Issuu on Google+

SWARA KITA TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

SELEBRITI

Ogah cowok botak KABAR kedekatan penyanyi Vicky Shu dan mentalis Deddy Corbuzier belakangan menjadi perbincangan luas, setelah keduanya terlihat berciuman mesra dalam sebuah video di Youtube. Deddy yang ingin menampilkan sulap terbarunya mencium pipi Vicky sebelum memulai aksisinya. Gerah dengan kabar tersebut, Vicky sudah membantah bahwa dirinya dan Deddy tidak ada hubugan apa-apa. Vicky pun menegaskan bahwa pria berkepala plontos seperti Deddy bukanlah tipe lelaki idamannya. Baca: Ogah ( Halaman 2 )

INTERNASIONAL SENJATA NUKLIR

Netanyahu mengingatkan Obama soal bahaya Iran

MEGABINTANG Real Madrid Cristiano Ronaldo mendesak manajemen klub untuk membeli striker AS Monaco Radamel Falcao. Diyakini CR7—julukan Ronaldo—, kehadiran eks striker Atletico Madrid itu bisa mengatasi krisis striker yang menghinggapi El Real di awal musim ini. Lini depan menjadi salah satu masalah krusial yang dihadapi El Real musim ini.

RABU 2 OKTOBER 2013 NOMOR 02387 TAHUN VII

KPU Talaud dibekukan Hasil sidang DKPP putuskan Buatasik Cs langgar Kode Etik

VICKY SHU

Krisis striker, CR7 desak Madrid datangkan Falcao

Manado—Satu lagi kasus pelanggaran Kode Etik yang dilakukan para penyelenggara pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU). Setelah sebelumnya sudah banyak kasus dimana Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberhentikan secara tetap atau membekukan Komisioner KPU, kasus serupa terjadi untuk Komisioner KPU Talaud. Dalam sidang putusan yang digelar di Gedung DKPP, Jl MH Thamrin No 14 Jakrta Pusat, Selasa (1/ 10) kemarin, Panel Majelis yang Ketua Nur Hidayat Sardini memutuskan, lembaga pimpinan Jimly Asshiddiqie itu menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada tiga Komisioner KPU Talaud, yakni Melky Buatasik, TH Pinilas, dan Magdalena Anada. Ketiganya adalah Ketua dan Anggota KPU Talaud. Dari empat komisioner itu, ada satu yang direhabilitasi oleh DKPP yakni anggota KPU Talaud Mexny Tamaroba karena tidak terbukti bersalah dalam pelanggaran Kode Etik. Sementara tiga komisioner tersebut di atas terbukti bersalah melanggar kode etik penyelenggara pemilu. “Menjatuhkan sanksi berupa ‘Pemberhentian Tetap’ kepada Teradu I, Teradu II, dan Teradu IV atas nama Sdr Melky Buatasik SP MSi, Sdr TH Pinilas STh, dan Sdri Magdalena Anaada SPd,” ujar Sardini saat membacakan amar putusan. Baca: KPU ( Halaman 2 )

KPU Sulut diperintah langsung ambil alih proses Pilkada Talaud

KETUA Panel Majelis DKPP Nur Hidayat Sardini saat memimpin sidang putusan perkara Komisioner KPU Talaud yang digelar di Gedung DKPP, Jl MH Thamrin No 14 Jakrta Pusat, Selasa (1/10) kemarin.(foto: ist)

DKPP putuskan nama KPU Kotamobagu direhabilitasi Manado—Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah menggelar sidang terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu dengan Nomor Perkara 106/DKPPPKE-II/2013, dengan pelapor Anugrah Begie Chandra Gobel SE MEP dan Anggota Dekot Kotamobagu Bob Paputungan ST (Pengadu I) serta Rivaldi SH sekalu advokat (Pangdu II). Hasilnya, DKPP memutuskan menolak pengaduan

Pengadu untuk seluruhnya. Demikian hasil putusan sidang DKPP yang diketuai Prof Dr Jimly Asshiddiqie SH, yang digelar di Gedung DKPP Jl MH Thamrin No 14 Jakarta Pusat, Selasa (1/10) kemarin. Atas putusan ini DKPP memerintahkan agar nama para Komisioner KPU Kotamobagu direhabilitasi. “Merehabilitasi terhadap nama baik Para Teradu I, Teradu II, Teradu III, dan Teradu IV atas nama Nayodo Kurniawan, Amir Halatan

SSos, Nova R Tamon ST, Meti Mokoginta yang masing-masing sebagai Ketua dan Anggota KPU Kotamobagu,” demikian putusan tersebut. Kemudian DKPP memerintahkan kepada KPU Provinsi Sulut untuk melaksanakan Putusan ini, dan memerintahkan KPU RI dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini. Baca: DKPP ( Halaman 2 )

Hengkangnya Gonzalo Higuain dan Jose Callejon membuat ujung tombak Madrid hanya bertumpu kepada Karim Benzema dan pemain belia Alvaro Morata. Dan produktifitas Benzema jauh dari harapan. Dari tujuh pertandingan La Liga musim ini, striker asal Prancis itu baru mencetak 2 gol. Baca: Krisis ( Halaman 2 )

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

CORETAN HUT SKH. SWARA KITA

Sewindu kami melangkah SEWINDU sudah perjalanan Surat Kabar Harian (SKH) Swara Kita dalam melayani para pembaca koran di Sulut pada khususnya, dan nasional pada umumnya. Hadir sebagai koran umum sejak 1 Oktober 2005, tahun ini usia kami sudah mencapai angka 8 tahun, Selasa (1/ 10) kemarin. Sebuah umur yang terbilang muda untuk ladang pengabdian yang panjang, namun penuh dengan ucapan syukur bila mengingat perjuangan untuk tetap eksis hingga saat ini. Waktu sewindu ini telah menjadi awal tekad kami untuk berbuat lebih. Terlebih setahun terakhir, di mana kami telah ber-upaya untuk melakukan metamorfosis dalam kehidupan internal kami, sehingga membuat kami bisa lebih kuat. Metamorfosa ini belumlah usai, namun telah menunjukkan sebaran kekuatan bagi kami. Kondisi membuat kami lebih menghayati apa yang kami punyai saat ini: keteguhan hati dan semangat pantang menyerah. Modal-modal ini membuat kepercayaan makin bertumbuh besar di sanubari kami. Hal ini membuat kami lebih percaya diri dan optimis dalam pengabdian

Oleh Hendra Zoenardjy* kami di masa mendatang. Berbagai harapan telah membuat kami terharu dan langsung menata tekad untuk melangkah lebih maju lagi. Mengalir dengan slogan “Berpikir dan Berbuat”, beban untuk berpengapa justru kian berat. Harus ada implementasi yang lebih nyata lagi, tak boleh hanya sekadar slogan di atas kertas. Dan sebuah titik kepuasan haruslah jauh dari genggaman kami, supaya spirit memperbaiki diri terus berproses, supaya posisi kenyamanan tersebut tidak menjadi awal kejatuhan kami. Baca: Sewindu ( Halaman 2 )

SURAT GELEDAH BOCOR

KPK resmi periksa 3 pegawai PN Manado Jakarta—Surat izin penggeledahan yang akan dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di rumah Ketua DPD PDIP Sulut Olly Dondokambey diduga bocor. KPK pun memeriksa 3 orang dari Pengadilan Negeri (PN) Manado terkait bocornya surat itu. Mereka diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (1/10) kemarin. Ketiga orang itu adalah OLLY Dondokambey.

pang pesawat di Indonesia tidak tahu aturan keselamatan penerbangan. “Kita sangat menyayangkan terjadinya hal itu karena membuat image di dunia internasional penumpang tidak tahu aturan keselamatan. Terlepas penyebabnya,” ujar Djoko. Sedangkan Direktur Umum Lion Air Edward Sirait menyatakan, maskapai penerbangan pimpinannya tidak akan memidanakan penumpang yang membuka paksa pintu darurat pesawat dengan nomor penerbangan JT-775. “Kami tidak pernah mengatakan itu. Kami serahkan ke pihak bandara dan polisi untuk mengecek apa yang terjadi,” kata Edward.

Martin J TH Ruru selaku Panitera PN Manado, Marthen Mendila selaku Pegawai PN Manado, serta Kepala Sub Bagian Umum PN Manado, Mourets Muaja. “Mereka akan diperiksa terkait bocornya surat penggeledahan,” kata Juru Bicara KPK, Johan Budi. Humas PN Manado Novrry Oroh SH sebelumnya mengatakan kalau tiga pejabat PN Manado itu kooperatif dan memenuhi panggilan KPKJ. “Dengan surat panggilan yang telah diberikan oleh KPK kepada 3 pejabat kami, maka 3 pejabat ini telah memenuhi panggilan dari KPK dengan keberangkatan mereka ke Jakarta. Mererka dimintai keterangan terkait pembocoran surat penggeladahan 3 rumah milik Olly,” tutur Oroh.

Baca: Lion ( Halaman 2 )

Baca: KPK ( Halaman 2 )

INSIDEN AC PESAWAT MATI

Lion Air telah abaikan pelayanan konsumen PM Israel Benjamin Netanyahu dan Presiden AS Barack Obama.(foto: ist)

PERDANA Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu mendesak Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama untuk tetap mempertahankan sanksi terhadap Iran saat ini dan mempersiapkan diri untuk menindak keras jika Iran tetap mengembangkan senjata nuklir. Permintaan itu dibungkus dengan kata-kata yang lembut dengan tetap menjaga hubungan yang solid dengan AS meski Iran berusaha masuk dalam hubungan itu. “Saya ingin menyampaikan penghargaan saya kepada Anda untuk pekerjaan besar dalam pemberian sanksi untuk menggagalkan Iran dalam menyiapkan senjata nuklir,” kata Netanyahu kepada Obama di hadapan wartawan di Kantor Oval, Washington. “Menurut saya, ancaman militer dan sanksi keras yang kredibel adalah formula satu-satunya yang bisa mendatangkan resolusi damai terkait masalah ini,” ujarnya. Obama menjawab permintaan Netanyahu bahwa AS sedang menjajaki hubungan yang baik dengan Presiden baru Iran, Hassan Rouhani. Dia menggambarkan bahwa AS akan berusaha menyelesaikan masalah ini dengan baik. “Kami akan masuk ke dalam perundingan dengan Iran tetap berpikir jernih,” katanya. Hubungan Netanyahu dan Obama agak merenggang saat Pemilihan Presiden AS 2012. Saat itu, Israel justru mendukung lawan Obama, Mitt Romney dari Partai Republik. Namun setelah Obama terpilih, Netanyahu mulai melakukan pendekatan dan hubungan keduanya kembali mesra. Jumat pekan lalu, Obama dan Rouhani sempat berkomunikasi melalui sambungan telepon. Usai komunikasi selama 15 menit itu, Rouhani mengatakan ingin menjalin hubungan baik dengan AS dan berusaha mencari pengurangan sanksi. Baca: Netanyahu ( Halaman 2 )

Jakarta—Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menaruh perhatian atas insiden yang menimpa maskapai penerbangan Lior Air nomor penerbangan JT755 di Bandara Sam Ratulangi Manado, Senin (30/9) lalu. Direktur Angkutan Udara Kemenhub, Djoko Wiratmojo berujar, Lion Air telah mengabaikan pelayanan konsumen dengan tidak menyalakan pendingin di dalam kabin, sehingga membuat penumpang ricuh sampai membuka pintu darurat pesawat. Menurutnya, alat pendingin dalam kabin sudah seharusnya tersedia dalam pesawat. “Kami akan mengirimkan surat edaran tertulis untuk meningkatkan

PENUMPANG Lion Air mengamuk di dalam bandara setelah batal berangkat di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Senin (30/9) lalu.(foto: ist)

pelayanan publik,” ujarnya dalam wawancara bersama Kabar Petang tvOne, Selasa (1/10) kemarin. Hanya saja,

Kemenhub tidak akan memberikan sanksi kepada maskapai penerbangan Lion Air tersebut. Djoko berujar,

tidak ada pelanggaran yang dilakukan Lion Air. “Kita lihat kasus itu berdasarkan hasil investigasi tidak terjadi pelanggaran prosedur,” katanya. Di satu sisi, Djoko menyesalkan aksi nekad penumpang Lion Air membuka paksa pintu jelang pesawat lepas landas. Menurutnya, apapun alasannya hal itu melanggar undang-undang yang berlaku. “Jadi apapun alasannya membuka paksa pintu pesawat adalah sebuah pelanggaran undang-undang,” kata dia. Menurutnya, tindakan itu bisa membuat citra penumpang pesawat Indonesia terpuruk di mata dunia internasional. Djoko khawatir masyarakat dunia menilai penum-

HUT ke-8 SKH. Swara Kita

Henzoe: Ini bukti kita tim yang solid

Tidak terasa 1 Oktober 2013, Surat Kabar Harian (SKH) Swara Kita telah sewindu mencerdaskan masyarakat Bumi Nyiur Melambai melalui memberitaan yang melalui proses ”Berpikir dan Berbuat”. Lebih dari itu, SKH. Swara Kita ingin terus memberikan informasi yang benar dan akurat, terlebih mampu menjembatani aspirasi masyarakat. PERAYAAN Hari Ulang Tahun (HUT) SKH Swara Kita yang ke-8, pada Selasa (1/10) kemarin masih mengusung konsep keserderhanaan. Penuh hikmat, seluruh

pimpinan perusahaan baik Manager Pemasaran, Musyawarah Redaksi (Musred) dan karyawan SKH. Swara Kita serta Swara Manado Online, baik divisi redaksi,

iklan dan pemasaran, bersama-sama mengikuti ibadah syukur yang dipimpin Pdt Rayus Sinampu STh. Baca: Henzoe ( Halaman 2 )

JAJARAN Pimpinan Swara Kita Grup, Musyawarah Redaksi dan Pdt Rayus Sinampu STh, bersama-sama meniup lilin HUT ke-8.(foto: boyz/sk)


RABU 2 OKTOBER 2013 Sewindu ... dari Halaman 1 Persaingan industri persuratkabaran saat ini yang super ketat membuat semangat untuk terus berbenah harus terus hadir. Khususnya untuk mengawal berita yang berimbang dalam mengawasi pembangunan di daerah ini. Makin banyaknya koran yang terbit, menjadikan semangat kami bertambah. Karena kami yakin, semua media adalah saudara dalam membangun. Apalagi di beberapa media baru banyak sudah teman-teman kami yang meretas karir. Terakhir, mantan Wakil Pemimpin Redaksi kami— Michael Towoliu—kini telah eksis dengan menjadi Pemimpin Redaksi di SKH. Sulut Express, koran yang didirikannya 2 bulan lalu. Kemajuan mantan rekan-rekan kami di media yang lain, kami anggap menjadi kemajuan kami semua, dalam bingkai Keluarga Besar SKH. Swara Kita. Apalagi kami sendiri sejak 10 November 2012 tahun lalu telah melahirkan Swara Manado Online, media online dalam Swara Kita Grup. Ini membuat kami lebih yakin akan langkah maju kami di masa mendatang. Keyakinan luar biasa yang mengiringi langkah maju ini, kami yakin, hadir berkat kepercayaan para pembaca yang selama ini menjadi dasar keberadaan kami. Karenanya, ungkapan terima kasih yang tak terhingga kami haturkan kepada komunitas pembaca SKH. Swara Kita yang telah setia bersama kami selama ini, baik sejak awal kami ada hingga pembaca yang baru saja memulai berada dalam komunitas kami ini. Seluruhnya kami kemas dalam kesukseskan kita bersama. Bagi kami, tak ada pembaca lama atau baru, karena pada hakekatnya yang ada hanyalah pembaca yang sejati, kawan kami dalam berkarya. Terima kasih pula kami haturkan pula kepada pihak-pihak yang membuat media kami ini diterima luas di Manado. Haru kami dipercaya melayani para pembaca hingga sampai ke tingkatan lingkungan di Manado, ibukota daerah kita yang tercinta ini. Hal inilah yang membangkitkan spirit memberi yang terbaik, karena kami ada di semua pelosok ibukota Sulut ini. Tak lupa pula kami berterima kasih kepada para nara sumber. Karena sejak awal kami paham nara sumber menjadi bagian penting yang tak bisa dipisahkan dari keseharian kami. Tanpa nara sumber, tentu kami akan bermarstubarsi dalam pemberitaan. Untuk itu, dalam kesempatan yang indah ini, sangat layak ungkapan tulus terima kasih juga kami sampaikan kepada seluruh nara sumber yang pernah terlibat dalam pemberitaan kami. Dan yang tak kalah penting adalah terima kasih kepada seluruh mitra harian ini. Karena tanpa adanya kemitraan kita ini, mustahil SKH. Swara Kita masih eksis hingga hari ini. Rasa percaya menjadikan kami mitra dalam berbisnis menjadi modal bagi kami dalam memutar roda kehidupan koran kami ini. Apalagi semakin bertambah tahun kian banyak mitra yang telah menyatu hati bersama kami, untuk menghadirkan karya dan produk bagi masyarakat daerah tercinta ini. Hanya saja, sebagai manusia yang tak luput dari salah, kami mohon maaf apabila pemberitaan kami sela ini ada yang telah menghadirkan ketidaknyamanan. Baik yang dinilai telah terjadi secara sengaja atau pun tidak sengaja, sekali lagi kami mohon maaf. Meski pun sebenarnya kami tak pernah beritikad buruk untuk memunculkan ketersinggungan mau pun ke-kurang berkenanan, namun kami mohon dimaafkan jika telah dinilai demikian. Akhirnya, segala keberadaan kami selama ini dan semua harapan besar kami di masa yang akan datang, kami serahkan pada kuasa Yang Maha Besar Tuhan. Tuhan kiranya selalu memberkati kita semua. Semoga, Syaloom...(*penulis adalah Pemimpin Redaksi SKH. Swara Kita, dan Direktur Swara Kita Grup)

Henzoe ... dari Halaman 1

Utama

2 ”Shutdown” lumpuhkan pemerintah AS Untuk Nasional & Mancanegara

Jakarta—Pemerintah Amerika Serikat (AS) tengah dipusingkan dengan tidak turunnya anggaran akibat tidak mufakatnya DPR dan Senat. Akibatnya, pemerintah kekurangan dana untuk membiayai operasional negara, membuat Paman Sam masuk dalam situasi shutdown, atau matinya layanan publik. Drama shutdown ini dimulai pekan lalu saat pembahasan anggaran setahun ke depan di Kongres AS di Washington. Saat itu DPR yang dikuasai Republikan meluluskan anggaran pengeluaran, namun tidak menyertakan Affordable Care Act atau Undang-undang kesehatan yang digagas Barack Obama, yang tenar disebut Obamacare. Republikan mengajukan dua amandemen, yaitu penundaan anggaran Obamacare selama

setahun, dan pencabutan pajak perangkat medis Obamacare. Namun langkah ini harus terlebih dulu disetujui Senat, yang tentu saja menolak karena mendukung program presiden yang mereka usung. Senat yang dikuasai Demokrat menolak proposal DPR yang menafikan Obamacare. Senat menginginkan Kongres meluluskan anggaran yang murni CR (continuing resolution), atau tanpa adanya perubahan program sama sekali. Sejak Jumat hingga Senin, terjadi ping-pong proposal antara DPR dan Senat. Penolakan dibalas dengan penolakan. Para pemimpin partai Demokrat menegaskan bahwa mereka tidak akan goyah menghadapi taktik pemerasan yang dilakukan oleh Republikan. Menurut

jumlahnya dapat digunakan dengan proporsional, tanpa memasukkan Obamacare yang dinilai merugikan. Republikan berharap, anggaran tahun ini bisa lebih dihemat lagi. Anggaran tahun fiskal 2013 seyogyanya berjumlah US$1.043 triliun yang disetujui Kongres untuk jangka enam bulan. Namun karena penghematan otomatis atau sequester pada 1 Maret lalu, anggaran hanya tersisa US$988 miliar sampai akhir tahun ini. Memasuki jatuh tempo penetapan anggaran, yaitu pukul 00.00 tanggal 1 Oktober 2013, kesepakatan belum juga diraih. AS akhirnya pada pukul 00.01 masuk ke tahap shutdown yang pertama kali sejak 17 tahun lalu. Pembiayaan tidak bisa dilakukan sehingga berbagai lembaga terpaksa ditutup sementara dan ratusan

ribu PNS dirumahkan tanpa gaji. Dirumahkannya hampir 1 juta PNS gaji harian tanpa dibayar adalah dampak terbesar dari shutdown. Sebanyak 1.265 PNS di antaranya bekerja di Gedung Putih, hanya 436 yang dipertahankan. Mereka yang tetap bekerja juga hanya mendapatkan tunjangan minimal. PNS yang menganggur juga berasal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA), Kementerian Kehakiman, kantor perdagangan dan Badan Perlindungan Lingkungan. Tidak terkecuali NASA yang terpaksa menghentikan operasi karena ketiadaan biaya. Berbagai tempat tujuan pariwisata seperti Taman Nasional dan museum ditutup. Padahal, per harinya tempattempat ini bisa kedatangan 750.000 pengunjung.

Diperkirakan kerugian bisa mencapai US$30 juta setiap harinya. Sektor yang tidak berhenti beroperasi adalah pertahanan. Para tentara tetap akan bertugas, tapi sekitar 800.000 pegawai sipil terpaksa dirumahkan. Obama menjamin para tentara tetap akan mendapatkan gaji mereka tepat waktu. Tentara ini digaji dua kali sebulan, setiap tanggal 1 dan 15 tiap bulannya. Diperkirakan gaji tanggal 15 akan tertunda jika shutdown masih berlangsung hingga 7 Oktober mendatang. Selain merumahkan PNS, shutdown juga menyebabkan The Internal Revenue Service (IRS) atau dinas pajak AS tidak bisa bekerja. Seluruh audit pajak akan dihentikan karena ketiadaan sumber daya manusia.(vinc)

sebagai pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Talaud tahun 2013 pada Pilkada Talaud, atau putusan lain yang seadil-adilnya. Sementara itu Petitum Pengadu II, bahwa berdasarkan uraian di atas, Pengadu I memohon kepada DKPP berdasarkan kewenangannya untuk memutuskan, menyatakan Para Teradu yakni Ketua dan Anggota KPU Talaud terbukti melanggar Kode Etik Berat, menyatakan Teradu I, Teradu II, Teradu III, dan Teradu IV diberhentikan tetap dari jabatannya sebagai Ketua dan Anggota KPU Talaud, memerintahkan kepada KPU Sulut untuk mengikutsertakan bakal pasangan calon atas nama Noldi Tuwoliu SE MA dan Irene B

Riung SSos, ikut sebagai peserta Pilkada Talaud periode 2014-2019, atau putusan lain yang seadiladilnya. Sedangkan Petitum Pengadu III, bahwa berdasarkan uraian di atas, Pengadu memohon kepada DKPP berdasarkan kewenangannya untuk memutuskan, mengabulkan Aduan Pengadu untuk seluruhnya; Menyatakan Teradu I, Teradu II, Teradu III, Teradu IV terbukti melanggar kode etik penyelenggara Pemilu; Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Teradu I, Teradu II, Teradu III, Teradu IV sebagai anggota Penyelenggara Pilkada Talaud. Kemudian memerintahkan KPU RI dan

Bawaslu RI untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini; Menyatakan Pengadu berhak mengikuti Tahapan Pilkada Talaud periode 2014–2019 yang dilangsungkan oleh KPUD Talaud pada tanggal 29 Oktober 2013; DKPP menilai para Teradu, terutama Teradu I, Teradu II, dan Teradu IV terbukti melanggar Kode Etik penyelenggara Pemilu, karena dianggap tidak cermat, tidak profesional, dan terindikasi berpihak. Sedangkan Teradu III dinilai tidak melanggar kode etik karena mengambil sikap berbeda dengan para Teradu lainnya. Panel Majelis dalam sidang putusan ini dengan Ketua Nur Hidayat Sardini didampingi Nelson

Simanjuntak, Saut Hamonangan Sirait, Ida Budhiati, Valina Singka Subekti, dan Anna Erliyana. KPU Sulut yang dimintai keterangan terkait putusan DKPP ini mengaku siap menjalankan perintah itu. “Pada intinya kami (KPU Sulut, red) akan menjalankan keputusan DKPP tersebut, tetapi kita tentunya akan melakukan pleno dulu. Secepatnya, menindaklanjuti perintah tersebut,” ujar Komisioner KPU Sulut Vivi George dihubungi Swara Kita tadi malam. Ditanya soal perintah DKPP pada KPU Sulut untuk mengambil-alih tahapan Pilkada Talaud yang sementara berjalan, George kembali mengatakan kalau pihaknya akan ptuskan itu dalam pleno.(dewe)

tanggal 3 Agustus 2013, dimana Djelantik dicantumkan dalam Daftar Caleg. Padahal Djelantik belum mengundurkan diri dari Walikota Kotamobagu serta Para Teradu dalam melakukan verifikasi terkait keabsahan Surat Ketua DPRD Kotamobagu terhadap Berita Acara 40/ BA/KPU-KK/VIII/2013, yang secara faktual menyebutkan bahwa memang surat Ketua DPRD tersebut tanpa sepengetahuan unsur pimpinan lainnya, yakni Diana JE Roring dan Bob Paputungan. Terhadap dalil pengaduan Pengadu, Teradu membantah yang pada pokoknya menyatakan Teradu pada tanggal 2-8 Agustus 2013 sesuai tahapan verifikasi Daftar Calon Sementara

Hasil Perbaikan (DCSHP) telah melaksanakan sesuai dengan peraturan perundangundangan. Sebelum dilakukan Rapat Pleno, Para Teradu sudah melakukan tahapan-tahapan verifikasi terlebih dahulu, termasuk verifikasi Daftar Calon Sementara Hasil Perbaikan (DCSHP). Selain itu para Teradu sebelum melakukan Rapat Pleno terlebih dahulu berkonsultasi secara berjenjang kepada KPU Sulut serta KPU RI. Para Teradu menyatakan bahwa tindakannya sudah sesuai ketentuan Pasal 67 PKPU Nomor 5 Tahun 2008. Dalam rangka mendapatkan kebenaran secara formal, para Teradu melakukan Verifikasi keabsahan surat Pengunduran Diri Djelantik

kepada Pemprov Sulut. Pada tanggal 9 Juli 2013 para Teradu diterima oleh. Ferry Paat selaku staf Tata Usaha Gubernur di Setdaprov Sulut. Untuk membuktikan jawaban dan penjelasannya, Teradu mengajukan bukti T1 s/d T-23 dalam jawabannya teradu tidak mengajukan saksi; Berdasarkan penilaian atas fakta-fakta dalam persidangan sebagaimana diuraikan, DKPP memutuskan, setelah memeriksa keterangan Pengadu, memeriksa dan mendengar jawaban Teradu, dan memeriksa bukti-bukti dokumen yang disampaikan Pengadu dan Teradu serta Pihak Terkait, DKPP menyimpulkan bahwa, DKPP berwenang mengadili pengaduan Pengadu,

