Page 1

Tugas Mata kuliah Dosen

: Terjemahan Buku “Physiotherapy in Obstetrics and Gynaecology” Chapter 9 : Patologi Khusus Sistem Reproduksi : Harmai Nevi Silvia,S.Ft,Physio

SISTEM REPRODUKSI DAN GANGGUAN GINEKOLOGI

GENEKOLOGI

OLEH : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7.

Ajaudi larsuba Nico iwan rezeki Ahmad rozi Desi kurniati Dita santika Fikri adawiyah Iskandar wahyudi

8. Lusi yanti 9. Novita Tiffany 10. Rizki Hamdani 11. Sasangga Ginting 12. Setia Ningsih

AKADEMI FISIOTERAPI SITI HAJAR MEDAN T.A 2013/2014

physiosilvia.com


KONDISI UMUM GINEKOLOGI

PENDAHULUAN Ginekologi adalah studi tentang penyakit yang khusus untuk perempuan. Ini khusus yang menuntut dari fisioterapis sangat matang campuran atribut, yang bila perlu, memungkinkan seorang wanita percaya diri untuk mengungkapkan beberapa detail paling intim dan pribadi hidupnya. Selain suara pengetahuan teoritis dan tingkat tinggi klinis kompetensi, fisioterapis harus selalu menyediakan waktu untuk mendengarkan, dan menjadi mudah didekati.

KESEHATAN GINEKOLOGI Beberapa kondisi ginekologi mungkin berlangsung diam, beberapa hanya melemahkan, dan mengancam kehidupan orang lain. Kemajuan terbaru dalam pemahaman presentasi awal dan perkembangan infeksi dan penyakit ganas dari reproduksi wanita, organ dan payudara telah mengakibatkan perempuan di Inggris didorong untuk menyediakan sendiri (setelah mereka aktif secara seksual) dari reguler gratis skrining dengan cara sitologi serviks, dan belajar untuk menjadi sadar dengan palpasi payudara sistematis bulanan sebaiknya hanya setelah menstruasi berakhir.

KESADARAN TERHADAP PAYUDARA Sadar terhadap payudara berarti menyadari apa yang normal untuk diri sendiri dan mampu mendeteksi sesuatu yang tidak biasa. Perawat Apractice kadang-kadang mengajarkan kesadaran payudara di komunitas dasar klinik wanita berbasis masyarakat, di mana deteksi dini dan pengobatan penyakit, pencegahan dan promosi kesehatan adalah tujuan utama. Namun, diakui bahwa sebaiknya wanita itu sendiri yang ditempatkan untuk mendeteksi perubahan dalam jaringan payudara sendiri. Ada empat tahap kesadaran sering dianjurkan. yaitu: 1. Perhatikan setiap perubahan dalam penampilan ketika berdiri di depan cermin.

physiosilvia.com


(Carilah perubahan dalam garis besar atau ukuran payudara, perubahan dalam posisi puting, bentuk atau debit, kerutan atau dimpling mana saja di payudara, perubahan tekstur kulit, warna atau ruam, nyeri konstan dalam satu bagian dari payudara atau ketiak.)

2. Tangan di pinggul, tekan ke bawah dan tegangkan otot-otot dada, hal ini akan membuat perubahan lebih mudah untuk melihat. 3. Dengan tangan dan lengan dinaikkan di atas kepala, amati terutama bagian atas dari payudara ke arah ketiak. 4. Terakhir, giliran meraba tiap payudara menggunakan tangan yang tersebar datar, dengan tangan di sisi payudara ditempatkan di belakang kepala. Menggunakan tekanan lembut dalam gerakan melingkar dengan ujung jari, memeriksa seluruh payudara untuk mendeteksi adanya benjolan atau penebalan pada payudara. Ini mungkin yang terbaik dilakukan baik berbaring datar di tempat tidur atau dengan tangan bersabun saat mandi atau shower.

Jika ada perubahan yang diamati, persetujuan harus dibuat dengan GP (dokter umum) bagi mereka untuk menentukan apakah persetujuan klinik payudara diperlukan.

FISIK CHECK-UP Kunjungan ke klinik kesehatan perempuan semakin dipandang ideal kesempatan untuk pemeriksaan fisik secara teratur, yang mungkin realistis meliputi: • Pengukuran tekanan darah • Pemeriksaan payudara • Pemeriksaan perineum, vagina dan leher rahim tanda-tanda infeksi dan prolaps, dan tes batuk untuk inkontinensia stress • Sitologi serviks  Pemeriksaan panggul bimanual, dan uji kekuatan otot dasar panggul (PFM) • Tes urine untuk infeksi, glukosa, dll • Diskusi tentang kesehatan wanita dan masalahnya mungkin mengalami masalah seksual.

physiosilvia.com


Beberapa klinik wanita juga memperluas layanan ini dengan seminar tentang masalah kesehatan, dan kelas latihan yang diambil oleh fisioterapis untuk mendorong kebugaran dengan meningkatkan mobilitas dan kekuatan dan mencoba untuk menunda osteoporosis; Perhatian juga diberikan untuk mengendalikan berat badan.

SITOLOGI SERVIKS Semua wanita yang aktif secara seksual beresiko karsinoma sel skuamosa. Disarankan bahwa seorang wanita harus memiliki smear serviks pertamanya pada usia dari 20 tahun dengan 3-tahunan tindak lanjut sampai usia 65 tahun (Symonds & Symonds 1998). Sebagai anggota perempuan yang baik atau tim ginekologi penting bagi fisioterapis spesialis untuk mengetahui klasifikasi hasil sitologi serviks. Hasil yang dilaporkan yang disepakati olehBritish Council for Cervical Sitologi (Luesley 1997): • Negatif - smear yang normal • Kelainan nuklir Borderline - peningkatan kecil dalam sitoplasma nuklir rasio, tetapi tidak cukup untuk digolongkan sebagai dyskariotic • Dyskariosis ringan - normal, sugestif, tetapi tidak diagnostik ringan dysplasia (CIN 1) • Dyskariosis sedang - abnormal, sugestif, tetapi tidak diagnostic displasia sedang (CIN 2) • Dyskariosis berat - abnormal, sugestif, tetapi tidak diagnostik parah dysplasia (CIN 3) • Invasi - abnormal, smear menunjukkan bukti sel serat ganas ataudebris nekrotik • Koilocytosis - sel sugestif infeksi human papillomavirus • Tidak memadai - konten seluler baik mencukupi atau smear tidak memuaskan siap untuk memungkinkan pendapat sitologi.

Sitologi serviks tidak diagnostik melainkan menunjukkan kapan lanjut penyelidikan sangat diperlukan. Jika ada sel-sel ganas atau dyskariotic ini, wanita harus dirujuk untuk kolposkopi. Jika ada batas perubahan smear harus diulang setelah 6 bulan dan jika perubahan yang gigih pasien harus dirujuk untuk kolposkopi.

physiosilvia.com


Kolposkopi (colpos = Serviks atau leher) melibatkan pemeriksaan serviks dengan mikroskop binokuler. Ini juga akan memungkinkan biopsi dari setiap epitel abnormal dan pengobatan setiap neoplasia intraepithelial (Symonds & Symonds 1998).

GANGGUAN GINEKOLOGI Gangguan yang paling umum dari saluran kelamin betina dapat diklasifikasikan menular, kista dan pertumbuhan baru, atau pemindahan dan genital prolaps. INFEKSI Memperhatikan penuh harus dibayarkan kepada prosedur pengendalian infeksi yang universal tindakan pencegahan yang diambil setiap saat. Ketika erat memeriksa wanita, memperhatikan harus selalu dibayar untuk setiap kelainan yang terlihat mungkin menular di alam. Jika ada lesi seperti yang diamati adalah bijaksana untuk mengambil nasihat medis sebelum melanjutkan dengan pemeriksaan vagina Vulva Vulvitis Debit lembab terus menerus dari kelenjar di vulva ditambah dengan dari rahim, vagina dan serviks, bersama dengan jejak urin dan bahan tinja, memastikan bahwa selalu ada perbesaran mikroorganisme di daerah perineum. Infeksi dapat melacak vagina atau mungkin telah berbekas dari itu, sehingga vulvitis sering menjadi vulvovaginitis. Disarankan oleh beberapa orang bahwa mengenakan stoking nilon, yang kebiasaan mengenakan celana panjang ketat oleh beberapa wanita dan peningkatan kebebasan seksual memiliki semua berkontribusi untuk menjaga kejadian infeksi perineum dan organ panggul pada wanita pada tingkat tinggi terhadap kecenderungan banyak infeksi lainnya. Penting untuk menyadari bahwa pruritus vulva, parah dan menyedihkan, iritasi beberapa bagian perineum adalah pengalaman yang umum pada perempuan, tetapi merupakan gejala dan bukan suatu kondisi dalam dirinya sendiri. Hal ini membutuhkan investigasi yang teliti untuk menentukan penyebab yang tepat, yang dapat beragam di alam sebagai lichen planus, liken sklerosis, psoriasis, intertrigo, inkontinensia,

physiosilvia.com


penyakit hati atau penyakit Hodgkin. Pruritus ani dapat menjadi bagian dari masalah yang sama atau memiliki penyebab individu seperti threadworms. Perlu diingat juga bahwa perineum menjadi peka terhadap persiapan kimia kosmetik atau lainnya menyebabkan dermatitis alergi. Gleeson (1995) mengutip klasifikasi gangguan vulva(Ridley et al 1989), yang telah diadaptasi oleh Masyarakat Internasional untuk Studi Penyakit vulva (SSVD): Gangguan non-neoplastik dari vulva : • Hiperplasia sel skuamosa • Lichen sclerosis • Dermatosis Lain

Neoplasia intraepithelial vulva (VIN) • VIN skuamosa  VIN I displasia ringan  VIN II displasia moderat  VIN III berat dysplasia dan karsinoma in situ • VIN Non-skuamosa  Penyakit Paget  melanoma in situ

physiosilvia.com


Organisme Menular: Infeksi vulva mungkin jamur, bakteri, virus atau parasit. Jamur Candida albicans sering terlibat dalam vulvitis pada kehamilan, terutama jika ambang ginjal untuk glukosa menjadi diturunkan. Itu adalah jamur mirip ragi, yang biasa disebut 'sariawan', yang berkembang di setiap yang hangat, permukaan mukosa lembab di lingkungan asam, terutama Adanya glukosa (Murray 1997). Hal ini ditandai dengan iritasi, peradangan akut, rawness dan dadih, cairan putih, vagina sering juga terinfeksi. Pengobatan yang biasa adalah dengan Nistatin atau Canestan vagina pessaries atau krim. Faktor lain yang telah terlibat dalam kedua penyakit awal dan berulang adalah antibiotik, kortikosteroid, pengobatan imunosupresi, diabetes, kontak orogenital dan adanya penyakit seksual menular lainnya (Adler 1990a). Jika seorang wanita mengalami gejala berulang, pasangan seksualnya juga harus diselidiki untuk candadiasis dan diobati dengan tepat jika ada. Bakteri Bakteri Staphylococcus menginfeksi kelenjar sebaceous dan folikel rambut pada perineum menyebbkan bisul, gonore dan sifilis infeksi yang lainnya yang dapat mempengaruhi daerah ini. Viral Human papilloma virus (HPV) merupakan penyebab kutil umum tangan dan kaki serta lesi daerah genital. Dengan demikian itu adalah salah satu dari virus yang paling sering ditularkan secara seksual. Mereka dapat diobati oleh cryotherapy atau diatermi. Mereka mungkin bersifat sementara di alam tetapi berpotensi serius di alam sebagai HPV tipe 16 dan 18 bersifat karsinogenik dan lain-lain dilaporkan memiliki peran dalam karsinogenesis serviks (Kjaer et al, 2002). HPV-18 adalah jenis yang paling kuat terkait dengan adenokarsinoma serviks (Woodman et al 2003). Sebuah studi Denmark ditindaklanjuti 10 758 sitologi wanita normal berusia 20-29 tahun untuk pengembangan sitologi kelainan (Kjaer et al 2002). Ditemukan bahwa infeksi HPV

physiosilvia.com


saat meramalkan perkembangan masa depan bermutu tinggi skuamosa lesi intraepitel. Wanitawanita yang positif pada pengujian berulang berada pada risiko terbesar bermutu tinggi neoplasia serviks lesi. Herpes genital adalah infeksi virus menular seksual yang telah dihubungkan dengan kanker serviks. Sitologi serviks tahunan direkomendasikan untuk semua wanita dengan kondisi ini. Ini adalah masalah serius pada kehamilan, di mana ia dapat menyebabkan aborsi, dan operasi caesar elektif dapat diindikasikan jika ibu memiliki herpes aktif pada jangka, jika janin bisa terinfeksi saat melahirkan dan kemudian meninggal atau menderita kerusakan neurologis (lihat hal. 46). Parasit Parasit seperti kutu dapat ditularkan dari rambut kepala kemaluan rambut dan dapat menyebabkan iritasi perineum. Pubis pediculosis mungkin memiliki gejala iritasi vulva dan disebabkan oleh infestasi oleh kutu kemaluan. Scabies disebabkan oleh tungau di mana liang perempuan ke atas lapisan kulit, bertelur dan defaecating. Mereka ditularkan oleh dekat tapi belum tentu seksual kontak. Mereka menyebabkan iritasi parah dan gatal, terutama pada malam hari (Adler 1990b). Vagina Kelenjar Bartholin yang terletak di posterior dan aspek lateral vestibulum vagina, saluran dari masing-masing sempit dan mudah diblokir. Jika hal ini terjadi sekresi mukoid gembung kelenjar, membentuk Kista sering menyakitkan. Hal ini dapat terinfeksi membentuk abses, atau infeksi kelenjar dapat terjadi secara independen dari setiap saluran penyempitan; infeksi tersebut luar biasa menyakitkan. Budaya harus dilakukan sebagai Gonore dapat menjadi penyebab abses Bartholin. Saluran Gartner ditemukan di lateral vagina dan dapat menyebabkan masalah dengan dispareunia jika mereka terinfeksi, mereka biasanya diperlakukan olehsayatan.

