Issuu on Google+

Summary Chapter 3 - Technology and Infrastructure of e-Business Siti Robiatul Adawiyah Khoirunnisa - 1401082485 / SI-MN 08 PAY Prasarana E-commerce : Internet, Web dan Mobile Platform Internet : Latar belakang teknologi Secara singkatnya internet adalah ribuan jaringan yang saling berhubungan, biasa digunakan untuk hubungan bisnis, lembaga pendidikan, pemerintahan dan juga untuk penggunaan secara pribadi. World Wide Web (Web) Adalah salah satu jasa dari internet yang paling popular yang menyediakan akses untuk miliaran, mungkin trilyun, dari halaman web. Evolusi internet 1961 – hingga kini 1. Tahap inovasi, 1964 – 1974 Penciptaan dasar bangunan. 2. Tahap pelembagaan, 1975 – 1995 Lembaga-lembaga besar menyediakan pendanaan dan legitimasi. 3. Tahap komersialisasi, 1995 – hingga kini Perusahaan swasta mengambil alih, memperluasa layanan internet inti dan layanan lokal. Internet : Konsep kunci teknologi Yang didefinisikan oleh jaringan komisi federal sebagaimana jaringan yang : Menggunakan IP address, mendukung TCP/IP, menyediakan layanan untuk pengguna dengan cara yang mirip dengan sistem telepon. Terdapat tiga konsep penting, diantaranya : 1. Paket switching (sambungan) Potongan pesan digital ke dalam paket. Mengirimkan paket di sepanjang jalur komunikasi yang berbeda. Akan menyatu kembali ketika sampai di tujuan,.


Dalam router pengguna/user tujuan khususnya adalah komputer yang saling berhubungan antara komputer jaringan yang membuat internet dan rute paket serta peta algoritma memastikan paket akan mengambil jalan yang terbaik yang ke arah tujuan mereka, router user tidak mahal, lebih murah dari circuit switching. 2. Komunikasi protokol TCP/IP Transmission Control Protocol atau TCP menetapkan koneksi antara pengirim dan penerima web di computer, menangani paket pada saat transmisi dan perakitan ulang di penerimaan akhir. Sedangkan Internet Protocol atau IP menyediakan skema pada alamat Internet. Empat lapisan TCP/IP : Lapisan jaringan antarmuka, Lapisan internet, Lapisan transportasi dan Lapisan aplikasi. Internet IP address antara lain IPv4, terdiri dari 32 bit nomor, empat rangkaian angka ditandai oleh periode, hanya mampu menangani 4 milyar alamat, dan IPv6 yang terdiri dari 128 alamat bit, mampu menangani hingga 1 kuadriliun alamat. Pengertian alamat Domain, DNS, dan URL, alamat domain IP addressnya dinyatakan dalam bahasa alami/biasa contoh: www.binus.ac.id, Domain name system (DNS) menggunakan alamat ip numeric, dan Uniform resource locator (URL) menggunakan alamat web browser untuk mengidentifikasi lokasi, contoh : http://binus.ac.id/contact-us/ 3. Komputer user/server Merupakan jaringan komputer pribadi yang bertenaga, pengguna akan terhubung dalam satu jaringan atau lebih dalam sebuah server, server melakukan fungsi umum untuk klien seperti menyimpan file, aplikasi software, mengakses mesin printer dan lain-lain.


Klien terbaru Berkembangnya mobile platform Dalam beberapa tahun ini mobile platform menjadi wadah utama untuk mengakses internet , diantaranya : Tablet yang mengambil alih penjualan netbook, dan Smartphone yang juga mengganggu penggunaan dan penjualan processors dan operating systems. Cloud Computing Adalah pemanfaatan teknologi komputer berbasis internet yang biasanya diwujudkan dalam bentuk layanan yang dapat diakses melalui internet, perusahaan dan individu gratis menggunakan jasa layanan tersebut, contoh : Google Apps. Cloud computing merupakan bentuk berkembang cepat dari komputer, mampu mengurani biaya seperti membangun dan mengoperasikan situs web, infrastruktur, pekerja IT, hardware dan software. Protokol internet lain dan utility program Contoh protokol internet antara lain : HTTP, E-mail: SMTP, POP3, IMAP, FTP, Telnet dan SSL. Contoh utility program antara lain : Ping dan Tracert. Internet hari ini Pertumbuhan internet telah mengalami kemajuan pesat tanpa gangguan, antara lain karena : model komputer client/server, hourglass atau arsitektur berlapis seperti jaringan teknologi substrat, jasa transportasi dan standar representasi, layanan middleware dan aplikasi. Arsitektur jaringan internet Antara lain : Backbone, backbone merupakan jaringan kabel serat optik berbandwidth tinggi, jaringan pribadi yang dimiliki oleh berbagai NSP, bandwidth: 155 Mbps–2.5 Gbps dan memiliki built-in berlebih. IXP (Internet Exchange Point) adalah sebuah titik pertukaran Internet (IX atau IXP) merupakan infrastruktur fisik melalui dimana penyedia layanan Internet (ISP)


