Issuu on Google+

RABU 9 MEI 2012 NOMOR 01975 TAHUN VI TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

Bencana hantam Dumoga

SELEBRITI

KERUSAKAN PINOBATUAN BARAT 21 rumah rusak ringan PINOBATUAN INDUK 42 rumah rusak ringan 4 rumah rusak berat IMANDI 10 rumah rusak ringan 15 rumah tenggalam

SALAH satu rumah warga (foto kanan) dan rumah ibadah jemaat KGBI Pinobatuan (foto kiri) yang mengalami rusak parah akibat hantaman angin puting beliung Selasa (8/5) kemarin sekitar pukul 14.00 Wita, dimana terlihat sebagian atapnya terangkat.(foto: ist)

Imandi-Pinobatuan dihajar puting beliung serta banjir, puluhan rumah warga rusak AGNES MONICA

Jadi Duta HKI 2012 ARTIS cantik Agnes Monica, terpilih menjadi Duta Besar Hak Kekayaan Intelektual (HKI) 2012, dengan berhasil mengalahkan nominator lainnya. Menteri Hukum dan HAM, Amir Syamsudin, mengatakan terpilihnya nama Agnes karena prestasinya yang luar biasa di usia yang relatif muda. “Agnes telah memiliki prestasi dan inspirasi bagi kaum muda lainnya. Sukses mengapresiasikan hak kekayaan intelektual baik ditingkat nasional maupun internasional,” ujar Amir dalam pidato sambutanya di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa (8/5) kemarin. Baca: Jadi ( Halaman 11 )

INTERNASIONAL

AL QAEDA

CIA gagalkan teror bom pakaian dalam

MENLU AS, Hillary Clinton.

DINAS Intelijen Amerika Serikat, Central Intelligence Agency (CIA) menggagalkan rencana serangan bom dari militan Al Qaeda di Yaman. Bom tersebut disimpan di pakaian dalam tersangka dan akan diledakkan di pesawat milik maskapai AS untuk memperingati satu tahun kematian Osama bin Laden. Bom itu dirancang sedemikian rupa agar dapat masuk ke pakaian dalam tersangka. Namun pada saat ini, Al Qaeda tampak memodifikasi bom tersebut dengan menggunakan perangkat yang tidak mengandung unsur besi. Hal itu cukup menyulitkan para petugas bandara, karena bom tersebut tidak akan terdeteksi. Hingga Selasa (8/5) kemarin, cara yang digunakan CIA untuk mendeteksi bom itu belum jelas. Tersangka yang merupakan anggota militan Al Qaeda Yaman tidak memiliki target secara spesifik. Baca: CIA ( Halaman 11 )

Dumoga—Bencana alam kembali menerpa Bumi Nyiur Melambai. Kali ini, dua desa di Kecamatan

IMIGRAN KABUR

Dumoga Timur, Bolmong, dihantam puting beliung dan banjir bandang. Peristiwa ini terjadi Selasa (8/

5) siang kemarin sekitar Pukul 14.00 Wita, menerpa Kelurahan Imandi dan Desa Pinobatuan Barat dan Induk yang lebih dikenal dengan nama Tambun. Hal ini mungkin menjadi pertanda alam, mengingat beberapa kericuhan sempat pecah di beberapa de-

sa di Kecamatan tersebut yang terjadi pekan lalu. Dari informasi yang dirangkum harian ini menyebutkan, akibat bencana alam tersebut, ditemukan puluhan rumah rusak. Teridentifikasi 21 rumah di Desa Pinobatuan Barat mengalami rusak berat dan rusak ringan, 42 rumah di

KASUS WISMA ATLET

Desa Pinobatuan Induk mengalami rusak ringan dan 4 rumah rusak berat, sedangkan di Kelurahan Imandi terdapat 10 rumah warga mengalami rusak ringan, dan 15 rumah tenggalam akibat banjir bandang. Camat Dumoga Timur Yohanes Lomban ketika dikonfirmasi mem-

benarkan kejadian tersebut. “Totalnya ada 77 rumah yang rusak dan 10 rumah tenggalam. Ada beberapa atap rumah yang terangkat,” ujar Lomban. “Akibat angin puting beliung itu, banyak juga pohon yang roboh,” katanya. Baca: Bencana ( Halaman 11 )

PEMERINTAHAN

Diduga KPK panggil politikus PDIP Hari ini, Kota Tomohon miliki walikota definitif lari lewat jalur laut Ondong—Pasca kaburnya 51 imigran gelap asal Afganistan dan Iran dari Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Manado, membuat aparat kepolisian dan pemerintah meningkatkan pengamanan. Dan, kabar berhembus menyebutkan kalau para imigran gelap dari Timur Tengah tersebut, memilih melarikan diri untuk keluar dari Indonesia melalui jalur laut di wilayah perairan Sangihe-Sitaro. Tak heran jika pengamanan di wilayah kepulaan tersebut ditingkatkan. Untuk itu, Kapolres Sangihe-Sitaro, AKBP Hisar Siallagan SIK, kepada sejumlah wartawan, Selasa (8/5) kemarin menegaskan kalau seluruh personil kepolisian yang ada di wilayahnya sudah dikerahkan. Baca: Diduga ( Halaman 11 )

man agar lembaga antikorupsi itu segera menyelesaikan kasus Hambalang. “KPK bekerja di domain hukum, bukan politik. Jadi (penetapan tersangka) tidak bisa dicepat-cepatkan atau dilambatlambatkan,” kata Johan di Jakarta, Selasa (8/5) kemarin.

Jakarta—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bertekad segera memeriksa anggota Komisi Olahraga Dewan Perwakilan Rakyat, Wayan Koster, untuk tersangka kasus korupsi Wisma Atlet SEA Games. “Kami dalami. Nanti kami periksa,” kata Wakil Ketua KPK Zulkarnain di kantornya di Jakarta, Senin 7 Mei 2012 kemarin. Sebelumnya, KPK juga telah memeriksa staf Koster, Budi Supriyatna pada Rabu (2/5) pekan lalu. Budi diperiksa terkait kasus suap wisma atlet SEA Games dengan tersangka lainnya, Angelina Sondakh. Seperti diketahui, tiga orang saksi yaitu Yulianis, Oktarina Furi, dan Luthfi Ardiansyah—so-pir Grup Permai, perusahaan MuhamadNazaruddin—dalam sidang dengan terdak-wa Nazaruddin membenarkan bahwa ada aliran dana ke anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI dari Fraksi Partai DemokratAngelina Sondakh.

Baca: Anas ( Halaman 11 )

Baca: KPK ( Halaman 11 )

TERSANGKA kasus korupsi Wisma Atlet yang juga anggota DPR RI Fraksi PDIP, Wayan Koster.(foto: ist)

Anas belum bisa dijerat Jakarta—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan tidak akan terpengaruh tekanan dari pihak luar terkait penyelidikan kasus proyek Hambalang. Hal itu disampaikan Juru Bicara KPK Johan Budi SP saat menanggapi desakan anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Is-

To m o h o n — S e t e l a h menunggu hingga 1,5 tahun, maka Rabu (9/5) hari ini, Jimmy F Eman SE Ak akan dilantik menjadi Walikota Tomohon secara definitif. Sebelum dilakukan pelantikan, berbagai persiapan pun mulai dilakukan panitia agar pelaksanaan Sidang Paripurna Istimewa Dekot Tomohon hari ini bisa berjalan dengan lancar. Sekretaris Dewan (Sekwan) Tomohon Drs Octavianus Boy Mandagi menyatakan kesiapan acara pelantikan walikota sudah mencapai 100%. Bahkan, Selasa (8/5) kemarin sore, Eman telah melakukan gladi resik. “Kesiapan pelaksanaan pelantikan Walikota definitif sudah siap dan tidak ada kendala lagi, semua kesiapan sudah di bahas di tingkat penyelenggara dan panitia persiapan pelantikan. Undangan sudah disebarkan untuk pelantikan besok (hari ini, red),” ujar Mandagi kepada wartawan, kemarin.

JIMMY Eman.

Sementara itu, Eman sendiri sangat berterima kasih kepada masyarakat Tomohon karena berkat dukungan warga, dirinya bisa terus memimpin kota itu hingga sampai didefinitifkan. Selain itu, Eman juga berterima kasih kepada Pemprov Sulut dalam hal ini Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang yang telah meluangkan waktu untuk datang melakukan pelantikan. Baca: Hari ( Halaman 11 )

Inilah fakta Ibu Negara Prancis yang baru, Valerie Trierweiler

Seorang wartawati yang belum dinikahi resmi oleh sang presiden Prancis seperti diketahui telah memiliki pemimpin baru. Kandidat sayap kiri Francois Hollande, menang dalam pemilihan umum putaran kedua dan mengalahkan incumbent Nicolas Sarkozy, Minggu (6/5) lalu. Kemenangan Hollande disambut suka cita warga Prancis. Mereka berkumpul di alun-alun Revolusi Prancis, berteriak dan mengibarkan bendera. Warga dari semua usia dan etnis juga merayakan kemenangan Hollande di Bastille. KETIKA Prancis akan mengucapkan selamat tinggal pada Nicolas Sarkozy dan istrinya yang supermodel Carla Bruni, seorang ibu negara baru telah datang untuk menggantikan. Berikut adalah sejumlah

fakta dari Valerie Trierweiler, ibu negara Prancis yang baru. Belum dinikahi: Kendati mendampingi presiden terpilih Francois Hollande, janda dengan tiga anak ini ternyata belum menikah secara

resmi. Jadilah, Valerie sebagai “ibu negara” pertama yang belum dinikahi sepanjang sejarah Prancis. Wartawati: Perempuan berusia 47 tahun ini adalah seorang wartawan dari majalah Paris Match sejak 1989.

Dia juga menolak mundur dari majalah itu ketika mulai berkencan dengan Hollande, kandidat presiden yang ditemuinya saat meliput politik untuk majalahnya. Baca: Seorang ( Halaman 11 )

PRESIDEN Prancis terpilih Francois Hollande, bersama ibu negara yang baru Valerie Trierweiler.(foto: ist)


RABU 9 MEI 2012

PAD

April, capaian Samsat Manado lebihi target PENDAPATAN Asli Daerah (PAD) dari UPTD Samsat Manado Dinas Pendapatan Daerah Sulut terus mengalami peningkatan. Terbukti, jelang April 2012, realisasi capaian PAD nya sudah mencapai 16 miliar rupiah. Angka ini melebih dari target yang ada sekitar 15,5 miliar rupiah perbulannya. Hal ini disampaikan Kepala UPTD Samsat Manado Drs Benny Kalonda di ruang kerjanya, Selasa (8/5) kemarin pagi. Menurut Kalonta, kontribusi terbesar dari hasil capaian tersebut yakni dari pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Kalonta pula menambahkan, ke depan pelayanan UPTD Samsat Manado akan terus benahi atas laporan laporan masyarakat terkait dengan pengutan pungutan liar yang masih terjadi serta memaksimalkan dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat wajib pajak.(erer)

PELAYANAN PUBLIK

Sekprov: BPS Sulut tingkatkan kinerja SEKRETARIS Provinsi (Sekprov) Sulut, Ir Siswa R Mokodongan menghadiri peresmian kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut bertempat di jalan 17 Agustus, yang di gelar Selasa (8/5). Sekprov menyatakan dengan dibangunnya gedung BPS yang baru diharapkan bisa memberikan dan menerapkan prinsip tata kelola baik bagi pelayanan masyarakat. “Dengan adanya pembangunan kantor baru ini, diharapkan segenap jajaran BPS Sulut terus meningkatkan kinerja dan pengabdian yang bersinergis untuk kemajuan Sulut,” kata Mokodongan. Mokodongan juga memberi apresiasi baik bagi BPS untuk membangun kepercayaan masyarakat, dengan melakukan reformasi birokrasi diantaranya melalui program percepatan terhadap produk BPS yang benar dapat menyentuh kebutuhan pengguna data. Karena data statistik memiliki arti dan peran penting dalam konteks pembangunan bangsa, termasuk di Sulut, demand data statistik semakin meningkat, baik tingkat regional maupun global, data mampu menjadi kompas dalam mengarahkan dan menentukan kebijakan secara utuh dan objektif.(erer)

PROYEK

Kontraktor harus punya tanggungjawab moral PELAKSANAAN tender proyek APBD Sangihe tahun anggaran 2012 yang mulai digulirkan, mendapat perhatian serius dari Ketua LP3ST Very Bawoleh. Olehnya, Bawoleh menegaskan dalam pelaksanaan pekerjaan baiknya pengusaha jasa kontruksi punya tanggungjawab moral terhadap kualitas pekerjaan yang dilakukannya. “Jangan hanya mengejar keuntungan lantas masyarakat yang menjadi korban dari pekerjaan proyek yang kualitasnya diragukan,” ujar Bawoleh. Selain itu juga, Bawoleh mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan setiap pekerjaan proyek yang dilakukan. “Masyarakat punya peran penting terhadap pengawasan kualitas proyek dimana proyek tersebut dikerjakan. Jangan pernah takut melakukan komplein kepada kontraktor bila ada pekerjaan yang menyimpan dari bestek yang ada,” ujarnya.(esde)

Kandow minta para koleganya ”ba kaca” Soal perjalanan dinas anggota Deprov Sulut yang dinilai berlebihan Manado—Beberapa hari terakhir ini, sorotan publik tertuju pada kebiasaan para anggota Deprov Sulut yang doyan melakukan perjalanan dinas ke luar daerah. Pasalnya, hampir setiap minggu berjalan, ada saja wakil rakyat Sulut yang meninggalkan tugasnya di daerah, untuk tujuan terbang ke luar daerah dengan dalih perjalanan dinas. Satu per

satu anggota Deprov Sulut pun nampak mulai gerah dengan kondisi ini, tetapi tidak sedikit juga yang bersikap cuek meskipun sudah mendapat sorotan berkali-kali. Namun dengan tegas, Ketua Komisi II Drs Steven Kandow justru dengan lantang mengatakan kalau perjalanan dinas yang dinilainya sudah berlebihan

ini, sudah sangat mencoreng wajah lembaga Deprov Sulut, sehingga meminta pada para koleganya di Deprov Sulut untuk berkaca. “Anggota dewan harus ‘ba kaca’ dan introspeksi diri. Siapa yang gemar berangkat tapi sering mengabaikan tugas-tugas dewan. Siapa yang berangkat tapi tidak substansial. Dan siapa yang berangkat tapi tidak menjalankan tugas sebagaimana mestinya,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (8/5) kemarin. Hal ini diutarakan politikus PDIP ini, menyikapi juga sorotan publik yang

seolah-olah menyalahkan dan menyudutkan Ketua Deprov Sulut Meiva Salindeho-Lintang STh yang dianggap memberikan peluang dan keleluasaan bagi anggota dewan untuk berangkat. “Perlu diketahui, ketua dewan itu tugasnya hanya memfasilitasi permohonan anggota dewan, dan dia tidak ada hak menolak atau menghalang-halangi. Sudah rahasia umum jika ketua dewan tidak menandatangani surat tugas, pasti oknum anggota dewan itu akan marahmarah,” kata Kandow, membela Lintang. Penegasan Kandou ini

mendapat dukungan Wakil Ketua Komisi II Soenadri Sumanta SIP. Dia menambahkan, harusnya setiap perjalanan dinas yang dilakukan anggota dewan, harus dipertanggungjawabkan masing-masing anggota dewan kepada publik. “Ya memang benar yang dikatakan Pak Kandou. Personil dewan harusnya berkaca dan melakukan introspeksi diri, karena yang terjadi selama ini banyak anggota dewan yang malas masuk kantor namun selalu ngotot untuk melakukan perjalanan dinas,” tukas mantan Ketua Dekab Bolmong ini.(dewe)

Plh Ketua PDIP Sulut, hingga batas waktu yang tidak ditentukan,” ujar Ketua Bidang Kominfo DPD PDIP Sulut, Drs Steven

Kandou, kepada wartawan Selasa (8/5) kemarin. Dikatakannya, sebenarnya SK perpanjangan masa tugas Olly ini cukup diketa-

hui di internal partai, tetapi karena sudah terlanjur diketahui wartawan, maka tidak salah juga untuk diketahui publik. “Sebenar-

DJOUHARI Kansil.

nya hanya konsumsi internal, tapi tak masalah juga (diketahui masyarakat, red),” ucap politikus yang juga menjabat Ketua Komisi II Deprov Sulut ini. Diberikatakan sebelumnya, pascadibebaskan dari tahanan, Sualang yang ditemui wartawan berujar tentang statusnya sebagai Ketua DPD PDIP Sulut periode 2010-2014. “Saya masih ketua definitif. Saya tidak mengundurkan diri, apalagi dipecat partai. Kepengurusan saya nanti berakhir tahun 2014 mendatang, sebab masa periodisasi kepengurusan kami di PDIP adalah 5 tahun, dimana musda digelar tahun 2010 lalu. Apakah saya akan diakfitkan kembali dari jabatan ketua atau tidak, itu terserah DPP,” ujar Sualang.(dewe)

“Saya menyimpulkan ini adalah konflik laten, karena konflik ini sudah terjadi sejak lama akibat dendam yang terpelihara,” tutur Brani. Dengan kondisi ini, Ketua GP Ansor Sulut ini pun menganalisa kalau konflik ini terjadi karena ada aktor yang ingin mengacaukan perdamaian di Dumoga. “Menurut analisa saya, satu hal yang mengherankan, konflik Dumoga ini berjalan hampir serentak dan terjadi di sepuluh desa, yang menempatkan lima titik potensi konflik, dan ini tidak pernah terjadi. Saya mencurigai ada aktor tertentu di balik ini. Persoalan siapa yang menjadi aktor dan ada kepentingan apa di balik motif munculnya konflik secara bersamaan di sepuluh desa, ini menjadi tugas pemerintah dan aparat keamanan,” ujar Brani. Diapun memberikan solusi, pendekatan untuk penyelesaian konflik dumoga, tidak cukup dengan hanya pendekatan keamanan. Tetapi bisa dengan pendekatan secara

simbolis, mengumpulkan pihak-pihak yang bertikai kemudian mendeklarasikan dan mengikrarkan sikap damai, karena berapa jumlah konflik yang sudah terjadi, itu sama persis dengan jumlah berapa kali perdamaian dilakukan dan konflik selalu berulang. “Pendekatan juga harus ekonomi, bagaimana kesejahteraan dan ekonomi masyarakat Dumoga itu juga harus menjadi perhatian serius pemerintah karena 60 sampai 70 persen penduduk Dumoga selama ini menggantungkan ekonomi mereka pada sektor pertambangan. Potensi emas di Dumoga ini kan sudah selesai, dan hampir 60 sampai 70 persen masyarakat Dumoga sudah kehilangan mata pencaharian. Kalau pengangguran meningkat, kemudian minuman keras masih merajalela pada pergaulan generasi muda di wilayah Dumoga, tentu saja ini menjadi pendorong konflik dan kekerasan di masyarakat,” terang Brani.(dewe)

Harapan Sualang untuk kembali terancam pupus

KABID Kominfo DPD PDIP Sulut Steven Kandou, saat menunjukkan SK Perpanjangan Masa Tugas Olly Dondokambey sebagai Plh Ketua DPD PDIP Sulut.(foto: donny/sk)

Kepala SKPD wajib ikut

Manado—Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd menegaskan, Kepala SKPD dilingkungan Pemprov Sulut tidak ada alasan untuk tidak mengikuti kegiatan Jumat Bersih Tanpa Temuan (Jumpa Bete), dengan alasan “tidak tahu”. Jika masih ada pejabat eselon II yang memberi alasan demikian, itu berarti bukan kepala SKPD namanya. Penegasan Kansil tersebut, di kemukakan dihadapan para kepala SKPD dilingkungan Peprov Sulut, diruang rapat Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Senin (7/5) pekan lalu. Pertemuan yang turut diikuti Sekprov Ir Siswa Mokodongan, Asisten I Bidang Pemerin-tahan dan Kesra Drs Mecky M Onibala MSi, Asisten II Ir Roy O Roring MSi, Asisten III Drs Edwin Silangen MS. “Dalam pelaksanaan jumpa bete selama ini, ternyata ma-sih ada kepala SKPD yang tidak hadir alias alpa, dengan tanpa alasan yang jelas,” akunya. Karena itu melalui pertemuan kali ini saya tegaskan kembali, untuk menjadi perhatian kita semua, terutama para kepala SKPD, untuk hadir dalam setiap pelaksanaan jumpa bete yang dilaksanakan setiap hari jumat minggu berjalan. “Karena kegiatan tersebut, dinilai sangat penting dalam mengevaluasi hasil kinerja kalian terutama dari sisi pengawasan,” kuncinya.(erer)

KETUA PDIP SULUT

Manado—Harapan Freddy Harry Sualang (FHS) untuk melanjutkan kembali masa tugasnya sebagai Ketua DPD PDIP Sulut hingga 2014 mendatang, terancam pupus. Bagaimana tidak, ternyata DPP PDIP sebelumnya sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 131/KPTS/ DPP/I/2012 tentang Perpanjangan Masa Tugas Pelaksana Harian (Plh) Ketua DPD PDIP Sulut yang ditandatangani Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Tjahjo Kumolo. Adapun ini SK tersebut intinya, memperpanjang masa tugas Olly Dondokambey SE yang kini menjabat Bendahara Umum DPP PDIP sebagai Plh Ketua DPD PDIP Sulut sampai ada keputusan dari DPP. “SK ini mengisyaratkan kalau tugas Pak Olly sebagai

JUMPA BETE

DUMOGA MEMBARA

Deprov curiga ada aktor di balik konflik

BENNY Rhamdani.

Manado—Peristiwa tawuran antar kampung (tarkam) yang melibatkan warga di 10 desa yang ada di Dumoga, Bolmong, mem-buat para anggota Deprov Sulut, termasuk Benny Rhamdani prihatin. Kepada wartawan, Selasa (8/5) kema-rin, politisi yang akrab de-ngan sapaan Brani ini meng-ungkapkan keprihatinannya terkait peristiwa tawuran yang terjadi di Desa Imandi dan Tambun, yang merembes hingga

ke 8 Desa lainnya yakni Desa Turuakat dan Bombanon, Doloduo dan Wangga Baru, Uuan dan Ihwan, serta Tonom dan Ibolian. “Terus terang saya sangat prihatin dengan konflik yang terjadi di Dumoga. Semua pihak termasuk aparat keamanan dan pemerintah daerah setempat saya minta untuk meneliti penyebab kejadian, karena ini adalah masalah yang serius. Sebab menurut analisa saya,

peristiwa konflik dan rawan konflik ini terjadi di lima titik yang berbeda namun dengan jarak waktu yang hampir bersamaan,” tukas legislator dari daerah pemilihan (dapil) Bolmong Raya ini. Untuk itu, politisi yang diusung PDIP ini mengimbau agar warga di wilayah Dumoga mampu menahan diri, serta menghindari halhal yang dapat memicu pertikaian dan meminta agar peristiwa ini tidak terjadi lagi.


RABU 9 MEI 2012 NOMOR 01975 TAHUN VI TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

KAMPUNGRON

KELURAHAN MALENDENG KECAMATAN TIKALA

Manfaatkan lahan tidur dan pelantikan Kamtibmas SENIN (7/5) kemarin, Kelurahan Malendeng Kecamatan Tikala bekerjasama dengan Pemkot Manado, Polda Sulut dan Pemprov Sulut, menggelar kegiatan pemanfaatan lahan tidur. Kegiatan ini dilaksanakan guna menunjang akan ketahanan pangan swasembada beras di wilayah ini. ERISMAN Pandjaitan. Pemanfaatan lahan tidur ini berupa penanam padi ladang yang sebelumnya telah ditanam oleh masyarakat Malendeng, untuk kemarin dicanangkan oleh Walikota Manado G S V Lumentut, Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil Mpd, dan Kapolda Sulut Brigjen Pol Dicky Atotoy di lahan seluas kurang lebih 5 hektar milki keluarga besar Mukuan Mamahit. Hal ini dikatakan oleh Lurah Malendeng Erisman Pandjaitan SE. Baca: Manfaatkan ( Halaman 4 )

GSVL nyatakan siap memimpin APEKSI Hadisaputra: Peluang untuk Walikota Manado terbuka

WALIKOTA Manado Gs Vicky Lumentut saat berfoto bersam dengan Direktur Eksekutif APEKSI, DR Sarimun Hadisaputra (sebelah kanan) dan pihak penyelenggara Munas APEKSI di Manado, usai menggelar Rakor Selasa (8/5) kemarin.(foto: tonny/sk)

Manado—Walikota Manado, GS Vicky Lumentut menyatakan siap masuk dalam kepengurusan baru Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) masa bakti 2012-2016. “Kalau diberikan ruang tentunya saya siap. Tapi saya hanya berharap dalam kegiatan Musyawarah Nasional APEKSI ke empat di Manado nanti mengalir seperti apa yang telah ditentukan aturan APEKSI,” terang GSVL

sapaan akrab Lumentut, Selasa (8/5) kemarin. Peluang GSVL memang terbuka. Menurut Direktur Eksekutif APEKSI, DR Sarimun Hadisaputra, dalam pemilihan kepengurusan dewan APEKSI tidak bisa hanya didominasi satu atau dua orang, melainkan semua peserta APEKSI yang memenuhi syarat dan kriteria sesuai dengan anggaran dasar APEKSI akan diakomodir. “Pertama yang jelas

harus memenuhi persyaratan didalam ADRT Apeksi. Persyaratan seperti di dalam anggaran dasar minimal kandidat menjabat walikota selama setahun. Dan sebaliknya, tidak bisa masa kepemimpinan Walikota tinggal 2 tahun karena masa baktinya didalam kepengurusan Apeksi hingga 4 tahun,” terang Hadisaputra sembari menambahkan pada intinya, semua anggota yang memenuhi persyaratan kita akan berikan kesempatan. Baca: GSVL ( Halaman 4 )

INFRASTRUKTUR

JAGARON

LINGKUNGAN II SARIO KECAMATAN SARIO

Seriusi masalah minuman keras POLEMIK yang sering terjadi di Kota Manado ini, sebagian besar dipicu oleh Minuman Keras (Miras) dan hal tersebut sudah merupakan masalah klasik dimana telah banyak memakan korban jiwa. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan itu, Kepala Lingkungan II Sario ROY Rakian. Kecamatan Sario Roy Rakian bekerjasama dengan Mapalus Keamanan Ketertiban (Kamtibmas) di wilayah tersebut akan mempertegas masalah miras ini. “Kami memberikan teguran tegas serta melarang keras secara langsung bagi siapa saja yang kedapatan menjual serta meminum barang haram tersebut di tempat umum,” katanya. Baca: Seriusi ( Halaman 4 )

INFRASTRUKTUR penunjang sektor pariwisata tampaknya mulai mendapat perhatian Pemkot Manado. Seperti pembuatan saluran drainasse di jalan masuk Pelabuhan Pariwisata Manado.

