Issuu on Google+

SELASA 26 JUNI 2012 NOMOR 02015 TAHUN VI

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

SPBU Tadoy layani galon

Incinerator RS Siloam Manado tak miliki ijin

Baca: Sulut ( Halaman 2)

Baca: Ibukota ( Halaman 3 )

Podium ke-155 Schumi Baca: Olahraga ( Halaman 15 )

Oknum legislator Sulut tertangkap bawa shabu

SELEBRITI

Ditangkap polisi di Bandara Samrat usai menjalankan tugas dari Jakarta, Akbar langsung digiring ke Polresta Manado—Sangguh memalukan! Wakil rakyat yang seharusnya menjadi teladan

bagi masyarakat, kini telah melanggar hukum. Pasalnya, seorang oknum Ang-

gota Deprov Sulut, lelaki AD aliasAkbar, tertangkap tangan saat membawa psikotropika

Deprov Sulut kaget Manado—Tertangkap tangannya seorang oknum Anggota Deprov Sulut, lelaki AD alias Akbar, saat membawa psikotropika jenis shabu-shabu oleh petugas polisi pos Bandara Sam Ratulangi Manado, Senin (25/6) kemarin, lang-

sung bikin gempar dan heboh semua kolega AD sesama legislator Sulut. Para wakil rakyat ini pun dibuat kaget mendengar kabar tersebut. Bahkan di sela-sela rapat pembahasan pergeseran anggaran APBD 2012 yang dilakukan Badan

Anggaran (Banggar), sejumlah Anggota Deprov Sulut pun terlihat saling bertukar informasi kebenaran kasus yang menimpa AD yang juga putra salah Bupati di Sulut ini.

Manado—Italia akhirnya menjadi tim terakhir yang lolos ke babak semifinal Piala Eropa 2012 setelah menang 4-2 lewat adu penalti melawan Inggris dalam laga yang berlangsung di Olympic

Stadium Kiev, Senin (25/6) dini hari kemarin. Dengan demikian Italia akan menghadapi Jerman yang sudah lebih dulu lolos dengan menyingkirkan Yunani.

Baca: Deprov ( Halaman 11 )

jenis shabu-shabu. Legislator Sulut daerah pemilihan (dapil) Bolmong Raya itu ditangkap petugas polisi pos Bandara Sam Ratulangi Manado, Senin (25/6) kemarin, sekitar pukul 01.30 Wita, dan langsung digirng di Mapolresta Manado. Dari informasi yang didapat, Akbar yang juga diketahui anak salah satu Bupati di Sulut ini, dibekuk ketika hendak mengambil barang koper bawaannya. Baca: Oknum ( Halaman 11 )

AD alias Akbar saat menjalani pemeriksaan di Mapolresta Manado, Senin (25/6) sore kemarin.(foto: obby/sk)

VIDEO SEKS DPR

Karolin belum dipanggil polri Jakarta—Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDIP yang diduga

sebagai pemeran dalam video seks mirip anggota DPR RI, Karolin Marga-

Sedangkan partai semifinal lain akan bertarung dua tim yang terkenal memainkan sepakbola indah dan menyerang, yaitu Portugal dan Spanyol.

Diketahui, Portugal tim pertama yang lolos ke semifinal dengan menghempaskan Republik Ceko, adapun Spanyol sehari kemudian menyingkirkan Prancis.

ret Natasha, mengaku hingga kini belum memperoleh surat pemanggilan dari Mabes Polri terkait dugaan keterlibatannya dalam kasus tersebut. “Belum, kan masih proses. Masih kerja,” ujar Karolin di gedung DPR, Jakarta, Senin (25/6) kemarin. Sayangnya Karolin yang baru selesai menghadiri Rapat Kerja dengan Menteri Kesehatan itu enggan membeberkan sampai dimana perkembangan kasus yang membelitnya tersebut. Bahkan anggota DPR dari PDIP ini terlihat langsung menghindar dari wartawan. Namun beberapa kali putri Gubernur Kalimantan Barat, Drs Cornelis SH, bersikeras bahwa kasus video porno yang diduga melibatkannya bermotif politik. Sementara itu, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPR, M Prakosa, meminta kepada pimpinan DPR untuk mengecek perkembangan kasus tersebut ke pihak kepolisian. “Kami minta pimpinan DPR mengecek ke polisi, minggu depan akan dicek ke Polri,” katanya. Menurut Prakosa, surat permohonan yang diajukan DPR dua pekan yang lalu, seharusnya cukup untuk mengetahui perkembangan awal dari kasus video tersebut.

Baca: The ( Halaman 11 )

Baca: Karolin ( Halaman 11 )

RIRIN SETYARINI

Sempat merasa minder memiliki payudara besar MEMPUNYAI bentuk tubuh yang aduhai secara keseluruhan, tentu saja menjadi keinginan setiap wanita. Banyak bagian tubuh yang bisa menjadikan wanita itu terlihat sangat seksi. Salah satunya, payudara yang dimiliki oleh pemain film Ririn Setyarini. Menurut kebanyakan orang, bagian terindah dari dirinya ada pada bentuk payudara yang besar hingga mencapai ukuran 36C. “Kalau menurut orang ya bagian payudara aku,” ujarnya. Baca: Sempat ( Halaman 11 )

INTERNASIONAL MESIR

Mursi jadi presiden, Hamas ikut gembira

PRESIDEN baru Mesir Mohamed Mursi.(foto: ist)

TERPILIHNYA Mohamed Mursi sebagai presiden baru Mesir disambut gembira oleh kelompok Hamas di Jalur Gaza, Palestina. Presiden yang diusung Ikhwanul Muslimin (IM) tersebut diharapkan dapat membantu perjuangan Hamas dalam membuka blokade Gaza oleh Israel dan didukung oleh Hosni Mubarak. Diberitakan Haaretz, Minggu (24/6) waktu setempat, warga di Gaza larut dalam suka cita setelah Mursi ditetapkan sebagai presiden, mengalahkan Ahmed Shafiq dengan 51 persen suara. Warga Gaza mengibarkan bendera Mesir dan menem-bakkan peluru ke udara, tanda kegembiraan. Pejalan kaki mendapatkan permen gratis sebagai bentuk syukur. “Kami menantikan peranan besar dan historis Mesir pada konflik Palestina, dalam membantu negara ini mendapatkan kemerdekaan dan menghancurkan blokade Gaza,” kata kepala pemerintahan Hamas di Gaza, Ismail Haniyeh, kepada Reuters. Baca: Mursi ( Halaman 11 )

GEDUNG KPK

Baru Partai Demokrat yang setuju Jakarta—Pro dan kontra pembangunan gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang hingga saat ini belum juga disetujui DPR RI, justru ternyata baru Fraksi Partai Demokrat yang menyatakan persetujuan. Hal itu dikatakan Anggota Komisi III Fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul. “Bodoh kalau ada yang tidak mendukung KPK,” kata Ruhut di DPR, Senin (25/6) kemarin. KPK, menurut Ruhut, masih dicintai rakyat. “Kalau enggak didukung berarti kita mengkhianati rakyat, dong?” kata dia. Meskipun mendukung penuh rencana pembangunan gedung baru KPK, Ruhut mengaku belum bisa menggalang dukungan di Komisi III DPR. Hingga kini, Komisi Hukum tak kunjung mencabut tanda bintang pada anggaran pembangunan gedung baru komisi antirasuah itu. Baca: Baru ( Halaman 11 )

Lukisan-lukisan palsu yang bikin geger Indonesia

Model Manado lukisan Sudjojono protes Oei Hong Dunia seni rupa Indonesia terguncang ketika kolektor kawakan dr Oei Hong Djien membuka museum seni rupa di Magelang, Jawa Tengah, April 2012 lalu. Di museum milik juragan tembakau itu ternyata banyak lukisan Sudjojono, Hendra Gunawan, dan Soedibio yang menurut ahli waris sang pelukis palsu. Laporan utama Tempo edisi 25 Juni 2012 berjudul “Lukisan Palsu Sang Maestro” mengungkap itu. ROSE Pandanwangi, 82 tahun, mantan model berdarah Manado yang disebut-sebut oleh katalog musem itu sebagai model telanjang lukisan Sudjono ikut protes. Dia sangat terusik dengan pemajangan

lukisan perempuan telanjang berjudul “Sabda Alam” di Museum Oei Hong Djien. Dalam buku katalog disebutkan itu karya suaminya, Sudjojono, dan Rose lah yang menjadi model.

“Saya kaget, karena itu bukan saya,” katanya. “Saya juga tak pernah melihat lukisan itu,” ujarnya. Menurut Rose, sejak dia menikah dengan Sudjojono pada 1959, model lukisan telanjang

Sudjojono adalah selalu dirinya. Bukan orang lain. “Sejak menikah, kami berdua punya komitmen, sayalah yang menjadi modelnya,” ujarnya. Baca: Model ( Halaman 11 )

ROSE Pandanwangi (pegang mic) terusik dengan pemajangan lukisan di Museum Oei Hong Djien.(foto: ist)


SELASA 26 JUNI 2012

SULUTRON

Jelang puasa, Polres Minut intens lakukan patroli KEAMANAN dan kenyamanan bagi masyarakat khususnya Minut, merupakan salah satu tujuan yang diusung Polres Minut. Untuk itu, dalam menciptakan hal tersebut, Polres Minut terus melakukan berbagai langkah. Salah satunya yakni intens melakukan patroli, dan ini dilakukan hampir semua di wilayah Kabupaten Minut. Hal ini dikatakan Kapolres Minut AKBP Hari Sarwono SIK MHUM, dimana patroli yang dilakukan tujuannya untuk melakukan antisipasi adanya tindak kriminal. “Seluruh satuan digerakkan dalam patroli ini, dimana seluruh polsek-polsek yang tersebar kita perintahkan rutin melakukan patroli. Selain untuk menciptakan kondisi aman dan nyaman, patroli ini juga sebagai bentuk persiapan menyambut bulan puasa bagi umat muslim dari sekarang, agar tidak terjadi hal yang kita inginkan,” tutur Sarwono. Disinggung mengenai apakah patroli yang dilakukan hanya sebagai bentuk persiapan menyambut bulan puasa, Sarwono menegaskan bahwa kegiatan tersebut juga dilakukan sehari-hari dan bukan hanya saat ada perayaan hari besar.(eres)

Pemdaman listrik, dewan bakal panggil PLN TIGA pekan terakhir, pemadaman lampu dari pihak Perusahaan Listrik Negaran (PLN) diwilayah Minut semakin menjadi-jadi. Akibatnya, barangbarang elektronik sejumlah warga mengalami kerusakan. Dan tak hanya itu, pemadaman yang dilakukan secara sepihak oleh PLN tidak sesuai dengan jargon pelayanan yang digaungkan. “Tiap hari dua sampai tiga kali terjadi pemadaman. Dan umumnya, ini kerap terjadi disaat jam-jam ibadah,” pungkas Richard Wong warga Airmadidi. Tentu dengan lemahnya pelayanan PLN ini, akhirnya mendapat kritikan dari personil Komisi B Dekab Minut Hendri Walukow, dikatakan Walukow, PLN seharusnya bijak melihat masalah ini karena pemadaman yang dilakukan sepihak tanpa pemberitahuan yang jelas sangat merugikan daerah. Ditambah lagi, PLN juga sering melakukan pencatatan posisi meteran tidak sesuai dan hanya mereka-reka. “Ini tentunya menjadi perhatian dan kami akan memanggil kepala ranting PLN Minut guna mempertanyakan masalah ini, agar apa yang dirasakan warga dapat didengar langsung,” tutur Walokow.(eres)

SBPU Tadoy layani galon Tertangkap tangan Wagub Sulut, petugas sebut perintah atasannya Manado—Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd, Minggu (25/6) lalu dibuat berang ketika melakukan kunjungan kerja ke Bolmut. Bagaimana tidak, saat akan melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tadoy Kecamatan Lolak, Bolmong, Wagub melihat dengan mata sendiri langsung seorang petugas SPBU tersbeut bertindak nakal, sedang mengisi BBM bersubsidi jenis premium di galon-galon milik warga. Sanking asiknya mengisi BBM, petugas tersebut tidak menyadari kalau yang beridiri disampingnya itu adalah Wagub Sulut. “Kamu kenal saya?,” tanya Wagub kepada petugas SPBU itu.

“Tidak pak,” sahut si petugas. “Mana pimpinan kamu?,” tanya Wagub lagi. “Tidak ada di tempat karena sedang mengikuti ibadah,” jawab kembali si petugas SPBU, sambil terus asyik mengisi BBM di galon. Menyadari yang bertanya adalah Wagub Sulut, petugas SPBU itu kemudian menghentikan perilaku nakalnya itu. “Kamu tahu tindakan kamu ini salah,” tanya Wagub. “Ya pak memang salah, tapi saya harus lakukan ini karena sudah merupakan perintah dari pimpinan SPBU agar kami tetap melayani pembelian BBM lewat galon,” jawab petugas SPBU itu. Di saat bersamaa, mengetahui yang ada di SPBU tersebut adalah sosok

Wagub Sulut, maka warga langsung berhamburan menyembunyikan galon mereka di belakang SPBU. Namun Kansil tak abis akal, ia langsung mendekati galongalon berukuran besar yang sudah terisi penuh BBM bersubsidi satu persatu di belakang SPBU. “Memang SPBU ini kumabal. Pelayanan mereka tidak baik, larangan pemerintah untuk tidak melayani pembelian BBM lewat galon tetap dilanggar, sehingga menimbulkan antrian panajang”, tegas orang nomor dua di Sulut. Kansil kesal dengan ulah petugas ini, karena lebih mementingkan pengisian galon untuk dijual kembali untuk mencari keuntungan pribadi ketimbang melayani

WAGUB Sulut Djouhari Kansil menemukan barang bukti galon berisi BBM bersubsidi di SPBU Tadoy Lolak, Minggu (24/6).(foto: ist)

warga yang menggunakan kendaraan bermotor. “Napa kasing dorang ini so dari tadi da ba antri tapi petugas cuma tutup mata,” kata Kansil, seraya mencurigai dengan

GULA PASIR

Pertamina lebih diperketat, termasuk dari Biro Perekonomian Pemprov Sulut. “Ini harus ditindaklanjuti,” tegas Wagub.(erer/dw)

PENDIDIKAN

Sangat mendesak untuk dibuatkan Perda

VICTOR Mailangkay.

ulah petugas dan pemilik SPBU ini. “Jangan-jangan pemilik galon-galon tersebut adalah milik mereka juga,” tukasnya. Karena itu Kansil minta pengawasan PT

Manado—Anggota Komisi II Deprov Sulut bidang Perekonomian dan Keuangan, Dr Victor Mailangkay SH MH berujar, guna mengatasi terjadinya kenaikan harga gula pasir yang semakin tinggi karena berkurangnya pasokan gula pasir di pasaran Sulut dan tidak berimbangnya antara supply-demand gula pasir di Sulut sebagai akibat

terbatasnya stok row sugar (bahan baku gula pasir) yang dibutuhkan oleh Perusahan Pabrik Gula Nasional (PPGN) yang berdampak pada berkurangnya produksi gula pasir yang dihasilkan oleh PPGN itu, maka sudah sangat mendesak untuk segera dibuatkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Pengaturan Persediaan dan Distribusi Gula di Sulut. Dikatakannya, dalam Perda tersebut nantinya harus diatur antara lain; pertama, adanya jaminan higienitas pasokan gula pasir yang dikonsumsi masyarakat Sulut. Kedua, adanya jaminan stok/kebutuhan gula pasir yang dibutuhkan masyarakat Sulut. Ketiga, adanya jaminan distribusi gula pasir sampai ke pedesaan dengan harga yang relatif sama di wilayah Sulut. Keempat, adanya jaminan stabilitas harga gula pasir di Sulut. Kelima, diatur juga tentang pemberian kewenangan pada gubernur untuk melakukan tender terbuka untuk mendapatkan

PPGN yang bersedia membuat kontrak dengan Pemprov Sulut guna menjamin empat hal tersebut di atas. “Diatur juga dalam kontrak tersebut agar gubernur haris memfasilitasi sehingga pemerintah pusat dapat mensuplay dan atau memberikan izin import row sugar (bahan baku gula pasir) yang dibutuhkan oleh PPGN tersebut dalam memproduksi gula pasir yang dibutuhkan masyarakat Sulut,” ujarnya, Senin (25/ 6) kemarin. Dengan adanya perda tersebut, kata dia, maka gubernur dapat melakukan tender terbuka untuk mendapatkan PPGN yang bersedia menjadi penyedia dan distribusi gula pasir di Sulut, dengan tidak melarang perusahan pabrik gula pasir lainnya yang tidak memenangkan tender, untuk dapat memasok juga gula pasir di Sulut. “Kebijakan ini tentu akan sangat menguntungkan masyarakat konsumen gula di Sulut,” kata Mailangkay.(dewe)

Bolmut bangun sekolah theologia di Mokoditek Manado—Pemerintah dan masyarakat Bolmut kembali menambah satu sarana pendidikan di daerah tersebut. Kali ini Sekolah Menengah Theologia (SMT) Kristen hadir di Desa Mokoditek Kecamatan Bolangitang Timur. Peletakan batu pertama dilakukan Wakil Gubernur Sulut Dr Jouhari Kansil MPd bersama Wakil Bupati Bolmut Depri Pontoh, di acara silahturahmi dengan Jemaat GMIBM Sion Mokoditek, Minggu (24/6) lalu. Kansil memberi apresiasi atas kepedulian dan perhatian masyarakat bersama pemerintah dalam kerjasama membangun sarana gedung pendidikan. Kegiatan tersebut, sangat positif dalam membangun kulitas sumberdaya generasi muda daerah ini, di mana Pemkab Bolmut juga sangat merespon kehadiran SMT Kristen. Kansil menilai, Pemkab

Bolmut, sebagai daerah otonom yang baru telah mampu mengembangkan toleransi yang baik diantara umat beragama. Buktinya Bolmut merupakan daerah pertama yang mampu mengutus para pimpinan umat beragama baik muslim maupun kristen untuk naik haji di mekah dan bersiarah ke Israel. “Tentu hal ini menjadi bukti bahwa pemerintah sangat konsisten menjaga kerukunan diantara sesama umat beragama yang ada,” ujarnya. “Saya berharap, siswa SMT Kristen selama menimbah ilmu kiranya fokus dalam pelajaran, jauhi dari pergaulan bebas, minum minuman keras dan narkoba, karena ini hanya merugikan masa depan dari anak-anak sekalian, juga kepada orang tua kira-nya turut membantu penyelesaian pembangunan gedung sekolah itu,” tambah mantan Kadis Diknas Sulut ini.(erer/dw)

KUNKER WAGUB

“Papa Hembo” kunjungi warga Nustar di Bolmut Manado—Setelah menunggu cukup lama, Pemprov Sulut akhirnya melihat dari dekat dua desa di ujung Bolmut, yakni Desa Komus dan Desa Tanjung Sidupa Kecamatan Pinoggaluman. Adalah Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd didampingi Wakil

Bupati Bolmut Depri Pontoh melakukan kunjungan silaturahmi di desa tersebut Minggu (24/6) lalu. Kunjungan Kansil di kedua desa penghujung barat Bolmut itu memang sudah lama dinanti-nantikan. Saat mengingjakan kakinya di desa tersebut, Kansil bersama isteri tercinta Ny Mieke Kansil-Tatengkeng mendapat disambutan meriah dengan Tarian Pato-Pato dari warga setempat. Bahkan, seolah sudah kenal dengan sosok Kansil, salah seorang tokoh masyarakat Komus mewakili warga menyebutkan kalau Djouhari Kansil di wilayah mereka akrab disapa “Papa Hembo”, karena memang mayoritas warga di sana adalah keturunan Nusa Utara. “Kami sangat akrab memanggil Pak Kansil ini dengan sapaan ‘Papa Hembo’,” ujar tokoh masyarakat itu, sembari menjelaskan warga bertetangga ini berasal dari Nusa Utara tepatnya dari Siau, dengan mata pencaharian petani dan nelayan. Kansil sendiri mengakui, masyarakat di Kecamatan Pinoggaluman sebagian besar berasal dari Nusa Utara. “Mereka tinggal di sini sudah sekitar 70 tahun lalu. Mengapa demikian, hal itu terjadi karena Raja Pontoh di Siau berasal dari Boroko. Mereka ini merupakan keturunan dari Raja Pontoh. Termasuk saya dan Pak Wapub (Depri Pontoh), kami berdua dari silsila merupakan turunan ketujuh dari Raja Siau tersebut,” ucap Kansil.(erer/dw)


SELASA 26 JUNI 2012 NOMOR 02015 TAHUN VI TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

KAMPUNGRON KELURAHAN TUMINTING KECAMATAN TUMINTING

Pembagunan kantor lurah kembali dipertanyakan

Incinerator RS Siloam Manado tak miliki ijin Penempatan di tengah kota, pengelolaan sampah numpang di Puskesmas Minanga

GEDUNG Kantor Kelurahan Tuminting Kecamatan Tuminting, yang masih dalam bentuk struktur bangunan, diminta dipercepat peneyelesaiannya.(foto: onal/sk)

PEMBANGUAN kantor Lurah Kelurahan Tuminting Kecamatan Tuminting, kembali dipertanyakan tahap penyelesaiannya. Pasalnya, sampai saat ini bangunan tersebut hanya sampai pada tahap struktur dasar bangunan, padahal telah dikerjakan sejak tahun anggaran 2011 lalu, dan dijanjikan akan di selesaikan pada tahun 2012 ini. Namun janji dari pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umun (PU) belum juga terealisasikan. Menurut penjelasan dari salah satu anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di kelurahan setempat, Andik Masloman mengatakan, pembangunan ini sudah beberapa kali disampaikan ke Dinas PU Manado. “Akan tetapi pihak Dinas PU mengatakan, dana untuk pembanguanan tahap 2 sudah ada tinggal tunggu tanggal mainnya saja untuk digulirkan,” ungkap Andik. Baca: Pembangunan ( Halaman 4 )

