Page 1

SABTU 28 JULI 2012 NOMOR 02043 TAHUN VI

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Penyalahguna narkoba di Sulut mencapai 2,1%

Ratusan penumpang terlantar

Baca: Sulut ( Halaman 2)

Baca: Ibukota ( Halaman 3)

Minahasa banyak peminat

SELEBRITI

31 kandidat ambil formulir di KPU, pilkada 2007 lalu hanya 10 kandidat SHANDY AULIA

Merinding sendiri ARTIS cantik Shandy Aulia mengaku merasakan sendiri keangkeran rumah kentang, dimana dia menjadi pemeran utama di sebuah film horor. Shandy merinding saat syuting di lokasi yang sebenarnya. “Hawa angkernya masih terasa. Nggak tahu kenapa. Nggak tahu kenapa kadang-kadang saya suka merinding sendiri,” ujar Shandy di lokasi syuting, Jumat (27/7) kemarin. Baca: Merinding ( Halaman 11 )

KESEHATAN

Seketika HIV dinyatakan lenyap setelah operasi BARANGKALI operasi ini akan menjadi salah satu jalan keluar membendung penyebaran HIV/ AIDS. Para peneliti di Brigham and Women’s Hospital di Boston telah menemukan bahwa setelah menjalani operasi transplantasi tulang sumsum, sel darah dua pria dengan HIV dinyatakan bebas dari virus mematikan itu. Temuan ini penting karena menunjukkan bahwa dengan memberikan pasien transplantasi, ketika mereka berada di terapi antiretroviral, mereka mungkin telah terbebas dari virus penyebab AIDS itu. “Kami berharap HIV menghilang dari plasma pasien. Tetapi cukup mengejutkan bahwa kami tidak dapat menemukan jejak HIV dalam sel darah mereka,” kata Dr Timothy Henrich, salah seorang peneliti yang terlibat dalam penelitian. “Ini menunjukkan bahwa diam-diam, dengan terapi antiretroviral, sel-sel yang terkait sistem kekebalan pasien tampaknya dilindungi dari menjadi terinfeksi kembali dengan HIV,” ujarnya. Baca: Seketika ( Halaman 11 )

To n d a n o — G u l i r a n pelaksanaan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa tahun 2012 ini, sudah menyelesaikan satu babak, yakni tahap pengambilan formulir pencalonan Bupati dan Waki Bupati perioede 2013-2018, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa. Dimana, secara resmi Jumat (27/7) kemarin untuk pengambilan formulir sudah ditutup.

Langkah awal menuju Emas Baca: Bola ( Halaman 16 )

PEMEKARAN KECAMATAN DI MANADO

Rekomendasi Gubernur sudah terbit Manado—Tak lama lagi, Manado akan ketambahan dua kecamatan baru. Pasalnya, rekomendasi pembentukan Kecamatan Bunaken Kepulauan dan Kecamatan Paal II sudah diterbitkan Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang dengan Nomor 135/2195/SekrRo.Pemhumas, tertanggal 24 Juli 2012. Rekomendasi Gubernur Sulut ini dikeluarkan, setelah surat Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut Nomor 135/01/ 954/2011 tertanggal 12 Desember 2011 tentang permohonan Persetujuan dan Rekomendasi Pembentukan Kecamatan, serta surat Sekprov Sulut Ir SR Mokodongan Nomor 135/ 1804/Sekr-Ro.Pemhumas tertanggal 21 Juni 2012,

SH Sarundajang.

terkait dengan peninjauan lapangan terhadap pembentukan kecamatan di Manado. Hal ini dibenarkan Sekretaris Dekot Manado, Drs Didi Salendu, Jumat (27/7) kemarin kepada wartawan. “Memang rekomendasi Gubernur sudah ada. Nah, sebagai tindak lanjut

Baca: Rekomendasi ( Halaman 11 )

Cintai produk Indonesia

putih yang melapisi kemeja batiknya dengan tangan terborgol. Johan mengatakan pemakaian borgol dan baju tahanan terhadap Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga Ormas Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), organisasi sayap Partai Golkar, itu menambah efek jera. “Sejak tersangka Amran (Bupati Buol) kita sudah terapkan aturan pemakaian borgol (terhadap tersangka),” tutur Johan.

Manado—Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Dr Syarifuddin Hasan SE ME MBA, mengatakan, perkembangan Koperasi dan UKM di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat membanggakan. Keberhasilan ini menurut dia, sangat ditentukan oleh apresiasi masyarakat terhadap produksi Koperasi dan UKM. Oleh karena itu Hasan meminta masyarakat, termasuk warga Sulut, untuk mencintai produk dalam negeri. “Mencintai produk dalam negeri harus dengan sikap loyal dan mau membeli produk tersebut yang tidak kalah dengan produk buatan luar negeri,” ujarnya saat berdialog dengan pegiat koperasi pelaku UKM serta kelompok mahasiswa, seputar bagaimana memajukan Koperasi dan UKM di Indonesia khususnya di Sulut, yang dilaksanakan di Pusat Promosi Koperasi dan UKM Sulut, di Kairagi, Jumat (27/7) kemarin. Hasan tak lupa mendorong semangat para pegiat Koperasi dan UKM di Bumi Nyiur Melambai, untuk memiliki semangat bersaing. “Persaingan akan menumbuhkan semangat untuk meningkatkan kualitas produksi dan pada akhirnya peningkatan kualitas produksi akan menimbulkan rasa bangga terhadap produksi,” katanya.

Baca: Politikus ( Halaman 11 )

Baca: Cintai ( Halaman 11 )

HAG susul CNR

Baca: HAG ( Halaman 11 )

dengan mengacuh pada rekomendasi tersebut, dipastikan pada Senin (30/7) pekan depan, akan dilangsungkan Rapat Paripurna Dekot Manado untuk pengesahan pemekaran dua kecamatan di Manado.

KOPERASI-UKM

MBH-GATE

Baca: Minahasa ( Halaman 11 )

To n d a n o — H a n g k y Arther Gerungan (HAG) akhirnya mendapat kendaraan poilitik untuk bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa kali ini. Ketua Kosgoro Sulut ini resmi melabuhkan pilihan kepada Partai Gerindra, setelah ditolak Partai Golkar dan belum pastinya PDIP mengusungnya. Sesuai prediksi media ini sebelumnya, bahwa ketika HAG dan Ivan Sarundajang (IvanSa) mulai menipis peluang untuk menggeser posisi kuat Jantje Wowiling Sajouw (JWS) sebagai calon dari PDIP, maka Partai Gerindra siap menampung HAG. Buktinya, dengan situasi yang mulai genting saat ini, HAG ternyata sudah mendapat surat keputusan dari DPP Partai Gerindra Sulut untuk mendukungnya.

DIDI Salendu.

SYAHCRIAL Damopolii (jaket hitam), terpidana kasus Manado Beach Hotel, saat turun dari tangga Bandara Sam Ratukangi Manado, Jumat (27/7) kemarin sekitar Pukul 14.00 Wita, setelah dijemput Tim Kejari Manado di hanan terhadap tersangka baca halaman Yustisia). Yal diketahui menjadi buronan selama beberapa bulan oleh Jakarta. (Berita selengkapnya kasus korupsi, Jumat kejaksaan, dan tertangkap Kamis (26/7)(27/7) di Apartement Sudirman Park, Jakarta.(foto: bobby/sk)

kemarin. Kali ini, pada

KASUS DPID

Politikus PG tambah daftar ”Jumat Keramat” Jakarta—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pena-

FAHD A Rafiq akan ditahan di Rutan KPK untuk 20 hari ke depan, terkait kasus DIPD.(foto: ist)

“Jumat keramat” pekan ini, KPK menahan tersangka suap program Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID) Fahd El Fouz alias Fahd A Rafiq. “Ditahan untuk 20 hari ke depan,” kata juru bicara KPK Johan Budi di Jakarta. Fahd ditahan usai menjalani pemeriksaan perdananya sebagai tersangka. Putra pedangdut A Rafiq itu digiring ke Rutan KPK sekitar pukul 16.30 WIB. Saat dibawa masuk ke dalam mobil tahanan, Fahd memakai baju tahanan KPK warna

Fenomena gratifikasi seksual di dunia kampus

Demi nilai, mahasiswi rela bercinta dengan dosen Ketakutan akan nilai jelek, membuat mahasiswi Hukum di National University of Singapore rela menjual harga dirinya. Ia mau bercinta dengan sang dosen yang bergelar profesor selama beberapa kali untuk memastikan meraih nilai tugas yang tinggi.

S E B E N A R N YA , kejadian memalukan ini tak akan terungkap kalau sang mahasiswi tidak bercerita kepada temannya. Tapi karena temannya itu kemudian bercerita lagi ke orang lain, akhirnya polisi

pun ikut sibuk mengungkap kisah asusila yang terjadi pada 2011 itu. Kala itu mahasiswi berusia 23 tahun tersebut masih duduk di tingkat empat. Profesor memang tak meminta jatah hubungan intim karena si mahasiswi-

lah yang menawarkan. Ia ketakutan mendapatkan nilai tugas jelek, sehingga akan menurunkan kesempatanya direkrut firma hukum terbaik. Lalu datanglah ide untuk tukar-menukar hubungan intim dengan nilai.

Tampaknya itu jadi tawaran menarik, sehingga pasangan ini melakukannya lebih dari sekali hingga akhirnya ia lulus dan mendapat gelar sarjana hukum. Baca: Demi ( Halaman 11 )

PROFESOR Tey Tsun Hang, kini harus berhadapan dengan Komisi Anti-Rasuah Singapura, dengan tuduhan gratifikasi seksual demi nilai bagus kepada mahasiswi.(foto: ist)


SABTU 28 JULI 2012

Jika JK dipecat Golkar, elektabilitasnya melesat POSISI Jusuf Kalla (JK) sangat diuntungkan dengan ancaman pemecatan DPP Partai Golkar terhadap kader-kader yang akan maju sebagai calon presiden (capres) 2014 dari partai lain. “Sebagai makhluk politik JK cukup cerdas, sekarang ada ancammengancam pemecatan kader Golkar, maka JK akan dapat angin. Tentu persepsinya JK nanti dimasyarakat akan dizolimi,” ujar Guru Besar Psikologi UI Prof Hamdi Muluk. Menurut dia, JK sendiri secara elektabilitas sebenarnya jauh lebih tinggi daripada Aburizal Bakrie (Ical) yang diusung Partai Golkar. “Secara elektabilitas JK jauh lebih baik dari Ical. Bahkan, Ical juga menutup sistem konvensi. Publik melihat JK lebih memiliki nilai jual,” tandas Hamdi. Dia mengatakan, untuk saat ini tokoh yang layak dimajukan dari Partai Golkar adalah JK. Sebab, JK memiliki latar belakang yang baik. “JK sudah punya kapasitas melebihi partai, dia pernah menjadi wapres, Ketua Umum PMI dan Ketua Dewan Masjid Indonesia, kinerjanya bersinar. Kalau disandingkan dengan SBY tentu JK kalah,” tandasnya. Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Agung Laksono, tidak mempermasalahkan jika akhirnya JK dipinang oleh partai lain sebagai calon presiden pada Pemilu 2014. Agung juga menegaskan bahwa dilema JK yang digadang-gadang oleh partai lain tidak akan berimbas pada Golkar. “Ya tidak ada (imbasnya), kalau memang diminta oleh partai lain saya kira tidak masalah,” terang Agung. Yang menjadi permasalahan di internal Golkar, kata dia, adalah keberadaannya sebagai kader. Di mana sebagian meminta JK dipecat namun sebagian lain justru meminta sebaliknya. Namun ia menggarisbawahi bahwa Golkar tidak akan main pecat JK jika dipinang partai lain. “Yang jadi masalah apakah di pecat atau tidak. Kita juga tidak langsung main pecat,” ucap Agung. Diketahui, ancaman pemecatan kader Golkar yang menjadi capres dari partai lain diputuskan dalam rapimnas partai beringin tersebut di Bogor pada bulan lalu. Keputusan ini keluar setelah nama Jusuf Kalla selalu muncul ke publik sebagai capres 2014 yang layak diusung. Sejauh ini, kader partai politik lain yang melirik JK untuk capres mendatang di antaranya berasal dari PPP, PKS, dan Partai NasDem. Dan, JK sendiri berkali-kali menegaskan bahwa dirinya tidak haus akan kekuasan namun jika rakyat memberikan amanat dia siap mengembannya.(inlc)

Penyalahguna narkoba di Sulut mencapai 2,1% PNS Pemprov bakal kembali tes urine Sabu-sabu modus operandinya melalui jasa pengiriman barang, serta ganja lewat angkutan laut Manado—Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd menegaskan, PNS di lingkungan Pemprov Sulut akan kembali dilakukan tes urine. Pasalnya, pada saat pencanangan “Sulut Bebas Narkoba 2015” oleh Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Goris Mere dan Deputi Pemberantasan Narkoba BNN Brigjen Pol Drs Benny Mamoto di HUT Sulut tahun 2011 lalu, ternyata hanya sebagian PNS yang ikuti melakukan tes urine. “Saat ini Sulut sudah men-

jadi incaran sebagai wilayah peredaran gelap narkoba dari para geng narkoba, jika kita tidak bertindak cepat maka daerah ini akan menjadi sarangnya dari penyakit sosial tersebut,” kata Kansil saat bertemu Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulut Drs Jhon Latumeten SH di Taman Budaya Manado, Jumat (27/7) kemarin. Karena itu kata dia, sudah menjadi kewajiban dari setiap pegawai untuk melakukan tes urine. Saat ditanya kapan pelaksanaannya, Kansil masih

merahasiakan. “Tapi rencana aksi kan sudah dilaksanakan mulai tahun lalu, nanti saat tiba waktunya akan diberitahukan,” ujarnya. Kansil juga minta agar BNNP Sulut juga segera melakukan tes urine terhdap para pegawai yang bertugas di kabupaten/kota se- Sulut. Hal tersebut dianggap penting karena sebagai abdi negara yang melayani masyarakat, setiap PNS wajib memiliki jiwa dan tubuh yang sehat guna menunjang pelayanan yang terbaik. (erer/dw)

SAFARI RAMADHAN

Menkop dan UKM RI buka puasa di Bitung Manado—Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop-UKM) Syarifudin Hasan, usai mengikuti puncak peringatan Hari Koperasi ke-65 tingkat Sulut di Manado dan pembukaan The 2nd Smesco Sulut Exhibition, Kamis (26/ 7) sore mengikuti kegiatan Safari Ramadhan 1433 Hijriyah dan buka puasa bersama di Bitung, bertempat di Masjid Ribaathul Quluub Kelurahan Bitung Timur Kecamatan Maesa. Hasan didampingi Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang bersama rombongan jajaran Pemprov Sulut, diterima langsung pertinggi Bitung seperti Walikota Hanny Sondakh, Wakil Walikota MJ Lomban, Sekkot Edison

Humiang dan jajaran Pemkot Bitung. Gubernur pada kesempatan itu mengatakan bahwa ibadah puasa bukan hanya rutinitas biasa untuk menahan lapar dan haus akan tetapi lebih dari itu untuk membentuk seorang muslim yang taat, memperkokoh dan meningkatkan kualitas iman. “Saya berharap kepada seluruh umat muslim di Bitung bersama dengan pemerintah menjadi pelopor pemersatu dalam memantapkan harmonisasi kehidupan yang rukun dan damai antar jamaah, antar umat beragama dan dengan pemerintah, sebagai pilar penyangga terwujudnya visi pembangunan daerah,” ujar Sarundajang. Selanjutnya dia berharap

pula umat muslim bersama seluruh masyarakat dapat mendukung penuh upaya pencapaian delapan prioritas pembangunan Sulut tahun 2012 yaitu, pendidikan dan kesehatan, antisipasi dampak perubahan iklim/pelestarian hutan dan lingkungan hidup, peningkatan ketahanan pangan dan pengembangan agribisnis, pembangunan dan pengembangan infrastruktur sumber energi sesuai tataruang, pembangunan kawasan perbatasan, pembangunan pariwisata dan pelestarian nilai budaya, peningkatan iklim investasi dan pengembangan ekonomi lokal serta reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan yang baik.(wepe)

WAGUB Sulut Djouhari Kansil saat menyematkan Pin Narkoba secara simbol kepada dua orang siswa, Jumat (27/7) kemarin.(foto: ist)

Manado—Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulut, Jhon Latumeten mengatakan, jumlah penyalahguna narkoba di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Tahun 2011 angka prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia telah mencapai 2,2 persen dari jumlah penduduk Indonesia. Untuk Sulut 2,1 persen, ternyata para penyalaguna narkoba juga memberi dampak terhadap penyebaran HIV dan AIDS melalui penggunaan jarum suntik. “Kasus narkotika di Sulut sampai dengan Juni 2012

sebanyak 19 kasus, modus operandinya melalui jasa pengiriman barang dari Jakarta ke Manado dan Makassar ke Manado untuk sabu-sabu, sedangkan untuk ganja modus operandi lewat angkutan laut yang dibawa langsung dari Ternate ke Manado,” jelas Latumeten dalam acara Pergelaran Seni Apresiasi Pemberantasan Narkoba kerjasama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulut dengan Taman Budaya Sulut, Jumat (27/7) kemarin. Untuk itu, Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil

MPd, mengajak para siswa dan pelajar di daerah ini, untuk menjadikan narkoba sebagai musuh bersama. “Penyalahgunaan narkoba, telah menjadi ancaman yang sangat serius bagi negara dan daerah kita, telah menjadi rahasia umum bahwa narkoba telah mengancam seluruh strata kehidupan masyarakat tanpa terkecuali kalangan anak muda, orang tua, siswa dan mahasiswa maupun berbagai kalangan masyarakat,” ujarnya. Penyalahgunaan narkoba juga, kata Kansil, telah berdampak pada tindakan kriminal, seks bebas dan dampak sosial lainnya. Karena itu narkoba telah menjadi musuh berbahaya yang harus kita perangi bersama,” ujar Ketua KPAP Sulut itu. Karena itu melalui kegiatan ini kiranya akan memperkuat penanaman dan pewarisan nilai-nilai budaya luhur kepada generasi muda kita untuk menangkal berbagai bentuk bisa sosial yang melanda kalangan generasi muda kita. “Melalui momentum sosilisasi ini, saya harapkan agar kekayaan budaya kita dapat terus dijadikan penyaring atau filter masuknya nilai-nilai budaya asing yang tidak sesuai dengan karakter budaya kita,” tegas Kansil. Kegiatan ini sendiri digelar di teater tertutup taman budaya Sulut itu mengangkat tema “Seni Budaya Memperkokoh Jatidiri Generasi Muda Menolak Narkoba”, dimeriahkan pementasan drama “Pengadilan Hati Nurani” oleh Sanggar Seni Kitawaya Manado, paduan suara dan atraksi musik kolintang. Dilakukan juga penyematan Pin Narkoba secara simbol kepada dua orang siswa, Kadis Budpar Sulut Suprianda Ruru dan Kepala Taman Budaya Ferry Rumengan SE.(erer/dw)


SABTU 28 JULI 2012 NOMOR 02043 TAHUN VI TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

SAFARI RAMADHAN KAMPUNGRON KEL.TIKALA KUMARAKA KECAMATAN WENANG

PNPM fokuskan bangun talud DANA bantuan melalui PNPM yang nantinya diterima oleh Kelurahan Tikala Kumaraka Kecamatan Wenang dimana kalau tidak ada aral melintang pada Agustus akan segera dicairkan. Dan dalam pencairan nanti, pihak pemerintah setempat memfokuskan untuk membuat talud yang GLENNSTIANO Kowaas. berada di lingkungan II. “Difokuskannya pembuatan talut di lingkungan II melalui dana bantuan PNPM lewat dana infrastruktur karena dilihat dari kondisi letak wilayah, beberapa rumah warga di wilayah tersebut layak rawan dengan tanah longsor dimana dihuni oleh 7 Kepala Keluarga (KK),” tutur lurah Tikala Kumaraka Glennstiano F Kowaas SH MH.

GSVL buka puasa bersama warga Minanga Manado—Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, Jumat (27/7) kemarin, melakukan Safari Ramadhan sekaligus berbuka puasa bersama dengan Jamaah Masjid Al-Muhajirinb Malalayang II. GSVL sapaan akrab Lumentut, meminta agar warga Muslim untuk menunaikan ibadah puasa karena ini merupakan sesuatu kewajiban yang harus di lakukan manusia menurut kepercayaanya

agamanya. “Puasa bukan hanya sekedar menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang boleh membatalkan puasa seperti perbuatan-perbuatan yang tidak baik termasuk dalam perkataan, tidak bertengkar, menjaga pola pikir, hawa nafsu, dan juga untuk melatih kesabaran, mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari dengan niat,” terang GSVL. Lanjutnya, sesuai perintah

dalam kitab suci umat Islam Al Quran, puasa juga menolong menanam sikap yang baik. Dan kesemuanya itu diharapkan berlanjut ke bulan-bulan berikutnya, dan tidak hanya pada bulan puasa. “Marilah kita memaknai arti puasa yakni kembali suci, wajib menahan hawa nafsu, perbanyak amal dan berbuat baik terhadap sesama. Baca: GSVL ( Halaman 4 )

WALIKOTA Manado saat berbuka puasa bersama dengan Jamaah Masjid Al-Muhajirin Malalayang II, kemarin.(foto:bobby/sk)

Ratusan penumpang terlantar Akibat sopir AKDP lakukan aksi mogok

Baca: PNPM ( Halaman 4 )

JAGARON LINGKUNGAN V PERKAMIL KECAMATAN TIKALA

50 KK akan nikmati IPAL SEBANYAK 50 Kepala Keluarga yang ada Lingkungan V Kelurahan Perkamil Kecamatan Tikala, pada tahun ini akan menikmati Industri Pengolahan Air Limbah (IPAL), setelah dalam pendataan dari Pemprov Sulut jika wilayah ini masuk dalam proyek sanitasi. “Dari proyek ini, DEKER Suoth. pihak lingkungan menyusun Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang terdiri atas ketua, wakil ketua, sekertaris dan bendahara beserta anggotanya yang dipilh dari warga dilingkungan V, dimana berkompeten dalam menangani proyek itu nanti. Baca: 50 KK ( Halaman 4 )

PELAYANAN

Walikota resmikan KK Bank Sulut di pemkot

WAKIL Walikota Harley Mangindaan SE MSM usai meredam aksi mogok sopir bus AKDP Tomohon-Tondano, ikut mengarahkan penumpang yang terlantar ke BRT.(foto:toni/sk)

Sekwan dinilai sudah maksimal

Baca: Ratusan ( Halaman 4 )

komisi B Hengky Kawalo secara terang menuturkan keberhasilan Salendu dalam menterjemahkan visi eksekutif dan legislatif. “Semenjak pak Didi menjabat sebagai Plt Sekwan, begitu

Tim pemkot mulai sisir tempat hiburan malam

terlihat harmonisasi hubungan yang dibangun, dimana posisi dekot dan eksekutif mampu diterjemahkan beliau dengan maksimal. Baca: Sekwan ( Halaman 4 )

DIDI Salendu.

PEMEKARAN

FPD mati-matian memperjuangkan Manado—Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) Dekot Manado Anri Mailoor, menuturkan dukungannya terkait rencana

yang terlantar akibat aksi mogok dari para sopir bus Manado, Tomohon dan Tondano,” tegas Ai sapaan akrab Mangindaan diselasela kunjungan langsung ke terminal Karombasan. Lanjutnya, Pemkot Manado akan langsung bertindak dengan mengangkut setiap penumpang agar bisa tiba ditujuan. “Saya mendapat informasi aksi mogok ini karena ada kendaraan yang dianggap ilegal dimana bernomor polisi plat hitam yang angkut penumpang. Tapi sesuai aturan memang kendaraan bus AKDP yang bisa angkut penumpang.

