Page 1

“Kutukan” gol Aaron Ramsey terjadi lagi? GELANDANG Arsenal, Aaron Ramsey, mencetak dua gol saat klubnya menang 3-0 atas Cardiff City dalam lanjutan Liga Inggris, Sabtu (30/11) malam. Saat bersamaan, aktor Hollywood, Paul Walker, meninggal dunia setelah terlibat dalam kecelakaan lalu lintas di Santa Clarita, di luar kota Los Angeles, California. Kematian orang terkenal yang secara kebetulan berlangsung tak lama setelah Ramsey mencetak gol, bukan sekali ini saja. TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

Sebelumnya, terdapat sejumlah orang terkenal yang juga meninggal, tak lama setelah pemain asal Wales ini mencetak gol untuk klubnya. Beberapa tokoh tersebut, seperti pemimpin Al-Qaeda, Osama Bin Laden; pendiri Apple Inc, Steve Jobs; mantan Presiden Libya, Moammar Gaddafi, dan penyanyi Jazz, Whitney Houston. Berikut daftar kejadian saat Ramsey mencetak gol dan meninggalnya orang-orang

tersebut: 1. Pada 1 Mei 2011, Ramsey mencetak satu-satunya gol saat Arsenal menang 1-0 atas Manchester United di Stadion Emirates. Pada 2 Mei, Osama tewas setelah terlibat baku tembak dengan pasukan khusus AL Amerika Serikat, Navy Seals, di tempat persembunyiannya di Pakistan. Baca: Kutukan ( Halaman 2 )

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

SENIN 2 DESEMBER 2013 NOMOR 02437 TAHUN VIII

Walker meninggal tragis di jalan

SELEBRITI

California—Beradu kecepatan dalam film Fast and Furious, itulah lakon yang dijalani aktor tampan Paul Walker. Enam sekuel film balapan tersebut sudah dilewati pemeran Brian O’Conner, semuanya terlihat sempurna dalam film. Walker bak pembalap profesional, mampu memberikan peran terbaik dalam film Box Office tersebut. Baca: Walker ( Halaman 2 )

MALPRAKTEK

Kasus dr Ayu mestinya selesai di MKDKI MARISSA NASUTION

Jadi minoritas di Eropa MENJADI salah satu pemeran dalam sebuah film yang syuting di Wina, Austria, salah satu yang dirasakan artis cantik Marissa Nasution. Ia pun mengungkap banyak mendapatkan pelajaran selama berada di Benua Biru tersebut. Salah satunya adalah tentang toleransi dan perasaan menjadi minoritas di negeri orang. Ia mengakui bahwa terkadang kaum imigran di Eropa dianggap sebelah mata oleh kaum asli. Baca: Jadi ( Halaman 2 )

INTERNASIONAL THAILAND

Lokasi wawancara dikepung massa, PM cantik diungsikan

PM Thailand Yingluck Shinawatra dan kakaknya yang juga mantan PM Thaksin Shinawatra.(foto: ist)

PERDANA Menteri (PM) Thailand, Yingluck Shinawatra, terpaksa membatalkan jadwal wawancara dengan media pada Minggu (1/12) kemarin, lantaran lokasi tempatnya diwawancara telah dikepung para demonstran. Seharusnya, Yingluck diwawancara di Biro Polisi Penanggulangan Narkotika di Bangkok. Asisten PM Yingluck, Natthriya Thaweevong, kepada Reuters mengatakan bahwa bosnya terpaksa diungsikan lantaran massa demonstran mulai masuk ke bagian terluar dari kompleks Klub Olah Raga Polisi. Padahal sehari sebelumnya, massa penentang pemerintah telah berkumpul di depan barikade polisi di Wat Benjamabhopit atau lazim disebut Kuil Marmer. Polisi terpaksa menembakkan gas air mata demi membubarkan massa yang coba mengangkat pagar pembatas. Kendati telah diminta oleh PM Yingluck untuk membubarkan diri, namun mereka tetap bersikukuh akan terus berunjuk rasa. “Saya hanya ingin orang-orang yang memiliki nama keluarga Shinawatra segera naik pesawat dan kabur ke suatu tempat. Dan tolong, jangan lagi kembali ke negara kami,” ujar salah seorang demonstran, Chatuporn Tirawongkusol, yang keluarganya memiliki sebuah restoran. Di luar kompleks Biro Polisi Metropolitan, sekitar 3.000 orang telah berkumpul. Mereka menuduh polisi lebih berpihak kepada kakak Yingluck, yaitu mantan PM Thaksin.

Surakarta—Kasus dr Dewa Ayu Sasiary Prawani masih menjadi pembicaraan di hampir seluruh Indonesia, khususnya di kalangan dokter. Kini, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Prof dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD, menilai banyak pihak tidak paham dengan keberadaan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009 tentang Praktik Kedokteran. Dalam UU tersebut ada mekanisme ihwal merespons keluhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan oleh dokter dan rumah sakit. “UU Praktik Kedokteran menyebutkan bahwa jika ada ketidakpuasan masyarakat terhadap dokter, ditangani Majelis Kehormatan,” kata Mukti seusai sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Rumah Sakit Ortopedi Dr Soeharso Surakarta, Sabtu (30/11) siang. Dikatakannya, Majelis Kehormatan Kedokteran (MKK) ada dua, yaitu Majelis Kehormatan Etika Kedokteran (MKEK) dan Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI). Dia mengatakan mereka yang masuk dalam tim adalah pihak ketiga yang netral dan otonom, tapi mengetahui secara persis soal keluhan dan bisa melakukan penilaian. “Apakah seorang dokter melanggar kode etik, melanggar disiplin, melakukan malpraktek, atau kelalaian,” ucapnya. Karenanya, Wamenkes menilai, semestinya kasus yang menimpa dr Ayu dan dua rekannya yakni dr Hendry Simanjuntak dan dr Hendy Siagian, sudah berhenti di Majelis Kehormatan dan tidak sampai masuk ranah pidana. Baca: Kasus ( Halaman 2 )

MOBIL yang ditumpangi aktor Hollywood Paul Walker ringsek, setelah mengalami kecelakan tragis di Santa Clarita, Los Angeles, Sabtu (30/11) malam waktu setempat. Foto lain kenangan almarhum Paul Walker, Vin Diesel dan Joe Taslim, rekan main dalam film The Fast and The Furious.(foto: ist)

SHS setuju pilkada kembali ke DPRD Pengamat: Akan tutup kesempatan kepada orang yang mumpuni dan baik untuk memimpin suatu daerah

SH Sarundajang.

PENYALAHGUNAAN APBD

Fitra menemukan dana Rp21 T deposito ilegal Jakarta—Sekretariat Nasional Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) menemukan ada penyalahgunaan dana APBD 2012 di seluruh Indonesia sebesar Rp21 triliun. Menurut Fitra, dana sebesar itu dimasukkan ke dalam bentuk deposito dan keuntungannya diduga diraup oleh oknum untuk memenuhi kepentingan pribadi. Direktur Investigasi dan Advokasi Fitra, Uchok Sky khadafi, menjelaskan, penyalahgunaan dana APBD sebesar itu terbagi untuk tingkat provinsi serta kabupaten dan kota. Di level provinsi, sedikitnya Rp7,2 triliun dana APBD didepositokan, dan di level kotamadya ada sekitar Rp3,5 triliun, serta di tingkat kabupaten sebesar Rp10,2 triliun. “Menempa-tan deposito Pemda ke sebuah bank, alasan bukan hanya untuk menabung. Tetapi, pe-

nempatan deposito di bank, juga diduga untuk mendapat fee dari pihak Bank,” kata Uchok, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (1/12) kemarin. Uchok mengatakan, penyimpanan dana APBD dalam bentuk deposito dilakukan semata-mata untuk mengharapkan keuntungan. Ia yakin, dana tersebut tak akan didepositokan jika tak ada imingiming keuntungan di belakangnya. Cara mendepositokan dana APBD ini dilakukan karena sulit dilacak oleh tim audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Selain itu, Fitra juga menyayangkan sikap dari pihak bank yang tak dapat terbuka mengenai praktik ilegal tersebut. “Karena, BPK hanya melakukan audit terhadap dokumen APBD. Baca: Fitra ( Halaman 2 )

Salah satu poin yang masih menjadi perdebatan adalah, apakah pilkada tersebut tetap dilakukan langsung oleh masyarakat, atau dikembalikan ke lembaga DPRD sebagaimana tahuntahun sebelumnya. Yang pasti pada wakil rakyat di Senayan sedang membahas dan mendorong diselesaikannya RUU Pilkada tersebut, paling

lambat Februari 2014 sudah disahkan, sebelum masa jabatan dewan periode 2009-2014 selesai. “Sistem pilkada masih dalam tahapan pembahasan beberapa opsi,” ujar Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso, Sabtu (30/ 11) pekan lalu. Opsi yang dimaksud adalah, apakah nanti Gubernur yang dipilih

Baca: SHS ( Halaman 2 )

HARI AIDS SEDUNIA

Kurangi penularan HIV/AIDS melalui perilaku seks beresiko

GANANMA (3), seorang bocah yang ditinggal orang tuanya yang menderita AIDS dan dirinya terinfeksi virus tersebut. Anak ini sedang bermain dengan seorang relawan di sebuah rumah sakit HIV/AIDS di Yangon, Myanmar, Minggu (1/12) kemarin.(foto: soe zeya tun/rtrs/temc)

Jakarta—Bertepatan dengan Hari AIDS Sedunia, Minggu (1/12) kemarin, Pekan Kondom Nasional dimulai. Kegiatan akan berlangsung hingga 7 Desember mendatang. Tujuan dari kegiatan ini untuk

mengurangi penularan kasus HIV/AIDS di Indonesia. Menteri Kesehatan (Menkes) dr Andi Nafsiah Walinono Mboi SpA MPH, mengatakan tujuan Pekan Kondom Nasional untuk mengurangi penu-

laran virus HIV/AIDS melalui perilaku seks berisiko. “Kalau ada orang diberikan kondom gratis lalu ia melakukan perilaku seks berisiko, tandanya memang sudah dari awal ia merencanakan hal itu,” ujarnya. Menurutnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) punya kewajiban untuk mengurangi penularan HIV. Pada perilaku seks berisiko, penularan HIV bisa dicegah dengan menggunakan kondom. Tentunya, menghindari perilaku seks berisiko jauh lebih dianjurkan. “Persentase penularan HIV dari jarum suntik turun dari tahuntahun sebelumnya. Baca: Kurangi ( Halaman 2 )

Pnt Ir Jotje Rumangu MPd jabat Camat Tareran “Syukur pada Tuhan, terima kasih Bupati atas kepercayaannya” Badan Pekerja Majelis Jemaat (BPMJ) dan seluruh jemaat GMIM Betlehem Langsot secaa khusus, bersama pemerintah serta masyarakat Kecamatan Tereran secara umum, mengucapkan selamat dan sukses dilantiknya Pnt Ir Jotje Rumangu MPd sebagai Camat Tareran yang baru.

Baca: Lokasi ( Halaman 2 )

POJOK “Orang yang bisa menggunakan dan menyimpan uang adalah orang yang paling bahagia, karena ia memiliki kedua kesenangan” (Samuel Johnson)

Manado—DPR RI dalam waktu dekat segera memutuskan Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilihan Kepala Daerah (Pilakda) akan disahkan.

secara langsung sementara bupati/walikota cukup kembali dipilih DPRD atau sebaliknya gubernur di pilih DPRD atau Bupati/ Walikota dipilih langsung. “Ini masih kita cari jalan keluar, karena konsep masih belum sepenuhnya disetujui DPR RI,” tukas Priyo. Namun opsi mengembalikan pilkada ke DPRD didukung Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS). “Secara pribadi saya sangat mendukung jikalau Pilkada kedepan itu melalui proses DPRD.

JOTJE Rumangu saat dilantik dan diambil sumpah menjadi Camat Tareran oleh Plt Sekkab Minsel Farry Liwe, Jumat (29/11) pekan lalu.(foto: ist)

KALIMAT tersebut terucap usai pelantikan pejabat esalon III dan IV struktural di jajaran Pemkab Minsel, Jumat (29/11) pekan lalu. Dimana, Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang dibacakan Plt Sekkab

Minsel Ir Farry Liwe, mempercayakan Ir Jootje Rumangu MPd untuk menggantikan Wildy Podung sebagai Camat Tareran. Tak mau sesumbar usai dilantik sebagai Camat Tareran devinitif, Rumangu pertama kali bersyukur

kepada Tuhan atas anugerah dan berkat buat dirinya dan keluarga. Apalagi kepercayaan dalam mengemban tugas sebagai pelayanan masyarakat di Kecamatan Tareran yang sudah diberikan Bupati Tetty kepada dirinya. “Sebagai umat yang

percaya, patutlah saya mengucap syukur dan banyak terima kasih kepada Tuhan Yesus Kristus, sebab melalui kepemimpinan Bupati Tetty Paruntu, saya boleh dipercaya menjadi Camat Tareran. Baca: Syukur ( Halaman 2 )


SENIN 2 DESEMBER 2013

Utama

Untuk Nasional & Mancanegara

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

2

Kapolri minta polwan menunda pakai jilbab Jakarta—Kendati sudah banyak polisi wanita (polwan) di berbagai kepolisian daerah (polda) bahkan kepolisian resort (polres) yang mulai menggunakan jilbab, namun Kapolri Jenderal Pol Sutarman meminta para polwan tersebut menunda menggunakan jilbab saat bertugas. Alasannya, aturan tentang penggunakan jilbab itu belum ada. Padahal, beberapa hari lalu Kapolri sudang

mengizinkan polwan menggunakan jilbab meskipun belum ada aturan. “Jadi, tunggu aturan dulu biar seragam,” ujar Sutarman, Minggu (1/12) kemarin. Menurut Sutarman, ihwal penundaan jilbab itu sudah dia sampaikan lewat telegram rahasia kepada seluruh institusi kepolisian di seluruh Indonesia, termasuk di Sulut. “Haknya memang diberikan, tapi saat pelaksanaan tidak seragam

Syukur ... dari Halaman 1 Oleh sebab itu, saya berjanji untuk tidak menyianyiakan segala kesempatan yang telah diberikan kepada saya, untuk menjalankan roda pemerintahan dalam meningkatkan pembangunan di kecamatan Tareran,” ujar suami tercinta Ir Ivone Memah ini. Dirinya juga tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada BPMJ GMIM Betlehem Langsot, dan pemerintah serta masyarakat Kecamatan Tareran atas dukungan kepada dirinya. “Saya berharap kepada Hukumtua dan BPD (Badan Perwakilan Desa) serta masyarakat, mari kita bersama mengawal serta mensukseskan program pemerintah dalam hal ini Bupati Minsel kedepan, dalam menjadikan Minsel yang mandiri dan sejaterah, berdaya saing,” pintanya. Sementara itu, Bupati Tetty juga mengucapkan selamat sekaligus mengharapkan kerja keras dari Rumangu, dalam memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat. “Selamat bekerja, dan saya mengaharapkan pelayanan yang terbaik diberikan untuk masyarakat Kecamatan Tareran,” ucap istri Kristovorus Deky Palinggi SE (KDP) ini.(esem/brik-s)

Kutukan ... dari Halaman 1 2. Pada 2 Oktober 2011, Ramsey mencetak gol saat timnya kalah 1-2 dari Tottenham Hotspur di Stadion White Hart Lane. Pada 5 Oktober, Steve Jobs meninggal di rumahnya di Cupertino, California, akibat kanker pankreas yang dideritanya. 3. Pada 19 Oktober 2011, Ramsey mencetak gol saat Arsenal menang 1-0 atas Marseille, dalam pertandingan fase grup Liga Champions, di Stade Velodrome. Pada 20 Oktober, Gaddafi tewas setelah sebelumnya ditangkap pasukan pemberontak Libya di Sirte, kota kelahirannya. 4. Pada 11 Februari 2012, Ramsey mencetak gol saat Arsenal menang 2-1 atas tuan rumah Sunderland di Stadion Light. Pada hari yang sama, Whitney Houston ditemukan tak bernyawa di kamar mandi di Beverly Hilton, Los Angeles, California. Empat kejadian di atas bahkan membuat sebuah perusahaan animasi asal Taiwan, membuat video yang kemudian diunggah ke Youtube. Apakah ini “kutukan” gol Ramsey terjadi lagi atau hanya kebetulan? Yang pasti kematian seseorang tidak ada yang mengetahuinya.(komc/dw)

Jadi ... dari Halaman 1 “Film ini menceritakan perjalanan spiritual pasangan, bisa jadi inspirasi buat semua orang. Banyak belajar kita bisa lebih melihat dan toleran terhadap agama lain,” kata Marissa. “Saya pernah merasakan gimana rasanya jadi minoritas di negara lain, jadi bisa lebih toleran dan lebih damai,” ujarnya. Perempuan kelahiran Jakarta, 8 Februari 1986 ini, beragam Kristen Protestan. Marissa yang merupakan keturunan Jerman-Batak pun pernah dianggap sebagai kaum imigran saat tinggal di Eropa. Karenanya, Marissa menuturkan dirinya mengerti kesulitan yang dialami oleh setiap imigran di Eropa. “Saya keturunan Jerman juga nggak dianggap orang Jerman, tahu jadi minoritas,” lanjutnya. “Aku melihat dua sisi yang berbeda, gimana rasanya aku yang sudah lama tinggal di Eropa, tahu kehidupannya di sana, tahu gimana rasanya seorang imigran di Eropa,” tukasnya(kplc)

Lokasi ... dari Halaman 1 Menurut pantauan reporter Reuters, para pengunjuk rasa berkumpul di dekat barikade dan mencoret-coret serta menulis kalimat “Negara Gagal,”. Bahkan, seorang fotografer Reuters, menyaksikan bahwa para pengunjuk rasa melemparkan bom bensin ke arah polisi yang sedang berada di seberang kanal Gedung Parlemen. Di tempat berbeda, stasiun televisi Thai PBS, telah berhasil diambil alih para pengunjuk rasa. Lebih dari 250 orang yang sebagian besar menggunakan kaos hitam berkumpul di tempat parkir. Produser Eksekutif Thai PBS, Surachai Pannoi, mengatakan kepada Reuters, bahwa manajemennya akan berbagi siaran dengan stasiun televisi Blue Sky, yang dikendalikan oleh kelompok oposisi, Partai Demokrat. Massa anti pemerintah lantas mengibarkan bendera dan membunyikan peluit. Mereka mendeklarasikan hari Minggu ini sebagai hari kemenangan, karena dianggap berhasil melalui pekan panjang dalam upaya menggulingkan Yingluck dan akhir bagi keluarganya. Keluarga Yingluck telah berkuasa selama lebih dari satu dekade dalam dunia politik Thailand. Pemimpin massa pengunjuk rasa meminta para pendukungnya mengambil alih 10 kantor instansi pemerintahan, enam stasiun televisi, markas kantor polisi dan kantor PM. Mereka menamakan gerakan tersebut sebagai kudeta rakyat. Menurut Juru Bicara Polisi Nasional, Piya Utayo, tentara telah dikerahkan ke kompleks instansi pemerintahan yang kini masih diduduki massa sejak Kamis kemarin. Mereka juga mngirimkan tentara ke Kementerian Keuangan yang dikuasai massa sejak Senin lalu. Kemarahan massa dipicu Undang Undang Amnesti Politik yang akan digulirkan oleh Pemerintahan PM Yingluck. Apabila UU itu diloloskan maka, kakaknya mantan PM Thaksin dapat kembali ke Thailand tanpa harus dipenjara terlebih dahulu. Publik menilai UU itu akan memuluskan jalan bagi Thaksin kembali ke dunia politik Negeri Gajah Putih. Yingluck dianggap hanya sebagai boneka. Pasalnya, meski Thaksin mengasingkan diri di suatu tempat, keduanya kerap berkomunikasi. Bahkan Thaksin dikabarkan ikut terlibat dalam rapat kabinet yang dipimpin Yingluck melalui kamera web.(vinc)

