Issuu on Google+

SWARA KITA TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

OLLA RAMLAN

Akhirnya hamil SETELAH lama menunggu, akhirnya Olla Ramlan hamil. Artis cantik ini tengah mengandung anak pertama dari pernikahannya dengan Muhammad Aufar Hutapea. Namun, dia masih enggan untuk berbagi cerita soal kehamilannya tersebut. “Kabar bahagia memang sih, tapi kalau belun kelihatan apa yang mau dishare? Kalau masih awal minggu belom bisa dibicarain, kalau tiga bulan baru deh bisa, sudah kelihatan,” ungkap Olla senang. Baca: Akhirnya ( Halaman 2 )

PENGUMUMAN DALAM rangka memperingati perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1435 Hijriah, yang jatuh Selasa (5/11) besok maka SKH Swara Kita tidak akan terbit. Kami akan kembali menemani pembaca pada edisi Rabu (6/11) lusa. Demikian pemberitahuan ini.

INTERNASIONAL SPIONASE

Guardian bongkar kemunafikan Jerman, Prancis, serta Spanyol

PRESIDEN Prancis Francois Hollande bersama Kanselir Jerman Angela Merkel dalam sebuah kesempatan.(foto: ist)

HARIAN The Guardian menurunkan laporan, penyadapan internet bukan hanya dilakukan Amerika Serikat (AS) dan Inggris. Jerman, Prancis, Spanyol dan Swedia ternyata bekerjasama dengan Markas Komunikasi Pemerintah (GCHQ) Inggris melakukan kegiatan surveilans itu. Itulah dokumen bocoran terbaru dari GCHQ yang diperoleh Guardian dari bekas pekerja di Badan Intelijen Nasional AS atau National Security Agency (NSA) Edward Snowden, mitra GCHQ di AS. Aliansi intelijen negara-negara itu saling membuka diri untuk informasi yang diperoleh mereka dari internet. Dokumen itu juga jelas menyebutkan peran GCHQ sebagai pemimpin di antara mitra-mitra Eropanya tentang bagaimana cara mengakali hukum nasional yang membatasi kewenangan penyadapan mereka. Pengungkapan dokumen ini tentu membuat malu Jerman, Prancis dan Spanyol yang sebelumnya bereaksi marah ketika Snowden membuka dokumen penyadapan NSA atas puluhan juta warga ketiga negara itu. Intelijen AS sendiri berkukuh, surveilans itu dilakukan lembaga mitra mereka di negaranegara itu sendiri. Baca: Guardian ( Halaman 2 )

SEBASTIAN Vettel kian menegaskan dominasinya di Formula 1 tahun 2013. Usai menjadi juara dunia yang keempat kali, pebalap Red Bull itu menjuarai GP Abu Dhabi. Seri ke-17 jet darat itu berlangsung di Sirkuit Yas Marina, Minggu (3/11) malam WITA. Vettel berhasil menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis di Abu Dhabi. Vettel yang memulai

balapan dari posisi kedua, langsung melesat sejak awal lomba. Dia bisa mengambil alih posisi rekan satu timnya, Mark Webber. Di Abu Dhabi, Vettel menorehkan waktu satu jam 38 menit 6,106 detik. Pebalap asal Jerman itu tampil trengginas di lintasan. Vettel unggul 30,829 detik dari Webber yang finis di posisi kedua. Baca: Vettel ( Halaman 2 )

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

SENIN 4 NOVEMBER 2013 NOMOR 02414 TAHUN VII

PEMILU 2014 INTERNASIONAL

Vettel pertegas kejayaannya di Abu Dhabi

Pemberian NIK bisa usai DPT Jakarta—Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkeras akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara nasional, Senin (4/ 11) hari ini, meski masih ada 10,4 juta data pemilih yang belum dilengkapi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). KPU menyatakan, pemberian NIK dapat dilakukan setelah penetapan DPT. Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, persoalan NIK itu akan dikoordinasikan dengan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Bahwa ada persoalan di NIK, kami akui itu. Apa NIK harus ada sebelum penetapan penetapan atau bisa dibereskan setelah penetapan, akan kami tanyakan pada Bawaslu dan pemerintah,” kata Hadar di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Minggu (3/11) kemarin. Menurutnya, pihak yang paling berwenang memberi pendapat soal itu adalah Bawaslu. “Kami tanya bawaslu dan misalnya Bawaslu nyatakan bisa saja (NIK) dibenahi nanti setelah DPT ditetapkan,” kata Hadar. Ia mengatakan, pihaknya tetap berencana menetapkan daftar pemilih tetap sesuai jadwal yang disepakati terdahulu, yaitu, Senin (4/11) hari ini. Sikap tersebut diambil meski masih banyak tuntutan penetapan DPT dari DPR dan partai politik. “Sampai hari ini, kami masih tetap pada jadwal penetapan besok,” kata dia. Sebelumnya, KPU meminta Kemendagri memberikan NIK kepada 10,4 juta data pemilih. Jutaan pemilih tersebut didapati KPU dari proses pemutakhiran pemilih yang dilakukannya di lapangan. Baca: Pemberian ( Halaman 2 )

103 CPNS Boltim terancam dianulir Bupati duga peserta ujian itu kantongi KPT tidak sah

Parpol tengah berebut swing voters

389 peserta Bolmut absen, Bolmong diduga ada siluman

KEKUATAN DAN KELEMAHAN PARPOL POROS TENGAH

Jakarta—Pemilu 2014 semakin dekat. Prediksi demi prediksi siapa partai politik (parpol) yang akan memenangkan pertarungan, mulai dari Pemilu Legislatif 9 April 2014 hingga Pemilu Presiden. Sejauh ini, tiga parpol besar diprediksi masih akan menguasai pemilih, yakni PDIP, Partai Golkar dan Partai Demokrat. Karenanya, parpol poros tengah mulai dikalukulasi kekuatannya. Lingkaran Survei Indonesia (LSI) menentukan partai tengah yang akan memperebutkan suara mengambang (swing voters) yang masih belum jelas pemilihnya. “Partai papan tengah tersebut memiliki tiga unggulan terpadu, keunggulan dana, ketokohan kepemimpinan partai, dan akses ke media,” kata peneliti LSI Adrian Sofa di Kantor LSI, Jakarta, Minggu (3/11) kemarin. Baca: Parpol ( Halaman 2 )

Bolmong Raya—Ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013, sudah dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada Minggu (3/11) kemarin. Khusus di Sulut, dari pelaksanaan ujian yang digelar pagi hingga siang kemarin, ditemukan banyak masalah. Di Boltim misalnya, meski pelaksanaan ujian tes tidak ada hambatan, namun Bupati Sehan Landjar mengisyaratkan bakal menganulir 103 peserta CPNS. Di hadapan para peserta ujian CPNS, Landjar menegaskan ada sekitar 103 peserta ujian yang mengantongi Kartu Tanda Penduduk (KPT) tidak sah. “Saya dapat laporan ada 103 peserta tes CPNS bukan warga Boltim buat KTP di Boltim. Ini sudang melanggar UndangUndang (UU) tentang Kependudukan. Dan saya sudah minta kroscek namanama tersebut, “ ujar Landjar saat membukan naskah ujian. Landjar menegaskan, meskipun mereka lulus ujian, tetap akan didiskualifikasi, karena hasil kelulusan, sebelum diumumkan harus ditandatangani kepala daerah. “Kalaupun ada yang lulus langsung didiskualifikasi, karena KTP tidak sah, “ tegasnya. Dia mengaku kecewa kenapa sampai 103 peserta bukan warga Boltim lantas memiliki KTP Boltim. Padahal kata dia, syaratnya hanya Warga Negara Indonesia (WNI) saja. Baca: 103 ( Halaman 2 )

CAPRES PARTAI DEMOKRAT

PARIWISATA

Bupati Tator ajak warganya dukung SHS Waraney & Wulan 2013 Manado—Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS), selaku peserta Konvensi Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrat, mulai keliling Indonesia untuk mencari dukungan. Setelah mampir di Surabaya Jawa Timur pada Rabu (30/10) pekan lalu, berdialog dengan Gubernur Soekarwo, keesokan harinya tepatnya Kamis (31/10) malam, SHS melakukan lawatan ke Tanah Toraja (Tator) Sulawesi Selatan. Dukungan terus mengalir kepada SHS, dan kali ini diungkapkan langsung Bupati Tanah Toraja (Tator), Theofilus Allorerung SE. Dukungan itu

BUPATI Tanah Toraja Theofilus Allorerung saat menyematkan salempang kepada Gubernur Sulut SH Sarundajang, dalam kunjungan Kamis (31/10) malam.(foto: ist)

disampaikan langsung Allorerung ketika menjamu rombongan SHS di rumah jabatan bupati di Makale, Tana Toraja, pada Kamis (31/10) malam.

SHS melakukan lawatan ke Tanah Toraja dalam rangka memenuhi undangan dari Forum Komunikasi Pria/Kaum Bapa Persekutuan Gereja-gereja

di Indonesia (P/KB PGI) untuk membawakan ceramah pada kegiatan Konferensi Nasional VII 29 Oktober-2 Nopember 2013 di Hotel Patan Makale Tanah Toraja. “Pak Sarundajang adalah seorang tokoh nasional dan merupakan figur yang sangat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas-tugas yang dipercayakan,” ujarnya. Allorerung juga mengaku mengenal SHS sejak menjabat Inspektur Jenderal Departemen Dalam Negeri, dikala Allorerung saat itu juga dipercayakan sebagai Inspektur Daerah Provinsi Sulsel. Baca: Bupati ( Halaman 2 )

diminta “jual” Minahasa

Tondano—Setelah melalui penilaian yang sangat ketat, akhirnya Bryan Josua Mailangkay dan Friska Tani terpilih sebagai Waraney dan Wulan Minahasa 2013. Ajang ini merupakan bagian dari perayaan HUT Minahasa, yang diselenggarakan setiap tahunnya. Adapun Grand Final Pemilihan Wulan Waraney Minahasa (PWWM) 2013 yang bergengsi ini berlangsung pada Jumat (1/11) malam hingga Sabtu (2/11) dini hari, disaksikan langsung Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dan ibu Dr Olga Sajow-Singkoh MHum,

HARAPAN masih.

Wakil Bupati Ivan Sarundajang dan ibu Jashinta Sarundajang-Paat serta Sekkab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi dan ibu Seeve KorengkengWarouw. Baca: Waraney ( Halaman 2 )

Marina Oswald Porter terus menyingkir dari media (1)

Janda pembunuh Presiden AS hidup dalam ketakutan Dalam keseharian, dia tampil selayaknya warga biasa; belanja mingguan, berpakaian kasual, serta tersenyum dan menyapa orang-orang yang dikenalnya. Satu yang membedakannya dari yang lain: selalu awas dan ada sorot ketakutan jika berada di tengah kerumunan.

HIDUP Marina Oswald Porter yang dulu dikenal ceria berubah sejak 50 tahun yang lalu. Tepatnya setelah serentetan tembakan terdengar di Dallas Dealey Plaza dan Presiden Amerika Serikat

(AS) saat itu, John Fitzgerald Kennedy (JFK), roboh di pangkuan istrinya di atas kendaraan terbuka. Marina adalah janda Lee Harvey Oswald, mantan marinir yang disalahkan

atas pembunuhan Presiden AS yang paling populer pada era modern itu. Pemberitaan tentangnya hanya muncul sekali pada 1977. Dalam sebuah konferensi pers, ia menyata-

kan, “Saya percaya bahwa Lee bertindak sendirian dalam pembunuhan ini. Ironisnya, Presiden adalah seorang pria yang dia hormati dan kagumi.” Baca: Janda ( Halaman 2 )

MARINA Oswald Porter, kini berusia 72 tahun, terpaksa hidup berpindah-pindah. Inzert: Almarhum Oswald Porter, suami Marina yang diduga membunuh John F Kennedy.(foto: ist)


SENIN 4 NOVEMBER 2013 Vettel ... dari Halaman 1 Pebalap Mercedes, Nico Rosberg menempati posisi ketiga. Dia tertinggal tiga detik dari Webber. Posisi keempat ditempati oleh Romain Grosjen. Fernando Alonso yang memulai balapan dari posisi ke-11 juga tampil gemilang. Dia bisa finis di urutan kelima. Catatan waktu yang ditorehkan pebalap Ferrari itulebih lambat satu menit 7,181 detik. Kemenangan itu kian memantapkan Vettel di puncak klasemen pebalap dengan raihan 347 poin. Di tempat kedua ada Alonso yang meraup 217 poin dan Kimi Raikkonen yang mengumpulkan 183 poin harus menempati posisi ketiga. “Anda tidak sering mengendari mobil dengan kecepatan seperti ini. Saya mencintai kalian semua (kru Red Bull), terima kasih,” uajr Vettel berterima kasih kepada rekannya, dikutip dari BBC.(inlc)

HASIL BALAPAN GP ABU DHABI PEBALAP

NEGARA

TIM

1. Sebastian Vettel 2. Mark Webber 3. Nico Rosberg 4. Romain Grosjean 5. Fernando Alonso 6. Paul Di Resta 7. Lewis Hamilton 8. Felipe Massa 9. Sergio Perez 10. Adrian Sutil 11. Maldonado 12. Jenson Button 13. E.Gutierez 14. N. Hulkenberg 15. V. Bottas 16. D. Ricciardo 17. J.E Vergne 18. G. V D Garde 19. Charles Pic 20. Jules Bianchi 21. Max Chilton 22. Kimi Raikkonen

Jerman Australia Jerman Prancis Spanyol Inggris Inggris Brazil Mexico Jerman Venezuela Inggris Spanyol Jerman Finlandia Australia Prancis Belanda Prancis Prancis Inggris Finandia

Red Bull-Renault Red Bull-Renault Mercedes-Mercedes Lotus-Renault Ferrari-Ferrari Force India-Mercedes Mercedes-Mercedes Ferrari-Ferrari McLaren-Mercedes Force India-Mercedes Williams-Renault McLaren-Mercedes Sauber-Ferrari Sauber-Ferrari Williams-Renault Toro Rosso-Ferrari Toro Rosso-Ferrari Caterham-Renault Caterham-Renault Marussia-Cosworth Marussia-Cosworth Lotus-Renault

Akhirnya ... dari Halaman 1 Sebelumnya, Olla dan Aufar memang sempat menunda kehamilan. Baru sekitar tiga bulan ini keduanya menjalankan program kehamilan. “Saya baru tiga bulan lepas KB, pernikahan sudah setahun. Insya Allah memang benar ya,” tandasnya. Soal jenis kelamin, Olla tak mempermasalahkan laki-laki atau perempuan. Seperti diketahui, perempuan kelahiran Banjarmasin 15 Februari 1980 itu telah memiliki seorang anak bernama Sean Michael Alexander dari pernikahannya dengan Alex Tian yang kemudian bercerai pada 2010. Tahun 2012, tepatnya 20 Desember, Olla kembali menikah dengan Aufar, seorang pengusaha muda.(kplc)

Guardian ... dari Halaman 1 Hanya Swedia yang relatif diam soal fakta yang dibongkar Guardian ini. Direktur Intelijen Nasional AS, James Clapper, sempat menyebut respons pemerintah-pemerintah Eropa setengah munafik. “Beberapa mengingatkan saya pada film klasik Casablanca: ‘Ya Tuhan, ada perjudian di sini’,” kata Clapper. GCHQ juga bekerjasama erat dengan dua lembaga intelijen Belanda, MIVD untuk eksternal dan AIVD untuk internal. Namun kedua lembaga ini berhadapan dengan aturan hukum yang ketat membatasi penyadapan. “GCHQ telah menyediakan masukan dan saran (menghadapi itu),” kata laporan yang dibongkar Guardian itu. Sementara itu, Snowden membuat surat untuk Kanselir Jerman Angela Merkel, yang menyatakan kesediaannya untuk memberikan keterangan di hadapan parlemen Jerman. Dalam surat terbukanya ke sekutu AS itu, Snowden menyatakan pengakuannya telah membeberkan pelanggaran kepercayaan publik yang sebelumnya dibantah. “Saya yakin dengan dukungan komunitas internasional, pemerintah Amerika Serikat akan meninggalkan perilaku berbahaya ini,” kata Snowden dalam surat yang ditembuskan pula ke parlemen dan kejaksaan Jerman itu. Snowden memberikan surat itu pada legislator Jerman, Hans-Christian Stroebele, yang muncul di depan media di Jerman pada Jumat 1 November 2013. Stroebele, politikus Partai Hijau berusia 74 tahun itu, membuka surat itu segera setelah tiba dari Moskow di mana dia bertemu dengan Snowden pada Selasa lalu di sebuah lokasi rahasia. Snowden yang berusia 30 tahun itu kini mendapat status suaka sementara di Rusia. Snowden juga menyatakan dalam suratnya bersedia bepergian ke Jerman untuk diperiksa parlemen Jerman soal penyadapan telepon Kanselir Jerman. Namun dia menambahkan, “Saya lebih memilih bertemu Kongres Amerika Serikat atau komite di Kongres AS dan membentangkan fakta-fakta di atas meja.” Parlemen Jerman sendiri ingin meminta keterangan dari Snowden. Namun kehadirannya di Jerman bisa menimbulkan masalah diplomatik bagi Jerman dan juga membahayakan status Snowden. “Suaka yang dia miliki di Rusia memberinya keamanan di Rusia namun tidak di Jerman,” kata Stroebele. Namun sejumlah politisi Jerman menyebutkan ada skema perlindungan saksi untuk Snowden. Namun tak ada diskusi pemberian suaka padanya sehingga bisa memproteksinya dari perintah penahanan dari otoritas AS. “Kami akan mencari cara jika Tuan Snowden siap berbicara pada wakil Jerman,” kata Menteri Dalam Negeri Jerman, Hans-Peter Friedrich.(vinc)

CV AIR SEJUK MANADO

MAINTENANCE-AIR CONDITIONER-SPARE PART-INSTALATION Type

Service

AC SPLIT RP25.000 AC WINDOW RP50.000 AC STANDING FLOOR RP50.000 AC CEILING RP45.000 AC CENTRAL NEGO KULKAS RP50.000 FREEZER RP50.000 MESIN CUCI RP50.000 DISPENSER RP50.000

Tambah Freon RP75.000/PK RP75.000/PK RP75.000/PK RP45.000/PK NEGO RP660.000/PK RP660.000/PK NEGO NEGO

DISEWAKAN AC FLOOR STANDING/GENSET

- Service langsung di tempat - Melayani bongkar pasang AC - Melayani panggilan luar kota - BERGARANSI - Ditangani oleh Tenaga Profesional Teknisi kami datang ke tempat anda untuk cek GRATIS

Hub: (0431) 3630234/9140332—085299811566 Jl AA Maramis Paniki Bawah No 12 Manado

Utama

Untuk Nasional & Mancanegara

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

2

Heboh video polisi mabuk di pesta Kabid Humas: Benar, anggota Polri atas nama Brigadir Mochtar Toyib Bandung—Ulah nakal anggota kepolisian kembali terungkap. Setelah sebelumnya tersebar foto seronok seorang anggota polisi wanita di Lampung, dan heboh seorang kapolsek di Wonogiri, kini masyarakat dikagetkan dengan video berjudul “Polisi Mabok” di situs Youtube. Video berdurasi 14 menit 28,9 detik itu berisi aksi seorang oknum bintara polisi yang tengah mabuk membuat kericuhan di sebuah acara panggung hiburan dangdut pesta pernikahan kolega sesama polisi di Kabupaten Majalengka. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Martinus Sitompul membenarkan bahwa sang pemabok adalah polisi. “Anggota Polri atas nama Brigadir Mochtar Toyib, dari Polsek Jatiwangi,

Polres Majalengka, yang mabuk pada hari Rabu, 23 Oktober 2013 di acara pesta pernikahan Briptu Trias Yanuaris anggota Polsek Jatiwangi,” kata Martinus, Minggu (3/11) kemarin. Tak lupa, atas nama Polri, Martinus menyatakan prihatin dan menyesalkan peristiwa dalam pesta yang dirayakan dengan meminum minuman keras tersebut. Ia juga mengklaim polisi bidang profesi dan pengamanan telah menghukum Mochtar sesuai peraturan disiplin Polri. “Dalam sidang disiplin di Polres Majalengka 1 November telah diputuskan yang bersangkutan dikenai sanksi mutasi bersifat demosi dan penempatan dalam tempat khusus selama 21 hari,” kata Martinus. Diketahui, aksi memalukan

2 jurnalis Prancis terbunuh di Mali Utara

dalam video unggahan 30 Oktober 2013 itu bermula ketika Mochtar tiba-tiba naik ke panggung di pengujung sebuah lagu. Sang bintara bertengkar dengan pemain organ di pojok kiri panggung. Tak terlihat dan tak terdengar jelas apa yang dia lakukan dan pertengkarkan dengan sang pemusik. Namun aksi pelaku langsung mengundang beberapa polisi berseragam dan pria tegap berpakaian bebas naik ke panggung untuk melerai pertengkaran. Mereka berusaha menarik tubuh Pak ‘Polisi Mabok’ untuk menjauh. Namun si polisi nampak berusaha melawan. Walhasil lantaran kesal, salah satu pelerai nampak berteriak beberapa kali meminta polisi itu turun dari panggung.(temc)

Paris—Dua jurnalis radio Prancis dikabarkan dibunuh oleh orang bersenjata di Mali Utara, Sabtu (2/11) waktu setempat. Menurut pejabat resmi Prancis dan Mali, Claude Verlon dan Ghislaine Dupont dibunuh tak lama setelah diculik di Kota Kidal. Keduanya diculik usai mewawancarai salah seorang penduduk Kidal, Ambeiry Ag Rhissa. “Presiden Prancis menyatakan kemarahannya atas tindakan kejam ini,” ujar pihak Kantor Kepresidenan Prancis Francois Hollande dalam sebuah pernyataan. Kepala daerah Tinzawaten yang berbasis di Kidal, PaulMarie Sidibe

menuturkan bahwa kedua jurnalis radio RFI itu dibunuh di luar kota. “Beberapa menit setelah pengejaran penculik dua warga Prancis dimulai, kami diberitahu bahwa mayat keduanya ditemukan penuh dengan peluru,” kata Sidibe seperti dilansir kantor berita Reuters. Sementara itu pejabat militer senior MNLA menjelaskan bahwa jasad kedua jurnalis ditemukan di luar Kidal. Adapun sumber dari pihak keamanan Mali mengatakan, Verlon dan Dupont dibunuh sekitar 12 kilometer dari Kota Kidal. Informasi tentang bagaimana keduanya tewas tidak dijelaskan lebih detail. Namun militer Prancis

mengungkapkan bahwa mayat jurnalis itu ditemukan oleh tentara patroli yang sebelumnya telah diberitahu tentang penculikan keduanya. Menurut Kementerian Pertahanan Prancis, tentara Prancis telah memperingatkan kepada kedua jurnalis tersebut untuk tidak bepergian ke Kidal pada tanggal 29 Oktober 2013. Mereka juga menolak untuk mengantar keduanya ke Kidal. “Meski telah diberi saran, kedua jurnalis itu menggunakan transportasi MINSUMA untuk menuju Kidal,” ujar pihak Kementerian P e r t a h a n a n Prancis.(vinc)

tidak standar di dalam DPT, KPU provinsi dan kabupaten/kota berupaya maksimal untuk melengkapi NIK dan NKK tersebut. KPU provinsi dan kabupaten/kota juga diminta menyiapkan penjelasan dan dokumen pendukung seperti berita acara klarifikasi atau surat keterangan dari pihak terkait seperti kepala dinas kependudukan dan catatan sipil dan sebagainya, dengan adanya pemilih yang NIK dan NKK yang masih kosong atau tidak standar. Husni dalam surat edaran tersebut

meminta penjelasan dan dokumen pendukung diserahkan pada saat rekapitulasi DPT nasional pada 4 November 2013. Sementara itu, Dirjen Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Irman mengatakan, Kementerian Dalam Negeri menemukan puluhan juta pemilih masih bermasalah menjelang pengumuman dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) secara nasional pada 4 November. Menurut dia, sebanyak 20,3 juta penduduk tercatat di daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP),

namun tidak ada di daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4). Sedangkan 30 juta penduduk berusia pemilih tercatat di DP4 namun tidak terdaftar di DPSHP. Jumlah DPT, menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPD, diperoleh dari hasil pemutakhiran daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang dilakukan oleh KPU.

Kemendagri telah menyerahkan sekitar 190 juta penduduk potensial pemilih kepada KPU. Kemudian dilakukan pencocokan dan penelitian oleh KPU dan diperoleh 181 juta pemilih dalam DPSHP. Berdasarkan sinkronisasi antara data DP4 dan DPSHP tersebut telah ditemukan sekitar 160 juta masyarakat yang sinkron sebagai pemilih dan 20,3 juta pemilih belum memiliki NIK.(komc)

digelar di gedung SMA Negeri 1 Kotamobagu, atau satu–satunya tempat pelaksanaan ujian yang diikuti 290 peserta, terdiri dari 106 peserta umum dan 184 peserta yang berasal dari tenaga honerer kategori 2 (K2). “Kemampuan peserta akan menentukan hasil ujian, dan saya juga menjamin tidak akan ada jatahjatahan dalam seleksi penerimaan CPNS,” tegas Damopolii. Pelaksanaan ujian seleksi yang dimulai sejak pukul 09.00 Wita dan berakhir pukul 15:00 Wita, dibagi menjadi dua bagian, yakni untuk pelamar umum mendapat 1 paket soal ujian, yakni Tes Kompetensi Dasar (TKD), sedangkan untuk pelamar kategori 2 (K 2), ditambah dengan Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang berakhir pukul 15:00 Wita. Seleksi penerimaan CPNS ini, juga diawasi langsung pihak BPKP Perwakilan Sulut, BKN Perwakilan Sulut, BKD Sulut, Inspektorat Sulut dan dikawal ketat pihak keamanan dari kepolisian.

Pasalnya, Ketua DKP LAKI Aly Lee mengatakan, bahwa dalam pelaksanaan tes CPNS kali ini, ada kasus K2 yang tidak diikut-sertakan dalam ujian padahal diketahui nama–nama yang tidak diikut-sertakan itu sudah lulus dalam seleksi berkas Oktober lalu. “Ini bukan isu, karena jika ada syarat manipulasi data dalam daftar nama tes CPNS, berarti akan ada peserta ujian CPNS siluman yang ikut di Pemkab Bolmong,” kata Aly kepada harian ini kemarin Aly juga sepertinya sangat yakin dengan dugaan yang ia alamatkan kepada panitia pelaksana rekrutmen CPNS Bolmong tahun ini, dan dia mengaku sudah melaporkan hal tersebut ke LAKI Pusat untuk ditindak-lanjuti. “Kami juga sudah laporkan ke tingkat atas, dan tinggal menunggu tindakan selanjutnya,” tegasnya percaya diri. Kepala BKD Bolmong Sunge Paputungan yang dikonfirmasi dengan tegas membantah isu manipulasi data. Dia mengatakan bahwa apa yang dituduhkan LAKI adalah tidak benar. “Itu tidak benar. Yang dia (Aly, red) maksudkan itu umum atau K2? Jika benar, mana buktinya, dan siapa yang mengatakannya,” tukas Sunge.(try25/wege/ try26/dw)

Pemberian ... dari Halaman 1 Kemendagri mengatakan, pemberian NIK atas jutaan jiwa penduduk tidak dapat dilakukan hanya dalam beberapa hari. Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Irman mengatakan, pihaknya perlu waktu hingga satu bulan untuk itu. DESAK KAB/KOTA Terkait hal itu, Ketua KPU RI Husni Kamil Manik meminta KPU daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk

melengkapi nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga bagi setiap pemilih yang terdaftar pada daftar pemilih tetap. Permintaan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Ketua KPU RI kepada seluruh ketua KPU provinsi dan kabupaten/kota yang diperoleh di Jakarta, Sabtu (2/11) lalu. Surat edaran bernomor 741/KPU/XI/2013 tertanggal 1 November 2013 itu mengenai data NIK dan NKK yang kosong. Dituliskan, terkait dengan masih adanya NIK dan NKK yang kosong atau

103 ... dari Halaman 1 Dengan kata lain, KTP dari mana saja asalkan WNI tidak membatasi untuk ikut di Boltim. “Kami tidak mempermasalahkan dari mana asalnya, yang penting tidak bikin KTP dadakan. Yang jelas sejumlah nama tersebut, sudah dikantongi dan sudah pasti didiskualifikasi,” tandas Landjar. Adapun Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Boltim, Drs Darwis Lasabuda, ketika dikonfirmasi mengatakan sejak dimulai pelaksanaan test ujian CPNS sampai dengan selesai, tidak ada kendala apapun. “Untuk 103 peserta ujian yang memakai KTP tidak sah, belum diketahui siapsiapa mereka. Akan dicek dulu,” ujarnya. ABSEN Sementara dari Bolmut, sedikitnya ada 389 peserta yang telah mengambil nomor ujian jalur umum absen atau tidak ikut ujian. Sedangkan untuk seleksi honorer kategeri dua (K2), 8 kursi tak terisi. Sekretaris BKDD Bolmut Maskuri Askali menjelaskan, dari 1938 pencari kerja yang telah lolos berkas jalur umum di Bolmut, 295 di antaranya tidak mengambil nomor ujian, sedangkan yang telah mengambil nomor ujian berjumlah 1643 peserta. “Dari jumlah

yang telah mengambil nomor tersebut, 389 tidak mengikuti tes tertulis CPNS di Bolmut,” jelas Askali. Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh didampingi Wakil Bupati Suriansyah Korompot SH tepat pukul 09.00 membuka sampul naskah soal CPNS yang digelar di SMK I Kaidipang. Bupati yang juga didampingi unsur Muspida dan tim pengawas dari BPKP Perwakilan Sulut, menyampaikan bahwa peserta CPNS yang mengikuti tes agar mengisi Lembar Jawaban Komputer (LJK) dengan baik dan benar. Sedangkan di Kotamobagu, tercatat ada 110 peserta yang absen ikut tes. “Kami menyayangkan, dari seluruh yang lulus berkas, ada 110 yang tidak ikut dalam tes CPNS tadi (kemarin, red),” ungkap Kepala BKDD Kotamobagu Nasrun Gilalom. Usai pelaksanaan seleksi, lembar jawaban ujian para peserta langsung dibawa ke Panitia Seleksi Penerimaan CPNS Nasional di Jakarta, untuk selanjutnya diperiksa. “Besok pagi (hari ini, red), kami akan langsung ke Jakarta untuk mengantar hasil ujian ini,” ujarnya. Sebelumnya, Wakil Walikota Kotamobagu Drs H Jainuddin Damopolii membuka secara langsung pelaksanaan ujian yang

SILUMAN Sementara itu di Bolmong, Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) menduga panitia CPNS mengikut-sertakan siluman dalam ujian kali ini.

