Page 1

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

SELASA 21 FEBRUARI 2012 NOMOR: 01910 TAHUN VI Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 e-mail:redaksi@swarakita-manado.com www.swarakita-manado.com

DUGAAN KORUPSI

Kasus proyek perumahan di Wori dilaporkan ke KPK

SELEBRITI

Jakarta—Menyikapi kondisi proyek pembangunan Perumahan di Desa Wori Minut yang dilaksanakan Dinas Sosial Sulut, kini dalam kondisi memprihatinkan. Ketua Dewan Pimpinan Daerah Laskar Anti Korupsi Sulut (LAKI) Tommy Sumelung dan

Ketua Gerakan Mahasiswa Masyarakat Pemuda Anti Korupsi (Gempak) John Pade, akhirnya membawa kasus ini ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Keduanya menilai ada dugaan praktek korupsi dalam pengerjaan proyek tersebut.

Pasalnya, proyek pembangunan perumahan yang sedianya diperuntukan bagi relokasi warga Manado yang tinggal di daerah rawan longsor dan banjir itu, kini sudah terbengkalai dan terkesan mubasir. Baca: Kasus ( Halaman 11 )

KASUS WISMA ATLET-GATE

Inggrid Kansil: Angie harus kuat!

LULU TOBING

Kisah dilanda teror SETELAH lama vakum di dunia akting, bintang yang terkenal dengan perannya di sinetron ‘Tersanjung’ ini kembali tampil dalam layar lebar berjudul ‘Negeri 5 Menara’. Awalnya Lulu tak mau menerima peran tersebut. Namun karena berulangkali diteror oleh sang casting director, akhirnya Lulu menyerah. “Saya terus-terusan ditelepon oleh Shakti. Dia meneror saya setiap hari, padahal dari awal sudah saya tolak walaupun saya belum tahu judul filmnya apa,” ujar Lulu Tobing saat ditemui di Thamrin, Jakarta Pusat. Teror itu katanya berlangsung lumayan lama, karena Lulu tetap bersikukuh dengan pendiriannya. Baca: Kisah ( Halaman 11 )

INTERNASIONAL

Iran manuver, Israel pertahankan diri

BENYAMIN Netanyahu.

ISRAEL pada akhirnya akan memutuskan sendiri apakah harus menyerang fasilitas nuklir Iran, kata kepala staf militer negara itu, saat seorang pejabat senior AS tiba di Israel untuk melakukan pembicaraan tentang Iran. “Israel adalah penjamin keamanannya sendiri, ini peran kami sebagai tentara. Negara Israel harus membela diri,” kata Letnan Jenderal Benny Gantz kepada televisi milik negara. “Kami harus mengikuti perkembangan di Iran dan proyek nuklirnya, tetapi secara sangat luas, mempertimbangkan apa yang dunia lakukan, apa yang Iran putuskan, apa yang akan kami lakukan atau tidak kami lakukan,” katanya. Dalam beberapa minggu terakhir, ada spekulasi Israel kian dekat untuk melakukan serangan pencegahan terhadap program nuklir Iran, meskipun Israel membantah telah membuat keputusan seperti itu. Ketegangan antara Iran dan Israel kini semakin mendidih, saat dua kapal perang Iran memasuki Mediterania melalui Terusan Suez. Manuver kapalkapal perang itu dilihat sebagai sebuah unjukkan “kekuatan”. Itu untuk kedua kalinya sejak revolusi Islam pada 1979 kapal perang Iran melewati kanal tersebut. Sejumlah laporan menyebutkan, kapalkapal itu telah berlabuh di Tartus, pelabuhan utama Suriah, sekutu Iran yang kini diperangi rakyatnya sendiri. Minggu lalu, Iran mengatakan pihaknya telah menginstal 3000 sentrifugal untuk meningkatkan kemampuan pengayaan uranium dan meningkatkan eksplorasi dan pengolahan uranium yellowcake. Pada perkembangan lain, Israel munuduh para agen Iran melakukan gelombang serangan baru-baru ini yang menargetkan para diplomat Israel. Namun tuduhan itu telah dibantah Iran. Penasihat Keamanan Nasional AS, Tom Donilon, pada akhir pekan lalu memulai pembicaraan dengan para pejabat Israel terkait sejumlah isu termasuk soal Iran. Pembicaraan itu terjadi dua minggu menjelang kunjungan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, ke Washington untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Barak Obama tentang topik yang sama. Sebuah artikel di harian Washington Post baru-baru ini mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Leon Panetta, yakin Israel mungkin menyerang instalasi nuklir Iran dalam beberapa bulan mendatang. Menurut Jenderal Gantz, Iran merupakan “sebuah masalah dunia dan regional”.(komc)

Jakarta—Anggota DPR RI, Inggrid Kansil tak menyangka rekan seprofesinya, Angelina Sondakh ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap proyek Wisma Atlet. Pasalnya, Inggrid mengenal Angie, panggilan akrab Angelina, sebagai sosok yang memiliki kinerja baik. “Saya mengenal beliau sejak masih kader di Demokrat. Percaya nggak percaya kalau dia melakukan tindakan seperti yang dituduhkan,” ujar Inggrid saat ditemui Plaza Bapindo, Jakarta Selatan, Senin (20/2) kemarin. Berkiprah di dunia politik bukan hal yang mudah bagi Inggrid. Apalagi jika melakukan hal yang bisa membuat masyarakat kecewa. “Saya berharap ada pemahaman dari masyarakat kepada partai. Kan nggak semua melakukan sesuatu yang nggak etis,” ucapnya. Artis yang juga politikus tersebut mengaku cukup mengenal sosok Angie, yang kini menjadi tersangka. Apalagi keduanya sama-sama kader Partai Demokrat. “Saya mengenal beliau sejak masih kader di Partai Demokrat, Mbak Angie kan, anak buah dari suami saya, mbak Angie cerdas, sangat punya peran baik di Demokrat dan pekerjaan. Kinerjanya cukup baik,” paparnya. Baca: Inggrid ( Halaman 11 )

Pilrek Unsrat diduga sarat intervensi Hari pertama, belum ada pendaftar Manado—Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado sepertinya sepi peminat. Berbeda dengan Pilrek sebelumnya, Pilrek tahun ini Unsrat justru adem ayem. Diduga kuat, sejumlah nama yang diusung untuk maju di Pilrek, justru enggan, karena Pilrek 2012 dinilai sarat dengan intervensi in-

cumbent Rektor Prof Donald A Rumokoy SH MH. Alhasil, untuk menarik minat para calon kandidat, pihak panitia terpaksa harus menerbitkan daftar orang-orang lingkup Unsrat yang memenuhi syarat untuk mencalonkan diri. Hingga Senin (20/2) kemarin, telah masuk 30-an nama dari setiap fakultas yang memenuhi syarat.

Namun dari nama-nama tadi, belum ada yang mau mendaftarkan diri secara langsung untuk menjadi bakal calon (Balon) Rektor. “Pilrek tahun ini sudah sarat dengan intervensi incumbent. Jadi untuk apa kami mendaftar? Toh, yang jadi panitia adalah orang-orang pilihan Rektor. Baca: Pilrek ( Halaman 11 )

SUAP KEMNAKERTRANS

Muhaimin mengaku tidak tahu soal “commitment fee”

INGGRID Kansil beri dukungan terhadap Angie.

SETAHUN KEPEMIMPINAN SOLO

Oleh: Ferdy “Epang” Pangalila tampak. Tidak seperti pemerintah kabupaten/kota yang lain di Indonesia,

Jakarta—Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar memenuhi panggilan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi untuk bersaksi dalam kasus dugaan suap terkait program Percepatan Pembangunan Infrastruktur Daerah (PPID) Transmigrasi, Senin (20/2) kemarin.

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa itu akan bersaksi untuk mantan pejabat Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dadong Irbarelawan, yang menjadi terdakwa kasus itu. Muhaimin tiba di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, sekitar pukul 09.58 wita dengan

yang pemimpinannya sering terjadi konflik hingga gontok-gontokan hanya karena pembagian kebijakan yang tidak merata. “Saya tahu diri. Namanya juga orang kedua, apalagi pak Walikota Hanny Sondakh orangnya baik sekali,” kata Lomban. Dari pengamatan sejumlah kalangan, kemesraan pasangan ini karena masing-maing mengetahui tugas pokoknya, sehingga kadang kala terlihat sering jalan bersama. Baca: Sondakh ( Halaman 11 )

Antisipasi, pemerintah kaji CMP Jakarta—Pemerintah tengah mengkaji Protokol Manajemen Krisis atau crisis management protocol (CMP) khusus untuk sektor pangan guna mengantisipasi krisis pangan dunia. Program ini berlaku jika terjadi lonjakan harga pangan sekitar 10 hingga 15 persen. Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan, menyatakan salah satu bentuk CMP tersebut ialah dengan memperluas kerja

MUHAIMIN Iskandar.

sama cadangan pangan dengan negara-negara di luar Asean plus 3.“Kita tidak ingin nanti, ketika krisis terlambat me-nyiapkan antisipasi,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (20/2). Rusman menambahkan, saat ini, pemerintah sedang menjajaki kerja sama dengan beberapa negara seperti Jepang dan Amerika Serikat sebagai implementasi CMP pangan tersebut. “Selain itu, negaranegara lain yang jago-jago soal ketahanan pangan, sedang dikonkritkan. Ini di luar Asean plus 3,” tuturnya.

dikawal petugas keamanan. Ia mengenakan pakaian safari coklat muda. Saat diberondong pertanyaan wartawan, Muhaimin enggan banyak komentar. Dia hanya mengaku sehat dan siap mengikuti persidangan. “Sehat, kita lihat nanti di persidangan,” katanya. Dalam persidangan, Muhaimin mengaku tidak tahu menahu soal pemberian commitment fee terkait program PPID Transmigrasi. Muhaimin juga mengaku tidak tahu rencana pemberian uang Rp 1,5 miliar dari pengusaha Dharnawati ke dua pejabat Kemenakertrans, I Nyoman Suisnaya dan Dadong Irbarelawan. “Sama sekali tidak pernah, DPPID pun kita tidak tahu, apalagi fee,” kata Muhaimin saat ditanya hakim Sudjatmiko apakah pernah menyinggung soal commitment fee dengan Fauzi (mantan tim asistensi Menakertrans).

Baca: Antisipasi ( Halaman 11 )

Baca: Muhaimin ( Halaman 11 )

KRISIS PANGAN

Sondakh-Lomban mesra PASANGAN Walikota Bitung Hanny Sondakh dan Wakil Walikota Maximilian Lomban SE, (SoLo) Selasa (21/2) hari ini, genap setahun memimpin Kota Bitung. Ada hal yang positif yang bisa dipelajari dari kepemimpinan SondakhLomban sepanjang satu tahun pertama di Kota Cakalang –sebutan lain Kota Bitung—, yakni kerukunan dan kemesraan dalam menjalankan roda pemerintahan. Buktinya, sampai kini riakriak perselisihanpun tak

KETUA LAKI Sulut Tommy Sumelung dan Ketua Gempak John Pade, saat bersua Swara Kita di Kantor KPK, Senin (20/2) kemarin.(foto: heintje/sk)

Penangkapan Jhon Kei

Dijerat pasal pembunuhan dan narkotik John Refra alias John Kei akan dijerat pasal penggunaan narkotik. Hal ini terkait penangkapan dirinya di Hotel C’One, Pulomas, Jakarta Timur, ketika sedang pesta sabu-sabu bersama Alba Fuad. “HASIL tes urine John Kei positif menggunakan narkotik,” kata juru bicara Kepolisian RI, Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution, ketika ditemui di kantor Humas Mabes Polri, Senin (20/2). Saud menyatakan hasil positif pemeriksaan urine tidak hanya didapat dari Alba Fuad. Keduanya

akan diproses dengan tuntutan penggunaan narkotik jenis sabu-sabu. “Polda Metro yang akan mengurusnya,” kata Saud. Terkait penangkapan Jumat lalu, Saud menyatakan John Kei diamankan karena diduga berperan dalam pembunuhan Direktur PT Sanex Steel, Tan Harry Tantono. Oleh karena itu, kata Saud,

John Kei akan dikenakan dua kasus, yaitu pembunuhan berencana terhadap Tan Harry dan penggunaan narkotik. Sementara itu, pendukung John Kei mengerahkan massa untuk melakukan demo di sejumlah kepolisian daerah dan kepolisian resor. “Sekarang sedang berlangsung di Papua, Maluku, Makassar, dan kota-kota

lain,” kata kuasa hukum John Kei, Alam P Simamora, saat ditemui usai bertemu Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri, Senin kemarin. Alam menyatakan aksi demo ini ditujukan kepada instansi kepolisian karena dinilai telah memperlakukan John Kei secara tidak manusiawi. Baca: Dijerat ( Halaman 11 )

JOHN Refra alias John Kei.


SELASA 21 FEBRUARI 2012

PARLEMEN

Tirayoh kesal kode etik deprov belum disahkan MESKI sudah lama didengungkan, namun kode etik Deprov Sulut hingga saat ini belum juga disahkan dalam sidang paripurna, yang membuat pengesahannya menjadi terkatung-katung. Malah saat ini, Ketua Badan Kehormatan (BK) Deprov Sulut Drs Paul Tirayoh BSc mengembalikan hal tersebut kepada pimpinan dewan. “Pengesahan kode etik Deprov Sulut tergantung penjadwalan rapat paripurna dari pimpinan dewan. Kalau kami BK sudah lama siap kode etik dewan itu disahkan,” ujar Tirayoh kepada wartawan. Meski terlihat kesal kode etik itu belum juga disahkan, namun diakuinya kalau BK sudah berkoordinasi dengan Ketua Deprov Sulut Meiva Salindeho-Lintang STh terkait penjadwalan kode etik ini. “Kalau tidak ada halangan, bulan Februari ini akan dijadwalkan sidang paripurna pengesahan kode etik,” ujarnya. Seperti diketahui, kode etik dewan sangatlah penting bagi anggota dewan karena kode etik ini nantinya akan menjadi aturan bagi anggota dewan sendiri. Bahkan, pengawasan masyarakat akan sangat sulit jika kode etik ini belum ditetapkan. Dalam pemahamannya, kode etik adalah sistem norma, nilai dan aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik dan apa yang tidak benar dan tidak baik bagi profesional. Kode etik menyatakan perbuatan apa yang benar atau salah, perbuatan apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari. Tujuan kode etik agar profesional memberikan jasa sebaik-baiknya kepada pemakai atau nasabahnya.(dewe)

PEMILU 2014

Parpol harus mencari simpati masyakarat TEMUAN Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menunjukkan bahwa partai politik mulai ditinggalkan pemilihnya, bisa menjadi momentum bagi parpol baru untuk merebut simpati masyarakat. Saat ini, masyarakat mulai jenuh dengan perilaku parpol yang ada, sehingga membutuhkan alternatif. Hal itu diungkapkan Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute Hanta Yudha di Jakarta. Ia mengatakan dengan hasil temuan LSI tersebut, menunjukkan potensi ketidakpercayaan terhadap parpol yang ada sekarang meningkat. Tidak hanya Partai Demokrat, melainkan juga terhadap parpol lain, yang terbelenggu oleh persoalan korupsi politik. Untuk itulah, ia mengatakan, saat ini merupakan saat yang tepat bagi parpol baru untuk memaparkan programnya kepada publik. Tentunya, lanjut Hanta, yang dibutuhkan publik program kerja yang berbeda dengan parpol yang ada sekarang. “Publik saat ini kecewa dengan parpol yang ada, sehingga membutuhkan alternatif,” ujarnya. Hasil riset LSI menyebutkan sebagian besar partai politik peserta Pemilu 2009 mengalami ke mandekan dukungan pemilih. Bahkan sebagian partai kian ditinggalkan pemilih mereka. Dukungan untuk Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) stagnan di angka 13%15%, sedangkan pilihan untuk Partai Demokrat turun drastis menjadi 13,7%. Survei dilakukan 1-12 Februari 2012 dengan pengambilan responden multistage random sampling dari 33 provinsi ini menjaring 2.050 orang. Margin error +/- 2,2 persen dan tingkat kepercayaan 95%. Dari 2.050 responden tersebut, sebesar 28,9% menyatakan tidak tahu, atau belum menentukan pilihan. Pada Pemilu 2009, Partai Demokrat meraih 21% suara. Itu berarti jika dibandingkan dengan perolehan suara pada 2 tahun 8 bulan lalu, tingkat keterpilihan Demokrat anjlok hingga 7,3%. Bahkan, hasil survei LSI menunjukkan adanya tren penurunan terus-menerus dari Demokrat. Jika pada 2009 Demokrat masih dipilih 50% responden, pada Januari 2010 pilihan untuk Demokrat sudah turun 19% menjadi 31%, pada Desember 2011 turun lagi menjadi 21%, dan kini 13,7%.(miol)

Deprov kawal program e-KTP Rakernas yakini program ini tuntas akhir April 2012

JHON Dumais.

Manado—Dalam rangka memantapkan pelaksanaan program E-KTP, Kementerian Dalam Negeri (kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) E-KTP. Rakernas yang dibuka Minggu (19/2) malam oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fawzi di Hotel Red Top Jakarta diikuti oleh Para Sekretaris Daerah, Ketua DPRD, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi seIndonesia, dan Bupati/ Walikota, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Indonesia. Rakernas ini dimaksudkan untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program yang telah berjalan selama ini dan telah memasuki tahapan perekaman data. Tahapan perekaman data ini telah diperpanjang sampai dengan 30 April 2012. Diharapkan pada akhir April 2012 semua wajib KTP telah melakukan perekaman data untuk persiapan tahapan selanjutnya yaitu Penerbitan E-KTP. Sekprov Sulut Ir Siswa Rahmat Mokodongan yang didampingi Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Bartolomeus Mononutu SH mengatakan bahwa meskipun secara teknis pelaksana program ini adalah kabupaten/kota, pemerintah provinsi yang bertugas melakukan koordinasi, mengawasi dan memonitor pelaksanaan program akan mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk memenuhi target sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan.

RAHMAT Mokodongan.

“Pemerintah provinsi juga secara rutin melakukan evaluasi bersama pemerintah kabupaten/kota untuk mencermati permasalahan yang ditemui kemudian memfasilitasi permasalahan tersebut ke Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Ditjen Dukcapil,” ujar Mokodongan. Dia menambahkan bahwa seluruh peserta Rakernas telah sepakat untuk mensukseskan program ini. Program ini sangat penting dalam rangka pendataan penduduk dan nantinya akan sangat membantu masyarakat untuk memiliki kartu identitas diri yang dapat digunakan di seluruh Indonesia termasuk nantinya akan digunakan sebagai kartu pemilih pada pemilu maupun pemilukada yang akan berlangsung nanti. “Disamping itu tentunya masyarakat akan sangat terbantu apabila melakukan perjalanan keluar daerah di Indonesia ini dengan menggunakan Kartu Identitas Tunggal Elektronik KTP,” ujar Mokodongan. Sementara itu Ketua Komisi I Deprov Sulut Jhon Dumais yang mewakili Ketua Deprov Sulut Meiva Salindeho-Lintang STh mengatakan kalau pihaknya tetap konsisten mendukung serta mengawal pelaksanaan program KTP elektronik ini di Sulut. “Jika memang Mendagri sudah komitmen dan menyatakan program ini terus berjalan, maka dewan juga akan konsisten mendukung serta mengawalnya,” kata Dumais. Politisi Partai Demokrat ini

mengatakan, KTP elektronik merupakan program pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang membawa dampak positif ke depan. Selain merapikan administrasi kependudukan, program ini akan menjadi pondasi penataan pembangunan multisektoral di dalam negeri, di antarannya kehidupan berdemokrasi, ekonomi dan hukum. “Karena itu kita yakini, realisasi serta finalisasi KTP elektronik akan membawa dampak positif pada pesta demokrasi, seperti pemilihan umum (pemilu), pemilihan presiden (pilpres) maupun

pemilihan kepala daerah (pilkada),” ucap Dumais. Diketahui, KTP elektronik ini di buat dengan tujuan untuk mencegah terjadinya KTP ganda yang di miliki oleh satu orang, selain itu untuk pemilu kedepannya sudah menggunakan e-KTP agar pemilih hanya bisa mencoblos 1 kali, karena kejadian tahun lalu masih ada banyak pemilih ganda, menurut sumber mengatakan jika semua daerah sudah menggunakan e-KTP ini untuk data ganda kemungkinannya sangat kecil, karena semua data penduduk di masukkan pada database nasional.(erer/dewe)

PERTANIAN

Jalan produksi bagus, petani pun sejahtera Manado—Lebih dari 60 persen penghasilan masyarakat Sulut adalah dari pertanian. Karena itu, pemerintah diharapkan memperhatikan jalan produksi pertanian di desa-desa, khususnya di desa terpencil yang sulit dijangkau transportasi. Hal itu dikatakan anggota Deprov Sulut Ir Lexi Solang, menyikapi masalah yang dirasakan para petani. “Ketika saya turun ke masyarakat, khususnya di dapil (daerah pemilihan) saya Minsel-Mitra, keluhan yang saya terima adalah terkait sulitnya petani mengeluarkan hasil produksi mereka karena tidak ditunjang dengan jalan yang layak,” ungkap politisi Partai Gerindra ini. Dia pun mencontohkan tentang hasil kopra. “Satu karung kopra jika

dikeluarkan, petani harus membayar Rp50 ribu pe karung. Jika 10 karung, berarti sudah Rp500 ribu yang harus dikeluarkan petani untuk membayar transportasi,” tukas anggota Komisi I itu. Karena itu, Solang yang juga Ketua Kelompok Tani dan Nelayan Indonesia (KTNI) Sulut ini berharap, di RPJMD/RPJPD nantinya pemerintah memasukkan perbaikan infrastruktur khususnya jalan produksi pertanian di desa-desa. “Jika jalan produksi bagus, maka penghasilan dan kesejahteraan petani juga akan meningkat. Tetapi, jika tidak ada perbaikan sama sekali, maka petani bisa merugi sebab biaya transportasi untuk mengeluarkan hasil produksi pertanian dari kebun cukup mahal,” kata Solang.(dewe)

KEMANUSIAAN

Palang Merah Denmark bantu PMI Sulut

WAGUB Sulut Djouhari Kansil bersama Ketua PMI Sulut James Karinda dan Sekretari PMI Sulut Harold Monareh saat berdiskusi dengan perwakilan Pengurus Palang Merah Denmark Hans Hausmann, Senin (20/2) kemarin.(foto: ist)

Manado—Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd bertindak sebagai Ketua Dewan Pembina Palang Merah Indonesia (PMI) Sulut, Senin (20/2) kemarin menerima perwakilan Pengurus Palang Merah Denmark Mr Hans Hausmann bersama Ketua PMI Sulut James Karinda SH MH dan Sekretaris PMI Sulut Harold Monareh SH MSi dan jajaran serta Tim ICBRR Sulut. Pertemuan tersebut berlangsung di ruang kerja Kansil dengan topik pembahasan mengenai program pengurangan resiko terpadu berbasis masyarakat (Pertama). Menurut Kansil, program tersebut merupakan program pemberdayaan kapasitas masyarakat untuk mengambil tindakan inisiatif dalam mengurangi dampak bencana, kesehatan, dan lingkungan,

dimana program Pertama tersebut bersifat partisipatif yang dilakukan dari, oleh, dan untuk masyarakat. “Sehingga bila terjadi bencana mereka dapat menolong atau menyelamatkan diri sendiri, keluarga, serta warga masyarakat lainnya,’’ jelas Kansil yang pada kesempatan tersebut didampingi Asisten II Pemprov Sulut Edwin Silangen SE MSi dan sejumlah Kepala SKPD terkait. Lanjut Kansil menjelaskan, sejak tahun 2007 di Sulut telah dilaksanakan program Pertama tersebut, dimana tahap 1 berlangsung di Sangihe dan Minsel, dimana program tahap 1 tersebut akan berakhir Maret tahun 2012 ini. Selanjutnya pada tahap 2 program Pertama akan dilaksanakan di 3 kabupaten/kota baru yakni

Manado, Bitung, dan Sitaro. “Tiga daerah tersebut akan menjadi daerah penerima manfaat program pengurangan resiko terpadu yang berbasi masyarakat,’’ ujarnya. Ditambahkannya bahwa selama ini paradigma masyarakat soal PMI harus dirubah. “Selama ini PMI hanya identik dengan kegiatan donor darah, padahal banyak kegiatankemanusiaan lainnya yang menjadi fokus PMI,’’ ujar Kansil. Sementara itu, menurut Hausmann, pihak Palang Merah Denmark menyatakan kesiapan dana untuk

berbagai kegiatan kemanusiaan yang akan diselenggarakan PMI Sulut. Merupakan suatu kebanggaan bagi Sulut dimana PMI Sulut bisa terpilih sebagai PMI yang bisa menerima dan mengelola bantuan dana dari Palang Merah Denmark. Dari sejumlah provinsi yang ada di Indonesia, PMI Sulut yang mendapat kepercayaan tersebut. “Sulut punya warga yang ramah, Pemerintah juga sangat bersahabat dan mensuport semua kegiatan palang merah. Kami senang dan bangga dengan hal tersebut,’’ tukas Hausmann.(erer/dw)

LAKIP 2010

Sulut salah satu terbaik se-Indonesia Manado—Satu lagi keberhasilan ditorehkan Pemprov Sulut. Dimana Selasa (21/2) hari ini, Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS), rencannya akan menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berkaitan dengan evaluasi terhadap penilaian implementasi dan pengembangan akuntabilitas kinerja di lingkungan instansi pemerintah tahun 2010. Pemprov Sulut di bawah kepemimpinan SHS dan Wagub Dr Djouhari Kansil MPd dinilai telah mampu mendorong terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil (result oriented government). Pemberian penghargaan tersebut menurut Kepala Biro Organisasi Dra Lynda Watania MM, berdasarkan amanat peraturan pemerintah (PP) Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja instansi pemerintah, Instruksi Presiden nomor 7 tahun 1999 tentang Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, Keputusan Menteri Negara PAN nomor KEP-135/ M.PAN/9/2004 tentang

pedoman umum evaluasi LAKIP, dan peraturan Menteri Negara PAN-RB Nomor 35 tahun 2011 tentang petunjuk pelaksanaan evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah tahun 2011. “Kemenpan dan RB pada tahun lalu telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang telah menyerahkan LAKIP tepat waktu,’’ jelas Watania yang saat ini sedang berada di Jakarta untuk mendampingi SHS pada penyerahan penghargaan dimaksud. Lanjut dia, menjelaskan, Pemprov Sulut merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang mendapatkan penghargaan karena mampu menjabarkan dan melaksanakan program kegiatan sesuai dengan visi misi Gubernur/Wagub yang tertuang dalam renstra RPJMD Sulut. “Hal ini membuktikan keseriusan SKPD dalam menjabarkan berbagai program kegiatan,’’ tandas Watania sembari menambahkan bahwa penyerahan penghargaan dimaksud akan dilaksanakan di Kantor Kemenpan-RB di Jakarta Selatan.(erer/dw)


SELASA 21 FEBRUARI 2012

KAMPUNGRON

KELURAHAN PAKOWA KECAMATAN WANEA

Mantapkan program PBL dengan membentuk pokja PEMBANGUNAN Berbasis Lingkungan (PBL) sebentar lagi akan bergulir. Untuk memaksimalkan hal tersebut, Kelurahan Pakowa Kecamatan Wanea telah membentuk Kelompok Kerja (Pokja) di masing-masing lingkungan. Dan Pokja tersebut telah dilantik Senin (30/1) lalu oleh Lurah Pakowa Thomas Kandou di Kantor Kelurahan setempat. “Pokja ini terdiri dari lima orang yang diambil dari tiap-tiap lingkungan, dan yang nantinya akan bertugas untuk bertanggung jawab menjalankan program Pembangnunan Berbasis Lingkungan di wilayahnya masing-masnig,” ujar Kandou kepada Swara Kita, Senin (20/2) kemarin. Dikatakannya, adapun program yang pada saat ini sedang giat-giatnya dijalankan Pokja adalah program pendataan rumah dari warga yang berdomisili di dekat Daerah Aliran Sungai (DAS). “Kegiatan ini bertujuan untuk mendata berapa banyak produk sampah yang dihasilkan penduduk setempat, dan dari hasil data tersebut akan diserahkan kepada Badan Lingkungan Hidup (BLH) Manado untuk ditindaklanjuti,” katanya. Untuk itu, Kandou berharap kepada masyarakat untuk berperan aktif mengontrol kinerja dari setiap pokja tersebut, agar supaya program PBL dapat terealisasi dengan baik oleh petugas-petugas yang dipercayakan untuk menjalankan tugasnya.(try16/dw)

JAGARON

LINGK. V KOMBOS BARAT KECAMATAN SINGKIL

Daerah rawan longsor yang harus diseriusi

KONDISI salah satu rumah warga di Lingkungan V Kombos Barat yang berdiri di pinggir tebing.(foto: ronald/sk)

LINGKUNGAN V Kelurahan Kombos Barat, masih terdapat wilayah rawan longsor yang harus mendapat penanganan serius dari pihak pemerintah. Dari hasil pantauan Swara Kita, ada beberapa rumah warga yang berdiri di pinggiran tebing, dimana rumah tersebut tidak ada talut penyangga untuk menahan tanah tempat bedirinya rumah warga tersebut. Kepala Lingkungan (Pala’) setempat Marthen Darundas mengatakan, masalah ini sudah lama diberitahukan, tapi sampai saat ini belum ada tanggapan dari pihak terkait untuk menanganinya. “Pada tahun 2011 yang lalu sudah ada kejadian dimana salah satu rumah warga yang ambruk akibat tanah longsor di Lingkungan V ini, dari kejadian itu bantuan tetap ada tapi lebih baik ada pencegahan terlebih dahulu agar supaya tidak terjadi hal-hal yang diinginkan yang dapat merenggut korban jiwa,” katanya. Sebagai Pala, kata dia, dirinya hanya bisa memberikan peringatan kepada warganya ketika musim hujan tiba, agar supaya warga yang tinggal di pinggiran tebing untuk mengungsi di rumah warga yang aman dari tanah longsor. “Tapi masyarakat seharusnya bisa lebih peka dengan hal ini karena bencana alam tak dapat dipersalahkan,” tutur Darundas.(try16/dw)

Sendoh-Kewas-Giroth calon Sekkot Manado Komitmen keterwakilan perempuan tetap jalan

HEAFREY Sendoh.

