Issuu on Google+

bEKAS ISTRI BERLUSCONI TERIMA RP 38 m

DIGITAL NE WS PA PER

hal

Spirit Baru Jawa Timur surabaya.tribunnews.com

SURBAYA, SURYA-Supermodel berdarah Arab mulai merambah industri fashion dunia, mengubah perspektif masyarakat dunia tentang perempuan Arab. Hind Sahli dari Maroko sudah beberapa tahun menekuni dunia model dan bekerja untuk merekmerek ternama seperti Marc Jacobs, Kenzo and Vera Wang. Artikel Zubeida Malik di laman BBC menyebutkan, ada beberapa hal yang memengaruhi kesuksesannya di dunia fashion. “Dalam fashion, mereka suka dengan semua yang baru. Apapun yang baru itu bagus,” kata Hind Sahli. Selain itu, keragaman dan budaya Arab membuat dia spesial di industri fashion. “Para perancang dan fotograger - mereka suka kita berbeda dan punya budaya yang sangat berbeda dengan yang lain - kita bisa dapat inspirasi dari banyak hal.” Budaya asalnya yang konservatif, membuat pilihannya untuk berkarier di dunia model menimbulkan reaksi beragam. “Saya mendapat banyak reaksi positif. Banyak orang berpikir bagus juga punya model dari Maroko. Ada juga beberapa remaja perempuan yang mengirimkan pesan di Facebook, bertanya tentang bagaimana saya melakukan dan memulainya.” “Saya juga mendapat beberapa reaksi buruk dari orang lain, tapi saya tidak keberatan. Saya tetap senang dengan apa yang saya lakukan.” Tidak hanya Hind Sahli yang mulai menorehkan namanya di dunia fesyen. Beberapa model lain mengikuti jejaknya, termasuk Hanaa ben Abdesslem dari Tunisia yang dikontrak perusahaan kosmetik Lancome. Shaista Gohir, Direktur Muslim Women’s Network Inggris dan aktivis hak-hak perempuan percaya bahwa di Barat, ada stereotip umum tentang perempuan muslim dari Arab. Dia senang model-model berdarah Arab membantu mengubah stereotip itu. “Ini tentu sebuah pilihan karier yang berani dan revolusioner, apalagi karena di bagian lain dunia, mereka masih dianggap sangat tradisional,” katanya. “Butuh orang pertama untuk mendobrak batasan, mendobrak stereotip dan menginspirasi perempuan lain,” kata dia. Menurut dia, stereotip umum tentang perempuan Arab datang dari media massa, yang menunjukkan bahwa perempuan Muslim tidak berdaya. “Dan Anda hanya harus melihat daftar 100 perempuan berpengaruh Arab yang ada setiap tahun untuk melihat gambaran perempuan yang berbeda dengan bagian dunia lainnya.” Padahal sebenarnya keadaan sudah berubah. “Ada banyak model

join facebook.com/suryaonline

surya.co.id

2 | SENIN, 31

yang berasal dari keluarga Muslim,” kata Hind Sahli yang menyebut diri sebagai Muslim yang selalu menjalankan ibadah. Meski sebagian keluarga besar Hind Sahli keberatan dengan pilihan kariernya namun kedua orangtua dia selalu mendukung. “Ibuku, dia memilih mengenakan Hijab, itu pilihannya. Ayahku, ibuku, dan semuanya beribadah sesuai agama Islam, salat, dan segalanya,” katanya. Dunia Arab punya pasar anak muda yang menjadi incaran para perancang dan merek-merek busana dunia. Mereka ingin memasuki pasar itu dengan menampilkan model-model dari Arab karena konsumen ingin membeli produk yang dipromosikan oleh orang yang mirip dengan mereka. Lauretta Roberts, Direktur Fashion Forecasters WGSN, percaya modelmodel Arab yang mulai laris manis di dunia fashion menandai terobosan di industri tersebut. “Para model digambarkan dalam perilaku mainstream. Itu tidak terlihat terlalu revolusioner karena tidak penting dari budaya mana mereka datang.” “Mereka digambarkan seperti model lain dari Eropa Timur atau Amerika, dan saya kira itu sangat positif. Ada beberapa model yang tampil beda pada 1970-an, seperti Iman, tapi hampir semuanya digambarkan secara eksotis.” Menurut Roberts, alasan lain di balik menanjaknya karier model Arab adalah uang, perkembangan pasar fashion di Timur Tengah dan Asia. “Desainer dan merek harus mengunjungi sumber uang, dan sekarang sumber uang ada di negaranegara Arab. Anda hanya harus melihat pasar couture, high fashion. Pasar yang dulu menarik orang-orang kaya Amerika.” “Sekarang, pasar seperti itu diminati konsumen Arab karena mereka adalah orang-orang yang bisa membelinya,” katanya. Bersamaan dengan menanjaknya karier model-model Arab, dunia Arab bangkit dan berubah. Hind Shali bangga bisa menjadi bagian perubahan kecil dengan caranya sendiri. “Faktanya adalah saya pergi, saya bekerja, dan saya melakukannya dengan baik, dapat memberikan keberanian pada remaja perempuan lain untuk melakukan hal yang sama,” kata dia.(bbc/kompas)

