Page 1

JUMAT 7 SEPTEMBER 2012 NOMOR 02075 TAHUN VI

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Pemprov bakal tertibkan aset tanah di Kalasey

Manado menatap Asia

Eksperimen Prandelli

Baca: Sulut ( Halaman 2)

Baca: Ibukota ( Halaman 3)

Baca: Bola ( Halaman 16)

Angie nangis

PEMILU 2014 INTERNASIONAL PILPRES AS

Karena pidatonya, Michelle Obama jadi trending topic

BARACK Obama bersama istrinya Michelle dan kedua putrinya.(foto: ist)

JAGAT Twitter Amerika Serikat ramai sejak Selasa (4/9) malam waktu setempat, gara-gara pidato Michelle Obama, Ibu Negara Negeri Paman Sam itu. Kicauan tentang pidato Michelle pada acara pembukaan Konvensi Partai Demokrat di Charlotte, North Carolina, itu mencapai 28 ribu per menit. Angka ini dua kali lipat dibandingkan dengan kicauan mengenai pidato Mitt Romney—calon presiden yang menjadi saingan Barack Obama— dalam Konvensi Partai Republik di Tampa, Florida, pekan lalu. Adapun kicauan di jagat Twitter mengenai pidato Ann Romney, istri Mitt Romney, hanya sekitar enam ribu per menit. Dua “hashtag”, #michelleobama dan #firstlady, berada di lima besar “trending topic” jagat Twitter, Selasa malam itu. Skor twindex (twitter political index), yang memantau sentimen pemilik akun Twitter terhadap politisi, untuk Michelle naik menjadi 84 setelah pidato itu, dari sebelumnya di angka 71. Pidato Michelle juga berdampak luar biasa pada twindex Presiden Obama. Setelah Michelle berpidato, twindex Obama naik dari angka 25 menjadi 54 dengan sangat cepat.Foto Obama bersama kedua putrinya yang duduk santai di sofa menonton pidato Michelle, dengan cepat menjadi koleksi foto Gedung Putih yang paling populer bulan ini. Hingga Rabu (5/9) sore waktu setempat atau Kamis (6/9) waktu Indonesia, sudah lebih dari 171 ribu orang melihat foto tersebut. Komentar mengenai pidato Michelle yang bermunculan di jagat Twitter beragam. Komedian Chris Rock misalnya, tak mampu menahan diri dia berkicau: “Saya siap memilih sekarang! Baca: Karena ( Halaman 11 )

SELEBRITI

Parpol di Sulut lambat Sulut—Tahapan verifikasi partai politik calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mulai dilakukan, dimana saat ini tengah diperhadapkan dengan pendaftaran parpol termasuk di tingkat daerah. Sayangnya, sejak pendaftaran dibuka 10 Agustus 2012 silam, tercatata hingga Kamis (6/9) kemarin, baru beberapa parpol yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). Lihat saja di Mitra, sejumlah parpol terancam tidak akan ikut Pemilu 2014 mendatang, sebab sampai saat ini baru beberapa partai yang telah memasukan persyaratannya, dimana sesuai dengan data yang masuk ke KPUD Mitra, di antaranya baru PDIP, Partai Gerindra, Partai NasDem, PPPI, PAN dan Partai Golkar. “Baru beberapa yang masuk,” ujar Ketua KPUD Mitra Asche Benu. Tak jauh beda di Minut, hingga kemarin baru satu parpol yang sudah memasuki berkas yakni Partai NasDem. Sekretaris KPUD Minut Aldrin Posumah bebrujar, bilamana hingga akhir batas waktu yang ditetapkan hanya satu yang mendaftar, dipastikan Minut hanya memiliki satu parpol baru yang akan diverifikasi. “Kalau hingga batas waktu hanya satu parpol tentunya parpol itu saja yang bakal diverifikasi berkasnya,” terang Posumah. Dikatakannya, dengan adanya regulasi yang baru, semua parpol wajib mendaftar. “Termasuk parpol lolos parlemen tresshold wajib mendaftar. Itu acuan dan aturan terbaru yang kami dapat,” terang Posumah, seraya mengingatkan agar semua pimpinan parpol segeranya membawa kelengkapan berkas mereka agar dapat dilakukan verifikasi. Demikian halnya di Boltim, Sekertaris KPUD Boltim Arfan Palima mengatakan, baru enam parpol yang mendaftar, yakni Partai NasDem, PKPI, Partai Gerindra, Partai Karya Republik (PKR), PBB dan PAN. “Jika lewat waktu, KPUD tak akan menerima pendaftaran partai tersebut, sebab hal itu sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2012, tentang pendaftaran dan verifikasi partai peserta Pemilu 2014,” tegasnya. Baca: Parpol ( Halaman 11 )

Dituntut 20 tahun penjara, mantan Noni Sulut pasrah Mallarangeng mengaku siap jadi saksi jika dipanggil KPK

TERDAKWA dugaan suap pembahasan anggaran proyek di Kemenpora dan Kemendikbud, Angelina Sondakh, usai menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (6/9) kemarin. Angie keluar ruangan dengan linangan air mata.(foto: merc)

Jakarta—Angelina Sondakh, Kamis (6/9) kemarin, menjalani sidang perdananya sebagai terdakwa kasus dugaan korupsi anggaran di dua kementerian. Anggota Komisi X DPR itu menjalani sidangan perdana kasus suap terkait pembahasan anggaran proyek wisma atlet SEA Games di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan pembahasan anggaran untuk proyek pengadaan fasilitas universitas negeri di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Angie tiba di Pengadilan

Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta, Jl HR Rasuna Said, tepat pukul 09.00 WIB. Mengenakan kemeja putih dibalut baju tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dipaduk celana panjang hitam dengan sepatu hak tinggi, Angie hanya tersenyum saat turun dari mobil tahanan dan menuju ke ruang tunggu di lantai 2 gedung tersebut. Sidang perdana Noni Sulut tahun 1996 ini mengagendakan pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU). Baca: Angie ( Halaman 11 )

Prof Lucky peluk erat Angie Jakarta—Dalam persidangan perdananya Kamis (6/9) kemarin, Angelina Sondakh tetap didampingi ayahnya tercinta, Prof Dr Ir Lucky Sondakh MEc. Selama kurang lebih satu setengah jam sang ayah memantau terus jalannya persidangan. Bahkan, seusai sidang, Prof

Lucky langsung merangkul erat anaknya, seakan memberikan semangat. Untuk keluar dari ruang sidang, Angie sempat mengalami kesulitan karena banyaknya wartawan yang ingin meminta keterangan darinya, namun dengan setia Prof Lucky mendampingi Angie dari belakang.

Mantan Rektor Unsrat ini tidak hadir sendiri dari Manado, sebab dia hadir bersama Keanu—anak Angie—, adik Angie dan sejumlah pendeta. “Harus memberikan dukungan moril agar Angie tenang, confident dan tegar,” ujar Prof Lucky.

BAHAYA KARANGETANG

Memang dirinya berada dalam posisi yang dilematis, sebagai orang tua dirinya harus memberi dukungan kepada anaknya, tapi dilain sisi dirinya juga sebagai warga negara harus mentaati proses hukum. Baca: Prof ( Halaman 11 )

LUCKY Sondakh.

PEMBERANTASAN KORUPSI

Lagi, PVMBG peringatkan warga Boediono: Pemerintahan yang tinggal di punggung gunung bukan tempat pupuk harta

AKTIVITAS erupsi Gunung Karangetang yang tinggi tak membuat warga kapok untuk bermukim di sekitar gunung.(foto: stenly/sk)

Sitaro—Status Gunung Karangetang di Sitaro, masih siaga level III seperti yang ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Bahkan hingga kini, aliran lava pijar dan awan panas yang sering terjadi saat terjadi letusan sudah tidak terlihat lagi. Namun masih tampak asap kawah berwarna hitam yang diembuskan dari kawah yang berada di puncak. Baca: Lagi ( Halaman 11 )

Jakarta—Wakil Presiden (Wapres) Boediono mengingatkan birokrat terkait sorotan tajam dari masyarakat tentang korupsi. Menurutnya, apabila tujuan utama hidup seseorang adalah memupuk harta dan mengeruk keuntungan, pemerintahan bukanlah tempatnya. “Karena kalau tujuannya itu, risikonya tinggi. Akan terjadi penyalahgunaan kewenangan publik, untuk kepentingan pribadi. Dan bila itu terjadi, akibatnya fatal,” kata Boediono saat pidato pengukuhan 985 pamong praja muda di kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri

(IPDN) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (6/ 9) kemarin. Boediono juga mengatakan aparat pemerintahan harus bersih dari politik praktis. Apabila politik praktis masuk dalam jajaran birokrasi, orientasi dan loyalitas aparat birokrasi akan menjadi kacau. Hal itu akan menumbuhkan loyalitas yang sempit yang merongrong profesionalisme aparat pemerintahan, meningkatkan risiko terjadinya penyalahgunaan kewenangan dan bahkan korupsi. Baca: Boediono ( Halaman 11 )

Dari Pameran Industri Kelautan dan Perikanan 2012 di Jakarta

Hanson-Sharif bicarakan kemajuan perikanan di Bitung

KATE MIDDLETON

Akhirnya hamil KATE Middleton dikabarkan tengah berbadan dua. Laporan terkini mengabarkan, Kate sedang mengandung anak pertama dari pernikahannya bersama Pangeran William. Pasangan ini sedang berbahagia atas kabar tersebut. “Seorang teman mengatakan, Kate yakin bahwa dia hamil. Meskipun Kate dan William merahasiakan berita tersebut, mereka sangat bahagia,” ujar sumber, seperti dilansir dari Showbizpsy, Kamis (6/9) kemarin. Baca: Akhirnya ( Halaman 11 )

Pelaksanaan pembukaan Pameran Indonesia Marine & Fishery Industry (Pameran Industri Kelautan dan Perikanan) 2012 yang dibuat Kementerian Perikanan dan Kelautan (Kemenperik) bertempat di Plaza Parkir Timur Senayan Jakarta, Kamis (6/9) kemarin sedikit membawa keistimewaan bagi Bitung. Bagaimana tidak, Walikota Bitung Hanny Sondakh (Hanson) didaulaut duduk berdampingan dengan Menperik Sharif Cicip Sutardjo, sekaligus “menyisihkan” walikota/bupati lainnya yang hadir. KEHADIRIN Hanson sebagaimana dirilis Bagian Humas Pemkot Bitung ini diundang khusus Kemenperik, mengingat Bitung merupakan salah satu daerah pusat pengembangan kawasan minapolitan di Indonesia Timur, serta

sebagai pusat perikanan dan kelautan yang memiliki berbagai keunggulan dan potensi besar terutama industri pengelolaan hasil perikanan yang semakin menjamur dan menjadi ciri khas Bitung. “Kami (dirinya dan Menperik, red)

membicarakan tentang kemajuan dunia perikanan di Bitung,” ungkap Sondakh. Dia menuturkan bahwa Pemkot Bitung saat ini sangat intensif mendukung perkembangan usaha perikanan. “Sebagian besar

masyarakat Bitung mempunyai ketergantungan hidup di usaha perikanan, baik nelayan kecil, sedang dan besar di sektor penangkapan serta pengelolaan,” kata Sondakh. Baca: Hanson ( Halaman 11 )

WALIKOTA Bitung Hanny Sondakh duduk berdampingan dengan Menperik Sharif Cicip Sutardjo, saat pembukaan pameran Indonesia Marine, di Jakarta, Kamis (6/9) kemarin.(foto: ist)


JUMAT 7 SEPTEMBER 2012 NOMOR 02075 TAHUN VI TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Manado menatap Asia

KAMPUNGRON KELURAHAN LAPANGAN KECAMATAN MAPANGET

Lion matangkan rute Manado ke Taiwan-Hongkong-Jepang Walikota jamin Manado akan semakin terkenal

Janji lanjutkan pembangunan KELURAHAN Lapangan adalah salah satu pintu gerbang daerah Sulut yang terdapat bandara bernama Samratulangi Manado. Hanya saja, di Kelurahan tersebut terdapat beberapa bangunan yang terlihat kumuh yang GREITY Kawilarang. berhadapan dengan bandara. Hal itulah yang menjadi tantangan bagi Lurah baru di Kelurahan tersebut. “Saya selaku lurah yang baru di Kelurahan Lapangan, sempat kaget melihat bangunan kantor kelurahan yang belum layak dan pemukiman warga yang ada di wilayah ini karena terlihat sangat kumuh.

Manado—Poros penerbangan sebagai ujung tombak pariwisata harus tercipta apabila Manado ingin dikenal dunia. Karenanya, upaya Pemkot

RELIGIUS

Bangun sarana kebersihan serta keamanan lingkungan UNTUK menunjang keamanan dan kebersihan agar berjalan dengan lancar serta terlihat lebih indah di lingkungan, tentunya memerlukan sarana berupa alat dan tempat penjagaan di lingkungan di setiap MATEOS Manikome. kelurahan. Seperti yang akan di lakukan kepala lingkungan 5 Kelurahan Dendengan Dalam, Mateos Manikome. Baca: Bangun ( Halaman 4 )

DEWAN

Ranperda Reklame untungkan semua pihak MASUKNYA Ranperda Tata Letak Reklame, dinilai oleh Anggota Komisi C Dekot Manado, Anri Mailoor akan menguntungkan bagi semua pihak. Pasalnya, ranperda tersebut selama ini belum diatur lewat payung hukum yang kuat sehingga banyak kali merugikan masyarakat dan pengusaha. “Pastinya ranperda ini akan berpihak tidak hanya kepada pemerintah, tapi juga ke pengusaha dan masyarakat,” ujarnya. Baca: Ranperda ( Halaman 4 )

Baca: Manado ( Halaman 4 )

333 juta untuk lampu jalan PDT Dr Mark A Finley (kiri) dan Walikota Manado GS Vicky Lumentut saat peresmian GMAHK Tingkulu.(foto:ist)

LINGKUNGAN V KEL DENDENGAN DALAM

kemarin. Menurut GSVL—sapaan akrabnya—, langkah ini menjadi salah satu bagian dari program mewujudkan visi kota Manado kota menyenangkan. Dijelaskan Walikota, keuntungan bagi Manado, adanya hubungan langsung peningkatan perekonomian yang dijamin akan melonjak secara signifikan.

FASILITAS PUBLIK

Baca: Janji ( Halaman 4 )

JAGARON

Manado melobi Lion Air yang merupakan bagian mempromosikan dunia wisata ibukota Sulut, makin digenjot. Alhasil, Lion Air kian mematang-

kan terwujudnya 4 poros penerbangan yang nantinya akan menghubungkan Manado dengan 4 jalur wisata Asia. “Rute tersebut akan dirintis pada 1 Januari 2014 mendatang. Jelas kedepan kota Manado akan ramai akan kunjungan turis mancanegara hingga makin terkenal,” ujar Walikota Manado GS Vicky Lumentut, kepada Swara Kita, Kamis (6/9)

Tokoh Gereja dunia kunjungi Manado Manado—Salah seorang tokoh Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (GMAHK) dunia, kini ada di Manado. Adalah vice-president of the Seventh-day Adventist Church, Pdt Dr Mark A Finley, yang datang daerah

ini untuk pelayanannya. Mantan pembicara/direktur program pelayanan rohani “It Is Written” ini menurut rencana akan berada sepekan di Manado. Baca: Tokoh ( Halaman 4 )

M a n a d o — Ta h u n anggaran 2012 ini, Pemkot Manado telah menyiapkan dana Rp333,5 juta untuk lampu jalan. Anggaran tersebut dibagikan untuk perbaikan dan pengadaan lampu jalan. “Dana tersebut akan dibagi dua untuk pemeliharaan dan pengadaan lampu jalan yang mati atau rusak. Untuk pemeliharaan lampu disiapkan sebesar Rp233.500.000 dan pengadaan lampu jalan yang baru tanpa tiang sebesar Rp100 juta,” ujar Walikota Manado GS

Vicky Lumentut, seperti yang disampaikan lewat Kadis Tata Kota Manado Amos Kenda, Kamis (6/9) kemarin. Ditambahkan Kenda, hal tersebut sudah diusulkan dalam pembahasan bersama dengan Komisi C Dekot Manado di perubahan APBD 2012. “Sebenarnya dana tersebut dianggarkan untuk pemeliharaan lampu jalan saja, tetapi karena ada banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat. Baca: 333 juta ( Halaman 4 )

Anak terlantar terlantar Manado dirangkul Manado—Wujud kesungguhan Walikota Manado, GS Vicky Lumentut dalam memberikan perhatian penuh bagi anakanak terlantar, tidak dipungkiri lagi. Program andalan kepemimpinan GSVL sapaan akrab Walikota adalah mencari dan menampung anak terlantar di usia sekolah agar bisa kembali mengecap pendidikan. “Ketika pendidikan telah terpenuhi, tentunya kedepan akan berdampak pada sumber daya manusia (SDM) yang ada di kota Manado. Jadi anak terlantar harus kita rangkul dan sekolahkan,” terang Walikota pilihan warga Manado ini. Ini terbukti, Kamis (6/9) kemarin, Pemkot Manado melalui Dinas Sosial Manado menggelar kegiatan pelatihan ketrampilan dan praktek belajar kerja bagi anak terlantar. Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari bertempat di Hotel Sahid Kawanua Manado

dan diikuti oleh 50 peserta. Walikota menegaskan, bahwa pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu wujud kesungguhan Pemkot Manado untuk memberikan perhatian penuh bagi anak-anak terlantar melalui pembekalan ke-

trampilan bekerja. “Semoga para anak terlantar mampu mengembangkan kemandirian dalam berusaha sehingga secara tidak langsung akan dapat membantu perekonomian keluarga,” terang Walikota. Dalam kegiatan tersebut,

ikut diserahkan bantuan dari Kementerian Sosial RI berupa kebutuhan dasar anak terlantar kepada 40 orang anak berupa tabungan masing-masing anak sebesar Rp1,5 juta. Baca: Anak ( Halaman 4 )

KEBAKARAN

Dekot himbau warga waspada

SANDY Rumondor.