Manado—Kendati hingga kini Pemprov Sulut belum menegaskan jadwal

ARNOLD Kewas.

HENNY Giroth.

kapan dilangsungkannya fit and proper test (FPT) calon sekretaris kota (Sekkot)

Manado, namun yang pasti tiga nama telah diajukan Pemkot Manado ke

Pemprov Sulut. Dari penelusuran Swara Kita, usai pengajuan pertama yang sempat “dianulir”, Pemkot Manado melakukan pengajuan kedua, menyusul ditempatkannya Ir Heafrey Sendoh sebagai Plt Sekkot Manado. Dan ternyata nama calon Sekkot Manado yang diusulkan kembali pada kali ini, ada keterwakilan perempuan melengkapi tiga nama yang diusulkan ke Pemprov Sulut. Sebut saja Dra Henny Giroth yang kini menjabat sebagai Asisten III membidangi Administrasi Pemkot

Manado. Dua nama lainnya yakni Sendoh sendiri yang diketahui perwakilan dari Pemprov Sulut dan hingga kini masih menjabar sebagai Kadis Pariwisata Sulut serta Drs Arnold Kewas diketahui mantan Plt Sekkot Manado dan kini menjabat Kepala Inspektorat Pemkot Manado. Hitung-hitungan, semua kepentingan dan keterwakilan telah masuk dalam pengajuan calon Sekkot Manado devinitif kali ini. Bagaimana dengan nama Harold Monareh SH MSi? Sebelumnya dikabarkan

diusulkan kembali, tetapi ternyata tidak demikian karena tiga nama calon tersebut telah lengkap. Terlepas dari itu, masuknya nama Giroth yang tak lain istri tercinta Kepala Inspektorat Pemkot Tomohon Drs Alex Uguy, menegaskan kalau komitmen keterwakilan perempuan tetap jalan. Melihat posisi calon Sekkot Manado divinitif tersebut, jelas telah melalui kajian ketat dengan melihat track record masingmasing calon. Baca: Sendoh ( Halaman 4 )

PARLEMEN

Dekot tak serius bentuk BK? Manado—Untuk kesekian kalinya, pembentukan Badan Kehormatan (BK) Dekot Manado yang sebelumnya direncanakan tuntas pekan lalu akhirnya tertunda. Kuat dugaan kalau para wakil rakyat di Manado tak serius membentuk BK, salah satu alat kelengkapan dewan yang memantau gerak-gerik dan perilaku dewan. Namun rupanya, tertundanya pembentukan BK diduga disebabkan belum finalnya nama-nama calon pimpinan dan anggota BK tersebut. Sejauh ini memang sudah ada beberapa figur yang diusulkan masing-masing fraksi antara lain Drs Hengky Lasut (Fraksi Kerakyatan) dan Sultan Udin Musa SH (Fraksi Partai Golkar). Hanya saja tak seditik juga anggota dewan yang berharap BK segera dibentuk. Seperti dikatakan anggota Komisi B dari Fraksi Kerakyatan Safrudin Safa ST, Senin (20/2) kemarin. Dia mengharapkan agar

secepatnya pimpinan dewan mengambil langkah inisiatif untuk membentuk BK yang hingga kini masih belum ada. Menurutnya hal tersebut untuk menjaga citra lembaga legislatif dari kesan lambat dalam menyerap aspirasi rakyat. Sebagai anggota dewan, Safa mengungkapkan

sudah beberapa kali mengingatkan kepada pimpinan dewan terkait pembentukan BK. “Saya dan temanteman baik di komisi maupun fraksi sudah beberapa kali menyampaikan kepada ketua dewan mengenai hal ini. Baca: Dekot ( Halaman 4 )

PASAR TRADISIONAL

Pengelolaannya akan diatur dalam perda Manado—Sejauh ini pandangan warga maupun pemerintah terhadap kondisi pasar tradisional bisa dibilang masih belum memberikan kesan aman dan nyaman. Hal itu disebabkan keadaan di lapangan menunjukkan membludaknya jumlah pedagang sehingga memadati seluruh area bahkan pinggiran toko dan jalan pasar. Dengan demikian, kesan semraut dan tak teratur adalah

hal yang paling menonjol terlihat, belum lagi ditambah kendaraan yang berjibaku pada jalur jalan yang sama. Atas dasar hal inilah Dirut PD Pasar Manado Drs Jimmy Kowaas menyampaikan usulan agar pengelolaan pasar tradisional dibuatkan perangkat hukum yang lebih tegas dari sebelumnya melalui sebuah Peraturan Daerah (Perda). Baca: Pengelolaannya ( Halaman 4 )

HAMPIR semua lorong di Manado ini penuh dengan “polisi tidor”. Salah satu lorong yang sepanjang jalannya penuh dengan “polisi tidor” ini yakni ditemukan di jalan yang menghubungkan Jalan Sam Ratulangi dan Jalan Piere Tendean Boulevard. Tentunya kondisi ini sangat mengganggu pengguna jalan, apalagi jalan tersebut menjadi jalan alternatif bagi pengguna jalan.(foto: bobby/sk)

UN 2012

Pendistribusian soal disosialisasikan Manado—Kebijakan baru pendistribusian lembaran soal Ujian Nasional (UN) 2012 kini dari Makassar yang sebelumnya hanya melalui Diknas Pemprov Sulut, mulai disosialisasikan

Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Manado. Pasalnya, pihak Diknas Manado mengakui kebijakan tersebut sudah ada pemberitahuan secara resmi dari pemerintah pusat.

“UN 2012 kali ini, penggandaan naskah memang dari Makassar dan kami teklah mendapat pemberitahuan dari pusat melalui Diknas Provinsi. Baca: Pendistribusian ( Halaman 4 )

Umar Kurusi, petani ikan keramba

Mulai merugi akibat limbah yang cemari sungai Petani keramba adalah pemelihara ikan yang mengandalkan aliran sungai. Jadi, apa jadinya kalau sungai tempat mereka mengadu nasib sudah mulai tercemar oleh pembuangan limbah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu kerugianlah yang akan mereka alami.

UMAR Kurusi saat sedang bekerja di kerambanya, Senin (20/2) kemarin.(foto: ronald/sk)

HAL inilah yang dirasakan oleh petani keramba seperti Umar Kurusi, warga Kelurahan Ternate Baru yang menggantungkan hidupnya sebagai petani keramba sejak tahun 70-an di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano yang mengalir melewati Kelurahan Ternate

Baru. Usaha yang juga sudah menjadi turun temurun ini, mulai mengalami penurunan akibat pembuangan limbah yang dilakukan oleh masyarakat yang tinggal dekat pinggiran sungai. “Dulu bibit ikan yang dipelihara di keramba ini menghasilkan banyak ikan

yang bisa dipanen. Tapi sekarang dari 10 ribu bibit untung-untungan bisa jadi 500 bibit. Itu dikarenakan ada beberapa pengusaha yang membuka usaha penggantian oli mesin, membuang limbah oli bekasnya ke bantaran sungai ini. Jelas kami merasa rugi akan hal ter-

sebut, ditambah lagi pakan ikan bisa mencapai 350 ribu setiap minggunya, menambah pemikirannya untuk mencari usaha lain yang bisa menopang hidup,” keluh Umar kepada Swara Kita, Senin (20/2) kemarin. Baca: Mulai ( Halaman 4 )


SELASA 21 FEBRUARI 2012

PENGALIHAN PANGKAT

Besok, 136 PNS ikut ujian dinas BADAN Kepegawaian Daerah (BKD) Manado, Rabu (22/2) besok akan menggelar pengalihan pengkat golongan dan penyesuaian izasah melalui ujian dinas terhadap 136 PNS di lingkup Pemkot Manado. “Pengalihan pangkat golongan dan penyesuaian ijasah HANS Tinangon. melalui ujian dinas PNS tersebut akan diikuti total 136 PNS. Untuk ujain dinas tingkat satu, dari gol II ke III ada 24 peserta, tingkat dua golongan III ke IV ada 8 perserta. Sedangkan penyesuain ijasah ada 108 peserta,” terang Kepala BKD Manado Drs Hans Tinangon Msc, Senin (20/2) kemarin. Dikatakannya, ujian tersebut akan dilaksanakaan di SMK 3 Tikala. Adapun materi ujian antara lain Pancasila, UUD, Korpri. “Tidak lulus ujian artinya tidak memenuhi syarat atau tidak mencapai nilai rata-rata baik,” ujarnya. Yang pasti kata Tinangon, penilaian nanti akan dilakukan oleh pantia dan jika memang tidak lulus, artinya penyesuaian pangkat akan ditunda. “Karena dengan berdasarkan hasil ujian dan mendapatkan sertifikat kelulusan menjadi modal untuk dilampirkan nanti dalam pengusulan penyesuaian pangkan ke BKN. Dalam ujian tersebut khusus PNS Manado tidak dipubgut biaya atau gratis. Namun bagi peserta dari luar daerah dikenakan biaya administrasi 300 ribu dan sepengatahuan saya, ada 6 peserta dari luar Manado,” ucap Tinangon.(teem)

Sendoh ... dari Halaman 3 Benar tidaknya informasi yang diterima harian ini, namun Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Manado Drs Hans Tinangon MSc yang dikonfirmasi, meski terkesan sedikit merahasiakan, namun dipastikan ada keterwakilan dari perempuan dipengajuan calon Sekkot Manado tersebut. “Kita telah mengajukan tiga nama dan memang ada keterwakilan perempuan yang tentunya hal itu telah melalui kajian yang matang dengan melihat latar belakang termasuk calon-calon Sekkot Manado yang diusulkan,” terang Tinangon sembari menjelaskan, kalau pihaknya hingga kini belum mendapatkan pemberitahuan atau melalui surat resmi kapan akan dilaksanakannya FPT calon Sekkot Manado. Kabid Pengambangan BKD Manado Sandra Sondakh SSos yang berhasil dikonfirmasi mengakui kalau memang nama-nama yang diajukan Pemkot Manado tidak ada nama Monareh. “Nama-nama yang diakukan, Pak Sendoh, Pak Kewas dan Ibu Giroth. Kalau pun ada pergantian nama di Pemprov, saya tidak tahu. Yang jelas nama-nama tersebut yang diajukan dari Pemkot Manado,” aku Sondakh, Senin (20/2) kemarin. Tak masuknya nama Monareh dalam tiga nama calon Sekkot Manado memang semakin kuat berhembus kalau Monareh yang telah ditarik kembali menjadi PNS di Pemprov Sulut sudah disiapkan tempat oleh Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang. Besar peluang, Monareh akan menggantikan Adrianus Watung SH sebagai Sekretaris Deprov Sulut.(teem/dewe)

Sampah di ring road I rusak estetika Manado Oehlers: Kami minta jangan jadikan jalan tersebut TPA Manado—Upaya Dinas Kebersihan dalam mengawal kebersihan lingkungan di wilayah Manado terus dirusak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Pasalnya, akses utama memasuki Manado yakni ring road I—menghubungkan Winangun dan Maumbi—kini dijadikan tempat buang sampah. Hal ini tentunya mengacu dari sorotan masyarakat di sejumlah wilayah tersebut terkait aktivitas pembuangan sampah yang dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. “Tiap hari kami harus mengangkat sampahsampah yang dibuang di pinggiran ring road. Saya tidak mengerti kenapa ada orang yang menjadikan jalan kebanggaan Manado ini menjadi tempat pembuangan akhir (TPA) atau sampah. Jangan jadikan ring road tempat buang sampah,” ujar Kadis Kebersihan Manado, Julises Oehlers SH dengan nada kesal.

Ditambahkannya, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Satuan Pol PP Manado untuk menggelar patroli di ring road I guna mengawasi oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab merusak estetika Manado. “Hal ini tidak bisa dibiarkan karena akan merusak nama Manado. Jika para tamu atau turis dari bandara melalui ring road akan lebih dulu lihat sampah sebelum masuk di Manado, ini jelas akan membawa dampak buruk bagi nama Manado,” tegas Oehlers. Terlepas dari itu, Oehlers tetap menyiapkan sejumlah armada pengakut sampah untuk bersihkan jalan ring road, kemarin. Sebelumnya, kepada Swara Kita, dari penuturan Julius Liuw, warga yang tinggal di ring road I mengungkapkan kekecewaan dan kekesalan mereka melihat sampahsampah yang dibuang oleh masyarakat melalui kendaraan yang melintas di jalur tersebut. “Sebagai warga

Mulai ... dari Halaman 3 Karena penghasilan dari keramba mulai menurun, maka Umar memilih menjadi tukang ojek sebagai pekerjaan sampingan untuk menafkahi tiga anaknya yang masih duduk dibangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. “Kalau hanya berharap dari usaha keramba, kebutuhan mereka taka akan tercukupi. Saya berharap ada bantuan dari pihak pemerintah akan masalah ini,” tutur Umar.(try16/dw)

kami merasa kecewa dengan perlakuan dari masyarakat yang seenaknya membuang

sampah sembarangan di pinggir jalan ini,” ungkapnya. Terkadang kata dia, ketika

menjumpai masyarakat yang membuang sampah sembarangan di ring road,

ketika ditegur malah cemoohan lah yang mereka dapatkan.(teem/try16/dw)

ATURAN

2012, Dekot rencanakan membahas 20 Ranperda

Dekot ... dari Halaman 3 Namun karena kesibukan sebagai wakil rakyat, sempat mengalami penundaan. Mudah-mudahan di bulan Februari ini rencana tersebut sudah bisa terealisasi,” ungkapnya. Ditambahkan Sekretaris Fraksi Kerakyatan ini bahwa siapapun yang terpilih sebagai pimpinan diharapkan bisa mewakili kepentingan seluruh anggota dewan yang berkaitan dengan tugas-tugas sebagai wakil rakyat. Seperti diketahui fungsi dari keberadaan BK itu sendiri pada lembaga wakil rakyat antara lain adalah untuk melakukan penyelidikan dan penindakan kepada anggota dewan yang melakukan pelanggaran kode etik. Sebaliknya, sebagai suatu institusi BK mempunyai kewenangan untuk mencetuskan tata tertib serta kode etik. “Kode etik dan tata tertib itu bukan untuk membatasi ruang gerak anggota dewan, namun untuk memberikan acuan dalam menjalankan tugas,” tandas Safa.(try15/dw)

TERLIHAT hampir di sepanjang ring road I sampah-sampah berserakan. Masih ada saja oknum-oknum masyarakat untuk membuang sampah di jalan tersebut.(foto: ronald/sk)

PARA penghuni kantor ini yakin akan menyelesaikan 20 Ranpreda di tahun 2012 ini.(foto: dok/sk)

Manado—Sepanjang tahun 2012 berjalan ini, seluruh wakil rakyat Manado bisa dipastikan sibuk memeras otak. Hal itu menyusul dengan adanya rencana untuk melakukan serangkaian pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Manado. Salah satu perangkat hukum yang akan dibahas yaitu mengenai Perda Pengelolaan Pasar yang ada di seluruh Kota Manado. Namun demikian mengenai hal tersebut belum diperoleh informasi kapan waktu untuk mulai melakukan pembahasan. Anggota Komisi B Safrudin Safa ST membenarkan adanya rencana tersebut. “Untuk tahun anggaran 2012 ini, wakil rakyat mempunyai beban tugas

Pendistribusian ... dari Halaman 3 Untuk itu setiap Kepala Sekolah telah kami kumpul untuk sosialisasi, jika nanti ada halangan dari pendistribusian itu kita harus antisipasi. Karena posisi kita kali ini, menunggu dari pihak pendistribusi,” ujar Kadis Diknas Manado, Drs Dante Tombeg, Senin (20/ 2) kemarin. Agar tidak ada kesalahan jumlah soal ujian yang nanti akan dikirim, lanjut Tombeg pihaknya telah mengirim kep pusat jumalh peserta ujian sementara yakni, 7544 (SMS, SMK, MA). “Jumlah peserta UN

di Manado telah dikirim meski memang ada perubahan yang disesuaikan dengan peserta di setiap sekolah. Kita usulkan sesuai jumlah peserta UN dan ditambah 10 persen. Dan kita sudah awali jelamng UN yang rencanannya berlangsung 16 April nanti dengan soasialisasi kebijakan baru tersebut,” tandas Tombeg. Sementara itu, dengan semakin sedikitnya jumlah percetakan, cakupan kontrolnya menjadi lebih sempit, sehingga bisa lebih fokus mengawasi dan mengamankan soal

ujian. Selain itu, penggandaan soal secara terpusat juga memudahkan pengawasan kualitas percetakan. Di setiap lembar naskah UN 2012 akan dicetak tanda tertentu, untuk memberikan ciri, di percetakan mana naskah soal tersebut dicetak. Sehingga jika terjadi kebocoran soal, akan lebih mudah untuk menelusurinya. Namun demikian, adanya sistem penggandaan naskah secara terpusat dikhawatirkan akan mengancam proses distribusi ke daerah.(teem/dw)

yang cukup berat, karena sesuai dengat target yang direncanakan akan membahas 20 Ranperda. Mengenai kepastian akan tercapainya target yang telah direncanakan tersebut tentu harus juga tergantung situasi dan kondisi yang berkembang nantinya,” ungkapnya. Lebih lanjut dikatakan Sekretaris Fraksi Kerakyatan itu, bahwa dari keseluruhan Ranperda yang direncanakan dibahas tahun ini memiliki kemungkinan tidak semuanya terealisasi karena beberapa faktor. Namun dirinya optimis bahwa upaya maksimal akan dilakukan secara bersamasama seluruh anggota

dewan yang ada. Kedua puluh perangkat hukum yang akan dibahas nanti memiliki skala prioritas untuk didahulukan, mengingat ada hal-hal yang sudah diusulkan sejak tahun 2011 lalu Diakui Safa bahwa pembahasan sebuah perangkat hukum tidak semudah membalikan telapak tangan. Hal itu disebabkan pembahasan sebuah Ranperda membutuhkan kajian dari segala sudut pandang sehingga konsekuensi waktu yang akan digunakan tidak sedikit. “Memang benar demikian teknisnya. Karena bisa dibayangkan jumlah bulan dalam setahun saja hanya 12, sementara Ranperda yang akan

dibahas ada 20, belum lagi ditambah tahun ini sudah bulan Februari. Mudahmudahan hal ini bisa dimaklumi oleh masyarakat Manado,” tutur Safa. Jika ingin mencapai target Ranperda tuntas dibahas dan disahkan menjadi Perda di tahun ini, itu berarti para wakil rakyat harus kerja keras selang 10 bulan kedepan. Berdasarkan hitunghitungan matematis, itu berarti dalam sebulan sudah harus ada dua Perda yang disahkan. Namun diluar semuanya itu, tentu diharapkan hasil kerja keras wakil rakyat akan membawa kesejahteraan kepada masyarakat dan sebaliknya.(try15/dw)

Pengelolaannya ... dari Halaman 3 Kowaas berharap, Dekot Manado memikirkan supaya ada pembuatan Perda Pengelolaan Pasar. “Baguslah jika wakil rakyat sebagai lembaga legislatif memberikan perhatian terhadap usulan tersebut,” ungkapnya. Ditambahkan Kowaas, maksud dari pengusulan tenteng pembuatan perangkat hukum tersebut adalah untuk lebih mempertegas perangkat hukum yang sudah ada sebelumnya yang dinilai sudah selayaknya mengalami penyempurnaan. Anggota Komisi B Dekot Manado Safrudin Safa memang mengakui adanya usulan tersebut. Menurutnya pengelolaan pasar

tradisional dari segala sudut pandang selayaknya memiliki perangkat hukum. “Perangkat hukum yang ada, khususnya untuk pengelolaan pasar tradisional akan diupayakan tuntas tahun 2012 ini. Sehingga di waktu yang akan datang kondisi dan aktivitas pasar yang identik dengan pedagang yang datang dari berbagai penjuru daerah dapat lebih tertib dan memberikan kesan aman serta nyaman kepada warga yang datang berbelanja,” katanya. Jika Perda Pengelolaan Pasar jadi disahkan pada tahun 2012 ini, tentunya PD Pasar sebagai perusahaan daerah akan semakin tidak

ragu-ragu lagi untuk melakukan pengelolaan sejumlah pasar tradisional yang ada di Manado, sebut saja Pasar Pinasungkulan Karombasan dan Pasar Bersehati Calaca. Sejauh ini, kondisi kedua pasar tradisional tersebut belum dapat dikatakan nyaman. Salah satu hal yang akan diatur didalam Perda Pengelolaan Pasar yaitu mengenai status pedagang yang jumlahnya dari tahun ke tahun semakin bertambah, karena berdasarkan temuan di lapangan cukup banyak yang tidak memiliki dokumen kependudukan, sementara sudah cukup lama berdomisili di daerah ini.(try15/dw)


SELASA 21 FEBRUARI 2012

PLN

Pemadaman sering terjadi, pelayanan polisi terhambat KINERJA aparat Kepolisian dalam melayani mas-yarakat perlu didukung berbagai alat kelengkapan kerja. Namun fasilitas yang telah mendukung kerja Polisi, ternyata belum sepenuhnya tertunjang. Pa-salnya, peralatan kerja sering tidak berfungsi karena terus terjadi pemadaman listrik pihak PLN. Hal ini dapat disaksikan antrian warga yang melapor di Polresta Manado yang terletak di kawasan pusat kota, samping Jumbo Swalayan. Antrian tersebut akibat pemadaman listrik, hingga kinerja Kepolisian untuk melayani masyarakat mejadi lumpuh total. Mirisnya lagi, fungsi radio panggil polisi pun ikut tak berfungsi. Hal ini tentunya, dapat menghambat upaya polisi dalam melayani serta mengantisipasi tindak kriminal di daerah. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Amran Ampulembang, ketika berbincang-bincang dengan sejumlah wartawan di Mapolresta mengatakan, pemadaman listrik bukan kali ini saja terjadi. Sebelumnya ketika Kantor Polresta Manado berada di Jalan 17 Agustus juga, sering terjadi pemadaman. “Saya juga tidak tahu apa penyebab sehingga pemadaman terus terjadi. Di kantor yang baru ini, pemadaman se-ring terjadi di saat masyarakat membuat laporan po-lisi. Saya kasihan dengan masyarakat yang harus menunggu,” ujar Ampulembang, belum lama ini. Dia juga meminta, agar pihak PLN dapat memperhatikan jam pemadaman disaat aktifitas kerja padat. Selain itu, perlu dilakukan penjadwalan agar pihaknya dapat mengantisipasi pemadaman tersebut. “Yah, memang kalu pemadaman terjadi akan menghambat kerja polisi. Saya kira perlu memperhatikan situasi, agar masyarakat yang datang ke kantor polisi dapat terlayani oleh petugas,” pintanya.(try11)

Hendak menjemput anak, warga Tikala dianiaya preman SEORANG lelaki Perdamaian S (49), warga Kelurahan Tikala Baru, Lingkungan I, Kecamatan Tikala, harus menerima nasib sial. Pasalnya lelaki berdarah Batak ini, harus mengalami penganiayaan yang dilakukan enam orang tersangka yang tak dikenalnya. Kejadian ini terjadi, Senin (20/2) sekitar pukul 13.30 Wita, di Kelurahan Bahu, Lingkungan III, Kecamatan Malalayang. Saat itu Perdamaian hendak menjemput anak di sekolah. Korban kemudian meminjam kendaraan dari kerabatnya. Dalam perjalanan, korban kemudian melewati lorong yang berada di Kelurahan Bahu. Saat masuk korban terhalang dengan salah satu acara yang dilakukan dilorong tersebut. Karena mengetahui perjalanannya tak bisa dilanjutkan, korban akhirnya berhenti dan memilih mengundurkan mobil yang dikemudinya. Saat itu tiba-tiba salah satu tersangka bertanya jika tempat tinggal korban dimana. Ironisnya usai korban menjawab, satu tersangka langsung memukul wajah korban. Tak sampai disitu, lima orang tersangka lainnya langsung menarik korban keluar dari dalam mobil dan langsung menganiaya hingga tersungkur di jalan. Beruntung saat itu, ada warga yang melihat kejadian tersebut dan langsung melerai aksi para tersangka. Akibat dari kejadian ini korban merasa kesakitan dibagian wajah dan mengalami luka lecet. Merasa keberatan, korban akhirnya menempuh jalur hukum melaporkan perisitiwa yang dialaminya ke Kantor Polisi. Kapolsek Urban Malalayang Kompol Andrian Syah, melalui Kasi Humas Ipda Hanny Thomas, ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.(try11)

BB milik mahasiswi raib SEORANG wanita cantik Caprilia P (22), warga Malalayang Satu Timur, Lingkungan VI, Kecamatan Malalayang, harus merelakan dua buah HP miliknya dibawa maling. Kejadian ini terjadi Senin (20/2) dini hari, sekitar pukul 03.00 Wita, di rumah korban yang terletak di wilayah Malalayang. Kronologisnya, malam itu karena kelelahan Mahasiswi di salah satu Universitas ternama di Manado ini, meletakkan kedua HP tersebut di atas kursi dalam kamar. Selanjutnya korban langsung tertidur pulas. Saat terbangun, korban melihat HP jenis Blackberry Tourch dan Gemini miliknya yang semula diletakkan di atas tempat duduk kamar, telah raib. Korban pun berusaha mencari dan menanyakan kepada penghuni rumah. Namun tidak ada satu orang pun yang melihat siapa yang mengambil Hp miliknya. Saat diperiksa, ternyata pelaku masuk ke dalam rumah dengan membuka pintu rumah bagian belakang. Dari peristiwa ini, korban mengalami kerugian sekitar Rp9 juta. Kapolsek Urban Malalayang Kompol Andrian Syah, melalui Kasi Humas Ipda Hanny Thomas saat dikonfirmasi tak menampik kejadian tersebut. (try11)

Mantan karyawan BS divonis 3 tahun penjara DUGAAN SUAP GAPENSI KK

Sekprov urusan luar, sidang kembali ditunda

TERDAKWA saat mendengarkan vonis yang dibacakan Majelis Hakim dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor Manado, Senin (20/2) kemarin.(foto: verdy/sk)

Terbukti lakukan tindak pidana korupsi, harus bayar uang pengganti Rp2 M lebih Manado—Mantan karyawan Bank Sulut (BS) Anivolvia Damal SH (32) warga Perumahan Rindu Segar Alam, Kelurahan Sumompo, Lingkungan II, Kecamatan Tuminting, akhirnya divonis 3 tahun penjara oleh Majelis Hakim Armindo Pardede SH Map, Efran Basuning SH MHum dan Alexander S Palumpung SH MH, dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Senin (20/2) kemarin. Menurut Majelis, perbuatan terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi melanggar Pasal 8 jo Pasal 18 UU No 31 tahun 1999 jo UU No 20 tahun 2001 sebagaimana telah diubah atas UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberan-

tasan Tindak Pidana Korupsi, jo Pasal 64 ayat (1) KUHP dan ke dua Pasal 9 jo Pasal 18 UU No 31 tahun 1999 jo UU No 20 tahun 2001 sebagaimana telah diubah atas UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, jo Pasal 64 ayat (1) KUHP. Selain hukuman tersebut, terdakwa juga dibebankan untuk membayar denda sebesar Rp150 juta dengan subsidair 1 bulan penjara. Selain itu, terdakwa juga dibebankan untuk membayar uang pengganti sebe-sar Rp2.247.649.825 miliar, dan apabila tidak diganti maka dipidana selama 6 bulan penjara. Terdakwa sendiri yang tanpa di dampingi penasehat hukum-nya, masih pikir-pikir atas putusan tersebut.

Seperti dalam dakwaan JPU sebelumnya, terdakwa yang saat itu bekerja sebagai karyawan PT Bank Sulut pada divisi SDM (Sumber Daya Manusia) secara berturut-turut sejak 28 Desember 2009 sampai dengan 17 Januari 2011, bertempat di ruangan divisi SDM PT BS yang terletak di Jalan Sam Ratulangi No.9 Manado. Dirinya telah membuat biaya perjalanan dinas SPPD para direksi dengan cara membuat ulang kwitansi BS yang sudah per-nah dicairkan. Jumlah total kwitansi pembayaran SPPD yang berjumlah 65 kwitansi adalah Rp1,571.530.000, biaya pendidikan dan pelatihan (Diklat) ada 9 kwitansi berjumlah Rp151.898.

