Page 7

6

SRIWIJAYA POST Jumat, 5 Juni 2009

60 Merek Obat Tradisional Dilarang ■ ■ Mengandung Bahan Kimia Obat

SERAMBI/M ANSHAR

DITERPA ANGIN KENCANG — Warga memperbaiki sebuah rumah yang rusak akibat diterjang angin kencang disertai hujan yang melanda Desa Tajantang, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar, Kamis (4/6). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Sedikitnya empat rumah warga setempat mengalami kerusakan pada bagian atap.

Dua Spekulasi Jatuhnya Air France MUNCUL berbagai macam spekulasi mengenai hilangnya pesawat Air France. Masyarakat Perancis sendiri masih berduka atas tragedi terburuk itu. Berikut laporan Dini Kusmana Massabuau, penulis Citizen Journalism Tribun Kaltim dari Perancis. BERITA terakhir menyebutkan, ada bocoran dari salah satu tim penyelidik yang menyatakan bahwa kecelakaan yang menimpa pesawat Air France, terjadi karena dua hal. Pertama, pesawat nahas diduga terbang dengan kecepatan yang salah. Kedua, akibat runtutan peristiwa alam yaitu kisaran angin dan petir yang sangat berbahaya hingga pesawat tak

terkendali. Perkiraan atau spekulasi itu diperoleh setelah ada pesan terakhir dari pilot, empat menit sebelum menghilang dari radar antara pukul 23.1023.14 waktu setempat (04.10- 04.14 waktu Prancis). Pesan pertama yang disampaikan pilot adalah pesawat sedang melintasi kawasan badai dengan petir yang menyambar tajam. Saat itu kecepatan angin 160 Km/h. Pukul 23.10 muncul masalah, terputusnya signal pilot otomatik. Sampai saat ini belum diketahui apakah terputusnya signal tersebut dilakukan oleh pilot atau karena security system yang memutus secara otomatis karena

adanya kerusakan pada bagian pesawat. Menurut analisa seorang pilot, bila saat itu pilot AF 447 memilih mengemudikan pesawat secara manual untuk menghindari kisaran angin, rasanya sangat sulit dilakukan. Pukul 23.12 Adiru (air data inertial reference unit) dan ISIS (intergrated standby intruments system) menerima pesan yang menyatakan pesawat mengalami kerusakan serius pada dua bagian utama. Pukul 23.13 pilot mengirimkan pesan adanya kerusakan listrik pada sistim komputer utama. Pukul 23.14 pesan terakhir menyatakan, cabine dalam kecepatan vertikal. (TK)

2010, Gaji Guru Naik 50 Persen JAKARTA, SRIPO —Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa gaji pendidik, guru, dan dosen akan mengalami kenaikan hingga lebih dari 50 persen pada 2010. “Dengan adanya kenaikan anggaran pendidikan menjadi minimal 20 persen dari belanja negara, yang mendapat cukup banyak adalah para pendidik, guru, dan dosen,” kata Menkeu di Gedung DPR Jakarta, Rabu (3/6). Menkeu menyebutkan, kenaikan gaji PNS dan anggota TNI/Polri pada 2010 hanya akan mencapai 15 persen, itu pun

termasuk uang lauk pauk. “Khusus untuk pendidik, guru, dan dosen, kenaikannya akan lebih dari 50 persen dan akan dihitung berdasarkan golongannya,” katanya. Menurut Menkeu, yang juga agak aneh adalah bahwa pemerintah melalui APBN juga harus membayar tunjangan profesi kepada pendidik, guru, dan dosen swasta. “APBN juga harus membayar tunjangan profesi guru dan dosen non-PNS asal mereka bersertifikat. Ini mengikuti ketentuan UU tentang pendidikan,” katanya. (ant)

JAKARTA, SRIPO — Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) kembali memberikan public warning atau peringatan kepada masyarakat terkait masih maraknya obat tradisional dan suplemen makanan yang mengandung bahan kimia obat (BKO). Sebanyak 60 merek obat tradisional atau jamu dan suplemen makanan dilarang beredar. Jamu dan suplemen tersebut ditarik peredarannya karena mengandung zatzat kimia, yaitu sibutramin hidroklorida, sildenafil sitrat, tadalafil, deksametason, fenilbutason, asam mefenamat, metapiron dan parasetamol. “Berdasarkan hasil pengawasan, sampling

dan pengujian laboraturium sejak Juni 2008 hingga Mei 2009, BPOM memerintahkan menarik peredaran produk obat tradisional dan suplemen makanan itu,” kata Ketua BPOM Huzniah Rubiana Thamrin Akib di Jakarta, Kamis (4/6). Ini adalah pengumuman kedua pada 2009, setelah beberapa waktu BPOM juga melarang puluhan obat tradisional dan suplemen lainnya beredar di pasar. Dari daftar jamu dan suplemen tersebut, sebanyak 24 item merek izin edarnya kini dibatalkan, 30 item merek bahkan menggunakan izin edar palsu atau fiktif, sedangkan enam merek tidak masuk dalam daftar BPOM.