Manado—Akhir-akhir ini, kejadian kebakaran makin merajalela. Tak ja-

rang kejadian yang memilukan tersebut merenggut nyawa orang tak berdosa. Menyikapi akan keadaan tersebut, warga kota Manado diminta lebih waspada. “Khususnya warga yang berada di pemukiman padat penduduk, diharap lebih berhati-hati dalam menggunakan kompor gas. Terlebih juga instalasi listrik jangan sampai terjadi korsleting,” ujar Anggota Komisi D Sandy Rumondor. Rumondor mengatakan,

korsleting dan kompor gas meledak merupakan beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kebakaran. Namun itu pun karena human eror atau kesalahan dan kecerobohan manusia. “Karenanya warga saya minta berhati-hati,” tegasnya. Lebih lanjut, kesigapan dari Dinas Kebakaran (Damkar) Manado perlu meningkatkan kinerjanya. Terlebih soal kesigapan dalam penanganan kebakaran. Baca: Dekot ( Halaman 4 )

WAWALI Manado Harley ‘Ai’ Mangindaan mendapati trotoar yang rusak di jalan Boulevard yang diduga menjadi tempat turun naik alat berat proyek IPAL.(foto: tonny/sk)

INFRASTRUKTUR

Trotoar rusak diperhatikan Pemkot Manado—Kerusakan trotoar di wilayah kota Manado, khusunya di jalan Pierre Tendean atau jalan Boulevard ditegaskan Wakil Walikota

Manado, Harley Mangindaan SE SM, akan menjadi perhatian Pemkot Manado. Baca: Trotoar ( Halaman 4 )

PAJAK

Binti kesal penunggak pajak tidak konsisten Manado—Ketua Komisi B Dekot Manado, Lili Binti menyesalkan sikap sejumlah wajib pajak yang tidak konsisten dalam membayar tunggakan pajak mereka. Dicontohkan Binti, pajak restoran dan hotel adalah 2 sektor yang paling bermasalah dalam membayar pajak. “Baru bayar sedikit, selanjut sudah malas bayar pajak. Mereka (wajib pajak, red) tidak konsisten dimana akhirnya pajak mereka tidak kunjung lunas,” ujar Binti, Kamis (6/9) kemarin. Pembayaran yang seakan mempermainkan Pemkot dan Dekot Manado tersebut, dinilai akan merugikan penggunaan anggaran untuk pembangunan daerah. Disamping itu, potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Manado

LILI Binti.

ditakutkan tidak mencapai target. “Kalau mereka tidak bayar, pasti masyarakat yang rugi karena penggunaan anggaran akan diambil dari sektor pajak itu,” katanya. Kader Partai Golkar ini pun menyatakan akan siap mengawal setiap wajib pajak yang belum melunasi pajaknya agar segera melunasi hutangnya. Baca: Binti ( Halaman 4 )

Rusni Ibrahim, penjual sayuran di pasar

Mampu sekolahkan 5 anak dengan pendapatan minim Hidup di kota multi dimensi seperti Manado, banyak dengan tantangan yang siap menghadang. Apalagi hidup bersama dengan keluarga serta memiliki beberapa anak dimana perekonomian menjadi tuntutan utama untuk bertahan hidup sehingga harus mengambil usaha yang mapan. SAMA halnya dengan yang dialami oleh Rusni Ibrahim. Istri dari Ruslan Umar ini pun harus berpacu dengan perekonomian keluarga meskipun bekerja sebagai penjual sayuran di pasar Bersehati. Usaha ini telah dilaku-

kannya sejak 15 tahun silam sehingga mampu menyekolahkan ke 5 anaknya. Padahal, dalam sehari dirinya hanya mampu mendapatkan hasil Rp100 ribu dari menjual. Saat ini pun tanggungan yang dibiayainya tinggal anak bungsu-

nya yang kini sementara duduk di bangku kuliah, sementara 4 lainnya sudah bekerja dan berumah tangga. Rusni sendiri adalah warga Kauditan, Minahasa Utara. Wanita berumur 56 tahun ini tak pernah patah semangat dalam menjalan-

kan profesinya sebagai pedagang sayur atau lebih akrab dengan sebutan “tibo” bagi orang Manado. Berbagai jenis sayuran yang dijualnya adalah hasil dari kerja keras suaminya di kebun. Baca: Mampu ( Halaman 4 )

RUSNI Ibrahim bertahan dengan ketekunannya demi menyekolahkan anaknya.(foto:bobby/sk)


JUMAT 7 SEPTEMBER 2012

RAPAT KOORDINASI

Walikota bahas Manado bersama Kominda

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut memimpin langsung rapar koordinasi di ruang kerjanya.(foto:ist)

WALIKOTA Manado, GS Vicky Lumentut bersama Komunitas Intelejen Daerah (Kominda), Kamis (6/9) kemarin, membahas kondisi dan isu kota Manado dalam rapat koordinasi rutin di ruang kerja Walikota. Isu aktual yang dibahas antara lain kasus tanah, kegiatan prostitusi atau wanita tuna susila (WTS), balapan liar dan penggunaan knalpot racing, WNA overstay, DPO warga negara Australia, imigran gelap/pencari suaka dan imigratoir. Hal lain yang dibahas di dalam rapat adalah masalah teroris yang menjadikan Sulawesi Utara, khususnya kota Manado sebagai daerah perlintasan. “Salah satu senjata yang dimiliki teroris yang ditangkap di Solo berasal dari Filipina, dipasok melalui Kepulauan Sangihe kemudian melintasi Manado sebelum dibawa ke Solo,” ujar seorang peserta rapat. Lanjutnya, kota Manado mungkin bukan hanya sekedar daerah perlintasan para teroris, tapi kemungkinan oleh teroris sudah direncanakan sebagai daerah target, sebaiknya perlu dilakukan sweeping. Masalah lainnya yang dibahas adalah tentang ajaran sesat, pemasokan captikus ke kota Manado dari daerah atau wilayah lain. “Selain itu kita juga membahas peredaran narkoba, mabuk-mabukan dan tindakan premanisme,” terang Walikota. Dalam rapat tersebut peserta Kominda mengusulkan agar untuk lebih meningkatkan kamtibmas, patroli keamanan perlu diintensifkan. “Terima kasih akan masukannya, dan hal itu akan langsung kami bawah dalam rapat bersama dengan jajaran Pemkot Manado hingga sampai di kelurahan agar lebih tingkatkan ronda malam dan efektifkan kembali poskamling yang sudah ada di setiap lingkungan kota Manado,” tandas GSVL.(teem)

Ranperda ... dari Halaman 3 Ketua Fraksi Demokrat ini menambahkan, selain sudah memenuhi kriteria dalam pembuatan sebuah aturan, ranperda tersebut juga sudah melalui tahapan yang jelas. “Mekanisme dalam pembentukan ranperda telah dilakukan pembahasan secara akademik agar di kemudian hari tidak terjadi persoalan,” kuncinya. Untuk diketahui dalam waktu dekat ini ada 4 ranperda yang akan di bahas di Dekot Manado, yaitu Ranperda tentang Bangunan Gedung, Ranperda tentang pengelolaan PD Pasar, Ranperda tata cara pembentukan peraturan daerah dan Ranpeda tata letak reklame.(dede)

Kantor dewan kembali sunyi Manado—Usai pembahasan APBD Perubahan 2012 di ketuk, legislator Tikala langsung “angkat koper”. Sontak kantor Dekot Manado yang biasanya ramai, kembali sepi dimana hanya tersisa beberapa staf. Tak pelak ruangan dekot banyak yang terkunci rapat. “Seluruh anggota komisi baru saja berangkat,” ujar salah satu staf komisi kepada sejumlah wartawan Kamis (6/9) kemarin. Dikatakannya, keberangkatan yang dilakukan oleh

4 pansus yaitu pansus renperda bangunan gedung, ranperda tentang pengelolaan PD Pasar, ranperda tentang tata cara pem-bentukan peraturan daerah, serta ranperda tata letak penempatan reklame. 4 pansus ini melakukan studi banding ke Jakarta, Riau dan Bali. “Ada yang sudah berangkat semenjak pagi, siang dan juga sore hari (kemarin,red),” tegasnya. Sementara itu, dari beberapa anggota pansus ternyata tidak semuanya yang berangkat. Ketua

Manado ... dari Halaman 3

Komisi B Lili Binti misalnya. Dirinya mengakui tidak mengikuti kegiatan studi banding itu. “Saya tidak berangkat, cuma pansus saja yang berangkat,” singkatnya. Sekretaris Dekot Manado, Didi Salendu, melalui Kabag Humas Dekot Manado, Steven D Nagoy, mengatakan, keberangkatan tersebut sudah berdasarkan agenda yang ada dan benar-benar untuk kepentingan rakyat. “Itu sudah diagendakan. Mereka (anggota pansus, red) hari Minggu ini sudah kembali,” kuncinya.(dede)

“Rencana ini sangat baik, karena para turis dari Hongkong, Taiwan dan Jepang akan berada di Manado. Dan akan disiapkan dermaga di kawasan Boulevard Mal untuk kapal pesiar, karena akan dilanjutkan dengan paket tur dari Manado ke obyek pariwisata di Indonesia Timur, termasuk pulau Bunaken,” jelas Walikota. Artinya, tambah Walikota, jalur transportasi udara akan dihubungkan dengan jalur transportasi laut dengan basisnya ada di kota Manado. “Kita bisa bayangkan, semua turis asing dari ketiga negara tersebut akan datang ke Manado yang dikelolah oleh pihak Lion Air dengan menghubungkan jalur udara dan laut. Itu tentunya akan

ada lompatan cepat dalam pertumbuhan ekonomi kota Manado,” terang Walikota pilihan warga Manado ini. Namun di satu sisi, Walikota berharap warga masyarakat Manado harus siap menjemput rencana ini agar bisa berjalan sukses. Sebab ujung-ujungnya apa yang dilakukan Pemkot Manado bersama dengan ide cemerlang pihak Lion Air untuk warga masyarakat kota Manado. “Efek domino yang akan terjadi ketika rencana ini sukses, yakni lapangan pekerjaan kembali akan terbuka, dan dampak ekonomi rakyat yang jeli melihat peluang akan lebih bergairah. Untuk itu saya titipkan kepada tokoh agama dan masyarakat untuk mensosialisasikan rencana

ini agar pembangunan Manado kedepan lebih maju pesat,” himbau GSVL. Disebutkan GSVL, rencana itu bisa terjadi karena areal Boulevard Mall telah dibeli pihak Lion Air. “September ini sesuai pernyataan pihak Lion Air akan ada peletakkan batu pertama dalam pembangunan hanggar dan untuk lokasi Boulevard Mall akan dibangun hotel dengan unggulan pemandangan ke arah laut. Di lokasi tersebut juga akan dibangun dermaga bagi kapal pesiar,” tandas GSVL sembari menambahkan perkembangan positif ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan awal Pemkot dengan tim Lion Air, 8 Juli lalu di Hotel Quality Manado.(teem)

GMAHK Tingkulu, G S V L — s a p a a n akrabnya—datang dan turut memberikan sambutannya. Dalam sambutannya GSVL mengatakan apapun yang menjadi cita-cita dan kerinduan jemaat, bila digumuli dalam satu kerjasama, kekompakkan dan kebersamaan yang kuat, semua pasti akan terwujud. “Kekompakan dan kebersamaan jangan hanya sampai pada pembangunan gedung Gereja saja, tetapi

harus terus dinampakkan dalam tugas pelayanan, dalam berjemaat dan bermasyarakat,” terang Walikota. Lanjut Walikota pilihan warga Manado ini, partisipasi jemaat GMAHK dalam membangun Gereja merupakan bagian dari keberhasilan pembangunan kota Manado. “Mari bersama-sama kita hadirkan kota Manado yang lebih menyenangkan bagi semua orang, yaitu kota Manado

yang semakin bersih, indah, nyaman, aman dan damai,” tegas Walikota. Turut hadir dalam acara ini Direktur Sekolah Sabat GMAHK se-dunia, Pdt Dr Jonathan Kuntaraf, Ketua

Uni Konferens Indonesia Kawasan Timur (UKIKT), Pdt N Sakul MA, Ketua Konferens Manado/Malulu Utara, Pdt F A Rattu MA, para pendeta dan seluruh jemaat GMAHK.(teem)

wilayah-wilayah prioritas seperti rumah ibadah. Kenda menerangkan, pemeliharaan lampu jalan

yang dilakukan itu antara lain, untuk mengganti foto cell, MCB, jaringan lampu, PTCG dan intaktor.(teem)

sesuai petunjuk Wa l i k o t a bisa dikembalikan di bangku b e l a j a r, ” u j a r K a d i s

Sosial Manado Drs Rum Usulu yang didampingi Kabid Paula Lalamentik, SH.(teem)

banyak tersisa alias tak laku. Cuaca buruk dan langganan kurang membeli adalah faktor utama menurunnya pendapatan. Akan tetapi Rusni telah berhasil membuktikan bahwa kegagalan justeru membuatnya justeru lebih bersemangan untuk bekerja. “Selama masih

ada nafas dan tenaga untk berkegar, maka pekerjaan ini akan tetap dilakukan,” katanya seraya berharap jika suatu hari kelah di masa tuanya, semua anaknya sudah bisa hidup lebih baik, sehingga dapat memperbaiki kondisi e k o n o m i keluarganya.(try19)

Seluruh Indonesia Sulut mengatakan, dalam memasuki penilaian Adipura tahap yang pertama ini, di Kelurahan Lapangan sementara mengadakan persiapan tentang kebersihan lingkungan. “Penataan taman dan lahan lahan

kosong akan saya lakukan. Saya berharap semoga usaha yang saya lakukan ini bisa mempertahankan piala Adipura yang telah kita raih. Ini perlu karena kelurahan ini merupakan pintu masuk Manado,” jelasnya.(try19)

Tokoh ... dari Halaman 3 Dalam sepekan ini, jadwal evangelis yang adalah putra dari James dan Gloria Finley ini cukup padat. Termasuk memimpin ibadah peresmian beberapa Gereja GMAHK di Manado. Tokoh yang terbuka ini kembali mengingatkan bahwa Gereja adalah tempat yang dapat memberi pengharapan. “Gereja bukan hanya pintu, jendela, bata atau bahan lainnya, tetapi Gereja adalah tempat yang

dapat memberi pengharapan,” ujar pelayan Tuhan yang telah mempublikasikan lebih dari 70 buku ini, dalam kotbahnya dalam peresmian GMAHK Tingkulu, Kamis (6/9) kemarin. Sementara itu, Walikota Manado GS Vicky Lumentut merespon positif kedatangan Vice President General Conference of Seventh-day Adventists itu. Karenanya, saat diundang untuk meresmikan

333 ... dari Halaman 3 Sehingga diputuskan untuk menambah pengadaan lampu baru tanpa mengubah neraca,” jelasnya

sembari menambahkan, pengadaan dan pemeliharaan lampu jalan hanya mengadakan untuk

Anak ... dari Halaman 3 “ Te n t u n y a P e m k o t Manado akan terus perhatikan anak terlantar dan pihak kami

juga terus melakukan pendataan anak terlantar yang wajib sekolah agar mereka

Mampu ... dari Halaman 3 Wortel, ketimun, kangkung, adalah sebagian dari barang dagangan yang setiap harinya harus dibawa ke Manado. “Ini sudah menjadi mata pencaharian utama keluarga saya, jadi tidak ada alasan untuk tak menjalaninya. Kalau tidak kerja, maka sudah pasti tak ada imbalan untuk

kebutuhan harian. Usaha ini sudah menyekolahkan ke 5 anak saya dan tinggal si bungsu yang masih duduk di bangku kuliah,” ucapnya. Kesuksesan yang dirasakan Rusni bukanlah sesuatu yang instant, karena tak jarang pula barang dagangannya cukup

Janji ... dari Halaman 3 Saya berjanji akan mengadakan pembenahan dan membawa perubahan baru bagi Kelurahan Lapangan terutama pembangunan dengan melibatkan elemen masyarakat yang ada dan itu sudah menjadi tanggung jawab moral saya,”

ujar Lurah Lapangan Greity Kawilarang SH yang sebelumnya menjabat sebagai Lurah di Kelurahan Kairagi 2 itu. Disisi lain, Kawilarang yang juga sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa

Trotoar ... dari Halaman 3 Menurut Ai sapaan akrab Mangindaan, sarana publik yang rusak seperti trotoar jelas akan mengganggu kenyamanan bagi pejalan kaki. “Saya pun berharap agar para lurah dan camat bisa bersinergi dengan instansi terkait seperti PU untuk melaporkan atau mendata dimana trotoar yang rusak,”terang Ai. Menariknya, ketika melakukan pemantauan di jalan Boulevard, Ai mendapati trotoar yang

rusak parah karena menjadi tempat diturunkannya alat berat pemadat aspal. Berhubung dijalan Boulevard tengah ada pekerjaan proyek penggalian Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) yang tengah dikerjakan. “Saya berharap trotoar yang rusak ini bisa diperbaiki atau kondisinya dikembalikan seperti semula. Karena akan sangat berbahaya bagi warga pejalan kaki jika terperosok di trotoar yang lubang ini,”harap Ai.(teem)

Dekot ... dari Halaman 3 “Iya, jangan nanti sudah hangus terbakar baru datang di lokasi. Untuk itu pula warga diharapkan dapat cepat menginformasi-

kan jika memang ada kejadian, sehingga cepat mendapat respon dari unit kebakaran,” tutupnya.(dede)

Binti ... dari Halaman 3 “Sebagai fungsi pengawasan dekot wajib untuk memberikan masukan dan sorotan

terhadap mitra kerja yang tidak serius terlebih wajib pajak yang menunggak,” tuturnya.(dede)

Bangun ... dari Halaman 3 Kepada Swara Kita, Kamis 6/9 kemarin, Manikome mengatakan jika dalam waktu dekat ini, pihaknya akan mengadakan pembangunan poskamling, pengadaan bak sampah dan tempat pupuk kompos. “Saya selaku kepala lingkungan setempat akan melakukan pengadaan dan pembangunan sejumlah

sarana penunjang itu karena di lingkungan kami belum memilikinya. Dana pembangunan ini berasal dari berkat swadaya masyarakat yang ada di lingkungan saya. Semuanya demi keamanan dan kebersihan di lingkungan saya ini bisa terjaga dengan baik dan terlihat indah,” ujar Manikome.(try19)


JUMAT 7 SEPTEMBER 2012

LAPANGAN KONI

Prajurit Santiago lakukan pembersihan

Operasi khusus di Picuan, 1500 Polri-TNI disiapkan PETI dihimbau agar segera keluar dari lokasi tambang

PRAJURIT Korem 131/Santiago saat melakukan bersih-bersih, Kamis (6/9) kemarin.(foto: ist)

RATUSAN prajurit Korem 131/Santiago dan jajarannya yang dibantu oleh puluhan pemuda FKPPI (Forum Komunikasi Putra dan Putri Purnawirawan TNI-Polri) dan BETA (Bela Eksistensi Tanah Air), Kamis (6/9) kermarin, melakukan bersih-bersih di lapangan olahraga KONI Sario. Kondisi lapangan olahraga KONI di Sario, yang terkesan kotor dan kumuh tersebut telah ‘menggelitik’ kepedulian Komandan Korem 131/Santiago Brigjen TNI Johny L Tobing, untuk turut serta berpartisipasi memoles lapangan kebanggaan masyarakat Manado dan Sulawesi Utara tersebut. Dalam kegiatan yang dirangkaikan dengan acara peringatan HUT TNI yang ke-67 tersebut, Kepala Staf Korem 131/Santiago Letkol Inf Herman Watulangkow, turun lapangan langsung untuk mengawasi pelaksanaan kerja bakti tersebut.(try19)