physiosilvia.com


Vaginitis Vagina dapat terinfeksi oleh berbagai organisme yang mirip dengan yang ditemukan di vulva, dan 'keputihan' adalah gejala lain yag mana perempuan sering mengeluh. Vaginitis juga bisa disebabkan oleh sensitivitas untuk spermisida, douche dan semprotan wangi. Ada siklus normal dari perubahan jumlah dan sifat sekresi dalam dan berlalu per vaginam yang terkait dengan siklus menstruasi yang telah dijelaskan pada halaman 31. Biasanya semua sekresi transparan atau putih, sehingga setiap perubahan warna, perdarahan, atau bau yang tidak biasa atau kuantitas harus menjadi penyebab untuk konsultasi. Organisme Menular Organisme yang sering menyebabkan keputihan infektif adalah: • Candida albicans (lihat hal. 272) • Trichomonas vaginalis, protozoa parasit motil menyebabkan vaginitis yang berlebihan, berbau busuk (amis bau), debit berair dan gatal-gatal. Biasanya seksual menular, tidak memiliki efek serius tapi penanda sering untuk penyakit menular seksual lainnya terutama klamidia dan gonore (Bradbeer 1997). Setiap pasangan seksual seorang wanita juga harusdiobati. • Neisseria gonorrhoeae adalah organisme penyebab gonore. Ini mungkin asimtomatik atau dengan debit cahaya dan dapat menyebabkan penyakit radang panggul. Hal ini dapat lebih mempengaruhi uretra, leher rahim, rectum dan mulut. Penularan ke janin saat lahir dapat menyebabkan neonatal konjungtivitis, yang jika tetap tidak diobati dapat menyebabkan kebutaan (Murray 1997). Ini adalah penyakit yang nyata dan diobati dengan penisilin; pasangan seksual harus selalu ditelusuri untuk diuji dan diobati jika diperlukan. • Gardnerella vaginalis adalah genus dari bakteri gram negatif berbentuk batang Gram yang dapat menjadi penyebab vaginitis bakteri. Debit tipis, abu-abu dan berbau busuk. Pengobatan melalui obat yang sesuai, dengan pasangan seksual juga memerlukan pengobatan (Govan et al 1993).

physiosilvia.com


• Chlamydia trachomatis merupakan penyebab penting dari penyakit radang panggul. Eksudat gelatin terbentuk dalam kantong Douglas melanjutkan ke beberapa adhesi dan oklusi tuba. Tidak ini, Namun, menghasilkan debit terlihat. Organisme vagina seksual begitu menular, dalam pengobatan, mitra juga harus dipertimbangkan. Kasus yang parah dapat hadir dengan servisitis yang terlihat seperti terinfeksi erosi. Juga telah disarankan bahwa Chlamydia mungkin merupakan etiologi faktor pada karsinoma serviks (Govan et al 1993). Leher Rahim Cervicitis Pengikisan leher rahim cukup umum, dapat terinfeksi tetapi biasanya tidak. Biasanya, epitel kolumnar sebagian atau seluruhnya garis saluran leher rahim dan puntung pada epitel skuamosa berlapis yang garis vagina dan mencakup aspek vagina serviks. Dimana ada erosi, epitel kolumnar muncul untuk menggantikan beberapa serviks epitel berlapis. Erosi kadangkadang muncul dalam kehamilan dan pada wanita menggunakan kontrasepsi oral, mereka jarang terlihat setelah klimakterik dan meningkat ketika kontrasepsi oral dihentikan. Ini menunjukkan faktor hormonal. Infeksi serviks umumnya disebabkan oleh organisme menular seksual seperti Gonococcus atau C. trachomatis, dan mungkin mengikuti trauma seperti apa yang dapat terjadi pada persalinan, aborsi atau sebagai hasil dari prosedur operasi yang memerlukan dilatasi serviks. Servisitis akut biasanya terjadi berhubungan dengan infeksi umum dari saluran kelamin. Mungkin ada discharge purulen, nyeri punggung bawah, sakit perut, disuria dan dispareunia. Pengobatan tergantung pada organisme yang menyebabkan infeksi. Servisitis kronis sangat umum, sering dengan symptomology minimal. Namun beberapa wanita memiliki gejala yang lebih parah, seperti servisitis akut dengan perdarahan postcoital sesekali (Symonds & Symonds 1998).

physiosilvia.com


Rahim Endometritis Infeksi rahim dengan hasil endometritis kurang umum dibandingkan dengan daerah lain dari saluran kelamin berdasarkan perlindungan yang diberikan oleh vagina dan leher rahim yaitu, panjang vagina, Penurunan sekresi, penyempitan dibentuk oleh leher rahim dan viskositas untuk banyak waktu sekresi - dan juga oleh penumpahan siklik endometrium. Namun, infeksi melakukan track ke atas. Ada kemungkinan bahwa sperma dapat bertindak sebagai pembawa, ekor intrauterine perangkat telah terlibat, dan setelah melahirkan atau aborsi, terbuka situs plasenta, lokia atau hasil konsepsi yang semua berpotensi menyediakan medium kultur yang luar biasa. Setiap prosedur medis yang membuka leher rahim memiliki potensi untuk memperkenalkan infeksi. Tuba Fallopi Salpingitis Infeksi saluran tuba, yang sering dikaitkan dengan infeksi dari ovarium (salpingoooforitis), dapat mengakibatkan kenaikan infeksi tetapi juga dapat terjadi setelah infeksi usus atau organ perut lainnya. Salpingitis dapat bersifat akut atau kronis dan dapat menjadi penyebab infertilitas (misalnya kehamilan ektopik) ketika jaringan parut dan perlengketan memblokir tabung, atau kerusakan otot dan silia. Organisme utama yang menyebabkan salpingitis akut secara seksual yang ditransmisikan N. gonorrhoeae atau Chlamydia. Gejala dapat meliputi nyeri perut bawah, keputihan purulen, demam, muntah dan diare; tanda-tanda dapat mencakup takikardia, tanda-tanda peritonitis dan nyeri akut pada pemeriksaan panggul (Symonds & Symonds 1998).

physiosilvia.com


INFLAMASI PENYAKIT PELVIS Struktur utama yang sebenarnya dekat di dalam panggul, dan interkoneksi mereka melalui ligamen dan peritoneum, berarti infeksi mampu menyebarkan melibatkan organ lain dan menghasilkan apa yang dikenal sebagai penyakit radang panggul (PID). Ini adalah kombinasi dari infeksi saluran tuba, ovarium dan peritoneum dan dapat menjadi penyebab kehamilan ektopik. Di Inggris berbagai bakteri bertanggung jawab untuk PID, tetapi C. trachomatis merupakan penyebab paling umum, dan N. gonorrhoeae dan Hominis Mycoplasma adalah penyebab paling sering. Infeksi tersebut dapat terjadi secara independen atau bersamaan, dan menular seksual. Karena Inggris Raya Health Statistics (Kantor Statistik Nasional 2001) menunjukkan bahwa jumlah tahunan kasus baru Chlamydia terus meningkat di periode 19911999 622,5-1077,3 per juta perempuan, kemungkinan bahwa jumlah kasus PID juga meningkat. Infeksi menyebabkan peradangan, dan respon tubuh dalam daerah panggul sangat vaskular adalah produksi adhesi (kadang-kadang berlimpah) dan jaringan parut, yang memutarbalikkan struktur dan lem atau mengikat mereka berdekatan. Pada fase akut wanita mengeluh panggul atau perut terasa sakit dan merasa benar-benar sehat, mereka bahkan mungkin pyrexial. Kadang-kadang ada kesulitan dalam mencapai diagnosis klinis yang akurat karena masalah dalam memperoleh sampel dari situs infeksi dan karena kebenaran pemeriksaan masih buruk. Akibatnya banyak perempuan kondisinya menjadi kronis dan hasil kelanjutan kesehatan, nyeri perut bawah terus-menerus, kerusakan internal yang serius dan infertilitas. Ini merugikan yang mempengaruhi hubungan dan kemampuan untuk bekerja dengan sukses. C. trachomatis adalah bakteri intraseluler Gram negatif dan tidak terdeteksi, seperti N. gonorrhoeae kadang-kadang bisa, dengan mikroskop rutin. Pada waktu khusus, memakan waktu kultur sel dan pewarnaan tes telah diperlukan untuk mendeteksi Chlamydia. Namun, tes lebih cepat lebih, sederhana dan lebih akurat sedang dikembangkan, dalam beberapa kasus spesimen akan perlu dikumpulkan dengan laparoskopi. Antigen klamidia terdeteksi oleh swab digunakan untuk memungkinkan pengukuran enzim-linked immunoabsorbent assay (ELISA). Jika ada hasil samar-samar kultur sel akan dilakukan (Nash 1997). Banyak unit sekarang secara rutin menguji Chlamydia sebelum terminasi atau penyisipan dari alat kontrasepsi dalam rahim.

physiosilvia.com


N. gonorrhoeae biasanya merespon terhadap penisilin, tetapi kurang dihargai Chlamydia yang tidak, itu adalah, bagaimanapun, biasanya sensitif terhadap tetrasiklin. Beberapa antimikroba juga telah terbukti efektif dalam pengobatan infeksi Chlamydia. Mitra seksual harus ditangani bersamaan dan hubungan seksual dihindari sampai terapi selesai. Terkadang para wanita dengan smear serviks menunjukkan 'inflamasi perubahan 'telah bahkan mendapat infeksi Chlamydia, penuh bakteri dan virus skrining harus dilakukan dan smear yang diulang setelah serviks peradangan telah diobati (Nash 1997). Kronis PID tidak menjalankan kursus diprediksi. Beberapa kasus bahkan menghilang secara spontan. Antibiotik spektrum luas sering diberikan dan pembedahan untuk mengangkat rahim, ovarium dan tuba fallopi sering menganjurka (Govan et al 1993).

FISIOTERAPI DALAM PENGOBATAN GINEKOLOGI INFEKSI Tidak ada peran untuk fisioterapi pada fase akut ginekologi infeksi. Ini harus segera dan benar didiagnosis, dan efektif diobati dengan farmakoterapi yang benar. Namun, dalam fase kronis, di mana organisme yang resisten terhadap antibiotik atau bila adhesi yang menyebabkan rasa sakit, mungkin kadang-kadang menjadi tempat untuk langkah-langkah fisioterapeutik seperti terus-menerus atau berdenyut diathermy gelombang pendek. perempuan fisioterapis kesehatan juga dapat menawarkan strategi coping untuk menangani dengan rasa sakit dan stres, rekomendasi untuk promosi kesehatan yang baik.

AIDS disebabkan oleh virus yang dikenal sebagai human immunodeficiency virus (HIV). Orang yang terinfeksi membawa virus dalam cairan tubuh, dan mungkin fit dan baik untuk berbagai panjang waktu. HIV ditularkan selama intim seksual kontak, atau melalui kontak langsung melalui selaput lendir atau rusak kulit dengan darah yang terinfeksi atau cairan kelamin dari operator di lain keadaan. Virus ini dapat ditularkan ke janin melalui plasentadan hadir dalam cairan ketuban pembawa

physiosilvia.com


HIV (lihat hal. 46). Itu infeksi didiagnosis dengan kehadiran dalam sampel darah yang sesuai antibodi. Namun, ada jeda waktu dari bulan atau tahun antara memperoleh infeksi dan mengembangkan antibodi. Hal ini belum diketahui apa yang menentukan jika dan ketika pembawa akan mengembangkan sindrom.

Angka-angka terbaru dapat diperoleh dari www.statistics.gov.uk menunjukkan bahwa ada 26 227 pasien yang tinggal di Inggris yang terlihat untuk hukum perawatan medis terkait HIV pada tahun 2001. Ini termasuk 877 ibu-ke-bayi infeksi. Fisioterapis kesehatan perempuan harus memperhatikan kewaspadaan universal pada semua pasien setiap saat, dalam cara ini mereka dan pasien mereka tidak akan

beresiko. Trust petugas pengendalian infeksi harus

berkonsultasi secara teratur untuk memastikan bahwa tindakan pencegahan didasarkan pada informasi terbaru.

KISTA Kista

Istilah 'kista' biasanya menandakan kantung berisi cairan patologis dibatasi oleh dinding sel. Cairan ini sering jelas dan tidak berwarna, dan dapat disekresikan oleh sel-sel yang melapisi kista atau berasal dari cairan jaringan daerah. Ada kista khas masing-masing organ, dan ini mungkin bawaan atau diakuisisi. Kista kongenital terjadi pada sisa-sisa peninggalan dari jaringan embrio; mereka yang umum pada saluran genitourinari dan ligamentum yang luas adalah sebuah situs yang sering. Kista yang diperoleh dapat disebabkan oleh obstruksi outflow dari saluran dan retensi akibat sekresi (misalnya Bartholin kelenjar). Atau, kista distensi terbentuk dalam ruang tertutup alam; mereka yang umum di folikel Graafian dan corpora lutea.

