Page 1

E D I S I E - PA P E R

KAMIS LEGI, 11 Juli 2013

E D I S I N o . 0 3 7 / Ta h u n I

w w w. s u r a b a y a p a g i . c o m

5 Bulan tak Diberi Nafkah Batin oleh Fathanah

Sefti Minta Ruang

Bercinta di Rutan

S

udah lima bulan Sefti Sanustika ditinggal suaminya Ahmad Fathanah tidur sendiri di penjara. Tentu sebagai istri yang membutuhkan nafkah batin, hanya bisa merenung dengan pikiran melayang dengan kesan-kesan dan kehangatan di saat berduaan tempo hari.

Penderitaan batin yang sering datang, dan tak terperikan itulah membut istri terdakwa kasus suap impor daging sapi dan pencucian uang ini, mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menjenguk sang suami di Rutan KPK.

Hal.2

Arsenal Pernah Kalah dari Klub Lokal Surabaya Setelah mendapat tamu timnas Oranye dalam laga persahatan Internasional bulan lalu, Indonesia dalam waktu dekat akan disinggahi oleh dua tim papan atas liga Premier Inggris.

Hal.4

240 Anggota DPR Absen Rapat Paripurna Bahas 7 Agenda Penting

Makanan Khas Ramadhan Dari Berbagai Negara Tidak hanya Indonesia, negara-negara lainpun memiliki makhanan-makanan khas yang hanya tersedia di saat Ramadhan

Hal.3

P

erilaku anggota DPR RI tak berubah, justru menjadi-jadi. Contohnya, Kamis pagi tadi sekitar pukul 10,00 WIB dijadwalkan Rapat Paripurna membahas 7 agenda penting. Ehh‌ mereka banyak yang absent, tidak sedikit loh anggota dewa yang malas datang. Dari 560 anggota DPR yang tercatat, 240 orang tidak hadir.

Hal.2


Surabaya E D I S I E - PA P E R

UTAMA | 02

Sore

5 Bulan tak Diberi Nafkah Batin oleh Fathanah

Sefti Minta Ruang Bercinta di Rutan

D

isela-sela kunjungan itu, Sefti sempat dikabarkan meminta ruangan khusus untuk bercinta di Rutan KPK. Hal ini karenakan Sefti sudah lima bulan tidak menerima naftah batin atau nafkah biologis sejak Fathanah resmi ditahan tanggal 29 Januari 2013. Ketika dikonfirmasi hal itu, Sefti membantahnya. Namun dia tidak menolak jika KPK menyediakan

ruangan khusus tersebut bagi suami istri. Khususnya bagi tahanan yang ingin melakukan hubungan intim dengan pasangannya. "Tapi kalau disiapin senang juga. Kangen juga kan sudah lima bulan," kata Sefti sambil tersipu-sipu. Sejak suaminya, Ahmad Fathanah ditahan KPK, Sefti memang kerap bolakbalik ke KPK untuk menjenguk Fathanah. Pertemuan yang diakuinya tiap kali menjenguk Fathanah dirasa tak cukup karena dibatasi waktu. Sefti tiba pukul 09.55 WIB. Ia ditemani dua koleganya saat masuk ke lobi gedung untuk mengisi daftar jenguk. Ditanya soal aktivitasnya, Sefti sambil tersenyum mengaku sedang sibuk mengurusi anaknya, selain sibuk promosi single terbarunya yang berjudul PKS (Papa Kini Sendiri). Namun saat disinggung soal ibadah

puasa, Sefti justru murung. Ia sedih lantaran harus menjalani ibadah puasa tanpa sang suami tercinta. "Iya sedih. Biasanya ada, justru itu sedih banget," tuturnya seraya berjalan menuju rutan. Ia berharap KPK bisa mendengar dan ikut merasakan curahan hatinya tersebut. "Mudah-mudahan KPK memberikan kesempatan buat saya bisa buka puasa bersama," ujarnya.Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mahfudz Siddiq menyindir Sefti Sanustika, istri terdakwa kasus impor daging sapi Ahmad Fathanah. "Ada-ada saja, kalau begitu saya juga bisa dong buat lagu tandingannya 'Jika Mau Kau Ku Temani'" ucapnya.. Salah satu lagu Sefti berjudul Papa Kini Sendiri (PKS). Singkatan judul tersebut menyinggung PKS. Apalagi, dalam kasus yang sama, mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq terjerat. Anggota Majelis Syuro PKS Jazuli Juwaini memantau isi album tersebut. Jika merugikan, partai pimpinan Anis Matta itu bisa menempuh jalur hukum. "Setiap warga negara memiliki kebebasan untuk mengeksresikan dirinya lewat penampilan, lagu, statement dan lain-lain. Selama tidak menggangu pihak lain ya tidak masalah," imbuhnya.-me, yk

