan The Reds kembali ke habitatnya di zona Liga Champions. “Menjual pemain kepada klub rival Arsenal sangat tidak masuk akal. Liverpool harus bermain di Eropa juga di Liga Champions. Itu adalah hal yang sepantasnya untuk Liverpool. Kami tidak akan menjual Suarez,” tegas Henry.(okez)

DAVID Moyes membungkam kritik terhadap dirinya setelah berhasil menyum-bangkan trofi pertama bagi Manchester United. Pasukan Setan Merah sukses menum-bangkan Wigan Athletic dengan skor 2-0 di ajang Community Shield, Minggu (11/ 8). Dalam pertandingan di Stadion Wembley, Minggu (11/8/), Bintang lapangan pantas disematkan

kepada Robin Van Persie. Pemain asal Belanda itu memborong dua gol kemenangan United pada menit ke-6 dan 61. United langsung tancap gas sejak kickoff babak pertama. Hasilnya terbukti manjur, hanya butuh waktu enam menit bagi United untuk mencetak gol. Berawal dari assist Patrice Evra berhasil dimaksimalkan Van

persie lewat sundulan kepala yang memperdayai kiper Wigan. Skor 1-0 bagi United. Tim berjuluk Setan Merah semakin bernafsu untuk memburu gol berikutnya. Kombinasi Zaha dan Welbeck terus menekan pertahanan Wigan dengan menciptakan beberapa peluang. Kondisi ini memaksa juara Piala FA musim lalu itu, hanya

Fabregas absen bela Spanyol JELANG laga persahabatan antara Timnas Spanyol kontra Timnas Ekuador, skuad Vicente del Bosque tampaknya tidak akan membawa gelandang elegannya, Cesc Fabregas. Ya, pemain Barcelona itu harus beristirahat guna memulihkan kondisi pergelangan kaki. Cedera yang diderita Fabregas adalah ligamen pergelangan kaki saat melakukan tur pramusim di Malaysia. Saat itu, Fabregas harus tertatih-tatih keluar lapangan di menit 82. Setelah melakukan rangkaian pemeriksaan, Cesc dideteksi mempunyai masalah di ligamen pergelangan kakinya. Hal itu sudah dikonfirmasi oleh tim medis yang memeriksa mantan pemain Arsenal tersebut.

“Cesc Fabregas sudah menjalankan tes setelah kembali dari Malaysia. Tim dokter sudah mengonfirmasi bahwa ligamen pergelangan kaki kanannya bermasalah,” tulis pernyataan di situs resmi klub. “Tim dokter sudah menghubungi pihak Timnas Spanyol dan merekomendasikan bahwa Cesc tidak bisa bergabung dengan tim senior untuk pertandingan persahabatan melawan Ekudaor sehingga dia dapat menjalani perawatan di Barcelona.” Berita ini secara tidak langsung memberi pukulan bagi pelatih anyar Barcelona, Gerardo Martino. Pasalnya, Azulgrana harus kehilangan pemain kuncinya itu pada seminggu sebelum La Liga musim baru dimulai.(okez)

mengandalkan serangan balik. Pada menit ke-16 United sudah melakukan pergantian pemain. Rafael Da Silva terpaksa digantikan karena mengalami cedera oleh Chris Smalling. Upaya Welbeck melalui sepakan masih bisa dihalau oleh Scott Carson. Wigan mendapat peluang untuk menyamakan

kedudukan. Umpan silang James McClean gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Holt. Lepas sudah salah satu kesempatan tim Champioship itu. Keunggulan United bertahan hingga turun minum. RvP kembali mencatatkan namanya di papan skor. Pemain berusia 29 tahun itu, melepaskan tendangan terarah menembus jala

Wigan. Skor berubah 2-0 untuk United Armada The Red Devils mendominasi jalanya laga dan perbedaan kelas memang terlihat di laga ini. Baik serangan maupun bertahan jawara Liga Inggris ini melakukan dengan baik sepanjang laga. Hingga akhir peluit babak kedua tak ada gol lagi yang tercipta.(sdnc)


SELASA 13 AGUSTUS 2013 NOMOR 02344 TAHUN VII

KAMPUNGRON KEL. TERNATE TANJUNG KECAMATAN SINGKIL

Awal tugas, langsung galakkan kebersihan DI hari pertama masuk kerja di kantor sebagai Kepala Kelurahan di Ternate Tanjung, Ramli Labatjo mulai melakukan adaptasi dengan setiap kepala lingkungan sekalian melakukan peninjauan lapangan mengenai masalah kebersihan. Menurut Labatjo kepada Swara Kita RAMLI Labatjo. saat di jumpai di kantornya, Senin (12/8) kemarin, kalau langka awal dari tugas pertamanya sebagai Lurah Ternate Tanjung adalah menggalakan kebersihan yang sudah pernah dicanangkan oleh Lurah yang lama. Oleh sebab itu, setiap kepala lingkungan mulai dimintai tanggapan mengenai permasalahan kebersihan yang dihadapi. “Saya hanya bisa meneruskan program dari lurah sebelumnya untuk masalah kebersihan. Oleh karena itu, petunjuk serta masukan dari setiap kepala lingkungan sangat saya harapkan supaya program ini bisa berjalan dengan baik,” ungkapnya.

IBUKOTA 2 agenda penting ditindaklanjuti Wawali-Sekkot Manado—Dua agenda penting dan mendesak langsung ditindaklanjuti Pemkot Manado pada hari pertama masuk kerja pascalibur Lebaran, Senin (12/8) kemarin. Kedua agenda itu adalah 5 peraturan perda (Perda) yang perlu dilakukan klarifikasi ke Pemprov serta rencana pembebasan lahan Daerah Air Sungai (DAS) Tondano yang nantinya akan

dibangun lokasi pengendali banjir sepanjang 7,2 kilometer dimana perlu mendapat izin dari Gubernur Sulut, SH Sarundajang. “Ya, memang sudah di follow up oleh Pak Sekkot ada 5 perda Manado yang perlu diklarifikasi serta permohonan penetapan lokasi pembangunan untuk kepentingan umum dalam rangka perbaikan sungai Tondano bagian hilir. Kedua agenda tersebut

9

ditindaklanjuti ke Pemprov dan Gubernur Sulut khususnya untuk pembebasan lahan untuk perbaikan sungai Tondano bagian hilir itu. Karena ada aturan harus mendapat rekomendasi gubernur terkait luasan lahan yang akan dibebaskan,” ungkap Wawali Manado Harley Mangindaan di ruang kerjanya, kemarin. Sekkot Manado Ir Haefrey Sendoh yang dikonfirmasi menjelaskan soal 5 perda tersebut yakni, perda Manado nomor 5 tahun 2012 tentang tata cara pembentukan perda dan perda Manado nomor 6 tahun 2012 tentang bangunan gedung.

IDUL FITRI

Baca: Langsung ( Halaman 11) WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut saat bersama warga.(foto: ist)

APEL PERDANA

Lebaran aman, Dekot-Pemkot Wawali apresiasi PNS yang hadir ucapkan terima kasih ke warga

JAGARON LINGKUNGAN II KELURAHAN BAILANG

MASIH banyak warga yang belum sadar akan masalah kebersihan dimana salah satunya saat jam buang sampah. Memang dalam hal ini banyak warga khususnya di Lingkungan II Kelurahan Bailing masih belum memahami sepenuhnya program Pemkot Manado tentang jam buang samAGYS Awoha. pah sehingga sering terlihat ada warga yang membuang sampah pada siang hari yang sudah bukan jamnya. Kepala Lingkungan II, Agys Awoha kepada Swara Kita mengatakan, hal tersebut terkadang menjadi masalah terhadap dirinya karena sudah sering mengingatkan warganya untuk tidak membuang sampah di luar jam yang ditentukan. Namun masih saja terus dilakukan oleh warga secara sembunyisembunyi. “Saat saya menjaga kawasan tempat sampah itu, tidak ada warga yang buang sampah. Namun lepas dari pengawasan itu, banyak warga yang datang membuang sampah. Namun yang pasti, tindakan secara tegas akan saya berikan tanpa harus pandang bulu,” ungkapnya.(try24)

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Langsung kerja keras pascalibur

Baca: Awal ( Halaman 11)

Jam buang sampah belum ditaati warga

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

WAWALI Manado Harley Mangindaan memimpin apel perdana masuk kerja pascalibur lebaran.(foto: tonny/sk)

Manado—Wawali Manado, Harley Mangindaan, Senin (12/8) kemarin, memimpin apel kerja perdana pascahari libur Nasional Idul Fitri 1434 Hijriah di lingkungan Pemkot Manado bertempat di lapangan Sparta Tikala. Mengawali sambutannya, Wawali tidak lupa mengucap-

kan selamat hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah bagi seluruh pejabat dan staf pegawai negeri sipil pemkot Manado yang merayakannya. “Pada kesempatan ini, masih dalam suasana hari raya Idul Fitri, saya atas nama pribadi, keluarga dan pemerintah kota Manado, menyampaikan selamat hari

raya Idul Fitri 1434 Hijriah bagi seluruh pejabat dan staf pegawai negeri sipil pemkot Manado yang merayakannya,” ujar Wawali. Namun di satu sisi, Wawali pun memberikan apresiasi yang tinggi bagi PNS Pemkot Manado yang hadir mengikuti apel dan tidak menambah libur karena bisa berdampak kepada pelayanan terhadap masyarakat. “Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh PNS yang hadir dalam pelaksanaan apel kerja ini. Tentunya kesiapan kita dalam bekerja dan mengabdi tidak boleh mengendur. Jangan sampai ada kekosongan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat setelah libur yang cukup panjang,” kata Ai sapaan akrab Wawali. Baca: Wawali ( Halaman 11)

Manado—Ketua Dekot Manado Drs Danny Sondakh mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah menjaga perayaan Idul Fitri 1434 H dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Baca: Lebaran ( Halaman 11)

Dinas Damkar keluhkan hidran tidak berfungsi Manado—Pompa hidran sebagai sumber air pemadam kebakaran yang tersebar di berbagai titik di wilayah kota Manado, tidak semuanya berfungsi dengan baik. Baca: Dinas ( Halaman 11)

HUT INDONESIA kan terlihat di Jl Wolter Monginsidi Malalayang. Haris Popato, salah seorang pedagang bendera di kawasan Shoping Center mengatakan, kalau bendera yang dijualnya ada bervariasi ukuran sehingga harganya pun berbeda. “Bermacam-macam ukuran serta variasi bendera saya jual di tempat ini. Baca: Bendera ( Halaman 11)

Muslim dan tentunya ucapan terima kasih untuk warga Manado yang telah menjaga keamanan perayaan selama Lebaran,” katanya, Senin (12/8) kemarin.

PENANGGULANGAN KEBAKARAN

Bendera mulai marak dijual Manado—Hari Kemerdekaan RI sudah tidak lama lagi diperingati, sehingga banyak terlihat para pedagang yang menjual bendera merah putih yang kini terlihat dimana-mana. Hal ini sebagaimana terpantau Swara Kita, Senin (12/8) kemarin, diantaranya ada yang menjual di Pasar 45 atau tepatnya di kawasan shooping center dan bah-

Dikatakan Deson sapaan akrab Sondakh, warga Manado telah semakin dewasa dan pintar sehingga mampu menjadi pelopor daerah yang benar-benar aman. “Saya mengucapkan selamat Idul Fitri kepada umat

BENDERA merah putih mulai banyak dijual di pusat kota dan ruas jalan raya.(foto:lukman/sk)

LOKASI HIDRAN DI MANADO KECAMATAN MALALAYANG: Pertigaan Jl Sea Kel. Malalayang Satu Barat Jl Bethesda (pertigaan St Josep) Kel. Kleak KECAMATAN SARIO: Jl Sam Ratulangi (pertigaan patung Samrat) Kel. Ranotana KECAMATAN WENANG: Pusat Kota (Taman Kesatuan Bangsa) KECAMATAN TIKALA: Jl Balai Kota No. 1 (depan kantor walikota Manado) Depan kantor PDAM (Kel. Paal 2) KECAMATAN SINGKIL: Jl Cokroaminoto (pertigaan Wonasa, Tuna, Ketang Baru) KECAMATAN TUMINTING: Jl Hasanudin (samping kantor Kecamatan Tuminting) CADANGAN Jl Sam Ratulangi depan RS Pancaran Kasih Titiwungen Kec. Sario Jl Ahmad Yani depan kantor Bimoli Sario Tumpaan Kec. Sario Depan Masjid Bumi Beringin Kec. Wenang Kompleks Megamas/Megamall

KETENAGAKERJAAN

Tak terima THR, segera dilaporkan Manado—Anggota Dekot Manado, Marko Tampi meminta para karyawan yang tidak menerima Tunjangan Hari Raya (THR) untuk perayaan Idul Fitri yang baru saja dirayakan oleh umat Muslim, diharapkan untuk segera melapor. Pasalnya, THR merupakan hak normatif karyawan khususnya bagi mereka yang merayakan Lebaran. Pernyataan tegas tersebut disampaikan meyusul sudah menjadi kewajiban setiap pengusaha untuk memberikan THR bagi karyawannya karena sudah

sesuai aturan yang berlaku. “Dalam undang-undang ketenagakerjaan, itu sangat jelas bahwa setiap karyawan berhak menerima THR dengan sejumlah pertimbangan. Jadi, jika ada karyawan yang kemarin merayakan Lebaran dan sudah bekerja namun tidak menerima THR sesuai ketentuan dalam undangundang, diharapkan segera melapor ke Dekot Manado atau Dinas Tenaga Kerja Manado,” tegas Tampi, Senin (12/8) kemarin. Baca: Tak ( Halaman 11)


Ibukota

SELASA 13 AGUSTUS 2013

GMIM PETRA PANIKI BAWAH

Wawali ingin lanjutkan pembangunan bersama

SURAT KABAR HARIAN

Dekot minta antisipasi cuaca ekstrim Pemkot diusulkan siapkan posko cepat Manado—Guna mengantisipasi jatuhnya korban akibat cuaca ekstrim, maka Pemkot Manado diusulkan segera menyiapkan posko cepat agar penanganan terhadap korban-korban

bencana alam disaat terjadi bencana nantinya dapat ditangani dengan baik. “Syukurlah, bahwa meski cuaca ekstrim dan berubahubah di Manado akhir-akhir ini, belum berakibat fatal

dimana dapat menelan korban jiwa. Tapi, hal ini harus diantisipasi dengan menyiapkan posko cepat,” ujar Anggota Dekot Manado, Lily Binti Senin (12/8) kemarin. Dia menjelaskan