Pengadu memiliki kedudukan hukum (legal standing) untuk mengajukan pengaduan a quo, bahwa para Teradu tidak terbukti melakukan pelanggaran kode etik. “Bahwa dengan demikian, DKPP merehabilitasi nama baik para Teradu,” demikian hasil putusan sidang kemarin. Putusan ini ditandatangani Ketua DKPP Prof Dr Jimly Asshiddiqie SH, serta anggotanya yakni Dr Valina Singka Subekti MSi, Pdt Saut Hamonangan Sirait MTh, Prof Dr Anna Erliyana SH MH, Ir Nelson Simanjuntak SH, Nur Hidayat Sardini SSos Msi, dan Ida Budhiati SH MH. Asli Putusan ini telah ditandatangani secukupnya, dan dikeluarkan sebagai salinan yang sama bunyinya.(dewe/try26)

pesawat. Mereka keberatan terbang dengan pesawat yang tidak memiliki pendingin udara alias AC yang tak layak, hingga penumpang merasa kepanasan saat berada di dalam pesawat. Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Angkasa Pura I,

Bandara Sam Ratulangi Alan Pusung membenarkan jika insiden penumpang yang tiba-tiba turun dengan cara memaksa membuka pintu darurat. “Penumpang turun dari pesawat karena merasa kepanasan. AC pesawat kurang dingin,” kata Pusung.(vinc/dw)

LINDUNGI OLLY?

pemerintah itu aja enggak bisa dilindungi kalau seseorang bisa bersalah,” kata Pramono di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. Oleh sebab itu, ia merasa jika omongan Nazar tak perlu ditanggapi dengan serius. Sebab ia sangat percaya dengan KPK sebagai lembaga pemberantas korupsi. “Yang bisa melindungi kalau dia tidak melanggar hukum. Jadi menurut saya enggak bisa ditanggepin kalau memang enggak ada orang satu pun yang bisa memberikan perlindungan orang yang katakanlah sedang tersangkut dalam persoalan dengan KPK,” ujarnya. Mantan Sekjen PDIP ini justru berkelakar dan menyebut jika ia tak mampu melindungi orang yang terkena kasus korupsi. Bahkan, kata dia, ia pun tak mampu melindungi diri sendiri. “Jadi enggak ada yang akan bisa melindungi. Saya melindungi diri saya sendiri saja susah,” pungkasnya.(lip6/rees/ merc/dw)

KPU ... dari Halaman 1 Atas putusan tersebut, DKPP juga memerintahkan kepada KPU Sulut untuk mengambil alih tanggung jawab KPU Talaud dalam melanjutkan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Talaud bersama Teradu III (Tamaroba, red), dengan senantiasa berkonsultasi kepada KPU RI dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. Diketahui, dalam perkara ini Komisioner KPU Talaud diadukan oleh tiga bakal calon Bupati Talaud yang tidak diloloskannya. Mereka adalah Eben Haiser Sasea (Pengadu I), Noldi Tuwoliu (Pengadu II), dan Alex Riung (Pengadu III). Adapun Petitum Pengadu I, bahwa berdasarkan uraian tersebut di atas, Pengadu I

memohon kepada DKPP berdasarkan kewenangannya untuk memutuskan, menyatakan para Teradu yakni Ketua dan Anggota KPU Talaud terbukti melanggar Kode Etik Penyelenggara Pemilu yang diatur dalam Pasal 6 butir a, Pasal 9 butir b, e, Pasal 11 butir a, b, c dan d, Pasal 12 butir a dan Pasal 15 butir a dan b, Peraturan Bersama KPU, Bawaslu, dan DKPP No 13 Tahun 2012, Nomor 11 Tahun 2012, Nomor 1 Tahun 2012 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu. Memberikan sanksi kepada Para Teradu yakni Ketua dan KPU Talaud berupa pemberhentian tetap, memulihkan hak konstitusi dari Pengadu serta mengakomodir Pengadu I

DKPP ... dari Halaman 1 Nayodo kepada Swara Kita tadi malam mengaku senang dengan putusan tersebut. “Puji syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa, putusan hasil sidang DKPP menolak aduan dari Pengadu terhadap KPU sebagai Teradu,” ujarnya dihubungi via telepon. Kedepannya, lanjut dia, pihaknya berkonsentrasi menyelesaikan tugas masa periode yang sebentar lagi berkahir. “Saat ini kami konsentrasi pada sisa masa bhakti yang hampir selseai dalam penyelanggaraan pemilu. Jika ada pihak yang kurang puas dengan kinerja kami, maka kami memohon maaf,” ujar Nayodo. Diketahui, dalam perkara ini, pihak Pengadu pada pokoknya mendalilkan bahwa perbuatan para KPU

Dia juga mengkonfirmasi soal pengakuan sejumlah penumpang yang mengaku dicari-cari satpam bandara karena membuka paksa pintu itu. Menurut Edward, Lion Air harus membuat laporan mengenai kelayakan penerbangan terkait kasus ini sehingga pihaknya

Kotamobagu meloloskan Drs Djelantik Mokodompit sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dekot Kotamobagu dapil Kotamobagu Barat dengan Nomor Urut 2 dari Partai Golkar, padahal Djelantik belum mengundurkan diri dari Walikota Kotamobagu. Hal ini Nayodo Cs dinilai melanggar ketentuan Pasal 4 huruf k, Pasal 9 ayat (1), (2), (3), (4), dan Pasal 21 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 07 Tahun 2013 tentang Pencalonan Anggota DPR/DPRD. Selian itu, Para Teradu telah melakukan verifikasi terkait keabsahan Surat Ketua DPRD tentang Keterangan Proses Usulan Pemberhentian Walikota Kotamobagu sesuai dengan Berita Acara Nomor 40/BA/ KPU-KK/VIII/2013 pada

membutuhkan kronologi. “Kami tidak berniat melaporkan dan memidanakan (penumpang),” tukasnya. Diketahui, penumpang Lion Air dengan nomor penerbangan JT-775 yang akan menuju Jakarta dari Bandara Sam Ratulangi tiba-tiba bergegas turun dari

Krisis ... dari Halaman 1

KPK ... dari Halaman 1 “Usia yang kedelapan adalah berkat yang sangat besar bagi SKH Swara Kita. Tuhan mengingatkan kita untuk menjalankan tiga perintah-Nya yaitu pertama senang mengikuti setiap aturan Tuhan, jangan melakukan apa yang dilarang Tuhan dan ketiga tetap menjaga kesatuan,” pesan Sinampu yang mengangkat firman Tuhan dalam Kejadian 2:15-17. Sementara itu, Direktur Swara Kita Grup Hendra ‘Henzoe’ Zoenardjy yang juga Pemimpin Redaksi (Pemred) mengingatkan seluruh karyawan untuk tetap solid dalam menjalankan tugas sebagai jurnalistik. Henzoe juga ikut memuji seluruh karyawan yang hingga kini masih tetap setia bersama-sama membangun Swara Kita Grup. “Saya berterima kasih khusus kepada teman-teman yang sudah sama-sama berjuang sejak delapan tahun yang lalu. Dan hingga kini kita tetap mampu menjaga kepercayaan publik dengan output pemberitaan yang kita miliki. Harus saya akui, ini adalah bukti bahwa tim yang ada sekarang adalah tim yang solid,” ujar Henzoe, yang dalam ibadah kali ini didampingi istri tercinta, Ny Citra Zoenardjy-Kunsiang. Seperti diketahui, perjalanan SKH Swara Kita selama 8 tahun terakhir, telah banyak mengalami kemajuan, terkait kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) setiap wartawan yang otomatis menghasilkan pemberitaan yang berkualitas. Bahkan, sejak 10 November 2012, SKH. Swara Kita telah meluncurkan berita online tercepat dan terakurat yang bisa dibuka melalui alamat webside www.swaramanado.com. Puncak kegiatan HUT Swara Kita Group nantinya akan dilaksanakan pada 9 November 2013, melalui kegiatan sosial dan olahraga bersama.(emem)

Berpikir dan Berbuat

mereka, Republikan telah menyandera negara hanya dengan dasar ideologi penghematan ekstrem mereka, atau yang dikenal dengan kelompok Tea Party. “Kami tidak akan tunduk pada para anarkis Tea Party,” kata Ketua Senat, Harry Reid, dilansir Reuters. Obamacare mengharuskan setiap warga negara memiliki asuransi kesehatan. Republikan yang digawangi Senator Ted Cruz, mengajukan amandemen Obamacare dengan alasan skema ini merugikan pengusaha dan pemerintah federal. Beberapa Republikan juga mengeluhkan pajak tinggi yang dikenakan pada perangkat kesehatan, yang berujung hengkangnya pengusaha ke luar negeri. Republikan berharap anggaran yang kian sedikit

Lion ... dari Halaman 1

DUA anggota termuda SKH. Swara Kita, Yunita Datalamon (kiri) dan Lukman Haji (kanan), ikut meniup lilin ulang tahun.(foto: boys/sk)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

Disentil dengan nantinya jika dirinya dna juga para wartawan turut dipanggil KPK, menurut Oroh dia tidak masalah. “Ya, kalau memang saya juga akan ikut dipanggil maka tentunya saya siap berangkat. Tidak menutup kemungkinan juga, kalau temanteman wartawan ikut dipanggil KPK maka dengan senang hati saya akan bersama-sama dengan rekan-rekan waratwan pergi ke KPK,” ujarnya. Diketahuii, awalnya, KPK berencana menggeledah rumah Bendahara Umum PDIP itu di Manado yang terletak di Jalan Manibang, Kelurahan Malalayang. Namun, rencana penggeledahan itu sudah bocor sehari sebelumnya atau sejak Senin 23 September 2013 malam. Bahkan, surat permintaan izin untuk menggeledah rumah Olly yang disampaikan KPK kepada Pengadilan Tipikor Manado beredar di media setempat sejak Selasa 24 September 2013.

KPK pun kemudian langsung berkoordinasi dengan pihak Pengadilan Manado untuk mengetahui lebih jauh mengenai pembocoran rencana geledah ini, termasuk siapa pelaku dan motif pembocoran. Penggeledahan ini sendiri dilakukan lantaran KPK menduga ada jejak-jejak tersangka kasus Hambalang di rumah Olly. Adapun tersangka yang dimaksud adalah mantan petinggi PT Adhi Karya Teuku Bagus Muhammad Noor. Semantara itu, terkait kasus dugaan penerimaan hadiah dan janji pada proyek Hambalang dengan tersangka Anas Urbaningrum, KPK kembali menjadwalkan seorang mahasiswa bernama Wahyudi Utomo sebagai saksi. KPK sedianya memeriksa Wahyudi pada Kamis pekan lalu, namun yang bersangkutan berhalangan hadir. Sehingga, ia pun dijadwalkan ulang untuk diperiksa hari ini.

Terlepas dari pemeriksaan terhadap 3 pejabat PN Manado itu, terpidana kasus korupsi Wisma Atlet Muhammad Nazaruddin kembali berceloteh. Kali ini, ia menyebut jika Olly dilindungi oleh salah satu Wakil Ketua DPR. Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR, Pramono Anung yang juga rekan satu partai Olly enggan menanggapi secara serius pernyataan Nazar tersebut. Pramono sangat percaya dengan independensi yang dimiliki oleh KPK. Pramono mengatakan, KPK punya kewenangan besar dalam memberantas korupsi. Bahkan ia mencontohkan, KPK tidak tanggung-tanggung menangkap besan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Aulia Pohan dan mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. “Beginilah KPK itu punya kewenangan begitu luar biasa yang namanya besan presiden ketua umum partai

Kalah jauh dari Ronaldo yang berposisi di area sayap dan sudah mencetak 6 gol. Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap langkah Los Blancos di kompetisi La Liga. Ronaldo dan kawan-kawan kini terpaku di posisi 3 klasemen sementara dengan 16 poin. Tertinggal lima poin dari Barcelona dan Atletico yang nangkring di posisi dua teratas. Menurut Punto Pelota, selain mendesak Madrid, Ronaldo telah meminta agennya, Jorge Mendes,

untuk membujuk Falcao bergabung ke Santiago Bernabeu pada bursa transfer tengah musim, Januari 2014 mendatang. Seperti diketahui, Mendes juga merupakan agen Falcao. Bomber Timnas Kolombia itu dan istrinya diketahui kesulitan beradaptasi dengan kehidupan di Kota Monaco. Masalah pajak tinggi juga menjadi alasan lain yang bisa jadi membuat Monaco memutuskan untuk melepas El Tigre itu ke Madrid.(vinc)

Ogah ... dari Halaman 1 “Deddy baik banget. Sudah kenal lama juga. Sebenarnya cowok botak bukan tipe aku kali ya,” ujar Vicky di Jakarta Barat, Selasa (1/10) kemarin. Diakui pemilik nama lengkap Vicky Veranita Yudhasoka ini, saat kabar kedekatannya dengan Deddy menyebar di media,

dia sempat bingung. Pasalnya, Vicky sendari dulu sangat menghindari gosip. “Aku sebenernya nggak terlalu suka gosipgosip gitu. Makannya pas denger kabar itu ya aku bingung,” pungkas perempuan kelahiran Cilacap, 8 Juli 1987 itu.(kplc)

Netanyahu ... dari Halaman 1 Israel mengingatkan agar AS berhati-hati untuk memelihara hubungan dengan Iran. Apalagi, menurut Netanyahu, dia mengendus upaya Iran untuk memperdaya AS dan PBB. Yang lebih mengerikan jika rudal itu siap, maka Israel akan menjadi sasaran pertama. “Iran memiliki rencana untuk menyerang Israel,” katanya. Obama mencoba menenangkan kekhawatiran Is-

rael. “Kami akan menguji komitmen Iran melalui diplomasi,” kata Obama. “Kita harus melihat apakah sebenarnya mereka serius tentang kesediaan mereka untuk mematuhi normanorma internasional, hukum internasional, dan resolusi. Kami dengan itikad baik akan mendekati mereka secara diplomatis. Kami akan masuk ke dalam negosiasi ini dengan sangat jernih,” ujarnya.(temc)


RABU 2 OKTOBER 2013

SULUTRON

Bara harap kasus Lurah Susan tak terulang DESAKAN warga Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan, yang mendesak Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahya Purnama (Jokowi-Ahok) untuk mengganti Lurah Susan Jasmine Zulkifli, ditanggapi Ketua DPP PAN, Bara Hasibuan. Dia dengan tegas mengatakan, desakan warga untuk menggnati Susan menunjukkan rendahnya pemahaman terhadap penghormatan nilai-nilai Pancasila dan kemajemukan sebagai fondasi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Apabila desakan mengganti pejabat publik yang dilandasi perbedaan keyakinan itu disetujui, maka dapat dikhawatirkan kasus ini akan menginspirasi dan menjadi pembenaran dalam upaya mengganti pejabat-pejabat lainnya,” ujar Bara saat berkunjung ke Manado, Selasa (1/10) kemarin. Oleh karenanya, lanjut dia, terkait dengan hal tersebut maka PAN menyatakan sikap dan pendapat, bahwa penolakan sekelompok warga terhadap kehadiran Susan sebagai Lurah Lenteng Agung merupakan test case terkait seberapa jauh kita memahami dan menghormati prinsip Pancasila sebagai dasar kehidupan bangsa. “Seharusnya dalam negara Pancasila yang berkarakteristik majemuk, pejabat publik dinilai berdasarkan kompetensi, bukan hal-hal seperti ras, suku dan agama. Menurut keterangan Pemprov DKI Jakarta, Susan telah melewati tes kompetensi tersebut. Sehingga tidak ada alasan menolak Susan hanya berdasarkan keyakinannya,” tukas Bara. Untuk itu, kata dia, PAN mendukung sepenuhnya sikap tegas yang ditunjukkan Jokowi-Ahok dengan mempertahankan Susan sebagai lurah setempat. Dikatakannya, jika terjadi Susan ditarik maka dikhawatirkan dapat memberikan inspirasi dan menjadi pembenaran kelompok masyarakat tertentu untuk melakukan desakan mengganti pejabat publik karena adanya perbedaan keyakinan. Cara penyelesaian dan akhir dari kasus ini akan memberikan dampak signifikan bagi kehidupan bangsa Indonesia kedepan. “Karenanya sikap Jokowi-Ahok itu untuk mempertahankan Susan, secara langsung telah berkontribusi pada usaha untuk mempertahankan dan memperkuat kemajemukan bangsa serta semangat toleransi. Sehingga kita berharap kasus Lurah Susan tak terulang,” kata Bara. Bara kemudian mendesak pemerintah pusat untuk berperan aktif dalam mempromosikan nilai toleransi di masyrakat. “Kementerian Dalam Negeri harus menghargai, bukan ikut melemahkan proses seleksi yang berdasarkan kompetensi,” tukasnya.(dewe)

BPBD Bitung gelar latihan gladi Posko KEGIATAN Command Post Exercises (CPX) atau Latihan Gladi Posko Badan Penangulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung digelar pada akhir waktu lalu di Balai Pertemuan Umum Kantor Walikota Bitung. Latihan Gladi Posko atau CPX menurut Kaban BPBD Drs Jeffri Wowiling MSi adalah usaha untuk pengurangan resiko bencana pada tahap pra bencana. “Dimana seluruh personil BPBD Kota Bitung akan berperan sebagai bagian dalam penyelenggaran penanggulangan bencana,” katanya, Selasa (1/10). Wowiling sendiri menjelaskan kalau kegiatan ini akan terus dilaksanakan. “Peningkatan SDM guna penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas aparatur penanggulangan bencana yang ada di kota Bitung akan terus dilaksanakan menghadapi 3 Program besar Kota Bitung yaitu pengembangan sistem logistik nasional, International Hub Port dan Kawasan Ekonomi Khusus,” ungkap Wowiling. Pihak BPPD sendiri menurut Wowiling sudah mulai mempersiapkan hal ini karena dimana-mana bencana dating tanpa pemberitahuan. “Masuknya Agenda Bitung sebagai KEK, International Hub Port harus segera diantisipasi sehingga pada waktunya kita sudah apa apa yang akan dilakukan,” ungkap Wowiling lagi.(wepe/brik-k)

Sulut 3 Wongkar segera gantikan JS SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

SK pemberhentian Sumendap telah diterima Deprov Sulut Manado—Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhrinya mengeluarkan surat keputusan pemberhentian James Sumendap SH (JS) dari keanggotaan di Deprov Sulut. Bahkan pihak Deprov Sulut sudah menerima surat keputusan tersebut, untuk segera ditindaklanjuti. “Sudah ada,” ungkap Wakil Ketua Deprov Sulut Drs Arthur Kotambunan BSc. Malah kata dia, Badan Musyawarah (Banmus)

akan segera menggelar rapat untuk menetapkan tanggal rapat paripurna pemberhentian Sumendap, sekaligus melantik pengganti Sumendap yakni Franky Wongkar SH. “Pekan ini, Banmus akan rapat pernetapan jadwal rapat paripurna PAW Sumendap, sekaligus pelantikan Wongkar yang akan mengisi kursi yang ditinggalkan Sumendap,” ungkap Kotambunan. Terkait dengan hasil

JAMES Sumendap resmi diberhentikan dari Deprov Sulut karena sudah terpilih dan dilantik jadi Bupati Mitra.(foto: donny/sk)

INSIDEN LION AIR

Dishubkominfo Sulut terkesan lambat Manado—Insiden LionAir tujuan Manado-Jakarta yang nyaris merenggut korban jiwa pada Senin (30/9) siang, sekitar pukul 11.00 Wita, ternyata kurang ditanggapi Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Sulut, bahkan terkesan lambat. Padahal ke 198 penumpang yang terjebak dalam pesawat dengan kandungan oksigen rendah tersebut nyaris merenggut nyawa mereka. Namun, Kepala Dishubkominfo Sulut Joi Oroh, atas insiden tersebut hanya mengatakan, pihaknya masih menunggu hasil laporan otoritas bandara. “Kami masih menunggu hasil tertulis dari otoritas bandara,” ujarnya kepada wartawan saat dikonfirmasi, Selasa (1/ 10) kemarin. Padahal Dishubkominfo Sulut, dapat langsung mengambil langkah tegas

dan koordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Sementara itu, Direktur Angkutan Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Djoko Murjatmodjo seperti dilansir sejumlah media nasional, menyatakan sudah menerima klarifikasi mengenai gangguan pesawat Lion Air di Bandara Sam Ratulangi, Manado, kemarin. “Saya sudah telepon Direktur Airport Operation and Services Lion Air, Daniel Putut, tapi saya tetap minta surat klarifikasi resmi dari direksi Lion Air,” ucap Djoko. Ia mengungkapkan, dari penjelasan Daniel, auxiliary power unit (APU) pesawat memang rusak. Sebagai konsekuensi, pendingin ruangan (AC) pesawat berhenti. APU merupakan perangkat yang membantu

pengoperasian peralatan elektronik selama mesin pesawat belum dinyalakan. “AC berhenti itu merupakan konsekuensi matinya APU,” ucapnya. Djoko mengatakan, karena penumpang terlanjur panik dan merasa kepanasan, mereka kemudian membuka paksa pintu darurat. Ia menyebut tindakan tersebut tidak benar. Seharusnya, ia melanjutkan, pintu darurat pesawat hanya boleh dibuka oleh kru kabin. “Bukan AC, masalahnya ada di APU,” kata Direktur Airport Operation and Services Lion Air, Daniel Putut, saat dihubungi. Menurutnya, saat masih berada di bawah (ground), pesawat memerlukan tenaga dari APU untuk dapat menghidupkan mesin utama. Namun, kata Daniel, APU pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 775 mengalami gangguan pada

11.00 WITA kemarin. Meski demikian, ia mengatakan pesawat masih laik terbang. Diketahui, ratusan penumpang pesawat Lion Air Boing 737-900ER tujuan Manado-Jakarta, dengan nomor penerbangan JT 775 flight, Senin (30/09) siang, sekitar pukul 11.00 Wita, nyaris tewas. Ini terjadi setelah suhu dalam pesawat mulai panas dan kekurangan oksigen karena pendingin dalam kabin tidak berfungsi. Sementara itu pihak LionAir melalui Regional Manager, Mohamad Aliwes, mengakui ada permasalahan dengan technical dan sebenarnya pesawat sudah siap. Buntutnya di dalam ruang chek in bandara Sam Ratulangi, para penumpang mengumpat dan menuntut pihak managemen Lion Air untuk bertangungjawab atas peristiwa yang dialami mereka.(erer)

TRANSAKSI NCT

Watung: Akan dijalankan sesuai ketentuan Manado—Asisten III BidangAdministrasi Pemprov Sulut Nixon Watung SH mengatakan, pihaknya akan menjalankan sesuai ketentuan terkait imbauan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Drs Hadi Poernomo, untuk tidak menggunakan uang tunai dalam melakukan transaksi (Non Cash Transaction) pengadaan barang dan jasa. “Memang sudah seharusnya begitu, dan Pemprov Sulut menjalankannya sesuai ketentuan,” katanya, Selasa (1/10). Kendati demikian, ada halhal urgen yang tetap dibayarkan seuai Nota Penyediaan Dana (NPD). “Yakni belanja di bawah Rp 10 juta bisa dipanjar,” tambah Watung. Sebelumnya pada pekan

lalu, ketua BPK Poernomo usai menemui gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS), kepada wartawan mengatakan, pencegahan menggunakan uang tunai untuk melakukan transaksi ini, dalam rangka peningkatan

transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan Negara, daerah serta upaya pencegahan terjadinya korupsi. Hal tersebut didasarkan pada adanya fakta bahwa salah satu kasus yang sering

terjadi adalah di bidang pengadaan barang dan jasa. “Karenanya mulai sekarang, pembayaran pengadaan barang dan jasa harus melalui rekening, dan tidak boleh lagi dengan uang tunai,” tegasnya.(erer)

PAD SULUT

Realisasi Dispenda sudah capai 87.08% Manado—Hingga tanggal 30 September 2013, trend kenaikan pajak terus meningkat. Hal itu terlihat dari realisasi PAD Dispenda Sulut, sudah mencapai 87.08 % atau Rp 504.661.599.136 dari target sebesar Rp 579.563.464.750 untuk tahun anggaran 2013. “Saya yakin akan melampaui target,” kata Kadispenda Sulut Drs Roy Tumiwa, Selasa (1/10). Disebutkan, penerimaan PAD tersebut terdiri dari PKB, BBN-KB, PP-KB, PAP, Denda PKB dan Denda BBNKB. Menurut Tumiwa, meningkatnya kenaikan pajak ini karena kesadaran masyarakat terus membaik. “Untuk itu, atas nama Pemprov Sulut, saya mengucapkan terimakasih bagi Wajib Pajak

(WP) yang telah memenuhi kewajibannya,” ujarnya. Terkait dengan itu kata Tumiwa, pihaknya akan melakukan operasi kendaraan bermotor khusus WP dan akan ditindalanjuti di semua UPTD Samsat di 15 Kabupaten dan Kota. “Operasi ini adalah bentuk sosialisasi bagi WP selama 1 bulan, agar pemilik kendaraan bermotor merasa aman,” katanya. Dicontohkannya, banyak kasus terjadi dalam WP khusus pajak progresif. Dimana setiap pemilik kendaraan yang lebih dari Satu unit akan dikenakan pajak progresif.”Ini yang sering jadi masalah, karena banyak pemilik kendaraan namun

ROY Tumiwa.

nama di BPKB tertulis milik orang lain,”ingatnya. Sesuai data yang ada sejak 5 tahun terakhir ini hingga bulan Agustus 2013, kendaraan roda Dua sebanyak 588.260 unit dan roda Empat sebanyak 188.557 dengan total keseluruhan sebanyak 776.817 kendaraan.(erer)

konsultasi Bamus ke Ditjen Otda, pekan lalu, menurut Kotambunan dibahas soal PAW para legislator yang pindah partai politik untuk maju ke Pilcaleg, 2014 nanti. “Yang dibahas adalah aturan-aturan PAW bagi legislator yang pindah partai politik. Dan semuanya itu sudah diproses DPRD sesuai dengan perintah undangundang,” tandas dia. Untuk PAW tiga legislator PDS, kata Ketua Umum DPP PDS sementara berproses sesuai ketentuan. Namun untuk PAW legislator Tonny Kaunang STh dan Teddy Kumaat SE, kata

Kotambunan belum diproses DPRD, karena belum diajukan oleh partai politik asal. “Kan Partai Golkar dan PDIP belum mengajukan penggantian anggota mereka dari DPRD. Jadi tentunya belum diproses,” tukas legislator yang tak lagi maju sebagai wakil rakyat di 2014 nanti. Seperti diketahui, Kaunang yang merupakan legislator Partai Golkar telah pindah ke PAN dan kini merupakan caleg DPR RI dari PAN. Kumaat, merupakan legislator Partai Gerindra yang pindah ke PDIP dan akan maju kembali untuk DPRD Sulut.(dewe)

KETUA KOMISI IV

Rasky-Diana berpeluang digeser Masengi

RASKY Mokodompit.

EDDYSON Masengi.