Waraney ... dari Halaman 1 Hadir juga menyaksikan Dandim 1302 Letkol Inf Theo Kawatu dan ibu Rine Kawatu-Kaunang SP MBA, jajaran Forkopimda Minahasa lainnya, Kadis Pariwisata Minahasa Debby Bukara SE MSi dan para pejabat lainnya di Minahasa, serta ribuan masyarakat yang memenuhi Gedung Wale Ne Tou Sasaran Tondano, tempat pelaksanaan malam grand final. Adapun Dewan Juri yakni Honey Kusoy (Noni Sulut 1980), dr Devi Tanos (Noni Sulut 1994), Drs Denny Mangala MSi (Asisten 1 Pemkab Minahasa), Stenly Kowaas (wartawan), serta perwakilan Yayasan Karema. “Event ini mendapat penilaian secara ketat dari para Dewan Juri,” ujar Kabag Humas dan Protokol

Parpol ... dari Halaman 1 LSI merilis kemungkinan lahirnya poros tengah pada Pemilu 2014. Dalam tiga tiket capres riil dan capres wacana yang dirilis LSI beberapa waktu lalu, terdapat 19,4% suara masih belum menentukan pilihannya. Adapun partai yang berpotensi mengusulkan capres sendiri hanya dua partai yang mendekati suara 20%, sedangkan capres ketiga berdasarkan koalisi partai-partai menengah. “Partai politik papan tengah ini akan merebut suara pemilih yang belum memutuskan sebesar 19%. Besar kecilnya partai politik dapat mengambil simpati dari mereka yang belum memutuskan sangat tergantung pada kemampuan mamaksimalkan finansial, ketokohan dan akses media yang dimiliki,” jelasnya. Di satu sisi, LSI menilai partai papan menengah akan

sulit membentuk koalisi menjadi partai poros tengah karena ada persaingan kuat antara tokoh partai tersebut. “LSI memprediksi bahwa adanya persaingan antartokoh yang kuat di antara partai papan tengah ini, maka sulit membayangkan partai-partai ini akan bersatu membentuk poros sendiri,” kata Adrian. Menurut LSI, kemungkinan akan terjadi tarik menarik kepentingan akan kepemimpinan koalisi. Sebab, partai tengah tersebut bakal menetukan calon presiden sendiri. “Yang justru akan terjadi adalah tarik menarik antarpartai ini dalam merebut koalisi dan memastikan satu tiket capres tersisa. Partai yang di pemilu legislatif 2014, nantinya berada di urutan ketiga yang paling mungkin memimpin koalisi untuk tiket capres yang ke tiga,” jelas Adrian.(inlc/dw)

Bupati ... dari Halaman 1 “Jadi Pak Sarundajang itu sesungguhnya adalah ‘komandan’ saya dan akan selalu menjadi ‘komandan’ saya,” ungkapnya. Allorerung juga bahkan hafal betul dengan rekam jejak SHS sejak dari Walikota Bitung, hingga ditarik ke Departemen Dalam Negeri sampai menjabat Penjabat Gubernur di Maluku dan Maluku Utara, dimana SHS menjadi tokoh kunci yang mendamaikan konflik di dua daerah tersebut. “Apa yang dilakukan Pak Sarundajang di Maluku dan Maluku Utara pada waktu itu, adalah hal yang sangat mulia,”

ucapnya. Karena itu, lanjut Allorerung, dirinya sebagai warga Indonesia Timur pada umumnya mengaku bangga dengan SHS. “Oleh karenanya, rakyat Tanah Toraja akan selalu mendoakan agar Sarundajang bisa dicalonkan melalui konvensi Partai Demokrat. Saya pikir akan sangat keliru jika Partai Demokrat tidak mencalonkan Pak Sarundajang,” imbuh Allorerung. Diketahui SHS merupakan salah satu dari 11 peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat dan satusatunya peserta yang dari Indonesia Timur.(erer/dw)

Janda ... dari Halaman 1 PWWM 2013

WARANEY Wakil I Wakil II

: Bryan Mailangkay : Evans Mambu : Andreas Mokodongan

WULAN Wakil I Wakil II Intelegensia Favorit

: Friska Tani : Christine Theinders : Bryana Beverly Sumilat : Megumi Kusen : Diane Ch. Rantung

Pemkab Minahasa, Agustivo Tumundo SE MSi. Hasil penilaian juri berhasil menetapkan Bryan Mailangkay (utusan Badan Lingkungan Hidup) sebagai Waraney Minahasa 2013, dengan menyisihkan Evans Mambu (utusan Dinas Kesehatan) sebagai Wakil I Waraney dan Andreas Mokodongan (utusan Dinas PU) sebagai Wakil II

Waraney. Begitu juga dengan Friska Tani (utusan Dinas Pasar dan Kebersihan) sebagai Wulan Minahasa 2013 menyisihkan Christine Theinders (utusan Dinas Kependudukan Catatan Sipil) sebagai Wakil I Wulan dan Bryana Beverly Sumilat (utusan Kecamatan Eris) sebagai Wakil II Wulan. Sementara lainnya yang

diperebutkan antara lain diraih Megumi Kusen (Setkab Kabupaten) sebagai Wulan Intelegensia dan Diane Christine Rantung (RSUD Sam Ratulangi Tondano) sebagai Wulan Favorit. Acara ini juga turut dimeriahkan Regina Idol dan diakhiri dengan penyerahan trophy, selempang, uang tunai dan hadiah hiburan lainnya oleh Bupati Minahasa, Wabup Minahasa, dan Sekkab Minahasa. Bupati berharap, Waraney-Wulan Minahasa tidak hanya sekedar menampilkan fisik semata, tetapi ikut “menjual” Minahasa di berbagai iven, khususnya menjual pariwisata di mata nasional maupun internasional.(gebe)

Marina, kini berusia 72 tahun, tinggal di dekat rumah pedesaan di luar Dallas. Dia tinggal bersama suami keduanya, mantan pembalap Kenneth Porter, 75 tahun, yang ia nikahi kurang dari dua tahun setelah almarhum suaminya mati dengan luka tembak. Ia hidup bak pertapa di pojok desa setelah wawancara televisi terakhirnya seperempat abad yang lalu. Setelah penembakan, dia selalu hidup dalam bayang-bayang ketakutan. Apalagi, tak lama setelah penembakan, muncul tuduhan dari orang-orang yang percaya bahwa dia adalah salah satu otak penembakan itu. Ia disebut sebagai bagian dari skenario Dinas Rahasia

Rusia, KGB. Marina adalah wanita kelahiran Rusia yang dinikahi Oswald dan diboyong ke AS. Dikenal sebagai Nyonya Oswald Porter oleh para tetangganya, ia kemudian menyingkir dari ingar bingar pemberitaan dan tinggal di sebuah desa dengan suami baru dan tiga anaknya. Kehidupannya kini kembali terusik menjelang 50 tahun penembakan, lantaran banyak media kembali memburunya. Banyak yang ingin membukukan bahkan menfilmkan kisah hidupnya. Yang terakhir, ia menolak imbalan US$3 juta untuk berbicara tentang detikdetik menjelang pembunuhan JFK oleh mantan suaminya.(temc/ bersambung)


Sulut

SENIN 4 NOVEMBER 2013

SULUTRON

SHS: Kita harus selamatkan alam GUBERNUR Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS) hadir selaku pemateri pada Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak Persekutuan Gerejagereja di Indonesia (PGI) untuk membawakan ceramah pada kegiatan Konferensi Nasional VII 29 Oktober - 2 Nopember 2013 di Hotel Patan Makale Tana Toraja. SH Sarundajang. Dalam pertemuan tersebut, Sarundajang diundang sebagai Tokoh Politik Kristen yang menjadi salah satu peserta Konvensi dari Partai Demokrat (PD). Selain mendapat gelar adat Toraja, Sarundajang juga diberikan kesempatan memberikan sambutan terkait umat kristiani dan politik. Dalam sambutan Gubernur Provinsi Sulut tersebut, dipaparkannya tentang pengalamannya dalam memimpin daerah konflik di Maluku. “Pada masa itu, pertikaian dan pembunuhan terjadi dimana-mana, dan kehadiran saya disana seperti hanya memberi nyawa. tetapi Puji Syukur kepada Tuhan, akahirnya saya bisa menyelesaikan pertikaian itu,” ungkap tokoh pluralis dari Indonesia Timur, ketika berada ditengah-tengah masyarakat Toraja, Jumat (1/11) lalu. Selain itu, Sarundajang juga memaparkan tentang ekonomi biru (Blue Economi) dan Ekonomi Hijau (Green Economi) yang saat itu sedang diterapkan di daerah Provinsi Sulawesi Utara. “Selain kita berbicara tentang lingkungan yang sedang dalam masa krisis akibat pemanasan global (Global Warming), kita juga bisa melakukan ekonomi blue yang bisa mengurangi global warming,” katanya. Pada kesempatan itu juga Sarundajang meminta restu dalam proses perekrutan dari Partai Demokrat (PD) dalam Konvensi mejadi calon presiden Republik Indonesia. “Saya meminta restu dan dukungan dari masyarakat Toraja, karena saya masuk dalam konvensi. Saya minta dukungan kepada seluruh umat kristiani, memang ada pertanyaan tidak mungkin menyatukan gereja-gereja yang sangat banya. Saya tidak meminta untuk menyatukan organisasi tetapi dalam kesempatan ini, saya meminta untuk menyatukan visi/misi sebagai umat kristiani,” kata Sarundajang, yang juga telah mewacanakan dihadapan presiden tentang pembubaran organisasi Fron Pembela Islam (FPI). “Saya katakan kepada bapak presiden untuk membubarkan organisasi FPI, karena kaum muslim adalah kaum terbesar, apalagi yang harus dibelah, harusnya dibela adalah kaum minoritas seperti kita,” katanya sambil diikuti oleh tepuk tangan para peserta.(erer)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Ujian CPNS dilaksanakan Minggu sempat diprotes Ganggu ibadah umat Kristen, usulan ke pusat tak direspon Manado—Pelaksanaan ujian atau tes kompetensi dasar (TKD) bagi pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) baik jalur umum maupun honorer kategori 2 (K2) sudah dilaksanakan Minggu (3/11) kemarin. Hanya saja, sejumlah CPNS yang beragama Kristen mengaku kecewa karena protes dan saran mereka untuk memundurkan hari pelaksanaan tes tidak didengar pemerintah pusat.

Awalnya, menurut Prisilia dan Marcelius, mereka sudah sempat mengusulkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) supaya menenruskan ke BKN agar ujian di Sulut dibuat Senin (4/11) hari ini. “Begini ya, kita kan di sini (Sulut, red) mayoritas beragama Kristen. Harusnya pemerintah pusat tahu akan hal itu, dimana hari Minggu adalah harinya kita umat Kristen beribadah.

Apalagi ujiannnya dilakukan pagi, tepat dimana kita ke gereja,” kesal Prisilia. Tapi, tambah mereka, apa boleh dikata, usulan yang mereka tidak digubris. “Ya, pada dasarnya kami tentunya kecewa atas jadwal pelaksanaan tes CPNS yang tak memberikan dispensasi kepada Sulut yang mayoritas peserta tes CPNS adalah beragama Kristen, karena menggangu waktu ibadah,” kata Marcel. Namun berbeda dengan pandangan Plt Ketua Umum DPP PDS, Drs Arthur Kotambuban BSc.

Menurut dia, pelaksanaan ujian CPNS di hari Minggu tak perlu dipermasalahkan, sebab ada dasar aturan dari pemerintah. “Hari tidak perlu didewakan, karena bagi harusnya tiap hari hidup dekat dengan Tuhan. Pelantikan kepala daerah saja dibuat hari minggu. Dan itulah pluralisme negeri kita Indonesia ini,” ujar Wakil Ketua Deprov Sulut ini. Sebelumnya, Kepala BKD Sulut Ir Sandra Moniaga mengatakan bahwa pihaknya memang sempat melobi ke pemerintah pusat agar

mempertimbangkan pelaksanaan tes diundur Senin, mengingat Minggu sebagai hari ibadah umat Kristiani. “Kita sudah sampaikan, tapi tak berubah,” kata Moniaga. Pertimbangan yang diambil Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) adalah, Minggu merupakan hari libur, yang artinya hari lowong dari runtinitas umumnya, semisal libur sekolah dan instansi pemerintahan. Latar belakangnya, tak semua daerah punya fasilitas massal untuk menampung

SHS berharap ada kerjasama dari kab/kota

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut dan beberapa kepala/wakil kepala daerah yang hadir dalam penetapan Perda RTWRP Sulut, Senin (28/10) pekan lalu.(foto: donny/sk)

Manado—Kehadiran kepala dearah atau wakil kepala daerah se-Sulut dalam Rapat Paripurna Deprov Sulut penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah Provinisi (RTRWP) Sulut menjadi Perda, Senin (28/ 10) pekan lalu, sangat diharapkan. Sayangnya, dari 15 kota/ kabupaten se-Sulut tak sampai setengah kepala atau wakil kepala daerah yang hadir. Dari pantauan

Swara Kita di Kantor Deprov Sulut kemarin, hanya beberapa saja yang hadir. Antara lain Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut, Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA, Bupati Sitaro Toni Supit SE MM, Bupati Boltim Sehan Lanjar, dan Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang. Selebihnya, hingga rapat berakhir, tak ada satupun kepala atau wakil kepala daerah yang bertambah. Tak heran sejumlah legislator pun mempertanyakan ketidak-hadiran sebagian besar kepala/wakil kepala daerah dalam pemaparan RTRWP Sulut ini. “Pemaparan RTRWP ini harusnya penting diikuti oleh semua kepala atau wakil kepala daerah. Sebab RTRWP ini menjadi dasar bagi kota dan kabupaten untuk membuat RTRW dearah masing-masing. Tapi kami perhatikan hanya

beberapa yang hadir,” ujar sejumlah legislator, Jumat (31/10) pekan lalu. Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang sebelumnya memberikan apresiasi kepada beberapa kepala/ wakil kepala daerah yang hadir langsung mendengarkan pemaparan RTRWP Sulut ini. Kepada kepala daerah yang tidak hadir, gubernur memberi peringatan. “Saya berharap ada kerjasama yang baik dari kita semua, supaya RTRWP Sulut ini dijalankan sebagaimana aturannya,” ujar Gubernur. Dikatakannya, Perda RTRWP Sulut ini sangat penting, sebab menjadi dasar bagi pemerintah untuk menjalankan pembangunan untuk 20 tahun kedepan. Sekretariat Deprov Sulut yang dikonfirmasi mengatakan bahwa surat undangan mereka layangkan ke semua kepala

dearah di Sulut. Diketahui, Perda RTRWP Sulut ini akan berlaku 20 tahun kedepan, 2013-2033, dimana mulai berlaku sejak ditetapkan. Dengan adanya RTRWP ini, maka sebagaimana UU RI No 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, mengamanatkan pada pemerintah daerah berkewajiban membentuk 2 Perda yaitu Perda RTRWP (Rencana Umum) dan Perda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Provinsi/ RTRKSP (Rencana Rinci). Namun saat ini pansus baru dapat menyelesaikan satu yaitu Perda RTRWP Sulut. Untuk itu diharapkan kepada SKPD terkait agar segera menyusun konsep naskah akademik dan legal drafting Ranperda RTRKSP untuk segera dibahas bersama pansus,” ujar Ketua Pansus Tonny Kaunang STh.(dewe)

ARTHUR Kotambuban.

peserta tes CPNS, karena daerah-daerah sering menggunakan ruang kelas sekolah.(dewe/sinh)

PROMOSI BUDAYA

RTRWP SULUT

Harga bawang merah di Boltim mulai naik MEMASUKI bulan Desember yang tinggal sebulan lebih ini, harga kebutuhan pokok rumah tangga seharihari, kini mulai mengalami kenaikan, terutama harga bawang merah yang biasanya harga bawang merah di jual dengan Rp25 ribu/ kg, kini naik menjadi Rp35 ribu perkilonya. Dari pantauan harian ini, di pasar Kotabunan Minggu (3/11) kemarin, kenaikan juga terjadi pada harga rica atau cabe rawit. Yang sebelumnya harga cabe berada dikisaran Rp20 ribu/kg, saat ini harga penjualan disemua pedagang pasar Kotabunan tembus menjadi Rp28 sampai 30 ribu/kg. Pun dengan harga lainnya, mulai mengalami kenaikan siknifikan. Menurut sejumlah pedagang di pasar Kotabunan, meskipun harga bawang cabe dan tomat mengalami kenaikan yang cukup tinggi, tetap saja ada yang datang membeli. “Karena bawang merah dan cabe sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, tetap saja bahan-bahan ini akan laku dan habis terjual, meskipun harganya sudah naik dua kali lipat. Selain itu, kenaikan harga sejumlah bahan ini dipicu karena memasuki bulan Desember, yang tinggal beberapa minggu ini,” ujar para pedagang.(try25)

3

Mahasiswa Kawanua di Yogyakarta merasa kurang perhatian pemerintah Manado—Upaya pemerintah daerah juga Pemprov Sulut terkait promosi budaya, oleh Himpunan Pemuda Mahasiswa Kawanua (HPMK) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta, dirasa masih sangat minim. Sebab para mahasiswa terpaksa menyisihkan uang jajan mereka untuk mendirikan dan menghiasi stand Sulut di Bazaar Budaya yang digelar universitas mereka pada tanggal 28 hingga 30 Oktober 2013 lalu. Dengan dana yang minim, stand Sulut dihiasi mereka dengan foto-foto objek wisata yang mereka cetak sendiri. Replika kain Bentenan pun mereka cetak dan tempelkan di dinding stand agar nuansa Sulut bisa nampak. Mereka juga memajang pakaian adat yang sepintas mirip dengan adat Minahasa agar stand terlihat ada isinya. Berbeda dengan standstand provinsi lain yang meriah diisi dengan instrumen budaya yang asli dikirim oleh pemerintah provinsi masing-masing, seperti pakaian adat, alatalat musik, alat-alat perang, kain khas, serta furniture asli dari daerah. Kepada wartawan, dalam rilisnya, Ketua HPMK Clief Chandra Surentu mengakui kondisi stand Sulut memiriskan karena tak ada dukungan dari Pemprov Sulut maupun pemerintah kabupaten/kota. “Sama sekali tidak ada dukungan dari pemerintah daerah

pada kegiatan yang kami ikuti pekan lalu. Kegiatankegiatan yang lain yang diikuti mahasiswa asal Sulut di Yogyakarta pun tidak ada,” ungkap Surentu, Sabtu (2/11) pekan lalu. Ia juga mengaku tak ada fasilitas berupa inventaris pariwisata dan budaya yang diberikan pemerintah kepada mereka, agar jika ada kegiatan-kegiatan mereka bisa ikut berpartisipasi mempromosikan Sulut. “Kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa asal Sulut di Yogyakarta, tak ada inventaris pariwisata dan kebudayaan dari pemerintah yang kami gunakan untuk mengikuti parade kebudayaan. Bantuan dana pun tak ada,” ucap dia lagi. Meski demikian, semangat mereka untuk mensukseskan kegiatan dan mempromosikan Sulut tak surut. “Kami bisa berbangga hati karena walaupun tak ada dukungan dari pemerintah terhadap HPMK, itu tak menyurutkan semangat kami untuk tetap bergandeng tangan dan saling membantu agar bisa mempromosikan dan mengharumkan nama Sulut di luar daerah,” ucap mahasiswi asal Sulut, Bellavenia Walewangko yang diiyakan para temantemannya seraya berharap, di kemudian hari, pemerintah daerah akan memperhatikan mereka dalam kegiatan-kegiatan selanjutnya.(emem)

ADI CIPTA TECHNOLOGY Dengan semakin tingginya harga raw material, energy listrik dan bahan bakar, kami menawarkan solusi untuk bisa membantu menurunkan biaya produksi dengan: 1. 2. 3. 4. 5.

Merancang dan Memperbaiki Sistem Otomatisasi Mesin Produksi Maintenance Mesin-mesin Produksi Perbaikan Production Effesiency Mesin Kemasan dan Filling Loss and Waste Analysis Productivity Saving Solution (energi saving, water saving, air pressure saving, dll)

PENGALAMAN: Maintenance, Perbaikan dan Mengoperasikan Mesinmesin Kemasan dan Filling: SIDEL, SIPA, KRONES, KOSME, BARDI, SARMI, SARCMI, ALSIM, HAYASI, APM, CAPSNAP, GABLER, REFENHAUSER, ARBURG, NISEI ASB, HUSKY. Kami ada di Sulawesi Utara sehingga tidak memerlukan biaya transportasi pesawat dan akomodasi penginapan kecuali di luar Manado-Bitung.

Hubungi: MIRA ADI 081375833223


Yustisia

SENIN 4 NOVEMBER 2013

T2 bakal masuk daftar diperiksa Dugaan korupsi DAK Diknas Mitra terus dikembangkan Kejati Surat pemanggilan sudah disiapkan, Jubir Kejati sebut kewenangan penyidik Manado—Usai menetapkan dua orang tersangka kasus dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minahasa Tenggara (Mitra) tahun 2012 yakni SS alias Sienjte sebagai Sekretaris Dikpora dan NRM

alias Nora sebagai Kabid. Tampaknya penyidik Kejati Sulut makin bernafsu melakukan pengembangan akan kasus yang berawal dari pemotongan pencairan DAK kepada 87 SD dan SMP tahun 2012 lalu dengan total konon kabar mencapai Rp20

PENGANIAYAAN

Anggota Shabara Polda dikeroyok SIAL nasib yang dialami oleh Frengky Lengkey (23) warga Kelurahan Wenang Utara Jl Sarapung Kecamatan Wenang, dimana bertugas sebagai anggota di satuan Sabhara Polda Sulut, harus mengalami luka lebam di bagian tangan, bibir dan mata korban akibat dikeroyok oleh sekelompok preman kampung. Peristiwa ini dialami korban Minggu (4/11) kemarin, sekitar pukul 04.30 Wita, di Kelurahan Paal Dua Kecamatan Paal Dua. Dimana pada saat sebelum kejadian korban sedang mengantar teman wanitanya bernama Echi bersama rekan korban Prana Momuat (18) warga Kelurahan Wenang Selatan Kecamatan Wenang ke tempat kostnya. Kemudian setibanya korban bersama rekannya Prana di tempat kost Echi, ternyata salah satu dari sekelompok preman yang tidak lain adalah rekan dari perempuan Echi, memanggil korban dan rekan korban dengan menanyakan ada maksud apa sehingga korban mengantarkan perempuan Echi ke tempat kostnya. Atas pertanyaan dari salah satu preman tersebut, korban pun langsung menjawabnya dengan mengatakan bahwa korban dan rekannya mengantar Echi hanya sebagai teman biasa. Ternyata jawaban dari korban tidak diterima oleh sekelompok preman ini, sehingga tanpa basa-basi, langsung saja sekelompok preman ini mengeroyok korban dan rekan korban. Tidak ingin ribut, maka korban dan rekan korban memilih untuk tidak mau meladeni aksi pemukulan sekelompok preman ini, dan memilih untuk menghindar. Akan tetapi merasa keberatan dengan perbuatan dari sekelompok preman yang belum diketahui identitasnya, korban memilih untuk membawa peristiwa yang dialaminya ke Polresta Manado. Kapolresta Manado Kombes Pol Sunarto ketika dikonfirmasi melalui Kasubag Humas AKP Jhinny Kolondam membenarkannya. “Laporan sudah kami terima, dan kasus ini akan secepatnya diselidiki,” tegas Kolondam.(rees)

miliar. Tak mengherankan sumber kuat Kejati Sulut pun mengatakan nama mantan Bupati Minahas Tenggara (Mitra) yakni Telly Tjanggulung (T2) pun masuk daftar akan diperiksa Kejati Sulut dalam waktu dekat ini. Pasalnya, menurut sumber, pemanggilan terhadap istri mantan Bupati Talaud Elly Enggelbert Lasut (E2L) ini dipastikan akan dilakukan menyusul surat pembanggilan telah disiapkan. “Surat panggilannya (T2,red) sudah di meja Kejati menyusul ada dua orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka,” ungkap sumber akhir pekan lalu. Kepala Kejati Sulut, Djungker Siahaan SH melalui Kasipenkum Steven Kamea SH yang dikonfirmasi wartawan terkesan masih malu-malu membeberkan akan pemanggilan T2 terkait untuk permintaan keterangan dugaan kasus DAK Diknas Mitra 2012 itu. Jubir Kejati Sulut ini justru memberikan jawaban mengambang kalau T2 bisa dipanggil, tapi bisa juga tidak. “Saya belum tahu, itu kewenangan penyidik,” kelit Jubir Kajati Sulut ini. Menariknya, jawaban ngambang ini kerap terlontar dari mulut Kamea

ketika ada kabar diperiksanya Kepala Daerah di Sulut. Pasalnya, kali ini terkait dengan soal pemanggilan T2, Kamea hanya mengaku belum mengetahui soal kemungkinan mantan Bupati ini diperiksa. “Bisa saja T2 sebutan akrab Telly dipanggil, tapi bisa juga tidak. Semuanya tergantung penyidik. Siapa saja yang akan dipanggil menyangkut penangan kasus, semua kewenangan dari Jaksa penyidik,” kata Kamea. Kuat dugaan pemanggilan terhadap T2 dikarenakan dirinya diduga mengetahui soal pemotongan atau permintaan fee kepada sejumlah kepala sekolah (Kepsek) SD dan SMP penerima DAK tahun 2012 lalu. Bahkan diduga pemotongan tersebut ada kaitan langsung dengan Telly yang kala itu dalam perisapan pencalonan kembali sebagai Bupati Mitra periode tahun 20132018. Kendati demikian dugaan ini masih sulit disimpulkan. Diketahui, pekan lalu Jaksa penyidik Kejati telah menetapkan dua orang tersangka dalam kasus dugaan kuropsi DAK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Mitra. Keduanya adalah SS alias Sienjte sebagai (Sekretaris Dikpora) sedangkan NRM alias Nora sebagai (Kabid). Dua perempuan ini menjadi tersangka karena diduga meminta potongan sebsar 10 persen, sedangkan Nora meminta Rp3 juta serta Rp1 juta per kelas. Pemotongan ini dilakukan oleh kdua tersangka, saat pencairan DAK untuk pemkab Mitra kepada 87 SD dan SMP tahun 2012 lalu total Rp20 miliar.(rees)