Binti, posko cepat ini nantinya memberikan pertolongan pertama bila ada korban bencana alam. Setelah diberikan pertolongan pertama, baru akan dirujuk ke puskesmas dan rumah

sakit untuk dirawat intensif. “Tentunya harus didukung dengan program Universal Coverage (UC). Ini harus dimanfaatkan dengan baik,” kata srikandi Partai Golkar ini. Koleganya Cicilia Longdong mengatakan, posko cepat ini harus melibatkan tenaga medis, Badan Penang-

SARANA PENUNJANG

WAWALI Manado Harley Mangindaan bersama jemaat GMIM Petra Paniki Bawah Wilayah Mapanget.(foto: tonny/sk)

IBADAH syukur pengtahbisan gedung Pastori sekaligus perayaan pengucapan syukur jemaat GMIM Petra Paniki Bawah Wilayah Mapanget I, Minggu (11/8) lalu, tampaknya menjadi momen bagus bagi Wawali Manado, Harley Mangindaan, mengajak serta mengutarakan keinginannya untuk pembangunan kedepan kota Manado ke arah lebih baik. Diungkapkan Wawali, 5 tahun dalam kepemimpinannya bersama Walikota Manado GS Vicky Lumentut, terasa lama tapi dalam konteks pembangunan begitu pendek, hingga masih begitu banyak yang perlu dibenahi. Tak ayal, ditegaskan Wawali, lanjutkan pembangunan yang di dalamnya didukung pemerintah dan masyarakat, tentunya hasilnya akan lebih baik. “Mari kita lanjutkan pembangunan bersama,” ungkap Wawali. Dalam sambutannya, Wawali sedikit menyentil akan berjalannya program-program Pemkot Manado sekaligus meminta agar warga diberikan waktu mengkongritkan apa yang telah dilakukan selama mendampingi Walikota Manado. “Terima kasih atas dukungan warga sehingga membuat suasana menjadi aman. Pada kesempatan ini saya menitipkan untuk mendoakan kami agar bisa lebih baik lagi dalam membangun kota Manado. Berikan kami waktu untuk lebih mengkongkritkan programprogram untuk mengsejahterakan masyarakat kota Manado,” ungkap Wawali. Lepas dari itu, ibadah syukuran tersebut dipimpin oleh Pdt Marthen Karundeng STh yang adalah Wakil Sekretaris Sinode GMIM. Dalam khotbahnya, Karundeng mengatakan, bahwa Pastori adalah rumah tempat tinggal Pendeta yang terbuka untuk penggembalaan bagi masyarakat. “Pastori terbuka untuk penggembalaan bagi masyarakat yang ingin di doakan dalam pergumulan hidupnya,” ujar Karundeng. Wawali sendiri mengucapkan selamat atas pengtahbisan pastori jemaat GMIM Petra. “Saya atas nama pemerintah kota Manado, atas nama pribadi Keluarga Lumentut-Runtuwene dan atas nama keluarga Mangindaan-Kudati, mengucapkan selamat atas pengtahbisan pastori dan pengucapan syukur Jemaat GMIM Petra Paniki Bawah. Saya melihat keadaan jemaat Petra kondusif sekali. Pembangunan pastori ini menunjukkan persatuan dan kesatuan yang solid dari seluruh jemaat,” ungkap Wawali. Hadir dalam ibadah tersebut seluruh Jemaat GMIM Petra Paniki Bawah, Camat Mapanget, Dra Lenda Pelealu MSi, Camat Malalayang, Danny Kumajas Ssos, Kabag Humas dan Protokol, Drs Novly Welly Siwi, MSi dan Lurah Paniki Bawah, Trientje Amik.(teem)

10

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

WISATA KULINER

Kecamatan Bunaken Kepulauan segera miliki alat transportasi Manado—Dalam menunjang kinerja, maka Kecamatan Bunaken Kepulauan akan segera miliki 1 unit speed boat yang fungsinya memperlancar tugas dan tanggung

gulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). “Supaya perhatian kepada warga yang mengalami bencana bisa berjalan efektif di setiap wilayah dan lokasi. Diharapkan antisipasi ini benar-benar terwujud,” timpalnya.(dede)

jawab pemerintah dalam melayani masyarakat di daerah kepulauan. Menurut Sekertaris Camat Bunaken Kepulauan, Mursid Pangalima SSTP, dalam waktu dekat

speed boad itu akan segera digunakan. “Jika tidak ada halangan, kami sudah bisa menggunakan alat trasportasi itu,” terangnya, Senin (12/8) kemarin.

Kumayas: Sabuah Bulu akan dikaji kembali

Dikatakannya, pembuatan speed boat itu saat ini sudah masuk dalam tahap finising dan akan dilakukan uji coba terlebih dulu. Baca: Kecamatan ( Halaman 11)

SOROTAN

Trotoar masih dijadikan tempat parkir gratis

TROTOAR di Jl Boulevard kerap masih dijadikan lahan parkir gratis oleh pemilik kendaraan.(foto: lukman/sk)

Manado–Fasilitas jalan berupa trotoar di kawasan Jl Boulevard, kerap masih dijadikan lahan parkir gratis oleh pemilik kendaraan bermotor. Hal tersebut terpantau Swara Kita, Senin (13/8) kemarin, di kawasan depan MTC dan Mega Mall. Padahal upaya penertiban dari Satpol PP pernah dilakukan di kawasan tersebut, namun tetap saja efek jera seakan tidak terlihat

oleh setiap pemilik yang parkir di tempat itu sehingga hal ini telah menjadi suatu kebiasaan sehari-hari. Rocky Kaawoan, salah satu pemilik kendaraan yang sedang memakirkan kendaraan miliknya mengatakan, kalau dirinya hanya ikut-ikutan parkir di tempat itu karena melihat banyak motor sudah lebih dulu memarkir. Baca: Trotoar ( Halaman 11)

Manado—Adanya objek wisata kuliner berupa Sabuah Bulu di Pantai Malalayang yang menjadi mendongkrak sektor perekonomian warga dan mudah dijangkau masyarakat Kota Manado, dinilai oleh Pemprov Sulut sudah menghilangkan nilai estetika keindahan pantai Malalayang dan menimbulkan kemacetan. Hal ini yang menjadikan lokasi kuliner itu akan segera dikaji kembali oleh pemerintah. “Sesuai harapan Gubernur Sulut bahwa di laut tidak ada penghalang Sabuah Bulu sehingga akan dikaji kembali agar terlihat baik dan bagus. Lokasi itu juga akan dilebarkan jalannya supaya tidak macet,” terang Camat Malalayang, Danny H Kumayas Ssos kepada sejumlah wartawan usai sertijab di kantor Camat

Wenang, Senin (12/8) kemarin. Lanjut dikatakan mantan Camat Wenang ini, untuk menghindari kemacetan dengan kondisi jalan yang kecil, maka kedepannya akan dibuat pagar. “Untuk solusi kemacetan kedepannya akan di buat pagar,” ujar Kumayas. Menyangkut pedagang, Kumayas mengatakan, jika itu akan dibicarakan kembali dengan melibat instansi terkait seperti Dinas Pariwisata dan Bappeda. “Memang perlu adanya sinkronisasi semua pihak seperti pedangang, Dinas Pariwisata Sulut maupun Manado juga tentunya campur tangan Bappeda untuk penataan. Sabuah Bulu kan juga merupakan sumber PAD sehingga perlu ditata kembali,” tandas Kumayas.(este)

Mintje Woi, tunatera penjual kacang

Keterbatasan fisik tak membuat patah semangat Dalam keterbatasan fisik, dirinya hanya bisa pasrah dan berdoa agar supaya usaha yang dilakukan sehari-hari bisa mendapatkan berkah.

MINTJE Woi, warga asal Tongkaina ini adalah seorang perempuan tunanetra yang berumur 48 tahun dimana layaknya orang normal lainnya, dirinya bisa maju bertahan hidup. Setiap harinya Mintje sering terlihat di pusat kota atau tepatnya di kawasan bundaran Zero Point untuk berjualan kacang miliknya yang dibuat oleh suaminya

sendiri. Terkadang dia dan suaminya itu berkeliling di tempat–tempat rumah makan terdekat di pusat kota untuk menjual jualan mereka. Namun usaha ini masih saja belum sepenuhnya berhasil dikarenakan banyak orang yang sering menolak untuk membeli kacang yang dijualnya seharga Rp2.000/bungkus.

Mintje merupakan anak ketiga dari tiga bersaudara, namun diketahui hanya dirinya yang mempunyai kekurangan fisik, sedangkan kedua saudaranya normal seperti orang lainnya. Namun biarpun demikian, dirinya masih diberikan jodoh oleh Tuhan untuk bisa menikah walaupun belum di karuniai anak.

“Saya dan suami berusaha harus mendapatkan uang sebesar Rp30.000 setiap hari untuk biaya makan. Namun terkadang susah bagi kami berdua untuk mencapai nominal sebesar itu. Akan tetapi kami yakin Tuhan akan senantiasa selalu mempermudah mendapatkan rezeki kepada kami berdua,” tuturnya.(try24)

MINTJE Woi, tunatera penjual kacang.

Perusahaan penerbitan yang sedang berkembang membutuhkan tenaga Account Executive dengan ketentuan:

-

Mampu Bekerja Keras Mempunyai Jaringan Relasi Sipa Bekerja Sebagai Team Work Mempunyai Kendaraan Roda Dua lebih Diutamakan

Kirimkan Surat Lamaran Anda ke Saudari Ika d/a Ruko Mega Smart 8 No.7 (jam kerja) No Telp. (0431) 841060

SUBARU FORESTER A/T TAHUN 2007

MITSUBISHI LANCER EX TAHUN 2002

CHEVROLET BLAZER TAHUN 2003

TOYOTA SPR. KIJANG 1.8 LONG THN 1995

AC,Tape,Velg,PS, PW, CL, MIRROR, KM 44.000, MULUS. OTR Rp 215 jt, UM : 95 jt , Angsuran Rp 4.898.000 X 35 Bulan Asuransi TLO 3 thn

UM Rp. 195 jt, angsuran Rp. 7.300.000 x 28 bulan ( Lanjut Kredit )

Chevrolet Blazer Tahun 2003 AC, Tape, Velg, PS, PW, CL, Mulus Sekali, Rp. 69 jt, UM Rp. 13 jt, angsuran Rp. 2.450.000 x 35 bln, Ass All Risk.

Siap pakai Rp 49 jt, UM : 15jt, Angsuran Rp 1.498.000 X 35 bulan

DAIHATSU TERIOS TS EXTRA TAHUN 2011 Harga Rp. 115 jt, UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 3.100.000 x 48 bln

AC,Tape,velg,PS,P W,CL,Alarm,Mulus sekali. OTR Rp. 165 jt, UM Rp. 31 jt, Angsuran Rp. 4.299.500 x 47 bln. Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun

TOYOTA KIJANG INNOVA G EURO TAHUN 2008

AC, Tape, DB, Velg, PS, PW, CL, alarm, Rp 169 jt, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 4.750.000 x 47 bulan, Asurans All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

Honda Stream Toyota Kijang Innova Tahun 2002 Tahun 2004 AC, Tape, Velg, PS, PW, CL, Mulus, UM Rp. 40 jt, angsuran Rp. 2.768.900 x 30 bln (lanjut Kredit

AC, tape, velg, PS, PW, CL, Rp. 129 jt, UM Rp. 26 jt, angsuran Rp. 3.498.000 x 47 bln.

Type

Service

AC SPLIT RP25.000 AC WINDOW RP50.000 AC STANDING FLOOR RP50.000 AC CEILING RP45.000 AC CENTRAL NEGO KULKAS RP50.000 FREEZER RP50.000 MESIN CUCI RP50.000 DISPENSER RP50.000

Tambah Freon RP75.000/PK RP75.000/PK RP75.000/PK RP45.000/PK NEGO RP660.000/PK RP660.000/PK NEGO NEGO

DISEWAKAN AC FLOOR STANDING/GENSET

- Service langsung di tempat - Melayani bongkar pasang AC - Melayani panggilan luar kota - BERGARANSI - Ditangani oleh Tenaga Profesional Teknisi kami datang ke tempat anda untuk cek GRATIS

Hub: (0431) 3630234/9140332—085299811566 Jl AA Maramis Paniki Bawah No 12 Manado

ISUZU PANTHER PICK UP TURBO TH. 2007

TOYOTA ALTIS G TAHUN 2003

DAIHATSU TERIOS TX TAHUN 2010

DAIHATSU XENIA R SPORTY TAHUN 2012

Daihatsu Xenia Li Sporty Tahun 2007

Suzuki Carry 1.5 DRV Tahun 2002

Mulus sekali, Rp. 86 jt, UM Rp. 15 jt, Angsuran Rp. 3.099.000 x 35 bln

UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 3. 598. 000 x 47 bulan.

Daihatsu Terios TX Tahun 2010 Rp. 159 jt, UM Rp. 32 jt, angsuran Rp. 4.298.000 x 47 bln. Ass All Risk 1 tahun.

Lanjut Kredit UM Rp. 73 jt, angsuran Rp. 5.230.000 x 20 bulan Asuransi All Risk Full tenor

AC, Tape, Velg, PS, PW, CL, mulus, Rp. 90 jt, UM Rp. 16 jt, angsuran Rp. 2.498.00 x 47 bln, Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

Suzuki Carry 1.5 DRV Tahun 2002 Siap Pakai Rp. 65 jt, UM Rp. 15 jt, angsuran Rp. 2.100.000 x 35 bln.

Isuzu Panther LS Tahun 2002 OTR Rp. 95 jt, UM Rp. 16 jt, angsuran Rp. 2.650.000 x 47 bln.

CV AIR SEJUK MANADO MAINTENANCE-AIR CONDITIONER-SPARE PART-INSTALATION

HONDA ALL NEW JAZZ Tahun 2009 PUTIH

CJ TAHUN 1984

OTR Rp 179 jt, UM Rp. 36 jt, Angsuran Rp 4.750.000 X 47 bulan, Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

ISUZU PANTHER TOURING 2009/2008

MITSUBISHI TS PU TH. 2004

Model Jeep Wrangler bagus sekali Rp. 175 jt

Mulus, Rp 45jt,UM Rp 15jt, Angsuran Rp 1.358.000 X 36 bulan.

UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 4.550.000 x 47 bln, ass all Risk 1 thn. OTR Rp. 165 jt

TOYOTA STARLET THN 1996 TURBO LOOK AC, Tape, velg, PS, PW, CL, mulus sekali, Rp. 99 jt, UM Rp. 29 jt, angsuran Rp. 2.386. 000 x 48 bln.