BULAN PUASA

KINERJA Manado—Sosok Sekretaris Dewan (Sekwan) Dekot Manado Drs Didi Salendu dinilai mampu mengsinergikan berbagai polemik dan keberagaman di Dekot Manado. Anggota

Manado—Aksi mogok beroperasi bus AKDP jurusan Manado-Tomohon-Tondano, Jumat (27/ 7) kemarin, menyebabkan ratusan penumpang di terminal Karombasan terlantar. Hal ini pun langsung diantisipasi Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan SE MSM dan kadis Perhubungan Manado, Yohanes Waworuntu dengan mensiagakan 5 BRT agar melayani penumpang tersebut. “Persoalan mereka mogok itu urusan instansi yang kebih tinggi dari Pemkot Manado. Tugas kami adalah bagaimana agar tidak ada penumpang

pemekaran tersebut. Dan bersama dengan anggota Fraksi lainnya siap untuk mati-matian memperjuangkan rencana pemekaran.

“Saya dan rekan-rekan anggota dewan lainnya, melihat urgennya pemekaran kecamatan bagi masyarakat. Kami pun akan ber-

upaya semaksimal mungkin untuk menggolkan pemekaran ini,” tutur Mailoor. Baca: FPD ( Halaman 4 )

Manado—Operasi penertiban hiburan malam mulai bergulir Jumat (27/ 7) kemarin. Tim gabungan Pemkot Manado yakni, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Catatan Sipil yang dibackup Sat Pol PP menyisip semua lokasi tempat hiburan malam dalam rangka menghormati bulan puasa. “Tempat hiburan malam seperti, Karaoke, Spa, Pub, Cafe akan kami kontrol menyusul telah disebarkan

PETER Assa.

surat edaran jam buka tutup kegiatan tersebut. Baca: Tim ( Halaman 4 )

Yance Katuuk penjual kacang WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut meresmikan kantor kas pembantu Bank Sulut di kantor Pemkot Manado.(foto:toni/sk)

PENANTIAN panjang agar pelayanan Bank Sulut makin dekatkan diri di Pemkot Manado, akhirnya tercapai. Buktinya, Jumat (27/7) kemarin, akhirnya Walikota Manado, GS Vicky Lumentut meresmikan Kantor Kas (KK) Bank Sulut (BS) di Kantor Walikota Manado. Tak ayal, hadirnya BS di kantor Pemkot Manado akan membantu kegiatan PNS Pemkot Manado dan rekan Pemkot Manado dalam keterkaitan menunjang kinerja di pemerintah. Baca: Walikota ( Halaman 4 )

Hidupi keluarga ditengah kecacatan tubuh Mengalami kecacatan tubuh bukanlah suatu penghalang bagi tunanetra ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pasalnya, dari kebutaan yang dialaminya dirinya mampu menghidupi ke 4 anaknya hingga sampai berkeluarga. YANCE Katuuk nama dari tunanetra ini yang sejak berusia 3 tahun telah menderita kebutaan pada kedua matanya, dimana dalam kesehariannya menjajakan makanan ringan berupa kacang goreng di seputaran Taman Kesatuan Bangsa (TKB) Manado. Memiliki cacat selama

berpuluh-puluh tahun tidak membuat ia tidak merasa canggung untuk melakukan kegiatan yang bisa mendatangkan hasil. Bahkan dalam perjalanan hidupnya ia bisa menciptakan satu keluarga utuh dengan dihadiahi 4 anak oleh Sang Pencipta. Dari situlah sehingga warga asal Tonsea ini

lebih termotifasi untuk menjalani kerasnya hidupnya. Ditemani tiupan seruling bambu yang terlihat mulai tua seiring dengan usianya, seakan memperlihatkan semangat hidupnya, pembicaraan pun mengalir saat sapaan Swara Kita disambut dengan senyuman. “Usaha ini telah saya jalani selama

hampir 40 tahun dimana sebelumnya dulu hanya berjualan di kampung saya. Namun seiring dengan tingginya kebutuhan hidup maka saya memilih untuk berjualan di pusat kota, karena berjualan di kampung untungnya sedikit,” akuh Yance. Baca: Hidupi ( Halaman 4 )

MEMILIKI cacat selama berpuluh-puluh tahun tidak membuat lelaki ini patah arang.(foto:ronald/sk)


SABTU 28 JULI 2012

GSVL ... dari Halaman 3 Jalankan puasa secara baik guna memperkokoh iman taqwa serta meningkatkan disiplin dan harmonisasi dalam masyarakat,”kunci Walikota pilihan warga kota Manado ini.(teem)

Sekwan ... dari Halaman 3 Nah, sikap seperti inilah yang kita harapkan,” ungkapnya. Sosok Salendu merupakan birokrat senior yang memiliki komitmen tinggi, dan konsisten dalam mendorong perubahan di Kota Manado. “Kunci kesuksesan dewan berada pada konsistensi Sekwan. Saya lihat beliau layak didefenitifkan sebagai Sekwan. Karena selain konsisten, beliau juga memiliki integritas, birokrat senior yang patut diteladani. Sejauh ini, ada perubahan yang baik, saat Pak Didi berada di Dekot Manado, program-program dewan berjalan dengan lancar,” terang Kawalo.(dede)

PNPM ... dari Halaman 3 Lanjut dikatakan Glennstiano, pendanaan dalam pembangunan itu sudah tersusun dalam konsep proposal yang telah dibuat bersama fasilitator dan Kelompok Swadaya Masyrakat (KSM) yang ditugaskan menangani bangun tersebut dimana anggotanya diambil dari warga di lingkungan II. Guna pembangunan talut itu dapat terealisasi secara lancar, dari pihak pemerintah Tikala Kumaraka meminta warganya untuk dapat menswadayakannya. “Dalam pelaksanaannya nanti, himbauan kepada warga yang akan menikmati bangunan talut itu agar supaya bisa menswadayakannya, terlebih khusus memberikan bantuan berupa tenaga demi kelancaran pembangunannya kedepan,” pinta Kowaas.(try16)

50 KK ... dari Halaman 3 Dan dalam realisasinya tercatat 50 kepala keluarga akan menikmati proyek tersebut setelah pihakn fasilitator melakukan peninjauan ke wilayah yang akan dibuatkan sanitasi itu,” tutur Kepala Lingkungan V Perkamil, Deker Suoth. Dikatakannya, untuk pembangunan sanitasi itu sendiri lokasinya sudah ada, dan sementara ini dari pihak fasilitator telah menyusun kerangka pembuatan bangunannya tersebut. “Dan nantinya setelah dibuat akan dikirim ke pemerintah pusat guna ditinjau kembali apakah pembangunan ini telah memenuhi syarat atau belum,” tutup Suoth.(try16)

Komisi A bantah menerima suap Terkait kebijakan penambahan reklamasi Manado—Merebaknya dugaan keterlibatan sejumlah anggota komisi A Dekot Manado dalam meloloskan sejumlah kebijakan penambahan reklamasi di Kota Manado, dibantah keras oleh personil di komisi tersebut. Wakil Ketua Komisi A Dekot Manado, Revani Parasan SH, mengatakan, dugaan deal yang dilakukan antara personil komisi A Dekot Manado dan pengembang tidak benar. Parasan mengaku hal itu merupakan skenario oknum anggota dewan sendiri untuk melemahkan komisi A. “Saya dengan tegas membantah ada dugaan itu. Apa yang dilakukan ini tak lain adalah upaya untuk melemahkan komisi A,” ujarnya. Ketua DPC Hanura Kota Manado ini mengatakan, isu yang merugikan komisi A itu merupakan dampak dari getolnya komisi A menolak peremajaan Shopping Center untuk dikelola para investor. “Cara begini yang sangat merugikan kami. Kalau komisi A sudah dihantam dengan isu ini, maka saya pun menantang teman-teman dewan lainnya untuk juga jujur kepada masyarakat,” tegasnya.(dede)

PENERTIBAN kendaraan bermotor mulai digiatkan oleh jajaran Polda Sulut guna mengurangi aksi criminal berupa pencurian kendaraan.(foto:bobby/sk)

FPD ... dari Halaman 3 Dikatakannya, saat ini pihaknya sudah bekerja semaksimal mungkin dan tinggal beberapa hal saja untuk dipenuhi. “Konsultasi di Jakarta saya kira akan ada hasil yang positif. Dan kami pun akan tetap mendorong agar pemekaran ini tetap dilaksana-

kan,” tegasnya. Terkait apakah ada kepentingan politik atau tidak, lebih jauh oleh kelompok tertentu, Mailoor mengatakan hal itu tidak terlalu substansi untuk dipersoalkan. Dan Ketua Badan Legislasi ini meminta semua anggota dewan melihat rencana

pemekaran dengan objektif, prospek dan aspek kajian yuridis dari pemekaran yang rencananya dilakukan. “Dengan berbagai pengecualian, dan penegasan dalam peraturan pemerintah, atau undang-undang yang berada dibawahnya, maka pemekaran kecamatan di

Kota Manado ini layak didorong. Tujuan pemekaran pasti untuk kepentingan masyarakat, dengan begitu sebagai representasi masyarakat, mari kita percepat pemekaran, telah konstitusi jangan kita abaikan,” jelasnya.(dede)

keluarganya, dan mampu mendirikan rumah sendiri sehingga anak-anaknya bisa hidup layak hingga saat ini masing-masing mereka telah berkeluarga. “Bisa dikatakan dengan kebutaan ini saya tidak bisa berharap banyak selain berdoa dan berusaha keras,

untuk dapat bertahan hidup. Akhirnya seiring waktu berlalu, saya mampu melewati ini semua, walaupaun dalam keadaan yang banyak membawa kesulitan. ini juga tentunya tak lepas dari pertolongan Tuhan dalam hidup saya,” kunci Katuuk.(try16)

Hidupi ... dari Halaman 3 Mendapatkan modal seadanya dari usaha di kampung, ia bersama istrinya yang juga penderita tuna netra ringan, mulai berjualan di pusat kota Manado. Alhasil inisiatif itu dapat memberikan mereka angin segar, dimana dalam sehari keuntungan rata-rata

Tapi persoalan ini urusan instasi lebih tinggi dari Pemkot Manado, kita intinya berupaya melayani agar tidak ada penumpang yang terlantar,” ujar Ai. Waworuntu sendiri yang dikonfirmasi mengakui memang ada pemogokkan sopir angkutan trayek ManadoTondano-Tomohon. “Karena itu Pemkot siapkan 5 BRT untuk melayani penumpang yang terlantar. Tapi ketika BRT dioperasikan, para bus AKDP langsung ikut mengangkut sehingga semua penumpang di terminal Karombasan tidak terjadi penumpukan,” terangnya. Disatu sisi Waworuntu menjelaskan, kendaraan plat hitam yang mengakut penumpang, oleh pihak Pemkot Manado akan berkoordinasi dengan kepolisian sesuai dengan tupoksi. Karena sesuai dengan UndangUndang Nomor 22 Tahun 2009, kewenangan Dishub hanya penertiban dalam terminal. Sementara itu, Ditlantas Polda Sulut, Iptu Risno mengakui persoalan pelat hitam mengangkut penumpang layaknya kendaraan

umum sudah ada dua hingga tiga kali yang ditilang. “Yang sebenarnya harus sampai sidang ketika kena tilang. Tapi memang hingga saat ini masih ada yang coba-coba dengan lokasi berpindahpindah, mulai dari depan rumah sakit Bayangkara sampai ke depan Zanadu ke Plaza Wanea. Mereka kucing-kucingan dengan polisi. Tapi kita akan evaluasi dan ketika ada kegiatan lagi seperti ini dimana kendaraan pelat hitam mengangkut penumpang, kita akan tindak lebih keras lagi. Akan ditempatkan pos dan personil di lokasi yang disinyalir ada mangkal kendaraan plat hitam yang mengangkut,” kata Risno. Disinggung diduga kendaraan plat hitam tersebut berani beroperasi karena di back up oknum polisi, Risno menegaskan, hal itu tidak benar. “Jadi tidak ada yang indikasi di back up oleh anggota polisi. Dan yang pasti kendaraan plat hitam tidak bisa beroperasi mengangkut penumpang,” kuncinya.(teem)

Tim ... dari Halaman 3

Walikota ... dari Halaman 3 “Jujur memang, Pemkot Manado sudah lama menantikan momentum ini. Tentunya dengan hadirnya Bank Sulut di kantor Pemkot Manado, menandakan semakin membaiknya layanan karena lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, dan lebih khusus kepada Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemkot Manado,” terang GSVL sapaan akrab Walikota yang didampingi Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan SE MSM. Lanjut Walikota, kehadiran kantor ini memiliki peran strategis dalam menunjang kinerja dan pelayanan pemerintah. “Karena tidak menutup kemungkinan kantor kas pembantu Bank Sulut dapat mempermudah pelayanan bagi masyarakat yang mengurus izin di Pemkot Manado,” ujar GSVL. Disatu sisi GSVL berjanji akan menambah penyertaan modal di Bank Sulut dan akan dialokasikan dalam APBD 2013. “Modal Pemkot Manado di Bank Sulut akan terus ditambah minimal mencapai 10 persen,” kunci GSVL. Dalam peresmian tersebut turut hadir Direktur operasional BS, Jance Kaunang, Direktur Umum BS, Felming Harun, Direktur Pemasaran BS, Novi Kaligis, dan Kepala SKPD di jajaran Pemkot Manado.(teem)

Ratusan ... dari Halaman 3

sebesar Rp100 ribu mampu didapatkan walaupun terkadang harus menantang teriknya matahari dan guyuran air hujan sambil menunggu pembeli. Melakoni usaha tersebut dalam kurun waktu yang cukup lama, ayah 4 anak ini dapat menghidupi

Jika kedapatan melanggar, lokasi usahanya akan dibekukan selama bulan puasa berjalan,” terang Kadis Pariwisata, Peter Assa, Jumat (27/7) kemarin ketika menggelar rapat kordinasi operasi penertiban di kantor Sat Pol PP Manado. Kasat Pol PP Manado, Vicky Koagouw menambahkan, personil Sat Pol PP akan turun dua regu dengan jumlah personil 30 orang serta dibagi dua kelompok. “Kita akan bertindak sesuai dengan aturan yang ada. Ketika ada yang melanggar aturan, tentunya akan kami tindak sesuai ketentuan. Dan menurut dinas teknis yakni Dinas Pariwisata Manado, siap yang melanggar edaran tersebut akan langsung dibekukan ijin operasinya,” tegas Koagouw. Ditambahkan Assa, pihaknya sekaligus akan ikut mengontrol ijin operasi setiap pelaku usaha hiburan malam, manakala ada yang sudah lewat batas waktu ijin beroperasinya akan ditutup. “Tidak terkecuali hotel berbintang yang ada cafenya harus tunduk pada aturan,”

tandasnya. Sementara itu, Wakil Ketua Komisi C Dekot Manado, Aruji Rajab, menghimbau agar supaya tempat karaoke di kota ini untuk menghormati bulan suci Ramadhan ini. Dijelaskan Rajab, seluruh tempat hiburan khususnya pub dan diskotik dimintanya untuk dapat ditutup pada jam yang sudah ditentukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manado. “Saya minta agar pengusaha untuk menghormati bulan suci ini. Dan dapat memperhatikan jam buka dan tutup usaha mereka,” ujarnya. Untuk menghormati umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan, dirinya pun beharap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Manado dapat memberikan teguran kepada tempat hiburan malam yang tidak melakukan himbauan ini. “Kalau masih ada yang melanggar kami minta berikan sanksi tegas. Kalau juga tidak mengindahkan cabut saja ijin mereka untuk sementara,” pungkasnya.(teem/dede/gb)


SABTU 28 JULI 2012

AKSI KEJAHATAN ANCAM WARGA

Polda diminta melakukan operasi khusus taksi gelap BERBAGAI modus aksi kejahatan di daerah ini rupanya semakin marak terjadi. Terbukti, tindak kekerasan yang banyak meminta korban tak hanya berlaku di tempat tertentu saja, namun hampir semua tempat dan kesempatan dimanfaatkan para pelakunya. Bahkan modus saat ini, pelaku mengambil kesempatan di dalam mobil taksi gelap dengan melakukan aksi rampok disertai penganiayaan kepada penumpangnya. Tak sedikit harus menjadi korban dalam peristiwa ini. Seperti halnya Femmy Mamengko (50), warga Kelurahan Kakaskasen Tomohon. Femmy harus menjadi korban karena dirampok di dalam mobil taksi gelap jurusan Tomohon-Manado. Korban menumpangi mobil tersebut tepat di depan Universitas Kristen Indonesia Tomohon (UKIT). Ditengah perjalanan, korban dipukul seorang pelaku yang duduk di kursi belakang. Mirrisnya lagi, rambut korban dijambak dan langsung ditikam salah satu pelaku yang berjumlah empat orang. Tak hanya itu, karena korban tak memiliki ATM, para pelaku langsung menggasak uang tunai yang dibawa korban sebesar Rp1,5 juta. Belum puas dengan aksi kejam itu, para pelaku kemudian mengikat kedua tangan korban dengan tali dan menutup mata korban dengan memakai lakban berwarna coklat. Sungguh memiriskan lagi, korban tak dilepas di daerah Manado, namun diturunkan dan dibiarkan begitu saja di wilayah Likupang tepatnya di jalan masuk pelabuhan Unsrat, Kampung Ambon, Kecamatan Likupang Timur, Minut. Beruntung beberapa saat kemudian, ada beberapa warga yang melihat korban dan langsung menolongnya dengan kondisi mata tertutup dan tangan terikat. Korban kemudian ditolong warga bersama pemerintah setempat, dan dibawa ke Polsek Likupang untuk melaporkan peristiwa tragis itu. Lewat kejadian itu, sejumlah kalangan masyarakat pun meminta agar aparat Kepolisian dapat memperhatikan masalah peristiwa tersebut. Pasalnya, dengan mulai maraknya aksi rampok disertai kekerasan di dalam mobil, masyarkat mulai resah dan dikuatirkan akan menambah korban selanjutnya, jika tidak dilakukan pencegahannya. “Modus aksi seperti ini harus menjadi perhatian Kepolisian. Keamanan sangat penting bagi masyarakat. Kalau bisa, Polisi segera melakukan operasi lebih efektif lagi, karena banyak aksi kekerasan terjadi di saat warga sedang istirahat. Selain itu, pelakunya juga harus ditindak tegas,” pinta Afrima, salah satu Tokoh Pemuda di Sulut, Jumat (27/7) kemarin. Sementara terkait hal ini, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan melakukan beberapa langkah untuk mencegah aksi tersebut. Adare mengakui jika aksi tersebut, sudah sangat meresahkan warga. “Dengan adanya peristiwa itu, Polisi akan berupaya bekerja keras mengungkap para pelakunya serta melakukan sejumlah langkah pencegahan melalui operasi. Disamping itu, dihimbau kepada masyarakat agar tetap tingkatkan kewaspadaan. Kalau bisa barang dan uang yang akan dibawa keluar seperlunya saja. Kemudian, khusus perempuan sebaiknya ada orang dekat yang menemani perjalanan,” imbau Adare.(erel)

Yal dieksekusi ke Lapas Tuminting

TERPIDANA kasus Manado Beach Hotel (MBH) yaitu mantan Ketua DPRD Sulut, Syahrial ‘Yal’ Damopolii, saat diwawancarai para wartawan di Lapas Tuminting Manado, Jumat (27/7) kemarin.(foto: sherly/sk)

Mengaku menerima panggilan Kejaksaan namun terlanjur sudah berada di Jakarta Manado—Setelah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) selama tiga bulan lamanya, akhirnya mantan Ketua DPRD Sulut, Syahrial ‘Yal’ Damopolii, terpidana 3 tahun pada kasus Manado Beach Hotel (MBH), dieksekusi ke Lapas Tuminting Manado. Yal sendiri mengaku bahwa dirinya mendapat pemberitahuan pemanggilan dari Kejaksaan ketika sudah terlanjur berada di Jakarta. Hal tersebut

diungkap Yal pada sejumlah wartawan pada Jumat (27/7) kemarin. “Saya mendapat pemberitahuan dari Penasihat Hukum Alfian Ratu bahwa ada panggilan dari Kejaksaan, akan tetapi pada saat itu saya sudah berada di luar daerah yaitu di Jakarta,” kilah Yal, ketika ditanyai sejumlah wartawan bahwa dirinya dianggap melarikan diri sehingga masuk daftar DPO. Dijelaskan Yal, bahwa ketika menerima putusan MA, dirinya sudah mengetahui isinya, pada saat bersamaan juga telah meminta ijin secara lisan kepada pihak aparat penegak hukum Kejaksaan dan Pengadilan untuk mengurus Peninjauan Kembali (PK) dengan mengajukan novum atau bukti baru. “Saya ketika terima putusan dan membacanya,

bersamaan juga meminta ijin secara lisan kepada pihak Kejaksaan dan Pengadilan untuk mengurus pengajuan bukti baru, atau Peninjauan kembali (PK),” jelas Yal, yang berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA), dijatuhi hukuman tiga tahun penjara dengan denda Rp200 juta, karena terbukti korupsi dana sisa talangan utang PT PPSU, berbandrol Rp11 milyar lebih. Putusan ini lebih berat dari putusan Pengadilan Negeri Manado yang dikuatkan putusan Pengadilan Tinggi Manado yang memberikan hukuman satu tahun penjara dan denda Rp50 juta serta uang pengganti Rp300 juta. Yal ditangkap sekitar pukul 15.06 Wita, pada Kamis (26/7), oleh Satuan Tugas Inteligen Kejaksaan

Agung bersama Tim dari Kejari Manado, dan diterbangkan dengan pesawat Batavia Air Fight Y6-635 dari Bandara Soekarno Hatta dengan dikawal langsung Kajari Manado, Andi Muh Iqbal Arief SH MH, Kasie Pidsus Kejari Manado, Hotma Hutadjulu, Kasie Pidum Romi Yohanes SH serta Jaksa Alexander Sulung SH dan Jaksa Theodorus Rumampuk SH MH. Asisten Intelejen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Manado, Andy Rumpang SH di dampingi Kasie Penkum dan Humas Kejati Sulut, Steven Kamea SH, kepada wartawan mengatakan bahwa, administrasi Yal sudah selesai sehingga langsung dibawa ke Lapas Tuminting. “Secara administrasi Yal sudah selesai sehingga langsung dibawa ke Lapas,” ujar Rumpang yang datang langsung bersama Kamea ke Lapas Tuminting untuk melihat Yal. Ditambahkan bahwa dengan ditanggakapnya Yal maka selanjutnya, Elizabeth Winokan pun sedang dalam proses untuk dieksekusi,semua yang sudah mendapat putusan tetap dari Mahkamah Agung akan tetap dieksekusi untuk menjalankan keputusan tersebut. “Semua terpidana MBHGate yang sudah mempunyai putusan tetap akan dieksekusi, terbukti ada yang sudah dieksekusi, sedang menjalani hukuman bahwa ada yang sudah bebas menjalani hukumannya,” ujarnya. Kalapas Kelas IIA Manado, Arief Rahman ketika dimintai keterangan mengatakan bahwa benar Yal sudah dieksekusi langsung ke Lapas. Namun, karena sudah jam pulang kerja yaitu sekitar pukul 14.00 Wita, maka dirinya sudah tidak berada di tempat untuk menjemput langsung ketika Yal tiba pada pukul 15.15 Wita di Lapas Tuminting.(try18)

YAYASAN GMIM Drs. A.Z.R WENAS

Fakultas Hukum Program Studi Ilmu Hukum

Terakreditasi SK BAN-PT No.001/BAN-PT/Ak/S1/2007 Ijin Progdi SK No. 10429/D/T/K-IX/2012

Menerima Mahasiswa Baru T.A 2012/2013

C.TEMPAT PENDAFTARAN & Contact Person

PIMPINAN FAKULTAS

Raih kesempatan dididik menjadi tenaga profesional di bidang hukum

AS: FASILIT BAGI A BEASISWWA YANG S MAHASIRESTASI P R E B

AMANKAN PUASA & IDUL FITRI

Kapolres & Kapolsek diperintahkan operasi tempat hiburan malam Manado—Di tengah umat Muslim menjalankan Ibadah Puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, aparat Kepolisian benar-benar memberikan perhatian ekstra, khususnya dalam hal keamanan. Bahkan proses pengamanan yang akan dilakukan, bukan hanya di sejumlah titik rawan saja. Namun, objek keramaian dan tempat hiburan malam pun, akan diamankan aparat Kepolisian sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan. Hal ini dikatakan, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, kepada sejumlah wartawan, Jumat (27/7) kemarin. Kapolda mengungkapkan, pihaknya segera melakukan operasi sejumlah titik keramaian dan tempat hiburan malam yang tersebar di beberapa wilayah. Menurutnya, untuk menjaga kenyamanan masyarakat yang menjalankan Puasa dan hari raya Idul Fitri, maka kondisi wilayah harus benar-benar nyaman dan tidak terganggu dengan aktifitas hiburan malam. “Saya sudah perintahkan ke semua Kapolres dan jajaran, agar segera melakukan operasi khusus tempat keramaian dan hiburan malam. Untuk tempat hiburan malam yang beroperasi diluar batas waktu yang ditentukan, maka akan kami tertibkan,” tegas

DICKY D Atotoy.

