Issuu on Google+

Kunjungan Industri SMKN1 DepokYogykarta-Bali20-28 April 2014 Laporan Kujungan IndustriYogyakarta-Bali

Di Susun oleh: Siti Mashruroh XRPL2


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala anugerah- Nya yang telah dilimpahkan kepada penyusun, sehingga penyusun mampu menyelesaikan penyusunan laporan ini dengan lancar dan baik.Makalah ini di susun dalam rangka memenuhi tugas dari guru pembimbing. Penyusun sepenuhnya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, serta masih banyak kekeliruan dan kesalahan. Oleh karena itu dengan tulus hati serta penuh pengharapan penulis senantiasa mengharapkan saran dan kritik dari pihak manapun juga demi kesempurnaan penyusun lebih lanjut.Semoga tulisan yang sederhana yang disertai keterbatasan penulis, bermakna bagi pembaca demi tugas pelayanan terhadap sesama di dalam segala bentuk kehidupan, karena kita makhluk yang saling melengkapi dan membutuhkan.

1


Daftar isi Bab I Pendahuluan……………………………………………………. 4 1.1

latar belakang…………………………………………………... 4

1.2

Tujuan kunjungan industry………………………………….. 4

1.3

waktu dan tempat pelaksanaan…………………………….. 4

Bab II Pembahasan………………………………………………................... 5 2.1

Kunjungan industry pertama di AKRB YOGYAKARTA... 5

2.1A

KEUNGGULAN AKRB ……………………………………..… 5

2.1B

PROGRAM STUDI AKRB…………………………………... 6

2.2

Kunjungan industri kedua di SMKN 3 NEGARA BALI…. 6

2.2A

fasilitas di SMKN 3 Negara……………………………...…... 7

Bab III Penutup……………………………………………………….. 8 3.1

Kesimpulan……………………………………………….…... 8

3.2

Saran………………………………………………………...… 8

3.3

lampiran…………………………………………….……….... 8 2


BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG Kunjungan industri ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan dan untuk menjadi ajang pendorong motivasi bagi siswa agar lebih bisa meningkatkan prestasi belajarnya. Kunjungan industry ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan motivasi sekaligus pengetahuan siswa. Kegiatan seperti ini patut menjadi contoh bagi kalangan siswa dan guru-guru yang lainnya. Agar para siswanya memperoleh pengetahuan yang lebih dan mempunyai motivasi untuk belajar dan bekerja dengan semaksimal mungkin dan agar mempunyai inspirasi untuk kehidupan yang akan datang.

1.2 Tujuan kunjungan industry Maksud dan tujuan dilaksanakannya kunjungan industry adalah:  meningkatkan pemahaman siswa tentang teknologi  menambah pengetahuan dan wawasan tentang dunia kerja di bidang ilmu teknologi dan informasi  menambah keberanian siwa dalam menyampaikan ide  memberikan pengalaman baru yang dapat menunjang proses belajar mengajar siswa

1.3waktu dan tempat pelaksanaan kunjungan industry ini di laksanakan pada 20-28 April 2014 yang bertujuan Yogyakarta Bali kunjungan industry pertama 21 April 2014: AKRB Yogyakarta Jln.Rig Road Utara Yogyakarta Kampus STMIK AMIKOM Kunjungan industry kedua 23 April 2014 : PEMKAB Jembrana,SMKN 3 Negara 3


BAB II PEMBAHASAN 2.1Kunjungan industry pertama di AKRB YOGYAKARTA (pada hari senin tanggal 21 april 2014) AKRB ( AKADEMI KOMUNIKASI RADYA BINATAMA ) adalah prguruan tinggi yang dipercayai pemerina berdasarkan SK. AKRB lebih unggul dan terpercaya dalam mencetak Ahli Madya Komuikasi bidang Broadcast. VISI AKRB YOGYAKARTA : Menjadi perguruan tinggi unggulan dalam mencetak tenaga professional bidang komunikasi Indonesia tahun 2020. Di AKRB kami di sambut dengan sopan dan santun. kita melihat kreatifnya anak2 AKRB seperti video,film,dan animasi. Disana kita di ajak melihat-lihat fasilitas yang ada AKRB yaitu: 

Studio TV & Radio.

Lab.Editing .

Lab.Audio Visual.

Lab.Multimedia .

Perpustakaan.

2.1A KEUNGGULAN AKRB 

Manajemen berpengalaman lebih dari 25 tahun di dunia pendidikan dan industri media.

