Page 1

TORRES TAK ADA MASA DEPAN DI CHELSEA

Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

terbit 16 halaman

MASA depan Fernando Torres di Chelsea diprediksi tak akan berlangsung lama. Pemain internasional Spanyol ini gagal menunjukkan performa konsisten sejak bergabung dari Liverpool pada Januari 2011. Manajer Chelsea, mengkritik performa Torres usai timnya ditaklukkan Paris Saint-Germain 1-3 di babak perempat final Liga Champions, dini hari tadi.

Mantan asisten pelatih The Blues, Ray Wilkins, memprediksi El Nino tak akan memiliki masa depan panjang di Stamford Bridge. “Torres tak memiliki masa depan di Chelsea. Saya rasa saat ini, waktunya dia untuk hengkang dari sana,” kata Wilkins. Baca: Torres ( Halaman 2 )

JUMAT 4 APRIL 2014 NOMOR. 02515 TAHUN VIII

SBY: Jangan gegabah urus Indonesia

INTERNASIONAL

Demokrat paparkan program seribu triliun

KIM KARDASHIAN

Diet ekstrem jelang nikah BINTANG reality show, Kim Kardashian, sudah cukup lama menunggu hari bahagia, menikah dengan tunangannya Kanye West. Untuk itu, ia ingin terlihat begitu sempurna saat hari itu datang. Jelang pernikahannya, ibu satu anak ini juga selalu berusaha menurunkan bobot tubuhnya dengan menjalani diet ekstrem. Sebelum pernikahannya digelar, ia sangat ingin berat badannya turun lebih dari 2 kilogram. Bintang Keeping Up With the Kardashians ini sebelumnya telah berhasil menurunkan bobot tubuhnya hingga 22 kilogram. Usaha langsing pun telah ia lakukan semenjak putri kecilnya, North West lahir Juni tahun lalu. Baca: Diet ( Halaman 2 )

INTERNASIONAL

Jakarta—Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak seluruh kadernya terus berjuang untuk kepentingan rakyat. SBY mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara besar, jangan sampai gegabah dan salah urus dalam mengelolanya. “Jangan sampai ada salah urus dan gegabah. Sekali lagi ini negara yang besar, jangan asal-asalan. Bersama Partai Demokrat mari kita jaga dan tingkatkan yang sudah baik, sebaliknya ke depan mari kita perbaiki hal-hal yang belum baik,” ujar SBY dalam orasi politiknya di Hall D, JI Expo, Kemayoran, Jakpus, Kamis (3/4) kemarin. SBY mengakui di antara keberhasilan yang telah

CILE kembali diguncang gempa. Menyusul gempa besar berkekuatan 8,2 skala Richter (SR) pada Selasa (1/4), gempa kembali terjadi pada Rabu malam atau Kamis (3/4) siang waktu Indonesia. Dilaporkan Reuters, gempa berkekuatan 7,6 SR (ada pula yang menyebut 7,8 SR) berpusat di lepas MICHELLE Bachelet. pantai utara Cile. Menurut layanan darurat Cile, ONEMI, sampai saat ini tidak ada laporan korban jiwa atau kerusakan serius akibat gempa. Badan Survei Geologi Amerika Serikat mengungkapkan, gempa baru ini terletak di 12 kilometer sebelah selatan Iquique pada kedalaman yang relatif dangkal, yakni kurang dari 20 kilometer. Akibat gempa susulan ini, Presiden Cile Michelle Bachelet terpaksa dievakuasi dari hotelnya di Kota Arica. Saat itu, ia tengah melakukan kunjungan ke daerah terdampak gempa sebelumnya ini. (Baca: Gempa Cile Picu Tsunami) “Saya dievakuasi, sama seperti warga negara lainnya dan kami kemudian datang ke sini (layanan darurat Arica) untuk melihat apakah ada cara yang bisa kami lakukan untuk membantu,” ucap Bachelet. Sebelumnya, lebih dari 900 ribu warga yang berada di wilayah pesisir pantai di Cile telah mengungsi akibat peringatan tsunami dari gempa besar yang melanda kawasan tersebut. “Saya meminta kepada masyarakat untuk memahami dan mengikuti instruksi dari pihak berwenang,” kata Ricardo Toro, Direktur Layanan Kantor Darurat ONAMI Cile, saat konferensi pers, Rabu (2/4). Baca: Presiden ( Halaman 2 )

KPU kewalahan hadapi caleg bandel Kediri—Selama masa kampanye Pemilu Calon Legislatif di Kota Kediri, Jawa Timur, Komisi Pemilihan Umum setempat menerima ratusan pelaporan dugaan pelanggaran. Komisioner KPU Kota Kediri, Masrukhin, menga-

takan, setidaknya ada lebih dari 100 laporan yang diterima Panwaslu setempat. Pelanggarannya meliputi tempat pemasangan banner yang salah, ukuran yang salah, serta pemasangan banner melebihi aturan pada setiap zonasi.

“Kita sudah peringatkan kepada mereka yang melanggar,” kata Masrukhin, Kamis (3/4). Meski demikian, masih banyak caleg yang membandel dan cenderung “kucing-kucingan”. Baca: KPU ( Halaman 2 )

dicapai, masih ada masalah yang belum dituntaskan dan harus diperbaiki. “Dengan itu semua, saya mengajak saudaraku rakyat Indonesia untuk memilih Partai Demokrat, nomor 7,” SBY mengingatkan. “Mengapa SBY berani mengajak saudara rakyat Indonesia untuk memilih Partai Demokrat, karena kami punya solusi, kami punya arah, kebijakan dan rencana 5 tahun ke depan. Karena kami akan terus bekerja sepanjang masa, menyadari banyak pekerjaan rumah. Kami telah banyak memberi bukti dan bukan janji-janji,” penggagas dan pendiri utama Partai Demokrat itu menegaskan. Baca: SBY ( Halaman 2 )

KETUA Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat menyampaikan orasi politiknya pada kampanye terbatas di Hall D, JI Expo, Kemayoran, Jakpus, Kamis (3/4) kemarin.(foto: ist)

GSVL perkuat kemenangan Demokrat

KETUA DPD Partai Demokrat Sulut GS Vicky Lumentut di sambut hangat Sekjen Partai Demokrat Edhi Baskoro Yudhoyono.(foto: ist)

Manado—Sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sulut, GS Vicky Lumentut terus memperkuat kemenangan partai pimpinan SBY dari wilayah Timur Indonesia. Buktinya, GSVL sapaan bertekat untuk menerapkan program-program spektakuler yang dipaparkan SBY dalam rapat umum internal Demokrat

DANA BANSOS

Presiden Cile diungsikan

KAMPANYE

depan adalah memperbaiki pencapaian pembangunan saat ini. Dan ini harus kita laksanakan di daerah, khususnya di Sulut,” ujar Lumentut, saat menghadiri rapat umum tersebut, kemarin. Selain itu, sejumlah strategi penguatan serta pemenangan partai dipaparkan SBY dalam rangka

pemenangan 9 April 2014. “Juga memaparkan rencanarencana strategis untuk melanjutkan pencapaianpencapaian di berbagai bidang, sekaligus memperbaiki berbagai kekurangan,” ujar GSVL, yang juga adalah Walikota Manado ini. Baca: GSVL ( Halaman 2 )

PEMILU 2014

Penyelewengan di daerah, kecil Jakarta—Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengaku telah mengatur sedemikian rupa pengelolaan dan pencairan dana bantuan sosial (bansos) di daerah-daerah. Menurut Gamawan, sangat kecil kemungkinan adanya peluang penyelewengan dana bansos di daerah. “Kalau di daerah sudah kita atur sedemikian rupa. Sangat kecil peluang kalau mau menyimpang dengan aturan-aturan itu,” ujar Gamawan, di KPK, Kamis (3/ 4). Alasan Gamawan karena pencairan dana bansos harus terikat kontrak sesuai peraturan yang ada di Permendagri Nomor 32 Tahun 2011. Dalam pencairan pula, harus masuk program terlebih dahulu dan ada

yang digelar Kamis (3/4) kemarin di di Hall D, JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat. “Dalam rapat umum ini Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, pak SBY, langsung memaparkan program-program partainya kepada seluruh kader. Pada intinya program Partai Demokrat 5 tahun ke

GAMAWAN Fauzi.

kesepakatan antara pemberi dan penerima. “Karena harus ada kontrak, harus ada kesepakatan, pemberi dan penerima itu. Pertama dia harus masuk program. Dia harus masuk program,” ujarnya. Jika ada penyimpangan, nanti pun akan diperiksa oleh BPK. Dan pasti,

lanjut Gamawan, akan ketahuan di mana dan siapa letak penyimpangan dana bansos tersebut. “Kalau ada pe-nyimpangan, nanti di akhir tahun akan diperiksa BPK, pasti ketahuan pe-nyimpangan itu,” ujarnya. Gamawan juga merespon positif kepala-kepala daerah atas surat rekomendasi KPK melalui kementeriannya. Surat itu terkait dana bansos yang pos pengelolaannya berada di daerah tingkat 1. “(Respon) Bagus. Karena KPK menyurati, saya juga mempertegas surat KPK itu. Sudah sebulan lalu (surat saya kirim),” ungkap Gamawan. Baca: Penyelewengan ( Halaman 2 )

Transaksi mencurigakan jadi skala prioritas KPK Jakarta—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menindaklanjuti laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait transaksi keuangan mencurigakan milik sejumlah calon legislatif yang akan berkompetisi dalam Pemilihan Umum 2014. KPK akan menjadikannya sebagai prioritas pemberantasan korupsi. “Kalau untuk itu, khusus pemilu karena momentumnya terbatas, maka jadi skala prioritas,” kata Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (3/4)

BUSYRO Muqoddas.

kemarin. Busyro mengatakan, pergerakan nilai transaksi keuangan meningkat menjelang pemilu. Hal itu terjadi karena ada pertemuan

kepentingan antara elite politik dan elite bisnis. Menurutnya, pertemuan dua kepentingan tersebut sah. KPK akan menindaklanjuti hal itu apabila ditemukan unsur-unsur yang memenuhi tindak pidana korupsi, termasuk kemungkinan gratifikasi. “Makanya, ini kami sampaikan sejak awal, warning awal,” ujarnya. Kendati demikian, Busyro mengatakan bahwa KPK hanya akan bertindak pasif menunggu laporan dari para pemangku kepentingan maupun masyarakat terkait dugaan korupsi pemilu. Baca: Transaksi ( Halaman 2 )

PT PDM Group mengenang setahun kepergian Alm Hantje Poliesar Irwan Kartiwan: Jadikan pekerjaan itu sebuah ibadah Kekuatan serta penghiburan, diberikan Tuhan padaku. Tiap hari aku dibimbingNya, tiap jam dihibur hatiku. Dan sesuai dengan hikmat Tuhan, ‘ku dib’rikan apa yang perlu. Suka dan derita bergantian, memperkuat imanku. Demikian lirik lagu dalam Kidung Jemaat No. 332, yang seolah menjadi “lagu wajib” kepada kita umat Kristiani untuk menguatkan keluarga dan orang-orang terdekat, ketika ditinggalkan orang yang kita kasihi.

CEO PT PDM Group, Ir Irwan Kartiwan, saat memberikan sambutan dalam acara syukur mengenang setahun meninggalnya almarhum Hantje Poliesar, digelar di Kantor PT PDM Group di Jakarta, Kamis (3/4) siang.(foto: ist)

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

TEPAT 2 April 2013, Direktur Keuangan PT Pilar Dasar Membangun (PDM) Group, Bapak Hantje Poliesar dipanggil oleh Sang Pencipta. Kini, setahun kemudian, keluarga besar PT PDM Group mengenang kepergian

almarhum dengan menggelar ibadah syukur yang dilakukan secara serentak di seluruh kantor wilayah PT PDM Group, Kamis (3/4) siang kemarin. Yakni wilayah Jakarta di kantor PT PDM Group di Jakarta, wilayah Sulut di

kantor PT PDM Group di Manado, kemudian wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) di kantor PT PDM Group di Kupang, serta wilayah Maluku di di kantor PT PDM Group di Ambon. Khusus di wilayah

Jakarta dan sekitarnya, ibadah syukur yang digelar di kantor yang berlokasi di Jl Minangkabau Manggarai, Jakarta Selatan, dipimpin Pdt HD Matulpelwa STh. Baca: Irwan ( Halaman 2 )

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


UTAMA

UNTUK NASIONAL & MANCANEGARA

JUMAT 4 APRIL 2014

2

RI setuju bayar diyat 21 M, Satinah bebas hukuman mati PEMERINTAH Indonesia setuju membayarkan diyat atau uang tebusan yang dipersyaratkan oleh

keluarga korban untuk membebaskan tenaga kerja Indonesia, Satinah binti Jumadi dari hukuman mati. Uang

Irwan ... dari Halaman 1 Dalam khotbahnya, khadim kembali menekankan tentang betapa besarnya keajaiban Tuhan di dunia ini. Manusia, kata khadim, pasti diperhadapkan dengan kematian. Sehingga diharapkan kepada keluarga besar PT PDM Group, khususnya keluarga besar PoliesarKrikhoff (istri dan anak-anak) yang ditinggalkan almarhum Bapak Hantje Poliesar, dapat melalui cobaan ini dengan terus bersandar kepada Tuhan, sang pemilik hidup. CEO PT PDM Group, Ir Irwan Kartiwan, dalam sambutannya kembali mengenang suka dan duka saat menjadi rekan kerja almarhum Bapak Hantje Poliesar. “Almarhum Hantje Poliesar merupakan sosok yang telah meninggalkan begitu banyak kenangan dan teladan yang baik dan benar bagi orang-orang yang ada di sekelilingnya. Sulit bagi saya untuk melupakan sosok seorang pemimpin yang bijaksana, tidak mudah marah, tidak mudah kecewa ketika menghadapi kegagalan dan memberikan keceriaan kepada kami direksi,” ujar Kartiwan. Dan secara umum, Kartiwan pun tak lupa memberikan pesan kepada seluruh karyawan PT PDM Group di seluruh Indonesia. “Sesuai kesepakatan bersama para Direksi PT PDM Group adalah perusahan yang berdiri selamanya, yang mengedepankan proses regenerasi tanpa melihat keturunan. Tapi PT PDM Group adalah perusahaan yang lahir dari sebuah rasa kekeluargaan dan melihat kompetensi,” tukas pria low profile yang akrab dengan sapaan Irka ini. “Jadikan pekerjaan itu sebuah ibadah,” tutup Irka berpesan. Di penghujung acara ibadah syukur, ditampilkan kembali foto-foto kenangan almarhum Bapak Hantje Poliesar semasa hidup dalam bentuk slide LCD.(dewe)

Torres ... dari Halaman 1 Torres sebenarnya tampil tajam saat membela Liverpool pada 2007 hingga 2011. Namun, sejak bergabung dengan The Blues ketajamannya justru menurun. “Dia pindah dari Liverpool ketika dia sukses sebagai individu. Namun, di Chelsea gaya permainannya begitu berbeda. Dia butuh ruang di belakang pemain untuk berlari,” ungkap Wilkins. “Dia perlu membuat pemain lain berlari. Dia memerlukan pemain lain yang melayani dia. Terkadang, itu tergantung pada individu pemain. Dia perlu mencoba dan membuat sesuatu terjadi,” tegas pria 57 tahun ini. Empat musim berkostum Chelsea, Torres menorehkan 43 gol dari 163 penampilan. Musim ini, dia baru membukukan 9 gol dari 32 laga.(vinc)

Diet ... dari Halaman 1 Demi langsing ideal, ia menjalani diet ekstrem dengan melakukan program diet Atkins yang lebih banyak mengonsumsi makanan tinggi protein. Kim sangat berambisi terlihat ramping saat berjalan sebagai pengantin menuju altar pernikahan yang akan digelar di Paris. Seorang sumber menceritakan kepada majalah US weekly, “Kim selalu ingin berat badannya turun setiap minggu. Ia ingin terlihat sempurna dalam foto pernikahannya nanti.” Demi cepat langsing, wanita berusia 33 tahun ini juga melakukan olahraga ketat, lima kali seminggu dan pantang baginya untuk mengonsumsi karbohidrat seperti, roti ataupun pasta. “Dia lebih banyak makan sayur, tetapi tidak untuk mi, nasi juga roti. Itu tantangan berat untuknya,” kata dia. Tak hanya itu, setiap pagi, dia juga melakukan gerakan berjalan, berjongkok juga melakukan gerakan mengangkat bokong.(vinc)

Presiden ... dari Halaman 1 Bunyi sirine dan pesan pendek memberikan peringatan kepada para penduduk atas potensi terjadinya tsunami, yang mengarahkan masyarakat untuk mengungsi ke “zona aman”. Angkatan Laut Cile mengatakan gelombang besar tsunami pertama menghantam pantai dalam waktu sekitar 45 menit setelah gempa terjadi. Menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, gelombang setinggi enam kaki atau sekitar 1,82 meter melanda pantai utara, dekat pelabuhan Pisagua di Cile. Gempa juga menyebabkan tiga kota pelabuhan di kota Iquique dilanda kebakaran. Menteri Dalam Negeri Cile Rodrigo Peñailillo mengatakan, gempa susulan masih terus terjadi di banyak wilayah utara, terutama sepanjang malam setelah gempa besar pertama terjadi.(temi)

SEDOT WC SEDOT WC (TINJA) WC TERSUMBAT Hubungi

0813 5604 0118 0823 4906 4118 Anda butuh pupuk organik? Kami berikan

GRATIS...

diyat sebesar SR7 juta atau Rp21 miliar. Dalam konferensi pers yang diadakan di Media Center Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan pada Kamis siang, 3 April 2014, Menkopolhukam Djoko Suyanto menerangkan, Pemerintah Indonesia telah menyepakati apa yang menjadi tuntutan keluarga korban. Tim yang melakukan negosiasi sudah berada di Arab Saudi sejak Minggu pagi. “Kita sudah bersepakat

untuk menutupi apa yang dituntut oleh pihak keluarga,” katanya. Djoko mengungkapkan hari ini tim akan menemui gubernur Provinsi Qassim untuk menyampaikan komitmen Indonesia. “Tadi pagi tim telah berangkat ke Provinsi Qassim untuk bertemu gubernur dalam kerangka menyampaikan komitmen dari pemerintah Indonesia untuk memenuhi apa yang mereka tawarkan beberapa waktu lalu,”

katanya lagi. Meski begitu, Djoko sendiri belum mengetahui hasil pasti dari pertemuan yang dilakukan tim dengan gubernur. “Sekarang di sana baru pukul 9 pagi. Sekarang mereka masih dalam perjalanan, mudahmudahan tidak ada perubahan apapun terhadap permintaan. Mudah-mudahan persyaratan yang mereka minta bisa mempercepat proses penyelamatan saudari Satinah dari hukuman

mati,” katanya. Pada kesempatan yang sama Djoko juga memberikan rincian pembayaran yang dilakukan. “Pada awalnya minta sebanyak 14 juta riyal, negosiasi dari 2011 sampai akhirnya mereka hanya minta 7 juta riyal di tahun 2014,” katanya lagi. Djoko juga menjelaskan pemerintah Indonesia hanya menyiapkan 3 juta riyal, sisanya didapat dari pengusaha dan donatur. Pada akhir konferensi

pers, Djoko juga memberikan pernyataan optimisnya bahwa kasus ini akan diselesaikan dengan baik. “Insya Allah sekarang bisa kita selesaikan masalah saudari Satinah ini dengan baik,” kata dia. Untuk kepastian penyelesaian kasus ini, Kepala BNP2TKI yang juga ikut menangani dan memberi perkiraan waktu sekitar dua hari untuk perkembangan selanjutnya. “Saat ini tim masih dalam perjalanan.

Kepastian tunggu dua hari lagilah karena untuk proses pengiriman uang ada proses administrasi ke bank. Kalo hari ini tim yang ke Provinsi Qassim deal, maka sudah oke penyelesaian kasus ini. Intinya hari ini pemerintah sudah memenuhi tuntutan,” ucap pria yang juga pernah menjadi duta besar RI untuk Arab Saudi ini. Konferensi pers ini juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.(vinc)

PEMILIH KHUSUS

KPU tidak menemukan solusi konkrit untuk mengatasi pemilih yang akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK). Meskipun memiliki surat suara cadangan sebesar 2 persen, KPU terkendala pada kemungkinan terkonsentrasinya sejumlah pemilih di suatu tempat tertentu. “Kami sudah terima laporan, DPK ditentukan

Provinsi. Angkanya kalau tersebar merata tidak ada problem karena terakhir sekitar 600 ribuan,” kata anggota KPU, Arief Budiman, di kantor KPU, Jakarta, Kamis kemarin. Arief mengatakan pihaknya mempunyai 545 ribu TPS. Dia menghitung, seandainya angka 600-an tersebut tersebar merata sesungguhnya di setiap TPS hanya ada 2 orang.

“Dan itu bisa diatasi,” ujarnya. Arief mengakui problem yang dihadapi saat ini adalah ketika di beberapa tempat mereka terkumpul di satu tempat. Misalnya, satu TPS ada 300 sampai 500 pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, tiba-tiba secara sekaligus datang untuk mencoblos. “Dia pasti tidak bisa terfasilitasi surat suaranya. Karena

berdasarkan Undangundang surat suara di produksi berdasarkan DPT, bukan berdasarkan DPK,” imbuhnya. Lantas bagaimana KPU menghadapi masalah ini? “Kami sudah mempersiapkan kalau sudah kami putuskan akan kami umumkan. Kami punya beberapa alternatif tapi akan diumumkan setelah diputuskan,” lanjut Arief.(komc/vinc)

peningkatan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi tanpa pandang bulu. Keempat, politik dan demokrasi semakin stabil dan matang. Kelima, penguatan aparat TNI/ Polri demi kedaulatan NKRI. Keenam, peningkatan peran Indonesia di mata internasional. “Jangan main-main, ini semua untuk bangsa,” SBY, yang juga Presiden RI, menegaskan. SBY menambahkan, partai, yang digagas dan didirikannya, telah menetapkan 11 sasaran khusus yaitu: penanggulangan kemiskinan, pendidikan, kesehatan, pangan dan energi, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan kewirausahaan, modernisasi TNI/ Polri, buruh dan Tenaga Kerja Indonesia, pembangunan daerah dan desa, kesejahteraan pegawai dan guru, infrastruktur

investasi dan pemberantasan korupsi. Dia kemudian menjelaskan secara teknis, satu per satu 11 sasaran khusus tersebut. Pertama, dalam aspek penanggulan kemiskinan, seluruh program pro-rakyat seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Jaminan Kesehatan Masyarakat, beras miskin dan lain-lain akan dilanjutkan dan ditingkatkan. Alokasi anggaran 5 tahun ke depan hingga Rp 1.000 triliun. Kedua mengenai pendidikan umum dan agama ditingkatkan. BOS dan beasiswa diperbesar. “Gaji guru, dosen dan peneliti dinaikkan. Alokasi anggaran mencapai Rp 3.000 triliun,” ujarnya. Ketiga, kesehatan rumah sakit dan puskesmas diperbanyak. Kesejahteraan dokter dan tenaga medis ditingkatkan. “Pada 2019

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) mencakup semua penduduk Indonesia,” tegasnya. Keempat, dalam bidang pangan dan energi harus ada peningkatan pertanian, kelautan, perikanan dan kelautan. “Kilang BBM (bahan bakar minyak) dibangun, daya listrik ditingkatkan hingga 65.000 mega watt,” katanya. Kelima, dilakukan program kewirausahaan besar-besaran hingga 2 juta orang. Kredit Usaha Rakyat ditingkatkan hingga Rp 200 triliun. Keenam, program pengembangan kekuatan TNI/ Polri akan terus ditingkatkan. Termasuk, alutsista, personel, gaji, remunerasi. Personil Polri ditambah 100 ribu orang. Ketujuh, peningkatan kesejahteraan buruh. “Era buruh murah sudah selesai. Perlindungan dan pelayanan TNI harus ditingkatkan,”

Demokrat Edhi Baskoro Yudhoyono, Komite Pengawas, Komite Konvensi, Fraksi PD, Ketua DPD, Pengurus Harian, dan Calon Legislatif Terpilih. Sejumlah artis juga memberikan hiburan di rapat umum ini seperti Joy Tobing dan Rio Febrian. Acara rapat umum PD sangat berbeda dengan partai lainnya.

Jika partai lain menggelar rapat umum di area terbuka seperti stadion atau gelanggang, sedangkan Partai Dekokrat menggelar di sebuah di dalam ruangan. Undangan untuk menghadiri acara ini pun terbatas. Para simpatisan yang mau hadir ke acara rapat umum harus mendaftar ke meja registrasi.(dede)

ujarnya. Delapan, alokasi anggaran untuk daerah terus ditingkatkan hingga Rp1.000 triliun per tahun. Anggaran desa hingga Rp 100 triliun dan 1 miliar per desa, per tahun. Kesembilan, peningkatan gaji PNS dan guru. Pegawai terendah pada 2019 mesti mencapai 5 juta rupiah. Kesepuluh, sasaran MP3EI hingga tahun 2025 mencapai Rp 4.500 triliun. Kesebelas, pemberantasan korupsi jalan terus tanpa pandang bulu. “Penting diutamakan aspek pencegahan. Jangan menjebak. Ingatkan barangkali ada yang tidak tahu tindakannya keliru. Kalau sudah diingatkan berkali-kali tetap korupsi, sanksi diberikan. Mari kita berupaya mencegah korupsi,” tegasnya. Menurut SBY keseluruh sasaran khusus itu bukanlah ilusi dan wacana. Dia juga mengajak seluruh pihak melakukan perubahan dan membangun negara ke arah lebih baik.

“Hal-hal yang sudah baik jangan diganti dan diubah. Apalagi tidak jelas seperti apa perubahannya. Apalagi hanya teriak-teriak perubahan,” tukasnya. Menurutnya, mengelola negara dan pemerintahan jangan sampai hanya bersifat eksperimen. “Kita tak boleh eksperimen coba-coba. Negara ini dan rakyat punya harapan dan masa depan. Jangan sampai perubahan tidak berangkat dari perencanaan strategis, manajemen dan akuntabel,” ucapnya. Dia berharap Indonesia tidak kembali mengalami krisis dan masa kelam. “Mari kita bermohon agar krisis tidak terulang dan tidak terjadi lagi,” ucapnya. “Oleh karenanya jangan sampai ada salah urus dan manajemen pemerintahan gegabah. Ini negara dan pemerintahan yang besar, jangan asal-asalan. Bersama Demokrat, mari kita jaga dan bahkan tingkatkan hal sudah baik, jangan diobrak-abrik,” tegasnya.(deoi)

Busyro, kementerian yang dipimpin politisi cenderung melakukan penyalahgunaan wewenang. “Cenderung abuse atau salah gunakan wewenang yang ada karena itu sudah terlanjur sebagai bentuk kebijakan presiden soal setgab, bahasanya koalisi. Pengaplingan kementerian kepada orang-orang parpol dan dalam faktanya ada kementerian yang menimbulkan permasalahan, tidak hanya terkait dana bansos (bantuan sosial),” kata Busyro. Busyro tidak dapat memprediksi apakah pemilu tahun ini akan menghasilkan hal yang sama seperti pemilu tahun lalu. Menurutnya, pemilu sekarang bisa menjadi perjudian politik apakah menghasilkan pemimpin yang koruptif atau lebih baik. Atas dasar itulah, menurut Busyro, KPK berupaya

memberikan pendidikan politik yang berintegritas kepada masyarakat. Salah satu program KPK terkait pendidikan politik tersebut akan diselenggarakan dengan menggandeng universitas-universitas di enam regional di Indonesia. Sasaran program pendidikan ini adalah calon-calon legislatif, anggota legislatif terpilih, dan pemilih dalam Pemilu 2014. “Program ini bagian dari program menyiapkan masa depan politik atau sistem politik pascapemilu mendatang. Siapa pun yang terpilih, kami KPK dalam posisi memperkuat,” ujar Busyro. Dewan Indonesia Integrity Education Network (IIEN) Jamin Ginting sekaligus staf pengajar Universitas Pelita Harapan menyampaikan, komunitas universitas berharap agar peserta Pemilu 2014 dapat m e w u j u d k a n penyelenggaraan pemilu yang berintegritas, bebas dari politik uang dan penyalahgunaan aset negara. IIEN juga menyerukan kepada masyarakat selaku pemilih untuk menjadi pemilih yang kritis, cerdas, serta tidak menggunakan hak pilihnya atas pengaruh politik uang, politik kekuasaan, atau tekanan dari pihak tertentu.(komc)

KPU ... dari Halaman 1 Setelah ditertibkan, lalu dipasang lagi tanpa sepengetahuan petugas. Aparat Satpol PP yang menertibkannya menjadi kewalahan. Sementara, untuk kampanye terbuka yang melibatkan anak-anak, selama ini belum ada laporan. KPU telah mengeluarkan imbauan kepada partai politik agar tidak melibatkan anakanak.

“Tapi ada juga yang beralasan kalau anaknya yang ngikut,” imbuhnya. Masa kampanye akan berakhir pada 5 April lalu berlanjut pada masa tenang. Saat masa tenang tidak boleh ada atribut parpol. KPU akan melakukan pembersihan atribut pada tanggal 5 April pukul 24.00 Wib.