JAGARON LINGK. V MALALAYANG I KECAMATAN MALALAYANG

Masalah minuman keras mulai ada penurunan MINUMAN Keras (Miras) merupakan masalah klasik pemicu keributan untuk ditindak lanjuti oleh seluruh pihak yang ikut terkait didalamnya. Namun berbicara dalam lingkup lingkungan, Kepala Lingkungan (Pala) sangat berperan guna mengatasi akan masalah tersebut, sehingga NONCE None. tabilitas kemanan dapat terjaga secara kondusif. “Berbicara mengenani masalah miras, telinga saya sudah kenyang untuk mendengar hal tersebut. Dengan menjabat kepala lingkungan selama 11 tahun dan dari pengalaman yang didapatkan, bisa dikatakan masalah dengan pemicunya miras untuk di Lingkungan kami, pada beberapa tahun lalu sering ditemui,” terang Pala V Malalayang I Kecamatan Malalayang Nonce None. Baca: Masalah ( Halaman 4 )

Manado—Berdiri di wilayah pusat kota Manado dengan dikelilingi pertokoan dan hotel, membuat Rumah Sakit Siloam (Siloam Hospital) Manado, menghadapi permasalahan, khususnya dalam pengelolaan sampah serta limbah medis. Sebagai buktinya, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manado, Josua Pangkerego menegaskan, keberadaan alat incinerator atau mesin yang digunakan untuk membakar sampah dari limbah medis, di rumah sakit “mewah” tersebut, tidak diperkenankan untuk dioperasikan karena berada di pusat kota. “Penempatannya incinerator harus dipinggir kota. Kami tidak akan

memberikan ijin karena ruang terbatas di lokasi RS itu. Sebab, bila dioperasikan akan berdampak pada lingkungan sekitarnya yang adalah daerah pusat perbelanjaan dan perhotelan. Apalagi, ketika melakukan pembakaran, suhu yang dihasilkan oleh alat tersebut, harus mencapai 1000 derajat celcius,” ujar Pangkerego kepada Swara Kita, Senin (25/6) kemarin. Pangkerego menjelaskan, incinerator di pusat kota selain tidak diijinkan juga dikuatirkan akan berdapak tidak hanya ke lingkungan dan juga ke ruang publik lainnya. Baca: Incinerator ( Halaman 4 )

KEBERADAAN RS Siloam Manado yang terletak di wilayah pusat kota Manado dan dikelilingi oleh pusat perbelanjaan, membuat pihak BLH tidak memberikan ijin untuk pengoperasian mesin pembakar sampah dan limbah medis (incinerator) oleh pihar rumah sakit tersebut.(foto: bobby/sk)

PEREKRUTAN CPNS

PAD

Manado bakal buka Juni 2013 Setoran PT Air Manado—Pemerintah pusat telah melakukan sosialisasi peraturan pemerintah (PP) nomor 56 tahun 2012, tentang membuka kembali peluang pengangkatan tenaga honorer men-

RTRW

Pansus libatkan TNI-Polri

jadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dan Pemkot Manado memastikan akan

membuka perekrutan pada Juni 2013 mendatang. “Moratorium tepat pada Desem-

Baca: Manado ( Halaman 4 )

dipertanyakan

KARYAWAN COCO

Dekot minta hadirkan pimpinan perusahaan Manado—Pengeluhan yang dilayangkan oleh puluhan karyawan Coco Supermarket Manado, Rabu (20/6) lalu, akhirnya Senin (25/6) kemarin di hearing Komisi D Dekot Manado. Namun sayang, agenda hearing yang harusnya menyelesaikan persoalan, akhirnya harus ditunda, akibat pihak pimpinan pengusaha supermarket itu tidak menghadirkan diri.

Manado—Ketua Pansus Rancangan Tata Ruang Wilayah (RTRW) Dekot Manado Franklyn Sinjal SH MH menegaskan dalam waktu dekat ini pihaknya segera memanggil pihak kepolisian dan Tentara Nasional Indonesi (TNI) untuk ikut serta dalam pembahasan Perda RTRW masih berlangsung. Baca: Pansus ( Halaman 4 )

ber 2012 akan dicabut.

PERSOALAN karyawan Coco Supermarket, diminta untuk segera dituntaskan.(foto: ist)

Baca: Dekot ( Halaman 4 )

PENYETORAN PAD PT Air Manado dipertanyakan Komisi B Dekot Manado.(foto: bobby/sk)

Manado—Perusahaan daerah PT Air Manado, bakal menjadi sasaran empuk oleh komisi B Dekot Manado dalam waktu dekat ini. Pasalnya, perusahaan Daerah yang bekerja sama dengan perusahaan PT Waterleidingmaatschappij Drenthe (WMD) Belanda, hingga kini seakan tidak mampu untuk memenuhi target setoran PAD-nya kepada

Pemkot Manado. “Kami harus telusuri dan ketahui secara pasti berapa besar pendapatan yang dimiliki PT Ait hingga saat ini. Itu penting, sebab ada data yang kami punya PT Ait tidak mampu menyetor PAD kepada Pemkot,” ujar Ketua Komisi B Lili Binti SE, Senin (25/6) kemarin. Baca: Setoran ( Halaman 4 )

Krisdianto pedagang pakaian

Pandai cari peluang tambah keuangan Krisdianto pedagang pakaian menjadi pintar cari peluang keuntungan dan makin bertambah kecerdikan mencari peluang usaha, guna meningkatkan hasil pendapatan. Pasalnya inisiatif mengembangkan usaha, dengan berdagang keliling sampai keluar kota, keuntungan yang ia dapatkan mulai meningkat.

MENJADI pedagang sejak berumur 15 tahun, merupakan modal pen-didikan yang sangat berharga bagi Krisdianto. Dan juga dari kerja kerasnya mengumpulkan modal sendiri, bisa dikatakan dirinya layak untuk mendapatkan kesuksesan. “Menjalankan profesi ini sebelumnya, tidak diberi modal dari siapa pun. Hanya mengandalkan kredit ke pihak pengecer pakaian, sehingga saya bisa menjadi pengusaha kecil yang lumayan sukses,” ujar Kris nama

KRISDIANTO saat menempati pinggiran jalan seputaran pasar tuminting, untuk menawarkan barang dagangannya.(foto: onal/sk)

panggilan akrab dari pedagang ini. Dengan inisiatif sendiri serta cerdik mencari peluang usaha, sejak tahun 2011 ia berpikiran untuk mengembangkan usaha tersebut secara berdagang keliling menyusuri pasar-pasar di Kota Manado bahkan sampai ke luar kota, menggunakan kendaraan sendiri yang baru di kreditnya tahun lalu dari hasil usaha selama hampir 30 tahun. Baca: Pandai ( Halaman 4 )


SELASA 26 JUNI 2012

Pembentukan BK Dekot hari ini akan digelar Manado ... dari Halaman 3 Selanjutnya, perekrutan CPNS pada tahun 2013 kembali akan berproses, karena sesuai rencana yang diutarakan Menpan, pada bulan Juni hingga Oktober 2013 mulai penerimaan CPNS,” terang Kepala BKDD Hans Tinangon yang ikut dalam sosialisasi PP tersebut di Makassar belum lama ini. Terkait dengan kuota di setiap daerah, Tinangon menjelaskan, belum ditentukan karena prosesnya akan menunggu juklak dan juknis dari Menpan khusus penentuan jumlah formasi. “Untuk itu, Manado segera mungkin akan mengirim hasil analisis jabatan di Pemkot Manado terkait dengan kebutuhan yang ada di setiap SKPD. Ini sebagai modal kita memberitahukan berapa jumlah sebenarnya pegawai yang dibutuhkan, agar diketahui oleh Menpan. Paling lambat akhir Juni ini hasil analisis pejabat tersebut sudah di Menpan,” ujar Tinangon. Disisi lain, dalam sosialisasi tersebut dikatakan Tinangon, ikut membahas honorer daerah kategori dua (K2). “Janji pihak Menpan, pihaknya akan menyurat ke daerah untuk melakukan rapat kembali. Baik itu honorer dan perekrutan CPNS,” tandasnya.(teem/rr)

Pembangunan ... dari Halaman 3 Dengan proses yang terbilang lambat dari pihak PU, aparat kelurahan masih berkantor di bekas gedung kantor camat Tuminting, yang bertempat di Kelurahan Bitung Karangria. “Memang Warga Tuminting masih bisa menjangkau kantor lurah sementara itu, tetapi untuk lebih memaksimalkan program dari pemkot Manado, akan lebih baik kalau kantor lurah yang bertempat di kelurahan Tuminting segera dipercepat pemgangunannya,” tutup Masloman.(try16/rr)

Masalah ... dari Halaman 3 Akan tetapi, pada 3 tahun terakhir ini, lanjutnya, masalah tersebut mulai bisa diatasi, dengan cara melaksanakan tugas tanpa melampaui batas kewenangan, membaur dengan warga, memberikan teguran-teguran ringan secara turun langsung di tempat-tempat yang digunakan guna melangsungkan kegiatan haram itu. Tentunya upaya-upaya tersebut butuh pengorbanan, tetapi ketika kita menjalankan tugas secara tulus, hasilnya akan kelihatan. Salah satunya juga perlu dicatat apa yang menjadi hak warga, harus segera diberikan dan ditindak lanjuti dengan tidak memandang bulu. “Seperti contoh berupa pembagian Beras Miskin (Raskin) itu merupakan salah satu hal penting agar diseriusi, sehingga kepemimpinan sebagai penanggung jawab lingkungan bisa dihargai warga,” kunci None.(try16/rr)

Pandai ... dari Halaman 3 Menjalankan profesi sebagai pedagang pakaian keliling, tidak bisa dipungkiri, keuntungannya mulai mengalami peningkatan. Dimana dulunya hanya mendapatkan Rp500 ribu perhari, saat ini bisa mencapai Rp1 juta. “Pendapatan itu sudah dirasa cukup baginya untuk menghidupi istri dan anak satu-satunya, dimana sekarang telah menempati rumah permanen dari hasil pekerjaannya,” ungkap Krisdianto.(try16/rr)

Udin Musa diprediksi bakal menjabat ketua Manado—Jika tidak ada aral melintang penetapan dan pemilihan Ketua Badan Kehormatan Dekot Manado sudah akan dilaksanakan hari ini. Sekwan Manado, Didi

Salendu, kepada Swara Kita Sore Senin (25/6) kemarin, membenar kan adanya agenda itu. “Ya hari ini akan dilaksanakan Paripurna BK,” tegas Salendu. Dari hasil lobi-lobi semen-

tara, Ketua Komisi A Sultan Udin Musa digadang-gadang menjungkalkan lawanlawannya. Hal ini diutarakan oleh Anggota Komisi B Dekot Manado, Sonny Lela. Dia menilai, selain cukup senior di Dekot Manado tapi juga kemampuan Musa tak perlu diragukan. “Musa paling berpeluang dari usulan anggota 5 fraksi lainnya. Kemampuan dan

pemahamannya tentang aturan cukup baik,” kata Lela. Sementara itu, bursa pemilihan Ketua Badan Kehormatan Dekot Manado terus bergulir. Dari 5 bakal calon (balon) yang diusulkan yakni Wakil Ketua Fraksi Golkar Sultan Udin Musa, Wakil Ketua Fraksi Demokrat Ferdinan Lambey, Sekretaris Fraksi

PERINGATAN ISRA MI’RAJ

KODIM 1309 kembali siap rekrut 50 personil

semangat Isra Miraj ini, saya sangat yakin kalau umat Islam di Manado, akan terus menjadi pioner dalam toleransi umat beragama di Manado,” jelas Ai. Tak lupa Wakil Walikota

menyampaikan terima kasihnya kepada umat Islam Manado, karena selama ini sudah mendukung pemerintah dalam melaksanakan semua program.(teem/rr)

Manado—Komando Distrik Militer (Kodim) 1309 Manado kembali akan merangkul puluhan pemuda Manado dalam pelatihan pendidikan pendahuluan Bela Negara Barisan Muda BETA (Bela Eksistensi Tanah Air). Sebelumnya, ada 50 personil yang masuk BETA sejak tanggal 28-29 Maret lalu. Kegiatan positif ini menurut Dandim 1309 Manado, Letkol Inf Yudianto Putrajaya, merupakan bagian kepedulian Kodim bidang teritorial untuk mengajak masyarakat muda kota Manado menjadi orang yang baik. “Kita akan merekrut 50 personil BETA. Terus terang saja, mereka kami giring dari preman, tapi saya yakin dengan adanya pembinaan bersama Kodim, saya yakin bisa mengangkat drajatnya dan status mereka. Buktnya, 50 personil Beta lalu, kini telah disebar dibeberapa perusahaan yang membutuhkan dan ada lagi yang masih butuhkan tenaga

incinerator ditempatkan di lokasi diluar kota, misalnya wilayah Sumompo,” katanya. Sementara itu, Head of Ancilliary & MedicialAlffairs Siloam Hospital, dr Senta L Kumurur, ketika dikonfirmasi terkait pengelolaan sampah dan limbah medis mengatakan, pihaknya sementara ini bekerja sama dengan Puskesmas Minaga. “Kami sudah memiliki ijin

untuk bekerja sama dengan Puskesmas Minaga,” aku Kumurur kepada wartawan saat ditemui diruangan kerjanya tadi malam. Sedangkan untuk ijin pengoperasian incinerator sendiri, saat ini pihaknya sementara menunggu ijin yang sudah diusulkan ke Kementerian Lingkungan Hidup RI. “Saat ini untuk ijin pengoperasinnya sementara

menunggu ijin dari kementerian. Sehingga, hingga saat ini incinerator belum kami fungsikan,” katanya. Menanggapi persoalan ini, Sekretaris Komisi C Dekot Manado, Conny Rumondor, mendesak agar pemerintah mengkaji lagi keberadaan RS Siloam di wilayah pusat kota Manado. Terbukti, selain keberadaan incinerator yang

berbahaya terhadap lingkungan tapi juga mengganggu hirup pikuk keramaian di tempat itu. “RS itu tidak cocok di lokasi itu. Karena sangat berdekatan dengan hirup pikuk keramain dan pertokoaan. Belum lagi air limbah mereka sangat berdekatan dengan bibir pantai kota Manado,” tegasnya.(dede/rr)

“Kami ingin berkoordinasi mengenai lokasi yang paling tepat untuk latihan menembak. Kan jadi aneh ketika areal menembak itu berada di daerah dekat pemukiman warga sipil,” tegasnya. Lanjutnya, pihaknya juga

akan berkoordinasi terkait masalah gudang senjata, yang juga secara logika harus benar-benar berada di luar pemukiman warga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Memang kita tidak harapkan adanya hal yang

tidak diinginkan. Namun, namanya musibah harus kita cegah. Makanya kita harus melihat lebih jeli lagi lokasi yang tepat terkait aktifitas yang berkaitan dengan senjata perang,” tuturnya. Seperti diketahui saat ini,

pansus RTRW sementara menggenjot pembahasan Perda RTRW sebelum ditetapkan. Pasalnya, pembahasan RTRW ini akan menjadi acuan dan patron pembangunan Kota Manado 20 tahun mendatang.(dede/rr)

nado mendatangi kantor Dekot Manado. Terkait tidak adilnya pihak manajemen Coco Swalaya. “Kami hanya ingin keadilan. Untuk itu lah kami datang kesni agar mendapat bantuan Dekot Manado,” ujar Jein Laluyan mewakili aspirasi teman-

temannya. “Di Swalayan ini banyak penyimpangan. Terbukti gaji kami hingga kini belum dibayar. Padahahal bila kami sakit gaji kami dipotong. Buktinya ada. Baik prilaku kamuflase dan juga perlakuan yang tidak adil,” timpalnya.(dede/rr)

toran PAD nya. Dan perusahaan yang lahir sebagai hasil join venture dari pihak WMD dan PDAM Manado, dengan pembagian saham 51-49, dan PDAM sebagai wakil pemerintah sebagai pemegang saham, perusahaan tersebut belum mem-

berikan pelayanan yang memuaskan. “Janji memberikan pelayanan yang baik hingga kini belum dinikmati masyarakat. Hearing ini juga berkaitan dengan pengeluhan masyarakat terkait pelayanan mereka,” tutupnya.(dede/rr)

WAKIL Walikota Manado Harley Mangindaan saat memberikan sambutan di Mesjid Raya Ahmad Yani Manado dalam peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW, Minggu (25/6) kemarin.(foto: tonny/sk)

semangat Isra Miraj, toleransi antar umat beragama di Manado makin dipererat. “Saat ini toleransi antara umat beragama sudah erat, hal ini harus kita jaga dengan baik. Dengan

dan mengambil hati temanteman anggota dekot,” kata Lela. Berbeda dengan Lela, Wakil Ketua Komisi A Dekot Manado, Revani Parasan, yakin untuk pemilihan ketua BK nanti yang paling berpeluang adalah Hengky Lasut. “Pak Hengky Lasut, paling berpeluang,” kata Parasan.(dede/rr)

BETA

Ai ajak pererat toleransi antar umat Manado—Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan SE MSM, menghadiri peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW, yang dilangsungkan di Mesjid Raya Ahmad Yani Manado, Minggu (24/6). Ai –sapaan akrab Mangindaan— mengatakan, buah dari Isra Miraj ini adalah pencerahan jiwa dan semangat bagi Nabi Muhammad dalam menghadapi berbagai persoalan dalam menyebarkan syiar Islam maupun dalam membangun tatanan kehidupan. “Karena itu saya mengingatkan umat Islam Manado agar peringatan Isra Miraj, jangan hanya dijadikan sekadar acara seremonial semata, tetapi harus bisa diimplementasikan dengan baik dalam kehidupan setiap hari,” ujar Ai. Disatu sisi, Ai pun mengharapkan dengan

PDI Perjuangan Marco Tampi, Ketua Fraksi Gerindra Conny Rumondor, Wakil Ketua Fraksi Kerakyatan Hengky Lasut hingga Wakil Ketua Fraksi Amanat Persatuan Widjajanto memiliki kans yang sama meraih posisi ketua. “Semua miliki peluang yang sama. Tinggal bagaimana mereka mampu untuk meraup dukungan

YUDIANTO Putrajaya. Beta,” terang Putra sapaan akrab Dandim Manado ini. Ditegaskan Putra, semua peserta Beta diberikan kartu anggota dari Kodim, tapi jika mereka berbuat hal yang melawan hukum, keanggotaan mereka akan langsung dicabut dan akan ada sangsi langsung dari Kodim. Disatu sisi, Putra berharap, pihak pemerintah bisa mengupayakan personil Beta dalam kegiatan di instasi terkait. “Bisa dimanfaatkan adanya progam di pemerintah melalui program UMKM melalui pelatihan bagi pemuda kita,” kunci Putra.(teem)

Incinerator ... dari Halaman 3 “Kami sarankan di luar kota karena ruang penempatan incinerator sangat terbatas dilokasi itu. Dengan suhu yang tinggi membakar sampah medis, maka akan menggangg ruang publik yang lainnya,” tuturnya. “Contohnya seperti suhu uap panas serta asap yang pastinya akan mengganggu pusat ruang publik disana. Walau pun mereka siasati

cerobong ke atas, tetap itu akan mempengaruhi dan mengganggu. Jadi sebelum dikeluhkan masyarakat kami sarankan mereka untuk memindahkan insenirator itu,” tegasnya. Terkait hal itu, sebetulnya sudah disampaikan ke pihak RS Siloam, pada saat pengurusan ijin Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL). “Karenanya kami sarankan

Pansus ... dari Halaman 3 Sinjal mengatakan, pemanggilan ini untuk memastikan keberadaan lokasi yang tepat untuk pihak kepolisian dan TNI,

terkait dengan areal untuk latihan menembak maupun kegiatan kepolisian yang berhubungan dengan senjata.