RUMAH Dinas (Rudis) dari Wakil Kepala Pengadilan Negeri (PN) Manado, Minggu (3/11) kemarin sekitar pukul 02.00 Wita mengalami kerusakan akibat dilempar oleh orang yang belum diketahui identitasnya. Atas kejadian ini 2 lembar kaca nako yang berada tepat di beranda rumah pecah. Tidak terima dengan perbuatan dari pelaku yang belum diketahui identitasnya, Kepala Bagian Umum di PN Manado Maurets Muaja mendatangi Polresta Manado untuk melaporkan dengan adanya pelemparan ini. Menurut keterangan dari pelapor, bahwa pada saat sebelum kejadian, Wakil PN Manado Salihin SH, mendengar adanya keributan. Kemudian berselang beberapa jam kemudian, tiba-tiba terdengar ada suara teriakan, dan terjadilah pengrusakan dimana oknum pelaku ini melamparkan batu ke arah kaca nako yang ada di teras rumah, dengan dua kali lemparan sehingga dua lembar kaca pun pecah. Usai melakukan perbuatannya pelaku segera melarika diri, sehingga pemilik rumah tidak dapat mengenali siapa pelakunuya. Walaupun tidak ada korban, dan kerugian materi yang terbilang kecil, akan tetapi peristiwa ini sangat meresahkan pemilik rumah yakni Wakil PN Manad Salihin SH. Saya tidak menyoalkan tentang kerugian ini, namun setidaknya tingkat keresahannya sangat dirasakan, apalagi saya hanya warga pendatang. Untuk itu, dimintakan kepada pihak aparat agar supaya dapat mengusut tuntas kasus ini, tegas Calon ketua PN Manado ketika dikonfirmasi Minggu (04/11) kemarin. Kapolresta Manadi Kombes Pol Sunarto ketika dikonfirmasi melalui Kasubag Humas AKP Jhonny Kolondam membenarkannya. “Sementara laporan pengrusakan ini sudah kami tangani, dan secepatnya pihak kami akan menyelidiki siapa dalang dari pengrusakan rumah milik Wakil PN Manado,” terang Kolondam.(rees)

4

OPERASI CIPTA KONDISI

Ribuan botol miras disita, puluhan pemabuk dijaring

Manado—Aksi kejahatan yang semakin menambah catatan kriminal di daerah ini, kini menjadi tantangan serius pihak Kepolisian untuk ditangani. Pasalnya, dari hasil evaluasi kasus kejahatan, aksi para pelaku banyak didominasi kalangan premanisme serta kawanan anak muda. Tak hanya itu, meningkatnya kejahatan di daerah ini, karena diduga kuat adanya pengaruh minuman keras (miras). Tak heran, untuk meminimalisir kasus tersebut, Polda Sulut pun kembali menggelar Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) dengan sasaran menindak premanisme, orang mabuk, senjata tajam (sajam) serta peredaran miras. Dari pantauan wartawan, pada operasi yang dilakukan Minggu (3/11) dini hari, sekitar pukul 00.05 Wita, personil gabungan yang terdiri dari Direktorat Reserse Narkoba, Direktorat Shabara, Direktorat Reserse Kriminal Umum, Direktorat Intelkam, Direktorat Lalulintas, Satuan Brimob dan Pol-PP Pemkot Manado, mulai bergerak dari Mapolda Sulut usai melaksanakan apel bersama. Sasaran malam itu, petugas akan mengamankan miras yang diedarkan di atas jam yang ditentukan. Ketika melintas di ruas Jalan Sam Ratulangi, petugas melihat dua toko yang berada di depan toko Jakarta Motor, masih menjual miras. Tak hitung tiga, puluhan personil gabungan langsung turun dan melakukan pengecekan. Benar saja, di dua toko tersebut banyak miras jenis Tandu Rusa, Champion, Vodka, Kasegaran, Segaran Sari, masih dipajang dan dijual kepada warga. Pada saat penyitaan

KEBAKARAN

OPERASI Cipta Kondisi yang digelar Polda berhasil menyita ribuan botol miras.(foto:obi/sk)

minuman tersebut, pemilik dari satu diantara toko itu sempat menghalangi dan mengamuk kepada petugas. Dia yang merupakan wanita paruh baya, tak terima ketika petugas mengamankan ribuan botol tersebut. Sebab, pemilik toko itu memiliki banyak miras berbagai jenis yang disimpan hingga ke dalam rumahnya, yang terletak di belakang toko tersebut. Meski demikian, penyitaan tersebut tetap dilakukan dan puluhan dus miras dimasukkan ke dalam mobil truck bertuliskan ‘Brenti Jo Bagate’. “Saya rugi banyak. Saya pinjam uang banyak di bank untuk berdagang,” harap nenek tersebut. “Ci rugi banyak, tapi masyarakat juga rugi karena keamanan dan kesehatan. Tolong dimengarti. Kami jalankan tugas. Ini perintah,” tegas seorang petugas dari Narkoba.Direktur Narkoba Polda Sulut, Kombes Pol Guruh Ahmad menyatakan, para penjual diberi izin menjual hingga pukul 20.00 Wita. Hanya saja, pemilik toko

tersebut telah menjualnya hingga lewat dari waktu yang ditentukan. Menurutnya, operasi tersebut tidak hanya kali saja dilakukan. “Kami menyita minuman ini karena menjual telah lewat pada waktu yang ditentukan. Ke depan, jika kedapatan ada menjual minuman melewati waktu yang ditentukan, maka kami tidak segan-segan akan melakukan penyitaan terhadap miras yang dijual,” tegas Guruh, saat memimpin operasi tersebut. Sebelumnya, operasi yang sama juga dilakukan Sabtu (2/11) akhir pekan lalu. Hanya saja, dalam operasi yang ini petugas melakukan penyisiran di tiap lorong serta melakukan sweeping. Sekitar 67 warga terjaring dalam operasi tersebut, 3 diantaranya wanita muda. Puluhan personil pun dibagi beberapa tim dengan menggunakan sepeda motor dan mobil, untuk memantau situasi di tiap Kelurahan. Menariknya lagi, dalam operasi ini Polda menurunkan anjing

pelacak untuk melacak adanya barang yang dicurigai. Beberapa titik yang dipantau ditemukan kelompok warga yang menggelar pesta miras. Beberapa lokasi tersebut antara lain kawasan Pasar Karombasan, Ranotana tepatnya samping Multi Mart, Bahu, Teling Bawah Lorong Anoa, serta pusat kota tepatnya kawasan Gedung Juang. Operasi yang berakhir sekitar pukul 03.00 Wita itu, juga berhasil mengamankan babuk miras berbagai jenis. Warga yang terjaring pun diangkut dengan mobil truck ‘Brenti jo Bagate’ dan mobil truck milik Pol-PP Pemkot Manado. “Ini merupakan kegiatan cipta kondisi atau kata lain operasi premanisme dan orang mabuk serta menekan angka kriminalitas. Operasi ini sudah beberapa kali dilakukan untuk menjaga stabilitas keamanan di Manado, semakin nyaman dan damai,” pungkas Wakil Direktur Narkoba Polda Sulut, AKBP Pitra Ratulangi.(erel)

PENGUNGKAPAN

7 ruko di Calaca hangus terbakar Polisi ringkus residivis curanik

PENGRUSAKAN

Rudis Wakil KPN Manado dilempar orang tak dikenal

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

KAPOLRES Manado Kombes Pol Sunarto dan Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan terjun dilokasi kejadian.(foto: onal/sk)

Manado—Musibah kebakaran kembali dialami oleh Masyarakat Kota Manado Sabtu (02/11) lalu sekitar pukul 10.30 Wita, di Kelurahan Cacalca Linbgkungan III Kecamatan Wenang. Dalam peristiwa ini tercatat 7 rumah toko (Ruko) yang berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) yakni Toko Paranaka Jaya, Toko Sinar Baru, Toko Dunia Ternak, Toko Apotik Prima, Toko Kama Cell, Toko Fajar Baru, Toko Karya Baru) hangus dilalap si jago merah. Adapun kejadian ini terjadi, ketika salah satu pemilik toko yakni perempuan Ci Lan Corina, pada saat itu sedang memasak dengan menggunakan kompor Gas LPG berukuran 3 Kg didalam rukonya. Kemudian tanpa disadari oleh pemilik Ruko, ternyata kompor GAS yang dinyalakannya terjadi kebocorab. Sehingga kompor yang sementara menyala tibatiba meledak. Dari ledakan tersebut, maka timbulah nyala api yang menghanguskan 7 ruko tersebut.

“Pada saat itu saya sedang memasak. Tiba-tiba kompor gas yang saya gunakan meledak. Sebelumnya saya tidak tahu kalau kompor tersebut mengalami kebocoran,” terang Ci Lan. Pada saat itu juga melihat nyala api yang sudah membesar, warga sekitar dan bersama pemilik ruko dimana pada saat itu mengalami musibah ini, segera menghubungi pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkot Manado untuk membantu memadamkan api, sembari berinisiatif

sendiri melakukan pemadaman dengan menggunakan alat seadanya. Tak lama kemudian, atas kesigapan dari Damkar milik Pemkot Manado kobaran api bisa diredam sehingga tidak merembet di rukoruko yang bersebelahan dengan ruko yang terbakar. Kepolisian Resort Kota (Polresta) yang juga pada saat itu turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) langsung melakukan pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Manado Kombes Pol Sunarto, bersama jajaran di Pemkot Manado yakni Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan. Ketika diwawancarai waratwan Kapolresta Manado Kombes Pol Sunarto mengatakan kalau kejadian ini sudah dalam penyelidiakn pihaknya. “Petugas kami sudah melakaukan penyeleidikan, dan untuk sementara saksi yang pertama kali mengetahui kejadian ini, akan diperiksa secara intensif. Dan diperkirakan, kerugian materi dalam peristiwa ini mencapai ratusan juta rupiah,” terang Sunarto.(rees)

dan doger antar Kab/kota Sulut

Manado—Kerja keras aparat Kepolisian dalam mengungkap pelaku pencurian di daerah ini, kembali membuahkan prestasi. Kali ini Tim Resmob Polsek Urban Malalayang, berhasil mengungkap dan meng-angkap pelaku pencurian yang beraksi di daerah ini. Menariknya, ketiga ter-sangka yang tertangkap diketahui residivis Pencu-rian Barang Elektronik (curanik) dan pencurian hewan anjing alias Doger. Selain ketiga tersangka, Polisi juga menyita sejumlah barang bukti (babuk) hasil curian para tersangka di sejumlah wilayah Sulut. Informasi yang didapat menyebutkan, penangkap-an ini dilakukan Tim Resmob, Jumat (1/11) dan Sabtu (2/ 11) pekan lalu. Tertangkapnya para tersangka, bermula ketika petugas melakukan pengembangan laporan kasus yang terjadi di wilayah Winangun dan Mala-layang. Selanjutnya, dalam proses penyelidikan Polisi berhasil mengendus keberadaan tersangka. Satu persatu pelaku pun diciduk petugas

di sejumlah tempat. Alhasil, Tim Resmob di bawah pimpinan Bripka Royke Mantiri bersama tiga anggota, dapat meringkus tersangka GM alias Epas (20), warga Kelurahan Pakowa, Kecamatan Wanes. Tak hanya itu, tersangka lainnya yakni GK alias Griven (28), ASP alias Pombo (38), ketiganya warga yang sama, juga berhasil dibekuk di wilayah Pakowa. Para tersangka rupanya sudah la-ma melakoni aksi pencu-rian di lima daerah di Sulut antara lain Manado, Tomohon, Tondano, Minut dan Bitung. Di Kota Manado, para tersangka sudah beraksi di wilayah Malalayang, Bahu, Winangun, Wanea dan Politeknik. Pombo sendiri diketahui residivis jambret, curanik dan doger, yang sempat mendekam di sel Polsek Urban Malalayang 2011 silam. Kini Pombo merubah profesinya menjadi penadah barang curian. Sementara itu, Epas dan Griven, merupakan residivis pencurian yang sama dan telah menjadi buruan petugas, karena terus melakukan aksinya setelah dibebaskan dari penjara.

Penangkapan tersebut, Polisi juga menyita sejumlah babuk seperti Laptop, Blackberry Tourch, Galaxy Tab, Genzet serta 2 obeng berukuran panjang. Selain itu, pasca ditangkap ketiga tersangka, petugas juga sementara mencari babuk lainnya yakni TV LCD 32 inch, 4 unit Hp BB, 2 unit laptop dan 1 unit Samsung Tab, yang dikabarkan telah dijual para tersang-ka. “Mereka (tersangka, red) sudah lebih dari enam kali melakukan pencurian dan semuanya residivis. Babuk lainnya masih kita kumpulkan, karena tersangka ini memiliki jaringan,” ujar sumber anggota Resmob Malalayang. Sementara itu, Kapolsek Urban Malalayang, Kompol Suharman Sanusi, melalui Kanit Reskrim Iptu Andiek Kurniawan, membenarkan adanya penangkapan ketiga tersangka curanik dan doger tersebut. Menurutnya, dari penangkapan tersangka itu, pihaknya masih mengejar pelaku lainnya. “Tiga tersangka sudah tertangkap, dan masih dalam pengembangan lebih lanjut,” pungkasnya.(erel)

TAHANAN KABUR

Listrik padam, 2 tahanan jebol sel Den Pom Manado—Pemadaman listrik yang terjadi belakangan ini, rupanya tidak hanya berdampak pada kerugian material bagi masyarakat saja. Sebab, buntut dari padamnya listrik di daerah ini, banyak pihak yang dirugikan serta memunculkan permasalahan baru. Buktinya, pihak Detasemen Polisi Militer (Den Pom), terpaksa harus menerima kenyataan dari kejadian ini. Pasalnya, gara-gara mati lampu, dua tahanan Den Pom akhirnya kabur dari sel.

Meski satu tahanan sempat diamankan, namun satu tahanan lain belum ditemukan dan masih berkeliaran. Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago, Brigjen TNI Musa Bangun, ketika dikonfirmasi wartawan, belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut. Meski demikian, Danrem mengarahkan wartawan agar menanyakan langsung kepada Komandan Den Pom terkait kaburnya dua tahanan tersebut. “Coba di konfirmasi ke Den Pom saja,” jawab Danrem,

via pesan singkat. Sementara itu, Komandan Den Pom, Letkol Cpm Nyoman Arnita SH MH saat dihubungi, membenarkan dua tahanan tersebut meloloskan diri, namun belakangan satu tahanan bisa diringkus. Diungkapkan Nyoman, dua tahanan yang kabur bernama Praka S alias Supral dan SermaAS aliasAsmir. Dikatakannya, Asmir tersangka kasus narkoba tersebut, berhasil ditangkap pagi itu saat mengendap-endap di halaman

kantor untuk melarikan diri. “Memang dua yang kabur, tapi satu sudah ditangkap kembali. Ini karena pemadaman listrik dari PLN. Kalau Supral memang lolos. Sedangkan Asmir ditangkap anak buah saat masih di halaman kantor,” ungkap Nyoman, kepada wartawan, Minggu (3/11) kemarin. Dijelaskannya, aksi melarikan diri ini dilakukan Supral dan Asmir, Jumat (1/11) dini hari, sekitar pukul 01.30 Wita. Dimana saat itu mati lampu, hujan disertai

angin. Kesempatan ini tak disiasiakan keduanya. Terali sel yang ada di kantor yang bersebelahan dengan Kantor Pemkot Manado tersebut, lantas diobok-obok hingga bengkok. Selanjutnya, 2 pasien tersebut tumingkas. Namun, pihak Den Pom sedang dalam pengejaran terhadap Supral yang disebut-sebut pelaku asusila tersebut di daerah Bolangitang, Bolmut. “Kami meminta bantuan juga kepada pihak Koramil dan Polsek setempat,” jelasnya.(erel)


SWARA KITA

SENIN 4 NOVEMBER 2013

DEPUTI Manager Hukum dan Humas PT PLN (Persero) Wilayah Sulutenggo, Lefrand Maleke saat memberikan sambutan tentang materi sosialisasi listrik pintar. KEGIATAN PLN yang turut dihadiri oleh pihak pemerintah yang terdir kepala bidang kebudayaaan Disparbud Provinsi Sulawesi Utara Jhon Pairunan SH dan Lurah Bunaken Rofli Dalapis. PESERTA Sosialisasi yang turut melibatkan warga masyarakat Pulau Bunaken.

PARIWISATA Sulut terus mendapatkan perhatian serius dari berbagai elemen agar lebih dikenal oleh berbagai negara yang ada di dunia. Tak heran, untuk lebih memperkenalkan lagi pariwisata yang ada di daerah Nyiur Melambai, maka PT PLN (Persero) Wilayah Sulutenggo dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provinsi Sulut, Jumat (1/11) pekan lalu, menggelar sosialisasi sadar wisata dan pelayanan prima di Pulau Bunaken. Diambilnya tempat pelaksanaan di Bunaken, dikarenakan pulau itu menjadi ikon pariwisata Sulut. GM PLN Sulutenggo Ir Santoso Januwarsono MBA MM melalui Deputi Manager Hukum dan Humas PT PLN (Persero) Wilayah Sulutenggo, Lefrand Maleke dalam kegiatan sosialisasi itu mengatakan, kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PLN yang sudah dijalankan sejak setahun terakhir ini, sebagian diperuntukkan bagi peningkatan sektor pariwisata yang ada di Sulut. Salah satunya adalah dengan menyediakan kursus bahasa Inggris. “Kegiatan kursus bahasa Inggris sudah kami lakukan dengan tujuan agar masyarakat dapat fasih dalam berbahasa Inggris

16

sehingga itu akan membuat wisatawan mancanegara bisa betah berada di daerah Nyiur Melambai ini,” ujar Maleke. Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Jhon Pairunan SH mengatakan, untuk mendatangkan wisatawan ke suatu daerah, maka perlu ditunjang dengan sumber daya manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang memadai. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Pulau Bunaken bisa mengerti akan sadar wisata dan sapta pesona. “Dengan demikian, sektor pariwisata ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan, menanggulangi kemiskinan dan mendorong pertumbuhan ekonomi suatu daerah,” katanya. Di tempat yang sama, Lurah Bunaken, Rofly Dalapis mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak PLN dan juga Disparbud Sulut karena telah memilih Bunaken sebagai tempat kegiatan sosialisasi sadar wisata ini. “Dengan adanya sosialisasi ini, maka itu akan membuka pemahaman warga tentang manfaat dari sektor pariwisata di pulau ini,” katanya.(*)


SENIN 4 NOVEMBER 2013

Asyik

Anak Sekolah Yang Ingin Kreatif

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

‘Aturan’ dalam persahabatan antar cewek itu perlu, lho. Walau cuma hal sepele, ‘aturan’ ini bikin persahabatan lebih menyenangkan. Gimana dengan kalian? Apakah kalian punya ‘aturan’ dalam persahabatan kalian? Kalau ada, peraturan apa aja sih? (lia)

KETAWA ASYIK

Memilih lengan untuk disuntik DI ruang suntik, seorang anak berumur 5 tahun akan disuntik vaksin. Juru rawat: “Mau disuntik di lengan yang mana, kamu boleh pilih sendiri.” Anak: “Benar ya? Aku benar-benar diperbolehkan memilihnya sendiri?” Juru rawat: “Ya, boleh.” Anak: “Kalau begitu, aku memilih disuntik di lenganmu.”(*)

DEVI ADA dong. Kalau udah janjian untuk hangout bareng. Terus mau ngajak pacar atau memang harus pergi bareng pacar karena ada acara lagi, kita harus minta izin dulu ke teman-teman yang lain.

Diskon warung makan SEORANG pelanggan laki-laki sedang makan di sebuah rumah makan, saat ia sudah habis makan dan minta pihak rumah makan menyelesaikan tagihannya, jumlah tagihan yang dibawa oleh pemilik rumah makan itu membuat dirinya sangat terkejut: “Rp. 3 juta!! Wah, terlalu mahal donk! Terhadap orang yang sama pekerjaannya, kalian masa tak memberlakukan korting?” Majikan itu berkata: “Jadinya kamu juga membuka rumah makan seperti diriku, ya?” “Bukan! Aku adalah tukang merampok uang!” jawabnya.(*)

SHEILA KALAU kebetulan rambut atau baju teman lagi ‘bermasalah’, jangan hina penampilannya di depan teman lain buat bahan candaan. Jangan sampai bikin teman kita malu dan sakit hati.(*)

Dirampok dua kali SEORANG juragan toko kecil tengah malam dengan kasar diseret bangun dari ranjangnya oleh seorang perampok. Dengan tangan memegang sebilah pisau tajam, perampok itu coba mengancam sang juragan dengan garangnya: “Ayo, segera serahkan semua uangmu!” Juragan toko itu bersesal hati karena merasa dirinya dipersalahkan, ia dengan suara rendah berkata: “Aku sekarang betul-betul sudah tak bisa berbuat apa-apa lagi, Pak. Kemarin malam teman sejawat kalian sudah pernah datang kemari membawa kabur semua uangku! Aku sudah tak punya uang lagi.” Perampok itu dengan marah berteriak: “Mengapa kemarin malam kamu tidak mengunci pintu dengan baik-baik?”(*)

Kopi sangat pahit TUAN: “Kopi ini mengapa sedemikian pahitnya?” Nyonya: “Padahal aku sudah menaruh 2 butir gula ke dalam cangkirmu, kok kamu masih mengatakan pahit?” Tuan: “Ya, kopi ini benar-benar pahit, aku tak berbohong.” Nyonya: “Kalau begitu, kuperkirakan kedua butiran gula itu telah kawin.”(*)

Bertamasya dengan banyak anak SEORANG madam dan 6 orang anak masuk ke dalam kamar kelas lose di kereta api. Anak-anak itu selalu ribut dan berisik. Seorang penumpang pria yang tinggal di satu kamar dengan mereka berkata dengan tak senang: “Jika sedang bertamasya, sedikitnya Anda harus meninggalkan separo anak Anda di rumah...” Dengan menghela napas Madam itu berkata: “Aku ini sudah berbuat demikian.”(*)

Privasi pada buku harian pribadi LINDA: “Apa yang sedang engkau baca?” Jill: “Sebuah buku harian...” Linda: “Apa isinya?” Jill: “Saya tidak dapat memberitahu kamu. Buku harian adalah buku yang sangat pribadi. Banyak hal rahasia, dengan kata-kata yang tidak dimaksudkan untuk dibagikan kepada orang lain, dan selain itu... buku harian ini adalah milik kakak saya...”(*)

ASAL LOE TAU AJA

Mengapa manusia merasa takut? MELIHAT setan, pocong, di film horor dan merasa takut? Perasaan itu dialami banyak orang. Namun, apa sebabnya? Sebuah video memuat penjelasan American Chemical Society tentang rasa takut, tentu saja dari sudut pandang ilmu kimia. Video tersebut bisa dilihat di bawah. Abigail Marsh dari Georgetown University mengatakan, rasa takut adalah sebuah ekspektasi atau antisipasi dari bahaya yang mungkin muncul. Tubuh sensitif terhadap ancaman tertentu. Ada banyak cara untuk mengirim-

kan sinyal yang memicu rasa takut ke otak. Bayangkan sebuah situasi di mana kamu sedang menonton film dan tiba-tiba mendengar suara keras di beranda. Kamu menebak-nebak, apakah itu hantu, pencuri, atau alien. Marsh menguraikan apa yang terjadi pada situasi itu. “Saraf di telinga yang mengirimkan suara itu adalah yang bagian pertama dari sistem saraf yang terlibat,” katanya. Sinyal kemudian akan dikirimkan ke bagian otak bernama thalamus dan kemudian ke bagian lain yang

disebut amygdala. Amygdala akan melepaskan senyawa neurotransmitter, disebut glutamat. Senyawa ini adalah senyawa kimia di balik rasa takut. “Aksi glutamat di amygdala untuk merespons rasa takut yang Anda dengar memicu respons lainnya,” jelas Marsh seperti dikutip Foxnews. Respons yang saling timbal balik datang dari bagian otak yang bernama periaque-ductal gray, bagian otak yang mengontrol dua respons klasik takut, yakni melompat dan kedinginan. Kemudian, bagian hipotalamus yang

mengontrol respons perlawanan meningkatkan detak jantung dan seterusnya. Respons takut yang sampai ke kelenjar adrenalisn membuat tubuh melepaskan kortisol dan adrenalin. Selain itu, rasa takut juga membuat tubuh melepaskan glukosa ke aliran darah sebagai kekuatan bagi Anda untuk berlari bila diperlukan. Tergantung tingkat rasa takut, tubuh merespons sinyal dengan cara berbeda. Anda bisa saja hanya menutup mata atau lari karena takut.(komc)

TIPS ASYIK

Cara alami hilangkan bekas cacar air di kulit

TERUNTUK PARA REMAJA

Sahabat suka berbohong, tinggalkan atau bertahan? bisa bicara empat mata dengannya, mengapa dia sampai berbohong. Bisa jadi dia punya alasan kuat di balik itu, entah dia ingin terlihat mewah, ingin diterima lingkungan dan sebagainya. Tempatkan diri kamu dalam posisinya.

Tak akan membawa dompet agar aman VIGREE adalah nama sebuah kota kecil di Eropa. Karena belakangan ini situasi keamanan di kota kecil itu agak kacau, maka banyak warga keluar rumah dengan tak membawa dompet. Hari Rabu pagi-pagi, saat berangkat kerja, Griel baru saja meninggalkan rumahnya tak seberapa jauh, ia ditangkap oleh seorang penjahat yang membawa sebilah pisau. Penjahat: “Ayo, segera serahkan dompetmu, kalau tidak, kamu akan kubunuh.” Griel berkata dengan enteng: “Aku tak membawa dompet. Kalau ngga percaya, kamu boleh merogoh semua kantongku.” Sesudah sekujur badan Griel digeledah dan tak ditemukan barang apapun. Pada saat si penjahat dengan penuh rasa kecewa hendak meninggalkan Griel, tiba-tiba datang seorang anak laki-laki kecil dengan tangan mengacung-acungkan sebuah dompet, sambil berlari-lari kecil ia sambil berteriak-teriak: “Daddy, Daddy tadi telah lupa membawa dompet. Nah, ini dia sekarang kubawa kemari!”(*)

6

BAGI para cewek, sahabat adalah orang yang bisa menjadi cermin. Sahabat adalah orang yang dipercaya setara dengan keluarga dan pasangan mereka, bahkan lebih. Namun apa jadinya kalau punya sahabat yang suka berbohong? Apalagi, sampai menceritakan rahasia-rahasia kita pada orang lain. So, harus bagaimana ya? Dijauhi atau bertahan? Untuk masalah seperti ini kamu bisa

melakukan tips-tips ini. 1. Lindungi diri kamu Kalau kamu masih ingin bertahan bersahabat dengannya, maka cara terbaik adalah melindungi diri kamu. Jika dia suka menceritakan hal-hal pribadi dan rahasia tentang kamu, maka jangan percaya dia akan menjaga rahasia apapun. Jangan terlalu berharap dia akan menghentikan kebiasaan berbohongnya, kamulah

yang harus melindungi diri sendiri supaya nggak menjadi korban kebohongannya. 2.Mengapa dia berbohong? Sangat mungkin ada alasan kuat mengapa seseorang berbohong. Misalnya saja dia bercerita pernah tinggal di kota mana, pernah pergi ke sini, pacaran dengan si ini, tapi ternyata itu semua hanya kebohongan semata. Kamu

3.Anda boleh kecewa Dibohongi adalah hal yang menyakitkan. Kamu boleh menunjukkan sikap kecewa pada sahabat akibat kebohongan yang dia lakukan. Menunjukkan rasa kecewa karena dibohongi bisa membuat dia menyadari bahwa tindakannya salah, dan semoga saja dia nggak melakukan hal yang sama. Namun kamu tetap harus berhati-hati, kembali pada poin nomor 1. Kalaupun kamu sangat terganggu dengan kebiasaan berbohongnya, kamu bisa menjauhinya pelan-pelan. Dan jelaskan padanya bahwa kamu sangat terganggu dengan kebohongan yang sering dia lakukan.(vmal)

CACAR air adalah penyakit yang menjengkelkan. Walaupun sudah sembuh, bekas cacar air di kulit sering meninggalkan bekas yang sulit hilang. Yang membuat sedih, bekas cacar air ini ada di seluruh bagian tubuh. Bagaimana menghilangkannya? Tenang saja.. Kamu nggak perlu khawatir bekas cacar air itu akan membekas selamanya. Ada beberapa cara alami untuk menghilangkan bekas cacar air yang mengganggu.

beberapa saat, lalu bilas bersih.