SBY ... dari Halaman 1 Partai Demokrat telah menyiapkan program pembangunan bangsa 5 tahun ke depan. Seluruh program bakal diimplementasikan, apabila Partai Demokrat kembali memenangkan pemilu legislatif (pileg) serta pemilu presiden dan wakil presiden (pilpres) 2014.”Tentu sasaran yang akan dicapai bukan retorika dan angan-angan. Program ini bukan asal-asalan dan teriak-teriak,” kata SBY. Dia menjelaskan, program yang disiapkan disusun setelah menarik garis dan pembelajaran manajemen pemerintahan selama ini. Dia kemudian mengemukakan visi dan misi program partainya, yang terdiri dari enam butir. Pertama, ekonomi tetap tumbuh tinggi dan semakin kuat. Kedua, kesejahteraan rakyat mesti terus ditingkatkan. Ketiga,

GSVL ... dari Halaman 1 Beberapa peserta konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat terlihat hadir dalam acara kampanye tertutup tersebut. Selain Pramono Edhie Wibowo yang juga anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, terlihat pula peserta lain. Seperti Anies Baswedan, Gita Wirjawan, dan Jenderal TNI (Purn) Endriartono Sutarto. Selain

itu hadir pula, Sinyo Harry Sarundajang, Haryono Isman, Irman Gusman, Marzuki Alie, Dahlan Iskan, Dino Patti Djalal. Rapat Umum Partai ini dihadiri pula oleh Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat (PD) seperti Jero Wacik, dan TB Silalahi. Anggota Dewan Kehormatan DPP, Dewan Pembina, Sekjen Partai

Transaksi ... dari Halaman 1 Hal itu karena KPK memiliki keterbatasan sumber daya manusia di sektor tersebut. Sebelumnya, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mendeteksi sejumlah calon anggota legislatif yang akan bertarung pada Pemilu 2014 memiliki transaksi keuangan mencurigakan. Bahkan, transaksi keuangan mencurigakan para caleg itu terkait dengan sejumlah nama yang kini menjadi tersangka di KPK dan

mereka yang berulang kali diperiksa sebagai saksi oleh KPK. Busyro Muqoddas menilai juga, Pemilihan Umum 2009 telah menghasilkan pemimpin koruptif. Untuk itu, kata Busyro, pendidikan politik yang berintegritas kepada masyarakat sangat diperlukan untuk menghasilkan pemimpin yang antikorupsi. “Kami membaca perjalanan negara kita ini produk Pemilu 2009 dengan dengan segala kelebihannya, tapi juga mengidap persoalan besar, yaitu korupsi yang sistemik,” kata Busyro. Sebelumnya, Busyro menilai bahwa kecenderungan penyalahgunaan dana di kementerian merupakan akibat dari kebijakan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono yang membentuk sekretariat gabungan koalisi. Menurut

BPKB HILANG Sepeda Motor Yamaha Tahun 2012 Warna Merah Maron An. SUTIKNO WIJAYA No BPKB : J01833672S No Mesin : IDY036405 No Rangka : MH3IDY002CJ36407 Ket : Hilang karena rumah terkena banjir di Dendengan Dalam

BPKB HILANG mobil Toyota Rush tahun 2011 no. H 00966778 S. an.VABRO CHARNI MAMBU, SH. Mungkin BPKB Hilang karena rumah habis terkena banjir di Perkamil. Hub, 08124425707.

Penyelewengan ... dari Halaman 1 Menurut Gamawan, dari surat itu banyak kepala daerah kemudian menahan pencairan dana bansos. “Bahkan daerah sekarang banyak yang menahan. Pencairan dananya,” ujarnya. Gamawan mengatakan, dalam penyelenggaraan dana bansos di daerahdaerah, pihaknya bersama KPK dulu pernah berkoordinasi merumuskan Permendagri No 32 Tahun 2011. “Kalau bansos untuk daerah, itu kita bersamasama dengan KPK dulu merumuskan Permendagri 32 kemudian kita perbaiki lagi dengan Permendagri 39 juga dengan KPK,” ujar Gamawan. Sementara itu, KPK terus mengawasi dugaan penyalahgunaan penyaluran dana bantuan sosial pada berbagai kementerian dan pemerintah daerah menjelang pemilu. Menurut Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, dari kajian dilakukan lembaganya terungkap fakta penyaluran dana bansos atau hibah sengaja dibikin tidak tepat sasaran. Busyro mengatakan, dari kajian itu didapat beberapa kesimpulan, salah satunya penyaluran dana bansos kerap diselewengkan mendekati pelaksanaan kompetisi politik seperti pemilihan kepala daerah atau pemilihan umum. Apalagi, dari hasil riset itu juga terkuak fakta sampai saat ini tidak ada satupun penjelasan rinci mengenai pentingnya alokasi dan pencairan, serta jumlah dana bansos itu. Sehingga hal itu justru menguatkan dugaan dana bansos hanya menjadi ajang merampok duit rakyat demi

kepentingan golongan. Dia melanjutkan, banyak dari alokasi dana bansos itu tidak melalui kajian mendalam. “KPK tidak memperoleh data apakah ada calon petahana (incumbent) mempunyai kebijakan yang diketahui oleh masyarakat dana bansos itu jumlahnya sekian. Digunakan untuk sekian butir kebutuhan rakyat. Pencairannya antara bulan ini dan ini. Kami tidak menemukan data. Karena ini tidak kami temukan, maka gejala yang ada ini rawan penyalahgunaan,” kata Busyro. Bahkan menurut Busyro, pemerintah harus mengambil atau mengubah kebijakan ihwal dana bansos itu secara radikal. Dia mengatakan, jika langkah diambil hanya menghentikan sementara alokasi dan pencairan dana bansos justru tidak menyelesaikan masalah. Sementara itu, Direktur Penelitian dan Pengembangan KPK Roni Dwi Susanto mengatakan, dari riset dilakukan belum lama ini ditemukan ada lonjakan alokasi dan transaksi dana bansos di sejumlah kementerian dipimpin oleh petinggi partai sebesar 30 persen di masa pemilu. Meski begitu, dalam penelitian itu dia menyatakan tidak dicantumkan penjelasan apakah kenaikan itu sarat dengan penyelewengan, tapi hanya disebutkan adanya indikasi berpotensi terjadi tindak pidana korupsi. “Kajian kami ada bansos tidak tepat sasaran, tumpang tindih, tidak akuntabel, dan tidak transparan,” ujar Roni.(merc)


SULUT 3 Bansos dan hibah Sulut tembus Rp45 M JUMAT 4 APRIL 2014

PELAYANAN PUBLIK

UPP di SKPD wajib ISO

DALAM mendorong peningkatan kapasitas pelayanan publik, organisasi di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprov Sulut yang mempunyai Unit Pelayanan Publik (UPP) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat umum, harus bersertifikat berstandar internasional, yakni International Standaritation Organitation (ISO). Hal tersebut dikatakan Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sulut, Jemmy Ringkuangan AP MSi. “Ini sesuai tupoksi Biro Organisasi, dimana sertifikat tersebut berfungsi meningkatkan dan terus menjaga mutu kwalitas pelayanan publik,” jelas Ringkuangan, kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Kamis (3/4) kemarin. Pemprov Sulut sendiri mempunyai ‘new create inisiativ’ yang bukan hanya program biasa-biasa saja, tapi akan memberikan lompatan percepatan pembangunan yang salah satunya adalah pelayanan publik. “Jadi sudah menjadi tuntutan nasional bahwa harus diutamakan pelayanan publik dan disesuaikan dengan perkembangan jaman,” terangnya. Dalam hal ini, Biro Organisasi memacu pelayanan publik disemua UPP, diantaranya Sekertariat Daerah (Setda) yang mempunyai unit kerjanya di Biro Umum, khususnya Tata Usaha Pimpinan (TUP) juga selain itu ada juga dibidang kesehatan mata. “Nantinya Balai Kesehatan Mata juga akan diupayakan ditingkatkan statusnya untuk kwalitas pelayanannya,” ungkapnya. Selanjutnya, untuk UPTD Samsat disamping perijinan satu atap walaupun sudah pernah mendapatkan sertifikat ISO waktu lalu, akan lebih didorong lagi untuk memenuhi standar dalam pelayanan pelayanan internasional. “Jadi semua unit nanti akan diperjuangkan mendapatkan sertifikat. Dimana ISO ini merupakan lembaga internasional yang berhak melakukan standarisasi pada organisasi. Untuk penilaian tersebut minimal 6 bulan berjalan, dan sementara ini sudah mulai berjalan,” pungkas Ringkuangan.(try30)

PILCALEG Biro Pemerintahan dan Humas Gelar rakor dengan Kab/Kota BIRO Pemerintahan dan Humas Selasa lalu, menggelar Rapat Koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota di ruang Rapat Asisten Pemerintahan dan Kesra lantai dua Kantor Gubernur. Rakor yang dipimpin Karo Pemerintahan dan Humas DR Noudy RP Tendean SIP MSi didampingi Kabag Pemerintahan Drs. Lucky Taju MSi, telah melaukan koordinasi dan sinkronisasi masalah-masalah aktual yang terjadi di daerah ini antara lain dalam menghadapi Pemilu Legislatif pada 9 April 2014 di wilayah Provinsi Sulut, kiranya dapat berlangsung dengan lancar dan aman. “Disamping penting lainnya seperti penegasan penyelesaian batas daerah, dimana masih terdapat beberapa segmen batas yang perlu di verivikasi lapangan antaranya Bolmong dan Bolsel, Bolmong dan Kotamobagu, Minahasa dengan Tomohon yang ada di PABU 49,” kata Tendean. Selanjutnya terkait dengan perubahan nama Kabupaten Sangihe dan Talaud menjadi Kabupaten Kepulauan Sangihe, serta rencana perubahan ibukota kabupaten Kepulauan Sangihe apabila sudah ada persetujuan terhadap ibukota tahuna sebagai daerah otonom yang baru. Tendean juga mengimbau kepada para camat yang berlatar belakang non pemerintahan untuk segera mengikuti diklat camat sebagaimana amanat dari PP No 19 Tahun 2008 begitu pula dengan Kabupaten/Kota yang akan melakukan pemekaran kecamatan silahkan memproses pemekaran kecamatan itu berdasarkan PP 19 Tahun 2008, juga terkait dengan LPPD kabupaten/kota segera menyusun dan melakukannya berdasarkan PP No. 3 Tahun 2007 dan segera memasukannya kepada Gubernur dan Mendagri. Terkait dengan Pemilu legislatif 9 April 2014 mantan Direktur IPDN Kampus Regional Sulut mengajak, pemerintahan kab/ko supaya dapat berkoordinasi dengan KPU dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat, serta berkoordinasi dengan unsur TNI/Polri menyangkut masalah keamanan, sembari menambahkan, masalah batas daerah yang ada diwilayah calon daerah otonom baru BMR, Kota langowan, Kota Tahuna dan Talaud Selatan, untuk segera diselesaikan dimana aspek ini akan menjadi penilaian dari tim pemerintah pusat dalam rangka persetujuan penetapan daerah otonom baru, serta kabupaten/kota juga diwajibkan membuat peta rawan bencana, harap Tendean dan Taju.(try30)

Baru 3 bulan, sudah 8 ribu proposal yang masuk ke Pemprov Sulut Manado—Dana Bantuan Sosial (Bansos) dan hibah di Pemprov Sulut, dari data yang ada di Badan Pengelola Keuangan Barang Milik Daerah (BPK-BMD) Sulut mencapai Rp45 miliar untuk tahun 2013. Hal tersebut diungkapkan Kabid Akuntansi BPK-BMD Sulut, J E Pangemanan. “Dana Bansos yang telah disalurkan Pemprov Sulut pada tahun 2013 lalu, baru sebesar Rp5,5 miliar dari

total Rp45 miliar yang disiapkan,” ungkap Pangemanan pada sejumlah wartawan di Kantor Gubernur Sulut, Kamis (3/ 4) kemarin. Menurut Pangemanan, di tahun 2014 ini, proposal untuk dana bansos, baik yang sudah dikeluarkan dan belum, baik proposal perorangan maupun kelompok masyarakat tercatat sekitar 8000 proposal. “Di APBD 2014 dianggarkan sebanyak Rp20 miliar, terdiri dari

kelompok masyarakat sebesar Rp80 juta, individu atau perorangan Rp15,6 miliar dan kategori tidak direncanakan atau dan tidak terduga sebanyak Rp4,2 miliar yang sudah termasuk korban bencana banjir bandang dan longsor bulan pada Januari 2014 lalu,” terangnya. Sementara untuk dana hibah, tercatat ada 15 proposal bantuan rumah ibadah yang masuk dengan total anggaran Rp4,9 miliar.

Untuk kelompok masyarakat sebanyak 1.076 proposal dengan nilai Rp19,2 miliar. “Jadi total anggaran dana hibahnya sebesar Rp24,2 miliar. Pembayarannya nanti akan dilakukan dengan tiga tahap sesuai Pergub,” jelas Pangemanan. Sebelumnya juga pernah dikatakan Kepala BPKBMD Sulut, Praseno Hadi, untuk pencairan dana Bansos dan Hibah ini akan dilakukan setelah Pilcaleg selesai. “Itu sesuai arahan dari KPK, untuk menghindari adanya pemanfaatan oknum caleg tertentu,” ungkap Hadi.(try30)

KEGIATAN

Wakili Sulut, Kasubag DTP jadi pembicara Dekon Manado—Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum (Ditjen PUM) mempercayakan Kasubag Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (DTP) Boslar Sanger SE sebagai Bendahara pengelola dana Dekonsentrasi Biro Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi Sulut menjadi pembicara pada rapat pembinaan dan pengelolaan keuangan yang berlangsung di Bogor Jawa Barat, belum lama ini. Kegiatan yang diikuti para Kepala Biro Pemerintahan, PPK dan Bendahara Dekon se-Indonesia ini berlangsung selama tiga hari. Alasan mengapa Sulut di pilih menjadi pembicara dalam rapat kali ini, menurut Direktur Dekonsentrasi dan

BOSLAR Sanger mewakili Pemrov Sulut sebagai pembicara pada rapat pembinaan dan pengelolaan keuangan.(foto: ist)

Kerjasama Ir H Boy Tenjuri CES, berkat pembinaan Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang, Wagub DR Djouhari Kasil MPd dan Sekprov Sulut Ir Siswa Rachmat Mokodongan, serta Karo Pemhum Noudy

Tendean. “Sehinga dari hasil pemeriksaan yang dilakukan auditor BPK RI pada Bulan Februari hingga Maret 2014 akan memberikan penilai baik terhadap pengelolaan dana dekon di Sulut, sehingga

Bendahara Dekon Boslar sanger kami undang untuk membagi pengalaman terkait dengan pengelolaan dana dekon tersebut dengan daerah-daerah lain di tanah air,” jelas Tenjuri.(try30)

SOSIALISASI

SDA Sulut punya standar rasionalisasi data Manado—Intinya kebutuhan data pangan sangatlah penting dan strategis dalam menunjang sebuah program untuk menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. Hal tersebut dikatakan Kepala Biro Sumber Daya Alam (SDA) Setdaprov Sulut, Ir Erni Tumundo. “Kami mengambil contoh persawahan dan padi yang dihimpun dari Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut. Dari data potensi, data luas tanam serta data luas panen, sangat berbeda. Sebab data potensi jauh lebih kecil dari data luas

tanam dan luas panen. Walaupun dimasukkan dalam luas sasaran untuk pencapaian produksi tanam padi, tapi harus mengikuti standar rasionalisasi data,” jelas Tumundo usai melaksanakan sosialisasi tentang inovasi teknologi berbasis pangan lokal, yang juga dihadiri Kaban Ketahanan Pangan Sulut, Ir R Hosang, di ruang WOC kantor Gubernur Sulut, Kamis (3/4) kemarin. Dicontohkannya, jika seandainya data potensi hanya berkisar 7000 jenis pangan, kedepan jangan dicantumkan dalam luas sasarannya luas tanam dan luas panen dua kali lipat dari luas potensi. “Sesuai penelitian kami dari data BPS, masih bisa dikategorikan diterima secara teknis dan logis, terhadap data luas tanam yang jauh lebih kecil dari luas potensi. Jadi kalau seandainya luas potensi lebih kecil, itu masih masuk di akal. Artinya, masih ada potensi lahan yang belum ditanami,” terangnya. Pada intinya, kata Tumundo, SDA tidak melihat dari target luas panen dimasing-masing Kabupaten/Kota, akan tetapi melihat dari luas potensinya. “Kalau data BPS tidak ada tentang data potensi, tapi hanya data luas panen dan produksi. Data itu kami telah singkronkan dengan data potensi di Kabupaten/Kota jauh dari ketersediaan lahan dan ini menjadi satu koreksi,” tegas Tumundo. Untuk itu dirinya meminta kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut agar lebih meningkatkan koordinasi dengan DPP Kabupaten/Kota dalam membuat data laporan yang akurat. “SDA nanti akan bersama-sama dengan Kabupaten/Kota guna mendukung program peningkatan produksi beras nasional yang nantinya akan ditargetkan pada tahun 2015 nanti sekitar 10 juta ton swasembada beras,” katanya. Data riil dari Badan Ketahanan Pangan (BPK), konsumsi kapita beras

KARO SDA bersama Kaban BKP Sulut, saat menjadi pemateri sosialisasi pangan di ruang WOC.(foto: ismail/sk) perorangan di Sulut tercatat 104 kilogram pertahunnya. “Tapi untuk data yang terpakai dan beredar di Sulut dari Badan Statistik yang merupakan sumber data resmi pemerintah tercatat 139 kilogram/orang pertahunnya. Jadi kami masih mempunyai kesempatan untuk melakukan

perbaikan-perbaikan data untuk kedepan,” ujarnya seraya meminta Kabupaten/ Kota segera lakukan koreksi dari data produksi yang ada, sehingga pihaknya dapat mengevaluasi dan memastikan di tahun 2015 nanti apakah bisa mencapai program tersebut.(try30)

PERESMIAN SPAM IKK

SHS: Mata air akan jadi air mata

GUBERNUR Sulut saat resmikan SPAM IKK di Desa Pontak Minsel.(foto :ist)

Manado—Proyek senilai Rp8 milliar yang dinamakan Sistem Pengelolaan Air Minum Ibu Kota Kecamatan (SPAM IKK) yang dilaksanakan oleh Pemprov Sulut melalui Dinas PU, Rabu (2/ 4) belum lama ini yang diresmikan langsung Gubernur Sulut DR Sinyo Harry Sarundajang di Desa Pontak Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Warga pun tak bisa menyembunyikan kegembiraanya saat itu, selain sudah dapat menikmati air bersih di desanya dengan mudah sebagaimana dambaan masyarakat setempat, mereka juga sangat senang bisa bertemu langsung dengan Gubernur SHS yang selama ini diidolakan. Hukum tua desa Mopolo, J Tampemawa mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak Pemerintah Provinsi yang telah menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat selama ini. “Terima kasih pak Gubernur karena sekarang kami boleh nikmati air bersih. Ini memang kerinduan kami sejak lama,” ungkap Tampemawa yang juga diiyakan beberapa kepala desa yang lain. Gubernur SHS sendiri dalam sambutannya meminta agar masyarakat dapat menjaga dan memelihara fasilitas yang sudah tersedia tersebut. Namun lebih dari itu, SHS juga mangharapkan agar sumber air agar senantiasa terus dilestarikan. “Yang terpenting adalah kita harus menjaga sumber air tersebut, itu adalah berkat Tuhan yang tak ternilai harganya. Jika tidak dipelihara, maka mata air akan berubah menjadi ‘air mata’. Apalagi sungai Ranoyapo yang mengaliri wilayah ini memiliki arti ‘Air milik Tuhan’, jadi sudah sepantasnya pengelolaannya adalah untuk kemakmuran umat-Nya,” ujar Gubernur. Kesempatan tersebut juga dimanfaatkan Gubernur

untuk mengajak warga agar turut mensukseskan Pemilu legislatif yang tinggal sepekan lagi. “Bagi masyarakat yang sudah berhak dan wajib pilih, mari kita berbondong-bondong datang ke TPS tanggal 9 April, jangan ada yang golput,” tambah SHS. Seusai sambutan, Gubernur mengambil waktu untuk berdialog langsung dengan para Camat dan Hukum Tua yang hadir. Gubernur meminta agar jika ada kebutuhan masyarakat infrasturktur yang sangat mendesak yang dibutuhkan masyarakat agar segera menyampaikan permohonan dan berjanji akan memenuhinya disesuaikan dengan program pemerintah provinsi. SHS juga memberikan bantuan bagi penyelesaian pembangunan gedung pastori GMIM Sion Pontak yang diserahkan kepada panitia. Menurut juru bicara Pemprov Sulut, Judhistira Siwu, hadir dalam acara tersebut Kajati Sulut Djungker Sianturi, SH, MH, Wakapolda Sulut Kombes Pol Drs. Charles Ngili serta beberapa Kepala SKPD Pemprov Sulut yaitu Kadis PU Ir. J.N. Kenap, Kadipenda Drs. Roy Tumiwa, Kadisnakertrans Ch. Talumepa, SH, Kadis Sosial A.G. Kawatu, SE, MSi, Kadisperindag Olvie Ateng, SE, Ka BPBD Ir. Noldy Liouw, dan Ka BPMD Ir. Happy Korah serta tokoh-tokoh masyarakat setempat seperti Maximilian Sondakh. Dimana tempat pelaksanaannya di empat desa di Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan yaitu Pontak, Pontak Satu, Po’opo dan Mopolo kini dapat menikmati air bersih bagi kebutuhan rumah tangga tanpa harus sibuk menggali sumur atau menimba dari mata air terdekat.(try30)

LOGISTIK PEMILU

Hari pertama, KPUD distribusikan ke wilayah Tagulandang dan Makalehi Ulu Siau—Pada hari pertama penyaluran atau pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) untuk pemilihan calon anggota DRPD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sitaro mulai melakukan pendistribusian ke wilayah Tagulandang dan Makalehi. Menurut Ketua KPUD Sitaro, Steven Londok, penyaluran logisltik dilakukan lebih awal agar tidak terjadi keterlambatan atau mengantisipasi berbagai dampak yang kemungkinan bisa saja terjadi baik faktor cuaca dan dampak atau hambatan lainnya yang tak terduga. “Jadi pendistribusian

secepatnya dilakukan. Dan untuk besok (hari ini, red) akan disalurkan untuk wilayah Makalehi kemudian ke Tagulandang dengan menggunakan KMP Lohoraung,” kata Londok. Terkait pengamanan pendistribusian, Londok memastikan akan diperketat, sebab selain anggota komisioner bersam dengan beberapa orang staff juga ikut bersama dengan rombongan pendistribusian logistik yakni pihak keamanan yakni dari aparat kepolisian. “Jadi selain komisioner dan staff, juga ada aparat kepolisian yang telah bertugas disini itu ada sekitar enam orang anggota polisi, untuk membawa logistik hingga ke lokasi,” yakin

Londok. Sedangkan untuk wilayah Siau sendiri, dikatakan Londok, akan disalurkan pada hari berikutnya atau Sabtu (5/4) akhir pekan. “Kalau untuk wilayah Siau nanti pada hari Sabtu. Jadi kami salurkan dulu ke Makalehi dan Tagulandang baru wilayah Siau,” jelasnya. Hal yang sama juga dilakukan KPUD Sangihe, dimana karakteristik wilayah Kabupaten Sangihe yang merupakan wilayah kepulauan juga menjadi tantangan tersendiri bagi pendistribusian logistik Pemilu di Sangihe. Dimana menjadi tantangannya masalah cuaca buruk yang bisa saja menerpa wilayah perairan Sangihe dan

sekitarnya, sehingga untuk mengantisipasi cuaca buruk, menjelang hari pemilu 9 April pekan depan, KPUD Sangihe mulai jumat (Hari ini,red) sudah mulai melakukan pendistribusian kertas suara ke wilayah kepulauan. “Mulai esok (hari ini, red) pendistribusian kertas suara sudah akan dilakukan khususnya didaerah kepulauan, karena kita tau bersama cuaca kadangkala buruk, jadi secepatknya kita harus mendistribusikannya agar pada pelaksanaan Pemilu nanti semuanya berjalan lancer tidak mengalami masalah dengan kertas suara,” tukas Ketua KPUD Sangihe, Ellsye Sinadia, pada sejumlah wartawan.(esge)


YUSTISIA KASUS LAHAN KAWILEY Kuntag terima putusan Hakim, Lendo mengamuk DUA terdakwa dalam kasus korupsi tukar guling lahan Kawiley, akhirnya menerima putusan oleh ketua Majelis Hakim Novrry oroh SH MH, didampingi Verra Linda Lihawa SH MH, dan Nich Samara SH MH di Pengadilan Negeri Tipikor Manado Kamis (3/4) kemarin. Kedua terdakwa masing-masing Freddy Lendo dan Dennis Kuntag divonis pidana penjara berbeda .”Terdakwa Dennis Kuntag terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar pidana korupsi dan dijatuhi pidana penjara empat tahun enam bulan, dan terdakwa Freddy Lendo dua tahun enam bulan penjara,” ujar Oroh selaku ketua majelis. Untuk Kuntag sendiri dibebankan denda Rp 200 juta subsidair kurungan penjara 3 bulan, juga diharuskan membayar uang pengganti sebesar Rp 750 juta dan apabila tidak membayar harta kekayaan disita untuk menutupi uang pengganti. Sedangkan lendo, didenda Rp 50 juta subsidair pidana penjara 1 bulan. Putusan hakim tersebut justru lebih tinggi dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), dimana Kuntag dituntut 1,5 tahun dan Lendo 2 tahun penjara. Menariknya, Kuntag tetap tegar dan berbesar hati meski divonis 4,5 tahun bui oleh hakim. Bahkan usai mendengarkan putusan, Kuntag terlihat tenang.”Saya tegar karena merasa ini adalah cobaan hidup yang harus dialami. Meski saya sudah berupaya mengganti lahan, tapi memang ini akhir dari kasus yang menimpa saya,” tutur Kuntag kepada wartawan seraya menambahkan masih pikir-pikir apakah akan mengajukan banding atau tidak. Berbeda dengan Lendo, dia tidak menerima putusan yang diberikan. Usai mendengar vonis, Lendo dan keluarga meluapkan kekecewaan atas vonis tersebut. “Saya tidak menikmati uang, kenapa saya divonis seperti ini. Ini tidak adil,” teriak Lendo yang langsung menggelar doa bersama didepan ruang sidang. Diketahui, dakwaan jaksa kasus itu berawal ketika Dennis yang merupakan kontraktor/ direktur CV Cipta Baru, bersama Freddy selaku pelaksana tugas kepala Badan Kekayaan Pemerintah Propinsi Sulut berdasarkan nota dinas gubernur Sulut, melaksanakan pengadaan lahan yang ditukar guling antara lahan didepan Bank Sulut Manado, dengan lahan yang berada di Desa Kawiley. Bermula ketika calon terdakwa Freddy diangkat sebagai Ketua Tim Penaksir/Negosiasi untuk melakukan pelepasan hak atas tanah di Desa Kawiley, pada tahun 2006 silam. Tanah seluas 105.846 m2 itu sedianya akan ditukar gulingkan dengan lahan di ex Markas Komando Daerah VII TNI AL yang terletak di Jalan Sam Ratulangi Nomor 1 Manado, atau tepatnya di dekat Tugu Zero Point. Freddy kemudian secara sengaja dan tanpa melalui proses sebagaimana mestinya, menunjuk calon terdakwa Dennis sebagai pelaksana untuk pengadaan lahan di Desa Kawiley. Dennis yang adalah Direktur CV Cipta Baru, bukan sebagai pemilik lahan atau pemegang kuasa atas lahan tersebut. Sehingga atas perbuatan dari kedua terdakwa Negara mengalami kerguian Rp2.750.000.000.(rees)

PENGHINAAN SHS Mertua Peuru jadi saksi Anak Peuru dijemput bukan diculik VERONICA Kumolontang yang merupakan mertua dari terdakwa HJCP alias Peuru dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Romi Johanes SH sebagai saksi dipersidangan Pengadilan Negeri (PN) Manado, Kamis (3/4) kemarin. Dalam keterangan saksi menyebutkan, pada tahun 2013 ada sejumlah polisi dari Polda Sulut mendatangani rumahnya yang berada di Pakuure. Maksud kedatangan para pihak berwajib tersebut untuk mengambil buku dengan judul “Konspirasi Zalim” yang dikirim oleh anaknya, yakni terdakwa untuk diperjualbelikan. “Buku tersebut akan dijual sesuai perintah anaknya yang waktu itu berada di Jakarta. Namun baru 30 buku yang terjual, dan hanya sepuluh yang terbayarkan. Dan belum seluruhnya buku itu dilakukan penjualan, para polisi sudah membawanya yang diperkirakan berjumlah 1445 buah,”katanya di depan Majelis Hakim, Willem Rompis SH MH, Verra Linda Lihawa SH MH dan Novry Oroh SH MH. Tambah saksi, buku tersebut dikirim melalui kapal laut dan langsung diambil oleh suaminya. Sementara harga buku yang diperjualbelikan Rp 50 ribu. “Buku itu perbuah harga Rp 50 ribu,”ujarnya. Saksi yang ditanyakan apakah pernah membaca isi buku tersebut, yang hanya dibacanya adalah kisah tentang cucu-cucunya yang dituliskan oleh terdakwa. Namun berbeda dengan keterangan dan isi dalam buku tersebut. Dalam kesaksiannya, cucunya diajak jalan-jalan oleh Steven Liow di Manado dan mampir makan nasi kuning. “Cucu saya Morits bilang kalau pak Steven mengajak mereka jalan-jalan dan makan. Selesai itu mereka diajak ke rumah Dinas Gubernur yang ada di jalan Bumi Beringin,” sebut saksi mengutip pembicaraan cucunya. Sementara itu, saksi ahli ITE yang dihadirkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Rommy Johanis SH memberikan keterangan bahwa, mengacu pada pasal 310 dan 311 KUHP mengacu pada pasal 27 tentang undang-undang IT, tidak membenarkan menuliskan blog atau pun dalam media sosial dengan kata-kata penghinaan, apalagi kalau sampai pihak korban tersebut merasa dirugikan. “Kalau pihak tersebut merasa keberatan maka itu merupakan tindakan kriminal,” katanya. Lanjutnya, barang bukti yang seperti facebook dan blog yang dituliskan oleh terdakwa, bisa benar miliknya. Sebab tinggal dilihat apakah dalam komentar ataupun status tersebut terdakwa memiliki temanteman dekat. “Kalau teman-temannya mengomentari diakun tersebut dan mendapat balas dari yang punya akun, itu berarti adalah miliknya. Seperti halnya barang bukti yang ada pada hakim, itu bisa saja benar adalah milik terdakwa. “Bisa saja itu yang membuatnya adalah terdakwa,” ungkapnya. (rees)