000 juta, biaya hutang lancar SDM. Terdakwa juga mencairkan uang biaya perjalanan SPPD, biaya pendidikan dan pelatihan, biaya hu-tang lancar SDM dan uang hasil pajak PPh 21 tersebut tanpa prosedur dengan jumlah k e s e l u r u h a n y a Rp2.384.799.825 miliar dan uang tersebut diperguna-kan oleh terdakwa untuk kepentingan peribadinya, di antaranya dipergunakan untuk membeli tanah, pekarangan, tanah perkebunan, untuk merehabilitasi rumah tempat tinggal terdakwa, dan membeli mobil Nissan Grand Livina dengan cara kredit. Sebelumnya terdakwa dituntut hukuman 5 tahun penjara oleh Jaksa Pe-nuntut Umum (JPU) Ping-kan Gerungan SH, Sherly Kalesaran SH, dengan membayar denda Rp150 juta subsidair 3 bulan penjara.(veem)

MANTAN KAPOLRES MINAHASA

Hari ini, disidang Propam di ruang Kamtibmas Polda Manado—Sidang kote etik terhadap mantan Kapolres Minahasa, AKBP WDH, Selasa (21/2) hari ini, akan digelar di ruangan Kamtibmas Mapolda Sulut. Sebelumnya, Senin (20/2) kemarin, sidang kasus dugaan penyimpangan dana operasional yang menyeret eks orang nomor satu di Polres Minahasa ini mengalami penundaan.

Informasi yang didapat menyebutkan, sidang kode etik ini akan dipimpin Wakapolda Sulut, Kombes Pol JM Simatupang dan yang menjadi penuntutnya adalah Kabid Propam, AKBP Set Lumowa SIK MSi. Dikabarkan juga, sidang ini akan digelar terbuka dan dapat disaksikan langsung peliput berita dan para penghuni di Ma-polda

Sulut. Dari pantauan wartawan, persiapan sidang sudah dilakukan di ruang Kamtibmas. Peralatan sidang seperti meja, kursi untuk pimpinan sidang dan terperik-sa sudah disiapkan. Bah-kan ada puluhan kursi yang disiapkan bagi peserta sidang. Proses ini merupa-kan tindak lanjut dari pemeriksaan terhadap Her-

man, yang kini berstatus sebagai terperiksa. Pekan lalu penyidik telah memeriksanya dan melakukan gelar perkara untuk mengkonfrontir terperiksa dengan sejumlah Kapolsek dilingkup Polres Minahasa. Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Carlo Brix Tewu, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, ketika dikonfirmasi membenarkan sidang tersebut. “Mohon maaf saya tidak sempat monitor soal itu, tapi saya mendapatkan informasi ada sidang kode etik mantan Kapolres Minahasa,” tegas Adare, tadi malam.(try11)

MOBIL KTP BOLSEL

Terdakwa Jimmy bertanggungjawab

Manado—Tiga terdakwa masing-masing AT alias Adriano SE, EVG alias Estela Sos dan SM alias Syarifudin para terdakwa dalam kasus pengadaan mobil KTP Bolsel 2010, kembali disidangkan di Pengadilan Tipikor Manado, Selasa (24/1) kemarin. Kali ini, Jaksa penuntut Umum (JPU) La Haja SH, menghadirkan saksi JS alias Jimmy (terdakwa dalam berkas terpisah) untuk bersaksi dalam persidangan tersebut. Jimmy yang diketahui sebagi kontraktor dalam

pengadaan 2 mobil KTP itu mengatakan, saat pencairan 100 persen, dirinya sedang berada di Jakarta. Namun, dalam keterangan saksi-saksi menyebutkan saksi yang juga terdakwa ini berada di Bolsel. “Dalam pengadaan dua mobil tersebut, STNK mobil masih menggunakan nama perusahaan,” ungkap saksi. Juga dalam pengadaan dua mobil tersebut saksi juga mengaku bahwa dalam pengadaan tersebut belum lengkap namun dirinya sudah ditangkap. Sementara itu, Pena-sehat

JPU La Haja.

Hukum (PH) EVG alias Estela Sos dan SM alias Syarifudin Maulud

mengaku Buqhori SH, usai persidangan menyebutkan bahwa terdakwa mengaku bertanggungjawab atas pengadaan dua unit mobil tersebut. “Saksi Jimmy (terdakwa dalam berkas terpisah, red) dalam kesaksiannya bertanggungjawab semua atas pengadaan tersebut,” singkat Buqhori. Sidang ini sendiri ditunda oleh Majelis Hakim yang diketuai oleh verra Linda Lihawa SH MH dkk, hingga pekan depan dengan agenda masih mendengarkan keterangan saksi.(veem)

Manado—Sidang dugaan gratifikasi yang menyeret SD alias Susanti (41) warga Jalan Amal, Kelurahan Mogolaing, Kota Kotamobagu kembali tertunda, pasalnya, Sekertaris Provinsi (Sekpov) Sulut Ir Siswa Rahmat Mokodongan selaku saksi dalam perkara ini, tidak hadir dalam persidangan. Di mana saksi sudah dua kali dipanggil namun belum menghadiri persidangan. “Saksi sudah dipanggil 2 kali untuk bersaksi, na-mun sedang mengikuti tu-gas luar, sehingga JPU ha-rus memanggil kembali saksi pada Senin pekan depan,” ujar Ketua Majelis Hakim Verra Linda Lihawa SH MH dalam persidang-an dengan di dampinggi dua orang anggota Maje-lis Hakim Novrry T Oroh SH, dan Nich Samara SH MH dengan dibantu Pani-tera Pengganti (PP) Fon-neke Tamara SH. . Jaksa Penuntut Umum

(JPU) Lukman Efendi SH, ke-tika dikonfirmasi menyebut-kan bahwa telah berusaha melakukan pemanggilan ter-hadap Sekpov Sulut untuk dihadirkan sebagai saksi namun saksi tersebut sedang bertugas di luar daerah. “Sekpov sedang mengikuti Sosialisasi Penyusunan Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca dari Bapenas RI di Makassar, serta akan mengikuti tugas Rapat Kerja Nasional E-KTP dan Pencata-tan Sipil yang diselenggara-kan di Jakarta tanggal 19 sampai 23 Februari,” ujar Lukman seraya memperlihat-kan surat tugas Mokodo-ngan. Mokodongan selaku mantan pejabat Walikota Kotamobagu akan memberikan kesaksian dalam kasus tersebut. Di mana keterangan Mokodongan ini sangat diperlukan dalam persidangan, karena disebut-sebut dirinya merupakan salah satu saksi kunci dalam kasus ini.(veem)

PEMALSUAN SURAT

Putusan 1,4 tahun buat Hengky Manado—Majelis Hakim Armindo Pardede SH MAP, dkk, memvonis 1 ta-hun 4 bulan penjara terhadap Hengky Kaunang (70) warga Winangun, Lingkungan II, dengan di dampingi Penasehat Hukum, Reinhard Mamalu SH, dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Manado, (20/2) kemarin. Pasalnya, perbuatan terdakwa dinilai telah melanggar Pasal 263 ayat (2) KUHP yaitu pemalsuan surat yang mengakibatkan kerugian orang lain. Diketahui dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Muthmainnah Umadji SH, Mustari Ali SH serta Petrus Sumelang SH sebelumnya, disebutkan bahwa perbuatan terdakwa dilakukan dengan cara membuat surat silsilah perkawinan antara almarhum Lie Boen Yat dengan almarhum Sie Djok Nio, dan almarhum Lie Goan Tek dengan al-marhum Marie Kaunang. Terdakwa membuat surat tersebut dengan cara me-ngetik silsilah perkawinan tersebut dengan kertas se-gel bermateraikan Rp2000 yang tertanggal 10 April 1997 yang sebenarnya ta-nggal pembuatan tersebut dibuat pada 10 Mei 2001. di mana surat tersebut ditandatangani oleh terdak-wa dan ditandatangani oleh

Kepala Desa Wina-ngun, yaitu J Keintjem yang mengetahui. Terdakwa juga membuat surat silsilah keturunn Lie Boen Yat dengan almarhum Sie Djok Nio yang ditandatangani oleh Panitia Likuidasi Frans J Tumuju, Leonardi Tonggowasiro dan terdakwa yang tertanggal 25 Pebruari 2002 dan pada 18 September 2002 yang menurut keterangan saki Leonardi Tonggowasito bahwa tandatangan tersebut bukanlah tandatangan saksi. Bahkan saksi melihat silsilah keturunan tersebut saat pemeriksaan di Polda. Terdakwa didakwa juga merubah surat keterangan tentang kewarganegaraan Republik Indonesia tunggal karena dianggap telah melepaskan kewarganegaraan Republik Tiongkok No 204 pada 10 Mei 1996 yang dikeluarkan oleh Wa-likota Manado yang ditan-datangani oleh F Waladou yang diberikan kepada ter-dakwa. Akibat perbuatan terdakwa sehingga saksi korban Novi Poluan yaitu saksi pelapor selaku kuasa ahli waris dan seluruh ahli waris dan pelaku pelaksana dan kepemilikan harta warisan beserta aset-aset dari firma Le Boen Yat dan Co, pemilik NV. Bouw Maat Schappy Noord Ce-lebes mengalami kerugian sekitar Rp15 triliun. JPU sebelumnya menuntut hukuman 2 tahun penjara terhadap terdakwa. (veem)


SELASA 21 FEBRUARI 2012

PERIKANAN

Matindas: Lahan tambak ikan dilarang ditimbun

TOMOHON optimis mampu meningkatkan produksi hasil perikanan air tawar.(foto:ist)

PEMKOT Tomohon pada tahun ini akan berusaha meningkatkan hasil budidaya perikanan air tawar di kota itu untuk memenuhi permintaan konsumen lokal maupun luar daerah. Peningkatan produksi ikan air tawar tentunya harus ditopang dengan luas areal atau lahan tambak perikanan yang memadai. Untuk itu, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (Distanakan) Kota Tomohon, Jemmy Matindas SP menegaskan jika pihaknya sampai saat ini masih melarang masyarakat yang melakukan penimbunan terhadap tambak ikan yang sudah ada. “Tidak hanya sawah, tambak ikan pun kami larang untuk ditimbun untuk dilakukan alih fungsi usaha,” ujar Matindas kepada wartawan, kemarin. Dikatakannya, Kota Tomohon sekarang memiliki luas tempat budidaya sebesar 40 hektar serta lahan persawahan yang memiliki fungsi sebagai kolam atau Minapadi sebanyak 789 hektar. Jumlah tersebut dipastikan akan bertambah mengingat permintaan akan ikan air tawar dari konsumen mulai meningkat. “Hasil budidaya ikan kita sudah banyak yang dipesan, baik dari Manado, Minsel dan sebagian Minahasa. Jadi kami akan lebih coba mengembangkan hasil produksi perikanan dengan penambahan luas tambak,” ungkapnya seraya menambahkan jika dalam peningkatan produksi, pihak Distanakan akan membantu warga dengan pemberian bibit ikan bagi petani dan kelompok budidaya sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan.(gebe)

LINGKUNGAN

Adipura 2013 siap diburu JIKA tahun 2011 lalu pemkab Minahasa gagal mendapatkan piala Adipura dan menolak untuk mengikutsertakan diri dalam program Menteri Lingkungan Hidup, kali ini Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu harus mengubur dalam-dalam kebijakan tersebut. Betapa tidak, program cinta lingkungan ini ternyata mulai disosialisasikan disejumlah kecamatan di Minahasa. Buktinya pemerintah saat ini sedang dan telah menyalurkan beberapa truk armada sampah dibeberapa Kecamatan dengan tujuan untuk mengoptimalisasikan kebersihan dari Kecamatan. “Dalam rangka adipura juga kita tetap optimis.Program cintaa lingkungan saat ini mulai disampaikan keseluruh masyarakat Minahasa.Ini juga bukan berarti bahwa pemerintah kurang tanggap akan kebersihan tetapi ini lebih cenderung diterapkan ditengah masyarakat,”ujar Sekretaris Kabupaten Minahasa Drs Warouw Karouwan MM kepada Swara Kita Senin (20/2) kemarin seraya mengatakan agar peranan dari pihak Kecamatan itu harus optimal karena pola pikir masyarakat tentang kebersihan masih berbeda. Sementara itu Camat Kawangkoan Utara Fabian Mendur mengatakan bahwa pihaknya tetap terus berupaya mensosialisasikan tentang kebersihan. “Ya setiap hari kita menyampaikan kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.Sampah yang menumpukpun harus diangkat dan kalau perlu dibuang ketempat sampah agar terlihat rapih,” ujar Mendur seraya mengatakan Kawangkoan Utara siap sukseskan Adipura 2013.(erka)

3.543 siswa ikut try out Rompas: Ini bertujuan mencari tahu dibidang apa kekurangan dari siswa Tondano—Sedikitnya 3.543 siswa SMA dan SMK se-Minahasa mulai melaksanakan ujian pra UN atau try out yang sudah dilaksanakan di sejumlah sekolah di Minahasa. Berdasarkan pantauan harian ini, Senin (20/2) kemarin, sejumlah sekolah mulai mendapat pengawasan dari pihak Diknas. Kepala Dinas Pendidikan Nasional Pemuda dan Olahraga Minahasa Drs Denny Rompas Msi saat mengunjungi SMK Negeri

1 Tondano kemarin menyaksikan secara langsung siswa kelas tiga yang sedang mengikuti ujian pra UN. Menurut Rompas hasil daripada ujian ini akan diteliti secara keseluruhan apa yang menjadi kekurangan daripada siswa dan akan dievaluasi untuk diperbaiki. “Tujuan Pra UN ini adalah untuk mencari tahu di bidang apa kekurangan daripada siswa, dan kemudian langsung diperbaiki. Ini juga merupakan

keharusan daripada guru untuk menambah semangat bagi para siswa agar lebih giat belajar,” ujar Rompas. Diharapkan Rompas agar peran daripada guru harus di topang oleh para orang tua murid. “Belajar di sekolah hanya memerlukan waktu sedikitnya 5 jam dan sisanya aktifitas para siswa lebih banyak diluar. Nah ini merupakan tanggung jawab orang tua untuk mendorong semangat belajar para anaknya.Karena mental anak didik itu terbentuk dari

karakter keluarganya,” ujarnya seraya mengatakan bahwa untuk hasil pra UN nanti akan disampaikan kepadaa orang tua. Sementara itu, kepala sekolah SMK N 1 Tondano , Dra Stien Wilar mengatakan bahwa pihaknya siap untuk mengolkan seluruh putra putri terbaik pada ujian nanti. “Kami dari pihak sekolah siap untuk mengsukseskan pra UN ini dan berharap agar peran orang tua juga dapat membantu dan menopang. Kami juga akan memantau seluruh perkembangan para anak didik yang perlu dibantu biar semua lulus 100 persen,” ujar Wilar.(erka)

KESEHATAN

Poskesdes di Kakaskasen III diresmikan Tomohon—Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, Senin (20/2) kemarin, meresmikan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di Kelurahan Kakaskasen III Kecamatan Tomohon Utara. Poskesdes yang dibangun di kompleks kantor Camat Tomohon Utara tersebut, sangat baik untuk menunjang program kesehatan Pemkot Tomohon. Eman dalam sambutannya mengatakan bahwa kaitannya dengan pelayanan kesehatan, pelayanan prima kepada masyarakat menjadi hal yang pokok dan terdepan, selain itu juga harus dibarengi de-ngan mental dan moral aparatur peme-rintah, serta ketersediaan sarana dan prasarana yang cukup memadai. “Dengan adanya peresmian gedung Poskesdes Kakaskasen III yang cukup representatif ini, diharapkan kehadiran bangunan ini akan dapat menjawab tuntutan masya-rakat serta dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ungkap Eman. Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial (Dinkesos) Kota Tomohon DR J Dholfin Karwur MSi menjelaskan

NAMPAK Walikota Tomohon saat meresmikan Poskesdes di Kakaskasen III, kemarin.(foto:ist)

bahwa program pembangunan fasili-tas kesehatan ini semata-mata untuk kesejahteraan mayarakat Kota Tomohon. Dalam peresmian tersebut, didahului dengan ibadah pentahbisan yang dipimpin oleh Ketua BPMJ Maranatha Kakaskasen Pdt E Arina MTh. Acara ini turut dihadiri

oleh Sekretaris Kota bersama para pejabat dijajaran pemkot Tomohon, para kepala Puskesmas se-Kota Tomohon bersama jajarannya, para lurah se-Kecamatan Tomohon utara, tokoh-tokoh masyarakat dan agama serta kader kesehatan. Hal yang menarik dalam acara peresmian tersebut

yaitu kolaborasi acara dalam rangka HUT dari Walikota Tomohonn Jimmy F Eman SE Ak ke45 tahun yang ditandai dengan pe-masangan lilin, pemoto-ngan kue, yang disertai de-ngan dijamunya kedua ba-pak Lansia yang mewakili masyarakat yang ada di Kakaskasen III oleh Walikota Tomohon.(gebe)

ASET

3 kantor di Tomohon rusak berat To m o h o n — P r o y e k pengerjaan bangunan perkantoran yang ada di Tomohon, diduga hanya asal jadi. Buktinya, dari pengamatan harian ini, dari sekian banyaknya gedung perkantoran yang ada di Tomohon, 3 diantaraya dalam kondisi mempriha-

tinkan karena sudah mulai rusak berat. Kerusakan terparah yakni ketika hujan, air merembes hingga keruangan. Ketiga kantor yang sudah mulai mengalami kerusakan berat tersebut yakni kantor Bappeda, Kantor Inspektorat dan Dinas

Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kota Tomohon. Ketiga gedung itu dibuat oleh kontraktor PT Dayana Cipta. Kepala Inspektorat Kota Tomohon Drs A W Uguy ketika dikonfirmasi melalui Inspektur Pembantu

Jureyke I Pitoy SH Msi mengakui jika kantor tersebut dikerjakan oleh PT Dayana Cipta. “Dari pihak kontraktor sudah berjanji akan memperbaiki seluruh kekurang dan kerusakan yang ada di gedung ini,” katanya.(gebe)

INFRASTRUKTUR

Jalan di Lembean rusak parah

JALAN Lembean Timur yang rusak diharapkan dapat diprioritaskan dalam pembangunan kedepan.(foto:ist)

Tondano—Kondisi jalan yang berada disejumlah wilayah di Minahasa ternyata tidak dalam keadaan 100 persen baik. Buktinya seperti yang terpantau harian ini, Senin (20/2) kemarin, di wilayah Lembean Timur tidak mulus melainkan dihiasi dengan sejumlah lubang jalan yang menganga sehingga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalulintas. “Jalan disini memang sudah lama diusulkan ke pemerintah untuk diperbaiki, bahkan diminta untuk diperlebar masalahnya jalan yang kecil dan berlubang sering dikeluhkan warga karena menjadi penyebab kecelakaan,” Ujar Berty Loing warga setempat kepada Swara Kita saat melintas di wilayah tersebut. Sementara itu, hal senada juga dikatakan Ferry Mungkuan dimana menurutnya penyampaian tentang kondisi jalan di Lembean Timur hampir sama dengan beberapa jalan rusak yang tidak

diperhatikan pemerintah. Namun kondisi jalan yang ada di Lembean Timur sangat diprioritaskan dalam pembangunan kedepan. “Kita sudah lama mengeluhkan kondisi jalan disini baik itu ke pemerintah desa, kecamatan, bahkan kepadaa anggota dewan terhormat, tapi sayang hal itu tidak digubris. Kami inginkan adanya pembangunan secara merata,” ujar Mungkuan. Sementara itu, menurut Wakil Ketua Dekab Minahasa Janes Parengkuan bahwa pemerintah harusnya menciptakan iklim pembangunan yang merata. Sebab pembangunan di Minahasa belum secara optimal. “Pembangunan di Minahasa memang belum terlihat siknifikan itu karena selain diwilayahnya yang luas pemerintah masih memerlukan dana yang cukup untuk pembangunan baik itu jalan maupun jembatan. Tapi kita berharap pemerintah lebih elegan dalam mencipatakan suasana pembangunan yang kondusif,” ujar Parengkuan.(erka)

PENENTUAN OPINI

Eman minta SKPD minalisir temuan Tomohon—Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sosialisasi program dan kegiatan pengawasan Inspektorat Kota Tomohon tahun 2012 di lantai 3 Pemkot Tomohon, Senin (20/2) kemarin, mengharapkan agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk berupaya meminimalisir temuan dari pengawas yakni BPKP dan BPK serta berlomba dengan Kabupaten/Kota lainnya agar tidak ketinggalan. “Jangan sekali-kali mengatakan dulu boleh kenapa sekarang tidak Artinya, ini merupakan catatan penting dimana kita harus selalu melaksanakan setiap kegiatan sesuai dengan aturan dan peraturan yang berlaku. Pemkot Tomohon akan memberikan akses untuk peningkatan pengawasan dan pengendalian. Begitu juga dengan menindak lanjuti anjuran BPKP. Kita harus merubah paradigma dari

pengalaman masa lalu, saat ini harus mengikuti aturan baru yang berlaku,” kata Eman. Dirinya mengatakan juga bahwa harus optimis meraih opini WTP. “Tantangan yang memotivasi kita sekalian dalam artian merubah diri, merubah sikap tidak seperti dulu lagi agar nantinya kita sejajar bahkan melebihi kabupaten/kota lainnya,” jelasnya seraya mengharapkan semoga sosialisasi ini bermanfaat bagi kita semua. Sementara itu, Sekkot Tomohon Drs Arnold Poli SH MAP dalam kesempatan tersebut menegaskan kepada seluruh jajaran pejabat yang hadir bahwa semua temuan dari dari BPK dan BPKP harus ditindaklanjuti. Bahkan kepala SKPD harus tegas kepada bawahannya secara berjenjang dan selalu menjaga kekompakan serta berkoordinasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing agar tercipta sinergitas antar SKPD.(gebe)


Minselutra Minsel, Minut, Mitra

MAPALUS KAMTIBMAS

Kapolda keluarkan instruksi, Kapolres sambut baik MAPALUS Kamtibmas yang menjadi program gubernur saat ini, terus mendapat perhatian serius baik dari pihak pemerintah maupun aparat hukum. Salah satunya datang dari Kapolda Sulut Brigjen Carlo Tewu, dimana Tewu mengeluarkan instruksi pada seluruh jajarannya termaksud Polres Minut agar dalam jangka satu Minggu, sudah melakukan sosialisasi ditengah-tengah masyarakat. Tentunya instruksi Kapolda tersebut, mendapat sambutan positif Kapolres Minut AKBP Harry Sarwono. Dimana dikatakan Sarwono, instruksi yang dikeluarkan Kapolda secepatnya akan segera ditindaklanjuti. “Tentunya program ini wajib dilakukan bersama dengan pemerintah, sehingga sinergitas dalam menjaga keamanan serta kenyamanan dapat terwujud,” tutur Sarwono. Selain itu, Tewu juga berharap agar program dari Mapalus Kamtibmas tersebut dapat secepatnya action di lapangan, sehingga dapat pula dimengerti dan tercipta dengan baik di masyarakat.(eres)

UJIAN NASIONAL

Dikpora matangkan persiapan JELANG pelaksaan Ujian Nasional (UN) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dipkora) Minut, memberikan pelajaran tambahan bagi siswa peserta UN, berupa tray out soal-soal ujian. “Saat ini tengah dilakukan bagi SMA/SMK, dengan begitu mereka bisa mengetahui kembali mata pelajaran yang sudah didapatkan saat ini,” tutur Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Minut Drs Maximelian Tapada MSc. Ditambahkan Tapada, untuk tahun ini Minut menargetkan seluruh peserta UN dari SD-SMA dapat lulus 100 persen dan mendapatkan nilai yang terbaik. “Waktu pelaksanaan UN itu tinggal menungggu Juknis dari provinsi, ini dilihat dari kesiapan yang sudah dilakukan hingga saat ini, kami optimis tingkat kelulusan siswa bisa mencapai 100 persen,” terang Tapada Senin (20/ 2) kemarin. Sesuai data yang ada jumlah peserta UN di Minut sebanyak 7742 siswa dengan rincian, untuk SD/MI 3.478 Siswa, SMP/MTS 2.753, SMA/MA sebanyak 1.087 dan SMK 424 siswa.(eres)

LAKALANTAS

2 bulan, Polres Minsel tangani 10 kasus KESADARAN dalam berlalulintas dengan baik dan benar masih sangat minim dilakukan oleh sebagian masyarakat Minsel, tak heran sejumlah kecelakaan lalulintas di wilayah Polres Minsel terus saja terjadi. Lihat saja baru memasuki bulan ke-2 ditahun 2012 ini, data yang dirangkum sedikitnya sudah 10 kasus lakalantas yang terjadi, dan tercatat pada Februari ini sudah ada dua nyawa yang melayang akibat lakalantas, yang dipicu oleh pengendara yang ugal-ugalan dan tidak lengkapnya surat-surat kendaraan. Kapolres Minsel Soemitro SH melalui Kanit Laka Polres Minsel Aipda Maxi Liuw. Dikatakannya lakalantas terus saja terjadi bahkan sudah ada dua korban jiwa. “Akhir-akhir ini memang seringkali terjadi kecelakaan yang disebabkan kelalaian pengendara yang tidak memperhatikan kelengkapan kendaraan yang juga tidak dilengkapi dengan SIM. Karena pada umumnya korban lakalantas tidak dilengkapi dengan persyaratan tersebut,” ucap Liuw. Peningkatan kasus lakalantas tersebut juga diakui Liuw karena berkurangnya operasi kepolisian dalam menertibkan kelengkapan suratsurat dan juga fisik kendaraan.(esem)

POS ANGGARAN

Dekab hearing Wabup dan Sekkab Mitra SESUAI agendanya, Dewan Kabupaten (Dekab) Mitra akan melakukan dengar pendapat dengan Wakil Bupati Mitra Drs Jeremia Damongilala MSi, dan Sekkab Mitra Drs Freddy Lendo. Disinyalir hearing tersebut, berkaitan dengan pos Anggaran Wabup dalam APBD tahun 2012. Hearing tersebut rencananya akan dilaksanakan di hari yang berbeda, dan hearing lebih dulu dilakukan dengan Sekkab pada hari Kamis (23/2), sedangkan untuk Wabup, jadwalnya hari Jumat (24/2) pekan ini. Dekab Mitra Tonny H Lasut AmTm, ketika dimintai keterangannya, tak menepis akan adanya agenda tersebut. Hanya saja Lasut tak menjelaskan maksud tujuan dari hearing itu.esel)

7 SELASA 21 FEBRUARI 2012

Waspadai pungli pada dana Bansos Pendidikan Bupati Mitra diminta bertindak tegas Ratahan—Sesuai komitmen Bupati Mitra Telly Tjanggulung, yang menegaskan Bantuan Sosial (Bansos) Pendidikan dengan totalnya sebesar Rp9 milliar, tidak boleh di potong-potong atau dipangkas. Oleh elemen masyarakat meminta agar komitmen tersebut dipegang oleh T2— sebutan akrab Tjanggulung, dengan menindak tegas oknum-oknum yang melakukan pemangkasan terhadap bantuan tersebut. Menurut Ketua MPI KNPI Mitra Jones Suoth SPd, tugas mulia Bupati T2 yang memberikan bantuan pendidikan tersebut, jangan sampai dikotori oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. “Apalagi ini untuk kelangsungan pendidikan siswa dan mahasiswa, yang notabene adalah generasi penerus pembangunan Kabupaten Mitra. Apa yang

dilakukan Ibu Bupati, itu sangat mulia, untuk itu jangan ternoda dengan ulah oknum-oknum tidak bertanggungjawab, yang melakukan pemangkasan terhadap Bansos Pendidikan,” tandas Suoth, ketika dimintai tanggapan oleh Swara Kita, Senin (20/2) kemarin. Dikatakannya lagi, T2 harus tegas menindaklanjuti pemotongan Bansos Pendidikan ini, pasalnya komitmen yang dijalankan adalah tidak ada pemangkasan atau pemotongan akan bantuan ini. “Ibu Bupati harus tegas, dengan persoalan pemotongan bantuan ini, sesuai dengan komitmenya,” kata Suoth. Hal senda dikatakan Pemerhati Pemerintahan dan Sosial Kemasyarakatan Devis Tumiwa SIP, yang menurutnya tidak ada alasan bagi oknum-oknum tersebut melakukan pemotongan Bansos Pendidikan. Sebab

peruntukannya sudah jelas, dan sudah menjadi komitmen dari Bupati, yang pada setiap penyerahannya di 12 Kecamatan, selalu mengingatkan kepada pihak sekolah, agar tidak melakukan pemangkasan atau pemotongan terhadap bantuan ini. “Bahkan sebelum penyerahannya, para Kepala sekolah didaulaut untuk membuat komitmen di hadapan masyarakat, untuk tidak melakukan pemotongan terhadap bantuan pendidikan ini. Jadi sudah sangat jelas bahawa Bansos Pendidikan tidak bisa di potong-potong dalam bentuk apapun. Dan ternyat masih ada oknum yang melakukan pemangkasan, ini harus ada tindak tegas dari Bupati,” ungkap Tumiwa. Sementara itu, diketahui sebanyak 13 orang Kepala Sekolah penerima Bansos Pendidikan, dilaporkan oleh

BUPATI Mitra Telly Tjanggulung memberikan saat memberikan Bansos Pendidikan kepada mahasiswa, Jumat (17/2) pekan lalu.(foto: ist)

warga dan orang tua murid, ke Tim Pengelola Bansos Pendidikan tersebut. Dan oleh Ketua Tim Bansos Pendidikan Drs Frans Rolos, mengatakan hal tersebut telah ditindaklanjuti oleh pihaknya, dan dalam pemeriksaan terhadap para

PEMBANGUNAN TERMINAL

kajian tersebut sementara dilakukan oleh Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat). “Kedua Universitas tersebut tengah mengelola hasil kajian mereka, dan terminal telah masuk dalamnya,” katanya. Lebih lanjut, kajian ini menurutnya, akan melihat jumlah volume kendaraan yang ada di Mitra, serta jumlah angkutan yang ada. Dan juga pihaknya harus

berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) terkait dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Mitra. “Untuk pembangunan terminal dengan Tipe A sendiri, nantinya akan dibangun di Kecamatan Belang, sementara di Ratahan dan Tombatu adalah tipe B,” ungkapnya. Sementara itu, adanya tudingan dari masyarakat,

bahwa Kepala Dishubkominfo Mitra, tidak mampu menjalankan tugas dan kinerjanya dengan baik, dibantah olehnya. “Salah besar kalau ada tudingan seperti itu, justru mereka itu yang tidak paham dengan mekanisme dalam perhubungan. Segala sesuatunya, harus ada Master Plannya, dan rencana tersebut haruslah dimiliki dengan jelas, dan harus ada kajiankajian,” tandasnya.(esel)

PEMBANGUNAN DESA

Bupati lobi anggaran untuk desa di Dirjen PMD pusat Amurang—Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu terus berkomitmen untuk mengfokuskan pembangunan di pedesaan untuk tahun 2012 sampai 2013 akan dating. Hal ini terbukti dengan kerja keras dalam melobi dana APBN masuk di Minsel, lihat saja, Jumat (17/ 2) lalu, Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini melobi anggaran untuk pembangunan desa di Dirjen PMD pusat.