pertukaran lalu lintas Internet antara jaringan mereka (sistem otonomi). Dan Hub di mana backbone bersinggungan dengan jaringan regional dan local. CAN merupakan LAN yang beroperasi dalam satu organisasi yang menyewakan akses internet langsung dari operator regional atau nasional. Internet Service Providers (ISPs) Memberikan tingkat terendah pelayanan kepada individu, usaha kecil, dan beberapa institusi lembaga, tipe pelayanannya adalah : 1. Narrowband (dial-up) 2. Broadband : -

Digital Subscriber Line (DSL) atau perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon.

-

Kabel modem.

-

T1 dan T3.

-

Satelit.

Intranet dan Extranet Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Ekstranet jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lainlain. dibuat ketika perusahaan mengizinkan orang luar untuk mengakses jaringan TCP / IP internal mereka. Siapa yang mengatur internet? Organisasi yang memantau Internet dan memantau operasinya meliputi : Internet Architecture Board (IAB), Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), Internet Engineering Steering Group (IESG), Internet Engineering Task Force


(IETF), Internet Society (ISOC), World Wide Web Consortium (W3C), International Telecommunications Union (ITU) Internet II : Infrastruktur masa depan Ada beberapa keterbatasan Internet saat ini, diantaranya : -

Terbatasnya bandwidth.

-

Terbatasnya kualitas pelayanan : Latency (salah satu hal yang mengukur performa di dalam jaringan), “usaha terbaik” QOS.

-

Terbatasnya arsitektur jaringan.

-

Terbatasnya berkembangan bahasa HTML

-

Terbatasnya internet kabel.

Internet II yang lebih luas, teknologi lingkungan : mil pertama dan mil terkahir Prakarsa GENI diusulkan oleh NSF untuk mengembangkan fungsionalitas inti baru untuk Internet. Yang lebih terlihat adalah inisiatif pribadi seperti jaringan fiber optic dan jaringan internet tanpa kabel. Fiber optic dan bandwith terkenal di mil pertama “Mil pertama” : layanan backbone internet adalah yang membawa layanan masal jarak jauh, jalur transmisi yang lebih tua digantikan dengan kabel serat optic, sebagian besar kabel serat optik diletakkan di Amerika Serikat adalah "gelap", tetapi merupakan jalan raya digital yang luas yang dapat dimanfaatkan di masa depan, perbaikan teknologi juga telah memperluas kapasitas garis fiber yang ada, Mil terkahir : Akses Mobile Internet nirkabel “Mil terakhir” : Dari backbone internet ke user komputer, smartphone, PDA, dll. Dua tipe dasar yang berbeda dari akses Internet nirkabel : 1. Berbasis telepon ( ponsel, smartphone). 2. Berbasis jaringan computer.


Akses Internet telepon berbasis nirkabel Kompetisi standar 3G antara lain seperti GSM, digunakan diseluruh dunia, contohnya AT&T dan T-Mobile. Sedangkan CDMA, hanya digunakan di area tertentu (local) contohnya Verizon dan Sprint. Sejarah evolusi jaringan selular : 1. Jaringan selular 2G : relatif lambat, circuit-switched. 2. Jaringan selular 3G : generasi berikutnya, packet-switched. 3. 3.5 G (3G+). 4. 4G (wiMax, LTE). Teknologi jaringan akses internet nirkabel Contohnya seperti : 1. Wi-Fi : Kecepatan tinggi, LAN nirkabel broadband tetap (WLAN). 2. WiMax : Kecepatan tinggi,jangkaun broadband menengah, jaringan area metropolitan nirkabel. 3. Bluetooth : Lambat, koneksi jarak dekat. 4. Ultra Wideband (UWB) : Daya rendah, jaringan bandwidth tinggi jarak pendek. 5. Zigbee : Jarak pendek, teknologi jaringan nirkabel daya rendah, untuk mengendali perangkat digital dari jarak jauh. Manfaat Teknologi Internet II Manfaat IP multicasting antara lain memungkinkan pengiriman data yang efisien ke banyak lokasi di dalam sebuah jaringan. Solusi Latency, diffserv (differentiated quality of service) kualitas dibedakan dari layanan, memberikan berbagai tingkat prioritas untuk paket tergantung pada jenis data yang dikirim. Tingkat layanan yang terjamin dan tingkat kesalahan yang lebih rendah, Kemampuan untuk membeli hak untuk memindahkan data melalui jaringan dengan kecepatan dijamin sebagai imbalan atas biaya yang lebih tinggi. Dan yang terakhir adalah penurunan biaya.