Manado—Hampir kurang lebih dua bulan lamanya, alamurhum Prof Dr Ir Joppie Paruntu MS meninggal dunia. Otomatis, sepeninggal Prof Paruntu, jabatan Ketua Komisi IV Deprov Sulut menjadi kosong. Kini, komisi yang membidangi masalah Kesra, Pendidikan dan Kesehatan itu, tengah menggodok pengganti Prof Paruntu. Ada dua nama yang politisi Partai Golkar yang duduk di komisi tersebut, yakni Rasky Mokodompit SH dan Diana Rogi STh. Keduanya memiliki peluang yang sama menempati kursi panas tersebut. Kursi Ketua Komisi IV memamg menjadi jatah Partai Golkar, sebab partai berlambang pohon beringin itu menang di Pemilu Legislatif Sulut tahun 2009 silam. SelainKomisiIV,PartaiGolkar juga memenang Ketua Komisi III yang membidangi Pembangunan. Sementara PDIP dan Partai Demokrat yang menjadi pemenang kedua dan ketiga di Pemilu Legislatif Sulut 2009, masing-masing dipercaya menjabat satu ketua komisi. PDIP memegang kendali Ketua Komisi II bidang Ekonomi dan Keuangan, sementara Partai Demokrat memegang pos Ketua Komisi I bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM. Kembali ke Komisi IV, nama Rasky dinilai paling berpeluang menempati pos tersebut, apalagi dari hasil rapat terakhir Fraksi Partai Golkar (FPG) yang digelar pekan lalu, Rasky sudah didaulat oleh fraksinya memimpin Komisi IV. Hanya saja, peluang Diana dinilai masih tetap terbuka, sebab penentuannya ada di tangan para personil Komisi IV, yang akan memilih. “Benar ini (Komisi IV, red) jatahnya Golkar. Nah, ada

mekanismenya pemilihan. Saya tidak mengatakan kalau Rasky yang berpeluang atau juga Diana, namun bagi saya apa yang diperintahkan partai saya, itu yang akan saya pilih nantinya,” ujar politisi PDIP, dr Ivonne Bentelu, menjawab Swara Kita, Selasa (1/10) kemarin. Dia menambahkan, yang pasti dala waktu dekat ini Komisi IV akan melakukan rapat, dan mungkin sekaligus melakukan pemilihan. “Kita lihat saja nanti,” tandas Sekretaris Komisi IV itu. Namun konstelasi bisa berubah jika satu lagi personil FPG masuk ke Komisi IV, sebab di komisi tersebut harusnya ada tiga anggota FPG. Kabar berhembus, nama Drs Eddyson Masengi ME yang kini duduk di Komisi III akan digeser ke Komisi IV untuk ditempatkan sebagai Ketua Komisi IV. Apalagi status Masengi yang menjabat Ketua FPG Deprov Sulut, dan orang dekatnya Ketua DPD I Partai Golkar Sulut Drs Vreeke Runtu. Hanya saja Masengi yang dimintai keterangannya enggan mengakui. Dia hanya berujar bahwa siapa yang akan menjabat Ketua Komisi IV masih terkendala rapat komisi tersebut. Sementara itu, Wakil Ketua Deprov Sulut Drs Arthur Kotambunan BSc memastikan bahwa tidak ada lagi nama lain untuk menjabat Ketua Komisi IV selain Rasky. Pasalnya, surat dari FPG sudah masuk dan menunjuk Rasky untuk menggantikan almarhum Prof Paruntu. “Surat dari FPG sudah diserahkan kepada pimpinan. Rasky ditunjuk sebagai ketua komisi menggantikan almarhum Prof Paruntu. Dan seperti biasa, sesuai dengan kesepakatan konvensi, dimana Ketua Komisi IV jatah Golkar,” jelas Kotambunan.(dewe)

E-KTP KK

Perekaman sudah capai 80 persen Kotamobagu—Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) Kota Kotamobagu sudah mencapai 80 persen, hal itu menyusul dari 87369 jiwa masyarakat Kota Kotamobagu yang wajib e-KTP, yang sudah melakukan perekaman 63.517 jiwa.Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kotamobagu Hi Refli Mokoginta kepada harian Swara Kita menjelaskan, jumlah penduduk Kota Kotamobagu (KK) kurang lebih 128.909 jiwa, terbagi dari

4 (empat) Kecamatan dan 33 desa/kelurahan, sementara yang wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) bejumlah 87.369 jiwa dan yang sudah melakukan perekaman 63.517 jiwa. “Sampai bulan Agustus masyarakat wajib e-KTP yang sudah terekam 63.517 orang, sisa yang belum terekam 23.852, dari 87.369 jiwa,” kata Mokoginta. Lanjut Mokoginta, realisasi kartu e-KTP yang sudak tercetak 60.098 lembar dan belum tercetak 3.419 lembar.(try26)


Yustisia

RABU 2 OKTOBER 2013

RONKRIMINAL

250 personil Korem 131 jalani tes urine BADAN Narkotika Nasional (BNN) melalui perwakilan BNN Provinsi Sulut, rupanya terus menunjukkan komitmennya untuk mencegah peredaran dan pengguna narkotika di daerah ini. Namun berbeda aksi yang dilakukan kali ini. Pasalnya, Korem 131/ Santiago bekerja sama dengan pihak BNN Sulut, menggelar pemeriksaan tes urine terhadap seluruh personil Korem. Kegiatan yang dilaksanakan, Selasa (1/10) kemarin, merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT TNI ke-68 di tahun 2013 yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Pemeriksaan tes urin ini bertujuan untuk mengecek apakah anggota dijajaran TNI AD Korem 131/ Santiago, terindikasi menggunakan narkotika dan obat/ bahan berbahaya (narkoba). Disini, sekitar 250 personil Korem termasuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Korem diperiksa secara bergantian. Tak hanya prajurit yang diperiksa, namun Kepala Satuan Korem, Kolonel Inf Toto Jumariono, turut aktif mengikuti tes ini. Petugas dari BNN yang dipimpin Lengkana, yang menjabat Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, mengambil urine para personil Korem untuk selanjutnya diperiksa di laboratorium. “Hasilnya akan diumumkan beberapa pekan mendatang. Sejumlah pejabat teras Korem juga mengikuti kegiatan ini,” Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Musa Bangun, kemarin. Sementara itu, rangkaian peringatan HUT TNI juga telah diisi dengan kegiatan lain seperti karya bakti. Kegiatan tersebut berupa bakti sosial membersihkan sampah di kawasan Kali Jengki dan Pasar Bersehati. Diturunkan pula jajaran Korem termasuk Kodim 1309 Manado serta sejumlah Koramil yang tersebar di beberapa wilayah.(erel)

PEMBUNUHAN

Bocah 16 tahun didakwa kasus pembunuhan PERILAKU sadis yang melibatkan anak di bawah umur, nampaknya semakin marak terjadi di Kota Manado. Salah satunya aksi tidak terpuji dilakukan lelaki SWDM alias Ateng (16). Bocah ingusan ini kini harus berurusan dengan hukum setelah perbuatan sadisnya yang telah menghilangkan nyawa Christian Wakulu. Lelaki warga Kelurahan Titiwungen Selatan Kecamatan Sario ini pun, Selasa (1/9) kemarin, menduduki kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Manado pada sidang yang digelar perdana dengan agenda pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dakwaan tersebut pun dibacakan JPU Sylvi Hendrasanti SH pada sidang yang digelar tertutup. Berdasarkan data yang dirangkum, bahwa kejadian sadis tersebut dilakukan terdakwa bersama dua rekannya pada bulan Agustus 2013 silam di Jl Samrat atau tepatnya di depan toko Saint City Kelurahan Titiwungen Kecamatan Sario. Kala itu, terdakwa bersama dengan teman-temannya yang sedang asik pesta minuman keras (miras) diajak saksi Rivai Kolondam alias Itei untuk jalan-jalan. Namun, dengan maksud untuk menjaga diri, senjata tajam (sajam) jenis panah wayer yang disimpan di sebuah tas berwarna coklat tua dibawa oleh terdakwa. Dengan menggunakan sepeda motor milik saksi Julio Kowaas, terdakwa bersama saksi Itei kemudian menuju ke depan toko Saint City dengan tujuan untuk berpesta miras. Saat sampai di depan toko, keduanya kemudian masuk ke lantai dua toko tersebut dan mengadakan pesta miras. Tak lama berselang, terdakwa keluar dari ruang itu. Terdakwa pun mendapati saksi Itei sedang berbincang dengan rekannya yang kemudian ikut mengobrol. Tiba-tiba, korban yang datang dengan mengendarai sepeda motornya, menaikannya di trotoar tempat terdakwa dan temannya mengobrol. Korban lalu menghampiri saksi Itei dan memukul bagian punggungnya dengan melontar kata ‘ta tikang pa ngana’. Nah, atas kata-kata itulah kemudian terdakwa mengambil panah wayer yang dibawanya, lalu dengan menggunakan pelontar melepaskan panah wayer tersebut ke arah terdakwa. Panah wayer itu pun bersarang di tubuh korban. Rekan terdakwa yakni JT alias Jeri dan AM alias Apri juga meminta panah wayer yang dibawa terdakwa untuk menyerang korban. Korban pun kemudian melarikan diri. Ironisnya, walaupun sempat dilarikan ke rumah sakit dan dirawat selama 12 jam, nyawa korban tidak bisa diselamatkan. Akibatnya, perbuatan terdakwa tersebut dijerat JPU dengan pasal berlapis yakni, Pasal 338 KUH Pidana junto Pasal 56 ayat (1) ke-2 KUH Pidana, Pasal 354 ayat (2) KUHP junto Pasal 56 ayat (1) ke-2 KUHP dan 354 ayat (1) junto Pasal 56 ayat (1) ke 2 KUH Pidana Sidang dengan hakim tunggal Willem Rompies SH ini pun bakal dilanjutkan pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi.(rees)

BERITA KEHILANGAN BPKB Isuzu Truck DB 8271 AT Th. 2006

Atas Nama

:

Bonny Tinus

Alamat

:

Jl. Trans Sulawesi

No. chasis

:

MHCNK 71LY6J004877

Model/Type

:

Light Truck NKR 71

No. Motor

:

B004877

Warna

:

Putih

Kalasey 1 Jaga 1

dan BPKB Isuzu Panther Pick-Up DB 8990 AG Merk/Type

:

Isuzu Panther TBR 54

Model

:

Pick-Up

Warna

:

Hitam

Tahun

:

2005

No. Rangka

:

MHCTBR54BSK127220

nO. Mesin

:

E127220

No. BPKB

:

D. 5204210 S.

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

4

Mantan Kadis Kesehatan Minsel ikut jadi terdakwa Terkait dugaan korupsi pengadaan kendaraan roda 2, berkas dilimpahkan ke PN Manado Manado—Kasus dugaan korupsi pengadaan kendaraan roda dua sebanyak 25 unit di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), telah dilimpahkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Amurang ke Pengadilan Negeri Manado (PN) Manado, Selasa (1/10) kemarin. Dalam berkas pelimpahan tersebut, tercatat ada 6 tersangka yang telah ditetapkan menjadi terdakwa.

Ke 6 terdakwa tersebut salah satunya adalah mantan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan di Pemkab Minsel yakni DPLL alias Dirk (59) warga Kelurahan Buyungon Lingkungan IV Kecamatan Amurang Minsel. Kemudian ditetapkan juga terdakwa SS alias Siti warga Kelurahan Ranoyapo Kecamatan Amurang yang diangkat terdakwa Dirk sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) untuk pengadaan kendaraan jenis

roda dua sebanyak 25 unit, di Dinkes Minsel dalam Anggaran Pendapatan Belanja (APBD) tahun 2008 dengan anggaran Rp412.500.000. Dari terdakwa Siti, dibentuklah panitia pengguna anggaran yang beranggotakan 4 orang dimana mereka juga ditetapkan oleh Kejari Amurang sebagai terdakwa. Ke 4 orang tersebut yakni , DT alias Denny (32) warga Desa Teep Jaga II Kecamatan Motoling Minsel, RP alias

Royke (48) warga Desa Motoling Jaga II Kecamatan Motoling Minsel, AJFM alias Afrilius (48) warga Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Minsel, SHL alias Sfinjte (43) warga Pondang Lingkungan IX Kecamatan Amurang dan terdakwa yang saat ini menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Kejari Amurang yakni Direktur CV Maleakhi VJAT alias Viktor yang ditunjuk sebagai pelaksana pekerjaan pengadaan. Diketahui ke 6 orang terdakwa ini yang nantinya akan disidangkan Selasa (8/10) pekan depan, dalam berkas perkara yang

PUTUSAN PEMBUNUHAN

Habisi nyawa warga Winangun, Melky divonis 11 tahun penjara Manado—Melky Sondakh (28) warga Desa Tompaso Baru, Minahasa Selatan, akhirrya divonis Ketua Majelis Hakim Novrry Oroh SH dengan kurungan penjara selama 11 tahun, atas kasus pembunuhan terhadap Leomol Madelu (50) yang dilakukannya pada tanggal 7 April 2013 lalu di Kelurahan Winangun I Lingkungan III Kecamatan Malalayang. Putusan tersebut berdasarkan Pasal 338 yang diberikan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU)Alexander Sulu SH. Diketahui peristiwa yang menyebabkan warga Tompaso Baru ini harus mendekam di dalam jeruji besi, bermula ketika dirinya menghadiri pesta ulang tahun di Tempat Kejadian Perkara (TKP) di alamat korban. Kemudian pada saat itu, Melky turut serta dalam pesta miras. Saat berlangsung pesta miras tersebut, menantu korban yang

TERDAKWA saat mendengar keputusan hakim dalam sidang yang dilaksanakan kemarin.(foto:onal/sk) diketahui bernama Bili Mendengar ada keributan, menandatangi Melky dan korban pun segera mendatangi beberapa rekannya yang sementara TKP dengan maksud untuk ikut dalam pesta miras tersebut menyuruh lelaki Bili segera dengan membuat keributan. pulang ke rumahnya.Akan tetapi,

lelaki Bili yang adalah menantu dari korban, tidak mendengarkan teguran dari korban. Karena ditegur oleh korban, Bili malah melakukan ulahnya dan terus membuat keonaran. Atas tingkah dari menantunya, korban pun berinisiatif untuk secara paksa mengajak menantunya itu untuk pulang. Ternyata gelagak dari lelaki Bili, sudah diperhatikan oleh Melky. Melky tidak menyukai akan sikap dari menantu korban itu, sehingga Melky segera mencabut pisau yang dibawanya dan langsung melayangkannya ke arah lelaki Bili. Saat Melky mengarahkannya ke arah menantu korban, ternyata pisau yang diarahkan Melky ke tubuh menantu korban, hanya mengena di bagian punggung sebelah kanan korban, hingga akhirnya atas tikaman dari Melky, korban harus meregang nyawa pada saat itu juga di TKP.(rees)

KRIMINALITAS

Serang anggota Resmob dengan sajam, Residivis kambuhan terpaksa ditembak Manado—Tantangan anggota Polri dalam menjalankan tugas Kepolisian, belakangan ini perlu ditingkatkan kewaspadaannya. Pasalnya, berbagai ancaman di lapangan semakin deras mengalir hingga mengancam keselamatan anggota yang bertugas. Ironisnya, aksi kejahatan di daerah ini khususnya Kota Manado, makin beringas terjadi. Para pelaku yang diduga kuat kelompok premanisme yang menggunakan senjata tajam (sajam) ini, tak memilih siapa yang akan menjadi korbannya. Tak heran, kasus kriminalitas ini membuat aparat kepolisian jajaran Polda Sulut melakukan operasi rutin setiap hari. Di tengah kerja keras Polisi untuk mengungkap pelaku kejahatan sajam dan panah wayer, dengan perlahan mulai terungkap. Menariknya dari upaya tersebut, Selasa (1/10) kemarin, sekitar pukul 03.00 Wita, Polisi berhasil melumpuhkan seorang pelaku sajam yakni lelaki, HN alias Ewa (36) warga Mahakeret Barat Lingkungan

III, Kecamatan Wenang, Manado. Dari informasi yang didapat menyebutkan, Ewa merupakan residivis kambuhan yang diduga sering melakukan tindakan kriminalitas di sejumlah tempat di Kota Manado. Bahkan, aksi dari pelaku yang diketahui residivis kambuhan itu membuat suasana di sekitar Kelurahan Mahakeret Barat selang beberapa bulan terakhir ini, mulai tidak kondusif. Sebab, perilaku Ewa rupanya sudah meresahkan masyarakat sekitar, karena kerap melakukan aksi yang merugikan dan menimbulkan korban. Ditembaknya Ewa, berawal ketika sejumlah anggota Tim Resmob Polda Sulut sedang melakukan operasi Premanisme di beberapa wilayah di Kota Manado. Saat itu, di Kelurahan Mahakeret Barat, Anggota Resmob Polda melakukan operasi dan pencarian terhadap pelaku pembunuhan yang terjadi di wilayah Politeknik, Kecamatan Mapanget yang

mengakibatkan korban Robby Parengkuan (57), warga yang tinggal di Kelurahan Buha Lingkungan III, Kecamatan Mapanget, tewas tertancap anak panah payer di leher kanannya, Senin (30/9) pekan ini, sekitar pukul 23.30 Wita. Dalam operasi tersebut, saat Tim Resmob melintas di sebuah lorong di Kelurahan Mahakeret Barat, Briptu HJ bersama beberapa anggota Resmob dihadang oleh pelaku yang menggenggam pisau bersama beberapa rekannya. Menyikapi situasi itu, HJ memberikan tembakan peringatan ke atas sebanyak satu kali, sebab pelaku membawa pisau yang berukuran panjang sekitar 50 cm. Namun, tembakan peringatan tak digubris pelaku. Mirisnya, tersangka malah nekat dan hendak menyerang Briptu HJ dengan pisau yang pegangnya. Sontak saja, Briptu HJ melakukan langkah antisipasi dengan melepaskan tembakan dan langsung mengena di kaki kanan pelaku. Setelah berhasil

dilumpuhkan, petugas kemudian menggiring pelaku bersama sejumlah rekannya ke Polresta Manado. Sedangkan, Ewa dibawa ke RS Bhayangkara untuk diberikan perawatan. Terkait penembakan tersangka tersebut, Kabid Humas Polda Sulut, AKBP Denny Adare STh, ketika dikonfirmasi menegaskan, kasus ini masih dalam penyelidikan. “Kita masih selidiki,” singkat Adare, kemarin sore. Meski demikian, aparat kepolisian dapat melepaskan tembakan sesuai dengan prosedur tetap yang diatur dalam Peraturan Kapolri tahun 2009 Pasal 15 ayat 4. Disini menyebutkan, tembakan peringatan tidak diperlukan ketika menangani bahaya ancaman yang dapat menimbulkan luka parah atau kematian bersifat segera, sehingga tidak memungkinkan untuk dilakukan tembakan peringatan berupa ketidak patuhan lisan dengan tidak mengindahkan himbauan polisi.(erel)

dilimpahkan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Iwan Kaunang SH, telah bekerjsama mengesahkan pengadaan kendaraan ini melalui berita acara pemeriksaan pengadaan barang. “Dalam isi surat pemeriksaan, para terdakwa membenarkan kalau pengadaan ini telah dirampungkan 100%. Padahal sampai tahun 2013, pengadaan barang berupa 25 unit sepeda motor di Dinkes Minsel melalui APBD tahun 2008 belum juga terealisasi,” katanya. Atas perbuatan dari para terdakwa bersama lelaki

yang saat ini masih menjadi DPO, tercipta kerugian negara sebesar Rp39.712.375 dari total anggaran yang disediakan Pemkab Minsel untuk pengadaan kendaraan tersebut sebesar Rp412.500.000. Serta atas perbuatan mereka, JPU memberikan ancaman hukuman berdasarkan pasal 2 ayat (1) junto pasal 18 Undang Undang (UU) No 31 tahun 1999, yang telah dirubah dan ditambah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).(rees)

PENIKAMAN POLISI

Bripka Yusuf nyaris tewas ditikam preman Manado—Teror terhadap anggota Polri yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, nampaknya mulai mengalir ke daerah ini. Bahkan, dengan meningkatnya aksi kejahatan di Sulut, nampaknya akan menjadi tantangan besar aparat Kepolisian untuk tetap waspada meningkatkan langkah pencegahan. Sebab, berbagai peristiwa yang terjadi makin membuat masyarakat resah hingga dihantui rasa takut. Bahkan, selain warga yang dijadikan korban kejahatan, anggota Polisi juga belakangan ini mulai menjadi target para pelaku. Hal ini dibuktikan dengan peristiwa yang terjadi Selasa (1/10) dini hari, sekitar pukul 04.00 Wita. Seorang anggota polisi yang bertugas di Polda Sulut, Bripka Yusuf Muhadi (21), warga yang tinggal di Desa Uluidano, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, harus menjadi korban keganasan pelaku senjata tajam (sajam). Ironisnya, anggota Polisi ini nyaris tewas ditikam orang tak di kenal ketika melintas di Jl Garuda Kecamatan Wenang. Korban ditikam di bagian paha kanan dan pinggang kanan, hingga mengeluarkan darah segar. Dari informasi yang didapat menyebutkan, kronologis kejadian berdarah ini berawal ketika korban bersama pacarnya, Merry Katambayong (21), warga yang berdomisili di Kelurahan Tikala Ares, Kecamatan Tikala, serta beberapa rekan lainnya hendak kembali pulang ke rumah. Nah, dalam perjalanan pulang itu, korban yang menggendarai sepeda motor, berboncengan dengan kekasihnya, melintas di Jl Garuda. Sialnya, di pertigaan jalan tersebut muncul sekelompok orang yang diduga preman dengan menggunakan motor. Kelompok preman ini kemudian menghadang korban. Disini, korban bersama kekasihnya dalam keadaan terdesak dan tanpa diketahui seorang pelaku mendekat langsung menikam korban di bagian pinggang kanan serta paha kanan. Puas melakukan aksi tersebut, pelaku bersama sejumlah rekannya langsung melarikan diri. Sementara itu, kekasih

korban yang melihat pacarnya telah bersimbah darah, langsung berteriak minta tolong. Warga sekitar yang mendengar teriakan itu, membawa korban untuk mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Siloam. Pasca kejadian tersebut, sumber resmi di Mapolda Sulut mengatakan bahwa, tim yang ditugaskan saat ini sementara melakukan pengejaran terhadap pelaku. Menurut sumber, dari keterangan saksi di lokasi kejadian, identitas pelaku telah diketahui. “Masih kita kejar pelakunya. Yang pasti tim yang melaksanakan tugas, akan berupaya menangkap tersangka,” beber sumber di Ditreskrimum Polda Sulut, Selasa (1/10) kemarin. Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Robby Kaligis, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Ia pun menghimbau kepada seluruh anggota, agar tetap meningkatkan kewaspadaan saat melakukan aktifitas di luar tugas, maupun ketika menjalankan tugas di lapangan. “Siapa pun pelakunya akan ditindak tegas. Untuk itu kejadian seperti ini menjadi perhatian kita semua, khususnya anggota kepolisian di jajaran. Tingkatkan kewaspadaan karena kejahatan tidak memandang siapa yang akan dijadikan korbannya dan tingkatkan patroli maupun operasi sajam,” tegas Adare. Dilain pihak, Tokoh Masyarakat Sulut, Taufik Tumbelaka mengatakan, upaya yang dilakukan aparat kepolisian untuk memberantas aksi premanisme dan sajam di Kota Manado, menuai dukungan dari tokoh masyarakat di Sulut. “Kami salut terhadap upaya Kapolda Sulut meningkatkan operasi rutin terhadap premanisme dan sajam di daerah ini. Program ini perlu terus dilakukan agar Kota Manado tetap aman dan nyaman dalam menyambut sejumlah iven nasional maupun internasional di daerah ini pada tahun-tahun mendatang,” ungkap Tumbelaka.(erel)


SWARA KITA

RABU 2 OKTOBER 2013

16


RABU 2 OKTOBER 2013

Asyik

Anak Sekolah Yang Ingin Kreatif

Prioritas untuk penumpang pesawat kelas eksekutif DI depan boarding counter bandara, seorang penumpang lansia buru-buru beringsut ke depan menanya: “Aku menumpang pesawat penerbangan tujuan London yang berangkat pada pukul 8:30, pesawat tersebut sekarang sudah tinggal landas belum?” “Maaf Pak, Bapak terlambat, pesawat sudah tinggal landas pada beberapa menit yang lalu.” Jawab karyawan bandara. “Tetapi aku pesan tempat duduk di kelas eksekutif, masakan tidak mendapat prioritas?” katanya dengan tak terima. “Ngga mungkin ada prioritas Pak,” karyawan bandara berhenti berkata sebentar, kemudian ia menjelaskannya lebih lanjut: “Karena kelas eksekutif dan kelas ekonomi tinggal landas dalam waktu yang bersamaan.” (*)

Kemampuan angkat semut pekerja

Orang gila mau kabur ADA dua orang yang dirawat di rumah sakit jiwa sedang menyusun rencana untuk kabur. mereka berencana untuk menggunakan tangga yang akan diletakkan di pintu pagar RSJ tersebut. Rencana telah disusun dengan matang, sebelum mereka kabur diutus lah orang gila pertama untuk melihat situasi di depan. Kemudian dia melaporkan pada orang gila kedua. Orang gila 1 : “Wah kacau, rencana kita pasti gagal.” Orang gila 2 : “Mengapa ? apakah pintu keluar dijaga ketat?” Orang gila 1 : “Tidak, sama sekali tidak ada penjagaan.” Orang gila 2 : “Jadi mengapa?” Orang gila 1 : “Karena pintunya tidak ada. dimana kita akan meletakkan tangganya?” Orang gila 2 : “Kalau begitu kita tunggu sampai mereka memasang pintu itu, baru kita kabur!” (*)

Bermimpi menjadi seekor sapi ADA seorang pasien berobat ke rumah sakit. Dokter menanya: “Anda merasa tak enak di bagian mana?” Pasien menjawab: “Kemarin malam aku telah bermimpi, yaitu bermimpi aku adalah seekor sapi dan sedang makan rumput.” Dokter lalu berkata: “Ah, jangan kuatir, ini adalah hal yang sangat normal, setiap orang juga bisa bermimpi begitu. Alam mimpi dengan dunia nyata tidak sama.” Pasien itu terlihat sangat tegang dan berkata: “Tetapi Pak Dok... tetapi sesudah aku bangun tidur, aku menemukan karpet rumputku di kamar hanya tinggal separo saja.”(*)

Kambing dan singa di restoran hutan PADA suatu hari, seekor kambing bersama-sama dengan seekor singa berjalan masuk ke sebuah rumah makan hutan. Juragan rumah makan itu menanya si kambing: “Bapak mau makan apa?” Kambing berkata: “Makanan paket satu porsi. Makasih.” Juragan menanyanya lagi: “Bapak singa mau makan apa?” Kambing berkata: “Apa pun dia tak mau. Makasih.” Sejenak kemudian, juragan menanyanya sekali lagi: “Dia apakah benar-benar tak mau makan?” Si kambing manggut-manggut mengiakan. Juragan sekali lagi mengingatkan: “Bapak sebaiknya berpikir sekali lagi, apakah singa betulbetul tak perlu pesan makanan?” Dengan tak sabar kambing itu berkata: “Kamu kira kalau dia lapar apa aku masih bisa dengan seenaknya berada di sini?(*)

TERUNTUK PARA ORTU

Bantu anak menentukan cita-citanya KETIKA masih anak-anak kita sering mendapat pertanyaan mengenai citacita. Diantara cita-cita anak, baik anak perempuan maupun laki-laki, yang terpopuler adalah menjadi dokter, arsitek, presiden, pilot, dan polisi. Namun ada juga anak yang ingin menjadi seperti tokoh fiksi, dalam film kegemarannya. Anda sebagai orang tua tidak perlu mematahkan cita-cita anak dengan berkata hal itu tidak mungkin terjadi karena tokoh tersebut tidak ada di dunia nyata. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah kenali dahulu bakat yang dimiliki anak sejak lahir. Yaitu bakat bawaan yang diperoleh dari keturunan sebelumnya, agar bisa dioptimalkan. Beberapa cara dalam menggali bakat dan potensi anak sehingga anak dapat menentukan cita-citanya, adalah: BERIDUKUNGAN Berikan dukungan, arahan, dan bimbingan pada anak agar tumbuh rasa percaya diri sehingga ia akan berjuang untuk mewujudkannya, walau mungkin Anda menganggap cita-citanya tidak mungkin terjadi.