(warna-warni),” ujarnya. Pahadal Polri terikat pada seragam polisi. “Anggaran pengadaan baju belum ada sehingga perlu diatur,” tukasnya lagi. Sementara itu Ketua Presidium Indonesian Police Watch Neta S Pane menilai, telegram rahasia yang dikeluarkan

Kapolri tidak tepat. Sebab penggunaan jilbab sudah berkebang di institusi kepolisian di daerah-daerah. Apalagi Sutarman pernah mengeluarkan pernyataan yang mengizinkan penggunaan jilbab itu. Menurut dia, untuk keseragaman, Mabes Polri cukup mengeluarkan telegram rahasia mengenai tata cara

pemakaian, bentuk, warna dan model jilbab yang diperbolehkan. “Hal ini dapat diberlakukan hingga Polri memiliki anggaran pengadaan model jilbab yang seragam untuk seluruh polwan,” ujar Pane. Diketahui, pada 19 November lalu, Kapolri sudah mengizinkan

polisi wanita atau polwan menggunakan jilbab meskipun belum ada keputusan tertulis soal pemberian izin pemakaian jilbab. “Itu hak asasi seseorang. Saya sudah sampaikan pada anggota, kalau ada yang mau pakai, silakan,” ujar Sutarman kala itu. Menurut Sutarman, model jilbab yang

diperbolehkan adalah seperti yang digunakan polwan di Aceh. Namun polwan yang ingin mengenakan jilbab itu mesti membeli sendiri. “Kalau mau beli sendiri, silakan, kami tidak ada anggarannya,” ujar dia menambahkan. Sutarman menambahkan, para polwan

yang ingin mengenakan jilbab tidak perlu lagi menunggu turunnya peraturan tertulis. Sebelumnya, menurut Surat Keputusan Pol Skep/702/IX/ 2005 mengenai Standar Operational Prosedur untuk seragam yang harus dipakai polisi dan PNS Polri, tidak mencantumkan penggunaan jilbab.(temc/dw)

kecelakaan Porsche Carrera GT berwarna merah itu. Orang dekat Paul mengatakan bahwa pria 40 tahun itu berada di Santa Clarita untuk menghadiri acara pameran mobil dalam rangka penggalangan dana untuk korban badai typhoon di Filipina. Dikatakan juga, Paul dan beberapa temannya berada dalam acara tersebut. Lokasi kecelakaan yang menewaskan dua orang tersebut sangat dekat dengan tempat berlangsungnya acara. Para bintang Fast and Furious seperti Vin Diesel, Ludacris, Tyrese Gibson, serta Joe Taslim telah mengungkapkan keterkejutannya akibat insiden yang merenggut rekannya tersebut. RUMAH DI INDONESIA

Almarhum Paul Walker ternyata punya kedekatan tersendiri dengan Indoenesia. Dalam wawancaranya dengan Men’s Health, 2010 silam, Walker mengaku dia punya surga rahasia di Indonesia, walaupun tidak secara spesifik menyebutkan lokasinya. Walker mengungkapkan rumah rahasianya itu berada jauh dalam hutan dan mencapainya sangat sulit. “Tidak ada jalan masuk ke sana, saya benar-benar harus membuka jalan kesana,” aku pria dengan satu putri tersebut. Menurut Walker, Indonesia adalah cara dia melarikan diri dari kepenatan syuting dan kesibukan sebagai aktor. Pria yang bercitacita menjadi ahli biologi kelautan itu menyatakan Indonesia adalah tempat paling indah. “Saya

berpikir tempat itu akan menjadi pulau rahasia saya, surga di bumi. Tempat itu sangat indah, jika bukan yang terindah di bumi, apalagi harga untuk mendapatkannya tidak murah,” ujar Walker. Kecintaan Walker pada surga pribadinya itu ditunjukkan lewat tangannya. Walker membangun rumah peristirahatannya di Indonesia dengan tangannya sendiri. Dia pun tidak peduli jika diterpa hujan badai saat mengerjakannya. “Saya suka mengerjakannya, bahkan saat hujan. Yang menyebalkan ketika hujan terus turun dan petir tidak berhenti,” katanya. “Tidak mudah bekerja dalam hujan, apalagi saya tidak punya listrik. Hanya menggunakan lilin,” tambahnya.

Tapi toh, semua kerja keras itu terbayar. Walker mendapat kepuasannya untuk lebih dekat pada alam. Dia mengaku harus berburu untuk mendapatkan makanannya dan kemudian memasaknya di atas api unggun. “Semuanya tradisional, saya menanam sayuran dan memancing lalu menyelam untuk mendapatkan lobster dan gurita,” ceritanya. Kendati demikian, Walker tidak pernah tinggal lama di rumah peristirahatannya itu. Paling lama hanya tiga minggu. “Jika Anda melakukannya setiap hari, bisa jadi membosankan. Namun datang ke sini (Indonesia, red) untuk selama tiga minggu adalah liburan yang sempurna,” tutupnya.(kplc/ lip6/vinc/dw)

“Lepas dari setuju atau tidak setuju kalau kita pakai sistem presidensial itu artinya semua jabatan publik itu harus dipilih secara langsung. Lain kalau kita pakai sistem parlementer. Kalau sistem parlementer itu pemilihan bisa diwakili oleh anggota DPRD yang sudah terpilih melalui pemilihan legislatif,” ujar Burhan. Dia pun mencontohkan Amerika Serikat (AS) yang menganut sistem presidensial dimana kepala daerahnya dipilih langsung

oleh masyarakat. Bahkan, kata dia, untuk kepala kepolisian atau jaksa di suatu distrik juga dipilih langsung. “Ribuan mereka punya pemilu. Kalau kita kan nggak terlalu banyak juga. Menurut saya diatur saja gimana caranya Pemilu yang bersifat langsung bisa kita minimalisir efeknya soal money politics (politik uang),” kata dia. Mengurangi politik uang, kata Burhan, bisa dengan pembatasan dana kampanye atau audit rutin terhadap calon kepala

daerah untuk mengetahui penyandang dananya. Hal itu penting untuk menghindari calon kepala daerah tersebut ternyata didukung oleh cukong. Dan, jika pilkada dilakukan lewat DPRD, Burhan khawatir itu menutup kesempatan kepada orang yang mumpuni dan baik untuk memimpin suatu daerah. “Jadi ada banyak electoral enginering yang bisa kita lakukan tapi sayangnya belum dicoba orang sudah mengingat masa lalu. Padahal kalau kita llihat sekarang memang ada produk pemilukada yang jelek, tapi produk pemilukada yang baik. Artinya memang ada kelemahan Pemilukada tapi kelemahan itu jangan sampai membalik rule of the game (aturan main),” tukas Burhan.

sosial berupa konflik horizontal yang terjadi baik pada pada saat atau pasca pemilihan. “Namun, semua alasan itu tidak cukup adil dan fair jika Pilkada langsung menjadi biang keladinya,” ujarnya. Dengan mengembalikan pemilihan bupati/walikota kepada DPRD, katanya, tak ada jaminan hilangnya praktik politik uang. Justru, kata Toto, melalui DPRD praktik kotor jual beli suara dan dikhawatirkan terjadi persekongkolan jahat para elit bisa terjadi dalam bentuk transaksi terselubung yang jumlah dananya bisa jauh lebih besar ketimbang Pilkada langsung. “Artinya, jika berbicara tentang pemborosan biaya, alasan pemerintah itu dengan mudah dipatahkan. Kalau isunya soal politik uang, yang terjadi sebenarnya hanya memindahkan,” kata Direktur Eksekutif Citra Komunikasi LSI itu. Begitu juga soal faktor sering terjadinya konflik horizontal, kata Toto, pemerintah dalam hal ini seolah sedang menutup mata, bahwa konflik itu terjadi lebih karena faktor tunggal Pilkada langsung. “Ada atau tak ada Pilkada langsung, konflik selalu terjadi,” katanya. Menurut Toto, pilkada langsung masih lebih baik dan lebih banyak manfaatnya daripada tidak langsung melalui DPRD. “Selain lebih terpenuhinya prinsip dan semangat demokrasi yang menjamin hak-hak politik warga, juga lebih terpenuhinya harapan publik terhadap munculnya figur pemimpin yang terleseksi secara alami. Bukan pemimpin yang dipilih oleh segelintir elit politik saja,” katanya.(try30/tric/ antc/dw)

Walker ... dari Halaman 1 Namun, Walker akhirnya meninggal tragis di jalanan. Bukan dalam sebuah film, tetapi dalam kehidupan nyata. Ya, kabar duka datang dari dunia film Hollywood, dimana Walker dipastikan meninggal dunia karena kecelakaan mobil yang terjadi pada Sabtu (30/11) malam waktu setempat atau Minggu (1/ 12) pagi WITA. Akun official twitter dan facebook-nya mengabarkan bahwa Walker mengalami kecelakaan mobil cukup tragis saat akan menghadiri acara amal untuk organisasinya, Reach Out Worldwide. Menurut akun facebook-nya, ia menumpang mobil temannya sore itu. Nasib naas, keduanya harus meregang nyawa di jalan. Akun twitter @Rui mengunggah kabar dan

gambar Porsche GT yang diselimuti api itu dati tmz.com. Kecelakaan hebat ini terjadi di Santa Clarita, sebelah utara Los Angeles, California. Menurut beberapa sumber, entah bagaimana, pengemudi mobil kehilangan kendali dan menabrak sebuah pos atau pohon, dan kemudian mobil terbakar. Duka mendalam tentu menyelimuti kerabat, sahabat, dan para pecinta Paul Walker di seluruh dunia. Hanya doa yang bisa dipanjatkan, supaya ia dapat beristirahat dengan tenang. Masih belum jelas apa yang menjadi penyebab kecelakaan yang menewaskan Paul Walker. Seperti yang dilansir dari tmz, polisi setempat mengatakan bahwa tampaknya kecepatan menjadi faktor utama penyebab

SHS ... dari Halaman 1 Jadi saya sangat setuju jika Bupati/Walikota itu dipilih langsung DPRD,” ungkap salah satu peserta Konvensi Calon Presiden (Capres) dari Partai Demokrat ini. Menurut dia, pernyataan sikapnya itu sudah dipikirkan secara matang dan telah diajukan ke DPR RI beberapa waktu lalu, meskipun saat itu masih sebatas tahap forum saja. “Yang pasti, alasan saya menyetujui pilkada dipilih oleh DPRD, untuk lebih memperketat struktur

organisasi birokrasi dalam menormalisasikan program-program di daerah, agar lebih ke pelayanan publik,” tukas pria yang akan habis masa tugasnya sebagai Gubernur Sulut, akhir 2015 mendatang. Kendati banyak yang mendukung pilkada oleh DPRD, namun tak sedikit juga yang menolaknya. Pengamat Politik Burhanuddin Muhtadi misalnya, mengatakan bahwa metode tersebut bertentangan dengan sistem presidensial yang dianut Indonesia.

Fitra ... dari Halaman 1

DATA FITRA TENTANG DAERAH YANG MENDEPOSITOKAN DANA APBD 2012 TINGKAT PROVINSI

TINGKAT KABUPATEN

TINGKAT KOTA

1. Banten Rp1,5 triliun 2. Riau Rp1,4 triliun 3. DKI Jakarta Rp1 triliun 4. Bali Rp600 miliar 5. Lampung Rp400 miliar 6. Jateng Rp300 miliar 7. Jatim Rp300 miliar 8. Jambi Rp288 miliar 9. Sumsel Rp225 miliar 10. Kalbar Rp150 miliar

1. Siak Rp545 miliar 2. Bogor Rp535 miliar 3. Bekasi Rp380 miliar 4. Malang Rp300 miliar 5. Karawang Rp250 miliar 6. Bandung Rp228 miliar 7. HS Tengah Rp210 miliar 8. Tanah Laut Rp204 miliar 9. Garut Rp200 miliar 10. Sidoarjo Rp200 miliar

1. Pekanbaru Rp415 miliar 2. Bekasi Rp380 miliar 3. Dumai Rp364 miliar 4. Cilegon Rp198 miliar 5. Denpasar Rp175 miliar 6. Depok Rp150 miliar 7. Sleman Rp147 miliar 8. Yogyakarta Rp133 miliar 9. Prabumulih Rp105 miliar 10. Tegal Rp101 miliar

Pihak bank dan pemda tidak akan bicara pada BPK karena sama-sama menguntungkan,” kata Uchok. Dia menduga pendepositoan dana APBD ini dilakukan karena desakan kebutuhan politik. Sebab, dana deposito menjanjikan keuntungan yang menggiurkan dan dapat dicairkan setelah tiga bulan disetorkan ke dalam bank. “Jadi bukan untuk kepentingan rakyat, dan biarpun ada bencana alam, pemda itu tidak akan mencairkan deposito,” pungkasnya. Fitra mendesak agar seluruh pemerintah daerah tak mendepositokan dana APBD. Selain menyalahi aturan, praktik ilegal itu juga dapat merugikan rakyat banyak. Di satu sisi, Fitra menilai pemerintah daerah (pemda) masih belum terbuka dalam

membuka informasi anggaran. Informasi yang dipublikasikan oleh Pemda tidak menyeluruh dan terkesan memilih-milih. Koordinator Advokasi Seknas Fitra menuturkan, penilaian Fitra itu dikeluarkan berdasarkan hasil penelusuran Fitra pada 193 website milik pemda di sembilan provinsi, awal September 2013. Anggaran masih dianggap sebagai sesuatu yang tabu, dan hanya berhak diketahui segelintir orang saja. “Padahal, anggaran adalah bagian dari informasi publik yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala,” kata Maulana. Doia menegaskan, keterbukaan informasi mengenai anggaran wajib dilakukan oleh pemda merujuk pada instruksi

Kementerian Dalam Negeri tahun 2012 Nomor 188.52/ 1797/SJ tentang Peningkatan Transparansi Pengelolaan Anggaran Daerah, Pemerintah Daerah diharuskan menyediakan satu kanal khusus “Transparansi Pengelolaan Anggaran” yang di dalamnya mesti memublikasikan 12 dokumen anggaran. Ke-12 dokumen anggaran yang harus dipublikasikan adalah ringkasan RKA SKPD, ringkasan RKA PPKD, Ranperda APBD, Ranperda APBDP, Perda APBD, Perda APBDP, ringkasan DPA SKPD, ringkasan DPA PPKD, laporan realisasi anggaran seluruh SKPD, laporan realisasi anggaran PPKD, LKPD (audit), dan opini BPK RI atas LKPD.

Selain 12 dokumen anggaran tersebut, lanjutnya, pemda juga harus memublikasikan informasi pengadaan barang dan jasa, informasi profil yang di antaranya terdiri dari informasi alamat kantor pemda serta struktur organisasi, serta informasi terkait dengan sistem pelayanan informasi publik. Hal ini sebagaimana dimandatkan Pasal 9 UU 19/ 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik serta Pasal 11 Peraturan Komisi Informasi Pusat Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Informasi Publik. “Akan tetapi pemda masih miskin informasi anggaran,” ujar Maulana. Tabunya pemda pada keterbukaan informasi anggaran terlihat dari minimnya pemda yang memublikasikan dokumendokumen anggaran melalui website. Dalam catatan Fitra, pemda yang memublikasikan informasi anggaran masih di bawah 25 persen. Selain itu, masih banyak juga pemda yang tidak membuka informasi anggaran secara berkala. Mayoritas daerah hanya memublikasikan dokumen anggaran pada tahun tertentu sesuai dengan pilihannya.(komc)

Kurangi ... dari Halaman 1 Namun penularan melalui perilaku seks berisiko naik menjadi hampir 60%,” ujarnya. Pekan Kondom Nasional akan dimulai 1 Desember 2013, bertepatan dengan hari AIDS sedunia, dan berakhir 7 Desember 2013. Rencananya sebagian besar produsen kondom di Indonesia akan membagibagikan produk mereka secara gratis kepada masyarakat. Pada bagian lain, Koordinator Pelaporan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN) Djadjat Sudrajat menyebutkan bahwa penggunaan kondom saat berhubungan intim bisa mencegah penularan HIV/AIDS hingga 100 persen. “Penggunaan kondom saat berhubungan intim bisa mencegah hingga 100 persen,” kata Djadjat. Dia mengemukakan dengan penggunaan yang benar, kondom bisa menghindarkan kedua

belah pihak terjangkit penyakit yang belum bisa disembuhkan ini. “Asal tidak bocor, dan cara pakainya benar,” katanya. Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa penggunaan kondom tidak hanya terpaku untuk pria saja, karena penggunaan kondom bisa dilakukan oleh perempuan. “Kondom untuk perempuan juga ada, itu kan nanti tergantung keputusan saja,” katanya. Hingga Juni 2013, pengidap HIV dan AIDS yang tercatat oleh KPAN sebanyak 10.210 pengidap HIV dan 780 pengidap AIDS. PERINGATI Diketahui, seetiap 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Sedunia, dan sudah diadakan sejak tahun 1988. Para penggalak penanggulangan HIV/ AIDS mengatakan Hari AIDS Sedunia penting karena mengingatkan

masyarakat dan pemerintah bahwa AIDS belum lenyap. Hari AIDS Sedunia yang jatuh 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Konsep ini digagas pada Pertemuan Menteri Kesehatan Sedunia mengenai Program-program untuk Pencegahan AIDS pada tahun 1988. Sejak saat itu, ia mulai diperingati oleh pihak pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia. US Centers for Disease Control atau Pusat Penanggulangan dan Pemberantasan Penyakit Amerika mengatakan, diperkirakan 35 juta orang hidup dengan HIV/ AIDS di seluruh dunia. HIV adalah virus penyebab AIDS. Lebih dari 25 juta orang telah

meninggal secara global akibat HIV/AIDS sejak tahun 1981, menjadikannya salah satu pandemi yang paling destruktif dalam sejarah umat manusia. Hari AIDS Sedunia merupakan kesempatan bagi orang di seluruh dunia untuk bersatu dalam perang melawan penyakit ini, menunjukkan dukungan mereka bagi orang yang hidup dengan penyakit ini, dan mengenang mereka yang telah meninggal akibat penyakit ini. Para pegiat mengatakan ada “kebutuhan vital” menggalang dana untuk menemukan obat, meningkatkan kesadaran, melawan prasangka terhadap mereka yang hidup dengan HIV/AIDS, serta meningkatkan pendidikan untuk mencegah penyebaran penyakit ini.(solp/voai/ dw)

BANYAK GUGATAN Sementara itu peneliti senior Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Toto Izul Fatah menilai, dengan mengembalikan pemilihan bupati/walikota kepada DPRD akan rawan terhadap gugatan hukum, kata peneliti. “Jika disetujui DPR, usulan itu akan mengundang sejumlah kalangan untuk menggugatnya melalui judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK). Pasalnya, usulan yang digagas pemerintah melalui Kemendagri itu tidak didasari alasan yang kuat dan fundamental,” kata dia, Minggu (1/12) kemarin. Dalam keterangan persnya, Toto mengatakan, diantara faktor yang sering dikemukakan pemerintah mulai dari soal pemborosan biaya, maraknya politik uang sampai ke soal ekses

