Issuu on Google+

RABU 20 JUNI 2012 NOMOR 02010 TAHUN VI

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

Mokoginta dan Manoppo divonis 1 tahun penjara

Lumentut dan Suardika bahas Pilkada Minahasa

Baca: Yustisia ( Halaman 5)

Pekan ini, Polres tetapkan tersangka korupsi PDAM

Baca: Ibukota ( Halaman 3)

Baca: Minselutra ( Halaman 7)

Keputusan PTUN ikut memperkuat Plt Rektor Unsrat

SELEBRITI

Aktivitas 68 Anggota Senat untuk sementara ditangguhkan, proses pilrek otomatis berhenti Manado—Pasca diterbitkannya surat penetapan Nomor 18/G.TUN/2012/ PTUN.Mdo dari Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado tentang penundaan pelaksanaan Surat Keputusan Rektor Unsrat Nomor 1178/

UN12/TL/2012 tertanggal 17 April 2012 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota Senat Unsrat periode 2012-2016, maka secara otomatis ikut memperkuat ditunjuknya Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unsrat.

bantah tuduhan JPU tersebut. Menurut dia, dakwaan yang ditujukan ke kliennya tidaklah sesuai dengan Pasal 143 ayat 2d KUHP. “Dakwaan tidak jelas dan cermat, hanya menerangkan menerima uang, tapi tidak jelas buktinya. Misalnya nomor resinya, kapan diberikan, dan lainlain. Maka itu dakwaan harus batal menurut hukum,” ujar Nur Zainab.

Dr Donald Rumokoy SH MH sebagai Rektor Unsrat akan habis 14 Juli 2012. “Semua ditangguhkan, dan keputusan tersebut wajib dijalankan oleh tergugat (Rektor Unsrat, red) untuk menunda pelaksanaan surat keputusan Rektor Unsrat tentang pemberhentian dan pengangkatan Anggota Senat Unsrat beserta seluruh tindakan pelaksanaannya sampai dengan adanya putusan pengadilan yang berkekuatan tetap,” demikian penegasan putusan PTUN yang ditandatangani Ketua Majelis Hakim Gerhat Sudiono SH dalam penetapan suratnya yang disampaikan ke tergugat dan penggugat tertanda 18 Juni 2012. Terkait hal itu, Dr Flora Kalalo SH MH selaku salah satu penggugat, kepada Swara Kita Selasa (19/6) kemarin mengatakan, dengan putusan ini maka mereka akan memantau langsung aktifitas 68 Senat Unsrat itu terkait dengan Pilrek Unsrat nanti. “Senat yang ada sekarang belum bisa melaksanakan kegiatan sampai ada keputusan tetap. Materi inti dari gugatan kami adalah senat itu cacat hukum.

Baca: Wa Ode ( Halaman 4 )

Baca: Keputusan ( Halaman 4 )

Pasalnya, dalam putusan sela PTUN itu memerintahkan supaya aktivitas 68 Anggota Senat Unsrat untuk sementara ditangguhkan sampai ada putusan tetap dalam sidang yang akan memakan waktu kurang lebih 6 bulan maksimal. Itu berarti, proses Pemilihan Rektor (Pilrek) Unsrat tidak akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan tertanggal 2 Juli 2012, sementara masa jabatan Prof

KASUS PPID

CHERYL COLE

Wanita yang paling ingin dicium wanita BERITA mengejutkan datang dari penyanyi cantik asal Inggris, Cheryl Cole. Baru-baru ini dia dinobatkan sebagai wanita yang paling ingin dicium oleh para wanita normal. Dilansir melalui Digital Spy, survei tersebut dilakukan pada 2000 wanita masa kini untuk menandai perilisan DVD sebuah TV drama bertajuk Lip Service. Baca: Wanita ( Halaman 11 )

INTERNASIONAL

Nature: Disertasi PM Rumania plagiat

Wa Ode bacakan eksepsi, Minahasa kembali disebut J a k a r t a — Te r d a k w a kasus suap Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah (PPID), Wa Ode Nurhayati, Selasa (19/6) kemarin, menghadapi persidangan perdana di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dengan agenda eksepsi terhadap dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dalam sidang kemarin, kuasa hukum Wa Ode Nurhayati, Wa Ode Nur Zainab, mengatakan pada intinya pihaknya mem-

WA Ode Nurhayati.

KEBUDAYAAN

PM Rumania, Victor Ponta.(foto: ist)

BUKAN hanya masalah ekonomi dan politik saja yang kini harus dihadapi Perdana Menteri (PM) Rumania, Victor Ponta. Sebuah majalah ilmiah terkemuka, Nature, menuduh Ponta melakukan plagiarisme dalam disertasi doktoralnya yang dibuat tahun 2003. Namun, Ponti menolak tuduhan itu. Adalah jurnal ilmiah Nature yang pertama kali melontarkan tuduhan plagiarisme Ponta. Harian Telegraph Selasa 19 Juni 2012, menyatakan, kecurigaan Nature muncul setelah mereka melihat lebih dari separuh isi disertasi setebal 432 halaman tentang Mahkamah Kriminal Internasional di Universitas Bukarest berisi kutipan dua cendekiawan Rumania yang tidak dicantumkan sumbernya. “Adanya plagiarisme ini benar-benar merupakan hal yang luar biasa. Seluruh Rumania pasti akan membicarakannya jika memang PM terbukti plagiat,” kata seorang ahli kimia, Marius Andruh. Dalam situs Nature juga disebutkan, bukan tidak mungkin rakyat akan marah dan menuntut Ponta mundur dari jabatannya. Dituding miring, Ponta meradang. Dia menolak dikatakan plagiat, dan menuduh rival politiknya, Presiden Romania Traian Basescu menjadi dalang di balik terlontarnya tuduhan. “Kesalahan saya hanyalah tidak mencantumkan sumber kutipan pada catatan kaki, namun pada bibliografi. Saya bersedia menebus jika memang dinyatakan salah,” kata Ponta seperti diberitakan Washington Post. Baca: Nature ( Halaman 11 )

REP. CEKO VS PORTUGAL

Memori Euro 2008

Baca: Memori ( Halaman 4 )

PARTAI DEMOKRAT

Malaysia: Soal Tor-tor, tidak perlu ada protes Jakarta—Malaysia benar-benar ngotot dan bersikukuh akan menggadang dua budaya khas Batak Sumatera Utara, Tarian Tor-tor dan Gordang Sambilan masuk dalam Warisan Negara. Menteri Penerangan dan Kebudayaan Malaysia Rais Yatim menilai protes yang datang dari Indonesia seharusnya tidak perlu, apalagi di era modern seperti sekarang ini. “Masalah seperti ini sudah diperdebatkan sebe-

CRISTIANO Ronaldo masih menjadi tumpuan Portugal menggedor pertahanan Rep Ceko dini hari nanti.(foto:ist)

SBY sangat menghargai Anas

lumnya. Cerita lama dan sama terjadi lagi,” kata Rais seperti dikutip dari kantor berita Malaysia, Bernama. Dia menjelaskan bahwa Malaysia terdiri dari berbagai etnis yang berasal dari berbagai negara, mulai dari Minangkabau, Bugis, Jawa, Sunda, Kalimantan. Sehingga, imbuhnya, mereka berhak mengembangkan budaya nenek luhur mereka di Malaysia. Baca: Malaysia ( Halaman 4 )

HUBUNGAN antara SBY dan Anas Urbaningrum baik-baik saja.(foto: ist)

Jakarta—Polemik yang dimunculkan ke publik, seolah-olah Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum saat ini sedang ada masalah, dibantah keras Ketua Fraksi Partai Demokrat (FPD) DPR RI Nurhayati Ali Assegaf. Dikatakannya, hubungan antara SBY dan Anas hingga saat ini baik-baik

saja. “Bang Anas sebagai Ketua Umum Partai Demokrat itu sangat dihargai oleh Pak SBY, karena Pak SBY ini adalah orang yang taat hukum,” kata Nurhayati di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/6) kemarin. Kata dia, posisi Anas dan SBY yang saling meng-hargai itu tercermin ketika dirinya diangkat menjadi Ketua FPD. Baca: SBY ( Halaman 4 )

Kesuksesan 5 tahun kelola anggaran daerah

Bitung daerah pertama raih WTP di Sulut Setelah menunggu selama 5 tahun lamanya, akhirnya Pemkot Bitung boleh “naik kelas” dalam pengelolaan keuangan daerah, dari penerima opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama 5 tahun Wajar Dengan Pengecualian (WDP), kini di tahun 2012 ini pemerintahan yang dipimpin Walikota Hanny Sondakh dan Wakil Walikota Max J Lomban serta Sekkot Bitung Drs Edison Humiang bisa menyandang opini BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Dengan demikian mengukuhkan Bitung sebagai kota/ kabupaten pertama di Sulut yang menerima opini WTP.

Baca: Bitung ( Halaman 11 )

KEPALA BPK RI Sulut Rochmadi Saptogiri menyerahkan LHP kepada Walikota Bitung Hanny Sondakh, di aula BPK Sulut Selasa (19/6) kemarin.(foto: ist)


RABU 20 JUNI 2012

TENAGA AHLI FPG

Sherpa: Kaparang diganti karena tidak dukung CNR TENAGA ahli Fraksi Partai Golkar (FPG) Deprov Sulut seperti diketahui telah diganti, dari Drs Vanny Kaparang kepada Drs Danny Rompis, sebagaimana hasil rapat internal FPG yang digelar pekan lalu. Rupanya, salah satu penyebab digantinya Ketua Dewan Pembina DPD II Partai Golkar Mitra ini dari jabatan tenaga ahli FPG Deprov Sulut, karena yang bersangkutan secara nyata tidak mendukung pencalonan Careig Naichel Runtu (CNR) sebagai bakal calon Bupati Minahasa yang diusung Partai Golkar, dan lebih memilih mendukung calon lain seperti Hangky Arter Gerungan (HAG) di Pilkada Minahasa. “Ya itu salah satu poin penting kenapa Kaparang diganti. Itu juga dilakukan supaya dia fokus di sebelah sana. Lagian kan selama ini tugas yang diembankan kepada dia tidak berjalan. Jadi lebih baik diganti saja, kan begitu,” ujar anggota FPG, Ir Sherpa Manembu kepada wartawan, Selasa (19/ 6) kemarin. Ketua FPG Drs Eddyson Masengi ME mengatakan kalau surat dari fraksi tersebut akan dimasukkan kepada pimpinan dewan untuk diproses. “Surat pergantian ini segera dimasukkan ke pimpinan dewan untuk diproses selanjutnya,” ujarnya.(dewe)

Swasembada beras di Sulut terancam gagal Instansi terkait harus meningkatkan kinerja

LEXIE Solang.

Manado—Program swasembada beras di Sulut terancam gagal, apalagi Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang telah menyatakan keraguan tersebut. Namun, Anggota Deprov Sulut Ir Lexie Solang berharap Dinas Pertanian terus meningkatkan kinerja

untuk mencapai program tersebut. “Karena tahun 2012 sudah dicanangkan untuk target swasembada beras, saya mendesak instansi terkait terutama dinas pertanian dapat meningkatkan kinerja untuk mencapai tujuan tersebut,”

PERTAMBANGAN

ujar Solang kepada wartawan, Selasa (19/6) kemarin. Politisi yang juga menjabat Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sulut ini juga menyoroti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya yang berkaitan dengan pertanian dapat bersinergi menunjang program pertanian yang secara teknis merupakan tanggung jawab Dinas Pertanian.

“Kalau program ini gagal maka yang salah tidak hanya Dinas Pertanian saja. Misalnya soal irigasi yang tidak selesai atau tidak beres, itu tanggungjawab Dinas PU. Intinya harus ada sinergitas antar SKPD terkait,” tukas Solang. Seperti diketahui, Pemprov Sulut bertekad swasembada beras di tahun 2012 ini, sebagai rangkaian menuju swasembada pangan berkelanjutan dan

surplus 10 juta ton beras nasional tahun 2014. “Saya percaya program ini bisa terwujud dengan baik dan maksimal, karena peluang peningkatan produksi didukung dengan ketersediaan potensi yang luar biasa seperti halnya untuk sektor pertanian tersedia lahan sawah 55.856 hektar, lahan kering 46.000 hektar,” ujar Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd beberapa waktu lalu.(dewe/rr)

PAJAK

Warga lingkar tambang minta Wagub himbau dibayar tepat waktu deprov memperjuangkan WPR Manado—Bakal beroperasinya salah satu perusahan pertambangan di wilayah Kecamatan Motoling Timur Minsel, hingga saat ini masih menuai polemik. Karena itu, untuk mengambil jalan tengah supaya juga tidak mengganggu investasi, maka Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) menjadi solusi untuk masyarakat yang tinggal di lingkar tambang tersebut. Adapun warga lingkar tambang di wilayah Minsel tersebut meliputi beberapa desa,

masing-masing Desa Picuan , Picuan I, Tokin, Tokin Baru, Karimbow, Karimbow Talikuran dan Wanga. “Kami minta supaya dewan bisa perjuangkan adanya WPR di wilayah kami. Kami tidak menolak pengusaha tambang yang masuk, tapi mari kita jalan bersama baik itu pengusaha tambang maupun WPR sesuai aturan yang berlaku,” ujar Sem Rumondor (Hukumtua Tokin Baru), saat bertandang ke Kantor Deprov Sulut, Senin (18/6) lalu.

Anggota Deprov Sulut James Sumendap SH menyikapi persoalan itu dengan mengatakan bahwa, apa yang disuarakan dan diaspirasikan masyarakat lingkar tambang, sebetulnya sama dengan apa yang sementara perjuangan Deprov Sulut saat ini. “Ini kami lakukan agar hak masyarakat bisa diperhatikan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata legislator dapil Minsel-Mitra ini. Seperti diketahui, selain Rumondor, para hukumtua yang bertandang ke Kantor Deprov yakni Marthen Marentek (Picuan), Syuly Marentek (Picuan I), Derby Wua (Tokin), Joutje Tumuyu (Karimbow), Jendry Umboh (Karimbow Talikuran), dan Yenny Tumanduk (Wanga). Diketahui, menurut UUU No 11 Tahun 1967, defenisi pertambangan rakyat adalah suatu usaha pertambangan bahan–bahan galian dari semua golongan a, b dan c seperti yang dimaksud dalam pasal 3 ayat (1) yang dilakukan oleh rakyat setempat secara kecil-kecilan atau secara gotong-royong dengan alat-alat sederhana untuk pencaharian sendiri. Pertambangan rakyat yang kemudian diatur dalam UU No 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (UU Minerba), adalah mengenai wilayah dan perizinan pertambangan. Adapun pengaturannya dimuat BAB V Bagian Ketiga Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) Pasal 20 hingga Pasal 26, dan BAB IX Izin Pertambangan Rakyat (IPR) Pasal 66 hingga Pasal 73.(dewe)

Manado—Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd menghimbau seluruh wajib pajak untuk melaksanakan kewajibannya dengan baik dan benar, membayar pajak dengan jujur dan tepat waktu, mengisi SPT dengan benar, lengkap dan jelas serta melaporkan tepat waktunya. Hal ini disampaikan Kansil saat menghadiri acara Values Gathering dan Penanda Tanganan MoU antara Direktorat Jenderal Pajak dengan Bupati/Walikota se-Sulut, di Hotel Sintesa Peninsula. “Khusus bagi kalangan pegawai, PNS dan Swasta yang belum memiliki NPWP, Saya himbau untuk mendaftarkan diri sebagai wajib pajak dan melaksanakan kewajiban perpajakan sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku,” tegasnya. Acara yang turut dihadiri Wakil Ketua Komisi XI DPR-RI Olly Dondokambey, Dirjen Pajak Ahmad Fuad Rahmani, Direktur Tehnologi Informasi Perpajakan Joyo Setyotomo, Pejabat teras Pemprov Sulut, Bupati/ Walikota dan Wajib Pajak Suluttengo dan Maluku Utara itu. Lebih jauh Kansil mengatakan, Values Gathering merupakan salah satu bukti keseriusan pemantapan reformasi birokrasi di Direktorat Jenderal Pajak yang sudah dimulai sejak Tahun 2002, lalu. Langkah cerdas ini, tentunya patut diapresiasi, karena menunjukan kuatnya semangat untuk membenahi institusi, termasuk dalam sinergitasnya dengan KPK dalam rangka mewujudkan Clean And Good Governance. Karena itulah Pemprov Sulut senantiasa mem-

WAKIL Gubernur Sulut, Djouhari Kansilfoto: ist/sk)

berikan dukungan terhadap berbagai upaya peningkatan pelayanan di Direktorat Jenderal Pajak, khususnya dalam program layanan unggulan berbasis Standart Operasional Prosedur (SOP), sebagai bentuk jawaban terhadap tuntutn dan harapan rakyat. Kansil mengatakan, anggaran yang dibutuhkan dalam pembangunan dari tahun ketahun terus meningkat,

sehingga dibutuhkan peranserta dalam mengamankan penerimaan negara. Sebab itulah, kita harus percaya dan mendukng setiap langkah dan upaya dari Ditjen Pajak dalam melaksanakan tugasnya untuk mengumpulkan penerimaan negara dari sektor pajak. Serta mendukung reformasi birokrasi dan penerapan budaya baru dalam struktur dan mekanisme organisasinya.(erer)

PENDIDIKAN

Tingkatkan kualitas perguruan tinggi Manado—Wakil Gubernur Sulut DR Djouhari Kansil Mpd menyatakan, internasionalisasi pendidikan merupakan satu rangkaian kegiatan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan tinggi dalam negeri setara dengan kualitas pendidikan tinggi skala internasional. Hal ter-

sebut disampaikan Wagub saat membuka acara seminar Internasional dan pameran perguruan tinggi Indonesia, yang digelar Selasa (19/6) bertempat di hotel Arya duta Manado. “Internasionalisasi pendidikan sudah mulai terjadi dengan dibukanya beberapa universitas yang berafiasi dan berapa universitas yang menjalani program dual degree keluar negeri,” ujar Wagub. Perguruan tinggi Indonesia harus mampu mengembangkan dan menerapkan sistem penjaminan mutu yang berorientasi internasional, kemampuan berkomunikasi, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, agar dosen maupun mahasiswa dapat berinternasionalisasi dengan baik. “Internasionalisasi pendidikan berarti penjaminan mutu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, semuanya dilakukan untuk meningkatkan kinerja profesional menjadi eksis dan setara dengan perguruan tinggi lain pada skala internasional,” ujar Wagub. Dalam konteks tersebut, Wagub menyatakan langkah yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi untuk dikenal yaitu dengan mengadakan konferensi internasional, sebagaimana yang dilaksanakan Unsrat. Banyak langkah yang harus dilakukan dalam mewujudkan internasionalisasi perguruan tinggi, oleh karena itu melalui forum ini, diharapkan setiap perguruan tinggi mampu mengidentifikasi keunikan masing-masing dan dapat menarik komunitas pendidikan tinggi.(erer)


RABU 20 JUNI 2012 NOMOR 02010 TAHUN VI TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

KAMPUNGRON KELURAHAN PAAL II KECAMATAN TIKALA

Dapat bantuan 50 pot bunga PERUSAHAAN swasta yang bergerak dibidang penjualan kendaraan roda dua, yakni Honda Nasional Motor (HNM) yang berdomisili di Kelurahan Paal II Kecamatan Tikala, telah menunjukan sumbangsinya kepada pihak pemerintah setempat dengan memberikan sumbangan berupa 50 pot bunga beserta tanamannya. Pemberian pot bunga tersebut, tentunya disambut baik oleh aparat di wilayah tersebut dalam hal ini Lurah Paal II Olga S Kaeng SSos. “Mewakili pihak kelurahan, kami sangat berterima kasih atas bantuan ini. Dengan bantuan tersebut, wilayah Paal II dapat lebih dipercantik lewat 50 pot bunga atas bantuan dari pihak perusahaan HNM,” katanya. Sarana yang manfaatnya lebih ke penghijuan ini, katanya, sebagian telah diletakan disepanjang pinggiran jalan Yos Sudarso, sekaligus juga dengan penanaman bunga dan sebagaiannya lagi diletakan di kantor lurah. “Untuk itu dimintakan kepada seluruh masyarakat, dengan adanya bantuan ini, kiranya dapat menunjukan kerjasamanya dengan baik dalam menjaga akan pemeliharaan serta kelestariannya, sehingga sumbangan ini tidak tersia-siakan,” harap Kaeng.(try16/gb)

JAGARON LINGK.II KAIRAGI DUA KECAMATAN MAPANGET

Proyek fisik PBL capai Rp60 juta PROYEK fisik melalui Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) dari Pemkot Manado di Lingkungan II Kelurahan Kairagi II Kecamatan Mapanget, dalam perhitungannya mencapai Rp60 juta untuk biaya infrastruktur pembuatan jalan setapak. Perhitungan tersebut telah diMARTIN Manikome. susun dengan pembuatan proposal yang telah dirampungkan oleh pengurus Kelompok Masyarakat Mapalus (KMM) di wilayah setempat. “Biaya sebesar Rp60 juta tersebut hanya digunakan untuk pembelian material saja. Sedangkan untuk biaya pekerja, tidak akan dibayar. Sebab para pengerjanya adalah warga setempat, dimana siap menswadayakan tenaga mereka untuk membuat jalan setapak itu. Menjadi kesepakatan bersama juga dimana dana itu akan ditambah dengan bantuan swadaya dari warga lingkungan II,” tutur Pala Lingkungan II Kairagi II Martin Manikome. Jalan setapak yang berukuran panjang 150 meter ini, sebelumnya pada tahun 2011 lalu telah dilakukan pengecoran lewat bantuan dana dari Partai Demokrat. Namun hanya bertahan 1 tahun saja, jalur itu kembali mengalami kerusakan. Di fokuskannya pembuatan jalur setapak ini, karena 60 Kepala Keluarga (KK) sangat bergantung pada jalan itu. Dari pihak lingkungan sangat yakin bahwa dalam realisasi program PBL nanti, bisa dipercaya akan berjalan secara maksimal. “Karena warga di wilayah ini sangat mendukung akan program-program pemerintah. Itu terbukti dari seluruh warga yang memiliki sikap penurut, dengan satu perintah saja semua kegiatan yang pernah dilaksanakan dapat dirampungkan,” terang Manikome.(try16/gb)

Lumentut dan Suardika bahas Pilkada Minahasa Suasana pertemuan penuh keakraban Manado—Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat (PD), I Gede Pasek Suardika, yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI, secara khusus Senin (18/6) malam kemarin, melakukan pertemuan dengan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sulut, GS Vicky Lumentut. Pertemuan berlangsung dengan penuh keakraban, bahkan kedekatan yang terlihat sudah terjalin itu cukup menambah kehangatan pertemuan. Pertemuan yang dihadiri juga sejumlah kader dan pengurus Partai Demokrat Sulut, diantaranya Sekretaris DPD Demokrat Sulut

Marthen Manoppo, Ketua DPC Demokrat Manado Morris Korah, serta sejumlah kader lainnya yakni Katrin Mokodaser, Jhon Sumual, Jef Tumelap, Ishak Segeha, juga sejumlah Ketua DPC dan pengurus partai dari beberapa daerah dan kepulauan. Sejumlah isu menarik diperbincangkan. Menurut Sekretaris DPD Partai Demokrat Sulut Marthen Manoppo, salah satunya menyangkut Pilkada Minahasa. Hal tersebut cukup mengejutkan, pasalnya dikala sejumlah partai berlomba-lomba menggandeng sejumlah bakal calon, Partai Demokrat masih cukup tenang. “Persiapan Pilkada

Minahasa salah satu yang dibahas dalam pertemuan ini,” ujar Manoppo. Manoppo melanjutkan, selain itu Suardika, juga menanyakan akan perkembangan politik dan hukum di Sulut. “Perkembangan kondisi sosial dan hukum di Sulut serta perkembangan partai jadi isu pembicaraan,” singkatnya. Lebih lanjut, dalam pertemuan yang dilakukan di restoran Big Fish Bahu Manado itu membicarakan menyangkut program kerja nyata Demokrat Sulut. “Pak Suardika mempertanyakan soal program dan kerja nyata partai Demokrat buat rakyat. Dan dirinya memuji akan

KETUA DPD Partai Demokrat Sulut, GS Vicky Lumentut dan Ketua Komisi III DPR RI sekaligus Ketua DPP Partai Demokrat, I Gede Pasek Suardika terlihat akrab, Senin (18/6) kemarin malam, di RM Big Fish Manado.(foto: ist)

pelaksanaan jalan sehat serta pelaksanaan bakti sosial yang dilakukan DPD

Partai Demokrat Sulut. Karena memang sesuai dengan harapan partai

yaitu berbakti dan berbuat kerja nyata di masyarakat,” kunci Manoppo.(dede/rr)

PENDIDIKAN

SHOPING CENTER

Dekot dan GSVL samakan persepsi Pendaftaran siswa

WALIKOTA Manado, GS Vicky Lumentut bersama puluhan anggota Dekot Manado saat membicarakan soal Shoping Center di restoran Wahaha Manado, Selasa (19/6) kemarin.(foto: ist)

Manado—Persamaan persepsi dan tujuan yang hendak dicapai sangat

dibutuhkan, dalam memecahkan sebuah persoalan. Itulah yang dilakukan oleh

pihak Pemkot Manado dan Dekot Manado, Selasa (19/6) kemarin.