Dekot ... dari Halaman 3 “Harus ditunda dulu, karena pimpinan mereka hanya diwakilkan saja,” ujar Wakil Ketua Komisi D Dekot Manado, Amir Liputo, kepada wartawan kemarin. Liputo mengatakan, persoalan ketenagakerjaan ini patut diseriusi. Sebab,

peroalan seperti itu sudah sering terjadi. “Persoalan tenaga kerja di kota Manado masih banyak yang pelu dituntaskan. Sehingga kami akan serius untuk menuntaskan persoalan ini,” tegasnya. Sebelumnya, para karyawan Coco Swalayan Ma-

Setoran ... dari Halaman 3 Bini mengakui sebetulnya, agenda itu sudah akan digelar Senin (25/6) kemarin. Namun akibat pimpinan perusahaan yaitu Otniel Kojansouw tidak datang menyebabkan agenda hearing tertunda. “Sudah kami agendakan

hearing, ceman memang tadi (kemarin, red) pimpinan dari PT Air tidak hadir, karena sementara di luar daerah,” tuturnya. Pemkot Manado sebagai pemegang saham 49% PT Air Manado, dinilai hingga kini belum maksimal penye-


SELASA 26 JUNI 2012


SELASA 26 JUNI 2012

E-KTP INFRASTRUKTUR

Pasar modern beroperasi Agustus PASAR bergaya Modern tapi berstandar tradisional akhirnya resmi di-launching oleh Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu bahwa akan dioperasikan per tanggal 1Agustus, karena masih akan disesuaikan dengan beberapa pedagang yang akan menempati lapak-lapak tersebut. “Pasar ini telah siap untuk digunakan dan harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.Artinya fasilitas pemerintah ini harus dijaga dan dirawat, bukan untuk digunakan dan dirusaki,” himbau Runtu dihadapan beberapa pedagang. Lebih lanjut dikatakan Runtu saat didampingi Kepala Pasar Simon Sumanti bahwa untuk pembagian lapak sebanyak 448 buah dan 144 kios di pasar baru Tondano sudah sesuai dengan ketentuan, dan sudah ada yang memilili semua lapak. “Seluruh lapak telah terisi dengan baik dan kita berharap pedagang boleh menempati lapak dengan baik dan tertib. Terkait dengan pembagian sampai 2 lapak itu sudah ada mekanismenya dan Memang ada yang kontrak lebih dari satu lapak dan itu sah saja karena pada saat pendataan mereka memang sejak lama sudah mengkontrak dan ketika didata mereka mendatanya kembali, dan kalau ada pedagang baru yang akan duduki maka itu akan masuk daftar tunggu,” ujar Sumanti. Disisi lain, Sumanti mengatakan bahwa untuk biaya beban dari sewa lapak adalah 1x1 meter itu dibebani 2500 rupiah. “Tahun ini untuk sewa lapak sudah ada aturannya, dan untuk tahunnya sebanyak 2,4 juta,” ujarnya. Disisi lain juga menurut Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Drs JM Languyu mengatakan kalau ke depan dalam pengalokasian dana yang sama, yakni lewat dana pusat, akan dibangun juga pasar serupa. “Penghitungannya telah kita buat dan diharapkan di dua tahun ke depan akan ada proyek yang sama,” ujar Languyu. (erka)

BANTUAN

Dewan apresiasi program dana penyandang cacat permanen DEWAN Minahasa memberikan apresiasi kepada kinerja Dinas Sosial Minahasa yang mampu menjalankan program pemerintah pusat melalui bantuan untuk penyandang cacat. Personil Dekab Minahasa Ir Man Tojo Rambitan mengatakan bahwa melalui dinas sosial Minahasa, bantuan bagi penyandang cacat permanen sebanyak Rp300 ribu per orang yang ditentukan sebanyak 30 orang, sangat membantu. “Program langsung ke masyarakat ini wajib kita berikan apresiasi kepada Dinsos yang sudah memfasilitasi, mengawasi dan menjalankan dengan baik akan rencana penyaluran langsung ke rekening kelompok atau penerima. Bantuan bagi penyandang cacat inipun khusus untuk cacat permanen,” ujar Rambitan kepada Swara Kita Minggu (25/6) kemarin. Lebih lanjut dikatakan Rambitan bahwa diharapkan ke depan ada program yang sama, yang tentunya akan lebih mengarah pada kesejahteraan masyarakat. “Kita berharap ini akan memberikan dampak yang lebih baik kepada masyarakat Minahasa,” ujarnya. Sebelumnya menurut Kadis Dinsos Hans Mokat SE bahwa bantuan ini dilakukan setiap tahun dengan berbagai pertimbangan dan kajian. Kajian pun dilakukan dengan cara melakukan pendataan di berbagai tempat, termasuk calon penerima. “Syarat penerima bantuan ini adalah mereka yang memang cacat dan memerlukan bantuan orang lain,” ujar Mokat.(erka)

Alat perekaman sering ngadat Tomohon—Sebulan sudah program kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) diberlakukan di Kota Tomohon. Hanya saja, berjalannya program pemerintah pusat dalam hal tertib administrasi kependudukan ini, ternyata belum bisa berjalan optimal. Pasalnya, ada beberapa alat perekaman yang sering ngadat sehingga dikelukan oleh warga dan juga operator. Seperti yang terjadi di Kecamatan Tomohon Selatan yang dikeluhkan

masyarakat Kelurahan Walian. Belum bisa dipastikan apakah ngadatnya alat perekaman itu dikarenakan jaringan atau pemasangan yang asal-asalan. “Kami sebagai masyarakat sangat menunjang program tersebut. Tapi, untuk di Tomohon Selatan peralatannya tetap dipertanyakan, karena sering mengalami kerusakan, dan memperlambat pelaksanaan perekaman,” ujar salah satu warga Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Sela-

tan, Judie Turambi. Dia juga menambahkan, dengan sering terjadi kerusakan alat tersebut, menyebabkan antrian panjang masyarakat yang akan melaksanakan perekaman e-KTP di kantor kecamatan. “Contohnya yang terjadi terhadap saya. Sejak pukul 07.45 Wita sudah mendaftar, namun nanti dilayani sekira pukul 13.15 Wita, karena peralatan yang sering rusak,” tambahnya. Dihubungi terpisah, Kepala

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Tomohon, Herman Gosal SE, mengatakan, permasalahan yang terjadi di Kecamatan Tomohon Selatan akan menggangu target yang sudah tentukan. Untuk itu, pihak konsorsium penyedia barang dan peralatan tersebut seharusnya terus mendampingi proses perekaman tersebut, agar langsung bisa diperbaiki dan tidak terjadi kerusakan lagi. “Ini merupakan tanggung jawab mereka konsorsium. Nanti kami akan langsung mempertanyakan hal yang terjadi di kecamatan itu secepatnya,” katanya.(gebe)

DIHARAPKAN proses perekaman data kependudukan tidak bermasalah. (foto: ist)

3506 RTSM menerima dana PKH senilai 4,2 M Mokat: Penyaluran tahap II berakhir pertengahan Juli Tondano—Sebanyak 3506 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Minahasa akan mendapatkan dana bantuan dalam Program Keluarga Harapan (PKH) senilai

Rp4,2 Miliar. Namun itupun dibagi dalam 4 pentahapan pencairan. Dan di bulan ini adalah tahap kedua yang akan disalurkan sebanyak Rp1,5 Miliar. Kepala Dinas Sosial Hans

Mokat SH kepada Swara Kita Senin(26/6) kemarin membenarkan akan penyaluran yang akan dilaksanakan akhir Juni hingga pertengahan Juli mendatang. “Memang benar total penerima RTSM sebanyak 3506 penerima PKH untuk tahun 2012 ini. Namun mereka penerima ini adalah

tahap kedua Rp 1,50 M terima langsung ke kantor pos. Total keseluruhan 4,2 M,” ujar Mokat. Untuk saat ini menurut Mokat, penyalurannya tidak dilaksanakan sebelum ada persetujuan daripada kajian datang yang diusulkan. “Paling lambat pertengahan Juli untuk

BP4K-KP siapkan lumbung padi

PANEN Padi di Tomohon memang perlu ada pendampingan terlebih masalah sarana dan prasarana seperti penyediaan lumbung padi.(foto: ist)

Tomohon telah merencanakan pembangunan lumbung padi di kota itu. Kepala BP4K-KP Kota Tomohon, Drs Eddy J Turang MM mengatakan, pembangunan lumbung beras berukuran 8X12 meter itu direncanakan akan dibangun di Kecamatan Tomohon Barat. Dipilihnya Kecamatan Tomohon Barat karena wilayah itu

PKH ini sudah sangat baik, dan tidak ada yang dipermasalahkan. “Kita berharap pelaksanaan ini harus diawasi sampai di tingkat kecamatan. Kecamatan juga wajib melaporkan hasil penyaluran dan pengawasan supaya masyarakat kita dapat terawasi dengan baik,” ujar Runtu.(erka)

RAPAT PARIPURNA

SWASEMBADA BERAS

To m o h o n — G u n a menyukseskan program swasembada beras sekaligus pencapaian target 10 ribu ton beras hingga tahun 2014, maka tempat penampungan merupakan hal yang wajib disediakan oleh Pemkot Tomohon. Oleh karena itu, Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (BP4K-KP) Kota

penyalurannya. Dan kita harus crosing data ke kementerian sosial. Fungsi kitakan untuk memfasilitasi, mengkoordinasikan dan mengawasi program,” ujar Mokat. Sementara itu menurut Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu mengatakan bahwa pengawasan untuk penerimaan

merupakan sentra penghasil beras di kota tersebut. “Lumbung ini perlu guna mengantisipasi jika panen beras akan melimpah,” kata Turang. Tak hanya lumbung, lanjut Turang, pihaknya juga akan menyediakan tempat penggilingan padi di tempat itu. Demikian juga dengan pemberdayaan koperasi tani yang nantinya akan

mengelolah lumbung padi itu.”Fungsi koperasi ini untuk memberdayakan para petani. Jika butuh padi atau beras, nantinya dipinjam dulu di lumbung, kemudian diganti setelah panen. Ini nantinya akan sangat bermanfaat,’’ tukas Turang seraya menambahkan jika lumbung ini bisa dijadikan tempat penitipan beras oleh petani sebelum dijual ke pasaran.(gebe)

Ranperda RTRW Minahasa ditetapkan Tondano—Senin (25/6) kemarin bertempat di ruang rapat Dekab Minahasa, rapat paripurna DPRD Minahasa dalam rangka penyampaian laporan panitia khusus pembahasan Ranperda RTRW Kabupaten Minahasa tahun 2011-2031 guna mendapatkan persetujuan untuk ditetapkan menjadi peraturan Daerah Minahasa digelar. Ranperda tersebut telah ditetapkan, namun menurut Ketua Dekab Minahasa Drs Frits Tairas bahwa Penandatanganan naskah keputusan DPRD telah dilakukan oleh Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu dan Dewan, selanjutnya naskah ini diserahkan ke eksekutif kemudian dikirim ke Pemprov untuk dikaji kemudian ditetapkan. “Kita sudah setujui tinggal dari Pemprov yang melakukan kajian ke depan,” singkat Tairas. Sementara itu menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ir Jacky Walukouw bahwa nantinya ini akan dikaji ke Pemprov. “Mereka wajib tahu apa yang akan kita lakukan ke depan. Minahasa perlu untuk berubah dan diharapkan ini menjadi sesuatu yang penting untuk dioptimalisasikan,” ujar Walukouw. Lebih lanjut dikatakan Walukouw bahwa dalam pembentukan perda ini

memang prosesnya tidak terlalu panjang asalkan dalam proses ini sistem koordinasi yang terbentuk berjalan dengan baik. “Dalam 3 hari ini kita akan menyurat ke Badan Koordinasi Penetapan Ruang Propinsi dan selanjutnya akan ditunggu jawabannya seperti apa. RTRW ke depan haruslah cepat karena di Minahasa akan lebih strategi tentang pemanfaatan ruang Minahasa lewat Regulasi yang ada. Kita di Minahasa lebih terkemuka dengan kawasan strategi di Minahasa,” singkatnya. Sementara itu dalam penyampaian laporan panitia khusus pembahasan yang hanya dihadiri kurang lebih 70 persen anggota Dekab Minahasa semuanya menyetujuinya. Meskipun demikian, menurut Bupati Minahasa bahwa pelaksanaan tata ruang ini sangat strategis dan memang ke depannya sudah harus ada penentuan yang perlu ditetapkan. “Kita berharap ini akan memberikan kita sebuah kewajiban yang sifatnya dapat menjalankan sesuai dengan aturan yang ada. Terkait dengan hal itu juga diharapkan ke depan Minahasa akan menjadi daerah yang maju yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik,” ujar Runtu di sela-sela sambutannya. (erka)


SELASA 26 JUNI 2012

Harga kopra diminta diperhatikan HARGA komoditi Kopra di Minahasa Tenggara (Mitra) mengalami penurunan drastis atau anjlok. Hal ini oleh warga petani memintakan perhatian kepada Pemerintah, agar dapat diperjuangkan harganya untuk dinaiknan. Dari informasi yang ada, harga kopra sekarang berada di kisaran Rp 3-4 ribu, dimana sebelumnya harganya ada di Rp 6 ribu. Hal ini yang dikeluhkan para petani kopra, karena biaya operasional akan lebih besar dengan hasil yang diperoleh. “Harga kopra sekarang tak sebanding antara biaya operasional dan hasil yang kami peroleh. Untuk itu kami berharap ini dapat menjadi perhatian Pemerintah dan Wakil Rakyat,” keluh Jhon, salah satu petani kelapa di Mitra. Lebih lanjut, menanggapi hal ini, Personil Komisi C Bidang Kesejahteraan Rakyat Dekab Mitra Kisman Hala, mengatakan, ini harus menjadi perhatian bersama dan juga perhatian lebih dari pihak terkait, seperti instansi perindustrian dan perdagangan untuk dapat memantau perkembangan harga. “Dan perlu diambil langkah koordinasi dengan Mira kerja, guna mencari solusi seperti apa untuk perbaikan harga kopra ini. Sebab bisa saja ini karena pengaruh harga minyak kelapa secara global atau mungkin karena hanya monopoli dagang saja yang dilakukan pihak tertentu,” ujar Hala, Senin (25/6) kemarin. Sebelumnya, Sekretaris KNPI Mitra Robby Lumbu ST, memintakan agar pihak Pemerintah serta Legislator, memperhatikan serta memperjuangan harga kopra sekarang ini. “Peran para petani kopra dalam menggerakan perekonomian daerah akan sangat menunjang jika didukung secara penuh oleh pihak pemerintah. Karena kopra menjadi salah satu komoditi andalan dari masyarakat Mitra, jika harga anjlok, otomatis yang dirugikan yaitu masyarakat dan dampaknya, daerah sendiri yang akan merasakannya,” kata Lumbu.(esel)

Warga Tombatu terima penyuluhan kesehatan WARGA Tombatu dan sekitarnya mendapat penyuluhan kesehatan dan mendapatkan bantuan alat kesehatan dari Rukun Iwekahalesan Jabodetabek, yang Pulang Kampung (Pulkam) pada Senin (25/6) kemarin. Penyuluhan sekaligus penyerahan bantuan peralatan kesehatan berupa alat pemeriksaan kadar gula darah, kolestrol dan asam urat, pengukur tekanan darah (tensi), alat timbang badan, dan lainnya, merupakan bantuan yang usahakan oleh Kerukunan Iwekahalesan Tombatu-Touluaan yang ada di Jabodetabek, dibawah koordinasi Ibu Ellen Kosegeran. Dan sedikitnya ada 20 set peralatan kesehatan direncanakan diserahkan kepada 20 lembaga Gereja dan Masjid yang ada di Mitra. “Ini merupakan bantuan tahap pertama, dan ini adalah merupakan bantuan murni dari kami warga perantaun yang ada di Jabodetabek, untuk membantu keluarga, kerabat dan seluruh masyarakat yang ada di sini. Harapan kami lewat Baksos ini sangat bermanfaat untuk di gunakan,” ujar Kosegeran, sembari memberi apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Wakil Bupati Mitra Drs JeremiaDamongilala Msi, yang sangat peduli terhadap warga Tombatu-Touluaan yang ada di Jabodetabek. Lebih lanjut, pada kesempatan tersebut pihak BKKBN Sulut melalui Ir Tino Tandayu, juga dilibatkan dalam memberi materi pemanfaatan alat bantuan, yang dilakukan di GMIM Sion Tombatu. Sementara itu, Wabup Damongilala, mengucapkan terima kasih kepada BKKBN yang telah bekerjasama, dan juga memberikan apresiasi kepada Rukun Iwekahalesan, yang telah berinisiatif melihat apa yang menjadi kebutuhan akan para lansia yang ada.(esel)

BUPATI Telly Tjangglung saat menyematkan tanda peserta kepada salah satu peserta praktek lapangan II Madya Praja IPDN Kampus Minahasa, di Mitra.(foto: ist)

IPDN

Bupati terima 99 Praja lakukan praktek di Mitra Ratahan—Sedikitnya 99 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Minahasa, akan melakukan praktek lapangan di Kabupaten Mitra. Para Praja peserta praktek ini langsung diterima oleh Bupati Mitra Telly Tjanggulung, Senin (25/6) kemarin, di Atrium Kantor Bupati. Peserta praktek lapangan II Madya Praja IPDN Kampus Minahasa, yang akan turun praktek di Kecamatan-

Kecamaan ini langsung mendapat arahan dari T2— sebutan akrab Bupati, yang berharap para Praja ini menjadi tenaga penggerak, menunjang pemerintahan di Kecamatan. “Kami sangat berbangga karena Mitra menjadi tujuan praktek lapangan dari Praja IPDN. Saya berharap adik-adik menjadi tenaga penggerak menunjang pemerintahan di kecamatan, dan partisipasi praja dalam kegiatan

kemasyarakatan kiranya dapat bersinerji dengan masyarakat,” kata T2, sembari mengucapkan selamat datang kepada peserta, kemarin. Lebih lanjut, Bupati menyampaikan sebagai bekal dalam praktek, yakni intelektual logika berpikir untuk menyerap pengetahuan, kemampuan untuk punya keahlian, dan penampilan. “Makanya bahwa penampilan kita bukan hanya diluar

tapi juga harus dari dalam. Penampilan luar penting penampilan dalam juga tak kalah penting. Begitu juga dengan karakter, hal ini penting karena bisa menentukan naik turunnya prestasi kerja anda. Karakter itu menentukan kasih karunia anugerah bagi karir adik-adik nantinya, karakter anda baik maka anda akan mendapat kepercayaan,” sebutnya. Disampaikannya lagi, pada kesempatan ini, mari persiap-

kan karakter, potensi, kapasitas untuk diasah. “ Sakit memang rasanya, pikiran, keangkuhan kita seakan dipangkas namun setelah itu saya percaya kalian akan berhasil, tetap semangat berjuang sampai akhir,” tandasnya. Sementara itu, pelaksanaan praktek ini mulai dilaksanakan tanggal 25 Juni sampai 15 Juli 2012, namun demikian dalam waktu yang singkat tersebut diharapkan program-program yang direnca-

nakan dapat diapli-kasikan secara lebih, sehing-ga bisa berhasil guna dan ber-daya guna. Direktur IPDN kampus Minahasa Dra Rosye Kalangi Msi, sangat berteri-ma kasih atas kerjasama Pemkab Mitra dan atas nama Rektor IPDN dan civitas akademika IPDN Kampus Minahasa, memberi apresiasi kepad Pemkab Mitra, lebih khusus kepada Bupati Telly Tjanggulung.(PEMKABTORIALMITRA/esel)

Pantai wisata Kema II terancam Sungai Sawangan mulai tercemar, diduga akibat aktivitas galian C Kema—Sungai Sawangan yang bermuara di pantai Kema II Kabupaten Minut saat ini mulai tercemar dan kotor, dimana sumber keruhnya air berasal dari wilayah Lansot, yang diakibatkan adanya aktivitas galian C di Desa Kema I. Dari pengakuan pemerintah Desa Kema II, tercemarnya sungai Sawangan di wilayah mereka bukanlah hal

baru lagi. “Penyebab utamanya tidak lain adalah aktivitas perusahaan pengelola galian C yang ada di Kema I dan di Desa Lansot, dan dampaknya ini sudah lama tapi tidak ada perhatian sama sekali,” ungkap Sekertaris Desa Kema II Steven Bandiono SH, Senin (25/6) kemarin. Tentunya dengan demikian, selain mengancam ekosistem sungai dan daerah aliran

sungai, pencemaran tersebut masuk hingga muara, yang disana terdapat kompleks objek wisata Pantai Firdaus. “Pencemaran ini masuk hingga ke pantai paling tidak ada sekitar radius 400 meter dampak kotornya sungai. Jadi boleh lihat sendiri, air di laut dari bibir pantai warnanya sudah tidak seperti dulu lagi, melainkan kecoklatan,” tandas Bandiono, sembari

meminta Pemkab Minut dan Dekab Minut, secepatnya bertindak tegas terhadap perusahaan tambang tersebut. Dari pantauan di lapangan, setelah dilakukan pengecekan langsung, apa yang dikatakan Bandiono benar. Dimana kondisi sungai sangat keruh dan berubah warna coklat. Parahnya lagi, kondisi air laut di pantai Firdaus dan sekitarnya, keruh dan kecoklat-coklatan akibat adanya lumpur yang masuk dan menembus hingga ke laut.(eres)

Kumtua lingkar tambang mengadu ke Dekab Minut Airmadidi—Aksi protes terhadap perusahaan tambang emas PT Meares Soputan Mining (MSM), kembali mencuat dari kalangan pemerintah desa khusunya di lingkar tambang Toka Tindung Kecamatan Likupang. Dimana sedikitnya 7 Hukum Tua (Kumtua), Senin (25/6) kemarin mendatangi kantor Dekab Minut menyampaikan aspirasi warga. Kedatangan para Kumtua diterima langsung Ketua Dekab Minut Berty Kapojos, yang juga merupakan Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa (APDESI), dan para Kumtua di lingkar tambang tersebut menyampaikan ketidakpuasan pemerintah desa dan warga terhadap sepak terjang PT MSM. PT MSM dituding tidak transparan dalam rangka sosialisasi pengolahan limbah. “Kami protes hal itu, karena pihak PT MSM tidak memberikan pertanggungjawaban pengolahan limbah yang mereka lakukan,” tutur Muhamad Papungggo, salah satu Kumtua di lingkar tambang.

Ddidepan Ketua Dekab, para Kumtua memberikan batas waktu dua minggu kepada PT MSM untuk segera malakukan kewajibannya, mengingat ancaman bencana terutama kesehatan akibat limbah terhadap warga sewaktu-waktu bisa terjadi. Selain itu, dari informasi yang didapat, para Kumtua tersebut juga datang untuk menyampaikan, terkait realisasi bantuan kepada pemerintah desa dan warga oleh PT MSM yang ternyata masih belum sepenuhnya diberikan, bahkan ada yang dinilai sudah tidak pantas lagi dilihat dari jumlahnya. Sementara itu, Berty Kapojos usai menerima 7 Kumtua lingkar tambang, berjanji akan mengambil sikap menindaklanjuti pengaduan tersebut. “Kita akan segera melakukan rapat kerja dengan perusahaan tersebut (PT MSM, red). Biar semua bisa jelas serta transparan. Ini semua demi kepentingan masyarakat untuk kesejahteraan agar bisa tercapai,” terang Kapojos.(eres)

Sejumlah pejabat Minut pura-pura bodoh

pejabat Minut harus memberikan laporan tersebut karena itu sudah menjadi bagian tanggung jawab,” tambah aktivis Minut Enal Togas, sembari mengatakan entah mengapa pejabat Minut takut memberikan LHKPN, karena sebelumnya cara pengisian sudah disosialisasi, ataukah pura-pura bodoh karena mereka tidak mau harta kekayaan diketahui publik.(eres)

PARPOL

DPC Hanura ngotot Karamoy mundur Airmadidi—Pergolakan kursi panas terhadap Anggota Dekab Minut dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Yetty Karamoy, mulai memasuki babak baru. Bahkan, surat Pergantian Antar Waktu (PAW) sudah diberikan ke pimpinan dewan sejak tiga minggu lalu. Ketua DPC Partai Hanura Minut Frans Matthieu mengatakan, meminta agar pimpinan dewan secepatnya memproses surat yang dilayangkan Partai Hanura terkait PAW Yetty Karamoy, sebab itu merupakan keputusan partai yang langsung diberikan Dewan Pimpinan Pusat (DPP), dan Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Partai Hanura Minut serius menjalankan perintah DPP, dan ini harus secepatnya diselesaikan, kalau tidak tim advokasi dari DPP akan turun langsung. “Kami menilai Karamoy sudah tidak menjalankan aturan partai dan banyak kesalahan yang sudah dibuat yang bertentangan dengan amanah Partai Hanura.