Masjid Kemayoran

Hadiah Hindia Belanda

240 Anggota DPR Absen

B

elum lagi nanti ketika dalam rapat itu, bisa-bisa dari 320 yang hadir nanti, sebagian tidur, cuek tidak menghiraukan bahasan rapat. ''Yang penting hadir, duduk bentar, lalu cabut, kan saya masih banyak acara,'' kata seorang anggota Dewan yang enggan disebut namanya. Sebelumnya, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR Rendy M Affandy Lamadjido (53) mengakui dirinya tertidur saat paripurna DPR Selasa kemarin. Namun Badan Kehormatan DPR seperti bergeming. "Banyak pertanyaan publik, kenapa BK itu diam saja saat ketahuan ada anggota DPR ketiduran pada sidang paripurna," kata aktivis peduli DPR yang juga Tim Investigasi Fitra Uchok Sky Khadafi, Rabu (10/7). Menurut Uchok, seharusnya BK DPR bergerak cepat. Minimal memanggil yang bersangkutan untuk memberikan teguran. "Ini sudah memalukan institusi DPR sendiri, masa sudah mendapat gaji dari anggaran negara kerja hanya molor doang, ini namanya memalukan buat kelembagaan DPR. Jadi, BK jangan mendiamkan persoalan ini, karena mengganggu etika DPR sendiri," desak Uchok. Ruang sidang itu bukan tempat tidur, tempat kebijakan untuk kemasyarakatan rakyat. "Sudah selayaknya BK memanggil anggota DPR tersebut demi untuk penegakan etika DPR sendiri," sindir Uchok. Dia juga berharap PDIP bisa bertindak lebih tegas. "Gara-gara kasus ini PDIP jadi bahan gunjingan tidak sedap, maka fraksi harus mengambil sikap tegas dalam kasus ini," katanya. Ketua FPDIP Puan Maharani merasa sudah cukup memberikan teguran ringan kepada Rendy. Hari Kamis ini pun, rapat paripurna yang digelar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, sedianya akan dimulai pukul 10.00 WIB. Namun rapat baru dimulai pukul 10.50 WIB karena menunggu kehadiran anggota DPR.

''Mudah-mudahan tak ada yang tertidur,'' kata seorang anggota Dewan. Seperti diketahui untuk memulai rapat paripurna, jumlah anggota DPR yang hadir harus lebih dari 280 orang, atau quorum. Nah, saat pukul 10.55 WIB, atau lima menit setelah bunyi bel tanda rapat dimulai berbunyi, tercatat 320 anggota DPR yang sudah menandatangani presensi. Detailnya Fraksi PD 101 anggota, Golkar 63, PDIP 53, PKS 27, PAN 24, PPP 19, PKB 11, Gerindra 14, Hanura 8. Itu berarti ada 240 anggota DPR yang tak hadir. Padahal, agenda paripurna hari ini cukup padat. Ada tujuh agenda strategis yang dibahas. Berikut tujuh agenda paripurna hari ini: 1. Laporan Komisi XI DPR RI mengenai hasil pembahasan : a. Calon Deputi Gubernur Bank Indonesia; b. Calon Anggota Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) Periode 2013-2016 dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan; 2. Laporan Komisi I mengenai hasil Pembahasan Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Periode 20132016, dilanjutkan dengan Pengambilan Keputusan; 3. Pembicaraan Tk.II/Pengambilan Keputusan terhadap RUU tentang Perubahan Atas UU No.23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan; 4. Pendapat Fraksi-fraksi dan Pengambilan Keputusan terhadap RUU Usul Inisiatif Komisi IV DPR RI tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan menjadi RUU DPR RI; 5. Pendapat Fraksi-fraksi dan Pengambilan Keputusan terhadap RUU Usul Inisiatif Baleg DPR RI tentang Advokat menjadi RUU DPR RI; 6. Pembicaraan Tk.II/Pengambilan Keputusan terhadap RUU tentang Pendidikan Kedokteran; 7. Pengesahan pembentukan Pansus RUU tentang Keuangan Negara. ***