KOMISI DEKOT

Kinerja pimpinan dinilai mandul

BENNY Parasan.

Manado—Kinerja pimpinan komisi yang baru saja di roling pada bulan Maret lalu di Dekot Manado, dianggap tidak maksimal dan bahkan mandul alias tak menghasilkan. Demikian pernyataan resmi yang dilontarkan politisi kawakan Partai Damai Sejahtera (PDS), Benny Parasan SH, kepada sejumlah wartawan Senin (8/5) kemarin. Dia menilai kinerja dari Ketua Komisi A Udin Musa SH, Ketua Komisi B Lili Binti SE, dan ketua Komisi Morris Korah, Ketua Komisi D dr Richard Sualang, tak tak setajam saat mereka memburu jabatan tersebut beberapa bulan lalu. “Masih Mandul sejauh ini,” singkatnya. Dijelaskannya, pernyataan itu bukan tidak beralasan, pasalnya jika dilihat dari segi kinerja, pimpinan saat ini tidak memiliki kekuatan, contohnya sejumlah agenda masih saja tertunda, dan terlebih tidak mampu meyakinkan Ketua Dekot Manado Danny Sondakh untuk segera melaksanakan sejumlah agenda penting. Baca: Kinerja ( Halaman 4 )

(foto: bobby/sk)

LKPJ

RAPAT KOMINDA

Bakal dibahas tanpa Pimdekot Manado Sepakat tingkatkan Mapalus Kantibmas

Manado—Sejumlah personil Dekot Manado diantaranya, Royke Anter, Benny Parasan, dan Hengky Kawalo menegaskan, pelaksanaan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Walikota Manado, bisa dilakukan meski tanpa

Pimpinan Dekot Manado, yakni Ketua Dekot Danny Sondakh. Hal ini buntut dari kekesalahn akibat dinilai kurang aktifnya Sondakh untuk segera melaksanakan agenda LKPJ. Padahal sudah ditetapkan lewat rapat Badan Musya-

warah (Banmus) beberapa waktu lalu. Mereka menjelaskan, celah itu diberikan kewenangan oleh undangundang dan tata tertib dewan sendiri. Dimana, domain dan kedudukan pimpinan dekot Manado adalah kolegtif kolegial. Sehingga, jika saat ini Pimpinan Dekot

Manado ada 3 orang, kemudian salah satu berhalangan, maka 2 di pimpinan bisa melaksanakan paripurna dan mengambil keputusan. “Tidak perlu harus ketua, Pimpinan Dekot itu kan kolektif kolegial.

Baca: Bakal ( Halaman 4 )

Manado—Keamanan dan kerukunan di kota Manado kini menjadi faktor terpenting dalam pembangunan. Hal itu yang ditegaskan, Walikota Manado, GS Vicky Lumentut ketika

memimpin rapat Komunitas Intelejen Daerah (Kominda) Manado, Selasa (8/5) kemarin, di ruang kerja Walikota Manado. Baca: Sepakat ( Halaman 4 )

Boy Sumolang, penjual madu keliling

Pekerjaan musiman, untung lumayan Menjalani usaha sebagai pedagang musiman, tentunya dapat dikatakan tidak bisa meraih keuntungan hanya dalam setiap harinya. Sebab, barang yang dipasarkannya hanya muncul pada saat-saat tertentu atau pada musim-musim di setiap pertengahan hingga akhir tahun. NAMUN pedagang musiman yang satu ini, tidak perlu menunggu sampai pertengahan ataupun akhir tahun guna mendapatkan barang dagangannya. Sebab barang yang dipasarkannya adalah

madu lebah dimana dalam setiap bulan berjalan bisa didapatkannya 2 kali. Boy Sumolang nama dari pedagang ini, dari sejak tahun 70-an, pria 4 anak ini telah menggeluti profesi tersebut dengan mencari sarang lebah sendiri di

desanya yakni Warembungan. Memberanikan diri menaiki pohon yang berukuran 10 meter sampai 15 meter disertai juga dengan sedikit sengatan lebah, tidak membuat dirinya goyah untuk tak meninggalkan pekerjaan

itu. Saat diwawancarai mengenai keberaniannya tersebut, ia mengatakan, bisa dikatakan kalau pekerjaannya terbilang berat. Baca: Pekerjaan ( Halaman 4 )

BOY Sumolang, saat menjual madu.(foto: onal/sk)


RABU 9 MEI 2012

Pemkot siap diaudit BPK Montori: Ini hanya pemeriksaan rutin Pekerjaan ... dari Halaman 3 “Tetapi setelah mendapatkan pengalaman disertai juga dengan semangat dan kerja keras, profesi ini dapat dengan mudah saya jalani,” katanya. Dapat dipertahankannya usaha ini, tentu dirasa hasil yang didapat terbilang lumayan. Tak dapat dipungkiri, dalam setiap penjualannya keuntungan Rp500 ribu bisa diraihnya setiap 2 minggu dengan harga jual Rp50 ribu per botol ukuran setengah liter. “Madu ini saya jual di pusat sampai ke pinggiran Kota Manado,” katanya lelaki yang sudah bekerja selama 30 tahun ini dimana mencita-citakan menyekolahkan anaknya hingga bisa menjadi seorang anggota polisi.(try16/gb)

Manfaatkan ... dari Halaman 3 Saat ditemui Swara Kita, dirinya mengatakan, ini adalah salah satu program dimana dengan memanfaatkan lahan tidur ini, seluruh masyarakat Malendeng dapat membangun satu kerukunan yang utuh serta mengingatkan kembali kepada seluruh warga untuk menggalakkan lagi kegiatan gotong royong yang bisa dikatakan sudah mulai hilang. “Mengingat di wilayah ini berdomisili warga dari beberapa etnis yang telah sekian lama berbaur bersama, maka perlu pula dilaksanakan 2 kegiatan tersebut yakni memanfaatkan lahan tidur dan program Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Dalam kegiatan ini juga dilakukan pelantikan pengurus Mapalus Kamtibmas oleh Kapolda Sulut,” katanya. Lanjut dikatakannya, kedepan jika dari pemilik lahan masih mengijinkan lahan ini dipakai oleh pihak kelurahan, maka akan mengupayakan pengembangannya bukan hanya terfokus di satu macam jenis tanaman, namun akan di perbanyak lewat penanaman tanaman hortikultura. “Ini agar supaya dari penambahan tanaman tersebut, seluruh warga akan bersama-sama menikmatinya. Bahkan kalau terus berkembang, ini bisa dipasarkan sehingga dari upaya tersebut dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat yang pengangguran. Penanaman padi ladang ini, kami mengupayakan untuk menunjang akan program pemerintah pusat untuk swasembada beras padi ladang,” terang Pandjaitan.(try16/gb)

Seriusi ... dari Halaman 3 Rakian menuturkan, pembinaan serta pelarangan keras ini bertujuan agar supaya stabilitas keamanan di wilayah ini dapat berjalan dengan baik, sehingga masalah-masalah yang dipicu lewat miras dapat terhindari. Labih lanjut, dikatakan Roy, ketegasan ini juga ditempuh mengingat lingkungan II pada saat ini telah memiliki 14 tempat kos dimana 3 diantaranya telah dijadikan tempat penginapan mini sehingga pada jam-jam tertentu sering terjadi keributan kecil yang disebabkan oleh miras. “Untuk itu, dalam waktu dekat ini, pihak lingkungan akan mengadakan sidak KTP guna meminimalisir akan masalah tersebut,” jelas Rakian.(try16/rr)

Manado—Dipastikan 25 hari ke depan sejak Senin (7/ 5), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut, akan melakukan pemeriksaan di Pemkot Manado. Pemeriksaan rutin tiap tahun tersebut, guna menindaklanjuti pengelolaan keuangan sesuai ketentuan dan aturan tahun anggaran 2011, dan tim BPK RI diketahui dipimpin oleh Amri Yoawa SE Ak. “Tugas BPK selain memeriksa keuangan, juga memberikan dorongan perbaikan. Sehingga, opini yang diperoleh jadi sangat baik. Karena, berdasarkan pengalaman sering terjadi kesalahan yang berulangulang yang dilakukan SKPD,” jelas Yoawa. Juru Bicara (Jubir) Pemkot Manado, Drs Soleman Montori MPd, tentu semua aturan yang terkait dengan pengelolaan keuangan daerah akan diikuti oleh Pemkot Manado. “Pemkot pun siap diaudit atau diperiksa. Sesuai petunjuk Walikota Manado, diharapkan kepala SKPD agar terbuka dalam kegiatan BPK selama di Pemkot Manado,” tegasnya. Disatu sisi, dikatakan Montori, terkait mekanisme LKPD menurut Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, pasal 297 ayat (1) bahwa LKPD

PIHAK Pemkot Manado menyatakan siap untuk lakukan pemeriksaan oleh BPK.(foto: dok/sk)

disusun pemerintah dan disampaikan oleh pemerintah daerah untuk dilakukan pemeriksaan. Juga telah diatur di dalam UndangUndang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung jawab Keuangan Negara, pasal 17 ayat (2) menyatakan bahwa laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah disampaikan oleh BPK kepada DPRD selambat-lambatnya 2 (dua)

bulan setelah menerima laporan keuangan dari pemerintah daerah. Hasil pemeriksaan BPK pada Tahun 2011, yaitu hasil audit LKPD dan hasil audit kinerja disampaikan oleh BPK secara bersamaan ke pemerintah kota Manado dan pimpinan dewan untuk ditindaklanjuti. “Nah, Peraturan lainnya tentang LKPD diatur di dalam Permendagri Nomor 13 tahun 2006, pasal 298, yang menyatakan bahwa

kepala daerah menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir yang memuat laporan keuangan meliputi, laporan realisasi anggaran, neraca, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan serta dilampiri laporan kinerja yang telah diperiksa BPK,” terang Motori.(teem/rr)

Manado, mulai 30 Mei hingga 2 Juni. Khusus pemilihan kepengurusan dewan pengurus APEKSI periode 2012-2016 akan dilangsungkan pada, Jumat (1/2) melalui sidang formatur

penyusunan kepengurusan dewan di Hotel Sintesa Peninsula Manado, dan dilanjutkan penetapan formatur untuk memilih dewan pengurus dan pengawas APEKSI.(teem/rr)

pembahasan LKPJ harusnya tidak dijadikan ajang bargening Ketua Dekot Manado. Sebab, jika sebelumnya ketidak harmonisan dan permintaan pergantian sekwan menjadi tumbal, seharusnya tidak ada alasan tidak melaksanakan

LKPJ. “Kami minta ini jangan menjadi ajang bargening politik. Segera agendakan rapat Banmus, dan lakukan pembahasan LKPJ. Sebab saat ini semua anggota dekot sudah setuju untuk dilakukan pembahasan,” tutup ketiganya.(dede/rr)

GSVL ... dari Halaman 3 Disentil soal peluang GSVL, Hadisaputra mengatakan, yang jelas sesuai dengan ketentuan anggaran dasar APEKSI akan ada kesempatan. “Semua Walikota memiliki

kesempatan tidak terkecuali termasuk Walikota Manado,” tandas mantan Walikota Jakarta Barat ini. Diketahui, rangkaian Munas APEKSI IV 2012 yang akan digelar di Kota

Bakal ... dari Halaman 3 Kalau Ketua Dekot tidak hadir, ya wakil ketua yang memimpin. Kalau dua pimpinan bertanda-tangan itu berarti sah,” sahut ketiganya tegas. Itu berarti Ketua Dekot tidak bisa bertindak sendiri tetapi selalu harus dikonsultasikan terlebih dahulu

dengan para Wakil Ketua, apabila hendak melakukan suatu tindakan berkaitan dengan fungsi Ketua. “Jelas disini bisa dilaksanakan, meski tanpa pimpinan,” ujar mereka. Lebih lanjut politisipolitisi tangguh di Dekot Manado itu mengatakan,

MUNAS APEKSI 2012

Manado siap jadi tuan rumah Manado—Rapat koordinasi panitia Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) 2012 berlangsung di ruang Toar Lumimuut Pemkot Manado, Selasa (8/5) kemarin. Dipimpin Walikota Manado, GS Vicky Lumentut yang ditunjuk sebagai Ketua Panitia Nasional APEKSI 2012, serta didampingi Ketua Panitia lokal Sekkot Manado, Ir Heafry Sendoh, menegaskan, pada intinya baik pantia lokal Manado telah siap menyelenggarakan Munas Apeksi 2012 ke-4 di kota Manado. Direktur Eksekutif APEKSI, DR Sarimun Hadisaputra sendiri yang hadir dalam rakor tersebut pun mengakui kalau panitia lokal telah persiapkan semua kebutuhan sampai pada lokasi penanaman pohon oleh semua Walikota se-Indonesia. “Tinggal bagaimana pihak tuan rumah kota Manado terus melakukan koordinasi terkait dengan kegiatan yang teknis. Tapi pada intinya kota manado sudah siap apalagi Walikota mempunyai suatu semangat yang tinggi untuk perkenalkan kotanya termasuk semua potensi unggulan yang ada, dan itu modal yang baik. Seorang Walikota memang harus menjual kotanya karena kota adalah pusat kegiatan. Mari kita kembangkan semangan APEKSI,” tegas Hadisaputra yang didampingi rombongan panitia Apeksi pusat. GSVL menambahkan, Manado mendapat penghormatan dari pengurus APEKSI untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Munas APEKSI kali ini.

“Rencana kegiatan berlangsung 31 Mei. Hari ini tim APEKSI pusat dan panitia Pemkot Manado telah melaksankan rapat, karena setiap agenda Munas Apeksi telah menjadi tradisi selalu iven Indonesia city expo digelar termasuk akan aksi peduli terhadap lingkungan dengan kegiatan penghijauan. Terkait dengan kegiatan Indonesia city expo, sedikitnya ada ada ratusdan stand yang akan tampil dengan memamerkan semua potensi di kota Indonesia. Jadi ini iven yang strategis dan langka. Untuk itu kami sangat berharap iven ini dipergunakan oleh seluruh kabupaten dan kota di Sulut untuk menunjukkan potensi masing-masing, karena kita akan lihat kemajuan diluar Sulut dan bisa menjadi pembanding manakala kita tertinggal dari potensi daerah di luar Sulut,”terang GSVL. Disatu sisi, GSVL menghimbau agar masyarakat kota Manado mari mendukung dan mensukseskan kegiatan Munas Apeksi ini. “Saya berharap masyarakat mari mendukung dan sukseskan karena penyelenggraan iven yang penting ini tidak selalu ada di Manado. Dilaksanakan APEKSI di Manado intinya untuk menunjukkan ke daerah luar kalau masyarakat Manado begitu siap dengan semua iven ketika di tunjuk sebagai tuan rumah. Ini juga akan menjadi kesempatan kita mempromosikan kota Manado menjadi tujuan wisata. 97 kota di Indonesia akan hadir di Manado, peserta sementara di kegiatan Indonesia exspo sudah menyatakan ikut 74 kota dan untuk Madex sudah mendaftar 20 peserta. Ini kesempatan yang langkah,” kunci Walikota pilihan warga Manado ini.(teem/rr)

Kinerja ... dari Halaman 3 “Pimpinan saat ini tidak mampu menyakinkan pimpinan dekot melangsungkan semua angenda. Sehingga menimbulkan keragu-raguan dari ketua dekot sendiri,” tegasnya. Dilanjutkannya, ditambah dengan sejumlah agenda komisi yang masih kurang jelas, membuat kredibilitas sejumlah pimpinan komisi makin memudar. “Konsentrasi dan kinerja mereka mulai memudar. Sejumlah agenda Komisi terbengkelai dan tidak jalan.

akibat masih dipusingkan dengan kepentingan pribadi,” katanya. Untuk itu dirinya berharap persoalan ini dapat segera dicairkan oleh pimpinan komisi dan melakukan kinerjanya dengan maksimal. “Ya tentu harus segera dirubah dan menindak lanjuti apa yang sudah dijadwalkan. Serta mengesampingkan kepentingan pribadi dan memprioritaskan kepentingan umum,” tegasnya.(dede/rr)

Sepakat ... dari Halaman 3 Dikatakan Lumentut, untuk itu Forkominda telah sepakat agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan dan keamanan melalui kegiatan Mapalus Kantibmas dengan melibatkan peran serta masyarakat menjaga Poskamling. “Bagi masyarakat kota Manado, perbedaan, hidup rukun dan damai tidak menjadi masalah, namun bagi masyarakat luar yang telah menetap di dalam dan atau di pinggiran atau yang masuk di dalam wilayah kota Manado, termasuk yang tinggal sementara di kota Manado, yang tidak terbiasa dengan kehidupan masyarakat kota Manado yang hidup rukun dan damai, diharapkannya harus dapat

menyesuaikan diri,” terang GSVL –sapaan akrab Lumentut—. Diakuinya, disinyalir ada kelompok masyarakat dari luar yang berupaya mengganggu kerukunan di kota Manado. Sehingga langkah-langkah antisipasi dengan mengupayakan peran serta masyarakat bersama-sama mengawal keamanan kota Manado. “Manado untuk hari-hari kedepan telah ditunjuk menjadintuan rumah kegiatan internasional dan nasional. Jadi sesuatu yang wajib kita mengawal keamanan,” kunci GSVL. Anggota Kominda sendiri antara lain, Kejari, Kodim 1309 Manado, Polres Manado, BIN, AU, AL, personil pihak Perpajakan serta personil Imigrasi.(teem/rr)


RABU 9 MEI 2012

LAKUKAN PENGUKURAN TANAH

Juru ukur tewas jatuh ke jurang 10 meter

Kementerian Hukum dan HAM bakal periksa Rudenim Manado Termasuk system keamanan & petugas jaga saat kejadian Imigran ternyata di bawah perlindungan UNHCR dan IOM

SUASANA rumah korban sesaat setelah kejadian terjadi, langsung dikerumuni warga sekitar.(foto: onal/sk)

SUNGGUH memiriskan nasib yang dialami lelaki, Ramin Woi (65), warga Kelurahan Tongkaina, Lingkungan III, Kecamatan Bunaken. Pasalnya, lelaki yang mengabdi selama 20 tahun sebagai salah satu perangkat Desa dan ahli dibidang juru ukur tanah ini, harus tewas seketika, karena terjatuh ke dalam jurang dengan kedalaman sekitar 10 meter. Sontak saja, peristiwa ini langsung menggemparkan warga sekitar. Dari data yang berhasil didapat menyebutkan, kejadian ini terjadi, Selasa (8/5) kemarin, sekitar pukul 11.15 Wita. Awalnya, korban bersama dengan sejumlah perangkat Kelurahan yang berjumlah delapan orang, hendak melakukan pengukuran tanah milik keluarga Ritondo. Tiba dilokasi, korban bersama dengan para perangkat langsung melakukan persiapan pengukuran. Tragis bagi korban, ketika sementara mengukur dengan melihat alat ukur kompas, tiba-tiba terpeleset. Diketahui, korban terpeleset sempat ditolong, Kepala Lingkungan II, Markus Kasihue dan Lurah Tongkaina Robert Dauhan. Korban sempat ditahan Markus dan Robert. Upaya untuk menyelamatkan korban gagal, karena medan yang terjal dan beban korban yang berat, hingga akhirnya korban langsung terseret hingga terpental ke jurang tersebut. Markus juga sempat mengalami luka dibagian dahi karena berupaya menahan korban. Korban kemudian langsung diangkat Markus Cs dan memberitahukan kepada keluarga bahwa korban tak sadarkan diri lagi. Pasalnya, korban tewas akibat benturan benda keras saat terjatuh ke jurang. Akibat dari kejadian ini, korban meninggalkan seorang istri, Stien Adam (60), serta empat orang anak. Korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Prof Kandou Malalayang, dan menolak untuk diotopsi. Sementara itu Kapolsek Bunaken Iptu Frelly Sumampow, ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, pihaknya langsung mendatangi TKP dan mengambil keterangan. “Tidak ada tanda kekerasan kepada korban. Ini murni kecelakaan. Setelah kami lakukan olah TKP, korban tewas karena terbentur batu dibagian kepala. Selain itu, ada beberapa luka di dagu kanan dan kepala luka serius,” pungkas Sumampow.(erel)

Residifis curanmor diringkus Resmob Polresta Manado KINERJA kepolisian untuk mengungkap sejumlah kasus pencurian di daerah ini, terus dibuktikan. Kali ini, tim Resmob Polresta Manado, berhasil meringkus tersangka pencurian kendaraan bermotor (Curanmor), SA alias Andre (27), warga Kelurahan Bengkol, pada Senin (7/5), sekitar pukul 17.00 Wita, di Kelurahan Bengkol, Lingkungan III, Kecamatan Mapanget. Sebelumnya, upaya penangkapan tersebut didahuli dengan pengembangan polisi dan informasi serta hasil laporan dari para korban dan beberapa informan. Sekian lamanya melakukan perburuan, Polisi akhirnya mengetahui keberadaan pelaku yang telah menjadi sasaran atau Daftar Pencarian Orang (DPO) Polresta Manado. Pelaku yang pernah dihukum dengan kasus Curanik (Pencurian Alat Elektronik), ditangkap petugas tanpa perlawanan. Terungkap sementara dalam penangkapan ini, residivis pencurian yang pernah mendekam di Rutan Malendeng, terbukti telah melakukan aksi mencuri sebanyak dua unit kendaraan bermotor masing-masing di depan SMP Negeri 1 Manado dan di daerah Parkiran Corner Cafe, Bahu Mall Manado. Petugas juga sempat mengamankan sepeda motor yang diambil tersangka dan disita di Mapolresta Manado. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Amran Ampulembang MSi, melalui Kasubag Humas AKP Dessy Hamang, ketika dikonfirmasi membenarkan penangkapan tersebut. “Tersangka sudah ditahan, dan untuk sementara masih dalam interogasi Polisi, untuk dilanjutkan dengan pengembangan. Kami juga tetap menghimbau kepada warga agar tetap waspada dengan aksi pencurian ini,” pungkas Hamang. (erel)

Manado—Kaburnya 51 imigran asal Afganistan dan Iran dengan cara menggali terowongan di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Manado, berimbas dengan bakal diperiksanya seluruh petugas dan pimpinan Rudenim oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sulut. Hal ini dikatakan langsung Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulut, Y Ambeg Paramarta SH MSi, ketika dikonfirmasi wartawan Selasa (8/ 5) kemarin. Menurut Paramarta, pihaknya segera mengeluarkan surat keputusan, dengan menurunkan tim pemeriksa yang anggotanya berasal dari Divisi Keimigrasian dan Divisi Administrasi. “Surat keputusan tersebut Senin (7/5) sudah turun. Di mana Tim Devisi Keimgrasian dan Devisi Administratif yang akan melakukan pemeriksaan terhadap kaburnya 51 imigran pada sabtu lalu itu. Nantinya itu tergan-tung hasil pemeriksaan di Rudenin. Tim sudah langsung turun sejak kemarin, dengan melakukan evalu-

asi kepada para petugas yang bertugas saat para imigran ini kabur. System keamanan Rudenim dan petugas yang bertugas pada saat itu, semuanya akan diperiksa,” kata Paramarta, di hadapan sejumlah wartawan. Dijelaskannya, mereka (imigran, red) memang bukanlah tahanan kriminal atau tahanan politik. DI mana para imigran yang di Rudenim tersebut adalah di bawah perlindungan United Nation High Comissioner or Refegees (UNHCR) pengungsian dan International Organization for Migration (IOM). Keimigrasian, dan hanya dititipkan saja. Para Imigran tersebut tertangkap di perairan Indonesia saat hendak kabur dari negara asalnya, karena mereka masuk tanpa izin sehingga harus taat dengan wilayah hukum negara Indonesia. “Para imigran tersebut nantinya melalui UNCHR akan dikeluarkan statusnya sebagai pengungsi. Itu pun jika mereka mau untuk ke negara tujuan yang sudah dicarikan UNCHR. Dan ada juga imigran yang mencari suaka, itu nanti

akan dike-luarkan oleh IOM. Karena masuk ke wilayah Indonesia, sehingga imigran ter-sebut harus taat pada atu-ran negara Indonesia. Dan Rudenim di Sulawesi khususnya, di Sulawesi utara, satu dan juga di Maka-sar,” jelas Paramarta. Ditambahkannya, di Rudenim, selain para imigran pencari suaka tersebut, ditampung juga para Warga Negara Asing (WNA) yang tertangkap sewaktu melakukan pencarian ikan secara illegal di perairan Indonesia. Seperti yang sekarang tertangkapnya para WNA Filipina atas illegal fishing. Jika mereka ini merupakan tahanan dan negara yang kasih makan, beda dengan imig-ran yang kabur tersebut mereka diberi makan oleh IOM, karena IOM ini didukung banyak Negara. “Akan tetapi, para imigran yang kabur tersebut karena sudah melakukan pengrusakan, tentunya akan diproses secara hukum yang berlaku di Indonesia,” tegasnya. Hal senada juga dikatakan Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan HAM