KACANG HIJAU Selain enak disajikan sebagai minuman, kacang hijau adalah bahan alami yang sangat ampuh menghilangkan bekas cacar air. Cara menggunakannya adalah merendam kacang hijau hingga mengembang. Tiriskan kacang hijau lalu tumbuk hingga halus. Oleskan kacang hijau pada bagian kulit yang memiliki bekas cacar air. Diamkan

JAGUNG MUDA Parutan jagung muda adalah bahan alami yang paling banyak digunakan untuk menghilangkan bekas cacar air. Pilih jagung yang masih muda, dengan warna biji yang masih kuning pucat. Parut bagian biji jagung muda hingga halus, lalu balurkan pada kulit yang memiliki bekas cacar air. Diamkan beberapa saat hingga mengering, lalu bilas dengan air.(berbagai sumber)

BERITA KEHILANGAN

LOWONGAN PEKERJAAN

TELAH TERCECER SEBUAH BPKB MOTOR

ATAS NAMA : HASAN THALIB ALAMAT : KEL. SINDULANG SATU LINGK. IV MANADO NO RANGKA: MH8BE4DFA6J118352 NO MESIN : E4511D119509 NO BPKB : E.0142079.S

DIJUAL Xenia Deluxe 1,3 cc thn 2010 Desember Warna Abu-Abu KM 47000. Harga Nego, Kondisi Baik.. BERMINAT??? HUBUNGI 085298586989 (TANPA PERANTARA)

MADU Madu juga salah satu bahan alami yang dapat membuat kulit kamu mulus kembali. Ditambah lagi, madu memiliki kandungan yang dapat mendinginkan kulit dan mencegah terjadi infeksi pada luka, sangat cocok untuk kulit yang masih memiliki bekas cacar air. Cara menggunakannya mudah, oleskan madu di bagian kulit bekas cacar air.

PT.AMANAH FINANCE MEMBUTUHKAN:

1. 2. 3.

Costumer Service (Wanita) Admin Piutang (Laki-laki) Collector (Laki-laki)

Syarat dan Ketentuan: 1. 2. 3.

Max 25 Tahun Pendidikan Minimal D3 Beragama Islam Lamaran dibawah langsung ke

PT. AMANAH FINANCE Komp Mega Smart Blok 7 No 22 Boulevard Manado Contact Persen: 089610266523 (Fian)


SENIN 4 NOVEMBER 2013

Olahraga

Belum ... dari Halaman 8

BERBAGAI MACAM MEREK, UKURAN & JENIS KERUSAKAN SPRINGBED KURSI UKIR, DAN KURSI SUDUT ANDA !!!

UNTUK SPRINBED

UNTUK KURSI UKIR DAN KURSI SUDUT

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI KAYU CAT BARU

PESANAN KHUSUS MEMODIFIKASI SPRINGBED HASIL & KWALITAS DIJAMIN MEMUASKAN HUBUNGI

TOKO MEDAN JLN. LEMBONG NO.16 MANADO

KEVIN/ Masita harus mengubur impian mereka meraih juara, lantaran kalah rubber game.

CONTACT PERSON HP. 085398766171 081340050546

USAI sudah perjalanan Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2013 ini. Sayang sekali tak ada satu gelar pun yang mampu dibawa oleh para Garuda Muda ini ke tanah air. Sebenarnya harapan satu-satunya Indonesia bertumpu pada Ganda Campuran, Kevin Sanjaya/Masita Mahmudi. Kevin/

meraih juara, lantaran kalaha rubber game 18-21 22-20 21-23. Meski gagal menjadi juara, namun perjuangan Kevin/ Masita patut diacungi jempol. Upaya mereka yang sebenarnya sempat gagal di game pertama dengan 1821, namun mereka mampu bangkit di game kedua dengan

22-20. Permainan saling ngotot pun ditampilkan kedua pasangan ini pada game terakhir, hingga akhirnya terjadi kejar mengejar angka. Namun sayang perjuangan Kevin/ Masita untuk bisa mengambil game pamungkas sirna, dengan skor akhir 2321 untuk China.(okez)

Uruguay yang mempunyai kecepatan itu memang mampu menyulitkan pertahanan Arsenal, namun masih gagal dalam menciptakan gol. Masuk di menit ke-55, gilir-an Giroud yang mendapatkan pe-luang emas. Sete-lah Toure me-lakukan blunder, Giroud yang menyambar bola bermaksud untuk menchip bola, namun masih menyam-ping dari gawang Mignolet. Pundi-pundi gol Arsenal kembali bertambah lewat gelandang elegan Aaron Ramsey. Pemain internasional Wales itu dengan tenang mengarahkan bola ke gawang Liverpool setelah memanfaatkan umpan Ozil. The Gunners pun unggul 2-0. Liverpool juga mendapatkan peluang melalui kaki Suarez yang menyambar bola di dalam kotak penalti Arsenal. Sayang, bola hasil sepakan Suarez hanya mengenai mistar gawang Arsenal. Jelang pertandingan berakhir, Suarez kembali mendapatkan peluang setelah melakukan solo run, Suarez melakukan sepakan datar, namun lagilagi bola hanya menyampin di sisi kanan gawang Arsenal. Hingga peluit panjang dibunyikan, Arsenal sukses memenangkan pertandingan. Hasil ini juga memaksa Gerrard dkk turun ke peringkat ketiga kalah selisih gol

dari Chelsea.

setiap pekan. Orang-orang telah menunggu kami untuk kalah, namun kami berhasil mematahkan prediksi,” sambungnya. “Saya merasa bahwa ini merupakan sebuah pesan yang baik. Kami ingin mendapatkan poin di kandang. Namun, kami tahu bahwa jalan masih panjang,” tutup pemain Spanyol itu. Pasukan Arsene Wenger itu akan kembali melakoni partai berat kontra Borussia Dortmund pada lanjutan penyisihan grup Liga Champions. Pertemuan pertama, Arsenal menderita kekalahan 1-2, maka bukan tak mungkin Meriam London akan melakukan revans pada laga yang di helat di Signal Iduna Park itu.

Para suporter pun terlihat cukup kecewa akan permainan Milan di laga ini. Bahkan Adriano Galliani yang merupakan wakil presiden Milan itu, terlihat pergi meninggalkan stadion. Beberapa serangan Milan di menit-menit akhir pertandingan tak mampu membuahkan hasil, karena rapatnya pertahanan Fiorentina. Laga pun akhirnya berakhir dengan skor 2-0 bagi kemenangan Fiorentina.

nelos Ferreira. Padahal Milan tampil dengan kekuatan penuh dengan menurunkan Cristian Zaccardo, dan Ignazio Abate di lini belakang. Riccardo Montolivo, Suley Muntari, Kévin Constant, dan Nigel de Jong di lini tengah, serta Ricardo Kaká, dan si Bengal Mario Balotelli. Namun, kenyataannya Milan tetap tak mampu membungkam kekuatan La Viola. Sang pelatih, Allegri jelas tak dapat menutupi rasa kecewa menyusul hasil minor yang dituai timnya. Allenatore asal Italia itu mengungkapkan bahwa kekalahan kontra tim besutan Vincenzo Montella itu merupakan momen terburuknya selama menukangi Milan. “Ini merupakan momen terburuk saya setelah tiga musim menukangi Milan. Kami perlu mencari solusi untuk segera keluar dari momen buruk ini,” tegas Allegri, seperti dilansir Sky Sport Italia, Minggu (3/ 11). “Apakah para pemain masih di belakang saya? Para pemain tidak boleh di

Masita merupakan wakil Indonesia satusatunya yang tampil di final kejuaraan para pebulutangkis, setelah di nomor lain sudah lebih dulu gugur. Di final, Kevin/ Masita menghadapi unggulan asal China, Kaixiang Huang/ Qingchen Chen. Sayang Kevin/Masita harus mengubur impian mereka

Arsenal ... dari Halaman 8

Belum ... dari Halaman 8

The Gunners memperlebar keunggulan atas Liverpool menjadi lima poin berkat gol dari Santi Cazorla dan Aaron Ramsey. Kemenangan itu merupakan respon setelah tim asal London ini disingkirkan Chelsea di ajang Capital One Cup. “Kami meraih kemenangan yang meyakinkan melawan sebuah tim yang bagus dan itu apa yang kami inginkan. Tentu semua orang ingin melihat bagaimana respon kami hari ini dan kami melakukannya dengan cara yang positif,” ucap Wenger.

Tim tamu yang mendalkan duet Daniel Sturridge dan Luis Sua-rez juga tampil dengan kekuatan penuh. The Gunners yang memplot tiga gelandang kreatif mereka Mesut Ozil, Santi Cazorla dan Thomas Rosikcy memang mampu membuat pertahanan The Reds kewalahan. Umpan satu dua Ozil dengan Cazorla memang seakanakan menjadi kekuatan bagi Arsenal. Memasuki menit ke-18, pendukung tuan rumah pun bersorak. Pasalnya, Cazorla mampu mencetak gol cantik setelah memanfaatkan bola rebound dari sundulannya sendiri. Bermula dari crossing panjang Bacary Sagna, Cazorla yang tak terkawal mampu menyndul bola, namun justru bola kembali berbalik ke arah Cazorla. Tanpa ampun Cazorla menyambar bola ke gawang Simon Mignolet. Arsenal pun memimpin 1-0. Tertinggal, membuat Liverpool terus gencar menekan pertahanan Arsenal yang dikawal oleh Per Mertesacker cs. Namun karena barisan pertahanan bermain solid, Liverpool selalu gagal menciptakan peluang emas. Skor 1-0 bertahan hingga 45 menit pertama. Memasuki interval kedua, Liverpool mengambil inisiatif penyerangan terlebih dahulu dengan melakukan serangan melalui Suarez. Striker

“Kami menciptakan sebuah gol yang bagus dan setelah itu saya rasa kami memiliki peluang untuk membuat perbedaan dan Ramsey mencetak gol yang menakjubkan. Tapi kami menciptakan banyak peluang sebelum dan sesudahnya,” lanjutnya. “Tapi secara kesuluruhan apa yang Anda inginkan adalah fokus yang bagus, permainan dinamis di tim dan kami menampilkannya secara meyakinkan,” tambah pelatih asal Prancis itu, diberitakan Sky Sports, Minggu (3/11) kemarin.(okez)

Tetap ... dari Halaman 8

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI MODEL TAMBAH UKURAN

7

Indonesia tanpa gelar

Perempuan kelahiran Madrid 22 Desember 1985 pernah berpose untuk majalah pria dewasa seperti FHM Spanyol. Tentu dengan busana yang lebih “sopan” daripada selebritis lain. Karier bermusiknya dimulai pada 2006. Album selftitled Edurne mencapai posisi 3 di chart nasional Spanyol. Album berisi 12 tracks ini mendapat sertifikat gold. Album Edurne dirilis ulang dengn memasukkan lagu “Te Falta Veneno”. Lagu ini menjai hits karena menjadi OST opera sabun “Yo Soy Bea” (versi Spanyol dari Betty La Fea). Hingga saat ini, Edurne sudah merilis empat fullalbum. Selain album self titlednya, ada Illusion (dirilis pada 19 Juni 2007), Premiere (3 Juni 2008), dan Nueva Piel (23 Maret 2010). Sang pacar, David De Gea, datang ke Inggris untuk menjadi kiper klub ternama Manchester United. Menggantikan Edwin Van Der Sar yang pensiun, De Gea mendapatkan tekanan berlebihan. Sempat tampil kurang meyakinkan, pemain berusia 21 tahun ini dari hari ke hari semakin cemerlang. Kehadiran De Gea tidak hanya membawa namanya sendiri. Adanya Edurne, membuat “persaingan” WAGs Liga Inggris semakin panas. Maklum, selain cantik, pirang, dan seksi, suara Edurne bukan suara kacangan. Menanggapi sorotan kepada sang kekasih, De Ge hanya tersenyum. Katanya, “Tidak akan ada masalah. Edurne akan terus bernyanyi, dan saya akan terus menghentikan bola (sebagai kiper).”(sdmc)

SERVICE SPRINGBED, KURSI UKIR & KURSI SUDUT

Berpikir dan Berbuat

Final Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2013

Belahan ... dari Halaman 8

“Kami bermain sangat baik. Kami tidak memberikan kesempatan kepada Norwich dan kami mencetak tujuh gol jadi saya senang. Saya tidak merasa ini performa terbaik kami pada musim ini. Saya tidak pernah membanding-kan dengan pertandingan lain, tapi ini sangat bagus sekali,” kata Pellegrini. Keputusan Pellegrini memainkan kiper Costel Pantilimon membuahkan hasil. Manchester Biru kembali tidak kebobolan. “Ini sangat penting untuk terus tidak kebobolan dan sangat penting tim bermain tergantung skornya,” jelasnya, dilansir dari Sky Sports. “Kun Aguero adalah salah satu pemain terbaik dari tiga atau empat di dunia dan dia harus memperlihatkan kualitasnya setiap laga. Dia harus terus bekerja keras setiap pertandingan karena dengan kualitasnya, dia memiliki banyak pilihan untuk terus menambah koleksi gol,” tambah pelatih asal Cile itu.(okez)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

Rodgers juga mengatakan, setidaknya untuk menembus empat besar, Liverpool masih mempunyai kesempatan yang cukup baik. Rodgers juga menuji performa dari timnya selama awal kompetisi bergulir. “Saya pikir apa yang bisa kami lihat adalah bahwa pemain telah melakukan periode yang luar biasa da-lam awal kompetisi,” ujar Rodgers seperti dilansir Sky

Sports, Minggu (3/11). “Saya pikir kami akan berjuang untuk tetap berada di empat besar dan hal itu memang yang selalu kami perjuangkan,” sam-bung Rodgers. Tidak lupa juga Rodgers mengatakan bahwa Arsenal mampu bermain lebih mobile dan memang tengah dalam penampilan terbaik. “Saya pikir bahwa tim yang terbaik yang menang, mereka memiliki kontrol permainan kami. Meski begitu, kami masih memiliki beberapa peluang,” lanjut Rodgers. “Mobilitas mereka (Arsenal) lebih baik dari kami. Namun, kami tidak pernah menekan mereka dengan baik. Kami menciptakan beberapa peluang, namun belum bisa menjadi gol,” tuntas Rodgers.(okez)

MEMATAHKAN PREDIKSI Mikel Arteta percaya bahwa kemenangan Arsenal atas Liverpool, Sabtu malam WIB, mengirim pesan kepada para penantang gelar Premier League musim ini. Bermain di Emirates Stadium, The Gunners tampil digdaya dengan menyarangkan dua gol ke gawang The Reds yang dijaga Simon Mignolet. Kemenangan ini kian mengokohkan Arsenal di singgasana sementara Premier League, dan menjauhkan perolehan angka dengan Chelsea yang kini bertengger di posisi kedua menjadi lima poin, dan selisih yang sama dengan Liverpool yang berada di urutan ketiga. “Bagi kami, ini merupakan hari yang hebat. Kami ingin berada di tempat yang pantas! Kami bermain sebagai sebuah tim yang sangat hebat. Mereka (para pemain Arsenal) telah terbakar (semangatnya) dalam beberapa pekan terakhir,” tegas Arteta, diberitakan situs resmi Arsenal. “Ini merupakan laga yang bagus, kami dapat melihat di mana kami berada dan setidaknya kami menunjukkan sama baiknya dengan mereka (Liverpool), kami diuji

ANCAMAN SERIUS

SUSUNAN PEMAIN Arsenal: 1. Szczesny – 4. Mertesacker – 3. Sagna – 28. Gibbs/5. Vermaelen– 6. Koscielny – 7. Rosicky/ 17. Monreal – 11. Ozil – 8. Arteta – 19. Cazorla/25. Jenkinson – 16. Ramsey – 12. Giroud Liverpool: 22. Mignolet – 4. Toure – 37. Skrtel – 17. Sakho – 20. Cisssokho/10. Coutinho38. Flanagan/12. Moses – 8. Gerrard – 21. Leiva – 14. Henderson – 7. Suarez – 15. Sturridge

Milan ... dari Halaman 8 Pada menit ke-12, Milan mendapatkan tendangan bebas usai Ba-lotelli dilanggar Ambro-sini. Balotelli yang mengambil sendiri tendangan bebas tersebut, gagal memanfaatkan peluang tersebut. Memasuki menit ke-21, giliran Sulley Muntari yang mendapatkan peluang usai mendapatkan assist dari Kaka. Akan tetapi, sepakan kaki kirinya masih mampu diamankan dengan baik oleh kiper Fiorentina, Norberto Murara Neto. Milan justru harus kebobolan pada menit ke-27 lewat tendangan bebas dari Juan Vargas. Dalam eksekusinya tersebut Vargas yang melepaskan sepakannya dengan keras, bola mendatar tersebut sempat mengenai kaki Muntari. Alhasil, bola berubah arah dan mengecoh kiper Gabriel. Memasuki menit-menit akhir babak pertama, Balotelli dkk masih tetap melakukan serangan, walau terlihat cukup frustrasi hingga peluang terbuang percuma. Hasilnya, babak pertama pun selesai dengan

skor 0-1 untuk keunggulan Fiorentina. Babak Kedua Memasuki babak kedua, Balotelli langsung mencoba membuka pergerakan dengan memberikan umpan kepada Valter Birsa. Sayang, tendangan keras Birsa masih melebar ke sisi gawang La Viola. Memasuki menit ke-55, Balotelli cukup mengontrol bola dengan baik. Bola hasil sepakannya masih mampu diblok bek lawan dan hanya menghasilkan sepakan pojok saja bagi Milan. Fiorentina kembali membuat sunyi publik San Siro dengan gol keduanya pada menit ke-78. Gol sendiri dicetak oleh Borja Valero Iglesias yang memanfaatkan umpan silang dari Joaquin yang sebenarnya bisa ditepis Gabriel. Sayang, bola justru mengarah kepada Valero yang kemudian dengan gampang dikonversinya menjadi gol. Tertinggal 20 dari tim tamu, membuat para pemain Milan terlihat panik dan kerap gagal dalam penyelesaian akhir.

MOMEN TERBURUK ALLEGRI AC Milan masih belum menemukan performa terbaik musim ini. Pasukan Massimiliano Allegri itu masih terjebak dalam paradoksal penampilan mereka. Milan gagal meraih hasil sempurna kala menjamu Fiorentina di San Siro pada lanjutan Serie A, pekan ke11. Secara mengejutkan Rossoneri tampil inferior di hadapan tamunya, dua gol tanpa balas menyarang di gawang Gabriel Vasco-

belakang saya, mereka harus berada di belakang satu sama lain dan bekerja sama sebagai sebuah tim. Dengan bekerja sama akan membantu kami mempersiapkan diri menghadapi Barcelona dan Chievo, semuanya tentang psikologis,” tutup pelatih berusia 46 tahun itu.(okez)

SUSUNAN PEMAIN AC Milan: 59-Gabriel; 17-Christian Zapata, 20-Ignazio Abate, 21-Kevin Constant, 81Cristian Zaccardo; 4-Sulley Muntari (Saponaro), 14Valter Birsa (Niang 57), 18Riccardo Montolivo, 34-Nigel De Jong; 22-Kaká, 45-Mario Balotelli Fiorentina: 1-Norberto Murara Neto; 2Gonzalo Rodraguez, 15Stefan Savic, 23-Manuel Pasqual, 40-Nenad Tomovic; 10-Alberto Aquilani, 20Borja Valero, 21-Massimo Ambrosini (Vecino 34), 66Juan Vargas; 30-Matos Santos Ryder, 49-Giuseppe Rossi (Joaquín 68)


SENIN 4 NOVEMBER 2013 SELEBRASI Santi Cazorla Usai mencetak gol cantik setelah memanfaatkan bola rebound dari sundulannya sendiri.

SPORTAINMENT

Arsenal meyakinkan ARSENE Wenger memberikan pujian kepada Arsenal setelah mengalahkan Liverpool 2-0. Wenger sangat senang karena anak asuhnya memperlihatkan permainan yang meyakinkan.

EDURNE GARCIA ALMAGRO

Belahan jiwa ”sang pencuri donat” MEMACARI perempuan yang lebih tua mungkin merupakan tantangan tersendiri. Demikian yang tergambar setidaknya dari hubungan para pemain masa depan timnas Spanyol. Kita mengenal Cesc Fabregas yang berkencan dengan Daniella Semaan, seorang ibu 2 anak berusia 33 tahun. Ada pula Gerard Pique yang memacari Shakira dengan perbedaan usia 10 tahun. David De Gea, kiper muda La Furia Roja, mendekati jejak dua seniornya. Meskipun “cuma” terpaut 4 tahun, Edurne sang kekasih toh tetap lebih tua. Ya, Edurne atau Edurne García Almagro, penyanyi pop Spanyol, adalah pacar “sang pencuri donat” ini. Baca: Belahan ( Halaman 7)

ARSENE Wenger.

Baca: Arsenal ( Halaman 7)

Tetap masih kandidat juara Kekalahan yang diterima Liverpool tidak membuat pelatih Brendan Rodgers menyerah untuk meraih gelar juara Premier League. Menurut mantan pelatih Swansea itu, timnya tetap menjadi kandidat terkuat untuk menjadi juara. BRENDAN Rodgers.

Baca: Tetap ( Halaman 7)

LUAR biasa! Pasukan Arsene Wenger sukses menumbangkan Liverpool dengan skor akhir 2-0. Bermain di depan publik sendiri memang membuat anak-anak London itu tampil percaya diri. Melihat hasil tersebut, posisi Arsenal di puncak klasemen belum tergoyahkan. Kemenangan ini sekaligus membawa The Gunners memimpin klasemen dengan raihan 25 poin meninggalkan Liverpool dan Chelsea yang terus menempel ketat. Peluit kick-off dibunyikan kedua tim langsung sama-sama bermain menyerang. Arsenal yang tampil di depan pendukung sendiri memang terlihat lebih semangat dalam melancarkan serangan-serangan. Baca: Belum ( Halaman 7)

AARON Ramsey mampu menambah gol Arsenal.

Makale—Dukungan terhadap DR Sinyo Harry Sarundajang dalam keikutsertaannya sebagai peserta konvensi, yakni sebagai kandidat Calon Presiden RI dari Partai Demokrat (PD), terus mengalir. Kali ini dukungan diungkapkan langsung oleh Bupati Tana Toraja (Tator), Theofilus Allorerung SE, ketika menjamu rombongan SHS di rumah jabatan bupati di Makale, Tana Toraja pada, Kamis malam (31/10) lalu. Menurutnya, masyarakat Tanah Toraja selalu mendukung dan mendoakan SHS untuk menjadi Presiden RI periode 20142019. Sarundajang melakukan lawatan ke Tana Toraja dalam rangka memenuhi undangan sebagai pemateri dalam Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) untuk membawakan ceramah pada kegiatan Konferensi Nasional VII 29 Oktober- 2 Nopember 2013 di Hotel Patan Makale Tana Toraja. “Pak Sarundajang adalah seorang tokoh nasional dan merupakan figur yang sangat bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas-tugas yang dipercayakan. Saya mengenal beliau sejak beliau menjabat Inspektur Jenderal Departemen Dalam Negeri dikala saya saat itu juga dipercayakan sebagai Inspektur Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Jadi Pak Sarundajang itu sesungguhnya adalah “komandan”

saya dan akan selalu menjadi komandan saya,” ungkap Theofilus. Bupati Tator tersebut juga bahkan hafal betul dengan rekam jejak Sarundajang sejak dari Walikota Bitung, hingga ditarik ke Departemen Dalam Negeri sampai menjabat Penjabat Gubernur di Maluku dan Maluku Utara. Dimana saat itu, Sarundajang menjadi tokoh kunci yang mendamaikan konflik horisontal di ke dua daerah tersebut. “Apa yang dilakukan Pak Sarundajang di Maluku dan Maluku Utara pada waktu itu adalah hal yang sangat mulia. Kami sebagai warga Indonesia Timur pada umumnya sangat bangga dengan beliau, oleh karena itu rakyat Tana Toraja akan selalu mendoakan agar Sarundajang bisa dicalonkan melalui konvensi Partai Demokrat. Saya pikir akan sangat keliru jika Partai Demokrat tidak mencalonkan Pak Sarundajang,” imbuh Theofilus. Diketahui Sinyo Harry Sarundajang merupakan salah satu dari 11 peserta konvensi calon presiden dari Partai Demokrat dan satu-satunya peserta yang dari Indonesai Timur.(erer/*)

Manchester City (7) vs (0) Norwich City

Belum pada peforma terbaik

KUN Aguero Cs terus mendulang kemenangan.

MANCHESTER City berhasil menghancurkan Norwich City 7-0. Pelatih Manuel Pellegrini sangat senang karena anak buahnya tidak memberikan kesempatan kepada Norwich untuk berkembang. Skuad besutan Pellegrini memang berusaha untuk bangkit setelah dikalahkan Chelsea pekan lalu. Hasilnya, Manchester Biru melanjut-kan rekor tak terkalahkan di Etihad Sta-

dium dengan meraih kemenangan besar atas Norwich City, Ada enam pemain berbeda City yang mencatatkan nama di papan skor dan satu gol lagi bunuh diri pemain tim tamy. Tapi, permainan Aguero dan David Silva yang mendapatkan perhatian dari Pellegrini. Pellegrini mengaku senang anak buahnya bermain sangat kejam. Baca: Belum ( Halaman 7)

Milan (0) vs (2) Fiorentina

Milan terkubur di San Siro AC Milan harus terkubur di mar-kasnya sen-diri usai ditumbangkan Fiorentina dalam laga lanjutan Serie A di giornata ke-11, Minggu (3/11) dini hari WIB. La Viola mampu mengalahkan Milan dengan skor 2-0. Milan harus kembali gagal dalam meraih poin

penuh usai ditahan imbang 1-1 oleh Lazio, pekan lalu. Justru Fiorentina yang mampu bangkit usai menelan kekalahan 2-1 dari Napoli pada giornata ke10. Dua gol skuad asuhan Vicenzo Montella, masingmasing dicetak Juan Vargas dan Borja Valero Iglesias. Kemenangan ini

membuat Fiorentina naik ke posisi keempat dengan 21 poin, sedangkan Milan baru mengumpulkan 12 poin saja. Babak Pertama Bermain di hadapan para publik San Siro, I Rossoneri langsung berinisiatif lakukan serangan ke daerah pertahanan La

Viola. Sayang rapatnya barisan belakang tim tamu membuat Milan kesulitan menembus. Fiorentina sendiri sesekali melakukan serangan balik, meski sama-sama gagal mengonversinya menjadi gol. Baca: Milan ( Halaman 7)


SENIN 4 NOVEMBER 2013 NOMOR 02414 TAHUN VII

IBUKOTA

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

9

HUT GMIM BUKIT KARMEL BATU KOTA

Walikota: Jaga terus kebersamaan berjemaat

KAMPUNGRON KELURAHAN KAIRAGI WERU KECAMATAN PAL DUA

Hati-hati dalam menyalurkan raskin BERAS bagi keluarga miskin (raskin) di Kelurahan Kairagi Weru Kecamatan Pal Dua, penyalurannya sudah dilakukan pada pekan kemarin lewat kantor kelurahan serta disaksikan oleh lurah dan semua kepala lingkungan. Lurah Kairagi Weru, Meytha Runtukahu DEISKE Kalengkongan mengatakan, dalam pembagian raskin yang oleh MEYTHA Runtukahu. dilakukan pihaknya, itu dilakukan secara hati-hati dengan memperingatkan para pegawai serta kepala lingkungan agar tidak melakukan kesalahan dalam penyaluran. Sebab, masalah pembayaran serta penyerahan raskin kepada warga terus diawasi oleh pemerintah sampai selesai. “Sesuai data dari BPS kalau di wilayah ini ada 65 RTS yang wajib menerima raskin dengan jumlah keseluruhan ada sekitar 195 karung beras yang kami salurkan dengan harga Rp24.000 per karung isi 15 Kg. Tindakan tegas akan saya berikan kepada pegawai dan kepala lingkungan jika menyalahi aturan dalam penyaluran raskin,” ucapnya.(elha)

JAGARON LINGKUNGAN V KELURAHAN KOMBOS TIMUR

Lakukan pendekataan dengan warga MENJADI seorang pemimpin di lingkungan, tentunya sangat membutuhkan mental serta pribadi yang bisa berbaur dengan warga masyarakatnya di lingkungan supaya segala program kerja serta permasalahan yang diABDULLAH Jusuf. hadapi bisa diselesaikan dengan tanpa harus saling merugiOLGA Pilat. kan satu sama lain. Ungkapan ini sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Lingkungan V Kelurahan Kombos Timur, Olga Pilat kepada Swara Kita pada akhir pekan lalu saat di temui di rumahnya. Baca: Lakukan ( Halaman 11)

PENDIDIKAN

Siswa SD se-Malalayang berlatih di Desa Kalasey DALAM rangka memupuk tali persaudaraan di antara sesama anggota Pramuka, seluruh siswa SD se-Kecamatan Malalayang seperti SDN 37 Manado, SD GMIM 20 Manado, SDN 126 Manado dan SD GMIM 6 Manado, mengadakan pelatihan pramuka di Desa Kalasey, Minggu (3/11) kemarin. Agnes Kojongian selaku Pembina Pramuka pada pelatihan tersebut mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan oleh SDN 37 Manado itu diisi dengan beragam kegiatan seperti rekreasi, pemberian materi dan lomba. Kegiatan ini yang dihadiri sejumlah siswa SD, Pembina Pramuka maupun penanggungjawab kegiatan yang diharapkan bisa menjadi wadah pembentukan watak dan mental serta kemandirian siswa. “Kegiatan Pramuka sangat penting. Apalagi Pramuka saat ini kurang pembina dalam pengenalan dan kegiatan kepramukaan. Melalui pelatihan seperti ini, siswa akan digodok menjadi seorang siswa yang berbudi pekerti yang baik dan bermental kuat dalam menghadapi sesuatu, terutama memantapkan Dasa Dharma Pramuka untuk mendorong mereka lebih maju,” ujarnya. Baca: Siswa ( Halaman 11)

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut akrab dengan jemaat usai peribadatan.(foto: ist)

Manado—Sukacita dalam perayaan ibadah syukur HUT ke-28 Jemaat GMIM Bukit Karmel Batu Kota terasa lengkap dengan kehadiran orang nomor satu di Manado yakni GS Vicky Lumentut. Dalam ibadah syukur yang dilaksanakan pada Minggu (3/11) kemarin itu, juga dihadiri banyaknya

jemaat yang mengucap syukur atas berkat Tuhan yang luar biasa itu. Dalam sukacita tersebut, Walikota Manado, GS Vicky Lumentut mengatakan, banyak selamat kepada Jemaat Bukit Karmel yang telah menginjak usia 28 tahun pada 31 Oktober 2013 lalu. Dirinya juga berpesan

14 ruko di Calaca hangus dilalap api Usai koordinasi dengan Walikota, Wawali kerahkan 7 armada Damkar

Baca: Walikota ( Halaman 11)

UJIAN HONORER K2

20 peserta langsung gugur

AKSI petugas Damkar Manado berupaya memadamkan api di ruko yang terbakar menjadi tontonan warga.(foto:tonny/sk)

PEMILU

Panwas akui banyak pemilih ganda Manado—Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Manado masih menemukan banyak nama pemilih ganda yang seharusnya sudah dihilangkan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam penetapan belum lama ini.

Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) itu. Dalam kesempatan tersebut, Walikota juga mengapresiasi salah satu program jemaat yang peduli akan jemaatnya dengan melaksanakan program bedah rumah.

WAWALI Manado Harley Mangindaan saat membuka segel lembar soal ujian CPNS K2 sebagai tanda jika ujian telah dimulai.(foto:tonny/sk)

M a n a d o— P e r i s t i w a kebakaran yang terjadi di ruko kawasan pasar Bersehati Calaca Manado, Sabtu (2/11) siang lalu, ikut menyebabkan 14 buah ruko hangus dilalap si jago merah. Wawali Manado Harley Mangindaan sendiri terlihat ikut terjun ke lokasi kebakaran sekaligus mengerahkan 7 armada mobil pemadam kebakaran (Damkar) Pemkot Manado. Akan penanggulangan bencana tersebut, Wawali langsung melakukan kontak dengan Walikota Manado GS Vicky Lumentut sebagai laporan kalau penanganan sementara bencana kebakaran tengah dilakukan. Baca: 14 ruko ( Halaman 11)

kiranya jemaat dalam kehidupan berjemaat jangan sampai pudar semangatnya, namun dapat terus berapirapi untuk memuji dan mengagungkan nama besar Tuhan. “Lanjutkan semangat melayani dan jaga terus kebersamaan dalam berjemaat,” kata Ketua Asosiasi

Temuan Panwas ini mengindikasikan masih banyaknya pemilih ganda yang ada di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sehingga penetapan yang dilakukan oleh KPU Manado justru terkesan kejar tayang tanpa membuat kualitas

LEGISLASI

Pemilu menjadi lebih baik. “Kemarin ada namanama ganda, NIK ganda, tetapi kami sudah rekomendasikan ke KPU untuk ditindaklanjuti. Pada umumnya yang Panwas rekomendasikan ke KPU

harus ditindalanjuti. Kalau rekomendasi yang terakhir yaitu tanggal 31 Oktober hasilnya kita tunggu pada DPT terakhir,” ujar Anggota Panwas Manado, Jurike Kaeng, Minggu (3/11) kemarin. Baca: Panwas ( Halaman 11)

Manado—Ujian tes lisan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Minggu (3/11) kemarin di SMK Negeri 3 melalui jalur honorer kategori 2 atau K2 Pemkot Manado, berjalan tanpa kendala. Namun dari 395 peserta ujian CPNS tersebut, 20 diantaranya langsung dinyatakan gugur karena tidak hadir saat pelaksanaan ujian tanpa ada keterangan jelas. Hal itu pun disayangkan pihak panitia karena kesempatan yang sudah bertahun-tahun dinanti K2, justru terbuang percuma. “Memang ada 20 peserta tak hadir atau tidak berada di ruangan, jadi secara otomatis mereka itu langsung dianggap gugur,” terang Kepala BKD Manado, Ventje Pontoh SH, kemarin yang dikonfirmasi Swara Kita. Akan lembaran jawaban peserta, lanjut Pontoh, telah dikirim ke Jakarta dan diperiksa untuk mendapatkan hasilnya. “Kami belum bisa memastikan apakah yang ikut ujian tersebut bisa lulus semua, karena proses kelulusan ditentukan oleh BKN melalui hasil jawaban ujian dari peserta dan itu bukan dari

kami,” terang Pontoh. Disentil kapan hasil ujian CPNS K2 Manado bisa diketahui, Pontoh menyebutkan, sesuai dengan rencana dan informasi dari pusat yang diterima BKD Manado, jawaban akan diumumkan oleh pusat pada bulan Desember 2013 nanti. “Tidak tahu apakah awal atau pertengahan bulan Desember, tapi yang pasti sesuai pemberitahuan akan diumumkan bulan Desember untuk hasil ujian K2,” bebernya. Sementara itu, dalam proses pelaksanaan ujian K2 dipantau langsung oleh Wawali Manado Harley Mangindaan dan Sekkot Manado Ir Haefrey Sendoh selaku Ketua Panitia Ujian K2 Manado. Sebelum pelaksanaan ujian, Wawali memantau langsung 20 ruang yang menjadi tempat ujian. Usai itu Wawali berkesempatan membuka segel pertama kertas lembar ujian serta membacakan tatacara dalam mengikuti ujian, serta mengingatkan agar para peserta teliti dalam mengerjakan soal dan mengisi identitas diri dengan lengkap. Baca: 20 peserta ( Halaman 11)

RSUP KANDOU

Baleg Dekot Manado Dirut rencanakan program 100 hari siapkan 5 ranperda pembenahan di bidang pelayanan

FRANKLYN Sinjal.

Manado—Komitmen yang tinggi dari Badan Legislasi (Baleg) Dekot Manado dalam menuntaskan tugas dan fungsinya sebagai pembuat perda, mulai digalakkan. Kini Baleg Manado telah menyiapkan 5 Rancangan Peraturan

Daerah (Ranperda) untuk disahkan menjadi Peraturan Daerah. Kelima Ranperda yang dimaksudkan masing-masing Ranperda Pajak Atas Tanah dan Air, Ranperda Penyertaan Modal ke Bank Sulut, Ranperda Pendidikan, Ranperda Penempatan Tower Telekomunikasi dan Ranperda Tata Tertib Dekot Manado. Pihak Baleg sendiri membahas 5 ranperda ini sesuai dengan Undang-undang Nomor 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR dan DPRD Pasal 343 ayat 1 poin A terkait tugas legislasi.

Baca: Baleg ( Halaman 11)

Manado—Menyadari besarnya harapan terhadap Rumah Sakit Prof Kandou Manado, Direktur Utama (Dirut) di Rumah Sakit Prof Kandou Manado Dr Maxi Rein Rondonuwu DHSM MARS terlihat langsung menyusun sejumlah program untuk membenahi rumah sakit terbesar di daerah ini. MaRon—sapaan akrab Rondonuwu—yang merupakan salah satu penggagas berdirinya Rumah Sakit Kandou dan pelopor badan Layanan Umum (BLU) di Sulut, kini memiliki program 100 hari dalam pembenahan di bidang

pelayanan rumah sakit itu. Ini bertujuan agar dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan sekaligus meminimalisir “kebocoran’ pendapatan RS yang selama ini masih terjadi karena ulahulah oknum tertentu. Tak hanya itu, dirinya akan meningkatkan pelayanan dengan mengadakan kerjasama operasional peralatan medik canggih di instalasiinstalasi yang merupakan sumber pendapatan RS seperti intalasi Radiologi dan Labotorium. Baca: Dirut ( Halaman 11)

UNTUK menyusun program yang tepat, MaRon rajin berinteraksi dengan pegawai dan pasien RS Kandou.( foto: dok. RSUP)


Ibukota

SENIN 4 NOVEMBER 2013

MAYJEN PURN HV WORANG

Wawali: Seorang pahlawan biarlah menjadi real pahlawan WAWALI Manado Harley Mangindaan SE MSM bersama Sekkot Manado Ir Haefrey Sendoh menghadiri Seminar Nasional Ketokohan, Kenegaraan dan Kepahlawanan Mayor Jendral (Purn) Hein Victor Worang yang diselenggarakan Sabtu (2/11) akhir pekan lalu di Hotel Arya Duta. Dalam seminar itu, memaparkan selayang pandang tentang pahlawan nasional Worang serta tentang nilai-nilai kepahlawanan dalam memperkokoh semangat kebangsaan dan keIndonesiaan. Dalam sesi tanya jawab ini hadir narasumber seperti Sejarahwan Nasional Prof Dr Anhar Gonggong serta peneliti LIPI Er Asvi Warman Adam. Wawali menjelaskan terkait keseimbangan antara pahlawan dan sejarawan. Begitu pula sosok Worang, Wawali mengatakan, biarlah seorang yang diangkat pahlawan seperti HV Worang akan menjadi real pahlawan. “Mengingat HV Worang adalah salah satu putra terbaik Sulawesi Utara yang pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara selama dua periode, akan penghormatan sosok pahlawan ini maka dibangunlah tugu HV Worang tepat di pusat kota Manado yaitu, Tugu Pendaratan Batalion Worang yang menjadi salah satu objek wisata di kota Manado,” terang Wawali. Baca: Wawali ( Halaman 11)

FUN BIKE

Sekkot, Kemenhub RI dan GIZ Germany pantau Manado

FOCUS group discussion proyek percontohan pantau langsung sistim transportasi dan jalan kota Manado.(foto:tonny/sk)

SEKKOT Manado, Ir Haefrey Sendoh, Sabtu (2/11) lalu, mendampingi peserta Focus Group Discussion Proyek Percontohan Indosutri (Indonesia Sustainable Urban Transport Initiative) yang terdiri dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI dan Germany International Cooperation (GIZ) guna memantau kota Manado melalui kegiatan fun bike dengan mengelilingi kota Manado. Menurut Sendoh yang mendampingi Miss Andrea dari GIZ Germany, kegiatan ini sekaligus memberikan gambaran bagaimana sisteim transportasi di kota Manado yang cocok serta ramah lingkungan dengan melihat letak geografis. “Manado tentunya berharap banyak agar kunjungan serta seminar yang dilakukan Kemenhub dan GIZ Jerman akan membawa kontribusi yang berarti agar pengembangan transportasi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Ranperda penyertaan modal belum sempurna Manado—Ketua Panitia Khusus (Pansus) Dekot Manado terkait penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyertaan Modal ke Bank Sulut, Franklyn Sinjal mengakui, Ranperda tersebut belum tuntas draftnya meski sudah sesuai dengan UndangUndang Nomor 27 tahun

2009 tentang MPR, DPR dan DPRD Pasal 343 ayat 1 poin A terkait tugas legislasi. Sinjal menilai jika Ranperda yang merupakan usulan dari Pemkot sekaligus inisiatif Dekot Manado ini, masih memiliki beberapa kekurangan yang harus diperbaiki oleh Pan-

sus dengan cara melakukan banyak komparasi data. “Ada beberapa data yang belum ada di dalam draft Ranperda, itu yang akan kita bahas kembali agar Ranperda ini benar-benar mencakup semuanya jika ditingkatkan menjadi Peraturan Daerah,” tutur Sinjal. Menurutnya, pembahasan yang akan dilakukan masih harus melewati beberapa tahap, di mana pansus akan bertemu dengan direksi Bank Sulut

OPERASI MIRAS

Ribuan botol miras disita

serta berkonsultasi dengan Bank Indonesia (BI). “Pembahasan bersama stekholder dan instansi pemerintah seperti pemkot dan BI akan kami lakukan untuk mensempurnakan ranperda ini agar dikemudian hari tidak terjadi masalah dan persoalan hukum yang bisa menyebabkan kerugian tidak hanya bagi pemerintah, tapi juga masyarakat,” ujarnya. Baca: Investasi ( Halaman 11)

itCenter semakin ramai, lengkap dan terjangkau Manado—Kebutuhan masyarakat Sulawesi Utara yang cenderung meningkat di akhir tahun, membuat banyak pusat perbelanjaan berlombalomba berinovasi untuk menarik pengunjung. Mulai dari dekorasi, pameran, promo hingga event-event heboh dikemas sebaik mungkin. itCenter, trade center modern pertama di Manado ini, memang tidak pernah kehilangan kreasi. Semakin ramai, hal ini sudah sangat lumrah di mata warga Manado, karena event-event dan promo belanja yang digelar selalu saja menjadi magnet besar bagi warga untuk berbondong-bondong memadati tempat belanja yang berdiri di antara Jl Sam Ratulangi dan Boulevard ini. Semakin lengkap berkunjung di itCenter, tentu

an, bank, optik, kamera, games, aksesoris, souvenir, hingga tempat makan bahkan ballrom tersedia untuk semua pengunjung. Texas Chicken juga baru saja bergabung bersama itCenter dengan konsep makan sambil nongkrong di teras itCenter. Semakin terjangkau, sebagai trade center, tawarmenawar adalah cara transaksi sah di itCenter. Semua harga produk tentu saja bisa dinegosiasikan dengan tenant-tenant pemilik dan penyewa kios disini. Bukan hanya itu, dalam setiap pameran, selalu ada harga spesial untuk para pengunjung. Seperti pameran produk elektronik dan furniture di groundfloor itCenter yang didukung oleh Spektra Multi Financing.

ITCENTER siap dengan banyak promosi untuk pengunjung setia itCenter.

saja bukan hanya melulu tentang HP dan komputer. Sebab kini itCenter menjadi sangat lengkap de-

ngan produk-produk fashion, distro, salon, nail art, theraphy, bordir, jahit menjahit, travel, pegadai-

Baca: itCenter ( Halaman 11)

RIBUAN botol miras yang dijualturut diamankan oleh petugas anggota polisi dan Pol PP.(foto: lukman/sk)

Manado—Operasi gabungan yang dilakukan oleh satuan Kepolisian dengan satuan Polisi Pamong Praja Kota Manado, Minggu (3/11) kemarin, berhasil menyita ribuan botol minuman keras (miras) yang terisi di puluhan dos di 2 toko yang ada di Jl Sam Ratulangi yakni toko Bintang Jaya dan toko Gembira. Penyitaan ini dilakukan karena kedua toko tersebut melayani pembelian miras dari masyarakat di atas jam 8 malam yang sudah merupakan ketentuan dari pihak kepolisian. Oleh Nanang, salah

seorang tokoh masyarakat setempat mengatakan, sangat mendukung atas kegiatan ini, apalagi jumlah minuman yang disita cukup banyak. “Saya sebagai warga sangat mendukung kerja keras dari aparat, karena bukan hanya para pemabuk saja yang diamankan, tapi penjual minuman. Ini sangat baik karena dalam beberapa bulan ini, Kota Manado sudah sangat rawan dengan kasus pembunuhan dan penganiayaan yang diakibatkan oleh minuman k e r a s ini.”ungkapnya.(elha)

Markus Pile, pemulung botol plastik

Tak peduli apa yang dikatakan orang Pakaian compang-camping dan terkesan kumuh sehingga menjadi sorotan orang banyak, tidak membuatnya harus malu dalam pekerjaannya sebagai seorang pemulung sekaligus penjual botol plastik.

MESKIPUN pekerjaannya sering dipandang jorok dari banyak orang, namun Markus tetap saja melakukan pekerjaan itu dengan

MARKUS Pile, pemulung botol plastik.

SUBARU FORESTER A/T TAHUN 2007

MITSUBISHI LANCER EX TAHUN 2008

CHEVROLET BLAZER TAHUN 2003

TOYOTA SPR. KIJANG 1.8 LONG THN 1995

AC,Tape,Velg,PS, PW, CL, MIRROR, KM 44.000, MULUS. OTR Rp 215 jt, UM : 95 jt , Angsuran Rp 4.898.000 X 35 Bulan Asuransi TLO 3 thn

UM Rp. 203 jt, angsuran Rp. 7.300.000 x 28 bulan ( Lanjut Kredit )

Chevrolet Blazer Tahun 2003 AC, Tape, Velg, PS, PW, CL, Mulus Sekali, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 2.435.000 x 21 bln, Ass All Risk.

Siap pakai Rp 49 jt, UM : 15jt, Angsuran Rp 1.498.000 X 35 bulan

Harga Rp. 115 jt, UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 3.100.000 x 48 bln

10

RELASI

HONDA STREAM TAHUN 2002

TOYOTA KIJANG INNOVA G EURO TAHUN 2008

AC, Tape, DB, Velg, PS, PW, CL, alarm, Rp 169 jt, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 4.750.000 x 47 bulan, Asurans All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

Toyota Kijang Innova Tahun 2004

AC, Tape, velg, PS, PW, CL, Mulus, UM Rp. 45 jt, angsuran Rp. 2.768.900 x 29 bln Lanjut Kredit

AC, tape, velg, PS, PW, CL, Rp. 129 jt, UM Rp. 26 jt, angsuran Rp. 3.498.000 x 47 bln.

mendatangi tempat sampah dan saluran air. Warga Karombasan Utara yang sudah berumur 57 tahun ini, sudah bekerja sebagai

pemulung sejak 6 tahun dari sebelumnya pernah bekerja sebagai buruh bangunan. Setiap hari, dirinya dapat

0852 5691 1778, 0853 4050 9800

FATHIA TJUNGKENG

AC,Tape,velg,PS,P W,CL,Alarm,Mulus sekali. OTR Rp. 165 jt, UM Rp. 31 jt, Angsuran Rp. 4.299.500 x 47 bln. Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun

Berpikir dan Berbuat

Investasi ke Bank Sulut butuh payung hukum

Baca: Sekkot ( Halaman 11)

DAIHATSU TERIOS TS EXTRA TAHUN 2011

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

mengumpulkan sekarung penuh botol plastik bekas untuk dijual kembali dengan harga Rp7.500/ kilo. Namun tak selamanya, kemujuran berpihak kepada dirinya. Sebab terkadang dirinya hanya bisa mengumpulkan 5 kilo saja dalam sehari. Uang hasil penjualan botol plastik bekas tersebut akan diberikan kepada istrinya untuk dipakai dalam keperluan biaya makan sehari-hari keluarganya. Namun ada kalanya oleh Markus sendiri baru akan menjual botol plastik bekas itu dalam beberapa hari, supaya hasilnya juga bisa didapatinya banyak. “Dalam seminggu kalau saya sendiri mengumpulkan botol bekas tersebut, bisa mencapai 10 hingga 15 kilo. Namun karena kebutuhan ekonomi setiap hari, terpaksa 3 hari sekali saya hanya bisa menjual 2 hingga 3 kilo saja,” ucapnya.(elha)

ISUZU PANTHER PICK UP TURBO TH. 2007

TOYOTA ALTIS G TAHUN 2003

DAIHATSU TERIOS TX TAHUN 2010

TOYOTA VIOS E TAHUN 2004

SUZUKI GRAND ESCUDO XL 7 THN 2005

Suzuki Carry 1.5 DRV Tahun 2002

Mulus sekali, Rp. 86 jt, UM Rp. 15 jt, Angsuran Rp. 3.099.000 x 35 bln

UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 3. 598. 000 x 47 bulan.

Daihatsu Terios TX Tahun 2010 Rp. 159 jt, UM Rp. 32 jt, angsuran Rp. 4.298.000 x 47 bln. Ass All Risk 1 tahun.

AC, tape, velg, PS, PW, CL, Rp 95 jt, UM Rp. 17 jt, angsuran Rp. 2.789.000 x 47 bln, asuransi all risk.

AC, Tape, velg, PS, PW, CL, DB, alaram, Rp. 110 jt, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 3.598.000 x 35 bln.

Suzuki Carry 1.5 DRV Tahun 2002 Siap Pakai Rp. 65 jt, UM Rp. 15 jt, angsuran Rp. 2.100.000 x 35 bln.

Isuzu Panther HONDA ALL NEW JAZZ Tahun 2009 PUTIH LS Tahun 2002 OTR Rp. 95 jt, UM Rp. 16 jt, angsuran Rp. 2.650.000 x 47 bln.

CJ TAHUN 1984

OTR Rp 179 jt, UM Rp. 36 jt, Angsuran Rp 4.750.000 X 47 bulan, Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

ISUZU PANTHER TOURING 2009/2008

MITSUBISHI TS PU TH. 2004

Model Jeep Wrangler bagus sekali Rp. 175 jt

Mulus, Rp 45jt,UM Rp 15jt, Angsuran Rp 1.358.000 X 36 bulan.

UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 4.550.000 x 47 bln, ass all Risk 1 thn. OTR Rp. 165 jt

TOYOTA STARLET THN 1996 TURBO LOOK AC, Tape, velg, PS, PW, CL, mulus sekali, Rp. 99 jt, UM Rp. 29 jt, angsuran Rp. 2.386. 000 x 48 bln.


SENIN 4 NOVEMBER 2013

Ekonom: Defisit pertanda konsumsi BBM tinggi DEFISIT neraca perdagangan Indonesia sebesar US$657,2 juta dinilai memperlihatkan masih besarnya konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM). Enny Sri Hartati, direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) mengatakan hal itu. Menurut dia, konsumsi BBM akan terus meningkat. Sebab pertambahan jumlah penduduk Indonesia dan pertambahan kendaraan terus terjadi. “Agak berat mengurangi impor minyak dan gas. Sampai kapanpun konsumsi BBM tinggi,” ujar Enny kepada INILAH.COM di Jakarta, Minggu (3/11/2013). Mengenai adanya tren penurunan impor non migas pada Agustus 2013, menurut Enny, itu hanyalah dampak penangguhan impor bahan baku. Masalahnya waktu itu gejolak rupiah yang membuat pengusaha mengambil stok dalam negeri sampai situasi rupiah stabil. Akibatnya, defisit current account tetap terjadi pada Septemeber lalu. “Non migas agak turun pada Agustus karena pelaku usaha mengeluarkan stok sisa saja,” jelas Enny. Enny mengatakan impor bahan baku juga tidak mungkin dikurangi. Itu bisa mengakibatkan pabrik gulung tikar. “Kalau bahan baku dikurangi implikasinya pabrik mati. Ini mempersulit,” katanya. Lagi pula tambah Enny untuk mengatasi defisit dengan menggenjot ekspor menemui banyak kendala. Terutama kendalanya situasi global yang perekonomiannya belum kunjung pulih. “Ekspor primer masih jatuh ditambah penurunan permintaan global,” katanya.(inic)

Hutan Kalimantan siap jadi sawah KEMENTERIAN Pertanian berencana mengambil alih lahan hutan untuk dialihfungsikan menjadi lahan pangan. Tunggul Imam Panudju, Direktur Perluasan dan Pengolahan Lahan Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian mengatakan, lahan hutan tersebut berada di Kalimantan dan nantinya Kementan akan mencetak sawah dan kedelai pada lahan tersebut. “Status pengalihan Lahan seluas 307 ribu hektar (ha), dari kehutanan dan Kementan untuk penggunaan lain di Kalbar, Kalteng dan Kaltim,” ujar Tunggul di Jakarta, Minggu (3/11/2013). Tunggul mengatakan, dari luasan lahan hutan yang akan dialihfungsikan sebanyak 307 ribu ha, setidaknya ada 298 luas lahan yang kementan akan menindaklanjuti menjadi layak tanam menjadi sawah atau kedelai. “Hasil survei 298 ribu ha di Kalbar dan Kalteng, hasilnya harus ditindaklanjuti Pemda. Sementara itu, seluas 123.685 ha masih berbentuk hutan ringan, infrastruktur belum ada. Satu kabupaten follow up di Kalbar 3000 hektare,” jelas Tunggul. Tunggul mengatakan pemerintah daerah harus memfollow up hasil survei yang layak tanam. Sebab tanpa keterlibatan pemerintah daerah, hutan yang telah dilepas tersebut akan sia-sia saja. “Pemda masing-masing harus aktif manfaatkan peluang, karena Kemenhut sudah melepas lahan hutan,” katanya.(inic)

Baleg ... dari Halaman 11 Ketua Baleg Dekot Manado, Franklyn Sinjal mengungkapkan, saat ini pihaknya telah membagi penyusunan 5 ranperda tersebut kepada panitia khusus yang telah diben-tuk sebelumnya. “Saat ini tinggal Pansus Ranperda Pendidikan dan Pansus Ranperda Kode Etik yang belum berprogress. Tetapi untuk 3 ranperda lainnya, itu sudah hampir selesai pembahasannya,” kata Sinjal. Sinjal sendiri mengungkapkan, kelima ranperda ini ditargetkan akan selesai sebelum akhir masa jabatan mereka, sebagai bentuk kerja mereka di Dekot Manado. “Kan sudah banyak Ranperda yang kita sahkan jadi Perda seperti Perda RTRW dan lainnya. Makanya inilah hasil kinerja kami di Dekot Manado sebagaimana tugas kami sebagai lembaga legislasi,” tegasnya. Anggota Komisi C Dekot Manado, Risal Dali menambahkan, dengan sudah disahkannya perdaperda tersebut, maka sejumlah kendala dan persoalan di lapangan dapat segera tertangani. “Selain itu ada perda yang berkaitan dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang harus segera ditetapkan dimana nantinya akan menambah pendapatan daerah. Karena itu kami sangat mendukung jika Badan Legislasi segera mentapkan perda-perda tersebut dan kami akan dukung sepenuhnya dengan segera mensosialisasikannya di tengah masyarakat,” kuncinya.(dede)

Dirut ... dari Halaman 11 “Untuk mencapai itu semua, saya sangat membutuhkan dukung dari semua pegawai di RS Kandou,” jelas MaRon saat melakukan pemantauan pasien, Jumat (1/11) pekan lalu. Tak hanya itu, dalam program 100 hari ini, dirinya juga akan melakukan banyak pembenahan di semua bidang baik pelayanan, administrasi serta keuangan, sehingga efesiensi dan efektifitas dari pengelolaan RS agar dapat dirasakan oleh semua stakeholder. “Saya juga akan melakukan terobosan pada program pemberian jasa medik langsung ke dokter yang melakukan operasi khususnya untuk pasien umum, kelas VVIP, dan VIP, kelas I dan kelas II,” katanya seraya menambahkan jika program lainnya yang siap diberikan adalah meningkatkan pelayanan di instalasi farmasi dengan menyediakan pelayanan obat baik pasien umum, pasien Jamkesmas dan pasien jaminan lainnya.(elha)

