Page 1

JUMAT 14 SEPTEMBER 2012 NOMOR 02081 TAHUN VI

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Sulut raih WTP 2009-2010 karena aset dikesampingkan

Sopir minta semua trayek ditertibkan

Modal pertahanan rapat

Baca: Sulut ( Halaman 2)

Baca: Ibukota ( Halaman 3)

Baca: Bola ( Halaman 16)

Antisipasi SBY nginap

SELEBRITI

Pemprov Sulut siapkan fasilitas sesuai protap Manado mulai disterilkan, GSVL-Ai turun langsung

ANGELINA JOLIE

Nangis kunjungi Suriah ARTIS cantik Angelina Jolie yang juga seorang aktivis Hak Azasi Manusia (HAM) menitikan air mata saat mengunjungi kamp pengungsi Suriah di Yordania, Selasa (11/9) lalu waktu setempat. Dalam perannya sebagai Utusan Khusus Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Angelina berbicara di kamp Zaatari yang dihuni sekitar 27.000 pengungsi warga Suriah, yang melarikan diri karena perang saudara di negara mereka dan berlindung di Yordania. Baca: Nangis ( Halaman 11 )

INTERNASIONAL FILM KONTROVERSI

Uskup Yerusalem kecam “Innocent of Muslims”

USKUP Agung Yerusalem Atallah Hanna ikut mengecam film kontroversi berjudul Innocent of Muslims.(foto: ist)

FILM Innocent of Muslims terus menuai kontroversi yang sangat hebat. Kali ini Menteri Urusan Agama Otoritas Palestina Mahmoud Habbash dan Uskup Agung Yerusalem Atallah Hanna mengecam keras film anti-Islam ini. Kedua tokoh agama itu menyebut film kontroversi itu menghina bukan saja kepada umar Muslim, tetapi juga non-Muslim. “Hukum dan legislasi internasional baru harus dibentuk guna mengkriminalisasikan siapapun yang menghina agama atau nabi. Sebagai seorang Muslim, kami mengecam segala hinaan terhadap Nabi Muhammad,” ujar Habbash, seperti dikutip Maan, Kamis (13/9) kemarin. “Kami takkan menggunakan kekerasan untuk merespons serangan ini, meski kami selalu mengingatkan siapapun yang menghina Islam dan Nabi,” tegasnya. Sementara itu, Uskup Hanna yang merupakam Pimpinan Gereja Ortodoks di Yerusalem yang turut mengecam film tersebut, mendukung warga Muslim di Palestina. “Mereka yang menyerang Muslim saat ini berniat untuk menyerang seluruh agama dan memicu konflik sektarian,” ujar Uskup Hanna. Film kontroversi itu terbukti memicu kerusuhan yang serius di Timur Tengah dan menyebabkan serangan di kantor misi diplomatik Amerika Serikat (AS). Warga mengecam film itu karena film itu digarap di AS. Media-media pun masih disibukkan untuk mengungkap identitas sutradara misterius yang membuat film tersebut. Baca: Uskup ( Halaman 11 )

Manado—Iven Sail Morotai di Maluku Utara memang membawa dampak besar bagi Sulut. Pasalnya, Bandara Sam Ratulangi Manado menjadi bandara transit para undangan sekaligus pejabat-pejabat negara yang datang dari Jakarta menuju Bandara Sultan Babullah Ternate. Setelah sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, yang melakukan transit pesawat di Bandara Sam Ratulangi sejak empat hari terakhir ini, maka Jumat (14/9) hari ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan berada di Manado. Hingga berita ini diturunkan tadi malam, baik

KONFLIK PETI

pemerintah daerah maupun aparat keamanan belum mendapat kepastian dari pihak Istana, apakah orang nomor satu di negara ini akan menginap semalam atau hanya sekedar transit untuk mengisi bahan bakar minyak (BBM) pesawat yang ditumpanginya. Meski demikian, pemerintah daerah telah mengantisipasinya dengan menyiapkan semua fasilitas Presiden SBY dan rombongan sesuai dengan prosedur tetap (protap) kepresidenan. “Kita telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk kebutuhan Presiden SBY bersama rombongan, ketika melakukan transit di Bandara Sam Ratu-

MENYAMBUT kedatangan Presiden SBY di Manado Jumat (14/9) hari ini, persiapan sudah dilakukan Pemkot Manado. Terpantau Swara Kita, Kamis (13/9) tadi malam Walikota GS Vicky Lumentut, Wakil Walikota Harley Mangindaan, Sekkot Heafrey Sendoh dan Dandim 1309 Manado Yudianto Putra Jaya, memantau langsung persiapan termasuk kebersihan di sepanjang jalan menuju Bandara Sam Ratulangi.(foto: ist)

PILKADA MINAHASA

Amurang—Kericuhan di Desa Picuan Kecamatan Motoling Timur kembali pecah. Tarik-menarik antar sesama kelompok Penambang Emas Tanpa Ijin (PETI) di desa itu terus berlanjut. Akibatnya, rumah hukumtua setempat bahkan milik warga hancur diamuk sekelompok warga. Dari informasi yang berhasil dirangkum mengungkapkan, tragedi itu terjadi Rabu (11/9) tengah malam di saat sebagian warga di Desa Picuan Atas sudah tertidur. Tiba-tiba datang sekelompok warga Desa Picuan Bawah dengan menggunakan sepeda motor membuat keributan. Merasa terganggu dengan keributan itu, warga Picuan Atas menegur sekelompok warga yang menggunakan sepeda motor. Namun bukannya minta maaf, malah teguran tersebut tak diindahkan sekelompok warga Picuan Bawah yang ditenggerai sudah mengkonsumsi minuman keras (miras). Perang kata-kata antar dua kelompok warga pun terjadi, sehingga merembet hingga ke hak untuk mengelola Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) di wilayah mereka. Baca: Kericuhan ( Halaman 11 )

Baca: Antisipasi ( Halaman 11 )

KASUS TPAPD BOLMONG

Kericuhan PDS tak terakomodir, di Picuan fatal buat HAG-RJM pecah lagi To n d a n o — K i s r u h dualisme kepemimpinan Partai Damai Sejahtera (PDS) yang berakar dari pusat hingga ke daerah, setidaknya membuat kubu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Hangky Arther Gerungan dan Recky Janeman Montong (HAGRJM) sedikit cemas. Apa pasal? Jika nantinya partai gabungan yang di dalamnya adalah PDS yang masih bermasalah, cukup untuk mendongkrak kuota jumlah suara dukungan untuk pasangan

langi.Fasilitas-fasilitas yang disediakan juga sesuai dengan protap yang berlaku,” kata Kepala Bagian Humas Pemprov Sulut, Christian Sumampow SH MEd, Kamis (13/9) kemarin. Dijelaskannya, fasilitasfasilitas sesuai protap tersebut berupa armada dengan standar kepresidenan, ruangan/kamar hotel standar kepresidenan, serta pengamanan yang juga sesuai dengan standar kepresidenan. “Kami menyiapkan semuanya itu, berkoordinasi dengan pihak protokol kepresidenan. Kami juga telah menyiapkan fasilitas, apabila terjadi perubahan jadwal yang mengharuskan Presiden SBY dan rombongan menginap di Manado. Yang pasti kita telah mengantisipasinya, ketika Presiden memilih untuk menginap sekalipun,” ujar Sumampow seraya berujar kalau jadwal kedatangan dan keberangkatan masih menunggu petunjuk pihak protokol kenegaraan.

tersebut yang harus tidak lewat dari 15 persen jumlah penetap-an suara perseorangan atau 28.391 ribu, maka fatal untuk pasangan ini. Sebagai langkah kongkrit, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Minahasa Rommy Leke SE MSi mengatakan bahwa, pengecekan yang dilakukan pihaknya memang agak sulit karena dualisme ini berakar dari pusat, sehingga berantai ke daerah. Baca: PDS ( Halaman 11 )

Asimin: Ini musibah saya Lolak—Kasus Tunjangan Penghasilan Aparat Pemerintah Desa (TPAPD) di Bolmong masih didalami polres setempat. Bahkan untuk mendukung penyelesaian kasus ini, Pemkab Bolmong menghormati proses hukum dalam kasus TPAPD yang melibatkan sejumlah pejabat dan mantan pejabat di Pemkab Bolmong. Salah satu pejabat yang sudah dijadikan tersangka dalam kasus ini, Drs Farid Asimin MAP yang kini menjabat Sekda Bolmong, jika pada Rabu (12/9) lalu masih tutup mulut dan enggan mengomentari kasus

KASUS SUAP

Angie minta batalkan dakwaan

ANGELINA Sondakh setia didampingi ayahnya Prof Lucky Sondakh, bersama kuasa hukumnya Tengku Nasrullah, sebagaimana juga dalam sidang eksepsi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (13/9) kemarin.(foto: ist)

Jakarta—Angelina Sondakh membacakan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Kamis (13/9) kemarin. Angelina merupakan terdakwa kasus suap pembahasan anggaran pendidikan tinggi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2010-2011. Baca: Angie ( Halaman 11 )

yang kini melilitnya, maka pada Kamis (13/9) kemarin, Asimin panjang lebar menjelaskan duduk persoalannya kepada wartawan. Pada dasarnya kata dia, dirinya selaku warga negara sangat menghormati dan menghargai proses hukum yang sementara berjalan, tentunya dengan mengedepankan asas praduga tak bersalah. FARID Asimin.

Baca: Asimin ( Halaman 11 )

OPERASI LANTAS

Oknum TNI AD aniaya anggota Polres Sangihe Tahuna—Persitiwa yang sangat memalukan sekaligus mengancam keberadaan jajaran aparat, kembali terjadi di Sangihe. Dimana, Kamis (13/9) kemarin, oknum TNI Angkatan Darat, Pratu FM alias Frangky yang notabene adalah anggota Satuan Yon Yonif 433 Makassar saat menjalani cuti, diduga melakukan penganiyaan terhadap salah satu angota Polres Sangihe Aipda Budi Salindeho. Peristiwa yang sempat menggemparkan warga Tahuna ini sendiri terjadi, dari informasi yang berhasil Swara Kita menyebutkan,

terjadi saat Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sangihe menggelar operasi rutin penertiban fisik dan surat-surat kendaraan. Menurut penjelasan korban, tersangka sudah sekitar tiga kali lalu lalang di tempat pelaksanaan operasi membawah sepeda motor tidak menggunakan helm. Upaya peneguran telah dilakukannya, namun hal tersebut bukanya diindahkan oknum TNI AD tersebut, justru kembali melewati lokasi tempat pelaksanaan operasi lantas. Baca: Oknum ( Halaman 11 )

Dapat apresiasi dan pujian dari KemenPAN-RB Pelayanan Pengaduan Masyarakat Bitung terbaik se-Indonesia Tidak disangka dan tanpa sepengetahuan satupun pejabat Pemkot Bitung, mulai dari Walikota Hanny Sondakh sampai para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Cakalang, ternyata salah satu program pelayanan Pemkot Bitung yaitu Pelayanan Pengaduan Masyarakat mendapat apresiasi dan pujian dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). PETINGGI Pemkot Bi- MBA, Asisten Bidang Pe- dalam sistem informasi kan kunjungan kerja ke sini tung merasa terkejut ketika merintahan Pemkab Go- manajemen perizinannya, (Pemkot Bitung, red),” kata program Pelayanan Peng- rontalo saat memimpin Kota Surabaya lebih ung- Hida. Dikatakannya, inforaduan Masyarakat Bitung rombongan timnya me- gul dalam sistem informasi masi ini didapatnya saat meini ternyata menjadi yang lakukan kunjungan kerja kepegawaiannya, sedang- ngikuti rapat dalam rangka terbaik di Indonesia. Me- ke Pemkot Bitung, Kamis kan Kota Bitung terbaik se- pemantapan reformasi birokrasi nariknya, bukan pihak Ke- (13/9) kemarin, dalam Indonesia dalam hal pe- di Bidakara, Jakarta, bersama menPAN-RB yang me- rangka mempelajari unit layanan pengaduan masya- KemenPAN-RB pada 26-29 nyampaikannya ke Pemkot aduan masyarakat serta rakat. Inilah salah satu ala- Agustus 2012 yang lalu. Bitung, melainkan disam- mekanismenya. “Kalau san kenapa kami (Pemkab Baca: Pelayanan ( Halaman 11 ) paikan Drs Yusuf Hida Bali terbaik se-Indonesia Goron-talo, red) melaku-

ASISTEN I Pemkab Gorontalo Yusuf Hida bersama Wakil Walikota Bitung Max Lomban dan Asisten III Pemkot Bitung Malton Andalangi, dalam pertemuan di Bitung Kamis (13/9) kemarin.(foto: epang/sk)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012

Pemprov matangkan strategi PUG untuk pembangunan PELAKSANAAN Pengharusan Utamakan Gender (PUG) pada pembangunan di Sulut selama ini, dinilai masih kurang. Pasalnya, hasil pembangunan tersebut dinilai kurang dirasakan dan dimanfaatkan oleh perempuan. Menindaklanjuti hal itu, Pemprov Sulut melalui Bappeda dan Biro Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), melakukan evaluasi pelaksanaan PUG dalam setiap kegiatan di masing-masing SKPD, mulai dari perencanaan sampai dengan pembangunan yang menguntungkan pihak semua pihak, terutama perempuan. Kasubag Bidang Pemberdayaan Perempuan pada Biro Kesra, Ivone Lombok, mengatakan, dari hasil rapat evaluasi itu, mengingatkan seluruh SKPD untuk bertanggungjawab pada bidang perencanaan, sehingga saat penyusunan anggaran dan perencanaan pembangunan, masing-masing unit kerja mengutamakan gender pembangunan yang bisa dimanfaatkan dan dirasakan oleh perempuan. Dijelaskan Lombok, contoh pembangunan yang kurang bermanfaat dan berpihak pada perempuan, seperti meja belajar bagi siswa perempuan yang terbuka, sehingga bisa mengganggu proses belajar mengajar. “Contoh lainnya adalah pembuatan anak tangga yang terlalu tinggi, bisa menyusahkan perempuan saat naik tangga jika menggunakan rok, dan penyediaan wc ataupun kamar mandi perempuan kurang dibandingkan dengan laki-laki, padahal perempuan saat akan ke wc membutuhkan waktu kurang lebih 4 menit yang mengakibatkan antrean bagi mereka,” jelas istri dari Asisten III Setdaprov Sulut ini. Lombok menambahkan, diharapkan kedepan, Pokja PUG yang terbentuk dimasingmasing unit kerja, dalam strategi pembangunan dan perencanaan menguntungkan semua pihak, dalam hal ini perempuan maupun laki-laki.(erer)

Sulut raih WTP 2009-2010 karena aset dikesampingkan Hasil konsultasi Deprov dan Pemprov ke Kemendagri terkait Ranperda APBD 2011

KUNJUNGAN MENTERI

Wagub jemput Mensos-Menhub WAKIL Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd, menjemput kedatangan Menteri Sosial RI Salim Segaf Aljufri dan Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan bersama Ibu Adelin Mangindaan Tumbuan di Bandara Sam Ratulangi Manado, Kamis (13/9) kemarin. Kedatangan dua menteri di Kota Manado itu, hanya berselang beberapa menit saja. Mensos menggunakan penerbangan komersil dengan pesawat garuda, sementara Menhub menggunakan pesawat khusus. Hanya sekitar satu jam transit di bandara Sam Ratulangi Manado, kedua Menteri berdarah kawanua ini langsung melanjutkan penerbangannya menuju Morotai Provinsi Maluku Utara guna menghadiri Sail Morotai yang akan dibuka Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Sabtu besok. Ikut bersama Mensos, yakni Dirjen Pemberdayaan Sosial Hartono Laras, Staf Khusus Mensos Agoes Kooshartono dan tenaga ahli Sapto Waluyo. Sementara yang mendampingi Wagub yakni Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Djhoni L Tobing, Dan Lanudsri Letkol Pnb Jorry Koloay, Kadis Sosial Drs Anwar Panawar serta Kadis Perhubungan Ir. Parlindungan Tampubolon.(erer)

KETUA Deprov Meiva Lintang bersama Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri Yuswandi Temenggung, saat Deprov-Pemprov Sulut mengkonsultasikan Ranperda APBD 2011, Kamis (13/9) kemarin.(foto: ist)

AKSI DEMONSTRASI

Manado—Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Laporan Pertanggung-jawaban (LPJ) Pelaksanaan APBD Sulut 2011, resmi menjadi Peraturan Daerah (Perda), setelah 6 Fraksi di Deprov Sulut menerima penyampaian Gubernur Sulut dalam Rapat Paripurna Deprov Sulut dalam rangka pengambilan keputusan, yang digelar Senin (10/9) lalu. Untuk itu, supaya mendapatkan legitimasi dari pemerintah pusat, maka Ketua Deprov Meiva Salindeho-Lintang STh, Wakil Ketua Deprov Drs Arthur Kotambunan BSc dan para Ketua Fraksi

mengkonsultasikannya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) khususnya di Ditjen Keuangan Daerah, Kamis (13/9) kemarin. Tim Deprov Sulut ini didampingi Sekretaris Deprov Sulut Adrianus Watung SH dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Sulut Praseno Hadi MM Ak. Mereka diterima Dirjen Keuangan Daerah, Yuswandi Temenggung. Kotambunan kepada wartawan menjelaskan, pada dasarnya Ditjen Keuangan Daerah menilai kinerja keuangan daerah Pemprov Sulut baik adanya. Menyangkut

Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) yang diberikan BPK untuk Sulut tahun 2011, ternyata terkait aset Sulut tahun 2005-2008 silam. “Hanya masalah aset padatahun itu (2005-2008, red), dimana oleh BPK menganggap perlu diselesaikan pemiliakn administrasinya,” ujar Kotambunan via Blackberry Messenger (BBM). Ditanya kenapa tahun 2009-2010 Sulut bisa memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), kata Kotambunan, sebab pada saat pemeriksaan BPK di tahun itu, masalah aset dikesampingkan. “Katanya pada tahun 2009-2010, hal itu (aset, red) dikesampingkan dulu karena dalam proses pencarian dan pemutakhiran data-data tersebut,” kata Kotambunan.(dewe)

RUU ORMAS

Kantor Deprov Sulut kosong, Tim Panja DPR-RI “berguru” di Sulut pendemo pulang dengan hampa Manado—Kekecewaan kembali dirasakan masyarakat Sulut melihat kondisi Kantor Deprov Sulut, rumah tempat menyalurkan aspirasi, tidak ada satupun wakil rakyat yang ada. Hal itu terjadi Kamis (13/9) kemarin, ketika masyarakat Pulau Bangka bersama Walhi Sulut yang hendak menyalurkan aspirasinya melalui aksi demonstrasi terpaksa pulang dengan hampa. Materi demonstrasi yang menolak eksplorasi Pulau Bangka dibuat kecewa karena tak satupun anggota dewan menerima mereka. “Kami sangat kecewa karena wakil rakyat yang semestinya menjadi saluran aspirasi kami ternyata tidak ada di tempat,” keluh sejumlah demonstran. Tak ingin merasa

kedatangan mereka menjadi sia-sia, sebuah mobil milik Sekretariat Dewan (Setwan) menjadi pelampiasan. Dua wanita pendemo menaiki mobil sekretariat tersebut sambil berorasi di atas mobil. Staf Setwan yang menyaksikan aksi tersebut terpancing, dan salah-satu staf langsung menaiki dan mengendarai mobil hingga keluar halaman kantor Deprov Sulut dengan posisi dua demonstan masih berada di atas deksel mobil. Koordinator Walhi Sulut Edo Rahman kepada wartawan mengatakan, pihaknya bersama warga Pulau Bangka secara tegas menolak izin eksplorasi biji besi terhadap perusahaan tambang Cina yang dikeluarkan Pemkab Minut. “Kami membawa 1200 lebih post card penolakan

warga karena izin eksplorasi itu melanggar hukum,” jelas Rahman. Seperti diketahui, keberadaan kantor Deprov Sulut yang berlokasi di Sario Manado ini memang ditingggal pergi para wakil rakyat, sebab ada yang menjalankan tugas ke Jakarta untuk mengkonsultasikan Peraturan Daerah tentang Laporan Pertanggung Jawaban (Perda LPJ) Pelaksanaan APBD 2011 di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sementara yang lainnya berada di Riau untuk menyaksikan sekaligus memberikan suport kepada atlet Sulut yang sementara beraga di Pekan Olahraga Nasional (PON). Sedangkan anggota dewan lainnya, tak diketahui keberadaannya.(dewe)

Manado—Gubernur Sulut Dr Sinyo H Sarundajang menerima kunjungan Tim Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang (RUU) O r g a n i s a s i Kemasyarakatan (Ormas) DPR RI, Kamis (13/9) kemarin. Kedatangan Tim Panja yang dipimpin langsung Abdul Malik Haramain MSi ini, untuk mengkaji dinamika ormas yang berkembang di Sulut, serta melakukan uji publik terhadap RUU Ormas dan mengkaji pola penerapan hukum terhadap Ormas yang melakukan pelanggaran. Menariknya, berdasarkan data dari pihak Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulut, selaku instansi yang menangani ormas dan pihak kepolisian daerah, untuk Sulut sendiri belum

pernah ada pemberian sanksi hukum kepada salah satu ormas. “Sanksi pidana untuk organisasinya belum pernah ada, kalau personafikasinya yang diberi sanksi memang sudah ada,’’ ujar Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky Atotoy yang bersama-sama dengan Gubernur beserta jajaran Pemprov Sulut dalam pertemuan tersebut. Sementara itu, Gubernur dalam penjelasan masukan terhadap RUU Ormas dengan tegas mengatakan, bahwa hal utama yang harus dikaji kembali dalam draft RUU terebut yakni penjelasana pada Pasal 8 terkait jumlah personil yang mendirikan suatu Ormas. Dalam pasal 8 tersebut dikatakan bahwa ormas sekurang-kurangnya didirikan oleh 3 warga negara Indonesia. “Jadi kalau dalam suatu keluarga berjumlah lebih dari 3 bersaudara dengan mudahnya dapat mendirikan sebuah o r g a n i s a s i kemasyarakatan. Bisa dibayangkan jumlah ormas yang akan bertambah setiap tahun karena kemudahan ini,’’ tukas Gubernur sembari memberikan penekanan soal asas Pancasila yang wajib menjadi asas setiap ormas di Indoensia. Hal lain yang menjadi bahan masukan Gubernur untuk perampungan RUU ormas yakni menyangkut larangan dan sanksi bagi sebuah ormas yang praktek o rg a n i s a s i n y a membahayakan kepentingan nasional. Dengan tegas Sarundajang mengatakan bahwa untuk

ormas-ormas yang melakukan pelanggaran harus dikenakan sanksi bertahap mulai dari sanksi administratif sampai pembubaran ormas. “Selain itu, sanksi bagi ormas asing yang mengganggu kepentingan nasional juga perlu diatur. Sebaiknya negara tegas dalam menyikapi ormas asing yang membahayakan kepentingan nasional dengan cara mencabut izin dan melarang beroperasi di Indonesia’’ tegas SHS – sapaan Sarundajang—. Tim Panja ini sendiri yang terdiri dari Dr Deding Ishak, Drs Umar Arsal, Paula Sinjal SH, Muslim SH, Drs Eddy Sadeli SH, Dewi Asmara MH, Dra Eddy Mihati MSi, Indra SH, Achmad Rubaie MH, Dr. Sumarjati Arjoso, dan beberapa pendamping yang berasal dari unsur eksekutif, mengaku puas dengan pertemuan tersebut. “Tujuan utama yang mendasari kedatangan tim ke Sulut sudah terjawab semuanya. RUU ini merupakan inisiatif hak usul DPR RI atas perubahan undang-undang nomor 8 tahun 1985 tentang organisasi kemasyarakatan. Panja dalam memutuskan perubahan atas undangundang tersebut perlu adanya masukan dari berbagai organisasi kemasyarakatan, LSM, dan para pakar dari perguruan tinggi. Selain itu, perlunya undang-undang yang mengatur tentang pelanggaran hukum atas organisasi yang meresahkan masyarakat,’’ jelas Ketua Tim Panja, Abdul Haramain.(erer)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012 NOMOR 02081 TAHUN VI TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Sopir minta semua trayek ditertibkan

KAMPUNGRON KELURAHAN BATU KOTA KECAMATAN MALALAYANG

Benahi administrasi kantor dan persiapan Adipura SEBAGAI Lurah yang baru di Kelurahan Batu Kota Kecamatan Malalayang, saat ini sedang mengadakan pembenahan adminsitrasi kantor maupun kebersihan lingkungan di wilayahnya. Hal ini dikatakan oleh Lurah Batu Kota, Marina Kalonta SSos kepada Swara Kita, Kamis MARINA Kalonta. (13/9) kemarin Dikatakan Kalonta, gerakan bersih-bersih kelurahan perkotaan yang dilakukan oleh pihaknya adalah dalam rangka persiapan menghadapi penilaian Adipura tahap pertama. Baca: Benahi ( Halaman 4 )

Dishub dikecam lantaran penertiban dilakukan pilih-pilih Manado—Mengakui bahwa trayek ilegal yang dilakukan melanggar aturan, sejumlah sopir angkutan dalam kota (mikrolet) WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut mendesak PT Air Manado agar meningkatkan layanan kepada warga, dalam sambutannya dalam Halal bi Halal PT Air, Kamis (13/9) kemarin.(foto: hmpm/ist)

LAYANAN PUBLIK

PT Air baru bisa layani 30% warga

JAGARON LINGKUNGAN V KELURAHAN PANIKI II

Bangun gedung serbaguna dari swadaya masyarakat UNTUK menampung berbagai kegiatan masyarakat di lingkungan maupun kelurahan, maka sudah seharusnya disiapkan dengan sarana pendukung berupa fasilitas gedung serbaguna. Hal itu yang saat ini sementara dikerjakan oleh REFLI Pelealu. masyarakat Lingkungan V Kelurahan Paniki II dengan membangun gedung serbaguna dimana dananya berasal dari swadaya masyarakat sendiri. “Sebelumnya, gedung serbaguna ini direncanakan akan dibangun sejak awal tahun lalu, namun baru tercapai tahun ini. Baca: Bangun ( Halaman 4 )

LURAH BARU

Lontoh diperkenalkan

LONTOH saat perkenalan.(foto: bobby/sk)

MENJALANI kerja di tempat yang baru sebagai abdi Negara, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memperkenalkan diri secara langsung kepada masyarakat. Baca: Lontoh ( Halaman 4 )

Manado—Cakupan pelayanan air bersih bagi warga Kota Manado, terbilang masih cukup rendah. Dari total cakupan 80%, ternyata PT Air Manado baru bisa memenuhi kebutuhan air bersih tidak lebih 30% dari total jumlah keseluruhan warga Kota Manado. Hal ini cukup mendapat sorotan dari Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL). Dalam menghadiri Halal Bi Halal yang digelar oleh