Sulut, Hardy Kamaruddin SH. Menurutnya, para imigran tersebut bukan tahanan. Ketika disinggung lemahnya pengawasan atau tidak dikuncinya sel tahanan, menurut Kamaruddin, memang berbeda dengan tawanan kriminal yang di Lapas yang memiliki sel khusus. “Di Rudenim tidak ada aturan seperti hal terse-but. Ada aturan interna-sional atau regulasinya tersendiri dalam memper-lakukan para imigran tersebut. Dan tidak ada yang harus di sel dan di-kunci. Rudenim fungsinya bukan seperti penjara. Bahkan dalam periode-pe-riode tertentu sebulan se-kali atau tiga bulan sekali mereka dibolehkan untuk berekreasi,” jelasnya. Ditambahkannya, data para imigran di rudenin yang berdaya tampung hanya sebanyak 110 orang, sekarang sudah men-capai 170 orang, atau su-dah over capacity. “Imig-ran tersebut berasal dari Afganistan, Irak dan Iran dan ditambah dengan pa-ra illegal fishing yang berasal dari negara Philipina,” tukasnya.(vees)

Adare: Jangan melindungi atau sengaja sembunyikan imigran! Manado—Upaya pihak ke-polisian untuk melakukan perburuan terhadap 51 ta-hanan imigran asal Afga-nistan dan Iran yang kabur dari rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Malendeng, rupanya belum m e n u n j u k - k a n perkembangannya. Pasalnya, walaupun semua pintu keluar telah diperintahkan untuk ditutup dan sejumlah giat operasi terus dilakukan, tetap saja tak menuai hasil. Meski demikian, polisi tak habis akal untuk terus mengincar para tahanan tersebut serta meminta kerja sama dari masyarakat Sulut. Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP

Denny Adare STh, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan mengatakan, para imigran yang kabur terus diburu di semua titik yang ada di wilayah Sulut. Operasi sampai saat ini, tak henti dilakukan jajaran Polres untuk menangkap para imigran tersebut. Bahkan menurut Adare, penyisiran di sejumlah wilayah yang diduga tempat persembunyian para imigran itu, sedang diintensifkan jajaran Polres. Meski demikian me-nurutnya, jika sudah ada yang ditangkap, pihak-nya segera memberikan infor-masi. “Semua wilayah terus mengejar imigran yang melarikan diri, titik atau daerah yang dinilai rawan menjadi

tempat keluar ditutup agar mudah menangkap mereka. Selain itu beberapa titik yang diduga tempat ber-sembunyi para imigran ini, sedang dilacak kepolisian. Dan memang sampai saat ini belum dapat informasi resmi apakah sudah ada yang ditangkap atau belum. Kami tetap berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, agar dapat mem-permudah pencarian,” ungkap Adare, Selasa (8/5) kemarin. Dikatakannya lebih lan-jut, pihaknya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar dapat membantu pencarian imigran ini. Menurutnya, peran masyarakat dibutuhkan agar memberikan informasi ke polisi atau pihak terkait jika

DENNY Adare.

mengetahui persembunyi-an imigran. “Diharapkan masyarakat berperan serta, jangan melindungi atau sengaja menyembunyikan para imigran. Kalau menemukan orang mencurigakan diharapkan segera melapor ke kepolisian setempat,” ajak Adare. (erel)

DUGAAN KASUS HONDA PEMPROV

Polda sudah masuk penyelidikan Manado—Munculnya riak-riak dugaan penyimpangan penerimaan Honor Daerah (Honda) ke Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Sulut, yang dipersoalkan sejumlah Honda, rupanya terus menjadi target pihak kepolisian untuk melakukan pengusutan. Bahkan, dikabarkan Polda Sulut sedang melaku-kan penyelidikan untuk mengungkap penyimpangan yang terjadi dalam penerimaan CPNS terse-but,

berdasarkan laporan dari masyarakat. Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, ketika dikonfirmasi warta-wan, Selasa (8/5) kemarin mengatakan, setiap du-gaan kasus siap ditangani pihaknya, namun perlu dilakukan pelaporan. Menurut Adare, ia belum memonitor soal penanganan dugaan tersebut apakah su-dah resmi dilapor atau be-lum. “Memang masalah Honda

ini telah beredar luar di tengah masyarakat. Kepolisian tentu siap melakukan proses hukum. Dan sejauh ini dugaan itu belum dicek, apakah sudah ditangani atau belum. Tapi yang pasti kalau ada laporan resmi siap diselidiki dan dituntaskan. Jika telah resmi dilaporkan, penanga-nannya akan segera saya cek ke penyidik,” tegas Adare. Seperti diketahui, diduga penerimaan Honda menja-di CPNS tersebut sarat muatan KKN. Bahkan, rekrut-

men 339 Honda Pemprov Sulut disinyalir telah menyalahi aturan dan terindikasi terjadi penyalahguna-an wewenang karena dikabarkan diantara Honda yang diterima tidak sesuai dengan syarat yang ada. Selain itu kabar yang dida-pat di Mapolda Sulut, seju-mlah Honda sempat memberi keluhan kepada unit terkait di Polda Sulut. Hanya saja, dari pertemuan para Honda dengan unit terkait, masih sebatas berkonsultasi un-tuk merampungkan laporan dan bukti yang secara resmi akan dibawa ke ranah hu-kum dan diproses di Polda Sulut. (erel)

TERORISME-INTELEJEN

Polda Sulut lakukan pembahasan di Filipina Manado—Pihak kepolisian hingga kini terus memberi perhatian ekstra, terkait persoalan tindak kriminal yang berpeluang masuk ke daerah ini serta memperketat penjagaan di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal tersebut langsung diimplementasikan Polda Sulut, dengan melakukan rapat koordinasi dan pembahasan bersama sejumlah pihak yang berada di Filipina. Guna membahas masalah perbatasan dan terorisme, Kapolda Sulut Brigjen Pol Dicky Atotoy, mengunjungi Filipina. Pembahasan tersebut dinilai sangat penting mengingat Filipina berbatasan dengan Indonesia terlebih khusus Sulawesi Utara. Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, ketika dikonfirmasi melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh mengatakan, Polda Sulut sebagai salah satu wakil kepolisian di Sulut, telah menjadi tugas penting untuk menjaga keamanan daerah. Bahkan upaya ini, Kapolda Sulut bersama dengan pejabat di Polda segera ke Filipina untuk membahas perbatasan dan teroris. Pasalnya kata Adare, dua masalah itu penting untuk dibahas karena kedua Negara yang berbatasan itu rentan dengan teroris.

“Pembahasan tersebut sangat penting mengingat Filipina berbatasan dengan Indonesia terlebih khusus Sulawesi Utara. Kapolda bersama sejumlah pejabat sudah bertolak ke Filipina membahas terorisme dan perbatasan. Pembahasan dilakukan antara kedua negara untuk menekan angka teroris serta membahas wilayah perbatasan kedua negara,” ungkap Adare, Selasa (8/5) kemarin. Juru bicara Polda Sulut itu menambahkan, selain kedua masalah tersebut, terkait intelejen juga menjadi bahan pembahasan. Sebab, hubungan antara kedua negara lebih khusus soal perbatasan, terorisme dan intelejen harus diperkuat agar kedepan penanganan masalah itu dapat berjalan dengan baik,” jelasnya. Seperti diketahui, Polda Sulut menegaskan akan melakukan pengawasan ketat diseluruh wilayah perbatasan. Bahkan, pengamanan di wilayah perbatasan terus ditingkatkan guna menekan dan mencegah para teroris yang disinyalir keluar masuk melalui wilayah Sulut. belum lama ini Kapolda menyatakan, Mabes Polri telah memerintahkan Polda Sulut untuk menjaga dan meningkatkan pengamanan didaerah perbatasan agar teroris tidak bebas masuk dan keluar, serta menjaga kapal asing yang masuk ke wilayah Indonesia khususnya perairan Sulawesi Utara.(erel)


RABU 9 MEI 2012

UN SD

Moratorium pemekaran tak berlaku di Minahasa Loing: Proses pemekaran tergantung Pemprov Sulut

UJIAN bagi anak SD di Minahasa berjalan lancar.(foto:ist)

Hari ke-3 di Minahasa berjalan mulus MEMASUKI hari ketiga pelaksanaan Ujian Negara (UN) di Minahasa untuk tingkat SD, ternyata tidak mengurangi jumlah peserta yang tidak ikut ujian. Jika sebelumnya di hari pertama ada 26 siswa yang tidak ikut dengan alasan sakit maka akan ada upaya dari DIknas untuk menjembatani agar supaya jumlah 5567 siswa tetap dapat diluluskan. “Kita berupaya untuk melayani para siswa SD untuk semuanya bisa lulus dengan tidak mengurangi standard yang harus dilakukan. Dan hingga kini pelaksanan UN berjalan dengan mulus,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Nasional Pemuda dan Olah raga Dennie Rompas MSi kepada Swara Kita Selasa (8/5) kemarin. Lebih lanjut juga dikatakannya, bahwa berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Tim Diknaspora Minahasa bahwa untuk proses pelaksanaan UN telah dilakukan sesuai dengan mekanisme aturan yang ada. “Kita sudah melakukan beberapa pembenahan terkait dengan beberapa kajian yang salah untuk dilakukan. Dan kita juga tetap akan melakukan upaya agar supaya hingga pada pengumuman, untuk UN di Minahasa berjalan dengan baik,” ujar Rompas yang melakukan pengawasan di beberapa SD yang ada di Kakas, Langowan, Kawangkoan dan Tondano. Terkait dengan mereka yang tidak ikut UN, dari Pihak Dikpora akan memberlakukan ujian susulan. “ Kita sudah akan memberlakukan ujian susulan, jika memang itu harus dilaksanakan karena meskipun sudah ditentukan namun masih ada anak didik yang tidak bisa ikut, otomatis dia akan gugur,” ujarnya.(erka)

Tondano—Pelaksanaan pemekaran di Minahasa sebanyak 3 kecamatan, meskipun sudah akan diberlakukan tanggal 1 Oktober untuk moratoriumnya, akan tetapi Minahasa tetap tidak kena. Sebab, prosesnya sudah sesuai dengan administrasi yang ada. Apalagi sudah dikeluarkannya beberapa perda tentang

pemekaran tersebut. “Memang untuk pemekaran ini ada surat moratoriumnya tertanggal 1 Oktober, namun kita di Minahasa telah sesuai dengan aturan yang ada, dan proses pemekarannya sudah berjalan. Tinggal tergantung Pemprov Sulut kapan akan terjun lapangan untuk dilakukan pengkajian, karena itu sebagai salah satu syarat

untuk dilakukan pelantikan camat dan kecamatan itu sendiri,” ujar Asisten I Pemkab Minahasa FPL Loing SH kepada Swara Kita, Selasa (8/5) kemarin. Lebih lanjut dikatakannya bahwa dengan kondisi ini juga diharapkan agar ada upaya dari pemerintah kecamatan yang dimekarkan untuk tetap menjalankan tugas dan tanggung jawab secara lebih baik lagi. Artinya, meskipun belum ada final, tetapi setidaknya sudah menjalankan amanat rakyat

bahwa menjalankan tugas secara baik dan benar. “Tetap tidak ada yang namanya perlambatan dalam menjalankan pelayanan pemerintahan, itu pun kalau terjadi pelambatan itu tidak mempengaruhi kinerja pementah kepada masyarakat yang dimekarkan,” ujar Loing seraya mengatakan untuk ketiga kecamatan yang dimekarkan diantaranya kecamatan Mandolang, kecamatan Tombariri Timur dan Kecamatan Tompaso Barat.(erka)

KONVERSI MT

Warga Tomohon dukung adanya HET tabung gas

HONDA

Gaji segera disesuaikan dengan UMP To m o h o n — P e m k o t Tomohon mulai memperhatikan kesejahteraan tenaga honorer daerah (Honda) di daerah itu dengan merencanakan menaikkan gaji mereka sesuai dengan Upah Minimum Propinsi sebesar Rp1.250.000. Hal tersebut dikatakan oleh Asisten 3 Pemkot Tomohon Ir Ervinz Liuw MSi. “Dengan adanya peningkatan gaji ini, kiranya itu bisa memacu kinerja dan kesejahteraan mereka,” ujar Liuw kepada wartawan,

Selasa (8/5) kemarin. Disisi lain, Liuw mengatakan jika saat ini Pemkot Tomohon tidak lagi melakukan perekrutan Honda karena jumlah yang ada sekarang sudah lebih dari cukup. “Sangat diharapkan, selain peningkatan kinerja mereka, kami juga meminta Honda ini untuk taat pada aturan layaknya PNS seperti yang terikat dalam kontrak. Jadi mereka belum berstatus sebagai PNS sehingga kami tidak ingin mereka malas

kerja atau setengah-setengah dalam menjalankan pekerjaan karena jika ketahuan, maka kami akan langsung memutuskan kontrak mereka saat itu juga,” tandas Liuw. Untuk anggaran pembiayaan Honda, kata Liuw, pada tahun ini, Pemkot Tomohon telah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,6 miliar atau turun dibandingkan dengan tahun 2011 kemarin dimana menyentuh Rp1,7 miliar. “Jadi tidak ada dalam aturan

lain yang mengatakan tahun depan atau kapan akan ada penerimaan tenaga kontrak, yang menentukan soal kebijakan tersebut hanya pak Walikota. Begitu juga soal besaran gaji mereka tersebut kami yang tentukan, karena besaran gaji tenaga kontrak disetiap Kabupaten/Kota di Sulut berbeda-beda, tinggal terserah pada pemimpin daerahnya yang mengambil keputusan soal besaran gaji tenaga mereka,” jelasnya.(gebe)

PELANTIKAN EMAN

1.000 undangan bakal padati Dekot Tomohon Tomohon—Rabu (9/5) hari ini, Dekot Tomohon menggelar Sidang Paripurna Istimewah

HET elpiji bersubsidi segera diberlakukan.(foto: boyz/sk)

Tomohon—Adanya keputusan tentang pemberlakuan Harga Eceran Tertinggi (HET) bagi tabung gas ukuran 3 kilogram (Kg) yang akan ditetapkan Pemprov Sulut pada bulan Juni mendatang, mendapat dukungan dari masya-rakat Kota Tomohon. Pasalnya, saat ini, harga tabung gas ukuran 3 Kg di Kota Tomohon cukup bervariasi antara Rp16 ribu hingga Rp20 ribu. “Sudah sangat tepat jika HET itu diberlakukan karena saat ini banyak masyarakat yang mengeluh karena harganya tidak sesuai,” ujar Ketua Divisi Pendidikan dan Kesehatan Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI) Kota Tomohon, Donny Turang kepada wartawan, Selasa (8/5) kemarin. Dikatakan Turang, dengan adanya HET tabung gas tersebut, maka akan

mempersempit pedagang atau pihak pangkalan minyak tanah untuk mempermainkan harga terlebih disaat terjadinya kelangkaan gas elpiji. “Perhatian pemerintah daerah dalam hal pengawasan juga sangat kami harapkan. Jangan sampai disaat HET sudah diberlakukan, pihak pedagang dan pangkalan akan melakukan penimbunan sehingga mempengaruhi harga dipasaran,” jelas Turang. Kabag Ekonomi Pemkot Tomohon, Max Mentu SIP mengatakan, adanya pemberlakuan HET bagi tabung gas elpiji, itu sudah lama disampaikan Pemkot Tomohon ke Pemprov Sulut. “Mungkin karena Pemprov Sulut mulai memperhitungkan dari segi ekonomi untuk menentukan HET, maka prosesnya berjalan lama. Tapi kita bersyukur karena HET tersebut akan segera ditetapkan Pemprov Sulut,” tambahnya.(gebe)

AIR BERSIH

SVR janji siap benahi pelayanan ke warga

NAMPAK Jimmy F Eman SE Ak saat melakukan gladi resik yang dipimpin oleh Kabag Protokol Yudhistira Siwu, kemarin.(foto:ist)

tentang pelan-tikan Jimmy F Eman SE Ak menjadi Walikota Tomohon definitif. Bisa dipastikan, 1.000 undangan yang terdiri dari pejabat propinsi, pimpi-nan daerah kabupaten/kota seSulut serta masyara-kat dan pengurus partai akan mema-dati gedung Dekot Tomohon. “Bisa sampai 1.000 tamu yang akan datang untuk menyaksikan pelanti-kan bapak Walikota Tomo-hon ini,” ujar Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Tomohon Drs Octavia-nus B Mandagi kepada warta-

wan, Selasa (8/5) kemarin. Untuk memantapkan pelaksanaan pelantikan yang nantinya akan dihadiri oleh Gubernur Sulut Dr Sinyo H Sarundajang, persiapan yang dilakukan panitia hampir 100%. Hal ini terlihat dari gladi resik pelantikan yang dilakukan di Gedung Dekot Tomohon, kemarin. Pelaksa-naan gladi resik ini melibat-kan Protokol Pemprov Sulut yang dipimpin Kabag Proto-kol Yudhistira Siwu. Gladi resik yang dilakukan sekitar pukul 17.00 Wita

ini langsung dihadiri Jimmy F Eman SE Ak yang didampi-ngi Sekkot Tomohon, Drs Arnold Poli SH MAP, Ketua Dekot Tomohon Andy R Sengkey SE serta jajaran pejabat essalon II Pemkot Tomohon. “Semua persiapan sudah hampir rampung tinggal pelaksanaan pada esok hari (hari ini,red). Diharapkan acara pelantikan ini akan berjalan baik dan menjadi moment baru yang bersejarah bagi Kota Tomohon,” tambah Poli.(gebe)

Tondano—Meskipun hanya tinggal satu tahun untuk masa jabatan Bupati Minahasa Drs Stevanus Vreeke Runtu atas pengabdiannya di Tanah Toar Lumimuut ini, akan tetapi terkait dengan pelayanan air bersih, menurutnya dia akan siap untuk membenahi system prosedur tentang kondisi tersebut. “Kita akan meningkatkan pelayanan air bersih di Minahasa, itu janji saya untuk masyarakat Minahasa. Sebab memang kondisi system jaringan air bawah tanah yang ada saat ini jelas ada yang bermasalah. Maklum saja untuk masa penggunaan jaringan pipa bawah tanah itu sudah mencapai lebih dari 30 tahun, untuk itu perlu ada perbaikan,” ujar Runtu kepada Swara Kita Selasa (8/5) kemarin.

Penegasan Runtu ini juga terkait dengan seruan aspirasi dari masyarakat yang ternyata walau program air bersih ini sudah berlangsung sejak lama namun itu tetapi menjadi prioritas hingga kini. “Program air bersih juga sejauh ini sudah berjalan dengan baik, akan tetapi kita berharap juga akan ada upaya penerapan system yang jauh lebih baik lagi,” ujar Runtu. Sementara itu menurut Ketua Dekab Minahasa Drs Frits Tairas bahwa pelayanan system air bersih memang harus dikedepankan di Minahasa ini, sebab itu masalah factor kesejahteraan. “Kita berharap ini ada upaya ke depan agar supaya pemeritah dapat memberikan jaminan terhadap masyarakatnya tentang kesejahteraan khususnya pelayanan air bersih,” ujarnya.(erka)


RABU 9 MEI 2012

KARAKTERDES TAHAP II PG MINSEL

Beringin Kecamatan Sinonsayang siap rebut Pilleg dan Pilpres 2014

BUPATI Telly Tjanggulung menyaksikan langsung penandatanganan Pakta Integritas yang dilakukan oleh Kumtua dan Lurah se-Mitra.(foto: stenly/sk)

135 Kumtua dan 9 Lurah teken Pakta Integritas GUNA penyelenggaraan Pemerintahan yang transparan, jujur, objektif dan akuntabel, sedikitnya 135 Hukum Tua (Kumtua) dan 9 Lurah se-Kabupaten Mitra, Selasa (8/5) kemarin, berjanji untuk pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN), yang dituangkan dalam satu bukti yakni penandatanganan Pakta Integritas. Penandatanganan Pakta Integritas ini merupakan agenda pemerintahan dengan tujuan gerak tekad bersama dalam urusan pemerintahan dan kemasyarakatan yang dapat berjalan dengan baik. Dimana integritas para Kumtua dan Lurah ini secara pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan KKN, serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela, tidak meminta serta menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan. “Harus bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam tugas, menghindari pertentangan kepentingan dalam pelaksanaan tugas, sambil senantiasa mengutamakan loyalitas kepada Bupati, membantu Bupati dalam pelaksanaan pekerjaannya dan menjalankan pekerjaan yang ditugaskan kepada Kumtua dan Lurah dengan penuh keiklasan dan kejujuran serta siap untuk taat terhadap kepemimpinan Bupati. Dalam menjalankan tugas selaku Kumtua dan Lurah, tidak akan mengadakan dan melakukan perjanjian serta kesepakatan dalam bentuk apapun dengan organisasi, lembaga, partai politik manapun, yang secara langsung maupun tidak langsung memberi keuntungan kepada pihak lain,” ujar Bupati Mitra Telly Tjanggulung, mengurai isi Pakta Integritas, kemarin. Lebih lanjut, T2 menyampaikan para Kumtua dan Lurah ini juga tidak boleh melakukan aktifitas dan kegiatan diluar ketentuan serta kebijakan yang ditetapkan pemerintah daerah atau aturan UU yang berlaku, serta harus memberi contoh dalam kepatuhan terhadap Perundang-Undangan dalam melaksanakan tugas terutama kepada jajaran aparat di lingkungan kerja secara konsisten, dan bila melanggar hal-hal tersebut maka Kumtua dan Lurah siap menghadapi konsekuensinya. “Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi atas dilaksanakannya penandatanganan dokumen Pakta Integritas ini, karena dilingkungan Pemkab Mitra, saya telah menginstruksikan dan menindaklanjuti serta mengimplementasi penandatanganan pakta integritas yang juga dilakukan kepada seluruh kepala SKPD pada 10 April lalu,” tandasnya.(esel)

Keluarga penting untuk tingkatkan kesejahteraan MELALUI rapat kerja terbatas, Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB), intens membangun ketahanan keluarga dalam mengawal pembangunan daerah Minut. Upaya mewujudkan hal ini, BPPKB Minut berkolaborasi dengan BKKBN Sulut dan mitra kerja, melakukan pembekalan di Airmadidi, Selasa (8/5) kemarin. pertemuan yang dibuka Asisten I Marthino Dengah SH mewakili Bupati Drs Sompie Singal MBA, dan diikuti sejumlah kader kesehatan maupun kelempok pemberdayaan perempuan. “Peran keluarga sangat penting, sehingga diperlukan pengetahuan dan wawasan bersama dalam mensinergikan pembangunan daerah,” ungkap Dengah. Kapala BPPKB Minut Dr A Dipa mengatakan, selain pembangunan fisik majunya satu negara maupun daerah, bisa dilihat dari tingkat kesejahteraan dan peran keluarga dalam hal tersebut. “Mempertajam ketahanan keluarga dalam mengawal pembangunan daerah, diperlukan pola pembinaan secara berkelanjutan dan menyeluruh,” ungkap Dipa.(eres)

Proyek penanggulangan bencana diduga tidak sesuai bestek PROYEK penanggulangan bencana di Desa Tatengesan Kecamatan Pusomaen, yakni pembangunan talud di bantaran sungai Makalu, dikeluhkan warga masyarakatnya karena tidak sesuai harapan, dan diduga pembangunannya tidak sesuai bestek. Hal ini diungkapkan Tokoh Masyarakat Pusomaen Alex Yangin, yang menurutnya pembangunan tersebut tidak sesuai harapan masyarakat, karena saat dibangun diduga tidak sesuai bestek. “Kami menduga pembangunan ini tidak sesuai bestek, ini akan berdampak jika kembali terjadi banjir, talud akan hancur karena pengalaman lalu, saat banjir bukan hanya rumput saja yang hanyut terbawa banjir, namun kayu-kayu dan material keras lainnya juga terbawa derasnya air ketika banjir,” kata Yangin, Selasa (8/5) kemarin. Lebih lanjut, Yangin berharap pengerjaan proyek senilai Rp 4,7 milliar lebih ini, dapat dilaksanakan dengan baik, sesuai bestek. Sehingga talud dapat bertahan dalam waktu yang lama. “Kami harap pihak terkait untuk dapat melaksanakannya dengan baik, jangan sampai pengerjaan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Ini juga harus mendapat perhatian dari instansi terkait, agar dapat turun melihat langsung,” tandasnya. Sementara itu, instansi terkait yakni Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Mitra, melalui Kabannya Ir Welly Munaiseche, ketika akan dikonfirmasikan melalui telepon selularnya sedang tidak aktif.(esel)

Sinonsayang—Partai Golkar Minsel terus memantapkan program kerja di tahun 2012 ini dengan cara melaksanakan Karakterdes tahap II di tingkat Kecamatan, yang bertujuan untuk melatih, membina, serta memantapkan para kader partai Golkar guna menghadapi pemilihan Legislatif (Pilleg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2014 akan datang. Bahkan DPD II Partai Golkar Minsel terlebih khusus PK Golkar Sinonsayang berkomitmen siap merebut Pilleg dan Pilpres

tahun 2014 akan datang. Hal ini diungkapkan langsung oleh Ketua PK Partai Golkar Sinonsayang yang juga personil komisi II Dekab Minsel Karel Lakoy, kepada Swara Kita, Selasa (8/5) kemarin. Dikatakannya, Untuk pelaksanaan Karekterdes tahap II di Minsel ditingkat Kecamatan pertama dilaksanakan di kecamatan Sinonsayang. “Untuk Karakterdes tahap II PG Minsel di kecamatan Sinonsayang, dilaksanakan Rabu 9 Mei 2012 (hari ini, red), kegiatan tersebut akan diikuti sekitar 350 Kader

TETTY Paruntu.

JENNY Tumbuan.