Kerjasama yang terjalin erat kembali ditunjukan untuk memecahkan satu kebuntuan yaitu persoalan Presiden Shoping Center Manado, yang terletak di pusat kota. Bertempat di Restoran Wahaha Megamas Manado, Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan sejumlah legislator Manado yang dipimpin langsung oleh Ketua Dekot Manado Drs Danny Sondakh saling beri pendapat dan pendangan serta menyamakan persepsi dalam upaya peremajaan dan pengelolaan Presiden Shoping Center. Baca: Dekot ( Halaman 4 )

PROYEK SANITASI

11 kelurahan kecipratan Rp350 juta Manado—Proyek sanitasi berbasis masyarakat pada 2012 ini akan bergulir di 11 kelurahan kota Manado. Tak tanggung-tanggung, setiap kelurahan tersebut akan kecipratan sedikitnya Rp350 juta untuk

membangun membangun Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) dan MCK Komunal. Hal itu diungkapkan Kasubbid Fasilitasi Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Manado, Edwin Zougira.

Menurutnya, bantuan tersebut bersumber dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan tahun 2011 lalu tahap sosialisasi dan tahun ini tahap realisasi. “Yang akan mendapatkan bantuan Namun tiap

kelurahan ada pembagian kegiatan fisik, seperti di Karame, Singkil Satu, Malalayang Satu, Teling Bawah khusus pembangunan IPAL sedangkan sisanya khusus MCK Komunal,” tandasnya.(teem/rr)

Sistem Online dikeluhkan warga

Manado—Model pendaftaran murid baru dengan sistem online internet, dalam upaya mempersingkat serta efisiensi waktu, saat ini menuai sorotan. Srikandi Komisi D Dekot Manado, Fauzijah Stela Pakaja SE mengatakan, pendaftaran sistem online di tahun ajaran yang baru ini masih mengalami kekurangan

dan malah banyak dikeluhkan. Pakaja menjelaskan, sistem online dikeluhkan orang tua murid akibat makin dipersulit dengan sistem online itu. “Banyak orang tua murid yang mengeluh kepada saya. Katanya sistem ini malah menyusahkan. Baca: Pendaftaran ( Halaman 4 )

MKME

Harus pembangunan berbasis lingkungan Manado—Program Manado Kota Model Ekowisata (MKME) diharapkan bukan sekedar membangun opini publik. Pemerintah perlu membangun wajah kota berbasis kenyamanan yang merupakan indikator utama mewujudkan sebuah kota yang terarah pada kota Ekowisata. Personil komisi C Dekot Manado, Risal Dali, melihat selama ini pengembangan kota Ekowisata masih berkutat pada

sektor kebersihan lingkungan. “Padahal masih ada aspek pembangunan yang harus diperhatikan,” kata Rizal Dalii, Selasa (19/6) kemarin. Politisi darai PPP Manado ini mencontohkan, indikator paling utama yang menentukan bahwa kota ekowisata adalah dengan penataan ruang dan aspek penempatan bangunan. Baca: Harus ( Halaman 4 )

Agidorce Lukar, penjual tungku dari tanah

Tabah jalani usaha dengan pendapatan minim Semangat yang ditunjukan oleh pedagang kecil yang satu ini untuk menjalankan usahanya, patut diacungi jempol. Pasalnya, walaupun pekerjaan yang digeluti terkadang tidak mendatangkan hasil besar, namun dirinya masih tetap tabah menjalaninya. AGIDORCE nama akrab dari pedagang ini yang dalam kesehariannya, melakoni usaha sebagai penjual tungku di pasar Karombasan Manado sejak tahun 70-an lalu, tak menurunkan niatnya untuk melakukan pekerjaan meski sudah memasuki usia lanjut. Selepas kepergian suami tecinta yang telah mendahuluinya menghadap sang Khalik pada 4 tahun lalu, membuat pekerjaan itu semakin berat untuk di

jalaninya sendiri, apalagi barang yang dijualnya adalah barang klasik dimana pada saat ini mulai kurang peminatnya. “Usaha ini adalah peninggalan suami saya, meskipun sudah tidak mendatangkan untung yang lumayan, tapi setidaknya seporsi makanan masih bisa didapatkan dari pekerjaan ini,” tutur Agidorce. Baca: Tabah ( Halaman 4 )

AGIDORCE Lukar, penjual tungku dari tanah.(foto: onal/sk)


RABU 20 JUNI 2012

Dispenda diminta segera masukkan data evaluasi PERIJINAN DIPERTANYAKAN

Lagi, Tongkang ‘bermarkas’ di Pantai Malalayang PARKIRNYA Kapal Tongkang di perairan Manado, hingga saat ini terus menuai kritikan dan penolakan sejumlah kalangan masyarakat. Pasalnya, kapal tersebut dinilai telah mengganggu keindahan ekosistem laut dan menyebabkan timbulnya abrasi pantai. Bahkan salah satu yang menjadi alasan adalah wilayah diparkirnya kapal berukuran besar itu sebelumnya sudah tidak diijinkan lagi oleh pemerintah dan sempat dilakukan pengusiran oleh instansi terkait. Hanya saja, larangan itu tak diindahkan lagi oleh pihak kapal dan terus melakukan aktifitas dengan memuat bahan material. Tak pelak dengan diparkirnya kapal tongkang itu, mengundang reaksi dari sejumlah kalangan. Dari informasi yang didapat dari sumber serta hasil pantauan, kapal tersebut telah diparkir di perairan Malalayang. “Kalau ada larangan tentu tidak berani di parkir, tapi mungkin saja ada ijin yang dimiliki sehingga berani beraktivitas dikawasan terlarang. Tetapi ijin harus diselidiki dulu, apakah resmi diberikan atau tidal.jika tidak dan ditemukan pelanggaran, pihak polisi segera usut,” ujar sumber, kepada wartawan, Selasa (18/6) kemarin. Sementara itu pihak Pemkot Manado, melalui Kadis Perhubungan YB Waworuntu, saat dikonfirmasi Swara Kita, membenarkan jika adanya larangan parkir kapal tongkang di kawasan perairan manado. Hanya saja Waworuntu menyatakan bahwa, kapal tongkang bisa diparkir jika kawasan itu tidak dilakukan reklamasi pantai. “Memang benar sudah dilarang dan waktu lalu sempat kami mengusir salah satu kapal tongkang yang diparkir di Malalayang. Khusus di wilayah kawasan boulevard, memang tidak bisa diparkir. Kalau di wilayah pantai Malalayang, ada beberapa titik yang tidak bisa diparkir. sedangkan untuk masalah perijinan, pihak kami tetap berkoordinasi dengan Adpel Manado,” jelas Waworuntu.(erel)

Tabah ... dari Halaman 3 Mempertahankan usaha tersebut walau dengan pendapatan minim, itu dilakukannya karena ia tidak mau menggantungkan diri pada ke 3 anaknya yang kini sudah berkeluarga dan memilki kesibukan masing-masing. Meski hanya mengantongi keuntungan kurang dari Rp50 ribu pada setiap hari bahkan kurang, namun semangatnya tidak pernah pudar. Hal itu dibuktikan lewat meminjam uang dari relasinya sesama pedagang, untuk membeli barang berupa sapu ijuk guna dijualnya kembali. Inisiatif ini ditempuhnya agar supaya, untuk menambah fariasi barang jualannya serta dapat mendongkrak pendapatannya. “Semoga dengan cara ini, saya masih bertahan untuk membiayai kehidupan saya sampai tutup usia nanti,” ungkap Lukar.(try16/gb)

Pendaftaran ... dari Halaman 3 Pasalnya, selain mendaftar lewat internet ternyata orang tua harus balik mendaftar di sekolah,” jelas Pakaja kepada wartawan, Selasa (19/6) kemarin. Untuk itu, kader PAN Manado itu berharap Dinas Pendidikan Manado dapat segera memperhatikan keluhan ini. Dan secepatnya membuat sistem pendaftaran yang tidak menyulitkan masyarakat. “Diknas harus prokatif dengan persoalan ini. Dan secepatnya mencarikan solusi yang terbaik. Jangan sampai persoalan ini menghambat siswa yang ingin mendaftar,” tegasnya. Dikatakannya, untuk upaya meminimalisir antrian panjang dan berjubel dalam pendaftaran, setiap sekolah dimintanya memiliki sistem pendaftaran yang rapih. Misalnya, memberikan nomor antrian pemasukan berkas atau pendafataran. “Tujuannya setiap orang tua murid yang nomor pendaftarannya yang pada hari itu dijadwalkan hanya mereka yang hadir. Jadi tidak menumpuk di sekolah saat pendaftaran,” katanya.(dede/rr)

Realisasi PAD Semester I 2012 belum diterima dekot Manado Manado—Ketua Komisi B Dekot Manado Lili Binti SE, terlihat mulai gerah dengan sikap Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Manado. Pasalnya, instansi pemerintah pimpinan Bismark Lumentut SE ini dianggap tidak serius bahkan mencuek permintaan komisi yang membidangi keuangan dan perekonomian, terkait

memasukan data realisasi PAD di Semester I tahun 2012. “Padahal sesuai kesepakatan beberapa waktu lalu, Dispenda harus memberikan data tiap dua minggu untuk dibahas dekot,” ujar Binti Selasa (19/6) kemarin. Senada dengannya, Wakil Ketua Komisi B Dekot Manado, Cicilia Londong, menegaskan, permintaan

data laporan Semester I PAD tersebut sangat berguna dan membantu dekot untuk mengawasi perolehan PAD secara intens. Pengawasan kinerja Dispenda, lanjut politisi PDK Manado ini, untuk kepentingan masyarakat. “Jangan sampai setelah evaluasi muncul penilaian PAD anjok karena dekot tidak ikut mengawasi

kinerja Dispenda,” tegas Cici—sapaan akbrabnya. Lebih lanjut, dia meragukan komitmen Dispenda meningkatkan kesungguhan mendata obyek pajak dan retribusi. “Karena usaha rumah makan dan restoran misalnya terus bertumbuh tapi laporan Dispenda beberapa bulan lalu terkesan tidak ada peningkatan. Bahkan banyak rumah makan dan restoran yang masih tunggak pajak. Saya pikir kinerja Dispenda harus d i e v a l u a s i , ” tambahnya.(dede/rr)

SERAP ASPIRASI

Mangindaan sambangi warga di 3 kelurahan Manado—Wakil Walikota Manado Harley Mangindaan SE MSM, terus berupaya melakukan yang terbaik bagi masyarakat Manado. Tak heran, jika beberapa kesempatan Ai –sapaan akrab Mangindaan—, kerap terjun langsung bercengkraman dengan warga Manado yang tak lain untuk berdiskusi apa yang bisa menjadi masukan buat pemerintah dalam program pembangunan kedepan. “Ramah dan akrab dengan masyarakat tentunya itu yang kami harapkan. Apalagi Pak Ai selalu menerima apa yang menjadi harapan kami,” terang Suryati Labadu warga Tuminting. Selasa (19/6) kemarin, sejak pukul 8 pagi, Ai telah berada di Kelurahan Bitung Karangria untuk mengikuti kegiatan bakti sosial yang dimotori Kodim 1309 Manado. Pada kesempatan itu pun Ai ikut memberikan sumbangan sembako secara simbolis kepada warga. “Pemerintah tentunya mengapresiasi akan kegiatan TNI ini. Karena ini

merupakan bentuk nyata TNI begitu dekat dengan masyarakat,” terang Ketua FKPPI Sulut ini. Tak sampai disitu, Ai pun langsung bergerak menuju ke pesisir pantai Maasing lingkungan tiga, komplex Bobo, Kecamatan Tuminting dimana lokasi tersebut kini disesaki dengan warga yang kebanyakan berperan sebagai nelayan. “Ada yang perlu diseriusi diwilayah ini. Kebersihan dan penataan rumah warga agar tidak terlihat kesannya kumuh. Ini menjadi pekerjaan rumah saya dan Pak Walikota,” kata Ai sembari menelusuri pesisir pantai tersebut dengan camat dan sejumlah lurah setempat. Kedatangan tiba-tiba Wakil Walikota Manado ini, tak pelak langsung menarik perhatian para ibuibu. Ada yang sekedar ingin foto bersama ada juga yang mengeluh serta berharap akan kondisi rumah mereka yang kerap terendam air kala hujan deras agar mendapat perhatian. Dan memang warga dilokasi tersebut akan ada

Manado, Drs Danny Sondakh, yang meminta sebelum rencana itu dilanjutkan, pemerintah terkait perlu melihat beberapa aspek baik sosial dan aturan yang perlu dipenuhi. “Jangan ini dilewatkan. Butuh sinergitas, disamping ada hal-hal yang perlu dipenuhi kami harapkan itu dilakukan,” kata Sondakh. Ditambahkan, personil Komisi B Dekot Manado, Hengky Kawalo dan koleganya Benny Parasan, rencana peremajaan

Mekanisme harus melalui KLN Manado—Kendati ada beberapa Mobil Dinas (Mobnas) Pemkot Manado yang digunakan sejumlah pejabat telah dimakan usia, namun Bagian Aset Pemkot Manado menegaskan, tidak ada DEM Mobnas yang akan dilakukan. “Tidak ada Dem, itu sudah sarankan dan akan disampaikan ke Walikota dalam waktu dekat ini,” tegas Kabag Aset, Teddy Salindeho SE MS. Kalau pun akan ada proses Dem Mobnas lanjut Salindeho, itu harus

melalui mekanisme Kantor Lelang Negara (KLN). “Ini sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 17 tahun 2007, tentang pedoman teknis pengeloalaan barang milik daerah,” jelasnya. Justru Salindeho lebih menekankan agar setiap SKPD harus mengedepankan fungsinya sebagai pengguna anggaran dan barang. “Artinya apa yang menjadi milik negara harusnya dipelihara dengan baik, hal itu yang harus diperhatikan tiap SKPD,” kuncinya.(teem/rr)

HUT KODAM VII WIRABUANA

TNI gelar Bhakti Sosial di Karangria

WAKIL Walikota Manado, Harley Mangindaan SE MSM menyerap aspirasi masyarakat di kelurahan Maasing kompleks kampung Bobo, Kecamatan Tuminting, kemarin.(foto: ist)

rencana relokasi, kesempatan tersebut pun langsung membuka ruang warga dan Ai. “Kami hanya berharap meski nanti direlokasi, pemerintah bisa siapkan tambatan perahu bagi kami. Karena kebanyakan warga di kelurahan ini, bergantung di laut,” ujar Abdulah Jusuf warga setempat. Sekitar 2 jam bersama warga di Maasing Lingkungan III, Ai bergegas ke warga korban kebakaran di seputaran Stadion Klabat

Manado. Bersama warga, tanpa sungkan Ai makan bersama di dapur umum yang dibangun Pemkot Manado. “Semua kegiatan sepanjang hari ini (kemarin, red) tidak lain untuk mengetahui secara pasti apa yang menjadi keinginan warga Manado. Mudah-mudah dengan banyaknya masukan pemerintah akan lebih mengerti akan harapan dan keinginan masyarakat Manado,” kunci Ai.(teem/ rr)

sudah cukup baik. Dan menurut keduanya dalam upaya untuk pembangunan apa yang dilakukan oleh investor harusnya jangan dipersulit atau dihalagi. “Kalau itu baik dan untuk masyarakat kenapa harus ditolak. Yang pastinya kalau pembangunan ini dibebankan dalam APBD pastinya semua anggaran hanya akan terpusat pada pembangunan itu saja. Namun ini sanga luar biasa, pemkot menggandeng investor dan mau mem-

bangun untuk masarakat kota Manado, kenapa harus ditolak,” kata keduanya. Akan tetapi, keduanya mengingatakan agar, tetap memperhatian beberapa hal, diantaranya soal regulasi dan pedagangan yang berjualan ditempat itu. “Pembangunan itu harus diatur dengan regulasi dan mengikuti aturan yang jelas. Perlu diperjelas ketika pembangunan itu dilakukan apa kontribusinya bagi kota Manado,” terang keduanya.(dede/rr)

Dekot ... dari Halaman 3 “Kami menyampaikan ide, dan berharap ini dapat diteruskan kepada masyarakat lewat dekot agar ini tidak simpang siur lagi. Semua mendukung peremajaan, tapi tentu tidak akan mengorbankan kurang lebih ada 178 pedagang di sana. Disamping tentunya kami semua tidak akan mengabaikan peraturan yang berlaku,” tegas Lumentut yang dikenal visoner dan bersahaja itu. Hal senada juga dikatakan oleh Ketua Dekot

DEM MOBNAS

Manado—Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam VII Wirabuana ke-62, Tentara Nasional Indonesia (TNI) di kesatuan Kodim 1309 Manado melangsungkan aksi sosial di Kelurahan Karangria, Selasa (19/6) kemarin. Berlokasi di halaman Koramil 01 Manado aksi simpatik itu meliputi sunatan massal, pengobatan gratis dan pembagian sembako bagi warga kuirang mampu. Dandim 1309 Manado Letkol (Inf) Yudianto Putrajaya, disela-sela aksi sosial tersebut menyatakan, kegiatan ini dalam rangkaian peringatan HUT Ke 62 Kodam VII Wirabuana, yang dilakukan oleh Korem 131/Santiago dan Kodim 1309/Manado. “Awalnya TNI melakukan kegiatan aksi bersih-

bersih di sejumlah titik hingga di kecamatan Malalayang dan dilanjutkan dengan donor darah prajurit TNI. Dan hari ini, tercatat sebanyak 50 orang anak mengikuti sunatan, 350 warga dilayani pelayanan kesehatan gratis dan pembagian sembako ke warga kurang mampu,” terang Putra sapaan akrab lelaki tinggi tegap ini. Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan SE MSM, pun langsung mengapresiasikan kegiatan bakti sosial Kodim 1309 Manado ini. “Ini adalah pembuktian kemanunggalan TNI dan masyarakat,” ujar Ai sapaan akrab Mangindaan sembari mengatakan, terima kasih kepada Kodim yang sudah membantu warga Manado.(teem/rr)

Harus ... dari Halaman 3 Misalnya, harus punya penataan pedestrian yang baik. “Selama ini trotoar belum cukup diperhatikan. Masih banyak titik jalan yang ada gundukan sampah hingga di bantaran sungai. Kemudian ada penyediaan lighting di titik jalan yang gelap. Penunjuk arah juga harus ada,” jelas Dali. Sekretaris Komisi C Arudji Rajab mengkritisi sistem pembangunan kota

yang belum menempatkan konsep Ekowisata sebagai hal yang mendasar. “Kita lihat saja selama ini Ekowisata lebih banyak hanya menjadi konsumsi publik. Perolehan Adipura Kota Besar itu bukan jaminan bahwa visi Ekowisata sudah memadai. Tapi bagaimana kita membuat masyarakat ini merasa nyaman dan kerasan berada di Manado,” tutupnya.(dede/rr)


RABU 20 JUNI 2012

KASUS P4TRANS & P2MKT

Asisten II Pemkab Mitra dihadirkan sebagai saksi DUGAAN korupsi dana Program Pembinaan Penyiapan Pemukiman dan Penempatan Transmigrasi (P4TRANS) dan Program Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT), kembali disidangkan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Manado, Selasa (19/6) kemarin. Pada sidang kasus dengan terdakwa WHR alias Wungow (54) ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Iwan Caunang SH, menghadirkan 4 orang saksi yakni, Daniel Talantan selaku Asisten II Pemkab Mitra, Sony Kawalo selaku Kabid Transmigrasi, Ferry Uway selaku pejabat penguji Surat Perintah Membayar (SPM) dan Tarcicius Sumarni, Guru di SD UPT Wiouy. Dalam keterangannya, Talantan menjelaskan bahwa terdakwa memang pernah berbincang dengannya, dan menyampaikan secara lisan dan tidak secara resmi bahwa soal program P4TRANS tersebut tidak dapat dilakukan karena tidak ada penempatan transmigrasi, dan hal tersebut pun sudah di ketahui oleh Gubernur. “Memang ada uang -uang yang diambil, sudah dikembalikan terdakwa, bendahara. Saya pribadi juga sudah mengembalikan uang total Rp369 juta pada tahun 2010,” katanya.(try18)

Terdakwa akui konsumsi Psikotropika ABDG alias Billy, oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Puskesmas Bahu selaku penjaga gudang Puskesmas, warga Kelurahan Winangun Atas, kembali disidangkan dalam dugaan kasus Psikotropika, Selasa (19/06) kemarin, di Pengadilan Negeri Manado. Kali ini agenda sidang menghadirkan dua orang saksi, sekaligus dengan pemeriksaan terhadap terdakwa. Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), Muthmainnah Umadji SH MH dan Helmi Alwi SH menghadirkan dua saksi yakni Stenly Sarenpa selaku polisi dari Tim Dit Narkoba Polda Sulut dan ahli dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Dra Sarinah Apt. Di hadapan Majelis Hakim Nur Hakim SH MH, Efran Basuning SH MHum, dengan Panitera Pengganti Deitje Wior, saksi Stenly mengatakan dirinya telah melakukan penangkapan terhadap terdakwa pada 9 Maret 2012. Penangkapan tersebut didasarkan atas informasi masyarakat. “Usai mendengar informasi terdakwa melakukan transaksi obat jenis Psikotropika di Kelurahan Winangun, maka kami dari tim Dit Narkoba Polda langsung menangkap terdakwa bersama barang bukti berupa obat Alprazolam, salah satu jenis Psikotropika,” jelas Stenly. Sedangkan Sarinah sebagai ahli dari BPOM Sulut, menjelaskan obat Alprazolam yang biasa dijual oleh terdakwa sebenarnya tidak bisa dijual bebas, lantaran harus melalui resep dokter. “Alasan obat Alprazolam tidak bias dijual bebas, karena termasuk psikotropika golongan IV,” terang ahli. Sementara terdakwa saat diperiksa Majelis Hakim mengakui segala perbuatannya yang sudah menjual obat terlarang. Bahkan, ia pun mengakui jika dirinya juga turut mengkonsumsi obat Alprazolam, satu jenis Psikotropika. “Pak hakim, saya juga menggunakan obat Alprazpolam, namun untuk mengobati penyakit yang saya derita,” akunya polos. Oleh Tim JPU, terdakwa diancam pidana Pasal 196 Undang-undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Pasal 62 Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.(try18)