Bupati Minsel Christiany “Tetty’ Paruntu kepada sejumlah wartawan belum lama ini melalui Kabag Humas Sekdakab Alvons Sumenge SSTP mengatakan, Bupati Minsel bersama dengan Kaban PMD melakukan pertemuan dengan salah satu Dirjen, yah ini tentunya untuk melobi dana dari pusat. “Hari Jumat pekan lalu, Bupati Minsel didampingi Kaban BPMPD melakukan pertemuan dengan Dirjen PMD Ke-

mendagri Bpk Ayip Muflich, bertempat di Direktorat Jenderal PMD,” ujarnya. Adapun maksud kunjungan tersebut ditambahkan Sumenge, dalam rangka melobi dana serta bantuan untuk Minahasa Selatan. kunjungan Bupati ke Direktorat Jendral PMD mendapat respon positif dari Bpk Dirjen PMD. “Tahun 2012-2013 banyak aliran dana APBN akan mengalir ke Pemda Minsel...antara lain berupa program PNPM

Polres Minsel usut proyek DAK 2011 Dikpora Minsel, karena banyak data yang kami peroleh, proyek di sekolah-sekolah banyak yang tidak sesuai dengan bestek bahkan yang disepakati di kontrak kerja tidak sama dengan yang dikerjakan,” ujarnya. Kapolres Minsel AKPB

TETTY Paruntu.

Integrasi, Program PNPM Generasi utk Masyarakat Pedesaan Sehat dan Cerdas, Lumbung Air Pedesaan, Bantuan Kantor Desa dan Pasar Desa,” tutup Sumenge.(esem)

Sumitro SH yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Yana Supriatna Sik belum lama ini mengatakan, setiap laporan dari masyarakat dengan menyertakan bukti-bukti akan langsung ditindaklanjuti. “Kalau ada bukti kuat kami siap melakukan penyelidikan,” singkat Supriatna.(esem)

PEMBENTUKAN PANSUS

Dekab tindaklanjut pembahasan Ranperda PD Ratahan—Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perusahaan Daerah Kabupaten Mitra, yang disampaikan oleh Pemkab Mitra kepada Dekab Mitra melalui Rapat Paripurna akhir pekan lalu, ditindaklanjuti oleh Legislator Mitra dengan membentuk Panitia Khusus (Pansus).

Pansus Dekab Mitra ini nantinya, bersama dengan tim dari Pemkab Mitra akan membahas Raperda tersebut, sampai pada penetapan menjadi satu Peraturan Daerah (Perda). “Pansus ini nantinya akan bekerja semaksimal mungkin, bekerjasama dengan Pemkab Mitra, terutama instansi terkait

dengan Ranperda ini,” ujar Ketua Dekab Mitra Tonny H Lasut AmTm. Lebih lanjut, Pansus yang terbentuk tersebut, terdiri dari Pansus Ranperda PDAM, yang diketuai oleh Ventje Ohy (FPG), Pansus Ranperda Perusahaan Daerah Pasar (PD-Pasar) diketuai oleh Drs Tavif Watuseke (F-

Amurang—Bupati Minsel Christiany ‘Tettu’ Paruntu merespon dengan baik pembentukan tim Layanan Pengadaan Secara elektronik (LPSE) Pemkab Minsel. Dimana Tim LPSE yang berjumlah 7 orang PNS tersebut sebagian besar adalah PNS muda yang potensial, yang direkrut di beberapa SKPD di Pemkab Minsel. Ketua Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Minsel Sam Slaat ST belum lama ini kepada sejumlah wartawan mengatakan, pembentukan tim LPSE Minsel direspon dengan baik oleh ibu Bupati, bahkan Bupati mendukung semua tim LPSE adalah PNS muda yang berbakat. “Tim LPSE ini masing-masing memiliki disiplin ilmu

yang berbeda-beda, dan saya nyakin mereka adalah tim yang mempu bekerja keras mensuk-seskan program Bupati dalam hal pengadaan barang dan jarasa peme-rintahan di lingkup Pemkab Minsel,” ujarnya. Ditambahkan Slaat, perekrutan Tim LPSE ini sudah melalui mekanisme yang berlaku, bahkan telah disetujui oleh Bupati Minsel, karena tim ini telah mengantongi sertifikat dari LKPP pusat melalui pelatihan terlebih dahulu. “Untuk menjadi tim LPSE harus mendapat SK persetujuan dari Bupati, dan kemudian mereka digodak untuk mempelajari semua yang berhubungan dengan pengadaan barang dan jara pemerintahan secara elektronik,” tutup Kabag SDA Sekdakab Minsel ini.(esem)

Dihujani tikaman, warga Basaan meregang nyawa

Warga dukung Polres usut kasus tahun 2011 proyek DAK Dikpora Minsel tahun 2011 lalu yang disinyalir banyak bermasalah. Generasi Muda Minsel Hesky Liando yang juga warga Amurang mengatakan, dugaan penyimpangan proyek bukan hanya terjadi tahun 2010, akan tetapi tahun 2011 lalu juga banyak yang bermasalah. “Kami minta

Paruntu respon PNS muda yang potensial

KRIMINAL

PROYEK DAK DIKPORA Amurang—Banyaknya dugaan penyimpangan proyek dana alokasi khusus (DAK) di dinas pendidikan pemuda dan olaraga (Dikpora) Minsel untuk tahun 2010 lalu, membuat masyarakat mencurigai proyek DAK 2011 juga bermasalah. Tak heran warga mendukung Polres Minsel ikut mengusut

melakukan pemeriksanaan, hasilnya akan diserahkan kepada Ibu Bupati, tentunya untuk selanjutnya merupakan hak seutuhnya dari Bupati, selaku user, untuk memberikan keputusan,” terang Rolos.(esel)

LPSE

Dishubkominfo tunggu hasil kajian dari UI dan Unsrat Ratahan—Masalah pembangunan terminal yang tak kunjung dilaksanakan di Kabupaten Mitra sampai saat ini, rupanya ada proses serta mekanismenya. Dan hal tersebut sementara dilakukan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informaatika (Dishubkominfo) Mitra. Kepala Dishubkominfo Mitra Drs Sammy Mandagi, ketika dikonfirmasikan hal ini, menjelaskan,

oknum Kepala Sekolah, ada beberapa yang beralasan bahwa pemotongan tersebut untuk pengadaan baju seragam dan buku-buku sekolah, namun tetap rekomendasi kepada Bupati, menurut Rolos akan diserahkan pihaknya. “Setelah tim kami

PDIP), Pansus Ranperda Pembangunan Kabupaten Mitra diketuai oleh Ventje Golung (F-PG). Sedangkan, untuk Pansus Ranperda Dekab perubahan pertama terhadap Peraturan Dekab Nomor 1 Tahun 2010, tentang Tata Tertib dan Kode Etik Dekab, diketuai oleh Meldy Untu SE.(esel)

Ratahan—Naas nasib Lifrando Adam (29) warga Basaan Kecamatan Ratatotok, harus meregang nyawa, ditikam di bagian perut oleh CS alias Cune (33) warga Esandom Kecamatan Tombatu, yang tak lain adalah rekan korban yang sama-sama sering terlibat dalam tender sejumlah proyek di Mitra. Dari informasi yang berhasil dirangkum, kejadian berawal Senin (20/2) sekitar pukul 12.00 Wita, dari adu mulut antara pelaku dan korban, diduga terkait masalah jatah proyek, saat keduanya berada di Sekretariat Partai Golkar Mitra di Kelurahan Wawali tepatnya di samping Rumah Dinas Sekkab Mitra. Perkelahian pun tak dapat dihindarkan. Rekan pelaku dan korban sempat melerai, namun tidak bisa berbuat lebih karena baik pelaku dan korban sama-sama membawa sebilah pisau. Lebih lanjut, dari informasi yang ada, pelaku yang sebelumnya diserang oleh korban, mengalami luka di bagian kakinya, berupaya membalas korban dengan mengejar korban bersama 2 rekannya. Melihat situasi yang tidak berimbang lagi, korban yang merasa teran-

cam karena kalah jumlah memilih lari meminta pertolongan di salah satu rumah keluarganya. Namun pelaku terus mengejar sampai dalam rumah keluarga korban di kelurahan Wawali Ratahan. Keluarga korban pun tak bisa berbuat apa-apa, karena pelaku membawa senjata tajam (sajam), dan langsung menikam korban di bagian perut. Korban yang telah terluka akibat tikaman dari pelaku, kemudian dilarikan ke Puskesmas Ratahan, namun naas korban Adam tak berhasil diselamatkan dan meregang nyawa. Sementara itu, pelaku penikaman langsung menyerahkan diri di Polsek Urban Ratahan dan kemudian langsung digiring di Polres Minsel, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Kapolsek Ratahan Kompol Al Abdi Irianto, ketika dikonfirmasikan kasus ini, mengatakan pihaknya masih akan menyelidiki motif penikaman yang menewaskan Adam. “Pelaku yang menyerahkan diri saat itu juga sudah diamankan di Polres Minsel. Dan kami masih akan melakukan penyelidikan terkait kasus ini,” ujar Irianto.(esel)


SELASA 21 FEBRUARI 2012

KETENAGAKERJAAN

Pekerja PT Bangun Bitung 2 bulan tak terima gaji Bitung—Hak pekerja harus dipenuhi oleh masing-masing perusahaan. Demikian juga dengan PT Bangun Bitung yang harus segera merealisasikan hak pekerja mereka yang sudah 2 bulan belum dibayarkan oleh pihak managemen. “Sudah dua bulan ini kami belum terima gaji,” jelas salah satu staf di perusahaan daerah ini yang enggan namanya dipublikasi. Dia pun bahkan mengatakan kalau hal ini sudah beberapa kali terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. “Waktu lalu saja, kami sempat 3 bulan tidak menerima gaji,” jelasnya. Sementara itu, Plt Direktur PT Bangun Bitung Yohanis Dolongseda ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. “Memang benar hal itu. Untuk itulah saya sementara membuat permohonan kepada Pemkot Bitung agar boleh meminjamkan dana kepada kami,” katanya. Diapun mengungkapkan kalau pihaknya sendiri sebenarnya mendapatkan dana dari pemerintah pusat berupa subsidi. Namun sampai saat ini, dana tersebut belum bisa dicairkan. “Karena tahapan pencairan dana tersebut tiap triwulan. Kemungkinan pada bulan Mei dana itu sudah bisa dicairkan,” jelasnya sambil menambahkan kalau anggaran tersebut dicairkan, barulah dana yang dipinjam dari Pemkot Bitung akan diganti.(wepe)

MUTASI

Perwira Polres Bitung di rolling

Labesi salahkan Inspektorat Sulut Terkait dugaan bocornya hasil pemeriksaan anggaran sengketa pilkada Sangihe di Polda Ta h u n a— S e k r e t a r i s Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sangihe, Wandu CC Labesi SSos mempertanyakan kinerja, bahkan sikap pihak tim Inspektorat Sulut yang diduga memberikan bocoran hasil pemeriksaan pengelolaan keuangan di kantor KPU dalam penyelengaraan Pilkada 2011 lalu ke Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sulut. Menurutnya, tindakan tim Inspektorat tersebut merupakan suatu kekeliruan bahkan melanggar aturan

yang ada. “Dalam pemerik-saan Tipikor Polda Sulut perihal dugaan penyimpa-ngan dalam pengelolaan keuangan KPU, justru hasil pemeriksaan Inspektorat sudah bocor ke aparat penyidik Tipikor Polda. Secara mekanisme dan aturan kebocoran hasil pemeriksaan Inspektorat Sulut tersebut telah melangkahi aturan yang ada, dimana setiap pemeriksaan yang dilakukan oleh Inspektorat menjadi dokumen negara

yang wajib diamankan, kecuali atas perintah Gubernur maupun Bupati Sangihe. Dan sampai sekarang ini juga, kami belum memberikan tanggapan secara tertulis perihal pemeriksanaan tersebut, tapi kenapa justru sudah diketahui aparat kepolisian,” jelas mantan Camat Manganitu ini. Labesi tidak mengelak kalau dirinya telah menjalani pemeriksaan di Tipikor Polda perihal pengelolaan keuangan penyelanggaran Pilkada Sangihe yang mana

didalamnya juga dipertanyakan menyangkut alokasi anggaran sengketa Pilkada yang berbandrol sekitar Rp379 juta. “Benar saya sudah dipanggil tim Tipikor Polda untuk dimintai keterangan, termasuk di dalamnya aliran dana sengketa Pilkada Sangihe ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tahuna selaku pengacara negara pada kasus sengketa Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) pada beberapa waktu lalu,” jelasnya kembali seraya menambahkan bahwa pembayaran anggaran tersebut sudah sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.(esde)

PERIKANAN

Beroperasi, Supit tinjau pabrik es di Tagulandang

Bitung—Mutasi yang dilakukan Polres Bitung terhadap para perwiranya seperti yang dikatakan oleh kapolres Bitung, AKBP Satake Bayu SIK adalah hal yang biasa. “Mutasi seperti ini hal biasa sudah menjadi rutin di jajaran kepolisian, karena anggota yang melakukan penugasan sudah 1 tahun setengah di masing-masing bidang haruslah diganti untuk kebutuhan karier,” kata Bayu saat melaksanakan serah terima jabatan di lapangan upacara Polres Bitung, Senin (20/2) kemarin, sambil mengatakan kalau ini juga merupakan penyegaran bagi perwira polisi. Dia pun berharap dengan mutasi ini, anggotanya boleh lebih termotivasi dalam bidang tugasnya. “Dengan demikian diharapkan motovasi dilapangan boleh lebih tinggi guna pengamanan kepada masyarakat dan juga untuk penuntasan kasus-kasus yang ada,” jelas Bayu.(wepe)

Tahuna—Kebersihan pusat Kota Tahuna yang didominasi penghuninya adalah pengusaha, menjadi salah satu sudut penting penilaian tahap kedua untuk Adipura. Olehnya, Wakil Bupati Jabes E Gaghana SE ME meminta pengusaha pertokoan yang ada untuk mendukung kebersihan Kota Tahuna. “Diharapkan semua pengusaha mampu memberikan kontribusi dalam target pemerintah untuk merebut Adipura pada tahun 2012 ini. Wajib bagi setiap pengusaha pertokoan untuk menyiapkan tempat sampah di depan toko masing-masing, sehingga pusat Kota Tahuna dari segi kebersihannya akan tetap terjaga,” jelas Gaghana.

LALU LINTAS

Sopir truk ugal-ugalan diminta ditertibkan

TRUK material seperti ini diminta tidak ugal ugalan saat melewati jalan di Sitaro.(foto:ist)

Tahuna—Ditengah pelarangan penambahan armada baru untuk semua angkutan Kota di Tahuna, justru jual beli ijin trayek marak terjadi. Bahkan informasi dari berbagai pihak yang berhasil dihimpun Swara Kita menyebutkan setiap ijin trayek yang diperjualbelikan harganya mencapai Rp10 juta hingga Rp15 juta. Jual beli ijin trayek ini diduga turut melibatkan sejumlah orang dalam Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo). Pasalnya, munculnya keberadaan sejumlah armada baru yang sudah mengantongi ijin trayek menjadi persoalan serius yang butuh penanganan dari pihak yang berkompeten. Kabid Darat Dishubkominfo JEH Pilat SSos ketika dihubungi harian ini tidak mengelak kalau saat ini telah terjadi penjualan ijin trayek. “Benar saat ini ada sejumlah oknum yang memperjualbelikan ijin trayek, sehingga pada

beberapa waktu lalu sejumlah sopir mendatangi kantor ini guna mempertanyakan jual beli ijin trayek tersebut,” jelas Pilat. Lebih lanjut, mantan Camat Tamako ini menyatakan ijin trayek yang diperjualbelikan sekarang terjadi ditingkat pengusaha angkutan yang ada. Sebab Dishubkominfo sendiri justru melarang kalau terjadi jual beli ijin trayek. “Silahkan bagi sesama pengusaha angkutan saling jual beli kendaraan dalam hal ini angkot, namun ijin trayek tidak bisa diperjualbelikan,” tegasnya kembali. Bahkan Pilat menyatakan pihak Dishubkominfo akan melakukan penindakan terhadap siapa saja yang melakukan jual beli ijin trayek sebab sudah melanggar aturan. “Kalau balik nama ijin trayek untuk disesuaikan dengan armada yang dibeli maka kami akan siap memberikan pelayanan,” imbuhnya sambil menyatakan akan ada upaya penindakan bila ijin trayek tetap diperjualbelikan.(esde)

Gaghana: Pengusaha harus dukung kebersihan

AKP Frangki Manus Kompol Theodorus Wurangian AKP Anrie Najoan AKP Fenty Kawulur Kompol Jahon Unawekla

PERKEMBANGAN pembangunan berbagai sarana prasarana di Sitaro semakin pesat, sehingga tidak sedikit kendaraan truk pengangkut material berlalu-lalang. Namun sangat disayangkan, aksi sejumlah sopir truk yang sering “ugal-ugalan”, mendapat sorotan warga karena sangat berdampak buruk bagi pengguna jalan lainnya. “Banyak korban luka parah akibat sopir truk yang sering ngebut atau ugal-ugalan. Padahal kondisi badan jalan yang tidak terlalu lebar begini, seharusnya lebih hati-hati. Malah ini memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Kami meminta sopir-sopir seperti itu ditertibkan atau langsung ditilang saja, sebab ada jalan-jalan tertentu apabila memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi,” sorot sejumlah warga. Menyikapi hal tersebut, salah satu pentolan Generasi Muda Sitaro (Gemusi), Vian Hermanses, pada Swara Kita Senin (20/2) kemarin, mengatakan, sudah menjadi kewajiban dari pihak kepolisian dan instansi terkait pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) untuk melakukan penertiban terhadap aksi ugal-ugalan itu. “Sudah menjadi kewajiban dari pihak kepolisian serta pihak Dishub untuk melakukan penertiban terhadap aksi ugal-ugalan itu, dengan menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan dari masyarakat ini,” tukas Hermanses. Meski demikian, kesadaran dari pengendara juga sangat penting, terutama supir pengangkut material, agar senantiasa lebih hati-hati, karena volume kendaraan di Sitaro akhir-akhir ini semakin meningkat. “Perlu kesadaran dari para supir truk juga, dan seluruh pengguna jalan, sebab meski tindakan penertiban telah maksimal dilakukan oleh kepolisian dan juga dishub, tapi tanpa kesadaran atau kerjasama dari semua pihak, maka ini tidak akan berhasil,” ujarnya.(esge)

Harga dipatok hingga Rp15 juta

ADIPURA

PENUGASAN BARU PERWIRA POLRES Polsek pelabuhan samudra Posek Bitung Barat Kompol Polsek Bitung Utara Kasat Narkoba Kabag Sumdah sumberdaya

JUAL BELI TRAYEK

Demikian juga Gaghana mengharapkan setiap pengusaha kapal baik yang melayani rute TahunaManado serta antar pulau yang bersandar di pelabuhan Tahuna juga mampu menunjang program pemerintah ini. “Setiap kapal juga diwajibkan untuk menyiapkan tempat sampah sekaligus mengajak semua penumpang maupun pengunjung kapal agar tidak membuang sampah ke laut sehingga Teluk Tahuna akan tetap terjaga kebersihannya,” tegasnya sambil menyatakan bahwa program dan hasilnya adalah hasil perjuangan bersama antara pemerintah masyarakat serta semua yang terkait di dalamnya termasuk pengusaha itu sendiri.(esde)

PELAYANAN BEROPERASINYA pabrik es ini tentunya akan memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat khususnya nelayan.(foto:ist)

Tagulandang—Bagi para nelayan yang ada di wilayah Tagulandang, saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan penangkapan dengan volume yang cukup besar. Sebab, pabrik es yang dibangun pemerintah daerah sudah mulai beroperasi. Bahkan, Bupati Sitaro Toni Supit SE MM menyempatkan diri untuk meninjau langsung pengoperasian pabrik tersebut. Menurut Supit, guna meningkatkan kualitas ikan hasil tangkapan para nelayan, pemerintah daerah berupaya melakukan peningkatan dengan membangunan prasarana berupa pabrik es,

yang kini sudah ada di 2 wilayah masing-masing Pulau Siau dan juga Tagulandang. “Kini nelayan lebih dipermudah dan bisa meningkatkan hasil tangkapannya, karena telah memiliki sarana penunjang, atau tidak lagi kesulitan mencari es,” ujar Supit. Dirinya berharap, dengan beroperasinya pabrik es tersebut, akan memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat khususnya nelayan. Sebab pembangunan pabrik es telah menjadi target pemerintah daerah. “Ini dilihat dari potensi daerah salah satunya perikanan yang sangat

menjanjikan dengan wilayah terbesar diliputi oleh lautan. Bahkan rencananya pabrik yang sama akan dibangun di wilayah Biaro, sehingga bisa mendongkrak pendapatan nelayan yang turut memberikan efek domino terhadap peningkayan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya. Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sitaro Ir Meydi Ompi MSc menjelaskan, produksi pabrik es tersebut masih dalam tahap uji coba sehingga hasilnya akan dibagikan secara gratis kepada nelayan. “Operasional pabrik ini diberda-

yakan oleh kelompokkelompok nelayan, yang mana pembagian tugas pengoperasian pabrik diatur oleh masing-masing kelompok,” tutur Ompi. Sedangkan untuk kapasitas produksi, lanjut Ompi, pabrik itu mampu menghasilkan 1.000 kilogram es per hari, sehingga dipastikan mampu memenuhi kebutuhan nelayan akan bahan baku yang kerap dipakai mengawetkan ikan hasil tangkapan tersebut. “Kemampuan memenuhi kebutuhan nelayan ini, berdasarkan kajian kebutuhan dan jumlah nelayan yang ada,” kuncinya.(esge)

PENEBANGAN POHON

Kaloh pertemukan ahli waris dengan warga Bitung—Aktifitas penebangan pohon yang terjadi di Kelurahan Mawali Kecamatan Lembeh Utara yang dilakukan oleh Piter Manusama, ternyata tak ada sangkut pautnya dengan kepemilikan tanah dari dotu yang mengaku mempunyai sejumlah tanah di pulau ini. Hal ini disebutkan oleh Piter Manusama pemegang mandat pengelolahan tanah itu ketika bertemu dengan Kepala Kelurahan Mawali, Jefry Mamile, Kepala Seksi Trantib Kacamatan Lembeh Utara Sofyan Mandiangan dan Camat Lembeh Utara Frangky Ladi ketika difasilitasi oleh Assisten 1

Pemkot Bitung Fabian Kaloh SIP Msi. “Kami telah menghentikan aktifitas pemotongan pohon kelapa di tempat itu karena ada masyarakat belum mengetahui keberadaan kami,” ungkap Manusama. Dia pun menjelaskan kalau kepemilikan tanah tersebut sudah sesuai dengan Keputusan MA tanggal 20 Mei 1992 yang dikuatkan dengan surat eksekusi tahun 2007. “Ada 49 Ha lahan di Kelurahan Mawali tepatnya Dusun Mawali Kecil milik dari Fredrik Katuuk dan saat ini lahan itu akan di kelolah pemilik,” jelasnya sambil menunjukan

kelengkapan surat-surat. Pun demikian dengan penjelasan kalau pihaknya sendiri tidak akan mempermasalahkan penduduk yang ada di tempat itu. Sebab bagaimanapun, sebagian lahan itu sudah diduduki warga. “Kami akan menghibahkan lahan pemukiman disitu kepada warga dan bahkan fasilitas umum serta insfrastruktur akan kami atur sebagaimana mestinya,” jelasnya. Tak hanya itu, dirinya mengakui kalau lahan itu adalah milik sah dari Fredrik Katuuk dan tak ada sangkut pautnya dengan Dotu Xaverius Dotulong

ketika ditanya oleh Camat Lembeh Utara Frangky Ladi. “Kepemilikan ini tak ada sangkutpautnya dengan nama itu, sebab ini adalah hasil kerja keluarga,” jelas Manusama yang dibenarkan oleh saksi Julius Makagiansar. “Orang tua kamilah yang menyulam kelapa di tempat ini dan kami tahu kepemilikannya sampai pada batas-batas yang ada,” jelas Makagiansar. Sementara itu, Lurah Mawali Jefry Mamile kepada wartawan mengatakan kalau ada sekitar 97 KK yang mendiami dusun itu, namun

Bupati : Tingkatkan kapasitas dan kinerja birokrasi Tahuna—Ditengah berbagai terobosan guna peningkatan pelayanan kepada masyarakat sekaligus menciptakan pemerintahan yang handal di lingkup Pemkab Sangihe, Bupati Drs Hironimus R Makagansa MSi meminta kepada semua jajarannya untuk meningkatkan kapasitas dan akutabilitas kinerja birokrasi. “Dengan visi dan misi yang kita emban untuk menjadikan Sangihe sebagai Kabupaten Bahari yang bermartabat dan sejahtera, diperlukan sosok pejabat yang profesional serta memiliki kompetensi, kapasitas serta kapabilitas sehingga mampu menterjemahkan konsep yang dibangun pimpinan daerah dalam rangka penjabaran visi dan misi tersebut,” jelas Makagansa belum lama ini.