S

urabaya (Surabaya Pagi) Salah satu tempat ibadah kamu muslimin di kota ini ialah Masjid Kemayoran. Konon, Masjid yang berada di Jl. Indrapura ini merupakan sebuah hadiah dari Pemerintahan Hinda Belanda pemeluk agama Islam di Surabaya pada masa Bupati Negeri Soerabaia adalah Tumenggung Kromojoyodirono (1772-1776). Bukti nyatanya terlihat dari tulisan jawa yang berada di bagian atap masjid selain pada sebuah prasasti. Pada awalnya memang masjid Kemayoran ini hanya digunakan sebagai tempat ibadah, lambat lain, berbagai bangunan dan lembaga pendukung enyertai perjalanan masjid ini sampai saat ini. Sebut saja sekolah Tamiriyah yang didirikan KH. Abdul Manab Murtadho sebagai ketua Ta`mir Masjid Kemayoran Surabaya. Terdapat juga komplek Tamiriya yakni lembaga pendidikan formal dengan jenjang pendidikan mulai Taman Kanak-Kanak (TKI), Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Tamiriyah. Selain itu, juga mengelola pendidikan non-formal yang telah berjalan dengan baik, seperti TPA, Jamiyah Tahsin Liqiro`atil Qur`an dan lembaga pendidikan Bahasa Arab.


Surabaya E D I S I E - PA P E R

lIFESTYLE | 03

Sore

F

lorida – Masih ingatkah kita dengan hobi kita waktu masih anak-anak? Hobi menadi disungai ternyata sungguh mengasyikkan. Namun bila melihat apa yang dialami oleh Andrew Hudson, kira-kira, apakah mandi di sungai akan tetap menjadi hobi yang mengasyikkan lagi? Diberitakan WFTV, pemuda berusia 17 tahun tahun tersebut bersama temannya asyik berenang di Little Big Econ State Forest Florida pada akhir pekan lalu. Saat berenang Hudson melihat sebuah “batang kayu” yang panjangnnya kurang lebih 10 kaki. Bermaksud menjauhkan balok tersebut, Hudson menendangnya. Namun, balok yang ditendangnya ternyata seekor buaya. Tak ayal, buaya itu berusaha menelan kepala Hudson dan merobek sisi kiri kepalanya. Beruntung Hudson bisa lepas dari maut. Namun Hudson mengalami pendarahan di kepalanya. Dia menggunakan celana pendek untuk menghentikan pendarahan. O'Shea berlari setengah mil ke kantor kehutanan dan melaporkan serangan buaya itu. "Dia menendang dan meninju buaya itu, keduanya, bergulat di bawah air.," kata Mark O'Shea, teman Hudson, menurut Associated Press. "Mereka menatapku seolah-olah aku orang gila. Aku sampai harus meyakinkan, 'Teman saya benar-benar digigit oleh buaya'," katanya, seperti dikutip Miami Herald. Hudson dilarikan ke rumah sakit tak lama setelah regu penolong datang. Ia menerima jahitan untuk beberapa luka di kepalanya. Apakah pembaca masih berani untuk mandi di Sungai di alam bebas?

MAKANAN KHAS RAMADHAN DARI BERBAGAI NEGARA

m

akanan khas tradisi ramadhan yang berupa kolak, negara-negara berikut juga memiliki tradisi-tradisi menyiapkan makanan khusus yang hanya dapat di temui saat bulan ramadhan.

Berikut ini beberapa sajian khas ramadhan dari berbagai dunia : 1. Arab Saudi, khususnya kota Makkah saat ramadhan tiba, warga Makkah berlomba menghidangkan 'Sambousek’, dengan bentuk yang menyerupai kue pastel namun dengan daging kambing sebagai isian. Hidangan ini biasanya dihidangkan dengan minuman kopi arab dan kurma segar. 2. Turki, ada yang mengatakan suasana ramadhan di Turki hampir sama dengan suasana di Indonesia, namun pasti berbeda dengan hidangannya. Warga Turki memiliki tradisi menyajikan makanan khas dengan sebutan 'iftariye' atau appetizer plater. Piring dengan sajian berupa kurma, buah zaitun, keju, pastirma, sujuk, roti pide serta kue-kue yang di sebut borek. 3. Lebanon, memiliki hidangan khas yang disebut Mezza. Sajian dengan bahan dasar daging yang dicampur dengan tomat dan sayuran. cara memakan hidangan ini dengan menggunakan tangan. 4. Mesir, Ramadhan di Mesir kurang lengkap jika tanpa Medames. Makanan yang berbahan dasar kacang dengan campuran berbagai macam rempah-rempah ini konon sudah ada sejak zaman Firaun. 5. Yordania, Yordania memiliki Mansaf sebagai makanan khas.Dalam setahun makanan ini hanya tersaji dua kali yaitu saat hari kemerdekaan dan saat Ramadhan. Makanan dengan daging domba berempah ini biasanya dihidangkan bersama dengan Qatayef, sejenis pancake dengan sirup madu.