Mokoginta & Manoppo divonis 1 tahun penjara Terbukti melakukan korupsi dalam penerimaan CPNS KK tahun 2009 Manado—Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Manado, Verra Linda Lihawa SH MH, Novrry T Oroh SH, Wenny Nanda SH, akhirnya menjatuhkan vonis bersalah terhadap mantan Sekkot Kota Kotamobagu, Drs Hi Mohammad Mokoginta dan mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kota Kotamobagu, Drs Hi Idris Manoppo. Dalam sidang untuk

kasus manipulasi dalam penerimaan CPNS KK tahun 2009, yang digelar Selasa (19/6) kemarin, keduanya divonis hukuman 1 tahun penjara dan denda Rp50 juta dengan subsider 1 bulan penjara “Terdakwa Mokoginta dan Manoppo terbukti melanggar Pasal 9 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana dirubah dan ditambah dengan Undang-undang No 20 tahun 2001, tentang Pemberantasn Tindak

Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Undang-undang No 8 tahun 1981,” ujar Hakim Ketua Verra Linda Lihawa, saat membacakan amar putusannya. Menurut Majelis, keduanya dinilai secara bersamasama telah memalsukan buku-buku atau daftardaftar dan mengubahnya sedemikian rupa dengan kesengajaan, dimana kesengajaan tersebut berlandaskan kesadaran pasti. Usai persidangan, Mokoginta dan Drs Manoppo,

mengatakan sangat menghormati putusan Majelis Hakim tersebut dan sebagai warga Negara yang baik tentunya akan patuh sesuai dengan hukum yang berlaku. “Sebagai orang di Indonesia, sebagai orang di negara hukum, kami akan patuh dengan apa yang sudah menjadi ketentuan hukum,” ujar keduanya kompak. Diketahui, vonis ini lebih rendah dari tuntutan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), Pingkan Gerungan SH, Jolfish Sambow SH, yang sebelumnya menuntut 1 tahun 6 bulan penjara dengan denda Rp50 juta dan subsider 3 bulan penjara.(try18)

Berkas perkara Sambow & Lamba resmi dilimpahkan ke pengadilan korupsi dan APBD Kota Tomohon itu bernomor perkara 14/PIDSUS/2012/ PN Manado dan 15/ PIDSUS/2012/PN Manado. Menurut Oroh, persidangan perdana kasus ini sendiri sudah ditetapkan pada tanggal 25 Juni 2012. “Untuk terdakwa FAS dan YL akan disidang oleh Majelis Hakim yang sama yakni Armindo Pardede SH MAP, Novrry Oroh SH dan Nich Samara SH (Hakim ad hoc), dengan Panitera Pengganti terdakwa Frans, Deitje Wior SH, sementara untuk terdakwa YL, Paniteranya Mansur Malakah SH MH,” jelas Oroh. Diketahui, kedua terdak-

wa diduga melakukan korupsi dana APBD Tomohon tahun 2006, 2007 dan 2008. Di mana keduanya bersama Eduard Paat, dinilai dengan sengaja melaksanakan permintaan dari Mantan Walikota Tomohon, Jefferson Rumajar melakukan pencairan kas daerah Kota Tomohon dan menggunakan anggaran bantuan sosial untuk kepentingan pribadi tanpa didukung bukti pertanggungjawa-ban. Akan hal itu, Negara dirugikan sebesar Rp33. 408.620.975. Oleh JPU, kedua terdakwa diancam pidana dalam Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU No 31 tahun

1999 tentang pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor jo Pasal 65 ayat (1) jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana dan subsidar Pasal 3 jo Pasal 18 Undangundang No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah dirubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pembe-rantasan Tipikor jo Pasal 65 ayat (1) jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(try18)

KENDALA ANGGARAN

Pemulangan korban trafficking terhambat Manado—Langkah pihak Kepolisian untuk mengungkap kasus trafficking di daerah ini semakin ditunjukkan, guna mendapatkan hasil penanganan kasus yang semakin efektif. Mes-ki demikian dengan upaya tersebut, beberapa gadis yang adalah korban dari aksi perdagangan kaum perempuan itu, rupanya memunculkan sedikit hambatan terkait pemulangan korban ke daerah. Pasal-nya, anggaran pemulangan bagi korban trafficking ma-sih simpang siur. Bahkan dikabarkan, dana yang berada di dinas terkait belum memiliki titik terang.

Menurut sumber penyi-dik di Mapolda Sulut, keti-ka dikonfirmasi sejumlah wartawan mengungkap-kan, upaya penjemputan dan penyelidikan kebera-daan korban terus dilaku-kan, namun biaya pemula-ngan itu yang menjadi ken-dala, apalagi setelah kor-ban berhasil dibawa pu-lang untuk langkah selan-jutnya seperti rehabilitasi harus dilakukan dan itu ada anggaran yang mengaturnya. “Untuk masalah pemulangan korban, memang kami tetap berupaya. Namun setahu kami, pengaturan pemulangan korban diang-

Lantas Polda Sulut lakukan penertiban

TERMINAL bayangan sudah harus secepatnya ditertibkan oleh pihak Lantas Polda Sulut.(foto: dok/sk)

TIPIKOR APBD KOTA TOMOHON

Manado—Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), Pingkan Gerungan SH dan Jolfis Sambouw SH, Selasa (19/06) kemarin, akhirnya secara resmi melimpahkan berkas dugaan korupsi dana APBD Kota Tomohon tahun 2006, 2007 dan 2009, dengan terdakwa FAS SE ME alias Sambow, mantan kuasa Bendahara Umum Daerah (BUD) Pemkot Tomohon, dan YL alias Lamba, mantan Kadispenda Tomohon. Hal tersebut dibenarkan Humas Pengadilan Negeri (PN) Manado, Novrry Oroh SH, saat dikonfirmasi Swara Kita kemarin. Menurutnya, pelimpahan berkas dugaan

TERBAYANG MARAK

garkan untuk rehabilitasi dan lainnya, dan itu ada di instansi terkait pemerintah. tapi berbagai pengalaman itu tidak pernah ada, dan anggarannya ada dimana,” ungkap sumber,kepada sejumlah wartawan di Mapolda Sulut. Sementara itu, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh mengatakan, pihaknya tetap konsisten mengusut trafficking, pe-nyelidikan dan penyidikan untuk pemulangan korban tak henti dilakukan. “Masalah traficking tetap jadi prioritas Polda Sulut.

Apalagi penyidik sampai saat ini, tetap melakukan upaya untuk memulangkan para korban yang berada di luar daerah,” tegas Adare. Di sisi lain, upaya pihak Kepolisian harus mendapat perhatian dari stakeholder atau instansi pemerintah yang menangani hal ini. Pasalnya, walaupun Polisi bekerja keras tanpa dukungan pemerintah tentu tidak akan efektif penanganan masalah trafficking di Sulut, apalagi kasus ini sangat memprihatinkan dan menjadi ancaman tertinggi bagi para kaum perempuan di Sulut.(erel)

Manado—Aktifitas kendaraan roda empat yang berada di sejumlah terminal bayangan (terbayang), belakangan ini terus mengundang pro dan kontra masyarakat khususnya pengguna angkutan umum. Berbagai alasan pun mulai muncul seperti, para penumpang merasa dipermudah jika memilih mobil ‘taksi gelap’ untuk melakukan perjalanan ke tempat tujuan. Namun disisi lain, para pengusaha dan sopir yang berada di terminal berijin justru mempermasalahkannya. Pasalnya, kehadiran terminal illegal tersebut sudah mempengaruhi peningkatan penumpang atau hasil setoran. Lewat hal itu, pihak kepolisian dan instansi terkait diminta untuk menindak dan menertibkan semua terminal bayangan agar tak merugikan hasil pendapatan. Salah satu sopir bus Antar Kota Dalam Pro-vinsi (AKDP), jurusan ManadoTomohon, Allen L mengungkapkan, kekecewaan dengan adanya sejumlah terminal bayangan yang ada di Manado. Bahkan ia mengatakan bahwa, jumlah penumpang di saat berangkat ke Tomohon sering berkurang karena mobil taksi gelap yang ada dalam terminal baya-ngan, sering mengambil penumpang dengan bebas. “Torang kecewa sekali, karena seharusnya penumpang naik bus, tapi karena so ada taksi gelap penumpang beralih. torang harap ada perhatian dari pemerintah dan

polisi,” harap sejumlah sopir bus. Semntara itu terkait hal ini, Direktur Lantas Polda Sulut Kombes Pol Dwi Gunawan, melalui Kasat PJR AKBP Reindolf Unmehopa SH SIK, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan menegaskan, pihaknya sampai kini sementara melakukan upaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang. Bahkan instansi terkait telah dilakukan koordinasi, untuk mendapatkan solusi yang tepat. “Berbagai lang-kah sementara kami laku-kan dan sampai saat ini ka-mi sering lakukan patroli. Pembahasan dengan ins-tansi lain sudah dilakukan, ini untuk jalan terbaik bagi terminal bayangan,” ung-kap Reindolf, Selasa (19/6) kemarin. Seperti diketahui, terminal bayangan marak ber-operasi di Manado dan sekitarnya, pantauan war-tawan, wilayah jalan samratulangi sedikitnya dua lokasi menjadi tempat mangkal mobil plat hitam yang menawarkan jasa transportasi ke Tomohon dan Tondano, tepatnya depan Wanea Plaza dan Depan Bank BTPN Manado. Di kawasan Terminal Malalayang juga terdapat terminal ilegal, yang menawar-kan transportasi ke Amu-rang dan sekitarnya. ada-nya terminal ini, membuat sejumlah sopir bus yang mangkal di Terminal Karom-basan kecewa, sebab peng-hasilan mereka berkurang akibat para penumpang lebih dulu diangkut taksi gelap ketimbang memilih ke terminal dengan menggu-nakan bus.(erel)


SELASA 19 JUNI 2012

APEL KORPRI

Eman minta PNS harus taat hukum PEMKOT Tomohon menggelar Apel Korpri bersama jajarannya yang dilaksanakan di halaman Kantor Walikota Tomohon, Senin (18/6) kemarin. Dalam Apel Kopri ini, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE AK bertindak sebagai Pembina Apel. Eman dalam sambutannya mengatakan, sebagai aparatur pemerintah, hendaknya PNS harus berusaha menguasai bidang tugas serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan masing-masing dalam menjalankan tugas negara dalam bidang pemerintahan. “Mampu memecahkan masalah dalam pelaksanaan tugas, taat kepada aturan dan hukum yang berlaku, peka terhadap setiap perkembangan yang terjadi serta antisipatif mengatasi tantangan,” jelas Eman. Eman mengajak kepada seluruh jajaran Korpri hendaknya turut serta berperan menyukseskan program pemerintah, yang diantaranya komitmen pemerintah kota menjaga kestabilan keamanan dalam mendukung upaya kepolisian dan TNI dalam pencanangan Mapalus Kamtibmas. “Menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing juga merupakan hal yang utama yang harus kita dan masyarakat lakukan,” ujarnya.(gebe)

Pekerja di PT PGE Lahendong tercebur ke kolam air panas Kembali dapat sorotan dari Dekot Tomohon

patkan pertolongan. “Saya tahu ada sumur, tapi karena sudah asik dan sibuk kerja, saya lupa dan akhirnya kaki saya masuk ke lubang itu. Untuk saya pakai alat pengaman berupa sepatu buts sehingga hanya sebagian kulit yang melepuh,” jelasnya kepada wartawan, Senin (18/ 6) kemarin. Ditanya apakah ada perhatian dari pihak kontraktor dan PT PGE Lahendong, dirinya mengatakan, sejauh ini baru pihak kontraktor yang menghubunginya dan menyatakan siap membantu. “Kontraktor menyatakan kalau saya memerlukan

sesuatu, tinggal ditelepon. Sementara dari pihak PT PGE Lahendong memang ada datang menjenguk saya, tapi belum ada informasi soal pembiayaan,” kata Losu yang sudah bekerja selama 1 tahun menjadi pekerja kontrak di PT PGE Lahendong itu. Dirinya kini hanya berharap, kiranya musibah yang menimpahnya ini, pihak perusahaan tetap memberikan gaji miliknya meskipun dalam masa perawatan. Sebab, dengan gaji itu, dirinya akan menafkahi ke 3 anaknya yang masih kecil-kecil di rumah.

CNR akui semua calon cukup kuat

takan bila semuanya harus yakin. Dan khusus untuk wakilnya, itu akan segera ditentukan. “Kalau tidak ada aral yang melintang Agustus ini kita akan tentukan wakil kita,” ujar CNR yang mengatakan bahwa memang alternatif terakhir akan memilih pasangan dari internal partai.(erka)

Tomohon—Kecelakaan tenaga kerja kembali terjadi di PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Area Lahendong. Kali ini salah satu pekerja bernama Noldy Losu warga Pangolombian Jaga 2 terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit Bethesda Tomohon akibat kaki kirinya tercebur di kolam air panas pada Sabtu (16/6) pekan lalu. Losu kepada wartawan saat dijumpai di rumah sakit Bethesda mengatakan, saat

itu dirinya membersihkan dan melakukan pengecetan kepala sumur. Disekitar tempatnya bekerja, terdapat sumur kecil dengan kedalaman sekitar 50 centimeter. Karena keasikan bekerja, tanpa sepengetahuannya, kaki kirinya sudah menginjak sumur itu sehingga kaki kirinya melepuh akibat terkena air panas. Melihat hal itu, teman-temannya langsung melarikan dirinya ke rumah sakit untuk menda-

PILKADA MINAHASA AGENDA

Eman lantik pengurus PKK Kota Tomohon KALAU pada waktu yang lalu pengurus TP-PKK Provinsi melantik Ny Lie Liliana Eman Mokoginta sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon, Senin (18/6) kemarin, bertempat di Rumah Dinas Walikota Tomohon diadakan Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus/Keanggotaan TP-PKK Kota Tomohon. Walikota Tomohon selaku Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK Kota Tomohon melantik para pengurus TP-PKK tersebut. Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan tujuan dari Tim Penggerak PKK Kota Tomohon adalah mewujudkan kesejahteraan anggota melalui peningkatan sumber daya manusia. “Saya kembali mengingatkan bahwa gerakan PKK mempunyai pedoman pelaksanaan yang dihasilkan dari Rakernas. Pedoman tersebut meliputi kelembagaan, administrasi dan program kerja. Saya juga mengharapkan kepada segenap pengurus untuk menjalankan gerakan PKK sesuai dengan pedoman yang baku, dengan demikian PKK akan selalu berjaya menjadi terdepan dan terus mendapat simpati dan kepercayaan masyarakat sehingga menjadi tumpuan masyarakat dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan bagi kesejahteraan keluarga yang merupakan tugas mulia,” tutupnya. Dengan selesainya acara Pelantikan, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tomohon bersama para pengurus yang baru dilantik, maka di langsungkan rapat singkat. Disela-sela pertemuan tersebut Ketua TP-PKK Kota Tomohon Ny Lie Liliana Eman Mokoginta mengatakan bahwa Kerukunan serta kerjasama T-PKK Kota Tomohon harus dijaga. “Saya berharap juga agar selalu ada persatuan dan kesatuan dalam menjalankan tugas-tugas dalam kepengurusan PKK,” katanya.(gebe)

Tondano—Pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Minahasa memang masih sangat kental dengan budaya siapa yang terkuat. Namun sedikit ada gambaran kekhawatiran tentang bermunculannya sejumlah

calon yang maju mendaftar. Terkait dengan hal itu, sosok CNR pun yang diklaim terbaik karena hasil survei 3 lembaga posisi pertama ditempati CNR, tempat kedua JWS dan Ketiga HAG. Terkait dengan hasil

pengeboran jangan tinggal diam dengan masalah ini termasuk pemerintah dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada disekitar eksplorasi seperti Lahendong, Pangolombiaan, Toundangouw dan Tumatangtang. “Jangan nanti musibah yang sama kena ke keluarga mereka baru mereka mau bersikap. Masalah-masalah ini jangan dibungkam. Bagi pekerja yang kena musibah seharusnya disantuni. Bahkan jika cacat permanen maka mereka harus diberi jaminan hidup,” tambah Sembel.(gebe)

DAK DIKNAS tersebut, CNR merendah. “Semua calon cukup kuat dan kita tidak bisa mengklaim bahwa dengan begitu kita harus berbangga,” ujar CNR. Terkait dengan kekuatan para kandidat, CNR menga-

JALAN MANADO-TOMOHON

Pemkot masih tunggu kesiapan dari pemprov Tomohon—Pembebasan lahan jalur ManadoTomohon, sampai saat ini belum ada titik jelas. Pasalnya, oleh Pemkot Tomohon masih menunggu kesiapan dari Pemprov Sulut meskipun jadwal sudah disampaikan ke pihak pemerintah propinsi. “Kita masih menunggu dari Pemprov Sulut. Soalnya, pembebasan lahan itu harus ditindaklanjuti dengan koordinasi antara Pemkot Tomohon dan Pemprov Sulut,” ujar Sekkot Tomohon, Drs Arnold Poli SH MAP kepada wartawan, Senin (18/6) kemarin. Dikatakan Poli, pembangunan jalan ManadoTomohon ini merupakan proyek jangka panjang yang akan dilakukan pemerintah pusat melalui Pemprov Sulut dimana pengerjaannya akan dilakukan pada tahun 2013 mendatang. Untuk pembebasan lahan sendiri akan menjadi prioritas Pemkot Tomohon pada tahun ini. “Kita akan upayakan pembebasan lahan ini sudah bisa diselesaikan pada tahun.

“Saya berharap gaji jalan terus meskipun saya dalam kondisi perawatan,” katanya. Sementara itu, menanggapi masalah kecelakaan tenaga kerja di PT PGE Lahendong, Ketua Komisi A Dekot Tomohon, Drs Paulus Sembel mengatakan, itu berarti pihak perusahaan telah mengabaikan keselamatan pekerja. “Sudah jelas untuk masalah keselamatan pekerja mereka tidak profesional sehingga pekerja disaat bekerja tidak dilengkapi alat safety,” kata Sembel. Untuk itu, Sembel mengajak, rakyat di area

Pengumpulan bukti masih terus dilakukan Tondano—Intensifikasi penelusuran kasus DAK Diknas sejak tahun 20082011 oleh Polres Minahasa yang ada di Diknas Minahasa memang sudah menjadi bola panas. Akan tetapi juga dalam pekan berjalan ini akan ada pemeriksaan karena meskipun belum intens dengan pemeriksaan yang ada, namun pengumpulan barang bukti masih dicari. “Kita memang berupaya untuk menjadi sesuatu yang berharga. Artinya pemerintah dan masyarakat tidak menilai

ini sebuah alasan yang dibuat-buat bahwa kita tidak serius. Apalagi timnya sudah ada,” ujar juru bicara Kapolres Minahasa AKP Latunggamu kepada Swara Kita, Senin( 18/6 ) kemarin. Lebih lanjut dikatakan Latunggamu bahwa untuk proses hukum atas dugaan korupsi ini akan diintensifkan pemeriksaan jika semua bukti tercukupi. “Kita berharap ada pola yang baik agar penanganan kasus ini tidak mubasir,” ujarnya.(erka)

PERKEMAHAN PEMUDA GMIM

Tampi: Jadilah pembaharuan yang diperbaiki

Runtu: Agustus akan dioperasikan

Tondano—Pelaksanaan Perkemahan Karya Pemuda (PKPG) se Sinode GMIM yang dipusatkan di Desa Kembuan 1 Kecamatan Tondano Utara resmi digelar. Menariknya dalam acara tersebut Ketua Sinode GMIM Pdt Piet M Tampi MTh dalam khotbahnya mengambil tema “Tuhan itu baik kepada semua orang” dalam Mazmur 149:9a bahwa memang diharapkan pemuda menjadi obor dalam pembangunan dan dalam peningkatan mutu menjadi pembaharuan yang diberkati. Selain itu juga untuk menyikapi perpolitikan di Minahasa, diharapkan ketua-ketua pemuda untuk tidak mencampur-adukan mana kepentingan pemuda dan mana yang tidak. “Kita berharap ini menjadi momen yang baik untuk bagaimana

meningkatkan persatuan dan kesatuan pemuda GMIM,” ujar Tampi. Sementara itu menurut Ketua Umum pelaksana Rizman Tarihoran SH MH mengatakan dalam pelaksanaan ini diikuti oleh 184 jemaat dan dalam pelaksanaan ini akan diselenggarakan sejak 18 Juni-23 Juni. “Kasih menembus perbedaan tidak ada batasan sebagaimana kristus, telah memberikan diri-Nya untuk saling menjaga dan meningkatkan iman,” ujarnya. Hadir dalam acara tersebut Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu, Wakil Bupati Drs Jantje Sajouw MSi, Aspin Kejati Edward Sianturi, Dandim 1302 Santiago Theo Kawatu, Ketua Pemuda Billy Lombok dan ribuan pemuda GMIM.(erka)

Tondano—Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu mengatakan bahwa jika tidak ada aral yang melintang kapal eceng gondok akan dioperasikan pada Agustus ini. “Kita memang masih terkendala

mengatakan bahwa kapal tersebut harus dapat segera difungsikan . Jangan sampai hanya jadi besi tua. “Kita berharap ini tetap menjadi komitmen

pemerintah agar kapal itu dipergunakan dengan semestinya. Sebab sangat disayangkan kalau tidak difungsikan,” ujar Tomben.(erka)

PELEBARAN jalan ini belum ada kepastian dari pemerintah propinsi maupun Tomohon.(Foto:dok/sk)

Jadi, soal adanya informasi terkait dengan batas waktu yang diberikan pemerintah pusat agar Juli ini sudah harus rampung, itu tidak benar,” katanya. Diketahui, jalan ManadoTomohon akan dilakukan

pelebaran dari pertigaan ring road Winangun hingga jembatan besi yang terletak di Kelurahan Kinilow. Bahkan oleh Pemprov Sulut menginginkan agar pelebaran ini bisa sampai di tugu pertigaan Matani.