Golkar Kecamatan Sinonsayang yang ada di 13 Desa, sehingga menjadi kader yang capable dan credible teruta-

ma dalam memenangkan Partai pada pemilu Legislatif dan menghantar Aburizal Bakrie sebagai Presiden In-

KAREL Lakoy.

donesia,” ujarnya. Dirinya juga menambahkan, kegiatan Karakterdes tahap II Partai Golkar Minsel

ini di Kecamatan Sinonsayang nantinya akan dibuka oleh Bupati Minsel sebagai Pembina Partai Golkar DPD II Minsel. “Karakterdes ini direncanakan akan dibuka langsung oleh Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu yang juga sebagai kader Partai Golkar yang belum lama ini mendapatkan PIN emas dari Ketua Umum Aburizal Bakrie, sebagai Kabupaten terbaik melaksanakan Karakterdes tahap I ditingkat kabupaten secara nasional,” ungkap Lakoy.(SEMADTORIAL/esem)

Dekab endus dugaan ”pungli” di sejumlah pasar di Minsel Berdalih biaya keamanan dan kebersihan, petugas tagih ke pedagang di hari libur Amurang—Belum adanya penatapan tentang Peraturan Daerah (Perda) retribusi jasa usaha dan umum hingga saat ini membuat segala bentuk penarikan retribusi sejak

bulan Desember 2011 lalu dianggap pungutan liar (Pungli). Namun hal ini bukan dituruti namun penarikan retribusi terus berlangsung, bahkan Dekab Minsel mengendus sejumlah

pasar yang ada di Minsel melanggar aturan dengan cara melakukan Pungli kepada masyarakat (pedagan), dengan berdalih biaya pengamanan dan kebersihan di pasar tersebut.

Personil komisi II Dekab Minsel Andris Rumondor ST kepada Swara Kita, Selasa (8/5) kemarin mengatakan, pihaknya sangat menyayangkan jika di sejumlah pasar yang ada di Minsel masih melakukan Pungli. “Saya mendapat laporan di pasar Tumpaan petugas pasar melakukan penarikan retribusi di hari

RUANG HUMAS PEMKAB MINUT

Sepotong kayu jadi gagang pintu Airmadidi—Sejumlah bangunan, baik itu dinas dan badan yang ada di Pemkab Minut mendapat perhatian dan terus dilakukan pembenahan, agar membuat para Pegawai Negeri Sipil (PNS) betah dalam melakukan aktifitas melakukan pelayanan kepada masyarakat. Namun sayang dibalik perhatian tersebut, salah satu ruangan yakni ruang Humas dan Protokoler Pemkab Minut, yang sehari-harinya menjadi tempat beraktifitas 11 orang PNS dalam melayani berbagai pelayanan, termasuk menyiapkan berbagai keperluan bupati saat akan diadakan kegiatan. Dari pantauan, Selasa (8/5) kemarin, ruang Humas yang dulunya sangat bersih, kini terlihat semakin semrawut. Dan yang anehnya lagi, ada beberapa ruangan yang saat gagang pintunya sudah rusak dan hanya disambung sepotong kayu dengan diikat seutas tali. Tentu dengan keadaan seperti ini, menjadi penilaian tersendiri masyarakat yang melihat hal itu. Seperti yang dikatakan Alfred Sembor salah satu warga Airmadidi,

SALAH satu pintu yang ada diruangan Humas Pemkab Minut, dimana tampak gagang pintu yang rusak dan hanya menggunakan sambungan sepotong kayu.(fofo: boyz/sk)

yang sempat memperhatikan hal itu. Dimana menurut Alfred, harusnya ada perhatian serius akan hal tersebut. Ini mengingat fungsi ruang Humas sangat strategis. “Humas itukan perpanjangan tangan bupati, seharusnya ruangan mereka diperha-

tian. seorang pimpinan wajib melakukan itu, jangan hanya membenahi ruangan lainnya saja. Mana PNS betah jika keadaan ruangan berantakan dengan gagang pintu yang terbuat dari kayu,” tegas Sembor,. Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Minut Revalino

Dindokambey mengatakan , kerusakan gagang pintu tersebut saat ini dalam perencanaan untuk dilakukan perbaikan. “Gagang kayu itu untuk sementara saja, tapi secepatnya akan segera diganti dengan yang baru, agar PNS dapat bekerja dengan baik.(eres)

PENDIDIKAN

Wabup motivasi siswa lanjutkan pendidikan yang lebih tinggi Ratahan—Sebagai bagian dari tanggungjawab sebagai Pemerintah, untuk memajukan pendidikan serta meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Mitra, Wakil Bupati (Wabup) Mitra Drs Jeremia Damongilala MSi, terus memberikan motivasi kepada para siswa sekolah, terutama kepada para siswa peserta Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN). Hal ini langsung dilakukan Wabup, ketika membuka soal atau naskah UASBN hari kedua di SD Negeri Minanga Kecamatan Pusomaen. Sebelum membuka sampul soal Wabup kembali mengingatkan para siswa peserta UASBN untuk berdoa terlebih dahulu, dan selanjutnya dalam mengerjakan soal dilakukan dengan baik. “Saya berharap adik-adik siswa untuk dapat mengerjakan soal dengan baik, dan konsentrasi

WABUP Mitra Drs Jeremia Damongilala MSi, saat membuka sampul soal di SDN Minanga, Mitra.(foto: stenly/sk)

agar dalam pengisian lembar jawaban tidak terjadi kesalahan, sehingga mendapatkan hasil akhir yang baik,” ujar Damongilala, saat mengingatkan dan memberi motivasi para siswa, Selasa (8/5) kemarin. Lebih lanjut, Wabup Damongilala, melakukan pemantauan di SD GMIM Tetengesan dan SD Inpres Tatengesan. Ketika memantau Wabup juga terus memberikan motivasi kepada para

siswa, agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Daerah masih membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, untuk itu saya harap para siswa ini dapat melanjutkan terus pendidikan mereka sampai ke jenjang yang lebih tinggi, karena mereka adaah generasi penerus pembangunan di Kabupaten Mitra,” tandasnya. Sementara, dari data yang ada, UASBN hari kedua,

Selasa (8/5) kemarin, diikuti oleh 1990 siswa peserta. Jumlah ini masih sama dengan pelaksanaan di hari pertama, dimana hanya 2 siswa yang tidak mengi-kutinya karena telah pindah ke Boltim. Dari data yang ada di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Mitra, jumlah siswa SD yang menjadi peserta UASBN tahun ini berjumlah 1992, namun dihari pertama hingga hari kedua penyelenggaraan ternyata dari jumlah tersebut ada 2 siswa yang tidak mengikutinya. Dan setelah dikonfirmasikan kepada Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Dikpora Mitra Crets Bendah SPd, mengungkapkan kalau kedua siswa tersebut telah pindah sekolah di Boltim. “Kedua siswa ini sekolah di SD Inpres Buku Belang, dan rupanya telah pindah sekolah di Boltim,” ungkap Bendah, kepada

Minggu, dan itu tidak disetor sebagai PAD. Bukan tidak mungkin hal ini juga terjadi di sejumlah pasar yang ada di Minsel,” ujar politisi Demokrat Minsel ini, yang turut diaminkan Stven Lumowa SE. Sementara itu, Kepala Dinas Pasar Minsel Drs Wempie Mononimbar yang dikonfirmasi saat mengikuti

rapat di dekab Minsel kemarin mengatakan, tidak benar ada dugaan Pungli di sejumlah pasar yang ada di Minsel. “Mereka hanya meminta uang keamanan dan juga kebersihan, karena mereka yang membersikan pasar, dan kalau yang berkaitan dengan retribusi atau Pungli tidak benar,” bantah Mononimbar.(esem)

RETRIBUSI

Tak pro-aktif, Perda tak diakomodir Amurang—Pembahasan Peraturan Daerah (Perda) yang dilakukan oleh Pansus Dekab dan Pemkab Minsel terus berlanjut. Bahkan Pansus Dekab Minsel mengancam tidak akan mengakomodir pembuatan Perda bagi SKPD yang tidak pro-aktif dalam membahas rancangan Perda retribusi. Personil komisi II Dekab Minsel yang juga Ketua Pansus Perda retribusi jasa Umum dan Usaha, Steven Lumowa SE kepada Swara Kita, Selasa (8/5) kemarin di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya tidak akan membahas perda SKPD yang tidak

pro-aktif dalam membhas Perda. “Kami tidak akan membahas Perda bagi SKPD yang malas mengikuti pembahasan, kenapa demikian karena kehadiran kepala SKPD untuk pembahasan Ranper-da sangat penting,” ujarnya. Ditambahkan Lumowa, pembahasan ranperda ini adalah untuk pembangunan serta kemajuan kabupaten Minsel, serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Pembahasan Ranperda ini bertujuan untuk pembangunan di Minsel dalam hal peningkatan pendapatan Asli daerah (PAD) di Minsel, serta melayani masyarakat,” tegas Lumowa.(esem)

SOROT

Kululu sesalkan penundaan pembayaran anggaran Airmadidi—Saat ini penundaan pembayaran sejumlah anggaran di Minut terus terjadi, dan ini sebaiknya menjadi perhatian serius. Pasalnya, sejauh ini masih banyak penundaan pembayaran anggaran baik di pemkab, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) maupun di sekretariat dewan. Tentu saja hal ini, mendapat tanda tanya dari Wakil Ketua Dekab Minut Ruddy Kululu SE. Dimana menurutnya, kenapa sampai saat ini masih banyak sejumlah pembayaran triwulan I yang masih sempat tertunda. Salah satu contoh yakni dana sertifikasi guru dan dana pembayaran gaji tenaga honor lepas, termasuk beberapa dana kepada pihak ketiga.

“Seharusnya hal-hal seperti ini menjadi prioritas, karena sudah masuk Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) di masing-masing SKPD, dan sekretariat harus segera dilunasi,” tegas Kululu, Selasa (8/5) kemarin. Ditambahkan Kululu, penundaan pembayaran karena proses administrasi harus dikaji, jangan sampai akibat ulah oknum tertentu akhirnya menghambat pembayaran dan merugikan pemerintah dari segi pelayanan prima. “Hal ini harus menjadi perhatian serius kepala daerah, apalagi soal keterkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat. Cara kerja seperti ini harus dirubah tapi tanpa mengesampingkan aturan yang berlaku,” usul Kululu.(eres)

Swara Kita, kemarin. Dijelaskannya lagi, dari informasi yang diterima pihaknya, kedua siswa tersebut telah mengikuti UASBN di daerah tersebut. “Informasinya mereka berdua telah mengikuti ujian di Boltim, untuk itu dari jumlah siswa yang tadinya terdaftar 1992 dari Mitra, hingga hari kedua ini diikuti oleh 1990 siswa peserta, karena dua

siswa telah pindah,” jelasnya. Sementara itu, menurutnya pelaksanaan UASBN di Mitra, sampai hari kedua tetap berjalan lancar dan aman, dimana hari kedua ini mata pelajaran yang diujiankan adalah matematika. “Sampai saat ini UASBN berjalan lancar. Dan kami harap sampai pada hari terakhir tetap akan berjalan lancar dan aman,” harapnya.(esel)


RABU 9 MEI 2012

AGENDA PENGURUS KORPRI KOTA BITUNG PERIODE 2011-2016 Ketua Wakil Ketua Wakil Ketua Sekretaris

: Drs Edison Humiang MSi : Drs Malton Andalangi : Fabian Kaloh SIP MSi : Harun Darise SPd

Ketua-Ketua Bidang 1. Ferdinand Tangkudung SIP MSi 2. Drs Herman Rompis MSi 3. Dra Vera Manoppo 4. dr Vonny Dumingan MKes 5. Ir Alex Wattimena MSi 6. Weenas Luntungan SH MH

Sekprov lantik KORPRI Bitung DEWAN pengurus KORPRI Kota Bitung periode 2011-2016 akhirnya dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Sulut yang juga adalah Sekprov Sulut Ir S R Mokodongan pada Selasa (8/5) kemarin. Pelantikan yang dilaksanakan di BPU kantor Walikota disaksikan oleh Walikota Bitung Hanny Sondakh dan Wakil Walikota Max Lomban yang juga selaku Ketua Dewan Pengurus KORPRI Kota Bitung periode 2005 - 2010. Pelantikan ditandai dengan penandatanganan SK pengurus oleh Ketua Dewan KORPRI Sulut Ir S R Mokodongan yang kemudian diserahkan kepada Ketua Dewan pengurus KORPRI Kota Bitung yang baru yaitu Drs Edison Humiang, MSi. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan pataka KORPRI dari Ketua KORPRI yang lama Max Lomban kepada Ir S R Mokodongan dan diteruskan kepada Ketua yang baru Drs Edison Humiang MSi. Dalam sambutan selaku Ketua Dewan Pengurus KORPRI Sulut, Mokodongan mengharapkan pengurus KORPRI yang baru membawa organisasi KORPRI tampil berbeda, tampil berekspansi konstruktif dan tampil berekspansi produktif dalam frame kualitas, kapasitas dan kompetensi program kerja serta birokrasi netralitas sebagaimana tersirat dalam panca prasetya korpri. “Saudara-saudara harus pula senantiasa mewarnai gerak pembangunan daerah khususnya di Kota Bitung dengan selalu menghadirkan inovasi, terobosan dan langkahlangkah strategis yang dapat memberikan lompatan bermakna dalam setiap gerak kebijakan dan program kerja,” kata Mokodongan.(wepe)

DAU 2013 Sangihe terancam Akibat SILPA yang tidak terkelolah dengan baik Tahuna—Mencuatnya angka fantastis menyangkut Selisih Pengelolaan Anggaran (SILPA) Tahun Anggaran 2011 bagi Kabupaten Sangihe sangatlah mencengangkan semua pihak. Pasalnya, untuk skala Pemprov Sulut pun tidak ada angka SILPA mencapai puluhan miliar seperti yang terjadi di wilayah kepulauan ini. Ketua LSM Merah Putih Jatris Patiri SH ketika dihubungi Swara Kita

menyatakan tingginya angka SILPA bagi kabupaten Sangihe tahun lalu dipastikan akan berdampak bagi daerah. “Sudah sangat jelas pengelolaan keuangan daerah ini amburadul. Ditengah kegelisahan semua SKPD pada triwulan empat TA 2011 terhadap minimnya anggaran, justru masih tersimpan dana mencapai puluhan miliar,” ujar Patiri. Yang menjadi ketakutan ke depan lanjut Patiri

adalah adanya rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ke Presiden perihal hasil temuan ini. “Kalau hal ini sampai terjadi, sudah dipastikan untuk Dana Alokasi Umum (DAU) bagi Kabupaten Kepulauan Sangihe TA 2013 akan terancam mengalami penurunan. Asumsinya dengan SILPA yang mencapai sekitar Rp40 miliar memberikan indikasi bahwa keuangan daerah sudah berlebihan sehingga wajar untuk DAU di kurangi,” ujarnya kembali. Disisi lain juga Patiri memberikan apresiasi yang tinggi terhadap upaya penuntasan adanya dugaan

mark up keuangan dalam SILPA ini yang dilakukan oleh Kejaksanaan Negeri (Kejari) Tahuna. “Ditakutkan juga jangan-jangan SILPA yang menjadi temuan BPK ini sendiri justru hanya secara tertulis jumlahnya mencapai puluhan miliar sedangkan fisiknya sudah tidak ada,” tegasnya sambil menyatakan juga agar pihak Kejari Tahuna juga menelusuri keberadaan SILPA ini jangan-jangan didepositokan di beberapa Bank yang ada dan adanya permainan yang mencurigakan terhadap bunga deposito yang dimaksud.(esde)

LINGKUNGAN

Kaban Perijinan diduga “mainkan” ijin galian C Bitung—Tindakan inprosedural diduga dilakukan oleh kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan Penanaman ModaL Daerah Kota Bitung yang mengeluarkan ijin galian C di Kelurahan Mawali Kecamatan Lembeh Utara. Pasalnya, dari penelusuran Swara Kita, ternyata ijin tersebut dikeluarkan tanpa adanya rekomendasi dari BLH dan Dinas ESDM. Akibat dari tindakan

Inprosedural itu, mendapatkan kecaman dari sejumlah LSM seperti diungkapkan oleh Muzakir Boven pentolan LSM Lembeh Bersatu. “Ini menjadi salah satu bukti jika Kepala Badan Perijianan kota Bitung asal mengeluarkan ijin dan indikasi adanya kongkalingkong dalam pembuatan ijin di instansi tersebut mulai jelas,” kata Boven. Sementara itu, Sekretaris

Kota Bitung Drs Edison Humiang ketika dikonfirmasi menjelaskan jika dirinya akan memangil Kepala Badan Perijinan tersebut guna mengklarifikasi sistem inprosedural yang dilakukannya itu. “Semua ijin yang dikeluarkan harus melalui kajian dari instansi teknis. Dari instansi teknis ini anntinya akan mengeluarkan rekomendasi untuk dikeluarkan ijin oleh badan perijinan,” kata Humiang.

Namun demikian, dikatakan sekkot Bitung ini jika ijin sudah dikeluarkan namun tetap saja kajian dari instansi teknis harus dikeluarkan. “Tetap kajian dari instansi ini meski dikeluarkan,” ungkapnya. Sayangnya kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu dan Penanaman ModaL Daerah Kota Bitung ketika akan dikonfirmasi enggan m e n g a n g k a t ponselnya.(wepe)

KEAMANAN

Pos Mapalus Kamtibmas Aertembaga diresmikan

ROLLING

Kembali pejabat dibuat was-was MESKI hingga sekarang pemerintahan Drs Hironimus R Makagansa MSi dan Jabes E Gaghana SE ME belum mampu membuktikan tentang rencana pelaksanaan rolling jabatan tahap dua yang telah digaungkan sejak awal tahun anggaran 2012, namun mencuatnya kembali pelaksanaan rolling cukup membuat sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Sangihe mulai was-was. Pasalnya, dari info yang berhasil dirangkum Swara Kita menyebutkan dalam waktu dekat rolling tersebut semakin pasti dilakukan. “Ada info yang kami dapat dalam pekan ini rolling tersebut dipastikan akan dilaksanakan,” ujar sejumlah sumber di kantor Bupati yang meminta namanya agar jangan dikorankan. Bahkan lanjut sejumlah sumber resmi tersebut akibat mencuatnya kembali pelaksanaan rolling dalam waktu dua pekan terakhir dalam setiap kunjungan pimpinan daerah ke berbagai agenda kegiatan pemerintahan hingga agenda lainnya sebagian besar pejabat terus melakukan pendampingan. “Padahal jauh sebelumnya keiukutsertaan sejumlah pejabat dalam setiap agenda pimpinan daerah dalam berbagai hajatan sangat minim. Intinya pejabat mulai rajin lakukan setor muka ke pimpinan daerah baik untuk mengamankan jabatan maupun mencari jabatan,” jelasnya kembali. Secara terpisah, Kabag Humas Pemkab Sangihe Drs Suharto Mandiri menyatakan bahwa rencana pelaksanaan rolling tetap akan dilakukan pimpinan daerah. “Yang pasti tinggal menunggu waktu yang tepat. Soal kepastian kapan kita tunggu saja, sebab setiap pejabat harus menerima segala keputusan pimpinan dalam rolling. Dan yang pasti selama ini pimpinan daerah telah memberikan kesempatan kepada semua pejabat untuk menujukkan prestasi kerja yang menjadi salah satu acuan pelaksanaan rolling dimaksud. Bertanggungjawab dan mampu menjalankan kepercayaan yang diberikan pimpinan maka yang bersangkutan tentunya tetap akan dipakai sebagai pejabat demikian sebaliknya,” singkat Mandiri.(esde)

WAKIL Walikota ketika meresmikan Pos Mapalus Kantibmas di Aertembaga, kemarin.(foto:epang/sk)

Bitung—Wakil Walikota Bitung Max J. Lomban meresmikan pos mapalus kamtibmas Kecamatan Aertembaga, Selasa (8/5) kemarin. Pos yang terletak di Kelurahan Aertembaga I itu dibangun atas bantuan dari PT. Budi Sentosa Abadi yang menjadi mitra masyarakat. Usai meresmikan, Lomban dalam sambutannya mengatakan bahwa ini merupakan salah satu wujud nyata dari tekad dan komitmen serta kebijakan pemerintah untuk makin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Hadirnya pos Mapalus Kamtibmas ini diharapkan akan mampu meningkatkan

kinerja aparatur kecamatan aertembaga bersama dengan seluruh perangkat kecamatan dan kelurahan untuk memotivasi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan,”kata Lomban. Diapun tak lupa memberikan ucapan terima kasih disertai penghargaan

yang tinggi kepada pimpinan PT. Budi Sentosa Abadi atas kepedulian dan bantuannya dalam mendirikan pos mapalus kamtibmas ini. “Kiranya ini bisa menjadi contoh bagi perusahaanperusahaan lain di Kota Bitung untuk turut berperan dalam menjaga dan

memelihara keamanan wilayah,” tambah Lomban. Peresmian ini disaksikan oleh Camat Aertembaga Victorin Lengkong SSTP, Kabagren Polres Bitung Kompol John Patireu dan Lurah Aertembaga I, serta para toga dan tokmas sekitarnya.(wepe)

Sejumlah PNS berkeliaran di APMS Ulu Siau—Ditengah giatnya Tim Pengendali dan Pengawasan Bahan Bakar Minyak (BBM) Pemkab Sitaro melakukan pemantauan proses penyaluran di Agen Premium Minyak dan Solar (APMS) Ulu Siau, ternyata keberadaan sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tidak termasuk dalam tim mendapat perhatian dari warga, dan diduga menjadi mafia Delivery Order (DO) karena sering berkeliaran saat pendistribusian minyak. “Kami mempertanyakan ada pegawai yang selalu duduk dan berkeliaran di APMS. Padahal setahu kami, pegawai yang bersangkutan tidak termasuk dalam tim pengendali. Kalau tim pengendali BBM pemerintah daerah sudah jelas ada, dan sudah sepantasnya melakukan aktifitas pengawasan di APMS, karena sudah menjadi tugas mereka. Tapi yang kami pertanyakan pegawai yang tidak masuk dalam tim, tapi sering berkeliaran di APMS dan jarang masuk kantor,”

ungkap sejumlah warga Siau Timur (Sitim). Dari informasi yang berhasil dirangkum Swara Kita, Selasa (8/5) kemarin, para pegawai tersebut diduga sering menjadi mafia DO BBM, dengan asumsi DO yang diperoleh dengan harga standar dari pihak APMS selanjutnya dijual kembali kepada pembeli lain dengan harga lebih tinggi rata-rata Rp7 ribu hingga Rp8 ribu perliter, guna meraup keuntungan banyak dari hasil penjualan tersebut. Ketua Tim Pengendali dan Pengawasan BBM Herry Lano SE MM ketika dimintai tanggapannya seputar aktivitas PNS yang ada di APMS tersebut mengatakan, untuk pemantauan penyaluran BBM telah ditugaskan dua orang staf pegawai, masingmasing dari Dinas Perindagkop dan Bagian Ekonomi Setda. Selain itu, ada juga sejumlah petugas dari Satpol PP yang diperbantukan. “Jadi selain itu tidak ada tugas apapun dilokasi penyaluran BBM, kalau memang ada kami akan melakukan pengecekan seputar informasi itu,” tegas Lano.(esge)

DUGAAN KORUPSI DKP

10 kelompok nelayan Biaro diperiksa Kejaksaan Ondong—Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Tahuna di Ondong Siau terus melakukan pendalaman terhadap kasus dugaan korupsi proyek Keramba Jaring Apung (KJA) Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sitaro di Kecamatan Biaro. Setelah melakukan pemeriksaan kepada oknum Kadis berinisial MO alias Medi, kini giliran 10 orang kelompok nelayan turut diperiksa, Selasa (8/5) kemarin, guna pengumpulan data-data. Kacabjari Tahuna di Ondong Siau, Oikurnia Zega SH, saat dihubungi Swara Kita, mengatakan, proses pemeriksaan akan terus berlanjut, dimana setelah melakukan pemeriksaan terhadap 10 orang kelompok nelayan tersebut, ternyata bakal ketambahan 3 orang lagi yang akan turut dipanggil guna kepentingan pemeriksaan. “Saat ini masih dalam pemeriksaan terhadap 10 orang kelompok nelayan, bahkan bisa ketambahan 3 orang lagi yang akan

dipanggil untuk diperiksa, setelah kami melakukan pendalaman,” terang Zega. Saat ditanyai titik terang dari hasil pemeriksaan tersebut, lanjut dia, bukan itu saja malah dipastikan dari pemeriksaan itu akan ada peningkatan dari penyelidikan menjadi penyidikan, yang mana akan disertai dengan penetapan tersangka. “Dari hasil pemeriksaan terhadap 10 orang kelompok nelayan ini, bisa saja akan ada peningkatan dari penyeli-dikan menjadi penyidikan, yang mana itu sudah disertai dengan penetapan tersang-ka,” jelas Zega, seraya menambahkan untuk hal ini masih menunggu sekurang-kurangnya satu sampai dua minggu lagi. Perlu diketahui pemeriksaan terhadap kelompok nelayan guna pendalaman awal, sebagai penerima proyek KJA berbandrol Rp553 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2011 DKP Sitaro. Dan pemeriksaan kali ini, pemeriksaan kedua setelah sebelumnya Cabjari memanggil oknum Kadis DKP.(esge)

GAPI KARANGETANG

PENDIDIKAN

RSBI SD Sagerat akan penuh keterbatasan Bitung—Ditunjuknya SD Negeri Sagerat sebagai satu-satunya Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Kota Bitung, rupanya kini tidak lagi mampu memenuhi kriteria itu. Dari hasil jaring aspirasi sekolah Ketua Dekot Bitung Santi G Luntungan ketika membuka naskah UN di sekolah tersebut menemukan adanya keterbatasan sekolah RSBI itu. Hal diungkapkan oleh Kepala Sekolah SD Negeri Sagerat Johana M Worotican kepada Luntungan. “Memang ini sekolah RSBI, namun kami sendiri masih banyak kekurangannya. Sebab dalam persyaratan RSBI, satu kelas harus 28 siswa. Tapi disini sudah mencapai