Lakukan ... dari Halaman 11 Dirinya mengatakan, bahwa pendekatan serta bersosialisasi dengan para warga lingkungan terus di lakukannya. Apalagi di lingkungannya tersebut terdapat bermacam-macam warga yang berasal dari berbagai suku dan agama, namun itu bukan halangan untuknya agar bisa melakukan pendekatan. “Ini semata-mata saya lakukan untuk menghindari masalah yang akan terjadi di lingkungan ini. Oleh sebab itu, saya sangat mengharapkan kerja sama dengan warga agar supaya hal ini bisa dicegah bersama tanpa harus saling merugikan,” ungkapnya.(elha)

Siswa ... dari Halaman 11 Sementara itu, salah satu siswa peserta pelatihan, Zulfikar Wahyudi ketika diwawancarai mengatakan, dirinya beruntung bisa ikut pelatihan karena merasa jadi semakin mandiri dan tak terlalu bergantung kepada orang tua. “Saya ingin kegiatan ini akan ada lagi. Karena disini kami belajar menghargai sesama teman dan kakak, menghormati dan mencari kawan lebih banyak,” kata siswa kelas 6 SDN 37 Manado itu.(emem)

Ekonomi 11 Bahan makanan penyebab Manado mengalami deflasi SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Bulan Oktober torehan sebesar 1,1% Manado—Bahan makanan kembali menjadi penyebab utama deflasi di Kota Manado, Provinsi Sulut, yang pada Bulan Oktober 2013 mengalami deflasi sebesar 1,10 persen. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Faizal Anwar mengatakan deflasi

terjadi karena adanya penurunan indeks pada kelompok bahan makanan. “Komoditas yang mengalami penurunan harga yakni bawang merah, cabe rawitan tomat sayur, daun bawang, cakalang, emas perhiasan, wortel, bawang putih, sawi putih dan daging

ayam ras,” kata Faizal. Menurutnya, laju inflasi tahun kalender sebesar 4,82 persen dan inflasi yoy sebesar 5,99 persen. Penurunan indeks pada kelompok bahan makanan sebesar 3,64 persen, kelompok sandang 0,53 persen, transpor, komunikasi

dan jasa keuangan sebesar 0,06 persen. Sementara, yang mengalami kenaikan, kata Anwar adalah kelompok pendidikan, makanan jadi, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar serta kelompok kesehatan. “Di Indonesia ada 39 kota IHK mengalami inflasi dan 27 kota mengalami deflasi,” pungkasnya.(haer)

Indeks konsumen Indonesia tertinggi di dunia Jakarta—Nielsen melaporkan indeks konsumen Indonesia tertinggi di dunia pada level 120 untuk kuartal III-2013. Managing Director Nielsen Indonesia Catherine Eddy mengatakan, Indonesia tetap menjadi negara yang memiliki kepercayaan diri konsumen tertinggi di dunia dengan nilai Indeks Kepercayaan Diri Konsumen di level 120. “Padahal, indeks tersebut turun 4 poin dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Kepercayaan diri konsumen di Asia Tenggara pada kuartal ketiga (Q3) 2013 terus berada di antara yang tertinggi secara global,” ujar Catherine di Jakarta, Minggu (3/11/2013). Alasan turun 4 poin, lanjut Catherine karena konsumen mengindikasikan bahwa mereka lebih fokus pada menabung untuk masa depan dan me-

INDONESIA tetap menjadi negara yang memiliki kepercayaan diri konsumen tertinggi di dunia.(foto:ist)

nyusun kembali prioritas pengeluaran utama mereka untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Menurut Catherine urutan kedua diperoleh Filipina yang turun tiga poin menjadi 118. Thailand dan Malaysia juga

berada di antara negaranegara yang paling percaya diri meskipun mencatat sedikit penurunan selama dua kuartal terakhir. “Kepercayaan konsumen di Thailand turun dua poin menjadi 112 pada Q3 2013 dibandingkan

dengan kuartal sebelumnya, dan Malaysia juga mencatat penurunan dua poin menjadi 101. Kepercayaan konsumen di Singapura meningkat tiga poin menjadi 98 pada Q3, dan Vietnam meningkat dua poin menjadi 97,” katanya.(inic)

belum selesai,” jelasnya. Sebelumnya, Pansus Penyertaan Modal ke Bank Sulut mencetus ide Pemkot Manado akan menanam modal ke bank Sulut sebesar Rp100 milliar, dengan cara melakukan investasi secara multi years selama 5 tahun dengan cara menyisihkan PAD. “Rencananya diambil dari total PAD itu sekitar 5 persen setiap tahun. Jadi selama 5 tahun, kita bisa menanam modal sebesar Rp100 milliar,” kata

Anggota Pansus Sonny Lela. Senada disampaikan Sekretaris Pansus, Amir Liputo dimana menurutnya, besarnya modal yang akan ditanam tersebut, diharapkan mempunyai timbal balik berupa deviden yang besar dan berpengaruh pada PAD. “Makanya, pembahasan ini harus dilakukan sangat detail, dimana kita perlu mengundang direksi Bank Sulut juga mengundang Bank Indo-

Semua hanya ada di itCenter Techno & Lifestyle Manado, tempat belanja dan bisnis

paling Oke, yang semakin ramai, semakin lengkap dan semakin terjangkau.(*)

Pada fun bike tersebut, Sekkot menuntun peserta yang berjumlah sekitar 40 orang. Tidak ketinggalan da-

lam rombongan tersebut ada Kepala Pusat Pengkajian Kemitraan Pelayanan Jasa Transportasi Kemenhub RI dan

yang adalah Ci’ Lan langsung dibawah ke rumah sakit. “Salah satu pemilik ruko sedang memasak, kemudian kompornya meledak, hingga terjadilah kebakaran yang turut menghanguskan 14 buah ruko yang saling berjejeran. Sedangkan Ci’ Lan sendiri yang juga turut menjadi korban akibat semburan gas telah dibawa ke rumah sakit,” ungkap Sambuaga di lokasi kejadian. “Musibah ini harus menjadi pengalaman berharga warga harus lebih waspada baik rumah maupun tempat usaha,” pesan Wawali. Dalam upaya pemada-

man kebakaran tersebut, Damkar sendiri ikut dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran milik PT Megamas bersama personilnya. Sementara itu, Kadis Sosial Frans Mawitjere yang dimintai keterangan Minggu (3/11) kemarin, terkait bantuan untuk warga korban bencana kebakaran, mengatakan, untuk sementara telah dibangun tenda bagi warga pengungsi dan telah disediakan dapur. “Kami juga ikut berkordinasi dengan badan bencana, PMI dan unsur lain yang berkaitan dengan penanggulangan bencana,” kunci Mawitjere.(teem)

memeriksa secara teliti kembali satu per satu. Kami masih temukan banyak sekali pemilih ganda dengan NIK yang sama seperti di Kelurahan Tikala Baru dan Paal IV,” timpalnya. Panwaslu Kecamatan Malalayang pun menemukan hal yang sama. Anggota Panwaslu Kecamatan Malalayang, Y Nasaru mengungkapkan, nama ganda di wilayahnya

sama sekali tidak dirubah. “Ada satu orang yang ternyata mempunyai 5 nama dan itu ada di Kelurahan yang berbeda,” kata Nasaru. Ketua Panwaslu Kecamatan Wenang, Ferdinand Tuilan sendiri menyebutkan jika kinerja KPU terkait dengan permasalahan nama pemilih ganda ini sangat lambat dan terkesan tidak mau melaksanakan tugasnya.(dede)

Bisnis perjalanan berpotensi naik di 2014 New York—Bisnis perjalanan di tahun depan berpotensi naik seiring dengan perekonomian yang membaik dan laba perusahaan serta kenaikan bisnis investasi. Sebuah studi dari Global Business Travel Association memprediksi kenaikan 7,2 persen dalam perjalanan bisnis untuk tahun 2014 US$288 miiar. Studi yang mendapat dukungan dari sebuah kartu kredit ini dilakukan terhadap 250 profesional dalam bisnis perjalanan. Industri ini mengharapkan terjadi kenaikan pendapatan dan pertumbuhan ril. Volume bisnis harus tumbuh 1,6 persen pada tahun 2014 mencapai 459.200.000. Demikian mengutip cnbc.com, Minggu (3/11/ 2013). Sementara American Express Global Business Travel pada bulan Oktober 2013 lalu merilis survei tentang the Best Western Small Business Travel. Survei ini menemukan 80 persen dari 400 pengusaha UKM di AS akan meningkatkan perjalanan bisnis di musim gugur dibanding tahun 2013.

Sebanyak 53 persen akan melakukan perjalanan bisnis dan liburan. Mereka akan membawa teman dan keluarganya. Sementara sebanyak 46 persen akan memperpanjang perjalanan bisnis untuk dilanjutkan dengan rekreasi. “Harga tiket di Amerika Utara diperkirakan akan turun di tahun 2014 karena persaingan dari biro perjalanan, tingkat pengangguran bertambah dan pengetatan perjalanan bisnis,” demikian American Express Bisnis Global Travel Forecast 2014 dalam rilisnya, Rabu (30/10/2013). Kompetisi juga akan menekan harga tiket maskapai di Eropa, Timur Tengah dan Afrika. Jadi dapat meningkatkan pilihan untuk kelas bisnis dengan adanya penerbangan murah. Namun untuk harga sewa kamar hotel berpotensi naik seperti di AS rata-rata US$110. Untuk tingkat hunian rata-rata 64 persen. Untuk tahun 2013 ini tarif kamar tumbuh 4 persen dan tingkat hunian di AS tumbuh 1,5 persen lebih.(inic)

nesia untuk penjelasan mengenai sehat atau

tidaknya Bank Sulut ini,” katanya.(dede)

Investasi ... dari Halaman 10 Dijelaskan Sinjal, semangat penyusunan Ranperda ini sendiri didasari oleh catatan dari Badan Pemeriksa Keuangan yang menyebutkan modal di Bank Sulut harusnya mempunyai payung hukum tetap. Sebab selama ini, sistem penanaman modal di Bank Sulut, rupanya tak dilandasi sebuah Peraturan Daerah sehingga baik oleh Pemkot maupun Dekot Manado, sama-sama berinisiatif mengajukan Ranperda, walaupun

akhirnya yang digunakan adalah Perda Inisiatif Dekot Manado. “Selama ini ternyata deviden yang dihasilkan dari modal awal itulah yang kemudian disalin lagi menjadi modal tambahan. Nah, disini ternyata tidak ada Perdanya. Ini yang akhirnya membuat Dekot Manado harus membuatkan payung hukumnya. Oleh karena itu saya menyebutkan jika Ranperda Penyertaan modal

itCenter ... dari Halaman 10 Pembeli bahkan bisa membawa pulang barang hanya dengan 0 rupiah atau tanpa DP.

Dengan angsuran super ringan, membuat semua warga bisa menjangkau harga disini.

Wawali ... dari Halaman 10 Sejarawan Anhar Gonggong pun langsung memberian apresiasi terhadap pemerintah Kota Manado dan kepada Wawali karena terus mengingat dan menjaga akan seorang pahlawan besar seperti HV Worang. Akan rencana, sejarawan Anhar Gonggong bakal membuat film berhubungan dengan kepahlawanan HV Worang dan itu mendapat dukungan dari Pemkot Manado. “Ini sebuah bentuk penghormatan, juga ketika ada yang ingin menfilm-kan sosok

pahlawan putra terbaik Sulut, tentunya selaku pemerintah kota Manado siap mendukung pembuatan film itu,” ungkap Wawali. Hadir juga dalam seminar itu Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Dr Djauhari Kansil MPd, mantan Gubernur Abdul Mokoginta, serta istri dari Mayor Jendral TNI (Purn) Hein Victor Worang, ibu Henny Worang-Tompunu serta Kepala Dinas Sosial Kota Manado Frans P Mawitjere SH dan para undangan - undangan lainnya.(teem)

Kepala-Kepala Dinas Perhubungan dari Provinsi Sumut, Kepuauan Riau, Medan dan Batam. Wawali Manado Harley Mangindaan SE MSM sebelum membuka kegiatan fun bike ikut juga mendampingi peserta tim mengunjungi Pulau Bunaken dan Gala Dinner. “Terima kasih atas jamuan serta keramahan dari Pemkot Manado

selama tiga hari dengan mengadakan diskusi disini. Manado sangat berkesan sekali. Saya sampai bawah anak dan isteri karena penasaran akan cerita-cerita mengenai keindahan Manado,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara, Anthony Siahaan saat akan diantar Wawali menuju bandara.(teem)

Sekkot ... dari Halaman 10 Tentunya kami pemerintah dan warga Manado yang dipimpin Walikota GS Vicky Lumentut dan Wawali Harley Mangin-

daan begitu berharap rencana bantuan akan transportasi di kota Manado bisa segera terealisasi,” harap Sekkot.

14 ruko ... dari Halaman 9 “Dari data sementara, ada sekitar 14 ruko yang dilalap api. Kami akan mencari tahu asal kejadian bencana itu dengan berkoordinasi bersama kepolisian dan pihak terkait. Demikian juga jumlah kerugian yang diderita warga di ruko tersebut. Akan kebakaran itu, kami terjunkan 7 armada Damkar dan yang pasti hal itu juga sudah dilaporkan langsung ke Walikota,” terang Wawali di lokasi kejadian. Diketahui, kebakaran terjadi diantara Jl Nusantara dan di Jl Veteran Kelurahan Calaca (Kompleks Pasar Bersehati) Lingku-

ngan III Kecamatan Wenang. Berdasarkan informasi yang disampaikan warga sekitar, api berasal dari toko Sinar Baru pada pukul 10.00 Wita dan menjalar ke toko-toko di sekitar yang saling berhimpitan. Namun desas-desus beredar, kebakaran justru akibat ledakan tabung gas elpiji yang berasal dari Apotik Prima dimana sang pemilik Ci’ Lan (60 tahun) sedang melakukan aktivitas memasak di lantai 2 ruko dan tiba-tiba kompornya meledak. Hal itu pun dibenarkan Camat Wenang, Donald Sambuaga dan korban

Panwas ... dari Halaman 9 Pihaknya pun dalam hal ini sangat berterima kasih terhadap peran Walikota Manado GS Vicky Lumentut yang memberikan perhatiannya dengan mengerahkan jajarannya bersama KPU untuk menuntaskan persoalan pemilih ganda. “Kami sangat apresiasikan Walikota Manado yang memberikan perhatian membantu KPU dengan memerintahkan Discapil lewat seluruh

lurah untuk terlibat melengkapi DPT tanpa kartu keluarga dan NIK,” katanya. Sementara itu, Ketua Panwas Tikala, Isa Anshar Jusuf mengungkapkan hal yang sama sebagai temuan di lapangan. “Sebenarnya tugas Panwas itu hanya menemukan sampel adanya kesalahan DPT bukan mencermati satu persatu. Artinya, kalau ada kesalahan, KPU harus

Walikota ... dari Halaman 9 Program itu, menurutnya, adalah salah satu program pemerintah yang telah menjadi bagian dari masyarakat sehingga program ini akan sangat membantu jemaat dan masyaraat. “Setia berbagi kasih bersama kaum yang kurang mampu, menandakan kuatnya kebersamaan dalam berdiakonia dan berjemaat,” tambahnya. Usai ibadah, walikota yang merakyat ini membaur bersama jemaat dan menya-

lakan lilin ulang tahun jemaat didampingi Khadim Pdt Baltasar Darungo STh, Ketua BPMJ Bukit Karmel Batu Kota Pdt KRM Wuntu-Kuhon STh dan Drs Joy Korah yang mewakili Pemprov Sulut. Turut hadir, Kadis Kesehatan Manado, dr Robby Mottoh, Kadis Pertanian Manado, Ir Phillip Sondakh, Camat Malalayang, Drs Danny Kumajas dan Lurah Batu Kota Audy Rumengan.(dede)

20 persen ... dari Halaman 9 Sendoh pun pada kesempatan itu memberikan pengarahan tentang mekanisme ujian test sembari berpesan agar tidak melakukan kecurangan di lokasi ujian. Diketahui, ujian CPNS K2 dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia ini dibagi atas dua bagian.

Pada bagian pertama adalah tes kompetensi dasar, dan bagian kedua adalah tes bidang. Turut memantau ujian CPNS K2 2013 ini dari Kementerian PAN RB, BKD Pemprov Sulawesi Utara, BPKP, BKN Kantor regional 11, serta aparat kepolisian.(teem)


Mintom Minahasa, Tomohon

SENIN 4 NOVEMBER 2013

KEBIJAKAN

Kinerja SKPD mulai diawasi

BUPATI dan Wakil Bupati Minahasa.

Ramuan Alami...Diolah dari Satu Tumbuhan

AMPUH BERKHASIAT

JAMU GONDOKAN "BENALU BATU"

Menyembuhkan tumor dan kanker berkhasiat pula menyembuhkan penyakit Hosa (sesak nafas). Haid yang terus menerus, Sakit Pinggang, Sakit Kepala, membersihkan nikotin, Sakit Ginjal, Tulang Ngilu-ngilu, Pandangan terganggu, Sakit Maag, Benjolanbenjolan, Badan Sakit, Rasa Capek-capek, Kencing Manis, Reumatik, Membersihkan Akar Tumor sesudah Operasi, Pusing Pandangan Berputar-putar, Menurunkan Darah Tinggi, Eksim, Gondok dan TBC, dan berbagai Penyakit Dalam lainnya.

RAMUAN KHUSUS PRIA "ZINGMAN" Untuk memperpanjang, memperbesar serta mengeraskan tegangan alat Vital/Penis Standart Rp. 70.000,- Istimewa Rp. 140.000,Untuk mengentalkan dan memperbanyak Sperma serta menambah Gairah Sex Perbotol Kapsul Rp. 50.00,Untuk menyembuhkan Penyakit Impotensi/Lemah Syahwat yang tegang sewaktu-waktu, per Tube Rp. 50.000,Untuk mampu lebih lama dalam bersetubuh, Tissu Rp. 25.000/dos dan semacamnya.

PENGURAS WC “Multi Bio Natural” Mencegah dan menguras WC Penuh, Tersumbat, Menghilangkan Bau pada Septic Tank dan Saluran Pipa tanpa disedot.

INFORMASI HP 081356233644, 081340201035 Jl. Lumimuut No. 38 depan Ex Hotel Mayo Manado

Berpikir dan Berbuat

12

158 peserta tak ikut ujian CPNS Lembar jawaban langsung dibawah ke pusat

BUPATI Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajouw MSi dan Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang mengharapkan agar jajarannya dapat meningkatkan pelayanan masyarakat. Untuk itu, kedua pemimpin Minahasa mengaku akan mengawasi kinerja dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Wakil Bupati menegaskan, bila untuk tugas kerja para kepala SKPD akan diawasi secara benar dan pastinya akan lebih mengarah pada pengawasan secara ketat. “SKPD akan diawasi tentang keberadaan mereka dalam menjalankan tugas mereka. Jika mereka tidak melaksanakan tugas secara baik dan benar, maka ini sudah pasti akan memberikan kemampuan dasar bagi kepala SKPD untuk dapat mewujudkan tugas dan tanggung jawab yang benar. Disisi lain juga masyarakat akan menilai tentang keseriusan mereka dengan tugas yang mereka kerjakan. Artinya juga perlu untuk ada penanganan lebih lanjut, bila masyarakat menilai bahwa ini akan merugikan mereka sudah pasti akan ditindak secara benar,” ujar Sarundajang. Lebih lanjut dikatakannya, bahwa untuk ke depannya, maka kerja keras akan mengubah kebiasaan yang buruk bagi sebuah sesuatu yang layak untuk diperjuangkan. Sarundajang mengatakan ada 3 hal penting yang wajib diperhatikan adalah kerja keras, kerja cerdas dan kerja disiplin. “Hasil akan jauh lebih baik dengan mengandalkan prinsip tersebut, kedepannya pula memang lebih mengarah pada job description yang baik. Ketika momen ini perlu untuk ditunjang, kenapa tidak. Ada hal yang baik dalam mewujudkan seluruh persoalan yang dilakukan secara baik dan selalu berpotensial. Kita berharap ini akan menjadi perhatian yang lebih serius. Salah satu pengawasan yang sempurna akan terlihat jelas ketika seluruh program yang dijalankan berakhir dengan baik,” ujarnya.(erer)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

Tomohon—Ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tomohon di Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon dan SMK Kristen I Tomohon, Minggu (3/11) kemarin, tidak sepenuhnya diikuti oleh peserta dari jalur umum dan tenaga honorer kategori 2 (K2). Buktinya, 158 peserta yang terdiri dari

148 peserta jalur umum dan 10 peserta K2 tidak ikut dalam ujian ini. Ketua Panitia Seleksi CPNS kota Tomohon, DR Arnold Poli SH MAP mengatakan, dari pelaksanaan ujian CPNS untuk kategori pelamar umum berjumlah 755 peserta dimana 148 peserta tidak ikut karena 102 peserta tak mengambil kartu ujian dan sisanya 46 orang lainnya sudah mengambil kartu ujian, tapi tidak datang

untuk mengikuti ujian tanpa alasan yang jelas. “Kalau yang jalur umum mengikuti ujian di ABI Tomohon, sedangkan Honda K2 laksanakan ujian di SMA Kristen 1 Tomohon. Yang tidak ikut, kemungkinan mereka lolos di daerah lain sehingga mereka mengambil nomor ujian di daerah tersebut,” kata Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon itu. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) To-

mohon, Masnah Pioh SSos menambahkan, dalam tahapan pelaksanaan ujian CPNS ini, para pelamar umum dan Honda diwajibkan mengikuti tes Kompetensi Dasar (TKD) yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), ditambah khusus untuk para tenaga Honda Tes Kompetensi Bidang. “Untuk lembar jawaban itu langsung dibawah ke bandara dan dikawal oleh aparat kepolisian sehingga

KAMTIBMAS

tidak mungkin terjadi kecurangan,” katanya. Sementara itu, salah satu peserta ujian dari Honda K2, Meinhard Supit mengungkapkan, bahwa dirinya yakin ujian yang diikutinya bakal mendapatkan hasil yang memuaskan. “Kalau soal ujiannya memang bisa dikatakan susah-susah gampang. Namun saya yakin dengan apa yang saya jawab itu sudah sesuai, apalagi sebelum ujian sudah belajar dan mengawali dengan doa,” kata Supit usai mengikuti

ujian. Dirinya berharap, dalam pelaksanaan ujian penerimaan CPNS dari umum maupun Honda K2, agar tidak ada jatah-jatahan atau titip-titipan, supaya yang lulus dan diterima nanti benar-benar sesuai dengan yang diinginkan Pemkot Tomohon. “Kalau sesuai dengan aturan kan tidak akan mendapatkan masalah kedepannya. Saya percaya penerimaan CPNS di Kota Tomohon ini sudah sesuai dengan aturan,” tambahnya.(gebe)

LINGKUNGAN

Kelurahan Walian resmi memiliki Poskamling Tim KLH nilai Adipura

FOTO bersama Sekkot Tomohon, Direktur Bimas Polda Kombes Toto Kisniarto SH, Kasubag Polmas AKBP Eli Sukiman, Kapolres Tomohon AKBP Ratna Setiawati SH, Kapolsek Tomohon Utara Iptu Jhiny Tuda, Camat Tomohon Utara, pemerintah dan perangkat Kelurahan Wailan.(foto:ist)

Tomohon—Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak melalui Sekretaris Kota Tomohon, DR Arnold Poli SH MAP, Sabtu (2/11) akhir pekan kemarin, menghadiri peresmian Poskamling seka-ligus Sekretariat Mapalus Kamtibmas Kelurahan Wailan. Poli mengatakan, bahwa keberadaan Poskamling ini sangat bermanfaat bagi semua lapisan masyarakat. Karena, dengan adanya poskamling ini menjadi tempat bagi penjaga keama-nan untuk bersamasama menanggulangi masalah yang mengganggu kenya-manan masyarakat. “Keha-diran poskamling di Kelu-rahan Wailan ini merupakan

upaya yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh pemerintah yang harus dilihat dan dipahami sebagai suatu ketulusan serta keingi-nan untuk menciptakan tatanan kehidupan masyara-kat yang lebih baik sejahtera aman dan damai. Harapan saya, semoga dengan diresmikannya poskamling di Kelurahan Walian ini tidak hanya menjadikan kelurahan ini semakin

berkembang dan dikenal, tetapi juga kehadiran poskamling yang baru dan representatif ini akan menjadi salah satu indikator keberhasilan di bidang keamanan dan ketertiban,” jelas Poli. Pada kesempatan ini juga, selaku Pemkot Tomohon, Poli menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pemerintah dan masyarakat Wailan atas

diresmikannya poskamling ini dan bisa menjadi motivasi tersendiri untuk meningkatkan dan mempertahankan prestasi yang dicapai dalam bidang keamanan dan ketertiban agar menjadi kebanggaan masyarakat. M e n g a k h i r i sambutannya, Poli berharap kiranya kerjasama yang baik antara aparatur pemerintah dan masyarakat di kelurahan ini akan menjadi motivasi dan semangat bagi kelurahankelurahan di Kota Tomohon untuk mencapai keberhasilan sebagaimana yang telah ditunjukan Kelurahan Wailan. Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Sulut yang diwakili oleh Direktur Bimas Polda Kombes Toto Kisniarto SH, Kasubag Polmas AKBP Eli Sukiman, Kapolres Tomohon AKBP Ratna Setiawati SH, Kapolsek Tomohon Utara Iptu Jhiny Tuda, Camat Tomohon Utara, Pemerintah dan perangkat Kelurahan Wailan, para Tokoh-tokoh masyarakat kel. Wailan, para tokohtokoh agama Kel. Wailan, organisasi sosial dan kemasyarakatan, dan para undangan.(gebe)

LIBUR

Hari ini PNS wajib masuk kerja Tomohon—Adanya hari libur dalam rangka Tahun Baru Hijriah 1 Muharam 1435 H pada Selasa (5/11) esok, bukan menjadi waktu libur bersama bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada hari ini. Hal itu dikatakan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tomohon, Masnah Pioh. “Esok (hari ini,red) tidak ada libur. Jadi PNS wajib masuk kerja. Libur bersama nantinya hanya hari Selasa (esok,red),” ujar Pioh

kepada wartawan, Minggu (3/11) kemarin. Dikatakan Pioh, pihak BKD akan mendata jumlah PNS yang tidak masuk. Jika ditemukan ada PNS yang tidak masuk tanpa alasan yang jelas, maka itu akan diberikan sanksi sesuai dengan PP 53 tentang disiplin pegawai. “Tidak ada alasan jika esok tak masuk. Kami akan mendata siapa saja yang tidak masuk,” katanya. Sekkot Tomohon, DR Arnold Poli SH MAP pun

menegaskan agar PNS yang ada di jajaran Pemkot Tomohon wajib masuk kerja. Untuk itu, dirinya meminta agar seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di jajaran Pemkot Tomohon untuk dapat mengabsen pegawainya. “Jangan sampai malah kepala SKPD yang tidak masuk. Pemotongan TTP akan diberikan bagi PNS yang tak masuk kantor,” katanya.(gebe)

tahap I pada pekan ini

To m o h o n — S e t e l a h ditunggu-tunggu, akhirnya tim penilai Adipura tahap pertama dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) dijadwalkan akan berkunjung ke Kota Tomohon pada Senin (4/11) hari ini untuk melakukan penilaian. Hal tersebut diungkapkan, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tomohon, Lily Solang. Dikatakannya, pihak BLH Kota Tomohon dan dinas terkait dalam hal ini Dinas Tata Ruang Pertamanan dan Persampahan (Distarumansa) Kota Tomohon dan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tomohon harus terus melakukan pemantauan di lokasi atau titik-titik pantau yang akan dinilai oleh tim penilai dari pemerintah pusat, serta harus adanya kesadaran masyarakat Kota Tomo-

hon untuk tidak membuang sampah sembarangan. “Memang sudah ada kepastian awal minggu depan (hari ini,red) dimana wilayah di Sulawesi Utara (Sulut) akan dinilai. Tapi, kalau untuk jam berapa penilaiannya, itu belum bisa dipastikan, karena memang dirahasiakan,” kata Solang. Sebelumnya, Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak berharap akan adanya dukungan serta sinergitas masyarakat untuk tetap menjaga kondisi lingkungan agar tetap bersih, indah, nyaman dan aman. “Camat dan Lurah itu harus terus melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Senin Asri Bersih, Damai danAman (Gema Sabda) secara rutin, agar kondisi lingkungan tetap terus terjaga,” katanya.(gebe)