‘Cinderela’ & ‘Lumba-lumba’ kembali terlibat Tarkam PERKELAHIAN Antar Kampung (Tarkam) yang ditenggarai oleh sekelompok anak muda di Kelurahan Sindulang I dan Sindulang II, kembali pecah, Kamis (6/9) kemarin, sekitar pukul 03.00 Wita. Di mana pada 1 bulan yang lalu, keduanya juga sempat memanas. Perseturuan ini diduga karena dendam lama antar ke 2 pihak yang sering bertikai. Kejadian Tarkam ini diduga bermula dari salah seorang pemuda warga Sindulang I yang bermukim di Lorong Lumba-lumba, kebetulan melewati Lorong Cinderela dengan menggunakan sepeda motor yang berada di Sindulang II. Saat lelaki ini melewati Lorong Cinderela kemudian beberapa pemuda yang lagi asik nongkrong di pinggiran jalan, mencegat pemuda tersebut dan langsung menghujani beberapa pukulan. Dengan perlakuan itu pemuda Jeki langsung melarikan diri dan meninggalkan Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan langsung memanggil teman-temannya yang ada di lorong Lumba-lumba untuk membalas serangan dari pemuda di lorong Cinderela. Dan terjadilah petengkaran dimana ke 2 belah pihak yang bertikai saling menghujani anak panah wayer, dan hal itu sangat meresahkan warga yang lainnya. Atas laporan dari warga anggota Kepolisian dari Mapolsek Tuminting langsung turu ke TKP dan melakukan pengamanan, dimana ke 2 pihak yang bertikai diamankan secara mereka diberikan pembinaan oleh Kaposek Tuminiting AKP Torondek, Camat Tuminting Rivobudiarto Koloay AP dan Danranmil Tuminting di ruang serbaguna Kantor Kecamatan Tuminting. Kapolsek Tuminting AKP Torondek ketika dikonfirmasi mengatakan, atas kejadian ini pihak Kepolisian memilih mengambil jalan damai dari ke 2 belah pihak dan kepada mereka dibuat perjanjian tertulis.(try16)

Terdakwa mengaku setubuhi korban sebelum membunuh DUGAAN kasus pembunuhan dan pemerkosaan ter-hadap Lindy Pandoh, kembali disidangkan Kamis (06/09) kemarin, dengan agenda pemeriksaan terdakwa, WW alias Wensy, di Pengadilan Negeri (PN) Manado. Terdakwa di hadapan Majelis Hakim, Willem Rompies SH MH, Efran Basuning SH MHum dan Alexander Palumpun SH MH, akhirnya mengakui perbuatannya yang telah membunuh dan menyetubuhi korban. Akan tetapi, dirinya mengatakan berhubungan badan dengan korban atas dasar suka sama suka, begitu pun dengan aksi pembunuhan yang dilakukan olehnya karena terpaksa, lantaran korban meminta uang Rp1 Juta. Dikatakan Wensy, sebelum menikam korban, dirinya terlebih dahulu mengambil pisau yang diletakkan di belakang mobil, tapi pisau itu diambil hanya untuk menakut-nakuti korban. “Awalnya, saya hanya menakut-nakuti korban dengan pisau, tapi karena sudah khilaf dan marah terus dimintakan uang dan terjadi tarik menarik pisau, saya akhirnya menikam dia,” ujarnya. Ditambahkan Wensy, setelah menikam korban, dirinya berinisiatif membawa korban ke Rumah Sakit Prof Kandouw Malalayang, namun karena keadaan lalu lintas macet dan merasa takut, terdakwa kemudian mengurungkan niatnya tersebut dan menghentikan mobil di kawasan Tugu Boboca Malalayang. “Pisau yang dipakai menikam korban dan sepatu korban, sudah dibuang di Mokupa. Begitu pun dengan sim card milik korban dan saya dibuang di Malalayang,” kilahnya. Sayangnya, keterangan terdakwa dalam persidangan yang ditonton puluhan keluarga korban tersebut tak serta merta membuat Majelis Hakim percaya dan mengingatkan terdakwa supaya tidak berbohong. “Terdakwa jangan berbohong, kenapa anda bilang hanya menyetubuhi korban sebelum meninggal dunia, namun dalam hasil visum et repertum tidaklah demikian,” ucap Hakim Rompies. Usai disidang, terdakwa kemudian meneriakan kata maaf kepada keluarga korban. “Kita minta maaf sedalam-dalamnya,” teriak terdakwa, namun dibalas keluarga korban ‘tiada maaf bagimu’. Sidang bakal dilanjutkan pekan depan dengan agenda pembacaan tuntutan dari tim (Jaksa Penuntut Umum) JPU, Mita Ropa SH MH dan Theodorus Rumampuk SH MH.(try18)

Operasi gabungan ini personilnya dari Polda dan TNI dan jumlahnya 1500 personil. Kami sementara mempersiapkan operasi ini, sambil menghimbau para penghuni lokasi tambang agar secepatnya keluar,” tegas Adare, di Mapolda Sulut. Lebih lanjut dikatakan juru bicara Polda Sulut itu, jumlah personil yang akan diterjunkan nanti sudah mencukupi dan sesuai dengan kebutuhan kondisi yang ada. Selain itu, pada Senin nanti upaya persuasif masih terus dilakukan, dan selanjutnya operasi segera digelar. Masalah sebelumnya yang sempat pecah di Picuan juga mendapat perhatian dari Polda Sulut, tersangka yang ditetapkan DPO, diantaranya provokator dan penyusup dalam pengejaran. Bahkan, dalam surat yang disampaikan ke Polda Sulut, diminta

agar dua oknum yang diduga dalang dari aksi ricuh berinisial AL dan JW, dapat segera diamankan. “Oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang sengaja memperkeruh keadaan pasti akan ditindak tegas, begitu juga dengan DPO pada masalah Picuan beberapa waktu lalu terus dikejar agar tidak ada lagi masalah yang merugikan di wilayah itu,” pungkas Adare. Diketahui, selain Pemkab dan Dekab Minsel memberikan surat ke Polda Sulut, sejumlah Hukum Tua pun yang mewakili warga, langsung menandatangani permohonan pengamanan tersebut. Para pimpinan Desa itu diantaranya, Hukum Tua Desa Picuan, Kumtua Desa Picuan Satu, Kumtua Karimbow Talikuran, Hukum Tua Karimbow, Hukum Tua Tokin Baru dan Hukum Tua Tokin.(erel)

Pascapenangkapan di gubuk, berkas Paat segera dilimpah

mendapati tersangka di dalam gubuk tepatnya dibelakang pintu, karena tidak sempat lagi bersembunyi di dalam lubang,” ujar sumber resmi. Hal yang sama juga dikatakan sumber di Mapolda Sulut, selama pelarian 9 bulan, tersangka pada siang hari bersembunyi di gubuk tersebut. Dalam gubuk itu, telah diatur posisinya oleh tersangka sambil memakai beberapa orang yang memantau lokasi persembunyian. Selain itu, tersangka hanya bersembunyi siang hari dalam gubuk dan lubang itu, dan balik ke rumah atau ke lokasi tempat tinggal pada malam hari. Lewat hal ini, penangkapan dinilai cukup sulit hingga memakan waktu yang cukup lama. “Siang dia (tersangka) bersembunyi di perkebunan, malam baru balik ke rumah. Ada juga orang yang sering memantau keadaan persembunyian. Tapi dari informasi yang terus diterima, tersangka dapat kami temukan,” jelas sumber.(erel)

Manado—Surat permohonan yang diberikan para Hukum Tua lingkar tambang di wilayah Kecamatan Motoling Timur, bersama masyarakat Desa setempat, serta permohonan bantuan pengamanan yang disampaikan Pemkab Minsel, ke Mapolda Sulut belum lama ini, rupanya terus diseriusi dan diberi perhatian khusus. Hal tersebut menyusul, terjadinya keamanan yang tidak kondusif di Desa Picuan, Minsel, dengan adanya Penambang Tanpa Ijin (PETI). Tak pelak, Polda dan TNI akan melakukan operasi besar-besaran dengan menurunkan sedikitnya 1500 personel ke lokasi pertambangan.Terkait hal ini, Kapolda

Sulut Brgjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, kepada sejumlah wartawan, Kamis (6/9) kemarin menegaskan, operasi tersebut akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini. Diungkapkannya, 1500 personel telah disiapkan dan akan dimantapkan pada senin pekan depan, sehingga dihari yang sama, penambang liar diharapkan meninggalkan lokasi. Bahkan, para penambang liar yang disinyalir beroperasi di deadline untuk segera meninggalkan lokasi paling lambat senin (10/9) pekan depan. “Kami minta penambang liar segera keluar, batas waktu hingga senin pekan depan.

APBD-GATE TOMOHON

Manado—Tersangka kasus Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tomohon, tahun anggaran 20062008, EP alias Paat, akhirnya berhasil diringkus Polisi, Rabu (5/9), sekitar pukul 13.00 Wita. Paat ditangkap, karena selama 9 bulan lamanya, menjadi buron dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) Mabes Polri dan Polda Sulut. Menariknya, Paat dibekuk petugas bukan di tempat mewah maupun mudah dijangkau, tetapi ia ditangkap di perkebunan Taratara, Tomohon, saat berada dalam satu gubuk yang dibuat khusus. Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Dicky D Atotoy, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan, membenarkan adanya penangkapan DPO tersebut.

Adare mengungkapkan bahwa, tersangka ditangkap tim Polisi yang berjumlah 7 orang di antaranya 4 anggota dari Polda dan 3 dari Polres Tomohon. “Tersangka sudah ditangkap setelah lari dari pengejaran Polisi selama 9 bulan. Untuk pemberkasan tersangka Mambu adalah saksi kunci dalam kasus itu selanjutnya dilimpahkan ke kejaksaan,” ungkap Adare, Kamis (6/9) kemarin. Juru bicara Polda Sulut itu menjelaskan, penangkapan terhadap tersangka ditemukan hal yang menarik. Pasalnya, lokasi persembunyian Evo cukup jauh dari pemukiman warga. Bahkan tersangka sengaja memiliki bunker (lubang, red) persembunyian untuk mengelabui Polisi. Bunker tersebut terletak

digubuk dengan lubang berdiameter besar sedalam 3 meter, dan dasar tanah memiliki terusan atau galian seperti huruf L, hingga tersangka bisa leluasa bersembunyi. Selain itu, penangkapan tersangka cukup dramatis, pasalnya lokasi perkebunan dapat memonitor ke segala sisi apabila kedatangan orang lain, yang dijaga sejumlah orang yang disebut-sebut suruhan tersangka. “Didalam gubuk ada lubang dalamnya 3 meter, dan dasar bisa masuk karena ada terusan. Dalam penangkapan awalnya istri dan orang suruhan tersangka sempat mengelabui petugas yang mengatakan kalau tersangka tidak ada digubuk, namun tak mau kehilangan akal tim langsung memeriksa dan

JAKSA KASASI

Terdakwa sabung ayam divonis bebas Manado—Armindo Pardede SH MAP Cs, selaku Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Manado, Kamis (06/09) kemarin, secara mengejutkan menjatuhkan vonis bebas terhadap 4 terdakwa kasus sabung ayam, masing-masing Laurens Tirajoh, Ronny wenas, Michael dumanauw, dan Saniman Sangari. Mereka (Majelis Hakim, red) berpendapat kalau para terdakwa tidak terbukti bersalah melakukan tindak pidana perjudian jenis sabung ayam sebagaimana yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Theodorus Rumampuk SH MH dalam Pasal 303 bis ayat (1) ke-1, ke-2 KUHP tentang Tindak Pidana Perjudian. “Berdasarkan keterangan saksi dari kepolisian, mereka tidak melihat adanya arena sabung ayam. Tetapi, polisi telah menyita satu ayam dari tujuh ekor yang ditemukan di lokasi kejadian, namun sudah mati,”

terang salah satu Majelis Hakim, Novrry Oroh SH saat membacakan pertimbangan hakim sambil memerintahkan JPU mengembalikan satu ekor ayam yang masih hidup dan pernah dihadirkan di ruang sidang. Hanya saja, lanjut Hakim Oroh, polisi menemukan uang Rp250 ribu di saku celana salah satu terdakwa, tapi taji ayam tidak ditemukan. “Hakim tidak bisa menjatuhkan pidana kepada terdakwa jika alat bukti tidak cukup,” tambah Oroh. Namun demikian, JPU siap mengajukan upaya hukum kasasi akan vonis bebas Majelis Hakim tersebut. “Kami siap mengajukan kasasi atas kasus ini, apalagi ada keterangan saksi dari kepolisian yang melihat arena sabung ayam, tapi saat digrebek sudah tidak ada lagi,” ucap JPU Theodorus. Sebelumnya, JPU menuntut agar para terdakwa dihukum 8 bulan penjara, karena dinilai melanggar Pasal 303 bis Ayat (1) ke-1, ke-2 KUHP.(try18)

PENIKAMAN

Hendak beli martabak, pemuda Dendal ditikam Manado--Apes nasib dialami Hendri Katuuk (18) warga Dendengan Dalam Lingkungan V. Pasalnya pemuda ini harus mengalami 2 luka tikaman oleh lelaki yang tidak dikenalnya, Kamis (6/9) kemarin, sekitar pukul 00.30 Wita, saat hendak membeli martabak yang berada di dekat Supermarket Queen Mart, tepatnya di Jalan Martadinata, Kelurahan Dendengan Dalam, Lingkungan III. Saat itu korban yang hen-

dak membeli martabak tibatiba, bertemu dengan beberapa pemuda yang mencari seseorang penjual DVD yang berjualan di depan supermarket tersebut. Karena orang yang dicari tidak ada di tempat itu, pelaku mendekati korban dan langsung menge-luarkan pisau badik dan me-nikam rusuk sebelah kanan dan bagian tangan korban. Kapolsek Tikala AKP Paulus Palamba, ketika dikonfirmasi, membenarkan adanya kejadian ini.(try16)

MENGAKU 40 KALI BERADEGAN

Pengunggah video mesum di FB diringkus Manado—Pelaku atau pengunggah video mesum yang sempat menggemparkan warga dan pengguna jejaring sosial Facebook, akhirnya berhasil ditangkap Tim Resmob Polsek Urban Malalayang, Kamis (6/9) kemarin, sekitar pukul 00.30 Wita. Lelaki HPM alias Hengky (18), pemuda asal Desa Tiu, Kecamatan Petasia Barat, Kabupaten Morowali, Sulteng ini, dibekuk Polisi di dalam kamar kosnya, yang terletak di Kelurahan Bahu, Lingkungan IV, Kecamatan Malalayang. Penangkapan terhadap tersangka tersebut, dipimpin langsung Kanit Reskrim Iptu Ruddy Raranta, bersama anggota Resmob Polsek Urban Malalayang. Menariknya, sebelum tersangka tertangkap, Polisi hampir dibuat

kecolongan. Pasalnya, petugas yang melakukan penyisiran lokasi tempat tinggal, mendapati informasi jika tersangka tidak bertempat tinggal di kawasan Bahu. Hanya saja, kabar yang didapat Polisi melalui warga terus dikumpulkan hingga keberadaan tersangka diketahui. Di hadapan Polisi tersangka mengaku, jika ia sakit hati dan kecewa hubungannya dengan pacarnya sebut saja Indah (16), karena tidak disetujui oleh orang tua sang pacar dan diputuskan hubungan mereka oleh orang tua Indah pada Agustus 2012. Karena sakit hati, pelaku mentransfer video tersebut ke Laptop miliknya dan mengunggah video mesum itu ke akun Facebooknya serta menyebarkan ke semua teman yang

ada di akun miliknya. Menariknya juga, tersangka mengaku jika hubungan badan itu dilakukan atas suka sama suka. Bahkan aksi terlarang itu, telah terjadi sebanyak 40 kali. Diceritakan pelaku, sebelumnya kedua insan ini menjalin hubungan selama delapan bulan adegan pertama diambil melalui Hp Nokia C3 milik Indah. Pada babak pertama yang berdurasi sekitar 3 menit 39 detik, pelaku melancarkan aksinya dengan memeluk, mencium serta (maaf, red) meraba payudara dan bagian kemaluan Indah. Adegan pertama ini sempat terhenti karena, orang tua Indah tiba di rumah. Tak lama kemudian sekitar 20 menit kondisi rumah kembali kosong, adegan selanjutnya pun berlangsung. Pelaku

mengambil Hp Nokia Expres Music miliknya, untuk merekam adegan mereka. Disini, keduanya saling melucuti pakaian dan hanya tersisa pakaian bagian atas. Mudah ditebak, adegan layaknya suami istri itu langsung dimainkan keduanya. Bahkan babak kedua ini, aksi yang belum pantas dilakukan kedua muda-mudi, berlangsung selama 3 menit 49 detik. “Kami berdua berjanji itu hanya untuk konsumsi pribadi. Rekaman yang ada di Hp pacar saya, saya ambil dan beberapa hari kemudian kami transfer ke laptop, sedangkan video di Hp sudah kami hapus,” jelas pelaku. Kapolsek Urban Malalayang, Kompol Andrian Syah, melalui Kanit Reskrim Iptu Ruddy Raranta, ketika dikon-

TERSANGKA saat diperiksa petugas.(foto: oby)

firmasi wartawan, membenarkan penangkapan tersebut. Dikatakannya, video mesum yang diunggah ke Facebook, Rabu (5/9) sekitar pukul 09.00 Wita, dilaporkan paman pemeran wanita ke Polsek dan diproses. Video itu pun telah menyebar ke rekan dalam akun pelaku sebanyak 200 orang. Kini pelaku akan

dijerat dengan UndangUndang nomor 11 Tahun 2008, tentang ITE. “Jadi tersangka dikenakan pasal 27 ayat 1 dan 3, serta Pasal 45 Undang undang tentang ITE, dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda sebesar satu miliar rupiah,” pungkas Raranta.(erel)