DUGAAN MAFIA DO

49 siswa,” kata Worotikan. Tak hanya itu, diapun menjelaskan jika kapasitas listrik di tempat ini sangat tidak menunjang sehingga dari 15 komputer yang ada pihak sekolah hanya mampu diaktifkan 9 unit saja. “Kami sudah berusaha menghubungi pihak PLN untuk menambah daya, tapi sampai saat ini kualitas listriknya yang tidak baik,” katanya. Ditambahkannya jika, saat ini pihak sekolah tidak mempunyai guru bahasa Inggris. “Bagaimana menjadi sekolah bertaraf internasional jika guru bahasa Inggrisnya adalah honorer,” kata Worotikan. Pun demikian dengan pengamanan dalam aturan RSBI harus mempunyai Sekurity. “Tapi kami

sampai saat ini belum mempunyai sekurity,” katanya. Sementara dilanjutkan Worotikan jika sekolah RSBI tidak diperkenankan membuka sekolah siang tapi pihaknya tetap membuka sekolah siang karena keberadaan siswa yang jumlahnya 342 sementara hanya ada 8 kelas. Mendengar keluhan kepala sekolah tersebut, SGL meminta agar pihaknya memasukan surat di sekolah untuk nantinya ditindaklanjuti oleh Dekot Bitung. “Mendengar keluhan sekolah ini saya akan mengusulkan kepada rekan-rekan komisi untuk dapat menindaklanjuti persoalaan ini,” katanya.(wepe)

Memantau aktifitas, pos difasilitasi CCTV Ulu Siau—Guna m e n d a p a t perkembangan dan informasi yang up date, aktifitas Gunung Api (GAPI) Karangetang Siau terus dipantau, selain menggunakan sejumlah alat pendeteksi serta peringatan dini, Pos Pengamatan turut difasilitasi atau dipasangi kamera monitor CCTV. Menurut Kepala Pos Pengamatan Gapi Karangetang Siau, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Daniel Hinondaleng, saat ditemui Swara Kita Selasa (8/5) kemarin, pemasangan CCTV langsung ditangani oleh pihak Persandian provinsi yang bekerjasama dengan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro. “Alat ini nantinya berfungsi untuk memantau perkembangan aktifitas gunung. Sehingga bisa dilihat setiap peningkatan aktifitas, karena terus dimonitoring dengan CCTV,” ujar Hinondaleng. Terkait dengan alat pendeteksi ini, dirinya menambahkan, untuk Pos Pengamatan masih ada 2 alat yakni seismograf yang ada dikantor, dan juga RDM yang dipasang secara temporer dibeberapa titik. “Kami baru memiliki 2 alat pendeteksi ini. Kalau untuk alat peringatan dini ada, berupa Toa dan HT sudah lama ada, yang langsung digunakan untuk memberikan peringatan bagi masyarakat,” terang Hinondaleng.(esge)


RABU 9 MEI 2012

RON-TOTABUAN

Forum Rafokopimda digelar di Boltim DALAM rangka menjaga situasi serta kondisi serta stabilitas keamanan dalam daerah, Selasa (8/5) kemarin, Bupati Sehan Landjar, Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Kepala Pengadilan Negeri Kotamobagu, Kapolres Bolaang Mongondow (Bolmong) serta Kapolsek Urban Kotabunan, menggelar Rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Rafokopimda) yang bertempat ruangan Kantor Bupati Boltim. Bupati Boltim melalui Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Drs Rusdi Gumalangit mengatakan, rapat tersebut adalah membicarakan masalah tapal batas di lima Kabupaten. Di antaranya, batas Boltim-Mitra, batas Boltim-Bolsel, batas BoltimKota Kotamobagu, batas Boltim-Bolmong serta Batas Boltim Minsel. “Lima agenda ini adalah pokok utama dalam rapat tersebut,” kata Gumalangit, kepada Swara Kita, kemarin. Dia juga mengatakan rapat tersebut juga membicarakan mengenai permasalahan keamanan lingkungan, penyelesaian sarana pemerintah, serta permasalahan kemasyarakat, seperti pencu-rian sapi serta judi togel yang akhirakhir ini mulai marak di Kabupaten Boltim. “Agar permasalahan ini tidak berkelanjutan, sehingga Bupati mengundang para Muspida membicarakan hal-hal tersebut,” terang Gumalangit.(try17)

Investor mulai lirik Kota Kotamobagu DENGAN kepemimpinan Walikota Kotamobagu, Drs H. Djelantik Mokodompit ME, ternyata membuat semakin terbukanya iklim investasi di Kota Kotamobagu. Sehinga, membuat Kota-mobagu mulai dilirik kalangan investor dari luar daerah. Hal tersebut terbukti Selasa (8/5) siang kemarin, Pemkot Kotamobagu kembali kedatangan investor yang berniat melakukan investasi di bidang jasa kesehatan dengan melirik rumah sakit umum Kota Kotamobagu, yang terletak di Kelurahan Pobundayan Kecamatan Kotamobagu Selatan. Dalam kunjungannya, Farid Husein, Direktur Utama PT Sinar Rinjani Tambora, selaku investor ditemani langsung Walikota Kotamobagu bersama sejumlah pimpinan SKPD. Pimpinan perusahaan jasa kontruksi dan property yang berkantor di kawasan Gatot Subroto Jakarta selatan ini, tampak serius mengikuti presentase yang disampaikan langsung Walikota tentang kondisi rill RSUD Kotamobagu, baik kekurangan maupun kelebihannya sambil mengitari kawasan RSUD Kotamobagu. Ditemui di sela-sela kunjungannya, Farid Husein menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modal di Kotamobagu, khususnya di bidang jasa kesehatan. “Saya sebelumnya telah bertemu dengan Walikota di Jakarta, dan dari pemaparan beliau saya langsung tertarik untuk melakukan kunjungan ke kotamobagu,” ujar Farid. Dirinya juga menanmbahkan, iklim yang sehat, respond dan antusiasme yang ditunjukkan Walikota Kotamobagu adalah modal utama bagi para investor. “Iklim investasi dan antusiasme yang ditunjukkan beliau (Walikota, red) adalah modal utama bagi saya, apalagi beliau terlihat sangat terbuka, bahkan hingga menjemput bola,” tambah Farid. Sementara itu Walikota Kotamobagu, Drs H Djelantik Mokodompit ME ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa hal ini merupakan salah satu strategi yang diterapkan pemerintah daerah, untuk menunjang visi misi Kotamobagu, sebagai kota jasa dengan merespon setiap investor yang ingin berinvestasi di Kotamobagu. “Strategi yang diterapkan pemerintah daerah saat ini, selain menciptakan iklim investasi yang sehat dan terbuka, juga mengaplikasikan system jemput bola, untuk mewujudkan visi misi Kotamo-bagu sebagai kota jasa, terutama dibidang jasa kesehatan,” ujar Walikota. Ia menambahkan, Kunjungan kali ini akan segera ditindaklanjuti pihak pemerintah Kota Kotamo-bagu dengan segera membentuk tim khusus yang akan mengkaji bentuk kerjasamanya. “Pemkot Kotamobagu akan segera membentuk tim khusus dalam proses kerjasama terutama pola kerja sama seperti apa yang akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding, dan mudah-mudahan hal ini akan segera terealisasi, sehingga rumah sakit Kotamobagu akan segera menjadi rumah sakit rujukan diwilayah Bolmong raya,” tambahnya.(veem)

Dekab Boltim bakal kena TGR ratusan juta Perjalanan Dinas dan dana Mami diduga tak punya payung hukum Tu t u y a n — B a d a n Pemeriksa Keuangan (BPK) dalam waktu dekat bakal merilis sejumlah temuan dalam pengelola-an keuangan di Kabupa-ten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) untuk Tahun Anggaran 2011. Menurut sumber resmi harian ini di BPK Sulut, mengenai pengelolaan keuangan di Dewan Kabupaten (Dekab) Boltim, disinyalir banyak yang tidak mengantongi pa-yung

hukum, terhitung sejak tahun 2009 hingga 2011. Pengelolaan keua-ngan itu di antaranya, soal perjalanan dinas, dana tunjangan makan dan minum (Mami), tunjangan komunikasi, hingga tunjangan perumahan, disinya-lir tidak memiliki Pera-turan Bupati (Perbub). “Sebagian besar pengelolaan keuangan di Dekab Boltim tidak memiliki landasan hukum. Seperti perjalanan dinas, setiap orang-

nya menerima sekitar Rp12 juta. Kemudian dana Mami tahun 2011 senilai Rp600 jutaan. Kemudian tunjangan perumahan Ketua Dekab mendapat Rp8 juta perbulan, dan anggota Rp6 juta perbu-lan, terhitung dari tahun 2010 hingga 2011. Semua anggaran tersebut bakal dikenakan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) hingga ratusan juta rupiah per anggota,” ungkap sumber BPK yang enggan namanya dikoran-

kan. Sementara itu, Ir Mohammad Assegaf, selaku Ketua Majelis Pertimbangan Tututan Ganti Rugi (MPTGR), saat dikonfirmasi sejumlah wartawan, Selasa (8/5) kemarin, membenarkan jika pengelolaan keuangan tersebut tidak memiliki Perbub serta sa-rat dengan penyimpa-ngan. Namun, pihaknya belum mengetahui pasti besaran nilai yang harus dikembalikan ke kas Negara. “Kita tunggu saja hasil pemeriksaan dari BPK, pasti akan diketahui se-cara terang-benderang,” ujarnya.(try17)

PILWAKO KOTAMOBAGU

Pemilihan ditetapkan pada 16 Mei 2013

PENDIDIKAN

Ikut orang tua berkebun, 11 siswa tidak ikut UN Tutuyan—Memasuki hari ke-dua, Selasa (8/5) kemarin, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD), tidak diikuti oleh 11 orang siswa. Hal ini dikatakan langsung Sukri Tawil Spd, Sekertaris Dinas Pendidikan Boltim, kepada Swara Kita. Dia mengatakan, siswa yang tidak UN tersebut antara lain SD Kecamatan Kotabunan 4 orang, SD Kecamatan Nuangan 4 orang dan 3 lainnya adalah SD Kecamatan Modayag. “Data tersebut belum keseluruhan, sebab masih ada sekolah yang sampai saat ini belum memastikan data siswa yang tidak mengikuti UN. Seperti SD di Keca-

matan Modayag Barat,” ungkap Tawil. Dia menjelaskan, tidak ikutnya para siswa terse-but pada pelaksanaan UN tahun ini, disebabkan me-reka sudah mengikuti orang tua untuk berkebun. “Kami sudah berusaha melalui Kepala Sekolah masingmasing dengan cara membujuk agar para siswa tersebut bisa mengi-kuti UN. Bahkan, agar me-reka bisa mengikuti UN, pi-hak sekolah telah membe-likan seragam, sepatu serta perlengkapan UN. Tapi tetap saja mereka tidak mau, sehingga untuk mengikutsertakan pada ujian susu-lan sudah tidak bisa lagi. Sebab itu adalah kemauan mereka, bukan pihak seko-lah maupun Diknas sendi-ri,” jelasnya.(try17)

Selisih gaji 10 % belum juga diterima para guru

SELURUH warga di Kota Kotamobagu dipastikan akan menggunakan hak suaranya untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu pada tanggal 16 Mei 2013 mendatang.(foto: bobby/sk)

Kotamobagu—Hari H pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu akhirnya ditetapkan akan digelar pada 16 Mei 2013. Hal tersebut sebagaimana hasil rapat ten-tang rencana tahapan dan anggaran, antara KPU Kotamobagu, Bandan Anggaran (Banggar) DPRD, dan Panitia Anggaran Pemkot Kotamobagu, di ruang Banmus DPRD Kotamobagu, Selasa (8/5)

kemarin. “Dalam pertemuan tersebut, hari H Pilwako ditetapkan 16 Mei 2013, namun hal tersebut masih akan dikonsultasikan dengan KPU Propinsi,” ujar Ketua KPU Kotamobagu, Nayodo Kurniawan SH, di dampingi Ketua Devisi Hukum Amir Halatan dan Ketua pokja Kampanye Robianto Suit, saat bersua dengan para wartawan. Dilanjutkan Nayodo,

ditetapkannya hari H tersebut karena untuk menghindari bulan Ramadhan yang jatuh pada bulan Agustus. “Jika terjadi dua putaran dan ada gugatan calon lain, maka hari H tersebut dinilai tepat untuk menghindari bulan Ramadhan. Karena jika dilakukan kampanye pada bululan Ramadhan, akan mengganggu jalannya ibadah,” kata Nayodo. Selain itu, lanjutnya, kalau

hari H dimajukan, takutnya akan melibihi masa jabatan walikota. “Tahapannya mengacu pada hari H pemilihan. Dan tahapannya dihitung mundur 210 hari dari hari H,” tambah Nayodo. Dan untuk, pra tahapan pilwako, lanjut Nayodo, akan dilakukan para bulan Juni sampai Agustus 2012 ini. “Dan untuk anggaran persiapan atau pra tahapan akan dikonsultasikan dengan BPK,” ujarnya.(veem)

Bolmong—Nasib ribuan Umar Bakri di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), saat ini sangat memprihatinkan. Pasalnya, janji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong untuk segera mencairkan selisih gaji sekitar 10 persen untuk para guru terse-but, hingga kini belum juga terealisasi. Diduga keterlambatan pencarian gaji tersebut disebabkan adanya ‘permainan’ antara Dinas Pendapatan Pengelo-laan Keuangan Daerah (DPPKAD) dan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Bolmong. “Kami menduga selisih gaji tersebut masih tertahan di bank. Pasalnya, sesuai informasi yang kami terima, bahwa Dinas PPKAD dan Diknas

Bolmong belum menemui kepastian siapa yang akan melakukan pembayaran. Karena disinyalir, dalam pencairan tersebut nantinya ada pemotongan,” ujar para guru yang tidak mau menyebutkan namanya. Kadis PPKAD Bolmong Amri Arief SE sendiri ketika dikonfirmasi wartawan menyatakan, kalau in-formasi adanya tarik menarik dan permainan dalam selisih gaji guru tersebut, akan segera diceknya langsung, baik di dinas yang dipimpinnya, maupun di Dinas Pendi-dikan (Diknas) Bolaang Mongondow. “Saya belum bisa memberikan tanggapan lebih soal tarik menarik tersebut, karena informasi itu baru saya tahu dan nanti akan saya cek dulu,” kelit Amri.(veem)

HONORER BELUM GAJIAN

TAPAL BATAS KOTAMOBAGU

SKPD diminta tiru Pemkot siap beberkan bukti luas wilayah langkah Kesbangpol Kotamobagu—Pemkot Kotamobagu siap beberkan fakta-fakta tentang terkait tapal batas daerah dengan wilayah lainnya. Satu di antaranya adalah berita acara pelacakan batas wilayah tersebut. “Kami sudah melakukan pelacakan wilayah sesuai dengan amanat UU Nomor 4 tahun 2007, tentang Pembentukan Kotamobagu,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)

Kotamobagu, Ahmad Zulfi Mokodompit, Selasa (8/5) kemarin, saat di-jumpai di DPRD Kota-mobagu. Dikatakanya, ada sekitar 25 titik perbatasan yang dilacak mereka. Pemkot Kotamobagu baru menyelesaikan 10 titik perbatasan. Penandaan tersebut pun sudah disepakati oleh masing-masing daerah. Pada penandaan tersebut, tokoh dari tiap desa juga terlibat. Dilanjutkan Zulfi, bahwa

penentuan titik tersebut berdasarkan rapat daerah tentang perbatasan. Namun untuk penghitunganya berdasarkan GPS (Global Positioning System), yakni sistem radio navigasi dan penentuan posisi menggunakan satelit. “Kami juga minta kepada tiap desa untuk menyiapkan kar (peta, red) desa. Bahkan sejarah desa juga disiapkan,” tambah dia.

Ia mengatakan, semua hal yang diperlukan untuk pembuktian batas wilayah tersebut akan dibawa pa-da pembahasan Ranca-ngan Peraturan Daerah (Ranperda) rencana tata ruang dan wilayah (RTRW), jika diminta oleh DPRD Kotamobagu. Namun dia mengatakan, hingga saat ini belum ada pemberitahuan atau surat dari DPRD Kotamobagu untuk pembahasan Ranperda RTRW tersebut. Padahal sebelumnya dewan menyatakan ranper-da tersebut akan segera dibahas dengan eksekutif. Sebelumnya, anggota DPRD Kotamobagu Sutomo Samad meminta kepada eksekutif untuk bisa memberikan dasar hukum terkait luasan wilayah. Diketahui, ada perbedaan luas wilayah Kotamobagu seperti yang tertera di UU Nomer 4 Tahun 2007 dengan hasil perhitungan terbaru Pemkot Kotamobagu. Pada UU Nomor 4 2007 tercatat luas wilayah Kotamobagu 68 km2, sementara hasil perhitungan pemkot seluas 134 km2. Bahkan Zulfi mengatakan, dari laporan BPS luas wilayah Kota-mobagu adalah 183 km2.(veem)

Tutuyan—Sejumlah tenaga honorer di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Boltim yang saat ini telah menerima Surat Keputusan (SK) Bupati Sehan Landjar, yang belum menerima gaji, meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebagai tempat mereka bekerja, agar mencontohi langkah yang diambil oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Boltim. Pasalnya, dua hari menerima SK tenaga honor yang bekerja di Kantor Kesbangpol, langsung menerima gaji selama tiga bulan. “Kami minta kepada Bendahara di SKPD tempat kami bekerja dapat mempercepat pen-

cairan gaji kami di Dinas DPPKAD. Karena sudah empat bulan kami belum merima gaji sepeserpun. Sebab gaji tersebut sa-ngat dibutuhkan untuk keperluan kami seharihari,” kata para honor yang enggan nama mereka dikorankan. Sementara itu, Asisten III Boltim Ir Djainudin Mokoginta saat dikonfirmasi Swara Kita Selasa (8/ 5) kemarin mengatakan, pencairan gaji tenaga honor tergantung SKPDnya masing-masing. “Proses pencairan gaji itu tergantung permintaan dari Dinas atau Badan tempat mereka bekerja. Sebab setelah para honor menerima SK, tanggung jawab itu ada di dinas atau badan tempat mereka bekerja,” jelas Mokoginta.(try17)


RABU 9 MEI 2012

KETAWA ASYIK

Ijinkan saya

Punya fisik en mental yang sehat Setiap remaja dituntut harus selalu menjaga fisik en mental agar selalu sehat. Apalagi buat kamu dengan aktifitas yang padat baik di dalam sekolah or organisasi luar sekolah. Gaya hidup sehat sangat bermanfaat bagi kamu baik secara fisik maupun emosional. Temanteman kita berikut udah membuktikannya.(fine)

PADA suatu hari seorang gadis mengadu pada ayahnya. Ia mengatakan telah dihamili oleh seorang tua kaya di desanya. Ayah gadis itu sangat marah mendengar pengakuan anaknya, lalu dengan sebilah pisau ia datangi orang kaya itu.. Bapak :”Hei kamu”, teriak ayah sigadis Orang Kaya :” ada apa ini, bapak datang kok langsung marah-marah ?” Bapak :”apa benar kamu yang menghamili anak gadisku.. Orang Kaya :”iya memang kenapa pak..? Bapak :”Kamu kan tahu anakku itu masih kecil apa jadinya kalau dia keguguran...!?!? Orang Kaya :”Tenang pak, kalau terjadi keguguran ijinkan saya untuk mengulanginya lagi... Bapak :”...?!?!?.(*)

Salah kira PADA satu hari Azis pergi kekota dan kebetulan dia adalah orang kampung yang baru pertama kali pergi kekota.Pada saat mau masuk kegedung didepan pintu itu tertulis ‘OPEN’ Dikira Azis open itu adalah tempat memanggang kue yang sering didengarnya waktu dikampung. Sehingga Azis tidak berani masuk kedalam gedung tsb takut kalau gosong. Pas Azis berdiri ada seorang turis dari Jepang yang mau masuk kedalam gedung tersebut, dan Azis memperingatkan agar jangan masuk. Karena tidak bisa berbahasa asing/jepang mau turis tersebut nekat masuk. Wah pikir azis bisa gosong turis ini bila keluar dari gedung. Kebetulan setelah itu ada orang afrika yang keluar dari gedung tersebut yang berkulit hitam legam seperti orang gosong. Wah pikir azis kasihan sekali turis jepang tadi jadi gosong padahal itu orang afrika yang baru keluar dari gedung tersebut. kasihan azis .......salah kira.(*)

Gadis dan ibu muda ADA seorang gadis cantik, dia sedang dalam perjalanan menuju ke kantor, di angkutan umum dia bertemu seorang ibu muda yang tidak kalah cantik dengannya. Iseng si gadis pun bertanya: Gadis: “Bu, apakah ibu sudah berkeluarga?” Ibu: “Sudah.” Gadis: “Sudah punya anak?” Ibu: “Oh ya, Anak laki-laki.” Gadis: “Wow cowok. Apakah ia merokok?” Ibu: “Tidak dong...” Gadis: “Apakah ia minum minuman keras?” Ibu: “Setetes pun tidak.” Gadis: “Suka main cewe ga?” Ibu: “Jangan sampe...” Si gadis pun tertarik, tipe dia banget tuh cowok. Gadis: “Ah, jarang sekali ada cowo seperti itu di jaman sekarang, ngomong-ngomong usia anak ibu berapa?” Ibu: “Oooo, kemaren dia baru merayakan ulang tahunnya yang pertama...” Gadis: “???!!!”(*)

MENTARI

NATALIA

KALO gaya hidup kita udah sehat, kita pun juga bisa memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama. Mental yang kuat membuat jiwa kita tenang. Artinya, kita nggak mudah drop saat berhadapan dengan sebuah masalah sehingga kitapun bisa lebih menikmati hidup dan lebih produktif dalam bekerja.

PAKTA INTEGRITAS

Wowor tekankan soal pendidikan berkualitas dan pelayanan publik Manado—Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Sulut Drs Star Wowor MSi kembali menekankan soal pendidikan berkualitas dan pelayanan publik. Wowor menghimbau agar setiap pejabat dan staf di lingkup Diknas Sulut dapat memaksimalkan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang bebas dari unsur Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN). Pelayanan publik, pengelolaan keuangan dan aset yang baik menjadi perhatian Gubernur Sulut untuk mencapai opini wajar tanpa pengecualian (WTP)

KADIS Drs Star Wowor MSi bersama jajaran Diknas Sulut saat menandatangani pakta integritas kemarin.(foto: ist)

dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hindari diri dari unsur KKN, ujar

Wowor disela-sela penandatanganan pakta integritas bersama seluruh

pejabat eselon II dan III di Diknas Sulut Selasa (8/5) kemarin. Wowor menambahkan, penandatangan pakta integritas tersebut diharapkan dapat mendorong kinerja. Ini bukan permainan. Ini wajib jadi pedoman, sehingga setiap bidang yang tidak melaksanakan, pasti kena sanksi sesuai aturan, katanya sembari menambahkan, Diknas Sulut akan melakukan pengawasan internal melalui inspektorat internal yang mengontrol penggunaan anggaran, dan lain-lain.(emem)

J A N G A N biarkan emosi negatif tertimbun dalam diri kamu. Emosi yang sehat akan membuat kamu merasa jauh dari stres en lebih tenang. Intinya, selalu bersyukur dalam setiap keadaan, dan berpikir positif. Makanya, untuk bisa menjaga emosi dan fisik yang sehat, rutinlah berolahraga, minimal jalan kaki.(*)

O2SN SULUT

Anggaran tak jelas, lokasi lomba penuh sampah

SAMPAH berserakan disepanjang kegiatan O2SN.(foto: ist)

Manado—Anggaran pelaksanaan seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)

TERUNTUK PARA ORTU

Ajarkan anak jadi teman yang baik Masa anak-anak, remaja yang beranjak dewasa merupakan masa yang cukup sulit untuk dihadapi. Tak jarang anak-anak terdampar dalam situasi yang serba berubah, pergulatan dengan godaan narkoba, kekerasan, bullying, standar pergaulan masa kini dan sebagainya. Karena itu, jangan lupa ajarkan anak Anda menjadi teman yang baik, dengan begitu Anda membantunya belajar menolong dirinya sendiri untuk menaklukan

dunia kecilnya. Caranya? 1. Latih dengan contoh Anak-anak belajar banyak dari lingkungan dan apa yang dilihatnya sehari-hari. Jika Anda menginginkan anak Anda belajar sopan santun terhadap teman-temannya, maka contohkan hal tersebut dengan berlaku baiklah pada teman-teman Anda. 2. Katakan “Tidak” Bantu anak Anda untuk belajar mengatakan “tidak” un-

tuk situasi yang berkaitan dengan kekerasan, bullying, dan kebiasaan buruk yang mungkin terjadi di lingkungan mereka. Hal ini akan membantu anak-anak untuk bertahan menuju kedewasaan mereka. 3. Patuhi peraturan Bantu anak Anda mengerti pentingnya mengikuti dan mematuhi peraturan sebelum mereka memiliki pemahaman sendiri tentang peraturan tersebut. Jelaskan mengenai

orang-orang atau pihak yang perlu mereka dengarkan seperti orangtua, guru, polisi dan sebagainya. Dengan mengerti peraturan, membantu anak-anak untuk mengatsai berbagai situasi yang mungkin akan melukai mereka atau orang lain. 4. Beda usia beda pengajaran Pastinya berbeda mengajarkan sesuatu pada balita, usia anak-anak dan remaja. AKarena itu Anda bisa menggunakan media yang asyik dalam proses pembelajaran. Misalnya, gunakan

boneka lalu rangkai sebuah cerita atau dongeng, bermain bersama sambil mencontohkan bagaimana menjadi seorang teman yang baik. 5. Manfaatkan waktu menonton tv Anak-anak biasanya gemar menonton televisi. . Contoh, bila di acara yang sedangAnda tonton terdapat unsur yang tidak baik, seperti kekerasan, Anda bisa langsung katakan pada anak-anak untuk tidak mencontohnya, bahwa hal tersebut adalah sesuatu hal yang buruk yang tidak boleh dilakukan.(kplg)

di tingkat provinsi, yang sejak Selasa (8/5) kemarin dimulai, rupanya tak jelas. Ketua Panitia Drs Djaferi Poluan yang ditemui wartawan, tak menepis hal itu. “Saya tidak tahu soal dana O2SN tanyakan ke kabid Dikmen Diknas Sulut, Drs Dantje Weku,” singkatnya. Tidak jelasnya dana O2SN, diprediksi menjadi penyebab tidak bersihnya lingkungan pelaksanaan lomba. Terpantau sejak O2SN dibuka secara resmi oleh Kadis Diknas Sulut Drs Star Wowor MSi pada pagi hari, hingga sore harinya, tak terlihat petugas kebersihan lalu lalang mengangkat sampah. Ditambah lagi, kesadaran para peserta lomba tak terkecuali pegawai di Diknas Sulut yang tidak sadar akan pentingnya kebersihan. “Coba lihat, banyak plastik makanan minuman dan kertas-kertas berserakan. Ini sangat mengganggu,” keluh beberapa siswa pendamping lomba. Beberapa peserta lain juga menyalahkan panitia penyelenggara karena tidak memfasilitasi lokasi lomba dengan sejumlah tempat sampah yang bisa dijangkau. “Seharusnya panitia mengingatkan agar tetap menjaga kebersihan. Terlebih siswa yang hadir disini bukan saja dipersiapkan untuk bertanding secara sportif, tapi juga harus diajarkan budaya bersih. Mungkin karena tempat sampahnya jauh dan memang orang-orang masih kurang sadar menjaga lingkungan,” timpalnya.(emem)