Pihak pemerintah Kecamatan Tomohon Utara pun sampai saat ini masih memberlakukan moratorium penjualan tanah untuk mengantisipasi mafia tanah yang memanfaatkan proyek pelebaran jalan.(gebe)

KAPAL ECENG GONDOK

dengan faktor non teknis. Namun pastinya kapal ini akan beroperasi tahun ini, mudah-mudahan Agustus,” ujar Runtu. Lebih lanjut dikatakan Runtu bila kapal ini memang sudah siap

dijalankan tapi ternyata itu tidak sesuai dengan komitmen karena terbentur beberapa prioritas. “Kita tetap konsisten dengan melakukan pengangkatan eceng gondok dan itu pastinya tidak ada masalah,

apalagi dalam APBD perubahan ini, anggaran untuk perawatan dan operasionalnya sudah akan dijalankan,” ujarnya. Sementara itu, menurut Wakil Ketua Dekab Minahasa Denny Tombeng


RABU 20 JUNI 2012

Kepsek se-Minut di-warning DINAS Pendidikan dan Olahraga (Dikpora) Minut, terus melakukan pemantauan jelang penerimaan murid baru. Bahkan tindakan yang diambil Dikpora tidak main-main, dimana disejumlah sekolah yang masuk dalam daftar Dikpora ditempatkan beberapa petugas dari Dikpora untuk memantau tempat tersebut. Hal ini dikatakan Kepala Dikpora Drs Maximelian Tapada MSc, Selasa (19/6) kemarin. Menurut Tapada, pengawas di lapangan akan disebar untuk mengantisipasi adanya sekolah yang melakukan Pengutan liar (Pungli). “Orang tua murid atau siswa, saya himbaukan tidak usah khawatir untuk memasukkan anak-anak mereka di sekolah yang diinginkan, saya jamin untuk Pungli tidak akan terjadi. Karena setiap sekolah sudah kita berikan peringatan, agar tidak melakukan hal yang membenani orang tua siswa,” tutur Tapada mewarning kepala sekolah. Dijelaskan Tapada, dana pendaftaran siswa sudah dianggarkan lewat Biaya Operasional Sekolah (BOS). “Kalaupun ada biaya tambahan lain, itu harus dibicarakan bersama. Misalnya, dalam suatu sekolah daya tampung siswa hanya 30, tapi yang mendaftar sudah 50 biasanya kasus seperti itu kendalanya sekolah memasukkan biaya tambahan untuk pengadaan kursi dan meja, tapi hal ini harus disepakati kalau tidak disetujui tidak bisa dipungut. Karena pada prinsipnya penerimaan siswa baru ini, pemerintah berupaya agar anak usia sekolah bisa menimba ilmu sdi setiap sekolah yang layak, dan untuk mengurangi anak putus sekolah,” terang Tapada.(eres)

Jelang pengucapan, pasar tradisional perlu ditata MENJELANG pengucapan syukur yang akan dilaksanakan tanggal 8 Juli 2012 akan datang, warga meminta agar Pemkab dalam hal ini dinas pasar menata para pedagang yang berjualan di pasar tradisional yang ada di Minsel. Hal ini dimaksudkan masyarakat mendapatkan kenyamanan dalam berbelanja di pasar untuk memenuhi kebutuhan jelang pengucapan syukur. Generasi Muda Minsel Heski Liando mengatakan, dalam rangka pengucapan syukur Pemkab harus mentertibkan para pedagang yang berjualan. “Pemkab harus menertibkan para pedagang yang ada di pasar-pasar tradisional yang tersebar di Minsel, karena mengingat tahun-tahun sebelumnya jika ada pengucapan pasar terlihat sempit dan tak beraturan,” tukasnya. Sementara itu, kepala dinas pasar Minsel Drs wemmpie Mononimbar yang dikonfirmasi mengatakan, pihaknya pasti akan menertibkan para pedagang menjelang pengucapan syukur. “Kami akan menginstruksi pasar ditata sehingga tidak ada kemacetan dan lain-lain, serta juga masyarakat mendapat kenyamanan dalam berbelanja,” ungkapnya.(esem)

Pekan ini, Polres tetapkan tersangka korupsi PDAM Usai pemeriksaan terlapor, bakal dilakukan gelar kasus

HARI Sarwono.

Airmadidi—Kasus dugaan korupsi ditubuh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Minut, yang diperkirakan merugikan negara mencapai Rp4 miliar menjadi perhatian serius

Polres Minut. Setelah sebelumnya Polres telah melakukan pemeriksaan terhadap GL alias Glen yang dalam hal ini terlapor, Polres Minut terus melakukan pengembangan. Dan

terbukti ada beberapa nama kembali dikantongi, yang turut andil dalam kerugian negara tersebut yakni RW dan PT. “Pekan ini, pihak penyidik akan melakukan gelar kasus. Tentunya setelah itu, akan ada penetapan tersangka dalam kasus ini. Dan ini sesuai ketentuan kasus korupsi, untuk penetapan tersangka

harus lewat gelar perkara atau kasus,” ungkap Kapolres Minut AKBP Hari Sarwono SIK MHUM, melalui Kasat Reskrim AKP Hanny Lukas SE. Ditambahkan Lukas, kasus penggelapan dana sambungan air pelanggan PDAM terus dikembangkan dan sudah ada beberapa bukti kuat yang

disita Polres Minut untuk dijadikan bukti otentik. “Ada beberapa dokumen yang kita sita dari unit pelayanan PDAM Airmadidi, dan dari dokumen ini, ada sejumlah nama yang terlibat sehingga tentunya masih dilakukan lidik, untuk mengikat namanama yang tersangkut dalam kasus ini,” tegas Lukas.(eres/mm)

PENATAAN KOTA

PKL di Amurang ”kuasai” trotoar Amurang—Maraknya Pedang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di trotoar yang merupakan fasilitas umum, kian meresahkan. Pasalnya, sejumlah PKL yang ada di pasar Amurang bahkan di pertokohan berjualan di trotoar yang merupakan tempat berjalan pejalan kaki dalam hal ini warga, sehingga harus segera ditertibkan. Hal tersebut diungkapkan oleh kepala Kantor Penge-

lola Kebersihan dan Pertamanan (KPKP) Minsel Ir Novy Pusung kepada sejumlah wartawan, Selasa (19/6) kemarin. “Kami sudah berkoordinasi dengan Kecamatan Amurang, namun sampai saat ini belum ada tindaklanjut, sehingga kami akan menyurati Satpol PP untuk menindak tegas para pedagang tersebut,” ungkap Pusung. Sementara itu, Kepala Satpol PP Minsel Drs

Novry Ransulangi yang dikonfirmasi terkait dengan PKL yang nakal mengatakan, pihaknya akan menindak tegas PKL yang berjualan memakai badan jalan ataupun menggunakan trotoar. “Yang pasti PKL yang berjualan di trotoar dan menggunakan badan jalan itu tidak bisa dan dilarang oleh aturan, sehingga kami akan bertindak tegas jika ada PKL kabal,” tegas Ransulangi.(esem/mm)

PENERTIBAN PKL yang dilakukan beberapa waktu lalu.(foto: ilus)

UPAH PERANGKAT DESA

KETAHANAN PANGAN

Mitra jadi ”pilot project” komoditi beras Sementara berproses Ratahan—Produksi beras di Kabupaten Mitra, yang setiap tahunnya mengalami peningkatan, mendapat perhatian dari pihak swasta untuk membantu, dalam hal penguatan ketahanan pangan. Bahkan Kabupaten ini akan dijadikan pilot project komoditi beras. Dukungan swasta ini, datang dari pihak Bank Indonesia (BI), yang akan bekerjasama dengan Pemkab Mitra. “Kami mendukung pertumbuhan perekonomian Sulut, dan khusus Mitra dengan mengalokasikan dana yang diperlukan, maka kami memohon gambaran yang akurat sehingga kami bisa mengusulkan anggaran, sehingga mampu menjawab segala

permasalahan yang ada,” kata Direktur Ekse-kutif BI DR Ramlan Ginting, Selasa (19/6). Dilain pihak, Dinas Perta-nian Provinsi Sulut melalui Kabid Ketahanan Pangan Ventje Rompas, mengata-kan, langkah yang dilakukan oleh Pemkab Mitra patut diancungi jempol dan dapat diambil contoh. “Karena Bupati menginterfensi langsung program Gerakan Tanam Padi (Gentadi) secara intens, sehingga program ini berhasil dijalankan dan dibuktikan dengan surplus produksi beras,” ujarnya. Sementara itu, Kadis Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Mitra Ir B A Tinungki MSi, yang mewakili Bupati menerima pihak BI

dan Dinas Perta-nian Provinsi, menjelaskan, sasaran utama yang dija-barkan bantuan pening-katan Sumber Daya Manusia (SDM) Petani dan Petugas serta bagaimana cara meningkatkan produktifitas dan menurunkan cost produksi. “Untuk yang pertama, bisa saja dilakukan pelatihan, seminar dan studi banding peningkatan produksi beras. Kedua

adalah bagaimana cara meningkatkan produktifitas dan menurunkan cos produksi petani, dengan beralih dari cara manual ke teknologi. Mekanisasi produksi dan tingkat produksi, sasarannya bag-aimana menunjang program ketahan pangan di Mitra dan pada umumnya di Sulut, itu salah satu strategi pening-katan,” jelas Tinungki.(esel/mm)

di DPPKAD Mitra Ratahan—Upah atau sering disebut dana insentif, bagi perangkat desa di Kabupaten Mitra, masih sementara berproses di Dinas Pendapatan Pengelolan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD). Dan rencananya dalam waktu dekat ini akan segera di

JUDI TOGEL

Polres Minut kejar bos besar Airmadidi—Setelah berhasil mengamankan HS alias Handry (60) warga Kelurahan Airmadidi Bawah Lingkungan III beberapa waktu lalu, yang diduga selama ini beroperasi dengan diam-diam menjalankan bisnis togel di Minut, kini Polres Minut sedang mengembangkan kasus tersebut untuk menjaring bos besar dibalik judi togel yang mulai merebak di Minut. Hal ini dikatakan langsung Kapolres Minut AKBP Hari Sarwono SIK MHUM, Selasa (19/6) kemarin. Dimana Sarwono dengan tegas mengatakan tidak main-main dalam memberantas berbagai penyakit masayarakat, termasuk peredaran judi togel. “Penangkapan HS, merupakan kerja keras Polres Minut. Dimana pelaku diketahui sangat lihai dalam melakukan bisnis kotor ini. Tentunya dari penangkapan ini, maka pengembangan kasus akan terus dilakukan untuk membongkar sindikat judi togel yang berkeliaran di Minut,

termasuk menangkap siapa aktor dibalik bisnis yang dapat merugikan masyarakat ini,” tutur Sarwono. Sementara itu, Kabag Ops Kompol Hans Lahamendu menambahkan, pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin dalam memberantas peredaran judi togel di

Minut, dan memberikan sanksi tegas bagi mereka yang kedapatan menjalankan bisnis terlarang ini. “Atas petunjuk Kapolres, saat ini pengejaran tengah dilakukan terhadap kaki tangan pelaku, termasuk bos besar yang mengendalikan bisnis ini,” terang Lahamendu.(eres)

ULP

Banyak SKPD tak tunjang Amurang-Kinerja sjumlah kepala SKPD di Pemkab Minsel patut dipertanyakan. Pasalnya, program pelayanan prima Unit Layanan Pengadaan (ULP) tak ditunjang oleh para SKPD, dimana hingga saat ini data paket proyek yang siap ditenderkan belum juga dimasukan para SKPD. Hal ini membuat pelaksanaan tender yang sudah dijadwalkanpun tertunda. Kepala ULP Minsel Sam Slaat ST saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya telah menyurati setiap SKPD yang mempunyai paket proyek

tahun 2012 untuk ditenderkan. “Sudah kami layangkan surat. Dan memang kami ingin agar data paket proyek yang akan ditenderkan segera dimasukan,” ujar Slaatnya. Tak pelak, hal ini mengundang reaksi masyarakat. “Kalau ada kepala SKPD yang kabal sebaiknya Bupati menggantikan saja, sebab mereka tak tunjang program Bupati. Harusnya mereka mendukung dengan memasukan berka syang nantinya ditenderkan lewat ULP,” tukas Henly Tuela tokoh pemuda Minsel ini.(esem)

cairkan. “Untuk upah atau insentif bagi perangkat desa sementara kami proses, dan sementara dilakukan verifikasi. Yang penting dokumennya lengkap,” terang Sekretaris DPPKAD Mitra Aswin Rogahang SSos, Selasa (19/6). Lebih lanjut, menurut Rogahang, dalam memproses upah bagi perangkat desa ini, melakukanya berdasarkan rekomendasi dari Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD). “Kami hanya berdasarkan rekom dari BPMPD, jika sudah ada maka dokumen kita teliti lagi kemudian input data, dan pindah bukukan ke rekening, selanjutnya pencairan melalui bank,” jelasnya menambahkan mengenai Alokasi Dana Desa (ADD) sebagian sudah disalurkan. Dan masih ada lagi yang diproses guna pencairannya. Dilain pihak, Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Mitra Haris Mokorowu, mengakui hal ini. Menurutnya permohonan daftar penerima penghasilan tetap atau upah bagi perangkat desa, sementara diproses. “Memang ini sementara diproses, untuk itu kami imbau bagi para Hukum Tua (Kumtua), yang belum memasukan permohonan daftar penerima, agar segera memasukannya,” tandas Kumtua Desa Kuyanga.(esel)


RABU 20 JUNI 2012

Walikota Bitung tandatangani MoU pajak dengan KPP Pratama KESEPAKATAN bersama atau Memorandum of Understanding (MOU) mengenai Ekstensifikasi dan Intensifikasi Wajib Pajak Penghasilan sesuai peraturan Pemerintah No 21 dan pengawasan kewajiban perpajakan bendahara serta pengelolaan PBB dan BPHTB antara Pemkot Bitung yang diwakili oleh Walikota Hanny Sondakh dan KPP Pratama Bitung yang diwakili oleh Kepala KPP Pratama Drs Denny Ferly Makisanti MSi, Senin (18/6) lalu, ditandatangani di Hotel Sintesa Peninsula. Penandatanganan MoU ini merupakan rangkaian kegiatan pertemuan yang digagas oleh Kanwil Direktorat Pajak Suluttenggo dan Maluku Utara dengan tema “Values Gathering peran serta Wajib Pajak dalam menopang pembiayaan pembangunan nasional melalui pembayaran pajak tahun 2012”. Dalam MoU ini, kedua pihak sepakat untuk mengadakan kerjasama yang saling meng-untungkan secara kelembagaan yang menyangkut tugas pokok bendahara dalam bidang perpajakan, berupa pendidikan dan pelatihan perpajakan bagi bendahara maupun pengawasan bersama para pihak terhadap kewajiban bendahara dalam hal penyetoran dan pelaporan pajak demi terciptanya laporan keuangan pemerintah daerah yang baik. “Tujuan dia-dakannya MoU ini yaitu upaya untuk memanfaatkan segala potensi sumber daya yang ada pada masing-masing pihak untuk ikut serta menyumbangkan pikiran, tenaga dan daya upaya dalam mengamankan penerimaan negara dari sektor perpajakan serta mewujudkan kepatuhan dan kepedulian masyarakat dan wajib pajak termasuk bendahara terhadap penegakan hukum perpajakan,” kata Sondakh. Sebelumnya, pertemuan ini dibuka dengan laporan yang dibawakan oleh Kakanwil DJP Suluttenggo & Malut Prof Dr Drs John Hutagaol MEc Ak. Menurutnya, values gathering adalah sebuah proses untuk mengkonsolidasikan dan menanamkan kepercayaan nilai-nilai, norma-norma etika dalam diri seseorang sehingga menjadi karakter dan tercermin dalam perilaku orang tersebut.(wepe)

5 guru Bitung kena TGR Pendidikan di Sangihe bermasalah, sertifikasi pengajar Sitaro terancam Sulut—Akibat lalai dalam melaporkan keadaan anak yang sudah tidak lagi masuk daftar gaji, membuat 5 orang guru senior di kota Bitung kena Tunjangan Ganti Rugi (TGR) oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Hal ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bitung, Drs Herman Rompis. “Memang ada sekitar 5 orang guru yang mendapatkan pinalti dari BPK dan mereka harus mengganti apa yang mereka terima atau namanya TGR,” jelas Rompis. Namun demikian, dirinya enggan menyebutkan nama guru-guru tersebut karena menurutnya kesalahan ini tidak disengaja oleh para guru. “Penyebab TGR karena para guru ini lupa melaporkan jika ada anak-anaknya sudah melebihi umur untuk menerima tunjangan, tapi sebagian besarnya adalah mereka lupa memasukan permohonan sekolah dari anak,” ungkap Rompis.

Dia pun merincikan jika TGR yang nantinya ditanggung ke 5 orang Guru ini tidak banyak untuk ukuran guru senior dimana hanya sebesar Rp85 ribu dan yang paling besar sekitar Rp 180 ribu. “Dari hasil klarifikasi, pihak guru-guru siap menganti TGR itu,” jelas Rompis. Untuk itulah dirinya meminta kepada para guru-guru yang telah mempunyai anak agar bisa melihat umur anaknya. “Jika sudah menikah dan melebihi batas umur 18 tahun, maka anak tersebut sudah tidak bisa menerima tunjangan lagi kecuali anak tersebut masih sekolah dan ini harus mengunakan surat keterangan,” tutup Rompis. Jika di Bitung soal TGR, lain lagi di Sangihe. Pasalnya, keinginan ribuan anak didik untuk mengenyam pendidikan yang memadai hingga ke pelosok wilayah kepulauan, ternyata tidak mampu disiapkan oleh dunia pendidikan di daerah ini. Buktinya, dalam pelaksanaan audience sosial

meaping antara Pemkab Sangihe dengan personel Indonesia Mengajar (IM) yang sudah setahun melakukan aktifitas di wilayah kepulauan, menemukan berbagai persoalan klasik yang mengancam dunia pendidikan Sangihe yang justru timbul dari tenaga pengajar itu sendiri. “Berbagai temuan kami di lapangan ada beberapa hal yang harus dibenahi terutama oleh Pemkab Sangihe terkait dengan keberadaan tenaga pengajar,” ujar 8 personel IM yang sudah mengakhiri masa tugas mereka di Sangihe. Persoalan tersebut di antaranya penumpukan tenaga guru di wilayah kecamatan, sedangkan untuk pelosok dan kepulauan mengalami kendala kekurangan tenaga pengajar. Kemudian menyangkut minimnya tenaga pengajar

yang ditugaskan di wilayah kepulauan dan pelosok, serta adanya tenaga guru yang memegang berapa bidang studi mata pelajaran pada jam yang sama bahkan kelas berbeda, sehingga upaya pembelajaran tidak berjalan secara maksimal. Menyikapi persoalan ini, Ketua Dewan Pendidikan Sangihe Dra M Makapia tidak mengelak dengan temuan yang ada. Olehnya ke depan, Makapia mengharapkan adanya pembenahan terhadap penempatan serta sistim belajar bagi sekolah yang terletak di wilayah pelosok dan kepulauan. “Evaluasi terhadap kinerja guru juga perlu dilakukan secara berkesinambungan, sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama untuk menggairahkan kembali dunia pendidikan kita mulai dari tenaga pengajar yang ada. Tidak mampu menjalankan tugas maka tindakan tegas menanti,” tegasnya kembali. Dari Sitaro, pemerintah daerah memastikan dalam

waktu dekat akan melaksanakan uji kompetensi bagi guru yang mengantongi sertifikasi, dalam rangka menjamin kualitas seorang tenaga pendidik serta bagian dari peningkatan sumber daya manusia di kabupaten 47 pulau tersebut. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sitaro, Dra SW Katindagho, ketika dikonfirmasi membenarkan hal itu, dan menyatakan pelaksanaan uji kompetensi yang akan digelar pada Agustus mendatang, khusus bagi para guru bersertifikasi angkatan 2007-2012 tersebut wajib dilakukan. “Untuk meningkatkan sumber daya manusia khususnya dalam menjaga kwalitas para tenaga pendidik, maka uji kompetensi wajib dilaksanakan,” ujar Katiandagho. Lanjut dia, dalam uji komptensi nantinya diharapkan para guru mempersiapkan diri sebaik mungkin, karena apabila tidak lulus akan beresiko pada pencabutan sertifikasi. “Karena itu bagi

semua guru lewat penyampaian langsung telah diingatkan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, agar pada hari H nantinya bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” tegasnya. Bupati Toni Supit SE MM ketika diminta tanggapannya seputar rencana pemerintah tersebut, memberikan suport serta dukungan moril. “Mengingat peran guru dalam membangun dunia pendidikan saat ini sangat dibutuhkan, maka ini perlu ada dukungan semua pihak, terutama kesiapan dari para guru yang akan mengikuti uji kompetensi,” himbau Supit. Ditambahkannya, program pendidikan di Sitaro menjadi salah satu prioritas bagi pemerintah daerah dalam pembangunan saat ini, dengan memberikan perhatian lebih. “Tentunya ada evaluasi, agar kwalitas dari tenaga pendidik bisa terukur, guna pengembangan dan kemajuan dunia pendidikan di daerah ini,” kuncinya.(wepe/ esde/esge)

PERDAGANGAN

Jepang minati cakalang fufu asal Sangihe Tahuna—Pasca peluncuran produk khas Sangihe berupa Cakalang Fufu (Cafu) pada akhir Januari 2012 lalu, berbagai permintaan terhadap pasokan tersebut terus mengalami peningkatan. Bahkan bukan cuma di sejumlah daerah yang ada di Indonesia, namun Cafu yang punya daya tahan untuk dikomsumsi hingga tiga bulan ini sudah mulai diminati sejumlah negara di Asia salah satunya adalah Jepang. Hal ini sendiri diungkapkan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sangihe Ir Feliks Gaghaube Msi. Menurutnya untuk menyikapi permintaan ekpsor ke Jepang, Pemkab Sangihe dalam waktu dekat akan ke Je-

CAKALANG fufu dari Sangihe akan segera merambah pasar Jepang.(foto:ist)

pang untuk menjejaki permintaan ini. “Saat ini sudah ada permintaan ekspor dari

Jepang untuik Cafu khas Sangihe, tinggal Pemkab Sangihe saja akan melakukan

PENERTIBAN BALIHO

ASPIRASI

Kesbangpol Sitaro ”pilih kasih” Ulu Siau—Penertiban baliho yang dianggap sudah kadaluarsa oleh pihak Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Sitaro mendapat sorotan dari masyarakat dan menilai tindakan tersebut terkesan pilih kasih. Pasalnya, masih didapati sejumlah baliho yang terpasang dan lolos dari penertiban. “Sebenarnya kami mendukung upaya yang dilakukan Kesbangpol, namun yang diharapkan tidak kesan pilih kasih. Sebab, terlihat masih ada sejumlah baliho yang belum ditertibkan, dan terbilang sudah lama terpampang dan berbau atau memiliki muatan politik. Misalnya salah satu baliho milik salah satu parpol

yang berada dipertigaan jalan Malele Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur (Sitim). Kenapa tidak ditertibkan juga,” ungkap sejumlah warga Sitim, yang ingin namanya dirahasiakan. Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol dan Linmas Sitaro, Drs Des Kalensang, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Selasa (19/6) siang kemarin, mementahkan sorotan yang mana pihaknya pilih kasih dalam melakukan penertiban tersebut. “Tidak benar kalau kami pilih kasih, sebab dalam melakukan tindakan kami punya prosedur dan aturan yang ada, serta disesuaikan dengan isi materi dari baliho ataupun spanduk itu,” tegas Kalensang.