BERITANTANGAN Tantangan yang diberikan kepada anak, dimaksudkan agar anak-anak lebih luas pemikirannya dan berusaha mencari solusi atas permasalahan yang ada, sehingga mereka akan terbiasa berpikir l e b i h

rasional. MENGENALKAN DUNIA Kenalkan dunia baru kepada anak-anak dengan mengajaknya pergi ke suatu tempat. Di sana anak akan bertemu dengan orang dan hal baru yang dapat memperluas pengetahuan anak. BUDAYA MEMBACA Jadikan membaca sebagai kegemaran, sehingga anak

semakin luas pengetahuan, dan berkembang daya pikir serta kreativitasnya. MENGENALKAN TOKOHTERKENAL Tidak ada salah-

nya bila anak-anak mengagumi tokoh tertentu. Sikapilah secara bijak dengan menceritakan bagaimana tokoh idolanya berprestasi dan bagaimana tokoh itu memulai karirnya. Sehingga akan menjadi masukan positif bagi anak, yang akan selalu diingatnya. BERMAIN PERAN Salah satu cara untuk mengasah kreativitas anak, adalah dengan bermain peran. Biasanya anak-anak melakukan permainan peran

MOA masuk ke dalam kelas Aves (burung), memiliki tinggi tubuh hingga 3,5 meter dan berat lebih dari 200 kilogram. Ilmuwan mengungkap,

kotoran moa menemukan bahwa hewan ini memakan berbagai jenis sisa-sisa tanaman yang berbeda. Dengan menganalisis fosil tanaman serta habitat modern, peneliti menelusuri di mana lokasi berkumpul moa, sebelum mereka punah di era 1400-an. Ilmuwan mengatakan, moa raksasa (Dinornis robustus) mencari makan di zona transisi antara hutan dan padang rumput. Burung yang lebih kecil, moa dataran tinggi

SASA A D DICT banget s a m a drama Korea, pokoknya all about drama. Sekarang yang lagi ditunggu itu judulnya Masters Sun . Ceritanya tentang cewek yang bisa lihat hantu gitu, horror komedi. YOGA YA sudah pasti game, apalagi kalau lagi nggak a d a kerjaan. Hati-hati ya yang belum pernah main game, bisa bikin ketagihan. Nggak diragukan lagi, sekali kena racunnya susah mencari penawar.(*)

Memberi hadiah sesuai hobi kita

BERMAIN BERSAMA Lingkungan sosial, mengajarkan anak-anak berinteraksi dengan sekitarnya dan menumbuhkan kepercayaan diri. Maka jangan takut untuk mendorong anak agar mau bermain bersama temanteman sebayanya. BUKANMATERI Mungkin kalimat “Jadi x? Mau makan apa kamu?” tidak perlu diperdengarkan kepada anak. Anda tidak boleh meremehkan cita-cita anak. Karena itulah impian mereka, kebahagian mereka, tidak bisa dibeli dengan materi. Jika anak sudah mengetahui bakat dan menentukan cita-cita mereka, Anda hanya perlu memberi dukungan penuh. Karena apapun yang dilakukan dengan sungguhsungguh pasti akan berhasil. Jangan buat anak ragu tentang cita-citanya dan materi yang akan diperoleh dari cita-cita itu. SEMUABISATERJADI Jangan pernah mengang-gap cita-cita anak tidak mungkin terjadi, apapun cita-citanya. Selalu berikan dukungan positif terhadap anak agar ia bisa maju dan merasa mendapatkan dukunganAnda.(perm)

Sejarah kepunahan burung raksasa hewan raksasa yang tidak dapat terbang asli dari Selandia Baru ini telah punah. Ilmuwan yang meneliti hewan ini menemukan fosil kotoran yang memberi petunjuk mengenai aktivitas moa, serta gerakannya yang dianggap misterius oleh peneliti. Tim dari Australia dan Selandia Baru menganalisis serbuk sari pada tanaman serta bukti mengenai fosil tinja dari empat spesies moa. Peneliti yang meneliti

6

TIPS ASYIK

ini secara naluriah. Namun, lebih baik lagi bila Anda ikut membuat skenario tertentu untuk dimainkan bersama dengan teman-temannya.

ASAL LOE TAU AJA

Belajar huruf braile ADA orang bertanya kepada si kikir “Kamu sedang melakukan apa?” “Aku sedang belajar huruf Braille”. “Buat apa kamu mau belajar huruf Braille? Apa karena penglihatanmu kurang baik?” “Bukan, keadaannya tidak seberat itu. Aku hanya ingin pada malam hari saat aku membaca buku bisa menghemat sedikit listrik.”(*)

Berpikir dan Berbuat

Suka sama sesuatu itu boleh-boleh saja, selama kamu masih bisa mengontrolnya dalam batas kewajaran. Beda cerita lagi ya, kalau rasa suka tersebut, sudah jadi berlebihan atau addict. Kalau sudah addict, kadang memang susah untuk dipisahkan. Seperti teman kita berikut ini nih, ternyata mereka sudah kecanduan sama hal-hal tertentu lho. (lia)

KETAWA ASYIK

GURU sedang memberikan pelajaran ilmu alam kepada murid di kelasnya. “Semut pekerja,” katanya pada mereka, “dapat membawa potongan makanan lima kali berat badan mereka sendiri. Apa yang Kalian simpulkan dari itu?” Satu anak sudah siap dengan jawaban: “Tentu saja. Mereka tidak memiliki serikat pekerja.”(*)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

(Megalapteryx didinus) memiliki pola makan campuran di habitat hutan serta ladang. Ilmuwan memperkirakan pada ratusan juta tahun lalu, ribuan burung moa setinggi tiga meter mengalami kelaparan. Penyebab kepunahan lainnya yakni predator elang Haast serta perburuan dan pembersihan hutan oleh suku Maori. Wikipedia menerangkan, hewan pemakan tumbuhan ini diperkirakan punah pada tahun 1500-an.(okez)

APAPUN yang kita kasih buat si dia pasti bakal diterima dan bikin dia senang, karena hadiah termasuk salah satu bentuk perhatian kita. Kalau selama ini kita ngasih hadiah sesuai sama kesukaan dan hobi dia, sekarang kita boleh ngasih hadiah sesuai hobi kita sendiri, kok. 1. Main alat musik Alat musik yang bisa dijadikan pengiring, kayak keyboard, piano atau gitar bisa kita mainkan sambil bernyanyi. Manfaatkan keahlian kita ini buat mengcover lagu favorit si dia dan merekamnya. Habis itu, kita bisa ngasih rekamannya ke dia, deh. 2. Crafting Kamu termasuk cewek crafty? Coba bikin barang handmade yang sekiranya dia butuhkan dan enggak terlalu manis buat dipakai cowok. Misalnya, kita bisa membuatkan dia gantungan kunci ataupun scrapbook biografi si dia buat seruseruan.

BERITA KEHILANGAN

NO RANGKA: MH8BE4DFA6J118352 NO MESIN : E4511D119509 NO BPKB : E.0142079.S

DIJUAL Xenia Deluxe 1,3 cc thn 2010 Desember Warna Abu-Abu KM 47000. Harga Nego, Kondisi Baik.. BERMINAT??? HUBUNGI 085298586989 (TANPA PERANTARA)

4. Fotografi Hobi fotografi kita bisa menghasilkan hadiah yang bagus buat si dia. Kita bisa bikinkan dia kumpulan foto tempat-tempat kesukaan dia ataupun orang-orang yang dia sayangi. Ngasih kado nggak melulu soal berdua, kan? Kita bisa cari tema lain yang bisa menyenangkan hati dia. 5. Menulis Meskipun dia nggak suka baca, tulisan kita yang dijadikan hadiah buat dia pasti dibaca. Kita bisa membuatkan dia tulisan apa saja yang kita suka, baik itu puisi, cerpen ataupun karya tulis panjang kayak novel. Pilih ide cerita yang menyangkut kehidupan atau hal-hal favorit si dia.(berbagai sumber)

LOWONGAN PEKERJAAN

TELAH TERCECER SEBUAH BPKB MOTOR

ATAS NAMA : HASAN THALIB ALAMAT : KEL. SINDULANG SATU LINGK. IV MANADO

3. Olahraga Kalau kamu suka banget olahraga atau atlet di sekolah, enggak usah khawatir enggak bisa ngasih hadiah buat si dia dengan keahlian kamu ini. Kita bisa saja janji memenangkan satu pertandingan khusus buat si dia.

PT.AMANAH FINANCE MEMBUTUHKAN:

1. 2. 3.

Costumer Service (Wanita) Admin Piutang (Laki-laki) Collector (Laki-laki)

Syarat dan Ketentuan: 1. 2. 3.

Max 25 Tahun Pendidikan Minimal D3 Beragama Islam Lamaran dibawah langsung ke

PT. AMANAH FINANCE Komp Mega Smart Blok 7 No 22 Boulevard Manado Contact Persen: 089610266523 (Fian)


RABU 2 OKTOBER 2013

JAPAN OPEN 2013

Tiket babak kedua milik Tsonga

PETENIS putra Prancis, Jo-Wilfried Tsonga membutuhkan empat match point untuk mengalahkan kompatriotnya, Gael Monfils 63, 7-6 (8) sebelum akhirnya melaju ke putaran kedua Japan Open 2013, pada Senin (30/9/ 2013) malam waktu setempat. Kemenangan Tsonga juga meningkatkan rekornya menjadi empat kemenangan dalam lima pertemuan dengan Monfils di pertandingan ATP Tour. Tsonga sendiri tampil dominan di set pertama, dan tak membiarkan Monfils menekan. Namun di set kedua, Monfils bermain lebih ngotot. Dia mampu bangkit dari ketinggalan 51 untuk menyamakan kedudukan menjadi 5-5 dan memaksa Tsonga tiebreak. Performa Tsonga yang tengah menanjak tahun ini terlihat cukup banyak pengaruhnya dalam beberapa laga terakhirnya. “Saya memulai dengan baik dan bermain ofensif, “ kata Tsonga, sebagaimana dilansir japantoday, Selasa (1/10/). “Saya tahu ini adalah satu-satunya cara bagi saya untuk mengalahkan Gael (Monfils),” lanjutnya. Tsonga memulai dengan bagus tahun ini dengan perempatfinal di Australian Open dan semifinal di French Open. Sayang, Tsonga terpaksa mundur karena cedera lutut di babak kedua Wimbledon dan sebagai hasilnya dia tidak masuk ke US Open. “Saya tidak bermain banyak dalam dua atau tiga bulan terakhir, sehingga saya akan butuh waktu untuk penyesuaian,” ujarnya. Pada pertandingan lainnya di putaran pertama, unggulan keenam Nicolas Almagro dari Spanyol mengalahkan petenis kualifikasi asal Jerman, Benjamin Becker 7-6 (4), 7-6 (3) dan Alexandr Dolgopolov dari Ukraina mengalahkan Daniel Brands dari Jerman 6-3, 6-1. Unggulan utama Juan Martin del Potro dari Argentina dijadwalkan untuk bermain melawan Marcos Baghdatis dari Siprus pada pertandingan putaran pertama hari ini, ketika juara bertahan Kei Nishikori dijadwalkan bertemu Jurgen Melzer dari Austria.(okez)

Olahraga

Nadal Lanjutkan Sukses TAHUN 2013 seperti menjadi tahunnya Rafael Nadal. Betapa tidak, bintang tenis asal Spanyol ini berhasil mengoleksi 10 trofi hingga September 2013. Nadal juga merebut posisi pertama ranking ATP dari Novak Djokovic. Jadi, tak salah jika Nadal punya hasrat besar untuk melanjutkan suksesnya di ajang Cina Terbuka, yang digelar di Beijing, 30 September s.d 6 Oktober. Nadal ingin mempertahankan posisinya di peringkat teratas ATP. “Menjadi petenis nomor satu dunia bukan hal yang mudah. Namun, jika saya mampu menampilkan permainan bagus seperti sebalumnya, saya yakin bisa membawa pulang hasil bagus di sini,” tutur Nadal kepada South China Morning Post. Kesempurnaan Nadal kian bertambah karena ia mengawali tahun ini dengan sedikit musibah. Petenis berusia 27 tahun itu harus beradaptasi dengan penyembuhan lutut kirinya yang mengalami cedera di ajang Wimbeldon 2012. “Ini adalah salah satu musim terbaik yang pernah saya jalani sepanjang karier. Itu lah kenapa saya ada di posisi yang bagus dan bisa memenangi sejumlah turnamen penting tahun ini,” ucap Nadal. Nadal akan mengawali perburuan gelar di Beijing dengan menghadapi petenis Kolombia, Santiago Giraldo, Selasa (1/10). Sementara itu, Dokovic akan ditantang Lukas Rosol asal Rep. Ceska.(inlc)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

7

Gaya balap Marquez terlalu berisiko!

SELAIN menelurkan pujian, Jorge Lorenzo juga mengritik rivalnya, Marc Marquez. menurutnya, gaya membalap Marquez terlalu berisiko. Marquez sukses merebut kemenangan keenamnya di ajang MotoGP musim ini usai mengalahkan Jorge Lorenzo pada GP Aragon di Sirkuit Motorland, Minggu (29/9) kemarin. Kemenangan terakhir Marquez itu diwarnai kejadian kontroversial. Pebalap muda Spanyol ini tampil agresif sehingga menyenggol Dani Pedrosa sehingga mengalami kecelakaan dan gagal melanjutkan balapan. “Melihat tahun ini, Marc merupakan seorang pembalap yang luar biasa. Dia sudah memenangi banyak balapan dan merebut

banyak pole position sebagai rookie dan dia telah memperlihatkan bahwa dia sangat cepat dan berbakat,” puji Lorenzo ddilansir MCN. “Hal lainnya adalah gaya membalapnya. Dia sangat agresif dan dia selalu mengambil risiko setiap saat. Dia sudah mengalami kecelakaan 10 kali dan dia mengambil risiko untuk dirinya sendiri tapi juga para pembalap lain ketika dia melewati kami,” ia menyambung. Di klasemen sementara, Lorenzo terpaut 39 poin dari Marquez, yang masih memimpin kompetisi. Keduanya diprediksi akan bertarung lebih sengit lagi di sisa empat seri, untuk menentukan siapa di antara mereka yang akan menjadi juara dunia 2013.(bone)

CHINA OPEN 2013

Azarenka Kandas di babak awal

Laga keberuntungan Mancio

VICTORIA Azarenka harus menerima kenyataan bahwa di China Open tahun ini, gelar juaranya gagal dipertahankan. Azarenka yang memenangkan turnamen serupa tahun lalu, sudah harus angkat koper ‘pagipagi’ di babak pertama. Azarenka kandas di babak pertama setelah harus keok tiga set, 4-6 6-2 dan 4-6 dari Andrea Petkovic. Azarenka pun lantas menyalahkan penjadwalan WTA Beijing kali ini yang dianggap terlalu berdekatan dengan WTA Tokyo yang diikutinya, pekan sebelumnya. “Saya mungkin harusnya mengambil jeda rehat yang lebih panjang dan mempersiapkan diri lebih baik. Di sini (China Open), saya tak merasa siap untuk bermain. Persiapan saya kurang dan saya tak bisa menyangkal bahwa jadwal turnamen ini terlalu dekat,” keluh Azarenka. “Tapi ini juga kesalahan saya karena tak terlalu memberi perhatian setelah US Open, di mana saya tak mengatur waktu dan kesehatan saya,” imbuhnya, sebagaimana disitat IOL.co.za, Selasa (1/10).

Tak hanya menyesal, petenis asal Belarusia itu mengaku cukup frustrasi lantaran tak bisa menyusul rival-rival lainnya, macam Serena Williams dan Ana Ivanovic ke babak kedua. Frustrasi karena hasil, serta frustrasi lantaran tak bisa tampil sebaik biasanya. “Dalam hal emosi, ya, saya emosi dan frustrasi ketika melihat diri saya sering melakukan kesalahan saat bertanding. Servis saya payah, apalagi ketika mencoba hal baru. Segalanya tak berjalan saat turnamen, ritme permainan saya pun berantakan,” tutup Azarenka.(blnt)

Raksasa Turki, Galatasaray resmi menunjuk pelatih asal Italia, Roberto Mancini sebagai arsitek baru mereka. Mantan pelatih Manchester City itu menggantikan Fatih Terim dan dikontrak Galatasaray hingga 2016 . Entah ini kebetulan atau tidak, namun laga pertama Mancio

kualitasnya belum habis setelah dipecat Manchester City akhir musim lalu. Galatasaray memang datang ke markas Juve dengan ambisi untuk meraih poin perdana di Liga Champions musim ini setelah di matchday 1 dipermak Real

Madrid di kandang sendiri. “Mancini adalah manajer Galatasaray. Galatasaray dan Mancini telah menandatangani kontak tiga musim, terhitung sejak musim 2013-2014,” demikian pernyataan resmi Galatasaray.(blnt)

LIGA CHAMPIONS

setelah duduk di kursi pelatih Galatasaray ialah melawat ke kandang tim jagoan negara asalnya, Juventus. Mancini pun merasa seperti pulang kampung dan menyebut laga di Juventus Stadium adalah sebuah kebetulan yang menyenangkan. “Saya

memutuskan bergabung dengan sebuah tim yang hebat. Laga Galatasaray kontra Juventus akan menjadi kebetulan yang menyenangkan bagi saya.” ujar Mancini seperti dikutip situs resmi UEFA. Laga ini akan menjadi ajang bagi Mancini untuk membuktikan bahwa

Tubuh ... dari Halaman 8 Natalia sendiri pernah menjadi model untuk beberapa majalah ternama salah satunya Soho Magazine, dan tidak hanya itu saja, ia pun pernah masuk

dalam Top 10 football WAGs versi majalah The Sun pada bulan Desember 2012 lalu. Pertama kali diisukan menjalin hubungan asmara dengan

SERVICE SPRINGBED, KURSI UKIR & KURSI SUDUT BERBAGAI MACAM MEREK, UKURAN & JENIS KERUSAKAN SPRINGBED KURSI UKIR, DAN KURSI SUDUT ANDA !!!

UNTUK SPRINBED

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI MODEL TAMBAH UKURAN

SEDOT WC

UNTUK KURSI UKIR DAN KURSI SUDUT

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI KAYU CAT BARU

SEDOT WC (TINJA) WC TERSUMBAT Hubungi

PESANAN KHUSUS MEMODIFIKASI SPRINGBED HASIL & KWALITAS DIJAMIN MEMUASKAN HUBUNGI

TOKO MEDAN JLN. LEMBONG NO.16 MANADO

Radamel Falcao sekitar akhir tahun 2012 kemarin, dimana “El Tigre” (sebutan Falcao) tengah gencar di buru oleh klub-klub elit asal eropa, terutama dari Inggris (Manchester City & Chelsea). Media Inggris “The Sun” bahkan sempat menggosipkan kebenaran hubungan keduanya, namun akhirnya semua itu di bantah oleh Falcao yang secara terang-terangan, bahkan Falcao sendiri berencana menuntut balik media “The Sun” yang dinilainya menyebarkan berita bohong.(sunc)

CONTACT PERSON HP. 085398766171 081340050546

0813 5604 0118 0823 4906 4118 Anda butuh pupuk organik? Kami berikan

GRATIS...

Milan ... dari Halaman 8 “Kaka tidak tersedia untuk laga menghadapi Juventus, kemungkinan dia (Kaka) baru akan tampil usai jeda internasional,” ujar Galliani seperti dilansir Tribalfootball, Selasa (1/10). “Kami telah membicarakan banyak hal tentang Balotelli, Balotelli tidak boleh bereaksi berlebihan seperti itu lagi.

Dia telah tumbuh lebih dewasa, dia hanya sering menjadi korban pelanggaran yang tidak diberi sanksi,” tutup Galliani. AC Milan akan bertandang ke markas Ajax dalam lanjutan penyisihan Grup Liga Champions tengah pekan ini, sementara Juventus akan menjamu Galatasaray di Juventus Stadium.(blnt)


RABU 2 OKTOBER 2013

JUVENTUS VS GALATASARAY

SPORTAINMENT

NATALIA VELEZ

Tubuh yang sempurna NATALIA Velez merupakan seorang artis, model, dan juga seorang presenter acara televisi dari Amerika Latin (Colombia). Sosoknya sebagai wanita berambut coklat yang menawan serta bentuk tubuh yang sempurna, membuat Natalia Velez sendiri sering tampil unutk produk lingerie (pakainan dalam wanita). Tidak ada yang bisa menampik penampilannya yang selalu menawan dalam setiap sesi pemotretan produk perusahaannya yang bernama “Lingerie”, akan selalu membawa pikiran kaum lelaki untuk selalu mengingatnya dalam benaknya.

BEK tengah Juventus giorgio chiellini meminta rekan-rekannya fokus saat skuatnya berhadapan dengan Galatasaray.

JUVENTUS akan menjamu Galatasaray dalam laga kedua babak penyisihan Grup B Liga Champion di Juventus Stadium, Kamis (3/ 10). Diungkapkan bek tengah Juventus tersebut, fokus skuatnya saat ini adalah bagaimana caranya mengalahkan Galatasaray di ajang Liga Champions. “Saya tak lagi memikirkan Roma dan Napoli saat ini,” kata Chiellini kepada Radio 24. “Sekarang yang jadi pikiran utama saya adalah Didier Drogba, Wesley Sneijder dan Burak Yilmaz. Kami sudah melupakan Torino dan fokus penuh menghadapi Galatasaray.” Kami akan berusaha dan meminimal-kan kesalahan kami melawan tim yang lebih tangguh,” tandasnya. Sementara itu, penyerang anyar Juventus Carlos Tevez sangat diragukan dapat bermain setelah mengalami cedera engkel. Carlos Tevez mengalami cedera engkel saat Juventus memetik kemenangan 1-0 atas Torino, Minggu (29/9). Penyerang asal Argentina ini mengalami cedera setelah mendapatkan tekel keras dari Ciro Immobile. “Engkel

kaki kanan Carlos Tevez terkoyak dan lebam. Kondisiny akan terus dipantau dalam beberapa jam ke depan. Akan tetapi, ia sangat diragukan untuk bisa bermain di laga Liga Champion melawan Galatasaray,” tulis pernyataan yang dirilis situs resmi Juventus. Kemungkinan absennya Tevez di lini depan, tentu menjadi sebuah kerugian besar bagi Juventus. Betapa tidak, La Vecchia Signora sudah pasti menargetkan tiga poin dari Galatasaray setelah baru memetik satu poin lantaran bermain imbang 11 melawan Kobenhavn di laga pertama. Sneijder mengalami rasa nyeri pada kakinya usai menjalani laga domestik bersama Galatasaray. Wesley Sneijder terancam

absen kala Galatasaray menjamu Juventus di matchday kedua Liga Champions besok. Diungkapkan harian Turki Hurriyet, Selasa (1/10), gelandang asal Belanda itu merasakan rasa nyeri pada kakinya usai membela Galatasaray melawan Cakyur Rizespor di kompetisi domestik. Sniejder masih harus menjalani pemindaian pagi ini untuk memastikan kondisi dan cederanya. Hasilnya baru akan diketahui sore nanti. Sementara Didier Drogba inyatakan fit dan siap diturunkan setelah sebelumnya menjalani latihan terpisah karena mengalami cedera ri-ngan di akhir minggu. (blnt)

Baca: Tubuh ( Halaman 7)

SERIE A

Milan minus Kaka dan Balotelli Adriano Galliani, Wakil presiden AC Milan mengonfirmasi bahwa pemain anyar dan striker andalan mereka tidak akan tampil dalam laga menghadapi Juventus akhir pekan ini di Juventus Stadium, Senin (7/9). Kaka dipastikan tidak akan bermain karena masih berkutat dengan pemulihan cederanya, sementara Mario Balotelli juga tidak dapat diturunkan karena masih menjalani sanksi skorsing tiga laga di Serie-A usai menerima kartu kuning kedua karena aksi protes kerasnya kepada wasit dalam laga melawan Napoli dua pekan lalu. Baca: Milan ( Halaman 7)

WESLEY Sneijder terancam absen kala Galatasaray menjamu Juventus di matchday kedua Liga Champions besok.