RABU 9 MEI 2012

OTOMANIA

FORD F-150 SVT RAPTOR

Lebih besar dan sangar

RIEZCHA PUTRI

Memeluk si ideal SELERA Acha, panggilan akrab Riezcha A. Putri ikhwal cowok memang sulit dipenuhi! Sang cowok harus punya karakter unik dan jauh dari kriteria ordinary people yang banyak serseliweran di jalan. Ia wajib punya nyali gede, detak jantung tetap stabil saat riding dalam kecepatan supertinggi. Smart? Sudah pasti. Ia harus tinggi karena dipush untuk mengantisipasi segala kemungkinan dalam hitungan detik. Ia juga punya pribadi yang sulit dicari tandingannya. Kemampuan tinggi, cerdas dan bertalenta, diimbangi sikap low profile, punya sense of humor tinggi dan membumi banget. Sang cowok juga punya pandangan open minded. Saat mengalami kekalahan jarang ia bad mood, tetap santai dan riang. Suatu pribadi yang sulit dicari tandingannya. Gimana soal estetika? Nah ini benarbenar sangat peribadi dan subyektif. Putri suka cowok yang tinggi, rambut keriting, mata belo. Seperti headlamp Yamaha Nouvo yang menemaninya. Coba apa semua sudah sesuai kriteria brother? Kita ulangi lagi. Adrenalin tinggi, tetap tenang walau saat mengalami fast corner di atas 150 km/jam. “Ya idamkan Valentino Rossi”, gumamnya.(mtrp)

Seorang ... dari Halaman 1 Sampul di majalahnya sendiri: Sebagai teman dekat Hollande, Valerie memilih untuk tidak lagi meliput politik karena khawatir akan terjadi konflik kepentingan. Alhasil, dia sangat terkejut ketika melihat sampul majalahnya sendiri memajang foto dirinya dan mengungkap hubungannya dengan sang kandidat presiden. Lewat akun Twitternya, dia mengungkap kekecewaannya. ‘’Kaget sekali melihat wajah saya terpampang di majalah sendiri. Saya kesal karena mereka memakai foto saya tanpa izin.’’ Galak: Dia pernah menampar seorang temannya karena mengatakan sesuatu yang dianggapnya melecehkan. Hati-hati ya, Pak Hollande... Rajin diet: Valerie juga disebut-sebut pernah membantu temannya menurunkan berat badan hingga 10 kg agar penampilannya lebih baik.(repc)

Jadi ... dari Halaman 1 Selain Agnes, penyanyi dan pencipta lagu Ebiet G Ade juga menerima penghargaan sebagai pencipta lagu yang mengisahkan perjalanan hidup manusia di dunia. Penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata juga menerima penghargaan HKI sebagai novelis motivator. Dan juga, film The Raid menerima penghargaan sebagai hak cipta ekonomi kreatif dengan menonjolkan pencak silat dalam alur ceritanya. Wakil Presiden Boediono memberikan penghargaan kepadanya di dampingi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarif Hasan. Namun, Agnes tak terlihat hadir dalam perayaan puncak HKI tersebut meski mendapat posisi sebagai Duta HKI 2012.(okez)

CIA ... dari Halaman 1 Dirinya juga tidak membeli tiket pesawat ketika CIA memeriksanya. “Presiden Barack Obama berterima kasih kepada seluruh petugas intelijen dan kontraterorisme yang menyelesaikan tugasnya dengan baik, melalui kemampuannya yang luar biasa,” ujar juru bicara Gedung Putih Caitlin Hayden, seperti dikutip Associated Press. Sebelumnya, Gedung Putih dan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS sudah memastikan, tidak ada ancaman serangan yang dilancarkan militan Al Qaeda ke Negeri Paman Sam untuk memperingati satu tahun kematian Osama bin Laden. “Kami tidak mendapat informasi yang kredibel mengenai organisasi militan ini, termasuk Al Qaeda, yang merencanakan serangan dalam rangka memperingati satu tahun tewasnya Osama bin Laden,” kata Hayden. Meski teror bom terbukti muncul di bandara, Biro Investigasi Federal atau Federal Bureau of Investigation (FBI) dan Departemen Keamanan Dalam Negeri AS belum memiliki rencana untuk memperketat keamanan di setiap bandara. Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton menyebut plot teror Al Qaeda yang menggunakan bom celana dalam sebagai tindakan yang busuk dan mengerikan. “Plot itu mengindikasikan, kelompok teroris masih mencoba untuk melakukan pembunuhan terhadap warga sipil dengan cara yang busuk dan mengerikan. Ini merupakan peringatan untuk kita semua agar selalu waspada dan melindungi negara kita sendiri serta negara-negara sahabat, seperti India dan lainnya,” ujar Hillary yang saat ini ada di India, seperti dikutip AFP.(okez)

FORD Motor Company memperkenalkan model F150 SVT Raptor facelift. Pikap dobel kabin ini lebih bertenaga dan berkapasitas penumpang ekstra. Raptor 2011 kini menggunakan mesin V6 6,2 liter sebagai standar yang menghasilkan tenaga 411 hp dan torsi puncak 586 Nm. Ini lebih besar 91

hp dibandingkan mesin V8 5,4 liter yang digunakan pada Raptor 2010. Mesin V8nya kini mendapatkan blok baja dengan kepala aluminium yang merupakan hasil penyempurnaan dari mesin yang digunakan pada pikap Ford Super Duty. Perbedaan lainnya, tersedia pilihan bentuk kabin SuperCrew setelah dimelarkannya sumbu roda

sehingga menjadikan panjang keseluruhan bertambah 305 mm. Akibat penggunaan peredam kejut triple-bypass lansiran Fox Racing, lebar juga bertambah 178 mm dibandingkan F-150 standar. Ban berukuran 35 inci produksi BFGoodrich AllTerrain TA/KO 315/70-17 membuat sosok Raptor lebih sangar. Untuk menunjukkan

kedahsyatan di balik kulitnya, Ford juga memberikan sentuhan grafis yang lebih macho pada SVT Raptor. Pilihan warna baru, Ingot Silver Metallic, masih ditambah dengan aksen grafis ala cipratan lumpur untuk memperkuat kesan petualang sejati. Di dalam kabin, terdapat layar LCD berukuran 4,2 inci pada panel instrumen. Moni-

tor yang mengadopsi milik Super Duty ini akan menunjukkan berbagai informasi, mulai dari kemampuan off-road dan pendereknya (towing) hingga sudut putaran lingkar kemudi dan mode pengendaraan. Semua menu bisa diakses melalui sebuah tombol lima-penjuru di lingkar kemudi. Soal daya tahan SVT

Raptor juga tak perlu dipertanyakan lagi. Tim pengembangan mesin Ford telah melakukan uji ketahanan pada mobil ini, termasuk melakukan perjalanan sejauh 100 km yang berulang-ulang dalam kondisi cuaca panas di gurun pasir. Hal ini dilakukan untuk menyimulasikan kondisi rally Baja 1000.(komc)

Bolmong asal Dumoga, kejadiannya begitu cepat. Dimana kata dia, dari gunung terlihat pusaran angin berwarna hitam dan langsung menuju ramah penduduk. “Seluruh warga langgung menuju ke lapangan. Bahkan ada warga yang mengira jika itu adalah hari kiamat,” ujar Irot. Sayangnya, Pemkab Bolmong melalui Badan Penanggulangan Bencana

Daerah (BPBD) terkesan lambat membantu korban bencana. Ketika dihubungi wartawan sekitar Pukul 14.30 Wita, Kepala BPBD Bolmong Djaohari Damopolii, mengaku belum mengetahui adanya kejadian ini. “Saya belum tahu (kejadian ini, red). Saya akan berkoordinasi dulu dengan anak buah di lapangan,” sahut Damopolii dari balik telepon.

Kemudian, ketika dihubungi kembali sekitar pukul 17.00 Wita, Domopolii mengaku jika dirinya baru akan mengarah ke tempat kejadian bencana. “Saya baru mau menuju ini (ke lokasi bencana, red),” ujarnya. Setelah itu, ketika dihubungi kembali untuk mengetahui bantuan apa yang telah diberikan Pemkab Bolmong kepada warga yang tertimpa bencana,

Damopolli mengaku baru sementara mendata korban. “(Sekarang) masih mendata. Warga dengan sukarela memperbaiki rumah yang rusak dengan cara memasang terpal di atap rumah,” katanya. Hingga berita ini diturunkan, para aparat yang terkait terus melakukan pendataan terkait rumah warga yang terkena bencana tersebut.(veem/dw)

Sitaro Toni Supit SE MM juga telah memerintahkan seluruh aparat pemerintah kampung yang tersebar di seluruh pelosok Sitaro, agar dapat membantu kerja aparat kepolisian dalam mencari para imigran gelap yang kabur itu. “Kami telah memerintahkan seluruh aparat pemerintah kampung lewat para camatcamat yang ada, agar bisa turut membantu pencarian para imigran itu,” kata Supit.

Diberitakan sebelumnya, 51 imigran gelap asal Afganistan dan Iran yang menghuni Rudemin Manado, melarikan diri Sabtu (5/5) pekan lalu dengan cara membuat terowongan bawah tanah berukuran diameter 50 cm, tembus ke luar pagar bagian belakang kantor.Aksi tersebut tergolong sangat rapi dan tidak terdeteksi oleh petugas piket yang memeriksa ruangan tempat mereka tinggal. Tanah

yang digali untuk membuat terowongan, secara rapi, mereka bungkus dengan pakaian sehingga tampak hanya seperti tumpukan pakaian ataupun bantalan kepala. Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky Atotoy sebelumnya mengatakan, melihat geografi di Sulut sulit bagi imigran itu untuk keluar.

“Kita melihat secara geografi di Sulut, mereka (imgran, red) sulit untuk keluar dari daerah ini. Apalagi sekarang ini kepolisian telah menutup semua pintu kota begitu kejadian. Saya juga telah perintahkan seluruh Kapolres untuk menutup perbatasan masing-masing,” ujarnya.(esge/dw)

mengganggu citra partai di depan publik, oleh karena itu KPK jangan lama-lama,” tandas Hayono. Dia bahkan secara tegas meminta KPK segera memeriksa siapa pun kader partai yang terseret dalam kasus korupsi tersebut. Ia memastikan, Partai Demokrat tidak akan melakukan intervensi dalam bentuk apa pun dan meminta KPK bekerja tegas dan profesional. “Kami tidak akan intervensi. Serahkan saja pada penegak hukum dan tolong

KPK bekerja cepat,” tukasnya. Sebelumnya, KPK melalui Ketuanya Abraham Samad dan Wakil Ketuanya Bambang Widjojanto memastikan keterlibatan Anas Urbaningrum dalam kasus dugaan korupsi pembangunan arena olah raga di Hambalang, Bogor Jawa Barat. KPK mengklaim ada bukti di mana Anas terlibat. Bahkan sudah berencana akan segera memeriksa Anas, namun sampai saat ini belum kunjung dilakukan.(miol)

tersangka kasus suap proyek Wisma Atlet SEA Games lainnya, Angelina Sondakh, Teuku Nasrullah, mempertanyakan siapa dalang di balik pemberian sejumlah duit ke kliennya dari Grup Permai. Dalam dokumen keuangan Grup Permai yang diperoleh Tempo tertulis nama Angie menerima miliaran duit dari perusahaan milik Nazaruddin itu. “Siapa yang berkepentingan beri uang itu? Siapa yang punya proyek? Kenapa klien saya saja yang terus dikejar,” kata Nasrullah. Dia mengatakan sampai saat ini kliennya belum pernah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi terkait aliran duit dari Grup Permai tersebut. Dia meminta KPK untuk

terlebih dulu menyidik pemberi uang dari Grup Permai sebagai tersangka dalam penyuapan ke kliennya. Maksud dia, KPK harus mengusut dan membuktikan dugaan aliran duit suap tersebut dari akarnya, atau dari pemberi suap. “Jangan klien saya saja dong yang dipojokkan,” katanya. Dalam dokumen keuangan Grup Permai yang diperoleh Tempo tertulis 17 aliran duit yang keluar dari perusahaan milik Muhammad Nazaruddin tersebut. Ada dua nama yang tertulis menerima aliran duit tersebut, mereka adalah Angie dan Koster. Aliran duit senilai Rp30 miliar tersebut terjadi Maret 2010 hingga Maret 2011.(temc/ spem)

Bencana ... dari Halaman 1 Dia menyebut beberapa keluarga yang rumahnya rusak parah adalah Keluarga Poluan-Wongkar, Mononege-Rapar, Momongan-Rapar, SepangTumalung, Pando-Winokan, Manoppo UmpalMayo, Janda Sibarani,dan Maki Singko. Sedangkan bencana yang diakibatkan banjir bandang, rumah yang tenggalam akibat Sungai Moosi naik setinggi

kurang lebih 3 meter. “Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ujar Lomban. Selain itu, kata dia, satu unit rumah gereja milik jemaat Kerapatan Gereja Baptis Indonesia (KGBI) Pinobatuan juga mengalami rusak parah, dimana terlihat sebagian atapnya terangkat. Sementara itu, dari pengakuan Aske Irot, salah satu anggota Dekab

Diduga ... dari Halaman 1 Hal ini untuk mencegah adanya upaya para imigran gelap tersebut melarikan diri melalui wilayah mereka. “Seluruh personil telah dikerahkan, dan diperintahkan agar membantu pencarian ke 51 imigran yang melarikan diri itu,” tukas Siallagan. Bahkan, lanjut dia, upaya tersebut dilakukan dengan melakukan penelusuran ke pulau-pulau terpencil yang

ada di wilayah Sitaro dan Sangihe, mengingat banyaknya pulau di 2 kabupaten itu. “Sehingga bantuan dari masyarakat dan pemerintah kecamatan hingga kelurahan dan kampung sangat diharapkan. Begitu juga dengan masyarakat, apabila melihat beberapa orang yang mencurigakan agar melaporkan ke pihak kepolisian,” tegasnya. Menyikapi hal itu, Bupati

Anas ... dari Halaman 1 Ketika dimintai tanggapan Hayono yang menganggap KPK menggantung nasib Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum di kasus Hambalang, ia membantah. “Selama belum ada dua alat bukti yang cukup, tidak ada tindak pidana korupsi,” tukas Johan. Diketahui, Hayono meminta KPK untuk segera memperjelas status keterlibatan Anas, yang disebut-sebut terlibat dalam dugaan kasus korupsi Wisma Atlet dan proyek

pembangunan arena olah raga di Hambalang. Pasalnya, status Anas jelas mengganggu citra partai di hadapan publik. “Tolong jangan lama-lama prosesnya,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR ini di Komplek Parlemen Senayan. Menurut dia, semakin lama KPK menggantung status keterlibatan Anas dalam sejumlah dugaan kasus korupsi, maka citra Partai Demokrat di mata publik pun akan terus merosot. “Ketidakjelasan status Anas jelas

KPK ... dari Halaman 1 Dan dari Fraksi PDIP Wayan Koster sebesar Rp2 miliar dan Rp3 miliar. Bahkan Luthfi mengaku pernah dua kali mengantar kardus berisi duit ke Koster. Namun, menurut Luthfi, ia tidak bertemu langsung dengan Koster di ruang anggota Banggar DPR itu. Luthfi juga menyatakan tak tahu berapa jumlah duit yang dimasukkan ke dalam kardus printer itu. Ia hanya diminta Yulianis mengantar kardus itu ke Senayan. Di ruangan Koster, Luthfi yang ditemani staf keuangan Grup Permai bernama Dewi, ditemui seseorang yang tak ia ingat namanya. Orang itulah yang menerima kardus berisi duit dan menandatangani tanda terima. Lalu ia serahkan tanda

terima kepada Yulianis. Sorenya, Luthfi kembali diperintahkan Yulianis mengantar duit ke Senayan. Kali ini duit dibungkus kardus rokok. “Kalau enggak salah, jumlahnya Rp3 miliar,” kata dia. Kali ini Luthfi tak lagi ditemani Dewi, melainkan pegawai Grup Permai bernama Danang dan seorang petugas keamanan perusahaan. Koster sendiri berulang kali membantah tudingan pernah menerima duit dari Grup Permai. “Saya tidak pernah mengetahui dan tidak pernah menerimanya,” kata Koster. ANGIE BERTANYA Sementara itu, pengacara

Hari ... dari Halaman 1 Disinggung soal siapa yang nantinya akan mendampingi dirinya saat menjadi Walikota Tomohon definitif, Eman mengaku belum mengetahuinya. Sebab, semua itu telah diserahkan kepada Dekot Tomohon melalui Partai Golkar. “Kita tunggu saja hasilnya karena itu merupakan kewenangan tingkat partai untuk menentukan siapa yang akan mendampingi saya,” katanya seraya menambahkan siapa saja berhak untuk mengisi posisi Wakil Walikota Tomohon, namun harus tetap mengikuti mekanisme partai. Di tempat terpisah, Wakil Ketua DPD II Partai Golkar Tomohon dan juga sebagai Ketua Dekot Tomohon Andy Sengkey SE kembali menegaskan, jika untuk mengisi kursi Wakil Walikota Tomohon, itu masih akan dibahas lagi lewat rapat pleno seusai pelantikan Eman. “Kalau itu masih akan kita bicarakan lagi dengan partai,” katanya. Bahkan, kata Sengkey, tidak menutup kemungkinan 8 anggota dari Fraksi Partai Golkar di Dekot Tomohon bisa berpeluang mendampingi Eman. Demikian juga dengan simpatisan Golkar yang saat ini masih menjadi birokrat di Tomohon. “Semuanya sangat berpeluang. Namun pada akhirnya, kita tinggal mengusulkan 2 calon dan itu tergantung bapak Eman akan lebih memilih kepada siapa,” tambahnya. Diketahui, Pemprov Sulut

pada awal bulan April lalu, secara resmi telah menyampaikan Surat Nomor 100/984/Sekr-Ro.Pemhumas tanggal 9 April 2012 kepada Plt Walikota Tomohon dan pimpinan Dekot Tomohon perihal pemberitahuan pelantikan Wakil Walikota Tomohon menjadi Walikota Tomohon untuk sisa masa jabatan 2010-2015. Pemberitahuan pelantikan Walikota Tomohon ini didasarkan kepada Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 131.71/1876/OTDA perihal penyampaian Keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 131.71-176 Tahun 2012 tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Walikota Tomohon dan Pengesahan Pengangkatan Wakil Walikota Tomohon menjadi Walikota Tomohon definitif dan Nomor 132.71-177 Tahun 2012 tentang Pengesahan Pemberhentian Wakil Walikota Tomohon. Dengan demikian, sesuai dengan ketentuan, sebelum memangku jabatan kepala daerah, Wakil Kepala Daerah harus dilantik dengan mengucapkan sumpah dan janji yang dipandu oleh pejabat yang melantik. Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan dan pelantikan Wakil Walikota Tomohon menjadi Walikota Tomohon untuk sisa masa jabatan tahun 2010-2015 nantinya akan dilakukan oleh Gubernur atas nama Presiden RI dalam rapat paripurna Dekot Tomohon.(gebe)


RABU 9 MEI 2012

Antisipasi BI rate, rupiah stagnan KURS rupiah terhadap dolar AS di pasar spot valas antar bank Jakarta, Selasa (8/5) ditutup stagnan pada level 9.190/9.200 per dolar AS. Analis senior Monex Investindo Futures Zulfirman Basir mengatakan, stagnannya penutupan rupiah hari ini dipicu oleh pasar yang tidak ingin membawa pelemahan rupiah lebih jauh. Hal ini terjadi karena momentum jelang keputusan suku bunga (BI rate) oleh Bank Indonesia pada Kamis (10/5). Selain itu, pasar juga berekspektasi, level 9.200 merupakan level intervensi dari BI meskipun menurutnya, BI tidak melakukan intervensi. Karena itu, rupiah berhasil ditutup stagnan. Tapi, sentimen dari eksternal sebenarnya negatif. “Karena itu, sepanjang perdagangan rupiah mencapai level terlemahnya 9.235 dan 9.190 sebagai level terkuatnya dari posisi pembukaan 9.200,” katanya di Jakarta, Selasa (8/5/2012). Meski ditutup stagnan, Firman menjelaskan, rupiah masih berada dalam tekanan negatif yang hebat seiring memburuknya sentimen dari eksternal. “Terutama, dengan ketidakpastian akan kemampuan Yunani untuk membentuk koalisi pemerintahan setelah Partai Demokrasi Baru yang konservatif gagal mendapat dukungan untuk membentuk koalisi itu,” ujarnya. Sekarang, kata Firman, tinggal Partai Sosialis Pasok yang mendapat kesempatan untuk membentuk koalisi. “Jika di luar kedua partai itu seperti Partai komunis KKE yang justru sukses membangun koalisi, sentimen pasar akan semakin negatif karena partai itu justru anti terhadap penghematan fiskal yang jadi syarta bailout,” paparnya. Di sisi lain, lanjutnya, merebaknya kecemasan pasar atas perlambatan ekonomi global juga jadi tekanan bagi rupiah. “Terutama, setelah data-data yang dirilis pagi tadi menunjukkan angka yang negatif,” timpalnya. Data-data tersebut antara lain, dari Inggris dirilis data tingkat harga rumah yang turun 19%. Pada saat yang sama, defisit neraca perdagangan Australia membengkak jadi AU$1,59 miliar. Kondisi ini, kata dia, memperburuk keadaan setelah AS melaporkan kenaikan angka nonfarm payrolls yang lebih rendah jadi 115 ribu pada April 2012 dari prediksi 173 ribu dan angka bulan sebelumnya 154 ribu. “Apalagi, di tengah situasi Eropa yang dicemaskan pasar soal penanganan krisis utangnya pascapemilu di Perancis dan Yunani,” ujarnya. Alhasil, dolar AS menguat terhadap mayoritas mata uang utama termasuk terhadap euro (mata uang gabungan negara-negara Eropa). Indeks dolar AS menguat ke 79,792 dari sebelumnya 79,603. “Terhadap euro, dolar AS ditransaksikan menguat ke US$1,3012 dari sebelumnya US$1,3057 per euro,” imbuh Firman.(ilnc)

Februari, pengangguran di Sulut turun 0,3 persen Masih didominasi wilayah perkotaan Manado—Tingkat pengangguran terbuka (TPT) Provinsi Sulut posisi Bulan Februari tahun 2012 mengalami penurunan 0,3 persen jika dibandingkan TPT bulan Agustus 2011 silam. “Pada tahun 2011 lalu, posisi Februari TPT masih

sebesar 9,19 persen, kemudian turun menjadi 8,62 persen pada bulan Agustus dan membaik lagi Februari 2012 ini sebesar 8,32 persen,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Dantes Simbolon MA, beberapa waktu lalu.

Kawasan perkotaan, kata Dantes masih menjadi kantong penganggur Sulut terbesar, ditunjukkan TPT kawasan tersebut mencapai 11,31 persen, sementara daerah pedesaan dengan TPT lebih kecil yakni hanya 5,70 persen. “Penurunan

pengangguran lebih cepat terjadi di pedesaan, karena sebagian besar penyerapan tenaga kerja adalah kegiatan ekonomi informal,” kata Dantes. TPT perkotaan Agustus tahun 2011 lalu mencapai 11,37 persen dan pada Februari 2012 ini hanya turun tipis sehingga menjadi 11,31 persen, sementara kawasan

PERBANKAN

Bank BUMN targetkan peningkatan DPK Manado—Sejumlah bank badan usaha milik negara (BUMN) di Provinsi Sulut menargetkan peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK) pada tahun 2012 ini. “Target tabungan sebagai Rp350 miliar diharapkan diperoleh dari jumlah rekening baru sebanyak sekitar 8.000 rekening,” kata Pemimpin BRI Kantor Wilayah Manado, Tri

Wintarto. Pertumbuhan ekonomi Sulut yang terus bertahan tinggi, kata Wintarto merupakan salah satu indikator yang menimbulkan optimisme mampu mencapai pertumbuhan tabungan sebagaimana ditargetkan. “Opitimis target tersebut bisa terwujud, karena melihat pertumbuhan ekonomi Sulut yang terus mengalami

pertumbuhan lebih tinggi ketimbang sebagian besar daerah di Indonesia,” kata Wintarto. Skala nasional, kata Wintarto, program undian untung Britama 2012 ini diharapkan dapat menarik dana tabungan masuk berkisar Rp15 triliun dengan jumlah rekening baru sebanyak dua juta rekening. “Tahun 2011 program undian

tersebut, BRI berhasil meraup dana tabungan sebesar Rp8,5 triliun dengan jumlah rekening baru sebanyak 950 ribu rekening, diharapkan tahun ini lebih tinggi lagi,” kata Tri Wintarto. Guna pencapaian target tersebut, kata Wintarto maka BRI akan menggencarkan promosi baik melalui media cetak, elektronik dan lainlainya.(haer)

PERTANIAN

Benih sayuran tahan virus mulai dipasarkan Jakarta—Produsen benih sayuran hibrida Cap Panah Merah PT East West Seed Indonesia meluncurkan benih sayuran tomat, kacang panjang, dan timun yang tahan terhadap virus gemini. “Terdapat sembilan varietas yang Ewindo tawarkan, enam untuk tomat, dua kacang panjang, dan satu mentimun,” kata

pedesaan dari TPT sebesar 6,24 persen tahun lalu menjadi 5,70 persen tahun ini. Sementara itu, angka TPT Sulut sejak tahun 2009 hingga 2012, yakni Agustus 2009 (10,56 persen), Februari 2010(10,46 persen), Agustus 2010 (9,61 persen), Februari 2011 (9,19 persen), Agustus 2011 (8,62 persen) dan Februari 2012 (8,32 persen).