Unik Dunia Strawberry Mirip Alat Kelamin Pria

K

ent – Memetik buah seharusnya untuk dimakan, tapi bila menjumpai bentuknya yang unik, akhirnya buah tersebut tak jadi dimakan. Hal inilah yang dihadapi oleh wanita asal Kent Inggris. Dia merasa menemukan buah yang unik dan m e m u r u s ka n m e ny i m p a n a ga r b i s a dipamerkan dalam acara amal. Ibu asal Darffort, Inggris ini, tergelitik saat tergilitik saat memetik stroberi di kebunnya. Lantaran bentuknya berbeda dan lebih menyerupai alat genital pria namun dalam ukuran kecil. Melihat keunikan stroberi ini, ia langsung saja mengambil kamera dan memfotonya. “Ketika saya melihatnya, saya langsung te r ke j u t . A sta ga Tu h a n . B e nt u k nya mengingatkan saya pada alat kelamin pria,” ujar Carole Collen, pada Daily Mail, Rabu, 10 Juli 2013. Dalam benaknya, Carole menduga stroberi tersebut dimakan siput hingga menyisakan stroberi dengan bentuk yang unik. Namun, setelah memeriksanya, ternyata stroberi tumbuh alami. Lantas, Corale membawa stroberi ke dalam rumah dan menunjukkan pada keluarganya. Sontak saja, keluarga Collen pun tak bisa berhenti tertawa melihat si stroberi 'Vulgar'. “Saya harus mengakuinya, stroberi ini tampak lebih kecil. Jika saja bisa tumbuh lebih besar, tentu ini lebih bagus,” cerita Collen. Carole Collen lantas memutuskan menyimpan buah ini untuk kemudian disumbangkan dalam acara amal kelak. Ia yakin, stroberi 'porno' bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Atur Aktivitas Seks Saat Berpuasa

M

enjalankan ibadah puasa bukan berarti Anda harus menghentikan aktivitas seks. Hubungan seks pada saat bulan Ramadhan bagi pasangan suami istri boleh-boleh saja, apabila dilakukan setelah berbuka puasa dan sebelum waktu imsak tiba. Percaya atau tidak, melakukan hubungan seks dengan pasangan pada bulan puasa bisa menghasilkan seks hebat karena Anda bersama pasangan telah menahannya sepanjang hari. Agar kehidupan seks Anda dan pasangan tetap sehat selama bulan puasa, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya :

memanfaatkan waktu untuk bisa bercinta, karena waktu untuk beraktivitas seks sangat terbatas. Lakukanlah seks kilat namun berkualitas sebelum sahur, karena biasanya istri membutuhkan waktu untuk menyiapkan santapan sahur.

Mengatur pola makan Nutrisi sangat penting untuk bisa menjaga stamina Anda, selama berpuasa dari pagi hingga sore hari. Perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, dan vitamin serta mineral agar stamina Anda tetap terjaga.

Lakukan 2 jam setelah buka puasa

Beristirahat yang cukup

Setelah tiba waktu berbuka, dan sudah memuaskan perut, salah satu diantara pasangan suami istri mungkin langung menginginkan melakukan hubungan intim. Namun, sebaiknya ditunda dahulu selama minimal 2 jam setelah berbuka puasa, kerena perut masih merasa kenyang dan organ-organ tubuh sedang bekerja mencerna makanan. Jika langsung melakukan hubungan intim, rasa sakit akan muncul pada perut sehingga tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Jika bekerja terlalu berat pada saat berpuasa sampai fisik Anda lelah maka hal tersebut bisa membuat acara ranjang malam batal karena Anda lebih menginginkan beristirahat. Oleh karena itu, beristirahatlah yang cukup serta hindari bekerja terlalu berlebihan pada saat berpuasa.