JUMAT 4 APRIL 2014

4

Pesta narkoba di kamar hotel berbintang terbongkar 3 tersangka ditangkap, 1 diantaranya dokter muda 2 gram sabu dan 10 butir pil ekstasi ikut diamankan Manado—Kerja keras aparat Kepolisian dalam mengungkap peredaran narkotika di daerah ini, kembali membuahkan hasil. Buktinya, Direktorat Reserse Narkoba (Dit Resnarkoba) Polda Sulut, berhasil menangkap tiga tersangka yang terlibat pesta narkoba di salah satu kamar Hotel Peninsula, Manado. Selain tersangka, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti (babuk) berupa shabu berbentuk kristal dan pil ekstasi. Menariknya lagi, dari penangkapan tersebut, salah satu tersangka teridentifikasi berprofesi sebagai dokter muda. Direktur Reserse Narkoba Polda Sulut, Kombes Pol Krisno Siregar, kepada sejumlah wartawan, Kamis (3/4) kemarin mengatakan, ketiga tersangka saat ini telah ditahan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Menurutnya, kasus ini akan menjadi catatan khusus, karena ditemukan sejumlah

indikasi kelemahan dalam pengawasan di pintu masuk daerah. “Kami sudah mencatat kasus ini dan segera dievaluasi. Persoalannya, pengawasan di pintu masuk daerah ini masih lemah. Buktinya barang terlarang ini bisa lolos di bandara. Ini akan menjadi perhatian kami dan masyarakat pada umumnya. Kemudian untuk tiga tersangka ini, sudah kita tahan dan sementara diproses hukum,” tegas Siregar, di dampingi Wadir Narkoba AKBP Pitra Ratulangi, di markas Dit Resnarkoba, kemarin siang. Sementara itu informasi yang didapat menyebutkan, ketiga tersangka yang diamankan antara lain, YL alias Yika (31), warga Kelurahan Mapanget, yang berprofesi sebagai kontraktor, kemudian MK (27) pengangguran yang berdomisili di Jakarta, serta FR alias Fel (29), warga Kelurahan Malalayang, Kecamatan Malalayang, yang diketahui berprofesi sebagai dokter di Rumah Sakit Noongan,

Minahasa. Ketiga tersangka tersebut ditangkap, Selasa (1/4) belum lama ini, oleh petugas Unit I Subdit III, dibawah pimpinan AKBP Agus Pelealu. Petugas sebelumnya mendapatkan informasi dari masyarakat, bahwa di salah satu kamar Hotel Peninsula diduga kuat berlangsung acara pesta ulang tahun yang berakhir dengan pesta narkoba. Nah, untuk meyakinkan informasi tersebut, sekitar pukul 19.00-23.00 Wita, petugas melakukan penyelidikan di hotel tersebut. Ketika melintasi kamar 1002, petugas mencurigasi aktifitas di kamar ini. Tak menunggu waktu lama, petugas langsung menggrebek kamar tersebut. Disini, petugas mendapati sekelompok anak muda berjumlah 10 orang, sedang menikmati pesta dalam rangka ulang tahun dokter Fel. Di atas meja, petugas menemukan beberapa bungkusan plastik yang berisi 10 butir ekstasi

berlogo dolar, shabu dengan berat kotor sekitar 2 gram, bong, pipet, korek api, serta 4 unit Hp. Mirisnya lagi, kondisi fisik wajah dari beberapa tersangka rupanya mengalami perubahan. Pasalnya, sebagaian babuk narkoba telah dikonsumsi tersangka sebelum penggerebekan. Berhasil menemukan babuk, ketiga tersangka bersama ketujuh rekan diamankan petugas untuk menjalani pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, salah satu tersangka MK mengaku jika barang terlarang tersebut dibeli dari Jakarta. “Babuk ini juga akan kita kirim ke labfor mabes. Jadi saat penangkapan, dalam kamar itu ada 10 orang. Setelah kita tes urin, hanya tiga yang terbukti memakai narkoba. Kalau soal barangnya, dari pengakuan tersangka MK, ia membelinya di pelataran parkir salah satu diskotik di Jakarta Barat. Selanjutnya, babuk ini dibawa dan disimpan dalam sepatu yang dipakai tersangka ke Manado. Disini kan bisa kita lihat, pengawasan sangat lemah. Proses pemeriksaan masih dilaksanakan, dan akan kita periksa juga saksi lain dari pihak hotel dan rekan-rekan tersangka. Kemudian dari kasus ini, para tersangka kita kenakan pasal 112 dan 114, uu 35 thn 2009,” jelas Siregar.(erel)

KONFLIK UNSRAT

Polda-Polresta Manado buru tersangka lain Manado—Peristiwa bentrokan antar mahasiswa di Unsrat, yang terjadi 5 Maret lalu, hingga kini makin intensif ditangani aparat Kepolisian. Bahkan, dari hasil penyidikan petugas, kejadian yang mengakibatkan dibakarnya gedung Fakultas Teknik serta puluhan sepeda motor milik mahasiswa, bakal menambah sejumlah bukti baru. Menariknya lagi, tersangka dalam kasus ini pun bakal bertambah. Pasalnya, petugas telah memiliki sejumlah bukti dan mengantongi oknum pelaku lainnya yang masih dalam pengejaran petugas. Terkait penanganan kasus ini, Wakapolda Sulut Kombes Pol Charles Ngili SH MH, ketika dikonfirmasi Kamis (3/4) kemarin menyatakan, penyidikan kasus di Unsrat sampai saat ini masih diproses pihaknya melalui Polresta Manado. Dikatakannya, untuk sementara para tersangka diamankan di Polresta untuk proses lebih lanjut. Wakapolda menegaskan, dari penanganan kasus ini masih menyisahkan oknum yang terlibat dan dalam pencarian petugas. Menurutnya, dalam penegakkan hukum pihaknya tidak memandang bulu siapa pelakunya. “Kemungkinan tersangkanya akan bertambah. Karena ada beberapa oknum

yang kita datangi, sudah tidak ada di tempat atau menghilang. Kita cek alamatnya di Manado, Minahasa hingga Bolmong, kata orang tuanya yang bersangkutan tidak pulang ke rumah lagi. Tapi hasil itu tidak apa-apa, tetap lakukan pengecekan terus dan kita tunggu saja. Tetap satu saat, para oknum yang kita cari akan nongol di satu tempat. Dan kita tidak pandang bulu, siapa saja yang bersalah kita proses hukum. Anak anggota Polisi saja kita tangkap kok,” tegas Ngili, kepada wartawan di Mapolda Sulut, kemarin sore. Lebih lanjut Ngili mengaku, jika belum lama ini didatangi sejumlah pihak seperti Lembaga Bantuan Hukum (LBH), untuk mengetahui proses penanganan kasus tersebut. Dijelaskannya, jika ada pihak yang ingin membantu atau mendampingi para tersangka dalam kasus ini, pihaknya meminta persetujuan pimpinan yakni Rektor Unsrat. Sebab, penanganan kasus Unsrat telah diserahkan sepenuhnya oleh pihak rektorat, untuk diproses sesuai hukum dan undangundang yang berlaku. “Polda tetap bertindak sesuai aturan hukum dan melaksanakan tugas secara profesional. Yang jelas Rektor Unsrat telah menyerahkan sepenuhnya

kasus ini ke Polda. Makanya beliau tidak bertanya lagi sejauh mana kasus ini ditangani. Jadi kasus di Unsrat kita tangani sesuai undang-undang yang berlaku. Kalau ada pihak yang ingin meringankan kasus ini, kami akan tinjau dan selidiki lagi. Dan tentunya harus ada yang bertanggung jawab,” jelasnya. Sementara itu, dari hasil pengusutan peristiwa tersebut Polresta Manado telah menetapkan sedikitnya 8 orang tersangka yang diketahui mahasiswa Unsrat. Para tersangka ditetapkan, atas keterlibatan dalam aksi pembakaran gedung Fakultas Teknik, pengrusakan dan kepemilikan senjata tajam (sajam). “Kami telah mengantongi nama-nama pelaku pembakaran gedung kampus teknik. Yang lainnya sudah kita amankan, dan masih dikembangkan keterangan dari saksi dan pelaku,” kata Kapolresta Manado, Kombes Pol Drs Sunarto, belum lama ini. Diketahui, kekisruhan di Unsrat mulai terjadi sejak Selasa (4/3) lalu. Hari itu, aparat Kepolisian melakukan pengamanan karena dilaporkan terjadi aksi saling serang antara mahasiswa Fisip, Teknik dan Hukum. Entah mengapa, keesokan harinya Rabu (5/3), bentrokan

akhirnya pecah. Situasi di kawasan Unsrat pun tegang dan memanas. Aksi saling serang dengan menggunakan batu dan kayu pun tak terhindarkan. Mirisnya lagi, diantara kelompok mahasiswa yang bentrok dilaporkan menyerang dengan senjata tajam (sajam) pisau badik dan panah wayer. Aksi yang semakin anarkis pun terus berlanjut, meski aparat Kepolisian telah berada di lokasi. Di tengah penyerangan tersebut, ribuan massa tiba-tiba dikejutkan dengan terbakarnya Laboratorium Fakultas Teknik Elektro. Disini, kedua kubu mahasiswa Hukum dan Teknik pun semakin beringas melakukan penyerangan hingga dibakarnya puluhan sepeda motor. Petugas dari Polresta Manado yang melakukan pengamanan pun, sulit meredam aksi penyerangan tersebut. Ratusan personil dari Polda Sulut terdiri dari Direktorat Sabhara, Satuan Brimob, Direktorat Intelkam, Dit Reskrim, Dit Lantas serta Propam pun langsung dikerahkan ke lokasi. Tak hanya itu, beberapa kendaraan Polda seperti Water Canon pun diterjunkan. Bahkan, sejumlah pejabat utama Polda Sulut beserta personil Korem 131/Santiago, turun langsung melakukan pengamanan.(erel)

PENCURIAN

Curi cengkih, Nona dibui 3,6 tahun penjara Manado —Terdakwa dalam kasus pencurian yakni perempuan NCR alias Nona (45) akhirnya divonis 3,6 tahun penjara oleh Majelis Hakim, Parlindungan Sinaga SH MH dan Uli Purnama SH MH, di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Kamis (3/ 4). Putusan tersebut lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Christyana O Dewi SH, yang menuntut terdakwa 5 tahun penjara. Nona yang diketahui telah mencuri cengkih dan membakar gudang tersebut telah merugikan korban sebesar Rp 1,7 milliar. “Sesuai dengan perbuatannya terdakwa dituntut hukuman penjara 3,6 tahun penjara. Itu pun sudah dipertimbangkan oleh hakim, dimana terdakwa dalam persidangan berlaku sopan,”kata Majelis. Seperti yang diketahui, pertama beraksi, terdakwa menyikat 6 karung cengkih dari dalam gudang. Dia memanggil terdakwa lainnya, NS alias Opo, untuk menyewa mobil Avanza. Hasil penjualan 6 karung tersebut adalah 30 juta dan dibagi dua. Saat itu 1 Kg cengkih bernilai Rp 30 juta. Kali kedua, bersama Opo lagi, Nona menggasak 5 karung dan dijual dengan harga 24 juta. Selanjutnya untuk aksi ketiga dan keempat, cengkih itu dihargai Rp 38 juta dan Rp 128 juta. Sedangkan untuk kasus pembakaran gudang, terdakwa mengaku melakukan aksi secara sendirian dan tidak melibatkan orang lain. Dia membakar gudang yang berisi kayu tersebut dengan menggunakan minyak tanah. Dalam dakwan JPU, Christyana O Dewi SH, Nona bersama saksi Nofri Saul alias Opo dan saksi Feki Sumerah (dalam berkas terpisah), medio September 2013, telah mengambil barang atau kepunyaan milik korban Vonny Nayoan di sebuah gudang di daerah Mahakam, Kelurahan Wawonasa, Lingkungan II, Kecamatan Singkil, Manado. Terdakwa yang berstatus PRT, awalnya

menemukan duplikat anak kunci gudang cengkih yang tergantung di kunci gudang. Kemudian Nona menyimpan anak kunci tersebut karena merasa sakit hati kepada korban. Terdakwa mengaku sering dimarah dan difitnah korban. Setelah mendapat kesempatan, terdakwa menghubungi kedua saksi untuk melancarkan aksi jahat. Ketiganya lantas menyikat isi gudang itu sebanyak lima kali dalam beberapa kesempatan. Hasil curian dijual dan dibagi rata. Terdakwa sendiri menikmati uang haram itu dengan membeli sebuah gelang emas seberat enam gram. Sisanya untuk keperluan pribadi. Korban sendiri mulai sadar dengan aksi tidak terpuji ketiganya. 130 karung cengkih lenyap dan dia menderita kerugian sebesar Rp 1.170.000.000 alias satu milyar seratus tujuh puluh juta rupiah. JPU menjerat perbuatan terdakwa dengan Pasal 363 Ayat (1) ke-3, 4 KUHP. Untuk dakwaan kedua, Nona pada 9 November 2013, telah melakukan pembakaran gudang bersama kedua saksi diatas. Sebelum kejadian, korban Vonny Nayoan yang sedang beristirahat, terbangun karena ada kobaran api di bangunan tempat penyimpanan kayu yang tingginya sekitar 10 meter. Saat itu saksi menghubungi terdakwa dan memberitahukan bahwa bangunan sudah terbakar. Terdakwa kemudian datang ke TKP dan membantu memadamkan api bersama saksi Feki. Beberapa hari kemudian, korban mendapat informasi dari kepolisian bahwa terdakwalah yang melakukan pembakaran tersebut. Terdakwa mengaku di kantor Polisi bahwa memang dia yang melakukan pembakaran gedung cengkih dan bangunan tempat penyimpanan kayu, karena merasa sakit hati sering dimarahi dan difitnah korban. Perbuatan ini diancam dengan pidana sesuai pasal 187 Ayat (1) ke-1 KUHP.(rees)

NOMOR LAYANAN EMERGENCY KEPOLISIAN Posko Siaga Polda SPK Polda Sulut SPK Polresta Manado SPK Polsek Pineleng SPK Polsek Urban Wanea SPK Polsek Urban Malalayang SPK Polsek Sario SPK Polsek Urban Wenang SPK Polsek Pelabuhan SPK Polsek Tikala SPK Polsek Mapanget SPK Polsek Singkil SPK Polsek Tuminting Mapalus Kamtibmas

0431-866476/864319 0431-870416 0431-321001 0431-822-129 0431-824233 0431-836774 0431-855973 0431-857965 0431-851875 0431-859454 0431-816064 0431-812842 0431-852591 110


PENDAPAT

JUMAT 4 APRIL 2014

5

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Batas sejarah kertas

Kemajuan hanya di atas kertas

MASA DEPAN yang tiba di hari lampau, kadang galau, hingga bingung sendiri mencari jawaban dari yang sudah ditempuh sepanjang hayat. Ia hadir dari teori yang mebingungkan. High mass consumption, kian menarinari di pelupuk, memainkan peran masa. Waktu terlalu cepat berganti, usia tidak lagi belia. Kemarin masih bayi dan lelap di pelukan bunda, hari ini sudah berjejal di sepanjang lorong kehidupan malam, mengisi hari-hari sebagai kupu-kupu yang lucu yang lelap di pangkuan zaman edan. Peran rancu yang membuahkan kelakuan seolah-olah dan dual identity. Semuanya mau diraup dalam sekali terkam, tapi tak gampang rupanya. Teknologi ternyata bukan jawaban. Moderenisme cuma di batas sejarah kertas tipis perbudaan hari lahir, kau lahir kemarin, aku lahir hari ini, berita lahir sekarang. Inti api jadi redup oleh lahirnya lampu pijar dan neon, teplok murung di sudut ruang baca teknokrat yang juga seniman senewen. Namun, lilin tetap hadir dan menjadi mahalnya sebuah seremoni, botol teplok kembali diisi minyak jarak supaya menjadi alternatif dari naiknya harga BBM, apalagi ketika listrik selalu jadi soal karena sering padam dan tak sempat kita pahami apa soal yang memungkinkan pemadaman itu. Episode ini memang menawarkan banyak berkah, diskon, kemudahan dan kebijakan. Hanya memang, dibolak-balik, masa depan tak mau pusing, menggilas siapa saja yang belum siap bahkan yang sudah menyatakan siap, karena semua menunggu kalah oleh nasib dan mati. Fakta tak lagi faktual, obrolan layar kaca mengutuk pengacau-pengacau negeri, yang mengincar mangsa, seorang perempuan digorok, penebar bom ricuh dan pembakaran belum tertangkap, model seksi penginjil yang juga mubalig, penatua yang ketuaan dan pikun, bersaing dengan cerita petinggi negeri yang doyan jalan-jalan dan mengumbar mimpi, bom bunuh diri, loby, tim ekonomi yang lebih memaksakan teori palsu masa depan yang sudah lewat masanya dan ketinggalan kereta. Episode ini tercatat dengan kata sandi, siapa mampu menyingkap tabir misteri hari ini, jika tertawa kita adalah tangis mereka, dan dukacita hanya semboyan yang masih diulang-ulang oleh mereka yang berjejal memenuhi jalan, menghentar kotak sumbangan bagi macetnya lalulintas, tapi uangnya buat pembawa kotak yang memang punya nasib lebih tragis dari mereka yang terkena tsunami. Begitu cara mencari uang dan simpati masa kini. Iklim kompetisi yang tercipta berlangsung tidak fair, belum lagi skenario dari penguasa yang belum memberi ruang yang pas bagi tiap orang untuk berkompetisi secara sehat. Skenario busuk ini berlangsung dengan memainkan ketidaktahuan rakyat. Jurus sudah dimainkan, cerita hari ini tentang pelurusan yang semakin membelokkan persoalan, keterlambatan issue yang benar katanya tentang perang dan teroris, sementara ada yang sembunyi di balik keberadaan teroris itu sendiri. Tersangka gate, pesta seks para pelajar dihajar habis-habisan karena pejabat yang ngeseks mungkin dianggap wajar. Pertambangan yang lagi menari di ladang orang, limbahnya ada di teluk dan di hentar tanpa siapa yang tahu, pemerintah yang tuli dengan nasib petani, dan masih menyanyi untuk kekasih gelapnya. Ada persoalan memang, karena ruang dan sumberdaya terbatas, ini menarik untuk disimak, karena dari sana pula kompetisi itu akan semakin kental.Ancaman keterbatasan ruang dan sumberdaya, ditambah prilaku purba untuk menguasai, membikin manusia saling bunuh untuk mempertahankan ruang dan sumberdaya. Hanya memang cara yang selama ini ditempuh, tidak beretika dan terkesan semena-mena. Kelak, peradaban menjadi pertanyaan, yang mana yang disebut modern, mana yang tradisional. Mana teknologi, mana kearifan lokal, semua lalu jadi bias karena masyarakat modern sudah bosan dengan kemodernannya, beralih ke kaedah naturalis dan pascastrukturalis. Hijau daun, secerca harapan baru yang kadang bersemi dan layu sebulum pagi benar-benar dapat menghapus semua embun dari kelopak bunga dan ranting muda. Suatu teori bukan hukum, pun hukum dipertanyakan, dirombak, berganti tanpa henti. Bagaimana mungkin melawan perangkat hukum yang sengaja dicipta untuk mempurukkan posisi rakyat dalam berkompetisi, di sana hak rakyat menjadi tidak kentara hak, karena negara menyamarkan hak dan kewajiban, dalam keadaan demikian rakyat menjadi pelaku semua kewajiban untuk memuaskan birahi negara terhadap semua sumberdaya milik rakyat. Perjalanan tiada ujung. Peradaban berganti, dan semakin membingungkan.Atau mungkin mereka menyebutnya pesimis, tidak! Ini real, masa depan adalah hari ini. Teknologi menjadi lebih dominan dengan sesuatu yang singkat, punya nilai guna, dan dapat dengan mudah diakses, istilah umumnya ‘teknologi tepat guna’ walau kadang teknologi tepat guna tak pernah diaktualisasikan oleh mereka yang butuh, karena sifatnya masih menjadi barang ‘aneh’ milik sekelompok pengagum masa depan. Tetapi, apa pun resikonya rakyat mesti bersatu. Hak rakyat tak pernah tuntas diberikan, maka tidak berlebihan jika dikata bahwa, kompetisi yang digaungkan dewasa ini akan semakin memenjarakan kemerdekaan yang didamba negeri ini. Demikian, cahaya mesti terus bersinar bagi kebenaran yang sahih. Redaksi

REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Menuju masyarakat edukatif (1) Oleh M Badri Takenfrom: Media OnLine ARISTOTELES berpendapat bahwa pada waktu lahir jiwa manusia tidak memiliki apa-apa, sebuah meja lilin (tabula rasa) yang siap dilukis oleh pengalaman. Dari Aristoteles, John Locke (1632 – 1704), tokoh empirisme Inggris, meninjam konsep ini. Menurut kaum empiris, pada waktu lahir manusia tidak mempunyai “warna mental”. Warna ini didapat dari pengalaman.

Pengalaman adalah satusatunya jalan ke pemilikan pengetahuan (Rakhmat, 2004). Pengalaman itu sendiri dibentuk melalui pendidikan. Di sini penulis melihat bahwa pengalaman (baca: pendidikan) merupakan faktor penting yang mempengaruhi perilaku dan budaya masyarakat di masa depan. Proses pembentukan pendidikan harus melihat realitas yang ada di tengah masyarakat dengan mengedepankan aspek pendidikan agama, sains, dan sosial untuk menumbuhkan pemikiran

Psikologi minoritas mayoritas (3) Oleh Azyumardi Azra Guru Besar Sejarah takenfrom: jurnal perempuan PSIKOLOGI MAYORITAS JIKA di kalangan minoritas terdapat “psikologi minoritas” – yang dapat meningkat menjadi “exaggerated fear” – di dalam diri kaum muslimin mayoritas Indonesia juga terdapat semacam “psikologi mayoritas”. Lagi-lagi psikologi semacam itu tumbuh dan berkembang karena faktor-faktor historis, sosiologis, dan politis yang sangat kompleks. Salah satu bentuk “psikologi mayoritas” muslim Indonesia adalah apa yang disebut sosiolog Belanda, CAO van Niewenhuijze, pada 1980-an sebagai “majority with minority complex”, masyarakat mayoritas tetapi dengan sikap mental sebagai minoritas. Psikologi seperti ini muncul karena pengalaman historis-politis sejak zaman Belanda, ketika kaum muslimin mengalami marjinalisasi sosial, ekonomi, dan politik. Dan ini terus berlanjut dalam masa Orde Lama dan Orde Baru, ketika parpol-parpol, organisasi-organisa si, dan tokoh-tokoh muslim yang dipandang mewakili Islam (baca: Islam santri) mengalami marjinalisasi dan bahkan supresi penguasa. Dengan psikologi “mayoritas dengan kompleks minoritas” itu, terdapat kalangan muslimin yang merasa asing di rumahnya sendiri dan tidak menganggap pemerintahan yang ada sebagai bagian dari mereka. Lebih dari itu, psikologi seperti itu memendam ketakutan berlebihan terhadap kalangan minoritas keagamaan – khususnya Kristen — yang mereka pandang memiliki agendaagenda yang mereka jalankan secara agresif untuk menguasai Indonesia melalui program Kristenisasi. Psikologi seperti inilah yang sering menguasai imajinasi (capturing imagination) banyak kalangan muslim tentang kaum minoritas Kristen yang mereka pandang sangat agresif dan ekspansif sejak zaman Belanda sampai sekarang. Lebih jauh, menurut perspektif ini, jika dulu misi Kristenisasi mendapat dukungan kekuasaan Belanda, sekarang menyandarkan diri pada kekuatan pendanaan gereja internasional, khususnya Amerika Serikat. Dan, pihak terakhir ini memang terkenal tidak hanya memiliki kemampuan finansial berlimpah, sumber daya evangelis sangat bersemangat, melainkan juga berani melakukan langkah-langkah evangelisasi yang dramatis. Karena itu, dalam psikologi “majority with minority complex” itu, belakangan ini menguat pula kepercayaan pada “teori persekongkolan” (conspiracy theory). (bersambung)

kritis dan demokratis. Karena produk pendidikan untuk menghasilkan masyarakat edukatif (secara universal) harus memperhatikan keterampilan hidup (life skill) dan keterampilan sosial (social skill). Kedua hal ini merupakan satu kesatuan untuk menciptakan sebuah perubahan dalam konteks modernisasi berpikir masyarakat yang madani. Dalam sebuah Catatan Pinggir, Goenawan Mohamad pernah mengemukakan, pengetahuan lahir saat manusia tumbuh. Dunia modern bahkan bergerak dari proses pengetahuan itu: manusia tak lagi tersihir oleh dunia. Ia menangkap dunia itu, menafsirkannya dan mengubahnya. Hal ini berarti pendidikan merupakan “senjata nuklir” yang dapat mengubah dunia –– mungkin juga menghancurkannya. Beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Rusia, dan Jepang secara tidak langsung memanfaatkan pendidikan untuk menguasai pemikiran masyarakat dunia melalui konsep ekonomi, ideologi, dan teknologi. Hal ini sangat

berbahaya bagi negaranegara berkembang yang setakat ini dengan mudah dapat “tersihir” oleh konsep pemikiran yang dihasilkan negara-negara barat. REALITAS PENDIDIKAN INDONESIA Hingga kini masalah pendidikan di Indonesia masih menjadi isu sentral yang selalu dibicarakan semua orang, baik yang bersentuhan langsung dengan urusan pendidikan maupun tidak. Karena ukuran kualitas dan kuantitas dunia pendidikan menjadi cermin kemajuan sebuah peradaban. Kita lihat misalnya negara-negara maju selalu menempatkan pendidikan sebagai prioritas nomor satu dalam pembangunan. Hal ini erat kaitannya dengan budaya riset untuk peningkatan kemajuan teknologi dalam menghadapi persaingan global. Lalu bagaimana dengan negara-negara berkembang? Khususnya Indonesia, hal ini sepertinya masih jauh panggang dari api. Padahal seperti dilihat

pada gambaran Pembangunan Pendidikan yang tertuang dalam Program Pembangunan Nasional (Propenas) Tahun 2000 – 2004, dunia pendidikan di Indonesia menghadapi tiga tantangan besar. Tantangan pertama, sebagai akibat dari krisis ekonomi, dunia pendidikan dituntut untuk dapat mempertahankan hasil-hasil pembangunan pendidikan yang telah dicapai. Kedua, untuk mengantisipasi era global dunia pendidikan dituntut untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten agar mampu bersaing dalam pasar kerja global. Ketiga, sejalan dengan diberlakukannya otonomi daerah, perlu dilakukan perubahan dan penyesuaian sistem pendidikan nasional sehingga dapat mewujudkan proses pendidikan yang lebih demokratis, memperhatikan keberagaman kebutuhan/ keadaan daerah dan peserta didik, serta mendorong peningkatan partisipasi masyarakat. (bersambung)

Premanisme, sekuriti, keadilan, & Irasionalitas (3/selesai) Oleh Slamet Sutrisno Penulis adalah Dosen Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada takenfrom jurnalperempuan YANG kedua, melihat

clearing terhadap berbagai konsep dan konsepsi pembangunan nasional apakah sudah memenuhkan kriteria sebagai pembangunan seutuhnya yang tidak sektoral, kultus etnik, dan primordial. Artinya,

apakah sudah benar bahwa Wawasan Nusantara menjadi acuan dan kiblat pembangunan negara, yang berpangkalan pada akar nilai keadilan guna menjamin sekuriti masyarakat dan negara.(*)

SAINS FIKSI (bagian 5)

Demarkasi Humanisme Universal Oleh Risang ‘nGa’Anom Alumni Universitas Airlangga Surabaya Takenfrom Milis Penyair Taruhlah, seperti pada novel Alpha Veta karya Sulung Haryanto. NOVEL ALPHA VETA Dalam novel Alpha Veta, fenomena kehadiran bintang yang tiba-tiba muncul, kelak dalam cerita dinamakan oleh tokoh penemunya dengan nama bintang Alpha Veta, mempunyai kekuatan besar untuk mengubah tatanan sosial mapan ke tatanan sosial yang lebih baik. Struktur sosial mapan di dalam konteks Alpha Veta

dipahami sebagai sesuatu hal yang wajar dan telah berlaku terusmenerus; kebaikan yang mapan maupun segala keburukan yang juga telah mapan. Keadaan sosial mapan Alpha Veta jika dianalogikan seperti keadaan sosial masa kini. Seperti kita ketahui bersama, bukankah keadaan sosial masa kini (sekarang), sengaja maupun tidak disengaja, di samping memapankan hal-hal yang baik-baik, ternyata sanggup juga memapankan pencurian, kerusuhan, peperangan

dan segala hal yang buruk bahkan hingga pada tingkatan yang paling ternyaman. Penggunaan media bintang Alpha Veta dalam teks sudah sangat tepat. Pasalnya, dengan penghadiran bintang yang notabene berasal dari Lubang Hitam untuk dijadikan sebagai proyeksi dalam menghancurkan susunan sosial mapan yang tidak diharapkan oleh semua kalangan umat manusia, segala kesulitan untuk bertransformasi menuju ke struktur sosial yang ideal dapat segera teratasi dengan sebaikbaiknya. Segala bentuk kemapanan raib tanpa tersisa.(bersambung)