SELASA 13 AGUSTUS 2013

Kementan ajak petani optimalkan lahan basah GUNA mendorong produktivitas sekaligus mengantisipasi turunnya cadangan pangan dunia karena pengaruh perubahan iklim, Kementerian Pertanian mengajak petani untuk mengoptimalkan peluang kemarau basah. “Sekarang kemarau basah, jadi biar pun musim kering, terkadang masih kerap turun hujan. Petani perlu digerakkan untuk memanfaatkan peluang ini,” ungkap Direktur Budidaya Serealia Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Fathan A Rasyid, Senin (12/8/2013). Dia melanjutkan, selain mendorong petani untuk menanam, juga berupaya menaikkan produktivitas. di antaranya dengan menambah jumlah anakkan di dalam tiap rumpun padi yang ditanam. Selama ini, jumlah anakkan tanaman padi dalam satu rumpun berkisar dua atau tiga saja. “Nantinya, bagaimana agar satu rumpun, anakkan ditambah menjadi 20 dalam tiap rumpun, dan tiap hektare ada lebih dari 200 rumpun. Ini cara yang mudah untuk meningkatkan produktivitas padi,” tambah dia. Menurutnya hal tersebut dilakukan sekaligus mengupayakan agar setiap anakkan tersebut mampu berisi padi semua. “Jadi, nanti jumlah benih yang disebar ke petani, akan ditambah,” kata Fathan A Rasyid. Dia mengingatkan, peningkatan produktivitas padi itu juga untuk mengejar target produksi surplus 10 juta ton beras pada tahun 2014. Fathan mengungkapkan, saat ini masih terjadi kekurangan sekitar lima juga hingga tujuh juta ton beras agar target surplus tersebut tercapai. “Berdasarkan angka ramalan I tahun 2013, produksi beras Indonesia sudah 69 juta ton lebih. Ini sudah surplus sekitar 5 juta ton beras,” ujar dia. Produksi beras nasional harus mencapai 76 juta ton agar surplus 10 juta ton beras itu terwujud. Ia menambahkan, perubahan iklim membuat cadangan pangan dunia terganggu. Mantan Kepala Bappeda Provinsi Kalbar itu mencontohkan Amerika Serikat telah mengumumkan terjadinya penurunan produksi jagung. Hal itu berdampak luas karena menyangkut pangan untuk unggas serta konsumsi manusia. “Ini tantangan, sekaligus peluang yang harus dimanfaatkan Indonesia sebagai negara tropis dan kaya akan lahan,” kata dia. Dia berharap, dengan iklim yang mendukung, subsidi benih dan pupuk, serta penyaluran kredit ketahanan pangan dan energi, Indonesia dapat memperoleh hasil yang maksimal di bidang pangan.(okez)

Wawali ... dari Halaman 9 Dirinya mengharapkan agar PNS Pemkot Manado terus melanjutkan karya dan pengabdian dengan memohon hikmat dan kekuatan dari Tuhan. “Mari kita lanjutkan karya dan pengabdian kita sekaligus terus memohon hikmat dan kekuatan dari Tuhan Yang Maha Kuasa,” terang Wawali. Usai apel, Wakil Walikota bersalaman dengan PNS Pemkot Manado yang beragama Islam untuk mengucapkan selamat Idul Fitri. JANGAN LOYO Di tempat terpisah, pelayanan dari pemerintah pascaliburan Idul Fitri yang panjang, diminta untuk tidak memble alias loyo. Hal ini ditakutkan karena banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tidak akan bekerja dengan baik karena masih terbawa suasana liburan. “Parahnya lagi kalau sampai para PNS ini tidak masuk kerja. Atau bisa saja masuk kerja, tapi kemudian tiba-tiba pulang cepat karena tidak fokus kerja,” kata Anggota Dekot Manado, Rizal Dali. Dikatakan Dali, ada kecenderungan para PNS hanya akan datang untuk mengambil absen dan kemudian langsung pulang lagi untuk bersilaturahim atau karena memang masih terbawa suasana liburan sehingga masih malas masuk kerja. Anggota Komisi C, Benny Parasan menambahkan, jika hal ini terjadi, maka yang dirugikan adalah masyarakat yang mempunyai urusan. Apalagi pengurusan ini sudah dilakukan sejak seminggu dan tertunda karena cuti bersama. “Kan sudah cukup cuti bersama selama sepekan. Kalau kemudian di hari pertama masuk kantor juga malas-malasan, yang dirugikan masyarakat. Jadi saya minta untuk tidak memble,” katanya. Parasan meminta kepada Badan Kepegawaian Daerah untuk melakukan inspeksi dan memperhatikan kehadiran dari para PNS yang ada di masing-masing instansi. “Ini harus dipertegas karena ini berhubungan dengan kepentingan masyarakat. PNS sudah cukup liburnya selama sepekan,” tutupnya.(teem/dede)

Bendera ... dari Halaman 9 Seperti bendera yang hanya ukuran panjang 1,5 meter dan lebar 1 meter ini untuk dipasang pada tiang panjang di depan rumah saya jual Rp20.000/ buah. Namun ada pula yang memesan dengan panjang sekitar 10 meter untuk dipakai di kantorkantor,” jelasnya.(try24)

Tak ... dari Halaman 9 Politisi PDIP ini juga meminta pihak pemerintah memberikan sanksi terhadap pengusaha yang lalai tersebut. “Jika ada aturan, maka itu harus dipatuhi. Apabila lalai atau tidak menjalankannya, perlu mendapatkan sanksi. Pemerintah harus mengambil langkah tegas, karena menyangkut hak dan kewajiban,” himbaunya.(dede)

Awal ... dari Halaman 9 Dirinya menambahkan, kalau kegiatan berupa jalan sehat dengan semua perangkat di kelurahan akan dilakukan pada pekan depan dimana program seperti ini sering di lakukan di tempat kerja lamanya. “Ini supaya para pegawai dalam bekerja tetap sehat dan penuh semangat,” tutupnya.(try24)

Ekonomi

SURAT KABAR HARIAN

11

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

NTP Sulut turun 0,3% Sub sektor perikanan kembali menjadi penyumbang tertinggi Manado—Bulan Juli 2013, nilai tukar petani (NTP) Provinsi Sulut kembali penurunan, walaupun tipis yakni sebesar 0,3 persen. Kepala Badan Pusat Statistik

(BPS) Sulut, Faizal Anwar mengatakan, NTP Provinsi Sulut pada bulan Juli kembali mengalami penurunan yang berpengaruh pada kesejateraan petani. “Penurunan tingkat

kesejahteraan petani terlihat dari NTP di bulan Juli mengalami penurunan sebesar 0,3 persen,” kata Anwar. Meski mengalami penurunan 0,3 persen, katanya,

namun tercatat NTP di bulan Juli 2013 sebesar 101.53 artinya indeks yang diterima petani masih lebih tinggi ketimbang indeks yang harus dibayar . Dikatakan, rasio NTP secara tahun kalender juga mengalami perubahan di bulan Juli yakni peningkatan sebesar 0,49 persen dan rasio year on year juga meningkat sebesar 1,17

persen. “Hal ini berarti, indeks harga yang diterima petani di bulan Juli meningkat sebesar 2,28 persen dan indeks harga yang dibayar petani sebesar 2,58 persen,” bebernya. Dari kelima sub sektor pertanian, katanya yang paling tertinggi atau sejahtera yakni subsektor tanaman perkebunan rakyat sebesar 108.27

sedangkan NTP yang terendah oleh sub sektor perikanan sebesar 97.88. “Sub sektor perikanan dari waktu ke waktu terus mengalami penurunan, ini sudah terjadi selama 3 bulan terakhir. Untuk itu, diharapkan pemerintah untuk lebih fokus lagi dalam mengembangkan sektor tersebut,” pungkas Anwar.(haer)

Mudik, konsumsi premium 82.731 kl Bulan Puasa, 47 ton daging sapi terjual

Jakarta —Penjualan daging sapi PT Rajawali Nusantara Indonesia (persero) sepanjang bulan Ramadhan tahun ini sebanyak 47 ton. RNI menetapkan harga satu kilo gram daging sapi Rp70 ribu. “Saat Ramadhan harga daging di pasaran mencapai Rp120 ribu per kilo gram, tapi kita jual Rp70 ribu per kilo gram, penjualan selama itu sebanyak 47 ton,” ujar Ismed saat ditemui di gedung Kementerian BUMN, Senin (12/8/2013). Menurut Ismed, perseroan masih mendapatkan untung dari penjualan daging sapi RNI dengan PERMINTAAN BBM disaat mudik lebih rendah dari prediksi awal yang diperkirakan dipicu oleh perubahan pola mudik dan balik masyarakat.(foto:ist)

Jakarta—PT Pertamina (Persero) mencatatkan rata-rata realisasi penyaluran BBM bersubsidi untuk masa arus mudik dan balik lebaran 2013 hingga 11 Agustus 2013 masingmasing Premium mencapai 82.731 Kiloliter (kl) per hari dan Solar 33.471 kl per hari atau lebih rendah dari prediksi awal yang diperkirakan dipicu oleh perubahan pola mudik dan balik masyarakat. Vice President Coorporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan berdasarkan data Pertamina, realisasi Premium hingga Minggu 11 Agustus, masih di bawah estimasi dengan rata-rata 83.108 kl per hari atau 102 persen konsumsi harian (Daily Out Througtput/DOT). “Dengan tingkat konsumsi tertinggi arus mudik terjadi pada hari Rabu (H-1) sebesar 104.321 kl atau 129 persen DOT. Realisasi penyaluran tersebut

bahkan lebih rendah dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu sekitar 84.631 kl per hari,” ungkap Ali di Jakarta, Senin (12/8/2013). Ali menambahkan, adapun realisasi Solar juga di bawah estimasi dengan rata-rata sebesar 33.471 kl per hari atau 82 persen DOT dengan konsumsi tertinggi arus mudik terjadi pada Selasa (H-9) sebesar 52.162 kl atau 128 persen DOT. “Realisasi penyaluran Solar tersebut juga lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 35.356 kl per hari,” tambahnya. Menurut Ali, semula Pertamina memprediksikan konsumsi Premium dan Solar pada masa lebaran (H-15 hingga H+15) masing-masing naik 14 persen menjadi 91.830 kl dan turun 4,9 persen menjadi 38.628 kl. Naiknya konsumsi Premium sejalan dengan pertumbuhan mudik dan balik lebaran,

sedangkan turunnya konsumsi Solar karena pelarangan operasi truktruk besar konsumen Solar sejak H-4. Ali menjelaskan, lebih rendahnya konsumsi BBM Premium dan Solar selama masa lebaran disebabkan oleh beberapa faktor terkait dengan pola mudik dan balik masyarakat tahun ini. “Pertama, dengan masa cuti bersama yang lebih panjang sebelum hari H lebaran, menjadikan pemudik terdistribusi ke dalam beberapa hari sehingga kemacetan dapat diminimalisir,” papar Ali. Kedua, banyaknya kegiatan mudik gratis dari berbagai perusahaan dan juga instansi pemerintah dengan menggunakan moda transportasi darat seperti bus maupun kapal perang TNI mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, utamanya roda dua secara signifikan. Ketiga, meningkatnya jumlah pemudik yang

menggunakan pesawat seiring dengan pertumbuhan masyarakat ekonomi kelas menengah atas dan penambahan volume penerbangan selama Lebaran 2013. Selain itu, kenaikan harga BBM bersubsidi jenis Premium dan Solar juga diduga menjadi faktor yang mengurangi minat masyarakat untuk mudik dengan menggunakan kendaraan Pribadi. Hal ini salah satunya ditunjukkan dengan tingginya volume kendaraan yang beredar di DKI Jakarta dan sekitarnya selama masa lebaran. “Halhal tersebut diduga menjadi faktor penting bagi konsumsi BBM pada masa mudik dan lebaran tahun ini yang lebih rendah dibandingkan dengan prediksi, bahkan juga lebih rendah dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Namun, yang pasti Pertamina senantiasa menjaga stok BBM aman di atas 20 hari,” tandasnya.(okez)

Belanja Daerah (APBD) tahun 2013. “Selama ini kerja pemerintah Kecamatan Bunaken Kepulauan sering mengalami keterlambatan karena harus menggunakan taksi

laut yang biasa digunakan warga. Sudah lama keinginan memiliki sarana transportasi ini ada, baik dari pemerintah dan masyarakat,” tutup Pangalima.(este)

hilir sehingga permohonan ke Gubernur kiranya dapat memproses pengadaan tanah untuk keperluan pembangunan dimaksud sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) RI nomor 17 tahun 2012 tentang penyelenggaraan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum. Dalam surat permohonan ke Gubernur Sulut, pembangunan prasarana pengendalian banjir pada sungai tondano sepanjang 7,2 km. Sedang proses pengadaan tanah akan diselenggarakan dalam 4

tahap. Pengadaan tanah tahap pertama untuk menduung pembangunan fisik yang dibiayai dari dana pinjaman JICA Loan IP-551. Sementara pembiayaan tanah seluruhnya bersumber dari dana APBD Manado sebagaimana tertuang dalam surat pernyataan Walikota Manado. Untuk tahap pertama dari perkiraan kebutuhan dana sebesar Rp16 miliar, dalam tahun anggaran 2013 telah dialokasikan dana pengadaan tanah APBD Manado Rp3 miliar.(teem)

bersama-sama menjaga kamtibmas di lingkungannya masing-masing sehingga Lebaran dapat berjalan dengan aman dan damai. Terima kasih kepada seluruh aparat keamanan yang telah mengawal keamanan kota Manado sehingga kondisi Kamtibmas di Manado berlangsung kondusif dan terkendali selama bulan Ramadhan,” tuturnya

sambil menyampaikan ucapan selamat Lebaran kepada seluruh umat Muslim yang ada di kota Manado. “Saya atas nama pemerintah kota Manado, keluarga LumentutRuntuwene dan pribadi mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434 Hijriah. Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin,” kuncinya.(dede)

Kecamatan ... dari Halaman 10 “Boat tersebut juga nantinya akan dapat difungsikan membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan darurat. Semoga dengan adanya alat transport ini, pela-

yanan terhadap masyarakat bisa berjalan lancar,” katanya. Ditambahkannya lagi, untuk dana pembuatan speed boat itu berasal dari Anggaran Penggunaan

Langsung ... dari Halaman 9 Lalu Perda nomor 11 tahun 2012 tentang tata letak bangunan reklame dan Perda nomor 1 tahun 2013 tentang pengelolaan perusahaan daerah pasar. “Itu menyusul surat Walikota Manado tertanggal 14 November 2012 perihal klarifikasi karena mengingat perda tersebut mendesak untuk dilakukan hingga perlu klarifikasi,” terang Sendoh. Akan permohonan penetapan lokasi pembangunan untuk kepentingan umum dalam rangka perbaikan sungai Tondano bagian

hilir, Sendoh menyebutkan, ini bagian dari percepat proses pembangunan fisik seperti yang diharapkan Walikota dan Wakil Walikota Manado. “Tapi memang prosesnya perlu ada pemberitahuan untuk mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Sulut,” ujar mantan Kadis Pariwisata Pemprov Sulut ini. Ditambahkannya, Balai Wilayah Sungai, Dirjen Sumber Daya Air dan Kementerian PU akan m e l a k s a n a k a n pembangunan prasarana pengendalian banjir yaitu perbaikan sungai Tondano

Lebaran ... dari Halaman 9 Deson sendiri mengharapkan situasi yang kondusif dan aman ini bisa terus tercipta hingga perayaan Natal di bulan Desember mendatang. “Tapi saya yakin jika di Manado akan tetap terjaga situasi yang aman dan kondusif, karena baik pemerintah dan juga warga, semuanya ikut terlibat agar supaya Manado menjadi daerah yang aman,” ujarnya.