JUMAT 7 SEPTEMBER 2012

Pekan depan, SKPD dievaluasi BANTAH PERLAMBAT PENCAIRAN

Kadis DPPKAD: Semuanya tergantung kelengkapan berkas KEPALA Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD) Bolmong, Amri Arief SE, meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) agar senantiasa memperhatikan berbagai kelengkapan administrasi, saat melakukan pencairan. “Hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi penyimpangan yang justru merugikan” ujar Arief ketika dikonfirmasi, Kamis (6/9) kemarin, di kantornya. Menurut Amri, pihaknya tidak pernah memperlambat ataupun menahan proses pencairan yang di lakukan oleh setiap SKPD, sebab hal tersebut justru memberikan dampak yang kurang baik terhadap proses penyelenggaraan kegiatan di instansi tersebut, hingga berdampak juga pada serapan anggaran di tiap SKPD yang tidak maksimal. Amri juga berharap, agar berbagai kelengkapan adminstrasi yang menjadi syarat utama pencairan bisa dipenuhi. “Kami senantiasa membuka diri kepada setiap SKPD untuk datang meminta penjelasan berkaitan dengan pengurusan administrasi keuangan yang diajukan, dan tidak ada niat sama sekali untuk memperlambat proses pencairan tersebut,” tegas Amri. Dilanjutkanya, DPPKAD senantiasa mengajak semua SKPD untuk melakukan evaluasi bersama, sehingga bisa menghindari adanya penyimpangan yang bisa saja terjadi dalam proses pencairan anggaran. “Jika tidak sesuai dengan prosedur maka itu adalah penyimpangan,” tutupnya.(veem)

Oktober Plt Sangadi pemekaran sudah ada PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menetapkan bahwa semua desa pemekaran yang telah diverifikasi oleh tim pemekaran desa, semua dinyatakan layak untuk dimekarkan. Akan hal itu, bulan Oktober tahun 2012 ini, Pelaksana Tugas (Plt) Sangadi di semua desa pemekaran sudah ada. Hal ini ungkapkan langsung oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Boltim Syaiful Bahri Umbola, kepada wartawan, Kamis (6/9) kemarin. Dijelaskan Umbola, karena keinginan Bupati seperti itu, maka selaku dinas atau intansi terkait langsung mengambil langkah yang cepat. “Jika naskah akademik sudah selesai disusun, bulan depan (Oktober, red) semua desa pemekaran sudah bisa menjalankan pemerintahannya masingmasing,” jelas Umbola. Sementara itu, Sofyan Alhabsyi, Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan Dekab Boltim mengatakan, untuk desa pemekaran di Kecamatan Kotabunan dan Kecamatan Tutuyan, sesuai dengan hasil verifikasi, desa di dua kecamatan tersebut aman dan tidak ada masalah. “Akan tetapi untuk desa di Kecamatan Nuangan dan Kecamatan Modayag, masih ada beberapa desa yang belum melengkapi administrasinya. Olehnya Dekab Boltim berharap desa-desa yang belum lengkap administrasinya, secepatnya berkoordinasi dengan panitia pemekaran. Agar supaya bulan oktober nanti, semua desa pemekaran di Boltim sudah ada pemerintahannya,” kata Alhabsyi.(try17)

Landjar: Masyarakat tak usah terlibat ADANYA pemberitaan di media yang kembali menyudutkan Bupati Sehan Landjar, ditanggapi bijak sang pemimpin Kabupaten Boltim ini. Dengan santun dirinya meminta agar masyarakat yang ada tidak usah menanggapi hal-hal tersebut. “Untuk menjaga Kabupaten Boltim tetap aman dan kondusif, saya minta masyarakat Boltim tak usah menanggapi persoalan tersebut. Itu tanggung jawab saya dengan Medy Lensun,” kata Landjar kepada wartawan, Kamis (6/9) kemarin. Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Boltim, Frida Manoppo SH mengatakan, riak-riak kecil yang disuarakan di beberapa media mengenai Bupati Boltim, memang sebaiknya tak lagi ditanggapi oleh masyarakat. “Isu tersebut tidak usah kita persoalkan. Jadi bagi petani silakan bertani, begitu juga dengan nelayan silakan lakukan aktifitas masing-masing. Agar supaya daerah kita cintai ini tidak berlarut-larut dengan masalah tersebut,” tukas Manoppo.(try17)

Dilakukan langsung Walikota Kotamobagu, untuk peningkatan kinerja dan administrasi Kotamobagu—Walikota Kotamobagu Drs Djaelantik Mokodompit akan segera mengevaluasi semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) awal pekan depan terutama menyangkut tindak lanjut laporan opini Tidak Wajar (TW) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) dalam hal Pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan. Disampaikan Walikota, hal tersebut untuk peningkatan kinerja dan administrasi. “Mulai Senin-Selasa pekan depan undangan untuk evaluasi terhadap SKPD-SKPD,” ujar Antik sapaan akrabnya ketika bersua dengan para wartawan di salah satu restoran di Kotamobagu, Kamis (6/9) kemarin. Evaluasi tersebut kata Djelantik, bukanlah masalah politik. Namun sebelum masa jabatannya berakhir tahun 2013, dirinya akan

meningkatkan kinerja sejak hari ini. “Kemampuan kerja seseorang harus di ukur. Ini bukan masalah politik,” ujar mantan anggota DPR-RI dua periode ini. Dilanjutkannya, kinerja Pegawai Negeri Sipil dalam pengelolaan administrasi tidak akan menumpuk, tetapi karena pekerjaanya selalu ditunda sehingga pekerjaannya menumpuk. “Itu yang selalu saya ingatkan agar jangan coba-coba,” pungkasnya. Hal tersebut mendapatkan respon positif dari Dewan Kota (Dekot) Kotamobagu, dalam hal ini bagian anggaran (Banggar) Dekot KK. “Tentu ini sesuatu yang positif dan perlu di dorong. Menurut saya hal ini perlu sesegera mungkin dilakukan dan tidak hanya dalam wacana,” ujar salah satu personil Banggar, Ishak R Sugeha, saat menghubungi harian ini pekan lalu. Menurut Sugeha, apabila

hal tersebut segera terealisasi maka akan berdampak positif terhadap kinerja pemerintahan Walikota dan Wakil Walikota jauh lebih baik. Alasan pertama lanjut Sugeha, sesuai kajian dan evaluasi pada tingkat Komisi, Banggar maupun dalam Pansus yang sedang berjalan, umumnya SKPD kurang mampu menjalankan Tupoksinya yang sesungguhnya. “Bahkan ada SKPD yang ketika kami dengar pendapat (hearing) tidak mampu menjabarkan mekanisme penganggaran, baik perencanaan, pengelolaan maupun pertanggung jawaban. Ini menurut kami sangat tidak pantas dan tidak wajar, manakala seorang pimpinan SKPD lantas tidak memahami sesungguhnya bagaimana sistim perencanaan, pengelolaan apa lagi pertanggungjawaban keuangan,” pungkasnya. Sehingga dirinya berkapasitas sebagai Banggar memberikan saran kepada

PEMBAHASAN

APBD-P, APBD & LKPJ ditargetkan tepat waktu

DJ Mokodompit.

Walikota untuk mengevaluasi setiap SKPD dengan sintem menggunakan skor, pencapaian, mulai dari evaluasi pemahaman Tupoksi, perencanaan, pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan. Selanjutnya bagaimanà mekanisme penyerapan keuangan sesuai dengan kebutuhan, bukan kepentingan. “Jika ini bisa dilakukan, maka dimungkinkan apa yang menjadi hasil opini BPK selama dua tahun terakhir ini yaitu “TW” ke depan tidak akan terjadi lagi,” pungkas pria berkumis ini.(veem)

GPK GELAR DEMO

Perjalanan dinas Wawali ke Ceko dan ijasah instant dipertanyakan

AKSI demo belasan mahasiswa yang mengatasnamakan GPK saat melakukan aksi treatrical di depan Kantor Walikota KK, Kamis (6/9) kemarin.(foto: ist)

Kotamobagu—Kamis (6/ 9) kemarin, sejumlah mahasiswa yang mengatasnamakan Gerakan Pemuda Kotamobagu (GPK), melakukan aksi demo mempertanyakan tujuan keberangkatan Wakil Walikota (Wawali) Kotamobagu, Tatong Bara ke luar negeri. Selain itu, mereka juga meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu agar menertibkan praktek penggunaan ijasah instan. Dari pantauan harian ini, massa yang terhitung sekitar belasan orang ini, terlihat berpakaian serba hi-

tam-hitam bergerak dari arah bundaran Paris, menuju ke Kantor Walikota, sekitar pukul 11.30 Wita. Saat menyampaikan aspirasinya, mereka dikawal oleh aparat kepolisian. Mereka juga dengan membawa spanduk berwarna merah bertuliskan “Ijasah Instan = Pelecehan Dunia Pendidikan”. Saat berada di depan Kantor Walikota, mereka menggelar aksi treatrical yang menjadi tontonan para Pegawai Negeri Sipil di lingkup kantor walikota. Sejumlah orang dengan

tubuh yang dilumuri cat beraksi, memperagakan tentang kondisi pendidikan yang hanya bisa didapatkan oleh orang berduit. “Kami meminta kepada Dinas Pendidikan mempublikasikan seluruh paket-paket instans selang Tahun 2008 hingga 2012 ini. Kami tidak ingin, dunia pendidikan hanya dimanfaatkan oleh orang berduit dengan cepat meraih pendidikan,” ujar salah satu coordinator, Parindo Potabuga. Selanjutnya aksi berlanjut ke persoalan perjalanan

dinas Wawali Tatong Bara. Mereka meminta kejelasan Pemkot KK tentang tujuan dan maksud perjalanan dinas wawali. “Sejak tanggal 24 bulan lalu (Agustus) Ibu Wawali keluar daerah. Kami dapat informasi perjalanan Ibu wawali tanpa seijin dari Gubernur maupun Mendagri berdasarkan aturan,” kecam Parindo. Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekot) Drs H Mustafa Limbalo menerima para pendemo berjanji akan menyampaikan langsung kepada Walikota dan Wakil Walikota. “Untuk lebih jelasnya nanti akan disampaikan langsung oleh Walikota dan Wawali,” janji Limbalo. Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Bagian Umum, Abdul Kadir Paputungan SH menyatakan, perjalanan dinas keluar negeri Wawali tidak menggunakan uang pemerintah. “Tidak ada biaya perjalanan dinas ke luar negeri untuk Wawali. Kalau undangan ke Ceko, ada yang masuk ke sekretariat,” tandas Paputungan. Wawali sendiri ketika dikonfirmasi wartawan melalui via telpon, belum bisa memberikan komentar dengan alasan sedang ada rapat.(veem)

Boroko—Dekab Bolmut yang nantinya akan membahas Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) baik APBDP 2012 dan APBD 2013 hingga Laporan Hasil Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati, menargetkan pembahasannya tuntas tepat pada waktunya. Hal ini diungkap langsung Ketua Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut, Karel Bangko SH, Kamis (6/9) kemarin. Menurut, Bangko alasan pembahasan yang akan dikebut adalah untuk kepentingan bersama. Selain Dekab juga menargetkan mendukung upaya pihak eksekutif dalam mendapatkan penilaian wajar tanpa pengecualian dari Badan Pemeriksa Keua-

ngan (BPK) Republik Indonesia. “Kita (Dekab, red) sudah menargetkan pembahasan rampung pada waktunya. Selain untuk mendapatkan reward, ini juga untuk menunjang penilaian setidaknya memperoleh opini WDP bila perlu WTP dalam pengelolaan keuangan,” ujar Bangko. Pun begitu, Bangko berjanji, jika pembahasan APBD tidak akan terburu-buru yang bisa berdampak pada penataan anggaran yang tidak pro rakyat. Apalagi Karel Bangko sendiri telah berjanji jika penataan APBD 2013 akan lebih pro rakyat dengan memperhatikan sektor-sektor ekonomi kerakyatan. “Pengalokasiannya tetap akan fokus untuk masyarakat atau bisa di bilang pro rakyat.” pungkas Bangko.(try20)

JELANG 4 TAHUN KEPEMIMPINAN

HD-DP tidak seperti biasanya? Boroko—Empat tahun sudah kepemimpinan Drs Hamdan Datunsolang MM Dan Drs Depri Pontoh sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut). Dalam peringatan hari yang bersejarah bagi kedua pejabat negara ini, rupanya tidak seperti biasanya, yakni Pemerintah Kabupaten (Pemkab) seperti tahun 2011 lalu menggelar acara syukuran di rumah dinas Bupati dengan mengundang tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda, legislator Bolmut dan pimpinan SKPD melakukan doa bersama. Kemesraan tersebut tidak terlihat lagi ditahun ke 4 ini. Banyak kalangan menilai jika duet HD-DP dipastikan akan cerai pada pemilihan bupati yang agendanya tingga menghitung hari.

“Tanggal 5 adalah peringatan 4 tahun dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Bolmut pilihan Rakyat. Pemerintah Kabupaten Bolmut tidak lagi memaanfaatkan moment seperti doa bersama, apalagi sekarang ini masih dalam suasana Idulfitri tentu alangka baiknya menggelar Halal Bi Halal dengan masyakat, kenapa ini tidak lagi terlihat,” ujar Mohamad Mokodompis, Tokoh Masyarakat Kaidipang. Kabag Humas Pemkab Bolmut, Fadly Binalombangan MSi, ketika dikonfirmasi mengatakan, Pemkab Bolmut telah merencanakan syukuran ini yang akan dirangkaikan dengan Halal Bi Halal. “Insya Allah pelaksanaannya akan digelar pekan depan, Pak Sekda sudah melaporkan hasil musyawarah ke Pak Bupati, jadi tetap akan dilaksanakan,” jelas Fadly.(try20)


JUMAT 7 SEPTEMBER 2012

REKA MAU MEREKA

Generasi anti ‘UKS’ Ayyooo… apa kau termasuk siswa yang suka contek-contekan sama teman-teman pas ulangan? Hmm,,, UKS atau ‘Ulangan Kerja Sama’ emang gak jarang dilakukan sebagian pelajar. Tapi guys, itu sebuah kerja yang tidak bertanggungjawab. Selain merugikan diri sendiri, dengan kamu memberitahu jawaban pada temanmu saat ulangan, kamu membuat temanmu itu jadi semakin malas dan semakin bodoh.(fine)

KETAWA ASYIK

Menangkap orang berjudi SEORANG opsir polisi berhasil menangkap 4 orang yang sedang berjudi. “Tahukah kalian, berjudi merupakan tindakan yang melanggar hukum?” teriak opsir polisi itu dengan kerasnya kepada orang yang pertama. “Aku Tak berjudi, Pak. Di sini aku hanya melihat-lihat saja.” Kemudian opsir polisi itu menanyai orang yang kedua: “Bagaimana dengan dirimu?” “Aku di sini sedang menunggu bus.” Tak berapa lama, orang yang ketiga menceletuk: “Pak, aku di sini juga hanya menunggu pacarku.” Opsir polisi itu selanjutnya mengalihkan sorotan matanya ke orang yang ke empat, melihat tangannya sedang memegang kartu truf, maka ia segera menegurnya dengan penuh keyakinan: “Sekarang semua barang bukti sudah ada di tanganmu, kamu tak mungkin lagi menyangkalnya, ayo berkatalah secara terus terang!” Dia melirik kepada opsir polisi itu, kemudian menjawab dengan tenang: “Kalau begitu aku berjudi dengan siapa? Coba Bapak jelaskan!”(*)

Hukuman untuk anak PADA saat aku sedang sibuk bukan main mengorek bak air yang tersumbat di dapur, Joni, putera bungsuku datang kemari mencariku: “Mami, kalau aku menumpahkan bubur havermut di atas sofa, sanksi apa yang akan Mami berikan?” Dengan ekspresi yang kurang senang dan tanpa berpikir panjang aku memarahinya: “Sudah tentu aku akan menghajarmu!” Seketika senyum manis tersimpul di bibirnya: “Kalau begitu Mami harus cepat-cepat menghajar Kak Betty, karena dia barusan telah menumpahkan bubur havermut di atas sofa.”(*)

Cara dokter gigi memandang mulut pasiennya SEORANG pasien menanya seorang dokter gigi: “Anda sepanjang hari memasukkan tangan ke mulut orang apa tak merasa jijik?” “Aku hanya menganggap bahwa tanganku itu telah masuk ke saku yang berisikan dompet,” jawab dokter gigi itu.(*)

Pacar tidak usah bekerja PADA suatu hari pacar wanitaku berkata kepadaku: “Selanjutnya kamu tak usah bekerja yang lain, cukup mengurus cuci baju dan memasak, akulah nanti yang mencari nafkah untuk menghidupi kamu.” Aku sangat terharu: “Baiklah! Lalu kamu akan mencari nafkah dengan bekerja apa?” “Membuka sebuah rumah makan dan toko binatu.” kata pacarku itu.(*)

Mesin fotocopy rusak SEKRETARIS: “Mesin fotokopi kantor kita telah rusak.” Kepala Bagian Tata Usaha: “Lho, rusaknya di mana?” “Aku hendak mencetak teks berwarna, ternyata keluar teks hitam putih.” Jawab sekretaris itu. “Lho, teks aslinya kan memang hitam putih,” kata kepala tata usaha itu lebih lanjut. “Ini aku tahu. Tadinya aku mengira mesin fotokopi bisa memberi warna sendiri.” Jawab sekretaris tersebut.(*)

Monitoring penyaluran dana BOS via online

Wowor pastikan triwulan IV tepat waktu Manado—Mulai triwulan 3 tahun anggaran 2012, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah menerapkan monitoring program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) secara online. Melalui Monev Online ini, dapat diketahui beberapa hal yaitu kapan dana BOS telah diterima di rekening sekolah, berapa lama tenggang waktu antara terbitnya SP2D dari Kas Daerah Provinsi dan penyaluran dana ke sekolah, sehingga dapat diketahui berapa lama dana mengendap di Bank Penyalur sebelum dana disalurkan ke sekolah serta dapat diketahui kinerja Bank Penyalur dalam hal mengirimkan laporan data penyaluran dana BOS ke server BOS Online.

STAR Wowor.

Dari data yang berhasil dirangkum, Provinsi Sulut menjadi salah satu daerah yang cepat menyalurkan dana BOS ini. Penyaluran BOS triwulan III telah dimulai sejak 20 Juli 2012 dan pelaporan telah masuk ke Kemdikbud lima hari sesudah itu yaitu 25 Juli 2012. “Untuk dana BOS

triwulan III, pelaporannya lewat bank online ke pusat. Penyaluran ini menjadi bahan evaluasi bagi Kemdikbud dan seluruh Gubernur di Indonesia diminta untuk melakukan evaluasi kinerja, baik kinerja dari Dinas Pendidikan Provinsi, DPKAD maupun Bank penyalur dana BOS,” jelas Wowor yang dihubungi Kamis (6/9) kemarin. Sesuai lampiran hasil evaluasi penyaluran dana BOS triwulan III tahun 2012 di Kemdikbud, total dana yang disalurkan Sulut m e n c a p a i Rp60.610.410.000 dengan jumlah sekolah penerima sebanyak 751 SD dan SMP. “Kami (Diknas Sulut) pastikan penyaluran triwulan IV tepat waktu,” pungkas Wowor.(emem)

SMAN 9 MANADO

LINYA GAK banget dech kita nunjukin jawaban kita ke teman. Masakan kita udah belajar giat, trus ada teman yang asik-asiknya minta jawaban githu aja. Belajar donk! Aku juga malu banget minta jawaban sama teman. Dan siswa yang suka nyontek, akan ketahuan kualtasnya saat ada ujian lisan.