RABU 2 OKTOBER 2013 NOMOR 02387 TAHUN VII

KAMPUNGRON KELURAHAN MALALAYANG II KECAMATAN MALALAYANG

Himbau warga untuk bisa bekerja sama

MENJADI seorang Lurah yang baru di Kelurahan Malalayang II, membuat Daddy M Nalle harus bisa lebih optimis untuk melakukan langkah maju dalam mensukseskan program Pemkot Manado di daerah yang baru saja ditempatinya. DADDY M Nalle. Mantan Lurah Taas ini sangat optimis dalam memimpin, terlebih memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat yang ada di Kelurahan Malalayang II. Untuk itu, dirinya sangat mengharapkan agar masyarakat di wilayahnya juga bisa bekerjasama dalam mendukung program pemerintah kota. “Saya minta agar warga dapat bisa bekerja sama dengan saya dalam menciptakan pelayanan dan kenyamanan untuk mendukung program pemerintah kota Manado. Baca: Himbau ( Halaman 11)

IBUKOTA

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

9

Celah ”Universal Coverage” diantisipasi Walikota: Pemkot upayakan klaim bisa gunakan kwitansi Manado—Universal Coverage (UC) atau program kesehatan gratis, terbukti menjadi harapan banyak warga Manado karena gratis dan pengurusannya mudah dimana hanya untuk warga Manado karena hanya menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK). Meski UC ini spektakuler, namun kondisi di lapangan masih memiliki celah yang perlu segera dibenahi. Salah satunya soal dikeluarkannya resep obat, baik dari pihak Rumah Sakit (RS) atau dokter dimana tidak sesuai dengan Daftar Plafon Harga Obat (DPHO) Askes. Akibatnya, warga harus membayar meski jumlah harga obat tersebut. Walikota Manado, GS

Vicky Lumentut mengakui akan adanya celah tersebut sehingga dalam berbagai kesempatan bersama dengan pihak Askes, Pemkot berupaya disaling menghimbau agar dokter dan rumah sakit dapat memperhatikan hal ini. “Sebelum saya ke Harvard, saya sudah sampaikan kepada pihak Askes soal aspirasi ini. Karenanya saya menghimbau agar rumah sakit dan dokter memperhatikan ini sehingga jika memang ada masyarakat yang mengeluh soal ini, maka masyarakat bisa menyimpan kwitansi obat tersebut. Sebab itu sewaktu-waktu bisa mengclaim kepada pihak Askes. Ini yang sedang kami rancang,” ujar Walikota pilihan rakyat ini. Untuk itu kedepan, diri-

HARI KESAKTIAN PANCASILA

Nilai dan pengamalan Pancasila jangan luntur

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut yang dekat dengan rakyatnya itu berharap UC bisa lebih meringankan beban warganya.(foto: ist)

nya mengharapkan tidak ada lagi keluhan yang serupa yang didengarnya. “Saya tidak ingin lagi dengar ada warga Manado yang mengeluh soal penerapan UC. Pihak Askes saya

harapkan antisipasi dan tindaklanjuti hal ini,” tuturnya saat melakukan teleconfrence bersama wartawan akhir pekan lalu. Baca: Celah ( Halaman 11)

Manado—Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober, mengingatkan kita akan nilai-nilai murni Pancasila. Karenanya, menurut Ketua Komisi D Dekot Manado, Richard Sualang, seluruh elemen masyarakat diharapkannya untuk tetap mempertahankan nilai-nilai yang terkandung pada Pancasila. “Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati hari ini (kemarin,red), sebagai warga negara kita harus tetap mempertahankan Pancasila, sebagai dasar negara serta mengamalkan nilai-nilainya dalam menghadapi ancaman disintegrasi

bangsa/NKRI yang semakin besar saat ini,” tegasnya. Anggota Komisi B Dekot Manado, Lili Binti juga mengajak masyarakat untuk mewujudkan nilainilai Pancasila sebagai kepribadian bangsa. “Makna yang ingin dikedepankan adalah bagaimana memperkokoh Pancasila sebagai sumber nilai jati diri bangsa dan sebagai fondasi, sekaligus acuan dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera, bersama 3 pilar dan konsesus nasional yaitu UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI,” katanya. Baca: Nilai ( Halaman 11)

HUT SKH. SWARA KITA SALES Excecutive Aston Manado Hotel Gladys Patras didampingi Istara Panauma (public relation) menyerahan kue ulang tahun SKH. Swara Kita yang ke-8 kepada Manager Pemasaran Noldy Poluan di Kantor SKH. Swara Kita, Selasa (1/ 10) kemarin. (foto: boyz/sk)

MOBIL MURAH

SMA KAT FR DOBOS

Kemacetan dikhawatirkan Tiap tahun siswa disuguhkan akan semakin meningkat belasan universitas terbaik Manado—Kemacetan salah satu corak dari daerah yang sudah maju dan berkembang. Apalagi dengan adanya rencana diluncurkannya mobil murah di Manado, dampak kemacetan dikuatirkan akan semakin parah. Anggota Komisi D Dekot Manado, Sendy Rumondor menuturkan, bahwa jika Pemkot Manado tidak segera mengantisipasi daya tampung kendaraan pada sarana jalan yang ada, maka

diprediksikan kemacetan yang lebih parah akan terjadi di kota Tinutuan ini jika mobil murah itu dipasarkan di Manado. “Ruas jalan yang ada di Manado saat ini sudah tidak memadai untuk menampung jumlah kendaraan. Apalagi penjualan mobil murah berlaku, maka kemacetan parah akan sangat sulit untuk kita dihindari,” ujar Rumondor. Baca: Kemacetan ( Halaman 11)

Manado—Apa yang dilakukan SMA Katolik Frater Don Bosco (Dobos) Kota Manado, mungkin jarang diterapkan sekolah lainnya di Sulut. Ini menyangkut kebijakan sekolah yang setiap tahun menghadirkan belasan bahkan puluhan universitas terbaik di Indonesia maupun di luar negeri, dalam iven Edu Fair. Kepada Swara Kita, Kepala Sekolah Fr Paul Leu SPd CMM menjelaskan, kegiatan Edu Fair PAUL Leu.

adalah program tahunan yang memberikan kesempatan kepada setiap siswa khususnya kelas XII untuk mengenal sejumlah universitas, baik fasilitas, peluang kerja para lulusan dan jurusan yang ada di universitas tersebut. “Kami melaksanakan iven ini pada 30 September sampai 1 Oktober 2013, dimana sebanyak 20 universitas hadir di sekolah kami untuk mensosialisasikan diri. Dan siswa yang merasa cocok, bisa langsung mendaftar tanpa perlu ke daerah dimana perguruan tinggi itu berada. Ini sangat mempermudah siswa,” ujar Leu, Selasa (1/10) kemarin. Baca: Tiap ( Halaman 11)


Ibukota

RABU 2 OKTOBER 2013

SURAT KABAR HARIAN

10

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Mantan kepsek sering malas kerja

JAGARON LINGKUNGAN II KEL. TERNATE TANJUNG

Kalau sudah jadi guru biasa tak lagi rajin masuk sekolah

Ronda aktif dilakukan warga UPAYA untuk terus menjaga sistem keamanan di lingkungan, masih aktif dilakukan oleh Kepala Lingkungan II Kelurahan Ternate Tanjung Safrudin Male bersama dengan warga di lingkungannya. Sebab setiap malam, jadwal perondaan oleh warga terus dilakukan sehingga stabilitas keamanan pada kawasan LingSAFRUDIN Male. kungan semakin terja-ga. Hal itu diungkapan Safrudin saat ditemui Swara Kita, Selasa (1/10) kemarin di Kantor Kelurahan Ternate Tanjung. Dikatakan dirinya, hal utama yang dilakukan dirinya sebagai kepala lingkungan, yakni memantau para remaja pendatang ke lingkungannya saat sudah tengah malam. Jika kedapatan, maka dirinya langsung melakukan peneguran serta pembinaan kepada remaja itu agar bisa meninggalkan atau membubarkan diri disaat mereka berkumpul. “Hal seperti ini biasanya menjadi prioritas bagi saya dan warga yang sedang melakukan ronda di lingkungan. Tentunya kegiatan itu sudah barang tentu a k a n k a m i u p a y a k a n t e r u s u n t u k menghindari terjadinya perselisihan antara kaum muda, apalagi sudah dipengaruhi oleh minuman keras,” ucapnya.(try24)

RELASI

Makan di Foodcourt bisa tour ke “Tanah Perjanjian”

Manado—Melihat dari tugas kerja Kepala Sekolah (Kepsek) yang merupakan tugas tambahan seorang guru, tampaknya sangat disayangkan kalau saat ini masih ditemui guru yang malas bekerja usai melepas jabatan sebagai Kepsek. Menurut pengakuan sejumlah guru di SMA negeri di Kota Manado, para guru yang dulunya menjabat sebagai Kepsek sering malas melaksanakan tugas mengajar di sekolah. “Apalagi kalau sudah lama menjabat sebagai Kepsek, lalu dirolling menjadi guru biasa, pasti sudah jarang masuk sekolah,” ujar sejumlah guru yang minta nama mereka tidak dipublikasikan. Lebih dari itu, masih menurut mereka, guru-

guru eks Kepsek ini kerab mengistimewakan dirinya untuk mendapat perlakuan yang berbeda dibanding guru-guru lain. Terkait berbagai keluhan ini, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Manado Corry Tendean SH meminta para guru eks Kepsek untuk bekerja secara profesional. “Tidak boleh ada guru yang bersikap demikian,” tegas dia, Selasa (1/10) kemarin. Tendean mengatakan setiap Kepsek harus memiliki mental yang baik, termasuk siap menerima kalau dirolling untuk menjadi guru biasa. “Tapi ini memang dikembalikan pada mental setiap guru. Yang pasti, pemerintah melihat kemampuan setiap Kepala Sekolah dalam melaksanakan tugasnya,” kunci Tendean.(emem)

PENDIDIKAN

Kepsek baru diharapkan tingkatkan kualitas siswa

SALAH satu adegan teater dengan judul naskah “Ayahku Pulang” yang dibawakan anak didik SMAN 4 Manado.(foto: finda/sk)

KESENIAN

21 grup bersaing ketat di Festival Teater Pelajar Manado—Kemampuan anak didik di bidang seni teater, kali ini coba diasah Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Utara (BBPSU) dalam Festival Teater

Tingkat SMA/SMK/MA se-Sulut yang digelar mulai tanggal 1 sampai 4 Oktober 2013. Baca: 21 grup ( Halaman 11)

Manado—Langkah penyegaran atau rolling tenaga pendidik dalam hal ini Kepala Sekolah (Kepsek) oleh Pemkot Manado, menuai dukungan dari Dekot Manado. Meski kedepan dengan adanya penyegaran tersebut, pelayanan pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikan di Manado wajib terus dikedepankan. Anggota Komisi D Dekot Manado, Fauzijah Stela Pakaja meminta agar kepsek-kepsek yang baru saja mendapatkan kepercayaan dan tugas mulia ini, harusbenar-benar menjalankan kewajibannya untuk meningkatkan kualitas pendidikan saat ini. “Penyegaran yang dila-

kukan pemerintahan tujuannya tentu untuk melahirkan pemimpin yang dapat menciptakan lingkungan kerja lebih baik lagi dari pejabat yang sebelumnya. Semoga para kepsek yang baru saja dilantik, menunaikan tugas pengabdiannya sesuai aturan yang berlaku sehingga pendidikan di Manado semakin berkualitas,” ujarnya. Ditambahkan Sekretaris Komisi D Dekot Manado, Deasy Roring, dengan pemimpin yang baru di sekolah, diharapkan mampu menghilangkan kebiasaan yang dapat merusak citra pendidikan di Manado. Baca: Kepsek ( Halaman 11)

PANTAUAN

Pohon jadi tempat iklan gratis Manado—Seakan tidak pernah ada efek jerah bagi perusahaan yang ingin mengambil keuntungan dalam mempromosikan produk mereka dengan menjadikan pohon sebagai media sarana iklan gratis. Padahal, hal itu sudah beberapa kali dilakukan penertiban oleh Satpol PP

Kota Manado, namun tetap saja masih terus dilanggar. Seperti yang terpantau Swara Kita, Selasa (2/10) kemarin, di sepanjang jalan raya pada kawasan SPBU Sario atau tepatnya di pertigaan menuju Universitas SamRatulangi. Fence Wole, salah seorang penjual sate yang

berada di kawasan itu mengatakan, kalau sudah seharusnya dari Pol PP harus lebih tegas dalam menindaki. Apalagi terbukti kalau pohon ini hanya dijadikan lahan tempat beriklan gratis oleh mereka hampir setiap bulannya.

MESKIPUN sudah beberapa kali ditertibkan oleh Pol PP, namun memasang iklan di pohon masih saja dilakukan.

Baca: Pohon ( Halaman 11)

(foto:lukman/sk)

KEJURDA IMI SULUT

MARKA JALAN

Ai: Kami mendukung penuh Banyak yang tertutup pohon MENU yang beragam, lezat, dan bersahabat dengan kantong anda, pastinya akan membuat anda semakin betah di Bayview Foodcourt di ketinggian lantai 5 itCenter.

MEMENUHI kebutuhan warga Manado akan teknologi dan gaya hidup, itCenter memang menawarkan banyak sekali kemudahan untuk anda dan keluarga. Menikmati saat–saat berbelanja bersama keluarga anda akan semakin lengkap dengan beristirahat bahkan menghabiskan waktu makan anda bersama keluarga di Bayview Foodcourt di ketinggian lantai 5 itCenter. Baca: Makan ( Halaman 11)

Manado—Gelaran Kejuaraan Daerah (Kejurda) Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulut bertajuk “Speed Offroad, Moto Cross and Grass Track”, yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 Oktober 2013 di Sirkuit Balitka Paniki Manado, mendapat dukungan penuh dari Wakil Walikota Manado, Harley ‘Ai’ Mangindaan. Buktinya, Selasa (1/10) kemarin, Mangindaan melakukan kunjungan ke lokasi sirkuit untuk me-

Manado—Sudah seharusnya Pemkot Manado lewat isntansi terkait bisa memperhatikan beberapa marka jalan seperti penunjuk arah yang sudah tidak jelas terlihat bagi pengendara akibat sudah tertutup oleh rimbunnya dahan pohon. Salah satunya marka jalan penunjuk arah yang ada di Jl Wolter Monginsidi atau tepatnya di kawasan depan tempat perbelanjaan Bahu Mall seperti yang terpantau Swara Kita, Selasa (2/10) kemarin.

WAWALI Manado Harley ‘Ai’ Mangindaan saat melakukan kunjungan di Sirkuti Balitka Manado tempat pelaksanaan Kejurda IMI Sulut Speed Offroad, Moto Cross and Grass Track dan berfoto bersama Panitia penyelenggara didamping oleh Ketua IMI Sulut Ronny Eman SE, Selasa (1/10) kemarin.(foto: ist)

lihat secara langsung kesiapan pihak penyelenggara hajatan akbar otomotif

tersebut. Baca: Ai ( Halaman 11)

Baca: Banyak ( Halaman 11)

MARKA jalan masih banyak terlihat ditutupi pohon perindang pinggiran jalan raya.(foto: lukman/sk)

Harto Agung, penjual mie bakso keliling

Tempat usaha menetap jadi target

Sudah hampir 8 tahun lelaki yang satu ini berkeliling untuk berjualan mie bakso miliknya sendiri. Tak heran jika cita-citanya untuk mencari tempat usaha menetap mulai direncanakan sejak dari sekarang.

FATHIA TJUNGKENG

ADALAH Harto Agung, warga yang sekarang menetap di Kelurahan Paal Dua ini, adalah seorang pedagang mie bakso keliling dimana setiap harinya harus mendorong gerobak mie bakso buatannya tersebut dari pada pukul 10:00 Wita sampai pukul 17:00 Wita. Tempat keramaian seperti pasar dan sekolah merupakan lahan baginya untuk mengais rezeki dari penjualan mie bakso yang dijualnya seharga Rp7.500 per porsi ini.

0852 5691 1778, 0853 4050 9800

CV AIR SEJUK MANADO

MAINTENANCE-AIR CONDITIONER-SPARE PART-INSTALATION Type

Service

AC SPLIT RP25.000 AC WINDOW RP50.000 AC STANDING FLOOR RP50.000 AC CEILING RP45.000 AC CENTRAL NEGO KULKAS RP50.000 FREEZER RP50.000 MESIN CUCI RP50.000 DISPENSER RP50.000

Tambah Freon RP75.000/PK RP75.000/PK RP75.000/PK RP45.000/PK NEGO RP660.000/PK RP660.000/PK NEGO NEGO

DISEWAKAN AC FLOOR STANDING/GENSET

- Service langsung di tempat - Melayani bongkar pasang AC - Melayani panggilan luar kota - BERGARANSI - Ditangani oleh Tenaga Profesional Teknisi kami datang ke tempat anda untuk cek GRATIS

Hub: (0431) 3630234/9140332—085299811566 Jl AA Maramis Paniki Bawah No 12 Manado

SUBARU FORESTER A/T TAHUN 2007

MITSUBISHI LANCER EX TAHUN 2008

CHEVROLET BLAZER TAHUN 2003

TOYOTA SPR. KIJANG 1.8 LONG THN 1995

AC,Tape,Velg,PS, PW, CL, MIRROR, KM 44.000, MULUS. OTR Rp 215 jt, UM : 95 jt , Angsuran Rp 4.898.000 X 35 Bulan Asuransi TLO 3 thn

UM Rp. 203 jt, angsuran Rp. 7.300.000 x 28 bulan ( Lanjut Kredit )

Chevrolet Blazer Tahun 2003 AC, Tape, Velg, PS, PW, CL, Mulus Sekali, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 2.435.000 x 21 bln, Ass All Risk.

Siap pakai Rp 49 jt, UM : 15jt, Angsuran Rp 1.498.000 X 35 bulan

DAIHATSU TERIOS TS EXTRA TAHUN 2011 Harga Rp. 115 jt, UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 3.100.000 x 48 bln

HONDA STREAM TAHUN 2002 AC,Tape,velg,PS,P W,CL,Alarm,Mulus sekali. OTR Rp. 165 jt, UM Rp. 31 jt, Angsuran Rp. 4.299.500 x 47 bln. Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun

TOYOTA KIJANG INNOVA G EURO TAHUN 2008

AC, Tape, DB, Velg, PS, PW, CL, alarm, Rp 169 jt, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 4.750.000 x 47 bulan, Asurans All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

Toyota Kijang Innova Tahun 2004

AC, Tape, velg, PS, PW, CL, Mulus, UM Rp. 45 jt, angsuran Rp. 2.768.900 x 29 bln Lanjut Kredit

AC, tape, velg, PS, PW, CL, Rp. 129 jt, UM Rp. 26 jt, angsuran Rp. 3.498.000 x 47 bln.

HARTO Agung, penjual mie bakso keliling.

Tak heran banyak langganan yang sudah dimilikinya, baik itu dari anak sekolah maupun para pegawai kantoran yang sering dikunjunginya. Dalam usaha dagang mie bakso setiap hari, Harto sering mendapatkan keuntungan sebesar Rp300 ribu dan bahkan bisa sampai Rp500 ribu. Keuntungan itupun sudah dipotong dengan modal yang harus untuk membeli bahan baku pada penjualan pada esok hari. Baca: Tempat ( Halaman 11)

ISUZU PANTHER PICK UP TURBO TH. 2007

TOYOTA ALTIS G TAHUN 2003

DAIHATSU TERIOS TX TAHUN 2010

TOYOTA VIOS E TAHUN 2004

SUZUKI GRAND ESCUDO XL 7 THN 2005

Suzuki Carry 1.5 DRV Tahun 2002

Mulus sekali, Rp. 86 jt, UM Rp. 15 jt, Angsuran Rp. 3.099.000 x 35 bln

UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 3. 598. 000 x 47 bulan.

Daihatsu Terios TX Tahun 2010 Rp. 159 jt, UM Rp. 32 jt, angsuran Rp. 4.298.000 x 47 bln. Ass All Risk 1 tahun.

AC, tape, velg, PS, PW, CL, Rp 95 jt, UM Rp. 17 jt, angsuran Rp. 2.789.000 x 47 bln, asuransi all risk.

AC, Tape, velg, PS, PW, CL, DB, alaram, Rp. 110 jt, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 3.598.000 x 35 bln.

Suzuki Carry 1.5 DRV Tahun 2002 Siap Pakai Rp. 65 jt, UM Rp. 15 jt, angsuran Rp. 2.100.000 x 35 bln.

Isuzu Panther HONDA ALL NEW JAZZ Tahun 2009 PUTIH LS Tahun 2002 OTR Rp. 95 jt, UM Rp. 16 jt, angsuran Rp. 2.650.000 x 47 bln.

CJ TAHUN 1984

OTR Rp 179 jt, UM Rp. 36 jt, Angsuran Rp 4.750.000 X 47 bulan, Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

ISUZU PANTHER TOURING 2009/2008

MITSUBISHI TS PU TH. 2004

Model Jeep Wrangler bagus sekali Rp. 175 jt

Mulus, Rp 45jt,UM Rp 15jt, Angsuran Rp 1.358.000 X 36 bulan.

UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 4.550.000 x 47 bln, ass all Risk 1 thn. OTR Rp. 165 jt

TOYOTA STARLET THN 1996 TURBO LOOK AC, Tape, velg, PS, PW, CL, mulus sekali, Rp. 99 jt, UM Rp. 29 jt, angsuran Rp. 2.386. 000 x 48 bln.


RABU 2 OKTOBER 2013

Sektor UKM, tulang punggung ekonomi Indonesia MENTERI Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Syarief Hasan berharap, akhir tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 6 persen. Pasalnya, UKM merupakan tulang punggung dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. “UKM kan adalah tulang punggung ekonomi Indonesia, jadi kita harus mendorong ini, UKM itu merupakan sangat kontribusi untuk tenaga kerja,” ujar Syarief saat pelepasan secara simbolis keberangkatan 800 UKM Binaan Sinde mengunjungi pasar Malaysia, di restaurant Tartine FX Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2013). Menurutnya, dengan mendorong sektor UKM di Indonesia dapat menekan tingkat angka pengangguran di Tanah Air. “Ada yang bilang Indonesia masih ada yang miskin, tetapi yang jelas pengangguran sudah semakin turun kemiskinan juga,” tukasnya. Lebih lanjut Syarief menekankan, bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia jauh lebih besar ketimbang pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat yang hanya tumbuh 2,5 persen. Melihat hal tersebut, Syarief meminta kepada seluruh masyarakat agar bisa lebih mendorong sektor UKM guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi lebih baik lagi. “Ekonomi Amerika tidak akan pernah tumbuh tinggi dari 2,5 persen, kita harus mengingat potensi kita itu bagus, opportunity sangat begitu terbuka. Semuanya kan ada di Indonesia, kita hanya tinggal bekerja, bekerja dan bekerja, itu kita sempurnakan agar kedepan lebih bagus lagi pertumbuhan ekonomi kita,” ucap Syarief. Dia juga mengingatkan, agar masyarakat Indonesia memiliki jiwa enterpreunership, dimana dengan memiliki jiwa tersebut maka kedepannya akan menciptakan lapangan pekerjaan baru di tanah air sehingga ini akan mengurangi jumlah angka pengangguran di Indonesia.(okez)

BPK temukan subsidi PLN tidak tepat sasaran capai Rp44 triliun BADAN Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan atas subsidi atau Public Service Obligation/PSO) terhadap PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) didapatkan Rp44,61 triliun subsidi yang tidak tepat sasaran. Ketua BPK Hadi Poernomo mengatakan, subsidi tersebut tidak tepat sasaran karena diberikan pada golongan tarif pelanggan menengah, pelanggan besar, pemerintah dan pelanggan khusus yang tidak sesuai dengan tujuan pemberian subsidi. “Ini membuat pemberian subsidi tidak tepat sasaran,” ujar Hadi di Gedung DPR Jakarta, Selasa (1/10/2013). Hadi menjelaskan, ketidaktepatan sasaran tersebut terjadi karena dalam menetapkan penggolongan tarif dasar listrik pemerintah tidak mengacu pada tujuan pemberian subsidi dalam APBN dan pemerintah tidak konsisten dalam menerapkan kebijakan subsidi dalam APBN TA 2011 dan 2012. Lebih lanjut, Hadi mengatakan pihaknya telah merekomendasikan pada pemerintah agar melakukan peninjauan kembali kebijakan pemberian subsidi listrik sehingga, anggaran subsidi hanya diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan saja atau yang layak mendapatkan.(inic)

Kemacetan ... dari Halaman 9 Dirinya menyarankan agar pemerintah mempertimbangkan pemberlakuan mobil murah di Kota Manado, sebelum ada langkah antisipasi untuk terhindar dari kemacetan. “Pemerintah tentunya harus melakukan pengkajian terlebih dahulu sebelum mengijinkan penjualan mobil murah di Manado. Karena, dampak yang akan terjadi jika tidak diantisipasi sejak dini, kenyamanan masyarakat akan sangat terganggu dengan terjadinya kemacetan di seluruh wilayah di Kota Manado,” himbau politisi Gerindra ini. Langkah ini didukung pula oleh Anggota Komisi A Dekot Manado Stenly Suwuh dimana menurutnya, sebelum benar-benar terjadi kemacetan, Pemkot perlu mempertimbangkan multiefek yang bisa terjadi bila mobil murah tidak diatur. “Kami tidak melarang iklim investasi yang ada di Manado. Namun, jika dampak kemajuan itu tidak disiasati, maka bukan akan mensejahterahkan masyarakat, tapi semakin menyulitkan dan mengganggu aktifitas bekerja warga Manado. Jadi solusinya masuknya kendaraan harus diminimalisir dan perlu ada pembatasan operasi kendaraan di jalan pusat kota agar arus lalu lintas tidak semakin padat seperti saat ini,” kuncinya.(dede)

Tiap ... dari Halaman 9 Selain universitas di Indonesia, ikut terlibat pula sejumlah universitas asal Malaysia dan Jerman. “Harapannya, siswa kelas XII tetap fokus pada belajar tapi mulai memikirkan perguruan tinggi mana yang akan dimasuki nanti kalau lulus SMA. Dan setiap peserta Edu Fair telah terakreditasi dengan baik. Ada pula unversitas yang memberikan beasiswa 100% dan banyak fasilitas lainnya,” kunci Leu.(emem)

Ekonomi

SURAT KABAR HARIAN

11

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

September, Kota Manado alami deflasi 2,10 persen Anwar: Kenaikan TDL per 1 Oktober harus diwaspadai Manado—Pada bulan September 2013 ini, Kota Manado mengalami deflasi sebesar 2,10 persen. Torehan tersebut memupus perkiraan sejumlah kalangan kalau inflasi di ibukota Provinsi Sulut tersebut akan mencapai 2 digit di akhir tahun ini. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Faisal Anwar mengatakan, Kota Manado pada bulan September 2013 mengalami deflasi sebesar 2,10 persen. Sedangkan laju inflasi tahun kalender adalah sebesar 5,99 persen sementara inflas year on year (YoY) sebesar 7,73 persen. Anwar mengatakan, deflas terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada kelompok bahan makanan sebesar 6,49 persen, transpor,

komunikasi dan jasa keuangan sebesar 1,10 persen, “Sedangkan kelompok yang mengalami kenaikan harga yaitu kelompok sandang sebesar 1,55 persen, kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 0,11 persen, kelompok kesehatan 0,23 persen, kelompok makanan jadi, minuman rokok dan tembakau 0,08 persen,” bebernya. Sedangkan kelompok yang tidak mengalami perubahan indeks, kata Anwar, adalah kelompok pendidikan, rekreasi dan olah raga. “Secara umum penyebab terjadinya deflasi di Kota Manado karena terjadi penurunan indeks harga konsumen (IHK) dari 144,78 di bulan Agustus menjadi 141,74 di bulan September,” tuturnya. Sedangkan jika dilihat dari

sisi komoditas, kata Anwar, yang mengalami kenaikan harga adalah emas perhiasan, tahu mentah, kangkung, daun bawang, cakalang asap, mujair, malalugis, tude, dan ikan bakar. Sedangkan komoditas yang mengalami penurunan harga adalah bawang merah, cabe rawit, angkutan udara, tomat sayur, angkutan antar kota, cabe merah, kembang kol, bawang putih, kacang panjang dan buncis. “Untuk perkembangan inflasi di bulan Oktober harus diwaspadai dampak kenaikan Tarif Dasar Listrik,” tukas Anwar. Menurutnya, walaupun tidak signifikan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), namun naiknya TDL dipastikan akan berpengaruh terhadap inlasi. “Pemerintah dan masyarakat harus bersiap dalam mengantisipasi naiknya TDL,” pungkasnya.(haer)

PEMERINTAH mengeluarkan aturan baru terkait penjualan tabung gas elpiji ukuran 3 Kg.(foto:ist)

Inilah aturan baru harga elpiji 3 kg Jakarta—Menteri ESDM, Jero Wacik menetapkan harga gas untuk tabung 3 kg dengan mengacu pada harga Saudi Aramco Contract Price (CP). Kepmen ESDM No 3298 K/ 12/MEM/2013 tentang Harga Indeks Pasar Liquefied Petroleum Gas tabung 3 kilo gram (kg) ini telah disahkan pada 13 September 2013 sebagai

wujud transparansi pasar elpiji 3 kg. “Aturan ini menyatakan, harga indeks pasar elpiji tabung 3 kg ditetapkan berdasarkan pada Saudi Aramco Contract Price (CP) yang berlaku pada bulan bersangkutan,” demikian mengutp situs Kementerian ESDM, Selasa (1/10/2013). Ada pun formulanya

sebesar 42% berat kali Saudi Aramco CP Propana ditambah 58% berat kali Saudi Aramco Butana. Besaran harga indeks pasar LPG tabung 3 kg ditetapkan setiap bulan oleh Dirjen Migas. Keputusan berlaku sejak tanggal ditetapkan dan berlaku surut sejak 1 Januari 2013.(inic)

Pemerintah tak kuasa melawan importir pangan Jakarta—Pemerintah Indonesia tak kuasa melawan kekuatan para importir yang seama ini menguasai perdagangan pangan dunia. Akibatnya, bahan pangan sangat mudah masuk ke Indonesia. Penegasan ini disampaikan pengamat pertanian Iskandar Andi Nuhung, Direktur Center for Information and Development Studies (Cides) Muh Rudi Wahyono dan Direktur Habibie Centre Heru Adi Kuncoro pada diskusi Masa Depan Kualitas SDM Indonesia Disandera Kartel Pangan di The Habibie Centre Jakarta, Selasa (1/10/ 2013).

