Issuu on Google+

Pada tanggal 27 April 2012, Departemen Teknik Elektro Universitas Indonesia bersama dengan Inutec Solarzentrum, Jerman telah melakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama. Acara bersejarah ini diselenggarakan di ruang pertemuan Lobo, di hotel Ritz Carlton di jantung kota Jakarta. Acara mewah ini dihadiri banyak wartawan dan pihak terkait lainnya.

Bersamaan dengan seremonial tersebut, digelar pula jumpa pers yang hangat. Berikut press release yang telah dibagikan pada hari permulaan SolarAcademia tersebut. Harapannya, semoga kerja sama ini dapat disambut baik oleh banyak pihak, sehingga dapat mempercepat adopsi teknologi Panel Surya yang ramah lingkungan ini di Indonesia, negara yang mendapat curahan energi matahari sepanjang tahun.

PRESS RELEASE Penandatangan Letter of Agreement (LoA) antara Departemen Teknik Elektro FTUI dan Inutec Solarzentrum GmbH merupakan langkah awal yang sangat baik dalam upaya meningkatkan kerjasama antar dua institusi Pendidikan / universitas Indonesia yang diwakili oleh Ir. Muhammas Asvial PhD selaku ketua departemen dan pihak industry yaitu Mr. Alexander Kaub selaku CEO dari inutec German. Kerjasama ini dapat semakin besar, karena bukan saja melibatkan dua institusi tetapi juga melibatkan dua Negara. Salah satu riset unggulan dalam roadmap Fakultas Teknik dimana Departemen Teknik Elektro ada di dalamnya, adalah penelitia dalan bidang energy terbarukan, yang mencakup aspek teknologi (pembangkitan, konversi dan kontrol) dan lingkungan. Demikian juga dengan inutec,


perusahaan yang mempunyai komitmen dalam aplikasi dan pengembangan bisnis energy matahari yaitu solar cell dan solar thermal. Simbioasis dari kedua institusi ini diharapkan mampu mendorong penggunaan energy terbarukan yang semakin luas di masyarakat. Hal ini juga sesuai dengan dorongan pemerintah unutk menaikkan kontribusi energy terbarukan dalam kebijakan energy mix di Indonesia. Beberapa program yang akan digulirkan pasca penandatangan LoA ini adalah seminar sehari bertema solar sel dan energy terbarukan di Jerman, pola pentarifan dan komparisasi tehnologi terbarukan vs nuklir. Dilanjutkan dengan workshop instalasi solar modul dimana peralatan system energy matahari tersebut merupakan hibah inutec kepada UI. Kemudian dilanjutkan dengan pendirian Solar-academy yang pertama di Asia Tenggara, yang bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang mahir dari aspek keteknikan, finansial dan aspek hukum. Sehingga diharapkan sdm-sdm tersebut mampu mengoptimalkan potensi energy matahari yang melimpah di negri ini untuk kemudian menjadi alternatif solusi dalam menjawab krisis energy yang terjadi saat ini dan yang akan dating.

http://www.alexanderkaub.com/ http://www.facebook.com/AlexanderKaub1 https://plus.google.com/u/0/109183053962166500837/ https://twitter.com/#!/AlexanderKaub http://www.youtube.com/user/AlexanderKaub1


Pendandatanganan Kerja Sama