QUEEN BELAJAR bersama sich boleh-boleh aja, tapi kalo ulangan trus kerjasama dengan temanteman, wah kebangetan dech tuh guys! jadi sahabat kita harus saling menolong, tapi caranya adalah dengan memotivasi teman untuk giat belajar bukannya rajin mencontek dan minta jawaban.(*)

DISKUSI ALSA-AJI

Unsrat tutup jalan, siswa dan guru kesulitan ke sekolah Manado—Akses jalan ke SMAN 9 Manado dari arah auditorium Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, ditutup rapat pihak Unsrat. Hal ini berdampak pada kesulitan para siswa dan guru untuk bisa cepat sampai ke sekolah karena jika siswa atau guru berdomisili di wilayah Malalayang, untuk ke sekolah harus lewat jalan yang lebih jauh memasuki samping kiri sekolah. “Padahal kalau lewat jalan

dekat Auditorium Unsrat, tiba di sekolah bisa lebih cepat,” gerutu beberapa siswa Kamis (6/9). Kepala Sekolah SMAN 9 Nelly Tani mengatakan, dulunya jalan tersebut terbuka untuk umum, namun pihak Unsrat memutuskan untuk menutup jalan dengan memasang gerbang. “Tapi waktu itu, Unsrat memberi kesempatan membuka gerbang pada waktu jam masuk sekolah dan pulang sekolah. Kalau sekarang,

memang sama sekali tidak bisa dibuka,” ujarnya. Sementara itu, Humas Unsrat Manado Daniel Pangemanan kepada wartawan beberapa waktu lalu mengatakan, penutupan akses jalan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tawuran antara siswa dan mahasiswa. “Lagipula untuk ke SMAN 9, masih ada banyak jalan yang bisa ditempuh. Tidak harus lewat jalan itu,” singkat Pangemanan.(emem)

Toar: Wartawan perlu JUST FOR U dibekali ilmu hukum 10 kebiasaan cewek Manado—Pemahaman dan ilmu hukum sangat penting untuk diketahui setiap wartawan. Ini bisa menjadi panduan dalam penulisan berita yang terkait proses hukum. Begitu disampaikan akademisi Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Toar Palilingan SH, yang Kamis (6/9) kemarin menjadi salah satu pemateri dalam Diskusi Publik yang digelar Asian Law Students Association (ALSA) bekerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, di Fakultas Hukum Unsrat Manado. “Penting bagi wartawan untuk mengetahui ataupun dibekali ilmu hokum. Sehingga nantinya dalam proses peliputan, termasuk penulisan berita tidak bias, termasuk mencapur-aduk antara opini dengan fakta,” kata Toar dalam diskusi bertajuk, “Peranan Pers dalam Penegakkan Hukum khususnya Tindak Pidana Korupsi.” Selain pengetahuan akan

ilmu hukum, Toar juga turut mencermati keberadaan media yang cenderung membela pihak tertentu seperti penguasa, ataupun pemilik modal sehingga bisa kehilangan peranannya sebagai kekuatan control social yangmerupakan pilar ke empat demokrasi. Sementara itu, Ketua AJI Manado Yoseph E Ikanubun dalam pemaparannya mengatakan, pers yang sehat merupakan salah satu elemen dalam masyarakat yang ikut berperan dalam proses penegakkan supremasi hokum hukum termasuk tindak pidana korupsi. Hal ini, lanjut Ikanubun, sebagaimana diatur dalam Pasal 6 UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Namun menurut dia, pers berada di luar system peradilan dan hanya sebagai kekuatan social control seperti juga keberadaan LSM anti korupsi. “Untuk optimalnya upaya pemberantasan korupsi, tidak semata-mata menjadi tugas pers tetapi juga lintas elemen masyarakat.

Dan yang paling penting tentu para pengambil keputusan di lembaga peradilan itu sendiri,” papar Ikanubun sambil menambahkan, melalui LBH Pers Manado, kedepannya AJI Manado bakal menggelar worksop dan pelatihan bagi jurnalis untuk memahami ilmu hukum. Pembicara lainnya, Sekretaris Lembaga Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Sulut, Mex Bawotong SH mengatakan, keberadaan pers sangat penting untuk mengungkap dugaan kasus korupsi. “Peran pers penting sebagai media untuk membongkar dugaan kasus korupsi. Sehingga dibutuhkan sinergitas antara media dengan lembagalembaga anti korupsi untuk mengungkap kasus korupsi itu,” tutur Bawotong. Diskusi yang digelar di ruang video conference FH Unsrat ini dipandu Trianggara Paonganan dan dihadiri puluhan mahasiswa baik dari organisasi intra maupun ekstra kampus.(emem)

yang sangat mengganggu SEBENARNYA, diberi kelebihan dan kekurangan adalah hal yang patut disyukuri. Namun, bila kekurangan terus dipelihara, hasilnya mungkin akan seperti ini. Ada 10 hal yang biasa dilakukan oleh cewek, dan ternyata banyak yang merasa terganggu karenanya. So, yuk introspeksi diri mulai dari sekarang. · Malas ngantri dan seringkali menerobos antrian adalah cewek. Kebiasaan buruk itu patut dihentikan. Apapun alasannya, entah terburu-buru atau punya acara lain, sudah seharusnya kita mengikuti antrian yang ada. · Menghubunghubungkan semua hal dengan diri sendiri. Apapun topiknya, cewek kerap sensitif dan merasa bahwa topik yang sedang dibicarakan adalah dirinya. · Sekalipun panggilan ‘sist’ sering dipakai, tetapi ternyata persaudaraan antar cewek tak sesolid dan seportif pria. Jarang sekali cewek berusaha membela sahabatnya habis-habisan saat sedang terlibat masalah.

· Saat sedang jatuh cinta cewek cenderung ‘mendewakan’ pasangannya, dan tak jarang meninggalkan keluarga atau sahabatsahabatnya. · Mudah cemburu dan bersaing antar teman. Misalnya saja dalam hal penampilan, tak ada yang rela dibilang lebih gemuk dari temannya, sekalipun hal itu adalah sebuah kebenaran. · Seringkali ‘ngaret’. Ingat-ingat kembali, berapa lama kamu berdandan, dan seberapa sering kamu terlambat beraktivitas karena dandan. · Lemari penuh

barang hasil buruan diskon dan tak terpakai · Menggosipkan teman sendiri. Di depan bisa terlihat sangat ramah, tetapi belum tentu di belakang juga sikapnya demikian. · Menangis di segala situasi. Oh... dan inilah hal yang paling mengganggu bagi pria, karena mereka jadi salting dan tak tahu harus berbuat apa. · Di mana? Sama siapa? Pulang jam berapa? Tiba-tiba cewek menjadi tukang investigasi bila pasangannya belum menghubungi dalam beberapa jam saja.(kplg)

Kesalahan utama saat pacaran jarak jauh LONG distance relationship (LDR) atau pacaran jarak jauh memiliki

tantangan yang lebih besar dibandingkan pasangan yang tinggal satu kota.

Walaupun penuh tantangan, hubungan pacaran jarak jauh bisa berjalan baik dan langgeng bila terhindar dari kesalahan-kesalahan ini. · T i d a k menceritakan kehidupan kamu. Ketidakhadirannya kadang membuat kamu merasa seperti jomblo. Tapi ingat, kamu masih punya pasangan yang ingin tahu bagaimana kehidupanmu. Kamu masih bisa curhat dengannya, memberitahukan kabar baik apapun padanya, apapun yang ingin kamu bagi masih bisa dilakukan walaupun dia berada jauh di sana. Yang harus diingat adalah waktu yang tepat untuk curhat dengannya. Jangan memaksa dia mendengar curhat kamu di tengah jam kerja atau kuliah. · B a n y a k mengeluh. Yang ini berbeda dengan curhat,

mengeluh di sini adalah mengeluh mengenai sulitnya pacaran jarak jauh yang sedang dilalui. Memang, pacaran jarak jauh akan menyita pikiran dan tenaga, tetapi jika kamu terus membahasnya dengan pasangan, dia akan capek dengan keluhan tersebut. · Tidak ada komunikasi. Tiba-tiba menghilang dan kurangnya komunikasi adalah kesalahan yang sangat besar. Bayangkan jika dia tiba-tiba tidak memberi kabar dalam waktu yang lama, kamu pasti bertanyatanya ada apa, begitu juga sebaliknya. · Cemburu itu tandanya cinta, tapi jika cemburu sudah kelewatan apalagi menuduh selingkuh setiap saat, itu akan membuat si dia jengkel dengan sikap kamu. Daripada terus bertanya

dengan nada curiga, lebih baik katakan, “Lagi nonton bareng teman kantor ya? Selamat bersenang-senang, salam untuk mereka!”. Ini akan membuat dia lebih nyaman dan menunjukkan kamu percaya padanya. · Selingkuh adalah

kesalahan paling besar saat menjalani pacaran jarak jauh. Rasa sepi karena ketidakhadiran pasangan sering membuat seseorang terpancing dan jatuh cinta (lagi) saat mendapat perhatian dari orang lain.(kplg)


JUMAT 7 SEPTEMBER 2012

OASE IMAN

SYIAR

Turki pamerkan Al-Quran terpanjang buatan Cina

YUSUF Xujun bersama Al-Quran yang ia tulis kembali dengan menggunakan seni menulis khusus Cina.

MEDIA Islam Rujukan, Al-Quran terpanjang di dunia, yang dibawa ke Istanbul dari Cina untuk “Pameran Kebudayaan dan

Seni Islam Cina”, telah menarik minat banyak pengunjung di Pusat Kebudayaan Meiri Ali Efendi di distrik Fatih Istanbul. Al-Quran

Boediono ... dari Halaman 1 “Politik aparat birokrasi hanya satu, yaitu politik kepentingan umum dan negara,” ujarnya. Menurut Boediono, pemerintahan merupakan bidang pengabdian yang sangat mulia. Birokrat bisa berbuat sesuatu yang manfaatnya dirasakan oleh banyak orang. Memiliki kewenangan publik, aparat pemerintah dapat berbuat banyak untuk memerangi kemiskinan, keterbelakangan, dan ketidakadilan yang masih dialami oleh rakyat. Boediono juga meminta birokrat menolak dan menangkal kepentingan bisnis masuk birokrasi. Kepada ratusan pamong praja muda lulusan IPDN itu, Boediono meminta mereka menjaga integritas serta berjiwa pemimpin. “Jangan biasakan mengeluh, kecewa, apalagi frustrasi, apabila dihadapkan situasi sulit dalam tugas,” katanya. Kader tangguh dan pemimpin sejati berasal dari orang yang pernah melalui masa kritis dan sulit dalam karier dan kehidupannya. Boediono juga meminta pengelola IPDN menindaklanjuti segala rekomendasi dari evaluasi total agar ada perubahan menyeluruh pada sistem akademik, pola pengasuhan, tata kelembagaan, pegawai, serta penyiapan sarana dan prasarana pendidikan. Sementara itu, Ketua IPDN I Nyoman Sumaryadi mengatakan, dari evaluasi IPDN, kasus korupsi mengemuka di kalangan pejabat. Sedikitnya ada 240 pejabat, ujar dia, yang sekarang kena kasus pidana. “Setelah kita evaluasi, sebagian (pejabat itu) bukan dari birokrasi tapi dari politik yang belum diberi pembekalan tentang administrasi,” ujarnya. Pejabat seperti itu kena kasus korupsi di antaranya karena tidak paham proses pengadaan barang dan jasa. Nyoman juga membantah banyak pejabat karier yang terlibat korupsi itu alumni IPDN. “Sampai saat ini saya belum lihat laporan yang signifikan itu alumni. Terbesar (koruptor) bukan alumni IPDN,” kata dia.(temc)

Hanson ... dari Halaman 1 Diketahui, pameran kali ini merupakan yang ke-3 kalinya, sejak pertama kali digelar pada 2010, dan akan berlangsung selama empat hari, 6-9 September 2012. Pada kesmepatan itu, Sharif mendorong perencanaan pembangunan Indonesia untuk memprioritaskan pembangunan laut dan pesisir mengadopsi pembangunan yang berbasiskan Ekonomi biru (Blue Economy). “Prinsip-prinsip yang terkandung di dalam Ekonomi Biru dapat menjadi kunci emas dalam pembangunan Nasional,” katanya saat pembukaan pameran. Lebih lanjut Sharif menjelaskan, konsepsi ekonomi biru dapat menjembatani ekonomi hijau (green economy) yang selama ini diterapkan dalam perencanaan pembangunan di Indonesia. “Keduanya tidak bertentangan, tapi saling melengkapi,” tambahnya. Prinsip-prinsip yang terkandung di dalam ekonomi biru dapat memperkuat ketahanan pangan dan ekonomi demi mencapai pertimbuhan dan mensejahterakan rakyat secara berkelanjutan serta dapat diimplementasikan secara praktis dalam mengelola laut. Sharif menjelaskan, sektor kelutan dan perikanan telah memberikan kontribusi bagi pembangunan di tanah air. “Baik dalam bentuk pengembangan ekonomi nasional secara umum maupun dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan, pembudidaya ikan dan masyarakat pesisir lainnya,” tambahnya.(wepe/trnc/dw)

Karena ... dari Halaman 1 Di mana pemungutan suaranya? Kapan? Siapa saya? Michelle Obama, wow.” Ada juga yang menyarankan Michelle untuk mencalonkan diri sebagai Presiden AS suatu hari nanti.(temc)

Akhirnya ... dari Halaman 1 Usia kandungan Kate diduga masih sangat muda, dan Pangeran William menolak memberikan pengumuman secara resmi untuk memastikan kehamilan istrinya dan sang jabang bayi dalam kondisi baik-baik saja. “(Kabar kehamilan) Ini akan diumumkan secara resmi oleh kantor pers istana, tetapi setelah ginekolog kerajaan memastikan bahwa Kate hamil,” ungkap sumber. Di samping kabar bahagia itu, Kate dan William tidak memiliki pembantu rumah tangga, koki atau stylist. Kate menikmati perannya sebagai seorang istri perwira. “Kate memasak dari resep yang dia pelajari dari ibunya. Dia membawa kesederhanaan yang selalu didamba William,” tandas sumber.(okez)

tersebut memiliki panjang 208 meter, lebar 1,14 meter, dan berat 86 kilogram. Pemilik Al-Quran terpanjang ini adalah Yusuf Xujun, yang tinggal di Cina wilayah otonomi Hui dan mengelola sebuah perusahaan yang memproduksi produk bagi umat Islam. Dia mengatakan bahwa dia dan istrinya Selime Xujun telah memutuskan untuk menulisAl-Quran besar menggunakan seni menulis khusus Cina, dan ia telah belajar seni tersebut dari keluarganya. “Saya membuatAl-Quran ini untuk menunjukkan seni Cina kepada dunia. Islam telah ada dalam budaya Cina selama 1.000 tahun. Kami menggunakan 70 orang dalam penulisan Al-Quran ini dan selesai dalam dua setengah tahun. Al-Quran ini telah dimasukkan dalam daftar warisan budaya di Cina. Lebar 1.14 meter melambangkan jumlah 114 surat yang ada di dalamAl-Quran. Saya menulis Al-Quran ini di sutra,”kata Xujun, menambahkan bahwa Al-Quran yang ditampilkan di Istanbul adalah untuk pertama kalinya di luar Cina.(ermc/fh)

Renungan penyesalan “Penyesalan selalu datang terlambat”, katakata ini seakan sudah menjadi hukum yang disepakati bersama. Jarang sekali pendapat “sesal dulu pendapatan, sesal kemudian tak berguna” bisa diejawantahkan. Hal ini bisa terjadi karena kita belum bisa menyeimbangkan tiga perangkat penting yang dianugerahkan Allah kepada kita : akal, perasaan dan kecerdasan spiritual. Tiga komponen ini adalah satu kesatuan yang tak mungkin dipisahkan. Sulit sekali memang ketika dihadapkan pada sebuah permasalahan atau pilihan, kita “bertanya” dengan apik kepada ketiga komponen yang kita miliki tersebut. Terkadang, perasaan lebih dominan hingga akal terkalahkan. Jadilah keputusan yang dibuat jauh dari cara pandang secara umum. Atau sebaliknya, akal lebih menguasai hingga kita jadi seorang makhluk yang tak punya rasa empati. Lebih parah lagi ketika kita sama sekali tidak melirik pada kecerdasan spiritual yang kita punyai, dan kitapun tidak terlalu cerdas untuk yang satu ini. Maafkan saya sahabat. Penyesalan menjadi penting untuk dibahas, karena kecerobohon demi kecorobohan yang saya lakukan akhir-akhir ini. Spiritual yang tak terasah telah membuat saya melaju menjadi seorang hamba yang sombong, mengabaikan sunatullaah, kehilangan rasa empati dan sering mengeluh. Pertolongan

Allah serasa sulit digapai, Syair lagu Bimbo “Aku jauh.. Engkau jauh… Hati adalah cermin.. tempat pahala dan dosa bertarung.. “ seringkali terngiang tapi tak satupun perubahan yang saya lakukan. Saya merasa “stag”, tak bisa bergerak, tak bisa berbuat apa-apa, bahkan menangis pun tak bisa, tak ada yang bisa menyentuh perasaan terdalam padahal saya adalah seorang wanita. “Tangis adalah senjata seorang wanita” tidak berlaku sama sekali. Hati ini terasa begitu gersang. Saya merasa ngeri dengan diri sendiri, berada di “negeri lain” dan tak menghiraukan dunia yang sudah ada. Saya tidak peduli dengan pandangan teman-teman, saya tidak peduli dengan lingkungan, tidak bisa membedakan hak dan kewajiban, mencampuradukkan benar dengan salah, dan tak ingin berpikir yang membuat lelah. Saya lelah lahir batin. Norak ya sobat ? Bacaan-bacaan penggugah semangat juga tak mempan. Perjuangan tak kenal lelah dari Siti Khadijah dalam mendampingi Rasulullah, kesabaran Siti Hajar mencari mata air untuk puteranya ketika terdampar di Padang Pasir, ketegaran Al-Khansa mengantarkan puteranya syahid, kesetiaan para sahabat kepada Rasulullah lewat begitu saja, tak berbekas ! Nasehat demi nasehat dari orang terdekat hanya melintas di telinga

untuk sekejap.. Hingga suatu hari, Allah mendatangkan seorang pemuda dari dunia penuh “kerlipan”, dunia selebritis dengan kekayaan yang bisa menggoda iman. Dia berada di puncak kejayaan. Usianya masih sangat muda. Grup band yang diusungnya menempati tiga besar di jajaran panggung hiburan Dengan tampilan bersahaja, ia datang untuk berdiskusi. … “Mba, jiwa saya gelisah, saya ragu apakah Allah ridha dengan apa yang saya perbuat saat ini ? Saya ingin mencintai-Nya seutuhnya. Tahukah mbak? tidak jarang ketika azan berkumandang, saya sedang sibuk berjingkrak-jingkrak dalam kalimat yang tak pantas. Jauh dalam hati saya menangis, ingin berontak…” Kalimat sederhana itu merobohkan semua tiang keangkuhan yang sedang meraja. Subhaanallaah…dia masih sempat ingat