Kapolda. Ditambahkannya, sistem operasi yang akan dilakukan aparat Kepolisian, akan melakukan koordinasi dengan stakholder yang ada, agar proses penertiban berjalan lancar. Selain itu, operasi tersebut lebih menyentuh ke titik tempat hiburan malam yang sekitarnya banyak warga yang menjalankan Ibadah Puasa. “Jadi operasi tempat hiburan malam, akan disesuaikan dengan wilayah warga yang banyak melaksanakan Ibadah Puasa. Tetapi semua tempat hiburan pasti akan kita operasi. Hal ini kita lakukan untuk memberi kenyamanan dan menghormati umat muslim yang sementara menjalankan Ibadahnya dan hari raya,” pungkas, Jenderal berbintang satu itu, yang akrab dengan wartawan.(erel)

KEKERASAN ANAK MENINGKAT

Adare: Semua kalangan harus beri perhatian Manado—Memasuki pertengahan tahun 2012, kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di Sulut dinilai cukup meningkat. Sebelumnya, kasus ini di tahun 2011 mencapai angka 78 kasus, namun di tahun 2012 ini masuk pada angka 64 kasus. Dengan adanya peningkatan kasus tersebut, tingkat kekerasan terhadap anak sangatlah tinggi dan perlu mendapat perhatian khusus dari banyak kalangan. Diketahui selang dua tahun belakangan 2011 hingga bulan Mei 2012, total kasus yang ditangani pihak Polda Sulut dan jajaran Polres sebanyak 142 kasus kekerasan anak. Kasus kekerasan yang ditangani aparat Kepolisian sangat beragam diantaranya, eksploitasi anak, penganiayaan hingga masalah seksualitas atau percabulan. Terkait hal ini, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh mengungkapkan, kasus kekerasan terhadap anak yang ditangani Polda Sulut dan Polres Tahun 2012, cukup tinggi karena mencapai 64 kasus. Pasalnya, angka tersebut masuk dari bulan Januari hingga Mei. Sedangkan tahun 2011, terhitung sejak Januari hingga Desember data keseluruhan ada 78 kasus. “Memang kasus ini harus menjadi attensi khusus semua kalangan, termasuk Kepolisian

DENNY Adare.

dalam memproses kasusnya. Polda sangat serius mengusut kasus ini, namun butuh perhatian dari masyarakat lebih khusus orang tua,” ujar Adare, Jumat (27/7) kemarin. Ditambahkan juru bicara Polda Sulut itu, masalah kekerasan anak tidak hanya tanggungjawab Kepolisian saja, namun semua pihak terkait baik pemerintah, dan masyarakat. Dengan begitu, diharapkan ada perhatian agar ke depan kekerasan terhadap anak dapat ditekan. Selain itu, orang tua sebagai pengasuh harus benar-benar memberi kasih sayang dan melindungi anaknya, agar ke permasalah tidak akan terjadi. “Diharapkan semua pihak terlibat dalam pencegahan, orang tua dan masyarakat harus berperan aktif. Karena anak itu adalah harta yang sangat berharga bagi keluarga. Kasih sayang itu sangat penting dan harus benar-benar kita lakukan sengan sepenuh hati, untuk menjaga dan melindungi anak kita,” pungkas Adare.(erel)


SABTU 28 JULI 2012

PARIPURNA

Lapjab APBD 2011 disetujui 4 FRAKSI yang ada di Dekab Minahasa akhirnya menyetujui sekaligus mengkritisi tentang pelaksanaan APBD 2011 yang dilaksanakan oleh Pemkab Minahasa. Dalam rapat paripurna Dekab Minahasa dalam rangka penyampaian rancangan peraturan daerah tahun 2012 tentang laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Minahasa 2011 dan pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas Ranperda tersebut dan tanggapan serta jawaban eksekutif atas pemandangan umum fraksi DPRD, berjalan alot dan penuh dinamika politik. Beberapa poin utama yang sempat disinggung adalah masalah penyaluran DAK yang perlu ada perhatian serius. Selain itu juga tentang hasil pemeriksaan BPK tentang asset yang kian terpuruk. “Kita sangat mempertanyakan tentang penggunaan DAK tahun 2011 yang sangat bersinergis dengan hasil pemeriksaan BPK. Seandainya itu dikerjakan dengan penuh tanggung jawab maka itu tidak akan memberikan sebuah “cacian” ataupun juga bahan kritikan untuk dibuktikan,” ujar personil fraksi PDIP, Aldy Simbar di sela-sela acara pembahasan ranperda tersebut. Tak hanya PDIP yang terus mempertanyakan tentang penggunaan DAK di berbagai instansi, dari fraksi Demokrat pun seiring sejalan melakukan kritikan tajam terhadap lemahnya system birokrasi yang majemuk ini, tanpa ada penegasan. “Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu harus benar-benar komit dengan hasil pemeriksaan BPK yang selalu setiap tahun mengkritisi tentang lemahnya keberpihakan pemerintah terhadap penuntasan kasus asset di daerah yang baru mekar dari Kabupaten Minahasa. Yakni Aset Minahasa di Tomohon. Kalau ini memang terus dibiarkan berlarut-larut maka sudah pasti tidak akan memberikan jaminan ke depan bahwa system pelaksanaan birokrasi tidak optimal,” ujar Sekretaris Partai Demokrat Minahasa Nofri Tumalun di hadapan pimpinan sidang. Terkait dengan dua pernyataan kritis tersebut dengan tenang Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu menjawab dengan mendetail. Akan tetapi ada beberapa jawaban yang seharusnya menjadi bahan perbincangan hangat, disingkatkan oleh Ketua Dekab Minahasa Drs Frits Tairas bahwa penjelasan mendetail akan dilanjutkan dalam pembahasan lanjutan sidang paripurna. Hadir dalam acara tersebut seluruh Anggota Dekab Minahasa, Kepala SKPD, Bupati, Wakil Bupati Drs Jantje Wowiling Sajouw MSi, Ketua Dekab dan Wakil Ketua Dewan Yanes Parengkuan dan Denny Tombeng SE MBA.(erka)

AGENDA

Eman buka rangkaian kegiatan HUT RI KE-47 WALIKOTA Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak didampingi Sekretaris Daerah Kota Tomohon Dr Arnold Poli SH MAP bersama jajaran Pemkot Tomohon mengadakan jalan sehat dalam rangka pembukaan kegiatan HUT RI ke-67 yang mengambil start di Gunung Mahawu dan finish di hutan Kota Tomohon. Dalam sambutannya, Eman mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong HUT RI ke-67 yang juga dilaksanakan untuk menjamin kesehatan masyarakat seperti dalam motto “Dalam tubuh yang sehat terdapat yang jiwa sehat”. “Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan dilokasi gunung Mahawu dimana untuk memperkenalkan dan mempromosikan obyek wisata gunung ini yang nantinya akan terus dikembangkan dengan pembuatan jalan setapak menuju ke puncak. Begitu pula akan dibangun tempat berteduh atau Shelter bagi pengunjung untuk menikmati keindahan kawah gunung Mahawu dan pemandangan gunung Lokon, pemandangan kota Manado dengan pulau Bunaken serta alam Kota Tomohon yang asri nan sejuk,” jelas Eman. Dirinya mengharapkan agar seluruh warga dan masyarakat Kota Tomohon dan para pengunjung yang datang ke tempat ini untuk menjaga dan memelihara kelestarian alam sekitar yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tak menebang pohon.(gebe)

Warga Papakelan sepakat ”polisikan” oknum lurah Dipicu karena pembagian raskin yang diduga ada penyimpangan Tondano—Lagi, kinerja aparatur Negara mendapat sorotan tajam dari sejumlah masyarakat dalam hal pembahagian jatah program pemerintah, khususnya jatah beras raskin. Di Kecamatan Tondano Selatan tepatnya di Kelurahan Papakelan, sejumlah warga disana melaporkan Lurah mereka dengan tuduhan telah melakukan perbuatan yang kurang menyenangkan lantaran penyaluran Raskin yang tidak proposional. Oknum Lurah JR alias Jamie dilaporkan ke Polres Minahasa secara beramairamai oleh warga. Salah satu warga, Susan Takapente usai diambil keterangan kepolisian Jumat (27/7) kemarin mengatakan bila mereka sangat kecewa karena beras yang seharusnya jatah mereka, kini sudah tidak ada lagi dan ketika ditanya sudah habis. “Jelas saya sangat kecewa dengan kebijakan

yang dilakukan oleh lurah karena kami yang adalah wajib menerima ketika diminta ternyata sudah habis, dan ketika dicek ternyata ada tumpukan karung berisi beras raskin yang dijual bebas di warung. Ini harusnya mendapat perhatian dari kecamatan agar supaya tidak terjadi kesalahan seperti ini,” ujar Takapente yang didampingi advocator Jecki Paseki saat bersua di Ruang Pemeriksaan Reskrim Polres Minahasa kemarin. Lebih lanjut dikatakan para warga agar dalam kondisi ini juga memang harus dilakukan pengecekan secara benar, sebab yang namanya raskin itu diperuntukkan bagi masyarakat miskin. Dan sangat disesalkan kalau ada penerima yang sudah 6 bulan tidak sama sekali menerima beras yang dijual Rp50 ribu per 20 kg. Sementara itu, menurut Lurah Papakelan Jemmie

Rompas saat dikonfirmasi di kediamannya mengatakan, dia membantah atas tuduhan yang disampaikan oleh warga. Karena menurutnya dalam penyaluran beras raskin selama 13 tahun baru kali ini dikeluhkan, padahal system penyalurannya itu sama. “Kalau saya yang menjual ke warung itu tidak benar, apalagi ada warga miskin yang tidak saya berikan. Sungguh itu sebuah fitnah yang harus ada klarifikasinya. Yang terjadi adalah mereka para penerima sama sekali tidak pernah melakukan pengambilan beras ke rumah saya, kalaupun ada yang minta beras itu akan diberikan. Mungkin saja saat ini mereka kehabisan beras, padahal disaat panen padi mereka ada yang tidak mengambil beras tersebut. Sejujurnya beras tersebut ada disimpan dan siap untuk dibagikan,” ujar Rompas. Lebih lanjut dikatakannya,

PENYALURAN raskin ini perlu mendapatkan pengawasan dari masyarakat karena rawan penyimpangan.(foto:ist)

saat ini untuk jumlah penerima raskin dari tahun kemarin telah terjadi kenaikan dimana untuk tahun 2011 142 penerima, tetapi saat ini sudah naik menjadi 231 penerima. Dan yang sudah mengambil beras raskin sudah 192 penerima, masih ada yang lain lagi yang belum mengambilnya. “Jelas

AKDP TOMOHON-MANADO

ini ada kekeliruan, mungkin saja penerima beras karena berkelebihan beras, mereka menjualnya ke warungwarung untuk beberapa orang punya, dan itu bukan kesalahan saya, tetapi mereka warga yang menjual,” ujarnya. Ketika ditanya akankan ada rencana pengurangan kuota,

kakak kandung Kadispora Minahasa itu mengatakan bahwa itu sesuai dengan permintaan warga yang ketika disurvei memang layak untuk menerima. Dalam pelaporan yang ada di Polres Minahasa, kasus ini akan dilakukan penelusuran secara intensif oleh Resmin.(erka)

KEBIJAKAN

Sopir bus gelar aksi mogok, penumpang pun terlantar Eman mencanangkan Tomohon kota sehat

Tomohon—Masih ingat dengan kasus pemukulan sopir taksi gelap oleh sopir bus Tomohon-Manado yang terjadi belum lama ini di Kelurahan Talete-Kamasi sehingga ditahan oleh Polres Tomohon, kasusnya kini semakin panjang. Pasalnya, Jumat (27/7) kemarin, seluruh sopir Angkutan Kota Dalam Propinsi (AKDP) jurusan Manado-Tomohon menggelar aksi mogok dengan menuntut agar 5 rekan mereka yang ditahan oleh Polres Tomohon untuk dibebaskan. Aksi mogok ini pun sempat menelantarkan ratusan penumpang di termi-

nal Beriman Tomohon. Menurut salah satu sopir, Sonny L mengatakan, semua permasalahan ini dikarenakan maraknya taksi gelap yang sering mangkal di terminal bayangan. “Kepala Dinas Perhubungan pernah mengatakan jika taksi gelap sudah tidak ada, namun kenyataannya mereka masih banyak beroperasi. Kami minta agar taksi gelap ini diperhatikan oleh pemerintah karena suda mengganggu mata pencaharian kami,” jelasnya. Dirinya menduga, keberadaan taksi gelap yang ada saat ini adalah milik oknum

pejabat pemerintah dan polisi sehingga oleh instansi terkait tidak berani melakukan penindakan. “Kami sudah beberapa kali mengirimkan surat ke pihak kepolisian dan kejaksaan, namun belum ada tanggapan,” tambah Yamin K wakil dari sopir Manado. Ketua Organda Tomohon Welly Tangkawarouw pun mendukung apa yang menjadi keluhan daripara sopir ini. Untuk itu dirinya akan mencari jalan untuk menyelesaikan masalah ini. “Keberadaan taksi gelap memang sudah mengganggu pencarian sopir ManadoTomohon. Sebab, jika dulu

pendapatan bersih mereka bisa mencapai 20%, tapi sekarang sudah tidak lagi. Kami bersama Dishub dan Polres Tomohon akan mencari jalan keluar untuk masalah ini,” tambahnya. Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tomohon Dra Lilly E Solang MSi ketika dikonfirmasi mengaku masih akan berkoordinasi dengan Polres Tomohon. “Bisa saja kami menurunkan armada bus. Tapi, perlu ada pengawalan dari kepolisian,” tukasnya.(gebe)

KEBIJAKAN

Optimalisasi kinerja, SVR soroti kepala SKPD Tondano—Apa yang terjadi kalau ternyata dalam pelaksanaan pemerintahan yang dikira tidak dipantau sehingga membuat para kepala SKPD dengan leluasa melakukan “pergerakan” diluar program dan target yang ada? Ternyata dari sejumlah informasi yang ada, secara berturut-turut dalam sepekan berjalan ini para kepala SKPD disorot Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu. Runtu kepada sejumlah wartawan Jumat (27/7) kemarin mengatakan bahwa memang untuk mengoptimalisasikan kinerja para kepala SKPD, maka sikap tegas

itu harus ada sehingga mereka tidak dininabobokan dalam pelaksanaan pemantapan kerja berbasis kinerja. “Kita sangat mengharapkan agar kinerja para kepala SKPD yang telah dipercayakan itu mampu menjalankan tugas dengan baik. Ini sangat penting karena dalam proses ke depan maka penting untuk dijalani kalau target yang tidak dicapai akan menjadi salah satu bahan pertimbangan tentang tupoksi ke depan,” ujar Runtu seraya mengatakan jika keberangkatan dirinya ke beberapa daerah, itu bukan karena lepas dari tanggung jawab,

tetapi setidaknya laporan per hari dari kepala SKPD itu sangat wajib dan penilaian tetap ada. Bahkan berkembang di lapangan kalau ada kepala SKPD sudah tidak lagi optimal, surat peneguran akan dihadirkan. Lebih lanjut dikatakannya bahwa dalam proses ini juga, ada berbagai pertimbangan yang dilakukan yakni pengecekan program. “Program itu harus capai, apalagi yang sifatnya penting untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Jika tidak capai maka akan diperhitungkan tentang kepangkatan serta jabatan

yang mereka embani,” ujarnya. Sementara itu menurut Wakil Ketua Dekab Minahasa Denny Tombeng SE MBA mengatakan bahwa memang harus dilakukan pengawasan terhadap seluruh Kepala SKPD. Bilamana ada yang tidak menjalankan tugas dengan baik maka teguran harus dilakukan. “Teguran kepada mereka yang bermasalah itu penting untuk disampaikan. Jangan sampai tidak ada teguran sehingga pencapaian target serta program berpengaruh ke arah negative,” ujarnya.(erka)

Tomohon—Walikota Tomohon Jimmy Feidie eman SE Ak di damping Sekretaris Daerah Kota Tomohon Dr Arnold Poli SH MAP, Jumat (27/) kemarin, mencanangkan Tomohon Sebagai Kota Sehat. Hal ini dilaksanakan setelah mengadakan jalan sehat bersama jajaran pemerintah Kota Tomohon. Dalam sambutannya, Eman menegaskan komitmen Pemerintah Kota Tomohon dalam tatanan kota sehat yang harus diwujudkan melalui 8 tatanan yang wajib dilaksanakan dinas-dinas terkait guna mewujudkan Tomohon sebagai kota sehat. “Kedelapan tatanan itu yakni pemukiman yang sehat, pelayanan transportasi dan lalu lintas yang tertib, lokasi pariwisata yang sehat, kawasan hutan yang sehat, sarana perkantoran yang sehat, perilaku hidup yang sehat dan bersih, kehidupan sosial yang sehat dan bersih, serta peningkatan mutu

pangan dan gizi,” jelasnya. Selain itu, Eman mengatakan bahwa kota sehat harus tetap memperhatikan beberapa indikator pokok yang harus dipenuhi antara lain wajib belajar 9 tahun, angka melek huruf yang meningkat, pendapatan perkapita domestik yang meningkat, angka kematian bayi per 1000 kelahiran hidup yang menurun, angka kematian ibu melahirkan per 100.000 kelahiran hidup yang menurun, adanya rencana tata ruang wilayah (RTRW) serta program dana sehat dan jaminan sosial nasional bagi masyarakat miskin. “Untuk itu saya menghimbau seluruh komponen masyarakat untuk terus menjaga keamanan, ketertiban, kebersihan dan keindahan lingkungan masing-masing guna mensukseskan kegiatan Tomohon International Flower Festival (TIFF) dan pelaksanaan HUT RI ke-67 tahun 2012,” jelasnya.(gebe)


SABTU 28 JULI 2012

4 Ranperda siap dikonsultasikan ke pemprov dan pusat SETELAH mengalami beberapa kali ketertundaan rencana paripurna 4 rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang nantinya akan memberikan masukan dalam pendapatan asli daerah (PAD) Minsel kedepan, akhirnya Jumat kemarin, ke-4 ranperda tersebut diparipurnakan bahkan siap untuk dibawa untuk dikonsultasikan ke pemerintah Pro insi dan pemerintah pusat kedepan nanti. Sidang paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Dekab Minsel Boy Tumiwa BSc SH didampingi oleh Wakil ketua Ny Jenny Paruntu-Tumbuan SE dan Jhon Sumual SE SH, sekertaris Dekab Drs Ben Watung. Dan dihadiri oleh Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu dan Wakil Bupati Drs Sonny ‘Frans’Tandayu. Dalam kesempatan tersebut masing-masing Pansus memberikan tanggapan terkait pembahasan yang dilakukan oleh Dekab bersama dengan Pemkab Minsel dalam hal ini beberapa SKPD yang ada, meski sangat disesalkan banyak SKPD yang tidak proaktif. Sekertaris Dekab Minsel Drs Ben Watung juga membacakan surat yang masuk dari beberapa fraksi terkait dengan alat kelengkapan berupa roling yang dilakukan masing-masing fraksi. “Ada beberapa surat masuk yang dibacakan, namun yang intinya sidang paripurna tingkat II 4 Ranperda yakni Retribusi jasa umum dan usaha, Perijinan tertentu, dan pemberian insentif dan pemberian kemudahan penanaman modal sudah diulaksanakan,” tukas Watung.(LEGADTORIAL/esem/mm)

Tandayu siap buka kegiatan LKPG Pemuda GMIM Maranatha Bitung WAKIL Bupati Minsel Drs Sonny ‘Frans’Tandayu siap membuka kegiatan kerohanian yakni Latihan Kepemimpinan Pemuda Gereja (LKPG) tingkat dasar yang dilaksanakan oleh pemuda GMIM Maranatha Bitung Kecamatan Amurang. Sebagaimana yang diungkapkan oleh ketua pemuda GMIm Maranatha Bitung Amurang Pnt Benny Mintje Amd. Menurutnya, acara LKPG tingkat dasar ini akan diikuti oleh peserta pemuda GMIM rayon Minsel. “Kegiatan ini akan dibuka oleh Wakil Bupati Minsel Drs Sonny Tandayu, Ketua Komisi Pemuda GMIM Billy Lombok, yang nantinya akan dimulai Sabtu 28 Juli (hari ini, red),” ujarnya. Dasar dilakukan kegiatan LKPG tingkat dasar yakni melatih para pemuda untuk menjadi pemimpin guna menghadapi ancaman global yang terus menerus mengancam generasi muda terlebih khusus pemuda GMIM. “Ini merupakan program kerja dari komisi pemuda GMIM Maranatha Bitung, yang bertujuan melatih para pemuda untuk bisa memimpin bahkan mengambil bagian dalam pelayanan dimasyarakat terlebih khusus gereja,” tutup Mintje, yang turut diaminkan oleh ketua panitia Billy Kilapong.(SEMADTORIAL/esem/mm)

Pondalos: KNPI Mitra kehilangan jati diri ORGANISASI Kepemudaan yakni Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dibawah kepemimpinan Hesky Naray SIP, kini menuai sorotan. Hal ini setelah pada peringatan HUT KNPI, Rabu (25/7) lalu tidak nampak adanya kegiatan yang dilakukan. Kritik tajam ini datang dari salah satu Tokoh Pemuda Mitra Sonny Pondalos. “Saat ini KNPI Mitra sedang kehilangan juati diri,” tandas Pondalos, yang adalah mantan pengurus KNPI Mitra periode lalu. Ditambahkannya pula, seharusnya organisasi pemuda ini sudah menyelenggarakan kegiatan sejak dilantiknya pengurus baru. Bahkan diketahui, saat ini dana hibah sebesar Rp 50 juta, disinyalir sudah dicairkan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD). Bahkan, menurutnya dana sebesar Rp 25 juta, dari setengahnya hingga kini belum diketahui sesama pengurus, dan lebih dari itu tidak di ketahui pertanggung jawabannya. Lebih lanjut, saat ini ada sebagian pengurus yang mendesak agar segera dilaksanakan Musyawarah Daerah Luar Biasa (Musdalub) KNPI Mitra, terkait kurangnya koordinasi dan tidak adanya tindak lanjut pengurus, terlebih Ketua KNPI Mitra Hesky Naray SIP, terhadap organisasi ini. (try19/esel/mm)