Lanjut dia, untuk penertiban lalu itu, dikhususkan pada baliho serta spanduk dengan materi Paskah, karena terhitung selama 30 hari, apabila sudah lewat maka ditertibkan. Sedangkan untuk baliho yang bermuatan politik, dilihat dari isi materi yang tercantum. “Kalau materi berhubungan dengan promosi untuk pilkada, saat ini belum saatnya, maka sudah pasti akan kami tertibkan. Tapi kalau hanya nama dan foto pengurus, itu tidak masalah. Jadi kami melihat isi materinya seperti apa, baru akan kami tindaki, selain itu harus mengantongi rekomendasi serta ijin dari kepolisian,” jelasnya.(esge)

KELUARGA BERENCANA

Supit terima penghargaan SBY Ondong—Sukses dalam penanganan masalah kependudukan serta program Keluarga Berencana (KB), Bupati Sitaro Toni Supit SE MM dipastikan akan menerima penghargaan Satyalencana Wira Karya dari Presiden SBY. Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPP-KB) Sitaro Dra Dolly Polimpong, pada

sejumlah wartawan Selasa (19/6) kemarin, rencananya pemberian penghargaan akan dilaksanakan 30 Juni di Mataram NTB. “Kami telah menerima undangan sementara dari Pemprov Sulut untuk menghadiri kegiatan itu yang nantinya pihak panitia akan memberikan undangan khusus bagi perwakilan pemerintah daerah guna menerima penghargaan yang dimak-

komunikasi yang lebih matang lagi perihal pemenuhan permintaan ekspor dimaksud,” ujar Gaghaube. Untuk menyiapkan permintaan ekspor ini, lanjut Gaghaube maka kesiapan untuk pemenuhan setiap permintaan ekspor harus kita matangkan terlebih dahulu. “Memang untuk sentrasentra Cafu sekarang ini sudah ada, tetapi untuk menjaga tingginya pemrintaan kebutuhan dalam negeri hingga permintaan eskpor maka sejumlah sentra Cafu akan kembali dibangun. Sehingga permintaan dari konsumen bisa terlayani,” jelasnya sambil menyatakan lisensi kesehatan terhadap produk lokal ini segera dimiliki.(esde)

sud,” kata Polimpong. Lanjut dia, pemerintah daerah berhak menerima penghargaan tersebut, karena dinilai berhasil menjalankan berbagai program yang erat kaitannya dengan masalah kependudukan serta penerapan program KB. “Penghargaan untuk Pemkab Sitaro diberikan karena proaktif jalankan program kerja serta program nasional KB,” ujarnya.(esge)

Dekab disorot Tahuna-Pascaselesainya berbagai aktifitas ke luar daerah, kehadiran anggota Dekab Sangihe selang dua pekan terakhir dinilai minim. Tidak mengherankan gedung rakyat yang terletak di depan Mapolres Sangihe ini terlihat sepi. Kalau pun ada penghuninya sebagian besar staf di Sekretaris Dewan, sedangkan anggota Dekab yang terhormat sebagian besar tidak menampakkan batang hidungnya di kantor. “Saya datang ke kantor ini untuk bertemu anggota Dekab, namun yang bersangkutan sudah dua hari terakhir saya datangi belum berhasil bertemu. Sebab yang bersangkutan tidak masuk kantor,” ujar salah satu warga dari Kampung Kauhis yang meminta agar namanya jangan dikorankan. Dua anggota Dekab Adelin Palar dan Dice Korneles menyatakan bahwa saat ini agenda dewan sangat minim sehingga kehadiran anggota belum maksimal. “Terkadang juga kami hadir pada jam berbeda-beda, namun belum adanya kegiatan yang padat banyak juga anggota Dekab yang turun secara pribadi ke Dapil masing-masing, selain itu ada beberapa anggota juga ijin sakit ,” ujar keduanya.(esde)


RABU 20 JUNI 2012

KASUS P4TRANS & P2MKT

Asisten II Pemkab Mitra dihadirkan sebagai saksi DUGAAN korupsi dana Program Pembinaan Penyiapan Pemukiman dan Penempatan Transmigrasi (P4TRANS) dan Program Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT), kembali disidangkan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Manado, Selasa (19/6) kemarin. Pada sidang kasus dengan terdakwa WHR alias Wungow (54) ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Iwan Caunang SH, menghadirkan 4 orang saksi yakni, Daniel Talantan selaku Asisten II Pemkab Mitra, Sony Kawalo selaku Kabid Transmigrasi, Ferry Uway selaku pejabat penguji Surat Perintah Membayar (SPM) dan Tarcicius Sumarni, Guru di SD UPT Wiouy. Dalam keterangannya, Talantan menjelaskan bahwa terdakwa memang pernah berbincang dengannya, dan menyampaikan secara lisan dan tidak secara resmi bahwa soal program P4TRANS tersebut tidak dapat dilakukan karena tidak ada penempatan transmigrasi, dan hal tersebut pun sudah di ketahui oleh Gubernur. “Memang ada uang -uang yang diambil, sudah dikembalikan terdakwa, bendahara. Saya pribadi juga sudah mengembalikan uang total Rp369 juta pada tahun 2010,” katanya.(try18)

Terdakwa akui konsumsi Psikotropika ABDG alias Billy, oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Puskesmas Bahu selaku penjaga gudang Puskesmas, warga Kelurahan Winangun Atas, kembali disidangkan dalam dugaan kasus Psikotropika, Selasa (19/06) kemarin, di Pengadilan Negeri Manado. Kali ini agenda sidang menghadirkan dua orang saksi, sekaligus dengan pemeriksaan terhadap terdakwa. Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), Muthmainnah Umadji SH MH dan Helmi Alwi SH menghadirkan dua saksi yakni Stenly Sarenpa selaku polisi dari Tim Dit Narkoba Polda Sulut dan ahli dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Dra Sarinah Apt. Di hadapan Majelis Hakim Nur Hakim SH MH, Efran Basuning SH MHum, dengan Panitera Pengganti Deitje Wior, saksi Stenly mengatakan dirinya telah melakukan penangkapan terhadap terdakwa pada 9 Maret 2012. Penangkapan tersebut didasarkan atas informasi masyarakat. “Usai mendengar informasi terdakwa melakukan transaksi obat jenis Psikotropika di Kelurahan Winangun, maka kami dari tim Dit Narkoba Polda langsung menangkap terdakwa bersama barang bukti berupa obat Alprazolam, salah satu jenis Psikotropika,” jelas Stenly. Sedangkan Sarinah sebagai ahli dari BPOM Sulut, menjelaskan obat Alprazolam yang biasa dijual oleh terdakwa sebenarnya tidak bisa dijual bebas, lantaran harus melalui resep dokter. “Alasan obat Alprazolam tidak bias dijual bebas, karena termasuk psikotropika golongan IV,” terang ahli. Sementara terdakwa saat diperiksa Majelis Hakim mengakui segala perbuatannya yang sudah menjual obat terlarang. Bahkan, ia pun mengakui jika dirinya juga turut mengkonsumsi obat Alprazolam, satu jenis Psikotropika. “Pak hakim, saya juga menggunakan obat Alprazpolam, namun untuk mengobati penyakit yang saya derita,” akunya polos. Oleh Tim JPU, terdakwa diancam pidana Pasal 196 Undang-undang RI Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Pasal 62 Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.(try18)

Mokoginta & Manoppo divonis 1 tahun penjara Terbukti melakukan korupsi dalam penerimaan CPNS KK tahun 2009 Manado—Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Manado, Verra Linda Lihawa SH MH, Novrry T Oroh SH, Wenny Nanda SH, akhirnya menjatuhkan vonis bersalah terhadap mantan Sekkot Kota Kotamobagu, Drs Hi Mohammad Mokoginta dan mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kota Kotamobagu, Drs Hi Idris Manoppo. Dalam sidang untuk

kasus manipulasi dalam penerimaan CPNS KK tahun 2009, yang digelar Selasa (19/6) kemarin, keduanya divonis hukuman 1 tahun penjara dan denda Rp50 juta dengan subsider 1 bulan penjara “Terdakwa Mokoginta dan Manoppo terbukti melanggar Pasal 9 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana dirubah dan ditambah dengan Undang-undang No 20 tahun 2001, tentang Pemberantasn Tindak

Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP dan Undang-undang No 8 tahun 1981,” ujar Hakim Ketua Verra Linda Lihawa, saat membacakan amar putusannya. Menurut Majelis, keduanya dinilai secara bersamasama telah memalsukan buku-buku atau daftardaftar dan mengubahnya sedemikian rupa dengan kesengajaan, dimana kesengajaan tersebut berlandaskan kesadaran pasti. Usai persidangan, Mokoginta dan Drs Manoppo,

mengatakan sangat menghormati putusan Majelis Hakim tersebut dan sebagai warga Negara yang baik tentunya akan patuh sesuai dengan hukum yang berlaku. “Sebagai orang di Indonesia, sebagai orang di negara hukum, kami akan patuh dengan apa yang sudah menjadi ketentuan hukum,” ujar keduanya kompak. Diketahui, vonis ini lebih rendah dari tuntutan tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), Pingkan Gerungan SH, Jolfish Sambow SH, yang sebelumnya menuntut 1 tahun 6 bulan penjara dengan denda Rp50 juta dan subsider 3 bulan penjara.(try18)

Berkas perkara Sambow & Lamba resmi dilimpahkan ke pengadilan korupsi dan APBD Kota Tomohon itu bernomor perkara 14/PIDSUS/2012/ PN Manado dan 15/ PIDSUS/2012/PN Manado. Menurut Oroh, persidangan perdana kasus ini sendiri sudah ditetapkan pada tanggal 25 Juni 2012. “Untuk terdakwa FAS dan YL akan disidang oleh Majelis Hakim yang sama yakni Armindo Pardede SH MAP, Novrry Oroh SH dan Nich Samara SH (Hakim ad hoc), dengan Panitera Pengganti terdakwa Frans, Deitje Wior SH, sementara untuk terdakwa YL, Paniteranya Mansur Malakah SH MH,” jelas Oroh. Diketahui, kedua terdak-

wa diduga melakukan korupsi dana APBD Tomohon tahun 2006, 2007 dan 2008. Di mana keduanya bersama Eduard Paat, dinilai dengan sengaja melaksanakan permintaan dari Mantan Walikota Tomohon, Jefferson Rumajar melakukan pencairan kas daerah Kota Tomohon dan menggunakan anggaran bantuan sosial untuk kepentingan pribadi tanpa didukung bukti pertanggungjawa-ban. Akan hal itu, Negara dirugikan sebesar Rp33. 408.620.975. Oleh JPU, kedua terdakwa diancam pidana dalam Pasal 2 ayat (1) jo Pasal 18 UU No 31 tahun

1999 tentang pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tipikor jo Pasal 65 ayat (1) jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana dan subsidar Pasal 3 jo Pasal 18 Undangundang No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang telah dirubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pembe-rantasan Tipikor jo Pasal 65 ayat (1) jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(try18)

KENDALA ANGGARAN

Pemulangan korban trafficking terhambat Manado—Langkah pihak Kepolisian untuk mengungkap kasus trafficking di daerah ini semakin ditunjukkan, guna mendapatkan hasil penanganan kasus yang semakin efektif. Mes-ki demikian dengan upaya tersebut, beberapa gadis yang adalah korban dari aksi perdagangan kaum perempuan itu, rupanya memunculkan sedikit hambatan terkait pemulangan korban ke daerah. Pasal-nya, anggaran pemulangan bagi korban trafficking ma-sih simpang siur. Bahkan dikabarkan, dana yang berada di dinas terkait belum memiliki titik terang.

Menurut sumber penyi-dik di Mapolda Sulut, keti-ka dikonfirmasi sejumlah wartawan mengungkap-kan, upaya penjemputan dan penyelidikan kebera-daan korban terus dilaku-kan, namun biaya pemula-ngan itu yang menjadi ken-dala, apalagi setelah kor-ban berhasil dibawa pu-lang untuk langkah selan-jutnya seperti rehabilitasi harus dilakukan dan itu ada anggaran yang mengaturnya. “Untuk masalah pemulangan korban, memang kami tetap berupaya. Namun setahu kami, pengaturan pemulangan korban diang-

Lantas Polda Sulut lakukan penertiban

TERMINAL bayangan sudah harus secepatnya ditertibkan oleh pihak Lantas Polda Sulut.(foto: dok/sk)

TIPIKOR APBD KOTA TOMOHON

Manado—Tim Jaksa Penuntut Umum (JPU), Pingkan Gerungan SH dan Jolfis Sambouw SH, Selasa (19/06) kemarin, akhirnya secara resmi melimpahkan berkas dugaan korupsi dana APBD Kota Tomohon tahun 2006, 2007 dan 2009, dengan terdakwa FAS SE ME alias Sambow, mantan kuasa Bendahara Umum Daerah (BUD) Pemkot Tomohon, dan YL alias Lamba, mantan Kadispenda Tomohon. Hal tersebut dibenarkan Humas Pengadilan Negeri (PN) Manado, Novrry Oroh SH, saat dikonfirmasi Swara Kita kemarin. Menurutnya, pelimpahan berkas dugaan

TERBAYANG MARAK

garkan untuk rehabilitasi dan lainnya, dan itu ada di instansi terkait pemerintah. tapi berbagai pengalaman itu tidak pernah ada, dan anggarannya ada dimana,” ungkap sumber,kepada sejumlah wartawan di Mapolda Sulut. Sementara itu, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh mengatakan, pihaknya tetap konsisten mengusut trafficking, pe-nyelidikan dan penyidikan untuk pemulangan korban tak henti dilakukan. “Masalah traficking tetap jadi prioritas Polda Sulut.

Apalagi penyidik sampai saat ini, tetap melakukan upaya untuk memulangkan para korban yang berada di luar daerah,” tegas Adare. Di sisi lain, upaya pihak Kepolisian harus mendapat perhatian dari stakeholder atau instansi pemerintah yang menangani hal ini. Pasalnya, walaupun Polisi bekerja keras tanpa dukungan pemerintah tentu tidak akan efektif penanganan masalah trafficking di Sulut, apalagi kasus ini sangat memprihatinkan dan menjadi ancaman tertinggi bagi para kaum perempuan di Sulut.(erel)

Manado—Aktifitas kendaraan roda empat yang berada di sejumlah terminal bayangan (terbayang), belakangan ini terus mengundang pro dan kontra masyarakat khususnya pengguna angkutan umum. Berbagai alasan pun mulai muncul seperti, para penumpang merasa dipermudah jika memilih mobil ‘taksi gelap’ untuk melakukan perjalanan ke tempat tujuan. Namun disisi lain, para pengusaha dan sopir yang berada di terminal berijin justru mempermasalahkannya. Pasalnya, kehadiran terminal illegal tersebut sudah mempengaruhi peningkatan penumpang atau hasil setoran. Lewat hal itu, pihak kepolisian dan instansi terkait diminta untuk menindak dan menertibkan semua terminal bayangan agar tak merugikan hasil pendapatan. Salah satu sopir bus Antar Kota Dalam Pro-vinsi (AKDP), jurusan ManadoTomohon, Allen L mengungkapkan, kekecewaan dengan adanya sejumlah terminal bayangan yang ada di Manado. Bahkan ia mengatakan bahwa, jumlah penumpang di saat berangkat ke Tomohon sering berkurang karena mobil taksi gelap yang ada dalam terminal baya-ngan, sering mengambil penumpang dengan bebas. “Torang kecewa sekali, karena seharusnya penumpang naik bus, tapi karena so ada taksi gelap penumpang beralih. torang harap ada perhatian dari pemerintah dan

polisi,” harap sejumlah sopir bus. Semntara itu terkait hal ini, Direktur Lantas Polda Sulut Kombes Pol Dwi Gunawan, melalui Kasat PJR AKBP Reindolf Unmehopa SH SIK, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan menegaskan, pihaknya sampai kini sementara melakukan upaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang. Bahkan instansi terkait telah dilakukan koordinasi, untuk mendapatkan solusi yang tepat. “Berbagai lang-kah sementara kami laku-kan dan sampai saat ini ka-mi sering lakukan patroli. Pembahasan dengan ins-tansi lain sudah dilakukan, ini untuk jalan terbaik bagi terminal bayangan,” ung-kap Reindolf, Selasa (19/6) kemarin. Seperti diketahui, terminal bayangan marak ber-operasi di Manado dan sekitarnya, pantauan war-tawan, wilayah jalan samratulangi sedikitnya dua lokasi menjadi tempat mangkal mobil plat hitam yang menawarkan jasa transportasi ke Tomohon dan Tondano, tepatnya depan Wanea Plaza dan Depan Bank BTPN Manado. Di kawasan Terminal Malalayang juga terdapat terminal ilegal, yang menawar-kan transportasi ke Amu-rang dan sekitarnya. ada-nya terminal ini, membuat sejumlah sopir bus yang mangkal di Terminal Karom-basan kecewa, sebab peng-hasilan mereka berkurang akibat para penumpang lebih dulu diangkut taksi gelap ketimbang memilih ke terminal dengan menggu-nakan bus.(erel)


RABU 20 JUNI 2012

PPDB

Sekolah diingatkan hindari “pungli” KEPALA UPT Dinas Pendidikan Nasional Kecamatan Singkil Drs Nurhakim Masoara menghimbau seluruh kepala sekolah di Kecamatan Singkil untuk tidak melakukan pungutan dalam bentuk apapapun pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2012/ 2013. “Sesuai aturan, sangat dilarang ada pungutan liar “pungli” dalam penerimaan siswa baru. Seluruh kepala sekolah wajib menghindari perbuatan negatif tersebut,” pesan Masoara. Ia menjelaskan, di Kecamatan Singkil, terdapat 21 SD, 4 SMP, 1 SMA dan 2 SMK. “Sekolah hanya dapat menerima siswa baru sesuai kuota yang ditentukan berdasarkan jumlah ruang belajar yang disiapkan,” timpalnya. Hal ini menurut Masoara agar terjadi pemerataan siswa di seluruh sekolah. “Kedepan sangat diharapkan tidak ada sekolah yang kelebihan jumlah siswa sehingga tidak efektif dalam mengajar. Sebaliknya, tidak ada sekolah negeri maupun swasta yang kekurangan siswa,” tutup Masoara.(emem)

Student today, leader tomorrow Dituntut harus bangun pagi 6 hari dalam seminggu, belajar kurang lebih 5 jam di kelas, menghadapi pekerjan rumah segunung oleh guru “killer”, emang terkadang membuat kita bosan menjadi pelajar. Apalagi kalo udah ujian semester begini, pasti di rumah ortu pada ngomel-ngomel minta kita untuk membuka buku. Wah.... segitu sulitnya?? Come guys,,, bersyukur deh karena kamu masih bisa sekolah. Dengan sekolah, kamu punya kesempatan menjadi pemimpin di masa depan...(fine)

SMKN 2 MANADO

Otomotif, teknik gambar dan TKJ masih mendominasi DARI 12 jurusan yang ada di SMK Negeri 2 Manado, minat calon siswa masih mendominasi pada jurusan otomotif, teknik gambar serta Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Hal itu disampaikan Kepala SMKN 2 Manado Julian watung SPd saat memantau proses verifikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2012/2013 di sekolahnya. Terpantau, proses verifikasi Selasa (19/6) kemarin, para calon siswa tampak memadati ruang guru yang diubah menjadi ruang verifikasi berkas calon siswa baru. Mereka dilayani sedikitnya 6 orang petugas verifikasi. “Banyaknya siswa yang mendaftar di sekolah ini membuat kami memperbanyak jumlah petugas verifikasi agar seluruh pendaftar bisa terakomodir. Dari ratusan siswa yang melakukan verifikasi berkas tadi, hampir 50% memilih jurusan yang berbau otomotif, teknik gambar dan TKJ” jelas Watung. Ia merincikan, ke-12 jurusan yang tersedia di SMKN 2 Manado masing-masing Teknik Konstruksi Batu Beton, Teknik Gambar Bangunan, Teknik Survey dan Pemetaan, Teknik Audio Video, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pemesinan, Teknik Las, Multimedia, Teknik Sepeda Motor, dan Teknik Alat Berat. “Proses verifikasi dibuka selama sepekan, kemudian akan disusul dengan pelaksanaan tes akademik dan tes kesehatan,” tambahnya.(emem)

RENIE MALAS itu penyakit mental. Orang yang malas pasti gak akan sukses dalam hidupnya. So, cari motivasi hidup kamu. Kamu kedepannya pengen seperti apa? Kerja apa? Trus nikahnya gimana? Pengen bahagiain ortu gak?? Kalo kamu mulai malas belajar, ingetin diri kamu bahwa kamu pengen jadi orang sukses bukannya pengangguran. DHEA ORANG bilang tuch, para pemenang berkumpul dengan sesama pemenang, semen-tara para pecundang cenderung berkumpul dengan sesama pecundang. So, agar kamu jadi pemenang, ya bergaulnya dengan orang yang tepat. Orang yang suka belajar en selalu jadi motivasi positif buat kamu. Jauhin dech pergaulan yang buruk. Gak ada untungnya! ROVA MAKANYA guys, jangan dikumpulin tugas-tugasnya biar gak jadi sebukit. Biar di sekolah gak bete, kembangin bakat kamu lewat kegiatan ekskul. Kalo masih suka ngantuk di kelas or saat ngerjain tugas, mending membasuh muka or mandi aja. Ngerubah posisi kamar biar lebih nyaman oke juga. Biar kamu betah belajar di kamar.(*)

UNPK 2012

4.521 warga Sulut terdaftar ikut ujian kesetaraan Manado—Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) akhirnya menerbitkan Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (POS UNPK) sebagai implementasi dari Permendikbud Nomor 35 tahun 2012 tentang Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK). Berdasarkan POS UNPK tersebut ujian nasional Program Paket C periode pertama diselenggarakan pada tanggal 9-12 Juli 2012, ujian nasional Program Paket C Kejuruan 910 Juli 2012, ujian nasional Program Paket B dan Paket A tanggal 16-18 Juli 2012. Jadwal ujian nasional periode kedua dilaksanakan pada bulan Oktober 2012. Di Sulut, terbanyak sedikitnya 4.521 warga yang akan ikut dalam UNPK tahun ini. “Jumlah ini sesuai pengajuan data

sementara dari kabupaten/ kota. Nantinya, ke-4.521 wajib memasukan nilai rata-rata dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai syarat wajib ikut ujian paket kesetaraan,” jelas Ketua Panitia UNPK Sulut 2012 yang juga Kabid Pendidikan Non Formal Informal (PNFI) Danes Sumolang MPd usai sosialisasi UNPK di Diknas Sulut, Selasa (19/ 6) kemarin. Dijelaskan Sumolang, kelulusan peserta UNPK dari satuan pendidikan Program Paket A, Program Paket B Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan ditetapkan oleh rapat dewan tutor dan pamong pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Pembina dengan mempertimbangkan nilai akhir (NA) dan akhlak mulia. Nilai rata-rata laporan

hasil belajar (NRLHB) pada satuan pendidikan Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan diperoleh dari mata pelajaran yang diujinasionalkan. NRLHB dikeluarkan oleh satuan pendidikan Program Paket A, Program Paket B, Program Paket C, dan Program Paket C Kejuruan yang sudah dicap dan ditandatangani oleh pimpinan satuan pendidikan tersebut serta disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Pengumuman hasil ujian nasional Program Paket C dan Paket C Kejuruan paling lambat 4 Agustus 2012, sedangkan ujian nasional Program Paket A dan Program Paket B diumumkan paling lambat tanggal 11 Agustus 2012.(emem)

KAB/KOTA

PAKET

JLH

Minahasa

A -

B 116

C/IPS 184

C/IPA -

C/SMK -

300

Bitung

13

74

228

8

-

323

Bolmong

16

197

132

-

-

345

Bolmut

23

141

279

-

-

443

Minsel

-

51

105

-

-

156

Minut

44

193

414

-

-

651

Manado

84

257

654

5

-

1.000

Sangihe

-

-

210

-

-

210

Talaud

-

25

67

-

-

92

Sitaro

11

4

18

39

-

72

Boltim

-

120

40

-

-

160

Bolsel

-

-

23

-

-

23

Kotamobagu 3

123

172

-

-

298

Mitra

1

139

208

-

-

348

Tomohon

-

17

83

-

-

100

Jumlah

195

1.457

2.817

52

-

4.521

Sumber: Diknas Sulut


RABU 20 JUNI 2012

Mobil sport termurah seharga 115 juta SEBUAH perusahaan kecil di Rusia yang bergerak di bidang otomotif, TagAZ meluncurkan mobil sport coupe empat pintu yang diberi nama Aquila. Menariknya, mobil sport ini ditawarkan dengan harga 400.000 rubel atau sekitar Rp115 juta. Dilansir Leftlanenews, Selasa 19 Juni 2012, meski dibanderol murah, bukan berarti mobil yang dalam bahasa latinnya berarti Elang terlihat

penampilannya murahan. Tampilan eksterior mobil ini terlihat garang dan agresif. Itu dihasilkan dari guratan garis di bagian bumper dan kap mesin yang menyerupai Porsche. Tak cuma itu, Aquila juga dilengkapi fitur-fitur pendukung, seperti ABS, sistem audio lengkap, spion anti kabut dan kantung udara. Untuk menguatkan kesan sport di kabin, jok memakai model balap begitu pada bagian velg