Allah dalam dunianya yang hingar-bingar, dia ingin disayang Allah… sementara saya menampik semua kasih sayang itu. Betapa tak bersyukurnya… Saya malu ya Allah.. benarbenar malu.. Dalam hati, saya teriak dan menangis.. hingga curhat-curhatnya yang lain tak sempat saya dengarkan dengan seksama. Saya rasakan “tamparan demi tamparan” Allah merasuk dalam hati, sejuk sekali.. Kasih sayang Allah serasa menjalar di setiap pembuluh darah. Penyesalan selalu datang terlambat. Tiga bulan, cukup lama untuk sebuah kekecewaan dan kemalasan, cukup lama untuk tidak istiqomah dalam melaksanakan amalan sunnah, cukup lama untuk tidak khusyu shalat dan cukup lama

untuk mengabaikan sesama. Tiba-tiba rasa takut menyelinap.. andaikan Allah memanggil dalam keadaan terburuk itu, sanggupkah saya menghadap-Nya ? Astaghfirullaah.. “Ya Rabb, jadikan penyesalan ku ini sebagai penyesalan terakhir. Beri aku kemampuan untuk mengerahkan semua instrument yang Kau anugerahkan sebagai kompas untuk penuntun langkah dalam setiap detak kehidupan, hingga tiada lagi penyesalan tak berguna. Ijinkan aku menitipkan cinta untuk semua makhluk yang telah Kau hadirkan tuk belajarku. Pandu aku untuk bisa selalu bermuhasabah. Ampuni aku ya Allah. Makasih telah ajari aku cintai-Mu lewat jalan yang Kau sukai”.(ermc/ farah_adibah/fh)

satu minggu. “Kalau dua minggu terlalu lama, memang tebal sampai setengah meter, tapi kan yang jadi fokus awalnya hanya pembacaan dakwaannya saja. Jadi satu minggu saja cukup, gimana? Baik sidang dilanjutkan minggu depan tanggal 13 September 2012 pukul 9.00 WIB,” kata Sudjatmiko. Angie sendiri tak berkomentar mengenai dakwaan yang dibacakan JPU. Dia memilih langsung keluar ruang sidang usai jaksa membacakan surat dakwaan di pengadilan, meskipun Angie diserbu wartawan yang sudah menunggunya. Tak banyak kata-kata yang keluar dari mulut politisi Partai

Demokrat itu. Namun, dia terlihat membuka kacamatanya dan menyeka air mata yang mengalir. “Saya sudah mendengarkan dakwaannya selebihnya saya pasrahkan kepada Allah,” ujar Angie singkat sebelum masuk ruang terdakwa. Kasus yang menjerat Angie ini merupakan pengembangan dari kasus suap wisma atlet yang melibatkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin. Dalam persidangan, Nazar mengungkapkan Angie ikut menikmati aliran dana wisma atlet. Selain itu, dua saksi Nazaruddin, Mindo Rosalina Manulang dan Yulianis juga menguatkan

keterlibatan Angie. Mereka menyebut Angie menerima jatah Rp5 miliar dari proyek wisma atlet. KPK pun juga menemukan fakta ada 16 aliran dana mencurigakan senilai miliaran rupiah ke Angie. Uang itu diduga berasal dari proyek pembangunan sarana dan prasarana 16 universitas di Indonesia. Angie dijerat dengan Pasal 5 ayat 2 atau Pasal 11 atau 12 huruf a UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ancaman hukuman untuk Pasal 5 dan 11 antara 1-5 tahun. Sedangkan untuk Pasal 12 huruf a, ancaman hukumannya antara 4-20 tahun.

dalam kerangka apa pun selalu siap. Pokoknya, kalau dipanggil oleh KPK untuk bersaksi, kapan saja saya selalu siap,” ujarnya kepada wartawan usai rapat dengan Komisi X DPR. Mallarangeng mengatakan dirinya menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada KPK. Sekretaris Dewan Pembina Partai Demokrat ini enggan menanggapi soal tudingan bahwa Angie adalah orang yang membantu Kemenpora agar anggaran ini lolos. Dia juga membantah dirinya ikut menikmati hasil korupsi dari proyek ini. “Kami serahkan sepenuhnya, sekarang sudah di KPK. Kalau kita di kementerian semua siap untuk bekerja sama penuh dengan KPK,” ujarnya. “Nah kalau itu tidak benar,” lanjutnya. Mallarangeng pun enggan menjelaskan soal status Angie di partainya. “Kalau mekanismenya kan sudah nonaktif, itu jelas kalau sudah jadi seorang tersangka. Tapi kalau paling bagus ditanya kepada DPP, karena Angie adalah anggota DPP,” ujarnya.(kplc/ vinc/temc/dw)

Angie ... dari Halaman 1 Janda Adjie Massaid itu dituntut hukuman 20 tahun penjara dalam kasus suap pembahasan anggaran proyek di dua kementerian. Menurut JPU, Angie telah melakukan tindak pidana korupsi dengan menerima uang miliaran rupiah. “Angie disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau, Pasal 11 atau Pasal 5 ayat 2 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Mengacu pasal-pasal tersebut, Angie terancam dipidana dengan hukuman penjara paling lama 20 tahun serta denda paling banyak Rp1 miliar,” kata JPU Agus Salim saat membacakan dakwaannya. Angie juga dianggap telah menerima uang sebesar

Rp12 miliar dan 350 ribu dolar AS dari Grup Permai melalui stafnya bernama Mindo Rosalina Manulang (Rosa). Uang itu sebagai fee atau imbalan karena telan memuluskan tender. Apa reaksi Putri Indonesia 2001 ini? Melalui pengacaranya, Muhammad Nasrullah SH, Angie keberatan terhadap dakwaan tersebut. Pihaknya akan membacakan eksepsi (nota keberatan). “Kami meminta pada Majelis Hakim agar memberi waktu selama dua minggu, karena tebalnya berkas tuntutan,” ujar Nasrullah. Namun permintaan itu ditolak, sebab Hakim Ketua Sudjatmiko hanya memberikan waktu selama

MALLARANGENG SIAP

Parpol ... dari Halaman 1 Sedangkan di Bolmut, hingga kemarin sudah 12 parpol yang mendaftar, yakni Partai NasDem, PKR, Partai Golkar, PDIP, Partai Hanura, PAN, Partai Gerindra, PPP, PKS, Partai Nasrek, PKPI dan PDS. “Bagi partai yang tidak mendaftar sesuai dengan waktu yang ditetapkan, maka akan ditolak,” tegas Ketua KPUD Bolmut, Drs MA Pandialang.

Sementara itu, Ketua KPUD Sulut Livie Allow SSos MSi menuturkan bahwa, batas waktu yang ditetapkan KPU untuk tahap verifikasi memang dijadwalkan hingga Jumat 7 September 2012 hari ini, namun akan diperpanjang hingga 23 September 2012 nanti. “Perpanjangan waktu ini diberikan kesempatan, mengingat masih sedikit partai yang belum memasukkan

kelengkapan berkas di KPUD,” kata Allow di selasela acara sosialisasi peraturan KPU Nomor 8 tahun 2012 di ruang sidang KPUD Mitra, kemarin. Diketahui, usai pendaftaran, KPUD akan segera melakukan verifikasi seluruh kesiapan parpol sebagai peserta pemilu, terlebih partai-partai baru dan juga partai lainya sebagai peserta pemilu lalu,

dimana antara lain yang akan diverifikasi yakni Kartu Tanda Anggota (KTA), kantor/sekertariat partai bersangkutan dan lain-lain. Jika tidak memenuhi syarat ketentuan yang berlaku tentu akan dikeluarkan dari peserta pemilu di daerah, demikian juga hal ini akan mempengaruhi kesiapan parpol di pusat nanti.(try19/esel/eres/ try17/try20/dw)

melalui Kabag Humas James Marthin SPd mengatakan, pemerintah daerah senantiasa melakukan sosialisasi serta himbauan kepada warga masyarakat yang bermukim disekitar punggung gunung. “Tentunya diharapkan warga sekitar gunung, bisa lebih waspada dalam melihat kondisi perkembangan aktivitas gunung, jika sudah ada peringatan keadaan darurat segera m e n i n g g a l k a n

pemukiman, dan mencari tempat yang lebih aman,” katanya. Menyangkut relokasi, pemerintah daerah telah melakukan mediasi dengan warga sekitar, namun sering menemui jalan buntu, dimana warga bersikeras untuk tidak meninggalkan rumah serta perkebunan. “Ini sudah budaya masyarakat, meski upaya untuk merelokasi telah dilakukan oleh pemerintah daerah,” kata Marthin.(esge/dw)

Lagi ... dari Halaman 1 Kepala PVMBG Dr Surono, dalam wawancaranya di salah satu media elektronik Rabu (6/9) malam lalu bahkan menyebut, dari 14 Gunung Berapi (Gapi) di Indonesia yang mendapat pengawasan dan pemantauan secara intensif, hanya Gunung Karangetang yang mendapat perhatian serius karena banyak warga bermukim di punggung gunung. Sehingga menyikapi hal tersebut, Surono mengingatkan pemerintah

daerah agar memberikan perhatian serius baik dalam kegiatan antisipasi maupun penanggulangan. “Karena sebagian besar daerah yang memiliki gunung berapi dimana warga masyarakatnya tinggal di kaki gunung, tapi di punggung Karangetang masih banyak warga yang bermukim, bahkan ada yang tinggal ditepi kali aliran lahar dan awan panas,” ujarnya. Menanggapi hal tersebut, Pemkab Sitaro

Sementara itu, Menpora Andi Mallarangeng mengaku siap menjadi saksi dalam persidangan Angie. Namun, dia membantah dirinya ikut terlibat dalam kasus korupsi wisma atlet SEA Games Palembang. “Saya kalau dipanggil saksi

Prof ... dari Halaman 1 “Saya harus jadi ayah bertanggung jawab but also a good citizen, memang harus begitu. Saya taat proses hukum, tapi saya sebagai ayah apapun yang terjadi harus didedikasikan untuk Angie, tapi saya harus menghormati hukum,” tukas Prof Lucky. Hanya saja, dalam persidangan perdana ini, tidak seperti waktu-waktu sebelumnya, kali ini Mudji Massaid, adik dari almarhum suami Angie, tidak ikut mendampingi. Begitu pun dengan pria yang dikabarkan sudah menikahi Angie, Kompol Brotoseno juga tidak terlihat di persidangan.

Di satu sisi, sejak menjalani penahanan oleh KPK, pemilik nama lengkap Angelina Patricia Pingkan Sondakh ini ternyata rutin menjalani puasa Senin-Kamis. Begitupun di sidang perdananya kemarin, tetap berpuasa sunah. “Hari ini (kemarin, red) Angie puasa, Angie sudah siap lahir batin. Puasanya sudah lama, sejak ditahan di KPK dia rutin puasa Senin-Kamis. Tapi hari ini (kemarin, red) saya nggak yakin dia sanggup atau tidak, saya bilang jangan dipaksakan karena butuh kesegaran,” ungkap pengacara Angie, Muhammad Nasrullah SH.(kplc/dw)


JUMAT 7 SEPTEMBER 2012

REGIONAL

Investor harap pertemuan Eropa berakhir positif INVESTOR berharap-harap cemas atas masa depan penyelesaian krisis utang di Eropa, khususnya jangka pendek. Diharapkan ada langkah positif dari Benua Biru untuk mengangkat pasar keuangan global. Cetak biru proposal Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi, yakni Monetary Outright Transaction, tentang rencana pembelian obligasi, yaitu dengan menetapkan tingkat imbal hasil tertentu (mengontrol suku bunga) untuk obligasi pemerintah, akan disampaikan ke parlemen UE pada Rabu (5/9/2012) waktu setempat. Hasil pertemuan tersebut akan dimumkan ke publik kemungkinan pada Kamis ini. “ECB akan membeli obligasi pemerintah tenor pendek hingga tiga tahun dalam jumlah yang tak terbatas,” kata ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih. Untuk mengurangi risiko akibat intervensi di pasar obligasi tersebut, ECB akan melakukan sterilisasi di saat yang sama (kemungkinan melalui repo ke perbankan) sehingga efek terhadap jumlah uang beredar akan “nol”. Investor di Eropa menyambut positif rencana Draghi itu. Euro menguat dan imbal hasil obligasi Italia 10 tahun turun 14 basis poin (bps) dan Spanyol 10 tahun turun 16 bps.(komc)

173 wisman Belanda berkunjung di Sulut Paling dominan dibanding 17 negara lain selama bulan Juli

KTT APEC untuk tingkatkan ekspor INDONESIA akan memanfaatkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) pada 7 September 2012 di Vladivostok, Rusia, untuk memperbaiki kinerja ekspor. Hal itu mengingat 76% tujuan ekspor produk Indonesia ialah kawasan Asia Pasifik. Hal itu disampaikan Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi Firmanzah di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin. “Di sisi hilir dengan kesepakatan kerja sama perdagangan. Kita bisa meminta pembebasan tarif untuk produk kita,” katanya. Firmanzah ikut dalam rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Any Yudhoyono yang kemarin meninggalkan Tanah Air menuju Ulan Bator, Mongolia. Setelah melakukan kunjungan kenegaraan di negara itu, Presiden bertolak ke Vladivostok untuk mengikuti KTT APEC. Firmanzah menjelaskan tekad peningkatan ekspor itu untuk menyeimbangkan defisit neraca perdagangan yang masih tinggi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), defisit perdagangan Indonesia terakhir masih US$176,5 juta, turun dari sebelumnya, US$1,33 miliar, pada Juni lalu. Menurut dia, sejumlah negara yang dibidik untuk meningkatkan ekspor di antaranya China, AS, Cile, Peru, dan Meksiko. “Juga Korea Selatan dan Jepang karena mereka membutuhkan suplai barang ekspor dari kita,” jelasnya. Dalam KTT APEC nanti ada empat agenda yang akan dibahas. Pertama, perihal integrasi negara anggota APEC melalui kesepakatan perdagangan dan investasi. Kedua, rantai pasokan yang memfokuskan pengurangan biaya logistik dan biaya transportasi dalam kawasan Asia Pasifik. Ketiga, menyangkut pengembangan inovasi untuk modal pertumbuhan di kawasan Asia Pasifik, termasuk membahas konflik kawasan. Keempat, food security yang menekankan pola kerja sama lintas kawasan untuk menjamin ketahanan pangan. Sesaat sebelum terbang, Presiden mengatakan agenda utama kunjungannya ke Mongolia ialah mencari peluang kerja sama ekonomi, investasi, dan perdagangan.(miol)

Globalisasi janjikan kemakmuran negara miskin PENERIMA nobel ekonomi Eric Maskin mengatakan bila globalisasi menjanjikan kemakmuran terhadap negara-negara miskin. Hal ini, menurutnya, mungkin berhasil di China dan India. Demikian disampaikan Maskin dalam paparannya bertajuk Why Have Global Markets Failed to Reduce Inequality in Poor Countries, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Kamis (6/9/2012). “Globalisasi juga menjanjikan hal yang lain, dalam hal ini adalah mengurangi jurang antara yang berpunya dan tidak (kesenjangan) di negara-negara miskin. Dalam kasus ini, globalisasi tidak berhasil, kesenjangan di negara-negara miskin justru meningkat,” jelasnya. Dia menambahkan, sebelum globalisasi, pekerja dengan kemampuan rendah dapat diuntungkan dengan dipasangkan dengan pekerja dengan kemampuan tinggi di suatu negara. Namun, setelah globalisasi, pekerja dengan kemampuan rendah di negara-negara miskin masih tertinggal (bekerja dengan pekerja dengan kemampuan rendah lainnya). “Karena pekerja dengan kemampuan sedang di negara-negara miskin ini bekerja dengan pekerja dengan kemampuan yang lebih tinggi di negara-negara maju. Hal ini berpengaruh terhadap pendapatan pekerja dengan kemampuan rendah menjadi menurun,” ungkapnya. Secara kontras, lanjutnya, gaji pekerja dengan kemampuan sedang meningkat. Konsekuensinya, kesenjangan di negara miskin meningkat. Teori ini pun dapat memprediksikan peningkatan kesenjangan pada negara berkembang maupun negara maju (model sebelumnya tidak dapat melakukan ini). “Implikasi kebijakan dari temuan ini adalah untuk meningkatkan keahlian (melalui pendidikan) pekerja dengan kemampuan rendah agar dapat memiliki kesempatan dipasangkan secara internasional. Pendanaan dapat dicari melalui pemerintah, agensi internasional, LSM, bantuan asing atau swasta,” pungkasnya.(okez)

BANYAKNYA kegiatan di Sulut membuat daerah ini tetap menjadi incaran wisatwan asing untuk datang.(foto:bobby/sk)

Subsidi BBM untuk jaga daya beli masyarakat Jakarta—Pemerintah Indonesia hingga kini masih memiliki pekerjaan dalam pengelolaan subsidi. Besarnya anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk BBM, LPG, dan BBN adalah sebesar Rp193,8 triliun. Menurut Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro, subsidi BBM itu untuk menjaga daya beli masyarakat.