PT Air Manado, GSVL menekankan akan pentingnya pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga Kota Manado. Karenanya, PT Air Manado di bawah kepemimpinan Otniel Kojansouw diharapkan dapat memberikan pelayanan yang prima bagi warga Kota Manado. “Dari data yang ada, baru 30% warga Kota Manado yang merasakan air bersih. Baca: PT ( Halaman 4 )

siap mendukung penertiban yang bakal dilakukan Pemkot Manado. Hanya saja, penertiban diminta menyeluruh,

jangan hanya pilih-pilih. Pasalnya, para sopir menuding selama ini Dinas Perhubungan (Dishub) Manado sering melakukan penertiban tebang-pilih. Pernyataan ini disampaikan sopir-sopir di jalur Pusat Kota-Malalayang yang gerah lantaran dituding memasang trayek ilegal, Pusat Kota-Hyper. “Kalau mau tertibkan

silakan saja, kami siap mendukung, apalagi itu memang tugas pemerintah. Tapi jangan sampai penertiban trayek terkesan pilih-pilih. Di depan mata petugas perhubungan jelas terlihat ada mikrolet yang sebenarnya trayek Pusat Kota 45-Karombasan, tapi kini menjadi SamratCoco. Baca: Sopir ( Halaman 4 )

PROYEK GALIAN JALAN

Tak ada koordinasi, Lurah-Camat bisa hentikan Manado—Rencana pekerjaan proyek galian di badan jalan kota Manado, baik itu dari Telkom, PDAM atau pun PLN, kini harus dilaporkan ke Dinas PU dan Dinas Tata Kota Manado. Dan Lurah dan Camat wajib memantau dan melaporkan kegiatan galian tersebut apakah sudah ada koordinasi ke instansi terkait atau tidak. “Jika tidak ada laporan dari kedua instansi tersebut, lurah dan camat bisa hentikan kegiatan galian tersebut. Karena yang dirugikan adalah warga Manado karena aktivitasnya terhalang oleh kegiatan tersebut,” terang Wakil Walikota Manado, Harley Mangindaan, ketika

WAWALI Manado Harley Mangindaan, melakukan pemantauan kondisi galian salah satu perusahaan telekomunikasi yang telah merusak jalan tapi belum diperbaiki.(foto: tonny/sk)

SHOPING CENTRE

memantau galian PT Telkom di bilangan Karombasan, Kamis (13/9) kemarin. Kadis PU Manado, Ferry Siwi, yang dikonfirmasi mengatakan khusus jalan yang adalah menjadi kewenangan kota Manado memang akan diperketat terkait aksi galian. Ini menyusul banyak kasus galian jalan tapi pada akhirnya kondisi jalan tidak dikembalikan seperti semula. “Galian yang ada seka-rang jelas merusak jalan yang telah dibangun oleh Pemkot Manado dan ujung-ujungnya Pemkot Manado yang akan mendapat sorotan dari warga. Baca: Tak ( Halaman 4 )

REKLAME

PD Pasar diberikan kewenangan penuh Distakot hati-hati atasi Manado—Perusahaan Daerah (PD) Pasar Manado akan mendapat kepercayaan penuh mengelola aset-aset milik Pemkot Manado. Demikian inti dari pembahasan Rancangan Peraturan (Ranperda) PD Pasar baru-baru ini di Dekot Manado. “Kami baru saja mengadakan studi banding di Pasar Jaya. Hal yang perlu diadopsi bahwa pengelolaan pasar mereka betul-betul profesional. PD Pasar yang diberikan kewenangan penuh pemerintah daerah, mempercayakan pengelolaan itu ke investor. Hasilnya, setiap tahun Pasar Jaya memberikan income atau pemasukan hingga Rp300 miliar,” ujar Ketua Pansus Ranperda PD Pasar Ronald Salendu. Mengacu dari keuntungan yang diperoleh Pemda DKI tersebut, Pansus yang beranggotakan 18 legislator tersebut sepakat memberikan kelonggaran pada PD Pasar. Meski dalam pengelo-

KAWASAN Shoping Centre.(foto: bobby/sk)

laan nantinya perlu ada payung hukum yang jelas. “Kita harus berjalan dalam bingkai koridor seperti yang dilakukan Pemda DKI Jakarta,” tambah Sekretaris Pansus Sendy Rumondor. Sementar itu, dari sejumlah ayat dalam Ranperda tersebut, yang menjadi catatan utama adalah soal penyerahan aset ke PD Pasar. “Di Bab II, ayat 1 disebutkan bahwa Pemkot menyerahkan aset untuk dikelola PD Pasar. Selanjutnya di ayat 2 dikatakan PD Pasar akan menyertakan modal

sebesar Rp192 miliar,” kritis wakil Ketua Pansus Markho Tampi.

Pembahasan ini tanpa melalui perdebatan panjang karena Salendu Cs dan tim PD Pasar Manado yang dipimpin Dirut Utama Jemmy Kowaas sudah memiliki kesamaan visi dan misi. “Tujuan kita adalah untuk kemajuan Manado dan kesejahteraan rakyat,” kata Franklyn Sinjal, anggota Pansus. Dengan demikian, rencana Pemkot Manado untuk melakukan peremajaan Shopping Center (SC) bakal berjalan mulus. Baca: PD ( Halaman 4 )

bangunan di atas trotoar

Manado—Instruksi Walikota Manado GS Vicky Lumentut agar Dinas Tata Kota (Distakot) Manado menertibkan semua bangunan reklame yang berdiri di trotoar, rupanya belum dilakukan. Hingga saat ini instansi tersebut terkesan hati-hati sebelum melakukan pembongkaran bangunan reklame di atas trotoar, seperti di depan kawasan Manado Town Square (Mantos) Boulevard. Hingga Kamis (13/9) kemarin, terlihat belum ada

AMOS Kenda.

tindakan atas reklame di kawasan tersebut. Baca: Distakot ( Halaman 4 )

DISIPLIN PNS

BKD diminta terus gelar sidak Manado—Inspeksi Mendadak (Sidak) PNS yang digelar Tim Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Manado, Rabu (12/9) kemarin, berhasil menjaring 11 PNS Pemkot

Manado. Untuk peningkatan disiplin pegawai, Wawali Manado Harley Mangindaan mengatakan sidak tersebut harus terus dilakukan. “Setiap pegawai Pemkot Manado wajib mengikuti aturan kepegawaian, agar

ada kesadaran yang tinggi serta ikut bersama-sama melakukan dan menerapkan pencanangan tahun disiplin kota Manado,” terang Ai, sapaan akrabnya. Disatu sisi Ai berharap agar PNS Manado bisa

menjadi contoh bukan justru yang terbanyak terjaring dalam sidak. “Kita tidak mencari-cari kesalahan tapi aturan kedisiplinan pegawai harus kita tegakkan. Baca: BKD ( Halaman 4 )

Muhamad Syafei, tukang servis elektronik

Manfaatkan keahlian untuk lembaran rupiah

Di dunia sekarang ini, berbagai usaha sudah banyak dilakukan oleh siapa saja yang ingin berjuang untuk melawan gejolak perekonomian di kota besar seperti Manado sekarang ini. Namun dari semua usaha kecil yang ada di Manado, tukang servis alat elektronik ternyata masih sangat kurang. Hal ini pun yang dimanfaatkan oleh Muhamad Syafei. TIDAK dapat bertahan kehidupannya. Ia pun mendapatkan mumpuni guna menopang hidup di kampung halaSebab ia sedikit ber- nafkah dan bisa menye- keluarganya. man membuat pria ini untung dengan alat-alat lesaikan sekolah kedua “Ilmu yang saya bawa ini merantau mencari hidup di dan otak yang digunakan- anaknya. Bagi Muhamad ternyata bisa bermanfaat Kota Manado, tidak mem- nya sehingga kesuksesan warga berdarah Jawa ini, untuk keluarga saya. buat tukang ini menutup pun bisa diraih demi adalah salah satu modal Baca: Manfaatkan diri guna melangsungkan lembaran rupiah. yang cukup dirasa ( Halaman 4 )

MUHAMAD Syafei manfaatkan peluang.(foto: bobby/sk)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012

PD ... dari Halaman 1 Setelah Ranperda ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda) maka PD Pasar akan memberikan kesempatan pada investor untuk meremajakan dan mengelola SC sehingga menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Manado. “Peremajaan SC memang salah satu prioritas kami,” tegas Direktur PD Pasar Jemmy Kowaas.(dede)

Benahi ... dari Halaman 1 Kegiatan tersebut berupa pembersihan di semua drainasse yang ada di lingkungan kelurahan tersebut. “Saya sebagai lurah yang baru di kelurahan ini, sementara mengadakan pembenahan-pembenahan dan saya berjanji akan melanjutkan dengan baik pembangunan dan kemajuan Kelurahan Batu Kota. Saya berharap sejumlah upaya yang kita tempuh pada bagian awal dari penilian Adipura ini, mampu mendongkrak capaian nilai yang diraih dari tahuntahun sebelumnya,” tuturnya. Ia pun mengharapkan, kiranya kegiatan bersihbersih lingkungan ini jangan hanya dilakukan dalam rangka menghadapi penilaian Adipura, melainkan sudah harus dilakukan secara rutinitas dalam kehidupan setiap hari. “Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini harus menjadi budaya di lingkungan perkantoran maupun masyarakat,” katanya.(try19)

Bangun ... dari Halaman 1 Pembangunan gedung tersebut sangat didukung oleh lurah setempat karena dana pembangunannya dari swadaya masyarakat lingkungan setempat,” ujar Kepala Lingkungan V, Refli Pelealu kepada Swara Kita, Kamis (13/9) kemarin. Ditambahkan Pelealu, dengan hadirnya bangunan itu, maka akan memberikan nilai tambah bagi keuangan pemerintah lingkungan. Pasalnya, gedung serbaguna itu bisa disewakan kepada masyarakat di lingkungan itu maupun dari luar lingkungan yang membutuhkan ruangan untuk dilakukan acara maupun pertemuan. “Tujuan pembangunan gedung ini adalah untuk menampung kegiatan lingkungan dan terbuka untuk siapa saja yang akan menyewa gedung tersebut. Sebab, dana sewa itu bisa menambah dana pemasukan di lingkungan saya,” terangnya seraya menambahkan jika saat ini, pihaknya sedang menjalankan sistem jaga malam di poskamling guna keamanan bersama masyarakat.(try19)

PARIWISATA

Faktor kenyamanan dan keamanan jangan diabaikan Manado—Menuju Kota Model Ekowisata dengan mengedepankan sektor pariwisata dan lingkungan yang asri, perlu juga ditunjang dengan saranaprasarana yang nyaman ditambah aman bagi penikmatnya. Menurut Anggota Komisi B Dekoy Manado, Sonny Lela, objek wisata yang

tidak aman dan nyaman akan terlihat tidak tertata dengan apik dan terkesan asal-asalan. Kondisi ini terlihat dibeberapa titik lokasi objek wisata yang belum dipagari sebagai sarana pengaman bagi pengunjung. “Objek parawisata di Kota Manado memang semakin baik. Akan terapi

saya minta untuk membenahi tempat-tempat wisata dengan mengekedepankan aspek nilai estika disamping juga harus memperhatikan jaminan keselamatan bagi para pengunjung,” tutur Lela kepada wartawan. Lela mencontohkan, jalur Boulevard dan sepanjang pantai Malalayang yang

baru dibenahi memang sudah cukup apik. Namun dia melihat masih memiliki kekurangan khususnya menyangkut sarana keamanan. “Kurang fasilitas sarana umum salah satu harus diseriusi dikawasan sepanjang pantai Malalayang. Sebab belum tertata tempat parkir kendaraan juga pagar pengaman

disepanjang pantai ini,” tuturnya. Hal tersebut dilain pihak sering menyebabkan beberapa persoalan, diantaranya kemacetan. “Setiap hari sering terjadi kemacetan dikawasan tersebut. Ini harus ada pelebaran jalan dan menyiapkan areal parkir ditambah sangat penting ada pagar

keamanan disepanjang pantai. Sehingga perlu juga dibuat pagar pengaman disepanjang pantai agar tidak menimbulkan bahaya bagi pengunjung,” katanya sembari mengharapkan para pedang yang berjualan untuk memberikan jaminan makanan dan minuman yang hiegenis.(dede)

wilayah. Begitu juga kami berharap Dishub bisa kembalikan semua trayek mikrolet sesuai ijin yang diterbitkan,” cetus Maramis. Kadishub Manado Yohanis Waworuntu yang dimintai tanggapanya akan keluhan para sopir angkot tersebut menyatakan, apa yang diharapkan para sopir dan warga akan ditampung. Realisasinya, pihak Dishub Manado akan lakukan penertiban besar-besaran karena semua trayek akan dikembalikan seperti ijin

yang dikeluarkan. “Sebenarnya penertiban sudah dimulai pada Kamis hari ini (kemarin, red), namun karena disibukkan dengan adanya kunjungan Presiden RI ke Manado sebelum menuju ke Sail Morotaim, akhirnya penertiban diputusdkan akan dilakukan pada Senin (17/9),” kilah Waworuntu. Di satu sisi Waworuntu menegaskan, tidak ada alasan bagi sopir angkut merubah izin trayek yang telah diterbitkan Dinas

Perhubungan Manado. “Senin pekan depan akan dilakukan penertiban angkot untuk semua jalur trayek yang ada di wilayah kota Manado. Saya peringatkan, jika kedapatan melanggar ketentuan atau tidak sesuai ijin trayek akan langsung di tilang. Setelah ditilang sopir wajib

membuat pernyataan tidak akan mengulangi lagi, dan surat kendaraan yang ditilang harus diambil oleh pemilik kendaraan. Semua kelengkapan kendaraan umum akan kami periksa, termasuk warna cat sesuai dengan nomor wilayah beroperasi,” pungkas Waworuntu.(teem)

yang akan menggali jalan, kita bisa sama-sama pikirkan agar tidak menmggangu pengguna

jalan dan meminimalisir kerusakan jalan kota Manado,” jelas Siwi.(teem)

Sopir ... dari Halaman 1 Begitu juga jurusan Pal 2Karombasan kini sudah ganti trayek Jl 17 AgustusRike-Coco,” beber Fian Masinambouw, mewakili rekan-rekannya para sopir di jalur Pusat Kota-Malalayang. Hal ini dibenarkan Meidy Pangemanan, rekan Masinambouw, yang karenanya mengecam Dishub Manado karena tidak tegas dalam melakukan penertiban. “Kalau mau lakukan penertiban jangan hanya pada waktu sweeping.

Trayek Samrat Coco itu sudah begitu lama tapi tidak disentuh oleh petugas Dishub,” ketus Pangemanan. Untuk itu, Gustaf Maramis—sopir jurusan Pusat Kota-Winangun mengusulkan agar Dishub kembali tertibkan mikrolet yang kini tidak lagi memiliki nomor wilayah beroperasi. “Karena jika tidak, ini akan membuka peluang kendaraan tersebut mengambil penumpang trayek yang lain, karena tidak ada identitas kode

Tak ... dari Halaman 1 Jadi mulai saat ini jika ada proyek galian di badan jalan wajib mengantongi surat ijin

dari Dinas PU dan Dinas Tata Kota Manado. Maksudnya, denmgan adanya laporan dari pihak

Kadistakot Manado, Amos Kenda yang dikonfirmasi terkait dengan bangunan reklame yang tidak pada tempatnya, menyatakan, khusus di kawasan Boulevard, pemilik bangunan reklame setelah diberikan surat peringatakan ketiga akan kembali dilan-

jutkan dengan surat keempat. “Sudah kami layangkan surat pemberitahuan terkait dengan bangunan reklame yang ada di trotoar. Dan jika tidak diindahkan, dalam waktu dekat ini kami akan susul dengan surat keempat,” kata Amos.(teem)

PT ... dari Halaman 1

Lontoh ... dari Halaman 1 Hal itu pula yang dilakukan oleh Lurah Kairagi 2 Kecamatan Mapanget, Alfrits Lontoh pada Rabu (12/9) kemarin dengan mengadakan pertemuan pertama dengan warga serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) maupun PKK dan tokoh-tokoh agama di ruang serba guna Jemaat GMIM Solagratia di wilayah itu. “Tujuan dari pertemuan ini agar warga lebih mengenal siapa lurah yang baru mereka dan juga menyampaikan beberapa program pemerintah kota yang harus didukung oleh masyarakat,” kata Lontoh kepada Swara Kita. Lanjut dikatakan Lontoh, dalam pertemuan ini, dirinya pun menyampaikan beberapa program Pemkot Manado yang berkaitan dengan pengurusan administrasi kependudukan secara gratis. Demikian juga, dalam waktu dekat ini pemerintah kelurahan akan melaksanakan kawin masal dengan bekerjasama Badan Pekerja GMIM Solagratia Kairagi 2. “Ini merupakan program-program yang akan diberikan ke masyarakat. Untuk itu, saya harapkan adanya peran serta masyarakat dalam mendukung program yang dilakukan oleh pemerintah kelurahan dan kebersihan serta keamanan adalah harga mati,” tambahnya.(try19)

Distakot ... dari Halaman 1

SIBUK sebagai kepala daerah tak membuat Walikota Manado GS Vicky Lumentut kehilangan waktu bersama komunitas kerohaniannya di Jemaat GMIM Sion Perak Sorong Manado, seperti saat bersama sang istri Ny Paulina Lumentut-Runtuwene melayat ke rumah duka Almarhumah Ny Estevina Watuseke-Rumagit, Kamis (13/9) kemarin.(foto: dewa/sk)

Padahal seharusnya itu mencapai 80%,” tegas GSVL dihadapan karyawan PT Air Manado, Kamis (13/9) kemarin. Lanjutnya, peningkatan pelayanan air bersih tidak akan datang dengan sendirinya. Itu bisa terjadi jika dalam lingkungan PT Air jika memiliki jiwa yang mau bekerja keras. “Ada semangat untuk bekerja lebih. Tantangan memang ada tapi itu jangan jadi alasan. Dalam waktu dekat saya sudah mengijinkan pimpinan PT Air untuk bertemu secara langsung perusahaan pusat di Be-

Manfaatkan ... dari Halaman 1 Namun dengan mendapatkan yang cukup lumayan, setidaknya hal tersebut sudah sangat membantu saya sampai saat ini,” tutur Muhamad kepada Swara Kita. Sudah sekitar sekitar 40 tahun lalu lelaki asal Surabaya ini menjalankan

pekerjaan tersebut dengan sendirinya. Disertai semangat yang tinggi dan kerja keras serta jiwa berusaha yang telah mengalir dalam tubuhnya, usaha dari lelaki berumur 63 tahun ini mampu menambah hidup keluarganya. Dengan jerih-payahnya

itu, tak tanggungtanggung keuntungan sebesar Rp1,5 juta perbulan bisa ia kantongi. “Inilah hasil yang bisa saya raih sampai saat ini, sehingga dari pekerjaan tersebut, ke 2 anak saya mampu menyelesaikan studi di bangku SMA.

Bahkan salah satu dari mereka sudah bekerja perusahaan yang ada di kota ini. Itu cukup membawa kebanggaan tersendiri bagi saya sebagai orang tua mereka, dan tentunya itu sangat saya syukuri,” ungkap Muhamad.(try19)

landa untuk mendiskusikan pelayanan tersebut. Kalau pelayanan tersebut bisa menjadi lebih baik, maka ada balasannya,” katanya. Cakupan pelayanan, diharapkan GSVL bisa mencapai capaian yang maksimal yaitu lebih dari 35%. “Saat ini baru 30% warga kota yang merasakan air bersih. Saya harapkan dapat melampaui 35% dan terus meningkat. Jika lebih dari 35%, maka saya berupaya untuk membicarakan lagi untuk menaikkan gaji bagi karyawan PT Air. Asalkan kerja dengan sungguh-

sungguh terus dilanjutkan,” tuturnya. Sementara itu, dalam kegiatan Halal Bi Halal, GSVL juga menekankan akan pentingnya memaknai akan hikmah dari perayaan tersebut. “Mari bukakan pintu seluas-luasnya, lapangkan langkah kita untuk membukakan pintu saling memaafkan. Meski acara seperti ini dilakukan hanya di Indonesia, namun saya berharap ini tidak hanya menjadi acara seremonial belaka, melainkan kita dapat membuka jalinan silahturami dan pintu maaf seluas-luasnya,” kuncinya.(dede)

BKD ... dari Halaman 1 Pencanangan tahun 2012 adalah tahun disiplin harus betul-betul kita terapkan,”tegas Ai. Dalam sidak pegawai nanti pun lanjut Ai, bisa saja diterapkan pada anak sekolah agar pemahaman disiplin lebih diperkuat.

“Jika dalam rasia ikut terjaring anak sekolah yang bolos tentunya akan diberikan langsung pemahaman agar mereka anak didik bisa tahu kalau tahun 2012 Manado sedang terapkan tahun disiplin,” tandas Ai.(teem)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012

WARNING KAPOLDA

Pejabat Polres tak serius kerja harus siap terima konsekuensi! PERKEMBANGAN kinerja jajaran pejabat Polisi khususnya di jajaran Polresta Manado, rupanya menjadi perhatian serius Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy. Betapa tidak, sejumlah program Kepolisian untuk memberikan pelayanan masyarakat dinilai belum memiliki perubahan. Bahkan, Kapolda mewarning pejabat terkait jika tidak menunjukkan keseriusan menjalankan tugas, maka akan menerima konsekuensinya. Seperti yang ditegaskan Kapolda, Polda Sulut memiliki banyak program untuk meningkatkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) serta memberi pelayanan prima bagi warga Sulut pada umumnya. Dengan begitu, topangan dan jajaran kepolisian untuk mendongkrak pelaksanaan harus diberikan seutuhnya. Hanya saja, Kapolda mengingatkan kembali jika ditemukan adanya anggota lebih khusus pejabat dilingkungan Polda dan jajaran yang tidak mendukungnya, ia akan memberikan tindakan tegas dan siap menerima konsekuensi sesuai dengan hasil evaluasi kinerja yang dilakukan. “Saya orangnya terus terang saja. Kalau ada yang tidak sejalan dengan program kita atau tidak mampu menunjang program Polda Sulut, yang bersangkutan harus minggir. Kalau sudah dua tiga kali belum ada perkembangan yang baik, terima saja konsekuensinya,” tegas Jenderal berbintang satu itu. Orang nomor satu dijajaran Polda Sulut itu menambahkan, pejabat yang kini bertugas dan mengemban jabatan, kinerjanya tetap dievaluasi. Selain itu menurut Kapolda, posisi yang diemban pejabat yang dinilai tidak mampu, dengan waktu cepat dapat diganti dengan perwira yang ada di Polda dan siap memberikan perubahan dan perkembangan. “Minggir saja kalau tidak siap, Polda akan memaksimalkan semua program untuk peningkatan kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat,” jelas Kapolda.(erel)

Winzy hanya dituntut hukuman seumur hidup

TERDAKWA WW alias Winzy saat mendengarkan tuntutan dari JPU.(foto: sherly/sk)

2 warga kehilangan motor di Mega Mas KEAMANAN halaman parkir di kawasan Mega Mas saat ini tampaknya harus diperketat lagi. Pasalnya, dalam 2 hari berselang, 2 sepeda motor milik warga Sumompo, Lingkungan II, Kecamatan Tuminting bernama Alko Andreas, yaitu jenis Honda Blade warna hijau putih, DB 9406 RL, Selasa (11/9) lalu, sekitar pukul 18.00 Wita, hilang saat diparkir di Mega Mas. Saat itu korban disuruh mengantarkan pesanan daging babi putar di rumah makan dekat kedai San Fransisco. Ketika korban selesai mengantarkan pesanan tersebut dirinya melihat sepeda motor yang diparkir di tempat semula, telah hilang. Alko pun mengalami kerugian sekitar Rp8.250.000. Kejadian sama dan di TKP yang sama juga dialami oleh Muhamad Yasyirin warga Malalayang. Di mana pada, saat itu korban dengan mengendarai sepeda motor jenis Yamaha Mio warna Hitam, DB 9166 RJ, memarkirkan kendaraannya di dalam kawasan Mega Mas, tepatnya di belakang Kantor Bank Bukopin. Dirinya kemudian masuk ke bank untuk menarik uang tunai. Ketika keluar hanya sekitar 30 menit, motornya ternyata sudah tak ada lagi alias telah dicuri. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Amran Ampulembang MSi, melalui Kasubag Humas AKP Deesy Hamang, ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya ke 2 laporan tersebut.(try16)

Lakukan pencurian, Opan dituntut 1 tahun penjara RH alias Opan (29), warga Kelurahan Malalang II, lingkungan III, akhirnya dituntut satu tahun penjara, karena dinilai terbukti telah melakukan tindak pidana pencurian. Tuntutan ini dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sylvi Hendrasanti SH, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Kamis (13/ 9) kemarin. “Terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 362 KUHP, terbukti melakukan tindak pidana pencurian,” ujar JPU Sylvie, dalam tuntutannya. Diketahui, kejadian ini sendiri terjadi pada Sabtu 7 April 2012, sekitar pukul 15.30 Wita, di rumah saksi korban Firda Matolodula. Saat itu, terdakwa mengambil barang berupa DVD player, game dan raket, dan tas koper. Akibatnya, korban mengalami kerugian sekitar Rp1,3 juta. Sidang dengan Majelis Hakim Willem Rompies SH, dkk ini, akan dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembelaan terdakwa.(try18)

Oknum buruh bangunan bawa lari ABG 14 tahun ELLEN A, terpaksa harus mendatangi Mapolresta Manado, Kamis (13/9) kemarin. Pasalnya, ibu rumah tangga (IRT) warga Kelurahan Bailang, ini harus kehilangan anaknya, sebut saja Melati (14) sejak Senin (10/9) yang lalu. Diduga hilangnya anaknya ini karena dibawa lari oleh AM alias Apri (20) warga yang sama, yang kesehariannya bekerja sebagai buruh bangunan. Awal kejadian, saat itu Ellen melihat anaknya sudah tidak ada di kamarnya dan seorang saksi yaitu tetangganya mengatakan kalau sempat melihat Apri dan Melati keluar dari rumah pelaku dan kemudian bepergian entah ke mana. Kapolresta Manado, Kombes Pol Drs Amran Ampulembang MSi melalui Kasubah Humas AKP Deesy Hamang, ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya laporan ini.(try16)keributan. Sayangnya, pertanyaan korban langsung dibalas dengan aksi kekerasan. Pelaku melayangkan pukulan ke arah kepala korban hingga membentur dinding dan mengalami bengkak. Akibatnya, korban merasa pusing dan melaporkan aksi ini ke Kantor Polisi, Kamis kemarin. Kapolsek Urban Malalayang, Kompol Andrian Syah, melalui Kanit Reskrim Iptu Ruddy Raranta, ketika dikonfirmasi wartawan, membenarkan adanya kejadian tersebut. “Kedua korban sudah membuat laporan, dan pelaku sudah diamankan. Selanjutnya akan diproses sesuai dengan prosedur hukum,” pungkasnya.(erel)

KELUARGA korban yang tak bisa menahan amarah mereka akibat tuntutan JPU dinilai tidak adil, karena hanya seumur hidup saja dan bukan hukuman mati.(foto: bobby/sk)