Tumor jinak Tumor jinak dibentuk oleh massa sel didefinisikan dengan baik, yang masih dikenali mirip dengan jaringan asal, dan massa dirumuskan oleh lapisan sel-sel normal sehingga sel-sel

physiosilvia.com


tumor tidak dapat melarikan diri. Jinak tumor cenderung tidak merepotkan dan umumnya tidak mengancam kehidupan.

Tumor ganas

Sebaliknya, sel-sel tumor ganas menunjukkan berbagai tingkat pengembalian ke negara unspecialised embrio, dan terlihat kurang seperti sel asli. Mereka tampaknya kehilangan kontrol pembelahan sel dan membagi berulang kali; mereka kurang dibedakan dan kehilangan fungsi spesialis mereka sel induk. Mereka tidak memiliki kapsul yang mengandung dan sebagainya menyerang sekitarnya jaringan. Sel-sel yang sangat ganas kehilangan kelengketan sel matang untuk nya tetangga, dan mendapatkan kembali kemampuan sel embrio untuk melepaskan dan bermigrasi untuk membentuk deposito sekunder atau metastasis. Mereka juga memiliki kemampuan untuk merangsang pertumbuhan kapiler darah baru di sekitar dan di dalam tumbuh massa sel, menjamin pasokan yang cukup nutrisi. Demikian tumor ganas cenderung mengancam sampai berhasil diobati kehidupan. Kanker ginekologi telah diklasifikasikan dan jelas dalam tahap oleh Federasi Internasional Ginekologi dan Obstetri (FIGO). Definisi terbaru dengan makalah yang relevan yang diperoleh pada www.figo.org.

Vulva Kanker vulva diklasifikasikan secara bertahap oleh FIGO (Beller et al, 2001): • Tahap 0 - karsinoma in situ dan intraepithelial neoplasia kelas III. • Tahap i -? Lesi 2 cm, terbatas pada vulva atau perineum, dengan tidak ada modal metastasis • 1a lesi? 2 cm, terbatas pada vulva atau perineum dan dengan invasi stroma? 1.0 mm, tidak ada metastasis modal • 1b lesi? 2 cm, terbatas pada vulva atau perineum dan dengan invasi stroma? 1.0 mm, tidak ada metastasis modal ? • Tahap ii - tumor terbatas pada vulva / perineum, 2 cm terbesar

physiosilvia.com


dimensi, tidak ada metastasis nodal • Tahap iii - tumor dari berbagai ukuran dengan spread yang berdekatan dengan rendah uretra / vagina atau anus, dan / atau unilateral metastasis kelenjar getah bening • Tahap iv • iva tumor menyerang salah satu dari berikut: uretra bagian atas, kandung kemih mukosa, mukosa dubur, tulang panggul dan / atau regional node bilateral metastasis • IVB setiap metastasis jauh termasuk kelenjar getah bening panggul.

Tumor baik jinak maupun ganas kadang-kadang muncul pada vulva, terutama pada wanita pascamenopause. Kanker vulva mungkin primer, tetapi di mana ada beberapa fokus mereka umumnya pertumbuhan sekunder sebagai Hasil penyebaran limfatik. Eksisi tumor atau vulvectomy mungkin Tepat. Kelenjar Bartholin

Dalam sebaceous dan kelenjar Bartholin dari daerah perineum, kista jinak dapat hasil dari penyumbatan pada saluran. Mereka sedikit arti kecuali mereka menjadi besar atau terinfeksi. Kista dapat dipotong dan saluran dibuka (marsupialisation).

Vagina

Tumor kista, dan jinak dan ganas dapat terjadi, karsinoma Vagina jarang primer tetapi paling sering menyebar turun dari atau melalui serviks. Kemudian mungkin melibatkan rektum dan jaringan lain dan menjadi sangat sulit untuk mengobati.

physiosilvia.com


Rahim dan leher rahim tumor jinak Tumor jinak yang paling umum dari saluran kelamin, ditemukan pada 15-20% perempuan di atas 35 tahun, yang disebut adalah 'fibroid', yang tumbuh di atau dalam dinding rahim atau serviks. Dalam hal ini biasanya terdiri dari otot unstriped serta jaringan fibrosa, istilah 'fibromyoma' lebihakurat. Pada wanita dewasa, satu atau lebih fibroid rahim, dengan menstruasi berat yang menyertai perdarahan (menorrhagia), alasan untuk mempertimbangkan histerektomi setelah melahirkan selesai. Dalam waktu kurang parah kasus miomektomi mungkin cukup. Fibroid sangat bervariasi dalam ukuran dan jumlah dan dapat mengembangkan pada gagang bunga, dalam hal ini nama 'polip' adalah lebih tepat. Mereka jarang terjadi pada mereka yang di bawah 20 tahun tapi kemudian ditemukan paling sering pada nulipara, mungkin karena mereka penyebab infertilitas dan keguguran. Mereka terjadi tiga kali lebih sering pada wanita kulit hitam dibandingkan pada wanita kulit putih, meskipun alasan untuk ini tidak diketahui.

Secara umum fibroid tumbuh perlahan-lahan, dan dapat atrofi setelah menopause; mereka rentan terhadap perubahan degeneratif sekunder seperti hialin degenerasi, degenerasi lemak dan bahkan kalsifikasi, semua mungkin terkait dengan ketidakmampuan bertahap pasokan darah ke suatu tertentu fibroid. Pada kehamilan mereka cenderung hipertrofi, dapat menyebabkan rasa sakit, dan dapat akan benar benar jelas dan terlihat di bawah kulit wanita buncit dinding perut pada trimester ketiga. Salah satu jenis tertentu dari degenerasi - degenerasi merah - paling sering terjadi pada kehamilan, meskipun dapatterjadi pada waktu lain. Ini adalah hasil dari pasokan darah baru dengan cepat fibroid yang sebelumnya telah mengalami beberapa degenerasi lemak, sehingga di tingkat hemolisis dan memberikan penampilan lokal daging mentah.Rasa sakit perut itu menyebabkan dapat mengkhawatirkan bagi ibu-to-be, tapijaminan dan pengobatan paliatif hanya diperlukan.

Tumor ganas Tumor ganas serviks serviks paling sering muncul pada wanita.antara 45 dan 55 tahun, tetapi tampaknya meningkat di antara wanita yang lebih muda. Hampir semua penderita akan

physiosilvia.com


memiliki hubungan seksual,tetapi ada korelasi yang lebih berpotensi signifikan dengan wanitawanita yang mulai menjadi aktif secara seksual sangat awal dan yang telah memiliki beberapa seksual mitra. Setelah aktivitas seksual telah dimulai seorang wanita harus didorong untuk memiliki Pap serviks biasa diambil. dysplasic prakanker perubahan epitel serviks, jika diakui, dapat diobati dan pengembangan perubahan kanker dicegah.Didirikan karsinoma serviks diklasifikasikan secara bertahap oleh FIGO(Benedet et al, 2001): • Tahap 0 - keganasan dicurigai tapi tidak terbukti • Tahap i • besarbesaran tumor terbatas pada endometrium • invasi ib untuk kurang dari setengah dari miometrium • invasi ic sama dengan atau lebih dari setengah miometrium • Tahap ii • iia keterlibatan kelenjar endoserviks hanya • IIb invasi stroma serviks • Tahap iii • IIIA tumor menyerang sertosa korpus uteri / adnexae dan / atau temuan sitologi positif • IIIB metastasis vagina • Metastasis IIIC untuk panggul / kelenjar getah bening para-aorta • Tahap iv • invasi iva tumor mukosa kandung kemih / usus • metastasis IVB jauh, termasuk metastasis intra-abdominal dan /atau kelenjar getah bening inguinal.

Di Inggris sekitar 4000 kasus baru kanker serviks invasif yang didiagnosis setiap tahun. Cauterisation, cryosurgery dan perawatan laser efektif merusak jaringan, dan merupakan perawatan konservatif cocok untuk wanita dengan perubahan serviks dini (CIN 1). Cone biopsi dapat digunakan untuk CIN 2 dan 3 (lihat hal. 313). Tahap yang lebih serius karsinoma serviks dapat ditangkap dan biasanya disembuhkan dengan radioterapi atau operasi, atau kombinasi dari

physiosilvia.com


keduanya. Operasi yang digunakan adalah histerektomi, diperpanjang jika diperlukan. Operasi terutama untuk tahap i karsinoma serviks dapat didahului dengan pengobatan dengan isotop radioaktif yang bertujuan menghancurkan jaringan ganas dansehingga menghindari penyebaran sel di operasi.

Uterus Karsinoma endometrium rahim - yaitu dari rahim tubuh (corpus) - terlihat paling sering pada wanita antara 50 dan 65 tahun, dan tidak memiliki korelasi coital, karena hampir 50% dari penderita adalah nulipara. Satu-satunya gejala yang konstan adalah perdarahan yang tidak teratur.Perubahan maligna dimulai pada unsur kelenjar endometrium.Penyebaran kurang cepat dibandingkan kanker serviks, mungkin karenamiometrium membentuk semacam penghalang mengandung, namun sekunder pertumbuhan dapat ditemukan dalam ovarium dan hati. Pengobatan umum lagi kombinasi radioterapi dan pembedahan.

saluran telur ke kandungan rahim

Meskipun rentan terhadap infeksi, saluran tuba jarang mendukung karsinoma primer, meskipun metastasis atau ekstensi dari pertumbuhan dari ovarium, rahim atau usus terjadi. Karsinoma primer adalah relatif diam kondisi dan karenanya baik dapat ditemukan secara tak terduga pada operasi atau tidak terdiagnosa sampai kondisi ini maju.

Ovarium Ada berbagai kemungkinan kista dan jinak atau ganas tumor ovarium. Dalam beberapa kasus siklus menstruasi terganggu dan pasien mungkin mengalami nyeri, tetapi sering tidak ada indikasi yang jelas dari penyebab sesungguhnya.

Kista Kista folikel adalah salah satu jenis yang paling umum, paling menyelesaikan secara spontan, sementara yang lain bisa diangkat dengan operasi. Perdarahan dapat terjadi dalam kista, dan jika

physiosilvia.com


ada untuk beberapa waktu darah diubah akan menjadi seperti membuat kista terlihat gelap. Laporan operasi atau laparoskopi dapat merujuk untuk 'cokelat' kista. Ovarium 'Oyster' menunjukkan bahwa indung telur mungkin muncul diperbesar, mengkilap dan mutiara, ini merupakan tanda penyakit ovarium polikistik.

Kanker Di antara wanita yang meninggal karena kanker pada saluran genital , kanker ovarium adalah utama yang paling umum , mempengaruhi sekitar 4000 wanita per tahun .Resiko seumur hidup secara keseluruhan untuk mengembangkan kanker ovarium adalah 1 dalam 120 untuk populasi wanita secara umum . Namun, perempuan dengan gelar pertama relative dengan riwayat kanker ovarium sebelum usia 50 tahun memiliki peningkatan risiko pada 1 di 40 . Jika ada dua yang terkena tingkat pertama kerabat ini menjadi 1 dari 3 beresiko . Kedua kanker ovarium dan endometrium terjadi lebih sering dalam keluarga dengan payudara atau kanker usus . Perempuan dalam keluarga tersebut harus sangat waspada dan mengambil manfaat skrining setiap dan konseling genetik keluarga ( Redman 1997) . Amajor masalah pada awal deteksi adalah bahwa itu adalah kanker diam , sering tanpa gejala sampai tumor telah meluas ke peritoneum . Dalam upaya untuk mengatasi hal ini,skrining ovarium sukarela oleh USG dan tes darah sedang ditawarkan di beberapa pusat . Namun kecemasan yang tidak perlu telah menyebabkan dalam beberapa kasus oleh hasil positif palsu , paling tidak karena dengan USG pemindaian tidak mudah untuk membedakan antara jinak dan ganas struktur .

The FIGO kategorisasi kanker ovarium (Heintz et al, 2001) secara singkat sebagai berikut: • Tahap i - pertumbuhan terbatas pada ovarium • Tahap ii - pertumbuhan yang melibatkan satu atau kedua ovarium dengan ekstensi panggul • Tahap iii - tumor yang melibatkan satu atau kedua ovarium dengan histologis

physiosilvia.com


dikonfirmasi implan peritoneal luar pelvis dan / atau positif retroperitoneal atau inguinal node, metastasis hati superfisial sama tahap iii, tumor terbatas pada pelvis benar, tetapi dengan histologist terbukti ekstensi ganas pada usus kecil atau omentum • Tahap iv - pertumbuhan yang melibatkan satu atau kedua ovarium dengan metastasis jauh; jika efusi pleura hadir, harus ada sitologi positif untuk membagikan kasus ini ke tahap iv; parenkim metastasis hati sama dengan stadium iv.Pengobatan terdiri dari kombinasi dari pembedahan, radioterapi dan kemoterapi.