Asisten I Pemkab Minut kecam pemotongan hak PNS Diduga dilakukan pimpinan SKPD Pemkab Minut Airmadidi—Timbulnya sejumlah keluhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentang adanya pemotongan di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (PPKA) Minut, mendapat kritikan keras dari Asisten I Pemkab Minut Marthino Dengah SH. Menurut Dengah, sebagai seorang pejabat seharusnya

sadar pada jabatan yang dipercayakan, dan sebaiknya tidak semena-mena melakukan pemotongan yang merupakan hak para PNS, seperti Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) dan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD). “Pemotongan seperti ini, bukan hanya di PPKA saja, tapi yang juga ada di

beberapa SKPD yang saya tahu selama ini. Tindakan tidak terpuji yang dilakukan oleh sejumlah oknum pejabat tersebut, sangat-sangat berlawanan dengan apa yang menjadi harapan gubernur dan bupati dalam memberantas korupsi,” tegas Dengah, Jumat (27/8) kemarin. Ditambahkan Dengah, seharusnya pejabat terkait itu ikut membantu para PNS jika kekurangan dana, bukan malah sebaliknya dengan melakukan pemotongan

untuk kantong pribadi. “Seorang pejabat dibandingkan dengan pegawai biasa sangat jauh berbeda, dalam hal ini berbeda tanda kutip. Dimana tunjangan untuk pejabat itu sangat besar, dan semua orang sudah tahu itu, jadi untuk apa melakukan pemotongan apa yang menjadi hak para pegawai,” tutur Dengah, sembari meminta para pejabat Minut, agar mampu menjadi panutan bukan malah menjadi bahan cemohan.(eres/mm)

RABIES

Luntungan minta instansi terkait cepat bertindak Airmadidi—Anggota Dekab Minut Piet Luntungan, mendesak instansi terkait serius menangani wabah penyakit rabies yang menimpa sejumlah warga Desa Tumaluntung. Dikatakan Luntungan, pemberantasan penyakit menular ini belum ditangani dengan maksimal, pasalnya pelaksanaan suntikan tahap kedua bagi warga yang digigit anjing tidak ada pelayanan di puskesmas alasan tidak ada vaksin. “Harusnya ini bisa diantisipasi dengan cepat, jika ada warga hendak menyuntik tidak mendapatkan obat di Puskesmas itu aneh. Instansi terkait seharusnya melakukan vaksinasi bagi warga dan setiap hewan untuk menghindari penyakit rabies,” tutur Luntungan, Jumat (27/7). Ditambahkan Luntungan, jika memang tidak ada anggaran untuk pengadaan vaksin rabies, harusnya Pemkab Minut bisa mencari solusi, salah satunya penggunaan dana cadangan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Pemkab Minut adakan berbagai kegiatan Airmadidi—Menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 67, Pemkab Minut, Jumat (27/7) kemarin melakukan berbagai kegiatan. Salah satunya dengan jalan sehat yang diikuti seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan para muspida. Jalan sehat yang dipimpin langsung Bupati Minut Drs Sompie Singal mengambil star dari depan SMK I Airmadidi dan finis di Kantor Bupati. Dikatakan bupati, kegiatan ini selain sebagai penyambutan HUT RI, tentu juga mempunyai dampak positif dan sekaligus menumbuhkankembangkan semangat dan nilai juang pada generasi saat ini. “Dampak positif dapat kita

tarik dari kegiatan ini, selain menumbuhkembangkan semangat dan nilai juang, tentu juga menjadi salah satu penunjang dalam menerapkan hidup sehat, dimata masyarakat,” tutur Singal. Ditambahkan Singal, Kemerdekaan RI sepatunya dapat dimaknai dengan kegiatan-kegiatan positif, sehingga nilai dan norma yang terkandung didalam setiap kegiatan dapat menjadi penyamangat dalam mengangkat Bangsa Indonesia. “Tentunya dengan kegiatan jalan sehat ini, bisa saja dapat menciptakan atlit-atlit baru dalam kejuaran jalan sehat. Dan saya harap kegiatan ja-lan sehat ini, wajib menjadi budaya dikehidupan masya-rakat Minut,” terang Singal.(SEMADTORIAL/eres)

PERTANDINGAN FUTSAL

Persbitou Cup I siap hentak Amurang

VAKSINASI bagi hewan peliharaan wajib dilakukan untuk mengantisipasi berbagai penyakit.(foto: dok/sk)

Karena dengan begitu, masyarakat bisa mendapat jawaban pasti atas kelanjutan pengobatan virus rabies, dan jangan menyusahkan warga yang sudah menjadi korban malah disuruh bolak-balik ke puskesmas. “Seharusnya ini karena

menyangkut jiwa manusia harus memberikan pertolongan tepat waktu dulu, nanti urusan masalah pembayaran nanti kebelakangan,” tegas Luntungan. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Minut dr Sandra Rotty, mengatakan

pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Puskesmas Kauditan guna menyelesaikan masalah ini secepatnya. “Komitmen untuk melakukan penanganan cepat akan dilakukan dalam mengatasi masalah ini,” ucap Rotty.(eres)

PEMERKOSAAN

Polres Minut himbau warga waspada Airmadidi—Sementara itu, kasus pemerkosaan yang terjadi secara beruntun dalam seminggu ini di Kabupaten Minut, tepatnya di wilayah Likupang, menjadi pekerjaan serius Polres Minut saat ini. Dimana para pelaku yang melakukan aksinya, mencari mangsa dengan berkedok taksi gelap. Anehnya dalam kasus ini, kedua korban wanita

SAMBUT HUT RI

tersebut keduanya berasal dari Kota Tomohon dan para pelaku melakukan aksi pemerkosaan di wilayah Minut. Kapolres Minut AKBP Hari Sarwono SIK MHUM saat dikonfirmasi, mengatakan sampai saat ini pihaknya masih terus melakukan perburuan terhadap para pelaku yang kesemuanya berjumlah empat orang. “Kasus ini menjadi

perhatian besar kita, dan saat ini orang-orang kita yang ada di lapangan, terus melakukan pemantauan terhadap gerak-gerik para pelaku dan tinggal menunggu waktu saja, mereka akan segera kita ringkus untuk mempertanggung jawabkan perbuatan tidak terpuji tersebut,” tutur Sarwono, Jumat (27/7) kemarin, sembari memberikan himbauan ke warga, terutama para wanita untuk waspada saat menumpang kendaraan orang yang tidak dikenal. Sementara itu, Kasat Reskrim Minut AKP Hanny Lukas SE menambahkan, identitas pelaku sudah dikantongi dan salah satu kendaraan yang digunakan melakukan aksi para pelaku sudah diidentifikasi. “Sementara kasus ini masih terus dalam pengem-

bangan, dan untuk menutup ruang gerak para pelaku, kita intens melakukan pemeriksaan kendaraan yang melintas di wilayah Minut dengan terus melakukan koordinasi dengan beberapa wilayah yang ada diluar Minut,” tandas Lukas. Sebelumnya, Senin (23/7) lalu, salah satu karyawati Bank Sinarmas menjadi korban pemerkosaan saat menumpang dari Tomohon hendak ke Manado, dan setelah pelaku berhasil melampiaskan hasratnya, korban lalu ditinggalkan begitu saja di wilayah Likupang. Dan selang sehari, seorang ibu muda kembali menjadi korban aksi bejat para pelaku dan korban juga ditinggalkan begitu saja di Tempat Kejadian Perkara (TKP) yang sama.(esel/eres/mm)

Amurang—Olahraga sepak bola dikalangan generasi muda di Minsel terlebih khusus di Amurang terus bertumbuh dan berkembang. Lihat saja, pertandingan futsal bertajuk Persbitou Cup I siap menghentakAmurang. Hal ini dilakukan guna men-jaring para generasi muda yang berbakat di Minsel, bahkan Sulut pada khususnya. Sebagaimana yang dikemukakan oleh ketua panitia pelaksanaan Persbitou Cup I Denny Peoni kepada Swara Kita, Jumat (27/7) kemarin. Dikatakanya, dalam kegiatan Futsal bertajuk persbitou Cup I sudah banyak peserta yang mendaftarkan diri baik yang ada di Minsel maupun di luar Minsel. “Untuk acara pem-

bukaan akan dilakukan pada tanggal 5 Agustus akan datang, dan saat ini sudah ada sekitar 32 tim yang telah resmi mendaftarkan diri dalam lambo futsal ini,” jelasnya. Ditambahkan Peoni yang juga turut didampingi Sekertaris Jhonly Tarore menambahkan, kegiatan ini dalam rangka memeriahkan hari proklamasi Republik Indonesia, sekaligus sebagai ajang encari bakat. “Ini juga sudah mendapat rekomendasi dari ketua Pengcab PSSI Minsel, antusia para generasi muda sangat besar, dan kami sangat bangga karena ada beberapa sponsor perusahaan swasta yang mendukung acara tersebut,” tutupnya.(SEMADTORIAL/esem/mm)

PASKIBRAKA 2012

Dikpora Mitra siapkan karantina Ratahan—Jelang HUT RI pada 17 Agustus 2012, Dikpora telah mempersiapkan 30 siswa-siswi berprestasi di daerah ini, untuk menjalani uji fisik dan mental menghadapi tugas sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Akan hal ini, Kepala Dinas Dikpora Mitra Olvie Sumual MPd, melalui Kepala Bidang Pemuda Roly Tongkotan, mengatakan para siswa yang terpilih sebagai Paskibra telah memasuki karantina. “Saat ini Paskibra Mitra telah memasuki karantina untuk menjalani latihan serta pengemblengan mental dan fisik sebelum bertugas,” ujar Tongkotan. Diketahui, dari Mitra sendiri

mengutus 2 pasang siswasiswi, masing-masing Fendy Lengkey asal SMAN 2 Ratahan dan Velisia Pangau asal SMK N 1 Toluaan, untuk diutus menjadi Paskibra Provinsi Sulut, dan telah lolos untuk ikut pengemblengan. Sementara itu, 30 Paskibra yang sebelumnya telah dipilih Dikpora Mitra, salah satunya akhirnya diganti, akibat kecelakaan . “Fausia Badarun asal MA Belang sudah menggantikan posisi Asrid Wayagan asal SMA N 1 Posumaen, ka-rena mengalami patah kaki saat kecelakaan,” tambah Kasie Olah Raga Jhon Lepa.(try19/esel/mm)


SABTU 28 JULI 2012

Wawali lepas ribuan peserta Temu Raya Persekolahan GMIM WAKIL walikota Bitung MJ Lomban SE MSi melepas kurang lebih sepuluh ribu peserta pawai jalan kaki dan pawai kendaraan roda dua dan empat pada kegiatan temu raya pendidikan dan persekolahan Kristen GMIM dalam rangka memperingati HUT ke-181 pekabaran injil dan pendidikan Kristen GMIM di lapangan Kantor Walikota Bitung, Jumat (27/7). Kegiatan ini diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh wakil ketua sinode GMIM Pdt D Tamaweol MTeol yang mengajak agar seluruh warga GMIM terutama para warga gereja yang mengemban tugas kependidikan agar terus memajukan dunia pendidikan di pelosok pelayanan GMIM. Sementara Sekretaris Panitia Pelaksana Pnt Euginie Mantiri SPd MAP dalam laporannya bahwa pertemuan raya pendidikan dan persekoolah Kristen GMIM di Bitung merupakan komitmen jajaran pendidikan untuk mewujudkan kebersamaan dalam memajukan pendidikan di seantero pelayanan GMIM. “Oleh sebab itu selain para kepala sekolah, guru dan siswa kota Bitung hadir juga para peserta dari Tomohon, Manado, Minut dan Minahasa untuk menyemarakan kegiatan ini,” ujar Mantiri, Wakil Walikota Bitung dalam sambutannya memberikan apresiasi dan penghargaan atas kegiatan ini. “Kita patut bersyukur bahwa sekolah GMIM telah mewarnai pendidikan di Indonesia sumbangsi persekolahan GMIM sejak 181 tahun silam mampu mengangkat harkat dan martabat Sulut dengan melahirkanpemimpin bangsa yang mampu mengisi pembangunan di berbagi sektor, Sulut mendapatkan penghargaan rangking 1 nasional penuntasan buta aksara ini semua tak lepas dari peran sekolah GMIM,” ujar Lomban. Hadir pula dalam kegiatan ini Ketua Yayasan Persekolahan GMIM Ds AZR Wenas Prof Dr Lotje Kawet MS dan Kadis Dikpora Bitung Drs Herman Rompis MSi.(wepe/mm)

Tol Manado-Bitung dibangun tahun 2013 Pemprov sediakan Rp120 miliar Bitung—Pembebasan lahan jalan tol Manado Bitung oleh pemerintah rupanya sudah disediakan oleh Pemkot Bitung. Hal tersebut diungkapkan oleh Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Bitung Ir Max Tambuwun. “Pemkot telah mengangarkan dana sebesar Rp10 M untuk pembebasan lahan jalan Tol di Bitung tapi ini juga akan di backup dari

pemprov Sulut yang dari informasinya menyiapkan Rp120 M untuk pembebasan lahan itu,” jelasnya. Total dana dari Pemprov ini bukan diperuntukan bagi Bitung sendiri tapi juga untuk 2 kabupaten dan kota lainnya seperti Minut dan Manado. Diungkapkan Tambuwun jika lahan yang akan dibebaskan pemerintah ini untuk pembangunan jalan tol Manado Bitung

terletak di atas jalan SH Sarundajang. “Yah kemungkinan besar lahan ini mengambil jalur kiri diatas jalan Sarundajang,” ungkapnya lagi. Sementara untuk pembebasan lahan dikatakan Tambuwun pihaknya akan melihat Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang ada. “Jadi tidak sembarang menentukan harga tanah namun dilihat dari NJOP

WALIKOTA Bitung Hanny Sondakh, Jumat (27/7) kemarin tampak mahir bermain tenis meja dengan para pegawai di lingkungan Kantor Walikota Bitung. Dibalut celana pendek dan kaos oblong, Walikota olahraga bersama dengan para stafnya di lapangan bulutangkis kantor walikota. “Jika ada hari yang disisahkan untuk olahraga maka akan menambah semangat kerja,” ungkapnya yang juga menghimbau agar para PNS dapat meluangkan waktunya untuk berolahraga.(foto: epang/sk)

Kantor BPN Bitung dipenuhi oknum Calo KANTOR Badan Pertanahan Negara (BPN) yang berada di Kelurahan Manembo-nembo Atas kecamatan Matuari rupanya menyimpan sejumlah kekecewaan bagi warga Bitung yang melakukan pengurusan disana. Buktinya Jumat (26/7), salah seorang ibu Rumah tangga asal Kelurahan Kumenrsot Kecamatan Ranowulu bernama Nonce Luntungan mengamuk di tempat ini hanya karena dirinya merasa ditipu oleh oknum pegawai di instansi ini. “Sertifikat saya sudah saya berikan kepada pegawai disini, tapi saat saya tanya pegawai disini mengaku jika sertifikat tersebut tidak ada,” teriak Nonce sehingga menyita perhatian semua yang ada di kantor itu. Setelah mengamuk di tempat itu, akhirnya Nonce dipanggil ke dalam ruangan oleh staf tersebut dan tak berapa lama keluar dengan membawa sertifikat yang dimaksud. “Ini buktinya, mereka memang sengaja menyimpan berkas saya, untuk menunda pengurusan ini lebih baik saya tarik saja, meski masih ada 2 lagi yang berproses,” ungkapnya yang mengaku telah member uang Rp3 juta untuk pengurusan berkas itu sejak tahun 2008. Lain Nonce, lain lagi dengan Yani Mahalending warga Winenet. Pelaut kapal ikan, yang sejak tahun 2009 mengurus sertifikat balik nama tanah warisan ini mengatakan jika dirinya sudah mengeluarkan dana diawal pengurusan sebesar Rp1,750 juta, kemudian ditagih lagi Rp300 ribu dan yang terakhir Rp25 ribu untuk pembelian materai guna sertifikat luasan tanah yang besarnya sekitar 9x20 meter. “Apa yang mereka minta saya ikuti semua dengan harapan agar secepatnya sertifikat saya keluar, namun sampai saat ini sudah sudah 3 tahun belum juga keluar,” katanya. Sementara itu Pelaksana Tugas kepala BPN Bitung dari provinsi Budi Tarigan kepada wartawan mengatakan jika kasus-kasus tersebut terjadi karena warga sering kali memanfaatkan jasa dari pegawai di kantornya. “Coba kalau mereka datang langsung kemari dan berhadapan dengan petugas loket maka tak akan terjadi seperti ini,” jelasnya. Diapun mengungkapkan jika untuk dana yang biasa disiapkan tekah diatur pada undang-undang no 13 tahun 2010 tentang tariff dari pertanahan.(wepe/mm)

setiap lahan yang akan dibebaskan,” ungkapnya. Gubernur Sulut Drs SH Sarundajang sendiri yang dikonfirmasi ketika berada di Bitung mengatakan jika pembebasan lahan Jalan Tol harus segera dilakukan sampai tahun ini. “Tahun 2012 ini diusahakan agar pembebasan lahan tol sudah selesai sehingga pembangunan fisik bisa dilakukan pada 2013 nanti,” ungkap Sarundajang ketika melakukan safari Natal di Bitung.(wepe/mm)

BENCANA ALAM

Bantuan Pemkab Sangihe terus mengalir Tahuna—Bencana alam tanah longsor yang terjadi di sejumlah Kampung di Kecamatan Tamako dan Kecamatan Manganitu Selatan, Selasa awal pekan ini, terus mendapat perhatian dari jajaran Pemkab Sangihe. Selain kunjungan langsung ke lokasi bencana yang dilakukan secara bergantian baik oleh Bupati Drs Hironimus R Makagansa Msi, Wakil Bupati Jabes E Gaghana SE ME serta Sekda Ir Willy Kumentas, bantuan logistik serta sejumlah bantuan lainnya terus dikerahkan oleh pemerintah. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ir Reintje Tamboto ketika dihubungi Swara Kita menyatakan bantuan logistik dari pemerintah diantaranya adalah supermi, ikan kaleng, beras, terpal,

selimut serta matras. “Pak Bupati atas nama keluarga besar Makagansa-Rompis juga memberikan sumbangan berupa pakaian serta uang tunai bagi sejumlah korban bencana sekaligus santunan duka bagi korban yang meninggal dunia,” ujar Tamboto. Disisi lain juga lanjut Tamboto untuk saat ini kebutuhan yang sangat mendesak yang harus didapatkan oleh korban bencana tersebut diantaranya adalah bantuan makanan bagi Balita dan ibu hamil, pakaian bagi korban tanah longsor, pakaian bagi anak sekolah, bantuan rumah bagi korban yang kehilangan tempat tinggal serta pembukaan akses jalan baik yang tertutup timbunan material tanah longsor maupun yang ambruk serta pembangunan salah satu jembatan yang pu-

tus. “Untuk saat ini tim terpadu yang dibentuk Pemda masing-masing pemerintah Kecamatan dan Kampung, Polres, Kodim dan warga melakukan evakuasi korban, pembersihan puing-puing rumah penduduk baik yang terkenan tanah longsor maupun terendam banjir,” tegasnya kembali. Besarnya kerugianb yang diakibatkan oleh bencana alam ini juga mengharapkan bantuan dari pemerintah pusat dan provinsi untuk penanganannya. “Sebab tafsiran kerugian yang diakibatkan bencana alam ini sendiri mencapai puluhan miliar,” ujarnya kembali. Dari data yang berhasil dirangkum Swara Kita menyebutkan untuk Keca-matan Tamako yang menga-lami bencana alam masing-masing kampong

Mahumu, Mahumu I, Mahumu II, Ka-lama Darat, sedangkan untuk Kecamatan Manganitu Selatan masingmasing kampung Kaluwatu, laine, Lapango, Lapango I dan Kampung Lapepahe. Untuk rumah rusak total mencapai 18 rumah, rusak berat 17 rumah, rusak ringan 13 rumah, terendam banjir 233 rumah, 1 SD di Mahumu, Gereja GPDI, Pastori dan Kantor Camat Manganitu Selatan terendam banjir, 8 Kampung terisolir masingmasing Lapango, Lapamngo I, Lapepahe, Nga-lipaeng I dan II, Batunderang dan Sawang yang untuk sekarang hanya bisa dilalui lewat jalur laut. Serta adanya 17 titik longsor yang juga menimpa jalan provinsi TamakoEnemawira, jalan Kabupaten Laine-Lapango serta LaineDagho.(esde/mm)

SIDAK

Barang kadaluarsa beredar luas di Tamako Tahuna—Pelaksanaan sidak lapangan oleh tim ekonomi terkait dengan adanya barang kadaluarsa khususnya yang menjadi kebutuhan masayarakt setiap hari untuk dikomsumsi, membuahkan hasil. Pasalnya dari pelak-

sanaan sidak di Pasar Tamako yang dipimpin Kabag Ekonomi Pemkab Sangihe Drs Djhon Damalang membuahkan hasil. Menurut Damalang dari hasil sidak mendadak tersebut pihaknya menemukan sejum-

lah kebutuhan masyarakat dari sejumlah pedagang yang sudah kadaluarsa namun tetap diperjual belikan. “Sedikinya ada dua jenis kebutuhan tersebut masingmasing susu zeeboisten dan nescafe kemasan saset yang kami temukan pada salah satu pedsagang di pasar Tamako,” ujar Damalang. Lebih lanjut mantan komisoner KPU Sangihe ini mengatakan temuan tersebut langsung dintindaklajuti oleh pedagang. Yang saat itu disaksikan tim melakukan pesmunahan barang kadaluarsa dimaksud. “Dari pengakuan pedagang bahwa barang yang kadaluarsa itu sudah tidak diperjualbelikan lagi.