Mantan Kadis Diknas Provinsi Sulut ini menambahkan semua pejabat juga harus mampu menjalankan tugas pokok dengan baik melalui pejabaran program masing-masing yang terukur dan ankutabel sehingga dapat dipertanggungjawabkan secara hukum maupun moral. “Dengan demikian akan tercipta pemerintahan yang bersih dan berkualitas dalam rangkaian menuju Sangihe yang bermartabat dan sejahtera,” tegasnya sambil menyatakan semuanya dituntut mampu membangun dan menciptakan tata kepemerintahan yang baik dan bersih, dan didalamnya adalah membangun kerja sama serta komunikasi yang harmonis dengan semua komponen hingga jajaran pemerintah serta masyarakat, sehingga akan tercipta kinerja aparatur yang inovatif dan profesional.(esde)

hanya ada beberapa yang mempunyai sertifikat seperti Welmince Tompunu, Fredrik Katuuk dan Neta Katuuk. “Kalaupun nantinya persoalan sertifikat itu, biarlah berproses pada persoalan hukum dan intinya sekarang pemilik lahan mensosialisasikan maksud dan tujuan

pembukaan lahan itu jangan sampai ada kesalahpahaman,” kata Asisiten 1 Fabian Kaloh ketika menfasilitasi pertemuan ini seraya berharap agar pihak Manusama sendiri boleh melakukan tatap muka dengan warga disana dan menyampaikan maksudnya.(wepe)


SELASA 21 FEBRUARI 2012

Hutan Atoga-Moat semakin gundul PERUSAHAAN TAMBANG

PROGRAM

Mamonto: Hanya MPU pekerjakan orang cacat

Rohaniawan bakal menerima insentif UNTUK menyalurkan insentif para Imam, pegawai syar,i, guru ngaji dan seluruh pendeta seKabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Badan Kesejahteraan Sosial ( Kesos) akan turun lapangan dan mendata kembali para pemuka dan rohaniawan tersebut. Hal ini dikatakan oleh Kabag Kesos Siradji Mamonto kepada Swara Kita, Senin (20/2) kemarin. Dijelaskan Mamonto, bagi Pendeta yang berhak menerima insetif minimal harus membawahi 60 Kepala Keluarga (KK). Begitu juga guru ngaji, harus mempunyi 20 murid anak didik. “Syarat inilah yang nantinya harus dipenuhi oleh para pendeta dan guru ngaji. Jika dalam pendataan syarat ini tidak dipenuhi, maka tidak akan diberikan program insentif ini,” jelas Mamonto. Ditambahkan Mamonto, pendataan ini juga untuk mengetahui bagi para Pendeta, Imam, Pegawai syar,i serta guru ngaji, yang aktif dan tidak aktif. Sebab, pada tahun 2011 lalu, ada Imam serta pegawai syar,i yang sudah tidak aktif, tapi menerima insentif. “Jadi, yang sudah tidak aktif, tidak akan menerima. Ini dilakukan agar supaya tidak akan timbul kecemburuan sosial,” kata Mamonto.(try17)

RANPERDA

Polsek Urban Kotabunan bentuk Polmas

HUTAN Atoga Moat yang terlihat jelas semakin hari semakin gundul.(foto: faruk/sk)

Dishutbun Boltim dinilai hanya ”tutup mata” Tu t u y a n — K o n d i s i kawasan hutan di antara Desa Atoga, Kecamatan Nuangan dan Desa Moat, Kecamatan Modayag, kian memprihatinkan. Pasalnya, di beberapa titik, nampak pemandangan hutan yang gundul mewarnai areal hutan yang dinyatakan sebagai kawasan hutan produksi terbatas (HPT) itu. Kerusakan hutan ter-sebut, dipengaruhi aktifitas pembalakan liar secara besar-besaran oleh warga di lingkar kawasan hutan. Menurut Fazri Pangalima, warga Desa Motongkad, kerusakan hutan di Atoga– Mooat tersebut, dapat ber-

dampak pada bencana banjir longsor yang sewaktuwaktu mengancam desa mereka. “Jika aktifitas pembalakan liar tidak segera dicegah, ini dapat berdampak bencana banjir atau longsor di desa kami. Sehingga, kami minta pihak Dishutbun segera menindak para pelaku pembalakan liar. Karena kami menilai Dishutbun di sini hanya tutup mata tanpa ada respon yang menindaklanjuti masalah ini,” kata Pangalima kepada Swara Kita, Senin (20/2) kemarin. Senada juga dikatakan oleh Nunung Mokoginta. Menurutnya, Dishutbun

harusnya bertindak cepat mengantisipasi masalah yang akan muncul dikemudian hari itu. Bahkan, dengan terbukanya akses jalan di kawasan HPT Atoga–Mooat, itu kian menambah aktifitas pembalakan yang lebih parah. Sehingga diharapkan Dishutbun segera membangun pos pemantauan di lokasi hutan tersebut. “Bisa saja aktifitas perambahan hutan secara illegal terjadi akibat terbuka akses jalan di kawasan tersebut. Olehnya, kami berharap perlu dibangun Pos Polhut di kawasan hutan

itu,” ujar Mokoginta. Di tempat terpisah, Kadis Kehutanan dan Perkebu-nan Boltim, Ir Mohammad Yahya saat dikonfirmasi menegaskan, persoalan di kawasan hutan Atoga– Mooat memang merupakan masalah serius. Apalagi, sebagian besar masyarakat di kedua desa itu menyandarkan hidup kesehariannya di hutan itu. Namun, pihaknya berjanji akan melakulan penyuluhan sekaligus pemantauan. “Masalah ini memang serius, sehingga rencananya Pos Polhut di Motongkad akan dipindahkan dekat dengan lokasi HPT Atoga-Moat, agar mengurangi aktifitas pembalakan liar,” jelas Yahya.(try17)

TAPAL BATAS BOLTIM-MITRA

Paputungan: Gubernur bukan eksekutor RAPAT Kamtibmas di Polsek Kotabunan yang dihadiri Kesbangpol Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa, Senin (20/2) kemarin.(foto: faruk/sk)

UNTUK mewujud Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Polsek Urban Kotabunan, Senin (20/2) kemarin, membentuk tim Polisi Masyarakat (Polmas) yang berkerjasama dengan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Boltim, Pemerintah Kecamatan, serta seluruh pemerintah desa. Kapolsek Urban Kotabunan, Komisaris Polisi (Kompol) Hamdi Lobangon mengatakan, bahwa polisi masyarakat ini akan ditugaskan di setiap desa. “Fungsi Polmas adalah untuk mengawasi situasi dan kondisi kemanan dan ketertiban masyarakat desa. Jadi, setiap desa ada satu orang polisi yang ditugaskan,” kata Lobangon kepada Swara Kita Menurut Lobangon, Polmas yang ditugaskan di setiap desa, nantinya dibebaskan dari tugas kantor, sebab mereka ditugaskan khusus untuk mengawasi, mengontrol dan melaporkan keamanan yang ada di desa. “Untuk itu, Polsek berharap kepada masyarakat agar dapat bekerjama dengan Polmas yang ada di desa, agar supaya Kamtibmas di masing-masing desa bisa terjaga,” harap Lobangon.(try17)

Tutuyan—Pernyataan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), SH Sarundajang, bahwa tapal batas antara Kabupaten Boltim dan Kabupaten Mitra terletak di Sungai Buyat, terus mendapat kecaman dari warga Desa Buyat bersatu. Pasalnya pernyataan Gubernur tersebut dianggap pernyataan memihak, yang tidak dukung dengan data-data yang akurat.

Menurut Masdar Paputungan, salah satu warga Buyat, pernyataan Gubernur SHS yang mengatakan tapal batas Boltim dan Mitra terletak di Su-ngai Buyat, itu adalah sua-tu pembohongan public. Sebab, pada tahun 60 sampai tahun 80-an, akses da-rat antara Kotabunan-Ma-nado, belum ada. “Akses yang ada masih menggunakan jalur laut,

yaitu Kotabunan-BelangManado. Jadi, kami anggap pernyataan Gubernur SHS yang mengatakan sering mengunjungi kakeknya di Desa Togid lewat Desa Buyat, itu tidak benar. Karena akses daratnya pada saat itu belum ada,” kata Paputungan kepada Swara Kita, Senin (20/2) kemarin. Ditambahkan Paputungan, Gubernur SHS sebagai pemimpin Pemerintah

Provinsi (Pemprov) Sulut, diminta jangan memihak di satu pihak. Sebab kapasitas Gubernur hanya sebagai fasilitator, bukan eksekutor. “Yang berhak menentukan batas antara BoltimMitra adalah Badan Koordinasi dan Survei Penataan Nasional (Bakosurtanal), bukan seorang Gubernur,” pungkas Paputungan.(try17)

Kotabunan—Perusahan tambang pasir PT Meyta Perkasa Utama (MPU) di Desa Paret, Kecamatan Kotabunan, patut diancungi jempol. Pasalnya, meskipun perusahaan ini bergerak di pertambangan, namun bisa memperkerjakan orang cacat. Kader Mamonto, Humas sekaligus Juru Bicara PT MPU kepada Swara Kita, Senin (20/2) kemarin mengatakan, semua pe-rusahan yang saat ini se-dang melakukan eksplo-rasi maupun produksi di Kabupaten Bolaaang Mongondow Timur (Boltim), tidak satu pun yang memperkerjaakan orang cacat. Yang ada hanya di PT MPU. “Cek saja di semua perusahan tambang yang ada di Boltim kalau ada orang cacat yang dipekerjakan. Yang ada ha-nya di PT MPU. Jadi penutupan MPU yang dilakukan oleh Pemkab Bol-

tim lewat surat yang ditandatangani oleh Bupati Sehan Landjar, itu sangat keterlaluan yang tidak dilandasi dengan rasa keadilan,” kata Mamonto. Sementara itu, Nyong Suak, karyawan cacat yang diperkerjakan oleh MPU mengatakan, tidak dapat membalas apa-apa yang telah diberikan oleh perusahaan tersebut. “Saya sa-ngat bersyukur dengan adanya PT MPU Desa Pa-ret. Meskipun saya cacat, tapi bisa dipekerjakan oleh perusahan itu. Tak hanya itu, pihak perusahan bah-kan membiayai seluruh pengobatan kaki saya di rumah sakit ternama yang ada di Jakarta dengan bia-ya ratusan juta yang tak bi-sa kami jangkau. Jadi, Pemkab Boltim harus lihat di sisi yang positif, jangan ha-nya karena ulah beberapa orang yang tidak bertanggungjawab, sehingga kami yang dirugikan. Sebab tidak ada perusahan yang memperkerjakan orang cacat seperti saya selain PT MPU,” tukas Suak.(try17)


SELASA 21 FEBRUARI 2012

SMA FR DON BOSCO MANADO

Rencanakan kegiatan ekskul Pramuka dan PMR Manado—Jika kelas XII mulai disibukkan dengan persiapan Ujian Nasional (UN), siswa kelas X dan XI SMA Katolik Frater Don Bosco Manado justru akan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler (Ekskul) Pramuka dan Palang Merah Remaja (PMR). Kepada wartawan baru-baru ini, Kepsek Fr Drs Joseph Bille CMM mengatakan, kegiatan ekskul tadi rencananya akan dilaksanakan oleh alumnus Dobos—sebutan sekolag favorit ini. “Rencana kegiatan Pramuka dan PMR sementara persiapan untuk kelas X-XI. Direncanakan akan dilaksanakan di Koka pada bulan Maret mendatang oleh alumni,” ujar Bille.(emem)

ASAL LOE TAU AJA

Wow!! Kaki Tokek sanggup menahan beban 350 kg SEKELOMPOK peneliti polymer dan biologi dari University of Massachusetts Amherst menemukan lem di kaki tokek sanggup menahan beban 350 kilogram (700 pon) pada tembok yang rata. “Menakjubkan, kaki tokek dapat nempel dan lepas dengan mudah tanpa sisa lem yang lengket pada permukaan,” kata Ducan Irschick, peneliti yang selama 20 tahun mempelajari bagaimana tokek menempel dan merayap. Irschick, bersama Michael Bartlett rekan satu timnya, mengatakan kemampuan menempel, membalik, menahan beban, dan daya adhesi pada kaki tokek membuka kemungkinan penerapan kemampuan yang sama pada berbagai bahan sintesis. “Berbagai kombinasi kemampuan ini belum pernah ditemukan sebelumnya,” kata Bartlett. Para peneliti menyebutkan luas permukaan lem di kaki tokek hanya 16 inci persegi dan dapat menahan berat maksimal sekitar 700 pon pada permukaan rata seperti kaca. Selain kemampuan menempel yang kuat, alat penempel tokek dapat dilepas dan digunakan kembali beberapa kali tanpa kehilangan daya adhesi-nya. Irschick menambahkan kaki tokek mempunyai sejumlah elemen yang saling berinteraksi termasuk tendon, tulang, dan kulit. Elemen-elemen itu menghasilkan daya adhesi yang dapat dibalik.(miol)

Jelang UKA guru sertifikasi tahun 2012

LPMP sterilkan penggandaan naskah soal Manado—Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulut Drs Johny Runtuwene menjamin sterilisasi penggandaan naskah soal Ujian Kompetensi Awal (UKA) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI Sabtu 25 Februari 2012. “Dokumen negara harus diamankan. Apalagi ini merupakan kepercayaan negara terhadap pemerintah di daerah, sehingga baik LPMP, Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut

serta Diknas di daerah harus bekerjasama menjalankan amanat ini,” ujar Runtuwene kepada sejumlah wartawan Senin (20/2) kemarin. Proses pengamanan dalam penggandaan naskah ujian, LPMP, ditambahkan Runtuwene telah bekerjasama dengan Polda Sulut untuk melakukan pengawalan. Disisi lain, petugas pengganda naskah akan disterilkan. “Petugas percetakan naskah, nanti ada kartu pengenal. Mereka tidak diizinkan mengeluarkan selembar kertaspun dari

dalam ruangan penggandaan naskah. Ruangan penggandaan naskah tidak boleh dimasuki orang tanpa kartu pengenal khusus. Mesin percetakan baru bisa dikeluarkan dari ruangan setelah UKA selesai. Dan di pintu akan dijaga pihak Polda. Demikian juga saat distribusi naskah ke daerah. diharapkan dengan demikian, tidak akan ada kebocoran soal,” papar Runtuwene seraya menyebutkan panitia pelaksana memiliki surat pernyataan, tidak akan membocorkan soal. Kalo ada yang “nakal”,

akan terima sanksi tegas. Terkait rapat akhir persiapan penggandaan naskah UKA, ditambahkan Runtuwene, akan digelar pada Rabu (22/2) besok bersama Diknas Sulut, dan Universitas Negeri Manado (Unima). “Jangan main-main dengan naskah ini. Karena UKA ini untuk kualitas pendidikan dan hasilnya akan diperiksa di pusat. Untuk itu, Rabu besok kita akan melakukan rapat persiapan akhir,” tegasnya. Seperti diketahui, UKA di tingkat kabupaten/kota akan

dilakukan pada 25 Februari, sementara pengumuman kelulusan 18 Maret. Para guru yang lulus tes berhak ikut Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG) di Universitas Negeri Manado (Unima). Namun, mereka masih akan menjalani tes akhir, untuk menentukan apakah para guru layak mendapat sertifikat pendidik profesional atau tidak. Adapun guru yang tidak lulus UKA diberi kesempatan untuk mengulang tahun depan. UKA mulai diterapkan pada 2012 bagi

JOHNY Runtuwene.

guru yang berhak ikut sertifikasi. Undangan UKA disebar untuk 300.000 guru di seluruh Indonesia, Sulut sendiri mendapat kuota sebanyak 3300 kursi.(emem)

Gaptek soal gadget??? Gadget adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa Inggris untuk merujuk pada suatu peranti atau instrumen yang memiliki tujuan dan fungsi praktis spesifik yang berguna yang umumnya diberikan terhadap sesuatu yang baru. Nah menurut kalian teman-teman asyik, gadget itu perlu nggak sih??(fine)

UNIKA DE LA SALLE MANADO

Seminar motivasi bagi staff janitor, security & teknisi

FRENDA BAGI aku gadget adalah barangbarang yang diperlukan di jaman yang serba instans ini. Tanpa barang tersebut kita akan ketinggalan sesuatu yang mungkin bersangkutan dengan pendidikan atau penegtahuan. Jadi sangat penting penggunaan gadget saat ini. PESERTA seminar dengan gaya bak super hero.(foto: ist)

LINDA Y A N G pastinya kalau untuk penggunakan gadget digunakan untuk kepentingan pengetahuan maka sangat diperlukan bahkan rugi jika kita nggak memilikinya. Namun kalau penggunaannya hanya untuk asalasalan ada baiknya nggak usah karena dilihat dari segi biaya yang mahal.(*)

MASIH dalam moment Valentine, Tim Pelayanan Siswa Kristen (Pelsis) SMA Negeri 4 Manado berbagi kasih dengan pasien anak penderita kanker, yang kini tengah menjalani pengobatan di RS Prof Dr Kandow Malalayang Manado Senin (20/2) kemarin. Tim Pelsis dalam kunjungan kemarin, membawa bantuan berupa coklat dan makanan ringan bagi pasien. Uang untuk membeli makanan ini murni dari hasil sumbangan spontanitas anggota Pelsis. Turut serta dalam kunjungan ini, beberapa Pembina Pelsis, diantaranya Dra P Polii, M Borang SPd, Dra C Rombot, dan J Tombiling STh.(foto: ist)

Manado—Sumber daya manusia yang berkualitas adalah kunci utama dalam setiap institusi dalam mencapai visi & misinya. Hal inilah yang memacu Divisi Human Resouce Development (HRD) Unika De La Salle Manado yang dikepalai oleh Edikta Pantouw SPd MKes, menyelenggarakan Seminar Motivasi bertema: Sikap & Semangat Kerja Baru yang dibawakan oleh Motivator Teddy Tandaju SE MBA (Advanced) yang juga Kepala Lembaga Kerjasama & Pengembangan Unika De La Salle pada Sabtu, (18/2) di Auditorium I kampus. Seminar motivasi ini dilakukan sebagai rangkaian program pengembangan sumber daya manusia yang telah diprogramkan divisi HRD. “Kami ingin motivasi dan peningkatan kerja para staff janitor, security, dan teknisi tetap terpelihara dan bahkan meningkat terus hari demi hari,” ungkap Pantouw. Dikatakannya, hal ini

sesuai juga dengan program Unika De La Salle yang sedang menerapkan sistem Professional Learning Community (PLC) diseluruh lingkup unit kerja kampus. “Dengan adanya PLC seluruh Civitas Unika De La Salle diajak untuk terus belajar dan saling meningkatkan pengetahuan satu sama lain. Salah satu bentuk program PLC yang diterapkan adalah dalam bentuk pemberian Seminar Motivasi,” timpal Teddy Tandaju. Ditambahkan juga, bahwa program PLC di kampus dengan motto Iman, Moral, Budaya ini merupakan program yang dicanangkan oleh Rektor Pst Revi Tanod SS SE MA dimulai pada tahun 2012 ini. Selesai Seminar Motivasi dilanjutkan dengan permainan Tim Building berjudul Super Hero dimana motivational game ini menuntut adanya kerjasama team serta pembinaan mental yang bersifat saling mendukung sesama karyawan dalam menjalankan tugas dan tanggung-jawab mereka.(emem)

KAMPUS KITA

STT Agape Manado buka pendaftaran mahasiswa baru Manado—Tahun ini, Sekolah Tinggi Theologi (STT) Agape Manado kembali menerima mahasiswa

baru tahun ajaran 2012. Kepada Swara Kita, Pembantu Kepala I Bidang Akademik Pdp Vanda Tulungen MTh

m e n g a t a k a n , pendaftaran mahasiswa baru telah dibuka sejak 1 Februari dan ditutup 29 Gebruari 2012. “Kita

sudah membuka pendaftaran untuk program S1 Sarjana Theologia, S1 Sarjana Pendidikan Agama Kristen (PAK), S2 Master of Theologia, S2 Master of Ministry, S2 Master of Art in Pasroral Counseling dan Program Evangelis (1 tahun),” jelasnya. Seperti diketahui, STT Agape Manado bersifat interdenominasi di bawah naungan Yayasan Agape Indonesia,

bermitra dengan STT Agapes Jakarta. SK Izin penyelenggara Bimas Kristen Kementerian Agama RI: DJ.III/KEP./ HK.005/23/2009. “STh, SPdK dan MTh sudah terakreditasi BAN, SPdK ada akta IV. Bagi yang berminat bisa datang langsung ke kampus gedung Minahasa Law Center (MLC) Jalan Sam Ratulangi no 81 Manado,” tutup Tulungen.(emem)


SELASA 21 FEBRUARI 2012

Melindungi anak dari kekerasan Dikutip dari: Kementerian PP dan PA BERITA kekerasan terhadap anak meninggi. Kenyataan itu sangat memprihatinkan dan makin meneguhkan persepsi bahwa kekerasan terhadap anak belum bisa diselesaikan, walaupun dengan aturan hukum dan perundangundangan. Selain adanya kekerasan fisik terhadap anak, ada pula bentuk kekerasan yang dialami anak-anak. Misalnya, penjualan anak untuk tujuan komersial. Di Indonesia, kekerasan terhadap anak sudah membudaya dan dilakukan turun-temurun. Akibatnya, dari tahun ke tahun kasus kekerasan terhadap anak terus bertambah. Salah satu pemicunya adalah kemiskinan atau kesulitan ekonomi yang dihadapi para orang tua. Namun, faktor tersebut

bukan satu-satunya faktor pemicu kekerasan terhadap anak. Kekerasan terhadap anak terkait erat dengan faktor kultural dan struktural dalam masyarakat. Dari faktor kultural, misalnya, adanya pandangan bahwa anak adalah harta kekayaan orang tua atau pandangan bahwa anak harus patuh kepada orang tua seolah-olah menjadi alat pembenaran atas tindak kekerasan terhadap anak. Bila si anak dianggap lalai, rewel, tidak patuh, dan menentang kehendak orang tua, dia akan memperoleh sanksi atau hukuman, yang kemudian dapat berubah menjadi kekerasan. Faktor struktural diakibatkan adanya hubungan yang tidak seimbang (asimetris), baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Di sini, anak berada dalam posisi lebih lemah, lebih

Kasus ... dari Halaman 1 Tak heran, Sumelung dan Pade pun melaporkan secara resmi ke KPK terkait dugaan penyimpangan dana dalam pengerjaan proyek senilai kurang lebih 2 Milyar Rupiah tersebut. Keduanya terlihat mendatangi gedung KPK, Senin (20/2) pagi kemarin sekitar pukul 10 waktu setempat dan langsung menuju ke ruang pengaduan dan diterima petugas KPK, Sugeng. Sumelung yang ditemui usai melapor, mengatakan, pihaknya sengaja melaporkan kasus ini ke KPK karena tidak percaya lagi dengan institusi penegak hukum di daerah. “Ada orang kuat yang selalu mengintervensi sehingga kasus ini tidak bisa diproses di daerah,” ujar Sumelung. Menurutnya lagi, dari 160 unit rumah yang dibangun hampir seluruhnya tidak sesuai bestek dan asal jadi. “Bayangkan saja, listrik, Air, akses jalan dan fasilitas lainnya tidak ada sama skali di setiap rumah yang dibangun,” kata Sumelung mempertanyakan. John Pade yang ikut membawa kasus ini ke KPK menilai kontraktor berinisial MH alias Mei dan JM alias Jak, sebagai pihak yang paling bertanggungjawab dalam pengerjaan proyek ini. “Kami duga ada petinggi di pemerintahan Sulut yang melindungi kedua kontraktor ini sehingga sulit terjerat hukum,” bebernya. Akibat pengerjaan proyek yang amburadul ini, Pade meminta KPK harus mengusut kerugian negara yang ditimbulkan karena praktek korupsi.(haem)

Antisipasi ... dari Halaman 1 Dalam CMP pangan tersebut, lanjutnya, pemerintah turut melakukan antisipasi untuk masyarakat yang rentan terhadap kenaikan harga pangan, terutama beras. Antisipasi seperti program raskin dan operasi pasar disiagakan untuk melindungi masyarakat tersebut. Di tempat yang sama, Direktur Utama Perum Bulog, Sutarto Alimoeso mengatakan pihaknya terus menjaga hubungan baik dengan negara-negara pengimpor seperti Vietnam, Thailand, dan India. Meski Bulog tidak berkeinginan untuk mengimpor, namun hubungan perlu tetap terjalin jika sewaktuwaktu Indonesia memerlukan beras impor. “Kita itu sebetulnya tidak mengimpor beras, tetapi menyerap produksi dalam negeri sebanyak-banyaknya,” ujarnya. Dalam menyerap produksi dalam negeri, tambahnya, Bulog telah menyiapkan L/C sebesar Rp3 triliun. Pada awal masa panen bulan ini, Bulog telah menyerap sekitar 16 ribu ton beras produksi dalam negeri. “Itu di Jawa Tengah yang paling banyak. Lalu Sulawesi Selatan, Jawa Timur, dan Sulawesi Tenggara,” kata dia. Sutarto menuturkan, untuk harga pembelian beras telah ditetapkan sebesar Rp6.500 untuk Pulau Jawa dan Rp6.600 untuk Aceh. “Di saat HPP Rp5.060, kita berani Rp6.500 di Pulau Jawa dan Rp6.600 untuk Aceh,” tuturnya.(vinc)

Dijerat ... dari Halaman 1 Polda Metro Jaya dianggap menangkap pria asal Pulau Kei, Kabupaten Tual, Provinsi Maluku Tenggara, itu tidak sesuai dengan prosedur dan menembak tanpa alasan. “Ini aksi di seluruh indonesia untuk mengecam tindakan oknum polisi berbuat tindakan yang tidak manusiawi,” kata Alam. Terkait dengan detail aksi ini, Alam tidak memberi keterangan yang lebih menyeluruh karena harus menemani Yulianti, istri John Kei, membuat BAP di Propam. Ia juga tidak memberi keterangan usai penyusunan BAP karena menghindari para wartawan dengan keluar melalui pintu belakang. Polda Metro Jaya menangkap John Kei saat berada di sebuah kamar di Hotel C’One, Pulomas, Jakarta Timur. John ditangkap atas keterlibatannya dalam kasus pembunuhan mantan Direktur Power Steel Mandiri, Tan Harry Tantono, 45 tahun.(temi)

Kisah ... dari Halaman 1 Walaupun sudah lama mengenal Shakti Harimurti, Lulu Tobing sempat canggung lantaran tak pernah lagi bersinggungan dengan kamera selama enam tahun. “Shakti itu nggak kenal kata tidak. Jadi akhirnya saya datang ke kantornya dan pakai baju Amak (tokoh yang diperankan Lulu Tobing). Dua minggu berikutnya saya dapat kabar kalau saya dapat peran itu,” ujarnya. Lulu Tobing beradu akting dengan David Chalik di film besutan Affandi Abdul Rachman itu. Syuting dilakukan di daerah Sumatera Barat. Menurut Lulu, dia sempat kagok lantaran di hari pertama dia langsung dihadapkan dengan adegan yang lumayan berat. “Saya sempat cemas. Jadi berulang kali membatin ‘Oh, syuting ada close-up ya ? Aduh muka saya gimana ya ?’, untungnya sutradaranya si Fandi orangnya santai ya, nggak bikin saya panik,” kata istri Denny Rukmana itu sambil tersenyum. Film ini akan dirilis 1 Maret 2012. Selain dibintangi oleh Lulu Tobing, ‘Negeri 5 Menara’ juga menampilkan Ikang Fawzi, Donny Alamsyah , Mario Irwinsyah dan juga Andhika Pratama. (vinc)

rendah karena secara fisik, mereka memang lebih lemah daripada orang dewasa dan masih bergantung pada orang-orang dewasa di sekitarnya. Akibatnya, pendiskreditan dan pendistorsian anak secara struktural sering terjadi, baik secara sadar maupun tidak. Karena itu, menjadi tanggung jawab kita bersama, khususnya para orang tua, untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, berpartisipasi optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Paradigma bahwa anak adalah milik orang tua harus segera diubah. Untuk itu, diperlukan peran serta pemerintah dan kepedulian masyarakat. Anggapan bahwa anak adalah milik orang tua sehingga orang tua berhak melakukan apa pun terhadap anak jelas tidak bisa dibenarkan sepenuhnya. Sebab pada prinsipnya, anak adalah titipan Tuhan kepada para orang tua untuk dicintai, dijaga, dan dibesarkan. Dengan paradigma bahwa anak adalah milik orang tua, ketika orang tua depresi atau stres karena menghadapi persoalan hidup, anak pun menjadi pelampiasan kekecewaan. Selain itu, kecekatan pemerintah dalam mengatasi krisis ekonomi diharapkan dapat membantu menekan angka kekerasan anak. Karena itu, pemerintah harus menjadikan masalah kemiskinan dan penyediaan lapangan pekerjaan sebagai prioritas utama. Lebih penting lagi, kesadaran masyarakat untuk ikut membantu mengawasi dan melindungi anak-anak juga perlu ditingkatkan. Kalau ada tetangga yang memukul anaknya, kita harus berani menegur dan mencegahnya. Sebab, anak-anak dilindungi undang-undang.. Pemerintah telah memiliki Undang-Undang (UU) No 4/ 1979 tentang Kesejahteraan Anak, UU No 23/2002

tentang Perlindungan Anak, UU No 3/1997 tentang Pengadilan Anak, Keputusan Presiden No 36/1990 tentang Ratifikasi Konvensi Hak Anak. Meski demikian, realitas kesejahteraan anak masih jauh dari harapan. Busung lapar yang hingga kini masih dialami sejumlah balita di beberapa daerah menegaskan buruknya kondisi anak di Indonesia. Belum lagi, persoalan kekerasan terhadap anak, baik yang dipekerjakan di sektor pekerjaan terburuk, diperdagangkan, maupun korban eksploitasi seksual. Organisasi Buruh Internasional (ILO) memperkirakan, di Indonesia terdapat 4.201.452 anak (berusia di bawah 18 tahun) terlibat dalam pekerjaan berbahaya, lebih dari 1,5 juta orang di antaranya anak perempuan. Bahkan, data IPEC/ILO memperkirakan, terdapat 2,6 juta pekerja rumah tangga (PRT) di Indonesia dan sedikitnya 34,83 persen tergolong anak. Sekitar 93 persen anak perempuan. PRT anak perempuan berada dalam posisi rentan, mulai situasi kerja buruk, eksploitasi, hingga kekerasan seksual. Di pedesaan, kemiskinan, pernikahan dini, minimnya pendidikan, dan kondisi kesehatan yang buruk mendorong anak perempuan terjerembap dalam prostitusi dan masuk dalam jerat perdagangan manusia. Karena itu, untuk menanggulangi persoalan tersebut, perlu ada penegakan hukum maksimal. Sebab, bukan tidak mungkin faktafakta tentang kesengsaraan dan kesusahan hidup anak akan mengakibatkan persoalan yang sangat pelik di masa mendatang. Adapun langkah nyata yang harus dilakukan adalah mengampanyekan penghapusan kekerasan terhadap anak, seperti pemasangan stiker, pelatihan kepada ibu-ibu, dan permintaan dukungan dari pemerintah daerah agar hakhak anak perlu dilindungi.(*)

PENDIDIKAN BAGI PEREMPUAN (bagian 1)

Gender, kapan setara?