Keluarga korban kurang puas & sempat mengamuk JPU menjerat dengan pasal pembunuhan dan tidak pakai pasal pemerkosaan Manado—Keluarga dari korban Alm Lindy Pandoh, akhirnya harus mengamuk di Pengadilan Negeri (PN) Manado pada Kamis (13/9) kemarin. Pasalnya, mereka tidak puas dengan tuntutan yang diberikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Theodorus Rumampuk SH MH dkk, yaitu hukuman seumur hidup terhadap terdakwa WW alias Winzy. Keluarga korban sempat

menyatroni ruang persidangan dan hampir saja melakukan perbuatan anarkhi terhadap terdakwa, yang kemudian bisa diamankan pihak oleh Kepolisian, yang memang sudah berjaga-jaga sebelumnya. Seperti yang diungkapkan ayah kandung korban, Alfrets Pandoh, kalau dirinya tidak menerima tuntutan JPU tersebut, karena dirinya selaku orang tua,

mengetahui benar keberadaan putrinya sendiri. “Saya tidak terima dengan tuntutan JPU itu, karena jaksa membacakan bahwa saya mengetahui hubungan mereka. Saya tidak kenal dengan terdakwa. Dia (Winzy, red) sudah perkosa pa kita pe anak, masak cuma dituntut pembunuhan. Torang mau dia dihukum mati saja,” ujar Alfrets yang terlihat guratan kesedihan diwajahnya. Bahkan, Alfrets sangat geram dengan tuntutan JPU yang menyebutkan kalau korban dan terdakwa memang ada hubungan sebelumnya. “Kalau dibilang ada hubungan, itu tidak masuk akal. Kenapa hanya dua kali saja sewaktu dalam pembacaan tuntutan. Seolah-olah anak

saya adalah wanita nakal. Dia (terdakwa, red) sudah memperkosa. Dan itu bukan karena suka sama suka. Saya kenal baik dengan anak saya sendiri. Lindy anti penghianatan, anti pembohong, tidak mungkin kita pe anak melakukan itu. Lindy anak baik-baik kasiang,” tambah ALfrets dan Heydie Limpe, Ibu Lyndi di hadapan sejumlah wartawan. Diketahui, Winzy yang dalam dakwaan dijerat dengan tujuh pasal berlapis, namun dalam tuntutan kemarin, oleh JPU, terdakwa hanya dinilai terbukti bersalah sesuai dalam primair Pasal 340 KUHP mengenai pembunuhan. “Terdakwa terbukti melanggar Pasal 340 KUHP, melakukan pembunuhan, maka dituntut dengan pidana penjara seumur hidup,” ujar JPU. Sementara itu, permintaan pleidoi dari tim Penasehat Hukum terdakwa, sempat ditanggapi oleh Romel yang diketahui sebagai pacar dari korban. “So cukup jo ngoni bela-bela pa dia (terdakwa, red). Kiapa leh ngoni bela-bela pa dia. Lindy mati, dia (terdakwa, red) juga harus mati. Nyawa dengan nyawa,” teriak Romel dalam persidangan dengan menuding para Penasihat Hukum, Feibe F Gumelung SH, Sumiati Inthi Junus SH MH, Linda Moendoeng SH. Ketua Majelis Hakim, Willem Rompies SH, langsung menenangkan pihak keluarga. Dikatakan Rompies, bahwa kehadiran dari penasehat hukum adalah bagian dari keabsahannya sidang dan diatur dalam undang-undang. “Mereka (PH, red) juga dari Majelis Hakim yang tunjuk. Karena persidangan tidak akan jalan kalau tidak ada mereka. Mohon pengertiannya,” jelas Rompies. Sidang tersebut akhirnya ditunda hingga Senin (17/ 9) depan, dengan agenda pembelaan dari terdakwa melalui penasehat hukumnya.(try18)

PATROLI RAYON LEMAH

Kapolda sorot kinerja Kapolresta Manado Manado—Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, rupanya sudah menyoroti para pejabat di jajaran Polres untuk memperhatikan dan menseriusi upaya pencegahan kriminalitas di daerah ini. Salah satunya pelaksanaan patroli rayon yang diharapkan Kapolda dan masyarakat, dari hasil hasil evaluasi dan pantauan ternyata tidak berjalan maksimal selama beberapa bulan ini. Tak pelak, orang nomor satu di Polda Sulut itu, mengingatkan kembali Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Amran Ampulembang MSi, untuk meningkatkan patroli sepeda motor tersebut. Jenderal berbintang satu ini menegaskan, patroli rayon adalah cara efektif mencegah aksi kriminalitas, sehingga jika pelaksanaan maksimal masalah Kamtibmas di Sulut lebih khusus Manado dapat ditekan. Selain itu, Kota Manado yang adalah Ibu Kota dari Provinsi Sulut, harus benar-benar memberikan kenyamanan yang baik bagi masyarakat dan warga daerah lain yang sering berkunjung ke Sulut. Bahkan Kapolda menyatakan bahwa, peningkatan patroli rayon sangat dinantikan dan pilot projectnya berada di Polresta Manado. “Ini program baik, jadi

harus berjalan dengan baik juga. Saya sudah perintahkan Kapolresta dan jajarannya untuk memaksimalkan patrol rayon, Polresta Manado pilot project, jadi harus tunjukan kinerja yang bagus,” ujar Kapolda. Lebih lanjut orang nomor satu di Polda Sulut itu menambahkan, persiapan patroli sudah dicek dan seluruh personel dikumpulkan. Pelaksanaannya kata Kapolda, akan terus dievaluasi perkembangannya agar intensif dilaksanakan. “Saya cek dan kumpulkan para personil dan ternyata masih ada yang kurang, semua kekurangan sudah dipenuhi. Saya juga akan mengevaluasi terus untuk perkembangannya, patroli rayon ini harus diintensifkan. Saya banyak masukkan dari masyarakat, karena belum maksimal. Salah satunya kriminal seperti pencurian sepeda motor masih banyak dan jambret, sehingga harus patrol harus jalan,” tegasnya. Upaya preventif melalui patroli rayon ini, jika dilakukan secara efektif akan memiliki hasil baik. Patroli rayon harus siaga 1x24 jam, agar dapat mencegah aksi kriminalitas di daerah. “Selain langkah pencegahan, juga mengurangi keluhan masyarakat dengan beberapa peristiwa yang lagi marak saat ini. Apalagi ada beberapa wilayah yang dinilai rawan aksi kekerasan,” pungkas Kapolda.(erel)

SI JAGO MERAH

Terbakar, rumah warga Tikala Baru tinggal puing

TUKAR GULING DI KAWILEY

Sejumlah pejabat Pemprov Sulut berpeluang dijadikan tersangka Manado—Pengusutan dugaan kasus tukar guling lahan yang terletak di Desa Kawiley, Kecamatan Kauditan, Minut, belakangan ini semakin diintensifkan proses penanganannya di Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sulut. Bahkan, kasus yang telah masuk pada tahap penyidikan itu, tak lama lagi akan memiliki tersangkanya. Menariknya, sejumlah pejabat terkait di Pemprov Sulut, saat ini menjadi sasaran dan target penyidik untuk diperiksa. Mirisnya lagi, para pejabat yang terlibat pada proses tukar guling itu, berpeluang berstatus sebagai tersangka. Dari informasi yang didapat dari sumber di Mapolda Sulut menyebutkan, pengungkapan orang yang bertanggung jawab dalam

kasus ini, masih sementara di digodok. Untuk mengungkap tersangka pun, Pemprov Sulut menjadi fokus penyidik untuk dilaksanakan pendalaman kasus. “Semua saksi sudah diperiksa, dan sejumlah pejabat telah dimintai keterangan. Penyidikan ini sedang kita dalami siapa yang tersangkanya. Yang pasti bukti dan data serta keterangan sudah ada. Lihat saja perkembangannya dalam waktu dekat sudah ada tersangka,” ungkap sumber resmi, Kamis (13/9) kemarin. Sementara itu terkait hal ini, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, ketika dikonfirmasi wartawan, membenarkan proses pengungkapan tersangka

sementara dilakukan penyidik Tipikor. Hanya saja, juru bicara Polda Sulut itu mengatakan, bahwa penetapan tersangka masih menunggu beberapa proses lagi oleh pihak penyidik. “Kasus itu sedang penyelidikan intensif ditangani Subdit Tipikor, sekarang sudah penyidikan. Penetapan tersangkanya nanti akan dilakukan satu proses terlebih dahulu. Mungkin penyidik masih melakukan penambahan pemeriksaan serta gelar perkara. Yang pasti kalau sudah pada tahap penyidikan, tak lama lagi tersangkanya sudah ditetapkan. Namun harus mengikuti prosedur,” tegas Adare. Seperti diketahui, tukar guling lahan yang anggarannya mencapai Rp2,7 miliar, terjadi dilahan depan

Bank Sulut Manado tepatnya dekat Zero Poit tahun 2006 silam. Lahan tersebut awalnya milik institusi militer, namun oleh pihak Pemprov Sulut melakukan tukar dimana Pemprov mengambil lahan itu dan sebagai gantinya akan ditukar dengan lahan sekitar 11 hektar yang terletak di Desa Kawiley. Bahkan kasus ini, diduga kuat menyeret oknum legislator Minahasa berinisial DK. Pasalnya, oknum legislator ini menjadi pembeli dan sebagai kontraktor telah menerima bayaran dari Pemprov untuk diteruskan kepada warga pemilik tanah di Kawiley. Mirisnya, dana itu tidak sampai ketangan pemilik sehingga sewaktu akan digunakan warga menolak.(erel)

PETUGAS Damkar saat berusaha memadamkan api, Kamis (13/9) kemarin.(foto: bobby/sk)

Manado—SI jago merah kembali beraksi. Kali ini yang menjadi korban adalah sebuah rumah permanent milik Keluarga Tamaka Laode, tepatnya di Kelurahan Tikala Baru, Lingkungan III, Kecamatan Tikala. Kejadian tersebut terjadi Kamis (13/9) kemarin, sekitar pukul 13.50 Wita. Rumah itu sendiri diketahui tidak berpenghuni sejak ditinggal pemiliknya pada sebulan yang lalu. Menurut rencana, rumah tersebut akan direhab dalam waktu dekat ini. Kejadian itu pertama kali disaksikan oleh Freddy Mangindaan, pemilik rumah yang tepat berada di depan Tempat Kejadian Perkara (TKP). Saksi menuturkan bahwa kebakaran tersebut dilihatnya bermula dari kepulan asap putih tebal yang muncul dari ruang dapur. “Pada saat kejadian, saya hendak memasuki rumah. Tibatiba saya melihat asap tebal sudah mengepul di bagian belakang ru-

mah, tepatnya dari arah dapur. Seketika itu juga saya langsung menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar),” tuturnya. Kejadian ini sempat membuat panik warga sekitar, tapi untunglah pihak Damkar dengan kesigapan membawa 4 unit mobil Damkar, langsung memadamkan api, sekitar setengah jam lamanya. Akan hal itu, rumah warga yang berada di sisi kiri dan belakang, serta 1 gedung Gereja yang berada di sisi kanan, bisa terselamatkan. Dari keterangan yang berhasil dihimpun Swara Kita, ternyata pada Rabu (12/9) lalu, dari pihak PLN telah mencabut meteran listrik di rumah yang terbakar itu, sebab sudah sebulan lamanya pemilik rumah tidak lagi membayar biaya bebannya. Atas kebakaran itu pihak Kepolisian Sektor Tikala langsung mengamankan TKP. Saat dikonfirmasi, Kapolsek Tikala AKP Paulus Palamba, membenarkan adanya kejadian ini. “Penyebab dari kebakaran masih akan diselidiki,” tutur Palamba.(try16)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012

KEINDAHAN KOTA

Baliho pohon mulai menjamur MENGHINDARI pajak iklan dan reklame, itu banyak dilakukan oleh sejumlah pelaku usaha yang ada di Kota Tomohon. Buktinya, pohon pun dijadikan sarana untuk menawarkan iklan bagi masyarakat kota itu sehingga sangat mempengaruhi keindahan kota. Hal ini pun akhirnya mendapat sorotan dari masyarakat kota Tomohon. “Seharusnya pemerintah melalui SKPD terkait harus memperhatikan masalah ini agar daerah tidak dirugikan dalam pendapatan asli daerah (PAD) dan juga tidak mengganggu keindahan kota serta lingkungan,” ujar beberapa warga kota Tomohon. Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Tata Ruang, Pertamanan dan Persampahan (Distarumansa) Kota Tomohon, Theo Paat mengatakan, para pemilik baliho pohon tersebut tidak pernah menghubungi atau mengkonfirmasi hal ini. “Pemilik baliho tersebut tidak pernah melaporkan ke kami. Dan ini tentunya sangat merugikan, seperti tidak adanya pembayaran administrasi untuk peningkatan PAD maupun merusak fasilitas lingkungan di daerah tersebut. Ini akan kami tertibkan,” singkat Paat.(gebe)

MUTASI

Zamroni jabat Wakapolres Minahasa EVALUASI program kerja kepolisian resmin terus tumbuh. Rolling pejabat tinggi di jajaran Polres Minahasa kembali digelar. Kali ini Wakapolres Minahasa Kompol Reino Bangkang harus ditarik ke Polda Sulut untuk menjabat Kasubdit Produk Bagian Analisis Intelkam, dan posisi Wakapolres diisi oleh Kompol Mochamad Zamroni SIK. Gelar acara serah terima jabatan yang digelar di halaman Polres Minahasa tersebut digelar Kamis (13/9) kemarin. Bangkang ternyata memiliki track record yang baik dalam menganalisa tentang intelejen sehingga memiliki kans kuat untuk menjabat posisi tersebut. Dalam acara serah terima tersebut dipimpin oleh Kapolres Minahasa AKBP Dra Henny Posumah MM dan dalam acara tersebut memberikan apresiasi kepada kedua pejabat tersebut. “Diberikan apresiasi kepada mantan wakapolres atas kinerjanya yang sudah tidak diragukan lagi. Bangkang memang juga sangat pintar dalam bidang intelejen sehingga dengan mudah dapat membaca situasi di Minahasa, dan kita selama bekerja selalu terkoordinasi dengan baik. Diucapkan banyak terima kasih atas semua ide, pengabdian serta capaian yang diraih Polres Minahasa,” ujar Posumah seraya mengatakan bahwa Bangkang diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik agar supaya karir ke depan dapat mengabdi sepenuhnya untuk Negara ini. Acara yang dihadiri oleh seluruh perwira tinggi di jajaran Polres Minahasa ini mendapat sambutan meriah ketika Zamroni diajak untuk dapat menjalankan tugas dengan baik dalam posisi yang baru saat ini. “Diharapkan Wakapolres yang baru dapat menjalankan tugas dengan baik dan benar serta mampu menghantar korps kepolisian di Minahasa secara khusus akan semakin maju berdasarkan koridor aturan yang ada,” ujar Kapolres.(erka)

Pendefinitifan kecamatan sarat nuansa kampanye SVR: Kondisi di lapangan murni bukan pelanggaran To n d a n o — P a n w a s Minahasa saat ini lagi trend. Apa pasal? Ketika diberikan kewenangan secara bebas dan terstruktur sepenuhnya, Panwas mulai menunjukkan kegarangan mereka dalam menjalankan tugas mereka tentang mengawasi gerakgerik para calon dan PNS yang terindikasi melakukan kesalahan ataupun menyalahi aturan yang ada. Seperti yang menjadi temuan saat pelaksanaan pendefinitifan kecamatan di 3 Kecamatan diantaranya Kecamatan Tombariri, Kecamatan Mandolang dan Kecamatan Tompaso Barat. Ketika banyak baliho, simbol singkatan nama serta gambar poster dari calon Bupati dan Wakil Bupati mulai bermunculan. Sontak sarat nuansa kampanye ini masuk dalam radar Panwas Minahasa

untuk melakukan penelusuran akan hal tersebut, setelah sebelumnya 2 Camat mendapat pengawasan dan pemeriksaan dari Panwas. “Apapun persoalan itu, yang penting masuk dalam koridor wewenang kami, maka kita harus menjalankan tugas dengan baik dan benar sesuai aturan yang ada. Karena kalau kita tidak menjalankan sesuai atura, maka fungsi panwas akan dinilai jelek dan kita harus menunjukkan integritas sebagai pengawas Pilkada. Soal adanya temuan, pasti akan dilakukan penelusuran ke dalam tentang adanya upaya kampanye hitam dari para calon Bupati dan Wakil Bupati,” ujar Ketua Panwas Minahasa, Erwin Sumampouw SP kepada sejumlah wartawan Kamis (13/9) kemarin, saat mengkritisi indikasi kampanye hitam yang terjadi

SOROTAN

NAMPAK salah satu baliho yang di pasang di depan pintu masuk Desa Lolah III Kecamatan Tombariri sehingga mendapat perhatian serius panwas.(foto:rommy/sk)

kepada masyarakat yang hadir. Artinya juga itu bukan kesalahan yang sengaja dibuat. “Itu hal yang lumrah terjadi sebab kondisi di lapangan murni bukan pelanggaran, karena lokasi pengresmian kebetulan ada

beberapa bendera, bahkan baliho dari para calon. Dan nyatanya bukan hanya satu calon, tetapi ada calon lain. Yang terpenting kami pemerintah ketika menyelenggarakan program pemerintah seperti pemekaran ini, dalam

acaranya tidak ada yang mengajak ke masyarakat untuk memilih salah satu calon, yang ada hanyalah mari kita menggunakan hak pilih kita sesuai dengan hati nurani yang ada,” ujar Runtu.(erka)

KEBIJAKAN

Dispasber kurang optimal kelola pasar tradisional Tondano—Sudah 2 bulan bangunan pasar bernilai miliaran rupiah, pasar Tradisional Modern yang terletak di Wawalintoan Tondano Barat, hingga kini belum optimal digunakan oleh para pedagang. Padahal dari Bupati sudah melaunching dengan berharap segera digunakan. Namun sayang, Dinas Pasar dan kebersihan (Dispasber) terkesan tidak berinisiatif untuk memanfaatkan fungsi lapak, kios yang sudah siap digunakan. Pelak saja, puluhan pedagang memepertanyakan komitmen Dispasber dan pengelola pasar tentang ketentuan umum pelaksanaan penggunaan pasar tersebut. “Kami sangat menyesalkan dengan tindakan yang tidak optimal

belakangan ini. Lebih lanjut dikatakannya, sangat diharapkan adanya kerjasama yang baik dengan masyarakat tentang adanya temuan pelanggaran. Jika ada indikasi tentang dugaan yang sudah bisa diarahkan ke sebuah pelanggaran, Panwas tidak akan langsung menindak, tetapi akan dikaji sambil memastikan adanya barang bukti serta laporan dari masyarakat berupa saksi. “Sudah pasti kita akan menindak ketika jika ada yang main curang, black campaign serta tak hanya calon, tim sukses ataupun dari internal partai, tetapi masyarakat juga PNS yang kalau melanggar undangundang Pilkada maka kita akan proses melalui aturan yang ada. Sementara itu, menurut Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu mengatakan bahwa ketika adanya baliho di sekitaran lokasi pengresmian Kecamatan, itu adalah hal yang lumrah. Yang terpenting tidak mengkampanye langsung

dari Kadis Pasar dan kebersihan tentang penempatan kios dan lapak yang sudah ada. Seharusnya ini segera ditempati agar supaya kondisi pasar akan semakin baik, dan pemanfaatannya jelas terukur,” ujar Raf Pikoli kepada sejumlah wartawan Kamis (13/9) kemarin. Sementara itu menurut kadispasber, Ir JM languju mengatakan bahwa yang terkendala adalah pembahasan kajian MoU bersama dengan pedagang. Karena memang itu harus dikajian agar supaya tidak ada permasalahan di tahun-tahun berikutnya. “Memang ada sedikit terhambat dengan masalah kajian MoU bersama dengan pedagang karena administrasi ini sangat penting dalam kemajuan kita atas perjanjian. Artinya juga ketika harus konsisten dengan apa yang kita terapkan,” ujar Languju. Lebih lanjut dikatakan Languju bahwa untuk memastikan akan selesainya pengurusan administrasi tersebut adalah bahwa bulan ini sudah pasti selesai dan segera dipergunakan. “Bulan ini sudah pasti akan kita pergunakan sesuai dengan hasil MoU yang ada,” katanya.(erka)

Poli panggil seluruh sekretaris SKPD To m o h o n — G u n a meningkatkan peran dan fungsi dari masing-masing SKPD baik Dinas, Badan, Kecamatan dan Kantor, maka Kamis (13/9) kemarin, bertempat di lantai III Aula Kantor Walikota Tomohon, Sekretaris Daerah Kota Tomohon, DR Drs Arnold Poli SH MAP memanggil seluruh sekretaris SKPD di jajaran Pemkot Tomohon. Saat memimpin rapat ini, Poli menegaskan kepada

seluruh sekretaris yang ada di lingkungan pemerintah Kota Tomohon agar dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab masingmasing sesuai Tupoksi SKPD. “Hal ini sangat penting untuk diperhatikan dan dilaksanakan agar supaya pelayanan yang optimal dapat dilaksanakan sehingga mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta memenuhi kepuasan dan harapan

masyarakat dalam pelayanan yang diberikan,” katanya. Poli menegaskan kehadiran bagi seluruh sekretaris dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan seperti kegiatan olahraga, rapatrapat dinas dan kegiatankegiatan lain yang dilaksanakan Pemkot Tomohon sekaligus mengawasi kehadiran para staf di masing-masing SKPD. “Peran sekretaris sangat penting dan strategis dalam

menata, membina dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan di instansi masingmasing melalui koordinasi secara berjenjang dan selalu berpedoman pada tata naskah dinas dalam proses administrasi surat-menyurat yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon,” katanya seraya menambahkan supaya para sekretaris untuk selalu melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab.(gebe)

PMDN-PMA

Eman: Wajib sesuai dengan aturan dan UU To m o h o n — U n t u k mensinkronkan kebijakan pemerintah di berbagai bidang yang terkait dengan penanaman modal, Kamis (13/9) kemarin, Pemkot Tomohon lewat Badan Penanaman Modal Kota Tomohon melaksanakan acara Koordinasi Antar Lembaga Dalam Pengendalian Pelaksanaan Investasi Penanaman Modal Dalam

Negeri (PMDN) dan Penanaman Modal Asing (PMA) yang bertempat di lantai 3 Kantor Walikota Tomohon. Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan jika kegiatan ini memiliki nilai yang strategis dalam rangka membagun dan membina hubungan yang saling menguntungkan secara ekonomis antar usaha

besar dan usaha kecil dan menengah yang ada di Kota Tomohon. Kegiatan ini pun merupakan langkah kongkrit yang akan merangsang tumbuh kembangnya penanaman modal Kota Tomohon kearah yang lebih baik yang intinya akan turut mempengaruhi secara positif bagi kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon secara keseluruhan. “Dalam kenyataan sekarang ini, kita diperhadapkan dengan tantangan dan hambatan yang mempengaruhi perkembangan penanaman modal di Kota Tomohon. Akan tetapi kita harus optimis segala sesuatu akan mendapat jalan keluar asalkan kita terus berupaya dengan maksimal demi menggapai sesuatu kondisi yang kita harapkan khususnya di bidang penanaman modal di Kota Tomohon dimana pada gilirnya akan membuka lapangan kerja bagi masyarakat,” jelas Eman. Dikatakan Eman, setiap penanaman modal yang akan melaksanakan kegiatan investasi di Kota Tomohon berhak menerima hak sesuai amanat undang-undang Penanaman Modal yang berlaku. “Semua penanaman modal yang masuk ke To-

JIMMY F Eman.

mohon harus sesuai dengan aturan dan perundangundangan yang berlaku,” tandasnya. Mengahiri sambutannya, Eman berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama serta dapat menjadikannya sebagai wahana yang tepat untuk merintis serta membangun kerja sama antar usaha kecil, menengah dan besar untuk mengembangkan usaha kearah yang lebih baik. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Kota Tomohon DR Drs Arnold Poli SH MAP, Asissten Ekonomi dan Pembangunan Dra Truusje Kaunang, Asissten Administrasi Umum Ir Ervinz D Liuw MSi, Kepala Badan Penanaman Modal Jeane A Bolang SH dan jajaran Pemkot Tomohon.(gebe)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012

10 kecamatan, masuk target Dinkes MENUJU masyarakat Minahasa Utara (Minut) Sehat dan Mandiri di tahun 2012, Dinas Kesehatan (Dinkes) Minut, menggalakan sistem kesehatan di tengah-tengah masyarakat, sejak awal hingga akhir September nanti. Dikatakan Kepala Dinkes dr Sandra Rotty, Kamis (13/9) kemarin. Dimana kampanye kesehatan dilaksanakan di 10 Kecamatan, dengan sasaran menurunkan angka kematian ibu, bayi serta menurunkan angka kesakitan yang disebabkan karena penyakit menular lainnya. “Target utamanya adalah bagaimana masyarakat bisa memahami budaya hidup bersih dan sehat, dan selain itu masyarakat juga akan dibekali cara penanggulangan dan pemberantasan penyakit rabies,” tutur Rotty. Dalam sosialisasi kesehatan, materi-materinya dibawakan langsung tim dokter dari Dinkes pihak Pemkab Minut diwakili Sekkab sebagai motivator, guna menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan. “Semua instansi dilibatkan dalam menyukseskan visi dan misi Dinkes ini, termaksud camat, kumtua dan perangkat desa, serta tokoh-tokoh masyarakat. Karena ini juga bagian dari program mencapai tujuan MDG, sehingga budaya hidup sehat bisa dengan benar dipraktekan masyarakat,” tandas Rotty, sembari menambahkan, untuk lebih menggencarkan program kesehatan ini, pihaknya ikut memberikanan brosur dan famlet serta spanduk yang berisikan ajakan mememlihara kesehatan kepada masyarakat.(eres)

Hari ini, Tetty bertolak ke Amerika JUMAT (14/9) Hari ini, Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE akan bertolak ke Negeri Paman Sang Amerika Serikat bersama dengan rombongan para Bupati dan Walikota yang terpilih untuk mengikuti belajar di Harvard Kennedy School leadership transformation Indonesia di Amerika. Hal tersebut dikatakan oleh Kabag Humas Pemkab Minsel Alvons Sumenge SSTP. Dikatakannya, Bupati Minsel akan segera bertolak ke Amerika bersama dengan rombongan untuk mengikuti proses belajar tentang pemerintahan. “Besok ( hari ini, red) ibu Bupati sudah bertolak bersama dengan rombongan ke Amerika,” ujarnya. Ditambahkan Sumenge, bahwa selama di Amerika Bupati akan mengikuti proses belajar bersama dengan sejumlah Bupati dan Walikota yang terpilih dalam satu proses seleksi. “Mereka belajar di Amerika, dan ini memenuhi program dari kementrian dalam negeri,” ungkapnya.(esem)