KISRUH PT MSM

Untuk itu kami meminta pimpinan dewan memproses sesuai aturan yang berlaku,” tutur Matthieu didampingi Sekretaris DPC Partai Hanura Minut Meky Bolung, Senin (25/6) kemarin. Sementara itu, Wakil Ketua Dekab Minut Indrakusuma Oley menyatakan, untuk surat PAW salah satu anggota dari Partai Hanura sudah di meja ketua, dan itu akan dipelajari untuk selanjutnya diproses. Menanggapi hal tersebut, Yetty Karamoy melalui kuasa hukumnya Calvin Murari SH

mengatakan, seharusnya PAW itu ada prosesnya, karena sesuai dengan AD/ART seorang kader partai ketika akan PAW, DPP harus menyurat terlebih dulu sebagai bentuk pemberitahuan untuk meminta klarifikasi, dan sejauh ini klien kami sebagai kader partai tidak pernah melakukan kesalahan terhadap partai. Sesuai AD/ ART ada tiga poin untuk PAW, yang pertama melakukan kesalahan yang menyebabkan kerugian nama baik partai, kedua tersangkut kasus hukum dan sudah

ditetapkan sebagai tersangka dan ketiga mengundurkan diri atau meninggal. “Kami menilai ini hanya langkah diskriminatif terhadap klien kami, dan tentunya mengatasi masalah ini kami sudah menempuh jalur hukum. Untuk itu DPP dan DPC seharusnya bijak melihat masalah ini jangan keliru dalam mengambil tindakan. Dan dalam hal ini juga DPP seharusnya mempertimbangkan apa yang disampaikan DPC, jangan asal tabrak saja,” terang Murari.(eres)

LHKPN Airmadidi—Langkah Wakil Bupati Minut Yulisa Baramuli SH memberikan hukuman bagi pejabat Minut yang belum memasukkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan. Dekab Minut sebelumnya

juga sudah memberikan laporan harta kekayaan seperti itu. “Pejabat Minut seharusnya peka, karena untuk menciptakan tertib administrasi LHKPN itu harus dimasukkan, karena itu merupakan bagian untuk menjadikan pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktek Korupsi

Kolusi dan Nepotisme (KKN),” tutur personil Komisi A Dekab Minut Ir Lucky Kiolol, Senin (25/6) kemarin. Disisi lain sejumlah kalangan menilai kebijakan Wabup itu penting, dan patut diberi apresiasi, karena tujuannya tidak lain untuk kemajuan Kabupaten Minut yang bersih dari

segala praktek kecurangan. “Langkah Baramuli untuk mengambil kebijakan melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap pejabat yang belum memasukkan LHKPN itu merupakan langkah maju, karena seharusnya menciptakan good and clean government,


SELASA 26 JUNI 2012

BNI Siau jualan sembako BANK Negara Indonesia (BNI) Kantor Kas Siau, Senin (25/6) kemarin, menggelar kegiatan pasar murah 2012 bertempat di Terminal Ulu. Dalam kegiatan itu, turut hadir Wakil Bupati Sitaro Drs Piethein Kuera didampingi Asisten Administrasi Ekonomi Pembangunan, Herry Lano SE MM, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi, Drs Hans Kalangit MSi serta Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Frans G Porawouw SIP. Dalam sambutannya, Kuera, mengatakan pemerintah daerah menyambut baik kegiatan tersebut, serta memberikan apresiasi atas kepedulian terhadap masyarakat Sitaro. “Atas nama pemerintah dan masyarakat menyambut dengan penuh ucapan syukur serta memberikan apresiasi bagi BNI sebagai penyelenggara kegiatan pasar murah ini,” kata Kuera. Sementara itu, Kepala Cabang BNI Tahuna, Robby Kamesaan yang didampingi Kepala Kantor Kas BNI Siau, Ralfy Suawah menjelaskan, kegiatan ini merupakan rutinitas yang digelar setiap tahun. Ini adalah bentuk kepedulian dari pemerintah lewat Kementerian BUMN. “Kebetulan untuk wilayah Siau, diantara sekian banyak BUMN yang ada, BNI dipercayakan untuk melaksanakan kegiatan pasar murah ini,” tutur Kamesaan. Dari informasi yang diperoleh, paket yang dijual mencapai 300 paket. dengan harga Rp 30.000/paket. Apabila dibandingkan dengan harga pasaran, paket yang terdiri dari 3 Kg beras, 2 Kg Gula Pasir dan 1 Kg Minyak Goreng seharusnya dijual dengan harga Rp.100.000/paketnya. Seluruh isi paket juga merupakan barang dengan kualitas terbaik.(SEMADTORIAL/esge)

Diklat Pim IV ditutup Sondakh

WALIKOTA Bitung Hanny Sondakh melepaskan kartu tanda peserta, sebagai symbol penutupan Pim IV.(foto: ist)

WALIKOTA Bitung Hanny Sondakh menutup kegiatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan esalon IV Pemkot Bitung angkatan II tahun 2012 yang dilaksanakan di ruang rapat lantai IV kantor walikota, Senin (25/6). Kegiatan yang telah dimulai sejak 21 Mei 2012 lalu di Balai Diklat Perikanan Aertembaga ini diikuti oleh 40 peserta. Menurut kepala BKDD-PP Bitung Ferdinand Tangkudung SIP MSi, Diklat PIM IV telah dilaksanakan selama 6 minggu dan tangal 15-20 Juni lalu melaksanakan kegiatan observasi luar daerah di Kota Surabaya, Jawa timur. “Diharapkan peserta mendapatkan gambaran empiris di lapangan terhadap berbagai konsep, teori, paradigma, strategi dan kebijakan yang diperoleh selama pembelajaran, sebab sebagai aparatur negara harus mengetahui banyak hal dan pengalaman untuk mengatasi berbagai masalah untuk mewujudkan aparatur pemerintahan yang berkualitas sebagaimana tema kegiatan ini,” kata Tangkudung sembari mengharapkan jika optimalisasi pelayanan prima melalui peningkatan kompetensi aparatur. Sementara itu Walikota dalam sambutannya berharap agar melalui PIM IV seluruh peserta mampu mengimplementasinya di pekerjaan masing-masing. “Saya berharap pula peserta mampu memberikan kontribusi dan terobosan yang memberikan dampak positif di berbagai bidang agar kebijakan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dapat menyentuh publik,” tegas Sondakh.(wepe)

Supit hadiri sejumlah agenda di Mandolokang BUPATI Sitaro Toni Supit SE, Senin (25/6) kemarin, menghadiri sejumlah kegiatan pemerintahan dan kemasyarakatan yang diselenggarakan secara bersamaan di bumi Mandolokang khususnya di Kecamatan Tagulandang. Hal tersebut dikatakan Kepala Sub Bagian Pemberitaan Bagian Humas Protokol dan Persandian Setdakab Sitaro, Anne Hengkengbala SS, pada sejumlah wartawan kemarin. “Hari ini ada sejumlah agenda yang akan dihadiri oleh pak bupati di Tagulandang,” tutur Hengkengbala. Ditambahkannya kegiatan-kegiatan yang akan dihadiri oleh pimpinan daerah yakni, peresmian Balai Latihan dan Keterampilan (BLK) Sitaro, Pencanangan Pelunasan Pajak Bumi Bangunan (PBB) tahun 2012, serta syukur Hari Ulang Tahun (HUT) ke 154 Gereja GMIST Imanuel Tagulandang. “Terkait pelaksanaan pencanangan pelunasan PBB di Tagulandang, pemerintah menargetkan jumlah setoran pajak sebesar Rp. 199.116.987 dari jumlah wajib pajak mencapai 17.767 orang,” terangnya. Dengan diresmikannya BLK Sitaro, diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang handal, serta bisa dibaikgunakan untuk menopang pembangunan daerah, serta peningkatan kesejahtraan rakyat(esge)

WTP

Syukuran Pemkot Bitung sederhana

PEMERINTAH Kota Bitung menggelar ibadah syukur atas penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bidang pengelolaan keuangan yang dilaksanakan di BPU kantor walikota, Senin (25/6).(foto: bobby/sk)

Bitung—Pernyataan menarik disampaikan Walikota Bitung Hanny Sondakh saat pemerintah kota menggelar ibadah syukur atas penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan atas opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) bidang pengelolaan keuangan yang dilaksanakan di BPU kantor walikota, Senin (25/6). Menurut Sondakh, bahwa apa yang diraih ini merupakan kerja keras dari semua pejabat dan PNS. “Oleh sebab itu saya menyampaikan terima kasih kepada segenap jajaran pemerintah kota dan dukungan masyarakat atas penghargaan ini. Namun penghargaan yang kita raih saat ini jangan kita membanggakan diri terlalu berlebihan sebab ini bukan akhir dari sebuah apresiasi dan akhir dari sebuah pekerjaan tetapi ini menjadi

tantantangan kita kedepan untuk mempertahankannya dan mempertahankan sebuah penghargaan bukanlah hal yang mudah,” katanya. Diapun menyebutkan jika dirinya sangat berharap jika para pegawai, pejabat dan PNS untuk tidak berpuas dan berbangga diri. “Jadikan momentum ini untuk memotivasi diri kita bahwa apa yang kita lakukan benar-benar telah menghasilkan sebuah hasil yang memadai dan harus terus kita pacu menjadi lebih baik lagi,” katanya. Kegiatan yang berlangsung penuh kesederhanaan ini diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh asisten III bidang administrasi umum Drs Malton Andalangi dan dihadiri oleh para asisten, pejabat eselon II, III dan IV serta ratusan staf di lingkungan Pemkot Bitung.(wepe)

Pelayanan RSUD Liung Kendage mengecewakan Penanganan operasi pasien terhambat Pasandaran: Stok darah golongan A dan B minim Tahuna—Keberadaan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liung Kendage Tahuna sepertinya harus ditinjau ulang oleh pemerintah baik Pemkab Sangihe, Pemprov Sulut

maupun pemerintah pusat. Pasalnya, telah berulangulang, RSUD ini mengecewakan masyarakat baik fasilitas yang kurang lengkap bahkan tak layak, hingga pelayanan yang kurang prima.

Kali ini, kembali pasien yang ingin mendapatkan perawatan secara intensif yang mengeluhkan pelayanan kesehatan yang mereka dapatkan di RSUD Liung Kendage Tahuna. Apalagi pasien yang membutuhkan penanganan operasi atau bedah yang sering mengalami keterlambatan. Menurut sejumlah keluarga pasien ketika bersua dengan Swara Kita, penanganan penyakit oleh pihak RSUD Liung Kendage terkesan pilih kasih. “Keluarga kami yang ingin mendapatkan

perawatan memadai untuk pelaksanaan operasi penyakit justru harus menunggu sampai satu minggu sehingga mendapatkan pelayanan. Bahkan bukan itu saja, pihak rumah sakit justru memintah pihak keluarga pasien untuk mencari donor darah golongan A dengan alasan rumah sakit tidak memiliki stok,” jelas Ebenhaezer Talumingghee yang mempertanyakan profesionalisme penanganan pasien di rumah sakit milik pemerintah daerah ini. Secara terpisah Dirut

DEPOSITO GATE SANGIHE

an Negeri (Kajari) Tahuna Sinarta Sembiring SH MH bakal segera mengupayakan kasus ini punya langkah maju yang kongkrit. “Memang untuk saat ini kasus ini masih dalam tahjap pendalaman melalui penyelidikan yang dilakukan pihak kami. Dan sejumlah pejabat telah kami panggil untuk dimintai keterangannya menyangkut adanya ratusan miliar deposito dana Pemkab Sangihe yang tersebar di sejumlah

Bank di Kota Tahuna ini,” ujar Sembiring. Dia menampik tegas adanya pernyataan sejumlah elemen masyarakat terkait dengan penanganan kasus ini yang dinilai untuk mencari sensasi saja dengan tujuan tertentu. “Silahkan siapa saja berhak mengeluarkan pendapat apapun terhadap berbagai masalah yang terjadi. Namun perlu diketahui oleh semua masyarakat bahwa penanganan kasus ini

dilakukan oleh Kejari berdasarkan aturan yang berlaku,” jelasnya kembali. Lebih lanjut Kajari Tahuna menyatakan untuk memastikan kasus ini apakah dilajutkan atau tidak berdasarkan hukum, maka dalam waktu dekat akan segera disimpulkan. “Kesimpulan menyangkut kasus ini akan segera kita lakukan dalam waktu dekat, apakah dilanjutkan dengan peningkatan status ke penyidikan atau sebaliknya. Semuanya kita dasarkan pada aturan dan hukum yang berlaku,” imbuhnya.(esde)

PERBATASAN

Belum mampu digarap, Sangihe miliki 79 pulau tak berpenghuni Tahuna—Keberadaan Kabupaten Kepulauan Sangihe hingga sekarang masih menyimpan ragam potensi yang bila dikelolah secara maksimal justru mampu menghidupi wilayah kepulauan perbatasan ini. Selain sejumlah potensi yang mulai mendapat perhatian pemerintah daerah, ada juga potensi lainnya belum mampu digarap dengan serius. Potensi tersebut adalah adanya puluhan pulau tak berpenghuni yang hanya dibiarkan begitu saja. Menurut Assiten I Pemkab Sangihe Drs Christofel Hangau ketika dihubungi Swara Kita, menyatakan Sangihe sekarang ini

memiliki sekitar 105 pulau. “Namun dari jumlah tersebut hanya 26 pulau saja yang berpenghuni, sedangkan 79 lainnya hingga sekarang belum memiliki penghuni yang menetap,” jelas Hangau. Sementara itu Ketua Lembaga Pemberdayaan dan Pengawasan Pembangunan Sangihe Talaud (LP3ST) Sangihe Very Bawoleh menyatakan jumlah 79 pulau tak berpenghuni tersebut harus dipikirkan oleh pemerintah daerah untuk dikelolah secara maksimal. “Sebab potensi perikanan di seputaran pulau tak berpenghuni tersebut sangatlah besar. Hal ini dibuktikan dengan

Pasandaran. Lain halnya dengan pasien yang memiliki golongan darah O lanjut Pasandaran dimana pasokan untuk golongan darah tersebut sangat memadai. “Sehingga pasien tersebut cepat mendapatkan penanganan,” imbuhnya sambil menambahkan, meskipun rumah sakit memiliki stok untuk golongan darah A dan B tetapi tidak boleh kosong. Hal ini untuk mengantisipasi kalau ada pasien yang masuk dan memerlukan operasi secara mendadak.(esde)

DEKOT BITUNG

Status bakal ditingkatkan? Tahuna—Upaya pengungkapkan tuntas terhadap dugaan adanya dugaan korupsi dalam dana deposito Pemkab Sangihe yang mencapai sekitar Rp115 miliar masingmasing, Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) tahun anggaran 2011 mencapai sekitar Rp40 dan deposito anggaran tahun 2012 senilai Rp75 miliar, terus dipacu oleh Kejaksanaan Negri (Kejari) Tahuna. Buktinya Kepala Kejaksa-

RSUD Liung Kendage Tahuna dr Handry Pasandara mengakui bahwa rumah sakit kekurangan stok untuk darah golongan A dan B. “Kami mengakui ada keterlambartan penanganan pelayanan kesehatan khususnya untuk bedah atau operasi pasien yang memiliki golongan darah A atau B, sebab rumah sakit kekurangan stok golongan darah dimaksud. Dan hal ini dilakukan bukan karena pilih kasih tetapi keadaan yang membuatnya jadi seperti ini,” jelas

banyaknya warga khususnya nelayan Sangihe yang datang untuk menetap hingga sepekan di sejumlah pulau tak berpenghuni untuk menangkap ikan. Dengan demikian sangatlah jelas potensi pulau tak berpenghuni dimaksud,” jelas Bawoleh. Disisi lain juga lanjut Bawoleh, keindahan terumbu karang diseputaran pulau tak berpenghuni juga menjanjikan sebagai potensi wisata yang cukup menjanjikan. “Dari dua potensi yang ada, setidaknya sangat menguntungkan daerah bila pengelolaannya dimaksimalkan,” tegasnya

kembali. Bawoleh juga memahami keterbatasan keuangan yang dimiliki daerah untuk melakukan pengelolaan potensi wilayah yang ada. Olehnya ia mengusulkan agar pemerintah mau mencari pihak ketiga untuk melakukan pengelolaan. “Dari beberapa fakta yang terjadi pulau di Indonesia banyak yang hilang baik itu diambil negara lain maupun tenggelam dengan sendirinya akibat global warming. Dan hal ini bisa terjadi karena pulau-pulau tak berpenghuni tersebut dibiarkan begitu saja,” imbuhnya sambil menambahkan belajar dari pengalaman yang ada baiknya ada keseriusan pemerintah daerah, provinsi hingga pemerintah pusat untuk mengelola pulau-pulau tak b e r p e n g h u n i dimaksud.(esde)

Tak korum, sidang paripurna sempat ditunda Bitung—Entah punya kesibukan apa sehingga beberapa anggota Dekot Bitung tidak hadir dalam pelaksanaan paripurna pembicaraan tingkat pertama tentang pertangungjawaban pelaksa-naan APBD tahun angaran 2012 diskors oleh Ketua Dekot Bitung selama 15 menit akibat tidak korumnya anggota dewan yang hadir. Bahkan dari pantauan kita pe koran, walikota Bitung sendiri sempat menelepon beberapa anggota dewan untuk dapat menghadiri paripurna tersebut agar paripurna tersebut boleh ber-jalan lancar setelah Sekretaris Dekot Bitung Yoke Senduk menelpon sebagian

anggota dewan tersebut. Ketua Dekot Bitung sendiri saat dihubunggi mengatakan jika kemungkinan para anggota dewan tersebut lelah setelah pagi harinya ada beberpa anggota komisi yang melakukan tinjauan lapa-ngan. “Ada beberapa anggo-ta dewan yang pagi hari sebelumnya melakukan peninjauan lapangan,mungkin ini yang mengakibatkan keterlambatan,” ungkapnya sembari mengatakan jika ada anggota dewan yang sudah berada di jalan untuk menghadiri acara ini. Setelah 15 menit sidang diskors, tepat pukul 16.30 wita sidang paripurna ini dimulai.(wepe)

INFRASTRUKTUR

Jabatan Tuange dan Tambuwun diperpanjang Bitung—Meski sudah memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) namun Pemkot Bitung masih mempertahankan 2 pejabatnya yang dirasa masih diperlukan guna melanjutkan program yang telah ada. Mereka adalah Asisten Bidang Keuangan Petrus Tuange dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Max Tambuwun. Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Bitung Ferdy Tangkudung. “Surat perpanjangan asisten 4 dan Kadis PU sudah keluar sejak bulan Mei yang lalu,”

katanya. Diapun mengurai jika perpanjangan ini dilakukan karena proyek di PU sementara berproses pun demikian dengan persoalan pengelolaan keuangan. “Dan perpanjangan masa jabatan ini membuktikan lihat saja hasilnya, Bitung bisa mendapatkan WTP karena memang Pak Asisten 4 mampu memanegerial proses keuangan, pun demikian dengan Tambuwun karena pada saat ini pelaksanaan proyek sementara dilakukan dan jika diganti tentunya akan aburadul lagi,” kata Tangkudung.(wepe)


SELASA 26 JUNI 2012


SELASA 26 JUNI 2012

Kalo dipikir-pikir, kayaknya mustahil jika tetesan air bisa mengikis batu yang keras. Tapi, dengan waktu serta tetesan yang berulang, hal itu bisa terjadi. Begitu juga pribadi yang lemah lembut serta sabar, dijamin bisa meredam serta melembutkan orang dengan pribadi yang keras. Teman-teman kita berikut tahu caranya!(fine)

ASAL LOE TAU AJA

Dulu Afrika itu wilayah peternakan sapi TERNYATA Gurun Sahara dulu merupakan wilayah peternakan sapi perah pada 7.000 tahun lalu. Para ilmuwan Inggris menemukan partikel mikroskopis dalam produk susu di panci dari Libia yang berasal pada 5.000 sebelum Masehi. Melalui proses kimiawi, artefak keramik tersebut menunjukkan bukti bahwa Afrika adalah area peternakan sapi pada masa itu saat wilayah tersebut lembab dan hijau. Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature ini menyimpulkan bahwa susu merupakan bagian penting dalam diet mereka, meski lactose intolerance dalam tubuh manusia purba membuat mereka sulit mencerna gula susu dalam makanan. “Penemuan residu (ampas) susu lemak dalam peralatan masak konsisten dengan pengolahan susu, (ini) menunjukkan bagaimana orang-orang itu mengonsumsi susu meskipun lactose intolerance,” kata Richard Evershed, peneliti dari Universitas Bristol. Evershed menambahkan di Afrika Utara pembudidayaan sapi, domba, dan kambing lokal ternyata sudah dilakukan sebelum tanamantanaman itu dipanen. Hasil penelitian tersebut menguatkan beberapa lukisan batu dari masa lalu yang menggambarkan kehidupan manusia purba beternak dan memerah susu.(miol)

JUFRI NGGAK perlu menghabiskan waktu untuk bertengkar. Sama halnya seperti ketika batu diadu dengan batu. Keduanya sama kerasnya. Jika diadu, bisa jadi keduanya sama utuh. Atau malah berakhir keduanya pecah menjadi puing batu. Sama-sama terluka. Untuk itu, salah satu harus mengalah, setenang air. ICHA

SMKN 4 MANADO

Minat pendaftar naik pelan

KETAWA ASYIK

Sudah lama di kereta api DI atas gerbong kereta api, seorang Bapak dan anak sedang bercengkerama dengan seorang kepala kondektur. “Anda sudah berapa lama di kereta api?” “Sudah lebih dari 3 tahun.” Si anak dengan heran bertanya: “Pak, dia ke tempat tujuan mana ya, numpang kereta api demikian lamanya kok masih nggak sampai-sampai!”(*)

Perempuan minta dicium di tiga tempat

DEASY Lumowa.