Senada, Walikota Manado, GS Vicky Lumentut juga menyampaikan apresiasinya kepada warga Manado dan aparat keamanan yang telah berupaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di kota Manado selama bulan Ramadhan dan khususnya saat perayaan Idul Fitri 1434 H. “Terima kasih kepada warga Manado yang

merek raja daging, walaupun harga jual Rp70 ribu per kilonya. “Kita masih laba kok. Daging sapi impor Australia Rp36 ribu per kilo ditambah ongkos jadi Rp45 ribu, jadi pasti masih untung,” ucap dia. Ismed juga mengatakan, perseroan ingin lebih mengembangkan bisnis penjualan daging sapi. RNI berencana membeli lahan ternak sapi seluas 1 juta hektar di Australia. Namun, hal ini masih menunggu perserujuan dari Kementerian BUMN. “Kami menunggu kebijakan Kementerian BUMN, kita sudah ajukan proposal,” ucap Ismed.(inic)

Kemarau basah untungkan petani padi Jakarta—Kemarau basah membuat petani tertarik untuk menanam padi. Meskipun menyebabkan petani cabai dan bawang merah merana. “Musim hujan membawa berkah tersendiri bagi petani padi karena mereka kembali menanam lahannya dengan padi,” ujar Direktur Budidaya Serealia Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Fathan A. Rasyid di Kementan, Senin (12/8/2013). Dengan tertariknya petani menanam padi pada musim kemarau basah, lanjut Fathan, luas lahan tanam akan bertambah. Sasaran luas lahan tanam pada Oktober 2012–September 2013 diperkirakan akan mencapai 14 juta hektare lebih atau sekitar 97,78%. “Memang ada peningkatan luasan tanam, namun luasan tersebut masih berada di bawah target yaitu sekitar 14,4 juta hektare. Jadi ada kekurangan sekitar 400.000 hektare lahan,” ucap Fathan.

Realisasi tanam di Juni 2013 mencapai 925.706 hektare dan untuk Juli 2013 diperkirakan mencapai 750.515 hektare. Sedangkan perkiraan realisasi tanam pada Agustus 2013 sebesar 607.123 hektare. Dengan adanya luas tanam yang bertambah diproyeksikan produksi gabah kering giling mencapai 70 juta ton. Perkiraan ini dengan asumsi per hektarnya memproduksi gabah kering giling sebesar 5 ton. Namun, dengan kemarau basah masih ada produk pertanian yang diuntungkan. Produk padi menjadi sangat diuntungkan, pasalnya padi akan bagus dengan kemarau basah. “Petani padi menangguk untung pada musim kemarau basah, artinya tidak selamanya iklim cuaca mengganggu petani. Toh ada kelebihan di pihak lain,” ucap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pertanian, Haryono.(inic)

Trotoar ... dari Halaman 10 “Saya berani memakirkan motor saya karena di tempat ini banyak motor yang sudah parkir duluan. Jadi

saya sih ikut-ikutan saja mumpung tidak kena biaya parkir,” tuturnya dengan wajah senyum.(try24)

Dinas ... dari Halaman 9 Pasalnya, menurut salah satu personil Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Manado, Sonny Rompas, beberapa waktu lalu ketika terjadi kebakaran, pihaknya harus berputar-putar Manado untuk mencari hidran yang ada airnya. “Sudah banyak kejadian kalau kami kehabisan air ketika sedang bertugas memadamkan api. Sebab ada beberapa hidran justru tidak berfungsi karena airnya tidak ada,” keluh Rompas kepada Wawali Manado, Harley Mangindaan, Senin (12/8) kemarin yang melakukan sidak di ruang kerja SKPD Pemkot Manado. Rompas pun mengusulkan agar pada tahun anggaran 2014 mendatang bisa mengadakan mobil tangki air untuk mem-back up kendaraan damkar. Ini perlu menyusul 98 staf Damkar Manado yang ada, dibagi 1 regu masingmasing 24 orang. “Itu

disesuaikan dengan jumlah kendaraan damkar yang sebenarnya untuk wilayah kota Manado, butuh sedikitnya 20 unit kendaraan damkar,” jelasnya. Wawali sendiri menyebutkan, kekurangan tersebut akan dibahas dan diajukan kepada Walikota Manado. Karena, lanjut Wawali, selain kendaraan pemadam kebakaran, masih ada yang mendesak untuk diadakan seperti alat komunikasi bagi awak damkar Manado. “Saya berharap agar pegawai tidak sungkan-sungkan memberikan masukan apalagi berhubungan dengan pelayanan kepada masyarakat. Karena pada pemantauan hari pertama masuk kerja ini, banyak persoalan yang saya temui dan perlu diselesaikan,” terang Wawali yang juga telah melakukan pemantauan ruang kerja, Bapedda, Dinas Tata Kota, Dinas Capil dan Kependudukan.(teem)


SELASA 13 AGUSTUS 2013

SEMBAKO

Usai Idul Fitri, harga bahan pokok masih tinggi PERAYAAN Idul Fitri baru saja dirayakan oleh seluruh umat Muslim di dunia yang jatuh pada 8 dan 9 Agustus lalu. Meski perayaan hari raya tersebut sudah lewat, namun harga bahan-bahan pokok yang ada di pasarpasar tradisional, ternyata belum mengalami penurunan. Seperti hal yang terpantau di sejumlah pasar tradisional yang berada di Kabupaten Minahasa dimana beberapa jenis bahan pokok harganya masih sama tinggi dengan pada waktu memasuki bulan Ramadan hingga Idul Fitri. Contohnya harga Bawang Merah, Cabe, beberapa jenis beras, telur dan Minyak Goreng. Padahal, pemerintah dalam hal ini Pemprov Sulut menjamin harga bahan pokok akan kembali turun dan stabil pasca Idul Fitri. Warga masyarakat yang dahulunya menerima jika kenaikan harga bahan pokok terjadi beberapa waktu lalu karena menghadapi hari raya, kini angkat bicara. Warga pun mendesak agar Pemkab Minahasa segera melakukan koordinasi dengan Pemprov Sulut, terkait persoalan ini. Pasalnya, warga semakin dibuat susah dengan keadaan harga seperti saat ini. “Kami mendesak agar Pemkab Minahasa segera melakukan koordinasi dengan pemprov tentang persoalan ini. Pasalnya, beberapa waktu yang lalu pemprov telah menjamin bahwa harga akan turun setelah perayaan Idul Fitri. Namun, hingga saat ini harga masih tetap tinggi, sehingga kami semakin susah,” ujar sejumlah Ibu Rumah Tangga (IRT). Lanjut dikatakan para IRT ini, pelaksanaan Operasi Pasar (OP) yang beberapa waktu lalu dilakukan oleh salah satu instansi di Pemprov Sulut, seharusnya terus dilakukan. “Operasi pasar yang dilakukan beberapa waktu yang lalu seharusnya terus dilakukan. Hal ini dikarenakan selain operasi pasar dapat menstabilkan harga, juga dapat mengawasi secara langsung akan adanya spekulan-spekulan yang bermain terhadap harga,” tukas para IRT ini. Para IRT ini juga mendesak Pemkab Minahasa, untuk turun tangan mengatasi hal ini. Karena, menurut para IRT ini, kemungkinan harga akan kembali naik sangat besar dalam waktu dekat ini. “Kami berharap agar Pemkab Minahasa juga dapat turun langsung melakukan beberapa upaya untuk menekan kenaikan harga ini. Pasalnya, kami yakin pekan ini, harga akan naik lagi, karena pada kamis nanti, akan disusul dengan perayaan hari raya ketupat, belum juga dengan beberapa tempat yang sering merayakan hari kemerdekaan secara besar-besaran, jadi bukan tidak mungkin harga akan naik lagi,” kata mereka. Harga bahan pokok yang naik cukup signifikan sejak beberapa pekan lalu, menurut para IRT ini juga, telah mempengaruhi pengeluaran keluarga, ditambah lagi dengan kebutuhan dari pendidikan anak, terutama jelang perayaan hari Kemerdekaan RI. “Apalagi memasuki bulan agustus ini, berbagai kegiatan harus diikuti anak-anak kami, yang semuanya itu memerlukan anggaran yang tidak sedikit,” keluh mereka, sambil menambahkan bahwa mereka terus memutar otak untuk mensiasati anggaran belanja yang membengkak.(try23)

PROYEK

Perbaikan jalan di Tomohon tak merata PROYEK perbaikan jalan di Kota Tomohon sementara dilaksanakan oleh Pemkot Tomohon melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tomohon. Hanya saja, proyek perbaikan dan pengaspalan jalan yang dilakukan oleh SKPD terkait ini, ternyata tidak merata sehingga di keluhkan oleh warga yang jalan di perkampungannya tidak dibenahi oleh Pemkot Tomohon. Seperti kondisi jalan penghubung antara Kelurahan Tinoor dan Desa Warembungan dimana kian memprihatinkan. Padahal, jalan ini merupakan akses strategis yang sering digunakan pengguna jalan saat ruas jalan poros Manado Tomohon diterpa bencana tanah longsor. Tokoh masyarakan Tinoor, Jhonny Mamangkey menilai jika Pemkot terkesan cuek dengan kondisi jalan tersebut. Sebab, sampai saat ini tidak mendapat perhatian untuk diperbaiki. “Yang saya lihat tidak ada gerakan dari Pemkot untuk melakukan perbaikan jalan ini, padahal oleh sebagian masyarakat di Tinoor, jalan ini berfungsi ganda yakni akses menuju Manado dan sebagai jalan usaha tani,” terangnya seraya berharap perhatian pemerintah dalam melakukan perbaikan jalan tersebut. Untuk diketahui, Pemkot Tomohon pernah mengalokasikan dana perbaikan jalan yang masuk kategori jalan batas kota ini, namun dengan alasan yang tidak jelas terpaksa dialihkan ke wilayah lain. “Itulah yang kami sesalkan, padahal sempat dilakukan pelebaran, namun tiba-tiba sudah ditelantarkan. Padahal di wilayah-wilayah lain di Tomohon, fasilitas jalan yang dibuat sudah cukup baik,” tukasnya.(gebe)

Mintom 12 PAW Kuntag mulai berproses Minahasa, Tomohon

Mulai diajukan Gerindra ke Dekab Minahasa

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Minahasa, Man Tojo Rambitan kepada sejumlah wartawan, Senin (12/8) kemarin. Menurut Rambitan, pihak Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerindra telah mengajukan surat pergantian Kuntag. “Pergantian saudara Dennis Kuntag telah diajukan ke pimpinan dewan. Surat yang

diajukan ini langsung dari DPP,” ujarnya. Selain itu juga, Rambitan menambahkan, bahwa selain akan diproses PAW, pihaknya juga telah mencabut kartu anggota dari Kuntag dari Partai Gerindra. “Posisi pak Dennis Kuntag sebagai kader partai juga sudah dicabut oleh partai sebagai suatu konsekuensi bila melakukan kesalahan yang bisa merugikan partai,”

Tolak pejabat kumtua baru, warga Ransel duduki Pemkab

dikarenakan dirinya (Palar,red) sudah beberapa kali melakukan masalah di desa. Contohnya masalah di simpan pinjam PNPM dan penyalahgunaan dana masyarakat untuk pembuatan bangsal inventaris. Jadi menurut kami sosok tersebut yang tidak dapat diteladani menjadi pimpinan Desa Raringis Selatan,” terangnya sembari berharap pihak Pemkab Minahasa untuk bisa memperhatikan permasalahan teersebut. Sementara itu, hingga berita ini dimuat, pihak Pemkab Minahasa dan para perwakilan masyarakat Desa Raringis Selatan masih melakukan pertemuan secara tertutup.(try23)

Tondano—Setelah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh pihak Kepolisian Daerah (Polda) Sulut, posisi Dennis Kuntag saat ini benar-benar diujung tanduk. Pasalnya, keanggotaan Kuntag dalam Dekab Minahasa bisa

dikatakan akan segera berakhir menyusul pihak DPC Partai Gerindra telah mengajukan surat Pergantian Antar Waktu (PAW) Kuntag ke pimpinan Dewan Kabupaten (Dekab) Minahasa. Hal ini, disampaikan

PEMERINTAHAN

Tondano—Ketidakpuasan yang tengah dirasakan oleh warga Desa Raringis Selatan (Ransel) Kecamatan Langowan Barat, terkait dengan pengangkatan Pejabat Hukum Tua (kumtua) desa tersebut yang dilakukan oleh Bupati Minahasa beberapa waktu lalu, berakhir dengan didudukinya Pemkab Minahasa oleh puluhan warga Desa Ransel. Sebab menurut warga, pengangkatan Pjb Kumtua Jeliche Manaroinsong Palar sebagai keputusan sepihak dari Pemkab.