Jalan Lowu-Wawali Pasan mulai dikerjakan PROYEK peningkatan jalan dalam Kota Ratahan, berbandrol Rp6,9 miliar, dengan sumber berasal dari APBD murni, mulai dikerjakan. Hal ini terlihat dengan dibongkarnya sisi jalan di sepanjang jalan depan SPBU. Sesuai dengan apa yang sudah ditetapkan oleh Pemkab Mitra melalui APBD 2012, jalan yang akan dikerjakan mulai dari depan SPBU Ratahan sampai di ruas jalan depan Kantor Bupati. “Pekerjaan sedang mulai dilakukan, dimana panjang ruas jalan ini sekitar 2 Km,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Mitra Ir James Munaiseche. Sementara itu, pelaksanaan proyek tersebut disambut positif oleh warga masyarakat Ratahan. Karena ruas jalan tersebut memang harus segera disentuh untuk diperbaiki, sebab sudah banyak yang berlubang dan sangat membahayakan pengguna jalan. “Kalau sudah diperbaiki, tentunya ini juga akan berdampak bagi roda perekonomian di Mitra, karena memudahkan para pengguna jalan, khususnya warga Mitra. Dan ini jelas akan berdampak juga pada iklim investasi,” ujar Welly Wangko.(try19/esel)

Legislatif Minsel ”berontak” Lumowa: Eksekutif tidak melampirkan dokumen sesuai UU

PARA penghuni gedung wakil rakyat tampaknya mulai kehilangan kesabaran terhadap eksekutif.(foto: dok/sk)

Amurang—Akhirnya Dekab Minsel tak bisa menahan rasa kekecewaan kepada pihak eksekutif, yang terkesan tidak proaktif dalam hal disiplin waktu dalam sejumlah

pembahasan bahkan sampai pada setiap sidang paripurna yang dilaksanakan oleh Dekab Minsel. Tak heran, ketidakpuasan tersebut membuat para legislatif Minsel “beron-

tak”, dengan cara membatalkan sidang paripurna laporan pertanggungjawaban tahun 2011. Dari pantauan Swara Kita, Kamis (13/9) kemarin, pelaksanaan sidang

PNYELEWENGAN ADD

kambing hitam Kumtua Mapanget. Tidak hanya itu, mereka khawatir kalaukalau Kumtua akan membeberkan masalah ini,” terang Arnold Biano warga Mapanget yang prihatin terhadap kondisi desanya. Tidak hanya itu, warga sangat menyayangkan langkah Plh yang ditempuh Camat, mereka menilai Camat Sammy hanya memperuncing masalah yang terjadi di Desa Mapanget dan tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. “Kami minta Bupati turun tangan dan mengganti Camat Talawaan saat ini, karena sudah menyusahkan masyarakat,” tambah Arnolod , Kamis (13/9) kemarin, sembari mengancam akan melakukan aksi demo besar-besaran terhadap Camat jika tidak mencabut nota dinasnya. Menariknya, Kumtua Mapanget Christiun Karundeng yang kini tengah diluar negeri tidak diberikan pemberitahuan mengenai upaya Plh

tidak bisa melengkapi beberapa dukomen yang menjadi acuan, bahkan perintah undang-undang. “Ada beberapa dokumen yang tidak bisa dilengkapi, seperti daftar aset utang sesuai dengan Pemendagri 65 tahun 2007, serta laporan pertanggungjawaban dana dekon. Dan yang pasti eksekutif sangat tidak proaktif dalam sejumlah pembahasan serta pemberian dokumen,” tukas Lumowa. Sementara itu, dari pihak eksekutif melalui juru bicara Pemkab Minsel Alvons Sumenge SSTP mengungkapkan, pihaknya hanya sebagai terundang karena yang melaksanakan hal tersebut adalah Dekab Minsel. “Kami hanya sebagai terundang, dan saat Bupati dan eksekutif berada di dewan, kami mendapat informasi bahwa sidang tidak korum alias jumlah anggota dewan tidak mencapai 2/3, namun yang ada tidak mencukupi. Nah setelah mendapat informasitersebut ibu Bupati langsung pulang, karena bupati ada agenda besok harus ke Amerika dengan rombongan Mendagri,” tukas Sumenge.(esem/mm)

PENDIDIKAN

Rompis kambing hitamkan Karundeng? Airmadidi—Nota dinas yang dikeluarkan Camat Talawaan Sammy Rompis, dengan menetapkan Hukum Tua (Kumtua) Desa Mapanget Christin Karundeng dari jabatan definitif Pelaksana Harian (Plh), dikarenakan Karundeng berangkat ke luar negeri bersama rombongan pendeta, wilayah Mapanget, tanpa izin Camat, terkesan sarat kepentingan. Diduga, upaya Plh terhadap Karundeng ditempuh Camat, lantaran khawatir penggelapan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) sejak 2011 hingga 2012 sebesar Rp300 juta yang diduga digelapkan oknum pemerintah Kecamatan Talawaan bersama pihak pemkab dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD) ketahuan. “Kami menduga, ada permainan yang sengaja dilakukan pihak kecamatan, untuk menutup-nutupi masalah ADD, sehingga menonaktifkan dan menjadikan

paripurna laporan pertanggungjawaban (LPJ) tahun 2011 sesuai dengan agenda dimulai sekitar pukul 13.00 Wita. Seluruh pimpinan bahkan sebagian besar anggota Dekab Minsel

sudah berada di gedung rakyat tersebut, akan tetapi entah kenapa saat Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu tiba, sejumlah legislator Dekab Minsel bergegas pulang. Personil Komisi II Dekab Minsel Ritta Kawung SPd ketika dimintai keterangan terkait dengan gagalnya sidang paripurna mengatakan, pihaknya masih tetap ada di kantor Dekab. “Kami masih berada di kantor bersama dengan pimpinan dewan, ini kami akan melayat ke rumah duka,” singkat Kawung. Ketua Dekab Minsel Boy Tumiwa Bsc SH, Ketua Komisi II Rommy Pondaag SH MH, yang mencoba dikonfirmasi terkait dengan tidak dilaksanakannya sidang paripurna tidak bisa berkomentar dengan alasan sedang melaksanakan rapat. “Sebentar kami sadang rapat,” ujar keduanya. Anggota Badan Anggaran (Banggar) Dekab Minsel yang juga ketua fraksi PDIP Steven Lumowa SE akhirnya mewakili pimpinan dan anggota Dekab Minsel angkat bicara terkait dengan batalnya sidang paripurna LPJ tahun 2011. Menurutnya, pihak eksekutif

jabatannya yang dilakukan oknum Camat. Bupati dikonfirmasi melalui Kabag Pemerintahan Allan Mingkid, menuturkan jika dirinya memang sudah mendengar adanya masalah tersebut dan belum mengetahui secara jelas hal ini. “Tentunya solusi akan dicari bersama, demi menyelesaikan persoalan ini,” tutur Mingkid. Pemerintah desa Mapanget, sejak tahun 20112012 tidak pernah menerima ADD dari pihak BPMPD berbandrol Rp300 juta yang diperuntukan bagi pembangunan desa serta kesejahteraan aparat desa. Bahkan, untuk membiayai pembangunan dan kesejahteraan aparat desa, Kumtua Mapanget Christin Karundeng menggunakan dana pribadinya sendiri demi kepentingan masyarakat. “Pihak BPMPD dan kecamatan menyatakan kalau dana ADD berbandrol ratusan juta ada di rekening desa, namun setelah di cek dana tersebut sudah kosong. Terpaksa saya menggunakan uang pribadi untuk membiayai aparat desa. Namun, anehnya saya dimintai Camat dan BPMPD untuk melakukan pertanggungjawaban dana yang sama sekali tidak saya gunakan,” jelas Christin, sembari meminta apart kepolisian melakukan penyelidikan terhadap masalahADD yang diduga digelapkan oknum BPMPD dan kecamatan.(eres)

Guru sejarah SMK terancam tak ikut UKG Ratahan—Ujian Kompetensi Guru (UKG) untuk pemetaan kompetensi, sebagai dasar kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, rupanya tidak bisa dikuti oleh beberapa guru sejarah yang mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Mitra. Menurut pengakuan para guru kepada wartawan koran ini, mereka tidak bisa ikut serta di UKG karena disiplin ilmu mereka tidak sesuai aturan yang ditetapkan kantor pusat. “Kami sudah mencoba untuk me-

masukkan data lewat komputer, namun selalu ditolak,” ujar salah satu guru saat di temui Swara Kita, Kamis (13/9) kemarin, di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Mitra. Sementara itu, Kepala Dikpora Mitra Olvie Sumual MPd, saat dikonfirmasi lewat melalui Kabid Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Roosje Th Arikalang SPd, menjelaskan, beberapa guru tersebut memang tidak bisa diikutkan dalam program UKG, karena para guru

tersebut tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pusat, terkait lokasi tempat mengajar guru sejarah, yang mestinya hanya boleh mengajar di SMU bukan di SMK. “Memang masalah ini sudah dirundingkan dengan guru tersebut, dan sudah ditawarkan untuk memilih pindah mengajar di SMU, setelah berkoordinasi dengan kepala sekolah yang akan dituju,” ujar Arikalang. Dilainpihak,beberapa kepala sekolah menurut informasi,menyatakanpihaksekolah sudah siap untuk melepas guru tersebut untuk pindah kesekolah lain.(try19/esel)

PEMKAB MITRA

Bupati berangkat, Kepala SKPD absen ngantor Ratahan—Seperti ada kekompakan diantara sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Mitra, untuk tidak masuk kantor ketika Bupati Telly Tjanggulung tugas luar daerah. Pasalnya di hampir semua Kepala SKPD tidak berada ditempat atau di kantornya. Menanggapi hal ini, Tokoh Pemuda Mitra Sonny Pondalos SE, yang juga adalah Pelopor Pendiri KNPI Mitra, sangat menyayangkan sikap dan tabiat dari para pejabat yang diduga tidak masuk kantor ketika Bupati tugas keluar daerah. “Ini harus ditindak tegas oleh

Bupati, karena berimbas pada terbengkalainya sejumlah tugas penyelenggaraan pemerintahan, terutama tugas pelayanan publik atau masyarakat,” tandas Pondalos, saat dimintai tanggapannya, Kamis (13/9) kemarin. Lebih lanjut, menurutnya Bupati T2— sebutan akrab orang nomor satu di Mitra ini, agar meneggakan disiplin PNS yang selalu disampaikan di setiap apel pagi dan setiap kesempatan yang ada. “Bagaimana mau disiplin jika Kepala SKPD sebagai pola anutan bawahannya tidak disiplin,” katanya.

Senada disampaikan sejumlah PNS dilingkungan Pemkab Mitra. “Masa hanya torang yang di suruh disiplin, sementara torang pe kepala nda masuk,” ujar seorang staf disalah satu dinas yang tidak ingin namanya dikorankan. Sementara itu, dari pantauan harian ini, memasuki hari kedua keberangkatan Bupati T2, nampak jelas terlihat di Kantor SKPD di Blok B, sejumlah pejabat tidak berada di kantor dan hanya beberapa Sekretaris Dinas (Sekdin) yang berada diruanganya.(try19/ esel)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012

Petani urung ke kebun Waspadai awan panas Karangetang, Bupati Sitaro santuni pengungsi Walikota Bitung buka rapat Forbes APIP WA L I K O TA Bitung Hanny Sondakh, Kamis (13/9) kemarin membuka rapat Forum Bersama Aparat Pengawas Internal Pemerintah (Forbes APIP) yang dilaksanakan di BPU Kantor Walikota Bitung. Acara yang dilaksanakan sehari ini diawali dengan laporan kegiatan oleh Inspektorat HANNY Sondakh. Bitung Drs Tonny Katuuk. “Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun program kerja juga memantapkan komitmen serta menyamakan persepsi pengawasan untuk berperan membangun good governance menuju clean goverment, selain itu sebagai ajang sosialisasi keberadaan forbes APIP di daerah,” jelas Katuuk. Walikota sendiri dalam sambutannya berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan kontribusi bagi seluruh kabupaten/kota se-Sulut berupa rekomendasi-rekomendasi dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah sehingga penyelenggaraan pemerintah daerah benar-benar sesuai dengan ketentuan. “Diharapkan akan mengalami perbaikan dan peningkatan kualitas menjadi wajar tanpa pengecualian (WTP) dan ini akan menjadi budaya dalam sistem pemerintahan daerah dalam pengelolaan keuangan dan administrasi pembangunan pemerintahan karena apa yang kita lakukan bukan hanya semata-mata untuk meraih prestasi dan pengakuan tetapi yang paling penting bagaimana kita menciptakan dan membiasakan setiap pengelola keuangan dan penyelenggara pemerintah melaksanakan tugas dan tangung jawab dengan akuntabel dan transparan untuk diwariskan bagi generasi penerus,” kata Sondakh sembari berharap dengan adanya Forber APP ini dapat mewujudkan pembangunan yang berkualitas pula akan terwujud. Hadir pula dalam kegiatan ini Kepala Inspektorat Provinsi Sulut Jefry Korengkeng SH, Wakil Walikota Bitung MJ Lomban SE MSi serta para kepala inspektorat kabupaten/kota se-sulut. Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh direktur pengawasan penyelenggaraan keuangan daerah wilayah II BPKP Pusat Dra Sripeni Ratnasari MM dan menjadi moderator Kepala Perwakilan BPKP Sulut yang juga membawa materi Adil Hamonangan Pangihutan.(wepe/mm)

Pengurus PKPI versi Sondakh dilantik ADANYA edaran dari Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) agar semua Dewan Pimpinan Kota dan Kecamatan se-Indonesia dilakukan pelantikan sehingga Dewan Pimpinan Kota harus melaksanakan pelantikan lagi pengurus DPK PKPI. Hal ini diutarakan oleh Sekretaris DPK PKPI Bitung Vesco Dandels. “Tak ada perubahan mendasar dalam kepengurusan PKPI Bitung semuanya sama seperdi dulu, namun karena ada edaran dari DPN untuk melakukan pelantikan kembali semua pengurus ditingkat kota dan kecamatan sehingga kami harus melaksanakan pelantikan ini,” ungkap Dandels. Diapun mengutarakan jika pelantikan ini hanya untuk Dewan Pimpinan Kota dengan ketua Hanny Sondakh dan pimpinan kecamatan Madidir. “Untuk pelantikan hari ini adalah DPK dan pimpinan kecamatan Madidir untuk kecamatan yang lain nanti disesuaikan dengan waktu konsolidasi,” ungkap Dandels lagi. Sampai berita ini diturunkan pelantikan pengurus DPK sendiri masih berlangsung.(wepe/mm)

RIBUAN pohon kelapa, pala dan cengkeh diwilayah ini bakal terabaikan.(foto: stenly/sk)

Ulu Siau—Terkait dengan kondisi Gunung Api (Gapi) Karangetang yang masih memuntahkan lahar serta menghindari adanya terjangan awan panas, sejumlah petani masih urung melaksanakan aktifitas berkebun dan menunggu hingga situasi kembali aman. “Yang jelas, kami lebih memilih mengurungkan niat berkebun karena takutnya ada terjangan awan panas yang diakibatkan guguran lava dalam skala yang cukup besar, apalagi perkebunan tidak jauh dari aliran lahar,” ungkap Evert Joseph dan Andre Kakunsi, warga Kelurahan Tatehadeng Kecamatan Siau Timur (Sitim), saat bersua dengan Swara Kita Kamis (13/9) kemarin. Camat Sitim, Novryanus E Takalamingan SSTP sendiri ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya hal tersebut, menurutnya telah dilakukan himbauan melalui pemerintah kelurahan maupun kampung agar warga masyarakat senantiasa bisa menyikapi sedini mungkin aktifitas gunung yang cenderung mengeluarkan lava. “Ini guna mengantisipasi akan hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” tandas Takalamingan. Dari informasi yang berhasil dirangkum harian ini,

diperkirakan ada sekitar ribuan pohon kelapa, pala dan cengkeh milik warga yang tidak jauh dari aliran lava, khususnya diwilayah Sitim yakni di Kelurahan Bebali, Tarorane, Tatehadeng, dan Kampung Dame, serta Karalung. KUNJUNGAN Sementara itu, Bupati Sitaro Toni Supit SE MM berkesempatan menunjungi warga yang dievakuasi di pengungsian sementara akibat meningkatnya aktifitas Gapi Karangetang beberapa hari terakhir ini, yakni warga Kola-Kola Kelurahan Bebali dan Bolo Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur (Sitim). Dikesempatan tersebut, Bupati menyalurkan bantuan baik bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan juga bantuan yang telah disediakan oleh pemerintah bagi para pengungsi. “Dari data terakhir yang didapat aktifitas gunung Karangetang makin hari makin melemah. Namun demikian saya menghimbau kepada warga agar tetap waspada, apalagi status gunung masih pada status Siaga,” kata Supit. Lanjutnya, sangat diharapkan warga memperhatikan keselamatan diri, jangan terlebih dulu

BUPATI saat menyerahkan bantuan kepada para pengungsi.(foto: stenly/sk)

memikirkan harta benda. “Harta benda mudah dicari tapi keselamatan itu sangat mahal. Sehingga kewaspadaan dari kita semua terutama warga sangat diharapkan,” himbau Bupati pertama pilihan masyarakat Sitaro itu. Ditambahkannya, dalam hal ini maksud kedatangan ini yakni menyerahkan bantuan tanggap darurat, sebagai bentuk perhatian dari pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten. “Karena apa yang dirasakan oleh warga yang mengungsi tentunya turut dirasakan oleh kami,” ujarnya. Sementara BPBD Provinsi Sulut pada kesempatan berbeda, menyalurkan sejumlah bantuan bagi para pengungsi melalui pemerintah daerah. Bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Sub Bidang Penanganan Pengungsi, Weyner Boy Rakian SIP, mewakili Kepala BPBD Provinsi Ir Hoyke Makarawung, dan diterima oleh Kepala BPBD Sitaro, Eliezer Posumah ST mewakili pemerintah Sitaro. Diungkapkan Rakian, pemberian bantuan tersebut merupakan bentuk kesigapan Pemerintah Provinsi, dalam hal ini BPBD dalam menangani korban yang saat ini berada dilokasi pengungsian. “Pasca diterimanya

Bupati bicara, Salainti pilih duduk dalam mobil Tahuna—Ulah oknum Camat Manganitu Selatan (Mangsel) Yos Salainti terus membuat citra pemerintahan yang dipimpin Drs Hironimus R Makagansa MSi dan Jabes E Gaghana SE ME rusak di tengah masyarakat Sangihe. Hal itu seperti yang terlihat pada pelaksanaan acara Pengelolaan Penyuluh Program Pemberdayaan Keluarga (LP3 PKK) yang digelar oleh TP PKK Sangihe di pendopo rumah jabatan Bupati Kamis (13/9) sampai Jumat (14/9). Pasalnya Salainti ketika sambutan Bupati dan membuka pelaksanaan kegiatan tersebut, justru keluar dari ruangan dan lebih memilih duduk santai di dalam mobil. Padahal Bupati merupakan Ketua Dewan Penyantun PKK Kecamatan Mangsel, sehingga patut untuk dihargai. “Sikap camat jelas tidak menghargai keberadaan pimpinan daerah yang saat itu sedang memberikan sambutan serta membuka pelaksanaan kegiatan ini. Apalagi juga acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sangihe Jabes E Gaghana SE ME,” ujar sejumlah undangan yang melihat langsung keberadaan Salainti duduk tanpa beban di sebuah mobil dinas saat sejumlah pimpinan wilayah lainnya sedang duduk dikursi yang disediakan panitia. Menyikapi masalah ini, Assiten I Pemkab Sangihe Drs NH Kawuka menyesali perilaku yang bersangkutan yang dinilai sangat melecehkan keberadaan pimpinan daerah. Dimana saat itu juga Kawuka langsung memanggil yang bersangkutan dan melakukan peneguran secara tegas. “Perilaku saudara sebagai Camat sangatlah tidak etis dan jelas sudah mencoreng citra pemerintahan”, tegas Kawuka. Namun usai mendapat

teguran, Salainti justru berlalu begitu saja tanpa ada sepatah kata pun yang keluar dari mulutnya. Ketua LP3ST Sangihe Very Bawoleh angkat bicara bahwa teguran sekeras apapun diberikan kepada Salainti sudah tidak ada gunanya. Sebab yang bersangkutan tidak pernah berupaya untuk merubah diri sebagai pamong apalagi jebolan STPDN. “Sehingga jalan yang terbaik sangsi tegas harus diberlakukan, sebab berbagai upaya pembinaan mulai teguran secara lisan hingga tertulis, Salainti justru kian kumabal tidak mengindahkannya,” imbuh Bawoleh. Sementara itu, Bupati Sangihe Hironimus Makagansa dalam kegiatan kemarin meminta semua personel TP PKK mulai dari tingkat kabupaten hingga ke kecamatan untuk meningkatkan kualitas. Sementara itu Ketua TP PKK Sangihe dr Wisye A Makagansa Rompis MSi dalam sambutannya menyatakan bahwa pelatihan pengelolaan program ini sendiri sangat penting, mengingat peningkatakan kuaslitas setiap pengurus PKK disemua tingkatan sangatlah penting. “Kegiatan ini sendiri menjadi ajang untuk mencetak kader TP PKK yang tangguh serta berkualitas untuk mengawal 10 program TP PKK yang ada,” jelas First Lady Sangihe yang notabene juga adalah anggota Deprov Sulut dari Fraksi PDI Perjuangan sambil menambahkan keterbatsan kemampuan personel TP PKK harus diasah. Hadir pula dalam acara tersebut Wakil Bupati Sangihe Jabes E Gaghana, semua dewan penyantun Kabupaten hingga Ketua Dewan Penyantun SeSangihe, serta sejumlah undangan lainnya.(esde/ mm)

SITARO EXPO 2012

SOROT

Oknum personil dekot diduga menunggak pajak Bitung—Salah seorang anggota Dewan Kota (Dekot) Bitung yang adalah juga Ketua Partai di Bitung diduga malas bayar pajak atas tanahnya yang ada di Kelurahan Apela Kecamatan Ranowulu. Bahkan terindikasi pajak yang belum dibayarnya telah selama 7 tahun. Hal itu diungkapkan oleh salah satu sumber terpercaya yang adalah PNS di Kecamatan Ranowulu Kamis (13/9) kemarin. “Ada anggota Dekot Bitung yang hingga kini pajaknya belum dibayar selama 7 tahun,” ungkap sumber sembari mengatakan jika oknum legislator tersebut berinisial VS alias

laporan dari pihak BPBD Sitaro, kami langsung ditugaskan pimpinan, untuk sesegera mungkin mengantarkan bantuan bagi masyarakat yang mengungsi, melalui BPBD Sitaro. Ini sebagai bentuk kesigapan pemerintah, dalam menangani para warga yang terkena dampak meningkatnya aktivitas Karangetang,” jelas Rakian. Adapun bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara melalui BPBD bagi Pemkab Sitaro, antara lai, matras 100 buah, selimut 200 buah, makanan siap saji 50 dos, makanan tambahan, gizi 20 dos, serta masker 2000 buah. Dimana kegiatan penyerahan dilaksanakan di dua lokasi, pertama di Kantor Kelurahan Bebali khusus warga Kola-Kola, sedangkan untuk warga Bolo Kelurahan Tarorane diserahkan di Gereja Bukit Zaitun Tampuna. Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten I Sekda Drs Replein Areros, sejumlah pejabat BPBD Provinsi Sulut, Kepala Dinas Sosial Alexon Panauhe SH MH, Kepala BPBD Sitaro Eliezer Posumah ST, Kabag Humas James Marthin SPd, Kabag Kesra J Tumewu, dan Lurah Tarorena dan Bebali.(esge/mm)

ULAH CAMAT MANGSEL

Vonny. Sumber sendiri menjelaskan, jika awalnya tunggakan tanah ini terjadi selama 8 tahun. “Tanahnya terbilang besar karena pajak yang harus dibayarnya sekitar 1 juta lebih pertahun. Namun anak dari ibu Vonny sudah membayar pajak selama satu tahun, sehingga total yang belum dibayar adalah 7 tahun,” ungkap sumber. Sementara itu, oknum legislator yang dituding malas bayar pajak tersebut, saat dikonfirmasi membantah informasi tersebut. “Saya sudah membayar pajak, saya akan bawa kepada Lurah biar dia tau,” ungkap Vonny.

Dia sendiri mengakui jika dirinya dengan lurah sempat terjadi selisih paham karena ada satu kasus penebangan pohon di tempat itu. “Tanah itu memang tanah saya namun dikelolah oleh anak saya, jadi seharusnya dibayar oleh anak saya,” jelasnya. Dia sendiri mengakui jika dalam setahun pajak yang dibayarnya sekitar Rp10 juta. “Setahun saya membayar pajak sekitar Rp10 juta hanya untuk tanah-tanah saya, masa tanah yang di Apela itu saya tidak bayar?” katanya sembari mengatakan jika uang pajak tersebut sudah dibayarkan kepada istri dari Lurah setempat. Sayangnya Lurah Apela Buang Pateh saat akan dikonfirmasi ponselnya dalam keadaan tidak aktif.(wepe/mm)

Produk unggulan kelautan dan perikanan ditampilkan Ondong—Pelaksanaan pameran Sitaro Expo 2012 diwarnai dengan berbagai kegiatanm pagelaran seni budaya serta olahraga bahkan yang lebih menarik, ditampilkannya produk-produk unggulan daerah diantaranya produk kelautan dan perikanan.