SUSILO BAMBANG YUDHOYONO, beberapa hari lalu sudah dilantik sebagai kepala negara untuk periode 2009 – 2014. Coba kita kembali mengingat apa yang sudah ia sampaikan waktu lalu. Pada Agustus 2005 dan Agustus 2006, beliau pernah menyampaikan dalam pidato kenegaraan yang mana fokus program pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran melalui pembangunan infrastruktur dan revitalisasi pertanian, perikanan, serta kehutanan. Nah, seperti yang ia sampaikan, bahwa dalam revitalisasi pertanian target yang ingin dicapai adalah meningkatkan produksi beras sebesar 2 juta ton pada tahun lalu, dan akan terus ditingkatkan. Dari produksi gabah kering giling sebesar 54,66 juta ton pada 2006 menjadi 58,18 juta ton pada 2007. Hal ini didukung oleh kenaikan anggaran Departemen Pertanian sebesar Rp2,5 triliun, dari 6,2 triliun rupiah pada 2006 menjadi 8,7 triliun rupiah pada 2007. Spesifikasi dari kenaikan anggaran Departemen Pertanian tersebut antara lain, 1 triliun rupiah untuk subsidi benih, 745 miliar rupiah untuk jaminan kredit petani kecil, 500 miliar rupiah untuk subsidi bunga bagi petani kecil, dan sisanya lagi untuk peningkatan penyuluhan. Cerita di atas kertas. Kemajuan dan peningkatan terus terjadi. Tentu anggaran bagi revitalisasi di semua sektor pada tahun ini sudah meningkat, seperti yang dijanjikan dalam berbagai kampanye. Ada realita kenaikan harga pangan, dan itu juga sudah terjadi di daerah kita. Pertanyaannya, bagaimana dengan geliat revitalisasi pertanian di daerah kita, Sulawesi Utara? Beberapa waktu lalu ketika mengadakan penyuluhan bagi penyuluh pertanian se-Sulawesi Utara, gubernur meminta kepada bupati dan walikota, kalau mau mengagendakan gubernur datang di daerah, maka dia minta untuk menyisihkan waktu ke lahan pertanian. “Di sana kita mendengar langsung keluh-kesah dari petani. Antarkan saya ke daerah yang daerah pertanian kurang baik hasil pertaniannya, maka kita akan jadi tahu apa yang menjadi kendala dengan hasil pertanian itu,” kata Gubernur ketika pertemuan di ruang Huyula itu. Ini tentunya harus kembali diingatkan supaya, minimal, ada perhatian dari pemerintah untuk sektor pertanian di daerah kita. Jangan kita hanya terpaku pada issue peningkatan di atas kertas yang tak pernah jadi realita, sementara sektorsektor yang disebut-sebut itu ternyata hanya sebuah teori. Target pemerintah dalam produksi beras tahun kemarin itu sudah baik, minimal untuk memacu dan memotivasi Departemen Pertanian, yang implementasinya di daerahdaerah tentunya dinas pertanian dan institusi yang terkait dengan bidang itu boleh bekerja maksimal untuk mendukung upaya revitalisasi. E. Kenny.S, SE Mapanget

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Donny Wungow. REDAKTUR PELAKSANA: Glenly Bagawie. KOORDINATOR LIPUTAN: Stenly Lumempouw. KOORDINATOR BIDANG: Tonny Mait, MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Stenly Lumempouw, Tonny Mait. REDAKTUR: Hanny Rais REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando, Ronald Sumakul, Lukman R Hadji. KEPALA BIRO: Tonny Mait (MANADO), Glenly Bagawie (TOMOHON), Ronald Rompas (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempow (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Yunita Datalamon (KOTAMOBAGU-BOLMONG), Faruk Langaru (BOLTIM), Chandra Paputungan (BOLSEL), Kurniawan Golonda (BOLMUT). KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Denny Poluan (Minahasa, Tondano, Tomohon, Mitra), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minsel), Marchel Wowor, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta, D Iman, Cipta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestaripress, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 50.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) NO REK: 001 01.52.000663-1 Bank Sulut a/n PT. Sulut Lestaripress TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


KETAWA ASYIK Nggak ada yang berani mencuri singa PEMIMPIN sirkus: “Hei, mengapa kamu lupa menutup kandang singa sehabis pertunjukkan tadi malam? Mick: “Sebetulnya nggak perlu terlalu dipermasalahkan Pak. Siapa sih yang berani mencuri singa?”(*)

ANAK SEKOKAH YANG INGIN KREATIF

REKA MAU MEREKA

Si tukang bohong Dia memang asyik banget diajak ngobrol atau pun nongkrong bareng. Intinya dia sobat yang seru banget, deh. Sayangnya, beberapa kali kita mendapati dia berbohong sama kita dan orang lain. Waduh! Lama-lama kesal juga kalau terus-menerus dibohongi begini. (lia)

Karburator kemasukan air

Dias

PADA suatu hari seorang istri menyampaikan berita kepada suaminya Istri: “Mobilnya mogok pak, karburatornya masuk air.” Suami: “Karburator masuk air?, ha.. ha kamu ini sok tahu.” Istri: “Saya katakan karburatornya kemasukan air. Kok gak percaya sih ...?” Suami: “Huh.. kamu bahkan tak tahu apa itu karburator, biar saja saya yang periksa. Sekarang mobilnya dimana?” Isteri: “Nyemplung di kolam.” Suami: .............?(*)

CARI tahu kenapa dia suka bohong. Misalnya, dia suka bohong soal keluarganya mungkin karena malu, atau dia bohong karena berusaha menjaga perasaan kita. Bukannya mendukung, tapi sekedar mencegah kita jadi marah dan sakit hati berlebihan.

Takut petir SEORANG anak mengeluh soal petir dan pergi ke dukun untuk berkonsultasi.... Anak : “Pak gimana caranya supaya kita televisi saya itu ngak gonta-ganti gara-gara kena petir terus” Dukun : “Gampang kamu harus mandi kembang tujuh rupa dan di ujung antena TV kamu kamu tulis saya anak gundala putra petir, dijamin tidak akan kena petir lagi tv kamu !” anak : “Trimakasih mbah...” Dua hari kemudian si anak kembali ke pawang dengan muka gosong... dan membawa kertas yang katanya dari si petir... “Maaf saya buta huruf...!!”(*)

Dikirain bau mayat PADA sebuah malam yang gelap seorang ibu sedang pulang dari arisan karea ban mobilnya kempes sang ibu terpaksa harus menaiki delman Pak delman : “Dimana rumah ibu?” Ibu : “Lewat kuburan itu saja.” Pak Delman : “Tunggu saya bertanya kantor polisi dulu.” Setelah sampai di kantor polisi Pak delman : “Pak Polisi bolehkah saya lewat kuburan tua itu?” Pak Polisi : “Baik tapi cepat...” Sesampainya di kuburan tua Ibu itu mencium bau busuk dan tambah dalam masuknya ke kuburan tabah keras baunya dan tiba2 pak delman menghadap ke ibu itu dengan muka yang pucat dan berkata, “Maaf, Saya kentut...”(*)

Masuk kamar pas SEORANG pria yang mempunyai tubuh yang sangat gemuk memilih-memilih celana panjang di sebuah Departemen Store. Setelah dapat yang cocok, dibawa ke kamar pas untuk dicoba. Baru sesaat di dalam kamar pas, dia sudah keluar lagi. Dengan tergopoh-gopoh dia menghampiri penjaga, “Wah, kamarnya benar-benarpas. Saya sampai tidak bisa bergerak sedikit pun di dalamnya.”(*)

Soal 10 salah semua SEORANG anak ditanyai oleh gurunya, “Bagaimana belajarmu? Kerja Pekerjaan Rumah 10 kalimat saja salah semua”. “Bukan salah saya semua Pak. Saya hanya kerja 4 baris. Selebihnya dikerjakan Bapak saya”, jawabnya enteng.(*)

Tanah Dijual DI TOMOHON/MATANI I DEKAT JALAN RAYA

LUAS TANAH 17.248 M2 SERTIFIKAT HAK MILIK

BERMINAT...? HUBUNGI: 082344247776 (BOY)

Agnes SUPAYA kebiasaan berbohongnya berkurang, coba tunjukkin kalau kita kecewa setiap dia berbohong. Tapi kalau ternyata dia bohong karena malu atau menyembunyikan sesuatu, tunjukkan juga kalau kita bisa menerima dia apa adanya.(*)

TIPS ASYIK

Tiga alasan berhenti mengkonsumsi kentang goreng FRENCH Fries atau biasa disebut kentang goreng memang sudah lama memiliki reputasi buruk. Rasanya yang gurih dan nikmat memang cocok disantap saat santai. Namun, jika kita mengkonsumsinya terlalu banyak, itu bukanlah hal yang baik. LEMAK JENUH Lemak jenuh dalam kentang goring adalah pencetus utama dari penyakit kanker, diabetes, dan jantung, di mana secara langsung terkait dengan penyumbatan arteri. Ketika kita mengkonsumsi lemak ini, mereka membuat platelet dalam aliran darah. Hal ini membuat trombosit sedikit lengket kemudian membentuk gumpalan yang terhubung ke dinding arteri yang

memasok daerah vital tubuh kita dengan oksigen dan nutrisi. Gumpalan kecil ini membuat dinding plak yang akhirnya akan menyebabkan serangan jantung atau stroke. Lemak jenuh juga telah terbukti meningkatkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein. Lemak ini juga bisa tinggal di tubuh lebih lama dan meningkatkan sirkulasi darah trigliserida yang menurunkan kolesterol baik atau high density lipoprotein . KARBOHIDRAT BURUK Kebanyakan kentang goreng dibuat dari kentang putih yang terbukti lebih mudah mengkonversi dalam tubuh dalam bentuk gula. Ketika tubuh membutuhkan

karbohidrat dalam waktu cepat, gula ini dipaksa “menyerap” agar bisa segera digunakan sebagai energi. Jika tidak, gula akan disimpan dalambentuk lemak. Kecuali jika kita mengkonsumsinya sebelum berolahraga berat atau setelahnya, gula itu mungkin bisa langsung terurai. Namun jika kita mengkonsumsi-nya dalam jumlah banyak tanpa melakukan aktivitas yang besar, karbohidrat akan dengan cepat mengkonversi menjadi gula yang tinggi dan menyebabkan pening-katan produksi insulin dalam tubuh. Jika pasokan insulan terus melonjak, resistensi insulin juga terus berkembang dan tubuh lebih berisiko tinggi terhadap penyakit jantung dan diabetes. LEMAK TRANS

Lemak trans adalah lemak yang berasal dari pemanasam minyak nabati. Sama seperti lemak jenuh, asam lemak trans pada kentang goreng juga berisiko tinggi menyebabkan penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Lemak trans bertindak sebagai karsinogen dalam tubuh. Kentang goreng yang memilikitingkat akrilamida tinggi, juga diklaim sebagai zat penyebab kanker. Meskipun belum ada hasil yang konklusif mengenai hubungan antara anak-anak yang sering mengkonsumsi kentang goreng dan kanker, tapi para ahli kesehatan menyarankan agar mereka menghindari makanan ini. Mengingat, setiap tahun kanker pada anak-anak terus meningkat di usia 3-5 tahun.(berbagai sumber)

ASAL LOE TAU AJA

Pemanasan global hancurkan terumbu karang Australia EFEK pemanasan global sekarang ini telah berdampak pada sebagian belahan dunia. Di Australia, banyak terumbu karang yang mati karena peningkatan keasaman air laut. Salah satu perwakilan yang memimpin rapat Panel Antar Negara terhadap Perubahan Iklim atau IPCC, Chris Field, mengatakan bukti nyata dampak dari pemanasan global sudah terjadi pada kerusakan terumbu karang. Khususnya di kawasan terumbu karang terbesar di dunia, Great Barrier Reef Australia. Mengutip laporan ABC Rabu (2/4) kemarin, Field menjabarkan tentang bukti nyata bahayanya efek pemanasan global. “IPCC tidak mencoba untuk menakutnakuti atau membuat opini publik (tentang pemanasan global), tapi IPCC mencoba menjabarkan gambaran yang

tidak bias tentang apa yang kita ketahui dan tidak kita ketahui tentang dampak, adaptasi, dan kerentanan terhadap perubahan iklim,” kata Field. Field mengambil contoh dari rusaknya terumbu karang di perairan hangat Australia belakangan ini. Field menjelaskan, kerusakan terumbu karang tersebut disebabkan oleh kombinasi dari iklim yang

SERVICE SPRINGBED, KURSI UKIR & KURSI SUDUT BERBAGAI MACAM MEREK, UKURAN & JENIS KERUSAKAN SPRINGBED KURSI UKIR, DAN KURSI SUDUT ANDA !!!

UNTUK SPRINBED

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI MODEL TAMBAH UKURAN UNTUK KURSI UKIR DAN KURSI SUDUT

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI KAYU CAT BARU

PESANAN KHUSUS MEMODIFIKASI SPRINGBED HASIL & KWALITAS DIJAMIN MEMUASKAN HUBUNGI

TOKO MEDAN JLN. LEMBONG NO.16 MANADO

CONTACT PERSON HP. 085398766171 081340050546

memanas dan pengasaman air laut. “Pengasaman air laut terjadi karena konsekuensi yang tak dapat dihindari dari meningkatnya konsentrasi karbon dioksida pada lapisan atmosfer. Dan ini adalah bukti nyata, menyimpulkan laporan tersebut, tentang bagaimana kombinasi dari tingginya suhu dan meningkatnya keasaman

laut membuat dampak yang lebih serius dari sekarang,” papar Field. Sebagaimana diketahui, IPCC baru saja merilis laporan mengenai dampak-dampak berupa bencana besar yang akan terjadi di Bumi 50 hingga 100 tahun dari sekarang. Data tersebut didapat dari hasil 436 penelitian yang melibatkan 1.729 para ahli serta pemerintahan seluruh dunia. Di akhir kesimpulannya, Field mengatakan bahwa satusatunya cara untuk terhindar dari bencana tersebut adalah dengan mengurangi emisi gas rumah kaca. Namun sayangnya, ancaman dari perubahan iklim ini bisa menjadi lebih besar dari sekarang. Terus menerusnya peningkatan emisi gas rumah kaca yang terjadi di Bumi lebih besar ketimbang usaha kelompok atau komunitas untuk mengurangi emisi CO2 di Bumi.(okez)

JUMAT 4 APRIL 2014 ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

ASYIK

6

TIPS ASYIK

Cara cepat belajar bahasa asing PENTING banget untuk bisa menguasai bahasa asing, apalagi bahasa Inggris. Selain membuka jalan ke dunia internasional, belajar bahasa asing juga merupakan aktivitas yang bikin tambah pintar. Namun kendalanya belajar bahasa asing itu sulit. Ini bisa diatasi kalau kita mengetahui trik-triknya. PILIH YANG KITA SUKA Sebelum menentukan bahasa asing apa yang dipelajari, kita harus punya alasan yang kuat kenapa kita mempelajari bahasa itu. Misalnya bahasa Inggris. Bahasa ini penting dan bisa membuat kita jalan-jalan keluar negeri. Jadi tanamkan terus kata-kata itu saat belajar bahasa Inggris. Begitu juga saat memlih bahasa asing kedua atau ketiga. Plih negara yang kita suka, karena kalau nggak suka nggak akan ada gunanya dan kita akan melihat belajar bahasa sebagai beban. Misalnya, kita suka dengan trend Kpop makanya kita memilih belajar bahasa Korea. DENGAR MUSIK Cara paling fun dan gampang adalah belajar lewat mendengarkan musik dari bahasa yang ingin kita pelajari. Kalau bahasa Inggris tentu kita bisa dengan gampang mencari teks lagu dalam bahasa Inggris. Coba tes, ketika lagu diputar kita dengarkan dan tulis semampu kita menangkap liriknya. Lalu cek benar atau nggak lewat lirik-lirik yang sering ada di berbagai website. Begitu juga dengan bahasa asing lain, seperti bahasa Perancis, Jerman, Korea atau Jepang. NONTON FILM Mirip dengan mendengarkan lagu, kita bisa belajar lewat menonton film. Cari film-film drama yang banyak dialognya sehingga kita bisa memperhatikan cara mereka mengucapkan kalimat itu. Nggak hanya itu dari film kita juga bisa belajar banyak soal budaya negara itu. CARI TEMAN NGOBROL Bahasa itu akan memberikan banyak manfaat kalau sering digunakan atau diprakteknya. Ajak deh teman untuk terus mempraktekan bahasa asing yang sedang dipelajari. Tentukan satu hari dalam seminggu untuk berbicara dengan bahasa itu. Misalnya khusus hari sabtu dan minggu kita ngomong dalam bahasa Inggris. Seru kan? BERGAUL DENGAN TEMAN DARI NEGARAASAL Kita bisa mencari teman dari negara asal atau native speaker. Kita bisa cari lewat situs pertemanan di online atau bisa juga mencari lewat tempat kursus. Pasti lebih seru deh. NULIS DIARY Salah satu cara fun untuk melatih kemampuan grammar dan menulis adalah menulis diary. Coba bikin diary khusus dimana kita menulis dengan bahasa asing yang kita pelajari. Lakukan setiap hari dan tanpa terasa setahun kemampuan kita akan berkembang secara pesat. Boleh juga kita latihan menulis di blog atau twitter. Pasti seru,deh. Tapi hati-hati ya, sebelum diposting, cek dulu grammar-nya. Ini sekalian jadi latihan agar kita makin jago, juga. APPLIKASI KAMUS Download deh applikasi kamus sesuai dengan bahasa yang ingin kita kuasai. Lalu setiap hari bikin target untuk menambah kosakata yang ingin kita pelajari. Kita bikin tema aja selama 30 hari atau sebulan penuh. Hari pertama temannya; anggota tubuh, hari kedua; anggota keluarga dan seterusnya. Nah, sambil nunggu bus, macet dijalan. Iseng deh kita cari katakata itu dalam kamus yang sudah ada di smartphone kita. Dalam sebulan, makin banyak deh kosakata yang sudah kita ketahui.(berbagai sumber)


OLAHRAGA Hodgson ... Dari Halaman 8 Kehadiran mereka di tim, bakal menarik perhatian media yang berpotensi mengganggu persiapan tim. Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) juga angkat tangan dengan sikap Hodgson. Mereka juga tidak akan mengajak WAGs ke Miami. Namun FA tetap memberikan kesempatan bagi mereka untuk berkunjung dengan biaya sendiri. Pada Piala Dunia 2014 nanti, Inggris akan berhadapan dengan Italia di partai pembuka yang digelar di Manaus, 14 Juni 2014. Hodgson tampaknya ingin memastikan bahwa para pemainnya tetap fokus kepada turnamen akbar tersebut selama menjalani pemusatan latihan di Miami. Sebelumnya, larangan terhadap kehadiran WAGs juga sempat diterapkan pada Piala Dunia 2010. Saat itu, pelatih Inggris, Fabio Capello, melarang WAGs melancong ke Afrika Selatan untuk menghindari sorotan media.(vinc)

Beda ... Dari Halaman 8 Dalam pertemuan terakhir yang berlangsung 11 November lalu Barcelona melanjutkan tren positif mereka dengan kemenangan 4-1 atas Real Betis dalam lanjutan La Liga Spanyol, Senin (11/11) dinihari WIB, namun kemenangan itu dibayar mahal oleh juara bertahan La Liga itu dengan cedera yang dialami sejumla pemain, termasuk di antaranya Lionel Messi, Barcelona sempat dikejutkan oleh permainan penyerang Betis sejak awal laga. Bahkan, jika bukan karena penampilan cemerlang Victor Valdes di bawah mistar gawang, Juan Carlos bisa membawa Betis memimpin di menit 20 lewat sundulannya. Sempat beberapa kali mengancam lewat tendangan jarak jauh, Betis bisa mencetak satu gol hiburan lewat titik putih penalti yang dieksekusi Jorge Molina, menyusul pelanggaran Dani Alves terhadap Chuli di kotak terlarang, Dengan kemenangan tersebut, dan hasil imbang 1-1 yang dicatat Atletico Madrid kala menghadapi Villarreal, Barcelona kini memimpin klasemen dengan 37 angka dari 13 laga, unggul tiga angka dari Atletico dan enam poin dari Real Madrid. Sedangkan Betis berada di dasar klasemen dengan sembilan angka. Dalam laga terakhirnya Barcelona gagal memanfaatkan keuntungan tampil di hadapan puluhan ribu fans yang memadatai Camp Nou usai ditahan imbang 1-1 Atletico Madrid, Rabu (2/4) dini hari WIB pada leg pertama babak perempatfinal Liga Champions. Diego Costa yang sempat diragukan tampil ternyata diduetkan pelatih Diego Simeone dengan David Villa sementara Barcelona menurunkan kekuatan penuh minus kiper Victor Valdes yang mengalami cedera. Gol kedua tim tercipta di paruh kedua, Atletico sempat unggul terlebih dahulu melalui aksi Diego Ribas sebelum disamakan bintang muda Brasil, Neymar. Sedang kan dalam ajang La Liga spanyol Barcelona berhasil mencuri poin penuh saat bertandang kemarkas Espanyol beberapa pekan lalu. Kemenangan Barca adalah satu-satunya gol penalti Lionel Messi membawa Barcelona kembali ke singgasana La Liga Spanyol dengan kemenangan 1-0 atas Espanyol di Estadi Cornella-El Part, Sabtu (29/3), Kini Barcelona mengumpulkan 75 poin, meninggalkan Atletico Madrid selisih dua poin di posisi runner-up. Namun klub terakhir ini masih memiliki satu laga yang belum dimainkan pekan ini. Dilihat dari lima pertemuan Barcelona lebih unggul dengan meraih lima kali kemenangan sementara Betis belum sekali pun mampu maraih kemenangn kontra Barca, sedangkan dalam lima laga terakhirnya barca belum terkalahkan dan hany sekali meraih hasil imbang sedang kan Betis hanya sekali meraih kemenangan sekali imbang dan tiga kali menelan kekalahan, Barca makin menakutkan jika menjalani laga kandang maka dari itu kemungkinan dalam laga ini Betis akan menjadi Bulan-bulanan Messi dan kawan-kawan. Disisi lain Barcelona dihantam masalah karena mendapatkan vonis larangan membeli atau menjual pemain selama 14 bulan oleh FIFA. Sanksi ini dikeluarkan karena Barcelona sudah melanggar regulasi terkait transfer pemain usia dibawah 18 tahun dan pemain non Spanyol, Barcelona pun menanggapi masalah ini dengan tenang. Seperti dilansir AS yang mengutip pernyataan orang dalam, Barcelona yakin bisa menjelaskan kepada FIFA terkait pelanggaran yang dituduhkan kepada mereka. Terlebih, Barcelona punya 90 hari untuk melakukan banding.(mjsc)

JUMAT 4 APRIL 2014

7

PSG kalahkan Chelsea, Dortmund terkapar PSG dan Real Madrid berhasil memanfaatkan kesempatan bermain di depan pendukungnya sendiri dengan mengalahkan Chelsea dengan skor 3-1 di Stadion Parc des Princes, Paris dan Borussia Dortmund dengan skor 3-0 di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid (03/04). Tiga gol PSG disumbang oleh Ezequiel Lavezzi menit ketiga, bunuh diri David Luiz menit ke 61, dan Javier Pastore menit ke 90. Sedangkan gol tunggal Chelsea dicetak oleh Eden Hazard menit ke 27. Sementara itu tiga gol Real Madrid, dicetak Gareth Bale pada menit ke 3, Isco di menit ke 27 dan gol penutup di menit 57 oleh Cristiano Ronaldo. PSG VS CHELSEA Babak Pertama dimulai, PSG langsung berinisiatif menyerang dan serangan ini akhirnya langsung berbuah gol bagi tuan rumah PSG di menit keempat setelah Ezequiel Lavezzi berhasil memanfaatkan umpan dari Blaise Matuidi. Tertinggal satu gol, Chelsea mencoba untuk bangkit namun beberapa serangan yang dicoba untuk membangun serangan selalu gagal karena ketatnya lini pertahanan PSG. David Luiz, hampir menyamakan kedudukan setelah tendangannya dapat ditangkap oleh Salvatore Sirigu. Namun usaha Chelsea tak sia-sia, setelah pemain PSG Thiago Silva melakukan kesalahan dengan melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti klubnya sehingga wasit memberikan hadiah penalti kepada Chelsea. Eden Hazard pun sukses menyamakan kedududkan di menit ke 26. Menjelang babak pertama berakhir, kedua tim sama-sama mempunyai peluang emas. Namun sayang belum ada mampu menjebol gawng masing-masing tim. Di babak kedua, tempo permainan tidak banyak yang berubah dari babak pertama. Namun, PSG masih mendominasi permainan. Terbukti di menit ke 52, PSG hampir saja menambah keunggulan melalui sundulan dari Lavezzi yang melebar di atas gawang Chelsea. Chelsea kecolongan di menit 61, tendangan bebas yang dieksekusi oleh Lavezzi ternyata salah diantisipasi oleh David Luiz yang memasukkan bola ke gawangnya sendiri, skor 2-1 bagi PSG. Chelsea mencoba untuk menyamakan kedudukan, namun usahanya selalu dapat

dipatahkan oleh para pemain PSG. Chelsea pun memasukkan nama-nama baru seperti Fernando Torres dan Frank Lampard yang menggantikan Andre Schurrle dan Oscar. PSG sayangnya harus kehilangan Zlatan Ibrahimovic dan Marco Verratti dalam pertandingan ini karena mengalami cedera, Ibra diganti oleh Lucas Moura dan Verratti oleh Yohan Cabaye. Kedua tim masih mencoba untuk kembali membangun serangan. Namun, PSG dalam pertandingan lebih mendominasi terbukti Cavani hampir saja menambah keunggulan andai saja tendangannya tidak melenceng dari sasaran. Sebelum menjelang pertandingan berakhir, secara mengejutkan Javier Pastore berhasil menambah keunggulan setelah melewati beberapa pemain Chelsea sebelum mencetak gol dari sudut sempit yang gagal diblok oleh Petr Cech. Skor akhir 3-1 bagi PSG. REAL MADRID VS BORUSSIA DORTMUND Di pertandingan lain, Real Madrid menunjukkan tajinya di Santiago Bernabeu dengan mengalahkan Borussia Dortmund dengan tiga gol tanpa balas pada leg pertama perempat final Liga Champions. Bermain tanpa sejumlah pemain kunci seperti Lewandowski dan Subotic terbukti sangat berpengaruh pada permainan pasukan Jurgen Klopp. Dortmund sempat mendapatkan tendangan sudut pada menit pertama namun kemudian tuan rumah unggul di menit 3. Satu serangan dari kanan, Benzema menyodorkan bola pada Carvajal umpan

pendeknya ke tengah kotak penalti diteruskan Gareth Bale yang masuk dari lini kedua, pertahanan Dortmund tak banyak bergerak. Madrid 1-0 Dortmund. Seakan mendapat angin segar, Los Blancos terus membombardir pertahanan Dortmund. Gareth Bale, Coentrao, Isco berusaha menggandakan keunggulan timnya namun pertahanan Die Borussen masih sigap. Cristiano Ronaldo tak mau tinggal diam, pada menit 10 tendangannya mampu diamankan Weidenfeller. Dua menit kemudian free kick peraih Ballon d’Or 2013 itu kembali menguji ketangguhan Weidenfeller. Setelah tekanan bertubi-tubi dari tuan rumah, pada menit 23, Nuri Sahin mencoba memberi jalan keluar bagi timnya dengan tendangan dari luar kotak penalti, meski tak merepotkan Casillas, ini adalah attempt on goal pertama Dortmund. Tendangan Isco dari depan kotak penalti sukses menambah keunggulan Real Madrid di menit 27 yang berawal dari kegagalan Dortmund mengamankan crossing Cristiano Ronaldo. Real Madrid 2-0 Dortmund. Weidenfeller kembali harus berjibaku menghadang tendangan bebas Bale, momen berikutnya Casillas melakukan penyelamatan dari serangan balik Dortmund yang diakhiri tendangan rendah Grosskreutz. Tendangan Aubameyang tiga menit jelang akhir babak pertama pun masih melambung, dan skor 2-0 bagi keunggulan Madrid tak berubah. Memasuki babak kedua, intensitas serangan Madrid masih tinggi, Weidenfeller menjadi penyelamat tim tamu untuk menghalau peluang

Bale. Dan Madrid pun berada dalam posisi yang nyaman kala Cristiano Ronaldo mengukuhkan keunggulan timnya di menit ke-57. Menerima sodoran Modric, Ronaldo yang menusuk kotak penalti tim tamu dari tengah menggelindingkan bola dengan kaki kirinya, lagi-lagi pertahanan Dortmund terlalu mudah dibobol. Gol ke-14 CR7 di Liga Champions 2013-14. Madrid 3-0

tak merubah posisi Arsenal di peringkat ke-4 dengan 64 poin, sedangkan City di posisi ke-3 dengan 67 poin. Sementara Southampton yang berpesta di St Mary’s Stadium, berondongan empat gol berhasil disarangkan lewat gol pembuka dari Jay Rodriguez di menit ke46 sebelum digandakan Rickie Lambert di menit ke49. Adam Lallana membuat tuan rumah menjauh di menit ke-70 sebelum Rodriguez kembali mencetak gol kedua sekaligus penutup di laga tersebut, kemenangan ini membuat Southampton kini mengumpulkan poin 48, bertengger di posisi delapan. Ada pun Newcastle berada satu tingkat di bawah mereka dengan terpaut dua poin.