Menurut Joce Sumual, selaku koordinator aksi, penunjukan dan pengangkatan Palar sebagai Pjb Kumtua menyalahi aturan. “Kami menolak jika palar yang diangkat menjadi pejabat kumtua di desa kami. Pengangkatan Palar oleh bupati tidak sesuai prosedur dan peraturan yang ada,” ujar Sumual. Menurut Sumual, pengangkatan terhadap Palar tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku, karena setahu mereka, Pjb Kumtua itu tidak diusulkan oleh pihak

Badan Pemerintah Desa (BPD). “Dari tiga nama yang telah diusulkan oleh pihak BPD, tidak ada nama dia (Palar,red) tercantum didalamnya, jadi kami menolak akan keputusan yang diambil Bupati ini,” ungkapnya. Bukan hanya itu, Sumual juga menambahkan selain tidak diusulkan oleh BPD, pejabat Kumtua yang telah dilantik belum lama ini, mempunyai banyak masalah di desa serta bukan perangkat desa setempat. “Kami menolak pejabat Kumtua saat ini,

Jalan rusak parah, beberapa desa terancam terisolir

JALAN rusak seperti ini perlu perhatian pemerintah agar tidak memutuskan perekonomian warga.(foto: ist)

dah berlangsung cukup lama, namun sangat disayangkan tidak ada perhatian serius dari pemerintah, padahal jalan ini merupakan akses perekonomian warga,” katanya. Lanjut dikatakan Wauran, jalan yang kondisinya sangat rusak ini telah berpartisipasi dalam lambatnya pertumbuhan ekonomi Minahasa. Pasalnya, pendistribusian hasil pertanian dari desa-desa yang kerap

melewati lokasi ini sering terkendala dengan jalan rusak ini, dimana kendaraan pengangkut hasil bumi terkadang mengalami kerusakan saat melintas di jalan itu. “Kami mendesak agar pemerintah dapat menseriusi akan kondisi jalan ini,” pinta Wauran sambil menambahkan bahwa desa-desa yang sering menggunakan jalan ini seperti Atep, Palamba dan Rumbia tengah melakukan panen cengkih.(try23)

PD Pasar tambah produksi es balok

Pasar telah merencanakan untuk mengoperasikan blast freezer kapasitas 60 ton menjadi unit penyimpanan. Untuk itu diperlukan perbaikan di sistem pendinginan guna memaksimalkan kinerja alat tersebut. “Ini untuk dimanfaatkan masyarakat, terlebih petani sayur, pedagang daging dan ikan segar yang membutuhkan es,” tambahnya.(gebe)

seba jika tidak, maka desadesa yang lainnya akan terisolir. Apalagi, saat ini intensitas curah hujan di wilayah kami sangat tinggi, bahkan tidak jarang terjadi sehari penuh,” ujar Wauran. Lanjut dikatakannya, kondisi jalan yang rusak parah ini sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu. Namun, dirinya sangat menyayangkan tidak adanya perhatian serius terhadap jalan penghubung ini. “Kondisi ini su-

PENUHI PERMINTAAN Tomohon—PD Pasar mulai memaksimalkan program pengembangan usaha pada unit Cold Storage milik mereka dengan menambah jumlah produksi es balok guna memenuhi permintaan pasar yang mulai meningkat akhir-akhir ini. Hal itu dikatakan oleh Direktur Pengembangan Usaha PD Pa-

terangnya. Seperti diketahui, Kuntag saat ini tengah dalam proses lanjutan setelah dirinya ditetapkan sebagai tersangka, oleh pihak penyidik Polda Sulut, karena terkait dengan kasus tukar guling lahan Kawiley, yang menyeret namanya serta seorang mantan Sekertaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara, inisial FL alias Lendo.(try23)

SOSIAL

INFRASTRUKTUR Langowan—Kondisi infrastruktur jalan yang ada di beberapa wilayah di Kabupaten Minahasa, kondisinya masih sangat memperihatinkan. Bahkan, kerusakan jalan bisa mengakibatkan beberapa desa terisolir akibat lubanglubang yang mengangah semakin besar dan dalam. Seperti contoh, ruas jalan penghubung antara Desa Winebetan dan Desa Manembo Kecamatan Langowan Selatan. Kondisi jalan penghubung yang juga jalan alternatif lain menuju ke Kabupaten Minahasa Tenggara, sudah sangat memperihatinkan. Para pengguna jalan terutama sopir sering mengeluh jika melewati jalan di lokasi ini. Pasalnya, ada lubang yang mengangah selebar badan jalan dengan kedalaman di atas 20 Cm. Akibatnya, banyak kendaraan yang kandas ketika melewati jalan ini. Menurut salah satu tokoh Pemuda Langowan Selatan, Michael Wauran kepada Swara Kita, Pemkab Minahasa harus lebih cepat menangani masalah ini dengan melakukan perbaikan. “Pemkab Minahasa harus melakukan perbaikan secepatnya,

ucapnya. Ditanya tentang siapa nantinya yang mengantikan posisi dari Kuntag dalam keanggotaan Dekab Minahasa, Rambitan menuturkan bahwa hal itu adalah kewenangan dari pihak KPU Minahasa. “Siapa yang akan mengantikan kuntag, itu merupakan kewenangan penuh dari KPU. Kami hanya sebatas mengusulkan saja,”

sar Tomohon, Theofilus Tampi, SE MAP. “Kapasitas produksi es balok menjadi 120 balok setiap hari dari sebelumnya hanya sekitar 72 balok. Ini dikarenakan kebutuhan pasar mulai meningkat,” jelas Tampi, Senin (12/8) kemarin. Dikatakan Tampi, PD Pasar Tomohon sedang melaksana-

kan identifikasi daya serap pasar lokal Tomohon dan daerah sekitar untuk konsumsi es balok. “Ini prospek yang sangat menjanjikan oleh sebab itu peluang ini akan kita manfaatkan. Semuanya demi kesejahtraan masyarakat di KotaTomohon,” jelasnya. Selain itu, menurutTampi, PD

Bantuan untuk Oma Wilhelmina terus mengalir Remboken���Setelah sebelumnya tidak diperhatikan, keberadaan Oma Wilhemina Mogot ternyata menuai aksi peduli masyarakat terhadap Oma yang telah berusia 82 tahun warga Desa Kaima Kecamatan Remboken. Hidup Lansia ini yang selama 10 tahun tinggal di bawah pohon dengan beratapkan terpal usang yang telah bocor, kini kondisinya berangsur membaik. Dari pantauan sejumlah wartawan di lapangan, Senin (12/8) kemarin, selain sudah didirikan tempat berteduh yang lumayan layak untuk ditinggal oleh Oma Wilhelmina dan anaknya Benna Mogot (40), beberapa bantuan baik dari beberapa Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) dan para elemen masyarakat pun terus mengalir. Salah satu kelompok yang datang membawa langsung bantuan kepada Oma Wilhelmina adalah para anakanak Sekolah Minggu dari Jemaat Abraham Tataaran Patar Wilayah Tondano III pada Senin kemarin. Menurut pimpinan kelompok, ketika diwawancarai oleh wartawan, Ketua Komisi Pelayanan Anak (KPA) Jemaat Abraham Tataaran Patar, Pnt Olvie Sinambow mengungkapkan bahwa, setelah melihat beberapa pemberitaan baik di sejumlah media massa terkait dengan keberadaan Oma Wilhelmina, maka

pihaknya berinisiatif untuk bisa melihat langsung di lapangan. “Berhubung anakanak masih libur sekolah, maka kami berinisiatif melakukan program kunjungan ini. Tentunya tujuan kegiatan ini, untuk menunjukkan bagaimana sikap kepedulian kepada anak-anak terhadap sesama. Mungkin dengan kita membawa langsung para anak-anak di lokasi ini, maka mereka semakin memahami akan cara kita saling mengasihi sesama,” ujarnya. Selain mengunjungi Oma Wihelmina, mereka juga turut memberikan beberapa bantuan berupa selimut, bantal, tikar, beras, pakaian bekas dan beberapa bahan keperluan lainnya. “Tak hanya itu, sebelumnya kami melakukan ibadah di lokasi ini terlebih dahulu. Bahkan rencananya, pada hari Minggu nanti, kami akan mengajak Oma Wilhelmina untuk bersama-sama beribadah di gereja Abraham Tataaran Patar,” terangnya. Sementara itu, selain bantuan dari anak-anak sekolah minggu tersebut, beberapa bantuan dari perorangan pun terus berdatangan. Bahkan dari informasi yang didapat oleh wartawan, ada salah satu warga yang telah menyatakan siap akan membeli sebidang tanah dan akan membangunkan rumah yang layak bagi Oma Wilhelmina dan anaknya.(try23)

ANTISIPASI MACET

Jalur baru mulai diujicoba Dishubkominfo Tomohon Tomohon—Senin (12/8) kemarin, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tomohon mulai melakukan perubahan jalur di pusat kota Tomohon menyusul jalan tersebut sering menjadi kemacetan seiring terus bertambahnya jumlah kendaraan yang ada. “Ini belum dipatenkan karena baru diujicoba dimana hanya berlaku untuk jalur dari Pusat Kota Tomohon hingga Taman Kota,” kata Kepala Dishubkominfo Kota Tomohon, Andrikus Wuwung SSos. Dirinya merincikan, dalam skema uji coba, kendaraan dari arah pos polisi ke arah kiri atau kanan di Perempatan Toko Sumber Protein. Sementara untuk angkutan umum dari Utara akan melewati belakang Gereja Sion dan terus ke arah Paslaten I lewat Jalan Mampouw, Jalan Maranatha,

Jalan Makmur lalu ke arah terminal. Sedangkan untuk angkutan umum dari Selatan akanmelewati belakang Gereja Sion, samping TK Sion lalu ke arah Timur menuju terminal. “Perubahan jalur ini adalah salah satu penunjang program Pemkot Tomohon untuk membangun Monumen Alfa Omega di sekitaran Pusat kota serta wilayah Taman kota yang akan dijadikan lokasi wisata kuliner,” kata Wuwung. Kasat Lantas, AKP Marnie Kasam menyatakan akan siap membantu Dishubkominfo dalam melakukan uji coba perubahan jalur. “Kami dari kepolisian tentunya siap membantu dan bekerjasama melakukan pengamanan untuk uji coba jalur tersebut. Yang jelas, dilakukannya uji coba ini sangat baik, guna menghindari angka kemacetan,” kata Kasam.(gebe)


Minselutra Minsel, Minut, Mitra

SELASA 13 AGUSTUS 2013

SURAT KABAR HARIAN

13

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

88 PNS Minut mangkir di apel perdana Pascalibur lebaran kehadiran PNS di Minsel capai 90%

WALAU diterik panas sinar matahari, namun Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Minahasa Utara (Minut), saban hari terus dimatangkan, bersama dengan satuan Denzipur 4 Maumbi, untuk menyambut hari kemerdekaan yang jatuh pada 17 Agustus, pekan ini.(foto: boyz/sk)

HUT RI KE-68

UPTD diluar Amurang wajib gelar upacara DALAM rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-68, yang biasa dirayakan dengan upacara bendera pada setiap tanggal 17 Agustus, oleh segenap warga Indonesia kembali akan digelar. Demikian di Minsel sendiri, dimana pihak Dinas Dikpora Minsel juga akan menggelar upacara perayaan bersama dengan Pemkab Minsel di halaman upacara di kompleks perkantoran Bupati Minsel. Untuk itu, pihak Dikpora Minsel meminta Dikpora UPTD juga menggelar upacara di wilayah tugas masing-masing. Kepala Dinas Dikpora Minsel Hendrie Lumapow SH, melalui Rolly Makauly, saat ditemui Senin (12/ 8) kemarin, kepada harian ini mengatakan, dalam pelaksanaan upacara bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 68, yang akan digelar pada tanggal 17 Agustus mendatang, tidak diwajibkan semua UPTD hadir dalam upacara di kabupaten. “Yang wajib mengikuti upacara bendera dikabupaten hanya UPTD yang ada di seputar Amurang, sementara untuk UPTD yang ada diluar Amurang diwajibkan untuk menggelar upacara dan kegiatan lainnya diwilayah masing-masing,” ujar Makauli. Dia juga menambahkan, kebijakan tersebut diambil berdasarkan keadaan yang ada saat ini. Mengingat kemeriahan HUT RI, harus serentak dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Minsel. “Pertimbangan pelebaran jalan yang belum selesai dilaksanakan, sehingga kami mengambil kebijakan untuk tidak melibatkan semua UPTD dalam kegiatan ini, agar supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan saat perayaan nanti,” pungkasnya.(esem)

HUT PROKLAMASI

Pernak-pernik mulai menghiasi Mitra PERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi RI ke-68, seluruh jalan baik protokol sampai dengan lorong di Kabupaten Mitra, mulai dihiasi dengan pernak-pernik perayaan. Hal ini memang sudah menjadi tradisi sebagai warga negara, untuk memperingati dirgahayu RI disetiap tahunnya, yang terus dipelihara yaitu pemerintah dan warga secara bersama-sama dalam meramaikan HUT RI, dengan menggelar berbagai kegiatan kemasyarakatan. Demikian juga halnya dengan Kecamatan Ratahan yang adalah Ibukota Kabupaten Mitra, akan menggelar berbagai kegiatan kebersihan dan keindahan antar kelurahan/desa. “Ini dilombakan, dan selain untuk memeriahkan HUT Proklamasi, ini juga untuk kelestarian lingkungan,” ujar Camat Ratahan Ir Syane Manongko, Senin (12/8) kemarin.(try19/sl)

mangkir dengan alasan yang tidak jelas. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Minut Drs Aldrin Posumah melalui Kepala Bidang (Kabid) Disiplin, Donal Tintingon mengatakan, total PNS yang bertugas di Minut itu sebanyak 4000, namun khusus untuk guru dan tenaga kesehatan memang tidak diwajibkan mengikuti apel perdana, karena mereka (guru dan kesehatan,red) sudah mulai melakukan tugas pelayanan di Puskesmas dan di sekolahsekolah. “Selain pegawai

ada satu kepala SKPD yakni Kadishub yang tidak ikut apel, itu karena izin orang tuanya sakit. Tentunya sanksi yang akan diberikan untuk 88 PNS tersebut, mulai dari yang bersifat administrasi ringan hingga teguran keras dan pemecatan,” tandas Tintingon. Sementara itu, kehadiran PNS di jajaran Pemkab Minsel, pascalibur panjang dalam rangka hari raya Idul Fitri atau Lebaran, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dan kini mulai mengalami perubahan, dengan angka capaian kehadiran, sekitar 90%.