Mereka berusaha menjadikan Indonesia sebagai negara importir bahan pangan terbesar di dunia. “Ini bisa dimaklumi mengingat Indonesia merupakan pasar yang menggiurkan bagi para importir pangan,” kata Iskandar. Kondisi ini, kata Andi, sangat berbahaya. Karena dengan demikian Indonesia tidak bisa berdaulat secara pangan. “Kalau pangan kita sudah tidak berdaulat, maka ketahanan pangan kita akan terancam,” kata dia. Menurut Andi, kedaulatan pangan harus tetap dijaga. Sebab apabila terancam akan membahayakan kedaulatan

negara. “Sejarah telah mengajarkan kita bahwa apabila pangan kita terancam berkorelasi erat dengan kedaulatan negara,” katanya. Ironisnya, Andi menambahkan selama ini pendekatan yang dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan pangan dilakukan secara parsial. Salah satunya melalui kebijakan impor. Solusi yang paling tepat untuk mengatasi persoalan pangan, kata dia, adalah dengan memperkuat pembangunan di sektor pertanian. Salah satunya adalah dengan menambah alokasi anggaran untuk sektor pertanian.

Selain itu, untuk semua urusan yang terkait dengan persoalan pangan harus ditarik kembali ke pemerintah pusat. Sebab, sejak diberlakukannya otonomi daerah pada 1999, urusan pangan juga ditangani pemerintah daerah. “Ironisnya banyak kepala daerah yang tidak konsen terhadap pangan,” kata Andi Nuhung juga mantan Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP) Kementerian Pertanian ini. Direktur Cides Rudi Wahyono menambahkan, banyak kepala daerah tidak berpihak kepada pertanian. Mereka lebih tertarik

mengurusi non pertanian yang dinilai cepat mengembalikan dana politik yang dikeluarkan selama masa kampanye. “Yang lebih parah lagi, Kementan kalah lobi dengan para importer. Akibatnya pemerintah tidak bisa mengembangkan pertanian yang menjadi tanggung jawabnya. Kementan malah dipermainkan importir sehingga menjadi negara importir, bukan negara produsen,” katanya. Seharusnya, Pemerintah Indonesia lebih mendukung pertanian. “Padahal, pemerintah AS saja memberikan dukungan penuh bagi pertanian mereka. Bahkan AS juga memberikan

subsidi kepada pengembangan pertaniannya,” tambahnya. Direktur Habibie Centre Heru Adi Kuncoro menegaskan, bangsa Indonesia terlena dengan berbagai pujian negara asing. “Kita tidak sadar kalau mereka memasukkan ide dan doktrin yang tidak sesuai dengan rencana pembangunan pangan bangsa,” katanya. “Kenyataannya, mereka menjadikan kita sebagai pasar produk pertanian mereka. Bahkan, mereka mematikan pertanian kita dan menjadikan kita sebagai negara importir yang menguntungkan mereka,” tutupnya.(okez)

membuka kegiatan, Selasa (1/10) kemarin. Pantauan Swara Kita, teater pelajar yang bersaing dalam festival ini didominasi oleh SMA/ SMK di Kota Manado. Ke14 sekolah yang terlibat yaitu SMAN 1 Manado, SMAN 6 Manado, SMA PGRI 4 Manado, SMA Yadika Langowan Minahasa, SMAN 10 Manado, SMA Kristen

Tomohon, SMA Kristen Eben Haezar Manado, SMAN 9 Manado, SMA Katolik Don Bosco Bitung, SMAN 4 Manado, SMAN 2 Bitung, SMKN 4 Manado, SMA Kristen Tumou Tou Girian Bitung, dan SMAN 2 Tareran. BBPSU sendiri menghadirkan 3 orang juri yang telah lama bergelut di bidang teater, masingmasing Reiner Ointoe,

Jhon Piet Sondakh dan Richard Remref. “Aspek penilaian mencakup aspek pemeranan menyangkut wirasa, wiraga dan wirama dengan bobot penilaian 50%, aspek penyutradaraan menyangkut koordinasi

dan interpretasi dengan bobot penilaian 30% serta aspek penataan yang mencakup tata lampu, tata busana, tata rias, tata panggung, tata usara dan tata tertib dengan bobot penilaian 20%,” jelas Ointoe.(emem)

mantan pembalap nasional asal Sulut ini. Eman juga menyampaikan terima kasih atas dukungan penuh dari pihak Pemkot Manado, terlebih khusus kepada Walikota GS Vicky Lumentut dan Wawali Harley ‘Ai’ Mangindaan. “Secara khusus kami dari IMI Sulut selaku pihak penyelenggara iven ini, menyampaikan terima

kasih atas dukungan yang diberikan oleh pihak Pemkot Manado. Sebab, ajang otomotif seperti ini patut mendapat perhatian dari pemerintah karena, dunia otomotif Sulut sudah mampu mencetak pembalab-pembalab muda yang mampu bersaing di tingkat nasional,” tutur ayah dari pembalab muda Sulut, Brandon Eman ini.(erer)

terutama bagi warga pendatang dari luar Kota Manado. “Himbau saya kepada pihak dinas terkait yang ada di daerah ini, agar supaya marka jalan ini bisa diperhatikan untuk dirapikan dari dahan pohon yang

sudah terlihat menghalangi, apalagi sudah barang tentu hal seperti sekarang ini jelas terlihat sebagai salah satu yang mengganggu keindahan dari wajah Kota Manado,” ucapnya.(try24)

karena dalam pengundian Sabtu sore nanti, itCenter akan langsung menghubungi pemenang undian melalui handphone dan segera mem-verifikasi data secara langsung, dihadapan notaris, perwakilan Dinas Sosial, pihak kepolisian dan seluruh pengunjung itCenter. “Saya dan keluarga kalau menang, lebih suka memilih hadiah motor supaya kalau ada keperluan ke mana-mana, sudah ada transportasi sendiri,” ujar ibu Mey Susilo warga Tolombukan, Mitra.

Tunggu apalagi, segera ajak keluarga dan sahabat anda untuk makan di Bayview Foodcourt, lantai 5 itCenter sekarang juga, dan pastikan anda mendapatkan kupon undiannya. Paket Umroh, Tour Holyland dan Motor Kawasaki Ninja menunggu anda di pengundian pertama program ini, sebentar sore di depan pintu utama itCenter. Bawa kupon undiannya, mungkin saja anda menjadi orang pertama yang beruntung bersama itCenter Manado.(*)

21 grup ... dari Halaman 10 Sebanyak 21 grup dari 14 sekolah di Bumi Nyiur Melambai bersaing ketat dengan menampilkan drama realis (konvensional, naturalis, impresionisme dan sosial) untuk memperebutkan uang tunai senilai lebih dari Rp11 juta. “Balai Bahasa Sulut adalah satu-satunya Balai Bahasa di Indonesia yang konsisten menggelar festival teater pelajar. Maksud

saya, festival ini hanya tempat persinggahan untuk siswa berkreasi terhadap kecintaan mereka di bidang seni teater. Dengan adanya festival ini, diharapkan sekolah yang pasif agar lebih aktif mengembangkan minat bakat siswanya di bidang teater,” ujar Kepala BBPSU Ratun Untoro MHum, ketika ditemui sejumlah wartawan usai

Ai ... dari Halaman 10 “Secara pribadi dan sebagai pemerintah Kota Manado, saya menyatakan mendukung sepenuhnya penyelenggaraan iven otomotif yang digelar IMI Sulut ini. Sebab, ini juga menjadi ajang pencarian serta pengembangan bakat serta potensi di dunia otomotif di daerah ini, terutama di kalangan generasi muda,” ujar Ai yang juga dikenal sebagai

pencinta dan pemerhati dunia otomotif Sulut. Sementara itu, Ketua IMI Sulut, Ronny Eman SE menyatakan, dalam menggelar iven ini pihak panitia sudah siap. “Kami sudah siap. Tinggal melengkapi kelengkapankelengkapan teknis di lapangan. Namun kami yakin sebelum hari pelaksanaan semuanya sudah siap,” ujar

Banyak ... dari Halaman 10 Salah seorang pengendara, Musa saat sedang parkir untuk mengambil uang di salah satu ATM yang ada di sekitar itu, mengatakan, bahwa bukan hanya di lokasi itu saja marka jalan dari penunjuk arah yang

ditutupi dengan pohon, namun hampir di sepanjang Jl Boulevard hingga menuju Malalayang ikut dikeluhkan pengendara. Sebab hal tersebut sangat membingungkan bagi para pengendara kendaraan

Himbau ... dari Halaman 9

Makan ... dari Halaman 10

Koordinasi sangat perlu agar supaya terhindar dari segala perselisihan,” ujar Nalle kepada Swara Kita, Selasa (2/10) kemarin, saat dikonfirmasi lewat telepon genggamnya. Selain itu, Nalle juga mengatakan, kalau dirinya akan terus terbuka kepada warga masyarakat dalam berbagai permasalahan yang terjadi di wilayah kerjanya dengan harapan bisa diselesaikan dengan cara yang baik tanpa harus saling merugikan satu dengan lainnya. Ini pun asalkan warga mau tetap bekerja sama dengan pihak Kelurahan dalam menunjang program visi serta misi dari Pemerintah Kota Manado. “Saya sangat optimis warga di Kelurahan Malalayang II bisa memberikan hal yang terbaik di kelurahan ini. Oleh sebab itu, saya sebagai Lurah yang baru akan terus berusaha terbuka dari segala permasalahan untuk bisa diselesaikan bersama-sama apalagi bertujuan dalam mendukung visi dan misi dari Pemerintah Kota Manado,” ungkapnya.(try24)

Suasana dan nyaman, ditunjang pilihan menu yang beragam, lezat, dan bersahabat dengan kantong anda, pastinya akan membuat anda semakin betah di itCenter. Apalagi saat ini, hanya dengan makan dan minum di Bayview Foodcourt, anda sudah berkesempatan membeli kupon undian untuk memenangkan hadiah spesial, Paket Umroh, Tour Holyland bahkan motor Kawasaki Ninja. Pastikan anda menunjukkan struk makan di itCenter untuk hari dan

tanggal yang sama saat membeli kupon undian di Bayview Foodcourt lantai 5 itCenter. Segeralah mengisi data anda secara lengkap dan benar, di potongan kecil kupon undian, serahkan kepada petugas di meja informasi sebelum dimasukkan kedalam kotak undian. Jangan lupa untuk menyimpan nota belanja dan potongan besar kupon undian untuk klaim hadiah nantinya. Pastikan anda mencantumkan nomor handphone yang aktif dalam kupon tersebut,

Kepsek ... dari Halaman 10 “Jika dahulunya sempat beredar persoalan pungli dan masalah lainnya, semoga dengan kepsek yang baru, itu sudah tidak akan terjadi lagi. Berilah pengabdian dan tunjukan

profesional kerja agar pendidikan di Manado semakin meningkat dan menciptakan generasi muda yang berkualitas,” pungkas politisi Demokrat ini.(dede)

Pohon ... dari Halaman 10 “Memang ada beberapa kali sering terlihat penertiban yang sering dilakukan oleh Satpol PP, namun sudah seharusnya hal ini lebih dipertegas lagi agar supaya

tidak terus menerus dilanggar oleh perusahan yang ada di Kota Manado untuk dijadikan lahan tempat iklan gratis dari produk mereka,” ucapnya.(try24)

Tempat ... dari Halaman 10 Oleh lelaki yang berumur 46 tahun ini, usaha itu harus dilakukan mengingat anak kesayangannya tersebut sekarang sudah duduk di bangku sekolah tingkat SMA yang berada di Kota Manado. “Saya sangat bersyukur atas usaha yang saya peroleh selama ini, apalagi dengan

adanya keluarga kecil membuat saya tetap lebih semnagat dalam berdagang. Oleh sebab itu, rencana pada tahun kedepan, saya sendiri sudah merencanakan akan menyewa satu tempat untuk usaha dagang mie bakso saya nantinya,” ungkapnya.(try24)

Celah ... dari Halaman 9 Disisi lain, soal pemberlakukan UC oleh pemerintah pusat yang akan dilakukan pada tahun 2014 mendatang, GSVL menegaskan, jika program tidak akan mengganggu pelaksanan UC di Manado. “Kalau memang itu memang akan berlaku di

tahun depan, kita tetap akan melanjutkan program ini. Jadi, UC di Manado tetap akan mengkaver masyarakat yang tidak terkaver dengan program itu agar tingkat kesehatan masyarakat Manado semakin meningkat,” kuncinya.(dede)

Nilai ... dari Halaman 9 Dikatakannya, kepribadian suatu bangsa selain dipengaruhi oleh nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di dalam bangsa itu sendiri, juga dipengaruhi bangsabangsa lain sebagai akibat interaksi dinamis.

“Tapi, bangsa yang berkepribadian adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakternya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain,” tuturnya.(dede)


Mintom Minahasa, Tomohon

RABU 2 OKTOBER 2013

HARI KESAKTIAN PANCASILA

Eman: Hanya bangsa yang memiliki ideologi mampu bertahan PEMKOT Tomohon, Selasa (1/10) kemarin, melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2013 yang dipimpin langsung oleh Walikota Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang dilaksanakan di halaman kantor Walikota Tomohon. Walikota Tomohon saat membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Mohammad Nuh, mengatakan, bahwa di tahun 2013 ini, peringatan Hari Kesaktian Pancasila mengambil tema “Mewujudkan nilai-nilai Pancasila sebagai kepribadian bangsa,” dimana makna yang ingin dikedepankan adalah bagaimana memperkokoh Pancasila sebagai sumber nilai jati diri bangsa dan sebagai fondasi sekaligus acuan dalam mewujudkan indonesia yang adil, makmur dan sejahtera bersama 3 pilar dan konsensus nasional yaitu UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. “Pancasila adalah hasil perumusan dari konsesus nasional yang secara konstitusional dan moral mengikat setiap insan Indonesia, dan dalam era globalisasi cenderung yang menguat adalah nilai-nilai lintas batas antar bangsa baik secara georafis, demografis maupun psikografis dan dalam catatan sejarah, hanya bangsa yang memiliki ideologi yang kuat yang mampu bertahan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur memiliki Pancasila yang membuat kita mampu menjaga jati diri bangsa,” jelasnya. Lanjutnya, bahwa yang menjadi tantangan sekarang ini adalah bagaimana bangsa Indonesia mampu mempertahankan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan konteks dan perkembangan zaman. Ini penting, agar nilai-nilai Pancasila dapat ditumbuhkembangkan untuk menjawab tantangan zaman. “Pendidikan merupakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif, karena melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman dan pengembangan nilai pancasila dapat dilakukan secara sistematik, sistematika dan secara masif. Dalam kurikulum 2013, sebagai mata pelajaran tambahan, pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan harus lebih diperkuat subtansi dan metodologi pembelajarannya agar dapat dihasilkan warga negara yang cinta dan bangga terhadap bangsa dan negaranya serta lebih efektif dan lebih bertanggung jawab,” katanya. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila seperti ini haruslah kita pandang sebagai upaya melestarikan, mengembangkan dan mempromosikan pancasila sebagai sumber nilai yang teruji. Sebelumnya, Ketua Dekot Tomohon, Andy R Sengkey SE mewakili seluruh peserta upacara berikrar bahwa telah membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selesai upacara dilaksanakan penyerahan piala untuk pemenang lomba PBB antar SKPD dalam rangka HUT RI ke-68. Hadir dalam upacara ini seluruh jajaran Pemerintah Kota Tomohon, dari unsur TNI, para siswa perwakilan dari tingkat SD, SMP dan SMA.(gebe)

SURAT KABAR HARIAN

12

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Kesbangpol: Perjalanan dinas FKUB sudah sesuai peruntukkan Sekot bantah pelisir ke Perancis, Sembel minta penganggaran jangan hanya pada satu organisasi Tomohon—Setelah mendengarkan permintaan masyarakat, maka Dekot Tomohon melalui Komisi A pada Selasa (1/10) kemarin, akhirnya menggelar hearing atau rapat dengar pendapat dengan Sekretaris Kota Tomohon DR Arnold Poli SH MAP, Asisten Bidang Peme-rintahan dan Kesra Pemkot Tomohon, Wendy Karwur dan Badan Kesatuan Bang-sa dan Politik (Kesbangpol) yang diwakili oleh sekretaris, Gomer EM Tangkawarouw. Tujuan dilaksanakan rapat dengar pendapat ini adalah untuk memberikan laporan pertanggungjawaban dari perjalanan dinas Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Tomohon ke Yordania dan Turki. Ketua Komisi A Dekot Tomohon, Drs Paulus Sembel saat memimpin hearing ini langsung mempertanyakan pemanfaatan atau penggunaan anggaran perjalanan dinas dari FKUB Kota Tomohon. Sebab, dalam APBD 2013, FKUB Kota Tomohon mendapatkan anggaran yang cukup besar hingga Rp1,5

miliar dimana sudah termasuk biaya perjalanan dinas Rp500 juta dan Rp600 juta untuk belanja dan transportasi uang bagi peserta yang melakukan perjalanan dinas ke Jordania dan Turki dalam program wawasan kebangsaan. “Intinya kami tidak akan mempersoalkan kemana FKUB akan pergi, tapi dalam pengeluaran anggaran ini, kami hanya menanyakan berapa banyak yang pergi,” ujar Sembel dibenarkan anggota komisi A Ferdinand Mono Turang dan Jeffrie Montolalu. Lebih lanjut, ketiga anggota Dekot Tomohon ini juga mempertanyakan substansi yang didapatkan tim FKUB ini setelah balik dari Yordania dan Turki. “Kami sebagai anggota dewan sangat memerlukan data atau kejelasan soal perjalanan itu. Kalau tidak bisa disampaikan, maka kami bisa mengundang lembaga penyidik bahkan KPK untuk melakukan pemeriksaan. Sebab, anggaran perjalanan dinas keluar negeri ini cukup besar,” jelasnya. Bagi Komisi A, lanjut

Sembel, peruntukan anggarannya sudah sangat jelas, apalagi ditata lewat APBD 2013. Namun komisi yang dipimpinnya merekomendasikan bahwa penataan anggaran ini jangan hanya fokus pada satu organisasi seperti FKUB saja, tapi juga bisa untuk organisasi lainnya seperti BKSUA, BAMAG dan sebagainya. “Intinya pelaksanaan rapat dengar pendapat ini dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan Dewan sebagaimana diatur dalam UU No 32 tahun 2004 pasal 42 ayat 1c yang berbunyi DPRD mempunyai tugas dan wewenang melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan perda dan peraturan perundangundangan lainnya, peraturan keputusan daerah, APBD, kebijakan pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan daerah dan kerjasama internasional di daerah,” jelas Sembel. Menariknya, Sekot Tomohon DR Arnold Poli SH MAP saat diberikan kesempatan menjawab,

RAPAT dengar pendapat yang dilaksanakan di ruang sidang Dekot Tomohon dengan menghadirkan pengurus dan pembina FKUB Kota Tomohon.(foto:ist)

terlebih dahulu membatah jika tim yang dipimpinnya ini melakukan pelesir sampai ke Perancis. Sebab, apa yang dilakukan FKUB Tomohon ke Yordania dan Turki, itu murni untuk pencitraan Pemkot Tomohon dan juga mempelajari kerukunan beragama di 2 negara tersebut. “Saya sempat membaca di satu hingga dua media kalau FKUB ke Perancis. Ini perlu diklarifikasi. Kami sama sekali tidak ke Perancis,” katanya keluar dari maksud digelarnya hearing. Sekretaris Badan Kesbangpol Kota Tomohon, Gomer EM Tangkawarouw menjelaskan jika penggunaan anggaran dan komposisi FKUB serta mereka yang keluar negeri, terungkap apabila Sekot Tomohon dan Kepala Badan

ANGGARAN

Lolowang: APBD-P 2013 sudah bisa dipergunakan To m o h o n — S e t e l a h melakukan pembahasan hingga pengajuan ke Pemprov Sulut, akhirnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan

(APBD-P) 2013 akhirnya sudah bisa digunakan oleh Pemkot Tomohon. Hal itu dikatakan oleh Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tomohon, Ir Harold V Lolowang MSc. “Untuk sekarang ini, kami masih menginput data dan surat keputusan yang sudah turun dari Pemprov Sulut pada Kamis pekan lalu masih dilakukan pengeditan data. Input data ini semoga bisa diselesaikan pada hari ini (kemarin,red) sehingga APBD-P 2013 itu sudah bisa digunakan,” kata Lolowang kepada wartawan, Selasa (1/10) kemarin. Sebelumnya, dalam pengajuan ranperda APBD-P 2013, Walikota Tomohon, Jemmy F Eman SE Ak mengatakan, jika dalam anggaran perubahan–perubahan itu antaranya adalah alokasi dana tunjangan profesi guru PNS melalui Peraturan Menteri Keuangan nomor 101/PMK.07/2013 tanggal 8 Juli 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 41/PMK.07/2013 tanggal 27 Februari 2013 tentang Pedoman Umum dan Alokasi Tunjangan Profesi Guru PNS daerah provinsi, kabupaten dan kota tahun anggaran 2013.

Kemudian alokasi dana tambahan penghasilan guru melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 42/PMK.07/2013 tanggl 27 Februari 2013 tentang Pedoman Umum dan Alokasi Dana Tambahan Penghasilan bagi guru PNS daerah provinsi kabupaten dan kota tahun anggaran 2013. “Kondisi yang perlu dicermati pada kondisi semester pertama adalah realisasi pendapatan alam mencapai 56,64 persen yakni pada kelompok pendapatan asli daerah di antara jenis-jenis penerimaan telah mencapai 100 persen,memungkinkan perlu adanya penambahan target,” jelas Eman. Secara umum, untuk pendapatan yang semula b e r j u m l a h Rp418.401.511.150, setelah perubahan berjumlah Rp458.477.532.416. Terjadi peningkatan sebesar 9,58 persen. Peningkatan tersebut dari komponen pendapatan asli daerah yang semula sebesar 12.500.975.000 rupiah. Dana perimbangan

396.674.986.00, tidak mengalami perubahan pendapatan lain-lain daerah yang sah mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yakni dari anggaran semula sebesar Rp9.225.550.150, setelah perubahan b e r j u m l a h Rp49.101.571.416. Kemudian, belanja semula b e r j u m l a h Rp440.727.437.151, setelah perubahan berjumlah Rp487.182.091.789. Terjadi peningkatan sebesar 10,54 persen. Komponen belanja tidak langsung yang semula dianggarkan sebesar Rp202.500.987.080, setelah perubahan b e r j u m l a h Rp247.029.002.497. Kemudian pada komponen belanja langsung, yang semula dianggarkan sebesar Rp238.226.449.535 rupiah, setelah perubahan menjadi sebesar Rp240.153.089.292. Pembiayaan, semula Rp27.025.926.365, setelah perubahan menjadi Rp33.404.559.373. Terjadi peningkatan sebesar 23,60 persen.(gebe)

Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Djoicke Karouw tidak termasuk dalam Penaset maupun Pengurus FKUB Kota Tomohon, namun ikut dalam perjalanan dinas ini. Sebab dalam struktur FKUB Kota Tomohon terdiri dari Dewan Penasehat dan Pengurus. Dimana untuk penasehat terdiri dari Ketua yakni Walikota Tomohon, Wakil Ketua yakni Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon, Sekretaris yakni Kepala Badan Kesbang Kota Tomohon dan anggota Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakot ditambah unsur kepolisian, Kodim dan lainlain. Sedangkan pengurus ada 16 orang. Sementara yang berangkat terdiri dari 16 orang pengurus harian, namun 1 orang sakit

sehingga tidak berangkat serta 5 dewan penasehat dan administrasi. “Bapak Sekretaris Kota Tomohon bertindak sebagai ketua rombongan. Dan memang ada beberapa yang ke Yordania dan Turki bukan FKUB, jadi berangkat dengan biaya sendiri alias pendamping. Intinya, biaya perjalanan dinas FKUB sudah sesuai peruntukan,” jelasnya. Dari anggaran perjalanan dinas keluar negeri yang tertata di Badan Kesbangpol Kota Tomohon tahun anggaran 2013 ditetapkan sebesar Rp500 juta, namun yang terpakai hanya Rp449 juta. “Rinciannya ada. Nanti disampaikan ke dewan sebab pengurus FKUB memakai SPPD keluar negeri non PNS,” terangnya.(gebe)

PEREKRUTAN CPNS

Pendaftar capai 1000 orang, ujian 3 November Tomohon—Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Tomohon, hingga hari terakhir penerimaan pada tanggal 28 September 2013, ternyata banyak diserbu oleh pelamar yang berasal dari kota itu maupun luar daerah. Buktinya, berkas lamaran yang masuk ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tomohon, sudah mencapai 1.000 orang. Kepala BKD Kota Tomohon, Masnah Pioh mengatakan, sesuai dengan tah-pan penerimaan CPNS, oleh pihaknya akan segera melakukan pengumuman calon pegawai yang lulus pada Kamis (3/10) esok. Itupun setelah BKD Kota Tomohon melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan berkas dari calon pegawai yang ma-suk ke BKD. “Pada tanggal 3 Oktober 2013 ini, akan dilakukan pengumuman admistrasi untuk siapa yang lolos berkas atai tidak,” ujar Pioh kepada , Selasa (1/10) kemarin. Lanjut dikatakan Pioh, untuk tahapan ujian CPNS, itu akan dilakukan Pemkot Tomohon pada tanggal 3 No-

vember 2013 mendatang dengan soal dan jawaban dari pemerintah pusat. Ujian ini nantinya akan diikuti oleh Tenaga Honorer (Honda) kategori 2 (K2). “Demikian juga Honda K2 akan dilakukan bersamaam lewat jalur umum dimana hasilnya dikirim ke pusat,” tambah Pioh. Diketahui, dari informasi yang dirangkum formasi yang dibutuhkan untuk formasi CPNS Kota Tomohon tahun 2013 yakni tenaga guru 15 formasi yang terdiri S1 PGSD dan Akta Mengajar, S1 Pendidikan TIK/S1 TIK dan Akta Mengajar, S1 Pendidikan Teknik Gambar Bangunan (arsitek)/S1 Teknik Gambar Bangunan (arsitek) Akta Mengajar, S1 Pendidikan Teknik Listrik/S1 Teknik Listrik dan Akta Mengajar. Tenaga Kesehatan dua formasi, dokter umum dan dokter gigi serta tenaga teknis 18 formasi, S1 Hukum Perdata/ S1 Hukum Pidana, S1 Teknik InformatikaAhli Programer, D III Komputer, D IIIAkuntansi, S1 Akuntansi (dengan profesi) SE Ak, S1 Kimia – SMK Koperasi.(gebe)