Endometriosis Endometriosis adalah suatu kondisi yang , meskipun tidak kista atau tumor , memiliki aspek-aspek tertentu yang membuat inklusi dapat diterima dalam bagian ini . sekarang gangguan di mana ada kehadiran dari endometrium di luar rongga endometrium ( Prentice 2001) . Sebagian besar deposito endometrium panggul ditemukan di ovarium , peritoneum , ligamentum uterosakrum , kantong .Douglas dan septum rektovaginal . Jarang ada deposito extrapelvic ditemukan di umbilicus dan diafragma ( Farquhar , 2000) . jaringan merespon perubahan hormonal dari siklus menstruasi , berproliferasi dan dapat berdarah pada titik yang tepat dalam siklus itu . Penyebab perdarahan peradangan, mungkin terdapat dan fibrose, atau melacak menyebabkan adhesi padat .Plak tumbuh, menyusup dan berkembang biak , meniru keganasan. Dalam kasus yang parah , adhesi mesh struktur panggul bersama-sama ; Llewellyn -Jones ( 1986) disebut panggul seperti ' beku' . Endometrioma ovarium adalah kista endometriosis . Hal ini juga telah menunjukkan bahwa ada jelas hubungan antara karsinoma sel jernih endometroid dan endometriosis ( Stern et al, 2001 ) . Prevalensi berkisar 2-22 % pada populasi wanita secara umum ,tergantung pada populasi diteliti dan metodologi yang digunakan( Farquhar , 2000) . Ada peningkatan risiko pada mereka perempuan memiliki menarche dini dan menopause terlambat . Kontrasepsi oral mengurangi risiko .Mungkin ada tingkat yang tidak proporsional gejala dibandingkan dengan luasnya penyakit pada panggul wanita ( Prentice 2001) .Gejala yang muncul adalah variabel , yang paling umum adalah dismenorea .Gejala lain yang sering menyajikan adalah : nyeri panggul , lebih rendah sakit perut , nyeri punggung , dispareunia , dyschezia ( nyeri pada buang air besar ) ,nyeri

physiosilvia.com


pinggang , nyeri pada berkemih , nyeri pada latihan , kelelahan , malaise umumdan gangguan tidur ( Prentice 2001) . Akibatnya , pasien sering disebut banyak spesialisasi yang berbeda sebelum penilaian ginekologi . itu Oleh karena itu, wanita menjadi berkecil hati dan sering memiliki keyakinan bahwa tidak ada dapat dilakukan untuk mereka . Ketika ada endometriosis lebih serius itu dapat menjadi penyebab tidak hanya sakit parah tetapi juga infertilitas . Sebagai hasil dari nyeri, wanita sering menemukan bahwa mereka perlu mengambil peningkatan jumlah waktu off kerja.Apapun penyebabnya, telah diperkirakan bahwa 10 juta perempuan di Amerika Serikat dan 2 juta perempuan di Inggris menderita dengan kondisi tersebut.

Etiologi

Penyebabnya tidak diketahui , tetapi ada beberapa teori tentang bagaimana kondisi ini timbul (lihat Bacaan lebih lanjut , 306 p . ) : 1 . Teori transportasi . Pada tahun 1921 John Sampson ( dikutip dalam Brentkopf & Bakoulis 1988 ) pertama kali menggunakan istilah ' endometriosis ' . Dia mendalilkan bahwa saat menstruasi ada refluks puing endometrium dan darah melalui saluran tuba dan ke rongga peritoneal ; endometrium Sel-sel demikian bisa disimpan di luar rahim . Pada tahun 1927 Halban ( dikutipdi Brentkopf & Bakoulis 1988) menyarankan sebaliknya bahwa fragmen endometrium dapat diangkut sebagai emboli dalam pembuluh darah dan limfatik . 2 . Teori metaplastic . Meyer, ( dikutip dalam Brentkopf & Bakoulis 1988) kontemporer dari Sampson , menyarankan bahwa iritasi berulang-ulang ( misalnya karena infeksi berulang ) dapat menyebabkan sel-sel yang berasal dari samajaringan embriologis sebagai endometrium untuk mengubah dan membedakan abnormal . Teori Asimilar menunjukkan bahwa zat kimia , mungkin berasal lingkungan , bekerja pada sel-sel di luar rahim menyebabkan mereka diubah menjadi selsel endometrium . 3. Teori defisiensi imun. Hipotesis selanjutnya adalah bahwa wanita dengan endometriosis menderita defisiensi imun sehingga tubuh tidak menolak dan membuang sel-sel endometrium jika mereka menjadi pengungsi tempat lain dalam tubuh, karena biasanya akan diharapkan.Fakta bahwa endometriosis berjalan dalam keluarga mendukung teori ini.

physiosilvia.com


Pengobatan

Terapi farmakologi Dalam perawatan primer perawatan pertama yang dianggap harus obat anti - inflamasi nonsteroid ( NSAID ) dan kontrasepsi oral kombinasi ( Prentice 2001) . NSAID memiliki , Namun , efek samping dari mungkin menyebabkan iritasi lambung .mungkin pengobatan medis hormonal, bertujuan untuk menghasilkan pseudopregnancy atau negara pseudomenopausal amenorea . Namun beberapa sideeffects - Kembung , retensi cairan , nyeri payudara , mual , seborrhoea ,jerawat , kram otot , berat badan dan gejala menopause – sulit untuk mentolerir . Perawatan medis memiliki tingkat peningkatan 80-85 % untuk gejala tetapi keberhasilan ini tergantung pada kemampuan pasien untuk mentolerir efek samping . Hal ini , bagaimanapun, telah mengklaim bahwa banyak wanita tidak diperlakukan secara memadai dengan laparoskopi karena penekanan pada kesehatan manajemen ( Jones & Sutton 2002) , mereka menyarankan agar perawatan medis harus digunakan dalam perawatan primer dan kemudian , hanya jika tidak berhasil , pasien harus dirujuk keunit bedah.

Investigasi Disarankan bahwa wanita yang mengalami panggul nyeri, dispareunia atau dismenorea harus memiliki transvaginal atau Pemeriksaan USG abdomen (amso 2002).

Bedah Hal ini diinginkan untuk dirujuk ke unit mana diagnosis laparoskopi dan operasi dapat dilakukan selama operasi yang sama. Itu operasi laparoskopi mungkin konservatif, eksisi atau ablasi, tergantung temuan (Jones & Sutton 2002).

Histerektomi dan bilateral salpingo - oophrectomy juga dapat dilakukan keluar bagi mereka dengan endometriosis jika dianggap tepat , namun , penggunaan terapi penggantian hormon risiko mengaktifkan kembali penyakit . itu Royal College of Obstetricians dan Gynecologists

physiosilvia.com


(RCOG 2000) juga telah menganjurkan penggunaan operasi ablatif dalam pengobatan endometriosis . Wanita dengan endometriosis dianjurkan untuk memulai keluarga mereka sedini mungkin ( Brentkopf & Bakoulis 1988) . Jika ada masalah infertilitas terkait dengan endometriosis harus ada rujukan ke ginekolog . Ada bukti bahwa operasi untuk endometriosis tidak selalu membantu konsepsi dalam kasus infertilitas . Sebuah penelitian di Kanada dari 348 perempuan menunjukkan manfaat untuk kesuburan dari intervensi bedah ( Marcoux et al 1997) , tetapi mereka menemukan hasil kehamilan yang buruk dibandingkan dengan mereka yang menerima terapi medis . Juga , sebuah penelitian di Italia dari 77 wanita tidak menemukan manfaat untuk kesuburan pada wanita yang memiliki laparoskopi bedah intervensi ( Parazzini 1999) . Baru-baru ini , laser telah digunakan untuk menghancurkan implan endometrium dan adhesi , sehingga dapat menunda kemajuan kondisi . operasi juga dapat digunakan untuk menghilangkan perlengketan dianggap menyebabkan rasa sakit , atau untuk memfasilitasi konsepsi di mana adhesi telah diblokir atau terdistorsi fallopi tabung .

Fisioterapi di Pengobatan kista ginekologi dan pertumbuhan baru

Fisioterapi tidak memiliki tempat dalam pengobatan sebenarnya kista atau pertumbuhan baru, tetapi ada penting profilaksis dan terapeutik peran untuk fisioterapis kemoterapi atau radioterapi di mana, melibatkan istirahat di tempat tidur, atau operasi dilakukan. Pasien akan mendapatkan keuntungan dari saran dan bantuan untuk mengoptimalkan kondisi fisik dan mental mereka sebelum

serta

setelah

prosedur

tersebut.

physiotherapeutic

tepat

modalitas

harus

dipertimbangkan di mana rasa sakit yang merepotkan, tetapi nilai berdenyut gelombang pendek diathermy atau USG (tapi tidak dalam kasus ini operasi) untuk membantu dalam pelunakan dan penyerapan perut yang menyakitkan adhesi tidak terbukti. Namun, fisioterapis memiliki banyak memberikan kontribusi pada kualitas hidup orang-orang yang kondisi tempat berat menekankan pada hubungan perkawinan dan kemampuan untuk bekerja, atau yang sakit parah.

pemindahan dan prolaps genital

physiosilvia.com


Kata 'prolaps' adalah dari kejatuhan latin, yang berarti tergelincir sebagainya (Thakar & Stanton 2002). Oleh karena itu prolaps genital mengacu pada tergelincir salah satu organ panggul ke posisi pengungsi. Wanita itu mungkin atau mungkin tidak bebas dari gejala, tergantung pada tingkat keparahan dari perpindahan. Samuelsson et al (1999) melaporkan bahwa symptomology dan klinis Temuan mungkin tidak berkorelasi dengan baik. Telah dilaporkan bahwa 20% dari mereka pada daftar tunggu untuk operasi ginekologi utama menunggu operasi untuk prolaps genital (Cardozo 1997). Rahim bebas untuk bergerak sesuai dengan volume berubah kandung kemih dan rektum. Serviks diarahkan ke belakang dan rahim dikatakan untuk 'anteversi'. Dimana rahim depan membungkuk lebih lanjut tentang dirinya sendiri, itu dikatakan 'anteflexed'. Namun, jika serviks ditemukan menunjuk depan dan fundus rahim diarahkan ke belakang, rahim dikatakan 'retroversi', dan di mana rahim kemudian lebih lanjut membungkuk ke belakang pada dirinya sendiri itu dikatakan 'retrofleksi'. Dua puluh persen normal wanita memiliki retroversi uterus, infertilitas, sakit punggung dan dispareunia telah dikaitkan dengan itu. Rahim dapat ditarik atau diadakan di retroversi akibat adhesi yang terkait dengan endometriosis atau penyakit radang panggul.

Seperti dijelaskan dalam Bab 1 , organ-organ panggul dipelihara dan didukung dalam posisi dengan kombinasi fasia dan ligamen , dan secara tidak langsung dengan dasar panggul dan otot levator ani . Ini mendukung penting komponen kadang-kadang kongenital lemah , atau melemah , memanjang atau benar-benar rusak oleh melahirkan . Faktor-faktor saat melahirkan terkemuka prolaps urogenital adalah : bayi besar , tenaga kerja yang panjang , pengiriman dibantu dan rejimen latihan postnatal miskin ( Jackson & Smith 1997) . itu penulis yang sama juga mengutip penyakit jaringan ikat , histerektomi , obesitas , penyakit pernapasan kronis dan massa panggul sebagai kemungkinan penyebab lain . Sembelit juga dianggap sebagai faktor penyumbang untuk uterovaginal prolapse ( Spence - Jones et al, 1994 ) . Prolaps paling sering terjadi pada wanita yang telah melahirkan anak-anak , meskipun dapat terjadi pada nulipara . Telah diperkirakan bahwa 50 % wanita parous memiliki beberapa prolaps ;Namun , hanya 10-20 % mencari pengobatan untuk kondisi mereka ( Beck 1983, dikutip dalam Glowacki & Wall 2002) . Ada juga peningkatan risiko prolapse dengan usia ( Olsen et al 1997)

physiosilvia.com


Setelah histerektomi vagina dapat mengalami prolaps karena penurunan dukungan dari kubah vagina ( Jackson & Smith 1997) . Hal ini dapat disebabkan oleh lampiran tidak berhasil menorehkan ligamen uterosakral serviks dan transversal untuk konservasi Vagina . Angka 9.1 dan 9.2 ( hal. 285 , 286 ) menggambarkan jenis yang paling umum dari perpindahan dan prolaps dihadapi oleh fisioterapis , bersama-sama dengan panduan kasar tentang bagaimana mereka dapat hadir pada pemeriksaan perineum . Gejala bervariasi tetapi pasien mungkin mengeluh benjolan , menyeret sebuah sensasi , ' sesuatu yang turun ' atau perasaan berat saat mereka berdiri , dan sebagai sensasi progresif sepanjang hari . Ini adalah ' tidak ada ketika pasien berbaring . Mungkin ada keluhan sakit punggung tetapi tidak sering disebabkan oleh prolaps . Hubungan seksual mungkin akan terpengaruh oleh kesulitan dalam penetrasi , dispareunia ( lihat hal. 296 ) atau kurangnya kepuasan pada bagian dari satu atau kedua pasangan . Perpindahan dari kandung kemih ( cystocoele ) (Gambar 9.1a ) tidak selalu mempengaruhi kontinensia tetapi beberapa pasien mengeluh frekuensi dan urgensi berkemih , dan inkontinensia stres, yang mungkin apa saja dari yang sangat ringan sampai parah . Sebuah rectocoele (Gambar 9.1b ) dan enterocoele dapat mengakibatkan kesulitan dalam defekasi , sembelit dan wasir . Jika ada inkontinensia urin bersamaan itu harus sepenuhnya diselidiki sebelum operasi apapun ( Jackson & Smith 1997 ) . Setiap bentuk prolaps dapat menyebabkan masalah coital sebagai akibat dari sensasi vagina berubah , dan dispareunia dan / atau flatus vagina ( Jackson & Smith 1997) .

Terapi penggantian hormon dalam bentuk estrogen pascamenopause suplementasi dapat direkomendasikan untuk meningkatkan kolagen kulit konten, namun kemanjurannya dalam mencegah prolaps genitourinari tidak terbukti (Jackson & Smith 1997).

Prolaps organ genital dapat digambarkan sebagai terjadi dalam anterior, tengah atau kompartemen posterior.