Oleh D.L.A. MENARIK untuk digubris, karena hampir di semua negara, issue dan peran perempuan masih rentan diabaikan, sementara karena memang kuantitas perempuan memang lebih dari laki-laki, maka, kontribusi perempuan bagi pengambilan keputusan selalu lebih besar dari lakilaki. Contoh yang paling gampang dilihat adalah ketika pemilihan pemimpin dari suatu kelompok masyarakat. Bagaimana dengan penguatan sumberdaya perempuan? Komitmen Departemen Pendidikan Nasional untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dilandaskan dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun

2000, di mana semua program pembangunan haruslah gender dualistic termasuk di bidang pendidikan, hal ini diperkuat melalui konvensi antara pembuat bahan ajar yang merumuskan edisi baru dari buku pengantar di sekolah-sekolah. Selain itu penyuluhan juga diberikan pada pihak pengajar yaitu guru-guru agar lebih memahami tentang gender dan dampak dari stereotyping gender bagi siswa. Rendahnya kualitas pendidikan menurut peneliti pekerja informal, diakibatkan oleh adanya diskriminasi gender dalam dunia pendidikan. Ada empat aspek yang disorot oleh departemen pendidikan mengenai permasalahan gender dalam dunia pendidikan yaitu akses, partisipasi,

Perihal belum adanya kandidat yang mendaftarkan diri dalam Pilrek, dibenarkan Ketua Panitia Penjaringan Rektor Unsrat Prof Dr Syenie Polii-Mandang MS. “Proses tahapan Pilrek Unsrat Manado mulai berjalan. Namun sampai sekarang ini belum ada yang berminat untuk mendaftar. Mungkin nanti menjelang penutupan pendaftaran

baru kelihatan siapa yang siap maju sebagai calon Rektor,” katanya kemarin seraya menambahkan Pendaftaran Calon Rektor Unsrat akan ditutup Senin (27/2) pekan depan. Pembantu Rektor Bidang Akademik Unsrat ini menjelaskan, untuk persyaratan Calon Rektor, sesuai keputusan senat, yakni usia minimal 60 tahun

Sebelumnya, dirinya juga enggan memberi tanggapan. Ia sengaja tak bicara ke media. “Kami menghindar berkomentar di media, kalau kami berkomentar bisa di interpretasi lain atau bahkan dipelintir atau bahkan dipolitisir,” ujarnya melalui pesan singkat. Lanjut Prof Lucky, jangan sampai ada penghakiman oleh media kepada putrinya itu. “Jangan ada pengadilan sesat oleh mereka yang sudah mengambil alih hak menghakimi oleh Tuhan,” tulis dia. “Percayakan saja kepada KPK, Tipikor dan

penguasa, serta tentu terutama kepada hakim agung, Tuhan Yang Maha Kuasa.” Tulisan terakhir di blog angiesondakhmassaid.blogspot bertanggal 5 Februari 2012, judulnya “Februari”. Demikian juga di akun Twitter @sondakhangelina. Justru pesan dari dua putri Adjie Massaid dari pernikahan sebelum-nya yang muncul. Salah satunya dari Aaliyah Massaid: “@Sondakh Angelina smile mommy, we e& you so much no matter what people say about you.”(vinc)

DANA PPID

Malik (Direktur Jenderal Pengembangan Pembangunan Kawasan Transmigrasi Kemennakertrans) menerima suap Rp 2 miliar dari Dharnawati. Uang itu terkait penetapan empat kabupaten di Papua sebagai daerah penerima PPID. Kasus ini juga diduga melibatkan empat orang eksternal Kemennakertrans yaitu Ali Mudhori (mantan anggota DPR Fraksi PKB), Fauzi, Sindu Malik (mantan pegawai Kementerian Keuangan), dan pengusaha Iskandar Pasojo. Dalam persidangan sebelumnya, Fauzi mengaku hanya mencatut nama Muhaimin. Fauzi disebut sebagai orang yang akan mengambil uang Rp 1,5 miliar dari Dharnawati untuk diserahkan kepada menteri sebagai pinjaman tunjangan hari raya.(komc)

penguasaan dan manfaat. Pertanyaan yang penting dijawab. “Kapan perempuan bangkit dari ketakberdayaan?”. Hadirnya pemimpin perempuan? Di banyak tempat dan di daerah kita sendiri, peran perempuan dikata sudah menonjol dengan hadirnya pemimpin perempuan di beberapa kabupaten. Suatu yang masih perlu diperguncingkan, yang sama fenomenanya ketika ada seorang perempuan menjadi pemimpin nomor satu di negara kita. Ia hanya mengisi deretan nama perempuan penguasa dengan perspektif laki-laki, berada di bayang-bayang ketenaran laki-laki, dan terus dipengaruhi sistem dan cara paternal. Hukum, yang dapat dipandang sebagai agen yang menguatkan nilai-nilai gender yang dianut oleh masyarakat. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan negara untuk menjaga dan menjamin kepentingannya secara sepihak. Sistem hanya menyisakan ketidakadilan pada perempuan. Melalui hukum, negara melakukan peran gender. Konsep pembakuan peran gender yang mengkotak-kotakkan peran laki-laki sebagai suami dan perempuan sebagai istri memungkinkan perempuan berperan di wilayah domestik (domestikasi), yakni sebagai pengurus rumah tangga. Sementara, laki-laki di wilayah publik sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah utama. Pemilahan peran perempuan dan laki-laki pada kenyataannya telah dibakukan dalam berbagai

kebijakan terkait sistem negara, kondisi ini merasuk hingga ke relung paling jauh dari negara yaitu keluarga. Di berbagai tempat, persoalan perempuan relative sama. Contoh yang paling dekat dengan kita, pengambilan keputusan untuk pengelolaan sumberdaya yang diramu dalam rapat-rapat dan diskusi di tingkatan desa dan kelurahan, umumnya hanya memberi sekedar tempat pada perempuan untuk jadi tukang antar kue dan kopi. Dan peran sosial itu terus dipelihara hingga detik ini. Pada realita kuantitas perempuan lebih besar, maka, mestinya kontribusi suara selalu lebih besar pada perempuan. Dengan demikian pada pemilihan kepala negara sekalipun, peran perempuan tentunya akan sangat berpengaruh karena memang jumlah perempuan di negara mana saja di dunia selalu lebih banyak dari lelaki. Kecuali pada hal-hal khusus, misalnya jika yang terlibat hanya laki-laki saja maka peran perempuan di situ tentunya tidak ada, alias nol. Kisah miris perempuan. Di Jerman misalnya, Partai Nazi yang dipimpin Adolph Hitler mendapatkan suara mutlak dalam pemilu di Jerman yang sebagian besar suara berasal dari perempuan pada 1932. Tak dinyana, karena di negara itu peran perempuan di masa lalu masih mendekam kelam, belum lagi cerita pembantaian perempuan yang tidak ditulis dalam sejarah resmi di masa kepemerintahan sang diktator Eropa itu. (bersambung)

sebelum tanggal 14 April 2012. Karena sesuai dengan pemilihan Rektor Unsrat 2008 lalu. Selain itu lanjut Mandang, minimal pernah menjabat Ketua Jurusan, dan minimal berpangkat Lektor Kepala. Bergelar Doktor dan enam bulan kedepan tak mengikuti kuliah lanjut ke luar daerah, berbadan sehat disertai surat keterangan resmi dari rumah sakit pemerintah. Selain itu calon Rektor harus berkelakuan baik, dari kepolisian dengan disertai SKCK dari kepolisian, memasukan DP3, selama 2 tahun. Tidak boleh sedang menjabat structural di luar

kampus Unsrat, tidak perah di pidana dan diberhentikan sebagai PNS. “sesuadah pendaftaran, dilakukan seleksi berkas dan nanti nama-nama bakal calon Rektor ini akan diumumkan serta dilakukan penetapan bakal calon yang memenuhi syarat,” tandasnya. Mandang menambahkan, mereka yang memenuhi syarat ini akan mengikuti tahapan selanjutnya, yakni penyaringan calon pada bulan April mendatang. “Jadi untuk sistem pemilihan masih menunggu Tatib pemilihan. Sistemnya seperti apa nanti, kita tunggu saja,” tukas Mandang.(emem/rr)

Pilrek ... dari Halaman 1 Demikian juga dengan guru besar yang berhak memberi suara dalam Pilrek. Semua sudah diatur dalam Permendikbud nomor 61 tahun 2011 yang intinya hanya mengamankan Rumokoy,” ujar beberapa civitas Unsrat yang telah layak mencalonkan diri dalam Pilrek. Beberapa pegawai di Unsrat pun memprediksikan incumbent Rektor Unsrat

Prof Dr Donald A Rumokoy SH MH, bakal melanggeng mulus untuk periode kedua. “Biasanya Rektor Unsrat masih akan dijabat oleh incumbent. Karena selama saya jadi pegawai di Rektorat Unsrat selama 26 tahun, semua Rektor menjabat dua periode,” kata salah satu pegawai Unsrat, yang meminta namanya tak dikorankan.

Inggrid ... dari Halaman 1 Sejak Angie terseret dalam kasus suap proyek Wisma Atlet, Inggrid mengaku belum pernah bertemu dengan istri mendiang Adjie Massaid tersebut. Meski demikian, Inggrid mengaku kasus yang menimpa Angie menjadi pelajaran berharga bagi dirinya. “Mbak Angie dapatkan ujian yang berat, Mbak Angie harus sangat kuat, baik fisik atau mental. Penguatan diri dengan doa. Di balik itu semua saya merasa ini pelajaran dalam melakukan sebuah

langkah,” ungkap Inggrid. Sementara itu, ayah Angie, Prof Lucky Sondakh sejak awal bertekad, memberi dukungan pada putri bungsunya itu: mendampingi Angie di tengah badai. Namun, ia tak mau berkomentar soal kasus yang menimpa Angie. Ini ditunjukkan Prof Lucky saat dimintai tanggapan oleh vivanews.com, Minggu (19/2) malam lalau. “No coment,” ujar mantan Rektor Universitas Sam Ratulangi itu melalui pesan singkat.

Muhaimin ... dari Halaman 1 Hakim mempertanyakan hal tersebut kepada Muhaimin dengan mengacu transkrip rekaman pembicaraan Fauzi yang banyak menyebut nama Muhaimin. Sudjatmiko lantas membacakan petikan rekaman percakapan Fauzi tersebut. “Pernah disinggung dilapori Fauzi soal fee? Fauzi berkata begini, ‘Pak, ini saya dilapori pihak Nyoman dan Dadong, saya diminta terima uang’. Pernah disinggung itu?” tanya Sudjatmiko. “Tidak pernah,” jawab Muhaimin. Ia mengaku tidak pernah dilapori oleh Fauzi soal fee. Dia juga mengaku tidak pernah memerintahkan Fauzi untuk mengambil uang Rp 1,5 miliar dari pengusaha Dharnawati. Menurut Muhaimin, selain pernah menjadi tim asistensi menteri, Fauzi hanyalah staf umum di DPP Partai Kebangkitan Bangsa yang tidak pernah

berurusan dengan penganggaran, apalagi anggaran Kementerian. “Staf umum DPP PKB dan memang jauh dengan urusan penganggaran dan kementerian,” katanya. Nama Muhaimin kerap disebut dalam persidangan Nyoman dan Dadong. Muhaimin disebut dalam sejumlah rekaman pembicaraan yang diputar dalam persidangan. Dalam rekaman pembicaraan antara Sindu Malik dan Dhani Nawawi, misalnya, terungkap kalau Dhani mengaku telah melaporkan kepada Muhaimin soal pembagian commitment fee dari Dharnawati. Sindu adalah mantan pegawai Kementerian Keuangan yang mengaku menjadi konsultan anggaran di Kemenakertrans, sedangkan Dhani mengaku sebagai staf khusus mantan presiden Abdurrahman Wahid.

Selanjutnya, Muhaimin juga mengaku tidak tahu soal dana PPID Transmigrasi. Ia menyatakan tidak pernah mengajukan anggaran itu. Sepanjang 2011, dia hanya pernah mengajukan dana tambahan melalui APBNPerubahan. “Saya baru tahu DPPID sejak peristiwa ini, akhir Agustus, yang sebetulnya, sebelumnya saya tidak mengetahui apa yang disebut DPPID. Anggaran dan kewenangan tempat penganggarannya, DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) Kementerian Keuangan,” papar Muhaimin. Kasus dugaan suap PPID Transmigrasi ini melibatkan Dadong, Nyoman, dan pengusaha Dharnawati. Dadong dan Nyoman didakwa bersama-sama Muhaimin, Jamaluddin

Sondakh ... dari Halaman 1 Apalagi, selama ini kerjasama itu sudah terbina hampir 6 tahun, sebab Lomban sendiri sempat menjabat sebagai Sekretaris Kota (Sekkot) Bitung. Terlepas dari itu, memasuki tahun kedua kepemimpinan, banyak tantangan yang harus dilakukan pasangan kedua yang dipilih warga Bitung ini. “Bau amis aroma” pungli di dunia pendidikan terus saja terjadi dengan berbagai alasan. Mulai dari dana komite, dana cenderamata untuk perpisahan guru dan kepala sekolah dan dana pengayaan untuk siswa akhir kelas yang akan mengikuti ujian nasional. Ditambah lagi, uang partisipasi kenaikan kelas yang bisa mencapai jutaan rupiah per wali kelas menghapus “image” bitung bebas biaya pendidikan. Belum lagi masih didapatnya banyak siswa yang suka bolos sampai trennya pengunaan lem eha bond oleh sebagain kecil siswa Bitung sedikit mencoreng kepedulian pasangan pengusaha dan Birokrat ini. Dilain pihak, tak bisa dipandang sebelah mata akan semua penghargaan yang didapat yang rata-rata mempunyai hubungan dengan pelayanan

masyarakat. Mumpuni memang meski ada satu dua pelayanan yang masih terbengkalai. Namun kesemuanya itu berhubungan erat dengan kebijakan pemerintah pusat. Contohnya padamnya listrik adalah kebiasaan dari PLN yang adalah instansi pusat yang ada di daerah, begitu juga dengan persoalan tanah yang dikelolah oleh unit pelaksana teknis pusat di daerah. Persoalan lingkungan, mungkin Bitung boleh menjadi barometer penyelamatan Lingkungan di Sulut. Bagaimana tidak setelah mendapatkan adipura 5 tahun berturutturut, kota sehat 3 kali kini Bitung sementara mengagas perda konservasi laut yang belum dilakukan di pemerintah provinsi yang lain. Apalagi dengan hadirnya perda Persampahan yang hamper saja mendahului Undang-undang Persamapahan RI. Semoga dimasa 2 tahun kepemimpinan, pasangan ini boleh lebih lebih memperhatikan persoalan pendidikan dan meningkatkan koordinasi dengan isntansi pusat di daerah agar pelayanan warga Bitung lebih mumpuni.(*)


SELASA 21 FEBRUARI 2012

Mobil kementerian masih gunakan BBM bersubsidi KENDARAAN instansi pemerintah baru diwajibkan menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi mulai April mendatang. Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Legowo mengatakan, pembatasan untuk mobil-mobil instansi pemerintah baru dilaksanakan April. “Kami 1 April akan mulai dari kita sendiri, dari sisi pemerintah,” ungkapnya seusai konferensi pers, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (20/2). Hal ini akan dilakukan setelah adanya instruksi langsung dari pemimpin negara. “Kita coba 1 April sudah ada instruksi presiden hemat BBM. Dulu diimbau, sekarang diwajibkan, kendaraan instansi pemerintah tidak gunakan BBM subsidi lagi,” jelas dia. Dia menambahkan, pembangunan infrastruktur SPBU pada dasarnya merupakan tanggung jawab pemerintah. Hal ini dilontarkannya terkait salah satu rencana pembatasan yakni konversi ke Bahan Bakar Gas (BBG). “Tetapi pengaturan gimana? Kita tugaskan salah satu badan usaha untuk penyelenggaraan untuk BBG. Kalau ekonomis jalan saja, kalau tidak ekonomis dikembalikan ke pemerintah,” imbuhnya. Seperti diketahui, pembatasan BBM akan mulai dilakukan April mendatang. Adapun caranya adalah konversi BBM ke BBG serta aturan konsumsi premium. Terkait dengan hal itu, dia mengaku jika kajian BBM tersebut rampung hari ini. Di mana yang mengkaji berasal dari Universitas Indonesia (UI) dan Institut technologi Bandung (ITB). “Jadi yang pertama, dilihat terbaik untuk gas, apa saja yang harus disiapkan. Kedua, kalau toh dilakukaan pembatasan, pembatasan seperti apa. Itu juga sedang dikaji. Ketiga, pengurangan subsidi berapa dan seperti apa ujarnya,” tandasnya.(okez)

Kondisi Iran takkan pengaruhi stok minyak Indonesia PEMERINTAH memastikan penghentian penjualan minyak mentah oleh Iran tidak akan mempengaruhi stok minyak mentah di Indonesia. “Kita tidak melakukan impor crude ataupun Bahan Bakar Minyak (BBM) dari Iran,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Legowo, seusai konferensi pers di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (20/ 2). Dia menjelaskan, walaupun harga minyak mentah tinggi, tetapi harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) juga menguat dikisaran USD111-USD114 per barel. Sehingga Indonesia, tidak terlalu bergantung dengan kondisi Iran tersebut. Seperti diketahui, Iran mengumumkan rencana penghentian sementara penjualan minyaknya ke Prancis dan Inggris. Keputusan itu diambil sebelum larangan impor minyak Iran oleh Uni Eropa berlaku secara penuh. Keputusan Iran menghentikan ekspor minyak mentah ke Inggris dan Prancis membuat harga komoditas tersebut melonjak. Pada perdagangan di bursa komoditas, minyak mentah jenis Brent dijual diatas USD121 per barel atau tertinggi sejak delapan bulan terakhir. Meskipun dinyatakan tidak tergganggu, Kementerian ESDM sedang menghitung berapa crude dan BBM yang melewati Selat Hormuz karena beberapa crude dan BBM Indonesia melewati selat Hormuz. “Di Eropa memang banyak yang tergantung dengan Iran, namun Indonesia belum terlalu khawatir terkait selat Hormuz, kita tidak terganggu Iran,” tandasnya.(okez)

Uang pensiunan TNI/Polri naik Kini minimal Rp1,325 juta Jakarta—Perubahan penetapan pensiun pokok purnawirawan anggota TNI dan Polri, yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melalui Peraturan Pemerintah Nomor 19 dan 20 tahun 2012, telah menaikkan pensiun pokok minimal anggota TNI/Polri. Kini mulai 1 Januari 2012 dengan PP baru itu maka pensiunan TNI/Polri minimal memperoleh pensiunan pokok Rp1.325.000 (sebelumnya Rp1.230.000). Angka itu belum termasuk tunjangan keluarga dan tunjangan pangan. Menurut situs Sekretariat Kabinet RI, disebutkan dalam lampiran PP No. 19 Tahun 2012 disebutkan untuk pensiunan pokok pensiunan Golongan I/ Tamtama terendah adalah Rp1.325.000, tertinggi Rp1.774.200. Pensiun pokok tertinggi untuk Golongan II/Bintara

Rp2.410.100 (sebelumnya Rp 2.156.700), Golongan III/ Pama Rp2.852.400 (sebelumnya Rp 2.539.500), Golongan IV/Pamen Rp3.128.300 (sebelumnya Rp2.785.100), dan Golongan V/Pati Rp3.538.200 (sebelumnya Rp3.150.000). Adapun pensiun pokok tertinggi anggota TNI penderita cacat saat bertugas: untuk Tamtama Rp2.365.600, Bintara dari Rp1.693.700Rp3.213.400, Pama dari Rp2.198.400-Rp3.803.100, Pamen dari Rp2.411.100Rp4.171.000, dan Pati dari Rp2.644.400-Rp4.717.500. Untuk pensiun pokok warakawuri/duda, tunjangan anak yatim/piatu, dan tunjangan orang tua sesuai PP No. 19 Tahun 2012 ditetapkan sebesar Rp993.800 (tamtama), Bintara tertinggi Rp1.124.700, Pama tertinggi Rp1.331.100, Pamen tertinggi Rp1.459.900, Pati tertinggi Rp1.651.200.

KENAIKAN uang pensiun itu belum termasuk tunjangan keluarga dan tunjangan pangan.(foto:ist)

Sedangkan tunjangan pokok untuk warakawuri/ duda anggota TNI yang meninggal dalam dinas untuk golongan Tamtama

tertinggi Rp1.182.800, Bintara Rp1.606.700, Pama dari Rp1.099.200 Rp1.901.600, Pamen Rp1.205.600 - Rp2.085.500,

dan Pati Rp1.322. 200 Rp2.358.800. Untuk pensiun pokok anggota Polri yang termuat dalam lampiran PP No. 20

Tahun 2012 nilai nominalnya sama untuk golongan/ pangkat atau kategori yang sama dengan anggota TNI.(vinc)

Pemerintah siap tanggung pajak penghasilan Pertamina EP temukan Jakarta—Direktorat Jendral Pajak menyatakan bahwa pemerintah menyiapkan skenario menanggung pajak penghasilan (PPh) karyawan pada tingkat tertentu. Rencana ini muncul seiring koreksi angka pertumbuhan ekonomi. Hal ini dimaksudkan agar daya beli masyarakat tidak terganggu dan pertumbuhan ekonomi tetap terjaga. Selain itu, pajak yang ditanggung pemerintah akan membuat penghasilan dari masyarakat bertambah sehingga peran konsumsi rumah tangga tetap terpelihara. Direktur Potensi Penerimaan dan Kebijakan Perpajakan Dirjen Pajak Kementerian Keuangan, Amri Zaman, mengatakan pemerintah berencana menaikkan batas

penghasilan tidak kena pajak (PTKP). Namun, semua rencana itu akan dibicarakan dulu dengan Komisi XI dan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat saat pembahasan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2012. “Mungkin seperti 2008. Untuk karyawan sampai penghasilan tertentu, nanti pajaknya ditanggung pemerintah,” ujarnya saat ditemui di kompleks Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/2).

Amri melanjutkan, rencana PTKP akan dinaikkan juga untuk menjaga sektor konsumsi rumah tangga. PTKP sebelumnya ditetapkan sebesar Rp15,84 juta per tahun. “Misalkan penghasilan yang dipotong pajak Rp1 juta itu dikembalikan, ditanggung pemerintah. Artinya, penghasilan yang dibawa ke rumah bertambah. Otomatis, konsumsinya bertambah dan kami harapkan pertumbuhan ekonomi terbantu,” tuturnya. Amri menjelaskan bahwa sejauh ini terdapat potensi

perlambatan ekonomi yang dapat berpengaruh pada sektor penerimaan dari pajak. Sektor pajak yang akan terkena dampak penurunan ialah pajak pertambahan nilai (PPN) dan PPh. Rencana kebijakan ini, tambahnya, disiapkan agar bisa diterapkan pada tahun ini juga. “Kalau Menteri Keuangan (Agus Martowardojo) maunya 1 Maret 2012 mulai bicara dengan DPR membahas APBN-P. Mudah-mudahan, April atau Mei selesai APBNP-nya,” ujarnya.(vinc)

HPP jangan merugikan petani Surabaya—Harga pembelian petani jangan merugikan petani. Alasannya jika pemerintah mematok Rp 8.750 per kilogram, dikhawatirkan petani yang menanam tebu makin berkurang. Seperti diungkap Ketua Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Arum Sabil di Surabaya, Senin (20/ 2) harga pembelian petani (HPP) minimal Rp9.000 per kilogram, sehingga daya tarik menanam tebu masih ada. Dalam kondisi sekarang dengan HPP Rp7.000 per kilogram, sudah 10 persen dari lahan tebu rakyat di Jatim seluas 170.000 hektar tak ditanami tebu lagi. Petani memilih komoditas lain yang lebih menjanjikan seperti padi. Ketua Umum DPP Ikatan Ahli Gula Indonesia (Ikagi) Subiyono juga mendukung HPP yang kini pada kisaran Rp7.000 menjadi Rp9.250 per kilogram. Dengan HPP Rp9.250 , kesejahteraan petani meningkat sehingga bisa menghambat pengurangan lahan untuk tanaman tebu. Subiyono mengungkapkan hal itu menanggapi usulan HPP dari Kement erian Pertanian kepada Kemente rian Perdagangan sebesar Rp8.750 per kilogram. Alasannya, industri gula di Indonesia tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan gula

nasional. Namun, mampu memberi nilai tambah bagi petani yaitu meningkatkan pendapatan petani tebu. Pada prisipnya kata Direktur Utama PTPN X itu, industri gula harus mampu meningkatkan perekonomian pedesaan. Jadi kenaikan HPP sangat penting bagi keberlangsungan pabrik gula khususnya di Jatim. Apalagi 92 persen suplai bahan baku yaitu tebu merupakan tebu milik petani atau tebu rakyat. Oleh karena itu jika petani menilai menanam tebu tidak bisa memberikan nilai tambah, maka tidak menutup kemungkinan mereka beralih ke komoditas lain yang lebih menjanjikan. Salah satu upaya men sukseskan program swasembada pangan, pemerintah memberi kemudahan bagi komoditas lain, antara lain subsidi bunga dan bantuan bibit. Sedangkan tebu fasilitas itu justri ditdak ada, ujarnya. Secara nasional, kebutuhan konsumsi gula rumah tangga sebesar 2,9 juta ton, untuk industri makanan dan minuman sebesar 2,7 juta ton. Sedangkan dari 62 pabrik gula di Indonesia, tahun 2011 hanya memproduksi sebanyak 2,4 juta ton. Jadi untuk memenuhi kebutuhan gula dalam negeri masih impor. Untuk itu dibutuhkan kebijakan yang mampu menumbuhkan gairah petani

untuk terus menanam tebu guna memenuhi kebutuhan pabrik gula. WASPADA Secara terpisah Kepala Bidang Pemasaran PTPN XI, Adig Suwandi rencana impor 240.000 ton raw sugar untuk diolah pabrik gula, mengingat empat 4 periode awal giling (2 bulan), umumnya sulit diperoleh tebu masak. Kondisi tersebut belum selesainya program penataan varietas. Komposisi varietas idealnya masak awal, tengah, dan akhir 30-40-30 persen. Kendati demikian kata dia dalam pelaksanaan impor raw sugar ha rus ada koordinasi dengan pemerintah provinsi setempat, seperti Jatim yang sangat berhati-hati menerima produk impor. “Tanpa koordinasi dengan pemprov, akan sangat sulit raw sugar dibongkar di pelabuhan, sehingga bila terjadi beda pendapat potensial persoalan baru,” ujarnya. Apalagi Jatim sebagai daerah penghasil gula dengan kontribusi 1,2 juta-1,4 juta ton, sedangkan kebutuhan sekitar 480.000550.000 ton. Ada penjelasan rasional dan dapat diterima bahwa hasil pengolahan raw sugar dan surplus gula Jatim untuk kepentingan nasional yang lebih luas.(komc)

Kedelai lebih merusak ketimbang kebun sawit Jakarta—Kalau tak ada aral melintang, di Bali, 2224 Februari, akan diselenggarakan International Conference on Oil Palm and Envoronment (ICOPE). Hajatan ini, bukan hanya dihadiri oleh pengusaha dan negara produsen serta konsumen CPO, tapi akan hadir juga para aktivis lingkungan, yang selama ini menuding perkebunan sawit sebagai perusak hutan alam.