Hypertext Hypertext adalah text yang berhubungan dengan dokumen lain atau informasi lain. Teks diformat dengan link yang terdaftar, Link menghubungkan dokumen satu dan lainnya seperti suara, video, atau file animasi. Menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dan URL untuk menemukan sumber di Web, contoh : http://www.megacorp.com/content/features/082602.html. Markup Language Perkembangan markup language : 1. Generalized Markup Language (GML) tahun 1960-an. 2. Standard Generalized Markup Language (SGML) GML variasi, tahun 1986. 3. Hypertext Markup Language (HTML) Telah ditentukan ketetapan markup "tag" yang digunakan untuk memformat teks, Kontrol tampilan dan nuansa halaman Web. HTML5 versi terbaru. 4. eXtensible Markup Language (XML) Dirancang untuk menggambarkan data dan informasi. Menggunakan tag yang didefinisikan oleh user. Web Browser Tujuan utamanya untuk menampilkan halaman Web, Internet Explorer dan Firefox mendominasi pasar web browser, contoh browser lainnya antara lain : Google Chrome, Apple Safari dan Opera. Fitur Internet dan Web Dasar fitur Internet dan Web E-commerce yang dibangun meliputi : 1. E-mail Sebagian besar aplikasi yang digunakan dari Internet, menggunakan serangkaian protokol untuk mentransfer pesan dengan teks dan lampiran (gambar, suara, klip video, dll), dari satu pengguna internet dan pengguna yang lain. 2. Instant messaging


Menampilkan kata yang diketik pada komputer dengan seketika, dan penerima kemudian dapat segera merespon. 3. Search engine Mengidentifikasi halaman Web yang sesuai dengan query yang didasarkan pada satu teknik atau lebih. Indeks kata kunci, peringkat halaman, juga berfungsi sebagai, alat untuk berbelanja, media advertising (untuk mesin pencari pemasaran). Sebagai alat dalam situs e-commerce, bukan untuk email, yang paling sering adalah sebagai aktivitas berinternet saja. 4. Agen cerdas (bot) Program perangkat lunak yang mengumpulkan atau menyaring informasi mengenai topik tertentu dan kemudian memberikan daftar hasil seperti bot cari, bot belanja, monitoring web bot, bot monitoring dan chatter bot. 5. Forum online dan chatting Forum online alias message board, bulletin board, discussion board, discussion

group

atau

forum

board.

Adalah

aplikasi

Web

yang

memungkinkan pengguna internet, untuk berkomunikasi satu sama lain, meskipun tidak secara real time, anggota mengunjungi forum online untuk memeriksa pesan baru. Online chat mirip dengan instant messaging, tapi hanya untuk beberapa pengguna, biasanya user login ke chat room. 6. Streaming media Memungkinkan user menikmati musik, video, dan file besar lainnya secara streaming, memungkinkan user untuk mulai memutar file media sebelum berkas didownload sebelumnya. 7. Cookies File teks kecil yang disimpan oleh situs web pada komputer user untuk menyimpan informasi tentang user, diakses ketika situs user mengunjungi web berikutnya. Membantu mempersonalisasikan situs web, namun kerap menimbulkan ancaman privasi.


Fitur dan Layanan Web 2.0 1. Layanan jejaring sosial, layanan yang mendukung komunikasi antar jaringan teman-teman dan rekan-rekan. 2. Blogs, halaman web pribadi, Really Simple Syndication (RSS) adalah program yang memungkinkan pengguna untuk memiliki konten digital secara otomatis dikirim ke komputer mereka melalui Internet. 3. Podcasting, adalah audio presentasi yang disimpan sebagai file audio dan tersedia untuk di download dari langsung dari web. 4. Wikis, memudahkan pengguna untuk menambahkan dan mengedit konten pada halaman web. 5. Layanan musik dan video, menyaksikan video secara online, dan sesuai dengan video pencarian kita. 6. Telepon internet, Voice Over Internet Protocol (VOIP) mengirimkan komunikasi suara dengan menggunakan internet. 7. Televisi internet (IPTV). 8. Konferensi melalui video dan layanan teleconference. 9. Software online dan layanan web, aplikasi web, widgets, dan gadget.


Summary chapter 3 technology and infrastructure of e business siti robiatul adawiyah khoirunnisa 140