Manado—Difasilitasi ruang belajar serta sarana prasarana yang cukup lengkap, tampaknya belum cukup membuat minat masyarakat Sulut untuk menimbah ilmu di SMKN 4

dilakukan maupun yang akan dilakukan kedepan bisa mengangkat citra SMKN 4 Manado. Sebagai awal yang cukup baik, minat siswa untuk masuk ke sekolah ini naik perlahan. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Dra Joice Sambiran ditemui wartawan Senin (25/6) kemarin menjelaskan, hingga Sabtu akhir pekan lalu, jumlah pendaftaran via online di SMKN 4 sudah mencapai lebih dari 154 calon siswa. “Dibanding tahun lalu, tahun ini ada peningkatan peminat. Namun,

dari 154 siswa yang mendaftar via online tadi, yang sudah terverifikasi baru 60 siswa,” jelas Sambiran. Dia menambahkan, batas verifikasi tanggal 29 Juni, kemudian disusul 4 Juli pengumuman yang lulus verifikasi untuk kembali mendaftar ke sekolah. “Tahun ajaran ini, kami menerima 216 siswa untuk 6 rombel pada semua jurusan yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), perawatan sosial, Teknik Broadchasting, Administrasi,” kunci Sambiran.(emem)

PPDB

Terkendala mebeler, SDN 2 Manado hanya terima 2 kelas

PADA sebuah taman, sepasang kekasih sedang asyik berbisik-bisik: Pria: “Sayang, apa yang paling kamu dambakan?” Si wanita dengan malu-malu kucing berkata: “Hal yang paling kudambakan ialah, harap kamu bisa mencium diriku di 3 tempat.” Pria: “Ah, mudah saja, coba kamu katakan di tiga tempat yang mana?” Wanita: “Paris, London dan New York.”(*)

Tiroid terlalu aktif menjadi penyebab kegemukan “SEKARANG, apa rencana yang ingin Anda lakukan terkait kelebihan berat badan Anda?” tanya dokter kepada pasien. “Saya hanya tidak bisa menurunkan berat badan,” kata pasien. “Pasti karena tiroid yang terlalu aktif.” “Tes menunjukkan tiroid Anda normal,” kata dokter. “Jika ada yang terlalu aktif, itu mungkin garpu Anda.”(*)

Manado. Terbukti, beberapa tahun terakhir, jumlah pendaftar siswa baru di sekolah yang terletak di bilangan Tikala itu terus menurun drastis. Tahun ajaran 2011/2012 saja, total jumlah siswa dari kelas IX-XII, tidak mencapai 200 orang. Soal prestasi apalagi. Nama SMKN 4 Manado bisa dibilang “tenggelam” kalah saing dengan SMK lainnya di Kota Manado. Namun demikian, kepemimpinan Dr Deasy Lumowa cukup memberi penyegaran baru. Sangat diharapkan, beberapa inovasi yang

DEANE Salendu.

Manado—Gara-gara minim mebeler alias perlengkapan belajar seperti meja dan kursi, minat orangtua untuk mendaftarkan anaknya ke SD Negeri 2 Manado

harus diurungkan. Apa pasal? Tahun ajaran 2012/2013, sekolah yang terletak di Jalan Tikala Ares ini hanya menyediakan 2 rombongan belajar (Rombel) atau maksimal 72 siswa. “kuota kami hanya untuk 2 ruang kelas. Jika dikali 36 siswa per kelas, maksimal hanya 72 siswa. Saat ini ada 2 ruang kelas yang masih kosong, namun hal itu terkendala karena

belum ada mebeler,” jelas Kepala SDN 2 Manado Deane Salendu SPd. Namun demikian, ditambahkan Salendu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Manado dalam hal ini Diknas Pendidikan untuk bantuan pengadaan mebeler di sekolah. “Semoga tahun ini ada bantuan dari pemerintah supaya tahun depan, kami bisa menerima siswa lebih banyak karena

setiap tahun ada banyak siswa yang mendaftar namun terkendala mebeler,” ungkapnya. Dari data yang ada, hingga Sabtu (23/6) kemarin, jumlah pendaftar di sekolah ini mencapai 50 siswa yang mendaftar. Jumlah ini dipastikan akan membludak menjelang penutupan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada 14 Juli 2012.(emem)

E M A N G nggak mudah untuk bersikap menjadi air. Banyak yang jatuh bangun saat mencobanya. Tapi jangan menyerah. Kita harus tahu cara menyeimbangkan diri dengan orang lain, berpikir dari sisi orang lain, tahu kapan untuk manja dan menjadi bersikap mandiri, menjadi lemah lembut dan bersikap tegas.(*)

SERTIFIKASI GURU NON PNS

Verifikasi berkas hampir 100% Manado—Pencairan tunjangan sertifikasi guru non PNS triwulan pertama segera tuntas untuk seluruh penerima tunjangan se-Sulut. Pasalnya, proses verifikasi sudah hampir rampung 100%. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut Drs J Star J Wowor MSi melalui Kasubag Hukum dan Kepegawaian Ronny Sepang SH, Senin (25/6) kemarin. “Proses pencairan tunjangan sertifikasi untuk triwulan satu memang lama karena lambatnya pemasukan berkas oleh para guru. Namun sekarang dari

500-an guru penerima tunjangan ini, sudah 400 lebih yang selesai terverifikasi dan siap dicairkan untuk semuanya,” jelas Sepang. Dia pun menghimbau seluruh guru untuk kembali memasukan berkas secara tepat waktu, untuk pencairan tunjangan triwulan kedua. “Jika bulan ini, seluruh dokumen telah dimasukan, maka proses verifikasi berkas sudah bisa diproses pada awal Juli. Diminta kepada pemerintah di daerah untuk dapat mengingatkan para guru non PNS mereka,” pesan Sepang.(emem)

TIPS ASYIK

Merawat computer secara tepat

APAKAH kamu memiliki komputer dan sering sekali mengalami masalah dan membutuhkan tips computer untuk merawat komputer kamu? Jika kamu memiliki komputer dan sangat sering menggunakannya maka kamu perlu sekali untuk mengetahui tentang bagaimana merawat komputer kamu. Komputer sangat penting sekali penggunaannya saat ini. Semua hal tidak luput dari penggunaan fungsi komputer sekarang. Oleh karena itu mengapa kita harus melakukan perawatan pula pada komputer kita. Banyak cara merawat komputer agar awet dalam dgunakan setiap hari.

Perawatan komputer sangatlah penting untung menunjang keawetan dan performanya untuk digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas. Oleh karena itu kita wajib mengetahui bagaimana cara yang benar untuk merawat komputer tersebut. Untuk melakukan perawatan pada computer sangatlah mudah dilihat dari tips computer. Pertama, kita perlu melakukan perawatan dari segi hardware yaitu piranti keras yang ada di dalam computer. Kita dapat membersihkan tiap kipas yang ada di dalam computer. Hal ini sangat penting dilakukan karena kipas yang kotor akan berkurang kemampuannya untuk menghilangkan udara panas di dalam computer. Setelah itu kita dapat mulai mengecek kabel kabel apakah masih tertancap dengan benar satu sama lain. Selain hardware, kita juga perlu merawat software terutama operating system yang kita gunakan. Mungkin dari kita banyak yang mengenal windows sebagai operating system. Untuk perawatan bagi operating system, kita dapat melakukan scan total terhadap serangan virus. Selain itu dalam operating system windows, kita juga dapat melakukan penataan ulang file yang ada di dalam hard disk kita dengan cara defragment dari system windows. Dengan menggunakan tips computer yang benar maka kita dapat merawat fungsi computer kita.(perm)


SELASA 26 JUNI 2012

MENU KITA

Ayam bakar adobo BAHAN 375 ml rice vinegar 250 ml santan encer 60 ml kecap manis 12 siung bawang putih 3 helai bay leaves 1/2 sdm bubuk lada hitam 6 ptg paha, dada, sayap ayam cabai secukupnya (optional) CARA MEMBUAT Campur semua bahan (kecuali cabai) menjadi satu dan rendam paha ayam selama 1 malam dalam refrigerator. Setelah itu, panaskan rendaman beserta ayam hingga mendidih. Gunakan wadah yang cukup agar ayam tidak menumpuk. Kecilkan api agar tetap mendidih lebih lama, tutup dan biarkan hingga sekitar 30 menit sampai ayam matang dan empuk. Siapkan bakaran, tiriskan ayam dari rendaman. Sementara itu, tambahkan cabai ke dalam rendaman (jika ingin) kemudian masak terus dengan api kecil sampai mengental. Bakar ayam hingga terlihat agak gosong dan kesat. Saring rendaman yang telah mengental untuk memisahkan bay leaves, dan siramkan pada ayam yang telah dibakar. Ayam bakar siap untuk disajikan.(*)

Model ... dari Halaman 1 Rose diketahui lahir di Makassar, 26 Juni 1930, dan dikenal juga sebagai penyanyi seriosa. Sepanjang kariernya sebagai biduanita, perempuan bernama asli Rosalina Poppeck ini menyabet belasan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Bahkan dia pernah mengalahkan penyanyi seriosa legendaris Indonesia, Norma Sanger. Nama Rose Pandanwangi diberikan Sudjojono ketika sang maestro seni rupa modern Indonesia menikahi perempuan berdarah campuran Manado-Jerman ini. Pada Rabu siang 30 Mei lalu, Tempo melakukan wawancara khusus dengan Rose di rumahnya di Cirendeu, Tangerang Selatan. Berbaju batik dan bercelana panjang krem, Rose mengungkapkan keraguannya akan keaslian beberapa lukisan karya Sudjojono lain di Museum Oei Hong Djien. Meski usianya menginjak 82 tahun, ingatannya masih tajam. Menurut Rose, dia kaget ketika melihat lagi lukisan Sabda Alam dari buku Lima Maestro Seni Rupa Modern Indonesia yang ditulis oleh Pak Hong Djien. Saya melihat Pak Hong Djien menulis demikian (Rose membuka buku itu, dan membacanya untuk Tempo). “...Lukisan nude Sudjojono tidak sekedar menggambarkan ketelanjangan secara fisik namun mengandung unsur romantis dan puitis. Sabda Alam (1961) memamerkan Rose muda habis bangun pagi, dalam keadaan telanjang berdiri di belakang jendela kaca, dan membuka tirai yang transparan. Ia tertegun oleh keindahan alam luar. Di kanan terlihat sebagian tempat tidur yang masih berantakan dan di kiri ada keranjang rotan berisi pakaian....” Rose heran, bagaimana Pak Hong Djien kok tahu cerita seperti itu. “Dari mana dia tahu cerita itu, kalau saya baru bangun tidur dalam keadaan telanjang. Dan dia bisa bercerita dengan sangat detail, bahwa saya bangun tidur, lalu membuka tirai transparan. Apa memang Pak Hong Djien ada di sana?” kata Rose.(temc)

Sempat ... dari Halaman 1 Meski terlihat besar, namun artis yang sempat malang melintang di dunia model di Manado ini merasa kalau itu sebuah anugerah yang indah yang telah di berikan untuknya. “Ya payudara aku besarnya alami. Ini salah satu anugerah terindah yang pernah kumiliki. Jadi gak perlu jauh-jauh ke Thailand (operasi),” ujar perempuan kelahiran 23 Maret 1989 itu. Namun ia pun merasakan risih karena hal ini, saat berada di salah satu SMP di Manado. “Pernah, minder dan malu tapi waktu itu aku masih SMP. Dulu tuh sudah kelihatan besar dari SMP. Jadi risih, soalnya teman-temanku belum ada, aku sudah ada. Nonjol sendiri. Aku sempat ngobrol sama mama soal itu, kata mama gak apa-apa. Tapi setelah dewasanya benar kata mama, ternyata itu punya keindahan tersendiri, dan bersyukur sekarang,” pungkas Ririn.(kplc)

Mursi ... dari Halaman 1 Ucapan selamat juga disampaikan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, di Tepi Barat. “Presiden menyampaikan penghormatan dan penghargaannya pada pilihan seluruh rakyat Mesir,” tulis pernyataan kantor kepresidenan Palestina, dilansir kantor berita Wafa. Diketahui, baik Hamas dan Ikhwanul Muslimin memiliki penolakan yang sama soal hubungan dengan Israel. Hamas sebelumnya menentang keras perjanjian damai dengan Mesir pada tahun 1979. Mubarak menukar kesepakatan damai itu dengan Sinai yang direbut Israel pada perang tahun 1967. Dengan ini, Mesir adalah negara Timur Tengah pertama yang berdamai dengan zionis. Hal inilah yang kemudian membuat Israel sedikit gamang. Pemerintah Israel khawatir terpilihnya Mursi dari IM akan merusak perjanjian damai yang akan berujung dibukanya kembali blokade Gaza. Walaupun Mursi dalam kampanyenya mengatakan akan menjaga hubungan baik dengan Israel, namun banyak pengamat yang meragukannya. Dalam beberapa pernyataan sebelumnya, Mursi menyebut Israel sebagai vampir” dan “pembunuh.” Seorang pengamat bahkan menyebut Mursi sebagai ikon bagi mereka yang menginginkan agenda ekstrim. Khawatir keamanan Israel, Eli Shaked, mantan Duta Besar Israel untuk Mesir memperingatkan pemerintah baru Mesir. Dikutip dari CNN, dia mengatakan bahwa Mesir terancam tidak akan mendapatkan bantuan lagi dari AS yang jumlahnya mencapai US$1,3 miliar per tahun, jika kesepakatan damai terganggu. Dalam ucapan selamatnya, Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu sangat berharap perundingan damai tidak rusak. “Israel memuji proses demokrasi di Mesir dan menghargai hasilnya. Israel berharap kerja sama dapat terus dilanjutkan berdasarkan perjanjian damai kedua negara, yang menjadi kepentingan dua rakyat dan menyumbang pada stabilitas regional,” kata Netanyahu.(vinc)

Sudah tepatkah obat untuk si kecil? HATI ibu mana yang bisa tenang melihat kondisi kesehatan buah hatinya menurun. Tak heran bila Moms segera memberi obat untuk menghilangkan sakit. Tapi jangan sembarang memberi obat lho! Pasalnya, bayi dan balita memiliki sensitivitas lebih tinggi terhadap obatobatan dibandingkan remaja dan orang dewasa. Kenali Jenisnya! 1. Tablet: Selain lebih mudah disimpan, biasanya memiliki usia pakai lebih panjang dibanding obat bentuk lainnya. Khusus untuk vitamin dalam bentuk tablet umumnya ditambahkan zat pembawa (excipient). Senyawa ini membuat tablet lebih mudah dicerna dalam usus. 2. Kapsul: Dibandingkan tablet, kapsul hanya memiliki sedikit zat tambahan karena relatif mudah diserap. 3. Bubuk atau Puyer: Obat dalam bentuk bubuk bersifat individual, misalnya untuk pasien yang alergi pada kandungan obat tertentu. Namun, saat ini penggunaan puyer sudah ditinggalkan, alasannya karena praktik pembuatan puyer tidak mengikuti pedoman Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB).

Konon saat meracik puyer, alat penggerus tidak dicuci terlebih dulu sehingga sisa obat yang menempel bercampur dengan obat baru yang akan digerus. Karena bercampur dari beberapa obat sekaligus, bila setelah dikonsumsi bayi ternyata terjadi efek samping, sulit mendeteksi obat mana yang menimbulkan efek samping. 4. Cair: Formula obat berbentuk cair tak hanya mudah ditelan, tapi juga bisa diberi tambahan rasa. Kebanyakan formula obat untuk anak dibuat dalam bentuk ini. Beberapa jenis suplemen (seperti vitamin E) dibuat pula dalam bentuk cair agar lebih mudah dipakai di kulit. Tetes mata atau obat batuk merupakan jenis lain dari obat bentuk cair. 5. Kunyah: Beberapa jenis suplemen dan vitamin, biasanya dibuat seperti permen yang mudah dikunyah. Formula kunyah ini direkomendasikan bagi mereka yang sulit mengonsumsi obat dal a m ben-

tuk pil atau tablet. 6. Tablet Isap: Misalnya vitamin B12, diformulasikan berbentuk tablet isap yang mudah larut di mulut. Tujuannya agar lebih mudah diserap masuk ke dalam pembuluh darah tanpa bercampur dengan asam lambung atau enzim di saluran cerna. Waspadai Penggunaan Paracetamol. Apakah Moms kerap memberikan Paracetamol saat si kecil demam? Hal itu patut diwaspadai, sebab kebiasaan yang telah mengakar ini tidak selamanya baik! Paracetamol tidak dianjurkan untuk anak berusia di bawah 3 bulan, penggunaan obat ini sebaiknya berdasarkan resep dan setelah berdiskusi dengan dokter atau setelah bayi mendapatkan vaksinasi pertama kali. Para-

setamol bisa menghambat beberapa enzim yang berbeda di dalam otak dan ikatan tulang belakang yang terlibat dalam perpindahan rasa sakit. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa penggunaan parasetamol pada bayi di bawah satu tahun bisa meningkatkan risiko asma lima tahun mendatang sebesar 46 persen. Jarak Pemberian Obat. Hal yang tak kalah penting dan sering membingungkan adalah, jarak waktu pemberian obat. Aturan yang tepat adalah jika obat harus diminum dua kali sehari, berarti jarak minum obat adalah 12 jam. Sedangkan jika dosis obat tiga kali sehari, maka inter-

val pemberian obat adalah delapan jam. Perhatikan Dosis! Dosis obat diukur dari miligram per kilogram berat badan (BB) pasien. Dosis yang diberikan memiliki rentang minimal dan maksimalnya. Misal, INH (isoniazid) yang merupakan obat untuk penyakit Tuberkulosis (TBC) diberikan kepada anak-anak dengan dosis antara 5-10 mg/kg BB. Jadi kalau BB anak 10 kg, dosisnya berkisar antara 50-100 mg. Boleh juga mengambil dosis tengahnya, 75 mg. Bagaimana dengan Antibiotika? Bakteri jahat tahu bagaimana melawan antibiotika. Sayangnya pada banyak kasus, resistensi terhadap antibiotika tidak menunjukkan angka penurunan. Tidak ada antibiotika khusus yang bisa menangani semua penyakit. Kerap kali anak-anak mendapat resep antibiotika untuk melawan bakteri yang resisten terhadap obat ketimbang orang dewasa. Oleh karena itu, banyak dokter yang mempraktikkan taktik

baru. Dengan membatasi pemberian antibiotika sampai betul-betul diperlukan. · Amankah Obat Bebas? Obat bebas dapat dijual di warung, toko obat berizin, supermarket serta apotek. Dalam pemakaiannya, penderita dapat membeli dalam jumlah sangat sedikit saat obat diperlukan. Jenis zat aktif pada obat golongan ini relatif aman sehingga pemakaiannya tidak memerlukan pengawasan tenaga medis selama diminum sesuai petunjuk. Tip Menyimpan Obat Simpan obat dalam wadah tertutup rapat di tempat yang sejuk dan kering pada suhu kamar. Jika obat tidak tahan terhadap cahaya, gunakan botol bewarna cokelat atau botol plastik yang tidak tembus cahaya. Beberapa obat harus disimpan di lemari pendingin tapi jangan disimpan di freezer! Jangan menyimpan tablet atau kapsul di tempat panas atau lembap (termasuk di dalam mobil) karena dapat menyebabkan obat tersebut rusak. Obat dalam bentuk cair jangan disimpan dalam lemari pendingin kecuali disebutkan pada kemasan obat. Sebaiknya tidak mencampur berbagai jenis obat dalam satu wadah.(okez)

kantong plastik,” ungkap Hamang, kepada sejumlah wartawan. Lebih lanjut juru bicara Polresta Manado itu mengatakan, setelah digeledah dan terbukti membawa shabu, Akbar langsung digiring ke Mapolresta guna pemeriksaan dan pengembangan. Bahkan, saat ditemukan narkoba jenis shabu itu, pihaknya langsung melakukan penimbangan yang disaksikan langsung pelaku. Selanjutnya salah satu babuk seberat 0,38 gram, telah dikirim ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) untuk diperiksa. “Jadi setelah petugas melakukan penggeledahan, Akbar langsung dibawa ke Polresta. Namun ia belum mengakui kalau barang itu miliknya, namun apapun jawabannya soal barang itu, tapi ditemukan dalam tas kopernya. Jadi harus

dilakukan penyelidikan dan penyidikan. Untuk sementara ini, pelaku masih dilakukan pemeriksaan intensif dan satu kantong babuk masih di periksa di badan POM. Hasilnya nanti besok siang (hari ini, red),” tegas Hamang. Dia juga menambahkan, dari hasil pemeriksaan sementara, Akbar mengakui sejak tanggal 21 Juni 2012 lalu, dirinya ke Jakarta bersama dengan 9 orang wakil rakyat Deprov Sulut dalam rangka melakukan tugas pembahasan masalah tapal batas dan masalah di Dinas Pekerjaan Umum (PU). Kepulangannya ke Manado hanya sendiri, karena legislator lainnya telah lebih dulu bertolak ke Manado. “Pengakuan pelaku, dia baru selesai melaksanakan tugas luar di Jakarta, bersama rombongan anggota Dewan Sulut. Tetapi dia pulang

belakangan,” kata Hamang. Ketika ditanya penyebab lolosnya shabu tersebut hingga ke bagasi pesawat, Hamang menyatakan, hingga kini pihaknya masih melakukan penyelidikan. “Soal kenapa barang itu bisa lolos dari bandara Jakarta, hingga kini ia belum ditetapkan tersangka, dan masih berstatus terperiksa,” jelasnya. Dari pantauan Swara Kita di Mapolresta Manado, Akbar dengan mengenakan kaos berwarna hitam dengan memakai topi, sementara diperiksa intensif penyidik Satnarkoba Polresta Manado. Dalam pemeriksaan tersebut, Akbar langsung didampingi kuasa hukumnya yakni Penghiburan Baldares SH MH dan Ezri Tumuwo SH