Bupati Toni Supit SE MM lewat Kabag Humas, Protokuler dan Persandian Setda, James Marthin SPd pada Swara Kita Kamis (13/9) kemarin, mengatakan, sebagian besar wilayah kepulauan Sitaro dikelilingi lautan sehingga sektor kelautan

TONI Supit.

dan perikanan sebagai salah satu produk unggulan. “Dalam pameran ini, keberhasilan kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati di sektor kelautan maupun perikanan ditampilkan,” kata Marthin. Secara terpisah, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sitaro, Ir Medi Ompi PhD, menjelaskan, pihaknya menampilkan perkembangan pembangunan, produk, potensi dan keragaman sumberdaya, serta pengembangan kedepan kelautan dan perikanan. “Selain itu kami melaksanakan lomba cipta menu dan gemar makan ikan bagi ibu-ibu, serta lomba menggambar bagi anak-anak SD dengan tema cintailah laut. Dimana disini kami mencoba mengajak serta menanamkan jiwa cinta lingkungan secara umum dan laut khususnya dengan tidak membuang sampah di laut,” jelas Ompi.(esge)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012

RAZIA

Pol-PP KK jaring 19 siswa saat jam belajar

SAT Pol-PP saat berhasil melakukan razia terhadap siswa dibeberapa tempat di Kotamobagu, Kamis (13/9) kemarin.(foto: ist)

KAMIS (13/9) kemarin, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol-PP), dalam melakukan razia, berhasil menjaring 19 orang Siswa Menengah Atas (SMA), di beberapa tempat restoran dan kantin yang berada di Kota Kotamobagu KK. Kepala Satuan (Kasat Pol-PP) KK Erwin Pasambuna SH, mengatakan razia yang dilakukan oleh satuannya tersebut,memang sudah menjadi agenda rutin perminggunya. “Razia tersebut memang sudah menjadi rutinitas kami, untuk meminimalisir kenakalan remaja, yang notabennya banyak terjadi tawuran antar sekolah diakibatkan banyak siswa yang jarang masuk sekolah,” kata Pasambuna, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya. Razia tersebut, lanjut Pasambuna, tidak hanya diperuntukan untuk anak-anak sekolah, Pegawai Negeri Sipil (PNS)-pun jadi target dalam razia rutin tersebut. “Memang razia tersebut, bukan hanya untuk para siswa, pekan depan kita akan razia PNS,” ujar Pasambuna. “Besok (hari ini, red) akan dikoordinasikan dengan Kepala-kepala Sekolah (Kepsek) untuk memberikan teguran keras kepada siswanya yang berada diluar sekolah saat jam pelajaran berlangsung. Apabila perlu hingga dikeluarkan,” tegasnya. Dari data yang berhasil dihimpun, ke-19 orang siswa yang berhasil di jaring oleh Sat POL-PP itu, langsung dipulangkan ke sekolah masing-masing, dan diberikan pembinaan. Adapun para siswa yang terjaring razia tersebut berasal dari, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) sebnyak 5 orang, SMK Cokro Aminto (STM) 5 orang, SPMA 1 orang, SMA N I ada 2 orang. SMK 23 Maret, I orang. Serta terkahir SMKN 2 Kotamobagu sebanyak 5 orang(veem)

PROGRAM DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN BOLTIM

90 ribu bibit ikan ditebar di Danau Bunong Tutuyan—Bertempat di Danau Bunong Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, Kamis (13/9) kemarin, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar, melalui Asisten I Pemkab Boltim Amin Musa SH MH, melakukan penebaran 90 ribu bibit ikan nila dan ikan mas, secara simbolis yang difasilitasi langsung oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Boltim. Pada kesempatan itu,

Bupati melalui Asisten I berharap karena penebaran ikan ini yang pertama kali di Danau Bunong Togid ini, pemerintah berharap kepada para nelayan dan petani tambak agar ribuan ikan ini bisa dijaga dan lestarikan. “Bantuan ini adalah inisiatif dari Pemkab Boltim. Jadi kami minta masyarakat khususnya nelayan dan petani harus menjaga serta melestarikannya dengan baik,” kata Musa.

KEPALA Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aseta Daerah (DPPKAD) Boltim, Dra Meike Mamahit MAP, menegaskan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan seluruh Sangadi yang dibebankan PAD dan PBB, agar memasuki triwulan MEYKE Mamahit. IV ini semua harus capai target. “Diharapkan SKPD dan Pemerintah Desa (Pemdes) harus menggenjot PAD dan PBBnya masing-masing, supaya target yang dibebankan bisa tecapai,” tegas Mamahit, kepada Swara Kita, Kamis (13/9) kemarin. Mamahit mengatakan, dari total Rp7,5 miliar PAD tahun 2012 ini, yang ditargetkan saat ini sudah mencapai Rp5 miliar lebih. Begitu juga dengan PBB dari target Rp538 juta, yang setor sudah mencapai Rp299 juta. “Capaian ini sudah baik. Olehnya harapan DPPKAD, sebelum masuk bulan Desember, atau akhir triwulan IV, semua SKPD dan Pemerintah Desa yang dibebankan PAD dan PPB, agar target tersebut sudah ada,” tandas Mamahit.(try17)

Sementara itu, Samsudin Dama, pihak ketiga pengadaan ribuan bibit ini, sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) serta Pemkab Boltim sendiri. “Upaya dari Pemkab Boltim dan dinas terkait sudah sangat baik, karena telah mensejahterakan masyarakat nelayan dan petani Boltim lewat bantuan seperti ini,” kata Dama.(SEMADTORIAL/try17)

Anak sekolah Tanjung Dulang butuh perhatian

MASUKI TRIWULAN IV

SKPD dan Pemdes harus capai target PAD & PBB

Sementara itu, Kadis DKP Boltim Dr Ir Astoni Angmalisang, menjelaskan karena ikan mas lama beradaptasi dengan campuran air asin dan tawar tawar atau yang disebut dengan air payau, sehingga ikan nila yang kami pilih direstoking di danau tersebut. “Dan untuk penebaran ikan mas, kita akan lihat mana danau yang cocok danau itu yang akan kita restoking,” jelasnya.

PARA siswa SD di Desa Tanjung Dulang yang tiap harinya harus jalan kami ke desa tetangga untuk bersekolah karena tidak adanya bus sekolah.(foto: ist)

Setiap hari harus jalan kaki 2 KM ke desa tetangga Boroko—Masyarakat di Desa Tanjung Dulang Kecamatan Kaidipang

Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) merasa pendidikan anak mereka

kurang di perhatikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut. Pasalnya, selain tidak berfungsinya bangunan Sekolah Satu Atap (Satap) dan tidak adanya aliran listrik, Bus Bekolah juga tidak pernah beroperasi di desa yang dihuni oleh masyarakat petani dan nelayan ini. Tentunya hal ini menjadikan nasib anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) hingga SMP di desa ini sangat memprihatinkan. Diketahui, demi untuk menuntut ilmu anak-anak yang tinggal di Desa Tanjung Dulang ini harus berjalan kaki melintasi jalan sepanjang kurang lebih 2 Kilometer (KM) menuju ke sekolah yang berada di desa tetangga yakni Desa Kembaho. Terkesan juga siswa-siswi yang tinggal di pedalaman ini sudah dianak-tiri-kan oleh pemerintah setempat. Hal ini pun diungkapkan langsung sejumlah warga saat bersua dengan wartawan. Seperti yang ditutur-

kan Dince Manundu, salah satu ibu rumah tangga (IRT) di desa tersebut. Menurutnya, selama ini bus sekolah tidak pernah ke desa untuk mengantarkan atau menjemput anakanak mereka ke sekolah. “Selama ini anak-anak kami tidak pernah naik bus sekolah, karena bus tidak pernah masuk ke sini. Padahalkan jalan sudah bagus. Alasan apalagi yang dipakai pemerintah,” keluh Dince. Akan hal itu, dirinya meminta kepada pemerintah agar secepatnya dan serius memperhatikan pendidikan anak mereka serta keberadaan bus sekolah untuk dapat beroperasi di desa mereka. Hal ini secepatnya dilakukan agar anak-anak mereka tidak lagi jalan kaki melintasi jalan sepanjang 2 KM setiap harinya. “Semoga pemerintah mengabulkan permintaan kami, agar bus sekolah cepat beroperasi di desa ini,” tukas Dince, yang diaminkan oleh ibu-ibu rumah tangga lainnya.(try20)

JELANG PILWAKO KK

Kerukunan MSBKLM rapatkan barisan Kotamobagu—Suhu politik jelang pemilihan walikota (Pilwako) Kota Kotamobagu (KK), mulai meningkat. Bagaimana tidak, sejumlah figur di Kota Kotamobagu yang kerap disebut sebagai etalasenya Bolmong raya, kini makin intens bergerilya. Melihat fenomena ini sejumlah tetua adat yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Besar Manoppo-

Sugeha-Baaman-Kadengkang-Lasabuda-Mamonto (MSBKLM) langsung menggelar rapat secara tertutup khusus menyongsong pesta demokrasi untuk memilih pemimpin di KK. “Sebaiknya para kandidat berlaku gentle, dan tetap berpedoman pada adat istiadat yakni Mottotabian, Mottotanoban, Mottotompiaan,” tutur tetua adat Hj

SL Sugeha. Hal senada dikatakan pemuda asal desa Motoboi, Amril Manoppo. Menurut dia, akhir-akhir ini sudah banyak para bakal calon yang memasang baliho, membagi stiker maupun kalender ke tengah masyarakat. Memang lanjut dia, ini merupakan hal yang lumrah. Karenanya, Manoppo

mengajak para bakal calon agar dapat mendidik masyarakat untuk berpolitik santun. “Jangan sampai lagi menggunakan kampanye hitam untuk saling menjegal. Mari kita ajarkan masyarakat KK untuk berpolitik santun,” katanya seraya mengatakan sudah saatnya figur muda yang potensial untuk ikut maju dalam ajang Pilwako KK ini.(veem)

PROGRAM

Desa Bakan dijadikan contoh bebas Miras Bolmong—Polres Bolmong menjadikan Desa Bakan sebagai percontohan program ‘Brenti Jo Ba Gate’. Pasalnya, daerah tersebut mempunyai Peraturan Desa (Perdes) tentang larangan Minuman Keras (Miras). “Kita tunjuk satu Polsek percontohan, larangan

mabuk, menjual mengkonsumsi seperti di Desa Bakan. Di Desa tersebut punya Perdes larangan mabuk yaitu Perdes No 11 tahun 2008 di mana setiap warga di Desa Bakan, dikenakan sangsi bagi penjual dan peminum,” kata Kapolres Bolmong, Enggar Broto-

seno, Kamis (13/9) kemarin. Akan hal tersebut, lanjutnya, program “Brenti jo Ba Bate” setiap pagi selalu diingatkan pada anggotanya. “Apa bila ada anggota terlibat kita tindak tegas,” tukasnya. Mantan Kasat II Intelkam Polda Sulut ini juga menam-

bahkan, program tersebut akan ditingkatkan sehingga peredaran Miras di Bolmong Raya dapat diminimalisirkan. “Saya akan sampaikan keCamat dan Sangadi untuk memakai peraturan seperti pada desa percontohan tersebut,” imbuhnya.(veem)

PENEBARAN Ikan Nila secara simbolis yang dilakukan oleh Asisten 1, Amin Musa SH MH, di Danau Bunong Togid, Kamis (13/9) kemarin.(foto: ist)

JELANG PILKADA BOLMUT

Polres Bolmong siap amankan TPS Boroko—Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) pada Mei tahun 2013 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmut akan melakukan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Polres Bolmong dalam menjaga keamanan terkait pesta demokrasi 5 tahunan tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh Kapolres Bolmong AKBP Engar Brotoseno kepada wartawan Kamis (13/9) kemarin. “Untuk pengamanan Pilkada Bolmut, kita sudah bertemu dengan KPUD dan Bupati. Dan dari pertemuan kita akan segera melakukan penandatanganan MoU,” ujar Brotoseno. Tahapan Pilkada Bolmut ini sendiri, lanjut Brotoseno, akan dimulai pada minggu pertama di

bulan Oktober mendatang. “Pengamananya belum butuh banyak personil, namun saat memasuki pentahapan KPUD, kita langsung amankan Tempat Pemungutan Suara (TPS). Di satu TPS akan kita siagakan satu orang Polisi bersama Lintasan Masyarakat (Linmas),” pungkasnya. Hal senada juga disampaikan Ketua KPUD Bolmut, Drs MA Pandialang. Menurutnya, pihak KPUD sudah bertandang ke Polres Bolmong untuk mengkoordinasikan MoU yang akan dilakukan bersama Polres Bolmong dalam rangka pengamanan Pilkada tersebut. “Kami sudah berkunjung ke Polres Bolmong untuk membicarakan MoU untuk pengamanan Pilkada mendatang, yang kemungkinan di 157 tempat pemungutan suara akan dijaga oleh satu orang Polisi,” tutur Pandialang. (try20/veem)

KESBANGPOL

Sudah ada 37 Ormas dan LSM terdaftar di Bolmut Boroko—Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), hingga saat ini mencapai 37 Ormas dan LSM. Hal ini dikatakan Kepala Kesbangpol Bolmut, Abdul Muis Suratinoyo SH, melalui Kepala Seksi (Kasie) Hubungan Lembaga Perwakilan Organisasi Politik dan Kemasyarakatan, Jukhair Talibo. “Ada 37 Ormas dan LSM yang sudah terdaftar di Kesbangpol,” kata Jukhair. Menurutnya, Ormas dan LSM yang terdaftar di Kesbangpol Bolmut, ada yang sudah lama dan ada pula yang baru kali ini mendaftar. “Ke-37 Ormas dan LSM ini, sejak

tahun 2008 sampai 2012,” tutur Jukhair. Ormas dan LSM yang baru terdaftar, lanjut Jukhair, di antaranya, Lembaga Ikatan Jamaat Ahlulbait Indonesia (IJABI) Bolmut, alamat Desa Sonou Bolangitan Barat, Ketua Sofyan Van Gobel, Bolaang Mongondow Coruption Watch, alamat Kotamobagu, Ketua Migdad Yarbo SH, Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG), alamat Manado, Ketua Tahar Latip Sag, Kerukunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Bolaang Mongondow Utara (KPMIBU), alamat Bolmut, Ketua Abdul Agus Heydemans, Mania Club Bentor Cummunity, alamat Kaidipang, Ketua Irwan Suikromo, dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), alamat Sangkub, Ketua Ramses Risal Sondakh, dan yang lainnya.(try20)


KAMIS 13 SEPTEMBER 2012

REKA MAU MEREKA ASAL LOE TAU AJA

Hati-hati, obat darah tinggi sebabkan kanker bibir WASPADALAH mengonsumsi obat untuk mengantisipasi darah tinggi. Pasalnya, berdasarkan pengamatan peneliti Kaiser Permanente Medical Care Program di Oakland, California, obat itu dapat memicu potensi kanker bibir. Penelitian ini dipublikasi secara daring lewat jurnal Archives of Internal Medicine. Peneliti melakukan pengamatan terhadap 712 pasien yang didiagnosa kanker bibir pada 1994-2008. Peneliti kemudian membandingkannya dengan 23 ribu orang yang memiliki usia dan tinggal di wilayah sama namun tidak mengalami kanker bibir. Hasilnya, orang-orang yang mengonsumsi obat dengan hydrochlorothiazide selama lima tahun lebih berisiko terkena kanker bibir empat kali lebih besar dibanding yang tidak mengonsumsi obat tersebut. Hydrochlorothiazide diketahui dapat meningkatkan sensitivitas seseorang terhadap paparan sinar matahari. Dalam penelitian sebelumnya, peneliti mencari hubungan konsumsi obat tersebut dengan peningkatan risiko kanker kulit. Berdasarkan data kesehatan Amerika Serikat, kasus kanker bibir terjadi pada 0,7 per 100 ribu orang per tahun.(miol)

KETAWA ASYIK

Arti mimpi sedang olah raga main tinju PASIEN: “Tolonglah diriku. Aduh, Dokter, hampir setiap hari aku selalu bermimpi sedang olahraga main tinju.” Dokter: “Kemudian waktu pagi-pagi bangun tidur, kamu merasakan sekujur tubuhmu babak belur. Apa begitu?” Pasien: “Yang seluruh tubuhnya babak belur bukan diriku, tapi isteriku, Dokter, hehe...”(*)

Tanggung jawab pasien dokter gigi SEORANG Bapak membawa anaknya mencari seorang dokter gigi untuk mencabut sebuah gigi anaknya yang goyang karena longgar. Sesudah selesai melakukan operasi, dokter gigi itu minta dia membayar 50 dollar AS. “Tetapi sebelumnya Pak dok mengatakan mencabut sebuah gigi hanya 10 dollar AS saja...” gerutu bapak anak itu karena merasa tak mengerti. Dokter gigi segera menjawab: “Tadi anakmu berteriak-teriak begitu kerasnya, sehingga ke empat pasienku lainnya pada lari ketakutan. Ini harus menjadi tanggung jawabmu.”(*)

Luka tergores kertas RUMAH sakit sekolah sedang kedatangan sepasang pacar, yang perempuan berparas melas dan iba, sedangkan yang lekaki menunjukkan rasa sayang yang sangat. Ia dengan gelisah berkata kepada dokter yang menanganinya: “Pak dok, tolong bantu segera memeriksa luka di tangannya, kondisinya apa cukup serius?” “Lukanya sudah berapa lama? Sudah ada setengah hari belum?” tanya dokter. “Ya, sudah ada. Pagi ini tangannya dengan tak sengaja luka tergores secarik kertas.” “Jika kalian datang terlambat setengah hari lagi, maka luka ini mungkin segera akan...” kata dokter. Lelaki itu segera menimpali: “Segera bagaimana, Pak dok?” “Segera akan sembuh sendiri.”(*)

Hukuman perang mulut SEPASANG suami dan isteri. Sesudah bercekcok dengan hebatnya, sang isteri meneleponi ibunya: “Kali ini dia perang mulut lagi dengan diriku. Aku akan ke sana tinggal bersama dengan Ibu.” “Tidak, sayang, cara ini tak baik!” jawab Ibunya: “Dia harus bertanggung jawab atas segala kesalahannya. Aku sajalah yang akan ke situ nanti, oke?”(*)

Ayo aktifkan bakat, minat & potensi dirimu! Betah jadi remaja yang minim aktifitas? Wah, udah gak jamannya lagi guys! Tahukah teman-teman bahwa keterlibatan remaja dalam suatu aktivitas atau memiliki suatu hobi yang produktif bisa membantu kita nantinya menjadi orangorang dewasa yang bertanggung jawab loh! Trus, sebetulnya kegiatan atau hobi apa aja sih yang paling cocok untuk remaja?

COBIE UNTUK bakat dan minat, kita bisa tahu dari keterampilan yang kita miliki, misalnya hitung-menghitung, musik, suka utakatik mesin, menulis, en memasak. Kalo udah, kita pun mulai bisa menentukan aktivitas atau hobi yang sesuai supaya potensi, bakat dan minat kita pun terasah.

ICHA PADA dasarnya sih yang terbaik adalah segala macam kegiatan yang bisa memunculkan dan menguatkan minat, bakat dan potensi yang kita miliki masing-masing. Dengan memiliki suatu hobi, kita pun jadi nggak bosan sehingga kita gak mudah sekali terpengaruh oleh hal-hal yang negatif.(*)

JUST FOR U

10 kata gaul di Twitter Katanya sih nggak gaul kalau tidak mengenal beberapa istilah di Twitter berikut ini... · Cukstaw. Apa sih ‘cukstaw’ itu? Beberapa kali sempat scroll timeline Twitter dan menemukan kata-kata yang lucu ini. Dan ternyata setelah beberapa kali bertanya pada teman, ternyata cukstaw adalah sebuah singkatan dari ‘cukup tahu’. · Bais. Jika pernah mendengar katakata bais yang digunakan di Twitter, ketahui saja kalau bais adalah kata slang dari habis. Kok bisa sih? Haha... entahlah siapa yang memulai kata ini, yang jelas dia sudah populer di dunia Twitter. · Miapah? Membaca kata ini apa yang muncul dalam benak kamu? Awalnya sih kebayang mie goreng atau mie rebus, tetapi ternyata miapah? ini bukan

bermaksud menanyakan selera makan mie. Miapah ternyata adalah singkatan dari ‘demi apa’. · Ciyus. Apa coba arti kata ini? Dan ternyata setelah bertanya ke kiri kanan, ciyus adalah alih kata dari serius. · Oretz. Coba tebak kalau oretz ini apa artinya? Ya, benar! Oretz adalah kata slang dari ‘all right’ · Peres. Berbeda dengan arti sebenarnya yang merujuk pada memeras, ‘peres’ berarti palsu, tidak tulus, bohong. · Eaaa. Biasanya dijadikan sebagai hestek di belakang twit. Untuk apakah eaaa ini? Umumnya eaaa ditambahkan sebagai penekanan bahwa twit yang ditulis adalah katakata gombal yang lebay. · Woles. Berasal dari kata original ‘slow’ yang kemudian diplesetkan menjadi

PENINGKATAN PRESTASI

Monolimay kumpul kepsek SD se-Wenang Manado—Pascaroling yang menempatkan dirinya sebagai Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Wenang, Drs Jams DF Monolimay SPd langsung menjalankan tugasnya dengan maksimal. Ditemui Kamis (13/9) kemarin, Monolimay mengatakan baru-baru ini telah melakukan rapat bersama seluruh kepala sekolah tingkat SD se-Kecamatan Wenang. “Rapat bersama hari Rabu (12/9), intinya membahas mengenai program peningkatan mutu, cara untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi anak didik dan guru,” terangnya. Ditambahkan mantan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Malalayang itu, dirinya berharap setiap sekolah dapat mempersiapkan para siswa untuk mengikuti lombalomba baik akademik maupun ekstrakurikuler seperti olahraga dan kesenian.

JAMS DF Monolimay.

“Pembinaan untuk lombalomba bidang studi harus dipersiapkan jauh-jauh sehingga ketika ada lomba, siswa sudah siap. Demikian juga dengan tim-tim kesenian, olahraga dan Pramuka. Itu semua harus tetap dilaksanakan di sekolah. Saya juga berharap agar sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan serta khusus kepala sekolah agar rutin mengikuti Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S),” tutup Monolimay.(emem)

LOMBA TARI MAENGKET selow dan berubah menjadi woles. · Ubay. Ubay bukan singkatan dari bayu lho, tetapi dari u = kamu dan bay = lebay. Hahaha... bisa aja. · g2gtl. Ini bukan rumus kimia lho. G2gtl

adalah singkatan dari gak gaul gitu lho! Bagaimana sudah tahu kan kata-kata aneh yang sering ditemui di Twitter atau social media lain? Sekarang kamu tak perlu takut dibilang tidak gaul lagi.(kplg)

Siswa SDN 11 Manado berlatih keras Manado—Prestasi kembali coba diukir SD Negeri 11 Manado. Kali ini di bidang Tari Tradisional Maengket. Kepada wartawan, Kepala SD Negeri 11 Manado Deitje Karinda mengatakan saat ini kurang lebih 30 siswa sementara melakukan latihan tari Maengket untuk ikut serta dalam festival seni khas Sulut yang akan digelar bulan Maret 2013 di Jakarta. “Sebelumnya siswa kami belum pernah ikut lomba Maengket di tingkat nasional, namun karena tahun depan ada undangan lomba, kami pun langsung bergerak menyiapkan para siswa dan baik guru, siswa sangat antusias mengikuti festival ini. Mereka berlatih keras,” ujar Karinda. Sementara itu, koordinator sekaligus pelatih tari di SDN 11 Manado Justus Kindangen menambahkan, seluruh siswa yang jadi tim dalam tarian ini diambil dari

DEITJE Karinda.

kelas IV. “Sengaja diambil siswa dari kelas IV agar mereka mendapat kesempatan yang banyak dalam lomba-lomba seperti ini sehingga mereka dapat lebih profesional dan matang dalam menyuguhkan materi tari. Kami latihan selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu,” timpalnya seraya menambahkan, pihak sekolah pun mendatangkan jasa pelatih tari dari luar sekolah.(emem)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012

Hafalan Alquran dapat mencegah berbagai penyakit Sebuah kajian baru membuktikan bahwa semakin banyak hafalan seseorang terhadap AlQur’an Al-Karim, maka semakin baik pula kesehatan. Dr. Shalih bin Ibrahim Ash-Shani’, guru besar psikologi di Universitas Al-Imam bin Saud AlIslamiyyah, Riyadh, meneliti dua kelompok responden, yaitu

mahasiswa/i Universitas King Abdul Abdul Aziz yang jumlahnya 170 responden, dan kelompok mahasis Al-Imam AsySyathibi yang juga berjumlah 170 responden. Peneliti mendefinisikan kesehatan psikologis sebagai kondisi dimana terjadi keselarasan psikis individu dari tiga faktor utama: agama, spiritual,

sosiologis, dan jasmani. Untuk mengukurnya, peneliti menggunakan parameter kesehatan psikis –nya Sulaiman Duwairiat, yang terdiri dari 60 unit. Penelitian ini menemukan adanya korelasi positif antara peningkatan kadar hafalan dengan tingkat kesehatan psikis, dan mahasiswa yang unggul di bidang hafalan Al-Qur’an

itu memiliki tingkat kesehatan psikis dengan perbedaan yang sangat jelas. Ada lebih dari tujuh puluh kajian, baik Islam atau asing, yang seluruhnya menegaskan urgensi agama dalam meningkatkan kesehatan psikis seseorang, kematangan dan ketenangannya.

Sebagaimana berbagai penelitian di Arab Saudi sampai pada hasil yang menegaskan peran AlQur’an Al-Karim dalam meningkatkan ketrampilan dasar siswa-siswa sekolah dasar, dan pengaruh yang positif dari hafalan AlQur’an untuk mencapai IP yang tinggi bagi mahasiswa.

Berikut ini adalah manfaat-manfaat hafalan Al-Qur’an, seperti yang penulis dan orang lain rasakan:

psikilogis.

1. Pikiran yang jernih. 2. Kekuatan memori. 3. Ketenangan dan stabilitas psikologis. 4. Senang dan bahagia. 5. Terbebas dari takut, sedih dan cemas.

6. Mampu berbicara di depan publik. 7. Mampu membangun hubungan sosial yang lebih baik dan memperoleh kepercayaan dari orang lain. 8. Terbebas dari penyakit akut. 9. Dapat meningkatkan IQ. 10. Memiliki kekuatan dan ketenangan

tunjukan sebagai warga kota yang baik. Sambut Pak Presiden dengan meriah. Untuk seluruh instansi baik pemerintah maupun swasta juga bisa berpartisipasi,” kata Walikota yang juga menjabat Ketua DPD Partai Demokrat Sulut ini. Disamping itu, GSVL meminta suasana kondusif dan keamanan yang terjaga dapat terus dipertahankan. “Saya titipkan keamanan dan kenyamanan kota dapat terus dilanjutkan. Jaga stabilitas kota, buat daerah kita ini diingat terus,” harap Ketua Umum DPP Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ini.