Lakukan sebelum sahur Pada bulan puasa, pasutri memang harus pandai

Nah pembaca setia, perlu diingat, bahwasannya ibadah puasa mengutamakan pengendalian diri. Namun berhubungan seks tidak dilarang selama dilakukan ketika tidak sedang berpuasa. So, jika ingin tetap melakukannya harus dengan kesepakatan dari kedua belah pihak ya? Selamat menunaikan ibadah puasa.


Surabaya E D I S I E - PA P E R

SPORTAINMENT | 04

Sore

Arsenal Pernah Kalah dari Klub Lokal Surabaya

Susunan Pemain: Niac Mitra : David Lee, Budi Aswin, Wayan Diana, Tommy Latuperissa, Yudi Suryata, Rudy Kelces, Rae Bawa/Yusul Male, Joko Malis, Hamid Asnan/Syamsul Arifin, Fandi Ahmad, Dullah Rahim/Yance Lilipaly Arsenal : Pat Jennings, Colin Hill/Stewart Robson, David O'Leary (Mantan Pelatih Leed United tahun 1998-2001), Chris Whyte/Lee Chapman, Kenny Samson, Brian Talbot, Alan Sunderland, Paul Davis, Brian McDermott, Raphael Meade/Terry Lee, Graham Rix.

S

etelah mendapat tamu timnas Oranye dalam laga persahatan Internasional bulan lalu, Indonesia dalam waktu dekat akan disinggahi oleh dua tim papan atas liga Premier Inggris. Kedua tim yang direncanakan datang ke Indonesia yakni Arsenal dan Chelsea. Bagi Chelsea, kedantangan kali ini merupakan yang pertama kali. Namun bagi Arsenal, merupakan yang kedua kali dalam sejarah klub. Indonesia beruntung menjadi negara pertama yang dipilih Arsenal untuk memulai tur musim mereka di Asia. Kedua kubu dijadwalkan akan bertanding pada Minggu (14/7) malam di SUGBK. Skuad Arsenal sendiri direncanakan akan mendarat di Jakarta pada Jumat (12/7) petang dan dua hari kemudian bakal meladeni timnas Indonesia yang dilatih Jacksen F Tiago.

Tekuk Arsenal 2 – 0 di Tambaksari Ada memori tersendiri antara Arsenal dan Indonesia,

terlebih publik Surabaya. Sepakbola Surabaya melalui Klub Niac Mitra pernah membekap Arsenal dengan skor 1-2 di Stadion Gelora 10 November, Tambaksari Surabaya. Di bulan Juni 1983, Arsenal melawat ke Indonesia. Reputasi klub elite London kala itu belum senyaring sekarang. Di Inggris saat itu adalah eranya Liverpool, Nottingham Forest atau Aston Villa, yang salah satu bintangnya kini menjadi pelatih nasional Indonesia. Kala itu, The Gunners, datang dengan diperkuat kiper legendaris Pat Jennings, dua pemain nasional Inggris Kenny Sansom, dan Graham Rix serta si legenda hidup David O'Leary, datang ke negeri khatulistiwa dengan tujuan utama berlibur ke Bali. Arsenal menang 3-0 atas PSMS Plus di Medan, 5-0 atas PSSI Selection di Senayan, namun yang terjadi kemudian, tepatnya pada 17 Juni 1983 saat lawan juara Galatama, Niac Mitra di Surabaya, sungguh membelalakkan mata. Arsenal kalah 0-2! Ini jauh lebih hebat dari Marzuki Nyak Mad cs. saat

menahan PSV dengan Eric Gerets dan Ruud Gullit-nya 33 di Senayan. Menurut media nasional waktu itu, banyak yang mencibir kekalahan Arsenal sengaja dibuat. Salah satunya lantaran mainnya jam 2 siang! Atau diusirnya Alan Sunderland oleh wasit Ruslan Hatta. Publik Stadion 10 Nopember menyebut dua pemain Singapura, kiper David Lee dan Fandi Ahmad, sebagai pahlawan kota pahlawan. Fandi, yang usai membela Niac Mitra ditransfer ke Groningen, membuat gol di menit 37, sebelum ditutup Joko Malis di menit 85. Jangan kan Persija yang kalah dari Persebaya di partai pamungkas Liga Indonesia belum lama ini, Inggris saja selalu menderita di Surabaya. November 1945, komandan perang Brigjen Mallaby tewas terbunuh oleh para pejuang dalam “Battle of Soerabaia”. Lalu Juni 1983 giliran Arsenal yang dibekap Niac Mitra. Sungguh sebuah prestasi yang tidak boleh disepelekan sekaligus membanggakan bagi Kota Pahlawan.