Kasus ... dari Halaman 1 “Kasus Ayu tidak memanfaatkan MKDKI. Ini masalahnya. Tim independen yang sudah dibentuk belum dimanfaatkan,” katanya. Wamenkes berdalih Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan DPR RI sudah menyusun mekanisme yang tepat jika ada ketidakpuasan terhadap dokter. “Tapi ternyata belum dipahami. Padahal ini amanat wakil rakyat dan pemerintah,” ucapnya. Diketahui, dr Ayu dan dr Hendry sudah mendekam di penjara Rutan Malendeng Manado setelah dinyatakan terbukti lalai atau alpa saat menangani pasien Julia Fransiska Makatey, April 2010 lalu. Adapun dr Hendy saat ini masih menjadi daftar pencarian orang (DPO) Kejari Manado. Penanganan yang tidak tepat yang dilakukan ketiganya berujung pada kematian pasien yang kala itu hendak melahirkan. Ketiganya dalam putusan kasasi Mahkamah Agung

(MA) RI Nomor 365 K/Pid/ 2012 tanggal 18 September 2012, dinyatakan terbukti bersalah melanggar Pasal 359 KUHP Jis Pasal 361 KUHP, Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP, atau subsidair Pasal 359 KUHP jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP, sebagaimana tuntutan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Manado. Khusus untuk dr Hendy Siagian yang masih buron, oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Zaenal Abidin MH, menolak dikatakan demikian. Menurutnya, saat ini yang bersangkutan ada bersama keluarganya di Sorong. “Dokter kami ini bukan buronan. Untuk apa mereka ada di Manado sementara tugasnya sudah selesai. Mereka tentu harus kembali ke daerahnya masingmasing. Dokter Hendy memang marga Batak, tapi tempat tinggalnya di Sorong,” kata dia, Kamis (28/11) pekan lalu di Rutan M a l e n d e n g , Manado.(temc/dw)


Yustisia

SENIN 2 DESEMBER 2013

CABUL

Hamili ABG, pria beristri di Polisikan SUNGGUH bejat perbuatan dari lelaki EM alias Eko (23) warga Kelurahan Wanea Kecamatan Wanea. Pasalnya, pemuda pengangguran ini dilaporkan oleh warga Kelurahan Ranotana Kecamatan Wanea, karena melakukan tindak kriminal dalam kasus cabul terhadap anak perempuannya sebut saja Nabila (16), dimana saat ini masih duduk di bangku SMA kelas II. Atas perbuatan dari Eko, saat ini Nabila harus menanggung aib dimana telah mengandung anak pelaku dengan usia kandungan sudah berumur dua bulan. Ironisnya setelah Nabila mengandung, pelaku tidak mau bertanggung jawab. Ternyata setelah diselidiki pelaku sudah menikah, dan pelaku telah memiliki anak dari hasil pernikahan pelaku bersama istrinya. Menariknya, ketika menggauli Nabila, pelaku mengaku kalau dirinya masih bujang. Tidak terima dengan sikap dari pelaku, maka orang tua Nabila melaporkan perbuatan dari pelaku ke Polresta Manado Sabtu (30/11) lalu. Diketahui, kasus ini terungkap ketika orang tua dari Nabila melihat perubahan yang terjadi di perut anak mereka. Ketika ditanyai, Nabila mengakui kalau dirinya telah dihamili pelaku. Pengakuan dari Nabila mengungkapkan kejadian yang dialaminya dilakukan bersama pelaku sekitar bulan Juli tahun 2013 lalu. Dimana Nabila diajak untuk berpacaran oleh pelaku. Setelah ajakan pelaku diterima oleh Nabila, maka timbulah pemikiran bejat dari pelaku. Dengan melihat kemolekan tubuh dari Nabila, pelaku mengajak Nabila untuk nginap di rumah pelaku tanpa sepengetahuan dari orang tua Nabila. Berhasil mengajak Nabila dengan segala rayuan dan juga mengaku masih bujangan, akhirnya Nabila termakan rayuan gombal pelaku sehingga korban rela menyerahkan tubuhnya kepada pelaku. Merasa korban sudah termakan rayuan, pelaku pun sering melakukan perbuatannya sebanyak beberapa kali kepada korban, hingga korban hamil dua bulan. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Sunarto, ketika dikonfirmasi melalui Kasubag Humas AKP Jhony Kolondam membenarkan adanya laporan tersebut.(rees)

OPERASI RUTIN POLRES

Tiga ABG diringkus kedapatan bawa sajam dan panah wayer OPERASI rutin yang dilakukan oleh Kepolisian Resort Kota (Polresta) Manado yang dilakukan Sabtu (30/11) malam lalu sekitar pukul 23.00 Wita, akhirnya berhasil menjaring 3 Anak Baru Gede (ABG) yang diciduk petugas karena kedapatan membawa senjata tajam (sajam) dan langsung digiring petugas ke Mapolresta Manado. Ketiga ABG yang tertangkap adalah MM alias Maikel (16) dan SP alias Silvain (13), warga Kelurahan Sindulang Dua Lingkungan III Kecamatan Tuminting, dan BT alias Ben (15) warga Desa Pineleng Jaga I Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Dari informasi yang berhasil dihimpun, penangkapan pertama dilakukan anggota Patroli Rayon Polresta Manado terhadap BT di depan Toko Buku Gramedia Jl Sam Ratulangi Wenang, Sabtu (30/11) lalu sekitar pukul 22.00 WITA. BT saat itu terlihat memegang pisau badik saling kejar-kejaran dengan beberapa ABG lain saat ditangkap. Namun pisau yang dipegangnya berhasil dibuang ke dalam got. BT pun langsung digiring ke Mapolresta Manado. Selang 15 menit kemudian, MM dan SP berhasil diciduk Tim Resmob Polresta Manado di Jl Pierre Tendean belakang Multimart Kecamatan Wenang. Petugas curiga sekelompok ABG yang sedang duduk bergerombol dan berlagat mencegat anak-anak muda yang melintas. Saat penggeledahan, dari tas MM ditemukan sebilah pisau baret dengan sarungnya, 3 anak panah wayer dan pelontar. Sedangkan di tas milik SP ditemukan pisau lipat berukuran kecil. Kasat Reskrim Polresta Manado AKP Made Dewa Palguna saat dikonfirmasi mengatakan ketiga pelaku sedang dalam pemeriksaan penyidik dan sedang berkoordinasi dengan Bapas Manado. “Meski di bawah umur, tetap diproseslah. Kan ada undang-undang yang dilanggar mereka karena membawa sajam,” tegas Palguna seraya menambahkan bahwa terbukti atau tidak, nanti hakim di Pengadilan yang akan menentukannya.(rees)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

4

Kapolda kantongi nama penerima suap judi togel Wakapolda: Sanksi kode etik dan dipidanakan siap menanti

SITUASI mencekam di lokasi kejadian, dimana kedua kubu saling sering dengan batu dan senjata tajam.(foto: ist)

TARKAM

Sindulang kembali memanas Manado—Perkelahian antar kampung (Tarkam) kembali pecah di Kelurahan Sindulang Satu dan Sindulang Dua Kecamatan Tuminting, antara kubu dari Lorong Cinderela dan Lorong Lumba-lumba. Massa yang diperkirakan ratusan orang yang didominasi oleh anak muda saling serang dengan menggunakan batu, panah wayer, samurai, parang dan tombak serta diperlengkapi tameng yang terbuat dari atap seng. Dari informasi yang berhasil dirangkum Swara Kita di lokasi kejadian, peristiwa ini terjadi Minggu (1/12) kemarin dini hari sekitar pukul 03.00 Wita. Dimana menurut warga di lokasi kejadian, Sindulang Dua Lingkungan III Kecamatan Tuminting tepatnya di Kampung Sanger, yang tidak mau namanya dikorankan menuturkan, bahwa tarkam ini pecah karena terpicu dendam lama antara kedua kubu sehingga melakukan aksi tarkam. “Masalah ini dipicu dengan dendam lama, dan selalu aksi tarkam ini dilakukan di perkampungan kami. Dimana, lebih dulu melakukan serangan

adalah sekelompok pemuda dari lorong Cinderela dan lorong Lumba-lumba balik menyerang dengan menggunakan batu, panah wayer, samurai, parang dan tombak,” tutur warga. Aksi tarkam yang terlihat sangat mencekam tersebut itu pun, langsung direspon oleh seluruh petugas yang melakukan piket fungsi di Kepolisian Resort Kota (Polresta) Manado bersama tujuh Polsek dijajarannya segera turun ke lokasi kejadian untuk melakukan pengamanan. Dalam pengamanan tersebut, Kapolsek Tuminting AKP Irianto Kandati SH dengan terpaksa membuang tembakan peringatan sebanyak 3 kali, untuk meredam aksi tarkam tersebut. Usai tarkam itu berlangsung, petugas pun mendapati hampir puluhan anak panah wayer yang berserakan di Jl Boulevard Dua dimana selalu dijadikan tempat untuk tarkam. Kapolresta Manado, Kombes Pol Drs Sunarto ketika dikonfirmasi Minggu (1/12) kemarin menerangkan bahwa kejadian ini merupakan masalah klasik yang belum

dapat terselesaikan sampai saat ini dan pihaknya akan terus mencari solusi untuk mengatasi aksi tarkam yang dilakukan oleh kedua kubu yang bertikai. “Aksi tarkam ini sudah terjadi sejak lama dan menurut informasi dari petugas kami, kedua kubu terprovokasi sehinga peristiwa ini kembali pecah. Untuk solusinya, kami telah mempertemukan kedua Lurah dari antara kedua kubu yang bertikai ini untuk dapat memecahkan solusinya, dan tentunya akan dipantau oleh aparat kami,” katanya. Lanjut dikatakan mantan Dir Intel Polda Jogjakarta ini, untuk meredam aksi ini pihaknya akan terus memantau pergerakan dari kedua kubu dengan patroli rutin. Bahkan sementara ini akan ditempatkan petugas di lokasi kejadian tarkam. “Pemantauan serta penyelidikan akan terus dilakukan, guna meredam aksi tarkam ini. Dengan menempatkan petugas untuk berjaga-jaga di lokasi kejadian, dan sementara ini petugas kami telah melakukan penyelidikan siapa dalang penyebab dari tarkam ini,” tandas Sunarto.(rees)

KASUS DKP MANADO

Kejari jamin akan segera ke Pengadilan Manado—Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Manado, Yudi Handono SH MH menegaskan, penuntasan kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada pengadaan satu unit kapal berbahan fiber glass jenis 7 Gross Ton (GT), segera ke Pengadilan Tipikor Manado. Hal ini dikatakan oleh Kajari, saat ia dikonfirmasi wartawan pekan lalu. “Kasus tersebut dalam proses perampungan, untuk segera

dilimpahkan ke Pengadilan,” katanya di ruang kerjanya di bilangan Sario Manado. Pernyataan Kajari ini sekaligus menguatkan pernyataan Kasi Pidsus, Hotmah Hutajulu SH MH yang mana menurut pria asal Medan Sumatera Utara ini, kasus yang akhirnya menyeret 2 tersangka, JBK alias Janny dan lelaki RT alias Robert yang kini ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng, segera ke

Pengadilan Tipikor Manado. “Pekan depan segera dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor,” ujar Hotmah. Untuk diketahui, sebelum dilakukan penahanan terhadap dua tersangka ini, terlebih dahulu Kejari Manado melakukan penyitaan unit kapal yang diduga bermasalah tersebut, selain itu Kejari juga menyita sejumlah Barang Bukti (Babuk) lainnya semisal Life Jacket (Pelampung, red).(teem)

Manado—Praktik judi toto gelap (togel) yang semakin marak beredar di daerah ini, terus menuai keprihatinan dari sejumlah kalangan. Pasalnya, selain para pelaku warga biasa, ternyata judi togel tersebut diduga ikut dinikmati oleh sejumlah oknum anggota Polisi berpangkat Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama) serta Bhintara aparat kepolisian . Ini terungkap dalam penggrebekan petugas Direktorat Intelkam Polda Sulut, Kamis (14/11) lalu, di belakang Hotel Mayo dan berhasil menyita catatan nama-nama penerima jatah yang diduga kuat membackup aksi judi agar berjalan mulus. Menariknya, sejumlah nama oknum anggota Polisi berpangkat Pamen, Pama serta Bhintara, dikabarkan telah dikantongi Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Robby Kaligis. “Pasti kita usut. Nama-nama anggota yang tertera dalam catatan, nantinya akan kita proses lanjut,” terang Kapolda kepada wartawan akhir pekan lalu. Kapolda menegaskan, ia tidak akan membiarkan anggotanya yang diduga terlibat. Kapolda menyatakan, jika terbukti maka sangsi tegas akan diberikan kepada anggota bersangkutan. Sebab ia menilai bahwa kesalahan para oknum Polisi tersebut memang dicari sendiri, dan bukan sengaja dicari oleh pimpinan. Menurutnya, anggota Polisi yang baik tentu tak dihukum, demikian juga sebaliknya. “Saya bilang,

Dirlantas pastikan tak sesuai aturan ditindak Manado—Pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2013 yang digelar Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Sulut, rupanya tidak hanya menargetkan pada satu objek tertentu saja. Buktinya, operasi ini turut memberi sasaran pengawasan pada kegiatan festival Santa Claus. Pasalnya, dari hasil evaluasi dan pengamatan di lapangan, rupanya kegiatan tersebut banyak yang ditemukan tidak tepat sasaran dan sering mengganggu kenyamanan warga. Tak heran, untuk mengantisipasi agar tidak terkondisi oleh dinamika situasi, Ditlantas Polda Sulut pun langsung melakukan pengawasan. Direktur Lalulintas Polda Sulut, Kombes Pol Stephen Napiun SIK SH MHum menegaskan, upaya yang akan dilakukan Ditlantas yakni meminta dukungan pemerintah daerah serta media untuk menopang tar-

Tersangka kasus lahan kantor Mitra berkurang saat kasus itu dimulai Penyelidikan (LID), sampai ditingkatkan ke tahap Penyidikan (DIK). Kepada belasan insan pers, Wakajati Parwatha mengumumkan ada 5 nama telah ditetapkan sebagai tersangkanya. Kelima tersangka yang sudah ditetapkan adalah, OCO alias Ong, AI alias Ivone, dan JA alias Jhon, HS (unsur pegawai), AP

(unsur pegawai). Namun seiring waktu berjalan, perlahan nama para tersangka satu persatu mulai menghilang, dan menyisakan 2 nama saja yakni HS dan AP. “Tersangkanya hanya ada dua orang, keduanya merupakan PNS di Mitra,” jawab Kasi Pidsus Kejari Amurang, Iwan Caunang SH, saat ia bersua dengan wartawan

sejumlah instruksi Kapolri. Sementara itu, Wakapolda Sulut Kombes Pol Charles Ngili, ketika diwawancarai menyatakan, sangsi tegas pasti akan diberlakukan bagi anggota Polisi yang lalai menjalankan tugas serta melanggar aturan. Ditegaskannya, anggota Polisi yang bersalah harus dibina dan tidak bisa dibiarkan. Sebab, jika tidak diberikan efek jera, maka tindakan pelanggaran dikuatirkan akan berlanjut. “Kalau ada anggota terima uang judi, bisa saja. Jika memang terbukti, berarti sialnya orang itu. Bisa kita beri tindakan tegas, kalau di Polri anggota bersangkutan siap terima sangsi kode etik atau bisa juga dipidanakan. Beruntung tidak ada nama saya di catatan itu, dan ngak bakalan ada,” imbuh Ngili dengan senyum khasnya. Diketahui, terkuaknya catatan penerima jatah togel ini berawal dari penggrebekan petugas Direktorat Intelkam Polda Sulut, Kamis (14/11) lalu, di belakang Hotel Mayo. Polisi memburu oknum bandar lelaki YF alias Ucup yang menjadi target, namun Ucup tak berhasil diciduk. Hanya saja, polisi berhasil mengamankan istri dan mertuanya bersama dengan sejumlah barang bukti berupa uang, rekapan serta buku register yang berisi nama-nama oknum polisi yang terlibat dan sering meminta jatah. Informasi yang didapat, jumlah penerima jatah togel tersebut berjumlah 77 orang, 4 diantaranya oknum wartawan.(erel)

KEGIATAN SANTA CLAUS

DUGAAN MARK-UP Manado—Ada yang menarik dari penetapan tersangka dalam kasus dugaan mark-up pengadaan lahan kantor bupati Minahasa Tenggara (Mitra), yang penanganannya dilakukan oleh Kejari Amurang. Pasalnya, ketika Kejati Sulut masih dinahkodai dua pasangan asal Bali, I Ketut Arthana SH MH dan Parwatha SH MH

bohong kalau tujuh ribu sekian Polisi itu benar semua. Pasti ada yang satu atau dua yang nakal, ya mereka sendiri yang meminta agar dihukum karena perbuatan mereka. Ya, kalau tidak bisa dibina, maka dipecat,” tegas Kapolda, pekan lalu di Mapolda Sulut. Ditambahkan Kapolda, memilih masuk Polisi berarti harus sepenuhnya laksanakan tugas dan jangan lari dari aturan. Apalagi dirinnya ingatkan bagi semua pimpinan, harus jadi contoh yang baik bagi bawahan. Menariknya lagi, Jenderal berbintang satu itu menyatakan kesiapannya untuk menindak oknum anggota Polisi dijajarannya yang melanggar aturan dan disiplin. Bahkan, ia langsung memerintahkan Kabid Propam Polda Sulut AKBP Yusuf Setiady, agar melakukan proses tindakan tegas bagi anggota yang lakukan pelanggaran. Pasalnya, saat ia dipercayakan menjadi pimpinan Polri di daerah ini dimana dia bertekad untuk mengubah perilaku Polisi yang dinilai salah dan lalai memberikan pelayanan kepada masyarakat Sulut. “Akan dievaluasi oknum anggota Polri yang melakukan pelanggaran, kemudian ada tindakan administrasi dan pemecatan. Ini menjadi tugas Kabid Propam untuk menegakkan disiplin. Siapa pun oknum anggotanya, segera diproses. Ini perlu diingat dan sekali lagi, Polri harus jadi contoh yang baik. Hal ini ke depan harus kita laksanakan,” tegasnya, sembari mengingatkan kembali terkait

di kantor Kejati Sulut akhir pekan lalu. Pun ketika diberondong terkait tiga nama yang sejak awal sudah, dijadikan tersangka Caunang berkelit sejak dilimpahkan ke Kejari Amurang, hanya ada dua tersangkanya. “Sejak diserahkan ke kami, tersangkanya hanya ada dua nama saja,” bebernya.(teem)

get tersebut. Dijelaskannya, dalam pemberian ijin oleh satuan fungsi Intelkam, pihak pelaksana harus mentaati batas area hanya ditingkat Kabupaten/Kota sesuai dengan ijin yang dikeluarkan. Hal itu akan diimbangi dengan operasi diperbatasan yang dilaksanakan oleh Ditlantas dan satuan lalulintas Polres. “Ditlantas juga akan menidak serta membubarkan kelompok yang tidak memiliki ijin dari Kepolisian. Apalagi sudah melebihi waktu yang diberikan pada surat ijin. Hal ini kita laksanakan serta mengharapkan dukungan karena komunitas masyarakat dari berbagai Sinode Gereja banyak memberi masukan, komunitas otomotif dan pihak sekolah serta masyarakat Sulut yang menyatakan bahwa festival santa claus sudah ‘tabiar’ atau kebablasan yang tidak lagi mencerminkan nilainilai kristiani apalagi dengan suasana natal yang seharusnya membawa damai sejahtera,” ujar Napiun, saat melakukan konferensi pers di Mapolda Sulut, akhir pekan lalu. Lebih lanjut Napiun menambahkan, jumlah kendaraan yang akan mengikuti konvoi santa claus akan dibatasi. Sebab, kendaraan yang melakukan konvoi lebih dari 5, maka dikuatirkan akan terjadi kepadatan yang berbuntut macet. Menurutnya, hal ini akan mengganggu kenyamanan warga jika kemacetan yang

bersumber dari iringiringan kendaraan santa terjadi di sejumlah ruas jalan. Ia pun menyarankan, untuk kendaraan roda 4 maksimal 5 unit serta roda 2 maksimal 10 unit, serta melengkapi surat kelengkapan kendaraan. “Jumlahnya harus terbatas agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain. Anggota akan kita tempatkan di beberapa titik jalan, dan akan mengawasi kegiatan santa claus ini. Kalau ada indikasi melakukan pelanggaran lalulintas serta sudah mengganggu kenyamanan masyarakat, akan kita tindak. Bagi pengendara sepeda motor kami himbau supaya memakai helm. Kemudian mobil pick up yang dipakai jangan melebihi kapasitas muatan orang. Ingat mobil seperti itu hanya untuk memuat barang saja. Ingat keselamatan dijalan raya,” tandas mantan Dirbinmas Polda DIY itu. Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulut AKBP Wilson Damanik SH menambahkan, kepolisian juga akan merazia perserta festival santa claus dengan sasaran Minuman Keras (Miras) senjata tajam termasuk panah wayer. Sebab, masalah itu menjadi ancaman dalam meningkatkan stabilitas keamanan daerah ini. “Akan diusulkan operasi Miras dan sajam serta yang meresahkan belakangan ini panah wayer. Itu menjadi perhatian Polda dan jajaran,” tandas Damanik.(erel)


SENIN 2 DESEMBER 2013

Olahraga

TIMNAS INDONESIA U-19

Menanti tes VO2 Max tahap II DI AKHIR fase general preaparation yang sedang dijalani tim nasional Indonesia U-19, pemain akan menjalani tes VO2 max lagi. Hal itu dilakukan untuk melihat keberhasilan program untuk meningkatkan kebugaran fisik pemain. Tes VO2 Max pertama tim nasional Indonesia U19 dalam masa persiapan-

nya menuju Piala AFC 2014 masih kurang bagus. Angka tertinggi hanya mencapai 55 yang dimiliki oleh kapten Evan Dimas Darmono. Pada tes keduanya, pasukan Garuda Jaya diharapkan bisa menembus angka 60. Segala pembenahan fisik telah dilakukan tim pelatih, terutama pelatih fisik Nursaelan Santoso.