Terkait pengamanan, dari pantauan koran ini Kamis (13/9) kemarin, satuan tugas (satgas) dari semua

unsur TNI dan Polri, yang mencapai ribuan personil, mulai melakukan persiapan pengamanan. Bahkan, gelar pasukan satgas yang beberapa hari lalu dipimpin Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VII/Wirabuana Mayjen TNI Muhamad Nizam, di Lapangan Dirgantara Pangkalan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado, terus berjaga-jaga di kawasan Bandara hingga rute jalan yang akan dilewati Presiden. Menariknya, persiapan ini langsung dilakukan simulasi untuk mengantar Presiden ke Hotel Sintesa Peninsula Manado. Pengawalan yang ketat dan puluhan kendaraan sempat membuat macet di beberapa titik jalan menuju ke hotel tersebut. Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Brigjen TNI Johny Tobing kepada

sejumlah wartawan mengatakan, pasukan pengamanan sudah siap dan akan menjalankan tugas di lapangan sesuai dengan protap. Menurutnya, proses pengamanan sementara berjalan dibeberapa titik untuk mencegah adanya gangguan keamanan saat kedatangan Presiden. “Untuk pengamanannya sudah kami siapkan dan prosesnya tetap kami koordinasikan dengan pihak terkait termasuk ring I. Kami juga meghimbau kepada masyarakat Sulut khususnya Manado, agar dapat menciptakan kenyamanan serta memberi kesan yang baik bagi kita semua di Manado,” ungkap Tobing. Komandan Pangkalan Udara Sam Ratulangi (Danlanudsri) Letkol Pnb Jorry Koloay menambahkan, pihaknya menjadi penanggung jawab penuh saat Presiden

tiba di Bandara. Selain itu, sejumlah fasilitas seperti empat pesawat Hercules, telah disiagakan pihak TNI AU untuk dipergunakan sebagai penunjang kegiatan Sail Morotai. “Ada empat pesawat yang disiapkan untuk dipakai dalam kegiatan Sail Morotai,” jelasnya. Seperti diketahui, guna menunjang pelaksanaan kegiatan Sail Morotasi di Maluku, TNI Angkatan Udara sudah menyiapkan empat unit pesawat Hercules, dan telah diparkir di Pangkalan Udara Sam Ratulangi Manado. Disisi lain, sejumlah pejabat tinggi TNI dan Polri bakal mendampingi Presiden yakni Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau), Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad), Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) serta Kapolri.(erer/dede/ erel/dw)

dan saya yakin Allah SWT maha adil dan maha mengetahui mana yang benar dan yang salah,” ujar Asimin. Sementara itu, Bupati Bolmong Salihi Mokodongan menegaskan, pada prinsipnya pihaknya mengedepankan asas praduga tak bersalah, dimana sebagai warga negara akan senantiasa tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku. “Persoalan ini akan senantiasa disikapi dengan arif dan bijaksana oleh pemerintah saat ini, dan tidak akan berpengaruh

pada proses pelayanan kepada masyarakat. Selain itu seluruh pejabat serta PNS di lingkungan Pemkab Bolmong memberikan dukungan sepenuhnya kepada para pejabat yang terkait dengan kisruh TPAPD,” ujar Salihi melalui Kepala Bagian Humas Pemkab Bolmong Sitti Rafiqah Bora SE. Seperti diberitakan sebelumnya, Polres Bolmong telah menetapkan tiga orang tersangka baru terkait dugaan korupsi aliran dana TPAPD Pemkab Bolmong tahun 2011 pada Triwulan

III, yang tidak dicairkan. Tiga tersangka baru tersebut yaitu mantan Bupati Bolmong dua periode MMS alias Marlina, mantan pejabat Sekda Bolmong FS alias Ferry, dan Sekda Bolmong saat ini FA alias Farid. Untuk saat ini polres masih melengkapi berkas ketiga tersangka dan penambahan saksi-saksi

ahli untuk melengkapi berkas perkara untuk selanjutnya dilimpahkan ke Kejaksan. Terkait penahanan ketiga tersangka baru tersebut, Kapolres Bolmong AKBP Enggar Brotoseno menyatakan bahwa penahanan terhadap para tersangka baru tersebut belum perlu dilakukan karena masih kooperatif.(veem/dw)

Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkum-HAM, serta di DPP beberapa partai yang terindikasi mempunyai pengurus ganda. Salah satunya adalah PDS,” akunya, seraya mengatakan bahwa untuk penetapannya sudah pasti ada. Sebelumnya, pada Senin (3/9) lalu, Kotambunan telah melaporkan Regah ke Polda Sulut dengan alasan Regah diduga telah melakukan keputusan secara ilegal dengan mengusung pasangan Yocke-Novie dalam suksesi Pilkada Minahasa, padahal PDS resmi mengusung HAG-

Nasrullah, dalam surat dakwaan tidak merumuskan bagian mana dan berapa penerimaan uang untuk anggaran pendidikan tinggi di Kemendiknas dan uang pada program pengadaan sarana dan prasarana olahraga di Kemenpora. “Berapa jumlahnya, bagian yang mana yang diterima pihak lain. Seolah-olah semua diterima terdakwa. Uang bukanlah semua diterima terdakwa, tetapi sebagian besar diterima pihak lain. Penuntut Umum tidak cermat, tidak jelas, tidak lengkap sehingga merugikan terdakwa,” kata Nasrullah. Atas dasar itulah, penasehat hukum terdakwa meminta kepada majelis hakim yang dipimpin oleh Hakim Sudjatmiko untuk membatalkan surat dakwaan penuntut umum atau setidak-tidaknya tidak dapat diterima. “Kami

Karena itu Allah berfirman, “Sebenarnya, Al Qur’an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.” (QS Al‘Ankabut [29]: 49).

Antisipasi ... dari Halaman 1 Oknum ... dari Halaman 1 Sehingga oleh korban yang bersangkutan langsung dihentikan untuk pemeriksaan kelengkapan surat kendaraan sekaligus SIM. Tetapi saat korban melakukan penghormatan untuk menanyai tersangka, saat itu juga tersangka langsung melayangkan tinju ke wajah korban yang membuat mulut dan hidung korban mengeluarkan darah segar. Usai melakukan penganiayaan, tersangka langsung kabur menuju ke Kelurahan Tidore. Polisi yang sementara melakukan operasi langsung mengejar tersangka. Melihat aksi kejar-kejar antara sejumlah personel kepolisian dengan tersangka, masayarakat yang melihatnya langsung turut bersama anggota Polres mengejar tersangka yang kemudian berhasil diamankan di Kelurahan Tidore, sekaligus membawahnya ke Polres Sangihe untuk diamankan sementara. Kapolres Sangihe AKBP Hisar Siallagan SIK ketika dihubungi mengatakan, tersangka oknum TNI AD itu sudah langsung diserahkan ke Polisi Militer (PM) untuk proses selanjutnya. “Kita langsung serahkan ke POM,”singkat Siallagan. Sementara itu Kasdim 1301 Santiago Sangihe Mayor Masgen Abas yang ikut dimintai keterangannya secara terpisah menyangkut persoalan ini, juga menyatakan bahwa semuanya wewenang sudah diserahkan ke PM selaku instansi yang berwenang, dan akan melaporkan kasus ini ke isntansi dimana oknum TNI AD ini bertugas. “Yang pasti kita akan laporkan masalah ini langsung ke satuan yang bersangkutan di Makassar (Satuan Yon Yonif 433, red)” ujar Abas.(esde/dw)

Pelayanan ... dari Halaman 1 “Jadi sekali lagi, atas dasar itulah Bupati Gorontalo menugaskan kami untuk belajar dari Bitung,” ungkap Hida. Mendengar ucapan Hida, Wakil Walikota Bitung Max Lomban SE yang didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkot Bitung Drs Malton Andalangi langsung dibuat terkejut. Hanya saja Lomban menjelaskan bahwa memang Bitung telah lebih dulu menerapkan sistem pelayanan pengaduan masyarakat di Sulut. “Pembentukan unit pengaduan masyarakat ini, walaupun masih bernaung di bawah Bagian Kemasyarakatan, tetapi sudah mampu menjawab tuntutan seluruh masyarakat tentang peningkatan pelayanan publik yang dilakukan pemerintah,” jelasnya. Lomban kemudian membeberkan jika berbagai masalah yang diadukan masyarakat dapat segera dijawab secara resmi dan tertulis sehingga pada akhirnya bisa mencegah timbulnya berbagai masalah sosial. “Program ini diharapkan mampu menjawab keingintahuan dari warga Bitung akan persoalanpersoalan yang ada sehingga mampu meminimalisir ketidakjelasan informasi,” kata Lomban.(SEMADTORIAL/wepe/dw)

Sementara itu, untuk Pemkot Manado sendiri, sejak kemarin mulai mensterilkan Etalase Sulut ini menyambut kedatangan Presiden SBY dan rombongan. Terpantau Swara Kita, tadi malam Walikota Dr GS Vicky Lumentut (GSVL), Wakil Walikota Harley Mangindaan SE MSM (Ai), Sekkot Ir Heafrey Sendoh dan sejumlah Kepala SKPD Pemkot Manado terkait turun langsung memantau Manado, sepanjang Jalan AA Maramis hingga Jalan Walanda Maramis. Tujuannya, selain melihat prapengamanan bersama Dandim 1309 Manado Letkol Inf Yudianto Putrajaya, juga terkait kebersihan di sepanjang jalan protokol yang akan dilalui SBY jika jadi menginap. Rencana penyambutan SBY pun sudah disiapkan Pemkot Manado dengan matang seandainya SBY

memilih menginap di Manado. dimana, kedatangannya akan disambut meriah oleh seluruh instansi atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Manado. Khususnya untuk Dinas Pendidikan Manado, pihaknya sudah berkoordinasi untuk dapat mengerahkan siswa-siswi dalam memberikan sambutan hangat di sepanjang jalan protokol yang akan dilewati. “Kalau dulu pernah dilakukan untuk menyambut Presiden Soeharto, saat ini akan dilakukan juga demikian kepada Presiden SBY,” ujar GSVL. Tidak hanya anak sekolah, dia juga mengajak seluruh warga Kota Tinutuan ini memberikan pelayanan terbaik, walaupun dalam kunjungannya kali ini Presiden SBY tidak berlama-lama. “Mari kita

Asimin ... dari Halaman 1 Dia bersumpah tidak pernah melihat ataupun menikmati dana yang dipersoalkan kepada dirinya dalam kasus ini. “Saat persoalan tersebut, saya menjabat sebagai Asisten III Pemkab Bolmong yang berfungsi sebagai pengelola administrasi pemerintah pada saat bergulirnya persoalan TPAPD ini. Saya bersumpah tidak pernah melihat apalagi menikmati dana tersebut. Namun persoalan ini merupakan konsekwensi jabatan yang harus dijalani,” terang Asimin.

Dikatakannya, kepada para Pengguna Anggaran (PA) yang terlibat langsung dalam proses pengelolaan keuangan, agar kisruh TPAPD menjadi pelajaran berharga yang bisa diambil hikmahnya. Sehingga diharapkan agar setiap PA tidak perlu takut yang berlebihan, namun lebih berhati hati dalam bekerja, sebab dimanapun semua pekerjaan mempunyai resiko yang harus di hadapi. “Kejadian yang menimpa pada saya merupakan musibah, yang bisa terjadi pada siapa saja. Kita hargai proses hukum

“Saya sangat prihatin, dan dunia sangat prihatin. Tapi yang lebih menyedihkan adalah ketika orang Suriah bertanya kepada Anda mengapa Anda berpikir tidak ada seorang pun yang dapat menemukan solusi untuk mereka,” tutur Angelina lirih, seperti dikutip Radaronline. Mata Angelina basar dengan air mata ketika ia membayangkan tentang nasib memilikukan para pengungsi. “Apa yang mereka ceritakan mengenai yang sebenarnya terjadi, itu sangat mengerikan. Ketika Anda bertemu orang-orang tak berdosa begitu banyak, rakyat Suriah bertanya siapa yang berada di pihak mereka,” sambung ibu enam anak itu. Dalam kesempatan itu Angelina bertemu dengan para pengungsi dan berkeliling di kamp pengungsian bersama Ketua Pengugsi PBB, Antonio Guterres dan Menteri Luar Negeri Yordania Nasser Judeh.(inlc)

Uskup ... dari Halaman 1

Angie ... dari Halaman 1

Di satu sisi, aktor beserta kru film ini mengaku telah dibodohi oleh sutradara. Mereka mengira, film yang akan dibintanginya adalah film drama berjudul “Desert Warriors.” Sebanyak 80 orang yang tergabung dalam kru dan aktor mengatakan pada CNN bahwa, mereka sama sekali tidak mendukung film ini. Mereka mengaku sudah disesatkan oleh sang sutradara. “Kami terkejut dengan penulisan skrip yang berubah secara drastis dan kebohongan yang dikatakan pada kami. Kami sangat sedih akan tragedi yang sudah terjadi,” demikian pernyataan para aktor dan kru film itu, seperti dikutip CNN. Menurut salah satu aktris bernama Cindy Lee Garcia, naskah di film itu berjudul Desert Warriors. Film itu juga menceritakan peristiwa kuno yang terjadi 2 ribu tahun yang lalu. Namun dalam shooting, Muhammad disebut dengan nama “Master George” dan setelah film kontroversial itu diproduksi, pengisi suara mulai memainkan peranannya. “Tidak ada apapun dalam naskah ini yang menyinggung Muhammad, Muslim, atau apapun. Saat ini, kita semua harus menyaksikan orang yang tewas dan ini menjengkelkan sekali,” ujar Garcia. Sejauh ini, muncul pula nama Sam Bacile yang disebut sebagai sutradara film Innocent of Muslims. Meski demikian, seorang konsultan perfilman Steve Kleins mengatakan, nama Bacile adalah nama samaran. Saat ini, sutradara film kontroversi itu diklaim bersembunyi.(okez/dw)

Selain itu juga terkait pembahasan anggaran sarana dan prasarana olahraga di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tahun 2010. Pada kesempatan itu, mantan Noni Sulut ini meminta majelis hakim membatalkan dakwaan JPU, sebagaimana dakwaan alternatif yakni Pasal 12 huruf a Jo Pasal 18 atau Pasal 5 ayat 2 atau Pasal 11 Juncto Pasal 18 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Penasehat hukum Angie, Tengku Nasrullah menilai, susunan dakwaan penuntut umum kabur, tidak jelas, dan tidak cermat. Menurut dia, pada lazimnya surat dakwaan alternatif baru bisa diterapkan apabila tindak pidana yang dilakukan tidak sejenis dan saling berdekatan corak dan

lainnya yakni Yocke Kaseger-Novie Mewengkang menggunakan PDS jalur Ketua DPW PDS Sulut Dolvie Regah STh. “Kepastian penetapannya akan disampaikan 23 Oktober 2012 mendatang, sebab untuk saat ini kami masih lakukan penelusuran kajian yang ada,” kata Leke. Sementara itu Komisioner KPUD Minahasa Meidy Malonda yang saat diberikan kesempatan melakukan kajian ke Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM), juga belum bisa memberikan jawaban pasti. “Kita telah melakukan verifikasi di

cirinya. Sedangkan untuk dakwaan subsider, diajukan apabila peristiwa yang terjadi menimbulkan suatu akibat yang saling bersinggungan, seperti dalam kasus pembunuhan berencana. “Apa yang diduga adalah tindak pidana yang meliputi beberapa tindak pidana dan sejenis. Maka kami pandang dakwaan ini tidak singkron, tidak cermat, tidak jelas, tidak lengkap dalam menarik pasal tindak pidana dalam rumuskan dakwaan sehingga merugikan terdakwa,” ujar Nasrullah. Selanjutnya, Nasrullah juga menyatakan uraian dakwaan penuntut umum tidak cermat, karena tidak merumuskan secara jelas lokasi penerimaan uang oleh terdakwa. Angie didakwa menerima uang senilai Rp12,5 miliar dan US$2,3 juta, tetapi kata

Kericuhan ... dari Halaman 1

RJM. “Ini tidak benar, serta menyalahi aturan dan diduga penipuan. Saya juga terkejut dengan adanya pernyataan dari terlapor, bahwa ia adalah Ketua DPW PDS Sulut. Selain itu salah satu tindakan yang dinilai fatal adalah terlapor membuat surat dukungan dan mendaftarkan pasangan Yocke-Novie ke KPUD Minahasa. Masalah ini harus segera dituntaskan, karena ini menyangkut nama baik partai,” ungkap Kotambunan, sembari menambahkan terlapor yang adalah kader PDS Sulut, sementara diproses pemecatan.(erka/dw)

Saat itu juga kelompok warga Picuan Bawah langsung melempari rumah Hukumtua Desa Picuan Syultje Marentek dan tujuh rumah warga lainnya, hingga rusak parah. Kapolres Minsel AKBP Sumitro SH yang dikonfirmasi sejumlah wartawan Kamis (13/9) kemarin, menjelaskan bahwa akibat kejadian tersebut, 8 rumah milik warga Desa Picuan rusak oleh sekelompok warga. “Hingga saat ini (kemarin, red), kami masih melaukan penyelidikan,” ujarnya, seraya menegaskan bahwa dalam kejadian tersebut belum ada oknum yang diamankan. “Menurut laporan warga, kejadian tersebut terjadi saat beberapa warga membuat keributan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Akibatnya, warga Desa Picuan Satu tidak senang dengan hal

seperti itu yang mengakibatkan terjadi keributan yang bermula dengan adu mulut yang dilanjutkan dengan perusakan 8 rumah warga termasuk rumah hukumtua,” ujarnya. Untuk masalah keamanan di Picuan, lanjut Kapolres, pihaknya langsung melakukan penjagaan keamanan di tempat kejadian perkara (TKP). “Masalah keributan tersebut, sudah ada tim gabungan yang turun yakni Polsek Motoling, Koramil Motoling dan Camat Motoling Timur,” tutup Sumitro. Diketahui, adapun 8 rumah yang rusak yakni, selain milik Hukumtuan Picuan Syultje Marentek, juga rumah lainnya milik Gone Lukar, Jelly Lukar, Dessy Lukar, Fian Lukar, Fecky Rumondor, Denis Marentek, dan Atu Matoneng.(esem/dw)

meminta majelis hakim menerima eksepsi terdakwa Angelina Sondakh. Menyatakan dakwaan penuntut umum batal demi hukum dan tidak dapat diterima,” ujar Nasrullah. Di satu sisi, dalam eksepsi yang dibacakan tim penasehat hukum Angie, menyinggung penerbitan surat perintah penyidikan (Sprindik) yang ditandatangani Ketua KPK Abraham Samad atas nama terdakwa Angelina Sondakh. Menurut Nasrullah, penerbitan sprindik kepada terdakwa tidak didasarkan laporan adanya tindak pidana atau penyelidikan yang dilakukan KPK. Padahal, kata dia, hal tersebut diatur dalam Pasal 108 KUHAP. “Bahwa pihak yang diduga melakukan tindak pidana korupsi adalah Wafid Muharram, Mindo Rosalina

Manulang, dan Mohamad El Idris. Akan tetapi tibatiba muncul nama Angie tanpa adanya laporan atau penyelidikan atas dirinya. Hal itu pasti tidak terjadi kalau orang yang menandatangani itu lebih teliti,” kata Nasrullah Apalagi, lanjut Nasrullah, dalam perkara ini terdakwa bukanlah pihak yang tertangkap tangan melakukan pidana. Pihak-pihak yang tertangkap tangan adalah Wafid Muharram, Mohammad El Idris, dan Mindo Rosalina Manulang. “Dengan demikian tidak tepat penyidikan tanpa didahului adanya laporan dan pengaduan. Maka tampak jelas dalam uraian ini adanya kehendak penuntut umum untuk memaksakan perkara terdakwa Angelina Sondakh,” ujar Nasrullah Dia pun mem-

pertanyakan dasar terbitnya sprindik terhadap kliennya, apakah hal itu sudah berdasarkan bukti, mekanisme penyelidikan, dan laporan tindak pidana sebagaimana diatur KUHAP. “Ini kami sampaikan kepada majelis hakim agar dapat menilai secara objektif terhadap penyidikan Angelina Sondakh, tanpa memenuhi asas penyidikan yang baik,” ucap Nasrullah. Menanggapi nota keberatan penasehat hukum Angie, Jaksa KPK Agus Salim menyatakan akan menanggapi nota keberatan secara tertulis. “Kami akan menanggapi secara tertulis. Kami minta waktu satu minggu,” sahut Agus. Selama persidangan, Putri Indonesia 2001 ini tetap setia didampingi ayahnya Prof Dr Ir Lucky Sondakh MEc.(vinc/dw)

PDS ... dari Halaman 1 Pasti dari dualisme ini ada yang tunggal yang akan didapat. “Ketunggalan inilah yang akan kita pakai, dan pastinya semua data yang kita peroleh itu memiliki kekuatan hukum yang tetap,” ujar Leke kepada sejumlah wartawan Kamis (13/9) kemarin, seraya mengatakan kalau KPUD sudah pasti punya cara tersendiri dalam mencari siapa yang diakui. Perlu diketahui bahwa untuk dualisme ini, pasangan HAG-RJM menggunakan PDS jalur Ketua DPW PDS Sulut Drs Arthur Kotambunan BSc, sementara pasangan

Nangis ... dari Halaman 1

JAGA KEAMANAN


KAMIS 13 SEPTEMBER 2012

Permintaan tepung kelapa kian menanjak REGIONAL

Swiss menuduh AS Hipokrit SWISS menuduh Amerika Serikat sebagai hipokrit. Ini karena AS sibuk mengejar uang warganya yang menabung di perbankan Swiss, sementara AS membiarkan negaranya memiliki wilayah mirip surga pajak, seperti Delaware. Ini dipicu tindakan AS yang menyogok Bradley Birkenfeld, eks bankir UBS (Swiss) sebesar 104 juta dollar AS, sebagaimana ditulis kantor berita Reuters, Kamis (13/9/2012). Sebelum disogok, Birkenfeld sempat dipenjarakan karena dituduh membantu warga AS menggelapkan pajak dengan memindahkan dana ke perbankan Swiss. Dengan sogokan itu, Birkenfeld memberi informasi kepada otoritas AS bahwa ada warga AS yang menggelapkan pajak. Dia juga memberi tahu bahwa ada penyelundupan berlian yang dimasukkan ke dalam pasta gigi. Kesaksian ini membuat AS beralasan mengenakan denda ke UBS dan memaksa UBS memberi data 4.500 nasabah AS penggelap pajak. Tindakan AS juga ini membuat kekuatan kerahasiaan perbankan Swiss tergorogoti. “Ini adalah contoh paling tinggi soal kemunafikan AS,” kata Pirmin Bischof, anggota parlemen Swiss. Karena mendapatkan informasi dari “si pembocor informasi”, otoritas AS juga mencecar sebelas bank Swiss lainnya, termasuk Credit Suisse dan Julius Baer. Tuduhannya adalah bank-bank Swiss itu membantu warga negara AS menghindari pajak.(komc)

Spanyol siap minta bantuan Bank Sentral Eropa PEMERINTAH Spanyol mengindikasikan akan meminta bantuan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk dapat menjaga yield surat utang Spanyol tetap rendah. Ini merupakan salah satu langkah untuk menyelamatkan perekonomian negeri itu. PM Spanyol Mariano Rajoy kepada media mengatakan, untuk dapat tumbuh, opsi satu-satunya yang dipertimbangkan adalah menggunakan mekanisme yang diumumkan bank sentral. “Tampaknya sudah hampir pasti kami akan meminta dana talangan,” kata Mariano seperti dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Kamis (13/9/ 2012). Pekan lalu, Presiden ECB Mario Draghi mengumumkan dua pilihan untuk menurunkan yield obligasi, yaitu melalui dana talangan penuh dari negara mitra di Eropa dan melalui mekanisme Enhanced Contingent Credit Line. Pada keduanya, European Stability Mechanism (ESM) akan membeli sejumlah obligasi negara tersebut dalam pasar primer melalui lelang dan ECB akan membeli obligasi pada pasar sekunder dengan jumlah “tidak terbatas”. Dua negara yang mungkin paling membutuhkan bantuan adalah Spanyol dan Italia.(komc)

Jerman beri sentimen positif bagi investor INVESTOR di pasar keuangan mendapatkan suntikan sentimen positif dari Jerman. Pengadilan Tinggi Jerman menyetujui kontribusi Pemerintah Jerman sebesar 190 miliar euro atau 27 persen dari dana talangan Uni Eropa yang disebut sebagai European Stability Mechanism. Nilai total ESM mencapai 500 miliar euro. Pengadilan juga memutuskan memberi hak veto kepada Parlemen Jerman jika terjadi kenaikan nilai ESM tersebut. Dari Amerika Serikat, menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, investor merasa peluang The Fed memberikan quantitative easing ketiga (QE3) semakin besar. Terlebih lagi data inventori untuk pedagang besar di AS naik 0,7 persen (month on month/MOM) pada bulan Juli, di atas median perkiraan analis 0,3 persen, sebagai dampak melemahnya penjualan. “Inventori pedagang besar ini menyumbang 30 persen dari total inventori di AS,” kata Lana, Kamis (13/9/2012) di Jakarta. Naiknya inventori ini membuat perusahaan akan mengurangi produksi dan bisa menambah jumlah penganggur. Spekulasi QE3 ini membuat imbal hasil AS 10 tahun naik 0,057 menjadi 1,758 persen dan menyebabkan pelemahan dollar AS.(komc)

Komitmen investasi Rusia lebih dari USD5 M RUSIA berkomitmen berinvestasi lebih dari US$5 miliar di Indonesia. Komitmen ini terkait kunjungan kerja Presiden SBY ke Rusia beberapa waktu lalu. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, duta besar Rusia telah memastikan bahwa pihaknya telah berkomitmen untuk menanamkan investasi berupa pembangunan smelter bauksit dan nikel, kereta api di Kalimantan, serta sektor energi. “Untuk kereta api USD2 miliar, smelter USD3 miliar, kemudian di bidang energi,” ujarnya di kantor Kemenkeo Perekonomian, Jakarta, Kamis (12/9/2012). Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan ada empat perusahaan asal Rusia yang akan menanamkan investasinya di Indonesia. Tiga diantaranya berniat untuk membangun smelter, salah satunya Russian Railways.(inic)

Akhir September kembali dikirim 52 ton ke Belanda Manado—Permintaan produk tepung kelapa produksi Provinsi Sulut kian menanjak. Ini dibuktikan dengan dikirimnya 52 ton salah satu produk andalan Sulut tersebut ke negara Belanda awal bulan September ini. Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Hanny Wajong MSi mengatakan, di awal September Provinsi Sulut kembali melakukan kinerja ekspor tepung kelapa ke

Belanda sebanyak 52 ton. “Produk turunan kelapa asal Sulut sangat diminati oleh negara bagian Eropa, Amerika, Afrika maupun Asia. Pekan ini telah mengekspor 52 ton tepung kelapa ke negara Kincir angin tersebut, dan menghasilkan devisa bagi daerah ini sebesar USD62.400,” kata Wajong. Dalam kegiatan ekspor ke Belanda tersebut, kata Wajong, ada dua kali pengiriman yang pertama sebanyak 26 ton dengan nilai USD33.800 dan kedua

sebanyak 26 ton dengan nilai USD28.600. Dikatakan, Negara Belanda merupakan tujuan ekspor Sulut yang sangat potensial, selain produk turunan kelapa juga produk perikanan dan pala dikirim ke negeri “Kincir Angin” tersebut. “Kami akan berusaha untuk terus memfasilitasi eksportir di Sulut agar mampu mendapatkan pasar baru dalam melakukan ekspor barang, dan tentunya dengan harga yang kompetitif. Ini dipastikan akan berimbas positif pada pendapatan devisa daerah, serta tentunya mendorong perbaikan ekonomi secara menyeluruh,” pungkasnya.(haer)

KOMODITI

Harga bawang putih dekati Rp30 ribu/kg Manado—Harga salah satu bumbu dapur yakni bawang putih terus meningkat, bahkan saat ini sudah mendekati level Rp30 ribu per kilogram (kg). “Harga bawang putih sekarang Rp29 ribu per kg sebagian besar pedagang mulai menaikan harga dibanding beberapa hari lalu hanya Rp27.000 per kilogram,” kata pedagang bawang di pasar Bersehati Manado, Denny Alo. Harga naik, kata Denny, karena berkurangnya pa-

sokan bawang dari luar daerah. “Saat ini pasaran bawang putih di Kota Manado dikuasai bawang putih asal China, karena harga dan kualitasnya yang lebih baik,” bebernya. Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Feby Karambut mengatakan produk bawang putih sama dengan produk lainnya yang sering berfluktuasi. “Biasanya jika stok ditangan pedagang mulai

berkurang secara otomatis harga akan mengalami kenaikan,” kata Feby. Meskipun harga bawang putih mengalami kenaikan namun belum begitu berarti dan masih dalam batas -. Selain itu, bawang putih tidak masuk kategori kebutuhan pokok masyarakat. “Walau demikian, kami tetap akan memantau pergerakan harga barang terlebih ketersediaan stok sehingga permintaan masyarakat akan terus terpenuhi,” pungkasnya.(haer)

PEMERINTAH akan mengoptimalkan untuk daerah-daerah yang masih bisa diselamatkan karena ada potensi-potensi air yang bisa disediakan.(foto:ist)

Pemerintah janji bantu lahan petani yang kering Jakarta—Pemerintah menyebut ada sekira 120 ribu hektare (ha) lahan yang terancam kekeringan. Sedangkan lahan yang mengalami fuso (gagal panen) sekira 23 ribu ha.