Setiap tahunnya, BPOM melakukan penelitian terhadap 7.000 merek obat dan suplemen makanan di 14 kota di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. Ke-60 merek ini tidak lolos setelah terbukti mengandung BKO melebihi takaran. Dijelaskan, enam merek jamu pelangsing dilarang karena mengandung BKO sibutramin hidroklorida. Zat ini, kata Husniah, dapat meningkatkan tekanan darah tinggi, denyut jantung meningkat, sulit tidur, kejang, penglihatan kabur dan gangguan ginjal. “Kalau diminum langsung langsing, orang menganggapnya manjur, padahal itu karena efek kimia berlangsung. Bila

digunakan berkali-kali maka bisa mengganggu kesehatan,” tandasnya. Ke enam jamu tersebut adalah Qianjiali Kapsul Pelangsing, Lasmi Kapsul, Sera Kapsul, Sulami Kapsul, Li Da Dai Dai Hua Jiao Kapsul, dan New Pro Slim Kapsul. Sementara obat kuat yang dilarang beredar ada sembilan item merek. “Untuk obat kuat ini mengandung tadalafil, sildenafil sitrat, fenilbutason dan parasetamol yang bisa menyebabkan dada nyeri, jantung berdebar, anemia, hepatitis, gangguan ginjal, kerusakan hati dan kematian,” tegasnya. Sedangkan 45 merek jamu dan suplemen lainnya yang juga dilarang beredar adalah obat sakit biasa seperti sakit kepala, flu dan lain-lain. (PersdaNetwork/ewa)

Merek-merek Obat yang Dilarang A. Obat Pelangsing 1. Qianjiali Kapsul Pelangsing. 2. Lasmi Kapsul. 3. Sera Kapsul. 4. Sulami Kapsul. 5. Li Da Dai Dai Hua Jiao Kapsul. 6. New Pro Slim Kapsul. B. Penambah Stamina Pria 1. New Idola Kapsul. 2. Ratax Kapsul. 3. Sahe Hiki Kapsul. 4. King Cobra 10X Lebih Kuat Serbuk. 5. Suwe-Xi kapsul. 6. Tang Pe Fu Serbuk. 7. Purwoceng Serbuk. 8. Tangkur Buaya Super Kapsul. 9. World Quick Strong Kapsul. C. Obat Tradisional Lain 1. Yin Chiao Tablet. 2. Zhongganling Pian Tablet. 3. Zhong Gan Ling Pian Tablet. 4. Wan Tong Pegal Linu Kapsul. 5. Wan Tong Pegal Linu Rheumatik. 6. Pegal Linu Cap Putri Sakti Cairan Obat Dalam. 7. Salurat Putri Sakti Cairan Obat Dalam. 8. Jaya Asli Anrat Serbuk. 9.Akar Dewi Putri Multi Khasiat Serbuk. 10. Pamong Raga Pegel Linu Serbuk. 11. Pegal Linu Kalimajaya Serbuk. 12. Pegalinu No.2 Serbuk. 13. Randa Linu (Asam Urat) Serbuk. 14. Sari Buana Serbuk.

15. 16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30. 31. 32. 33. 34. 35. 36. 37. 38. 39. 40. 41. 42. 43. 44. 45.

Turrat Serbuk. Darah Tinggi Serbuk. Gatal Eksim Serbuk. Sehat Boyok Sakit Pinggang Serbuk. Sekalor Serbuk. Untabat (Batuk Pilek) Serbuk. Arum Jaya Gemuk Sehat Serbuk. Asam Urat Akar Dewi Putri Serbuk. Asam Urat cap Unta Kapsul. Asam Urat, Flu Tulang & Pengapuran Buah Merah Serbuk. Asam Urat Nyeri Tulang Tjap Dua Daun Serbuk. Asam Urat Rheumatik Akar Sirih Serbuk. Brantas, Obat Asam Urat Rheumatik, Nyeri Tulang Kapsul. Buah Naga, Asam Urat dan Nyeri Tulang Kapsul. Daun Dewa Kapsul. Dewi Bulan Capsul Sakit Gigi & Sakit Kepala Cekot-cekot Kapsul. Dua Walet Amrat Serbuk. Gemuk Sehat/Ideal Tirta Sehat Serbuk. Gemuk Sehat PJS Serbuk. Gemuk Sehat SP Serbuk. Kembang Wijaya Serbuk. Kencing Manis Serbuk. Kuat Sehat Cap Kuda Liar Serbuk. New Singa Majapahit Serbuk. Pasti Joss Tablet. Ramuan Tradisional Remagel Serbuk. Ramuan Tradisional Sarang Semut plus Sirih Merah Tablet. Samurat Extra Serbuk. Simakit Serbuk. Temu Ginseng Plus Buah Merah Kapsul. Walet Kembar Asam Urat Serbuk.

Sriwijaya Post Edisi Jumat 05 Juni 2009  

Sriwijaya Post Edisi Cetak

Sriwijaya Post Edisi Jumat 05 Juni 2009  

Sriwijaya Post Edisi Cetak

Advertisement