Apabila melihat dari susunan klasemen sementara Liga Inggris tahun ini, Manchester City kali ini menempati peringkat ketiga. Sudah tercatat, tim yang saat ini ditangani oleh Manuel Pellegrini itu mengantongi 66 poin dari 29 pertandingan. The Citizen mempunyai selisih tiga angka dari Chelsea pada peringkat puncak klasemen sementara dengan mengantongi 69 poin dari 31 pertandingan, sedangkan Southampton sekearang menempati peringkat kesembilan dalam susunan klasemen sementara Liga Inggris tahun ini dengan total mengantongi 45 poin dari 31 pertandingan. Secara detilnya, Southampton mencatat 12 kali menang,

Dortmund. Sergio Ramos berhasil menjangkau bola kiriman Modric dari skema set piece, namun sundulan bek timnas Spanyol itu mengarah tepat ke Weidenfeller. Pada menit 80 Ancelotti menarik keluar Ronaldo, ini berarti Ronaldo masih harus bersabar untuk melewati rekor gol terbanyak Liga Champions dalam semusim, yaitu 14 gol yang dipegang Lionel Messi. Gareth Bale begitu

leluasa di pertandingan ini, menit 84 ia menusuk dari kanan, melewati dua pemain bertahan tapi tendangannya off target. Wasit asal Inggris, Mark Clattenburg meniupkan peluit panjang setelah babak kedua melewati 4 menit tambahan waktu. Kemenangan dengan skor 3-0 bagi Madrid, modal yang sangat baik untuk menjalani leg kedua di Jerman pekan depan.(blnt)

AGENDA PERTANDINGAN 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 05 Apr 2014 06 Apr 2014 06 Apr 2014 06 Apr 2014 06 Apr 2014 06 Apr 2014 06 Apr 2014 06 Apr 2014 07 Apr 2014 07 Apr 2014 08 Apr 2014 08 Apr 2014 08 Apr 2014 09 Apr 2014

Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Sabtu Minggu Minggu Minggu Minggu Minggu Minggu Minggu Senin Senin Selasa Selasa Selasa Rabu

01:30 01:30 18:45 20:30 20:30 21:00 21:00 21:00 21:00 21:00 21:00 22:00 23:00 23:00 23:00 23:30 23:30 01:00 01:45 17:30 19:30 20:00 22:00 22:00 01:45 02:00 00:00 02:00 03:00 19:45

Bundesliga Jerman Ligue 1 Liga Premier Inggris Bundesliga Jerman Bundesliga Jerman Liga Premier Inggris Liga Premier Inggris Liga Premier Inggris Liga Premier Inggris Liga Premier Inggris La Liga Spanyol Ligue 1 La Liga Spanyol Bundesliga Jerman Serie A Italia Liga Premier Inggris Bundesliga Jerman La Liga Spanyol Serie A Italia Serie A Italia Liga Premier Inggris Serie A Italia Liga Premier Inggris Ligue 1 Serie A Italia Ligue 1 Serie A Italia Serie A Italia La Liga Spanyol Tur Timur Tengah

Hamburg SV vs B. Leverkusen Marseille vs Ajaccio Man. City vs Southampton Augsburg vs B. Munchen Braunschweig vs Hannover Aston Villa vs Fulham Cardiff City vs Crystal Palace Newcastle Utd vs Man. United Norwich City vs WBA Hull City vs Swansea City Atletico Madrid vs Villarreal PSG vs Reims Barcelona vs Real Betis B. Dortmund vs Wolfsburg Chievo vs Hellas Verona Chelsea vs Stoke City Hertha Berlin vs Hoffenheim Real Sociedad vs Real Madrid Inter Milan vs Bologna Lazio vs Sampdoria Everton vs Arsenal Cagliari vs Roma West Ham Utd vs Liverpool Valenciennes vs Lyon Parma vs Napoli Monaco vs Nantes Juventus vs Livorno Genoa vs Milan Levante vs Athletic Bilbao Oman U-19 vs Indonesia U-19

beIn Sport 2/Telkom Vision B-Channel beIn Sport 3 Kompas TV/Telkom Vision Telkom Vision beIn Sport 1 beIn Sport 2 Indosiar Nex Entertainment Fight Sport Star Sports B-Channel RCTI Kompas TV / Telkom Vision beIn Sport 2 SCTV / beIn Sport 1, 3 Telkom Vision RCTI / Star Sports Indosiar beIn Sport 1 beIn Sport 3 beIn Sport 1 SCTV B-Channel Nex Entertainment B-Channel beIn Sport 1 Nex Entertainment Star Sports SCTV

Sama ... Dari Halaman 8 MANCHESTER CITY VS SOUTHAMPTON Dilihat dari tiga pertemuan teranyar kedua tim menujukan kedua tim ini sama-sama kuat dengan sama-sama meraih satu kali kemenangan sedangkan dalam laga terakhirnya Manchester City gagal menundukkan tuan rumah Southampton saat melakoni lanjutan Liga Primer matchday ke-15 di St. Mary’s Stadium, Sabtu (7/ 12) malam WIB. Dalam hal ini, kedua tim bermain imbang 1-1, Hasil ini membuat City tertahan di urutan keempat dengan koleksi 29 poin. Sementara itu, Southampton tetap terpaku di posisi kedelapan berkat torehan 23 angka.

Dalam laga terakhirnya Man City saat bertandang kemarkas Arsenal harus puas berbagi poin satu saat bertemu dalam lanjutan Liga Premier, Minggu (30/3/ 2014) dinihari WIB. Pasalnya pertandingan yang berlangsung di Stadion Emirates tersebut berakhir imbang 1-1, Di babak pertama, City tampil menekan sejak menit awal. Alhasil, tim asuhan Manuel Pellegrini tersebut mampu menciptakan peluang melalui tembakan Jesus Navas pada menit ke-3. Akan tetapi bola masih melambung tinggi, Meski kedua tim bermain terbuka di menit-menit akhir, namun skor 1-1 tidak bergeming hingga wasit meniup peluit tandang pertandingan usai. Hasil ini

sembilan kali seri dan sepuluh kali menelan kekalahan. NEWCASTLE VS MAN. UNITED Dalam lima pertemuan terakhir kedua tim menujukan kedua tim ini sama-sama memiliki skuat yang hebat lihat saja mereka saling mengalahkan dalam lima laga terakhirnya, sedangkan dalam pertemuan terakhir Manchester United harus mengakui keunggulan Newcastle United setelah perlawanan mereka ditumbangkan tim tamu yang sukses menggenggam kemenangan 1-0 dalam lanjutan Liga Primer matchday ke-15 di Old Trafford, gol semata wayang Yohan Cabaye memberi Old Trafford kekalahan keduanya secara beruntun di ajang Liga Primer sejak Mei 2002, sekaligus menghapus rekor buruk tim asal Tyneside yang sebelum ini belum pernah meraih kemenangan di markas Setan Merah sejak Februari 1972. Akhirnya Manchester United mampu memenuhi ekspetasi publik yang banyak mengecam buruknya penampilan mereka musim ini dengan meraih hasil positif di dua laga terakhirnya setelah meraih kemenangan 4-1 atas Aston Villa akhir pekan kemarin, Red Devils juga mampu menahan imbang Bayern Munchen pada laga perempat final Liga Champions tengah pekan kemarin, United akan berusaha sekuat mungkin untuk memperlihatkan kemampuan terbaiknya guna merangsek ke papan atas dan bisa meraih zona Eropa. Di papan klasemen Liga Inggris sementara, United masih bercokol di posisi ke-7 dengan meraih 54 poin dari 32 laga yang sudah dilakoninya. Akan tetapi pada laga tandangnya kali ini, United dipastikan tidak akan diperkuat oleh striker andalannya Robin van Persie yang tengah mengalami cedera. Dikubu sang tuan rumah Newcastle di beberapa pertandingan membuat

peluangnya untuk bersaing di papan tengah terasa semakin berat. Mau tidak mau, The Magpies harus bisa memaksimalkan laga ini untuk meraup poin penuh agar bisa tetap menjaga persaingan hingga akhirnya nanti bisa masuk zona Eropa musim depan. Kekalahan atas Southampton di pertandingan sebelumnya harusnya menjadi pelecut untuk bisa tampil lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya termasuk ketika bersua Manchester United kali ini. Di papan klasemen sementara Liga Premier Inggris, Newcastle masih berkutat di posisi ke-9 dengan raihan 46 poin dari 32 laga yang sudah dilakoni. The Magpies juga dipastikan tidak akan diperkuat oleh Sammy Ameobi, G. Obertan, R. Taylor, M. Debuchiy dan T. Krul yang sama-sama menderita cedera, dilihat hasil pertandingan terakhir yang sudah dilakoninya keduanya, kubu Newcastle memiliki catatan penampilan kurang stabil dari 5 laga terakhirnya dengan mengemas 2 kali meraih kemenangan dan hanya 3 kali menelan kekalahan. Pada pertandingan terakhirnya, Newcastle harus takluk atas tuan rumah Southampton dengan skor telak 4-0 tanpa balas. Sementara kubu Manchester United juga memiliki catatan penampilan cukup Stabil dengan mengemas 3 kali kemenangan, satu kali imbang dan 1 kali menelan kekalahan. Pada pertandingan terakhirnya, United harus puas bermain imbang 1-1 atas tamunya Bayern Munich di kancah Liga Champions Eropa tengah pekan kemarin, Walau Newcastle United mampu meraih kemenangan di Old Trafford pada pertemuan pertama mereka musim ini, Ryan Giggs cs tentu akan lebih sulit dikalahkan pada laga nanti karena dukungan kepada skuad asuhan David Moyes ini perlahan-lahan kembali menguat.(blnt)


JUMAT 4 APRIL 2014

Camila Morais

Jelang Piala Dunia

Hodgson larang WAGs dampingi Timnas ke Miami PELATIH Timnas Inggris, Roy Hodgson, menerapkan aturan ketat saat timnya mengikuti pemusatan latihan di Miami, Amerika Serikat, bulan depan. Hodgson melarang para pemainnya membawa istri dan kekasih. Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Hodgson akan terbang bersama para pemain dan stafnya saja. Pelatih berusia 66 tahun tersebut tidak ingin konsentrasi para pemain Three Lions terganggu dengan kehadiran WAGs di tim. Miami merupakan salah satu kota di AS dengan tempat hiburan yang menjamur. Karena itu, kehadiran WAGs yang sebagian besar berasal dari kalangan selebriti bukanlah perpaduan yang tepat dengan situasi ini. Baca: Hodgson (Halaman 7)

TIM berbeda kasta akan berjibaku diakhir pekan ini Barcelona yang kini menduduki peringak ke 2 klasemen sementara La Liga Spanyol

akan menantang sang juru kunci Real betis yang kini menduduki peringkat 20, ini akan mustahil jika Barcelona tidak mampu meraih tiga poin

dikandang sendiri pasalnya kedua tim ini dilihat dari segala segi sangat jauh berbeda dan ini tentunya akan menjadi kesempatan bagi Bar-

Liga Inggris pekan ini

Sama-sama kuat LIGA Inggris diakhir pekan ini kembali akan menyajikan pertandingan yang tidak kalah serunya dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya dimana skuat Man City akan mendapatkan lawan tangguh yaitu Southampton dalam laga primer inggris pekan ke-33, kemudian Man United akan bertandang ke St. James’ Park akhir pekan ini dalam lawatanya kemarkas Newcastle, Man united membawa modal berharga hasil

imbang saat menjamu Munchen dalam ajang Liga Champion merupakan sebuah prestasi yang cukup membanggakan jika melihat kondisi MU saat ini pertandingan antara Manchester City vs Southampton akan berlangsung pada sabtu, 05 April 2014 pada pkl 18:45 Wib dan akan dilangsungkan diEttihad Stadium. Sedangkan Pertandingan antara Newcastle vs Man. United akan berlangsung pada pkl 21:00 Wib Baca: Sama

(Halaman 7)

ca untuk bisa menyalip rivalnya Atletico madrid yang kini hanya terpaut satu poin saja. Baca: Beda (Halaman 7)


JUMAT 4 APRIL 2014

KAMPUNGRON KEL. DENDENGAN DALAM

Ingatkan Pala soal kamtibmas MENJELANG Pemilu tanggal 9 April yang tinggal beberapa hari lagi, semua pemerintah Kecamatan dan Kelurahan bahkan sampai pada tingkat lingkungan, wajib TRIANA Almas. aktif dalam memantau stabilitas keamanan di wilayahnya. Terlebih pada setiap Lurah dan Kepala lingkungan, sangat di tuntut untuk bisa lebih proaktif dalam upaya soal terciptanya rasa aman dan nyaman di wilayahnya masing-masing.

Baca: Ingatkan (Halaman 10)

JAGARON LINGK. II KEL. SAKOBAR Hak suara warga sangat penting DALAM aktivitas sehari-hari dari se-orang kepala lingkungan II Kelurahan Sario Kota Baru (Sakobar), Kristian Wurangian, selain menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dalam memantau kebersihan KRISTIAN Wurangian. lingkungan serta keamanan serta melayani warga masyarakatnya, tidak ketinggalan juga sering memberikan arahan soal hak pilih suara dalam ajang pemilihan umum nantinya. Baca: Hak (Halaman 10)

Camat, Lurah dan Pala harus menjemput bola Manado—Meningkatkan pelayanan publik di Pemkot Manado dan menyukseskan Pemilu 2014, Wawali Manado Dr Harley Mangindaan menghimbau agar para Camat dan Lurah, kepala lingkungan (Pala) serta semua lapisan elemen pemerintahan yang ada di kota Manado untuk lebih memperhatikan data pemilih lewat kartu pemilih. Pasalnya, menurut Wawali, seperti ditemui ada keluhan masyarakat tentang belum dimilikinya kartu pemilih bagi warga di beberapa kecamatan. “Camat dan lurah beserta kepala lingkungan harus berkoordinasi dengan baik tentang data-data pemilih di tiap daerahnya atau wilayahnya, turun jemput bola, jangan sebaliknya. Ayo bantu warga agar pada saat pelaksanaan pemilihan nanti tidak ada keluhan,” pesan Wawali, Kamis (3/4) kemarin, sembari menambahkan, camat dan lurah beserta kepala lingkungan

inga..inga

5 Menit Tentukan Pemimpin 5 Tahun

SDN 70 giatkan persiapan US/M

Wawali: Ayo bantu warga pada saat pelaksanaan pemilihan nanti

KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH (KPUD) PROVINSI SULAWESI UTARA

Memilih Itu Keren...

PENDIDIKAN

neh!!!

9

april 2014

Gunakan Hak Pilih Anda

juga harus mensosialisasikan pemilu kepada warga. Dari informasi yang didapat dari KPU RI pada Pemilu ini, sekurangnya 75% pemilih yang akan

ikut dalam pesta demokrasi atau meningkat 5% dibanding tahun 2009 yang angkanya hanya 71%. “Boleh jadi ini dilihat sebagai optimisme, diharapkan ada

korelasi positif antara pusat dan kota Manado yaitu meningkatnya partisipasi pemilih pada tahun 2014. Memang, jika mengacu pada partisipasi pemilih di

dua pemilu pascareformasi yaitu tahun 2004 dan 2009, target itu bisa saja terwujud,” jelas Wawali. Baca: Camat (Halaman 10)

PENDIDIKAN

Naskah UN di kepulauan mulai didistribusikan Manado—Naskah Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/MA/SMK yang sudah tiba di Dinas Pendidikan Nasional Sulut pada beberapa waktu lalu, mulai didistribusikan ke wilayah Kepulauan Sitaro, Sangihe dan Talaud pada Jumat (4/4) hari ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Diknas Sulut sekaligus sebagai Ketua UN yakni Chris Sondakh SH kepada harian ini, Kamis (3/4) kemarin. Katanya, setelah di wilayah kepulauan, akan didistribusi ke wilayah daratan. WAWALI Manado Harley Mangindaan melakukan pengecekkan dan menyerap aspirasi warga terkait drainase yang tersumbat.(foto: tonny/sk)

DRAINASE TERSUMBAT

Wawali turun di Jl Roda Manado—Kondisi drainasse pascabencana banjir di pusat kota memang butuh sentuhan perbaikan. Pasalnya, begitu banyak drainasse yang kini dalam kondisi tidak berfungsi dengan baik karena tersumbat lumpur dan sampah. Wawali Manado Dr Harley Mangindaan pun mengakui akan hal tersebut hingga harus ada data yang pasti melalui laporan kelurahan dan kecamatan agar bisa ditindaklanjuti instansi terkait.

Kamis (3/4) kemarin, kondisi drainasse tersumbat pun terjadi di Jl Roda di pusat kota 45 di wilayah Kelurahan Pinaesaaan Kecamatan Wenang. Tak ayal, keluhan kondisi itu pun sampai ke Walikota Dr GS Vicky Lumentut. Namun berkat koordinasi dan komunikasi yang lancar antara Walikota dan Wawali atas keluhan warga, akhirnya Wawali turun melakukan pengecekkan. Baca: Wawali (Halaman 10)

KEPSEK SDN 70 Manado, Jouke Mandagi SPd.

“Sesuai agenda, di wilayah Kotamobagu, Bolaang Mongondow, Bolsel, Bolmut dan Boltim akan dilaksanakan pada tanggal 10 April dan 11 April untuk wilayah Manado, Minahasa, Minahasa Utara, Bitung, Tomohon, Minahasa Tenggara dan Minahasa Selatan. Jadi nantinya, seluruh bahan UN akan disimpan di titik simpan transit pada wilayah 15 kabupaten/kota, kemudian didistribusi ke sekolah pada 13 April mendatang,” jelasnya.

Manado—Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di tingkat sekolah dasar (SD) ditiadakan untuk tahun ini. Namun, untuk Ujian Sekolah/ Madrasah (US/M) tetap diberlakukan. Oleh karena itu, sejumlah pendidikan formal berlomba-lomba untuk mempersiapkan siswa mengikuti kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), salah satunya SDN 70 Manado yang tengah digiatkan dengan kegiatan belajar yang berfokus pada 3 mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu PengetahuanAlam (IPA).

Baca: Naskah (Halaman 10)

Baca: SDN (Halaman 10)

SEMINAR NARKOBA

Ai jadi pembicara Save Our Generation Manado—1000 tanda tangan dibubuhkan pelajar Manado dan mahasiswa Universitas Sam Ratulangi

(Samrat) Manado sebagai tanda komitmen untuk tidak menggunakan narkoba dan tak membiarkan masa de-

pan generasi penerus bangsa hancur karena narkoba. Baca: Ai (Halaman 10)

SEMINAR Nasional tentang bahaya narkoba yang digagas Ronny Pattinasarany Foundation dan Fakultas MIPA Universitas Samratulangi mendapat antusias generasi muda kota Manado.(foto: tonny/sk)

POLITIK

PDIP Manado target dua kursi di DPR Manado—Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Manado, dr. Richard Henry Sualang menyatakan tetap mendukung target Dewan Pimpinan Pusat (DPP) meraih dua kursi di DPR RI pada Pemilu yang akan digelar 9 April mendatang. Dukungan ini, dijelaskan Sualang, sebagai bagian dari strategi DPC PDIP Manado menyusul beberapa faktor penting. “Faktor pertama yakni DPC PDIP Manado sebagai salah satu DPC dengan jumlah pemilih terbanyak. Ini kenyataan yang

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

sangat bagus, makanya kami sudah punya strategi untuk mendukung 2 kader terbaik menuju Senayan,” kata Sualang yang juga Wakil Ketua Dekot Manado ini, Kamis (3/4) kemarin. Diungkapkannya, pada Pemilu 2009 lalu, PDIP menempatkan 2 orang kader terbaiknya di DPR RI yakni Olly Dondokambey dan Vanda Sarundajang. Kedua kader ini, kembali diusulkan menuju Senayan dalam Pemilu 2014, bersama Djenry Keintjem dan Sonny Tulung, Ir Noviarti MURP dan Jemmy Mokolensang. Baca: PDIP (Halaman 10)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


IBUKOTA

Camat ... Dari Halaman 9

Ditambahkannya, pada pemilu tahun 2004, partisipasi pemilih mencapai 84,07% dengan 24 parpol dan jumlah pemilih 148 juta. Sedangkan pada pemilu tahun 2009, partisipasi berada diangka 71% dengan 44 partai lokal dan nasional serta jumlah pemilih 171,2 juta. “Oleh karena itu, saya berharap pemilu 2014 tidak hanya meningkatkan partisipasinya, tapi masyarakat Manado memahami demokrasi lebih baik,” kunci Wawali. Sementara itu, Camat Wenang, Donald Sambuaga menjamin untuk kartu pemilih, paling lambat 2 hari sebelum hari H sudah di tangan warga. “Dua hari sebelum hari penjoblosan, itu sudah di tangan warga,” katanya.(teem)

Naskah ... Dari Halaman 9 Ia menambahkan akan ada pengawasan dan kerjasama dari beberapa instansi pemerintah. “Ada dari Kementerian Agama, Universitas Negeri Manado (UNIMA), Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) dan aparat kepolisian yang siap menjaga naskah UN itu,” kata Sondakh. Sebelumnya, Wakil Gubernur Sulut Djouhari Kansil mengatakan bisa menjamin keamanan dalam penyaluran naskah UN dan berharap tahun ini terjadi peningkatan mutu kualitas dan kuantitas kelulusan yang lebih tinggi lagi. “Saya harap UN 2014 bisa mencetak lulusan yang lebih banyak dan berbobot,” tandas Kansil.(try32)

JUMAT 4 APRIL 2014

Area hutan lindung harus dikelolah

Konsep kota hijau dinilai belum seutuhnya diterapkan Manado—Wakil Ketua Dekot Manado, dr Richard Sualang menilai jika pengelolaan area hutan lindung belum maksimal. Pasalnya, Manado masih belum bebas dari bencana banjir dan longsor. “Kejadian banjir bandang Januari silam, mestinya

membuka mata kita semua, betapa pentingnya area hutan lindung,” tutur Sualang, Kamis (3/4) kemarin. Dia menjelaskan, pemahaman selama ini mengenai konsep ‘green city’ (kota hijau-red), belum seutuhnya diterapkan.

“Biasanya orang cenderung berpikir, konsep green city itu dekat dengan penanaman pohon. Itu benar, tapi belum seutuhnya menjadi wujud nyata penerapan konsep green city. Saya kira, kalau berbicara soal green city, harus mencakup pengelolaan area hutan lindung,” ungkap Ketua DPC PDIP ini. Pengelolaan area hutan lindung, menurut Sualang, tidak identik dengan penanaman pohon

semata. “Pengelolaan berarti aktivitas menyeluruh. Bukan hanya menanam pohon, tapi juga menjaga dan melestarikannya. Sedangkan area hutan lindung, bukan berarti hutan dalam arti spesifik, seperti yang kita punya di gunung Tumpa, melainkan wilayah-wilayah lain seperti ruang terbuka hijau, hutan kota, kawasan reklamasi, pantai, dan Daerah Aliran Sungai (DAS),”

PNPM MANDIRI

22 anak kurang mampu di Ternate Baru dibantu

SDN ... Dari Halaman 9 Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Sekolah yakni Jouke Mandagi SPd kepada harian ini, Kamis (3/ 4) kemarin. Menunjang kelulusan siswa kelas VI, dimana kali ini ditentukan berdasar hasil dari nilai raport dan US/M, dirinya mengungkapkan, akan tetap berkoordinasi dengan orang tua siswa. “Pertemuan atau rapat bersama orang tua siswa, kami bahas atau sampaikan agar mereka ikut mempedulikan aktifitas siswa agar fokus pada ujian nanti,” ucapnya. Kepsek yang memimpin selama 7 tahun itu menambahkan, pengajar juga agar ikut melakukan hal yang sama. “Kalau dalam ranah pendidikan di sekolah, tentunya pengajar ikut bertanggung-jawab dalam persiapan siswa,” katanya sembari mengungkap pengajar di sekolah tersebut hampir semua guru yang berpengalaman.(try32)

Wawali ... Dari Halaman 9 Benar saja, sejumlah rumah warga di lokasi tersebut telah tergenang air tumpahan dari drainasse yang tersumbat itu. “Melalui komunikasi dengan Pak Walikota, saya diberikan petunjuk dan saya ditugaskan untuk meninju lokasi tadi yang bertempat di Jl Roda. Memang kondisi drainasse tersumbat sampah dan kemungkinan karena banjir lalu sehingga bertambah parah, itu perlu ada perbaikan,” terang Wawali. Dari hasil pertemuan dengan warga sekitar, selagi menunggu anggaran turun, langkah awal warga akan mapalus untuk membersih saluran air yang tersumbat mengakibatkan rumah warga yang ada di sekitar Jl Roda tergenang. “Saya harap pihak kecamatan dan kelurahan untuk lebih peka atas keluhan warga, apalagi persoalan seperti ini. Jika lebih sering turun mengecek dan pantau wilayah, pasti apa yang terkendala di lapangan akan diketahui dan lebih cepat ditangani. Bagi warga, saya berharap untuk tidak segan-segan melakukan komunikasi dengan pemerintah ketika ada infrastruktur publik yang perlu dibenahi,” himbau Wawali.(teem)

PDIP ... Dari Halaman 9 Sualang yakin, PDIP akan meraih dukungan signifikan. Pasalnya, PDIP tidak hanya memanfaatkan saja masa kampanye terbuka yang akan digelar mulai Maret nanti, tetapi jauh sebelum itu, sudah melakukan sosialisasi dimana-mana. “Singkat kata, kampanye terbuka hanyalah ‘finishing touch’ atau sentuhan akhir saja. Karena sebelumnya PDIP sudah mensosialisasikan kaderkader terbaik di mana-mana termasuk Manado,” ucap Sualang. Sualang menambahkan, DPC PDIP Manado akan berupaya maksimal mendukung kader-kader terbaik menuju Senayan. “Khusus ke Jakarta, PDIP Sulawesi Utara menempatkan para kader terbaiknya seperti Olly Dondokambey yang saat ini masih menjabat di DPR RI, Djeindry Keintjem, yang sudah lebih dari dua periode duduk sebagai legislator di Deprov Sulut dan Vanda Sarundajang. Selain itu ada juga Ir Noviarti MURP serta tokoh-tokoh terkenal seperti Sonny Tulung dan Jemmy Mokolensang,” jelasnya.(dede)

Ingatkan ... Dari Halaman 9 Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan oleh Lurah Dendengan Dalam (Dendal), Triana Almas kepada Swara Kita. Menurut Almas, hal tersebut juga sangat diharapkan dapat dilakukan oleh semua kepala lingkungan dengan lebih proaktif lagi dalam memantau lingkungannya masing-masing. Lanjut dikatakan Lurah perempuan yang sangat memeagang prinsip ini, bahwa dirinya akan terus memantau serta menilai kegiatan serta aktivitas setiap kepala lingkungannya, sehingga ini merupakan bahan laporan untuk mempertanggungjawabkan soal kinerja serta loyalitas dari kepala lingkungan kepada atasannya di Kecamatan. “Saya sangat berharap semua kepala lingkungan bisa saling mendukung satu dengan lainnya untuk segala hal dalam informasi dalam masalah keamanan. Saya juga berharap setiap kepala lingkungan bisa lebih aktif memantau lingkungannya dalam menjelang Pemilu mendatang,” ungkapnya.(elha)

Hal ... Dari Halaman 9 Hal demikian dilakukan dikarenakan adanya desas-desus soal beberapa warga masyarakatnya akan lebih memilih golput pada waktu pemilihan 9 April mendatang. Tidak hanya itu, dirinya juga sering melakukan pendataan kembali kepada setiap warganya yang belum memiliki KTP bahkan KK, agar segera ke kantor Catatan Sipil (capil). “Kemungkinan besar sesuai yang saya ketahui, kalau warga yang tidak terdaftar dalam pemilihan umum pada tanggal 9 April, akan mendapatkan kesempatan untuk memilih asalkan bisa menunjukan bukti KTP supaya bisa langsung di registrasi di tempat pemungutan suara (TPS). Harapan saya, semua warga di Kelurahan Sakobar ini tidak ada yang Golput,” terangnya.(elha)

10

tandasnya. Dilanjutkannya, area tersebut mestinya dikelola maksimal. Apalagi, Manado berada dalam wilayah yang sangat strategis ‘rawan’ banjir. “Kota kita ini terletak di hilir DAS Tondano. Artinya, Manado menjadi titik terakhir aliran air. Hal ini harusnya diperhitungkan,” tuturnya. Dia mengusulkan, ke depan nanti, pengelolaan area hutan lindung harus

diperhatikan lagi. “Saya berharap, pemerintah lebih tegas lagi memperhatikan warga yang tinggal di sekitar bantaran DAS. Drainase kita perlu direnovasi, khususnya di kawasan-kawasan yang sering digenangi air. Tinjau kembali Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) bila hendak membangun. Perhatikan kawasan IPAL, dan minimalisir pengerukan lahan,” tegas putra tercinta Freddy Sualang ini.(dede)

HEARING

Dekot Manado bakal panggil PT Air Manado—Terkait penerapan aset yang masih dipertanyakan, maka Dekot Manado bakal menggelar dengar pendapat atau hearing dengan pihak PT Air Manado. Hal ini disampaikan Ketua Dekot Manado, Danny Sondakh dimana menurutnya rencanya hearing tersebut akan digelar Jumat (5/4) hari ini dengan memanggil seluruh wakil rakyat. “Mereka sudah diberitahukan dan saat dengar pendapat merupakan juga rapat fraksi secara penuh,” kata Deson, Kamis (3/4) kemarin. Putera mantan Gubernur Sulut Alm A J sondakh, ini

mengatakan sangat pentingnya untuk duduk bersama terkait aset milik Pemkot Manado tersebut yang perlu diperbaharui. Tambah Ketua DPD II Partai Golkar Manado ini, aset-aset tersebut banyak tersebar dari lokasi penampungan air sampai rumahrumah dinas sehingga secara administrasi tindakan evaluasi berlangsung. “Evaluasi ini penting berlaku sehingga mereka pengguna aset tersebut sadar betul fungsin yang diberikan. Ini sekaligus harus tidak boleh tidak mereka pertanggungjawabkan,” tandas Sondakh.(dede)