TATA KOTA

Mendirikan bangunan wajib 6 meter dari jalan Tomohon—Masyarakat Kota Tomohon diminta agar dalam melakukan pembangunan maupun yang sudah memiliki bangunan, diharapkan agar dapat mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh Pemkot Tomohon melalui instansi terkait. Kepala Dinas Tata Ruang, Pertamanan dan P e r s a m p a h a n (Distarumansa) Kota Tomohon, Ir Royke Roeroe mengatakan, sempadan jalan yang dimaksud adalah jarak dari trotoar hingga bangunan yang didirikan harus ½ dari ruas jalan yang dibangun. Misalnya apabila jalan tersebut dibangun dengan lebar 12 meter, maka sempadannya adalah 6 meter atau harus

berjarak 6 meter dari trotoar, baru bisa didirikan bangunan. Dengan demikian, apabila ada pelebaran jalan yang akan dilaksanakan Pemerintah, maka bangunan tersebut tak akan dibongkar. “Dalam IMB diatur bahwa bangunan yang didirikan harus mengikuti sempadan jalan, dan didalamnya ada pernyataan dari yang mengurusnya. Jadi apabila dibangun tidak sesuai dengan IMB akan dibongkar, apalagi bangunan yang tak ada IMB sama sekali, pasti dibongkar juga,” katanya. Dirinya juga menjelaskan, untuk saat ini bangunan yang dilakukan warga dengan mengurus IMB di Kota Tomohon masih kurang. “Kebanyakan yang telah memiliki IMB itu adalah bangunan yang didirikan untuk kepentingan usaha. Selain itu, ada juga masyarakat yang memiliki IMB, namun masih yang diterbitkan Kabupaten Minasaha. Akan disosialisasikan ke masyarakat, bahwa setelah Tomohon terpisah dari Kabupaten Minahasa, maka IMB yang diterbitkan Minahasa harus dibuat k e m b a l i , ” tambahnya.(gebe)


Minselutra Minsel, Minut, Mitra

SENIN 4 NOVEMBER 2013

PILHUT

Kondoy terpilih jadi Kumtua Rumoong Atas

HUKUMTUA Rumoong Atas terpilih dan istri berfoto bersama.(foto:ist)

PESTA demokrasi Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Desa Rumoong Atas Kecamatan Tareran, telah digelar pada Jumat (1/11) lalu. Dan dalam Pilhut desa tersebut yang diikuti oleh dua calon, yakni Johan Kawatu nomor urut 1 dan Maks Alexander Kondoy calon nomor urut 2, berhasil dimenangkan Kondoy, setelah sukses mengumpulkan 471 suara dari 860 surat suara yang masuk, dan calon nomor urut 1 hanya mengumpulkan 384 suara, sementara surat suara yang rusak berjumlah 5 lembar. Kumtua terpilih Maks Kondoy yang ditemui selesai penyelenggaraan Pilhut, kepada Swara Kita mengatakan, kesuksesan dirinya dalam Pilhut saat ini merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan Yesus Kristus kepada dirinya dan keluarga, sehingga dirinya berjanji akan melaksanakan tugas dengan baik sebagai Kumtua Desa Rumoong Atas periode 20132019, untuk menjawab semua kepercayaan warga. “Saya beserta keluarga mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yesus Kristus, atas anugerahnya sehingga saya boleh terpilih. Dan juga kepada seluruh warga yang sudah mendukung saya, juga diucapkan terima kasih. Dan untuk menjawab semua kepercayaan yang sudah diberikan kepada saya, maka saya berjanji akan melaksanakan semua visi dan misi saya, untuk membangun Desa Rumoong Atas tercinta ini,” ujar Kondoy. Ditambahkannya, penyelenggaraan Pilhut Desa Rumoong Atas, sudah selesai. Untuk itu dirinya mengharapkan kepada seluruh warga untuk tidak ada lagi perbedaan, sehingga apa yang di cita-citakan dalam menuju masyarakat Rumoong Atas yang makmur dan sejahtera dapat segera terwujud. “Pilhut sudah selesai, oleh sebab itu diharapkan kepada semua warga untuk tidak ada lagi perbedaan. Dan marilah kita satukan hati dan saling bergandengan tangan untuk desa yang kita cintai ini,” pungkasnya. Sementara itu, Camat Tareran Wildy Podung yang didampingi Ketua Panitia Pilhut Notje Karamoy memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh warga Desa Rumoong Atas, atas kerjasamanya yang baik, sehingga pelaksanaan Pilhut boleh berjalan lancar dan sukses. “Kami atas nama pemerintah Kecamatan Tareran dan pemerintah Desa Rumoong atas serta panitia pelaksana mengucapkan terima kasih kepada segenap warga, atas semua partisipasinya selama ini, sehingga Pilhut bisa berjalan sesuai yang diharapkan,” ucap Podung.(try28/esem)

HUKUMAN BANG YOS

Sompie: Langkah Bawaslu itu tidak beralasan PERMASALAHAN yang menimpa tubuh Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI), dengan diberikannya hukuman percobaan selama dua bulan kepada Ketua Umum PKPI Sutiyoso atau yang biasa disapa Bang Yos, tidak membuat kader-kader PKPI panik. Bahkan dengan kondisi seperti ini, sejumlah kader, malah semakin merapatkan barisan untuk menggalang kekuatan di Pemilihan Umum (Pemilu) nanti. Salah satunya datang dari Ketua PKPI Minahasa Utara (Minut) Denny Sompie, dimana Sompie mengajak sejumlah kader untuk tetap tenang dan merapatkan barisan dalam menanggapi keputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). “Memang jika dilihat dari keputusan yang dikeluarkan Bawaslu dalam memberikan hukuman percobaan ke Ketua Umum PKPI, itu sangat tidak beralasan. Ini sama saja dengan melakukan pembunuhan karakter, padahal itu hanya silaturahmi malah dikatakan kampanye terselubung,” tutur Sompie, Minggu (3/ 11) kemarin..(eres)

INFRASTRUKTUR

Jalan perkebunan dan pertanian diminta diperhatikan PEMERINTAH diminta perhatikan semua jalan perkebunan dan pertanian. Apalagi sekarang revitalisasi pertanian merupakan program unggulan dari Pemkab Mitra, sehingga, fasilitas jalan harus memadai, untuk menunjang sektor pertanian dan perkebunan. Ketua KTNA Tombatu Timur Noch Rondonuwu, mengatakan fasilitas jalan memiliki sangat penting, bukan hanya di bidang pertanian, tapi disemua aspek. Karena ini sangat penting, sebab tanpa jalan yang memadai, maka semua akses akan terganggu. “Semua hasil perkebunan akan menjadi baik, jika ditunjang fasilitas jalan yang memadai,” ujar Rondonuwu. Senada dikatakan oleh Sekretaris KTNA Tombatu Timur Rully Anggoronggang, menurutnya, sejauh ini perbaikan akses jalan perkebunan itu, belum ada perbaikan sedikit dari pemerintah. Padahal, banyak lokasi perkebunan di Mitra, sebagai penghasil cengkih dan kelapa. Otomatis menjadi sumber penghasilan utama masyarakat untuk menunjang perekonomian, apalagi saat ini banyak masyarakat yang hanya memperbaiki jalan secara swadaya.(esel)

SURAT KABAR HARIAN

13

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Banyak Honda K2 tak ikut ujian Di Minsel, wartawan dan panitia dari provinsi terlibat adu mulut Sulut—Pelaksanaan ujian bagi sejumlah Honor Daerah (Honda) K2 khususnya Kabupaten Minahasa Utara (Minut) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) I Airmadidi, Minggu (3/11) kemarin, berlangsung aman, sukses dan lancar, dengan melibatkan sejumlah aparat seperti Kejari Airmadidi, Polres Minut, BKN Reg IX, BKD provinsi, LSM dan Tokoh Masyarakat dan Dekab Minut. Dimana, pelaksanaan yang direncanakan akan diikuti 403 Honda K2 Minut, ternyata hanya dihadiri sebanyak 388 peserta. Hal ini dikatakan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Minut Drs Aldrin Posumah MSi, dimana pembukaan ujian dilakukan Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA yang diwakilkan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Minut Drs JA Rumambi. “Sekitar pukul 08.00 Wita, pelaksanaan ujian dilakukan. Dan dari 403 Honda K2 yang diperkirakan akan terlibat langsung, ternyata yang hadir 388 peserta,” tutur Posumah. Posumah menjelaskan, untuk jumlah yang tidak hadir mencapai 15 orang dengan berbagai alasan dan hal. “Dari keterangan 15 orang ini, 4 orang yang terdaftar ternyata sudah meninggal, 1 orang sakit, dan 10 lainnya sudah diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah lain,” ungkap Posumah.

Disinggung mengenai 1 orang yang sakit, apakah akan diberikan keringanan dengan ujian susulan, Posumah mengatakan, tentunya melihat dari kondisi serta alasan yang kuat. “Bisa jadi seperti itu, namun tentunya ada aturannya, seperti keterangan sakit dari rumah sakit, dan kartu tanda peserta ujian yang sudah diberikan,” terang Posumah, sembari mengatakan saat ini naskah ujian yang sudah dilangsungkan telah diamankan di Polda Sulut, dan rencananya esok akan dibawa ke Jakarta untuk diserahkan ke Panselnas bersama provinsi, dan kabupaten/kota lainnya yang dikawal aparat kepolisian. Di Kabupaten Mitra, pelaksanaan ujian Honda K2 Mitra, yang digelar di tiga lokasi, yakni SDN Negeri 1 Ratahan, SMP N 1 Ratahan dan SMK N 1 Ratahan, yang juga turut diawasi oleh pihak BKN Regional IX di Manado, BPKP, Inspektorat serta BKDD Sulut, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Mitra Ronald Kandoli, yang juga langsung memantau semua ruangan pelaksanaan ujian. Kepala BKDD Mitra Phebe Punuindoong SH, menjamin kemurnian pelaksanaan ujian Honda K2. Apalagi bupati dalam berbagai kesempatan telah mewantiwanti agar pelaksanaan ujian Honda K2 dilaksanakan berdasarkan ketentuan dan aturan tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

BUPATI Minsel saat membuka soal sekaligus menyerahkan kepada peserta test CPNS Honda K2 Minsel.(foto:servi/sk)

Namun sayangnya, seperti halnya sejumlah daerah lain, pelaksanaan ujian Honda K2 tidak diikuti seluruh honorer yang sudah terdaftar dan masuk dalam data base, yakni sebanyak 791 orang. Dan banyak ditemui kursi peserta dalam keadaan kosong saat ujian sudah dimulai. Punuindoong sendiri, belum bisa memastikan alasan atas ketidakhadiran sejumlah tenaga Honda K2 pada pelaksanaan tes kemarin. Termasuk untuk jumlah peserta yang tidak hadir. “Kami sementara dalam pendataan, karena setelah ujian semua sudah dilaporkan dalam berita acara pelaksanaan ujian,” tukasnya. Sementara itu, pelaksanaan ujian Honda K-

2 di Kabupaten Minsel kemarin, berlangsung aman. Akan tetapi ada hal yang menarik terjadi, dimana para wartawan yang hendak melakukan peliputan di lokasi penyelenggara test CPNS sempat adu mulut dengan pihak panitia Provinsi Sulut yang bertugas di Minsel. Pasalnya, para awak media dilarang untuk melakukan peliputan, dengan alasan yang tidak masuk akal dan mengada-ngada. Dari pantauan Swara Kita, pelaksanaan test dimulai sejak pukul 09.00 Wita. Dimana, Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, didampingi Plt Sekkab Minsel, Assisten III Drs James Tombokan, dan Kaban BKDD Drs Roy Tiwa, serta pihak Polres Minsel, BKN, BKDD Provinsi,

Ngantung : Banyak yang tak ikut, mungkin karena warning bupati

termasuk pemberi SK akan dipenjarakan,” ujar Ngantung, yang juga turut serta mengawasi jalannya ujian Honda K2, Minggu (3/ 11) kemarin. Lanjutnya, disinyalir yang tidak ikut itu, kuatir dengan pernyataan bupati tersebut. “Tentunya ini sangat positif bagi mereka yang benarbenar memenuhi syarat, sehingga peluang mereka sangat besar untuk diakomodir sebagai PNS,” kata Ngantung.(esel)

PANTAUAN UJIAN HONDA K2

Ratahan—Banyaknya kursi kosong pada pelaksanaan ujian Honorer Daerah Kategori 2 (Honda K2) di Kabupaten Mitra, Minggu (3/11) kemarin, oleh Ketua LSM Gema Mitra Vidy Ngantung, menduga hal tersebut disebabkan karena adanya warning dari Bupati

Mitra James Sumendap SH. Menurutnya, terkait dengan ujian Honda K2, bupati beberapa kali telah mengingatkan kepada mereka yang merasa tidak memenuhi persyaratan sebagai tenaga Honda K2, sebaiknya untuk tidak ikut dalam ujian. “Mungkin

Inspektorat Provinsi, dan BPKP, membuka soal secara simbolis dan ujian dimulai. Namun, saat sejumlah wartawan yang akan mengambil gambar saat pelaksanaan ujian dimulai, dicegat oleh panitia Provinsi Sulut. Alasan yang dibuat oleh pihak panitia sangat tidak masuk akal, sebab dalam tata tertib tidak menyebutkan melarang wartawan untuk melakukan peliputan di tempat pelaksanaan. Sementara itu, Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, dalam sambutannya meminta agar para peserta dapat mengerjakan soal dengan baik sebelum jam usai. “Lihat dulu soalnya dan kemudian mengisi dengan baik, dan sebelum kumpul periksa kembali. Saya doakan semoga semua

sukses dan kalau perlu semua bisa sukses nantinya,” ungkap istri tercinta Kristovorus Deky Palinggi SE (KDP) ini. Plt Kaban BKDD Minsel Drs Roy Tiwa kepada sejumlah wartawan, usai pelaksanaan mengatakan, pelaksanaan ujian berjalan dengan baik dan tanpa gangguan. Dan untuk lembar jawaban akan langsung dibawa ke Polda Sulut untuk dititip dan kemudian diantar ke Jakarta. “Puji Tuhan berjalan lancar dan aman, dan untuk soal akan langsung kami musnahkan, sementara jawaban akan dibawa ke Polda Sulut, dan pada Senin 4 November akan langsung dibawa ke Jakarta untuk diperiksa,” tegas Tiwa.(eres/ esel/esem)

ROLLING PEJABAT

mereka (tenaga honda K2,red) yang tidak ikut ujian, karena memang mereka tidak memenuhi persyaratan. Apalagi dengan tegas bupati telah menyampaikan, meskipun ikut dan dinyatakan lulus, kalau kemudian ternyata menyalahi aturan, maka yang bersangkutan

Bupati : Cermati arahan saya, jangan jadi korban

APBD 2013

Ditunda, Dekab Minsel dinilai lumpuhkan pelayanan publik Amurang—Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) Minsel tahun 2013 ini belum jelas keberadaannya, sebab masih ditunda untuk dikonsultasikan. Pasalnya? Beberapa fraksi yang ada di Dekab Minsel kabarnya belum menandatangani akibat beberapa permintaan

masalah APBDP yang belum direalisasikan oleh pihak eksekutif. Tak heran, sejumlah kalangan menilai Dekab Minsel menjadi penyebab lumpuhnya sejumlah pelayanan publik yang ada di Kabupaten Minsel hingga saat ini. Dari informasi yang berhasil

dirangkum menyebutkan, Ketua Dekab Minsel Boy Tumiwa BSc SH dan sejumlah fraksi yang ada di Dekab Minsel, belum menandatangani APBD-P. Sehingga banyak pelayanan yang ada di perkantoran yang ada di Pemkab Minsel tak bisa berbuat apaapa alias lumpuh, kafrena

anggaran operasional yang tertata di APBD-P belum juga bisa dicairkan, sebab APBD-P tak jelas keberadaannya sampai saat ini. Sekretaris Dekab Minsel Drs Ben Watung, kepada sejumlah wartawan membenarkan ada beberapa fraksi yang belum menyetujui APBD-P tahun 2013, sehingga belum bisa dilaksanakan. “Tanyakan langsung ke Ketua Dekab, sebab ada fraksi yang harus menandatangani, tapi belum juga dilakukan,” tukas Watung.(esem)

APN 2013

Minut kembali masuk dalam nominasi Airmadidi—Berlangsung di Jakarta, di Hotel Bidakara, Jumat (1/11) pekan lalu. Bupati Minahasa Utara (Minut) Drs Sompie Singal MBA yang ditemani Kepala Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Ir Wangke Karundeng, memaparkan berbagai kenerja pembangunan, khususnya dibidang ketahanan pangan. Dalam pemaparan yang disampaikan Singal, potensi ketahanan pangan yang ada di Minut seperti kelapa, padi, palawija, perikanan, hewan ternak, serta buah-buahan yang dihasilkan. “Selain itu, kita juga memaparkan sejumlah program unggulan. Salah satunya program 3 S, yakni Sentuh Tanah (ST), Sentuh

USAI memberikan pemaparan soal potensi ketahanan pangan di Minut, Bupati Minut mendapat aplaus dari BPK RI.(foto: ist)

Air (SA), dan Sentuh Budaya (SB),” tutur Singal, Minggu (3/11) kemarin. Dari hasil pemaparan yang diberikan Bupati Minut Drs Sompie Singal, ternyata mendapat

apresiasi dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) RI, terutama soal program 3 S yang sudah dilakukan. Dan dari sejumlah kalangan, dengan hasil pemaparan tersebut, tidak

menutup kemungkinan, Kabupaten Minut dipastikan kembali masuk dalam nominasi Adikarya Pangan Nusantara (APN) 2013 untuk kesekian kalinya.(eres)

WAKIL Bupati Ronald Kandoli, melantik sejumlah pejabat yang baru dirolling, pekan lalu.(foto:ist)

Ratahan—Rolling atau perpindahan jabatan adalah hal yang lumrah bagi PNS, menjadi hal yang luar biasa apabila ada pejabat yang tidak menerima atau menolaknya. Demikian dikatakan Bupati Mitra James Sumendap SH, saat pelaksanaan pelantikan pejabat dilingkungan pemerintahannya, pekan lalu. “Pergantian ini atas dasar masukan dan pertimbangan baperjakat, melihat evaluasi kinerja dan skil. Dalam pidatopidato dan arahan-arahan yang saya sampaikan, menjadi keharusan dilakukan jajaran saya, sehingga perlu dicermati isi arahan, kebijakan dan instruksi saya. Sehingga anda tidak menjadi korban dari arahan yang tidak anda laksanakan, apalagi abaikan,” tegas Sumendap. Lanjutnya, arahanarahan darinya harus dapat ditin-daklanjuti dan direalisasikan lewat kinerja yang optimal. “Apa yang saya laksanakan berdasarkan kualitas dan kemampuan dalam menem-patkan pejabat. Karena cara

pandang, berpikir, bertindak saya, demi kemajuan Mitra, oleh karena itu tunjukan kinerja saudara saudara dan tetap semangat,” tandas Sumendap. Untuk itu, dirinya mengajak jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah yang dipim-pinnya itu, agar tetap sema-ngat dalam melaksanakan tugas tanggung jawab yang dipercayakan. Sementara itu, pelantikan para pejabat tersebut, dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Mitra Ronald Kan-doli, disaksikan langsung oleh Sumendap. Para pejabat yang dilantik diantaranya Camat Ratahan Jan Tora SE, Camat Ratatotok Arnold Mokosolang SPd MM, Sekertaris Inspektorat Aswin Rogahang SE MSi, Sekretaris Dinas Pendidikan Janni Rolos SSos ME, dan Sekre-taris Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Sosial Dolly Kapahang SIK MSi. Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan surat perintah bupati, untuk Plt Kadis Perhubungan Kominfo, kepada Sonny Wenas SSos.(esel)


Satalrobit

Sangihe, Talaud, Sitaro, Bitung

SENIN 4 NOVEMBER 2013

SURAT KABAR HARIAN

14

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Ujian CPNS di Talaud amburadul Distribusi soal terlambat dua jam dan banyak ditemukan nama ganda Sondakh dan Supit ikut pantau ujian Sulut—Pelaksanaan ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Talaud, yang dilaksanakan pada Minggu (3/11) kemarin terkesan amburandul. Hal ini menyusul banyaknya kesalahan pada distribusi soal yang mengakibatkan molornya waktu pelaksanaan hingga hampir 2 jam dari waktu yang ditetapkan. Tidak profesionalnya kinerja panitia pun terjadi bukan hanya pada distribusi soal, didapati kemarin ada lebih dari 30 peserta yang memiliki nama ganda pada formasi yang sama, masing-masing 10 nama yang sama pada jalur Honor Daerah (Honda) dan 20 nama yang sama pada jalur umum. Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Talaud Siloam Angkuma ketika dikonfirmasi wartawan terkait hal ini mengatakan bahwa keterlambatan pelaksanaan ujian bukan masalah serius. “Keterlambatan terjadi karena adanya kekeliruan dalam distribusi bukan karena ada apa-apa, tapi semuanya bisa segera diatasi dan hal ini bisa dimaklumi karena masih dalam batas kewajaran,” kilah dia. Jawaban yang sama juga dia katakan ketika diserbu pertanyaan terkait keberadaan puluhan nama ganda peserta ujian CPNS.

“Nama ganda memang ada. Tapi hanya ada 1 peserta,” katanya. Dalam pantauan Swara Kita peserta ujian pada jalur Honda diikuti sebanyak 1.215 orang dan jalur umum 377 orang. Sementara, justru di lokasi dimana dijumpai daftar nama ganda, namun kursi peserta terisi penuh. Alhasil, a m b u r a d u l n y a penyelenggaraan ujian CPNS dikritisi berbagai pihak baik peserta dan pengamat pemerintahan di Talaud. Ketua Sinode Germita Pdt Firdaus Mayusip tetap mengecam pelaksanaan ujian CPNS pada hari dimana umat kristiani menjalankan kewajiban beragamanya. “Ini adalah salah satu petunjuk lemahnya lobby pemerintah daerah atau karena ketidakpedulian dari pemerintah, terlebih pemerintah pusat terhadap hak dan kewajiban umat kristiani menjalankan ibadahnya yang dijamin dalam undang-undang dasar negara kita,” tegas Mayusip. Tetapi Mayusip menyatakan bahwa sebagai pemimpin umat dirinya menghimbau seluruh umat yang beribadah untuk mendoakan agar seluruh pelaksanaan ujian berjalan dalam terang kebenaran, jujur dan terlepas dari kepentingan individu ataupun kelompok tertentu, apalagi muatan-

Lomban Hadiri HUT GMIM Pniel Manembo-nembo ke-110 JEMAAT GMIM Pniel Manembo-nembo wilayah Bitung VII gelar syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) ke-110 pada Sabtu (2/11) lalu, yang diawali dengan ibadah syukur oleh ketua Jemaat GMIM Pniel Manembo-nembo Pdt Yudha Kawengian STh. Dsalam pesannya, Kawengian mengingatkan tentang perjalanan Jemaat GMIM Pniel dalam merayakan ulang tahun yang penuh dengan dinamika gerak juang pelayanan dalam upaya menjalin kebersamaan jemaat. Sementara itu, Wakil Walikota Bitung MJ Lomban yang hadir juga memberikan ucapan selamat atas bertambahnya usia GMIM Pniel. “Kiranya makna syukur yang dirasakan jemaat akan senantiasa mempersatukan segenap komponen melalui persekutuan dalam menjalin Kasih dan melayani, guna menuju kemajuan yang reprensentatif dan lebih berkembang,” kata Lomban. Pada kesempatan ini, Lomban pun menyampaikan beberapa program pemerintah untuk diketahui masyarakat dan jemaat gereja mengenai Kota Bitung telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) serta akan dijadikan Hub Port sebagai pintu gerbang perekonomian internasional. “Kemajuan kota ini tentunya harus diimbangi dengan peningkatan di dunia Pendidikan yang berkualitas apalagi akan dibangunya sekolah akademi logistik di Kota Bitung serta Sekolah Politeknik Industri yang nantinya akan mendukung segala aspek pembangunan di Kota Bitung,” kata Lomban. Diakhir kegiatan dilaksanakan Pemasangan Lilin dan pemotongan kue HUT oleh ketua jemaat bersama pelayan khusus dan selanjutnya disajikan Kepada Wakil Walikota Bitung, Ketua Dekot Bitung Santy Luntungan ST, Kapolres Kota Bitung Hari Sarwono, Camat Matuari Elen Sutrisno, dan Lurah setempat, dan disaksikan seluruh jemaat GMIM Pniel serta undangan yang hadir.(wepe/mm)

Baku tabrak, 2 korban dilarikan ke RSUD Mala DI tengah kesibukan para peserta dan panitia pelaksana ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Talaud, sekitar pukul 14.30 Wita, Minggu (3/11) kemarin terjadi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di ruas jalan depan Kantor Samsat Kecamatan Melonguane. Dua kendaraan bermotor roda dua tanpa plat nomor yang melaju dari arah yang sama saling bersenggolan, mengakibatkan dua korban yakni Aso dan Melinda Tahulending, yang mengakibatkan kedua korban terlempar sejauh hampir 10 meter dari lokasi kecelakaan dan harus dilarikan ke RSUD Mala duna mendapatkan perawatan yang cukup serius. Dari informasi yang berhasil dihimpun, korban Melinda mengalami luka lecet di sebagian badan dan luka robek yang harus dijahit di bagian kepala akibat benturan. Sementara korban lainnya Aso, hanya mengalami luka ringan. Pihak Polres Talaud melalui Kasatlantas AKP Demitrius Lariwu membenarkan kejadian tersebut dan langsung melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), untuk menentukan kronologi kejadian secara tepat untuk menentukan langkah/ proses selanjutnya.(try27/mm)

muatan politis. HONDA DIBITUNG Disisi lain, sebanyak 138 orang tenaga honor daerah (Honda) yang dibiayai bukan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau pun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sesuai dengan edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara no 5 tahun 2010 atau yang sering diistilahkan dengan Honor Kategori 2 pada Minggu (3/11) kemarin mengikuti ujian seleksi CPNS di SMPN 2 Bitung. Walikota Bitung Hanny Sondakh didampingi oleh Sekretaris Kota Bitung Edison Humiang, saat membuka sampul soal ujian menyampaikan kepada semua peserta ujian agar dapat mengikuti ujian dengan baik sehingga bisa mendapatkan hasil yang maksimal. “Berdoalah sebelum kalian

WALIKOTA Bitung Hanny Sondakh saat membuka sampul ujian CPNS di kota Bitung yang diikuti oleh 138 peserta.(foto: ist)

mengisi setiap lembar jawaban, mudah-mudahan kalian bisa berhasil,” tutur Sondakh. Walikota dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, selesai ujian semua lembar jawaban akan di bawah ke Jakarta untuk dinilai. “Nasib kalian, kalian sendiri yang menentukan untuk itu bacalah dengan teliti setiap soal, baru dijawab,” sambung Sondakh. Sebelum ujian dimulai, Walikota Bitung juga membacakan tata tertib peserta ujian seleksi CPNS tahun 2013 di salah satu ruangan ujian, sembari berharap

peserta dapat mentaati semua tata tertib yang ada. Pada kesempatan tersebut juga Kepala BKD-PP Kota Bitung Ferdinand Tangkudung mengatakan kalau ujian ini terdiri dari tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang. “Pemkot Bitung pada kesempatan ini meminta maaf kepada semua peserta ujian karena pelaksanaan ujian ini dilakukan pada Minggu, karena pelaksanaannya serentak se Indonesia,” jelas Tangkudung. Di Sitaro, pelaksanaan tes perekrutan CPNS mendapat pengawasan dan

RUANGAN ujian CPNS tampak penuh, namun didapati ada nama peserta ganda.(foto: ist)

pemantauan yang ketat dari sejumlah instansi seperti BKD Provinsi Sulut, BPKP, dan Inspektorat Daerah. “Ya, ada beberapa instansi yang terlibat lakukan pengawasan. Hal ini demi transparansi pelaksanaan ujian pada tahun ini,” tandas Bupati Sitaro Toni Supit SE MM dimintai tanggapan, diselasela pantauan lokasi ujian. Namun demikian, didampingi Ketua Dekab Djibton B Tamudia BAc, perwira penghubung, Kapolsek Sitim, Asisten I Drs Replein Areros, dan beberapa pejabat lainnya mengakui, dari

DAK BITUNG

Sejumlah tanah bangunan bermasalah Bitung—Sejumlah sekolah penerima Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) diduga bakal membuat persoalan baru bagi Pemkot Bitung. Pasalnya, ada beberapa sekolah dari pengakuan sumber yang ada di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bitung melakukan pembangunan bukan di tanah milik sekolah atau ada yang

hanya mengambil sedikit tanah warga. “Ada sekolah yang pembangunannya sudah dimulai namun hibah lahan belum juga dilakukan dan hal ini berpotensi masalah,” kata sumber seraya menjelaskan kalau ada satu sekolah di kecamatan Girian yang telah mengambil tanah warga sekitar 3 meter namun akta hibah belum ada. Sementara itu, Walikota Bitung Hanny Sondakh

saat dikonfirmasi Minggu (3/11) kemarin, dengan tegas mengatakan kepada pihak Kepala Dikpora dan kepala sekolah penerima DAK untuk melakukan pendataan. “Saya minta kepada kepala dinas Untuk melakukan pendataan akan hal tersebut sebab kami tidak ingin ada persoalan dikemudian hari hanya karena lahan pembangunan yang tidak disetujui oleh warga,” kata Sondakh.