“Istilahnya begini ya, jadi kita bisa spent yang lain buat konsumsi. Itu juga akan mempengaruhi domestik pasar menjadi positif, artinya ada sisi positif, tapi tentunya tidak optimal,” katanya saat ditemui di Grand Mahakam, Jakarta, Kamis (6/9/2012). Bambang juga menambahkan, konsumsi yang dia maksud adalah untuk pertumbuhan ekonomi. “Pemerataan jadi tak pas,

jadi saya sendiri juga bisa beli yang murah. Itu akan memperlebar kesenjangan antara yang punya dan yang tidak punya, jadi kalau yang dikasih subsidi yang lebih membutuhkan itu lebih pas,” tambahnya. Sebelumnya, dalam RAPBN 2013 yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pemerintah telah mengalokasikan anggaran subsidi energi sebesar

Rp274,74 triliun. Sementara untuk subsidi BBM, LPG dan BBN adalah sebesar Rp193,8 triliun atau naik 41 persen dibandingkan dengan anggaran subsidi energi pada APBN-P 2012. Pemerintah tetap akan mengajukan rencana menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada tahun mendatang. Hal ini sejalan dengan target pemerintah untuk mengurangi belanja subsidi.(okez)

RI hanya manfaatkan 0,4% potensi listrik dari air Jakarta—Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) asal Inggris, British Petroleum (BP) menyatakan Indonesia hanya mengkonsumsi listrik O,4 persen dari pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Hal tersebut merujuk pada data BP Statistical Review of World Energy sampai Juni 2012. Mengutip data itu, kawasan Asia Pasific secara keseluruhan mengambil porsi 31,3 persen konsumsi listrik dari

pembangkit bertenaga air (PLTA) di dunia pada 2011. “Dengan porsi 0,4 persen pemanfaatan hydroelectricity artinya Indonesia kalah dibandingkan India. Hal ini karena pemakaian listrik dari PLTA di India mencapai 3,8 persen,” demikian seperti dikutip dari data yang dipublikasikan British Petroleum, Kamis (6/9/2012). Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan Malaysia, Indonesia tetap

lebih unggul. Konsumsi hydroelectricity di negeri Jiran tersebut hanya 0,2 persen. Pada 2011 lalu, konsumsi hydroelectricity di Indonesia mencapai 3,5 juta ton setara minyak (million tonnes oil equivalent/ MTOE). Angka ini dibandingkan 2010 lalu terbilang merosot karena konsumsinya mencapai 4 million tonnes oil equivalent. Sebagai informasi, tahun lalu, China menempati posisi negara yang

konsumsi listrik dari pembangkit bertenaga airnya terbanyak sebanyak 157 MTOE dan disusul oleh India sebanyak 29,8 MTOE dan Jepang 19,2 MTOE. Secara keseluruhan jumlah konsumsi hydroelectricity di kawasan Asia Pasifik mencapai 248,1 juta ton setara minyak (MTOE). Jumlah ini mengambil porsi hingga 31,3 persen dari konsumsi hydroelectricity di dunia.(okez)

Manado—Negeri “Kincir Angin” Belanda masih dominan menyumbang wimas ke Provinsi Sulut. Buktinya, pada bulan Juli silam sebanyak 173 wisman asal Belanda berkunjung ke daerah Nyiur Melambai ini. “Sebanyak 1.763 wisatawan mancanegara (Wisman) dari 17 negara mengunjungi Sulut melalui pintu masuk Bandara Sam Ratulangi selama bulan Juli 2012. Dari ke-17 negara tersebut didominasi Belanda disusul Amerika Serikat 143 orang, Singapura 141, Jepang 119 dan Jerman 111 orang,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut, Dantes Simbolon MA. Sementara 12 negara lainnya, kunjungannya berada di bawah 100 orang, dengan tertinggi dari Perancis 92 orang dan terendah empat wisman asal Taiwan. Sepuluh negara lainnya, yakni Malaysia (48), Korea Selatan (82), China(13), India (7),

Filipina (41), Hongkong (29), Thailand (33), Australia (91), Inggris (82), dan Rusia (9 orang). “Juli 2011, wisman yang datang ke Sulut tercatat sebanyak 2.011 orang, tetapi pada Juli tahun ini hanya 1.763 orang atau turun 12,33 persen,” kata Dantes. Meski turun dibandingkan tahun lalu, tetapi bila dibandingkan bulan sebelumnya, Juli berbanding Juni, mengalami kenaikan 7,76 persen. “Bulan Juni 2012, wisman yang datang berkunjung ke Sulut yakni 1.636 orang, angka tersebut lebih rendah ketimbang capaian Juli tahun ini yang mencapai 1.763 orang,” kata Dantes. BPS tetap optimis kunjungan wisman ke Sulut tetap akan tinggi, karena daerah ini semakin menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan, apalagi dengan dukungan keamanan kondusif.(haer)

KINERJA

BI desak bentuk PPKD Manado—Bank Indonesia (BI) perwakilan Provinsi Sulut mendesak dibentuknya perusahaan penjaminan kredit daerah (PPKD) guna mendorong ekonomi rakyat. Kepala Perwakilan BI Provinsi Sulut, Suhaedi mengatakan, pembentukkan sudah sangat mendesak guna memberdayakan ekonomi rakyat. “PPKD sebaiknya dibentuk secepatnya, karena manfaatnya sangat besar mendorong ekonomi rakyat dengan terbukanya akses pembiayaan ke sektor usaha mikro kecil menyusul adanya penjaminan perusahaan ini,” kata Suhaedi beberapa waktu lalu. Suhaedi mengatakan, dengan adanya PPKD, maka masalah keterbatasan akses permodalan yang selama ini banyak

dikeluhkan UMKM akan segera teratasi dan pada gilirannya bisa mengentaskan kemiskinan. “Sebagian besar usaha mikro kecil tidak bisa melakukan akses ke perbankan karena tidak punya jaminan, nah dengan adanya PPKD ini, maka terbuka peluang bagi mereka memperoleh dana guna semakin mendorong kegiatan produktif. Lebih banyak UMKM mendapatkan pembiayaan perbankan, maka potensi peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud dan ini dapat mengurangi angka kemiskinan,” kata Suhaedi. Pergerakan sektor rill yang disebabkan, kata Suhaedi langsung berimbas positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.(haer)

Kenaikan TDL untuk Kemenperin anggarkan Rp200 juta kurangi utang negara

untuk biaya proses pendaftaran HKI Jakarta—Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menganggarkan Rp200 juta untuk biaya proses pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) industri kecil dan menengah (IKM) hingga akhir tahun ini. “Tahun ini pemerintah siapkan dana untuk HKI Rp200 juta dan 2013 naik menjadi Rp400 juta,” kata Direktur Jenderal IKM Kemenperin, Euis Saedah, di Jakarta, Kamis (6/ 9). Menurutnya untuk pen-

daftaran merek sendiri, dianggarkan satu merek Rp1.000.000 dan untuk hak paten sebesar Rp7.500.000 per hak paten. Untuk menghindari penjiplakan merek, menurut Euis, pencipta atau penemu produk harus segera mendaftarkan mereknya. “Selama ini yang dirugikan dari tindakan penjiplakan itu adalah penemunya sendiri karena produknya banyak ditiru oleh orang lain. Akibatnya, produsen harus kehilangan pangsa

pasarnya,” paparnya. Selain masalah HKI, lanjut Euis, IKM juga dihadapkan pada masalah permodalan seperti ketersediaan pinjaman untuk modal awal yang bisa diakses oleh para calon pengusaha pemula. “Di negara lain biasanya pinjaman disediakan oleh pemerintah melalui lembaga keuangan tertentu,” ujarnya. Euis menilai diperlukan kehadiran lembaga khusus semacam modal ventura atau “venture capital company”

yang menyediakan pinjaman awal bagi pengusaha. Modal ventura adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu. “Pada umumnya investasi ini dilakukan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai yang ditentukan dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha,” jelasnya.(miol)

Jakarta—Rencana pemerintah dalam menaikkan tarif dasar listrik sebesar empat persen per triwulan sebagai upaya untuk mengurangi subsidi listrik. “Kita mulai mengurangi subsidi listrik dengan mengurangi sumber harga. Kita akan cari cara, pokonya harus ada upaya untuk memperbaiki subsidi dari tahun ke tahun,” ungkap Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Bambang Brodjonegoro saat ditemui di Grand Mahakam, Jakarta, Kamis (6/9/2012). Saat disinggung soal defisit

RAPBN 1,6 persen pada 2013, Bambang mengatakan, “Itu hanya untuk berbicara pertumbuhan, kan konsekuensinya ke utang. Kalau besar-besar nanti utangnya makin banyak,” ungkapnya. Tapi makanya dana untuk infrastruktur itu tidak harus dengan menambah utang, pemerintah bisa merelokasikan dengan cara menaikkan tarif listrik. “Tarif listrik dinaikkan 15 persen, saving-nya Rp12 triliun, itu akan digunakan untuk menambah infrastruktur nantinya,” kata dia.(okez)

Ekspor rotan Indonesia lebih rendah dari China Jakarta—Meski dikenal sebagai produsen rotan terbesar, pangsa ekspor rotan Indonesia ternyata lebih rendah dari China. Pangsa pasar ekspor China untuk produk rotan mencapai 33,45 persen, sementara Indonesia 31,67 persen. Pangsa pasar

ekspor bambu dari negara China 67,82 persen, sementara Indonesia 6,97 persen. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Gusmardi Bustami, di Jakarta, Kamis (6/9/2012), mengatakan, kondisi itu harus disikapi

dengan memacu kinerja ekspor rotan dan bambu. Berbagai upaya kebijakan telah dan akan dilakukan Kemendag bersama dengan kementerian terkait. Kebijakan penutupan ekspor bahan baku rotan telah memberikan hasil nyata yang positif bagi

perekonomian Indonesia. Pada semester I tahun 2012, data laporan surveyor (LS) memperlihatkan bahwa nilai ekspor produk rotan telah mencapai 97,24 juta dollar AS atau terjadi peningkatan sebesar 15,31 persen dibandingkan dengan periode

yang sama pada tahun sebelumnya. Berdasarkan data statistik Kemendag, lima negara paling berminat terhadap produk rotan Indonesia antara lain adalah Amerika Serikat, China, Jepang, Jerman, dan Belanda. Lima negara paling berminat

terhadap produk bambu Indonesia adalah Amerika Serikat, Jerman,Australia, Jepang, dan Perancis. Jika melihat data ekspor dunia tahun 2011, Indonesia merupakan pangsa pasar ke-2 terbesar di dunia untuk ekspor produk rotan dan bambu.(komc)


JUMAT 7 SEPTEMBER 2012

PON 2012

Akomodasi berbayar PB PON diprotes RATUSAN atlet dan official asal Jawa Barat memprotes pihak Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional terkait akomodasi berbayar yang dianggap mengecewakan. “Kami memprotes jadwal yang sering berubah-ubah tanpa alasan. Bahkan terkait penginapan atlet dan makanan serta transportasi. Semuanya mengecewakan,” kata Yeyen Rusyana selaku staf bidang umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jabar, Kamis (6/9). Ia mengaku tiba di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, sekitar pukul 09.30 WIB bersama sebanyak 320 orang atlet dan official lainnya. “Jujur kami katakan, kami kecewa dengan pelayanan akomodasi oleh panitia. Padahal kami bayar sebesar kurang lebih Rp 120 juta sebagai biaya akomodasi itu,” katanya. Yeyen yang ditemui di Bandara SSK II Pekanbaru mengaku kesal mengingat banyaknya kesalahankesalahan yang dilakukan pihak panitia. “Hari ini kontingen Jabar yang tiba di Pekanbaru ada sebanyak 320 orang. Ada yang dari Bandung dengan menggunakan pesawat Maskapai Air Asia, dan ada juga yang berangkat dari Jakarta menggunakan pesawat Maskapai Batavia Air,” katanya. Menurutnya, kekecewaan tidak hanya dirasa perorangan, namun oleh semua atlet dan official. “Semua atlet pokoknya kecewa terkait layanan akomodasi panitia,” katanya. Dia pun merincikan, ratusan atlet yang berdatangan bersamanya yakni terdiri dari atlet bilyar, sepatu roda, tarung drajat, volly lapangan, basket, wushu, menembak dan karate, sepak takraw, terjun payung serta cabang olahraga sepatu roda. “Bahkan untuk kontingen renang saja, sampai sekarang belum pasti masalah akomodasinya,” tuturnya. Dia mengatakan, sebelumnya sempat mendengar kabar kalau biaya akomodasi seluruhnya ditanggung oleh pihak panitia. Tetapi belakangan, demikian Yeyen, pihaknya diminta untuk membayar sebagian akomodasi yang dihitung per atlet. “Saya tidak tahu persis berapa per atletnya. Namun yang pasti, dikalkulasikan keseluruhannya itu mencapai lebih Rp 120 juta,” katanya. Kalau gratis, demikian Yeyen, tidak ada masalah dan pihaknya mengaku akan menerimanya dengan lapang dada. “Namun ini berbayar dan kami berhak untuk protes terkait segala kekurangan dari pihak panitia,” katanya. Kepala Bidang Humas PBPON, Chairul Rizki, saat dikonfirmasi mengaku tidak mengetahui secara rinci terkait permasalahan itu. “Saya juga tidak tahu apakah akomodasi benar-benar gratis atau tidak. Karena hotel siapa yang mau bayar,” katanya. Ketua Panitia Besar PON Riau, Syamsurizal, mengatakan setiap atlet dan offisial memang tetap harus ikut menanggung setengah dari biaya akomodasi dan konsumsi pada penyelenggaraan PON XVIII di Provinsi Riau. “Mana bisa gratis semua, tidak ada kita menjanjikan itu. Bisa marah orang KONI nanti,” katanya melalui telepon. Ia menjelaskan, Riau sebagai tuan rumah PON hanya akan menanggung biaya akomodasi dan konsumsi atlet sebesar 50 persen, dan sisanya akan ditanggung KONI tiap daerah. Menurut dia, biaya yang harus dikeluarkan untuk satu atlet tidak mahal, yakni hanya Rp 175.000 per hari untuk tiap atlet. “Total biaya sebenarnya Rp 350.000 tapi dibagi dua. Itu sudah termasuk makan tiga kali dan hotel, sudah murah itu,” katanya.(komc)

US OPEN

GRAND SLAM AS

Kejutan, Berdych singkirkan Federer

UNGGULAN pertama Roger Federer disingkirkan unggulan keenam asal Rep. Ceska Tomas Berdych.

KEJUTAN besar terjadi di perempatfinal US Open. Unggulan pertama Roger Federer disingkirkan unggulan keenam asal Rep. Ceska Tomas Berdych 6-7 (1) 4-6 6-3 3-6 dalam dua jam 42 menit. Untuk pertama kalinya sejak 2003 atau dalam waktu sembilan tahun terakhir, legenda hidup tenis asal Swiss itu tersingkir dari US Open sebelum babak semifinal. Kunci kekalahan Federer adalah 40 unforced error yang dibuatnya. Mungkin beristirahat terlalu lama menjadi penyebab kekalahan Fed Express. Sejak Sabtu lalu, juara US Open lima kali ini tidak pernah turun bertan-

ding lagi. Lawan yang seharusnya dia hadapi di babak keempat, Mardy Fish mengundurkan diri lantaran masalah kesehatan. Impian Federer untuk menjadi orang pertama dalam 87 tahun terakhir yang menjuarai US Open sebanyak enam kali pun kandas. Juara 17 grand slam itu tidak punya jawaban atas servis gledek dan pukulan groundstroke Berdych yang mematikan. Bertanding di Arthur Ashe Stadium, tanda-tanda kejutan sudah tampak sejak set pertama saat Federer yang sempat unggul 3-1 malah berbalik tertinggal 3-4. Forehand Federer yang menyentuh

net membuatnya kehilangan set pertama dengan 67. Pada set kedua, Federer kembali tak berdaya. Petenis berusia 31 tahun itu sama sekali tak diberi kesempatan oleh Berdych dan langsung tertinggal 25 sebelum menyerah 4-6. Memasuki set berikutnya, Federer akhirnya bangkit. Sadar kekalahan bakal membuatnya tersingkir, Federer mampu menunjukkan mental juaranya. Sempat tertinggal 1-3, Federer berhasil berbalik unggul 43 dan menutup kemenangan dengan 6-3. Di set keempat, sempat terjadi kejar-mengejar angka. Momen kunci terjadi di game ketujuh saat Berdych

berhasil mematahkan servis Federer untuk menjauh 5-3 dan akhirnya Federer pun tersingkir dengan kedudukan 3-6. Bagi Berdych yang bertinggi 196 cm itu, kemenangan sensasional atas Federer ini menjadi kemenangannya yang keempat dari tujuh pertemuan terakhir, termasuk saat unggul di perempatfinal Wimbledon 2010 lalu. Pada semifinal, Berdych akan menghadapi unggulan ketiga asal Inggris Raya Andy Murray. Petenis yang menempati unggulan ketiga itu, berhasil lolos setelah mengalahkan Marin Cilic di pertandingan sebelumnya.(okez)

Adu ... dari Halaman 16 Apalagi kondisi keuangan Atletico sepertinya akan membuat mereka terpaksa menjual pemain bintangnya. Keyakinan City menggaet Falcao juga berdasar hubungan baik mereka dengan Los Rojiblancos. Musim lalu mereka membantu kesulitan keuangan Atleti dengan pembelian Sergio Aguero senilai 45 juta euro di mana sebagian besar biaya dibayar di muka. El Tigre - julukan Falcao, punya klausul pembelian sebesar 60 juta euro dari kontraknya bersama Atleti. Dan meski Falcao mengaku Liga Premier bukanlah mimpinya, tetapi sang ayah tak menampik kemungkinan putranya bakal mengadu nasib di Inggris.(bbcm)

Video ... dari Halaman 16 Sebelumnya, pelantun “Hips Don’t Lie” ini memang sering dihubungkan dengan video seks. Video vulgar Shakira dengan Antonia de la Rua dan Alejando Sanz juga sempat disebut telah beredar meski masih disangsikan kebenaran isinya. Pegawai Shakira melakukan hal itu sebagai tindakan balasan setelah dipecat karena tak mau menyediakan makanan di waktu malam. Pengacara Shakira, Ezequiel A Camerini menegaskan hal itu di El Espectador. “Ada bukti jelas seseorang telah mencoba untuk merusak nama baik Shakira dan mengambil keuntungan demi mengeruk banyak uang,” ujar Camerini. Kabar terakhir dari HuffPost Voces menyebut bahwa Shakira kini sedang hamil. Bayi Shakira dan Pique akan lahir pada Januari 2013.(vvcm)

Del Piero ... dari Halaman 16 “Tawaran Liverpool telah datang, dan mereka klub besar, tidak ada yang menyangkal hal itu,” kata Pignata kepada media Fox Sports Australia “Tapi saya pikir daya tarik yang datang dari Australia mungkin telah menggoyahkan hati mereka.” sambung Pignata Del Piero, yang akan berusia 38 pada bulan November nanti, akan bergabung dalam daftar mantan bintang sepakbola yang juga pernah berkarir di Liga utama Australia seperti Robbie Fowler, Romario, Juninho dan Dwight Yorke. “Ini adalah hari yang spesial bagi saya,” kata Del Piero “Saya senang untuk mengumumkan bahwa saya telah menandatangani perjanjian dengan Sydney selama dua tahun ke depan. Saya senang untuk memulai petualangan ini dan saya ingin berterimakasih kepada semua tim yang saya ajak bicara,” sambung bomber yang mulai meniti karir seniornya sejak 1991 “Tidak ada pilihan yang lebih baik dari ini, terima kasih Sydney FC dan semua orang di Australia.” tutup mantan punggawa Timnas Italia Del Piero, yang memulai karirnya dengan Padova, telah membuat 91 penampilan bagi Timnas Italia dan merupakan pencetak gol sepanjang masa terkemuka untuk Juventus.(bblc)