“Tingginya tingkat pengangguran Sulut, karena perbandingan penduduk yang bekerja dengan angkatan kerja di provinsi ini,” kata Dantes. Dantes mengatakan, jumlah angkatan kerja tercatat sebanyak 1,115 juta sementara mereka yang masuk kategori bekerja hanya 1,022 juta orang.(haer)

KEBIJAKAN

PNS tetap boleh lembur Jakarta—Pemerintah berencana menerapkan penghematan pada setiap Kementerian Lembaga (K/ L). Adapun cara yang diterapkan, adalah mematikan listrik setelah pukul 17.00 WIB. Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, opsi-opsi konkret masih dibicarakan. Namun intinya, pemerintah benarbenar berkomitmen melakukan gerakan hemat energi. Akan tetapi, dengan adanya penghematan ini bukan berarti Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak diperbolehkan lembur. “Tergantung keperluannya. Jadi kalau konteksnya ke sana, karena demi kepentingan lebih besar (masyarakat banyak) tidak ada masalah. Silakan, karena itu memang untuk mendukung kinerja pekerjaan,” ungkap Julian kala

ditemui di Gedung Bina Graha, Istana Presiden, Jakarta, Selasa (8/5).PNS tetap boleh lembur “Tetapi kalau lampunya hidup, orangnya enggak ada ini yang enggak benar. Ini yang enggak boleh,” tegas dia. Julian melanjutkan, kebijakan ini diharapkan dapat diterapkan pada semua instansi pemerintah. Untuk implementasi kebijakan tersebut, maka pemerintah yang akan pionir. “Pemerintah pusat, K/ L termasuk Pemda. Bukan hanya mengimbau tetapi pemerintah jadi lead atau panutan, pelaksana utama gerakan penghematan energi,” tutur dia. Lebih jauh dia mengungkapkan, rencana tersebut sedang dimatangkan lagi di tingkat Menteri Koordintor. “Tingkat Menko akan ada rapat. Di bawah Menko Perekonomian tentu dengan menteri terkait,” tukas dia.(okez)

TAMBANG

14 bahan kena pajak, RI raih Rp90 T VIRUS gemini menjadi jawaban atas serangan virus terhadap tanaman sayuran di sejumlah daerah di Indonesia.(foto: visijobs.com)

Direktur Sales dan Marketing Afrizal Gindow di jakarta, Senin (7/5). Afrizal mengatakan bahwa pihaknya akan memperkenalkan produk itu kepada 250 petani yang diundang dalam acara expo innovation for Solution yang digelar perusahaan pada tanggal 8-9 Mei 2012 di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Ia berharap kehadiran varietas tahan virus gemini ini menjadi jawaban atas serangan virus terhadap tanaman sayuran di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Kalimantan Selatan yang mengalami endemi terbesar. Afrizal mengutarakan bahwa tanaman sayur yang terkena serangan virus itu akan membuat tanaman tidak mampu berproduksi lagi karena menyerang daunnya yang merupakan alat fotosintesis pada tanaman. “Bahkan, di Kalimantan Selatan akibat serangan virus ini membuat petani setempat mengalami kerugian besar karena tidak mampu panen sama sekali dalam dua sampai tiga tahun terakhir,” ujar dia. Menurut dia, benih hibrida tahan virus sebenarnya telah

dikembangkan Ewindo melalui proses riset sejak 2007. Idealnya perusahaan riset memperbarui varietas unggul lima tahun sekali. Ewindo menyisihkan 30 persen investasi yang ditanamkan untuk riset dan pengembangan memproduksi varietas unggul, seperti untuk varietas tahan virus gemini bersumber dari investasi sembilan tahun lalu, katanya. Penyebaran virus gemini sendiri hanya dapat diputus dengan menanam benih yang tahan terhadap penyakit ini, penyebaran penyakit virus sulit ditanggulangi meningat media penyebarannya melalui sejenis kutu yang berterbangan di udara, kata Afrizal menjelaskan. “Kerugian yang dialami petani akibat penyakit ini mencapai Rp30 juta—Rp40 juta per hektare apabila sama sekali tidak panen,” ujarnya. Kondisi demikian, lanjut dia, membuat harga sayuran, terutama tomat, di Kalsel mencapai Rp20 ribu per kilogram karena harus mendatangkan dari luar daerah. Untuk mengatasi penyakit itu, kata dia, petani harus menggunakan benih yang berkualitas,

rajin membersihkan lahan, dan menggunakan pestisida seperlunya. Kemudian kebijakan pemerintah di bidang karantina harus diperketat, terutama untuk jenis tanaman impor agar tidak membawa penyakit baru bagi tanaman di Indonesia. Afrizal mengaku untuk memenuhi kebutuhan benih unggul bagi petani di daerah pada tahun 2011 mengalami kendala akibat serangan virus sehingga hanya mampi memasok 50 persen dari kapasitas 3.000 ton. “Pada tahun 2012, Ewindo telah melakukan kerja sama dengan pemerintah Belanda untuk membangun green house di Jember sehingga diharapkan kapasitas dapat ditingkatkan sampai 60 persen,” ujar dia. Seperti diketahui, dalam tujuh tahun terakhir virus gemini atau yang biasa disebut virus kuning mewabah di sejumlah sentra produksi sayuran. Kecenderungan serangan virus gemini yang ditandai dengan munculnya warna kuning pada daun, keriting, kerdil, dan tidak bisa berproduksi dari tahun ke tahun terus meningkat.(miol)

Jakarta—Kendati rencana pemerintah mengenakan bea keluar 14 komoditas tambang ditentang sejumlah pelaku usaha pertambangan, Kementerian Keuangan tetap tak bergeming. Bahkan, aturan resmi kebijakan itu direncanakan terbit pekan ini. Pelaksana Tugas Kepala Badan Kebijakaan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro, mengungkapkan, nantinya aturan tersebut akan menyasar target pada komoditas ekspor. “Tarifnya sama 20 persen semua,” ujar Bambang di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa, (8/5). Sementara itu, Menteri Keuangan, Agus Martowardojo, mengakui sudah menerima surat resmi pengajuan aturan tersebut dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Saat ini, aturannya sedang digodok dalam tim tarif yang ada di kementeriannya. “Secara prinsip substansinya sudah kami bicarakan di Kemenko Perekonomian. Jadi, kami optimistis dalam waktu dekat bisa diselesaikan,” ungkap Agus. Dengan terbitnya aturan baru ini, Agus menjelaskan, pemerintah berpotensi menambah penerimaan negara dari kinerja ekspor bahan mentah mineral Indonesia sebesar 20 persen dari US$8-10 miliar per

tahunnya, setara Rp72 triliun hingga Rp90 triliun (kurs Rp9.000 per dolar AS). Sebagai informasi, 14 jenis barang mineral mentah yang dimaksud adalah tembaga, emas, perak, timah, timbal, kromium, molidbdenum, platinum, bauksit, bijih besi, pasir besi, nikel, mangan, dan antimon. Kebijakan tersebut hanya berlaku untuk pemegang izin usaha pertambangan. Terhadap rencana aturan tersebut, Asosiasi Pertambangan Indonesia (APIIMA) meminta pemerintah melalui BKF Kementerian Keuangan hendaknya terlebih dahulu dapat melakukan kajian komprehensif terhadap beban fiskal perusahaan tambang. Ketua Umum API-IMA, Martiono Hadianto, mengatakan, terbitnya Permen 7 Tahun 2012 pada Februari lalu telah menimbulkan pro dan kontra di kalangan industri pertambangan Indonesia, terutama ketentuan tentang larangan ekspor bijih mineral mulai 6 Mei 2012, seperti yang tertera pada pasal 21 Permen Nomor 7 Tahun 2012. Berbeda dengan asosiasi, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) justru mendukung program hilirisasi hasil tambang untuk peningkatan nilai tambah serta implementasi Permen ESDM Nomor 7 Tahun 2012. “Mengenai penetapan pajak ekspor 20 persen, 14 jenis mineral sudah tepat,” ujar Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik, Natsir Mansyur.(miol)


RABU 9 MEI 2012

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Dugaan kesejahteraan PERTANYAAN turunan dari soal kemiskinan di negara ini, tercetus untuk dugaan seperti yang disebut, bahwa angka pengangguran sekarang ini justru turun oleh sebuah kebijakan yang menguatkan posisi tawar ekonomi di tingkat rakyat. “Apakah pengangguran adalah korban?”. Mungkin bukan, bukti dan sebab dapat dilihat, kebanyakan dari mereka sehat-sehat saja, makan seperti biasa, minum seperti biasa, walau ada di antaranya yang mungkin menderita kekurangan, kekurangan dan kesakitan. Korban yang diteriaki cerita histeris dan tragis yang menimpali banyak kisah selebriti yang tetap ganjen mempertontonkan bokongnya yang rela dikorupsi janji-janji. Jutaan sumber berkeliaran, diburu dan menjadi sesuatu yang penting bagi kekinian sebuah informasi. Tanyakan soal kesempatan yang sudah bersayap dan terbang bersama mimpi-mimpi yang juga sudah menjadi dugaan bagi kesejahteraan tertunda dan jumlah buta aksara yang tak digubris pena berita. Keyakinan yang ada saat ini akan mengubah prosentase dan jumlah yang pernah diterangkan oleh angka-angka juga menduga. Mengapa tak katakan saja bahwa inilah kepastian dari kebenaran yang sering hanya disuap dan tersulap sebuah kebetulan. Liputan tradisi mengulang judul yang sama seperti yang bersarang di halaman depan tahun-tahun silam dan masih menjalar sampai hari ini. Kisah ini bergulunggulung bagai ombak. Mendiktekan sesuatu yang dibilang sebagai nampaknya tak ada perubahan lagi. Sebab memang tahun-tahun mendaur ulang segala nista. Bentrok yang belum mau padam di negeri ini. Kemarin kekerasan dibalas kekerasan. Lalu dugaan diterangkan berita sebagai upaya teror dari pihak rakyat. Bahwa, kriminalisasi seperti itu adalah upaya pembenaran sistem terhadap ketidakmampuannya namun terus bersembunyi dengan segala dugaan terencana yang siap-siap menerkam siapa saja yang sudah diskenariokan sebagai bersalah. Ada yang terendam tanpa ada yang mampu membuka misteri mengapa ia terkubur tabir misteri. Ketakutan yang tak usai. Siapa yang mau membaca, menonton, dan mendengarkan kabar yang masih dalam status dugaan? Prakiraan mungkin didengar dan menjadi amaran. Tapi, prakiraan justru bukanlah berita yang layak menjadi patokan. Iklim dan musim berganti tanpa bisa diprediksi manusia. Tapi, bagi jernihnya sebuah pemberitaan esensi dari salah satu element pemberitaan adalah disiplin dalam melakukan verifikasi menjadi penting. Coba kembali kita mengusik babakan sejarah yang sudah dipilah menurut zamannya. Keinginan sering salah diucap, bahkan banyak mengglobalisir perkara dengan bingkai mewakili banyak suara. Issue boros dan cadangan yang semakin habis. Cerita yang merentang ragu, kejahatan dilaksanakan oleh mereka yang berada dalam lingkar dugaan. Namun, berkebalikan dari itu, berjubel manusia mengaku sementara merancang “kebaikan”. Usahlah ditanya apa sebabnya. Kita masih punya soal yang bukan dugaan. Di sektor pendidikan misalnya, dari institusi bernama sekolah ada jutaan calon pengangguran sementara dipersiapkan secara seragam di sana. Silahkan membantahnya, tapi, anda boleh menghitung berapa jumlah pengangguran di negeri ini dan terangkan sendiri dari mana asalnya semua itu. Bukan salah gedung, bukan perkara kemauan, tapi soal sistem yang tak mau mengaku dalam ruang penuh dugaan. Peristiwa yang seringkali dibungkam dendam. Ini suatu titik balik yang juga mestinya dijelaskan oleh negara. Ada kewajiban untuk menghormati hak asasi manusia, di mana negara wajib mengakui bahwa setiap orang mempunyai hak untuk dinikmatinya. Kewajiban ini mensyaratkan negara untuk tidak mengambil tindakan yang mengakibatkan tercegahnya akses masyarakat. Dalam konteks hak atas tempat tinggal misalnya, negara tidak di perkenankan melakukan penggusuran paksa. Kewajiban ini mengharuskan negara untuk melindungi hak asasi warganya dengan cara meratifikasi instrumen internasional yang berhubungan dengan perlindungan terhadap hak asasi manusia kemudian membentuk produk hukum nasional yang melindungi hak asasi warganya. Dan kekaburan fakta dan data yang memakan korban rakyat seharusnya dijembatani. Kekaburan sejarah, kekaburan istilah dan pemalsuan fakta masih terjadi. Sementara kita berada dalam sebuah keraguan yang memanjanglebarkan berbagai duga. Mari kita membuka mulut besar-besar, berteriaklah dalam tanya tentang kewajiban-kewajiban pokok negara terhadap hak asasi manusia yang sampai pada ketika engkau membaca tulisan ini perkara itu cuma jadi dugaan semata. Terangkan dengan singkat, apa itu dugaan. Boleh percaya, boleh tidak. Mengapa dugaan menjadi momok yang seakan tak dapat digangugugat padahal sifatnya ambigu? Soal rakyat, juga adalah dugaan karena kedaulatan terpinggir, sumber-sumber pangan sudah dipolitisir, istilah didominasi sistem. Kabar-kabar yang marak dikampanyekan membangunkan imaji mimpi abstrak kemakmuran. Bagaimana negara kita boleh maju? Sementara kita masih memuja janji yang tak berkemampuan membawa kemajuan bagi negeri ini, selain mengekalkan dugaan bagi ketakutan yang sudah pasti memberinya mimpi buruk masa depan dengan segala sisa-sisa kasus pembungkaman hari ini. Kabar segala ramuan pun seiasekata dengan kebobrokan ini. Harap pada penjelasan pemerintah, seluruh rakyat akan memperoleh gambaran yang utuh dan objektif tentang masalah-masalah mendasar yang dihadapi republik ini. Verifikasikan lagi dugaan ini dengan apa yang sementara berlangsung dalam benak sebagai realita yang mestinya kita gumuli saat ini. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

Jatah tertunda?

Kemerdekaan kaum elite (1) Oleh Muladi Mughni

HADIAH dari sebuah kemerdekaan seharusnya adalah kemandirian suatu bangsa dalam menata masa depan hidupnya; tidak lagi menjadi bayangan dari sosok bangsa lain. Ialah kemerdekaan yang dapat memberikan setiap orang rasa tak lagi terikat pada keinginan yang berpusat pada pemilik titah.

Kemerdekaaan yang berarti kebebasan, merupakan alas karpet bagi lahirnya rasa kepercayaan diri sebagai sebuah bangsa yang berdaulat dan memiliki harkat di mata bangsa-bangsa lainnya. Inilah sebuah makna kemerdekan yang sesungguhnya. Bertahun-tahun sudah

bangsa kita telah berhasil keluar dari jajahan bangsa asing, di mana rasa gembira itu masih kita peringati dengan upacara proklamasi kemerdekaan RI dari mulai tingkat istana sampai dengan desa. Suka cita ini, merupakan refleksi rasa bangga pada sebegitu besarnya perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan tanah air dari tangan para kolonial asing. Toh, kenyataannya para kolonial itu telah hengkang dari bumi pertiwi.

Penjajahan suatu negara atas nama apapun, nyatanya meninggalkan bekas pada kawasan yang dijajahnya, bekas itu dapat dilihat pada pola sosial, politik, budaya, ekonomi dan mentalitas bangsa jajahan tersebut. Sehingga setelah keluarnya penjajah asing dari bumi nusantara, justru yang dihadapi adalah jenis penjajahan baru, yang tidak lain diperankan oleh segelintir elit bangsa yang tengah berkuasa. Jenis penjajahan

baru ini tidak akan menampakkan bentuknya secara arogan dan memusuhi, akan tetapi ia tampil lebih sopan dan intelek. Namun hakekatnya peran yang tengah dijalankannya adalalah sama, yaitu mengeruk seluruh potensi alam dan melumpuhkan harga diri bangsa secara halus namun pasti.

(bersambung)

Kriteria sekolah berkualitas (2) Oleh Ahmad Baedowi Takenfrom:Jurnal Perempuan Dengan demikian kualitas sekolah memiliki pengaruh yang jelas terhadap kemampuan daya beli masyarakat, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam jangka

panjang. Para ahli ekonomi telah memberi perhatian sangat serius kepada efek human capital terhadap berbagai hasil ekonomi. Investasi di bidang keterampilan yang

diselenggarakan melalui pendidikan akan selalu relevan dengan pasar tenaga kerja jika sistem pendidikan suatu negara memiliki ketersambungan dengan pasar dan dunia industri. Artinya, investasi sumber daya manusia melalui pendidikan merupakan tolok ukur sederhana untuk melihat sejauh mana relevansi

sekolah dan dunia usaha bersinergi, sekaligus untuk mengukur sejauh mana sebuah sekolah itu memiliki ciri dan kriteria berkualitas. Seperti telah sering kita baca dalam beberapa artikel di rubrik pendidikan ini dalam dua bulan terakhir, kondisi pendidikan atau situasi persekolahan saat ini mengalami banyak sekali

tekanan dari berbagai pihak, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal, sekolah belum memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi aspekaspek yang menjadi kelemahan mendasar seperti efektivitas manajemen dan relasi sekolah-masyarakat. (bersambung)

SAGU:

Sumber energi alternatif (4) Oleh Karno Raditya KabarIndonesia Apabila tabungan karbohidrat di hutan sagu Indonesia dapat dimanfaatkan secara optimal untuk bioetanol maka dapat diperoleh bioetanol 3 juta kiloliter per tahun dengan

asumsi faktor konversi 0,6. Kebutuhan premium nasional diperkirakan sekitar 16 juta kiloliter per tahun. Apabila bioetanol dapat menggantikan premium sekitar 10 persen (campuran

premium dan etanol 90:10) maka diperlukan etanol sebanyak 1,6 juta kiloliter. Kebutuhan ini sudah dapat dipenuhi dari pati sagu saja. Tentu saja angka tersebut tidak realistis karena sangatlah sulit memanfaatkan seluruh potensi hutan sagu mengingat lokasi tegakan alami sagu yang terpencil dan sulit

dijangkau. Sebagian kebutuhan bioetanol dapat dipenuhi dari tanaman penghasil karbohidrat lain seperti ubi kayu, tebu, dan jagung, dari limbah padat organik pertanian, dan dari perkebunan sagu komersial. Perkebunan sagu yang diusahakan dengan baik dapat menghasilkan pati kering 25 t/ha/tahun, setara

dengan 15 kiloliter etanol. Bioetanol sebagai campuran premium tidak mengandung timbal dan tidak menghasilkan emisi hidrokarbon sehingga ramah lingkungan. Karena dihasilkan dari tanaman maka bioetanol dari sagu bersifat terbarukan. (bersambung)

KEPING UANG GLOBAL:

Sistem vs kemiskinan (5/selesai) Oleh Daniel Kaligis

Sekelompok kecil elit yang memiliki sumberdaya, jangkauan dan kekuasaan tak terbatas, telah mempengaruhi jagat. Mereka sepakat membangun kerangka konseptual dan paradigma, lalu mengglobalisasikan pemikiran itu.

Kesepakatan tersebut dikenal dengan nama “Washington Consensus”. Disebut “consensus” karena merupakan sebuah konstruk atau model tanpa memberikan ruang perdebatan dan partisipasi. Kesepakatan itu dianggap

mantra yang akan memberikan jawaban persoalan dunia,” tulis Setyo Budiantoro, tentang ‘Mewaspadai kapitalisme global’. Apa yang sementara dibangun oleh sistem bagi kerangka pemberdayaan, rupanya adalah ketakberdayaan. Harga dikendalikan pasar, hak-hak dasar warga sementara dipangkas regulasi, seperti itu juga, keping

mimpi di lempar ke udara, dan hampir semua tatapan mengarah ke sana. Issue, dan jiwa tak pernah terjaga, ketika hantaman pelurupeluru global menembaki harga diri bangsa ini yang terbelenggu hutang. Di mana ruang untuk mendebat globalisasi ketika perut lapar ternyata sangat menindas? Beras import dan segala sesuatu yang tiba

dengan aroma lebih harum dari tanah seberang. Lalu, kita kembali bertanya tentang pemberdayaan seperti yang dijanjikan konstitusi. Mungkin percuma menanyakannya sekarang, adalah lebih penting bagaimana menciptakan sekeping ide yang dapat direalisasikan hari ini, misalnya datang lebih cepat satu detik saja di ruang kerja kita.(*)

MANAKALA kenaikan harga bahan bakar minyak tidak jadi dinaikkan, masih adakah bantuan langsung tunai? Mungkin sudah berganti namanya atau masih sama seperti isi pengumuman jatah-jatah yang menyogok kemiskinan itu tetap bertahan di dapur masyarakat. Saya coba menilik kasus beras miskin (raskin) yang masih dibagikan secara tidak gratis pada masyarakat. Beberapa saat lalu di salah satu desa di Minahasa saya mendengar pengumuman yang disampaikan bagi masyarakat miskin supaya boleh datang mengambil beras yang nanti akan dibagikan selama dua hari sejak pengumuman itu dikumandangkan. Masyarakat ternyata masih diperhatikan oleh pemerintah, itu yang terlintas dalam pikiran saya. Namun, coba kita perhatikan sama-sama, pengumuman itu juga menandaskan bahwa jatah beras itu adalah jatah yang tertunda selama dua bulan lewat. Bukan baru sekali masalah ini terjadi dan masyarakat tidak pernah secara kritis menanggapi persoalan ini. Saya sebagai masyarakat miskin melihat yang mana pemerintah tidak pernah serius menangani persoalan di tataran masyarakat miskin. Pemerintah hanya terlihat murah hati ketika mereka punya kepentingan untuk mensahkan sebuah kepentingan politik di mana masyarakat boleh mendukung mereka ketika ada pencalonan pemimpin di semua tingkatan, lepas dari itu persoalan masyarakat tinggallah persoalan yang ditanggung sendiri oleh orang per orang, keluarga per keluarga. Untuk persoalan beras miskin, pertanyaan saya, dapatkah lapar ditunda selama satu hingga dua bulan? Di lain pihak kita sering mendengar bahkan menyaksikan yang mana beras miskin itu sering dibisniskan oleh oknum-oknum tertentu. Apakah persoalan ini sudah dikritisi oleh kita semua? Inilah sehingga saya berani menyebutkan bahwa korupsi itu masih beranakpinak sampai ke tingkat akar rumput. Di lain waktu bila persoalan ini tidak menjadi perhatian, maka, tidak segan-segan saya akan menyebut nama dari oknumoknum yang melakukan penyimpangan supaya mereka ditindak berdasarkan aturan, sebab setahu saya ada aturan yang menyebutkan pelayanan masyarakat itu harus benarbenar dilakukan berdasarakan aturan dan secara transparan disampaikan kepada masyarakat. Semoga persoalan ini boleh menjadi perhatian, dan terima kasih atas dimuatnya opini saya ini. Nama dan alamat Ada pada redaksi

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. WAKIL DIREKTUR: Michael Towoliu. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Ronald Rompas. REDAKTUR PELAKSANA: Donny Wungow. KOORDINATOR LIPUTAN: Glenly Bagawie. MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie. REDAKTUR: Glenly Bagawie, Tonny Mait, Daniel Kaligis, Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando. BIRO-BIRO: Glenly Bagawie (TOMOHON), Rommy Kaunang (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempouw (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG-BOLMUT), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL). KONTRIBUTOR: Heintje Mandagi (JAKARTA), Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). FOTOGRAFER: Bobby Rambing, KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara, Vecky Sentinuwo, Bobby Rambing, Alphen Mamentu. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. SPECIAL AGENT: Debby Ch Lende. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Romel Najoan,Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. KOLEKTOR IKLAN: . DESAIN GRAFIS: Raditha Yunika. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Jendra (Minahasa, Tondano, Tomohon), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minahasa), Marchel Wowor, Denny Poluan, Steven Manengkey. (Manado), (Bolmong Raya, Sitaro, Sangihe). PACKING: Samiun Hulantu. TIM PENGEMBANGAN: KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 6000/mm kolom (BW), Rp.12000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


RABU 9 MEI 2012

kembali dan menjelaskan dirinya harus mengandalkan solusi kecantikan cepat karena hanya memiliki sedikit waktu. “Sekarang menjadi ibu saya tidak punya waktu banyak untuk merawat kulit saya. Saya suka memakai minyak bunga ros di malam hari, karena full antioksidan. Khasiatnya benar-benar bekerja pada

tingkat sel yang mampu meremajakan kulit. Jadi memakainya saat malam, membuat diriku bercahaya di pagi hari,” katanya. Miranda menambahkan dengan mengatakan, perawatan produk kulit alami yang membantu mengatasi keriput dan bekas luka. “Ya,

sangat efektif untuk masalah kulit lainnya, termasuk kulit kering dan dehidrasi, kulit penuaan dan warna kulit tidak merata. Semua

jenis kulit akan mendapatkan keuntungan dari menggunakan minyak ringan yang menyerap dengan mudah seperti serum,” tuturnya.(ini)