Di dukung industry media milik STMIK AMIKOM dan RB GROUP sebagai megang kerja.

Menerapkan konsep Link dan Match.

Dosen berkualitas dari praktis dan akademis.

Kurikulum terara sesuai kebutuhan dunia kerja. 4


2.1B PROGRAM STUDI 

PROGRAM ACARA TV & RADIO

FILM & SINETRON

MULTIMEDIA

2.2Kunjungan industri kedua di SMKN 3 NEGARA BALI (pada hari rabu tanggal 23 April 2014) SMK Negeri 3 Negara merupakan sekolah menengah kejuruan yang berbasis teknologi. SMK Negeri 3 Negara membuka satu jurusan yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan dua program keahlian yaitu TMM (Teknik Multi Media) dan TKJ (Teknik Komputer Jaringan) SMK Negeri 3 Negara Beralamat di Desa Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana – Bali. SMK Negeri 3 Negara Berada satu komplek dengan SMP N 4 Mendoyo dan SD Negeri 5 Tegalcangkring. Semenjak dibangun pada tahun 2007, Sekolah ini telah mengalami banyak kemajuan, hal ini dikarenakan keseriusan dan kesungguhan pemerintah dalam membangun dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia khususnya di kabupaten Jembrana. Sama seperti sekolah lainnya di Bali, SMKN 3 Negara juga dalam kegiatan operasionalnya senantiasa disemangati oleh Visi yang jelas serta tak henti-hentinya terus melakukan berbagai terobosan untuk mencapai misi sekolah tersebut. Visi sekolah ini adalah ‘Terwujudnya sekolah unggul dalam prestasi, yang dinamis terhadap perkembangan IPTEK, berlandaskan IMTAQ menuju kemandirian’. Ada lima misi yang diemban SMKN 3 Negara yakni; Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, Menumbuhkan sifat mandiri berlandaskan jiwa kewirausahaan, Meningkatkan kemampuan dan etos kerja siswa sesuai dengan tuntunan lapangan kerja, Mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang non-akademi, dan Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

VISI : Terwujudnya sekolah unggul dalam prestasi, yang dinamis terhadap perkembangan IPTEK, berlandaskan IMTAQ menuju kemandirian.

5


MISI :

1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif 2. Menumbuhkan sifat mandiri berlandaskan jiwa kewirausahaan 3. Meningkatkan kemampuan dan etos kerja siswa sesuai dengan tuntunan lapangan kerja 4. Mengembangkan bakat dan minat siswa di bidang non-akademis 5. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa

2.2A fasilitas di SMKN 3 Negara Seperti ruang kelas yang dilengkapi dengan sound system, LCD proyektor dan papan tulis. Ruang laboratorium komputer dilengkapi dengan peralatan komputer beserta peralatan multimedia seperti speaker, headset, LCD proyektor dan lain-lain. Ada ruang perpustakaan yang berisi ratusan judul buku untuk membantu para siswa mengembangkan ilmu pengetahuan. Selain itu ada ruang tata usaha, ruang guru dan kamar mandi serta toilet. Sekolah ini memiliki tempat parkir yang luas, ada ruang kantin dan tempat ibadah. Dan bagi siswa-siswi yang punya bakat olahraga,disediakan fasilitas penunjang seperti lapangan basket, lapangan voli, lapangan sepak bola, kolam renang dan lain-lain. Juga tersedia Solar Cell yakni tersedianya alat solar cell (tenaga matahari) yang berguna untuk menunjang kebutuhan tenaga listrik di sekolah dan untuk membantu kegiatan penelitian.

6


BAB III Penutup 3.I Kesimpulan Ternyata perkembangan teknologi informasi sangat pesat, buktinya komputer sekarang sudah lebih canggih dari yang ku banyangkan sebelumnya, dan komputer sekarang sudah beraneka ragam, baik dari segi software maupun hardware, bahkan saking canggihnya ada komputer yang hanya menggunakan sebuah CPU yang ukuranya sengat kecil, hingga aku tak tau cara trun on komputer tersebut.

3.2 Saran -

-

sebelum melakukan kunjungan industri sebaiknya melakukan berbagai persiapan: misalkan pertanyaan yang kompeten, kenapa pertanyaan yang kompeten karna siswa dituntut untuk menggali informasi saat melakukan kunjungan. Harus menjaga komunikasi yang baik antara pihak sekolah maupun pihak industri agar dapat menjaga citra baik dari sekolah maupun pihak industri.

3.3 Lampiran

7


Makalah