Belang masih terendam, warga tuntut janji bantuan dari 2008

tersebut,” katanya. Diketahui, ditengah suasana hari raya Idul Fitri, warga Muslim di beberapa desa di Kecamatan Belang, terpaksa merayakannya dalam suasana panik, akibat banjir yang menggenangi sebagian wilayah pemukiman mereka. “Kegiatan silaturahmi terpaksa dilakukan di tempat pengungsian, karena sebagian warga sudah dievakuasi di tempat pengungsian,” ujar Ansye Pondaag warga Belang. Fitri Tawo warga Belang juga mengharapkan perhatian pemerintah daerah, soal bantuan yang dijanjikan pemerintah dari tahun 2008 lalu, yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat, namun sayang hingga kini belum terealisasi. “Dari zaman pemerintahan Bupati Pontoh sudah dijanjikan, akan tetapi hingga kini belum ada realisasi,” tandas Tawo . Dilain pihak, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra, ketika dikonfirmasi melalui Kasie Penanggulangan Dampak Bencana, Erick Manaroinsong, mengatakan bahwa pihaknya pada waktu kejadian langsung meninjau lokasi. “Kami malam itu ada di lokasi, bahkan memantau hingga di wilayah R a t a t o t o k , ” terangnya.(try19/sl)

Sulut—Sangat mencengangkan memang, walau sudah diwanti-wanti dengan berbagai ancaman yang dikeluarkan Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA, agar tidak menambah libur, namun rasa takut dan panggilan tugas melayani serta mengabdi negara sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), dianggap hanya sebagai angin lalu saja. Dimana sekitar 88 Pegawai Negeri Sipil (PNS)

didalamnya 1 Kepala Dinas (Kadis) dilingkup pemerintahan Minahasa Utara (Minut), Senin (12/8) kemarin, mangkir atau tidak hadir saat pelaksanaan apel perdana pascalibur nasional. Seharusnya dalam apel perdana tersebut, wajib diikuti 1384 PNS baik yang bertugas di dinas, badan, kantor, kantor UPTD, dan kecamatan. Tapi kenyataannya hanya diikuti 1296 PNS, dan sisanya

BANJIR

20 cm. “Hingga saat ini, masih ada rumah warga yang terendam air,” ungkapnya. Namun mirisnya, kata Dia, sejak peristiwa banjir itu, belum ada instansi terkait yang datang menanggulangi masalah tersebut. “Badan penanggulangan bencana pun yang hadir hanya satu orang staf, yang tak lain merupakan warga Belang, begitu pun Dinsos Mitra, juga belum datang,” ujarnya. Pihaknya sangat berharap ada perhatian pemerintah daerah dalam menanggulangi masalah tersebut. “Kalau pun

Dinsos masih ada sisa dana bantuan untuk bencana, sekiranya dapat diberikan ke warga, yang hingga kini masih terendam banjir,” tukasnya. Sementara itu, pendangkalan sungai yang diketahui menjadi pemicu meluapnya Sungai Waweken, oleh pihaknya berharap pemerintah daerah dapat melakukan normalisasi sungai, yang diketahui melintasi beberapa desa di Kecamatan Belang. “Selain normalisasi sungai, pembangunan drainase di wilayah Belang, bisa menjadi satu diantara solusi masalah

APBD-P MINUT

Eksekutif dan legislatif keroyok anggaran Rp20 M Airmadidi—Eksekutif dan legislatif, saat ini sudah mulai melakukan ancang-ancang melakukan persiapan untuk membahas kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Platfon Anggaran Sementara (PPAS), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2013. Akan tetapi, banyak program pembangunan yang seharusnya menjadi prioritas pelaksanaannya tidak dimasukan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam draf KUA-PPAS yang

pendataan bagi PNS yang malas dan apabila sudah melanggar aturan, maka akan ada tindakan tegas,” ungkapnya. Dia juga menambahkan, untuk kehadiran kalangan pejabat juga sudah mulai ada perubahan. Karena untuk usai liburan kali ini, kehadiran pejabat sudah meningkat. “Untuk hari ini hanya ada tiga pejabat yang tidak hadir yakni Kadis Keuangan, Kadis Pariwisata dan Kepala Kantor Perijinan. Namun, untuk Kepala Kantor Perijinan sedang cuti, karena lagi dirundung duka,” terangnya.(eres/esem/sl)

BANSOS MITRA

SEJUMLAH rumah warga di beberapa desa di Kecamatan Belang terendam banjir, dan ini terjadi disaat umat muslim merayakan Idul Fitri pekan lalu.(foto:pow/sk)

Ratahan—Pasca musibah banjir, yang menimpa beberapa desa di Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), yang terjadi beberapa waktu lalu, dan merendam sebagian rumah warga, hingga saat ini belum ada bantuan yang direalisasikan. Hal ini oleh warga menuntut pemkab terkait bantuan yang dijanjikan. Hukum Tua (Kumtua) Desa Belang Daeng Gobel Sumarno, mengungkapkan, sebagian rumah yang posisinya berada di dataran rendah, masih terendam air setinggi

Plt Kaban BKDD Minsel Vera Lasut melalui Kabid Hukum Jaringan Informasi dan Kesejateraan Pegawai Roy Mandey saat ditemui, Senin (12/8) kemarin, kepada harian ini mengatakan, jumlah kehadiran PNS dihari pertama masuk kerja pasca menikmati liburan panjang, sudah mulai mengalami perubahan dengan tingkat kehadiran sudah mencapai angka 90%. “Saat ini kesadaran para PNS untuk tidak menambah hari libur, sudah mulai terlihat, namun masih ada juga yang belum menyadarinya, sehingga kami akan terus melakukan

dimasukan TAPD ke Badan Anggaran (Banggar), Senin (12/8) kemarin. “Ini baru awal pembahasan, harusnya penjabaran program ini bisa disusun secara sistematis dalam KUA-PPAS, bukan malah sebaliknya. Keberadaan KUA-PPAS begitu penting dalam penyusunan APBD-P, karena dari situ nantinya diketahui apa-apa saja yang menjadi sasaran dan target pelaksanaan program pemerintah sesuai kebutuhan masyarakat, dan penetapatan APBD-P itu dari

KUA-PPAS, harus benarbenar disenergikan,” tutur personil Banggar Denny Sompie SE. Menyangkut penundaan pembahasan KUA-PPAS, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Drs JA Rumambi, mengakui masih ada SKPD yang belum masukan dokumen programnya dalam KUA-PPAS APBD-P 2013. “Rapat ditunda, karena masih ada beberapa koreksi lanjutan yang harus diselesaikan dan disejalankan,” terang Rumambi, sembari menam-

bahkan untuk anggaran APBDP yang bakal dibahas ada sekitar Rp20 miliar. Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Pengeluaran Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Minut Drs Max Silinaung mengharapkan, agar pembahasan APBD-P Dekab Minut dan TAPD dapat secepatnya dilakukan. “Kita targetkan penuntasannya, akhir Agustus atau awal September, semua tergantung dari hasil pembahasan dekab dan TAPD,” jelas Silinaung.(eres)

Dekab minta Pemkab terbuka soal bedah rumah Ratahan—Dekab Mitra meminta pihak eksekutif dalam hal ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), untuk terbuka soal pemberian Bantuan Sosial (Bansos) bedah rumah. Menurut personil Dekab dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kisman Hala, dalam pelaksanaan dilapangan sangat diharapkan agar pihak pemerintah melalui dinas terkait transparan dalam merealisasikan bansos bedah rumah ke masyarakat, ini untuk menghindari adanya penilaian miring dari kalangan masyarakat penerima. “Kami juga akan melakukan pengawasan secara rutin, guna menghindari adanya

penyimpangan pemberian bantuan kepada penerima,” ujar Hala, kepada Swara Kita, Senin (12/8) kemarin. Ditambahkannya juga, bahwa pihaknya meminta pengelola proyek dengan anggaran Rp2,4 miliar ini, benarbenar meralisasikan bantuan sesuai dengan ketentuannya. “Jangan kemudian muncul keluhan dari penerima, dikarenakan bantuan yang diberikan tidak sesuai. Ini harus menjadi perhatian serius pelaksana proyek,” ujarnya. Diketahui, setiap penerima bansos bedah rumah ini, masing-masing akan memperoleh bantuan sebesar Rp6 juta, hanya saja ini diberikan dalam bentuk bahan atau material.(try19/sl)

PENDIDIKAN

Sejumlah sekolah di Minsel abaikan KBM Amurang—Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI yang ke-68, dijadikan alasan sejumlah sekolah di Minsel tak jalankan Kegiatan Belajar Mengajak (KBM). Tak heran, pihak Dinas Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minsel menyiapkan sanksi tegas kepada sekolah-sekolah yang tak menjalankan KBM. Sebagaimana hasil pantauan Swara Kita, Senin (12/8) kemarin, terlihat saat jam belajar mengajar berlangsung, para siswa SMP 3 Amurang dan SMP 1 Tumpaan hanya sibuk dengan latihan untuk mengikuti lomba dalam rangka 17 Agustus. Kepsek SMPN 1 Tumpaan Dra Olga Lumewang, yang berhasil dikonfirmasi diruang kerjanya, kepada harian ini mengatakan, aktifitas belajar mengajar disekolah jelang perayaan HUT Kemerdekaan RI agak

berkurang, karena para siswa sedang dalam persiapan untuk mengikuti kegiatan. “Saat ini kami sedang fokus untuk kegiatan lomba antar kelas, serta berbagai kegiatan lainnya guna memeriahkan perayaan HUT kemerdekaan nanti,” ujar Lumewang. Sementara itu, Plt Kadis Dikpora Minsel Hendrik Lumapow, saat ditemui mengatakan akan memberikan tindakan tegas kepada setiap sekolah yang mengabaikan KBM, jelang perayaan HUT Kemerdekaan. “Tidak ada alasan bagi setiap sekolah untuk tidak melakukan KBM, saat jam pelajaran belum berakhir. Untuk itu saya peringatkan kepada seluruh siswa dan guru, agar dalam melakukan kegiatan dalam persiapan perayaan HUT kemerdekaan nanti, harus dilakukan setelah jam pelajaran berakhir,” tegas Lumapow.(esem)

REKLAMASI RAWA KEMA

Jalan akses perekonomian Minut-Minahasa rusak parah Airmadidi—Para oknum pengusaha, sepertinya kian bertindak berani. Dimana tidak peduli lagi apakah aset tersebut milik negara atau bukan, yang penting isi kantong pribadi tidak pernah habis. Seperti yang terjadi di Desa Kema III Kecamatan Kema, dimana rawa yang menjadi tempat peresapan air selama ini, menjadi sasaran oknum pengusaha. Warga Kema III mulai kesal, karena rawa tersebut sudah direklamasi atau ditimbun. Padahal jelas

didalam aturan, bahwa rawa merupakan milik negara dan tidak diperjualbelikan. Dikatakan Raymond Sundah warga sekitar, reklamasi terhadap rawa yang berada disekitar yang notabene menjadi tempat peresapan air telah mengakibatkan rusaknya jalan yang menjadi akses perekonomian selama ini. “Selama ini rawa itu menjadi tempat peresapan air dari atas gunung saat hujan turun. Tapi setelah adanya reklamasi atau penimbunan pada rawa,

akibatnya jalan yang menjadi salah satu akses perekonomian di Minut dan Minahasa, rusak parah. Seharusnya rawa jangan ditimbun, karena air yang tadinya meresap kini mengalir di jalan dan kadang hal itu yang menimbulkan banjir di Kema,” tutur Sundah, sembari meminta perhatian dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut). Menanggapi keluhan warga tersebut, Pemkab Minut angkat bicara melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Ir Ronny Siwi, Senin (12/8) kemarin. Dikatakan Siwi, pihaknya juga bingung melihat kondisi tersebut. “Kita juga sudah mendengar masalah ini, kami akan secepatnya turun ke lokasi untuk melakukan pemeriksaan izin status tanah atau rawa yang direklamasi, karena itu adalah milik negara tidak boleh ditimbun seenaknya saja,” tegas Siwi.(eres)


SELASA 13 AGUSTUS 2013

Apel perdana Sondakh ingatkan berbagai program APEL perdana setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1434 H, Walikota BItung ingatkan kepada seluruh pegawai untuk segera melaksanakan berbagai program kerja yang telah ditetapkan. Dalam apel bersama Pegawai lingkup kantor Walikota Bitung, Walikota Bitung Hanny Sondakh yang didampingi oleh Wakil Walikota Bitung MJ Lomban dan Sekretaris Kota Bitung Edison Humiang. Dengan suasana kekeluargaan Sondakh ingatkan kepada semua pegawai untuk melakukan berbagai langkah-langkah pelaksanaan program kerja, pihaknya berharap agar semua dapat melaksanakan tugas dengan baik. “Kita lakukan pekerjaan dengan baik, yang masih kurang kita perbaiki sehingga kedepan kita akan semakin baik, “ tutur Sondakh. Mengenai aset maupun pengelolaan keuangan diingatkan, dalam setiap serah terima jabatan semua administrasi dilengkapi untuk menjadi satu dokumen daerah. “Saya sangat senang apabila kedepan agar kita mempunyai berita acara aset yang lengkap disertai dengan kelengkapan pertanggungjawaban keuangan yang baik,” tutur Sondakh. Waktu pelaksanaan sudah pada bulan Agustus, Sondakh berharap semua program kerja agar segera dilakukan sehingga dapat terlaksana dengat baik. Apel Perdana dihadiri hampir semua pegawai dari jumlah pegawain di Lingkungan Kantor Walikota Bitung, terdapat sebanyak 9 orang PNS yang tidak hadir tanpa keterangan.(wepe)

Pemkab rencana naikan TPAPK INI merupakan kabar gembira buat Kapitalaung di Kabupaten Sangihe bersama jajarannya, menyusul wacana pemerintah kabupaten menaikkan tunjangan aparat kampung hingga 10 persen. “Dalam pengusulan RAPBD tahun nanggaran 2014 mendatang, Pemkab Sangihe melalui Bagian Pemerintahan Desa akan mengusulkan kenaikan 10 persen untuk Tunjangan Penghasilan Aparat Pemerintah Kampung (TPAPK),” ujar Kepala Bagian Pemdes Drs Tielmar Kawasa. Sebelumnya, pada tahun 2013 ini Pemkab Sangihe telah menambah tunjangan jenis tersebut. Namun adanya wacana menambah tunjangan kembali, karena melihat pemerintah kampung memegang peran sebagai ujung tombak dalam tugas pelayanan masyarakat. “Usulan ini sudah dikaji dan akan di[ertimbangkan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, karena yang diusulkan ada untuk keselurahan perangkat kampung yang jumlahnya mencapai 2083 aparat kampung yang tersebar di Kepulauan Sangihe,” imbuhnya.(try26/mm)

Satalrobit

Sangihe, Talaud, Sitaro, Bitung

Pansus KEK Deprov dompleng KEK Tanjung Merah? Dumais: Ini syarat pengusul untuk dijadikan Perda

WALIKOTA Bitung saat menerima rombongan Pansus KEK Deprov Sulut yang langsung dipimpin oleh Ketua Deprov Sulut.(foto: epang/sk)

Bitung—Panitia Khusus Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Dewan Provinsi (Deprov) Sulut yang datang ke Kota Bitung Senin (12/8) kemarin oleh aktifis Kota Bitung Sanny Kakauhe dituding hanya cari nama dengan mendomplengi KEK Kota Bitung. “Hampir sepuluh tahun ini Pemkot Bitung berusaha untuk meloloskan KEK di kota Bitung dan baru sekarang ini kami mendengar dewan provinsi membentuk Pansus,” ungkap Kakauhe.