Tropi ... dari Halaman 8 Dan perbedana tiga tim yang bersaing dulu dengan tim lainnya sangat besar. Mungkin sekarang perbedaannya tidak jauh, dan akan menyenangkan,” tutupnya. Bila melihat hasil beberapa pertandingan terakhir The Blues, nampaknya fans Chelsea harus sedikit bersabar, mengingat performa inkonsisten masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, seperti saat mampu menang 3-0 atas West Ham, tapi kemudian kalah atas Basel 1-0 di Liga Champions. London Biru saat ini berada diperingkat tiga dengan raihan 24 poin, berselisih tujuh poin dengan Arsenal di puncak klasemen, dan Mourinho harus segera menemukan susunan pemain terbaiknya setelah banyak bereksperimen dengan pemain yang diturunkan dalam formasi 42-3-1 andalan Chelsea. Malam ini –WIB-, pasukan Stamford Bridge akan menjamu Southampton, sebuah tim yang bisa dibilang menjadi tim kejutan karena mampu bertengger di jajaran tim papan atas Premier League.(okez)

Pisah ... dari Halaman 8 Rafael menyatakan “Dia punya penyakit yang sangat serius dan memang benar bahwa ia harus dirawat di Clinica Quiron Musim lalu, mereka ingin saya pergi, tapi. saya tidak bisa meninggalkan untuk itu alasan. Sekarang dia baik dan satu-satunya yang terjadi adalah bahwa Madrid ingin menjual dan saya ingin kembali untuk menikmati bermain sepak bola, dan Tottenham adalah tim besar yang akan memberi saya kesempatan sepak bola yang saya butuhkan.“ Dari jalinan asmara ke duanya, Sylvie telah dikaruniai oleh seorang anak laki-laki yang di beri nama Damian Rafael Van der Vaart. Namun sangat disayangkan, keduanya sempat dikabarkan telah berpisah semenjak Januari 2013 lalu akibat sebuah pertengkaran dimalam perayaan Natal tahun lalu.Sylvie van der Vaart.(sunc)

Keputusan ... dari Halaman 8 Kendati telah mengusir Zidane, namun wasit berusia 50 tahun enggan menganggap momen tersebut menjadi salah satu yang terpenting sepanjang kariernya sebagai wasit professional. “Itu adalah keputusan yang sulit untuk mengusirnya, tapi kami tidak bisa mengingkari kalau itu adalah keputusan tepat,” terangnya. “Meski telah dua Piala Dunia berlalu, tapi semua orang masih mempertanyakan momen tersebut. Itu adalah peristiwa yang sangat signifikan, namun bukan keputusan paling penting yang saya buat dalam karier saya,” tegasnya. Meski dengan 10 pemain, saat itu Les Bleus mampu menahan 11 pemain Italia hingga adu penalti. Sayang, juara Piala Dunia 1998 tersebut gagal merengkuh gelar juara untuk kali kedua, setelah Italia menang 5-3 (1-1) dan memastikan gelar keempat bagi Gli Azzurri.(blnt)

Ia telah membuat program latihan yang makin lama makin tinggi intensitasnya. VO2 Max merupakan indikator kebugaran fisik pemain berdasarkan kemampuan daya serap tubuh terhadap oksigen. Angka ideal untuk pemain muda seperti timnas U-19 ialah di atas 60. Bila mencapai itu, dari sisi fisik Indra Sjafri yakin anak didiknya bisa mampu bersaing dengan kontestan lainnya dalam Piala AFC Oktober tahun depan di Myamnar. Selama tiga minggu ini, Putu Gede dkk. terus diberikan menu latihan untuk meningkatkan kecepatan, kelincahan, hingga daya tahan tubuh. Nantinya meski sudah beralih ke fase khusus, fokus ke fisik juga terus dijaga. Namun, intensitasnya saja yang akan berkurang karena porsi utama akan lebih ke teknik dan taktik tim. "Pelatnas

MALDINI Pali (merah) dituntut agar level VO2 Max naik.

inikan jangka panjang untuk proyeksi Oktober tahun depan. Jadi kami mempunyai waktu lama

untuk membentuk kebugaran fisik yang bagus. Intinya saya mau pada saat tampil di Piala AFC mereka

dalam puncak performanya, termasuk fisik mereka," ucap Nursaelan Santoso, pelatih fisik.(bone)

berada di puncak klasemen sementara Premier League. Namun selain itu, mereka juga bisa terus memberikan tekanan pada pesaing lain, yang masih akan bermain di hari Minggu malam. Lantas, apakah menurut Arsene Wenger hal semacam ini memberikan keuntungan yang amat besar untuk timnya? “Ketika anda bermain terlebih dahulu (sebelum tim rival) anda hanya bisa melakukan tugas anda

sebaik mungkin dan melihat apa yang terjadi sesudahnya. Namun jika anda mampu melakukannya dengan baik, maka anda akan bisa tenang,” jelas sang pelatih pada AFP. The Gunners mampu menang dengan skor 3-0 atas Cardiff, Sabtu malam kemarin. Dua gol kemena-ngan dicetak oleh Aaron Ramsey dan satu lagi meru-pakan kreasi dari gelandang cadas, Mathieu Flamini.

kokoh di puncak klasemen dengan poin 38.

“Tapi semua kritik yang kami terima di babak kedua memang layak kami tidak bermain terlalu bagus.” tutupnya. Namun bagaimanapun, usaha mereka untuk menaklukkan Braunschweig berbuah tiga angka. Hasil itu membuat tim kini makin kokoh di puncak klasemen sementara dengan keunggulan empat poin atas pesaing terdekat, Bayer Leverkusen. Sementara itu, seteru Bayern, Borussia Dortmund juga sukses memetik tiga poin di kandang Mainz 05. Pertandingan yang berlangsung sengit berakhir dengan kemenangan Dortmund 3-1.

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

7

FORMULA 1

Button belum habis TAK ada kata lain selain “suram” untuk menggambarkan performa Jenson Button sepanjang musim 2013. Kendati begitu, bukan berarti karier dan reputasi pilot utama McLaren itu serta-merta habis. Betapa tidak, Button gagal sekalipun mendaki podium musim ini. Terbaik, Button hanya mampu finis keempat di seri pamungkas GP Brasil lalu. Jelas indeks prestasi tersebut bak bumi dan langit jika dibandingkan dengan musim sebelumnya atau bahkan empat musim belakangan. Mantan driver McLaren, David Coulthard masih punya kepercayaan diri bahwa yuniornya itu masih punya kemampuan untuk bangkit, kendati usia Button juga sudah tak lagi muda – 33 tahun. “Tak ada keraguan dalam pikiran saya bahwa Jenson Button belum habis. Dia memang sudah 33 tahun, tapi dia salah satu pembalap paling bugar di grid dan tak lama

lagi, saya yakin dia akan memijak momen kebangkitan dalam hal hasil, seperti yang ditunjukkannya di Brasil,” ujar Coulthard. “Memang, penampilannya tahun ini tentu mempengaruhi motivasinya, apalagi McLaren juga terpuruk. Tapi McLaren tim besar dan mereka punya fasilitas serta sumber dana yang tak kecil. Saya yakin McLaren dan Jenson akan bangkit,” sambungnya kepada TheDaily-Telegraph, Minggu (1/12/ 2013).(okez)

Arsenal ... dari Halaman 8 Cardiff semakin agresif di babak kedua. Pergantian pemain yang dilakukan Wenger terbukti jitu. Pemain pengganti Mathieu Flamini dan Theo Walcott masing-masing mencetak satu gol dan satu assist di laga ini. Gol Flamini datang di menit ke-86. Lagi-lagi Ozil menjadi aktor di balik gol ini lewat assist terukurnya. Sementara Walcott menyumbang assist bagi gol kedua Ramsey di masa

injury time. Dengan hasil ini, Arsenal semakin mengokohkan posisi mereka di puncak tabel klasemen dengan koleksi 31 poin. Sementara Cardiff harus turun ke peringkat 16 dengan 13 poin. WENGER TENANG Kemenangan Arsenal atas Cardiff City membuat tim kini makin kokoh

MAKIN DEWASA Usai melihat anak buahnya, Aaron Ramsey, mampu mencetak dua gol saat melawan Cardiff City, Sabtu kemarin, Arsene Wenger rupanya langsung teringat laga yang dijalani oleh Ramsey beberap tahun lalu saat hadapi tim yang sama. Ia pun tak ragu menyebut pemainnya kini jadi makin dewasa. “Kami datang kemarin dua atau tiga

tahun lalu dan ia mengalami mimpi buruk di sini saat bermain di kompetisi Piala,” jelas Wenger menurut laporan yang diturunkan oleh AFP. “Hal itu menunjukkan bagaimana ia berkembang hingga saat ini,” tutup sang pelatih. Arsenal menang total 3-0 atas Cardiff. Selain dua gol yang dicetak oleh Ramsey. Tim juga mampu unggul berkat gol yang disumbangkan oleh Mathieu Flamini.(blnt)

Berkat ... dari Halaman 8 Jelang berakhirnya babak pertama, Robben, Javi Martinez, dan Thiago Alcantara bergantian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti Braunschweig. Namun tidak ada lagi tambahan gol di babak ini. Paruh pertama berakhir dengan keunggulan 2-0 untuk Munich. Babak kedua dimulai dengan sedikit kejutan dari tim tamu. Marco Caliguri melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-47. Manuel Neuer dipaksa untuk melakukan penyelamatan usai bola sebelumnya membentur Jackson. Setelah itu, Braunschweig terus menerus mencetak peluang beruntun

melalui Ermin Bicakcic dan Karim Bellarabim, namun tak ada satupun yang menembus gawang Munich. Tim tuan rumah tak tinggal diam. Melihat daerah pertahanannya beberapa kali terekspos, Thomas Muller dkk terus melakukan upaya penetrasi ke daerah 12 pas Braunschweig. Mario Gotze sempat memiliki peluang di menit ke-77. Tendangannya dari luar kotak penalti masih bisa diselamatkan oleh kiper lawan. Hingga peluit akhir dibunyikan, tidak terjadi tambahan gol untuk Bayern. Kedudukan tetap 2-0 untuk kemenangan tuan rumah. Tim asuhan Guardiola itu kini makin

ROBBEN KECEWA Arjen Robben baru saja memborong dua gol kemenangan untuk Bayern Munich saat mereka menghadapi Braunschweig. Namun demikian, pemain asal Belanda itu kecewa dengan penampilan timnya, terutama di babak kedua. “Kami mampu menampilkan hal yang bagus di babak pertama, kami ingin mencetak gol di menit awal dan bermain dengan amat bagus,” jelas Robben menurut laporan yang diturunkan oleh situs resmi Bundesliga.

Satu gol dari PierreEmerick Aubameyang serta dua gol dari Robert Lewandowski melalui titik putih dan di penghujung laga hanya mampu dibalas satu kali lewat Eric Maxim Choupo-Moting. Kedua tim sama-sama tampil menyerang hingga akhir pertandingan. Tak ingin dipermalukan di hadapan pendukungnya sendiri Mainz pun kerap melakukan beberapa tekel keras kepada para pemain Dortmund, hasilnya kartu merah pun harus diterima oleh Elkin Esoto di menit ke-78 yang membuat para pemain Mainz harus mengakhiri laga dengan 10 pemain. Tak ingin kembali kehilangan para punggawa pentingnya setelah melihat permainan yang ditunjukkan oleh Mainz, Jurgen Klopp pun langsung menarik Sven

Bender di babak pertama, begitu juga dengan Jakub Blaszczykowski, dan Marco Reus yang sudah diganti sejak memasuki babak kedua. Kemenangan ini pun membuat tim berjuluk Die Borussen sukses menempel ketat Bayer Leverkusen yang juga berhasil meraih kemenangan 3-0 atas Nurnberg di p e r t a n d i n g a n lainnya.(blnt/okez)

BERITA KEHILANGAN STNK

SEDOT WC

No Pol DB 6497 MN Atas Nama BPS Provinsi Sulawesi Utara Alamat Jl 17 Agustus, Manado Bagi yang menemukan, silakan hubungi Winda 08194079469

FORMASI KEDUA TIM: Bayern Munich (4-1-4-1): Neuer; Rafinha, van Buyten, Dante, Alaba; Martinez; Robben, Thiago, Kroos, Muller (57' Mandzukic); Gotze Braunschweig: (4-3-3): Davari; Elabdellaoui, Bicakcic, Dogan, Theuerkauf; Kratz, Caliguri (79' Oehrl), Boland; Bellarabi, Kumbela, Jackson (59' Korte)

SEDOT WC (TINJA) WC TERSUMBAT Hubungi

0813 5604 0118 0823 4906 4118 Anda butuh pupuk organik? Kami berikan

GRATIS...


SENIN 2 DESEMBER 2013

Keyakinan Felipe Melo menyingkirkan Juventus GELANDANG Galatasaray, Felipe Melo, mengungkapkan bahwa dirinya yakin timnya akan mampu mencapai babak 16 besar Liga Champions dengan membidik kemenangan di laga pamungkas Grup B kontra Juventus.

Kedua tim akan saling berhadapan di pertandingan laga hidup mati babak penyisihan grup Liga Champions, Rabu (11/12) mendatang. Dalam laga nanti Galatasaray akan bertindak sebagai tuan rumah, yang mana Melo pun yakin atmosfer

SPORTAINMENT

SYLVIE VAN DER VAART

Pisah di malam Natal

SYLVIE van der Vaart adalah seorang pembawa acara televisi Belanda dan model, dan mantan istri pesepakbola Rafael van der Vaart. Sylvie pernah menjalin hubungan dengan pemain sepak bola Rafael van der Vaart sejak tahun 2003. Pada tanggal 10 Juni 2005, Rafael dan Sylvie menikah pada tanggal 28 Mei 2006, putra mereka Damian Rafael lahir. Beberapa media telah menggambarkan pasangan sebagai “Beckham baru” namun keduanya membantah klaim mengatakan bahwa mereka lebih suka hidup normal. Pada tanggal 16 Juni 2009, ia mengumumkan bahwa ia telah didiagnosa menderita kanker payudara, dan telah menjalani operasi pada Mei 2009. Dia telah selesai kemoterapi post-op dan bebas dari kanker. Pada musim panas tahun 2009, Real Madrid ingin menjual Rafael van der Vaart, namun pemain memutuskan untuk tinggal di Madrid karena Sylvie sedang menjalani perawatan kanker di sana. Setahun kemudian, setelah pindah ke Inggris, Baca: Pisah ( Halaman 7)

HISTORY PIALA DUNIA 2006

Keputusan sulit untuk menghukum Zinedine Zidane

MOMEN saat wasit asal Argentina, Horacio Elizondo mengkartu merah Zidane

ZINEDINE Zidane terpaksa dikeluarkan wasit dari pertandingan usai menanduk bek Italia, Marco Materazzi. Masih ingat dengan momen itu? Ya itu adalah final Piala Dunia 2006 di mana karier Zidane harus ternoda, usai mendapatkan provokasi dari Materazzi. Dan kini wasit yang memimpin partai tersebut mengeluarkan komentarnya terkait kartu merah yang dia berikan kepada legenda Prancis tersebut. Dia adalah Horacio Elizondo. Wasit asal Argentina itu mengaku sulit untuk mengartu merah Zidane. “(Saya ingat) kartu merah yang saya keluarkan di final Piala Dunia (2006) karena pentingnya sang pemain, dia merupakan kapten Perancis dan pemain terbaik di dunia,” ucap Elizondo, kepada Goal, Sabtu (30/11) akhir pekan lalu. Baca: Keputusan ( Halaman 7)

pertandingan di Turk Telekom Arena akan memberi keuntungan besar bagi timnya. Melo yang sebelumnya pernah berseragam Bianconeri memiliki misi khusus untuk bisa menyingkirkan mantan klubnya itu. Melo menilai catatan yang diraih timnya

musim lalu yang berhasil mencapai babak perempat final Liga Champions, dapat dijadikan tolok ukur kesuksesan timnya menatap laga selanjutnya. “Juventus adalah tim besar, yang mana kami membutuhkan kerja keras yang luar biasa untuk bisa mengalahkan mereka di

laga nanti. Akan tetapi kami yakin meraih kemenangan atas Juventus dan mampu lolos ke babak 16 besar Liga Champions musim ini,” ujar Melo, kepada Radio Onda Cero, Minggu (1/12). “Kami akan bermain di hadapan para pendukung kami. Mereka akan

memberikan kami motivasi lebih untuk dapat meraih kemenangan di laga nanti. Tidak akan pernah mudah bagi tim manapun ketika berhadapan dengan kami di kandang,” tutup Melo. Saat ini Galatasaray berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup

Adaptasi sudah selesai GARETh Bale menjadi bintang lapangan saat Real Madrid mengalahkan Real Valladolid di La Liga dengan skor 4-0. Pemain asal Wales itu mencetak hat-trick untuk membantu timnya mengemas tiga angka. Menyambut raihan luar biasa itu, Carlo Ancelotti menyebut bahwa proses adaptasi Bale di Spanyol sudah usai. “Saya pikir periode adaptasinya sudah selesai, sebagaimana yang saya katakan kemarin,” jelasnya menurut laporan yang diturunkan oleh AFP. “Ia adalah pemain yang penting untuk kami, ia bermain dengan percaya diri dan melakukan tugasnya dengan baik,” tutup Ancelotti. Gareth Bale menjadi bintang kemenangan Real Madrid atas Real Valladolid dengan mencetak hat-trick dalam laga jornada 15 yang dihelat di Santiago Bernabeu (1/12). Bermain tanpa diperkuat Cristiano Ronaldo, Los Blancos langsung menekan pertahanan Valladolid sejak awal laga. Peluang pertama Madrid diperoleh di menit lewat Sergio Ramos memanfaatkan umpan yang dikirim Xabi Alonso. Sayang belum mampu mengubah papan skor. Di menit 6, Angel

Di Maria ganti menebar ancaman untuk tim tamu. Sayang, tendangan keras pemain asal Argentina itu dari luar kotak penalti masih membentur mistar gawang. El Real baru bisa membuka keran gol di menit ke-33 melalui pemain sepakbola termahal di dunia, Bale. Sundulan pemain asal Wales itu memanfaatkan bola rebound membobol gawang Valladolid yang dijaga Diego Marino. Tak berselang lama kemudian, Bale lagi-lagi berperan dalam proses gol Madrid. Assist terukurnya mampu dikonversi menjadi gol oleh Karim Benzema. 2-0 untuk keunggulan tuan rumah. Meskipun berkali-kali mendapat peluang, namun Madrid gagal menambah keunggulan mereka hingga interval pertama berakhir. Bahkan tim tamu yang justru memiliki peluang di menit-menit akhir babak pertama. Kembali dari kamar ganti, anak asuh Carlo Ancelotti tetap tak mengendurkan serangan. Trio lini depan yang diisi Bale-Benzema-Di Maria benar-benar merepotkan barisan pertahanan tim tamu. Bale! Lagi-lagi Bale menjadi aktor utama laga ini dengan menciptakan gol keduanya di menit ke64. Hampir mirip dengan

B Liga Champions, dengan raihan empat poin, tertinggal dua poin dari Juventus di peringkat dua. Musim lalu Melo dkk sukses menembus babak perempatfinal Liga Champions sebelum akhirnya menyerah di tangan Real Madrid.(okez)

LIGA INGGRIS

Arsenal tetap kokoh

ARSENAL berhasil memantapkan posisinya di puncak klasemen usai mengandaskan Cardiff City dengan skor 3-0 di Cardiff City Stadium, Sabtu (30/11) akhir pekan lalu. The Gunners langsung menguasai penuh jalannya laga sejak wasit Lee Mason meniupkan peluit kickoff. Jack Wilshere langsung menebar ancaman saat tendangannya membentur mistar gawang di awal-awal laga. Tuan rumah tak mau kalah dengan melancarkan serangan melalui striker andalan mereka, Frazier Campbell. Sayang beberapa peluang yang didapat eks penyerang Manchester United itu masih gagal mengubah papan skor. Arsenal akhirnya berhasil memecah kebuntuan saat laga memasuki menit ke29 leway gelandang onfire, Aaron Ramsey. Sundulan pemain 22 tahun ini memanfaatkan assist brilian

gol pertama, sontekan pemain 24 tahun itu memanfaatkan bola rebound membobol gawang tim tamu. Hat-trick! Bale mence-tak hattrick perda-nanya bagi Los Merengues setelah sontekan pelannya meneruskan crossing Marcelo lagi-lagi membuat Marino memungut bola dari gawangnya sendiri. Skor ini pun bertahan hingga laga berakhir. Dengan kemenangan ini, Real Madrid tetap menempel ketat peringkat kedua, Atletico Madrid dengan selisih tiga poin. Sementara Valladolid masih tercecer di papan bawah.(blnt)

Mesut Ozil tak mampu dihadang David Marshall. Ramsey memilih tak merayakan golnya karena ia menghormati Cardiff yang merupakan mantan klubnya sejak dari akademi. Secara keseluruhan babak pertama berjalan sangat menarik dengan kedua tim yang menghasilkan peluang-peluang berbahaya. Hingga turun minum, skor 0-1 masih untuk keunggulan Arsenal tetap bertahan. Kembali dari kamar ganti, tim asuhan Arsene Wenger memperoleh peluang lewat Olivier Giroud di menit ke-48. Sayang upayanya digagalkan Ben Turner yang menyapu bola sebelum masuk ke gawang timnya. Kiper Meriam London, Wojciech Szczesny tampil cukup gemilang di laga ini dengan berkali-kali menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Baca: Arsenal ( Halaman 7)

GARETH Bale cetak hat-trick ke gawang Valladolid.

Susunan pemain: Real Madrid: Diego Lopez; Carvajal, Ramos, Pepe, Marcelo; Alonso, Modric, Isco; Di Maria (Jese 74), Bale, Benzema (Morata 74). Real Valladolid: Marino; Alcatraz, Rueda, Valiente, Pena; Rubio, Sastre (Osorio 85); Rossi, Larsson (Omar Ramos 45), Bergdich; Guerra (Manucho 74).

Bayern Munich (2) vs (0) Braunschweig

Berkat spirit yang tinggi BAYERN Munich keba-gian tugas ringan di pekan ini. Pasalnya mereka hanya menjamu Braunschweig, tim yang di atas kertas memiliki perbedaan kekua-tan yang mencolok. Hasil di lapangan pun membuktikannya. Die Roten menang 2 0- di laga yang digelar di Allianz Arena, Sabtu (30/11) akhir pekan lalu. Kedua gol dicetak oleh Arjen Robben. Tuan rumah memulai laga dengan spirit tinggi. Spirit kemenangan atas Dortmund dan CSKA Moscow rupanya masih membekas di anak-anak asuhan Josep Guardiola ini. Serangan pun langsung dibuka sejak wasit meniup peluit di awal pertan-dingan. Hasilnya langsung terlihat. Pada menit ke-2, Arjen Robben menjebol gawang yang dikawal oleh Daniel Davari. Sundulannya dari jarak dekat tidak mampu ditahan oleh kiper andalan Braunschweig itu. 1-0

RAMSEY menolak merayakan golnya ke gawang Cardiff.

LIGA INGGRIS

Trofi EPL jadi target Mourinho

ROBBEN borong dua gol kemenangan untuk Bayern.

Bayern unggul. Usai gol cepat dari Robben, Bayern terus menggempur daerah pertahanan lawan. Serangan bertubitubi mereka lepaskan. Tendangan keras Toni Kroos di menit ke-17 dari luar kotak penalti masih bisa digagalkan oleh kiper

lawan. Begitu juga dengan sudulan yang dilakukan oleh Dante di menit ke-20, memanfaatkan umpan Kroos. Serangan beruntun Munich kembali membuahkan hasil. Kali ini aktornya tetap sama, Robben. Menit ke-30,

pemain asal Belanda itu melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya di dalam kotak penalti. Bola meluncur deras ke sudut kanan gawang tanpa mampu dihalau oleh siapapun, 20 untuk Munich. Baca: Berkat ( Halaman 7)

KEDATANGAN kembali The Special One -julukan Mourinho- ke Stamford Bridge awal musim ini membangkitkan antusiasme fans untuk kembali mengulang kejayaan Mourinho saat menukangi Chelsea dari tahun 20042007. Pelatih yang belakangan lebih sering dipanggil The Happy One ini juga mengungkapkan persaingan Premier League yang lebih sengit. Oleh karena itu, bisa memenangkan trofi Premier League akan menjadi pencapaian terbesar yang ingin dicapainya. “Untuk memenangkannya (trofi Premier League)

ketika klub tidak memiliki sejarah sebagai pemenang merupakan langkah yang sulit. Namun, saya pikir memenangkan trofi musim ini akan menjadi pencapaian terbesar,” ujar Mourinho, seperti dilansir Daily Star, Minggu (1/12). Mou juga mengungkapkan bagaimana persaingan musim lalu saat ia juga menukangi Chelsea berbeda dengan sekarang. “Dahulu hanya ada tiga tim yang bersaing memperebutkan trofi Premier League. Sekarang ada enam tim. Baca: Trofi ( Halaman 7)


SENIN 2 DESEMBER 2013 NOMOR 02437 TAHUN VIII

IBUKOTA

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

9

SISTER CITY KAMPUNGRON KELURAHAN SUMOMPO KECAMATAN TUMINTING

Tunjang sarana infrastruktur B A N YA K N YA sarana pembangunan infrastruktur di Kelurahan Sumompo Kecamatan Tuminting, tahapan realisasi pengerjaannya mulai dilakukan seperti pengaspalan jalan protokol yang ada di lingkungan 1, jalan paving di lingkungan II, pembuatan talud di lingkungan V, serta EARLY Legi. pembuatan drainasse di kawasan TPA. Semuanya itu merupakan fasilitas umum sebagai penunjang aktivitas dari warga di Kelurahan Sumompo yang diberikan oleh Pemkot Manado. Lurah Sumompo, Early B Legi kepada Swara Kita belum lama ini mengatakan, sarana infrastruktur yang sudah ada di beberapa lingkungan patut dijaga bersama oleh semua warga masyarakat.

Utusan Liverpool identifikasi kerjasama Manado—Tindaklanjut rencana kerja sama Sister City antara Manado-LIverpool, kian serius dan menunjukan langkah maju. Hal ini dengan kembali bertemunya utusan pemerintah Liverpool, Profesor Alexander Melbourne dengan Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, Sabtu (30/11) akhir pekan lalu. Melbourne sendiri bertugas sebagai penghubung

rencana kerjasama Sister City Manado-Liverpool. Staf khusus Walikota di bidang kerjasama luar negeri, Dr Ir Adolf Lucky Longdong MEd mengatakan, kedatangan utusan Liverpool tersebut untuk mengidentifikasi atau pengumpulan data dan analisis terkait rencana kegiatan Sister City. “Tahun 2014, program kerjasama Sister City akan berjalan. Oleh karena itu,

LINGKUNGAN I KEL. MAHAKERET TIMUR

Keluhan maraknya petasan MEMASUKI bulan Desember, sudah barang tentu banyak permasalahan yang harus dihadapi serta perlu penangan secara cepat. Salah satunya adalah masalah sistem stabilitas keamanan di lingkungan bagi warga pendatang pada hari raya Natal nantinya, serta maraknya petasan yang AGUS Pangemanan. sudah beredar di masyarakat sehingga kerap mengganggu warga sekitar.

Baca: Keluhan ( Halaman 10)

KURIKULUM 2013

Kembali guru SMA/SMK digodok PENERAPAN Kurikulum 2013 (K13) tidak akan berjalan baik apabila tak didukung dengan niat yang baik untuk melaksanakannya. Karena itu, faktor-faktor penting penunjang implementasi kurikulum ini seperti kompetensi atau profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana, manajemen dan kepemimpinan, harus diperhatikan untuk mendapatkan siswa lulusan yang kompoten. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut, Harold PB Monareh SH MSi saat membuka sosialisasi K13 tingkat SMA/ SMK Provinsi Sulut di Sahid Kawanua Hotel, pekan lalu. “90 guru SMA/SMK yang mengikuti sosialisasi ini dibekali informasi dan pemahaman tentang K13, agar para tenaga pendidik dan kependidikan mendapat informasi sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan K13 yang akan diberlakukan secara serentak pada tahun pelajaran 2014/2015 mendatang,” kata Monareh. Baca: Kembali ( Halaman 10)

Baca: Utusan ( Halaman 10)

UTUSAN pemerintah Liverpool Profesor Alexander Malbourne dengan Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Sabtu (30/11) lalu.(foto: ist)

Kadis Diknas ”warning” Kepsek SMPN 1 Manado

PEMBANGUNAN

Terkait dugaan pungutan liar yang dilakukan di sekolahnya

Baca: Tunjang ( Halaman 10)

JAGARON

terus dilakukan pertemuanpertemuan untuk mengindentifikasi rencana kegiatan Sister City,” ujar Longdong. Dalam kesempatan ini, Walikota Manado, GS Vicky Lumentut menegaskan, kerjasama Sister City Manado-Liverpool pada tahap awal akan fokus pada bidang pendidikan dan olahraga khususnya sepakbola.

ASOSIASI Pedagang dan Direksi PD Pasar saat bertemu Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Manado Harley AI Mangindaan.(foto: ist)

GSVL-AI komit benahi pasar Manado—Walikota Manado GS Vicky Lumentut didamping Wawali Harley Ai Mangindaan SE MSM beserta Direksi PD Pasar, Sabtu (30/11) akhir pekan lalu, bertemu dengan perwakilan asosiasi/organisasi pedagang pasar di rumah dinas Walikota. Dikatakan Walikota, pertemuan ini diadakan untuk menyepakati tanggal pelaksanaan seminar sebagai forum resmi buat mencari solusi penataan pasar menjadi lebih baik. “Pertemuan ini untuk berdiskusi dengan semua komponen perwakilan asosiasi/organisasi di pasar, buat menyepakati pelaksanaan seminar sebagai forum resmi untuk kita berkumpul dan bersamasama memberikan masukan dan solusi buat penataan pasar menjadi lebih baik ke depan,” jelas walikota pilihan rakyat ini. Lanjut dikatakan Walikota, bersama Wakil Walikota, keduanya ingin

memberikan pelayanan yang baik dan nyaman pada masyarakat. “Sebab selama ini bila bicara pasar, tentu yang terpikir adalah kesemerawutannya. Oleh karena itu, kami ingin mengubah pandangan tentang pasar tradisional,” katanya. Untuk diketahui, Pemkot Manado dibawah kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Harley Ai Mangindaan, berkomitmen membuat pasar menjadi lebih baik dengan turut melibatkan stakeholder di pasar. “Cita-cita kami ingin membuat pasar menjadi lebih bagus dengan melibatkan stakeholder di pasar tradisional. Saya punya rencana atau masterplan, tapi saya ingin juga mendapat masukan dari masyarakat, tokoh-tokoh agama serta akademisi. Harapan saya, kita bisa bersepakat untuk membuat pelayanan di pasar menjadi lebih baik,” kuncinya.(dede)

Manado—Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Manado—Dante Tombeg SPd MPd—mewarning Kepala SMPN 1 Manado— Dra Jeanne Rey MPd—, terkait keluhan orang tua siswa terhadap dugaan pungutan liar (pungli) yang

terjadi di sekolah unggulan Kota Manado tersebut. Tombeg menegaskan, sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013 (K13) agar tak membebankan biaya kepada siswa, termasuk biaya foto copy Lembar Penilaian Sikap (LPS) K13. “Kalau ada sekolah yang

Kepsek juga diminta segera masukan DAK-RBOS-BOS membebankan siswa seperti itu akan kami tindak tegas dan memberikan sanksi ke pihak Kepala Sekolahnya,” tandasnya kepada wartawan, baru-baru ini. Tombeg menyebutkan, pihaknya juga akan memberikan pembinaan dan intruksikan kepada

pihak sekolah, apalagi yang menerapkan K13 agar tak melakukan pungutan kepada siswa terkait LPS ini. Sebab sudah ada laporan, di SMPN 1 Manado melakukan pungutan seperti itu kepada siswa. Baca: Kadis ( Halaman 10)

MEETING BIMP-EAGA

Wawali jamu delegasi tiga Negara sahabat Manado—Wawali Manado Harley Mangindaan SE MSM akhir pekan lalu, menghadiri Welcome Dinner 17th Ministerial Meetings & Related Meetings East Asean Growth Area (BIMP-EAGA) yang diikuti oleh para delegasi dari negara sahabat yakni Brunei Darusalam, Malaysia dan Filipina bertempat di Sintesa Peninsula Hotel. Wawali menyampaikan selamat datang di Manado dan selamat menginjakan kaki di tanah Torang Samua Basudara serta mengajak nikmatilah sensasi selama berada di kota Manado ini. “Semoga dapat berkesan serta pelaksanaan meetingnya berjalan sukses dan lancar,” ujar Wawali dalam sambutan berbahasa Inggris. Selain para tamu menda-

PROYEK AKHIR TAHUN

WAWALI Manado Harley Mangindaan

pat hiburan tarian Maengket serta Kolintang dari SMA Negeri 1 Manado, Manado City Chorale (MCC) dan poco-poco yang dipimpin oleh Wawali sendiri, Pemkot ikut memberikan cendramata bagi setiap delegasi. Untuk diketahui, pertemuan para pejabat senior

tersebut dalam kerangka kerjasama ekonomi sub regional 4 negara (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina) ini direncanakan akan dihelat selama 3 hari. BIMP EAGA (Brunei Darussalam - Indonesia Malaysia - The Philippines East ASEAN Growth

Area) sendiri merupakan wadah kerjasama ekonomi sub regional yang dibentuk tahun 1994 untuk percepatan pertumbuhan ekonomi kawasan strategis yang jauh dari ibukota, namun strategis dan kaya sumber daya. Untuk Indonesia mencakup wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua. Hadir dalam Welcome Dinner tersebut Hon Datuk Razali Che Mat (Malaysia), Dir Janet Lopos (Filipina), Dir James Lynch (ADB), Hon Tutiaty Wahab (Brunei) serta Hon Rizal Affandi Lukman (Indonesia). Turut hadir juga Dandim 1309 Manado Lektkol Inf Indarto Kusnohadi, Sekkot Manado Ir Haefrey Sendoh dan para kepala SKPD dilingkungan Pemkot Manado.(teem)

ELPIJI 3KG

Warga diminta turut mengawasi Penerapan sanksi, Pemkot Manado—Anggota Komisi C Dekot Manado, Risal Dali meminta agar masyarakat ikut mengawasi proyek yang dilaksanakan pada akhir tahun 2013 ini. Pasalnya, proyek-proyek tersebut dikejar target untuk diselesaikan dalam jangka waktu 1 bulan. Dikatakan Dali, masyarakat baiknya terlibat langsung dalam pengawasan agar supaya proyek-proyek yang dikerjakan kualitasnya tidak amburadul dan ujungujungnya malah merugikan

masyarakat. “Jangan sampai karena kejar tayang di akhir tahun, kemudian para kontraktor hanya asal-asalan melaksanakan kegiatan proyek. Makanya kami minta masyarakat juga ikut aktif untuk memperhatikan pelaksanaan proyek tersebut,” kata politisi PPP ini. Politisi asal daerah pemilihan Singkil dan Mapanget ini juga meminta agar masyarakat tidak takut melapor ke Dekot Manado maupun pihak-pihak yang dianggap terkait dengan pelaksanaan

proyek yang tidak sesuai dengan bestek tersebut. “Artinya, jika ada pengawasan dari masyarakat, kontraktor akan menjadi takut mengerjakan proyek dengan asal-asalan,” tegasnya. Senada Ketua Komisi C Dekot Manado, Morris Korah menegaskan akan melakukan pengawasan dan turun lapangan untuk meninjau langsung kondisi proyek yang dikerjakan di akhir tahun. Baca: Warga ( Halaman 10)

belum ada payung hukum

Manado—Pemkot Manado belum bisa menerapkan sanksi tegas bagi oknum pangkalan dan perorangan serta pengusaha yang diduga permainkan harga eceran tertinggi (HET) dan penimbunan tabung gas elpiji subsidi 3 kilogram. Pasalnya, hingga saat ini, menurut Kabag Perekonomian Manado Pingkan Sinjal SE, tidak ada payung hukum

untuk menjerat pelaku tersebut. “Kami sudah melakukan usulan ke pusat melalui Dirjen ESDM terkait dengan payung hukum yang bisa diterapkan di daerah khususnya di kota Manado, sebagaimanan dalam payung hukum tersebut menegaskan kalau pelaku usaha hotel, rumah makan dan lainnya termasuk permainan gas elpiji di agen, harus ditindaki ketika menggunakan

bahan bakar gas subsidi,” terang Sinjal pekan lalu. Dengan adanya payung hukum tersebut, ditambahkan Sinjal, Pemkot bisa menjalankan amanat aturan itu dengan tegas agar kesulitan warga ekonomi lemah yang sebenarnya berhak mendapatkan gas elpiji tersebut, tidak terjadi lagi di kota Manado. Baca: Penerapan ( Halaman 10)

Baksos Swara Kita Grup bersama Dinas Kesehatan Sulut

Gelar pengobatan gratis di GMIM Petra Mahakeret

Masih banyak warga Manado yang membutuhkan pelayanan medis. Tak heran jika pengobatan gratis yang digelar Surat Kabar Harian Swara Kita dan Swara Manado Online yang berada di bawah payung Swara Kita Grup yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Sulut di GMIM Petra Mahakeret, mendapatkan respon positif. Gelar bhakti sosial (baksos) dalam rangka HUT ke-16 GMIM Petra Mahakeret yang dilaksanakan Sabtu (30/11) akhir pekan lalu itu pun dibanjiri warga jemaat yang datang dari Kelurahan Mahakeret Barat dan Kelurahan Mahakeret Timur itu. Liputan Lukman Hadji PENGOBATAN gratis yang dipimpin dr Telma Ingkiriwang mendapat apresiasi positif dari warga jemaat GMIM Petra Mahakeret.(foto: lukman/sk)

PULUHAN warga jemaat GMIM Petra Mahakeret terlihat sudah memenuhi area pelaksanaan

baksos yang digelar di Pastori gereja yang merupakan pemekaran dari GMIM Sentrum Manado itu. Tak heran ketika Tim Baksos Dinkes Sulut tiba, pelayanan pun langsung diberi-

kan. Dipimpin dr Telma Ingkiriwang dan dibantu perawat Joula Goni, baksos pun mulai digulirkan sejak pukul 09.00 Wita. Dari puluhan pasien yang datang, rata-rata sudah

berusia senja. Menurut Ingkiriwang, kebanyakan keluhan para warga adalah penyakit yang tidak menular. Baca: Gelar ( Halaman 10)


SENIN 2 DESEMBER 2013

RELASI

Santa Claus berbagi kasih di itCenter

SANTA Claus kini benar - benar hadir di itCenter, untuk itu jangan sampai lewatkan kehebohan jelang Natal ini hanya bersama itCenter tempat belanjaku paling Oke.