Dia mencontohkan persoalan tanah sekolah di Manembo-nembo yang hingga kini masih berproses. “Memang pada awal semua persoalan bisa dibijaksanai antara warga dan sekolah, namun ketika ada persoalan bangunan DAK ini bisa di permasalahkan, untuk itu setiap sekolah penerima DAK saya sampaikan untuk melakukan tindakan antisipasi akan hal ini,” jelas Sondakh.(wepe/mm)

SAS Crossroad city Slalom

Ondang mulai imbangi Luntungan HASIL LOMBA SAS CROSSROAD CITY SLALOM

WAKIL RAKYAT

Dekab diperhadapkan sejumlah agenda penting Ulu Siau—Setelah diperhadapkan dengan agenda pembahasan KUAPPAS 2014 beberapa waktu lalu, Dekan Sitaro kini kembali diperhadapkan dengan sejumlah agenda yang tak kalah penting. Dimana hal tersebut diketahui setelah dilaksanakannya rapat Badan Musyawarah (Banmus), Jumat (1/11) lalu. Sekretaris Dekab Sitaro Dra Nontje Katiandagho MSi menjelaskan, sebelumnya Sekretariat telah menyusun agenda yang akan dilaksanakan jelang akhir tahun 2014. Namun hal tersebut mengalami perubahan, sesuai keputusan Banmus. “Intinya banmus berpendapat Dekab akan menggelar pembahasan agenda yang super prioritas,” kata Katiandagho. Dari hasil rapat Banmus ditetapkan urutan agenda

yang akan digelar dalam waktu dekat seperti, pembentukan pansus LKPJ lima tahun, dan dilanjutkan dengan pemandangan umum fraksi di Dekab Sitaro menyangkut pengantar pimpinan daerah. “LKPJ lima tahun merupakan agenda prioritas. Sebab tanpa adanya keputusan menyangkut LKPJ lima tahun, maka eksekutif dan legislatif tak dapat membahas APBD Perubahan 2013,” terang Katiandagho. Dia pun menambahkan agenda penting lainnya yang harus digelar Dekab Sitaro selanjutnya yakni pembahasan LPJ Tahun Anggaran 2012, pembahasan Ranperda PBB, penetapan Ranperda RTRW serta tugas pelaporan Dekab. “Semua akan dilakukan secara bertahap sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.(esge/mm)

Pemerintah susun RKA 2014

Station 1.Michael Rambing 2. Frangky Rumondor 3.Brian Pick Up 1.Kiki 2.Hendra Talaps 3.Nolen T FFA 1.Kiki 2. Buls Rompas 3. Ade Bar

PELAKSANAAN Lomba SAS Crossroad City Slalom yang juaranya dikuasai oleh pembalap Bitung.(foto: ist)

dipinalti hanya karena dengan sengaja menabrak pin lomba sehingga, SDO yang dengan sempurna menaklukan track lomba dan pencapaian waktu 1 menit 4 Detik dinobatkan sebagai pembalap terbaik, yang diikuti oleh Ade Lengkong 1 menit 12 detik pada posisi ke dua dan posisi ke tiga ditempati oleh Hendra Untu dengan waktu 1 menit 14 detik. Dikelas lain, ketanguhan anak-anak Crossroad tidak bisa dipandang sebelah mata. Nama-nama seperti, Frangky Rumondor, Michael Rambing mampu menjadi juara di Kelas City Car dan Station.

pembukaan sampul di SMU Negeri 1 Sitim. Sementara dari data yang dihimpun total peserta reguler yang tidak mengambil kartu ujian sebanyak 404 orang, dari total 2238 pelamar. Sedangkan untuk Honda K2 sebanyak 70 orang ikut serta dalam seleksi ini. “Sebenarnya jumlah Honda K2 sebanyak 71 orang, hanya satu di Tagulandang telah meninggal, maka jumlahnya tinggal 70 orang dan semuanya hadir ikut ujian,” terang Kepala BKDD Sitaro Drs Alfianus Marthin.(try27/ wepe/esge/mm)

PEMKAB SITARO

City Car 1.Frangky Rumondor 2. Buls Rompas 3.Hendra Talaps

Bitung—Devi Samuel Ondang (SDO) Ketua Crossroad Bitung kini mulai “patahkan” ketanguhan Juara Nasional Slalom Test Santi G Luntungan (SGL) saat kejuaraan SAS Crossroad City Slalom yang dilaksanakan di sirkuit depan kantir Walikota Bitung, Minggu (3/11). Buktinya, pada kejuaraan tersebut 2 pembalap nasional ini mampu m e n y u g u h k a n ketangkasanya ke penonton saat meliuk-liuk di pin lomba kategori Best of The Best. Sayangnya meski mempunyai total waktu tercepat dengan 1 menit, namun SGL harus

amatan beberapa lokasi ujian semuanya berjalan baik. Dan ini merupakan harapan pemerintah daerah selaku pihak penyelenggara ujian seleksi. “Sudah baik, dan seperti ini harapan pemerintah daerah,” katanya. Sebelumnya bupati membuka sampul LJK di SMK Negeri 1 Siau Timur, ruang satu. Kemudian lelaki bersahaja ini pun menggelar pantauan dibeberapa lokasi pelaksanaan ujian. Terbitan skedul BKDD, selain bupati, Ketua DPRD Djibton ‘Bogar’ Tamudia BAc melakukan kegiatan

Sementara itu, mewakili Pemerintah Kota Bitung Assisten 1 Pemkot Bitung Fabian Kaloh kepada wartawan mengucapkan terima kasih kepada promotor pertandingan Syerly Adelin Sompotan (SAS) yang perduli dengan olahraga otomotif di Bitung. “Kami mengucapkan terima kasih atas fasilitas yang diberikan oleh SAS demi perkembangan olahraga di kota Bitung,” jelas Kaloh yang didampingi oleh Sekretaris IMI Sulut Max Wurarah. Hal yang sama juga dikatakan oleh Jody Konding Mamentu yang memberikan apresiasi pada

Kota Bitung karena dalam waktu satu bulan ini sudah 3 kegiatan otomotif yang dilaksanakan. “Bitung menjadi barometer olahraga ini sebab di Kota Bitung banyak sekali ivent-ivent otomotif yang dilaksanakan sehingga tidak salah jika banyak sekali atlet otomotif di kota ini,” katanya. Sementara SAS sendiri pada kegiatan tersebut sempat menyanyikan beberapa lagu dangdut dan bergoyang bersama warga Bitung di tengah sirkuit. “Ini baru namanya tokoh masyarakat sudah cantik, pinter dan suka bergabung dengan masyarakat,” kata Vijay.(wepe/brik-s)

Ondong—Menindaklanjuti selesainya proses pembahasan KUA dan PPAS 2014 antara eksekutif dan legislatif, kini pemerintah daerah tengah melaksanakan asistensi guna menyusun Rencana Kerja Anggaran (RKA) 2014. Kegiatan yang melibatkan seluruh Tim Angaran Pemerintah Daerah (TAPD) itu dilaksanakan di kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Sitaro sejak pekan lalu. Bupati Toni Supit SE MM ketika dimintai tanggapannya terkait proses penyusunan RKA 2014 tersebut menegaskan agar TAPD maupun seluruh pimpinan SKPD untuk bisa memanfaatkan waktu yang ada guna merampungkan dokumen itu. “Apa yang menjadi usulan dari setiap SKPD harus dikaji secara mendalam oleh TAPD, supaya melahirkan program kerja yang benarbenar untuk kepentingan masyarakat,” kata bupati. Menurut bupati, perlunya kajian mendalam terhadap setiap usulan yang masuk dari SKPD untuk memaksimalkan anggaran yang ada. “Supaya anggaran yang tersedia bisa dimanfaatkan dengan baik untuk program kerja yang sifatnya mem-

prioritaskan kepentingan publik,” tandas dia. Bahkan dirinya mengingatkan kepada seluruh pimpinan SKPD yang ada untuk berkonsentrasi terhadap jalannya proses penyusunan RKA yang sementara dilaksanakan saat ini. “Kalau ada agenda tugas luar daerah, harap disesuaikan dengan jadwal asistensi yang ada. Jangan sampai pada saat jadwal asistensi SKPD bersangkutan, pimpinannya berada diluar daerah,” tegasnya. Sementara itu, Kadis PPKAD Sitaro Ir. Novia Tamaka mengatakan proses asistensi penyusunan RKA 2014 akan berlangsung hingga pekan depan. “Jadwalnya sudah ada dan dibagi per SKPD selama satu minggu ini hingga pekan depan,”ujar Tamaka. Dijelaskannya, penyusunan RKA 2014 tersebut dilakukan untuk persiapan pembahasan RAPBD 2014 yang nantinya akan dibahas dalam waktu dekat. “Kalau pada waktu lalu pembahasan KUA PPAS lebih menjurus kepada perencanaan program, kali ini apa yang tertuang dalam RKA lebih fokus ke penganggaran,” jelasnya.(esge/mm)


SENIN 4 NOVEMBER 2013

PEMBANGUNAN SRH

DL Sitorus siap rekrut putra putri daerah PEMBANGUNAN Sutan Raja Hotel (SRH) diatas tanah seluas 1,8 hektar yang sempat terhenti karena kesalahan komunikasi antara pihak investor dan pemerintah Kotamobagu (Pemkot), akhirnya akan segera di lanjutkan. Hal ini ketika investor dalam hal ini perusahaan milik DL Sitorus telah mendapatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemkot Kotamobagu. Bahkan telah melunasi biaya administrasinya. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Tata Kota Kotamobagu Alex Saranaung, bahwa tak akan lama lagi Kotamobagu sebagai kota jasa akan memiliki hotel bintang tiga yang diupayakan lengkap dengan berbagai pelayanannya. karena pihak investor sudah menyelesaikan administrasi syarat pendirian bangunan dan biaya administrasi sebanyak Rp839.550 juta yang disetor ke daerah. “Segera mungkin, karena tinggal IMB, iya sebanyak itu sudah disetor ke daerah dengan begitu bertambahlah nilai fiskal daerah,” katanya. Alex juga menambahkan bahwa tersendatnya pembangunan hotel berkelas yang disebut–sebut itu, karena dalam desain gambar dan denah hotel masih dilakukan penyesuaian oleh pihak perusahaan. “Mereka cukup bersemangat dan respresentatif mengadakan denah dan desain gambar, sehingga keluarlah IMB, pembangunan diharapkan tahun 2014 rampung,” ujarnya, sambil berharap bahwa peresmian pun akan dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini walikota Kotamobagu bersama pimpinan perusahaan DL Situorus. Agar kemudian bisa menjadi jalan keluar untuk menampung tenaga kerja daerah. “Insyallah akan diresmikan oleh pemerintah setempat bersama pimpinan Sutan Raja, dengan harapan perusahaan siap untuk menampung tenaga kerja dan menjawab harapan masyarakat Kotamobagu,” tutupnya. Ternyata hal ini juga sudah menjadi tujuan perusahaan sebelum melakukan expansi dalam bisnis property dan jasa di Kotamobagu, Salah satu orang kepercayaan DL Sitorus, Christy Mandak juga membenarkan bahwa IMB menjadi kendala dalam pembangunan awal, namun setelah dilakukan komunikasi kembali, ternyata Walikota Kotamobagu cukup menerima dengan baik. Dengan sedikit berharap bisa menampung putra–putri Kotamobagu yang cukup telaten dan potensial. “Kemarin masalah IMB, tapi sudah selesai. Bahkan Ibu walikota cukup mengapresiasi kedatangan kami. Yah, kami juga bertujuan kedepan yang diprioritaskan adalah anak–anak daerah, meski ada pekerjaan yang memerlukan keahlian,” tutup wanita muda ini.(tyr26)

KINERJA SKPD

Serapan anggaran 63%, Wabup Bolmut prihatin SERAPAN anggaran di Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) diakhir penghujung tahun 2013, baru mencapai 63 Persen. Hal ini Membuat Wakil Bupati (Wabup) Bolmut Suriansyah Korompot SH, merasa prihatin akan kinerja para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bolmut. Pasalnya, mantan politisi dari partai yang berlambangkan Pohon Beringin ini, menilai dengan adanya realisasi anggaran Kabupaten Bolmut, yang pada akhir tahun ini. Membuat Wabup menginstrusikan kepada para pimpinan SKPD untuk dapat memaksimalkan waktu yang ada. “Dengan melihat kondisi realisasi anggaran daerah di akhir tahun ini, yang baru mencapai 63 persen, saya menegaskan kepada para pimpinan SKPD untuk dapat memaksimalkan waktu yang ada,” kata Suriansyah. Ini merupakan sebuah keharusan meski ada kendala di lapangan, sebab salah satu pengaruh keterlambatan soal juknis Dana Alokasi Khusus (DAK), yang sering terlambat diturunkan, sehingga membuat penyerapan di daerah menjadi lambat. Disamping akan hal tersebut, dalam konteks pembangunan daerah kiranya para pimpinan SKPD dapat memperhatikan efektifitas dan efisiensi ketepatan manfaat yang tepat. “Dengan adanya realisasi anggaran kita yang baru mencapai 63 persen membuat fakta ini, tidak seimbang dalam penyerapan yang ada di SKPD, untuk itu pula saya menghimbau agar para pimpinan SKPD yang ada dapat memperhatikan akan hal tersebut dengan sebaik-baiknya,” jelas Suriansyah.(wege)

Totabuan

Bolmong, Kotamobagu, Bolmut, Boltim, Bolsel

SURAT KABAR HARIAN

15

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Belanja Setda Bolmut terindikasi rugikan daerah Mencapai Rp400 juta, dan jadi temuan BPK RI Boroko—Pantas juga sekarang ini menjadi bahan incaran penyelidikan oleh penegak hukum, dimana pada temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakalin Sulut, selama dua tahun berturut-turut selalu menemukan adanya kejanggalan belanja di Sekertariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Utara (Bolmut) yang berindikasi merugikan

keuangan daerah sehingga itu Pemkab Bolmut, tidak lepas dari opini disclaimer. Seperti data temuan BPK RI, pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemkab Bolmut tahun 2011. Dimana Setda merealisasikan belanja barang sebesar Rp13.996.098.400,00 dari anggaran sebesar Rp14.318.538.600,00 atau 97,5 %, realisasi dan anggaran pada Setda merupakan

gabungan dari pos Kepala Daerah, pos Wakil Kepala Daerah, dan pos Setada. Setelah BPK melakukan serangkaian prosedur audit, BPK menemukan kelebihan pembayaran sebesar Rp104.505.089,82 dan pemborosan sebesar Rp269.997.000,00, masalah tersebut seperti belanja Bahan Bakar Minyak (BBM), belanja Makan dan Minum (MaMI), belanja Pengisian Tabung Gas (PTG), belanja Jasa Service dan Pergantian Suku Cadang Kendaraan Bermotor (PSCKB). Sedangkan data temuan BPK RI Perwakilan Sulut,

pada LKPD Pemkab Bolmut tahun 2012, dimana pada belanja di Sekda terdapat kejanggalan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, seperti adanya pengembalian atas belanja habis pakai kantor cetak dan pengadaan belanja bahan material, belanja perawatan kendaraan bermotor dan belanja MaMi, sebesar Rp8,110,614,885,00 yang telah dibayarkan kepada pihak ketiga tidak dapat dipertanggungjawabkan dan berindikasi merugikan keuangan daerah. Salah satu pemerhati Hukum Kabupaten Bolmut Gandi Goma SH, sangat me-

APK LIAR

nyayangkan dengan adanya temuan dua tahun berturutturut di bagian Setda Pemkab Bolmut, ini pertanda bahwa selama dua tahun ketika mendapat opini disclaimer pada tahun 2011, tidak ada langka untuk memperbaiki temuan tersebut, sehingga pada tahun 2012, temuan ini bisa terulang kembali. “Saya rasa tidak ada langka Pemkab Bolmut, dimana tugas dari bagian Ispektorat sebagai tim auditor untuk menindaklanjuti temuan BPK tersebut, sehingga pada tahun 2011 dan 2012, Pemkab Bolmut mau tidak mau harus men-

dapat opini disclaimer kedua kalinya,” ungkap Goma. Ditambahkan Goma, dirinya sangat mendukung langka penegak hukum, dalam penyelidikan adanya dugaan kerugiaan daerah di Setda sesuai dengan temuan BPK. Sebab ini akan menjadi pelajaran buat Pemkab Bolmut, agar untuk kedepan lebih baik lagi. “Langka penegak hukum ini, sangat baik, dan patut di beri apresiasi, dan dengan adanya penyelidikan ini semoga membawa perubahan di Kabupaten Bolmut,” kata Goma.(wege)

SPBN BOLTIM

Pilih kasih, Panwas bakal minta penertiban kembali Jamaluddin: Pembangunan Kotamobagu—Kerja penyelengara Pemilihan Umum (pemilu) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kotamobagu, serta kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu Kesbangpol sebagai instansi terkait bersama Satuan Polisi Pamong Praja (sat Pol-PP), oleh masyarakat menilai pilih kasih dengan dihentikannya pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK). Dalam pelaksanaan penertiban APK, sedikit mendapat sorotan masyarakat. dimana, Kamis (31/10) lalu, Kesbangpol bersama Pol-PP plus Panwas Kecamatan sudah melakukan penertiban APK. Sayangnya dari agenda dua hari pelaksanaan ternyata hanya dilakukan beberapa jam saja. Akibatnya hingga kini masih banyak

TAMPAK salah satu APK milik caleg, serta APK yang dianggap sudah kadaluarsa.(foto: yuni/sk)

APK tetap bertengger di beberapa jalan protokol Kotamobagu. “Kalau mau tertibkan sebaiknya serius dan jangan pilih-pilih atau

setengah hati,” kata Yudi Mokoginta warga Kotamobagu Utara pekan lalu. Akan hal ini, Ketua

Panwaslu Kotamobagu Agus Paputungan, menegaskan pihaknya akan merekomendasikan kembali kepada pemerintah Kota Kotamobagu, dalam hal ini Badan Kesbangpol dan PolPP, untuk segera menseriusi kembali penertiban APK yang nyata-nyata sudah menyalahi aturan, baik peraturan KPU pusat maupun KPU Kotamobagu yang sudah menetapkan zona kampanye. “Saya akan rekomendasi ke mereka,” tegas Agus di sela-sela acara pleno penetapan DPT Kotamobagu akhir pekan lalu. Pantauan koran ini, sejumlah titik APK masih terpasang. Bahkan, APK masih banyak bertebaran di jalan-jalan utama desa dan pusat pemerintahan seKotamobagu.(try26)

PEMADAMAN TAK TERATUR

Warga Boltim ancam bakar kantor PLN Tutuyan—Sejumlah warga Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), mengukapkan rasa kekecewaan mereka terhadap kinerja Perusahan Listrik Negara (PLN) ranting Boltim, yang memadamkan listrik secara tidak beraturan. Bahkan, mereka mengancam akan melakukan pembakaran kantor pembantu PLN di Desa Kotabunan, jika listrik ke wilayah Boltim terus seperti ini.

Menurut salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Boltim, yang juga sebagai Kabid di Kesbangpol Boltim Udel Simbala, alasan PLN memadamkan listrik karena ganguan alam sangat tidak masuk akal. “Aneh baru lima menit dinyalakan, tiba-tiba dipadamkan kembali dengan berjam-jam. Gungguan alam hanya alasan saja. Buktinya, ketika cuaca cerah, listrik tetap saja dipadamkan. Jika

keadaan listrik di Boltim begini terus, jangan salahkan warga jika terjadi pembakaran kantor PLN Kotanunan,” tegas Simbala. Lanjut Simbala, dirinya menduga kalau begini keadaan listrik di Boltim, ada yang tidak beres pada perusahan listrik ini. “Kami menduga padam listrik di wilayah Boltim, karena sering terjadi pencurian solar,” ujarnya. Sayangnya, Kepala PLN

Ranting Boltim Megawati Manapode ketika dikonfirmasi, Minggu (3/11) kemarin tetap dengan alasan yang sama, yakni gangguan alam. “Sesuai temuan petugas PLN di lapangan, padamnya listrik karena kabel dan tiang listriknya sering tersangkut dahan ranting pohon. PLN juga tidak pernah menghendaki mati lampu, semua karena gangguan alam,” kata Manapode.(try25)

FESTIVAL BUDAYA BALI

Bupati membaur bersama pemuda Hindu se-Sulut Lolak—Bupati Salihi Mokodongan bersama sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), menghadiri Festival Budaya Bali di Desa Mopuya Selatan II Kecamatan Dumoga Utara, Minggu (3/11) kemarin. Acara tingkat Provinsi Sulut digelar oleh Perhimpunan Pemuda Hindu Dharma Indonesia (Perada). Dengan menampilkan berbagai lomba ke-budayaan adat Bali, seperti ta-rian

baleganjur (gamelan), tari panyembrahma (penjemputan). Ketua Perada Sulut I Ketut Windra menjelaskan, bahwa festival seperti ini juga digelar bersamaan memperingati dan larut dalam suasana Hari Raya Kuningan. ‘’Ini adalah program kerja tahunan Perada Sulut. Tujuannya untuk mempererat silaturami dan menjaga kelestarian budaya Bali,’’tutur Windra. Windra menambahkan,

bahwa wujud kerukunan antar umat beragama dan etnis itu dibuktikan dengan tarian Kabela dan tarian kreasi di festival tersebut. “Selain itu, kita tetap menampilkan tarian khas DaerahBolmongyangmemiliki arti mendalam antar sesama umat beragama, dan suku budaya,” ujarnya. Sementara itu, Bupati Pemkab Bolmong Salihi Mokodongan cukup bangga dengan kelestarian adat dan budaya

Bali yang tetap terjaga. ‘’Ini suatu kebanggaan. Tetap menjaga budaya dan adat istiadat, dimana pun kita berada,’’kata Salihi. Camat Dumoga Utara I Ketut Kolak SSos , mengucapkan terima kasih kepada Perada Sulut yang memilih Desa Mopuya Selatan II sebagai tempat pelaksanaan kegiatan Festival Budaya Bali. “Kami senang, desa kami jadi tuan rumah,” tutupnya.(try26)

harus libatkan pihak ke tiga

Tutuyan—Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Boltim Ir Jamaluddin mengatakan bahwa untuk menghadirkan Satuan Pengisian Bahan Nelayan (SPBN) di Kabupaten Boltim, harus ada pihak ketiga atau pengusaha. Menurut Jamaluddin, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim, sebenarnya bisa membangun SPBN, tapi melalui dinas terkait yakni Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP). Akan tetapi tidak semudah itu. “Ini dikarenakan anggaran untuk pembangunan SPBN cukup besar, yakni sekitar Rp3 miliar sampai Rp4 miliar, dan bahkan

melalui proses panjang. Jadi alangkah baiknya, harus ada pengusaha atau pihak ketiga yang membangun. Dengan begitu, maka pemerintah tidak susah-susah lagi, karena yang melalui pemerintah hanya izinnya saja,” terang Jamaluddin. Lanjut Jamalddin, begitu juga jika ada penambahan Satuan Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU), tetap melalui pengusaha. “Selain ada usulan SPBN. Untuk Boltim sendiri sudah harus ada dua SPBU. Sehingga, kelangkaan BBM yang setiap hari dialami oleh warga Boltim akan dengan mudah teratasi,” ungkapnya.(try25)

PELAYANAN DAERAH

Dekab Bolmut mendukung penerapan sistem multi year Boroko—Rencana Pemkab Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan menerapkan sistem multi year atau tahun jamak pada pemba-ngunan kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Bolmut, mendapat dukungan dari pihak Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut. Ketua Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut Karel Bangko SH, mengatakan minimnya prasarana gedung pemerin-tahan di Bolmut menjadi salah satu penghambat proses pelayanan pemerintah daerah. Jangan heran dari tahun ke tahun anggaran sewa gedung sejumlah SKPD membengkak. “Pada perencanaan pembangunan kantor SKPD nanti, semua gedung perkantoran akan dipusatkan pada satu kawasan. Kalau proses pengerjaannya, sistem tahun jamak patut diterapkan sehingga ini tidak merugikan kas daerah,” kata Bangko. Bangko juga berpendapat, salah satu alasan tim anggaran Pemkab dan Banggar Dekab Bolmut melakukan studi banding di Gorontalo

Utara (Gorut) baru-baru ini, karena daerah tersebut dianggap sukses dalam menerapkan pembangunan dengan sistem tahun jamak. “Namun ini dibutuhkan regulasi yang dapat menaungi kebijakan tersebut, sebab jika salah menerapkanya pasti akan berurusan dengan masalah hukum,” terang Bangko. Ditempat terpisah, Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh menjelaskan rencana pembangunan kantor SKPD dengan sistem multi years ini cukup efektif, sebab pelaksananya hanya 1 rekanan dan kontrak juga hanya dilakukan 1 kali. “Jadi, yang diangsur hanya pembayarannya saja. Kami berharap bisa memakai sistem itu, karena dinilai lebih efektif dan efisien,” kata Pontoh. Ini juga kata bupati untuk menghindari terjadinya Tuntutan Ganti Rugi (TGR) dari pihak ketiga sebagaimana yang dialami Pemkab Bolmut beberapa tahun terakhir ini. “Mudahmudahan sistem multi year ini bisa diterapkan dalam proses pembangunan kantor SKPD yang ada di Bolmut,” jelas Bupati.(wege)


JUMAT 1 NOVEMBER 2013

G AUL

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

16

FILM

Kate Upton jadi Bond girl? PROSES audisi untuk film James Bond ke-24 telah dimulai. Kabar yang beredar, model pakaian renang Kate Upton dan Helen Flanagan (CORONATION STREET) menjadi kandidat kuat untuk peran Bond girl. Berdasarkan laporan The Sun, bintang opera sabun Flanagan telah bertemu dengan para pengarah casting di Los Angeles untuk proses audisinya. Ia memukau mereka selama audisi. “Mereka merasa bahwa dia (Helen) punya penampilan fisik yang menarik dan karisma tersendiri saat berada di depan kamera,” bunyi laporan salah seorang sumber tersebut. Sedangkan model seksi asal Inggris memang sejak lama mengutarakan keinginannya untuk bermain dalam film agen rahasia Inggris ini. “Ini film hebat. Dan bermain di dalamnya tentu membuatmu keren. Sepertinya aku perlu berlatih keras untuk mempelajari gerakan-gerakan khas dari seorang Bond girl,” paparnya dalam sebuah event red carpet tempo hari. Film James Bond ke-24 ini rencananya akan dirilis 6 November 2015 dengan dibintangi oleh Daniel Craig (agen 007), Ralph Fiennes (M), Naomie Harris (Eve Moneypenny), dan Ben Whishaw (Q). Posisi sutradara akan kembali dipegang oleh sutradara film James Bond sebelumnya, Sam Mendes.(kplc)

SEJUMLAH foto telanjang Madonna pada usia 18 tahun akan segera dilelang. Foto-foto t e r s e b u t menampilkan Madonna dalam berbagai pose telanjang. Mengutip dailymail, sejumlahfoto dari pemotretanpada 1977, saat Madonna masih berusia 18 tahun awalnya menjadi

milik pendiri Penthouse Bob Guccione. Namun Bob meninggal akibat kanker pada 2010. Kini, foto-foto tersebut menjadi bagian dari koleksi Jeremy Frommer, yang telah membeli seluruh harta Guccione dari kreditor tahun lalu. Berbagai foto Madonna, serta beberapa lukisan minyak Guccione akan tersedia untuk

pelelangan melalui Guccione.commulai9 November 2013. F o t o - f o t o telanjang Madonna t e r s e b u t menampilkan tubuh polos dan kecantikan natural superstar yang kini berusia 55. Sang fotografer, Herman Kulkens, berhasil mengarahkan Madonna agar tidak gugup di hadapan kamera, meskipun telanjang.(inic)

Madonna


04112013