Kakauhe sendiri terus menuding jika pembentukan pansus ini karena KEK Tanjung Merah sendiri telah disetujui pemerintah pusat. “Mana dulu ada suara pendampingan dari Deprov untuk memperjuangkan KEK. Bau politis Pansus KEK kental sekali apalagi yang menjadi Ketua Pansus adalah anggota Deprov asal kota Bitung,” kata Kakauhe lagi. Sementara tudingan Kakauhe ini dibantah oleh Ketua Pansus Jhon Dumais

yang mengatakan jika pihaknya akan siap mendampingi Pemkot Bitung untuk memuluskan KEK Tanjung merah. “Kedatangan kami kemari untuk mengecek persiapan pemerintah sampai meminta master plan KEK Tanjung Merah, sebab salah satu syarat penetapan KEK harus melalui sidang paripurna Deprov sebagai pengusul untuk dijadikan Perda,” kata Dumais. Diapun mengatakan jika nantinya dalam pembahasan Perda tersebut akan dicantumkan persoalan tenaga kerja sehingga tenaga kerja di Sulut yang menjadi prioritas. “Tentunya dalam menunjuang KEK demi untuk memberdayakan warga Bitung dan Sulut haruslah dibarengi dengan Pembentukan perda,” ungkapnya lagi. Diapun menjelaskan berbagai hal yang perlu

14

DUGAAN PUNGLI

Tatanude soroti seragam peserta gerak jalan HUT RI

ANAK-anak sekolah yang sering dijadikan alat “pungli” pihak sekolah untuk meraup keuntungan.(foto: stenly/sk)

Bitung—Parade Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-68 yang dilaksanakan di Pemkot Bitung mulai Senin (12/8) kemarin disoroti oleh Ketua Komisi A Viktor Tatanude. Ia menuding jika kegiatan Lomba Gerak Jalan ini sangat membebankan orang tua sebab hampir semua siswa dimintai pungutan seragam oleh pihak Sekolah. “Kami minta untuk acara seperti ini tahun depan tidak usah dengan kostum yang baru agar tidak membebankan orang tua,” katanya. Dirinya mengusulkan agar iven-iven mendatang yang dipergunakan hanya seragam sekolah saja. “Jika semua mempergunakan seragam sekolah maka penilaiannya juga akan objektif. Jangan hanya karena tidak mempunyai konstum baru sehingga penilaian juri menjadi

subjektif,” jelasnya. Dia pun mengatakan jika rata-rata sekolah menagih uang konstum mulai dari Rp100ribu sampai Rp150 ribu. “Padahal jika ingin mengecek harganya di toko hanya Rp65 ribu sampai Rp80 ribu satu stelnya jika pembelian dalam bentuk grosir,” jelasnya. Tatanude pun meminta agar Pemkot Bitung jangan tutup mata dengan pungutan liar bertopeng agenda Kenegaraan ini. “Ini bentuk pungutan liar baru dengan topeng seragam untuk gerak jalan,” jelasnya. Sementara itu, Kepala dinas pendidikan pemuda dan Olahraga Kota Bitung Drs Herman Rompis MSi berjanji akan mengkaji kembali pelaksanaan ini. “Tentunya ini usul yang baik dan akan kami kaji untuk pelaksanaan ditahun-tahun mendatang,” jelasnya.(wepe/mm)

ARUS BALIK

PANTAI Embuhangan Kampung Petta Selatan Kecamatan Tabukan Utara yang merupakan salah satu potensi wisata bahari namun belum tersentuh oleh pemerintah. Padahal di pantai ini selalu menjadi primadona warga lokal hingga turis manca negara ketika berkunjung ke Sangihe.(foto: sam/sk)

Pergantian Dirut PDAM turut didukung warga DESAKAN pihak Dewan Kabupaten (Dekab) Sitaro kepada pemerintah daerah terkait pergantian Direktur Utama (Dirut) Perudahaan Daerah Air Minum (PDAM) ternyata mendapat respon positif dari warga masyarakat dengan mendukung penuh penegasan dekab agar Pemkab Sitaro segera menggantikan orang nomor satu di PDAM Ir Herry Taniowas SE. “Kami mendukung penuh penegasan Dekab untuk menyurat ke pemerintah daerah agar menggantikan dirut PDAM (Taniowas, red). Karena sudah banyak pengeluhan warga dan juga karyawan mengenai dirut ini. Dan dampaknya pada pelayanan terhadap masyarakat sendiri yang memang tidak maksimal. Jadi kami mendukung agar dia segera diganti,” tandas sejumlah warga Siau Timur (Sitim) pada harian ini Senin (12/8) kemarin. Dimana sebelumnya, Ketua Dekab Sitaro Djibton B Tamudia BAc, memastikan akan menyurat ke pemerintah daerah terkait pergantian Dirut PDAM. Bahkan pihak legislatif sendiri memastikan akan segera melayangkan usulan pergantian posisi dirut. Dimana usulan pergantian ke eksekutif sudah dipelajari pihaknya, yang intinya dirut (Taniowas, red) dinilai sudah tidak mampu lagi memimpin PDAM Sitaro. “Jadi dia dinilai sudah tidak berkompeten lagi memimpin perusahaan ini, sehingga kami mengambil keputusan ini untuk mengingatkan pemerintah daerah segera menggantikan dirut,” ujarnya.(esge)

dikoordinasi dan disinkronisasi seperti batas tanah, pembebasan lahan, kesiapan fasilitas, dampak lingkungan dan wilayah pemukiman serta RTRW. Sementara walikota Hanny Sondakh, Wakil Max Lomban pada penjelasannya mengungkapkan bahwa pemkot Bitung sudah matang dalam persiapan. “Hanya yang perlu diangkat adalah kesiapan sumber daya manusia lokal merupakan prioritas pelaku KEK,” kata Lomban. Dumais mengatakan bahwa pihaknya nanti akan membuat kegiatan pertemuan dengan para tokoh masyarakat, LSM dan insan pers guna menyerap aspirasi sebagai masukan kelengkapan Perda KEK Bitung. Sementara dalam Kunjungan ini Dumais didampingi langsung oleh Ketua Deprov Sulut Pdt Meiva Lintang.(wepe/mm)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

PILCALEG SITARO

Moncong putih tetap kokoh Ulu Siau—Tahapan agenda pelaksanaan Pemilihan Calon Legislatif (Pilcaleg) Sitaro tahun 2014 sementara berlangsung, dan sejumlah kalangan politisi menilai dan memprediksikan partai berlambang moncong putih atau Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tetap kokoh. S e b a g a i m a n a

diungkapkan salah seorang tokoh masyarakat yang juga politisi asal Sitaro PH Sahambangung, dimana ia menilai keperkasaan PDIP saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Juni lalu masih akan berlanjut. “Kunci kemenangan akan ditentukan oleh strategi yang matang dari tiap calon,” kata Sahambangung.

Selain itu, tolak ukur yang bisa diambil adalah dengan melihat animo masyarakat yang masih mencintai pemimpin daerahnya, yang notabene diusung oleh PDIP. “Dengan selisih sekitar 13 ribu suara pada Pilkada lalu, bisa kita jadikan tolak ukur sementara. Namun hal ini jangan dijadikan patokan, sehingga mesin

partai dan calon anggota legislatif tidak bekerja maksimal,” tandas dia. Sementara itu Sekretaris DPC PDIP Sitaro Djibton B Tamudia BAc, untuk Pilcaleg 2014 nanti, PDIP ditargetkan akan meraih 15 kursi, dimana jika hal ini tercapai akan melewati perolehan kursi pada Pilcaleg 2009 lalu yang hanya meraup 9 kursi. “Dimana untuk pilcaleg 2014 kami yakin bisa meraih target 15 kursi,” yakin Tamudia.(esge/mm)

KEUANGAN PEMERINTAH

Oknum pejabat teras Inspektorat punya TGR Tahuna—Keberadaan Inspektorat selaku lembaga pemeriksa dan pengawasan internal Pemerintah daerah saat ini sangat tercoreng. Pasalnya dalam jajaran teras pejabat yang ada, justru ada salah satu pejabat yang diduga terlibat Tunjangan ganti Rudi (TGR) sejak tahun anggaran 2011 lalu. Menurut Sekretaris GMNI Jusuf Gaghana, oknum pejabat teras di Inspektorat tersebut saat ini menduduki jabatan strategis yang bisa menjadi duri dalam daging ketika lembaga pengawasan dan pemeriksa internal pemerintah ini melakukan tugas dan tanggungjawabnya. “Kalau lembaga ini ingin

tampil sukses dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya maka upaya pertama yang dilakukan adalah mengeluarkan oknum pejabat kotor dimaksud,” jelas Gaghana. Gaghana menyatakan oknum pejabat kotor tersebut terkait dengan dugaan TGR terhadap pengadaan kendaraan dinas Dekab pada tahun anggaran 2011 lalu yang diduga bermasalah sehingga oknum tersebut harus membayar TGR sebesar Rp60 juta yang sampai sekarang tidak jelas apakah sudah dicicil atau belum. “Bagaimana nantinya fungsi pengawasan

bisa berjalan kalau didalamnya saja ada pejabat yang kotor. Tentunya menjadi staf maupun pejabat di Inspektorat benar-benar orang yang belum memiliki cacat sama sekali, sebab menyangkut wibawah lembaga yang punya wewenang terhadap berbagai persoalan internal pemerintah yang harus dibersihkan dari berbagai praktek korupsi maupun tindakan tercela lainnya,” jelas Gaghana kembali. Secara terpisah sejumlah staf di Inspektorat juga menyesalkan adanya pejabat teras yang dimasukan ke Inspektorat namun terlibat masalah. “Terkadang kami tidak bisa

berbuat apa-apa, sebab bertindak tegas terhadap pejabat maupun PNS lain, tetapi di lingkungan kami sendiri justru ada pejabat yang kotor,” ujar sejumlah staf yang meminta nama mereka jangan dikorankan. Sekkab Sangihe Ir Willy EC Kumentas ketika dihubungi menyatakan akan segera menindaklanjuti masalah ini. “Sangatlah riskan bila dalam Inspektorat justru ada pejabat yang bermasalah, apalagi terkait dengan dugaan penyimpangan sehingga menimbulkan TGR,” singkat Kumentas yang berjanji secepatnya menindaklanjuti masalah ini.(try26/mm)

Kapal motor diminta utamakan keselamatan Tahuna—Puncak arus balik lebaran yang dipastikan bakal terjadi pada hari ini, Selasa (13/8) mendapat perhatians erius dari pemerintah daerah. Sekkab Sangihe Ir Willy EC Kumentas ketika ditemui Swara Kita meminta penyedia jasa layanan tranportasi laut dalam hal ini armada kapal motor untuk mengutamakan keselamatan pelayaran. “Memang saat ini penumpang yang merupakan arus balik lebaran bertambah banyak, sehingga diharapkan pihak penyedia jasa layanan transportasi laut tetap mengutamakan keselamatan pelayaran yang artinya tidak memuat penumpang melebihi kapasitas muat kapal yang ada,” jelas Kumentas. Disisi lain juga Kumentas mengingatkan untuk pihak kapal dan isntansi yang berkompeten di pelabuhan Tahuna untuk tidak memberikan ijin pelayaran ketika cuaca sedang tidak bersahabat. “Saat ini cuaca

di perairan Sangihe kerap pancaroba sehingga wajib diwaspadai oleh pihak kapal dan inatansi teknis terkait yang ada,” imbuhnya. Sementara itu pihak Kantor Pelayanan Pelabuhan Tahuna melalui kepala Kantornya Mocodompis Muhaling menegaskan pihaknya tetap komit dengan aturan pelayaran yang ada ada. “Kapal yang melebih daya angkut penumpang tetap kami larang untuk melakukan pelayaran, sebab ini menyangkut keselamatan nyawa manusia,” ujar Muhaling. Pantauan Swara Kita, untuk tiket pada keberangkatan dua hari menjelang berakhirnya libur hingga hari ini, sudah habis terjual. “Tiket sudah terjual semuanya, sebab sebelum hari keberangkatan penum-pang sudah melakukan pembelian dua bahkan tiga hari sebelumnya,” jelas salah satu agen penjual tiket Gustaf Tatengkeng.(try26/mm)


SELASA 13 AGUSTUS 2013

REHAB RLTH

Agar transparan, wartawan dilibatkan REHABILITASI Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk warga miskin di Kabupaten Boltim sebanyak 300 unit, yang rencananya akan dimulai dalam waktu dekat ini akan melibatkan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) Kodim 1303 Bolmong dan Wartawan. Hal ini dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Humas Boltim Eko Rujadi Marsidi SKM ME, Senin (12/8) kemarin. Dimana menurut Marsidi, dilibatkannya pihak TNI dan Wartawan dalam rehabilitasi RTLH di Boltim agar pelaksanaannya benar-benar baik dan transparan. “Kita akan buatkan kerjasama melalui Memorandum of Understanding (MoU), dengan TNI dan Wartawan dalam program ini, agar rumah yang nantinya di rehab tetap sasaran langsung kepada pemilik rumah,” kata Marsidi. Marsidi juga mengatakan, keinginan pemerintah Boltim melibatkan Wartawan datang dari Bupati Sehan Landjar, setelah menyaksikan langsung sulap rumah yang dikerjakan wartawan-wartawan biro Boltim baru-baru ini. “Aksi sosial Wartawan, selain membantu rehab rumah, juga bisa berupa pemberian bantuan pengobatan bagi warga miskin yang sakit ataupun bantuan yang lainnya,” terang Marsidi.(try25)

BANTUAN TERNAK

Sapi pejantan diduga diperjual belikan KANTOR Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut, Senin (12/8) kemarin disambangi sejumlah warga dari Desa Bohabak I Kecamatan Bolangitang Timur. Hal ini guna menyampaikan aspirasi mereka sekaligus melaporkan sejumlah oknum yang diduga terlibat dalam penjualan sapi pejantan yang merupakan bantuan dari program kementrian peternakan. Pasalnya, bantuan sapi pejantan tersebut diduga kuat telah di perjual belikan oleh sejumlah oknumoknum tersebut. “Kami kemari mau melaporkan jika saat ini, sapi pejantan yang merupakan sapi bantuan dari program pemerintah pusat ini sudah tidak ada lagi. Dan kuat dugaan sapi ini di jual oleh beberapa oknum,” kata salah satu warga yang enggan namannya dikorankan. Dia pun mempertanyakan, sikap dari instansi terkait dalam mengawasi jalannya program tersebut. “Seharusnya pemerintah atau instansi terkait dapat mencegah hal-hal ini, namun yang ada justru tidak optimal,” tutur mereka. Sementara itu, anggota Komisi I Dekab Bolmut Charles Sumaili mengatakan jika laporannya sudah diterima oleh pihaknya. “Laporannya akan segera di tindak lanjuti oleh komisi I. Dimana sejumlah oknum-oknum yang dilaporkan akan segera kami panggil dalam agenda hearing untuk di mintai keterangan,” kata Sumaili. Terpisah, Kepala dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan (DP3K) Ir Saeroji kaget ketika mendengar masalah ini. “Kami belum menerima laporan soal bantuan tersebut,” jelas Saeroji, sembari menghubungi kepala bidang peternakan untuk melakukan koordinasi langsung ke kelompok tani tersebut.(wege)