Keputusan ... dari Halaman 1 Jadi, jika Senat Unsrat ini berani melakukan di luar yang diputuskan, bisa kena sanksi,” ujar Flora. Di sisi lain, dalam penetapan PTUN tersebut juga tegaskan bahwa pelanggaran terhadap penetapan ini akan menjadi tanggung jawab sepenuhnya baik secara yuridis maupun administratif bagi pihak-pihak yang melanggarnya. Itu berarti, bagi pihak-pihak yang melanggar keputusan PTUN ini akan berurusan dengan hukum. Karenanya Flora menggaris bawahi putusan PTUN sebagai sebuah larangan dan bukan himbauan. “Dengan begitu, Senat Unsrat jangan macam-macam melanjutkan tahapan Pilrek,” tegasnya. Dengan demikian, kemungkinan terbesar dalam proses ini akan melahirkan Caretaker atau Plt Rektor dimana sampai dengan tanggal 14 Juli 2012 atau batas masa jabatan Rumokoy. Jika tidak ada hasil pemilihan, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menunjuk Plt Rektor karena dalam proses penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi, tidak boleh terjadi kevakuman pimpinan.(erka/mm/dw)

Wa Ode ... dari Halaman 1 Wa Ode sendiri menyebut JPU telah membangun dakwaan dirinya menerima suap dan melakukan pencucian uang tanpa didasari bukti-bukti. Menurut dia, dakwaan tersebut dibuat berdasarkan asumi dari keterangan Harris Surahman. “Dakwaan (dibuat) hanya kata saudara Haris Surahman seorang, dari berkas perkara bukan fakta hukum,” kata mantan anggota Banggar DPR RI itu. Wa Ode kembali membantah telah menerima suap seperti yang dituduhkan Harris. Dia merasa menjadi korban konspirasi mafia anggaran di DPR. “Apa yang sama alami adalah bukti kekuatan mafia di anggaran,” kata Wa Ode. Menurut dia, kekayaan yang didapatnya berasal dari bisnis yang telah digeluti dari 2010. Dia membantah uangnya bersumber dari suap. “Tidak bersumber dari uang suap atau siapa pun yang berasal dari suap. Semua bersumber jelas dan terukur,” terang politisi PAN ini. Jaksa mendakwa uang suap tersebut ditransfer ke dalam rekening Mandiri Wa Ode. Diduga uang tersebut dicuci oleh Wa Ode untuk menyamarkan uang suapnya yang mencapai Rp50 miliar selama menjadi anggota DPR. Namun dia membantah dakwaan tersebut. Dia menegaskan duit tersebut didapat dari jerih payahnya terjun di dunia bisnis dari 2010. “Rp50 miliar total di rekening saya berasal dari pemindahbukuan dari beberapa rekening saya ke satu rekening, dan itu berasal dari usaha perdagangan milik keluarga saya. Itu merupakan total investasi pribadi dan usaha sejak berdirinya usaha dagang milik keluarga saya,” terangnya kembali. Diketahui, Wa Ode didakwa menerima duit Rp6,25 miliar dari tiga pengusaha melalui Haris Surahman. Ketiganya adalah Fahd El Fouz alias Fahd A Rafiq, Saul Paulus David Nelwan alias Paul Nelwan, dan Abraham Noch Mambu. Pemberian uang tersebut dimaksudkan agar Fadh dan Haris mendapatkan proyek pada tiga kabupaten di Aceh, yaitu Aceh Besar, Pidie Jaya, dan Bener Meriah. Selain tiga dearah itu, Kabupaten Minahasa kembali disebut dalam persidangan itu. Minahasa merupakan salah satu daerah yang menjadi bagian dari kesepakatan antara Wa Ode dangan Haris dan Fadh, keduanya kader Partai Golkar, sebagai penerima dana infrastruktur. Kesepakatan itu adalah Minahasa akan mendapat alokasi anggaran infrastruktur minimal Rp40 miliar selain Aceh Besar, Pidie Jaya, dan Bener Meriah. Namun hanya Aceh Besar yang terealisasi Rp19,8 miliar dan Bener Meriah Rp24,75 miliar. Fadh dan Haris kemudian menagih Wa Ode agar mengembalikan uang itu. Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 7 Maret 2012 silam telah memeriksa anggota Dekab Minahasa Hander Albert Arnold Kindangen, terkait kasus ini. “Dia (Kindangen, red) diperiksa sebagai saksi untuk tersangka WON (Wa Ode Nurhayati),” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Priharsa Nugraha kala itu, seraya mengatakan kalau Kindangen diperiksa karena keterangannya dibutuhkan oleh KPK.(temc/okez/dw)

Nature ... dari Halaman 1 Bukan kali ini saja ada pejabat negara yang tersandung masalah plagiarisme tugas akhir. April lalu, Presiden Hungaria Pal Schmitt mengundurkan diri dari jabatannya setelah ketahuan melakukan plagiarisme pada disertasi doktoralnya tahun 1992.(vinc)

Wanita ... dari Halaman 1 Dengan posisi tersebut, Cheryl berhasil menyingkirkan Angelina Jolie di posisi kedua serta Kate Middleton di posisi ketiga. Posisi keempat dihuni pelantun hits Umbrella Rihanna, sedang nomor kelima jatuh pada Jennifer Aniston. 51 peresn hasil survei atas terpilihnya Cheryl terungkap dengan alasan mereka pernah mencium seorang wanita sebelumnya. Sedang alasan terbanyak kedua karena mabuk dan sisanya hanya merasa ingin tahu.(kplc)

yang mengadopsi gaya racing. Urusan dapur pacunya, Aquila mengusung mesin 1.6-liter, 4 silinder segaris, yang mampu melontarkan daya 116 PS. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan. TagAZ berencana menampilkan Aquila pada Moscow Motor Show, Agustus mendatang. Untuk pemasaran di Rusia dimulai dalam waktu yang tidak lama. Jika mendapat respon pasar cukup baik, tidak menutup kemungkinan awal 2013 akan hadir varian 2 pintu mengusung mesin 2.0liter, dengan transmisi otomatis dan tambahan fitur kamera belakang.(vinc)

PERAWATAN

Cara menghilangkan bercak di bodi mobil anda BERCAK-bercak aspal yang menempel pada bodi mobil sangat menjengkelkan. Apalagi kelir kendaraan putih dan perak, membuat tampilan terkesan kotor atau ibarat wajah manusia dipenuhi jerawat. Lebih berhaya, bila sampai bercak itu mengeras susah dibersihkan dan cat yang

terkena jaadi buram. Makanya, jika ada waktu luang, seminggu sekali kontrol sekeliling bodi mobil. Untuk menghilangkannya, tak perlu harus dibawa ke bengkel poles. Anda bisa membersihkannya sendiri tanpa harus mengeluarkan dana besar seperti yang

diutarakan Aldy dari SAS Bodywork, Ciputat, Tangerang Selatan. Persiapkan lap microfiber atau kain katun halus, kemudian cairan pembersih bercak aspal (tar removal) yang banyak dipasarkan di toko aksesoris mobil. Bila sudah tersedia, lakukan langkah seperti di bawah

ini. Cuci terlebih dahulu bodi mobil hingga bersih, lalu di lap kering. Setelah itu, semprotkan tar removal ke bidang yang ada bercak tadi. Diamkan beberapa saat (biasanya sekitar 30 detik). Lantas, usap menggunakan lap microfiber dan lakukan

kembali jika bercak membandel. Sebenarnya, ada cara tradisional yang bisa dilakukan namun tidak disarankan yaitu menggunakan minyak tanah. “Minyak tanah sebenarnya bisa menghilangkan noda aspal. Namun karena zat tersebut bisa menghilangkan lapisan

lilin (wax), maka tidak dianjurkan,” jelas Aldy. Jika sulit mendapatkan tar removal, maka setelah melakukan proses penghilangan - sama dengan cara di atas sebaiknya mobil kembali di poles menggunakan wax agar cat tidak terlihat memudar dan kembali kinclong.(komc)

yang sangat membantu tugas-tugas lembaganya dalam hal fungsi pengawasan. Adapun Walikota Bitung pada sambutannya mengatakan bahwa peran BPK dalam melakukan pemeriksaan sangatlah membantu pemerintah daerah lebih khusus pejabat pengelola keuangan dalam memahami dan menguasai tugas pekerjaan berkaitan dengan penataan dan pengelolaan keuangan sekaligus menjadi sarana berkomunikasi yang efektif guna pencapaian tujuan o rg a n i s a s i . “Semua ini dapat kami

peroleh dan ketahui serta melakukan perbaikanperbaikan atas saran dan pertimbangan dan BPK,” ujar Sondakh. Dia tak lupa juga berterima kasih kepada semua pihak yang membantu sehingga Pemkot Bitung bisa mencapai hasil tertinggi dalam pemeriksaan LHP. “Kami ucapkan terimakasih kepada Gubernur Sulut Dr SH Sarundajang yang memberi motivasi, semangat dan nasehat dalam meraih hasil ini. Tak lupa juga apresiasi dan terima kasih

diberikan kepada BPK RI Perwakilan Sulut, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulut, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sulut Praseno Hadi SE, yang banyak membantu mewujudkan informasi laporan keuangan pemerintah daerah yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” kata Sondakh. Adapun wakil walikota mengucapkan terima k a s i h k e p a d a w a rg a Bitung, karena atas dukungan warga Bitung sehingga Pemkot

mendapatkan opini WTP ini. “Dengan demikian semakin jelas sinergitas antara program pemerintah dan masyarakat, dan semoga ini terus terjalin sehingga pengelolaan keuangan Bitung selanjutya untuk p e m b e r d a y a a n masyarakat,” kata Lomban yang didampingi Asisten bidang Keuangan dan A s e t P e t r u s Tu a n g e SSos, Kabag Keuangan Frangky Sondakh SE MSi dan beberapa Kepala SKPD Pemkot Bitung.(SEMADTORIAL/ wepe)

pemain luar biasa dan mereka bermain dengan sangat bagus,” ujar kiper Chelsea itu seperti dilansir oleh Soccerway. Jelang laga melawan Portugal, salah satu kiper terbaik di dunia itu mengaku timnya siap melawan Luis Nani Cs dan

yakin mampu mengalahkan tim berjulukan Brasilnya Eropa itu. “Kami belum kalah, anda bisa mengalahkan siapa pun di hari yang baik. Kami tentu saja memiliki kesempatan untuk bertahan. Ini adalah olahraga dan apa pun bisa

terjadi,” tambah pria 30 tahun itu. Adapun di kubu lawan, striker sekaligus kapten Portugal Cristiano Ronaldo mangakui Ceko adalah lawan berat. “Kami sukses mencapai target kami, yakni melaju ke babak perempatfinal,”

ujarnya seperti dilansir AFP. “Sekarang kami akan bertanding melawan Republik Ceko. Mereka bakal menjadi lawan berat, tapi kami akan menampilkan permainan terbaik kami,” kata penyerang Real Madrid ini.(tric/dw)

Pembina tak mewajibkan dirinya untuk hadir. Ini karena dalam aturan Partai Demokrat, tugas utama ketua fraksi adalah mengawasi jalannya fungsi kedewanan. “Kalau Pak Anas tidak hadir saya paham karena dia juga harus memastikan apa yang ada di Dewan Pimpinan Pusat harus berjalan dengan benar. Jadi tidak perlu lagi mempertanyakan apakah Pak SBY dan Anas terjadi ketidaksepahaman,” ujar Nurhayati, seraya m e n e g a s k a n , ketidakhadiran Anas bukan suatu bentuk

perlawanan terhadap SBY. Sementara itu, Ketua DP Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengakui ada sejumlah kader di internal Partai Demokrat yang meminta Anas mundur dari jabatannya, namun tuntutan itu menurutnya tak mudah dipenuhi. Di internal partai, kata dia, tidak ada yang bisa menggeser posisi Anas, dan semua kader harus patuh kepada hukum. “Kalau di AD/ART kami (Partai Demokrat, red), baru bisa diproses mundur setelah jadi tersangka. Anas kan belum,” kata anggota Komisi Hukum

DPR RI itu. Sama halnya dengan Ruhut, Nurhayati juga mengatakan bahwa permintaan mundur terhadap Anas yang digulirkan oleh beberapa kader Partai Demokrat, sama sekali tak beralasan. Penonaktifan Anas tak sesuai dengan AD/ART Partai Demokrat. “Jadi tolong hargai Partai Demokrat dan AD/ARTnya. Jangan hanya main mulut,” katanya. AD/ART Partai Demokrat menyebutkan, jika seorang kader telah menjadi tersangka dalam kasus hukum, maka partai

baru boleh mengambil tindakan politis kepada yang bersangkutan. AD/ART Partai Demokrat juga menyebutkan bahwa Demokrat adalah partai yang cerdas, bersih, dan santun. Itu pula yang menurutnya dibicarakan SBY dalam silaturahmi FKPD PD beberapa waktu lalu. “Jadi itu bukan baru dikatakan pada pertemuan silaturahmi kemarin. Pak SBY sejak awal selalu mengatakan bahwa yang tidak bisa berpolitik besih, cedas, dan santun silakan mundur,” kata Nurhayati.(vinc)

permohonan untuk pengakuan tarian Tor-tor dan Gordang Sembilan di Malaysia. Hal ini ujarnya, agar kesenian rakyat Mandailing tersebut berdiri setara dengan kebudayaan Jawa, Minang dan Banjar di Malaysia. Hal ini memicu reaksi di Indonesia mengingat dua budaya tersebut melekat pada Batak asal Sumatera Utara. Sementara itu menurut Prof Hikmahanto, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Pemerintah Indonesia harus mempelajari dan

mengklarifikasi Undangundang Warisan Nasional Malaysia. Dia mengupas sejumlah pasal dalam UU tersebut yang dia nilai patut menimbulkan kekhawatiran adanya upaya klaim kepemilikan Malaysia atas dua budaya khas suku Batak asal Sumatera Utara itu. “Sumber kekhawatiran adalah diaturkan dalam UU Warisan Nasional Malaysia tentang kepemilikan atau ownership atas budaya yang dimasukkan dalam warisan negara,” kata Hikmahanto. Dalam Pasal 69 dengan

judul Kepemilikan (Ownership), UU Warisan Nasional Malaysia menyebutkan bahwa, ‘Setiap Warisan Nasional yang dimiliki atau dikuasai oleh orang di luar Pemerintah Federal atau Pemerintah Negara Bagian dapat tetap menguasai sebagai pemilik, wali atau orang yang dipercaya (trustee).’ Lebih lanjut, Hikmahanto beralih pada Pasal 70 yang berjudul Perubahan atas Kepemilikan Warisan Nasional. Dalam ayat (2) disebutkan: pemilik

Warisan Nasional bila hendak menjual kepada pihak ketiga maka pemilik harus memberi prioritas pertama kepada Komisinoer Warisan Nasional yang dalam hal ini mewakili pemerintah Malaysia. “Oleh karenanya bedasarkan Pasal 69 dan 70 UU Warisan Nasional Malaysia maka bukannya tidak mungkin dua tarian asal Batak akan jatuh ke pemerintah Malaysia. Hal ini lah yang perlu pemerintah Indonesia minta klarifikasi,” tegas Hikmahanto.(vinc)

Bitung ... dari Halaman 1 Dalam sambutannya, Saptogiri menyampaikan apresiasi yang setinggitingginya atas usaha yang dicapai Pemkot Bitung sehingga boleh meraih opini WTP. “Selamat kepada segenap jajaran Pemkot Bitung dari walikota, wakil walikota, sekretaris kota, dan seluruh staf yang telah bekerja luar biasa dalam mewujudkan laporan keuangan pemerintah daerah yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dan memenuhi aturan kewajaran serta standar akuntansi pemerintahan,”

katanya. Saptogiri juga bangga melihat Pemkot Bitung sangat responsif memenuhi tindak lanjut rekomendasi BPK dalam perbaikan-perbaikan pada LHP tahun-tahun sebelumnya. “Ini membuktikan Pemkot Bitung sangat peduli dengan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara,” katanya. Ketua Dekot Bitung saat diberikan kesempatan sambutan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPK

Memori ... dari Halaman 1 Namun kiper sekaligus kapten Ceko Petr Cech cukup yakin timnya bisa melewatinya. Sebagai juara grup A, Cech optimistis Ceko akan bisa mengalahkan A Seleccao das Quinas, julukan Portugal, dan merebut tiket semifinal. Menurut Cech,

meskipun Portugal lebih diunggulkan dan bermaterikan pemainpemain hebat, timnya memiliki kesempatan untuk mengalahkan Portugal. “Mereka termasuk dalam 10 tim besar di dunia. Mereka adalah tim yang berisikan pemain-

SBY ... dari Halaman 1 Saat itu Nurhayati mendapatkan arahan dari SBY bahwa jika menjabat sebagai Ketua FPD, maka loyalitasnya harus ditujukan baik kepada Ketua Umum Partai Demokrat maupun Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat. “Jadi saya minta, kalau ada orang yang tidak taat aturan dan tidak berdasarkan AD/ ART partai, tidak usah dibesar-besarkan karena kebijakan Partai Demokrat itu satu pintu,” kata dia. Artinya, arahan ketua fraksi berasal langsung dari Ketua Umum dan Ketua Dewan

Pembina. Nurhayati kemudian m e n j e l a s k a n ketidakhadiran Anas dalam silaturahmi Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat (FKPD PD) pekan lalu, adalah wajar. Dikatakannya, meski Anas diundang dalam acara tersebut, namun ia tidak wajib datang. “Undangan itu bukan perintah karena Forum Pendiri Partai Demokrat bukan forum resmi Partai Demokrat,” kata politisi wanita ini. Dalam acara itu pun, lanjut Nurhayati, SBY selaku Ketua Dewan

Malaysia ... dari Halaman 1 Meski demikian, Rais menilai aksi demonstrasi dan protes yang datang dari Indonesia adalah wajar. “Insya Allah, kami akan mengukuhkan tarian Tor-tor dan tetabuhan itu (Gordang). Seperti kami sudah mengukuhkan Zapin, Dongdang Sayang, dan Kuda Kepang,” kata dia, seraya berujar Kuda Kepang adalah tarian yang lazim dipraktikkan di Jawa dan Johor. Diberitakan sebelumnya, sekelompok suku Batak Mandailing di Malaysia mengajukan dua budaya itu agar dimasuk-

kan dalam Warisan Budaya Negara Malaysia. Jika berhasil, kelompok ini akan mendapatkan anggaran untuk pengembangan budaya tersebut. Tapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya, budaya yang hendak dimasukkan warisan ini harus dipagelarkan secara periodik. Presiden Persatuan Halak Mandailing Malaysia, Ramli Abdul Karim Hasibuan, membantah jika Malaysia akan mengklaim Gordang dan Tor-tor. Dia membenarkan bahwa organisasinya mengajukan


SELASA 19 JUNI 2012

KENAIKAN HARGA GULA

Industri makanan terkena imbas KENAIKAN harga gula kristal putih, berdampak pada industri makan an dan minuman skala rumah tangga. Industri skala besar juga merasakan dampaknya, karena kenaikan tersebut ikut menyeret harga gula rafinasi. Pemerintah diminta turun tangan, agar harga gula tidak terus menanjak naik. Menurut Sekretaris Jenderal Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia, Frangky Sibarani, konsumsi industri makan an minuman skala rumah tangga mencapai 300.000 ton per tahun. Setiap industri kecil biasanya mengonsumsi 5-10 kilogram gula per hari. Mereka mendapatkan pasokan dari gula gilingan pabrik. Begitu harganya melambung, dampaknya langsung terasa karena komponen gula memegang peranan penting, katanya. Kenaikan itu menurut dia tak hanya berdampak ke industri kecil, industri besar juga merasakan dampaknya. Harga gula rafinasi, yang dibeli tanpa melalui kontrak ikut terseret naik. Harga gula rafinasi lepas saat ini berkisar Rp 9.000-Rp 10.000 per kilogram, padahal sebelumnya berada di level Rp 8.000 per kilogram. Untuk pembelian melalui kontrak harganya memang tetap. Namun pasokan gula yang dibeli lewat kontrak biasanya hanya 50 persen. “Sisanya dibeli secara lepas, sehingga dampak kenaikan harga gula sangat terasa,” paparnya.(komc)

KARTU KREDIT

2012 BNI targetkan tambah 700 ribu pengguna PT Bank Negara Indonesia Tbk menargetkan penambahan pengguna kartu kredit bank tersebut sebanyak 700 ribu pada 2012. “Target penambahan pengguna kartu kredit BNI itu untuk seluruh wilayah Tanah Air,” kata Vice President Business BNI Diyah Permata Widiastuti di sela-sela Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2012 di Kuta, Bali, Sabtu (16/6). Dia mengatakan, dari Januari sampai Mei 2012 sudah terealisasi sebanyak 50 persen dari target tersebut. Hal itu cukup memuaskan. Raihan yang dicapai sampai sekarang ini sudah sesuai dengan harapan dan jalurnya. “Secara keseluruhan sampai sekarang pengguna kartu kredit kami di seluruh wilayah Indonesia sudah sebanyak 1,9 juta. Sebanyak 127 ribu pengguna di wilayah Pulau Dewata,” ujarnya. Non performing loan (NPL) untuk kartu kredit selalu di bawah pinjaman untuk industri yang biasanya selalu mengalami fluktuasi. Dia merasa optimistis jika target penambahan pengguna kartu kredit tersebut dapat tercapai sebanyak itu sampai akhir tahun ini. Salah satu upaya dilakukan adalah dengan mengikuti beragam kegiatan promosi, seperti yang dilakukan saat ini di ajang GATF. (miol)

Pertamina benahi distribusi BBM daerah kepulauan Dalam upaya mempermudah masyarakat mendapatkan bahan bakar Manado—Pertamina Manado terus membenahi pola distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM), khususnya di daerah kepulauan seperti Kabupaten Sitaro, Sangihe dan Talaud. Sales Representative BBM Retail Pertamina Manado, Kristanto mengatakan, ketahanan BBM bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud, menjadi salah yang terus diupayakan Pertamina. “Pemerintah bersama

Pertamina terus berupaya membantu masyarakat di kepulauan sehingga mampu mendapatkan BBM dengan mudah, dan diharapkan tambahan tanki timbun akan semakin menjamin ketersediaan stok di kawasan tersebut,” ujar Kristanto. Asisten Suplai dan Distribusi Pertamina Region 4 Wilayah Sulawesi, Maxi Tampi mengatakan, pihaknya berenca menambah satu tanki timbun kapasitas 1000 Kiloliter (KL) di Kabupaten Kepulauan Sangihe, guna menjamin pasokan bahan bakar minyak(BBM) terjaga

sesuai kebutuhan masyarakat di kawasan itu. “Dengan tambahan satu tanki maka kapasitas timbun terminal BBM Tahuna Kabupaten Sangihe, bisa ditingkatkan menjadi 3.000 KL,” beber Maxi. Dikatakan, terminal BBM Sangihe yang saat ini menjadi penyuplai bagi masyarakat yang tinggal di tiga kabupaten kepulauan hanya berkapasitas 2.000 Kl, jumlah tersebut belum mencukupi kebutuhan masyarakat di kawasan tersebut. Mengingat BBM sangat dibutuhkan masyarakat