Namun untuk memas-tikan hingga tidak sampai ke tangan pembeli, pedagang langsung memusnahkanya saat itu juga,” jelasnya kembali. Menyikapi hasil temuan yang ada ini, Damalang memintah agar semua pedagang yang ada di harus memperhatikan label batas waktu penggunaan suatu produk yang dikomsumsi oleh masyarakat. “Kami masih memberikan teguran keras, bila dilanggar lagi oleh pedagang, maka kosekuensinya adalah tindakan sesuai aturan yang ada,” imbuhnya sambil menambahkan bahwa sidak tersebut akan terus dilakukan di semua pasar dan kios-kios yang ada.(esde/mm)

PEMERINTAHAN

Bupati Sitaro lantik 6 Kapitalau

ENAM Kapitalau saat diambil sumpah dan dilantik oleh bupati.(foto: stenly/sk)

Mini—Bupati Sitaro Toni Supit SE MM, Jumat (27/7) siang kemarin secara resmi melantik enam orang Kapitalau dalam kegiatan pengesahan, pengambilan sumpah serta pelantikan Kapitalau, yang bertempat gedung Gereja Jemaat GMIST Kampung Mini Kecamatan Siau Barat Utara (Sibarut). Keenam kapitalau tersebut, masing-masing Winber Bintang selaku Kapitalau Kampung Bukide Kecamatan Sitim, Zadrak Bawotong Kapitalau Kampung Makalehi Timur Kecamatan Sibar, Mount Kalebos Kapitalau Kampung Makalehi Utara Kecamatan Sibar, Rudi Kanine Kapitalau Kampung Kinali Kecamatan Sibarut, Richter Minanga Kapitalau Kampung Mini Kecamatan Sibarut , dan Rusli Mangerongkonda sebagai Kapitalau Kampung Bawo Kecamatan Tagulandang Utara (Tagut). Dalam sambutannya, Supit memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggitingginya kepada mantanmantan kapitalau yang sudah berjasa serta mengabdi selama menjalankan tugas. “Apa yang saudara-saudara

lakukan selama menjabat sebagai kapitalau merupakan sebuah kebanggaan yang perlu diberikan apresiasi. Sebagai pimpinan daerah kami mengucapkan terimah kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi saudara sekalian,” kata Supit. Bagi kapitalau yang baru dilantik, Supit mengharapkan agar dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagaimana kepercayaan yang telah diberikan masyarakat, bahkan sebagai perpanjangan tangan pemerintah kecamatan dan kabupaten. “Kapitalau harus menjadi motor dan motivator untuk kemajuan kampung, dengan sebisa mungkin menjawab berbagai keluhan masyarakat serta mampu memberikan pelayanan yang prima, agar apa yang menjadi harapan kita se-mua bisa tercapai,” himbau Supit. Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Drs Piethein Kuera, Ketua DPRD Sitaro Djibton B Tamudia BAc, Kepala BPM-PD Drs Eddy Salindeho MSi, para staff ahli dan sejumlah kepala SKPD, para Camat, Lurah dan ratusan warga masyarakat.(esge/mm)

RAKOR

Kumentas: SKPD wajib benahi pengelolaan keuangan Tahuna—Kehadiran Ir Willy Kumentas sebagai Sekda Sangihe, mulai membuktikan komitmennya mengawal sekaligus menjadi perpanjangan tangan pemerintahan Drs Hironimus R Makagansa MSi dan Jabes E Gaghana SE ME (Makaghana) dalam melakukan perubahan yang signifikan bagi wilayah kpeulauan ini. Buktinya dalam pelaksanaan Rapat Kordinasi (Rakor) dengan semua pimpinan SKPD hingga jajaran Kantor Bupati Sangihe, Kamis (26/ 7) lalu, Kumentas mewajibkan bagi semua SKPD dan satuan unit untuk melakukan pembenahan aset dan pengelolaan keuangan. “Wajib semua SKPD benahi aset dan pengelolaan keuangan. Hal ini mendesak dilakukan dalam konteks mendasar terhadap komitmen pemerintahan khususnya dibidang pengelolaan keuangan dan aset daerah yang harus mampu mengalami perubahan ke arah yang lebih baik,” tegas Kumentas. Menyikapi laporan Hasil

Pemeriksaan (LHP) BPK terkait dengan penngelolaan keuangan dan aset untuk tahun anggaran 2011 yang harus menerima opini disclamer, haruslah menjadi acuan keseriusan semua pejabat yang ada untuk memacu diri dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. “Komitmen pemerintahan yang ada sekarang terhadap perubahan Sangihe ke arah yang lebih baik dengan mengusung visi misi menjadikan Sangihe sebagai Kabupaten Bahari yang sejahtera dan bermartabat tidak main-main. Sehingga semua pejabat ditingkatan manapun juga harus mampu menjawab tantangan tersebut menjadi bukti nyata. Tentunya hal ini bisa terjadi ketika komitmen tersebut mampu dinyatakan melalui kinerja dan tanggungjawab yang maksimal,” ujar mantan Kepala Dinas Pertanian Sangihe dan Talaud ini yang dengan tegas akan meroling pejabat yang tidak maksimal bekerja.(esde/mm)


SABTU 28 JULI 2012

Komisi III desak Menkes kunjungi Kotamobagu KUNJUNGAN Kerja (Kunker) Komisi III Dewan Kota (Dekot) Kotamobagu bersama pimpinan Dekot ke Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes-RI) mendapatkan hasil yang cukup positif. Pasalnya, dari kunjungan tersebut para personil Komisi III mendesak pihak Kemenkes RI untuk dapat melakukan kunjungan langsung ke Kotamobagu. “Kemarin (Kamis, red) saya bersama Ketua DPRD Kotamobagu mendampingi Komisi III dalam Kunker ke Kementrian Kesehatan. Hasilnya, Kemenkes akan membentuk tim untuk meninjau langsung Rumah Sakit Umum (RSU) Kotamobagu,” kata Wakil Ketua Dekot Kotmobagu, Bob Paputungan, ketika dikonfirmasi melalui ponselnya, Jumat (27/7) kemarin. Ditambahkan Paputungan, bahwa persoalan alat kesehatan yang kini sangat minim di Kotamobagu, juga disampaikan dan dikonsultasikan ke Kemenkes. “Kami juga konsultasi terkait persoalan Alkes, nantinya apabila tim Kemenkes turun ke Kotamobagu, Alkes juga akan jadi satu perhatian mereka,” ujar Paputungan.(veem)

Safari Ramadhan di Modayag SETELAH melakukan safari Ramadhan di Desa Buyat, Tim 1 yang dipimpin langsung oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sehan Landjar, akan melakukan tarawih keliling di Desa Modayag, Kecamatan Modayag. Hal ini dikatakan langsung oleh Kabag Humas Pemkab Boltim, Frida Manoppo SH. Manoppo mengatakan, tarwih keliling atau safari Ramadhan ini sudah menjadi kebiasaan, tidak hanya untuk pemerintah tapi umat Islam pada umumnya. “Safari Ramadhan adalah untuk mempererat persaudaraan serta tali silaturahim antara pemerintah dan seluruh umat Islam dan masyarakat di Kabupaten Boltim,” kata Manoppo Sementara itu, Ikhsanudin Ghani SSos, Sekertaris BKDD Boltim, yang tergabung dalam safari Ramadhan tim 1 ini, mengatakan tidak menutup kemungkinan Bupati akan melakukan roling di dalam Masjid. “Meskipun dalam situasi safari Ramadhan, Bupati tetap akan melakukan roling. Sesuai yang pernah ungkapkanya, di dalam Masjid pun bisa laksanakan roling. Jadi semua berkas menyangkut semua agenda mutasi itu, dibawa terus jika tiba-tiba minta oleh Bupati. Hal ini disebabkan Bupati berang, karena Pemkab Boltim mendapat opini disclaimer secara berturut-turut,” papar Ghani.(try17)

Pengurusan SIUP-MB capai angka Rp12 juta Disetor ke Disperindagkop dan PM KK Kotamobagu—Pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Beralkohol (SIPU-MB) ketegori golongan B, yang kini kian marak beredar di Kota Kotamobagu, ternyata harus menghabiskan uang sekitar Rp12 juta perizinnya. Salah satu pemilik tokoh Tita, Titi Jonatan Gumulili, ketika dikonfirmasi wartawan mengaku sudah dua tahun ini telah mengantongi ijin tersebut, sementara untuk pengurusan ijin itu dirinya membenarkan telah mengeluarkan dana sebesar

Rp 12 juta. “Uang itu kami setor ke Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal (Disperindagkop & PM) KK, supaya saya tinggal mo terima bersih,” ujar Titi. Dia juga mengatakan, bahwa ketika mengurus izin tersebut, dirinya tidak tahu menahu kalau di KK ini sudah ada Peraturan Daerah (Perda) Miras. “Kalau saya tahu, tentu sudah tidak akan repotrepot ke Jakarta,” ungkap Titi.

Ia juga menambahkan, jika ke depan nanti Dekot KK, akan memutuskan izin tersebut, tentu dirinya akan meminta ganti rugi kepada Disperindagkop dan PM KK, karena dinilai tidak memberitahukan terlebih dahulu tentang Perda Miras itu. “Menurut Disperindagkop & PM, Perda miras di KK itu sudah dicabut, jadi kalau esok-esok ada masalah, tentu saya minta semua uang yang sudah disetor sebelumnya itu harus dikembalikan,” tambah Titi Sementara itu Angki

PROGRAM

Pemkab Bolmong sosialisasikan PPIP

Proyek jalan Dumoga dan Dumoga Satu dikeluhkan PROYEK di jalur Jalan Amurang-KotamobaguDoloduo (AKD) tepatnya di Dumoga dan Dumoga Satu, diduga pengerjaan jalannya (pengaspalan, red) tidak berkualitas alias asal-asalan. Di mana pengerjaan proyek jalan sepanjan 4,5 kilometer ini dikeluhkan oleh warga sekitar yang biasa menggunakan jalan tersebut. “Jalan di Dumoga dan Dumoga Satu, pengaspalannya kurang lengket. Aspal jalan tidak tahan panas sehingga daya tahannya cepat terangkat dari permukaan tanah,” ujar Pit Kemur, salah satu warga Dumoga, yang biasa melintasi jalan tersebut, ketika menghubungi wartawan, Jumat (27/7) kemarin. Sementara itu, salah satu Pengawas proyek jalan tersebut, Marten Pondaag ketika dilakukan upaya konfirmasi dengan menghubungi nomor ponselnya, ternyata dalam keadaan tidak aktif.(veem)

Honges pemilik Toko Hasrat, ketika mengetahui bahwa izin yang dikantonginya sekarang itu tidak sah, karena berlawanan dengan Perda Miras yang ada, mengancam akan menyewa kuasa hukum jika sampai usaha yang ditekuninya sekarang menuai kerugian, akibat dari kesalahan Disperindagkop & PM KK sendiri. “Kan itu izin dua tahun, kalau sekarang sudah mau dicabut, no nanti lia kita nda segan-segan mo jerat pa dorang, biar ley kita mo kase kaluar ulang doi for mo basewa pengacara,” tegas Angki.(veem)

BUPATI Salihi B Mokodongan saat menyerahkan secara simbolis SK Mentri PU nomor 131/ PPIP/ M- 2012 kepada perwakilan desa dari 12 kecamatan yang mendapat alokasi dana PPIP tahun anggaran 2012.(foto: ist)

Lolak—Dalam rangka upaya penanggulangan kemiskinan di wilayah pedesaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong melaksanakan sosialisasi Program Pembangunan infrastruktur Perdesaan (PPIP) tahun anggaran 2012 ini. Di mana program ini adalah program langsung dari Kementrian PU sejak tahun 2007 silam. Tujuan PPIP adalah untuk mewujudkan peningkatan akses masyarakat miskin, hampir miskin,

dan kaum perempuan serta kaum minoritas ke pelayanan infrastruktur dasar perdesaan, dengan berbasis pada pemberdayaan masyarakat dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik. Di Pemkab Bolmong sendiri terdapat 60 desa yang telah ditetapkan sebagai desa sasaran atau dialokasikan sebagai desa penerima dana PPIP. Terkait hal tersebut Pemerintah Daerah melaksana-

kan sosialisasi Program Pembangunan infrastruktur Perdesaan (PPIP) tingkat kabupaten tahun anggaran 2012, yang berlangsung di Wisma Molosing Desa Motabang, Kota Lolak, Kamis (26/7). Sosialisasi ini sendiri dibuka langsung oleh Bupati Salihi B Mokodongan dengan dihadiri beberapa anggota Dekab Bolmong, Kepala Satuan Kerja dan Tim PPIP Propinsi Sulut, Sekertaris Daerah, Para assisten,

Kadis PU dan SDA, SKPD terkait, Para camat dan Sangadi penerima dana alokasi PPIP, LSM, Fasilitator Desa , serta para undangan. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Salihi mengatakan bahwa semua pelaku yang terkait program ini harus paham dan melaksanakannya dengan prinsip keterbukaan dan dapat dipertanggungjawabkan. “Proses perencanaan dan penganggaran kegiatan harus benar benar melibatkan masyarakat dan harus menerima setiap masukan dari masyarakat. Karena masyarakatlah yang paling mengetahui apa yang menjadi kebutuhan yang paling penting di desa,” kata Salihi. Dilanjutkan Bupati, agar para sangadi, sekdes dan BPD agar mengawal seluruh tahapan program serta mendorong keterlibatan masyarakat sebagai pelaku utama dalam pelaksanaan program PPIP. Pada kesempatan ini Bupati menyerahkan secara simbolis SK Mentri PU nomor 131/ PPIP/ M- 2012 kepada perwakilan desa dari 12 kecamatan yang mendapat alokasi dana PPIP tahun anggaran 2012.(veem)

ROLING

Bupati kembali ’copot’ dua pejabat

SEKAB saat menyerahkan SK Plt kepada Dahlan Saniman SP, Plt Kaban BKP dan Oskar Manoppo SE, Plt Sekertaris DPPKAD.(foto: ist)

Tutuyan—Bupati Boltim Sehan Landjar, melalui Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Boltim, Ir Muhammad Assagaf, Jumat (27/7) kemarin, kembali melakukan pergantian dua pejabat eselon II dan III, di lingkup Pemkab Boltim. Sekkab juga sekaligus menyerahkan Surat Keputusan (SK) Pelaksana Tugas (Plt). Adapun dua pejabat yang diganti yaitu, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP), Julius Pelealu (Jupe) SPd, digantikan oleh Dahlan Saniman SP, dan Sekertaris Dinas Pengelolaan Pendapatan Keungan Aset Daerah (DPPKAD), Wiwik Kurnia diganti oleh Oskar Manoppo SE. “Pejabat yang di-roling caranya seperti ini, tidak sekaligus. Seperti keinginan Bupati. Jadi mana pejabat yang kinerja tak bisa menjalankan program Bupati, itu yang akan di-

ganti,” ujar MR Alung SE, Kaban BKDD Boltim, yang juga sebagai Baperjakat kepada wartawan. Dikatakannya juga, rencananya Senin (30/7), ada 9 pejabat eselon II yang akan dimutasi atau diroling lagi. “Akan tetapi, semua itu tergartung Bupati. Kalau Bupati katakan hari itu juga harus diroling, maka hari itu juga akan kami laksanakan. Sebab, SK-nya saat ini sudah kami siapkan,” papar Alung. Sementara itu, Sekertaris Kabupaten (Sekkab) Boltim Ir Muhammad Assagaf, mengatakan dua pejabat yang diganti yaitu Julius Pelealu (Jupe) dan Wiwik Kurnia, saat ini diperbantukan di Kantor Sekertariat Daerah (Setda) Boltim. “Mereka (Jupe dan Kurnia, red) diperbantukan di Setda, seperti 4 pejabat yang telah dimutasi pada beberapa hari yang lalu,” ujar Assagaf.(try17)

TRIWULAN II

PAD Dukcapil capai Rp109 juta Tutuyan—Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Boltim, Jos Sudarso Manoppo SH, mengukapkan triwulan II atau memasuki triulan tiga ini, capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD), sudah sekitar Rp109 juta rupiah. “Dari target yang ditentukan oleh Pemkab Boltim, sebesar Rp250 juta, kini sudah mendekati 50 persen yang diperoleh,” ungkap Manoppo kepada Swara Kita, Jumat (27/7)

kemarin. Lanjutnya, dalam sisa beberapa bulan ini, atau memasuki triwulan tiga dan empat, tidak menutup kemungkinan target yang diberikan akan tercapai. “Sebab, masih banyak warga Boltim yang sampai sekarang ini belum memiliki KTP, akta kelahiran, serta administrasi kependudukan yang lainnya. Olehnya, agar target tersebut bisa dicapai, kami dan seluruh staf Dukcapil, akan ‘marathon’ untuk mengejar sisa PAD sebesar 60 persen,” ujarnya.(try17)


SABTU 28 JULI 2012

SMP KT ST LAURENTIUS MANADO

Persiapan perayaan pesta pelindung dimatangkan Tinggal beberapa hari lagi, SMP Katholik Santo Laurentius Manado, menginjak usia ke-30 tahun. Sekolah ini pun semakin mempermatang perayaan pesta pelindung sekolah yang jatuh pada 10 HERMANUS Kumokong. Agustus. “Baik siswa dan guru sangat antusias menyambut hari pesta pelindung sekolah. Kami sudah mulai mempersiapkan diri dengan beragam lomba dan sudah mulai latihan paduan suara, menata ruang kelas dan lain sebagainya,” kata Kepala Sekolah (Kepsek) SMP Kt St Laurentius Manado, Hermanus Kumokong SPd saat ditemui Jumat (27/7) kemarin. Di usia yang sudah semakin dewasa, Kumokong merasakan adanya perubahan yang lebih baik yang terjadi dalam tubuh sekolah pimpinanya tersebut. Perubahan itu tidak lain terkait dengan kualitas pendidikan siswa dan guru, perbaikan sarana prasarana serta fisik sekolah dan tentunya adanya peningkatan jumlah siswa dari tahun ke tahun. “Saya berharap sekolah ini semakin maju dan berkembang ke arah yang lebih baik lagi. Sehingga bisa membanggakan daerah ini,” harapnya. Diketahui, beberapa lomba yang akan digelar seperti, lomba bintang vokalia, lomba bola voli, lomba tata kelas, serta lomba koor mini antar kelas, dan para guru juga akan mempersembahkan koor mini para guru, yang akan diiringi dengan musik kolintang. Terlihat kemarin, para siswa tampak semangat latihan untuk lomba nanti. “Kegiatan ini tidak mengganggu aktifitas belajar mengajar yang ada di sekolah, karena latihan dilaksanakan setelah selesai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Lomba ini juga akan digelar bersamaan dengan HUT RI serta sekaligus dengan peresmian dua gedung baru yang ada di sekolah kami,” kunci Kumokong.(emem)

Bumiku, planet sehatku!!

Jalanin aktifitas seharihari di lokasi yang gak nyaman en jauh dari konsep “sehat” emang ngeboringin banget!! Udah suntuk, capek (matanya) liatin bajir, denger teriakan orang tertimpah longsor, kena panas sepanjang hari, uhhff!! Semua alasan ini bikin kita pengennya molor mulu sepanjang hari di rumah. Kalo diizin ngabulin satu permintaan, kayaknya kita-kita pada pengen tinggal di planet baru, planet yang sehat, planet yang masih “perawan”!! Uuppzz... ngapain jauh-jauh kesono? Start from now, bikin aja planet kamu sendiri. Healthy Planet. Apaan sich???(fine)

ELEN HEALTHY Planet. Ehm, enak juga bisa tinggal di planet seperti itu. Planet yang bebas dari polusi, planet yang tenang en bikin kita jerni berpikir plus sehat. Gak ada salahnya juga kita mengubah kota kita menjadi sebuah planet yang sehat, salah satunya adalah dengan mulai rajin menanam pohon.

MIRNA ASALKAN masyarakat sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, aku pikir daerah kita pun bisa jadi mirip kayak sebuah planet yang sehat. Gak akan ada lagi rumah sakit yang penuh kebanjiran pasien. Sayangnya, kedasaran ini minim banget dimiliki rakyat. So, sebelum terlambat, cepatlah merubah diri!(*)

PEMBERANTASAN NARKOBA

Puluhan seniman Sulut gelar pergelaran seni WAGUB Sulut Djouhari Kansil menyematkan Pin Narkoba kepada dua orang siswa, Kadis Budpar Suprianda Ruru dan Kepala Taman Budaya Ferry Rumengan. (foto: ist)

Manado—Sebagai bentuk pemberantasan terhadap narkoba, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata UPTD Taman Budaya Sulut bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulut Jumat (27/7) kemarin menggelar pergelaran seni. Apresiasi pemberantasan narkoba ini digelar di Taman Budaya Sulut, dan dibuka langsung Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd. Dalam sambutannya,

Kansil mengajak para siswa dan pelajar di daerah ini, untuk menjadikan narkoba sebagai musuh bersama. “Penyalahgunaan narkoba, telah menjadi ancaman yang sangat serius bagi negara dan daerah kita, telah menjadi rahasia umum, bahwa narkoba telah mengancam seluruh strata kehidupan masyarakat tanpa terkecuali kalangan anak muda, orang tua, siswa dan mahasiswa maupun berbagai kalangan masyarakat. Penyalahgunaan narkoba juga, telah berdampak pada tindakan kriminal, seks bebas dan dampak sosial lainnya. Karena itu narkoba telah menjadi musuh berbahaya yang harus kita perangi bersama,” ujar Ketua KPAP Sulut. Terpantau, pergelaran yang bertema ‘Seni Budaya Memperkokoh Jatidiri Generasi Muda Menolak Narkoba itu, lebih dari 50 seniman mementaskan drama Pengadilan Hati Nurani oleh Sanggar Seni Kitawaya Manado pimpinan Merdeka

Gedoan, atraksi musik kolintang oleh Sanggar Kolintang Mahzani Tomohon serta Padua Suara dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Bartemeus Manado. Kepala Taman Budaya Sulut Ferry Rumengan SE kepada wartawan mengatakan, kegiatan ini difokuskan pada sosiali-sasi penanggulangan pencegah, pemberantasan, penyalahgunaan peredaran gelap narkoba yang memang telah menjadi kewajiban kita bersama untuk melakukan tindakan preventisasi terhadap perilaku kejahatan narkoba yang kian mengancam kehidupan bermasyarakat terutama di lingkungan sekolah. “Bahwa dengan seni dalam konteks penanaman nilai-nilai budaya yang luhur diharapkan ke depan dapat terbangun suatu iklim kehidupan bermasyarakat yang kian memahami pentingnya nilai budaya luhur ditanamkan di dalam diri berbangsa dan bernegara kita semua tidak lagi dibayang-bayangi ancaman bahaya narkoba,” jelas Rumengan. Dia pun berharap melalui kegiatan ini akan semakin membuka wawasan kita untuk selalu mawas terhadap tindak kejahatan narkoba sekaligus menumbuhkan daya apresiasi terhadap seni budaya daerah. Hadir dalam kegiatan ini, ratusan siswa tingkat SMP dan SMA/sederajat, sejumlah instansi terkait dan masyarakat umum.(emem)


SABTU 28 JULI 2012

Berhala hati Cintai ... dari Halaman 1 Pemerintah lanjut dia, akan terus memfasilitasi pengembangan Koperasi dan UKM melalui berbagai fasilitas kredit murah perbankan dan bentuk-bentuk pengembangan modal serta pendampingan teknis bagi Koperasi dan UKM untuk terus meningkatkan kualitas produknya. Dia juga berharap kalangan Koperasi dan UKM Sulut untuk memanfaatkan Gedung Promosi Koperasi dan UKM yang telah dibangun sebagai sarana untuk memamerkan produk yang dibuat. Di satu sisi, Hasan juga kembali memuji kinerja perekonomian Sulut yang saat ini dapat mencapai pertumbuhan sampai 8%. “Keberhasilan pertumbuhan ekonomi nasional termasuk di Sulut tidak dapat dilepaskan dari sumbangan sektor Koperasi dan UKM,” katanya. Kegiatan dialog tersebut menjadi rangkaian kunjungan kerja Menkop-UKM yang sejak Kamis (26/7) berada di Sulut, dalam rangka menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-65 tingkat Sulut yang dirangkaikan dengan pembukaan The 2nd North Sulawesi Small and Medium Enterprises and Cooperation (SMEsCO) Exhibition 2012 atau Pameran Produksi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Provinsi Sulut, yang akan berlangsung sampai dengan 31 Juli 2012 di Gedung Promosi Koperasi dan UKM Sulut di Kairagi. Setelah membuka SMEsCo 2012, Hasan bersama istri tercinta Inggrid Kansil yang juga anggota DPR RI, bersama Gubernur Sulut Dr SH Sarudajang bersama Ibu Deitje Sarundajang-Laoh Tambuwun, Wagub Dr Djouhari Kansil MPd bersama Ibu Mieke Kansil-Tatengkeng, Forkopimda, jajaran Pemprov Sulut, BKSAUA dan FKUB Sulut menuju Bitung dan melaksanakan buka puasa bersama masyarakat dan Pemkot Bitung.(erer/dw)

Demi ... dari Halaman 1 Kini, ketika kasusnya terungkap, profil perempuan itu di internet tampaknya mulai dihapus. Ketika reporter berusaha melacak di akun Facebook maupun biodata darinya, tak ada satu pun keterangan yang bisa diperoleh. Adapun kepolisian meyakini bahwa kasus ini pertama kalinya terjadi di Singapura. Dan kini, sang profesorlah yang menanggung akibatnya. Profesor bernama Tey Tsun Hang kini harus berhadapan dengan Komisi Anti-Rasuah Singapura (CPIB), dengan tuduhan gratifikasi seksual demi nilai bagus kepada mahasiswi. Pria 41 tahun itu sudah diperiksa sejak April 2012, dan kini ia berstatus tahanan. Tapi sejumlah koleganya telah menebus profesor Tey dengan jaminan, sehingga ia bisa keluar. Pengacara kriminal Ravinderpal Singh menuturkan jaksa menjatuhkan satu dakwaan untuk tiap kali Profesor bercinta dengan si mahasiswi. Meskipun, mahasiswa itu hanya mendapatkan satu nilai A dari sang Profesor. Memang dikabarkan mahasiswa dan Profesor tidak hanya sekali bercinta. Alasan kenapa Profesor ditangani Komisi Antikorupsi adalah kasus tersebut masuk kategori rasuah. Menurut Singh, korupsi tidak sekadar soal uang, tapi bisa dalam bentuk hadiah dan berhubungan seksual. Adapun sang mahasiswi diketahui kini bekerja di sebuah firma hukum lokal. Beberapa temannya menyebut mahasiswi tersebut adalah orang yang bersemangat dan sangat ambisius. Kini Prof Tey menjalani cuti panjang yang dimulai Agustus 2012. Menurut pihak fakultas, cuti tersebut memang sudah diajukan lama, jauh sebelum kasus ini mencuat.(temc)