HARI yang ditunggu anak-anak, kini datang. Sosok Santa Claus yang dikenal baik dan selalu saja punya hadiah untuk anak-anak baik di seluruh dunia, mampir di itCenter mulai Senin (2/12) hari ini sampai tanggal 4 Desember nanti. Merangkul putra-putri manis dari berbagai panti asuhan, itCenter dengan Big Faith Community pada hari ini menggelar acara khusus di it-Ballroom, lantai 5 itCenter. Santa Claus akan berbagi kebahagiaan bersama 150 anak-anak yatim piatu dengan acara yang dikemas seru dan penuh hiburan ini, juga akan menyuguhkan kegiatan nonton bareng film anak sekaligus membagi-bagikan hadiah dan bingkisan menarik, serta tentu saja nasihat-nasihat positif dari Santa Claus untuk semua anak. “Bukan hanya seremonial belaka, event ini dirancang khusus untuk memberikan masukan positif lewat nasihat dan pesan kasih melalui hiburan untuk anakanak panti asuhan. Bukan hanya hari ini, karena kami sudah menyiapkan banyak event Santa. Besok masih ada Event Santa Claus bersama Ka Daniel besok mulai jam 3 sore. Terbuka untuk umum dengan tiket masuk seharga 125ribu per anak. Bakal banjir hadiah dari sponsor tenant serta rekanan itCenter lainnya. Dan tanggal 4 Desember nanti seperti sejak tahun 2009 lalu, itCenter kembali akan menggelar event akbar tahunan Santa Parade 2013. Bakalan ada sekitar 500 Santa bersama mobil hias dari instansi, komunitas dan club yang akan berparade di kawasan Boulevard. Yang mau daftar gratis,” jelas Jim Seimahuira, Asistant Executive President Director itCenter. Bersama Ka Daniel Aguw, besok sore itCenter akan menggelar Meet with Santa, Parodi, fun clip, doorprize, games & quiz berhadiah seru akan menemani putra-putri anda dalam kemasan edutainment positif bersama Santa Claus, badutbadut dan souvenir menarik dari itCenter. Jadi daftarkan anak anda sekarang juga di itCenter. Dan jangan lewatkan kehebohan parade 500-an Santa Claus di itCenter tanggal 4 Desember nanti bersama Pemkot Manado, Polda Sulut, TNI, instansi pemerintah dan swasta, komunitas dan club lainnya yang akan turut dihadiri oleh Putra Presiden SBY, Edhie Baskoro atau yang dikenal warga dengan panggilan Ibas, beserta Jendral (Purn) P Edhie Wibowo. Santa Claus kini benar - benar hadir di itCenter, untuk itu jangan sampai lewatkan kehebohan jelang Natal ini hanya bersama itCenter tempat belanjaku paling Oke.(*)

Ibukota

10 APBD 2014 Manado capai 1 triliun lebih Kritikan Dekot menjadi catatan kritis GSVL-A Manado—Setelah penandatanganan Peraturan Daerah (Perda) terkait Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Manado tahun 2014, Walikota Manado GS Vicky Lumentut menyampaikan beberapa catatan, apresiasi dan komitmen penting yang akan dilakukannya ke depan. Menurutnya, penyampaian yang disampaikan personil Dekot Manado adalah bagian dari

keinginan memajukan Kota Manado. “Semua rekomendasi, kritik dan saran dari Dekot Manado, itu merupakan motivasi sekaligus masukan untuk eksekutif agar pemerintah bekerja lebih maksimal lagi. Selain itu, dekot juga punya harapan yang sama dengan eksekutif demi memajukan Kota Manado. Dalam penyampaian pandangan komisi memang berjalan alot. Ini semua adalah wujud kepedulian

yang tinggi dari legislatif dalam menyukseskan program Pemkot Manado,” ujar GSVL akhir pekan kemarin. APBD 2014 yang mencapai Rp1 triliun lebih tersebut, ditanggapi Walikota sebagai sebuah progres bagi Pemkot Manado yang harus dibarengi dengan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh stakeholder yang ada di Pemkot Manado. “Kali ini APBD mengalami peningkatan, berarti secara logis Manado mengalami pertumbuhan dan kemajuan. Ke depan, dari beberapa catatan penting yang disampaikan dewan akan

OLAHRAGA

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

kita perhatikan lagi. Sebab besarnya APBD 2014, dipastikan akan juga berefek positif pada pembangunan Kota Manado dari yang baik, menjadi lebih baik lagi,’’ katanya. Sebelumnya, program PBL Mapaluse selain mendapat resistensi dari beberapa anggota Dekot Manado, ternyata program ini diakui sebagai program hebat yang digagas Walikota Manado dimana belum pernah ada di daerah lain di Indonesia. “Kalau PBL Mapaluse ditiadakan, ini sama saja kita menghambat program Pemkot Manado. Patut diapresiasi karena

WALIKOTA Manado dan Pimdekot Manado saat menandatangani APBD 2014, Jumat (29/11) malam lalu.(foto: ist)

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut mampu merancang program ini. PBL Mapaluse ini baru satu-

PENGABDIAN 10 TAHUN

Kadispora buka pertandingan Liga Maasing Wawali terima penghargaan Manado—Perlombaan sepak bola yang dikemas dalam bentuk Liga di Kelurahan Maasing, Minggu (1/12) kemarin, dibuka secara resmi oleh Kadispora Manado, Drs Leo Sondakh sebagai perwakilan dari Walikota Manado. Peresmian perlombaan Liga Maasing tersebut turut dihadiri oleh Lurah Maasing, Muhamad Windu serta anggota Deprov Sulut Ayub Ali Albugis dan salah satu calon anggota legislatif Dr Suyanto Yusuf selaku sponsor utama dari kegiatan perlombaan yang direncanakan digelar selama kurang lebih 3 bulan tersebut. Dalam sambutan Kadispora mengatakan, bahwa pertandingan ini sangat sepenuhnya didu-

satunya di Indonesia,’’ tutur Ketua Legislatif Dekot Manado, Franklin Sinjal.(dede)

Satyalencana Karya Satya

LIGA Maasing dalam pertandingan sepak bola resmi di buka oleh Kadispora Manado.(foto:lukman/sk) kung oleh Walikota Manado menurut Ketua Panitia Yamin Vicky Lumentut. Apalagi Mokohama menjelaskan, kalau pesertanya hanya khusus di kegiatan ini, pesertanya hanya Kelurahan Maasing ini, dimana dikhususkan bagi warga yang ada sudah barang tentu lewat di Kelurahan Maasing dan bukan pertandingan ini, diharapkan dari Kelurahan lain. Hal ini tingkat solidaritas dalam bertujuan guna mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di persaudaraan di kelurahan ini Kelurahan Maasing ini akan terus lewat pertandingan sepak bola terjaga dan terjalin lebih baik lagi yang di langsungkan lewat liga kedepannya. Sementara itu, Maasing.(elha)

Manado—Wawali Manado, Harley Mangindaan SE MSM akan menerima tanda penghargaan kehormatan pengabdian yakni Satyalencana Karya Satya yang direncanakan diserahkan dalam upacara Senin (2/12) hari ini di lapangan Sparta Tikala. Tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya tersebut sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian, kesetiaan, kejujuran, kecakapan dan kedisiplinan PNS dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada pemerintah dan masyarakat. Wawali yang akrab disapa Ai pun menegaskan, dengan

pemberian penghargaan dari Presiden RI SBY tersebut, tentunya sebagai motivasi dan mendongkrak serta meningkatkan kinerjanya di masa mendatang. “Intinya penghargaan ini lebih memompa semangat saya untuk melayani dan mensejahterakan warga masyarakat kota Manado serta sekaligus menyukseskan hingga mewujudkan visi dan misi Pemkot Manado bersama Walikota Manado GS Vicky Lumentut,” terang Wawali Minggu (1/12) kemarin sembari menambahkan, hal itu juga berkat dorongan dan suport tanpa henti dari orang tua dan Istri

tercinta Seyla MangindaanKudati . Diketahui, selain Wawali, ada beberapa PNS Pemkot Manado yang akan menerima penghargaan tersebut. Tak ayal, ditambahkan Wawali, kalau tanda kehormatan tersebut hendaknya juga menjadi pendorong para PNS untuk bekerja lebih dispilin, jujur, dan cakap. “PNS adalah abdi negara dan pelayan masyarakat. Maka dari itu, harus memberikan teladan yang baik khususnya dalam meningkatkan pemerintahan yang demokratis dan terpercaya. Diharapkan, jumlah PNS yang menerima pengharagaan di masa mendatang dapat lebih banyak lagi,” ungkap Wawali jebolan Lemhanas 2012 angkatan VI ini.(teem)

Jubaidah Bugis, penjual nasi kuning

Bantu sang suami untuk mencari rezeki

Setiap pagi hari, dagangannya sering laris manis dikunjungi warga sekitar untuk membeli nasi kuning dan soft drink racikannya sebagai santapan pagi oleh para pelanggannya di kampung. IBU mudah yang cantik ini adalah Jubaidah Bugis warga Kelurahan Maasing lingkungan III. Dalam keseharian, Jubaida yang sering di sapa Juba ini, harus bisa membantu suaminya dalam mencari rezeki, sehingga modal yang pas-pasan membuatnya membuka usaha berdagang nasi kuning. Setiap hari, menu

nasi kuning buatan dirinya selalu menjadi incaran pembeli terlebih bagi anak-anak pecinta minuman soft drink. Tak heran keuntungan yang cukup memuaskan bagi dirinya pun sering di raupnya berkisar Rp300 ribu setiap harinya. Jumlah itu untuk sudah termasuk menutup biaya kebutuhan hidup sebesar Rp60

ribu setiap harinya. Ibu satu anak ini, dikenal dengan wanita yang tekun dalam berdagang, serta ramah terhadap pelanggan dan tetangga di sekitarnya. Hal inilah yang membuat dagangannya sudah dikenal oleh banyak orang. Ketekunanan dalam mencari nafkah untuk kebutuhan keluarganya

sehari-hari dalam berdagang, sudah dilakukannya hampir 3 tahun lamanya. Apalagi oleh dirinya sendiri sangat merasakan serta menaruh peduli terhadap suami tercintanya dalam bekerja setiap hari. “Penghasilan yang saya dapat sebagiannya saya sisipkan untuk di tabung agar sewaktu-waktu itu bisa

tersebut tidak punya uang, dengan terpaksa siswa ikut dibebankan juga,” keluh sejumlah orang tua siswa ketika bersua dengan wartawan, Kamis (28/11) pekan lalu. Kepsek SMPN 1 Manado, Jeanne Rey MPd, ketika dikonfirmasi mengaku pihaknya tidak pernah menginstruksi siswa dan guru untuk melakukan fotokopi lembaran tersebut. “Yang jelas tidak diinstruksikan atau dianjurkan dan diperintahkan untuk membebankan kepada siswa fotocopi lembaran sikap K13, karena itu semuanya adalah kewajiban sekolah,” jawabnya. Sementara itu, menjelang

akhir tahun 2013, seluruh kepsek jenjang SMA se-Kota Manado diminta untuk secepatnya memasukan laporan penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK), Rintisan Bantuan Operasional Sekolah (RBOS) dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Himbauan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado Dante Tombeg SPd MPd, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Menengah (Dikmen) Meiske Manoppo SPd, akhir pekan lalu. “Laporan DAK, RBOS, dan BOS, harus secepatnya dimasukan. Jangan sampai

dalam waktu dekan kami akan melakukan evaluasi dan mungkin turun

lapangan untuk meninjau pekerjaan proyek tersebut,” kuncinya.(dede)

medis untuk diperiksa. “Kami tidak membatasi para peserta yang mau berobat gratis. Apalagi yang saya ketahui, stok obat yang disediakan sangat mencukupi. Selaku Ketua Panitia dan

mewakili teman-teman panitia lainnya, saya merasa senang dengan adanya kegiatan sosial seperti ini,” ungkapnya seraya menambahkan, kalau acara puncak dari kegiatan perayaan ulang

sudah di buat. Oleh sebab itu, kepedulian dari Pemkota Manado terhadap bencana sangat begitu besar dimana ini buktikan dengan adanya pembuatan

fasilitas infrastruktur. Bukan hanya di Kelurahan Sumompo saja, melainkan di semua Kelurahan yang ada di Kota manado ini.”ulasnya.(elha)

JUBAIDAH Bugis, penjual nasi kuning

dipakai bila di perlukan. Namun yang pasti upaya berdagang seperti ini masih saya sangat nikmati apalagi itu sangat membantu suami

dalam mencari nafkah setiap hari demi kebutuhan hidup sehari-hari keluarga kami,” katanya dengan wajah senyum.(elha)

ada yang terlambat memasukan laporan ini, karena penting bagi pencairan tahap berikutnya,” ujar Manoppo. Sementara itu, disinggung soal pengerjaan proyek rehabilitasi sekolah yang diambil dari DAK,

Manoppo menjelaskan, bahwa realisasinya sudah 40%. “Tahap pertama 40% selesai sudah rampung. Sekarang sedang dipersiapkan untuk pencairan tahap kedua,” sambungnya.(emem)

Kadis ... dari Halaman 9 Utusan ... dari Halaman 9 Kemudian kerjasama ini akan melihat peluang lainnya yang bisa segera direalisasikan . “Kerjasama Sister City Manado-Liverpool akan berfokus pada bidang pendidikan dan olahraga dulu. Untuk bidang pendidikan akan dilakukan tukar menukar siswa, bantuan program beasiswa dan bantuan guru bahasa Inggris dari Liverpool,” kata Walikota visioner ini. Untuk khusus kerjasama pendidikan yaitu bantuan guru bahasa Inggris, kata Walikota, akan sangat mendukung dengan rencana pembangunan laboratorium bahasa Inggris yang bakal dibangun Pemkot Manado pada tahun depan. “Untuk bantuan guru bahasa Inggris, mereka akan memberikan pelatihan bahasa Inggris dalam laboratorium bahasa Inggris yang akan dibangun pemkot Manado tahun depan,” jelasnya. Sedangkan untuk kerjasama di bidang olahraga, rencananya akan dibangun akademi sepakbola yaitu akan bekerjasama dengan Liverpool untuk meningkatkan kemampuan sepak bola anak-anak di Kota Manado. “Kerjasama di bidang olahraga akan berupa pembangunan akademi sepakbola yang akan mendapat pelatihan langsung dari pihak Livepool. Diharapkan nanti akan muncul bibit-bibit unggul yang bisa mengharumkan nama Manado khususnya dan terlebih untuk Sulawesi Utara serta Indonesia,” kunci ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ini.(dede)

Kembali ... dari Halaman 9 Dia berharap, semua peserta dapat mengikuti sosialisasi ini dengan baik selama 3 hari, sehingga ketika kembali ke sekolah, masing-masing dapat disosialisasikan juga kepada sesama guru, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti sosialisasi seperti ini. “Perencanaan pembelajaran perlu diperhatikan seperti silabus yang merupakan acuan penyusunan kerangka pembelajaran untuk setiap bahan kajian mata pelajaran dan RPP yang merupakan rencana kegiatan pembelajaran,” paparnya. Terpisah, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Manado, Corry Tendean SH mengatakan jika pemerintah Manado mendukung penuh upaya guru dalam peningkatan kualitas. Menurutnya, pembelajaran K13 berbasis kompetensi, maka guru perlu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan serta sikap yang baik. “Sehingga nantinya dapat mempengaruhi peserta didik untuk melakukan hal yang sama,” timpalnya. Sementara itu, Ketua Panitia Sosialisasi K13, Drs Jefri Poluan mengatakan, peserta sosialisasi ini yakni guru yang ada di 15 kabupaten/kota di Sulut, dimana sekolah mereka belum menerapkan K13 pada tahun 2013 ini. “Peserta ini sebanyak 90 orang guru SMA/SMK di Sulut dan dilaksanakan selama tiga hari dari Kamis hingga Sabtu (akhir pekan lalu,red),” ujar Poluan.(emem)

“Saya sudah konfirmasi ke Kepsek, namun dia juga tak tahu dan tidak pernah mengintruksikan seperti itu kepada siswa maupun guru. Kemungkinan ini dilakukan oleh guru kelas tanpa sepenggetahuan Kepsek,” paparnya. Dia mengakui, sejak awal Dinas Pendidikan telah menghimbau kepada Kepsek maupun guru agar tak membebankan siswa untuk biaya seperti itu ataupun biaya dalam bentuk apapun. Apalagi ini merupakan sekolah negeri. “Saya berharap hal ini tak akan terulang lagi. Apalagi ada sekolah lagi yang kedapatan melakukan pungutan kepada

siswa,” pungkas Tombeg. Warning dari Tombeg ini terkait merebaknya isu pungli di sekolah tersebut. Seperti biaya fotokopi Lembar Penilaian Sikap (LPS) kurikulum 13 (K13), dibebankan kepada siswa dan guru mata pelajaran di kelas VII. Hal ini membuat sejumlah orang tua mengeluh. “Katanya sekolah gratis, tapi kenapa untuk fotokopi lembar penilaian sikap K13 menjadi beban siswa dan guru. Padahal, dana BOS di SMPN 1 Manado itu besar. Apakah biaya fotokopi seperti ini harus dikeluarkan dari kantong pribadi? Itu pun kalau ada uang. Kalau guru

Warga ... dari Halaman 9 “Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami tidak akan diam. Jika ada

laporan dari masyarakat, kami langsung turun lapangan. Kalau pun tidak,

Penerapan ... dari Halaman 9 Diakuinya, ketika memasuki hari-hari besar keagamaan, elpiji subsidi mulai menghilang yang kemungkinan telah diborong oleh warga yang sebenarnya tidak bisa menggunakan yang subsidi. “Kami sekarang pada posisi menunggu kapan aturan tersebut diterbitkan. Kalau sekarang kami sebagai pemerintah tidak bisa berbuat banyak. Jika pun akan turun di lapangan, itu harus melakukan koordinasi dengan pihak

Pertamina,” ungkapnya. Ditegaskan Sanjal, pemerintah daerah butuh aturan yang tegas untuk menindaki semua bentuk “permainan” yang tidak memihak ke masyarakat. Namun meski begitu, jika di lapangan didapati ada hal-hal seperti itu, akan dilaporkan langsung ke Pertamina. “Upaya kami kalau ada pangkalan atau agen elpiji subsidi menaikkan sepihak HET, izinya operasi usahanya akan langsung dicabut,” tandasnya.(teem)

tahun Jemaat GMIM Petra akan dilangsungkan pada tanggal 8 Desember mendatang dengan berbagai kegiatan. Sementara itu, Pemimpin Redaksi Swara Manado Online Ronald Rompas dari Swara Kita Grup mengatakan pihaknya senang bisa berkontribusi terhadap kegiatan yang berdampak positif bagi masyarakat.