1. depan kompartemen Cystocoele (Gambar 9.1a)

physiosilvia.com


Kelemahan dari fasia pubocervical memungkinkan kandung kemih untuk menggantikan ke bawah dan mundur ke dinding anterior vagina. Jika ini adalah kendur itu akan menonjol. Dalam kasus yang lebih parah kantong terbentuk di kandung kemih yang memegang sisa urin. Pasien mengeluh frekuensi dan pengosongan lengkap dari kandung kemih, yang merupakan predisposisi infeksi, mereka mungkin juga memiliki inkontinensia stres. Acystocoele dapat terjadi dalam ketiadaan keturunan rahim, tetapi di mana ada rahim keturunan itu akan didampingi oleh beberapa derajat cystocoele karena koneksi fasia intim antara dasar kandung kemih dan leher rahim.

Urethrocoele (Gambar 9.1c)

Urethra sendiri, yang melekat erat pada dinding anterior Vagina, mungkin melorot ke belakang dan ke bawah ketika menerima cukup dukungan dari fasia vagina atau sekitarnya, tetapi juga mungkin ketegaran. Ini adalah bentuk paling umum dari prolaps genital (Thakar & Stanton 2002).

Cystourethrocoele Acombination dari cystocoele dan urethrocoele adalah jenis yang paling umum prolaps (Thakar & Stanton 2002). Cystourethrocoele mungkin terkait dengan inkontinensia stres kemih, dan retensi urin atau berulang infeksi saluran kemih, atau keduanya (Jackson & Smith 1997).

2. kompartemen Tengah Enterocoele Adescent dari kubah vagina membebaskan bagian atas vagina posterior dinding untuk menjatuhkan, tonjolan dan menonjol, memungkinkan suatu kantong diperpanjang Douglas untuk hernia, mungkin berisi usus kecil dan omentum. Jadi sebuah enterocoele biasanya menyertai prolaps rahim.

uterine prolapsed

physiosilvia.com


Ketika kurangnya dukungan yang memadai memungkinkan rahim untuk turun, hal itu menyebabkan kubah vagina untuk turun juga dan vagina untuk membalikkan. Prolaps seperti akan terkait dengan cystocoele dan enterocoele (lihat di atas). Secara tradisional tiga derajat prolaps rahim (Gambar 9.2) digunakan dalam klinis description: Pertama serviks tetap di dalam vagina.

Gelar Adescent kedua serviks ke introitus, yang mungkin menonjol lebih lanjut tentang tegang, dengan kemungkinan kerusakan, infeksi dan ulserasi.

Derajat ketiga atau prosidensia Seluruh rahim turun di luar introitus dari tubuh, menyebabkan jumlah inversi vagina. Sebuah prosidensia hampir pasti terkait dengan cystocoele dan enterocoele. Namun, sekarang direkomendasikan bahwa ginekolog harus menggunakan parameter untuk mengukur prolaps organ panggul seperti yang dijelaskan oleh Bump et al (1996) dan disetujui oleh International Continence Society. Ini Metode menggunakan titik referensi anatomi didefinisikan dalam istilah dinding vagina segmen. Ada enam poin didefinisikan terletak di anterior, superior dan posterior vagina yang terletak di referensi ke cincin himen dan pengukuran yang dilakukan. Uterine prolapse dikaitkan dengan sakit punggung dan kesulitan dalam menggunakan tampon; prosidensia dapat menyebabkan ulserasi (Jackson & Smith 1997).

3. belakangkompartemen Rectocoele (Gambar 9.1b)

Prolaps rektum ke depan terhadap bagian bawah dinding posterior vagina hampir selalu dikaitkan dengan kerusakan tubuh perineal dan konsekuensi kehilangan dukungan itu menyediakan. Tidak memadai atau tidak efektif menjahit episiotomi dan perineum air mata yang berhubungan dengan persalinan, atau kurangnya penghargaan dari kerusakan berkelanjutan, dapat menyebabkan kondisi ini. Rectocoele tidak selalu berhubungan dengan prolaps rahim karena rektum tidak langsung terhubung ke leher rahim. Arectocoele dapat menyebabkan sembelit dan dyschezia (Jackson & Smith 1997). Feses sering 'saku' di rectocoele tersebut;

physiosilvia.com


wanita sering melaporkan menggunakan belat perineum atau postvaginal- tekanan dinding untuk mengosongkan perut mereka penuh.

Fisioterapi di pengobatan genital pemindahan dan kejatuhan

Meski belum terbukti , diyakini bahwa pendidikan yang lebih baik dari wanita sebelum melahirkan dengan pendidikan otot dasar panggul aktif akan membantu dalam pencegahan atau keterlambatan prolaps dan symptomology nya . manajemen yang tepat tenaga kerja juga harus mengurangi faktor risiko obstetrik . kebanyakan pasien dengan prolaps ringan akan mendapatkan keuntungan dari fisioterapi diarahkan untuk memperkuat otot-otot dasar panggul (lihat Chs 11 , 12 ) ; ini direkomendasikan oleh kedua Jackson & Smith ( 1997) dan Thakar & Stanton ( 2002) . fisioterapis juga harus mempertimbangkan memberikan perhatian pada dada dan infeksi lain , obesitas , sembelit dan beban kerja wanita . Mengingat biaya – baik manusia dan keuangan - dan risiko yang melekat terkait dengan operasi , itu masuk akal baik bagi semua pasien yang akan ditawarkan periode 6-8 minggu intensif pengobatan physiotherapeutic spesialis sebelum operasi diperdebatkan atau sekali mereka ditempatkan pada daftar tunggu bedah . Dalam kasus apapun , operasi akan tertunda kapanpun praktis sampai melahirkan selesai ; fisioterapi atau alat pencegah kehamilan yang dapat membantu untuk pasang wanita lebih sampai saat itu . Untuk lebih kasus resisten , operasi dalam bentuk perbaikan atau histerektomi akhirnya akan diperlukan ( lihat hal 309 . ) , namun hasil jangka panjang untuk operasi prolaps tidak pasti ( Jackson & Smith 1997) . Tampaknya masuk akal untuk mengajar semua wanita yang tepat latihan otot dasar panggul sebelum setiap operasi prolaps , dalam hubungan dengan yang diajarkan ' bakat ' ( Miller et al 1998) dan diberi rekomendasi untuk bergerak dan penanganan teknik yang sesuai . sekarang juga dianjurkan untuk mengajarkan teknik defekasi ( lihat hal . 387 ) untuk setiap perempuan yang dating dengan prolaps , terutama jika mereka menderita sembelit .

physiosilvia.com


Kondisi Ginekologi lebih lanjut Relevansi untuk Fisioterapis

Gangguan terkait dengan menstruasi Bagi kebanyakan wanita, timbulnya aliran menstruasi adalah biasa dan cukup Acara diprediksi, dan panjang siklus menstruasi adalah individu dan konstan - biasanya di suatu tempat antara 27 dan 32 hari. Namun, ada bisa sedikit perempuan yang tidak, pada tahap tertentu dalam kehidupan mereka terpisah dari kehamilan , pengalaman penyimpangan atau ketidaknyamanan, atau keduanya , terkait dengan menstruasi mereka . Keteraturan periode dapat berubah , dan perdarahan dari rahim mungkin tertunda ( oilgomenorrhea ) , lebih sering ( polymenorrhoea ) atau hanya tak terduga , seperti yang umum dalam menopause . itu jumlah aliran menstruasi dapat mengubah menjadi terus menerus atau berlebihan ( menorrhagia ) , atau kurang ( hipomenoroe ) . Seorang wanita yang mengalami intermenstrual atau perdarahan postcoital harus, bagaimanapun , selalu diselidiki karena dapat menjadi tanda kanker endometrium atau serviks ( O'Brien & Doyle 1997) . ' Menorrhagia ' adalah istilah yang digunakan untuk aliran menstruasi yang berlebihan dariuterus . Perdarahan juga mungkin timbul dari organ-organ lain di saluran tersebut ( misalnya vagina) dan dari saluran lain (misalnya saluran kemih ) , dan kadang-kadang pasien bingung ini dengan menstruasi . Tidak mengherankan telah menunjukkan bahwa wanita sangat bervariasi dalam apa yang mereka menafsirkan sebagai abnormal dan Laporan layak konsultasi , dan gejala dapat diandalkan . Chimbira et al ( 1980) meneliti 92 wanita yang mengeluh menorrhagia ( didefinisikan sebagai perdarahan berat meskipun periode yang teratur ) , dan menemukan ada korelasi antara penilaian subjektif pasien kehilangan darah dan diukur secara obyektif kehilangan darah menstruasi . Setelah dilaporkan , seperti gejala perubahan pola layak penyelidikan dalam banyak kasus.

The menarche Menarche adalah menstruasi, dengan rata-rata berusia 13 tahun di Inggris, baru-baru ini telah dikonfirmasi oleh sebuah studi dari 1.166 perempuan dari sepuluh Kota-kota Inggris (Whincup et al, 2001). Namun penelitian yang sama menunjukkan bahwa hampir satu dari

physiosilvia.com


delapan perempuan mencapai menarche sementara masih di sekolah dasar. Sebuah menarche dini cenderung diikuti dengan menopause terlambat, sedangkan akhir menarche sering diikuti dengan menopause dini (Lewis & Chamberlain 1990). Siklus pertama A Girl adalah sering tidak teratur dan biasanya tanpa rasa sakit, tetapi mungkin anovulasi dengan folikel gagal untuk dewasa memadai dan mungkin dengan perdarahan berkepanjangan. amenorea primer Jika seorang gadis sedang mengembangkan karakteristik seksual sekunder, tetapi memiliki amenorea, tidak ada alasan untuk kekhawatiran. Jika dia tidak memiliki karakteristik seksual sekunder berkembang di 14, atau masih belum menstruasi pada usia 16 tahun terlepas dari karakteristik seksual, kondisi harus dipertimbangkan patologis, ini disebut amenorea primer dan diyakini oleh beberapa bahwa penyelidikan harus dilakukan (Tindall et al 1991). Namun, yang lain percaya bahwa jika karakteristik seksual yang hadir maka penyelidikan lebih lanjut atau manajemen tidak diperlukan, selain jaminan yang biasanya gadis maju akan memulai menstruasi pada usia 18 tahun (O'Brien & Doyle 1997). Steele (1997) juga menyatakan bahwa usia bahwa penyelidikan berlangsung juga harus tergantung pada sejarah keluarga dan tingkat kecemasan ditunjukkan oleh gadis dan orang tuanya.

amenorea sekunder 'Amenorea sekunder' secara ketat didefinisikan sebagai tidak adanya menstruasi selama 6 bulan pada wanita yang sebelumnya telah haid (Steele 1997). Stres, marah emosional dan olahraga berat secara teratur (Beals dan Manore 2002) semua diketahui menyebabkan hilang dari satu atau lebih periode menstruasi yang diharapkan. Periode amenorea atau jarang mungkin terjadi dengan penyakit serius, kelaparan (misalnya anorexia nervosa, di mana amenorea mungkin terjadi sebelum penurunan berat badan berlebih jelas) dan obesitas berat. Kemungkinan penyebab lain dari amenorea sekunder meliputi: kehamilan dan menyusui, sindrom ovarium polikistik (PCOS), kegagalan ovarium prematur, hipofisis tumor, sindrom Asherman (adhesi uterus), radioterapi dan kemoterapi (Steele 1997). Jika pola menstruasi tidak teratur tetapi menstruasi masih hadir dikenal sebagai oligomenore.

physiosilvia.com


Dismenorea Istilah 'dismenorea' berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'sulit aliran bulanan 'dan digunakan untuk menggambarkan rasa sakit yang terkait dengan menstruasi. Kondisi ini mungkin primer atau sekunder. Hal ini juga telah ditunjukkan dalam sebuah studi kecil dari 18 wanita dengan dismenorea bahwa mereka memiliki gejala suhu tubuh nokturnal tinggi dan tidur terganggu di seluruh siklus menstruasi (Baker et al, 1999).

Primer atau spasmodik Dismenorea Ini adalah jenis yang lebih umum, tidak ada kelainan struktural jelas atau patologi. Hal ini terkait dengan peningkatan produksi dan pelepasan prostaglandin endometrium sehingga peningkatan dan abnormal uterus Kegiatan (Pickrell 1997). Rasa sakit dirasakan di perut bagian bawah dan daerah sacral pada jam-jam pertama periode, dan mungkin kolik. ketika rasa sakit sangat parah, mual, muntah, sakit kepala, distensi abdomen, iritabilitas dan bahkan diare mungkin dialami. Nyeri berkurang dengan meningkatkan kehilangan darah. Self-manajemen sering dengan over-the-counter obat-obatan seperti ibuprofen (Fraser & McCarron 1987). manajemen medis terdiri dari jaminan dan baik prostaglandin sintetase inhibitor pada awal menstruasi atau penekanan ovulasi dengan kontrasepsi oral (Pickrell 1997).