Merinding ... dari Halaman 1 Saat syuting, Shandy mengaku sering mendapatkan hal-hal aneh dan ganjil. Istri David Herbowo itu misalnya sering melihat lampu di lokasi syuting mati mendadak. Kejadian ganjil itu sering terjadi jika hari beranjak gelap. “Apa mungkin karena waktu syutingnya pas hari Jumat ya. Tapi memang di sini angker, aku nggak berani sendiri,” lanjut Shandy. Ya, rumah kentang sepertinya memang masih banyak menyimpan misteri. Meski nampak bersih di siang hari, namun jika malam menjelang suasananya berubah. Kadang muncul aroma kentang rebus atau terdengar suara tangis anak kecil. Konon di rumah ini pernah ada anak kecil terjatuh dalam kuali yang sedang digunakan untuk merebus kentang, dan hingga kini tak pernah ditemukan lagi. Entah karena alasan itu, masyarakat sekitar hingga kini memilih menghindari rumah angker tersebut. Atau barangkali, rasa penasaran itu pula yang membuat sang sutradara, tertantang membesut film horor yang diangkat dari kisah nyata ini.(inlc)

Seketika ... dari Halaman 1 Temuan tersebut disajikan hari Kamis (26/7) waktu setempat, dalam konferensi AIDS 2012 di Washington DC. Studi lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan bahwa dua pasien itu benar-benar sembuh. “Studi dari waktu ke waktu, termasuk biopsi jaringan limfatik, akan diperlukan,” kata Dr Michael Saag, seorang ahli penyakit menular dari Universitas Alabama di Birmingham. Dia mengatakan, hanya waktu yang akan memberitahukan jika pasien tetap bebas HIV. Secara terpisah, para ilmuwan mencoba untuk menggunakan terapi gen untuk mengubah sistem imun pasien untuk membebaskan mereka dari HIV. Sebagian besar penelitian di bidang ini masih sangat awal, tetapi para ilmuwan di Fred Hutchinson Cancer Research Center berusaha untuk melakukan transplantasi sistem sel dengan sel yang telah dimodifikasi secara genetik agar tahan terhadap HIV. “Kami belum mentransplantasikannya pada setiap pasien sebagai bagian dari penelitian kami,” kata Dr Hans-Peter Kiem dari Divisi Penelitian Klinis di Fred Hutchinson Cancer Research Center dan seorang dokter transplantasi di Seattle Cancer Care Alliance.(temc)

“Hai anak manusia, orangorang ini menjunjung berhalaberhala mereka dalam hatinya dan menempatkan di hadapan mereka batu sandungan, yang menjatuhkan mereka ke dalam kesalahan ....” (Yehezkiel 14:3) Setiap kali mendengar kata berhala, mungkin kita membayangkan sebuah patung sesembahan, semua jimat yang disimpan di balik pakaian, atau bendabenda antik yang mempunyai kekuatan tertentu. Sebagai orang kristiani, kita tahu bahwa berhala adalah suatu kekejian di mata Tuhan. Oleh karena itu, saya yakin bahwa sebagian besar kita tidak menyimpan apalagi menyembah kepada benda-benda seperti itu. Akan tetapi, berdasarkan kitab Yehezkiel pasal 14 yang kita baca hari ini, berhala bukan hanya sesuatu yang bersifat kasat mata, tetapi juga hal-hal yang tidak kelihatan. Dalam bacaan kita disebut: orang-orang ini menjunjung berhalaberhala di dalam hatinya. Segala sesuatu yang mengambil tempat Tuhan

di hati kita merupakan berhala. Berhala-berhala yang ada dalam hati tersebut merupakan batu sandungan yang membuat kita mudah terjerumus ke dalam berbagai dosa. Adakah sesuatu yang sedang begitu memikat hati kita melebihi Tuhan Yesus? Apakah itu ambisi kita dalam berkarier, keinginan untuk dianggap penting, atau pengejaran harta benda, atau mungkin keterikatan pada seseorang, atau juga soal popularitas dan asmara. Segala sesuatu harus diuji dan ditempatkan sesuai porsinya. Jangan sampai ia menggantikan posisi Tuhan di dalam hati kita. Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan yang cemburu. Tuhan yang menghendaki kita menjadi umat-Nya yang setia, dan Tuhan mau Dia saja yang menjadi Allah kita.(rhc)

Bodoh di mata TUHAN Referensi: 2 Tawarikh 16:1-14

KISAH Raja Asa sangat menarik untuk dicermati. Dalam dua pasal sebelumnya kita membaca riwayat hidupnya yang benar di hadapan Tuhan. Sebab itu, ia dikaruniai kemenangan atas musuh serta keamanan di seluruh penjuru negeri yang

dipimpinnya. Namun, pasal yang kita baca hari ini memperlihatkan “kegagalan” Asa. Mengapa bisa gagal? Bukankah sebelumnya dicatat bahwa hati Asa tulus ikhlas di hadapan Tuhan? Kegagalan Asa tampaknya sepele. Bahkan, di mata manusia, kelihatannya ia pintar. Ia tak mau repot menghadapi musuh, jadi ia bernegosiasi dengan raja Aram untuk melakukannya. Musuhnya mundur dan Asa beroleh banyak bahan bangunan untuk memperkuat kota-kota pertahanannya. Taktik yang cerdik bukan?

Namun, Tuhan menyebutnya “bodoh” (ayat 9). Dulu, Asa mengandalkan Tuhan saat menghadapi musuh yang jauh lebih besar (ayat 8). Kini, ia menggunakan perbendaharaan rumah Tuhan untuk membeli pertolongan manusia (ayat 2). Ketika ditegur, Asa sakit hati. Mungkin ia merasa telah giat bagi Tuhan di masa lalu. Masakan sekarang Tuhan tega menghukumnya? Bukannya berbalik pada Tuhan, ia mengulangi kebodohan yang sama saat sakit melanda. Ia tidak mencari pertolongan Tuhan, tetapi manusia (ayat

12). Menyedihkan. Kehidupan Asa cermin bagi kita semua. Mengandalkan Tuhan jangan sampai hanya menjadi kisah masa lalu yang indah. Mari berharap kepadaNya selalu, bahkan dalam hal-hal paling sepele sekalipun. Jika Tuhan sedang menegur kita karena hal-hal “bodoh” yang kita lakukan, biarlah kita tidak menjadi pahit dan menjauhi pertolongan-Nya. Datanglah kepada-Nya dengan hati yang hancur, dan mohonlah pembentukan-Nya agar kita dapat kembali hidup berkenan kepada-Nya.(rhc)

itu,” terang Salendu. Untuk diperjelas, lanjut Salendu, dalam rekomen-

dasi Gubernur pun telah ditegaskan, pada prinsipnya Pemprov Sulut sangat

masyarakat Minahasa, secara umum lebih banyak yang mengeluhkan tentang kinerja yang didapatkan. “Bupati Minahasa saat ini (Vreeke Runtu, red) memang sudah berbuat banyak untuk Minahasa, tetapi meskipun sudah pernah menjabat 2 kali Bupati Minahasa, tapi pembangunannya belum terlihat. Selain itu ada beberapa janji politik yang belum mampu ia buktikan, dan ketika banyak calon yang ingin menjadi Bupati dan Wakil Bupati Minahasa dari jalur yang diakui, ini sungguh luar biasa yang harus diberikan apresiasi sebab keinginan besar masyarakat sudah dapat dibaca dan diukur

oleh para calon yang datang mengambil formulir,” ujar Kandouw. Sementara menurut Ketua Dekab Minahasa Drs Frits Tairas, ketika melihat kondisi ini juga sangat mengutarakan apresiasinya kepada para calon. Dirinya ketika membanding-bandingkan dengan proses pemilihan kepala daerah waktu lalu pun, tidak sebanyak itu. “Ya memang banyak, itu merupakan keinginan dari mereka yang bersedia untuk maju ke Pilkada. Minahasa harus ditangani oleh orang yang sungguhsungguh ingin membangun daerah ini,” ujar politisi senior Partai Golkar itu.(erka/dw)

mendukung aspirasi masyarakat Manado yang menginginkan dilakukannya pembentukan kecamatan yang baru. Namun, untuk pemekaran Kecamatan Winangun masih tertunda. “Hal itu telah diteliti, dikaji dan dilakukan peninjauan lapangan terhadap kajian usulan pembentukan calon kecamatan di Manado,” katanya mengutip isi rekomendasi Gubernur Sulut tersebut. Terkait dengan usulan pembentukan calon Kecamatan Winangun, jelas Salendu, sesuai isi rekomendasi Gubernur, belum dapat direkomendasikan untuk menjadi kecamatan definitif. “Ini terkait, karena Kelurahan Karombasan Selatan, yang sebelumnya diusulkan untuk digabungkan dalam calon Kecamatan Winangun tidak mendapat persetujuan dari LPM Kelurahan setempat, sehingga tidak sesuai dengan pasal 4 huruf c dan

pasal 6 ayat (1) peraturan pemerintah nomor 19 tahun 2008 tentang kecamatan,” rinci Salendu. Untuk itu dikatakan Salendu, sesuai dengan rekomendasi Gubernur soal pembentukan kecamatan, dimintakan kepada Pemkot Manado untuk segera menindaklanjuti pembentukan kecamatan tersebut, sesuai dengan kaidah dan ketentuan peratutan perudangundangan yang berlaku. “Jadi, pemekaran dua kecamatan tetap akan dilaksanakan dengan mengacuh pada rekomendasi Gubernur Sulut itu. Dan tentunya ini adalah kabar yang menggembirakan, karena Pemprov Sulut begitu proaktif mendukung Pemkot Manado, demikian juga dengan aspirasi masyarakat kota Manado. Untuk itu tentunya Pemkot dan masyarajat Manado sangat berterimah kasih akan hal ini,” tandas Salendu.(teem/dw)

Dalam hal ini engkau telah berlaku bodoh, oleh sebab itu mulai sekarang ini engkau akan mengalami peperangan. (2 Tawarikh 16:9b)

Rekomendasi ... dari Halaman 1 Yakni Kecamatan Bunaken Kepulauan dan Kecamatan Paal II untuk

dibentuk kecamatan devinitif, sesuai anjuran rekomendasi Gubernur Sulut

Minahasa ... dari Halaman 1 Menariknya, dalam pengambilan formulir kali ini cukup mencengangkan, pasalnya dari buku register pengambil formulir mencapai 31 kandidat. Bisa dikata fantastis, dan memecahkan rekor pelaksanaaan pesta demokrasi di Tanah ToarLumimuut, yang kali ini banyak peminatnya. Ini tentunya berbanding terbalik dengan pilkada tahun 2007 silam yang formulir pencalonan hanya diambil 10 kandidat. “Ini tahun memang lebih banyak jika dibandingkan dengan Pilkada Minahasa lalu, kalau yang lalu hanya mereka yang ditetapkan menjadi peserta pilkada

yakni 5 pasang, berarti 10 kandidat pasangan bupati dan wakil bupati. Namun kali ini sungguh banyak, berdasarkan buku register itu mencapai 31 orang,” ujar personil KPU Minahasa bagian register, Steven Mamengko, kepada Swara Kita. Dengan banyaknya para calon ini, menurut pemerhati politik Minahasa Ferdinand Kandouw, bahwa ini sebuah bukti bahwa banyak sekali orang yang punya keinginan untuk menata dan merubah mekanisme dinamika pemerintahan selama ini. Karena berdasarkan kajian dan laporan serta keluhan yang disampaikan

Politikus ... dari Halaman 1 Seusai pemeriksaan selama 6,5 jam, politisi Partai Golkar itu langsung digiring ke Rumah Tahanan (Rutan) KPK dengan mobil tahanan. KPK menjerat Ketua Gema MKGR itu dengan Pasal 5 ayat 1 huruf a subsider Pasal 13 UU Tipikor jo Pasal 55 KUHP. Fahd diduga menyuap mantan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR dari PAN Wa Ode Nurhayati terkait DPID 2011 untuk tiga kabupaten di Aceh, yaitu Aceh Besar, Pidie Jaya, dan Bener Meriah. Bersama Saul Paulus David Nelwan alias Paul Nelwan dan Abraham Noch Mambu, Fahd diduga telah menyuap Wa Ode sebesar Rp6,25 miliar. Ditahannya Fahd menambah daftar para tersangka korupsi masuk “Jumat keramat”, sebab beberapa kali KPK menahan tersangka kasus korupsi pada hari Jumat. “Jumat keramat” merupakan istilah yang tenar untuk menunjukkan penahanan atau pengumuman seseorang menjadi saksi. Beberapa tersangka korupsi yang diperiksa KPK pada hari Jumat biasanya akan langsung ditahan seusai pemeriksaan. Kerapnya penahanan yang dilakukan KPK pada hari Jumat memunculkan istilah “Jumat

ANTARA LAIN DAFTAR KORBAN “JUMAT KERAMAT” Jumat, 27 Juli 2012: Fahd El Fouz alias Fahd A Rafiq. Politikus Partai Golkar, ditahan terkait suap program Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (DPID). Jumat, 1 Juni 2012: Miranda Swaray Goeltom. Mantan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, ditahan karena telah menjadi tersangka suap cek pelawat. Jumat, 25 Mei 2012: Aat Syafaat. Mantan Walikota Cilegon, Banten, ditahan terkait korupsi pengembangan pembangunan Dermaga Trestle Kubangsari. Jumat, 11 Mei 2012: Shiokana Toshio. Warga Jepang, Direktur PT Onamba Indonesia, ditahan terkait kasus suap hakim pengadilan hubungan industrial, Imas Dianasari. Jumat, 4 Mei 2012: Angelina Sondakh. Anggota DPR RI, ditahan terkait dugaan permainan anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jumat, 20 April 2012: Rustam Pakaya. Mantan Kepala Pusat Penanggulangan Krisis Departemen Kesehatan, terkait kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan (Alkes). Jumat, 13 April 2012: Murdoko. Ketua Deprov Jawa Tengah, tersangka terkait kasus dugaan korupsi yang terjadi di Kabupaten Kendal.

keramat”. Fahd sendiri mengaku dicecar pertanyaan soal penerima uang suap proyek tersebut. “Saya jawab Mirwan Amir, Tamsil Linrung (Pimpinan Badan Anggaran DPR),” ujarnya singkat usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK. Selain kedua nama itu, kuasa hukum Fahd, Syamsul Huda, menyebut nama politikus PPP Irgan Chairul Mahfiz sebagai penerima suap dana PPID. “Disebutkan ada tiga nama oleh Fahd, yakni Mirwan, Tamsil, dan Irgan,” ujarnya. Adapun Syamsul mengatakan anggaran dari tiap daerah penerima dana PPID mencapai Rp40 miliar. Dua kabupaten, Aceh Besar dan Pidie Jaya, disebut-sebut sebagai ‘jatah’ Mirwan.

Namun, kata Syamsul, Mirwan tidak menyebut berapa besar bagian yang diterima Mirwan dari dana tersebut. “Sedangkan Tamsil kalau tidak salah Bener Meriah,” ujarnya. Sementara itu penasihat hukum Fahd, Syamsul Huda, jika kliennya sering mendapatkan ancaman atau teror dari pihak luar selama mengurusi kasus alokasi anggaran DPID di Provinsi Aceh. Oleh sebab itu, KPK menahan kliennya di Rutan KPK. “Ditahan di Rutan KPK karena memang klien kami mendapatkan semacam teror atau ancaman,” ujar Syamsul. Lebih lanjut, dia menjelaskan selama ini kliennya sering mendapatkan telepon berupa ancaman dan didatangi oleh pihak-pihak luar. Dikatakannya, ancaman

itu masih sebatas dikirimi orang dan berupa telepon. “Saudara Fahd banyak sekali ditelepon dan didatangi orang-orang yang tidak dikenal,” tegasnya. Namun pihak KPK sendiri tidak tahu-menahu terkait adanya ancaman kepada pihak Fahd. KPK berpendapat jika selama ini Fahd tidak ditahan dan tidak mendapatkan laporan apa pun terkait adanya ancaman seperti itu. KPK hanya memberikan alasan jika Fahd ditahan di Rutan KPK, di antaranya adalah untuk mempermudah proses penyidikan dan mengantisipasi adanya intervensi dari pihak luar. “Memang hal-hal seperti itu yang dihindari oleh tim penyidik KPK,” ungkap Johan.(miol/dw)

HAG ... dari Halaman 1 Soal dukungan agar supaya mencapai 5 kursi, sudah dilengkapi dengan dukungan 4 partai yang duduk di Dekab Minahasa. Itu berarti, fokus HAG sendiri bukan lagi tertuju di PDIP melainkan ke Partai Gerindra yang siap memperjuangkannya hingga ke titik penghabisan. Ketua DPC Gerindra Minahasa Ir Man Tojo Rambitan kepada Swara Kita Jumat (27/2) kemarin, secara spontan mengatakan bahwa dirinya sudah dihubungi staf DPD Gerindra Sulut bahwa sudah ada telegraf dari DPP Gerindra yang telah memberikan persetujuan untuk HAG dapat diusung lewat Gerindra. “Meskipun saya belum lihat SK tersebut, tetapi 99 persen sudah ada faks-nya di kantor Gerindra Sulut yang mengesahkan bahwa SK ditujukan kepada HAG,” ujarnya, seraya mengatakan bahwa untuk faks tersebut setahu dirinya sudah ada semenjak Rabu (25/7) lalu. Resmi akan diusung Gerindra, HAG pun diberikan keleluasan

menentukan calon wakilnya, yang sudah tidak lain lagi adalah Tito Sumampouw. Slogan HATI (Hangky-Tito) pun sudah tidak terbantahkan. “Siapa yang sudah ditunjuk oleh Gerindra, untuk posisi wakil diberikan kepercayaan seluruhnya kepada calon bupati yang dipercayakan,” ujarnya. Sementara itu menurut sumber resmi tim sukses HAG yang enggan menyebutkan namanya mengatakan bahwa hal tersebut disambut positif. “Itu sangat positif, dan pastinya pilkada Minahasa dengan masuknya HAG, akan semakin ramai karena akan ada pertarungan sengit didalamnya,” ujar tim sukses HAG yang enggan namanya dikorankan. Dengan demikian, maka HAG resmi mengikuti jejak Careig Naichel Runtu (CNR) yang sudah lebih dulu ditetapkan sebagai kandidat Bupati oleh Partai Golkar. Artinya, sudah dua kandidat Bupati Minahasa yang resmi punya kendaraan, yakni HAG di Gerindra dan CNR di Golkar.(erka/dw)


SABTU 28 JULI 2012

REGIONAL

Gaji para manajer di Spanyol dipotong PERUSAHAAN telekomunikasi Spanyol, Telefonica, telah menghentikan pembayaran dividen, menurunkan tarif telepon, dan mengurangi 30 persen gaji para manajer tingkat atas. Ini merupakan dampak dari krisis berkepanjangan di Spanyol yang tidak jelas kapan berakhir. Demikian diberitakan kantor berita Agence France Presse (AFP), Kamis (26/7/2012) malam. “Keputusan khusus ini akan membuat perusahaan bisa melanjutkan pembayaran utang dan memelihara aliran kas hingga akhir 2013,” kata pimpinan utama Telefonica, Cesar Alierta. Selain Telefonica, sejumlah perusahaan raksasa Spanyol juga dipaksa melakukan penghematan sebagai dampak dari krisis ekonomi yang dimulai tahun 2008, salah satunya akibat kejatuhan sektor properti. “Mayoritas perusahaan Spanyol dililit utang dan, lebih buruk lagi, perusahaanperusahaan itu memiliki kewajiban utang yang lebih besar dari nilai perusahaan,” kata Daniel Pingarron dari perusahaan pialang, IG Markets. Pekan lalu, Pemerintah Spanyol memprediksi bahwa perekonomian negara masih tetap dalam resesi hingga tahun 2014. Perekonomian diperkirakan akan mengalami kontraksi 1,5 persen pada 2012 dan mengalami kontraksi 0,5 persen tahun 2013. Krisis ekonomi, ditambah lagi dengan program penghematan pemerintah serta kenaikan pajak, telah membuat permintaan di Spanyol anjlok drastis.(komc)

Janji ECB bikin Wall Street melaju SAHAM-saham Wall Street berakhir melonjak pada Kamis (25/7/2012) waktu setempat, (Jumat pagi WIB), didukung oleh janji Bank Sentral Eropa (ECB) untuk melakukan segala kemungkinan guna menyelamatkan zona euro dari krisis utang yang berkecamuk. Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup 212,88 poin (1,67 persen) lebih tinggi menjadi 12.887,93. Indeks S&P 500 menguat 22,13 poin (1,65 persen) menjadi 1.360,02. Indeks komposit teknologi Nasdaq naik 39,01 poin (1,37 persen) menjadi 2.893,25. “ECB siap untuk melakukan apa pun untuk mempertahankan euro. Dan saya yakin itu akan cukup,” kata Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi pada pertemuan puncak bisnis di London. “Komentar oleh gubernur bank sentral memicu spekulasi ECB bisa menambah pembelian obligasi untuk menurunkan imbal hasil yang melonjak dari utang Italia dan Spanyol,” kata analis dari Wells Fargo Advisors. Data ekonomi AS bervariasi. Klaim pengangguran mingguan menurun tajam, tetapi pesanan barang tahan lama, minus transportasi, jatuh pada Juni. Penjualan “pending home” (rumah yang pengurusannya belum selesai) jatuh pada Juni, bukan naik seperti yang diharapkan. Investor juga dibanjiri laporan pendapatan perusahaan. Anggota Dow, ExxonMobil naik 1,5 persen. Raksasa energi itu mencatat kenaikan laba 49 persen untuk kuartal kedua.emiten Sesama komponen Dow, 3M naik 2,1 persen. Konglomerat pembuat Post-It notes dan Scotch Tape itu melaporkan laba kuartal kedua sedikit di atas perkiraan, tetapi pendapatannya turun. Sementara peritel Home Depot memimpin Dow lebih tinggi dengan kenaikan 3,6 besar. Adapun United Continental Holdings, induk United Airlines, maskapai penerbangan terbesar dunia, melaporkan penurunan tajam laba kuartal kedua karena pertumbuhan pendapatan lemah. Saham UAL tergelincir 5,9 persen. Perusahaan game online Zynga anjlok 37,5 persen setelah melaporkan kerugian mengejutkan 22 juta dolar AS untuk kuartal kedua. Hasil buruk untuk Zynga, yang mengembangkan platform permainan di Facebook, membuat sakit Facebook. Raksasa media sosial itu jatuh 8,5 persen.(komc)

Perbarindo genjot kredit produktif hingga 60% Ikuti sumber daya manusia agar dapat melakukan analisa Manado—Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) yang beroperasi di Provinsi Sulut akan menggenjot porsi kredit produktif hingga 60 persen. “Saat ini

kami sementara fokus menyalurkan kredit produktif yang akan digenjot hingga 60 persen dan konsumtif 40 persen,” kata Ketua Perbarindo Sulutgo, Denny Senduk.