PNS “kumabal” jadi perhatian JWS

baik dan perlu untuk mendapatkan apresiasi yang baik untuk para PNS yang sudah berkomitmen. Ini harus menjadi perhatian bagi kita semua karena kalau tidak akan terlihat dari jumlah kehadiran atau keaktifannya mereka untuk menjalankan program,” ujarnya kepada sejumlah wartawan baru-baru ini. Lebih lanjut dikatakannya bahwa pelayanan jangan sampai dilakukan secara tundatunda sebab ini akan memberikan kesusuahan dilain hari. Dikatakannya bahwa seluruh kepala SKPD untuk melakukan pengawasan terhadap keseluruhan bawahannya. “Kita sangat serius terhadap komitmen yang ada, dan akan hal ini juga diharapkan menjadi sebuah keperihatinan untuk pengembangan diri secara berkelanjutankarena sam-pai kapanpun aturan akan tetap dilaksanakan, untuk menjaga kebersamaan hubungan antara pimpinan dan bawahan sebab memang dalam kondisi seperti inijugaperluterciptakeselarasan dalammelaksanakantugasyang ada,” ujarnya.(erer)

PEMERINTAHAN

Tondano—Makin lama makin berakhir karakter para PNS yang “kumabal” dalam menjalankan tugas pokok dan

fungsi mereka untuk menciptakan pelayanan yang prima. Akan hal ini juga lewat penegasan langsung oleh Bupati

Minahasa Drs Jantje Wo-wiling Sajow MSi bahwa untuk PNS yang bekerja di bidang yang sangat dibutuhkan untuk kemajuan tata laksana pemerintahan, dan jika tidak hadir selama 5 hari di setiap bulannya maka akan dipertimbangkan jabatan mereka maksimal dimutasi secara langsung, para PNS yang dulunya keras kepala kini mulai menunjukan loyalitas yang sangat baik. Hal itu terlihat yang datang dan pulang saat melakukan absensi lewat ceklok. “Kenapa demikian karena memang untuk PNS yang tidak memiliki integritas loyalitas yang tinggi, maka setidaknya mereka telah menambah kerugian anggaran belanja daerah karena tidak masuk dan negara membayar gaji mereka secara penuh. Untuk itu perlu ada penegasan terhadap sistem peningkatan kedisiplinan PNS, dan kalau dari evaluasi yang kami lakukan itu semuanya sudah menjalankan dengan


Minselutra Minsel, Minut, Mitra

RABU 2 OKTOBER 2013

SURAT KABAR HARIAN

13

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Sumendap : Aset bergerak dan tidak bergerak akan diambil alih Barang rusak dan sudah menjadi besi tua didata

SEJUMLAH warga Perum Viola Village Blok H Desa Matungkas Kecamatan Dimembe, mengeluhkan kinerja pihak PLN. Dimana usai memindahkan salah satu tiang listrik, PLN dengan seenaknya menggantung kabel dengan bambu. Keadaan itu membuat warga cemas, karena suatu waktu bambu yang menopang kabel listrik tersebut, bisa saja patah dan menimpa rumah warga.(foto: finda/sk)

LOGISTIK PEMILU

Ratahan—Guna mewujudkan Mitra yang lebih baik, Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Mitra Ronald Kandoli, terus menseriusi berbagai hal yang bertujuan untuk perbaikan citra daerah, terutama soal

penilaian dan opini dari BPK. Salah satu berkaitan dengan pengelolaan aset daerah. Menurut Bupati Sumendap aset daerah sangat perlu diseriusi, untuk itu semua aset baik yang bergerak dan tidak

bergerak yang ada di Mitra, yang dihibakan dari daerah lain maupun swasta akan diambil alih. “Intinya, semua aset yang bergerak maupun tidak bergerak akan kita ambil alih. Untuk itu penertiban pendataan kita lakukan. Kemudian apapun aset yang sudah menjadi milik Pemkab Mitra, baik yang sudah rusak ataupun sudah menjadi besi tua, harus dibawa untuk didata,”

tegas Sumendap, belum lama ini. Sementara itu, terkait dengan keluhan PNS di sejumlah SKPD, terkait dengan sarana air bersih yang tidak terealisasi dengan baik, begitu juga dengan keluhan masyarakat yang membutuhkan pelayanan air bersih, namun tidak sepenuhnya terealisasi, akan hal ini oleh Sumendap akan ditindaklanjuti.

HARI KESAKTIAN PANCASILA

BARANG KADALUARSA

Disperindag intensifkan pemeriksaan gudang SELAIN melakukan monitoring harga di pasarpasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Minahasa Utara (Minut) juga membidik setiap gudang-gudang yang ada di Minut. Dimana dikatakan Kepala Disperindag Drs Revalino Dondokambey, Selasa (1/10) kemarin, selain pasar, gudang-gudang yang melakukan penyimpanan stok barang khususnya beras, jadi perhatian serius Disperindag. Menurut Dondokambey, alasan mereka bakal melakukan pemeriksaan kesetiap gudang yang ada, karena ditakutkan adanya penyimpanan barangbarang kadaluarsa. “Pengecekan yang akan dilakukan nanti, bukan tanpa alasan. Kita tidak mau kecolongan dengan adanya permainan sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab, dengan menyimpan barang kadaluarsa demi kepentingan kantong pribadi,” tegas Dondokambey. Ditambahkan Dondokambey, selain melakukan pemeriksaan barang kadaluarsa di sejumlah gudang yang ada, pengecekan juga dilakukan guna mencari tahu apakah sejumlah barang yang disimpan sesuai dengan yang didaftar di gudang. “Pengecekan daftar gudang yang dilakukan, ditakutkan terjadinya penyimpanan barang-barang yang tidak sesuai dengan isi daftar gudang, seperti dalam laporan beras, tapi ternyata barang lain,” tutup Dondokambey.(eres)

HONDA K2

Test peserta CPNS tanggal 3 November SETELAH pengumuman untuk Honor Daerah Kategori II (Honda K2) di Kabupaten Minsel belum lama ini, para peserta bakal diperhadapkan dengan ujian atau test, yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 November 2013 mendatang. Plt Kaban BKDD Minsel Drs Roy Tiwa, ketika dikonfirmasi mengatakan, pelaksanaan test untuk Honda K2 akan dilaksanakan serentak pada tanggal 3 November 2013 nanti. “Pelaksanaan test akan digelar serentak diseluruh Indonesia pada tanggal 3 November, dan tempat pelaksanaan akan digelar di SMK 1 Amurang, semua dipusatkan di sekolah tersebut,” ungkapnya. Tiwa menambahkan, test dilakukan sangat professional, sehingga para peserta harus mempersiapkan diri dengan cara belajar, sehingga saat pelaksanaan para peserta di Minsel dapat berhasil. “Saya berharap para peserta Honda K2 harus belajar, persiapan mental dan fisik baik-baik, namun juga harus belajar. Dan saya berharap di Minsel banyak yang berhasil nanti,” harap Tiwa.(esem)

Menurutnya ini sangat positif, karena untuk mewujudkan pengelolaan administrasi pemerintahan yang baik, dengan tujuan untuk mendapatkan penilaian dan opini terbaik dari BPK, pendataan aset itu sangat penting. “Menuju opini WTP, salah satunya aset harus lengkap, dan ini salah satu yang harus diseriusi,” ujar Sampong—sapaan akrab Pongilatan.(esel)

PAJAK

Bupati : Pertahankan Pancasila sebagai PPKAD fokus hotel, Ideologi bangsa dan pemersatu NKRI restoran dan reklame

Persiapan dimatangkan KPU Mitra UNTUK mensukseskan hajatan Pemilihan umum (Pemilu) 2014 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara (Minut) mematangkan berbagai persiapan, terutama menyangkut fasilitas penunjang yang menjadi kebutuhan digelarnya pemilu nanti. Hal itu dikatakan, Ketua KPU Minut Fredrik Sirap, melalui Divisi Logistik Indria Maramis, Selasa (1/ 10) kemarin, dimana Maramis mengungkapkan adapun yang menjadi keperluan logistik KPU seperti kertas suara, bilik suara, serta penunjang lainnya hingga tingkatan KPPS. “Semua persiapan terus dimatangkan, dalam mendukung jalannya penyelenggaraan. Menyangkut hal ini sudah dilakukan koordinasi bersama KPU Provinsi dan Pusat,” tutur Maramis. Saat ini proses persiapan menyangkut lelang logistik kebutuhan Pemilu nanti, tengah dipersiapkan KPU. “Dalam waktu dekat ini menyangkut lelang barang-barang keperluan pemilu sudah akan dilakukan,” tandas Maramis. Terpisah, Humas KPU Julius Randang menegaskan menambahkan, bukan hanya persoalan logistik, namun persiapan yang dilakukan KPU Minut juga menyangkut Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang saat ini prosesnya dalam tahapan perbaikan. “Untuk DPT itu sistem tambah kurang dilakukan dalam perampungannya,” kata Randang.(eres)

Tindaklanjutnya, seperti halnya perusahaan daerah yang mengelolah air bersih, dimana diketahui management PDAM belum beralih dari Minsel. “Kita akan mengecek kembali soal PDAM, dan akan dikaji lagi,” kata Sumendap. Dilain pihak, Anggota Dekab Mitra Sammy Pongilatan, mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh bupati tersebut.

BUPATI Mitra James Sumendap SH, jadi Irup di upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10) kemarin.(foto:ist)

Ratahan—Pancasila telah mempersatukan kita sebagai bangsa dan negara yang utuh, untuk itu kita semua harus tetap berusaha dan berjuang secara sungguh-sungguh untuk mempertahankan Pancasila sebagai Ideologi bangsa dan pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini disampaikan Bupati Mitra James Sumendap SH, membaca sambutan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan RI Mohammad Nuh, saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10) kemarin, di halaman kantor bupati. Dengan mengusung tema “Mewujudkan nilainilai Pancasila sebagai kepribadian bangsa”, dikatakan Bupati Sumendap, bangsa yang berkepribadian adalah bangsa yang mampu menunjukan karakternya, tanpa harus kehilangan

kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain. “Yang menjadi tantangan sekarang ini adalah bagamana bangsa Indonesia mampu mempertahankan nilai-nilai Pancasila sesuai dengan konteks dan perkembangan zaman. Ini penting agar nilai-nilai Pancasila dapat ditumbuh kembangkan untuk menjawab tantangan zaman,” ucap Sumendap. Lanjutnya, pendidikan

merupakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif karena melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman dan pengembangan nilai Pancasila dapat dilakukan secara sistemik, sistematik dan masif. “Peringatan ini haruslah kita pandang sebagai upaya m e l e s t a r i k a n , mengembangkan dan mempromosikan Pancasila sebagai sumber nilai yang telah teruji,” kata Sumendap.(esel)

ROLLING

Pejabat Minsel mulai harap-harap cemas Amurang—Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE dalam waktu dekat bakal menggelar rolling part II di tahun 2013 ini. Buktinya, sejumlah namanama pejabat esalon II di jajaran Pemkab Minsel sudah diusulkan ke Pemprov Sulut, meski ditolak. Isu rolling part II tersebut membuat pejabat Minsel

mulai harap-harap Cemas (H2C), apalagi dengan kabarnya beberapa pejabat luar daerah akan masuk. Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, kepada Swara Kita mengatakan, bahwa setiap saat dirinya siap menggelar rolling apalagi menyangkut kebutuhan dalam pelayanan pemerintahan untuk

masyarakat. “Sekarang pun saya bisa lakukan rolling, tapi tunggu saja. Yang pasti pejabat yang kinerjanya menurun pasti kami ganti, dan baik akan saya pertahankan,” ungkapnya, belum lama ini. Sementara itu, Plt Kaban BKDD Minsel Drs Roy Tiwa, yang dikonfirmasi terkait rolling mengatakan,

saat ini belum akan dilakukan karena masih ada beberapa tahapan yang pihaknya lakukan di Provinsi. “Belum ada rolling, dan terkait 15 pejabat kami akan rapat dengan Baperjakat Provinsi Sulut, dan terkait siapa-siapa langsung tanyakan kepada Ketua Baperjakat Minsel,” tukas Tiwa.(esem)

PEMILU 2014

Tetty harap di Minsel terlaksana dengan damai

BUPATI Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, didampingi Assisten I Drs Danny Rindengan, saat mengikuti rakor di Makassar.(foto:ist)

Amurang—Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden tahun 2014

sudah tak lama lagi. Untuk itu, Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, meminta pelaksanaan

Pemilu di Minsel berjalan dengan penuh damai. Hal tersebut dikatakan Tetty, usai melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) di Makassar, Selasa (1/10) kemarin. Menurutnya, pesta demokrasi dalam hal ini penyelenggaraan Pelaksanaan Pemilu tahun 2014 sudah tak lama lagi, untuk itu dirinya berharap agar pelaksanaan pemilihan wakil rakyat dan juga Presiden tersebut berjalan dengan baik. “Saya berharap Pemilu 2014 di Minsel berjalan dengan penuh damai, marilah kita berkompetisi dengan baik dengan tidak menfitnah satu sama lain, sehingga pesta demokrasi

di Minsel aman dan damai,” pinta istri tercinta Kristovorus Deky Palinggi SE (KDP) ini. Sementara itu, Rakor Nasional dalam rangka persiapan pelaksanaan Pemilu 2014 di Makasar, Bupati Minsel turut didampingi Assisten I Drs Danny Rindengan Kaban Kesbangpol Drs Alex Slat. Adapun peserta rakornas terdiri dari Sekda sekabupaten/kota, Bupati/ Walikota, KPU, Bawaslu, dan Kesbangpol seKalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Tujuan rakornas untuk tercapainya kesamaan persepsi dan pemahaman dalam upaya mensukseskan pemilu 2014.(esem)

Airmadidi—Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Minut, melalui Bidang Pajak terus mengambil langkah cepat untuk lebih fokus pada pembayaran pajak. Hal ini dikarenakan, pajak merupakan salah satu sumber utama untuk penerimaan Negara, tanpa pajak sebagian besar kegiatan negara sulit untuk dapat dilaksanakan. Dimana penggunaan uang pajak meliputi belanja pegawai sampai dengan pembiayaan berbagai proyek pembangunan, seperti sarana umum jalanjalan, jembatan, sekolah, rumah sakit/puskesmas dan kantor polisi, dibiayai dengan menggunakan uang yang berasal dari pajak. Dikatakan Kepala Dinas PPKAD Minut Drs Max Silinaung, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pajak Audy Sambul SE, Selasa (1/10) kemarin, selain penggunaan diatas, pajak juga melaksanakan fungsi redistribusi pendapatan dari masyarakat yang mempunyai kemampuan ekonomi yang lebih tinggi, kepada masyarakat yang kemampuannya lebih rendah. “Oleh karena itu tingkat kepatuhan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya, sebaiknya dilakukan secara baik dan benar. Karena itu merupakan syarat mutlak untuk tercapainya fungsi redistribusi pendapatan,

AUDY Sambul.

sehingga untuk kedepannya kesenjangan ekonomi dan sosial yang ada dalam masyarakat dapat dikurangi secara maksimal,” tutur Sambul. Ditambahkan Sambul, untuk itu pihak PPKAD Minut khususnya Bidang Pajak terus melakukan berbagai langkah untuk menciptakan situasi yang lebih baik, tentunya dengan terus menggenjot pembayaran pajak sesuai yang sudah diatur, khususnya bagi para wajib pajak. “Saat ini yang terus menjadi perhatian utama kita, yakni pajak hotel, restoran dan reklame. Dimana untuk pajak hotel, adalah pajak atas pelayanan yang disediakan pihak hotel, karena hotel merupakan fasilitas penyedia jasa, sehingga secara otomatis wajib dilakukan pemungutan pajak, sementara untuk restoran pajak atas pelayanan yang disiapkan oleh restoran. Sedangkan untuk pajak reklame, adalah pajak atas penyelenggaraan reklame,” terang Sambul.(eres)

JEMBATAN MOLOMPAR-ESANDOM

Warga pertanyakan pengerjaan Ratahan—Pembangunan jembatan yang menghubungkan antara Desa Molompar Raya ke Desa Esandom Raya, sangat dibutuhkan dan mendapat apresiasi dari masyarakat. Namun sayangnya pengerjaan jembatan tersebut mengecewakan warga, sehingga dipertanyakan. Pasalnya, jembatan yang merupakan penghubung jalan alternatif, baik bagi kendaraan masyarakat ke pasar dan ke sejumlah sekolah sangat dibutuhkan, akan tetapi apa yang diharapkan sebelumnya, ternyata masyarakat merasa kecewa, karena kontraktor yang mengerjakan tidak profesional. “Seringkali dalam satu minggu hanya

satu, dua hari kerja, selanjutnya tidak. Kadang kala satu minggu tidak ada pekerjaan,” ungkap Kepala Jaga 4 Desa Esandom Angginaloy dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Tombatu Timur Jefry Langoy, Selasa (1/10) kemarin. Sementara itu, warga mengancam jika dalam satu minggu, tidak ada pekerjaan, masyarakat disekitar akan mengangkat material-material yang telah menutupi jalan. Adapun, proyek tersebut adalah pekerjaan pembangunan jembatan Kecamatan Tombatu Timur, nomor kontrak tanggal 20 Juni 2013, dengan nilai kontrak Rp1.484.261.000, yang dilaksanakan oleh CV Agape.(esel)


Satalrobit

Sangihe, Talaud, Sitaro, Bitung

RABU 2 OKTOBER 2013

Sejumlah warga Makalehi keluhkan penyaluran bensin SEJUMLAH warga yang ada di Pulau Makalehi KecamatanSiauBarat(Sibar)mulaimengeluhkanpenyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tidak sesuai dengan peruntukkannya, bahkan disinyalir pengeluhan warga tersebut tidak pernah diindahkan instansi terkait yakni BagianAdministrasiPerekonomianmeskikesekiankaliwarga datang untuk mengeluh. “Kami sudah mengeluh sebanyak tiga kali datang dan menghadap langsung ke bagian perekonomian tapi tidak pernah digubris, malah fenomena penyaluran yang diduga sarat permainan itu masih berlangsung hingga sekarang,” tutur salah satu warga Sibar pada Swara Kita Selasa (1//10) siang kemarin, yang ingin namanya dirahasiakan Diungkapkan warga, jatah untuk wilayah Makalehi sebanyak 5 (lima) drum, tapi hanya 2 (dua) drum yang diangkut dan disalurkan di Makalehi, tapi sisanya 3 (tiga) drum diduga dijual diwilayah Ondong dan Pehe. “Ini sudah berlangsung sedikit lama, sehingga warga seringkali kesulitan. Ini kan bensin bersubsidi, kogh caranya seperti ini dan kurang pengawasan pemerintah,” ungkap warga.(esge/mm)

Pemkab Sorong Selatan bawa 150 PNS kunjungi Bitung

KUNJUNGAN kerja Pemkab Sorong Selatan Provinsi Papua Barat di Kota Bitung dalam rangka mempelajari strategi pengembangan kota Bitung. Kunjungan ini diterima Sekretaris Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi di Ruang Sidang Lantai IV Pemkot Bitung (1/10). Rombongan sendiri datang dengan jumlah yang besar sekitar 150 orang terdiri dari Kepala Distrik atau Camat 13 orang, Kepala Kampung 121 orang dan 2 orang Kepala Kelurahan serta panitia 14 orang yang dipimpin oleh Asisten Tata Pemerintahan Kabupaten Sorong Selatan Lambertus Aranay SIP. Humiang ketika menerima rombongan ini menyampaikan berbagai strategi pengembangan dan perencanaan Kota Bitung kedepan di antaranya memaparkan mengenai strategi pembangunan di sektor perikanan, yaitu terwujudnya pengelolaan sumber daya perikanan dan kelautan yang memiliki daya saing berkelanjutan, terwujudnya kesempatan kerja dan kesempatan berusaha bagi masyarakat nelayan, pembudidayaan dan pengolahan ikan sehingga mampu meningkatkan pendapatan mereka dan terakhir memadukan berbagai peluang usaha yang terkait dengan kondisi dan potensi sumber daya perikanan dan kelautan dalam suatu bingkai bisnis atau usaha yang terpadu dan serasi antara sektor penangkapan, pembudidayaan, pengolahan dan pemberdayaan nelayan serta masyarakat pesisir. Bahkan sejak Tahun 2010 ditambahkan Humiang, Bitung telah ditetapkan sebagai kawasan Minapolitan berbasis perikanan tangkap yang meliputi 3 kecamatan yakni Kecamatan Lembeh utara, Kecamatan Lembeh Selatan dan Kecamatan Aertembaga. Pada kesempatan tersebut Humiang juga memaparkan mengenai konsep pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus yang sementara berproses dan Jalan Tol Bitung-Manado serta pengembangan Pelabuhan Hub Internasional yang ditunjang dengan penyiapan SDM. “Bagi penyiapan pengelolaan Kawasan Ekonomi Khusus dan Pelabuhan International kota Bitung akan membangun Akademi Komuditas Logistik Bitung yang berstandar internasional,” kata Humiang. Asisten Tata Pemerintahan Sorong Selatan Lambertus Aranay SIP menyampaikan alasan dipilihnya kota Bitung sebagai salah satu tujuan kunjungan kerja Pemkab Sorong Selatan. “Kami memilih Bitung karena ada kesamaan terutama karakteristik daerah dan potensi ada kesamaan,” tutur Aranay. Selesai acara dilakukan penyerahan cendramata dari Pemkot Bitung ke Pemkab Sorong Selatan dan selanjutnya dari Pemkab Sorong Selatan menyerahkan mahkota dari Burung Cendrawasih kepada Sekretaris kota Bitung.(wepe/brik-k)

Ganggali lantik FKDM Kecamatan Esang BERTEMPAT di Lapangan Kecamatan Esang, Selasa (1/10) kemarin, Bupati Talaud Drs Constantine Ganggali ME melantik pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) se-Kecamatan Esang. Ganggali selaku dewan pembina FKDM Talaud dalam sambutannya meminta kepada seluruh pengurus FKDM yang dilantik untuk proaktif dan bertanggung jawab serta mengutamakan pendekatan yang persuasif sesuai dengan nilai dan norma kemasyarakatan dan budaya yang berlaku di talaud. “Jangan menggunakan FKDM untuk menakut-nakuti warga, tetapi harus selalu menjadi contoh agar keamanan dan kedamaian tetap terjaga di Bumi Porodisa,” ujar Ganggali. Dia juga menambahkan bahwa jangan sampai ada anggota dan pengurus FKDM yang arogan sehingga menimbulkan antipati warga dan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya harus senantiasa berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan TNI selaku penjaga keamanan dan pertahanan negara. “Semua harus bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan harus saling berkoordinasi agar terjalin sinergitas dalam menjaga dan membangun Talaud yang semakin sejahtera,” kata Ganggali mengakhiri sambutannya. FKDM adalah lembaga yang berada dibawah koordinasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sebagai forum yang dimiliki oleh masyarakat dan Pemerintah Talaud yang bertugas untuk melakukan deteksi dini terhadap ancaman yang bisa muncul yang dapat mengganggu keamanan masyarakat maupun stabilitas dan keamanan nasional, terlebih untuk wilayah kabupaten talaud sebagai wilayah tapal batas negara.(try27/mm)

Berpikir dan Berbuat

14

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Sondakh: Pancasila adalah perekat kehidupan negara Bitung—Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Bitung digelar upacara dilapangan Kantor Walikota Bitung pada Selasa (1/10) dengan Inspektur Upacara (Irup) Walikota Bitung Hanny Sondakh. Dalam kesempatannya, Sondakh saat diwawancarai mengatakan jika Pancasila adalah pemersatu bangsa yang tidak bisa dipandang sebelah mata. “Dalam Pancasila tertuang keinginan dari

pendiri bangsa untuk mempersatukan bangsa ini tanpa perbedaan sehingga hal ini harus dipahami turun temurun negeri ini,” kata Sondakh. Diapun meminta semua pegawai agar tetap mempertahankan Pancasila sebagai perekat bangsa. “Pancasila menjadi perekat kehidupan berbangsa dan bernegara yang tentunya harus dipahami oleh semua elemen bangsa,” jelasnya. Hadir pada upacara ini Wakil

Walikota Bitung Maximilian J Lomban SE, MSi, Sekretaris Kota Bitung Drs Edison Humiang MSi, Pejabat TNI/ Polri, Kepala SKPD dan Pejabat Instansi Vertikal. Agenda Upacara dilakukan pembacaan teks Pancasila yang dibacakan oleh Inspek-ur Upacara, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 olehAnggota dewanViktorTatanude SH, dan pembacaan Ikrar oleh Wakil Ketua Dekot Bitung Baby Palar SE MAP.(wepe/brik-k)

WALIKOTA Bitung saat memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila.(foto: ist)

Melonguane tak lagi dilayani listrik Dua minggu listrik padam, warga tuntut tanggungjawab PLN

SEKKOT Bitung saat menerima cendramata Burung Cendrawasih dari Pemkab Sorong.(foto: ist)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

M e l o n g — Wa r g a Melonguane mengeluhkan pemadaman listrik yang terjadi selama dua pekan terakhir ini. Tidak hanya mengalami kerugian seperti naiknya biaya rekening, warga juga rugi karena mengalami kerusakan barang elektronik yang dimiliki. Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (1/10) kemarin, Manager PLN Rayon Melonguane Robby

Mandagi ST membenarkan tentang pemadaman yang sering terjadi. Namun menurut Mandagi pemadaman terjadi akibat faktor cuaca yang cukup buruk beberapa waktu terakhir ini. “Pemadaman terjadi semata-mata akibat faktor alam, bisa akibat rubuhnya pohon atau tersentuhnya jaringan oleh hewan di sepanjang jaringan di Melonguane dan Beo,” ujar Mandagi.