Sekunder atau kongestif Dismenorea Hal ini terkait dengan beberapa kelainan struktural atau patologi ( misalnya fibroid, endometriosis atau infeksi ). Rasa sakit, yang mungkin unilateral atau bilateral, dimulai 3 hari sebelum menstruasi dan lega atau sementara diperburuk pendarahan dimulai . Ini dapat meningkat dengan aktivitas . Fisioterapis harus menilai setiap referral dengan hati-hati . dismenorea primerdapat dikelola dengan menggunakan strategi nyeri mengatasi seperti relaksasi, kesadaran pernapasan, akupunktur, transkutan listrik stimulasi saraf ( TENS ) dan teknik distraksi . A Cochrane baru-baru ini review ( Proctor et al 2003 ) terakhir penggunaan TENS

physiosilvia.com


untuk dismenorea primer ; disimpulkan bahwa TENS frekuensi tinggi ditemukan untuk menjadi berguna oleh beberapa percobaan kecil . Namun, ada bukti yang cukup untuk menentukan efektivitas TENS frekuensi rendah . Hal ini juga ditemukan dari satu studi metodologis suara yang tampaknya ada manfaat dari penggunaan akupunktur dalam mengurangi dismenorea ( Helms 1987) . dimana pendudukan pasien dan gaya hidup sebagian besar menetap ( seperti yang sering kasus ) , atau kesesuaian dipertanyakan , panduan tentang cara bijak meningkat aktivitas fisik dapat membantu sebagai latihan dikenal untuk menghasilkan endogen endorfin , yang memiliki rasa sakit - sifat menghilangkan alam .

perdarahan terobosan Frasa ini menggambarkan perdarahan intermenstrual, biasanya terkait dengan penggunaan pil kontrasepsi. Setelah memeriksa bahwa pil sedang diambil dengan benar, dokter mungkin perlu untuk meningkatkan dosis progesterone atau mengubah persiapan. Beberapa wanita juga mengalami hal ini setelah alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) dipasang. Namun, jika wanita itu tidak di pil kontrasepsi atau telah memiliki IUD baru-baru ini dipasang intermenstrual setiap perdarahan harus diselidiki karena mungkin karena karsinoma endometrium (Tindall et al 1991).

ketegangan premenstrual Premenstrual tension (PMT) lebih sering terjadi pada wanita di atas 30 tahun usia dibandingkan pada wanita yang lebih muda, yang merupakan diagnosis yang digunakan untuk menggambarkan sifat lekas marah, depresi, sakit punggung lumbal, nyeri dan pembesaran payudara, sakit perut dan distensi, retensi air, berat badan dan insomnia terkait dengan siklus menstruasi. Dalam sampel dari 1045 menstruasi perempuan dari Inggris, Amerika Serikat dan Perancis, hingga 80% suasana hati yang berpengalaman dan gejala fisik yang berhubungan dengan siklus menstruasi mereka, namun hanya25% pernah mencari pengobatan (Hylan et al, 1999). Beberapa atau semua ini Gejala dimulai hingga 10 hari sebelum menstruasi, dan biasanya surut dengan cepat setelah menstruasi telah dimulai. Ada bukti pada beberapa wanita bahwa kemampuan kognitif mereka menurun dan bahwa mereka lebih agresif dan rawan kecelakaan

physiosilvia.com


pada saat ini, yang relevan untuk mereka yang memiliki pekerjaan menuntut dan bertanggung jawab. Ada beberapa kasus hukum di mana PMT telah digunakan dalam pertahanan. Retensi cairan dianggap oleh beberapa orang untuk menjadi karena kurangnya relative progesteron ovarium , tetapi ada juga output peningkatan antidiuretik hormone ( ADH ) oleh kelenjar hipofisis posterior . Ada juga mungkin mengurangi tingkat serotonin yang menyebabkan perubahan suasana hati ; serotonin selektif reuptake inhibitor ( SSRI ) dapat menjadi pengobatan yang efektif. Progesteron dan progesteron sering digunakan dalam manajemen dari sindrom, tapi review sistematis terbaru menyimpulkan bahwa bukti tidak mendukung pengobatan ini ( Wyatt et al, 2001 ) . lain penelitian di Jerman baru-baru ini dari 170 perempuan menunjukkan bahwa ekstrak kering agnus Buah jarak adalah pengobatan yang efektif dan ditoleransi dengan baik untuk menghilangkan gejala (Schellenberg 2001). Banyak wanita juga menganggap bahwa gamma asam linolenat, dalam bentuk minyak evening primrose , borage oil starflower atau minyak biji, yang bermanfaat . Ada studi yang saling bertentangan tentang mereka kemanjuran, tetapi karena tidak ada laporan efek samping dalam penggunaannya, mungkin berharga mengingat mereka ( Andrew 1997) . Fisioterapis kesehatan perempuan memiliki peran dalam membantu perempuan untuk memahami kondisi dan untuk mempertimbangkan cara-cara menyesuaikan stress tingkat yang ditempatkan pada tubuh, baik secara umum dan pada waktu tertentu. The Mitchell Metode relaksasi harus diajarkan sebagai kelelahan dan stress melebih-lebihkan kondisi (lihat hal. 111) (ACPWH 2002). beberapa wanita juga merasa terbantu dengan mengkonsumsi kecil, sering makan karbohidrat kompleks, buah-buahan dan sayuran. Membatasi asupan garam dapat membantu dalam menghindari retensi cairan, dan menghindari kafein dapat membantu menuju penurunan nyeri payudara siklik.

physiosilvia.com


Uterus disfungsional perdarahan / menorrhagia Perdarahan uterus disfungsional (DUB) adalah istilah untuk menggambarkan normal perdarahan uterus bukan karena penyakit organik pada saluran genital . Ini adalah salah satu kondisi yang paling sering ditemui dalam ginekologi , dapat terjadi pada setiap usia dan bukan salah satu penyakit tetapi kategori penyakit (Dewhurst 1981). Hal ini dianggap oleh beberapa terjadi karena disfungsi endokrin. untuk Misalnya, bayi perempuan mungkin mengalami menstruasi padaminggu-minggu pertama kehidupan , mungkin sebagai akibat dari tidak lagi menerima estrogen plasenta. Semua kasus harus diselidiki secara menyeluruh dan jika perlu diperiksa kembali, misalnya, anemia dapat menjadi penyebab atau efek dari menorrhagia, dan ganas Penyakit dapat menjadi kedoknya. Sayangnya ada bukti bahwabanyak dokter tidak selalu meresepkan apa yang diyakini menjadi yang paling efektif pengobatan lini pertama : asam traneksamat ( Prentice 1999) . yg berkenaan dgn haid kerugian berkurang sekitar setengah ketika mengambil asam traneksamat , dan oleh sepertiga dengan NSAID , keduanya diambil selama menstruasi . progestogen telah ditemukan tidak efektif jika diberikan dalam fase luteal dari siklus , mereka mungkin efektif jika diambil selama 21 hari dari siklus tersebut namun memiliki menyenangkan efek samping (Lethaby et al, 1999). Perawatan medis lainnya dapat dikombinasikan kontrasepsi oral , atau AKDR- sistem intrauterine ( Mirena ). Perawatan medis yang tepat mungkin mampu menghindari kebutuhan untuk operasi. Peran Aphysiotherapist itu mungkin hanya untuk mendorong konsultasi lebih lanjut atau pendapat kedua.

SAKIT PUNGGUNG DAN NYERI PERUT

Wanita dengan kondisi ginekologi sering berasumsi bahwa ini adalah juga merupakan sumber nyeri punggung mereka. Hal ini tidak selalu begitu, dan masih banyak perlu penderitaan tambahan dapat dihindari dengan physiotherapeutic tepat penilaian dan perawatan. Namun, sakit punggung dan perut, nyeri terutama kronis onset bertahap, mungkin memiliki ginekologi langsung asal (Gambar 9.3), dan tentu saja rasa sakit ginekologi dapat hidup berdampingan

physiosilvia.com


dengan nyeri dari belakang dan merupakan gejala akhir penyakit ganas. Fisioterapis dapat menjadi anggota berharga dari ginekologi Tim dalam membantu untuk menganalisa penyebab, terutama sakit punggung,

(a) Posterior

(b) Anterior

dan memperlakukannya mana yang sesuai. Di mana rasa sakit tidak dapat disembuhkan tetapi harus dijalani , TENS dapat membantu.

Nyeri perut akut yang lebih rendah Nyeri perut akut yang lebih rendah mungkin merupakan tanda dari berbagai kondisi termasuk kehamilan ektopik pada seseorang yang berada di tahap awal kehamilan, atau torsi, perdarahan atau pecahnya kista ovarium. Setiap perut baru nyeri akut harus segera dirujuk untuk nasihat medis. Selama perut, nyeri ginekologi benar jarang meluas atas anterior duri iliaka superior, ketika asal rahim itu dapat menyebar ke Aspek anterior paha . Nyeri dapat diperburuk oleh perut tekanan atas lokasi lesi . Posterior , biasanya terletak di atas bagian atas sakrum dan dapat memperpanjang lateral ke glutei tersebut . kapan melibatkan kelenjar getah bening di sekitar pleksus sakral , kanker serviks dapat menyebabkan nyeri menjalar ke bagian belakang kaki. Sakit punggung yang berhubungan dengan prolaps rahim lega dengan berbaring, melainkan menjadi lebih parah pada berdiri terlalu lama dan sebagai hari berlangsung .

kronis yang lebih rendah sakit perut dengan kemacetan panggul

Beard et al (1984) menyarankan penyebab nyeri panggul pada wanita reproduksi usia tanpa

physiosilvia.com


patologi somatik jelas, dilatasi vena dan pembuluh darah kemacetan di ligamen yang luas dan pleksus ovarium adalah jelas dalam 91% dari perempuan dalam penelitian ini. Ketika memeriksa klinis fitur pada wanita dengan nyeri panggul dan kemacetan, yang dibuktikan pada venography panggul, hasil berikut ditemukan (Beard et al 1988): • Para wanita lebih sering multipara. • Rasa sakit itu membosankan dan sakit dengan eksaserbasi tajam. • Nyeri adalah umum pada satu sisi perut, tetapi juga bisa terjadi di sisi lain. • Nyeri ini diperparah oleh perubahan postural dan berjalan. • dismenorea kongestif, dispareunia dalam dan sakit pascakoitus yang umum. • Bukti gangguan emosional yang signifikan ditemukan pada 60%. Mengurangi faktor yang berbaring, analgesik, aplikasi panas lokaldan relaksasi. POLYCYSTIC OVARIAN SINDROM

Sindrom ini berhubungan dengan gangguan menstruasi dan yang paling bentuk umum dari anovulasi infertilitas (Frank 1995). Wanita dengan ini Kondisi mungkin juga menderita dengan hirsutisme, jerawat, obesitas, meningkatkan testosterone aktivitas, dan konsentrasi LH tinggi. Diperkirakan bahwa gangguan yang mendasari adalah salah satu dari resistensi insulin, hiperinsulinemia dengan yang merangsang kelebihan produksi androgen ovarium (Hopkinson et al 1998). Hal ini diyakini bahwa agen sensitisasi insulin seperti metformin dapat memainkan peran utama dalam pengobatan (Hopkinson et al 1998). Wanita dengan kondisi ini dapat menjadi sangat cemas mengenai infertilitas; fisioterapis kesehatan perempuan mungkin memiliki peran dalam mengajar mengendalikan stres dengan teknik relaksasi.

INFERTILITAS

Ada telah meningkat rujukan untuk penyelidikan kesuburan pada baru-baru ini tahun. Kenaikan ini mungkin disebabkan oleh peningkatan eksposur media subjek , tapi apa yang pasti adalah

physiosilvia.com


bahwa perempuan semakin menunda melahirkan sampai usia tiga puluhan , dan praktek ini telah dua kali lipat dalam 25 tahun terakhir ( Kantor Statistik Nasional 1997) . Dari mereka melakukan hubungan biasa tanpa kontrasepsi , 90 % pasangan usia subur harus mencapai kehamilan dalam waktu satu tahun dan ini meningkat menjadi 95 % setelah 2 tahun . Oleh karena itu beberapa orang memiliki kesuburan yang normal rendah daripada subfertility ( Cahill & Wardle 2002) . Ada banyak penyebab subfertilitas termasuk disfungsi sperma , ovulasi gangguan dan kerusakan tuba fallopi . Penyebab masalah ini banyak dan bervariasi dan beberapa pasangan mungkin memiliki lebih dari satu alas an untuk subfertility mereka . Bertambahnya usia perempuan mengurangi perempuan kesuburan lanjut dan karenanya mengurangi kemungkinan keberhasilan pengobatan . Infertilitas primer adalah bahwa terjadi pada wanita yang belum pernah hamil . Jika telah terjadi kehamilan sebelumnya itu disebut sebagai sekunder infertilitas . Sebuah konsepsi istilah penuh sebelumnya telah ditemukan untuk memberikan kesempatan lebih besar untuk konsepsi baik secara alami atau setelah pengobatan . Pasangan harus mengejar rujukan awal ke klinik spesialis infertilitas jika mereka telah mencoba konsepsi selama lebih dari 3 tahun , atau wanita adalah lebih dari 38 tahun , telah memiliki serum antibodi Chlamydia titer atau menyebabkan konsentrasi FSH atau konsentrasi LH pada fase folikuler awal menyebabkan keprihatinan . Alasan lain mungkin akan jika sperma pasangan hitung , motilitas atau penampilan menimbulkan kekhawatiran ( Cahill & Wardle 2002) . Fisioterapi kesehatan wanita mungkin mengalami pasien ini hanya selama atau setelah kehamilan yang dihasilkan. Mereka harus sadar akan kegelisahan ekstra dan kekhawatiran bahwa pasangan ini mungkin memiliki . mereka yang memiliki masalah kesuburan mungkin lebih mempertanyakan semua yang ditawarkan kepada mereka dan perawatan harus dilakukan untuk menghilangkan salah satu kecemasan yang sangat nyata bahwa mereka mungkin memiliki . Fisioterapi harus diarahkan tepat ke arah kondisi presentasi.

physiosilvia.com


INFERTILITAS OVARIUM DINI KEGAGALAN ( POF ), JUGA DIKENAL SEBAGAI MENOPAUSE DINI

Kondisi menyedihkan ini tidak dapat dicegah atau disembuhkan tetapi dapat diobati dan dikelola. Kegagalan ovarium terjadi beberapa waktu antara menarke dan usia 40 tahun . Insidensinya sekitar 1 % dari wanita, meningkat menjadi 8-10 % bila termasuk operasi ginekologi, kemoterapi dan radioterapi ( Farrell 2002) . POF dapat dari berbagai tingkat keparahan dan tidak hanya dapat menyebabkan infertilitas tetapi juga memiliki konsekuensi jangka panjang seorang wanita yang pada peningkatan risiko osteoporosis dan jantung penyakit. Penyebab yang mungkin banyak : disgenesis gonodal, asosiasi genetik, penyakit autoimun, oophritis virus, atau iatrogenik atau idiopatik menyebabkan . Beberapa penyebab yang lebih jarang daripada yang lain, banyak yang jatuh ke idiopatik kelompok . Kelompok wanita sering melaporkan tingkat tinggi depresi dan stress dan rendahnya tingkat harga diri dan kepuasan hidup ( Liao et al, 2000 ). itu perempuan yang telah POF sebagai sequellae kemoterapi atau radioterapi mungkin perlu intervensi krisis yang efektif ( Pasquali 2002). Ini mungkin disarankan untuk memiliki scan kepadatan tulang sebagai dasar untuk referensi di masa mendatang dan berlatih kesadaran payudara. Fisioterapis kesehatan perempuan harus Kondisi ginekologi yang umum menyadari masalah psikologis yang mungkin terkait dengan kondisi tersebut.