Dikatakan Senduk, program tersebut telah menjadi program BPR untuk meningkatkan kredit produktif ketimbang konsumtif. “Untuk mendorong kredit produktif maka perbarindo

akan mengikuti pemberdayaan sumber daya manusia agar dapat melakukan analisa kredit dengan baik dan benar,” katanya. Sektor produktif, tukasnya, memang poten-

sial mendapatkan penyaluran kredit BPR, namun petugas kredit BPR perlu mengetahui secara lebih cermat mulai dari pengenalan nasabah dan usahanya. Sementara itu, Sekretaris Perbarindo Sulutgo, Joubert Kumontoy menga-

takan peningkatan kualitas SDM akan terus ditingkatkan, dalam upaya semakin memperkokoh peran BPR dalam perekonomian daerah. “Perbarindo akan terus mendukung perekonomian daerah dengan mendorong sektor produktif,” pungkasnya.(haer)

Pertamina siap lakukan pembatasan BBM 1 Agustus Jakarta—PT Pertamina (Persero) mengaku siap melaksanakan peraturan menteri terkait pembatasan bahan bakar minyak (BBM) bagi kendaraan dinas di seluruh Jawa-Bali pada 1 Agustus mendatang. Vice President Communication Corporate Pertamina Ali Mundakir mengatakan, Pertamina sudah menyediakan stok BBM nonsubsidi jenis pertamax untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi dalam pelaksanaan Peraturan Menteri No 12 Tahun 2012 tersebut. “Stok saat ini 67 hari kalau dibatasi dan konsumsi naik dua kali lipat. kita masih ada stok untuk 30 hari, jadi tidak masalah itu,” kata Ali di Jakarta, Jumat (27/ 7/2012).

Pertamina juga sudah menyiapkan SPBU di JawaBali agar bisa menjual pertamax. Pertamina juga mengklaim sebanyak 2.704 SPBU di seluruh Indonesia sudah menyediakan pertamax. Sebelumnya, demi mengamankan APBN Indonesia karena besarnya subsidi energi, Presiden SBY mencanangkan lima gerakan hemat energi. Pertama membatasi penggunaan BBM subsidi di Kalimantan, melarang kendaraan perkebunan menggunakan BBm subsidi, mewajibkan kendaraan pelat merah menggunakan BBM nonsubsidi, konversi BBM ke BBG dan mengurangi pemakaian listrik di sejumlah kementerian, BUMN dan Pemda.(okez)

Tiga sektor penting membangun ekonomi Jakarta—Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan, tiga sektor yakni perindustrian, perdagangan, dan penanaman modal berperan penting dalam pembangunan perekonomian termasuk menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dewasa ini pada tingkat global mengalami tantangan luar biasa. Sektor perindustrian, kata dia, bisa meningkatkan dan membangkitkan sektor riil. Selain itu, lanjutnya, juga membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dan membangun masyarakat industri yang sangat penting bagi upaya besar bangsa kita menuju negara maju di abad ke-21 ini. Sementara perdagangan, sebutnya, memiliki kontribusi penting dalam pertumbuhan perekonomian nasional terlebih ketika pasar pada tingkat global mengalami masalah sekarang ini. SBY menjelaskan, perdagangan domestik untuk sebuah negara berukuran ekonomi seperti ini dengan bentangan geografi dan besarnya penduduk yang kita miliki juga tidak boleh diabaikan. “Kebijakan dan strategi kita menyangkut perekonomian tidak hanya berorientasi pada ekspor, artinya perdagangan dalam negeri juga memiliki peran penting,” kata SBY dalam

Sidang Kabinet Terbatas, di Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Jumat (27/7/2012). Dia menambahkan, masih ada ruang dan potensi untuk bertumbuh, maka upaya meningkatkan ekspor harus tetap djalankan. Sementara sektor penanaman modal atau investasi, jelasnya, akan mengubah perekonomian nasional pada jangka menengah dan panjang yang tentu akan lebih banyak memproduksi lagi apa yan g perlu diproduksi di negara ini. “Kita sudah punya master plan MP3EI. Kita ingin mengubah tatanan perekonomian di negeri ini, misalnya di bidang mineral, tidak hanya usaha pengelohan tambang tapi industri pertambangan. Oleh karena itu, investasi ke arah itu juga sangat diperlukan,” paparnya. Investasi, kata dia, harus bisa dibaca dengan baik, baik investasi dalam negeri maupun luar negeri. “Pertemuan kita ini akan fokus apa yang harus dilakukan ketiga sektor ini pada dua tahun terakhir ini untuk memastikan bahwa perekonomian kita terjaga dan tumbuh, dalam arti pertumbuhan kita juga Insya Allah tetap di atas enam ketika dunia mengalami krisis,” ungkapnya.(okez)

HARGA beberapa kebutuhan pokok mulai bergerak naik, seperti gula pasir, telur dan beras seingga perlu dilakukan operasi pasar.(foto:ist)

SEMBAKO

Warga minta pemerintah lakukan OP Manado—Warga kurang mampu di Kota Manado dan sekitarnya meminta pemerintah daerah dan pelaku usaha melakukan operasi pasar guna menekan kenaikan harga kebutuhan pokok. “Memang saat ini belum semua kebutuhan pokok

sudah naik, tetapi harus dicegah agar tidak berdampak jelang Lebaran,” kata Vera Saleh salah seorang ibu rumah tangga. Menurutnya, beberapa kebutuhan pokok berpotensi naik seperti beras, gula pasir, minyak goreng dan sebagainya.

Beberapa warga lainnya, kata dia, sudah melakukan aksi borong jelang Lebaran, untuk mengantisipasi kenaikan itu. “Operasi pasar sangat penting dan harus tepat sasaran, terutama bagi warga kurang mampu atau ekonomi lemah,” ujarnya. Sementara

itu, pantauan harian ini di sejumlah pasar tradisional, harga beberapa kebutuhan pokok mulai bergerak naik, seperti gula pasir, telur dan beras. Selain itu, komoditi lain yang mengalami kenaikan adalah rica yang sudah mencapai Rp30 ribu per kilo.(haer)

Masuk akal, penetapan HET untuk kedelai Jakarta—Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berpandangan penetapan harga eceran tertinggi (HET) bagi kedelai mungkin untuk dilakukan. “Kelihatannya masuk akal sehingga tidak dimanfaatkan oleh importir maupun pedagang selama kita tahu semuanya bisa mendapatkan kesejahteraan,” sebut Gita, di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (27/7/ 2012). Menurut Gita, secara konsep, penetapan HET bagi kedelai bisa diterima. Tapi untuk melakukan itu, Kementerian Perdagangan harus berbicara dengan pemangku kepentingan yang lain. Sekarang ini, Gita menuturkan langkah yang

akan dilakukan adalah memanggil para pedagang yang selama ini melakukan importasi. Kementerian pun akan bertemu dengan petani. Pertemuan dengan petani sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas. “Dan bertemu peneliti untuk meningkatkan teknologi,” katanya. Ketika ditanya apakah akan ada regulasi untuk tata niaga kedelai, Gita pun mengatakan Pemerintah akan mengarah ke hal itu. “Iya nantu arahnya ke situ,” tandasnya. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, tahun 2011, produksi kedelai lokal hanya 851.286 ton atau 29 persen dari total kebu-

tuhan. Karena itu, Indonesia harus mengimpor kedelai 2.087.986 ton untuk memenuhi 71 persen kebutuhan kedelai dalam negeri. Pada tahun 2012, total kebutuhan kedelai nasional 2,2 juta ton. Jumlah tersebut akan diserap untuk pangan atau perajin 83,7 persen, industri kecap, tauco, dan lainnya 14,7 persen, benih 1,2 persen, dan untuk pakan 0,4 persen. Karena anomali cuaca yang melanda Amerika Serikat dan Amerika Selatan, pasokan kedelai pun turun dan harganya melonjak. Harga kedelai internasional pada minggu ke-3 Juli 2012 mencapai 622

dollar AS per ton atau Rp 8.345 per kilogram untuk harga paritas impornya di dalam negeri. Harga ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga tertinggi pada tahun 2011, yaitu bulan Februari sekitar 513 dollar AS per ton atau harga paritas impornya di dalam negeri sekitar Rp 6.536 per kilogram. Padahal, impor kedelai terbesar Indonesia berasal dari Amerika Serikat dengan jumlah 1.847.900 ton pada tahun 2011. Menyusul impor dari Malaysia 120.074 ton, Argentina 73.037 ton, Uruguay 16.825 ton, dan Brasil 13.550 ton.(komc)


SABTU 28 JULI 2012

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Bumi berorientasi ekonomi KEHENDAK waktu menggumuli semesta. Dari ramai soal, angin menderas, kemudian petaka yang teramat sering datang tanpa mampu diprediksi. Negeri di bumi berkalang persoalan, namun, ada denting seperti didiamkan. Dalam ketika yang kini, sistem berada pada kepenatan menggila, sesumbar mimpi dalam detak retak menghentak-hentak nadi peradaban. Sungguh dalam igau kata-kata berantak kalimat, sebab arti mendua. Kuping kita menampung semua pesan terlontar, dan dengan sigap pembangunan terluncur sebagai seteru tak berujung dari kebutuhan sumberdaya. Jaminan saja tak cukup, bila kita menyampaikan ketersediaan, ternyata barisan pengantri masih menunggu berhari-hari dalam kalut peristiwa di banyak lokasi berbeda. Orientasi dari paradigma pembangunan itu adalah pada ekonomi, kemajuan teknologi, pesatnya industrialisasi, individualisasi, dan sekularisasi, melahirkan perombakan teori-teori ekonomi, teori-teori negara, dan pola tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan kepentingan manusia lebih dari kemanusiaannya. Berantak kata mencari padanan, sebuah kalimat mengandung banyak arti, lahirlah bimbang. Walau tak untuk lupakan bencana yang membingkai segala sektor, mari kita beralih, mengail issue dari logika ekonomi teknologis, orientasi kebendaan, materialistis, kini jadi gaya hidup. Masyarakat hanya dinilai berhasil bila pertumbuhan ekonomi rata-rata naik. Bahkan perbuatan baik apapun hanya dihargai bila bernilai ekonomi produktif dan dapat dimanfaatkan bagi kehidupan praktis secara teknis. Ini riil di rel penumpukan cerita pemiskinan mereka yang miskin. Coba lihat data berikut ini: Angka kemiskinan dari tahun ke tahun cenderung meningkat. Data dari Badan Pusat Statistik, jumlah penduduk Sulawesi Utara kurang lebih dua juta delapan ratus jiwa, dan sekitar dua ratus lima puluh ribu jiwa di antaranya yaitu sekitar sebelas persen dinyatakan miskin. Kenaikan garis kemiskinan. Ada yang diusik dengan lead kepedulian terhadap kondisi sumberdaya manusia di daerah ini. Bicara boleh kencang karena ada kucuran dana lagi meluncur. Di kisah ada yang belum kebagian. Bagaimana kabar tentang sumberdaya manusia kita yang selalu dipromosikan sebagai “semakin meningkat”, padahal soal ini selalu saja dirundung ruang yang semakin sulit dan mendesak. Menyusul soal kepedulian itu, adalah perhatian terhadap pendidikan dan kesehatan belum menjadi prioritas, diiring suara-suara mereka yang dipinggirkan dalam urusan pelayanan. Sekolah yang terbengkalai dengan fasilitas kurang memadai, deretan pasien tunggu biaya dan segala pengaduan terbentur tembok, adalah sekelumit soal yang belum dituntaskan hingga detik ini. Ini memang riil soal. Dana pembangunan disorot kabar, lalu redup, kerling pun enggan menengok walau sejenak pada penyimpangan terus berjalan di keremangan. Demikian pula pelayanan kesehatan yang resah, karena sakit berarti sengsara, kartu miskin yang disudut-sudutkan. Fokus pada pendidikan yang terus disorot karena soal ini dianggap sebagai hulu dari banyak persoalan di negeri kita. Dikatakan bahwa kegagalan Indonesia dalam mengelola kekayaan alam yang melimpah ruah, dan hanya menjadikan dirinya cuma sebagai “sapi perahan” negara-negara maju memunculkan berbagai kritik pada pendidikan yang mencetak orang-orang yang “melempem” yang sok siap menerima tawaran bertarung di persaingan global, padahal daya saingnya rendah. Bagaimana dengan perhatian kita terhadap dunia pendidikan yang dibilang sementara mengusahakan kemajuan bagi sumberdaya manusia di negeri ini. Berdasarkan penelitian, hanya ada lima belas persen manusia yang bisa melanjutkan pendidikan hingga ke jenjang sarjana, terutama ditinjau dari sisi kemampuan akademik. Sementara delapan puluh lima persen lainnya adalah manusia yang memang hanya mampu menempuh pendidikan menengah dan rendah. Baik karena kemampuan akademis maupun finansial. Bagi anak-anak seperti ini, maka yang diperlukan adalah eksplorasi kemampuan non akademis, berupa pengajaran praktis. Keterampilan yang langsung dapat dimanfaatkan sebagai bekal menata kehidupan di masa depan. Sekaligus juga mengeksplorasi bakat terpendam. Bagi anak-anak seperti ini, sekolah umum cenderung membelenggu dan mematikan kreatifitas manusia. Kualitas lulusan sekolah lanjutan pun semakin menurun, karena kualitas sekolah ditentukan oleh seberapa banyak lulusannya yang diterima di universitas terkemuka di negeri kita. Bagi produk pendidikan seperti ini, apa yang dilakukan selama ini diyakini sebagai sebuah kebenaran, dan di titik inilah pusat persoalan. Gelembung-gelembung pengaruh diproduksi “kebenaran” pendidikan yang juga berorientasi ekonomi, menyebar melalui dimensi ruang dan waktu, untuk memunculkan kader-kader baru di masa datang. Semua orang berebut dan berlomba-lomba masuk universitas agar kelak menjadi sarjana. Ini satu contoh riil, keberhasilan Jerman dan Jepang untuk bangkit dari kehancuran total selama perang dunia kedua disebabkan karena pemerintah di sana menaruh prioritas pembangunan pendidikan. Konsentrasi pembangunan pendidikan ternyata mampu meningkatkan jumlah tenaga terlatih yang kemudian menopang kebangkitan industri di kedua negara tersebut. Selama ini orientasi pendidikan di negeri kita masih saja mengejar gelar, mencari kerja, dan meningkatkan status di masyarakat. Padahal, fenomena ini merupakan bagian dari pelestarian budaya feodal di mana uang dan ekonomi menjadi tolok ukur atau standar penilaian. Fenomena ini harap segera dipinggirkan.(*) Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Di titik poor governance

Korupsi dan kekuasaan (1)

Oleh Kukok Satrianto http://www.artikel-indonesia.co.cc KORUPSI dan kekuasaan ibarat dua sisi mata uang. Korupsi selalu mengiringi perjalanan kekuasaan dan sebaliknya, kekuasaan merupakan pintu masuk bagi tindak korupsi. Itulah hakekat pernyataan Lord Acton, guru besar sejarah modern Universitas Cambridge Inggris yang hidup di abad 19.

Dengan adagiumnya yang terkenal Power tends to corrupt, and absolute power corrupt absolutely (kekuasaan itu cenderung korup, dan kekuasaan yang absolut cenderung korup secara absolut). Ada postulat mengatakan bahwa korupsi mengikuti watak kekuasaan. Jika kekuasaan berwatak sentralistis, korupsi pun

mengikutinya berwatak sentralistis. Makin tersentral kekuasaan, makin hebat pula korupsi di pusat kekuasaan. Sebaliknya, jika yang terjadi adalah desentralisasi atau otonomi, maka korupsi pun mengikutinya sejajar dengan otonomi, yaitu berpindah dari pusat kekuasaan ke banyak pusat kekuasaan di daerah. Bisa dibayangkan jika terjadi otonomi yang seluas-luasnya, korupsi pun akan terjadi seluas-luasnya.

Otonomi daerah juga dapat menimbulkan banyak masalah, selain mengurangi efisiensi, ternyata juga menyuburkan korupsi. Seakan-akan antara pusat dan daerah berlomba melakukan korupsi. Sedemikian kencangnya perlombaan itu hingga tidak jelas lagi mana yang lebih hebat dan ‘berprestasi’ dalam melakukan korupsi. Jika era Orde Baru umumnya yang melakukan korupsi adalah jajaran

eksekutif, sekarang sudah melanda jajaran legislatif. Bahkan ada istilah korupsi berjamaah atau korupsi secara gotong royong. Keduanya adu cepat melalap uang negara dan mengisap uang rakyat. Korupsi sebagai virus ganas rupanya mendapatkan medium penyebaran yang efektif melalui otonomi daerah. Hal ini jelas mengancam masa depan negeri ini. (bersambung)

Hasrat seks tak perlu pornografi (3/selesai) Oleh: Soe Tjen Marching Pengajar di University of London takenfrom: JP Alasan pertama mungkin karena ingin mengikuti semangat Orde Baru, ketika diskusi tentang komunisme dilarang sama sekali. Bahkan menyebut kata “komunis”-pun sempat membuat saya keder. Padahal, sebenarnya negara kita pada masa Soeharto tak ubahnya seperti beberapa negara komunis lain: yang media masanya dibungkam Negara, yang pemberontaknya hilang tanpa bekas, yang mencurigai para aktifis dan artis. Dengan kata lain,

mereka membuat rakyat lebih mudah dikelabui, sehingga mereka dapat dengan leluasa menjadi maling yang berteriak maling. Sekarang, masyarakat dituntut untuk selalu bermoral, sehingga kerusuhan moral Negara luput dari perhatian. Alasan kedua mungkin karena para pejabat tinggi ini memang betul-betul tidak tahu, seperti yang terjadi pada Ratu Victoria di Inggris. Ketika dia melarang segala hal yang berbau pornografi, sang Ratu dengan keras

memberi sangsi pada kegiatan homoseksual bagi para lelaki. Herannya, sangsi yang keras ini tidak berlaku pada para lesbian, sehingga para lesbian dapat bernafas lega. Kabarnya, ini terjadi bukan karena si Ratu ingin berbaik hati pada lesbian, namun karena sang penguasa tidak percaya bahwa ada perempuan yang bisa melakukan kegiatan begituan di negaranya! Jadi, ada kemungkinan pemerintah kita memang tidak becus melihat pokok persoalan. Tapi tentunya pemerintah kita sekarang sudah lebih cerdas daripada Ratu Victoria. Dan ini membuat saya memikirkan alasan ketiga.

Yaitu, pemerintah kita malah menciptakan peraturan baru untuk gagah-gagahan. Karena itulah, para pejabat begitu ahli menggerebek yang kelihatan di permukaan, namun malas mengurusi hal-hal yang lebih mendasar, yang sulit kelihatan dan harus diamati dengan lebih seksama. Mengobrak-abrik kioskios internet, pedagang toko dan emperan tentu lebih mudah daripada mengusut korupsi pejabat kelas kakap. Kemungkinan lain mengapa akar permasalahan tidak pernah tuntas: karena pemerintah hanyalah menuruti kelompok yang agresif, yang meneror

dan menghantam siapa saja yang tidak manut kehendak mereka. Karenanya pemerkosaan ribuan perempuan Aceh dan Papua tidak ditangani. Begitu juga pemerkosaan dan pelecehan ratusan perempuan Tionghoa di Jakarta pada pertengahan bulan Mei 1998, tidak diusut sama sekali. Oleh sebab itu, selama ini penanganan masalah hanya menimbulkan kerumitan lain. Layaknya seperti dokter bedah yang tidak becus menggunting sel-sel kanker, sehingga penyakit ini bukannya menjadi jinak, namun malah menjadi semakin liar, semakin ganas, semakin menggelora.(*)

Penerapan pendidikan kehutanan yang kritis (1) Oleh Ubaidimoksa Syohih www.kabarindonesia.com ANAK didik tidak hanya disiapkan agar siap bekerja, tapi juga bisa menjalani hidupnya secara nyata sampai mati. Anak didik haruslah berpikir dan pikirannya itu dapat berfungsi dalam hidup sehari-hari. Kebenaran adalah gagasan yang harus dapat berfungsi nyata

dalam pengalaman praktis.” John Dewey (1859 – 1952) Kondisi kehutanan Indonesia pada saat ini menjadi persoalan serius dan sudah menjadi tanggung jawab semua pihak untuk bisa memperbaikinya. Menurut Direktur Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya

Air Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Basah Hernowo sebagaimana yang dilansir Kompas.com (11/09/08). Laju kerusakan hutan Indonesia saat ini mencapai 1,08 juta hektar per tahun sedangkan kemampuan Pemerintah untuk merehabilitasi hanya sampai 700.000 ribu hektar per tahun. Lalu bagaimana lembaga pendidikan tinggi kehutanan mampu mempertanggungjawabkannya?

Merenungi quote John Dewey di atas, agak miris melihat kondisi Pendidikan Tinggi Kehutanan saat ini. Pendidikan Tinggi Kehutanan lebih diarahkan pada menyiapkan rimbawan “buruh”. Bukan lagi rimbawan-rimbawan handal yang siap menganalisa situasi dan kondisi kehutanan Indonesia saat ini. Karena pola pikir “buruh” lah, segala macam hapalan dijejalkan

kepada mahasiswa kehutanan. Dan semuanya hanya demi satu kata: IJAZAH! Ya, ijazah, ijazah, ijazah yang diperlukan untuk mencari pekerjaan. Pun demikian dengan institusi pendidikan, lembaga ini tidak ubahnya seperti pencetak mesin ijazah.