Dalam konferensi ini, tiga menteri RI akan mengungkapkan bukti bahwa perkebunan sawit di Indonesia diselenggarakan dengan berkesinambungan, tanpa merusak lingkungan hutan. Menteri kehutanan, menteri lingkungan hidup dan menteri pertanian akan membeberkan perkebunan sawit mampu mengurangi emisi dari penggunaan biodiesel berbahan baku sawit hingga di atas 20%. Argumen ini ditujukan

untuk mematahkan tudingan EPA (Environmental Protection Agency) yang menyebutkan, biodiesel sawit hanya mampu mengurangi emisi 11 hingga 17% saja. Selain itu, para penggiat lingkungan juga akan mengingatkan dunia, bahwa sawit bukan satusatunya komoditas yang merusak hutan. Dampak yang ditimbulkan perkebunan kedelai bahkan lebih parah lagi.

cadangan gas baru Jakarta—Pertamina EP kembali menemukan cadangan gas bumi di area PAFE Pagardewa, Sumatera Selatan. Hasil uji produksi pada sumur eksplorasi Lavatera (LVT)-1 ini memproduk-sikan gas sebesar 5,7 juta standar kaki kubik gas per hari (MMSCFD) pada bukaan sumur 36/64 inchi. “Penemuan cadangan gas di sumur LVT-1 ini menambah daftar keberhasilan eksplorasi di area PAFE Pagardewa. Temuan ini telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan di tengah upaya optimalisasi produksi dan penemuan cadangan migas baru yang dilakukan perusahaan,” ujar Presiden Direktur Petamina EP Syamsu Alam di Jakarta, Senin (20/ 2). Ia menuturkan, untuk mendorong peningkatan

produksi gas, Pertamina EP merencanakan POP (Put On Production) untuk sumur Lavatera pada awal 2013. Rencana produksinya sebesar 3 MMSCFD, seperti program POP tujuh sumur yang sudah dilakukan sebelumnya di struktur Pagardewa, Tasim dan Prabumenang dengan produksi gas 17 MMSCFD dan kondensat 450 BOPD. “Produksi gas ini untuk memenuhi kebutuhan gas South Sumatra West Java (SSWJ) melalui Perjanjian Jual Beli Gas dengan PGN,” jelas dia. Struktur Lavatera terletak di Muara Enim, Sumatera Selatan, atau sekitar 3 km sebelah timur struktur Tasim atau 2,5 km sebelah Barat Laut struktur Pagardewa. Penemuan gas bumi tersebut dibuktikan melalui uji kandungan lapisan (UKL) pada sumur LVT-1, interval 820–825 m Formasi Air Benakat.(miol)

Lagi, emas Antam meroket Rp4 juta/kg Jakarta—Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp4 juta per kilogram menjadi Rp516 juta pada Senin (20/2) dibandingkan posisi akhir pekan lalu. Berdasarkan daftar harga yang dilansir logammulia.com awal pekan ini, mayoritas stok emas batangan tersedia pada Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) PT Antam. Hanya emas batangan 50 dan 1.000 gram yang tak tersedia (not available). Ketersediaan emas dapat berubah tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu. Sementara itu, harga buyback emas tercatat naik sebesar Rp3.000 ke level Rp500.000 per gram. Harga emas batangan 1 gram naik Rp4.000 menjadi Rp558.000 pada Senin (20/2) dari Rp554.000 pada Jumat (17/2); harga emas batangan 2 gram tercatat naik Rp8.000 menjadi Rp1.074.000 (Rp537.000 per gram); Harga emas batangan 2,5 gram naik Rp10.000 menjadi Rp1.332.000

(Rp532.800 per gram). Harga emas batangan 3 gram naik Rp12.000 ke Rp1.590.000 (Rp530.000 per gram). Harga emas batangan 4 gram naik Rp16.000 menjadi Rp2.106.000 (Rp526.500 per gram). Harga emas batangan 5 gram naik Rp20.000 menjadi Rp2.632.500 (Rp526.500 per gram). Harga emas batangan 10 gram naik Rp40 ribu ke Rp5.225.000 (Rp522.500 per gram). Harga emas batangan 25 gram naik Rp100 ribu ke Rp12.987.000 (Rp519.480 per gram); Harga emas batangan 50 gram naik Rp200 ribu ke Rp25.897.000 (Rp517.940 per gram); Harga emas batangan 100 gram naik Rp400 ribu ke Rp51.724.000 (Rp517.240 per gram); Harga emas batangan 250 gram naik Rp1.000.000 ke Rp129.080.000 (Rp516.320 per gram). Terakhir, harga emas batangan 1.000 gram naik Rp4 juta ke Rp516 juta (Rp516.000 per gram). Berdasarkan data CNBC pukul 11.12 WIB harga emas internasional naik US$11,70(0,68%) ke level US$1.737,60 per troy ounce.(ilnc)

Di dunia ini, luas kebun sawit hanya sekitar 14 juta hektar. Sementara perkebunan kedelai mencapai 102,7 juta hektar atau tujuh kali lipat lebih luas dari sawit. Dan asal

tahu saja, produsen kedelai terbesar di jagad ini adalah Amerika Serikat, yang menguasai 38% pangsa pasar. Baru di belakangnya menyusul Argentina kemudian Brasil.(ilnc)


SELASA 21 FEBRUARI 2012

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Demi sejahtera dan makmur

Penilaian kinerja SKPD

KENANGAN yang tersisa. Negeri yang dikabarkan puluhan tahun berdaulat di atas teritorialnya, Idemikian ia menata sistem. Tajuk ini bukan evaluasi, bukan analisa, namun, sebuah kegelisahan. Bahwa fakta-fakta yang tersaji di sini dapatlah dibantah. Mari kita mulai. Model dan pola bernegara yang dijalankan kini adalah demokrasi tafsir para elite. Jawaban hari ini singkat, bahwa sistem gagal dan tak mampu menjadi jawaban terhadap tujuan dari berdirinya negeri ini. Terbacalah sistem yang mengelak dan saling melempar kesalahan, saling tuding saling tuduh. Dalam diam sejuta perkara, perpolitikan membara dan apinya sementara membakar ketika yang akan menjadikannya nyata bila meletus dan pecah berantakan manakala waktunya sudah matang. Lihatlah, elite berada di bilik paling sakral dan tak tersentuh. Kata janjinya, untuk mensejahterakan rakyat. Sampai kapan janji itu mengeram sebagai sosialisasi tanpa wujud? Jangan tanya amanat melindungi segenap bangsa, jangan tanya damai yang hanya megah dalam statement politis. Atas nama fungsi-fungsi, alat negara itu menjadi sangat kuat, keras, dan deterministik. Berapa banyak korban menjadi gratis dan tak tersentuh hukum agar sistem aman mengemban syahwat damai maya, tawar-menawar damai dalam tanda kutip sudah dituhankan sebuah propaganda manipulatif. Argumentasi ini memang lancang. Kutipan yang dengan bosan anda membacanya. Sejarah negeri ini berada diujung todongan bedil saudara sendiri. Tapi sejarah selalu adil memberikan kesempatan untuk membuktikan kebenaran. Fungsi-fungsi yang hanya ‘meremas keringat orang lain’ dan membodohi rakyat, berguguran seiring deras informasi yang tak mampu lagi dibendung. Bedil dikembalikan pada fungsi utamanya. Meninggalkan area politik yang biasanya diamankan dan kembali ke barak. Sebaliknya, lahan yang ditinggalkannya malah menjadi killing field baru bagi politisi sipil. Tergiur kekuasaan tentu membuat para politisi rakus berjibaku untuk kekuasaan. Pengulangan yang sama pun terjadi. Fungsi sebagai wakil rakyat dirasalah belum cukup. Harus ada fungsi ganda agar bisa mempertahankan kekuasaan. Maka jadilah, jabatan rangkap itu sebagai hal yang lumrah dan dianggap wajar. Sebagai wakil rakyat merangkap wakil partai. Bagaimana dengan politisi kita. Ingin kembali kepada fungsinya sebagai wakil rakyat, atau malah menjadi multifungsi untuk kepentingan-kepentingan tertentu yang jelas-jelas akan mengabaikan fungsinya sebagai wakil rakyat. Sebelum tawa menjadi tangis, ingatlah, dan coba dipikirkan lagi, bahwa, sampai detik ini kedaulatan rakyat itu masih saja dikangkangi. Sebagai sebuah negara, Sistem berbangsa dan bernegara dengan tatanan sosial, ekonomi, politik yang dibangun atas dasar semangat untuk mengisi ruang merdeka, membangun, namun, menyingkirkan rakyat dari hakekat mereka sebagai warga yang harusnya dilindungi. Katanya elite, “Kami mengemban amanat pendahulu republik ini, dan semua peran untuk mencapai tujuan mulia, yakni demi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat seperti yang dicita-citakan oleh para the founding fathers. Benarkah seperti itu? Datang di tataran rakyat dan buktikan sendiri. Sistem sudah mulai dengan sistem kesatuan, lalu sistem federasi, gabungan keduanya, kembali ke sistem kesatuan dan ‘pemantapan’ kesatuan berisi syahwat menguasai menghasilkan kehancuran sosial. Aset bangsa yang begitu kaya dan beragam dihancurkan dalam tempo yang singkat. Nasionalis salah arah dan pembangunanisme menjadi dewa yang dipuja setiap ada waktu dan kini menjadi satu alasan kuat bagi pemerintah daerah untuk menggenjot pendapatan asli daerah tanpa berpikir untuk melanggengkan sumberdaya alam dan memperkuat sumberdaya manusia yang ada di basis implementasi program. Lihatlah deras bencana demokrasi dan eophoria otonomi yang merasuk elite di daerah kita sendiri. Sesumbar kepedulian di atas sebuah kertas kebijakan. Banyaknya persoalan yang datang berbanding lurus dengan banyaknya pencanangan yang dilakukan oleh pemerintah kita dalam mengumbar kepedulian. Seperti yang sudah kita mimpikan di masa lalu, high mass consumption, kian menari-nari di pelupuk, memainkan peran masa. Fakta tak lagi faktual, obrolan layar kaca yang mengutuk mereka yang dianggap sebagai pengacaupengacau negeri. Obrolan pun fungsinya macammacam, boleh jadi obrolan sekedar jadi issue yang boleh membantai kebenaran dan keadilan. Sistem kepergok peran bodohnya, dapat dipastikan bahwa, jika tidak ada usaha dan kerja lebih banyak untuk keluar dari persoalan ketertinggalan dan kebodohan ini, maka, bukan mustahil negara ini hanya akan menjadi pengemis di belantara global. Ujung dari sesuatu yang tak berujung. Seperti yang sudah sering kita ucap, bahwa, pembangunan dalam arti yang sesungguhnya seharusnya melibatkan sebagian besar masyarakat untuk membuka tirai kemelaratan yang selama ini mengungkung kehidupan. Kebijakan yang dihasilkan oleh penyelenggara pemerintahan diharapkan boleh menyentuh inti persoalan menuju negeri yang berdaya dalam semua sektor kehidupan. Inilah kepedulian itu, bahwa sistem tidak tuli dengan suara-suara dari rakyat yang merindu negeri ini damai dan langgeng, supaya tujuan, sejahtera dan makmur itu tak hanya ada di mimpi. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Partai Nasionalis Mencari Ideologi (2/selesai) Oleh Retor AW Kaligis Koordinator Link (Lingkaran Komunikasi) Nusantara

Lalu partai nasionalis sering mencari figur karismatis untuk menyatukan pengikutnya. Pendukungnya yang memiliki beragam identitas primordial dan kelas sosial menemukan wadah kulturalnya, yakni budaya feodal yang masih berakar kuat. Pada era 1950an, PNI mendistorsi informasi dengan menyebut Soekarno sebagai pemimpin PNI, padahal itu terjadi pada era 1920-an. Kecuali Partai Golkar yang berhasil membangun jaringan melalui represi Orde Baru, belum ada partai nasionalis menjadi besar tanpa figur sentral-karismatis, hal yang tidak dilakukan PKI (komunis) serta Masyumi dan PKS (Islam). Fenomena ini juga terjadi di India, bekas jajahan yang

masyarakatnya juga majemuk. Sama seperti PNI dan PDI Perjuangan yang mengandalkan Soekarno dan keturunannya, sepeninggal Nehru, partai nasionalis the Indian National Congress (INC) terus mengandalkan keluarganya, dari anaknya (Indira Gandhi), cucunya (Rajiv Gandhi), hingga istri mendiang Rajiv, Sonia Gandhi. Pada akhir 1960-an sejumlah pemimpin INC yang kecewa terhadap kepemimpinan Indira Gandhi membentuk the Indian National Congress (Organisation) atau INC (O). INC kembali terpecah pada 1999 dengan terbentuknya the Nationalist Congress Party (NCP) sebagai penolakan terhadap Sonia yang bukan asli

India. Penonjolan figur karismatis berdampak pada lemahnya manajemen konflik, tersumbatnya ruang-ruang kritis, dan ketidakjelasan ukuran punishment-reward. Dari segi eksternal, hal itu bisa mengakibatkan dukungan kualitatif dari rakyat tidak terbaca karena tersembunyi di balik data kuantitatif hasil pemilu. Artinya, rakyat belum tentu disadarkan akan pilihan politik yang terbaik baginya. Jadi bukan hanya organisasi yang tidak sehat, tetapi juga pada kapasitas ideologi untuk selalu berpihak pada rakyat. ORIENTASI IDEOLOGIS Perpecahan partai nasionalis tidak harus dipandang negatif jika mereka dapat bersaing secara sehat melalui perbaikan kinerja organisasinya. Seperti di India, INC dan

The Janata Party (kemudian berganti nama menjadi the Bharatiya Janata Party atau BJP) secara bergantian memenangi pemilu. INC kalah pada Pemilu 1977 setelah rakyat kecewa terhadap pemerintahan Indira Gandhi yang otoriter. Namun, pemerintahan The Janata Party hanya bertahan dua tahun karena dianggap korup dan Indira kembali menjadi perdana menteri. Terakhir INC menang pada 2004 melalui isu populisme versus kebijakan pasar bebas dari pemerintahan BJP. Jika ditelusuri, The Janata Party atau BJP didirikan oleh pecahan INC sendiri, yakni INC (O). Yang terpenting, partai nasionalis harus me-nemukan orientasi ideologis dengan mempertimbangkan kekuatan ekonomi, politik, dan sosial budaya di masya-rakat, sehingga menjangkau–

meminjam istilah Antonio Gramci (1971)—kaum subaltern, yakni kelompokkelompok yang tersumbat aksesnya dalam hegemoni kekuasaan, seperti petani, buruh, kaum miskin kota, dan masyarakat adat. Pada era liberalisasi ekonomi, misalnya, partai nasionalis harus memperjuangkan peningkatan daya saing petani, bukan sekadar menolak beras impor. Nasionalisme tidak dapat menjadi bagian dalam diri kaum subaltern jika sejarahnya berpihak pada kelompok dominan. Hal itu tentu memerlukan penemuan pola kepemimpinan dan pengorganisasian yang lebih demokratis, aspiratif, transparan, dan akuntabel sehingga ruangruang organisasi lebih terbuka untuk memaknai ideologi nasionalisme dalam dinamika bangsa dan zaman.(*)

Ukur kinerja eksekutif (2/selesai) Oleh: David Ratumbuisang

Dalam mengukur kinerja, Balanced Scrore Card dikelompokkan dalam aspek-aspek yang tertuang pada 10 prinsip good governance, yaitu: Pertama, Akuntabilitas. Berdasarkan Impres No. 7 tahun 1997 tentang akuntabilitas kinerja pemerintah, maka akuntabilitas merupakan wujud pertanggungjawaban gubernur atau kepala daerah kepada DPRD atau pemerintah pusat sebagai penerima wewenang desentralisasi.

Kedua, Pengawasan, khususnya pengawasan di bidang fungsional oleh Badan Pengawas Daerah. Ketiga, Daya tanggap. Hal ini terkait dengan ketidakpekaan para penyelenggara pemerintah terhadap beragam aspirasi dan persoalan masyarakat . Keempat, profesionalisme. Hal ini terkait dengan kemampuan penyelenggara pemerintahan untuk memberikan pelayanan yang terbaik, mudah, cepat, murah dan memberi-

kan kepuasan kepada masyarakat. Kelima, Efisiensi dan Efektivitas. Dalam aspek pemberdayaan sumber daya manusia dan aset daerah, lembaga-lembaga pemerintah daerah terlihat belumt tertata secara efektif dan efisien. Keenam, Transparansi. Aspek ini belum sepenuhnya dibangun oleh pemerintah atas dasar arus informasi terutama menyangkut terpenuhinya hak publik untuk mengetahui. Ketujuh, Kesetaraan. Hal ini bukan hanya menyangkut kesempatan memperoleh dan meningkatkan kesejahteraan, namun

diberikannya juga peluang yang sama dalam melakukan berbagai aktivitas sosial. Kedelapan, wawasan ke depan. Hal ini terkait visi dan misi pembangunan kedepan oleh penyelenggara pemerintahan. Kesembilan, Partisipasi. Hal ini dibangun berdasarkan kebebasan bersosialisasi, berbicara dan berpartisipasi secara konstruktif yang kesemuanya mengarah pada terpenuhinya hak publik untuk mengetahui. Dan, kesepuluh yaitu penegakan hukum. Hal ini mengacu kepada kerangka keadilan dan hak asasi manusia.

Pengukuran kinerja di atas adalah salah satu upaya informasi obyektif dalam menimbang kinerja gubernur atau kepala daerah dengan melihat indikator kinerja yang tertuang pada 10 prinsip good governance di atas. Dengan melihat dua ukuran mendasar itu, kini masing-masing dari kita setidaknya telah memiliki catatan tersendiri mengenai hasil kinerja dan dan implementasi good governance sekaligus untuk memantau kemajuan yang telah diperoleh gubernur atau kepala daerah yang sedang menjabat.(*)

Energi, soal yang carut-marut (4/selesai) Oleh Dera Liar Alam Bung Karno menugaskan Chairul Saleh supaya mengizinkannya hanya sangat terbatas. Putrinya, Megawati, bertanya kepada ayahnya, mengapa begitu? Jawaban Bung Karno kepada putrinya yang baru berumur 16 tahun, “Nanti kita kerjakan sendiri semuanya kalau kita sudah cukup mempunyai insinyur-

insinyur sendiri.” Kita terus mengumumkan bimbang, negara kaya. Seperti kata-kata dari surga yang mana, enegri dan segala teori kemakuran berbenturan dengan kenyataan bahwa semua sudah tergadai, dan kita tetap melarat, terusir, serta cuma punya dengkul berotak untuk menyembah ‘penguasa dunia’ yang

sudah meratatanahkan segala keterampilan adat. Kita tak mungkin membalik realita untuk kembali ke orde yang sudah berlalu itu. Namun, di masa sekarang, kita tentu layak memikirkan alternatif energi yang mampu dijangkau rakyat. Salah satu yang dapat kita buat di daerah kita yaitu bagaimana menggantikan ‘listrik yang tidak bersahabat’. Karena kebutuhan energi menjadi penting, dan manusia tak sekedar

sejahtera ketika telah terpenuhi kebutuhan dasarnya yang berupa kecukupan mutu pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan, dan kebutuhan dasar lainnya seperti lingkungan yang bersih, aman dan nyaman. Masih ada saja kebutuhan yang menyusul ketika suatu kebutuhan terpenuhi, dan untuk itulah kiat berhemat memang sudah semestinya terus dikumandangkan, caranya yaitu pembatasan kontrak

dengan asing yang hanya memanjangkan tali kemelaratan di negara ini dan di muka bumi. Dan — mungkin — memang sudah saatnya dan sudah sepantasnya perlu ada implementasi kebijakan yang revolusioner ke arah inovasi energi nonmigas. Ketakutan dunia selama ini yang berhembus hanya karena ada negara yang ingin menguasai energi secara monopoli, dengan demikian ia “merasa layak” murka bila ada saingannya.(*)

HAMPIR selesai bulan kedua pada tahun kerja 2012, di sini saya hanya ingin mengulang beberapa hal yang saya pikir penting untuk kita rekomendasikan bagi pemerintah daerah kita prihal anggaran belanja. Ini penting karena menyangkut apa yang dikerjakan sesuai dengan peran pembangunan bagi semua rakyat di daerah. Alokasi anggaran untuk Satuan Kerja Perangkat Daerah, yang terkait dengan sektor prime mover perlu diperhatikan dan diarahkan pada programprogram produktif dan pengembangan serta pemeliharaan sarana dan prasarana penunjang. Perlu diterapkan kriteria penilaian kinerja pada setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah, di mana pencapaian pendapatan asli daerah tidak harus menjadi kriteria utama untuk semua Satuan Kerja Perangkat Daerah, melainkan disesuaikan dengan fungsi masingmasing Satuan Kerja Perangkat Daerah. Hasil penilaian perlu dijadikan dasar untuk sistem punishment dan reward dalam rangka meningkatkan produktivitas aparat dan outcome kegiatan. Evaluasi atas kinerja pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah perlu dilakukan setiap enam bulan sekali sehingga tindakan perbaikan, peringatan, dan pencopotan dapat dilakukan lebih efektif untuk mendukung kinerja dan pelayanan Satuan Kerja Perangkat Daerah dan meningkatkan keseriusan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah dalam melakukan tanggungjawab mereka. Pembatasan perjalanan dinas yang tidak perlu bagi seluruh jajaran aparat sehingga anggarannya bisa diarahkan pada kegiatan produktif. Perlunya monitor dan penentuan jadwal terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah yang bertanggung jawab terhadap upaya penghapusan hambatan investasi dan upaya mereka dijadikan kriteria upaya penilaian kinerja. Dalam pembuatan program kegiatan, para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah sebaiknya diharuskan membuat rencana yang rinci termasuk penentuan titik-titik kegagalan yang mungkin terjadi sehingga dapat dilakukan tindakan antisipasi apabila kegagalan ternyata terjadi. Di samping itu, monitor yang serius perlu dilakukan untuk melihat kemajuan kerja tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah dan pimpinannya. Pemerintah juga harus mengurangi acara seremonial yang tidak perlu. Meski memang masih ada beberapa hal lagi yang saya pikir penting untuk disampaikan, namun saya batasi di sini dulu, nanti disambung pada kesempatan yang lain. Semoga bermanfaat dan terima kasih! Nama dan alamat Ada pada redaksi

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR/PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. MANAGER UMUM/WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Michael Towoliu. REDAKTUR PELAKSANA: Ronald Rompas. KOORDINATOR LIPUTAN: Donny Wungow. KOORDINATOR BIDANG: Glenly Bagawie. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Daniel Kaligis, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Verdynan Manoppo. BIROBIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Junaidi Amra (KOTAMOBAGU-BOLSEL-BOLTIM-BOLMONG-BOLMUT). KONTRIBUTOR: Heintje Mandagi (JAKARTA), Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fajrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. TRAFFIC ADVERTISING: Aldo Larioh. SPECIAL AGENT: Debby Ch Lende. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Steven Moron, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. KOLEKTOR IKLAN: Brami Mogea. DESAIN GRAFIS: Raditha Yunika. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. ATDISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey. (Manado), Ivent Mamentiwalo (Bolmong Raya, Sitaro, Sangihe). PACKING: Samiun Hulantu. TIM PENGEMBANGAN: Juan Saraun. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 6000/mm kolom (BW), Rp.12000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


SELASA 21 FEBRUARI 2012

HOT NEWS

Angel Karamoy, ke salon untuk jaga keharmonisan

Akibat belahan dada ”Ala Chef ” dievaluasi HEIDI KLUM

Bersikeras cerai URUSAN kecantikan rupanya mempunyai peran penting dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Menyadari kebutuhan itu, Angel Karamoy pun rajin merawat kecantikan demi kehangatannya dengan pasangan selalu berpendar.Hal itulah yang dilakukan Angel Karamoy agar hubungan pernikahannya dengan Steve Rumangkang yang dibina sejak 2008 lalu kian harmonis. Diakui wanita asal Manado tersebut, bertandang ke salon menjadi rutinitas yang senantiasa dilakukannya. “Biasanya aku treatment dua minggu sekali. Kalau kuku sudah panjang, pasti aku ke salon,” ungkapnya ketika ditemui okezone di Plaza Duta Merlin, Gajah Mada, Jakarta Pusat baru-baru ini. Wanita yang rajin memasak ini pun melanjutkan, kesehatan badan dan kebersihan tubuh menjadi bagian penting baginya. Pasalnya, semua itu berkaitan erat dengan kemesraan hubungan bersama pasangan. “Keharmonisan hubunganku dengan suami itu penting juga dilihat dari menjaga kesehatan dan kebersihan badan,” lanjutnya. Meski hubungan bersama suami masih dikatakan baru, namun ia menerangkan bahwa rasa kepercayaan dan kasih sayang yang tulus menjadi kunci menjalani keberlangsungan rumah tangganya selama ini. “Intinya ketulusan dan tidak mau melakukan halhal yang menyakiti pasangan. Yang paling penting, keluargaku dekat dengan Tuhan,” tutupnya.(okz)

Citra rajin beribadah untuk hindari narkoba

SUPERMODEL Heidi Klum telah mengajukan gugatan cerai dari suami yang telah dinikahinya selama tujuh tahun, Seal. Supermodel inipun keukeuh mengakhiri pernikahannya. Salah satu sumber mengungkapkan kepada People, bahwa baik Klum dan Seal tidak menghabiskan banyak waktu bersama sebelum pergi ke Australia. “Mereka tidak banyak berkomunikasi, dan Heidi ingin tetap seperti ini. Dia merasa kurang stres sekarang dan merasa lebih baik berada jauh dari Seal, sehingga dia tidak bingung tentang perasaannya. Dia mantap dengan perceraiannya,” jelas sumber yang dikutip dari Aceshowbiz, Senin (20/2). Lebih lanjut, sumber mengatakan, bahwa keduanya sempat berpikir untuk rujuk, dan memertahankan kembali pernikahannya. “Mereka berdua tetap mengenakan cincin kawin, dan telah saling berpikir bisa menyelesaikannya (rujuk). Tapi tidak terlihat akan seperti itu,” ungkap sumber. Digugat cerai Heidi Klum, tidak membuat penyanyi 49 tahun ini mau melepaskan cincin kawinnya. Buktinya, saat berada di salah satu studio radio di Los Angeles,

Seal masih memakai cincin tersebut di jari manisnya. Namun pada 19 Februari kemarin, Seal yang tengah berolahraga tak lagi memakai cincin di jarinya. “Sejak perpisahan itu diumumkan, Heidi telah berkemas dan mencari rumah di Brentwood dan kembali ke New York. Dia percaya gaya hidupnya dan masalah kriminalitas tidak memberikan ‘lingkungan yang kondusif’ untuk anakanak mereka,” jelas sumber kepada majalah Star.(okz)

ADANYA himbauan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) terhadap tayangan Ala Chef yang tayang Minggu, 5 Februari 2012, pihak Trans TV berjanji akan melakukan evaluasi terhadap program tersebut. Imbauan tertulis bernomor 81/K/KPI/02/12 yang dikeluarkan 14 Februari 2012, merupakan buntut dari tayangan yang mempertontonkan belahan dada chef cantik, Farah Quinn sepanjang acara berlangsung. “Trans TV menerima dan mengapresiasi himbauan yang disampaikan oleh KPI, kami sudah melakukan review dan evaluasi atas tayangan tersebut,” ujar Hadiansyah Lubis, selaku Humas Trans TV saat dihubungi, Senin (20/2). Tayangan tersebut, dinilai oleh KPI, kalau kostum yang dikenakan Farah Quinn yang menjadi host acara dianggap terlalu vulgar. Walaupun pihak Trans TV menilai hal tersebut sudah pada tempatnya. Pihak Farah Quinn sendiri menyambut positif teguran tersebut. “Pada saat syuting kan lokasinya di pantai dan memang kostumnya disesuaikan dengan lokasi. Info ini sudah sampai juga ke Farah Quinn. Dan yang bersangkutan merespon secara positif himbauan tersebut,” ungkapnya.(kpl)

Farah Quinn

VICTORIA BECKHAM CITRA idol, atau Citra Skolastika, menganggap wajar jika artis yang terlibat dengan kasus penggunaan narkoba mendapat hukuman. Itu merupakan risiko yang harus diterima. “Kalau menurut Citra sih itu kehidupan mereka. Mereka memiliki pilihan untuk bagaimana menjalani hidup, entah itu keliru atau benar, mereka yang menjalani dan mereka pun tahu akan ada konsekuensi dari perbuatan mereka,” ujar Citra saat ditemui di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (20/2). Citra tak memungkiri, dunia entertainment memang kerap dekat dengan yang namanya narkoba. Bahkan pelantun Everybody Knew itu mengaku mempunyai teman yang memiliki kehidupan yang kurang baik. Namun dirinya tidak pernah membatasi, justru dia dapat memetik pelajaran dari kehidupan temantemannya. Sebenarnya, kata Citra, narkoba itu bisa dihindari asalkan setiap individunya dekat dengan Tuhan. Seperti dirinya yang selalu diajarkan tentang ilmu agama. “Dari awalnya harus punya iman yang kuat, harus rajin beribadah, lebih ngedekati diri sama Tuhan. Dari kecil Citra dididik secara Kristiani, ada satu aturan-aturan bagaimana di hadapan Tuhan, orangtua dan sesama untuk bersikap yang baik. Citra belajar untuk merealisasikannya di kehidupan. Tapi tak menutup kemungkinan Citra sering ketemu orang-orang yang salah. Tapi tergantung dari diri sendiri apa mau mengikuti mereka atau tidak,” saran finalis Indonesian Idol itu.(okz)

Ayu Ting Ting tolak tawaran presenter?

Senang hamil dan punya anak besarkan putra-putrinya. “Aku merasa beruntung punya anak-anak seperti mereka dan sepertinya aku memang senang hamil. Tapi aku belum mau punya anak lagi. Aku ingin menikmati waktu-waktu bersama anak-anakku sekarang,” ujar Victoria dilansir Female First, Senin (20/ 2).(dth)

PASANGAN selebriti Victoria dan David Beckham saat ini sudah dikaruniai 4 buah hati. Sang istri Victoria pun mengaku dirinya memang senang hamil dan punya anak. Meski demikian, ibu dari Brooklyn, Romeo, Cruz, dan Harper itu belum mau punya anak lagi dalam waktu dekat. Saat ini ia masih menikmati mem-

NICOLE SCHERZINGER

Kembali jalin asmara dengan Hamilton? KABAR anyar datang dari model cantik Nicole Sher-zinger. Dirinya dikabarkan kembali menjalin asmara dengan pembalap F1 Lewis Hamilton. Mereka tertangkap kamera menghabiskan waktu bersama. Lewis menikmati waktu bersama kekasihnya, Nicole Sherzinger saat menginap di hotel bintang lima selama dua hari di

Monako. Lewis dan mantan personel Pussycatdolls tersebut menjalin hubungan selama tiga tahun sebelum memutuskan berpisah, Oktober lalu. Mereka menggunakan jet pribadi ke riviera prancis pada kamis (16/2) setelah Nicole menyanyi di Dublin. Demikian dikutip dari The Sun, Senin (20/ 2).(okz)

ROSIE HUNTINGTON

Ingin bintangi Transformers lagi MODEL seksi Rosie Huntington, berharap kembali diajak bermain di film Transformer terbaru. Rosie memulai debutnya di layar lebar dari film Transformer 3. Saat itu, kekasih aktor laga Jason Statham itu menggantikan posisi bintang seksi lainnya, Megan Fox. Dan Rosie sepertinya sangat menikmati perannya di film yang meraih box office tersebut. “Saya akan senang berada di sana lagi. Tapi itu adalah pertanyaan untuk Michael Bay (sutradara Transformer),” akunya seperti dikutip Showbizspy. “Ia telah membuka begitu banyak pintu bagi saya dan saya sangat bersemangat untuk masa depan saya, semua usaha masa depan dan karir saya,” lanjut Rossie.