“Namun, kegiatan ini tak bisa dilaksanakan tanpa ada keterlibatan Dinas Kesehatan Sulut. Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada Tim Baksos dari Dinas Kesehatan Sulut yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan yang kami laksanakan di jemaat GMIM Petra Mahakeret ini,” tutur Onal, sapaan akrab wartawan senior di Swara Kita Grup ini.(*)

Gelar ... dari Halaman 9 “Karena memang ratarata penyebab kematian tertinggi di Indonesia saat ini justru datang dari penyakit yang tidak menular,” ujar sang dokter, usai baksos. Ketua Panitia Hari Raya

Gerejawi GMIM Petra Mahakeret Alex Sasialang mengatakan, kalau jumlah peserta dalam pengobatan gratis ini tidak dibatasi. Apalagi ini terbuka untuk siapa saja yang membutuhkan pertolongan

Tunjang ... dari Halaman 9 Apalagi sebelumnya banyak dari beberapa warga yang sering mengeluhkan rusaknya jalan serta bahayanya tanah longsor dimana itu

FATHIA TJUNGKENG

sudah mulai diperbaiki oleh pemerintah. “Kini infra-struktur jalan dan serta pembuatan talud pada lingkungan yang rawan bencana tanah longsor,

0852 5691 1778, 0853 4050 9800

Keluhan ... dari Halaman 9 Untuk itu, Kepala Lingkungan I Kelurahan Mahakeret Barat, Agus Pangemanan, Minggu ( 1/12) kemarin, mengatakan, memang sudah banyak warga yang mengeluh soal permainan petasan yang sering dimainkan oleh anak-anak karena mengganggu kenyamanan. Bahkan permainan tersebut sudah barang tentu sangat membahayakan bagi anak-anak yang masih di

bawah umur. “Saya sangat berharap ini menjadi perhatian serta tang-gung jawab dari orang tua. Sebab memang akhir-akhir ini banyak warga yang resa dan terganggu dengan adanya bunyi petasan yang belum pada waktunya dipasang. Oleh sebab itu, upaya tegas akan saya lakukan karena ini sudah sangat mengganggu warga lingkungan,” tegasnya.(elha)


Minselutra Minsel, Minut, Mitra

SABTU 2 NOVEMBER 2013

CUACA BURUK

KDP himbau nelayan untuk tidak melaut AKHIR-akhir sebagian besar wilayah di Sulut dilanda cuaca buruk, termasuk salah satunya wilayah Minsel. Dimana angin kencang yang disertai hujan keras mengancam daerah ini. Dan demi menjaga keselamatan warga, Kristovorus Deky Palinggi SE (KDP) menghimbau warga Minsel, terlebih khusus para nelayan DEVKY Palinggi. untuk tidak melaut. “Saya himbau saudara-saudaraku, para nelayan untuk melihat kondisi cuaca sebelum melaut, dan kalau terjadi cuaca buruk sebaiknya tidak usah melaut. Hal ini mengantisipasi kejadian-kejadian yang kita tidak harapkan bersama,” tukasnya. Dirinya juga menambahkan, selain para nelayan, warga yang terletak di lokasi rawan bencana alam, seperti longsor dan banjir, harus tetap waspada. “Warga di daerah rawan bencana harus tetap waspada, bila hujan terjadi terus menerus, yang tinggal di daerah longsor dan banjir harus mencari tempat yang aman,” ujar mantan ajudan Gubernur Sulut DR SH Sarundajang ini. Sementara itu, dalam menghadapi cuaca buruk ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minsel, sudah menginstruksikan warga di daerah rawan bencana, untuk dapat berhati-hati saat cuaca buruk datang.(esem)

AGENDA DEKAB MITRA

Penetapan APBD-P segera diparipurnakan MELALUI Rapat Badan Musyawarah (Banmus) Dekab Mitra, yang dipimpin Ketua Tonny H Lasut AmTm, Jumat (1/10) kemarin, dalam rangka membicarakan rencana kegiatan dewan di bulan November tahun 2013 ini, diketahui APBDPerubahan bakal segera diparipurnakan. DJELLY Waruis. Tak hanya itu, pihak eksekutif dan legislatif rupanya tak mau berlama-lama untuk membahas serta menetapkan APBD tahun 2014, karena menyangkut kepentingan pembangunan daerah termasuk pelayanan kepada masyarakat. Adapun, jadwal yang telah disusun, yakni pada 4 November rapat dengar pendapat dengan Sekkab, Kabag Hukum, Dinas Pertambangan, BPLH, dan Dinas Kehutanan. Yang dilanjutkan dengan rapat Banggar dan TAPD, dalam rangka penetapan APBD perubahan Tahun Anggaran (TA) 2013. Pada 6 November, sesuai jadwal akan dilakukan rapat paripurna dalam rangka penetapan APBD perubahan TA 2013. Sementara itu, tanggal 11 November rapat paripurna penyampaian rancangan APBD TA 2014, 18-20 November pembahasan ranperda APBD TA 2014, oleh komisi-komisi Dekab Mitra bersama dengan mitra kerja, yakni pemkab. Lanjut, pada 21-27 rapat Banggar dan TAPD, pembahasn ranperda APBD TA 2014, kemudian pada 28 November Banggar dan komisi dalam rangka pembahasan ranperda tentang APBD tahun 2014. “Dan tanggal 29 November, rapat paripurna dalam rangka penetapan APBD 2014. Namun kegiatan bisa sewaktu-waktu berubah, menyesuaikan dengan kondisi,” ungkap Kabag Humas Dekab Mitra Djelly Waruis, kemarin.(esel)

ALTERNATIF

Jalan SBY mulai dipadati kendaraan MINAHASA Utara (Minut) dibawah kepemimpinan Drs Sompie Singal MBA dan Wakil Bupati Yulisa Baramuli SH, terus membangun Minut, terutama persoalan kemacetan di jalur Manado–Minut–Bitung, perlahan-lahan mulai diatasi dengan pembangunan jalan alternatif. Jalan alternatif yang telah dibangun dan telah difungsikan yakni jalur Sukur dan Matungkas ke arah Airmadidi yang dikenal jalan Sompie Bersama Yulisa (SBY). Jalan ini dianggap perlahan mulai mengurangi kemacetan arah Airmadidi-Bitung, maupun jalur alternatif utama Bitung-Airmadidi-Manado (Bandara Sam Ratulangi). “Jalan Sukur dan Matungkas ke arah Kolongan dan Maumbi Kecamatan Kalawat sudah ada pembangunannya dan sudah ada yang dihotmix, dan tinggal beberapa titik masih dalam perbaikan. Jalan ini nantinya akan bertemu dengan jalan Ring Road 2, Maumbi-Molas,” tutur Singal, Jumat (1/11) kemarin. Ditambahkan Singal, Minut adalah daerah penyangga dua kota yakni Manado dan Bitung yang butuh perubahan dan bebas dari kemacetan. Persoalan kemacetan di wilayah Maumbi– Airmadidi, tentunya akan segera berakhir, dengan adanya jalan alternatif utama Sukur – Matungkas – Airmadidi. Jalan SBY ini tembus di taman SBY di jalur Worang By Pass. “Sejumlah jalan alternatif telah dibangun dan ini diharapkan bisa mengatasi kemacetan,” kata Singal.(eres)

SURAT KABAR HARIAN

13

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

PERINGATAN HKN

Indonesai menuju sehat, menuju Mitra sehat Ratahan—Menuju Mitra sehat dengan filosofi rakyat sehat maka rakyat sejahtera, diharapkan Bupati Mitra James Sumendap SH, dapat terlaksana. Hal ini disampaikannya saat Pemkab Mitra menggelar jalan sehat dan senam massal, yang dirangkaikan dengan kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada 12 November 2013. Dalam arahannya, Sumendap berharap menuju Mitra sehat dengan filosofi rakyat sehat maka rakyat

BUPATI Mitra James Sumendap SH, bersama jajarannya mengikuti jalan sehat, kemarin.(foto:ist)

sejahtera, diikuti dengan semangat jajarannya yang dapat tercipta melalui kinerja yang baik. “Saya harap ini terlaksana dengan baik, karena menuju Mitra sehat, trakyat juga harus sehat, sehingga tercipta rakyat sejahtera,” ujarnya, disela-sela kegiatan, Jumat(1/11) kemarin. Lebih lanjut, Sumendap dalam arahannya juga menyatakan terimakasih dan memberikan apresiasinya kepada Dinas Kesehatan, serta PT ASKES yang telah menyelenggarakan rangkaian

kegiatan HKN, yang mengusung tema peringatan ‘Indonesia menuju sehat, menuju Mitra sehat dan Jaminan Kesehatan Nasional (HKN) yang bermutu’. Sementara itu, rangkaian kegiatan yang juga dihadiri Wabup Ronald Kandoli, Sekkab Ir BA Tinungki MEng, serta para pejabat dan PNS Mitra, selain jalan sehat dan senam missal, ada juga kegiatan kesehatan lainnya, yakni pemeriksaan gula darah, tes tekanan darah, pembagian obatobatan gratis.(esel)

Rumambi tepis adanya jatah-jatahan Honda K2 Proses seleksi sesuai aturan, dan dipantau langsung BKN dan Kemenpan Airmadidi—Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Minahasa Utara (Minut) Drs JA Rumambi, menepis adanya tudingan jatahjatahan atau titipan dalam proses seleksi peneriman Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lewat jalur Honorer Daerah (Honda) K2. Pernyataan itu ditegaskan Rumambi, lantaran merebak isu jika sejumlah Honda K2 bisa lolos dalam seleksi CPNS, asalkan menyetor sejumlah uang. “Proses seleksi CPNS Honda K2 dijamin kemurniannya dan tidak ada yang namanya jatah-jatahan atau semacam kewajiban, sebagai jaminan bahwa seorang bisa lulus,” tutur Rumambi, Jumat (1/11) kemarin. Rumambi menyayangkan,

JA Rumambi.

jika ada Honda K2 yang terpengaruh dengan adanya rumor yang berkembang, bila ingin lulus harus menyetor sejumlah uang. “Sekali lagi Honda K2 jangan bodoh, apalagi tertipu dengan iming-iming oknum tak bertanggungjawab. Perlu

diketahui proses seleksi itu sesuai aturan, dan pemantauan seleksi langsung dari pusat yakni BKN dan Kemenpan,” tegas Rumambi. Pengawasan proses seleksi Honda K2 begitu ketat, dan penilaiannya sesuai dengan kompetensi dan kemampuan yang dimiliki peserta. “Intinya, Honda K2 sebanyak 403 orang itu harus belajar dan menyiapkan diri secara matang saat melakukan tes yang rencananya digelar pada 3 November mendatang,” pesan Rumambi, yang juga ketua panitia seleksi ujian, sembari mengatakan menyangkut lokasi, nantinya ujian dipusatkan di SMA 1 Airmadidi dan panitia sudah merampungkan.(eres)

KOPRA

Pemerintah diminta perhatikan soal harga Ratahan—Harga salah satu komoditi yang menjadi penghasilan terbesar warga Mitra, pada sektor perkebunan yakni kopra, mengalami penurunan drastis. Komoditi ini tampaknya sedang berada dalam situasi yang memiriskan. Dimana selang dua bulan sebelumnya, harga kopra masih berada diatas Rp6000-an per kilonya, kini berada dikisaran Rp34 ribuan per kilo. Akan hal ini, tak sedikit para petani kopra harus mengeluhkan

soal harga yang anjlok tersebut, karena hasil yang diperoleh tak sebanding dengan biaya operasional yang lebih besar. Menanggapi harga kopra ini, LSM Gerakan Masyarakat Membangun (GEMMA) Mitra Viddy Ngantung, meminta agar ini dapat diperhatikan oleh pemerintah. “Pihak pemerintah maupun wakil rakyat, untuk dapat memperhatikan hal ini, sekaligus memperjuangkan harga kopra,” tandas Ngantung,

Jumat (1/11) kemarin. Dikatakannya, salah satu penunjang roda perekonomian daerah, adalah komoditi kopra, untuk itu ini harus didukung secara penuh oleh pihak pemerintah. “Sebab, kopra menjadi salah satu komoditi andalan dari masyarakat Mitra. Jika harga anjlok, otomatis yang dirugikan yaitu masyarakat dan dampaknya, daerah sendiri yang akan merasakannya,” kata Ngantung.(esel)

KEAHLIAN

Bapas Manado latih 42 narapidana Minut

RONNY Siwi.

Airmadidi—Perhatian akan kelangsungan hidup sejumlah narapidana yang berada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), menjadi perhatian Balai

Pemasyarakatan (Bapas) Kota Manado. Dimana dikatakan Kepala Bapas Manado Rosiam Sadi, jika narapidana bukanlah sesuatu yang patut untuk dihindari atau dikucilkan. Mereka juga tentunya membutuhkan berbagai keterampilan, untuk menyambung kehidupan mereka kedepan. “Untuk itu, bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Kelautan, kita memberikan berbagai pembelajaran kepada 42 narapidana yang ada di Minut, sehingga kedepan nantinya, apa yang mereka dapatkan dalam pertanian dan kelautan, dapat menjadi pegangan hidup mereka,” tutur Sadi. Ditambahkan Sadi, adapun kriteria narapidana

yang masuk dalam pelatihan keterampilan tersebut, mereka yang sudah mendapat bebas bersyarat, cuti bersyarat, dan menjelang bebas. “Ya mereka yang kita berikan bimbingan, karena sudah masuk dalam kriteria untuk kembali bergabung bersama masyarakat. Namun tentunya, walaupun mereka telah bebas bersyarat, wajib lapor masih harus terus dilakukan,” terang Sadi. Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Ir Ronny Siwi mengatakan, apa yang diberikan oleh Bapas Manado, sangat membawa dampak berarti bagi narapidana yang ada di Minut. “Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA, sangat mendukung apa yang dilakukan Bapas Manado, dan ini kita beri apresiasi, karena sifatnya kemanusiaan,” ucap Siwi, Jumat (1/11) kemarin.(eres)

Tetty saat meninjau proyek pemecah ombak di Kelurahan Bitung, kemarin.(1/11) kemarin.

PROYEK 2013

Tetty tinjau proyek tanggul pemecah ombak di Amurang Amurang—Pelaksanaan proyek pengaman pantai Amurang yang bersumber dari dana APBN dengan berbandrol Rp15 miliar lebih, sudah mulai dilaksanakan oleh kontraktor pelaksana. Dan untuk mengetahui lebih jelas sejauh mana perkembangan pekerjaan proyek tersebut, Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, Jumat (1/11) kemarin, turun langsung ke lokasi di Kelurahan Bitung Kecamatan Amurang, untuk meninjau proyek tanggul

pemecah ombak tersebut. Tetty, kepada sejumlah wartawan mengatan, tujuan pembangunan di wilayah pantai Amurang, diharapkan selain untuk memberi kenyamanan bagi warga yang tinggal di pesisir pantai, juga diharapkan bisa dijadikan obyek wisata yang ada di Kabupaten Minsel. “Pembangunan proyek pengaman pantai sebagai wujud kepedulian pemerintah dalam melayani warga Minsel, karena manfaatnya sangat banyak, sebab selain

untuk keamanan, ini juga bisa menjadi salah satu obyek wisata untuk Minsel,” ujarnya. Ditambahkannya, selain pembanguan pengaman pantai, direncanakan akan dibangun jalan boulevard, untuk menambah daya tarik wisatawan yang akan berkunjung di Kabupaten Minsel. “Nanti kedepan dilokasi ini juga akan ada jalan boulevard, sehingga minat wisatawan untuk berkunjung ke Minsel akan lebih banyak,” kata Bupati.(esem)

PEMBANGUNAN

Tetty buka rapat koordinasi PPIP Amurang—Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’Paruntu SE, Jumat (1/11) kemarin, membuka secara resmi Rapat koordinasi (Rakor) Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP). Dan dalam rapat tersebut yang digelar di Kambiow Resort Kelurahan Bitung Kecamatan Amurang, juga dilakukan tandatangan kontrak kerja antara Tim pelaksana PPIP dan Pemkab Minsel. Tetty—sapaan akrab Bupati Minsel ini, dalam arahannya meminta agar seluruh tim satuan kerja dan pemerintah desa penerima PPIP harus ada saling koordinasi dalam pelaksanaan kegiatan pekerjaannya, sehingga apa yang menjadi tujuan pemerintah dalam meningkatkan pembangunan di desa dapat terlaksana dengan baik. “Saya ingatkan kepada setiap desa yang menerima PPIP, untuk dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik, agar pemerintah pusat dapat terus memberikan kepercayaan di Kabupaten Minsel, sehingga diharapkan, ditahun-tahun yang akan datang, Minsel bisa kembali dipercaya untuk

BUPATI Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE didampingi Kadis PU Jotje Tuerah, membuka dan memimpin Rakor pembangunan PPIP, kemarin.(foto:servi/sk)

mendapat bantuan dalam peningkatan infrastruktur desa,” ujar istri tercinta dari Kristovorus Deky Palinggi SE (KDP) ini. Sementara itu, Ketua Satuan Kerja (Satker) Kabupaten Minsel Kadis Pekerjaan Umum Joutje Tuerah, bersama Ketua Tim PPK Dekky Suwu, dalam laporannya mengatakan, kerja keras Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’Paruntu SE, untuk terus memperjuangkan pembangunan di Minsel, kembali mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat sehingga Kabupaten Minsel mendapat bantuan PPIP tahap kedua sebanyak 66 desa. Untuk itu sangat di harapkan kepada tim

Satker dan pemerintah desa serta warga, agar dapat melaksanakan semua kegiatan PPIP tepat waktu, agar usulan permintaan bantuan desa lain bisa dikabulkan. “Kabupaten Minsel bisa mendapatkan bantuan PPIP ini, karena berkat lobi dari Bupati Christiany ‘Tetty’Paruntu SE, serta berkat doa-doa warga Minsel. Oleh sebab itu marilah kita laksanakan pekerjaan PPIP dengan baik dan sukses, sehingga tahun 2014 mendatang untuk desa yang belum mendapat PPIP, bisa segera mendapatkan bantuan dalam peningkatan infrakstruktur di daerah p e d e s a a n , ” ungkapnya.(try28/esem)