Miranda Kerr

SUPERMODEL duniam, Miranda Kerr, akhirnya berbagi rahasia soal kecantikannya dengan dunia. Harapan bagus, agar terlihat bak supermodel. Mengutip femalefirst, sejak melahirkan anaknya Flynn tahun 2011 lalu ia bekerja keras untuk mendapatkan sosok yang patut ditiru

TULISA CONTOSTAVLOS HOT NEWS

670 juta buat cangkir bekas Lady Gaga

CANGKIR teh bekas digunakan Lady Gaga saat ia berkunjung ke Jepang terjual seharga Rp670 juta. Uang itu digunakan untuk amal. Seperti dikutip TheSun, Cangkir yang masih terlihat bekas lipstik Gaga dan bertuliskan We Pray for Japan dipakai saat Gaga mendatangi Jepang, tiga bulan setelah gempa dan tsunami melanda negara tersebut pada Maret 2011. Sebanyak 1.300 tawaran telah diterima dalam lelang selama seminggu yang berakhir pada Minggu (6/5). Semua uang yang terkumpul akan digunakan untuk membantu seniman muda Jepang yang ingin belajar seni di Amerika Serikat. Selain cangkir, barang yang dijual dalam pelelangan salah satunya adalah piano kristal milik bintang rock asal Jepang, Yohsiki. Piano itu mendapatkan tawaran tertinggi dengan nilai Rp1,2 miliar. Tahun lalu usai Jepang dihantam tsunami, Gaga menyumbangkan US$250.000 untuk korban gempa di Jepang dengan merancang gelang. Pelantun Born This Way itu juga mendorong pengikut twitternya untuk membeli aksesori merah putih seharga US$5 yang berbunyi Kami berdoa untuk Jepang dalam bahasa Inggris dan Jepang.(ini)

KIM KARDASHIAN

Terhormat miliki ”Sex Toys” Mobil Rp4,5 miliar dari Kanye PENYANYI cantik Tulisa Contostavlos akhirnya mengakui bahwa ia memiliki sex toys alias alat bantu seks. Tulisa mengaku terhormat memiliki sex toys. Tulisa yang berpacaran dengan Jack O’Connell sempat dibuat malu lantaran alat bantu seksnya yang bernama Rampant Rabbit bergetar di bagasi di bandara. Saat itu Tulisa mengaku alat bantu seks bukan miliknya. “Saya memiliki Rampant Rabbit. Mungkin sama seperti 50% wanita di negara ini. Aku hanya manusia,” kata Tulisa, seperti dikutip Femalefirst. “Saya tidak melihat sesuatu yang salah dengan itu (memiliki alat bantu seks). Setidaknya Anda tahu bahwa saya tahu bagaimana menjaga diri untuk terhibur. Jadi saya tidak membutuhkan pria untuk melakukan (hubungan seksual) untuk saya,” sambung Tulisa. Tulisa yang baru-baru ini video seksnya bocor di internet mengaku bangga memiliki alat bantu seks karena menghindarinya berhubungan seks dengan sembarang pria. “Ini lucu jika ada orang berkata seperti, ‘Ya Tuhan, dia memiliki alat bantu seks, dia seperti pelacur’. Yah menurut saya tidak juga, karena jika saya memiliki alat bantu seks, itu berarti bahwa saya menggunakan-

nya, daripada pergi keluar dan mencari pria,” katanya. “Jadi realistis itu membuat

saya, sampai batas tertentu, lebih terhormat!” tuntasnya.(ini)

BAGI Kanye West, uang rupanya bukan masalah. Kanye memberikan hadiah mewah untuk kekasihnya, Kim Kardashian, berupa mobil mewah Rp4,5 miliar. Kanye membuktikan seberapa besar cintanya dengan Kim Kardashian. Kanye yang merupakan rapper ternama itu membelikan Kim mobil Mercedes SLR McLaren seharga US$500.000. Seperti dikutip Dailymail, mobil mewah itu langsung digunakan Kim saat ia mendatangi tempat olahraga. Kim terlihat pede menggunakan mobil yang bagian pintunya terbuka ke atas itu. Kim memang terkenal hobi mobil mewah. Sebelumnya, mantan istri Kriss Humpries itu telah memiliki mobil mewah Range Rover, Ferrari, Bentley dan Rolls Royce Ghost.(ini)

RIHANNA

Kue berbentuk payudara buat Adele ULAH penyanyi yang saat ini memang ada-ada saja. Dia adalah Rihanna. Pasalnya, di ulang tahun ke-24 Adele, Rihanna memberikan kue berbentuk payudara untuk pelantun lagu Someone Like Youitu. Adele sepertinya kesulitan memberikan hadiah untuk orang seistimewa Adele, yang memiliki catatan penghargaan fantastis di

bidang musik. Rihanna ingin mem-berikan hadiah berbeda dan kue berbentuk payudara dipilih Rihanna untuk Adele yang berulang tahun ke-24, Sabtu (5/5). Seperti dikutip The Sun, Rihanna tidak saja memberikan kue ulang tahun untuk sahabatnya itu. Pelantun lagu Take a Bowitu juga mengucapkan selamat kepada

Adele lewat Twitter. “Selamat Ulang Tahun untuk kekasih saya, Adele” tulis Rihanna yang diikuti dengan gambar topless dirinya. Adele merayakan ulang tahun sederhana bersama teman dan kekasihnya, Simon Konceki. Adele meminta kepada tamunya membawa sekotak anggur, bukan botol.(ini)


RABU 9 MEI 2012

Patah tulang, Edwards dioperasi O2SN SMA

TENIS MEJA

Minut sapu nomor Putra dan Putri OLIMPIADE Olahraga Siswa Nasional (O2SN) untuk pelajar SMA tingkat khusus kejuaraan tenis meja, Selasa (8/5) kemarin, akhirnya tuntas. Namun menariknya pelajar dari Minahasa Utara (Minut) mampu menyapu medali emas dan perak. Masingmasing dari nomor Putra (Juara I), Marsel Dayoh dan Putri (Juara II) Julianti Tarare. Tenis meja O2SN SMA/SMK tingkat provinsi Sulut dilangsungkan Diknas Provinsi Sulut dengan bekerjasama dengan Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI). “Ini tentunya kegiatan yang positif karena bukan tidak mungkin bibit-bibit pemain potensial akan terlihat di kejuaraan ini. Untuk itu kami jajaran PTMSI mengucapkan terimah kasih atas kerjasama dinas pendidikan Sulut,” terang Mecky Natari, Sekum Pengcab PTMSI Manado. Sementara itu, Kadis Diknas Sulut, Drs JSJ Wowor MSi, menyambut antusias akan peserta didik yang telah ikut menunjukkan prestasinya. “Saya apresiasikan antisipasi dan antusias siswa pada olimpiade olehraga ini, saya berharap kegiatan akbar diknas dibidang olahraga ini mendapat respon positif semua pihak,”kuncinya.(teem) PUTRI 1. 2. 3.

Julianti Tarare Yenny Sumangkud Irma Susato

(Tomohon) (Minut) (Manado)

PUTRA 1. 2. 3.

Marsel Dayoh Asrul Sagiyanto Kasturi Malenteng

(Minut) (Bitung) (Kotamobagu)

PEMBALAP Forward Colin Edwards terpaksa harus menjalani operasi setelah mengalami patah tulang selangka pada kualifikasi MotoGP Portugal akhir pekan kemarin. Untuk sementara, posisi Edwards di tim Forward akan digantikan oleh Alex de Angelis. De Angelis sebenarnya merupakan pembalap tim Forward juga namun untuk kelas Moto2. De Angelis, bekas pembalap kelas 250cc, ini akan mengetes motor Forward pada tes tengah musim khusus motor-motor tim CRT pada Selasa (8/5). “Saya telah menerima tawaran dari tim untuk mengetes motor Colin besok. Sebuah kehormatan bisa menerima kesempatan ini,” kata De Angelis seperti dikutip dari Crash. “Bahkan jika waktu saya sama sekali tidak mendekati perolehan waktu Colin, saya berharap masih bisa memberi kontribusi bagi pengembangan motor ini,” harap pembalap asal San Marino berusia 28 tahun tersebut. Edwards menderita cedera tulang selangkanya setelah terlibat insiden dengan pembalap Aspar Randy de Puniet pada kualifikasi di Sirkuit Estoril pada Sabtu (5/5) lalu. Pembalap veteran asal Amerika Serikat berusia 38 tahun ini diperkirakan bakal kembali di MotoGP Prancis, 20 Mei mendatang.(okez)

TINJU

Mayweather ingin pensiun PETINJU yang baru saja memperpanjang rekor tak terkalahkannya Floyd Mayweather Jr kembali mengungkapkan rencananya pensiun. Alasannya, pilihan petinju yang bisa dia ajak berduel semakin terbatas. Mayweather Jr. memperpanjang rekor tak terkalahkannya menjadi 43 pertandingan setelah menang angka atas Miguel Cotto pada Minggu (6/5) lalu. Mengingat belum ada tanda-tanda duel Mayweather Jr versus Manny Pacquiao bakal terlaksana, Amir Khan dan Saul Alvarez diperkirakan menjadi calon lawan berikutnya. Namun, petinju Amerika Serikat berusia 39 tahun mementahkan opsi tersebut. “Tak ada siapapun di luar sana yang benar-benar bisa saya ajak bertarung. Jadi saya tidak tahu kemana karier saya akan berlanjut setelah ini,” kata Mayweather Jr. seperti dilansir Boxing Scene, Senin (7/5). “Tidak ada yang tersisa kecuali anak anjing muda, anak anjing muda yang kuat berdatangan. Dan mereka mungkin tengah berencana membentuk anak muda (dengan bertarung bersama saya),” jelas Mayweather Jr. “Saya ingin pensiun sebelum duel ini digelar. Seperti yang pernah saya bilang, jika ini merupakan pertarungan terakhir saya.(okez)

Juan ... dari Halaman 16 Hazard ... dari Halaman 16 Dan ketika ditanya apakah dia tertarik mengenakan seragam merah atau biru, pemain berusia 21 tahun menjawab kepada Canal+: “Saya suka keduanya. Keduanya warna yang menarik, saya rasa keduanya cocok dengan saya.” Tetapi kemudian Hazard melanjutkan komentarnya, dengan berkata: “Biru, warna biru yang akan saya pakai di musim depan. Sudah pasti biru.” Baik itu Alex Ferguson dan Roberto Mancini sama-sama mengaku tertarik untuk memakai jasa Hazard. Namun menurut kabar yang beredar di Inggris, City saat ini berada di depan United untuk mendapatkan tanda tangan Hazard. Selain duo Manchester, peminat Hazard yang lain adalah Tottenham dan Chelsea.(blnt)

Galliani ... dari Halaman 16 Menyoal rencana transfer klub di musim panas nanti dan pembaruan kontrak 10 penggawa lama Rossoneri yang habis musim ini, Galliani menambahkan, “Pemain baru? Kami sudah memiliki pemain kelas dunia.” “Kami akan memulai pembicaraan tentang pembaruan kontrak pekan ini. Saya tak tahu dimulai dengan siapa, tak ada urutan pasti, tapi pintu masih terbuka lebar.” (blnt)

Bantu ... dari Halaman 16 Sebagai istri, Kardashian tahu butuh kerja keras bagi Odom jika ingin terpilih. Makanya, bintang reality show ini menyempatkan waktu empat hingga enam jam untuk menemani suaminya latihan setiap hari. Ini harus dilakukan agar kebugaran Odom tetap terjaga dan tubuhnya tidak terus membengkak. Apalagi saingannya untuk masuk tim lumayan berat. Nama-nama seperti Chauncy Billups (Los Angeles Clippers) dan Dwight Howard (Orlando Magic) ada di sana. Belum lagi bintang Chichago Bulls, Derick Rose jika sudah pulih dari cedera . “Semoga Odom bebas dari cedera selama persiapannya. Ini kesempatan emas untuk kembali ke tim nasional,” sebut Kardashian seperti dilansir USA Today, Jumat, 4 Mei. Kabar terbaru dari pasangan ini sekaligus menepis semua gosip keretakan rumah tangga mereka. Sudah berulang kali adik Kim Kardashian tersebut dikabarkan akan berpisah dengan suaminya. “Saya selalu yakin perceraian bukan pilihan. Khloe tak akan berpisah dengan Lamar,” tegasnya pada D-Word!. “Mungkin selama ini ada masalah, namun masih normal dalam sebuah rumah tangga,” tandasnya.(fjcm)

Hal itu diakuinya jelang laga melawan Liverpool dalam lanjutan Liga Primer Inggris

dinihari nanti. “Saya masih memiliki banyak energi tersisa,” kata Juan Mata, Selasa

(8/5). “Musim masih panjang dan musim ini menjadi pengalaman pertama di

Inggris, tapi keuntungan dari kemenangan yang kami dapatkan membuat hal

yakini laga di Allianz Arena akan sangat sulit,” tutur Frank Lampard dikutip Soccerway, Selasa (8/5). Hal senada juga dilontarkan sang kapten John Terry yang dipastikan hanya akan jadi penonton di laga final, karena harus menjalani sanksi akibat kartu merah yang diterimanya di laga semi final. “Kami punya waktu dua pekan untuk mempersiapkan diri sebelum tampil di final (Liga Champions). Akan tetapi, momentum yang kami dapat dari pertandingan lawan Liverpool

harus dipertahankan,” sambungnya. “Kami ingin membungkam prediksi mereka yang sebelumnya telah mencoret kami. Mereka boleh saya meragukan kami, tapi rasa lapar (akan sukses) yang tertanam dalam skuad sangat luar biasa dan itulah yang membuat kami bisa sampai sejauh ini,” imbuhnya. Sebelum tampil di laga hidup-mati kontra Bayern, Chelsea diketahui harus kembali bentrok dengan Liverpool di Anfield pada pentas Premier League, Selasa (8/5) malam waktu setempat.(okez)

Ambisi ... dari Halaman 16 Yang nanti akan menantang Bayern Munich pada final Liga Champions di Allianz Arena, 19 Mei mendatang. Ya, trofi Liga Champions memang jadi target utama skuad besutan pelatih Roberto Di Matteo. Selain mengincar double winners di akhir musim, sukses di Liga Champions juga akan otomatis membawa Chelsea tampil di Liga Champions musim depan, hal yang sulit diraih Chelsea lewat jalur Liga (Premier League), menyusul persaingan superketat untuk memperebutkan posisi

empat. Apalagi, saat ini kubu The Pensioner masih tercecer di urutan enam, atau terpaut empat poin dari Tottenham Hotspur di posisi empat. Sementara kompetisi musim ini hanya menyisakan dua laga. “Kami harus mempertahankan kepercayaan diri. Memang, ini (final Liga Champions) jelas merupakan pertandingan yang berbeda. Jadi, saya harap kami bisa terus menjaga konfidensi dan mendapatkan hasil yang kami harapkan. Namun, saya

kelelahan jadi tak terasa,” tandasnya. Pelatih Roberto Di Matteo sendiri mengisyaratkan akan merotasi skuadnya untuk menghindari masalah kelelahan ini. Tapi bila melihat

catatan statistik penampilan Juan Mata, yang selalu dimainkan di skuad Chelsea sejak ditangani Di Matteo, sepertinya pemain Spanyol itu akan tetap dimainkan sampai akhir musim.(glcm)

All ... dari Halaman 16 Bek Chelsea itu bahkan menegaskan keinginannya untuk menjadi pemain pertama Chelsea yang mengangkat tropi juara setelah mendapatkan izin oleh UEFA untuk melakukannya. Terry bahkan membuat rencana khusus jika memang Chelsea juara di Allianz Arena kelak, yaitu dengan mengajak Frank Lampard mengangkat tropi juara bersama-sama, seper-

ti saat final Piala FA kemarin. “Saya harap bisa demikian. Kami sempat mengangkat tropi bersamasama saat memenangi dua gelar juara di tahun 2010,” ungkap Terry. “Saya berkata kepada Frank: ‘Momen seperti ini bakal dicatat sejarah’, dan sangat penting bagi saya dan Frank bisa berada di sana ketika kami memenangi dua gelar juara kami,” tandasnya.(glcm)

Alhasil meski menjadi final pertama mereka di kancah Liga Europa, Bilbao tak lantas minder dari Atletico yang sudah pernah merasakan juara. Setidaknya performa kedua klub tidak terlalu berbeda jauh jika melihat posisi di klasemen sementara Liga BBVA. Dalam dua pertemuan di Liga BBVA, Bilbao dan Atletico saling menga-

lahkan ketika tampil di kandang masing-masing. Kedua tim sudah pernah bertemu di tempat netral ketika sama-sama tampil di tiga final Copa del Rey. Sejauh ini Bilbao lebih unggul saat bermain di tempat netral. Partai final Liga Europa di tempat netral akan menjadi laga ideal untuk menentukan siapa yang terbaik diantara kedua klub musim ini.(blnt/kmcm/tm)

All ... dari Halaman 16 Atletico kini juga mengincar gelar kedua setelah trofi pertama diraih pada 2009/2010. Jika mampu mengulang sukses, Atletico akan bersanding dengan Sevilla dan Real Madrid sebagai klub Spanyol yang mampu meraih dua trofi Liga Europa. “Tim ini layak bermain di Rumania setelah mengalami berbagai masalah sepanjang musim,” ucap defender Atletico, Diego Godin. “Kami sudah membuktikan kemampuan dengan meraih 16 kemenangan dari 18 laga untuk menuju Bucharest. Kami sangat senang bisa kembali tampil di final.” Godin merupakan bagian dari skuad Atletico Madrid yang berpesta dua tahun lalu. Tak heran jika ke-

percayaan dirinya begitu tinggi. Setidaknya Godin dkk punya modal sedikit lebih banyak ketimbang Bilbao yang baru pertama kali mencicipi tampil di final Liga Europa. Dengan tambahan sejumlah amunisi berkualitas seperti Adrian Lopez dan Radamel Falcao, Godin pun bertembah yakin bahwa dia akan kembali berpesta pada 9 Mei nanti. “Baik Bilbao maupun kami telah berusaha maksimal untuk mendapatkan tiket final. Sekali tampil di final maka anda harus memenangkannya. Itulah yang akan kami lakukan,” tegas Godin. Meski demikian, Bilbao juga punya sesuatu yang tidak bisa diraih Atletico musim ini. Bilbao menjadi

Prediksi susunan pemain Atletico Madrid: 13-Thibaut Courtois, 6-Filipe Luis, 2-Diego Godín , 23-Miranda, 4-Mario Suárez, 11-Arda Turan, 22-Diego Ribas, 19-Koke, 20Juanfran, 7-Adrián Lopez, 9-Radamel Falcao Athletic Bilbao: 1-Iraizoz, 3-Jon Aurtenetxe Borde, 5-Amorebieta, 24-Javi Martínez, 15-Andoni Iraola, 21-Ander, 8-Iturraspe, 19-Munianin, 14-Susaeta, 9Fernando Llorente, 28-Ibai Gomez. satu-satunya tim Spanyol yang mampu bermain di dua final kompetisi berbeda. Setelah tampil di final Liga Europa, Bilbao sudah dinanti Barcelona untuk bertarung di partai puncak Copa Del Rey. Uniknya laga final Copa del Rey nanti bakal dimainkan di kandang Atletico Madrid, Vicente Calderon.

“Kami benar-benar takjub dengan kesempatan yang kami raih musim ini. Tampil di dua final sangatlah menyenangkan. Kami tahu bahwa kami dalam perjalanan akhir untuk meraih kesuksesan. Kini, kami akan menjaga pikiran bahwa kami sudah berada di final,” ujar winger Bilbao, Markel Susaeta.

Pellegrino ... dari Halaman 16 Musim ini mereka juga berhasil mencapai semifinal Copa del Rey dan Liga Europa, namun mereka harus rela menyingkir, masingmasing di tangan Barcelona dan Atletico Madrid. Pellegrino yang berasal dari Argentina, pernah memenangi

dua gelar juara La Liga selama enam tahunnya mengabdi sebagai pemain Valencia di periode 1999 hingga 2005. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai asisten Rafael Benitez semasa di Liverpool dan Inter Milan. (blnt)


RABU 9 MEI 2012 NOMOR 01975 TAHUN VI

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Terry siapkan selebrasi khusus JOHN Terry bisa dipastikan absen di final Liga Champions melawan Bayern Munich pertengahan bulan ini, tapi bukan berarti dia akan absen saat mengangkat tropi juara bila timnya juara. Baca: Terry ( Halaman 15 )

SPORTAINMENT

KHLOE KARDASHIAN

Bantu karir suami DI belakang sukses seorang atlet biasanya ada sosok yang luar biasa. Bagi pebasket Lamar Odom, kehadiran sang istri, Khloe Kardashian sangat membantu kelanjutan kariernya. Hati siapa yang tak hancur saat harus menerima vonis tersingkir dari tim NBA, Dallas Mavericks, hanya karena masalah sepele. Namun, Odom harus menerima kenyataan pahit dicoret dari tim karena lebih memilih menemani ayahnya yang sedang sakit. Tapi, kepu-tusan sudah diambil Mavericks dan sang bintang kini harus berstatus tanpa klub. Meski demikian, mantan pemain Los Angeles Lakers tersebut tak mau kariernya hancur begitu saja. Dia masih punya asa kembali ke panggung NBA. Namun, sebelum berlaga di NBA, Odom membidik satu tempat di tim basket Amerika Serikat yang akan berlaga di Olimpiade London 2012, Juli nanti. Sebuah misi yang tak mudah mengingat bintang-bintang NBA juga berharap mendapat satu tempat di tim impian tersebut. Baca: Bantu ( Halaman 15 )

Ambisi Chelsea, Double Winners CHELSEA bertekad melanjutkan euforia sukses di ajang FA Cup ke ajang Liga Champions. Kemenangan menjadi harga mati demi memuluskan ambisi merengkuh double winners musim ini. Chelsea diketahui baru saja memastikan diri

Juan Mata belum kehabisan tenaga

merengkuh titel juara FA Cup ketujuhnya usai menundukkan Liverpool 2-1 di final, akhir pekan lalu. Nah, momentum kemenangan ini pun akan coba dipertahankan The Blues.

JUAN Mata sudah melakoni hampir semua laga Chelsea di musim ini, baik di kompetisi domestik atau pun internasional. Namun demikian semua laga itu belum membuatnya merasa kelelahan.

Baca: Ambisi ( Halaman 15 )

Baca: Juan ( Halaman 15 )

All Spanish T i d a k salah jika menyebut Spanyol sedang merajai Eropa saat ini. Faktanya, lima tim asal Spanyol menjadi semifinalis di dua kompetisi antarklub terbesar Eropa, Liga Champions dan Liga Europa. Dua diantaranya kini melahirkan All Spanish Final di Liga Europa. Pertemuan Atletico Madrid kontra Athletic Bilbao pada partai puncak Liga Europa ini mengulang sukses Spanyol lima tahun yang lalu. Pada final Piala UEFA 2006-2007, Sevilla bertemu Espanyol. Sevilla sukses menjadi jawara kedua kali secara beruntun setelah menang adu pinalti. Baca: All ( Halaman 15 )

VALENCIA akhirnya menunjuk mantan bek mereka, Mauricio Pellegrino sebagai pelatih untuk musim depan dengan kesepakatan kontrak selama dua tahun. Pria berusia 40 tahun itu akan menggantikan posisi Unai Emery yang akan pergi dari Estadio Mestalla saat kontrak empat tahunnya usai akhir musim nanti. Di tangan Emery, Los Che berhasil mengunci posisi ketiga klasemen La Liga Primera musim ini, atau kali ketiga secara beruntun, alias tiket otomatis ke Liga Champions musim depan berkat

MAURICIO Pellegrino.

kemenangan 1-0 atas Villarreal akhir pekan kemarin. Baca: Pellegrino ( Halaman 15 )

Hazard pastikan berkostum biru BENTENG tangguh Atletico Madrid, Diego Godin (kiri) dan Arda Turan punya modal ketimbang Bilbao yang baru pertama kali tampil di final Liga Europa.

Galliani: Musim ini Milan masih positif

ADRIANO Galliani.

Pellegrino pelatih baru Valencia

WAKIL presiden AC Milan, Adriano Galliani dengan ksatria memberi selamat pada Juventus sebagai jawara baru Serie A, namun ia pun menampik anggapan bahwa musim ini Rossoneri mengalami kegagalan total. Milan dipastikan mengakhiri musim ini dengan tangan hampa setelah

kekalahan 4-2 dalam partai derby kontra Inter Milan akhir pekan kemarin, praktis memberikan gelar scudetto pada Bianconeri dengan satu laga lagi tersisa musim ini. “Juventus sudah juara dan pujian saya untuk mereka,” ucap pria plontos itu. “Kami finis kedua setelah tahun lalu jadi yang pertama, karenanya kami akan kembali berjuang. Sekarang kami hanya akan konsentrasi mengakhiri

musim ini akhir pekan nanti dan kemudian kita pikirkan musim depan.” “Kami punya waktu untuk menganalisa apa yang terjadi sepanjang musim ini, namun demikian kami tetap puas dengan apa yang kami raih. Kami finis pertama dan kedua sejak pelatih Massimiliano Allegri datang. Ini musim yang positif, meski kami menginginkan finis di posisi berbeda.” Baca: Galliani ( Halaman 15 )

GELANDANG serang Lille, Eden Hazard memicu spekulasi baru mengenai masa depannya dengan mengisyaratkan akan pindah memperkuat Manchester City. Pemain asal Belgia ini menjadi komoditi panas di bursa transfer dengan diburu oleh banyak klub elit Eropa, termasuk diantaranya rival City, Manchester United. Sebelumnya Hazard juga pernah mengakui tertarik bermain di Liga Inggris. Hazard bahkan terlihat berada di Etihad Stadium untuk menyaksikan pertarungan dua klub yang menginginkannya. Baca: Hazard ( Halaman 15 )

EDEN Hazard.


Swara Kita, 9 Mei 2012