Sport Flashnews Everton Dapatkan Bintang Masa Depan Barca Setelah 48 jam penuh ketegangan dalam transfer calon bintang masa depan Blaugrana, Gerard Delafeu, ke Everton, Roberto Martinez memuji langkah klub dan menggambarkan penyerang muda Spanyol itu sebagai "berlian sejati". "Gerrard adalah berlian sejati dalam sepak bola Spanyol dan seorang dengan bakat sepak bola yang luar biasa," kata Martinez kepada Daily Mail, Rabu, 10 Juli 2013. "Saya senang ia telah mengambil langkah berikut dalam kariernya dengan Everton." Deulofeu adalah salah satu prospek tercerah akademi Barcelona. Penyerang 19 tahun ini semakin menunjukkan kualitasnya saat membela Spanyol U-20 di Piala Dunia U-20, Turki. Kendati Spanyol harus takluk dari Uruguay di perempat final, Deulofeu jadi salah satu nama yang paling sering dibincangkan pemandu bakat klub-klub seantero Eropa. Barcelona berkali-kelai menyatakan tidak akan menjual Deulofeu.

Tur Pramusim MU tak diperkuat Enam Pilar Manchester - Kekuatan Manchester United dipastikan pincang saat menjalani tur ke Thailand dan Australia. Enam pemain pilar Setan Merah absen akibat cedera. Tak ayal, pemggemar United di kedua negara tersebut tak bisa melihat aksi bintang idolanya dari dekat. Demikian dilansir Sky Sports, para pemain United yang dipastikan tidak ikut antara lain Chris Smalling, Ashley Young, dan Luis Nani yang akan absen saat MU menjalani pertandingan persahabatan di Thailand. Selain ketiganya, United juga tidak membawa Robin van Persie dan David de Gea ke Thailand. Pelatih anyar Setan Merah, David Moyes memberikan kedua pemainnya waktu istirahat lebih banyak. Satu pemain lagi yang bakal absen, yakni Nemanja Vidic. Sang kapten bakal absen saat United menjalani laga uji coba di Thailand dan Australia.

Sisi lain Dibalik Tranfers Neymar

B

Santos Cuma Kebagian €9 Juta Dari €57

eginilah sisi lain dunia transfer dalam sepakbola. Klub yang menjual bintangnya, tak serta merta akan mendapatkan segepok uang. Walau besarnya terbilang WOW.. terkadang klub kecil atau dari liga minor hanya kecipratan sepersekian dari biaya tranfers. Hal ini yang dirasakan klub Brazil Santos. Setelah menjual Neymar seharga €57 juta dan merupakan salah satu transfer tertinggi di 2013 dari total pengeluaran yang telah dikonfirmasi Barcelona, Klub Brazil tersebut hanya menerima bayaran sebesar €9 juta saja dari Barcelona. Reporter Radio Globo membocorkan rahasia dari pertemuan dewan Santos, yang memberi pencerahan baru mengenai detail kesepakatan melalui dokumen yang tersebar pada Rabu (10/7). Berdasarkan dokumen, Barca membayar €17,1 juta untuk kepemilikan Neymar secara penuh, meski kenyataannya hanya €9,35 juta diberikan kepada klub

Brasileirao sementara dua perusahaan yang berbagi kepemilikannya - Grup Reisa dan DIS - mendapat bagian 45 persen lainnya. Laporan tersebut juga mengklaim sisa €40 juta dibayar untuk komisi kepada pihak lain, termasuk ayah Neymar, karena klub Camp Nou harus menghadapi persaingan sengit seperti Real Madrid, Chelsea dan Manchester City. Dalam dokumen juga menunjukkan ayah Neymar menginginkan puteranya meninggalkan Brasil jelang Piala Dunia karena dia tak ingin pemain berambut mohawk menjadi "pahlawan atau musuh" di turnamen empat tahunan yang akan digelar di Amerika Selatan musim panas tahun depan. Santos mungkin menerima keuntungan lebih dari pertandingan persahabatan yang sudah disepakati kedua pihak, pertama digelar pada 2 Agustus di Spanyol dan target yang diraih sang penyerang yang dimuat dalam kontrak.

Surabaya Sore - 11 Juli 2013  

Surabaya Sore - 11 Juli 2013

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you