PERUSAHAAN besar di Kota Manado masih enggan menggunakan BBM non subsidi. Nampak kendaraan pengangkut besar masih mengantri BBM di SPBU.(Foto: hara/sk)

yang tinggal di kawasan kepulauan, maka Pertamina

KINERJA

Sangihe pertengahan Juni 2012, mereka akan melakukan pengawasan selama kurang lebih tiga minggu,” kata Kepala Disperindag Sulut, Drs Sanny Parengkuan MAP. Sanny mengatakan, tim akan melakukan pengawasan UTTP hingga kawasan kecamatan yang ada di dua kabupaten kepulauan tersebut. Sementara itu, Kepala UPTD Metrologi Disperindag Sulut, Renny Tampi

mengatakan, tim turun selain melakukan pengawasan alat ukur agar layak digunakan dalam perdagangan, tetapi juga tera ulang terhadap UTTP yang sudah habis masa berlakunya. “Seluruh UTTP harus dilakukan tera ulang secara periodik, jangka waktunya berdasarkan jenis alat ukur yang digunakan,” beber Renny. Peran UTTP dalam perdaga-ngan, tambah

Renny, sangat penting karena bukan hanya kepentingan perdagangan itu sendiri, tetapi juga untuk perlindungan bagi konsumen terhadap alat ukur yang merugikan. “Jadi kepentingan pengawasan UTTP seusai dengan Undang Undang Nomor 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal, juga Undang Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen,” pungkasnya.(haer)

Bunga bank masih bisa turun

turun 6 bps menjadi 11,56 persen dan kredit konsumsi (KK) turun 3 bps menjadi 14,10 persen dengan bulan sebelumnya. Namun, BI mencatat suku bunga deposito 1 bulan pada April turun sebesar 24 bps dari bulan sebelumnya menjadi 5,42 persen, sejalan dengan penurunan suku bunga simpanan. Penurunan suku bunga kredit yang lebih terbatas dibandingkan dengan suku bunga deposito menyebabkan selisih (spread) di antara kedua suku bunga mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan selisih pada bulan sebelumnya. Selisih yang masih relatif lebar tersebut masih memberikan ruang bagi penurunan suku bunga kredit lebih lanjut sejalan dengan efisiensi penyaluran dana perbankan serta perbaikan efisiensi operasional perbankan.(miol)

FINANSIAL

Jakarta-Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah mengatakan, salah satu cara untuk menurunkan suku bunga kredit adalah dengan meningkatkan efisiensi perbankan sehingga bisa menurunkan biaya operasional (overhead cost). “Bunga kredit tentu masih dapat terus turun jika bank-

tersebut selesai tahun ini.(haer)

BATU BARA

Disperindag turunkan timsus awasi UTTP Manado—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi, akan menurunkan tim khusus untuk mengawas alat ukur timbang takar dan perlengkapannya (UTTP) khususnya di dua kabupaten kepulauan Sulut. “Tim pengawasan sudah berangkat ke Kabupaten Siau Tagulandang dan Biaro(Sitaro) dan Kabupaten

akan mempercepat pembangunan tanki timbun

bank berhasil melakukan efisiensi misalnya berupa penurunan biaya overhead, jika ini yang terjadi kita berharap penurunan suku bunga kredit memiliki tren yang lebih sustainable,” kata Halim di Jakarta, Senin (18/6) kemarin. Menurutnya, dengan efisiensi biaya operasional, jika perbankan mengalami ke-

naikan biaya dana (cost of fund), maka kenaikan efisiensi setidaknya dapat menyebabkan bank tidak menaikkan suku bunga kredit. Selain itu, dengan meningkatnya persaingan, bank-bank juga akan berupaya menjaga pangsa pasar mereka dan berupaya menurunkan marjin laba. Bank Indonesia sebelumnya, mencatat rata-rata suku bunga kredit perbankan mengalami penurunan sebesar 8 basis poin (bps) dari 12,59 persen pada Maret 2012 menjadi 12,51 persen pada April 2012. Data dari Tinjauan Kebijakan Moneter Bank Indonesia menyebutkan suku bunga kredit modal kerja (KMK) turun 15 bps menjadi 11,86 persen, kredit investasi (KI)

Harus dikenakan bea keluar Jakarta— Pengamat energi, Kurtubi, berpendapat bahwa barang tambang batu bara harus dikenakan bea keluar. “Ekspor (batu bara) harus dibatasi. Bentuk pembatasan ya dengan dikenai bea keluar,” sebut Kurtubi ketika dihubungi Kompas.com Menurut dia, selama ini pertambangan batu bara cenderung merusak lingkungan. Usaha pertambangan batu bara pun terus bermunculan. Menurutnya, hal itu bisa terjadi karena tidak ada limitasi untuk pengeluaran izin usaha pertambangan (IUP). Sekalipun demikian, Kurtubi mengatakan, penerimaan negara dari pajak royalti batu bara sangat kecil ketimbang komoditas minyak dan gas. Dia melanjutkan, uang hasil tambang batu bara masuk ke saku para pejabat di daerah dan pengusahanya. “Yang untung pejabat daerah dan pengusaha, yang rugi ya anak-anak kita di masa depan,” sambungnya. Untuk itu, Kurtubi sangat setuju bila ekspor batu bara dibatasi. Caranya dengan mengenakan bea keluar seperti yang sudah dilakukan untuk bahan mineral lain. Pemerintah, ungkap Kurtubi, harus berani mengimplementasikan bea keluar terhadap batu bara, sekalipun beredar isu bahwa ada menteri yang punya usaha tambang batu bara. “Kewibawaan peme-

rintah harus ditegakkan, walaupun ada oknum pemerintah sendiri atau pihak lain. Ya pemerintah nggak boleh mundur,” ujarnya. Menurut keterangan dari Kementerian Perdagangan, pengenaan bea keluar terhadap komoditas batu bara belum dibahas. Hal yang sedang dibahas adalah rencana pengendalian ekspor dengan kuota pengapalan batu bara. “Belum kami bahas. Bisa saja terjadi (pengenaan bea keluar). Kalaupun mau diterapkan untuk kontrak karya, itu akan sulit karena sudah terikat dengan keharusan mereka (pajak badan, royalti),” sebut Deddy Saleh, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, di Jakarta beberapa waktu lalu. Ia mengatakan, Kementerian Perdagangan dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih membahas rencana pengendalian ekspor batu bara melalui penetapan kuota. Sekarang ini, keduanya sedang mengumpulkan data penguasaan lahan dan jumlah deposit dari setiap perusahaan tambang yang mengajukan diri sebagai pengekspor terdaftar. Data itu akan digunakan sebagai basis penghitungan kuota. “Kami memang me-nyiapkan waktu tiga bulan sebelum menetapkan betul itunya (kuota),” tutupnya.(komc)


RABU 20 JUNI 2012

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Berapa banyak terjangkit

Ini zaman reformasi

JEJAK pada saat di ujung ketika dua ribu sepuluh, renung hari kemarin tentang berbagai kejadian yang menyantroni kehidupan mahluk di semesta berdosa, angka tertular, sampai Maret 2008 Departemen Kesehatan mencatat secara kumulatif sebelas ribu delapan ratus enam puluh delapan kasus AIDS terjadi di 32 provinsi dan 194 kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Pada September 2009 jumlah kasus meningkat, Departemen Kesehatan menyebut angka delapanbelas ribu empat ratus empat puluh dua kasus, dan terus meningkat sampai hari ini. Seperti yang disampaikan berkali-kali, rakyat perlu akses lebih baik untuk mendapatkan makanan, air bersih, pelayanan kesehatan dasar dan pendidikan. Rakyat membutuhkan jalan dan infrastruktur lain untuk mendukung aktivitas ekonomi, dan membuka akses pasar untuk menjual produksi mereka. Tingkat pendapatan rakyat meningkat dengan peningkatan kesempatan kerja dan pengembangan usaha. Perobahan mendasar perlu dilakukan pada tingkat pembuatan kebijakan. Kebijakan yang pro-kemiskinan harus mulai dikembangkan. Dalam era desentralisasi, tanggungjawab pembuatan kebijakan dan penganggaran dibuat di tingkat lokal oleh pemerintahan daerah. Masyarakat sipil dan kalangan swasta, media dan akademisi dapat pula membantu pemerintah dengan menyampaikan kebutuhan kaum miskin melalui advokasi dan keterlibatan langsung dengan pembuat kebijakan. Mari kembali mengintip pembangunan milenium yang berisikan tujuan kuantitatif untuk dicapai dalam jangka waktu tertentu, terutama persoalan penanggulangan kemiskinan pada 2015 mendatang. Di sektor kesehatan, pada laporan yang dijabarkan sistem, dalam hal ini pemerintah, dalam berbagai indikator tujuan, dilaporkan membaik. Walau hasil telaah menunjukkan sebagian besar indikator kesehatan ditangani dengan lamban. Dan meski menurun, angka kematian ibu dan anak tetap saja tinggi. Penyakit infeksi dan masalah gizi masih prevalen. Akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan masih rendah. Biaya masih menjadi penghambat utama pelayanan kesehatan bagi mereka yang membutuhkan. Berikutnya program pemberantasan penyakit menular, termasuk HIV/AIDS, malaria, dan TB masih dihadapkan pada banyak hambatan. Prevalensi malaria dan TB masih tinggi, sementara epidemi HIV/AIDS di beberapa daerah sudah mulai masuk kedalam populasi rendah. Gambaran ini menyiratkan prognosis pencapaian MDGs di negeri kita yang kurang menggembirakan. Tahun silam dunia bicara tentang akses universal dan hak asasi manusia untuk hidup berdampingan dan mendapatkan pengobatan terhadap HIV/AIDS dan kondisi penyakit penyerta. Diharapkan masyarakat dapat menerima para penderita HIV/AIDS dengan tangan terbuka dan memberikan mereka hak yang sama dengan orang-orang yang bukan penderita. Hal ini terutama lebih terasa maknanya bagi mereka yang terkena HIV/AIDS bukan akibat perbuatannya sendiri dan yang risiko penularannya rendah sekali. Apakah benar demikian? Waktu akan memberikan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang belum kau jawab sekarang. Kembali renungkan, Pernah membaca suatu cerita tentang moral yang didekatkan pada banyak kasus HIV/ AIDS, di sana azas kerahasiaan ditelanjangi. Memang infeksi Human Immunodefidiency Virus tidak hanya terjadi karena adanya perilaku seksual yang tidak sehat, tapi juga bisa melalui penggunaan jarum suntik, pisau cukur secara bersama-sama. Pada banyak kasus Human Immunodefidiency Virus ditularkan melalui transfusi darah. Fatalnya masyarakat tidak pernah menerima informasi yang benar tentang HIV/AIDS. Beberapa waktu lalu ada judul berita yang cukup sensasional di media lokal, “AIDS di kota religius”. Bisa jadi HIV yang di sana juga sudah menjadi virus yang religius sehingga menulari mereka yang religius juga? Pertanyaan yang cukup bias dari cerita bersambung yang juga bias. Temuan fakta bahwa setiap hari setidaknya ada 15.000 orang di dunia yang terinfeksi HIV. Dari jumlah tersebut separuhnya di derita oleh manusia-manusia usia produktif sekitar 15-24 tahun. Sayang, di negara kita, Indonesia, pemerintah tak punya data akurat tentang perkembangan infeksi HIV di masyarakat, itulah peran media dalam upaya memberikan informasi yang benar dan akurat terhadap masyarakat mengenai HIV/AIDS, jadi sangat penting. Jangan lagi mengaburkan issue dengan judul yang sensasional. Tidak benar ada orang yang meninggal karena AIDS, yang benar adalah penderita AIDS meninggal karena penyakit lain seperti TBC akibat penderita sudah tidak memiliki kekebalan tubuh setelah terinfeksi HIV. HIV/AIDS adalah ‘penyakit’ menular yang secara medis dapat dicegah. Yang menular adalah HIV sebagai virus, sedangkan AIDS adalah kondisi ketika seseorang yang tertular HIV sudah memasuki masa AIDS antara 5 – 10 tahun setelah tertular. Karena AIDS bukan penyakit maka tidak bisa disembuhkan tapi bisa diobati. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Stop monopoli penyelenggaraan Haji! (1) Anjrah Lelono KabarIndonesia HAJI merupakan Rukun Islam terakhir. Ketika seorang Muslim telah menunaikan ibadah haji, terpenuhilah penanda mendasar keislamannya. Haji sebagai sebuah ibadah menempatkan kepercayaan bahwa dalam menunaikannya, Allah SWT sendiri akan membagi-bagi cobaan dan ujian. Di sinilah kesabaran menghadapi

cobaan dan ujian-Nya yang menjadi kunci berhasil dan tidaknya penunaian Rukun Islam terakhir tersebut. Keyakinan inilah yang kelihatannya dimanfaatkan oleh pemerintah untuk memonopoli penyelenggaraan haji bagi umat Muslim Indonesia. Ketika haji ditempatkan sebagai sebuah ibadah yang butuh ekstra kesabaran, para je-

maah haji di Tanah Air (seakan) tidak berhak untuk menuntut pemerintah sebagai penyelenggara haji. Padahal pada saat pemerintah menempatkan diri sebagai pemegang monopoli penyedia jasa layanan haji, jemaah haji adalah seperti konsumen. Artinya, konsumen berhak menuntut jika terjadi ketidaknyamanan dan atau ketidakberesan dalam pelayanannya. Sederet fakta ketidakberesan pelayanan pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag)

dalam proses penyelenggaraan haji senantiasa mencuat dari tahun ke tahun. Problematika seperti katering, penginapan, transportasi, hingga vaksinasi menjadi pertanda yang enggan membisu berbicara jujur betapa carut-marutnya penyelenggaraan haji ala pemerintah. Tak dapat dipungkiri, memang Kemenag sebagai pemegang monopoli penyelenggaraan haji telah dilindungi dengan UU Nomor 13/2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Ha-

ji. Tapi fakta yang berkembang justru menunjukkan, ketidakberesan dalam pelayanan telah menjadi menu wajib dari tahun ke tahun sehingga berkembang wacana bahwa Kemenag memang tidak profesional sebagai penyelenggara tunggal ibadah haji reguler. Padahal ibadah haji plus yang digawangi swasta justru lebih profesional.

(bersambung)

Menggugat penjajahan gaya baru (5) Oleh Herdiansyah Hamzah

KEDUA, membangun hegemonisasi politik secara global dengan propaganda-propaganda sesat yang mengarahkan opini tunggal bahwa hanya negara-negara maju yang mampu memberikan solusi krisis dan alternatif jalan keluar masalah kemiskinan. Ada dua hal ditimbulkan oleh proses hegemonisasi ini yakni ketakutan dan pengaruh yang sangat luar biasa (Imperialisme Budaya) sehingga Negara-Negara

Satelit. Ketiga, membangun dan membentuk bonekaboneka politik (puppet’s goverment) di setiap negara berkembang guna mengontrol secara penuh negara-negara berkembang tersebut secara ekonomi dan politik yang berarti model penjajahan dan perampokan kemerdekaan dan hak asasi manusia sehingga mereka menjadi tak berdaya dan menjadi penaganut total ekonomi

konsumerisme yang berarti semakin menjadikan ekonomi negara-negara dunia ketiga tetap stagnan yang pada sisi yang lain tetap mempertahankan dominasi ekonomi negaranegara maju. AGENDA EKONOMI NEO-LIBERAL: AGENDA PEMISKINAN RAKYAT Nah, coba kita melihat realitas politik dan ekonomi negara kita hari ini ! tentunya sama persis bukan dengan penjelasanpenjelasan tersebut di atas? Lihat saja, betapa

sistem dan resep ekonomi neo-liberal ditelan mentah-mentah dari rezim soeharto sampai hari ini. Betapa pemerintahan kita tak lebih dari boneka komparador modal internasional yang hanya bisa membebek terhadap semua keinginan-keinginan kaum imperialis negaranegara maju. Sampai saat ini, pemerintahan begitu menggilai program-program ekonomi neo-liberal tersebut dengan kebanggaan tersendiri dengan merasa telah melayani kaum pemilik modal internasional, namun pada sisi lain semakin menyengsarakan rakyatnya

sendiri. Persoalan pokok yang selama ini menjadi alasan utama adalah beban anggaran negara yang semakin menipis(defisit), maka tidak ada pilihan lain selain menjalankan perintah negara-negara maju melalui IMF tersebut. Pernakah kita tengok secara cermat bahwa ternyata beban APBN kita yang paling banyak menyerap anggaran adalah utang.

(bersambung)

Lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan (1) Oleh S.Budhisantosa http://www.perwaku.org/ KEBERHASILAN manusia mempertahankan hidup dan mengembangkan kehidupannya sebagai makhluk yang tertinggi derajadnya di muka bumi adalah berkat kemampuannya beradaptasi terhadap lingkungan hidupnya secara aktif. Sungguhpun manusia merupakan makhluk lingkungan atau territorial being, yang tidak mungkin dipisahkan dari lingkungan

hidupnya sebagai tempat bermukim, manusia tidak menggantungkan dirinya pada kemurahan lingkungan semata-mata. Secara simbolik, sejak meninggalkan taman Firdaus, manusia terpaksa harus bekerja keras dengan menguasai alam semesta beserta segala isinya. Jelaslah bahwa kisah kejadian tentang asal-usul manusia pertama, yaitu

Adam dan Hawa, mengandung pengertian bahwa manusia harus mengembangkan diri untuk mempertahankan hidup dan mengembangkan kehidupan sebagai manusia dengan menguasai jagad raya beserta isinya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sejak hidup di bumi manusia harus mengembangkan peralatan dan cara pengendaliannya untuk membangun lingkungan hidup yang layak bagi kemanusiaan dan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mengelola lingku-

ngannya serta mengolah sumberdaya alam yang tersedia. Pernyataan poluler tentang usaha manusia membina hubungan secara aktif dan timbal balik seorang pelopor Antropologi kenamaan Gordon Childe diabadikan dalam bukunya tentang sejarah peradaban manusia, Man Makes Himself. Berkat kemampuan akal dan ketrampilan kerja kedua tangannya, manusia dapat memahami lingkungannya dan menghimpun pengalaman sebagai pengetahuan dan mencip-

takan peralatan sebagai penyambung keterbatasan jasmaninya. Keunggulan manusia berfikir secara metaforik dan kemampuan kerja dengan menggunakan peralatan itu, manusia dapat menghimpun pengalaman, mengembangkan pengalaman dan kemampuan menguasai bumi dengan segala isinya. Akhirnya manusia menjadi makhluk pemangsa yang terbesar di muka bumi.

(bersambung)

INI benar-benar zaman demokrasi, sepertinya reformasi berjalan penuh emosi. Para wakil rakyat banyak yang mencicipi terali besi karena korupsi. Ada pula gubernur, bupati dan walikota yang dibui karena korupsi. Proyek-proyek bernilai ratusan miliar, menjadi rejeki bagi para penggemar korupsi. Kalau kantor-kantor polisi, jaksa dan pengadilan tak ragu lagi, sejak dahulu sebagai sarangnya korupsi. Kini, para akademisi tak mau ketinggalan, para guru besar membeber ilmu untuk dijajakan. Banyak juga terdakwa berduit yang mempergunakan atau dijadikan bemper untuk berbagai kebijakan. Departemen agama pun juga menjadi workshop koruptor. Padahal isinya para kyai yang jijik dengan barang kotor. Menghukumi haram terhadap perbuatan teror, lalu mengapa kok ternyata seperti kathok kombor? Inilah zaman reformasi. Di mana guru agama pun suka dengan murid seksi. Para pejabat suka sekali dengan proyekproyek bergizi. Para tentara bersaing peluru dengan polisi. Para penegak hukum suka dengan setoran upeti. Kakek-kakek suka menggagahi anak bau terasi. Dosen dan guru besar ramai-ramai direkrut menjadi staf ahli untuk melegalisasi cara-cara korupsi. Orang-orang miskin menjadi obyekan yang diteliti, orang-orang kaya berlomba memborong properti. Anak-anak remaja suka pamer bokong yang aduhai. Para artis suka menjadi newsmaker kawin cerai. Kaum sastra senang merogoh kelamin kaum berdasi. Para aktivis LSM gemar menjual data dan bukti. Mahasiswa beraksi nonton vi-ci-di tralala-lili. Bapakbapak lihai menyimpan tambahan isteri. Ibuibu mempunyai hobi arisan pemuas birahi. Tak lupa, para kyai beribadah melalui partai-partai, siapa tahu ada yang bisa menjadi bupati atau menteri. Tololnya, rakyat jelata tetap saja bangga jotos kanan-bunuh kiri. Itulah hasil reformasi dan demokrasi di negeri ini. Negeri surga korupsi, neraka ekonomi, dunia prostitusi, akhirat para banci, kebebasan para pencuri, penjara kaum petani. subagyo-moloekat media online

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ronald Rompas. REDAKTUR PELAKSANA: Donny Wungow. KOORDINATOR LIPUTAN: Glenly Bagawie. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Daniel Kaligis, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG-BOLMUT), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL). KONTRIBUTOR: Heintje Mandagi (JAKARTA), Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. SPECIAL AGENT: Debby Ch Lende. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. KOLEKTOR IKLAN: . DESAIN GRAFIS: Raditha Yunika. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey. (Manado), (Bolmong Raya, Sitaro, Sangihe). PACKING: Samiun Hulantu. TIM PENGEMBANGAN: KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 6000/mm kolom (BW), Rp.12000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


SELASA 19 JUNI 2012

HOT NEWS

OPRAY Winfrey, sang pembawa acara tersohor sedunia, mengunjungi keluarga Kardashian dan melakukan sesi wawancara dengan wanita yang paling terkenal di situ, Kim Kardashian (31). Oprah juga menyampaikan pertanyaan masalah gagalnya pernikahan Kim dengan bintang NBA, Kris Humphries. Juga hubungannya dengan pacar barunya, Kanye West (35). “Saya merasa seperti terlahir kembali,” tutur Kim tentang perceraiannya mengubah hidupnya lagi. “Kebanyakan teman-teman saya orang yang senang dengan hanya duduk dan berbicara menghabiskan waktu bersama, mereka bijak dan lebuh tua dariku. Sebelumnya, semua mantan aku lebih muda dari aku. Saya selalu berkencan dengan pria lima tahun lebih muda”. “Sekarang saya cinta dengan seseorang yang lebih tua beberapa tahun dari aku,” kata dia. “Saya suka dengan teman-teman saya yang lebih tua 20-30 tahun dari aku. Aku bisa menikmati dan berbagi pengalaman tentang usaha mereka”. Demikian dilansir Ace Showbiz. Dalam episode berikutnya, Oprah juga bertanya kepada Kim mengenai rumor dia telah menikah dengan Kris (27) sebagai sensasi. Beberapa pertanyaan juga termasuk “apakah Kanye West termasuk cerita dongeng berikutnya? Dan “apakah Kim bisa seperti sekarang karena memiliki video seks?”(okz)