MH. “Kami menerima telepon dari ayah Akbar sudah subuh. Katanya Akbar sementara diperiksa di Polresta Manado. Kalau yang lainnya nanti saja. Kami belum bisa memberikan keterangan,” tandas Baldares. Kemudian sekitar Pukul 17.30 Wita, beberapa kolega Akbar sesama legislator Sulut PAN terlihat datang menjenguk Akbar, mereka masing-masing Anggota Komisi I Deprov Sulut yang juga Wakil Ketua DPW PAN Sulut Farid Lauma dan Anggota Komisi IV Deprov Sulut yang juga Sekretaris DPW PAN Sulut Ayub Ali Albugis. Selain keduanya, nampak juga Anggota Dekot Manado yang juga dari PAN, Stela Pakaya.(erel/ dw)

singkatnya. Adapun sejumlah anggota dewan yang diketahui bersama-sama dalam tugas dengan AD di Jakarta, mengaku tidak mengetahui persis probadi AD. “Kami kan tidak setiap saat bersama, jadi saya kurang tahu,” ujar anggota Komisi I Ir Lexie Solang. Diketahui, dari keterangan yang disampaikan Kasubag Humas Polresta Manado AKP Deesy Hamang, dari hasil pemeriksaan sementara, Akbar mengakui sejak tanggal 21 Juni 2012 lalu,

dirinya ke Jakarta bersama dengan 9 orang Anggota Deprov Sulut dalam rangka melakukan tugas pembahasan masalah tapal batas dan masalah di Dinas Pekerjaan Umum (PU). Kepulangannya ke Manado hanya sendiri, karena legislator lainnya telah lebih dulu bertolak ke Manado. “Pengakuan pelaku, dia baru selesai melaksanakan tugas luar di Jakarta, bersama rombongan anggota Dewan Sulut. Tetapi dia pulang belakangan,” kata Hamang.(dewe)

personel KPK ditambah dari 700-an orang menjadi 1200 orang. Diungkapkan Bambang, KPK sebenarnya juga sudah menjalankan saran DPR untuk menggunakan gedung pemerintah yang sudah tidak terpakai. Namun Direktorat Jenderal Kekayaan Negara menyatakan tidak ada satu pun gedung yang bisa dimanfaatkan. Karena itu, menurut Bambang, permohonan anggaran untuk gedung baru ke DPR, bukan tanpa dasar. “Kami sudah melakukan beberapa upaya. Yang menarik adalah alasan DPR soal efisiensi, sedangkan ada lembaga penegak hukum membuat tempat parkir disetujui,” ujarnya. “Problem kami ini bukan sekadar gedung, tapi

eksistensi KPK ke depan bagaimana,” katanya. KPK, melalui Bambang, mengapresiasi positif rencana sejumlah kalangan masyarakat patungan membangun kantor baru KPK. “Terima kasih, itu artinya masyarakat punya hak berperan serta dalam pemberantasan korupsi. Tapi KPK masih berharap DPR mau mencabut ‘bintang’,” ujarnya. Saat rapat dengar pendapat di DPR pada Rabu lalu, Bambang mengatakan lembaganya butuh gedung baru. Alasannya, gedung yang saat ini ditempati KPK sudah sesak menampung lebih dari 650 pegawai. Namun hingga kini anggaran gedung belum bisa dipenuhi DPR karena masalah efisiensi.(temc)

Oknum ... dari Halaman 1 Berawal saat itu, Akbar yang duduk sebagai anggota di Komisi I bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Deprov Sulut, baru turun dari pesawat Lion Air tujuan Jakarta–Manado. Rupanya, ketika semua barang bawaan para penumpang diturunkan dari pesawat, petugas mulai mencurigai isi tas Akbar. Tas tersebut langsung diamankan polisi ke pos pengamanan bandara dan dilakukan pemeriksaan yang dilihat Akbar dan para petugas pengamanan bandara lainnya. Benar saja, saat digeledah polisi mendapat barang terlarang itu dalam dua paket kantong plastik seberat 0,31 gram dan 0,38 gram atau mencapai 2 gram. Kedua kantong plastik itu disimpan di kepingan CD lagu yang terselip di dalam tas koper. Setelah mendapatkan barang bukti (babuk), polisi

langsung menghubungi Satuan Narkoba Polresta Manado untuk segera menjemput pelaku bersama babuk dan digiring di Mapolresta Manado untuk kepentingan penyidikan. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Amran Ampulembang MSi melalui Kasubag Humas AKP Deesy Hamang, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan oknum legislator yang membawa narkoba. Dijelaskan Hamang, pertama kali yang menemukan adalah anggota polisi, namun tas koper tersebut belum disentuh polisi, karena mengambil saksi dari pihak bandara. “Jadi sebelum dibuka, polisi memanggil beberapa petugas bandara serta pelaku untuk bersama membuka koper itu. Setelah dibuka bersama, didapati dalam kepingan CD ada dua paket shabu yang diisi dalam

Deprov ... dari Halaman 1 Namun demikian, beberapa anggota dewan yang dimintai keterangan mereka terkait kasus yang menimpa AD ini, menyerahkan sepenuhnya pengungkapan kasus kepada apara kepolisian. “Kita hormati saja proses hukum yang berlaku, kita serahkan kepada polisi untuk menangani kasus ini,” ujar Ketua Komisi I Jhon Dumais. “Yang pasti sebagai negara hukum, kita hormati asas praduga tak bersalah,” sambung Wakil Ketua Deprov Drs Arthur Kotambunan BSc.

Sementara itu, Ketua Deprov Meiva Lintang STh masih enggan memberikan tanggapannya, sebelum ada keterangan resmi dari kepolisian. “Sejauh ini saya belum bisa memberikan keterangan, sebab saya juga belum mendapat informasi resmi dari aparat kepolisian,” kata Meiva. Sedangkan Ketua Badan Kehormatan (BK) Drs Paul Tirayoh BSc juga mengatakan kalau pihaknya belum bisa mengambil keputusan. “Kita lihat saja perkembangannya kedepan,”

Baru ... dari Halaman 1 “Padahal gedung baru penting untuk mendukung kinerja KPK,” kata Ruhut. Sebelumnya, pembangunan gedung baru KPK senilai Rp166 miliar tak kunjung dikabulkan Komisi III DPR RI yang membidangi komisi tersebut. Padahal, kondisi kantor KPK di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, tersebut dianggap tak mampu mendukung kegiatan pegawainya yang berjumlah sekitar 750 orang. Anggaran tersebut masih diberi tanda bintang oleh dewan sehingga Kementerian Keuangan belum bisa menyalurkan dana kepada KPK. Akibat dana yang tak kunjung turun, pimpinan KPK pun sempat curhat dan berkeinginan untuk meminta sumbangan dari

masyarakat untuk gedung baru itu Sementara itu, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan lembaganya berharap permohonan anggaran untuk pembangunan gedung baru KPK disetujui DPR. “Pimpinan KPK masih berharap “pembintangan” (tanda belum bisa dicairkan) anggaran sejak dua tahun lalu segera dicabut,” kata dia di kantornya, kemarin. Pemerintah, kata Bambang, sebenarnya sudah menyetujui anggaran dari KPK. Kementerian Pekerjaan Umum pun sudah memberi rekomendasi luas gedung baru KPK nantinya 27 ribu meter persegi. Adapun K e m e n t e r i a n Pemberdayaan Aparatur Negara menyarankan

The ... dari Halaman 1 Dengan demikian, para icon timnas empat negara ini akan beradu kemampuan di babak empat besar, dimana di kubu Seleccao das Quinas ada Cristiano Ronaldo, di La Furia Roja ada Fernando Torres, di Der Panzer punya Mario Gomez, begitupun di kubu Gli Azzurri punya Andrea Pirlo. Para icons timnas ini akan menunjukkan kemampuan mereka guna merebut tiket di laga pamungkas, final Piala Ero-

pa 2012 yang akan digelar Senin (2/7) dinihari Pukul 02.45 langsung dari Olympic Stadium Kiev, Ukraina. Sebelumnya, mereka akan “saling bunuh” di semifinal, dimana Portugal akan kontra Spanyol di Donbass Arena Donetsk Kamis (28/6) dinihari Pukul 02.45 WITA, sedangkan sehari kemudian Jerman akan meladeni Italia di National Stadium Warsawa Jumat (29/6) dinihari Pukul 02.45 WITA.(dewe)

Karolin ... dari Halaman 1 “Kami minta selain kepastian sosok, dan pelaku penyebar video,” ungkapnya. Setelah meminta klarifikasi dari Karolin, kata Prakosa, BK DPR langsung mengirim surat ke pimpinan DPR untuk diteruskan ke Polri. “Statusnya kan sudah kita kirim ke polisi melalui pimpinan DPR, kita tunggu dari polisi,” tuturnya seraya membantah kabar bahwa BK DPR sengaja menggantung nasib Karolin di parlemen. Sebelumnya, Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri, Komjen Pol Sutarman menyatakan mudah bagi mereka untuk mengetahui siapa aktor dalam video itu. Sebab Bareskrim sekarang punya kemampuan dari digital forensik, juga memiliki kedokteran forensik. “Forensik ini nanti akan menganalisis voice dan gambar yang ada di video tersebut,”

kata Sutarman. Dia optimistis kedokteran forensik dan digital forensik mampu mengungkap kasus itu, karena badan di Bareskrim Polri itu dapat menilai fisik seseorang, bahkan hanya ketika ia tertawa. Dari situ akan diketahui bagaimana susunan giginya. Dengan menyatukan kemampuan forensik dan digital forensik yang kemudian dianalisis, maka bisa ditemukan siapa aktor yang ada di dalam film tersebut secara ilmiah. Berbekal , dia yakin polisi bisa menangkap aktor video tersebut. Tetapi Sutarman mengaku belum pernah melihat video itu. Penyidik Bareskrim Polri pun belum mendapatkan barang tersebut. “Tapi dengan informasi seperti ini, kami akan berupaya untuk memperoleh gambarnya (untuk dianalisis),” ucapnya.(vinc)


SELASA 26 JUNI 2012

2.600 eksportir belum simpan devisa dalam negeri SEKITAR 2.600 perusahaan eksportir belum merespon surat dari Bank Indonesia terkait peraturan bank Indonesia (PBI) devisa hasil ekspor (DHE). “Kami telah mengidentifikasi 2.600 eksportir yang DHE-nya belum masuk,” ujar Kepala Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter BI Hendi sulistiowati di Jakarta, Senin (25/6). “Kami sudah menyurati mereka dari sebelum jatuh tempo,” ujar Hendi. Hendi menambahkan, baru sekira 200 eksportir yang merespon, yakni dalam bentuk mengirim devisanya. Hendi mengatakan, sekarang yang penting untuk meresponnya, yakni, memberikan tanggal pemberitahuan ekspor barang (PEB), sandi kantor pabeannya, nomor pendaftaran PEB, dan nilai dari PEBnya berapa. “Adapun kendalanya, alamat eksportir sering salah,” ujar Hendi.(okez)

Pemerintah klaim pertumbuhan ekonomi merata PEMERINTAH mengklaim saat ini pertumbuhan perekonomian merata di berbagai sektor. Oleh karena itu, pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5 persen yang tercatat dalam APBN diyakini dapat tercapai. Kepala Bappenas Armida Alisjahbana menjelaskan, selama ini baik sektor tradable, yakni sektor yang mampu menyerap tenaga banyak kerja, dengan sektor nontradable sama-sama tumbuh dengan sejalan. “Sektor tradable itu kan termasuk pertanian, industri pengolahan, juga kan improve beberapa tahun terakhir ini. Kalau ekonomi gerak ya sektor konstruksi juga gerak,” ungkap dia kala ditemui di kantornya, Jakarta, Senin (25/ 6). Menurutnya, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya sektor-sektor lainnya yang juga mendukung pertumbuhan dan daya beli masyarakat. “Itu kan sektor ritel juga meningkat,” tambah dia. Oleh karena itu, dia meyakini sumber-sumber pertumbuhan ekonomi di Indonesia tumbuh secara merata di berbagai sektor, dan tidak didominasi oleh satu atau dua sektor saja. “Jadi intinya sumber-sumber pertumbuhan ekonomi kita cukup road base. Tidak satu atau dua sektor yang mendominasi, jadi cukup relatif merata,” tukas dia. Optimistis tersebut, juga didukung dengan kondisi makroperekonomian yang relatif stabil, dengan pertumbuhan perekonomian masih cukup baik. Selain itu, inflasi yang cukup rendah bila dibandingkan dengan negara-negara lain yang relatif merevisi pertumbuhan perekonomiannya.(okez)

Indonesia diundang Irak DEPUTI Perdana Menteri Bidang Energi Republik Irak Hussain Ibrahim Saleh Al-Shahristani mengundang para pengusaha Indonesia untuk melakukan investasi di Irak, utamanya di bidang energi. Saat ini, Irak mulai melakukan proses pembangunan secara besar-besaran. “Mereka mengatakan, peluang-peluang di bidang energi sangat besar karena Irak saat ini berusaha meningkatkan kapasitas produksi minyaknya. Selain itu, mereka sedang membangun kompleks petroleum dan juga produksi pupuk yang berbasis gas,” kata Yopie seusai mendampingi Wakil Presiden Boediono menerima kunjungan Deputi PM Al-Shahristani di Istana Wapres, Jakarta, Senin (25/5), turut mendampingi Wapres antara lain Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Wakil Menteri Luar Negeri Wardhana. Selain itu, sambung Yopie, Irak juga sedang membangun infrastruktur di berbagai kota. Infrastruktur tersebut termasuk mulai dari jalan raya, pelabuhan, bandara, dan lainnya. Terkait hal ini, kata Yopie, Wapres Boediono telah menginstruksikan pejabat terkait untuk menindaklanjuti tawaran ini dan mengambil langkah lebih lanjut untuk mengeksplorasi peluang di Irak.(komc)

Sulut terus fokus benahi kinerja ekspor 2012, targetkan naik sebesar 12,5% Manado—Provinsi Sulawesi Utara terus fokus membenahi kinerja ekspor berbagai komoditas dengan menargetkan peningkatan 12,5 persen pada tahun 2012. “Tahun 2011 nilai ekspor Sulut hanya sebesar USD642,8 juta, dan tahun ini ditargetkan naik hingga mencapai USD723,1 juta,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Drs Sanny Parengkuan

MAP. Sanny mengatakan, pencapaian target ekspor sebesar USD723,1 juta tersebut, diperkirakan masih tetap didominasi produk turunan kelapa terutama minyak kelapa kasar atau “crude coconut oil” (CCO). “CCO merupakan produk andalan Sulut dalam tahun ini, terutama peningkatan permintaan sejumlah negara yang menjadikan CCO

sebagai bahan baku pengolahan biodiesel,” tukas Sanny. Selain CCO, tepung kelapa, produk pala biji dan fuli serta beberapa produk perikanan, tetap diandalkan mampu mendatangkan devisa cukup besar bagi Sulut dalam tahun ini. Sementara negara tujuan ekspor potensial, kata Sanny, masih tetap mengandalkan pada beberapa negara tradisional yang selama ini menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Sulut. “Pasar tradisional penyumbang devisa terbesar diperkirakan tahun ini, yakni Belanda, Amerika Serikat,

China, Korea Selatan, Jerman, Jepang dan beberapa negara lainnya,” bebernya. Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Hanny Wajong MSi mengatakan, sebagian besar komoditas andalan Sulut adalah produk pangan, karena itu optimistis mampu mencapai pertumbuhan tinggi sebagaimana yang ditargetkan. “Produk pangan tetap dicari pembeli, kendati krisis keuangan masih dirasakan di beberapa negara maju, tetapi yakin ekspor Sulut ke berbagai negara tetap tinggi,” ujar Hanny.(haer)

INDEKS HARGA KONSUMEN

Makanan instan dan pulsa ikut berpengaruh Bandung—Tingkat konsumsi makanan instan dan pulsa masyarakat berpengaruh besar terhadap indeks harga konsumen hasil survei 2012. Itu dikatakan Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Jawa Barat Anggoro Triwahyono. “Tahun ini Badan Pusat Statistik melakukan Survei Biaya Hidup untuk menetapkan IHK 2012. Diprediksi ada pergeseran tingkat konsumsi makanan instan dan penggunaan pulsa yang signifikan,” katanya di Bandung, Minggu (24/6). Menurut Anggoro, tingkat konsumsi makanan siap saji dan instan mengalami peningkatan cukup signifikan. Banyaknya gerai dan agresifnya pemasaran makanan siap saji dan instan saat ini cukup berpengaruh pada pola konsumsi masyarakat terhadap makanan. “Peningkatan konsumsi makanan siap saji dan instan itu tidak menutup kemungkinan mengurangi tingkat konsumsi beras meski tidak signifikan,” kata Anggoro. Anggoro menyebutkan,

KINERJA

JTE harus dimanfaatkan optimal Manado—Pelaku usaha di Kota Manado diharapkan mampu mengoptimalkan pelaksanaan Jakarta Tourism Expo (JTE) 2012 yang baru saja selesai digelar. “Ada sekitar 25 pelaku usaha bidang pariwisata asal DKI Jakarta menawarkan kerja sama tour dan travel dengan pelaku usaha di Sulut melalui kegiatan table top. Ini diharapkan mampu dimanfaatkan pelaku usaha di Manado,” kata Pengamat EkonomiAlber Ch Moningka MSi. Dikatakan, kegiatan ini merupakan peluang bisnis yang sangat baik bagi perusahaan tour and travel di daerah ini. “Terutama kerja sama baik tour maupun travel dengan

pelaku usaha Jakarta, apalagi daerah tersebut selama ini dikenal sebagai pusat perdagangan dan jasa nasional,” ujarnya. Sebelumnya, Pelaksanaan Jakarta Tourism Expo (JTE) 2012 telah berlangsung di Manado tanggal 21 hingga 24 Juni 2012. “Pelaku usaha baik hotel, perusahaan penerbangan maupun tour and travel Jakarta, sengaja datang untuk menawarkan kerja sama dengan pelaku pariwisata daerah ini, tujuannya tidak lain mendorong kunjungan wisata antara kedua daerah,” kata wakil Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Tinia Budiati.(haer)

KEPEMILIKAN BANK

Aturan terbit Juli 2012

TINGKAT konsumsi makanan instan signifikan.(foto: ist)

makanan siap saji menjadi salah satu tren konsumsi dalam satu dekade terakhir dengan berbagai jenis dan variasi pemasaran yang dilakukan. Hal senada juga terjadi pada belanja pulsa masyarakat yang meningkat dalam

lima tahun terakhir, terutama setelah muncul layanan pulsa elektronik dan penggunaan layanan data, terutama jejaring sosial, tingkat konsumsi pulsa naik signifikan. Survei Biaya Hidup (SBH) akan dilakukan hingga

Desember 2012. “Saat ini inflasi dihitung dari IHK 2007. Berdasarkan UU IHK diperbaharui setiap 5-10 tahun sekali melalui survei bahan makanan (SBM) seperti yang digelar 2012 selanjutnya akan menjadi dasar IHK 2012,” katanya.(miol)

Jakarta—Bank Indonesia (BI) dipastikan akan mengeluarkan aturan kepemilikan bank pada akhir Juli 2012. “Aturan sudah kami setujui dan sudah diputus di Dewan Gubernur, tinggal legal practicenya saja,” ujar Deputi Gubernur BI HalimAlamsyah dalam sebuah acara diskusi mengenai “Peta Persaingan Perbankan Pasca Pembatasan Saham Mayoritas” di Sentul, Minggu (24/6). Halim berharap pengertian hukum aturan kepemilikan saham perbankan ini sudah bisa diperasionalkan akhir Juli 2012, termasuk petunjuk pelaksanaannya. “Ketentuan ini hanya berlaku untuk investor baru. Untuk yang existing bank, aturan ini berlaku jika memiliki tingkat kesehatan yang jelek, terutama dari sisi GCG-nya,” tuturnya. Tingkat kesehatan yang dimaksud meliputi profil risiko, rentabilitas, permodalan, dan GCG. Halim menjelaskan meskipun bank masuk kategori 2 (sehat), tapi jika CGG-nya masuk kategori 3, bank tersebut terkena aturan atau wajib melakukan divestasi sahamnya. Tapi, lanjutnya, jika bank masuk kategori 2 dan GCG-nya baik, bank tersebut

otomatis tidak akan terkena aturan kepemilikan. “Jadi, intinya kita lebih berat ke GCG banknya,” tegas Halim. BI juga memberikan waktu 3 kali 6 bulan sejak aturan diberlakukan (sampai Desember 2013) kepada pemilik bank yang tidak sehat untuk memperbaiki tingkat kesehatannya. “Jika dalam waktu itu bank tersebut tidak bisa memperbaiki tingkat kesehatannya, maka pemiliknya wajib melakukan divestasi,” tukasnya. Halim menyampaikan untuk bank-bank yang memiliki rating tingkat kesehatan 4 (kurang sehat) agak susah untuk bisa menaikkan ratingnya menjadi 2 dalam waktu cepat kecuali ada kerja yang ekstra keras dari manajemen dan pemegang sahamnya. “Dan untuk kategori ini junlahnya tidak banyak,” ungkapnya. Dalam aturan kepemilikan bank ini, invesor baru berupa lembaga keuangan maksimum kepemilikan ditetapkan sebesar 40%, bukan lembaga keuangan untuk yang berbadan hukum 30%, dan perorangan atau keluarga 20%. Untuk bank dimiliki Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) tidak diwajibkan mengikuti aturan kepemilikan tersebut. Begitu juga dengan Bank BUMN dan BPD (Bank Pembangunan Daerah). Namun, BI masih bisa mengijinkan kepemilikan di bank hingga 99% dengan syarat-syarat tertentu seperti kondisi perusahaan harus sehat, harus go public, dan pemiliknya setuju untuk membeli surat utang yang dimiliki sebagai ekuitas.(ilnc)