MOTOGP

Menanti debut Rea di Misano SETELAH menyelesaikan tes di Aragon, Repsol Honda secara resmi mengatakan Jonathan Rea akan melakukan debut di MotoGP. Dia akan menggantikan Casey Stoner di San Marino. Seperti diberitakan sebelumnya, Stoner memang tidak diketahui kapan akan sembuh setelah selesai melakukan operasi pergelangan kaki. Repsol Honda memberikan kesempatan kepada Rea untuk melakukan tes di Brno dan Aragon. Melihat performa gemilang Rea pada dua tes tersebut, Repsol Honda sepertinya puas. Sambil menunggu kesembuhan Stoner, Honda memastikan Rea akan menggantikan pembalap asal Australia itu di Misano dan Aragon. “Dalam kasus ini, dokter

telah mengantisipasi Casey Stoner tidak bisa bergabung lagi dengan Repsol Honda pada tepat waktu, maka Rea akan menggantikan posisinya pada balapan di Misano dan Aragon,” demikian pernyataan Honda. Selasa kemarin, Repsol Honda menambahkan Stoner sedang beristirahat di Australia setelah sukses menjalani operasi pekan kemarin dan penyembuhan berjalan baik. Namun, peluangnya untuk kembali di Misano dan Aragon memang kecil. “Di Misano nanti, Rea akan melakukan debut dengan Repsol Honda menggantikan Casey Stoner yang sedang mengalami cedera,” tutup pernyataan itu, dilaporkan situs resmi MotoGP, Kamis (6/9/).(okez)

Sharapova jumpa Azarenka di Semifinal UNGGULAN ketiga asal Rusia, Maria Sharapova, berhasil lolos ke babak semifinal Grand Slam AS Terbuka, setelah di pertandingan lanjutan perempat final, Kamis (6/9/) dini hari WIB, Sharapova mengalahkan petenis Perancis, Marion Bartoli. Di set pertama yang sempat ditunda karena hujan, Sharapova sempat tertinggal 0-4, yang akhirnya set pertama itu direbut Bartoli dengan 6-3. Namun, juara AS Terbuka 2006 itu berhasil bangkit dan menyabet dua set berikutnya dengan 6-3 dan 6-4. Kemenangan ini akan mengantar MARIA Sharapova. Sharapova menghadapi unggulan teratas, enak ketika saya tertinggal Victoria Azarenka, di 0-4. Itu adalah kondisi yang tidak menyenangempat besar. Selain itu, kemenangan kan,” lanjut dia. “Namun, atas Bartoli mengantar saya terpacu untuk menSharapova ke semifinal AS capai semifinal,” papar Terbuka untuk pertama Sharapova soal kebangkalinya sejak menjuarai kitannya. Di semifinal turnamen ini enam tahun nanti, petenis berusia 25 lalu. “Saya bermain datar tahun itu akan mencoba kemarin (Selasa). Marion membalaskan dendamnya sangat kuat dan dia tengah kepada Azarenka yang dalam penampilan terbaik- mengalahkannya di final Australia Terbuka pada nya,” kata Sharapova. “Bukan sebuah perasaan Januari lalu.(komc)

FORMULA 1

Hamilton Berlabuh ke Mercedes? NASIB Lewis Hamilton di tim McLaren masih belum jelas dan ada tandatanda tetap bertahan. Belum adanya kesepakatan nilai kontrak yang diajukan oleh manajemen sang pebalap, boleh jadi sebagai siasat. Karena, ada bocoran dari bekas pemilik tim F1 menyebutkan bahwa mantan juara dunia 2008 itu lagi “bergerilya” ke dua tim. Siapa dia? Tak lain adalah Eddie Jordan, bekas pemilik tim Jordan. Dalam wawancara dengan BBC Sport ia mengatakan kalau dirinya yakin betul, kesepakatan Hamilton dengan Mercedes sudah dekat. Hamilton, katanya, akan menggantikan posisi Michael Schumacher. Jika menjadi kenyataan, berita ini cukup mengagetkan karena anak emas Ron Dennis (mantan pemimpin tim F1 McLaren) itu telah menutup kesepakatan baru dengan McLaren. “Saya percaya Hamilton dan Mercedes telah saling menyetujui persyaratan dan kesepakatan bisa segera terjadi,” sebut Eddie. Beberapa minggu lalu, lanjutnya, saya sudah berbicara di TV perihal Lewis akan pindah dan saat itu ia sudah berbicara dengan Ferrari. “Sekarang, saya dapat mengkonfirmasi Lewis telah me-

LEWIS Hamilton.

ngadakan pertemuan dengan Mercedes dari se-orang rekannya,” tegas Eddie. Eddie menambahkan, Bos F1 Bernie Ecclestone telah menyampaikan kepadanya Schumi -sapaan Schumacher - akan pergi. Itu artinya, Schumi pergi dan Lewis datang. Perihal berita itu, manajemen Lewis XXI Entertaiment menyampaikan kepada McLaren tidak benar. “Negosiasi dengan Lewis sampai sekarang masih terus berlanjut,” ujar juru bicara tim McLaren. Di lain pihak, Mercedes mengeluarkan pernyataan agak lebih obyektif. “Sampai kita berada dalam posisi untuk mengkonfirmasi formasi pebalap untuk musim depan, tidak dapat dihindari akan ada spekulasi di sekitar topik ini.”(komc)

Eksperimen ... dari Halaman 16 “Kita lihat saja perkembangannya,”kata Prandelli menanggapi kemungkinan mengusung pola 3-5-2 saat meng hadapi Bulgaria sebagaimana dilansir Corriere dello Sport. Eksperimen Prandelli mengusung 3-5-2 sejatinya bukan tanpa alasan. Pelatih 55 tahun itu sedikit dipusingkan dengan lini belakang. Defender Juventus Giorgio Chiellini dan bek kiri Federico Balzaretti (AS Roma) absen karena cedera. Belakangan, Davide Astori (Cagliari) menarik diri dengan alasan serupa dan tempatnya digantikan debutan Milan, Francesco Acerbi. Seiring enam dari tujuh pemain di belakang beroperasi sebagai bek tengah, sinyal Prandelli memainkan 3-5-

2 semakin kuat. Kapten sekaligus kiper utama Italia Gianluigi Buffon mengatakan, semua pemain bakal siap dengan skema apapun yang diusung Prandelli. “Sudah tugas pelatih mencari solusi terbaik dari skuad yang dimilikinya,” kata Buffon kepada Football Italia. Buffon menambahkan, skema apapun oke asalkan memberikan hasil positif dalam pertandingan. “Kami ingin meraih start bagus dikualifikasi dan saya kira kami bisa melakukannya,” tutur kiper dengan 120 caps tersebut. Dari kubu Bulgaria, pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 pada Sabtu besok yang berlangsung di Stadion Vasil Levski, tentunya

HEAD TO HEAD 10 Sep 2009 (KPD) Italia 2 - 0 Bulgaria 12 Okt 2008 (KPD) Bulgaria 0 - 0 Italia

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN: BULGARIA

5 Pertandingan Terakhir Bulgaria: 16 Agu 2012 (PUC) Bulgaria 1 - 0 Siprus 30 Mei 2012 (PUC) Bulgaria 0 - 2 Turki 27 Mei 2012 (PUC) Belanda 1 - 2 Bulgaria 01 Mar 2012 (PUC) Hongaria 1 - 1 Bulgaria 12 Okt 2011 (PPE) Bulgaria 0 - 1 Wales

Nikolay Mihaylov, Ivan Ivanov, Nikolay Bodurov, Stanislav Manolev, Veselin Minev, Jordan Minev, Georgi Milanov, Ivelin Popov, Svetoslav Petrov, Vladimir Gadzhev, Emil Gargorov/.

5 Pertandingan Terakhir Italia: 16 Agu 2012 (PUC) Inggris 2 - 1 Italia 02 Jul 2012 (PPE) Spanyol 4 - 0 Italia 29 Jun 2012 (PPE) Jerman 1 - 2 Italia 25 Jun 2012 (PPE) Inggris 0 - 0 Italia 19 Jun 2012 (PPE) Italia 2 - 0 Irlandia

ITALIA Salvatore Sirigu, Angelo Obinze Ogbonna, Davide Astori, Federico Balzaretti, Ignazio Abate, Alberto Aquilani, Antonio Nocerino, Daniele De Rossi, Alessandro Diamanti, Mattia Destro, Stephan El Shaarawy.

momentum Bulgaria permalukan Italia. Namun kabar buruk harus menyinggahi Bulgaria yang belum tampak garang di kandang sendiri setelah hanya meraih satu kemenangan dari 7 pertandingan terakhir. Kabar baiknya, kemena-

ngan datang dari pertandingan terakhir mereka ketika mengalahkan 1-0 Siprus dalam laga persabahatan. Sementara 5 kekalahan dan satu hasil imbang adalah sangat mengkhawatirkan mengingat hasil pertandingan tersebut

mayoritas dari permainan kompetitif. Dalam laga persahabatan sejak Februari lalu, skuad asuhan Lyuboslav Penev telah menunjukkan peningkatan dengan hanya mengalami satu kekalahan kandang dari Turki dan meraih

2 kemenangan ketika tandang ke Belanda dan menjamu Siprus. Namun hasil fantastis ini mereka torehkan dalam pertandingan persabahatan yang tidak terlalu memiliki kepentingan nyata di tingkat Internasional.(bblc/goal)


JUMAT 7 SEPTEMBER 2012 NOMOR 02075 TAHUN VI TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

CESARE Prandelli mulai utak-atik dengan timnya.

Eksperimen Prandelli MEMANG Cesare Prandelli mengawali debut kepelatihannya bersama Italia dengan capaian positif di kualifikasi Piala Dunia (PD) 2010. Prandelli membawa Gli Azzurri tidak terkalahkan dalam 10 laga, 7 menang dan 3 seri. Nah, kualifikasi PD 2014 menghadirkan tantangan berat bagi Prandelli. Itu karena

Italia berada di grup 2 yang relatif sulit. Lihat saja rival-rival Azzurri seperti Denmark dan Republik Ceko yang samasama kontestan putaran final Euro 2012. Sedangkan Bulgaria, Armenia, dan Malta memang masih di bawah Azzurri. Kualifikasi away ke Bulgaria Sabtu (8/9), seharusnya bisa

SPORTAINMENT

SHAKIRA

Video seks dengan Pique beredar Kabar heboh datang dari Spanyol dan Amerika Latin. Beberapa outlet di kawasan itu menjual video seks yang “dibintangi” penyanyi seksi Shakira dan bek Barcelona, Gerard Pique. Gosip seputar video seks ini sebenarnya telah beredar dalam beberapa pekan ini. Perwakilan Shakira berulangkali membantah kliennya terlibat. Tapi, majalah Spanyol, Intervieu menyebut bahwa salah satu pemandu bakat Barcelona pernah ditawari video ini. “Video itu berdurasi sekitar 15 menit dan direkam lewat kamera ponsel. Saya mengira ini direkam dari ponsel salah satu pegawai Shakira yang memergoki kejadian itu. Pengambilan gambar video itu terlihat kurang fokus dan bergerak-gerak,” kata pemandu bakat itu. Televisi Meksiko, Notas juga melaporkan bahwa rekaman video itu dibuat salah satu pegawai Shakira. Itu dilakukan untuk mengancam dan memperburuk citra penyanyi asal Kolombia itu. Baca: Video ( Halaman 15 )

BOLARON

Del Piero hijrah ke Australia

KLUB Australia, Sydney FC resmi mendatangkan pemain legenda Italia, Alessandro Del Piero.

KLUB Australia, Sydney FC resmi mendatangkan pemain legenda Italia, Alessandro Del Piero dengan memberikannya kontrak dua tahun. Striker 37 tahun, telah mengumumkan perpindahannya pada konferensi pers di Turin, Rabu, walaupun sebenarnya berita tersebut seharusnya sudah bisa dikabarkan akhir pekan lalu. Keterlambatan dalam hal konfirmasi kesepakatan tersebut disebabkan adanya tawaran yang datang dari Liverpool di depan, menurut kepala eksekutif Sydney, Tony Pignata. Baca: Del piero ( Halaman 15 )

menghasilkan poin absolut bagi juara dunia empat kali tersebut. Tidak heran bila Prandelli berani melakukan eksperimen. Sebagaimana yang terlihat dalam sesi latihan di Coverciano, markas latihan Italia, kemarin. Prandelli sibuk mendrill para pemain dalam skema 3-5-2, skema yang tren

digunakan klub-klub Serie A, seperti Juventus, Napoli, dan Udinese. Bahkan, AC Milan menerap kannya saat menghadapi Sampdoria di laga pertama liga musim ini. Di Euro 2012, Prandelli juga sempat menjajal skema 3-5-2 di dua laga awal sebelum kembali ke skema asal 4-3-1-2. Baca: Eksperimen ( Halaman 15 )

Deschamps kecewa Benzema-Giroud “mandul” PELATIH timnas Prancis, Didier D e s champs, kecewa dengan penampilan dua strikernya, Karim Benzema dan Olivier Giroud, jelang menghadapi Finlandia pada Kualifikasi Piala Dunia 2014 di Helsinki, Sabtu (8/9)besok. Setelah tampil tajam musim lalu, Benzema dan Giroud mengalami kesulitan mencetak gol di awal musim ini. Benzema belum mencetak gol dari lima laga bersama Real Madrid, sedangkan Giroud gagal membuat gol dari tiga pertandingan bersama Arsenal. Kondisi ini membuat Deschamps khawatir jelang menghadapi Finlandia. Terlebih Benzema dan Giroud adalah dua striker

JADWAL KUALIFIKASI PIALA DUNIA 2014 SABTU, 08 SEPTEMBER

PENAMPILAN dua striker Prancis, Karim Benzema dan Olivier Giroud belum maksimal di mata Deschamps.

andalan Les Blues di lini depan. “Akan lebih baik jika Benzema dan Giroud sudah mencetak gol musim ini,” ujar Deschamps seperti

dilansir Soccerway. Giroud merupakan top skorer Liga Prancis (Ligue 1) musim lalu dengan torehan 21 gol ketika membela

Montpellier, sedangkan Benzema total mencetak 32 gol bersama Los Blancos. Baca: Deschamps ( Halaman 15 )

Liechtenstein Malta Estonia Georgia Croatia Lithuania Andorra Netherlands Slovenia Albania Latvia Montenegro Finland Wales Bulgaria Germany Iceland Luxembourg Moldova

vs vs vs vs vs vs vs vs vs vs vs vs vs vs vs vs vs vs vs

Bosnia Armenia Romania Belarusia Macedonia Slovakia Hungary Turkey Switzerland Cyprus Greece Poland France Belgium Italy Faroe Islands Norway Portugal England

Leighton Baines gantikan Ashley Cole LEIGHTON Baines dikabarkan akan menggantikan tempat Ashley Cole sebagai bek kiri Timnas Inggris dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 di Moldova dengan punggawa Chelsea sedang mengalami cidera. Pemain bertahan 27 tahun akan mendapatkan pertandingan internasionalnya yang ke-10 dan ini

m e r u p a k a n pertandingan k o m p e t i t i f pertamanya setelah Cole mengalami keluhan di pergelangan kakinya. “Aku tidak pernah frustrasi ketika aku dikesampingkan karena ada pemain yang lebih berkualitas dari saya.

Aku selalu menaruh rasa hormat kepada dia,” kata Baines menyanjung kualitas Cole Bek Everton juga diketahui sangat ingin bermain sepakbola di kancah Liga Champions untuk meningkatkan peluangnya membela Timnas semakin besar,

Cesc mulai gerah dicadangkan GELAND A N G Barcelona, Cesc Fabregas tampaknya mulai gerah terusmenerus dicadangkan oleh Pelatih Tito Vilanova. Fabregas mengaku tidak senang karena kurangnya kesempatan bermain di tim inti. Fabregas didatangkan ke klub Katalan tersebut dari Arsenal dengan biaya transfer 30 juta pounds pada musim panas tahun lalu. Musim lalu ketika Barca masih ditangani Pep Guardiola, Fabregas terbilang cukup sering mendapat kesempatan, namun kini Vilanova tampaknya kurang memberi kepercayaan kepada pemain internasional Spanyol ini. “Tidak ada hal yang membuat pemain pengganti menjadi hebat di dunia sepakbola. Saya tidak bisa memberitahu Anda apa yang membuat seorang pengganti yang hebat,”

ujar Fabregas, seperti dilansir Soccernews, Kamis (6/9). “Saya selalu berharap rekan setim saya bermain baik dan memperlihatkan wajah gembira. Jika saya pulang dengan wajah tidak gembira, saya tidak akan membiarkan rekan-rekan setim atau pelatih melihat-

nya,” ungkapnya. Kabar ini tentu saja langsung memunculkan spekulasi bahwa Fabregas mulai tidak betah di Camp Nou, terutama ketika di bawah asuhan Vilanova. Bukan tak mungkin pula The Gunners akan membuka pintu selebar-lebarnya agar Fabregas kembali ke Emirates Stadium.(bbcm)

CESC Fabregas tampaknya mulai gerah terus-menerus dicadangkan oleh Pelatih Tito Vilanova.

tetapi mantan pemain Wigan ini juga telah mengutarakan bahwa tidak akan memaksa keluar dari Everton untuk mendapatkan hal tersebut. Manchester United yang sangat terkait dengan Baines pada musim panas ini juga harus menyerah dan meninggalkan Baines untuk tetap berada di Goodison Park.(bblc)

LEIGHTON Baines dikabarkan akan menggantikan tempat Ashley Cole sebagai bek kiri Timnas Inggris.

Adu cepat gaet Falcao M A N CHESTER City tak lelah memburu Radamel Falcao. Bahkan mereka yakin bisa mengalahkan Chelsea dalam usaha menggaet penyerang Atletico Madrid itu bulan Januari nanti. Sang kampiun Liga Premier memang sangat meminati Falcao dan berusaha memboyongnya ke Etihad Stadium. Namun setelah musim panas kemarin gagal, mereka siap memecahkan rekor transfer awal tahun depan demi penyerang Kolombia itu, dengan difasilitasi agen ternama Portugal, Jorge Mendes. Niat City itu bakal disaingi Chelsea yang juga lama meminati Falcao. Namun keyakinan berhembus dari skuad City jika Falcao akan menjadi milik mereka. Baca: Adu ( Halaman 15 )

RADAMEL Falcao.

07 sept 2012  

Swara kita, 07 sept 2012

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you