Courteney Cox dekat suami walau sedang proses cerai

BANYAK aktris yang rela beradegan bugil alias tanpa busana di layar kaca, demi mencari sensasi dan demi profesionalisme sebagai bintang film. Namun, tidak demikian dengan Scarlett Johansson. Berbeda dengan yang lainnya, Johansson justru mengaku tidak tertarik melakukan adegan yang memamerkan keseksian tubuhnya dalam film. Seperti dikutip laman Times of India, Senin (18/6) kemarin, Scarlett Johansson juga mengaku, di masa lalunya ia pernah berfoto tanpa busana, namun meski tak bermaksud menyebarkan foto syurnya, foto itu pun pernah bocor

d a n menghiasi s a m p u l majalah Vanity Fair. Karena hal itu pula, ia pun tidak tertarik lagi tampil polos untuk sebuah adegan vulgar dalam film ‘Fifty Shades Of Grey. Aktris 27 tahun terpilih menjadi aktris favorit untuk membintangi peran sebagai kekasih seorang p e n g u s a h a miliarder dalam film tersebut, tetapi sang sutradara dilaporkan mengalami kesulitan untuk membujuknya melakukan adegan tanpa busana. “Saya memang masih belum mengambil keputusan, tentang ka-pan atau bagaimana aku akan melakukan

adeg a n telanjang,” katanya saat diwawancara Daily Express. “Anda selalu membayangkan orang-orang membeli film pada DVD dan akan bolak-balik m e n o n t o n payudara Anda lagi dan lagi,” tambahnya.(vvn)

Scarlett Johansson

Kim Kardashian merasa terlahir kembali

GIRLBAND AFTER SCHOOL

Perpisahan Kahi GIRL BAND After School yang baru meluncurkan teaser Flashback, sudah ditunggu-tunggu fans di seluruh dunia. Namun mereka harus menjalani comeback tersebut dengan suasana manis getir karena leader girlband ini, Kahi akhirnya lulus atau tidak bersama girlband ini lagi. Penampilan Encore Playgirlz Tour yang merupakan akhir promosi mereka di Jepang, sekaligus menjadi penampilan terakhir Kahi bersama grup. Mereka pun

DI tengah perceraian, rupanya bintang serial Friends, Courteney Cox, terlihat menghabiskan waktu makan siang bersama suaminya, David Arquette di acara ulang tahun Cox yang jatuh pada 15 Juni. Mereka juga menyertakan putrinya bernama Coco (8) di kawasan Malibu. Padalah, seminggu sebelumnya Arquette mengajukan petisi mengakhiri pernikahannya dengan Cox yang sudah terjalin lama. Walau Cox menerima permohonan cerai dari suami, dia meminta hak asuh Coco sekaligus mengembalikan namanya ke Courteney Cox. Mereka telah terjebak dalam konflik yang sulit didamaikan. Meskipun berpisah, Cox mengatakan dirinya sudah menjalin hubungan yang baik dengan David. “Hubungan kami lebih baik daripada kita tinggal bersama,” tuturnya kepada host acara Howard Stern tahun lalu. “Ini jelas lebih baik daripada sebelumnya. Kita berkomunikasi lebih baik, kita lebih peduli satu sama lainnya, kita saling mendengarkan,” kata Cox. Diketahui, mereka telah pisah ranjang sejak Oktober 2010 lalu. Mereka memutuskan akhiri pernikahan yang sudah dibina selama 13 tahun.(okz)

menampilkan beberapa penampilan surprise. Selain lagu-lagu yang telah populer, anak-anak After School menghadirkan pula lagu special Slow Love. Surprise lainnya adalah pengumuman bahwa Nana, Raina dan Lizzy bakal debut dalam unit Orange Caramel di Jepang. Seperti dilansir Allkpop Senin (18/06), malam tadi panggung utama menjadi milik Kahi yang menampilkan juga solo stage Come Back You Bad Person, dan lagu Gift yang menjadi bagian

KELLY ROWLAND dari solo albumnya. Selain itu ada pula lagu In The Night Sky yang dihadirkan sebagai encore dengan A.S Red. Setelah penampilan terakhir dari lagu Tell Me, Kahi nampak memeluk masingmasing member After School yang mulai berurai air mata. Kahi lantas membungkukkan badan secara mendalam kepada penonton yang berlangsung lebih dari 10 detik. Dalam speech perpisahannya, Kahi mengungkapkan rasa terima kasihnya pada fans, staf dan sahabatnya sesama member. Ia juga berjanji bakal terus mendukung After School dan Orange Caramel.

“Terima kasih banyak untuk hari ini. Aku tak akan melupakan hari ini di mana semua orang menunjukkan rasa cintanya. Semua fans begitu baik untuk mendukung After School. Untuk semuanya, setiap member dari staf, terima kasih banyak. Mohon bantuan untuk tahuntahun yang bakal dijalani After Shool di masa datang. Aku akan mendukung semuanya agar memberikan yang terbaik! After School, Orange Caramel, dan semuanya,” ungkap Kahi dalam pesan perpisahannya. Selain itu foto backstage dari 8 member After School juga diupload.(kpl)

Seksi dalam video klip

DALAM video klip terbaru Summer Dreaming, Kelly Rowland terlihat sangat seksi dan mempesona. Mengutip the sun, dalam videoklip terbaru, Kelly berkolaborasi dengan Project B. Mereka berduet membawakan

single Summer Dreaming. Tak hanya melantunkan suara indahnya, mantan personel Destiny Childs ini bergaya seksi di laut Barcelona, Spanyol. Pesona tubuhnya tetap seksi terjaga. Begitu juga kecantikannya.(ini)


RABU 20 JUNI 2012

Bradley-Pacquiao II sulit terwujud JUARA dunia kelas welter WBO, Timothy Bradley, pesimistis partai tarung ulang dengan Manny Pacquiao, November mendatang, dapat terwujud. Hal ini diungkapkan Bradley saat merayakan kemenangannya bersama

penduduk kota tempat tinggalnya di Cathedral City Civic Center, Sabtu. Bradely dinyatakan menang kontroversial saat bertemu Pacquiao di MGM Grand Arena, Las Vegas, 9 Juni lalu. Bradley yang datang dengan menggunakan

kursi roda menerima kunci kota sebagai warga kehormatan dan memberi

tanda tangan kepada para penggemarnya. Menurut Bradley,

Pacquiao tampaknya akan lebih suka melakukan pertarungan yang

keempat dengan petinju Meksiko, Juan Manuel Marquez.

Namun, Bradley menilai bahwa dengan kemampuannya saat ini,

FORMULA 1

Lotus incar posisi 4 besar

Kroasia ... dari Halaman 16 Setelah gagal lolos ke putaran final Euro 2000, Kroasia kembali di Euro 2004 Portugal. Sayang, kali ini Vatreni harus tergabung di Grup berat bersama Prancis, Inggris, dan Swiss. Setelah bermain imbang 0-0 lawan Swiss dan menahan Prancis 2-2, Kroasia takluk 2-4 dari Inggris di laga terakhir. Alhasil Vatreni asuhan pelatih Otto Baric gagal mengulangi kejutan delapan tahun sebelumnya karena hanya menempati peringkat ketiga Grup B. Euro 2008 menjadi saksi kehebatan Kroasia di babak Grup selama tampil di putaran final turnamen antar negara-negara Ertopa itu. Tergabung di Grup B bersama Jerman, Austria, dan Polandia, Kroasia berhasil melaju ke perempat final dengan prestasi fenomenal, menang di semua laga fase Grup! Di turnamen yang digelar di Austria-Swiss ini Vatreni sudah dibesut oleh pelatih Slaven Bilic. Kroasia menang 1-0 atas tuan rumah Austria di laga perdana, menghajar 2-1 Jerman di laga kedua, dan membungkam 1-0 Polandia di laga terakhir untuk memuncaki Grup B. Sayang langkah mereka harus terhenti di perempat final setelah kalah adu penalti dari Turki. Kroasia yang masih dilatih Slaven Bilic kembali berpartisipasi di putaran final Euro 2012. Kali ini Vatreni kembali tergabung di Grup sulit bersama Spanyol, Italia, dan Irlandia. Kroasia hampir saja membuat kejutan setelah menang 3-1 atas Irlandia di laga pertama dan menahan imbang 1-1 Italia di laga kedua. Sayang, Luka Modric dkk. harus pulang lebih cepat dari Polandia-Ukraina setelah kalah 0-1 dari Spanyol di laga terakhir. Meski gagal meraih tiket ke delapan besar, penampilan Kroasia banyak dipuji pengamat. Selain sukses menyulitkan Italia dan Spanyol, Vatreni juga membukukan sebuah catatan menarik. Empat gol yang dicetak Mario Mandzukic (tiga gol) dan Nikica Jelavic (satu gol) menjadi yang keempat kali bagi Kroasia ketika tampil di fase Grup putaran final Euro sejak 1996, 2004, dan 2008. Vatreni juga tercatat selalu gagal melaju ke perempat final jika membuat kejutan di Euro sebelumnya. Pertanda Kroasia akan kembali menjadi kuda hitam dan mencetak empat gol lagi di putaran final Euro 2016 yang digelar di Prancis? Menarik untuk ditunggu.(blnc)

Frank ... dari Halaman 16 Ia pun menyarankan agar Frank de Boer diangkat sebagai pelatih Belanda. Namun, bukan untuk sekarang. Ia ingin sahabatnya itu belajar lebih banyak lagi sebelum menangani timnas. “Ia telah mengejakan tugasnya dengan baik, ia mampu membawa Ajax Amsterdam menjuarai liga dua kali berurut-urut dan ia cocok untuk melatih timnas,’’ ujar mantan kiper Manchester United itu seperti dilansir Soccerway. “Tapi bukan untuk sekarang. Enam atau tujuh tahun lagi ia baru bisa melatih timnas. Sekarang ia harus belajar banyak dengan pindah ke klub besar Eropa lain sebelum melatih Belanda,’’ tambahnya. Prestasi Frank de Boer sebagai pelatih tak diragukan lagi. Ia mampu membawa Ajax menjuarai Eredivise dua kali berurut-urut (2010/ 2011-2011/2012). Bahkan di musim 2010/201, ia membawa Ajax juara Eredivise dengan status sebagai pelatih sementara. Ia menggantikan posisi Martin Jol, yang mengundurkan diri di pertengahan musim. Di timnas ia sempat menjadi asisten pelatih bersama dengan Phillip Cocu di Piala Dunia 2010. Saat ini ia masih menjadi pelatih Ajax. Beberapa klub Eropa seperti Liverpool sempat menggoda mantan pemain Barcelona itu untuk menukangi The Reds.(blnc)

Jadi ... dari Halaman 16 Istri pesepakbola David Beckham itu kemudian menulis status di Twitternya,” Gas penuh, melaju!”. Mantan personil Spice Girls itu terbang ke Kanada dalam rangka peluncuran baju koleksi musim semi/ dingin. David dan Victoria saat ini sudah dikaruniai tiga orang putra dan satu putri. Mereka adalah Brooklyn, Romeo, Cruz, dan Harper Seven.(incm)

sulit bagi Pacquiao untuk memenangi pertarungan dengan Marquez.(kmcm)

MENURUT Bradley, Pacquiao lebih memilih tarung ulang dengan Juan Manuel Marquez ketimbang dengan dirinya.

MOTOGP

AEGON CHAMPIONSHIP

Lorenzo belum puas kinerja mesin JORGE Lorenzo nyaris memulai musim MotoGP 2012 dengan sempurna. Kendato demikian, Lorenzo belum puas dengan kinerja mesin motor Yamaha. Penampilan Lorenzo di MotoGP musim 2012 memang cukup stabil. Pembalap Yamaha ini mampu melahap empat kemenangan dari enam perlombaan, termasuk balapan terakhir di Sirkuit Selverstone. Dengan mendominasi perlombaan, membuat Lorenzo unggul 25 poin dari penantang utama Casey Stoner. Lorenzo diminta untuk membandingkan mesin sekarang dengan mesin M1 800cc kemarin. “Ini motor yang tercepat karena memakai mesin berkapasitas 1000cc. Motor ini sangat bagus sekali begitu juga dengan musim 2010. Motor saya juga lebih baik dibandingkan yang lain

dan itu membuat kami memenangkan banyak lomba,” kata Lorenzo. Meski Lorenzo memulai balapan dengan gemilang, tapi pembalap kelahiran Palma, Spanyol ini meminta kepada Yamaha untuk menambah kecepatan mesin M1. Itu wajib dilakukan jika ingin Lorenzo tetap berada di puncak klasemen hingga akhir musim. Lorenzo pernah menjajal mesin baru ketika Yamaha

Nalbandian didiskualifikasi

melakukan tes di Katalunya dan Aragon. Namun, pembalap berusia 25 tahun ini merasa tidak ada peningkatan kinerja sama sekali pada mesin baru itu. “Kami harus meningkatkan beberapa hal. Khususnya bagian mesin yang kurang begitu cepat. Kecepatan saat tikungan sangat bagus dan itu kenapa kami mampu bersaing dengan tim Honda,” tandasnya, dikutip dari Autosport, Selasa (19/6).(okez)

KEJUARAAN AEGON Championship 2012 berakhir antiklimaks bagi petenis asal Argentina, David Nalbandian. Ia didiskualifikasi dan dikenai denda setelah menendang papan iklan yang mengenai hakim garis, saat pertandingan final tunggal Putra melawan petenis Kroasia, Marin Cilic. Kejadian berlangsung saat pertandingan memasuki set kedua -set pertama dimenangkan Nalbandianpada kedudukan 4-3 untuk keunggulan Cilic. Nalbandian, yang saat itu frustrasi menendang papan iklan dan mengenai hakim garis hingga kakinya berdarah. Atas ulahnya tersebut, Nalbandian didiskualifikasi dari kompetisi dan Marin Cilic dinyatakan sebagai pemenang. Selain itu, petenis nomor 39 dunia itu harus

merelakan hadiah sebesar 36.500 pounds dan mendapat denda dari Asosiasi Tenis Profesional (ATP). “Nalbandian secara otomatis kehilangan hadiah uang dan poin ranking akibat kelakuannya. Denda maksimal 10.000 euro (8.000 pounds) juga akan diberikan oleh supervisor ATP untuk tindakan tidak sportifnya,” ujar juru bicara ATP, seperti dilansir ESPN. AEGON Championship merupakan kejuaraan pemanasan sebelum berlangsungnya salah satu ajang paling bergengsi dalam dunia tenis, Wimbledon. Namun, sebelum dimulainya Wimbledon, masih ada satu kompetisi pemanasan satu lagi, yaitu AEGON International, yang berlangsung pada 16-23 Juni 2012.(kmcm)

chard Dunne. Baru pada menit ke-35 Cassano berhasil menggetarkan gawang Shay Given. Menyambut sepak pojok Pirlo, sundulan penyerang AC Milan ini tak dapat dihalau Given.

Guna meningkatkan serangan, Prandelli pun memutuskan memasukkan Mario Balotelli di menit ke-74 untuk menggantikan Di Natale. Keputusan ini berbuah manis lantaran penyerang Manchester

City yang penampilannya dikritik ketika menjadi starter di dua laga awal, berhasil menunjukkan kapasitasnya dengan menyumbang sebiji gol di menit-menit akhir.Raihan tiga poin ini membuat Italia

TIM Lotus F1 menargetkan finis empat besar pada klasemen akhir konstruktor Formula One (F1) musim ini. Menurut pemilik Lotus F1 Gerard Lopez, hal itu merupakan target realistis bagi timnya, mengingat saat ini kompetisi didominasi oleh para pembalap Red Bull, Ferrari, dan McLaren. Saat ini, Lotus F1 berada di peringkat tiga pada klasemen sementara konstruktor F1, di bawah Red Bull dan McLaren. Sedangkan dua pembalap mereka, Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean berada di peringkat enam dan tujuh pada klasemen sementara pembalap F1. “Finis di empat besar tetaplah tujuan utama kami dan saya pikir, target itu realistis. Jika kami bisa mendapat lebih, maka kami akan melakukannya, tapi, empat besar adalah tujuan kami,” ujar Lopez kepada Autosport, Selasa (18/6). “Saya pikir, saat ini kami merupakan salah satu tim bagus karena dua pembalap kami mampu menghasilkan poin,” sambung pebisnis berusia 40 tahun itu. Lopez juga mengatakan, timnya harus terus bekerja keras agar bisa meraih hasil optimal dalam kompetisi F1. Namun, sekali lagi, ia mengatakan bahwa yang terpenting baginya adalah kedua pembalapnya tidak berhenti menghasilkan poin. “Jika Anda start di posisi tujuh dan 11, Anda bisa naik podium. Anda bisa memenangkan lomba, tapi, itu sangatlah sulit. Bagi kami, untuk memenangkan lomba, semuanya harus bekerja keras dan banyak juga orang yang mencoba untuk melakukan hal yang sama,” ujar Lopez. “Tapi, selama kedua pembalap terus meng-hasilkan poin, saya sudah senang dengan itu,” pungkas pria berkebangsaan Luxemburg tersebut.(okez)

Tertolong ... dari Halaman 16 Kembalinya Daniele De Rossi ke lini tengah, setelah sebelumnya bermain sebagai bek, membuat Andrea Pirlo leluasa mengalirkan bola ke duet penyerang Antonio Di Natale dan Antonio Cassano.

Terbukti 61 persen penguasaan bola diperoleh Italia, yang kembali menurunkan formasi 4-1-3-2. Namun tak mudah bagi Italia untuk membongkar rapatnya pertahanan Irlandia yang digalang Ri-

menduduki peringkat kedua klasemen Grup C Euro 2012 dengan raihan lima angka, dan berhak lolos ke fase knock-out. Setelah di waktu bersamaan Spanyol berhasil menang 1-0 atas Kroasia.(okez/tm)


RABU 20 JUNI 2012 NOMOR 02010 TAHUN VI

SPORTAINMENT

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Tertolong Spanyol ITALIA sudah semestinya menghaturkan rasa terima kasihnya kepada Spanyol. Kemenangan Spanyol atas Kroasia banyak membantu Italia untuk lolos dari Grup C. Jika tidak, kemenangan 2-0 atas Irlandia takkan berarti apa-apa bagi Italia. Portiere sekaligus Capitano Gianluigi Buffon maju ke muka

publik dan media untuk berterima kasih. Gli Azzurri memang butuh ‘bantuan’ Spanyol untuk menghadang Kroasia bermain imbang. Jika saja Spanyol vs Kroasia berkesudahan draw, maka Italia mesti pulang meski tak menelan satu pun kekalahan. Buffon pun teringat situasi yang

serupa di panggung yang sama, empat tahun silam. Tapi saat itu, Italia berhutang budi pada Belanda. Dipertandingan, Italia berhasil lolos ke perempat final Euro 2012 setelah unggul dua gol tanpa balas atas Republik Irlandia ketika mentas di Municipal Stadium, Poznan, pada Selasa

(19/6) dini hari WIB. Dalam laga bertajuk ‘harus menang’ itu, tim Azzurri benarbenar menunjukkan superioritasnya sejak peluit awal dibunyikan. Baca: Tertolong ( Halaman 15 )

Kroasia catat rekor unik VICTORIA BECKHAM

Jadi pilot KELUARGA David Beckham memang tak habis-habisnya membuat sensi. Kali ini, sang istri, Victoria Beckham, dikabarkan mengemudikan pesawat terbang. Sebagaimana dilansir The Sun, Victoria memposting fotonya via Twitter sedang duduk di kemudi pesawat jet pribadi yang mengarah ke Vancouver, Kanada. Baca: Jadi ( Halaman 15 )

KROASIA secara tragis gagal melaju ke delapan besar Euro 2012 setelah kalah 0-1 dari Spanyol, sementara di saat

yang bersamaan Italia menang 2-0 atas Irlandia. Meski hanya menduduki peringkat ketiga Grup C, Vatreni tercatat selalu mam-

pu mencetak empat gol dalam empat penampilan mereka di fase Grup putaran final turnamen antar negaranegara Eropa tersebut. Penampilan perdana Kroasia di putaran final Euro terjadi pada 1996 di Inggris. Saat itu Vatreni yang masih diperkuat sang legenda, Davor Suker, tergabung di Grup D bersama Portugal, Denmark, dan Turki. Kroasia langsung mengejutkan Eropa setelah berhasil memenangi dua laga pertama Grup, unggul 1-0 atas Turki dan menghajar Denmark dengan skor 3-0. Meski kalah 0-3 dari Portugal di laga ketiga, Kroasia yang saat itu dilatih Miroslav

Blazevic tetap melaju ke delapan besar dengan menempati peringkat kedua Grup D. Baca: Kroasia ( Halaman 15 ) CAPITANO Gianluigi Buffon mengakui tim yang dibelannya terbantu hasil positif Spanyol.

Juve bidik Torres Barca lirik Modric JUVENTUS kembali berburu pemain di bursa transfer musim panas ini. Kabar menyebutkan, si Nyonya Tua mengincar Fernando Torres dengan penawaran harga sebesar 30 juta euro. Menurut Goal, Torres akan diizinkan untuk bergabung bersama Juventus jika harga yang ditawarkan sesuai kesepakatan kedua pihak. Torres memang melalui masa-masa sulit di awal kedatangannya ke Stamford Bridge. Performanya diang-

gap tidak sebanding dengan nilai transfer yang berjumlah 50 juta pounds.(okez)

Permainan apik Luka Modric saat membela Kroasia di ajang Euro 2012, ternyata membuat decak kagum raksasa Katalan, Barcelona. Hal itu diungkapkan asisten pelatih Spanyol Vicente Del Bosque, Paco Jimenez. “Dia bermain sangat baik. Barcelona mengirimkan utusan untuk memantaunya (Modrid). Dia telah menunjukkan permainannya saat Kroasia bermain menghadapi Italia, tapi saya tidak mau me-

ngatakan siapa orang tersebut,” ungkap Jimenez, seperti dilansir Goal.(okez)

Arsenal dapatkan Giroud

OLIVIER Giroud.

ARSENAL kembali kedatangan seorang penyerang. Pemain itu merupakan punggawa Timnas Prancis di Euro 2012. Pemain itu bernama Olivier Giroud. Sebagaimana diklaim The Sun, Selasa (19/6), The Gunners sudah sepakat dengan Montpellier untuk mendapatkan servis Giroud. Arsenal harus menge-

luarkan 12 juta pounds untuk mendapatkannya. Giroud, berada di bangkucadangan ketika Prancis bermain 1-1 melawan Inggris di penyisihan Grup D, Arsene Wenger memang sudah lama menjadi penganggum Giroud. Bersama Lukas Podolski, penyerang 25 tahun itu akan membantu Robin van Persie dalam menjebol gawang lawan.

Giroud memang salah satu penyerang berpotensial. Terbukti, dia menjadi top skorer Ligue 1 pada musim lalu dengan torehan 21 gol. Jika memang benar, maka Giroud menjadi pemain Prancis kelima yang memperkuat Arsenal. Sebelumnya ada nama gelandang Abou Diaby, Francis Cocuelin, bek Bacary Sagna, Sebastien Squillaci dan Laurent Koscielny.(okez)

Frank de Boer diusulkan latih Belanda MANTAN kiper tim nasional Belanda, Edwin van der Sar, menilai rekannya, Frank de Boer, layak menjadi sosok yang pas untuk menggantikan pelatih De Oranje saat ini, Bert Van Marwijk. Marwijk dianggap gagal total menangani timnas Belanda di Euro 2012. Arjen Robben dkk dipaksa meninggalkan turnamen lebih dulu. Tragisnya, anak asuh Marwijk tak mampu mencuri satu pion pun dari tiga laga. Kegagalan pelatih berusia 60 tahun itu membuat Van der Sar buka suara. Baca: Frank ( Halaman 15 )


Swara Kita, 20 Juni 2012