KESEHATAN

Program BPJS harus dievaluasi

BKM di Kelurahan Ternate Baru gelar pembagian sumbangan keperluan sekolah kepada 22 anak sekolah dasar yang kurang mampu.(foto: lukman/sk)

Manado—Penyerahan bantuan berupa perlengkapan alat sekolah seperti seragam, sepatu, kaos, buku tulis dan kaos kaki ini, sudah disalurkan oleh anggota BKM di Kelurahan Ternate Baru dan langsung di saksikan

oleh Lurah dan semua para staf pegawai kelurahan. Oleh Ketua BKM, H Samsudin Rauf mengatakan kepada harian ini, bahwa sebelumnya sudah ada beberapa bantuan yang disalurkan kepada masyarakat di

Kelurahan Ternate Baru, salah satunya seperti belajar mengemudi. Namun kali ini, giliran bantuan sosial bagi para anak-anak sekolah dasar kurang mampu yang ada di Kelurahan tersebut. “Saya berharap sumbangan ini

BANTUAN

Nasional (JKN) yang merupakan produk unggulan ini. “Harus ada evaluasi baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh pihak yang ada. Ini kan menyangkut masyarakat banyak,” kata Sualang, Kamis (3/4) kemarin. Apalagi menurut Sualang, ada uang yang diambil dari masyarakat yang ikut dalam program ini, sehingga seharusnya pelayanan harus lebih prima lagi. “Ini kan tidak baik untuk masyarakat kita. Sudah bayar, tapi ternyata pelayanannya sama sekali tidak baik,” tuturnya.(dede)

KECAMATAN WENANG

Lurah Malalayang II percepat pencairan santunan duka Manado—Antusias serta keseriusan oleh semua kepala Kelurahan dalam mengurusi berkas administrasi untuk pencairan dana duka bagi warganya di bagian keuangan Pemkot Manado, sering terlihat hampir setiap harinya selalu aktif dilakukan agar dana tersebut bisa secepatnya di salurkan kepada warga masyarakatnya yang berduka. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Lurah Malalayang Dua, Daddy Nalle, dimana sedang memberikan santunan dana duka kepada salah seorang warga yang sedang berduka. Hal tersebut sebagaimana terpantau Swara Kita, Kamis (3/4) kemarin. Oleh Nalle sendiri mengata-kan kalau sudah beberapa hari ini, dirinya sedang disibukan dengan

bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para anak-anak yang kami salurkan sumbangan keperluan sekolah, agar hal demikian kiranya dapat meringankan beban para orang tua masing-masing siswa,” terangnya.(elha)

Manado—Dinilai banyak keluhan pasca dialihkannya seluruh pembiayaan asuransi ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, membuat Dekot Manado ikut memberikan pernyataan keras. Wakil Ketua Dekot Manado dr Richard Sualang mengatakan pelaksanaan BPJS harus kembali dievaluasi, terkait dengan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Pasalnya, menurut Sualang, banyak sekali keluhan yang dilontarkan masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan BPJS yang menangani Jaminan Kesehatan

kepada warga yang berduka, sehingga kami mohon maaf kalau sekiranya ada sedikit keterlambatan karena memang saya sendiri harus mengikuti prosedur seba-gaimana yang sudah di tetapkan Pemkot Manado,” ungkap-nya.(elha)

MENJELANG penilaian Adipura tahap kedua di tahun ini, oleh Kecamatan Wenang mulai melakukan beberapa kegiatan yang menyangkut soal pembenahan di wilayahnya. Itu baik berupa kerja bakti bersama di beberapa tempat secara rutin hampir setiap harinya, pengecetan kostain serta program kegiatan lainnya yang sudah selesai dilakukan. Camat Wenang, Donald Sambuaga kepada Swara Kita, mengatakan, dalam beberapa hari ini, dirinya bersama dengan seluruh pegawai di Kecamatan serta semua Kelurahan yang ada di wilayahnya tersebut, sedang mempersiapkan penataan

keindahan jalan protokol dengan menggunakan hiasan bunga seperti bunga jenis palem, bugenvile dan bunga seperti daun kelapa. Ketiga jenis bunga ini sudah bisa dilihat terpajang di depan kantor Kecamatan Wenang dan depan Daily Mart. “Kami dalam tahap persiapan sekarang ini sehingga ada 56 kepala lingkungan yang sementara ini saya tugaskan untuk mengumpulkan pot dan bunga–bunga tersebut dimana baru terkumpul 100 buah bunga. Disisi lain, kami dari Pemerintah Kecamatan sangat mengharapkan oleh warga khususnya yang tinggal di depan jalan protokol untuk

bisa turut membantu dalam hal penyediaan bunga dan potnya,” ungkapnya. Lanjut dikatakan Sambuaga, warga masyarakat juga diminta turut berperan untuk bisa menjaga kebersihan di lingkungan. Apalagi dalam soal membuang sampah yang bukan pada jamnya, bahkan banyak sampah di dapati bukan berada di tempatnya. “Disamping kita mempersiapkan keindahan di wilayah dengan adanya hiasan bunga, warga juga diharapkan banyak berperan dalam menjaga kebersihan, apalagi jangan membuang sampah di sembarangan tempat yang bukan pada tempatnya,” harapnya.(elha)

dan kematian bisa saja terjadi,” jelas Wawali di depan ribuan generasi kota Manado. Tak hanya itu, Wawali pun merinci data pengguna narkoba dan akibatnya. Dijelaskan, kebanyakan menggunakan narkotika dengan alat bantu berupa jarum suntik. “Celakanya pengguna narkoba mayoritas berada pada usia produktif dan 60 persennya terjangkit virus HIV/AIDS akibat menggunakannya. Sekitar 15.000 orang meninggal sia-sia setiap tahunnya atau 40 orang

setiap harinya karena menggunakan narkoba,” beber Wawali. Berdasarkan fakta-fakta tadi, Wawali menyampaikan bahwa penggunaan narkotika sudah menjadi masalah dunia sampai perlu ada badan khusus di PBB yang mengurusi masalah ini. “Kenapa narkotika menjadi masalah dunia? Narkotika mengakibatkan kecanduan, kecanduan mendorong demand, demand mendorong supply, sudah menjadi komoditas mahal, sehingga banyak

orang yang terlibat untuk mencari keuntungan,” ungkap Wawali sembari memberikan apresiasi seminar karena ini merupakan salah satu bentuk follow up dan sosialisasi dari pemerintah untuk peduli dengan generasi muda agar terhindar dari narkoba. Benny Pattynasarani mengatakan tujuan dari seminar ini menjadikan generasi muda lebih peduli terhadap masa depannya dan bisa membangun daerahnya yaitu Manado. Acara seminar yang

digabungkan dengan dialog bersama Wawali, perwakilan BNN Provinsi Sulut dan Ronny Pattinasarany Foundation Yerry dan Benny Pattynasarani yang diikuti oleh siswa dan mahasiswa di Kota Manado serta undangan seperti Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kinerja Prof Dr Doddy Sumayow, Dekan Fakultas MIPA Prof Dr Edwin De Queljoe MSI Sp Ard, Wakil Dekan bidang kemahasiswaan dan Alumni FMIPA Dr Ir Johanis J Pelealu MSi.(teem)

LURAH Malalayang Dua saat menyerahkan dana santunan duka kepada warganya.(foto: lukman/sk) aktivitas seperti sekarang ini karena ada beberapa cara kedukaan dalam beberapa minggu berjalan di beberapa lingkungan. “Yang pasti kami pihak kelurahan di Malalayang Dua terus berusaha agar dana santunan duka cepat tersalurkan

Bunga hias mulai perindah di wilayah

Ai ... Dari Halaman 9 Aksi positif tersebut dilakukan dalam seminar nasional tentang bahaya narkoba yang digagas Ronny Pattinasarany Foundation dan Fakultas MIPA Universitas Samratulangi yang diketahui di bangun Alm Ronny Pattinasarany dan didukung penuh Wawali Manado Dr Harley ‘Ai’ Mangindaan, Kamis (3/4) kemarin. Ai sapaan akrab Mangindaan pun diberikan penghormatan menjadi pembicara dan moderator dalam seminar yang bertajuk Save Our Generation bertem-

pat di Auditorium Unsrat. Wawali sendiri memberikan materi “pecandu narkoba bukan untuk dijauhi” dan menjabarkan tentang definisi narkotika. “Definisi narkotika adalah obat-obatan yang bekerja pada otak dan menghambat sensasi kerja otak. Dari definisinya saja sudah dapat kita bayangkan, otak sebagai pusat aktifitas kita sudah dihambat kerjanya. Akibatnya sudah jelas, karena pusat dalam tubuh kita sudah diganggu, maka banyak kegiatan yang kita lakukan akan terbengkalai


TOTABUAN

BOLMONG, KOTAMOBAGU, BOLMUT BOLTIM, BOLSEL

JUMAT 4 APRIL 2014

11

PERERAT SILATURAHMI

BOLMUT

Rocky saksikan rusaknya jalan perkebunan Oboy

BBGRM & HKGPKK

Tanpa kehadiran SHS, tetap berjalan lancar PENCANANGAN Bulan Bakti Gotong royong Masyarakat (BBGRM) dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKGPKK) ke 42 yang sudah menjadi agenda rutin, berjalan sukses di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Meski tidak dihadiri oleh Gubernur Sulut dan Ketua TP-PKK Sulut, namun suksesnya kegiatan tersebut tetap berjalan lancar.

PERTEMUAN RW dengan keluarga besar Wowor dan Jemaat Eklesia Pusian Barat, sekaligus bakar nasi jahe bersama.(foto: ist)

Lolak—Tak banyak amggota Calon legislative (Caleg) yang cukup responsive dengan keberadaan konstituennya, selain harus meraih simpati yang lebih banyak dari masyarakat. Pria muda ganteng berdarah Minahasa ini pun berbeda. Tak memilih dimana tempat dia harus bertemu sapa

dengan masyarakat. Pemilik nama Lengkap Rocky Wowor yang adalah Caleg Dewan Provinsi Sulut dengan Nomor Urut 9 dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, ternyata sungguh berbeda dengan Caleg yang lain. Baca: Rocky (Halaman 12)

Baca: Tanpa (Halaman 12)

Nasib Raksasa Mamonto Pemkab Bolmut lambat melakukan pengkajian berada di ujung tanduk RANPERDA RSUD

KOTAMOBAGU MASALAH KAMPANYE

Keterlibatan PNS mendominasi KETUA Panitia Pengawas pemilu (Panwaslu) Kotamobagu bagian penindakan dan hukum Shakespeare Makalunsenge mengatakan, jika pada pelaksanaan kampanye, Partai Amanat Nasional (PAN) paling mendominasi pelanggaran. Bahkan keterlibatan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam kampanye partai berlambang matahari putih itu, sekitar seratusan lebih kasus yang ditemui. Hal ini dikatakan kepada sejumlah wartawan di kantor, Kamis (3/4) kemarin.

Baca: Keterlibatan (Halaman 12)

BOLMONG

Karena diduga terlibat dalam money politik Molibagu—Nasib sial kembali menimpa Raksasa Mamonto, setelah di PAW sebagai anggota legislatif, kini dirinya terancam dicoret pula dari pencalonan. Betapa tidak, Panitia pengawas (Panwas) Pemilu Kabupaten Bolmong Selatan kini mengantongi barang bukti pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh

Caleg Partai Golkar nomor urut 5 Dapil III Pinolosian ini. Panwas menyimpan barang bukti (babuk) berupa sebuah amplop putih berisi sejumlah uang dan sebuah kartu nama caleg yang bersangkutan. Caleg dimaksud atas nama Raksasa Mamonto Caleg Dewan Kabupaten Bolsel Caleg Nomor Urut 5 Dapil III

Pinolosian. Menurut keterangan Ketua Panwas, Jarwadi Sirwan, jika laporan itu berasal dari Panwas Kecamatan (Panwascam) Pinolosian. “Sesuai keterangan dari Panwascam, kejadian di Desa Linawan I Dusun III Pinolosian pada 29 Maret 2014 lalu. Seorang warga menerima sebuah amplop dan

kartu nama yang katanya dari seseorang yang mengaku Tim Sukses (TS) Caleg bersangkutan, kemudian warga tersebut melaporkannya ke Panitia Pengawas Lapangan (PPL) desa setempat,” terang Adi sapaan Ketua Panwas Kabupaten Bolsel, kemarin. Baca: Nasib (Halaman 12)

Boroko—Pemkab Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) dinilai lambat melakukan proses pengkajian Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait pengoperasian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolmut. Pasalnya, lantaran belum ada Perda, hingga saat ini RSUD belum bisa melakukan pungutan retribusi pelayanan kesehatan untuk menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga pelayanan keseha-

tan yang dilakukan di RSUD sampai dengan saat ini, masih diberlakukan secara gratis. “Kita sudah kehilangan PAD yang bersumber dari pelayanan kesehatan di RSUD Bolmut, sebab anggaran pelayanan kesehatan yang mencapai ratusan juta dialokasikan pada APBD tahun 2014, tidak ada pemasukan sama sekali ke kas daerah,” kata Ketua Komisi I Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut Djoni Patiro SPd. Baca: Pemkab (Halaman 12)

LELANG PROYEK

LPSE baru terima tiga dokumen SKPD SEJUMLAH SKPD Bolmong dalam waktu dekat segera melelangkan proyeknya, termasuk Dinas Pekerjaan Umum (PU) melalui Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE). Kepala Dinas (Kadis) PU Bolmong Norma Makalalag mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemasukan list bahkan diurut ke Bagian Ekbang Bolmong. sehingga tinggal menunggu kapan tahapan tersebut dilaksanakan. “Untuk pelelangan kami sudah memampangkan proyek yang akan dilelang di LPSE,” sebutnya Baca: LPSE (Halaman 12)

KEGIATAN bulan bakti gotong royong masyarakat ditutup. Setelah melakukan pelayanan kepada masyarakat di tiga kecamatan, program pendekatan pelayanan itu akhirnya ditutup di Kecamatan Kotamobagu Selatan, Rabu (2/4) lalu. Berbagai progam pembangunan 5 tahun masa pemerintahan pasangan Wali Kota Kotamobagu Tatong Bara, dan Wakil Wali Kota Jainuddin Damopolii, disosialisasikan kepada masyarakat Kota Kotamobagu. Mulai dari pembangunan infrastruktur umum, pembangunan proyek fisik maupun proyek non fisik. Bahkan, tak tanggungtanggung pasangan pemenang Pemilukada 2013 lalu, yang dijuluki TB-JaDi ini, memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Hal ini tentu guna menumbuh-kembangkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan yang ber-

FASILITAS KESEHATAN

PELANGGARAN PEMILU

Tiga dokter dapat Kendis Kotamobagu—Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang memadai kepada masyarakat, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu memberikan fasilitas Kendaraan dinas (Kendis) ke tiga dokter ahli yang bertugas di rumah sakit Pobundayan Kotamobagu.

Tiga orang dokter ahli tersebut kata Sekkot Kotamobagu Drs Hi Mustafa Limbalo yakni ahli kandungan, anastesi, bedah, anak, dan dokter penyakit dalam. Masuknya tiga dokter ahli tersebut dibenarkan Sekkot, ketika bersua dengan wartawan. “Memang kemarin kami

kesinambungan dan lebih baik lagi ke depan. Pun, momen Bulan Bahkti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-IV, dijadikan momen tepat untuk memperkenalkan program-program pembangunan pasangan yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) ini. Melalui kegiatan ini pula, berbagai bantuan diserahkan. Juga, Pemerintah Kota Kotamobagu memberikan pelayanan gratis, yang dilakukan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) , seperti pelayanan kesehatan gratis oleh Dinas Kesehatan, pembuatan Kartu Keluarga (KK), akta lahir, pembuatan e-KTP oleh Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) dan masih banyak lagi lainnya yang digelar oleh dinas badan berkompeten dilingkup Pemkot Kotamobagu. Meski hanya dihadiri Wakil Walikota Drs Hi Jainudin Damopolii, namun animo warga yang datang di bulan bakti gotong royong itu cukup tinggi. Acara tersebut dipusatkan di lapangan olahraga Desa Tabang. Walikota Tatong Bara, tak hadir karena lakukan kunjungan kerja ke luar daerah.

menerima ada tiga orang tenaga dokter berstatus PNS dan kontrak. Mereka dari berbagai disiplin ilmu,” ujar Mustafa. Dimana ketiga dokter tersebut, kata Mustafa diberikan fasilitas kendaraan dinas dan rumah dinas. Baca: Tiga (Halaman 12)

Garputala siap kawal proses Pemilu 9 April Lolak—Jelang Pemilu legislatif (Pileg) 9 April mendatang, masih banyak juga Caleg dan Partai Politik yang tak paham aturan KPU Nomor 15 Tahun 2013, tentang pedoman pelaksanaan Pemilu DPRD, DPR dan DPD. Ketua LSM Gerakan Pemuda Cinta Tanah Lahir (GARPUTALA) Sulut

Sebelum melakukan acara puncak, menggelar peletakan batu pertama pembuatan talut yang bertempat di kelurahan Gogagoman dan membuka acara sosialisasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilaksanakan di lapangan Kelurahan Motoboi Kecil, serta penanaman pohon peneduh di Desa Bungko. Wakil Walikota Kotamobagu Djainudin Damopolii, dalam sambutanya mengatakan, pemerintah memberikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat Kotamobagu atas kerjasamnya telah menyukseskan program pemerintah sehingga program BBGRM ini berjalan dengan sukses. “Saya selaku Pemerintah mengucapakan banyak terimah kasih kepada seluruh elemen terkait yang sudah bekerja keras membantu pemerintah menyukseskan program BBGRM ini,” ujar Djainudin. Selanjutnya dalam acara tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan sejumlah paket bantuan kepada masyarakat. Dalam kesempatan itu pula, Wawali mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga persatuan

Ardi Paputungan mengatakan, dimana banyak kami temui di lapangan, para Caleg dan partai melakukan kampanye dan kampanye dialogis diluar jadwal KPU, padahal sesuai dengan peraturan KPU Nomor 15, sudah jelas aturannya. “Bayangkan, bukan hanya partai dan caleg tak paham

aturan, perangkat desa pun ikutikutan tabrak aturan,” ungkap Ardi. Lanjut Ardi, kami menghimbau bagi masyarakat untuk memilih Caleg tanpa ada intervensi politik dari siapapun, dan jika hal ini terbukti ada oknum tertentu yang dengan sengaja melakukan intervensi kepada pemilih bahkan perangkat desa, maka kami tidak tinggal diam. “Garputala siap mengawal proses pemilihan nanti,” tandas Paputungan.(try26)

dan kesatuanmeski di bawah guyuran hujan, namun tak menyurutkan semangat Wawali bersama rombongan untuk datang melayani masyarakat. Sebelum mengunjungi pusat pelaksanaan BBGRM, Wawali menyempatkan diri membuka kegiatan sosialisasi pencegahan kekerasan dalam rumah tangga, yang dilaksanakan di lapangan Kelurahan Motoboi Kecil. Selanjutnya, Wawali melakukan penanaman pohon di Desa Bungko. Diakhir kegiatan BBGRM tersebut, Wawali juga meresmikan salah satu Masjid di Desa Tabang. Kegiatan BBGRM yang merupakan terakhir kali dilaksanakan ini, turut dihadiri para anggota Dekot Kotamobagu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Ketua TP-PKK Kota Kotamobagu Ny Anakia Mokoginta Damopolii, Sekdakot Mustafa Limbalo, para Asisten dan pimpinan SKPD, para Camat dan Sangadi serta elemen masyarakat khusunya di Kecamatan K o t a m o b a g u Selatan.(*)


TOTABUAN

Pemkab ... Dari Halaman 11 Untuk itu pihaknya mendesak pihak Pemkab untuk segera menyelesaikan kajian Ranperda RSUD, agar bisa segera dibahas ditingkat dekab. “Perda ini sangat penting sebab akan menjadi payung hukum peroperasian RSUD, jadi kami meminta meminta kepada pihak eksekutif yang berkopoten dibidang kajian Ranperda agar segera menyelesaikan permasalahan ini,” pinta Patiro. Dikatakanya, jangan sampai menghambat pengopersian RSUD dalam melakukan pelayanan kesehatan. Sebab, dalam peraturan tersebut akan mengatur tentang penarikan retribusi khusus di rumah sakit, mekanisme rekrutmen tenaga medis, sampai kepada penyelenggaraan kegiatan lainnya. “Artinya Perda ini merupakan payung hukum yang memang didalamnya mengatur tentang teknis pengoperasian RSUD tersebut, jika pihak eksekutif telah mengajukan rancangan tersebut kapada kami, tentunya pihak dewan akan segera menindaklanjutinya. Sebab, kami memandang ini sangat penting,” jelas Patiro.(wege)

LPSE ... Dari Halaman 11 Menurutnya, keterlibatan para PNS paling banyak ditemui dalam kampanye tertutup. “Ini pelanggaran. Kecuali dalam kampanye terbuka atau kampanye dialogis. Kalau kampanye tertutup itu melanggar,” kata Shakespeare melanjutkan bahwa PAN mendominasi pelanggaran dalam kampanye bila dibandingkan dengan 11 partai lainnya kata dia. Untuk pelanggaran yang ditemukan bahkan sesuai dengan laporan, Panwaslu telah merekomendasikan surat kepada Walikota Kotamobagu Tatong Bara melalui BKD untuk dilakukan penindakan. Bahkan keikutsertaan PNS dalam kampanye yang dilarang itu, ikut dalam pertemuan tertutup acara yang dilaksanakan Caleg DPR RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten. “Kita sudah rekomendasikan surat kepada Walikota dalam hal ini BKD. Sebab itu melanggar PP 53 tahun 2010,” tambah dia. Untuk para PNS yang terbukti ikut dalam kampanye tertutup sudah dilayangkan surat panggilan untuk dimintai klarifikasi, tapi tak ada satupun yang hadir ujarnya. Meski demikian selain PAN, ada juga pelanggaran yang ditemui saat kampanye beberapa partai. Untuk pelanggaran yang didapat seperti melibatkan anak-anak dalam kampanye, Alat Peraga Kampanye (APK), serta kampanye tanpa pemberitahuan.(try26)

LPSE ... Dari Halaman 11 Adapun proyek tersebut yakni program pembangunan jalan dan jembatan Rp27.911 milar, rehabilitas dan pemeliharaan jalan dan jembatan dan pembangunan Rp9.506 miliar, infrastruktur perdesaan Rp3.716 miliar dengan total 41.135 miliar. Hal ini juga dibenarkan Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Drs Eka PU Korompot Msi, dimana untuk data yang ada dimaksud sebagai sarana mediasi lelang setelah melalui Unit layanan Pelelangan (ULP). “Yah PU sudah memasukan data proyek ke LPSE sebagai mediasi pelelangan namun dokumen untuk siap dilelalng masih di proses di ULP,” terang Eka, Kamis (3/4) kemarin. Dijelaskanya, dari seluruh SKPD baru 3 yang memasukan data proyeknya yakni PU, Perhubungan dan BKKBD. “Sesua data yang masuk ke kami baru itu yang memasukan data yang lainya belum,” jelasnya.(try26)

BOLMONG, KOTAMOBAGU, BOLMUT BOLTIM, BOLSEL

JUMAT 4 APRIL 2014

12

Rp1,6 M siap dikucurkan Untuk tunjangan aparat desa Molibagu—Sekitar Rp1,6 miliar dana Tunjangan Penghasilan Aparat Pamong Desa (TPAPD) sudah siap dikucurkan ke rekening desa masing-masing. Kemungkinan pekan ini

akan selesai terealisasi ke rekening masing-masing. Kadis DPPKAD Bolsel Arvan Ohy mengatakan, peran pemerintah daerah dalam memberdayakan aparatnya di desa mengoptimalkan

pelayanan terhadap hak mereka. “SP2D nya sudah dikeluarkan, tinggal proses pengiriman ke rekening masing-masing,” kata Arvan. Hanya saja masih ada sekitar sembilan desa yang belum bisa dikucurkan. Itu karena masih ada proses administrasi lainya yang

harus di selesaikan terlebih dahulu, nanti menunggu proses selanjutnya. “Ada sembilan desa yang belum bisa cair TPAPDnya, administrasinya belum lengkap nanti mereka menyusul, tetap akan di cairkan,” tukas Arvan. Kadis Jebolan STPDN ini juga menambahkan ada

sedikit keterlambatan dalam proses peralihan dari bank Sulut ke Bank BRI yang sediki lama kemungkinan tidak akan berlangsung lama. “Paling hanya selisihnya satu atau dua hari saja sudah ada di rekening desa masingmasing,” ujarnya. Meskipun demikian

kepastian pencairan TPAPD untuk triwulan 1 bagi para aparat desa sudah pasti pekan ini, tinggal proses peralihan rekening saja yang harus menunggu sedikit lama. “Kalau itu sudah selesai, pasti sudah bisa diambil di rekening desa masing-masing,” ungkapnya.(try29)

Dalam perbincangan yang cukup singkat, akhirnya mengantar Rocky ke satu wilayah yang cukup terpencil dan terbilang terisolir. Oboy (nama sebagian Wilayah Desa Pusian Barat). Bakar dan makan nasi jahe bersama seperti mengobati perasaan Rocky ketika melewati jalan berlubang dan jembatan darurat serta gelapnya setiap rumah warga yang dilewati.

Semangat perubahan pun keluar dari diri pria muda ini, ketika melihat keberadaan dan kondisi sebagian masyarakat Bolmong dan jalan perkebunan warga yang tidak mendapat sentuhan dari anggaran pemerintah. Niat untuk membangun dan berjuang bersama demi kesejahteraan pun muncul lebih besar dari hati yang tulus. Untuk itu Rocky selalu meminta

dukungan dan doa restu dari segenap masyarakat Bolmong untuk bisa menjadi wakil Rakyat di Dewan Provinsi Sulut. “Dukungan dan Doa selalu diharapkan, semoga dengan begini bisa membawa perubahan dan semangat baru bagi daerah tercinta,” ujar pria murah senyum ini. Dukungan dan doa bersama pun diberikan kepada Rocky untuk bisa mewakili rakyat. Baik dari

Jhoni Angkola dan keluarga serta Mody Wowor bersama jemaat menyatakan sikap, siap bersama memenangkan Rocky dalam Pemilihan umum (Pemilu) 9 April mendatang. “Kami antusias untuk mendukung Rocky sebagai wakil kami. Kami disini bukan sedikit, dan kami siap bersama Rocky untuk daerah yang lebih baik,” ujar keduanya.(try26/briks/s)

Kabupaten Bolsel ini. Temuan atau laporan dugaan politik uang ini akan ditindaklanjuti ke Gakumdu. “Rencananya esok kita akan gelar pleno terkait temuan indikasi money politik tersebut. Setelah itu kita

serahkan ke Gakumdu. Karena (indikasi) politik uang jelas masuk rana Pidana Pemilu,” terangnya. Dan katanya jika terbukti, konsekwensi yang akan ditanggung Caleg bersangkutan minimal tidak

untuk kemajuan pembangunan dalam berbagai bidang di daerah. Khususnya, dalam pengentasan kemiskinan, pendidikan dan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat.” kata Bupati. Sebelum membunyikan pentungan tanda pencanangan BBGRM dan HKGPKK ke 42 tahun, Bupati meminta kepada seluruh pengurus TP-PKK untuk bisa berkerja optimal dalam

memajukan daerah. Dalam kegiatan ini juga turut di hadiri oleh, Wakil Ketua TP-PKK Bolmut Rahma Lulu Patajenu, Ketua Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut Karel Bangko SH, serta para anggota, Unsur Muspida, para kepala SKPD, Camat, Sangadi, para pengurus TP-PKK tingkat Kecamatan dan Desa, tokoh agama, masyarakat, pemuda dan masayarakat umum.(wege)

akan dilantik, meski nantinya meraup suara banyak kemudian memenuhi kuota. Terpisah, dari kubuh Partai Golkar, Sultan Zulkarnain selaku Koordinator daerah (Korda) Bolsel, lebih khusus sebagai Ketua Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu (BKPP) Sulut untuk Bolmong Raya mengaku menyayangkan hal itu. “Kalau betul itu terjadi, kami sangat prihatin. Karena seluruh kader Golkar telah diajarkan untuk

tidak menggunakan politik uang. Apalagi Golkar sangat mendukung fatwa MUI bahwa money politik haram hukumnya,” jawab salah satu anggota Fraksi Golkar Dewan Kabupaten Bolsel ini, kemarin. “Berikutnya, kami kroscek dulu informasi ini dan ini kan baru indikasi atau dugaan,” tutup senior Golkar yang juga akan bertarung merebut kursi Dewan Propinsi pada Pemilu 2014 ini.(try29)

Rocky ... Dari Halaman 11 Dimana, Rabu (2/4) malam, pukul 22.10 wita, bersama tiga orang timnya. Rocky menemui siapa saja yang dikenal dan mengenalnya, tak memilih dimana dia berada dan berapa banyak masyarakat yang bisa ditemuinya sebagai calon penyumbang suara untuk menghantarkan dirinya ke kursi parlemen. Malam semakin larut, perjalanan Kotamobagu Dumoga adalah hal yang

biasa, menarik dan cukup luar biasa dalam pertemuan yang tak sengaja ditambahkan dalam beberapa agendannya adalah saat Rocky diminta untuk menemui Keluarga Besar Wowor Sumolang (Gembala digereja Patekosta Eklesia) di Desa Pusian Barat demgan tujuan untuk memperat sillahturahim pun adalah jawaban yang pas dalam moment tersebut.