“Dan aku benar-benar akan senang berada di film itu. Saya tidak akan tahu apa yang diharapkan sekalipun. Mungkin dibutuhkan kejutan lagi,” katanya.(ini)

SEKSOLOGI

Ukuran vital menjadi perhatian pria melihat wanita AYU Ting Ting yang belajar jadi presenter dari Olga Syahputra mengaku tak percaya diri menjadi presenter. Memilih nyanyi, Ayu selalu menolak tawaran presenter off-air. “Saya belajar dari Kak Olga paling. Aku sering liat dia, minta masukan sama dia,” ujar Ayu usai mengisi Dahsyat RCTI di Studio RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (20/2). Ayu banyak menerima masukan dari Olga. Maklum, meski sebelumnya pernah menjadi pemandu acara kuis malam hari, pelantun lagu ‘Alamat Palsu’ ini masih sering bingung saat tampil menjadi presenter Dahsyat. “Pernah lah bingung, teman yang diajak ngehost saja nggak tahu ngomong apa-apa, bingung juga,” paparnya Ayu lantas tetap menolak saat mendapat tawaran presenter off-air. “Mendingan terima job nyanyi saja, kalau pas acara nikahan dan off air,” paparnya.(ini)

TIDAK hanya wanita yang teliti dalam memerhatikan pria, ternyata pria pun melakukan hal yang sama. Seringkali wanita penasaran, apa sih yang ada dipikiran pria saat pertama kali melihat wanita? Pria tidak menyangkal bahwa mereka melihat fitur penampilan dari seorang wanita yang mereka sukai. Apa yang menarik pAndangan pria pada wanita tidak tertulis pada pakaian atau make up, mereka melihat lebih dari itu, dikutip dari Boldsky, Sabtu (18/2/2012). Jadi, jika Anda ingin mendapatkan perhatian maka Anda harus bermain dengan aturan mereka.

1. Nomor Vital: 36 .. 24 .. 36 ... Apakah itu angkaangka penting Anda, dalam arti pengukuran? Maka Anda sudah mengantongi apa yang pria lihat. Tidak dipungkiri bahwa pria tanpa perlu mengatakannya dia memikirkan tentang ukuran wanita di dalam pikirannya. 2. Rambut Anda. Rambut di kepala Anda adalah kartu truf yang sangat besar untuk mendapatkan perhatikan pria, tapi tidak pada rambut di tubuh Anda. Pria suka wanita dengan rambut panjang, hal ini diyakini bahwa pria menyukai wanita dengan

rambut panjang, karena tAnda feminitas. 3. Pandangan Mata yang Dalam. Pria menyukai wanita dengan pandangan mata misterius karena merupakan tantangan bagi mereka untuk membuka misteri itu. Jika mata Anda dangkal maka Anda terlalu mudah baginya. 4. The Scent Of A Woman: Telah terbukti secara ilmiah bahwa ketika wanita tertarik pada seorang pria, mereka memancarkan aroma yang dapat dikenali oleh pria tersebut secara tidak sadar. Aroma parfum yang Anda pancarkan padanya telah dapat menarik perhatiannya.

5. Berpakaian untuk menarik perhatiannya: Bagaimana Anda berpakaian menjelaskan banyak mengenai Anda. Ini memberitahukan mereka

dari mana Anda berada, kota metro atau kota kecil atau mungkin apa profesi Anda. 6. Tinggi badan atau Heels: Pria menyukai

wanita yang mengenakan heels tetapi jika itu membuat Anda lebih tinggi dari si pria maka itu akan menjadi boomerang bagi si pria!(okz)


SELASA 21 FEBRUARI 2012

Thomas-Uber Indonesia jangan lengah

BASKET

Jeremy Lin terus mempesona PENAMPILAN mempesona terus diperlihatkan pebasket muda Jeremy Lin. Lin kembai berhasil membawa New York Knicks melibas Dallas Mavericks 104-97 di Madison Square Garden, Senin pagi WIB. Lin memimpin perolehan angka Knicks dalam pertandingan ini dengan mengoleksi 28 poin dan 14 assists. Pemain cadangan J.R Smith mencatat 15 poin, sedangkan pemain cadangan Steve Novak membuat 14 poin.“Ini terlihat semakin berat untuk sementara ini. Lin menembak semakin baik dan membuat permainan semakin besar. Hal yang tidak bisa anda ajarkan adalah yang ada di hatinya. Anda tidak bisa mengajarkan hal itu,” puji pelatih Knicks, Mike D’Antoni. Pelatih Mavericks, Rick Carlisle juga menjadi fans buat pebasket 23 tahun itu. “Dia bermain sangat luar biasa. Anda harus memberikan pujian kepadanya, Lin bermain sangat hebat,” lanjut Carlisle dikutip dari Reuters, Senin (20/2). Dirk Nowitzki kembali menjadi pencetak angka terbanyak Mavs. Bintang basket asal Jerman tersebut menghasilkan 34 poin dan lima rebounds. Shawn Marrion mencatat 14 poin dan tujuh rebounds, sedangkan Jason Terry menambah lewat 13 poin. Dominasi Knicks atas Mavs sudah terlihat sejak kuarter pertama. Lewat penampilan gemilang Smith, skuad besutan D’Antoni ini langsung memimpin dengan skor 30-18. Namun, Mavs sempat bangkit pada kuarter kedua. Nowitzki membantu Mavs mengejar perolehan poin dan menyamakan skor menjadi 34-34. Tapi pada kuarter keempat, Mavs tidak mampu menghentikan penampilan gemilang Novak. Knicks terus menjauh sebelum memenangkan pertandingan.(okez)

Barca ... dari Halaman 16 “Kami bermain buruk. Ini adalah kekalahan yang menyakitkan karena kami sangat inferior. Paad pertandingan lain, kami bisa bermain bagus, tapi hari ini lawan sangat luar biasa,” kata Emery kepada AS. “Ini bukan masalah pembantaian atau bukan, tapi karena kami sangat jauh dari Barca yang tampil superior. Mereka tak pernah mengampuni kami,” “Kita melihat versi terbaik dari Barcelona, dan kita melihat versi terburuk dari Valencia.,” kata Emery. Valencia kini harus fokus ke pertandingan berikutnya saat menghadapi Stoke City pada leg kedua Liga Europa hari Kamis mendatang sebelum menghadapi Sevilla di La Liga pada pekan berikutnya.(blnt)

SETELAH berhasil memenuhi target yaitu lolos ke putaran final Thomas dan Uber Cup. Akhirnya Tim Thomas dan Uber Indonesia pulang ke tanah air yang rencananya hari akan berangkat. Tim Thomas lebih dulu memastikan merebut satu tiket ke putaran final, setelah mengalahkan tim

Thomas Korea Selatan di perempat final dengan skor 3-2. Sementara para srikandi, meski susah payah dan beberapa kali mengalami kekalahan, akhirnya mereka berhasil merebut satu tiket final setelah berebut dengan negara dari zona Eropa, yaitu Belanda dan Rusia. Namun berdasarkan perhitungan, rangking, tim

uber Indonesia ternyata berada jauh di atas kedua negara Eropa tersebut. Wakil manajer Tim Indonesia, Yacob Rusdianto berharap kepada timnya untuk tetap fokus menghadapi putaran final nanti. Sebab hasil di Makau bukanlah menjadi patokan bahwa Indonesia bisa berbuat banyak di China

nanti. “Meski sudah lolos, kami tidak ingin lengah. Sekembalinya ke Jakarta kami akan mempersiapkan diri kembali untuk memperbaiki beberapa kekurangan kami, salah satunya daya tahan fisik,” ungkap Yacob, seperti dilansir situs PBSI, Senin (20/2). Rencananya Tim Thomas dan Uber akan terbang dari

Hongkong International Airport pada pukul 5 sore waktu Hongkong dan diperkirakan akan tiba di Jakarta pada pukul 20.30 WIB. Mereka akan ke China untuk melanjutkan perjuangan merebut Thomas dan Uber Cup pada 2027 Mei mendatang di Wuhan.(okez)

Manchester tersebut. Dikubu Napoli sendiri, melihat Chelsea bak lawan mengerikan. Pelatih Napoli Walter Mazzarri pun bersiap menghadapi ujian mengerikan yang datang dari Chelsea. Dia menilai, I Partenopei harus melakukan hal yang luar biasa bila ingin mengalahkan The Blues. “Apakah Napoli favorit? Saya tidak setuju dengan hal itu,” kata Mazzarri seperti dilansir Sky Sport Italia, Minggu (19/2). “Chelsea akan memberikan seluruh perhatian mereka ke Liga Champions dan mereka memiliki pemain yang terbiasa dengan situasi ini. Akan menjadi ujian yang mengerikan

bagi kami, karena Anda tidak bisa mengabaikan kualitas dari lawan kami,” papar mantan pelatih Sampdoria ini. “Napoli harus melakukan sesuatu yang luar biasa, tapi kemudian kami sudah melakukannya untuk sementara waktu ini,” tegasnya. Mazzarri juga menolak anggapan, The Blues akan menjadi lawan yang lebih mudah menyusul kurang harmonisnya ruang ganti klub asal London barat tersebut. Begitu juga dengan hasil-hasil kurang maksimal Chelsea belakangan ini, menurutnya tak akan membuat tim asuhan Andre Villas-Boas itu lemah.(okez/blnt/tm)

musim kedelapan secara beruntun Inter lolos ke perdelapan final. Bagi Marseille, ini adalah kedua kalinya lolos ke perdelapan final dalam 11 tahun terakhir. Juara Grup B Inter sudah pernah meraih kemenangan

di daratan Prancis saat melawan Lille bulan Oktober lalu. Saat itu Inter menang tipis 1-0. Rekor tandang Inter melawan tim-tim Prancis adalah menang lima kali, imbang tiga kali, dan kalah tiga kali.(okez/tm)

FORMULA 1

Trulli dipecat, pebalap Italia habis PEKAN kemarin, Jarno Trulli dipecat oleh manajemen Caterham F1. Tim prinsipal Stefano Domenicali mengaku sangat sedih pemecatan ini. Sebab, tidak ada pembalap asal Italia lagi di Formula One musim 2012. Ya, Trulli adalah satusatunya pembalap asal Italia yang masih bertahan di F1. Tapi, Jumat kemarin, Caterham membuat keputusan mengejutkan, yang mana posisinya akan digantikan oleh Vitaly Petrov. Pemecatan ini, membuat Italia tidak memiliki wakil pembalap di F1 untuk pertama kalinya sejak 1970. Ini yang membuat Domenicali kecewa. “Saya sangat sedih, setelah beberapa

tahun, tidak ada pembalap dari Italia di ajang F1,” sesal Domenicali. “Saya mengatakan ini untuk memberikan dukungan kepada Trulli, yang hanya memiliki beberapa kesempatan untuk memperlihatkan bakatnya. Jadi, saya mendoakan yang terbaik untuk kariernya di masa mendatang di dalam dan luar lintasan,” lanjutnya. Domenicali pantas bersedih dengan dipecatnya Trulli. Sebab, ini membuat

Italia mengalami momen yang sangat berat. Oleh sebab itu, Ferrari berjanji akan menyiapkan pembalap hebat untuk menjadi bintang di F1 masa mendatang. “Dalam beberapa tahun dari sekarang, Ferrari melalui Akademi Pembalap, sudah menyiapkan program untuk menciptakan sebuah generasi muda pembalap, yang juga bekerja sama dengan CSAI,” jelas Domenicali. “Saya dengan senang mengatakan, kami mengumumkan dua pembalap berbakat, Raffaele dan Brandon, akan diberikan kesempatan dalam olahraga ini,” tandasnya dilansir dari Motorsport, Senin (20/ 2).(okez)

Tanpa ... dari Halaman 16 Walau demikian, proses penyembuhannya lebih penting saat ini,” kata Jose Mourinho menjelaskan kondisi terakhir di Maria di Realmadrid.com. Tim medis Madrid sendiri tak menjelaskan berapa lama Di Maria akan absen. Yang pasti, ia beserta Lassana Diarra dan Hamit Altintop tidak disertakan dalam daftar pemain yang akan terbang ke Rusia untuk menghadapi CSKA di Liga Champion tengah pekan ini.(blcm)

Drawing ... dari Halaman 16 Hanya ada satu pertandingan yang sudah pasti sementara pertandingan lainnya masih harus menunggu pemenang dari pertandingan lain. Liverpool sendiri dipastikan akan berhadapan dengan Stoke karena melumat Brighton dengan skor mencolok. Tak pelak, Peter Crouch yang merupakan penyerang Stoke bisa jadi akan bertemu lagi dengan mantan klubnya Liverpool.(blnt) BERIKUT HASILDRAWING: Liverpool vs Stoke Chelsea/Birmingham vs Leicester Stevenage/Tottenham vs Bolton Everton vs Sunderland

Gengsi ... dari Halaman 16 Dengan demikian, tinggal Chelsea berpotensi menjadi satu-satunya harapan Premier League untuk menjaga gengsi di Benua Biru. “Dengan posisi Arsenal yang sepertinya sangat sulit untuk membalikkan keadaan, kami mungkin jadi satusatunya tim Inggris tersisa di Liga Champions,” tutur Kapten Chelsea John Terry di situs resmi Chelsea, Senin (20/2). Melihat performa Chelsea yang inkonsisten sepanjang musim ini, rasanya Premier League berpotensi tidak punya wakil di babak perempat final Liga Champions musim ini. Apalagi, kubu Napoli pastinya tampil tanpa beban karena bisa menembus

fase knock out saja sudah merupakan prestasi membanggakan klub milik pengusaha dan sutradara film Aurelio de Laurentiis ini. Namun AVB merasa timnya akan berhasil melewatkan Napoli dan kemudian tergantung dari hasil undian. “Kompetisi Liga Champions merupakan kompetisi para juara. Para pemain akan merasakan tensi lebih. Ada jarak dua pekan antara leg pertama dan kedua di Stamford Bridge. Idealnya kami paling tidak mendapatkan imbang (di San Paulo),” sambungnya. Pelatih asal Portugal itu juga menegaskan finis di urutan keempat dan mendapatkan tiket kualifikasi

Wenger ... dari Halaman 16

Zanetti ... dari Halaman 16

“Ketika semua pemain tersedia, kami punya semua yang dibutuhkan di klub dan kami akan melakukan penambahan. Namun saat ini kami tak membuat rencana untuk musim depan, kami membuat rencana untuk laga berikut,” imbuhnya. “Kami kehilangan banyak pemain, pemain besar pula. Kami masih di bulan Februari dan Jack Wilshere sekali pun belum turun, Abou Diaby juga, Per Mertesacker absen hingga akhir musim dan Andre Santos untuk 3 bulan. Itu sulit diatasi untuk klub manapun di dunia, namun mari menangi laga berikut dan kami akan baik-baik saja.”(blnt)

Kami semua ingin mengubah situasi ini, dan menyingkirkan aspekaspek negatif,” ungkap pemain berusia 38 tahun ini. Zanetti menambahkan, pertandingan Liga Champions kali ini sangat penting untuk mengembalikan kepercayaan diri untuk akhirnya kembali lagi ke

kompetisi Serie A di laga selanjutnya. “Kami memiliki pertandingan penting di depan dan kemudian kami akan kembali ke pertempuran di liga, yang mana ada beberapa tim yang bersaing ketat untuk tempat ketiga, dan kami berharap untuk menjadi di antara mereka,” paparnya.

5 PERTANDINGAN TERAKHIR NAPOLI : 18 Feb 2012 : Fiorentina 0 - 3 Napoli (Serie A) 14 Feb 2012 : Napoli 2 - 0 Chievo (Serie A) 10 Feb 2012 : Siena 2 - 1 Napoli (Coppa Italia) 5 Feb 2012 : AC Milan 0 – 0 Napoli (Serie A) 2 Feb 2012 : Napoli 0 – 0 Cesena (Serie A) 5 PERTANDINGAN TERAKHIR CHELSEA : 18 Feb 2012 : Chelsea 1 - 1 Birmingham City (FA Cup) 11 Feb 2012 : Everton 2 - 0 Chelsea (Liga Inggris) 5 Feb 2012 : Chelsea 3 – 3 Manchester United (Liga Inggris) 1 Feb 2012 : Swansea City 1 – 1 Chelsea (Liga Inggris) 28 Jan 2012 : QPR 0 – 1 Chelsea (FA Cup) PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN: Napoli : De Sanctis, Dossena, Cannavaro, Campagnaro, Gargano, Dzemaili, Maggio, Inler, Hamsik, Cavani, Lavezzi. Chelsea : Cech, Cahill, Terry, Luiz, Bosingwa, Obi, Meireles, Ramires, Torres, Drogba, Mata.

Liga Champions merupakan target minimum Chelsea di akhir musim ini.

Seiring semakin sulitnya mereka untuk mengikuti persaingan antara duo

“Kami menyadari bahwa kami harus melalui fase buruk ini, tapi kami ingin berdiri bersama dan mengatasinya sehingga kami dapat berkonsentrasi pada pertandingan Liga Champions,” tandasnya. Diketahui, kedua tim pertama kali bertemu di perempat final UEFA Cup musim 2003/04, dimana saat

itu Marseille berhasil mengalahkan Inter Milan masing-masing 1-0 di kedua leg. Hanya Javier Zanetti yang tersisa dari squad Inter 2003/04. Kedua tim kebetulan memiliki rekor yang sama di fase grup, dengan tiga kemenangan, sekali imbang, dan dua kali kalah. Bagi Inter, ini adalah

HEAD TO HEAD : 14 Apr 2004 : Inter Milan 0-1 Marseille (Europa League) 8 Apr 2004 : Marseille 1-0 Inter Milan (Europa League) 5 PERTANDINGAN TERAKHIR MARSEILLE : 19 Feb 2012 : Marseille 1-1 Valenciennes (Ligue 1) 15 Feb 2012 : Bourg-Peronnas 1-3 Marseille (persahabatan) 6 Feb 2012 : Marseille 2-2 O. Lyon (Ligue 1) 2 Feb 2012 : Marseille 2-1 Nice (Coupe de la Ligue) 30 Jan 2012 : Stade Rennes 1-2 Marseille (Ligue 1) 5 PERTANDINGAN TERAKHIR INTER MILAN : 18 Feb 2012 : Inter Milan 0-3 Bologna (Serie A) 12 Feb 2012 : Inter Milan 0-1 Novara (Serie A) 5 Feb 2012 : Roma 4-0 Inter Milan (Serie A) 2 Feb 2012 : Inter Milan 4-4 Palermo (Serie A) 29 Jan 2012 : Lecce 1-0 Inter Milan (Serie A) PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN: Marseille : Mandanda, Fanni, Diawara, Traore, N’Koulou, Diarra, Amalfitano, Valbuena, Kabore, A. Ayew, J. Ayew. Inter Milan : Cesar, Lucio, Samuel, Nagatomo, Maicon, Zanetti, Stankovic, Sneijder, Cambiasso, Milito, Pazzini.


SELASA 21 FEBRUARI 2012

NAPOLI VS CHELSEA

Gengsi Premier League PADA leg pertama babak 16 besar, Rabu (22/2) dini hari nanti, The Pensioner-julukan lain Chelseabakal bertamu ke San Paolo, markas Il Partenopei, Napoli. Chelsea kontra Napoli di Liga Champions, bukan hanya pertandingan biasa. Duel tersebut merupakan pertaruhan gengsi sepakbola Inggris, Premier League. Dalam beberapa tahun terakhir, Premier League sempat mengklaim mereka merupakan liga paling bergengsi di dunia. Hal ini merujuk pada meratanya kekuatan klub-klub Premier League dan catatan impresif tim-tim Inggris di pentas Eropa dalam lima musim terakhir. Namun, di musim ini gengsi Premier League

Marseille vs Inter Milan

SPORTAINMENT

Zanetti: Fokus Inter! KAPTEN Inter Milan Javier Zanetti mendesak Nerazzurri untuk fokus pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan Olympique de Marseille pada, Rabu (22/2) dini hari WIB. Nerazzurri tengah berjuang untuk menemukan kembali bentuk permainan terbaik mereka dalam beberapa pekan terakhir, setelah tim asuhan Claudio Ranieri ini menderita tiga kekalahan di Serie A secara berturut-turut. Dan Zanetti berharap timnya menda-

SARA CARBONERO

Pindah ke rumah baru KETENANGAN adalah segalanya. Sayangnya, ini hal yang mahal bagi sosok sekelas Iker Casillas dan kekasihnya, Sara Carbonero. Sejak menjalin hubungan cinta di Piala Dunia 2010 lalu, media dan fans terus mengikuti perkembangan hubungan pesepak bola dan presenter televisi tersebut. Tak tahan terus main kucing-kucingan dengan penggemarnya, Casillas dan Carbonero memutuskan mencari tempat tinggal baru. Kawasan elite “La Finca” di pinggiran Kota Madrid dipilih oleh pasangan ini. Bisa ditebak rumah selera mereka. Dengan status kapten Timnas Spanyol dan kiper terbaik dunia, dengan mudah Casillas mendapatkan rumah idaman yang akan ditempati bersama calon istrinya itu. Rumah yang dipilih pasangan tersebut tak jauh dari kediaman rekan setimnya di Real Madrid, Cristiano Ronaldo, Zinedine Zidane, dan mantan striker Atletico Madrid yang kini merumput bersama Manchester City, Kun Aguero. “Selain mewah, kenyamanan di rumah ini juga terjamin. Paparazzi dan fans nekat tak akan mudah mendekat,” ujar seorang tetangga Casillas seperti dikutip media Spanyol, AS, Minggu, 19 Februari. Untuk mendapatkan rumah impian ini, Casillas harus mengeluarkan biaya 1,8 juta Euro atau setara Rp21 miliar. Harga yang pantas untuk rumah empat lantai, taman luas, kolam renang, dan parkiran besar. Hanya, dibandingkan kediaman Ronaldo yang ditempati bersama tunangannya, model Irina Shayk, harga rumah Casillas terkesan murah. Rumah CR7, julukan Ronaldo, dihargai 7 juta Euro atau setara Rp82 miliar.(fjcm)

patkan sesuatu untuk mengembalikan timnya ke jalur kemenangan saat menghadapi klub besar Ligue 1 tersebut. “Kami harus menjalani kehidupan dari hari ke hari, karena saya yakin ini satusatunya cara untuk kami dapat mencapai apa saja yang kami inginkan,” tutur Zanetti seperti dikutip di situs resmi klub, Senin (20/ 2). “Kami telah berbicara tentang hal tersebut di antara kami sendiri, dan dengan pelatih. Baca: Zanetti ( Halaman 15 )

Fergie beralih ke Javi Garcia MANAJER Manchester United, Angel di Maria, dikabarkan tak akan melanjutkan ketertarikannya pada penyerang Benfica, Nicolas Gaitan. Dalam klausul kontraknya, Gaitan bisa pergi bila ada tawaran senilai 35 juta pound dari tim lain, harga yang dianggap terlalu tinggi oleh kubu Setan Merah. Menurut laporan The Mirror, Ferguson diyakini tak akan mengeluarkan dana di atas 30 juta pound untuk belanja pemain pada musim panas mendatang. Ketika Gaitan sudah di luar jangkauan, Fergie kini

mengalihkan bidikannya pada rekan setim Gaitan di Benfica, Javi Garcia. Mantan gelandang Real Madrid itu tampil gemilang musim ini dan disebut-sebut sebagai pemain yang dibutuhkan United untuk memperkuat lini tengah yang sering dilanda cedera pemain. United butuh gelandang baru bila Paul Scholes tak memperpanjang kontraknya yang berakhir musim panas mendatang, sementara dua gelandang tengah lainnya, Anderson dan Darren Fletcher, musim ini jarang tampil karena cedera.(blnt)

Baca: Drawing ( Halaman 15 )

Wenger: Empat besar sudah ibarat trofi PACEKLIK gelar Arsenal hampir dipastikan molor hingga semusim lagi, dan Arsene Wenger berusaha menghibur diri dengan menyebut prestasi finis di empat besar liga musim ini layaknya memenangi sebuah trofi. The Gunners melalui pekan yang mengharu

biru setelah mereka digebuk AC Milan 4-0 di Liga Champions pada tengah pekan, kemudian disingkirkan Sunderland 2-0 di putaran kelima Piala FA di akhir pekan. Arsenal memang saat ini masih bertengger di posisi keempat Liga Premier, namun mereka harus menjaga konsentrasi

penuh untuk mempertahankan posisinya itu dari kejaran para rivalnya. “Orang selalu mengajukan pertanyaan yang sama namun trofi pertama adalah finis di posisi keempat dan itu masih mungkin untuk kami. Saya yakin itu vital untuk kami jadi mari fokus pada hal itu,” tutur The Pro-

CSKA Moskva vs Real Madrid

Tanpa Di Maria

Baca: Barca ( Halaman 15 )

PIALA FA akhirnya mengumumkan hasil drawingnya untuk putar-an keenam nanti. Beruntung bagi para tim besar Inggris karena mereka masih belum akan bertemu pada putaran ini. Pertandingan putaran keenam Piala FA akan diadakan pada tanggal 17-18 Maret nanti. Dari keempat pertandingan yang ada, tim-tim unggulan seperti Liverpool, Chelsea, dan Tottenham belum akan bertemu pada putaran ini.

PSG seriusi Alex Song

Baca: Gengsi ( Halaman 15 )

PELATIH Valencia, Unai Emery, mengakui bahwa timnya “tak punya jawaban” atas kekalahan telak dari Barcelona dengan skor 5-1 di Nou Camp, Senin (20/2) dini hari WIB. Pablo Piatti sempat membawa Los Che unggul lebih dulu pada menit ke-9, namun Barca bangkit dan mencetak lima gol melalui quattrick Messi dan gol penutup dari Xavi.

Drawing Piala FA putaran keenam

BOLARON

ARSENAL tak hanya harus berjuang mempertahankan striker sekaligus kapten mereka, Robin van Persie. Namun The Gunners juga harus menghadapi godaan Paris SG pada gelandang Alexandre Song. Menurut laporan The Sunday Mirror, tim ambisius asal ibu kota Prancis, PSG, berminat untuk membawa Song ke Ligue 1 musim panas mendatang. Pemain berusia 24 tahun tersebut masih memiliki tiga tahun sisa kontrak, sementara manajer Arsene Wenger berharap pemain asal Kamerun itu tetap bertahan di Arsenal. Belum ada kesepakatan yang terjalin antara pihak Arsenal maupun Alex Song, sehingga PSG ingin memanfaatkan situasi tersebut sementara Barcelona juga dikabarkan berminat pada pemain yang telah memperkuat Arsenal sejak tahun 2005 itu.(blnt)

Barca superior

terancam melorot, menyusul performa buruk para utusannya di pentas Eropa, terutama Liga Champions. Buktinya, gagal lolosnya duo Manchester (United dan City) membuat Inggris hanya diwakili Chelsea dan Arsenal di babak 16 besar. Untuk Arsenal, peluang mereka untuk bisa lolos ke babak perempat final bisa dikatakan sudah habis menyusul kekalahan 0-4 dari utusan Italia, AC Milan pada leg pertama di San Siro, tengah pekan lalu. Sulit rasanya buat anak asuh Arsene Wenger menang dengan selisih lima gol meski bermain di Emirates pada leg kedua, awal Maret mendatang.

fessor. Media melaporkan jika kebijakan Arsenal untuk menghemat pengeluaran dalam bursa transfer akan ditinggalkan musim depan, namun Wenger mengisyaratkan jika revolusi besarbesaran masih belum masuk daftar prioritas klub. Baca: Wenger ( Halaman 15 )

REAL Madrid mendapat kabar buruk menjelang lawatan penting ke Khimki Arena untuk menghadapi CSKA Moskva di leg pertama babak 16 besar Liga champion, Rabu (22/ 2) dini hari WIB. Salah satu pemain mereka, Angel di Maria, dipastikan absen di laga tersebut karena cedera paha saat Los Blancos mengalahkan Racing Santander 4-0 akhir pekan ini. Sayap asal Argentina itu mengalami cedera betis

setelah masuk menggantikan Mesut Oezil pada menit ke-63. Di Maria memang bermain hingga peluit panjang berbunyi, tapi ia terlihat terpincang-pincang ketika meninggalkan lapangan di akhir pertandingan. “Di Maria memberi karakteristik tertentu bagi tim ini yang akan hilang begitu ia absen. Dia membuat bisa melakukan transisi yang berbeda dari bertahan ke menyerang ketika ia berhasil merebut bola dari lawan. Baca: Tanpa ( Halaman 15 )

Swara Kita, 21 Februari 2012  

21 Februari 2012

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you