(bersambung)

INI yang kita dapat nikmati selama ini: Birokrasi panjang di kantor-kantor pelayanan masyarakat selalu mengaburkan isi kantor dan mengabarkan bahwa bapak dan ibu sedang turun lapangan, atau bapak dan ibu ada tugas luar yang membuat kita menunggu terlalu lama untuk sesuatu yang tidak ada. Padahal, penyelenggara negara dalam sosialisasinya selalu mengumumkan bahwa mereka siap melayani masyarakat. Hasil kajian beberapa lembaga menyatakan bahwa Indonesia termasuk dalam kategori negara poor governance. Kajian ini melihat governance quality dengan cara menghitung besarnya governance quality index. Indeks kualitas governance diukur dari indeks partisipasi masyarakat, indeks orientasi pemerintah, indeks pembangunan sosial, dan indeks manajemen ekonomi makro. Tak ditemui tanda-tanda good governance selain omong besar yang membuktikan poor governance itu semakin kentara. Bila Sulawesi Utara masih Indonesia, maka, ia masuk dalam kategori itu. Ketika rakyat bertanya tentang perkaranya yang tertunda-tunda, maka jawaban yang terdengar itu masih sama, “juklak dan juknis belum turun”, “bapak ibu lagi turun lapangan dan belum dapat kita temui”. Proses birokrasi yang semraut dan panjang sudah memungkinkan kita tetap berada di titik poor governance. Rakyat disodori berbagai kerancuan, berita ambigu yang seperti menyuarakan keadilan. Kenalkah kita pada diri kita yang sudah menyaru berbagai penyakit global dan ikut mengigaukan keteledoran zaman ini yang lebih mencintai diri sendiri dan uang? Dalam ruang kita memohon doa-doa yang hanya mencapai loteng, kita teramat percaya pada ramalan bias segudang katakata penghiburan dan pada pesan singkat kemudahan dalam iklan. Berita kita saat ini tentang tanah yang akan terguncang, dan laut akan penuh badai lebih keras dari yang sudah pernah terjadi. Sembur lumpur dan petaka akan mengeringkan harapan, sehingga kita percuma mengigaukan kepedulian karena kita adalah bagian dari bencana. Beberapa point penting bagi majunya perekonomian di tingkat akar rumput, yang sebenarnya bisa dikuatkan oleh regulasi dari pemerintah kita. Para petanipun masih menyiap sederet proposal lainnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan sekarang dan hari yang sudah lewat sebab tak ada saving dana bagi mereka untuk survive selama program yang masih sebatas suara kencang berbentur tembok kepentingan. Pembuat dan pengambil kebijakan selayaknya memfokuskan usaha mereka untuk mencapai tujuan-tujuan yang fokus dan terarah. Demikian juga penyelenggara negara, mastinya meningkatkan pelayanan masyarakat, seraya terus memperkuat institusi publik.(*) Rone Lingkarapi Sulawesi

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ronald Rompas. REDAKTUR PELAKSANA: Donny Wungow. KOORDINATOR LIPUTAN: Glenly Bagawie. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Daniel Kaligis, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG-BOLMUT), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL). KONTRIBUTOR: Heintje Mandagi (JAKARTA), Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. SPECIAL AGENT: Debby Ch Lende. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. KOLEKTOR IKLAN: . DESAIN GRAFIS: Raditha Yunika. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey. (Manado), (Bolmong Raya, Sitaro, Sangihe). PACKING: Samiun Hulantu. TIM PENGEMBANGAN: KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 6000/mm kolom (BW), Rp.12000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


SABTU 28 JULI 2012

HOT NEWS

Ashanty tunda punya anak

ASHANTY dan Anang Hermansyah sepakat menunda untuk punya momongan. Alasannya, Anang dan Ashanty tengah sibuk di karir. “Program anak ditunda, karena aku ada film. Kalau sama single nggak apa-apa tapi kalau Allah sudah berkehendak ya kami terima,” ujar Ashanty bersama Anang saat ditemui di Pondok Indah. Selain karena ada proyek untuk film, Ashanty kini juga tengah sibuk menyiapkan album perdana yang rencananya akan dirilis setelah lebaran. “Pekerjaan di musik, untuk album Ashanty sudah selesai. Single sudah selesai untuk film,” papar Anang. Rencananya Ashanty juga akan menggandeng salah satu stasiun televisi swasta nasional untuk promo albumnya. “Kemarin sama teve sudah kerjasama. Mudahmudahan setelah lebaran promonya sudah jalan,” pungkasnya.(ini)

Aktris cantik juara tinju nasional TIDAK selalu benar jika ada anggapan bahwa seorang artis cantik hanya mampu berakting dan berpose di depan kamera. Buktinya, salah seorang aktris papan atas Korea Selatan, Lee Si Young, tak hanya sekadar piawai berakting, tapi juga mampu bertarung di atas ring. Seperti dilansir dari laman Soompi, Si Young sukses memenangkan final kejuaraan tinju Annual National Female Amateur Boxing Championship ke-33 kelas 48 Kg, pada 26 Juli 2012 waktu setempat. Aktris yang bermain dalam serial drama Boys Over Flowers dan Mischievous Kiss ini berhasil mengalahkan pemenang tahun lalu, Ji Yoon Jin. Ini bukan pertama kalinya Si Young mengikuti kejuaraan tinju nasional di Korea Selatan. Ia juga tercatat pernah mengikuti kejuaraan National Amateur Boxing Championships ke-7 pada tahun lalu, dan hanya berhasil meraih juara dua. Menanggapi kekalahannya saat itu, wanita yang pernah beradu akting dengan personel Super Junior, Choi Siwon dalam drama Poseidon tersebut memang sudah menduganya. “Saya ingin menunjukkan kepada semua orang seberapa

baik saya, namun saya masih harus banyak belajar. Terimakasih sudah menaruh perhatian kepada saya meski saya masih baru, sementara masih banyak senior yang lebih hebat. Saya akan lebih bekerja keras, baik dalam akting dan tinju,” ujar Si Young seperti dilansir dari laman Allkpop. Sebelumnya, Si Young juga sempat memperlihatkan kemampuan tinjunya dalam sejumlah drama. Mulai dari Wild Romance hingga Poseidon. Meski serius menjalani profesi barunya sebagai petinju amatir, aktris yang pernah menjadi model untuk majalah Maxim Korea ini tak meninggalkan kariernya di dunia akting. Dalam waktu dekat, Si Young dikabar-kan akan syuting film ter-barunya berjudul Male Instruction Manual.(vvn)

Lee Si Young

MILA KUNIS

Pose seksi untuk produk baru

CHRISTIAN Dior, salah satu rumah mode kenamaan, akhirnya jatuh cinta pada Mila Kunis. Bintang seksi Hollywood ini didaulat mengiklankan produk terbaru mereka untuk musim semi ini. Kunis dijadwalkan melakukan pemotretan untuk majalah fashion kelas dunia di China, Italia, Rusia, Perancis, dan Amerika. “Mila Kunis adalah aktris muda yang sangat berbakat, dia merupakan gambaran wanita yang sangat modern dan seksi. Penampilannya dalam ‘Black Swan’ memang luar biasa. Dia sangat berbakat,” kata Delphine Arnault, wakil general manager Dior, seperti dikutip The Times of India. Untuk menampilkan handbag terbaru, Miss Dior, Kunis tampak

dengan balutan serba hitam dengan gaya klasik. Blus lengan panjang yang membentuk tubuh, serta rok lipit menggoda, plus tas berbahan tweed yang elegan. Pada sesi pemotretan yang lain, ia menggunakan atasan super ketat yang dipadukan dengan rok kulit. Ini benar-benar padanan memikat untuk signature Dior yang sudah membumi. Aktris kelahiran Ukraina ini mengaku jika dirinya baru belajar tentang mode saat terlibat dalam proyek ini. “Sehari-hari saya lebih sering tampil kasual, jarang sekali menggunakan busana feminin. Saya hanya merasa feminin saat berada di karpet merah. Tapi saya tahu jika koleksi Dior selalu membuat wanita tampak feminin dan mewah”.(vvn)

2NE1

Sibuk gelar konser, batal rilis single baru 2NE1 siap menggelar konser di 10 kota dan 7 negara lewat tur ‘New Evolution’. Sibuk, mereka pun sampai membatalkan satu single yang siap rilis. Wah! Single tersebut seharusnya dirilis tiga minggu setelah single ‘I Love You’ atau sekitar tanggal 28 Juli. Namun YG Entertainment membatalkannya karena 2NE1 tak akan punya cukup waktu untuk mempromosikan single tersebut. Akhir minggu ini grup pelantun ‘Lonely’ itu akan menggelar konser pertama di Seoul. Dilanjutkan dengan rangkaian konser di luar Korea selama Agustus dan September. Praktis tak ada waktu tersisa untuk kembali ke Korea dan mempromosikan single baru itu di televisi. Mereka pun memilih untuk fokus pada tur dunia saja. Sebagai gantinya YG Entertainment menyiap-kan album baru untuk 2NE1. Album itu rencananya akan dirilis Oktober mendatang.(dth)


SABTU 28 JULI 2012

Wladimir jual medali emas buat amal

OLIMPIADE 2012

Rekor dunia pertama pecah di Panahan

WLADIMIR Klitschko merupakan salah satu petinju yang pernah meraih medali emas di ajang Olimpiade. Namun, Wladimir mengaku menjual medali emasnya itu untuk acara amal yang dibuat oleh dia dan sang adik Vitali. Ya, Wladimir merupakan bagian dari Kontingen Ukraina pada ajang Olimpiade di Atlanta. Saat itu, Wladimir berhasil mengalahkan lawannya Paea Wolfgramm dengan skor 7-3 di partai final “Itu merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan saya dan juga untuk Negara karena Ukraina untuk pertama kalinya mengikuti ajang Olimpiade sebagai Negara indpenden,” demikian cerita Wladimir, kepada CNN, Jumat (27/7). “Kami mengumpulkan banyak medali dan kami menempati peringkat sembilan. Jadi, kami berhasil menembus 10 besar, yang mana sebuah pencapaian bagus buat para atlet,” lanjut saudara kandung Vitali Klitschko itu.

IM Dong-hyun, memecahkan rekor dunia 72 anak panah yang tercatat atas namanya sendiri, dengan mengumpulkan nilai 699.

OLIMPIADE London 2012 baru akan dibuka beberapa jam lagi, tetapi rekor dunia sudah terpecahkan di ajang pesta olahraga terbesar di dunia itu. Atlet panahan Korea Selatan, Im Dong-hyun, memecahkan rekor dunia 72 anak panah yang tercatat atas namanya sendiri, dengan mengumpulkan nilai 699 pada putaran rangking panahan Olimpiade London 2012, Jumat (27/7) ini. Bukan itu saja, Im bersama dua rekan senegara lainnya, Kim Bub-min dan Oh Jin-hyek, juga memecahkan rekor dunia tim untuk 72 anak panah, dengan mencatat nilai 2087.(kmcm)

Cahill ... dari Halaman 16 Dia membawa pengalaman bagi klub kami karena pernah bermain di level kompetisi tertinggi. Tim (Cahill) terbukti sebagai pemimpin yang baik di dalam maupun di luar lapangan. Kami yakin hal itu akan membantu kami menjuarai MLS musim ini,” jelas Direktur Olahraga New Red Bulls, Erik Soler. Cahill sendiri mengaku senang bisa bergabung dengan New York Red Bulls. Dia berjanji akan berusaha memenuhi ambisi timnya menjuarai MLS pada musim ini. “Aku sangat senang memulai babak baru dalam karierku bersama New York Red Bulls. Seperti yang kita tahu, MLS terus berkembang menjadi kompetisi yang sangat kompetitif dengan banyak pemain bertalenta. Aku terkesan dengan apa yang dicapai Red Bulls di MLS dan sepak bola Amerika. Aku mencari tantangan baru. Aku akan melakukan segalanya agar Red Bulls meraih gelar MLS untuk pertama kalinya,” jelas Cahill. “Aku juga ingin mengucapkan terima kasih kepada setiap orang di Everton dan pendukung yang luar biasa. Aku merasakan hal istimewa dalam delapan tahun terakhir. Ini keputusan yang sulit untuk pergi. Aku akan selalu mendukung Everton dan aku berharap mereka mendapatkan keberuntungan pada masa yang akan datang,” lanjutnya.(kmcm)

Jadi ... dari Halaman 16 Ini bukan kejadian perampokan pertama yang melibatkan pemain atau anggota keluarga pemain Napoli. Tahun lalu, istri Marek Hamsik yang tengah hamil pernah mengalami hal serupa. Perampokan juga pernah menimpa Ezequiel Lavezzi, yang kini pindah ke Paris Saint-Germain. Presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis, menyarankan Soledad untuk tidak menggunakan perhiasan atau jam tangan mahal di Naples selama krisis ekonomi yang melanda Eropa.(incm)

WLADIMIR Klitschko.

“Saya menjual medali itu pada bulan Maret dan 100 persen untuk amal, yang mana terjual dengan harga USD1 juta dan masuk ke dalam rekening Klitschko Brothers Foundation. Kami peduli atas pendidikan dan olahraga, itu kunci dari kehidupan anak-anak,” tambahnya. “Jika anak-anak memiliki pengetahuan yang cukup, mereka akan sukses dan olahraga mengajarkan mereka untuk menghormati lawan, bagaimana menghormati peraturan,” lanjut petinju 36 tahun itu.(okez)

TENIS

Rossi masih fokus di Ducati VALENTINO Rossi segera membuat keputusan mengenai rencana di musim 2013 mendatang. Namun, Rossi menegaskan sekarang uang bukan lagi faktor utamanya. Seperti diberitakan sebelumnya, belakangan ini memang mencuat rumor mengenai masa depan Rossi. Spekulasi The Doctor akan tetap bertahan di Ducati atau

kembali memperkuat Yamaha terus mencuat. “Dari sudut pandang saya, uang tidak lagi menjadi hal yang penting. Jika tidak, saya sudah memutuskannya! Semua ada hal positif dan negatif. Jadi saya harus menjaga keseimbangan dan segera membuat keputusan,” tegas Rossi. Rossi memang masih belum puas dengan kinerja Ducati. Hingga

kini, juara dunia tujuh kali MotoGP ini belum pernah merasakan kemenangan bersama Ducati. Jika ingin Rossi bertahan, pabrikan motor asal Italia itu harus bekerja ekstra keras. “Dari satu sisi (Ducati) kami harus bekerja keras, tapi membutuhkan kesan dan perasaan yang baik juga untuk masa depan. Dengan pilihan lain (mungkin Yamaha) memang lebih aman dan

pasti, akan lebih kompetitif di jangka waktu yang pendek,”jelas Rossi. “Ini akan menjadi momen yang penting dalam karier saya. Jadi, saya harus membuat keputusan apa yang lebih diutamakan untuk masa depan,” tandas rider 33 tahun itu, seperti dilaporkan Crash.net, Jumat (27/ 7).(okez)

(juga) akan melaju ke Piala Dunia.” Sepertinya target Baby Pharaohs cukup realistis. Olimpiade ini memang sangat tepat untuk dijadikan ajang menempa pengalaman bagi generasi baru Mesir. Sudah lama kita tak melihat Mesir berbicara di level Internasional. Dengan perjuangan keras, Brasil akhirnya sukses memetik kemenangan atas Mesir di laga perdana penyisihan Grup C

Olimpiade, di Millennium Stadium. Tiga buah gol yang dicetak ‘Tim Samba’ sejak paruh pertama, nyaris saja dikejar oleh ‘Tim Pharaoh’ yang mampu mencetak dua gol di babak kedua, sehingga skor akhir laga menjadi 3-2 untuk kemenangan tim besutan Mano Menezes. Dengan hasil ini, ‘Tim Samba’ berhak memimpin Grup C dan berpeluang

Venus dan Serena incar Olimpiade 2016 Petenis bersaudara AS, Serena dan Venus Williams bertekad untuk dapat tampil di Olimpiade Rio De Janeiro Brasil saat berusia 34 dan 36 tahun. Venus yang meraih medali emas tunggal putri di Olimpiade Sydney 2000 dan ganda bersama Serena di Sydney 2000 dan Beijing 2008, mengaku belum berpikir untuk pensiun. “Saya mengejar 2016, Serena dan saya ingin tampil di sana. Saya sudah bermain di beberapa Olimpiade dan pengalaman di sana sangat menyenangkan,” kata Venus yang kini menampati peringkat b69 dunia. Di arena Wimbeldon

yang berlangsung sebelum Olimpiade, Serena berhasil menjadi juara, juga di nomor ganda bersama Venus. “Wimbledon lalu sangat luar biasa. Saya sangat senang dengan keberhasilan menjadi juara ganda,” kata Venus yang sempat terkena penyakit sindrom Sjogren yang mengancam karirnya. “Saya akan sangat senang bila keberhasilan di Wimbledon dilengkapi dengan gelar juara di Olimpiade,” lanjut Venus. Senin, Venus mendapat kehormatan membawa obor Olimpiade. Ia menerimanya dari petenis Inggris, Andy Murray dan membawanya lari keliling All England Club.(kmcm)

besar untuk melaju ke fase knock out, jika pada laga berikutnya, Senin (30/7), berhasil menundukkan

Timnas Belarusia yang juga meraih tiga poin usai mengalahkan Selandia Baru.(kmcm/blnt)

Langkah ... dari Halaman 16 Neymar sukses mencetak sebuah gol dan assist saat Tim Samba menaklukkan tuan rumah Britania Raya, Jumat lalu. Total, sembilan gol sudah dicetak superstar Santos bersama tim senior Selecao. Mano Manezes sepertinya tak terlampau pusing dengan cedera yang menimpa Rafael. Dengan absennya kiper utama, Neto, kiper Fiorentina besar kemungkinan akan mengawal gawang Brasil

dari gempuran Mohamed Aboutrika cs. Mesir sendiri baru kali ini kembali merasakan atmosfer Olimpiade setelah Barcelona 1992 silam. Langsung mendapat lawan sekelas Brasil, gelandang Hossam Hassan tetap optimis negaranya mampu meraih hasil positif. “Masa depan adalah milik kami. Generasi kami (lolos) ke Olimpiade setelah 20 tahun,” kataku. “Kami

Giggs ... dari Halaman 16 Ini adalah laga yang cukup ketat di pertandingan perdana. Kami akan lebih selanjutnya dan harus terus berkembang bila ingin melaju dari fase grup,” jelas Giggs, seperti dilansir Guardian, Jumat (27/7). “Saya menilai secara keseluruhan hasil imbang adalah hasil yang adil.

Mereka mendapatkan banyak peluang, walau kami sudah pasti kecewa karena telah unggul 1-0 dan gagal mempertahankannya. Kami harus menang minimal di satu laga dari dua laga yang tersisa,” lanjut Giggs yang bermain di kancah internasional untuk pertama kalinya ini.(blnt)

El Clasico ... dari Halaman 16 Untuk pertandingan lain, Barcelona juga menaikkan harga tiket. Untuk tribune utama dan samping naik 12,5 persen, sedangkan untuk tribune di belakang gawang naik 18 persen. Potongan harga diberikan kepada

anggota fans klub Barcelona. Setiap dua tiket yang dibeli anggota fans klub akan dikenai diskon 5 persen, sedangkan penjualan tiket mulai dilakukan Kamis (26/7) lalu.(kmcm)


SABTU 28 JULI 2012 NOMOR 02043 TAHUN VI TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

BOLARON MISI utama Tim Samba di Olimpiade tanpa Argentina kali ini cuma satu, medali emas!

Galatasaray tawar Berbatov KABAR dari Inggris menyebutkan, striker Manchester United Dimitar Berbatov sedang ditawar oleh Galatasaray. Sebagaimana dilansir oleh The Sun pada Jumat (27/7), klub asal Turki itu sudah melangkah lebih dekat kepada Iblis Merah. Raksasa Superliga Turki tersebut diyakini telah menyodorkan uang senilai 5 juta poundsterling untuk pria Bulgaria tersebut. Sebelum ini DIMITAR Berbatov. striker berusia 31 tahun itu sendiri sempat curhat di facebook, bahwa ia bagai terpenjara di Old Trafford dan ingin angkat koper dari sana.(blnt)

Mascherano kontrak baru BARCELONA mengumumkan jika mereka sudah berhasil mengikat Javier Mascherano dengan kontrak baru hingga tahun 2016. Mascherano didatangkan dari Liverpool dengan nilai transfer 22 juta euro. Datang dari Anfield, gelandang asal Argentina itu menjelma menjadi pemain kunci Barca. Tak hanya piawai menjadi gelandang bertahan, MasJAVIER Mascherano. cherano juga bisa tampil baik ketika menjadi bek tengah. Kontrak Mascherano sebelumnya berakhir pada tahun 2014. Dengan memperpanjang kontrak baru, Mascherano menepis segala spekulasi terkait masa depannya di Camp Nou. Dalam kontrak barunya, Barca juga menaikkan klausul pembelian Mascherano menjadi 100 juta euro. Pemain berusia 28 tahun ini sudah tampil sebanyak 97 kali bersama Barca musim lalu meski tak mencetak satu pun gol.(blnt)

SPORTAINMENT

SEMUA mata dipastikan bakal tertuju di Millennium Stadium, Cardiff, Jumat (27/ 7) saat Brasil bersua Mesir dalam laga perdana Grup C cabang sepakbola Olimpia-

Jadwal pertandingan Liga Italia dirilis BADAN Lega Calcio mengeluarkan rilis resmi terkait dengan jadwal Serie A untuk musim 2012-13. Peraih Scudetto musim lalu, Juventus bakal mengawali musim dengan menjamu Parma di Juventus Arena. Rekrutan baru Juve, Sebastian Giovinco bakal menghadapi mantan klubnya di laga pembuka musim 201213.

Di tempat lain, runner up musim lalu, AC Milan bakal menjamu tim promosi Sampdoria di minggu keempat bulan Agustus. Sementara Inter bakal bertandang ke markas Pescara dan Napoli bermain di kandang Palermo. Derby Milan paruh musim pertama akan terjadi di giornata ketujuh, atau tepatnya 7 Oktober. Sedangkan Lazio dan AS Roma, bakal bertemu dalam derby della capitale

Jadi korban rampok

Baca: Jadi ( Halaman 15 )

lima minggu berselang. Ada emapt kali libur di tengah kompetisi pada 9 September, 14 Oktober, 30 Desember dan 24 Maret. Sementara laga tengah minggu dijadwalkan pada 26 September, 31 Oktober dan 8 Mei. Serie A dijadwalkan berakhir pada 19 Mei dengan laga di pekan terakhir, Juventus menjamu Sampdoria, Roma bertandang ke markas Napoli dan Inter melawan Udinese di Friuli.(blnt)

reka hanyalah menjadi runner up Olimpiade tahun 1984 dan 1988. Empat tahun lalu, Ronaldinho cs hanya meraih perunggu. Tak heran, misi utama Neymar cs jelas, me-

rengkuh medali emas. Dengan absennya Argentina, kans Brasil makin besar. Favorit lain tentu saja Spanyol dan host Britania Raya. “Kami punya semua yang dibutuhkan untuk

menjadi juara,” ujar Neymar, favorit menjadi pencetak gol terbanyak di Olimpiade kali ini di situs resmi FIFA. Baca: Langkah ( Halaman 15 )

Giggs: Hasil imbang cukup adil

PEMAIN Timnas Inggris Raya, Ryan Giggs, mengungkapkan bahwa hasil imbang 1-1 lawan Senegal adalah hasil yang cukup adil. Namun, ia meminta timnya untuk bisa bangkit dan meraih kemenangan jika ingin melaju ke babak selanjutnya. Seperti diketahui, dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, Jumat (27/7) dini hari WIB, Inggris

Raya berhasil unggul lebih dulu lewat Craig Bellamy di babak pertama. Namun, Senegal mampu membalas lewat Moussa Konate pada menit ke-82. Dengan hasil tersebut bisa dibilang tim asuhan Stuart Pearce akan sedikit kesulitan untuk melaju dari fase grup di Olimpiade 2012 ini. Maka dari itu Giggs meminta timnya untuk mengambil pelajaran dari laga perdana ini. “Kami harus ambil nilai positifnya (dari laga ini), namun kami juga sadar bahwa ada pekerjaan rumah yang belum selesai. RYAN Giggs.

Baca: Giggs ( Halaman 15 )

El Clasico termahal sepanjang sejarah

SOLEDAD Bintang Napoli, Edinson Cavani, merasa khawatir setelah istinya, Soledad, dirampok dua orang tak dikenal di areal dekat Stadion San Paolo, Naples. Saat kejadian, Soledad sedang berjalan menuju mobilnya di area Fuorigrotte dekat Stadion San Paolo kemarin malam. Disitulah ia dirampok oleh dua pria tak dikenal. Perampok berhasil merampas jam tangan Rolex senilai 18 ribu euro (207 juta rupiah). “Ini bukan waktu yang baik. Butuh beberapa hari untuk menghilangkan rsa trauma yang dialami Soledad, tapi Soledad adalah wanita yang kuat,” ujar agen Cavani, Claudio Anelluci kepada Radio RC. “Ia baru saja pergi dan akan menemui Cavani di London. Naples selalu menunjukkan sikap yang ramah, tapi ketika kejadian itu terjadi, Anda mengalami momen yang buruk,” sambungnya.

de London 2012. Selecao yang jumawa merengkuh lima gelar dunia, belum sekalipun mampu menggenggam emas di ajang Olimpiade. Prestasi terbaik me-

Arena, Senin (30/7). “Kami tentunya sangat gembira bisa membawa pemain sekaliber Cahill ke Red Bulls.

BARCELONA mengumumkan telah menaikkan harga tiket di Stadion Camp Nou, sedangkan tiket untuk partai El Clasico lawan Real Madrid mencatat harga tertinggi dalam sejarah. Penonton harus mengeluarkan 298 euro atau sekitar Rp 3,5 juta bila ingin menyaksikan pertandingan Barca kontra Madrid, 7 Oktober 2012, dengan kursi terbaik. Sebelumnya, tiket partai “El Clasico” di Camp Nou sebesar 265 euro (sekitar Rp 3 juta).

Baca: Cahill ( Halaman 15 )

Baca: El Clasico ( Halaman 15 )

Cahill resmi milik Red Bulls NEW York Red Bulls akhirnya resmi mendapatkan Tim Cahill dari Everton. Rencananya, New York Red Bulls akan memperkenalkan Cahill kepada publik di Red Bull

28 juli 2012  

Swara Kita, 28 juli 2012

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you