SELASA 26 MEI 2012

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Meminta sesuatu yang realistis HENDAK menyimak beberapa kabar yang menggelitik. Tentang pembenahan, tentang pengendalian, tentang semua kebaikan dan janji-janji. Masih banyak yang tertunda namun diceritakan lantang dan menjadi-jadi, ibarat duri yang tercerabut dari luka, kemudian luka berdarah lagi. Judul-judul gentayangan mencari ruang edar yang leluasa dalam ruang penjara kata terlibat perselingkuhan. Mengapa hari ini masih seperti kemarin dan tak mampu menampilkan sesuatu yang benar-benar beda? Mengapa cakrawala pandang semakin dipersempit mabuk uang yang menidurkan otak sadar? Atau sistem yang menggandeng kejahatan dalam gerbonggerbongnya belumlah usai bersandiwara? Ketika malam-malam mencekam, mimpi sudah pergi bersama waktu yang berlalu. Wacana cukup bertahan hingga dendam turun tensi. Lalu sakit hati dapat dibayar dengan segenggam tanda tanya dalam berkasberkas yang sah ditandatangani bisa. Racun sudah menjalari sekujur kebimbangan, agar semua jawaban boleh berucap serentak tentang cerita yang sama sekali tidak lagi dapat jadi pemandu jejak menuju masa depan. Tapi, biarkan publik membaca dan mereka menganalisa apa kita sebut sebagai berita. Ada dalam benak apa yang pernah kita bincang di hari-hari lalu. Coba di ulang lagi. Tentang kita yang punya cerita tentang masa depan hilang halamannya hari ini, karena proyek pendirian panggung kekuasan baru. Panggung sudah terbeli oleh banyak pemesan proyek pembangunan. Kemiskinan rakyat yang terus dijual sembari mengatakan bahwa rakyat tidak bisa apa-apa, sudah semakin menancapkan cengkram kuku kekuasaan yang menistakan rakyat. Segala potensi yang ada di daerah selalu diintip pusat, dan seperti itu ladang daerah semakin sempit untuk memberdayakan rakyatnya. Kita punya pertanyaan lanjutan bagi pesta pora para badut yang menari-nari di atas panggung, mengumumkan banyak khotbah kemiskinan yang akan diurusi negara dan sudah diproposalkan. Sungguh semua sudah terjual, dan kita akan membelinya dengan harga mahal. Telisik di antara kabar, bagi sebuah kenangan, hari ini di waktu lampau, sebuah deklarasi dicatat sejarah, titik tolak penegasan bahwa wilayah kedaulatan hukum Republik Indonesia yang meliputi seluruh darat dan laut di seluruh kepulauan Nusantara, meliputi laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah. Pernahkah bahtera negeri ini tak diombang-ambing gelombang petaka? “Manusia Indonesia saat ini sudah jauh sekali dari pikiran untuk mengolah alamnya sebagai jalan keluar yang nyata untuk melangsungkan kehidupan. Orientasi olah alam seperti itu memang tidak pernah dipompakan sistem sekolah dan cara hidup di masyarakat. Abainya kebijakan ini terbaca dari tiadanya policy dengan strategi pertumbuhan yang berkait dengan sistem persekolahan sebagai penopang yang menghasilkan sumberdaya manusia untuk mengolah sumber daya alamnya,” kata seorang kawan dalam interupsi bertajuk alam dan lingkungan. Dapat kita tambahkan, bahwa hampir semua potensi yang dimiliki alam kita sudah digadaikan, kemudian menderaslah terminologi investasi asing sebagai pengobat lapar dan miskin berkepanjangan yang berbumbu demo dengan berbagai issue. Seiring mendesaknya investasi, seperti itu pula rakyat terusir dari tanah mereka. “Oleh karena itu pemerintah memilih untuk menanganinya secara lebih substantif dan mendasar, dan bukan sekedar siasat statistik dan angka-angka maupun sekedar retorika.” Itu sesumbar yang terus diteriakkan, sayang inipun dapat disebut sebagai janji belaka. Dendam pada hukum yang terbeli di masa silam sudah jadi jerat untuk melangkah di kemudian hari. Namun, sistem masih bertahan. Tersenyum untuk takut yang gamang. Hanya sebuah ingatan ketika hari ini suatu menjadi penting, yaitu melakukan evaluasi dan refleksi dari banyak kejadian di mana kita juga menjadi salah satu pemeran dalam drama zaman ini di wilayah yang disebut tadi di atas. Sederet judul lalu ketinggalan, siap, mulai, terlarang, pengamanan (yang tak ricuh), dan masih banyak sisipan menyusup dalam judul yang bikin orang baca jadi ambigu lalu menghisap jempol penuh bakteri, kuman, dan virus. Janji-janji bertaburan laksana bintang di malam tak berkabut. Tapi, di negeri ini janji adalah kabut yang menyebar asap bencana dan jadi racun dalam pemikiran begitu banyak masyarakatnya. Kita akan kembali lagi untuk bertanya. Sebentuk retorika yang masih dipasang sebagai promo perubahan. “Pemikiran yang mendasari kebijakan desentralisasi dan delegasi kewenangan ke daerah, yang diikuti secara konsisten dengan desentralisasi fiskal, adalah keyakinan bahwa pemerintah daerah yang langsung berhadapan dengan rakyat, akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam melayani kebutuhan rakyatnya. Katanya, aspirasi rakyat akan mudah dan cepat terekam, dan kemudian akan diterjemahkan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk memenuhi aspirasi rakyat tersebut. Peningkatan anggaran yang dikelola daerah yang sangat pesat, sudah selayaknya perlu diikuti peningkatan kemampuan pemeritah daerah dalam mengelola, memanfaatkan secara optimal, dan mempertanggungjawabkan secara baik.” Berapa banyak dari apa yang disebut sebagai ‘pemikiran yang mendasari kebijakan’ benar-benar bijak melihat situasi dan kondisi terkini? Bila sudah dicermati dengan pemikiran bijak, apa jalan keluarnya? Hari ini kita perlu berdoa lagi dan meminta sesuatu yang realistis, dan bukan issue kosong. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Pertahankan ekosistem lingkungan hidup

Tidur atau “mati” di atas energi (2) Oleh Dera Liar Alam Data yang mencuat pada sepuluh tahun silam menyebutkan, sekitar tujuh puluh persen produksi gas Indonesia diekspor ke luar negeri dalam bentuk LNG, LPG dan distribusi gas melalui pipa negara tetangga kita. Alasan mengapa kemelaratan itu tetap

bersarang di Indonesia. “Hasil produksi gas perusahaan-perusahaan gas sepuluh tahun silam; produksi PT Arun mencapai 6.706.100 metrik ton, jumlah yang diekspor mencapai 6.747.000 metrik ton. Ladang gas Badak, berproduksi mencapai

20.614.900 metrik ton dihitung dua tahun sebelum data yang sudah disajikan di atas tadi. Sebagian besar produksi dialokasikan untuk kepentingan ekspor, mencapai 20.243.100 metrik ton, rata-rata produksi pada tahun-tahun berikutnya tetap bertahan sampai 2008. Setidaknya data pada sepuluh tahun silam menyebutkan ekspor mencapai 6.249.700 metrik ton dari total produksi ladang gas Arun yang

mencapai 6.242.600 metrik ton. Sedangkan ladang gas Badak berproduksi hingga kisaran 19.942.200 metrik ton, namun kapasitas ekspornya melampaui produksi yaitu 19.964.800 metrik ton.” Jangan tanya soal ledakan tabung gas di dapur rakyat, atau kelangkaan energi yang sudah terus memanjang seiring kemiskinan menusuk jauh ke relung

tanah-air yang disebut makmur dalam segala sosialisasi sial ini. Energi sering terbuang percuma, kenyataan yang bergelut bersama nasib jutaan orang miskin di seluruh dunia. Alasan yang selalu disodor terlampau jauh dari kenyataan dan sudah sangat miring membelokkan soal tentang kemelaratan yang bersumber dari sistem. (bersambung)

Terlelap di simpang jalan peradaban (3) Sumber: Wawancara eksklusif Een Vandaag dengan Jeremy Rifkin Diterjemahkan oleh: Reza Muharam Kita mungkin tidak menyadarinya, tapi segalanya sangat bergantung pada minyak: pupuk petrokimia, pestisida, dan hampir semua produk-produk farmasi yakni obatobatan, dan seterusnya, juga hampir semua pakaian yang kita punya, energi, transportasi, gas, listrik, semua bahan-bahan bangunan semuanya minyak. Pendeknya, peradaban kita memang dibangun di atas warisan

komposit karbon dari era jurasik. Ketika harga minyak melambung, harga bahan bakar lainnya seperti gas, batubara dan uranium ikut juga naik. Jadi ketika harga minyak mencapai 147 US$ per barrel, dampaknya langsung terasa di setiap sektor. Ini yang aku sebut sebagai “peak globalisation”, atau puncak dari globalisasi itu sendiri. Kita kenal sekarang tapal batas globalisasi, yang dibangun dengan minyak,

dan bahan bakar dari fosil lainnya. Sementara itu kita pun sadar bahwa cadangan minyak, gas, dan seterusnya itu juga sedang menipis dan pada akhirnya akan juga habis. Tidak banyak orang yang masih percaya bahwa minyak, gas, batubara dan uranium mempunyai masa depan. Jadi itulah batas akhir globalisasi. Dan setiap kali harga minyak melambung, setiap kali itu juga krisis ekonomi akan berulang. Krisis ketiga, adalah akibat dari perubahan iklim yang sekarang ini sedang berlangsung. Kita akan membayar dosa-dosa kita

terhadap alam. Semua gasgas seperti karbondioksida, methan, dan lain-lain yang kita semburkan ke udara dengan konstan, seperti diketahui mengakibatkan bumi menjadi semakin panas. Dan proses pemanasan bumi ini telah berlangsung dengan jauh lebih cepat, dari yang diberitakan kepada publik. Global warming. Sangat parah! Semua prediksi yang telah dibuat selama 30 tahun terakhir ini ternyata banyak bolongnya. Namun kita tetap saja meremehkan percepatan proses perubahan iklim ini.

Karena kita lupa menghitung rankaian efeknya, yang kemudian semakin mempercepat proses selanjutnya. Contohnya, jika kita membaca laporan PBB IV tentang perubahan iklim (climate change) dari tahun 2007. Sebuah laporan studi, yang telah melibatkan 2500 ilmuwan dari 125 negara. Ini jelas berbeda jauh dari laporan serupa yang dibuat di tahun 2001.

(bersambung)

Lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan (6) Oleh S.Budhisantosa http://www.perwaku.org/

PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN Mengingat kenyataan tersebut, model pembanguinan nasional harus diubah, bukan lagi trilogi, melainkan pancalogi dengan menambahkan prinsip sosial dan ekologi. Pembangunan nasional yang diharapkan akan mempercepat pertumbuhan ekonomi menjadi

perkembangan ekonomi yang kuat berakar dalam kehidupan masyarakat harus ditopang dengan pengembangan pranata sosial secara memadai. Dengan lain perkataan, sejalan dengan usaha pembangunan sektor ekonomi harus diimbangi dengan usaha memberdayakan masyarakat agar dapat mengambil bagian secara menguntungkan.

Pemberdayaan itu tidak sebatas pada pembekalan ketrampilan dan keahlian, melainkan juga kondisi lingkungan sosial yang menjamin kebebasan penduduk untuk menentukan pilihan hidupnya (cultural freedom), keadilan sosial dan demokrasi politik. Tanpa tiga persyaratan itu, masyarakat luas tidak akan mampu ikut mengambil bagian secara menguntungkan, karena sebagian besar dari mereka itu masih didominasi tradisi agraris masing-masing. Dengan tiga persyaratan

tersebut, masyarakat akan merasa aman dalam usahanya karena perlindungan atas hak asazi mereka sebagai manusia serta perlindungan atas lingkungan hidup tempat mereka bermukim dan mengembangkan kebudayaan masingmasing. Sungguhpun tidak mungkin lagi bagi pemerintah untuk memenuhi kebutuhan akan lingkungan hidup dengan beberapa fungsi sosial secara penuh. Setidaktidaknya ada jaminan bagi mereka untuk mendapatkan menciptakan lingkungan

yang aman, terjamin sumber pencaharian atau makanannya, tersedia tempat mengembangkan keturunan secara aktif, terawatnya sarana integrasi sosial dan arena tempat aktualisasi diri bagi warganya dan kebutuhan akan keamanan. Terpenuhinya jaminan tersebut juga akan memperkuat kesadaran penduduk untuk mengelola lingkungan hidupnya dan mengolah sumberdayanya.

(bersambung)

PERMASALAHAN lingkungan hidup yang terjadi di negara kita, menurut pakar lingkungan, disebabkan paradigma pembangunan yang m e m e n t i n g k a n pertumbuhan ekonomi dan mengabaikan faktor lingkungan yang dianggap sebagai penghambat. Posisi tersebut dapat m e n y e b a b k a n t e r a b a i k a n n y a pertimbanganpertimbangan lingkungan hidup di dalam pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan. Akibatnya kualitas lingkungan makin hari semakin menurun, ditandai dengan terjadinya pencemaran dan perusakan lingkungan hidup di berbagai wilayah di Indonesia. Dan sejauh ini persoalan lingkungan hidup sepertinya masih terjadi jarak yang jauh antara masyarakat yang mencintai lingkungan hidup dan yang tak peduli dengan kelangsungan lingkungan hidup. Kengototan lembagalembaga nirlaba mempertahankan lingkungan hidup dari pengrusakan dan pencemaran masih dilihat miring oleh beberapa oknum, baik pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Padahal, tujuan dari perjuangan lembagalembaga pencinta lingkungan hidup ini hanya satu: mempertahankan ekosistem lingkungan hidup agar tidak terjadi bencana bagi umat manusia. Kembali saya mengulang data ini yang menyebutkan bahwa luas luas wilayah Sulawesi Utara adalah 15.221.06 kilometer bujursangkar. Dan di sana ada 783.692,43 hektar yang merupakan area hutan dengan segala fungsinya serta berbagai sumberdaya alam yang terkandung di dalamnya. Pembabatan hutan secara tidak bertanggungjawab sudah menunjukan bahwa malapetaka adalah akibat dari perlakuan manusia yang tidak mengindahkan kaedah lingkungan hidup. Selama ini kerusakan sumberdaya alam, termasuk hutan sudah semakin mencemaskan. Nah, setahu kami dalam anggaran untuk dinas kehutanan setiap tahunnya, pemerintah kita punya dana dari APBD untuk pemberdayaan sumberdaya alam, terutama untuk hutan. Pertanyaan mendasar, apakah dana itu dapat mendorong upaya reforestasi dan monitoring dinas kehutanan terhadap mereka yang merambah hutan semena-mena. Sayangnya, kita semua masih mau berjudi dengan keseimbangan alam itu sendiri. Sepertinya, merusak alam adalah hal yang wajar dan boleh-boleh saja. Hal ini jelas menunjukkan bahwa kita di Sulawesi Utara belum memiliki perspektif lingkungan hidup yang cukup, sehingga cenderung tak mau peduli dengan masalah pencemaran dan perusakan lingkungan hidup. Sudah selayaknya kita dari daerah ini untuk menyuarakan desentralisasi di sektor kehutanan, yang memungkinkan pemerintah dan rakyat di daerah agar punya posisi tawar untuk menentukan program prioritas untuk melakukan upaya konservasi dan pencadangan sumberdaya alam bagi kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang. Rone lingkarAPI Sulawesi

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ronald Rompas. REDAKTUR PELAKSANA: Donny Wungow. KOORDINATOR LIPUTAN: Glenly Bagawie. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Daniel Kaligis, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG-BOLMUT), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL). KONTRIBUTOR: Heintje Mandagi (JAKARTA), Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. SPECIAL AGENT: Debby Ch Lende. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. KOLEKTOR IKLAN: . DESAIN GRAFIS: Raditha Yunika. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey. (Manado), (Bolmong Raya, Sitaro, Sangihe). PACKING: Samiun Hulantu. TIM PENGEMBANGAN: KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 6000/mm kolom (BW), Rp.12000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


SELASA 26 JUNI 2012

Pamer punggung nan indah NICOLE Scherzinger mengundang decak kagum banyak orang saat momen ulang tahunnya. Dalam balutan gaun berwarna emas, Nicole tak malu memamerkan punggungnya nan indah. Dengan segala gemerlap kasino dan tempat-tempat hiburan lainnya, tak heran jika Las Vegas kerap disebut dengan “kota penuh dosa”. Hal ini juga memengaruhi penampilan pengunjung pria dan wanita untuk tampil seksi, serta menonjolkan keindahan tubuh mereka. Demikian halnya

yang terjadi pada mantan anggota Pussycat Dolls, Nicole Scherzinger. Pada perayaan hari jadinya ke34 tahun, wanita berkulit eksotis ini bertandang ke Las Vegas dengan mengenakan busana yang seksi dan atraktif. Sebuah glittering mini dress berwarna metalik menjadi pilihan busana juri X Factor ini untuk merayakan ulang tahunnya. Potongan yang rendah di bagian dada membuat belahan payudaranya tampak terlihat jelas. Tidak sampai di situ saja, gaun tersebut membuat Nicole makin seksi dengan detail backless yang memperlihatkan

keindahan punggungnya. Nampaknya, gaun tersebut menjadi pilihan tepat untuk perempuan cantik ini. Tidak hanya menunjukkan kulitnya yang eksotis, tetapi juga bentuk tubuh yang membuat banyak orang iri. Seperti dilansir Dailymail, Nicole mengadakan sebuah pesta dan merayakan ulang tahun di klub malam TAO, The Venetian, Minggu, 24 Juni 2012. Sayangnya, pesta Nichole ada yang kurang lengkap tanpa kehadiran sang kekasih, Lewis Hamilton. Dia rupanya sedang bertanding di sebuah balapan F1 di Valencia.(okz)

Nicole Scherzinger

ERIN HEATHERTON HOT NEWS

Robert Pattinson & Kristen Stewart dikabarkan tunangan

Pacar baru Leonardo DiCaprio LEONARDO DiCaprio (37), kembali mempunyai baru. Inilah sekilas tentang cewek baru tersebut. Dia bernama, Erin Heatherton. Erin (23) merupakan model baru Victoria Secret yang cantik dan seksi. Sepeti dikutip TheSun, Erin tampil seksi untuk pemotretan produk Very Sexy. Erin tampil aduhai dengan polos di bagian atas dan hanya mengenakan bikini mini. DiCaprio memang terkenal hobi mengencani sejumlah model papan atas. Sebelum mengencani Erin, bintang Titanicitu mengencani model cantik kelahiran Israel, Bar Refaeli dan model asal Brasil, Gisele Bundchen. Erin baru saja syuting untuk film perdanaGrown

Up 2. Di film itu Erin beradu akting dengan

Adam Sandler dan berperan sebagai pemandu

sorak dan mobil.(ini)

pencuci

RIHANNA

Kembali mengumbar keseksian SEBUAH cincin zamrud diberikan Robert Pattinson untuk kekasihnya, Kristen Stewart. Hal ini membuat keduanya dikabarkan telah bertunangan. Bintang Cosmopolis ini memang sangat mencintai kekasihnya. Menurut seorang sumber, Rob merupakan tipe pria yang sangat romantis dan selalu mengagumi Kristen. Karena itu, dia berharap bisa menikahi wanita yang dinobatkan sebagai artis dengan bayaran tertinggi tersebut. “Dia seorang pria romantis dan senang mencari kesempatan mengingatkan Kristen bahwa dia wanita satu-satunya. Dia memberikan sebuah cincin karena mengaguminya, dan ingin menikahinya,” ungkap sebuah sumber. Film Twiligth Breaking Dawn Part I sepertinya memberikan kesan yang mendalam bagi pasangan ini. Pasalnya, mereka sangat terinspirasi pernikahan Edward Cullen dan Bella Swan. “Mereka ingin pernikahannya jauh lebih otentik (dari pernikahan Edward dan Bella), dengan jiwa. Ini penting bagi Rob bahwa musik akan menjadi bagian penting dalam pernikahan. Dia menulis sebuah lagu untuknya dan berencana membawakannya dengan gitar yang dibelimnya pada Natal tahun lalu,” tutupnya, seperti dilansir Showbizspy, Senin (25/6).(okz)

UMBAR keseksian sepertinya tak pernah akan pernah lelah dilakukan Rihanna. Kali ini, dia kembali tampil seksi dalam sebuah konser. Hot pants yang dibalut stocking jaring-jaring yang dikenakan membuat pahanya terekspos jelas. Tubuh yang indah dan mulus sepatutnya dimiliki oleh seorang penyanyi sekelas Rihanna. Menyadari aset yang dimilikinya, pelantun lagu We Found Love ini tak malu memamerkan keindahan lekuk tubuh dan kulit mulusnya dalam berbagai kesempatan. Seperti baru-baru ini yang dilakukannya dalam festival musik Hackney Weekend di London, Inggris, Minggu, 24 Juni 2012. Rihanna yang tampil sebagai penutup tersebut mengumbar keseksiannya di hadapan penonton. Penyanyi 24 tahun tersebut mengenakan kaus

bermotif macan dan jaket kulit hitam dengan bros emas. Namun yang membuat penampilannya menjadi sensasional ialah pemakaian hot pants hitam yang lebih pendek dari kaus yang dia gunakan. Untuk melengkapi penampilan seksinya, stocking jaring berwarna hitam menutupi sebagian pahanya yang mulus. Lipstik merah menyala dan sebuah kacamata hitam menjadi pelengkap penampilannya pada acara tersebut, demikian seperti disitat dari Dailymail. Tampil seperti ini memang bukan momen pertama untuknya. Mantan kekasih Chris Brown ini beberapa kali kerap mengumbar keseksian. Sebelumnya, Rihanna pernah berjalanjalan tanpa mengenakan bra. Dalam sebuah kesempatan pemotretan iklan, penyanyi kelahiran Barbados ini pun tak malu menanggalkan pakaian dan tampil topless.(okz)