MASALAH PSIKOSEKSUAL

Fisioterapis kesehatan perempuan harus siap untuk klien ingin untuk membahas kesulitan seksual mereka . Kadang-kadang wanita mungkin secara langsung disebut menderita dispareunia, tapi sering subjek akan muncul setelah operasi , atau selama pengobatan untuk berbagai bentuk inkontinensia dan lemah otot dasar panggul , dan tentu saja selama kehamilan atau setelah melahirkan. Meskipun seks dan seksualitas yang lebih terbuka dibahas hari ini , sebagian besar orang mengalami kesulitan besar dalam mengungkap masalah seksual yang sangat pribadi mereka kepada pihak luar . Fisioterapis harus menghormati wanita ingin untuk

physiosilvia.com


curhat, memberikan mendengarkan telinga tidak menghakimi dan , jika tidak dapat membantu secara langsung, harus tahu sumber lebih lanjut psikoseksual konseling di daerah. Aquestionnaire dikirim ke profesional kesehatan ( dokter , perawat , fisioterapi dan terapi okupasi ) mengungkapkan kurangnya a pelatihan ; ada 813 responden yang percaya bahwa masalah seksual perlu ditangani dan dibahas dalam pelayanan kesehatan ( Haboubi & Lincoln 2003 ) . Namun, mereka merasa bahwa mereka kurang terlatih , sakit disiapkan dan jarang memiliki diskusi tersebut . Terapis secara khusus memiliki pelatihan kurang, tingkat kenyamanan yang lebih rendah dan kurang kemauan untuk berbicara tentang masalah seksual dari dokter dan perawat , ini perlu ditangani .

Etiologi

Disfungsi seksual wanita disebabkan oleh banyak variabel . Hawton ( 1985) menyebutkan tiga kategori kausal : 1 . Faktor predisposisi , yang meliputi pengalaman awal kehidupan 2 . Precipitants , yang merupakan peristiwa atau pengalaman yang terkait dengan awal munculnya disfungsi 3 . Mempertahankan faktor , yang menjelaskan mengapa disfungsi berlanjut .

Secara umum, masalah seksual dapat digolongkan sebagai orang-orang yang secara fisik dan disebabkan oleh penyakit fisik , trauma selama operasi dan obat-obatan , dan mereka yang memiliki asal-usul psikologis . Jelas fisik dan psikologis penyebab akan berinteraksi erat , satu dengan yang lain . disfungsi Seksual adalah penyebab langsung dari ketidakharmonisan dan stres dalam hubungan dan mengarah ke penderitaan pribadi yang besar , seksualitas perempuan sering dipengaruhi oleh kehidupan acara-acara seperti kehamilan, kelahiran , penyakit dan klimakterik , yang

semuanya

akan

dihadapi

oleh

fisioterapis

bekerja

sama

dengan

wanita

.

Berbagai penulis ( Gillan & Brindley 1979, Kegel 1952, Kline - Graber & Graber 1975; Masters & Johnson 1966) telah menarik perhatian pada peran dimainkan oleh otot-otot dasar panggul , dan khususnya bulbospongiosus tersebut , ischiocavernosus dan serat yang paling medial levator

physiosilvia.com


ani otot , dalam pencapaian orgasme perempuan. Kegel ( 1952) melaporkan bahwa lemah otot dasar panggul disertai dengan keluhan seksual ketidakpuasan , dan Graber & Kline - Graber ( 1979) telah melaporkan bahwa wanita orgasme memiliki otot circumvaginal baik ( dasar panggul otot ) berdasarkan penilaian dan perineometer pembacaan klinis . Stimulasi otot dasar panggul dengan menggunakan elektroda vagina untuk mengobati inkontinensia urin pada wanita telah menghasilkan peningkatan kepuasan coital ( Scott & Hsuch 1979) . Shafik (2000) mengkaji peran levator yang otot ani di evakuasi , kinerja seksual dan gangguan dasar panggul . Dia menyatakan bahwa , selama hubungan seksual , yang distensi vagina oleh penis menyebabkan vaginolevator dan refleks vaginopuborectalis dengan resultan kontraksi otot levator ani . Otot-otot levator ani juga kontrak dalam menanggapi rangsangan klitoris atau serviks uteri melalui clitoromotor yang dan cervicomotor refleks . Semua temuan ini memiliki implikasi menarik bagi ahli fisioterapi terlibat dalam panggul otot pendidikan ulang , bisa jadi bahwa meningkatkan kekuatan otot dasar panggul mereka akan membantu perempuan anorgasmic . Penyebab psikologis memainkan peranan besar dalam disfungsi seksual wanita ( Masters & Johnson 1970 ) , tetapi penyakit dan pil kontrasepsi oral dapat juga mengurangi libido . Dispareunia pasti bisa menghambat gairah seksual ; nya penyebab yang bervariasi ( lihat hal . 296 ) dan harus selalu diselidiki dengan benar dan diobati .

General seksual dan penyelewenagan fungsi

Ada penurunan libido, menyebabkan kurangnya perasaan erotis dan mengurangi vasocongestion dalam tahap gairah, lubrikasi vagina dan perluasan tidak akan terjadi. Kurangnya keinginan sering sekunder terhadap stres, kelelahan, depresi, fisik penyakit, obat, disfungsi seksual lain atau kesulitan hubungan (Watson 1990). Produksi testosteron dibagi antara ovarium dan kelenjar adrenal. Jika telah ada operasi atau kemoterapi yang mempengaruhi ini mungkin ada kehilangan hasrat seksual (Butcher 1999a). Ada juga banyak obat-obatan dan masalah kesehatan lain yang dapat mempengaruhi gairah seksual.

physiosilvia.com


Disfungsi Orgasmic

Meskipun sensasi erotis dan vasocongestion dapat terjadi, orgasme tidak berpengalaman. Ini mungkin primer (orgasme belum pernah dicapai) atau sekunder (setelah mengalami orgasme sebelumnya, seorang wanita tidak lagi mampu mencapai klimaks). Anorgasmia dapat didefinisikan sebagai paksa penghambatan refleks orgasme (Butcher 1999b). Ini menjadi masalah hanya jika wanita menganggap itu menjadi salah satu (Selby, 1997). Media memiliki kadang-kadang membuat wanita memiliki harapan yang masuk akal, 'normal' bisa berkisar dari wanita-wanita yang tidak pernah atau jarang mengalami orgasme bagi mereka yang mengaku mengalami multiple orgasme. Pengobatan dapat dimulai dengan wanita tetapi terus dengan dia dan pasangannya, melainkan ditujukan untuk 'memegang kembali 'bahwa wanita mungkin merasa. Terapis seksual dapat lebih mengobati para wanita yang peduli dengan mendorong penggunaan 'superstimulation' menggunakan alat bantu dan dengan jaminan (Watson 1990).

vaginismus

Vaginismus adalah spasme involunter pubococcygeal dan terkait otot-otot sekitar sepertiga bagian bawah vagina (Butcher 1999b), hal itu mungkin benar-benar mencegah penetrasi atau membuatnya sangat menyakitkan. Jika ada mencoba penetrasi ada juga mungkin spasme adductors dan perut. Ini bisa menjadi respon kondisi primer disebabkan oleh rasa takut penetrasi, pada seorang wanita yang belum pernah mengalami peneration vagina. Vaginismus sekunder adalah ketika telah terjadi penetrasi vagina tanpa masalah di masa lalu , mungkin menjadi sekunder untuk pengalaman traumatis seperti melahirkan atau pelecehan seksual . Jarang mungkin ada fisik menyebabkan , dan dispareunia , untuk alasan apa pun , mungkin berperan dalam etiologi kondisi menyedihkan ini . Ada spektrum besar vaginismus , dari wanita yang senang untuk memiliki apa-apa tapi penetrative aktivitas , bahkan mencapai orgasme , dengan yang di antaranya gejala sangat parah yang dapat menyebabkan penghindaran umum dari setiap seksual atau bahkan kasih saying menyentuh ( Butcher 1999b ) . Pada akhirnya hal ini dapat

physiosilvia.com


menyebabkan rasa sakit, takut , penghinaan dan frustrasi , mengarah pada ketidakmampuan dan perasaan ditinggalkan . Wanita yang menderita kondisi ini akan mengalami kesulitan dalam menghadiri untuk setiap smear serviks atau penilaian ginekologi dan tidak dapat menggunakan tampon . Pengobatan sering dimulai dengan menggunakan pengobatan perilaku kognitif program ( Butcher 1999a ) . Ini dimulai dengan penjelasan –hati sifat masalah diikuti dengan latihan bergradasi sesuai sementara belajar untuk mendapatkan kontrol dan mengendurkan otot-otot dasar panggul . Pelatihan dilator kemudian dapat diperkenalkan dalam ukuran secara bertahap dinilai dan akhirnya mitra didorong untuk berpartisipasi dalam terapi ( Watson 1990) . Pengobatan dapat berhasil hanya jika wanita berhasil memiliki apa yang ia anggap ' kepemilikan vaginanya sendiri ' . Fisioterapis kesehatan perempuan harus selalu menyadari bahasa tubuh wanita ketika dia menghadiri untuk terapi apapun. Informed persetujuan selalu penting sebelum pemeriksaan atau pengobatan dimulai . Bahkan jika seorang wanita memberikan persetujuan untuk pemeriksaan vagina , tanda-tanda bahwa dia tidak bahagia untuk melanjutkan , seperti kaki adduksi atau teratur bernapas , harus dianggap sebagai tanda untuk pemeriksaan untuk berhenti . lebih lanjut percakapan dapat menimbulkan penyebab ketidakbahagiaan , melainkan mungkin bahwa wanita menderita vaginismus . Jika demikian , mungkin perlu lebih banyak Terapi dari sekedar secara fisik diinstruksikan dalam penggunaan dilator ; kecuali fisioterapis telah menerima pelatihan yang tepat adalah bijaksana untuk merujuk wanita untuk terapi yang tepat .

dispareunia

Dispareunia didefinisikan sebagai nyeri genital berulang dengan aktivitas seksual . Ini dapat dibagi lagi menjadi dispareunia primer, jika hubungan selalu menyakitkan , dan dispareunia sekunder , jika terjadi setelah periode hubungan seksual bebas rasa sakit ( Butcher 1999b ) . Ini adalah sebuah menyedihkan gejala dan dapat menyebabkan masalah dan konflik dalam hubungan. Biasanya deskripsi nyeri dengan aktivitas seksual penetratif tetapi juga dapat terjadi dengan stimulasi genital . Ini dapat digambarkan sebagai menjadi dangkal atau mendalam , dan dapat disebabkan oleh infeksi atau alergi , trauma ( seperti episiotomi atau

physiosilvia.com


perineum dan vagina air mata menyertai persalinan atau operasi ginekologi ) , perubahan menopause , bawaan cacat , neoplasma , pelecehan seksual atau teknik yang buruk . berulang seksual Nyeri bisa menjadi bagian dari siklus nyeri di mana rasa takut menyebabkan avoidance , kurangnya gairah , kegagalan untuk mencapai orgasme dan hilangnya hasrat , akhirnya ini menyebabkan jumlah penghindaran dan kesulitan dalam hubungan ( Butcher 1999b ) .

dispareunia superficial

Ada banyak penyebab dangkal ( pada atau di sekitar pintu masuk vagina ) dispareunia: 1. Infeksi vagina dan vulva dengan organisme seperti Candida albicans, Trichomonas vaginalis atau herpes simpleks, infeksi kelenjar Bartholin atau terinfeksi kista 2 . Kerusakan yang terjadi saat melahirkan - robekan atau episiotomi – atau pembedahan ginekologis kadang meninggalkan jaringan parut yang dapat akut tidak nyaman saat berhubungan seksual , terutama yang melibatkan dinding posterior ( Haase & Skibsted 1988); Spencer et al ( 1986) memiliki menunjukkan bahwa wanita diperbaiki dengan kromat gliserol – diresapi catgut persalinan berikut lebih mungkin untuk memiliki nyeri perineum pada 10 hari dan menderita dispareunia pada 3 bulan dibanding mereka yang dijahit dengan catgut kromik tidak diobati , Hibah et al ( 1989) dalam sebuah tindak lanjut studi tentang perempuan asli terpengaruh melaporkan bahwa 3 tahun kemudian , dispareunia gigih masih sedang dialami oleh signifikan jumlah perempuan . Hal ini menduga bahwa jaringan perineal reaksi yang berbeda dengan catgut gliserol - diresapi , mungkin oleh peningkatan fibrosis ; Hibah menyarankan bahwa tidak ada tempat

untuk

penggunaan

bahan

ini

dalam

perbaikan

luka

perineum.