BI: Kredit investasi tumbuh tinggi 29,6% Jakarta—Bank Indonesia (BI) meniilai perkembangan sistem perbankan menunjukkan stabilitas yang tetap terjaga dengan fungsi intermediasi yang semakin baik dalam mendukung pembiayaan perekonomian. Direktur Eksekutif Departemen Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat, Dody Budi

Waluyo, mengatakan hal tersebut tercermin dari kinerja perbankan yang solid tercermin pada tingginya rasio kecukupan modal (CAR/Capital Adequacy Ratio). “Rasio Kecukupan Modal (CAR) berada jauh di atas minimum delapan persen dan terjaganya rasio kredit bermasalah (NPL/ Non Performing Loan)

gross di bawah lima persen,” kata dia dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (13/9/2012). Di sisi lain, dia mengungkapkan intermediasi perbankan juga terus membaik, tercermin dari pertumbuhan kredit yang hingga akhir Juli 2012 mencapai 25,2 persen (yoy). Kredit investasi

tumbuh cukup tinggi, sebesar 29,6 persen (yoy), dan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas perekonomian nasional. “Sementara itu, kredit modal kerja dan kredit konsumsi masing-masing tumbuh sebesar 27,3 persen (yoy) dan 18,9 persen (yoy),” tandasnya.(okez)

RS buruh butuh dana Rp150 M Jakarta—Pemerintah melalui Kementerian BUMN berencana untuk membangun Rumah Sakit (RS) khusus untuk para buruh di wilayah berikat. Adapun investasi yang diperlukan untuk merealisasikan rumah sakit buruh tersebut mencapai Rp150 miliar. Menteri BUMN Dahlan Iskan menuturkan investasi tersebut baru untuk satu rumah sakit buruh. Padahal, pemerintah juga berencana untuk

membangun 200 poliklinik. “Investasinya sekira Rp150 miliar, akan diutamakan buruh dan peserta Jamsostek,” ungkap Dahlan, di Pressroom Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (13/ 9/2012). Rumah sakit buruh yang rencananya akan dibangun di Cakung, Jakarta Timur, akan dibangun di areal lahan seluas 2,5 hektare (ha). “Ada ratusan poliklinik buruh, nantinya dan satu RS Buruh Pusat,” kata dia. Dahlan mengaku mes-

kipun BUMN memiliki beberapa rumah sakit, di antaranya rumah sakit yang dikelola PT Pertamina (Persero) dan sebagainya, namun Dahlan juga menjelaskan, pembangunan akan terfokus ke rumah sakit buruh. “Pokoknya rumah sakit itu nanti untuk buruh,” pungkas Dahlan. Sebelumnya, Dahlan menjelaskan September ini pembangunan rumah sakit tersebut sudah siap groundbreaking. Dahlan juga menambahkan, 200

poliklinik buruh akan tersedia dan satu rumah sakit buruh. “September ini lah saya perkirakan, nantinya akan ada 200 poliklinik dan satu rumah sakit buruh,” katanya Dahlan. Namun demikian, mengapa pemilihan tempatnya di Cakung Jakarta Timur? Karena menurut Dahlan daerah tersebut banyak terdapat penduduk yang mayoritas buruh yang kesehatannya perlu diperhatikan.(okez)

Sagu jadi pangan alternatif sehat Jakarta—Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Marzan A Iskandar mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan industri sagu karena bisa menjadi salah satu alternatif pangan yang baik untuk kesehatan. “Sagu bisa menjadi salah satu solusi bagi masalah keterbatasan pangan,” kata Marzan di Jakarta, Rabu (12/9). Dia menjelaskan, sagu memiliki kandungan kar=bohidrat yang seimbang sehingga baik untuk kesehatan. “Bahkan sagu memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga cocok bagi

mereka yang menderita diabetes,” katanya. Dia juga mengatakan, selama ini Indonesia selalu mengalami kendala impor beras yang terus meningkat. “Orang Indonesia mengandalkan beras sebagai pangan utama, padahal sumber daya alam di Indonesia ini kaya sekali banyak alternatif lain salah satunya sagu,” katanya. Untuk itu, kata dia BPPT dan PT Austindo Nusantara Jaya Agri Papua (PT ANJ) telsh sepakat mengembangkan dan memasyarakatkan teknologi industri sagu. “Saya harap kerja sama ini

dapat menjadi salah satu solusi dari masalah keterbatasan pangan dan dapat mendorong pengembangan teknologi pangan,” katanya. Dia menjelaskan, melalui penandatanganan akan dilakukan pengembangan dan pemanfaatan teknologi industri berbasis sagu untuk mendukung ketahanan pangan. Secara teknis, tambah dia, akan akan dikembangkan desain dan rancang bangun peralatan produksi pasta dari tepung sagu. “Kami juga akan dikembangkan desain dan rancang bangun proses dan

peralatan ‘bleaching’ tepung sagu,” katanya. Dia menambahkan, akan dikembangkan desain dan rancang pemanfaatan limbah biomasa industri sagu untuk energi listrik. Selain itu, akan dikembangkan teknologi industri pengolahan sagu dan produk pangan hilir. “Akan juga dilakukan pembinaan UKM dan pemasyarakatan UKM pengolahan pati sagu dan produk hilirnya,” katanya. Sementara itu, PT ANJ Agri Papua saat ini merupakan satu-satunya investor di Papua yang menata hutan sagu seluas 40 ribu hektare.(miol)

Karena itu, pemerintah berjanji mengoptimalisasi perbaikan. “Itu yang nanti kita bisa berikan dana bantuan biaya pengelolaan lahan Rp2,6 juta dan Rp1,1 juta untuk pupuk agar untuk mereka yang benarbenar fuso. Dana itu langsung di transfer ke kelompok tani jadi sama sekali tidak ada potongan,” ujar Menteri Pertanian Suswono di Gedung Menko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/9/2012). Suswono mengatakan, sebetulnya pemerintah sudah mengingatkan kepada petani yang menanam padi bahwa saat ini musim kemarau mencapai puncak. “Sudah kita ingatkan untuk menanam palawija bukan padi tetapi banyak

petani yang waktu itu tergiur karena masih ada hujan tetapi pada bulan ke dua dan tiga sudah tidak ada hujan. Ini yang sebetulnya terjadi sehingga banyak yang mengalami kekeringan dan produksinya tidak maksimal,” tambah Suswono. Suswono juga menyebut untuk lahan yang mengalami fuso sampai 75 persen, pemerintah akan mengoptimalkan untuk daerah-daerah yang masih bisa diselamatkan karena ada potensi-potensi air di sana. “Ke depan, kita ingin bantuan apakah dalam bentuk pompa maupun dalam bentuk traktor nanti modelnya brigade. Kita akan upayakan,” tandas Suswono.(okez)

1.000 kapal tangkap disiapkan hingga 2014 Jakarta—Kementerian Kelautan dan Perikanan menyiapkan 1.000 kapal tangkap hingga tahun 2014 sebagai upaya memodernisasi alat tangkap ikan untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan. “Mulai tahun 2010 mulai intensif dilakukan dengan meningkatkan kapal nelayan dari di bawah 30 gross ton (GT) menjadi di atas 30 GT,” kata Direktur Pelayanan Usaha Penangkapan Ikan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Edi Wahyudi di Jakarta, Rabu (12/9). Menurut dia, tiap tahun ditargetkan terealisasi 250 kapal tangkap. Jadi, dari tahun 2010 hingga 2014 target 1.000 kapal bisa tercapai. Edi mengatakan, dari 1.000 kapal tersebut 100 di antaranya akan diberikan bagi nelayan yang ada di wilayah Jawa Tengah. Langkah itu agar para nelayan di wilayah itu tidak menangkap ikan di wilayah Laut Jawa namun ke wilayah Laut China Selatan dan Samudra Hindia. Penyediaan kapal itu merupakan bagian dari peningkatan dan mem-

perkuat armada nelayan untuk menangkap ikan. Dengan begitu, diharapkan akan meningkatkan hasil tangkapan ikan. KKP memfokuskan p e n i n g k a t a n penangkapan ikan di semua Wilayah pengelolaan perikanan sebanyak 11 daerah yang tersebar di seluruh Indonesia. Konsentrasi armada dan nelayan terdapat di wilayah Pulau Jawa, mulai dari Banten hingga Madura. “Di wilayah timur juga ada tetapi terbatas. Beberapa daerah seperti Sibolga, Belawan, Kepulauan Riau, dan Lampung juga menjadi sentral penangkapan ikan,” ujarnya. Berdasarkan data KKP, Indonesia memiliki luas laut 5,8 juta kilometer persegi dengan panjang pantai 95.181 kilometer. Selain itu, kapal perikanan yang ada sebanyak 590.314 unit. Sebanyak 94 persen diantaranya merupakan armada skala kecil atau kapal di bawah 5 GT. Di Indonesia terdapat 2,6 juta nelayan dan rumah tangga perikanan (RTP) sebanyak 958.499 unit yang 85 persen di antaranya didominasi skala kecil.(miol)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Mengambil keputusan tepat PENGALAMAN silam berulang hari ini. Suhu di angkasa seputar bumi meninggi. Bencana hari lalu menjadi tangis berkepanjangan dan berkesinambungan umat manusia di mana-mana tempat. Pembagian jatah yang tertahan keran birokrasi yang tersumbat di tiap kelok dan persimpangan. Dan kini kita hanya punya harapan yang ditabur beribu sumpah bagi mereka yang terkapar oleh pembiaran negara. Realita kekuasaan bersama-sama dengan ambisinya yang dipaksakan kepada rakyat, dengan merampas nilai-nilai tentang kemanusiaan dari manusianya, dan membiarkan manusia Indonesia pada jurang kehancuran di semua sektor kehidupan, ini juga menjalar hingga pada alam berpikir manusia-manusia yang diseragamkan sistem yang berpagar gertak senjata. Uji gertak ini bila ia mampu membuat kebenaran itu tegak. Boleh jadi kita tidak percaya, tapi sesungguhnya banyak pembaca dan pemirsa yang capek dengan sesuatu yang sensasional dan bermuara pada sesuatu yang tak rasional. Di sini kita dapat menguji kebenaran dari demokrasi yang menjadikankan pancasila bersilat lidah itu sebagai tameng dari peran yang mengelak. Di sini juga kita menguji keseriusan otonomi daerah yang hingga hari ini masih menggantung, terbengkalai karena banyak alasan penyelenggara negara untuk menghindar dari tanggungjawab mereka dalam memberdayakan rakyat dan memberikan kemakmuran berdasarkan cita-cita perjuangan pendahulu negara kita. Kita memang layak menunggu, namun tidak dalam diam. Rekam segala perbantahan program, kita cuma punya negeri masyur yang lagi muram durja. Petaka kematian, iklan yang menyodorkan lumpur, janji politik dan harapan yang buyar. Masih sederet cerita soal yang mengular dan tak kunjung usai. Issue hangat setiap hari dibahas di layar kaca dan menambah kebingungan semua pemirsanya, kita menunggu sesuatu yang tak pasti dalam tayangan iklan yang membodohi, serta kelimpahan diskon yang setiap ketika mengganggu berita yang tak fokus. Kenangan pembangunan, saluran air yang mampet beberapa waktu lalu diperbaiki dengan jalan membobol trotoar dan drainase yang sudah dibangun hampir permanen, kini jadi persoalan karena banyak lubang di manamana. Dan bila penerangan listrik dan lampu jalan yang sering padam pada malam hari akan mengakibatkan kecelakaan bagi yang lewat dan kurang awas dengan kondisi trotoar itu, bagaimana bila kita mengupayakan energi penerang dari sektor lain? Kebenaran seharusnya bersinar bagi mereka yang berjalan dalam gelap. Konspirasi menderas dan rakyat terbelenggu di semua sektor. Hak asasi manusia lebih dipahami secara humanistik sebagai hak-hak yang inheren dengan harkat martabat kemanusiaan, apa pun latar belakang ras, etnik, agama, warna kulit, jenis kelamin dan pekerjaannya. Konsep tentang hak asasi manusia dalam konteks modern dilatarbelakangi pembacaan yang lebih manusiawi. Pembacaan apa? Dosa mana yang sudah dihentikan? Dosa tetaplah dosa yang harus disudahi, sebab konsep saja tak akan mampu menghapus segala kegalauan silam yang masih bernanah di sistem yang tak mau mengaku sampai hari ini. Cuma sebentuk tanda yang merekam keberingasan. Dendam, pertikaian, merah marah meradang, asap pembakaran, segumpal pesan terceraiberai, urai kisah di sisa perang terkatup palang-palang menumpuk masa lalu sejarah pembungkaman. Sejarah ngeri negeri sedih yang compang-camping kini dan terus mengembara mengumumkan mimpi-mimpi kayanya, dihasut sejuta kata sosialisasi integrasi yang sudah basi. Sebab kata masih mendesakkan banyak keberingasan dan takut yang sudah didahului fakta-fakta usang dan kadaluarsa, bahwa pembiaran negara semakin menyengsarakan unsur-unsur yang membikin negara itu dapat disebut sebagai negara. Di sana rakyat berdiri sebagai saksi dan korban yang terus bergelimpang didera ketidakadilan. Mereka dibikin resah sistem, issue yang terus menderas dan mengerat tiang-tiang penyangga negara. Cobalah berbalik pada peristiwa yang sudah lampau, menarik garis penghubung di titik-titik pergulatan hari. Kabar kemarin pagi tentang peran dan mereka yang terekam segumpal pesan yang sudah menyebar sebagai keranda mati demokrasi dan otonomi yang bernyanyi sebagai medan pertempuran perebutan kursi kekuasaan. Kita akan bertanya lagi di hari-hari mendatang, untuk mengevaluasi keberingasan kabar hari silam, agar kita menemu benang merah persoalan yang membuat hidup itu penuh dinamika dan romantika yang layak dikenang untuk dijadikan pelajaran bagi langkah kita selanjutnya meniti hidup. Coba kita mengulang lagi. Menera arti yang mampu membeber makna sesungguhnya. kritik penggiat media dan berita adalah pada kemampuan menyediakan informasi yang akurat, jujur, dan fair kepada para pembaca. Media yang baik bakal membantu pembacanya mengambil keputusan yang tepat dalam situasi sulit. Tapi, anggap saja kita sudah berada di hari mendatang itu. Hanya sayang, sebab kembali kita terjerembab pada keberingasan kabar yang hanya membuat takut itu jadi kekal, dan sejenis peradaban baru mengemas cemas dalam kisah masa depan yang penuh kegelisahan. Tanyakan sekali lagi tentang keadilan itu, di sana kita kembali bersua argumentasi basi dan ambigu. Sekali lagi, buatlah keputusan yang tepat untuk hari ini, dan apapun resikonya harus selalu dipertanggungjawabkan. Redaksi

REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Iklan menjanjikan, pelayanan tak maksimal

CATATAN MERDEKA:

Kaum itulah yang merubah nasibnya…(3) Oleh: Sandra Rondonuwu STh SH Penulis adalah Petani dan Koordinator Komunitas Berdiri Sejajar Dalam periode waktu yang lama itu, bangsa Indonesia seolah menjalani kutukan yang tak terelakan sebagai nasib yang harus diterima saja. Karena itu, Bung Karno dan kawankawan pergerakan melihat bahwa harus ada gagasan

yang revolusioner yang harus menyadarkan bangsa Indonesia bahwa, kolonialisme, imperialisme dan kapitalisme itu adalah musuh yang sesungguhnya. Dan dibutuhkan perlawan yang radikal dan revolusioner dengan

simbol kepala banteng, untuk menentang sistem yang tidak adil dan menindas. PNI ketika itu memang berhasil menghimpun kaum nasionalis dan segera menyadari dan menemukan format perjuangan yang hakiki, bahwa dalam sudut pandang apapun, kolonialisme tidak memiliki tempat di muka

bumi nusantara, karena itu cita-cita kemerdekaan Indonesia harus segera digaungkan dan menjadi kerinduan seluruh bangsa Indonesia. Tak sia-sia, citacita yang telah menggelinding bahkan jauh sebelum konggres Pemuda 1908 lalu 1928, terus membesar pada tahun 1930an, dan menemukan puncak perjuangan pada tahun1945, ketika Bung

Karno dan Bung Hatta berhasil memproklamirkan kemerdekaan rakyat Indonesia. Kini, jelang 64 tahun Indonesia menikmati perjuangan the founding fathers. Sebuah suasana yang jelas jauh dari situasi ketika pergerakan merebut kemerdekaan tempo itu. (bersambung)

Menguraikan simpulsimpul rumit (14) Oleh: Ignas Legowo Sumber: http://www.hamline.edu From: apakabar@clark.net Tanpa pemilu dan tanpa sistim parlementer maka kekuasaan militer meningkat. Meningkatnya kekuasaan militer membuat Sukarno harus mengimbangi dengan dukungan dari PKI, partai yang paling berdisiplin pada waktu itu. Sementara itu AS sudah merubah politiknya. “Nasution had become the linchpin of the new policy, and American officials put their faith in his assurance that his major aim was to restrict the power of the

communist party.” Pada tgl 29 September 1958, Dubes AS di Jakarta mengirimkan telgram, “With the postponement of elections formerly scheduled for 1959, Indonesian government has arrived at a kind of plateau in which there is a change of political stability for a minimum of two years.... General Nasution has stated he intends to maintain status quo for five years. This situation provides US and free world with excellent opportunity for removing Indonesia for good from

danger communist takeover if promptly exploit available possibilities” (K&K, 194-195). ‘Excellent opportunity’ itu dijajaki dengan menjalin hubungan baik dengan Angkatan Darat. Langkah pertamanya dengan membuka kesempatan sekolah di AS bagi para perwira Angkatan Darat. Studi tentang pengaruh AS pada Angkatan Darat sudah dilakukan oleh Bryan Evans, seorang perwira AD dari AS. Studinya diterbitkan dalam majalah Indonesia no. 47 (April 1989), berjudul “The influence of the United States Army on the development of the Indonesian Army

(1954-1964). “ Program pertama adalah Military Assistant Program (MAP). Pada tahun 1959, ABRI mengirim 41 orang perwira untuk sekolah di AS. Jumlah itu terus meningkat. Tahun 1960 dikirim 201 orang, 1961 (498), 1962 (1017), 1963 (568), 1964 (313), 1965 (3). Total hampir 2800 perwira AD dididik di Barat sampai tahun 1965. Menurut Evans, “The impact of US/Western training was extensive. US military manuals and texts were being used widely, and POIs (Programs of Instruction) in Indonesian Army branch schools were nearly identical with their US counter-

parts,” (Evans, 40). Di samping pendidikan di AS dengan program MAP itu pemerintah AS juga memberi dana, perlengkapan dan training untuk Civic Action Program (CAP) atau Operasi Karya. Operasi Karya adalah pengembangan lanjut dari Operasi Bakti yang terbukti sukses ketika Siliwangi menghadapi DI di Jawa Barat. Siliwangi berusaha mendekati masyarakat desa dengan memimpin kerjabakti sosial seperti berternak, usaha perikanan, penggergajian kayu, membetulkan jalan, mesjid, sekolah, dsb. (bersambung)

Badan perjuangan atau badan publik? (4/selesai) Oleh AJ Susmana Berdikari Online Setelah kemerdekaan tercapai, perubahan dari sistem ekonomi kolonial ke ekonomi nasional ternyata juga tak gampang dan mulus, banyak rintangan bahkan sistem ekonomi kolonial seakan bisa menemukan jalan kembali sementara pasal 33 UUD 1945 yang seharusnya menjadi jaminan sistem ekonomi nasional menuju

masyarakat adil dan makmur semakin terabaikan. Di tengah kegelisahan ini, seorang wakil rakyat dari sebuah Parpol yang menyerukan pembubaran Komisi Pemberantasan Korupsi dan pemaafan terhadap koruptor menuai hujatan dan kecaman dan imbasnya terhadap bentuk organisasi Partai Politik itu sendiri yang seakan di

antara hujatan dan kecaman terhadap parpol itu juga hendak dicari sistem untuk mengatur republik ini menuju masyarakat adil dan makmur tanpa Parpol. Apakah seperti Orde Baru? Ketika golongan yang tak mengatasnamakan partai politik dan hanya berkarya selalu menang dan memerintah? Walau tentu saja tanpa parpol bisa diartikan tanpa parpol yang tak berfungsi sebagai badan perjuangan. Akan tetapi

di balik seruan itu, bila kita menengok situasi kondisi politik riil hidup berbangsa dan bernegara kita yang semakin mengarah ke pelukan kolonialisme bentuk baru, seruan wakil rakyat yang bikin gempar dan heboh di kalangan penggiat anti korupsi ini, bisa jadi bermakna positif asalkan pemaafan koruptor nasional ini juga bermakna penguatan nasional untuk menuju rel ekonomi nasional. Sejalan dengan itu, untuk semakin

memperkuat persatuan nasional adalah mengembalikan hak-hak politik, berikut memberikan kompensasi ekonomi terhadap korban-korban politik Orde Baru yang sampai sekarang masih dikucilkan seperti para anggota dan simpatisan Partai Komunis Indonesia. Berikutnya adalah memperkuat solidaritas nasional dengan cara menjamin kesehatan dan pendidikan rakyat, memberikan tanah untuk petani penggarap. Bisakah?(*)

INI soal yang sering terjadi, namun, tidak banyak masyarakat yang sudah mengkritisi segala bentuk pelayanan yang tidak maksimal dari penyedia layanan jasa telekomunikasi. Sudah beberapa hari terakhir ini pelayanan komunikasi lewat telepon itu bermasalah, dan bukan baru kali ini saya kira. Saya ambil contoh yang terjadi di kantor kami. Ketika gagang telepon diangkat, yang terdengar hanya dengungan, dan nanti dalam tenggang waktu yang lama, barulah kemudian terdengar nada sambung. Ini tentunya sangat menggangu aktivitas kantor kami dalam berkomunikasi. Ini juga pelayanannya sangatsangat menyebalkan, walaupun ada promosi tentang harga murah dan banyak kemudahan lainnya seperti yang disosialisasikan lewat tayangan iklan-iklan yang menjanjikan, tapi sesungguhnya promosi itu di lain waktu sangat berseberangan dengan apa yang dirasakan oleh para pelanggan. Bagi pelanggan, tentunya yang diperlukan adalah kemudahan akses dan kenyamanan dalam penggunaan alat komunikasi. Dan persoalan komunikasi yang tak beres itu kami yakin bukan hanya dialami oleh satu dua pelanggan saja. Saya masih ingat di harian ini juga pernah ada pengeluhan yang saya kira sama. Pada surat pembaca awal bulan lalu salah saya mengutip pengeluhan ini. “Satu contoh yang saya alami ketika menggunakan product telekomunikasi dari salah satu provider penyedia jasa telekomunikasi. Satu saat saya mengirim SMS kepada teman saya, pesan saya kirim, tunggu beberapa saat, lalu pesan pending, kirim lagi, pending lagi, ... kemudian gagal. Pending lagi, gagal lagi! Tapi, tidak berarti semua itu gratis, karena lagi-lagi pulsa saya sudah terpotong sebanyak berapa kali kegagalan kirim itu terjadi.” Harapan dari pengirim surat pembaca itu seperti berikut, “Karena sejauh ini apa yang disebut sebagai “murah” itu, menurut saya tidak murah, dan bahkan boleh jadi dapat menjebak kita. Ini adalah pelanggaran dan mestinya ada ketentuan yang mengaturnya dan ada sanksi bagi yang melanggar ketentuan, agar masyarakat pengguna produk telekomunikasi kita di negara ini tidak dirugikan.” Saya pikir ini juga menjadi harapan dari banyak pelanggan dan pengguna jasa telekomunikasi di mana pun, supaya pelayanan jasa telekomunikasi itu terus dibenahi dan ditingkatkan, agar kenyamanan dan kemudahan akses itu boleh dinikmati oleh semua pengguna, sebab memang berkomunikasi itu tidaklah murah. Dwi Malalayang

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ronald Rompas. REDAKTUR PELAKSANA: Donny Wungow. KOORDINATOR LIPUTAN: Glenly Bagawie. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Daniel Kaligis, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG-BOLMUT), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL). KONTRIBUTOR: Heintje Mandagi (JAKARTA), Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. SPECIAL AGENT: Debby Ch Lende. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. KOLEKTOR IKLAN: . DESAIN GRAFIS: Raditha Yunika. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey. (Manado), (Bolmong Raya, Sitaro, Sangihe). PACKING: Samiun Hulantu. TIM PENGEMBANGAN: KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 6000/mm kolom (BW), Rp.12000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012 NOMOR 02081 TAHUN VI

MUSIK SOUNDCANAL COMPETITION DJ 2012

Hari ini digelar di HaHa Billiard & Bar KOMPETISI DJ bertajuk “Soundcanal Present Competition DJ 2012” bakal digeber mulai Jumat (14/9) hari ini, di HaHa Billiard & Bar, yang berada di lantar R2 Megamas Manado, dan di Hollywood Cafe, pada Sabtu (15/9) besok. Iven yang diikuti lebih dari 20 peserta DJ dari Manado dan sekitarnya ini, bakal menyuguhkan persaingan antara para DJ untuk menampilkan karya terbaik mereka dalam mengolah musikmusik mix. “Ajang ini juga sekaligus sebagai ajang pengembangan dan peningkatan DJ yang ada di Manado. Sebab, perkembangan musik mix dan DJ di Manado, untuk saat ini cukup pesat. Apalagi dengan kehadiran DJ-DJ dari ibukota yang sering tampil di beberapa tempat hiburan yang ada di Manado,” ujar Larry dari pihak pelaksana.(erer)

Jadi produser film YOON Eun Hye, aktris cantik Korea Selatan, rupanya tak hanya mahir berlakon di depan kamera. Ternyata bintang serial Princess Hours tersebut juga mempunyai kemampuan sebagai seorang produser film. Seperti dilansir

laman Hancinema, Eun Hye menjadi produser film pendek berjudul The Knitting. Film tersebut berhasil masuk dalam Busan International Film Festival (BIFF) ke-17 untuk kategori Wide Angle Korean Short Films. Menanggapi keberhasilan debutnya sebagai

produser, Eun Hye tak lantas jemawa. Ia mengaku film yang diproduserinya masih memiliki banyak kekurangan. “Cukup memalukan untuk diperlihatkan,

tetapi saya bersyukur dengan kesempatan yang diberikan kepada saya untuk sesuatu yang baru saja saya pelajari,” kata Eun Hye lewat micro-blogging Twitter.

Keputusan Eun Hye untuk terjun sebagai seorang sutradara film bukan tanpa alasan. Ia diketahui mengambil jurusan film di Joong Ang University.