Nasib ... Dari Halaman 11 Sampai sekarang Panwas masih menyimpan babuk tersebut dan memiliki seorang saksi (warga setempat). Laporan tersebut sudah tercatat dalam Formulir PK 9 (berita acara temuan). “Jumlah uang belum

diketahui berapa karena masih tersegel dalam amplop. Tapi dapat dipastikan amplop putih itu berisikan uang dan setelah diterawang kemungkinan pecahan Rp50 ribu, tapi tidak tahu berapa lembar,” tutur Ketua Panwas

Tanpa ... Dari Halaman 11 Ketua TP-PKK Bolmut Dra Hj Ainun Talibo Pontoh mengatakan, momentun peringatan dan pencanangan kegiatan ini guna turut serta mengambil bagian dalam menyukseskan semua program-program pemerintah. “Keberadaan TP-PKK Bolmut kedepannya lagi, semoga akan lebih baik. Dan keberadaanya turut bersinergi dengan pemerintah dalam memajukan potensi

daerah khususanya dalam hal pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Ainun. Sementara itu, Bupati Bolmut Drs Hi Depri Pontoh memberi dukungan positif tentang kinierja TPPKK yang turut mengawal pembanguan di daerah. “Mari kita tingkatkan lagi sinergisitas TP-PKK dengan pemerintah. Dimana dalam loyalitas dan dedikasih yang tinggi

Tiga ... Dari Halaman 11 Meski diakui fasilitas yang kami berikan belum begitu memadai. “Tapi kami berusaha agar dapat terpenuhi sementara,” tambah Mustafa. Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kota

Kotamobagu dr Salmon Helwenderi menambahkan dari tiga dokter ahli yang bertugas di Kotamobagu, baru satu berstatus PNS. Sedangkan yang lain masih berstatus kontrak, ujar Salmon.(try26)


MINAESA

MINAHASA, TOMOHON, MINUT, MINSEL, MITRA BITUNG

JUMAT 4 APRIL 2014

13

2013, baru 15 kelurahan lunas PBB

TOMOHON KEBIJAKAN

Potensi pajak Tomohon diperkirakan Rp3,2 M

Perangkat kelurahan terima insentif KAMIS (3/4) kemarin, Pemkot Tomohon menggelar kegiatan tatap muka Muspida bersama para perangkat kelurahan se-Kota Tomohon sekaligus penyerahan insentif kepada para perangkat kelurahan. Kegiatan ini pun dilaksanakan di tiga tempat, untuk kecamatan Tomohon Barat dan Utara di balai pertemuan umum Kelurahan kayawu, sedangkan Kecamatan Tomohon Tengah dan Timur di Aula Wale Syalom Kolongan dan Kecamatan Tomohon Selatan dilaksanakan di balai pertemuan umum Kelurahan Lansot.

Baca: Perangkat ( Halaman 14)

MINSEL

PENANDATANGANAN MoU Kadis PPKBMD dengan Kepala Cabang PT Bank Sulut Tomohon yang disaksikan oleh Walikota Tomohon.(foto: ist)

PEMBEBASAN LAHAN

Dana yang terpakai capai Rp3 M PEMKAB Minsel, melalui kelompok kerja (Pokja) pembebasan lahan untuk pelebaran jalan, hingga saat ini sudah merealisasi anggaran sebesar Rp3 miliar, untuk pembayaran ganti rugi lahan warga yang terkena pelebaran jalan. Kadis PU Minsel Jootje Tuerah ST MM melalui Kabid Tata ruang yang juga adalah Pokja pembebasan lahan Jerry Zadrak ST yang ditemui diruang kerjannya, Kamis (3/4) kemarin, kepada Swara Kita mengatakan, berdasarkan data yang diperoleh pihaknya di beberapa desa dan kelurahan, dimana untuk warga yang lahannya ada terkena pelebaran jalan, ada berjumlah 339 kepala keluarga (KK). Namun dari jumlah tersebut, yang mendaftar baru 208 KK, dan yang sudah terealisasi sebanyak 67 KK dengan total anggaran mencapai Rp3 miliar. Baca: Dana ( Halaman 14)

ACUHKAN TGR

Tomohon—Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (DPPKB MD) Kota Tomohon, Ir H V Lolowang MSc mengatakan, kelurahan-kelurahan yang telah lunas pajak di tahun 2013 baru sebanyak 15 kelurahan, dari 48 kelurahan. “Kelurahan itu yakni Kinilow Satu, Pinaras, Kamasi Satu, Tondangow, Talete Satu, Rurukan Satu, Walian Dua, Kumelem-

buai, Uluindano, Tara-Tara Satu, Lansot, Tara-Tara Dua, Tumatangtang Satu, Tara-Tara Tiga dan Lahendong,” rinci Lolowang dalam Launching Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) sebagai pajak daerah Kota Tomohon di Aula Homestay Kecamatan Tomohon Selatan, Kamis (3/4) kemarin. Dirinya mengatakan, bahwa setelah dialihkannya pemungutan PBB-

P2 dari pajak pusat menjadi pajak daerah, sejak tahun 2013 sampai pada tahun 2014 ini, maka Pemkot Tomohon telah melakukan berbagai persiapan. Ini perlu mengingat potensi penerimaan PBBP2 Kota Tomohon pada tahun 2014 ini adalah sebesar Rp3.297.005.843. “Pada awal pekan depan, kegiatan ini akan dilanjutkan lagi untuk disosialisasikan kepada para bendahara sekolah baik SD, SMP DAN SMA seKota Tomohon. Baca: 2013 ( Halaman 14)

KEWAJIBAN

SOSOK CALEG Rumambi ancam beber nama Tunjangan perangkat akan Novilia siapkan tiga program pejabat di media massa disalurkan usai Pilcaleg kesejahteraan untuk rakyat A i r m a d i d i — E n t a h berlalu begitu saja. Amurang—Perangkat kepada Swara Kita sudah berapa kali Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA menyerukan, agar pejabat yang kena Tuntutan Ganti Rugi (TGR) segera ditindaklanjuti. Bahkan hal tersebut, kerap diserukan bupati di tiap kesempatan, termasuk saat ibadah pagi tiap hari Senin. Akan tetapi, sepertinya apa yang diserukan bupati,

Ternyata, sampai saat ini banyak pejabat yang belum melunasi TGR. Yang memprihatinkan, ada yang sama sekali tidak punya itikad baik dengan tidak membayar dalam jangka waktu yang lama. Masalah ini, membuat Sekkab Minut Drs JA Rumambi geram. Entah karena sudah bosan memberitahukan dan memberi himbauan, Rumambi mengancam akan membeberkan sejumlah nama pejabat-pejabat yang kumabal ke media massa. “Seperti tidak ada kesadaran dan itikad baik dari mereka, padahal terus diberi kesempatan, tapi dianggap sepele. Sudah saatnya Pemkab Minut mengambil langkah tegas, dan sepertinya membeberkan nama mereka di media massa, merupakan salah satu langkah yang paling progresif,” tegas Rumambi, Kamis (3/4) kemarin. Ditambahkan Rumambi, tahun ini Minut merencanakan meraih opini dari BPK yakni Wajar Tanpa Kecualian (WTP). Baca: Rumambi ( Halaman 14)

desa dan kelurahan seKabupaten Minsel, harus bisa bersabar lagi untuk bisa mendapatkan haknya. Pasalnya pembayaran tunjangan perangkat untuk triwulan pertama, baru akan direalisasi, setelah pelaksanaan Pemilihan calon anggota legislati (Pilcaleg) selesai. Kepala BPMPD Minsel Olivia Lumi SSTP, melalui Sekban Dayf Ondang yang ditemui diruang kerjanya, Kamis (3/4) kemarin,

mengatakan, menanggapi akan surat edaran dari KPK pada beberapa hari yang lalu, dimana untuk mengantisipasi agar Bansos tidak disalah pergunakan oleh para Caleg, dalam memperoleh dukungan dalam rangka Pilcaleg, sehingga semua kegiatan keuangan yang tertata dalam bantuan sosial (Bansos), baru bisa direalisasi setelah selesai Pilcaleg. Baca: Tunjangan ( Halaman 14) SATU nama yang sangat dielukan massa pendukung Hanura, yakni Caleg Novilia A I Kacomba STh.

PERTANIAN

Target JWS tiap kecamatan miliki 15 hand tracktor Tondano—Pemkab Minahasa menargetkan, setiap Kecamatan di Kabupaten Minahasa akan dilengkapi 15 Hand Tractor untuk menunjang pertanian, dalam rangka mensejahterahkan masyarakat yang berprofesi sebagai petani. Demikian di katakan Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Kamis (3/4) kemarin. “Hal ini dilakukan karena penduduk yang ada di Kabupaten Minahasa, hampir 70 persen merupa-kan masyara-

kat yang berprofesi sebagai petani, sehingga perhatian pemerintah dibidang pertanian harus lebih di perhatikan. Sebab petani sangat memberikan kontribusi yang besar dalam menunjang pangan kita,” ujar Sajow. Lanjut dikatakannya, untuk tahun 2014 ini, Pemkab Minahasa telah menganggarkan sebanyak 15 unit Hand tractor bagi 15 Kelompok tani yang ada di Kabupaten Minahasa. Baca: Target ( Halaman 14)

Kalawat—Kampanye terbuka Partai Hanura yang berlokasi di Lapangan Maumbi, Rabu (2/4) belum lama ini, berlangsung meriah, dan menjadi cerita. Terutama bagi para pendukung parpol ini dan dari masing-masing Calon legislatif (Caleg) berjubel di lapangan tersebut. Satu nama yang sangat dielukan massa pendukung Hanura, yakni Caleg Novilia A I Kacomba STh. Novilia yang lebih banyak dan menguasai kampanye Hanura tersebut, mampu membakar semangat para

simpatisannya. Belum lagi suasana saat itu, diiringi soundsistem yang ditumpangi massa pendukung Hanura memperdengarkan lagu khusus yang bersyairkan figur Novilia ini. Tak pelak, caleg nomor urut 3 Partai Hanura ini begitu primadona. Yel-yel dukungan untuk Novilia terus membahana. Seluruh persoalan yang diperolehnya dari pengamatan langsung dan mendengar aspirasi yang disampaikan masyarakat kepadanya. Baca: Novilia ( Halaman 14)

PEMKAB MITRA

25 pejabat struktural dilantik R a t a h a n — Wa k i l Bupati (Wabup) Ronald Kandoli, Kamis (3/4) kemarin, mengambil sumpah dan melantik 25 pejabat struktural dilingkungan Pemkab Mitra, sekaligus menyerahkan surat perintah Bupati kepada Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan dr Saul Arikalang MKes dan Plt Kepala BAPPEDA Herman Kosakoy SE. Kandoli dalam sambutanya menyatakan, parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan bagi setiap pegawai, melalui

pertimbangan kapasitas, kompetensi, integritas, moralitas, loyalitas, serta nilai pengabdian dan komitmen tanggung jawab, melalui kajian yang matang oleh baperjakat. Dikatakannya lagi, penting menjadi perhatian, yakni kecerdasan dan kepekaan menjabarkan kebijakan pimpinan, mengidentifikasi masalah secara cepat dan tepat dalam memberikan kontribusi dan kinerja yang signifikan, dalam pemerintahan daerah. Baca: 25 pejabat ( Halaman 14)


MINAESA Rumambi ... Dari Halaman 13 Tapi bagaimana, itu tercapai jika seperti ini. “Kalau modelnya seperti ini, bagaimana kita bisa meraih WTP, jika pejabatnya masa bodoh,” kesal Rumambi. Sementara itu, Kepala Inspektorat Minut Frets Sigar SH MM membeberkan, untuk jumlah TGR yang ada saat ini mencapai Rp17 milliar, yang tadinya Rp22 milliar. “TGR ini memang cukup banyak, karena semuanya berawal dari tahun 2005. Bahkan yang perlu diketahui, ada instansi yang TGRnya mencapai Rp5 miliar. Dan lebih mengejutkan. TGR Dekab Minut mencapai Rp4 miliar,” terang Sigar.(eres)

Tunjangan ... Dari Halaman 13

MINAHASA, TOMOHON, MINUT, MINSEL, MITRA BITUNG

Tersisa dari kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK Sulut

Di samping itu pula untuk akses jalan-jalan pertanian akan di buka. “Hal ini gunanya untuk lebih memudahkan pendistribusian hasil-hasil pertanian masyarakat,” ungkap JWS, sebutan akrab Bupati Minahasa.(try33)

Novilia ... Dari Halaman 13

“Saya mengingatkan agar saudara-saudara menyempurnakan dan perbaiki kinerja yang efektif dan efisien, jangan hanya terjebak dalam situasi, rutinitas tetapi jauh dari nilai kreatifitas, dedikasi dan loyalitas. Íadir dalam pelantikan tersebut, Sekkab Ir BA Tinungki MEng, Asisten III Ir Elly Sangian ME. Kepala BKDD Drs Robert Rogahang.(esel)

Perangkat ... Dari Halaman 13 “Tidak lama lagi kita akan menghadapi hajatan yang besar yakni pemilihan umum untuk itu saya mengimbau kiranya seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk bersama-sama menyukseskan pemilu 2014, karena sukses pemilu adalah juga kesuksesan pemerintah dan masyarakat Tomohon. Pakailah hak suara anda pada tanggal 9 april nanti dan sebaiknya jangan golput,” kata Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak kepada para perangkat kelurahan dan linmas. Ditambahkannya, dalam rangka lomba Adipura tahun 2014 ini, peran dari aparat kelurahan dan masyarakat sangat dibutuhkan, terlebih kaitannya dengan kebersihan. Sebab dengan adanya penghargaan sebagai kota kecil terbersih yang sudah diraih tahun 2013, kiranya itu tetap dipertahankan. “Dengan adanya penghargaan tersebut, kiranya kita sebagai masyarakat dapat mengartikan nilai dari penghargaan itu,” katanya. Dalam tatap muka tersebut, Eman juga mengimbau dalam mempersiapkan penilaian adipura tahap dua kiranya masyarakat tidak melakukan aktivitas berupa pembakaran sampah karena akan berpengaruh dalam penilaian nanti. “Dengan adanya penyerahan insentif kepada para perangkat kelurahan, diharapkan para linmas jangan kecewa karena besok penyaluran insentif untuk para linmas akan direalisasikan,” tutupnya. Sementara itu, Kapolres Tomohon AKBP. Ratna Setiawati, SH, mengatakan sampai saat ini keamanan di Kota Tomohon tetap terjaga. “Saya berharap hajatan pemilu nanti bisa berjalan dengan aman dan lancar untuk itu diimbau kepada seluruh masyarakat untuk dapat mendukung keamanan, kenyamanan dan ketentraman mulai saat ini dan sampai kapan pun demi terciptanya suasana yang baik di Kota Tomohon,” ujar setiawati dibenarkan Dandim 1302/ Minahasa Letkol Kav Teguh Harry Susanto.(gebe)

Dana ... Dari Halaman 13 “Sampai dengan saat ini, dari semua jumlah yang terdaftar, ada sekitar 67 bidang lahan milik warga yang kepemilikan dokumennya sudah sesuai, sehingga sudah dilakukan pembayaran. Dan total anggaran yang sudah keluar, berjumlah 3,112,167,000 rupiah,” ujar Zadrak. Ditambahkannya, pihaknya juga menghimbau kepada warga yang sudah terdata namun belum mendaftarkan diri, untuk secepatnya mendaftarkan diri dengan mengikutsertakan segala dokumen kepemilikan lahan, guna lancarnya proses ganti rugi lahan. “Untuk pemilik lahan yang kami sudah data, agar supaya segera melengkapi berkasnya dan langsung mendaftar. Supaya kewajiban kami untuk membayar, sudah bisa dilakukan,” pungkasnya.(try28/esem)

PEMBANGUNAN

Pinaras jadi wilayah diminati wisatawan

Target ... Dari Halaman 13

25 pejabat ... Dari Halaman 13

14

2300 bibit Mahoni rusak di halaman Dekot Bitung

Pihaknya terpaksa melakukan penunda untuk penyaluran tunjangan perangkat desa. “Saat ini kami belum bisa merealisasi tunjangan perangkat. Sebab dana untuk tunjangan perangkat, ada tertata dalam Bansos, dan KPK belum memperbolehkan untuk disalurkan,” ujar Ondang. Ditambahkannya, keterlambatan penggunaan APBD dan dalam penataan anggaran tunjangan perangkat yang dimasukan dalam Bansos, oleh pihaknya menjadi satu alasan terhambatnya pembayaran tunjangan perangkat. “Kalaupun APBD sudah bisa digunakan sebelum surat edaran dari KPK turun, atau tunjangan perangkat dimasukan dalam kegiatan di BPMPD, maka kami bisa lakukan pembayaran. Tapi yang jelas setelah Pilcaleg selesai, semua tunjangan perangkat pasti dibayarkan,” tandasnya.(try28/esem)

Disimpulkan dan dijawab Caleg nomor urut 3 Dapil Kalawat-Airmadidi ini lewat tiga program unggulan yang akan diwujudnyatakan, saat dirinya terpilih pada Pemilu 9 April nanti dan duduk sebagai anggota Dekab Minut. “Saya punya tiga program andalan yakni kesehatan gratis, SPP gratis serta uang tunjangan untuk lansia. Jika rakyat memilih saya, maka saya akan perjuangkan dan mewujudkan itu,” tegas Novilia. Ketika disinggung soal kebanyakan Caleg yang terpilih lupa akan janji kampanyenya, Novilia langsung memberikan jaminan atas komitmennya ini. “Saya bukan Caleg yang suka ingkar janji. Jika memang itu sudah menjadi amanat saya nantinya, maka wajib hukumnya dilaksanakan untuk kesejahteraan rakyat,” tutur Novilia, Kamis (3/4) kemarin. Keterpanggilan Novilia A I Kacomba STh untuk maju sebagai calon anggota Dekab Minut, memiliki alasan sendiri. Wanita cerdas yang memiliki visi berjuang dengan hati nurani untuk melayani masyarakat ini mengaku kerap merasa sedih melihat kondisi yang dialami masyarakat “Bumi Klabat” yang membutuhkan perhatian yang lebih. berbagai persoalan menyangkut pembangunan dan kesejahteraan yang masih melilit masyarakat Minut, menjadi alasan dari keputusannya untuk tampil didepan menjadi wakil rakyat di Dekab Minut, untuk bersama Pemkab Minut memperjuangkan hal itu.(eres/briks-s)

JUMAT 4 APRIL 2014

BIBIT pohon mahoni yang tersisa dari kegiatan puncak Hari Kesatuan Gerak PKK di Kota Bitung lalu, sudah rusak di Dekot Bitung.(foto: ist)

Bitung—Ironis, disaat kegiatan akbar Hari Kesatuan Gerak PKK Sulut berkeinginan menunjang program pemerintah untuk menanam pohon sebanyak 2 miliar, namun rupanya kegiatan ini tidak benar-benar didukung oleh sebagian pemerintah Kecamatan di Bitung. Buktinya, bibit pohon Mahoni yang seharusnya dibagikan ke kelurahan via pemerintah kecamatan, rupanya tidak

diangkut dan ditanam. Bibit yang secara simbolis dibagikan di kabupaten/kota oleh Ketua Tim Pengerak (TP) PKK Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, kini mulai rusak di lapangan Dekot Bitung. Kondisi bibit mahoni yang masih tersisa sekitar 2300 bibit pohon yang belum diambil dan pihak pemerintah kecamatan. Hal ini dikritisi oleh Sekretaris Komunitas Media Bitung Elektronik

(Kombet) Abineno, kepada Pers menyayangkan bibit pohon hanya dibiarkan padahal banyak lahan kosong atau wilayah kota butuh pohon peneduh. “Jika tidak mau diambil saya menyarankan bantuan ini disalurkan kepada pihak sekolah supaya bisa ditanam disekitar sekolah,” jelasnya. Hal serupa juga dikatakan Kadis Pertanian Kehutanan dan Ketahanan Pangan Liesje Macawalang, ketika

DIKLAT

yang memadai seperti Jembatan, jalan setapak, gazebo dan penunjang lainnya di obyek wisata air terjun Tumimperas guna memberikan kenyamanan kepada para wisatawan, sekaligus menjadi penggerak ekonomi kerakyatan. “Hasil pembangunan lainnya yang telah di nikmati oleh masyarakat baik melalui dana APBD, PNPM yaitu selesainya jalan perkerasan, drainase jalan lorong dan jalan utama, proyek air bersih, bak penampungan air bersih, begitu juga dengan dana stimulan Rp10 juta per lingkungan yang telah di gunakan untuk optimalisasi air bersih, begitu juga pembukaan jalan-jalan ke kebun serta pembenahan instalasi air ke bak penampungan kelurahan dan disalurkan ke masyarakat kelurahan,” ujar Lurah Pinaras, Mieke Tulung SIP. Tulung bersama tokoh-tokoh agama dan tokoh-tokoh masyarakat memberikan pujian kepada Walikota Eman yang begitu peka dan peduli dengan kebutuhan masyarakat Pinaras. Mereka berterima kasih kepada Walikota karena pembangunan lebih meningkat. “Mewakili masyarakat, saya mengharapkan pembangunan akan terus berlangsung di wilayah ini agar masyarkat semakin lebih sejahtera,” katanya.(gebe)

BISNIS

Sejumlah camat bakal belajar pemerintahan Airmadidi—Untuk lebih meningkatkan kinerja para camat yang ada di Minut, Kamis (3/4) kemarin, Sekkab Minut Drs JA Rumambi, mengumpulkan sejumlah camat guna membahas beberapa hal. Salah satunya, soal perlunya camat untuk belajar pemerintahan, guna lebih memperdalam kecerdasan dalam tata pemerintahan sebagai pimpinan. Dikatakan Sekkab Minut Drs JA Rumambi, melalui Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Edwin Ombuh, dikumpulnya sejumlah camat dikarenakan ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan demi perubahan. “Salah satunya,

dikonfirmasi mengaku prihatin atas ketidakresponnya pihak kelurahan dan kecamatan terhadap bantuan untuk lingkungan. “Saya tidak tahu kenapa bibit-bibit ini tidak diambil dan ditanam,” katanya. Sementara itu, Sekretaris PKK Kota Bitung Fin Wawoh, yang dihubungi terkait persoalan ini hanya mengatakan masih s e m e n t a r a pengecekan.(wepe)

Tomohon—Komitmen membangun bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Tomohon, benar-benar diwujudkan Walikota Jimmy F Eman SE Ak melalui tersedianya infrastruktur yang memadai guna menopang aktivitas masyarakat Kota Tomohon dan telah menyebar hampir merata di seluruh pelosok kelurahan seperti di Kelurahan Pinaras yang memiliki 8 lingkungan, berada di Kecamatan Tomohon Selatan. Kelurahan ini terkenal pula dengan obyek wisata kelas dunia yaitu air terjun Tumimperas yang sering di kunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara. “Seiring dengan potensi wisata alam yang menakjubkan dan selaras dengan Tomohon sebagai kota tujuan wisata yang mendunia dengan gunung api, Pasar Tradisional, Kuliner, Pemandangan alam yang tiada duanya serta masyarakatnya yang ramah,” kata turis Jerman Diana Knauth dan Tanja Bergman yang sempat berkunjung ke Tomohon. Dengan potensi tersebut, maka Pemkot Tomohon melalui beberapa dinas terkait telah memenuhi kebutuhan infrastruktur Kelurahan Pinaras seperti aspal hotmix jalan yang juga telah di perlebar sekaligus melengkapi infrastruktur

rencananya kita akan mengikutsertakan sejumlah camat yang bukan jebolan dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), mengikuti Diklat. Ini agar mereka mendapat pelajaran soal pemerintahan. Tentu sesuai dengan peraturan pemerintah pusat Nomor 19/ 2008,” tutur Ombuh. Ditambahkan Ombuh, memang masih ada pembicaraan lain yang juga dibicarakan, misalnya soal pengamanan menyambut pesta demokrasi yang sudah tidak lama lagi. “Masalah pengamanan Pemilu, memang sudah kerap kita ingatkan kepada para camat. Jadi tidak ada salahnya kita terus

tekankan kepada mereka. Camat harus bisa mengendalikan situasi di wilayah masing-masing, dan satu yang harus diingatkan mereka harus netral,” terang Ombuh. Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Minut Drs Aldrin Posumah MSi, menanggapi positif rencana mengikutsertakan sejumlah camat untuk belajar pemerintahan. “Ini sangat baik, dan memang seorang pimpinan wajib mengetahui soal tata kelola pemerintahan, khususnya para camat. Agar supaya kedepan, mereka bisa tampil berdaya saing,” tandas Posumah.(eres)

Lippo Grup tawar saham Sari Grup Bitung—Makin berkembangnya Kota Bitung, membuat sejumlah perusahaan nasional melirik asetaset perusahaan lokal untuk dijadikan basis kerajaan bisnisnya di Kota Bitung. Buktinya, pasca pengumuman penjualan aset perusahaan Sari Grup ini, ada 10 perusahaan yang sudah melayangkan penawaran ke perusahaan sari cakalang, sari malalugis dan sari plaza. Seperti diungkapkan oleh salah satu pimpinan perusahaan tersebut yang enggan namanya dikorankan itu. “Sehari setelah pengumuman penjualan aset-aset perusahaan itu, ada 10 perusahaan yang sudah menelpon pihak managemen dan melakukan penawaran,”

ungkap sumber resmi perusahaan itu. Menariknya, diantara 10 perusahaan yang melakukan penawaran tersebut, salah satunya adalah Lippo Grup, milik dari James Riyadi. Dia sendiri menjelaskan jika keinginan komisaris untuk menjual aset-aset ini, guna membuka lebih besar lagi usaha dari sari grup ini. “Penjualan aset ini bukan karena perusahaan dalam posisi pailit, tapi perusahaan ini masih akan membuka lebar usaha di Sulut,” kata sumber. Sementara itu, salah satu orang dekat dengan pimpinan perusahaan yang juga adalah Walikota Bitung Hanny Sondakh, saat dikonfirmasi membenarkan akan rencana penjualan aset

tersebut. “Tapi lebih lengkapnya silahkan tanyakan kepada Hengky Honandar, beliau yang mengetahui lebih lengkap persoalan ini,” kata Sondakh. Sementara itu, Hengky Honandar salah satu pemegang saham di perusahaan ini saat dikonfirmasi membantah rencana penjualan aset keluarga ini. “Jika memang akan dijual, maka harus dirapatkan ke semua pemegang saham dan saat ini belum ada rapat komisaris akan hal itu,” jelas Honandar seraya mengatakan jika keluarganya masih mempunyai dana. “Saya tidak tahu isu ini dari mana, yang jelas ada yang mau mempermainkan kami,” ungkap caleg dari Partai Demokrat ini.(wepe)

KEBAKARAN

Rumah warga Wolaang Langowan habis dilalap api Tondano—Kebakaran kembali terjadi di Langowan, tepatnya di Desa Wolaang Kecamatan Langowan Timur, Kamis (3/4) kemarin. Kali ini kebakaran menimpah rumah milik keluarga Kojongian Mongkol. Namun seperti peristiwa-peristiwa yang sebelumnya, disaat kejadian

kebakaran berlangsung, mobil pemadam kebakaran (damkar) terlambat tiba di lokasi untuk mengatasi kobaran api, mengingat harus menempuh perjalanan yang jauh dari Tondano. Hanya saja, petugas pemadam kebakaran tetap melakukan tindakan sesuai protap,

meskipun rumah panggung 3 kamar tersebut sudah tinggal puing-puing. Sementara menurut informasi, api diduga berasal dari gudang milik Keluarga Londa Poli yang berdekatan dengan rumah naas tersebut. Sekitar pukul 13.00 Wita, api sudah membakar sebagian

gudang kemudian dengan cepat merembet ke rumah Keluarga Kojongian Mongkol. Di perkirakan hanya sekitar setengah jam, api berhasil membakar habis rumah panggung yang sudah sekitar 10 tahun tidak ditinggali pemiliknya itu. Kapolsek Langowan, AKP

Sammy Pandelaki, ketika dikonfirmasi di lokasi peristiwa mengatakan, penyebab kebakaran masih sementara diselidiki. “Sedangkan barang-barang tidak sempat diselamatkan dalam rumah itu karena kobaran api begitu besar,” ujar Pandelaki.