VICTORIA BECKHAM

Siap ikut reuni Spice Girl SPICE Girl berencana menggelar konser reuni mereka setelah sejak 2008 lalu belum pernah berkumpul. Victoria Beckham atau yang akrab disapa Posh dipastikan hadir dalam konser tersebut. Posh Spice akan bergabung dengan temantemannya besok waktu setempat di West End, London. Konser tersebut bertajuk “Viva Forever” “Ada rumor yang menyebutkan bahwa Victoria tidak akan

bergabung dalam show Spice Girls. Tapi dia (Victoria) selalu membuat prioritas. Dia tidak pernah melewatkan acara launching dan melihat apa yang dikerjakan oleh para temannya,” ujar seorang sumber, seperti dilansir The Sun, Senin (25/6). Spice Girls sendiri telah menjual lebih dari 75 juta album diseluruh dunia dan juga selalu menjadi nomor satu di Inggris, termasuk album Wannabe.(okz)


SELASA 26 JUNI 2012

MOTOGP TINJU

Valentino Rossi diminta bertahan

Chris John bakal unifikasi PEMEGANG gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John bisa menjalani pertarungan unifikasi untuk mempertahankan gelar yang sudah dipegang sejak sembilan tahun yang lalu. Asisten Manajer Herry’s Gym Toni Priatna ketika dihubungi dari Semarang, Senin, mengatakan, dalam unifikasi ini bisa saja Chris John yang melakukan atau petinju dari badan lainnya yang menantang Chris John. “Kalau pertarungan itu sifatnya unifikasi maka yang dijalani adalah pertarungan pilihan atau ’choice’ tetapi kalau lawannya, misalnya, juara dunia dari WBA maka namanya tarung wajib atau ’mandatory fight’,” katanya. Menurut dia, kalau yang menantang adalah petinju dari badan tinju lain, tentu manajemen Chris John berhak mempertimbangkannya apakah diterima atau tidak. “Jika Chris John ditantang petinju dari badan tinju lain maka manajemen bisa mempertimbangkannya,” katanya. Tetapi, kata dia, kalau yang menantang dari badan tinju yang sama yaitu WBA, tentunya Chris John tidak bisa menolaknya karena itu pertarungan wajib untuk mempertahankan gelarnya. Ketika ditanya apakah sudah ada petinju dari badan tinju lain yang akan melakukan tarung unifikasi dengan Chris John, dia mengatakan, sampai kini memang belum ada, bahkan dari manajemen Chris John sendiri belum ada rencana untuk unifikasi. “Belum..belum ada petinju dari badan tinju lain yang menantang Chris John atau dari manajemen Chris John belum ada untuk tarung unifikasi,” katanya menegaskan. Menyinggung apakah sudah ada rencana dari Chris John untuk menjalani latihan di Sasana Herry’s Gym di Perth, Australia, dia mengatakan, sampai kini belum ada karena belum ada kejelasan untuk pertarungan berikutnya. “Kalau pertarungan berikutnya sudah jelas, pasti Chris John harus menjalani latihan di Australia,” katanya menegaskan. Petinju dengan julukan The Dragon tersebut terakhir mempertahankan gelarnya saat menang dengan angka mutlak atas petinju Jepang Shoji Kimora di Singapura, awal Mei 2012. Dengan kemenangan atas Kimora tersebut rekor bertarung petinju asal Kabupaten Banjarnegara, Jateng, tersebut menjadi 47 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri (melawan Jose Cheo Rojas/Venezuela dan Rocky Juarez/ Amerika Serikat).(okez)

SEJUMLAH ikon Ducati, seperti Valentino Rossi, Nicky Hayden, dan Troy Bayliss, hadir dalam acara World Ducati Week akhir pekan lalu. Di antara mereka, ada pula pebalap Italia, Marco Lucchinelli, yang termasuk pencatat sejarah bagi Ducati di ajang balap motor. Lucchinelli adalah pebalap pertama yang memberikan kemenangan kepada Ducati di arena WSBK pada tahun 1988, ketika mengendarai motor 851. Dalam kesempatan tersebut, GPone menemui dan meminta komentarnya mengenai acara tersebut, serta rumor tentang masa depan Rossi. Saya berharap Rossi bertahan, tetapi, itu harus karena ada cinta di antara mereka, dan bukan karena dia salah memilih. “Menyenangkan melihat begitu banyak orang bersama-sama dan berbahagia,” komentar Lucchinelli. “Ducati menggambarkan karier keduaku, dan event ini merupakan bukti bahwa anda bisa sedikit liar dengan cara yang aman, karena bertentangan dengan apa yang kita lihat di dunia sepak bola. Hanya Ducati dan Harley memiliki cara ini di dunia motor.” Mengenai situasi yang

Pirlo ... dari Halaman 16 Pelatih Inggris Roy Hodgson menilai, tendangan Pirlo dan cara dia menendangnya “tidak bisa diajarkan dalam latihan”. Itu sepenuhnya talenta seorang pemain. Talenta itu bukan cuma skill terhadap bola, tapi bagaimana ketahanan mental mengelola tensi dan tekanan suasana pertandingan. Pelatih Italia, Cesare Prandelli, yang tegang selama babak adu penalti, mengaku mulai tenang setelah tendangan Pirlo yang indah. Kata Prandelli seperti dilansir UEFA.com: “Pirlo seorang bintang. Seorang bintang tahu apa yang harus dilakukannya dan, ya, dia melakukannya.” Lalu bagaimana Pirlo bisa melakukan tendangan yang akan terus dikenang pencinta bola itu? “Dalam satu saat aku melihat kiper melakukan pergerakan aneh, jadi aku menunggunya bergerak dan menendang bola seperti itu,” katanya kepada Football Italia. “Buatku, mencongkel bola seperti itu sangat mudah. Apa yang aku lakukan justru menekan Inggris dan faktanya Ashley Young gagal mengeksekusi penaltinya,” sambung Pirlo.(blnt)

AVB ... dari Halaman 16 Pekan lalu, Villas-Boas bertemu dengan pemilik Spurs Daniel Levy dan Sherwood. Bahkan, Sherwood sudah menyatakan keinginan untuk bekerja sama dengan mantan ahli strategi Chelsea dan Porto itu. Masukkan dari Sherwood cukup meyakinkan Levy, bahwa Villas-Boas merupakan orang yang tepat untuk menggantikan peran Harry Redknapp. Bahkan, kabarnya pelatih asal Portugal itu sudah menemukan kata sepakat dengan manajemen Spurs.(okez)

tengah di hadapi Rossi, Lucchinelli berkomentar: “MotoGP dan WSBK adalah dua kejuaraan yang sangat berbeda. MotoGP menjadi seperti sekarang karena Valentino di sana. Namanya sudah menjadi sejarah dan petualangannya bersama Ducati mungkin menjadi bab terakhir, sehingga saya berharap dia bertahan. Tetapi, itu (bertahan) harus karena ada cinta di antara mereka, dan bukan karena dia salah memilih.” Lucchinelli pun mengakui, Ducati masih punya potensi untuk bersaing di barisan depan, meskipun harus melewati dua musim yang sulit. Terbukti, di Silverstone Hayden hampir mencapai waktu terbaik.(okez)

TENIS

Federer incar titel nomor tujuh

Prandelli ... dari Halaman 16 Yang memperdaya Joe Hart di babak adu tostosan. “Dia mendatangi saya dan minta jadi penendang pertama. Saya pikir itu menunjukkan karakter yang ia miliki,” ujar allenatore La Nazionale itu. “Dia sudah begitu mengesankan, secara keseluruhan semua pemain depan kami tampil begitu baik malam ini,” pungkas mister Prandelli.(blnt)

VALENTINO Rossi.

lah kami melewati garis finis,” ujar Schumi. “Saya melihat pitboard Mark Webber dan menunjukkan dia akan finis di peringkat delapan atau tujuh. Saat itu saya yakin finis di atas itu. Kemudian, para kru mengatakan saya finis di peringkat ketiga yang artinya naik podium dan saya tidak berpikir itu

benar-benar terjadi,” sambungnya. “Ini sesuatu yang tidak saya harapkan. Sebab, saya cukup sibuk bersaing dengan Hamilton dan Maldonado hingga akhir perlombaan. Jadi, saya berhenti berhitung posisi,” tandas pembalap asal Jerman, dilansir Autosport, Senin (25/6).(okez)

PERTARUNGAN tenis ajang Grand Slam Wimbledon akan segera berlangsung. Roger Federer dengan percaya diri menegaskan siap merengkuh gelar ketujuhnya di ajang ini. Federer memang menjadi salah satu penguasa di ajang Wimbledon. Tercatat, maestro tenis asal Swiss ini sudah tujuh kali meraih title Wimbledon. Namun, dominasi Federer mulai dirusak oleh dua rival Novak Djokovic dan Rafael Nadal. Federer acap kali bertemu dengan kedua petenis di berbagai ajang. Bahkan, mereka berbagi gelar di ajang Wimbledon, A.S Open, Australian

diterapkan di sepakbola modern yang saat ini lebih menuntut fleksibilitas. Mantan pelatih West Bromwich tersebut seakanakan kehilangan pemain yang bisa dipercaya untuk mengisi lini tengah negeri pangeran Charles tersebut. James Milner dan Ashley Young gagal menjadi ‘pelayan’ yang baik dari kedua sisi bagi Wayne Rooney dan Danny Welbeck atau saat Andy Caroll diturunkan. Sementara Gerrard dan Parker lebih terkonsentrasi membantu pertahanan. Penampilan Glen Johson sempat memberikan harapan saat dirinya ber-

hasil menerobos disiplinnya pertahanan Italia. Namun tampaknya itu adalah saat terakhir bagi Inggris merasakan nikmatnya berada di dalam kotak penalti Italia. Selebihnya, serangan Inggris mentah di Pirlo’s Zone. Bila melihat statistik, Inggris hanya mampu mengalirkan 364 passing dan 269 atau hampir 74 % menemui sasaran. Bandingkan dengan Italia yang mampu menciptakan 833 passing, 744 atau 89 % tepat. Inggris pun pantas ‘iri’ dengan total shoot on goal yang mampu Italia ciptakan. Total 20 shoot on goal dari 35 percobaan

Azzurri hanya mampu dibalas 4 shoot on goal dari 9 percobaan The Three Lions. Kredit sendiri layak disematkan kepada pertahanan Inggris. Ashley Cole-Glen Johson yang mengapit duet John TerryJoleon Lescott berhasil menahan gempuran Italia dengan 13 blok dan 23 kali intercept sepanjang laga. Joe Hart seakan tak mau kalah, penjaga gawang Manchester City tersebut berhasil melakukan 8 penyelamatan di kurun waktu 120 menit. Melihat catatan tersebut, Italia memang sudah sepantasnya menuntut

BERDIRI di podium ketiga di Grand Prix Eropa, Michael Schumacher catat karir sepanjang di F1 naik podium ke-155.

MICHAEL Schumacher secara mengejutkan berhasil naik podium di Grand Prix Eropa. Ini merupakan podium ke-155 Schumi selama berkarier di Formula One (One). Ya, ini merupakan pertama kali Schumi kembali merasakan indahnya naik podium sejak memutuskan untuk kembali balapan

memperkuat Mercedes pada musim 2010. Sementara itu, Schumi mengakui tidak menyangka akan naik podium di peringkat ketiga setelah berhasil melewati garis finis. “Saya sama sekali tidak memikirkan podium sama sekali, meski balapan sudah berakhir. Saya baru bertanya kepada kru sete-

Open dan French Open. Kini, Federer tak gentar menghadapi mereka. Menurut mantan petenis nomor satu dunia itu, sudah saatnya untuk menyamai tujuh gelar juara Wimbledon, yang pernah diraih oleh dua legenda tenis dunia William Renshaw dan Pete Sampras. “Ini sudah saatnya untuk saya. Saya sadar peluang saya di sini dan di U.S Open. Ini sungguh momen yang menarik,” ungkap Federer, kepada wartawan dilansir dari Reuters. Sejauh ini Federer sudah enam kali merebut gelar di Wimbledon. Titel itu diraih pada tahun 2003, 2004, 2005, 2006, 2007 dan 2009.(okez)

keadilan berada di pihak mereka. Dan sepertinya Inggris masih memiliki rencana B yang harus mereka selesaikan. Usai berhasil menahan Italia sepanjang 120 menit, Inggris berharap keberuntungan terus berpihak kepada mereka di babak adu penalti. Dengan 35 kali melakukan shooting, Italia tampaknya lebih siap untuk m e n g u b a h ketidakberuntungan mereka menjadi sebuah keadilan di akhir pertandingan sekaligus menghabisi keberuntungan Inggris di 120 menit laga.(blnt)

Italia ... dari Halaman 16 Hasilnya, Italia sukses menekan Inggris di pertahanan mereka sendiri. Keberadaan De Rossi dan Claudio Marchisio yang mengapit Andrea Pirlo juga tak bisa dipandang sebelah mata. Kedua ‘tukang jagal’ tersebut adalah orang yang memastikan bahwa the majestic passer bekerja dengan nyaman mengatur irama permainan Azzurri. Mari kita cermati bagaimana Inggris harus menerima kembali kenyataan bahwa mereka gagal lolos dari hoodo di turnamen besar. Terinspirasi kesuksesan Chelsea menaklukkan

Eropa di level klub dengan bermain pragmatis dan membosankan. Inggris mencoba peruntungannya di level timnas dengan pola permainan yang hampir sama. Memainkan pola klasik 4-4-2 dengan empat gelandang sejajar, Inggris gagal mengimbangi 3 gelandang free role dan 1 deep lying playmaker milik Italia. Hodgson jelas bersalah dengan pemilihan taktiknya tersebut. Dua tahun lalu, Fabio Capello yang saat itu menjadi pelatih tim nasional Inggris mengakui kegagalan sistem 4-4-2 apabila


SELASA 26 JUNI 2012 NOMOR 02015 TAHUN VI

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Pirlo masih bintang Italia TENDANGAN penalti Andrea Pirlo menjadi buah bibir. Bukan cuma di kalangan pemain bintang, tapi juga di kalangan pelatih. Pirlo dengan dingin, tenang, dan percaya diri mencongkel bola untuk menipu Joe Hart ketika saat melakukan tendangan penalti tiba. Bola itu melengkung, kira-kira setinggi setengah tiang gawang, berlari pelan, ketika Joe Hart sibuk menghalau angin di bawah bola. Ekspresi Pirlo setelah mencetak gol itu sangat dingin, sedingin pembunuh keji tapi tak merasa berdosa. Padahal itulah gol yang mengancurkan mental Ashley Young, eksekutor ketiga dari kubu Inggris. Pertandingan Inggris vs Italia harus ditentukan melalui adu penalti setelah waktu normal plus perpanjangan hanya menghasilkan skor 0-0. Sebelum Pirlo melakukan tugasnya, kedudukan 2-2. Sukses menjalankan tugasnya, eksekusi Pirlo itulah yang menghancurkan mental Inggris sekaligus membangkitkan rasa percaya diri teman-temannya di Azzuri. Baca: Prilo ( Halaman 15 )

Italia lebih siap A K H I R N YA keadilan itu benar-benar terjadi. Kemenangan Italia atas Inggris memang ditentukan oleh adu ‘keberuntungan’ di babak ten-

dangan penalti. Langkah Italia jelas, menuntut keadilan yang tak mereka dapat sepanjang 120 menit. Dengan penguasaan bola 64% berbanding 34% milik penggawa Inggris.

Andrea Pirlo dkk memang seharusnya mampu menyelesaikan permainan dalam waktu normal. Namun sepertinya Tuhan berkehendak lain. Tendangan jarak jauh Daniele

IRINA SHAYK

Ubah gaya berpakaian

TRANSFER

AVB kian dekat ke Spurs TOTTENHAM Hotspur nyaris menemukan pelatih baru. Nama Andre Villas-Boas dikabarkan kian dekat untuk membesut Spurs musim depan. Sejak memecat Redknapp, Spurs memang belum menemukan pelatih anyar lagi. Awalnya, nama Laurent Blanc sempat men-jadi salah satu kandidat untuk menjadi pelatih klub asal London tersebut. Sebagaimana dilaporkan The Sunday Mirror, Minggu (24/ 6) , Villas-Boas menjadi kandidat terkuat untuk membesut Spurs musim depan, karena mendapatkan dukungan langsung dari asisten pelatih Tim Sherwood. Baca: AVB ( Halaman 15 )

pembeda pada laga tersebut. Perubahan taktik Cesare Prandelli dengan memasukkan nama Ricardo Montolivo dalam starting eleven memang layak diperdebatkan, namun di sinilah

kecerdikan Prandelli dalam menempatkan Monti. Sadar bahwa seringkali Monti tenggelam ketika dipasang bersamaan dengan Andrea Pirlo, Prandelli lebih condong menempatkan Monti sebagai

penghubung antara Pirlo dengan pemain depan dan mempersempit ruang gerak Scott Parker sebagai penyeimbang The Three Lions. Baca: Italia ( Halaman 15 )

Prandelli: Balotelli minta jadi eksekutor pertama

SPORTAINMENT

PACAR pesohor sepak bola Christiano Ronaldo, Irina Shayk tampil berbeda dalam beberapa hari terakhir. Kemarin, saat dia menghadiri screening pementasan Rock Of Ages di New York dia menggunakan pakaian mirip pria. Dengan menggunakan busana Calvin Klein, Irina terlihat lebih tertutup. Dia terlihat lebih rapi dengan celana panjang model ujung senjata yang panjang. Padahal, baru-baru ini dia tampil menggunakan berbagai gaun Roberto Cavalli di Cannes. Sangat jauh berbeda, sebab model papan atas ini terlihat sangat seksi dan tampil lebih terbuka. Meski begitu, Irina tetap kelihatan manis. meski tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan, Irina tetap tampak mempesona.(fjcm)

De Rossi hanya seakan sebagai salam pembuka bagi ketidakberuntungan Italia sepanjang pertandi-ngan di waktu normal. Ketangguhan Joe Hart di bawah mistar gawang juga menjadi

DENGAN penguasaan bola 64% berbanding 34% milik penggawa Inggris, Andrea Pirlo dkk seharusnya mampu selesaikan permainan dalam waktu normal.

CESARE Prandelli punya cerita tentang kemenangan Italia lewat adu penalti atas Inggris, ketika

Balotelli minta jadi ekse-kutor pertama. Mario Ba-lotelli sempat dinilai kurang ‘mumpuni’ oleh berbagai pe-nga-

mat. Setelah banyak membuang peluang Azzurri secara sia-sia di waktu normal. Namun striker Manchester

City tersebut mengubur itu semua lewat eksekusinya. Baca: Prandelli ( Halaman 15 )

Posisi Bert Van Marwijk aman POSISI Bert van Marwijk sebagai pelatih timnas Belanda diperkirakan tetap aman karena terikat kontrak hingga 2016. Belanda gagal total di Euro 2012 setelah menderita tiga kekalahan beruntun di babak penyisihan grup. Sejumlah pengamat menilai Van Marwijk harus bertanggung jawab karena tidak mampu menangani tim dengan baik di samping

MARIO Balotelli.

kebutuhan meremajakan tim untuk Piala Dunia dua tahun lagi. Evaluasi kinerja Van Marwijk baru akan dilakukan KNVB pekan depan. “Seperti yang sudah saya sebutkan, kami akan berdiskusi dengan orang-orang yang terlibat di timnas dan juga KNVB,” jelas direktur Bert van

Oosteven kepada De Telegraaf. “Evaluasi ini butuh proses. Baru ketika sudah kita ketahui apa yang salah dan siapa y a n g bertanggung jawab, KNVB akan menyimpulkannya. Sampai saat itu, kami takkan membagikan temuan ke pihak luar. Saya juga takkan menanggapi

pertanyaan tentang evaluasi.” “Kami memperpanjang kontrak Van Marwijk pada Desember 2011 bukan tanpa alasan hingga pertengahan 2016. Kami bermaksud terus bekerja sama sehingga pelatih bisa melakukan regenerasi skuad untuk Euro 2016 di Prancis. Sekarang kami mengevaluasi situasi dan keputusan akan dilakukan.”(blnt)

Beckenbauer: Jerman tidak punya titik lemah LEGENDA Jerman, Franz Beckenbauer menyebut Tim Panser saat ini punya kualitas untuk mengalahkan tim manapun di pentas Euro 2012. Die Mannschaft tampil impresif dengan membungkam Yunani 4-2 di perempat final. Kemenangan itu tak hanya membawa mereka ke semifinal namun juga memecahkan rekor dunia dengan 15 kemenangan beruntun di laga kompetitif. “Saya sulit sekali melihat

titik lemah di tim Jerman,” ucap Der Kaiser - julukan Beckenbauer, pada Bild. “Ketika Anda memenangi semua laga kompetitif sejak semifinal Piala Dunia 2006, Anda tak perlu takut lawan tim manapun.

Jerman sungguh mengagumkan lawan Yunani, dan itu sinyal jelas untuk rival mereka memburu gelar juara Eropa.” Beckenbauer juga merasa pasukan Joachim Loew akan bisa membalas kekalahan dari Italia di Piala Dunia 200, kala keduanya bentrok di semifinal nanti. “Meski Italia sudah menjadi musuh berat kami di turnamen besar, segalanya bakal berbeda kali ini,” tegasnya.(blnt)

LEGENDA Jerman, Franz Beckenbauer.


Swara Kita, 26 Juni 2012