Nusa Utara Sangihe, Talaud, Sitaro

SENIN 2 DESEMBER 2013

Germita peduli AIDS

Ulu Siau—Mendekati hari raya Natal dan Tahun baru yang tidak lama lagi dirayakan, pemerintah daerah kembali mengingatkan para pengusaha yang memiliki tenaga kerja agar memperhatikan Tunjangan Hari Raya (THR) khususnya di wilayah Karangetang Mandolokang KoloKolo. Demikian disampaikan Bupati Toni Supit SE MM melalui Kepala Bagian Humas, Protokuler dan Persandian Setda Sitaro, James Marthin SPd pada harian ini Minggu (1/ 12) kemarin. “Pemerintah

daerah berharap ini akan menjadi perhatian dari para pengusaha dan pedagang agar memperhatikan kesejahteraan para tenaga kerja,” Tandas Marthin. Menurut Marthin, pembayaran THR sudah menjadi kewajiban yang harus dilakukan setiap usaha karena sudah menjadi hak dari tenaga kerja. “Sehingga apa yang menjadi hak dari tenaga kerja harus diberikan sesuai dengan tanggungjawab mereka dalam menjalankan pekerjaan sebagaimana dipercayakan. Itu

hak mereka (pekerja,red) sehingga harus diberikan,” tutur Marthin. Sementara itu, sejumlah tenaga kerja saat bersua dengan harian ini, mengungkapkan tempat mereka bekerja senantiasa memperhatikan kesejahteraan mereka. “Jadi setiap tahun ada THR yang selalu diberikan, baik dalam bentuk uang maupun barang. Tapi ada beberapa teman kami yang bekerja di tempat lain mengeluh karena tak ada THR,” ungkap sejumlah tenaga kerja.(esge)

WABUP saat membersihkan halaman RSUD Lapangan Sawang bersama dengan sejumlah pejabat dan Satpol-PP.(foto:ist)

SEPAK BOLA

PEMBANGUNAN

KEBERSIHAN

Tak kunjung diberikan, pemain Kotor, wabup turun tangan pertanyakan hadiah Bupati Cup

Jalan Dalokaweng-Lehupu terancam tidak selesai MESKI berbagai pihak berkompeten telah menyeruhkan untuk segera menuntaskan pelaksanaan proyek di Sangihe, namun hal ini justru tidak semuanya digubris dengan baik oleh pihak kontraktor pelaksana pekerjaan. Buktinya, jalan penghubung Dalokaweng-Lehupu Kecamatan Tabukan Selatan Tengah bakal tidak selesai sesuai dengan kontrak kerja yang ada. Menurut sejumlah warga Kampung Dalokaweng Kecamatan Tabukan Selatan Tengah ketika ditemui Swara Kita, proyek ini sendiri bernilai sebesar Rpp1,2 miliar dan resmi mendapatkan kontrak tertanggal 23 Mei 2013 dengan masa pelaksanaan pekerjaan selama 210 hari atau 7 bulan. “Sampai bulan Desember ini atau sudah memasuki bulan ke tujuh, pekerjaan jalan tersebut, fisiknya hanya mencapai sekitar 50% saja,” jelas sejumlah warga tersebut. Lebih lanjut mereka menyatakan, proyek yang dikerjakan oleh CV Timur Raya dari fisik yang belum dikerjakan sekarang, masih ada 2 play deker dan 2 buah jembatan yang tidak tersentuh. Padahal dalam kontrak tersebut, sejumlah pekerjaan itu masuk dalam kontrak. “Bulan Desember ini dipastikan pekerjaan tersebut tidak akan selesai, sehingga masyarakat yang ada khususnya kami warga Kampung Dalokaweng dan Kampung Lehupu sangat dirugikan oleh ulah kontraktor yang ada,” ujar mereka dengan kesal. Mereka juga menyatakan, pihak yang berkompeten harus menseriusi kontraktor maupun perusahaan yang melakukan pekerjaan tidak beres ini. “Tindakan tegas harus dilakukan, jangan karena oknum kontraktor adalah kerabat pimpinan daerah lantas yang bersangkutan seenaknya lari dari tanggungjawab pekerjaan yang ada. Kami harapkan juga aparat hukum juga menyikapi persoalan ini dengan serius,” imbuh mereka.(try31)

Ta h u n a — M e s k i perhelatan sepak bola Bupati Cup sudah selesai dilaksanakan sejak beberapa bulan lalu dan menghantarkan 4 club menjadi jawara hajatan tahunan ini, namun sampai saat ini justru panitia pelaksana dipertayakan komitmennya. Pasalnya, hingga sekarang, hadiah berupa piala bergilir dan tetap serta uang pembinaan bagi club yang menjadi juara, belum juga diserahkan. “Sampai saat ini hadiah tersebut tak kami dapatkan. Padahal hasil

pertandingan sudah selesai dan sejumlah club menjadi jawara telah menyelesaikan hajatan ini hingga tuntas,” ujar sejumlah official club jawara Bupati Cup. Bahkan, lanjut mereka, beberapa kali mereka menemui panitia pelaksana, namun jawaban yang diterima justru tak jelas kalau hajatan tersebut memiliki hadiah atau tidak. “Sudah beberapa kali kami menemui panitia untuk mempertanyakan hadiah tersebut, tetapi sampai sekarang tidak jelas.

bersihkan RSUD Sawang

Bahkan sejumlah panitia justru saling lepas tangan dan enggan memberikan komentar,” ujar mereka kembali. Sementara itu, sejumlah panitia yang berhasil ditemui Swara Kita ketika dikonfirmasi justru saling tolak menyangkut pertanyaan hadiah dimaksud. “Sampai sekarang ini yang saya tahu hadiah tersebut sudah ada, tetapi kapan akan diserahkan belum ada kejelasan,” jelas salah satu panitia yang meminta agar namanya jangan dikorankan.(try31)

Ulu Siau—Keluhan terhadap kondisi pelayanan hingga kebersihan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lapangan Sawang, ternyata bukan hanya datang dari pihak keluarga pasien. Namun akibat kondisi tersebut, membuat Wakil Bupati Siska Salindeho ikut langsung turun ke lokasi bersama dengan sejumlah pejabat dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) untuk melakukan pembersihan. Melihat hal tersebut, sejumlah keluarga pasien

TAMATAN PERAHU

Sangat menunjang aktifitas warga pesisir

SERVICE SPRINGBED, KURSI UKIR & KURSI SUDUT

Ulu Siau—Pengadaan fasilitas sebagai tempat untuk menambatkan perahu yang diadakan pada tahun lalu, hingga saat ini sangat dirasakan masyarakat. Sebab dengan adanya tambatan perahu tersebut, sangat menunjang aktifitas warga pesisir dalam melaut. “Tambatan perahu ini benar-benar sangat membantu kami, karena selain menghemat waktu, juga melancarkan aktifitas sehari-hari. Berbeda dengan dulu, sangat sulit.

Tapi sekarang segala sesuatu semakin dipermudah dengan adanya pembangunan tambatan perahu. Bahkan tidak sedikit fasilitas yang mulai disediakan pemerintah,” ungkap Klemen dan Hendri, warga Siau Timur Selatan (Sitimsel). Perlu diketahui, dengan berotonomnya Kabupaten Sitaro, pembangunan demi pembangunan sangat pesat di negeri 47 pulau tersebut. Bahkan pembangunan tambatan perahu makin merambah hampir di

memberikan apresiasi kepada wabup yang langsung turun membersihkan halaman RSUD dan mengangkat sampah-sampah serta menyayangkan pihak RSUD yang kurang memperhatikan kondisi tersebut. “Ini kan rumah sakit, tapi kok kebersihannya kurang diperhatikan pihak RSUD sendiri. Malahan wabup sendiri turun langsung,” ungkap sejumlah warga yang juga keluarga pasien. Menurut warga, apabila seorang pemimpin daerah

turun langsung melakukan pembersihan di lokasi yang seharusnya menjadi tanggungjawab pejabat diinstansi yang ada yakni RSUD, sudah menjadi tolak ukur bahwa pejabat tersebut tidak mampu. “Baru masalah kebersihan diinstansi sendiri sudah tidak mampu diurus, apalagi masalah penanganan kesehatan di rumah sakit ini. Jadi ini bisa menjadi bahan pertimbangan kedepan dari pemimpin daerah agar pelayanan kesehatan di RSUD ini dapat optimal,” tukas warga.(esge)

INFRASTRUKTUR

seluruh pulau-pulau, sehingga baik oleh warga yang memiliki taxi perahu dan juga nelayan bisa menggunakan sarana yang disiapkan oleh pemerintah daerah itu. Menurut Sekretaris Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sitaro, Gandhawari L Mulalinda SIP MSi, mengingat tambatan perahu merupakan sarana yang cukup penting bagi warga, maka perlu dilakukan pembangunan. “Ini juga untuk mempermudah mereka ketika melakukan aktivitas mereka sehari-hari,” kata Mulalinda.(esge)

Akses pertanian sangat memadai Ondong—Penyediaan sarana infrastruktur di kabupaten penghasil pala terbesar di dunia oleh pemerintah daerah sudah sangat memadai, dengan dibangunnnya beberapa akses transportasi pertanian dan perkebunan di setiap kelurahan dan kampung sebagai salah satu komitmen pemerintah daerah dalam menyediakan sarana infrastruktur yang memadai. Bupati Sitaro, Toni Supit SE MM melalui Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (DPPK)

BBM

BERBAGAI MACAM MEREK, UKURAN & JENIS KERUSAKAN SPRINGBED KURSI UKIR, DAN KURSI SUDUT ANDA !!!

Sitaro, Ir James E Makasenda MM mengatakan, untuk memajukan sektor pertanian dan perkebunan tentunya yang terlebih dahulu diimbangi dengan penyediaan sarana infrastruktur yang memadai bagi warga dalam meningkatkan perekonomian. Ini agar warga dimudahkan dalam mengakses hasil pertanian dan perkebunan. “Untuk memajukan dan mengakses hasil pertanian dan perkebunan, tentunya diimbangi dengan penyediaan sarana infrastruktur yang memadai bagi warga.

Dengan begitu warga dipermudah dan turut meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan warga pedesaan,” kata Makasenda. Sehingga, pemerintah daerah telah berupaya menyediakan sarana infrastruktur yang benarbenar sangat memadai bagi masyarakat dalam menunjang sektorpertanian.“Bahkanmasih banyak akses jalan produksi pertanian yang sedang diupayakan untuk dibangun, dan ini sudah menjadi komitmen pemerintah daerah dalam mensejahterahkan masyarakat,” tandas Makasenda.(esge)

PELANGGARAN PILKADA

HET ditetapkan, agen & penimbun gigit jari Hari ini Panwaslu akan bertindak

UNTUK SPRINBED

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI MODEL TAMBAH UKURAN UNTUK KURSI UKIR DAN KURSI SUDUT

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI KAYU CAT BARU

PESANAN KHUSUS MEMODIFIKASI SPRINGBED HASIL & KWALITAS DIJAMIN MEMUASKAN CONTACT PERSON HP. 085398766171 081340050546

Melonguane—Sikap tegas Pemkab Talaud dengan terbitnya peraturan Bupati Nomor 17 dan 18 Tahun 2013 yang menetapkan harga eceran tertinggi (HET) Bahan Bakar Minyak (BBM) membuat sejumlah agen dan penimbun yang sering menaikkan harga, terpaksa gigit jari. Sikap tegas bupati Constantine Ganggali ini siap ditindak lanjuti oleh Dinas Kehutanan, Pertambangan dan Energi (Hutamben) Talaud.

SUBARU FORESTER A/T TAHUN 2007

MITSUBISHI LANCER EX TAHUN 2008

CHEVROLET BLAZER TAHUN 2003

TOYOTA HARRIER 2.4 Tahun 2008

AC,Tape,Velg,PS, PW, CL, MIRROR, KM 44.000, MULUS. OTR Rp 215 jt, UM : 95 jt , Angsuran Rp 4.898.000 X 35 Bulan Asuransi TLO 3 thn

UM Rp. 203 jt, angsuran Rp. 7.300.000 x 28 bulan ( Lanjut Kredit )

Chevrolet Blazer Tahun 2003 AC, Tape, Velg, PS, PW, CL, Mulus Sekali, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 2.435.000 x 21 bln, Ass All Risk.

Fullvar, velg 22, soundsystem, airsuspension OTR Rp 453jt, UM Rp 99jt, AngsuranRp 11.998.000X47 bulan Asuransikombinasi

DAIHATSU TERIOS TS EXTRA TAHUN 2011 Harga Rp. 115 jt, UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 3.100.000 x 48 bln

15

Pengusaha diminta perhatikan kesejahteraan para tenaga kerja

GEREJA Masehi Injili Talaud (Germita) bekerja sama dengan Pemprov Sulut dan mission 21 lembaga Nirlaba asal pembinaan Swiss, Rabu (4/ 12) mendatang akan menggelar sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS bagi tokoh dan pemuda gereja di pulau Salibabu. Kegiatan yang dimotori oleh Pokja Pembinaan dan Penanggulan HIV/AIDS Germita ini, sedianya akan diikuti 100 peserta. Menurut Rubby Bungkuran, sosialisasi akan dilaksanakan 2 hari dengan menghadirkan pembicara dari Pemkab dan pimpinan Germita. “Diharapkan kehadiran dari seluruh peserta yang diundang karena pentingnya kegiatan ini,” ujar Rubby. Sosialisasi ini sendiri mengambil tempat di gereja Germita Musafir Lirung dan akan dimulai pukul 09.00 Wita. Maksud dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi tokoh dan pemuda gereja tentang cara mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS. “Sebagai tokoh dan pemuda gereja diharapkan kita semua mampu menjadi pelopor dalam hal pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten Talaud,” tambah Rubby.(try27 )

TOKO MEDAN JLN. LEMBONG NO.16 MANADO

Berpikir dan Berbuat

Pemkab ingatkan soal THR

KESEHATAN

HUBUNGI

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

AC,Tape,velg,PS,P W,CL,Alarm,Mulus sekali. OTR Rp. 165 jt, UM Rp. 31 jt, Angsuran Rp. 4.299.500 x 47 bln. Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun

NISSAN GRAND LIVINA XV TAHUN 2011

Menurut Kepala Dinas Hutamben Kabupaten Talaud, tim pengawasan direncanakan dalam minggu ini akan turun melakukan pengawasan akan pemberlakuan HET BBM dan penindakan terhadap agen, pangkalan maupun pengecer yang menjual dengan harga lebih tinggi. “Penetapan HET BBM ini adalah bukti keseriusan pemkab mengatasi kelangkaan akibat permainan oknum-oknum yang

CHEVROLET CAPTIVA 2.4 LT A/T TAHUN 2011

Mulussepertibaru OTR Rp 265jt, UM: Rp50jtS Angsuran: Rp7.298.000 x 47 bulan Asuransikombinasi

Toyota Kijang Innova Tahun 2004 AC, DB, Tape, velg, PS,PW, CL, alaram OTR Rp 149jt, UM:Rp 26jt AngsuranRp 4.198.000 x 47 bulan

AC, tape, velg, PS, PW, CL, Rp. 129 jt, UM Rp. 26 jt, angsuran Rp. 3.498.000 x 47 bln.

membuat BBM mahal serta sulit dijumpai di Talaud,” tegasnya. Diketahui, untuk premium terendah ada di Lirung, Beo dan Melonguane pada kisaran Rp7 ribu hingga tertinggi di Nanusa dan Miangas sebesar Rp8.500. Sedangkan solar tertinggi di Miangas seharga Rp7 ribu. Sementara harga minyak tanah terendah Rp4.100 di Beo, Lirung dan Melonguane. Untuk Nanusa dan Miangas harga minyak tanah menyentuh Rp5.450.

Dalam perbup tersebut juga diatur sanksi pencabutan ijin operasional bagi APMS dan penutupan tempat usaha yang melakukan pelanggaran. “Tidak ada kompromi bagi siapapun, karena ini menyangkut hak masyarakat yang selama ini sudah dipermainkan oknum-oknum tertentu. Apalagi BBM di Talaud adalah BBM bersubsidi.” tegas Kadis Hutamben yang juga Wakil Ketua Tim Pengawasan BBM Kabupaten Talaud.(try27)

Melonguane—Tudingan dan kritikanpedaswargaterhadapkinerja Panwaslu Kabupaten Talaud yang dianggap takut menindak sejumlah pelanggaran dalam kampanye pasangan calon pilkada, membuat gerah Ketua Panwaslu, Suryadi Pangelu. Adi demikian sapaan akrabnya menyatakanbahwapanwaslumulai Senin (2/12) hari ini akan segera beraksi.Ditemuidiruangannya,Adi menjelaskan,bahwaPanwasluperlu proses dalam menindak setiap laporan pelanggaran yang disampaikan masyarakat maupun

panwascam. “Setiap laporan perlu dilengkapidengandatadanbuktiagar kamidapatmemprosesnya,”ujarnya. Dari laporan yang masuk dan bukti-bukti yang ada, maka panwaslu segera mengambil tindakantegassesuaidengantingkat pelanggaran yang dilakukan pasangan calon. “Semuanya ditindaki berdasarkan hak dan kewenangan yang dimiliki Panwaslu dan tingkat pelanggaran yang dilakukan. Namun yang pasti, Panwaslu tidak main-main..”ujar Adi menutup perbincangan dengan Swara Kita.(try27)

AVANZA G TAHUN 2010

TOYOTA ALTIS G TAHUN 2003

DAIHATSU TERIOS TX TAHUN 2010

Nissan Livina XR tahun 2008

Daihatsu TARUNA OXY TAHUN 2005

AVANZA G TAHUN 2009

AC, DB, Tape, velg, PS,PW, CL, alaram OTR Rp 129jt, UM:Rp 21jt AngsuranRp 3.650.000 x 47 bulan Asuransikombinasi

UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 3. 598. 000 x 47 bulan.

AC,DB, tape, velg,PS,PW, CL, Alaram OTR Rp. 155 jt, UM Rp. 30 jt, angsuranRp. 4.250.000 x 47 bulan Asuransikombinasi.

AC,Tape,Velg,PS,PW,CL OTR Rp 125jt, UM :Rp 26jt AngsuranRp 3.399.000 X 47 bulan Asuransikombinasi

AC,Tape,Velg,PS,CL,Alarm OTR Rp 115jt, UM: Rp22jt AngsuranRp 3.198.000 X 47 bulan Asuransikombinasi

AC, DB, Tape, velg, PS,PW, CL, alaram OTR Rp 125jt, UM:Rp 24jt AngsuranRp 3.598.000 x 47 bulan Asuransikombinasi

Isuzu Panther HONDA ALL NEW JAZZ Tahun 2009 PUTIH LS Tahun 2002 OTR Rp. 95 jt, UM Rp. 16 jt, angsuran Rp. 2.650.000 x 47 bln.

CJ TAHUN 1984

OTR Rp 179 jt, UM Rp. 36 jt, Angsuran Rp 4.750.000 X 47 bulan, Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

ISUZU PANTHER TOURING 2009/2008

MITSUBISHI TS PU TH. 2004

Model Jeep Wrangler bagus sekali Rp. 175 jt

Mulus, Rp 45jt,UM Rp 15jt, Angsuran Rp 1.358.000 X 36 bulan.

UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 4.550.000 x 47 bln, ass all Risk 1 thn. OTR Rp. 165 jt

TOYOTA STARLET THN 1996 TURBO LOOK AC, Tape, velg, PS, PW, CL, mulus sekali, Rp. 99 jt, UM Rp. 29 jt, angsuran Rp. 2.386. 000 x 48 bln.


02122013  
Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you