Dengan adanya kejadian ini, sejumlah warga Langowan berharap Pemkab Minahasa dapat menyediakan satu unit damkar, khusus untuk wilayah Langowan dan sekitarnya, mengingat bilamana ada kejadian yang serupa, Damkar tersebut sudah berada di lokasi.(try33)

menghubungi para wajib pajak diluar daerah lewat handphone. Terobosan ini untuk menambah/ meningkatkan PAD Kota Tomohon yang saat ini sangat kecil yaitu 2,68% dari total APBD, selain itu membantu wajib pajak PBB-P2 di luar daerah melaksanakan kewajiban dengan praktis dan hemat waktu tanpa harus meninggalkan domisili

untuk bepergian menuju Tomohon,” tambahnya. Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengatakan, bahwa kita bersama-sama akan membuat sejarah dimana kemandirian atas semangat otonomi daerah sedang kita upayakan. “Pajak PBB-P2 merupakan salah satu entry point semangat kemandirian tersebut dan

sebagai daerah pertama di Sulut yang 100% siap menjalankan pengalihan PBB-P2, kita siap menjadi daerah Percontohan bagi Provinsi Sulawesi Utara. Ini semua berkat dukungan nyata dan komitmen yang kuat dari KPP Pratama Manado yang telah 2-3 kali dalam sebulan mengunjungi kami dan berkomunikasi

secara intensif sehingga Kota Tomohon berada pada urutan terbaik dalam pengelolaan Pajak Daerah di provinsi ini,” jelas Eman seraya menghimbau kepada seluruh Camat dan Lurah, Punishment dan Reward akan pencapaian Pajak PBB-P2 yang sudah menjadi komitmen bersama kita tetap dijalankan.(gebe)

2013 ... Dari Halaman 13 Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya denda pajak orang pribadi yang terlambat dilaporkan yaitu melewati batas waktu tanggal 30 april 2014 yang akan dikenakan denda Rp100 ribu dan berlaku di seluruh Indonesia,” katanya. Salah satu bentuk MoU Pemkot Tomohon dengan Bank Sulut aplikasinya

nanti adalah pembayaran PBB-P2 lewat ATM, Via Teller, Sms Banking, Atm, Internet Banking, Autodebet dan fasilitas kemudahan lainnya. dengan terobosan ini nantinya wajib pajak yang ada di luar Kota Tomohon bahkan di luar Provinsi Sulut dapat membayar lewat ATM Bersama atau ATM Bank Sulut di luar daerah. “Para Lurah dapat


NUSA UTARA 153 CPNS Sitaro terima SK & NIP SANGIHE, SITARO, TALAUD

KAPAL HIBAH

KM Bawangun Nusa sulit dipindahkaN

KM Bawangun Nusa, kapal yang dihibahkan oleh pihak Angkatan Laut (AL) Pusat ke pihak Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, menjadi polemik dimana pemerintah daerah kesulitan memindahkan kapal tersebut ke tempat lain setelah mendapat peringatan dari kementrian perhubungan. Kesulitan pemindahan kapal tersebut disebabkan tidak adanya perlengkapan seperti jangkar layaknya kapal-kapal lain, membuat pihak Pemkab Sangihe kesulitan untuk memindahkan kapal itu ke tempat lain atau pun dilabuhkan diperairan laut Sangihe. “Tidak adanya perlengkapan jangkar dikapal Bawangun Nusa, membuat kami kesulitan untuk mencari tempat untuk kapal ini. Sebelumnya saya sudah mencoba menghubungi pihak Lanal Tahuna, namun memang seperti itu kapal tersebut tidak bisa dilabuhkan karena tidak memiliki jangkar,”ungkap Bupati Sangihe, Drs HR Makagansa MSi. Sehingga dirinya saat ini akan mencari solusi bagaimana caranya agar kapal tersebut bisa dipindahkan dari pelbuhan Tahuna. Apalagi menurut bupati, sangat disayangkan bila anggaran 50 miliar untuk pembangunan dermaga Multi guna batal hanya karena keberadaan kapal ini. “Saya akan menghubungi pihak ke tiga dalam hal ini pengelola Bawangun Nusa untuk secepatnya mencari jalan keluarnya. Sayang kalau anggaran untuk pembangunan dermaga multi guna harus dihapus oleh pusat, jadi pemerintah akan berupaya untuk secepatnya mengambil langkah memindahkan kapal tersebut,” ujarnya.(esge)

JELANG UN Dikpora pastikan siswa beban ujian tanpa pungutan TERKAIT dengan penegasan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Wagub Sulut) Dr Djouhari Kansil MPd dimana apabila ditemukan ada siswa yang tidak ikut ujian disebabkan masalah administrasi maka pemerintah daerah segera melakukan pemecatan terhadap kepala sekolah, mendapat perhatian Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) yang memastikan tidak ada kendala adminitrasi untuk siswa. Menurut Kepala Dinas Dikpora Sitaro, Dra SW Katiandagho ketika dikonfirmasi Swara Kita Kamis (3/4) siang kemarin disela-sela penyerahan SK dan NIP CPNS 2013, penegasan tersebut tetap menjadi perhatian pihaknya, meskipun memang untuk Kabupaten Sitaro sudah tidak ada pembebanan biaya. “Lagian sekolah sudah gratis dan tidak ada pembebanan biaya sekolah. Jadi kami yakni dan bisa pastikan tidak ada kendala bagi siswa untuk ikut ujian,” tukas Katiandagho. Namun demikian, dikatakan Katiandagho bukan berarti tidak ada pembebanan biaya ataupun biaya administrasi kemudian pihaknya diam saja, tapi pengawasan tetap dilakukan dan kalaupun ditemukan dirinya memastikan kepala sekolah akan langsung dinonjobkan. “Kalaupun ditemukan ada pembebanan biaya, kami pastikan kepala sekolah akan dikenakan sangsi dinonjobkan,” kata Katiandagho. Tentunya, dirinya juga berharap peran serta orang tua untuk dapat memperhatikan anak-anak, sebab peran orang tua sangat penting dalam member dorongan serta dukungan moril bagi siswa dalam melanjutkan sekolah terutama selama mengikuti ujian. Begitu juga dengan pihak sekolah, dirinya senantiasa memberikan penegasan untuk memperhatikan para siswa dengan baik dan maksimal, dan itu sudah mengalami peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, dimana betapa pentingnya bersekolah. “Peran orang tua itu sangat penting, apalagi waktu yang paling banyak itu ada dirumah, jadi pengawasan serta dorongan dna dukungan orang tua itu penting terutama dalam mengingatkan anak-anak yang ada, dan kami dari pihak dikpora juga senantiasa memberikan penegasan kepada pihak sekolah agar memperhatikan hal ini dan jangan bosan-bosan mengingatkan para siswa betapa pentingnya bersekolah,” ujarnya.(esge)

a t

t

Supit: Layanilah masyarakat setulus hati

BUPATI saat memberikan SK, NIP dan penempatan kerja secara simbolis kepada CPNS tahun 2013.(foto: stenly/sk)

Ondong—Setelah sempat mengalami penundaan selama dua hari, akhirnya 153 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Sitaro yang lulus ujian kompetensi dasar dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB RI). Bertempat di Aula Kadademahe Ondong, Kamis (3/4) kemarin, Surat Keputusan (SK) dan Nomor Induk Pegawai (NIP) langsung diserahkan oleh Bupati Sitaro, Toni Supit SE MM. Dalam sambutannya

Supit menuturkan, penyerahan SK dan NIP tersebut sekaligus dengan penempatan kerja yang merupakan momen paling ditunggu-tunggu dan dinantikan seluruh CPNS. Sehingga selaku pimpinan daerah dirinya senantiasa mengingatkan agar sebagai CPNS harus memiliki rasa tanggungjawab terutama dalam memulai karir sebagai abdi Negara dan pelayan masyarakat. “Sebagai CPNS layanilah masyarakat dengan setulus hati, dan ingat dalam jajaran pemerintahan, kita ini adalah sistem, sehingga

marilah kita jaga semangat kebersamaan,” kata Supit. Dikatakannya, dalam memimpin dan melayani masyarakat, dirinya memiliki konsep melayani dengan kasih dan melayani tanpa korupsi dan hal tersebut senantiasa dipegang selama bertugas dan melayani. “Saya mengajak seluruh CPNS untuk dapat melaksanakan tugas dengan penuh kasih kepada masyarakat tanpa memandang bulu tapi layanilah seluruh masyarakat dengan baik serta penuh tanggungjawab bahkan loyalitas yang tinggi terhadap atasan,” ajak

Supit. Dikatakan bupati pertama pilihan rakyat Sitaro ini, tahun 2014 merupakan tahun politik dimana pada tanggal 9 April ada pemilihan umum legislatif dan pada bulan Juli rakyat dan dan pemerintah diperhadapkan dengan agenda pemilihan presiden dan wakil presiden, tentunya dirinya mengharapkan serta menegaskan agar CPNS maupun PNS tidak ada yang terlibat dalam politik praktis. “PNS itu memang harus tahu politik tapi tidak boleh terlibat langsung dalam kegiatan partai dan juga kampanye apalagi menggunakan atribut partai,” katanya. Lanjut dia, jangan dikarenakan dirinya menggunakan baju berwarna merah dan juga sebagai ketua partai terus PNS harus mengikuti dia (bupati, red), namun bupati merakyat itu memberikan hak sepenuhnya kepada seluruh PNS untuk memilih dengan hati nurani masingmasing. “Jangan karena saya pakai baju merah dan sebagai ketua partai terus harus ikut saya, tapi saya menghimbau untuk memilih sesuai dengan hati nurani karena itu menjadi hak masingmasing kita dan PNS punya kebebasan untuk memilih siapa yang harus dipilih,” pungkas Supit.(esge)

ADAT

Disparbud Talaud matangkan persiapan Mane’e Melonguane—Meskipun pelaksanaan budaya Mane’e nanti akan berlangsung pada 16 Mei nanti, namun Dinas Pariwisata dan Budaya Talaud tidak mau berleha-leha dan makin mematangkan segala hal yang diperlukan menyangkut kegiatan adat tersebut. Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya yang juga sekaligus Ketua Dewan Adat Talaud, Isak Tamaroba

menjelaskan Mane’e seperti biasa akan dilaksanakan di Kepulauan Kakorotan yang mencakup Pulau Kakorotan, Intata, dan Malo. “Mane’e adalah tradisi menggiring ikan menggunakan rotan yang diikat janur dan dilakukan beramai-ramai dari kedalaman tiga meter, kemudian dikurung di lokasi tertentu di pesisir pantai secara bersamasama,” jelas Tamaroba.

Tradisi menangkap ikan secara bersama-sama yang dilakukan oleh 10 suku bangsa yang ada di wilayah Kakorotan ini merupakan akhir dari masa Eha. “Eha adalah masa pelarangan untuk mengambil hasil laut (ikan) dan darat (buahbuahan, sayur mayur, binatang/ternak) selama tiga sampai enam bulan setiap tahunnya. Tradisi ini mengandung nilai kebersamaan, gotong royong,

kearifan dan religius.yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari,” lanjut Tamaroba. Untuk persiapan yang dilakukan oleh Disparbud selaku pelaksana termasuk akomodasi dan transportasi baik bagi undangan dan tamu maupun pengunjung yang memang sengaja datang untuk menyaksikan ritual penangkapan ikan yang sangat unik di dunia ini.(try27)

INFRASTRUKTUR

Kualitas jalan di Talaud memprihatinkan Melonguane—Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kepulauan Talaud, Yohanis Kamagi terus berupaya menegur bahkan mem-blacklist beberapa kontraktor, namun akibat hasil kerja yang terlanjur tidak beres maka masyarakatlah yang menanggung kerugiannya. Seperti yang terjadi pada jalan yang baru diaspal Desember 2013 yang kini sudah mulai mengalami kerusakan. Pelak lagi, hal tersebut langsung membuat warga kecewa. Salah satu warga kompleks Polres Talaud,

Debby Sodanding mengungkapkan, masyarakat sangat dirugikan akibat kualitas kerja yang tidak baik. “Jalan yang rusak juga cukup membahayakan keselamatan pengendara motor dan mobil apalagi malam hari,” ucap Debby kesal. Demikian juga dituturkan Soleman Malensang salah satu PNS asal Kiama. Dia merasa sangat tidak nyaman pada saat berkendara akibat kondisi jalan yang terus saja mengalami kerusakan. “Apalagi kalau pulang kerja, saat kondisi sudah tidak fit lagi. Selain itu

kendaraan juga lebih cepat mengalami kerusakan sebagai akibatnya,” ujar pria yang biasa dipanggil Opo Sole itu. Keduanya berharap tahun ini

perbaikan dan peningkatan kualitas jalan khususnya di Kecamatan Melonguane dilakukan dengan baik dan diawasi secara ketat oleh Dinas PU Talaud. (try27)

JUMAT 4 APRIL 2014

15

INFO TSUNAMI

Nelayan Talaud enggan melaut Melonguane— Peringatan yang dikeluarkan pemerintah melalui BMKG akan ancaman tsunami yang diperkirakan akan sampai di sekitar 115 kota/kabupaten di Indonesia termasuk yang ada di Sulut sebagai akibat gempa berkekuatan 8.2 pada skala richter yang terjadi di Chile serta gempa susulan yang juga berkekuatan cukup besar, membuat nelayan yang ada di desa Sawang, Bowongbaru dan Esang mengurungkan niatnya melaut. Menurut Kepala BPBD Kabupaten Kepulauan Talaud, Yohanis Lay mengata-

kan, sebenarnya tidak ada yang perlu ditakutkan namun tetap dihimbau untuk waspada dalam aktivitasnya selaku nelayan dan sebaiknya menunda dulu niatnya untuk melaut. “Silahkan kalau ingin beraktivitas namun dihimbau untuk waspada dan sebaiknya memperhatikan dengan benar kondisi perairan,” jelas Lay. Himbauan untuk waspada juga disampaikan kepada warga yang bermukim di sepanjang pesisir pantai agar dapat secara rutin memantau kondisi perairan di sekitar lokasi tempat tinggalnya.(try27)

PASAR IKAN

Warga berjualan di tepi jalan Melonguane—Belum difungsikannya pasar ikan yang dibangun di desa Mala Kecamatan Melonguane Timur membuat warga penjual hasil laut khususnya yang berada di Pulau Karakelang Kabupaten Kepulauan Talaud memilih tepi jalan pesisir pantai Melonguane sebagai tempat berjualan. Selain belum difungsikannya pasar di desa Mala para penjual ikan juga menganggap bahwa lokasi pasar terlalu jauh dari kawasan perbelanjaan yang ada. Hal lain juga yang menjadi alasan warga karena merasa Pemkab Talaud tidak menyediakan tempat yang layak untuk berjualan bagi mereka di dalam kompleks pasar Melonguane. “Tidak ada tempat yang layak dan fasilitas di pasar juga sangat tidak memadai, ujar Sandra Tatuwo salah satu penjual ikan asal Desa Andalan Melonguane. Hal ini mengundang keprihatinan LP3NKRI melalui ketuanya Joutje Adam dan LP3Sulut perwakilan Talaud Markus Tuisan, dua LSM yang selalu menyoroti kinerja Pemkab Kepulauan Talaud. Selain mempertanyakan alasan pemindahan pasar dari kelurahan Melonguane ke Desa Andalan, keduanya juga menyayangkan hilangnya sumber PAD yang bisa dihasilkan melalui penarikan retribusi terhadap pedagang ikan. “Semestinya ada kajian dalam perencanaan

sebelum melakukan pemindahan lokasi pasar itu yang pertama. Yang kedua pemindahan dan pembangunan pasar yang baru harus juga dibarengi dengan pembangunan fasilitas penunjang lainnya yang layak,” jelas Tuisan. Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Talaud, Ony Maliatjha menjelaskan, bahwa Pemkab Talaud sudah melakukan kajian dan analisa dalam pengembangan wilayah-wilayah yang ada di seluruh Kepulauan Talaud. Apalagi sebagai ibukota Kabupaten, ruang dan wilayah Melonguane harus diatur dan ditata sedemikian rupa guna menampilkan citra Kabupaten Kepulauan Talaud yang nyaman asri dan indah. “Seluruh unsur dalam perencanaan sudah dipenuhi. Dan pastinya ini dilakukan demi kebaikan warga,” ujar Maliatjha. Namun dia juga mengakui bahwa memang masih banyak kekurangan yang harus dibenahi pemkab melaui dinas terkait agar pasar yang dibangun dengan dana APBD tersebut tidak menjadi mubazir. “Ada fasilitas-fasilitas yang masih dan harus segera dipersiapkan pemkab guna mulai mengfungsikan pasar Mala,” pungkas Maliatjha yang meminta kepada seluruh pedagang yang ada di Pasar Melonguane bersedia untuk dipindahkan pada saat pasar Mala mulai difungsikan.(try27)

ADIPURA

Sambut Tim P2, Sangihe optimis raih nilai terbaik Tahuna—Pembenahan demi pembenahan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe bersama dengan masyarakat disejumlah titik pantau dalam menyambut tim penilai Adipura tahap dua atau P2 yang diperkirakan akan turun di bulan April ini. Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sangihe Ir Willy Kumentas MSi pada sejumlah wartawan belum lama ini. Menurut Kumentas, pemerintah daerah sangat optimis bisa meraih nilai terbaik, dimana hal tersebut disebabkan baik pada P1 maupun upaya yang dilakukan oleh pemerintah daerah bersama dengan masyarakat Sangihe khususnya yang ada di Kota Tahuna sudah cukup maksimal dari yang dibayangkan. “Kami rasa upaya yang

dilakukan oleh pemerintah daerah dan masyarakat sudah cukup maksimal, dan ini terlihat jelas dimana wajah Kota Tahuna sudah sangat bersih dan rapi. Dan tentunya ini dikembalikan lagi kepada kita semua baik pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keindahan dan kebersihan kota, agar ketika tim penilai datang kondisi kota tetap asri dan bersih,” tandas sekda. PERLUASAN DAN PEMBANGUNAN TPA Bahkan, untuk mendukung Kota Adipura, pemerintah daerah melakukan perluasan dan pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) Santiago dengan nomimal anggaran pembangunan proyek senilai Rp11,5

miliar yang ditandai dengan peletakan batu dasar di lokasi proyek oleh Bupati Sangihe Drs HR Makagansa MSi. “TPA ini sudah 20 tahun dirintis oleh pemerintah daerah agar menciptakan lingkungan yang bersih, tentunya selaku pimpinan daerah kami berterimakasih kepada Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (Satker PPLP) Kementrian PU yang telah menfasilitasi bantuan perluasan dan pengembangan TPA di daerah ini. Dan bantuan ini juga sangat mendukung kota bersih dan kota sehat karena pada tahun 2013 kami telah mendapat pengakuan dari pusat dengan meraih penghargaan adipura dan kota sehat,” tukas bupati. Dan perlu diketahui anggaran Rp11,5M

HR Makagansa.

terbagi atas tiga paket pekerjaan yang meliputi pembangunan instalasi pengolahan sampah, jalan operasi TPA dan instalasi pengolahan air limba. “Dimana paket pekerjaan dipastikan akan selesai pada akhir tahun ini atau pada tanggal 24 Desember 2014,” jelas Kepala Satker PPLP Kementrian PU, R Kondoati ST.(esge)


JUMAT 4 APRIL 2014

CALEG Ridle Marentek : Kepercayaan warga adalah Anugerah Tuhan

RIDLE Marentek.

PANGGILAN jiwa untuk berpartisipasi dalam pembangunan, serta kerinduan untuk bisa melayanai warga, menjadi satu harapan bagi Ridle Marentek dalam keikutsertaanya pada pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan calon anggota legislatif (Pilcaleg) Kabupaten Minsel pada 9 April

mendatang. Sebab menurut dia, melayani warga untuk bisa sejahtera, adalah satu pekerjaan mulia yang selama ini didambahkannya, agar bisa memperjuangkan semua hak dan aspirasi rakyat yang selama ini belum ada pemerataan. Ridle Marentek Caleg nomor urut 6 yang diusung Partai Golkar untuk Dapil 2, saat bersua dengan harian ini, Kamis (3/4) kemarin mengatakan, Pembangunan infrakstruktur dan kesejahteraan masyarakat Minsel terlebih khusus wilayah Kecamatan Ranoyapo, Motoling Raya dan Kumelembuai, yang hingga saat ini masih belum menyentuh angkah maksimal. Adalah satu alasan bagi dirinya untuk maju dalam Pilcaleg saat ini. Oleh sebab itu, jika dirinya diberikan anugrah oleh Tuhan Yesus Kristus lewat kepercayaan dan dukungan warga, dan bisa duduk sebagai wakil rakyat di Dewan Kabupaten Minsel. Maka apa yang menjadi aspirasi masyarakat, akan diperjuangkannya. “Melayani masyarakat adalah satu pekerjaan mulia. Oleh sebab itu, saya sangat berkerinduan untuk memberi diri, agar bisa melayani warga lewat perjuangan dalam mensejahterakan rakyat,” ujar Caleg yang selalu mengandalkan Tuhan ini. Dirinya juga menambahkan, kehidupan masyarakat di Dapil 2 yang banyak di dominasi oleh kaum petani, sehingga ada keterpanggilan bagi dirinya untuk bisa memperjuangkan semua hak petani, guna mengangkat derajat hidup kaum yang selama banyak memberi kontribusi dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat Minsel lewat hasil pertanian. “Kehidupan petani saat ini, masih sangat jauh dari sejahtera. Padahal mereka sangat banyak memberi kontribusi dalam menjawab kebutuhan hidup warga. Untuk itu apabila saya dipercaya warga, maka saya akan berjuang keras untuk mengangkat derajat kaum petani, sehingga bisa lebih diperhatikan kesejahteraannya,” pungkas mantan Hukum Tua Poopo Barat.(esem)

Tetty inginkan administrasi keuangan di Minsel ditata sesuai perundangan BPK-RI lakukan pemeriksaan rutin, SKPD diminta kerja sama yang baik Amurang—Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE menginginkan agar pengelolaan administrasi keuangan di Pemkab Minsel sesuai dengan perundangan yang berlaku, sehingga Minsel kedepan bisa mendapatkan status opini yang cukup baik. Untuk itu, dalam pertemuan dengan BPK-RI, Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini, meminta seluruh jajaran untuk dapat bekerja sama dengan tim pemeriksa dari BPK tersebut. Pertemuan Bupati Minsel dengan BPK-RI, Kamis (3/ 4) kemarin, berlangsung di ruangan di ruang kerja Bupati Minsel, dimana tim BPK yang dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulut Andi Kangkung Lologau, dengan

pengendali teknis AM Bagus Pantja PD. Dan Sebagai Ketua Tim Sumaji didampingi 7 orang anggota tim lainya, dalam rangka pemeriksaan pendahuluan atas laporan keuangan Pemkab Minsel, berupa pemeriksaan rutin tahunan terhadap laporan keuangan Pemkab Minsel TA 2013. Bupati didampingi oleh Ass 3, kadis PPKPAD, inspektur Daerah, Kadis PU. Pada pertemuan tersebut, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulut Andi Kangkung Lologau, mengharapkan kerja sama yang baik dari Pemkab dalam rangka kelancaran proses pemeriksaan tersebut. “Kami hanya minta kerja sama yang baik, agar kegiatan kami berjalan

TETTY berfoto bersama dengan pejabat dan Tim BPK kemarin.(foto: ist)

dengan baik juga,” ungkapnya. Sementara itu, Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Parutu SE menyampaikan agar seluruh jajaran untuk

dapat bekerja sama dengan Tim Pemeriksa dan memanfaatkan momen ini agar bisa berkonsultasi terkait dengan pengelolaan administrasi keuangan yang

baik sesuai dengan ketentuan perundangundangan. “Mari kita tertib adminitrasi keuangan, sehingga kedepan, kita mampu menjadi daerah

yang dalam pengelolaan keuangan mendapatkan status opini terbaik,” harap istri tercinta Kristovorus Deky Palinggi SE (KDP) ini.(esem)

KAMPANYE

Hari ini, puluhan ribu pendukung Beringin Minsel serbu Amurang

RIBUAN pendukung partai berlambang pohon beringin ini, bakal “serbu” ibu Kota Kabupaten Minsel yakni Amurang.

Amurang—Kampanye terakhir Partai Golkar Kabupaten Minahasa Selatan yang dipusatkan di Daerah Pemilihan (Dapil) IV, meliputi Kecamatan Amurang, Amurang Barat, Amurang Timur, akan digelar Jumat (4/3) hari ini. Dan diprediksikan ribuan pendukung partai berlambang pohon beringin ini, bakal “serbu” ibu Kota Kabupaten Minsel yakni Amurang. Ketua DPD II Partai Golkar Minsel Jenny Johana Tumbuan SE (JJT) mengatakan, bahwa kampanye partai Golkar yang terakhir kalinya ini bakal heboh, pasalnya ribuan masa bakal memadati lapangan Pondang Amurang.

“Yah memang kampanye terakhir, dan seluruh pengurus Partai Golkar dari desa sampai Kabupaten diundang, dan yang pasti saya ingatkan agar keamanan kita harus jaga bersama,” tukasnya. Sementara itu, Calon Legislatif Partai Golkar Dapil Minsel-Mitra Kristovorus Deky Palinggi SE menghimbau, agar masa pendukung Partai Golkar harus mematuhi peraturan lalulintas yang ada, dan menghindari perselisihan. “Saya meminta partisipasi dan kerja sama dari pendukung, agar tidak mengkomsumsi minuman keras, dan tidak membawa senjata tajam, dan yang utama mari kita jaga keamanan dan keselamatan,” harap Palinggi.(esem)

JADWAL KAMPANYE PARPOL PER PROVINSI 1. PARTAI NASDEM, PARTAI KEBANGKITAN BANGSA (PKB), PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS), DAN PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN (PDI-P) JAWA BARAT: JATENG: JATIM: DKI JAKARTA: BANTEN: SUMUT: ACEH: SUMBAR: JAMBI: BENGKULU: RIAU: KEP. RIAU : LAMPUNG: BANGKA BELITUNG: SUMSEL: DI YOGYAKARTA: BALI: NTB: NTT: KALBAR: KALIMANTAN TENGAH: KALIMANTAN SELATAN: KALIMANTAN TIMUR: SULAWESI UTARA:

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

16, 20, 25, 29 MARET DAN 3 APRIL 18, 22, 27 MARET, 1 DAN 5 APRIL 17, 21, 26, 30 MARET DAN 4 APRIL 16, 24 MARET DAN 1 APRIL 20, 28 MARET DAN 5 APRIL 18, 26 MARET DAN 3 APRIL 16 DAN 28 MARET 25 MARET DAN 5 APRIL 22 MARET DAN 3 APRIL 19 DAN 30 MARET 16, 28 MARET 25 MARET DAN 5 APRIL 22 MARET DAN 3 APRIL 19 DAN 30 MARET 16 DAN 28 MARET 25 MARET DAN 5 APRIL 22 MARET DAN 3 APRIL 19 DAN 28 MARET 16 DAN 28 MARET 25 MARET DAN 5 APRIL 22 MARET DAN 3 APRIL 19 DAN 30 MARET 16 DAN 28 MARET 25 MARET DAN 5 APRIL

SULAWESI TENGAH: SULAWESI TENGGARA: SULAWESI SELATAN: SULAWESI BARAT: GORONTALO: MALUKU: MALUKU UTARA: PAPUA: PAPUA BARAT:

22 MARET DAN 3 APRIL 19 DAN 30 MARET 16, 24 MARET DAN 1 APRIL 16 DAN 28 MARET 25 MARET DAN 5 APRIL 22 MARET DAN 3 APRIL 19 DAN 30 MARET 16 DAN 28 MARET 25 MARET DAN 5 APRIL

2. PARTAI GOLKAR, PARTAI GERINDRA, PARTAI DEMOKRAT, DAN PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN) JAWA BARAT: 17, 21, 26, 30 MARET DAN 4 APRIL JAWA TENGAH: 16, 20, 25, 29 MARET DAN 3 APRIL JAWA TIMUR: 18, 22, 27, MARET, 1 DAN 5 APRIL DKI JAKARTA: 18, 26 MARET DAN 3 APRIL BANTEN: 16, 24 MARET DAN 1 APRIL SUMUT: 20, 28 MARET DAN 5 APRIL ACEH: 20 MARET DAN 1 APRIL SUMBAR: 17 DAN 29 MARET JAMBI: 17, 26 MARET BENGKULU: 23 MARET DAN 4 APRIL RIAU: 20 MARET DAN 1 APRIL KEPULAUAN RIAU: 17 DAN 29 MARET LAMPUNG: 17, 26 MARET BANGKA BELITUNG: 23 MARET DAN 4 APRIL SUMSEL: 20 MARET DAN 1 APRIL

DI YOGYAKARTA: BALI: NTB: NTT: KALBAR: KALTENG: KALSEL: KALTIM: SULUT: SULTENG: SULTRA: SULBAR: GORONTALO: SULSEL: MALUKU: MALUKU UTARA: PAPUA: PAPUA BARAT:

17, 29 MARET 17 DAN 26 MARET 23 MARET DAN 4 APRIL 20 MARET DAN 1 APRIL 17, 29 MARET 17, 26 MARET 23 MARET DAN 4 APRIL 20 MARET DAN 1 APRIL 17 DAN 29 MARET 17, 26 MARET 23 MARET DAN 4 APRIL 20 MARET DAN 1 APRIL 17 DAN 29 MARET 18, 26 MARET DAN 3 APRIL 17 DAN 26 MARET 2 MARET DAN 4 APRIL 20 MARET DAN 1 APRIL 17 DAN 29 MARET

3. PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP), PARTAI HANURA, PARTAI BULAN BINTANG (PBB), DAN PARTAI KEADILAN DAN PERSATUAN INDONESIA (PKPI) JAWA BARAT: JAWA TENGAH: JAWA TIMUR: DKI JAKARTA: BANTEN:

18, 22, 27, MARET, 1 DAN 5 APRIL 17, 21, 26, 30 MARET DAN 4 APRIL 16, 20, 25, 29 MARET DAN 3 APRIL 20, 28 MARET DAN 5 APRIL 18, 26 MARET DAN 3 APRIL

SUMUT: ACEH: SUMBAR: JAMBI: BENGKULU: RIAU: KEP. RIAU: LAMPUNG: BANGKA BELITUNG: SUMSEL: DI YOGYAKARTA: BALI: NTB: NTT: KALBAR: KALTENG: KALSEL: KALTIM: SULUT: SULTENG: SULTRA: SULBAR: GORONTALO: SULSEL: MALUKU: MALUKU UTARA: PAPUA: PAPUA BARAT:

16, 24 MARET DAN 1 APRIL 24 MARET DAN 5 APRIL 21 MARET DAN 2 APRIL 18 DAN 30 MARET 16 DAN 27 MARET 14 MARET DAN 5 APRIL 21 MARET DAN 2 APRIL 18 DAN 30 MARET 16 DAN 27 MARET 24 MARET DAN 5 APRIL 21 MARET DAN 2 APRIL 18 DAN 27 MARET 16 DAN 27 MARET 24 MARET DAN 5 APRIL 21 MARET DAN 2 APRIL 18 DAN 30 MARET 16 DAN 27 MARET 24 MARET DAN 5 APRIL 21 MARET DAN 2 APRIL 18 DAN 30 MARET 16 DAN 27 MARET 24 MARET DAN 5 APRIL 21 MARET DAN 2 APRIL 20, 28 MARET DAN 5 APRIL 18 DAN 30 MARET 16, 27 MARET 24 MARET DAN 5 APRIL 21 MARET DAN 2 APRIL

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com

Swara Kita 04 April 2014  
Advertisement