DESEMBER 2012 | Terbit 2 halaman

edisi pagi

Model

Berdarah Arab

yang Meroket follow @portalsurya


2

SENIN, 31 DESEMBER 2012 | surya.co.id | surabaya.tribunnews.com

Dzeko Ingin Jadi Pemain Inti

Edin Dzeko

Bekas Istri

SURYA MANCHESTER - Penyerang Manchester City, Edin Dzeko, berharap dirinya bisa kembali menjadi pemain inti saat menghadapi Stoke City dalam lanjutan Premier League, Selasa (1/12/2013). Ia mengaku ingin kembali mencetak gol dan membantu The Citizen meraih kemenangan sejak menit pertama. Dzeko selama ini, memang lebih sering duduk di bangku pemain cadangan oleh pelatih Roberto Mancini. Ia pun mendapat julukan Supersub, karena sering mencetak gol penentu kemenangan meski berstatus sebagai pemain

pengganti. Namun, saat melawan Norwich City, Sabtu (29/12/2012) Mancini memainkannya sejak menit awal. Striker berusia 26 tahun itu pun membayar kepercayaan itu, dengan mencetak dua gol dalam laga yang berakhir 4-3 untuk City tersebut. “Aku memang tidak mengharapkan untuk bermain (sebagai pemain inti) karena itu terlihat dalam latihan. Tetapi, aku terkejut sebelum pertandingan, karena pelatih memberiku kesempatan (sebagai starter) di pertandingan itu,” ujar Dzeko seperti dilansir situs resmi klub.

“Setiap pemain ingin selalu bermain. Aku telah kembali, dan akan berusaha selalu maksimal,” tegasnya kemudian. Terkait dengan gol yang dibuatnya hanya dalam kurun waktu 85 detik saat melawan Norwich, Dzeko mengatakan, “Sangat penting untuk mencetak gol dikesempatan pertama. Memang akan sangat berbeda, ketika Anda menang 1-0. Tetapi, semuanya menjadi lebih baik ketika Anda mencetak gol diawal kemudian mendapatkan gol kedua setelahnya,” ujarnya. (kompas.com)

Berlusconi

Terima Rp 38 M Tiap Bulan

SURABAYA, SURYA - Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, dilaporkan setuju membayar istri keduanya hampir US$ 4 juta (sekitar Rp 38 miliar) per bulan, sebagai bagian dari penyelesaikan gugatan cerai. Veronica Lario -yang memiliki tiga anak dengan Berlusconi- mengajukan gugatan cerai tiga tahun lalu karena Berlusconi ia anggap menjalin hubungan dengan wanita-wanita yang lebih muda. Lario, menurut kantor berita AFP, menggambarkan Berlusconi sebagai “naga yang dikelilingi para gadis”. Mantan aktris ini juga mengatakan tidak bisa meneruskan kehidupan dengan seseorang yang menjalin hubungan dengan “perempuan-perempuan di bawah umur”. Berdasarkan undang-undang di Italia, pasangan yang menikah harus menunggu selama tiga tahun sebelum gugatan cerai diputuskan. Lario adalah mantan aktris yang dinikahi Berlusconi selama lebih dari 22 tahun. Dia menggugat cerai Berlusconi yang berusia 76 pada 2009, yang disertai tuduhan bahwa Berlusconi telah berselingkuh dengan gadis berusia 17 tahun. Dia kemudian memberikan pernyataan kepada publik terkait hubungan suaminya itu dengan wanita lain, dengan mengirimkan surat terbuka kepada harian La Repubblica pada 2007. Dalam surat itu, ia juga meminta maaf kepada publik karena telah mencederai harga dirinya sebagai wanita. Lario menggugat cerai Berlusconi dua tahun kemudian, seraya mengatakan dirinya tidak lagi bisa bersama dengan pria yang sering berkencan dengan gadis belia, setelah laporan bahwa Berlusconi menghadiri seorang model Noemi Letizia yang berusia 18 tahun.

join facebook.com/suryaonline

Sejak itu Berlusoni berkali-kali mendapat tuduhan atas skandal seksual, yang terakhir adalah pesta seks “bunga bunga” di rumahnya di Milan dan dituduh membayar pelacur dengan harga mahal, sebuah tuduhan yang dibantah Berlusconi. Lario sebelumnya meminta tunjangan 3,5 juta euro per bulan, sementara Berlusconi mengatakan dirinya tidak akan mengeluarkan uang lebih dari 300.000 euro per bulan. Harian Corriere della Sera mengatakan kesepakatan itu tidak termasuk pemberian sebuah villa senilai 78 juta euro di dekat Brianza, utara Italia, yang merupakan tempat dia membesarkan ketiga anak mereka, demikian Reuters. Berupaya jadi PM lagi

Berlusconi yang dikenal sebagai pengusaha sukses sebelum terjun ke dunia politik, pertama kali bertemu Lario di ruang ganti gedung teater pada 1980. Surat kabar Italia, The Corriere della Sera, memberitakan vila milik keduanya di dekat Milan yang ditaksir bernilai sekitar US$100 juta tetap akan menjadi milik Berlusconi. Berlusconi yang berusia 76 tahun saat ini menjalin hubungan dengan Francesca Pascale, politisi yang berusia 27 tahun. Media di Italia memberitakan keduanya bertunangan pada pertengahan Desember. Berlusconi tengah Klik berupaya untuk kembali terpilih sebagai perdana menteri Italia.

follow @portalsurya


Surya Digitalpaper 31 Desember 2012Pagi