3 . Perubahan menopause karena kekurangan estrogen sehingga menimbulkan vaginitis atrofi atau penyempitan introitus dan vagina

physiosilvia.com


4 . Uretritis atau karunkula uretra

5 . Kondisi bawaan seperti selaput dara kaku atau stenosis vagina , atau septum vagina

6 . Memadai pelumasan genital - mungkin karena tidak efektif seksual gairah atau faktor psikologis , ini dapat menjadi masalah berikut melahirkan, operasi atau menopause , ketika takut sakit dapat menghambat peningkatan alami cairan vagina dan vulva

7 . Iritasi seperti spermisida atau lateks

8 . Radioterapi ( vaginitis radiasi )

9 . Trauma seksual, pelecehan .

Dispareunia dalam

Dalam dispareunia sering digambarkan sebagai nyeri akibat menyodorkan panggul selama hubungan seksual (Butcher 1999b). Hal ini sering dikaitkan dengan patologi pelvis seperti:

1. Penyakit radang panggul akut atau kronis 2. endometriosis 3. kehamilan ektopik 4. Uterus retroversi, prolaps kandung kemih, rahim atau rektum, prolaps dari ovarium ke dalam kantong Douglas, atau robek ligamen yang luas 5. Jaringan parut pasca operasi setelah perbaikan vagina atau, kadang-kadang, a air mata vagina tinggi 6. sembelit 7. Neoplasma dan infeksi sekunder yang menyertai nya

physiosilvia.com


8. Operasi ginekologi, panggul atau perut 9. adhesi pascaoperasi 10. fibroid 11 . Irritable bowel syndrome 12 . Infeksi saluran kemih 13 . Kista ovarium .

pengobatan

Pengobatan harus selalu diarahkan pertama di setiap penyebab fisik mungkin. Program perilaku kognitif juga dapat digunakan di mana wanita belajar tentang kondisinya , dan secara bertahap merasa bahwa dia memiliki memperoleh kontrol atas aktivitas vagina dan seksualnya ( Butcher 1999b ) . Fisioterapi Semakin diminta untuk mengobati pasien mengeluh dispareunia , khususnya postpartum . Biasanya pasien memiliki memiliki episiotomi atau cukup air mata yang membutuhkan jahitan setelah baru-baru ini pengiriman, kadang-kadang luka ini telah menjadi terinfeksi dan rusak . Sebuah bekas luka mengangkat dan sensitif dapat teraba dalam beberapa kasus , di lain ada ada yang jelas . Dokter kandungan kadang-kadang menawarkan untuk cukai bekas luka seperti dan resuture , dengan 50/50 harapan perbaikan. secara dpt dimengerti perempuan enggan untuk menerima trauma lanjut berselisih rendah. Jika introitus tampaknya telah dijahit ' terlalu erat ' , dilator mungkin disarankan. Fisioterapi menemukan bahwa mereka mampu mengobati banyak seperti pasien sangat berhasil menggunakan kombinasi dari 'perawatan lembut penuh kasih ' , mendengarkan , konseling , pendidikan , USG untuk melunakkan jaringan parut , dan mengajar diri pijat dan panggul otot dasar latihan . Tidak ada ilmiah evaluasi teknik ini sejauh ini telah dilakukan namun rasa syukur pasien dan pasangannya signifikan . Ada beberapa pasien yang , setelah melahirkan atau operasi panggul , akan ditemukan

memiliki

fantasi

tentang

dasar

panggul

mereka

,

takut

trauma

dan

deformitas yang membuat hubungan seksual tidak mungkin . Seringkali semua yang diperlukan adalah pemeriksaan dan jaminan oleh seseorang empati mereka yang percaya , misalnya kelas postnatal atau klinik bidan atau ahli fisioterapi , wawasan fakta bahwa persalinan atau operasi

physiosilvia.com


mungkin telah menyebabkan minimal perubahan , dan bimbingan untuk pemeriksaan diri menggunakan cermin .

vulvodynia

Pada tahun 1983 Masyarakat Internasional untuk Studi Penyakit vulva (ISSVD) mengembangkan istilah 'vulvodynia' untuk kondisi kronis dengan gejala pembakaran dan kadang-kadang menyengat, iritasi dan kementahan di vulva yang daerah yang sebelumnya dikenal sebagai 'sindrom terbakar vulva' (McKay 1984). Sekarang berbeda dengan pruritis vulvae dalam bahwa tidak ada keinginan untuk menggaruk. Vulvodynia mencakup beberapa gangguan yang mengakibatkan nyeri vulva kronis: dermatosis vulva, vulvovaginitis siklik, vestibulitis vulva, vulva papillomatosis dan vulvodynia penting (McKay 1989). masalah seksual cukup umum pada pasien dengan nyeri vulva dan rujukan psikoseksual mungkin tepat setelah bagian medis kondisi telah tepat diobati.

vulvodynia Dysaesthetic

Kondisi ini dianggap sindrom nyeri yang abnormal mirip dengan postherpetic neuralgia. Rasa sakit mungkin di wilayah yang lebih luas termasuk paha bagian dalam dan di sekitar anus dan uretra. Rasa sakit bervariasi dari yang relatif ringan sampai seperti sakit parah bahwa perempuan mungkin bahkan memiliki masalah duduk dengan nyaman . Namun, sering ada tidak terlihat tanda-tanda . Perawatan mungkin dengan antidepresan trisiklik , tapi sayangnya ini mungkin memiliki efek samping dari kelelahan , mulut kering , sembelit dan kadang-kadang penglihatan kabur . Pelumas vagina dapat membuat hubungan seksual mudah , krim air dianjurkan untuk meningkatkan umum kondisi kulit . Vulvodynia kronis mungkin memiliki onset akut seperti dengan vagina infeksi , atau setelah perubahan pola aktivitas seksual , atau mungkin ada tidak ada yang spesifik teringat oleh seorang wanita sebelum dimulainya ( Wesselmann et al 1997) . Glazer ( 2000 ) melaporkan pada jangka panjang tindak lanjut dari

physiosilvia.com


pasien yang telah telah diobati dengan permukaan elektromiografi - dibantu otot dasar panggul rehabilitasi , 38 dari 43 pasien melaporkan bahwa mereka telah tidak mengalami nyeri vulva lebih lanjut sejak selesainya pengobatan lebih dari 3 tahun sebelumnya . Vulvodynia juga telah berhasil diobati dengan akupunktur ( Powell & Wojnarowska 1999) .

vestibulitis vulva

Ini adalah subkelompok mereka dengan vulvodynia di mana rasa sakit biasanya dirasakan di introitus vagina dari bawah klitoris untuk fourchette pada setiap tingkat sentuhan . Karakteristik vestibulitis vulva memiliki telah digambarkan sebagai : sakit parah pada sentuhan vestibular , atau percobaan penetrasi , kelembutan untuk tekanan di ruang depan , dan eritema vestibular ( Friedrich 1987 ) , meskipun tidak semua wanita memiliki tanda-tanda . sederhana tes swab untuk kondisi terdiri dari elisitasi atau eksaserbasi dari nyeri terbakar tajam pada menyentuh vestibulum vulva dengan kapas basah swab . Sayangnya gejala ini sering salah didiagnosis sebagai sebuah Infeksi monilial. Wanita yang menderita kondisi dengan tidak pantas pengobatan kemudian dapat menderita dengan isolasi, ketakutan dan pengobatan mandiri ( Nunns & Hamdy 1998) . Sebagai hasil dari ini vulva Pain Society adalah didirikan pada tahun 1996 untuk memberikan informasi yang akurat berisi tentang subjek ( untuk rincian kontak melihat Alamat Berguna pada p . 307 ) .

pengobatan

Pengobatan dapat melibatkan krim anestesi lokal dan gel, trisiklik antidepresan, konseling psikoseksual dan dilator vagina. Fisioterapi telah digunakan untuk kondisi tersebut, dengan beberapa derajat sukses. Glazer et al (1995) menunjukkan tingkat peningkatan 83% dengan 17 dari 33 wanita yang melaporkan bebas rasa sakit hubungan seksual pada 6 bulan follow up. The 'Glazer' protokol termasuk prebaseline 1 menit istirahat, lima fast Kontraksi PFM dengan 10 detik istirahat antara masing-masing, lima kontraksi 10 detik dengan 10 detik istirahat

physiosilvia.com


di antara setiap, daya tahan kontraksi tunggal dari 60 detik dan istirahat postbaseline 1 menit (Glazer 1997). Shelley et al (2002) menggambarkan sepenuhnya etiologi, penilaian fisioterapi dan pengobatan berbagai jenis nyeri panggul. Metode pengobatan termasuk postur, mekanika tubuh, relaksasi, biofeedback, manajemen stress dan terapi manual. Fisioterapis kesehatan perempuan adalah baik ditempatkan untuk belajar dan memanfaatkan metode-metode pengobatan.

SEKSUALITAS KEHAMILAN

Perubahan fisik dan psikologis kehamilan memiliki efek pada aktivitas seksual . Telah terbukti dalam sebuah penelitian di Kanada dari 139 hamil wanita bahwa 58 % ( 99 dari 139 ) melaporkan penurunan gairah seksual ( Bartellas et al, 2000 ) . Dalam studi yang sama itu juga menunjukkan bahwa hubungan vagina dan aktivitas seksual menurun selama kehamilan . Namun, 8 dari 139 perempuan melaporkan peningkatan hubungan seksual selama kehamilan dan 32 dari 139 tidak ada perubahan . Anehnya 49 % wanita berpikir bahwa hubungan seksual dapat membahayakan kehamilan tetapi hanya 29 % ( dari 139 ) memiliki membicarakan hal ini dengan dokter mereka . Sebagian besar perempuan ( 76 % ) merasa bahwa subjek harus didiskusikan . Terlepas dari ketidaknyamanan fisik dan kecemasan tentang janin , nasihat medis mungkin menjadi alasan untuk pengurangan coitus , meskipun saran tersebut biasanya diberikan hanya jika ada risiko premature tenaga kerja, perdarahan antepartum atau ketuban pecah dini . Fisioterapis kesehatan perempuan mungkin dalam posisi , bersama-sama dengan rekan-rekan kebidanan dan medis mereka , untuk menghilangkan mitos tentang hubungan seksual selama kehamilan , terutama menekankan bahwa seksual intercourse biasanya tidak akan menyebabkan komplikasi pada kehamilan ( Bartellas et al, 2000 ) . Mereka juga mungkin dapat membantu perempuan memahami bahwa penurunan progresif dalam keinginan untuk aktivitas seksual lebih sering jelas pada wanita dibandingkan pria dan bahwa perubahan dalam posisi coital dapat membuat hubungan seksual lebih nyaman dan menyenangkan . Masalah seksual setelah melahirkan yang umum dan profesional kesehatan harus menjadi siap untuk mendidik pasien

physiosilvia.com


antenatal , dapat mengenali masalah dan kompeten untuk berurusan dengan mereka simpatik ( Glazener 1997) .

Di masa nifas

Seksualitas perempuan sering terpengaruh pada masa nifas dan ada mungkin beberapa alasan untuk ini , termasuk trauma perineum , hormonal readjustments , kelelahan dan penyebab psikologis termasuk kecemasan dan depresi . Nyeri perineum dan dispareunia yang umum , ada penurunan umum dalam keinginan dan frekuensi hubungan seksual ( Klein et al 1994) . Dalam sebuah penelitian terhadap 796 wanita dengan kuesioner 6 bulan setelah persalinan, ada tingkat 61 % ( 494 ) respon ( Barrett et al, 2000 ) . Menariknya , enam wanita menolak untuk berpartisipasi karena mereka merasa bahwa kuesioner terlalu pribadi. Ditemukan bahwa 67 % dari perempuan melaporkan kurang sering hubungan seksual, dengan variabilitas dalam kualitas hubungan seksual . Masalah dengan nyeri , kurangnya lubrikasi vagina dan hilangnya hasrat seksual semua meningkat dalam 3 bulan pertama setelah melahirkan . Dispareunia terutama umum (lihat hal . 296 ) . Lebih dari 80 % wanita dalam penelitian mengalami setidaknya satu masalah seksual setelah melahirkan . Glazener ( 1997) menemukan bahwa 53 % dari wanita menemukan masalah dengan hubungan seksual pada pertama setelah persalinan 8 minggu dan 49 % pada tahun berikutnya . Ekstrim kelelahan , kecemasan dan depresi semua dapat berkontribusi pada masalah dan membuat wanita merasa lebih bersalah karena tidak mematuhi gambar diharapkan menjadi sehat , bahagia dan coping ( Saurel – Cubizolles et al, 2000 ) .

physiosilvia.com

Physiotherapy in Obstetrics and Gynaecology  

Ginekologi adalah studi tentang penyakit yang khusus untuk perempuan. Ini khusus yang menuntut dari fisioterapis sangat matang campuran atri...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you