Dia juga menambahkan bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam pemadaman yang terjadi selama ini, karena pasokan tenaga listrik yang dimiliki oleh PLN Beo sebesar 4x750 Kw dan PLN Melonguane 1.325 Kw lebih dari cukup untuk mensuplai listrik di Pulau Karakelang yang beban puncaknya sebesar 2750 Kv. PLN juga sudah berupaya bekerjasama dengan warga untuk melakukan penebangan pohon yang dianggap bisa mengganggu jaringan listrik dengan

memberikan biaya ganti rugi, namun banyak warga yang menolak dengan alasan bahwa pohon yang hendak ditebang sumber utama penghasilannya. “Bagi warga yang merasa dirugikan bisa mendatangi langsung kantor PLN terdekat,” jelasnya. Sementara itu, sejumlah warga di Melonguane menyayangkan sikap PLN yang terkesan tidak mengindahkan laporan warga. Menurut warga sudah seringkali dilaporkan dan disampaikan ke PLN tetapi jawaban PLN selalu

KETIDAKJELASAN ATURAN

sangat teknis dan dianggap warga menghindari tanggung jawabnya. “Katanya ini listrik pintar, tapi lebih pintar matinya daripada menyala,” kata Ote warga Melonguane Timur. Ote menuturkan bahwa PLN seringkali berkilah kalau dikatakan biaya tagihan listrik bertambah akibat seringnya pemadaman. “Masakkan PLN selalu menjawab, instalasi mereka yang rusak atau tidak baik. Inikan aneh. Yang pasang instalasi kan pihak PLN tanggung jawab kan mestinya dari pihak

PLN,” sembur dia. Keluhan atas pemadaman yang terjadi juga disampaikan sejumlah pengusaha warnet dan tempat penginapan di Melonguane, yang sering menerima komplain dari pelanggannya. Warga dan pengusaha di Melonguane meminta agar PLN segera mencari solusi untuk mengatasi pemadaman listrik yang terjadi saat ini dan juga jangan lagi beralasan untuk menghindar dari tanggung jawab atas kerugian yang dialami oleh warga.(try27/mm)

PROYEK BERMASALAH

Pedagang sayur Pasar Ulu ”ngamuk” Kejari Talaud siap Ulu Siau—Fenomena permasalahan lokasi atau tempat berjualan ternyata bukan hanya terjadi di kotakota besar, namun daerah kepulauan seperti Sitaro pun tidak lepas dari fenomena yang ada. Dimana Selasa (1/10) pagi kemarin warga yang hendak berbelanja di Pasar Ulu Siau dikejutkan dengan keributan yang terjadi di pusat perekonomian Sitaro itu akibat sejumlah pedagang

“ngamuk”. Apa pasal? Dimana dari informasi yang berhasil dirangkum harian ini sejumlah pedagang tidak menerima meja yang dijadikan tempat untuk berjualan sayur-sayuran dan rempahrempah dipindahkan secara paksa oleh petugas pasar, bahkan disinyalir pemindahan meja berjualan pedagang dilakukan tanpa sepengetahuan pedagang atau tanpa pemberitahuan.

“Seharusnya pemindahan meja tempat berjualan diberitahukan terlebih dahulu kepada pedagang agar pemindahan bisa tertib, dan tidak seperti ini ada pedagang yang ngamuk karena meja tiba-tiba sudah dipindahkan. Kan kasian pedagang kecil yang hanya berjualan sayur diperlakukan seperti ini,” ungkap sejumlah pedagang dan warga saat bersua dengan harian ini. Namun sangat disa-

yangkan, Kepala Bidang Pengelolaan Pasar, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Sitaro, E Manulong saat dikonfirmasi via ponselnya dengan nomor 081340042XXX malah dialihkan, dan jalan buntu kembali ditemui saat di SMS via nomor ponsel yang sama hingga berita ini diturunkan tidak dibalas.(esge/mm)

PEMBANGUNAN SEKOLAH

Hari ini Inspektorat panggil kontraktor DID

PROYEK pembangunan sekolah di SMAN 3 Bitung yang dananya sudah dicairkan sebanyak 30% namun realisasi pembangunan baru 20%.(foto: ist)

Bitung—Dugaan banyaknya kejanggalan dalam pelaksanaan proyek pembangunan sekolah yang diambil dari anggaran Dana Insentif Daerah (DID) yang sebagian sekolahnya mendapatkan proyek berbandrol

hingga Rp990 juta membuat pihak badan Inspektorat harus melayangkan surat panggilan kepada para kontraktor yang mendapatkan proyek tersebut. “Besok kami akan memanggil semua kontraktor

yang mendapatkan proyek DID untuk membicarakan persoalan pembangunan sebab ada beberapa sekolah yang diduga pembangunannya terbengkalai,” kata Inspektur Tonny Katuuk, menjawab pertanyaan

wartawan Selasa (1/10). Diapun menduga proyek yang belum dilanjutkan itu adalah SMA Negeri 3 Bitung di Lembeh Selatan, SMA Negeri 4 Bitung di Ranowulu dan SMA Negeri 2 Bitung. “Pertemuan ini untuk mencari tau apa penyebab dari belum diselesaikannya pembangunan itu sementara tanggal penyelesaian semakin dekat,” kata Katuuk. Diapun menduga jika penyelesaian pembangunan sekolah itu terpaksa tertunda karena adanya kenaikan harga barang pasca kenaikan BBM. “Tapi ini baru dugaan sehingga kami harus mencari tahu akan permasalahannya dulu,” kata Katuuk. Namun jika alasan belum diselesaikannya proyek tersebut tidak masuk diakal maka para kontraktor ini terancam menganti anggaran itu.(wepe/mm)

GAPI KARANGETANG

Lagi, akses evakuasi bencana dibangun

TONI Supit.

Ulu Siau—Sebagai daerah yang berkarakteristik rawan bencana Gunung Api (Gapi) Karangetang, pemerintah daerah terus menggenjot pembangunan sarana infrastruktur jalan

produksi sekaligus sebagai akses evakuasi bencana di Kelurahan Tatehadeng Kecamatan Siau Timur (Sitim). Dari informasi yang berhasil dirangkum harian ini Selasa (1/10) kemarin pembangunan sarana evakuasi bencana tersebut diperkirakan menelan dana sekitar ratusan juta rupiah dengan merintangi dusun Hekang, Puikang dan Basaha yang merupakan proyek bencana tahun anggaran 2013. “Sebagai warga kami bersyukur karena pemerintah daerah memberikan perhatian terhadap pembangunan

sarana evakuasi bencana ini. Dan jalan ini juga bukan saja membantu dalam proses evakuasi ketika ada arahan mengungsi, namun jalan ini juga membantu dalam setiap aktifitas petani serta berbagai aktifitas warga lainnya,” ungkap Rivon Lahengke dan Piet Pudehokang, pada harian ini Selasa (1/10) kemarin. Sementara itu, Bupati Toni Supit SE MM lewat Kepala Bagian Humas Protokuler dan Persandian Setda Sitaro, James Marthin SPd menyambut baik apresiasi yang berikan masyarakat dan memang diakuinya pemerintah daerah memberikan perhatian lebih

terhadap kegiatan penanggulangan bencana daerah, sehingga tidak sedikit anggaran untuk penanggulangan bencana. “Dan selain anggaran dari APBD, pemerintah daerah melalui pak bupati senantiasa melakukan lobilobi ke pemerintah pusat dan juga ada anggaran dari pemerintah provinsi untuk penanggulangan bencana. Karena ini sudah menjadi komitmen dari pemerintah daerah khususnya pak bupati dalam memberikan kepastian keselamatan dalam berbagai kegiatan penanggulangan antisipasi bencana,” katanya.(esge/ mm)

lakukan penelusuran

Melong—Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Talaud Bangkit Shormin SH MH melalui Kasie Intel Berty Wongkar SH menyampaikan siap untuk menindak lanjuti setiap temuan pihaknya maupun laporan masyarakat atas dugaan penyimpangan pelaksanaan sejumlah proyek yang dibiayai negara di kabupaten talaud. “Sampai saat ini memang sudah ada beberapa laporan yang disampaikan oleh warga tetapi semuanya harus melewati proses dan pemeriksaan yang benar tepat dan teliti agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Pihak Kejari juga tidak mau gegabah untuk langsung mengiyakan ataupun menindaklanjuti setiap laporan yang masuk ke Kejari Talaud, semua

laporan pasti akan diproses sesuai prosedur yang berlaku,” jelas Wongkar. Namun begitu, Wongkar memastikan tidak memilahmilah masalah yang akan diusut. “Semua orang sama di mata hukum. Jadi tidak ada tebang pilih atupun yang diistimewakan,” tegas Wongkar. Ketika ditanya laporan apa saja yang sudah masuk dan ditindak lanjuti oleh Kejari Talaud, Wongkar belum memberikan jawaban. “Atas dasar azas praduga tak bersalah, pihak Kejari talaud belum ingin menyampaikan hal-hal yang belum waktunya menjadi konsumsi publik. Apalagi saat ini Talaud dalam proses Pilkada, sangat penting untuk menjaga stabilitas keamanan yang kondusif saat ini,” jelas Wongkar.(try27/mm)

KEBIJAKAN

Pemkab Sitaro tingkatkan pelayanan kesehatan Ondong—Wakil Bupati Siska Salindeho dengan tegas memperingatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sitaro untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat dengan senantiasa memantapkan koordinasi serta pemantauan di seluruh wilayah kerja Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Hal tersebut disampaikan Salindeho di sela-sela kegiatan advokasi dan sosialisasi kemitraan bidan dan dukun belum lama ini. “Peningkatan pelayanan kesehatan itu penting, dan memang saat ini pelayanan sudah baik dan maksimal namun tetap harus ditingkatkan agar masyarakat dapat merasakan pelayanan yang benar-benar prima,” tandas Salindeho. Sehingga dirinya menghimbau, instansi terkait dalam hal ini Dinkes Sitaro semaksimal mungkin melakukan pemantapan pelayanan serta secara rutin melakukan pemantauan diseluruh Puskesmas. “Sebab puskesmas merupakan pusat kesehatan yang p e l a y a n a n n y a

SISKA Salindeho.

bersentuhan langsung dengan masyarakat. Jadi perlu dioptimalkan dan ditingkatkan lagi,” himbau mantan personil Dekab Sitaro itu. Secara terpisah, Kepala Dinkes Sitaro dr Semuel E Raule MKes memastikan akan terus berupaya memantapkan koordinasi dengan seluruh jajarannya terutama dalam rangkah meningkatkan pelayanan kesehatan serta memantapkan pengawasan diseluruh Puskesmas. “Tentunya kami akan berupaya semaksimal mungkin, dengan memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat yang memerluhkan pelayanan kesehatan,” ujar Raule.(esge/mm)


RABU 2 OKTOBER 2013

CPNS BOLMUT

Bupati minta anak daerah bersaing sehat SETELAH dilakukannya pengumuman berkas kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada beberapa waktu lalu, maka Bupati Bolmut Drs Depri Pontoh, meminta kepada seluruh pihak agar kelulusan Ujian CPNS nanti berjalan secara air mengalir tanpa ada yang melakukan intervensi. “Sejak awal kami sampaikan bahwa Pemkab Bolmut tidak akan melakukan intervensi terhadap kelulusan berkas CPNS hingga penentuan hasil akhirnya nanti, sebab budaya-budaya seperti ini harus dihilangkan di Bolmut,” tegas Pontoh. Namun demikian dirinya tetap berharap kepada para putra dan putri daerah yang telah dinyatakan lulus dalam berkas, agar dapat bersaing secara sehat dan mempergunakan apa yang dimilikinya agar kelak diterima menjadi PNS di lingkungan Pemkab Bolmut. “Kami pula sangat berharap agar kiranya putra dan putri daerah ini bisa bersaing secara baik dan sehat sehingga bisa tampil membangun daerah ini kearah yang lebih baik,” harap Papa Adit sapaan akrabnya.(wege)

PAW

Landjar ingatkan 2 legislator yang baru berhati-hati BUPATI Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar, mengingatkan kepada dua Anggota Dewan Kabupaten (Dekab) Boltim, yang baru dilakukan Pergantian Antara Waktu (PAW) pada Senin (30/9), yakni Rukli Ginoga dan I Nyoman Yudisitira, agar berhati-hati dan jangan sampai terkena kasus seperti dua mantan legislator yang di PAW. Landjar mengatakan karena Sunarto Kadengkang dan Mourits Mamonto di PAW karena kasus, maka jangan sampai hal seperti ini terulang lagi. “Paling banyak anggota Dewan di PAW karena terjerat kasus, bukan masalah pindah partai atau yang lainya. Jadi jika kalian ingin dihormati, maka bekerjalah untuk kepentingan umum. Jangan sampai kepentingan pribadi sendiri yang diutamakan,” tegas Landjar, Selasa (1/10) kemarin. Lebih lanjut Landjar menegaskan kepada dua legislator PAW dari Partai Golkar dan Partai Gerindra, setelah masuk di lembaga terhormati ini tidak lagi belajar. “Dewan bukan tempat belajar, tapi tempat untuk menyerap aspirasi masyarakat. Jadi saya berharap kalian (Ginoga dan Yudistira,red) bisa menyesuaikan diri dengan legislator lainnya,” pungkas Landjar.(try25)

HARI RAYA QURBAN

Yahya pastikan terlaksana PERAYAAN Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah yang jatuh pada tanggal 15 Oktober 2013 mendatang kini mulai diseriusi oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong). Terdata, hingga tanggal 1 Oktober belum ada hewan qurban baik dari instansi pemerintah, swasta dan pribadi. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris PHBI Bolmong Yahya Fasa saat dikonfirmasi, Selasa (1/10) kemarin. “Hingga saat ini belum ada hewan qurban yang masuk (disumbangkan,red). Baik dari instansi pemerintah, swasta ataupun person,” ungkap Yahya. Pusat perayaan Idul Adha untuk tahun ini pun direncanakan akan dilangsungkan di Kecamatan Lolak selaku Ibukota Kabupaten. “PHBI Kabupaten akan segera melakukan koordinasi dengan PHBI Kecamatan Lolak untuk perayaannya,” tandas Yahya. Lanjut Sekretaris Dewan (Sekwan)) Bolmong tersebut. Adapun soal hewan qurban, Yahya meminta pihak swasta ataupun pribadi dapat melaporkan ke PHBI jika ada yang berkenan menyumbang. “Kami menunggu, baik dari pemerintah, swasta atau perorangan yang akan memberikan sumbangan hewan qurban yang akan disembelih pada perayaan nanti,” kata Yahya sembari menjelaskan makna perayaan Idul Adha yang juga sering disebut Hari Raya Haji itu. “Intinya kita dengan berqurban, kita mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Tuhan kepada kita,” tutup Yahya. (try26)

Totabuan

Bolmong, Kotamobagu, Bolmut, Boltim, Bolsel

Provinsi BMR bakal tertunda Terganjal batas daerah, Musa tegaskan ada oknum yang sengaja ciptakan konflik Tutuyan—Keinginan masyarakat di Bolaang Mongondow Raya (BMR) mewujudkan Provinsi BMR tahun 2013, sepertinya bakal tertunda. Hal ini dikarenakan persoalan batas wilayah Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dengan daerah tetangga Minahasa

Tenggara (Mitra), yang sudah disepakati bersama tiba-tiba saja berubah. Dimana sejumlah tokoh masyarakat Mitra melayangkan protes atau tidak setuju dengan titik koordinat yang disepakati antara Pemkab Boltim dan Mitra pada waktu itu.

Asisten I Pemkab Boltim Amin Musa SH MH saat dikonfirmasi, Selasa (1/10) kemarin, membenarkan hal tersebut. Musa mengatakan bahwa protes batas wilayah terhadap Boltim-Mitra secara otomatis akan berdampak buruk pada pemekaran Provinsi BMR. “Kalau persoalan wilayah ini tidak cepat di selesaikan, maka propinsi BMR yang rencananya akan diketuk bulan Desember tahun 2013 ini, sepertinya akan tertunda,” kata Musa.

Ditambahkan Musa, dirinya menduga ada oknum-oknum yang sengaja menciptakan konflik batas Boltim-Mitra ini, tidak ada kata sepakat antara masyarakat di yang tinggal di perbatasan. “Kami menduga ada oknum yang sengaja menciptakan konflik. Sehingga kesepakatan letak batas antara dua daerah ini mentah kembali. Yang pasti kalau batas wilayah masih bermasalah, provinsi BMR tidak bisa diketuk,” ujar Musa.(try25)

PEMERIKSAAN KENDIS KK

Wawali geram, DB 4102 K dialihfungsikan

WALIKOTA dan Wakil Walikota KK, saat melakukan pemeriksaan Kendis, pekan lalu.(foto: ist)

Kotamobagu—Pascapemeriksaan Kendaraan Dinas (Kendis) di apel perdana di lingkup Pemkot Kotamobagu (KK), Senin (30/9) lalu, nampaknya ada Kendis yang dialihfungsikan oleh oknum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Dari temuan Kendis tersebut. Diduga Kendis milik Badan Lingkungan Hidup (BLH)

Kota Kotamobagu yang di alih fungsikan. Akan hal ini mengakibatkan Wakil Walikota geram dengan tindakan para pelaku yang dinilai tak tahu aturan. Menanggapi hal itu Wakil Walikota Kotamobagu Jainuddin Damopolii, akan menindak tegas SKPD tersebut, dengan langsung memerintahkan bagian aset

untuk segera melakukan penarikan atau penahanan terhadap kendis tersebut. “Saya perintahkan kepada bagian aset untuk menahan dulu kendaraan itu,” kata Damopolii usai melakukan kroscek daftar yang ada. Jenis Kendis tersebut adalah Mobil SuzukiAPV DB 4102 K. Selain BLH, Jainuddin pun, melarang sejumlah

pimpinan SKPD memiliki lebih dari 1 Kendis. “Pimpinan SKPD tidak diperbolehkan memiliki 2 kendis, Sebab itu merupakan kemubaziran,yang miliki 2 kendis akan di tarik kembali,” ujarnya. Menarik, pada pemeriksaan Kendis oleh Walikota Tatong Bara, Dari total 132 Kendis aset pemerintah, 18 di antaranya, ditemukan hilang dan rusak berat. Diantaranya khusus Dinas Dikpora berjumlah 10 unit Kendis yang hilang. Namun dari keterangan Kepala DPPKAD Kotamobagu Abdullah Mokoginta untuk kendaraan yang rusak akan dilakukan penghapusan sesuai petunjuk dari BPK, namun hanya untuk 37 kendaraan dinas roda dua yang di saat ini masih berada di tangan mantan kepala desa dan Lurah. “Sesuai petunjuk BPK akan dilakukan penghapusan untuk 37 kendis tersebut tapi hanya yang kondisi rusak itu pun yang ada di tangan mantan lurah dan sangadi,” tutur Mokoginta, Selasa (1/ 10) kemarin.(try26)

PENANGKAPAN CURANMOR

PMII apresiasi sekaligus ingatkan kasus lain Kotamobagu—Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bolaang Mongondow (Bolmong), yang dipimpin langsung AKP Iverson Manosso, setelah pada, Kamis (26/9) pekan lalu, menggelar rekonstruksi pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) dengan mengambil sampel di 22 TKP yang berada di seputaran Kota Kotamobagu, yang melibatkan empat tersangka, diantaranya, NS alias Nus, HK alias Mantol, AS alias Budo, serta AP alias Nus. Ternyata hingga saat ini tersangka sindikat curanmor bertambah menjadi tujuh. Hal itupun di akui mampu mengurangi angka kriminal curanmor yang di dominasi roda dua. Dikatakan Kapolres Bolaang Mongondow AKBP Hisar Siallagan SIK, bahwa selama kurun waktu 23 hari

menjelang 24 hari pas-capengerebekan sindikat curanmor, ternyata mampu menggurangi angka kriminal curanmor di wilayah Bolmong Raya. “Dari empat meningkat jadi tujuh tersangka, itu perkemba-ngannya,” ujar Siallagan,Selasa(1/10)kemarin. Sedangkan untuk selanjutnya Hisar menambahkan bahwa saat ini untuk mempertanggungjawabkan perbuatan dari para tersangka curanmor, maka dilakukanlah pemberkasan oleh petugas dalam hal ini bagian penyidik Polres Bolmong. “Sekarang proses pemberkasan untuk mereka, guna mempertanggungjawabkan perbuatan yang sudah mereka lakukan,” tambah mantan Wakapolres Sangihe ini. Hal ini pun mendapat apresiasi yang baik dari para akti-

PEKAN lalu Polres Bolmong sudah mengadakan rekonstruksi bagaimana cara pelaku melakukan pencurian motor selama ini. Nampak kedua pelaku melakukan peragaan, saat reka ulang di TKP.(foto: yuni/sk)

vis mahasiswa Bolmong yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), bahwa kebenaran berkurangnya kriminal curanmor yang ada di bumi Totabuan sungguh sebagai prestasi yang luar biasa bagi kepolisian Bolmong yang di nahkodai AKBP Hisar Siallagan SIK dengan segala resiko yang dihadapi. “Kapolres yang saat ini memang berani

dan penuh dengan semangat meski tantangannya cukup berat,” kata Supriono Paputungan, sembari menambahkan, meski begitu sebagai aparat yang hampir berhasil menggungkap kasus curanmor tidak harus untuk meninggalkan kasus-kasus kriminal yang lainnya, seperti pembunuhan, korupsi dan dugaan penculikan terhadap Afra Paputungan.(try26)

SURAT KABAR HARIAN

15

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

DUGAAN KORUPSI HUMAS

Kejari Boroko diminta segera tahan tersangka Boroko—Elemen masyarakat di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengapresiasi langkah Kejaksaan Negeri (Kejari) Boroko yang sudah menetapkan dua tersangka kasus dugaan korupsi Pos Anggaran Humas Pemeritah Kabupaten (Pemkab) Bolmut tahun 2012-2013. Untuk itu Kejari diminta segera bergerak cepat dengan melakukan penahanan terhadap kedua tersangka. Ketua Badan Konta Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) Bolmut Djunaidi Harundja SH, mengatakan langkah Kejari menetapkan dua tersangka kasus dugaan korupsi Pos Anggaran Humas Pemkab Bolmut adalah langkah yang sangat baik. “Kami salut dengan kinerja Kejari Boroko, yang sudah menetapkan tersangka, ini adalah kinerja perdana Kejari Boroko,” ungkap Harunja. Disampaikan Harunja, dirinya mendesak segera menahan tersangka. Sebab ini langkah maju kejaksaan, hal ini untuk mencegah

tersangka melarikan diri maupun menghilangkan barang bukti. “Apalagi kerugian negara dalam kasus ini tinggal menunggu audit BPKP saja. Tindakan penahanan harus dilakukan demi memastikan penyelidikan kasus ini tuntas,” kata Harundja. Sementara itu, Kejari Boroko pada tangal 23 September, pekan lalu sudah menetapkan dua tersangka terkait dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) pada anggaran di Humas Pemkab Bolmut. Kedua tersangka masing-masing berinisial MFB alias Adi berstatus Kabag Humas, dan LB alias Mimi yang juga adalah mantan bendahara di Bagian Humas Pemkab Bolmut, keduanya ditetapkan tersangka berdasarkan surat perintah penyidikan (Sprindik) nomor 67/R.1.19/FD-I/09/ 2013, dan Sprindik nomor 68/ R.1.19/FD-I/09/2013 tertanggal 17 September 2013.(wege)

PEMBAHASAN KUA-PPAS

Bangko tegaskan pimpinan SKPD tidak diwakilkan Boroko—Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut terus menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Usai menggelar rapat paripurna LKPJ bupati pengesahan ranperda menjadi perda, kembali Dekab Bolmut, Senin (30/9) dengan agenda Paripurna Penyampaian Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) s e k a l i g u s penandatanganan nota kesepakatan antara eksekutif legislatif. Selanjutnya Selasa (1/10) kemarin mulai pembahasan KUA-PPAS di masingmasing komisi pembahasan tahap 2 dengan mitra kerjanya. Dalam pembahasan ini, Ketua Dekab Bolmut Karel Bangko SH menegaskan, tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus dihadiri langsung pimpinannya tanpa diwakilkan. “Hal ini bertujuan agar pada tingkat pembahasan komisi bersama mitra kerjanya berjalan dengan lancar dan program prioritas dijelaskan langsung pimpinan SKPD yang bersangkutan. Karena kehadiran pimpinan SKPD sangat menentukan kelanjutan dan pembahasan,” tegas

KAREL Bangko.

Bangko. Jika diwakili kata papa Iqra sapaan akrabnya, Dewan akan menunda pembahasan prioritas anggaran serta program yang diusulkan SKPD tersebut. Sementara itu, ditempat terpisah Sekkab Bolmut Drs Reky Posumah meminta para pimpinan SKPD selama agenda pembahasan KUA-PPAS untuk tidak melakukan perjalanan keluar daerah. “Ini wajib bagi para pimpinan SKPD untuk menghadiri langsung agenda pembahasan tanpa diwakili dan itu sudah diinstruksikan oleh Pak Bupati,” tegas Posumah. Pembehasan ini akan digelar batas Jumat pekan ini jiga sekaligus pengesahan APBDP dan langsung dilakukan asistensi ke pemerintah Provinsi.(wege)


SELASA 1 OKTOBER 2013

HOT NEWS

Transformers 4 tampilkan para tokoh utama MICHAEL Bay lewat situs resminya merilis gambar teaser terbaru Transformers: The Age Of Extinction. Dalam gambar tersebut ditampilkan ketiga tokoh utama yang diperankan oleh Mark Wahlberg, Nicola Peltz dan Jack Reynor. Gambar teaser baru ini dirilis tak lama setelah Bay merilis foto dirinya sedang mengambil adegan ledakan tempo hari. Film keempat dalam franchise TRANSFORMERS ini diungkap oleh Wahlberg sebagai film yang akan berdiri sendiri tanpa tersambung kisahnya dengan film TRANSFORMERS lainnya. Selain ketiga tokoh yang ditampilkan dalam teaser baru, Bay juga menggaet Kelsey Grammer untuk berperan sebagai tokoh antagonis dalam filmnya. Ia berperan sebagai agen Harold Attinger. Dua nama lain yaktni Stanley Tucci dan Titus Welliver dipastikan bergabung namun belum jelas dengan peran apa yang mereka dapatkan. Film TRANSFORMERS: AGE OF EXTINCTION bakal hadir di bioskop pada 27 Juni mendatang. Film yang masih disutradarai oleh Michael Bay ini dipastikan masih menampilkan banyak adegan ledakan di dalamnya.(kplc)

G AUL

CANTIK, tenar dan nyaris tanpa cacat, itulah kesan yang terlihat dari Katy Perry. Namun kini, pelantun Roar itu mendadak mengungkapkan pernyataan yang mengejutkan. Seperti dilaporkan oleh Showbizspy, Katy mengaku menderita OCD (obsessive-compulsive disorder). Kelainan obsesif ini membuatnya selalu khawatir pada hal yang tak masuk akal. “OCD yang kualami benar-benar parah. Aku selalu menempatkan segala sesuatu berdasarkan urutan alphabet. Aku juga agak seperti Howard Hughes jika berhadapan dengan kuman,” ungkapnya. Untuk memastikan bahwa lingkungan sekelilingnya tidak dihuni kuman, Katy sampai harus melakukan ritual gilagilaan saat membersihkan rumah. Dia tak mau ada satupun kuman yang mengganggu aktivitasnya. Katy memang bukan bintang pertama yang terserang gangguan ini. Victoria Beckham pernah mengatakan bahwa suaminya, David Beckham, juga cenderung menempatkan segala sesuatu berdasarkan klasifikasi dan golongan tertentu.(kplc)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

16

KATE UPTON

Kencan dengan penari profesional

KATE Upton berkencan dengan penari profesional Maksim Chmerkovskiy. Mereka terlihat bergandengan tangan mesra di New York City, AS. Mengutip contactmusic, Senin (30/9), Kate dan C h m e r k o v s k i y sebelumnya menyangkal berhubungan intim sejak pertama kali terlihat makan bersama di Big Apple pada Juni 2013. “Mereka hanya teman baik,” kata teman terdekat ketika itu.

Namun sekarang New York Post memperlihatkan pasangan mengumbar senyum dan jalan bergandengan tangan mesra di Manhattan West Village, Kamis pekan lalu. S e b a g a i m a n a diberitakan sebelumnya, Kate telah terkaitkan dengan bintang bisbol Justin Verlander dan Sean ‘Diddy’ Combs. Sementara Chmerkovskiy sebelumnya bertunangan dengan penari profesional Dancing With the Stars, Karina Smirnoff.(inic)


02102013