Meski demikian, ia mengambil cuti pada semester kedua untuk menggarap film The Knitting. Rencananya Eun Hye akan menghadiri acara BIFF pada 4 Oktober mendatang.(vvn)

Yoon Eun Hye Jennifer Lopez

Ganti baju 4 kali sehari HAHA Billiard & Bar selalu memanjakan pengunjungnya dengan berbagai event.

PENYANYI seksi Jennifer Lopez, diketahui mempunyai kebiasaan berganti pakaian empat kali

dalam sehari. Wow! Pertama, penyanyi 43 tahun ini memulai harinya dengan mengenakan

pakaian bergaya kantoran yang chic. Dia keluar dari sebuah hotel di Kota New York, Amerika Serikat dalam balutan rok pensil hitam dan atasan lengan panjang warna krem. Penyanyi yang kerap disapa JLo ini melengkapi penampilannya dengan sepatu rancangan Christian Louboutin yang gemelapan dan tas clutch warna hitam. Selanjutnya, pelantun On the Floor itu keluar dari studio Katie Couric setelah melakukan wawancara dengan stasiun televisi ABC. Sambil melambaikan tangan ke arah fansnya, JLo tampak trendi dalam celana panjang hitam, sepatu hak tinggi warna hitam, dan kaus putih unik tulisan dalam bahasa Prancis, “Je suis fraiche parce que j’ai appris francais a l’ecole” atau “Saya orang keren karena belajar bahasa Prancis di sekolah”. Kemudian, mantan istri dari Marc Anthony itu terlihat mengenakan setelan jumpsuit warna pink krim lembut dan sepatu hak tinggi warna nude. Dia juga mempercantik penampilannya dengan mengenakan cincin, gelang besar, dan tas clutch warna krem, seperti dilansir Dailymail. Terakhir, ibu dua anak tersebut terlihat wah dengan memakai gaun terusan, tas, dan sepatu yang semuanya berwarna hitam dengan aksen payet saat makan malam dengan berondongnya, Casper Smart.(okz)

Mila Kunis Terjebak di lift MILA Kunis harus mengalami kejadian tak mengenakkan. Seperti dilansir laman Us Magazine, bintang film Black Swan tersebut terjebak di dalam lift selama hampir satu jam bersama sekitar 10 orang lainnya. Kunis yang dikabarkan berpacaran dengan Ashton Kutcher ini terperangkap dalam lift di salah satu gedung di New York City, akhir pekan lalu. “Mereka terjebak di dalam lift selama 45 menit dan kondisi di dalamnya sangat panas,” kata salah seorang saksi mata yang tidak disebutkan namanya kepada laman Page Six.

Meski harus terjebak di dalam lift dalam waktu yang cukup lama, Mila dan temannya tetap tenang. Tak lama kemudian, petugas pemadam kebakaran membantu mereka keluar dari lift tersebut. “Mila dan yang lainnya tetap tenang. Ada mobil pemadam kebakaran di luar dan petugas pemadam kebakaran membantu mereka keluar,” ucapnya. Seperti diketahui, saat ini Kunis tengah sibuk syuting film The Angriest Man di Brooklyn. Dalam film tersebut ia beradu akting dengan aktor Robin Williams.(vvn)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012

KETUM PBSI

Marzuki Alie siap pimpin KETUA DPR Marzuki Alie mengaku siap untuk maju dan memimpin Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) jika para pemilik suara memintanya. “Kalau yang punya hak suara di MARZUKI Alie. PBSI meminta saya maju. Saya akan siap,” kata ketua DPR Marzuki Alie usai membuka turnamen bulutangkis antar karyawan dan anggota dewan di gedung DPR/MPR/DPD Senayan Jakarta, Senin. Lebih lanjut Marzuki menegaskan bahwa pada prinsipnya dirinya melihat tugas apapun kalau itu merupakan amanah harus dikerjakan. “Tetapi amanah itu jangan dicari-cari,” kata Marzuki. Marzuki mengaku sebetulnya dirinya tidak ngotot dalam hiruk pikuk soal pemilihan ketum PBSI ini. “Tapi andaikata saya diminta untuk turun langsung untuk memimpin PBSI, saya siap, tidak akan menolak,” kata Marzuki. Lebih lanjut Marzuki menjelaskan jika dirinya memimpin PBSI maka langkah pertama yang dilakukannya adalah melakukan rekonsiliasi dengan berdialog kepada siapa saja yang terlibat dalam bulutangkis. “Saya akan mengundang semua orang yang dulu pernah membawa bulutangkis Indonesia jaya. Kita bicarakan bersama, kita selesaikan persoalan yang ada,” kata Marzuki. Marzuki juga menilai mungkin perlu dibangun sekolah-sekolah bulutangkis di daerahdaerah yang memiliki potensi. Namun tambahnya sekolah bulutangkis itu tidak harus dibuat di seluruh daerah. “Saya kira bukan suatu hal yang luar biasa untuk membangun sekolah bulutangkis di daerah yang punya potensi bulutangkis tapi tidak ada sekolahnya. Namun itu tidak di semua daerah,” katanya.(okez)

Polisi ... dari Halaman 16 Tragedi Hillsborough adalah tragedi yang mengakibatkan kematian para penonton sepakbola karena saling berjejalan di tribun penonton. Liverpudlian kala itu juga dilaporkan banyak yang tidak memiliki tiket, namun berhasil masuk ke stadion. Namun, belum lama ini terungkap bahwa ada pemalsuan dokumen tentang laporan yang ditulis polisi dan panitia pertandingan. Hal itu terungkap setelah adanya penyelidikan lebih lanjut dari Hillsborough Independent Panel (HIP), sebuah komisi yang ditugaskan dan memiliki wewenang khusus menyelidiki tragedi Hillsborough, yang didirikan tahun 2010. Para keluarga 96 korban Tragedi Hillsborough berkesempatan untuk menyimak dokumen-dokumen penting yang terkait dengan insiden tersebut pada Rabu (12/9) ini. Dokumen-dokumen itu adalah hasil penyelidikan yang dilakukan oleh HIP. Setelah HIP melakukan penyelidikan terhadap sekitar 80 organisasi, di mana termasuk di antaranya institusi pemerintah, kepolisian setempat, dan dewan kota Sheffield, akhirnya terkuak fakta sebenarnya di balik tragedi dengan jumlah korban terbanyak dalam sejarah kecelakaan di sebuah stadion di Inggris Raya itu. Dalam dokumen itu antara lain menyebut bahwa adanya kelalaian polisi setempat dalam mengantisipasi jumlah menonton yang kian membludak, yang memasuki stadion. Salah satu dokumen bahkan mengindikasikan bahwa kepolisian South Yorkshire, Sheffield dan panitia pertandingan memalsukan laporan berita acara. Ketua Kelompok Pendukung Keluarga Korban Hilsborough, Margaret Aspinall, menyatakan kesuksesan HIP dalam menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi dalam tragedi itu adalah sebuah keadilan yang dinantikan selama 23 tahun. “Ini yang selama 23 tahun diperjuangkan oleh keluarga korban Hillsborough. Tanpa ada kebenaran, Anda tak akan pernah mendapatkan keadilan,” kata Aspinall, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (13/9). Dalam tragedi Hillsborough , 95 orang meninggal pada insiden tersebut dan seorang lagi meninggal setelah mendapatkan perawatan sehingga menambah jumlah korban menjadi 96 orang. 89 korban di antaranya lakilaki serta tujuh orang perempuan. Berdasarkan umur, kebanyakan di antaranya berusia di bawah 30 tahun serta 13 orang di antaranya di bawah usia 20 tahun. Korban termuda adalah seorang anak laki-laki berusia 10 tahun. 730 orang terluka di dalam stadion serta 36 terluka di luar stadion. Ratusan orang juga mengalami trauma akibat peristiwa tersebut.(okez)

Nikah ... dari Halaman 16 Menariknya, ini merupakan pernikahan ketiga Ecclestone pria asal Inggris. Sebelumnya, Ecclestone sudah bercerai dengan istri keduanya bernama Slavica Radic tahun 2005. Keduanya sudah menjalin rumah tangga selama 23 tahun. Selama 23 tahun berumah tangga, Ecclestone memiliki dua putri dari hasil pernikahannya dengan Slavica. Mereka adalah Tamara dan Petra Ecclestone. Sedangkan dari istri pertama Ivy, Ecclestone memiliki putri yang diberi nama Deborah. Pasangan beda usia 45 tahun itu sudah beberapa waktu tinggal bersama. Menurut Ecclestone, kebersamaan tersebut sudah membuatnya yakin kalau Fabiana adalah perempuan yang tepat untuknya. “Kami sangat cocok,” tukas Ecclestone menjawab perbedaan usia keduanya. “Kami sudah bersama-sama sekitar dua tahun dan semuanya lancar. Fabiana punya selera humor yang bagus. Ketika tinggal bersamaku, Anda akan butuh selera humor yang bagus,” aku Ecclestone. Selain beda usia, perbedaan lain yang sangat kentara dari pasangan tersebut adalah perkara tinggi badan. Dengan tinggi 1,77 meter Fabiana memang kalah tinggi dari istri kedua Ecclestone yang menjulang sampai 1,87 meter. Tetapi Fabiana masih tetap lebih tinggi dari Ecclestone yang berpostur 1,59 meter. Menanggapi perbedaan yang satu itu, Ecclestone kembali menanggapi dengan canda. “Aku kan jadi tidak perlu berlutut (ketika melamar),” ceplos Ecclestone.(fjcm)

Sinta dan Triyatno pecahkan rekor PON

SINTA mengalahkan angkatan Beti pada PON XVII 2008 dengan berat 113 Kg, menjadi 118 Kg pada PON XVIII 2012 di Riau.

LIFTER putri Bali, Sinta Darmariani, yang turun di kelas 69 kilogram memecahkan rekor di cabang angkat besi untuk angkatan clean and jerk, yang sebelumnya dipegang lifter Lampung, Beti Feriyani. Sinta mengalahkan angkatan Beti pada PON XVII 2008 dengan berat 113 Kg, menjadi 118 Kg pada PON XVIII 2012 di Riau. Pada pertandingan di ball room Hotel Ratu Mayang Garden, Pekanbaru, Riau, Kamis Lifter Bali itu juga berhak atas medali emas dengan total angkatan 210 kg. Pasalnya, pada angkatan snatch dia berhasil mengangkat beban 92 Kg. Medali perak direbut atlet

Jawa Barat Sonia Febriyani L dengan total angkatan seberat 202 Kg, yakni snatch 90 Kg dan clean and jerk 112 Kg. Medali perunggu diraih atlet Kalimantan Tengah, Novita Purnamasari, dengan angkatan snatch 82 Kg dan clean and jerk 105 Kg, sehingga total angkatan seberat 187 Kg. Pada hari kedua cabang angkat besi juga diwarnai pemecahan rekor PON oleh atlet angkat besi Kalimantan Timur, Triyatno, yang turun di kelas 69 Kg, dan atlet Jawa Timur, Sandow Wildemar, di kelas 77 Kg. Triyatno, peraih medali perak Olimpiade London 2012, memecahkan rekor

PON untuk angkatan clean and jerk 175 Kg yang sebelumnya dipegang Misdan Yunif (Lampung) menjadi 179 Kg. Sedang Sandow memecahkan rekor angkatan snatch dari 143 Kg menjadi 144 Kg atas namanya sendiri. Kedua atlet itu juga memperoleh medali emas untuk daerahnya masingmasing. Triyatno berhasil mengangkat total angkatan seberat 135 Kg, yakni angkatan snatch 146 Kg dan 179 Kg angkatan clean and jerk. Sedangkan medali perak direbut atlet Jawa Barat Deni total dengan angkatan 317 Kg, yakni angkatan snatch 139 Kg dan clean and jerk 178 Kg, dan medali

perunggu diraih atlet Bali I Ketut Ariana dengan total angkatan 314 Kg, yakni angkatan snatch 143 Kg dan clean and jerk 171 Kg. Sementara Sandow memperoleh medali emas kelas 77 Kg dengan total angkatan seberat 328 Kg, yakni angkatan snatch 144 Kg dan 184 Kg untuk clean and jerk. Medali perak direbut atlet Kalimantan Timur Edi Kurniawan dengan total angkatan 323 Kg berupa angkatan snatch 140 Kg dan clean and jerk 183 Kg, dan medali perunggu direbut atlet Jambi Budi Setiawan dengan total angkatan 298 Kg, yakni angkatan snatch 136 Kg dan 162 Kg untuk clean and jerk.(komc)

PON RIAU: SEPAKBOLA

Jatim didiskualifikasi, “Bonek” demonstrasi PULUHAN suporter tim sepak bola Jawa Timur, “bonek”, menggelar aksi demonstrasi memprotes keputusan Ketua KONI Pusat Tono Suratman yang mendiskualifikasi tim kesayangan mereka pada PON XVIII/2012 di Riau. “Kami menganggap keputusan yang dikeluarkan oleh Tono Suratman merupakan keputusan intervensi bagi dewan hakim yang menyalah karena tidak dilandasi oleh dasar yang jelas,” kata Surin Welangon selaku koordinator aksi demonstrasi itu pada Kamis. Demonstrasi massa

suporter tim sepak bola Jawa Timur itu digelar di halaman Kantor Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PBPON) Riau. “Padahal, keputusan dewan hakim yang menyatakan bahwa Jatim dan Jabar masuk dalam daftar,” katanya. Ketua Pengurus PSSI Jatim Wardy Azhari di kesempatan sama juga menyesalkan keputusan PSSI Pusat Tono Suratman. Menurut dia, tidak boleh seorang pun bisa meng-

intervensi keputusan dewan hakim yang memutuskan diskualifikasi tim Jawa Barat yang telah menyalahi a t u r a n administrasi. “Ketika itu dewan hakim juga memutuskan tim Jatim yang lolos dalam grup. Namun, akibat diintervensi oleh Tono Suratman, keputusan berbalik lagi. Kami tidak menerima hal itu,” katanya. Ia menyatakan bahwa dewan hakim adalah lembaga tertinggi dan sah dalam

MOTOGP

Spies gabung Ducati musim depan PEBALAP AS, Ben Spies, akan tetap berlaga di ajang MotoGP pada musim 2013 setelah sepakat untuk memperkuat tim baru Ducati Pramac, Kamis (13/ 9). Di tim ini Ben Spies akan berpasangan dengan juara dunia Moto-2 asal Italia, Andrea Iannone. Spies sudah lama dihubung-hubungkan dengan Ducati sejak mengumumkan segera pindah dari tim Yamaha sehari sebelum Grand Prix AS di Laguna Seca. Di waktu yang sama Spies juga dikabarkan akan menjajal Kejuaraan Dunia Superbike. Di tiga balapan terakhir, Spies tak bisa melanjutkan

BEN Spies.

aksinya karena masalah kerusakan mesin saat menempati posisi kedua di Indianapolis dan jatuh akibat terlambat memindah gigi di Brno. Bergabungnya Spies

dengan tim baru Ducati ini menyusul kabar bahwa Andrea Dovizioso akan menggantikan Valentino Rossi yang akan hengkang. Sementara itu, pebalap 23 tahun Andrea Iannone mulai menjajaki MotoGP setelah penampilan impresifnya dalam latihan privat barubaru ini di Sirkuit Mugello. Dia menjadi pebalap Moto-2 kedua yang pindah ke mesin prototipe pada 2013. Menyusul pebalap Moto2 lainnya, Marc Marquez, yang pindah ke tim Honda sebagai pengganti Casey Stoner. Ducati saat ini tengah melakukan reorganisasi departemen balapannya setelah melakukan kerja sama dengan Audi.(komc)

kegiatan PON di mana pun. Satu hal yang harus diketahui, katanya, keputusan dewan hakim adalah final dan mengikat sehingga tidak bisa diinterfensi pihak mana pun termasuk PSSI. Aksi protes bonek itu dilakukan dengan cara-cara yang unik, yakni dengan menggunakan alat musik berupa gendang dan drum sambil menyanyikan lagulagu terkenal yang diplesetkan menjadi pernyataan protes keputusan dewan hakim yang berbalik dan karena dianggap telah diintervensi PSSI.(okez)

juga telah kebobolan 8 gol dari tiga laga terakhir. Kabar bagusnya, ketika bersua dengan Arsenal, meski keduannya tercatat baru pertama kali ini kembali bersua sejak 2005, Southampton mampu menahan imbang Arsenal pada dua pertemuan terakhir kedua tim di Pre-

mier League musim 2004/ 05. Arsenal pun harus berhati-hati karena para pemain Southampton selalu semangat jika melawan tim-tim papan atas. Saat melawan duo Manchester, Southampton bahkan mampu unggul lebih dulu dan merepotkan

Ada ”Hole in One” berhadiah mobil PERHELATAN Turnamen Manguni Golf Club (MGC) III yang akan digelar di Vista Golf Malalayang, Sabtu (15/9) besok, makin menggiurkan saja. Pasalnya, bakal ada tantangan bagi para golfer dalam iven ini untuk melakukan hole in one, sekali pukul dari tee box langsung masuk lubang, dengan hadiah menarik. “Yang pasti sudah ada sponsor untuk hole in one, yaitu Askrida Manado. Kami juga sedang menunggu sponsor lainnya untuk hole in one ini, tapi yang jelas sudah ada 1 mobil yang disediakan Askrida Manado bagi yang bisa melakukan hole in one,” ujar Metro Gaghana, penanggung jawab bidang pertandingan di Turnamen MGC III. Hanya saja, pendaftaran untuk iven ini sudah ditutup. “Terpaksa kami batasi, karena jika terlalu banyak maka dipastikan akan macet. Untuk itu kami mohon maaf, apabila ada ada golfer yang tidak terakomodir dalam turnamen ini. Kami tidak menyangka jika banyak respon positif dari luar klub terhadap turnamen kami ini,” jelas Cliff Nicolaas, Ketua Panitia Turnamen MGC III ini. Di dua turnamen awal, lanjut Cliff, iven ini memang hanya khusus

METRO Gaghana.

bagi member MGC Manado. “Tapi untuk pelaksanaan yang ketiga, kami membuat jadi open tournament. Kami berharap kami juga bisa mengisi kekosongan iven golf di daerah ini. Karena selama ini yang rutin hanya ada Turnamen Bank Sulut dan Turnamen Bank BNI,” katanya. Soal penyelenggaraan MGC III ini, akan dilaksanakan di Vista Golf Malalayang, yang telah menambah 3 hole. “Jadi nanti turnamen akan dilaksanakan sebanyak 18 hole, dalam dua putaran yang semuanya Par 3. Cuma kami mohon maaf jika penambahan 3 hole ini belum maksimal. Yang jelas kita mendapatkan tantangan baru dengan tambahan 3 hole baru ini,” pungkas Metro.(teem)

PON RIAU

Tuan rumah akhiri penantian Emas TUAN rumah akhirnya mendulang emas pertamanya di cabang Karate nomor Kumite putri +68 kg. Sementara emas di kelas -67 kg dan 75 kg putra, terbagi ke kontingen Sumatera Utara (Sumut) dan Jawa Timur (Jatim), petang tadi (Rabu, 12/9). Di partai final +68 kg putri, Karateka Riau, Asmaul Husna mengandaskan wakil Sulawesi Selatan, Wiwi Pratiwi dengan angka yang cukup mutlak, 5-3 dari penilaian tim juri. Sementara perunggu jatuh ke tangan Halimah Nasution (Sumut) dan Kadek Suwandewi (Bali). Sedangkan di final -67 kg putra, bertemu Jintar Simanjuntak (Sumut) kontra

Zulizar asal Papua Barat. Skor 7-0 dari para juri, mutlak menjadi milik Jintar yang juga atlet nasional tersebut. Untuk medali perunggunya sendiri, dibawa pulang Andik S (Jawa Tengah) dan Ivan A (Jatim). Setelah final -67 kg dihelat, kini giliran nomor kumite kelas -75 kg putra. Partai puncak mempertemukan wakil Sumut lainnya, Dedi Irwansyah dan Karateka Jatim, Angga L. Meski diawali pertarungan sengit, tapi skor akhir berkesudahan 3-0 untuk Angga dari Jatim dan Dedi harus puas dengan perak. Adapun perunggu disabet Rafael Meirizki (DKI) dan Alin Sukma (DI Yogyakarta).(okez)

Rossi akui sulit kalahkan Lorenzo DUA tahun bergumul dalam kesulitan di Ducati ternyata merontokkan kepercayaan diri Valentino Rossi. The Doctor tidak yakin bisa secepat Jorge Lorenzo saat bergabung dengan Yamaha musim depan. Prestasi keduanya dalam dua tahun terakhir memang sangat jomplang. Rossi hanya dua kali naik podium—dua-duanya di Prancis—sementara Lorenzo 21 naik podium, di mana delapan di antaranya sebagai juara. Performa hebat Lorenzo dengan motor Yamaha YZR M1 itu ternyata membuat Rossi ngeper. The Doctor tak langsung menargetkan persaingan memperebutkan gelar juara dengan Lorenzo. Pembalap Italia berusia 33 tahun ini tampaknya lupa dengan rekor hebatnya di

Modal ... dari Halaman 16 gelandang Abou Diaby diragukan tampil pada laga ini karena cedera otot. Dari kubu tim tamu Southampton, mereka datang dengan modal kurang bagus, karena tiga kekalahan beruntun di awal musim membuat Southampton terpuruk di dasar klasemen tanpa poin. Southampton

TURNAMEN MANGUNI GOLF CLUB III

barisan pertahanan lawan, meski pada akhirnya kalah. Suntikan positif bagi Southampton, gelandang anyar Gaston Ramirez kemungkinan akan menjalani debutnya pada laga ini setelah melewatkan laga melawan Manchester United di awal bulan.(teem)

ROSSI kerap kehilangan grip dan hanya bisa dua kali naik podium.

masa lalu. Rossi merupakan pemilik rekor 46 kemenangan saat membalap enam tahun pada 2004-2010 bersama Yamaha. “Setelah dua tahun yang sulit, saya tidak yakin bisa secepat Lorenzo di Yamaha. Lorenzo mungkin pembalap terbaik saat ini dan memiliki begitu banyak

balapan hebat bersama M1,” kata Rossi seperti dikutip dari Autosport. “Saya pikir akan sulit mengalahkannya, tapi yang penting adalah mendapatkan kesenangan dan terutama mempunyai kesempatan yang bagus untuk bertarung di posisi terdepan,” ujar Rossi.(okez)

Kepercayaan ... dari Halaman 16 “Kami harusnya meraih kemenangan saat melawan Deportivo dan sekarang kami harus meraih poinpoin yang hilang,” ucap kiper berkebangsaan Brasil ini. Mengenai persaingannya dengan Vicente Guaita di bawah mistar gawang Los Che, Alves mengaku tak ada masalah dengan hal itu. Dia menyerahkan hal itu kepada pelatih Mauricio

Pellegrino tentang keputusannya siapa yang bakal diutamakan menjaga g a w a n g Va l e n c i a . ” P e l l e g r i n o belum mengatakan apa-apa tentang adanya rotasi di antara kami,” kata mantan pemain Almeria ini. “Bukan saya yang membuat pilihan, tapi pelatih juga belum mengatakan apa-apa,” pungkasnya.(okez)


JUMAT 14 SEPTEMBER 2012 NOMOR 02081 TAHUN VI TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

Modal pertahanan rapat SPORTAINMENT

MENANG atas Liverpool, pasukan Arsene Wenger dilaga terakhir lanjutan Liga Inggris musim ini, tentunya menjadi modal penting Arsenal. Dua kali imbang dan hanya sekali menang, membuat posisi Arsenal kini masih tertahan di

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN ARSENAL: Mannone, Jenkinson, Mertesacker, Vermaelen, Gibbs, Ramsey, Arteta, Cazorla, Chamberlain, Giroud, Podolski. SOUTHAMPTON: Davis, Clyne, Fonte, Hooiveld, Fox, Schneiderlin, Prowse, Lallana, Ramirez, Rodriguez, Lambert.

urutan 8 dengan nilai 5. Tak pelak, misi dapatkan poin sempurna kala menjamu Southampton, Sabtu, (15/9) di Emirates

Stadium, London akan diapungkan. Modal pertahanan rapat yang digalang Mertesacker dkk membuat Arse-

nal memang sulit ditembus. Buktinya, saat ini Arsenal adalah satusatunya tim yang belum pernah kebobolan di Premier League. Namun, jelang laga melawan Southampton, Arsenal kembali mendapat kurang bagus menyusul, kabar cedera pemain. Baca: Modal ( Halaman 15 )

Kepercayaan tinggi Valencia Polisi palsukan dokumen KIPER Valencia, laga selanjutnya. tragedi Hillsborough Diego Alves meneAkhir pekan ini, kankan perlunya bagi Los Che untuk meraih kemenangan pertama mereka di kandang musim ini demi menumbuhkan kepercayaan diri pada laga-

FABIANA FLOSI

Nikah dam-diam? FABIANA Flosi (36) dibertakan nikah diamdiam pada sebuah Villa kecil miliknya yang terletak di Gstaad, Swiss, dua pekan yang lalu. Adalah CEO F1, Bernie Ecclestone, yang persunting Flosi. Kabarnya, pria 81 tahun ini sebagaimana diberitakan Daily Mail kedua pasangan yang sedang berbahagia ini bertemu saat F1 menggelar balapan di Brasil. Flosi merupakan wakil presiden marketing untuk event itu. Baca: Nikah ( Halaman 15 )

KIPER Valencia, Diego Alves.

Valencia harus menjamu Celta Vigo dalam lanjutan kompetisi La Liga dan Alves merasa timnya harus memenangi laga tersebut, karena Valencia belum meraih kemenangan dari tiga laga mereka di La Liga. Dari tiga laga perdana La Liga, mereka dua kali imbang melawan Real Madrid dengan skor 1-1 dan Deportivo La Coruna 3-3. sementara ketika berhadapan dengan Barcelona, mereka kalah tipis 1-0. “Dengan segala hormat kepada Celta, saya pikir kami harus mulai mencetak poin di kandang,� kata Alves, seperti dilansir Football-Espana, Kamis (13/9/2012). Baca: Kepercayaan ( Halaman 15 )

SELAMA 23 tahun, fans Liverpool disalahkan akibat tragedi Hillsborough.

SELAMA 23 tahun keluarga korban tragedi Hillsborough, memperjuangkan keadilan terkait tewasnya 96 fans Liverpool dalam pertandingan semifinal FACup antara Liverpool dan Nottingham Forest di stadion Hillsborough, markas Sheffield Wednesday pada 15 April 1989. Selama 23 tahun, fans Liverpool disalahkan

akibat tragedi Hillsborough. Kala itu, panitia pertandingan dan polisi dalam laporannya sepakat menyatakan penyebab kejadian itu adalah banyaknya Liverpudlian yang mabuk sehingga membuat situasi kacau, karena juga terjadi keributan antar suporter. Baca: Polisi ( Halaman 15 )

PER Mertesacker pemain sepak bola profesional asal Jerman yang bermain sebagai bek tengah untuk Arsenal di Liga Primer Inggris dan tim nasional Jerman.

14 sept 2012  

Swara kita, 14 sept 2012

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you