PROGRAM FISIK & NON FISIK

Landjar: SKPD jangan hanya jadi penonton BUPATI Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar menegaskan, agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dijajaran Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Boltim yang programnya tahun ini tidak jalan, tahun depan SKPD tersebut bakal tidak akan diberikan anggaran. Ini dikatakan Landjar, Senin (12/8) kemarin. Dimana setiap SKPD itu sudah dan harus wajib mengeposkan anggarannya masing-masing untuk kegiatan program fisik dan non fisik. “Jika ada SKPD yang tidak mampu melaksanakan programnya, maka SKPD tersebut tidak akan lagi diberikan anggaran. Kecuali untuk pembayaran gaji dan honorer saja, selain itu tidak ada,” tegas Landjar. Ditambahkan Landjar, bagi pimpinan SKPD yakni dinas dan badan agar dapat memperhatikan hal tersebut. “Ini adalah warning atau peringatan. Jadi bagi pimpinan satuan kerja, jangan sampai tahun depan ada dinas atau badan yang jadi penonton,” pungkas Landjar.(try25)

Totabuan

Bolmong, Kotamobagu, Bolmut, Boltim, Bolsel

SURAT KABAR HARIAN

15

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Hotel prodeo tunggu 16 legislator Boltim Polres Bolmong rampungkan kelengkapan berkas MaMi Tu t u y a n — K a p o l r e s Bolaang Mongondow (Bolmong) AKBP Hisar Siallagan SIK, secara tegas mengungkapkan 16 dari 20 tersangka baru dugaan

korupsi dana Makan Minum (MaMi) di Dewan Kabupaten (Dekab) Boltim, tetap akan ditahan di hotel prodeo. Dikatakan mantan

Kapolres Sangihe ini, penahanan terhadap para tersangka korupsi memang saat ini belum dilakukan, karena masih ada beberapa tahapan pemeriksaan. “Polres belum melakukan penahanan, karena masih ada berkas yang akan dilengkapi untuk proses selanjutnya. Jika sudah,

maka tentu akan ada penahanan,” tegas Siallagan, Senin (12/8) kemarin. Sementara itu, Tokoh masyarakat Boltim Ismail Mokodompit mengatakan, Polres Bolmong diingatkan untuk tidak menganakemaskan tersangka korupsi yakni para legislator.

APEL PERDANA

“Jangan hanya menahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) nya saja, sementara legislator yang menggunakan anggaran MaMi dibiarakan berkeliaran bahkan tetap menggunakan fasilitas negara. Untuk itu, kepada Polres jangan pilih kasih, diminta segera melakukan penahanan terhadap para

tersangka korupsi itu,” tandas Mokodompit, yang juga Ketua Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Boltim. Diduga tersangka 20 legislator Boltim yang terlibat dugaan korupsi dana MaMi, telah merugikan negara sebesar Rp184 juta.(try25)

PILCALEG 2014

Salihi ajak PNS terus tingkatkan disiplin Amir: Caleg harus Lolak—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar apel perdana pascalibur bersama dan libur nasional untuk Idul Fitri 1434 H. Dari data yang diterima dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bolmong, apel kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) strucktural Pemkab Bolmong dengan jumlah tenaga teknis 1823, yang hadir hanya mencapai 1789 orang atau 98 persen. Sementara yang tidak hadir berjumlah 34 orang dengan keterangan sakit dan izin. Selain PNS di Kantor Bupati, apel perdana ini juga diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), PNS kantor kecamatan, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas, cabang dinas pendikan se-Bolmong, di luar dari tenaga fungsional guru yang menyesuaikan dengan kalender pendidikan, dan perawat dan bidan 2927 tenaga fungsional dengan jumlah total PNS Bolmong 4750 orang. Apel perdana ini digelar dihalaman Kantor Bupati Bolaang Mongondow Kota

tahu mekanisme

TAMPAK Bupati Hi Salihi Mokodongan dan Sekkab Bolmong Drs Farid Asimin MAP, saat menerima jabatan tangan dari seluruh PNS yang hadir dalam apel kerja perdana usai libur panjang, Senin (12/8) kemarin.(foto: ist)

Lolak, Senin (12/8) kemarin. Dikatakan Bupati Hi Salihi Mokodongan agar PNS di lingkup Pemkab Bolmong untuk terus meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, disiplin, bertindak cepat bijak dan tepat sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. “Kedepankan rasa tanggung jawab yang dilandasi dengan disiplin, semangat serta keinginan untuk berbuat yang terbaik demi kemajuan daerah dan kese-

jahteraan masyarakat Bolmong kedepan” tegas Mokodongan. Untuk itu, Bupati Salihi berharap agar PNS senantiasa mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan, melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, menepati jam kantor dengan mengikuti apel pagi dan sore serta bekerja sesuai dengan tupoksi. “Semoga hikmah hari Raya Idul Fitri semakin meningkatkan keimanan dan ketaq-

waan memperkokoh persatuan dan kesatuan serta memacu semangat pengabdian kita dalam upaya percepatan pembangunan daerah” pungkas Mokodongan. Selain bupati, tampak Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Bolmong Farid Asimin MAP, Jajaran Asisten Sekdakab Bolmong, Staf Ahli, pimpinan SKPD lingkup Pemkab Bolmong, para camat dan sangadi serta seluruh PNS di lingkup Pemkab Bolmong.(veem)

KEKURANGAN SDM

66 ribu hektar kawasan hutan di Bolmut rusak Boroko—Besaran kawasan hutan yang rusak dan masuk kategori kritis di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), cukup memprihatinkan. Menurut Ramdan Buhang, makin luasnya kerusakan hutan di Bolmut diakibatkan minimnya Sumber Daya Manusia (SDM) yang bertugas dalam pengawasan dan perlindungan aset negara tersebut. Buktinya dari data saat ini, kurang lebih sudah memasuki separuh dari total kawasan hutan di Bolmut mengalami kerusakan. “Banyangkan 66 ribu hektar (ha) lebih kawasan hutan di Bolmut yang sudah rusak. Ini jika di biarkan, maka entah apa yang akan terjadi nantinya,” kata Ramdan, yang juga tercatat sebagai salah satu mahasiswa di Bolmut ini.

KAWASAN hutan yang berada di Bolmut, saat ini terancam rusak. Hal ini dikarenakan kurangnya SDM, sehingga pengawasan keamanan dari instansi terkait terhadap kelestarian hutan itu sendiri kurang. (foto: ist)

Dijelaskan Ramdan, hal tersebut dikarenakan tidak optimalnya fungsi pengawasan dari instansi terkait yakni Dinas

Kehutanan. “Ini yang perlu di perhatikan serius oleh pemerintah, agar proses pengawasan lingkungan lebih maksimal lagi, karena

telah dikendalikan oleh satu instansi utuh dan pastinya jumlah personilpun akan memadai,” saran Ramdan. Sementara itu, Kabid Kehutatan Ir Daniel Palilu ketika dikonfirmasi tidak membantah jika kendala utama yang di hadapi pihaknya di lapangan yakni persoalan kekurangan personil atau petugas dilapangan. “Itu memang jadi salah satu kendalanya saat ini,” ungkap palilu. Dari data yang dihimpun, luas lahan hutan Bolmut yakni, Hutan Lindung 30.333.80 ha, Hutan Bakau 1.670.81 ha, Hutan Produksi 14.820.39 ha, Hutan Produksi Terbatas 58.091,38 ha, Hutan Produksi Konversi 15.988 ha, APL kosong, Tumbuhan Air kosong, dengan total luas kawasan hutan 125.756,75 ha.(wege)

Kotamobagu—Tahapan Pemilihan Calon legislatif (Pilcaleg) 2014 sudah dimulai, saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu mempunyai peranan dalam memverifikasi daftar Calon Legislatif (Caleg) yang akan bertarung dalam Pilcaleg Dewan Pimpinan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Provinsi (Deprov) serta Dewan Kabupaten/ Kota yang disodorkan oleh partai politik (Parpol). Tahapan-tahapan ini akan berlangsung secara terusmenerus sampai dengan dilaksanakannya hari H pencoblosan pada tanggal 9 april 2014 mendatang. Untuk itu, para Caleg yang sudah didaftarkan seharusnya tidak hanya melakukan kampanye atau hanya kegiatan partai-

nya, malainkan juga harus melakukan kontrol bersama KPU untuk kegiatan tersebut. “Caleg harus tahu mekanisme dan penghitungan suara, dia juga harus tahu jumlah pemilih di Daerah Pemilihan (Dapil)-nya. Ini tergantung Caleg apakah mereka mau mengundang KPU untuk bersama-sama melakukan sosialisasi terkait hal itu,” kata Komisioner KPU KK Amir Halatan di kantornya, Senin (12/8) kemarin. Amir melanjutkan, selain kinerja KPU sebagai penyelenggara pemilu, Caleg juga harus berpartisipasi melakukan kontrol bersamasama KPU. “Ini dilaksanakan sebelum dan sesudah penetapan Daftar Calon Tetap (DCT),” jelas pria yang biasa disapa paman pirang ini.(veem)

PASCALIBUR

Pontoh pimpin apel perdana Pemkab Bolmut Boroko—Pasca cuti bersama dalam rangka hari raya Idul Fitri 1434 Hijiriah, Senin (12/8) kemarin Wakil Bupati (Wabup) Bolmong Utara (Bolmut) Drs Depri Pontoh, pimpim apel perdana. Bertempat di ruang auditorium Kantor Bupati Bolmut. Wabup menyampaikan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. “Semoga momentum Idul Fitri di tahun ini membawa dampak positif bagi pembinaan hubungan persaudaraan dan kekeluargaan di lingkup Pemkab Bolmut, baik antar sesama PNS maupun dengan komponen masyarakat lainnya,” kata Pontoh. Pontoh juga menambahkan dalam konteks pembinaan dan peningkatan kedisiplinan PNS, maka pada kesempatan ini perlu disampaikan beberapa hal mendasar khususnya kepada saudara-saudara yang beragama islam, di mana momentum keagamaan yang baru saja dilewati yakni bulan suci Ramadhan dan perayaan lebaran, diharapkan beriplikasi positif bagi pengembangan

karakter dan mentalitas apratur yang disiplin, loyal serta bersinergritas diri. “Kita perlu menyadari bahwa para pendiri bangsa telah menetapkan negara kita sebagai negara yang beragama, sehingga nilai-nilai keagamaan adalah bagian intergral dari semua proses berbangsa dan bernegara diwarnai dan diperkuat oleh semangat nilai keagaman yang tinggi,” ujarnya. Wabup juga menambahkan hampir lima tahun perjalanan roda pemerintahan dan pembangunan di daerah ini, disadari atau tidak telah terjadi begitu perubahan yang signifikan disegala sisi kehidupan masyarakat. “Lima tahun adalah waktu yang sangat singkat untuk melahirkan suatu fundamental dan monumental. Namun Kabupaten Bolmut mampu menjadi satu entitas politik dan budaya yang siap berkompetinsi dengan daerah-daerah pemekaran lainnya di level nasional dan internasional,” tutup Bupati pilihan rakyat Bolmut periode 2013-2018.(wege)


SELASA 13 AGUSTUS 2013

G AUL

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

16

HOT NEWS

Mantan penyanyi dan perancang busana Victoria Beckham lebih memilih santai di ruamh bersama keluarganya ketimbang menjalani hidup selebriti.”Jujur, saat anak-anak berada di tempat tidur, aku lebih suka bekerja atau merawat wajah dan merapikan alis saya,” katanya,

seperti dikutip showbizspy.Saat anak bungsunya, Brooklyn tertidur, ia memilih untuk bersantai seperti orang dengan kehidupan normal lainnya. Menyoal David Beckham yang telah pensiun sebagai pemain sepak bola, Victoria mengaku bangga atas keputusan suaminya itu. ”Setelah

mendukung keber-adaan dia di sejumlah klub di seluruh dunia selama 15 tahun terakhir, ia telah menjadi inspirasi bukan hanya bagi saya dan anak-anak, tetapi juga untuk jutaan orang. Kita sekarang benar-benar bersemangat menghabiskan lebih banyak waktu sebagai sebuah keluarga,” jelas Victoria.(inc)

Sinopsis film Captain America terbaru resmi dirilis MARVEL Studios dan Disney sedikit demi sedikit merilis detil-detil mengenai film superhero terbaru mereka, CAPTAIN AMERICA: THE WINTER SOLDIER. Kali ini mereka secara resmi memberikan sinopsis film yang mengisahkan sepak terjang Captain America (Chris Evans), Black Widow (Scarlett Johansson) and the Falcon (Anthony Mackie). “Setelah events kekacauan di New York dalam THE AVENGERS, film ini akan menceritakan tentang Steve Rogers yang kini sudah hidup tenang di Washington, DC. Ia berusaha beradaptasi dengan dunia modern,” tulis sinopsis resmi tersebut. Akan tetapi kedamaian tersebut hanya berlangsung sejenak karena S.H.I.E.L.D. diserang oleh sosok misterius yang berencana membuat dunia kacau. Oleh karenanya, Captain America bergabung bersama Black Widow, untuk mengungkap konspirasi dan juga pembunuh bayaran misterius yang berusaha membuatnya diam. Captain America dan Black Widow butuh bantuan untuk melaksanakan misi mereka kali ini, mereka akan mendapat bantuan dari sosok Falcon.(kplc)

Victoria Beckham ALEXANDRA DADDARIO

Calon pemeran Wonder Woman WARNER Bros kabarnya akan segera membuat film dari karakter DC Comics Wonder Woman. Rumor yang beredar, Alexandra Daddario adalah kandidat utama yang dilirik untuk memainkan peran tersebut.Meskipun belum

ada pernyataan resmi atas penunjukan Alexandra dari WB, namun bintang ‘ Percy Jackson & the Olympians’ berusia 27 tahun itu sudah memberikan komentarnya atas rumor yang beredar. “Apakah aku akan berada di dalamnya atau tidak, aku

bersedia memerankannya. Aku ingin Wonder Woman dibuatkan film. Aku ingin melihat karakter kuat dan female action hero,” ucapnya seperti dilansir Collider, Senin (12/8/2013). Sementara itu, Mark Strong juga disebut-sebut

mendapat penawaran untuk memeran-kan karakter Lex Luthor da-lam film BatmanSuperman mendatang arahan sutradara Zack Snyder. Lex adalah to-koh villain yang memiliki sejarah panjang dengan Clark Kent. Selain Mark, aktor lain yang dikaitkan dengan proyek film tersebut adalah Bryan Cranston.(dthc)


13082013